Jumat, 04 Mei 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Prediksi PSMS Vs Barito Putera: Tekanan untuk Tuan Rumah

Posted: 04 May 2018 09:30 PM PDT

PSMS Medan dalam keadaan tertekan saat menjamu Barito Putra pada lanjutan Gojek Liga 1 bersama Bukalapak di Stadion Teladan, Medan, Sabtu (5/5/2018). Tuan rumah menjamu pasukan Laskar Antasari dengan kondisi yang tak baik usai dihantam Persela Lamongan, 1-4 pada pertandingan sebelumnya.

Tekanan berat itu diakui pelatih tim Ayam Kinantan, Djadjang Nurdjaman. Tak hanya beban di pundak pemain, dirinya juga merasakan situasi yang cukup berat menjamu Barito Putera.

''Kami akan bertanding di Medan dengan situasi yang kurang enak setelah kalah telak. Secara mental dan psikis kami sedikit tertekan, apalagi suporter PSMS pasti berharap meraih kemenangan,'' ungkap pelatih yang akrab disapa Djanur itu.

Dalam tekanan tinggi, Djanur ingin para pemain untuk tetap tenang. Baginya, tekanan yang ada saat ini harus diubah menjadi sebuah motivasi dan kerja keras untuk menang.

''Sekali lagi, kami wajib menang kalau ingin bersaing dan menjauh dari zona degradasi. Kami harus bekerja keras karena lawan merupakan penghuni papan atas,'' kata dia.

Demi mewujudkan ambisi kemenangan, mantan pelatih Persib Bandung itu akan melakukan perubahan pada laga nanti. Perubahan termasuk dalam hal komposisi pemain PSMS yang akan diturunkan.

''Jelas ada perubahan pada komposisi pemain berdasarkan evaluasi. Namun tidak dalam jumlah besar karena sangat riskan disaat kompetisi berjalan seperti ini,'' tegasnya.

Sementara di kubu tim tamu, pelatih Jacksen F Tiago, justru mewaspadai motivasi tuan rumah. Setelah kalah telak di laga sebelumnya, PSMS disebutnya tak ingin malu di depan publik sendiri. ''Tuan rumah pasti punya ambisi untuk menang. Kami harus fokus dan konsentrasi agar tidak kecolongan,'' ucap dia.

Juru taktik asal Brasil itu memastikan persiapan timnya sudah matang untuk melawan PSMS. Dirinya berharap, tidak ada kendala hingga pertandingan selesai. ''Kami sudah lakukan yang terbaik untuk laga ini, termasuk mempelajari permainan mereka,'' kata Jacksen.

Prediksi Susunan Pemain

PSMS Medan kembali menelan kekalahan. Mereka takluk 1-4 dari Persela Lamongan pada pekan keenam Liga 1 2018. (Bola.com/Ronald Seger)

PSMS Medan (4-3-3)

Ahmad Fauzi (kiper); Frediyan Wahyu Sugiantoro, Reinaldo Lobo, Roni Fatahillah, Gusti Sandria (belakang); Suhandi, Dhislod Sharofetdinov, Abdul Aziz (tengah); Antoni Putro Nugoro, Wilfried Yessoh, Frets Listanto Butuan (depan).

Pelatih: Djajang Nurdjaman

Barito Putera (4-3-3)

Aditya Harlan (kiper); M Rifki, Aaron Evans, Arisandi, Apriansyah (belakang); Paulo Sitanggang, Yuda Handika, Mathias Cordoba (tengah), Douglas Packer, Samsul Arif, Juan Pino (depan).

Pelatih: Jacksen F Tiago

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ungkapan Mesra Marshanda di Ulang Tahun Kekasih, Erico Mihardja

Posted: 04 May 2018 09:30 PM PDT

Sejak putus dari Egi John, Marshanda tidak banyak bicara soal kehidupan pribadinya. Belakangan, bintang sinetron Bidadari itu dikabarkan tengah menjalin asmara dengan pengusaha muda Erico Mihardja.

Dan Jumat (4/5/2018), untuk pertama kalinya Marshanda memamerkan kemesraannya dengan Erico tepat di hari ulang tahun sang kekasih. Ibu satu anak itu mengunggah foto dirinya bersama Erico ke akun Instagram miliknya.

Keduanya kompak mengenakan pakaian serba hitam. Bersama foto tersebut, Marshanda menuliskan kalimat romantis kepada pria berkepala plontos itu.

"Di hari ulang tahun mu yang indah, aku ingin mengingatkamu bahwa KAMU adalah hadiah dan berkah untuk semua orang yang kamu cintai dan bantu," kata Marshanda mengawali tulisannya.

 

Menginspirasi

Marshanda dan Erico Mihardja [foto: instagram]

Menurut Marshanda, Erico adalah sosok pria luar biasa yang bisa menginspirasi banyak orang.

"Kamu adalah inspirasi dengan dirimu apa adanya. Kamu berhak untuk mendapatkan semua cinta dan kehebatan yang ditawarkan kehidupan," sambungnya.

 

Bersyukur

Marshanda (Instagram/marshanda99)

Marshanda sendiri merasa bersyukur dan beruntung dipertemukan dengan Erico. Pria yang saat ini begitu spesial di hatinya.

"Hari ini adalah hari yang sangat spesial bagimu, tapi bagiku setiap hari spesial karena aku memilikimu dalam hidupku. Selamat ulang tahun, cinta. Aku sangat bangga padamu setiap hari, dan aku mencintaimu," imbuhnya.

 

Kejutan Spesial

Marshanda dan Erico Mihardja [foto: instagram]

Sebagai balasan, Erico mengunggah foto dirinya merangkul mesra pinggang Marshanda. Sementara mantan istri Ben Kasyafani itu merangkul pundak Erico.

Keduanya berpose di depan kue ulang tahun berbentuk tulisan '#IAM EL RICO' yang menurut Erico adalah kejutan dari Marshanda. "Terima kasih untuk kejutannya sayang. Aku merasa sangat diberkahi," tulisnya di Instagram pribadinya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MotoGP: Ducati Pertimbangkan Cari Pengganti Lorenzo

Posted: 04 May 2018 09:19 PM PDT

Bukan rahasia lagi bila Ducati Corse ingin mempertahankan lima kali juara dunia seperti Jorge Lorenzo. Meski begitu, sang sporting director, Paolo Ciabatti tak memungkiri bahwa kerja sama mereka tak akan 'sehat' bila kedua belah pihak tak segera meraih hasil baik MotoGP tahun ini.

Lorenzo meninggalkan Yamaha menuju Ducati sejak MotoGP 2017, dan hingga kini baru merebut tiga podium dan mengalami paceklik kemenangan. Dalam tiga seri pertama musim ini Lorenzo juga baru merebut enam poin, dan Ciabatti yakin hasil baik harus segera diraih demi melanjutkan kerja sama ini.

"Usai paruh kedua musim 2017 yang baik bersama Jorge, kini kami dalam situasi di mana baik dia maupun kami sama-sama tidak bahagia," kata Lorenzo, seperti dilansir GP One.

"Kami jelas membicarakannya, tapi jelas tak mudah bagi kedua belah pihak untuk melanjutkan kerja sama bila situasinya tetap begini," ujarnya.

Di sisi lain, Ciabatti juga tak menutup-nutupi bahwa pihaknya mulai mencari kandidat pengganti Lorenzo andai ia benar-benar hengkang. Duet Alma Pramac Racing pun menjadi kandidat utamanya.

"Kami punya dua kandidat pengganti, yakni Danilo Petrucci dan Jack Miller. Tapi daftar kandidat kami masih lebih panjang," tuturnya.

Dalam wawancara yang sama, Ciabatti juga membicarakan proses negosiasi perpanjangan kontrak Andrea Dovizioso yang di luar dugaan berjalan alot. Di sela MotoGP Spanyol di Jerez akhir pekan ini, mereka akan kembali melakukan diskusi.

"Dovi telah menolak tawaran pertama kami, dan kami akan kembali bertemu manajernya, Simone Battistella. Claudio Domenicali (CEO Ducati Motor Holding) juga akan hadir dan kami akan coba mencari solusi," papar Ciabatti.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Landmark Indonesia dan Dunia dalam Busana di Surabaya Fashion Parade

Posted: 04 May 2018 09:19 PM PDT

Surabaya Fashion Parade kembali menyajikan deretan busana yang terinspirasi dari bangunan ikonis dunia dan keindahan alam Indonesia di hari ketiga, Jumat (4/5/2018). Sebanyak 19 desainer ikut ambil bagian menyajikan rancangan terbaiknya.

Mereka adalah Raina, Java Moslem by Riris Ghofir, Dewi Nurshanti, Belquinza by Ajeng Cahyaning, Sanet Sabintang, Fiky Aisha, Eugenefeectes, Neera Alatas, Kivitz by Fitri Aulia, serta Irma Intan.

Sad Indah, Listya Dyah Rahayu, L'vier by Elly Virgowati, Elva Fauqo, Tufiana, Laksmi Islamic Bride, Ebony by Belinda Ameliyah X Selvi Dania, Lia Siregar featuring Kalyana, danSaffana.

Terinpsirasi Bangunan Unik

Lia Siregar dan Kalyana menampilkan busana bertema Petite France in South Korea. Busana ini terinspirasi oleh warna-warna bangunan unik di Petite France, Korea Selatan.

Petite France memiliki aneka warna pastel yang cantik dan sedap dipandang mata yang kditransformasikan oleh Lia Siregar dan Kalyana dalam aneka model fesyen muslim dan tas.

"Perpaduan warna dan potongan kain linen yang menjadi bahan fesyen kali ini sangat elegan dan menarik untuk digunakan sehari - hari," ujar Lia di Surabaya Fashion Parade, Tunjungan Plaza, Jumat (4/5/2018).

 

 

Keindahan Semeru, Bunga Edelweis, dan Bunga Verbana

Surabaya Fashion Parade hari ketiga, Jumat (4/5/2018) (Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Sementara itu, Dewi Nurshanti menampilkan busana bertema Semeru. Lulusan LPTB Susan Budiharjo tahun 2014 ini mewujudkan rancangan busana yang sudah dicita-citakan sejak lama.

"Koleksi saya terinspirasi pada alam saat menjadi anggota Kelompok Pecinta dan Peneliti Lingkungan di Teknik Lingkungan ITS, saya bcrcita-cita ingin mendaki Gunung Semeru," timpal Dewi.

Semeru adalah gunung tertinggi di Pulau Jawa yang menjadi target banyak orang. Ditambah keindagannya dari bunga Edelweis dan bunga Verbena. Bunga edelweiss sering disebut everlasting flower (bunga keabadian) karena tak pernah mati dan hanya tumbuh di dataran tinggi. Kini bunga edelweiss sudah terancam punah.

Sementara itu, bunga verbena sering dikatakan mirip dengan lavender, karena warnanya yang sama-sama ungu. Akan tetapi Bunga Verbana memiliki perbedaan yang sangat mencolok, salah satunya adalah karakter.

"Pemikiran inilah yang kemudian menginsipirasi saya untuk menampilkan bunga edelweis dan verbena dalam koleksi busana ini," ujarnya.

LVA by Elva Fauqo dalam Feux de la Rampe

Surabaya Fashion Parade hari ketiga, Jumat (4/5/2018) (Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Ada juga LVA by Elva Fauqo yang menampilkan Feux de la Rampe, yang berarti pusat perhatian. koleksi busananya ini terinspirasi oleh Piramida Louvre (Pyramide du Louvre) yang megah. Desain modern piramida yang dikombinasikan dengan gaya klasik istana telah menjadikan Piramida sebagai bangunan tambahan dan menjadi landmark kota Paris.

"Oleh karena itu, saya membuat gaun klasik dengan cutting modern dan unik, sehingga si pemakai menjadi pusat perhatian," kata Elva Fauqo.

Hitam dipilih sebagai palet utama karena merupakan warna yang klasik nan elegan. Siapa pun yang memakainya pasti terlihat menawan.

"Masing-masing gaun disempurnakan oleh sentuhan detail handmade manik-manik berbentuk segitiga sebagai ciri khas dari koleksi kali ini," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cuplikan Video Brighton Hempaskan MU

Posted: 04 May 2018 09:15 PM PDT

Manchester United (MU) gagal meraih angka saat melawat ke markas Brighton, Jumat (4/5/2018). Setan Merah takluk dengan skor tipis 0-1.

Bermain di kandang lawan, MU sebenarnya tampil dominan. Penguasaan bola mencapai 62 persen berbanding 38 persen.

Namun sayangnya sejumlah peluang emas gagal dimanfaatkan anak asuh Jose Mourinho. Tak heran hingga jeda skor 0-0 tak berubah.

Di babak kedua Brighton justru mampu membuat tim tamu terdiam. Gol Pascal Gross akhirnya disahkan wasit setelah menunggu rekaman ulang.

Meski berusaha membalas namun MU tak mampu menjebol ketatnya pertahanan tuan rumah. Skor 1-0 untuk Brighton bertahan hingga usai.

 

Posisi MU

Pemain Brighton, Pascal Gross, mencetak gol ke gawang Manchester United pada pertandingan lanjutan Premier League, di Stadion Amex, Sabtu (5/5/2018). (AP/Gareth Fuller).

Kemenangan membuat Brighton naik ke posisi ke-11 klasemen sementara. Mereka mengumpulkan 40 poin dari 36 laga.

Sementara MU masih tertahan di posisi kedua klasemen. Mereka mengoleksi 77 poin dari 36 laga.

Berikut cuplikan video Brighton hempaskan MU:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wamenlu RI Temui Pengungsi Rohingya di Sela-Sela KTM OKI

Posted: 04 May 2018 09:05 PM PDT

Wakil Menteri Luar Negeri RI AM Fachir berkesempatan mengunjungi kamp pengungsi Rohingya sebelum hadir dalam Konferensi Tingkat Tinggi Menteri Negara-Negara Organisasi Kerja Sama Islam (KTM OKI).

Pada kesempatan tersebut, Wamenlu menyampaikan salam hangat dari rakyat Indonesia kepada para pengungsi Rohingya yang ada di Bangladesh.

"Salam hangat serta doa tulus dari masyarakat Indonesia kepada Saudara-Saudara di Kutupalong," ujar Wamenlu AM Fachir saat memulai interaksi langsung dengan pengungsi Rohingya di Camp Kutupalong, Cox's Bazar, Bangladesh, seperti disampaikan dalam rilis Kemlu RI yang diterima oleh Liputan6.com pada Sabtu, (5/5/2018).

Dalam kunjungan tersebut, Wamenlu Fachir mendengarkan langsung berbagai tantangan dan permasalahan yang dialami para pengungsi.

Wamenlu AM Fachir juga meminta pengungsi Rohingya untuk terus berpikir positif dan memanfaatkan waktu di penampungan dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat.

"Saling berbagi pengalaman dan keahlian, terus menjalin silaturahmi di antara pengungsi dan relawan merupakan kegiatan positif yang bisa dilakukan," ujar Wamenlu AM Fachir.

Usai kunjungan tersebut, Wamenlu Fachir juga bertemu anggota Indonesian Humanitarian Alliance (IHA) yang tengah melaksanakan misi kemanusiaan di Cox Bazar.

Tak lupa, Wamenlu Fachir menyampaikan apresiasi atas dedikasi IHA yang telah bekerja keras selama ini.

"Kerja nyata serta kolaborasi IHA dengan pemerintah Indonesia di penampungan pengungsi, tampilkan wajah diplomasi kemanusiaan Indonesia yang aktif dan kontributif," jelas Wamenlu.

Dalam catatan Kementerian Luar Negeri, beberapa kebutuhan yang perlu disediakan bagi pengungsi Rohingya meliputi bantuan pangan, sanitasi dan air bersih, asupan gizi utamanya bagi ibu dan anak, serta pendidikan.

Untuk memenuhi kebutuhan pengungsi Rohingya, pemerintah masih terus menjalin komunikasi dengan berbagai organisasi sosial dan kemanusiaan di Indonesia.

Kunjungan Wamenlu RI ini dilakukan di sela-sela penyelenggaraan KTM ke-45 OKI. Dubes RI di Dhaka dan Dirjen Multilateral Kemlu RI ikut serta dalam kunjungan tersebut.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Bangladesh Bantah Klaim Myanmar

Kemah-kemah pengungsi Rohingya di Tombru, wilayah no man's land di perbatasan Bangladesh - Myanmar yang secara teknis membuat kedua negara saling berbagi lahan tersebut (Munir Uz Zaman/AFP PHOTO)

Myanmar mengklaim telah memulangkan segelintir pengungsi etnis Rohingya di Bangladesh, kembali ke Negara Bagian Rakhine. Namun di sisi lain, Bangladesh membantah terlibat dalam pemulangan tersebut.

Segelintir pengungsi yang dipulangkan itu dikabarkan merupakan beberapa keluarga Rohingya, bagian dari 700.000 pengungsi yang melarikan diri ke Bangladesh pada Agustus lalu.

Dalam pernyataan yang dibuat pada Sabtu 14 April, pemerintah Myanmar menyebut ada lima anggota keluarga Rohingya yang telah dikembalikan ke sebuah daerah perbatasan di Negara Bagian Rakhine.

"Satu keluarga itu tinggal sementara dengan kerabat mereka di Kota Maungdaw, sebuah pusat administrasi daerah yang dekat dengan perbatasan," demikian pernyataan pemerintah Myanmar.

Bangladesh Bantah Klaim Myanmar

Namun, Menteri Dalam Negeri Bangladesh Asaduzzaman Khan membantah klaim Myanmar tersebut. Dia mengatakan bahwa berita pemulangan satu keluarga itu palsu dan kelima anggota keluarga yang disebutkan bahkan tidak pernah mencapai Bangladesh.

"Klaim dari Myanmar itu tidak lain hanyalah lelucon. Jika benar, saya berharap Myanmar membawa semua keluarga Rohingya kembali ke negaranya dalam waktu sesingkat mungkin," katanya, dikutip dari Washington Post.

Pernyataan Khan turut dibenarkan oleh Komisaris untuk Pengungsi, Bantuan, dan Repatriasi Bangladesh, Abdul Kalam. Kalam mengatakan bahwa keluarga Rohingya yang dipulangkan itu tidak pernah menyeberangi perbatasan.

"Hal itu tidak bisa disebut sebagai repatriasi. Tidak ada repatriasi yang dilakukan. Bangladesh tidak pernah ambil bagian dari hal itu," ujarnya.

Sementara itu, seorang ahli pengungsi independen yang telah menangani krisis Rohingya di Bangladesh selama bertahun-tahun, Asif Munier, mengatakan bahwa berita pemulangan pengungsi Rohingya itu hanya taktik Myanmar untuk memperoleh perhatian masyarakat.

"Mereka melakukannya lagi dan lagi. Pemerintah Bangladesh dan komunitas internasional harus meminta penjelasan dari Myanmar terkait langkah ini," ujarnya.

"Terlebih langkah ini dilakukan saat proses bilateral sedang berlangsung di mana badan-badan internasional juga terlibat. Langkah diambil Myanmar ini sangat tidak menguntungkan dan tidak terduga," tambahnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diduga Dalangi Pencurian Soal UNBK SMP di Surabaya, Kepala SMPN 54 Mendadak Hilang

Posted: 04 May 2018 09:03 PM PDT

Penyidik Satreskrim Polrestabes Surabaya sudah hilang kesabaran untuk memanggil Kepala Sekolah (Kepsek) SMPN 54, Keny Erviati. Setelah semua surat panggilan tak diindahkan, polisi akhirnya memutuskan menjemput paksa Keny.

Upaya penjemputan paksa Keny Erviati gagal, lantaran Kepsek yang diduga otak pembobolan server komputer Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tersebut kabur.

Hal itu disampaikan oleh Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya, AKBP Sudamiran. Menurutnya, setelah anggotanya mendapatkan surat perintah membawa atau jemput paksa, pihaknya langsung bergerak untuk mencari keberadaan Keny.

"Kami sudah mengecek ke sekolah, namun yang bersangkutan tak ada. Begitu pula dengan lokasi LBB dan rumahnya. Semuanya terkunci," ucap AKBP Sudamiran, Kamis, 3 Mei 2018.

Sudamiran mengatakan, penyidik masih mencari keberadaan Keny. Selain mencari ke sejumlah tempat, pihaknya sudah menggali informasi kepada sejumlah orang-orang terdekat dan orang-orang di sekolah. Hanya saja, tak ada yang tahu keberadaan Keny.

"Kami juga sudah memanggil suami yang bersangkutan. Hanya saja, dia juga tak datang menemui penyidik," lanjutnya.

Tak hanya itu, polisi juga mencoba menghubungi beberapa nomor ponsel milik Keny, tapi semuanya tak aktif. Keberadaan Keny terus dicari setelah kasus pencurian soal UNBK di SMPN 54 ini menyeret dua anak buahnya di sekolah tersebut, yakni Imam dan Teguh, sebagai tersangka.

Keny dinilai menjadi kunci utama sehingga kesaksiannya diperlukan untuk mengungkap pencurian dokumen milik negara tersebut. Dia diburu lantaran diduga menjadi dalang pembobolan server tersebut.

"Kami akan terus mencari yang bersangkutan, hingga kami bisa membawa dia ke Mapolres untuk diperiksa sebagai saksi dalam kasus ini," ucap Sudamiran.

Baca berita menarik JawaPos.com lainnya di sini

 

Modus Pencurian Soal

Buat kamu yang mau ikut simulasi UNBK, yuk cari tahu dulu soal apa itu simulasi UNBK. (Ilustrasi: theeducationalresourceagency.com)

Terpisah, Kanit Tindak Pidana Ekonomi (Pidek) Satreskrim Polrestabes Surabaya AKP Dimas mengatakan, selain fokus mencari keberadaan Keny, penyidik juga sibuk mengumpulkan bukti-bukti tambahan. Setelah mendatangi SMPN 54 Surabaya, polisi mengamankan barang bukti (BB) dalam kasus ini.

"Kami datang untuk menyita satu set komputer yang digunakan oleh peserta ujian. Kami baru melakukannya lantaran tiga hari sebelumnya komputer tersebut masih dipakai ujian," ungkapnya.

Selain menyita komputer, pihaknya juga mencoba menelusuri bukti-bukti lain di ruang laboratorium IPA. Namun, target yang dicari polisi tak ditemukan. "Kami mencari IP address yang digunakan tersangka untuk membobol server tersebut. Hanya saja, bukti tersebut belum kami temukan," imbuhnya.

Menghilangnya Keny semakin menguatkan dugaan bahwa perempuan itu terlibat dalam kasus pembobolan server komputer soal-soal UNBK. Nama Keny disebut-sebut sebagai otak pembobolan oleh dua tersangka, Imam dan Teguh, yang tidak lain adalah pekerja tidak tetap di sekolah tersebut.

Atas perintah Keny, Teguh berperan memberikan IP address komputer UNBK milik siswa. Sedangkan, Imam bertugas meretas soal UNBK itu dari komputer siswa ke komputer miliknya yang letakkan di ruang Lab IPA.

Setelah itu, Imam kemudian memotret layar komputer miliknya yang berisi soal UNBK. Hasil jepretannya itu kemudian dikirim melalui aplikasi pesan WhatsApps ke sejumlah nomor yang mengelola Lembaga Bimbingan Belajar (LBB) bernama ESC (Excellent Study Club) di Jalan Jolotundo, Tambaksari, Surabaya. Belakangan, diketahui jika LBB tersebut adalah milik Keny sendiri.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Main Film Horor, Pevita Pearce Sempat Stres

Posted: 04 May 2018 09:00 PM PDT

Pevita Pearce untuk kali pertama bermain dalam film bergenre horor. Biasanya, wanita 25 tahun itu lebih banyak bermain dalam film drama percintaan yang menguras air mata.  

Buat Pevita Pearce, bukan perkara mudah bermain dalam film horor  berjudul 'Sebelum Iblis Menjemput'. Sebab ada beberapa adegan yang membuat dirinya harus berkotor-kotoran, bahkan sampai harus berlumuran darah. 

"Suatu pengalaman baru sih. Darah dan ada adegan kotor di lumpur syuting dari jam 3-8 pagi itu bersatu dengan set itu eksperiens baru," ujar Pevita Pearce ditemui di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Jumat (4/5/2018).

 

 

Syuting di Lumpur

Butuh waktu  berulang-ulang kali buat Pevita Pearce saat syuting di dalam lumpur.  Tak tahan, Pevita Pearce mengaku sempat stres dibuatnya.  

"Pas syuting stres yah, habis itu mau balik lagi ke lumpur," kata Pevita Pearce. 

"Justru kalau karakter dan adegan berat yah harus stres. Kalau enggak stres enggak menyatu dengan momennya," sambungnya. 

 

 

Pelajaran 

Pevita Pearce (Instagram/@pevpearce)

Meski begitu,  Pevita Pearce banyak mendapatkan pelajaran berarti. Sebab sebagai seorang artis, dirinya harus bisa beradegan apapun untuk sebuah film, agar bisa terlihat natural.  

"Ini pembelajaran. Kan pertama kali ya (main film horor) jadi butuh perjuangan dan pendalaman," kata Pevita Pearce. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Olahraga Ini Dukung Ibu Lewati Persalinan dengan Lancar

Posted: 04 May 2018 09:00 PM PDT

Semua ibu hamil pasti mendambakan bisa melewati persalinan dengan lancar. Beberapa olahraga berikut rupanya bisa membantu ibu bisa melahirkan dengan lebih baik. 

Seperti yang dilansir dari famifi.com, olahraga ini bisa membantu menjaga kesehatan selama kehamilan hingga membantu melancarkan proses persalinan. Hanya saja memang harus tetap memperhatikan keselamatan dan kondisi kandungan ya moms.

1. Olahraga yoga

Gerakan yoga sederhana sangat baik dilakukan ibu hamil. Selain bisa menjaga kesehatan tubuh, yoga juga bisa bantu kurangi stres. Saat usia kandungan semakin tua, mungkin agak sulit untuk melakukan semua gerakan yoga. Jadi cukup disesuaikan saja dengan kemampuan dan tingkat kenyamanan.

2. Berenang

Tentu saja untuk olahraga ini harus ada pelatih atau pendamping yang berpengalaman. Berenang bisa jadi salah satu jenis olahraga untuk membantu ibu hamil tetap bugar. Berat badan yang naik dan perut yang makin besar pun bukan jadi masalah saat tubuh sudah masuk ke dalam air.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

3. Kardio ringan

 

Sendi-sendi tubuh mungkin akan rentan cedera saat hamil. Di sini untuk menjaga kesehatan tubuh, kita bisa melakukan olahraga kardio ringan. 

 

4. Angkat beban

Olahraga angkat beban masih tergolong aman untuk ibu hamil selama masih bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan. Akan lebih aman bila saat melakukan olahraga ini didampingi oleh pelatih profesional. Mengingat untuk mengangkat beban selama hamil perlu ekstra hati-hati.

Ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memilih jenis olahraga tertentu untuk dilakukan selama hamil. Selama dilakukan sesuai kebutuhan dan tidak berlebihan, olahraga rutin selama hamil bisa memberi banyak manfaat positif untuk menjaga kesehatan tubuh.

 

 

Penulis: Endah Wijayanti

Sumber: vemale.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Daftar Smartphone Bezeless Termurah 2018 Paling Dicari

Posted: 04 May 2018 09:00 PM PDT

Daftar smartphone dengan tampilan layar bezeless termurah pada 2018, paling banyak dicari pembaca di kanal Tekno Liputan6.com.

Berita lain yang juga banyak dicari datang dari pernyataan Asus yang bakal berikan kejutan saat Zenfone 5 meluncur di Indonesia, dan menjajal kemampuan kamera Redmi Note 5 di kondisi cahaya minim.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler berikut ini.

1. 5 Smartphone Bezeless Paling Murah 2018

Redmi 5 Plus (Sumber: NDTV)

Ada banyak daftar smartphone canggih beredar yang seringkali bikin kita bingung saat akan membeli smartphone baru.

Kalau kita perhatikan sebetulnya yang paling utama sebelum membeli smartphone adalah menengok spesifikasi serta harga yang ditawarkan.

Pada 2018 ini kita akan sering menjumpai deretan smartphone terbaru yang memanfaatkan teknologi full display sebagai salah satu fitur andalan.

Baca selengkapnya di sini

 

2. Asus Janjikan Kejutan Saat Zenfone 5 Meluncur di Indonesia

Penampilan layar smartphone Zenfone 5. Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar

Asus sudah memastikan diri akan memboyong Zenfone 5 ke Indonesia. Perusahaan asal Taiwan itu akan merilis Zenfone 5 bersama dengan Zenfone Live L1 pada pertengahan bulan ini.

Sayangnya, hingga saat ini belum ada bocoran mengenai harga dari smartphone tersebut. Kendati demikian, menurut Country Marketing Manager Asus Indonesia Galip Fu, harga smartphone ini akan mengagetkan.

"Kami akan membawa sensasi seperti yang ditawarkan Zenfone Max Pro. Orang akan senang dan kaget saat kami mengumumkan harganya. Tak hanya Zenfone 5, tapi juga untuk Zenfone Live L1," tuturnya saat ditemui di Jakarta, Rabu (2/5/2018), kemarin.

Baca selengkapnya di sini

3. Menjajal Kamera Redmi Note 5 di Kondisi Minim Cahaya

Kamera Redmi Note 5 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Xiaomi memboyong smartphone kamera ganda terbarunya ke Indonesia, Redmi Note 5. Smartphone ini hadir dengan kamera 12MP dan 5MP.

Untuk kamera 12MP disokong sensor 1,4 micron piksel dan aperture f/1.9, sedangkan kamera 5MP didukung sensor 1,12 micron piksel dan f/2.0. Sementara itu, kamera depan untuk Redmi Note 5 beresolusi 13MP.

Kamera belakang dan depan Redmi Note 5 juga dilengkapi teknologi Artificial Intelligence (AI) alias kecerdasan buatan. Salah satu fitur kamera depan dan belakang yang menjadi unggulan adalah Beauty 4.0.

Baca selengkapnya di sini

(Ysl/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fantastis, Dubai Dikunjungi 4,7 Wisman di Kuartal Pertama 2018

Posted: 04 May 2018 09:00 PM PDT

Dubai menjadi negara tujuan wisata dunia yang tren pariwisatanya terus meningkat dari tahun ke tahun. Data Dubai's Departement of Tourism and Commerce Marketing (Dubai Tourism) sendiri menunjukan, pada periode Januari-Maret 2018 saja Dubai telah dikunjungi 4,7 juta wisman, dan mencatat peningkatan stabil sebesar 2 persen dibandingkan periode yang sama di tahun lalu.

Menurut informasi yang diterima Liputan6.com, Jumat (4/5/2018), India, Arab Saudi, dan Inggris menjadi tiga negara yang berada di posisi teratas penyumbang wisman terbanyak untuk Dubai. Selain itu, ada peningkatan sebesar 7 persen dari wisatawan India dibandingkan tahun sebelumnya, yakni 617.000 wisman.  

Dengan meningkatnya jumlah pengunjung hingga dua digit di sebagian besar negara, Eropa berkontribusi dalam tiga bulan pertama di tahun ini, dengan Jerman menduduki posisi ketujuh naik sebesar 13 persen dengan 194.000 pengunjung, Perancis naik 17 persen dengan 103.000 wisatawan dan berada di posisi ke-12 serta di tempat ke-14 diisi oleh wisatawan Italia sebanyak 80.000 orang yang naik sebesar 20 persen. Dan pertama kalinya, Swedia tampil di antara 20 besar source market Dubai, dengan 42.000 pengunjung atau meningkats sebesar 9 persen. Sementara wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Dubai naik sebesar 17,3 persen pada bulan Februari 2018 dibandingkan bulan yang sama tahun lalu.

 

Stabil di Kuartal Pertama

Berikut pesona musim semi di Dubai dengan sederet destinasi wisata yang hangat dan ceria.

Terkait pertumbuhan pariwisata Dubai, Helal Saeed Almarri, General Director Dubai Tourism mengatakan, ini hasil yang stabil di kuartal pertama 2018, dan menunjukkan pertumbuhan yang kuat di seluruh sektor, termasuk penerbangan dan hotel.

"Kami berharap untuk terus tumbuh dari 4,7 juta pengunjung, untuk meningkatkan momentum ini pada musim panas dan musim berikutnya, selain dari investasi, kemitraan, dan kebijakan strategis yang diarahkan untuk mendorong pertumbuhan baik di tahun 2018. Dengan jumlah atraksi utama baru dan tujuan rekreasi yang akan dibuka pada akhir tahun, pariwisata Dubai terus berkembang dan dapat meningkatkan daya tarik Dubai bagi pasar utama dan target pengunjung kami," ungkap Saeed.

Lebih jauh dirinya menjelaskan, investasi pariwisata Dubai kini diprioritaskan untuk memastikan promosi yang paling efektif dan menanrik bagi wisatawan yang baru pertama kali berkunjung, maupun wisatawan yang sudah pernah berkunjung.

"Melalui jaringan kami yang berkembang sangat baik di seluruh saluran pemasaran digital, sosial dan mobile, kami berharap untuk dapat lebih memperluas jangkauan secara organik, sebagai pelengkap dari program kampanye terintegrasi tahunan kami. Kedepannya, dukungan yang kami terima dari pemerintah, publik dan swasta, tentu sangatlah berharga, dan bersama-sama kami berharap untuk mencapai target Tourism Vision kami untuk menyambut 20 juta pengunjung tahunan pada tahun 2020," ungkap Saeed menambahkam.

 

Suplai Hotel

Dubai memiliki sejuta pesona wisata untuk keluarga. Simak cerita Nikita Willy yang baru saja berlibur di Dubai (Liputan6/Pool/Dubai Tourism)

Sementara itu, catatan di akhir Maret 2018 juga menunjukan, pertumbuhan kamar hotel di Dubai mencapai 108.807 yang tersebar di 689 hotel dan apartemen hotel, angka ini meningkat sebesar 4 persen dan 1 persen secara berurutan, dibandingkan tahun sebelumnya. Kamar yang digunakan juga naik dibandingkan akhir kuartal pertama 2017, dengan total 8,27 juta dibandingkan 7,96 juta, sedangkan tingkat okupansi rata-rata di semua kategori hotel dan apartemen hotel mencapai 87 persen. Angka ini menunjukkan bahwa Dubai terus menunjukkan adanya peluang investasi yang sangat menarik bagi para pelaku bisnis perhotelan dan developer, melalui keberhasilan sektor Dubai dalam menyeimbangkan pemenuhan permintaan dan kapasitas untuk mendapatkan hasil yang positif.

 

Simak juga video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Menjelajahi Pesona Desa Wisata Kaki Langit Mangunan Dengan Mobil Jip

Posted: 04 May 2018 09:00 PM PDT

Wisatawan menaiki jip semi-terbuka saat berkeliling di Desa Wisata Kaki Langit Mangunan, Bantul, Yogyakarta (4/5). Wisatawan bisa berkeliling ke Puncak Pinus Becici hingga Hutan Pinus Pengger dengan jip berkapasitas 4 orang. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Wisatawan menaiki jip semi-terbuka saat berkeliling di Desa Wisata Kaki Langit Mangunan, Bantul, Yogyakarta (4/5). Wisatawan bisa berkeliling ke Puncak Pinus Becici hingga Hutan Pinus Pengger dengan jip berkapasitas 4 orang. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Wisatawan menaiki jip semi-terbuka saat berkeliling di Desa Wisata Kaki Langit Mangunan, Bantul, Yogyakarta (4/5). Jip berkapasitas 4 orang tersebut dibanderol Rp 350 ribu-750 ribu per unit. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Wisatawan menaiki jip semi-terbuka saat berkeliling di Desa Wisata Kaki Langit Mangunan, Bantul, Yogyakarta (4/5). Jip berkapasitas 4 orang tersebut dibanderol Rp 350 ribu-750 ribu per unit. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Wisatawan menaiki jip semi-terbuka saat berkeliling di Desa Wisata Kaki Langit Mangunan, Bantul, Yogyakarta (4/5). Desa Wisata Kaki Langit Mangunan yang baru berjalan hampir setahun ini dikelola warga setempat. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Wisatawan menaiki jip semi-terbuka saat berkeliling di Desa Wisata Kaki Langit Mangunan, Bantul, Yogyakarta (4/5). Desa Wisata Kaki Langit Mangunan yang baru berjalan hampir setahun ini dikelola warga setempat. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Wisatawan menaiki jip semi-terbuka saat berkeliling di Desa Wisata Kaki Langit Mangunan, Bantul, Yogyakarta (4/5). Wisatawan bisa berkeliling ke Puncak Pinus Becici hingga Hutan Pinus Pengger dengan jip berkapasitas 4 orang. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Wisatawan menaiki jip semi-terbuka saat berkeliling di Desa Wisata Kaki Langit Mangunan, Bantul, Yogyakarta (4/5). Wisatawan bisa berkeliling ke Puncak Pinus Becici hingga Hutan Pinus Pengger dengan jip berkapasitas 4 orang. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Seorang wisatawan menunggu matahari terbenam di Puncak Watu Goyang usai berkeliling dengan jip di Desa Wisata Kaki Langit Mangunan, Bantul, Yogyakarta (4/5). (Merdeka.com/Arie Basuki)

Seorang wisatawan menunggu matahari terbenam di Puncak Watu Goyang usai berkeliling dengan jip di Desa Wisata Kaki Langit Mangunan, Bantul, Yogyakarta (4/5). (Merdeka.com/Arie Basuki)

Wisatawan menikmati keasrian hutan pinus di Desa Wisata Kaki Langit Mangunan, Bantul, Yogyakarta (4/5). Desa Wisata Kaki Langit Mangunan yang baru berjalan hampir setahun ini dikelola warga setempat. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Wisatawan menikmati keasrian hutan pinus di Desa Wisata Kaki Langit Mangunan, Bantul, Yogyakarta (4/5). Desa Wisata Kaki Langit Mangunan yang baru berjalan hampir setahun ini dikelola warga setempat. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Suasana hutan pinus di Desa Wisata Kaki Langit Mangunan, Bantul, Yogyakarta (4/5). Desa Wisata Kaki Langit Mangunan yang baru berjalan hampir setahun ini dikelola warga setempat. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Suasana hutan pinus di Desa Wisata Kaki Langit Mangunan, Bantul, Yogyakarta (4/5). Desa Wisata Kaki Langit Mangunan yang baru berjalan hampir setahun ini dikelola warga setempat. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Wisatawan menikmati keasrian hutan pinus di Desa Wisata Kaki Langit Mangunan, Bantul, Yogyakarta (4/5). Desa Wisata Kaki Langit Mangunan yang baru berjalan hampir setahun ini dikelola warga setempat. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Wisatawan menikmati keasrian hutan pinus di Desa Wisata Kaki Langit Mangunan, Bantul, Yogyakarta (4/5). Desa Wisata Kaki Langit Mangunan yang baru berjalan hampir setahun ini dikelola warga setempat. (Merdeka.com/Arie Basuki)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Suarez Kasih Petunjuk Griezmann ke Barcelona?

Posted: 04 May 2018 09:00 PM PDT

Striker Barcelona, Luis Suarez mengatakan striker Atletico Madrid, Antoine Griezmann akan.disambut jika pindah ke Barcelona. Pujian pun dilontarkan Suarez untuk pemain asal Prancis tersebut.

"Klub sangat bangga jika bisa memboyong pemain seperti Griezmann, Ousmane Dembele, dan Coutinho," kata Suarez seperti dilansir Soccerway.

Rumor Griezmann bakal bergabung ke Barcelona sudah menjadi pembicaraan di Spanyol. Kabarnya, Barca bahkan sudah siap meminjamkan Dembele demi menyediakan ruang bagi Griezmann.

Griezmann menjadi rebutan sejumlah klub-klub Eropa setelah berhasil menunjukkan performa mengilap bersama Atletico. Selain Barcelona, Manchester United juga disebut berminat kepada pemain berusia 27 tahun itu.

"Dia adalah pemain yang bisa membawa perubahan besar dan telah bermain di level tertinggi selama beberapa tahun," ujar Suarez memuji.

 

 

Bakal Disambut

Pemain Atletico Madrid Antoine Griezmann (AP Photo / Francisco Seco)

Suarez menambahkan Griezmann tak akan bersaing dengan siapapun jika jadi bergabung dengan Barcelona. Menurut Suarez, jejak rekam Griezmann bersama Atletico membuatnya bisa membantu Barcelona memenangkan gelar.

"Dia datang tidak untuk mengambil tempat siapapun, tetapi dengan ambisi memenangkan banyak gelar. Dia akan disambut di sini," ujar Suarez.

Ke Final Liga Europa

Griezmann sendiri musim ini berhasil membawa Atletico Madrid ke Final Liga Europa. Satu golnya di leg pertama semifinal melawan Arsenal membuat Atletico lolos dengan kemenangan agregat 2-1.

Pada partai puncak, Atletico Madrid akan berhadapan dengan wakil Prancis, Olympique Marseille.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: 7 Arti Mimpi Buruk, 12 Tipe Wanita Lajang Dilihat Berdasarkan Zodiak

Posted: 04 May 2018 09:00 PM PDT

Kalian tentu pernah bermimpi bukan? Bermimpi tentu menjadi hal yang biasa manusia alami ketika tidur. Namun tahukah kalian bahwa tak hanya sebagai bunga tidur, mimpi nyatanya bisa menjadi pertanda akan suatu hal.

Ya, mimpi-mimpi yang pernah kita alami dikatakan memiliki makna tersendiri yang nantinya akan terjadi dalam waktu dekat ini atau jangka panjang. Sebut saja mimpi sedang tenggelam, gigi patah, hingga bermimpi mati memiliki makna berbeda-beda

Artikel tentang 7 arti mimpi buruk menjadi yang paling terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Sementara itu, artikel kedua terpopuler yakni tentang 12 tipe wanita lajang dilihat dari zodiak. Disusul dengan artikel tentang seorang wanita yang melelang keperawanannya namun malah jatuh cinta kepada pria yang membelinya.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Telanjang hingga Tenggelam, Arti 7 Mimpi Buruk yang Sering Dialami

Mimpi buruk bisa dipicu setelah minum obat antibiotik tertentu. (Ilustrasi: Huffington Post)

Sering dianggap bunga tidur, terkadang mimpi yang kamu alami dapat mengartikan sesuatu. Bahkan, mimpi buruk yang dialami pun bisa berarti alarm dari alam bawah sadarmu.

Ada beberapa mimpi buruk yang kerap terjadi, berikut artinya.

Mimpi melihat laba-laba

Laba-laba seringkali menjadi simbol ketakutan. Meski begitu, artinya berbeda bagi pria ataupun wanita. Jika kamu seorang pria yang bermimpi melihat laba-laba, berarti kamu harus berhati-hati karena ada wanita yang berniat buruk sedang mendekatimu.

Di sisi lain, bila kamu seorang wanita, berarti kamu harus bersikap lebih protektif pada saudara laki-laki, ayah, atau anak. Sedang bila kamu belum menikah atau tengah dekat dengan seorang pria, kamu harus meninjau hubungan dengan pria tersebut. Ini merupakan pertanda buruk.

Selanjutnya…

2. 12 Tipe Wanita Lajang Berdasarkan Zodiak, Kamu yang Mana?

Scorpio. (Sumber foto: unsplash.com)

Hidup melajang tidak berarti Anda seorang pecundang. Jika Anda melihat dengan baik bagaimana kehidupan Anda saat ini, Anda akan menemukan betapa luar biasa dan lengkapnya hidup yang Anda jalani.Jika Anda masih melajang, mungkin Anda perlu sedikit lebih fleksibel. Jangan takut untuk bertemu dengan orang di luar sana. Melansir dari Yourtango, berikut tipe-tipe wanita lajang berdasarkan zodiakmereka.

Aries, si Tukang Lompat

Seorang Aries saat orang yang ia suka tak mengacuhkannya, ia akan dengan mudah berpindah pada orang lain. Aries suka berada dalam hubungan, tapi mereka suka dikejar.

Mereka melompat dari satu orang ke orang lain. Bagi Aries, cinta adalah olahraga yang kompetitif dan mereka harus selalu menjadi pemenang.

Selanjutnya…

3. Lelang Keperawanan, Gadis Ini Malah Jatuh Cinta dengan Pembelinya

Ilustrasi Keperawanan

Melelang keperawanan tampaknya telah menjadi tren bagi para gadis di banyak negara. Hal tersebut biasanya dilakukan untuk berbagai kepentingan, salah satunya untuk menjadi kaya.

Jasmine, gadis cantik asal Prancis, ternyata tertarik untuk ikut tren tersebut. Melalui situs Cinderella Escorts, nilai keperawanan Jasmine ditawar hingga mencapai £1.2 juta atau setara dengan Rp 22 miliar.

Angka tertinggi itu ditawar oleh seorang pria yang bekerja sebagai banker di Wall Street New York. Sebelum menjual keperawanan, gadis 26 tahun itu berasal dari keluarga yang religius.

Selanjutnya…

Saksikan Video Pilijan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Anjing Bulldog jadi Kopilot Pesawat Terbang

Posted: 04 May 2018 09:00 PM PDT

Anjing Bulldog menjadi kopilot pesawat terbang? Mengapa tidak. Seekor anjing terlatih dipercaya menjadi kopilot karena ketenangannya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Tambah Subsidi Solar Rp 10 Triliun dalam APBN-P 2018

Posted: 04 May 2018 08:52 PM PDT

Pemerintah akan menambah anggaran subsidi untuk Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Solar senilai Rp 10 triliun. Penambahan subsidi tersebut akan diusulkan dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (RAPBN-P) 2018.

"Ya untuk berapa biarkan saja itu dihitung, tapi ya memang sekitar Rp 10 triliun. (Melalui APBN-P?) Ya iyalah. Apalagi kalau bukan APBN-P," ujar Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengatakan di Kantor Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat (5/5/2018) malam.

Darmin menjelaskan, penambahan tersebut untuk membantu PT Pertamina (Persero) menjalankan tugas menyalurkan Premium dan Solar bukan hanya untuk luar Jawa tetapi juga untuk daerah Jawa, Madura, Bali (Jamali).

"Artinya memang kemarin itu didiskusikan bagaimana supaya Pertamina kan dia rapat bagian pertama adalah menugaskan Pertamina menyalurkan Premium dan Solar bukan hanya di luar Jawa tapi juga di Jamali," jelasnya.

Mantan Direktur Jenderal Pajak tersebut menambahkan, rencana ini telah dibahas bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral Ignatius Jonan serta Pertamina sebagai perusahaan negara yang melaksanakan penugasan.

"Nah untuk itu pasti dia (Pertamina) bebannya berat. Nah memang ada beberapa kemungkinan usulan dibicarakan oleh Menteri ESDM, ya Menkeu memilih ya sudah lah kalau begitu kita tambahkan saja subsidinya," tandasnya.

 

Kajian Pemerintah

Petugas mengisi BBM jenis solar di SPBU kawasan Kuningan, Jakarta, Kamis (8/10/2015). Pemerintah menurunkan harga solar dari Rp 6.900/liter menjadi Rp.6.700/liter. Harga baru itu akan berlaku mulai Jumat, 9 Oktober mendatang. (Liputan6.com/Angga

Sebelumnya, Pemerintah mengkaji penambahan anggaran subsidi untuk Solar dalam APBN-P 2018. Penambahan tersebut, menyesuaikan dengan situasi harga minyak dunia yang lebih tinggi dari pada ICP (Indonesian Crude Price) beberapa waktu belakangan.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengatakan, kajian itu dilakukan untuk mendukung kesehatan keuangan PT Pertamina dalam menyediakan bahan bakar bersubsidi bagi masyarakat. Hal ini pun telah dibahas bersama Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution dan Menteri ESDM Ignatius Jonan.

"Yang hasil tadi dengan Pak Menko (Darmin Nasution) dan Menteri ESDM memang dibahas mengenai situasi dari harga minyak yang lebih tinggi dari ICP. Yang ada asumsinya dalam undang undang APBN implikasinya tentu saja bahwa nilai subsidi yang harus ditanggung Pertamina meningkat cukup besar," ujarnya pada 2 Mei 2018.

Sri Mulyani melanjutkan, pemerintah telah membahas bagaimana langkah tersebut dapat diimplementasikan dengan mengutamakan kemampuan daya beli masyarakat tanpa mengabaikan keberlangsungan usaha Pertamina.

"Kita sudah membahas mengenai bagaimana mekanisme agar di satu sisi masyarakat masih tetap bisa terjaga daya belinya terutama karena tekanan dari harga minyak di BBM dan di sisi lain Pertamina sebagai suatu korporasi doing concern yang baik," jelasnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber : Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Presiden Jokowi Main Gerobak Sodor di Istana

Posted: 04 May 2018 08:50 PM PDT

Presiden Jokowi dan Ibu negara bermain gerobak sodor bersama murid-murid sekolah dasar di Istana.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal MotoGP Spanyol 2018 di Sirkuit Jerez

Posted: 04 May 2018 08:45 PM PDT

Sesi latihan bebas pertama (FP1) dan kedua (FP) MotoGP Spanyol 2018 di Sirkuit Jerez telah digulir, Jumat (4/5/2018). Dua pembalap berbeda menguasai sesi latihan tersebut. Kini, saatnya mereka bersaing di sesi kualifikasi.

Pada FP1 MotoGP Spanyol, pembalap Ducati, Andrea Dovizioso yang tampil sebagai juara. Ia mengukir catatan terbaik dengan waktu 1 menit 39,268 detik. Namun, ia hanya unggul 0,007 detik atas pembalap Repsol Honda, Marc Marquez.

Pada FP2 MotoGP Spanyol, giliran pembalap LCR Honda, Cal Crutchlow yang tampil memukau. Ia mencatatkan waktu 1 menit 38,614 detik, unggul 0,028 detik atas Dani Pedrosa. Sedangkan Dovi merosot ke posisi keenam dengan selisih 0,454 detik dari Crutchlow.

Untuk agenda pada Sabtu (5/5/2018), balapan MotoGP Spanyol akan menggelar FP3, FP4, dan dilanjutkan dengan sesi kualifikasi. Sedangkan balapan akan dihelat pada Minggu (6/5/2018). Menarik untuk dinanti siapa pembalap yang merebut podium juara kali ini.

 

Jadwal MotoGP Spanyol

 

Sabtu, 5 Mei 2018

FP3: 14.55-15.40

FP4: 18.30-19.00

Q1: 19.10-19.25

Q2: 19.35-19.50

 

Minggu, 6 Mei 2018

Pemanasan: 14.40-15.00

Balapan: 19.00

Klasemen MotoGP 2018

1. Andrea Dovizioso: 46

2. Marc Marquez: 45

3. Maverick Vinales: 41

4. Cal Crutchlow: 38

5. Johann Zarco: 38

6. Andrea Iannone: 31

7. Valentino Rossi: 29

8. Jack Miller: 26

9. Esteve Rabat: 22

10. Danilo Petrucci: 21

11. Dani Pedrosa: 18

12. Alex Rins: 16

13. Hafizh Syahrin: 9

14. Pol Espargaro: 8

15. Aleix Espargaro: 6

16. Jorge Lorenzo: 6

17. Franco Morbidelli: 6

18. Takaaki Nakagami: 5

19. Scott Redding: 4

20. Alvaro Bautista: 4

21. Karel Abraham: 1

22. Thomas Luthi: 0

23. Bradley Smith: 0

24. Xavier Simeon: 0

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertama Kali Ajak Anak ke Luar Negeri, Atiqah Hasiholan Pilih Korea

Posted: 04 May 2018 08:40 PM PDT

Atiqah Hasiholan berencana membawa putrinya, Salma Jihane Putri Dewanto, untuk berlibur ke luar negeri. Ini akan menjadi pengalaman pertama putrinya melakukan perjalanan ke luar negeri.

Atiqah Hasiholan dan Rio Dewanto berencana mengajak sang putri liburan ke Korea.

"Rencananya mau ke sana (Korea) sih," kata Atiqah Hasiholan di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan, Jumat (4/5/2018).

Kalau tidak ada halangan apapun, Atiqah Hasiholan mengatakan akan melaksanakan liburannya itu di akhir tahun ini.

"Belum ada rencana pastinya mungkin tahun ini ya akhir tahun," lanjut Atiqah Hasiholan.

 

Tak Khawatir

Atiqah Hasiholan dan putrinya, Salma [foto: instagram]

Saat ini, putrinya sendiri belum genap berusia satu tahun. Kendati demikian, Atiqah Hasiholan tidak merasa khawatir mengajak sang putri bepergian jauh.

Pasalnya, Atiqah Hasiholan tahu betul bahwa destinasi liburannya itu termasuk negara yang ramah untuk anak-anak.

"Kalau dari pengalaman aku, Korea itu dibanding negara lain itu gak ribet. apalagi transportasi di sana itu kalau lihat line keretanya gampang banget. Nggak mengkhawatirkan," ungkap Atiqah Hasiholan.

 

Tak Kesulitan

Kalau yang satu ini, Atiqah Hasiholan foto bersama sang suami, Rio Dewanto dan anaknya, Salma Putri Dewanto. Di unggahannya, Atiqah menuliskan ingin mengapresiasi kepada para pria yang telah mendukung kemajuan wanita. (Instagram)

Tak hanya itu saja, Atiqah Hasiholan juga yakin kalau di Korea ia tidak akan kesulitan mencari makanan halal untuk dirinya dan keluarganya, khususnya sang putri.

"Untuk makanan juga sangat mudah. Taman juga banyak untuk bermain jadi tambah semangat paling yang capek bapaknya aja gendong-gendong," lanjut Atiqah Hasiholan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Sebut OTT Anggota DPR Terkait Kasus Dugaan Suap Usulan Anggaran

Posted: 04 May 2018 08:40 PM PDT

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengonfirmasi satu anggota Komisi XI DPR diamankan dalam operasi tangkap tangan (OTT) Jumat malam, 4 Mei 2018.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, anggota DPR itu ditangkap atas dugaan menerima suap. Diduga suap itu untuk memasukan usulan anggaran daerah pada APBN perubahan 2018.

"Kami mendalami dugaan pemberian pada penyelenggara negara terkait dengan usulan anggaran dari daerah untuk masuk APBN P 2018," ujar Febri melalui pesan singkat, Sabtu (5/5/2018).

Febri menyebutkan, uang suap diterima sang legislator dari pihak swasta rekanan di daerah.

Dalam OTT KPK Jumat malam, penyidik mengamankan uang ratusan juta rupiah dan membawa 9 orang, termasuk satu anggota Komisi XI DPR.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Status Ditetapkan Sore Ini

OTT KPK (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Menurut Febri, KPK akan menetapkan status mereka yang telah diamankan sore nanti, karena saat ini masih menjalani pemeriksaan.

"Sore atau malam ini akan disampaikan hasil dari kegiatan tersebut melalui konferensi pers di KPK," ujar Febri.

Febri menambahkan, penangkapan dilakukan berdasarkan informasi masyarakat.

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Guardiola Dukung Keputusan Gerrard Tangani Glasgow Rangers

Posted: 04 May 2018 08:34 PM PDT

Manajer Manchester City, Pep Guardiola memuji keputusan Steven Gerrard yang menerima pinangan klub Skotlandia, Glasgow Rangers, untuk menjadi manajer mereka mulai musim depan.

Gerrard menandatangani kontrak selama empat tahun di Rangers. Ini merupakan pekerjaan pertama Gerrard sebagai pelatih tim senior setelah musim ini menangani tim Liverpool U-18.

Guardiola, yang bulan lalu mengantarkan City menjuarai Premier League pun memuji Gerrard karena telah menerima tantangan baru dalam kariernya.

"Menjadi pemain sepak bola di masa lalu bukan berarti Anda akan menjadi manajer yang bagus, beberapa manajer hebat bukanlah pemain sepak bola, tapi saya mengagumi keberaniannya untuk mengambil tantangan besar itu," ujar Pep Guardiola, seperti dikutip Soccerway.

"Tentu saja, mereka (Rangers) adalah salah satu dari dua tim paling penting di Skotlandia. Langkah Gerrard itu adalah sinyal bagus bagi manajer muda lainnya, pergi ke sana setelah musim di mana mereka tidak sukses dan kesulitan bersaing dengan Celtic," kata Pep.

Rangers sendiri baru kembali ke pentas Premier League Skotlandia pada 2016 kemarin. Gerrard pun mendapat tugas berat untuk bisa membawa klub itu mengungguli rival beratnya, Celtic, yang dilatih Brendan Rodgers.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Produser, Abimana Aryasatya Bilang Film Horor itu Mahal

Posted: 04 May 2018 08:30 PM PDT

Abimana Aryasatya perlahan menunjukkan kemampuannya sebagai seorang produser. Setelah memproduseri film anak-anak berjudul Petualangan Menangkap Petir, kali ini bapak empat anak itu ikut andil dalam film bergenre horor, Sebelum Iblis Menjemput sebagai co-produser mendampingi Wicky V Olindo. 

Menurut Abimana, bukan perkara mudah memproduseri sebuah film horor. Sebab, butuh dana yang cukup banyak untuk membuat sebuah film horor.

"Bicara buat film horor itu enggak murah, mahal," ujar Abimana Aryasatya ditemui di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Jumat (4/5/2018).

 

Miliaran

Abimana Aryasatya (Nurwahyunan/bintang.com)

Bukan ratusan juta, tapi miliaran rupiah uang yang harus dikeluarkan untuk memproduksi satu film horor. Hal itu terhitung saat praproduksi, produksi, sampai pascaproduksi, hingga mempromosikan filmnya ke masyarakat.  

"Siapa bilang bikin film horor itu murah. Miliaran ya kalau bikin film horor. Minimal buat promosinya saja bisa sampai Rp 5 miliar," kata Wicky V Olindo, produser film Sebelum Iblis Menjemput.  

Meski banyak mengeluarkan uang, Abimana banyak mendapatkan impact positif dan pelajaran berharga. Terlebih bagaimana bisa mengatur ratusan orang dalam sebuah produksi film, agar bisa berjalan sesuai target. Sebab, selama ini ia lebih banyak menjadi pemain, dan tak memikirkan keseluruhan film yang diperankan.  

 

Tak Melulu Menjadi Artis

Lunch with Carlos Perez (Deki Prayoga/bintang.com)

 

"Sebenarnya banyak belajar hal baru. Gimana caranya menjaga kekompakan 140 orang. Kalau itu terjaga produksi lancar," kata Abimana.  

Terkait motivasinya menjadi seorang produser, lantaran ia tahu takkan melulu berada di depan layar dan membintangi sebuah film. Ia pasti akan tergerus waktu, dan akan digantikan dengan aktor-aktor baru. 

"Saya harus menyiapkan sesuatu untuk ke depan kehidupan saya. Makanya saya harus terjun ke balik layar," kata Abimana. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Inggris: MU Terancam Didekati Liverpool

Posted: 04 May 2018 08:30 PM PDT

Manchester United (MU) gagal memastikan finis di posisi dua klasemen Liga Inggris. The Red Devils secara mengejutkan kalah dari Brighton & Hove Albion 0-1, Sabtu (5/5/2018) dinihari WIB.

Dijamu Brighton, MU tampil buruk. Mereka harus mengakui keunggulan tuan rumah berkat gol tunggal gelandang Pascal Gross pada menit 57. 

Hasil ini membuat MU tetap di posisi dua dengan 77 poin. Namun Liverpool masih berpeluang menyalip. The Reds cuma tertinggal lima poin. Dengan tersisa dua pertandingan lagi masih mungkin Liverpool menyalip MU.

Konsentrasi para pemain MU nampaknya sudah terpecah. Pasukan Jose Mourinho saat ini fokus mengejar gelar juara Piala FA. MU akan bersua Chelsea di final.

Klasemen Liga Inggris

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Hari Ini: Cara Terbaik Melamar Wanita Berdasarkan Zodiaknya

Posted: 04 May 2018 08:29 PM PDT

Setiap wanita menginginkan bentuk lamaran untuk menikah yang berbeda-beda, bagaimana dengan pasangan Anda? Lebih mudah untuk menyesuaikan ajakan menikah atau lamaran berdasarkan kepribadiannya. Cari tahu di Top 3 Lifestyle, Sabtu (5/5/2018);

1. Cara Terbaik Melamar Wanita untuk Menikah, Berdasarkan Zodiaknya

Kepribadian seseorang sangat mudah dilihat dari zodiaknya, tahukah Anda? Berikut ini adalah cara terbaik melamar seorang wanita untuk menikah berdasarkan zodiaknya. Lihat di sini 

Jumlah Uang yang Dibutuhkan untuk Bahagia Selamanya

Ilustrasi miliarder (iStockphoto)

Sebenarnya, berapa jumlah uang yang dibutuhkan agar seseorang berhenti mengkhawatirkan soal uang sepanjang hidupnya? Yang membuat bahagia selamanya. Baca di sini 

Mahakarya 25 Tahun Sebastian Gunawan Klimaks dalam Buku

Buku Whisper/ROAR (Liputan6.com/Meita Fajriana)

Sebastian Gunawan menandai puncak perayaan 25 tahun labelnya dalam sebuah buku berjudul Whisper/ROAR. Peluncuran buku menjadi penutup rangkaian mulai dari fashion show bertajuk sama dan instalasi pameran. Cek di sini 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Opick Siapkan Album Akustik

Posted: 04 May 2018 08:20 PM PDT

Penyanyi religi Opick ikut terlibat dalam album kompilasi bertajuk Ramadhan Penuh Cinta. Di album ini, Opick membawakan dua buah lagu yang berjudul "Syukur Atas Karunia" dan "Karenamu". Keterlibatan Opick di sini bukan karena tidak mengeluarkan karya baru, melainkan dia ingin memberikan kontribusi di dalam proyek album yang digagas oleh label Jagonya Musik & Sport (JMSI) itu. 

Opick mengatakan, saat ini dia tengah mengerjakan album terbaru. Namun, karena memiliki kesibukan begitu padat, album tersebut belum rampung. Padahal, semua lagu yang masuk di album baru sudah selesai semua. 

"Yah aku lagi bikin (album). Cuma kan jadwal aku ke Lebanon, Suriah, terus kalian tahulah konsentrasi banyak di luar. Tapi musik saya sudah selesai semua. Enggak tau kalau sebelum Ramadan sudah kelar take vokal, mungkin saya bisa rilis untuk albumnya ini," kata Opick di KFC Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (4/5/2018).

 

Berbeda

Opick

Bagi Opick, album barunya ini sangatlah berbeda dengan album-album sebelumnya. Pelantun lagu "Alhamdulillah" itu memberikan warna musik baru untuk album terbarunya tersebut. 

"Saya siapinnya akustik, jadi minimalis musik. Sekarang kan lagi booming orang cover. Saya coba bawain lagu saya yang terbaik yang lebih deep lebih dalam pakai akustik sama piano," kata Opick. 

 

Tahun Depan

Opick

Rencananya, album terbaru Opick bakal dirilis bulan Ramadan ini. Namun, jika belum selesai dia akan merilis album tahun depan.

"Jadi insyaallah kalau kelar, sebelum Ramadan dirilis. Kalau enggak, tunggu tahun depan," tandas Opick. Fikri Alfi Rosyadi/Kapanlagi.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Israel Tarik Diri dari Pencalonan Anggota Dewan Keamanan PBB

Posted: 04 May 2018 08:17 PM PDT

Israel mundur dari perebutan kursi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa periode 2019-2020 pada Jumat, 4 Mei 2018.

Dikutip dari laman Straits Times, Sabtu (5/5/2018), Israel menarik diri dari perebutan posisi setelah sebelumnya bersaing ketat dengan Jerman dan Belgia untuk mendapatkan dua kursi yang disisihkan kepada kelompok Eropa Barat dan lainnya.

Dengan demikian, mundurnya Israel dari peta persaingan membuat langkah Jerman dan Belgia semakin tidak terbantahkan.

Namun, dua negara ini masih harus bersaing demi mendapatkan dukungan sebanyak dua pertiga dari suara Majelis Umum PBB.

Nantinya, Majelis Umum PBB yang beranggotakan 193 negara akan kembali melakukan voting pada Juni mendatang, dan memilih anggota Dewan Keamanan PBB baru yang bertugas pada 1 Januari tahun depan.

"Kami akan tetap bergerak bersama sekutu-sekutu kami demi membuka kemungkinan bagi Israel agar tetap dapat mewujudkan haknya dan terlibat penuh dalam pengambilan keputusan di PBB," ujar misi Israel untuk PBB.

Menurut keterangan dari seorang sumber yang tak ingin dibuka identitasnya, Israel terpaksa menarik pencalonan dari peta persaingan karena rendahnya peluang untuk menang.

Tiap tahun, Majelis Umum PBB memilih lima anggota baru di Dewan Keamanan.

Saat ini, Dewan Keamanan PBB memiliki lima anggota tetap yang memiliki hak veto, yaitu Amerika Serikat, Inggris, Prancis, China, dan Rusia.

Demi memastikan keterwakilan negara secara geografis dalam daftar keanggotaan, Dewan Kemananan PBB memberikan lima kursi untuk negara-negara di Afrika dan Asia.

Tak hanya itu, satu kursi juga untuk Eropa Timur dan dua untuk Amerika Latin dan Karibia serta dua untuk negara-negara Eropa Barat dan lainnya.

Sementara itu, Indonesia dan Maladewa tengah bersaing untuk memperebutkan satu kursi jatah Asia dan Pasifik untuk periode 2019-2020.

Kemudian, Afrika Selatan dan Republik Dominika mencalonkan diri tanpa pesaing untuk kelompok negara Afrika serta Amerika Latin dan Karibia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Maroko Dukung Indonesia Jadi Anggota Dewan Keamanan PBB

Wakil Menteri Luar Negeri Indonesia A.M Fachir (depan, kanan) saat bertemu dengan Wakil Menteri Luar Negeri Maroko Mounia Boucetta (depan, kiri) di Kemlu RI (13/2/2018) (sumber: Kemlu RI)

Peningkatan kerja sama ekonomi hingga bahasan seputar ASEAN dan DK PBB menjadi sejumlah topik dialog pertemuan antara Wakil Menteri Luar Negeri Indonesia A.M Fachir dan Wakil Menteri Luar Negeri Maroko Mounia Boucetta di Gedung Kemlu RI di Jakarta, Selasa, 13 Februrari 2018.

Seputar kerja sama ekonomi, Fachir mengatakan bahwa Indonesia - Maroko tengah mengupayakan realisasi perjanjian demi menggenjot neraca perdagangan kedua negara yang turun pada tahun terakhir.

Mengafirmasi pemaparan Fachir, Boucetta mengatakan, Maroko berkomitmen untuk terus meningkatkan kerja sama dengan Indonesia, salah satunya pada sektor ekonomi.

"Kami telah mengidentifikasi sejumlah sektor di mana kita bisa bekerja sama, seperti memfasilitasi perdagangan dan investasi," kata sang Wamenlu Maroko.

Dalam kesempatan tersebut, Wamenlu RI A.M Fachir mengatakan bahwa Wamenlu Maroko Mounia Boucetta mendukung keanggotaan Indonesia untuk menjadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB.

"Kita terima kasih kepada Maroko yang mendukung kita untuk menjadi Anggota Tidak Tetap DK PBB," kata Fachir.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelicans Kalahkan Warriors, Konser Kendrick Lamar Jadi Korban

Posted: 04 May 2018 08:15 PM PDT

New Orleans Pelicans berhasil merebut gim ketiga melawan Golden State Warriors pada semifinal Wilayah Barat NBA 2017-2018. Pelicans menang 119-100, Jumat (4/5/2018) atau Sabtu (5/5/2018) pagi WIB.

Center Anthony Davis menjadi bintang kemenangan Pelicans. Dia menorehkan double-double dahsyat dengan 33 poin dan 18 rebound. 

Kemenangan Pelicans ini membuat Warriors tidak akan bisa menyapu bersih di semifinal Wilayah Barat. Pertemuan Pelicans dengan Warriors pastinya akan membutuhkan gim kelima.

Gim kelima rencananya akan digelar di kandang Warriors, ORACLE Arena 8 Mei waktu setempat. Dengan diadakannya gim kelima, penyanyi hip-hop Kendrick Lamar terkena imbasnya.

Lamar seharusnya menggelar konser di ORACLE Arena 8 Mei. Karena Oracle Arena akan dipakai oleh Warriors pada hari yang sama maka konser Lamar terpaksa diundur.

Seperti diberitakan Mercury News, konser Lamar baru akan digelar sehari kemudian pada 9 Mei.

 

Sudah Dipersiapkan

Kendrick Lamar  (Istimewa)

Pengelola ORACLE Arena sendiri sendiri sudah menyusun rencana cadangan ini sejak lama guna berjaga-jaga jika ada jadwal yang berbenturan.

"Itu dinegosiasikan dan disepakati berbulan-bulan yang lalu," kata Scott McKibben, direktur eksekutif pengelola ORACLE Arena.

Situasi hampir sama nyaris terjadi tahun 2017 lalu. Ketika itu jadwal gim kelima Warriors melawan Portland Trail Blazers bentrok dengan konser Chance the Rapper. Untungnya ketika itu Warriors mampu menyapu bersih Blazers.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Cara agar BBM Tetap Hemat meski Pakai AC

Posted: 04 May 2018 08:10 PM PDT

Tak sedikit pemilik mobil yang tidak mengetahui sistem kerja AC (air conditioning). Padahal, boros tidaknya BBM mobil bisa disebabkan penggunaan AC secara kurang tepat.

Bila kita tahu, pasti BBM bisa lebih hemat dari sebelumnya. Hanya butuh sedikit pengorbanan agar AC tidak bekerja berat sehingga mengurangi konsumsi BBM mobil.

Dengan menyalakan AC secara terus-menerus maka sistem kinerja komponen AC akan bekerja ekstra. Itu yang harus dikurangi.

Menurut situs bengkel AC Rotary Bintaro, ada sejumlah tips jitu untuk menyiasati penggunaan BBM secara berlebih, antara lain:

 

1. Muatan Mobil

Dengan mengurangi banyaknya muatan yang akan diangkut oleh mobil. Karena terlalu banyak muatan akan membuat mobil memikul beban yang lebih berat, sehingga kinerja mesinnya pun bertambah dan membutuhkan tenaga bensin yang lebih banyak.

 

2. Tempat Parkir

Usahakan untuk memarkirkan mobil di tempat yang teduh. Memarkirkan mobil di tempat yang terlalu panas otomatis akan membuat kabin juga panas, sehingga AC bekerja lebih keras untuk menurunkan suhu di kabin.

Alhasil, bensin yang dibutuhkan pun semakin banyak.

 

3. Manfaatkan Udara Sekitar

Mengurangi pemakaian AC mobil. Pemakaian AC yang terlalu sering tentu akan memakan BBM dalam jumlah yang banyak.

Manfaatkan angin sepoi-sepoi yang ada di alam terbuka untuk menyejukkan kabin mobil, sekaligus untuk menghemat pengeluaran. Lagi pula, udara di alam terbuka terasa lebih sejuk dibandingkan AC mobil. Apalagi udara pada pagi hari.

Pengurangan penggunaan AC membuat BBM dapat dihemat.

4. Rajin Servis AC

Melakukan servis AC mobil secara rutin. Apabila salah satu komponen AC bocor atau kempos, AC mobil pun harus segera diperbaiki.

Efek dari rendahnya performa AC turut berimbas pada besarnya tenaga yang disalurkan mesin ke sistem AC. Banyaknya tenaga jelas membutuhkan BBM yang lebih banyak.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lihat Keseruan Jokowi Bermain Bersama Anak-Anak di Istana

Posted: 04 May 2018 08:09 PM PDT

Ada yang berbeda di halaman Istana Kepresidenan, Jumat 4 Mei 2018 kemarin. Ratusan anak-anak bermain bersama Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Ibu Iriana, dan sejumlah menteri. Dalam acara bertajuk 'Jam Main Kita' ini, anak-anak memainkan sejumlah permainan tradisional bersama Presiden.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Sabtu (5/5/2018), Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana pun menemui anak-anak dan duduk di kursi kecil. Acara dilanjutkan dengan pertunjukan tarian anak-anak Kampung Kayeh, Kota Agats, Kabupaten Asmat, Papua. Kepada anak-anak, Presiden berpesan agar jangan terlalu banyak bermain gawai.

"Anak-anak harus belajar yang giat dan juga harus selalu beribadah," ujar Presiden RI Joko Widodo.

Usai menyampaikan pesan, Presiden Joko Widodo dan ibu Iriana mengajak anak-anak bermain. Bahkan Presiden, Ibu Negara, juga para menteri, sempat memainkan sejumlah permainan tradisional yang sudah disiapkan di halaman Istana.

Dengan acara ini, diharapkan bisa mendorong anak-anak agar tidak hanya bermain gawai, tetapi juga bermain dan berinteraksi di dunia nyata.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mahakarya 25 Tahun Sebastian Gunawan Klimaks dalam Buku

Posted: 04 May 2018 08:06 PM PDT

Sebastian Gunawan menandai puncak perayaan 25 tahun labelnya dalam sebuah buku berjudul Whisper/ROAR. Peluncuran buku menjadi penutup rangkaian mulai dari fashion show bertajuk sama dan instalasi pameran.

"Merilis buku merupakan klimaks dari rangkaian perayaan 25 tahun label Sebastian Gunawan setelah sebelumnya menggelar peragaan whisper/ROAR dan pameran karya-karya kami.

Tak sendiri, ia merayakan pencapaian karier dengan menghasilkan mahakarya bersama partnernya Cristina Panarese. Mereka pun menyiapkan sebuah panggung instalasi audio visual yang spesial dalam peluncuran buku setebal 250 halaman itu.

 

 

Penutup yang Indah

Sebastian Gunawan dan Cristina Panarese di peluncuran buku Whisper/ROAR di Jakarta, Jumat (5/5/2018) (Liputan6.com/Meita Fajriana)

"Ini menjadi penutup yang indah. Setelah buku ini selesai tepatnya dua hari yang lalu saya dan Cristina merasa bahagia dan lega. Very proud untuk semuanya," lanjut Sebastian Gunawan di Plaza Indonesia, Jumat (4/5/2018).

Bab per bab buku menyajikan kumpulan karya terbaik dan desain ikonis dalam bentuk foto. Foto tersebut hasil bidikan tiga fotografer Peter Tjahjadi, Anton Johnsen, dan Moka Wong.

Buku yang Menginspirasi Harga Konsistensi

Buku Whisper/ROAR (Liputan6.com/Meita Fajriana)

Detail busana menunjukkan Seba, begitu sapaan akrabnya dan Cristina selalu berinovasi dalam pola dan ornamen. Mereka menyukai hal yang rumit dan berhasil membuatnya menjadi mahakarya.

Selain memberikan hal berbeda dan berkesan, buku ini diharap bisa menginspirasi banyak orang untuk konsisten dalam berkarya. "Sebab butuh proses panjang dan perjuangan yang tidak mudah untuk tetap berada di jalur yang telah kita pilih dan cintai. tetapi pengorbanan yang telah dilakukan pasti sepadan", tutup Sebastian dan Cristina.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kebakaran Hanguskan Rumah dan Gudang Barang Bekas di Petojo

Posted: 04 May 2018 08:05 PM PDT

Kebakaran hebat melanda tiga rumah semi permanen dan sebuah gudang barang bekas di Jalan Abdul Muis, Petojo, Jakarta Pusat, Sabtu, 5 Mei dini hari tadi. Banyaknya bahan yang mudah terbakar membuat api cepat membesar. Api juga menyambar sebuah mobil dan sepeda motor.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Sabtu (5/5/2018), akses jalan yang sempit membuat upaya pemadaman terkendala. Petugas harus berkerja ekstra keras karena lokasi kebakaran berdekatan dengan sebuah SPBU.

Berdasarkan keterangan yang dihimpun petugas, kebakaran diduga dipicu oleh kebocoran gas di salah satu rumah warga.

"Dugaan sementara, penyebab kebakaran dari kompor gas. Ada 3 rumah yang terbakar," kata Perwira Piket Pemadam Kebakaran Jakarta Pusat Syarifudin

Setelah berjuang lebih dari satu jam, petugas yang menerjunkan belasan mobil pemadam kebakaran berhasil memadamkan api. Sejauh ini, dilaporkan tidak ada korban dalam peristiwa ini, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Buronan Kasus Korupsi Rp 1,1 Miliar Ditangkap Saat Jualan Kopi di Jakarta

Posted: 04 May 2018 08:01 PM PDT

Diduga melakukan korupsi uang program sistem keuangan desa Rp 1,1 miliar, Abdul Hakim memilih kabur ke Jakarta. Selama lima bulan di Ibu Kota, rekanan pengadaan jasa di Kabupaten Siak ini bekerja menjadi penjual kopi keliling di kawasan Epicentrum, Kuningan.

"Jualan kopi yang pakai mobil itu, keliling," kata Kepala Seksi Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Siak, Immanuel Tarigan, Jumat petang, 4 Mei 2018.

Immanuel menerangkan, Abdul Hakim usai ditangkap pada Kamis malam, 3 Mei 2018 malam, sempat menginap di sel Kejaksaan Agung. Jumat siang, dia dibawa ke kantor Pidana Khusus Kejaksaan Tinggi Riau.

Di Kejati, Abdul Hakim digiring dengan tangan terborgol. Ia selanjutnya akan diperiksa sebagai tersangka dalam kasus korupsi yang terjadi pada 2015 guna melengkapi berkasnya.

"Dia ini kabur setelah mendengar namanya disebut dalam persidangan, kan sudah ada satu terdakwa lainnya yang disidang dalam kasus ini," kata Immanuel.

Sementara Kepala Seksi Penerangan Hukum dan Hubungan Masyarakat Kejati Riau, Muspidauan, menyebut Abdul sudah buron sejak November 2017. Sebelum itu, Abdul sudah tiga kali dipanggil tapi selalu mangkir.

Kejaksaan yang menjemput paksa Abdul ke rumah tidak menemukan keberadaannya. Beberapa bulan dicari akhirnya diketahui keberadaannya di Jakarta.

"Lagi jualan kopi ditangkapnya," kata Muspidauan.

Seharusnya, tambah Muspidauan, Abdul begitu tiba di Kejati Riau harus diperiksa sebagai tersangka. Hanya saja, kuasa hukumnya tak berada di Riau, hingga pemeriksaannya dijadwal ulang.

"Dijadwal ulang pekan depan karena pemeriksaan tersangka harus didampingi kuasa hukum," kata Muspidauan.

Sebelumnya, pesakitan lainnya dalam kasus ini, Abdul Razak, mantan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Siak divonis 1 tahun di Pengadilan Tipikor Pekanbaru pada 15 Januari 2018.

Razak dinyatakan majelis hakim yang diketuai Sulhanuddin melanggar Pasal 3 jo Pasal 18 Undang-Undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dan ditambah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 KUHP.

Selain penjara, Abdul Razak juga dihukum membayar denda Rp 50 juta atau diganti kurungan selama satu bulan. Terdakwa tidak dihukum membayar ganti rugi keuangan negara karena dibebankan kepada Abdul Hakim.

 

 

Kronologi Kasus

Ilustrasi Korupsi

Sebelumnya, jaksa penuntut umum menuntut Abdul Razak dengan hukuman penjara 4 tahun 6 bulan. Ia juga dituntut membayar denda Rp 50 juta atau subsider 3 bukan kurungan.

Dalam dakwaan JPU disebutkan, dugaan korupsi ini terjadi pada 2015 lalu ketika Abdul Razak menjabat Kepala BPMPD Siak. Saat itu, 122 desa mengadakan paket software sistem Informasi Manajemen Administrasi dan Keuangan Desa (Simkudes) yang dikerjakan oleh PT Dimensi Tata Desantara, dengan direkturnya, Abdul Hakim.

Program ini bersamaan dengan pengadaan pelatihan, papan informasi monografi dan profil desa, serta pengadaan buku pedoman umum penyelenggaraan pemerintah desa plus CD aplikasi dan buku suplemen tersebut. Masing-masing desa menganggarkan sebesar Rp 17,5 juta.

Dalam perjalanannya, diduga terjadi penyelewengan anggaran, setiap desa dipungut biaya sebesar Rp 17 juta oleh BPMPD Siak. Dari audit Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan, tindakan itu merugikan negara Rp 1,136 miliar.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tips Beli Rumah dengan Gaji Sesuai UMR

Posted: 04 May 2018 08:00 PM PDT

Harga rumah yang terus merangkak naik kerap menjadi batu sandungan untuk masyarakat membeli rumah, terutama bagi mereka karyawan yang memiliki gaji sebatas UMR (upah minimum regional).

Namun tenang saja, bagi Anda yang memiliki penghasilan UMR, sebenarnya masih bisa kok membeli rumah.

Nah, dalam rangka Hari Buruh yang dirayakan setiap 1 Mei, Lamudi.co.id kali ini akan membagikan tips membeli rumah untuk karyawan dengan gaji UMR:

Harus Hemat dengan Gaji Kecil

Hemat pangkal kaya. Tentu Anda sering mendengar ungkapan tersebut bukan? Walau gaji kecil, untuk membeli rumah, hal pertama yang dilakukan adalah berhemat.

Sebisa mungkin Anda harus benar-benar memperhatikan urusan pengeluaran dalam hal berbelanja, gunakan uang Anda untuk berbelanja keperluan utama, jangan berlebihan apa lagi menggunakan kartu kredit batasi hal tersebut.

Tanamkan dalam diri Anda, rumah adalah keperluan utama, bukan gadget baru, ataupun kendaraan baru. Jadi beli rumah dengan gaji kecil bukanlah hal yang tidak mungkin.

 

Menabung Walau Gaji Kecil

Di tengah kondisi properti yang lesu, Pameran properti REI Expo Jabar 2016 berupaya mendorong animo masyarakat

Sekadar hemat tentu tidak cukup, Anda pun diwajibkan untuk menabung dengan konsisten. Sisihkan uang gaji Anda minimal 20 persen setiap bulannya, buatlah rekening khusus pada bank dan jangan bercampur dengan rekening untuk pengeluaran harian.

Lantas bagaimana jika pendapatan yang didapat ternyata hanya cukup untuk keperluan sehari-hari? Kalau sudah begini ceritanya tentu Anda harus mulai untuk berpikir mencari penghasilan tambahan, mulailah untuk membuat bisnis sampingan guna menambah pundi-pundi rupiah Anda.

Pilih bisnis sampingan yang tidak menghabiskan banyak modal seperti agen properti ataupun bisnis online.

 

 

 

Jangan Mengontrak

Pengunjung melihat pameran Property Week 2015 di Balai Kartini, Jakarta, Kamis (17/9/2015). 140 pengembang mengisi pameran tersebut dan di harapkan dapat membantu mengembalikan dinamisme industri properti di dalam negeri. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Jangan pernah terlintas di pikiran Anda untuk mengontrak, karena hal tersebut justru akan membuat boros.

Contohnya jika Anda kebetulan mengontrak dengan biaya Rp 1 juta per bulan, maka dalam waktu setahun dana yang harus dikeluarkan berjumlah Rp 12 juta. Angka tersebut sebenarnya dapat digunakan sebagai uang muka untuk membeli rumah subsidi.

Jadi, sebaiknya sebisa mungkin Anda tidak memilih mengontrak. Namun, jika hal tersebut terpaksa dilakukan, sebaiknya Anda mencari rekan yang dapat diajak untuk patungan membayar kontrakan.

 

 

 

 

Pilih KPR

Pengunjung bermain ponsel saat mengunjungi pameran Indonesia Properti Expo 2016, Jakarta, Rabu  (17/2). Penjualan properti tahun ini diprediksi mengalami peningkatan dikisaran 5%-10% jika suku bunga acuan BI turun 50 basis poin (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Setelah berhasil untuk mengumpulkan uang down payment dari berhemat dan menabung, langkah selanjutnya Anda mengajukan kredit pemilikan rumah (KPR). Langkah ini merupakan solusi yang paling tepat untuk membeli rumah bagi Anda yang tidak memiliki cukup uang untuk membayar dengan cara tunai ataupun cash bertahap.

Jika Anda ingin mengambil rumah dengan skema KPR sebaiknya carilah bank yang menawarkan bunga yang paling rendah karena hal tersebut tentu akan memudahkan untuk membayar cicilan bunga.

Lantas bagaimana ceritanya, jika penghasilan kita ternyata tidak cukup untuk mengajukan KPR. Tidak perlu khawatir. karena Anda pun bisa mengajukan KPR subsidi, jenis kredit ini memang khusus ditujukan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Jenis KPR subsidi memiliki banyak keunggulan, seperti harga rumah yang relatif lebih murah, bunga flat 5 persen, dan jangka waktu peminjaman hingga 20 tahun lamanya.

Syarat untuk mengajukan KPR jenis ini adalah gaji pemohon maksimal Rp 4 juta untuk membeli rumah dan gaji maksimal Rp 7 juta untuk membeli apartemen. Selain itu, jenis KPR ini hanya dikhususkan bagi pemohon yang belum pernah memiliki rumah.

 

Ikut Lelang Rumah

Sejumlah maket perumahan saat pameran Indonesia Properti Expo 2016 di Senayan, Jakarta, Rabu  (17/2). Penjualan properti tahun ini diprediksi mengalami peningkatan di kisaran 5%-10% jika suku bunga acuan BI turun 50 basis poin (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Selain KPR subsidi, sebenarnya ada cara lain untuk mendapatkan rumah dengan harga yang miring, yakni dengan mengikuti lelang rumah.

Dengan mengikuti skema pembelian lelang rumah tersebut, Anda bisa mendapatkan rumah dengan harga yang murah. Pasalnya rumah yang diikutsertakan dalam lelang tersebut merupakan rumah sitaan yang gagal dilunasi oleh debitur KPR bank.

Namun, jika Anda ingin mengikuti lelang rumah, sebaiknya terlebih dahulu mengecek kondisi rumah, beserta akses menuju ke sana, pastikan kondisi rumah dalam keadaan baik dan bebas banjir.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ditinggal Wenger, Arsenal Bakal Belanja Besar-besaran

Posted: 04 May 2018 08:00 PM PDT

Arsenal mengalami masa-masa suram di musim 2017-2018 ini. Meriam London kembali harus hampa gelar. Selain itu, Arsenal juga gagal lolos ke Liga Champions musim depan.

Keterpurukan ini membuat manajemen Arsenal akan merombak tim musim panas nanti. Arsenal dilaporkan Daily Star siap menggelontorkan dana 200 juta pound sterling untuk manajer baru. 

Arsenal memang dipastikan akan mengganti manajer musim depan. Pelatih senior Arsene Wenger telah memutuskan untuk mundur akhir musim nanti.

Hingga saat ini Arsenal belum mengumumkan siapa yang akan menggantikan Wenger. Pengganti Wenger kemungkinan baru diumumkan usai musim 2017-2018 rampung.

Hingga saat ini ada beberapa nama yang kabarnya dibidik Arsenal, antara lain Massimiliano Allegri (Juventus), Luis Enrique (eks Barcelona), hingga Mikel Arteta (asisten pelatih Manchester City).

 

Perbaiki Pertahanan

2. Hector Bellerin (Arsenal) - Skill kecepatan diberikan poin 95. (AFP/Glyn Kirk)

Lini belakang tampaknya menjadi sektor yang akan dibenahi Arsenal. Hector Bellerin, Shkodran Mustafi, hingga Per Mertesacker akan dilepas.

Sektor penyerangan yang relatif aman. Arsenal pada Januari lalu baru saja mendatangkan Henrikh Mkhitaryan dan Pierre Emerick Aubameyang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lepas Zona Nyaman, Pevita Pearce Main Film Horor

Posted: 04 May 2018 08:00 PM PDT

Pevita Pearce mencoba sesuatu hal yang baru dalam dunia seni peran. Biasanya wanita 25 tahun itu lebih banyak bermain dalam film drama, yang tak jauh dengan tema percintaan. 

Tak ingin selalu berada di zona nyaman, Pevita Pearce menjajal kemampuan aktingnya dalam sebuah film horor berjudul Sebelum Iblis Menjemput.

"Biasanya kan drama. Aku nggak mau selalu berada di zona nyaman, mau menjajal sesuatu hal yang baru, akhirnya main di film ini," kata Pevita Pearce di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Jumat (4/5/2018).

Jalan cerita yang menarik dan berbeda dari film horor yang pernah ada, menjadi alasan Pevita Pearce mau bermain dalam film garapan sutradara Timo Tjahjanto.

 

Cerita Unik

Pevita Pearce (Nurwahyunan/Bintang.com)

Selain itu, orang-orang yang terlibat dalam film Sebelum Iblis Menjemput, membuat Pevita Pearce tertarik untuk ikut bermain.

"Waktu meeting film ini dan tahu siapa saja orang yang ngerjain filmnya aku oke. Memang ceritanya unik dan rasa Indonesia," ujar Pevita Pearce.

 

Kesulitan

Pevita Pearce (Instagram/@pevpearce)

Bukan perkara mudah buat Pevia Pearce bermain dalam film horor. Ia harus benar-benar mendalami karakternya sebagai Maya, yang memiliki kepribadian ganda.

"Menurut aku tekniknya berbeda. Bedah skenario dan analisa psikologinya. Maya berkepribadian ganda. Dan untuk identifikasi perannya Maya, itu butuh PR sih," Pevita Pearce.

 

Sinopsis

Pevita Pearce (Adrian Putra/bintang.com)

Film Sebelum Iblis Menjemput menceritakan tentang keluarga Alfie yang kelam, yang diperankan oleh Chelsea Islan.

Ia telah terpisah lama dengan ayahnya, sampai akhirnya bertemu lagi dengan kondisi sang ayah yang sangat malang. Penasaran, Alfie mencoba mencari tahu apa yang membuat ayahnya sampai ditimpa malang dan sakit seperti itu.

Namun kehadiran saudari tiri Alfie, Maya yang diperankan oleh Pevita Pearce makin memperkeruh suasana.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Penggerebekan Komplotan Curanmor Lampung di Cikupa

Posted: 04 May 2018 08:00 PM PDT

Sebuah rumah kontrakan yang menjadi persembunyian pelaku pencurian sepeda motor di Cikupa, Tangerang, Banten digerebek polisi. dua senjata api rakitan dan delapan unit sepeda motor disita.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pembangunan Fiber Optic Perlu Digenjot agar Internet Makin Kencang

Posted: 04 May 2018 08:00 PM PDT

Secara teknis, internet bisa berjalan via mobile broadband dan fixed broadband (fiber optic). Keduanya memiliki keunggulan masing-masing.

Menurut Sekjen Federasi Teknologi Informasi Indonesia (FTII), Irwin Day, dari kedua jenis broadband ini, akses internet lebih cepat secara maksimal dan stabil bisa dilakukan dengan fiber optic. Dalam hal ini bukan berarti menyampingkan keunggulan mobile broadband.

"Kalau mau internet cepat, fiber optic harus digelar. Enggak hanya mobile broadband. Semua punya keunggulan. Tetapi, yang namanya frekuensi kan ada batasnya," kata Irwin saat ditemui usai acara diskusi yang diselenggarakan oleh Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI), pada Kamis (3/5/2018).

Maka itu, agar bisa merasakan akses internet yang cepat, penggelaran infrastruktur fiber optik pun harus dilakukan. Sayangnya, ketika hal itu dilakukan, masih banyak kendala yang terjadi di lapangan. Seperti halnya soal perizinan.

Dikatakannya, merujuk pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 96 tahun 2014 tentang Rencana Pita Lebar Indonesia 2014-2019, ada sejumlah target yang dicanangkan, termasuk penggelaran infrastruktur.

Namun, jika kondisi di lapangan seperti perizinan belum dimudahkan, maka target tersebut akan sulit terpenuhi.

"Banyak kendala macam-macam, misalnya penggalian butuh izin yang di setiap kota berbeda kebijakannya. Itu lumayan menghambat. Seharusnya urusan yang seperti ini pemerintah pusat turun tangan standarnya izinnya. Jangan di atas dapat izin, tapi di bawah dilepas," ungkap dia.

 

Kemkominfo Fokus Bangun Fixed Broadband

Fiber Optic

Di sisi lain, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara pernah menyampaikan pada awak media 2016 lalu, kalau pemerintah Indonesia tengah fokus dalam pembangunan fixed broadband untuk penyediaan akses telekomunikasi nasional.

"Sekarang kami fokus pada fixed broadband karena lebih sulit dan menantang dibandingkan dengan mobile broadband," jelas pria yang karib disapa Chief RA tersebut.

Oleh karena itu, Rudiantara menyatakan pemerintah fokus untuk menjalankan Program Palapa Ring.

Program proyek pembangunan jaringan serat optik nasional itu menargetkan pada Januari 2019 seluruh kota besar dan kabupaten di Indonesia harus terhubung melalui broadband.

Hanya saja, untuk dapat mendistribusikannya ke rumah-rumah, dibutuhkan kontribusi penyelenggara jaringan. Hal ini yang menjadi persoalan karena masih terkendala dengan perizinan

Pengguna Internet Melonjak

Ilustrasi pengguna internet. ozoneparis.net

APJII baru saja mengumumkan jumlah pengguna internet pada 2017. Diketahui, pengguna internet di sepanjang 2017 telah mencapai 143,26 juta atau setara dengan 54,68 persen dari total jumlah penduduk di Indonesia. 

Melihat peningkatan yang memuaskan ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengaku akan memanfaatkan data hasil survei APJII untuk mengejar target pemerataan jaringan broadband internet. Karenanya, pihak Kemkominfo akan mengebut pembangunan broadband.

"Percepatan pembangunan broadband akan terus dilakukan" tutur Semuel Abrijani Pangerapan, Dirjen Aptika Kemkominfo, dalam keterangan resmi yang diterima Tekno Liputan6.com pada Rabu (21/2/2018).

Pria yang karib disapa Semmy ini mengatakan, jumlah pengguna internet diprediksi akan semakin meningkat. Salah satu faktor penyebabnya adalah ketersediaan internet di Indonesia yang kian merata karena pembangunan Palapa Ring yang segera rampung.

Di sisi lain, Sekretaris Jenderal APJII Henry Kasyfi Soemartono mengatakan, kenaikan yang terjadi akibat pembangunan infrastruktur niscaya semakin mempermudah masyarakat mengakses layanan internet.

Henri berharap, data hasil survei jumlah pengguna internet dari APJII, dapat digunakan untuk gambaran para pihak yang membutuhkan.

Untuk jumlah pengguna internet berdasarkan usia, didominasi oleh kisaran usia 19 hingga 34 tahun. Survei mencatat ada sekitar 49,52 persen responden, dan disusul oleh usia 35 hingga 54 tahun dengan persentase 29,55 persen.

Persentase ini sedikit berbeda jika dibandingkan survei pada 2016. Dalam survei tersebut, pengguna internet di Indonesia lebih didominasi pengguna dalam rentang usia di 35 hingga 44 tahun. Sementara persentase pengguna internet di rentang usia 19 hingga 34 tahun hanya 24,4 persen.

Adapun penetrasi pengguna internet di Indonesia lebih banyak berada di rentang usia 13 hingga 18 tahun, dengan persentase 75,50 persen. Rentang usia 19 hingga 34 tahun berada di posisi kedua dengan persentase 74,23 persen.

"Untuk komposisi pengguna berdasarkan jenis kelamin, laki-laki masih lebih banyak ketimbang perempuan. Jadi, persentase laki-laki adalah 51,43 persen, sedangkan perempuan 48,57 persen," ujar Henry.

Hasil survei ini juga mencatat semakin tinggi tingkat pendidikan terakhir seseorang, penetrasi terhadap internet pun semakin tinggi. Survei mencatat, responden dengan pendidikan S2 atau S3 memiliki penetrasi hingga 88,24 persen.

Reporter: Fauzan Jamaludin

Sumber: Merdeka.com

(Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Tanda Dia Pacar yang Tepat Diajak Menikah

Posted: 04 May 2018 08:00 PM PDT

Memutuskan menikah dengan seseorang itu bukan hal mudah. Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum benar-benar yakin menikah dengan orang tersebut. Salah satunya terkait watak pasangan.

Bagi Anda yang masih memiliki keraguan menikah dengannya atau tidak, para pakar hubungan menyampaikan beberapa ciri pacar yang sebenarnya layak diperjuangkan hingga ke pelaminan. Mengutip Business Insider, Sabtu (5/5/2018) berikut tujuh cirinya.

1. Tak membatasi

Ada beberapa orang yang berusaha membatasi aktivitas pasangan. Namun, seorang pasangan yang baik tidak akan membuat pasangan berhenti melakukan hal-hal yang disukainya.

"Jika pacar Anda bahagia ketika melihat Anda sukses dan mencapai tujuan, dia adalah sosok yang tak akan membatasi ruang gerak orang yang dicintainya. Biasanya, hubungan yang tidak sehat itu terjadi ketika salah satu menyabotase kehidupan pasangan," kata terapis Shannon Thomas.

2. Tak ingin mengubah pasangan

"Jika pasangan ingin mengubah Anda dengan beragam cara, itu artinya dia tidak menerima pasangan apa adanya. Jika dia terus melakukan hal tersebut, itu berarti dia orang yang senang mengontrol pasangannya. Pikir-pikir ulang bila ingin menikah dengannya," kata pendiri Narcissist Abuse Support, Tracy Malone.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

3. Bisa bergabung dengan anggota keluarga dan teman-teman

Ilustrasi pasangan bisa bergabung dengan teman atau keluarga. (theGrio)

Kehidupan sesudah pernikahan bukan hanya tentang Anda dan pasangan. Mau tak mau dia akan terlibat dalam kehidupan bersama keluarga dan sahabat Anda. Jika, dia sekarang sudah 'nyambung' dengan orang-orang yang Anda kasihi, itu tanda yang baik seperti disampaikan dokter yang juga pakar hubungan, Holly Daniels.

4. Mau mendengarkan

Seseorang yang mau menyiapkan telinga dan memperhatikan ucapan Anda dengan baik-baik itu layak dinikahi.

"Salah satu tanda Anda sedang pacaran dengan orang yang baik adalagh dia selalu tertarik dengan cerita dan benar-benar mendengarkan ketika bercerita," kata psikolog Elinoer Greenberg.

5. Bisa menenangkan Anda ketika sedih atau galau

"Salah satu tanda utama kencan dengan orang yang tepat adalah dia bisa membuat nyaman ketika Anda sedih, menangis, atau mengalami hari yang buruk," kata penulis buku tentang hubungan Catenya McHenry.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kelinci hingga Singa, 4 Hewan Ini Paling Sering Kawin

Posted: 04 May 2018 08:00 PM PDT

Untuk memperoleh keturunan dan mempertahankan spesiesnya, setiap makhluk hidup pasti melakukan proses reproduksi. Berbeda dengan jenis hewan lainnya, beberapa hewan ini cenderung memiliki kebiasaan kawin yang sangat sering. Bahkan bisa puluhan hingga ratusan kali dalam sehari. Hewan apa saja?.

1. Kelinci

Tidak mengherankan jika banyak yang tergiur dengan usaha ternak kelinci. Alasannya, selain karena periode kehamilan yang cukup singkat hanya tiga bula, Kelinci juga sangat mudah terangsang oleh godaan pejantan. Kelinci betina yang baru beberapa hari melahirkan anak bisa langsung kawin dengan kelinci pejantan yang berbeda. inilah yang menjadi alasan kelinci dijadikan simbol orang yang suka gonta ganti pasangan atau Playboy

2. Singa

Singa jantan akan sangat sering melakukan kawin saat masa birahi (Sumber foto: pixabay)

Sebenarnya Singa merupakan hewan yang sering berkelompok dan sangat jarang melakukan kawin dengan betina. Namun pada masa birahi pejantan yang menjadi pemimpin dalam satu kawanan, si pejantan akan melakukan kopulasi sebanyak sepuluh hingga empat puluh kali dalam sehari, dengan berganti-ganti betina.

Pejantan yang jumlahnya sedikit dalam satu kawanan akan kesulitan meraih betina, dan biasanya dia harus bertarung dengan pemimpin kawanan, dan jika kalah, biasanya pejantan akan memisahkan diri dan mencari betina di kawanan lain.

3. Simpanse Bonobo

Spesies binatang ini memiliki perilaku kawin mirip manusia (Sumber foto: real-fix.com)

Menurut ilmuan biologi, Simpanse jenis ini merupakan jenis kera yang memiliki kebiasaan seksual paling mirip dengan manusia. Bonobo suka melakukan aktivitas kawin dengan berciuman. Biasanya, Bonobo menjadikan aktivitas seksual sebagai cara untuk berdiplomasi atau berdamai dan mengurangi konflik dengan kawanan.

Jika mereka menemukan sumber makanan baru, rasa senang itu terkadang diungkapkan dengan aktivitas seksual. Spesies simpanse berbulu hitam ini hanya bisa dijumpai di Afrika Tengah.

4. Hamster Shaw Jerd

Hamster ini dijuluki sebagai mamalia yang paling sering kawin (Sumber foto: petponder)

Hamster jenis ini disebut-sebut sebagai mamalia yang paling sering kawin di dunia. Pada masa birahi, hamster shaw jerd bisa kawin sebanyak 224 kali dalam waktu dua jam. Dalam sekali kawin durasinya hanya sekitar 15 detik. Betina Shaw Jerd dapat menghasilkan lima sampai enam anak dalam sekali melahirkan, rentang usia mereka juga cukup panjang yaitu sekitar enam tahun.

 

Penulis:

Latif Munawar

Reporter Sahabat Liputan6.com

Jadilah bagian dari Komunitas Sahabat Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: SahabatLiputan6@gmail.com serta follow official Instagram @sahabatliputan6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Allegri Tegaskan Juventus Tidak Boleh Remehkan Bologna

Posted: 04 May 2018 07:52 PM PDT

Massimiliano Allegri mengingatkan Juventus untuk tidak meremehkan lawan di sisa musim ini. Juventus butuh dua kemenangan untuk memastikan gelar juara Serie A musim ini.

Juventus masih akan menghadapi Bologna, AS Roma, dan juga Hellas Verona. Saat ini Juve sudah unggul empat poin dari Napoli yang berada di posisi dua.

Allegri pun tak sungkan memberikan pujian kepada Napoli, yang disebutnya menjalani musim yang sangat bagus. Dia tidak ingin Bianconeri lengah dalam persaingan gelar Scudetto musim ini. 

"Dibanding musim lalu, perolehan poin kami sebenarnya lebih banyak, tapi perebutan Scudetto kali ini masih terbuka karena Napoli menjalani musim yang hebat," ujar Allegri. 

"Kami sudah hampir mencapai akhir, kami harus menang besok jadi kami bisa mempersiapkan diri untuk menjalani final Coppa Italia melawan Milan dalam kondisi terbaik," terangnya seperti dilansir Football Italia.

Allegri menambahkan bahwa di sisa akhir musim ini, Juventus tidak boleh sampai lengah. Meski lawan yang dihadapi di atas kertas lebih lemah, tapi Juventus diminta tetap menunjukkan respek agar tidak mendapatkan hasil buruk.

"Bologna wajib mendapatkan perhatian kami. Juve harus menunjukkan determinasi dan respek yang tinggi, ingat apa yang terjadi saat kami melawan Crotone. Bologna akan datang ke sini dengan niat untuk bermain bagus. Kami tak boleh sombong demi melangkah lebih dekat dengan Scudetto."

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Duet Davis-Rondo Bawa Pelicans Taklukkan Warriors

Posted: 04 May 2018 07:48 PM PDT

New Orleans Pelicans sukses mengalahkan Golden State Warriors dalam gim ketiga semifinal Wilayah Barat NBA, Sabtu (5/5/2018). Anthony Davis dan Rajon Rondo menjadi bintang bagi kemenangan Pelicans.

Davis menjadi penyumbang poin terbanyak dengan 33 poin. Sementara, Rondo keluar sebagai pemberi assists terbanyak bagi Pelicans dengan 21 assists.

Dengan kemenangan ini, Pelicnas memperkecil ketinggalan mereka di seri semifinal Wilayah Barat NBA menjadi 1-2. Sebelumnya, Pelicans kalah 101-123 pada gim pertama, dan 116-121 pada gim kedua semifinal Wilayah Barat NBA.

Sementara itu, Kevin Durant dan Klay Thompson menjadi penyumbang poin terbanyak. Durant mencetak 22 poin, sementara Thompson mencetak 26 poin.

 

 

Jalannya Pertandingan

Rajon Rondo menyumbang 21 assists saat Pelicans mengalahkan Warriors. (Bola.com/Twitter/PelicansNBA)

Pelicans mengawali pertandingan dengan meyakinan. Davis dan kawan-kawan meraup 30 poin di kuarter pertama dan hanya memberi kesempatan Warriors mencetak 21 poin.

Performa Pelicans sempat menurun di kuarter kedua. Alhasil, Warriors berhasil menambah 35 poin, sementara Pelicans 32 poin.

Namun beruntung bagi Warriors, mereka berhasil menjaga keunggulan 62-56 begitu kuarter kedua berakhir.

Kuarter Ketiga dan Keempat

Pelicans membayar performa buruk di kuarter kedua. Lewat assists-assists dari Rondo, Pelicans mencetak 30 poin di kuarter ketiga.

Tak hanya soal serangan, pertahanan Pelicans pun patut diacungi jempol. Pasalnya, di kuarter ini Warriors hanya menambah 19 poin.

Jalannya kuarter keempat kembali sengit. Namun Pelicans akhirnya mengunci kemenangan di angka 119-100 atas Warriors.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Korban Intimidasi di Car Free Day Mengaku Diteror

Posted: 04 May 2018 07:44 PM PDT

Korban intimidasi di car free day (CFD) atau hari bebas kendaraan bermotor yang diduga dilakukan oleh relawan #2019GantiPresiden, Susi Ferawati, mengaku mendapat banyak teror melalui media sosial. Dia mengaku dicecar terkait tuduhan-tuduhan rekayasa peristiwa yang menimpanya.

"Disangka rekayasa, dibilang itu bukan anak saya, karena ada perbedaan nama anak, kalau ada pertanyaan itu anaknya nama siapa bener enggak, saya jawab tanya aja ke yang pembuat video, saya kan bukan yang buat dan viralkan video gitu, tanya aja ke pembuat video, saya kan enggak tahu," ucapnya di Mapolda Metro Jaya, Jumat, 4 Mei 2018.

Susi membantah tuduhan mengenal pelaku intimidasi CFD seperti yang dituduhkan di media sosial, lantaran mengenakan gelang serupa. Dia mengaku ketika itu hanya dengan rombongannya melintas di CFD. Termasuk ditemani rekannya bernama, Siti Taruma, yang menjadi saksi fakta dalam pelaporannya ke Polda Metro Jaya.

"Enggak kenal. Saya hanya pergi berlima sama mereka. Saya benar-benar hanya pergi berlima. Ke mana-mana saya berlima," ucapnya.

Dia juga bercerita, tidak ada iktikad baik dan permintaan maaf oleh pihak yang membela relawan ganti presiden. Malah, dia diteror terkait tuduhan gelang tersebut.

"Baru bangun tidur aja saya sudah diteror masalah gelang. Saya sih jelaskan positif saja bahwa itu kan gelang hadiah dari Madinah. Saya dapatkan 2017. Buat zikir buat ingat Mekah Madinah. Apa salahnya saya pakai," ujar Suci yang menjadi korban intimidasi CFD.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Melapor ke Polda Metro

Korban intimidasi di CFD selesai menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya  (Ahda Bayhaqi/Merdeka.com)

Sebelumnya, Susi melaporkan peristiwa intimidasi ini ke Polda Metro Jaya. Dalam sebuah video yang viral, Susi bersama anaknya yang tengah mengikuti CFD, didatangi sejumlah orang yang kemudian mengintimidasi dengan perkataan-perkataan tak menyenangkan.

Susi mendapatkan intimidasi tersebut karena memakai kaus #DiaSibukKerja, dan melintas di depan sejumlah orang memakai kaus #2019Ganti Presiden, pada Minggu, 29 April lalu.

Setelah peristiwa itu, Susi malah dituduh melakukan rekayasa dalam peristiwa tersebut. Warganet bernama Mustofa Nahrawardaya menjabarkan bahwa gelang yang dipakai Susi serupa dengan kelompok yang mengintimidasi.

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klopp Dapat Pujian Conte Usai Bawa Liverpool ke Final Liga Champions

Posted: 04 May 2018 07:39 PM PDT

Manajer Chelsea, Antonio Conte melontarkan sanjungan setinggi langit kepada bos Liverpool, Jurgen Klopp, yang baru saja mengantarkan timnya ke partai final Liga Champions.

Akhir pekan ini Chelsea bakal menghadapi Liverpool di Stamford Bridge. Pertemuan ini vital bagi kedua tim dalam usaha mereka finis di empat besar musim ini.

"Tentu saja, kita berbicara tentang pelatih yang menunjukkan semangat luar biasa untuk sepak bola dalam setiap momen," ujar Conte soal Klopp, seperti dikutip Soccerway.

"Saya memiliki respek luar biasa untuk Jurgen. Anda bisa melihat bahwa ia hadir selama pertandingan. Ia ingin membantu pemainnya selama pertandingan. Anda bisa melihat bahwa ia selalu hadir, dalam situasi positif atau negatif, jadi saya sangat menghormatinya," kata Conte menambahkan.

"Namun setiap pelatih memiliki gaya masing-masing dalam pertandingan. Setiap pelatih ingin mencoba mengambil situasi terbaik untuk mengikuti timnya," jelasnya.

Chelsea saat ini masih duduk di peringkat lima klasemen dengan koleksi 66 poin, terpaut enam angka dari Liverpool yang bertengger di posisi ketiga. Namun, Chelsea memiliki satu sisa laga lebih banyak.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jumlah Uang yang Dibutuhkan untuk Bahagia Selamanya

Posted: 04 May 2018 07:35 PM PDT

Uang banyak dijadikan tolak ukur kebahagiaan seseorang. Sebab kita tak ada hentinya cemas memikirkan soal keuangan dari tidur sampai bangun lagi keesokan hari.

Sebenarnya, berapa jumlah uang yang dibutuhkan agar seseorang berhenti mengkhawatirkan soal uang sepanjang hidupnya? Yang membuat bahagia selamanya.

Menurut seorang analis dari US Trust kepada Town & Country, hitungan angka 190 Juta Dolar menjadi jumlah yang dibutuhkan agar Anda tak gusar soal uang. Tentunya nilai fantastis bagi banyak orang, tapi hal itu yang dirasakan para miliarder melansir dari harpersbazaar.com, Sabtu (5/5/2018).

 

Porsi Terbesar Properti

Ilustrasi miliarder (iStockphoto)

Nilai di atas menggambarkan gaya hidup miliarder yang mewah tanpa perlu mengkhawatirkan ke mana habisnya uang mereka. Ke mana saja larinya uang tersebut?

Sang analis mengasumsikan properti mengambil porsi terbesar dalam habisnya uang 190 juta Dolar AS. Yaitu membeli apartemen 18 juta Dolar AS di Fifth Avenue, New York, menghabiskan 20 juta Dolar AS untuk liburan di Hamptons, dan 2 juta Dolar AS untuk dekorasi pesta.

Biaya Hobi dan Koki

Ilustrasi spa (iStockphoto)

Nah, jika tak punya anak, akan menghemat biaya sekolah 1,7 juta Dolar AS per anak. Namun akan dihabiskan untuk mengoleksi barang seni dengan alokasi 1 juta Dolar AS per tahun, mengikuti perkembangan.

Biaya pemenuhan kebutuhan seni bahkan lebih besar dari upah koki serta asisten rumah tangga dengan jumlah 190 ribu dolar setahun. Berapa banyak tumpukan uang kertas para miliarder jika mereka menaruhnya seperti Paman Gober?

Menurut penulis Isn't That Reach? Richard Kirshenbaum, Anda harus melihat 100 juta dolar sebagai titip awal menjadi miliarder.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sepi Sentimen Positif, IHSG Tinggalkan 5.800 pada Pekan Ini

Posted: 04 May 2018 07:30 PM PDT

Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) alami koreksi tajam pada pekan ini. Saham kapitalisasi besar dan kecil kompak melemahselama sepekan.

Mengutip laporan PT Ashmore Assets Management Indonesia, seperti ditulis Sabtu (5/5/2018), IHSG melemah 2,14 persen pada periode 27 April-4 Mei 2017. IHSG turun menjadi 5.792,34. Tekanan IHSG yang terjadi didorong saham kapitalisasi besar dengan indeks saham LQ45 tergelincir 2,7 persen selama sepekan.

Sedangkan saham kapitalisasi kecil susut didorong sektor saham pertanian,konstruksi dan properti. Investor asing pun masih betah jual saham. Tercatat aksi jual saham mencapai USD 133 juta atau sekitarRp 1,85 triliun (asumsi kurs Rp 13.956 per dolar Amerika Serikat).

Sementara itu, indeks obligasi atau surat utang susut 0,26 persen selama sepekan. Imbal hasil surat utang pemerintah bertenor 10 tahunnaik 4,3 basis poin menjadi 7,01 persen. Investor lepas obligasi USD 209 juta atau sekitar Rp 2,91 triliun. Posisi rupiah bergerak di kisaran 13.945 per dolar Amerika Serikat pada pekan ini.

Berdasarkan laporan PT Ashmore Assets Management Indonesia ada sejumlah faktor pengaruhi laju IHSG selama sepekan. Dari eksternal,pada awal Mei 2018, bank sentral Amerika Serikat (AS) atau the Federal Reserve gelar pertemuan. Hasil rapat the Federal Reservememutuskan pertahankan suku bunga 1,5 persen-1,75 persen. Hal ini sesuai harapan pasar.

Pejabat the Federal Reserve mengatakan kalau pasar tenaga kerja masih lanjutkan penguatan. Didukung aktivitas ekonomi masih tumbuh kuat dan inflasi mendekati target dua persen. The Federal Reserve diperkirakan menaikkan suku bunga pada Juni 2018. Selain itu, AS juga rilis data ekonomi. Tercatat ekonomi AS tumbuh 2,3 persen pada kuartal I 2018. Angka ini di bawah periode sebelumnya 2,9 persen.

Namun, pertumbuhan ekonomi AS itu di atas harapan pelaku pasar dua persen. Namun, tingkat pertumbuhan terendah dalam setahun. Konsumsi pribadi mereda di tengah pengeluaran yang lebih rendah pada mobil, pakaian, alas kaki, dan investasi. Rilis data ekonomi lainnya yaitu Institute for Supply Management Manufacturing PMI di AS turun menjadi 57,3 pada April 2018 dari bulan sebelumnya 59,3.

Angka itu menunjukkan laju pelemahan paling lemah di sektor manufaktur sejak Juli 2017. Ini karena pesanan baru, produksi,lapangan kerja tumbuh lambat. Sentimen luar negeri lainnya pengaruhi pasar yaitu China. Negara tirai bambu itu berhenti membeli kedelai dari AS.Kabar itu menunjukkan kalau China tidak lagi membeli kedelai AS di tengah meningkatnya ketegangan perdagangan.

China telah membatalkan beberapa kali pembelian kedelai AS dalam dua minggu sejak April 2018. Pada pekan ini, AS dan China melakukan pertemuan untuk diskusi soal perdagangan. Dari internal, Bank Indonesia (BI) akan meningkatkan kepemilikan obligasi pemerintah seiring mata uang rupiah melemah.

Nilai tukar rupiah tertekan itu juga memacu investor asing realisasikan keuntungan. Imbal hasil obligasi pemerintah bertenor 10 tahun naik menjadi 7,21 persen pada 25 April 2018. Investor asing memegang38,5 persen dari obligasi pemerintah Indonesia berdenominasi rupiah.

 

Selanjutnya

Indeks harga saham gabungan (IHSG) melemah tipis 0,01 persen (0,41 poin) ke 5.371,67 pada penutupan perdagangan hari ini. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Kemudian apa hal yang perlu dicermati ke depan?

Sebelumnya konsensus memperkirakan pertumbuhan earning per share (eps) 13-14 persen pada 2018. Namun, Ashmore melihat penurunan pertumbuhan eps menjadi 12-13 persen year on year (YoY).

Hingga kini, mayoritas perusahaan telah melaporkan hasil kinerja keuangan kuartal I 2018 dan direspons cukup positif. Pertumbuhanpendapatan emiten sekitar tujuh persen pada kuartal I 2018.

"Hanya sepertiga perusahaan yang kinerjanya di bawah dari yang diperkirakan.Jumlah perusahaan itu dari total perusahaan yang sudah laporkan kinerja keuangan," tulis laporan Ashmore.

Selain itu, Ashmore melihat kejutan dari kinerja barang konsumsi termasuk rokok yang masih melemah. Harga jual rendahuntuk semen dan tekanan marjin berlanjut berdampak terhadap pendapatan emiten. Sementara itu, sektor konstruksi dan ritelmenunjukkan kinerja positif. Adapun sektor yang menunjukkan sesuai harapan kinerha antara lain bank, batu bara, supply chain dan properti. Diperkirakan sektor emiten itu dapat mampu mengejar target hingga akhir 2018.

Lalu menjadi pertanyaan kini mengapa kinerja barang konsumsi lamban tetapi ritel menguat? Ashmore melihat pertanyaanitu akan muncul pada akhir tahun jika konsumsi tidak meningkat.

Salah satu kemungkinannya didorong dari perubahan struktural konsumen yang lebih memilih gaya hidup dari pada pembelian bokok.Lalu apa yang dapat meningkatkan konsumsi pada kuartal II 2018? Pertama, aliran dana kampanye yang belum digunakan dan anggaran desa.Pada April 2018, ekonomi memperkirakan 80 persen anggaran telah dialihkan ke daerah tetapi belum disalurkan untuk desa.

"Kedua, tambahan tunjangan dan bonus untuk pensiunan dan pegawai negeri sipil mulai 2018 dapat perbesar pendapatan," tulis Ashmore.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Bola Hari Ini, Siaran Langsung 5 Mei 2018

Posted: 04 May 2018 07:30 PM PDT

Liga Inggris semakin seru menjelang akhir musim. Meski gelar juara sudah jadi milik Manchester City, beberapa tim masih berjuang memperebutkan tiket Liga Champions atau sekadar menghindari dari degradasi. 

Nanti malam Tottenham Hotspur akan dijamu West Bromwich Albion. Kedua tim punya misi berbeda di laga ini. Tottenham butuh poin penuh untuk mengamankan tiket ke Liga Champions.

Sedangkan WBA wajib menang jika tak mau terdegradasi dari Liga Inggris. WBA saat ini merupakan juru kunci klasemen. Mereka tertinggal lima poin dari zona aman.

Tim-tim besar Liga Inggris lainnya seperti Chelsea, Liverpool, City dan Arsenal baru akan turun bertanding pada hari Minggu (6/5/2018).

Dari Liga Spanyol, laga seru akan mempertemukan Villarreal dengan Valencia. Laga ini akan disiarkan Bein Sports 1.

 

Jadwal

ilustrasi

Sabtu, 5 Mei 2018

Liga Inggris

18:30 WIB: Stoke City vs Crystal Palace (BeIN Sports 1)

21:00 WIB: West Bromwich vs Tottenham (BeIN Sports 1)

21:00 WIB: Leicester vs West Ham (BeIN Sports 2)

21:00 WIB: Bornemouth vs Swansea (BeIN Sports 3)

23:30 WIB: Everton vs Southampton (BeIN Sports 1)

Liga Spanyol

18:00 WIB: Girona vs Eibar (BeIN Sports 2)

23:30 WIB: Celta Vigo vs Deportivo (BeIN Sports 2)

01:45 WIB: Villarreal vs Valencia (BeIN Sports 2)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

63 Persen Publik Puas Keamanan di Tangan Jokowi, PDIP: Pertahankan

Posted: 04 May 2018 07:29 PM PDT

Politikus PDI Perjuangan Charles Honoris meyakini tingkat keamanan Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo atau Jokowi tak perlu diragukan. Pernyataan ini didasarkan dari hasil survei Indikator Politik Indonesia yang dirilis baru-baru ini.

"Hasil survei Indikator Politik yang dirilis baru-baru ini, publik yang menilai keamanan baik atau sangat baik mencapai 63 persen, atau tertinggi selama hampir sembilan tahun terakhir," kata anggota Komisi I DPR RI ini dalam keterangan tertulis yang diterima, Jumat, 4 Mei 2018.

Karena itu, dia menepis seluruh anggapan yang menyebut ketidakamanan nasional, terlebih saat politisasi isu SARA semakin marak.

"Jokowi tetap bisa mengatasinya dengan baik, sehingga masyarakat tidak terpengaruh dan tetap merasa aman," jelas dia.

Ke depan, Charles berharap, tren positif bisa terus dijaga oleh Presiden Jokowi. Kendati memasuki tahun politik, di mana tantangan keamanan semakin tinggi.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Publik Puas Kinerja Jokowi

Tidak hanya merasa aman, hasil survei Indikator Politik juga menunjukkan tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Jokowi mencapai angka 71,3 persen.

Dengan penjabaran 56,5 persen cukup puas, dan 14,8 sangat puas. Sementara, pihak yang menyatakan kurang puas sebanyak 25,4 persen dan tidak puas sama sekali 1,9 persen, serta tidak jawab 1,5 persen.

Namun, ketika dibedah dalam konteks memilih calon presiden, tidak semua dari 71 persen pemilih puas tersebut akan memilih mantan Gubernur DKI Jakarta itu. Sebesar 65,5 persen dari total pemilih puas tersebut akan mengalihkannya menjadi suara dukungan kepada Jokowi. Sementara yang mengalihkan ke Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebesar 11 persen, dan lainnya 12,2 persen.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Timnas Prancis Tanpa Bek Arsenal di Piala Dunia 2018

Posted: 04 May 2018 07:16 PM PDT

Timnas Prancis tidak akan diperkuat bek Arsenal Laurent Koscielny di Piala Dunia 2018 Rusia. Koscielny menderita cedera dan harus jalani operasi.

Koscielny mengalami cedera retak achilles kala membela Arsenal dalam laga semifinal Liga Europa kontra Atletico Madrid. Pemain 32 tahun itu terpaksa ditarik keluar ketika laga baru berjalan 12 menit.

 

Usai dilakukan pemeriksaan, pelatih timnas Prancis, Didier Deschamps pun resmi mengumumkan bahwa Koscielny tak akan masuk skuat ke Rusia. Arsenal juga kehilangan Koscielny di sisa akhir musim ini.

"Ini pukulan yang sangat telak bagi tim Prancis. Cedera tak pernah datang di waktu yang tepat," ujar Deschamps seperti dilansir laman resmi federasi sepakbola Prancis.

"Saya sangat sedih untuk Laurent karena Piala Dunia ini juga sangat penting baginya dalam kariernya dan saya mendoakan semoga ia punya kekuatan dan kembali ke lapangan karena saya yakin ia masih punya sesuatu yang hebat untuk ditunjukkan," lanjutnya.

Di Rusia nanti, Prancis tergabung di Grup C bersama Australia, Peru dan Denmark. Les Bleus bakal mengawali petualangan mereka dengan menghadapi Australia di Kazan pada 16 Juni mendatang.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Tampil Buruk, Simmons Dapat Wejangan dari Iverson

Posted: 04 May 2018 07:15 PM PDT

Ben Simmons tampil buruk di gim kedua semifinal Wilayah Timur NBA. Saat Philadelpia 76ers dijamu Boston Celtics, Simmons cuma membuat satu poin saja.

Buruknya kinerja Simmons membuat Sixers harus mengakui keunggulan Celtics 103-108. Padahal di laga itu Sixers sempat unggul 22 poin. 

Akibat kekalahan di gim kedua, Sixers kini teringgal 0-2. Mereka wajib memenangi dua gim berikutnya di kandang sendiri, Wells Fargo Arena.

Melihat Simmons tak berdaya melawan Celtics, legenda Sixers Allen Iverson prihatin. Iverson langsung menyemangati Simmons lewat telepon.

"Saya dengar dia ingin berbicara dengan saya sehingga saya berbicara di telepon dengannya dan dia memberi saya kata-kata dorongan," kata Simmons.

Iverson Prihatin

Philadelphia 76ers bakal meladeni Dallas Mavericks pada pramusim NBA 2018-2019. (AP Photo/Chris Szagola)

Iverson meminta Simmons untuk tetap percaya diri dan bermain seperti biasa pada gim ketiga. Iverson yakin Simmons bisa bangkit.

Simmons juga berjanji akan tampil lebih baik lagi. Simmons sepanjang play-off memiliki catatan rata-rata 15,7 poin, 9,3 rebound dan 8,3 assists.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tim Pencari Puing MH370 Temukan Petunjuk Bangkai Kapal Kuno dari Abad ke-19

Posted: 04 May 2018 07:12 PM PDT

Tim pencari puing pesawat Malaysia Airlines MH370 tak sengaja menemukan petunjuk keberadaan dua bangkai kapal kuno dari abad ke-19, di tengah pencarian puing-puing burung besi nahas tersebut di Australia.

Petunjuk keberadaan dua bangkai kapal itu berupa sampel yang ditemukan pada 2015, masing-masing di antaranya terpisah sekitar 35 km, sekitar 2.317 km lepas pantai barat daya Australia. Demikian seperti dikutip dari Independent (4/5/2018).

Sebuah pesawat nirawak telah berhasil mengambil sampel tersebut, yang berupa jejak materi batu bara dari salah satu lokasi yang dekat dengan bangkai kapal itu. Sampel diperoleh pada kedalaman 3 km di bawah permukaan laut.

"Sebagian besar material yang tersebar luas di dasar laut terdiri dari sisa-sisa muatan batu-bara yang tumpah keluar dari lambung kapal," jelas Ross Anderson, kurator arkeologi maritim di Australian Museum, menjelaskan penemuan sampel yang menjadi bukti petunjuk kedua kapal tersebut.

"Bukti menunjukkan, kapal tenggelam karena peristiwa bencana seperti ledakan, yang biasa terjadi dalam pengangkutan kargo batu bara," lanjut Anderson.

Beberapa analis dari Australian Museum, yang telah menyelesaikan kajian atas sampel itu beserta bukti lain baru-baru ini, menduga kuat bahwa bangkai dua kapal itu berasal dari Inggris.

Salah satu kapal diduga berjenis brig (kapal layar dengan dua tiang) bernama W Gordon atau kapal berjenis barque (kapal layar dengan tiga tiang atau lebih) bernama Magdala.

W Gordon yang berawak 10 orang sedang dalam perjalanan dari Skotlandia ke Australia ketika menghilang pada tahun 1877. Sementara Magdala hilang pada tahun 1882 saat berlayar dari Wales ke Indonesia.

Sementara kapal kedua diduga berjenis barque bernama West Ridge berawak 28 pelaut, yang lenyap ketika berlayar dari Inggris ke India pada tahun 1883, kata laporan Australian Museum.

Meskipun tidak ada bukti tentang apa yang menyebabkan bencana, lokasi penemuan sampel yang berada di sebelah timur rute perdagangan dari Eropa ke Asia menunjukkan bahwa mungkin kapal-kapal itu mungkin telah menuju ke pelabuhan tedekat di Australia untuk meminta bantuan.

Sampai saat ini, pencarian dua bangkai kapal itu serta MH370 masih terus berlangsung.

Sedangkan Ross Anderson mengatakan, penemuan mengenai dua bangkai kapal dari abad ke-19 itu merupakan produk sampingan yang signifikan dari pencarian MH370, yang sampai saat ini memasuki tahun keempat sejak hilang pada Maret 2018.

 

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

Rebutan Wewenang Mencari Bangkai Pesawat MH370

Bangkai kapal kuno yang tak sengaja ditemukan oleh tim pemcari bangkai pesawat MH370 (AFP PHOTO via The Guardian)

Perebutan kewenangan muncul dalam penyelidikan yang dipimpin pihak Malaysia atas hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH370 di Samudra Hindia empat tahun lalu. Empat penyidik kecelakaan udara sipil, termasuk otoritas yang menganalisis data penerbangan kotak hitam, telah dikesampingkan terkait alasan keterbatasan anggaran.

Dilansir dari laman Australia Plus pada Jumat, 9 Februari 2018, militer Malaysia ingin menggantikan mereka dengan tujuh pilot pesawat tempur Angkatan Udara dan pilot helikopter dengan pengalaman penyelidikan kecelakaan yang minim.

Penerbang utama militer Malaysia, Kolonel Lau Ing Hiong, mengonfirmasi penugasannya ke tim pencari. "Ya, benar," katanya.

Kolonel Hiong mengatakan perannya dalam tim adalah untuk mengantisipasi adanya kotak hitam MH370 yang ditemukan, tetapi membantah akan ada operasi militer untuk mengamankan kotak hitam tersebut.

Pihak-pihak yang terkait dengan penyelidikan dan tak bersedia disebutkan identitasnya mengatakan kepada ABC bahwa mereka khawatir langkah tersebut mengganggu independensi tim pencarian.

Salah satunya mengatakan kehadiran mereka yang tidak berwenang seperti personel Angkatan Udara di dalam kapal pencari bisa menimbulkan pertanyaan tentang rangkaian bukti-bukti.

Hal itu karena adanya konflik kepentingan personel militer antara pihak sipil dalam pencarian dan komandan militer mereka.

Namun, sumber dalam tim pencarian mengatakan pencarian MH370 telah terganggu karena kehadiran personel militer dalam tim.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: