Selasa, 01 Mei 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


4 Fakta Teladan Sosok Ki Hajar Dewantara

Posted: 01 May 2018 10:05 PM PDT

Jejak-jejak peninggalan Ki Hajar Dewantara terekam dengan rapi di Museum Dewantara Kirti Griya yang berlokasi di Jalan Taman Siswa Yogyakarta. Di tempat ini, tokoh pelopor pendidikan rakyat Raden Mas Suwardi Suryaningrat menghabiskan waktu bersama istri.

Museum yang diresmikan Nyi Hadjar pada 2 Mei 1970 diberi nama sesuai fungsinya semula. Kirti berarti kerja dan griya bermakna rumah. Bangunan yang luasnya tidak lebih dari 500 meter persegi itu bukan hanya tempat tinggal keluarga Ki Hajar Dewantara, melainkan juga tempatnya berkarya.

Di museum ini pengunjung bisa mengetahui beberapa fakta tentang kehidupan pribadi Menteri Pendidikan pertama Indonesia itu.

Apa saja, berikut fakta yang dihimpun Liputan6.com tentang kepribadian Ki Hajar Dewantara, Rabu (2/5/2018).

 

1. Peduli Keluarga

Jejak Ki Hadjar Dewantara di Museum Dewantara Griya Kirti (Liputan6.com / Switzy Sabandar)

Ki Hadjar Dewantara merupakan orang yang sangat perhatian dan peduli dengan keluarganya. Hal ini tampak dari dua kamar yang pernah ditempati beliau semasa hidup.

Kamar pertama merupakan ruang kerjanya dengan mesin ketik kuno yang menghasilkan suara keras ketika dioperasikan. Letaknya berada di depan. Sementara, kamar lainnya, agak di belakang, merupakan tempat tidur bersama dengan sang istri.

Ki Hajar tidak ingin istrinya terganggu dengan suara mesin ketik ketika ia harus bekerja. Demikian pula dengan sang anak yang menempati kamar di sebelah kamar tidurnya dengan sang istri.

 

2. Suka Seni

Ki Hajar Dewantara punya peran penting dalam membangun pendidikan di Indonesia.

Ki Hadjar meyakini seni sebagai ujung tombak pendidikan. Ia menghasilkan tembang dolanan anak dari piano yang tersimpan di ruang tengah museum. Dia juga memajang lukisan Affandi di dinding kamar tidur anaknya.

Bahkan, maestro lukis itu juga menjadi salah satu pamong di perguruan Taman Siswa yang didirikan Ki Hadjar.

Ki Hadjar merupakan keturunan Paku Alam III, dia juga membawa kesenian keraton ke luar wilayah kerajaan dan bisa dimainkan oleh rakyat biasa, salah satunya Tari Golek.

 

3. Lepas Gelar Bangsawan

Jejak Ki Hadjar Dewantara di Museum Dewantara Griya Kirti (Liputan6.com / Switzy Sabandar)

Ki Hadjar melepas gelar kebangsawanannya dan mengganti namanya pada usia 40 tahun. Ki Hadjar ingin menyatu dengan orang kebanyakan.

Raden Mas ditanggalkan, ia memilih nama Ki Hadjar Dewantara yang berasal dari kata hadjar berarti guru dan Dewa Antara yang bermakna penghubung Bumi dan dunia yang lebih tinggi.

 

4. Simpan Baju Ki Hajar

Jejak Ki Hadjar Dewantara di Museum Dewantara Griya Kirti (Liputan6.com / Switzy Sabandar)

Museum ini menyimpan baju penjara milik Ki Hajar.

Baju berwarna cokelat pudar itu terbuat dari bahan menyerupai goni dan disimpan di dalam lemari kaca.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Cara Pakai Helm yang Bikin Tepuk Jidat

Posted: 01 May 2018 10:02 PM PDT

Helm memiliki fungsi untuk melindungi penggunanya. Tentu helm dapat melindungi secara maksimal jika digunakan sebagaimana mestinya. 

Di Indonesia sendiri, peraturan yang mewajibkan pengendara motor mengenakan helm tertuang dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Pada Pasal 291 tertulis, jika pengendara motor di jalan tidak mengenakan helm SNI, maka diancam pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda maksimal Rp 250.000. Lebih jauh lagi, jika pengendara motor membiarkan boncenger tidak mengenakan helm SNI maka diancam hukuman yang sama.

Namun, sayangnya di Indonesia masih banyak orang yang memakai helm dengan tujuan agar tidak ditilang polisi lalu lintas. Nggak heran, karena niat yang salah ini tak sedikit orang yang kemudian memakai helm dengan asal-asalan. Ada saja pengendara motor yang memakai helm dengan gaya unik bahkan cenderung nyeleneh.

Seperti sederet orang yang dirangkum Brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (2/5), berikut ini. Entah karena salah pakai atau disengaja, gaya mereka memakai helm justru nyeleneh dan bikin tepuk jidat.

Sumber : Brilio.net

1. Makainya mucuk di atas banget nih?

1. Makainya mucuk di atas banget nih? (Brilio.net)

2. Terserah emak lah.

2. Terserah emak lah.(Brilio.net)

3. Adeknya kegedean helm nih.

3. Adeknya kegedean helm nih.(Brilio.net)

4. Nggak muat kali ya helmnya?

4. Nggak muat kali ya helmnya?(Brilio.net)

5. Mungkin buru-buru, trus nggak sadar kalau kebalik.

5. Mungkin buru-buru, trus nggak sadar kalau kebalik. (Brilio.net)

6. Ini makainya malah nyamping gini.

6. Ini makainya malah nyamping gini.(Brilio.net)

7. Matanya sampai ketutupan.

7. Matanya sampai ketutupan.(Brilio.net)

8. Kok makainya gini ya?

8. Kok makainya gini ya?(Brilio.net)

9. Lagi-lagi kebalik makainya.

9. Lagi-lagi kebalik makainya.(Brilio.net)

10. Sepertinya pakai helm kayak gini lagi ngetren.

10. Sepertinya pakai helm kayak gini lagi ngetren.(Brilio.net)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Semangat Mandiri hingga Napas Terakhir Loper Koran dan 3 Anaknya di Gubuk Reyot

Posted: 01 May 2018 10:02 PM PDT

Agussalim (35) mengembuskan nafas terakhir di dalam gubuk reyot miliknya yang berukuran 4X4 meter, akhir pekan lalu. Loper koran lokal di Kota Kendari itu, tak berumur panjang usai kerap diserang maag akut sejak 2012 lalu.

Sering terlambat makan dan kelelahan menjadi alasan utama Agussalim tertimpa penyakit itu. Sebab, selain karena pekerjaannya yang kebanyakan berada di jalan raya, kondisi ekonominya juga memprihatinkan.

Pada 2012, Agussalim sempat dibawa ke rumah sakit oleh istrinya. Namun, karena tak cukup biaya, rupanya itu terakhir kalinya dia menginjakkan kaki di rumah sakit.

Di gubuk itu yang nyaris roboh itu dia bersama Siti Mutiara (33) istrinya, menetap sejak 2013. Bersama tiga orang anaknya, mereka merantau dari Kota Makassar, Sulawesi Selatan pada 2012.

Di rumah yang hanya memiliki dua kamar dan berdinding papan dan tenda bekas itu Agussalim dan keluarga beristirahat, melepaskan penat setelah beraktivitas sehari-hari. Kumuh dan berantakan, kesan pertama saat melihat tempat loper koran itu tinggal.

Saat menginjakkan kaki di pondok yang berlokasi di Jalan La Ode Hadi, Kelurahan Bonggoeya, Kendari itu, terdengar suara lantai kayu yang mulai rapuh. Bahkan, kaki sejumlah pembesuk sempat terperosok saat membawa sedekah puluhan kilogram beras, telur, mi instan, dan minyak goreng.

Di kamar depan yang tak layak disebut ruang tamu, ada semacam meja, merangkap tempat tidur dan meja makan yang dilengkapi tikar dari anyaman bambu.

"Ini rumah kami sendiri yang buat, hasil dari saya dan bapak menjual koran dan tisu di lampu merah," ujar Tiara, sapaan istri Agussalim.

Tanah tempat berdirinya rumah, diungkapkan Tiara, dipinjamkan salah seorang warga Kota Kendari. Warga yang tak dia ingat namanya itu, meminjamkan tanah untuk membangun gubuk hingga mereka punya rumah sendiri.

"Tapi, belum sempat punya rumah, bapak sudah meninggal. Sekarang, saya yang merawat ketiga anak saya," ujar Tiara.

Dua dari tiga orang anaknya, kini duduk di sekolah dasar. Paling sulung, Herman Lili (13), kelas 3 SD. Adiknya, Rika (12) duduk di kelas 2 SD. Rustam Marzuki (6) paling bungsu, belum bersekolah.

Sering Makan dari Pemberian Tetangga

Tiara, istri Agussalim mengatakan, untuk makan sehari-hari mereka sering dikasih tetangga. Bukannya tak mampu membeli makanan, tetapi jika tetangga memberi, semua lauk pasti lengkap.

"Kalau tetangga yang bawa, ada sayur, ikan, dan nasi," ujar Tiara.

Meskipun sehari-hari menjajakan koran bersama suaminya, kehidupan keduanya sangat sulit. Sebab, ketiga anaknya terus tumbuh dan memerlukan biaya yang semakin besar, terutama untuk biaya sekolah.

"Kalau pagi, saya jual tiga koran lokal. Kadang uangnya tidak cukup. Jadi saya kalau sudah sore jualan tisu," katanya, sambil menyebut sejumlah nama koran harian lokal Kendari.

Herman Lili, anak sulung loper koran di Kendari itu mengatakan, rumahnya tak cukup nyaman bagi dirinya dan adik-adiknya. Namun, karena persoalan ekonomi keluarganya, dia harus menerima keadaan itu.

"Saya hanya bisa bantu ibu sedikit-sedikit, mudah-mudahan kalau sudah besar bisa bantu banyak," ujar Herman Lili sedih.

 

Tak Mau Dianggap Pengemis

Keluarga Agussalim saat menerima bantuan dari Kapolres. (Liputan6.com/Ahmad Akbar Fua)

Tiara, mengaku memiliki beberapa keluarga di Kota Kendari. Namun, wanita ini lebih memilih hidup mandiri.

"Saya punya keluarga, suami juga punya. Tapi, daripada kami dianggap meminta-minta, lebih baik jangan minta tolong mereka," katanya.

Hingga kematian suaminya, Tiara tidak memberi tahu sanak familinya. Mulai dari proses pemandian jenazah hingga penguburan, tetangganya yang berperan besar.

"Kami lebih baik kerja sendiri daripada mengharapkan orang," dia menambahkan. 

Dua hari sejak kematian suaminya, pihak kantor tempatnya menjual koran juga belum datang menjenguk kondisinya. Hanya Kapolres Kendari, yang datang bersama anggota dan pengurus Bhayangkari.

"Saya tahunya dari media sosial, anggota dan teman-teman wartawan," kata Kapolres Kendari, AKBP Jemi Junaidi.

Kapolres Kendari, mengatakan akan berkoordinasi dengan Pemkot Kendari untuk memberikan solusi bagi keluarga penjaja koran ini. Sebab, sejak pertama menginjakkan kaki di gubuk milik Tiara dan suaminya, Kapolres langsung tersentuh.

Bahkan, kaki istri Kapolres Kendari, Siska, sempat terperosok begitu masuk ke dalam rumah loper koran ini. Lantai papan yang sudah lapuk tidak mampu menahan berat empat orang diatasnya.

Saat itu, sejumlah pengurus Bhayangkari dan anggota Polres Kendari, datang memberikan bantuan makanan. Tidak hanya itu, Tiara dan anak-anaknya juga mendapatkan bantuan uang tunai dari organisasi kepolisian, HBC-Reg dan BCI Sultra.

"Saya akan coba bantu koordinasi ke wali kota, mudah-mudahan dapat respon baik," ujarnya.

Kapolres mengatakan, jika ada pihak yang memiliki rezeki berlebih, sudah saatnya membantu. Sebab, kondisi keluarga Agussalim ini sangat memprihatinkan. "Kasihan mereka, tidur saja bertumpuk begitu di atas papan," dia menandaskan.

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Erick Thohir: Jadi Tuan Rumah Asian Games 2018 Banyak Keuntungannya

Posted: 01 May 2018 10:01 PM PDT

Asian Games 2018 sebagai ajang olahraga terbesar di Asia ini akan memberikan banyak keuntungan kepada Indonesia selaku tuan rumahnya. Salah satunya, sebagai alat promosi untuk menarik banyak wisatawan mancanegara (wisman) masuk ke Tanah Air.

Ketua komite penyelenggaraan Asian Games 2018 (Inasgoc) Erick Thohir mengungkapkan, perhelatan tersebut akan banyak memberikan dampak positif bagi Indonesia, utamanya promosi wisata.

"Saya rasa dampak Asian Games 2018 ini bisa sebagai national branding, yaitu bentuk promosi untuk visit Indonesia. Selain itu juga akan mempromosikan budaya dan apa itu Indonesia kepada publik dunia," tuturnya di acara Diskusi Tempo: Road to 18th Asian Games 2018 di Le Meridien Hotel, Jakarta, Rabu (2/4/2018).

Salah satu bentuk promosi budaya itu juga nantinya akan disalurkan kepada para kontingen atlet peserta Asian Games 2018, yaitu dengan mempromosikan makanan khas Indonesia di setiap atlet village, atau camp atlet.

Berbagai keunggulan perhelatan ini pun ia sebutkan, seperti contoh, acara terbesar kedua di dunia mengacu pada jumlah pesertanya yang sebanyak 15 ribu orang dari 45 negara. Menurutnya, itu hanya kalah dari Olimpiade, yang diikuti oleh 190 lebih negara dunia.

Terkait penyelenggaraan acara, dia menghitung, itu akan melibatkan sekitar 30 ribu volunteer, yang mana 90 persennya berusia di bawah 30 tahun.

 

5 Miliar Pemirsa

Ketua Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee atau INASGOC, Erick Thohir (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Erick Thohir pun menargetkan, Asian Games 2018 bisa menarik perhatian sebanyak 5 miliar pemirsa. Angka fantastis itu ditetapkannya, lantaran event olahraga tersebut akan disiarkan tidak hanya di Asia, tapi juga ke negara lain di berbagai penjuru dunia.

"Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Asian Games akan disiarkan di Amerika Latin," jelasnya.

"Sebulan sebelum Asian Games, kita juga sudah negosiasi, bahwa panitia diberi kesempatan secara OTT (bisnis Over The Top) untuk menyiarkannya ke negara di luar Asia lain, seperti di Belanda. Ini adalah sebuah terobosan, dengan argumentasi bahwa penduduk Asia itu sekarang ada di seluruh dunia," pungkas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Timnas Indonesia U-23, Laga Melawan Uzbekistan

Posted: 01 May 2018 10:00 PM PDT

Timnas Indonesia U-23 akan melakoni laga pamungkas Anniversary Cup 2018 dengan menghadapi Uzbekistan. Laga tersebut dihelat di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Kamis (3/5/2018).

Sebelumnya, Timnas Indonesia U-23 gagal mendapatkan hasil maksimal pada dua laga perdana. Pertama, tim besutan Luis Milla itu harus menelan kekalahan 0-1 dari Bahrain. Selanjutnya, mereka bermain imbang tanpa gol melawan Korea Utara.

Menghadapi Uzbekistan, Timnas Indonesia U-23 tentu harus mengeluarkan kemampuan maksimal. Itu karena Uzbekistan adalah tim yang baru saja tampil sebagai juara Piala Asia U-23 2018.

"Uzbekistan adalah tim juara Asia (U-23). Saya ingin tim kita berkompetisi dan lebih baik lagi. Tim ini punya kualitas dan sedang berkembang. Kita masih butuh waktu," ujar pelatih Luis Milla.

 

Jadwal Timnas Indonesia U-23

Kamis, 3 Mei 2018

19:30 WIB: Indonesia vs Uzbekistan

 

Klasemen Anniversary Cup 2018

1. Bahrain (Main:2, Menang: 1, Imbang: 1, Kalah:0, Poin: 4)

2. Uzbekistan (Main:2, Menang: 0, Imbang: 2, Kalah, 0, Poin: 2)

3. Korea Utara (Main: 2, Menang: 0, Imbang: 2, Kalah: 0, Poin: 2)

4. Indonesia (Main: 2, Menang: 0, Imbang: 1, Kalah: 1, Poin: 1)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jangan Dicabut, 4 Fakta Menarik Uban yang Perlu Kamu Tahu

Posted: 01 May 2018 10:00 PM PDT

Mendengar kata uban pasti bikin sebal banyak orang. Munculnya rambut putih itu kerap dibenci karena menunjukkan usia yang semakin tua.

Padahal munculnya uban bisa ditandai oleh sejumlah faktor. Meliputi merokok, stres, gaya hidup tak sehat, merupakan beberapa di antaranya yang dapat mempercepat pertumbuhan uban di kepala kita.

Bukan jadi hal yang mengherankan, jika banyak orang berusaha untuk mencabut atau mewarnai uban supaya tak mengganggu penampilan. Padahal sebelum melakukan kedua hal itu, kamu perlu mengetahui sejumlah fakta tentang uban.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut empat fakta uban yang perlu kamu tahu.

1. Akar rambut

Ilustrasi Uban (iStockphoto)​

Banyak yang tidak tahu sebenarnya akar rambut memiliki warnanya putih atau abu-abu. Barulah kemudian warna hitam, cokelat, kemerahan atau pirang didapat dari pigmen melanin yang memberinya warna seiring pertumbuhannya.

Namun karena pertambahan usia, sel-sel yang memproduksi melanin perlahan-lahan mati dan tumbuhlah rambut dalam warna aslinya yaitu keputihan, silver atau abu-abu.

2. Gaya hidup

Ilustrasi stres (iStockphoto)

Merokok, stres, pola makan yang buruk, serta munculnya penyakit tertentu mampu membuat uban bertumbuh lebih cepat. Jadi sangat penting untuk menjaga gaya hidup sehat, ini diperlukan agar penundaan penuaan.

Salah satu penyebab utama penuaan dini adalah kurangnya asupan vitamin B12. Jadi pastikan kebutuhan vitamin ini tercukupi setiap hari.

3. Mitos mencabut uban

Ilustrasi Foto Rambut Putih dan Beruban (iStockphoto)

Banyak mitos yang berkembang jika mencabut uban maka akan membuat uban tumbuh lebih banyak, namun hal itu tidak benar. Karena sebenarnya adalah setiap folikel hanya menghasilkan satu rambut.

Jadi, saat Anda mencabut satu rambut, maka folikel yang lain tidak akan menghasilkan uban.

4. Penyebab utama uban

Ilustrasi Foto Rambut Putih dan Beruban (iStockphoto)

Fakta yang terakhir tidak bisa lagi dipungkiri, uban tumbuh karena faktor usia. Hal ini karena ketika Anda bertambah tua maka sel penghasil pigmen rambut akan mati dan membuat uban muncul.

Reporter

Syifa Hanifah

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perawatan Kulit Tangan dan Kaki dengan Produk Premium

Posted: 01 May 2018 10:00 PM PDT

Perawatan kulit menjadi hal yang penting dilakukan. Namun kerap kali Anda melupakan perawatan kulit tangan dan kaki. Akibatnya, kulit tangan dan kaki menjadi lebih gelap dan kusam. OPI sebagai salah brand kecantikan yang cukup sukses dengan cat kukunya, kini juga memberikan perhatian pada kesehatan dan keindahan kulit tangan dan kaki.

OPI sendiri merilis produk premium perawatan kulit tangan dan kaki bernama OPI ProSpa. Menurut Sarah Versari, OPI memiliki warna-warna yang cantik pada cat kukunya. Namun kecantikan tersebut tidak akan terpancar maksimal dengan memiliki kulit tangan dan kaki yang kusam.

 

OPI merilis OPI ProSpa yang menjadi perawatan kulit tangan dan kaki (Liputan6/pool/OPI ProSpa)

"OPI adalah tentang warna. Ketika menemukan warna yang cantik, belum tentu terpancar kecantikannya jika kulit tangan dan kaki kusam, kasar, dan keriput. Keindahan warna akan hilang," ujar Sarah Versari dalam peluncuran OPI ProSpa pada Jumat (27/4/2018) di Plaza Indonesia, Jakarta.

Produk OPI ProSpa sendiri memiliki kandungan yang tidak hanya membersihkan kulit tangan dan kaki namun juga menutrisinya agar tetap sehat. Produk dalam rangkaian perawatan OPI ProSpa mengandung bahan-bahan, seperti cupuacu butter dan ekstrak teh putih yang kaya antioksidan. Sehingga mampu melawan kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas. Selain itu, juga mengandung peptida restoratif untuk menjaga kulit tetap sehat.

Bekerja sama dengan ahli dermatologis, Dr. Zena Gabriel, OPI menggabungkan perawatan kulit dengan pengetahuan dari OPI tentang perawatan tangan dan kaki. Sehingga menghasilkan produk yang cocok untuk perawatan kulit tangan dan kaki. Tanpa perawatan yang tepat, kulit akan menunjukkan usia yang berlebihan, kulit kemerahan, kering, bersisik, dan pecah-pecah.

 

OPI merilis OPI ProSpa yang menjadi perawatan kulit tangan dan kaki (Liputan6/pool/OPI ProSpa)

Dengan perawatan yang tepat, kulit tangan dan kaki akan lebih lembab dan terlindungi yanng mamp mencegah tanda-tanda penuaan. Pemijatan yang dilakukan selama perawatan akan meningkatkan sirkulasi, pembaharuan sel dari pengelupasan kulit yang dikombinasikan dengan membantu memberikan kulit yang lebih muda.

OPI ProSpa hadir dalam 14 produk untuk manicure dan pedicure. Di mana enam produk khusus untuk manicure dan enam lainnya khusus untuk pedicure. Sementara terdapat dua produk lainnya, yakni ProSpa Whip Massage Cream dan ProSpa Moisture Bonding Ceramide Spray, dapat digunakan untuk perawatan manicure dan pedicure.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jonan Pastikan Proyek Kelistrikan 35 Ribu MW Jalan Terus

Posted: 01 May 2018 10:00 PM PDT

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menyatakan bahwa tidak akan ada revisi investasi pada bidang ketenagalistrikan. Program 35 ribu megawatt (MW) akan selesai sesuai dengan kebutuhan listrik dari waktu ke waktu.

Jonan menjelaskan, pemerintah terus berupaya mendorong pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan, sesuai dengan pertumbuhan ekonomi dan konsumsi listrik. Sebab itu, tidak ada revisi investasi pada ketenagalistrikan.

Jonan mengungkapkan, yang terjadi hanyalah pergeseran waktu penyelesaian atau Commercial Operation Date (COD) sebagian pembangkit listrik menjadi tahun 2024-2025. Pergeseran tersebut sesuai dengan Rencana Umum Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) Tahun 2018-2027.

"Yang terjadi hanyalah pergeseran waktu penyelesaian atau COD sebagian pembangkit listrik menjadi tahun 2024-2025 sesuai RUPTL, yang mana hal ini dibuat atas dasar estimasi pertumbuhan kebutuhan listrik sekitar 7 hingga 8 persen per tahun," kata Jonan, di Jakarta, Rabu (2/5/2018).

Dengan demikian, program 35 ribu MW tetap diselesaikan sesuai dengan kebutuhan listrik dari tahun ke tahun.‎ Pemerintah juga menjaga keseimbangan pasokan dan kebutuhan, untuk mencukupi kebutuhan seluruh masyarakat Indonesia dengan harga terjangkau.‎

"Program 35 ribu MW tetap akan diselesaikan sesuai dengan estimasi kebutuhan listrik dari waktu ke waktu," ucap Jonan.‎

Sebagaimana diketahui bahwa elektrifikasi menjadi salah satu program prioritas nasional, seluruh masyarakat di seluruh pelosok tanah air harus dapat menikmati listrik dengan harga yang terjangkau.

Pemerintah menargetkan rasio elektrifikasi nasional tahun 2019 mencapai lebih dari 99 persen. Pada 2017, rasio elektrifikasi berhasil mencapai 95,35 persen jauh melampaui targetnya yaitu 92,75 persen.

Realisasi Program

Progress sebaran pembangkit listrik dan jaringan tranmisi yang telah dibangun PT. PLN demi program 35.000 MW untuk Indonesia.

Kepala Satuan Komunikasi Korporat PT PLN (Persero), I Made Suprateka mengatakan, hingga Maret 2018, pembangkit listrik bagian dari 35 ribu MW yang sudah beroperasi memasok listrik mencapai 1.504 MW. Sedangkan yang telah masuk tahap konstruksi proyek pembangkit mencapai 48 persen atau setara dengan 16.994 MW.

‎Sementara itu, untuk tahapan kontrak telah mencapai 35 persen atau setara dengan 12.693 MW. Tahapan pengadaan tinggal 10 persen atau setara dengan 3.414 MW, dan tahapan perencanaan hanya menyisakan 3 persen saja.

"Dari data tersebut, terlihat bahwa kemajuan kontrak dan konstruksi melejit, dengan angka yang cukup signifikan di mana sebagian besar merupakan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) yang memang membutuhkan waktu konstruksi kurang lebih 3 sampai 5 tahun‎," kata Made pada 22 Maret 2018. 

Selain pembangunan pembangkit, proyek listrik 35 ribu MW juga membangun jaringan transmisi dan Gardu Induk (GI) yang berfungsi untuk menyalurkan listrik ke pelanggan. Hingga akhir Februari 2018, sebanyak 9.617 kilometer sirkit (kms) jaringan transmisi telah beroperasi. Sisanya 20.620 kms sedang dalam tahap konstruksi, dan 16.553 dalam tahap prakonstruksi.

"Capaian transmisi yang beroperasi mencapai 21 persen dari total 46 ribu kilometer yang harus dibangun. Dan 44 persen dalam tahap pengerjaan. Ini menggembirakan karena begitu pembangkit siap operasi, transmisi sudah siap terlebih dahulu," terang Made.‎

Untuk Gardu Induk (GI), dari 109.459 Mega Volt Amper (MVA) yang ditargetkan, PLN telah mengoperasikan 37.628 MVA. Kemudian 38.289 MVA masih dalam tahap konstruksi, dan 33.542 dalam tahap pra konstruksi.‎

‎"Ini lebih bagus lagi, karena sudah lebih dari 30 persen beroperasi. Sama seperti transmisi, GI ini juga penting dalam proses mengalirkan listrik dari pembangkit-pembangkit listrik 35 ribu MW nanti," tutur Made.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sinopsis Sinetron Cinta Kedua Episode Rabu 2 Mei 2018: Ilham di Apartemen Sania, Apa yang Terjadi?

Posted: 01 May 2018 10:00 PM PDT

Sinetron Cinta Kedua melanjutkan kisahnya. Di episode Cinta Kedua kali in diceritakan bahwa Ilham di apartment Sania. Ilham masih pingsan di atas ranjang. Tampak seorang dokter memeriksa Ilham. Tak lama Ilham mengerjapkan mata dan mulai tersadar.

Dokter bicara dalam bahasa Inggris bahwa Ilham harus banyak istirahat, belum boleh bangun dari tempat tidur. Dokter pulang Sania bilang ke Ilham bahwa dia harus dengar kata dokter kan ilham? Kamu harus banyak istirahat! I

lham tanya ke Sania : apa yang sebenernya terjadi? Terakhir yang aku ingat kecelakaan dalam perjalanan ke Bogor bersama Mutiara, kenapa tiba tiba aku bisa ada di sini?

Sania : Iya kamu memang kecelakaan dalam perjalanan ke Bogor. Kamu pingsan. Untungnya aku pas lewat deket sana juga. Jadi aku tolongin kamu. Ilham bertanya bagaimana Mutiara? Sania: Aku terlalu nguatirin kamu Ham, jadi aku nggak sempat nolongin Mutiara. Ilham shock.

Apa yang sebenarnya terjadi di Cinta Kedua kali ini?

 

 

Ilham: Kamu Sudah Gila, Sania

Adegan sinetron Cinta Kedua (Sinemart)

Ilham kaget dan bilang  bahwa Sania sudah gila. Aku nggak mau. Aku mau pulang. aku mau ketemu Mutiara..Ilham berusaha berdiri lagi. Tapi kepalanya pening lagi. Ilham roboh. Sania mau bantu tapi Ilham singkirkan tangan mantan kekasihnya itu. Jangan sentuh aku!

Sania akhirnya ngomong. Kamu nggak bisa pergi dari sini. Kamu bahkan nggak pegang paspor. Kamu nggak bisa tinggalin aku Ilham.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Latihan Santai Pemain Liverpool Jelang Hadapi AS Roma

Posted: 01 May 2018 10:00 PM PDT

Suasana saat para pemain Liverpool berlatih di Stadion Olimpico, Roma, Italia (1/5). Para pemain Liverpool tampak santai jelang menghadapi AS Roma di leg kedua semifinal Liga Champions. (Ettore Ferrari / ANSA via AP)

Suasana saat para pemain Liverpool berlatih di Stadion Olimpico, Roma, Italia (1/5). Para pemain Liverpool tampak santai jelang menghadapi AS Roma di leg kedua semifinal Liga Champions. (Ettore Ferrari / ANSA via AP)

Senyum pemain Liverpool, Mohamed Salah (kanan) dan Sadio Mane saat sesi latihan di Stadion Olimpico, Roma, Italia (1/5). Liverpool unggul 5-2 menghadapi AS Roma pada leg pertama semifinal Liga Champions. (Ettore Ferrari / ANSA via AP)

Senyum pemain Liverpool, Mohamed Salah (kanan) dan Sadio Mane saat sesi latihan di Stadion Olimpico, Roma, Italia (1/5). Liverpool unggul 5-2 menghadapi AS Roma pada leg pertama semifinal Liga Champions. (Ettore Ferrari / ANSA via AP)

Pemain Liverpool, Mohamed Salah (dua kiri) saat sesi latihan di Stadion Olimpico, Roma, Italia (1/5). Liverpool hanya butuh hasil imbang atau kalah minimal selisih dua gol dari AS Roma pada leg kedua semifinal Liga Champions. (Ettore Ferrari/ANSA via AP)

Pemain Liverpool, Mohamed Salah (dua kiri) saat sesi latihan di Stadion Olimpico, Roma, Italia (1/5). Liverpool hanya butuh hasil imbang atau kalah minimal selisih dua gol dari AS Roma pada leg kedua semifinal Liga Champions. (Ettore Ferrari/ANSA via AP)

Senyum pemain Liverpool, Mohamed Salah (kanan) dan Roberto Firmino saat sesi latihan di Stadion Olimpico, Roma, Italia (1/5). (Ettore Ferrari/ANSA via AP)

Senyum pemain Liverpool, Mohamed Salah (kanan) dan Roberto Firmino saat sesi latihan di Stadion Olimpico, Roma, Italia (1/5). (Ettore Ferrari/ANSA via AP)

Para pemain Liverpool bersiap untuk berlatih di Stadion Olimpico, Roma, Italia (1/5). (Ettore Ferrari/ANSA via AP)

Para pemain Liverpool bersiap untuk berlatih di Stadion Olimpico, Roma, Italia (1/5). (Ettore Ferrari/ANSA via AP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Komunitas Bumi Datar Inggris Gelar Konvensi, Bahas Apa?

Posted: 01 May 2018 10:00 PM PDT

Komunitas yang mempercayai Bumi datar kembali melakukan pertemuan. Kali ini, pertemuan dilakukan oleh komunitas asal Inggris dan menjadi konvensi Bumi datar pertama di negara tersebut.

Dikutip dari Daily Mail, Rabu (2/5/2018), konvensi ini diadakan selama tiga hari di sebuah hotel di Birmingham, Inggris. Rencananya, akan ada sembilan pembicara yang membahas mengenai bentuk Bumi sebenarnya.

Menurut laporan, ada sekitar 200 pengunjung yang menghadiri konvensi tersebut. Adapun pengunjung yang menghadiri konvensi Bumi datar ini diharuskan membayar tiket masuk untuk tiga hari sebesar 107 poundsterling (Rp 2 juta).

Telegraph melaporkan, salah satu pembicara dalam konvensi Bumi datar itu adalah manajer National Health Service (NHS) Inggris bernama Dave Marsh. Ia menuturkan, sebenarnya gaya gravitasi itu tidak ada.

"Riset saya menghancurkan kosmologi big bang karena menunjukkan gagasan soal gravitasi itu tidak ada dan gaya yang sebenarnya ada di alam adalah elektromagnet," tuturnya.

Meski tak merinci riset tersebut, Marsh mengaku berhasil membuktikan sebenarnya tak ada planet yang bergerak. Ia memastikan hal itu dengan menggunakan kamera Nikon dan sebuah aplikasi.

Pembicara lain yang juga turut mengisi konvensi adalah Darren Nesbit, seorang musisi. Menurut Nesbit, Bumi sebenarnya berbentuk seperti berlian yang ditopang oleh sejumlah pilar.

"Saya tak mengatakan hal tersebut adalah pasti, tapi saya pikir itu model yang masuk akal," tuturnya. Adapun pandangan umum lain dari penganut Bumi datar menyebut Bumi sebenarnya berbentuk seperti piringan datar.

Konferensi Bumi Datar Pertama Digelar Tahun Lalu

Ilutrasi bumi datar. (Sumber prince.org)

Konferensi yang membahas mengenai Bumi datar pertama kali digelar di North Carolina, Amerika Serikat. Ajang perdana yang diberi nama Flat Earth International Conference (FEIC) ini diadakan pada 9 dan 10 November 2017.

Ajang ini mengundang sejumlah pembicara yang memang telah lama dikenal sebagai pengikut paham Bumi datar. Salah satunya adalah Darryle Marble yang berupaya membuktikan bumi itu tidak bulat.

Ada pula Mark Sargent, kreator webseries di YouTube yang berjudul Flat Earth Clues. Ia mempercayai Bumi sebenarnya berbentuk kubah besar, seperti yang ditampilkan di film "Truman Show".

Konferensi ini diadakan oleh Kryptoz Media, yang kerap berargumen 'scientism' merupakan agenda buatan agar menjauhkan manusia dari Tuhan. Pembahasan dalam konferensi ini meliputi, 'NASA dan Kebohongan Luar Angkasa' atau 'Bumi Datar dalam Metode Ilmiah'.

Untuk informasi, pengikut paham Bumi datar mempercayai planet ini tak berbentuk bulat. Mereka berpendapat NASA dan badan ilmiah lain memalsukan foto dunia dari luar angkasa secara digital dan bersengkokol menyembunyikan kebenaran kalau Bumi itu datar.

Hingga saat ini, belum dapat diketahui jumlah orang yang mempercayai Bumi datar. Namun Flat Earth Society, organisasi tertua yang menganut paham Bumi datar, mengklaim sudah memiliki 555 anggota.

Rencananya, gelaran serupa akan kembali diadakan di Amerika Serikat, tepatnya di 15 hingga 16 November 2018. Penyelenggara memperkirakan akan ada 1.500 pengunjung yang mendatangi konferensi tersebut.

Aksi Pembuktian Bumi Datar

Mike

Selain konferensi, tak sedikit pula penganut Bumi datar yang langsung ingin menguji kebenaran paham tersebut. Salah satunya ditunjukkan oleh Mike Hughes asal Amerika Serikat yang membuat roket secara mandiri untuk membuktikan bentuk Bumi yang sebenarnya.

Pria berumur 61 tahun ini menuturkan aksinya ini merupakan tahap pertama dari program luar angkasa dari Bumi datar. Program ini sendiri disponsori oleh Research Flat Earth, kelompok yang percaya bahwa Bumi tak berbentuk bulat.

Nantinya, roket tersebut dapat meluncur dengan kecepatan hingga 800km/jam. Hughes menuturkan, roket ini dibuat dari beragam logam bekas yang ada di garasinya dan menghabiskan dana sekitar US$ 20 ribu.

Pria ini berencana untuk melakukan penerbangan ke atas Bumi dan mengambil foto. Lalu ia akan membuktikan bahwa para astronot selama ini berkonspirasi yang menyebut planet Bumi berbentuk bulat.

"Saya tak percaya ilmu. Saya mengetahui soal aerodinamika dan dinamika fluida, termasuk cara benda bergerak di udara. Namun, itu bukan ilmu dan hanya formula. Tak ada perbedaan antara ilmu dan fiksi sains," tuturnya.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Sedang Menikah, Pengantin Pria Ditampar

Posted: 01 May 2018 10:00 PM PDT

Seekor lalat hampir merusak sebuah pernikahan. Sial bagi calon suaminya, mempelai wanita memukul dan membunuh serangga itu ketika sedang beristirahat di wajahnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kerja Sama RI-Ceko, Produksi Baja Nasional Siap Diekspor

Posted: 01 May 2018 09:58 PM PDT

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto melakukan kunjungan kerja ke Republik Ceko, Senin, 30 April 2018 waktu setempat. Di sana, Airlangga disambut Wakil Menteri Luar Negeri Ceko, Martin Tlapa.

Menurut Airlangga, ada beberapa hal yang dibicarakan dalam kunjungan ke Ceko. Salah satunya, kerja sama bilateral untuk penguatan industri pertahanan. Kemudian soal rencana ekspor baja produksi Indonesia ke Ceko.

"Pengembangan di industri pertahanan dapat memacu sektor terkait lainnya, seperti industri komponen, industri baja dari hulu sampai hilir termasuk stainless steel yang akan terserap dalam proses produksi," kata Airlangga.

Indonesia dan Ceko memiliki potensi besar untuk menjalin hubungan yang lebih erat, khususnya untuk industri pertahanan, terutama di bidang alat utama sistem persenjataan atau alutsista. Sebab, Indonesia memiliki prospek pasar dan daya saing cukup baik. Misalnya, PT Pindad (Persero) yang telah mumpuni dalam merancang dan membuat kendaraan tempur, persenjataan, serta amunisi.

"Penguatan daya saing alutsista pertahanan nasional semakin dipacu melalui kegiatan penelitian, pengembangan, dan rekayasa yang dilakukan kerja sama antara Kementerian Perindustrian dan Tentara Nasional Indonesia," ujarnya.

Kata Airlangga, Ceko memandang RI mitra yang penting karena letaknya sangat strategis dengan jumlah penduduk besar sehingga sangat berperan dalam menjaga stabilitas dan keamanan di kawasan Asia Tenggara khususnya, dan Asia Pasifik pada umumnya.

"Di samping itu, Ceko melihat Indonesia berperan aktif dalam kerjasama regional seperti ASEAN, APEC dan ASEM," ia menjelaskan.

Saat ini, pemerintah RI tengah memacu pertumbuhan ekonomi nasional dengan menggenjot sektor industri manufaktur. Industri baja menjadi salah satu yang diandalkan. Industri ini dikategorikan sebagai sektor induk atau mother of industry karena produknya merupakan bahan baku utama yang diperlukan bagi kegiatan manufaktur di sektor lainnya.

Oleh karena itu, Kemenperin mengakselerasi pembangunan klaster industri baja di Batulicin, Kalimantan Selatan, dengan target produksi mencapai 6 juta ton baja per tahun.

Selanjutnya, klaster industri baja di Cilegon, Banten, dengan target produksi sebesar 10 juta ton baja tahun 2025, serta klaster di Morowali, Sulawesi Tengah yang akan memproduksi stainless steel hingga 3,5 juta ton pada 2020.

"Dengan produksi industri baja nasional saat ini mencapai 8 juta ton per tahun, Indonesia ada di peringkat ke-6 di Asia sebagai produsen baja kasar," ujar Airlangga.

Apabila produksi industri baja nasional ini diekspor ke Ceko dan beberapa negara Eropa lain, tentunya akan membuka banyak lapangan pekerjaan baru di Indonesia. Dengan begitu, pertumbuhan ekonomi Indonesia akan terus meningkat.

 

Reporter: Rohimat Nurbaya

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Buka Dhawa Fest 2018, Sri Mulyani Dorong Warga Beli Produk Dalam Negeri

Posted: 01 May 2018 09:57 PM PDT

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati membuka pameran Dhawa Fest Pesona 2018. Pameran tersebut mengangkat tema adat tradisional Sumatera Utara yang selenggarakan selama tiga hari mulai dari 2 Mei-4 Mei 2018.

Dalam kesempatan tersebut, Sri Mulyani menggunakan kebaya brokat modern berwarna merah dipadukan dengan songket berwarna cokelat. Kedatangan Sri Mulyani dan pejabat eselon I Kementerian Keuangan disambut dengan tarian dan musik khas Tapanuli Utara.

Sri Mulyani mengatakan, pengangkatan tema Sumatera Utara merupakan salah satu upaya untuk memperkenalkan keberagaman Indonesia. Indonesia tidak hanya satu warna, satu agama, satu suku dan satu daerah.

"Saya senang temanya Sumatera Utara tema yang memperkenalkan seluruh pelosok Indonesia ini harus terus menerus diingatkan dan diedukasi kalau Indonesia itu beragam," ujar Sri Mulyani di Gedung Dhanapala, Jakarta, Rabu (2/5/2018).

Sri Mulyani mengatakan, perbedaan adalah kekayaan yang diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Untuk itu, melalui keberagaman pemerintah akan terus menciptakan kehidupan bernegara yang adil dan makmur bagi seluruh rakyat Indonesia.

"Untuk mencapai tujuan itu perlu seluruh pihak untuk mendukung. Presiden menyampaikan fokus kita adalah membangun manusia melalui kesehatan dan pendidikan. Saya senang bahwa Dharma Wanita bisa ikut terjun karena tidak semua bisa dikerjakan pemerintah sendiri," ujar dia.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut berharap, pameran Dhawa Fest Pesona 2018 yang digelar dalam tiga hari tersebut dapat meningkatkan ekonomi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Selain itu, pameran ini juga diharapkan dapat mendorong produk Indonesia dapat dipasarkan hingga keluar negeri.

"Semoga apa yang dilakukan selama tiga hari ini bisa memberikan rezeki berkah terutama untuk UMKM yang mengikuti. Dan mendorong masyarakat untuk membeli produk buatan Indonesia. Produk ini adalah produk unggulan. Sehingga diharapkan bisa meningkatkan ekspor," kata dia.

 

Reporter: Anggun P.Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Rupiah Tersungkur, Sri Mulyani Minta Masyarakat Tenang

Dok Foto: Facebook Sri Mulyani

Sebelumnya, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati meminta masyarakat Indonesia untuk tenang menghadapi gejolak nilai tukar rupiah. Kurs mata uang Garuda hari ini melemah ke posisi 13.930 per dolar AS.

"Dalam hal ini (penguatan dolar AS), masyarakat diharapkan tenang karena pergerakan ini berasal dari AS dan pengaruhnya ke mata uang dunia," kata dia di Gedung DPR, Jakarta, Kamis 26 April 2018.

Sri Mulyani menjelaskan, pelemahan rupiah lebih kecil atau relatif sama dibanding mata uang negara maju dan emerging lain yang mencapai lebih dari dua persen.

"Dalam dua hari terakhir, dibanding mata uang negara maju dan emerging, rupiah masih pada kisaran yang relatif sama atau lebih baik sedikit," ujarnya.

"Beberapa mata uang negara maju terdepresiasi di atas dua persen. Mata uang di kawasan kita (ASEAN) pun di atas itu. Bahkan, India terdepresiasi lebih dalam karena ingin memacu ekspor," Sri Mulyani menambahkan.

Lebih jauh dia mengungkapkan, penyebab kurs rupiah melemah lebih banyak dipengaruhi kebijakan ekonomi dari pemerintah AS seiring dengan perbaikan data ketenagakerjaan dan inflasi di Negeri Paman Sam.

"Perekonomian AS, baik data employment maupun inflasi menunjukkan suatu recovery. Perubahan kebijakan fiskal, seperti pajak dan perdagangan, sehingga AS akan melakukan berbagai kebijakan meng-adjust," paparnya.

Selain itu, ucapnya, The Fed juga akan menaikkan suku bunga acuan atau Fed Fund Rate sebanyak tiga sampai empat kali di 2018. Namun demikian, diakui Sri Mulyani, The Fed akan mengerek suku bunga acuan secara hati-hati.

"Adanya outlook kebijakan AS, kebijakan fiskal, seperti penurunan pajak dan tambahan belanja akan meningkatkan defisit mereka, sehingga kita sudah akan memprediksi terjadi kenaikan treasury (imbal hasil obligasi) tenor 10 tahun," jelas Sri Mulyani.

Menurut dia, kebijakan fiskal, moneter, dan perdagangan AS akan sangat mempengaruhi dunia, termasuk berdampak ke nilai tukar mata uang rupiah maupun negara lain. Pasalnya AS merupakan negara terbesar di dunia.

"Tapi kita akan antisipasi dalam konteks pergerakan kebijakan (AS) ini terhadap mata uang dolar AS dan suku bunga mereka. Kita akan lihat kebijakan makro di Indonesia," pungkas Sri Mulyani.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lirik Lagu Bocah Ngapa Yak Persembahan Wali

Posted: 01 May 2018 09:50 PM PDT

Lirik Lagu "Bocah Ngapa" Yak dari Wali:

 

Disuruh sholat gak pernah mau

Disuruh zakat juga gak mau

Bulan puasa batal melulu

Diajak ngaji bilangnya malu

Bocah ngapa ya

Bocah ngapa ya

Bocah ngapa ya

Bocah ngapa ya

Disuruh tobat galakan situ

Diajak bener marahan situ

Hari gini kok masih begitu

Ayo hijrah jangan pake nunggu

Bocah ngapa ya

Bocah ngapa ya

Bocah ngapa ya

Bocah ngapa ya

Udah tua masih aja malas sholat

Lah bocah ngapa yaa...

Udah tua bolong bolong puasanya

Lah bocah ngapa yaa...

Udah tua masih aja hura hura

Lah bocah ngapaa yaa...

Udah tua masih aja kaya bocah

Lah bocah ngapaa yaa...

Bocah ngapa ya

Bocah ngapa ya

Bocah ngapa ya

Bocah ngapa ya

Giliran kejedot aduh aduh

Malaikat sewot kau baru tau

Gue gulung ....oii

Gue gulung ....oii ...oii

Pake otak jangan pake nafsu

Bocah ngapa ya

Bocah ngapa ya

Bocah ngapa ya

Bocah ngapa ya

Udah tua masih aja malas sholat

Lah bocah ngapa yaa...

Udah tua bolong bolong puasanya

Lah bocah ngapa yaa...

Udah tua masih aja hura hura

Lah bocah ngapaa yaa...

Udah tua masih aja kaya bocah

Lah bocah ngapaa yaa...

Oi oi oooo…

Bocah ngapa ya

Bocah ngapa ya

Bocah ngapa ya

Bocah ngapa ya

Bocah ngapa ya

Bocah ngapa ya

Bocah ngapa ya

Bocah ngapa ya

Udah tua masih aja malas sholat

Lah bocah ngapa yaa...

Udah tua bolong bolong puasanya

Lah bocah ngapa yaa...

Udah tua masih aja hura hura

Lah bocah ngapaa yaa...

Udah tua masih aja kaya bocah

Lah bocah ngapaa yaa...

Bocah ngapa ya

Bocah ngapa ya

Bocah ngapa ya

Bocah ngapa ya

Bocah makan paya bocah ngapa yaa

Bocah ngapa ya

Bocah ngapa ya

Bocah ngapa ya

Bocah ngapa ya

Diangkat dari Sebuah Fenomena

Penampilan band Wali saat Konser Gempita 2018 di Pantai karnaval Ancol, Jakarta, Minggu (31/12). Sederet penyanyi serta band kenamaan tanah air meramaikan Konser Gempita 2018. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Menjelang bulan Ramadan 2018, band Wali kembali merilis single religi. Kali ini, lagu yang mereka jagokan adalah "Bocah Ngapa Yak". Lagu ini diciptakan oleh Apoy dan diangkat dari fenomena "Bocah Ngapa Yak" yang hadir di tengah masyarakat Indonesia, terutama di lingkungan anak-anak, seperti disampaikan Nagaswara.co.id, Senin (30/4/2018).

"Bocah Ngapa Yak" memang telah didapuk sebagai single pembuka band Wali dalam menyambut bulan Ramadan tahun ini. Di dalamnya terkandung nilai edukasi yang disampaikan. Mereka mencoba mengartikan kata "Bocah Ngapa Yak" dengan jauh lebih bisa memaknai kehidupan anak-anak.

Di lagu ini, Wali menyindir sifat seseorang yang sudah tua tetapi masih berkelakuan seperti anak-anak, terutama dalam hal menjalankan perintah agama. Konsep musiknya dibuat lebih segar dengan irama rock n roll ala Wali.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cantiknya Arti Nama Anak Samuel Zylgwyn dan Franda

Posted: 01 May 2018 09:50 PM PDT

Berita bahagia datang dari pasangan artis Samuel Zylgwyn dan Franda yang baru saja melahirkan anak pertamanya pada 29 April 2018. Franda pun melahirkan dengan proses persalinan normal.

Bayi mungil Samuel Zylgwyn dan Franda berjenis kelamin perempuan, dengan berat 3,305 kilogram dan panjang 50 sentimeter (cm).

"Proses normal enggak pakai induksi, enggak pakai epidural. Agak kaget, rencananya HPL awal 7 Mei cuma dokter bilang kalau sudah bisa lahir kapan saja. Nah jadi enggak tahu juga kan baru pertama, enggak tahu kontraksi gimana. Pada 28 April kayaknya kontraksi, enggak dirasain, jam 4 pagi, pada 29 sudah bukaaan tujuh," ujar Franda saat jumpa pers di RSIA Kemang Medical Care, Jakarta Selatan, Rabu (2/5/2018).

Meski merasa sangat kesakitan di tengah persalinannya, Franda tetap berjuang agar melahirkan secara normal. Setelah anaknya lahir dengan sehat dan selamat, Franda pun sangat bersyukur dan bahagia.

 

Luar Biasa

Franda dan Samuel Zylgwyn dan buah hatinya. (dok. Instagram)

"Luar biasa sekali. Ini kejutan sekali, dari awal pengin normal dikasih beneran. Walau bukaan delapan aku yang aduh kenapa enggak milih caesar aja. Tapi aku tetap bertahan dengan keinginan awal. Berdamai dengan diri sendiri aja. Aku puas banget," ungkap Franda bahagia.

 

Nama Cantik

Samuel Zylgwyn (Foto: Instagram)

Samuel dan Franda pun memberikan nama anak pertamanya dengan nama yang cantik, yakni Zylvechia Ecclesie Heckenbucker. Mereka berdua pun menjelaskan arti di balik nama anak pertamanya itu.

"Namanya Zylvechia Ecclesie Heckenbucker, bukannya sok Inggris sebenarnya ya. Soalnya nama bapaknya memang belakangnya Heckenbucker. Orang dikirain kan nama belakangnya Zylgwyn, padahal Zylgwyn nama dia, nama akte, nama belakangnya Heckenbucker. Jadi beratnya gara-gaya nama bapaknya aja sih kayaknya," kata Franda seraya tertawa.

 

Arti Nama Anak

Preskon Kelahiran anak pertama Franda dan Samuel Zylgwyn (Nurwahyunan/bintang.com)

"Kalau Zylvechia sih sebenarnya enggak ada artinya, aku ngambil Zyl dari Zylgwyn. Kalau Ecclesie itu artinya gereja, umat pilihan Tuhan, sebenarnya lebih kayak perjalanan selama mengandung dia. Aku dari awal sama Samuel, memang enggak ada planning punya anak dulu tiba-tiba dikasih. Segala sesuatu aku bilang selama perjalanan kehamilan aku juga masih harus pindah rumah, terus nyiapin segala sesuatunya tuh menurut aku ya memang harus pasrah sama Tuhan gitu loh, sama waktunya Tuhan. Ecclesie ada satu ayat khotbah Ecclesiastes makanya dikasih namanya Ecclesie," lanjutnya.

 

Tak Berdebat

Preskon Kelahiran anak pertama Franda dan Samuel Zylgwyn (Nurwahyunan/bintang.com)

Saat memilihkan nama untuk anaknya, Samuel dan Franda juga tidak mengalami perdebatan. "Enggak (berdebat), saya mah ikut aja. Sempat nawarin nama juga proposal kan, cuma enggak ada yang masuk, tapi pas dia sebutin sih saya juga enggak masalah," pungkas Samuel Zylgwyn.(Nuzulur Rakhmah/kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pulih Cedera, Striker Tottenham Bidik Tiket Liga Champions

Posted: 01 May 2018 09:45 PM PDT

Striker Tottenham, Harry Kane mengaku sudah kembali ke kondisi terbaiknya usai cedera pergelangan kaki yang dialaminya beberapa pekan terakhir. Ia pun bertekad memberikan yang terbaik untuk Spurs hingga musim ini selesai.

Kane mengalami cedera parah pada pergelangan kakinya awal Maret lalu. Tepatnya saat Tottenham menang 4-1 atas Bournemouth.

Dia baru kembali ke lapangan saat menantang Chelsea tiga pekan kemudian. Itu pun hanya masuk sebagai pemain pengganti.

"Pergelangan kaki saya sudah membaik. Semua dalam keadaan bagus," kata Pochettino seperti dilansir Evening Standard.

"Tentu saya senang bisa mencetak gol lawan Watford. Saya tidak sabar menjalani tiga pekan terakhir bersama Tottenham," ujarnya menambahkan.

 

 

Ambisi Kane

Penyerang Harry Kane berusaha mengontrol bola saat bertanding melawan Bournemouth di Liga Inggris di Stadion Vitalitas (11/3). Cedera yang dialami Kane membuat khawatir timnas Inggris yang akan berlaga di Piala Dunia 2018. (AFP Photo/Adrian Dennis)

Kane menjadi sasaran di media sosial dalam beberapa pekan terakhir. Pasalnya ia dinilai berlebihan ingin mengklaim gol yang dicetak rekannya, Christian Eriksen.

Kane sendiri tak menampik sangat mendambakan gol itu. Terlebih ia masih tertinggal empat gol dari top scorer sementara Liga Inggris, Mohamed Salah.

"Setiap striker pasti ingin sepatu emas, saya juga demikian. Saya ingin memenangkan semua gelar yang bisa diraih."

Ingin Juara

Ekspresi Harry Kane saat mengalami cedera melawan Bournemouth di Liga Inggris di Stadion Vitalitas (11/3). Kane yang diturunkan sebagai starter harus ditarik keluar pada menit ke-34 usai bertabrakan dengan kiper Asmir Begovic. (AFP Photo/Adrian Dennis)

Tottenham saat ini berada di posisi keempat Liga Inggris. Spurs mengoleksi 71 poin dari 35 angka.

"Terpenting adalah mengamankan tiket ke Liga Champions. Semoga saja terwujud," kata Kane.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Telkom Catatkan Laba Bersih Susut 14 Persen pada Kuartal I

Posted: 01 May 2018 09:41 PM PDT

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) atau disebut Telkom merilis kinerja keuangan kuartal I 2018. Akan tetapi, laba bersih perseroan tertekan.

Mengutip laporan keuangan yang disampaikan ke Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (2/5/2018), PT Telekomunikasi Indonesia Tbk catatkan laba periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp 5,73 triliun selama kuartal I 2018.

Laba itu turun sekitar 14,26 persen dari periode kuartal I 2017 sebesar Rp 6,68 triliun. Meski laba merosot, perseroan catatkan pertumbuhan pendapatan sebesar 4,25 persen.

Pendapatan naik menjadi Rp 32,34 triliun pada kuartal I 2018 dari periode sama tahun sebelumnya Rp 31,02 triliun.Perseroan mampu menekan rugi selisih kurs dari Rp 50 miliar pada kuartal I 2017 menjadi Rp 5 miliar pada kuartal I 2018.

Perseroan mencatatkan kenaikan beban operasi, pemeliharaan dan jasa telekomunikasi menjadi Rp 10,24 triliun pada kuartal I 2018 dari periode sama tahun sebelumnya Rp 8,29 triliun.

Sementara itu, beban karyawan bertambah menjadi Rp 3,03 triliun pada kuartal I 2018 dari periode kuartal I 2017 sebesar Rp 2,97 triliun. Beban penyusutan dan amortisasi naik menjadi Rp 5,37 triliun.

Sedangkan beban pemasaran susut menjadi Rp 870 miliar pada kuartal I 2018.Laba usaha perseroan merosot 12,91 persen dari Rp 12,49 triliun pada kuartal I 2017 menjadi Rp 10,87 triliun pada kuartal I 2018. Dengan melihat kondisi itu, laba bersih per saham turun menjadi 57,88 pada kuartal I 2018 dari periode sama tahun sebelumnya 67,51.

Total liabilitas naik menjadi Rp 86,45 triliun pada 31 Maret 2018 dari posisi 31 Desember 2017 sebesar Rp 86,35 triliun. Aset perseroan tercatat Rp 206,60 triliun pada 31 Maret 2018. PT Telekomunikasi Indonesia Tbk kantongi kas Rp 28,96 triliun.

 

Telkom Sebar Dividen Rp 16,6 Triliun

Berbagai pihak turut merayakan Hari Ulang Tahun (HHUT) ke-70 Republik Indonesia (RI), termasuk PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom).

Sebelumnya, Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk memutuskan untuk membagikan dividen dari laba bersih kepada pemegang saham dan pemerintah senilai Rp 16,6 triliun atau 75 persen dari laba bersih 2017.

Adapun laba bersih Telkom mencapai Rp 22,1 triliun sepanjang 2017, naik 14,4 persen dibandingkan 2016 sebesar Rp 19,35 triliun.Direktur Utama Telkom, Alex J Sinaga, menuturkan jika pembagian dividen terbagi menjadi dua bagian, yakni 60 persen senilai Rp 13,3 triliun secara tunai atau Rp 134,13 per lembar saham.

Sementara sisanya 15 persen atau senilai Rp 3,3 triliun, Rp Rp 33,53 per lembar saham merupakan dividen spesial. Sementara Itu, sisanya sebesar 25 persen atau Rp 5,5 triliun merupakan laba ditahan.

"Dividen tersebut merupakan yang tertinggi dalam tiga tahun terakhir, " kata dia di Jakarta, Jumat 27 April 2018.

Perseroan juga berhasil meraih pendapatan Rp 128,3 triliun atau tumbuh sebesar 10,2 persen dibanding 2016 sebesar Rp 116,33 triliun.Sedangkan EBITDA perseroan tumbuh 8,6 persen menjadi Rp 6,4 triliun.

Dari sisi profitabilitas margin laba bersih meningkat 0,7 persen menjadi 17,3 persen."Hal ini menunjukan bahwa tingkat profitabilitas dapat terjaga dengan baik. Performa keuangan yang baik tersebut menunjukkan kemampuan perusahaan untuk terus tumbuh di tengah persaingan industri telekomunikasi di Indonesia yang semakin ketat," dia menambahkan.

Dia menuturkan dividen tunai dan dividen spesial akan dibagikan kepada pemegang saham yang namanya tercatat dalam Daftar Pemegang Saham Perseroan per tanggal 11 Mei 2018 pukul 16.15 WIB.Sedangkan dividen tunai dan dividen spesial akan dibagikan secara sekaligus selambat lambatnya tanggal 31 Mei 2018.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Tentara Korsel Copot Pengeras Suara Propaganda di Perbatasan Korut

Posted: 01 May 2018 09:41 PM PDT

Pekerja membongkar pengeras suara propaganda dekat zona demiliterisasi yang memisahkan kedua Korea di Paju, Korea Selatan, Selasa (1/5). Langkah ini, merupakan bagian kecil yang pasti dalam mewujudkan rekonsiliasi Jumat lalu. (Kim Hong-Ji/Pool via AP)

Pekerja membongkar pengeras suara propaganda dekat zona demiliterisasi yang memisahkan kedua Korea di Paju, Korea Selatan, Selasa (1/5). Langkah ini, merupakan bagian kecil yang pasti dalam mewujudkan rekonsiliasi Jumat lalu. (Kim Hong-Ji/Pool via AP)

Tentara Korea Selatan membongkar pengeras suara yang sebelumnya digunakan untuk mengobarkan propaganda di perbatasan kedua Korea di Paju, Selasa (1/5). Di sepanjang perbatasan, Korea Selatan mulai menurunkan pengeras suara. (Kim Hong-Ji/Pool via AP)

Tentara Korea Selatan membongkar pengeras suara yang sebelumnya digunakan untuk mengobarkan propaganda di perbatasan kedua Korea di Paju, Selasa (1/5). Di sepanjang perbatasan, Korea Selatan mulai menurunkan pengeras suara. (Kim Hong-Ji/Pool via AP)

Tentara Korea Selatan memindahkan pengeras suara propaganda dekat zona demiliterisasi yang memisahkan kedua Korea di Paju, Selasa (1/5). Ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan kedua pimpinan negara tersebut pekan lalu. (Kim Hong-Ji/Pool via AP)

Tentara Korea Selatan memindahkan pengeras suara propaganda dekat zona demiliterisasi yang memisahkan kedua Korea di Paju, Selasa (1/5). Ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan kedua pimpinan negara tersebut pekan lalu. (Kim Hong-Ji/Pool via AP)

Tentara Korea Selatan membongkar pengeras suara propaganda dekat zona demiliterisasi yang memisahkan kedua Korea di Paju, Selasa (1/5). Langkah ini, merupakan bagian kecil yang pasti dalam mewujudkan rekonsiliasi Jumat lalu. (Kim Hong-Ji/Pool via AP)

Tentara Korea Selatan membongkar pengeras suara propaganda dekat zona demiliterisasi yang memisahkan kedua Korea di Paju, Selasa (1/5). Langkah ini, merupakan bagian kecil yang pasti dalam mewujudkan rekonsiliasi Jumat lalu. (Kim Hong-Ji/Pool via AP)

Tentara Korea Selatan membongkar pengeras suara yang sebelumnya digunakan untuk mengobarkan propaganda di perbatasan kedua Korea di Paju, Selasa (1/5). Di sepanjang perbatasan, Korea Selatan mulai menurunkan pengeras suara. (Kim Hong-Ji/Pool via AP)

Tentara Korea Selatan membongkar pengeras suara yang sebelumnya digunakan untuk mengobarkan propaganda di perbatasan kedua Korea di Paju, Selasa (1/5). Di sepanjang perbatasan, Korea Selatan mulai menurunkan pengeras suara. (Kim Hong-Ji/Pool via AP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Singgung soal Buka Tutup Aurat, Daus Mini Sindir Istri Baru?

Posted: 01 May 2018 09:40 PM PDT

Rumah tangga Daus Mini dan Rahandini Destia Astinatri tengah menjadi perbincangan hangat publik. Belum genap sebulan menikah, Rahandini minta diceraikan pelawak bertubuh mungil tersebut.

Keinginan Rahandini untuk bercerai lantaran kesal karena Daus Mini gencar digosipkan dekat dengan pedangdut Ryana Dewi. Daus sendiri tidak banyak bicara terkait kemelut rumah tangganya.

Komedian 31 tahun itu berharap yang terbaik untuk nasib rumah tangganya ke depan. "Minta doanya saja ya," ungkap Daus Mini.

Namun, baru-baru ini Daus Mini menuliskan status di Instagram pribadinya menyinggung orang yang buka tutup aurat. "Jagalah Auratmu, Jangan Sampe dibuka tutup_buka tutup... itu aurat apa hordeng warteg," katanya.

 

Sindir Istri

Daus Mini, Dear Haters, Kamis (18/8/2016) [Photo: Johan Oktavianus]

Daus Mini memang tidak menyebutkan kepada siapa status itu ditujukan. Namun, banyak orang yang mengira status itu ditulis Daus untuk menyindir Rahandini.

Pasalnya, setelah minta cerai, Rahandini langsung mengubah penampilannya dengan melepas hijab yang selama ini menutup kepalanya. Rahandini mengaku keputusan itu belum lama diambil.

"Baru kok, bisa jadi," kata Rahandini baru-baru ini.

 

Numpang Tenar

Daus Mini (Deki Prayoga/Bintang.com)

Komentar warganet pun berdatangan. Tidak sedikit orang menduga Rahandini menikah dengan Daus Mini untuk numpang tenar.

"istri nya kirain berhijab benar eh tampil di tv ngk pkai hjb biar exis ya @dausmini," ujar @aliyamelliya.

"kasihan bang days cuma untuk di dompleng doank..sabar bang daus ya," sahut @nduniah.

 

Balik ke Dunia Hiburan

Daus Mini. (Nurwahyunan/bintang.com)

Menurut Rahandini, ia berhijab atas permintaan Daus Mini saat menikah. Selain itu, Rahandini juga melepas hijabnya karena ingin kembali ke dunia hiburan.

"Saya mau balik ke dunia entertain, saya mau nyanyi lagi," tuturnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dirlantas: Ganjil Genap Sudirman-Thamrin Kurangi Macet 40 Persen

Posted: 01 May 2018 09:33 PM PDT

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf menyatakan, ganjil genap di Jalan Sudirman-Thamrin yang diterapkan pukul 06.00 hingga 10.00 WIB berhasil menurunkan angka kemacetan hingga 40 persen.

"Berkurang 30 sampai 40 persen," tutur Yusuf di Mapolda Metro Jaya, Rabu (2/5/2018).

Menurut Yusuf, selama awal sosialisasi hingga hari ini, terdata sebanyak 200 lebih pengendara yang ditegur lantaran melanggar aturan baru ganjil-genap itu. Tindakan penilangan baru akan dilakukan setelah 4 Mei nanti.

"Saya rasa efektif (atasi macet). Karena mau enggak mau orang akan berangkat lebih pagi dan akan tersebar. Apabila melewati jalan A yang ada ganjil genap. Kalau hari itu mobil saya tidak sesuai tanggal itu, maka harus berangkat lebih awal. Maka jadi tidak menumpuk," jelas dia.

Evaluasi

Plang rambu pemberitahuan uji coba ganjil genap terpampang di Jalan Merdeka Timur, Jakarta, (22/4). Uji coba penambahan waktu pembatasan kendaraan ganjil-genap di ruas Sudirman-Thamrin dimulai diuji coba pada Senin (23/4) besok. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Pemberitaan media dan socmed menjadi alat sosialisasi paling mudah dijangkau masyarakat. Ratusan pelanggar yang kena tegur itu memang kebanyakan mengaku tidak mengetahui adanya aturan baru ganjil genap di Jalan Sudirman-Thamrin.

Penerapan aturan itu juga akan dievaluasi untuk terus berlanjut, meski Asian Games telah usai.

"Itu nanti evalusi kita lihat (bisa berlanjut atau tidak). Kan, memang untuk mengatasi kemacetan (juga)," Yusuf menandaskan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Upacara Hardiknas Molor 30 Menit, 20 Siswa di Tulungagung Pingsan

Posted: 01 May 2018 09:32 PM PDT

Sedikitnya 20 siswa jatuh pingsan saat mengikuti upacara bendera memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di halaman Pemkab Tulungagung, Jawa Timur, Rabu (2/5/2018). Situasi itu tak pelak membuat petugas kesehatan yang berjaga kalang kabut.

Beberapa siswa harus ditandu untuk dibawa ke tenda pelayanan kesehatan/medis dekat ambulans yang telah disiapkan. Sebagian lain dituntun rekan-rekannya berjalan hingga sampai lokasi tim medis.

"Cuaca terik dan kondisi siswa yang kelelahan menjadi faktor mereka banyak yang pingsan," kata dr Siswanto, petugas kesehatan setempat, dilansir Antara.

Kondisi diperburuk dengan pelaksanaan upacara Hardiknas di halaman Pemkab Tulungagung yang molor hampir 30 menit lebih. Para siswa yang berdiri di area dengan terik matahari langsung banyak yang tidak kuat menahan panas serta mengalami dehidrasi.

"Faktor lain mungkin juga siswa bersangkutan belum sarapan saat berangkat sekolah," ujarnya.

Rata-rata siswa yang jatuh pingsan adalah murid setingkat SMP dan SMA. Sebaliknya, hanya satu siswa SD yang dipapah menuju tenda layanan medis.

Satu di antara 20 siswa yang jatuh pingsan harus dibantu alat pernafasan penyuplai oksigen. Namun setelah beberapa saat mendapat pertolongan pertama, kondisi para siswa berangsur membaik.

Secara keseluruhan upacara peringatan Hardiknas di halaman Pemkab Tulungagung yang diikuti utusan siswa SD, SMP, SMA dan kalangan guru/pendidik tetap berjalan lancar hingga usai.

Plh Bupati Tulungagung Indra Fauzy yang menjadi inspektur upacara banyak berpesan soal peningkatan layanan pendidikan di Tulungagung.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Liverpool Siap Wujudkan Mimpi di Liga Champions

Posted: 01 May 2018 09:30 PM PDT

Jurgen Klopp berambisi membawa Liverpool menembus final dan jadi juara Liga Champions 2017-18. Pelatih asal Jerman itu pun yakin tim asuhannya bisa mewujudkannya.

Liverpool berpeluang besar melenggang ke partai puncak Liga Champions 2017-2018. Sebab, mereka meraih kemenangan 5-2 atas AS Roma pada laga leg pertama semifinal di Stadion Anfield, 24 April 2018.

Kelima gol Liverpool disarangkan Mohamed Salah (35', 45'), Sadio Mane (56'), dan Roberto Firmino (61', 68'). Sementara itu, dua gol Roma dicetak Edin Dzeko pada menit ke-81 dan Diego Perotti menit ke-85.

Torehan tersebut membuat skuat Si Merah hanya butuh hasil imbang atau kalah dengan minimal selisih dua gol dari AS Roma, demi menembus partai puncak Liga Champions musim ini.

"Kami di sini untuk memperjuangkan impian kami, begitulah, dan Liverpool ingin lolos ke final seperti yang Anda bayangkan," kata Klopp, yang pernah membawa Dortmund ke final Liga Champions.

 

Berpikir Positif

Klopp sendiri mengaku selalu berpikir positif terkait kans mereka ke final. Pasalnya, AS Roma membutuhkan tiga gol untuk bisa membalikkan keadaan.

"Kami sangat positif di Anfield, kami unggul 5-0 dan kemudian kami kebobolan dua gol dan kemudian setelah pertandingan beberapa orang merasa kami kalah, tetapi tidak," dia melanjutkan.

"Kami masih unggul 5-2, sementara itu, orang-orang berpikir Roma hanya perlu menang 3-0, tetapi itu adalah hasil yang cukup untuk tersingkir," paparnya.

 

Pemain Liverpool, Mohamed Salah saat mencetak gol ke gawang AS Roma pada leg pertama semifinal Liga Champions di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Selasa (24/4). Liverpool menang 5-2 atas AS Roma. (Peter Byrne/PA via AP)

Pertama Sejak 2006-07

Andai lolos ke final Liga Champions, itu akan menjadi yang pertama untuk Liverpool setelah terakhir kali terjadi pada musim 2006-2007. Selain itu, The Reds terakhir kali meraih trofi juara di ajang ini adalah musim 2004-2005.

Sumber: www.bola.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Segera Menikah, Raditya Dika Serahkan Jabatan Presiden Jomblo pada Baim Wong?

Posted: 01 May 2018 09:30 PM PDT

Raditya Dika tak lama lagi akan melepas masa lajangnya dengan menikahi wanita pilihan hatinya Anissa Aziza. Pernikahan mereka rencananya digelar pada pekan ini, tepatnya Sabtu, 5 Mei 2018.

Dari kabar bahagia ini, nama Baim Wong rupanya ikut terseret. Melalui sebuah meme, warganet berharap agar mantan kekasih Veby Palwinta ini segera menyusul Raditya Dika untuk mengakhiri masa jomblonya.

Meme tersebut bahkan diunggah sendiri oleh Baim Wong dalam akun Instagram pribadinya. "Aku dikirimin ini .. tega deh," tulis Baim Wong sebagai keterangan foto, Selasa (1/5/2018).

Didoakan Nikah

[Foto: Instagram]

Foto dalam meme itu memperlihatkan Raditya Dika seolah sedang mendoakan Baim Wong agar segera menikah. Pesinetron berusia 37 tahun tersebut juga tampak mengamini.

Namun, salah satu anak lelaki yang ada dalam foto tersebut seolah mengejek Baim, "Si Baim kebanyakan HOAX! bosen gue."

Tahta Presiden Jomblo

Konten Kreator Raditya Dika menjadi pembicara selama XYZ DAY 2018 di Jakarta, Rabu (25/4). Acara ini bertujuan memberikan insight yang lebih mendalam tentang generasi X, Y, dan Z dari para ahli di bidangnya. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Seketika unggahan ini memancing perhatian warganet. Mereka meminta Raditya Dika untuk menyerahkan jabatan "Presiden Jomblo" kepada Baim Wong.

Ya, selama bertahun-tahun Raditya Dika cukup dikenal oleh kalangan netizen sebagai "Presiden Jomblo" karena tak kunjung menikah hingga usia 33 tahun.

Serah Jabatan

(Instagram/aldosinarta)

"Jangan buru2 nikah bang... jadi presiden kaum jomblo dulu... bang Radit udah mau lengser," tulis pengguna akun @rizqi.aulia04.

"Selamat bang singgasana raja jomblo di serahkan kepadamu aminnnn," ucap @ipursa_.

"Tahta the presiden republik JOMBLO berpindah padamu hahahaha *ketawajahat* *makanyanikah," tambah @rahmaa_gunawan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

[Tanya BPJS Kesehatan] Bagaimana Cara Pendaftaran Badan Usaha Ikut Program JKN?

Posted: 01 May 2018 09:30 PM PDT

Pertanyaan:

Apa syarat dan ketentuan sebuah badan usaha bisa mendaftar program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola oleh BPJS Kesehatan?

 

Jawaban:

Pendaftaran Badan Usaha dapat dilakukan melalui Kantor Cabang BPJS Kesehatan sesuai dengan alamat badan usaha dengan melengkapi persyaratan sebagai berikut:

- Fotokopi Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)

- Fotokopi TDP

- Fotokopi akte pendirian/perubahan

- Fotokopy Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) perusahaan

Atau dapat melakukan registrasi melalui website BPJS kesehatan di www.bpjs-kesehatan.go.id. Caranya sebagai berikut:

- Akses website www.bpjs-kesehatan.go.id

- Pilih menu Layanan sub menu Pendaftaran Badan Usaha/ Badan Hukum lainnya

- Membaca syarat dan ketentuan, menandai persetujuan syarat dan ketentuan tersebut, dan mengklik tombol pendaftaran.

- Isi formulir secara lengkap dan benar sesuai data dan informasi yang dimiliki Badan Usaha/ Badan Hukum Lainnya, serta mengisi alamat email.

- Konfirmasi pendaftaran Badan Usaha/Badan Hukum lainnya akan dikirim melalui email

- Pemohon melakukan aktivasi pendaftaran, maka informasi registrasi telah berhasildapat dicek melalui email.

- Pada email masuk, terdapat lampiran yang berisi Formulir Registrasi Badan Usaha/Badan Hukum lainnya. Pemberi Kerja memberikan tanda tangan, materai dan stempel perusahaan pada formulir tersebut.

- Pada email masuk juga dikirimkan informasi hak akses berupa link beserta username dan password untuk mengakses aplikasi online yang akan digunakanuntuk pendaftaran peserta. Petugas menerbitkannya dalam waktu maksimal 3 jam

- Setelah Badan Usaha/Badan Hukum lainnya telah terdaftar selanjutnya melakukan proses pendaftaran peserta melalui aplikasi tersebut. Badan Usaha baru yang tidak melakukan entry data kepesertaan dalam jangka waktu 3 (tiga) bulan setelah menerima username dan password harus melakukan pendaftaran.

 

 

Salam,

 

Humas BPJS Kesehatan Kantor Pusat

 

 

Program Tanya BPJS Kesehatan tayang setiap Rabu pukul 11.30. Di dalamnya berisi pertanyaan yang paling sering dilontarkan masyarakat lewat aneka media BPJS Kesehatan. Jawaban dari pertanyaan yang dilontarkan diberikan oleh Humas BPJS Kesehatan Kantor Pusat.

 

 

 

 Saksikan juga video menarik berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Zodiak yang Mudah Jatuh Miskin, Bajak Laut Muslimah Pertama di Dunia

Posted: 01 May 2018 09:30 PM PDT

Sebagai manusia pasti tak ingin jatuh berada dalam lingkaran kemiskinan. Oleh karena itu, banyak orang bekerja keras untuk bisa menghasilkan uang.

Namun, biaya untuk kebutuhan hidup membuat kita banyak mengeluarkan uang. Apalagi kalau sampai ditambah dengan pengeluaran lain meliputi gaya hidup mewah. Bisa jadi hal tersebut dapat membuat kita hidup dengan boros.

Uang dari penghasilan kita akan semakin cepat untuk keluar jika kita tak pandai-pandai dalam mengatur keuangan. Ternyata sifat-sifat boros seseorang bisa diketahui lewat zodiak mereka.

Dilansir dari laman Yourtango, ada enam zodiak yang diramalkan mudah jatuh miskin akibat boros.

Artikel tentang enam zodiak ini yang mudah jatuh miskin menjadi yang paling terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Sementara itu, artikel kedua terpopuler yakni tentang bajak laut muslimah pertama di dunia. Disusul dengan artikel ketiga yakni lima tanda bahwa kamu punya penganggum rahasia.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Tak Pandai Kelola Uang, 6 Zodiak Ini Boros dan Mudah Jatuh Miskin

 

Jangan sampai punya urusan sama lima zodiak ini, deh. (Sumber foto:

Beberapa zodiak diketahui tak pandai mengelola uang dan mudah jatuh miskin. Jika Anda termasuk dari yang dijabarkan berikut ini, jangan terlalu bersedih.

Justru ini dapat menjadi peringatan bagi Anda untuk lebih berhati-hati dalam keuangan. Melansir dari Yourtango, enam zodiak berikut boros dan mudah jatuh miskin.

Selengkapnya..

2. Mengenal Sayyida, Bajak Laut Muslimah Pertama di Dunia

Sayyida merupakan Bajak Laut muslimah pertama di dunia (Sumber foto: womenofhistory.com)

Jika biasanya bajak laut identik dengan sosok pria berpenampilan tangguh dan menyeramkan, namun beda halnya dengan bajak laut yang satu ini. Dialah Sayyida Al-Hurra, sang legenda bajak laut peremepuan pertama yang mengenakan hijab.

Sayyida lahir sekitar tahun 1485 masehi, dia lahir dari keluarga muslim terkemuka di Andalusia, Bani Rasyid, atau yang sekarang lebih dikenal dengan negara Spanyol.

Selengkapnya..

3. Biar Lebih Peka, Kenali 5 Tanda Kalau Kamu Punya Pengagum Rahasia

Ilustrasi pasangan jalan bersama (iStockphoto)

Pernakah kamu membayangkan memiliki pengagum rahasia? Atau kamu pernah mengetahui dan bertemu pengagummu? Banyak orang tak menyadari bahwa di antara teman-teman di sekelilingmu pasti ada yang diam-diam berusaha untuk mendapatkan hatimu.

Nah, untuk mengetahui ada atau tidaknya pengagum rahasia, ada beberapa hal yang bisa kamu cek.

Selengkapnya..

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Bos Facebook Ucapkan Salam Perpisahan ke Pendiri WhatsApp

Posted: 01 May 2018 09:30 PM PDT

Artikel tentang salam perpisahaan dari bos Facebook ke pendiri sekaligus CEO WhatsApp yang hengkang dari perusahaan, paling bikin penasaran para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com.

Berita lain yang juga bikin penasaran datang dari daftar iPhone lawas yang harganya turun drastis, dan komparasi kemampuan kamera ganda Zenfone Max Pro M1 vs Redmi Note 5.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler berikut ini.

1. Pendiri WhatsApp Undur Diri, Bos Facebook Kirim Salam Perpisahan

Jan Koum, dari Orang Miskin Hingga Menjadi CEO Whatsapp | via: mashable.com

Pendiri dan CEO WhatsApp, Jan Koum, secara mengejutkan memilih hengkang. Dikutip dari Gizmodo, Selasa (1/5/2018), alasan Koum hengkang karena dirinya 'jenuh' dengan skandal penyalahgunaan puluhan juta data pengguna Facebook.

Hengkangnya Koum ternyata juga ditanggapi oleh CEO sekaligus pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, serta COO Facebook, Sheryl Sandberg.

Ia pun berkomentar di posting Koum dan mengucapkan terima kasih.

Baca selengkapnya di sini

 

2. 3 iPhone Lawas yang Kini Turun Harga Drastis

Sungguh ironis, sebab di awal kehadiran iPhone 5C, Apple tampak sangat optimis handset 'murah' perdananya itu akan mendapat sambutan baik.

Smartphone keluaran terbaru yang makin canggih semakin banyak. Harga-harganya juga terbilang mahal.

Oleh sebab itu itu, banyak orang yang lebih memilih untuk menunggu harganya turun, atau membeli yang bekas tapi kondisinya masih mulus.

Seperti iPhone, ada jenis yang rata-rata seharga di atas Rp 3 juta dan masih diminati oleh masyarakat Indonesia. Padahal, jika dibandingkan dengan iPhone keluaran terbaru, yaitu iPhone X, harganya bisa mencapai Rp 14 juta.

Baca selengkapnya di sini

3. Adu Kamera Ganda Zenfone Max Pro M1 Vs Redmi Note 5, Bagus Mana?

Tampilan smartphone terbaru Asus ZenFone Max Pro M1 dan Xiaomi Redmi Note 5 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Asus dan Xiaomi belum lama ini memperkenalkan smartphone terbarunya. Dalam hal ini Asus menghadirkan Zenfone Max Pro M1 dan Xiaomi merilis Redmi Note 5.

Keduanya punya spesifikasi yang mirip, khususnya pada sektor prosesor dan RAM. Tidak lupa, baik Zenfone Max Pro M1 maupun Redmi Note 5 hadir dengan setting kamera ganda di bodi belakangnya.

Setelah membandingkan soal spesifikasi beberapa waktu lalu, Tekno Liputan6.com berkesempatan untuk membandingkan hasil kamera keduanya.

Baca selengkapnya di sini

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pria Foto Kehamilan Seorang Diri, Kok Bisa?

Posted: 01 May 2018 09:30 PM PDT

Seorang pria melakukan pemotretan kehamilan untuk menyambut kelahiran anak pertamanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BPS: Inflasi April 2018 Sebesar 0,1 Persen

Posted: 01 May 2018 09:26 PM PDT

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, tingkat inflasi pada April 2018 sebesar 0,1 persen. Angka ini lebih rendah dibandingkan inflasi Maret 2018 yang sebesar 0,2 persen namun lebih tinggi dibandingkan April 2017 yang sebesar 0,09 persen.

Untuk inflasi tahun kalender sebesar 1,09 persen. Sedangkan inflasi tahun ke tahun (year on year) sebesar 3,41 persen.

"Jika dibandingkan periode yang sama, pada April 2017 memang April ini sedikit lebih tinggi dibanding 2017 yang 0,09 persen. Sedangkan dibandingkan April 2016, mengalami deflasi sebesar -0,45 persen," ujar Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Yunita Rusanti di Kantor BPS, Jakarta, Rabu (2/5/2018).

Menurut dia, inflasi pada April ini dipengaruhi oleh panen raya pada sejumlah bahan kebutuhan pokok masyarakat, khususnya beras.

"Secara umum perkembangan harga konsumen pada April dipengaruhi oleh panen raya yang sebetulnya mulai bulan lalu sudah terlihat," kata dia.

Yunita menjelaskan, dari 82 kota IHK, sebanyak 54 kota mengalami inflasi. Sedangkan 28 kota mengalami deflasi.

"Inflasi tertinggi berada di Merauke sebesar 1,32 persen, inflasi terendah yaitu Padang dan Kudus sebesar 0,01 persen. Sedangkan deflasi tertinggi yaitu Tual -2,26 persen, dan deflasi terendah berada di Medan, Bandar Lampung dan Tegal sebesar -0,01 persen.

Prediksi Ekonom

Aktivitas pengisian BBM di SPBU Cikini, Jakarta. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Ekonom memperkirakan inflasi akan berada di kisaran 0,1-0,2 persen pada April 2018. Pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) diprediksi sudah berdampak ke inflasi bulan keempat ini. 

"Inflasi di April ini diprediksi sebesar 0,2-0,23 persen (month to month/mom) atau 3,55 persen (year on year/yoy)," kata Ekonom dari Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira Adhinegara.

Menurutnya, pendorong inflasi berasal dari kenaikan beberapa harga pangan (volatile food) menjelang puasa dan Lebaran. Secara musiman, sambung Bhima, tingginya permintaan jelang puasa dan Lebaran membuat harga pangan cenderung naik. Mengutip data PIHPS, dia bilang, sepanjang April, harga bawang merah naik 19,4 persen, daging ayam 5,21 persen, daging sapi 0,08 persen, telur ayam 7,1 persen, dan minyak goreng 0,4 persen.

"Pelemahan rupiah juga menyebabkan imported inflation. Harga bahan baku impor terutama untuk industri makanan minuman dan industri pakaian jadi naik," dia menerangkan.

Prediksinya, rupiah akan terus tertekan hingga akhir Lebaran dan dapat mencapai level Rp 14.200 per dolar AS sehingga untuk memitigasi kerugian kurs para pedagang besar mengimpor lebih cepat. Sebagian besar impor juga menggunakan kapal asing yang dibayar dengan dolar AS, sehingga biaya logistik menjadi lebih mahal.

"Sementara inflasi dari administered price cenderung stabil setelah adanya peraturan Kementerian ESDM terkait harga BBM nonsubsidi, meskipun harga minyak dunia tengah dalam tren naik," jelas Bhima. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Semangat Pemain AS Roma Jelang Jamu Liverpool di Olimpico

Posted: 01 May 2018 09:25 PM PDT

Pemain AS Roma, Edin Dzeko (tengah) dan rekan-rekannya saat sesi latihan di Trigoria Sports Centre, Roma, Italia, Selasa (1/5). AS Roma dan Liverpool akan menjalani leg kedua semifinal Liga Champions di Stadion Olimpico. (Riccardo Antimiani /ANSA via AP)

Pemain AS Roma, Edin Dzeko (tengah) dan rekan-rekannya saat sesi latihan di Trigoria Sports Centre, Roma, Italia, Selasa (1/5). AS Roma dan Liverpool akan menjalani leg kedua semifinal Liga Champions di Stadion Olimpico. (Riccardo Antimiani /ANSA via AP)

Pemain AS Roma, Radja Nainggolan dan rekan-rekannya saat sesi latihan di Trigoria Sports Centre, Roma, Italia, Selasa (1/5). Pada leg pertama, Liverpool berhasil melumat AS Roma dengan skor 5-2. (Riccardo Antimiani /ANSA via AP)

Pemain AS Roma, Radja Nainggolan dan rekan-rekannya saat sesi latihan di Trigoria Sports Centre, Roma, Italia, Selasa (1/5). Pada leg pertama, Liverpool berhasil melumat AS Roma dengan skor 5-2. (Riccardo Antimiani /ANSA via AP)

Suasana saat sesi latihan para pemain AS Roma di Trigoria Sports Centre, Roma, Italia, Selasa (1/5). Hasil di leg pertama membuat Liverpool hanya butuh hasil imbang atau kalah minimal dengan selisih dua gol dari AS Roma. (Riccardo Antimiani /ANSA via AP)

Suasana saat sesi latihan para pemain AS Roma di Trigoria Sports Centre, Roma, Italia, Selasa (1/5). Hasil di leg pertama membuat Liverpool hanya butuh hasil imbang atau kalah minimal dengan selisih dua gol dari AS Roma. (Riccardo Antimiani /ANSA via AP)

Pemain AS Roma, Edin Dzeko (tengah) bermain bola saat sesi latihan di Trigoria Sports Centre, Roma, Italia, Selasa (1/5). Roma harus menang 3-0 di Olimpico untuk melaju ke final. (FILIPPO MONTEFORTE / AFP)

Pemain AS Roma, Edin Dzeko (tengah) bermain bola saat sesi latihan di Trigoria Sports Centre, Roma, Italia, Selasa (1/5). Roma harus menang 3-0 di Olimpico untuk melaju ke final. (FILIPPO MONTEFORTE / AFP)

Para pemain AS Roma bersiap berlatih di Trigoria Sports Centre, Roma, Italia, Selasa (1/5). Kans Liverpool meraih hasil bagus kontra AS Roma terbilang besar. (FILIPPO MONTEFORTE / AFP)

Para pemain AS Roma bersiap berlatih di Trigoria Sports Centre, Roma, Italia, Selasa (1/5). Kans Liverpool meraih hasil bagus kontra AS Roma terbilang besar. (FILIPPO MONTEFORTE / AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kopi Jabar Jadi Primadona di 2nd Indonesia Week 2018 Nagoya

Posted: 01 May 2018 09:22 PM PDT

Pemerintah Provinsi Jawa Barat turut berpartisipasi pada 2nd Indonesia Week 2018 Nagoya, Jepang berlokasi di bawah Nagoya TV Tower di Mochinoki Hiroba (Central Park). Acara yang digelar pada tanggal 28 - 30 April 2018 ini, terdapat Kopi Jawa Barat di Stand Ngopi Saraosna edisi mini serta Stand Dekranasda menjadi andalan komoditas yang dipamerkan Pemprov Jabar di sana.

Indonesia Week adalah sebuah festival kolaborasi yang bertujuan 'Mewartakan Berita Baik' perihal Indonesia ke seluruh dunia. Kegiatan ini digagas dan di Inisiasi oleh Be Indonesia, sebuah kolaborasi yang terdiri dari berbagai perwakilan akademisi, komunitas, media, pemerintah dan pekerja kreatif.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) yang di dampingi Ibu Netty Prasetyani sekaligus Ketua Dekranasda Jawa Barat mengatakan bahwa Indonesia Week 2018 yang digelar kali ini menjadi peluang kesempatan bagi Jawa barat untuk memasarkan produk-produk unggulan Jawa Barat.

"Saya menitip kepada masyarakat Indonesia khususnya WNI asal Jawa Barat untuk terus meningkatkan ilmu pengetahuan dan keterampilan disini dan jika kembali ke Indonesia dapat membangun kampung halamannya," katanya di sela-sela kunjungan di Nagoya Jepang, Minggu (29/4/2018).

Khusus kopi, Aher mengaku dengan bangga keunggulan kopi asal Jabar yang selalu menjadi suvenir wajib dirinya saat berkunjung ke luar negeri, direspon sangat positif oleh mitra kerjasama. Kualitas kopi asal Jawa Barat yang mulai mendapat tempat istimewa di pasar komoditas juga menjadi senjata ampuh bagi Pemerintah Provinsi Jabar dalam membuka hubungan dengan luar negeri.

Diplomasi kopi ini memang ditopang oleh kualitas kopi Java Preanger yang unik dan terbaik, meski delegasi daerah lain juga kerap membawa kopi sebagai buah tangan bagi tuan rumah, Jabar memiliki tempat tersendiri. "Kopi yang lain biasanya premium, kopi yang kita bawa selalu specialty. Ini posisinya tertinggi," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang Arifin Tasrif juga Gubernur Nagoya Mr. Hidayaki Omura mengapresiasi stand-stand perwakilan dari Jawa Barat , berharap bisa meningkatkan kerjasama lebih erat lagi antara Indonesia dan Jepang.

Selain Stand Ngopi Saraosna, juga ada dari stand Dekranasda Jawa Barat yang menampilkan kerajinan-kerajinan dari Jawa Barat dan fashion. Salah satunya koleksi Karina Amanda dari Kika Butik yang menggunakan kain tenun rami batik warna alam dipadukan sulam Sashiko Yuza mendapat apresiasi dari desainer asal Jepang yang berkunjung ke Indonesia Week kali ini.

Direktur Kreatif Indonesia Week 2018, galih sedayu, mengatakan bahwa untuk mewarnai festival tersebut, agenda kegiatannya akan berupa Intimate Concert Culinary Bazaar ; Live Cooking Demo ; Batik Workshop & Lawasan Batik Display ; Community Parade ; Edu Talkshow ; Indonesian Green Action For Nagoya ; Indonesia Embassy of Tokyo Public Service ; Kustomfest & Travel Fair.

Sejumlah kolaborator yang berasal dari Indonesia & Jepang dihadirkan dalam kegiatan Indonesia Week 2018 ini diantaranya Indonesia Rock Star Empire, Sleaze Party, Indonesia-Japan Band Festival, Matsumoto Machiko (Washoku Cooking Instructor), Doni Rachman (Fashion Designer).

Seorang WNI asal Jawa Barat, Inan Salakalangit yang sudah 20 tahun lebih tinggal di Shizouka sengaja datang ke acara tersebut demi kuliner khas Indonesia. "Saya sengaja datang ke acara ini, meskipun 3 jam perjalanan dari rumah ingin mencicipi kuliner khas Indonesia khususnya Jawa Barat dan baru mengetahui bahwa ada kopi asal Jawa Barat yaitu Kopi Puntang yang menurut informasi tahun 2016 lalu juara di Amerika. Rasanya bangga sekali" katanya.

Dia berharap semoga acara Indonesia Week 2018 dilaksanakan lebih sering lagi untuk mengenalkan produk-produk unggulan Indonesia.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gedung Roboh Akibat Kebakaran di Sao Paulo, Satu Orang Tewas

Posted: 01 May 2018 09:20 PM PDT

Sebuah gedung bertingkat yang terbengkalai di pusat kota Sao Paulo -- dan ditempati oleh penduduk liar -- ambruk akibat kebakaran besar yang terjadi pada Selasa dini hari, 1 Mei 2018.

Robohnya gedung tersebut memicu tebaran puing berapi ke beberapa gedung dan jalanan sekitarnya.

Dikutip dari Time.com, Rabu (2/5/2018), petugas pemadam kebakaran mengatakan, setidaknya satu orang tewas dalam insiden tersebut, dan kemungkinan ada korban lainnya yang masih terperangkap.

Bangunan bekas markas besar polisi federal Brasil itu terbakar sekitar pukul 01.30 dini hari waktu setempat. Petugas pemadam kebakaran langsung dikerahkan untuk secepat mungkin membantu evakuasi orang-orang yang berusaha menyelamatkan diri.

Beberapa jam kemudian ketika api kian membesar, bangunan 20 lantai itu perlahan ambruk sehingga memicu kepanikan kerumunan yang ada di sekitarnya.

Globo TV menangkap momen robohnya gedung tersebut, yang menggambarkannya seperti efek domino, memicu puing-puing bertebaran ke segala arah.

Salah seorang yang tinggal di gedung tersebut, Romulo de Souza (49), mengatakan bahwa kobaran api bermula di lantai empat, tapi ia tidak tahu pasti apa penyebabnya.

"Saya bersyukur mayoritas orang di gedung tersebut berhasil keluar," katanya.

Menurut De Souza, ia dan para saksi lainnya menduga kebakaran berasal dari kebocoran pipa gas, yang masih terpasang aktif di lantai empat dan lima gedung tersebut.

Letnan Andre Elias dari Dinas Pemadam Kebakaran Sao Paulo, mengatakan kepada Globo TV, bahwa setidaknya satu orang tewas dalam insiden tersebut.

Pihak berwenang Brasil masih berusaha menangani sisa-sisa kebakaran, sekaligus berupaya mencari kemungkinan korban tambahan yang terjebak.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

 

Sinyal Tegas untuk Pemerintah Sao Paulo

Petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api yang melahap bangunan 26 lantai di Sao Paulo, Brasil, Selasa (1/5). Saksi mengatakan api menyebar dengan cepat dari salah satu lantai bawah dan membakar bangunan yang bersebelahan. (AP/Andre Penner)

Dinas Pemadam Kebakaran Sao Paulo mengatakan butuh beberapa hari, untuk membersihkan puing-puing kebakaran dan menghitung total kerugiannya.

Beberapa pihak mengatakan insiden kebakaran menjadi sinyal tegas bagi pemerintah setempat, dalam menangani banyak bangunan bertingkat yang terbengkalai di kota terbesar di Amerika Selatan itu.

Bangunan-bangunan terbengkalai tersebut telah diduduki oleh kelompok-kelompok mafia perumahan, yang berusaha mengklaim hak kepemilikan. Banyak penduduk liar memilih tinggal di sana dengan membayar biaya sewa bulanan, termasuk iuran listrik dan gas.

Kantor berita Associated Press pernah menulis laporan pada Juni 2017, sebanyak kurang lebih 350 keluarga tinggal di gedung bekas markas polisi tersebut.

Namun, media lokal melaporkan pada Selasa, bahwa sisa populasi yang masih tinggal di gedung tersebut berjumlah tidak lebih dari 50 keluarga.  

Mantan Wali Kota Sao Paulo, Joao Doria, yang baru-baru ini mengundurkan diri untuk mencalonkan diri sebagai gubernur, telah berusaha menindak penduduk liar melalui rencana pembangunan area publik di pusat kota.

Doria berpendapat bahwa pusat kota harus menunjukkan wajah modern Sao Paulo, sebagai mesin ekonomi Brasil dan salah satu pusat keuangan terpenting di belahan Bumi Selatan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pikiran Michael Jackson Jelang Kematian Terungkap, Hati Sang Kakak Hancur

Posted: 01 May 2018 09:20 PM PDT

Michael Jackson memang telah meninggal dunia sejak 2009 lalu. Namun kematiannya masih menyimpan sejumlah tanya di benak banyak orang. Termasuk sang kakak, La Toya Jackson.

Tak heran, kakak perempuan Michael Jackson ini lantas mengajukan pertanyaan tentang sang adik saat ia tampil sebagai bintang tamu dalam acara Hollywood Medium With Tyler Henry.

Ini, adalah acara yang menampilkan cenayang Tyler Henry, yang menghubungkan sejumlah pesohor dengan arwah orang-orang terdekatnya.

Dilansir dari E! News, Rabu (2/4/2018), Tyler Henry mengungkap tentang hal terakhir yang muncul di pikiran Michael Jackson sebelum ia meninggal dunia. Hal ini langsung membuat La Toya Jackson berkaca-kaca.

Ditinggal Sendirian

Michael Jackson. (AFP/Bintang.com)

Tyler Henry mengatakan bahwa di pengujung hidupnya, Michael Jackson menyadari bahwa ia seharusnya tak boleh ditinggal sendirian.

"Orang yang seharunya ada di sana untuk mengawasinya malah tidak mengawasinya dan rasanya seperti 'Aku memercayai peranmu di mana kamu seharusnya membantuku tapi kamu malah pergi'," tutur Tyler Henry. Hanya saja obat-obatan yang beredar di pembuluh darahnya bekerja dengan sangat cepat sehingga Michael tak sempat meminta pertolongan. 

Pikiran La Toya

Michael Jackson.  (AFP PHOTO/POOL/Kevork DJANSEZIAN)

Hal ini membuat La Toya langsung berpikir apa yang sebenarnya terjadi sebelum sang adik meninggal dunia.

"Aku merasa saat itu dia menyadari ada yang salah saat dia ditinggal sendirian. Dan itu adalah saat ia tengah dalam keadaan sadar dan menyadari bahwa ada sesuatu yang salah," kata La Toya.

 

Hati Hancur

Michael Jackson (JOERG SARBACH/AP File Photo)

"Kurasa apa yang lebih menyakitkan dari semuanya adalah, bukan hanya karena ia butuh seseorang untuk mendampinginya, tapi karena ada satu orang yang sudah dipercaya, yang ia percaya, orang terdekatnya, dan orang itu tak ada," tutur La Toya.

Hal ini membuat emosinya kian sulit dibendung. "Mendengar hal ini, sungguh, ini menghancurkan dirimu. Aku ingin menangis," kata La Toya Jackson.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kelompok Pemuda Ini Deklarasikan Dukung TGB Maju di Pilpres 2019

Posted: 01 May 2018 09:19 PM PDT

Poros Pemuda Nusantara mendeklarasikan dukungan kepada Tuan Guru Bajang Zainul Majdi atau TGB untuk maju di Pilpres 2019. 

Koordinator Poros Pemuda Nusantara Arief Kurniadi menuturkan, TGB adalah individu Islami yang tulen. Juga memiliki kekuatan citra sebagai sosok yang nasionaiis religius. Selain itu, TGB yang telah memimpin NTB dua periode dinilai memiliki sederet prestasinya.

"Penghargaan sebagai pemimpin yang berintegritas, kredibilitas, akseptabilitas menciptakan pemerintahan yang bersih pernah diraihnya," ucap Arief di bilangan Cikini, Jakarta, Rabu (2/5/2019).

Karena itu, lanjut dia, atas nama pemuda dan sebagai warga negara republik Indonesia telah membentuk poros pemuda yang berdaya-guna sebagai jembatan ihktiar untuk memuluskan jalan bertarung TGB di Pilpres 2019.

"Kami Poros Pemuda Nusantara mendeklarasikan Tuan Guru Bajang sebagai calon Presiden atau Wakil Presiden 2019," ucap Arief.

Poros Pemuda Nusantara mengajak masyarakat untuk bersama-sama mendukung TGB. Sejumlah langkah akan disiapkan untuk memuluskan jalan TGB menuju Pilpres 2019.

"Poros Pemuda Nusantara mengajukan TGB menjadi pemimpin alternatif yang layak diusung demi masa depan Indonesia. Dalam tempo yang marathon ke depan, sikap, pikiran dan tindakan kami konsisten siap menyusun langkah-langkah strategis untuk TGB," pungkasnya.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertamina Bikin Jokowi Geleng-Geleng Kepala, Ada Apa?

Posted: 01 May 2018 09:16 PM PDT

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyetil PT Pertamina (Persero) tekait dengan kegiatan pencarian minyak dan gas (migas)‎ yang tidak mengalami perkembangan signifikan. Sentilan tersebut dilakukan saat meresmikan membuka The 42nd Indonesia Petroleum Association (IPA) Convention and Exhibition di Jakarta Convention Center, Plenary Hall, Jakarta, pada Rabu ini.

Jokowi bercerita, perkembangan industri migas di Indonesia sangat besar. Pengaruh industri migas di ekonomi juga sangat besar. Ia mengatakan industri migas telah menginvestasi ratusan triliun rupiah di Tanah Air.

Karena jumlah investasi yang cukup besar, kata Presiden Jokowi, para politikus dibuat gemetar oleh para pengusaha. Namun, dia mengaku merasa biasa-biasa saja.

"Inilah industri dengan nama besar dengan tokohnya yang membikin gemetar para politikus, tapi untuk saya ya biasa saja," kata dia, Rabu (2/5/2018).

Presiden Jokowi menambahkan, belakangan ini dirinya dibuat geleng-geleng kepala oleh Pertamina. Dari informasi yang didapatnya, Pertamina melakukan kegiatan pencarian migas sejak 1970-an, tetapi sampai saat ini belum melakukan kegiatan eksplorasi besar. Dia pun mempertanyakan hal tersebut.

"Sebagai contoh, Pertamina, informasi saya terima sejak 70-an, tidak pernah eksplorasi dalam jumlah besar sampai saat ini, yang ada kecil-kecil. Ini ada apa?" ungkapnya.

Untuk membuat kegiatan pencarian migas di Indonesia bergairah, Jokowi perintahkan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan memang regulasi dan peraturan yang ada pada instansi tersebut. Hasilnya, 186 peraturan yang menghambat pengembangan industri hulu migas berhasi dipangkas.

Jokowi juga berharap, dengan adanya penyederhanaan perizinan dan peraturan dapat memudahkan para investor menanamkan modal sehingga dapat menggairahkan investasi pada sektor hulu migas nasional.

Pertama Kali

Inilah pesan Jokowi untuk perayaan Isra Miraj yang jatuh pada hari Sabtu, 14 April 2018. (Foto: Liputan6.com/Angga Yuniar)

Untuk diketahui Presiden Jokowi hadir dalam konvensi dan pameran industri hulu minyak dan gas bumi (migas) IPA ke-42 tahun 2018. Kehadiran Jokowi merupakan pertama kalinya dalam ajang tersebut.

Berdasarkan catatan Liputan6.com, pada tahun lalu ajang Indonesian Petroleum Association (IPA) Convention and Exhibition hanya dibuka Menteri ESDM Ignasius Jonan. Sementara dua tahun lalu, ajang pameran dan konvensi tersebut dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman yang saat itu dijabat oleh Indroyono Soesilo.

Jokowi mengaku bahagia bisa hadir dalam perhelatan industri pencarian migas tersebut. Pasalnya, hulu migas merupakan industri paling terkenal dan elite dengan investasi yang sangat besar hingga ratusan triliun.

"Sangat berbahagia sekali saya bisa hadir dalam pameran dan konvensi tahunan IPA. Ini dia industri yang paling terkenal dan paling elite yang pengusaha-pengusahanya menggeser ke sana sini bukan puluhan triliun, tapi ratusan triliun," kata Jokowi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Waspada, Ini 6 Tanda Pria Tidak Serius Menikah

Posted: 01 May 2018 09:15 PM PDT

Saat Anda berada dalam sebuah hubungan percintaan, tentunya menginginkan menjadi prioritas dan tujuan dari sang kekasih. Anda ingin menikmati perhatian, cinta, dan kasih sayang yang tulus darinya. Hingga hubungan yang berujung menikah dengan pasangan terwujud.

Namun bagaimana jika kekasih Anda ternyata hanya menjadikan Anda pilihan. Tindakannya tidak memperlihatkan keseriusan untuk menikahi Anda. Pernahkah Anda berpikir seperti apa arti diri Anda bagi sang kekasih, apakah prioritas atau pilihan?

Anda dapat melihat enam tanda, apakah pria serius untuk menikah dengan Anda, seperti yang dilansir dari situs Boldsky, Senin (30/4/2018).

1. Tidak sabar menanti saat Anda datang terlambat

Anda selalu menunggunya bahkan untuk waktu yang lama, namun pasangan Anda tidak pernah menunggu ketika Anda datang terlambat untuk kencan. Kalau sudah seperti ini, bagaimana dia bisa bersabar menanti Anda saat menikah nanti. 

2. Tidak membuka diri dengan teman-teman Anda

Pasangan Anda menikmati waktu dan nyaman berada di dekat rekan kantornya namun tidak dengan rekan Anda. Ini artinya ia membuka diri secara baik dengan orang lain namun tidak kepada orang-orang di sekitar Anda.

 

 

Pria tidak serius menikah

Berikut enam tanda seorang pria tidak benar-benar serius menikah dengan Anda. (Foto: iStockphoto)

3. Tidak mengenalkan Anda pada keluarganya

Sang kekasih tidak pernah membawa Anda pada setiap acara penting keluarga. Ia juga tidak bercerita apapun tentang keluarganya.

4. Sering datang terlambat saat kencan

Saat berkencan, Anda telah menyiapkan tempat yang terbaik namun pasangan selalu datang terlambat. Pasangan tidak merasa Anda begitu penting, sehingga membuat Anda menunggu tidak masalah baginya.

Pria tidak serius menikah

Berikut enam tanda seorang pria tidak benar-benar serius menikah dengan Anda. (Foto: iStockphoto)

5. Anda lebih banyak berkorban

Anda melakukan pengorbanan yang besar untuk hubungan ini, namun pasangan terlihat tidak melakukan apapun untuk Anda.

6. Tidak menjadikan Anda prioritas

Pasangan tidak pernah menjawab panggilan atau pesan singkat hingga Anda kehilangan kesabaran. Dia sibuk dengan kehidupannya dan akan menghubungi Anda ketika ingin saja. Pasangan yang menjadikan Anda tujuan dalam hubungan percintaan akan menjadikan Anda prioritas dan memberi kabar bahkan dalam keadaan sibuk sekalipun.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Piala AFF Putri U-16, Thailand vs Indonesia

Posted: 01 May 2018 09:15 PM PDT

Timnas Putri Indonesia U-16 akan segera memulai petualangannya di Piala AFF Putri 2018 di Palembang. Tim besutan Rully Nere itu akan langsung menghadapi Thailand di Stadion Bumi Sriwijaya, Palembang, Rabu (2/5/2018).

Sebelumnya, hari pertama Piala AFF Putri U-16 sudah dibuka dengan dua pertandingan menarik Grup A pada Selasa (1/5/2018). Vietnam dan Myanmar hanya mampu bermain imbang tanpa gol. Sedangkan Singapura dan Malaysia juga hanya meraih satu poin setelah bermain imbang 3-3.

Khusus untuk Timnas Putri Indonesia U-16, melawan Thailand jelas bukan tugas yang mudah. Itu karena mereka adalah pemenang Piala AFF Putri U-16 2017. Di final, mereka menaklukkan Filipina 6-2.

"Menurut saya, target kami adalah lolos dulu dari fase grup saat ini. Untuk semifinal atau final, kami akan lihat perkembangannya bagaimana," kata Rully kepada Bola.com, di Hotel Rio, Palembang, Selasa (1/5/2018).

"Kita semua sama-sama mengetahui, Timnas Indonesia putri kurang bersaing karena tidak memiliki kompetisi. Jadi kami semua harus bersikap realistis," lanjut Rully.

 

Jadwal Timnas Putri Indonesia U-16

Rabu, 2 Mei 2018

16:00 WIB: Thailand vs Indonesia

Jumat, 4 Mei 2018

16:00 WIB: Indonesia vs Kamboja

Minggu, 6 Mei 2018

16:00 WIB: Laos vs Indonesia

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Sambil Membungkuk, Anak Bos Korean Air Minta Maaf

Posted: 01 May 2018 09:15 PM PDT

Cho yang bekas eksekutif senior Korea Air itu meminta maaf kepada publik atas insiden melemparkan air mineral ke wajah seorang eksekutif perusahaan periklanan dalam sebuah pertemuan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kasus Persekusi Bocah Mandi Oli Masuk Ranah Hukum

Posted: 01 May 2018 09:13 PM PDT

Kasus menghukum anak dengan mandi oli oleh seorang dewasa kini sudah masuk ke ranah hukum. Tim dokter Yogyakarta memeriksa kesehatan anak yang diduga mencuri onderdil bekas tersebut.

Hasilnya sang anak mengalami iritasi kulit.

Saksikan berita selengkapnya di Liputan6 Siang SCTV, Rabu (2/5/2018), pukul 12.00 WIB di tautan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelaku Usaha Optimistis Migas Masih Jadi Tulang Punggung Energi RI

Posted: 01 May 2018 09:10 PM PDT

Indonesian Petroleum Association (IPA) kembali mengadakan 'The 42nd IPA Convention and Exhibition' di Jakarta Convention Center, sejak 2-4 Mei 2018. Pameran ini dimaksudkan sebagai ajang diskusi pelaku industri migas Indonesia.

Presiden IPA (Indonesian Petroleum Association), Ronald Gunawan, meyakini minyak dan gas bumi (migas) masih menjadi tulang punggung energi nasional bahkan hingga 30 tahun ke depan.

Kata dia, bila menilik pada World Energy Outlook 2017 oleh International Energy Agency (IEA), minyak dan gas bumi masih akan tetap menjadi energi utama di dunia dalam 20-30 tahun ke depan. Porsi energi dari migas masih di atas 50 persen.

Sementara itu, Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) sebagaimana diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 22 Tahun 2017 menetapkan target porsi energi dari industri migas pada 2050 adalah sebesar 44 persen dari total energi nasional.

"Dari data ini, dapat ditarik kesimpulan bahwa minyak dan gas bumi masih menjadi tulang punggung energi nasional dalam 20-30 tahun ke depan," ujar dia di Acara Pembukaan 'The 42th IPA Convention and Exhibition' di JCC, Jakarta, Rabu (2/5/2018).

 

Selanjutnya

Pengunjung melihat maket di pameran Indonesian Petroleum Association (IPA) di JCC, Jakarta, Rabu (25/5). Pameran ini merupakan pameran migas terbesar di Asia Tenggara. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Diketahui, IPA Convex ke-42 yang diselenggarakan pada 2018 mengambil tema 'Driving Indonesia's Oil and Gas Global Competitiveness'.

Diskusi dengan topik-topik yang mendukung tema IPA Convex tersebut akan diadakan di Plenary Sessions, Special Session, CEO Forum, dan Technology Sessions.

"Tema tersebut diambil dengan mempertimbangkan kondisi hulu migas Indonesia yang terus mengalami penurunan produksi dan karenanya sangat membutuhkan investasi untuk menemukan cadangan migas baru melalui kegiatan eksplorasi," ujar dia.

"Di sisi lain, persaingan global untuk menarik investasi migas berlangsung sangat ketat sehingga diperlukan peningkatan daya saing Indonesia secara global," imbuhnya.

IPA Convex tahun ini diikuti oleh lebih dari 1.700 peserta konvensi, 118 peserta pameran dari berbagai perwakilan perusahaan, Pemerintah dan asosiasi dari dalam dan luar negeri, dan diperkirakan dikunjungi oleh lebih dari 21.000 orang. Selain itu sebanyak 82 poster dan 119 presentasi akan ditampilkan melalui sesi presentasi teknis.

 

 

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

 

 

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Syuting Videoklip, Yuju GFriend Malah Nyasar di Atas Bukit

Posted: 01 May 2018 09:10 PM PDT

Untuk merayakan dirilisnya album terbarunya, GFriend merayakan showcase bersama para penggemarnya pada 30 April 2018. Showcase ini juga ditayangkan langsung di Naver V Live.

Selama acara, para anggota menonton video musik untuk judul lagu baru mereka "Time for the Moon Night" dengan penggemar. Dalam kesempatan itu juga anggota GFriend berbagi cerita di balik pembuatan video musik tersebut.

Dilansir dari Soompi, Rabu (2/5/2018), leader GFriend, Sowon mengatakan bahwa video musik terbaru ini bisa dimaknai dengan berbagai cara. Setiap orang akan memiliki interpretasi yang berbeda tentang cerita di video musik tersebut. Dan untuk Sowon itulah yang membuatnya menyenangkan.

Yerin setuju dan menambahkan," Saya memperhatikan reaksi penggemar kami, dan saya pikir banyak dari mereka yang bereaksi dengan cara yang kami harapkan."

Yuju Tersesat

Yuju GFRIEND (Foto: Twitter/GFRDofficial)

Mereka melanjutkan dengan berbagi cerita menarik saat syuting videoklip ini. Yuju menceritakan, "Ada adegan di mana saya memegang vas bunga dan berjalan ke atas bukit.

"Orang-orang yang mengenal saya akan tahu bahwa saya benar-benar buruk soal arah. Saya harus berjalan ke atas bukit, tetapi saya tidak tahu ke mana saya akan pergi, jadi saya tersesat. Tapi ternyata adegan saya berkeliaran di daerah itu dimasukkan dalam versi final video," tuturnya. 

Berakting Menangis

Yerin GFRIEND (Foto: Twitter/GFRDofficial)

Yerin juga membagikan pengalamannya saat dirinya harus berakting menangis.

"Pada awalnya, saya berkata pada diri sendiri bahwa saya perlu tampil cantik ketika menangis, tetapi itu bukan hal yang mudah dilakukan. Banyak orang mengatakan kepada saya bahwa mereka menangis menonton adegan itu. Jadi saya merasa senang dengan akting saya," ungkapnya.

Mencium

Sowon GFRIEND (Foto: Twitter/GFRDofficial)

Sowon menambahkan, "Dalam video musik, ada adegan di mana saya mencium kepala Yerin. Seharusnya saya memberinya ciuman yang menghibur tetapi itu terlihat seperti saya mencium bau rambutnya. Sangat aneh menciumnya di kepala seperti itu. Dan Yerin terus tertawa, itu yang membuat syuting adegan tersebut menjadi sulit."

Yerin menjelaskan, "Saya terus tertawa karena saya bisa merasakan napasnya mendekati saya sebelum ia mencium kepala saya. Itu seharusnya memperlihatkan kenyamanan, tetapi kami kembali akan menyerahkannya pada interpretasi Anda."

Time for the Moon Night

GFRIEND (Foto: Twitter/GFRDofficial)

Berbeda dengan judul lagu mereka lainnya yang semuanya ditulis oleh duo produser Iggy Yongbae, lagu terbaru GFriend "Time for the Moon Night" ini dibuat oleh produser No Joo Hwan dan Lee Won Jong. Keenam anggota dengan suara bulat memilihnya sebagai judul lagu. Liriknya mengekspresikan emosi di waktu malam ketika orang yang anda cintai terlintas dalam pikiran.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenali Kerusakan Mobil dari Warna Asap Knalpot

Posted: 01 May 2018 09:08 PM PDT

Asap yang dihasilkan dari knalpot mobil bisa menandakan beragam hal, salah satunya ada masalah yang sedang dialami kendaraan.

Warna asap mobil ternyata bisa membantumu untuk mendeteksi masalah yang terjadi pada mobilmu. Apa saja tandanya? Dikutip dari situs resmi Daihatsu, begini penjelasannya.

Asap Warna Putih

Ada dua jenis asap putih, putih dengan asap yang tipis dan lebih tebal. Tak perlu khawatir jika melihat asap putih tipis. Kondisi ini masih bisa dibilang normal, karena terjadi dari hasil penumpukan kotoran dalam aliran pembuangan atau knalpot.

Jika asap putih terlihat tebal dan pekat itu berarti terjadi masalah cukup besar pada mesin. Penyebabnya ada oli yang masuk ke ruang bakar dalam jumlah signifikan. Ini terjadi karena kebocoran pada seal klep atau ring piston sudah parah.

Asap Warna Kebiruan

Jika yang keluar adalah asap warna kebiruan, tandanya ada sedikit oli yang terbakar di dalam mesin.

Penyebabnya kemungkinan ada masalah pada head gasket antara silinder head dengan blok mesin atau bisa disebut blown gasket. Penyebab lainnya adalah katup seal atau ring piston yang telah aus dan oli pun menjadi bocor.

Penyebab lainnya, jika mobil dilengkapi turbo, asap ini menandakan bahwa blower dari turbo mobil harus diganti.

Asap Warna Abu-Abu

Asap warna ini menandakan katup Positive Crankcase Ventilation (PCV) macet. Penyebabnya mirip dengan asap warna biru, asap warna abu-abu juga disebabkan karena kinerja turbo yang buruk dan juga pembakaran oli yang bocor.

 

 

Asap Warna Hitam

Asap knalpot hitam biasanya disebabkan pembakaran bahan bakar tidak sempurna shingga ada sisa pembakaran keluar melalui knalpot. Kondisi ini sangat berpengaruh terhadap konsumsi BBM yang bisa lebih boros bahkan hingga dua kali lipat dibandingkan kondisi normal dan dapat mengurangi performa mesin.

Apa pun warna asap yang keluar dari knalpot mobil, segeralah untuk melakukan pengecekan ke bengkel.

Sumber : Otosia.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hunian Tapak Menjamur di Bekasi Timur

Posted: 01 May 2018 09:04 PM PDT

Kota Bekasi yang kerap dijuluki 'planet' karena tingkat kemacetannya ternyata menyimpan prospek properti menjanjikan. Setidaknya hal ini dibuktikan dengan pesatnya perkembangan proyek perumahan baru dari developer lokal maupun asing.

Menurut Rumah.com Property Index, median harga hunian di wilayah Bekasi pada kuartal pertama (Q1) 2018 mencapai Rp7,73 juta per meter persegi. Naik 2,33% dibandingkan kuartal sebelumnya (quarter-on-quarter).

Soal progres terkini, jika beberapa waktu belakangan pasar hunian di kawasan Bekasi Barat terus-menerus menunjukkan tren positif, kini pertumbuhannya sudah bergeser ke sisi timur.

Ke depan, Bekasi Timur diprediksi menjadi pintu masuk bagi kaum suburban untuk menuju Jakarta menyusul pembangunan infrastruktur yang terus berjalan. Mulai dari sarana transportasi massal seperti LRT, Tol Becakayu, hingga Elevated Tol Jakarta – Cikampek.

(Jangan coba-coba investasi properti di pinggir kota tanpa menyimak ulasan wilayahnya di Area Insider Rumah.com)

Median harga properti di Bekasi di sepanjang tahun 2017

Kepada Rumah.com, Eko Budisantoso selaku Direktur Operasi Timah Properti meyakini, pembangunan infrastruktur di sisi timur mampu memberi stimulus bagi sektor properti.

"Masyarakat dewasa ini sangat selektif memilih hunian, sehingga yang punya banyak akses transportasi pasti jadi pilihan pertama. Dalam konteks itu, kami optimistis proyek yang kami kembangkan yakni Familia Urban akan diserap pasar secara cepat karena lokasinya dilewati beragam akses baru," ujarnya.

Sementara jika mengamati pergerakan market secara general, tahun 2018 dan 2019 menurut Eko bakal menjadi tahun emas bagi sektor properti di Bekasi Timur.

"Sehingga kami percaya diri penjualan tahun ini akan meningkat dibanding tahun kemarin. Selain karena pembangunan infrastruktur transportasi terpadu, progres pembangunan baik unit rumah maupun kawasan di proyek ini sudah mulai terlihat," imbuhnya.

Familia Urban sendiri baru saja melakukan serah terima unit sebanyak 25 rumah. Pada tahun 2017, penjualan proyek tersebut mencapai kurang lebih Rp62 miliar. Sementara target penjualan di tahun ini adalah Rp188 miliar.

Sejak pra launching tahun lalu, kenaikan harga rumah di sini berkisar 15%-20% di mana kenaikan harga paling signifikan terjadi pada rumah tipe kecil sampai menengah dengan luas bangunan 36m2 – 45m2.

Mengenai profil konsumen, 70%-nya berasal dari kalangan end user dengan kategori pasangan atau keluarga muda dengan 1-2 orang anak.

Manfaatkan jasa agen properti profesional yang terdapat di Rumah.com yang akan membantu urusan beli atau sewa rumah Anda!

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Peringatan Hari Buruh di Kolombia Diwarnai Aksi Bakar Patung Donald Trump

Posted: 01 May 2018 09:00 PM PDT

Patung karakter Presiden AS Donald Trump disiapkan sebelum dibakar saat aksi protes pada peringatan Hari Buruh di Bogota, Kolombia (1/5). Ribuan orang di Kolombia turun ke jalan untuk memperingati Hari Buruh. (AP/Fernando Vergara)

Patung karakter Presiden AS Donald Trump disiapkan sebelum dibakar saat aksi protes pada peringatan Hari Buruh di Bogota, Kolombia (1/5). Ribuan orang di Kolombia turun ke jalan untuk memperingati Hari Buruh. (AP/Fernando Vergara)

Para pengunjuk rasa membakar patung karakter Presiden AS Donald Trump saat melakukan aksi protes pada peringatan Hari Buruh di Bogota, Kolombia (1/5). Mereka melakukan aksi dengan membakar patung Donald Trump. (AP/Fernando Vergara)

Para pengunjuk rasa membakar patung karakter Presiden AS Donald Trump saat melakukan aksi protes pada peringatan Hari Buruh di Bogota, Kolombia (1/5). Mereka melakukan aksi dengan membakar patung Donald Trump. (AP/Fernando Vergara)

Sejumlah orang memukul alat musik saat melakukan aksi protes pada peringatan Hari Buruh di Bogota, Kolombia (1/5). Mereka melakukan aksi protes selamay peringatan Hari Buruh dengan cara bermain alat musik. (AP/Fernando Vergara)

Sejumlah orang memukul alat musik saat melakukan aksi protes pada peringatan Hari Buruh di Bogota, Kolombia (1/5). Mereka melakukan aksi protes selamay peringatan Hari Buruh dengan cara bermain alat musik. (AP/Fernando Vergara)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Drawing Piala AFF 2018 Digelar Siang Ini

Posted: 01 May 2018 09:00 PM PDT

Piala AFF 2018 siap menggeliat. Mulai edisi tahun ini, Piala AFF akan dilangsungkan 8 November hingga 15 Desember 2018.

Sebanyak 10 tim peserta akan terbagi dalam dua grup, setiap grup bertanding menggunakan sistem round robin sehingga tiap peserta akan menjalani dua laga kandang dan dua partai tandang di fase penyisihan grup.

Sebelum itu, akan dilakukan pengundian fase grup Piala AFF 2018. Indonesia mendapat kehormatan sebagai lokasi drawing. Pengundian grup ini akan digelar di Hotel Mulia, Jakarta, siang ini, Rabu (2/5/2018).

Ke-10 negara peserta sudah masuk dalam pot-pot drawing, yang terbagi dalam lima pot. Pot pertama dihuni tim unggulan, yakni Thailand dan Vietnam.

Indonesia dan Malaysia masuk pot kedua sehingga dipastikan negara tetangga satu rumpun ini tak akan jadi satu grup di fase penyisihan Piala AFF 2018. Kemudian pot ketiga diisi Filipina dan Myanmar.

Live Streaming Drawing

Pemain Timnas Indonesia, Rizky Pora, berusaha melewati hadangan pemain Thailand dalam laga leg kedua final Piala AFF 2016 di Stadion Rajamangala, Bangkok, Thailand, Sabtu (17/12/2016). (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Pot keempat diisi Singapura dan Kamboja, serta pot kelima, dihuni Laos dan pemenang laga play-off antara Timor Leste versus Brunei Darussalam.

Pencinta sepak bola Indonesia sekaligus fans Timnas Indonesia bisa menyaksikan secara langsung proses pengundian grup Piala AFF 2018 karena AFF akan menyiarkan secara langsung melalui fasilitas live streaming.

Untuk jadwal tayangan pengundian grup Piala AFF 2018 selengkapnya bisa dilihat di bawah ini.

 

 

Jadwal Drawing

Selasa, 2 Mei 2018

14.00 WIB di Hotel Mulia, Jakarta

Live streaming di situs resmi Piala AFF 2018, affsuzukicup.com

Sumber: www.Bola.com

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Raja Ilato Gorontalo, Kakek Tua Berjenggot Panjang yang Bisa Menghilang

Posted: 01 May 2018 09:00 PM PDT

Warga Gorontalo mengenal tokoh legendaris masa silam, yakni Raja Ilato. Penyebar agama Islam di tanah Gorontalo itu mendapat gelar Ju Panggola. Lengkapnya Aulia Ju Panggola, wali yang menyebarkan agama Islam.

"Ju Panggola sesungguhnya adalah gelar, artinya 'tokoh yang dituakan'," jelas Ketua Badan Pengelola Lembaga Pariwisata Banthayo Pobo'ide, Farhan Daulima, kepada Liputan6.com, beberapa waktu lalu.

Adapun Ilato berarti 'kilat'. Ju Panggola diyakini punya keistimewaan, salah satunya mampu menghilang dari pandangan manusia dan dapat muncul seketika jika Negeri Gorontalo dalam keadaan genting. Kesaktian ini muncul dalam sejarah lisan dalam kisah perjuangan melawan Belanda.

Kisah Ju Panggola memang diwarnai dengan beragam mitos. Orang Gorontalo di zaman dulu mengenal Ju Panggola sebagai kakek tua berjenggot panjang dan berjubah putih yang panjangnya sampai ke lutut.

Ju Panggola meninggalkan ilmu yang diterapkan lewat bela diri. Masyarakat Gorontalo menyebutnya langga. Semasa masih hidup, Ju Panggola mewariskan ilmu itu kepada murid-muridnya dengan cara meneteskan air mata pada mata mereka. Setelah itu sang murid akan menguasai ilmu bela diri tersebut melalui mimpi atau pun bergerak sendiri.

Atas jasa-jasanya untuk Gorontalo dan masyarakat luas, Ju Panggola Raja Ilato mendapat gelar adat "Ta Lo'o Baya Lipu" atau orang yang berjasa kepada rakyat", sebagai lambang kehormatan dan keluhuran negeri.

 

Makam Keramat Ju Panggola

Setiap jelang Ramadan, makam Ju Panggola ramai dikunjungi peziarah. Lokasinya di Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo. Sejak bulan Rajab dan Syaban, terus menjadi lokasi tujuan peziarah dari penjuru Gorontalo. Sudah bergenerasi, warga berziarah ke makam ini bersama dengan keluarga.

Sebagian warga Gorontalo masih menganggap makam Ju Pangola ini keramat lantaran jejak sejarah dan masa lalu sang tokoh. Konon terdapat tanah putih yang hanya ada di makam Ju Panggola saja.

"Tanah putih di makamnya Ju Panggola diambil untuk dan disimpan di dalam rumah dengan izin Allah, agar terhindar dari penyakit dan juga santet dan meperlancar rezeki," kata Hendrik Otane, salah satu peziarah. "Bukan syirik tetapi tanah ini sebagai perantara saja."

Makam Ju Panggola Raja Ilato tak hanya ramai saat jelang Ramadan. Setiap hari Kamis dan Jumat banyak sekali peziarah yang datang. Pada jelang Ramadan ini hampir setiap hari ada peziarah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bergaya Seperti Ini, El Rumi Dianggap Mirip Agung Hercules

Posted: 01 May 2018 09:00 PM PDT

Saat ini, El Rumi masih menempuh pendidikan di London, Inggris. Meski begitu, ia kerap memperlihatkan aktivitasnya di luar kuliah.

Seperti yang terlihat di akun Instagramnya, Selasa (1/5/2018), El Rumi berada di pinggir pantai. Sayangnya, wajah anak pasangan Ahmad Dhani dan Maia Estianty ini tak terlihat.

El Rumi, yang kini berambut gondrong, berpose mengangkat kedua tangannya ke atas seolah memperlihatkan otot di lengannya.

Tak ingin dianggap mirip Agung Hercules, pedangdut yang kerap menunjukkan ototnya saat bernyanyi, El Rumi pun memberikan klarifikasi.

"Ini gue, bukan Agung Hercules. Sekian dan terima kasih..," tulisnya.

 

Tanggapan Warganet

El Rumi (Foto: Instagram)

Rupanya, warganet tetap menganggap El Rumi mirip dengan Agung Hercules. Hanya saja, adik Al Ghazali ini tak membawa barbel.

"Siluet nya emang mirip banget sama Agung Hercules," tulis akun @gamersrpg123.

"Wkwkwk tp mirip bgt," timpal akun @kristinpirkaa.

 

Salju

El Rumi (Foto: Instagram)

Sebelumnya, El Rumi memamerkan foto dirinya berdiri di luar rumah, di tengah hujan salju. Butiran salju tampak berjatuhan di sekelilingnya.

 

Kangen Maia Estianty

Maia Estianty dan El Rumi. [foto: instagram/maiaestiantyreal]

Jauh dari Maia Estianty, sang ibu, membuat El Rumi merasakan kerinduan yang cukup dalam. Untuk itu, selama berada di Jakarta, ia tak ingin jauh dari bundanya.

Bahkan, ia pun menemani Maia Estianty bekerja sebagai juri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

uCloudlink Tawarkan Solusi Koneksi Internet Global yang Terjangkau, Tanpa Kartu SIM

Posted: 01 May 2018 09:00 PM PDT

Kebutuhan akan koneksi internet yang stabil dan terjangkau di masa kini, tidak diimbangi dengan kemudahan dalam memperoleh hal tersebut. Seringkali, saat Anda pergi ke luar negeri, Anda harus direpotkan dengan berganti kartu SIM lokal atau mengaktifkan roaming. Sayangnya, harga yang harus dikeluarkan terlalu besar.

Menyediakan layanan data global yang terbaik, terjangkau, aman, dan ringkas menjadi beberapa alasan berdirinya uCloudlink. Berdiri sejak tahun 2009, uCloudlink Network Technology siap menjadi pemimpin penyedia layanan data mobile global. Pada tahun 2017, uCloudlink melayani lebih dari 500.000 pengguna mobile global dalam satu hari. Layanan mereka telah dinikmati di lebih dari 100 negara dan wilayah.

Pada Kamis (26/04/2018) di Hong Kong, uCloudlink meluncurkan inovasi terbaru mereka, GlocalMe Inside, yang membuat pengguna internet dapat mengakses jaringan terbaik dan terjangkau di mana saja, tanpa kartu SIM. Bersamaan dengan itu, turut diluncurkan dua ponsel GlocalMe dengan teknologi yang sama, yaitu World Phone S1 dan P1.

Liputan6.com berkesempatan berbincang-bincang dengan Co-Founder dan Chief Marketing Officer uCloudlink, Simon Tan serta General Manager Smart Devices Business uCloudlink, Bill Zhang. Berikut petikannya:

Jadi sebenarnya bagaimana bentuk kerja sama antara uCloudlink dengan operator lokal?

Tan: Pada dasarnya, kami menawarkan diri sebagai konsumen kepada mereka. Kemudian, mereka akan memberikan pilihan paket-paket yang disesuaikan dengan wilayah tersebut, lalu kami memilih yang terbaik. Inilah kenapa kami berani mengklaim sebagai penyedia data global dengan harga lokal.

Lalu untuk penjualan ponselnya sendiri, hanya bisa lewat website Anda? Tidak ada rencana penjualan di luar website Anda?

Tan: Pertama-tama, kami akan menjual terlebih dahulu lewat Amazon di Amerika dan Eropa. Tapi kami belum bisa mengonfirmasi kapan tersedia di Amazon. Itu selain preorder lewat kami, ya.

Berarti kami memang belum bisa mendapatkannya selain dari dua cara tersebut, ya?

Zhang: Untuk sementara memang hanya dengan cara itu. Tapi juga telah melakukan kerja sama dengan ritel terbesar di beberapa wilayah, seperti Hong Kong, Singapura, di mana Anda bisa membeli paket bundling GlocalMe (red: ponsel dan paket data) di sana. Sambil jalan, kami juga mencari partner di wilayah lain.

Nantinya pembeli ponsel GlocalMe World Phone bakal mendapatkan pembaharuan?

Tan: Pembaharuannya mungkin bakal tersedia secepatnya. Ini karena kami selalu mengusahakan yang terbaik yang bisa didapatkan oleh konsumer kami.

 

Sistem Pembayaran

CMO uCloudlink, Simon Tan (Liputan6.com/Sulung Lahitani)

Bagaimana sistem pembayaran untuk paket data di GlocalMe ini?

Zhang: Untuk pengguna, bisa memilih paket yang dibutuhkan sesuai negara tempatnya berada. Nanti, pembayarannya bisa lewat Paypal atau kartu kredit.

Pembeli juga bisa memilih sendiri, berapa jumlah paket data yang dibutuhkan. Semakin besar paket data dan kuat jaringannya, tentu harga lebih mahal.

Bagaimana dengan keamanan data pengguna sendiri?

Tan: Anda tak perlu takut dengan keamanan data karena kami menggunakan teknologi CloudSim. Di CloudSim Bank, data pengguna terjaga tanpa harus berganti kartu SIM.

 

GlocalMe di Indonesia

Peluncuran GlocalMe Inside di Hong Kong, Kamis (26/04/2018). (Sulung Lahitani/Liputan6.com)

Sudah bekerja sama dengan pihak mana saja di Indonesia?

Tan: Kami masih melakukan negosiasi dengan beberapa pihak di Indonesia. Ya ini agar ponsel kami juga bisa masuk pasar Indonesia.

Di Indonesia, terdapat kebijakan pemerintah bahwa produsen smartphone 4G LTE berbasis Frequency-Division Duplex (FDD) yang ingin masuk ke pasar Indonesia harus memiliki nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sebesar 30%. Bagaimana respon Anda?

Tan: Ya, ya. Kami mendengar hal tersebut. Kalau memang seperti itu kebijakannya, tak ada cara lain selain mematuhinya bukan? Tapi kami masih mencari alternatif terbaik.

Apa rencana bisnis di Indonesia ke depannya?

Tan: Saat ini, kami belum memiliki rencana konkrit. Terlebih kami sedang berusaha fokus dengan pasar Asia Pasifik dulu.

Bagaimana Anda melihat potensi GlocalMe, baik ponsel maupun layanannya ke depannya?

Tan: Untuk sekarang, kami melihat peluang besar ada di pasar Asia Pasifik. Tapi kami juga sedang berusaha masuk ke pasar Amerika dan Eropa. Tanggapan di sana cukup baik. Pasar Timur Tengah juga memiliki pangsa yang besar buat kami.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Honor 9 Lite, Teman Terbaik Liburan Hari Buruh. Mengapa?

Posted: 01 May 2018 09:00 PM PDT

Setiap tanggal 1 Mei semua kegiatan belajar mengajar dan kerja ditiadakan dalam rangka memperingati Hari Buruh. Momen ini pas banget untuk dinikmati dengan berlibur bersama orang tersayang.

Apakah kamu juga sedang jalan-jalan bersama keluarga atau sahabat? Pastikan tidak ada barang yang tertinggal. Salah satu barang yang wajib dibawa ialah smartphone Honor 9 Lite.

Kalau lagi liburan, tentu kamu mau mengabadikan momen dan mengunggahnya ke media sosial, kan? Nah, quad-lens camera yang tersemat di Honor 9 Lite bisa banget mewujudkan foto-foto terbaikmu.

Kamera depan smartphone tersebut terdiri dari dua lensa yang beresolusi 13 MP + 2 MP. Keberadaan dua lensa ini memungkinkan kamu foto selfie dengan efek bokeh. Wajah tampan atau cantikmu pun akan semakin terfokus saat latar belakang foto tampak blur.

Hasil foto kamera depan Honor 9 Lite

Saat berlibur ke alam yang indah, biasanya kamu juga ingin memotret pemandangan tersebut. Nah, menggunakan kamera belakang Honor 9 Lite yang juga beresolusi 13 MP +2 MP, hasil foto pemandangan akan tampak jernih seperti aslinya.

Hasil foto kamera belakang Honor 9 Lite

Kalau kamu melihat obyek yang sering bergerak dan ingin memotretnya, kamu juga tak perlu khawatir foto tampak blur atau tidak fokus. Pasalnya, kamera belakang Honor 9 Lite dilengkapi dengan Phase Detection Auto Focus (PDAF), sehingga bisa mendeteksi fokus dengan cepat.

Hasil foto kamera belakang Honor 9 Lite

Tak hanya dari segi kamera, desain smartphone tersebut yang premium dan elegan juga bisa menjadi obyek pemanis saat kamu difoto. Berpose sambil memegang Honor 9 Lite saja mampu membuat penampilanmu kian fashionable berkali-kali lipat!

 

Desain elegan Honor 9 Lite buat kamu makin fashionable

Selain itu, bagian belakang Honor 9 Lite terbuat dari cermin yang memantul. Coba deh, pantulkan obyek pemandangan ke casing belakang ponsel, lalu potret pakai kamera lain. Percaya deh, hasil fotomu akan tampak unik dan menarik banyak likes.

Casing mirror Honor 9 Lite

Satu kelebihan lain yang membuat Honor 9 Lite menjadi teman terbaik untuk liburan adalah kemudahan operasinya. Teknologi Smart EMUI 8.0 memungkinkan kamu membuat screenshot dengan tiga jari saja dan membuka kunci dengan scan wajah. Jadi, lebih praktis dan aman, kan?

Honor 9 Lite

Kalau kamu belum punya Honor 9 Lite, ayo segera beli sebelum liburanmu berakhir! Pssst... Bakal ada promo Honor 9 Lite di Shopee Flash Sale pada 3 Mei 2018 sejak pukul 12.00, lho! Di flash sale, kamu punya kesempatan untuk membeli Honor 9 Lite dengan harga Rp 2.299.000 saja dan kesempatan liburan ke Bali! Asyik banget kan? Makanya, jangan sampai ketinggalan ya!

 

 

(ADV)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Tren Alis Bentuk Pensil, Mau Coba?

Posted: 01 May 2018 09:00 PM PDT

Tren makeup terus berkembang, kini muncul tren alis berbentuk pensil. Bagaimana tertarik ingin mencoba?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: