Minggu, 20 Mei 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


PT Tuah Sejati Diperiksa KPK Terkait Korupsi Dermaga Sabang

Posted: 20 May 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Tuah Sejati (TS) masuk dalam jadwal pemeriksaan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Perusahaan yang bergerak dibidang konstruksi itu akan diperiksa sebagai tersangka kasus dugaan korupsi proyek pembangunan Dermaga Sabang.

"PT Tuah Sejati akan diperiksa sebagai tersangka," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Senin (21/5/2018).

Berdasarkan Pasal 11 Peraturan Mahkamah Agung (Perma) nomor 13 Tahun 2016 tentang Tata Cara Penanganan Perkara Tindak Pidana oleh Korporasi menyebutkan, pemeriksaan terhadap korporasi sebagai tersangka pada tingkat penyidikan diwakili oleh seorang pengurus.

"Tadi sekitar pukul 10, salah satu direktur PT. TS, M. Taufik didampingi penasihat hukum datang ke KPK memenuhi panggilan terhadap PT. TS sebagai tersangka," kata Febri.

Sebelumnya, KPK menetapkan dua korporasi, BUMN PT Nindya Karya dan PT Tuah Sejati sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pembangunan Dermaga Bongkar pada Kawasan Perdagangan Bebas dan pelabuhan bebas Sabang yang dibiayai APBN tahun 2014-2011.

Penetapan dua korporasi tersebut merupakan pengembangan dari penyidikan perkara dengan para tersangka dalam kasus yang sama. Diduga dua korporasi tersebut melakukan penyimpangan dalam pengerjaan proyek.

Nilai proyek dalam kasus ini sekitar Rp 793 miliar dengan nilai kerugian negara sekitar Rp 313 miliar.

PT Nindya Karya diduga menerima laba sebesar Rp 44,68 miliar sementara PT Tuah Sejati menerima laba sebesar Rp 49,9 miliar. Dalam kasus ini, KPK sendiri telah memblokir rekening PT Nindya Karya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gadai Barang Belum Meningkat di Pegadaian pada Awal Puasa

Posted: 20 May 2018 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Pegadaian (Persero) prediksi puncak tren permintaan pembiayaan melalui gadai akan terjadi saat awal bulan puasa. Namun, sejumlah pusat pegadaian yang berada di Bekasi belum menunjukan peningkatan permintaan pembiayaan secara signifikan pada awal bulan puasa.

Asisten Manager Pegadaian Cabang Bekasi Utama, Hilda Safrianti mengungkapkan, pada awal bulan puasa masih belum menunjukan ada peningkatan dari masyarakat yang ingin menggadaikan barangnya. Dia menuturkan, peningkatan justru akan terjadi di pertengahan bulan puasa.

"Sekarang masih standar, belum ada peningkatan. Kalau Senin (Minggu besok) itu baru kelihatan pergerakannya," ujar dia kepada Merdeka.com, saat ditemui di Kantornya, Bekasi, Senin (21/5/2018).

Hilda mengatakan, rata-rata masyarakat yang datang menggadaikan barangnya yakni dengan alasan berbagai kebutuhan. Terlebih mendekati Idul Fitri, dia menuturkan banyak masyarakat yang menggadaikan kendaraanya untuk kebutuhan mudik.

"(Kebutuhan) semuanya hampir komplit, jadi bisa kebutuhan juga bisa mudik. Kalau untuk kendaraan biasanya mereka mudik, digadai sekaligus nitip," ujar dia.

"Biasanya kalau untuk kendaraan di minggu minggu terakhir itu biasanya baru banyak karena pulang kampung tidak semuanya bawa kendaraan. Kalau minggu ini belum ada pergerakan, masih biasa aja," tambah Hilda.

Meski demikian, Hilda menuturkan, kebanyakan masyarakat yang datang ke pusat pegadaian sekitar 80 persen barang yang digadaikan merupakan emas. Sisanya adalah elektronik dan kendaraan.

"(Paling banyak) Perhiasan dan kendaraan bermotor. Kalau perhiasan 80 persen dan 20 persen sisanya elektronik lain dan kendaraan," ujar dia.

 

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

 

Selanjutnya

PT Pegadaian (Persero).

Sementara itu, di tempat terpisah Pegadaian CP Kemang Pratama Bekasi telah menunjukan peningkatan sekitar 20 persen pada awal bulan puasa ini.

Namun peningkatan tersebut terjadi bukan karena kebutuhan mayarakat jelang Lebaran. Akan tetapi lebih banyak untuk keperluan pembiayaan sekolah.

"Ada (Peningkatan) 20 persen. Tapi lebih untuk pendaftaran ulang sekolah bukan untuk puasa atau Lebaran," ujar Staff Adminitrasi Pegadaian CP Kemang Pratama Bekasi, Fia Anggraini.

Fia mengatakan, mendekati Lebaran justru seimbang antara masyarakat yang ingin menebus barangnya, dan masyarakat yang ingin menggadaikan barangnya. Terlebih, ketika setelah Lebaran justru menurut dia banyak barang gadai yang masuk kembali.

"Tapi kadang juga imbang antara tebusan sama gadaian. Kebanyakan menjelang lebaran malah rame tebusan karena dipakai buat lebaran tapi setelah lebaran mayoritas masuk lagi karena udah butuh uang lagi," kata dia.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Belajar Musik atau Bahasa Lain Bagus Buat Otak, Ini Alasannya

Posted: 20 May 2018 09:34 PM PDT

Liputan6.com, New York - Benarkah belajar musik atau bahasa lain membuat otak bekerja lebih efisien? Berikut ini jawabannya menurut hasil penelitian sejumlah ahli dari pengamatan dalam sebuah riset.

Di mana para peserta riset menyelesaikan tugas singkat yang diberikan ilmuwan.

Seperti dikutip dari DW, Senin (21/5/2018), jika Anda belajar memainkan alat musik atau belajar bahasa asing, ternyata Anda juga melatih otak untuk jadi lebih efisien. Demikian hasil sebuah studi itu.

Peneliti pada Baycrest's Rotman Research Institute menemukan, musisi dan orang-orang yang bisa berbicara lebih dari satu bahasa menggunakan lebih sedikit sumber daya dalam otak, jika menyelesaikan tugas mengingat.

Menurut studi yang diterbitkan dalam jurnal Annals of the New York Academy of Sciences, jaringan otak yang digunakan berbeda, dan aktivitas otak saat menyelesaikan tugas juga tidak banyak.

Dr Claude Alain, salah satu penulis riset, menjelaskan, "Penemuan ini menunjukkan, musisi dan orang yang berbicara lebih dari satu bahasa tidak perlu berupaya sebanyak mereka yang bukan musisi dan hanya bicara satu bahasa."

"Ini bisa menjaga mereka dari berkurangnya kemampuan kognitif dan berawalnya demensia," kata Alain.

Ia menambahkan, kedua ketrampilan itu bisa ikut membentuk bagaimana otak berfungsi, dan jaringan mana yang digunakan

Musisi dan orang yang bisa berbicara beberapa bahasa sudah lama dicatat punya kemampuan mengingat lebih besar daripada yang tidak punya kemampuan itu. Tapi sejauh ini ilmuwan belum bisa mengungkap penyebabnya.

Dalam studi itu, peneliti menganalisa otak 41 orang pada usia antara 19-35 tahun. Mereka ditempatkan dalam kategori: berbahasa Inggris dan bukan musisi, musisi yang hanya bisa berbahasa Inggris, dan orang yang bisa lebih dari satu bahasa, termasuk Inggris, tetapi tidak bisa memainkan instrumen musik apapun..

Aktivitas otak mereka semua dicatat ketika diminta untuk mengidentifikasi apakah sebuah suara, baik dari instrumen musik atau lingkungan atau manusia, sama seperti yang didengar sebelumnya.

Mereka juga diminta untuk mengidentifikasi apakah suara yang mereka dengar datang dari arah sama seperti suara sebelumnya.

Menurut riset itu, musisi mengingat tipe suara lebih cepat daripada orang dari grup lain. Sementara yang bisa memainkan alat musik dan berbicara beberapa bahasa lebih baik prestasinya ketika harus menentukan lokasi suara.

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Komisi I: Terkait Terorisme, Koopsusgab Memang Diperlukan

Posted: 20 May 2018 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Anggota Komisi I DPR RI Sjarifuddin Hasan menilai dalam kondisi darurat Komando Operasi Khusus Gabungan (Koopsusgab) TNI memang diperlukan. Hal tersebut diungkapkannya sesaat sebelum berlangsungnya sidang paripurna pembukaan masa persidangan V Tahun Sidang 2017-2018 di Senayan, Jakarta, Jumat (18/5/2018).

"Pelibatan TNI dalam penanganan terorisme di Indonesia menurut saya sudah sesuai undang-undang, karena tugas TNI selain perang adalah pemberantasan terorisme. Oleh karena itu pemberantasan terorisme di setiap angkatan ada. Dan secara eksplisit disebutkan salah satu dari 10 tugas TNI selain perang ya itu, pemberantasan terorisme," ungkap Sjarifuddin.

Diakui politisi dari Fraksi Partai Demokrat bahwa dalam penanganan terorisme, Indonesia sudah punya BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Terorisme). BNPT merupakan lembaga yang paling bisa diandalkan untuk itu. Di sana juga akan mewadahi TNI.

Namun dalam kondisi emergency alias darurat, dimana pemerintah harus tanggap dalam menangani terorisme, maka hal yang menjadi prioritas dan yang harus paling diperhatikan adalah penanganan terorisme. Sehingga, Sjarifuddin menilai pembentukan Koopsusgab dinilai sebagai langkah yang tepat.

"Mungkin emergency sebelum UU Anti Terorisme disahkan, bisa saja. Karena pemerintah harus tanggap dalam menangani terorisme. Penanganan terorisme merupakan hal yang paling prioritas yang harus diperhatikan. Kalau ada langkah presiden seperti itu ya boleh-boleh saja dan memang demikian seharusnya. Tetapi begitu UU Anti Terorisme diketok palu, maka sudah tidak perlu lagi badan itu (Koopsusgab), dan penanganan terorisme ada pada BNPT, yang didalamnya juga mewadahi TNI," paparnya.

 

 

(*)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polda Metro Jaya Antisipasi Kemacetan Selama Ramadan

Posted: 20 May 2018 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf menyampaikan, pihaknya memetakan waktu kemacetan di Ibu Kota selama bulan Ramadan. Ada sejumlah perubahan waktu dan pergeseran jam menumpuknya volume kendaraan di jalanan Jakarta dibanding bulan lainnya.

"Kami analisis pada minggu pertama masih lancar. Minggu kedua, tempat kuliner (ramai) karena acara bukber pada dinas atau instansi. Minggu ketiga pusat-pusat perbelanjaan, dan minggu keempat jalur mudik," tutur Yusuf saat dikonfirmasi, Senin (21/5/2018).

Menurut Yusuf, sebanyak 300 personel polisi lalu lintas disebar dan disiagakan di sejumlah titik yang disinyalir rawan kemacetan. Seperti jalanan di sekitar area perbelanjaan, lokasi jajanan berbuka puasa, hingga ruas jalur protokol.

Rentang waktu siaga macet sendiri berkisar pada pukul 16.00 WIB hingga 20.00 WIB.

"Dikerahkan ya untuk mengurai kemacetan, jelas Yusuf.

Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto menambahkan, pihak kepolisian akan berkoordinasi dengan Pemprov DKI dalam upaya mengurai kemacetan selama Ramadan. Pengalihan arus juga dipertimbangkan jika memang situasinya diperlukan.

"Kami sudah siapkan tim pengurai kemacetan," kata Budiyanto.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ganti Mobil Setiap Mudik, Kejar Gengsi?

Posted: 20 May 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki bulan puasa, bisnis jual-beli mobil bekas mengalami kenaikan yang signifikan. Sama seperti tahun sebelumnya, peningkatan berkisar 15-20 persen. Hal ini tidak terlepas dari penilaian bahwa mudik menggunakan pribadi lebih nyaman dan fleksibel.

Selain itu mobil juga menunjukkan kenaikan status sosial dan kesuksesan. Gonta-ganti mobil saat pulang kampung dianggap tidak menjatuhkan gengsi.

Inilah mengapa selain mobil baru, mobil seken juga kerap diburu konsumen buat berlebaran. Tidak hanya beli, namun juga melakukan tukar tambah.

"Sebagai praktisi mobil bekas, saya melihatnya, biasanya orang yang ketemu keluarga, kerabat, dan sanak saudara setahun sekali maunya keliatannya sukses. Nah salah satu ukuran sukses di masyarakat di Indonesia adalah mobil. Mobil itu ada yang nilai fungsinya adalah transportasi, ada juga yang nilainya prestise," kata Fischer Lumbantoruan, Chief Operating Officer mobil88.

"Ada sebagian orang yang gengsi, masak sudah dipakai 2 sampai 3 kali di kampung mobilnya itu-itu saja, jadinya gengsi. Nah menjelang lebaran, banyak orang yang ingin tuker mobilnya,' lanjut Fischer Lumbantoruan.

Tren kenaikan permintaan terhadap mobil bekas sebenarnya mulai terasa awal bulan Mei. Dari kegiatan tahunan weekend surprise mobil88, selama 3 hari pameran terjual 250 unit.

"Tanggal 4 sampai 6 Mei, itu startingnya program Ramadhan untuk customer, sebagai pembukaanya ," ujarnya.

 

Selanjutnya

Menurut Fischer saat lebaran paling banyak dicari adalah jenis multi purpose vehicle (MPV), terutama Avanza, Xenia dan Innova dengan rentang harga antara Rp 130 juta sampai Rp 200 juta.

"Intinya mobil yang dicari, mobil family, mobil yang bisa muat banyak ke kampung halaman. Lonjakannya biasanya akan terjadi dua minggu sebelum hari H Idul Fitri," tukasnya.

Situasi mudik dimana orang ingin langsung memakai mobil baru saat berlebaran sedikit banyak menguntungkan gerai mobil bekas. Hal ini berbeda ketika membeli mobil baru yang tidak siap pakai karena butuh proses administrasi lama sebelum mobil sampai ke garasi rumah. Salah-salah mobil baru tiba seusai lebaran.

"Fenomena mobil bekas sedikit diuntungkan, karena mobil bekas ready to use. Berbeda dengan mobil baru, proses registrasi, suratnya keluar dan nomernya keluar makan waktu bisa seminggu atau dua minggu. Kalau mobil bekas, lunas, bayar ke delaar, mobil bisa langsung dibawa ke rumah," katanya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Rahasia Kemenangan Persela atas Persija

Posted: 20 May 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Persela Lamongan, Aji Santoso menyebut kunci kemenangan timnya melawan Persija Jakarta adalah berhasil mematikan pergerakan Marko Simic dan Riko Simanjuntak. Persela mampu menumpaskan perlawanan Persija dengan skor 2-0 di Stadion Surajaya, Lamongan, Minggu (20/5/2018).

Dua gol kemenangan Persela dicetak oleh Diego Assis di menit ke-84 dan Shohei Matsunaga pada masa injury time. Merujuk dari pernyataan Aji, Persija tidak memiliki pemain yang bisa mengubah jalannya pertandingan selain Simic dan Riko.

Apabila performa keduanya jelek, maka penampilan Persija otomatis jeblok. Padahal, Persija punya 33 pemain di skuatnya musim ini, ditambah sembilan personil lainnya yang menjadi starter.

Kesimpulannya, Aji menilai bahwa sembilan pilar Persija di atas lapangan hanya sekedar pelengkap. Bukan aktor utama di balik permainan bagus atau tidaknya tim berjuluk Macan Kemayoran tersebut.

"Memang, pertandingan tadi kami mematikan key player dari mereka. Saya analisa melalui video, permainan Persija biasanya ditentukan oleh Riko Simanjuntak dan Simic. Tadi saya lihat Simic dan Riko tidak terlalu banyak bergerak," ujar Aji pada konferensi pers setelah pertandingan di Lamongan, Minggu (20/5/2018).

Ketangguhan Lini Pertahanan

Persela Vs Persija

Selain itu, Aji menilai, ketangguhan lini belakang timnya mampu membuat Persija frustrasi. Ditambah, kegarangan dua bek Persela, Wallace Costa dan Eky Taufik berhasil membuat Simic dan Riko tidak berkutik.

"Wallace luar biasa duel-duel tidak pernah kalah, dan supply bola ke Simic sangat minim karena Eky saya suruh press dia jangan sampai diberikan kesempatan," imbuh Aji.

"Dan alhamdulillah anak-anak menjalankan dengan baik sekali. Jadi intinya kami berhasil mematikan key player mereka," tutur mantan arsitek Arema FC ini.

Klasemen

Dengan kemenangan ini, Persela mampu bercokol di peringkat ke-5 dengan 13 angka. Adapun, Persija berada di posisi ke-13 lewat torehan sepuluh poin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bukan Sekadar Nongkrong, Ini 3 Manfaat Buka Puasa Bareng Teman Lama

Posted: 20 May 2018 09:30 PM PDT

Bintang.com, Jakarta Baru puasa lima hari, tapi jadwal buka puasa bareng teman-teman lama sudah tersusun dengan rapi. Siapa yang juga sudah punya jadwal buka puasa bareng dengan teman-teman lama? Banyak diantara kita yang mungkin terkadang kerepotan dengan menyusun jadwal buka puasa bareng teman-teman lama.

Karena masing-masing orang punya kesibukan sendiri-sendiri, jadi terkadang jadwal buka puasa susah sekali ditemukan. Kalau jadwalnya sudah ditentukan, maka hal yang dipusingkan selanjutnya adalah soal tempat berbuka puasa. Ya, setidaknya itulah yang selalu saja terjadi setiap tahunnya di bulan Ramadan.

Dan kegiatan tahunan tersebut jangan sampai dihilangkan karena nyatanya banyak sekali manfaat yang akan didapat dari buka puasa Bersama teman-teman lama. Lalu apa saja manfaatnya? Simak selengkapnya di bawah ini. Jangan lupa setelah ini ajak teman-teman lama berbuka puasa bersama.

1.     Sambil Mengenang Masa Lalu Kamu Juga Bisa Menjaga Silaturahmi

 

Buka puasa bareng teman lama dapat menjaga tali silaturahmi. (Ilustrasi: iStockphoto)

Ngomong soal masa lalu, masa-masa di sekolah atau pun saat kuliah pastinya sih menyenangkan banget. Akan ada banyak hal yang bikin tertawa sekaligus malu. Tapi, dari situlah kamu bisa menjaga tali silaturahmi dengan teman-teman lama. Ngobrol teman lama saat buka puasa bersama, pasti akan membuat kamu lebih happy.

2. Bagus untuk Kesehatan

Menolak ajakan buka puasa Bersama dan lebih memilih untuk menyendiri malah akan membuat kamu semakin stres. Saat menghadapi masalah sebaiknya kamu tidak sendirian, karena jika merasa sendiri hidupmu malah akan semakin tidak bahagia.

Buka puasa bareng teman lama bikin kamu jadi lebih sehat. (Ilustrasi: iStockphoto)

Dilansir dari Bustle.com, Psikolog Vijayeta Sing, PhD mengatakan,"Manusia adalah makhluk sosial. Interaksi dan hubungan sesame dapat membantu seseorang untuk meregulasi hati. Ketika kamu menghindar dari interaksi soail, maka kamu akan merasa sendiri dan semakin stres."

3. Lebih Banyak Rezeki

Bertemu teman lama bisa jadi membuka pintu rezeki, baik untuk kamu atau pun untuk teman-teman kamu. Siapa tahu teman kamu memang tengah mencari seseorang yang keahliannya ternyata kamu miliki, atau pun sebaliknya.

Buka puasa bareng teman lama dapat membuat rezeki bertambah. (Ilustrasi: homeanddecor.com.sg)

Jadi, bersilaturahmi dengan ngumpul bareng teman lama juga bisa menjadi membuka rezeki kamu untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Jadi, buat apa mikir lagi, langsung katakana "ya" kalau kamu mendapatkan ajakan buka puasa dari teman-teman lama.   

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tawuran Remaja Warnai Hari Keempat Ramadan di Makassar

Posted: 20 May 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Makassar - Seperti tahun-tahun sebelumnya, tawuran kelompok remaja kembali mewarnai bulan suci Ramadan di kota Makassar, Minggu 20 Mei 2018 sekitar pukul 23.30 wita.

Kepala Satuan Reserse Kriminal (Reskrim) Polresta Pelabuhan Makassar, AKP Benny Pornika mengatakan, tawuran kelompok remaja terjadi di wilayah Kecamatan Ujung Tanah, Makassar. Tawuran melibatkan dua kelompok remaja yang saling bertikai masing-masing kelompok remaja Jalan Sabutung Baru dan kelompok remaja RK 5 Kecamatan Ujung Tanah.

"Kedua kelompok remaja ini saling menyerang usai melaksanakan salat tarawih. Diduga karena dendam lama," kata Benni via pesan singkat, Senin (21/5/2018).

Namun tawuran tidak berlangsung lama. Tim gabungan Polresta Pelabuhan Makassar bergerak cepat ke lokasi pertikaan saat mendapatkan informasi dari masyarakat setempat.

"Saat tiba di lokasi, tim langsung mengamankan 18 orang remaja dari kelompok remaja Jalan Sabutung Baru yang kedapatan hendak menyerang kelompok remaja Jalan Sabutung RK 5," tutur Benny.

Para remaja yang diketahui berasal dari kelompok remaja di Jalan Sabutung Baru itu, lalu digelandang ke Markas Komando Polresta Pelabuhan Makassar untuk diberikan pembinaan.

"Yang kedapatan membawa busur serta senjata tajam lainnya tentunya kami proses sesuai aturan yang berlaku," jelas Benny.

Untuk mengantisipasi agar tidak terjadi tawuran susulan, polisi menyiagakan personil gabungan berseragam preman. 

"Termasuk personil sabhara bersenjata lengkap juga disiagakan sebagai langkah antisipasi. Daerah ini memang sangat rawan terjadi tawuran kelompok remaja," Benny menandaskan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saat Dirawat, Menantu Hatta Rajasa Sempat Diberi Kejutan Oleh Istri Ibas Yudhoyono

Posted: 20 May 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kabar duka datang dari keluarga besar Hatta Rajasa. Menantu Hatta Rajasa, Adara Taista meninggal dunia pada Sabtu (19/5/2018). Adara Taista merupakan istri Rasyid Rajasa, putra bungsu Hatta Rajasa.

Wanita berusia 27 tahun ini mengembuskan nafas terakhirnya pada pukul 11.38 WIB di Rumah Sakit Moriyama Memorial Tokyo, Jepang. Adara Taista diketahui meninggal dunia karena mengidap penyakit kanker kulit.

Istri Ibas Yudhoyono sekaligus kakak ipar Adara Taista, Aliya Rajasa baru-baru ini terlihat mengunggah sebuah video momen-momennya bersama menantu Hatta Rajasa ini pada Instagram Stories-nya.

Sebelumnya, Aliya Rajasa pada 12 Mei 2018 juga sempat mengunggah sebuah foto saat dirinya datang menjenguk adik iparnya.

 

Menemui

Aliya Rajasa (Instagram/ruby_26)

Dalam unggahannya itu, Aliya Rajasa memperlihatkan ketika dirinya memangku anak ketiganya, Gayatri Idalia Yudhoyono saat menemui Adara Taista.

"Surpriiiise we're heeere!!! #GayatriIdaliaYudhoyono tio @rasyidrajasa auntie @adarataista," tulis akun Aliya Rajasa.

Momen Bersama

Aliya Rajasa (Instagram/ruby_26)

Dalam Instagram Stories-nya, Aliya Rajasa juga mengunggah kembali momen bersama Adara Taista dan anaknya yang sempat ia perlihatkan di Instagramnya. Ia juga memberikan keterangan dalam videonya tersebut.

"Kami akan selalu merindukanmu adik perempuan," tulisnya. Terlihat pula tanggal video tersebut diambil, yaitu tanggal 11 Mei 2018.

Dimakamkan

Adara Taista dan suami, Rasyid Rajasa. (Sumber foto: adarataista/instagram)

Dari pesan yang diterima Liputan6.com, Minggu (20/5/2018) malam, disebutkan bahwa Adara Taista dimakamkan di TPU Tanah Kusir, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Senin (21/5/2018) pukul 10.00 WIB hari ini. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Bantai Fiorentina 5-1, AC Milan ke Liga Europa

Posted: 20 May 2018 09:30 PM PDT

Bek AC Milan, Alessio Romagnoli berebut bola dengan pemain Fiorentina Giovanni Simeone saat bertanding pada lanjutan Liga Serie A Italia di stadion San Siro (20/5). Rossoneri memastikan tiket ke Liga Europa pada musim mendatang. (AP Photo/Antonio Calanni)

Bek AC Milan, Alessio Romagnoli berebut bola dengan pemain Fiorentina Giovanni Simeone saat bertanding pada lanjutan Liga Serie A Italia di stadion San Siro (20/5). Rossoneri memastikan tiket ke Liga Europa pada musim mendatang. (AP Photo/Antonio Calanni)

Gelandang AC Milan, Franck Kessie berebut bola udara dengan pemain Fiorentina Bryan Dabo saat bertanding pada lanjutan Liga Serie A Italia di stadion San Siro (20/5). Milan menang besar atas Fiorentina 5-1. (AP Photo/Antonio Calanni)

Gelandang AC Milan, Franck Kessie berebut bola udara dengan pemain Fiorentina Bryan Dabo saat bertanding pada lanjutan Liga Serie A Italia di stadion San Siro (20/5). Milan menang besar atas Fiorentina 5-1. (AP Photo/Antonio Calanni)

Penyerang Fiorentina Giovanni Simeone berselebrasi setelah mencetak gol ke gawang AC Milan pada lanjutan Liga Serie A Italia di stadion San Siro (20/5). AC Milan memastikan posisi keenam pada klasemen akhir Serie A.  (AP Photo/Antonio Calanni)

Penyerang Fiorentina Giovanni Simeone berselebrasi setelah mencetak gol ke gawang AC Milan pada lanjutan Liga Serie A Italia di stadion San Siro (20/5). AC Milan memastikan posisi keenam pada klasemen akhir Serie A. (AP Photo/Antonio Calanni)

Gelandang AC Milan, Hakan Calhanoglu berebut bola udara dengan pemain Fiorentina Nikola Milenkovic pada lanjutan Liga Serie A Italia di stadion San Siro (20/5). Calhanoglu mencetak satu gol di pertandingan tersebut. (AP Photo/Antonio Calanni)

Gelandang AC Milan, Hakan Calhanoglu berebut bola udara dengan pemain Fiorentina Nikola Milenkovic pada lanjutan Liga Serie A Italia di stadion San Siro (20/5). Calhanoglu mencetak satu gol di pertandingan tersebut. (AP Photo/Antonio Calanni)

Penyerang AC Milan, Patrick Cutrone bersama rekan-rekannya berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Fiorentina pada lanjutan Liga Serie A Italia di stadion San Siro (20/5). Rossoneri memastikan tiket ke Liga Europa. (AP Photo/Antonio Calanni)

Penyerang AC Milan, Patrick Cutrone bersama rekan-rekannya berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Fiorentina pada lanjutan Liga Serie A Italia di stadion San Siro (20/5). Rossoneri memastikan tiket ke Liga Europa. (AP Photo/Antonio Calanni)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Tumpukan Sampah Sumbat Pintu Air Manggarai

Posted: 20 May 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tumpukan sampah menghalangi aliran pintu air Manggarai Sejak Senin (21/8) dini hari. Aliran air meluap akibat adanya kiriman air dari Bogor.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Siapa yang Jaga Pangeran Louis Selama Pernikahan Pangeran Harry - Meghan Markle Berlangsung?

Posted: 20 May 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Inggris Momen pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle menjadi perayaan besar bagi Kerajaan Inggris. Anggota keluarga kerajaan turut hadir saat royal wedding di Kapel St George, Windsor Castle, Inggris pada Sabtu, 19 Mei 2018.

Namun, ada satu orang yang tidak terlihat dari perayaan pernikahan, yakni Pangeran Louis. Anak ketiga dari pasangan Pangeran William dan Kate Middleton yang baru berusia tiga minggu tidak ikut upacara pernikahan di dalam Kapel St George, Windsor Castle.

Pangeran Louis diyakini tetap berada di Windsor Castle. Jelang perayaan pernikahan Harry dan Meghan, Duke dan Duchess of Cambridge (Pangeran William dan Kate Middelton) sudah menginap di Windsor Castle.

Kakak Pangeran Louis, Pangeran George dan Putri Charlotte, bersiap sebagai pengiring pengantin laki-laki (pageboy) dan pengiring pengantin wanita (bridesmaid).

Melansir laman Hello Magazine! Senin (21/5/2018), Maria Borrallo, pengasuh George dan Charlotte, mengurus kedua anak bangsawan muda tersebut. Sementara itu, Louis kecil dijaga staf istana atau pengasuh lain, yang tinggal di Windsor Castle.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

Ketidakhadiran Louis sudah diumumkan

Ketidakhadiran Pangeran Louis sudah disampaikan pihak Istana Kensington. (Isabel INFANTES / AFP)

Ketidakhadiran Pangeran Louis dalam prosesi pernikahan Harry dan Meghan sudah diumumkan pihak Istana Kensington.

"Anggota keluarga kerajaan baru (Pangeran Louis) tidak akan hadir, tapi itu tidak mengurangi fokus kerajaan melaksanakan pernikahan kerajaan," kata juru bicara kerajaan Inggris, Richard Fitzwilliams, dikutip dari Express.

Pangeran Louis kemungkinan dijaga para pengasuh. Ibu Kate Middleton, Carol Middleton, juga ikut membantu menjaga pangeran kecil tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Didi Chuxing Perketat Sistem Keamanan karena Kasus Kriminal

Posted: 20 May 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Artikel tentang layanan ride-sharing yang memperketat sistem keamanannya karena kasus kriminal terhadap penumpang perempuan semakin marak, menjadi artikel terpopuler kanal Tekno Liputan6.com.

Tak cuma itu, artikel soal kabar pencipta atlas muncul di Google Doodle hari ini, dan BBM versi desktop segera sambangi pengguna turut jadi perhatian pembaca.

Untuk lebih lengkap, simak ketiga artikel tersebut di bawah ini.

1. Pengemudi Bunuh Penumpang, Didi Chuxing Perketat Sistem Keamanan

Aplikasi Didi Chuxing. Dok: Didi Chuxing

Kasus kriminal di taksi online telah menjadi jenis kejahatan baru di era teknologi. Aksi kriminal yang menimpa penumpang, terutama perempuan, harus diperhatikan secara serius.

Demi mencegah hal demikian, layanan ride-sharing asal Tiongkok Didi Chuxing, akan menerapkan sistem pemindaian wajah wajah (facial recognition) bagi setiap sopirnya sebelum mengemudi.

Dilansir Engadget, Minggu (20/5/2018), tindak keamanan ini dilaksanakan Didi--begitu karib disebut penggunanya--setelah pekan lalu seorang sopir melecehkan dan membunuh seorang penumpang wanita. Diketahui, pelaku menggunakan aplikasi milik ayahnya.

Selengkapnya baca di sini

 

2. Pencipta Atlas Abraham Ortelius Muncul di Google Doodle Hari Ini

Google Doodle Abraham Ortelius. (Foto: Google)

Google Doodle hari ini, edisi Minggu (20/5/2018), menghadirkan Abraham Ortelius. Bagi kamu yang belum familier dengan nama ini, Abraham Ortelius adalah sosok pencipta atlas dunia modern (cartographer).

Jika kamu membuka laman utama mesin pencarian Google, Google Doodle akan menampilkan animasi tulisan Google dengan buku yang memperlihatkan sejumlah ilustrasi atlas dan karakter Abraham Ortelius.

Sosok Abraham Ortelius sendiri dianggap sangat berpengaruh bagi dunia pemetaan dunia. Pantas saja karyanya patut diapresiasi di Google Doodle.

Selengkapnya baca di sini

3. BBM Desktop Siap Sambangi Pengguna Dalam Waktu Dekat

Ikon baru BlackBerry Messenger

BlackBerry Messenger (BBM) dilaporkan tengah berencana untuk menggulirkan fitur anyar bagi para penggunanya. Kali ini, aplikasi oleh pesan tersebut diketahui akan merilis fitur BBM Desktop.

Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan pengguna BBM untuk mengakses aplikasi tersebut melalui PC desktop. Dengan kata lain, pengguna dapat lebih mudah untuk memakai BBM di perangkat berbeda.

Namun, seperti dikutip dari CrackBerry, Minggu (20/5/2018), fitur ini baru tersedia untuk pengguna terbatas karena masih dalam tahap beta. Menurut rencana, fitur ini akan tersedia ke seluruh pengguna dalam waktu dekat.

Selengkapnya baca di sini

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rekomendasi 200 Mubalig Versi Kemenag Dinilai Bingungkan Umat

Posted: 20 May 2018 09:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan beranggapan rekomendasi 200 Mubalig versi Kementerian Agama (Kemenag) yang tidak tetap, bisa membingungkan Umat Islam. Apalagi, Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Zainut Tauhid Saadi pernah mengatakan 200 nama mubalig yang direkomendasikan Kemenag tidak wajib dan tidak mengikat. Menurut Taufik, ini akan semakin membingungkan masyarakat.

"MUI bilang tidak perlu diikuti. Lalu kenapa Kemenag harus mengeluarkan daftar rekomendasi itu. Apalagi ini daftarnya sementara, dan kemungkinan akan bertambah lagi. Ini pembenaran terus dari Kemenag, yang nantinya malah membingungkan masyarakat," tandas Taufik dalam rilis yang diterima Parlementaria, Sabtu (19/5/2018).

Menurut Taufik, para menteri, khususnya Menteri Agama, jangan terlalu mudah mengeluarkan kebijakan atau rekomendasi, tanpa sebelumnya berkonsultasi dengan Presiden Joko Widodo. Paling tidak, rekomendasi dikeluarkan tidak dengan asal-asalan, karena banyak nama mubalig pada ormas-ormas Islam yang besar tidak ada dalam rekomendasi itu.

Sebelumnya, Kemenag merekomendasikan 200 nama penceramah atau mubalig. Nama-nama ini sudah sesuai masukan para ulama hingga kiai. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, pihaknya meminta informasi dari sejumlah ormas Islam, masjid besar, tokoh-tokoh ulama kiai pemuka agama.

Jumlah 200 nama ini tentu belum final. Menurut Lukman, masih ada nama-nama lain yang direkomendasikan sebagai penceramah. "Tentu ini nanti akan secara bertahap akan ada susulan, bukan berarti yang tidak termasuk daftar 200 itu bukan penceramah moderat. Tapi yang jelas yang 200 itu sudah benar-benar atas rekomendasi dari sejumlah kalangan," jelas Lukman. 

Sementara itu, Majelis Ulama Indonesia menegaskan, 200 daftar nama mubalig atau penceramah yang direkomendasikan Kementerian Agama belum final. Jumlah nama-nama mubalig yang diperoleh dari masukan berbagai sumber itu masih bersifat dinamis dan bisa bertambah, seiring waktu.

"Rekomendasi dari Kemenag tersebut, menurut hemat kami bukan menjadi sebuah keharusan yang harus diikuti, tetapi hanya sebuah pertimbangan yang sifatnya tidak mengikat. Masyarakat memiliki hak untuk memilih penceramah agama yang sesuai dengan kebutuhannya," jelas Wakil Ketua MUI Zainut Tauhid Saadi.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tampil Buruk di AC Milan, Abbiati Tetap Dukung Donnarumma

Posted: 20 May 2018 09:24 PM PDT

Liputan6.com, Milan - Mantan kiper yang kini jadi manajer AC Milan, Christian Abbiati turut prihatin dengan banyaknya kritikan terhadap Gianluigi Donnarrumma yang penampilannya sedang menurun. Abbiati menegaskan, AC Milan bakal tetap peduli dengan kiper muda tersebut.

Donnarumma menjadi sorotan dalam kekalahan AC Milan di final Coppa Italia atas Juventus beberapa pekan lalu. Kala itu, bek Bianconeri Mehdi Benatia berhasil memanfaatkan kecerobohannya untuk mencetak gol ketiga.

Di laga selanjutnya, para penggemar Milan menunjukkan rasa tidak simpatik terhadap Donnarumma. Menurut kabar, Saat pemain berumur 19 tahun tersebut ingin memberikan seragamnya, pemimpin ultras memintanya untuk menyimpan bajunya.

Meskipun demikian, Abbiati sebagai perwakilan klub menyatakan bahwa Milan masih peduli dengan sang pemain. Baginya, Donnarumma merupakan warisan AC Milan saat ini.

"Gigio adalah pemain yang profesional, dia adalah bagian dari warisan klub dan kami sangat peduli dengannya. Dia masih muda dan masih memiliki ruang untuk berkembang," ujar Abbiati kepada Mediaset Premium.

 

Masih Muda

Kiper AC Milan, Gianluigi Donnarumma (MIGUEL MEDINA / AFP)

Selain itu, eks kiper Rossoneri tersebut juga menanggapi kritikan untuk Donnarumma. Ia mengatakan bahwa kritikan tersebut merupakan hal yang normal, tapi mengingatkan bahwa sang pemain saat ini masih muda.

"Obrolan mengenai kesalahannya di final Coppa Italia adalah hal yang natural, tapi mari kita tidak melupakan bahwa dirinya masih berumur 19 tahun," pungkasnya.

Donnarumma merupakan pemain binaan tim muda Milan dan memulai debut seniornya saat masih berumur sangat muda, yakni 16 tahun. Meskipun begitu, ia sukses menyingkirkan dua seniornya yakni Diego Lopez serta Abbiati sendiri.(foti/yom)

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenang Giri, Sosok Pencegat Mobil Berisi Bom Gereja Surabaya

Posted: 20 May 2018 09:22 PM PDT

Surabaya - Stabil, begitu kabar dari pihak Rumah Sakit Umum Daerah dr Soetomo tentang sekuriti Gereja Pantekosta Pusat Surabaya (GPPS) yang menjadi korban ledakan bom, Giri Catur Sungkowo. Secercah harapan pun tumbuh di batin keluarganya.

Namun, harapan itu meredup beberapa jam kemudian. Kondisi Giri memburuk pada pukul 17.00 WIB, Jumat 18 Mei 2018.  

"Perawatan intensif sudah kami upayakan. Monitoring 24 jam sehari, tetapi Tuhan berkehendak lain," kata Kepala Humas dan PKRS RSUD dr Soetomo, Pesta Parulian.

Satu di antara tiga pemberani yang menghalangi mobil berisi bom yang dikendarai Dita Oepriarto itu mengembuskan napas terakhirnya pukul 20.35 WIB hari itu.

Mendengar kabar Giri terkena bom saja membuat keluarganya tak percaya, apalagi mendengar kabar kematiannya. Sang istri berusaha tabah, tapi dia beberapa kali pingsan saat bercerita tentang Giri.

"Saya kuat kok," kata istri Giri, Suriyati, saat ditemui di rumahnya di daerah Pulosari, seperti dilansir JawaPos.

Giri, di mata Suriyati merupakan orang yang berdedikasi terhadap pekerjaan dan sangat menyayangi jemaat gereja itu, meski seorang muslim. 

Suriyati pernah memintanya pindah kerja. Namun, pria 48 tahun itu menolak. Alasannya, sudah nyaman. Maklum, Giri bekerja di gereja tersebut sejak sebelum menikah, tepatnya 23 tahun lalu.

Putra semata wayang Giri, Marvel Putra Hasinta Casa (20) menuturkan, keadaan ayahnya memang sempat membaik. Namun, kondisinya kembali menurun dan akhirnya meninggal dunia.

Giri merupakan anak bungsu tiga bersaudara. Dia dikenal sebagai sosok yang baik dan berhati lembut.

Marvel mengatakan, ayahnya merupakan panutan baginya. ''Meskipun ayah saya pendiam, beliau sangat perhatian kepada keluarga,'' ujar dia.

Dia bercerita, mamanya yang pertama kali mengetahui soal Giri dan ledakan di GPPS. Kala itu, Suriyati mendapat telepon dari pihak GPPS.

Sekitar pukul 12.00, Suriyati bersama Marvel mendatangi RSUD dr Soetomo. Dua jam kemudian, mereka baru bisa melihat Giri. "Enggak tega," ujar Marvel.

Berdasar keterangan dokter, Giri menderita luka bakar 80 persen akibat ledakan bom. Marvel dan Suriyati menjaga Giri secara bergantian. Meski berat, mereka sudah mengikhlaskan.

"Saya tetap maafkan meskipun itu tindakan sangat biadab," ucap Marvel.

Loyal

Gabungan suporter klub sepak bola menyalakan lilin dalam aksi solidaritas terkait tragedi teror bom di Surabaya dan Sidoarjo di Taman Suropati, Jakarta, Senin (14/5). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Selain keluarga, perwakilan dari GPPS Surabaya hadir di rumah duka. Pendeta Sewie Elia Huang menyebutkan, Giri merupakan petugas sekuriti senior di GPPS.

"Dia ini orang yang loyal terhadap pekerjaan. Semua tugas dilaksanakan dengan baik,'' tutur Ketum Sinoda GPPS Jemaat Sawahan tersebut.

Menurut dia, Giri merupakan satu di antara tiga orang yang tertabrak saat menghalangi mobil Dita Oepriarto.

Berkat mereka, bom meledak tepat di depan pintu gereja. Jika tidak ada mereka, mobil pasti melesat masuk ke dalam gereja sehingga timbul lebih banyak korban.

Baca berita menarik lainnya di JawaPos

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nurhayati Ali: Energi Mempengaruhi Setiap Aspek Kehidupan Manusia

Posted: 20 May 2018 09:22 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta DPR RI melalui Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) kembali menggagas Forum Parlemen Dunia untuk Pembangunan Berkelanjutan (World Parliamentary Forum on Sustainable Development) untuk kedua kalinya pada 12 – 13 September 2018 mendatang. Sidang tersebut akan mengusung tema 'Kemitraan menuju Energi Berkelanjutan bagi Semua'.

Ketua BKSAP DPR RI Nurhayati Ali Assegaf mengatakan, energi kerap kali menjadi isu sensitif bagi stabilitas dan keamanan global. Menurutnya, kebutuhan akan energi mempengaruhi setiap aspek kehidupan manusia serta produktivitas masyarakat untuk mendukung upaya global pemberantasan kemiskinan dan pembangunan. Namun, sangat disayangkan sumber-sumber energi konvensional masih menjadi kontributor utama terjadinya pemanasan global.

Hal itu ia ungkapkan dalam Focus Group Discussion (FGD) persiapan penyelenggaran The Second Parliamentary Forum on Sustainable Development bersama Deputi Bidang Kemaritiman dan SDA Bappenas Arifin Rudiyanto, Direktur Kerja Sama Ekonomi ASEAN Muhsin Syihab, Direktur Aneka Energi Baru dan Energi Terbarukan ESDM Harris, serta anggota BKSAP lainnya.

"Karena itu, DPR kembali menginisiasi Forum Parlemen Dunia dengan tema energi terbarukan, saat ini dunia darurat memerlukan energi baru terbarukan (EBT) guna menjamin efisiensi dan sejalan dengan pertumbuhan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan," ungkap Nurhayati.

Politisi Partai Demokrat ini memaparkan, Tujuan Pembangunan Berkelanjutan harus ditempatkan sebagai tujuan bersama. Parlemen sebagai institusi krusial memiliki peranan penting menentukan arah kebijakan pemerintah terkait perundangan, anggaran, pengawasan dan diplomasi luar negeri. Sisi lain, Parlemen juga secara langsung berinteraksi dengan masyarakat.

"Karena itu, kemitraan global sangat penting bagi parlemen guna mensejahterakan masyarakat dunia serta menjaga kesinambungan bumi. Bagaimana ada kebijakan parlemen to parlemen terhadap kepentingan rakyat," jelasnya.

Ia menambahkan, dengan kebijakan yang baik, pendanaan dan investasi yang memadai, energi terbarukan dan bersih akan lebih terjangkau dan mudah diakses. Mengingat, di Indonesia sendiri, masih ada 2500 desa yang belum teraliri listrik.

"Di sinilah peran parlemen menjadi signifikan melalui pengawasan yang efektif atas kebijakan-kebijakan terkait energi dan pembentukan payung hukum yang mendukung pengembangan energi ramah lingkungan," imbuhnya.

 

 

(*)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dirjen PAS: Tidak Ada Pengamanan Khusus Jelang Vonis Aman Abdurrahman

Posted: 20 May 2018 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham, Sri Puguh Budi Utami, mengatakan tidak ada pengamanan khusus jelang putusan terdakwa gembong terorisme Aman Abdurrahman.

"Kita mempersiapkan pengamanan mereka, tetap saja pengamanan dengan pihak yang lain. Tidak ada yang khusus," ucap Sri di ruang wartawan Kemenkumham, Jakarta, Senin (21/5/2018).

Walaupun demikian, masih kata dia, pihaknya tetap melakukan pendekatan terhadap para pendukung Aman Abdurrahman.

"Pendekatan terhadap mereka agar kondusif, tetap kita lakukan," jelas Sri.

Dia berharap masyarakat juga bisa terlibat dan menjaga suasana jika Aman Abdurrahman sudah diputuskan oleh pengadilan.

"Kita berharap sekali masyarakat ikut memberikan suatu suasana kondusif," Sri memungkasi.

Sebelumnya, Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali meminta pengadilan meningkatkan pengamanan usai Oman Rochman alias Aman Abdurrahman alias Abu Sulaiman dituntut hukuman mati.

"Pasti pengadilan meminta bantuan pengamanan, pasti," kata Hatta di Istana Negara usai menghadiri buka puasa bersama Presiden Joko Widodo, Jumat (18/5/2018).

Dia pun belum mau menanggapi tuntutan JPU kepada Aman Abdurrahman dengan hukuman mati. Dia pun masih menunggu perkembangannya hingga vonis dijatuhkan.

"Saya belum mengikuti perkembangan. Kan baru tuntutan. Ya tuntutan nanti ada tanggapan dari kuasa hukum," kata Hatta.

 

Tingkatkan Kewaspadaan

Terdakwa kasus terorisme, Aman Abdurrahman menyimak pembacaan tuntutan JPU di PN Jakarta Selatan, Jumat (18/5). Jaksa meyakini Aman Abdurrahman merupakan dalang serangan teror di Indonesia, antara lain bom Thamrin. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Terpisah, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Suhardi Alius mengakui pemerintah akan peningkatan kewaspadaan.

"Dalam proses, tadi dibahas di Polhukam juga. Ya pokoknya kewaspadaan tetap tingkatkan," kata Suhardi usai menghadiri buka puasa bersama Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat.

Sebelumnya, jaksa penuntut umum (JPU) membacakan surat tuntutan terhadap Oman Rochman alias Aman Abdurrahman alias Abu Sulaiman di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis.

Jaksa menuntut dengan hukuman mati kepada terdakwa Aman karena dinilai terbukti bersalah melanggar pasal 14 juncto Pasal 6 Perppu Nomor 1 Tahun 2002 yang telah ditetapkan menjadi UU Nomor 15 Tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme.

"Menuntut majelis hakim menyatakan terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana terorisme. Menjatuhkan pidana penjara kepada terdakwa hukuman mati," kata JPU Anita Dewayani membacakan tuntutannya di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Cobaan Hidup Meghan Markle Jelang Menikah dengan Pangeran Harry

Posted: 20 May 2018 09:20 PM PDT

Liputan6.com, London - Meghan Markle kini telah masuk ke dalam keluarga kerajaan Inggris. Ia dan Pangeran Harry resmi menikah pada Sabtu (19/5/2018) pagi waktu setempat.

Sebelum menjalin kasih hingga menikah dengan Pangeran Harry, Meghan Markle memang sudah dikenal terlebih dahulu sebagai seorang aktris, pengusaha, sekaligus aktivis.

Meskipun nama Meghan Markle sudah terlebih dahulu dikenal masyarakat dunia, bukan berarti perjalanannya menuju pelaminan dengan Pangeran Harry berlangsung mulus.

Sebelum keduanya mengikat janji suci, Meghan Markle beberapa kali ditimpa masalah dan cobaan yang cukup pelik. Apa saja itu? Simak deretannya berikut ini.

Ayah Sakit Jantung

Meghan Markle. (AFP/Bintang.com)

Masyarakat sempat dibuat heboh dengan kabar bahwa ayah Meghan Markle, Thomas Markle, tak bisa mendampinginya di altar selama pernikahan.

Thomas terkena serangan jantung dan harus menjalani operasi beberapa hari sebelum putrinya menikah. Hal tersebut menjadi cobaan tersendiri bagi Meghan.

Beruntung, ibunya, Doria Ragland, tetap menemani sang putri. Sementara Pangeran Charles yang merupakan ayah Harry mengantarkan Meghan menuju altar, menggantikan Thomas Markle.

Kakak Kecelakaan

Meghan Markle. (STEVE PARSONS/POOL/AFP)

Kakak tiri Meghan Markle, Samantha Markle, dikabarkan mengalami kecelakaan setelah berkonfrontasi dengan sejumlah paparazi. Berita tersebut beredar selang sehari setelah muncul kabar bahwa ayah Meghan Markle mengalami serangan jantung dan menjalani operasi.

Menurut TMZ yang menulis laporan tersebut, Samantha Markle diperkirakan mengalami patah kaki akibat kejadian ini. Saat kejadian, kakak Meghan Markle itu sedang bersama kekasihnya saat mobil yang mereka tumpangi mengalami kecelakaan.

Cemburu dengan Mantan Pangeran Harry

Meghan Markle - Pangeran Harry © AFP

Mantan kekasih Pangeran Harry, Cressida Bonas, sempat membuat Meghan Markle sangat kesal. Jelang pernikahannya dengan Pangeran Harry, nama Cressida kembali muncul hingga Meghan Markle nyaris membatalkan pernikahan.

Tabloid Star menuliskan, Maghan Markle memergoki Pangeran Harry tengah menghabiskan waktu bersama dengan Cressida Bonas. Hal itu menyebabkan Meghan Markle tidak nyaman. Padahal, Meghan kala itu tengah tertekan karena harus mempelajari tata cara dan etika keluarga Kerajaan Inggris sebelum menjadi istri Pangeran Harry.

Meghan Markle juga tak ingin Cressida Bonas diundang di pernikahannya. Sayangnya undangan untuk Cressida telah dikirimkan. Meghan Markle pun hanya bisa pasrah.

Cincin Tunangan Disebut Murahan

Meghan Markle (Foto: AFP / HANNAH MCKAY)

Cobaan pernikahan Meghan Markle tak hanya melibatkan kejadian tak menyenangkan. Beberapa komentar tak sedap dari masyarakat dan kerabat juga sempat menguji mental Meghan.

Salah satunya adalah pembahasan soal cincin pertunangan Meghan Markle yang diberikan oleh Pangeran Harry. Cincin Meghan Markle dibandingkan dengan milik Puteri Eugenie, sepupu Pangeran Harry. Cincin milik salah satu anggota keluarga kerajaan itu harganya US$ 14 ribu atau sekitar Rp 1,8 miliar.

Sementara, cincin milik Meghan Markle hanya US$ 70 ribu atau sekitar Rp 949 juta. Alhasil, cincin Meghan Markle pun dianggap murahan oleh sebagian orang, khususnya teman-teman Puteri Eugenie, seperti diwartakan Star, Sabtu (17/2/2018).

Cincin tunangan yang diberikan Pangeran Harry untuk Meghan Markle memang dibuat khusus. Meski harganya dianggap tak terlalu mahal, batu di cincin itu menggunakan salah satu permata kesukaan Puteri Diana, ibunda Pangeran Harry. Hal itu membuat cincin milik Meghan Markle lebih berharga karena unsur historis dan sentimentil di dalamnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: BTS Bikin Histeris Panggung Billboard Music Awards 2018

Posted: 20 May 2018 09:18 PM PDT

Penampilan Bangtan Boys atau yang lebih dikenal BTS di atas panggung Billboard Music Awards 2018 di Las Vegas, Minggu (20/5). Penampilan ini sangat ditunggu karena inilah untuk kali pertama lagu itu ditampilkan secara live. (Ethan Miller/GETTY IMAGES/AFP)

Penampilan Bangtan Boys atau yang lebih dikenal BTS di atas panggung Billboard Music Awards 2018 di Las Vegas, Minggu (20/5). Penampilan ini sangat ditunggu karena inilah untuk kali pertama lagu itu ditampilkan secara live. (Ethan Miller/GETTY IMAGES/AFP)

Bangtan Boys atau yang lebih dikenal dengan BTS tampil di atas panggung Billboard Music Awards 2018 di Las Vegas, Minggu (20/5).Dalam penampilannya, BTS mengguncang panggung dengan teriakan histeris pada penonton. (KEVIN WINTER/GETTY IMAGES/AFP)

Bangtan Boys atau yang lebih dikenal dengan BTS tampil di atas panggung Billboard Music Awards 2018 di Las Vegas, Minggu (20/5).Dalam penampilannya, BTS mengguncang panggung dengan teriakan histeris pada penonton. (KEVIN WINTER/GETTY IMAGES/AFP)

Penampilan Bangtan Boys atau BTS di atas panggung Billboard Music Awards 2018 di Las Vegas, Minggu (20/5). Di sisi lain, BTS kembali BTS membawa pulang piala Top Social Artist di Billboard Music Awards 2018. (KEVIN WINTER/GETTY IMAGES/AFP)

Penampilan Bangtan Boys atau BTS di atas panggung Billboard Music Awards 2018 di Las Vegas, Minggu (20/5). Di sisi lain, BTS kembali BTS membawa pulang piala Top Social Artist di Billboard Music Awards 2018. (KEVIN WINTER/GETTY IMAGES/AFP)

Bangtan Boys atau yang lebih dikenal dengan BTS tampil di atas panggung Billboard Music Awards 2018 di Las Vegas, Minggu (20/5). BTS merupakan grup K-pop pertama yang meraih penghargaan dari BBMAs. (Ethan Miller/GETTY IMAGES/AFP)

Bangtan Boys atau yang lebih dikenal dengan BTS tampil di atas panggung Billboard Music Awards 2018 di Las Vegas, Minggu (20/5). BTS merupakan grup K-pop pertama yang meraih penghargaan dari BBMAs. (Ethan Miller/GETTY IMAGES/AFP)

Penampilan Bangtan Boys atau yang lebih dikenal dengan BTS di atas panggung Billboard Music Awards 2018 di Las Vegas, Minggu (20/5). Ini sekaligus menjadi comeback stage perdana bagi boy grup asal Korea Selata tersebut. (Ethan Miller/GETTY IMAGES/AFP)

Penampilan Bangtan Boys atau yang lebih dikenal dengan BTS di atas panggung Billboard Music Awards 2018 di Las Vegas, Minggu (20/5). Ini sekaligus menjadi comeback stage perdana bagi boy grup asal Korea Selata tersebut. (Ethan Miller/GETTY IMAGES/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rupiah Kembali Tertekan, Hampir Sentuh 14.200 per Dolar AS

Posted: 20 May 2018 09:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) kembali melemah pada perdagangan di awal pekan ini. Investor terus mencermati kemajuan pembicaraaan perdagangan antara AS dengan China.

Mengutip Bloomberg, Senin (21/5/2018), rupiah dibuka di angka 14.175 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.156 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah hampir menembus angka 14.200 per dolar AS. Gerak rupiah di kisaran 14.175 per dolar AS hingga 14.198 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah telah melemah 4,43 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.176 per dolar AS. Patokan pada hari ini juga melemah jika dibandingkan dengan patokan pada Jumat kemarin yang ada di angka 14.107 per dolar AS.

Dolar AS memang menguat di Asia terutama terhadap yen Jepang. Penguatan dolar AS ini setelah Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin mengatakan bahwa tidak akan terjadi perang dagang karena ada pembicaraan yang cukup dalam antara AS dengan China.

Dalam pembicaraan tersebut masing-masing pihak setuju untuk mengurangi defisit neraca perdagangan masing-masing negara. Pernyataan tersebut mengurangi ketegangan antara kedua belah pihak.

Dolar AS naik 0,2 persen menjadi 110,99 yan, mendekati level tertinggi dalam empat bulan di 111,085 yen. "Pembicaraan ini mendukung dolar AS," jelas analis Oanda, Singapura, Stephen Innes, seperti dikutip dari Reuters.

Kata Sri Mulyani

Petugas memperlihatkan uang pecahan dolar Amerika di salah satu gerai penukaran mata uang di Jakarta, Jumat (18/5). Pagi ini, nilai tukar rupiah melemah hingga sempat menyentuh ke Rp 14.130 per dolar Amerika Serikat (AS). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Sebelumnya, Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pemerintah bersama Bank Indonesia akan terus mencermati perkembangan yang terjadi dengan mata uang dolar AS. Hal ini terutama yang memang akan terus mengalami pergerakan dalam konteks normalisasi kebijakan di Amerika Serikat. 

"Pemerintah Indonesia dalam hal ini akan terus menjaga fondasi ekonomi Indonesia, baik dari sisi APBN yang kemarin sudah saya sampaikan, hasil dan kinerja sampai Mei menunjukkan APBN yang baik," ujar dia pada Jumat 18 Mei 2018. 

"Dari sisi pendapatan, perpajakan dan PNBP meningkat sangat signifikan dan belanja negara yang tetap terjaga dan defisit yang terus kami jaga sesuai UU APBN. Dalam artian itu, maka kami bisa memberikan kepastian," tambah dia. 

Sri Mulyani menjelaskan, di sisi lain BI memiliki bauran kebijakan yang akan disiapkan untuk menjaga stabilitas. Melalui perpaduan kerja sama tersebut, maka ekonomi dan pembangunan yang sedang dikerjakan tetap berjalan dengan baik. 

"Jadi, kami akan sama-sama menjaga perekonomian Indonesia karena ketidakpastian yang berasal dari policy yang berasal dari Amerika, baik policy ekonomi maupun policy di bidang geopolitik, pasti akan memengaruhi mulai dari harga minyak, suku bunga global, maupun mata uang," ujar dia.

Sebelumnya, nilai tukar rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (USD) bergerak melemah di perdagangan hari ini, Jumat 18 Mei 2018. Mengutip data Bloomberg, rupiah tercatat sempat menyentuh 14.148 per USD.

Rupiah melanjutkan pelemahan usai pembukaan, kemudian menguat kembali di level 14.125 per USD. Namun, Rupiah kembali melemah dan saat ini berada di level Rp 14.148 per USD.

Bank Indonesia (BI) memprediksi nilai tukar Dolar AS (USD) masih akan menekan mata uang negara lain. Hal tersebut karena pertumbuhan ekonomi global 2018 akan semakin baik. Hal itu terjadi meski berlangsung proses penyesuaian likuiditas global.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mourinho Hapus Akun Instagram Gara-Gara Ejekan Fans MU

Posted: 20 May 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Manajer Manchester United (MU), Jose Mourinho tak tahan menerima ejekan dari fans Setan Merah usai kalah 0-1 dari Chelsea di Final Piala FA akhir pekan lalu. Dia pun memutuskan untuk menghapus akun instagram miliknya.

Mourinho sebenarnya baru memanfaatkan Instagram setelah resmi menjadi pelatih MU pada 2016 lalu. Namun, dia mulai jengah menggunakan media sosial ini.

Betapa tidak, sejauh ini Mourinho sudah mengumpulkan 2,8 juta pengikut, mungkin sebagian besar dari mereka menghujatnya.

Sesaat setelah laga usai, Instagram Mourinho tak lagi bisa diakses dan hanya muncul pesan 'user not found' ketika membuka akun Mourinho yang sudah tidak aktif tersebut.

Namun ternyata tidak seluruh fans MU yang setuju terhadap aksi hujatan di media sosial tersebut. Terbukti sebagian besar fans MU lain yang aktif di media sosial Twitter justru mengecam aksi tersebut. Menurut mereka hal itu tidak pantas dilakukan kepada Mourinho, pelatih klub kesayangan mereka.

 

Komentar Fans

Fans MU banyak yang mengejek Jose Mourinho usai kalah dari Chelsea (AFP/Paul Ellis)

Melansir The Sun, salah satu pengguna Twitter mengatakan: "Jose Mourinho sudah menghapus akun Instagramnya. Sebagian fans kami sungguh memalukan!"

Seorang lain menulis: "Jose Mourinho sudah menonaktifkan akun Instagramnya. Glory hunters di sana melakukan pelecehan sosial pada pelatih KITA sendiri."

Pengguna lain: "Saya banyak tidak setuju dengan Jose Mourinho tapi dia menonaktifkan Instagramnya karena sepertinya dia terus diserang oleh fans yang marah."

Terakhir: "Kalian sungguh telah melakukan cyber-bullying kepada seorang pria seperti Jose Mourinho sampai membuatnya menonaktifkan akun Instagram."

Suara-suara fans tersebut dapat dimengerti, karena bagaimanapun perundungan daring (online bullying) adalah tindakan yang tidak dapat dibenarkan. Jadi bagaimana bolaneters sekalian ada yang ikut membully akun Instagram Jose Mourinho? Jangan diulangi ya! (sun/dre)

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Barcelona Bungkam Real Sociedad 1-0

Posted: 20 May 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bagi Barcelona, laga ini menjadi penting karena ini adalah momen perpisahan Andres Iniesta. Untungnya Barca bisa menang lewat gol tunggal nan indah Philippe Coutinh.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Meghan Markle Gunakan Messy Bun di Hari Pernikahan, Ini Inspirasinya

Posted: 20 May 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Meghan Markle tampil sempurna di hari pernikahannya pada Sabtu (19/5/2018). Banyak orang yang memuji penampilan Meghan Markle yang natural, tapi tetap flawless. Penampilannya yang natural ini justru membuat aura kecantikannya keluar.

Berbeda dari Kate Middleton yang memilih menggerai rambutnya, Meghan Markle justru tampil dengan messy bun andalannya. Penampilannya ini yang membuat ia makin mirip dengan cerita dongeng Cinderella. Bagaimana trik membuat messy bun ala Meghan Markle di hari pernikahan?

Didandani oleh Serge Normant

(FOTO: AFP/Emmanuel Dunand)

Seorang hairstylist selebritas, Serge Normant, menuturkan bagaimana ia menata rambut Meghan Markle di hari pernikahannya. Ini jadi suatu kehormatan bagi Serge Normant untuk bisa mendandani acara pernikahan kerajaan.

"Kami harus mengeringkan rambutnya yang basah. Sekitar 45 menit hingga satu jam. Saya mencoba melakukan secepat yang saya bisa," ujar Serge Normant, seperti dikutip dari Harpersbazaar pada Senin (21/5/2018).

Memang, banyak warganet yang menganggap bahwa rambut Meghan Markle cukup berantakan untuk ukuran acara pernikahan kerajaan. Namun, Serge Normant menampik bahwa ini menjadi ciri khas Meghan Markle. Bahkan meski berantakan, tapi dengan cara yang terkontrol. Serge fokus untuk memastikan bahwa rambut Meghan tidak menjadi begitu berantakan setelah beberapa jam.

 

Terinspirasi dari Audrey Hepburn

(FOTO: AFP/Daniel Leal-Olivas)

Serge pun mengungkapkan bahwa dirinya tidak menggunakan produk yang biasa dan secara umum dipakai banyak orang. Sebelumnya, ia pun sudah berkomunikasi dengan Meghan tentang bentuk rambutnya di hari pernikahan dan telah melakukan beberapa kali uji coba rambut pengantin. Ia sendiri terinspirasi dari gaya Audrey Hepburn di era 60-an untuk mendandani rambut Meghan Markle.

"Saya selalu memikirkan ikon yang saya suka, seperti Audrey Hepburn. Gayanya masih bisa saya lihat dan saya begitu cinta dengan gayanya. Saya tidak ingin terlalu banyak volume. Saya ingin sesuatu yang longgar dan mudah, itu sebabnya kami memilih messy bun," ujar Serge Normant.

Meghan Markle sendiri dipinjamkan tiara milik Ratu Mary oleh Ratu Elizabeth II. Tiara ini sendiri terdiri dari berlian antik yang dibuat pada 1893. Untuk itu, Serge fokus agar veil dan tiara yang digunakan Meghan Markle tidak bergeser dan merusak tatanan rambut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kejujuran Ayushita Bikin Reza Rahadian Terpukau

Posted: 20 May 2018 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Reza Rahadian telah dikenal sebagai aktor dengan jam terbang tinggi. Beragam peran telah ia tampilkan dengan baik. Namun dalam film The Gift, ia kembali menemui sejumlah tantangan baru.

Di film ini, ia mendapat satu peran unik, yakni sebagai seorang penyandang tunanetra. Tak hanya itu, Reza Rahadian juga beradu akting dengan lawan main yang benar-benar baru baginya, yakni Ayushita.

"Sama Ayushita pernah main bareng di Kartini, tapi kita enggak ketemu jadi satu [frame]," tuturnya saat bertandang ke kantor Liputan6.com di Senayan, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Nah, pengalaman pertama ini ternyata memunculkan kesan yang sangat positif bagi Reza Rahadian.

Akting yang Jujur

Aktor Reza Rahadian berpose saat media visit di SCTV Tower, Jakarta, Senin (14/5). (Liputan6.com/Arya Manggala)

Reza Rahadian ternyata terpukau dengan kemampuan akting aktris 28 tahun ini.

"Ayushita adalah salah satu aktris yang mampu bermain dengan pendekatan yang unik. Anak itu jujur banget kalau main. Apa adanya sekali," tuturnya.

Reza mengatakan Ayushita tidak terlalu ngoyo dalam menampilkan emosi karakter yang ia mainkan. "Secara teknis memang enggak terlalu gimana-gimana, tapi rasanya nyampe aja setiap kali, apa yang berusaha ia tuturkan," kata Reza.

 

Sama-Sama Perankan Penyandang Tunanetra

Aktor Reza Rahadian berpose saat media visit di SCTV Tower, Jakarta, Senin (14/5). (Liputan6.com/Arya Manggala)

Kebetulan, Ayushita juga pernah bermain sebagai seorang penyandang tunanetra dalam filmnya yang bertajuk What They Don't Talk About When They Talk About Love.

Reza memuji akting Ayushita dalam film garapan Mouly Surya ini. Namun, ia memilih untuk tidak meminta saran kepada Ayushita soal peran penyandang tunanetra ini. Apalagi, ia memang ingin mencari bentuk lain yang berbeda atas karakter ini.

"Kita enggak ngomongin peran dia di film itu," tuturnya menambahkan.

 

Tayang 24 Mei

The Gift (Instagram/ thegiftmovieid)

Film The Gift sendiri, mengisahkan tentang Tiana (Ayushita), seorang novelis muda yang berkenalan dengan Harun (Reza Rahadian), seorang tetangga kontrakannya. Harun, adalah seorang tunanetra yang menutup diri dari dunia luar dan memilih tenggelam dalam kesendiriannya.

Perkenalan awal yang semula kurang menyenangkan, berbuah kedekatan yang sangat dalam. Namun tiba-tiba datang Arie (Dion Wiyoko), sahabat lama Tiana, yang memberikan satu kabar mengejutkan. Tak hanya itu, Arie juga datang untuk melamar Tiana.

The Gift akan mulai ditayangkan di bioskop Tanah Air pada 24 Mei mendatang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mahkota Emas Dewa Wisnu Terpasang di Patung Garuda Wisnu Kencana

Posted: 20 May 2018 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Denpasar - Akhirnya Mahkota Dewa Wisnu pada patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) berhasil dipasang pada Minggu pagi, 20 Mei 2018. Bersamaan dengan pemasangan itu digelar upacara permohonan agar patung GWK segera terpasang sempurna. Upacara digelar di depan patung yang sudah 28 tahun belum selesai itu. 

Upacara ngrastiti dan pecaruan dipimpin oleh empat orang pedanda (pendeta Hindu) yang mewakili Siwa dan Buddha. Upacara ini dilakukan sebagai bagian dari permohonan agar penyelesaian GWK berlangsung lancar dan selesai tepat pada waktunya.

Pada kesempatan itu hadir Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata I Gde Pitana, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, dan Gubernur Bali Made Mangku Pastika.

Pemasangan mahkota Dewa Wisnu menjadi pemasangan modul (kepingan) yang ke-529 dari total modul 754 yang akan membentuk keseluruhan patung GWK.

Seniman Nyoman Nuarta pembuat patung GWK itu menjelaskan pemrakarsa patung Garuda Wisnu Kencana upacara ngrastiti dan pecaruan ini menjadi semacam doa bersama masyarakat Bali dan masyarakat Indonesia.

"Mari sama-sama kita ngrastiti bhakti kepada Ida Sang Hyang Widi wasa, agar karya ini selesai dan menjadi ikon baru bagi bangsa kita," katanya di GWK, Jimbaran, Bali, Minggu (20/5/2018).

 

 

28 Tahun Jalan di Tempat

Upacara ngrastiti dan pecaruan di depan patung GWK (Liputan6.com/Dewi Divianta)

Menurut dia, 28 tahun bukan waktu yang singkat untuk menyelesaikan sebuah karya. Ia mengaku sejak ia berambut gondrong sampai seluruh rambutnya habis, GWK belum juga selesai pembangunannya.

"Dari saya gondrong sampai botak GWK belum juga selesai. Mari doakan sama-sama," ujarnya.

Ia bercerita, keberadaan patung setinggi 121 meter itu sangat penting bagi Bali dan Indonesia. Sebagai pematung yang karya-karyanya tersebar di berbagai negara, Nuarta merasa bahwa ia berkewajiban melahirkan karya besar untuk tanah kelahirannya.

Selama ini katanya, Indonesia dan Bali khususnya hanya mewarisi karya-karya agung dari para leluhur berupa bangunan-bangunan suci yang megah.

"Dan itulah yang kita gunakan sekarang sebagai destinasi pariwisata. Memang ada pemandangan alam, tetapi itu kan anugerah dari alam," tutur Nuarta.

Gagasan Wayan Nuarta bersama Joop Ave Sejak Tahun 1997

detik-detik saat mahkota emas dewa wisnu terpasang (Liputan6.com/Dewi Divianta)

GWK bermula dari gagasan Nyoman Nuarta bersama Menteri Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi Joop Ave, Gubernur Bali Ida Bagus Oka, serta kemudian melibatkan Menteri Pertambangan dan Energi Ida Bagus Sudjana.

Pada awal 1990-an, rencana itu kemudian dipresentasikan di hadapan Presiden Soeharto. Setelah Presiden Soeharto setuju, peletakan batu pertama kawasan taman kebudayaan (cultural park) di Bukit Ungasan Jimbaran ini, dilakukan tahun 1997.

Dalam perjalanannya, kata Nuarta, GWK mengalami pasang surut, terutama karena kesulitan pendanaan. Setelah terimbas krisis moneter, Nyoman Nuarta berusaha selama bertahun-tahun agar GWK tetap dilanjutkan. Ia bahkan pernah menawarkan kepada pemerintahan beberapa presiden agar GWK diakuisisi.

"GWK juga pernah saya tawarkan kepada Pemerintah Daerah Bali, tetapi kan tidak mendapatkan respons positif. Akhirnya saya beralih kepada swasta nasional," ujarnya.

Hingga akhirnya sejak 2013 GWK diakuisisi oleh PT Alam Sutera Tbk. Di sanalah Nyoman Nuarta hanya bertindak sebagai seniman. "Saya punya tugas menyelesaikan patung ini sebagai swadharma. Siapapun pemiliknya tidak masalah, yang terpenting GWK berdiri dan menjadi ikon baru bagi Bali," ucapnya.

Kini, penyelesaian patung GWK sudah dalam mencapai 70 persen. Nuarta memperkirakan penyelesaian patung GWK akan rampung pada Agustus 2018 mendatang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terpengaruh Isu London sebagai Zona Perang, Keponakan Meghan Markle Bawa Pisau ke Kelab Malam

Posted: 20 May 2018 09:02 PM PDT

Liputan6.com, London - Salah seorang keponakan Meghan Markle dilaporkan kedapatan membawa sebilah pisau ke sebuah kelab malam di dekat Kastil Windsor, dengan alasan khawatir oleh pernyataan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, yang menyebut London adalah "seperti zona perang".

Tyler Dooley (25), putra dari saudara tiri Meghan Markle, Thomas Markle, datang ke London untuk menjadi narasumber bincang selebritas di beberapa televisi nasional Inggris.

Padahal, ia dan kakaknya, TJ (26), berserta ibunya yang merupakan mantan istri Thomas Markle, tidak diundang menghadiri pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle yang berlangsung pada Sabtu, 19 Mei 2018.

Dikutip dari Telegraph.co.uk pada Senin (21/5/2018), ketiganya diketahui pergi ke kelab malam Bacchus di kawasan Kingston.

Ketika mereka akan diperiksa sebelum memasuki kelab malam, Tyler yang merupakan petani ganja asal negara bagian Oregon, menyadari bahwa pisau empat inci yang dibawanya akan disita.

Tyler mengatakan kepada pengunjung pesta lainnya: "Saya baru saja membawanya (pisau) karena Donald Trump mengatakan London seperti zona perang. Ini untuk perlindungan."

Ketika pengunjung pesta lainnya mengatakan bahwa keponakan Meghan Markle itu akan ditangkap karena membawa pisau, ia pun memilih pergi meninggalkan kelab malam.

"Tersangka telah pergi dari lokasi sebelum polisi dipanggil, dan entah disengaja atau tidak, meninggalkan pisaunya," kata seorang juru bicara.

"Petugas datang ke kelab sekitar pukul 01.55 dan mengamankan pisau tersebut, namun tidak ada penangkapan."

 

Simak video pilihan berikut:

 

 

London Sangat Berbahaya

ilustrasi bus London (iStock)

Sementara itu pada 4 Mei lalu, Presiden Donald Trump membela hukum penggunaan senjata api di Amerika Serikat, dengan mengatakan bahwa meski Inggris telah tegas melarang, namun kepemilikan pisau telah menjadikan London sebagai kota yang sangat berbahaya.

Hal inilah yang kemudian dijadikan alasan oleh Tyler untuk membawa pisau ketika berkunjung ke sebuah kelab malam di dekat Kastil Windsor.

Seorang sumber mengatakan kepada surat kabar The Sun, ketika Tyler mendatangi penjaga pintu, dia berkata, "Saya membawa pisau."

Penjaga pintu pun menarik Tyler keluar dan menyerahkannya kepada pihak keamanan.

"Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana dia membawanya dari Amerika Serikat, karena Donald Trump mengatakan London tidak aman," jelas sumber terkait.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Otoritas Bursa Gandeng BNN Perangi Narkoba

Posted: 20 May 2018 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Manajemen PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menggandeng Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk perangi penyalahgunaan narkoba di pasar modal.

Direktur Utama BEI, Tito Sulistio menuturkan, tekanan kerja yang tinggi membuat ancaman penyalahgunaan narkoba juga menghantui para stakeholder atau pemangku kepentingan di lingkungan bursa saham.

"Ada dua juta orang kerja di pasar modal. Ada ketakutan kita bersama di pasar modal karena semua stakeholdernya bekerja dengan pressure cukup tinggi. Karena seorang trader itu bisa bekerja dan mereka sangat ketat," ujar dia di Gedung BEI, Jakarta, Senin (21/5/2018).

Oleh karena itu, dia menegaskan pihaknya akan bekerja sama dengan pihak BNN dalam rangka memerangi penyalahgunaan narkoba di pasar modal. 

Wujud nyata komitmen tersebut ditandai dengan penandatanganan piagam kerja sama terkait dengan penyelenggaraan kegiatan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan prekusor narkotika (P4GN) di lingkungan BEI.

"Kami akan perangi narkoba, periksa. Kami awasi dan kami percaya bahwa ini serius dan penuh komitmen semua," tegas Tito.

Sementara itu, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Komisaris Jenderal Heru Winarko kembali menegaskan komitmen BNN untuk memberantas peredaran dan penyalahgunaan narkoba, baik di tengah masyarakat maupun dalam lembaga.

"Harapan kami adalah bursa efek, pasar modal komitmen (memerangi) P4GN. Terimakasih atas undangan dari BEI mudah mudahan kerja sama akan terus berlanjut," kata Heru, yang juga didapuk untuk membuka perdagangan ke-96 tahun 2018 di Bursa Efek Indonesia (BEI).

 

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

Sambangi Mabes AL, BNN Bahas Pemberantasan Narkoba di Jalur Laut

BNN menyambangi Mabes TNI AL (foto: dok BNN)

Sebelumnya, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Heru Winarko didampingi jajaran petingginya menyambangi Markas Besar TNI Angkatan Laut, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat 18 Mei 2018. Kedatangan mereka disambut Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi, beserta jajarannya di lingkungannya.

"Dengan bertemunya dua pucuk pimpinan lembaga ini diharapkan akan terjalin kesamaan persepsi dan soliditas kerjasama dua lembaga" ujar keterangan Kabag Humas BNN Sulistriandriatmoko lewat pesan tertulisnya.

Dalam pertemuan tersebut, lanjut pria karib disapa Sulis ini, BNN dan TNI AL membicarakan bagaimana memperkuat penindakan kejahatan narkoba melalui jalur laut.

"Membahas terutama dalam hal penyelidikan, penyidikan dan penindakan penyelundupan narkotika melalui jalur laut," terang Sulis.

Kerja sama ini bukan kali pertama dilakukan BNN bersama pihak militer Indonesia. Sulis menjelaskan, pertemuan ini hanyalah kegiatan silaturahmi dan memantapkan kerja sama.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral, Foto Jadul Meghan Markle di Depan Buckingham Jadi Meme

Posted: 20 May 2018 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nama Meghan Markle tengah jadi perbincangan publik. Pasalnya, mantan artis sekaligus aktivis asal Amerika Serikat ini baru saja dipersunting oleh Pangeran Harry dari Kerajaan Inggris.

Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle pun disorot oleh dunia. Foto-foto acara pernikahannya juga beredar di internet.

Namun, ada satu foto yang menarik perhatian warganet dunia hingga beredar meme atas foto tersebut.

Foto yang dimaksud memperlihatkan Meghan Markle saat berpose di depan Istana Buckingham sewaktu usianya 15 tahun. Dengan kata lain, foto tersebut diambil 22 tahun lalu.

Warganet pun menyebarkan foto tersebut dan membuat meme dengan tulisan-tulisan menggelitik. Seperti apa?

"Aku tak percaya ini, Meghan Markle berpose di depan istana di usia 15 tahun dan menikahi pangeran 22 tahun kemudian," demikian tertulis dalam salah satu meme. 

Meme Meghan Markle dinikahi Pangeran Harry (Sumber: Istimewa)

Meme Buatan Warganet Indonesia

(FOTO: FP/Dominic Lipinski)

Sementara itu, meme lain dengan foto yang sama bertuliskan, "pada satu hari saat usiamu 15 tahun dan berpose di depan Istana Buckingham, 22 tahun kemudian kamu menikahi sang pangeran. Sungguh tak nyata #RoyalWedding."

Meme Meghan Markle dinikahi Pangeran Harry (Sumber: Istimewa)

Selain dua meme di atas, ada satu meme lainnya yang tampaknya dibuat oleh warganet asal Indonesia. 

Menggunakan foto yang sama, si pembuat meme menulis:

"Tips Cari Jodoh ala Mas Adrian Kaifan

Meghan Markle dulunya hanyalah wisatawan yang mengunjungi Buckingham Palace. Duduk-duduk di atas pagar Istana Buckingham, sekarang bisa menikahi pangeran. 

Bagi perempuan-perempuan yang pengen dan terobsesi menikahi pangeran, sudah bisa mulai sekarang biasakan duduk-duduk di atas pagar istana yang dekat-dekat aja, semisal pagar Keraton Solo atau pagar Museum Istana Maimun. 

I wish you luck," tulis meme tersebut. 

 

Meme Meghan Markle menikah dengan Pangeran Harry (Sumber: Istimewa)

Meme dari Kicauan Warganet

(FOTO: AFP/Oli SCARFF)

Tidak cukup di situ, warganet juga membuat berbagai meme dari foto pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle. Meme-meme tersebut tentunya sangat kocak hingga bisa membuat kamu terpingkal-pingkal. 

Seperti kicauan yang diunggah oleh @danish_speax di bawah ini, tampak foto Meghan Markle dan Pangeran Harry menaiki kereta kuda. Meghan Markle terlihat sangat senang dalam foto tersebut. 

Si pembuat kicauan pun menuliskan kalimat kocak. "Saat kamu menikah dengan pangeran dan mantan melihat hal tersebut," twitnya.

Ekspresi gembira Meghan Markle juga disandingkan dengan sejumlah foto lucu, berikut ini.

Terkejut Melihat Vin Diesel

(FOTO: AFP/Owen Humphreys)

Meghan Markle tampak terkejut melihat penerjun payung:

Meghan Markle terkejut melihat aktor Vin Diesel yang tak mengenakan kaus:

Meghan Markle terkejut melihat Will Smith yang melambai ke arahnya:

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Pernikahan Harry-Meghan Dobrak Tradisi, Pengiring Pengantin Bikin Gemas

Posted: 20 May 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pernikahan pangeran Harry dan Meghan Markle berhasil menjadi sorotan dunia. Pernikahan yang dinantikan oleh beragam orang di berbagai dunia. Pernikahan ini dianggap sangat spesial karena dianggap telah mematahkan tradisi royal wedding yang pernah ada sebelumnya.

Hal pertama yang cukup menjadi perbincangan publik adalah status Meghan yang merupakan seorang janda. Tentunya menikahi janda dianggap sebelah mata dalam sejarah kerajaan Inggris.

Selain itu hal lain yang membuat banyak orang terkejut dalam royal wedding kali ini, yakni kehadiran Uskup Michael Curry. Ia merupakan pria berkulit hitam pertama yang menyampaikan pidato saat pernikahan keluarga kerajaan Inggris. 

Artikel tentang 7 hal yang mendobrak tradisi kerajaan dalam pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle menjadi yang paling terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Sementara itu posisi kedua terpopuler ditempati oleh artikel tentang para bocah menggemaskan yang jadi pengiring pernikahan tersebut. Sedangkan artikel ketiga populer tentang wanita yang masuk penjara lantaran memasukkan obat pencahar ke dalam adonan brownies yang ia buat untuk acara kantornya.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 7 Hal yang Mendobrak Tradisi Kerajaan dalam Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle

Pangeran Harry dan Meghan telah usai melangsungkan hari bahagia mereka pada Sabtu, 19 Mei 2018. Pernikahan yang dinantikan oleh beragam orang di berbagai dunia. Bagi banyak orang mungkin Meghan merupakan wanita paling beruntung yang bisa dipertemukan dengan Pangeran Harry.

Meghan sendiri merupakan wanita cantik dengan ras campuran dari Amerika Serikat. Ia disebut sebagai orang kulit hitam pertama yang tergabung dalam keluarga kerajaan Inggris. Tentunya sang pangeran dengan Meghan Markle mempunyai latar belakang yang berbeda.

Oleh karena itu, hari pernikahan mereka dianggap spesial dan malahan mematahkan tradisi royal wedding. Kira-kira apa saja yang berbeda dari pernikahan Harry dan Meghan dari pernikahan Kerajaan Inggris lainnya? Berikut laporannya dikutip dari Town and Country.

Selengkapnya…

2. Gemas, Ini Para Bocah yang Jadi Pengiring Pernikahan Meghan Markle

(Foto: Getty Images via Town and Country Mag) Putri charlotte bersama dengan sang ibvu, kate Middleton dalam acara pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle, di Gerja St. George, Windsor.

Pengiring pengantin memang selalu dibutuhkan saat melangsungkan pernikahan. Di saat pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton, salah seorang bridesmaidmencuri perhatian karena d ifoto sambil menutup telinganya dari suara kerumunan banyak orang.

Kali ini di pernikahan Harry dan Meghan, ada sejumlah anak-anak yang jadi pengiring pernikahan mereka.

Tidak hanya tampil manis dan menggemaskan, sejumlah bocah ini juga tertangkap kamera melakukan tingkah lucu yang menarik perhatian banyak orang.

Siapa saja bridesmaids dan pagesboys yang mengiring pernikahan Pangeran Harry dan Meghan? Berikut laporannya dikutip dari Telegraph.

Selengkapnya…

3. Niat Ingin Bercanda, Wanita Ini Malah Masuk Penjara karena Ulahnya

Ilustrasi brownies (iStockphoto)

Kedekatan perkawanan bisa dilihat dari jenis candaan. Maksudnya, sahabat-sahabat yang sangat dekat biasanya bisa saling bercanda hingga tingkat 'keterlaluan' menurut ukuran orang di luar kelompok. Tapi, bisa runyam kalau memang menyerempet bahaya.Apalagi jika candaan tersebut sudah membahayakan nyawa orang lain. Ancaman penjara bahkan bisa diterima si pelaku akibat ulah isengnya. Seperti kasus yang terjadi pada wanita ini.

Dikutip dari Independent,seorang wanita bernama Michigan yang berusia 47 tahun dan berasal dari Chicago ini dipecat dari kantornya sendiri gara-gara memasukkan obat pencahar jenis laxatives (pencahar) ke dalam adonan brownies yang ia buat untuk acara kantornya.

Selengkapnya… 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kompaknya Pasha Ungu dan Okie Agustina Rayakan Ulang Tahun Kiesha Alvaro

Posted: 20 May 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Perceraian tidak serta merta membuat hubungan Pasha Ungu dan Okie Agustina ikut rusak. Meski sudah sama-sama menikah lagi, Pasha dan Okie justru semakin kompak tentunya demi kebahagiaan anak-anak mereka.

Lihat saja bagaimana mantan pasangan suami istri ini bersatu di ulang tahun anak sulung mereka, Kiesha Avaro. Minggu (20/5/2018) kemarin, anak pertama Pasha Ungu dan Okie Agustina itu genap berusia 14 tahun.

Kiesha memilih merayakan ulang tahunnya kali ini di lokasi syuting. Seperti diketahui, anak Pasha Ungu tersebut mulai terjun ke dunia hiburan dan tengah membintangi sinetron Tendangan Garuda.

"Selamat hari lahir anak bunda yang ke 14th @kiesha.alvaro .. semoga makin sukses dan tercapai segala yg kamu cita2kan.. selalu jadi anak yg hebat yang selalu menjadi kebanggaan kita semua.." tulis Okie Agustina di Instagram pribadinya.

 

Foto Bersama

Kiesha Alvaro diapit keempat orangtuanya [foto: instagram/okieagustina.gdc13]

Di salah satu foto terlihat Kiesha Alvaro diapit kedua pasang orangtuanya. Okie dan Gunawan Dwi Cahyo berdiri di sebelah kanan sementara Pasha Ungu dan Adelia berada di sebelah kiri Kiesha.

"Syukuran ulang tahun kk @kiesha.alvaro di lokasi syuting Tendangan Garuda.. Alhamdulillah lancar dan seru.." ungkap Okie.

 

Jarang Bertemu

Kiesha Alvaro diapit bunda dan mamanya [foto: instagram/okieagustina.gdc13]

Sebagai ibu sambung, Adelia pun tidak lupa menyampaikan doa untuk anak tirinya tersebut. Meski jarang bertemu, Adelia dan Pasha mengungkapkan akan selalu ada untuk Kiesha. Diketahui, setelah bercerai pada 2009 silam, hak asuh anak jatuh ke tangan Okie Agustina.

"Happy milad kk @kiesha.alvaro sekali lagi mommy ucapin...mudah2an kk icha menjadi anak sukses,dg karier yang luar biasa,menjadi kebanggan keluarga dan dicintai banyak orang tapi selalu bersyukur sama ALLAH yaa atas semua yg diberikan untuk kk ica...mudah2an kk icha slalu dalam lindungan ALLAH SWT,sehat terus panjang umur wlopun ayah n mommy jarang ketemu sama kk icha kita slalu ada setiap kk icha butuhin we u," ujar Adelia.

 

Adil

Kiesha Alvaro merayakan ulang tahunnya ke-14 [foto: instagram/okieagustina.gdc13]

 Kiesha yang kini sudah mulai beranjak dewasa pun bisa berlaku adil kepada keempat orangtuanya. Kiesha tampak bergantian menyuapi Pasha, Gunawan, Okie dan Adelia kue ulang tahunnya.

"Potongan kue pertama tetep buat amih.. kue kedua buat ayah, ketiga papa, keempat bunda dan mommy..." lanjut Okie Agustina.

 

Dekorasi Bertema Bola

Anak sulung Pasha Ungu, Kiesha Alvaro ulang tahun ke-14 [foto: instagram/kiesha.alvaro]

Sesuai dengan sinetronnya, syukuran ulang tahun Kiesha Alvaro menggunakan tema bola. Mulai dari kue ulang tahun hingga dekorasi backdrop semuanya bernuansa bola.

"Buat semua teman2 di Tendangan Garuda, , Terima kasih sudah ikut merayakan ultahku yg ke 14. Terima kasih juga buat semua yang tidak bisa aku sebut namanya satu per satu untuk ucapan dan doa2nya. Luv u all..." tulis Kiesha Alvaro di Instagramnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jangan Sepelekan, Sakit Gigi Bisa Berujung Sakit Jantung

Posted: 20 May 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sakit gigi sering disepelekan. Bukan karena rasa sakitnya biasa saja, tapi karena banyak orang tidak menganggap hal ini sebagai sesuatu yang serius. Sakit gigi tidak dianggap membahayakan atau mengancam nyawa.

Inilah kenapa, jika mengalami sakit gigi, mereka akan menunggu hingga benar-benar nyeri sebelum ke dokter gigi. Untuk urusan periksa gigi juga sama, baru ke dokter gigi saat sakit gigi. Padahal, jika tak ditangani dengan baik, sakit gigi bisa berujung pada penyakit jantung.

Penyakit jantung merupakan salah satu faktor terbesar penyebab kematian, baik pada pria maupun wanita. Sekitar 30 persen status kematian di dunia disebabkan oleh penyakit jantung. Di Amerika Serikat, angka kematiannya mencapai 610.000 jiwa.

Tipe penyakit jantung yang paling umum adalah penyakit jantung koroner. Penyakit jantung koroner disebabkan karena penumpukan plak pada pembuluh darah arteri jantung, sehingga mengurangi aliran darah menuju jantung.

Ada beberapa faktor yang dapat memicu penyakit jantung. Misalnya: kegemukan atau obesitas, kurang aktivitas fisik, kebiasaan merokok, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan penyakit diabetes melitus. Satu lagi yang ternyata dapat memicu penyakit jantung adalah kondisi gigi dan rongga mulut yang buruk.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

Mekanisme munculnya sakit gigi dan rongga mulut

Ini Dia Makanan dan Minuman yang Wajib Kamu Hindari Kalau Gigimu Sering Ngilu Tiba-tiba!

Kondisi gigi dan rongga mulut yang buruk dapat diawali dari kurang kesadaran terhadap kesehatan gigi dan mulut. Pasti Anda sudah bisa menebaknya seperti tidak rutin memeriksakan gigi dan membersihkan karang gigi setiap 6 bulan sekali.

Penumpukan plak gigi akibat sisa makanan masih dapat dibersihkan dengan menyikat gigi rutin dua kali sehari. Namun berbeda dengan karang gigi, tidak bisa hanya dibersihkan dengan sikat gigi.

Plak gigi yang tidak tersikat akan mengeras dan melekat erat di perbatasan antara gusi dan gigi sehingga membentuk karang gigi. Karang gigi yang menumpuk akan tumbuh ke permukaan gigi dan juga ke dalam gusi, yang kemudian merusak perlekatan gigi dan gusi.

Selain itu, aliran darah yang tidak lancar akan membendung membentuk peradangan. Hal ini membuat gusi mudah berdarah jika tersentuh atau terkena sikat gigi. Peradangan gusi ini disebut dengan gingivitis.

Jika gingivitis tidak disembuhkan, peradangan akan berjalan terus sampai mengakibatkan kerusakan pada tulang alveolar. Keadaan inilah yang disebut periodontitis, atau penyakit periodontal. 

Penelitian soal sakit gigi dan penyakit jantung

Gigi Anda pernah tiba-tiba terasa ngilu? Coba perhatikan, mungkin dua hal umum ini jadi penyebabnya!

Sebuah penelitian tahun 2017 yang terbit dalam Journal Infection and Immunity menyatakan bahwa bakteri yang terlibat dalam penyakit periodontal dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Dan baru-baru ini, penelitian yang dilakukan di University of Helsinki, Finlandia, menemukan keterkaitan antara infeksi pada ujung akar gigi dengan meningkatnya risiko serangan jantung akibat adanya penyumbatan aliran darah ke pembuluh arteri jantung.

Hasil data menunjukkan bahwa pasien-pasien dengan infeksi pada ujung akar gigi banyak yang mengalami penyakit jantung koroner maupun serangan jantung. Penyakit infeksi pada akar gigi, yang tidak dirawat, berpotensi 2,7 kali lipat menimbulkan serangan jantung.

Mengapa bisa demikian? Pasien infeksi ujung akar gigi memiliki kadar antibodi yang lebih tinggi di dalam darah mereka yang berkaitan dengan bakteri tertentu. Karena itu, infeksi pada gigi dapat menyebarkan infeksi pada organ lain di tubuh.

Penjelasan lainnya, bakteri yang ditemukan dalam plak gigi akan masuk ke aliran darah. Interaksi bakteri-bakteri yang ada berperan dalam pembentukan plak. Hal ini kemudian akan menebal dan mengeras di dalam pembuluh darah sehingga menyebabkan sumbatan.

Untuk itu, bila ingin jantung Anda selalu terlindungi, sangat penting untuk merawat gigi serta mulut sehingga tidak terkena sakit gigi ataupun infeksi rongga mulut. Terlebih lagi, sering kali gejala serangan jantung maupun infeksi rongga mulut tidak menunjukkan tanda-tanda apa pun. Oleh karena itu, cegahlah penyakit jantung dengan memelihara kesehatan gigi dan mulut Anda!

Penulis: drg. Callista Argentina

Sumber: Klikdokter.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Poppy Bunga, Style Hijabnya Kekinian dan Bisa Jadi Inspirasi

Posted: 20 May 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Meski telah berhijab, Poppy Bunga enggak mau mati gaya! Seperti apa, sih, style hijab ala Poppy?

Menjadi salah satu artis yang berhijrah, kini Poppy Bunga memutuskan untuk berhijab. Kendati begitu, ia tak lantas mati gaya karena harus berpakaian tertutup. Gayanya kece, meski tetap santun. Hal itu terbukti dari foto-foto di akun Instagramnya.

Sama seperti kebanyakan perempuan, mengikuti tren teranyar selalu jadi pilihan. Sesuai dengan style hijab kekinian, Poppy Bunga sering memakai hijab dengan gaya scarf yang sedang ngetren. Minim aksesoris dan sekadar diikat, bikin penampilannya simply adem!

Suka Tabrak Warna dan Motif

Poppy Bunga © instagram.com/poppybungariphat

Selain itu, ada juga gayanya yang memadukan warna dan motif. Tidak semua orang bisa kelihatan kece, loh! Namun, istri Mohammad Fattah Riphat ini memang enggak diragukan lagi selera fashionnya. Ia jago banget soal mix and match outfit!

Selain mix and match, Poppy juga kerap bergaya monochrome. Ya, siapa yang enggak pernah menjajal style kekinian yang satu ini? Wanita kelahiran 1991 ini bahkan berani tampil sporty dengan pilihan outfit monokromnya.

Gaya Kasual

Poppy Bunga © instagram.com/poppybungariphat

Gayanya enggak melulu kasual dan sporty. Di kesempatan lain ia juga menjajal tampil girly dengan gamis warna pink dan putih yang dipadukan dengan jilbab warna senada. Hm, dengan style begini semakin terpancar saja aura salehahnya ya?

Rasanya memang hampir semua gaya pernah dijajal oleh aktris yang pernah bintangi film PASANGAN ROMANTIS ini. Termasuk gaya bernuansa boyish. Paduan topi bundar dengan outfit berwarna gelap, bikin Poppy terlihat sangar meski tak meninggalkan kesan elegan. So, masih ragu untuk jadikan Poppy Bunga sebagai inspirasi hijabmu?

Sumber: Kapanlagi.com

Editor: Soraya

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ungguli Salah, Messi Pecahkan Rekor Sepatu Emas Eropa

Posted: 20 May 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona- Bintang Barcelona Lionel Messi kembali merebut Sepatu Emas Eropa untuk musim 2017-2018. Messi mengungguli mesin gol Liverpool, Mohamed Salah.

Pemain 30 tahun ini berhak mendapatkan Sepatu Emas Eropa setelah menorehkan 34 gol di Liga Spanyol musim ini. Messi unggul dua gol dibanding Salah dan empat gol dari striker Tottenham Hotspur, Harry Kane. 

Sepatu Emas Eropa merupakan penghargaan untuk top scorer liga-liga Eropa dengan jumlah gol terbanyak. Kompetisi Liga Spanyol, Liga Inggris, dan Liga Italia mendapat poin dua untuk setiap gol yang dicetak.

Musim lalu, Messi juga sukses memenangi gelar Sepatu Emas Eropa. Dengan keberhasilan Messi mendapatkan dua kali beruntun artinya Sepatu Emas Eropa selalu jadi milik penggawa Barcelona dalam tiga musim terakhir.

Sebelum Messi dua kali beruntun, Sepatu Emas Eropa jadi milik Luis Suarez. Belum pernah ada klub yang mampu tiga kali beruntun mengamankan gelar Sepatu Emas Eropa.

Lima Kali

Striker Barcelona, Lionel Messi, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Real Madrid pada laga La Liga Spanyol di Stadion Camp Nou, Barcelona, Minggu (6/5/2018). Kedua klub bermain imbang 2-2. (AFP/Lluis Gene)

Messi sendiri total sudah lima kali memenangi Sepatu Emas Eropa. Pria Argentina ini menjadi pemain yang paling sering mendapatkan Sepatu Emas Eropa sepanjang massa.

Messi mengungguli Cristiano Ronaldo yang sudah empat kali merebut gelar bergengsi ini. Yang mengagumkan, Messi mendapatkan lima Sepatu Emas Eropa dalam lima musim terakhir.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Tradisi Unik Rebutan Tempat Tarawih di Masjid

Posted: 20 May 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Masyarakat  Polewali Mandar, Sulawesi Barat, punya tradisi Massilumba Oroang atau rebutan atau kapling tempat sebelum salat tarwih dimulai.

Agar kebagian tempat atau bisa duduk di lokasi yang dikehendaki, warga ramai-ramai menghamparkan sajadah di masjid, sejak sore atau menjelang magrib sebelum keduluan warga lain.

Meski posisi tempat dalam masjid tak ada kaitannya dengan faktor khusus, tradisi ini sudah berlangsung bertahun-tahun.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Bahan Alami Ini Ampuh Pudarkan Lingkar Hitam di Mata

Posted: 20 May 2018 08:57 PM PDT

Jakarta Lingkaran hitam di bawah mata atau biasa disebut mata panda kerap mengganggu penampilan. Tak hanya itu, wajah juga kerap menjadi terlihat kusam dan lelah. Biasanya kurangnya waktu istirahat dan tidur menyebabkan tubuh menjadi kelelahan dan mata panda pun timbul.

Meskipun bisa ditutupi dengan makeup, namun lingkaran bawah mata yang menggelap juga tetap memerluka perawatan ekstra. Selain rutin menggunakan krim perawatan mata, Anda juga dapat mencoba perawatan dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Dirangkum dari berbagai sumber berikut tiga bahan alami yang dapat memudarkan lingkaran hitam pada area bawah mata.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Ada cara yang praktis dan alami untuk membuat lingkar hitam di bagian bawah mata memudar. Caranya, cukup Anda siapkan bahan alami utama seperti daun mint, madu dan air mawar. Siapkan juga bahan-bahan pendamping seperti air putih.

Tahapan

Ilustrasi Foto Madu (iStockphoto)

Hal pertama yang dilakukan yaitu menghaluskan daun mint sekitar 10 lembar dengan cara ditumbuk, lalu campurkan 1 sendok teh madu dan satu sendok teh air mawar. Setelah semua bawah tercampur, lalu oleskan ke bagian bawah mata, diamkan selama kurang lebih 30 menit. 

Cara ini bisa Anda lakukan setiap hari sebelum tidur. Jangan lupa, untuk hasil yang maksimal, harus diimbangin dengan minum air putih sebanyak 3 liter dalam sehari dengan memaksimalkan waktu tidur selama 8 jam. Ketika Anda melakukan cara ini secara rutin, lingkar hitam akan memudar dengan sendirinya.

Penulis: Ega Maharni

Sumber: Bintang.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menteri Tjahjo Sebut Banyak Proyek Monopoli di Kemendagri

Posted: 20 May 2018 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyebut masih banyak praktik monopoli di lingkungan kementerian yang dipimpinnya. Sebut saja beberapa proyek yang melibatkan pengusaha rekanan yang bercokol tahunan.

"Tidak ada monopoli proyek yang ada di Kemendagri. Saya masih dapat laporan eselon 3 dan 4 yang datang ke rumah ternyata masih banyak pengusaha-pengusaha yang teken kontrak di Kemendagri sudah berkutat, berkuasa lebih dari 5 tahun," kata Tjahjo dalam upacara memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-110 di Lapangan Kemendagri, Jl Merdeka Utara, Senin (21/5/2018).

Dia meminta dalam pemerintahan baru tidak ada aspek monopoli. Dia melihat sudah ada lima tahun pengusaha yang berkuasa di lingkungan Kemendagri.

"Setop, ganti rekananan yang baru sesuai mekanisme yang ada. Jangan sampai saya buka eselon mana, Dirjen mana, mana yang masih pakai rekanan lama," tegas Tjahjo.

Dalam kesempatan itu, Tjahjo juga menegaskan agar para pegawai Kemendagri menghindari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN), serta tidak melakukan jual beli jabatan.

Tidak hanya itu, dia juga meminta agar dirjen dan badan lainnya harus bersinergi untuk memperbaiki layanan layanan masyarakat.

"Ini ditekankan lagi untuk bisa bersinergi antar-dirjen dan badan lain untuk melakukan pelayanan lebih baik," kata Tjahjo.

Terkait pelayanan ke masyarakat, Tjahjo mengingatkan kembali pesan Presiden Joko Widodo ke jajarannya. Yaitu pelayanan optimal tanpa berbelit-belit dan memakan waktu, seperti pengurusan administrasi e-KTP, Kartu Keluarga, atau akta kelahiran.

"Arahan dari Bapak Presiden mempercepat perizinan sudah keluar Kemendagri, Provinsi termasuk e-KTP, KK, akta lahir yang satu jam selesai. Maka seluruh perizinan jangan ada hitungan hari," kata Tjahjo.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gelar Tujuh Bulanan, Vicky Shu Bikin Suami Terharu

Posted: 20 May 2018 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penyanyi Vicky Shu baru saja merayakan acara tujuh bulanan calon anaknya. Dalam acara tersebut, Vicky Shu dan suami, Ade Imam, memanjatkan doa terbaik untuk sang jabang bayi yang memasuki trimester ketiga.

"Iya, hari ini alhamdulillah kami mengadakan acara tujuh bulanan dengan adat budaya jawa. Buat syarat aja sih sama doa ya, supaya sampai dengan nanti lahir anaknya sehat selamat, ibu dan anaknya," tutur Vicky Shu saat ditemui di Jakarta baru-baru ini.

Bersama dengan sang suami, wanita kelahiran Cilacap, Jawa Tengah, ini lantas sempat bercerita soal prosesi acara tujuh bulanan tersebut. Mulai dari pernikahan hingga sekarang, keduanya memang selalu mengusung budaya Jawa yang kental.

"Kalau prosesinya memang penuh dengan makna ya, setiap proses yang ada itu ada artinya, mulai dari sungkeman, pengajian, siraman, terus mecah kendi," jelas Vicky Shu.

"Terus ada pantes-pantes, jadi kayak ganti baju tujuh kali menandakan tujuh bulan kehamilan, Insyaallah habis ini akan dilancarkan," ucap Ade Imam.

Suami Terharu

Ade Imam dan Vicky Shu. (Instagram/aldiphotoofficial)

Menjalani prosesi tujuh bulanan ini pun lantas membuat Ade merasa terharu. Hal tersebut dikarenakan ia dan Vicky sebentar lagi akan menjadi orangtua untuk sang buah hati.

"Ya terharu ya, karena setiap prosesi ada maknanya jadi kalau kata orangtua, paham enggak paham, mengerti enggak mengerti, harus serius. Jadi ya, kami ikuti arahan saja," ujar Ade Imam.

Rahasiakan Jenis Kelamin

Vicky Shu dan suami

Lebih lanjut lagi, Vicky dan sang suami tampaknya masih merahasiakan soal jenis kelamin dari calon anak. Namun, keduanya sempat menjelaskan kalau ada salah satu prosesi tujuh bulanan yang sebenarnya sudah mengungkapkan hal itu.

"Sebetulnya tujuannya (tujuh bulanan) adalah doa. Kalau jenis kelaminnya sih masih dirahasiakan, tapi kalau tadi mengikuti prosesi tuh sudah ada kode-kode," kata Vicky.

Pecah Kendi

Vicky Shu

Pasangan yang menikah pada bulan September 2017 ini menyebutkan kalau ritual dalam ritual kendi sudah terlihat soal jenis kelamin sang anak. "Tapi percaya enggak percaya tadi enggak ada yang di-setting loh ya, pas pecah kendi," jelas Ade.

"Iya, yang pecah kendi kalau hasilnya begini anaknya laki-laki. Insyaallah sudah tahu (jenis kelaminnya)," pungkas Vicky Shu. (Subi Akto/Kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sri Mulyani: Revisi Tarif Pajak UKM Segera Terbit

Posted: 20 May 2018 08:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan revisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 46 Tahun 2013 yang mengatur mengenai tarif pajak penghasilan (PPh) final usaha kecil menengah (UMKM) akan segera dikeluarkan.

"Waktu itu sudah selesai mestinya, nanti kami cek. Harmonisasi sudah diselesaikan, mestinya tidak ada masalah," kata Sri Mulyani seperti dikutip dari Antara, Senin (21/5/2018).

Dalam revisi aturan PP 46/2013 tentang pajak penghasilan dari usaha yang diterima wajib pajak dengan peredaran bruto tertentu tersebut, tarif PPh final untuk UKM diturunkan menjadi 0,5 persen dari yang saat ini 1 persen.

Peraturan itu berlaku bagi wajib pajak yang menerima penghasilan dari usaha dengan peredaran bruto tidak melebihi Rp 4,8 miliar dalam satu tahun pajak.

Direktur Jenderal Pajak Kemenkeu, Robert Pakpahan, mengatakan peraturan terbaru mengenai pajak penghasilan final UKM sudah diproses terkait penomoran di Kementerian Hukum dan HAM.

Ia menjelaskan, subjek peraturan tersebut akan mencakup semua UKM, baik yang berupa perseroan terbatas (PT), persekutuan komanditer (CV), maupun orang pribadi.

"Tarifnya turun, terus subjek yang boleh kan orang pribadi, CV, firma, dan PT," kata Robert.

Tax Holiday dan Tax Allowance

Menko Bidang Perekonomian, Darmin Nasution (Dok Foto: Kemenko Bidang Perekonomian)

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan setelah peraturan PPh final UMKM terbit, pemerintah akan mengeluarkan peraturan insentif perpajakan terkait mini tax holiday dan tax allowance. Ini dilakukan guna melengkapi kebijakan kemudahan pajak yang diberikan untuk mendorong investasi.

"Pemberian tax allowance ini lebih luas, dari jumlah industri maupun kegiatan, karena bisa tiga kali lipat lebih banyak dari yang mendapatkan tax holiday," ujar dia, Rabu (16/5/2018).

Menurut rencana, peraturan terkait PPh final UMKM maupun tax allowance akan diterbitkan dalam bentuk peraturan pemerintah, sedangkan peraturan terkait mini tax holiday akan diterbitkan melalui peraturan menteri keuangan.

"Kalau dia diturunkan dari UU pajak, dia akan PP seperti PPh UMKM, tapi kalau diturunkan dari UU penanaman modal, keluarnya PMK," kata Darmin.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cuplikan Video Gol Coutinho Bawa Barcelona Bungkam Real Sociedad

Posted: 20 May 2018 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona - Barcelona mengakhiri La Liga musim ini dengan kemenangan 1-0 atas Real Sociedad di Camp Nou, Minggu (20/5/2018) atau Senin dini hari WIB. Gol tunggal Los Blaugrana, julukan Barcelona, dicetak oleh Philippe Coutinho.

Gol Coutinho tercipta pada menit ke-57. Pemain asal Brasil itu mengecoh dua pemain Real Sociedad, Aritz Elustondo dan Asier Illarramendi, sebelum akhirnya melepaskan tembakan jarak jauh. Bola hasil tembakan Coutinho langsung melest masuk ke dalam gawang Real Sociedad yang dikawal Moya.

Hingga pertandingan usai tak ada satu gol tambahan pun tercipta. Barcelona menutup musim dengan kemenangan dan mengukuhkan diri di puncak klasemen dengan 93 poin.

Ini juga menjadi laga terakhir kapten Barcelona, Andres Iniesta. Tampil selama 82 menit di Camp Nou, Iniesta mendapat tepukan meriah dari para fans Barcelona.

Cuplikan Video

Berikut cuplikan video kemenangan Barcelona atas Real Sociedad:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Mengarak Kuil Shinto di Festival Sanja Matsuri

Posted: 20 May 2018 08:43 PM PDT

Peserta membawa kuil portabel atau

Peserta membawa kuil portabel atau

Peserta dengan tato tradisional di tubuhnya mengikuti Festival Sanja Matsuri di luar kuil Sensoji, distrik Asakusa, Tokyo, Minggu (20/5). Dan hanya di Festival ini para Yakuza menampakkan diri dan berbaur dengan masyarakat lainnya. (AFP/Behrouz MEHRI)

Peserta dengan tato tradisional di tubuhnya mengikuti Festival Sanja Matsuri di luar kuil Sensoji, distrik Asakusa, Tokyo, Minggu (20/5). Dan hanya di Festival ini para Yakuza menampakkan diri dan berbaur dengan masyarakat lainnya. (AFP/Behrouz MEHRI)

Peserta dengan tato tradisional di tubuhnya mengikuti Festival Sanja Matsuri di luar kuil Sensoji, distrik Asakusa, Tokyo, Minggu (20/5). Hampir dua juta orang mengunjungi Asakusa selama tiga hari di saat festival tersebut berlangsung. (AFP/Behrouz MEHRI)

Peserta dengan tato tradisional di tubuhnya mengikuti Festival Sanja Matsuri di luar kuil Sensoji, distrik Asakusa, Tokyo, Minggu (20/5). Hampir dua juta orang mengunjungi Asakusa selama tiga hari di saat festival tersebut berlangsung. (AFP/Behrouz MEHRI)

Peserta membawa kuil portabel atau

Peserta membawa kuil portabel atau

Petugas kepolisian Jepang berjaga selama  Festival Sanja Matsuri di luar kuil Sensoji, distrik Asakusa, Tokyo, Minggu (20/5). Sanja Matsuri adalah festival tahunan di distrik Asakusa yang diadakan pada akhir pekan ketiga pada bulan Mei (AFP/Behrouz MEHRI)

Petugas kepolisian Jepang berjaga selama Festival Sanja Matsuri di luar kuil Sensoji, distrik Asakusa, Tokyo, Minggu (20/5). Sanja Matsuri adalah festival tahunan di distrik Asakusa yang diadakan pada akhir pekan ketiga pada bulan Mei (AFP/Behrouz MEHRI)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sandiaga Pertimbangkan Saran Ulama soal Tarawih di Monas

Posted: 20 May 2018 08:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Rencana Pemprov DKI Jakarta menggelar tarawih akbar di lapangan Monas pada 26 Mei mendatang menuai pro dan kontra. Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyebut, beberapa masukan ulama agar tarawih tetap dilaksanakan di masjid, bukan di Monas.

Sandiaga mengatakan, Pemprov akan mempertimbangkan masukan para ulama. "Jangan sampai kegiatan ini malah menjadi pemecah belah, malah menjadi suatu bahan yang menurunkan ketakwaan kita. Jadi nanti masukannya akan kami terima," kata Sandiaga di lapangan IRTI Monas, Senin (21/5/2018).

Sandiaga mengatakan akan mempertimbangkan saran dari ulama dan mendiskusikannya kepada Gubernur Anies Baswedan. Ia juga berencana mengundang para ulama untuk mendiskusikan hal tersebut.

"Harus semua kita tampung dan kita tentu tidak akan memaksakan diri seandainya sebagian dari masyarakat, sebagian dari para ulama juga mengatakan ini tidak disarankan. Sebuah masukan yang bagus dan kita tentunya akan bicarakan. Pak Gubernur akan kembali hari ini, kita diskusikan dan kita ambil keputusan bersama dengan mengundang para ulama," dia membeberkan.

Apabila tarawih massal batal dilaksanakan di Monas, Sandi berencana menggelar acara di Masjid Istiqlal atau Masjid Raya Hasyim Asyari.

"Kemungkinan ke Istiqlal, bisa ke Jakarta Islamic Center, bisa ke Masjid Raya Hasyim Asyari, bisa di mana saja. Ini masukan buat kami," Sandiaga menandaskan.

 

Buka Puasa Gratis

Untuk menyemarakkan Ramadan kali ini, Pemprov DKI bersama Dompet Dhuafa dan Aksi Cepat Tanggap juga akan menyediakan buka puasa gratis di 223 RW di Jakarta.

"Setiap hari selama satu bulan (Ramadan)," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Anies menyatakan, dia tak ingin ada warga yang merasakan kelaparan. Menurut dia, ada sekitar 220 RW yang memiliki warga yang miskin. Oleh karena itu, buka bersama akan dilaksanakan terlebih dahulu di RW tersebut.

"Kita tidak ingin ada warga lapar di Ibu Kota. Mulai sekarang di bulan Ramadan menyiapkan buka puasa bagi semua. Dan sekarang dimulai dari RW yang masuk kategori padat, masyarakatnya mayoritas miskin dan jumlahnya kira-kira lebih dari 220 RW," kata Anies Baswedan.

Nantinya, warga yang mampu bisa ikut membantu dengan mengirimkan makanan atau uang. Anies Baswedan berharap kegiatan itu dapat ditiru daerah lain.

"Mudah-mudahan kalau kita bisa laksanakan di Ibu Kota, di tempat-tempat lain pun mengikutinya," imbuhnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Minum Es Saat Berbuka Puasa Itu Tak Baik? Ini Sebabnya!

Posted: 20 May 2018 08:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tahukah kamu? Ternyata berbuka puasa dengan minum es itu tak baik lho menurut dokter. Malah bisa menimbulkan sakit perut. Wah mengapa bisa begitu ya? Padahal kan segar banget. Ternyata ini sebabnya ladies.

minum es dapat membuat perut kembung, sebab air dingin sulit diserap oleh tubuh.

Nah, sekarang sudah tahu kan mengapa kurang baik minum es langsung saat buka puasa? Yuk kurangi kebiasaan itu dari sekarang!

Sumber: Vemale

Reporter: Febi Anindyakirana

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Minum Es Saat Berbuka Puasa Itu Tak Baik? Ini Sebabnya!

Posted: 20 May 2018 08:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tahukah kamu? Ternyata berbuka puasa dengan minum es itu tak baik lho menurut dokter. Malah bisa menimbulkan sakit perut. Wah mengapa bisa begitu ya? Padahal kan segar banget. Ternyata ini sebabnya ladies.

 

 

Nah, sekarang sudah tahu kan mengapa kurang baik minum es langsung saat buka puasa? Yuk kurangi kebiasaan itu dari sekarang!

Sumber: Vemale

Reporter: Febi Anindyakirana

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gemar Ngabuburit, Tina Toon Ikutan Puasa demi Toleransi

Posted: 20 May 2018 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mantan penyanyi cilik Tina Toon mengaku sangat menjunjung tinggi toleransi beragama. Salah satunya ketika melewati momen penting seperti Ramadan.

Meski bukan seorang muslim, Tina Toon sering mengikuti orang-orang untuk berpuasa. Jika berada di depan temannya yang muslim, Tina Toon tak ikut makan dan minum.

"Kalau puasa dari tahun ke tahun kita ikut ngerasain, enggak jarang juga ikutan puasa walaupun kadang bolong. Aku juga salut sama teman-teman puasa full walau kerjaan berat. Kayak teman aku, dia dancer tapi dia tetap puasa. Jadi kadang aku turut merasakan plus bisa diet juga kan," jelas Tina Toon di Jakarta baru-baru ini.

"Pada saat puasa enggak makan dan minum. Yang penting toleransi di depan yang pada puasa. Saya yakin yang puasa punya iman yang kuat dalam arti mau apa pun godaannya kan lagi ibadah. Tapi kita sebagai teman lebih ke menghormati," kata Tina Toon.

Ngabuburit

Tina Toon (Instagram/tinatoon101)

Selain itu, selebritas kelahiran Jakarta ini juga sempat mengaku kalau begitu menyukai suasana di bulan Ramadan. Khususnya momen ngabuburit mencari hidangan pembuka puasa. Lantas, makanan apa sih yang paling dicari-cari oleh Tina Toon?

"Senang banget. Karena kalau puasa yang ditunggu-tunggu kolak. Kolak-kolak pinggir jalan tuh enak banget. Kalau di restoran sudah biasa," ujar Tina.

Euforia

Tina Toon

"Pastinya kalau di Indonesia kan mayoritas menjalani ya. Jadi tiap puasanya suasana berasa tenang apalagi nanti pas hari raya. Semua tuh euforianya terasa setelah sebulan puasa kita jadi ikutan. Sebulan puasa, orang kan menahan nafsu ya. Kita juga jadi ikutan. Jadi berasa aman," pungkasnya. (Subi Akto/Kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pernikahan Mewah, Setelan Pengantin Pria Ini Berlapis Emas Ratusan Juta

Posted: 20 May 2018 08:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pernikahan memang menjadi sebuah momen penting dalam kehidupan manusia. Maka tak heran jika pengantin berusaha keras agar tampil istimewa pada hari bahagianya. Demi penampilan yang berbeda, biaya yang dikeluarkan pun bukan menjadi masalah. 

Seperti halnya dengan mempelai pria yang satu ini. Pria asal Kota Lahore Pakistan itu benar-benar menampilkan kemewahan di hari pernikahannya. Ia menggunakan aksesoris emas dari ujung kepala hingga ujung kaki.

 

Mempelai pria Pakistan tampil blink-blink saat pernikahan. (Sumber Instagram/@divamagazinepakisan)

Pria bernama Hafiz Salman Shahid ini memilih mengenakan emas dengan nilai ratusan juta rupiah di hari pernikahannya. Menurut laporan Researchsnipers, emas yang digunakan pengantin pria ini senilai Rp 300 juta, dengan sepatu yang terbuat dari emas seharga sekitar Rp 204 juta dan dasi emas hampir sekitar Rp 60 juta.

Setelan pakaiannya bernilai Rp 7,5 juta dan memiliki kristal dan permata. Hafiz pun juga didampingi oleh penjaga keamanan. Dia mengatakan bahwa dia selalu ingin mengenakan sesuatu yang unik pada hari besarnya.

Dia adalah satu-satunya saudara laki-laki dari tujuh saudara perempuan. Ada dugaan orang tuanya ingin memenuhi semua keinginan mereka pada satu-satunya anak laki-laki dalam keluarga.

Reporter:

Syifa Fauziah

Sumber: Brilio.net

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cegah Iritasi Wajah Saat Eksfoliasi dengan Cara Ini

Posted: 20 May 2018 08:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Facial, scrub, chemical peeling, dan microdermabrasion adalah beberapa perawatan wajah yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati. Tapi, mana yang paling aman untuk kulit wajah?

Dalam bahasa kesehatan, proses pengangkatan sel kulit mati dari permukaan lapisan kulit wajah disebut dengan eksfoliasi. Untuk melakukannya, ada beberapa perawatan yang bisa kita lakukan, seperti facial, scrub, chemical peeling atau chemical peels, dan microdermabrasion.

Namun, yang sering menjadi pernyataan, mana treatment yang terbaik untuk eksfoliasi? Mana treatment yang rendah risiko iritasi? Dan berapa durasi waktu yang diperlukan untuk melakukan eksfoliasi?

Cegah Iritasi Wajah Saat Eksfoliasi dengan Cara Ini

Ilustrasi Wanita Cuci Muka  (iStockphoto)​

Bertemu ahli dermatologis, dr. Melyawati Hermawan di peluncuran produk Maxi-Peel Micro-Exfoliant, menjelaskan jika sebenarnya secara alami kulit wajah kita pun sudah melakukan proses eksfoliasi sendiri (dinamakan desquamation). Selama 28-30 hari, kulit wajah baik laki-laki atau perempuan akan melakukan eksfoliasi kulit dengan sendirinya. Yang membedakan hanyalah usia. Semakin bertambah usia, maka proses eksfoliasi akan semakin lambat. Ini lah alasan, mengapa selanjutnya kita memerlukan bantuan perawatan tambahan untuk mendorong proses eksfoliasi kulit ini.

Cegah Iritasi Wajah Saat Eksfoliasi dengan Cara Ini

Salah satu cara untuk mendapatkan kulit wajah cantik adalah rajin mencucinya dengan langkah yang tepat. (Foto: iStockphoto)

Tentang berapa kali eksfoliasi itu baik dilakukan, dalam 1 minggu kita dapat melakukan eksfoliasi sebanyak 2x (untuk kulit normal). Untuk tipe kulit kering, untuk meminimalisir resiko kulit iritasi, sebaiknya lakukan eksfoliasi 1x seminggu.

Lalu, dari facial, scrub, peeling, dan microdermabrasion, mana yang paling aman untuk kulit? Semua perawatan wajah untuk eksfoliasi itu semuanya aman. Penting untuk diperhatikan, mana perawatan yang mampu memberi hasil maksimal. Eksfoliasi akan bekerja dengan baik untuk mengangkat sel kulit mati, jika di dalam tindakan yang kita lakukan terdapat komposisi formula Salicylic Acid, Acetyl Glucosamine, Sodium Hyaluronate, Glycerin, dan Trehalose.

Nah, jika perawatan yang kita lakukan berlangsung di klinik kecantikan, nggak ada salahnya untuk bertanya pada terapis atau pun dokter tentang kandungan yang digunakan untuk eksfoliasi di wajah kita. Jika eksfoliasi yang kita lakukan menggunakan home-skincare, seperti toner atau masker misalnya, coba perhatikan kandungan skincare yang kita gunakan. Apakah sudah mengandung 5 formula terbaik untuk eksfoliasi yang di atas?

Oleh:  Arisa Muharliza

Sumber: Fimela.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

TNI yang Terlibat di Pemberantasan Terorisme Akan Diatur dalam Perpres

Posted: 20 May 2018 08:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Jenderal Peraturan Perundang-undangan (Dirjen PP) Kemenkumham, Widodo Ekatjahyana, mengatakan peran TNI dalam menanggulangi terorisme akan diatur lebih jauh dengan menggunakan peraturan presiden (perpres).

"Peran serta TNI untuk turut serta mencegah dan menanggulangi masalah terorisme ini sudah muncul. Memang sudah kesepakatan bersama, akan dibuat payungnya berupa perpres untuk saat ini," ucap Widodo di ruang wartawan Kemenkumham, Jakarta, Senin (21/5/2018).

Dia menegaskan, perpres itu nanti mengatur secara teknis bagaimana peran dan fungsi TNI terlibat dalam penanganan aksi teroris.

"Di perpres itu (fungsinya). Nanti kan tinggal melaksanakan bagaimana secara teknisnya, fungsi di perpres itu," kata Widodo.

Namun, perpres ini masih berbentuk draft sehingga dia masih enggan membeberkan seperti apa teknis dan peran TNI yang diatur.

"Nanti draft-nya kita lihat dulu. Rapat juga belum, draft-nya masih belum juga. Masih kita siapkan," ungkap Widodo.

Dia juga menjelaskan, pembahasan perpres ini akan sembari menunggu pembahasan revisi Undang-Undang tentang Terorisme selesai dibahas di DPR.

"DPR kan khusus untuk RUU-nya. Nanti pengaturan lebih lanjut akan kita sepakati di perpres. Ya, jadi setelah paripurna baru kita kebut itu," Widodo memungkasi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Kunjung Sahur, Ibu Muda Ternyata Tewas Digigit King Kobra Saat Tidur

Posted: 20 May 2018 08:34 PM PDT

Liputan6.com, Banyumas Seorang ibu rumah tangga, Siti Fatimah binti Sawadi (38), di Desa Cihonje RT 02/12 Kecamatan Gumelar Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah diduga meninggal akibat gigitan ular King Kobra ketika ia sedang tertidur.

Tragisnya, ia diketahui telah meninggal dunia saat dibangunkan untuk bersahur di hari keempat Ramadan 2018, Minggu dini hari, sekitar pukul 03.00 WIB.

Suami korban, Tohirin (35), baru pulang menjelang waktu sahur tiba, sekitar pukul 02.00 WIB. Ia melihat istri dan dua anaknya tidur di depan televisi dengan beralaskan kasur lantai.

Tak ingin menganggu, warga Banyumas ini pun menuju kamarnya dan langsung tertidur lantaran kelelahan. Menjelang waktu sahur, ia kembali terbangun. Sebabnya, istrinya tak kunjung bangun untuk mempersiapkan santap sahur.

Sekitar pukul 03.00 WIB, ia pun membangunkan istrinya. Namun, Fatimah tetap diam. Ketika dipegang sekujur tubuh Fatimah juga sudah dingin.

Ada bercak darah akibat luka kecil di telapak kaki kiri istrinya. Namun, Tohirin tak tahu bahwa penyebabnya.

Penasarannya terjawab ketika Tohirin melihat ada ular king kobra sepanjang 2,5 meter sebesar lengan orang dewasa berlindung di balik pintu. Di telapak kaki kiri istrinya juga ada bercak darah.

Muasal Ular King Kobra yang Gigit Fatimah

Luka kecil gigitan ular King kobra di telapak kaki kiri menyebabkan Fatimah, warga Banyumas, meninggal dunia. (Foto: Liputan6.com/BPBD BMS/Muhamad Ridlo)

"Saksi bangun untuk sahur kemudian membangunkan korban, tapi saat dibangunkan korban diam dan badan korban sudah terasa dingin," kata Komandan Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyumas, Kusworo, Minggu siang.

Panik, Tohirin berteriak memanggil mertuanya, Sawadi, yang tinggal serumah. Teriakan Tohirin yang keras mengundang tetangga korban yang kemudian segera menangkap dan membunuh king kobra sebesar lengan orang dewasa ini.

Keluarga dan warga berinisiatif membawa korban ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ajibarang. Mereka berharap agar Fatimah bisa diselamatkan. Sesampai di sana, sayangnya, korban dinyatakan telah meninggal dunia.

"Pukul 04.30 WIB korban dibawa kembali ke rumah duka," dia menerangkan.

Kepala desa bersama dengan Babinsa dan polisi mendatangi rumah duka untuk mengecek dan mendata. Diyakini, korban memang meninggal akibat digigit ular king kobra yang kemudian dibunuh oleh warga.

Diduga, king kobra itu adalah ular liar yang berasal dari hutan sekitar Grumbul Cogreg Desa Cihonje. Pasalnya, di sekitar desa masih terdapat hutan belantara dan aliran sungai yang diduga menjadi habitat ular ganas ini.

Keterangan warga setempat, di daerah tersebut juga tidak ada warga yang memelihara reptil berbisa ini.

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: