Rabu, 02 Mei 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Pelajar Banyuwangi Kini Bisa Dapat Uang Saku dari Pemkab, Caranya?

Posted: 02 May 2018 10:32 PM PDT

Pemkab Banyuwangi punya cara tersendiri untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Rabu, 2 Mei 2018, dengan meluncurkan program pemberian uang saku dan transportasi setiap hari kepada para pelajar kurang mampu. Program itu diluncurkan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas di rumah salah seorang pelajar penerima program tersebut di Kecamatan Kalipuro.

Menurut Azwar Anas, pemberian uang saku dan transportasi merupakan program pengaman bagi pelajar kurang mampu secara berkelanjutan. Menjadi pelengkap bagi biaya pendidikan yang sudah dibiayai pemerintah.

"Kadang, mereka terkendala dengan transportasi ke sekolah. Tidak ada uang saku. Itulah kenapa, program ini hadir untuk mereka," ujar bupati muda itu.

Dia menjelaskan, program itu diharap bisa membantu para pelajar kurang mampu untuk semakin giat bersekolah. Selain itu, untuk membantu para keluarga kurang mampu.

"Uang saku yang diberikan tiap hari digunakan untuk membeli makanan di di kantin sekolah, sehingga dia belajar dengan perut terisi dan gizi cukup, yang bisa menstimulasi otak dalam menerima materi pembelajaran," kata Anas.

Uang saku yang disediakan beragam. Untuk siswa SD/MI misalnya, sebesar Rp 5 ribu tiap hari. Sedangkan, siswa SMP/MTs Rp 10 ribu per hari. Yang tertinggi untuk siswa SMA/MA/SMK, mencapai Rp 15 ribu per hari.

Bantuan itu disebut Anas juga untuk Sekolah Luar Biasa. Sedangkan, uang transportasinya seragam, Rp 5 ribu per hari. Untuk ukuran Banyuwangi, dana itu sudah cukup untuk membeli makanan bermutu bagi pelajar.

"Uang saku dan transportasi akan diberikan langsung ke siswanya," ujarnya.

Baca berita menarik JawaPos.com lainnya di sini.

 

Seribu Pelajar

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas di rumah salah seorang pelajar penerima program uang saku dan transportasi (Pemkab Banyuwangi for JawaPos.com)

Kepala Dinas Pendidikan Sulihtiyono menambahkan, program ini ditargetkan bisa menjaring 1.000 pelajar kurang mampu. Total dana yang disiapkan Rp 1,9 miliar.

"Nanti dievaluasi lagi, bisa ditambah pada pertengahan tahun saat penyusunan APBD Perubahan, sehingga jumlah penerimanya akan semakin banyak," kata Sulihtiyono.

Dia menjelaskan, saat ini verifikasi penerima program terus dikebut. Verifikasi dilakukan agar tidak bersinggungan dengan program lainnya, karena Pemkab Banyuwangi juga mempunyai sejumlah program lain untuk pelajar kurang mampu. Di antaranya program tabungan pelajar kurang mampu yang memberikan tabungan untuk 2.800 siswa.

"Jadi yang sudah dapat tabungan, tidak mendapat bantuan uang saku dan transportasi harian ini," ujarnya.

Wanda Putri, pelajar SMK PGRI 1 Giri, senang mendapatkan program ini. "Senang sekali dapat uang saku dan uang transportasi setiap hari. Bahkan, ini ada sisanya, bisa ditabung," ujar gadis berusia 16 tahun itu.

Kegembiraan juga dirasakan Marlina (34), orangtua pelajar Ahmad Rafi yang menerima program tersebut. "Uang yang biasa diberikan untuk uang saku anaknya bisa ditabung atau membeli kebutuhan lainnya," ujar ibu tiga anak itu.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Roma Vs Liverpool: Klopp Merasa Beruntung

Posted: 02 May 2018 10:30 PM PDT

Liverpool akhirnya memastikan diri lolos ke final Liga Champions 2017/18. Kepastian itu mencuat usai mereka menyingkirkan klub Italia, AS Roma, dengan agregat 7-6.

Di laga kedua semifinal, di kandang AS Roma, Stadion Olimpico, Selasa (2/5), Liverpool memang kalah 2-4. Namun, Liverpool unggul selisih gol karena di pertandingan pertama menang 5-2.

Di laga kedua, bermain di hadapan suporter AS Roma, Liverpool memang sempat keteteran. Meski unggul terlebih dahulu lewat Sadio Mane, The Reds nyaris tersungkur karena Roma tampil kesetanan.

"Kami beruntung hari ini, kami tahu itu. Roma tim yang kuat. Tapi, kami berhasil menjalankan strategi kami dengan baik. Untung kami sempat unggul 2-1. Tapi, Roma luar biasa," ujar pelatih Liverpool, Jurgen Klopp.

Ya, setelah tertinggal 1-2 oleh gol Liverpool, AS Roma memang berturut-turut membalas lewat Edin Dzeko dan dua gol Radja Nainggolan.

Sulit Berkembang

Striker Liverpool Sadio Mane (kanan) melakukan selebrasi dengan rekanya usai mencetak gol ke gawang AS Roma dalam pertanding semifinal Liga Champions di Stadion Olimpico, Roma (2/5). (AP Photo/Andrew Medichini)

Klopp sendiri mengaku, Liverpool tak bermain sebaik di laga pertama. Mereka seperti kesulitan keluar dari tekanan bergelombang yang dilakukan pemain AS Roma.

"Kami tak cukup bagus untuk meng-counter serangan-serangan mereka. Kami tidak bisa memanfaatkan ruang-ruang yang mereka "berikan"," ujar Klopp, lagi.

Tantang Real Madrid

Kini, Liverpool pun bersiap menghadapi Real Madrid di final. Laga puncak sendiri akan digelar di Kiev, Ukraina, 26 Mei mendatang.

Bagaimana menurut Klopp peluang Liverpool? "Yang jelas kami harus bermain lebih bagus ketimbang lawan AS Roma," Klopp menegaskan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bank Sinarmas Bakal Rilis 200 Ribu Kartu Debit Berlogo GPN

Posted: 02 May 2018 10:30 PM PDT

PT Bank Sinarmas Tbk (BSIM) menerbitkan kartu debit yang dilengkapi logo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) dan berteknologi chip. Hal ini dalam rangka menyambut peluncuran bersama kartu berlogo GPN di Kantor Bank Indonesia (BI).

Direktur Utama PT Bank Sinarmas Tbk, Frenky Tirtowijoyo mengatakan, peluncuran kartu debit ini merupakan bentuk komitmen dalam mengintegrasikan berbagai instrumen dan kanal pembayaran secara nasional.

Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah dalam mewujudkan terciptanya efisiensi sistem pembayaran, meningkatkan keamanan, dan memperkuat kemandirian sistem pembayaran nasional.

"Kami terus mendukung program pemerintah. Kartu kami sudah menggunakan chip, dan menggunakan pin dengan 6 digit," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (3/5/2018).

Frenky menuturkan, kartu dengan logo Garuda ini dikhususkan bagi transaksi dalam negeri. Bank Sinarmas juga mempersiapkan infrastruktur kartu ini untuk digunakan untuk transaksi menggunakan mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dan Electronic Data Capture (EDC).

 

 

Selanjutnya

Bank Indonesia AFP PHOTO / ROMEO GACAD

BSIM menargetkan sebanyak 200 ribu kartu debit dapat disalurkan pada nasabah di tahun ini. Keberadaan kartu ini diharapkan dapat memberikan dampak positif tidak hanya bagi nasabah, namun juga kepada pelaku industri dan merchant atau toko.

‎"Secara customer base, kita punya 1,5 juta nasabah. Untuk target tahun ini kita meng-issue lebih dari 200 ribu kartu untuk bisa dinikmati oleh nasabah. Ini juga sudah bisa dipakai di seluruh EDC yang sudah terkoneksi dengan GPN," kata dia.

Sementara itu, Kepala Departemen Elektronifikasi dan GPN Bank Indonesia (BI) Pungky P Wibowo mengatakan, pertumbuhan pengguna kartu debit di Indonesia terus meningkat.

Namun peningkatan ini harus juga diimbangi dengan peningkatan teknologi dan keamanan bagi nasabah perbankan."Pengguna kartu debit pada minggu lalu itu 170 juta kartu debit, sekarang 173 juta kartu debit. Tahun lalu ada 100 jutaan. Untuk financial inclusion, kita baru saja mengumumkan sudah mencapai 48,9 persen, naik 30 persen lebih. Dan akan mencapai 75 persen di 2019. Ini sesuai dengan arahan Pak Jokowi," tandas dia.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Promosi Deadpool 2 di Ojek Online Bikin Ngakak

Posted: 02 May 2018 10:30 PM PDT

Warganet temukan promosi film Deadpool 2 di sebuah ojek online yang lucu dan bikin ngakak.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menteri Airlangga dan Wamen Perindustrian Ceko Bahas Pengembangan Industri Pesawat Perintis di RI

Posted: 02 May 2018 10:24 PM PDT

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bertamu ke Kantor Kementerian Perindustrian dan Perdagangan Republik Ceko, Rabu 2 Mei 2018. Airlangga beserta rombongan disambut Wakil Menteri Perindustrian dan Perdagangan Ceko Vladimir Bartl dan jajarannya.

Mereka membahas kerja sama perdagangan antara Indonesia dan Ceko. Baik Indonesia maupun Ceko ingin agar kerja sama yang sudah terjalin bisa semakin erat, terutama terkait barang-barang hasil industri yang dihasilkan dua negara sahabat ini. "Indonesia sendiri menargetkan peningkatan volume perdagangan antar kedua negara sebanyak dua kali lipat," kata Airlangga.

Adapun beberapa kerja sama industri antara Indonesia dan Ceko yang sudah berjalan, yakni ekspor gelas dan kristal dari Indonesia ke Ceko. Kemudian Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dan aerospace termasuk untuk komponen, serta maintenance, repair, and overhaul (MRO).

"Ceko ingin bermitra dengan Indonesia dalam mengembangkan industri berbasis mineral, misalnya pertambangan," ucap Airlangga.

Tak hanya itu, kata Airlangga, Indonesia dan Ceko sepakat untuk menjadikan masing-masing negara sebagai gerbang masuknya investasi.

Indonesia ingin menjadikan Ceko sebagai pintu masuk produk-produk Tanah Air ke negara-negara Uni Eropa, Austria, Belanda, Belgia, Bulgaria, Denmark, Estonia, Finlandia, Hongaria, Inggris Raya dan lainnya. "Sementara Ceko ingin Indonesia sebagai gerbang pasar ASEAN untuk produk-produk Ceko," tuturnya.

Lewat kerja sama ini, Indonesia berharap Ceko menjadi salah satu negara yang menyerap produksi industri baja nasional. Seperti yang sudah dibahas dalam pertemuan sebelumnya, Indonesia melakukan kerja sama bilateral dengan Ceko untuk penguatan industri pertahanan.

Indonesia dan Ceko memang memiliki potensi besar untuk menjalin hubungan yang lebih erat, khususnya untuk industri pertahanan. Terutama di bidang alat utama sistem persenjataan (alutsista), sebab Indonesia memiliki prospek pasar dan daya saing cukup baik. Misalnya, PT Pindad (Persero) yang telah mumpuni dalam merancang dan membuat kendaraan tempur, persenjataan, dan amunisi.

"Penguatan daya saing alutsista pertahanan nasional semakin dipacu melalui kegiatan penelitian, pengembangan dan rekayasa yang dilakukan kerjasama antara Kementerian Perindustrian dan Tentara Nasional Indonesia," ujar dia.

 

Menperin Airlangga Hartarto bertamu ke Kantor Kementerian Perindustrian dan Perdagangan Ceko

Industri pesawat perintis

Airlangga menuturkan, salah satu kerja sama yang ingin dijajaki adalah pengembangan industri pesawat perintis di Indonesia. Sebagai negara kepulauan, Indonesia dianggap sangat potensial untuk industri pesawat perintis ini. Sehingga, kerja sama industri pesawat perintis antara Indonesia dan Ceko ini dianggap sangat cocok.

"Ceko mempunyai kekuatan dalam pengembangan pesawat perintis, dan begitupun Indonesia sebagai negara kepulauan juga mengembangkan industri ini," ucap Airlangga.

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan lebih dari 17.500 pulau, yang sulit dihubungkan melalui jalur darat. Pesawat perintis ini diproyeksikan menjadi transportasi andalan untuk penghubung antar pulau di Tanah Air. Terlebih, banyak daerah di Indonesia yang tak memiliki bandara besar. Maka, industri pesawat perintis akan sangat dibutuhkan.  "Republik Ceko berharap bisa berkolaborasi dengan Indonesia soal industri pesawat perintis ini."

Reporter: Rohimat Nurbaya

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Meluncur dengan Kamera Ganda, Ini Harga Samsung Galaxy J7 Duo

Posted: 02 May 2018 10:23 PM PDT

Samsung kembali menghadirkan smartphone terbarunya, Galaxy J7 Duo. Smartphone ini mengunggulkan kamera ganda 13MP dan 5MP dengan aperture f1.9 pada kedua lensanya.

Dengan kedua lensa ini Galaxy J7 Duo bisa menghasilkan foto bokeh (Live Focus) atau berlatar belakang blur.

Selain itu, smartphone ini juga punya kamera selfie 8MP dengan aperture sama yakni F1.9. Galaxy J7 Duo juga dapat terhubung dengan Gear Fit 2, Gear Fit 2 Pro, dan Icon X yang mendukung gaya hidup digital.

Smartphone ini hadir untuk menyasar kebutuhan pengguna milenial yang lekat dengan gaya hidup digital. Mulai dari bangun tidur, memeriksa notifikasi pesan instan, media sosial, email, memilih transportasi online, transportasi online, hingga membeli barang favorit dan kebutuhan secara online.

Secara spesifikasi, Galaxy J7 Duo hadir dengan layar Super AMOLED seluas 5,5 inci. Keunggulan kamera ganda Galaxy J7 Duo yang dibekali aperture besar (f1.9) membuat smartphone ini tetap bisa menjepret momen dalam kondisi cerah maupun cahaya redup.

Head of Product Marketing IM Business Samsung Electronics Indonesia Denny Galant mengatakan, bagi milenial yang menyukai selfie, smartphone ini sudah didukung dengan kamera selfie 8MP yang mampu menghasilkan efek selfie bokeh berkat software kameranya.

Kamera selfie Galaxy J7 Duo juga dilengkapi dengan stiker yang sudah tersedia seperti pada flagship smartphone Samsung.

Dibekali Fitur Premium

Samsung Galaxy J7 Duo. Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani

"Dengan smartphone ini pengguna akan memiliki fitur yang sebelumnya hanya tersedia di smartphone premium. Misalnya saja pengalaman menggunakan dual camera dengan live focus dan aperture f1.9, untuk mengambil gambar baik dalam kondisi terang maupun minim cahaya," kata Denny dalam peluncuran Galaxy J7 Duo di Jakarta, Kamis (3/5/2018).

Meski Galaxy J merupakan smartphone 4G paling terjangkau Samsung, Galaxy J7 Duo hadir dengan fitur keamanan autentikasi biometrik, yakni fingerprint sensor dan pengenalan wajah.

"Dengan demikian data-data pengguna bisa cukup aman," katanya.

Menyasar segmen milenial, smartphone ini melenggang dengan fitur-fitur pendukung. Misalnya saja ultra data saving untuk menghemat kuota hingga 50 persen.

Fitur Signal Max

Peluncuran Samsung Galaxy J7 Duo di Jakarta. Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani

Ada juga fitur signal max yang bisa meningkatkan kekuatan sinyal pada Galaxy J7 Duo. Uniknya, smartphone ini bisa dibuka cover belakang dengan baterai yang bisa dilepas (removable battery).

Kinerja smartphone ini ditopang prosesor Exynos seri 7 dengan kecepatan 1.6Ghz Octa Core, RAM 3GB, dan ruang penyimpanan 32GB yang bisa diperluas dengan kartu microSD. Soal daya, smartphone ini dibekali baterai 3.000mAh.

Galaxy J7 Duo hadir dalam tiga pilihan warna yakni Black, Gold, dan Blue dengan harga Rp 3.699.000 dan bisa dipesan secara pre-order di Blibli.com mulai 3 Mei hingga 9 Mei 2018.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengharukan, Kalimat Terakhir Kiki Amalia Antarkan Kepergian Ayahanda Selamanya

Posted: 02 May 2018 10:20 PM PDT

Kiki Amalia sudah ikhlas akan kepergian sang ayahanda, Dr Drg Andi Jimmy Mapaile SpBM, MM. Sang ayah mengembuskan napas terakhirnya pada Selasa (1/5/2018) di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta Pusat, dalam usia 66 tahun.

Kendati tengah diselimuti kesedihan, Kiki Amalia sudah mengikhlaskan sang ayah sesaat sebelum mendiang menutup matanya untuk terakhir kalinya.

Bahkan keikhlasan itu sempat ia sampaikan langsung kepada sang ayah. Hal itu terjadi saat kondisi sang ayah semakin menurun.

"Saya ke papa saat itu dan pegang tangannya, saya bilang, 'pa, kalau papa mau pergi, saya ikhlas, keluarga ikhlas, saya enggak mau lihat papa sakit lagi'," kata Kiki Amalia di Menteng Pulo, Jakarta Selatan, Rabu (2/5/2018).

 

Merespons

Saat itu, ada respons yang diterima Kiki Amalia. Sang Ayah memegang tangan Kiki Amalia, diiringi dengan air mata yang seketika turun.

Komunikasi Terakhir

Siapa sangka, itu menjadi terakhir kalinya Kiki Amalia berkomunikasi secara langsung dengan sang ayah.

"Papa pegang tangan terus keluar air mata, lalu tangan papa dilepas. Di situlah terakhir aku komunikasi sama papa," kata Kiki Amalia.

 

Kuat

Selain itu, dikatakan juga oleh salah seorang kerabat Kiki bahwa sebelum meninggal dunia, ayahanda dari mantan istri Markus Horison ini sempat mengucapkan syahadat selama lima kali. (Deki Prayoga/Bintang.com)

Sementara itu, komunikasi terakhir dari sang ayah kepada Kiki Amalia juga masih hangat dalam ingatannya.

"Hari Sabtu aku baru selesai acara dari Bali, langsung ke IGD. Aku nangis di sana dan papa bilang, 'kamu jangan nangis. Papa kuat kok. Papa bisa ngalahin cancer papa'," tutur mantan istri kiper Markus Horison.

 

Pelukan

Usai menyelesaikan kalimatnya, sang ayah meminta Kiki Amalia untuk memeluknya.

"Terus papa minta dipeluk itu terakhir kali papa kinta dipeluk dan itu lama sekali kita berpelukan," kata Kiki Amalia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Merosot 2,33 Persen, Laju IHSG Paling Anjlok di Bursa Asia

Posted: 02 May 2018 10:17 PM PDT

Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali tertekan pada sesi pertama perdagangan saham Kamis pekan ini. Pergerakan IHSG ikuti bursa saham global merosot.

Pada penutupan sesi pertama, Kamis (3/5/2018), IHSG merosot 139,87 poin atau 2,33 persen ke posisi 5.872,36. Indeks saham LQ45 tergelincir 2,84 persen ke posisi 936,93.

Seluruh indeks saham acuan merosot.Sebanyak 321 saham melemah sehingga mendorong IHSG ke zona merah. 51 saham menguat dan 77 saham diam di tempat.Transaksi perdagangan saham cukup ramai.

Total frekuensi perdagangan saham sekitar 229.215 kali dengan volume perdagangan 4,2 miliar saham. Nilai transaksi harian saham Rp 3,6 triliun. Investor asing jual saham Rp 325,13 miliar di seluruh pasar. Posisi dolar Amerika Serikat (AS) berada di kisaran Rp 13.968.

10 sektor saham tersungkur. Sektor saham tambang turun 3,73 persen, dan catatkan penurunan terbesar. Disusul sektor saham barang konsumsi melemah 2,7 persen dan sektor saham konstruksi susut 2,48 persen.Saham-saham yang menguat di tengah IHSG melemah antara lain saham DFAM naik 24,54 persen ke posisi Rp 406 per saham, saham CTTH menanjak 9,82 persen ke posisi Rp 123 per saham, dan saham CAMP menguat 4,42 persen ke posisi Rp 378 per saham.

Sedangkan saham-saham yang tertekan antara lain saham HELI turun 16,93 persen ke posisi Rp 157 per saham, saham ADRO merosot 9,86 persen ke posisi Rp 1.600 per saham, dan saham TAXI menurun 9,76 persen ke posisi Rp 111 per saham.

Bursa saham Asia sebagian besar melemah kecuali indeks saham Thailand naik tipis 0,01 persen. Indeks saham Hong Kong Hang Seng menyusut 1,61 persen, indeks saham Korea Selatan Kospi tergelincir 0,50 persen, indeks saham Shanghai merosot 0,25 persen, indeks saham Singapura susut 1,5 persen dan indeks saham Taiwan turun 0,68 persen.

 

Alasan IHSG Tertekan

Pekerja mengecek layar indeks saham gabungan di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (4/4). Pada pemukaan indeks harga saham gabungan (IHSG) hari ini naik tipis 0,09% atau 4,88 poin ke level 5.611,66. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Awan mendung tampaknya masih belum beranjak dari pasar saham Indonesia. Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih tertekanmengikuti bursa saham global yang melemah. Hal itu seiring nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) masih loyo.

Mengutip data RTI, pada sesi pertama perdagangan saham, Kamis (3/5/2018), IHSG melemah 1,75 persen atau 105,72 poin ke posisi 5.906.Indeks saham LQ45 tergelincir 2,11 persen ke posisi 943,64. Seluruh indeks saham acuan kompak tertekan.

Sebanyak 306 saham melemah sehingga menekan IHSG. Sementara itu, hanya 67 saham menguat dan 63 saham diam di tempat. Pada sesi pertama,IHSG berada di level tertinggi 5.996,48 dan terendah 5.901,63.

Transaksi perdagangan saham cukup ramai. Total frekuensi perdagangan saham 177.765 kali dengan volume perdagangan 3,4 miliar saham. Nilai transaksi harian saham Rp 2,8 triliun. Investor asing jual saham Rp 255,08 miliar di pasar reguler. Posisi dolar Amerika Serikat berada di posisiRp 13.961.

10 sektor saham masih tertekan. Sektor saham tambang melemah 2,94 persen, dan catatkan penurunan terbesar. Disusul sektor saham konstruksitergelincir 2,31 persen dan sektor saham keuangan tergelincir 2,01 persen.

Saham-saham tertekan antara lain saham HELI turun 15,34 persen ke posisi Rp 160 per saham, saham ADRO merosot 9,58 persen ke posisi Rp 1.605 per saham,dan saham BUMI tergelincir 5,76 persen ke posisi Rp 262.

Kepala Riset PT Koneksi Kapital, Alfred Nainggolan menuturkan, nilai tukar rupiah kembali dekati posisi 14.000 per dolar AS menekan IHSG. Tekanan rupiah membuat pelaku pasar menjadi tidak percaya diri. Rilis data inflasi April tercatat 0,1 persen,dan lebih rendah dari bulan sebelumnya pun belum mampu mengangkat IHSG.

Alfred mengatakan, tekanan rupiah masih berlanjut akan membuat Bank Indonesia dapat lebih cepat menaikkan suku bunga acuan.Padahal di sisi lain, bank sentral Amerika Serikat (AS) memutuskan pertahankan suku bunga acuan pada pertemuan 1-2 Mei 2018.Menurut Alfred, hal tersebut seharusnya memberikan ruang bagi BI untuk mempertahankan suku bunga acuan.

"Tapi ini uniknya rupiah kembali melemah meski the Federal Reserve tidak naikkan suku bunga. Jadi kondisi rupiah rentan kembali melemah," kataAlfred saat dihubungi Liputan6.com.

Ia menambahkan, bila BI kembali menaikkan suku bunga acuan di tengah rupiah melemah akan berdampak ke pertumbuhan ekonomi.Target pertumbuhan ekonomi oleh pemerintah sebesar 5,4 persen akan sulit tercapai.

"Pertumbuhan ekonomi lebih berat untuk capai 5,4 persen. Bila tak sesuai ekspektasi akan mengubah target indeks saham," ujar Alfred.

Alfred memperkirakan, koreksi IHSG masih berlanjut dalam jangka pendek. Ini hingga rilis pengumuman pertumbuhan ekonomi Indonesiapada kuartal I 2018. "Kami melihat Gross Domestic Product (GPP) kuartal I akan jadi sentimen kuat," kata Alfred.

Alfred menambahkan, IHSG akan menguji level support 5.880 pada perdagangan saham Kamis pekan ini. Dengan koreksi IHSG yang terjadi,menurut Alfred, hal itu dapat jadi kesempatan pelaku pasar untuk membeli saham-saham yang sudah turun tajam. Saham-saham itu antara lainPT Adaro Energy Tbk (ADRO), PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI). "Tetap pilih saham-sahamyang fundamental bagus," kata dia.

Sedangkan bagi pelaku pasar bermain saham dalam jangka pendek, Alfred melihat kondisi saat ini masih berat. Lantara koreksi IHSGmasih berlanjut dalam jangka pendek.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anggota Komisi X DPR: Sarana Laboratorium SMA di Manokwari Belum Mumpuni

Posted: 02 May 2018 10:16 PM PDT

Anggota Komisi X DPR RI, Noor Achmad, mengatakan bahwa sarana laboratorium IPA di seluruh Sekolah Menengah Atas (SMA) yang ada di Manokwari, Papua Barat, harus diperbaiki sesuai standar. Sebab, hasil tinjauan langsung Komisi X DPR RI ke SMAN 2 Manokwari menemukan bahwa laboratorium sekolah itu belum mumpuni.

Menurutnya, peralatan pendidikan, seperti laboratorium adalah sarana mutlak yang harus dipenuhi.

"Mata pelajaran IPA akan lebih mudah dipahami dengan simulasi praktik di laboratorium. Laboratorium IPA itu masih sangat minim sekali, bahkan bahan-bahannya tidak ada. Mereka harus bekerja sama dengan Universitas Papua (UNIPA). Oleh karena itu, kami berharap agar alat-alat laboratorim bisa diperbanyak di sini," ujar Noor, saat mengikuti Kunjungan Kerja Komisi X DPR RI ke Manokwari, Papua Barat, Senin (30/4/2018). 

Politisi Partai Golkar tersebut juga mengkritisi soal pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

"Catatan saya yang memang perlu diketahui oleh publik, terutama Kemendikbud, pertama bahwa UNBK di sini meskipun bisa berjalan dengan baik, server-nya masih kurang dan listriknya kadang-kadang padam," ucap Noor.

Padahal, imbuhnya, SMAN 2 Manokwari termasuk SMA yang dinilai paling maju di daerah setempat, tetapi masih ada kekuarangan sarana prasarana mengajar.

"Maka dari itu, ini harus menjadi afirmasi dari Kemendikbud, agar ketertinggalan SMA yang ada di Papua Barat ini bisa sejajar dengan SMA yang lain yang sudah maju," kata Noor.

Menurutnya, konsekuensi dari ketertinggalan ini harus ada toleransi bagi pelajar di Papua Barat dalam ujian seleksi masuk perguruan tinggi ternama.

"Harus ada toleransi bagi yang akan masuk perguruan tinggi, karena dari SMA-nya saja sudah kurang," ujar Noor.

Selain itu, ia juga menyoroti persoalan guru di Manokwari. Di daerah ini, masih banyak guru yang bukan Aparatur Sipil Negara (ASN). Terlebih lagi, tugas guru dan laboran--guru praktik di laboratorium--tidak dipisahkan, sehingga menyebabkan ketidakprofesionalan pembagian kerja.

"Gurunya masih sangat minim, banyak guru yang bukan ASN. Bahkan, tadi banyak guru yang merangkap menjadi laboran. Ini tidak boleh, seharusnya seorang guru ya guru. Laboran ya laboran. Dengan demikian mereka bisa konsentrasi untuk menata laboratoriumnya," ucap Noor.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Eks Juventus Dukung Arsenal Bajak Allegri

Posted: 02 May 2018 10:15 PM PDT

Mario Lemina mendukung rencana Arsenal untuk mendatangkan Massimilliano Allegri. Ia percaya Allegri bisa memberikan dampak besar di Emirates Stadium.

Allegri bukan sosok asing bagi Lemina. Gelandang Southampton itu pernah bekerja bersama saat di Juventus.

Lemina pun melihat Allegri sosok yang dibutuhkan Arsenal. Terlebih, The Gunners butuh pelatih besar agar tak terpuruk seperti saat MU ditinggalkan Alex Ferguson.

"Dia akan memberikan sesuatu spesial di Liga Inggris. Dampaknya akan seperti yang dilakukan Pep Guardiola di Manchester City dan Antonio Conte di Chelsea," ujar Lemina seperti dilansir Sky Sports.

"Allegri pelatih Italia. Dia lebih mementingkan sisi taktik dan itu sangat spesial di sini," ia menambahkan.

 

Didukung Lemina

Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri, mengaku sudah menyiapkan strategi khusus untuk mengalahkan Real Madrid pada leg 1 babak perempat final Liga Champions 2017-2018. (AFP/Marco Bertorello)

Arsenal akan ditinggalkan Arsene Wenger yang sudah menangani tim selama 22 tahun. Banyak nama yang dicalonkan menjadi penggantinya.

Selain Allegri, rumor menyebut Arsenal sedang mendekati Luis Enrique, Brendan Rodgers, hingga Carlo Ancelotti.

"Saya pikir sangat baik jika Arsenal jadi merekrut Allegri," kata Lemina.

Kinerja Wenger

Pelatih Arsenal,  Arsene Wenger tiba untuk sesi latihan di London Colney, Inggris (2/5). Arsenal akan bertanding melawan wakil Spanyol, Atletico Madrid pada leg kedua babak semifinal Liga Europa di Wanda Metropolitano. (AFP Photo/Dennis Adrian)

Wenger menangani Arsenal sejak 1196. Ia menjadi manajer terbaik di klub berjuluk Tim Meriam London itu.

Manajer asal Prancis ini telah menyumbangkan 17 gelar selama di Arsenal. Termasuk tiga gelar Liga Inggris.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Macron Sebut Istri PM Australia 'Delicious'

Posted: 02 May 2018 10:15 PM PDT

Presiden Prancis, Emmanuel Macron, sebut istri PM Australia 'delicious'.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sandiaga Ajak Publik Tangkap Pelaku Vandalisme Underpass Matraman

Posted: 02 May 2018 10:12 PM PDT

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno geram dengan vandalisme yang dilakukan orang tak bertanggung jawab di Underpass Matraman. Ia mengajak publik membantu menangkap pelaku vandalisme.

"Pakai medsos, laporkan pakai Twitter atau medsos lain. Kalau bisa dapat mukanya, karena kita bisa facial recognition, kita bisa langsung bisa tangkap on the spot yang melakukan vandalisme itu," kata Sandiaga di Pasar Pelita, Jakarta Utara, Kamis (3/5/2018).

Ia mengatakan, akan menindak tegas pelaku vandalisme. Sandiaga menjelaskan menggandeng kepolisian untuk mengusut kasus itu.

"Kita perhatikan pattern mereka (pelaku), kapan mereka mulai coret-coret," jelas Sandi.

Sementara itu, tim dari Dinas Bina Marga, kata Sandi, sudah membersihkan tembok-tembok yang dicoret di Underpass Matraman.

 

Butuh Waktu Perbaikan

Pengendara motor melintasi coretan di dinding underpass atau lintas bawah Matraman, Jakarta Selatan, Rabu (2/5). Underpass yang belum genap sebulan diresmikan untuk diuji coba tersebut dihiasi coretan tangan jahil. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Menurut Sandi, pembersihkan tembok Underpass Matraman korban vandalisme membutuhkan waktu 1-2 hari. "Sudah mulai perintahnya turun dalam satu dua hari ini kita bersihkan," ia menandaskan.

Sandiaga juga memerintahkan Satpol PP untuk mengamankan fasilitas publik dari ancaman vandalisme.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lebih Ganas, Trio Liverpool Lewati Torehan Trio BBC Real Madrid

Posted: 02 May 2018 10:11 PM PDT

Trio maut Liverpool yaitu Mohamed Salah, Roberto Firmino dan Sadio Mane sukses menjadi yang paling produktif di Liga Champions musim ini. Ketiganya kini resmi lebih tajam ketimbang trio BBC milik Real Madrid.

Gol Mane ke gawang AS Roma dalam partai leg kedua semifinal di Olimpico dini hari tadi membuat trio lini depan Liverpool itu kini total sudah mencetak 29 gol di Liga Champions musim ini.

Catatan ini memecahkan rekor sebelumnya yang dipegang trio BBC milik Real Madrid, Gareth Bale, Karim Benzema dan Cristiano Ronaldo dengan 28 gol pada musim 2013-14 silam.

Gol ke gawang Alisson Becker merupakan gol kesembilan Mane di Liga Champions musim ini. Sementara Salah dan Firmino masing-masing sudah mencetak 10 gol.

Meski menelan kekalahan 2-4 di Olimpico, Liverpool tetap berhak melaju ke partai final berkat kemenangan dengan skor agregat 7-6.

Menariknya, di partai puncak yang digelar di Kiev pada 27 Mei nanti, trio Liverpool berkesempatan berduel head to head dengan trio BBC Madrid. (soc/ari)

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ant-Man and the Wasp Lebih Penting dari Captain Marvel?

Posted: 02 May 2018 10:10 PM PDT

Sebagian besar fans yang sudah menonton Avengers: Infinity War dikejutkan oleh akhir yang tak terduga. Bagi fans berat, bagian tersebut justru menambah antusiasme dalam menantikan penayangan Ant-Man and the Wasp serta Captain Marvel.

Bicara soal Ant-Man and the Wasp, dua karakter itu memang tak ditampilkan dalam Avengers: Infinity War. Meskipun begitu, nama Scott Lang alias Ant-Man sempat disebutkan sekilas. Lantas, apakah peran Ant-Man dan Wasp lebih penting dari Captain Marvel?

Menanggapi hal itu, penulis skenario Avengers: Infinity War yang juga menggarap Avengers 4, Stephen McFeely, menjamin bahwa menonton Ant-Man and the Wasp sama pentingnya dengan Captain Marvel. Tak hanya karena Wasp dan Ant-Man ada di Avengers 4, film tersebut juga menjadi kunci untuk memahami apa yang terjadi dalam jagat sinema Marvel.

"Tempatkan dirimu di posisi kami dua tahun lalu. Kami sedang melihat dinding kosong, dan tertulis Avengers 3, Ant-Man and the Wasp, Captain Marvel, Avengers 4. Jadi ada empat kotak sepatu besar, dan kami bertanggung jawab atas sandaran buku itu," kata Stephen McFeely kepada Buzzfeed.

Kotak Sepatu

Desain konsep film Captain Marvel. (cbr.com)

"Seperti ketika kita memutuskan apa yang ingin kita lakukan, kita memiliki dua kotak sepatu di bagian tengah yang bisa kamu pandang sebagai beban atau peluang," ia melanjutkan.

Masukan Kecil

Poster Ant-Man and the Wasp. (Marvel Studios)

Stephen McFeely juga mengakui bahwa ada masukan kecil di kalangan para sutradara film-film Marvel yang membantu membentuknya hingga menjadi satu ikatan. Namun, ia menekankan bahwa sutradara Ant-Man dan The Wasp serta Captain Marvel harus membuat film sesuai keinginan mereka.

Avengers: Infinity War

Avengers: Infinity War. (Marvel Studios)

Avengers: Infinity War sedang tayang di bioskop dan pada Juli mendatang Marvel akan merilis Ant-Man and the Wasp. Captain Marvel dan Avengers 4 direncanakan untuk tayang pada tahun depan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wakil Ketua Komisi VII DPR: Potensi Tambang dan Pariwisata Babel Sama Kuat

Posted: 02 May 2018 10:09 PM PDT

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mempunyai potensi yang luar biasa di bidang tambang, maritim dan kelautan, serta pariwisata. Hal ini diungkapkan Wakil Ketua Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI), Eni Maulani Saragih, saat melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Pangkal Pinang, Provinsi Babel.

"Dahulu kekuatan Provinsi Babel adalah pada tambang timah, tetapi kini telah terjadi pergeseran di masyarakat. Selain sektor tambang, masyarakat melihat ada potensi yang luar biasa dari sektor pariwisata," ujar Politisi Partai Golkar tersebut, Senin (30/4/2018).

Eni menyampaikan, keberadaan tambang di wilayah Babel sedikit 'terancam' karena masyarakat kini menyadari bahwa potensi wisata tidak bisa dianggap remeh.

"Diupayakan agar sektor tambang dan wisata di Babel dapat berjalan sesuai harapan. Oleh karenanya, harus ada riset yang nantinya bisa mengetahui secara maksimal tentang potensi Babel," ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Komisi VII juga menerima masukan yang berkaitan dengan persoalan listrik. Eni menyebutkan bahwa jumlah kuota listrik di Babel sangat mencukupi.

Sementara itu, terkait rencana pembangunan sambungan kabel bawah laut yang digaungkan sejak lama oleh pemerintah, Eni meminta agar hal itu bukan hanya wacana belaka. Ia meminta agar pembangunan sambungan bawah laut dapat segera direalisasikan. 

"Sumatera merupakan tempatnya energi, kalau dibangun mulut tambang dan disambungkan ke Babel, saya yakin masyarakat akan dapat listrik murah dan bidang industri juga ikut menjadi maju," kata Eni.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tren Baru, Moge Street Legal dengan Winglet

Posted: 02 May 2018 10:08 PM PDT

Pabrikan moge asal Italia, Aprilia, baru meluncurkan moge RSV4 RF LE. Motor ini hanya diproduksi sebanyak 125 unit, 100 untuk pasar Amerika dan sisanya untuk Kanada.

Motor ini merupakan varian tertinggi dari RSV4 dengan status street-legal atau boleh dikendarai di jalan raya. Namun, ada yang menarik dari motor ini, yakni bentuk fairing baru dengan winglet.

Hal ini dilakukan untuk menyambut regulasi baru pada ajang balap World Superbike (WSBK). Belum lama ini, mereka mengeluarkan aturan baru yang memperbolehkan pesertanya menggunakan winglet atau pun aero-fairing.

Dilansir Asphaltandrubber.com, komponen tersebut boleh digunakan jika pabrikan terkait memiliki produk massal yang juga dilengkapi dengan winglet. Aturan ini akan berlaku pada musim 2019 mendatang.

Mengenai spesifikasi Aprilia RSV4 RF LE, pabrikan asal Noale, Italia itu menyebutkan bahwa dapur pacu moge ini memiliki DNA balap.

 

 

Selanjutnya

Bisa jadi, peluncuran Aprilia RSV4 RF LE, mengawali pabrikan lain yang juga berpartisipasi dalam balap WSBK untuk mulai memproduksi motor sport dengan aero-fairing.

Akankah akan muncul superbike lain dengan desain serupa? Apakah Ducati berencana mengeluarkan Panigale V4 dengan winglet? Atau justru Yamaha YZF-R1M aero-fairing yang akan dirilis terlebih dahulu?

Sumber : Otosia.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cawagub Emil Dardak Ingin Ulama Kawal Investasi Madura

Posted: 02 May 2018 10:04 PM PDT

Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak mengusulkan keberadaan Forum Ulama untuk mengawal keberlangsungan investasi di Pulau Madura, Jawa Timur.

"Karena ulama sangat didengarkan oleh masyarakat di Pulau Madura," ujar Emil Dardak, seperti dilansir Antara, Kamis (3/5/2018).

Dia mengatakan pada Senin 30 April 2018 diundang menjadi pembicara dalam diskusi kelompok terarah yang membahas pembangunan Pulau Madura yang berlangsung di Bangkalan, Jawa Timur.

Dalam kesempatan itu Emil menekankan percepatan pembangunan di Pulau Madura. Salah satunya, Emil menilai penting untuk segera dibangun Pelabuhan Tanjung Bulu Pandan di wilayah utara Kabupaten Bangkalan dan akan memakan dana Rp 17,2 triliun.

Menurut dia, pembangunan pelabuhan ini akan menjadi daya dongkrak ekonomi bagi pertumbuhan Pulau Madura melalui sektor industri di wilayah pesisir utara.

"Untuk mewujudkannya dibutuhkan energi besar. Selain juga perlu koordinasi yang intensif dengan semua pihak baik di dalam negeri maupun mancanegara, supaya masa depan Madura dapat terwujud," ucap Emil Dardak yang berpasangan dengan Calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa ini.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Pentingnya Koordinasi

Balon Gubernur dan Wagub Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa (kiri) dan Emil Dardak (kanan) memberikan keterangan pers Persetujuan Pasangan Cagub dan Cawagub Jawa Timur di Kantor Partai Nasdem, Jakarta, Selasa (2/1). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Tak hanya itu, ia menilai, koordinasi antara kepala daerah di Madura dengan para kiai dan ulama setempat juga tak kalah pentingnya.

"Harus ada forum ulama untuk mengawal investasi, karena ulama sangat didengarkan oleh masyarakat. Jadi ulama juga ikut mengkaji arah pembangunan dan ekonomi Madura ke depan. Kemudian dibangun bersama suatu kesepakatan antarkepala daerah bersama para ulama," pungkas Emil.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Sengaja Temukan Tas Polisi, Penjual Es Keliling Dijatuhi 6 Bulan Penjara

Posted: 02 May 2018 10:02 PM PDT

Mohammad Rofiq alias Upik, pedagang es keliling di wilayah Serangan tidak bisa lolos dari jerat hukum. Terdakwa kasus pencurian tas polisi tetap dijatuhi hukuman oleh majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Denpasar pada Senin, 30 April 2018.

Oleh majelis hakim yang diketuai Hakim I Wayan Kawisada, pria asal Banyuwangi, Jawa Timur, yang tinggal di Jalan Suwung Batankendal, Desa Desa Suwung, Denpasar Selatan ini divonis 6 bulan penjara.

"Menjatuhkan pidana kepada terdakwa Mohammad Rofiq alias Upik dengan pidana penjara selama 6 bulan dikurangi selama berada dalam tahanan sementara," ujar Hakim Kawisada saat membacakan amar putusan.

Majelis hakim menilai terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana pencurian diatur dan diancam dalam Pasal 362 KUHP. Pasal yang didakwakan terhadap Upik sejak awal persidangan.

Putusan tersebut lebih ringan 6 bulan dibandingkan tuntutan Jaksa dalam sidang sebelumnya. Namun, majelis hakim dengan pertimbangannya memutuskan menjatuhi hukuman ringan itu.

Salah satu yang menjadi pertimbangan majelis hakim adalah saksi korban, Aipda Ketut Juniarta, telah memaafkan terdakwa pencurian dan berharap Upik dijatuhi hukuman seringan-ringannya.

"Selain itu, terdakwa mengakui dan menyesali perbuatannya," ujar hakim saat menguraikan poin pertimbangan sebelum sampai pada amar putusan.

Atas putusan itu, terdakwa menyatakan menerimanya. Sementara, penuntut umum memilih untuk pikir-pikir.

Baca berita menarik JawaPos.com lainnya di sini.

 

Berawal dari Tas Hilang

Ilustrasi tas hitam (CNN)

Perkara yang menjerat Upik sendiri berawal dari hilangnya tas milik saksi korban pada 5 Desember 2017 lalu. Di dalam tas itu tersimpan satu pucuk pistol dan barang-barang berharga milik Aipda Ketut Juniarta dan ibu angkatnya.

Di hari yang sama, Upik menemukan tas itu di tempat dirinya biasa menaruh rombong es. Hanya saja, di dalam tas itu dia tidak menemukan pistol.

Tidak lama kemudian, terdakwa bertemu dengan si pemilik tas. Dia lalu ditetapkan sebagai tersangka pencurian mengingat pistol di dalam tas tersebut tidak ditemukan.

Seiring waktu, rupanya pencuri pistol milik polisi itu terungkap. Nama pencuri pistol itu Donal alias Riyan yang ternyata anggota komplotan pencurian di Karangasem. Dia ditangkap di Jalan Sidakarya, Denpasar Selatan.

Meski begitu, kasus dugaan pencurian yang dituduhkan pada Upik tetap berjalan. Terlebih dalam persidangan terungkap bahwa terdakwa berniat menguasai sebagian barang milik korban.

Upik ketahuan sempat mengunggah barang temuannya di media sosial dengan motif mendapatkan imbalan bila ada yang mengakui. Kalaupun tidak, itu akan menjadi miliknya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Salah Pilih Kata, Presiden Prancis Sebut Istri PM Australia 'Lezat'

Posted: 02 May 2018 10:02 PM PDT

Presiden Prancis Emmanuel Macron melakukan kecerobohan saat memilih kata, dalam pidatonya di Australia pada Rabu, 2 Mei 2018.

Dikutip dari BBC pada Kamis (3/5/2018), kecerobohan itu terjadi ketika Presiden Macron menyampaikan sambutan dalam Bahasa Inggris di hadapan PM Malcolm Turnbull, dan jajaran pemerintahannya, di depan Gedung Opera di Sydney.

Maksud hati menyampaikan terima kasih atas sambutan hangat dari PM Turnbull dan istrinya, Lucy Hughes Turnbull, Presiden Macron salah menerjemahkan kata délicieux yang bermakna 'ramah' dalam bahasa Prancis, menjadi 'lezat' (delicious) dalam bahasa Inggris.

"Thank you and your delicious wife for your warm welcome, the perfect organization of this trip."

"Terima kasih (PM Turnbull) dan istri Anda yang 'lezat' atas sambutan hangatnya, organisasi yang sempurna dalam perjalanan ini," ujar Presiden Macron.

Pernyaatan itu sontak membuat hadirin yang mendengarnya saling pandang, berusaha memahami apa maksud presiden Prancis tersebut.

Menurut beberapa saksi, Presiden Macron berusaha secara penuh menyampaikan kata sambutan dalam bahasa Inggris. Namun, beberapa pilihan kata dan struktur bahasa yang diucapkannya terdengar membingungkan.

"Presiden sepertinya mencampur struktur bahasa Prancis dengan bahasa Inggris di beberapa bagian pidatonya," ujar salah seorang saksi yang enggan disebut namanya.

Adapun kata délicieux bisa dipahami sebagai dua makna dalam bahasa Prancis. Pertama, untuk menggambarkan betapa lezatnya cita rasa sebuah makanan, yang umumnya merujuk pada olahan daging.

Adapun makna kedua bisa digunakan untuk mengapresiasi suatu hal yang bagus, sikap yang mengagumkan, dan perasaan senang atas komunikasi hangat dengan orang lain.

Meski begitu, banyak kalangan menilai penguasaan bahasa Inggris Presiden Macron sudah sangat bagus. Hal itu, salah satunya, dibuktikan ketika Presiden Prancis itu melawat ke Amerika Serikat (AS) pekan lalu.

Di hadapan presiden Donald Trump dan pejabat pemerintah di Gedung Putih, Presiden Macron beberapa kali melontarkan lelucon bergaya Negeri Paman Sam, yang dipuji tidak hanya oleh para hadirin, melainkan juga di media sosial.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

 

Kesalahpahaman Makna Bahasa

Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull (Mick Tsikas/Pool via AP)

Bahasa Prancis dan Inggris memiliki cukup banyak kata yang pengucapannya terdengar serupa, namun dengan makna yang belum tentu sama antara satu dengan lainnya.

Sebagai contoh, kata encensé terdengar seperti kata incensed -- dalam bahasa Inggris -- yang bermakna 'amarah', di Prancis justru dimaksudkan untuk menyebut pujian.

Contoh lainnya adalah pada kata dresser yang bagi orang Prancis bermakna menjinakkan hewan atau sikap manusia, bukan 'mengenakan pakaian' dalam bahasa Inggris.

Begitupun jika bermaksud menyampaikan rasa antusias dalam bahasa Inggris kepada orang Prancis, jangan menggunakan kata excité, karena hal itu terdengar seperti membahas genital pria.

Beberapa contoh di atas hanyalah sebagian kecil dari kesalahpahaman bahasa yang kerap terjadi antara penutur bahasa Prancis dan Inggris.

Dalam sejarah, beberapa salah paham bahasa tersebut sempat memicu masalah dilplomatik. Salah satu yang paling diingat adalah pada 1830 silam, ketika petugas penerjemah di Gedung Putih salah mengartikan frasa 'le gouvernement français demande', menjadi 'desakan pemerintah Prancis' yang membuat pemerintahan AS kala itu tersinggung.

Padahal, makna sesungguhnya dari frasa tersebut adalah 'undangan diplomatik Prancis'.

Kembali pada kecerobohan bahasan yang dilakukan Presiden Macron pada hari Rabu, PM Malcolm Turnbull tersenyum menanggapinya, dan langsung menjabat tangan dengan erat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Panpel Persebaya Siapkan Rantis untuk Skuat Arema FC

Posted: 02 May 2018 10:00 PM PDT

Persebaya Surabaya akan menjamu Arema FC pada laga Go-jek Liga 1 bersama Bukalapak di Stadion Gelora Bung Tomo, Minggu (6/5/2018). Demi menjaga keamanan tim tamu, Singo Edan, pihak panitia pelaksana (panpel) bakal menyediakan kendaraan taktis atau rantis. 

Derby Jatim yang memperemukan dua tim bertetangga ini memang berpotensi memicu gesekan antarkedua kubu. Panpel Persebaya, Wisnu Sakti Buana, mengatakan, pihaknya akan beruaha menciptakan rasa aman dan nyaman bagi para pemain tamu yang hadir. 

"Mungkin untuk keamanan, kami harus pakai rantis untuk keamanan pemain Arema. Bagi kami sebagai tuan rumah kami siap menyambut tim tamu," kata Wisnu.

"Soal keamanan, pasti kami jamin aman dan tertib. Karena itu sudah menjadi tanggung jawab kami. Serta kami akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian," ujar pria yang juga menjabat sebagai wakil wakil wali kota Surabaya tersebut menambahkan. 

Sementara itu, pihak Polrestabes Surabaya juga sudah menjamin akan kemanan di pertandingan Persebaya kontra Arema FC. Pernyataan itu disampaikan langsung oleh Kapolres, Kombes Pol Rudi Setiawan. "Kami akan berikan penjagaan ekstra ketat, saya mohon semua pihak dapat mengedepankan dan menjaga keamanan," ujarnya.

Dia juga menghimbau agar Bonek yang hadir di stadion GBT mampu menunjukkan bahwa suporter Persebaya telah berubah. "Mari kita tunjukkan bahwa Bonek adalah suporter yang seportif. Kita berikan sambutan dengan baik, dan kita dukung supaya Persebaya menang."

 

 

Perubahan Jadwal

Persiapan Persebaya Surabaya (Dimas Angga P)

Sebelumnya, pihak panitia pelaksana meminta agar jadwal pertandingan diubah. Awalnya, pertarungan dua musuh bebuyutan ini berlangsung malam hari, mulai pukul 18.30 WIB.

Panpel kemudian berharap laga bisa berlangsung lebih awal, yakni pukul 15.30 WIB. PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku pengelola kompetisi akhirnya merestui permintaan tersebut. 

 

 

(Dimas Angga)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tragis, Lansia Ini Dibiarkan Digerogoti Jutaan Tungau hingga Tewas

Posted: 02 May 2018 10:00 PM PDT

Insiden mengerikan dialami seorang lansia, ketika dirinya dimakan hidup-hidup oleh jutaan tungau parasit di panti jompo. Sedangkan, para staf hanya membiarkan hal itu terjadi tanpa adanya tindakan apapun.

Bedasarkan laporan investigasi WXIA-TV, Atlanta, lansia bernama Rebecca Zeni (93) meninggal pada 2015 akibat septicaemia atau infeksi berat akibat skabies atau kudis.

Kudis sendiri sebenarnya bisa disembuhkan meskipun sering menyakitkan bagi penderitanya. Penyakit ini biasanya terjadi karena tungau parasit masuk ke kulit, bertelur dan membuat kulit dan tubuh kita menjadi sarang bagi mereka.

Kudis yang sering kali dialami oleh lansia dapat menimbulkan kulit berkerak. Namun dalam banyak kasus, penyakit itu sebenarnya ringan dan mudah diobati tanpa efek jangka panjang. Sayangnya, Zeni menjadi pihak yang paling menderita dalam kasus ini.

 

Dibiarkan oleh para staf sampai meninggal

(Foto: The Investigator via ATI) Foto Zeni di panti jompo bersama dengan para staf.

Para staf panti jompo Shepherd Hills tahu bahwa wanita tua itu menderita penyakit tersebut. Namun, tak ada tindakan apapun yang mereka lakukan untuk menghentikannya. Malahan tubuh lansia itu dibiarkan begitu saja hingga akhirnya bertambah parah.

Zeni sendiri ditemukan dalam keadaan mengenaskan. Sebelum ia meninggal, ada foto-foto yang menunjukkan bahwa tubuhnya tertutup kerak hitam, terutama di bagian tangan. Penyakit kudis yang dibiarkan terlalu lama membuat kerusakan hebat dan luas pada kulit wanita tua itu.

Kenyataan yang paling memilukan yakni para staf tahu tentang kondisi yang dialami Zeni. Setelah kenyataan ini diketahui keluarga, mereka memutuskan untuk mengambil tindakan dengan mengajukan tuntutan.

Menurut pengacara keluarga, Stephen Chance, para staf panti jompo telah diperintahkan untuk tidak memperhatikan kulit Zeni.

"Ada percakapan di panti jompo ini dengan penyedia layanan kesehatan tentang berhati-hati menyentuh tangan Zeni karena takut bahwa itu mungkin jatuh dari tubuhnya," kata Chance dalam sebuah wawancara, melansir All Thats Interesting.

Kondisi jasadnya mengenaskan

(Foto: ATI) Foto tangan kanan pada jasad Zeni.

Saat melakukan otopsi, Dr. Kris Sperry langsung dibuat kaget dengan jasad Zeni. Menurutnya, ada lebih dari satu juta tungau tinggal di kulit dan tubuh wanita malang itu.

Kris memperkirakan bahwa akibat dari banyaknya tungau yang tumbuh, wanita itu mengalami siksaan dan kematian yang menyakitkan.

"Ini adalah salah satu hal paling mengerikan yang pernah saya lihat dalam karir saya sebagai ahli patologi forensik," kata Dr. Kris Sperry, mantan kepala pemeriksa medis untuk Biro Investigasi Georgia.

Dari situ, penyidik tahu bahwa kematian Zeni punya kaitannya sebagai pembunuhan dengan cara mengabaiknnya. Tapi alasan lain yang mungkin perlu dipertimbangkan yakni tentang adanya wabah kudis sejak tahun 2013. Para staf bisa saja melakukan hal itu dengan tujuan agar tidak menular.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Alasan Tak Usah Kencani Pria Narsis

Posted: 02 May 2018 10:00 PM PDT

Panah cinta memang tak ada yang tahu bakal ke arah mana. Namun, Anda sebaiknya pikir-pikir lagi bila berniat kencan dengan pria narsis.

Sebagian pria narsis memang sosok menyenangkan, tapi ada banyak hal yang bisa membuat Anda kesal dengannya. Berikut beberapa alasan Anda perlu pikir-pikir ulang bila akan berkencan dengan pria narsis.

1. Pria Narsis Gemar Memanfaatkan

Awalnya memiliki pasangan yang narsis memang menyenangkan. tapi tahukah Anda jika seseorang yang narsis cenderung egois? Ia akan rela menyakiti orang lain demi mencapai tujuannya bahkan dengan orang yang ia sayangi sekalipun. Jika sudah begini yakin masih mau bersama orang yang narsis?

2. Manipulatif

Salah satu hal yang mendasar perlu menghindari pria narsis adalah sikapnya yang manipulatif. Banyak yang tidak akan tahan dengan pria yang selalu menyalahkan orang lain untuk membenarkan sikap salahnya.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

3. Merasa Berhak Mendapat Perhatian Lebih

Ilustrasi pria narsis (iStockphoto)

 

Orang narsis selalu merasa harus diperhatikan. Mereka lebih berhak dari orang lain. Sikap seorang narsis yang rendah empati, merasa layak dihargai, haus akan kekaguman, dan butuh gratifikasi akan membuat mereka penuh dengan agresi dan balas dendam.

4. Haus Pengakuan

Pria yang narsis adalah seseorang yang selalu haus pengakuan. Semua orang harus tertarik kepadanya. Yakin ingin bersama dengan pria yang setiap saat selalu menuntut untuk dipuji?

5. Tidak Ingin Disalahkan

Saat terlibat satu masalah, pria narsis tidak ingin disalahkan. Tidak dapat menerima kritik yang diberikan kepadanya. Ketika ada yang mengatakan sesuatu yang buruk kepadanya ia tidak terima, ia selalu menyalahkan orang lain.

Nah, demikian lima alasan perlu menghindari pria yang narsis. Jika sudah begini, yakin masih ingin tetap bersamanya?

 

Penulis: Ayu Puji Lestari

Sumber: vemale.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aliran Kredit Deras, Bank BRI Kantongi Laba Rp 7,42 Triliun di Kuartal I

Posted: 02 May 2018 10:00 PM PDT

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk atau Bank BRI, membukukan laba bersih sebesar Rp 7,42 triliun pada kuartal I 2018, atau naik 11,4 persen year on year (yoy) dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya sebesar Rp 6,66 triliun. Sedangkan aset perusahaan tumbuh sebesar Rp 1.119,24 triliun atau naik 12,4 persen dibandingkan tahun lalu Rp 996 triliun.

Direktur Keuangan Bank BRI, Haru Koesmahargyo mengungkapkan, kenaikan laba bersih tersebut terutama didorong oleh pertumbuhan penyaluran kredit yang tumbuh dua digit di atas rata rata industri perbankan nasional. Di mana pada kuartal I 2018, secara konsolidasi Bank BRI telah menyalurkan kredit sebesar Rp757,68 triliun atau naik sebesar 11,2 persen dibandingkan periode kuartal I 2017 sebesar Rp 681,27 triliun.

"Pencapaian tersebut di atas tingkat pertumbuhan kredit perbankan nasional pada Maret 2018 yang tercatat 8,5 persen," kata Haru dalam Konferensi Pers Kinerja Keuangan kuartal I 2018 di Gedung BRI, Jakarta, Kamis (3/5/2018).

Haru mengatakan, peningkatan penyaluran kredit utamanya karena kenaikan penyaluran kredit Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Di mana penyaluran kredit ke segmen UMKM tercatat senilai Rp 584,7 triliun atau 77,2 persen dari keseluruhan portofolio kredit BRI.

"Sedangkan pada periode yang sama tahun lalu, portofolio penyaluran kredit BRI ke segmen UMKM tercatat 74,4 persen. Ini merupakan bukti nyata komitmen Bank BRI untuk pemberdayaan UMKM di Indonesia sehingga meningkatkan sektor riil," ujar Haru.

Bank BRI juga berhasil menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) senilai Rp 22,3 triliun kepada lebih dari 1,1 juta debitur sepanjang kuartal I 2018. Pencapaian ini setara 28,1 persen dari target penyaluran KUR yang ditargetkan pemerintah kepada Bank BRI sebesar Rp 79,7 triliun hingga akhir tahun ini. 

 

 

Reporter : Dwi Aditya Putra

Sumber : Merdeka.com

NPL Lebih Rendah Dari Industri

kpr

Haru menambahkan, penyaluran kredit yang tumbuh dua digit mampu diimbangi BRI dengan tetap menjaga kualitas kredit. Hal ini tercermin dari rasio kredit bermasalah (Non Performing Loan/NPL) gross BRI, yang tercatat sebesar 2,46 persen. NPL BRI tercatat lebih kecil daripada NPL industri perbankan nasional 2,75 persen pada Maret 2018.

Di sisi lain, Bank BRI juga meningkatkan NPL Coverage, dari semula sebesar 172,38 persen pada kuarta I 2017 menjadi 174,81 persen pada periode tiga bulan 2018.

"Ini mengindikasikan bahwa BRI konservatif memandang risiko yang akan datang, sekaligus untuk menjaga tingkat sustainabilitas dan profitabilitas ke depannya," jelas Haru.

Sedangkan, Dana Pihak Ketiga (DPK) BRI berhasil tumbuh sebesar 12,7 persen ke posisi Rp 827,1 triliun di kuartal I 2018 dari posisi Rp 734 triliun di kuartal I 2017. Tingkat pertumbuhan tersebut jauh di atas tingkat pertumbuhan DPK nasional Maret 2018 yang tercatat sebesar 7,7 persen. Selaras dengan peningkatan DPK, BRI mampu meningkatkan dana murah (CASA), menjadi 55,87 persen dari realisasi sebelumnya 55,17 persen. 

"Dengan kinerja yang cukup kuat tersebut, kami optimistis mampu tumbuh secara berkelanjutan dengan tetap fokus terhadap pemberdayaan UMKM, mendorong literasi dan inklusi keuangan ke seluruh penjuru negeri serta menjalankan fungsi sebagai agen pembangunan," pungkas Haru.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Fakta Pemeran Thanos di Film Avengers Infinity War

Posted: 02 May 2018 10:00 PM PDT

Aktor pemeran Thanos dalam film Avengers: Infinity War adalah Josh Brolin. Aktor kawakan asal Amerika Serikat ini sudah berusia 50 tahun.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ide Keren Pakai Busana Bergaya Vintage Tanpa Terlihat Kuno

Posted: 02 May 2018 10:00 PM PDT

Bagi Anda penggemar gaya vintage dan butuh sesuatu yang lebih kekinian, saatnya mencoba tampilan yang satu ini. Inspirasi busana gaya jalanan yang terangkum dari berbagai sumber di Instagram berikut ini, bisa memberikan referensi gaya vintage terlihat lebih trendi dan modern. Yuk, simak selengkapnya!

1. Rok Vintage

 

 

Rok mini bermotif vintage bisa Anda padukan dengan atasan yang warnanya cerah. Misalnya sweater warna kuning "gen-Z" yang sedang tren. Lengkapi juga gaya chic Anda dengan sepatu yang warnanya senada dengan busananya.

2. Dress Vintage

 

Dress motif floral berbahan lace akan terlihat lebih keren saat Anda tambahkan sentuhan ikat pinggang berwarna pastel. Agar terlihat lebih modern, padukan dengan sneakers yang warnanya serasi dengan dress dan ikat pinggangnya.

 

3. Blazer Vintage

 

Blazer ber-padding motif kotak-kotak memang identik dengan gaya vintage era 80-an. Namun agar tampilan Anda tampak modern, coba padukan dengan atasan kaos putih dan celana jeans. Tambahkan sepatu high heels dan hand bag kekinian.

 

Simak juga video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wakil Ketua Komisi VII DPR: Jumlah TKA di Batam Harus Diawasi

Posted: 02 May 2018 09:58 PM PDT

Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) melakukan kunjungan kerja ke Batam, Kepulauan Riau. Di sana, mereka mengunjungi Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tanjung Kasem.

Wakil Ketua, Herman Khaeron, menyoroti jumlah tenaga kerja asing (TKA) yang bekerja di sana yang cukup banyak. Ironisnya, mereka sudah bertahun-tahun bekerja di Batam, tetapi tidak bisa berbahasa Indonesia.

Menurutnya, TKA tersebut harus mendapat pengawasan ketat.

"Kami melihat di room control saja keseluruhannya warga negara Tiongkok dan bahkan sudah tiga tahun bekerja di sini, tapi tidak bisa berbahasa Indonesia. Bahkan, petunjuk apapun di sana juga berbahasa Tiongkok. Padahal, dalam Perpres Nomor 20 Tahun 2018 sudah dikatakan bahwa TKA yang bekerja di Indonesia harus bisa berbahasa Indonesia," ujar Herman, saat memimpin Kunjungan Kerja Komisi VII DPR RI ke Batam, Kepri, Minggu (29/4/2018).

Politisi Partai Demokrat tersebut tak bisa membayangkan bagaimana keadaan serupa di daerah-daerah terpencil. Herman pun mempertanyakan, untuk apa ada pembangunan jika tidak memberikan lapangan kerja bagi pekerja lokal? Terlebih lagi, kondisi angkatan kerja di Indonesia yang cukup tinggi.

"Kita sedang dalam tahapan bonus demografi. Kita harus cukup mampu menyediakan lapangan pekerjaan supaya angkatan kerja kita terserap semua. Jangan sampai angkatan kerja kita tinggi, kemudian tuntutan terhadap lapangan pekerjaan tinggi, tetapi kemudian sumber daya kita dieksploitasi. Atau investornya dari asing, kemudian ruang pekerjaannya tertutup karena mereka membawa tenaga kerja dari negara asalnya," ucapnya.

Menurut Herman, kondisi di PLTU Tanjung Kasem harus menjadi perhatian. Selain harus menjaga keberlangsungan operasional dari pembangkit listrik yang ada di Kota Batam, juga diperlukan batasan untuk TKA.

"Ruang pekerjaan yang potensial untuk membuka ruang kerja baru maupun ruang kerja yang bisa menampung lebih banyak para pekerja dalam negeri ini harus betul-betul disiapkan secara cukup," kata politisi daerah pilih Jawa Barat tersebut.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cermati, Tidak Semua Jenis Cokelat Bisa Atasi Masalah Mood Anda

Posted: 02 May 2018 09:54 PM PDT

Cokelat menjadi makanan yang paling digemari orang-orang dari berbagai kalangan usia, mulai dari anak kecil bahkan sampai orangtua. Selain rasanya yang lezat, cokelat juga punya khasiat mengobati mood orang yang mengonsumsinya.

Menurut dua studi dari Loma Linda University di California menemukan bahwa makan cokelat dapat memiliki efek positif pada tingkat stres, serta mempromosikan perubahan bermanfaat pada peradangan, suasana hati, memori, dan kekebalan.

 

Khasiat Cokelat

Iris-iris cokelat batangan sebelum dilelehkan. (Via: quincyjennica.blogspot.com)

Namun tidak semua cokelat dapat meningkatkan mood seseorang. Hanya cokelat hitam dengan lebih dari 70 persen kakao saja yang memiliki fungsi tersebut. Kakao memiliki banyak kandungan flavonoid antioksidan yang memiliki dampak baik untuk otak manusia.

"Selama bertahun-tahun, kami telah melihat pengaruh dark chocolate pada fungsi-fungsi neurologis dari sudut pandang kandungan gula, semakin bahagia kita," kata Pemimpin peneliti Lee S. Berk seperti dikutip dari Metro.co.uk.

 

Hasil Penelitian

Lain kali Anda batuk, lupakan madu dan lemon, namun ambillah sebatang cokelat.

Ini adalah pertama kalinya peneliti melihat dampak dari sejumlah besar kakao dalam dosis sekecil cokelat batangan berukuran biasa pada manusia dalam jangka pendek atau jangka waktu lama.

Studi ini menunjukkan bahwa semakin tinggi konsentrasi kakao, semakin positif dampaknya pada kognisi, memori, suasana hati, kekebalan dan efek menguntungkan lainnya.Simak juga video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jan Koum Hengkang, Privasi WhatsApp Makin Tak Aman?

Posted: 02 May 2018 09:54 PM PDT

Kabar keluarnya Jan Koum dari WhatsApp memberi efek domino terkait keamanan aplikasi chatting tersebut, apalagi belakangan ini sedang muncul skandal penyalahgunaan data di media sosial.

Dilansir Lifehacker, Kamis (3/5/2018), Koum dikenal sebagai yang terdepan dalam melindungi data dan privasi pengguna, dan kepergiannya pun dikhawatirkan bisa melonggarkan privasi WhatsApp.

"Facebook sudah memanen beberapa data dari WhatsApp. Tanpa Koum sebagai pemimpin, mungkin saja hal itu bertambah," tulis Lifehacker.

Sebelumnya, The New York Times mengabarkan Koum keluar dari WhatsApp karena khawatir akan sikap Facebook terkait pengumpulan data pengguna.

Untuk diketahui, Facebook mengakuisisi WhatsApp pada 2014. Kala itu, Koum berjanji untuk terus melindungi privasi pengguna, dan berkata mereka tidak akan bermitra dengan Facebook bila hal itu melanggar visi WhatsApp terkait melindungi privasi.

Sayangnya, Facebook justru ketahuan lengah dalam melindungi data profil milik penggunanya.

Pada pos perpisahannya di Facebook, Koum mengatakan akan menghabiskan "masa pensiun" dengan cara menikmati dunia otomotif dan bermain ultimate frisbee.

Koum pun berjanji akan terus mendukung WhatsApp meskipun bukan lagi bagian dari perusahaan tersebut.

Petinggi Facebook Kirim Salam Perpisahan

Tawa Mark Zuckerberg sebelum dirundung masalah pencurian data pengguna Facebook. (AFP/LLUISE GENE)

Hengkangnya Koum ternyata juga ditanggapi oleh CEO sekaligus pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, serta COO Facebook, Sheryl Sandberg.

Ia pun berkomentar di posting Koum dan mengucapkan terima kasih.

"Yang pasti, saya akan merindukan kerja bersamamu. Saya bersyukur atas semua kerja keras yang telah kamu lakukan, menghubungkan dunia, semua yang telah kamu ajarkan, termasuk sistem enkripsi, Nilai-nilai ini akan terus ada di jantung WhatsApp, " tulis Zuckerberg.

Sheryl Sandberg pun mengungkapkan kata-kata serupa. Tak lupa, Sandberg mengucapkan salam perpisahan.

"Jan, kerja kerasmu untuk WhatsApp berhasil menghubungkan banyak orang di dunia. Saya senang bisa sempat bekerja denganmu. Semoga yang terbaik bagimu di masa mendatang," kata Sandberg dalam kolom komentar posting pengumuman Koum.

Keputusan untuk meninggalkan WhatsApp itu dituliskan melalui akun Facebook resmi miliknya beberapa waktu lalu. Koum pun tidak menyembunyikan bahwa keputusan ini merupakan momen yang emosional baginya.

Hubungan Facebook dan WhatsApp

Tawa Mark Zuckerberg sebelum dirundung masalah pencurian data pengguna Facebook. (AFP/JUSTIN SILLIVAN)

Sekadar kilas balik, Acton dan rekannya, Jan Koum, menjual WhatsApp kepada Facebook pada 2014 senilai US$ 22 miliar (setara dengan Rp 302 triliun).

Dalam kesepakatan aksi korporasi besar ini, Acton mengantongi US$ 3 miliar (Rp 41 triliun) dan kemudian memiliki nilai kekayaan bersih sebanyak US$ 5,5 miliar (Rp 75 triliun), demikian dikutip Forbes.

Saat diakuisisi, Acton masih tetap ada di WhatsApp selama hampir tiga tahun, sampai akhirnya ia keluar dari Facebook pada September 2017.

Setelah resign, ia menciptakan aplikasi pesan instan terenkripsi bernama Signal. Dan pada Februari lalu, Acton mendirikan yayasan nonprofit Signal Foundation sebagai Executive Chairman dan berinvestasi sebanyak US$ 50 juta (Rp 680 miliar).

(Tom/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perusahaan Pemanen Data Facebook Cambridge Analytica Tutup, tapi...

Posted: 02 May 2018 09:53 PM PDT

Cambridge Analytica tutup. Perusahaan konsultan politik asal Inggris yang jadi sorotan gara-gara skandal penyalahgunaan data pribadi pengguna Facebook untuk kepentingan politik mereka, akhirnya setop beroperasi.

"Selama beberapa bulan terakhir, Cambridge Analytica menjadi subyek banyak tuduhan tidak berdasar dan meski telah berupaya melakukan koreksi, perusahaan merasa dicemarkan atas aktivitasnya, yang tak hanya legal, tapi diterima secara luas sebagai komponen standar dari iklan online, baik dalam ranah politik dan komersial," demikian cuplikan pernyataan pers yang dimuat di situs perusahaan.

Cambridge Analytica mengklaim sebagai "korban" atas pemberitaan yang marak soal skandal penyalahgunaan data Facebook.

"Meski Cambridge Analytica dengan meyakini penuh bahwa karyawannya telah bertindak sesuai etika dan aturan hukum ... kepungan pemberitaan media mengusir hampir semua pelanggan dan pemasok perusahaan."

Akibatnya, seperti ditambahkan pihak perusahaan, "telah diputuskan bahwa kami tak lagi bisa melanjutkan bisnis."

Seperti dikutip dari BBC, Kamis (17/5/2018), pernyataan tersebut juga menambahkan, perusahaan induk Cambridge Analytica, SCL Elections juga sedang memulai proses pailit.

Meski bangkrut dan tutup, belum berarti Cambridge Analytica tamat. Sejumlah mantan karyawan perusahaan itu yang diwawancarai surat kabar Inggris, Financial Times, dalam kondisi anonim, mengaku yakin, Cambridge Analytica akan bermetamorfosis, menjelma dalam bentuk lain atau menggunakan kedok.

Ketua komite parlemen Inggris yang menyelidiki aktivitas perusahaan menyuarakan keprihatinan terkait langkah Cambridge Analytica dan SCL Elections.

"Penyelidikan tidak dapat dihalangi oleh penutupan perusahaan-perusahaan tersebut," kata anggota parlemen Damian Collins.

"Menurut saya, adalah hal yang vital bahwa penutupan perusahaan-perusahaan tersebut tak bisa digunakan sebagai dalih untuk mencoba membatasi atau menghalangi kemampuan aparat berwenang untuk menginvestigasi apa yang mereka lakukan."

 

Saksikan video menarik terkait skandal Cambridge Analytica dan Facebook:

Terlibat dalam Pilpres AS dan Brexit?

CEO Cambridge Analytica Alexander Nix berbicara di Summit Concordia 2016 Hari 1 di Grand Hyatt New York, 19 September 2016. (Bryan Bedder/Getty Images for Concordia Summit/AFP)

Chief executive Cambridge Analytica, Alexander Nix, diberhentikan pada Maret 2018 pasca-penayangan rekaman investigatif yang menghebohkan di Channel 4 News.

Bulan lalu, Cambridge Analytica mengaku hanya memiliki lisensi 30 juta data pribadi milik warga Amerika Serikat, yang dipanen dari pencipta aplikasi kuis di Facebook, Dr Aleksandr Kogan.

Pihak perusahaan juga berdalih tak menggunakan informasi-informasi tersebut untuk menguntungkan pihak tertentu dalam Pilpres AS 2016.

Pihak perusahaan mengaku telah menghapus semua informasi meskipun klaim berbeda disampaikan pihak lain.

Menurut Facebook, data pribadi dari sekitar 87 juta penggunanya telah dipanen lewat perantaraan aplikasi kuis, lalu diserahkan pada perusahaan konsultasi politik.

Pihak Facebook mengaku masih terus melakukan penyelidikan atas persoalan tersebut.

"Kami terus melakukan investigasi internal dan bekerja sama dengan aparat berwenang yang relevan dengan kasus ini," kata juru bicara Facebook.

Kecurigaan keterlibatan Cambridge Analytica dalam Pilpres AS diperkuat dengan fakta bahwa salah satu investor utamanya adalah miliarder pengelola investasi global (hedge fund) asal Negeri Paman Sam, Robert Mercer.

Menurut Guardian, Mercer menyetor modal sebesar US$ 15 juta.

Mercer, yang punya latar belakang ilmuwan komputer, juga menjadi salah satu penyumbang bagi Partai Republik dan menyokong Donald Trump selama kampanye.

Sejauh ini, ia belum bersedia diwawancara tentang pandangan politiknya. Mercer juga belum secara terbuka mengomentari skandal panen data ilegal yang melibatkan Cambridge Analytica.

Tak hanya di Amerika Serikat, Cambridge Analytica juga diduga menggunakan data Facebook dalam referendum Brexit.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Ajak Sultan Brunei Darussalam Tanam Pohon Perdamaian

Posted: 02 May 2018 09:51 PM PDT

Presiden Jokowi bersama Sultan Brunei Darussalam HM Sultan Haji Hassanal Bolkiah menanam pohon perdamaian atau Barringtonia Asiatica di halaman belakang Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (3/5/2018).

Penanaman pohon dilakukan pada pukul 10.45 WIB. Menggunakan setelan jas lengkap berwarna abu-abu, Jokowi mengajak Hassanal Bolkiah keluar dari gedung utama menuju halaman belakang Istana Kepresidenan Bogor. Di sebelah kanan halaman, terdapat satu lubang yang akan ditanami pohon.

Sultan Haji Hassanal Bolkiah yang memulai untuk menanam pohon Perdamaian. Kemudian disusul oleh Jokowi. Setelah prosesi penanaman pohon selesai, keduanya kembali ke gedung utama Istana.

Berdasarkan agenda, Jokowi dijadwalkan makan siang bersama Sultan Haji Hassanal Bolkiah. Keduanya juga akan melakukan pertemuan bilateral yang digelar tertutup.

 

 

Upacara Kenegaraan

Presiden menyambut kedatangan Sultan Hassanal Bolkiah di Istana Bogor.

Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana menyambut kedatangan Sultan Brunei Darussalam HM Sultan Haji Hassanal Bolkiah beserta HM Duli Raja Isteri Pengiran Anak Hajah Saleha di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis.

Penyambutan diawali dengan upacara kenegaraan. Pantauan Merdeka.com pukul 10.25, Hassanal Bolkiah tiba di halaman depan Istana Kepresidenan Bogor. Dia menggunakan setelan jas warna biru.

Sedangkan Jokowi sudah menunggu sejak pukul 10.15 WIB. Kepala Negara mengenakan setelan jas lengkap berwarna abu-abu.

Pada pukul 10.34 WIB, Jokowi mengajak Hassanal Bolkiah menuju mimbar upacara kenegaraan. Sesaat kemudian mereka memeriksa kesiapan pasukan pengamanan presiden yang tergabung dalam grup marching band.

 

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anggita Sari Batal Tampil di Televisi Gara-Gara Ayu Ting Ting?

Posted: 02 May 2018 09:50 PM PDT

Nama Anggita Sari lama tak terdengar. Sebelumnya, model majalah dewasa ini menjadi perbincangan publik atas kasus-kasus yang menimpanya, mulai narkoba hingga prostitusi.

Tiba-tiba, namanya kembali menjadi perbincangan lantaran akun Instagram gosip @lambe_turah mengunggah pernyataan Anggita Sari di Instagram Story-nya yang kini telah hilang. 

Anggita Sari mengaku dirinya mendapat tawaran untuk tampil di acara talk show sebagai bintang tamu. Namun, ditunggu hingga berjam-jam, dirinya tak lagi dihubungi pihak televisi tersebut.

"Jadi pagi2 gw di hubungin manager gw katanya dia dihubungin pihak trans, jam 6 disuruh standby di transtv buat acara brownis," tulis Anggita Sari.

 

Tak Dihubungi Lagi

Anggita Sari (Deki Prayoga/bintang.com)

Namun, setelah menunggu cukup lama Anggita Sari tak juga dihubungi oleh pihak televisi.

"Terus gw sih iya2 aja. Tapi kok udah jam 2an lebih blm ada konfirmasi... Oiya gw lupa host nya ada mbak ayu ting2. Yang dari jaman gw dulu di pesbukers mana mau 1 frame sama gue #sensibangetmbaknya," lanjutnya.

 

Dianggap Cari Sensasi

Anggita Sari

Warganet pun langsung menanggapinya di kolom komentar. Mereka menganggap unggahan Anggita Sari hanyalah mencari sensasi.

"Ini sapa gw ga knl tp krna pngn.jd terknl jd mmbuat sensasi kn," tulis akun @marcellqian1988chang.

"Anggita sari aja yg emng gk laku," tambah akun @rista.maharani.

 

Jawaban Anggita Sari

(Liputan6.com/Gempur M Surya)

Tak terima dianggap hanya mencari sensasi, Anggita Sari memberi jawaban untuk para warganet di Instagram Story, Kamis (3/5/2018).

"Nih @lambe_turah sama mujaer2, baca ini wa pihak trnas tv ke manager gw. Mereka yg nawain, gw yg dibilang kebelet, sok ngartis, kapan gw bilang gw artis? (ngga pengen juga jd artis)," lanjutnya.

 

Ayu Ting Ting Takut?

Ayu Ting Ting (Instagram/ayutingting92)

Kata Anggita Sari, Ayu Ting Ting sejak lama tak mau tampil bersama dengannya. "Yeeee udah dari jaman pesbukers bertaun2 lalu kali dia begitu. Takut dijeplakin mulut gw kali? (padahal gw juga ngga bakalan gitu sih ngapain amat)," tambahnya.

Seperti diketahui, Anggita Sari dan mantan suami Ayu Ting Ting, Enji, sempat menjalin asmara hingga hamil. Sayangnya, menurut Anggita, Enji ogah bertanggung jawab.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Meriahnya Penutupan Audisi Jakarta Fashion Week Model Search 2018

Posted: 02 May 2018 09:46 PM PDT

Jakarta Fashion Week mempunyai program pencarian model berbakat Jakarta Fashion Week Model Search. Audisinya sudah berlangsung di empat kota, Surabaya, Yogyakarta, Medan, dan ditutup di Jakarta, 2-3 Mei 2018 di Lippo Mall Kemang.

Sebagai kota terakhir, audisi Jakarta Fashion Week Model Search 2018 di Jakarta berlangsung meriah. Di hari kedua, (3/5/2018) akan menampilkan fashion show koleksi busana para desainer muda tanah air dari Indonesia Fashion Forward dan YCIFI.

Sedikit berbeda dari kota-kota sebelumnya, selain memilih enam pemenang, akan ada dua model yang dinobatkan sebagai The Best of Model Search 2018 dari para pemenang audisi Surabaya, Yogyakarta, Medan, dan Jakarta.

 

 

Jakarta Fashion Week Model Search 2018

Para model mengikuti audisi Jakarta Fashion Week Model Search di Lippo Mall Kemang (Liputan6.com/Pool/JFW)

Audisi di Surabaya, Yogyakarta, dan Medang sudah memilih masing-masing enam pemenang. Dan tiga model yang mendapat Wild Card dari dewan juri. Dewan juri terdiri dari perwakilan Jakarta Fashion Week, para sponsor, Koreografer Senior Panca Makmun, dan Face of Jakarta Fashion Week Wita Juwita di Medan.

"Dewan Juri optimis mendapatkan talenta baru, baik pria maupun wanita, di runway Jakarta Fashion Week 2019 dari audisi model di empat kota ini," ujar Ketua Juri sekaligus Creative Director Jakarta Fashion Week Ai Syarif.

Jakarta Fashion Week Model Search 2018

Para model mengikuti audisi Jakarta Fashion Week Model Search di Lippo Mall Kemang (Liputan6.com/Pool/JFW)

Jakarta Fashion Week Model Search 2018 didukung oleh UBS Gold, Make Over, dan L'Oréal Professionnel yang diselenggarakan untuk memilih model-model baru yang bertalenta. Mereka berkesempatan untuk berjalan di runway Jakarta Fashion Week 2019.

Para model mendaftarkan diri secara online di jfwmodelsearch.com untuk bisa ikut serta dalam kontes tersebut. Jakarta Fashion Week Model Search merupakan salah satu program yang paling ditunggu oleh para model bertalenta untuk tampil di pekan mode terbesar di Asia Tenggara.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

INFOGRAFIS: Real Madrid Menuju Hattrick Liga Champions

Posted: 02 May 2018 09:45 PM PDT

Real Madrid jadi tim pertama yang memastikan tiket final Liga Champions 2017/2018. Pada final yang akan dihelat di NSK Olimpijs'kyj, Kiev, 26 Mei 2018, Madrid akan menghadapi Liverpool.

Real Madrid memastikan tiket final setelah sukses menyingkirkan Bayern Munchen di semifinal dengan agregat 4-3. Pada leg pertama di Allianz Arena, tim besutan Zinedine Zidane itu menang 2-1. Di Santiago Bernabeu, Madrid bermain imbang 2-2.

Ini adalah kali ketiga Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan memastikan tiket final secara beruntun. Dan ini adalah kesempatan mereka untuk mempertajam rekor, yakni jadi satu-satunya tim yang memenangi gelar Liga Champions tiga musim beruntun.

Jika melihat performa Real Madrid di Liga Champions musim ini, mereka memang layak untuk mencapai tiket semifinal. Kini, publik tinggal menanti apakah Los Blancos bisa mengukir hattrick atau justru Liverpool yang mampu membuat kejutan.

Berikut infografis perjalanan dan rapor Madrid menuju final Liga Champions:

Infografis

Infografis Real Madrid (Liputan6.com/Trie yas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Disingkirkan Liverpool, AS Roma Merasa Dirugikan Wasit

Posted: 02 May 2018 09:45 PM PDT

Kubu AS Roma melontarkan kekecewaan terhadap kepemimpinan wasit Damir Skomina dalam laga semifinal kedua Liga Champions lawan Liverpool, Selasa (2/5/2018). Setidaknya begitulah klaim Monchi, direktur olahraga Roma.

Monchi menyebut, klubnya seharusnya bisa tampil di final Liga Champions jika saja pertandingan lawan Liverpool menggunakan Video Assistant Referee (VAR).

"Kami dirugikan wasit. Seharusnya kami mendapat dua tendangan penalti lagi pada laga tadi. Selain itu, pada pertemuan pertama, Liverpool mencetak gol dari posisi offside," ujar Monchi.

AS Roma gagal ke final Liga Champions setelah kalah 6-7 pada agregat melawan Liverpool. Namun, Monchi berkeyakinan kalau AS Roma yang lebih pantas ke laga puncak.

"Kami menghargai pencapaian Liverpool, tapi kami harus mengevaluasi apa yang terjadi. Saya tak mengerti, kenapa UEFA tak menggunakan VAR dalam kompetisi sepenting Liga Champions."

Agenda UEFA

Mochi menyebut sudah seharusnya penggunaan VAR masuk dalam agenda UEFA. "Hasil ini mencederai gairah dan kerja keras kami. Kami seharusnya bisa tampil di final. Jika ada VAR, laga final Liga Champions adalah AS Roma melawan Bayern Munchen," ungkap Monchi.

Sebelumnya, Real Madrid memastikan tempat di final Liga Champions setelah unggul dengan agregat 4-3 atas Bayern Munchen.

 

Sumber: www.Bola.com

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Banjir dan Tanah Longsor Ancam Ratusan Ribu Pengungsi Rohingya

Posted: 02 May 2018 09:45 PM PDT

Pemandangan Kamp Pengungsi Kutupalong, Bangladesh, 30 April 2018. Ada sekitar 700 ribu pengungsi Rohingya yang kini terancam dengan banjir dan tanah longsor mengingat semakin mendekatnya musim hujan. (AP Photo / A.M. Ahad)

Pemandangan Kamp Pengungsi Kutupalong, Bangladesh, 30 April 2018. Ada sekitar 700 ribu pengungsi Rohingya yang kini terancam dengan banjir dan tanah longsor mengingat semakin mendekatnya musim hujan. (AP Photo / A.M. Ahad)

Seorang pengungsi Rohingya menuruni tangga dari perbukitan di Kamp Pengungsi Kutupalong, Bangladesh, 28 April 2018. Kamp pengungsi tersebut dinilai tidak aman karena berada di atas-atas bukit. (AP Photo / A.M. Ahad)

Seorang pengungsi Rohingya menuruni tangga dari perbukitan di Kamp Pengungsi Kutupalong, Bangladesh, 28 April 2018. Kamp pengungsi tersebut dinilai tidak aman karena berada di atas-atas bukit. (AP Photo / A.M. Ahad)

Seorang pengungsi Rohingya menaiki tangga di perbukitan yang berada di Kamp Pengungsi Kutupalong, Bangladesh, 28 April 2018. Bangunan-bangunan pengungsian berdiri di atas tanah berlumpur yang sangat minim pepohonan. (AP Photo / A.M. Ahad)

Seorang pengungsi Rohingya menaiki tangga di perbukitan yang berada di Kamp Pengungsi Kutupalong, Bangladesh, 28 April 2018. Bangunan-bangunan pengungsian berdiri di atas tanah berlumpur yang sangat minim pepohonan. (AP Photo / A.M. Ahad)

Pengungsi Rohingya memperbaiki rumahnya di Kamp Pengungsi Kutupalong, Bangladesh, 28 April 2018. Apabila hujan tiba, ada ancaman serius kamp pengungsi yang dibangun secara tidak teratur itu mengalami kebanjiran dan longsoran lumpur. (AP Photo / A.M. Ahad)

Pengungsi Rohingya memperbaiki rumahnya di Kamp Pengungsi Kutupalong, Bangladesh, 28 April 2018. Apabila hujan tiba, ada ancaman serius kamp pengungsi yang dibangun secara tidak teratur itu mengalami kebanjiran dan longsoran lumpur. (AP Photo / A.M. Ahad)

Pengungsi Rohingya membawa batu bata untuk membangun rumah di Kamp Pengungsi Kutupalong, Bangladesh, 28 April 2018. Bantuan sangat diperlukan oleh pengungsi untuk membangun saluran-saluran air supaya jangan terjadi banjir. (AP Photo / A.M. Ahad)

Pengungsi Rohingya membawa batu bata untuk membangun rumah di Kamp Pengungsi Kutupalong, Bangladesh, 28 April 2018. Bantuan sangat diperlukan oleh pengungsi untuk membangun saluran-saluran air supaya jangan terjadi banjir. (AP Photo / A.M. Ahad)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jurus Jitu Bank Indonesia Jaga Nilai Tukar Rupiah

Posted: 02 May 2018 09:44 PM PDT

Bank Indonesia (BI) menilai melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) yang terjadi dalam beberapa waktu terakhir belum pada posisi yang mengkhawatirkan.

Lantaran faktor eksternal dan musiman yang menyebabkan jatuhnya nilai tukar rupiah yang hingga pagi ini, Kamis (3/5/2018) nyaris menyentuh level Rp 14.000 per dolar AS.

Berdasarkan data kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor), rupiah di posisi 13.965 per dolar AS pada Kamis 3 Mei 2018.

Sedangkan data Bloomberg, rupiah dibuka melemah tujuh poin ke posisi 13.955 per dolar AS pada Kamis pagi ini dari penutupan kemarin 13.948 per dolar AS. Rupiah pun bergerak di kisaran 13.955-13.968 per dolar AS.

Deputi Gubernur Bank Indonesia, Dody Budi Waluyo menyatakan secara domestik, kondisi perekonomian Indonesia sangat baik. Namun, ketidakpastian ekonomi global menyebabkan terjadinya pelemahan nilai tukar, tidak hanya rupiah, tetapi sejumlah mata uang negara lain.

"Dari domestik tidak ada alasan rupiah melemah. Namun, akan ada apa dengan Trump? Trade war? Proteksionisme Amerika. Ini yang menyebabkan bagusnya perekonomian Indonesia tertutup dengan faktor eksternal," Dody menjelaskan dalam sambutannya pada acara Diseminasi Laporan Perekonomian Indonesia, Makassar, Kamis (3/5/2018).

Dody menambahkan, ada faktor musiman juga menjadi penyebab pelemahan nilai tukar rupiah karena besarnya permintaan dolar AS untuk pembayaran utang luar negeri, dividen, pembayaran impor.

Meski begitu, Dody memastikan, pelemahan nilai tukar rupiah yang terjadi saat ini masih dalam level aman. "Kita melemah 0,8 persen, tetapi pelemahan juga terjadi pada mata uang lain, seperti India dan Jepang," kata Dody.

 

Empat Strategi Bank Indonesia

Deputi Gubernur BI, Dody Budi Waluyo (Yayu Agustini Rahayu Achmud/Merdeka.com)

Bank Indonesia, dia melanjutkan, telah melakukan beberapa langkah untuk menjaga agar rupiah tidak semakin terpuruk. Dody menyebutkan ada empat kebijakan Bank Indonesia dalam menanggapi pelemahan nilai tukar rupiah ini. Empat strategi ini dilakukan secara bertahap.

Pertama, Bank Indonesia menjaga likuiditas valas dan rupiah. Kedua, memantau perkembangan ekonomi global dan dampaknya terhadap perekonomian domestik.

Ketiga, Bank Indonesia menyiapkan second line of defense dengan institusi terkait. Ada dua cara dalam second line of defense ini, yakni Bilateral Swap Agreement dan Currency Swap Agreement.

Terakhir, apabila tekanan terus berlanjut serta mengganggu stabilitas, maka Bank Indonesia akan menyesuaikan suku bunga.

"Kita memperkuat cadangan devisa. Jadi saat dibutuhkan kita ada sumber cadev. Serta menyediakan room jika nanti kita lakukan penyesuaian suku bunga," ujar Dody.

"Kita pantau pasar, sudah kita upayakan untuk menjaga rupiah. Kalau tidak ada BI, mungkin rupiah sudah Rp 15 ribu. Kalau sekarang Rp 14 ribu, itu hasil yang telah kita lakukan," Dody menandaskan.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Komisi V DPR RI Pantau Progres Pembuatan 7 Kapal Tol Laut di Pontianak

Posted: 02 May 2018 09:41 PM PDT

Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI), memantau progres penyelesaian tujuh kapal yang dipesan Direktorat Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) di Pontianak, Kalimantan Barat. Dari ketujuh kapal yang dipesan, satu diantaranya telah siap diserahterimakan. Sementara itu, pembuatan keenam kapal lainnya telah mencapai 92 persen dan diharapkan selesai awal 2019.

Hal tersebut disampaikan Anggota Komisi V DPR RI, Muhidin Mohamad Said, usai meninjau proses penyelesaian tujuh kapal di Galangan Kapal PT. Steadfast Marine, Pontianak Utara, Kalimantan Barat, Senin (30/4/2018). Peninjauan ini dalam rangka Kunjungan Kerja Komisi V DPR RI yang dipimpin Wakil Ketua, Lasarus.

Di galangan tersebut, Kemenhub memesan tujuh unit kapal tipe 2000 GT dan 1200 GT. Anggarannya untuk per unit kapal 2000 GT sekitar Rp73 miliar, sedangkan anggaran kapal 1200 GT antara Rp 53-54 miliar per unit.

Proses pembuatan tujuh kapal tersebut telah dilaksanakan sejak 2015. Komisi V DPR RI pun meminta komitmen perusahaan untuk menjamin kualitas, keselamatan, serta ketepatan waktu dalam menyelesaikan pembuatan kapal.

"Kami minta komitmen perusahaan terkait kualitasnya dan keselamatannya, karena bagaimanapun juga kapal ini akan melayani masyarakat, membawa penumpang dari pulau ke pulau, dari provinsi ke provinsi, dari kabupaten ke kabupaten. Karena itu diharapkan mampu menjamin dari sisi keamanan dan juga dari sisi ketepatan waktu penyelesaian," ujar Muhidin.

Lebih lanjut, politisi Partai Golkar tersebut menyampaikan bahwa kunjungan Komisi DPR RI ke galangan kapal ini dalam rangka mendukung program tol laut dari pemerintah.

"Dengan selesainya tujuh kapal pesanan Kemenhub ini, akan mendukung kelancaran pelayanan di kawasan timur Indonesia dan menghubungkan satu daerah dengan daerah lainnya," ucap Muhidin.

Kondisi tersebut diharapkan Muhidin dapat memperkuat fungsi tol laut, terutama untuk distribusi barang dan mengurangi disparitas harga antar daerah.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anak Mahir Bertinju, Deddy Corbuzier Dihujani Pujian

Posted: 02 May 2018 09:40 PM PDT

Pesulap Deddy Corbuzier dikenal sebagai salah satu yang kerap berpikiran kritis. Apapun yang ia ungkapkan selalu menjadi hal viral dan tidak biasa di mata masyarakat.

Hal ini tentu membuat banyak publik heran dengannya. Dalam mendidik putranya, Deddy Corbuzier juga menerapkan cara yang unik.

Azkanio Nikola Corbuzier, satu-satunya putra Deddy yang kini bertumbuh dewasa, kerap kali membuat banyak orang takjub dengan keahliannya.

Azka nampak mahir melakukan hal-hal yang digelutinya. Salah satunya adalah olahraga boxing. Dalam menggeluti apa yang disukai anaknya, Deddy Corbuzier juga selalu terlihat mendukung.

Boxing Mata Tertutup

Deddy Corbuzier (Instagram/mastercorbuzier)

Kebanggaannya dengan sang anak terlihat dari unggahan Deddy Corbuzier baru-baru ini. Ia mengunggah video Azka ketika melakukan olahraga boxing dengan mata tertutup. Azka nampak menggebu ketika berlatih boxing dengan mata tertutup.

Pujian

Deddy Corbuzier (Bambang E. Ros/bintang.com)

Deddy Corbuzier juga menuliskan pujian kepada putra tunggalnya ini dalam keterangan unggahannya.

"BLINDFOLDED!!!!!! GW BANGGA SAMA LOE DUDE!!! @azkacorbuzier Besar nanti jangan jadi orang yang terkenal karena Sensasi kacang nya. Tapi jadilah mereka yang berkarya. Menginspirasi tuk masyarakat," tulisnya.

Melarang

Deddy Corbuzier  (Bambang E. Ros/bintang.com)

Diakui Deddy Corbuzier juga, dirinya sebenarnya melarang anaknya muncul di acara televisi bukan untuk menghalangi kariernya.

"Papa larang kamu sejak dulu tuk main Sinetron, Sketsa, Interview bila tidak penting.. Bukan tuk menghalangi karier kamu. Tapi blum saat nya... Saat ini.. Adalah saat kamu bermain.. Bahagia... Latihan.. Ur A Kid.. Be A Kid. An awesome Kid. Nih anak pernah mukul org dewasa... Dan KO." tambahnya.

Komentar Warganet

Deddy Corbuzier saat jadi pembicara di  XYZ DAY 2018  di The Hall Senayan City, Jakarta, Rabu (25/4). XYZ Day merupakan ajang perkenalan KapanLagi Youniverse. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Setelah video ini diunggah, banyak warganet yang memberikan pujian terhadap cara Deddy Corbuzier dalam mendidik sang anak.

"Kereeen bro, sesama ayah juga, gua demen banget dengan cara lu mendidik anak Ded, keep working on it, keep the positivity, this country need more people like you" tulis akun @thehavskatt

"Wow amazing, ga sabar liat saat kamu besar jadi apa setelah didikan papa mu yg luar biasaaaaa. @azkacorbuzier semangattttt" tulis akun @syanbiya

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sandiaga: Tanya Hati Nurani, Pantas Tidak Mudik Pakai Mobil Dinas?

Posted: 02 May 2018 09:36 PM PDT

Pemerintah mengizinkan pegawai negeri sipil (PNS) menggunakan mobil dinas untuk keperluan mudik lebaran tahun ini. Meski demikian, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno meminta PNS DKI berpikir ulang apakah sebagai PNS pantas menggunakan mobil dinas untuk mudik.

"Saya mengimbau, kalau keputusannya memang diperbolehkan, kita tanya ke hati nurani, pantas enggak sih kita pakai kendaraan ini?" kata Sandi di Pasar Pelita, Jakarta Utara, Kamis (3/5/2018).

Sandiaga mengatakan, fungsi kendaraan dinas adalah untuk kepentingan negara dan operasional kerja, bukan untuk pribadi.

"Mobil dinas itu kan adalah milik negara ya, dan digunakan untuk kepentingan negara dan operasionalnya. Saya ingin mengetuk hati para PNS, ASN, mari kita tingkatkan kepedulian kita bahwa ini aset negara. Mari kita gunakan sebaik baiknya untuk tugas dan fungsi yang melekat untuk masyarakat," ujar Sandiaga. 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

Pinjam Mobil Anak

Politisi Gerindra itu mencontohkan dirinya yang tidak pernah menggunakan kendaraan dinas saat Sabtu dan Minggu lantaran menjadi juru kampanye Partai Gerindra. Ia lebih memilih meminjam mobil anak bungsunya ketimbang mobil dinas.

"Saya waktu mau kampanye stres berat nih. Ini mau pakai kelengkapan apa? PNS enggak boleh ada mendampingi selama kampanye kalau hari minggu. Mobil (dinas) balik, pakai mobil Sulaiman. Jadi itu karena saya enggak sampai hati pakai mobil DKI. Itu yang saya sampaikan ke para ASN, ayo kita tunjukkan," jata Sandiaga.

"To lead is to give example. Tunjukkan contoh tauladan yang baik," Sandiaga menandaskan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Penampakan Kereta Kencana Pangeran Harry dan Meghan Markle

Posted: 02 May 2018 09:33 PM PDT

Kereta kencana Ascot Landau dengan atap terbuka yang akan digunakan Pangeran Harry dan Meghan Markle di Istana Buckingham, London, Selasa (2/5). Kereta kencana itu akan ditarik empat ekor kuda, salah satunya Windsor Grey. (Victoria Jones/Pool via AP)

Kereta kencana Ascot Landau dengan atap terbuka yang akan digunakan Pangeran Harry dan Meghan Markle di Istana Buckingham, London, Selasa (2/5). Kereta kencana itu akan ditarik empat ekor kuda, salah satunya Windsor Grey. (Victoria Jones/Pool via AP)

Senior Coachman, Philip Barnard-Brown membawa salah satu kuda yang akan menarik kereta kencana Ascot Landau di Istana Buckingham, London, Selasa (2/5). Kereta kencana itu akan digunakan Pangeran Harry dan Meghan Markle pada pernikahan mereka. (AP Photo)

Senior Coachman, Philip Barnard-Brown membawa salah satu kuda yang akan menarik kereta kencana Ascot Landau di Istana Buckingham, London, Selasa (2/5). Kereta kencana itu akan digunakan Pangeran Harry dan Meghan Markle pada pernikahan mereka. (AP Photo)

Detail kursi kereta kencana Ascot Landau yang akan digunakan Pangeran Harry dan Meghan Markle di Istana Buckingham, London, Selasa (2/5). Kereta itu untuk mengelilingi kota usai upacara pernikahan Harry dan Meghan pada Mei ini (Victoria Jones/Pool via AP)

Detail kursi kereta kencana Ascot Landau yang akan digunakan Pangeran Harry dan Meghan Markle di Istana Buckingham, London, Selasa (2/5). Kereta itu untuk mengelilingi kota usai upacara pernikahan Harry dan Meghan pada Mei ini (Victoria Jones/Pool via AP)

Senior Carriage Restorer, Martin Oates, memoles kereta kencana Ascot Landau yang akan digunakan Pangeran Harry dan Meghan Markle di Istana Buckingham, London, Selasa (2/5). Ascot Landau hanya akan digunakan jika cuaca cerah. (Victoria Jones/Pool via AP)

Senior Carriage Restorer, Martin Oates, memoles kereta kencana Ascot Landau yang akan digunakan Pangeran Harry dan Meghan Markle di Istana Buckingham, London, Selasa (2/5). Ascot Landau hanya akan digunakan jika cuaca cerah. (Victoria Jones/Pool via AP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ratusan BMW dan MINI Laris Manis Selama 11 Hari

Posted: 02 May 2018 09:32 PM PDT

Perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 telah berakhir. Tak sedikit sejumlah perusahaan otomotif sumringah atas capaian penjualan selama pameran yang digelar di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, 19-29 April 2018.

Hal ini juga terjadi pada merek mobil premium, BMW Group Indonesia, yang mengklaim mengalami peningkatan sebesar 30 persen dari pameran yang sama di tahun lalu atau lebih dari 600 unit mobil terpesan mulai dari brand BMW maupun MINI.

Menurut President Director BMW Group Indonesia Karen Lim, bertempat di hall D dengan luas lahan 860 meter persegi, BMW puas dengan penjualan selama IIMS 2018.

"Hal ini buktikan kepemimpinan BMW Group Indonesia dalam hadirkan layanan terbaik bagi para pengunjung IIMS 2018," ungkap Karen dalam keterangan tertulis, Kamis (3/5/2018).

Karen menyatakan, antusiasme dan respon positif terhadap produk dari BMW dan MINI yang selama IIMS 2018, menjadi pelengkap keberhasilan BMW Group Indonesia.

Adapun pemesanan kendaraan BMW tertinggi dibukukan model BMW Seri 3, yang kemudian diikuti oleh BMW Seri 5 dan BMW X1. Sementara itu brand legendaris MINI ditempati MINI 3-Door dan all new MINI Countryman hadir sebagai dua model dengan penjualan terbaik selama IIMS 2018.

Namun sayang BMW dan MINI tidak menyebutkan secara detail berapa angka pemesanan dari masing-masing merek.

 

Audi Kesulitan Kejar BMW dan Mercedes-Benz di Indonesia

Dua orang model berpose di samping mobil sedan ukuran sedang The All New Audi A4 yang baru diluncurkan di Jakarta, (1/6). Ada 2 varian A4 yang menawarkan berbagai keunggulan kelas atas dengan harga dibanderol mulai Rp 900 juta. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Pasar mobil premium Tanah Air bisa dibilang dikuasai oleh tiga pemain besar, yakni BMW, Mercedes-Benz, dan Audi. Namun, untuk pabrikan terakhir yang disebutkan, penjualannya masih berada di bawah dua merek yang sama-sama berasal Jerman tersebut.

Saat ini, untuk bersaing di pasar otomotif dalam negeri, PT Garuda Mataram Motor (GMM) sebagai distributor resmi Audi di Indonesia, tengah mengandalkan dua model andalnnya, yaitu Audi A3 Sportback dan juga Audi Q5.

"Untuk backbone kita, memang masih dua model. Audi A3 Sportback dan Audi Q5. Penjualan, dua model ini menyumbang 70 persen," jelas Herry Noverino, Marketing and PR Dept PT GMM, saat berbincang dengan wartawan di Mall Kota Kasablanca, Rabu (2/5/2018).

Untuk detail penjualan, memang pihak Audi belum bisa menyebutkan angkanya. Namun, Audi Q5 menyumbang 40 persen, sedangkan Audi A3 Sportback menyumbang 30 persen penjualan Audi secara keseluruhan.

"Sisa 30 persen lainnya, disumbangkan model lain, seperti Audi A4, A5, A6, Q3, dan Q7," tegasnya.

Sementara itu, penjualan Audi di gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, penjualan Audi tidak begitu baik. Bahkan, pencapaian tahun ini turun 20 persen dibandingkan tahun lalu.

"Untuk unit, masih belum. Proses di Audi cukup lama, karena dari konsumen oke sampai clossing butuh waktu tiga bulan, karena masalah harga karena cukup tinggi," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Misteri Menghilangnya Kepala Keluarga Saat Anak dan Istri Terbakar di Toko Kelontong

Posted: 02 May 2018 09:31 PM PDT

Seorang pria bernama M Hutabarat menjadi orang yang paling dicari oleh Polsek Bangko, Kabupaten Rokan Hilir, Riau. Pria 60 tahun iitu menghilang setelah toko kelontong miliknya terbakar pada pekan lalu.

Saat kejadian, ada warga yang melihat M Hutabarat keluar dari pintu tokonya di Jalan Simpang Kuntilanak, Kecamatan Pekaitan. Hutabarat juga terburu-buru menghidupkan sepeda motornya dan tak menyelamatkan anak beserta istrinya.

Kebakaran ini menewaskan istri M Hutabarat, Purnama Br Napitupulu (43). Selain istri, anak M Hutabarat bernama Horas Pandapotan (7) dan Melati (5) juga meninggal karena terbakar. Ikut juga menjadi korban adalah Emi boru Napitupulu (35), pembantunya.

Kapolsek Bangko Kompol James Rianov Syaloom Rajagukguk belum bisa memastikan apakah M Hutabarat sebagai pembakar rumah.

James menyebut penyidik masih menunggu hasil olah tempat kejadian yang dilakukan tim laboratorium forensik dari Medan, Sumatera Utara. Hasil itu diperlukan untuk mengetahui penyebab pasti kebakaran.

"Kalau hasilnya keluar baru diketahui penyebab kebakaran, jadi belum bisa dipastikan suami korban yang membakar," ucap James.

"Namanya juga toko kelontongan, ada barang yang mudah terbakar. Bisa saja terjadi pertengkaran, kemudian ada yang jatuh, lalu ada yang terbakar ketika suaminya pergi," kata James.

 

 

Sambar Rumah Tetangga

Ilustrasi Kebakaran(Liputan6.com/Johan Fatzry)

James tak menampik adanya saksi yang melihat M Hutabarat keluar pintu rumah saat tokonya terbakat hebat. Begitu juga dengan keterangan saksi yang menyebut M Hutabarat menghidupkan sepeda motornya dan melarikan diri.

"Keterangan saksi seperti itu memang ada. Begitu juga dengan menghilangnya suami korban usai kejadian. Masih didalami," kata James.

James menerangkan, kebakaran hebat yang menewaskan empat warga itu terjadi di Jalan Simpang Kuntilanak, Dusun Mekar Jaya RT 08 RW 04 Kepenghuluan Sungai Besar, Kecamatan Pekaitan, pada Selasa, 24 April 2018, sekitar pukul 00.30 WIB.

Selain toko kelontongan, api juga menyambar beberapa rumah hingga akhirnya rata dengan tanah. Material bangunan semi permanen ini menjadi pemicu cepatnya api menjalar.

Butuh beberapa jam oleh warga sekitar untuk menjinakkan api dengan peralatan seadanya. Api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 04.00 WIB. Empat korban terpanggang ditemukan setelah warga menyisir reruntuhan bangunan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Komisi X DPR RI Soroti SDM Guru dan Sarana Prasarana Pendidikan di Papua Barat

Posted: 02 May 2018 09:30 PM PDT

Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Manokwari, Papua Barat, pada Senin (30/4/2018). Di sana, mereka memberikan perhatian serius terhadap masalah Sumber Daya Manusia (SDM) guru serta sarana dan prasarana pendidikan di Papua Barat.

Menurut Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Abdul Fikri Faqih, sampai saat ini masalah pendidikan di Indonesia masih belum menunjukkan tanda-tanda yang menggembirakan. Berbagai permasalahan klasik, seperti karakter, guru, kurikulum, serta sarana dan prasarana masih terjadi sepanjang 2017 dan awal 2018.

"Persoalan guru utamanya terletak pada beban berat tugas mengajar yang tidak berbanding lurus dengan kesejahteraan dan perlindungan bagi guru. Persoalan sarana dan prasarana juga menyedihkan," ujar Politisi Partai Keadilan Sejahtera tersebut saat memimpin Kunjungan Kerja Komisi X DPR RI ke Manokwari, Papua Barat, Senin (30/4/2018). 

Abdul menjelaskan, dari 1.833.000 ruang kelas di seluruh Indonesia, hanya 470.000 ribu ruang yang dalam kondisi baik (26 persen) dan hanya 50 persen sekolah yang memiliki alat peraga pendidikan. Ia menilai, kondisi di Papua Barat sendiri juga belum menggembirakan.

Tim Kunker Komisi X meninjau langsung ke SMA dan SMK yang berada di dalam wilayah jantung kota Manokwari. Mereka memukan sekolah di daerah itu belum dilengkapi fasilitas praktik yang layak untuk laboratorium jurusan IPA.

"Dari hasil kunjungan ke beberapa sekolah setingkat SMA dan SMK, masih ditemui beberapa keluhan tentang sarana dan prasarana. Telah kami dengar dan terima, ini untuk menjadi bahan evaluasi kami dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta pemerintah daerah. Sebab, terkait memajukan pendidikan adalah tanggung jawab semua pihak," ucap Fikri saat mengunjungi SMKN 3 Manokwari. 

Menurut neraca pendidikan daerah yang disusun oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), diperoleh informasi bahwa persentase anggaran urusan pendidikan di Papua Barat dalam APBD di luar transfer daerah jauh di bawah 20 persen, hanya sekitar 2-3 persen. Selain itu, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sekitar 61-63, masih di bawah rata-rata nasional (69,55).

Sementara itu, uji kompetensi guru, baik guru SD, SMP, SMA, maupun SMK Papua Barat, hasilnya di bawah rata-rata nasional. Indeks Integritas Ujian Nasional masih di bawah rata-rata nasional pula.

Karena itu, pendidikan dasar dan menengah di Papua Barat perlu mendapat perhatian serius. Kesadaran semua pihak dalam membenahi dan memajukan pendidikan pun amat diperlukan.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal MotoGP Spanyol 2018, Seri Keempat Musim Ini

Posted: 02 May 2018 09:30 PM PDT

Tiga seri balapan MotoGP 2018 telah digelar. Persaingan di klasemen pembalap pun semakin sengit. Pada MotoGP Spanyol 2018 di Sirkuit Jerez, Minggu (6/5/2018), terbuka kemungkinan perubahan posisi di klasemen.

Hingga balapan ketiga musim 2018, Andrea Doviozoso masih memuncaki klasemen MotoGP. Pembalap Ducati itu ditempel Marc Marquez, Maverick Vinales, Cal Crutchlow, dan Johann Zarco. Selisih poin mereka pun begitu ketat.

Karenanya, terbuka kemungkinan terjadi perubahan posisi usai balapan MotoGP Spanyol pada Minggu (6/5/2018). Sulit untuk menebak siapa pembalap yang akan tampil sebagai juara MotoGP Spanyol. Dalam empat musim terakhir, ada empat pemenang yang berbeda.

Pada musim 2017, pembalap Repsol Honda, Dani Pedrosa, tampil sebagai juara. Ia menyelesaikan balapan 27 putaran dengan waktu 45 menit 26,827 detik, unggul 6,136 detik atas rekan setimnya, Marc Marquez.

Sedangkan di musim 2016, pembalap Movistar Yamaha sukses merebut podium juara. Ia unggul 2,386 detik atas Jorge Lorenzo dan 7,087 detik atas Marquez. Total, pembalap asal Italia itu sudah tujuh kali tampil sebagai juara MotoGP Spanyol.

 

Jadwal MotoGP Spanyol

Jumat, 4 Mei 2018

FP1: 14.55-15.40

FP2: 19.05-19.50

 

Sabtu, 5 Mei 2018

FP3: 14.55-15.40

FP4: 18.30-19.00

Q1: 19.10-19.25

Q2: 19.35-19.50

 

Minggu, 6 Mei 2018

Pemanasan: 14.40-15.00

Balapan: 19.00

 

Klasemen MotoGP

1. Andrea Dovizioso: 46

2. Marc Marquez: 45

3. Maverick Vinales: 41

4. Cal Crutchlow: 38

5. Johann Zarco: 38

6. Andrea Iannone: 31

7. Valentino Rossi: 29

8. Jack Miller: 26

9. Esteve Rabat: 22

10. Danilo Petrucci: 21

11. Dani Pedrosa: 18

12. Alex Rins: 16

13. Hafizh Syahrin: 9

14. Pol Espargaro: 8

15. Aleix Espargaro: 6

16. Jorge Lorenzo: 6

17. Franco Morbidelli: 6

18. Takaaki Nakagami: 5

19. Scott Redding: 4

20. Alvaro Bautista: 4

21. Karel Abraham: 1

22. Thomas Luthi: 0

23. Bradley Smith: 0

24. Xavier Simeon: 0

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Asyik Joget Saat Ngevlog, Cewek Ini Malah Jatuh

Posted: 02 May 2018 09:30 PM PDT

Seorang remaja terjatuh saat asyik membuat vlog.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ikuti Tren Zaman Now, ZTE Siapkan Smartphone 'Poni' Ganda

Posted: 02 May 2018 09:30 PM PDT

Desain notch atau "poni" pada smartphone saat ini tengah populer. Sejumlah vendor menghadirkan desain tersebut pada produk mereka. ZTE pun dilaporkan termasuk salah satu yang tertarik.

Dilansir GSM Arena, Kamis (3/5/2018), sebuah dokumen pengajuan paten di State Intellectual Property Office (SIPO) Tiongkok, memperlihakan handset terbaru ZTE yang memiliki dua notch di layar. Masing-masih notch terletak di sisi atas dan bawah layar.

Kehadiran notch ini cukup menyita perhatian karena ZTE mengambil langkah yang sedikit berbeda dengan mengadirkan dua sekaligus pada satu produk. Menurut laporan, ZTE memiliki dua konsep notch untuk smartphone berbeda.

Pada konsep pertama, notch yang terletak di bawah layar diperkirakan berfungsi sebagai tombol home atau pembaca sidik jari. Namun, belum diketahui fungsi notch pada konsep gambar kedua.

Sayangnya, tidak ada informasi tentang spesifikasi smartphone tersebut. Pihak ZTE  juga belum memberikan pernyataan tentang smartphone dengan dual notch itu.

Terlepas dari konsep dan paten smartphone ini, masih ada kemungkinan perubahan pada desainnya. Untuk memastikannya, konsumen harus menunggu sampai semester II tahun ini.

Menurut laporan, ZTE kemungkinan mengumumkan salah satu smartphone baru itu pada pertengahan semester II 2018.

Desain Smartphone dengan Notch

Iklan Nokia X (Foto: Phone Arena)

Notch pada smartphone menyita perhatian sejak Apple menghadirkannya pada iPhone X. Kendati desain itu mendapatkan kritik, para vendor smartphone lain tetap menirunya.

Selain ZTE dan sejumlah vendor lain, HMD Global juga dilaporkan akan merilis produk baru dengan desain serupa iPhone X.

Perusahaan asal Finlandia itu telah menyebar undangan untuk acara pengumuman Nokia X, smartphone terbaru yang disebut juga akan memiliki notch.

Menurut laporan, Nokia X akan hadir dengan layar berukuran 5,8 inci dan aspek rasio 19:9. Spesifikasi lainnya termasuk dua opsi RAM, yakni 4GB dan 6GB. Harga jualnya diperkirakan berkisar US$ 255 hingga US$ 285, atau di sekira Rp 3,5 juta ke atas.

(Din/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rupiah Loyo, IHSG Nyaris Sentuh 5.900

Posted: 02 May 2018 09:29 PM PDT

Awan mendung tampaknya masih belum beranjak dari pasar saham Indonesia. Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih tertekan mengikuti bursa saham global yang melemah. Hal itu seiring nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) masih loyo.

Mengutip data RTI, pada sesi pertama perdagangan saham, Kamis (3/5/2018), IHSG melemah 1,75 persen atau 105,72 poin ke posisi 5.906.Indeks saham LQ45 tergelincir 2,11 persen ke posisi 943,64. Seluruh indeks saham acuan kompak tertekan.

Sebanyak 306 saham melemah sehingga menekan IHSG. Sementara itu, hanya 67 saham menguat dan 63 saham diam di tempat. Pada sesi pertama,IHSG berada di level tertinggi 5.996,48 dan terendah 5.901,63.

Transaksi perdagangan saham cukup ramai. Total frekuensi perdagangan saham 177.765 kali dengan volume perdagangan 3,4 miliar saham. Nilai transaksi harian saham Rp 2,8 triliun. Investor asing jual saham Rp 255,08 miliar di pasar reguler. Posisi dolar Amerika Serikat berada di posisiRp 13.961.

10 sektor saham masih tertekan. Sektor saham tambang melemah 2,94 persen, dan catatkan penurunan terbesar. Disusul sektor saham konstruksitergelincir 2,31 persen dan sektor saham keuangan tergelincir 2,01 persen.

Saham-saham tertekan antara lain saham HELI turun 15,34 persen ke posisi Rp 160 per saham, saham ADRO merosot 9,58 persen ke posisi Rp 1.605 per saham,dan saham BUMI tergelincir 5,76 persen ke posisi Rp 262.

Kepala Riset PT Koneksi Kapital, Alfred Nainggolan menuturkan, nilai tukar rupiah kembali dekati posisi 14.000 per dolar AS menekan IHSG. Tekanan rupiah membuat pelaku pasar menjadi tidak percaya diri. Berdasarkan data kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor), rupiah di posisi 13.965 per dolar AS pada Kamis 3 Mei 2018. Rilis data inflasi April tercatat 0,1 persen dan lebih rendah dari bulan sebelumnya pun belum mampu mengangkat IHSG.

 

 

Selanjutnya

Pengunjung melintasi layar pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (10/2). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Alfred mengatakan, tekanan rupiah masih berlanjut akan membuat Bank Indonesia dapat lebih cepat menaikkan suku bunga acuan.Padahal di sisi lain, bank sentral Amerika Serikat (AS) memutuskan pertahankan suku bunga acuan pada pertemuan 1-2 Mei 2018.Menurut Alfred, hal tersebut seharusnya memberikan ruang bagi BI untuk mempertahankan suku bunga acuan.

"Tapi ini uniknya rupiah kembali melemah meski the Federal Reserve tidak naikkan suku bunga. Jadi kondisi rupiah rentan kembali melemah," kataAlfred saat dihubungi Liputan6.com.

Ia menambahkan, bila BI kembali menaikkan suku bunga acuan di tengah rupiah melemah akan berdampak ke pertumbuhan ekonomi.Target pertumbuhan ekonomi oleh pemerintah sebesar 5,4 persen akan sulit tercapai.

"Pertumbuhan ekonomi lebih berat untuk capai 5,4 persen. Bila tak sesuai ekspektasi akan mengubah target indeks saham," ujar Alfred.

Alfred memperkirakan, koreksi IHSG masih berlanjut dalam jangka pendek. Ini hingga rilis pengumuman pertumbuhan ekonomi Indonesiapada kuartal I 2018. "Kami melihat Gross Domestic Product (GPP) kuartal I akan jadi sentimen kuat," kata Alfred.

Alfred menambahkan, IHSG akan menguji level support 5.880 pada perdagangan saham Kamis pekan ini. Dengan koreksi IHSG yang terjadi,menurut Alfred, hal itu dapat jadi kesempatan pelaku pasar untuk membeli saham-saham yang sudah turun tajam.

Saham-saham itu antara lain PT Adaro Energy Tbk (ADRO), PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI). "Tetap pilih saham-sahamyang fundamental bagus," kata dia.

Sedangkan bagi pelaku pasar bermain saham dalam jangka pendek, Alfred melihat kondisi saat ini masih berat. Lantara koreksi IHSGmasih berlanjut dalam jangka pendek.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AirAsia X Buka Rute Baru Jakarta-Tokyo Narita, Berapa Harganya?

Posted: 02 May 2018 09:24 PM PDT

AirAsia X Indonesia baru saja meresmikan pengoperasian rute baru yang menghubungkan Jakarta dan Tokyo Narita di Jepang. Pengoperasian ini menjadikan AirAsia sebagai maskapai berbiaya hemat satu-satunya yang punya rute penerbangan tersebut.

Menurut informasi resmi yang diterima Liputan6.com, Kamis (3/4/2018), penerbangan perdana dengan kode XT 407 berangkat dari Bandara International Soekarno-Hatta kemarin malam pada 23.50 dan mendarat di Bandara Internasional Narita pada pukul 09.10 waktu setempat dengan tingkat keterisian penumpang 88 persen.

Sementara itu, penerbangan XT 408 menuju Jakarta berangkat pada pukul 11.30 waktu setempat dengan 93 persen keterisian penumpang. Seremoni keberangkatan penerbangan perdana dari Jakarta dihadiri oleh tamu-tamu terhormat, antara lain Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Agus Santoso; Staf Khusus Menteri Bidang Infrastruktur Pariwisata Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Judi Rifajantoro; Executive General Manager Bandara Internasional Soekarno-Hatta, PT Angkasa Pura II (Persero), M Suriawan Wakan; dan CEO Grup AirAsia di Indonesia, Dendy Kurniawan, beserta jajaran direksi AirAsia Indonesia dan AirAsia X Indonesia.

 

Apresiasi Pemerintah

Semarak! Penerbangan Perdana AirAsia Indonesia Makau-Jakarta (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Agus Santoso mengatakan, Kemenhub terus mendorong penambahan rute-rute baru dari maskapai di Indonesia, yang sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo yang mengatakan, kemajuan ekonomi salah satunya dapat ditempuh melalui kemajuan konektivitas.

"Adanya dua kota yang terhubung dengan penerbangan ini berarti AirAsia turut berpartisipasi mendukung program pemerintah untuk memberikan aksesibilitas yang menghubungkan kota-kota di Indonesia dengan kota-kota di seluruh dunia," ungkap Agus Santoso.

 

Berapa Harganya?

Sementara itu CEO AirAsia X Indonesia, Kapten Sulistyo Nugroho Hanung mengatakan, sebagai satu-satunya maskapai berbiaya hemat yang menawarkan penerbangan langsung Jakarta-Tokyo Narita, AirAsia X Indonesia semakin memudahkan wisatawan Jepang untuk mengunjungi Indonesia dengan tarif terjangkau dan sebaliknya, yang diharapkan dapat berkontribusi pada pertumbuhan pariwisata kedua negara.

"Tarif hemat yang kami tawarkan diharapkan dapat lebih meningkatkan industri pariwisata dan potensi bisnis untuk kedua negara. Kami sangat senang mencatat tingkat keterisian penumpang yang tinggi pada penerbangan perdana kami ke Tokyo dan juga ke Jakarta. Hal ini memberikan optimisme bahwa layanan penerbangan langsung baru antara Jakarta, salah satu kota dengan potensi pariwisata yang berkembang paling cepat di Asia, dan destinasi modern Tokyo, akan membawa dampak ekonomi yang positif," ujar Hanung.

AirAsia X Indonesia sendiri sebelumnya juga telah meluncurkan layanan langsung harian dari Bali ke Tokyo Narita pada Mei 2017. Rute ini mencatat load factor rata-rata 72 persen pada kuartal pertama 2018, meskipun kuartal pertama termasuk ke dalam periode low season.

Merayakan penerbangan perdana ini, AirAsia X Indonesia menawarkan penawaran khusus mulai dari harga Rp1.190.000 sekali jalan untuk kursi reguler sebagai penghargaan kepada pelanggan setia kami. Rute baru yang telah dibuka penjualannya sejak 1 Februari 2018 akan beroperasi setiap hari mulai hari ini. Layanan baru ini dioperasikan dengan Airbus A330-300 dengan kapasitas 377 kursi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Sambut Sultan Brunei Hassanal Bolkiah di Istana Bogor

Posted: 02 May 2018 09:22 PM PDT

Presiden Joko Widodo atau Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana menyambut kedatangan Sultan Brunei Darussalam HM Sultan Haji Hassanal Bolkiah beserta HM Duli Raja Isteri Pengiran Anak Hajah Saleha di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (3/5/2018).

Penyambutan diawali dengan upacara kenegaraan. Pantauan Merdeka.com pukul 10.25, Hassanal Bolkiah tiba di halaman depan Istana Kepresidenan Bogor. Dia menggunakan setelan jas warna biru.

Sedangkan Jokowi sudah menunggu sejak pukul 10.15 WIB. Kepala Negara mengenakan setelan jas lengkap berwarna abu-abu.

Pada pukul 10.34 WIB, Jokowi mengajak Hassanal Bolkiah menuju mimbar upacara kenegaraan. Sesaat kemudian mereka memeriksa kesiapan pasukan pengamanan presiden yang tergabung dalam grup marching band.

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Salami Para Menteri

Selanjutnya, Jokowi mengajak Sultan Haji Hassanal Bolkiah menyalami satu per satu menteri kabinet kerja.

Menteri yang hadir dalam acara ini di antaranya Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, Menko Polhukam Wiranto, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Hanif Dhakiri, dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

Pada pukul 10.40 WIB, Jokowi dan Sultan Haji Hassanal Bolkiah memasuki gedung utama Istana Kepresidenan Bogor untuk mengisi buku tamu. Kemudian dilanjutkan dengan foto bersama.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sandiaga: Pemprov DKI Tak Bisa Cuci Tangan Kasus Sembako Maut di Monas

Posted: 02 May 2018 09:20 PM PDT

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyatakan Pemprov DKI akan ikut bertanggung jawab atas insiden pembagian sembako gratis di Monas yang menelan korban jiwa pada Sabtu 28 April. Hal itu dilakukan lantaran musibah terjadi di wilayah DKI meski penyelenggara adalah pihak luar yakni Forum Untukmu Indonesia (FUI).

"Yang terjadi di DKI kita tidak bisa cuci tangan. Ini adalah kejadian di wilayah DKI dan kami harus hadir di sana, enggak bisa bilang itu bukan tanggung jawab kita. Dan Pak Wali Kota langsung mendatangi melalui camat dan aparat setempat saya apresiasi," kata Sandiaga Uno di Pasar Pelita, Jakarta Utara, Kamis (3/5/2018).

Sandi menyebut sudah memberi imbauan pada panitia acara tersebut. "Saya imbau juga mudah-mudahan bisa berikan empatinya kepada keluarga korban," ucapnya.

Pemprov DKI, lanjut Sandi, sudah melakukan kajian dan evaluasi agar kejadian serupa tidak berulang.

"Pemprov sudah melakukan kajian dan sebelum, pas kejadian, dan pascakejadian dinas kesehatan baru memberikan laporan kepada kami, Parbud memberikan laporan, Dishub memberikan laporan apa yang terjadi sabtu kemarin," ujar Sandiaga Uno.

 

Tingkatkan Pengawasan

Ribuan warga menyambangi Monas dalam kegiatan bagi-bagi sembako (Liputan6.com/ Ady Anugrahadi)

Acara-acara selanjutnya di Monas dan tempat lain, kata Sandi, akan ditingkatkan pengawasan dan kedisiplinan agar tidak lagi menelan korban.

"Jadi ini menjadi refleksi buat kami, evaluasi, dan insyaallah ini kedisiplinannya kita tingkatkan untuk acara-acara selanjutnya," Sandi memungkasi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: