Sabtu, 12 Mei 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Prediksi Huddersfield Vs Arsenal: Laga Terakhir Arsene Wenger

Posted: 12 May 2018 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Huddersfield - Arsenal akan bertandang ke markas Huddersfield Town di Kirklees Stadium, Minggu (13/5/2018), pada laga pekan terakhir Liga Inggris. Pertandingan tersebut sekaligus partai terakhir Arsene Wenger bersama The Gunners.

Wenger mengumumkan bakal angkat kaki dari Arsenal ketika musim 2017-2018 berakhir. Pengumuman itu sekaligus mengakhiri 22 tahun kebersamaan Wenger dan Arsenal.

Meski begitu, musim terakhir Wenger di Arsenal justru berakhir tragis. The Gunners gagal memenangi trofi apa pun dan dipastikan gagal berlaga di Liga Champions musim depan.

Catatan tersebut membuat pertandingan melawan Huddersfield memiliki nilai ganda untuk Arsenal. Selain mempertahankan rekor tidak terkalahkan di ajang resmi, juga memberikan Wenger hadiah perpisahan yang indah.

 

Wenger menyampaikan salam perpisahan untuk fans Arsenal. (AP Photo/Matt Dunham)

Pertandingan melawan Huddersfield bakal berlangsung emosional untuk Wenger. Manajer asal Prancis itu telah menganggap Arsenal sebagai rumah keduanya.

"Saya merasa seperti di rumah bersama Arsenal. Saya menghabiskan 22 tahun di sini, putri saya menghabiskan seluruh hidupnya di sini dan dia kuliah di sini. Di sini, saya merasa seperti di rumah sendiri," kata Wenger di situs resmi Arsenal.

"Ketika Anda berkata mencintai London, sejujurnya saya tidak tahu cara pergi ke pusat kota. Anda harus mengajari saya, karena selama 22 tahun tinggal di sini saya tidak pernah ke sana tanpa supir," lanjutnya.

Beruntung bagi Arsenal, Huddersfield tidak memiliki kepentingan apa pun pada pertandingan tersebut. Skuat asuhan David Wagner telah memastikan bertahan di Premier League musim depan.

Pertandingan melawan Huddersfield Town merupakan ode terakhir Arsene Wenger, salah satu manajer tersukses sepanjang sejarah Arsenal. Selama 22 tahun menangani The Gunners, Wenger mempersembahkan tiga trofi Premier League serta masing-masing tujuh gelar Piala FA dan Community Shield.

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

 

Prakiraan Susunan Pemain:

Huddersfield (3-5-2): Jonas Lossl; Zanka, Christopher Schindler, Terence Kongolo; Tommy Smith, Philip Billing, Jonathan Hogg, Aaron Mooy, Chris Lowe; Steve Mounie, Alex Pritchard.

Manajer: David Wagner

Arsenal (4-3-3): Petr Cech; Hector Bellerin, Shkodran Mustafi, Rob Holding, Nacho Monreal; Alex Iwobi, Granit Xhaka, Aaron Ramsey; Henrikh Mkhitaryan, Alexandre Lacazette, Pierre-Emerick Aubameyang.

Manajer: Arsene Wenger

Rekor Pertandingan

Head to head

30/01/11 Arsenal 2-1 Huddersfield (Piala FA)

29/11/17 Arsenal 5-0 Huddersfield (Premier League)

Lima Laga Terakhir Huddersfield

07/04/18 Brighton 1-1 Huddersfield (Premier League)

14/04/18 Huddersfield 1-0 Watford (Premier League)

28/04/18 Huddersfield 0-2 Everton (Premier League)

06/05/18 Manchester City 0-0 Huddersfield (Premier League)

09/05/18 Chelsea 1-1 Huddersfield (Premier League)

Lima Laga Terakhir Arsenal

26/04/18 Arsenal 1-1 Atletico (Europa League)

29/04/18 Manchester United 2-1 Arsenal (Premier League)

03/05/18 Atletico 1-0 Arsenal (Europa League)

06/05/18 Arsenal 5-0 Burnley (Premier League)

09/05/18 Leicester 3-1 Arsenal (Premier League)

Prediksi Bola.com:

Huddersfield 40-60 Arsenal

Sumber: Berbagai sumber

 

Sumber: Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Andien Tampil Maksimal saat Menyanyi di Pasar Malam

Posted: 12 May 2018 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Festival Pasar Malam Jepang yang digelar di AEON Mall BSD City, Tangerang Selatan, Sabtu (12/5/2018) berlangsung meriah. Puncak acara di hari itu semakin semarak berkat penampilan maksimal Andien.

Andien memperlihatkan kualitasnya sebagai penyanyi berkelas dalam Festival Pasar Malam Jepang yang menampilkan dekorasi Yagura (Menara Bon Odori) dan Yosakoi, sebuah seni tari khas kota Kochi, Jepang.

Dalam acara tersebut, Andien membawakan enam lagu hitsnya seperti: "Rindu Ini", "Milikmu Selalu", "Indahnya Dunia", "Kasih Putih", "Metamorphosa", serta "Moving On".

"Senang banget bisa tampil di acara seru seperti ini," kata Andien di atas panggung.

 

 

 

Interaktif

Andien

Andien membawa suasana Festival Pasar Malam Jepang, yang digelar bertepatan dengan perayaan ulang tahun AEON Mall BSD City yang ketiga, semakin semarak.

Cara bernyanyinya di atas panggung yang interaktif membuat penonton tak hanya menikmati penampilan ibu satu anak itu dengan bergoyang. Tapi juga ikut menyanyi bersama.

 

 

 

Duta Persahabatan

Andien

Bukan tanpa alasan AEON Mall BSD City memilih Andien sebagai penampil utama. Selain lagu-lagunya yang populer di telinga pecinta musik, Andien juga punya kedekatan dengan budaya Jepang.

"Andien merupakan duta persahabatan hubungan diplomasi ke-60 tahun antara Indonesia dengan Jepang," kata Juanita Rustandi selaku Senior Manager Operation AEON Mall BSD City, Sabtu (12/5/2018) malam.

 

 

Hiburan untuk Keluarga

Andien

Selain Andien, bintang tamu yang dihadirkan dalam Festival Pasar Malam Jepang adalah Nachu, yang merupakan salah satu mantan personil SDN48 (sister group dari AKB48 dan JKT48). Ada pula cosplayer internasional asal Malaysia, Ying Tze, yang menjadi salah satu juri Cosplay & Costreet Competition.

"Sejak kali pertama dibuka pada 30 Mei 2015, kami terus melakukan pengembangan dalam segi fasilitas mapun berbagai acara yang kami gelar, termasuk rangkaian acara AEON Mall BSD City 3rd Anniversary kali ini. Kami berharap, AEON Mall BSD City selalu menjadi tempat favorit bagi para customer untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga," kata Windy Bharata selaku General Manager Operation AEON Mall BSD City.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berlindung dari Kelaparan dengan Doa Ini

Posted: 12 May 2018 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang tentu pernah mengalami rasa lapar. Dalam kondisi tersebut, seseorang akan mengalami kecenderungan untuk menghilangkannya.

Jalan keluar mengatasinya adalah makan. Sayangnya, ada kondisi saat tidak tersedia makanan.

Lapar merupakan hal wajar dan sering kita alami. Tapi, tanpa kita sadari, lapar justru merupakan keadaan yang berbahaya apalagi laparnya adalah hati dan jiwa.

Rasa lapar dapat memicu orang untuk berbuat apapun. Bahkan bisa jadi seseorang sampai berbuat jahat untuk mengusir rasa laparnya, misalnya dengan mencuri.

Rasulullah Muhammad SAW mengingatkan agar umatnya berhati-hati dan tidak menganggap remeh rasa lapar. Rasulullah juga mengajarkan sebuah doa untuk berlindung dari rasa lapar yang bisa memicu sifat khianat.

 

Doa Berlindung dari Lapar

Lapar bisa memicu kejahatan. Sehingga umat Islam dianjurkan membantu sesamanya terbebas dari rasa lapar

Allahumma ini audzubika minal ju'i fa innahu bi'sad dhaji'. Wa audzubika minal khiyanati fainnaha bi'satil bithanah.

Artinya:

"Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari kelaparan, karena ia merusak lambung, dan aku berlindung kepadamu dari perbuatan khianat, karena ia merusak kepribadian."

Sumber: Dream.co.id

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BPIP Kutuk Aksi Teroris di 3 Gereja Surabaya

Posted: 12 May 2018 10:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudi Latif mengutuk aksi teroris di tiga gereja di Surabaya, Jawa Timur. Atas jatuhnya korban jiwa, ia pun menyampaikan belasungkawa.

"BPIP prihatin dan berduka sedalam-dalamnya atas terjadinya pemboman di tiga  tempat ibadah di Surabaya, Minggu pagi 13 Mei 2018 ini," ucap Yudi dalam keterangannya, Minggu (13/5/2018).

Dia menambahkan, BPIP menyeru masyarakat luas agar tetap tenang dan tabah seraya berhati-hati dan tetap meningkatkan kewaspadaan. Masyarakat juga diimbau mempercayakan proses hukum kepada aparat yang berwenang, khususnya Polri.

BPIP mendoakan bangsa dan negara ini agar senantiasa diridhoi Tuhan Yang Maha Esa dalam menciptakan kehidupan tenteram damai bersama.

"BPIP meyakini dengan mengimplementasikan Pancasila secara utuh dan menjalankan agama secara benar kita mampu melewati segala cobaan," ujar dia.

Yudi menegaskan, inilah saatnya seluruh warga negara bahu membahu bergotong royong menolak setiap hasutan dan melaporkan setiap gerak gerik yang mencurigakan yang bertujuan memecah belah dan menteror masyarakat kepada pemerintah.

"BPIP memohon khalayak tidak bertindak emosional sehingga terjebak ikut memviralkan semua video dan foto pemboman gereja ini guna mencegah terciptanya rasa takut masyarakat luas sebagaimana target yang diharapkan oleh teroris," ujar dia.

"Hapus segala video dan foto korban pemboman yang anda terima. Hormatilah jenazah sesuai keyakinan iman kita," imbuh Yudi.

 

Terorisme Hancurkan Nilai Keagamaan

Tim gegana Brimob Jawa Timur melakukan penyisiran di sekitar gereja di Surabaya menyusul ledakan bom, Minggu (13/5). Ledakan terjadi di tiga gereja, yakni Santa Maria di Ngagel, GKI di Jalan Diponegoro dan gereja di Jalan Arjuna. (AFP/JUNI KRISWANTO)

Kebiadaban terorisme menghancurkan nilai keagamaan dan nilai Pancasila. Siapa yang tak bisa hidup mulia di dunia, tak ada tempat baginya di sisi Tuhan.

"Teroris yang keji, hidup tak mulia, mati tak syahid. Orang-orang yang mati syahid mewariskan kebahagiaan dan kebaikan pada kehidupan. Orang yang mati pengecut tega membunuh dan bunuh diri, yang menimbulkan kesengsaraan dan keburukan bagi kehidupan," jelas dia.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Suzuki NEX II Sanggup Asapi Honda Beat

Posted: 12 May 2018 10:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Suzuki tidak mau kalah di segmen skuter matik. Mereka mengeluarkan Suzuki NEX II di Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2018.

Siapa sebenarnya yang dihadapi Suzuki NEX II di segmen ini? Tak lain dan tidak bukan adalah penguasa motor di Indonesia, Honda BeAT.

Bukan pekerjaan mudah bagi Suzuki NEX II untuk bertempur di pasar gemuk skutik di Indonesia. Tapi paling tidak mereka punya kelebihan fitur ataupun desain yang disukai loyalis Suzuki.

Setidaknya kondisi ini tercermin dari hasil polling yang digelar selama seminggu terakhir ini. Hasilnya bisa menyemangati tim PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) untuk berjuang di segmen terbesar sepeda motor nasional.

Dari 401 voter, 56 persen memilih Suzuki NEX II. Sisanya, 176 orang mendukung Honda Beat. Anda?

Suzuki NEX II punya kesempatan untuk mengambil lebih porsi segmen skutik nasional.

Sosok Suzuki NEX II

uzuki menyematkan lampu depan LED ditambah lapisan pelindung yang futuristik yang membuat tampilannya terlihat lebih elegan. 

NEX II menggunakan mesin 115 cc berteknologi Suzuki Eco Performance (SEP). Tangki bensinnya mampu menampung 3.5 liter. Kapasitas ini lebih besar dibanding versi sebelumnya.

Namun jika dibandingkan Honda BeAT yang berkapasitas mesin 110cc, tangki NEX II justru kalah karena BeAT mampu menampung hingga 4 liter bensin.

Fitur unggulan Suzuki NEX II ialah sudah memiliki USB charger untuk pengisian daya baterai handphone. Soket ini berada di kompartemen depan sebelah kiri. Untuk fitur yang satu ini BeAT harus mengakui kekalahannya karena belum memilikinya. 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Kondisi Terkini Gereja Santa Maria Pascaledakan Bom

Posted: 12 May 2018 10:06 PM PDT

Puing-puing terlihat di halaman Gereja Santa Maria pascaledakan bom, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (13/5). Dua orang tewas dan 13 orang menderita luka akibat ledakan di Gereja Santa Maria. (AP/Trisnadi)

Puing-puing terlihat di halaman Gereja Santa Maria pascaledakan bom, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (13/5). Dua orang tewas dan 13 orang menderita luka akibat ledakan di Gereja Santa Maria. (AP/Trisnadi)

Petugas memasang garis polisi dekat lokasi ledakan bom di Gereja Santa Maria, Surabaya, Minggu (13/5). Polisi Selain di Gereja Katolik Santa Maria, dua ledakan lain di Gereja Pantekosta Pusat Surabaya dan Gereja Kristen Jawi Wetan. (AP/Trisnadi)

Petugas memasang garis polisi dekat lokasi ledakan bom di Gereja Santa Maria, Surabaya, Minggu (13/5). Polisi Selain di Gereja Katolik Santa Maria, dua ledakan lain di Gereja Pantekosta Pusat Surabaya dan Gereja Kristen Jawi Wetan. (AP/Trisnadi)

Aparat kepolisian melakukan penjagaan dekat lokasi ledakan bom yang terjadi di Gereja Santa Maria, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (13/5). Dua orang tewas dan 13 orang menderita luka akibat ledakan di Gereja Santa Maria. (AP/Trisnadi)

Aparat kepolisian melakukan penjagaan dekat lokasi ledakan bom yang terjadi di Gereja Santa Maria, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (13/5). Dua orang tewas dan 13 orang menderita luka akibat ledakan di Gereja Santa Maria. (AP/Trisnadi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indonesia Sekarang Punya Cyber Institute, Apa Fungsinya?

Posted: 12 May 2018 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dalam ajang World Post Graduate Expo 2018, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir berbagi cerita tentang konsep-konsep teknologi yang semakin penting perannya di pendidikan Indonesia.

Yang bisa dibilang paling menarik adalah kehadiran Cyber Institute di Indonesia yang menggandeng universitas-universitas Indonesia saat mereka menjalankan program kuliah yang bersifat e-learning.

"Pada Cyber Institute itu semua kampus akan mengadakan kuliah daring, mata kuliah daring, per subjek. Dari mata kuliah, ada 16 kali tatap muka, setiap tatap muka materinya seperti apa, sistem pembelajarannya seperti apa, ini semua harus diakreditasi," ujar Nasir, Sabtu (12/5/2018) sore di Jakarta.

Apabila ada universitas yang nekat melakukan pembelajaran online tanpa melalui Cyber Institute, maka credit point-nya tidak akan diakui.

"Dari online itu dites, dicek oleh kementerian. Bila oke, accepted atau accredited, baru bisa menerima mahasiswa," imbuhnya.

Kemenristekdikti memang memiliki tim penjamin mutu (quality assurance team) untuk melakukan pengujian pada mata kuliah yang ingin ditawarkan pihak universitas.

Bila dianalogikan, Cyber Institute ini dapat dianggap penyaring agar rangkaian perkuliahan online tetap memiliki mutu yang terjaga. 

"Ya, ini saringan kepada semua mata kuliah yang akan melakukan daring. Jadi, bila tidak dapat rekomendasi dari Cyber Institute, berarti tidak bisa. Bila kami sebagai evaluator sudah oke, baru mereka bisa berjalan," jelas Nasir.

Kehadiran Cyber Institute amatlah diperlukan, sebab saat ini e-learning memang mulai merambah di Indonesia. Dengan adanya Cyber Institute, diharapkan ada regulasi yang jelas agar para mahasiswa tidak 'kecele' ketika belajar secara online. 

Hadirnya Sistem SPADA

Menristekdikti M Masir Nasir menyambut baik acara World Post-Graduate Education Expo.

Cyber Institute dapat menjadi penjamin kualitas dari program SPADA (Sistem Pembelajaran Daring) yang menjadi salah satu inovasi digital dari Kemenristekdikti. Lantas, apa sebetulnya fungsi program itu?

"Ini mahasiswa bisa ambil mata kuliah (matkul) perguruan tinggi X, padahal sebetulnya dari perguruan tinggi Y. Nanti belajar online, dan dapat kredit (SKS) yang bisa ditransfer ke perguruan tinggi asal," ucap Kasi PJJ Kemenristedikti Uwes Chaeruman kepada Tekno Liputan6.com di ajang World Post Graduate Expo 2018 di Jakarta.

Dari segi biaya pun, SPADA dapat dipakai gratis karena itu adalah bagian dari fasilitas negara, tetapi akan ada biaya SKS bagi mahasiswa yang ingin mengambil mata kuliah di universitas yang dituju.

Namun, Menrisktekdikti menjelaskan bahwa dari segi biaya program e-learning di SPADA tidak akan terlalu mahal, karena bila mahal pun, mahasiswa tidak akan tertarik.

"Kalau dia (pihak universitas) jual dengan harga mahal, maka akan berlaku konsep supply dan demand. Kalau face-to-face lebih murah dan e-learning lebih mahal, maka enggak lakulah barang itu. Itu konsep pasar," terang Nasir.

Mata kuliah yang hadir di SPADA juga termasuk yang akan diuji mutunya oleh Cyber Institute sebelum ditawarkan ke para mahasiswa.

(Tom/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bom Gereja Meledak di Surabaya, Polda Metro Jaya Tetapkan Status Siaga 1

Posted: 12 May 2018 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Beredar Surat Telegram (ST) Kapolda Metro Jaya, Irjen Idham Azis, kepada jajarannya. Dalam surat itu, ia menyerukan seluruh personel kepolisian berjaga. Dalam surat tersebut, Irjen Idham menaikkan status pengamanan di wilayah hukum Polda Metro Jaya menjadi Siaga 1.

Menurut surat itu, peristiwa teror bom di tiga lokasi Gereja Surabaya jadi salah satu alasan untuk meningkatkan kesiagaan. Perintah meningkatkan kesiagaan pun harus segera dilaksanakan.

Penetapan status tersebut tepat pada pukul 08.00 WIB. "Ya," kata Kapolda Metro Jaya, Idham Azis, Minggu (13/5/2018), membenarkan soal isi telegram tersebut. Status itu berlaku hingga ada ketentuan lebih lanjut.

Pantauan di beberapa lokasi, kendaraan brimob lalu lalang di sekitaran Kuningan, Jakarta Selatan. Begitu pula mobil pengamanan objek vital diturunkan.

Sementara itu penjagaan ketat dilakukan di markas kepolisian. Orang yang ingin memasuki area, harus diperiksa secara menyeluruh termasuk para wartawan.

Reporter : Ahda Bayhaqi

Sumber  : Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MU Menyerah Kejar Gelandang Napoli

Posted: 12 May 2018 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - MU membatalkan rencana mereka untuk mengejar Jorginho. Hal ini membuat Manchester City menjadi yang terdepan untuk mengejar pemain Napoli tersebut.

Gelandang Napoli itu sejak awal tahun lalu dikaitkan dengan MU. Ia diproyeksikan akan menggantikan Michael Carrick yang pensiun pada musim panas nanti.

Namun belakangan ini sosok Gelandang Timnas Italia itu mulai dikaitkan dengan Manchester City. Ia disebut akan dijadikan penerus Yaya Toure yang akan dilepas City pada musim panas nanti.

Dalam laporan yang dilansir Manchester Evening News, Manchester City nampaknya berpeluang lebih besar untuk mendapatkan Jorginho. Pasalnya manajer MU, Jose Mourinho sudah memastikan tidak akan mengejar gelandang 26 tahun tersebut.

Mourinho kabarnya menilai Jorginho terlalu mahal untuk kualitas yang ia miliki. Sehingga ia memilih alternatif lain yang lebih masuk akal ketimbang sang pemain.

Mourinho kabarnya lebih memprioritaskan nama-nama seperti Marco Verratti, Jean Michel Seri dan Arturo Vidal untuk didatangkan ke Old Trafford.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mendekati Ramadan, Raffi Ahmad dan Nagita Slavina Beri Santunan

Posted: 12 May 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak kegiatan yang dilakukan menyambut bulan Ramadan atau bulan puasa. Ada yang menyiapkan berbagai keperluan untuk ibadah, ada juga yang nyekar. Lalu bagaimana dengan pasangan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina?

Tentunya banyak hal yang dilakukan pasangan artis ini. Tak hanya menyiapkan berbagai keperluan dan nyekar ke makam keluarga maupun teman, salah satunya adalah almarhum Olga Syahputra.

Raffi menyempatkan diri untuk mengunjungi makam sahabat tercintanya itu bersama adik kandung Olga, Billy Syahputra, serta aktor Bertrand Antolin. Momen tersebut diabadikan dan dibagikan melalui unggahan Instagramnya pada Rabu (9/5/2018) lalu.

Raffi Ahmad-Nagita Slavina membuat film Rafathar untuk putra mereka. (Fotografer: Bambang E. Ros, Stylist : Indah Wulansari, Digital Imaging: Muhammad Iqbal Nurfajri/Bintang.com)

Bukan itu saja, Raffi Ahmad juga melakukan santunan jelang Ramadan. Hal itu terlihat dari foto yang diposting dalam akun Instagram pribadinya, beberapa hari lalu.

 

Indahnya Berbagi ❤️ ... menyambut Bulan Suci Ramadhan 🙏🏻

Sebuah kiriman dibagikan oleh Raffiahmad Nagitaslavina1717 (@raffinagita1717) pada

Dalam foto tersebut, Raffi dan Nagita terlihat menggendong anak mereka, Rafathar, sedang berdiri berjajar dengan beberapa orang.  Dalam keterangan foto, Raffi Ahmad menuliskan kalau berbagi itu indah. "Indahnya Berbagi... Menyambut Bulan Suci Ramadhan," tulis Raffi dalam keterangan postingannya.

Unggahan Raffi Ahmad tersebut mendapatkan banyak respon dari warganet. Banyak yang memuji terhadap apa yang dilakukan ayah satu orang anak ini. 

Mereka juga memuji pengaruh Nagita yang dianggap berpegaruh positif dalam kehidupan Raffi. Selama bulan Ramadan, Raffi Ahmad sendiri akan mengisi sejumlah acara di beberapa stasiun televisi.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kunjungi Lokasi Bom Gereja Surabaya, Pakde Karwo Titip Pesan untuk Warga Jatim

Posted: 12 May 2018 10:00 PM PDT

Surabaya - Gubernur Jawa Timur Soekarwo meminta seluruh warga Jawa Timur untuk tidak takut dan melawan terorisme. Hal ini disampaikan pria yang akrab disapa Pakde Karwo itu ketika menyambangi lokasi ledakan bom gereja di Surabaya.

"Pagi ini di Polda Jatim kita melakukan doa bersama untuk Jawa Timur damai. Tetapi, pagi ini juga kita berduka. Kasus limpahan dari Mako Brimob Jakarta sangat ekstrem," ujarnya saat berada di salah satu lokasi ledakan bom Gereja Pantekosta Pusat Surabaya (GPPS) Jemaat Sawahan Jalan Arjuna Surabaya, Minggu (13/5/2018) pagi.

"Satu yang harus kita lakukan, kita tidak takut dan harus melawan terorisme. Kita perkuat keamanan di semua tempat."

Kepada Suarasurabaya.netPakde Karwo menjelaskan, TNI dan Polri adalah inti, tetapi masyarakat sendiri juga ikut mengamankan.

"Kami akan gerakan tiga pilar yaitu Bhabinkamtibmas, Babinsa, Kepala Desa/Lurah. Sekali lagi jangan takut semuanya. Ini adalah bagian kita untuk melawan terorisme yang merusak kehidupan berbangsa dan bernegara," kata Soekarwo di salah satu TKP atau gereja yang jadi sasaran bom Surabaya.

Baca berita menarik lainnya dari Suarasurabaya.net di sini.

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Southampton Vs Manchester City: Menuju Sejarah

Posted: 12 May 2018 10:00 PM PDT

Bola.com, Southampton - Manchester City menargetkan kemenangan atas Southampton pada laga terakhir Liga Inggris 2017-18 di St. Mary's Stadium, Minggu (13/5/2018). The Citizens bertekad mencetak sejarah dengan menjadi tim pertama yang mencapai 100 poin dalam semusim.

Manchester City sudah dipastikan sebagai juara sejak beberapa pekan lalu. Saat ini, mereka kukuh di puncak klasemen sementara dengan perolehan poin 97, atau unggul 20 angka dari Manchester United yang menempati peringkat kedua.

Meski sudah mendapat gelar, Manchester City memang tetap fokus menjalani sisa pertandingan. Mereka bahkan belum terkalahkan dalam empat laga terakhir, atau sejak kalah 1-2 dari Liverpool, 10 April lalu.

Pep Guardiola mengatakan, alasan timnya tetap fokus karena mengincar 100 poin dalam semusim. Ia pun bersyukur, Sergio Aguero dan  kawan-kawan bisa memaksimalkan kemampuan.

"Kami akan mencoba memenangi pertandingan. Itu tidak perlu diragukan lagi. Kami sudah melakukan hal itu sepanjang musim ini. Dalam beberapa pekan terakhir, nomor-nomor ini (100 poin) membantu kami agar tetap fokus," kata Pep Guardiola.

Jika Manchester City akan tampil tanpa beban, siituasi berbeda dialami Southampton. Skuat asuhan Mark Hughes memang berada di zona aman pada papan bawah klasemen. 

Striker Manchester City Gabriel Jesus merayakan gol ke gawang West Ham United dalam lanjutan Liga Inggris di London Stadium, Minggu (29/4/2019). (BEN STANSALL / AFP)

Southampton menempati peringkat ke-17 dengan perolehan poin 36, unggul tiga angka dari Swansea City di peringkat ke-18. Secara matematis, Southampton bisa terdegradasi apabila kalah dengan skor 10-0 dari Manchester City, sedangkan Swansea Cityt menang atas Stoke City. 

"Segalanya mungkin terjadi dalam sepak bola. Namun, kami akan tetap memberikan kemampuan maksimal saat menghadapi mereka (Manchester City)," tutur Mark Hughes.

Terkait kondisi para pemain, Manchester City belum dapat memainkan Sergio Aguero yang masih menjalani proses pemulihan cedera. Pep Guardiola juga ditengarai akan melakukan beberapa perubahan, termasuk mencadangkan Yaya Toure, Claudio Bravo, dan Danilo yang tampil pada laga sebelumnya. 

Sementara itu, Southampton tidak bisa memainkan Mario Lemina dan Jan Bednarek yang sedang mengalami cedera. Namun, tim tuan rumah akan tetap mengandalkan Charlie Austin dan Dusan Tadic untuk mendobrak pertahanan  Manchester City. 

Prakiraan susunan pemain:

Southampton: Alex McCarthy; Wesley Hoedt, Maya Yoshida, Jack Stephen; Ryan Bertrand, Pierre-EmileHojbjerg, Oriol Romeu, Cedric Soares, Dusan Tadic, Nathan Redmond; Charlie Austin

Manajer: Mark Hughes

Manchester City: Ederson; Kyle Walker, John Stones, Nicolas Otamendi, Benjamin Mendy; Kevin de Bruyne, Fernandinho, Ilkay Gundogan; Raheem Sterling, Gabriel Jesus, Leroy Sane

Manajer: Pep Guardiola

Head to head

  • 29/11/2017 - Manchester City 2-1 Southampton (Premier League)
  • 15/4/2017 - Southampton 0-3 Manchester City (Premier League)
  • 23/10/2016 - Manchester City 1-1 Southampton (Premier League)
  • 1/5/2016 - Southampton 4-2 Manchester City (Premier League)
  • 28/11/2015 - Manchester City 3-1 Southampton (Premier League)
  • 24/5/2015 - Manchester City 2-0 Southampton (Premier League)

Lima pertandingan terakhir Southampton

  • 8/5/2018 - Swansea City 0-1 Southampton (Premier League)
  • 5/5/2018 - Everton 1-1 Southampton (Premier League)
  • 28/4/2018 - Southampton 2-1 Bournemouth (Premier League)
  • 22/4/2018 - Chelsea 2-0 Southampton (Piala FA)
  • 19/4/2018 - Leicester City 0-0 Southampton (Premier League)

Lima pertandingan terakhir Manchester City

  • 9/5/2018 - Manchester City 3-1 Brighton (Premier League)
  • 6/5/2018 - Manchester City 0-0 Huddersfield (Premier League)
  • 29/4/2018 - West Ham United 1-4 Manchester City (Premier League)
  • 22/4/2018 - Tottenham Hotspur 1-3 Manchester City (Premier League)
  • 10/4/2018 - Manchester City 1-2 Liverpool (Liga Champions)

Prediksi Bola.com

Southampton 45 - 55 Manchester City

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Sumber: Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menlu RI Sampaikan Belasungkawa untuk Korban Bom Gereja Surabaya

Posted: 12 May 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi menyampaikan belasungkawa terhadap korban dan pihak keluarga yang terkena rentetan bom yang terjadi di tiga gereja di Surabaya, Jawa Timur, pagi ini.

Menlu Retno menuliskan dua versi ungkapan belasungkawa terhadap korban dan pihak keluarga bom Surabaya. Jika yang pertama dalam bahasa Indonesia, maka yang berikutnya disampaikannya dalam bahasa Inggris.

 

 

Saksikan video terkait bom gereja Surabaya berikut ini:

Korban Tewas 9 Orang, 40 Orang Terluka

Petugas Gegana Brimob Jawa Timur menyisir lokasi ledakan bom di sekitar gereja di Surabaya, Minggu (13/5). Ledakan terjadi di tiga gereja, yakni Santa Maria di Ngagel, GKI di Jalan Diponegoro dan dan sebuah gereja di Jalan Arjuna. (AFP/JUNI KRISWANTO)

Kabar terbaru yang dilansir Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Pol Frans Barung Mangera menyebutkan bahwa korban tewas akibat ledakan bom di tiga lokasi, yakni Gereja Katolik Santa Maria, Gereja Kristen Indonesia Diponegoro, dan Gereja Pantekosta Pusat Surabaya Arjuno mencapai sembilan orang.

Masing-masing rinciannya adalah empat korban tewas di Gereja Katolik Santa Maria, tiga di Gereja Kristen Indonesia Diponegoro, dan dua di Gereja Pantekosta Pusat Surabaya Arjuno.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, meminta seluruh warga untuk tidak takut dan melawan terorisme usai ledakan bom gereja di Surabaya. Bom meledak di tiga gereja di Surabaya, Jatim, pagi tadi.

"Pagi ini di Polda Jatim kita melakukan doa bersama untuk Jawa Timur damai. Tetapi pagi ini juga kita berduka. Kasus limpahan dari Mako Brimob sangat ekstrem," ujar Soekarwo saat berada di salah satu lokasi ledakan, di Gereja Pantekosta Pusat Surabaya (GPPS) Jemaat Sawahan Jalan Arjuna Surabaya.

Dia pun mengatakan, polisi telah memperketat keamanan di semua tempat usai ledakan bom gereja. Oleh karena itu, dia meminta masyarakat tidak takut.

"Satu yang harus kita lakukan, kita tidak takut dan harus melawan terorisme. Kita perkuat keamanan di semua tempat," kata Soekarwo.

Menurut dia, TNI dan Polri adalah inti dari pengamanan pascaledakan bom gereja tadi pagi. Tetapi masyarakat sendiri juga harus ikut mengamankan lingkungannya.

"Kami akan gerakan tiga pilar yaitu Bhabinkamtibmas, Babinsa, Kepala Desa/Lurah. Sekali lagi jangan takut semuanya. Ini adalah bagian kita untuk melawan terorisme yang merusak kehidupan berbangsa dan bernegara," kata Soekarwo.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Erick Thohir: Asian Games Jadi Ajang Promosi RI di Kancah Dunia

Posted: 12 May 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (INASGOC) menyelenggarakan Parade Asian Games 2018 di Jakarta pada Minggu (13/5/2018). Panitia pesta olahraga terbesar di benua Asia ini menyatakan acara tersebut berlangsung dengan lancar. 

Ketua INASGOC, Erick Thohir mengatakan, penyelenggaraan Asian Games ini, bukan hanya dilihat sebagai sebuah event olahraga semata. Namun itu bisa dipakai oleh Indonesia selaku tuan rumah sebagai ajang promosi negara kepada dunia.

"Ini event untuk national branding, promosi Indonesia ke dunia. Kayak contoh budaya khas kita, makanan, musik, dan lain-lain. Ada juga imbasnya ke ekonomi, kayak pariwisata, rekrutmen tenaga kerja sampai bentuk investasi," tutur dia.

Terkait dampak ekonomi, Presiden klub sepakbola Internazionale Milan itu pun mengambil contoh, anak muda dalam negeri bisa belajar pemakaian sistem time and editing dari pihak asing pada saat event Asian Games 2018 berlangsung.

 

Selanjutnya

BUMN Ikut memeriahkan Parade Asian Games 2018 di Kawasan Monas, Jakarta, Minggu (13/5/2018) (Dok Foto: Humas Kementerian BUMN)

Nantinya, Erick menuturkan, pemerintah tidak perlu lagi memanggil pihak asing soal itu jika negara hendak menyelenggarakan ajang olahraga besar lain, semisal Pekan Olahraga Nasional (PON).

Dia kembali menekankan, Asian Games 2018 itu sakral bagi Indonesia, terutama dalam hal mempromosikan bagaimana negara bisa menjadi tuan rumah yang baik di tengah latar belakang masyarakatnya yang sangat beragam.

"Promosi, yes, Indonesia itu negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Tapi kita Bhinneka Tunggal Ika. Di situlah kita lihat bermacam budaya, ribuan pulau, bisa berkumpul harmonis menjadi satu," pungkas Erick.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anak-Anak Renggang dengan KD, Begini Reaksi Anang Hermansyah

Posted: 12 May 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Belakangan hubungan Krisdanti alias KD dan dua anaknya, Aurel Hermansyah dan Azriel Hermansyah, dikabarkan merenggang.

Ibu dan anak ini juga bahkan diketahui sempat saling sindir menyindir di media sosial.

Tapi baru-baru ini pemandangan menyejukkan hadir di momen wisuda Azriel Hermansyah. Selain Anang Hermansyah, Ashanty serta Aurel Hermansyah, hari penting tersebut juga dihadiri oleh Krisdayanti.

Mereka bahkan sempat mengabadikan kebersamaan dengan berfoto bersama. Anang Hermansyah pun sangat bersyukur lantaran hubungan Aurel Hermansyah, Azriel Hermansyah dengan ibu kandungnya tetap harmonis. 

 

Hal Biasa

Krisdayanti (Bambang E Ros/Bintang.com)

"Naik turun itu hal yang biasa, karena beda nahkoda (asuhan). Aurel dan Azriel sudah cukup menghargai nahkoda di sana (Krisdayanti dan Raul) dan sudah mengerti bagaimana menggantikan posisi ibunya," kata Anang Hermansyah di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (13/5/2018).

 

Bisa Diselesaikan

Krisdayanti bersama Aurel dan Azriel Hermansyh [foto: instagram]

"Memang friksi (beda pendapat) masih ada ya, itu lumrah menurut saya. Makanya aku bilang semua harus bisa diselesaikan dengan baik, enggak ada sesuatu yang enggak bisa diselesaikan. Kita sama-sama keluarga juga sama-sama satu darah," sambungnya.

 

Tak Perlu ke Medsos

Krisdsyanti bersama Aurel dan Azriel Hermansyah (dok. Instagram)

Tapi permasalahan yang ada memang tak seharusnya dibawa sampai ke media sosial seperti yang sudah-sudah. Bagaimana pun, ia menilai bahwa urusan keluarga tak semestinya menjadi konsumsi publik.

 

Sikap Dewasa

Anang Hermansyah dan Ashanty bersama Aurel dan Azriel [foto: instagram/aurelie.hermansyah]

"Permasalahan tidak perlu terlalu diungkap secara gamblang karena medsos memang jadi bagian dari hidup kita. Tapi dalam arti bukan hal-hal yang harus dikeluarkan harus dikeluarkan di situ. Nah itulah bagaimana kita harus menyikapi dewasa permasalahan ini," ia menandaskan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Parade Asian Games 2018 Potret Keindahan Budaya Indonesia

Posted: 12 May 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menjelang 100 hari berlangsungnya event olahraga terbesar Asian Games 2018 pada Agustus mendatang, Parade Asian Games digelar pada Minggu (13/5/2018). Parade ini diselenggarakan sebagai bentuk promosi pariwisata budaya Indonesia. Keberagaman budaya negeri kita akan ditampilkan secara kuat dalam event Asian Games 2018.

Acara ini didukung oleh partisipasi dari beragam instansi kementrian, BUMN, dan berbagai sponsor pendukung Asian Games 2018 meliputi Emtek sebagai sponsor media resmi. Karena perayaan terbesar Asian Games 2018 merupakan event penting bagi Indonesia, maka sudah semestinya berbagai elemen dan dukungan dari berbagai pihak serta masyarakat turut dilibatkan.

 

Keindahan budaya Indonesia di parade Asian Games 2018.Keindahan budaya Indonesia di parade Asian Games 2018.

Perayaan parade ini juga diharapkan dapat memberikan simpati publik terhadap Asian Games 2018. Rencananya parade ini juga akan mendorong kreativitas publik dan peserta umum yang bergabung dalam kemeriahan acara.

Parade Asian Games ini akan mengangkat tema Victory Asia Arch, dimana unsur budaya kejaayaan Indonesia di Asia akan sangat kental ditampilkan. Selain unsur lokal, berbagai kostum mancanegara juga akan ditampilkan serta beberapa pertunjukan seperti marching band dan percussion yang turut memeriahkan parade.

Berbagai kostum mancanegara juga akan ditampilkan.

Dihadiri Gubernur DKI

Keindahan budaya Indonesia di parade Asian Games 2018.

Dimulai pada pukul 6.30, konsep beragam dari perayaan Parede Asian Games 2018 akan berlangsung dari Silang Monas ke Sarinah hingga kembali berakhir di Kantor Kementrian Komunikasi dan Informatika. Event ini juga akan dihadiri oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla yang membuka Parade Asian Games , Mentri BUMN Rini Soemarno, serta Gubernur DKI, Anies Baswedan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Horor, Boneka Teddy Bear Peluk Pemilik Saat Tidur

Posted: 12 May 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Aksi sebuah boneka yang tiba-tiba memeluk pemiliknya saat tidur terekam CCTV.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anda Disukai Orangtua Pasangan jika Mereka Melakukan 5 Hal Ini

Posted: 12 May 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Apa yang akan Anda lakukan ketika bertemu dengan orangtua pasangan untuk pertama kalinya? Banyak orang menjadikan pertemuan pertama dengan orangtua pasangan sebagai sesuatu yang luar biasa, sehingga mereka juga bersikap secara berlebihan.

Ya, memang restu orangtua adalah satu hal penting yang harus Anda dapatkan. Jangan khawatir, dilansir dari yourtango.com, Minggu (12/5/2018), berikut ini adalah tanda jika orangtua pasangan menyukai Anda. Penasaran?

1. Mereka bersikap penuh perhatian

Seseorang akan menaruh perhatian atau melibatkan orang lain jika ia menyukainya. Sebaliknya, jika orangtua pasangan tidak menyukai Anda, maka mereka akan mengabaikan Anda, ya?

Jika seringkali orangtua pasangan mengabaikan kehadiran Anda dengan melakukan aktivitas masing-masing, ini tanda yang cukup bahwa mereka tidak menyukai kehadiran Anda. Sebaliknya, jika mereka antusias duduk bersama di meja makan untuk memberi perhatian penuh kepada cerita-cerita Anda, mereka menyukai kehadiran Anda.

2. Mereka menanyakan banyak hal

Seseorang yang memiliki minat atau ketertarikan pada Anda akan merasa penasaran. Jika orangtua pasangan menyukai Anda, maka mereka seharusnya ingin tahu semua hal tentang diri Anda.

Bayangkan ketika anak Anda membawa seseorang ke rumah, maka tentu Anda ingin tahu apa yang dilakukan orang tersebut, di mana ia tumbuh dewasa, apa impiannya, bagaimana ia menghabiskan waktu luang, dan bagaimana ia bisa bertemu dengan anak Anda, benar? Semakin orangtua pasangan menyukai Anda, akan semakin banyak pertanyaan yang diajukan.

 

 

Tanda-tanda orangtua pasangan menyukai Anda

Ilustrasi Foto Ibu dan Anak Perempuan (iStockphoto)

3. Mereka akan membicarakan diri Anda di pertemuan keluarga

Tanda lainnya dari orangtua pasangan yang menyukai Anda adalah ketika mereka membicarakan Anda di pertemuan keluarga.

4. Mereka memperkenalkan Anda dengan jelas pada orang lain

Ya, ketika Anda ikut hadir dalam pertemuan keluarga pasangan, hal yang sangat jelas dapat dilihat adalah minat orangtuanya. Ketika orangtua pasangan memperkenalkan Anda dengan anggota keluarga lainnya secara jelas, maka mereka menyukai Anda.

Misalnya, "Ini Rebecca, kekasih Tim. Ia seorang pengacara." Jelas, bukan?

Tanda-tanda orangtua pasangan menyukai Anda

Ilustrasi Foto Ibu dan Anak Perempuan (iStockphoto)

5. Mereka akan membuat rencana khusus untuk bertemu lagi dengan Anda

Membuat rencana di masa depan bisa menjadi tanda bahwa orangtua pasangan menyukai Anda. Orang yang tidak menyukai Anda tidak akan bersusah payah membuat rencana di masa depan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Sejumlah Remaja Sambut Ramadan di Area CFD

Posted: 12 May 2018 09:56 PM PDT

Beragam tulisan menyambut datangnya bulan Ramadan dibawa sejumlah remaja saat acara Car Free Day di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (13/5). Mereka mengajak warga untuk menyambut bulan suci bagi umat muslim. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Beragam tulisan menyambut datangnya bulan Ramadan dibawa sejumlah remaja saat acara Car Free Day di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (13/5). Mereka mengajak warga untuk menyambut bulan suci bagi umat muslim. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sejumlah remaja mengangkat tulisan menyambut datangnya bulan Ramadan saat acara Car Free Day di Kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (13/5). Mereka mengajak warga untuk menyambut bulan suci bagi umat muslim. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sejumlah remaja mengangkat tulisan menyambut datangnya bulan Ramadan saat acara Car Free Day di Kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (13/5). Mereka mengajak warga untuk menyambut bulan suci bagi umat muslim. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Beragam tulisan menyambut datangnya bulan Ramadan dibawa sejumlah remaja saat acara Car Free Day di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (13/5). Mereka mengajak warga untuk menyambut bulan suci bagi umat muslim. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Beragam tulisan menyambut datangnya bulan Ramadan dibawa sejumlah remaja saat acara Car Free Day di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (13/5). Mereka mengajak warga untuk menyambut bulan suci bagi umat muslim. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sejumlah remaja mengangkat tulisan menyambut datangnya bulan Ramadan saat acara Car Free Day di Kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (13/5). Mereka mengajak warga untuk menyambut bulan suci bagi umat muslim. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sejumlah remaja mengangkat tulisan menyambut datangnya bulan Ramadan saat acara Car Free Day di Kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (13/5). Mereka mengajak warga untuk menyambut bulan suci bagi umat muslim. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Beragam tulisan menyambut datangnya bulan Ramadan dibawa sejumlah remaja saat acara Car Free Day di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (13/5). Mereka mengajak warga untuk menyambut bulan suci bagi umat muslim. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Beragam tulisan menyambut datangnya bulan Ramadan dibawa sejumlah remaja saat acara Car Free Day di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (13/5). Mereka mengajak warga untuk menyambut bulan suci bagi umat muslim. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ibu yang Bawa 2 Balita Diduga Jadi Pelaku Bom Gereja Surabaya

Posted: 12 May 2018 09:43 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Bom Surabaya yang mengguncang di tiga gereja pada Minggu pagi tadi. Di salah satu lokasi, seorang ibu dan dua anak usia di bawah lima tahun (balita) diduga meledakkan diri di Gereja Kristen Indonesia (GKI) Jalan Diponegoro, Surabaya, Jawa Timur, pada Minggu (13/5/2018), sekitar pukul 07.45 WIB.

Wakil Kepala Kepolisian Resor Kota Besar (Wakapolrestabes) Surabaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Benny Pramono mengatakan tiga korban terluka parah atas insiden bom Surabaya tersebut.

"Sementara ini belum ada korban tewas (di GKI Diponegoro). Tiga korban kritis sudah dilarikan ke rumah sakit terdekat," ucapnya saat dikonfirmasi di lokasi tempat kejadian perkara, dilansir Antara.

Sedangkan ketiga pelaku bom bunuh diri langsung tewas seketika. "Kami masih selidiki identitas pelaku," ujarnya.

Adapun hingga saat ini polisi masih mengevakuasi jenazah diduga para pelaku bom Surabaya yang tercecer di halaman GKI Jalan Diponegoro, Surabaya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Memaksa Masuk Ruang Kebaktian

Tim Gegana menyisir lokasi bom meledak di halaman kompleks gereja di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (13/5). Ledakan terjadi di tiga gereja, yakni Santa Maria di Ngagel, GKI di Jalan Diponegoro dan sebuah gereja di Jalan Arjuna. (AFP/JUNI KRISWANTO)

Menurut keterangan saksi yang dihimpun polisi, seorang ibu dengan menggandeng dua anak usia balita memaksa memasuki ruang kebaktian di GKI Jalan Diponegoro, Surabaya pada sekitar pukul 07.45 WIB tadi.

Saat itu kebaktian di GKI Jalan Diponegoro Surabaya belum dimulai. Menurut jadwal, kebaktian akan berlangsung pada pukul 08.00 WIB.

Ibu dan dua anaknya yang berupaya masuk ke ruang kebaktian ini sempat dihalau oleh seorang sekuriti di pintu masuk GKI Jalan Diponegoro Surabaya, sebelum kemudian ketiganya meledakkan diri di halaman gereja.

"Sekuriti yang menghalaunya adalah salah satu korban yang terluka parah," ucap Benny.

Hingga berita ini diturunkan, polisi masih melakukan pendataan terhadap para korban.

Polrestabes Surabaya mencatat, pada sekitar pukul 08.00 WIB tadi pagi bom bunuh diri meledak di tiga lokasi gereja.

"Sementara ini yang pasti, ada tiga lokasi gereja yang diserang oleh pelaku bom bunuh diri. Selain di GKI Jalan Diponegoro, dua lainnya adalah gereja di Jalan Ngagel Madya dan Jalan Arjuno Surabaya," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Setop Sebar Foto-Foto Korban Bom Surabaya di Media Sosial

Posted: 12 May 2018 09:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Warga dibuat gempar oleh sejumlah ledakan yang terjadi di tiga lokasi gereja di Surabaya, Minggu (13/5/2018). Diketahui, ledakan terjadi di Gereja Santa Maria, GKI Wonokromo Diponegoro dan Gereja di Jalan Arjuno.

"Ada tiga lokasi ledakan. Ketiganya terjadi di Gereja Santa Maria, GKI Wonokromo Diponegoro, dan Gereja di Jalan Arjuno," ujar Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Frans Barung Mangerang saat dihubungi Liputan6.com.

Beberapa saat pasca-ledakan bom di Gereja Santa Maria Surabaya, sejumlah foto lokasi kejadian pun menyebar di media sosial.

Meski foto-foto ini memancing rasa penasaran masyarakat, sebagian warganet justru menganggap penyebaran foto ini tak pantas dan hanya menimbulkan kengerian.

Terkait hal ini, Enda Nasution, pendiri media sosial asli Indonesia, Sebangsa.com, penyebaran foto ini bisa dilihat dari berbagai sisi, apalagi warga yang berada dikisaran lokasi kejadian.

"Penyebaran foto di akun media sosial, khususnya yang berada di lokasi kejadian sangat wajar. Banyak warga yang pastinya ingin menginformasikan keadaan sekitar dan agar masyarakat berhati-hati," kata Enda saat dihubungi, Minggu (13/5/2018).

"Memang yang dikhawatirkan adalah penyebaran foto korban yang tidak diedit (diblur). Ada baiknya, teman-teman yang melihat posting-an seperti itu untuk tidak menyebarkannya lagi, entah itu di platform media sosial ataupun aplikasi olah pesan."

Ia juga menyarankan masyarakat untuk tetap berkepala dingin. "Kita harus kepala dingin. Wajar bila reaksi pertama sangat emosional, tetapi kita harus menahan diri untuk tidak menyebar foto ledakan bom di Gereja Santa Maria dan dua lokasi lainnya karena hanya akan menguntungkan pelaku teror."

Tagar Kami Tidak Takut Jadi Trending Topic

Tim gegana Brimob Jawa Timur melakukan penyisiran di sekitar gereja di Surabaya menyusul ledakan bom, Minggu (13/5). Ledakan terjadi di tiga gereja, yakni Santa Maria di Ngagel, GKI di Jalan Diponegoro dan gereja di Jalan Arjuna. (AFP/JUNI KRISWANTO)

Sekadar informasi, ledakan bom telah terjadi di tiga lokasi gereja di Surabaya, Jawa Timur. Peristiwa ini sontak menjadi perhatian besar masyarakat, termasuk di ranah maya.

Pantauan tim Tekno Liputan6.com, Minggu (13/5/2018), ledakan bom di gereja Surabaya yang terjadi pada hari ini, tengah menjadi topik paling populer Twitter.

Ada empat kata kunci terkait yang menduduki Indonesia trends, yakni Surabaya dan #KamiTidakTakut menempati posisi pertama dan kedua.

Selain itu, Gereja Santa Maria dan Ngagel juga masuk dalam daftar Indonesia trends. Gereja Katolik Santa Maria Tak Bercela di Ngagel merupakan satu dari tiga gereja yang menjadi target pengeboman pada hari ini, Minggu (13/5/2018). Dua lokasi lainnya adalah GKI Wonokromo Diponegoro dan Gereja di Jalan Arjuno.

Banyak ucapan duka dan imbauan bagi masyarakat untuk selalu waspada beredar di Twitter. Berikut beberapa di antaranya:

"Terjadi serangan multi-titik di Surabaya. Ada korban jiwa, banyak yg luka-luka. Mari tahan jemari kita untuk tidak membagi gambar-gambar korban. #KamiTidakTakut," tulis @marufins.

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Setia Bersama Arsenal, Wenger Kerap Tolak Tawaran Pindah

Posted: 12 May 2018 09:43 PM PDT

Liputan6.com, London - Arsene Wenger akan meninggalkan Arsenal akhir musim ini. Ia pun membuat pengakuan menarik dalam jumpa pers terakhirnya.

Mengutip laman resmi Arsenal, Wenger membongkar bahwa selama melatih klub asal London tersebut, dia berulangkali menerima tawaran dari tim-tim besar. Tapi dia memutuskan untuk mengabaikan semuanya demi menjaga komitmen dengan Arsenal.

"Saya tidak tahu bagaimana saya harus merespons. Satu-satunya hal yang bisa saya katakan adalah bahwa saya sudah menolak semuanya, semua tim-tim besar. Orang-orang tidak bisa mempertanyakan loyalitas saya pada klub ini," Wenger menjelaskan.

Bahkan saat Arsenal harus melakukan eksodus ke stadion baru dari Highbury ke Emirates Stadium, Wenger masih terus menjaga komitmennya di masa-masa sulit itu. Sebab pada saat itu, Arsenal harus berhemat demi melunasi utang pembangunan stadion baru.

Wenger pun menegaskan bahwa dia memang tidak ingin kabur di tengah pekerjaan karena dia memang tertarik pada tantangan tersebut. Dan dia merasa bangga sudah berhasil menuntaskan pekerjaannya dengan baik.

"Saya tidak ingin kabur di tengah-tengah karena saya sudah menerima tantangan itu. Itu adalah salah satu bagian terpenting dalam hidup saya dan saya bangga karenanya," Wenger mengakhiri.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Bola Hari Ini, Siaran Langsung Laga Penentuan Liverpool

Posted: 12 May 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Liverpool memiliki misi besar pada pekan terakhir Liga Inggris 2017/2018. Itu karena mereka masih belum aman meraih tiket Liga Champions dengan finis di empat besar. Laga melawan Brighton & Hove Albion jadi penentuan untuk mereka.

Saat ini Liverpool tengah menempati urutan keempat klasemen Liga Inggris dengan koleksi 72 poin. Mereka terpaut dua poin dari Tottenham Hotspur di posisi ketiga dan hanya unggul dua poin atas Chelsea yang mengintai di urutan kelima.

Artinya, Liverpool tak boleh kalah saat menjamu Brighton di Anfield, Minggu (13/5/2018), jika ingin finis di empat besar. Jika mereka takluk dari Brighton dan Chelsea menang di markas Newcastle United, The Reds bakal tergusur ke urutan kelima.

Pada laga lain, Manchester City yang sudah dinobatkan sebagai juara tak memiliki motivasi berlebih saat melawat ke markas Southampton di St Mary's Stadium. Begitu juga dengan Manchester United (MU) saat menjamu Watford di Old Trafford. MU sudah pasti finis sebagai runner-up musim ini.

 

Jadwal Hari Ini

Liga Inggris

21.00: Southampton vs Manchester City (BeIN Sports 1)

21.00: Manchester United vs Watford (BeIN Sports 2)

21.00: Liverpool vs Brighton (BeIN Sports 3)

Liga Spanyol

01.45: Levante vs Barcelona (BeIN Sports 2, SCTV)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Persahabatan Makin Erat di Volcano Rock Festival Boyolali

Posted: 12 May 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Boyolali - Bagi Faisal Amir, Europe adalah cinta mati. Dia mulai mengenal grup asal Swedia itu di usia belasan, saat masih duduk di bangku SMP. "Lagu Superstitious adalah favorit gue sejak dulu," ujar Faisal, yang kini bekerja di bidang perbankan.

Saking cintanya, Faisal tak mau melewatkan saat Joey Tempest dan kawan-kawan datang ke Tanah Air untuk pertama kalinya. Padahal, untuk itu dia harus menabung dari uang jajannya selama dua bulan!

Faisal beruntung, karena pada Hari H, dia mendapat kesempatan berfoto bersama para personel Europe. Itu terjadi 28 tahun lalu, tepatnya November 1990.

Kini, saat Europe kembali ke Indonesia dan tampil di Volcano Rock Festival di Boyolali, Sabtu (12/5), Faisal sekali lagi tak mau melewatkannya. Kesibukan di kantornya bukanlah hal sulit untuk dia siasati agar bisa hadir di Boyolali.

Deja Vu! Di Gedung Putih Kantor Bupati Boyolali, pria yang kerap mengenakan topi bisa kembali berfoto bersama vokalis idolanya, Joey Tempest. Padahal, awalnya dia mengaku sudah patah arang lantaran baru tiba di lokasi selesai jumpa pers Volcano Rock Festival berakhir, Jumat.

Namun, keberuntungan itu datang saat Joey Tempest dan kawan-kawan hendak meninggalkan lokasi. Tempest justru berjalan menghampiri Faisal. Dan, tanpa pikir panjang Faisal pun mengajak Tempest berfoto bersama, persis 28 tahun lalu. "Hampir gila gue ngejar Joey,... ha,ha,ha," ujarnya, semringah.

Menempuh Perjalanan 8 Jam

Volcano Rock Festival jadi ajang bertemunya komunitas pecinta musik rock. (Liputan6.com/Edu Krisnadefa)

Faisal tentu tak sendiri. Banyak "Faisal" lainnya, yang menyempatkan diri hadir di Boyolali untuk kembali menyaksikan Europe beraksi. Mereka datang dari berbagai kota, tak hanya Jakarta.

Ada yang menumpang pesawat seperti Faisal. Ada juga yang datang menggunakan mobil pribadi, bahkan sepeda motor dari Jakarta! Ada juga yang datang bersama dengan komunitas mereka. Sebut saja Bon Jovi Indonesia (BJI) atau Indonesian Bloodbrothers.

Begitu juga dengan pecinta glam rock yang tergabung di komunitas Glam Rock Community Indonesia (GRCI). Dari Jakarta, rombongan GRCI yang berjumlah lebih dari 20 orang, dengan penuh semangat menuju Kota Susu.

Mereka datang menumpang kereta api. Berangkat dari Stasiun Pasar Senen, Jumat (11/5) pukul 17.00 WIB dan tiba di Stasiun Solo Jebres, Sabtu dinihari WIB pukul 02.30 WIB.

Dari Stasiun Solo Jebres, mereka masih harus menumpang kendaraan umum dan menempuh perjalanan selama sekitar setengah jam.

Namun, perjalanan panjang selama di kereta api itu sama sekali tak membuat mereka susah. Justru mereka nikmati: Mereka bercanda, makan bersama, berdiskusi, serta tentu saja membicarakan Joey Tempest dan kawan-kawan.

Mereka jadi lebih mengenal satu sama lain. Tali persahabatan pun semakin erat, guyub.

Disiapkan Rapi

Komunitas GRCI berpose sebelum melanjutkan perjalan ke Boyolali untuk ajang Volcano Rock Festival. (Liputan6.com/Edu Krisnadefa)

Hebatnya, "tur Boyolali" ini tak serta-merta terjadi. Para admin GRCI mempersiapkan keberangkatan mereka dengan cukup rapi.

"Sekitar dua bulan sebelum Hari H, kami bahkan membentuk panitia kecil untuk mengurus keberangkatan kami ke Boyolali, terutama terkait pemesanan tiket kereta api," ujar Budi Putra, sang founder GRCI.

Sementara untuk tempat bermalam di Boyolali, mereka mendapat bantuan dari anggota GRCI lainnya, untuk tinggal di rumah orang tuanya."Senang bisa menampung kawan-kawan semua di sini. Karena rock n roll itu intinya persaudaraan, persahabatan," ujar Adi Sulistyanto, sang empunya rumah.

Dan, malam itu, di Stadion Pandan Arang, akhirnya mereka berpesta, mendapatkan harapan yang mereka bawa dari Jakarta.

Penampilan menawan dari Europe, dibuka dengan performa ciamik God Bless menjadikan "tur Boyolali" ala GRCI berakhir klimaks.

Apalagi, di rumput Pandan Arang, mereka juga bisa berkumpul dengan komunitas-komunitas lainnya serta pribadi-pribadi yang punya interest sama: rock n roll. Mirip seperti syair lagu "Rock the Night" yang juga dibawakan Europe malam itu:

Rock now, rock the night....You'd better believe it's right....

Saksikan video pilihan di bawah ini

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bom Meledak di Surabaya Terekam CCTV Gereja

Posted: 12 May 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Rekaman CCTV memperlihatkan pengendara sepeda motor saat memasuki halaman Gereja Santa Maria Tak Bercela di Jalan Ngagel Madya Utara, Surabaya, Jawa Timur, Minggu pagi.

Pada saat sepeda motor memasuki halaman, ledakan pun terjadi dan tampak kepulan asap.

Akibat bom bunuh diri ini, dua orang tewas. Salah satunya diduga sebagai pelaku bom bunuh diri dan satu orang lagi adalah jemaat yang meninggal dunia saat dalam perjalanan ke rumah sakit.

Simak berita selengkapnya dalam Liputan6 Siang SCTV, Minggu (13/5/2018), di tautan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketum PBNU Said Aqil Kutuk Insiden Bom Gereja di Surabaya

Posted: 12 May 2018 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Nahdlatul Ulama, Said Aqil Siroj, mengecam ledakan bom gereja Surabaya. Ia mengatakan, terorisme tak bisa dibenarkan apa pun alasannya.

Terlebih, kata dia, bila mengatasnamakan agama sebagai motifnya. Menurut Said, insiden ini ironis karena terjadi menjelang bulan suci Ramadan.

"Kekerasan bukanlah ciri ajaran Islam yang rahmatan lil alamin. Islam mengutuk segala bentuk kekerasan. Bahkan, tidak ada satu pun agama di dunia ini yang membenarkan cara-cara kekerasan dalam kehidupan," katanya melalui keterangan tertulisnya, Minggu (13/5/2018). 

Ia menyampaikan belasungkawa mendalam bagi keluarga korban ledakan. Said Aqil meminta korban bisa tabah dan berlapang dada.

Ia pun mendukung upaya polisi mengusut kasus ledakan bom gereja tersebut. "Gerakan terorisme sudah semakin sedemikian merajalela, maka diperlukan penanganan khusus yang lebih intensif dari pelbagai pihak," kata Said.

Ia mengajak seluruh elemen bersatu padu. Di sisi lain, masyarakat tidak boleh terprovokasi.

"Jika mendapati peristiwa sekecil apa pun yang menjurus pada radikalisme dan terorisme segera laporkan ke aparat keamanan," pesan Said.

Hentikan Spekulasi

Nahdlatul Ulama (NU) meminta semua pihak menghentikan segala spekulasi yang bisa memperkeruh peristiwa ini. Said menegaskan masyarakat harus memercayakan pengusutan kasus ini kepada Polri.

"Kita mendukung aparat keamanan, salah satunya dengan cara tidak ikut-ikutan menyebarkan isu, gambar korban, dan juga berita yang belum terverifikasi kebenarannya terkait peristiwa ini," ia menegaskan.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gegana Ledakkan Diduga Sisa Bom Teroris di GKI Diponegoro Surabaya

Posted: 12 May 2018 09:34 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Tim Gegana Brimob Polda Jawa Timur meledakkan diduga sisa bom yang ditemukan di lokasi ledakan Gereja Kristen Indonesia (GKI) Jalan Diponegoro, Surabaya.

Pantauan suarasurabaya.net, sebuah mobil penjinak bom memasuki area gereja. Terdengar petugas menghitung mundur sebagai tanda peledakan atau disposal diduga bom yang ada di lapangan.

Setelah pehitungan mundur di angka satu, terdengar suara ledakan dari area gereja.

Pasca-ledakan tim Gegana juga masih melakukan penanganan dan sterilisasi lokasi di Jalan Diponegoro.

Korban tewas ledakan bom di tiga Gereja di Surabaya, Jawa Timur, bertambah. Kabid Humas Polda Jawa Timur, Kombes Frans Barung Mangera mengatakan, seorang korban meninggal dunia dalam penanganan medis.

"Baru satu (lagi) meninggal di Rumah Sakit Dokter Sutomo," kata Barung, Minggu (13/5/2018).

Dengan begitu, jumlah korban tewas menjadi sembilan orang. Sementara, korban luka-luka yang dirawat di rumah sakit kini berjumlah 40 orang.

Para korban mendapat perawatan di dua rumah sakit, yakni, RS Bhayangkara dan RS Dokter Sutomo. Menurut Barung, beberapa anggota Polri juga menjadi korban ledakan bom gereja.

"Kami mohon doanya," ia berujar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bom di Gereja Surabaya, KPI: Jangan Sampai Warga Terima Teror Berulang

Posted: 12 May 2018 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) mengimbau pada lembaga penyiaran, khususnya televisi, untuk tetap menaati Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) tahun 2012. Hal ini terkait dengan peristiwa ledakan bom di tiga gereja di Surabaya, Jawa Timur.

Ketua KPI Yuliandre Darwis mengatakan, pada Pasal 23 SPS KPI menyebutkan, larangan munculnya adegan kekerasan, termasuk menampilkan manusia atau potongan tubuh yang berdarah-darah, terpotong-potong dan atau kondisi yang mengenaskan akibat dari peristiwa kekerasan, termasuk ledakan bom.

"KPI juga mengimbau lembaga penyiaran, televisi dan radio, untuk mengutip informasi dari narasumber yang terpercaya dan institusi yang berwenang," kata Yuliandre dalam keterangan yang diterima, pada Minggu (13/5/2018).

Dia mengatakan, lembaga penyiaran punya kewajiban menyiarkan berita yang akurat di tengah masyarakat, dengan tetap mengedepankan prinsip-prinsip jurnalistik dan regulasi penyiaran yang ada.

"Jangan sampai masyarakat menerima teror berulang, karena munculnya informasi dan berita yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," kata dia.

KPI mengingatkan, televisi dan radio harus menjadi perekat sosial antar masyarakat, untuk menjaga situasi lebih kondusif.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Korban Bertambah

Korban tewas ledakan bom di tiga Gereja di Surabaya, Jawa Timur, bertambah. Kabid Humas Polda Jawa Timur, Kombes Frans Barung Mangera mengatakan, seorang korban meninggal dunia dalam penanganan medis.

"Baru satu (lagi) meninggal di Rumah Sakit Dokter Sutomo," kata Barung, Minggu (13/5/2018).

Dengan begitu, jumlah korban tewas menjadi sembilan orang. Sementara korban luka-luka yang dirawat di rumah sakit kini berjumlah 40 orang.

Para korban mendapat perawatan di dua rumah sakit, yakni, RS Bhayangkara dan RS Dokter Sutomo. Menurut Barung, beberapa anggota Polri juga menjadi korban ledakan bom gereja.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PKS: Aksi Bom Surabaya Biadab dan Jahat

Posted: 12 May 2018 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kedamaian Indonesia kembali terkoyak dengan aksi bom Surabaya yang diduga dilakukan teroris pada Minggu pagi, 13 Mei 2018.

Fraksi PKS DPR RI mengutuk keras aksi terduga teroris itu sebagai tindakan biadab.

"Aksi bom teroris ini sangat biadab dan jahat. Kita tegas mengutuk dan melawan tindak kejahatan berat yang dilakukan teroris ini," ujar Jazuli di Jakarta, Minggu (13/5/2018).

Menurutnya, rakyat Indonesia sangat sedih dan marah atas tindakan yang sama sekali tidak bermoral ini.

Jazuli menegaskan, seluruh umat agama wajib mengutuk perilaku orang-orang yang mengoyak kedamaian bangsa Indonesia serta meminta aparat keamanan untuk menindak tegas pelaku dan aktor terorisme ini.

"Kita minta aparat keamanan untuk mengusut tuntas siapa pelaku dan motifnya, siapa aktor intelektualnya dan dari kelompok mana serta apa tujuannya. Dan, jika telah teridentifikasi secara akurat agar menindak tegas pelaku dan aktor-aktor yang terlibat dan segera mungkin memulihkan dan menjamin keamanan masyarakat," paparnya.

Menurut Jazuli, siapa pun pelaku dan motifnya apakah sengaja untuk menciptakan kekeruhan kondisi sosial politik atau motif lainnya, tindakan ini jelas barbar dan nyata sebagai tindakan terorisme yang tidak bisa ditoleransi sedikit pun.

Anggota Komisi I DPR ini juga meminta seluruh komponen masyarakat untuk waspada dan menguatkan sistem keamanan lingkungan.

Sehingga, kata Jazuli, setiap potensi ancaman dari pihak-pihak yang merusak kedamaian dan keamanan negara kita ini bisa dideteksi dan dicegah.

"Tidak ada tempat bagi terorisme di negeri ini. Teroris telah mencampakkan agama dan kemanusiaan yang dijunjung tinggi di negara ini secara sempurna. Indonesia tidak boleh kalah melawan terorisme," pungkas Jazuli soal tragedi bom Surabaya.

 

Saksikan juga video berikut ini:

Jangan Takut

Gubernur Jawa Timur Soekarwo saat berada di TKP bom gereja di Surabaya. (Suarasurabaya.net/Anggi)

Sebelumnya, Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, meminta seluruh warga untuk tidak takut dan melawan terorisme usai ledakan bom gereja di Surabaya. Bom meledak di tiga gereja di Surabaya, Jatim, pagi tadi.

"Pagi ini di Polda Jatim, kita melakukan doa bersama untuk Jawa Timur damai. Tetapi pagi ini juga kita berduka. Kasus limpahan dari Mako Brimob sangat ekstrem," ujar Soekarwo saat berada di salah satu lokasi ledakan, di Gereja Pantekosta Pusat Surabaya (GPPS) Jemaat Sawahan Jalan Arjuna Surabaya, Minggu (13/5/2018) pagi.

Dia pun mengatakan, polisi telah memperketat keamanan di semua tempat usai ledakan bom gereja. Oleh karena itu, dia meminta masyarakat tidak takut.

"Satu yang harus kita lakukan, kita tidak takut dan harus melawan terorisme. Kita perkuat keamanan di semua tempat," kata Soekarwo.

Menurut dia, TNI dan Polri adalah inti dari pengamanan pasca-ledakan bom gereja tadi pagi. Namun, masyarakat sendiri juga harus ikut mengamankan lingkungannya.

"Kami akan gerakan tiga pilar yaitu Bhabinkamtibmas, Babinsa, Kepala Desa/Lurah. Sekali lagi jangan takut semuanya. Ini adalah bagian kita untuk melawan terorisme yang merusak kehidupan berbangsa dan bernegara," kata Soekarwo.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Demi Carrick, MU Diminta Menang Lawan Watford

Posted: 12 May 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Phil Jones ingin MU menang melawan Watford dalam laga terakhir Liga Inggris musim ini. Bek asal Inggris itu percaya kemenangan merupakan sesuatu yang penting untuk perpisahan gelandang Michael Carrick.

Kapten MU itu dipastikan akan gantung sepatu pada musim panas ini. Ia memutuskan untuk menyudahi karier profesionalnya setelah ia mendapatkan masalah pada jantungnya pada awal musim lalu.

Carrick dipastikan akan memainkan laga terakhirnya pada akhir pekan ini. Ia akan memimpin timnya untuk menghadapi Watford di pertandingan terakhir EPL musim ini di Old Trafford.

Jones sendiri percaya bahwa kaptennya itu layak mendapatkan pelepasan yang bagus setelah apa yang ia lakukan. "Akan sangat baik jika kami bisa melepas Michael Carrick dengan kemenangan," ujar Jones kepada Sky Sports.

"Dia sudah menjadi pemain yang sangat luar biasa dalam beberapa tahun terakhir dan banyak orang lupa berapa banyak trofi yang sudah ia menangkan."

"Dia sangat berpengaruh di lini tengah MU. Dia selalu bicara dengan para pemain muda dan dia memberikan saran yang bagus untuk semua pemain di dalam maupun di luar lapangan ketika mereka membutuhkannya."

"Dia adalah pemain dengan karakter besar bagi kami. Dia sangat rendah hati dan dia adalah pria yang hebat." ujar bek Timnas Inggris tersebut.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dubai Buka 2 Lokasi Baru untuk Meriam Penanda Buka Puasa Ramadan

Posted: 12 May 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Dubai - Bulan suci Ramadan sebentar lagi tiba, Dubai pun telah membuka dua lokasi baru untuk meriam iftar si penanda waktu buka puasa.

Seperti dikutip dari Al Arabiya, Minggu (13/5/2018), tempat-tempat baru untuk meriam iftar di Dubai berada di City Walk dan Madinat Jumeirah.

Meriam penanda waktu berbuka puasa lainnya di Dubai ada di Musalla Deira, Mamzar, Musallah Mankhool di Karama dan Burj Khalifa, demikian dilaporkan Khaleej Times.

Tahun ini, orang-orang kembali bisa menghadiri acara penembakan meriam di Dubai dan ikut serta dalam acara tersebut.

Polisi yang menangani meriam iftar itu telah dilatih untuk menjaga keselamatan di sekitarnya setiap saat.

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

Astronom Saudi: Sebagian Besar Negara Mulai Ramadan 17 Mei

Ilustrasi Kurma (iStockphoto)​

Hampir semua negara akan memulai Ramadan pada Kamis, 17 Mei. Demikian menurut astronom dari Arab Saudi.

"Saya percaya bahwa 99 persen negara Arab dan Muslim akan mengumumkan bahwa Kamis 17 Mei akan menjadi hari pertama bulan suci," kata Mohammad Oda, Kepala Pusat Astronomi Internasional, kepada media Saudi Sabq, seperti dikutip dari Gulf News 8 Mei 2018.

Oda menambahkan, ramalannya berdasar pada fakta-fakta astronomi.

Sementara itu, pada Minggu lalu, Oman telah mengumumkan bahwa hari pertama Ramadan di negara mereka juga jatuh pada 17 Mei.

Dalam sebuah pernyataan, komite hilal mengatakan bahwa "Bukti astronomi mengungkapkan bahwa tak mungkin untuk melihat bulan sabit di sebagian besar Kesultanan Oman pada hari Selasa (15 Mei)."

Oleh karena itu, Oman menetapkan bahwa Ramadan akan jatuh pada hari Kamis, 17 Mei.

Sedangkan bulan lalu, astronom Kuwait Adel Al Saadoon turut menetapkan hal senada.

"Matahari akan terbenam pada 06.16 pada 16 Mei dan bulan sabit akan terlihat selama sekitar 26 menit, dan karena itu 17 Mei akan menjadi hari pertama bulan suci," katanya.

Ramadan jatuh pada bulan kesembilan dari kalender Qamariyah (Lunar Calendar) yang diikuti oleh umat Muslim di seluruh dunia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sara Wijayanto Larang Orang Main-Main dengan Pensil Charlie

Posted: 12 May 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bu Laras, karakter yang diperankan Sara Wijayanto dalam dua film The Doll akan kembali dalam spin-off kedua film ini, Sabrina. Seperti biasa, dalam film ini, ditampilkan sejumlah hal yang dekat dengan hal mistis.

Salah satunya, adalah permainan 'pensil Charlie'. Dalam film Sabrina, seorang karakter gadis cilik bernama Vanya mencoba memanggil arwah almarhum ibunya lewat permainan ini.

Sara Wijayanto ternyata melarang keras pensil Charlie ini dimainkan.

"Tidak boleh! No! Jangan dicoba, walaupun enggak percaya jangan dicoba," tutur Sara Wijayanto saat bertandang ke kantor Liputan6.com di Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (11/5/2018).

Sempat Viral

Film Sabrina (istimewa)

Bagi yang belum terlalu familier dengan permainan ini, pensil Charlie sebenarnya sempat populer dan menjadi viral di luar negeri. Terutama setelah banyak anak muda yang mengunggah video saat mereka melakukannya.

Dalam permainan ini, dua pensil disusun bertumpuk. Bila pemain sukses 'memanggil' Charlie, maka pensil di bagian atas bisa bergerak sendiri.

Seperti Jelangkung

Sara Wijayanto saat media visit film Sabrina di Liputan6.com (Liputan6.com/ Faizal Fanani)

Sara Wijayanto menyebutkan bahwa permainan ini sama saja seperti permainan memanggil setan, jelangkung. "Itu sama kayak jelangkung. Itu sama persis kayak ouija, itu kayak kita memanggil 'mereka' untuk datang. Namanya saja yang beda," kata dia.

 

Siapa yang Terpanggil?

Para pemain film Sabrina (Liputan6.com/ Faizal Fanani)

Ia mengatakan, bahaya permainan ini adalah pemain tak tahu siapa yang akan terpanggil.

"Kita enggak tahu kita ngundang siapa. Mungkin yang bisa ngelihat, bakal ngelihat sesuatu yang bagus. Tapi yakin enggak itu beneran bagus, atau malah sesuatu yang 'menyerupai' [yang bagus]," kata dia.

Untungnya, kata Sara, tak ada 'sesuatu' yang terpanggil saat permainan ini dilakukan saat syuting Sabrina.

Film Sabrina

Film Sabrina (istimewa)

Film Sabrina mengisahkan tokoh Maira (Luna Maya) sudah menemukan suami baru, Alden (Christian Sugiono).

Sayang, Vanya, anak angkat sekaligus keponakan Aiden masih belum bisa menerima Maira. Ia merindukan sang ibu yang telah meninggal, dan mencoba memanggil arwahnya lewat permainan Pensil Charlie. Keanehan pun mulai terjadi lewat boneka Sabrina.

Film ini tiba di bioskop mulai tanggal 12 Juli mendatang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga 1, Siaran Langsung Arema FC Vs PSM Makassar

Posted: 12 May 2018 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Arema FC memiliki kans untuk memperbaiki posisi mereka di klasemen GO-Jek Liga 1 bersama BukaLapak. Syaratnya, mereka harus meraih poin penuh saat menjamu PSM Makassar di Stadion Kajuruhan, Minggu (13/5/2018).

Saat ini Arema tengah menyandang status sebagai penghuni dasar klasemen Liga 1. Dari tujuh pertandingan yang dijalani, anak asuh Joko Susilo itu baru meraih satu kemenangan dan dua hasil imbang. Sisanya, mereka telah empat kali kalah.

Jika tak berbenah, bukan tak mungkin tren buruk itu akan berlanjut pada pekan kedelapan Liga 1. Itu karena PSM adalah tim dengan nasib yang berbeda ketimbang Arema. Saat ini mereka tengah bersaing di papan atas klasemen.

Dari tujuh laga, tim asuhan Robert Rene Alberts itu merangkai 13 poin, hasil dari empat kali menang, satu imbang, dan dua kali kalah. Jika menang atas Arema, PSM akan menyamai koleksi 16 poin Madura United yang memuncaki klasemen.

 

Jadwal Liga 1

Minggu, 13 Mei 2018

15.30 WIB: Arema vs PSM (Indosiar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Kemeriahan Parade 100 Hari Jelang Asian Games 2018

Posted: 12 May 2018 09:20 PM PDT

Grup marching band anggota kepolisian RI memeriahkan Parade Asian Games 2018 yang melintasi Jalan MH Thamrin, Jakarta, Minggu (15/5). Parade digelar oleh Inasgoc untuk 100 hari jelang Asian Games. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Grup marching band anggota kepolisian RI memeriahkan Parade Asian Games 2018 yang melintasi Jalan MH Thamrin, Jakarta, Minggu (15/5). Parade digelar oleh Inasgoc untuk 100 hari jelang Asian Games. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Para atlet yang mendukung penyelenggaraan Asian Games memeriahkan parade di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Minggu (15/5). Total ada 42 rombongan dari berbagai komunitas, serta BUMN dan BUMS. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Para atlet yang mendukung penyelenggaraan Asian Games memeriahkan parade di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Minggu (15/5). Total ada 42 rombongan dari berbagai komunitas, serta BUMN dan BUMS. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Ribuan peserta Parade Asian Games 2018 melintasi Jalan MH Thamrin, Jakarta, Minggu (15/5). Kegiatan Parade Asian Games yang ke 18 di buka oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Muhammad Yusuf Kalla. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Ribuan peserta Parade Asian Games 2018 melintasi Jalan MH Thamrin, Jakarta, Minggu (15/5). Kegiatan Parade Asian Games yang ke 18 di buka oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Muhammad Yusuf Kalla. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Peserta Parade Asian Games 2018 melintasi Jalan MH Thamrin, Jakarta, Minggu (15/5). Acara ini bertujuan untuk memasyarakatkan dan menyebarkan semangat Asian Games di kalangan masyarakat Indonesia. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Peserta Parade Asian Games 2018 melintasi Jalan MH Thamrin, Jakarta, Minggu (15/5). Acara ini bertujuan untuk memasyarakatkan dan menyebarkan semangat Asian Games di kalangan masyarakat Indonesia. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Maskot Asian Games 2018 yaitu Bhin-bhin memimpin parade saat melintasi Jalan MH Thamrin, Jakarta, Minggu (15/5). Para peserta akan berjalan kaki membentuk barisan dengan tujuan finis di Kemenkominfo. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Maskot Asian Games 2018 yaitu Bhin-bhin memimpin parade saat melintasi Jalan MH Thamrin, Jakarta, Minggu (15/5). Para peserta akan berjalan kaki membentuk barisan dengan tujuan finis di Kemenkominfo. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Peserta Parade Asian Games 2018 melintasi Jalan MH Thamrin, Jakarta, Minggu (15/5). Sekitar 4.800 orang peserta memeriahkan ajang dimulai di Monumen Nasional hingga kawasan Car Free Day. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Peserta Parade Asian Games 2018 melintasi Jalan MH Thamrin, Jakarta, Minggu (15/5). Sekitar 4.800 orang peserta memeriahkan ajang dimulai di Monumen Nasional hingga kawasan Car Free Day. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Ribuan peserta Parade Asian Games 2018 melintasi Jalan MH Thamrin, Jakarta, Minggu (15/5). Sekitar 4.800 orang peserta memeriahkan ajang dimulai di Monumen Nasional hingga kawasan Car Free Day. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Ribuan peserta Parade Asian Games 2018 melintasi Jalan MH Thamrin, Jakarta, Minggu (15/5). Sekitar 4.800 orang peserta memeriahkan ajang dimulai di Monumen Nasional hingga kawasan Car Free Day. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Maskot Asian Games 2018  memimpin parade melintasi Jalan MH Thamrin menuju Sarinah dan finish di Gedung Kominfo, Jakarta, Minggu (15/5). Parade digelar oleh Inasgoc untuk 100 hari jelang Asian Games. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Maskot Asian Games 2018 memimpin parade melintasi Jalan MH Thamrin menuju Sarinah dan finish di Gedung Kominfo, Jakarta, Minggu (15/5). Parade digelar oleh Inasgoc untuk 100 hari jelang Asian Games. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Komunitas kostum dari Jember memeriahkan Parade Asian Games 2018  di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Minggu (15/5). Total ada 42 rombongan dari berbagai komunitas, serta BUMN dan BUMS. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Komunitas kostum dari Jember memeriahkan Parade Asian Games 2018 di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Minggu (15/5). Total ada 42 rombongan dari berbagai komunitas, serta BUMN dan BUMS. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Komunitas kostum dari Jember memeriahkan Parade Asian Games 2018  di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Minggu (15/5). Kegiatan Parade Asian Games yang ke 18 di buka oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Yusuf Kalla. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Komunitas kostum dari Jember memeriahkan Parade Asian Games 2018 di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Minggu (15/5). Kegiatan Parade Asian Games yang ke 18 di buka oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Yusuf Kalla. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Grup marching band anggota kepolisian RI memeriahkan Parade Asian Games 2018 di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Minggu (15/5). Acara ini untuk memasyarakatkan dan menyebarkan semangat Asian Games di kalangan masyarakat Indonesia. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Grup marching band anggota kepolisian RI memeriahkan Parade Asian Games 2018 di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Minggu (15/5). Acara ini untuk memasyarakatkan dan menyebarkan semangat Asian Games di kalangan masyarakat Indonesia. (Liputan6.com/Arya Manggala)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Europe: Matur Suwun Boyolali

Posted: 12 May 2018 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Boyolali - Europe tampil memesona di Volcano Rock Festival 2018 di Boyolali, Sabtu (12/5/2018). Di Stadion Pandan Arang, grup rock asal Swedia yang digawangi Joey Tempest (vokal), John Norum (gitar), John Leven (bass), Mic Michaeli (kibor), dan Ian Haugland (drum) itu sukses membuat penonton yang hadir terkesima.

Total 19 lagu mereka bawakan, plus solo drum Haugland. Hits-hits seperti "Carrie", "Supersitious", "Open Your Heart", "Cherokee", dan tentu saja "The Final Countdown" berhasil menyihir sekitar 15 ribu penonton yang hadir.

Europe juga membawakan dua lagu album terakhir mereka: "The Siege" dan "Walk the Earth", yang dijadikan titel album yang dirilis 20 Oktober 2017 lalu.

Sepanjang konser, Tempest juga sangat komunikatif. Berkali-kali dia menyapa penonton dengan bahasa Indonesia ataupun Jawa. Di awal kemunculannya di panggung, pria yang kini berusia 54 tahun itu langsung berujar, "Boyolali...apa kabar?"

Di sela-sela lagu, dia juga kerap mengajak penonton berdialog. Dia tampak terkesan dengan antusias penonton yang luar biasa.

"Boyolali, Matur Suwun," ujar Tempest, usai membawakan "Sevent Sign", lagu nomor enam dalam setlist Europe malam itu. Tak hanya sekali, setidaknya tiga kali dia mengucapkan kalimat dalam bahasa Jawa yang berarti "terima kasih" itu.

Aku Sayang Kamu

Joey Tempest (kiri) dan John Norum dari Europe sukses menghibur di Volcano Rock Festival Boyolali, Sabtu (12/5). (Liputan6.com/Edu Krisnadefa)

Di tengah konser, Joey juga sempat berucap, "Aku sayang kamu...," dengan logat yang janggal. Karuan saja, ucapannya ini menimbulkan keriuhan penonton.

Namun, sesaat kemudian dia berseloroh, " I don't know what I'am talking about (saya tak tahu apa yang saya bicarakan)."

Sangat Menghibur

John Leven bassist kalem Europe. (Liputan6.com/Edu Krisnadefa)

Europe memang sangat mengibur malam itu. Tidak hanya lagu-lagu mereka yang masih terdengar enak di telinga, performa mereka secara musikalitas juga apik. Belum lagi didukung permainan cahaya yang menawan.

Joey sendiri mampu mempertontonkan dirinya sebagai rocker jempolan. Meski ada beberapa nada-nada tinggi yang tak lagi mampu dia jangkau, secara umum, vokalnya masih stabil sepanjang konser. Benar-benar rocker sejati.

Saksikan video pilihan di bawah ini;

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Diskon Tarif Saat Mudik Lebaran, Jalan Tol Bisa Makin Macet?

Posted: 12 May 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) angkat bicara terkait rencana pemberian diskon tarif tol pada mudik Lebaran 2018. Hal itu dinilai bisa diterapkan lantaran ruas jalan tol di Jawa nanti sudah tersambung mulai dari Merak hingga Pasuruan.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna membenarkan bahwa sudah ada niatan dari Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk memberikan insentif diskon tarif tol pada saat mudik Lebaran nanti.

Terkait kapan hal itu bakal disampaikan kepada masyarakat luas, dia menyatakan bahwa BUJT akan mengumumkan jadi atau tidaknya rencana tersebut diimplementasikan, sebelum pemudik ramai berbondong-bondong pulang ke kampung halamannya masing-masing.

"Itu (diskon tarif tol) tuh lebih ke insentif, dan memang ada niatan dari badan usaha (jalan tol) buat melakukannya. Sebelum hari H mudik nanti akan diumumkan," ucapnya saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta, Minggu (13/5/2018).

Herry pun turut menanggapi nada sumbang dari beberapa pihak, yang menilai bahwa diskon tarif tol akan mendorong pemudik memadati jalan tol sehingga menimbulkan kemacetan panjang. Menurutnya, pemerintah sudah menaruh mandat kepada Korps Lalu Lintas Kepolisian RI (Korlantas Polri) sebagai komandan lapangan untuk mengurai penumpukan kendaraan.

"Menurut saya, itu ada pengaturan buat pengalihan macet. Bukannya enggak mungkin itu (kemacetan parah) terjadi, tapi di lapangan kepolisian punya cara. Kalau jumlah kendaraan di tol sudah kelebihan, nanti akan dialihkan ke jalan arteri," tutur dia.

Lebih lanjut Herry memperkirakan, beberapa ruas seperti Tol Jakarta-Cikampek hingga Palimanan tetap akan jadi yang terpadat pada saat mudik Lebaran 2018. Namun begitu, ia menambahkan, dengan sudah tersambungnya jalan tol mulai dari Merak sampai Pasuruan, maka kemacetan akan makin terurai.

"Kalau lihat musim mudik yang lalu-lalu, tol Jakarta-Cikampek sampai Palimanan yang paling banyak dilalui, dan mungkin masih akan seperti itu. Tapi makin ke sana (arah timur), itu akan makin berkurang dan terpecah. Jalan tol kan nanti sudah bisa sampai Pasuruan, jadi kepadatan lebih menyebar," pungkas dia.

Kepastian Diskon Tarif Tol Saat Mudik Ditentukan Pekan Depan

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono meninjau kesiapan fasilitas dan prasarana untuk Asian Games 2018 di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Kamis (10/5). Seluruh venue di GBK dinyatakan mendekati 100 persen tahap pengerjaan. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menerima rencana usulan diskon tarif jalan tol saat mudik lebaran 2018. Usulan ini disampaikan oleh para operator jalan tol.

Menanggapi hal ini, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengaku mengapresiasi apa yang sudah direncanakan para operator tersebut. Dengan adanya diskon, maka biaya perjalanan para pemudik bisa lebih murah.

"Saya kira ini ide yang baik yang mereka usulkan. Jadi harapan mereka uangnya tidak habis di jalan, tapi bisa dibelanjakan di kampung halamannya," kata Basuki saat berbincang dengan Liputan6.com, pada 10 Mei 2018. 

Namun demikian, Basuki mengaku belum menandatangani keputusan mengenai diskon tarif tersebut. Pihaknya masih bakal menggelar rapat membahas arus mudik Lebaran 2018 pada pekan depan.

"Jadi hari Rabu minggu depan kita akan rapat, nanti para operator mengusulkan berapa diskonnya, kita bahas dulu, baru nanti kita putuskan," jelasnya.

Mengenai kemungkinan adanya kemacetan di jalan tol akibat adanya diskon tarif tol tersebut, Basuki mengaku akan mengatasi hal itu dengan berkoordinasi bersama Korlantas Polri untuk melakukan rekayasa lalu lintas.

Salah satu yang dicontohkan adalah akan mengarahkan kendaraan keluar jalan tol jika sudah terjadi kemacetan beberapa kilometer. Dengan begitu, pemudik bisa lebih hemat dan lebih cepat pulang ke kampung halaman.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kapolda Jatim Menduga Pelaku Bom Gereja Surabaya Bawa Sepeda Motor dan Mobil

Posted: 12 May 2018 09:10 PM PDT

Surabaya - Kapolda Jawa Timur Irjen Machfud Arifin menduga bom gereja di Surabaya merupakan imbas dari kerusuhan Mako Brimob Depok. Sebab, tidak pernah ada tanda-tanda ancaman apa pun di Jawa Timur.

"Kemungkinan imbas kejadian di Jakarta. Sudah viral, imbauan pimpinannya untuk berjihad. Setelah kejadian di Mako Brimob juga masih ada teroris yang ditangkap, juga ada satu polisi yang menjadi korban jiwa," ujarnya saat berada di Gereja Pantekosta Pusat Surabaya (GPPS) Jemaat Sawahan Jalan Arjuna Surabaya, Minggu (13/5/2018) pagi.

Dia menjelaskan, pelaku ledakan bom Gereja Katolik Santa Maria Tak Bercela (SMTB) Jalan Ngagel Madya diduga melakukan aksinya dengan mengendarai sepeda motor. Sementara di Gereja Pantekosta Pusat Surabaya (GPPS) Jemaat Sawahan Jalan Arjuna menggunakan mobil.

Kapolda memastikan, ada delapan korban jiwa (sedangkan informasi terakhir menyebutkan ada sembilan korban meninggal dunia) dan 38 korban luka-luka dalam kejadian pagi ini. Kapolda juga menyampaikan turut berduka atas ledakan bom gereja ini.

"Warga Jawa Timur, dan khususnya warga Surabaya berduka," ujarnya.

Informasi yang diperoleh Suarasurabaya.netledakan terjadi pada pukul 07.30 WIB di Gereja Katolik Santa Maria Tak Bercela (SMTB) Jalan Ngagel Madya, pukul 08.00 WIB di Gereja Kristen Indonesia (GKI) Jalan Diponegoro, dan juga di Gereja Pantekosta Pusat Surabaya (GPPS) Jemaat Sawahan Jalan Arjuna.

Sampai pukul 10.30 WIB, polisi masih berupaya mengamankan tiga lokasi ledakan.

Baca berita menarik lainnya dari Suarasurabaya.net di sini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Korban Tewas Bom Gereja Surabaya Menjadi 9 Orang, 40 Lainnya Luka

Posted: 12 May 2018 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Korban tewas ledakan bom di tiga Gereja di Surabaya, Jawa Timur, bertambah. Kabid Humas Polda Jawa Timur, Kombes Frans Barung Mangera mengatakan, seorang korban meninggal dunia dalam penanganan medis.

"Baru satu (lagi) meninggal di Rumah Sakit Dokter Sutomo," kata Barung, Minggu (13/5/2018).

Dengan begitu, jumlah korban tewas menjadi sembilan orang. Sementara, korban luka-luka yang dirawat di rumah sakit kini berjumlah 40 orang.

Para korban mendapat perawatan di dua rumah sakit, yakni RS Bhayangkara dan RS Dokter Sutomo. Menurut Barung, beberapa anggota Polri juga menjadi korban ledakan bom gereja.

"Kami mohon doanya," ia berujar.

Saksikan video pilihan di bawah ini

Jangan Takut dengan Teroris

Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, meminta seluruh warga untuk tidak takut dan melawan terorisme usai ledakan bom gereja di Surabaya. Bom meledak di tiga gereja di Surabaya, Jatim, pagi tadi.

"Pagi ini di Polda Jatim kita melakukan doa bersama untuk Jawa Timur damai. Tetapi pagi ini juga kita berduka. Kasus limpahan dari Mako Brimob sangat ekstrem," ujar Soekarwo saat berada di salah satu lokasi ledakan, di Gereja Pantekosta Pusat Surabaya (GPPS) Jemaat Sawahan Jalan Arjuna Surabaya, Minggu (13/5/2018) pagi.

Dia pun mengatakan, polisi telah memperketat keamanan di semua tempat usai ledakan bom gereja. Oleh karena itu, dia meminta masyarakat tidak takut.

"Satu yang harus kita lakukan, kita tidak takut dan harus melawan terorisme. Kita perkuat keamanan di semua tempat," kata Soekarwo.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Neymar Beri Kabar Gembira untuk Fans Brasil

Posted: 12 May 2018 09:08 PM PDT

Liputan6.com, Paris - Neymar memberikan pernyataan yang membuat fans Brasil bergembira. Pemain PSG itu yakin bisa pulih dan membela Tim Samba di Piala Dunia 2018.

Neymar memutuskan pindah ke PSG pada musim panas setelah meraih kesuksesan besar bersama Barcelona. Pemain berusia 26 tahun itu ditebus dengan biaya 222 juta euro sehingga membuatnya menjadi pemain termahal.

Neymar kemudian langsung memberikan dampak yang besar untuk PSG pada musim debutnya di PSG. Namun, cedera metatarsal yang didapatnya pada bulan April membuatnya harus menepi sampai saat ini.

Neymar saat ini sedang menjalani masa pemulihan dan situasinya berjalan dengan baik. Ia yakin bisa sesegera mungkin kembali bergabung dengan skuat Brasil untuk Piala Dunia di Rusia.

"Semuanya berjalan dengan baik. Terima kasih Tuhan untuk hal ini. Akan tetapi, saya masih sedikit takut karena sudah lama tidak bermain," kata Neymar.

"Saya harus menyingkirkan rasa takut ini untuk bisa sesegera mungkin bergabung dengan Brasil dalam Piala Dunia."

Neymar mampu mencetak 28 gol dan membuat 19 assist dalam 30 penampilan untuk PSG musim ini. Namun, pemain yang bersangkutan saat ini sedang santer dikaitkan dengan Real Madrid.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Di CFD, Pengunjung Beri Dukungan untuk Polri

Posted: 12 May 2018 09:04 PM PDT

Pengunjung menuliskan dukungan buat Polri pasca kerusuhan di Rutan cabang Salemba Mako Brimob saat acara Car Free Day di Kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (13/5). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pengunjung menuliskan dukungan buat Polri pasca kerusuhan di Rutan cabang Salemba Mako Brimob saat acara Car Free Day di Kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (13/5). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Karangan bunga diletakkan di sisi banner tulisan dukungan buat Polri pasca kerusuhan di Rutan cabang Salemba Mako Brimob saat acara Car Free Day di Kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (13/5). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Karangan bunga diletakkan di sisi banner tulisan dukungan buat Polri pasca kerusuhan di Rutan cabang Salemba Mako Brimob saat acara Car Free Day di Kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (13/5). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pengunjung menuliskan dukungan buat Polri pasca kerusuhan di Rutan cabang Salemba Mako Brimob saat acara Car Free Day di Kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (13/5). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pengunjung menuliskan dukungan buat Polri pasca kerusuhan di Rutan cabang Salemba Mako Brimob saat acara Car Free Day di Kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (13/5). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pengunjung menuliskan dukungan buat Polri pasca kerusuhan di Rutan cabang Salemba Mako Brimob saat acara Car Free Day di Kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (13/5). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pengunjung menuliskan dukungan buat Polri pasca kerusuhan di Rutan cabang Salemba Mako Brimob saat acara Car Free Day di Kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (13/5). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pengunjung melintas di depan banner tulisan dukungan buat Polri pasca kerusuhan di Rutan cabang Salemba Mako Brimob saat acara Car Free Day di Kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (13/5). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pengunjung melintas di depan banner tulisan dukungan buat Polri pasca kerusuhan di Rutan cabang Salemba Mako Brimob saat acara Car Free Day di Kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (13/5). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pengunjung menuliskan dukungan buat Polri pasca kerusuhan di Rutan cabang Salemba Mako Brimob saat acara Car Free Day di Kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (13/5). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pengunjung menuliskan dukungan buat Polri pasca kerusuhan di Rutan cabang Salemba Mako Brimob saat acara Car Free Day di Kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (13/5). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bangkai Makhluk Laut Misterius Hebohkan Filipina, Pertanda Bencana?

Posted: 12 May 2018 09:02 PM PDT

Liputan6.com, San Antonio - Makhluk laut besar yang berbulu ditemukan hanyut di sebuah pantai di Filipina. Hal itu menyulut kekhawatiran bahwa temuan itu adalah pertanda bahwa bencana alam tengah mengintai.

Seperti dikutip dari Daily Mail, Minggu (13/5/2018), bangkai hewan misterius sepanjang 6 meter itu muncul pada 11 Mei di kota San Antonio, Provinsi Oriental Mindoro, Filipina sekitar pukul 19.00.

Penduduk desa berbondong-bondong untuk melihat bangkai besar yang mereka sebut 'globster'. Tak sedikit dari mereka yang berfoto selfie. 

Pekerja bidang kelautan kemudian mengambil sampel dari makhluk aneh, yang lebarnya 1,2 meter di satu sisi dan 60 cm di sisi lainnya.

Sejumlah penduduk mengatakan gumpalan putih keabu-abuan itu berbau 'mengerikan' dan seperti 'sesuatu dari planet lain'.

Sementara yang lain ketakutan, karena menduga hewan mati itu adalah peringatan bahwa bencana alam mungkin tengah mengintai warga Filipina.

"Gempa sedang menuju Oriental Mindoro. Globster besar adalah tanda akan datangnya sesuatu yang buruk. Tolong doakan kami,"  kata Tam Maling.

Ibu dua anak Imelda Mariz mengatakan: 'Saya tidak percaya apa itu, saya belum pernah melihat yang seperti ini. Demi Tuhan, saya terkejut.

"Anak-anak takut itu adalah monster yang mati. Belum ada yang tahu apa itu," imbuh Mariz.

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

Bangkai Dikubur

Ilustrasi Garis Polisi (AFP)

Sabtu 12 Mei 2018, pekerja pemerintah membuang binatang yang mereka yakini sebagai paus mati.

"Untuk saat ini kita dapat mengatakan itu adalah ikan paus, tetapi spesies yang tepat masih belum diketahui. Sampel jaringan sekarang dikirim ke laboratorium kami untuk analisis DNA. Pemerintah lokal Gloria sekarang akan mengubur bangkainya," ujar Fishery Law Enforcement Officer, Vox Krusada.

"Baunya tidak enak. Baunya seperti sesuatu dari planet lain. Saya benar-benar mual saat mengambil sampel jaringan. Hampir muntah," tambah Krusada.

"Saya merasa lebih baik setelah mandi tetapi bau busuk masih menempel di hidungku," jelas Vox Krusada.

Makhluk serupa juga tersapu di Filipina pada Februari tahun lalu.

Pihak berwenang percaya binatang itu, yang ditemukan di Pulau Dinagat, adalah orca atau manatee.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Justin Bieber Tak Mampu Berikan Ini, Selena Gomez Pilih Putus?

Posted: 12 May 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Akhir tahun lalu, asmara Justin Bieber dan Selena Gomez kembali bersemi. Hubungan mereka tampak menjanjikan, apalagi sejumlah orang terdekat mengatakan keduanya kini memiliki pola pikir yang lebih dewasa.

Namun belakangan hubungan Justin Bieber dan Selena Gomez malah dikabarkan kembali bermasalah. Sempat rehat sejenak, baru-baru ini muncul kabar bahwa mereka telah putus.

Dilansir dari Hollywood Life, Sabtu (12/5/2018) Selena disebut memilih putus dari Justin Bieber karena sang kekasih tak bisa memberikan kepastian di masa depan.

Selena Gomez, ternyata mulai memikirkan soal pernikahan.

 

Soal Pernikahan

Awalnya, hubungan Justin Bieber dan Selena Gomez terlihat menjanjikan.  (STUART FRANKLIN/GETTY IMAGES NORTH AMERICA/AFP)

"Dia (Justin) mencintainya dengan amat sangat hingga saat ini, dan masih memiliki perasaan yang kuat untuknya. Tapi dia belum mampu untuk berumah tangga seperti yang dia (Selena) inginkan dan dia (Selena) tak mampu meyakinkan Justin untuk memikirkan pernikahan secara serius," tutur seorang sumber yang dekat dengan Justin Bieber.

 

Perubahan Pola Pikir

Usai memutuskan berpisah dengan Justin Bieber, Selena dikabarkan sudah move on. (MATT WINKELMEYER  GETTY IMAGES NORTH AMERICA  AFP)

Sumber ini juga mengatakan bahwa pola pikir Selena Gomez berubah sejak ia menjalani transplantasi ginjal.

 

Prioritas Berubah

Selena Gomez tertawa saat mempromosikan film terbarunya

"Prioritas hidup Selena berubah drastis sejak operasinya dan pandangannya soal kehidupan telah berubah. Dia ingin berumah tangga lebih cepat dari yang diinginkan Justin dan ia (Selena) melihat keengganan Justin sebagai titik nadir yang membuatnya memutuskan berpisah," tutur sumber tersebut.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Heboh Bom Surabaya, Begini Panduan Ortu Bicara Terorisme pada Anak dari Kemdikbud RI

Posted: 12 May 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ledakan bom terjadi di tiga gereja di Surabaya pagi tadi, Minggu (13/5/2018). Ketiga gereja yang menjadi sasaran ledakan adalah Gereja Katolik Santa Maria Tak Bercela, GKI Wonokromo Diponegoro, dan sebuah gereja di Jalan Arjuno.

Polisi kini menutup tiga lokasi sasaran ledakan bom tersebut untuk melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP).

Kejadian ledakan bom di Surabaya tentu mengejutkan publik. Lini masa berbagai media sosial pun dibanjiri oleh berita tersebut.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI turut merespons hal itu dengan mengunggah infografis panduan bagi orangtua tentang cara berbicara pada anak mengenai kejahatan terorisme. 

"Kemendikbud turut berduka cita atas kejadian meledaknya bom di gereja di Surabaya. Berikut infografik panduan untuk orang tua tentang cara bicara pada anak mengenai kejahatan terorisme," bunyi unggahan akun Instagram resmi Kemdikbud RI disertai tagar #bersatulawanterorisme.

Ada enam poin yang disampaikan Kemdikbud RI, antara lain:

 

Saksikan juga video berikut ini:

6 Poin Panduan dari Kemdikbud

Kemdikbud RI membagikan panduan bicara tentang terorisme pada anak. (Foto: Instagram/@kemdikbud.ri

1. Cari tahu apa yang mereka (anak) pahami. Bahas secara singkap apa yang terjadi, meliputi fakta-fakta yang sudah terkonfirmasi, ajak anak untuk menghindari isu spekulasi.

2. Hindari paparan terhadap televisi dan media sosial yang sering menampakkan gambar dan adegan mengerikan bagi kebanyakan anak, terutama anak di bawah usia 12 tahun.

3. Identifikasi rasa takut anak yang mungkin berlebihan. Pahami bahwa tiap anak memiliki karakter unik. Jelaskan bahwa kejahatan terorisme sangat jarang, namun kewaspadaan tetap diperlukan.

4. Bantu anak megungkapkan perasaannya terhadap tragedi yang terjadi. Bila ada rasa marah, arahkan pada sasaran yang tepat, yaitu pelaku kejahatan. Hindari prasangka pada identitas golongan yang didasarkan pada prasangka.

5. Jalani kegiatan keluarga bersama secara normal untuk memberikan rasa nyaman, serta tidak tunduk pada tujuan teroris mengganggu kehidupan kita. Kebersamaan dan komunikasi rutin penting untuk mendukung anak.

6. Ajak anak berdiskusi dan mengapresiasi kerja para polisi, TNI, dan petugas kesehatan yang melindungi, melayani, dan membantu kita di masa tragedi. Diskusikanlah lebih banyak tentang sisi kesigapan dan keberanian mereka daripada sisi kejahatan pelaku teror.

Selain itu, Kemdikbud melalui akun @kemdikbud.ri juga berpesan agar masyarakat tidak membagikan foto atau video kerusakan dan korban. "Foto dan video yang mengerikan adalah salah satu wujud teror dan provokasi. Menyebarkan foto dan video seperti itu merupakan tujuan dari teroris. Kita tidak mau menjadi alat dari tujuan teroris," demikian bunyi salah satu poin dari imbauan #SahabatDikbud.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: 6 Trik Sederhana Mendinginkan Kamar Tanpa AC, 7 Hak Istimewa Ratu Inggris

Posted: 12 May 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cuaca yang panas di musim kemarau bisa membuat kita tak nyaman terlebih pada siang dan malam hari. Sayangnya, tak semua dari kalian yang memiliki pendingin ruangan atau AC di rumah ya. Hal tersebut bisa sangat menyiksa, namun ada beberapa hal yang bisa membantu kalian mendinginkan ruangan atau kamar tidur tanpa AC loh.

Beberapa hal tersebut nyatanya sangat sederhana mulai dari memanfaatkan handuk basah, es batu hingga memasukkan bantal ke dalam kulkas bisa membantu kalian tidur nyenyak tanpa menggunakan AC di musim kemarau.

Artikel tentang trik sederhana mendinginkan kamar tanpa AC ini menjadi yang paling terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Sementara itu artikel kedua populer yakni tentang 7 hak istimewa ratu Inggris. Sedangkan artikel tentang 5 tempat paling terlarang di dunia menempati ketiga terpopuler.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Wajib Coba, 6 Trik Sederhana Mendinginkan Kamar Tanpa AC

ilustrasi foto kamar tidur (iStockphoto)

Ketika musim kemarau tiba, tidur bisa begitu menyiksa. Terlebih jika Anda tidak mampu membeli AC dan hanya memanfaatkan kipas angin. Nah, 6 trik sederhana ini dapat membantu Anda mendinginkan kamar tidur. Hasilnya, Anda bisa tidur dengan nyenyak di musim kemarau sekalipun.

Handuk basah di jendela

Yang perlu Anda lakukan adalah menempatkan handuk basah di jendela yang terbuka. Trik ini amat manjur karena berfungsi sebagai AC alami.

Selengkapnya…

2. Kebal Hukum hingga Tak Perlu Paspor, 7 Hak Istimewa Ratu Inggris

Sebagai Ratu Inggris, ternyata Ratu Elizabeth II memiliki hak istimewa yang tidak dimiliki keluarga kerajaan lain (Sumber foto: idntimes.com)

Menjadi monarki terpanjang di dunia, Ratu Elizabeth II naik takhta menjadi penguasa Inggris, Kanada, Australia, dan Selandia sejak 1952. Sang Ratu telah berkuasa sejak kalangan monarki memiliki hampir segala wewenang di masa lalu. Namun saat ini, ada sejumlah batasan terkait dengan keleluasaannya memimpin Inggris. Meskipun banyak batasan, dikutip dari wonderslist.com, ada juga sejumlah hak istimewa yang masih melekat padanya Ratu Elizabeth II sebagai Ratu di Kerajaan Inggris.

 Selengkapnya…

3. Tidak Bisa Dikunjungi Sembarang Orang, 5 Tempat di Dunia yang Terlarang

Pulau Diego Garcia di British Indian Ocean yang sangat rahasia (Sumber foto: Travelguide)

Banyak tempat di dunia menyimpan berbagai kisah sejarah kelam dan misteri yang menjadikan lokasi tersebut terlarang untuk dikunjungi. Selain berhantu, beberapa tempat berikut ini hanya boleh dikunjungi oleh orang tertentu lantaran sangat berbahaya dan rahasia. Dimana saja?

Diego Garcia, British Indian Ocean 

Meski pulau Diego Garcia memiliki pantai indah dengan batuan koral yang menakjubkan, dan tampak seperti tempat sempurna untuk menghabiskan liburan musim panas, namun nyatanya pulau ini tidak bisa dikunjungi secara bebas. Larangan tersebut sudah dikeluarkan pemerintah setempat sejak tahun 1973.

Pada tahun 1973, Pemerintah Inggris membangun markas militer di Pulau Diego Garcia. Hanya orang tertentu yang diizinkan masuk. Sejumlah teori konspirasi merebak karena tempat tersebut sangat tertutup. Yang paling baru, menyeruak kabar bahwa pulau ini digunakan CIA untuk melakukan sejumlah penyiksaan terhadap tahanan.

Selengkapnya…

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gelandang Real Madrid Bikin Pusing Zinedine Zidane

Posted: 12 May 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane mengaku dibuat pusing dengan performa cemerlang Gareth Bale. Pasalnya, Zidane bingung menentukan siapa yang bakal tampil di Final Liga Champions.

Bale tampil brilian saat Real Madrid mencukur Celta Vigo di Santiago Bernabeu, Minggu (13/5/2018) dengan skor 6-0. Gelandang asal Wales ini mengemas dua gol dalam pertandingan tersebut.

"Bale sedang maksimal? Akan lebih baik jika semua pemain seperti ini," ujar Zidane seperti dilansir Football Espana.

"Setelah itu, jelas sudah bahwa saya akan pusing menentukan tim untuk Final Liga Champions. Dia bermain baik dan menunjukkan kemampuannya," kata Zidane menambahkan.

Belakangan ini, Bale dianggap mulai menurun performanya akibat sering cedera. Namun penampilan di pertandingan melawan Celta Vigo setidaknya menjadi tanda kalau Bale belum habis.

Di Final Liga Champions melawan Liverpool, Bale sepertinya siap mengulang performa briliannya. Zidane pun mengaku senang dengan performa salah satu pemainnya tersebut.

"Saya bahagia untuknya, tetapi yang terpenting kami menghadapi Final dengan kondisi optimal," kata Zidane.

 

 

Lebih Baik

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane (AP Photo/Paul White)

Zidane menambahkan, secara keseluruhan timnya bermain sangat baik melawan Celta Vigo. Menurut pelatih asal Prancis ini, Real Madrid memainkan sepak bola yang indah.

Lebih lanjut, pelatih berusia 45 tahun ini juga memuji penampilan kiper Keylor Navas. "Saya senang dengan penampilannya, dia menyelamatkan kami dua atau tiga kali melawan Celta. Penampilan Navas yang seperti ini membuat kami bernyawa. Dia pemain penting," ujar Zidane.

Peringkat Ketiga

Kemenangan atas Celta Vigo menaruh Real Madrid di peringkat ketiga klasemen sementara dengan 75 poin. Sementara, tambahan enam gol menjadikan Madrid tim kedua terproduktif di Liga Spanyol musim ini dengan 92 gol, terpaut dua gol dari sang kampiun, Barcelona.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kocak, Ayah Mempelai Wanita Jatuh Setelah Pidato

Posted: 12 May 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ayah seorang mempelai wanita jatuh setelah memberikan pidato lantaran lupa menaruh kursi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masuki Bulan Ramadan, Seperti Apa Tren Belanja Online di Indonesia?

Posted: 12 May 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Saat bulan Ramadan, pola konsumsi belanja masyarakat Indonesia cenderung meningkat setiap tahunnya. Tak hanya terjadi pada pola belanja konvensional, peningkatan pun terjadi dalam kebiasaan belanja online. Hal ini disebabkan karena adanya faktor tradisi dan kebiasaan di bulan Ramadan.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Shopback, pola belanja online meningkatkan sebesar 10 persen pada sebulan menjelang Ramadan. Hal serupa juga terjadi beberapa platform e-commerce dan marketplace lainnya. Berdasarkan data dari SimilarWeb, arus belanja online di lima platform e-commerce besar menunjukkan peningkatan lima hingga 10 persen pada sebulan jelang Ramadan. Cenderung stagnan selama bulan Ramadan.

Indra Yonathan selaku Co-Founder & Country Head of ShopBack Indonesia menuturkan bahwa di Ramadan tahun ini, transaksi belanja online dipercaya akan meningkat hingga dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya.

 

Ilustrasi belanja Online (iStockphoto)​

"Pergeseran pola perilaku belanja masyarakat ke digital merupakan salah satu faktor penyebab peningkatan transaksi belanja di platform e-commerce. Berdasarkan data terbarudari Accenture, hampir setengah (43,7%) dari masyarakat Indonesia yang terkoneksi internet, merupakan digital buyers" ujar Indra Yonathan dalam rilis yang diterima Liputan6.com.

Berdasarkan studi yang sama, masyarakat Indonesia menghabiskan rata-rata Rp 678,726.56 pada Ramadan tahun lalu. Walaupun volume transaksi meningkat, tetapi nilai pembelian dari setiap transaksi tetap tidak berubah.

"Walaupun nilai pembelian tidak menunjukkan pertumbuhan yang signifikan tahun lalu, ShopBack sebagai platform gaya hidup yang mendorong masyarakat untuk dapat bertransaksi online secara cermat dan hemat tetap optimis dapat mengalami pertumbuhan jumlah transaksi dan nilai pembelian hingga 2 kali lipat di Ramadan tahun ini," ujar Yonathan

 

Diskon untuk mendorong perilaku impulsif belanja online

Ilustrasi belanja Online (iStockphoto)​

Program Gebyar Ramadhan Online selama bulan Ramadan menjadi salah satu upaya Shopback untuk meningkatkan jumlah transaksi. Hal ini pun didukung dari laporan Accenture yang mengatakan bahwa 74,1 persen pembeli digital di Indonesia menyatakan bahwa harga produk yang murah serta diskon besar memicu perilaku impulsif dalam pembelian digital. Program Gebyar Ramadhan Online dari Shopback memberikan cashback sampai dengan 90%, serta flash sale di setiap harinya.

Terkait waktu yang paling sering orang mengakses platform e-commerce di bulan Ramadan, dari data ShopBack menunjukkan terjadi dua kali peningkatan traffic dalam satu hari selama bulanRamadan tahun lalu. Pertama terjadi pada pukul 10.00 - 11.00 WIB, dan kedua pada pukul 16.00 - 17.00 WIB. Hal yang sama juga akan terjadi di Ramadan tahun ini.

Kebanyakan, para pelanggan membeli barang berupa produk fashion, grosir, serta mainan selama bulan Ramadan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kutuk Bom Gereja Surabaya, GP Ansor: Biadab dan Tidak Berperikemanusiaan

Posted: 12 May 2018 08:59 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor, Yaqut Cholil Qoumas, mengutuk aksi serangan bom terhadap tiga gereja di Surabaya.

"Kami mengutuk keras tindakan keji, biadab, dan tidak berperikemanusiaan tersebut. Apalagi dilakukan di saat jemaat tengah beribadah," tegas Yaqut, Minggu (13/5/2018).

Ledakan terjadi di tiga gereja Surabaya, Jawa Timur. Lokasinya adalah Gereja Pantekosta Pusat Surabaya Arjuno, Gereja Kristen Indonesia Diponegoro; Gereja Katolik Santa Maria, Jalan Ngagel.

Yaqut berharap korban mendapat penanganan segera. Selanjutnya, kata dia, polisi harus mengusut kasus tersebut.

"Kami mendukung langkah tegas polisi dalam menangani aksi terorisme karena perbuatan mereka keji," Gus Yaqut, sapaan akrabnya.

Menurut dia, bom bunuh diri di Surabaya diduga merupakan aksi lone wolf, jaringan atau sel terputus teroris. Yang menarik, kata Gus Yaqut, ada fenomena aksi lone wolf ini dilakukan kaum perempuan.

"Mereka terpapar radikalisme dan terorisme dari media sosial. Mereka bergerak sendiri, meski berbaiat dengan kelompok Jamaah Anshorut Daulah (JAD). Sebab itu mereka bisa membuat bom dan taktis dalam bergerak," terangnya.

 

 

Momentum Mako Brimob

Gus Yaqut mengatakan, bom di tiga gereja Surabaya merupakan teror kepada aparat dan masyarakat, terutama pascaperistiwa di Mako Brimob. Mereka memanfaatkan momentum peristiwa Mako Brimob.

Melihat kondisi ini, Gus Yaqut meminta masyarakat untuk tenang. Serahkan semua kepada aparat kepolisian.

"Tidak perlu takut, namun tetap waspada. Ayo, #BersamaLawanTeroris," pungkasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polda Metro Jaya Minta Warga Jakarta Waspada

Posted: 12 May 2018 08:59 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setelah kerusuhan di Rutan Salemba Cabang Mako Brimob, bom meledak di tiga gereja di Surabaya, Jawa Timur. Polda Jawa Timur menduga, bom ini imbas dari tragedi Mako Brimob.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono, mengimbau warga untuk tetap waspada akan teror lanjutan.

Dia meminta warga untuk memberikan informasi kepada polisi, apabila menemukan hal mencurigakan. Misalkan benda mencurigakan yang diduga bom.

"Kita waspada, kita tetap waspada dengan situasi kalau masyarakat menerima informasi yang mencurigakan segera lapor ke kepolisian, kita sama sama memerangi terorisme," ucap Argo di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (13/5/2018).

Menurut dia, saat ini, wilayah hukum Polda Metro Jaya masih terpantau aman. Dia memastikan polisi tidak kendur dari kewaspadaan akan teror seperti bom.

 

Rentetan Teror di Jakarta

Ilustrasi Foto Teroris (iStockphoto)

Sebelumnya, ada tiga peristiwa diduga berkaitan dengan terorisme di wilayah hukum Polda Metro Jaya, pasca kerusuhan di Mako Brimob. Anggota Brimob Bripka Marhum Prencje tewas ditusuk, Tendi Sumarno (TS), di halaman kantor Intelmob, Kelapa Dua, Depok (Jumat) dini hari.

Polisi juga telah mengamankan dua orang dan dua ditembak mati di Bekasi, yang diduga anggota jaringan Jamaat Ansharut Daulat. Keempatnya diduga hendak menuju Mako Brimob atas reaksi terjadinya kericuhan, pada Kamis (10/5) dini hari.

Terakhir, dua perempuan, bernama Dita Siska Milenia dan Siska Nur Azizah, diamankan di depan Mako Brimob, lantaran diduga hendak membantu terduga teroris dan melakukan penyerangan, pada Sabtu (12/5). Keduanya berangkat dari Bandung pada Jumat (10/5), untuk mencari informasi narapidana di Mako Brimob dan berencana menyusup ke dalam.

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bom Gereja Surabaya, Gubernur Jatim: Jangan Takut dan Lawan Terorisme

Posted: 12 May 2018 08:58 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, meminta seluruh warga untuk tidak takut dan melawan terorisme usai ledakan bom gereja di Surabaya. Bom meledak di tiga gereja di Surabaya, Jatim, pagi tadi.

"Pagi ini di Polda Jatim, kita melakukan doa bersama untuk Jawa Timur damai. Tetapi pagi ini juga kita berduka. Kasus limpahan dari Mako Brimob sangat ekstrem," ujar Soekarwo saat berada di salah satu lokasi ledakan, di Gereja Pantekosta Pusat Surabaya (GPPS) Jemaat Sawahan Jalan Arjuna Surabaya, Minggu (13/5/2018) pagi.

Dia pun mengatakan, polisi telah memperketat keamanan di semua tempat usai ledakan bom gereja. Oleh karena itu, dia meminta masyarakat tidak takut.

"Satu yang harus kita lakukan, kita tidak takut dan harus melawan terorisme. Kita perkuat keamanan di semua tempat," kata Soekarwo.

Menurut dia, TNI dan Polri adalah inti dari pengamanan pascaledakan bom gereja tadi pagi. Namun, masyarakat sendiri juga harus ikut mengamankan lingkungannya.

"Kami akan gerakan tiga pilar yaitu Bhabinkamtibmas, Babinsa, Kepala Desa/Lurah. Sekali lagi jangan takut semuanya. Ini adalah bagian kita untuk melawan terorisme yang merusak kehidupan berbangsa dan bernegara," kata Soekarwo.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: