Jumat, 11 Mei 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Petinggi Golkar Hadiri Kampanye Arinal-Nunik di Lampung

Posted: 11 May 2018 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Lampung - Kampanye Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Lampung nomor urut tiga Arinal Djunaidi-Chusnunia Chalim (Arinal-Nunik) di Lapangan Desa Pancasila, Kecamatan Natar, Lampung Selatan, Kamis 10 Mei 2018 cukup meriah.

Tak hanya menghadirkan penyanyi dangdut Via Vallen, hadir pula Sekjen DPP Partai Golkar Lodewijk Freidrich Paulus dan Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie.

Dalam kesempatan tersebut, Lodewijk mengajak warga Lampung untuk memilih Arinal-Nunik pada pemungutan suara 27 Juni 2018 mendatang.

Dia yakin, pasangan yang diusung oleh Golkar dan PKB ini dapat mampu membawa kesejahteraan dan kebahagiaan.

"Untuk Masyarakat Lampung sejahtera, 27 Juni coblos nomor tiga Arinal-Nunik," ujar Lodewijk.

Di hadapan ribuan warga Lampung Selatan dan sekitarnya yang hadir, Lodewijk mengatakan sosok Aburizal Bakrie adalah pengusaha sukses.

Selain itu, kata dia, Aburizal Bakrie merupakan tokoh nasional asal Lampung yang mempunyai konsep membangun Indonesia dari desa, karena di desa banyak warga bermatapencaharian sebagai petani.

Menurut Lodewijk, konsep Aburizal Bakrie persis dengan konsep Arinal-Nunik yang ingin membangun Lampung dari desa.

"Ada Kartu Tani Berjaya dari Pak Arinal yang menjamin ketersediaan pupuk, benih, obat, harga jual yang menguntungkan Petani. Kemudian bantuan Kredit Usaha Tani Rp 20 juta," papar Lodewijk.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Bisa Bawa ke Arah Lebih Baik

Ketum PKB, Muhaimin Iskandar (tengah) bersama pasangan Cagub-Cawagub Arinal Djunaidi (kiri) dan Chusnunia Chalim untuk Pilkada Lampung 2018 memberi sambutan di Gedung DPP PKB, Jakarta, Rabu (20/12). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sementara itu, Aburizal Bakrie yang juga mantan Ketua Umum Golkar menyebut, pasangan Arial-Nunik dapat membawa Lampung ke arah lebih baik.

"Arinal ini pandai, kenapa kita pilih Arinal, karena ingin Lampung sejahtera, kalau kata orang Jakarta (Arinal) moncer. Beliau (Arinal) lebih 30 tahun PNS, dari muda baktikan diri untuk Lampung. Ingin maju, pilih Pak Arinal," kata Aburizal Bakrie.

Mantan Menko Kesra ini menuturkan, Arinal beberapa kali jadi kepala dinas, dan terakhir menjabat sebagai Sekdaprov Lampung.

"Jangan lupa pilih nomor 3 (Arinal-Nunik)," ucap dia.

Dia mengatakan, Nunik pernah dua kali menjadi anggota DPR RI, tepatnya di Komisi IV yang membawahi sektor pertanian.

"Di sini banyak keluarga petani. Coblos nomor telu (tiga). Program Arinal-Nunik banyak pembangunan bidang pertanian, ketersediaan pupuk, penjualan hasil panen yang tidak merugikan petani. Mudah-mudahan Lampung maju," terangnya.

Kemudian, kata dia, program Arinal-Nunik di bidang pendidikan yang sangat bagus.

"Siapa tahu orang Lampung ada yang jadi menteri. Orang Lampung ada yang jadi Presiden. Untuk program wisata beliau bagus, saya minta infrastuktur diperbaiki ini harapan rakyat jika terpilih akan terwujud. Beliau Arinal mantan Sekda paham betul," jelas Aburizal Bakrie.

 

Reporter : Rizky Andwika

Sumber   : Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Air Mata Ibunda Bripka Prencje yang Tewas Ditikam

Posted: 11 May 2018 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Kupang- Mendengar kabar kematian anaknya, Bripka Marhum Prencje, ibu kandung almarhum, Inang Boy Prencje (80) hanya bisa diam dan meneteskan air mata.

Marhum Prencje merupakan anak bungsu dari tujuh bersaudara, dilahirkan di Rumang Alor, 41 tahun lalu meninggalkan seorang istri dan tiga anak.

Suami Arrahmania B Malik itu tewas ditikam oknum yang diduga teroris di depan Mako Brimob Kelapa Dua, Cimanggis, Depok, dengan pisau yang diduga beracun. Bripka Prencje meninggalkan tiga anak, yakni Irfan Sang Prencje, Mohamad Fadilah, dan Abdul Fikri Prencje.

"Mamanya sudah tua dan hanya menangis sampai sekarang," ujar salah seorang kerabat Bripka Prencje, Jamila Kou kepada Liputan6.com, Jumat (11/5/2018).

Jenazah Prencje akan dipulangkan ke rumah duka di Tameming Jl Umar Bara RT 09/RW 03 Kelurahan Kalabahi Barat, Kecamatan Teluk Mutiara, Kabupaten Alor.

Kakak kandung korban, Arifin Prencje mengatakan, jenazah diberangkatkan dari Jakarta menuju Kupang menggunakan pesawat Batik Air pada Sabtu (13/5) sekira pukul 03.00 WIB dini hari dan diperkirakan tiba di Bandara El Tari Kupang pukul 07.00 Wita.

Setelah jenazah almarhum tiba di Bandara Eltari Kupang, akan langsung menuju ke Mako Brimob Polda NTT dan selanjutnya menuju ke Pelabuhan Tenau dan diberangkatkan dari Kupang menuju Alor menggunakan Kapal Cepat Basarnas Kupang.

Jenazah korban direncanakan akan dimakamkan pada Sabtu (13/5) pukul 16.30 Wita di Taman Makam Pahlawan (TMP) Malua Galiau Batu Nirwala, Desa Petleng, Kecamatan Alor Tengah Utara, Kabupaten Alor.

Kronologi Penikaman

Bripka Mahrum Prenje

Penikaman itu bermula ketika Bripka Prencje sedang mengamati kawasan sekitar Mako Brimob, Kamis (10/5) pukul 23.39 WIB. Frence melihat ada orang tak dikenal yang mengamati penjagaan di Mako Brimob.

Bripka Prencje mengamati orang tersebut selama dua jam hingga pukul 01.39 WIB. Dia lalu meminta bantuan Briptu Gustriuce dan Bripka Rahmad Muin untuk menemui pelaku, untuk dimintai keterangan karena gelagatnya sangat mencurigakan. Kepada polisi, pelaku mengaku bernama TS.

Polisi kemudian membawa TS ke salah satu ruangan kantor di Mako Brimob. Mereka membawa TS dengan mengendara sepeda motor.

Saat itu mereka berjalan dengan posisi Bripka Frence di depan, diikuti TS, Briptu Gustriuce dan Bripka Rahmad. Setelah mengeluarkan pisau, TS mengejar Frence dan menikam di bagin perut. Penikaman itu terjadi pukul 02.29 WIB.

Usai menikam, TS berbalik dan menyerang Briptu Gustriuce. Briptu Gustriuce pun mengambil tindakan tegas menembak pelaku. Bripka Prencje dan TS lalu dibawa ke rumah sakit. Namun, nyawanya tak tertolong.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Yamaha Akui Keluhan Rossi dan Vinales Soal Sasis dan Elektronik

Posted: 11 May 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tim Movistar Yamaha untuk sementara waktu tampaknya sedang mengalami masa sulit. Dari empat balapan yang telah dijalani musim ini, Valentino Rossi dan Maverick Vinales hanya sekali naik podium.

Rossi menandai podium ketiga pada seri perdana di Sirkuit Losail (Qatar). Sementara Vinales merebut podium kedua di Austin. Catatan minor itulah yang menempatkan mereka berada di posisi keenam dan ketiga pada klasemen sementara pembalap MotoGP musim ini.

Sungguh aneh jika melihat perjalanan tim pabrikan Yamaha. Pasalnya, mereka seakan kesulitan untuk mengatasi permasalahan yang terdapat pada kuda besi YZR-M1. Ini berbanding terbalik dengan tim pabrikan lain seperti Honda, Ducati, dan bahkan Suzuki.

Situasi semakin diperburuk dengan hengkangnya tim satelit Tech 3 di musim depan setelah 20 berkolaborasi dengan mesin Yamaha. Lin Jarvis selaku Direktur Yamaha dianggap sebagai biang keladi perpecahan ini terjadi.

Hal ini terkait perekrutan yang dilakukan Jarvis dengan membawa Vinales bukan Johann Zarco. Akibatnya, tim pabrikan Yamaha sudah puasa kemenangan selama setahun dan ini disebabkan dengan oleh kualitas motor.

Keputusan Tepat

Maverick Vinales puncaki hasil tes pramusim hari kedua di Sirkuit Sepang (MANAN VATSYAYANA / AFP)

Terlepas dari hal itu, Jarvis tetap menganggap bahwa keputusannya membawa Vinales tepat. "Bagaimanapun, pada tahun 2018 kami kembali ke desain sasis yang serupa dengan konsep 2016. Dan Zarco memiliki sasis yang sama dengan tim pabrik. Dia memiliki pembaruan Aero dan memiliki mesin terbaru. Spesifikasi motor pada dasarnya identik dengan mesin pabrik," tutur Jarvis seperti dikutip dari Speedweek, Sabtu (12/5/2018).

"Perbedaan dalam kinerja balapan bergantung pada pembalap dan pada hal ini mengenai gaya mengemudi dan pendekatan mentalnya. Terkadang lebih baik jika pengemudi tidak memiliki pilihan yang beragam. Karena jika Anda tidak memiliki pilihan yang beragam, Anda akan mengurus kesempurnaan motor yang ada dengan sarana yang Anda inginkan. Namun motor yang dimiliki Zarco sangat kompetitif," jelas Jarvis.

Peranan Penting

Pembalap Movistar Yamaha, Maverick Vinales hanya bisa mengakhiri balapan MotoGP Jepang 2017 di Twin Ring Motegi, Minggu (15/10/2017), di urutan kesembilan. (Toshifumi KITAMURA / AFP)

Rossi dan Vinales lantas kompak menyuarakan bahwa sasis memainkan peranan penting pada kegagalan balapan. Selain masalah itu, perangkat elektronik juga menjadi faktor penyebab masalah ini muncul. Pasalnya, tim Honda dan Ducati telah berinvestasi lebih banyak di perangkat ini.

"Saya pikir itu bukan sasis atau elektronik. Saya pikir ini adalah kombinasi keduanya. Katakanlah sasis adalah kunci utama motor. Kami mengambil arah yang berjalan dengan baik. Itu sebabnya tes musim dingin 2016/2017 berjalan dengan sangat baik. Kami terus menetapkan waktu terbaik dan memenangkan empat balapan hingga 2017. Itulah kenyataannya. Apakah kita membuat pilihan yang salah untuk sasis? Sulit untuk dikatakan. Jika elektronik kami sudah lebih maju pada 2017, mungkin kami akan mencapai musim yang jauh lebih baik tahun lalu.

"Sekarang kami telah kembali ke sasis yang kedua pengemudi merasa menawarkan manfaat turnaround, mereka merasa lebih nyaman serta lebih percaya diri. Tetapi kami tahu bahwa kami juga perlu meningkatkan paket elektronik. Kami telah membuat beberapa kemajuan kecil dalam beberapa balapan terakhir dalam hal ini. Tetapi kita tahu bahwa kita masih memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan," tukas Jarvis. (David Permana)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Tokoh Indonesia yang Namanya Jadi Jalan di Luar Negeri, Cara Bikin Cepat Kaya

Posted: 11 May 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Di Indonesia pasti kita sering temukan jalan dengan mnama pahlawan atau tokoh nasional. Hal itu dilakukan sebagai cara untuk memperingati dan menghormati pahlawan serta tokoh pejuang bangsa. Jadi pasti kita sudah sering temukan nama para tokoh dan pahlawan di banyak jalan.

Tapi tak melulu nama jalan pahlawan ada di Indonesia saja. Malahan sejumlah negara di dunia punya jalan yang dikhususkan untuk tokoh kebangsaan negara kita. Di Belanda misalnya, banyak jalanan mereka dinamakan dengan nama tokoh dan pahlawan kita. 

Sejumlah negara di Timur Tengah juga turut mengabadikan jalan mereka dengan nama Soekarno. Terangkum ada empat nama tokoh penting di Indonesia yang diabadikan sebagai jalan di luar negeri.

Artikel tentang nama tokoh dan pahlawan Indonesia yang dijadikan sebagai jalan menjadi yang paling terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Disusul dengan artikel kedua terpopuler yakni tentang lima cara sederhana yang bikin kita mudah punya banyak uang. Sedangkan artikel tentang pesan dari ponsel ayah yang meninggal enam tahun yang lalu menjadi ketiga terpopuler.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 4 Tokoh Indonesia Diabadikan Jadi Nama Jalan di Luar Negeri, Siapa Saja?

 

Nama lengkap‎ jalan tersebut adalah Munirpad, Indonesische voorvechter van de bescherming de rechten van de mens

Mungkin sudah terdengar biasa jika jalan di Indonesia merujuk pada nama pahlawan. Selain agar nama jalan mudah dikenali, cara tersebut digunakan untuk mengenang sejarah dan perjuangan jasa para pahlawan. Di sisi lain, pernahkah terlintas dipikiranmu bahwa ada jalan di luar negeri yang ternyata menggunakan nama tokoh penting Indonesia?

Ternyata ada lo, ini empat tokoh Indonesia yang namanya diabadikan jadi jalan di luar negeri.

Selengkapnya..

2. 5 Cara Sederhana yang Bisa Bikin Kamu Cepat Kaya dan Banyak Uang

Ilustrasi uang (iStockphoto)

Semua orang pasti ingin kaya dan punya banyak uang dalam tabungan mereka. Tentu hal itu bisa diraih jika kamu pintar dalam mengatur keuangan. Sayangnya berbagai macam kebutuhan, keperluan, serta gaya hidup mewah dan boros merupkan faktor terbesar yang membuat uang kita mudah sekali habis. 

Oleh karena itu, mengatur uang akan menjadi hal yang penting untuk dilakukan jika kamu ingin menjadi orang yang kaya. Dilansir berbagai sumber, berikut merupakan lima cara sederhana dan mudah untuk mengatur keuanganmu serta dapat membuatmu cepat kaya.

Selengkapnya..

3. Dapat Pesan dari Ponsel Ayah yang Meninggal 6 Tahun Lalu, Ternyata...

Ilustrasi SMS (prosms.eu)

Bagaimana jadinya bila kamu mendapat pesan dari ponsel seseorang yang telah wafat? Itulah yang dialami oleh Stephen dari Worecester, Inggris. Pria berusia 37 ini membagikan kisahnya mendapat pesan dari almarhum ayahnya yang telah meninggal di Twitter.

Berdasarkan pernyataan pria itu di akun @stephenjmolloy, sang ayah wafat akibat kanker paru-paru sekitar 6 tahun lalu. Stephen, sempat shock dan merinding. Ia menganggap hal tersebut tak masuk akal. 

Selengkapnya..

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selamat, Sharena Gunawan Hamil Anak Kedua

Posted: 11 May 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kabar bahagia datang dari pasangan selebritas Tanah Air, Sharena Gunawan dan Ryan Delon. Setelah menikmati hidup bersama anak pertama mereka selama tiga tahun, kini keduanya tengah menanti buah hati kedua di kandungan Sharena.

Berita menggembirakan tersebut diumumkan langsung oleh Sharena Gunawan dan Ryan Delon melalui Instagram masing-masing, Sabtu (12/5/2018).

Sharena Gunawan mengunggah sebuah foto yang menunjukkan momen indah bersama suami dan anaknya, Ryshaka Dharma Situmeang.

Aktris yang sempat dijuluki Ratu FTV itu pun memegang perutnya yang mulai membuncit.

 

 

 

 

 

 

Ungkapan Bahagia

Sharena Gunawan umumkan kehamilan keduanya. [foto: instagram/mrssharena]

"My little family is growing (keluarga kecilku bakalan bertambah), dari 3 mau menjadi 4. Loving this baby bump (suka dengan buncitnya perutku)...it just gets cuter and cuter each day (karena tampak semakin menggemaskan dari hari ke hari)," tulis Sharena Gunawan dalam keterangan foto.

"Semoga kamu selalu sehat dan happy in mommy's belly yaa, my little fruit heart. we'll see you in 4 months! (sampai jumpa empat bulan lagi)," sambung Sharena Gunawan.

Kebahagiaan Suami

Ryan Delon umumkan kehamilan sang istri Sharena Gunawan. [foto: instagram/tail_wagging]

Tak mau kalah, Ryan Delon juga turut mengumumkan kehamilan istrinya tersebut melalui Instagram pribadinya. Aktor pecinta hewan itu memamerkan perut buncit Sharena Gunawan melalui foto bertema senja.

"Kilau senja menemani motret objek favorit gua....bertambah lagi orang yang cinta sama gua di keluarga kecil ini...Loveyou," begitu tulisan Ryan Delon dalam keterangan foto.

Disambut Penggemar

(Foto: instagram.com/mrssharena)

Para penggemar pun ikut terlarut dalam kebahagiaan pasangan yang menikah pada Desember 2013. Kolom komentar foto sekaligus pengumuman kehamilan Sharena Gunawan itu pun langsung dibanjiri ucapan selamat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lezat dan Nikmat, Ini Olahan Menu Ramadan Ala Amerika

Posted: 11 May 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menyambut bulan suci Ramadan, Kedutaan Besar Amerika Serikat mengadakan acara kuliner untuk mengenalkan produk-produk unggulan dari Negeri Paman Sam tersebut.

Pada kesempatan itu pula, kedubes AS menyajikan hidangan khas Ramadan Indonesia dengan bahan olahan segar, mulai dari buah, sayuran hingga

Chef Stefu Santoso dari Amuz Gourmet Restaurant Jakarta mengupas cara pengolahan sejumlah bahan makanan dari Amerika Serikat yang dijadikan menu berbuka puasa di bulan Ramadan.

Sajian tersebut mulai dari makanan pembuka, inti kemudian penutup. Bahan olahan segar seperti sayur, buah, ikan dan daging pun didatangkan dari AS dan dimasak jadi menu Ramadan yang nikmat.

"Untuk makanan pembuka, kami mengolah daging sapi pilihan menjadi US Beef Sate Maranggi. Kemudian ada US Potato Crisscut with roasted corn and beans," ujar Chef Stefu di Amuz Gourmet Restaurant Jakarta beberapa waktu lalu.

"Olahan makanan Indonesia yang juga favorit adalah martabak. Jika biasanya martabak asin diisi dengan telur, daun bawang dan daging, maka kami mengganti isinya dengan US Mashed Potatoes filling dengan Lamb Curry," jelas Chef Stefu.

Sedangkan, untuk makanan inti terdiri dari dua bagian yaitu makanan nusantara dan western. Lewat perpaduan gulai ayam dan sup ikan, lidah kita akan dimanjakan dengan rasa rempah yang amat kaya.

"Ada sedikit perbedaan pada olahan gulai ayam yang disajikan oleh Amuz Gourmet Restaurant. Kuah santan tersebut sengaja kami campurkan dengan Washington Apple yang sudah kami blender. Sehingga, rasa pada kuah tersebut akan manis dan sedikit kental," papar Chef Stefu.

"Hadirin yang datang juga bisa mencoba memakannya dengan olahan sambal matah dan sambal mangga yang kini kian digandrugi banyak orang," tambahnya.

Tak lupa, pada hidangan penutup Amuz Gourmet Restaurant Jakarta menyajikan kue nusantara, seperti dadar gulung, kue talam dan klepon.

Saat ditanya menu andalan, Chef Stefu mengatakan bahwa olahan pamungkas yang ia masak adalah Braised USA Beef in Raz Hanout Spices with US Mashed Potato and Spring Vegetable. Sebab, daging pilihan tersebut di oven selama 20 jam untuk mendapatkan tingkat kematangan yang sempurna.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Kehidupan Muslim di Amerika Serikat

Menurut Chris Rittgers dari US Agriculture Counselor, Ramadan di Amerika Serikat sama seperti di Indonesia (Liputan6.com/Teddy Tri Setio Berty)

Sebagai negara yang besar, Amerika Serikat dihuni oleh berbagai macam etnis dari seluruh dunia. Tak hanya itu, keberagaman kepercayaan juga terdapat di dalamnya.

Komunitas Muslim banyak yang tersebar di sejumlah negara bagian. Misalnya Chicago, Huston, Boston, New York dan lainnya.

Menurut Chris Rittgers dari US Agriculture Counselor, Ramadan di Amerika Serikat sama seperti di Indonesia. Komunitas muslim akan berkumpul bersama keluarga, teman dan orang terdekat untuk berbuka puasa bersama.

"Sejumlah masjid-masjid besar pun juga terdapat di Amerika Serikat," ujar Chris Rittgers saat menyampaikan pemaparan soal kehidupan Muslim di AS pada Rabu 9 Mei 2018, di Amuz Gourmet Restaurant Jakarta.

"Sebelum pindah ke Indonesia, saya tinggal di Washington dan melihat ada masjid besar bernama Muhammad. Di mesjid itu banyak umat Muslim Amerika Serikat yang beribadah. Setiap Ramadan akan banyak dikunjungi orang. Masjid Muhammad sudah berusia 165 tahun," tambahnya.

Biasanya, masjid hanya ada di kota-kota besar saja. Jadi, apabila bulan suci Ramadan tiba, umat Muslim di Amerika Serikat akan berkomunikasi dengan warga sekitar untuk menggunakan fasilitas umum dan dijadikan sebagai tempat berkumpul.

"Bahkan sejumlah gereja kerap dipinjam untuk melakukan aktivitas hari besar seperti Ramadan dan Lebaran," jelas Chris Rittgers.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Ramadan, Sandi Minta PKL Berubah Mobile

Posted: 11 May 2018 09:23 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mendekati bulan ramadan kawasan Tanah Abang makin disesaki Pedagang Kaki Lima (PKL). Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno pun berjanji tak akan menertibkan PKL itu.

"Kita akan tata, bukan tertibkan supaya, jelang Asian Games lebih ramai lagi. Jelang bulan suci Ramadhan malah Tanah Abang menjadi pusat kegiatan ekonomi kita," kata Sandiaga di Lapangan IRTI Monas, Sabtu (12/5/2018).

Sebab, kata dia, pusat ekonomi di wilayah lain masih tertatih dan lapangan pekerjaan juga belum tercipta. "Justru kita membuat lapangan pekerjaan melalui Tanah Abang," ujar Sandi.

Untuk menyiasati PKL yang makin menumpuk, Sandi akan meminta para pedagang untuk berpindah-pindah alias mobile.

"Semua (PKL) dinamis ada pendekatan tertentu, bukan seperti sekarang ini yang diliat yang statis itu. Mereka harus mobile, nah itu nanti mereka akan kami perkenalkan," imbuhnya.

Menugaskan Dinas UMKM

Sandi telah menugaskan Dinas UMKM untuk memberikan pembinaan soal penataan dinamis terhadap PKL.

"Saya tugaskan kepala dinas UMKM dan wali kota untuk terus melakukan penataan secara dinamis bukan bersifat statis. Mereka nanti kita arahkan dan tidak boleh menempati, kemudahan bagi para pengguna jalan, tentunya pedestarian. Bisa terus mobilisasi di wilayah Tanah Abang," Sandiaga menandaskan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Volcano Rock Festival, God Bless Siapkan Album Baru

Posted: 11 May 2018 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Boyolali - Grup rock legendaris Indonesia, God Bless, masih menggeliat. Meski para personelnya telah berusia di atas 60 tahun, mereka tetap lincah dan atraktif tampil dari satu panggung ke panggung lain.

Sabtu (12/5/2018) malam ini, misalnya. Band yang dibentuk tahun 1973 ini akan tampil di Volcano Rock Festival bersama grup asal Swedia, Europe di Stadion Pandan Arang, Boyolali. God Bless tampil sebagai special act di konser yang digagas Bupati Boyolali, Seno Samodro dengan promotor Team Boyolali Satu menggandeng Jogjarockarta Festival itu.

Padahal, seminggu sebelumnya, mereka baru tampil di Semarang. Namun, di luar aktivitas manggung mereka, God Bless ternyata sudah mulai menyiapkan materi untuk album mereka.

Seperti diketahui, meski baru berulang tahun yang ke-45, sejauh ini God Bless baru merilis tujuh album.

God Bless (self titled) adalah album debut mereka yang dirilis tahun 1975. Kemudian diikuti Cermin (1981), Semut Hitam (1988), Raksasa (1989), Apa Kabar (1997), 36th (2009), dan Cermin 7 (2017).

Di album Cermin 7 hanya ada tiga lagu baru. Sisanya, aransemen ulang lagu-lagu lama."Akhir tahun ini, kami siap rekaman lagi. Mungkin tahun depan kami bisa rilis album baru," ujar Ahmad Albar, vokalis God Bless. "Kami ingin di album baru nanti semua lagunya benar-benar gres."

Rock Tak Pernah Mati

God Bless sendiri menilai musik rock di Indonesia terus berkembang. Terbukti, selalu lahir musisi-musisi baru dengan kualitas bagus.

"Rock tidak akan pernah mati, hanya industrinya yang sedang terpuruk," ujar Donny Fattah, sang pemain bass. "Kami berharap, dunia musik negeri ini membaik dan teratur dan tertata, terutama hak cipta yang dulu semrawut."

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertamina Kelola Dua Blok Migas Terminasi

Posted: 11 May 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) siap kelola blok migas (wilayah kerja) yang habis masa kontraknya atau disebut terminasi pada 2019 yang sudah ditetapkan Kementerian ESDM.

Pada 2019, akan ada empat blok migas terminasi, yakni Pendopo dan Raja, Bula, Seram non-Bula dan Jambi Merang. Dari empat blok tersebut, Pertamina telah mendapatkan penugasan untuk mengelola dua blok migas, yakni Pendopo dan Raja, serta Jambi Merang.

Vice President Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito menyatakan, Pertamina sebagai BUMN siap menjalankan keputusan Pemerintah terkait penetapan pengelolaan dua  wilayah kerja migas tersebut. Pertamina juga siap bekerja sama dengan operator lain termasuk melibatkan pemerintah daerah. 

"Ini merupakan keputusan pemerintah dan kami menerima amanat tersebut, bagaimanapun juga penyerahan WK terminasi kepada Pertamina sudah melewati pertimbangan yang matang dari pemerintah, dan tentunya untuk kepentingan negara," ujar dia, Sabtu (12/5/2018).

Wilayah Kerja blok migas Pendopo dan Raja yang akan berakhir kontraknya pada 5 Juli 2019, saat ini dikelola oleh Joint Operation Body (JOB) PT Pertamina (Persero) dengan Golden Spike Energy Indonesia dengan kepemilikan masing-masing 50 persen di luar Participating Interest (PI) daerah. 

Kemudian, Jambi Merang yang kontraknya akan habis pada 9 Februari 2019, dikelola oleh Talisman dan PI dimiliki oleh Pertamina dan Pacific Oil and Gas.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Selanjutnya

Ilustrasi Tambang Minyak (iStock)

Lebih lanjut Adiatma menyatakan, sebelumnya Pertamina telah menerima penugasan dari pemerintah untuk mengelola 100 persen participating interest dari delapan blok migas terminasi pada 20 April lalu. 

Kedelapan blok migas tersebut adalah North Sumatera Offshore (NSO), Ogan Komering, Southeast Sumatera, Tuban, East Kalimantan, Attaka, Tengah dan Sanga-sanga.

"Diperkirakan delapan lapangan tersebut masih berproduksi sekitar 100 ribu boepd, terdiri dari 50 ribu boepd minyak dan 515 mmscfd (Million Standard Cubic Feet per Day)  gas,"ujar Adiatma.

Delapan blok akan dikelola menggunakan mekanisme gross split. Investasi selama tiga tahun sebesar USD 556,450 juta dan Pertamina telah membayar signature bonus sebesar USD 33,5 juta. 

Saat ini proses transisi tengah berjalan. Sebelum delapan blok tersebut terminasi, Pertamina juga memiliki PI di sana. Sedangkan Blok WK Tengah akan menjadi bagian dari WK Mahakam. (Yas)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hilton Moreira Ingin Bela Persipura Hadapi Persib

Posted: 11 May 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dua partai Persipura Jayapura telah dilewati Hilton Moreira tanpa bertanding. Tapi, penyerang asal Brasil tersebut ngebet bermain melawan Persib Bandung.

Partai pekan kedelapan tersebut bakal dihelat di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Sabtu (12/5/2018). Hilton, yang menepi dalam dua pertandingan terakhir karena cedera, bakal kecewa apabila tidak dapat bertanding melawan Persib.

"Dua pertandingan tidak main saya kecewa. Jika lawan Persib saya tidak main lagi saya akan tambah kecewa," ujar Hilton.

Semangat Hilton untuk kembali bermain, terutama pada pekan kedelapan, bukan tanpa sebab. Pasalnya, pemain berusia 37 tahun tersebut merupakan mantan pemain Persib pada dua periode, 2008-2011 dan 2012-2013.

Motivasi Hilton bakal berlipat ganda untuk melawan Persib. Sampai-sampai, mantan pemain Sriwijaya FC ini menghiraukan kondisinya yang baru pulih dari cedera lutut.

Baru Pulih

Penyerang Sriwijaya, Hilton Moriera memainkan bola saat latihan di Stadion GBK Jakarta, Kamis  (23/6/2016). Sriwijaya akan melakoni laga Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo  kontra Persija, Jumat (24/6). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Hilton mengalami cedera lutut usai membantu Persipura menang 2-1 atas Mitra Kukar pada pekan kelima. Alhasil, ia absen membela tim berjuluk Mutiara Hitam tersebut saat kalah 1-3 dari Arema FC dan menekuk Borneo FC 2-0.

Kini, kondisi Hilton kian membaik. Dirinya optimistis dapat masuk skuat Persipura untuk melawan Persib.

"Lutut saya sudah tidak ada masalah. Saya sudah mulai berlatih joging dan gym," imbuh Hilton.

Tidak Betah Cedera

Hilton mengaku bukan tipe pemain yang hobi berlama-lama beristirahat dalam penyembuhan cedera. Meski telah berusia uzur, semangatnya untuk bertanding tetap tinggi.

"Saya tidak suka absen dalam sebuah pertandingan. Selama saya bermain di kompetisi Indonesia saya selalu bermain full. Saya mau proses cepat sembuh, biar bisa bergabung dengan rekan-rekan lagi," tutur eks pemain Deltras Sidoarjo itu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selundupkan Kokain ke AS, Warga Guatemala Dipenjara Seumur Hidup

Posted: 11 May 2018 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Washington D.C - Seorang warga Guatemala akan mendekam dalam penjara federal Amerika Serikat seumur hidup karena terlibat dalam jaringan kokain internasional.

Waldemar Lorenzana-Cordon divonis setahun setelah dia diadili dan dinyatakan bersalah pada 10 Mei 2018, demikian dikutip dari laman VOA Indonesia, Sabtu (12/5/2018).

"Apa yang mereka lakukan yaitu telah melakukan penyelundupan narkoba serta 'racun-racun' lainnya ke negara kami," ujar Wakil Jaksa Agung John Cronan.

Jaksa-jaksa Amerika Serikat mendakwa Lorenzana-Cordon dan saudara kandungnya, Eliu Lorenzana-Cordon.

Eliu menerima, menyimpan, dan mendistribusikan berton-ton kokaine dari Colombia dan Guatemala, dan menyelundupkan narkoba itu lewat Meksiko dan ke Amerika Serikat.

Eliu Lorenzana-Cordon divonis hukuman seumur hidup bulan Februari.

Jaksa mengatakan, kakak beradik itu berkomplot dengan kartel Sinaloa yang berbasis di Meksiko.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Selundupkan Kue Isi Kokain di Bandara

Foto barang bukti upaya penyelundupan lintas batas zat kokain (Sumber cbp.gov)

Kasus penyelundupan kokain juga pernah terjadi di Bandara Internasional John F Kennedy (JFK) di New York, AS.

Dikutip dari laman resmi penjaga perbatasan Customs and Border Protection (CBP), aksi nakal penyelundup narkoba itu diketahui setelah petugas melakukan pemindaian sinar X pada koper milik Jesus Martinez Ramirez ketika ia tiba di AS pada 1 Maret 2016.

Warga negara Meksiko itu berangkat dari Mexico City. Setelah pemindaian itu, ia digelandang ke ruang pemeriksaan khusus bersama barang bukti berupa kue yang berisi bubuk putih. Belakangan, bubuk itu dipastikan sebagai kokain. Secara keseluruhan, CBP menemukan sekitar 0,91 kg kokain dengan taksiran nilai jual di jalanan sekitar US$ 33.000 (Rp 430 juta).

Kata Robert E Perez, Direktur Operasi Lapangan CBP New York, "Penyitaan terkini itu menunjukkan kewaspadaan para petugas CBP dan ketelitian mereka mendeteksi mereka yang mencoba menyelundupkan zat-zat terlarang ini."

Tersangka Jesus Martinez Ramirez ditahan dan diserahterimakan kepada polisi bandara. Ia akan didakwa dengan percobaan penyelundupan narkotika.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Pemain Muda Real Madrid tentang Kebaikan Ronaldo

Posted: 11 May 2018 09:06 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Ketika masih memperkuat Real Madrid, Philipp Lienhart mengaku sering mendapatkan bantuan dari sang pemain bintang, Cristiano Ronaldo. Oleh karena itu, ia menganggap penyerang Timnas Portugal tersebut sebagai contoh yang tepat untuk para pemain muda sekarang.

Lienhart merupakan salah satu pemain muda Los Merengues, dan sedang menjalani masa pinjaman dengan klub Jerman, Freiburg. Di klub tersebut, pemain berumur 21 tahun ini telah bermain dalam 14 pertandingan di semua kompetisi.

Dia bergabung dengan tim Real Madrid C pada 2014 sebagai pemain pinjaman, dan mendapatkan status permanen di musim selanjutnya serta langsung naik ke Real Madrid B. Lienhart bermain di sana selama dua musim.

Pada Desember 2015, ia mendapatkan kesempatan untuk bermain bersama tim senior kala berhadapan dengan Cadiz CF di Copa del Rey, masuk sebagai pengganti James Rodriguez. Saat di tim senior, Lienhart mengaku terkesan dengan Ronaldo.

"Dia sangat ambisius dan selalu ingin menang. Latihannya di luar dan dalam lapangan sangat mengesankan," ujar Lienhart kepada Goal.

Selalu Membantu

Bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo  (AP/Francisco Seco)

"Cristiano adalah contoh yang bagus, terutama untuk pemain muda. Dia selalu membantu saya sebisanya. Jadi, bila ada masalah, saya selalu bisa mendatanginya," terangnya.

Saat ini, Ronaldo sedang membantu timnya memenangi gelar Liga Champions yang ketiga kalinya berturut-turut. Pada laga final hari Minggu (27/5) mendatang, pasukan Zinedine Zidane tersebut akan bertemu dengan wakil Inggris, Liverpool.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menteri Rudiantara : Tak Ragu Tutup Facebook Kalau Memecah Bangsa

Posted: 11 May 2018 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta  

Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Rudiantara tidak akan ragu lagi menutup Facebook atau media sosial lain kalau wahana komunikasi ini makin memecah persatuan bangsa dan persaudaraan akibat maraknya ujaran kebencian, hoaks dan berita palsu.

"Saya anggap Facebook itu tamu, yang sudah masuk di Rumah Betang (red: rumah adat Kalimantan) Indonesia. Kalau di rumah betang ini ada perangkat masuk dan membuat anak-anak kita berantem serta berseteru, apa yang akan kita lakukan dengan perangkat baru ini?"tanya Rudiantara dalam Seminar Nasional bertajuk "Gereja Katolik Menolak Hoax, Fake News, Hate Speech" puncak kegiatan Pekan Komunikasi Sosial Nasional Konferensi Waligereja (PKSN-KWI) di Palangka Raya, Sabtu (12/5).

Menurut Rudiantara, media sosial sempat membuat predikat keluhuran sebagai bangsa yang sopan, beradab seakan lenyap tak berbekas. Yang muncul dan beredar justru ujaran-ujaran kebencian, bahasa-bahasa kasar setiap hari di lini media sosial.

Pengalaman sebelumnya, lanjut Rudiantara, medsos juga telah menimbulkan rusaknya hubungan sosial dan persaudaraan. Banyak pribadi yang berubah menjadi beringas dan kasar.

Maka, kalau Facebook digunakan untuk hal-hal yang menimbulkan perseteruan seperti kasus di Myanmar, Rudiantara tidak ragu lagi melakukan shut down. Pemerintah Indonesia sudah pernah melakukannya untuk Telegram. "Karena itu saya mengajak Anda semua untuk menggunakan media sosial seperti Facebook untuk mencari berkah,"tegas Rudiantara.

Seminari Nasional yang dihadiri oleh 300-an peserta ini juga menghadirkan Dirjen Bimas Katolik Eusabius Binsasi, Guru Besar Sejarah Gereja Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara Jakarta Profesor Eddy Kristiyanto OFM dan Wakil Pemimpin Redaksi Harian Kompas Trias Kuncahyono.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wahai Wanita, Ini Cara Murah Perlambat Datangnya Keriput

Posted: 11 May 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pikir-pikir ulang jika Anda, wanita, tetap tak suka buah dan sayur. Jika ingin sehat sekaligus memperlambat kehadiran keriput dan garis-garis halus, perbanyaklah makan buah dan sayur.

Terbukti, wanita yang banyak makan buah dan sayur segar memiliki lebih sedikit kerutan ketika melewati usia 50 dibandingkan yang malas makan sayur.

Sementara itu bagi wanita yang berlebihan makan roti, daging merah, dan makanan manis memiliki lebih banyak keriput di wajahnya. Begitu juga dengan wanita yang sering minum alkohol, kehadiran keriput lebih terlihat jelas.

Fakta menarik ini terungkap dalam studi yang dilakukan peneliti dari Erasmus Medical Centre di Belanda. Mereka melakukan studi terhadap 2.700 pria dan wanita seperti mengutip laman Daily Mail, Sabtu (12/5/2018).

Masing-masing partisipan menjalani scan 3D untuk bisa mengetahui jumlah keriput di wajah. Hasilnya, wanita yang mengonsumsi buah, sayur dan ikan paling sedikit jumlah keriput di wajah.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

Tidak berlaku bagi pria

Mengunyah sayuran kaya serat (iStock)

Fakta menarik dalam studi yang diterbitkan dalam Journal of the American Academy of Dermatology ini menyatakan konsumsi buah dan sayur tidak memiliki efek pada pria.

"Tidak ada perbedaan antara pria yang mengonsumsi makanan sehat dan tidak," kata peneliti dokter Selma Mekic.

Bisa jadi, wanita memang lebih rentan terhadap kerutan karena kepadatan kolagen di kulit lebih rendah dibanding pria. Buah dan sayur memang memiliki senyawa yang mampu melindungi kulit dari penuaan daan merangsang pertumbuhan kolagen. Kulit pun tetap kencang dan elastis.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sasar Milenial, Kosmetik Ini Kini Dijual di Toko Online

Posted: 11 May 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kosmetik telah menjadi sebuah kebutuhan bagi kaum wanita. Mustika Ratu sebagai salah satu brand kecantikan yang telah eksis selama 40 tahun ingin memperkuat bisnisnya dengan merambah toko online.

Untuk itu, Mustika Ratu menggandeng Tokopedia untuk mengembangkan brand lokal lewat digital. Putri Kuswisnu Wardhani selaku Presiden Direktur PT Mustika Ratu menuturkan Mustika Ratu ingin menyasar konsumen milenial yang memiliki pola belanja kekinian.

"Mustika Ratu selalu menentukan goal-nya apa. Kami ingin menggapai milenial. Milenial memainkan peran penting dalam industri dunia karena pola belanjanya semua serba online. Tim marketing kami pun sudah meriset partner seperi apa yang cocok untuk menggapai milenial. Akhirnya pilihannya jatuh kepada Tokopedia," ujar Putri Kuswisnu Wardhani selaku Presiden Direktur PT Mustika Ratu.

Bentuk kolaborasi ini diwujudkan dengan meluncurkan produk terbaru, yakni Beauty Box Mustika Ratu Beauty Queen Series. Produk ini berisikan produk kosmetik Mustika Ratu Beauty Queen Series yang menggunakan ekstrak biji kelor. Mulai dari foundation, lipstik, eyeshadow, two way cake, dan blush on. Produk kosmetik ini sering digunakan oleh wanita milenial untuk mempercantik diri setiap harinya.

 

Sasar Milenial, Kosmetik Ini Kini Dijual di Toko Online

Mustika Ratu sebagai salah satu brand kecantikan yang telah eksis selama 40 tahun ingin memperkuat bisnisnya dengan merambah toko online.

Biji kelor sendiri memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit maupun kecantikan. Dengan merilis rangkaian kosmetik berbahan biji kelor ini, Mustika Ratu berupaya untuk menghadirkan kosmetik yang tidak hanya mempercantik kulit namun juga menjaga kesehatan kulit itu sendiri.

Hadirnya Mustika Ratu di Tokopedia diharapkan dapat menginspirasi kaum milenial agar bangga menggunakan produk berbasis kearifan lokal. Ini juga menjadi bagian dari dukungan Tokopedia terhadap kreator lokal. Terlebih, pamor brand kosmetik lokal semakin meningkat di kalangan pecinta kecantikan.

Bertepatan dengan momen Ramadan, Beauty Box Mustika Ratu Beauty Queen Series ini hadir dalam program Ramadan Extra yang diselenggarakan Tokopedia. Selain mengharapkan adanya peningkatan penjualan, Garri Juanda selaku Associate Vice President Tokopedia - Merchant Experience pun ingin agar pengguna Tokopedia juga memiliki tampilan wajah yang baru di hari raya.

 

Sasar Milenial, Kosmetik Ini Kini Dijual di Toko Online

Mustika Ratu sebagai salah satu brand kecantikan yang telah eksis selama 40 tahun ingin memperkuat bisnisnya dengan merambah toko online.

"Pas dengan Ramadan Extra, biasanya penjualan makeup meningkat. Dengan khasiat biji kelor yang baik untuk kesehatan kulit, orang bisa tampil baru di hari raya. Kembali ke fitri. Oleh karena itu dalam Ramadan Extra, kami berkolaborasi dengan Mustika Ratu dalam Beauty Box," ujar Garri Juanda.

Beauty Box ini dihadirkan secara ekslusif di Tokopedia sejak 11 Mei hingga 14 Juni 2018 dengan berisikan paket kosmetik lengkap bagi wanita. Anda bisa menyesuaikan pilihan produk kosmetik tersebut dengan warna kulit Anda.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Barito Putera Vs PSIS: Sajikan Sepak Bola Menghibur

Posted: 11 May 2018 09:00 PM PDT

Jakarta Pertandingan sengit diprediksi akan tersaji kala Barito Putera menjamu PSIS Semarang pada lanjutan Gojek Liga 1 2018 bersama Bukalapak di Stadion 17 Mei, Banjarmasin, Sabtu (12/5/2018). Kedua tim selama ini terkenal mengusung pola permainan cepat dengan fighting spirit tinggi.

Sama-sama mengandalkan pemain muda dengan daya juang dan jelajah tinggi, baik Barito Putera maupun tim tamu dipastikan menerapkan permainan menyerang terbuka. Hal itulah yang membuat duel nanti dijamin menghibur penonton.

"Saya tidak pernah memberi instruksi kepada pemain untuk bertahan. Karena pertahanan terbaik adalah menyerang dan itu selalu kami lakukan, termasuk melawan Barito Putera nanti," terang pelatih PSIS, Vincenzo Alberto Annese.

Pernyataan sang juru taktik itu menegaskan jika tim Laskar Mahesa Jenar siap membawa poin dari lawatan ke Kalimantan Selatan. Bagi Annese, grafik permainan timnya terus meningkat dalam dua laga terakhir menjadi modal. Kemenangan meyakinkan, 3-1 atas Persela Lamongan di partai sebelumnya jadi bukti nyata.

"Saya sangat percaya dengan kemampuan pemain untuk memainkan sistem sepak bola menyerang dengan pressing tinggi. Saya berharap semua pemain bermain bagus dan menjaga motivasi lawan Barito Putera," terang pelatih berusia 34 tahun itu.

Hal tersebut diamini gelandang PSIS, M Yunus. Baginya, seluruh pemain dalam kondisi siap tempur menghadapi Barito Putera. "Kami akan bekerja keras dan meraih kemenangan di sini," ucap Yunus.

Aksi gelandang Barito Putera, Paulo Sitanggang saat menghadapi Persipura Jayapura dalam laga lanjutan Liga 1 2018. (PT LIB)

Motivasi tim tamu juga diwaspadai pelatih Barito Putera, Jacksen F Tiago. Juru taktik asal Brasil itu menilai, skuat Laskar Mahesa Jenar bisa menjadi batu sandungan timnya meraih kemenangan. Apalagi jika meraih poin penuh, Rizki Ripora dkk. akan merangsek ke papan atas klasemen sementara.

"PSIS sedang bagus-bagusnya sehingga mereka akan termotivasi melawan kami. Semua pemain harus bekerja keras, konsentrasi, dan tidak membuat kesalahan yang bisa berakibat fatal,'' tandas Jacksen.

Menjamu PSIS, Barito Putera bisa turun dengan kekuatan lebih lengkap. Hal itu seiring kembalinya Gavin Kwan Adsit dan Hansamu Yama Pranata dari Timnas U-23. "Tim kami lebih lengkap dan keduanya menambah kekuatan tim di pertandingan besok,'' ujar pelatih asal Brasil itu.

Prakiraan susunan pemain:

Barito Putera (4-3-3): Aditya Harlan (kiper); Gavin Kwan Adsit, Aaron Evans, Hansamu Yama Pranata, Ronny Beroperay (bekalang); Nazarul Fahmi, Paulo Sitanggang, Matias Cordoba (tengahg); Douglas Packer, Samsul Arif, Rizky Pora (depan).

Pelatih: Jacksen F Tiago

PSIS Semarang (4-3-3): Jandia Eka Putra (kiper); Frendi Syahputra, Haudi Abdillah, Petar Planic, Safrudin Tahar (belakang); M Yunus, Ibrahim Conteh, Hafit Ibrahim (tengah); Komarudin, Bruno Silva, Hari Nur Yulianto (depan).

Vincenzo Alberto Annese

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indonesia Bisa Lebih Maju dari Singapura dan Tiongkok Berkat Blockchain

Posted: 11 May 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan teknologi blockchain di Indonesia cukup mendapat respons positif, kendati awalnya dianggap sebagai ancaman industri dan stabilitas sistem keuangan. Saat ini teknologi yang mengadopsi sistem terdesentralisasi tersebut justru didaulat sebagai teknologi industri masa depan.

Bahkan, salah satu perusahaan pengembangan teknologi blockchain Indonesia 'Blockchain Zoo' menjadi perusahaan IT Consultant pertama di ASEAN yang masuk dalam daftar 'Gartner'.

Menanggapi sejauh mana peran teknologi blockchain di Indonesia, Asosiasi Blockchain Indonesia (ABI) menggelar forum bertajuk 'Block Jakarta'.

Pandu Sastrowardoyo selaku Sekretaris Jendral ABI yang juga merupakan Chairwoman Blockchain Zoo mengklaim bahwa teknologi blockchain sangat bermanfaat dan bisa membuat lembaga atau instansi di Indonesia dapat bersinergi dengan baik. Bahkan bisa mengalahkan sistem pemerintah Singapur dan Tiongkok.

"Teknologi blockchain bisa membuat lembaga atau instansi dapat bekerjasama dengan baik. Bayangkan jika teknologi ini juga disinergikan dengan sektor pemerintahan yang melibatkan banyak pihak dan banyak agenda, tentunya akan sangat bermanfaat," kata Pandu di forum Block Jakarta, baru-baru ini.

Ia pun membandingkan Singapura dengan Indonesia terkait sistem otonomi daerah di kedua negara. Otonomi daerah di Indonesia yang bergerak masing-masing dimungkinkan bisa berjalan bersamaan berkat teknologi blockchain.

"Berbeda dengan Singapura, Indonesia memiliki otonomi daerah sendiri-sendiri, dan semuanya punya keinginan untuk menjadi lebih baik namun sulit untuk bekerjasama dengan sentralisasi data sistem IT saat ini. Dengan teknologi blockchain, hal tersebut tentunya dapat diatasi," papar wanita jebolan Institut Teknologi Bandung (ITB) tersebut.

Di sisi lain, Pandu melanjutkan, Indonesia masih belum banyak mempunyai sistem baku, seperti rumah sakit yang data-datanya tersentralisasi di pemerintahan. Hal ini dipengaruhi oleh tingginya kebutuhan teknologi untuk hal tersebut dan sistem desentralisasi atau otonomi daerah tadi.

"Itulah mengapa kami menanganggap teknologi blockchain sangat diperlukan sektor pemerintahan. Dengan blockchain, saya optimistis Indonesia mampu melewati Singapura bahkan Tiongkok," pungkasnya.

 

 

Apa Itu Blockchain?

Ilustrasi Blockchain. Dok: catalysts.cc

Blockchain dikembangkan bersamaan dengan kelahiran Bitcoin pada 2009. Sederhananya teknologi ini adalah buku besar atau basis data global yang bisa digunakan siapa pun secara online.

Menariknya, blockchain beroperasi secara independen alias tak dimiliki oleh lembaga atau perusahaan tertentu. Hal inilah yang membuat blockchain lebih transparan karena bisa diakses oleh siapa saja.

Layaknya buku kas induk di sebuah bank, blockchain juga merekam semua transaksi yang dilakukan seluruh pengguna. Bedanya semua transaksi di Blockchain bisa dilihat oleh semua pengguna, sedangkan buku kas induk hanya bisa dilihat oleh pihak bank.

Hal tersebut memungkinkan karena semua informasi di blockchain tersimpan di seluruh jaringan pengguna. Informasi yang terkumpul juga didistribusikan ke semua pengguna.

Blockchain mengadopsi sistem terdesentralisasi sehingga lebih efisien. Misalnya, ketika kamu membeli bitcoin, sistem komputer yang terhubung jaringan blockchain akan mencatat dan memberikan validitas secara otomatis.

Alhasil, prosesnya menjadi lebih cepat, terjangkau, mudah, dan minim kesalahan.

(Isk/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Spice Girls Tampil di Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle?

Posted: 11 May 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, London: Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle yang akan digelar 19 Mei 2018 menjadi salah satu momen tak terlupakan di dunia. Acara sakral itu akan dihadiri orang-orang ternama, termasuk girlband legendaris Spice Girls.

Sebuah kabar menyebutkan, Spice Girls melakukan reuni di pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle, diwartakan TMZ, Jumat (11/5/2018).

Bukan sebagai tamu, girlband yang beranggotakan Victoria Beckham, Mel B, Mel C, Emma Bunton dan Geri Halliwell akan memberikan hiburan di pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle.

Meghan Markle dan Pangeran Harry juga tidak meminta penampilan Spice Girls. Aksi mereka dikabarkan sebagai kejutan di pernikahan anggota keluarga kerajaan Inggris itu.

Hoax?

Spice Girls (instagram/victoriabeckham)

Namun kabar tersebut disebut-sebut hanya hoax. Spice Girls sendiri tidak mengetahui harus tampil di pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle.

Selain itu, Kensington Palace, wakil Pangeran harry dan Meghan Markle, belum memberikan konfirmasi.

Diharapkan Kembali

Spice Girls (AP Photo)

Penampilan Spice Girls terakhir kali terjadi pada penutupan Olimpiade London 2012 silam. Konser reuni tersebut menjadi momentum kembalinya lima wanita cantik asal Inggris tersebut di dunia musik.

Hingga kini, penampilan Spice Girls menjadi momen paling dinanti penggemar di seluruh dunia.

Rencana Reuni

Pada 2016, Spice Girls pernah memberikan bocoran karya baru. Sayangnya hanya dengan tiga member yakni Gerri, Emma dan Melanie B atau GEM.

Personel Kurang

Sejak awal, Victoria "Posh Spice" dan Mel C memang segan untuk bergabung kembali. Mel B mengatakan, dua rekannya itu memiliki hak dan alasan tersendiri yang harus dihargai.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Tentara Menangis Saksikan Anaknya Lahir Lewat Ponsel

Posted: 11 May 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Brooks Lindsey kehabisan tiket pesawat pulang untuk menemani istrinya melahirkan. Alhasil ia menangis menyaksikan proses kelahiran anaknya lewat video call.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Gelar Apel, Pokdarkamtibmas Siap Bantu Polri Amankan Bulan Ramadan

Posted: 11 May 2018 08:55 PM PDT

Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Pol Purwadi saat tiba untuk mengikuti apel besar di lapangan Sabhara Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (12/5). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Pol Purwadi saat tiba untuk mengikuti apel besar di lapangan Sabhara Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (12/5). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Para peserta Pokdarkamtibmas Polda Metro Jaya saat mengikuti apel besar pokdarkamtibmas di lapangan Sabhara Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (12/5). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Para peserta Pokdarkamtibmas Polda Metro Jaya saat mengikuti apel besar pokdarkamtibmas di lapangan Sabhara Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (12/5). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Pol Purwadi saat mengikuti apel besar di lapangan Sabhara Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (12/5). Pokdarkamtibmas Metro Jaya siap membantu Polri dalam mengamankan bulan Ramadan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Pol Purwadi saat mengikuti apel besar di lapangan Sabhara Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (12/5). Pokdarkamtibmas Metro Jaya siap membantu Polri dalam mengamankan bulan Ramadan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Pol Purwadi mengikuti apel besar di lapangan Sabhara Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (12/5). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Pol Purwadi mengikuti apel besar di lapangan Sabhara Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (12/5). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Ketua Pokdarkamtibmas Polda Metro Jaya Heru Riyadi memberikan laporan saat apel di lapangan Sabhara Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (12/5). Selain itu Pokdarkamtibmas juga siap mengamankan Pilkada dan Asian Games 2018. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Ketua Pokdarkamtibmas Polda Metro Jaya Heru Riyadi memberikan laporan saat apel di lapangan Sabhara Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (12/5). Selain itu Pokdarkamtibmas juga siap mengamankan Pilkada dan Asian Games 2018. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Pol Purwadi memberi sambutan saat apel besar di lapangan Sabhara Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (12/5). Pilkada dan Asian Games 2018 (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Pol Purwadi memberi sambutan saat apel besar di lapangan Sabhara Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (12/5). Pilkada dan Asian Games 2018 (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Pol Purwadi mengenakan rompi memberi sambutan saat apel besar di lapangan Sabhara Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (12/5). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Pol Purwadi mengenakan rompi memberi sambutan saat apel besar di lapangan Sabhara Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (12/5). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Pol Purwadi mengenakan rompi memberi sambutan saat apel besar di lapangan Sabhara Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (12/5). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Pol Purwadi mengenakan rompi memberi sambutan saat apel besar di lapangan Sabhara Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (12/5). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Teror di Mako Brimob, Jokowi Jamin Asian Games Lancar

Posted: 11 May 2018 08:49 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjamin pelaksanaan Asian Games di Indonesia akan berjalan aman dan lancar.

Hal ini diungkapkan Jokowi pasca-tragedi berdarah di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, antara napi teroris dengan petugas Kepolisian yang berujung gugurnya lima anggota korps Bhayangkara.

"Iya, aman, aman. Saya kira aparat kita siap mengawal perhelatan besar yang ada di Tanah Air," kata Jokowi di Istana Bogor, Sabtu (12/5/2018).

Indonesia akan menjadi tuan rumah perhelatan Asian Games 18 Agustus 2018 hingga 2 September 2018. Pesta olahraga Asia itu akan diselenggarakan di dua tempat yaitu Jakarta dan Palembang.

Menurut Jokowi, peristiwa teror tak cuma terjadi di Indonesia tapi juga di negara-negara lain. Menurutnya, tak ada negara yang bersih dari teror.

"Bahwa ada peristiwa (teror) saya kira tidak hanya di Indonesia, di negara lain juga, karena tidak ada yang bersih dari peristiwa teror," katanya.

Reporter: Supriatin

Sumber: Merdeka.com

Tragedi Berdarah di Mako Brimob

Tragedi berdarah di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, antara napi teroris dengan petugas Kepolisian berujung gugurnya lima anggota korps Bhayangkara. Lima anggota Densus 88 itu gugur dibunuh para napi teroris yang mengamuk di rutan Mako Brimob Kelapa Dua.

Napi teroris menguasai rutan Brimob sejak Selasa 8 Mei hingga akhirnya menyerahkan diri Kamis 10 Mei dini hari. Selang sehari kemudian, seorang anggota Brimob bernama Bripka Marhum Prencje tewas ditikam diduga teroris bernama Tendi Sumarno di halaman kantor Intelmob Kelapa Dua Cimanggis, Depok.

Pelaku akhirnya tewas ditembak oleh rekan Bripka Marhum, Briptu Mato dan Briptu Grusce.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Rossi Pungut Lagi Pembalap Buangannya

Posted: 11 May 2018 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jerez - Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi mengungkapkan alasannya kembali meminang Francesco Bagnaia sebagai pembalap Sky Racing Team VR46 pada kelas Moto2. Bagnaia merupakan pembalap yang pernah ditendang Rossi dari timnya.

Bagnaia sudah bergabung dengan Sky Racing Team VR46 yang tampil di Moto3 pada 2013. Namun, dia hanya bertahan semusim karena gagal mendulang poin dari 17 balapan yang dijalaninya.

Rossi pun yang kesal dengan performa Bagnaia membuangnya ke KTM. Namun sejak 2017, Rossi memintanya kembali bergabung dengan Sky Racing Team VR46.

Pada musim 2017 di Moto2, Bagnaia berhasil finis di posisi kelima dengan 174 poin. Di musim ini, pembalap berusia 21 tahun berada di posisi teratas dengan 73 poin, dengan mencatatkan dua kemenangan.

"Cerita tentang Pecco, sapaan Bagnaia, sangat menarik. Kami menggaet dia setelah musim pertama di kejuaraan dunia, yang mana dia tidak mencetak hasil apa pun," kata Rossi membuka cerita, dikutip dari Motor Sport.

Alasan Rossi Kembali Rekrut Pecco

Pembalap Moto2, Francesco Bagnaia bertekad menembus kelas MotoGP musim 2019. (Toshifumi KITAMURA / AFP)

Rossi melanjutkan, Pecco menunjukkan respons positif usai ditendang dari tim. Bersama KTM, dia bisa bertarung melawan adik dari Marc Marquez, Alex Marquez di pentas Moto3.

"Sebelum musim itu, dia sangat kuat di Spanyol. Dia sudah balapan dengan melawan Alex Marquez, (Alex) Rins dan (Miguel) Oliveira. Dia sangat cepat. Dia juga banyak tumbuh dalam beberapa tahun terakhir."

"Menurut saya, dia mulai percaya pada dirinya sendiri saat bersama Mahindra musim 2016, ketika dia menang dengan motor yang lebih lambat," ujar pembalap berusia 39 tahun tersebut.

 

 

Sangat Kuat

Rossi melanjutkan, pertumbuhan Pecco membuatnya terkejut. Kecepatan yang dimiliki pembalap Italia berusia 21 tahun itu bisa membuat rider lainnya ketar-ketir.

"Dari musim itu, dia luar biasa tumbuh tahun lalu. Dia sudah sangat kuat dalam musim pertamanya (di Moto2) dan tahun ini membuat langkah kemajuan."

"Dia mencoba bekerja, terutama di awal balapan, karena tahun lalu dia kesulitan. Dia sangat kuat pada akhir balapan, walau kesulitan di awal. Tetapi saya rasa, dia bisa siap untuk bertarung demi kejuaraan," ujar Rossi mengakhiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dukungan Pelestarian Alam RAN Lewat Lagu

Posted: 11 May 2018 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Grup band RAN ikut ambil bagian dalam penanaman pohon trembesi yang digagas Djarum Foundation yang dilakukan di Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah beberapa waktu yang lalu. Rayi, Asta dan Nino mengakui jika mereka memang sangat mendukung program pelestarian lingkungan hidup seperti menanam pohon. 

Tak hanya melakukan aksi, RAN juga memberikan dukungan dalam bidang mereka di dunia musik. Beberapa lagu yang mereka bawakan diakui sangat berhubungan dengan kelestarian alam. Sebut saja lagu berjudul Sepeda.

"Kami punya lagu 'Hari Baru', secara general maksudnya mengajak hari baru yang lebih baik. Ada juga lagu 'Sepeda'. Ini cara kami mengajak pendengar untuk bisa memilih transportasi yang ramah lingkungan, atau transportasi umum untuk mengurangi polusi," ujar Rayi RAN kepada wartawan, baru-baru ini.

 

Selamat pagi

RAN ikut ambil bagian dalam penanaman pohon trembesi di Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah

Selain itu, juga ada lagu 'Selamat Pagi'. Lagu itu menurut mereka sebagai bentuk ekspresi mereka terhadap lingkungan yang sudah jauh berbeda dari mereka kecil hingga dewasa. 

"Selama Pagi lagu kami saat kangen pada kesejukan pagi yang tidak kami temui saat sudah dewasa. Ayo dong jaga lingkungan supaya udara segar kembali," ujar Nino.

"Bumi, Indonesia, ini kan rumah kita. Kalau bersih kan jadi nyaman. Orang dari luar juga melihatnya enak dan nyaman," timpal Rayi.

 

Soundtrack Film

Kulari ke Pantai

Lagu Selamat pagi tersebut juga dijadikan RAN sebagai sountrack film Kulari Ke Pantai. Tembang itu diaransemen ulang dan dinyanyikan Maisha Kanna dan Lil'li Latisha bersama RAN. 

Maisha dan Latisha, yang juga berperan dalam film Kulari ke Pantai, memiliki porsi bernyanyi lebih banyak ketimbang RAN. Suara mereka dua yang terdengar 'hijau' membuat lagu ini terasa cocok untuk anak-anak.

"Selamat Pagi, dinyanyikan kembali bersama dua aktris cilik. Diangkat karena lagu itu bisa dinikmati oleh semua kalangan. Nanti akan ada lagu lainnya yang juga berhubungan dengan alam. Mengajak anak-anak Indonesia untuk bermain ke pantai, tidak hanya ke mal. Dirilis bersamaan diputarnya pertama film Miles pada 26 Juni 2018," pungkas Rayi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kerusuhan di Mako Brimob, Jokowi Minta Polri Evaluasi Total

Posted: 11 May 2018 08:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menegaskan Polri harus melakukan evaluasi total terhadap penanganan napi kasus terorisme. Hal ini diungkapkan Jokowi terkait tragedi berdarah di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.

"Ya, harus ada evaluasi total. Koreksi-koreksi baik mengenai untuk penjaranya, memang perlu, apakah perlu di markas atau di luar markas. Kemudian cara pemeriksaan, apakah pemeriksaan harus di tempat atau seperti apa," kata Jokowi di Istana Bogor, Sabtu (12/5/2018).

Jokowi memerintahkan Polri melakukan evaluasi total agar peristiwa berdarah itu tak terulang kembali di masa yang akan datang.

"Akan menjadi sebuah evaluasi total dari Polri untuk supaya tidak ada kejadian seperti itu," kata Jokowi.

Tragedi berdarah di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, antara napi teroris dengan petugas Kepolisian berujung gugurnya lima anggota korps Bhayangkara. Lima anggota Densus 88 itu gugur dibunuh para napi teroris yang mengamuk di rutan Mako Brimob Kelapa Dua.

Napi teroris menguasai rutan Brimob sejak Selasa 8 Mei 2018 hingga akhirnya menyerahkan diri pada Kamis 10 Mei 2018 dini hari.

Reporter: Supriatin

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Video: Mandiri Property Expo 2018 Tawarkan KPR Suku Bunga Super dan Same Day Approval Selama Event Berlangsung

Posted: 11 May 2018 08:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bekerja sama dengan Debindo dan DPD REI DKI Jakarta serta 18 pengembang besar, Bank Mandiri menyelenggarakan Mandiri Property Expo 2018. Acara yang berlangsung pada tanggal 5 - 13 Mei 2018 tersebut bertujuan sebagai ajang menawarkan program KPR terbaru Bank Mandiri.

Di event ini Bank Mandiri menawarkan KPR Suku Bunga Super Promo dan Same Day Approval. Selama event berlangsung, berlaku suku bunga 5,55% p.a. eff fixed 2 tahun pertama dan 6,55% p.a. eff fixed 3 tahun selanjutnya. Tak hanya itu nasabah juga berkesempatan mendapatkan benefit instant/ same day approval, yaitu proses pemutusan kredit pada hari yang sama untuk aplikasi masuk s.d pukul 13.00.

Info lebih lanjut hubungi mandiri call 14000.

 

(Adv)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Emre Can Ternyata Belum Pasti Tinggalkan Liverpool

Posted: 11 May 2018 08:37 PM PDT

Liputan6.com, Liverpool - Emre Can belum pasti meninggalkan Liverpool akhir musim ini. Manajer The Reds, Jurgen Klopp, mengungkapkan, sampai sekarang, Emre Can belum teken kontrak dengan klub mana pun.

Kontrak gelandang asal Jerman itu akan berakhir pada musim panas mendatang. Pihak Liverpool sebenarnya sudah berusaha memintanya agar memperpanjang masa baktinya di Anfield sejak musim lalu namun usaha mereka selalu gagal.

Alhasil Can kemudian dilirik banyak tim-tim besar Eropa. Akan tetapi pemain berusia 24 tahun itu mengaku dirinya tak akan menjalani pembicaraan dengan klub manapun, termasuk Liverpool, terkait masa depannya. Pasalnya ia ingin fokus menuntaskan kompetisi musim ini.

Namun tetap saja Can disebut-sebut akan pindah dari Anfield. Juventus disebut sebagai tim yang paling mungkin jadi pelabuhan karirnya berikutnya.

Klopp lantas ditanya terkait kontrak Can itu dan cedera yang dialaminya. Dikatakannya, sampai saat ini belum ada perkembangan anyar terkait dua hal itu.

"Tak ada yang baru pada kedua hal itu," bebernya seperti dilansir Football Italia. "Ia masih menjalani perawatan," sambungnya.

"Anda [pihak media] pasti akan tahu jika ia sudah menyetujui apapun. Tidak, semuanya masih seperti sebelumnya," tegas Klopp.

Can sudah membela Liverpool sejak tahun 2014 lalu. Sejauh ini ia telah bermain sebanyak 166 kali di semua ajang kompetisi dan mencetak 14 gol plus 12 assist.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PPP Undang Jokowi Beri Pembekalan bagi Caleg Partai Kakbah Minggu Besok

Posted: 11 May 2018 08:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) akan menggelar workshop Nasional DPRD Fraksi PPP se-Indonesia dan Rapat Koordinasi Nasional Lajnah Pemenangan Pemilu (LP2) di Hotel Mercure, Ancol, 13-15 Mei mendatang. Acara itu rencananya akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

"PPP akan menggelar workshop yang akan kita laksanakan pada hari Minggu tanggal 13 Mei pukul 13.00 WIB. Insyallah akan dibuka Presiden Joko Widodo. Konfirmasi Beliau sudah siap hadir," kata Wasekjen PPP Achmad Baidowi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat 11 Mei 2018.

Anggota Komisi II DPR ini menjelaskan, kehadiran Jokowi diharapkan bisa memberi arahan bagi para bakal calon legislatif (caleg) PPP.

"Untuk dapat gambaran dari pemerintah, apa capaian atau kebijakan yang sudah dicapai pemerintah. Khususnya program yang bersentuhan di masyarakat. Melalui anggota kami 1.200 DPRD, diharapkan sosialisasi kebijakan pemerintah bisa segera tersampaikan ke masyarakat," ungkap Wasekjen PPP Achmad Baidowi.

 

Undang Menteri

Wakil Sekjen PPP Achmad Baidowi memberi pemaparan mengenai Workshop Nasional DPRD F-PPP se-Indonesia di Jakarta, Jumat (11/5). Workshop akan digelar di Hotel Mercure Ancol pada 13-15 Mei 2018. (Liputan6.com/JohanTallo)

Selain Jokowi, PPP juga mengundang para menteri. Mulai dari Menteri Dalam Negeri, Menteri Keuangan, dan Menteri Agama.

"Menteri yang sudah konfirmasi hadir, pertama Mendagri Tjahjo Kumolo memberikan materi bidang pemerintahan, penguatan DPRD dalam demokrasi, Menteri Keuangan akan bicara soal transfer daerah dan kondisi dolar Rp 14.000 dampaknya ke daerah seperti apa," ungkapnya.

"Hadir juga nanti Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, tentu dengan ranah sosial keagamaan. Miasalkan, menguatnya radikalisme di Indonesia," dia melanjutkan.

Agenda ini, kata Achmad Baidowi, merupakan syarat bagi anggota DPRD yang ingin maju kembali sebagai caleg di Pemilu 2019. Rakornas dan workshop ini menjadi tahap awal untuk bakal caleg PPP.

Reporter: Sania Mashabi

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Tahan Bau Busuk, Warga Garut Bakar Pabrik Pakan Milik Korea

Posted: 11 May 2018 08:32 PM PDT

Liputan6.com, Garut Ratusan warga Bojonglarang, Karangpawitan, Garut, Jawa Barat melakukan pembakaran terhadap pabrik pengolahan pakan ternak milik PT Dae Yool asal Korea Selatan, yang berada di wilayah itu, siang tadi. 

Heri Nandi, 39 tahun, salah satu warga Bojonglarang mengatakan, tindakan anarkis warga, merupakan bentuk akumulasi kekesalan mereka akibat bau busuk yang dihasilkan pabrik. Paska pabrik beroperasi 2012 lalu, mereka harus lela menghirup bau busuk yang dikeluarkan pabrik.

Berulang kali pihak pengelola sudah diingatkan pemda Garut termasuk masyarakat sekitar sejak pertama kali buka untuk ditutup, namun mereka berkukuh tetap beroperasi.

"Baunya menyengat seperti bau bangkai, sebab bahan dasar pakan ternak ini kan bulu aya dan tulang hewan," ujarnya dengan nada kesal, Jumat (11/5/2018).

Sebelum aksi anarkis bakar pabrik pakan dilakukan kata dia, warga telah beberapa kali menyampaikan keluhannya ke Pemkab Garut, namun perusahaan milik asing itu tetap membandel, hingga akhirnya warga kesal dan berujung pembakaran.

"Kami tidak enak makan tak enak tidur gara-gara bau menyengat ini," kata dia menambahkan.

Dengan adanya tindakan anarkis ini, warga ujar Heri berharap pemda Garut kembali turun tangan dan memaksa menghentikan operasional mereka secara paksa.

"Kalau tidak kami akan selesaikan dengan cara kami sendiri," ancam dia dengan kesal.

Tak ingin ketegangan meluas, petugas gabungan langsung diturunkan ke lokasi krjadian, tidak ada korban dalam kejadian itu, namun seorang pengusaha asal Korea diamankan memghindari hal yang tidak diinginkan. 

Kapolres Garut, AKBP Budi Satria Wiguna yang turun ke lokasi kejadian, mengakui adanya aksi anarkis warga itu, namun berkat kesigapan petugas yang diturunkan, kondisi langsung diperketat. "Saat ini dakam kondisi aman terkendali," ujarnya.

Budi menilai, aksi ini merupakan puncak kekesalan warga akibat polusi udara dihasilkan pabrik pengolahan pakan ternak ini. Ia mengakui, sejak 2017 lalu, pabrik PT Dae Yool ini telah ditutup pemda Garut, namun nyatanya mereka tetap beroperasi.

 

 

 

Pemda Kecolongan Beroperasinya Pabrik

warga bakar pabrik pakan milik korea (liputan6.com/jayadi supriadin)

Beroperasinya pabrik pengolahan bahan baku pakan itu merupakan pukulan telak bagi pemda, mereka kecolongan, sebab selama ini pabrik tersebut sudah ditutup sejak tahun lalu.

"Bukannya sudah ditutup perusahaan itu?" ujarnya nampak kaget.

Lembaganya ujar Asep, diakui baru mengetahui pabrik PT. Dae Yool tersebut tetap beroperasi dari media massa. "Kalau membandel, aparat penegak hukum harus segera bertindak," pinta dia.

Plt Kasatpol PP Garut, Dede Rohmansah mengakui kesal dengan sikap membandelnya PT. Dae Yool. Menurutnya, selama ini lembagnya kerap berulang kali menutup pabrik Korea itu, namun mereka tetap nekat beroperasi. "Harus bagaimana lagi, padahal kami tutup, tapi mereka beroperasi lagi," ungkap dia.

Ia mengakui, lembaganya kerap mendapatkan keluhan warga Bojonglarang akibat polusi itu, namun pihak perusahaan enggan menanggapi keluhan warga di sekitar kediaman mantan Bupati Garut Aceng HM Fikri tersebut. "Kalau terus melakukan pelanggaran, bangunannya akan kami ratakan," ancam dia.

Pengelola Pabrik Membandel

warga bakar pabrik pakan milik korea (liputan6.com/jayadi supriadin)

Sebelumnya, sejak Juli tahun lalu, pabrik asal Korea itu telah disegel aparat gabungan dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), instansi daerah, TNI, dan kepolisian karena tidak memiliki izin operasional.

Kepala Bidang Penegakan Aturan Daerah Satpol PP Garut, Frederico saat itu mengatakan, sudah beberapa kali pabrik yang kerap menimbulkan bau menyengat itu ditutup.

Namun, bukannya taat, pengelola pabrik kerap membandel. "Sejak awal perusahaan ini kami tutup karena tidak memiliki legalitas perizinan, khususnya izin operasional, tapi tetap beroperasi," ujar dia.

Sejak beroperasi pada 2012, warga sekitar kerap melontarkan protes akibat bau menyengat yang berasal dari limbah bulu ayam yang diperoleh dari limbah rumah potong ayam itu.

"Sebelum penutupan kali ini, kami juga sudah peringatkan hingga tiga kali dengan memberikan surat teguran, karena membandel, ya akhirnya kami tutup," ujarnya.

Bahkan untuk menutup seluruh operasional pabrik dengan menyegel gerbang utama, lembaganya telah melakukan penyegelan tempat pengolahan limbah bulu ayam, termasuk menutup aliran listrik menuju ke pabrik. "Kami sudah koordinasikan dengan PLN agar listrik di pabrik ini dimatikan," sebut dia.

Sejak awal pendirian, pabrik pengolah limbah bulu ayam untuk bahan campuran pakan ternak itu sudah mendapatkan penolakan. Selain tak mendapatkan izin, pabrik ilegal di Garut itu tidak memiliki Analisis Dampak Lingkungan (Amdal).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Defisit Transaksi Berjalan Kuartal I 2018 USD 5,5 Miliar

Posted: 11 May 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia melaporkan defisit transaksi berjalan kuartal I 2018 menurun sehingga menopang ketahanan sektor eksternal perekonomian Indonesia. 

Defisit transaksi berjalan tercatat USD 5,5 miliar (2,1 persen PDB) pada kuartal I 2018, lebih rendah dari defisit pada kuartal sebelumnya yang mencapai USD 6,0 miliar (2,3 persen PDB).

Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia Arbonas Hutabarat menjelaskan, penurunan defisit transaksi berjalan terutama dipengaruhi oleh penurunan defisit neraca jasa dan peningkatan surplus neraca pendapatan sekunder.

"Penurunan defisit neraca jasa terutama dipengaruhi kenaikan surplus jasa perjalanan (travel) seiring naiknya jumlah kunjungan wisatawan mancanegara dan menurunnya impor jasa pengangkutan (freight). Peningkatan surplus neraca pendapatan sekunder sejalan dengan naiknya penerimaan remitansi dari pekerja migran Indonesia," ujar dia, Sabtu (12/5/2018).

Sementara itu, surplus neraca perdagangan nonmigas menurun terutama dipengaruhi penurunan ekspor nonmigas. Impor nonmigas juga menurun meski lebih terbatas, dengan impor barang modal dan bahan baku masih berada pada level yang tinggi sejalan dengan kegiatan produksi dan investasi yang terus meningkat.

Sementara untuk transaksi modal dan finansial kuartal I 2018 tetap mencatat surplus di tengah tingginya ketidakpastian di pasar keuangan global. Surplus transaksi modal dan finansial pada kuartal I 2018 tercatat USD 1,9 miliar, terutama ditopang oleh aliran masuk investasi langsung yang masih cukup tinggi.

Hal ini mencerminkan tetap positifnya persepsi investor terhadap prospek perekonomian Indonesia. Namun demikian, surplus transaksi modal dan finansial kuartal I 2018 tercatat lebih rendah dibandingkan dengan surplus pada kuartal sebelumnya.

Penurunan surplus tidak terlepas dari dampak peningkatan ketidakpastian di pasar keuangan global yang kemudian mengakibatkan penyesuaian penempatan dana asing di pasar saham dan pasar surat utang pemerintah.

"Penurunan surplus juga dipengaruhi oleh komponen investasi lainnya yang tercatat defisit, terutama dipengaruhi naiknya penempatan simpanan sektor swasta pada bank di luar negeri," tambah Arbonas.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Neraca Pembayaran Indonesia

Bank Indonesia AFP PHOTO / ROMEO GACAD

Secara keseluruhan, Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) pada kuartal I 2018 mencatat defisit seiring dengan menurunnya surplus transaksi modal dan finansial. Defisit NPI pada kuartal I 2018 tercatat USD 3,9 miliar.

"Neraca pembayaran kita overall balance-nya minus USD 3,8 miliar karena ada tekanan di finansial account kita. NPI (neraca pembayaran) tetap baik sehingga dapat menopang ketahanan eksternal Indonesia," kata Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo dalam konferensi pers pada Jumat 11 Mei 2018.

Dengan perkembangan NPI tersebut, posisi cadangan devisa pada akhir Maret 2018 tercatat sebesar USD126,0 miliar. Jumlah cadangan devisa ini setara dengan pembiayaan 7,7 bulan impor dan utang luar negeri pemerintah serta berada di atas standar kecukupan internasional.

Ke depan, NPI diprakirakan tetap baik sehingga dapat terus menopang ketahanan sektor eksternal. Bank Indonesia akan terus mencermati perkembangan global yang dapat memengaruhi prospek NPI, antara lain peningkatan ketidakpastian pasar keuangan global, kecenderungan penerapan inward-oriented trade policy di sejumlah negara, dan kenaikan harga minyak dunia.

"Bank Indonesia terus menempuh bauran kebijakan moneter dan makroprudensial, serta memperkuat koordinasi kebijakan dengan Pemerintah khususnya dalam mendorong kelanjutan reformasi struktural, sehingga ketahanan sektor eksternal Indonesia tetap terjaga," Arbonas mengakhiri.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Vega Darwanti Merasa Hal Ini Adalah Godaan Terberat Saat Puasa

Posted: 11 May 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sederet persiapan untuk menjalani ibada puasa sudah mulai direncakan begitupun para selebritis. Salah satunya Vega Darwanti.

Vega Darwanti yang juga merupakan seorang ibu selalu menyiapkan makanan dan membangunkan suami serta anak-anak pada waktu sahur tiba.

"Pasti nanyain. Biasanya gini, kalo misalnya sahur itu aku selalu beli makanan udah jadi. Jadi begitu sahur udah tinggal nganget-ngangetin, makan. Kesulitannya anak aku sama suami aku, kalo sahur kan males ya. Karena lagi enak-enaknya jam tidur, biasanya aku punya tips ngebangunin anak aku pake makanan yang kuah, yang rasanya lebih seger. Misalnya sayur asem buahnya juga yang banyak kuahnya, kayak semangka," ujar Vega, saat ditemui di Studio ANTV, Epicentrum, Jakarta Selatan, Selasa (8/5).

Kurma dan Teh Manis Jadi Menu Andalan

Vega Darwanti © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Kurma dan teh manis ternyata selalu jadi menu andalan Vega untuk suami dan anak ketika waktu buka puasa tiba.

Vega mengaku kalau ia dan keluarga lebih banyak lapar mata dengan ragam pilihan menu yang tersaji.

"Kalo buka sih lebih gampang, kita lebih banyak laper mata doang. Yang dimakan paling cuma kurma teh manis, udah gitu kepotong taraweh. Jadi nggak ada kesulitan," lanjutnya.

Godaan Terberat Saat Ngomongin Orang

Vega Darwanti © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Lantas apa sih godaan terberat saat Vega menjalankan ibada puasa? Ternyata menurutnya membicarakan orang adalah salah satu godaan terberat mengingat pekerjaannya adalah tampil di acara televisi.

"Godaan, ngomongin orang kali ya. Kalo di tv kan pasti ada aja yang pengen dibahas. Tapi semua bisa lah, bisa dikenaliin. Banyak banyak istigfar lah. Manusia kan biar bagaimana emang tempat yang salah. Jadi ya aku nahan-nahan gitu. Sama kalo nggak terlalu penting buat ngobrol, aku nggak ngomong. Ngomong seperlunya," pungkasnya.

Sumber: Kapanlagi.com

Reporter: Fikri Alfi Rosyadi

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kabar Buruk Hampiri Persib Jelang Laga Lawan Persipura

Posted: 11 May 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kabar buruk didapat Persib Bandung jelang lawan Persipura Jayapura, pada pekan kedelapan Go-Jek Liga 1 bersama BukaLapak di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Sabtu (12/5/2018).

Persib mendapat sanksi dari PT Liga Indonesia Baru (LIB). Hukuman tersebut berupa denda akibat beberapa pelanggaran.

Merujuk pada dua surat Konfrimasi Denda Pelanggaran Disiplin Go-Jek Liga 1 2018, Persib dikenakan denda total Rp. 120 juta. Mereka dinilai telah melakukan beberapa pelanggaran regulasi yang telah ditetapkan PT LIB.

Seperti dilansir dari situs resmi klub, pelanggaran tersebut terjadi saat laga pembuka Go-Jek Liga 1 2018 menghadapi PS TIRA (26 Maret). Kemudian saat melakoni partai tandang kontra Sriwijaya FC (1 April) 2018.

6 Kali Pelanggaran

Pemain Persib terus berlatih menyongsong Liga 1 (Kukuh Saokani)

Dari dua pertandingan, PT LIB mencatat, Persib telah melakukan pelanggaran regulasi sebanyak enam kali.

Contohnya, Panpel Persib tidak menyediakan ambulans saat sesi offical training PS TIRA. Kemudian, tim terlambat keluar ruang ganti jelang babak kedua sehingga terjadi delayed kick-off saat laga melawan Sriwijaya FC di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang.

Tak Boleh Banding

Para pemain Persib Bandung berlatih di bawah asuhan Mario Gomez (Foto: Kukuh Saokani/Liputan6.com)

Dalam hal ini, Persib tidak diperkenankan untuk mengajukan banding atas pelanggaran tersebut. Lebih dari itu, Persib akan dijatuhi hukuman yang lebih berat apabila pengulangan pelanggaran kembali terjadi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Krisdayanti Tak Merasa Kesepian Meski Suami Tinggal di Timor Leste

Posted: 11 May 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Krisdayanti menjalani rumah tangganya bersama dengan Raul Lemos dalam ikatan long distance relationship. Meski begitu, adik kandung Yuni Shara itu mengaku senang karena dirinya diberikan kepercayaan penuh oleh sang suami. Apalagi, Krisdayanti memang tinggal bersama kedua anak mereka.

Menurut Krisdayanti, dirinya juga telah berjanji akan menjaga kepercayaan yang diberikan sang suami.

"Suami sudah memberikan kepercayaan seribu persen kepada saya. Jangan sampai saya enggak diberikan izin karena kealpaan saya dalam berumah tangga," ujar Krisdayanti dalam keterangannya kepada wartawan, belum lama ini.

 

Menghargai

Suami Krisdayanti memang berprofesi sebagai pengusaha. Oleh sebab itu, Raul memang harus tinggal di Timor Leste. Duta kecantikan Nefertiti Paris itu mengaku jika dirinya tak merasa kesepian lantaran diizinkan suami untuk kembali aktif bernyanyi dan melanjutkan kariernya di Indonesia.

"Raul menghargai saya secara profesional. Dia tahu bahwa saya berada di lingkup yang aman, saya enggak mungkin jatuh lagi, saya enggak mungkin sembarangan. Buat saya, mubazir kalau saya harus mengulang dari nol," kata Krisdayanti.

 

Video Call

Sesibuk apa pun, Krisdayanti, berusaha untuk tidak lalai menghubungi sang suami, khususnya mengabarkan kondisi anak-anak.

"Contohnya, saat anak-anak sakit, saya harus laporkan ke suami. Sekarang zaman gadget, bisa video call, kegiatan-kegiatan yang perintilan juga banyak yang harus saya laporkan," tandasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Cara Ditjen Pas Bina 145 Napiter Mako Brimob Agar Insaf

Posted: 11 May 2018 08:28 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 145 narapidana teroris dari Mako Brimob dipindahkan ke Lapas Nusakambangan dan diawasi di bawah Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS).

Di sana, 145 napiter itu akan menjalani pembinaan dengan diawasi oleh BNPT, Densus 88 dan Kejaksaan. Menurut Humas Ditjen PAS, Ade Kusmanto, para napiter itu akan dibina dengan mendatangkan ustad yang merupakan mantan napi teroris.

"Biasanya (dari) BNPT datang ke Lapas beserta para ustad tersebut," kata Ade Kusmanto dalam keterangan tertulis, Sabtu (12/5/2018).

Dengan pembinaan itu, Ade berharap para napiter bisa insaf dari paham radikal sehingga dapat mengendalikan aksi terorisme di dalam lapas.

"Pendekatan pembinaan kepada napiter adalah pendekatan kepribadian dan kemandirian, pendekatan persuasif secara bertahap sampai mereka sadar dan mengakui kesalahannya untuk kembali ke NKRI," jelas Ade.

Sementara, BNPT sendiri belum memiliki rencana untuk melakukan deradikalisasi kepada 145 napiter yang menyerang Mako Brimob itu.

"Jadi upaya semua dapat dilakukan. Tapi untuk 145 napiter eks Mako Brimob, kami belum ada rencana itu," kata Direktur Deradikalisasi BNPT Irfan Idris lewat pesan singkat kepada Liputan6.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sudah Saatnya Sektor Pemerintah Paham Keuntungan dari Big Data

Posted: 11 May 2018 08:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Big data memegang peranan penting dalam menginterpretasi jalinan antara manusia dan teknologi. Segala tindakan kita yang memakai teknologi menghasilkan kumpulan data yang dapat dipelajari lebih lanjut untuk kepentingan kita sendiri.

Walaupun konsep big data masih terdengar asing, tetapi Indonesia ternyata memiliki Bigjava, sebuah perusahaan analisis big data yang hadir untuk menjawab kebutuhan beragam sektor nasional terkait data.

"Dengan big data kita bisa memahami sesuatu dengan cepat dan informatif di berbagai sektor. Misalnya, dalam mengolah sumber daya alam, kita bisa tahu kilang-kilang mana yang bisa beroperasi, yang menjelang habis, atau yang belum dioperasikan. Lalu, tentang mengapa nelayan lebih banyak mencari ikan di suatu daerah ketimbang daerah lain, dan akhirnya analisis itu dapat berimbas ke bisnis dan perdagangan," ungkap Ruli Harjowidianto, CEO Bigjava kepada Tekno Liputan6.com, Jumat (5/11/2018) sore di Jakarta.

Namun, Ruli menyayangkan masih ada pihak-pihak di sektor pemerintah yang masih enggan melakukan pendalaman tentang big data, padahal data-data tersebut bisa menjadi sangat berharga bila dianalisis, dan dapat menghasilkan keuntungan besar.

"Big data memerlukan keterlibatan data yang banyak. Data mereka sendiri, lalu kita proses, kemudian kita berikan hasilnya seperti apa. Jadi, kalau mereka tidak membagi data, maka mereka tidak akan dapat mengetahui hasil analisis big data itu seperti apa," jelas Ruli.

Pria yang sedang mempelajari cyber security di Universitas Harvard itu juga menjelaskan bahwa big data tidak hanya untuk sektor hitung-hitungan atau kuantitatif semata, melainkan dapat meneliti dari segi kualitatif, contohnya seperti sikap.

"Seperti dari sisi kebiasaan. Misalnya, gim apa yang paling banyak dimainkan untuk mengasah otak anak-anak atau gim mana yang membuat mereka bersikap tidak baik. Dengan menggunakan data, kita bisa melihat itu semua," paparnya. 

Satu yang disayangkan oleh Ruli adalah ketika sektor lokal lebih suka membagikan data mereka ke perusahaan luar negeri. Padahal menurut Ruli, kumpulan data dapat dianalogikan seperti emas yang begitu berharga.

Untuk itulah Ruli mendirikan Bigjava yang merupakan perusahaan analisis big data lokal sehingga diharapkan sektor pemerintah tidak bergantung pada perusahaan serupa dari luar negeri.

Tentunya sangat disayangkan bila data-data penting warga negara, yang dapat dipandang sebagai aset, malah lebih banyak dikelola pihak asing.

"Dengan perusahaan lokal (Bigjava) pihak pemerintah tidak perlu takut, karena harta karun mereka aman bersama kita, karena kita tidak menjual ke luar negeri," tukas Ruli.

Pendekatan Bigjava

Bigjava. Dok: Tommy Kurnia/Liputan6.com

Bigjava memiliki langkah-langkah dalam membantu perusahaan menikmati hasil dari data yang mereka miliki.

Pertama, tentunya Bigjava melakukan assessment atau bisa juga disebut konsultasi agar bisa memahami apa yang dibutuhkan suatu perusahaan, dan kemudian merencanakan apa saja spesifikasi yang harus dihadirkan pada rancangan software dan hardware yang mereka buat.

Setelah melewati rangkaian proses perancangan hal-hal yang dibutuhkan perusahaan, Bigjava melakukan pengujian dan pelatihan agar pihak perusahaan dapat memakai sistem yang mereka buat.

Bigjava bisa dibilang tidak kaku dalam memberikan layanan big data, karena dapat menyesuaikan kebutuhan klien mereka.

Kehadiran Bigjava bisa dijadikan pilihan utama bagi para perusahaan yang ingin mulai mengoptimalkan pemahaman mereka terkait data, tetapi tidak ingin membagi data mereka kepada perusahaan luar negeri.

Dengan big data, pihak manajemen perusahaan dapat mengambil strategi yang lebih akurat untuk mencapai hasil optimal, sebab keputusan mereka dipandu oleh kumpulan banyaknya data yang disajikan dengan informatif, bukan sekadar mengambil keputusan lewat prakiraan.

(Tom/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Siti Badriah Akan Bikin Dangdut Naik Kelas

Posted: 11 May 2018 08:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Banyaknya penyanyi dangdut yang bermunculan diakui oleh Siti Badriah bukanlah sesuatu yang harus dikhawatirkan. Menurutnya, ajang pencarian bakat ini bisa dijadikan sebagai penyebarluasan musik dangdut hingga menjadi merakyat.

"Saya dengar dari teman-teman banyak banget bakat terpendam penyanyi dangdut selama kompetisi BBB beberapa bulan lalu. Baru kali ini saya juga menjadi juri kompetisi secara online. Dangdut sekarang sudah naik kelas, kompetisinya saja di aplikasi live-streaming. Keren!," ujar Siti Badriah dalam keterangannya kepada wartawan baru-baru ini.

Meski menggunakan cara yang berbeda, Siti Badriah mengaku cara mencari dengan memanfaatkan dunia online bukanlah masalah.

"Dangdut juga jadi bisa lebih diterima oleh kalangan yang lebih luas kalau online kan, karena sekarang semua apa-apa sudah online," ungkap Siti Badriah.

Kompetisi yang dimaksud Siti Badriah adalah yang digelar oleh aplikasi live-streaming Bigo Live.

 

Sukses

Seperti dilansir dari Liputan6.com, Siti Badriah yang ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu mengakui hal serupa.  Ia begitu serius mencari pendamping hidup di tahun ini. (Instagram/sibad)

Aplikasi ini sukses menggelar kompetisi adu bakat menyanyi dangdut Bintang Biduan BIGO (BBB) di bulan Januari silam, yang diikuti hingga 2.500 peserta. Setelah sukses, BIGO LIVE kembali menggandeng Nagaswara untuk mencari bakat biduan dangdut terbaik di tanah air. BBB kali ini hadir dengan konsep sepenuhnya online di aplikasi BIGO LIVE mulai dari pendaftaran, audisi, hingga babak final. 

Babak audisi akan diselenggarakan setiap hari Sabtu mulai tanggal 12 Mei 2018 hingga berakhir di babak final pada tanggal 10 Juni 2018. Selama satu bulan kompetisi, para peserta akan memperebutkan hadiah senilai puluhan juta rupiah hingga kesempatan untuk dikontrak oleh BIGO LIVE dan Nagaswara.

 

Penyanyi dari Kalangan Bawah

Siti Badriah

Head of Marketing BIGO LIVE Indonesia, Aswin Antonie mengatakan bahwa kembali mengadakan BBB, dikarenakan antusiasme masyarakat di daerah, yang gemar menyanyi dangdut dan berkompetisi. 

"Pemenang BBB beberapa bulan lalu adalah Thukiyem dan Nagaswara memberikan kontrak profesional setelah melihat bakat besarnya. Kami yakin BBB yang diselenggarakan secara online ini akan diikuti oleh lebih banyak peserta dan akan menemukan bakat baru yang bertalenta," kata Aswin Atonie.

Kemajuan teknologi dan berkembangnya BIGO LIVE di tengah masyarakat, dikatakan Aswin bahwa pihaknya mengambil kesempatan untuk mencari bakat terpendam yang dimiliki warga Indonesia dalam musik dangdut.

"BIGO LIVE merupakan media yang tepat dalam menunjukkan bakat secara langsung di hadapan masyarakat luas. BIGO LIVE berkomitmen untuk memberikan konten positif melalui kegiatan-kegiatan yang menginspirasi," jelasnya. BBB online ini akan didukung oleh artis-artis Nagaswara sebagai juri, yaitu pencipta lagu Yogi RPH, Denias alumni KDI 2014, dan Siti Badriah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lionel Messi Kini Jauh Lebih Baik Sejak Terakhir Raih Ballon d'Or

Posted: 11 May 2018 08:20 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona - Dua musim terakhir Lionel Messi hanya mampu melihat rivalnya, Cristiano Ronaldo, meraih penghargaan Ballon d'Or. Namun bagi bek West Ham, Pablo Zabaleta, Lionel Messi yang sekarang jauh lebih baik ketimbang saat memenangi penghargaan bergengsi itu.

Messi, yang saat ini masih bermain untuk Barcelona, terakhir kali meraih gelar Ballon d'Or pada 2015. Saat itu, pemain asal Argentina tersebut sukses membawa timnya memenangkan treble winner.

Namun semenjak dominasi Madrid di Eropa, Messi tak lagi pernah mendapatkan gelar individual tersebut. Rivalnya, Cristiano Ronaldo, dalam dua musim terakhir menjadi pemenangnya.

Pemain asal Portugal tersebut juga berpeluang untuk meraih penghargaan itu lagi di akhir tahun ini, dengan masuknya Madrid di babak final Liga Champions. Meskipun begitu, tanpa gelar Ballon d'Or sekalipun, Zabaleta meyakini Messi kini jauh lebih baik dari sebelumnya.

"Messi yang sekarang jauh lebih baik ketimbang saat dia memenangi lima penghargaan Ballon d'Or," ujar Zabaleta kepada DeporTV.

"Dia adalah pemain yang unik. Tipikal pemain yang mungkin tidak akan kami lihat lagi. Melihatnya berkembang adalah sesuatu yang sulit untuk dipercaya," kata pria asal Argentina tersebut.

Seperti yang diketahui, semenjak dirinya menampakkan diri di tim senior Barcelona, Lionel Messi telah menjadi pemenang Ballon d'Or sebanyak lima kali. Bahkan ia sempat mendominasi gelar tersebut selama empat musim berturut-turut, terhitung dari tahun 2009.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketemu Persipura, Bek Persib Lupakan Kenangan di Jayapura

Posted: 11 May 2018 08:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Persib Bandung akan ditantang Persipura Jayapura, pada pekan kedelapan Go-Jek Liga 1 bersama BukaLapak di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Sabtu (12/5/2018). Laga seru ini terasa istimewa bagi Victor Igbonefo.

Pertandingan ini akan menjadi laga emosional bagi Igbonefo. Betapa tidak, Victor menyimpan kenangan indah bersama Persipura.

Bek Persib ini pernah memberi tiga gelar juara kompetisi liga dan satu trofi Community Shield buat tim Mutiara Hitam selama delapan musim di Jayapura.

Di musim pertamanya, pemain naturalisasi asal Nigeria ini, membawa Persipura juara Liga Indonesia 2005. Dia bersama timnya kembali merebut trofi Indonesia Super League musim 2008-2009 dan musim 2010-2011.

Setelah itu, Igbonefo juga meraih Indonesian Community Shield tahun 2009.

Seperti Keluarga

Bek Persib Bandung, Victor Igbonefo. (Bola.com/Muhammad Ginanjar)

Pemain bernomor punggung 32 ini tidak akan pernah melupakan prestasi tersebut. Apalagi Persipura dan semua pemain di sana sudah seperti keluarga bagi Igbonefo.

Namun demikian, semua kenangan indah itu akan dilupakannya sesaat ketika bermain 2x45 menit bersama Persib .

"Iya, aku senang bertemu mereka, teman-teman lama. Sudah seperti saudara, karena aku bersama mereka tujuh setengah tahun. Tapi, untuk pertandingan kami akan profesional," kata pemain yang pernah membela timnas ini, seperti dilansir situ resmi klub.

Kerja Keras

Persib Bandung termasuk Victor Igbonefo (32) saat sesi latihan. (Bola.com/Erwin Snaz)

Igbonefo menegaskan, ia bersama skuatnya akan berkerja keras mengalahkan Persipura di Gelora Bandung Lautan Api. Dia takkan membiarkan Boaz Solossa cs mencetak gol ke gawang Persib.

"Kami akan bekerja keras. Saya sekuat tenaga akan menjaga daerah pertahanan Persib. Kami akan berusaha dapatkan tiga poin untuk Persib," kata Igbonefo.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Megawati: Kalau Ganjar Tak Menang di Pilkada Jateng, Diapakan ya?

Posted: 11 May 2018 08:10 PM PDT

Liputan6.com, Solo - Puluhan ribu kader dan simpatisan PDIP hadiri apel siaga yang bertema "Setia Megawati, Setia NKRI" kemarin, Jumat, 11 Mei 2018. Apel yang dipusatkan di Stadion Manahan Solo itu dihadiri langsung oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Puluhan ribu massa partai berlambang banteng moncong putih itu memadati lapangan Stadion Manahan. Mereka berasal dari berbagai daerah di seluruh penjuru Jawa Tengah.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Puan Maharani, Ketua DPD PDIP Jawa Tengah, Bambang Wuryanto dan pasangan calon Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo-Taj Yasin.

Dalam sambutannya, Megawati menyinggung tentang calon pasangan Gubernur Jawa Tengah yang diusung PDIP dan koalisi, yakni Ganjar Pranowo dan Taj Yasin. Ia telah merekomendasikan Ganjar Pranowo untuk maju kedua kalinya dalam Pemilihan Gubernur Jawa Tengah.

"Untuk Jawa Tengah, saya telah rekomendasikan saudara Ganjar untuk dijadikan sebagai calon gubernur untuk yang kedua kalinya," kata Megawati di hadapan puluhan ribu kader PDIP di Stadin Manahan Solo.

Untuk calon wakil pendamping Ganjar, Megawati memilih dari kalangan anak muda yang merupakan putra dari KH Maimoen Zubair.

"Saya lalu rasanya kalau merah itu membara. Tapi kalau ketemu ijo klunak klunuk. Wakil itu namanya Taj Yasin," katanya.

 

Cara Mega Merayu KH Maimoen Zubair

Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri didampingi pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah, Ganjar - Yasin saat apel siaga di Stadion Manahan Solo/(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Saat memilih Taj Yasin sebagai calon wakil gubernur, Megawati sempat meminta izin kepada KH Maimoen Zubair untuk mengajak putranya menjadi pasangan Ganjar Pranowo. Adanya permintaan itu, menurut Mega, Ketua Majelis Syariah PPP itu pun mengizinkannya.

"Saya nyuwun sama simbah, boleh ya mbah, putranya saya ambil putranya untuk jadi merah. Simbah pun bilang, monggo," kata dia menirukan ucapan Mbah Maimoen.

Untuk itu, Mega berharap pada Pemilihan Gubernur Jawa Tengah, 27 Juni 2018, pasangan yang diusung harus menang melawan calon pasangan lain.

"Nanti tanggal 27 Juni semua jangan tidur. Jaga masing-masing TPS sampai penghitungan akhir. Kalau Pak Ganjar dan Pak Yasin tidak menang mau diapakan ya?" tanya Megawati.

Dalam kesempatan itu, Megawati juga memanggil Ganjar dan Taj Yasin untuk berdiri mendampinginya. Hal itu dilakukan supaya para kader mengetahui pasangan calon gubernur yang diusung PDIP di Jawa Tengah.

Manfaatkan Sisa Masa Kampanye

Puluhan ribu pengurus dan kader PDIP padati Stadion Manahan Solo dalam apel siaga PDIP.(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Untuk bisa meraih kemenangan dalam pemilihan gubernur nanti, Mega berpesan kepada para pengurus dan kader untuk memanfaatkan dengan baik sisa waktu masa kampanye. Saat ini sisa masa kampanye tinggal 47 hari.

"Sisa masa kampanye sekitar 40-an hari itu tidak lama lho. Apalagi sebentar lagi mau puasa jadi harinya kian cepat itu. Bikin acara-acara di bulan Puasa, seperti ikut tarawih bersama di masyarakat," pintanya.

Untuk itu, Mega berharap pada Pemilihan Gubernur Jawa Tengah nanti, pasangan yang diusung PDIP harus menang. Pasalnya dalam pemilihan gubernur kali ini hanya ada dua pasangan sehinga persaingan sangat krusial.

"Pilgub ini head to head lho. Jangan di sini (Stadion Manahan) saja ramai. Tapi pulang dari sini tidur. Terus nanti saat pemilihan tanggal 27 Juni semua jangan tidur. Jaga masing-masing TPS sampai penghitungan akhir," kata dia.

Dalam kesempatan itu, Megawati juga memanggil Ganjar dan Taj Yasin untuk berdiri mendampinginya. Hal itu dilakukan supaya para kader mengetahui pasangan calon gubernur yang diusung PDIP di Jawa Tengah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mitsubishi Ajak Konsumen Xpander ke Dealer untuk Atasi Kasus Idle Up

Posted: 11 May 2018 08:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mitsubishi Xpander sempat mendapat keluhan adanya putaran mesin meninggi meski pedal gas tidak diinjak atau biasa dikenal dengan sebutan idle up

Terkait masalah tersebut, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) telah menyiapkan software khusus untuk dilakukan instalasi ulang ke mobil yang mengalami gejala idle up

Head of Sales and Marketing PT MMKSI, Imam Choeru Cahya, mengatakan software Electronic Control Unit (ECU) sudah tersedia. Bagi konsumen yang merasa kurang cocok dengan setelannya, ia mempersilakan agar datang langsung ke dealer.

"Bukan diganti, jadi itu cuma tuning aja. Terus terang ini bukan mass product. Tinggal sebenarnya ini cocok enggak dengan habit (pengemudi). Kalau enggak cocok dengan tuning seperti itu ya datang, tapi kalo cocok AC atau on off seperti itu ya tidak apa-apa. Makanya kita serahkan ke konsumen kalau memang mau mapping lagi ya silahkan," kata Imam beberapa waktu lalu di Jakarta.

Menurutnya, tak semua konsumen mengalami keluhan yang sama, mengingat idle up dianggap sebagai bagian dari kinerja mesin.

 

Selanjutnya

"Kami tidak informasikan (recall). Kalau ada kesalahan (cacat produksi) baru kami wajib menginformasikan. Jadi jangan disebut ini silent recall atau kampanye. Pokoknya ini silahkan kepada konsumen saja," kata Imam.

Masalah idle up ini, lanjut Imam, tidak membahayakan konsumen dan sejauh ini tidak ada yang celaka karena idle up. Meski tak dipungkiri bahwa ada beberapa konsumen yang mempertanyakan mobilnya.

"Mungkin setting beda dari kendaraan lain. Tapi ini bukan suatu cacat atau bagaimana," katanya.

Sebelumnya, Direktur Marketing dan Penjualan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Osamu Iwaba mengatakan idle up pada mesin Mitsubishi Xpander merupakan hal yang normal dan tidak memiliki efek negatif pada mesin.

"Idle up itu menjadi bagian dari kinerja mesin, tapi kami telah menyiapkan software untuk mengatasinya," kata Iwaba di Yogyakarta, Selasa (6/3/2018).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dubai Kerahkan Drone untuk Antar Makanan Sahur ke Masjid

Posted: 11 May 2018 08:02 PM PDT

Liputan6.com, Dubai - Otoritas Pengembangan Komunitas di Dubai meluncurkan program Their Suhour is On Us selama bulan suci Ramadan. Di mana kegiatannya adalah akan mengantarkan makanan sahur ke masjid-masjid dan sekitarnya dengan bantuan drone.

Seperti dikutip dari Al Arabiya, Jumat (11/5/2018), ada sekitar 700 sukarelawan yang berpartisipasi dalam program dengan tujuan meningkatkan kesadaran tentang pentingnya makan sahur. Melalui pendistribusian makanan kepada para pekerja -- kali ini dengan metode drone.

Selain itu, kegiatan tersebut juga dianggap dapat meningkatkan kesadaran tentang pentingnya kerja sukarela dan mendorong masyarakat serta organisasi melakukan pelayanan sosial dan bertanggungjawab.

Halima Mohammed selaku kepala CDA Youth Council, mengajak lebih banyak orang untuk menjadi sukarelawan.

Menurutnya, melibatkan orang dengan tekad kuat sangat penting. Karakter demikian berpartisipasi dalam pengawasan makanan serta pendistribusiannya -- yang kali ini menggunakan drone.

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

Ide Inovatif

Khalfan Obeid, yang merancang sistem kendaraan udara tak berawak untuk mengantar makanan sahur mengatakan penggunaan armada itu adalah ide inovatif.

Drone itu menyimpan informasi dan peta lokasi yang ditargetkan, untuk kemudian diikuti rutenya.

Obeid mengatakan mereka akan melatih penggunaan drone untuk mengantar makanan sahur -- sekitar 10 kilogram sekali kirim-- pada pekan ini.

Ia menambahkan bahwa delapan baterai yang digunakan oleh drone tersebut sudah disiapkan dan diperoleh dari pembelian secara impor.

Ilustrasi Drone, (06/1/ 2017). (DAVID McNew / AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dari Resep Warisan, Andry Yapilus Mampu Rajai E-Commerce

Posted: 11 May 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jangan pernah menganggap remeh resep warisan nenek, siapa tahu itu adalah pintu menuju kesempatan baru. Hal itu berlaku untuk Andry Yapilus (27) yang berhasil meningkatkan perekonomian keluarga melalui bisnis Keripik Balado Nan Salero yang diproduksi berdasarkan resep asli warisan nenek.  Sempat jatuh akibat Gempa Padang, Andry mampu merajai bisnis e-commerce yaitu Tokopedia.

Keripik Balado Nan Salero mulai dirintis pada tahun 1960 oleh Ibu Andry, Imelda Yenita, dan ketiga saudara perempuannya yakni Shintia Juniar, Jeniwaty Juniar, dan Lisa Yenita.

Berdomisili di Padang, kondisi ekonomi keluarga besar Andry saat itu tidak begitu baik. Sadar dengan kondisi ekonomi keluarga yang sulit, Ibu dan Tante Andry akhirnya mencoba peruntungan dengan berjualan keripik dari resep warisan Nenek Andry.

Mereka mulai memproduksi keripik "Nan Salero" secara kecil-kecilan dan mencoba memasarkan keripik tersebut ke sekolah-sekolah.

"Tumbuh di keluarga yang bisa dikatakan kurang mampu membuat kami berempat harus membantu keuangan keluarga. Dulu kami 10 bersaudara, jadi buat nambah uang sekolah, di tahun 60-an kami mulai jual keripik balado," kata Tante Andry dikutip dari keterangan tertulis, Sabtu (12/5/2018).

Tak disangka, keripik balado Nan Salero favorit keluarga itu ternyata juga disukai banyak orang. Penjualan Nan Salero di sekolah-sekolah laku keras dan mulai dikenal masyarakat Padang dari promosi mulut ke mulut. Berkat usaha yang terus dilakukan, keripik Nan Salero pun memiliki toko sendiri di Kota Padang.

Namun, cobaan datang pada akhir tahun 2009. Kala itu, gempa sebesar 7,6 Skala Richter mengguncang kota Padang. Gempa tersebut merobohkan bangunan di sejumlah wilayah, tak terkecuali toko keripik keluarga Andry.

Tak putus asa, keluarga Andry menyewa ruko di depan bangunan toko terdahulu untuk berjualan. Meskipun sulit, mereka tetap optimis bahwa usaha Nan Salero akan kembali baik, atau bahkan berkembang lebih pesat.

Melihat kondisi bisnis keluarganya, Andry yang kala itu baru menyelesaikan kuliahnya memutuskan untuk terjun langsung mengembangkan Nan Salero, mulai dari membantu memasak di dapur, hingga membantu memasarkan produk keripik baladonya.

Ketertarikan Andry pada bisnis membuatnya memutar otak agar bisnis keripik yang diusahakan keluarganya dapat terus berkembang. Pada tahun 2012, sarjana Ilmu Teknologi ini kemudian membuat website untuk memasarkan keripik balado Nan Salero.

 

Masuk E-Commerce

bisnis Keripik Balado Nan Salero yang digeluti oleh Andry Yapilus.

Tidak sampai di situ, Andry dengan jeli melihat besarnya peluang yang bisa ia dapatkan jika berjualan di Tokopedia. Mengacu pada peluang tersebut, tahun 2017 Andry memperluas penjualan produknya melalui Tokopedia. Menggunakan nama toko "Nansalero229", hingga saat ini Andry berhasil menjual lebih dari seribu produknya.

"Kami mulai memasarkan keripik balado lewat Tokopedia di tahun 2017, dan ternyata respon pasar cukup bagus. Dari yang tadinya cuma orang sekitar Padang yang tahu, sekarang dari seluruh Indonesia bisa beli produk kami," cerita Andry.

Kini Andry memperluas produk yang dijual di tokonya. Melalui Nan Salero Andry juga ingin memperkenalkan produk-produk buatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di sekitar Padang. Toko Nan Salero di Tokopedia pun kini tidak hanya menjual produk keripik balado saja, tetapi juga produk-produk UMKM lainnya seperti kue semprong, pia, dan lain sebagainya. Semakin lama, semakin banyak UMKM yang menitipkan produk untuk dijualkan oleh Andry melalui toko Nan Sanlero di Tokopedia.

"Rasanya senang ya selain berdampak bagi ekonomi keluarga kami, berkembangnya Nan Salero juga bisa membuka kesempatan bagi UMKM lain untuk lebih dikenal masyarakat luas. Karena bagi kami, kesempatan untuk berkembang bukan hanya untuk dinikmati sendiri, tapi untuk dibagi." Ucap Andry.

Berkat resep nenek dan kegigihan keluarga, Nan Salero berhasil menebar manfaat untuk orang-orang di sekitar. Saat ini misalnya, Nan Salero mempekerjakan 10 orang karyawan untuk membantu jalannya bisnis. Andry percaya bahwa keberhasilan bukan hanya diukur dari materi, tetapi juga dari manfaat yang bisa ia berikan pada lingkungan sekitar.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jangan Bosan Membacakan Buku untuk Anak, Ini 4 Manfaatnya

Posted: 11 May 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Saat akhir pekan seperti ini, waktu bersama si Kecil yang masih batita pasti lebih banyak. Selain bermain bersama, luangkan waktu untuk membacakan buku cerita untuknya.

Biasanya, jika anak suka dengan cerita dari buku yang Anda bacakan, dia akan dibacakan ulang. Bahkan hingga yang membacakannya hapal kata demi kata dalam buku tersebut. Anak pun sudah sangat tahu jalan cerita di dalamnya.

Menghadapi sikap anak yang selalu meminta dibacakan buku yang sama berulang-ulang, sebaiknya dihadapi dengan sabar. Turuti saja kemauan yang satu ini. Pasalnya dengan membacakannya buku yang sama berulang kali ada banyak manfaat yang didapatkannya. Apa saja? Mengutip Read Brightly berikut manfaatnya.

1. Perbendaharaan kata bertambah

Makin sering si Kecil membaca, akan makin banyak perbendaharaan kata yang dimilikinya. Saat anak membaca atau dibacakan buku berulang kali, kata demi kata dalam buku tersebut akan diserapnya dengan baik.

2. Pola dan ritme kata

Mendengar cerita favorit yang dibaca dengan suara jelas dan menarik akan membuat anak mempelajari bunyi tiap kata, termasuk pola dan ritmenya. Dengan begitu anak tau tiap bunyi huruf vokal dan konsonan. Sebenarnya ini seperti mengajarinya membaca tapi anak tak menyadarinya.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

3. Lancar berbicara

Ilustrasi Foto Ibu dan Anak Perempuan (iStockphoto)

Mendengar dan melihat orangtua atau orang lain asyik membaca buku cerita akan membuat anak juga ingin melakukannya. Tak heran saat kita membaca, anak sering mengikutinya. Hal ini melatih oral motoriknya untuk mengucap sebuah kata dengan benar.

4. Merangsang kognitif

Membaca buku berulang juga membantu perkembangan kognitif anak. Yaitu membuat anak mengerti secara keseluruhan isi cerita. Mulai dari cerita, ilustrasi dan simbol-simbol yang ada di dalam buku.

Untuk itu, jangan bosan jika anak meminta dibacakan buku yang sama berulang-ulang. Artinya si kecil sudah memiliki minat baca yang baik. Sediakan saja buku-buku menarik lain yang mungkin bisa menarik perhatiannya.

 

 

 

Penulis: Mutia

Sumber: dream.co.id

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Final Liga Champions Real Madrid Vs Liverpool Versi Gerrard

Posted: 11 May 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Liverpool - Steven Gerrard optimistis Liverpool bisa menghentikan dominasi Real Madrid di Liga Champions. Dia percaya tim besutan Jurgen Klopp itu mampu menekuk Real Madrid.

Liverpool berhasil menembus partai final Liga Champions musim ini. The Reds menantang Real Madrid, juara Liga Champions dua musim beruntun, di NSC Olimpiyskiy Stadium, Kiev, 26 Mei mendatang.

"Saya pikir kami punya peluang yang sangat bagus," kata Gerrard, mantan kapten Liverpool, kepada Sport360, dilansir dari Sky Sports.

Pria asal Inggris itu mengatakan, performa Liverpool musim ini tak pantas disebut sebagai tim kuda hitam. Terlebih lagi, The Reds mampu menyingkirkan salah satu kandidat juara, Manchester City di babak delapan besar Liga Champions.

"Dengan performa sekarang, saya tidak ingin menyebut Liverpool sebagai underdog. Namun saya kira, Jurgen Klopp dan para pemain ingin menyebut diri mereka sebagai underdog karena itu bisa sedikit mengurangi tekanan saat melawan Real Madrid," ujarnya.

Punya Trio Mengerikan

Striker Liverpool Mohamed Salah berusaha mengejar bola saat melawan AS Roma dalam pertanding semifinal Liga Champions di Stadion Olimpico, Roma (2/5). Liverpool kalah 2-4 atas AS Roma pada pertandingan kedua semifinal. (Riccardo Antimiani / ANSA via AP)

Gerrard melanjutkan, Liverpool punya trio mengerikan, yakni Roberto Firmino, Mohamed Salah, yang keduanya sudah mencetak 10 gol di Liga Champions, dan Sadio Mane, yang mencatatkan sembilan gol.

"Saya pikir dengan performa mereka sekarang, bagaimana performa mereka dalam dua laga terakhir melawan Roma, terutama Mohamed Salah, saya pikir kami akan menjalani pertandingan dengan kepercayaan diri dan keyakinan bahwa kita bisa menuntaskan pekerjaan ini," ucap Gerrard, yang kini menjabat sebagai pelatih Rangers.

 

 

Lebih Hebat dari BBC

Trio maut Liverpool, yaitu Mohamed Salah, Roberto Firmino dan Sadio Mane sukses menjadi yang paling produktif di Liga Champions musim ini. Ketiganya kini resmi lebih tajam ketimbang trio BBC milik Real Madrid.

Gol Mane ke gawang AS Roma dalam partai leg kedua semifinal di Olimpico dini hari tadi membuat trio lini depan Liverpool itu kini total sudah mencetak 29 gol di Liga Champions musim ini.

Catatan ini memecahkan rekor sebelumnya yang dipegang trio BBC milik Real Madrid, Gareth Bale, Karim Benzema dan Cristiano Ronaldo dengan 28 gol pada musim 2013-14 silam.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Pakai Gaun Transparan, Kendall Jenner Umbar Bagian Intim di Festival Cannes

Posted: 11 May 2018 08:00 PM PDT

Model AS Kendall Jenner saat tiba untuk menghadiri Secret Chopard Party di sela-sela festival film Cannes ke-71 di Cannes, Prancis (11/5). (AFP/Yann Coatsaliou)

Model AS Kendall Jenner saat tiba untuk menghadiri Secret Chopard Party di sela-sela festival film Cannes ke-71 di Cannes, Prancis (11/5). (AFP/Yann Coatsaliou)

Model AS Kendall Jenner berpose saat menghadiri Secret Chopard Party di sela-sela festival film Cannes ke-71 di Cannes, Prancis (11/5). (AFP/Yann Coatsaliou)

Model AS Kendall Jenner berpose saat menghadiri Secret Chopard Party di sela-sela festival film Cannes ke-71 di Cannes, Prancis (11/5). (AFP/Yann Coatsaliou)

Model AS Kendall Jenner berpose saat menghadiri Secret Chopard Party di sela-sela festival film Cannes ke-71 di Cannes, Prancis (11/5). Supermodel berusia 22 tahun ini mengenakan gaun hijau yang tembus pandang. (Joel C Ryan / Invision / AP)

Model AS Kendall Jenner berpose saat menghadiri Secret Chopard Party di sela-sela festival film Cannes ke-71 di Cannes, Prancis (11/5). Supermodel berusia 22 tahun ini mengenakan gaun hijau yang tembus pandang. (Joel C Ryan / Invision / AP)

Ekspresi Kendall Jenner saat tiba untuk menghadiri Secret Chopard Party di sela-sela festival film Cannes ke-71 di Cannes, Prancis (11/5). (Joel C Ryan / Invision / AP)

Ekspresi Kendall Jenner saat tiba untuk menghadiri Secret Chopard Party di sela-sela festival film Cannes ke-71 di Cannes, Prancis (11/5). (Joel C Ryan / Invision / AP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Lifestyle Hari Ini: 6 Zodiak Paling Mandiri

Posted: 11 May 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Beberapa zodiak memiliki pendapat yang kuat, berusaha melakukan segala hal sendirian, dan tidak bergantung pada orang lain. Mereka tidak berusaha untuk beradaptasi atau berubah hanya untuk menyenangkan orang lain.

Artikel tersebut ternyata bikin penasaran pembaca di kanal Lifestyle Liputan6.com sehingga paling banyak dibaca pada Sabtu (12/5/2018). Bersama dua artikel lainnya, kami rangkum dalam Top 3 Lifestyle hari ini. 

6 Zodiak Ini Benar-Benar Mandiri dan Tak Mudah Dipengaruhi

Beberapa zodiak ada yang benar-benar mandiri dan tidak mudah untuk dipengaruhi. Penasaran apakah Anda salah satunya? Baca selengkapnya di sini.

 

6 Tempat Menginap Unik dan Terkenal di Masa Lalu, Mau ke Sana?

Booking.com memberi kesempatan Anda untuk menikmati tempat menginap unik dan tersohor di masa lalu (Liputan6/pool/Booking.com)

Jika Anda bepergian atau melakukan perjalanan wisata, hotel tempat menginap seperti apa yang ingin Anda kunjungi? Berdasarkan hasil penelitian, 36 persen wisatawan global akan mengatakan bahwa akan mengunjungi suatu tempat yang pernah mereka lihat di TV, film, ataupun video musik. Selain itu, lebih dari 40 persen wisatawan global cenderung mengatakan bahwa mereka ingin memilih jenis akomodasi yang unik, yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. Baca selengkapnya di sini.

 

 

Hari Ibu, Kylie Jenner Beri Kris Jenner Koleksi Makeup Eksklusif

Kris Jenner tepis rumor soal Tyga adalah ayah kandung Stormi. Kabar itu hadi karea ia baru saja putus dari Kylie Jenner bulan April 2017. (Vivien Killilea/Getty Images/USMagazine)

Kris Jenner patut berbangga dengan bisnis kosmetik yang dijalankan oleh anak-anaknya. Kylie Jenner menjadi salah satu penguasa dunia kosmetik dunia. Dalam rangka hari Ibu di Amerika, membuat Kylie Jenner memberikan kado kepada sang ibu berupa koleksi makeup eksklusif. Baca selengkapnya di sini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Puasa dan Lebaran, Telkomsel Genjot Kapasitas Data dengan 12 Ribu BTS

Posted: 11 May 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Lombok - Menjelang Ramadan dan Idul Fitri 1439 Hijriah, Telkomsel mengungkap kesiapannya untuk mengoptimalkan jaringan data.

Operator yang identik dengan warna merah tersebut diketahui telah memilih beberapa titik jaringan (POI, Points of Interest) di sejumlah lokasi yang 'padat data' di seluruh Indonesia.

Disampaikan Direktur Network Telkomsel Bob Apriawan, pihaknya telah menyiapkan sebanyak 772 POI yang tersebar di banyak wilayah, dari barat hingga timur Indonesia.

Adapun alasan mengapa Telkomsel melebarkan titik jaringan tersebut karena terjadi lonjakan mobilitas penggunaan internet di sejumlah wilayah ini.

"Pada saat RAFI (Ramadan dan Idul Fitri), terjadi mobilitas di kota-kota besar, kampung, bahkan tempat tujuan wisata. Karena itu, kami berfokus dengan menambahkan coverage, kapasitas, dan mengoptimalkan jaringan di wilayah tersebut," kata Bob saat Media Gathering Telkomsel yang dihelat di Lombok, Jumat (11/5/2018) malam.

Menyoal teknis segi kesiapan, sambung Bob, tentu ada perbedaan jika dibanding 2017. Kata dia, jika pada 2017 pihaknya mengantongi persetujuan menggunakan frekuensi 2.1GHz, kali ini Telkomsel juga memanfaatkan frekuensi 2.3GHz.

Untuk diketahui, Telkomsel sendiri baru saja memenangkan lelang spektrum 2.3GHz dengan menerapkan layanan 4G LTE berbasis teknologi Time Division Duplex (TDD) pada akhir 2017.

Tak cuma itu, Telkomsel juga menambahkan sebanyak12 ribu BTS Multi Band LTE pada Ramadan kali ini.

Perangkat BTS meliputi tipe frekuensi 900MHz, 1.8GHz, 2.1GHz, dan 2.3GHz. Perangkat tersebut, kata Bob, akan menyediakan solusi coverage dan kapasitas atas dasar rencana dan survei Telkomsel terkait area mana yang lebih membutuhkan frekuensi besar.

Dijabarkan lebih detail, kalau frekuensi 1.8GHz adalah frekuensi utama untuk layanan LTE, maka frekuensi 900MHz justru difokuskan untuk melayani wilayah tidak padat penduduk, yang bisa menghasilkan jangkauan lebih luas.

Sementara, frekuensi 2.1GHz dimanfaatkan untuk menambah layanan LTE, sedangkan frekuensi 2.3MHz digunakan sebagai optimasi layanan wilayah dengan kepadatan pengguna yang tinggi.

"Misal, untuk kota besar dengan lonjakan capacity besar, kami akan gabungkan BTS L1800 dengan L1300. Jadi, coverage maksimal, kapasitas mantap, dan pengalaman pengguna tentu jadi lebih baik," tukas Bob.

Kesiapan BTS

Telkomsel menyiagakan dua unit Compact Mobile BTS (COMBAT) di sekitar kawasan komplek GBK sebagai bentuk kesiapan mendukung Asian Games 2018 (Foto: Telkomsel)

Terkait kesiapan Base Transceiver Station alias BTS, Telkomsel mengerahkan seluruh tim areanya di berbagai wilayah. Untuk Sumatera, Telkomsel sudah menyiapkan 262 unit BTS 4G baru serta 10 BTS mobile.

Sementara untuk wilayah Jabodetabek dan Jawa Barat, sudah disiapkan 188 POI dengan lima titik prioritas, mulai dari Bandara Soekarno Hatta, Pelabuhan Merak, Pantai Pangandara, Pantai Santolu, hingga Kota Bunga Puncak.

Adapun prioritas pengamanan jaringan mulai dilakukan mulai dari gerbang tol Cilegon, Cikarang, dan Cianjur Selatan. Untuk area ini Telkomsel menambahkan 2.909 unit BTS 4G baru, 1.100 BTS 4G yang mendukung frekuensi 2.3GHz, serta 19 unit BTS mobile.

Kemudian untuk wilayah Pamasuka (Papua, Maluku, Sulawesi, dan Kalimantan), Telkomsel menyiapkan 3.304 unit BTS 4G baru, 772 unit BTS 4G pada frekuensi 2.3GHz, dan 18 unit BTS mobile.

Terakhir untuk Jawa dan Bali, operator tertua di Indonesia ini juga telah menyundul 3.160 unit BTS 4G baru, 178 unit BTS frekuensi 2.3GHz, serta 44 unit BTS mobile.

Uji Jaringan

Salah satu BTS Telkomsel di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur yang berbatasan langsung dengan Timor Leste. (Doc: Telkomsel)

Bob juga memaparkan pihaknya telah melakukan uji jaringan via drive test di sepanjang jalur Sumatera (jalur darat) dan jalur Jawa (jalur darat dan kereta) untuk memastikan jaringannya berjalan prima selama bulan puasa dan menjelang lebaran.

Pada jalur darat Sumatera dengan jarak sepanjang 6.039 kilometer, Telkomsel mengklaim sinyalnya berjalan sempurna sebanyak 72,51 persen.

Kapasitas unduh datanya sendiri mencapai maksimum 111.05 Mbps dalam skala rata-rata 5.56 Mbps. Sementara kualitas suara diklaim sempurna 94 persen.

Sementara untuk jalur darat Jawa dengan bentang jarak 2385 kilometer, kualitas jaringan sempurna berkisar 72,89 persen.

Kapasitas unduh data maksimal berada pada 232.71 Mbps dari skala rata-rata 11.68 Mbps. Adapun kualitas suara berada di angka 99,70 persen.

Terakhir untuk jalur kereta api Jawa dengan jarak 1689 kilometer, kualitas jaringan ada di angka 88,10 persen, dengan kapasitas unduh paling besar pada 114.15 Mbps dari skala rata-rata 5.07 Mbps. Kualitas suaranya sendiri berada di 98,82 persen.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

[vidio:100523ua-telkomsel.flv]()

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Waktu Rahma Azhari Kini Habis Untuk Anak

Posted: 11 May 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Rahma Azhari mulai menghilang dari panggung hiburan nasional. Bukan tanpa sebab, Rahma Azhari memang mengurangi aktivitasnya di luar rumah demi memerhatikan urusan anak.

Anak, diakui Rahma Azhari, jadi prioritas utamanya saat ini. Apalagi karena sudah bersekolah, anak Rahma Azhari tentu membutuhkan perhatian yang lebih.

"Anakku yang kecil sudah mulai sekolah," kata Rahma Azhari saat ditemui di Jalan Kapten Pierre Tendean, Jakarta Selatan, Jumat (11/5/2018).

Seperti diketahui, Rahma Azhari begitu dekat dengan anak-anaknya. Terutama si bungsu Caly.

 

 

 

24 Jam

Rahma Azhari (Febio Hernanto/bintang.com)

Demi bersama anak, Rahma Azhari rela mengesampingkan pekerjaannya di panggung hiburan. Dengan kata lain, ia sangat selektif memilih tawaran pekerjaan.

"Sekarang 24 jam tujuh hari urus anak. So, ya seperti itu sekarang aktivitas aku," dia menjelaskan.

 

 

 

Tak Mau Egois

Eksklusif Rahma Azhari. (Make Up: Ida, Stylist: Indah Wulansari, Fotografer: Febio Hernanto/Bintang.com, Desain: Muhammad Iqbal Nurfajri/Bintang.com)

Sebagai ibu, Rahma Azhari berusaha untuk dekat dengan anak-anaknya. Ia tak mau rutinitas bekerja di luar rumah jadi penghalang kedekatan dengan anak.  

"Saya kan juga nggak mau yang diingat, maminya nggak pernah di rumah, kerja, kerja, kerja. Nggak mau egois gitu aja. Karena sayang sama anak, harus tanggungjawab juga, sebagai seorang ibu juga harus ngurus anak, kalau nggak, siapa lagi?" dia memungkasi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Cuci Rambut di Salon Ini Dilayani Pria Seksi

Posted: 11 May 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Di sebuah salon, tampak sejumlah pria seksi bertelanjang dada menyambut dan mencuci rambut wanita.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kebal Hukum hingga Tak Perlu Paspor, 7 Hak Istimewa Ratu Inggris

Posted: 11 May 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menjadi monarki terpanjang di dunia, Ratu Elizabeth II naik takhta menjadi penguasa Inggris, Kanada, Australia, dan Selandia sejak 1952. Sang Ratu telah berkuasa sejak kalangan monarki memiliki hampir segala wewenang di masa lalu. Namun saat ini, ada sejumlah batasan terkait dengan keleluasaannya memimpin Inggris.

Meskipun banyak batasan, dikutip dari wonderslist.com, ada juga sejumlah hak istimewa yang masih melekat padanya Ratu Elizabeth II sebagai Ratu di Kerajaan Inggris.

1. Dibebaskan Menyetir tanpa SIM

Ratu Elizabeth II adalah satu-satunya orang Inggris yang dibebaskan mengemudi tanpa SIM (Sumber foto: nikita.grid)

Ratu Elizabeth adalah satu-satunya orang di Inggris yang tidak perlu SIM dan plat nomor kendaraan saat menyetir. Ratu Elizabeth pertama kali belajar menyetir saat Perang Dunia II, dan ketika sang Ratu ingin menyetir kendaraan tanpa menggunakan SIM, ia akan dibiarkan saja karena memang memiliki kebal hukum.

2. Memiliki Mesin ATM Pribadi

Karena memiliki gelar sebagai Ratu yang hidup di istana, Ratu Elizabeth tentu tidak mungkin pergi ke luar istana hanya untuk mengambil uang di ATM. Oleh sebab itu, di istananya Buckingham Palace terdapat ATM pribadi untuk sang ratu. ATM pribadi ini terletak di lantai bawah tanah istana dan dipasang oleh bank bernama Coutts.

3. Tidak Perlu Paspor untuk Bepergian

Semua anggota keluarga kerajaan Inggris memiliki paspor kecuali sang Ratu. Ini merupakan salah satu hak Istimewa Ratu Elizabeth untuk bebas bepergian. Karena semua paspor di Inggris diterbitkan dalam nama Ratu Elizabeth, jadi dia sendiri tidak memerlukan paspor.

4. Tidak Wajib Membayar Pajak

Hak istimewa lainnya, ternyata Ratu Inggris ini dibebaskan dari segala bentuk tagihan pajak. Namun Ratu Elizabeth secara sukarela tetap membayar pajak setiap tahunnya, sejak tahun 1992.

5. Memiliki Kebal Hukum

Ratu Elizabeth adalah orang yang tidak bisa dituntut oleh siapapun dan 100% kebal terhadap hukum. Selain itu, sang Ratu dan seluruh anggota kerajaan Inggris ternyata memiliki hak khusus bernama Freedom of Information yaitu hak untuk menolak memberikan informasi pada siapapun. Jadi jika mereka memilih untuk tidak memberikan informasi, maka masalah tidak bisa diperpanjang.

6. Ratu adalah Kepala Keagamaan

Ratu Elizabeth II menyandang gelar sebagai Head of the Church of England. Dengan adanya gelar ini, sang Ratu berarti tidak boleh berpindah agama. Jika ia memaksa untuk berpindah agama, maka gelar ini akan dicopot dan dicarikan orang lain sebagai pengganti.

7. Memiliki Penyair Pribadi

Karena Ratu Elizabeth merupakan generasi kelahiran sebelum 1990 an yang sangat senang dengan kata-kata puitis, pihak kerajaan pun mempekerjakan orang khusus untuk membuat syair puisi bagi sang Ratu. Dialah Laureate is Caroll Ann Duffy yang merupakan sosok penyair pribadi keluarga kerajaan Inggris hingga saat ini.

 

Penulis:

Latif Munawar

Reporter Sahabat Liputan6.com

Jadilah bagian dari Komunitas Sahabat Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: SahabatLiputan6@gmail.com serta follow official Instagram @sahabatliputan6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Emas Antam Lebih Murah Rp 2.000 per Gram

Posted: 11 May 2018 07:56 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Harga emas PT Aneka Tambang Tbk (Antam) atau harga emas Antam merosot Rp 2.000 per gram menjadi 658 ribu per gram pada perdagangan Sabtu (12/5/2018). Pada perdagangan Jumat 11 Mei 2018, harga emas Antam sebesar Rp 660 ribu per gram. 

Demikian juga harga pembelian kembali atau buyback  emas Antam turun Rp 2.000 menjadi Rp 589 ribu per gram. Harga buybackini adalah jika Anda menjual emas, Antam akan membelinya di harga Rp 589 ribu per gram.

Antam menjual emas dengan ukuran mulai 1 gram hingga 500 gram. Hingga pukul 08.49 WIB, seluruh ukuran emas Antam masih tersedia. Harga emas Antam ini berlaku di kantor Antam Pulogadung, Jakarta. Untuk harga emas antam di gerai penjualan lain bisa berbeda.

Sementara untuk harga emas Antam bercorak batik dengan ukuran 10 gram ditetapkan Rp 6.941.000 atau Rp 694.100 per gram. Untuk ukuran 20 gram di posisi Rp 13.328.000 atau Rp 666.400 per gram.

Antam juga mengeluarkan emas edisi Idul Fitri. Untuk ukuran 1 gram, harga emas Antam ini dijual di harga Rp 734.000. Ukuran 2 gram dijual Rp 1.353.000 dan 5 gram dijual Rp 3.223.000.

Harga emas Antam sudah termasuk PPh 22 sebesar 0,9 persen. Sertakan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) untuk memperoleh potongan pajak lebih rendah (0,45 persen).

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Daftar Harga Emas Antam

Petugas menunjukan emas batangan di kantor BNI Syariah, Jakarta, Senin (30/11). Harga jual-beli kembali (buyback) emas Antam turun Rp 1.000 usai akhir pekan kemarin naik di tengah turunnya harga emas global. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Berikut daftar harga emas yang dijual Antam:

* Pecahan 1 gram Rp 658.000

* Pecahan 5 gram Rp 3.148.000

* Pecahan 10 gram Rp 6.245.000

* Pecahan 25 gram Rp 15.538.000

* Pecahan 50 gram Rp 31.026.000

* Pecahan 100 gram Rp 62.003.000

* Pecahan 250 gram Rp 154.881.000

* Pecahan 500 gram Rp 309.561.000.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: