Minggu, 13 Mei 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Investor Asing Beli Saham, Tekanan IHSG Jadi Terbatas

Posted: 13 May 2018 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak di zona merah pada perdagangan saham sesi pertama Senin (14/5/2018). Akan tetapi, tekanan IHSG mulai berkurang.

Jelang penutupan sesi pertama, IHSG melemah 43,88 poin atau 0,73 persen ke posisi 5.912,95. Indeks saham LQ45 melemah 0,83 persen ke posisi 953,99. Seluruh indeks saham acuan tertekan.

IHSG sempat berada di level tertinggi 5.937,58 dan terendah 5.853,43. Sebanyak 251 saham melemah sehingga mendorong IHSG ke zona merah. 107 saham menguat sehingga menahan pelemahan IHSG. 98 saham diam di tempat.

Total frekuensi perdagangan saham 187.557 kali dengan volume perdagangan 4,4 miliar saham. Nilai transaksi harian saham Rp 3,5 triliun. Investor asing beli saham di seluruh pasar Rp 168,57 miliar. Posisi dolar Amerika Serikat di kisaran Rp 13.981.

Sebagian besar sektor saham tertekan kecuali sektor saham aneka industri naik 0,22 persen. Sektor saham infrastruktur susut 1,61 persen, sektor saham pertanian melemah 1,61 persen dan sektor saham industri dasar tergelincir 1,33 persen.

Saham-saham yang menguat antara lain saham BKSL naik 12,33 persen ke posisi Rp 164, saham ETWA mendaki 10,53 persen ke posisi Rp 126 per saham, dan saham BWPT menanjak 4,6 persen ke posisi Rp 182 per saham.

Sedangkan saham FORZ melemah 20,35 persen ke posisi Rp 450 per saham, saham RBMS melemah 4,62 persen ke posisi Rp 186 per saham dan saham AISA susut 3,7 persen ke posisi Rp 520 per saham.

Di bursa saham Asia bervariasi. Indeks saham Hong Kong Hang Seng naik 1,28 persen, indeks saham Jepang Nikkei menanjak 0,45 persen, indeks saham Thailand menguat 0,36 persen, indeks saham Shanghai naik 0,55 persen, indeks saham Taiwan menguat 0,99 persen. Sementara itu, indeks saham Korea Selatan Kospi melemah 0,14 persen dan indeks saham Singapura susut 0,32 persen.

"Jika dilihat dari data RTI, maka betul terjadi net buy asing," ujar Analis PT Binaartha Sekuritas, Nafan Aji saat dihubungi Liputan6.com.

 

IHSG Melemah Usai Ada Teror Bom Surabaya

Pekerja berbincang di dekat layar indeks saham gabungan di BEI, Jakarta, Selasa (4/4). Pada pemukaan indeks harga saham gabungan (IHSG) hari ini naik tipis 0,09% atau 4,88 poin ke level 5.611,66. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, aju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terkoreksi pada pembukaan perdagangan pagi ini (14/5/2018). Hampir seluruh sektor saham kompak melemah tersengat sentimen teror bom Surabaya dan Sidoarjo kemarin pada 13 Mei 2018.

Pada pra-pembukaan perdagangan, IHSG melemah 23,37 poin atau 0,39 persen ke level 5.933,461. Begitu pun dengan indeks LQ45 turun 0,61 persen ke posisi 956,135.

Pelemahan berlanjut dan IHSG dibuka terkoreksi semakin dalam 0,47 persen atau 29,98 poin ke level 5.928,845. Indeks LQ45 pun merosot 0,64 persen ke posisi 955,863.

Sebanyak 108 saham merosot, 107 saham stagnan, dan 80 saham menguat. Total frekuensi perdagangan saham tercatat sebanyak 20.484 kali dengan volume 466,4 miliar saham senilai Rp 417,6 miliar.

Investor asing melakukan penjualan di seluruh pasar senilai Rp 33,53 miliar. Sedangkan dolar AS diperdagangkan pada posisi Rp 13.971.

Seluruh sektor saham nyaris jeblok, kecuali saham aneka industri yang menguat sendirian sebesar 0,39 persen. Penurunan tertinggi di sektor saham consumer goods sebesar 1,22 persen, disusul sektor manufaktur dengan pelemahan 0,88 persen.

Adapun saham-saham yang buntung pada perdagangan pagi ini, di antaranya BTEK yang anjlok 10,06 persen. Kemudian saham NRCA dan saham BSIM yang masing-masing terperosok 7,89 persen dan 7,20 persen.

Sementara, saham-saham yang justru untung, yakni saham ETWA dengan penguatan terbesar 24,56 persen. Selanjutnya saham CITA yang menanjak 14,29 persen, dan saham SQMI melesat 13,16 persen.

Di sisi lain, bursa saham Asia bergerak campuran. Indeks saham Hang Seng Hong Kong melesat 1,28 persen, indeks saham Nikkei Jepang menguat 0,18 persen, indeks saham Shanghai naik 0,34 persen, dan indeks sahan Taiwan menguat 0,76 persen.

Sedangkan indeks saham Strait Times Singapura tergelincir 0,35 persen, dan indeks saham Kospi Korea Selatan melemah 0,09 persen.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Suka Keramaian, 3 Zodiak Ini Benci Kesepian

Posted: 13 May 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang pasti menyukai suasana yang cocok dengan kepribadian mereka. Ada yang merasa senang dengan kesepian karena mereka bisa menemukan kedamaian dan ketenangan bagi diri sendiri dan ada pula yang sebaliknya.

Meski begitu, tak selalu kesepian bisa menjadi suasana yang bagus untuk kita. Rasa kesepian ternyata mampu mengundang kesedihan sehingga tak sedikit orang membencinya.

Daripada itu, orang-orang yang membenci kesepian ternyata bisa terlihat dari zodiak mereka. Mereka juga menyukai dan menikmati setiap momen keramian yang kerap mereka alami. Ini dia tiga zodiak yang terbilang menyukai keramaian dan tak suka dengan kesepian.

1. Pisces

Ilustrasi teman (iStockphoto)

Zodiak berlambang ikan ini sangat suka keramaian. Berada di tempat yang sepi akan membuatnya merasa tidak nyaman. Tidak hanya itu, bagi pisces sepi adalah rasa tidak nyaman. Saat sendirian ia akan berusaha mencari teman untuk menemaninya.

Ditinggal di tempat asing dan tanpa teman akan membuat Pisces merasa tidak tenang.

2. Virgo

Ilustrasi teman (iStockphoto)

Meskipun terkesan introvert, bagi Virgo berada di tempat sepi akan membuat ia merasa tidak nyaman. Tidak ingin sendiri ia akan berusaha bertemu dengan teman terdekatnya. Virgo memiliki energi yang besar untuk melakukan hal yang ia sukai, termasuk melakukan hal yang menyenangkan.

Energi yang besar ini akan membuat orang di sekitarnya selalu bersemangat dan ceria.

3. Taurus

Ilustrasi teman curhat (iStockphoto)

Hal yang paling membuat seorang Taurus tidak nyaman adalah rasa sepi. Ia sangat tahu cara membuat bahagia. Tidak hanya untuk dirinya tapi juga orang terdekatnya. Berusaha melakukan hal yang ia sukai akan membuat keadaan menjadi menyenangkan.

Reporter

Ayu Puji Lestari

Sumber: Vemale.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Guardiola: Liverpool Bakal Lebih Berbahaya daripada MU

Posted: 13 May 2018 10:00 PM PDT

Manchester - Bukan Manchester United (MU), Josep Guardiolajustru menunjuk Liverpool yang akan jadi pesaing utama Manchester City di Liga Inggris musim depan. Manajer Manchester itu memang mengaku sangat mewaspadai Liverpool musim depan.

Man City tampil sangat dominan pada musim 2017-2018. Sergio Aguero Cs. bahkan sudah memastikan gelar juara dan akan mendapatkan 100 poin pada musim ini jika mampu mengalahkan Southampton pada laga Minggu (13/5/2018) malam.

Sementara, Liverpool berada di possi ketiga klasemen Premier League. Peringkat kedua klasemen dikuasai MU. Namun, Pep tidak melihat MU sebagai pesaing utama musim depan.

"Saya yakin musim ini mereka adalah pesaing yang tangguh dan mereka juga akan sama pada musim depan. Saya tidak katakan hanya Liverpool, tapi mereka memang pesaing utama," ucap Pep, seperti dilansir ESPN

Manajer asal Spanyol tersebut menilai ada beberapa alasan menilai The Reds sebagai pesaing utama ketimbang MU ](3524133 ""). Pep melihat gaya bermain dan kualitas Liverpool sangat bagus, terutama di lini serang yang dikomandoi Mohamed Salah.

 

Pertahanan Solid

Selain itu, ada pula Virgil van Dijk yang dia prediksi membuat lini pertahanan Liverpool makin solid lagi musim depan.

"Jurgen Klopp adalah manajer papan atas, dia manajer yang cerdas. Dia menciptakan gaya bermain menyerang yang selalu disukai oleh para penonton. Dia selalu positif dan menciptakan suasana yang kondusif dalam timnya," tandas Guardiola.

Sumber: www.Bola.net

 Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Agar Tak Hambat Industri Pembayaran, Sistem GPN Perlu Dibenahi

Posted: 13 May 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM FEB UI) baru saja merilis kajian mengenai karakteristik desain dan dampak penerapan GPN (Gerbang Pembayaran Nasional) terhadap industri pembayaran.

Kajian independen yang dilakukan selama enam bulan ini, melibatkan enam ahli ekonomi, dan merupakan respons para pemerhati industri pembayaran di lingkup kampus UI terhadap Peraturan Bank Indonesia (PBI) Nomor 19/8/PBI/2017 tentang GPN.

Terbitnya peraturan mewajibkan para pelaku industri pembayaran mengintegrasikan sistem pembayaran ritel di Indonesia, dengan dampak langsung pada transaksi menggunakan kartu debit.

"Pada dasarnya kami menyambut baik penyelenggaraan GPN ini yang menandakan suatu kemajuan pada upaya pemerintah untuk lebih bergiat memindahkan sistem transaksi tunai menjadi non tunai," ujar Chaikal Nuryakin, salah satu peneliti LPEM FEB UI yang terlibat aktif dalam menyusun hasil kajian ini.

"Namun, ada beberapa hal yang menurut kajian LPEM FEB UI masih perlu diperbaiki dalam penyelenggaraannya, agar kebijakan tidak menghambat kinerja industri pembayaran di Indonesia, dan sekaligus memberikan keuntungan maksimal bagi nasabah," tambahnya.

Hal yang disoroti pada hasil kajian tersebut termasuk dampak langsung (intended consequences) dan tidak langsung (unintended consequences) yang muncul dari penerapan skema tarif, mandat kepemilikan kartu debit GPN, dan pemrosesan melalui kelembagaan GPN.

Aspek Tarif

20 juta kartu debit BRI berlogo GPN siap diterbitkan hingga akhir 2018

Pertama, dari aspek tarif, GPN akan menurunkan biaya merchant discount rate atau MDR yang dibayarkan merchant secara agregat sebesar Rp 830 miliar atau 47 persen per tahun. Hal ini dinilai akan mendorong lebih banyak terjadinya transaksi non tunai.

Namun di sisi lain, penurunan MDR berpotensi menggerus penerimaan bank hingga 77 persen (untuk bank issuer) dan 20 persen (untuk bank acquirer).

Akibatnya, dorongan bagi bank issuer untuk berinovasi pada produk kartu debit dan bank acquirer untuk mengakusisi lebih banyak merchant terancam menurun.

Kedua, potensi inefisiensi biaya akibat nasabah yang diwajibkan untuk memiliki kartu debit berlogo GPN. Bagi bank issuer, pencetakan kartu baru akan memunculkan kemungkinan melonjaknya biaya operasional hingga Rp 585 miliar dalam empat tahun ke depan.

Namun, semakin banyaknya kartu yang beredar belum dapat dilihat sebagai solusi efektif. Adanya kewajiban kepemilikan minimal satu kartu GPN untuk setiap nasabah akan berdampak pada terbitnya 22,5 juta kartu debit GPN yang tidak digunakan nasabah atau dormant karena tidak dianggap kompatibel, terutama untuk kebutuhan transaksi di luar negeri dan transaksi daring (e-Commerce).

Biaya Administrasi

Bank BRI launching Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) Card (Dok Foto: PT BRI Tbk)

Sementara, yang tidak dapat dihindari adalah munculnya biaya administrasi yang akan dibebankan kepada nasabah untuk kepemilikan kartu tambahan tersebut.

Diperkirakan secara total ada tambahan biaya administrasi yang akan timbul sebesar Rp 163 miliar per bulan, atau jika diakumulasikan menjadi Rp 1,96 triliun per tahun.

"Bagi nasabah yang melakukan perjalanan ke luar negeri ataupun pembelanjaan daring, penggunaan kartu berlogo GPN mungkin akan kurang menarik karena terbatasnya akses pembayaran jika dibandingkan dengan kartu berlogo internasional yang sudah mereka miliki," ujar Dono Iskandar, peneliti LPEM, anggota tim penyusun hasil kajian ini.

"Hal ini perlu disikapi dengan baik, agar pencetakan kartu berlogo GPN tetap dapat digunakan secara maksimal oleh nasabah, dan bukan sekadar pemenuhan kewajiban atas kepemilikan minimal satu kartu berlogo GPN yang ditetapkan pemerintah," tambahnya.

Aspek lain yang tidak kalah penting adalah pemrosesan transaksi. Desain GPN yang dibangun di atas empat lembaga switching domestik yang berbeda dinilai menghambat optimalisasi sistem pembayaran karena mendesak kebutuhan interoperabilitas dan interkoneksi.

Padahal, switching merupakan industri dengan fixed cost yang besar sehingga memerlukan skala ekonomi yang optimal untuk dapat beroperasi dengan efisien.

Studi kasus di negara-negara lain menunjukkan bahwa negara perlu menggelontorkan biaya investasi hingga Rp 675 miliar untuk membuat sistem pembayaran nasional seperti GPN.

Selain itu, kewajiban bagi seluruh pemrosesan transaksi domestik untuk melalui infrastruktur GPN juga dilihat akan mendistorsi kompetisi. LPEM menilai tujuan kedaulatan data dan kepentingan nasional sudah tercapai, mengingat BI telah memberlakukan kewajiban pemrosesan transaksi domestik untuk menggunakan infrastruktur dalam negeri.

Pemrosesan melalui lembaga switching domestik juga dikhawatirkan meningkatkan potensi terjadinya fraud, hacking, dan disrupsi terhadap infrastruktur GPN, mengingat kebanyakan lembaga switching tersebut sebelumnya hanya merupakan penyelenggara jasa switching untuk jaringan ATM.

Isu keamanan bertransaksi bagi nasabah saat ini masih menjadi salah satu kekhawatiran utama dan sekaligus pekerjaan rumah bagi ragam layanan keuangan di Indonesia.

Cermat memilih lembaga yang diberikan mandat mengelola switching menjadi salah satu poin utama yang tidak dapat diabaikan begitu saja.

Kebijakan Optimalisasi

Ketua Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) Anggoro Eko Cahyo (tengah) bersama sejumlah menteri Kabinet Kerja, menunjukkan kartu Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) saat peresmian di Gedung BI, Jakarta, Senin (4/12). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Menimbang hal-hal tersebut, LPEM merekomendasikan sejumlah kebijakan untuk meningkatkan optimalisasi sistem pembayaran di bawah GPN. Pertama, konsolidasi perusahaan switching domestik menjadi satu entitas yang dimiliki bersama oleh perbankan nasional.

Hal ini bertujuan untuk mempermudah interoperabilitas dan interkoneksi, mendukung pengembangan inovasi, dan menjaga keberlanjutan industri sistem pembayaran.

Kedua, pemberlakuan kebijakan opt out kepemilikan kartu berlogo GPN bagi nasabah yang tidak memerlukannya dalam rangka mengeliminasi inefisiensi dari kartu dormant dan biaya administrasi berlebih.

Kebijakan ini diperkirakan dapat menurunkan biaya administrasi sebesar Rp40 miliar per bulan atau Rp480 miliar per tahun. Terkait instrumentasi, LPEM juga merekomendasikan agar penerapan GPN tidak hanya berbasis kartu tapi juga berbasis peladen (server) sesuai perkembangan teknologi.

"Kami menilai perlu adanya peninjauan ulang terhadap kewajiban pemrosesan seluruh transaksi domestik melalui GPN. Penerapan GPN akan membawa berbagai dampak positif bagi sistem pembayaran di Indonesia namun belum optimal dari segi efisiensi, perlindungan konsumen, dan kompetisi, serta tidak sejalan dengan praktik internasional," tutup Ashintya Damayati, anggota tim penyusun hasil kajian.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: 8 Gaya Berhijab Chacha Frederica untuk Inspirasi Kumpul Buka Puasa Bersama

Posted: 13 May 2018 10:00 PM PDT

Hijab warna putih dipadankan dengan outfit polkadot juga bisa membuat gayamu chic banget! (instagram/chafrederica)

Hijab warna putih dipadankan dengan outfit polkadot juga bisa membuat gayamu chic banget! (instagram/chafrederica)

Dengan baju bermotif bunga, bisa banget nih jadi andalan untuk acara bukber. (instagram/chafrederica)

Dengan baju bermotif bunga, bisa banget nih jadi andalan untuk acara bukber. (instagram/chafrederica)

Jangan melulu main aman dengan warna pastel. Kamu juga bisa tampil cantik dengan warna cerah seperti paduan warna merah, putih dan hitam ini! (instagram/chafrederica)

Jangan melulu main aman dengan warna pastel. Kamu juga bisa tampil cantik dengan warna cerah seperti paduan warna merah, putih dan hitam ini! (instagram/chafrederica)

Bermain dengan warna kalem seperti krem atau abu-abu pun nggak masalah. Kamu bisa melihat elegan dengan paduan warna ini. (instagram/chafrederica)

Bermain dengan warna kalem seperti krem atau abu-abu pun nggak masalah. Kamu bisa melihat elegan dengan paduan warna ini. (instagram/chafrederica)

Baby pink dipadankan dengan warna putih memang jadi andalan banget. Kamu bisa terlihat cantik dan manis dengan padanan warna ini. (instagram/chafrederica)

Baby pink dipadankan dengan warna putih memang jadi andalan banget. Kamu bisa terlihat cantik dan manis dengan padanan warna ini. (instagram/chafrederica)

Nah ini padu padan warna kalem yang didominasi warna pink. Cantik banget ya! (instagram/chafrederica)

Nah ini padu padan warna kalem yang didominasi warna pink. Cantik banget ya! (instagram/chafrederica)

Nah yang terakhir apdanan warna krem dan hitam. Kalau nggak begitu nyaman memakai gamis, style ini juga cocok kok! (instagram/chafrederica)

Nah yang terakhir apdanan warna krem dan hitam. Kalau nggak begitu nyaman memakai gamis, style ini juga cocok kok! (instagram/chafrederica)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kesalahan Mencukur Bulu yang Sering Terjadi

Posted: 13 May 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bagi para wanita, memiliki kulit tubuh yang mulus tentu menjadi impian. Cara yang bisa dilakukan ialah dengan menghilangkan bulu-bulu yang tumbuh di area-area tertentu pada tubuh. Untuk menghilangkannya, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mencukur. Namun kegiatan mencukur harus benar-benar diperhatikan dan dilakukan dengan tepat agar tak menimbulkan efek samping. Penasaran kesalahan apa yang sering terjadi kala bercukur? Simak berikut ini.

1. Melewatkan eksfoliasi

Eksfoliasi sebelum bercukur dapat membantu permukaan kulit menjadi lebih halus. Gunakan body scrub ringan untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk di area yang akan dicukur sehingga memudahkan kerja pisau cukur.

2. Menggunakan pisau cukur lama

Berikut enam cara mencukur bulu ketiak dengan benar agar ketiak kembali bersih dan sehat. (Foto: iStockphoto)

Ini tentu sangat tidak disarankan. isau cukur lama tidak higienis dan dapat melukai kulit. Jadi, pastikan Anda menggunakan pisau cukur baru saat akan bercukur.

3. Tidak menggunakan shaving cream

Anda bisa benar-benar melukai kulit jika tidak menggunakan cukup shaving cream. Pastikan Anda memilih tekstur shaving cream yang tepat untuk mempermudah kerja pisau cukur.

4. Menekan pisau cukur terlalu keras

Ilustrasi Cukur Bulu Kaki

Pastikan agar pisau cukur tak menekaan permukaan kulit terlalu keras. Hal ini untuk menghindari terjadinya iritasi pada kulit Anda.

5. Lupa menggunakan moisturizer setelah bercukur

Setelah bercukur, kulit akan terasa lebih kering dan lebih sensitif. Pastikan untuk mengaplikasikan pelembap untuk menenangkan area kult yang telah dicukur.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Serangan Bom di Surabaya, Jam Operasional Mal Berjalan Normal

Posted: 13 May 2018 09:56 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pengelola memastikan jam operasional mal atau pusat belanja berjalan secara normal. Hal ini meski telah terjadi aksi pengeboman di sejumlah titik di Surabaya, Jawa Timur.

Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Stefanus Ridwan mengatakan, sejauh ini jam operasional mal masih berjalan normal, yaitu pukul 10.00-22.00 WIB.

"Masih normal, seperti biasa," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Senin (14/5/2018).

Selain itu, lanjut dia, jumlah kunjungan ke mal juga masih normal. Dia menghimbau masyarakat tidak khawatir untuk beraktivitas di mal.

"‎Sampai kemarin masih normal, belum terlalu berdampak. Mudah-mudahan tidak terjadi penurunan (pengunjung)," kata dia.

Ridwan berharap insiden ledakan bom tersebut segera berakhir. Dengan demikian, kegiatan bisnis dan perdagangan di dalam negeri tidak terganggu.

"Mudah-mudah tidak terjadi (insiden di mal)," tandas dia.

Ledakan Bom

Aparat kepolisian bersenjata lengkap melakukan penjagaan saat Tim Gegana menyisir Gereja Santa Anna Duren Sawit, Jakarta Timur, Senin (14/5). Area gereja disterilkan menyusul teror bom melalui telepon gelap di gereja itu. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Untuk diketahui, bom kembali meledak di daerah Jawa Timur. Senin pagi, bom meledak di depan Polrestabes Surabaya.

Kepolisian menyebut, diledakkan pukul 08.50 WIB. "Meledak sekitar pukul 08.50 WIN," kata Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Frans Barung Mangera sat dihubungi Liputan6.com, Senin (14/5/2018).

Bom meledak di gerbang masuk Polrestabes Surabaya.

Saat ini kepolisian masih olah tempat kejadian perkara (TKP). Akibat bom ini, aparat menjadi korban. Namun belum diketahui jumlah pasti korban.

Sebelumnya, teror bom gereja juga terjadi Surabaya. jumlah korban meninggal dunia pada teror bom gereja di Surabaya, Jawa Timur, mencapai 13 orang, sementara 41 orang lainnya luka-luka.

"Ada 13 orang meninggal," ujar Kabid Humas Polda Jawa Timur, Kombes Frans Barung melalui pesan singkat kepada Liputan6.com, Jakarta, Minggu (13/5/2018).

Saat ini, para korban luka bom gereja tadi pagi tengah mendapat perawatan di sejumlah rumah sakit.

Pada papan pengumuman Rumah Sakit dr Soetomo tertulis, ada enam pasien yang ditangani di sana. Empat orang segera menjalani operasi oleh tim kedokteran. Satu orang meninggal dan seorang lagi diperbolehkan pulang.

Masing-masing korban bom gereja itu adalah Miss X dari Gereja Santa Maria Tak Bercela Ngagel; Ahmad Nurhadi dari Gereja Santa Maria Tak Bercela Ngagel; Martha Jumani dari Gereja Pantekosta, Jalan Arjuna Surabaya; Giri dari Gereja Pantekosta, Jalan Arjuna Surabaya; Sonia dari Gereja Santa Maria Tak Bercela; dan Miss X dari Gereja Santa Maria Tak Bercela.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Diteror Telepon Gelap, Tim Gegana Sisir Gereja Santa Anna Duren Sawit

Posted: 13 May 2018 09:51 PM PDT

Kendaraan tim Gegana Polda Metro Jaya terlihat di depan Gereja Santa Anna Duren Sawit, Jakarta Timur, Senin (14/5). Tim Gegana melakukan penyisiran di dalam area Gereja menyusul teror bom melalui telepon gelap di gereja itu. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Kendaraan tim Gegana Polda Metro Jaya terlihat di depan Gereja Santa Anna Duren Sawit, Jakarta Timur, Senin (14/5). Tim Gegana melakukan penyisiran di dalam area Gereja menyusul teror bom melalui telepon gelap di gereja itu. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Aparat kepolisian bersenjata lengkap melakukan penjagaan saat Tim Gegana menyisir Gereja Santa Anna Duren Sawit, Jakarta Timur, Senin (14/5). Area gereja disterilkan menyusul teror bom melalui telepon gelap di gereja itu. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Aparat kepolisian bersenjata lengkap melakukan penjagaan saat Tim Gegana menyisir Gereja Santa Anna Duren Sawit, Jakarta Timur, Senin (14/5). Area gereja disterilkan menyusul teror bom melalui telepon gelap di gereja itu. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Kendaraan aparat kepolisian terlihat di Gereja Santa Anna Duren Sawit, Jakarta Timur, Senin (14/5). Tim Gegana Polda Metro Jaya melakukan penyisiran di dalam area gereja menyusul teror bom melalui telepon gelap di gereja itu (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Kendaraan aparat kepolisian terlihat di Gereja Santa Anna Duren Sawit, Jakarta Timur, Senin (14/5). Tim Gegana Polda Metro Jaya melakukan penyisiran di dalam area gereja menyusul teror bom melalui telepon gelap di gereja itu (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Aparat kepolisian bersenjata lengkap melakukan penjagaan saat Tim Gegana menyisir Gereja Santa Anna Duren Sawit, Jakarta Timur, Senin (14/5). Area gereja disterilkan menyusul teror bom melalui telepon gelap di gereja itu. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Aparat kepolisian bersenjata lengkap melakukan penjagaan saat Tim Gegana menyisir Gereja Santa Anna Duren Sawit, Jakarta Timur, Senin (14/5). Area gereja disterilkan menyusul teror bom melalui telepon gelap di gereja itu. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Polisi bersenjata lengkap melakukan penjagaan saat Tim Gegana menyisir Gereja Santa Anna Duren Sawit, Jakarta Timur, Senin (14/5). Tim Gegana menyisir area dalam gereja menyusul teror gelap dari orang tak dikenal. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Polisi bersenjata lengkap melakukan penjagaan saat Tim Gegana menyisir Gereja Santa Anna Duren Sawit, Jakarta Timur, Senin (14/5). Tim Gegana menyisir area dalam gereja menyusul teror gelap dari orang tak dikenal. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sentimen Negatif Bertubi-tubi, Ekonomi RI Diyakini Tetap Stabil

Posted: 13 May 2018 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ekonomi Indonesia dinilai masih stabil meski dihantam berbagai volatilitas dan gejolak politik akhir-akhir ini. Sementara fluktuasi pasar keuangan yang terjadi di dalam negeri pada kuartal I-2018 lebih disebabkan dari faktor eksternal.  

"Volatilitas yang terjadi di pasar finansial beberapa bulan terakhir dua kali lebih besar dibanding 2017 dan disebabkan oleh faktor eksternal. Kita tidak perlu khawatir sejauh konfigurasi makro ekonomi kita terjaga, relatif sehat, kebijakan ekonomi tetap rasional, dan aktivitas ekonomi masih berjalan normal," kata Kepala Ekonom PT Bank CIMB Niaga Tbk, Adrian Panggabean di di Graha CIMB Niaga, Jakarta, Senin (14/5/2018).

Adrian lebih jauh berpandangan, volatilitas di pasar keuangan akan terus terjadi di sepanjang 2018 dan 2019. Dia menambahkan hal tersebut disebabkan oleh pengetatan kebijakan moneter di Amerika Serikat (AS) serta masih longgarnya kebijakan moneter di Eropa dan Jepang.

Faktor geopolitik dan geoekonomi, serta isu proteksionisme AS, diakuinya juga merupakan faktor yang mengakibatkan fluktuasi tajam pada harga-harga aset secara global.

"Pelemahan rupiah bukan karena faktor domestik tapi karena faktor eksternal. Hal ini kemudian berimbas pada fluktuasi mata uang di seluruh dunia, termasuk kurs rupiah," ujarnya.

Adrian memperkirakan nilai tukar rupiah di kuartal II-2018 akan berada pada kisaran 13.600- 14.000 per dolar AS. Dia merevisi proyeksi rupiah dari rata-rata tahunan Rp 13.200 menjadi rata-rata tahunan Rp 13.550 di 2018.

Rilis angka pertumbuhan ekonomi nasional pada kuartal I-2018 yang sebesar 5,06 selaras dengan proyeksi CIMB Niaga yang sebesar 5,1 persen.

"Konsumsi masyarakat yang belum kuat tidak jauh berbeda dengan 2017 dan rendahnya angka inflasi inti adalah indikasi penting bahwa ekonomi Indonesia memang masih membutuhkan akomodasi kebijakan fiskal dan moneter," tandas Adrian. 

BPS: Pertumbuhan Ekonomi RI Kuartal I 2018 Sebesar 5,06 Persen

Ilustrasi pertumbuhan Ekonomi

Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 5,06 persen di kuartal I-2018 (Year on Year). Capaian ini lebih tinggi dibanding kuartal I-2017 yang sebesar 5,01 persen. 

"Dengan berbagai peristiwa di dalam maupun di luar negeri, pertumbuhan ekonomi kuartal I-2018 sebesar 5,06 persen. Lebih bagus dibanding kuartal I-2017 sebesar 5,01 persen dan kuartal I-2016 sebesar 4,94 persen dan 4,83 persen di periode yang sama 2015," jelas Kepala BPS Suhariyanto saat Rilis Produk Domestik Bruto (PDB) Kuartal I-2018 dikantornya, pada 7 Mei 2018. 

Dia menjelaskan, ada beberapa hal yang mendorong pertumbuhan ekonomi di kuartal I-2018 tersebut. Antara lain, harga komoditas migas dan nonmigas di pasar internasional kuartal I ini mengalami peningkatan, Inflasi di kuartal I ini terkendali. Nilai ekspor belanja barang Indonesia pada kuartal I 2018 mencapai USD 44,26 miliar. Sementara nilai impor mencapai USD 43,98 miliar.

"Kita berharap pertumbuhan ekonomi akan lebih tinggi lagi ke depan karena ada momen yang bisa memacu pertumbuhan ekonomi, yakni ada Lebaran, Pilkada, Asian Games, dan momen lainnya," papar Suhariyanto. 

Sebelumnya, Ekonom dari Institute for Development of Economics andFinance (Indef), Bhima Yudhistira Adhinegara memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia sekitar 5 persen di kuartalI-2018. Proyeksi tersebut lebih rendah dibanding perkiraan BankIndonesia (BI) dan pemerintah, masing-masing sekitar 5,11 persen dan5,2 persen.

"Pertumbuhan ekonomi kuartal I-2018 diprediksi sebesar 5 persen ataustagnan dibanding kuartal I-2017," katanya di Jakarta, Senin(7/5/2018).

Untuk diketahui, Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan realisasi pertumbuhan ekonomi di kuartal I tahun lalu sebesar 5,01 persen.

Perlambatan proyeksi pertumbuhan ekonomi nasional, dijelaskan Bhima, karena dipengaruhi faktor konsumsi rumah tangga yang sedikit terkontraksi. Kondisi ini, sambungnya, tercermin dari data indeks penjualan riil yang melambat, khususnya pembelian durable goods atau barang tahan lama.

"Keyakinan konsumen juga rendah, penjualan kendaraan, khususnya penjualan mobil pada Januari-Maret ini tumbuh 2,8 persen (yoy) atau lebih rendah dibanding periode yang sama tahun lalu," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dipangku Aurel Hermansyah, Putra Bungsu Ashanty Bikin Gemas

Posted: 13 May 2018 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Aurel Hermansyah baru-baru ini kembali menarik perhatian. Bukan karena penampilannya, kali ini momen kebersamaannya dengan sang adik yang menjadi pembicaraan publik.

Dalam unggahan terbarunya, Aurel Hermansyah memperlihatkan momen-momen perayaan peringatan enam tahun pernikahan Anang Hermansyah dan Ashanty.

Dalam foto itu, Aurel Hermansyah tampil cantik dalam balutan dress tanpa lengan. Penampilan Aurel semakin manis dengan mahkota bunga yang terpasang di kepala.

Aurel Hermansyah juga terlihat tengah memangku adik bungsunya, Arsya. Rupanya, ekspresi keduanya membuat warganet salah fokus.

Ekpresi

Aurel Hermansyah & Arsya (Instagram/aurelie.hermansyah)

Dalam foto tersebut, Aurel Hermansyah dan sang adik terlihat sangat serius melihat ke arah yang sama. Warganet sangat gemas melihat tatapan Arsya dalam foto tersebut. Selain wajah Arsya, warganet juga mengomentari sosok Aurel Hermansyah yang disebut sudah cocok menjadi ibu.

Komentar Warganet

Ashanty dan Arsya Akbar Pemuda Hermansyah (Bambang E.Ros/Bintang.com)

"Acabiiiii kayak sdh ngertiiii bgt mlongonyaaa, lucuu km naak,,," tulis akun @olivyavonda

"Salfok sm mukanya arsya, gemes bangettt" tulis akun @rinaoktora_

"Ya allah cantik banget😍 udah kaya mahmud @aurelie.hermansyah" tulis akun @dewiisusi

"Arsya....serius bngt,nak.... hehehheh" tulis akun @deffiedefi

Ucapan Manis

Anang dan Ashanty (Instagram/ashanty_ash)

Sebelumnya, Aurel Hermansyah dan Azriel Hermansyah ikut terlarut dalam kebahagiaan sang ayah, Anang Hermansyah, dan ibu sambungnya, Ashanty. Seperti diketahui, pernikahan Anang Hermansyah dan Ashanty memasuki tahun keenam sejak Sabtu (12/5/2018).

Kakak beradik itu pun juga menuliskan ucapan manis untuk kedua orangtuanya melalui Instagram pribadi masing-masing.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Orang Tewas Akibat Bom Mapolrestabes Surabaya

Posted: 13 May 2018 09:48 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera menyatakan, selain 10 korban luka, empat orang dinyatakan tewas akibat serangan bom di Mapolrestabes Surabaya.

"Sementara empat tewas, mereka adalah pengendara sepeda motor," ujar Frans Barung, Senin (14/5/2018).

Frans Barung menyatakan, empat orang yang tewas adalah pengedara dua motor yang diduga sebagai pelaku serangan bom. Mereka menggunakan motor jenis Honda Supra dan Beat.

Mapolrestabes Surabaya diserang bom Senin sekitar pukul 08.50 WIB. Pelaku mengendarai motor dalam melakukan aksinya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kronologi Bom Bunuh Diri Mapolrestabes Surabaya

Posted: 13 May 2018 09:48 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Duaar... Ledakan di gerbang masuk Markas Polrestabes Surabaya, Jalan Sikatan, kembali menghentak ketenangan kota yang terkenal dengan sejuta taman ini. Sehari sebelumnya, bom mengguncang tiga titik di geraja Surabaya dan satu di Sidoarjo.

Bom bunuh diri meledak di Markas Polrestabes Surabaya Senin 14 Mei 2018 sekitar pukul 08.50 WIB. Kepolisian menyebut bom bunuh diri itu menggunakan sepeda motor yang dikendarai seorang pria, perempuan, dan seorang bocah yang duduk di depan.

Berdasarkan rekaman CCTV, saat itu sebuah minibus hendak memasuki gerbang penjagaan Mapolrestabes untuk dilakukan pemeriksaan oleh tiga petugas jaga dan provost.

Saat mobil tersebut diperiksa, dua motor mencoba menyalip mobil yang diperiksa. Saat dilakukan pemeriksaan itulah pengendara yang membonceng seorang perempuan itu meledakkan diri.

"Dipastikan (serang) kendaraan roda dua, membonceng seorang wanita," kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera, Senin (14/5/2018).

Frans mengatakan, ada empat polisi yang menjadi korban luka dan enam warga yang berada di lokasi ledakan menjadi korban luka. Sedangkan korban tewas diduga pelaku 4 orang.

Ledakan susulan kembali terdengar dari radius 200 meter Markas Kepolisian Resor Kota Besar Surabaya, Jawa Timur, sekitar pukul 10.50 WIB. Dugaan sementara yang beredar, ledakan tersebut berasal dari bom yang sebelumnya dibawa pelaku, namun belum diledakkan.

Belum diketahui ledakan apa yang terjadi, namun terdengar sangat jelas oleh sejumlah petugas, awak media, dan petugas kesehatan yang berjaga di wilayah aman.

Sekitar pukul 10.15 WIB, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyatakan tindakan terorisme itu pengecut dan biadab.

"Setelah kejadian di tiga lokasi di Surabaya kemarin, malamnya ada kejadian lagi di Sidoarjo. Pagi ini terjadi lagi bom bunuh diri di Polrestabes Surabaya. Ini adalah tindakan pengecut yang tidak bermartabat, tindakan biadab," ujar Jokowi di JI Expo, Kemayoran, Jakarta.

Jokowi menegaskan, akan melawan dan membasmi teroris sampai ke akar-akarnya.

"Saya sampaikan ke polisi, saya perintahkan ke Kapolri untuk tegas tidak ada kompromi dalam melakukan tindakan di lapangan untuk menghentikan aksi teroris ini," Jokowi menegaskan.

Sebelumnya, bom meledak di Gereja Santa Maria Tanpa Cela, Ngaggel, GKI Jalan Diponegoro, dan Gereja Pantekosta Jalan Arjuno.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rentetan Teror Bom, Wiranto Minta Masyarakat Tetap Tenang

Posted: 13 May 2018 09:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menko Polhukam Wiranto meminta masyarakat tetap tenang dalam menyikapi rentetan teror yang terjadi di Surabaya.

"Silakan melaksanakan kegiatan sehari-hari tanpa ada keraguan," kata Wiranto di kediamannya, Jalan denpasar, kuningan, Jakarta Selatan, Senin (14/5/2018).

Wiranto memastikan aparat akan meningkatkan penjagaan. "Presiden memerintahkan polisi dibantu TNI menjaga ketertiban masyarakat dan keamanan nasional," ujar Wiranto.

Serangan bom kembali terjadi di Mapolrestabes Surabaya. Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera memastikan serangan bom di Polrestabes Surabaya dilakukan dengan mengendarai kendaraan roda dua.

"Serangan dilakukan di luar area Mapolres, di pelang masuk markas," ujar Frans Barung, Senin (14/5/2018).

 

Rekaman CCTV

Aparat kepolisian menutup jalan setelah serangan bom bunuh diri di Polrestabes Surabaya, Jawa Timur, Senin (14/5). Pelaku yang mengendarai motor meledakan bom di depan Polrestabes Surabaya, tepat di pintu masuk. (AFP/JUNI KRISWANTO)

Barung menyatakan, dari rekaman CCTV yang didapat, diduga sepeda motor tersebut dikendarai dua orang. Seorang pria membonceng penumpang yang diduga seorang perempuan.

"Kita masuk lakukan olah TKP dan identifikasi lokasi," tegas dia.

Barung menambahkan, sudah tugas polisi untuk melayani masyarakat yang datang, siapa pun dia. Termasuk yang terjadi di Polrestabes Surabaya, di mana setiap tamu yang datang akan dilayani.

"Tidak pernah goyah sedikit pun polisi dengan adanya kejadian ini," ia memungkas.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jakarta Siaga Satu, Bagaimana Izin Partai Persija Lawan Home United Besok?

Posted: 13 May 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Utama Persija Jakarta, I Gede Widiade mengatakan, bakal mencari tahu informasi terkait status siaga 1 di ibu kota setelah aksi teror bom di Surabaya. Pasalnya, kondisi tersebut dikhawatirkan mempengaruhi izin pertandingan melawan Home United.

Kemarin, Minggu (13/5/2018), Kapolda Metro Jaya, Irjen Idham Azis menaikkan status pengamanan di wilayah hukum Polda Metro Jaya menjadi Siaga 1. Status itu berlaku hingga ada ketentuan lebih lanjut.

"Saya belum mendengar informasi itu. Saya sedang di Surabaya. Besok (hari ini) saya akan cari informasi," ujar Gede ketika dihubungi Liputan6.com, Minggu (13/5/2018) malam WIB.

Persija dijadwalkan bakal menjamu Home United pada leg kedua semifinal AFC Cup 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (15/5/2018). Pada putaran pertama, armada Stefano Cugurra Teco tersebut kalah 2-3.

Tim berjuluk Macan Kemayoran ini hanya membutuhkan kemenangan 1-0 atau 2-1 untuk mengembalikkan keadaan supaya dapat lolos ke final AFC Cup Zona ASEAN. Sebab, Persija bermodalkan dua gol di kandang lawan.

Belasungkawa

Dirut Persija, Gede Widiade, berbelasungkawa atas aksi teror bom di Surabaya. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Terkait aksi bom yang meneror Surabaya dan sekitarnya, Gede atas nama Persija mengucapkan duka cita yang mendalam. Pengusaha asal Kota Pahlawan tersebut berharap, semoga peristiwa ini tidak membuat bangsa Indonesia terpecah.

"Mewakili pemain dan manajemen mengucapkan belasungkawa, agar itu kejadian yang terakhir, semoga tidak membelah persatuan dan kesatuan kita," imbuh Gede.

Gede juga mengimbau untuk seluruh umat beragama, terutama Muslim dan Nasrani, agar tetap bersatu melawan aksi teror ini. "Dan kepada umat Muslim dan Nasrani agar tidak diadu domba dengan segelintir orang yang mengatasnamakan agama," katanya.

Jadwal Persija

Selasa, 15 Mei 2018

Persija Jakarta Vs Home United

Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan

19.30 WIB

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Suasana Mencekam Saat Bom Meledak di Polrestabes Surabaya

Posted: 13 May 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Bom kembali mengguncang Surabaya, Jawa Timur. Pagi tadi, Senin, 14 Mei 2018, bom bunuh diri meledak di Mapolrestabes Surabaya. Rekaman CCTV menunjukkan bom meledak di pintu masuk.

Ledakan bom terjadi ketika pengendara sepeda motor yang berboncengan menuju pintu masuk Mapolrestabes Surabaya. Para penjaga di pos penjaga berhamburan dan suasana  sekitar langsung mencekam.

Terlihat puing-puing berserakan akibat bom di depan Mapolrestabes Surabaya.

Hingga siang ini, kondisi Jalan Veteran masih ditutup dari segala penjuru. Tim Gegana Polda Jawa Timur datang ke lokasi untuk melakukan sterilisasi.

Simak berita selengkapnya dalam Liputan6 Siang SCTV, Senin (14/5/2018), di tautan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Ekspresi Pejabat Pemkab Bandung Barat Adiyoto Usai Diperiksa KPK

Posted: 13 May 2018 09:45 PM PDT

Kepala BPPD Kabupaten Bandung Barat Adiyoto usai menjalani pemeriksaan di KPK, Jakarta, Senin (14/5). Adiyoto diperiksa sebagai tersangka terkait suap Bupati Bandung Barat Abubakar untuk pencalonan istrinya, Elin Suharliah. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Kepala BPPD Kabupaten Bandung Barat Adiyoto usai menjalani pemeriksaan di KPK, Jakarta, Senin (14/5). Adiyoto diperiksa sebagai tersangka terkait suap Bupati Bandung Barat Abubakar untuk pencalonan istrinya, Elin Suharliah. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Kepala BPPD Kabupaten Bandung Barat Adiyoto usai menjalani pemeriksaan di KPK, Jakarta, Senin (14/5). Elin Suharliah merupakan calon Bupati Bandung Barat dalam Pilkada 2018. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Kepala BPPD Kabupaten Bandung Barat Adiyoto usai menjalani pemeriksaan di KPK, Jakarta, Senin (14/5). Elin Suharliah merupakan calon Bupati Bandung Barat dalam Pilkada 2018. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BPPD) Kabupaten Bandung Barat Adiyoto mengenakan rompi oranye usai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Senin (14/5). (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BPPD) Kabupaten Bandung Barat Adiyoto mengenakan rompi oranye usai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Senin (14/5). (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Kepala BPPD Kabupaten Bandung Barat Adiyoto usai menjalani pemeriksaan di KPK, Jakarta, Senin (14/5). Adiyoto diperiksa sebagai tersangka terkait suap Bupati Bandung Barat Abubakar untuk pencalonan istrinya, Elin Suharliah. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Kepala BPPD Kabupaten Bandung Barat Adiyoto usai menjalani pemeriksaan di KPK, Jakarta, Senin (14/5). Adiyoto diperiksa sebagai tersangka terkait suap Bupati Bandung Barat Abubakar untuk pencalonan istrinya, Elin Suharliah. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Kepala BPPD Kabupaten Bandung Barat Adiyoto usai menjalani pemeriksaan di KPK, Jakarta, Senin (14/5). Elin Suharliah merupakan calon Bupati Bandung Barat dalam Pilkada 2018. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Kepala BPPD Kabupaten Bandung Barat Adiyoto usai menjalani pemeriksaan di KPK, Jakarta, Senin (14/5). Elin Suharliah merupakan calon Bupati Bandung Barat dalam Pilkada 2018. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Misteri Huruf H untuk Batu Jiwa di Avengers: Infinity War Terjawab

Posted: 13 May 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Salah satu teori menarik dari Avengers: Infinity War adalah terbentuknya kata "T-H-A-N-O-S" dari inisial masing-masing benda yang 'membungkus' enam infinity stones alias batu abadi incaran Thanos.

Sebelum Avengers: Infinity War, fans diperkenalkan oleh Tesseract, kubus yang membungkus Batu Ruang (Space Stone). Lalu pelan-pelan kita diperkenalkan oleh Batu Realitas dalam Aether di film kedua Thor, Batu Waktu dalam Necklace (kalung) Eye of Agamotto di Doctor Strange, Batu Kekuatan dalam Orb (bola) di Guardians of the Galaxy, dan Batu Pikiran dalam Sceptre (tongkat kerajaan) milik Loki di The Avengers.

Setelah film Doctor Strange, kelima Batu Abadi tersebut pun terngiang-ngiang di pikiran fans. Beberapa pencinta berat komik pun banyak yang membuat teori mengenai keberadaan Batu Jiwa (Soul Stone), serta di film mana benda itu akan muncul. Setelah Avengers: Infinity War tayang, terjawablah misteri tersebut serta apa inisial H yang melengkapi kata T-H-A-N-O-S.

Namun tunggu dulu, benarkah Avengers: Infinity War memberi petunjuk inisial H di lokasi Batu Jiwa? Selebihnya, akan ada banyak spoiler yang dituliskan.

Melengkapi 6 Infinity Stones

Karakter The Collecter dan enam batu abadi di Guardians of the Galaxy. (Marvel Studios / DIsney)

Seperti diketahui, Avengers: Infinity War memperkenalkan Soul Stone alias Batu Jiwa yang melengkapi enam infinity stones untuk dimanfaatkan oleh Thanos.

Lokasinya berada di Planet Vormir dan dijaga oleh Red Skull, musuh lama Captain America. Batu Jiwa awalnya disembunyikan oleh Gamora dan Nebula, tapi akhirnya Thanos berhasil mengetahuinya.

Setiba di Vormir, butuh pengorbanan orang tercinta agar Soul Stone muncul. Thanos yang membawa Gamora pun mengorbankan anak angkatnya itu. Sampai akhir film, inisial H untuk lokasi Soul Stone sempat menjadi misteri.

Tata Surya Bernama Helgentar System

Enam Batu Abadi atau Infinity Stones di Avengers: Infinity War. (Marvel Studios)

Menelusuri situs Marvelcinematicuniverse.wikia.com, ternyata Vormir merupakan salah satu planet yang berorbit di sebuah tata surya bernama Helgentar System (artinya memiliki sebuah bintang atau matahari bernama Helgentar sebagai pusatnya seperti solar system).

Tentunya, butuh wawasan komik Marvel yang luas untuk mencari tahu soal ini. Pasalnya, nama Helgentar saja baru bisa kita temukan di dalam komik.

Lengkap

Aktor Josh Brolin saat beradegan dalam film Avengers Infinity War. Josh Brolin berperan sebagai Thanos di film tersebut. (Marvel Studios via AP)

Alhasil, lengkap sudah inisial T-H-A-N-O-S sebagai nama benda-benda yang mewadahi keenam infinity stones: Tesseract-Helgentar-Aether-Necklace-Orb-Sceptre.

Sebelumnya, banyak yang berspekulasi bahwa inisial H berkaitan dengan Heimdall atau Hera di Thor: Ragnarok, Herb (tumbuhan) di Black Panther, sampai Howard the Duck yang muncul di ending bonus Guardians of the Galaxy.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Daftar Nama 10 Korban Bom Polrestabes Surabaya

Posted: 13 May 2018 09:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mapolrestabes Surabaya diserang bom Senin (14/5/2018) sekitar pukul 08.50 WIB. Pelaku mengendarai motor dalam melakukan aksinya.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera menyatakan, serangan bom mengakibatkan 10 orang terluka, empat korban dari anggota polri dan enam lainnya warga yang tengah beraktifitas di Mapolres. 

Mereka kini dirujuk ke Rumah Sakit Bhayangkara Polda Jatim untuk mendapat perawatan akibat serangan bom.

"Kita akan terus update perkembangan ke depannya," tukas Frans Barung.

Berikut daftar korbannya:

Dari Polri:

1. Bripda M Taufan

2. Bripda Rendra

3. Aipda Umar

4. Briptu Dimas Indra

Dari warga (pengunjung)

1. Atik Budi Setya Rahayu

2. Raden Adi Ramadan

3. Ari Hartono

4. Ratih Astri Rahmah

5. Eli Ramida

6. Ainur Rofik

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Teror Bom di Gereja Santa Anna Duren Sawit

Posted: 13 May 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tim Jihandak dan sejumlah personel Polrestro Jakarta Timur mendatangi Gereja Santa Anna, Duren Sawit, Jakarta Timur. Kedatangan mereka terkait teror bom yang diterima pihak gereja.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anang dan Ashanty Semakin Mesra Setelah Menikah

Posted: 13 May 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pernikahan Anang dan Ashanty telah memasuki tahun keenam. Sebagai bentuk perayaan, mereka telah melangsungkan acara vow renewal atau pembaharuan janji pernikahan, Sabtu (12/5/2018).

Diakui pasangan yang menikah pada 2012 ini, hubungan mereka semakin erat dan romantis seiring bertambahnya usia perkawinan. Mereka tak bisa hidup terpisah.

"Banyak hal-hal baru yang kita temuin. Kita berdua kayak enggak pernah bosan, penginnya di rumah. Pergi kalau enggak ada dia juga kayak kehilangan, enggak enak kalau dia enggak ada," kata Ashanty di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (13/5/2018).

Makin Cinta

(Instagram/Azriel_hermansyah)

Jika romantisme sejumlah pasangan suami istri memudar seiring dengan panjangnya usia pernikahan, maka Anang dan Ashanty merasakan hal sebaliknya. Cinta itu justru tumbuh semakin besar.

"Kalau kayak orang-orang kan waktu pacaran menggebu-gebu, sudah kawin jadi hilang. Kalau kita justru kebalik, pacaran ya kita biasa-biasa, enggak sampai kayak gini. sekarang justru semakin dalam," ungkap ibu empat anak itu.

Perselisihan

Ashanty dan Anang Hermansyah

Walau hubungan semakin romantis, bukan berarti mereka tak pernah bertengkar. Ada kalanya perselisihan terjadi, tapi itu pun tak berlangsung dalam waktu yang lama.

"Kalau berantem hal-hal kecil masih ada ya, namanya suami istri. Tapi paling masalah kecil aja, misalnya aku lagi enggak pas (beda pendapat), dia ngomongnya keras, aku jadi gimana, sebaliknya juga gitu," ia memungkasi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kapolda Metro: Hubungi Petugas bila Ada Hal Mencurigakan

Posted: 13 May 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis meminta seluruh masyarakat, khususnya warga Jakarta, tetap tenang terkait aksi teror di Surabaya. Ia menegaskan, Polri dan TNI akan bekerja ekstra amankan Ibu Kota.

"Supaya masyarakat tetap tenang, TNI dan Polri menjaga kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat)," kata Idham saat dihubungi Merdeka.com, Senin (14/5/2018).

Selain TNI dan Polri, ia juga meminta bantuan kepada masyarakat agar membantu menciptakan kondisi yang tenang dan sejuk.

"Kami bekerja sama membutuhkan peran masyarakat juga untuk menciptakan situasi yang tertib," ujarnya.

Sementara itu, ia meminta masyarakat agar menghubungi petugas bila melihat dan mendengar hal-hal yang dicurigai.

"Kalau ada informasi-informasi, laporan pos polisi yang terdekat atau teman-teman TNI itu aja," pungkas Idham.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal MotoGP Prancis, Siapa Bisa Hentikan Marquez?

Posted: 13 May 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Le Mans - Seri kelima MotoGP 2018 bakal berlangsung akhir pekan ini. Sirkuit Le Mans, Prancis akan menjadi saksi dari aksi balap motor paling bergengsi di dunia.

Juara MotoGP musim lalu, Marc Marquez tentunya menjadi kandidat kuat pemenangan balapan di Prancis. Rider Repsol Honda Team itu sudah mencatatkan dua kemenangan.

Ya, Marquez mencatatkan dua kemenangan beruntun, di Amerika Serikat dan Spanyol. Hal itu membuatnya berada di puncak klasemen MotoGP dengan 90 poin.

MotoGP Prancis sendiri sangat akrab dengan pembalap Spanyol. Dalam enam tahun terakhir, rider asal Spanyol silih berganti berada di podium pertama Le Mans.

Marquez sendiri kali terakhir menjuarai MotoGP Prancis pada 2014. Pada musim lalu, dia gagal finis karena terjatuh.

Jadwal MotoGP Prancis

Jumat, 18 Mei 2018

FP1: 14:55-15:40 WIB

FP2: 19:05-19:50 WIB

Sabtu, 19 Mei 2018

FP3: 14:55-15:40 WIB

FP4: 18:30-19:00 WIB

Q1: 19:10-19:25 WIB

Q2: 19:35-19:50 WIB

Minggu, 20 Mei 2018

Pemanasan: 14:40-15:00 WIB

Balapan: 19:00 WIB

Klasemen MotoGP 2018

1. Marc Marquez (Repsol Honda) 70 poin

2. Johann Zarco (Movistar Yamaha) 58

3. Maverick Vinales (Movistar Yamaha) 50

4. Andrea Iannone (Suzuki) 47

5. Andrea Dovizioso (Ducati) 46

6. Valentino Rossi (Movistar Yamaha) 40

7. Cal Crutchlow (LCR Honda) 38

8. Jack Miller (Pramac Racing) 36

9. Danilo Petrucci (Pramac Racing) 34

10. Tito Rabat (Avintia Ducati) 24

11. Dani Pedrosa (Repsol Honda) 18

12. Alex Rins (Suzuki) 16

13. Franco Morbidello (Marc VDS) 13

14. Pol Espargaro (KTM) 13

15. Alvaro Bautista (Avintia Ducati) 12

16. Hafizh Syahrin (Yamaha Tech 3) 9

17 Takaaki Nakagami (LCR Honda) 9

18. Aleix Espargaro (Aprilia) 6

19. Mika Kallio (KTM) 6

20. Jorge Lorenzo (Ducati) Ducati 6

21. Scott Redding (Aprilia) 5

22. Bradley Smith (KTM) 3

23. Karel Abraham (Aspar Racing) 1

24. Thomas Luthi (Marc VDS) -

25. Xavier Simeon (Ducati) -

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sosok Kepala Keluarga Terduga Pengebom Bunuh Diri di 3 Gereja Surabaya

Posted: 13 May 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Pemilik Rumah Makan "Bebek Alas Daun" di Wonorejo Asri, Kecamatan Rungkut, Kota Surabaya, Armuji, mengaku terkejut saat petugas kepolisian meminta rekaman kamera pengintai (CCTV) di rumah makannya pada Minggu malam, 13 Mei 2018.

Armuji sempat menanyakan alasan petugas kepolisian meminta rekaman CCTV tersebut. Petugas pun memberi tahu bahwa rekaman tersebut untuk penyelidikan keluarga yang diduga pelaku bom bunuh diri di tiga gereja di Kota Surabaya yang menewaskan 13 orang dan melukai 43 orang pada Minggu pagi.

Tiga gereja tersebut adalah Gereja GKI Jalan Diponegoro Surabaya dan Gereja Pantekosta Jalan Arjuno Surabaya serta Gereja Santa Maria Tak Bercela, Jalan Ngagel Madya Surabaya.

Lokasi rumah makan milik Armuji memang tidak jauh dengan rumah milik keluarga terduga pengebom tiga gereja yang berada di Wonorejo Asri Blok K/22A.

Satu keluarga tersebut adalah pasangan suami istri, yakni Dita Oepriarto dan Puji Kuswanti, serta empat anaknya yang terdiri dari dua laki-laki dan dua perempuan. Empat anak Dita masih bersekolah: satu masih di jenjang SMA, satu SMP, dan dua jenjang SD.

"Saya kaget dan tidak mengira kalau punya tetangga pelaku pengeboman," kata Armuji yang juga menjabat sebagai Ketua DPRD Surabaya ini, dilansir Antara.

Armuji pun memberikan rekaman CCTV yang ada di rumah makannya untuk mempermudah proses penyelidikan petugas kepolisian setempat. Meski tidak tiap hari ke rumah makannya, Armuji biasanya bertegur sapa dengan para tetangganya.

Ia tidak mengira Dita yang sebelumnya dikenal sebagai sosok santun dan ramah pada warga itu menjadi pelaku pengeboman. Dilihat dari cara berpakaiannya biasa dan tidak ada yang menyangka bila Dita merupakan pelaku pengeboman.

Armuji juga mengatakan Dita kerap terlihat bersama kedua anak lelakinya berboncengan naik motor menuju ke musala untuk salat berjemaah.

Meski demikian, sosok Dita yang diketahui bekerja sebagai distributor obat herbal itu diketahui tidak banyak bicara dan bersosialisasi dengan warga semenjak dua tahun terakhir. Padahal, tiga tahun lalu, terduga pemboman di Surabaya itu pernah menjadi Ketua Sub RT 2/RW 3 Kelurahan Wonorejo.

Begitu juga dengan sosok istri Dita yang tidak terlihat mencurigakan. Selain tidak memakai cadar, istri Dita jarang keluar rumah. Namun, anak-anak mereka sering keluar untuk bermain.

"Kata tetangga lainnya, sering ada tamu di rumah Dita. Namun, tetangga tidak terlalu memperhatikannya," katanya.

 

 

 

 

 

 

Pernah Diprotes Warga

Ledakan bom terjadi di Gereja Katolik Santa Maria, Gubeng, Surabaya, Minggu (13/5). Bom juga meledak di KI Wonokromo Diponegoro, dan Gereja di Jalan Arjuno. (Liptan6.com/Istimewa)

Selama ini, Dita tidak pernah membuat permasalahan serius dengan warga setempat. Hanya saja, Dita sendiri sempat mendapat protes dari warga karena pernah membuang limbah hasil usahanya pembuatan minyak kemiri ke saluran air.

Oleh karena itu, warga setempat kaget ketika mengetahui tim Densus 88 menemukan tiga paket bom rakitan siap ledak di rumah Dita. Hasil penelusuran kepolisian, Dita diketahui adalah Ketua Sel Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Surabaya.

Dita diduga mengajak semua keluarganya melakukan aksi bom bunuh diri di tiga gereja di Surabaya. Dita diduga meledakkan diri di Gereja Pantekosta, Jalan Arjuno Surabaya, menggunakan mobil miliknya.

Sedangkan Puji Kuswanti, istrinya, dan dua anak perempuannya diduga meledakkan diri di Gereja GKI Jalan Diponegoro. Sementara dua anak Dita yang lain yang masih belum teridentifikasi diduga meledakkan diri menggunakan motor di Gereja Santa Maria Tak Bercela di Jalan Ngagel Madya Surabaya.

Aparat kepolisian menemukan tiga bom berdaya ledak tinggi (high explosive) saat melakukan penggeledahan di rumah terduga pengebom gereja di Surabaya, di Perumahan Wonorejo Asri Blok K/22A, Rungkut, Surabaya.

Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Rudi Setiawan, mengatakan tiga bom tersebut langsung diledakkan tim penjinak bom di rumah pelaku pengeboman. Dari tim olah TKP, bom tersebut sebelum diledakkan sempat dirakit di rumah tersebut.

"Selain menemukan bom, kami juga menemukan sejumlah barang lain. Semuanya sedang diteliti," ujarnya.

Menurut dia, rumah itu berantakan dan di bagian belakang terdapat ada anak panah dan busur yang menancap di papan target. Selain itu, ada juga beberapa dokumen, buku, dan beberapa tulisan yang terlihat berserakan.

Hasil temuan pihak kepolisian lainnya dari penggeledahan di rumah Dita, yakni sejumlah foto keluarga Dita, styrofoam yang diduga untuk mempercepat pembakaran saat bom diledakkan serta beberapa dokumen.

"Ada beberapa buku, ada beberapa tulisan, ada beberapa pesan sedang kita kumpulkan," katanya.

Surabaya Berduka

Wali Kota Risma merawat PMKS termasuk ODGJ hingga sembuh. Foto: (Dian Kurniawan/Liputan6.com)

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini tidak mengira jika ada kejadian peledakan bom di tiga gereja di Surabaya yang menyebabkan 13 korban meninggal dunia dan puluhan warga lainnya luka-luka.

Hal ini disampaikan Risma saat ikut bersama Kapolrestabes Surabaya mengunjungi lokasi rumah pelaku pengeboman di Wonorejo Asri.

Selama ini, Risma selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk warga Surabaya. Bahkan, usaha yang dilakukan bersama jajaran hingga tingkat kelurahan.

Risma mengaku selama ini melayani masyarakat Surabaya dengan baik. Sejumlah pengaduan warga baik berupa jalan rusak, banjir, persoalan sekolah selalu dicarikan solusi.

"Tapi kalau ada kejadian seperti ini membuat saya sedih dan menyakitkan," katanya.

Menurut Risma, aksi pengeboman yang dilakukan satu keluarga tersebut menyalahi ajaran Islam. Dalam kitab suci Alquran, lanjut dia, jangankan membunuh orang, membunuh binatang, pohon itu saja tidak boleh.

"Kok sekarang kita tega. Apa yang ciptakan agama kita, Tuhan yang ciptakan semua," katanya.

Risma mengungkapkan kesedihan mendalam atas pengebom yang terjadi di Kota Pahlawan. Risma mengatakan pihaknya sudah memberikan semua yang terbaik kepada warga Surabaya.

Bahkan karena Risma tidak ingin orang Surabaya kelaparan, kebanjiran dan mengalami macet. Namun, semua itu dirusak oleh orang yang mengaku paling benar.

"Saya sudah melakukan segitu banyak tapi saya tidak merasa paling benar," katanya.

Pendukung ISIS

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian di Mako Brimob Kelapa Dua Depok, Jawa Barat (Merdeka.com/ Ahda Baihaqi)

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian dalam kesempatan terpisah mengatakan pelaku pengeboman tiga gereja di Surabaya terkait dengan kelompok pendukung utama teroris ISIS. Kelompok ini tidak lepas dari kelompok bernama JAD-JAT, Jamaah Ansharut Daulah-Jamaah Ansharut Tauhid yang merupakan pendukung utama ISIS.

Di Indonesia, kata Tito, JAD ini didirikan oleh Aman Abdurahman yang sekarang ditahan di Mako Brimob. Pelaku pengeboman yang merupakan satu keluarga ini terkait dengan sel JAD yang ada di Surabaya, bahkan Dita tercatat adalah ketua dari kelompok tersebut.

"Kemudian aksi ini kita duga motifnya, pertama adalah di tingkat internasional ISIS ini ditekan oleh kekuatan-kekuatan, baik dari Barat, Amerika dan lain-lain," katanya.

Jadi dalam keadaan terpojok, memerintahkan semua jaringannya di luar, termasuk yang sudah kembali ke Indonesia untuk melakukan serangan. "Termasuk di London, juga ada peristiwa, terorisme dengan menggunakan pisau di sana," katanya.

Tito menambahkan di Indonesia, ada dua macam kelompok terkait ISIS yang menjadi ancaman, yakni JAT dan JAD yang sel-selnya ada di beberapa tempat, serta mereka yang kembali berangkat ke Suriah dan kembali ke Indonesia atau tertangkap di otoritas di Turki atau Yordania dan kembali ke indoensia.

Menurut dia, jumlah yang sudah berangkat ke Suriah tercatat lebih dari 1.100 orang dengan 500 di antaranya masih di Suriah, 103 meninggal dunia di Suriah, dan sisanya dideportasi kembali ke Indonesia.

"Itu jadi tantangan kita karena mindset mereka ideologinya ISIS," katanya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selain Membuktikan Kemampuan Berkendara, Ini Manfaat Memiliki SIM

Posted: 13 May 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Membawa Surat Izin Mengemudi (SIM) memberikan ketenangan saat menghadapi razia. Selain itu, SIM juga memiliki manfaat yang lain.

Dengan memiliki SIM, seorang pengendara juga membuktikan bahwa dirinya memiliki skill berkendara yang baik. Mampu menaati aturan lalu lintas dan memiliki etika berkendara di jalan.

Tentu hal-hal tersebut sebelumnya telah diujikan kepada seorang pengendara. Setelah lolos dari serangkaian tes uji SIM, barulah pengendara bisa memiliki SIM.

Tapi tahukah kamu, fungsi SIM tak hanya sekadar berputar pada hal-hal tersebut?

Seperti dituliskan dalam Undang Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 86, SIM memiliki tiga fungsi.

 

 

Selanjutnya

Pertama, Surat Izin Mengemudi berfungsi sebagai bukti kompetensi mengemudi. Poin ini seperti disebutkan di atas bahwa SIM membuktikan seberapa baiknya skill seorang pengendara.

Sebab, berkendara di jalan raya tak hanya melibatkan keselamatan diri sendiri, tapi juga semua orang yang menggunakan jalan raya.

Kedua, Surat Izin Mengemudi berfungsi sebagai registrasi Pengemudi Kendaraan bermotor yang memuat keterangan identitas lengkap Pengemudi.

Hal ini juga akan mempermudah untuk mengidentifikasi pengendara, jika terjadi hal-hal yang tak diinginkan, seperti kecelakaan, sehingga akan lebih cepat tertangani.

Terakhir, data pada registrasi pengemudi dapat digunakan untuk mendukung kegiatan penyelidikan, penyidikan, dan identifikasi forensik kepolisian.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hendropriyono: Diaz Terpilih Sebagai Ketum PKPI untuk Penyegaran

Posted: 13 May 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Diaz Hendropriyono terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum PKPI melalui Kongres Luar Biasa, Minggu 13 Mei. Mantan Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), A.M. Hendropriyono, menyebut terpilihnya Diaz sebagai bentuk penyegaran. 

Hendropriyono menegaskan, senior-senior di PKPI yang sudah berusia lanjut ikhlas menyerahkan tampuk kepengurusan pada generasi baru.

"Jadi mereka memberi kesempatan kepada kaum muda untuk duduk memimpin PKPI," ucap Hendropriyono di sela-sela penutupan Kongres Luar Biasa PKPI, Jakarta, Senin (14/5/2018).

Dia berharap, PKPI bisa menjadi lebih baik di tangan Diaz, yang tak lain merupakan putranya.

"Mudah-mudahan dia bisa lebih baik dari saya dalam memimpin PKPI Indonesia ini supaya cepat besar dan kuat untuk mengemban amanat penderitaan rakyat," ungkap Hendropriyono.

Dia pun berharap PKPI tidak berubah haluan politik, meski pucuk pimpinan sudah berganti. Hendropriyono memastikan PKPI tetap menjadi partai pendukung pemerintah.

 

Bentuk Formatur

Setelah penetapan ketum terpilih, Kongres Luar Biasa PKPI juga menetapkan tim formatur yang langsung dipimpin Diaz Hendropriyono.

Adapun anggotanya antara lain; Ramses Wally mewakili Papua dan Maluku, Yan Mboeik mewakili Jawa Bali dan Nusa Tenggara, Ronald H. Pauner mewakili Sulawesi dan Kalimantan, serta Juliski Simorangkir mewakili Pulau Sumatera. Sementara, formatur dari unsur pendiri partai yaitu Try Sutrisno, dan A.M. Hendropriyono.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penting, 6 Cara Orangtua Bisa Jelaskan Teror Bom Surabaya pada Anak

Posted: 13 May 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Teror bom Surabaya yang terjadi pada tiga gereja di Surabaya hari Minggu (13/5) tentu membuat masyarakat terguncang. Belum lagi, kejadian ini juga ditayangkan nonstop di berbagai media. Tak pelak, anak-anak juga akan terpapar kejadian terorisme ini. 

Lalu, bagaimana orangtua sebaiknya menjelaskan teror bom Surabaya dengan baik dan benar agar si kecil tidak takut dan sedih.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan melalui website kemdikbud.go.id membagikan cara-cara bijak menjelaskan soal peristiwa terorisme oleh orangtua kepada si kecil. Berikut penjelasannya:

1. Mencari tahu yang anak pahami

Setelah si kecil melihat informasi mengenai terorisme, orangtua harus cari tahu apa yang dipahami anak mengenai peristiwa tersebut.

Lalu bahas secara singkat apa yang terjadi, meliputi fakta-fakta yang sudah terkonfirmasi, ajak anak untuk menghindari isu spekulasi.

2. Saring infomasi

Kini informasi memang mudah didapatkan. Untuk itu, orangtua harus menyaring dan membatasi anak mendapatkan informasi terkait terorisme.

Ada baiknya menghindari paparan terhadap televisi dan media sosial yang sering menampilkan gambar dan adegan mengerikan bagi kebanyakan anak, terutama anak di bawah usia 12 tahun.

3. Pahami karakter anak

Setiap anak tentu memiliki karakter yang berbeda. Maka tak ada salahnya, orangtua mengetahui karakter si kecil agar tidak terjadi rasa takut yang berlebih pada anak.

Agar mereka tidak menjadi sangat ketakutan, jelaskan bahwa kejahatan terorisme seperti bom Surabaya sangat jarang, tapi kewaspadaan tetap diperlukan.

Saksikan juga video menarik berikut:

 

4. Bantu anak mengungkapkan perasaan

Aksi 1000 lilin untuk korban bom gereja di Surabaya. (Liputan6.com/Reza Efendi)

Bantulah anak mengungkapkan perasaan mereka. Jika marah, ungkapkan kepada orang yang tepat, contohnya kepada teroris.

Ingat pada anak bahwa pelaku teror bukanlah orang golongan atau agama tertentu. Terpenting agar mengindari prasangka

5. Melakukan kegiatan secara normal

Salah satu tujuan teroris adalah menimbulkan keresahan. Jika kegiatan terorisme membuat masyarakat resah, maka tujuan mereka meneror telah berhasil.

Jadi, lakukanlah kegiatan keluarga bersama secara normal untuk memberikan rasa nyaman, serta tidak tunduk pada tujuan terorisme mengganggu kehidupa kita. Kebersamaan dan komunikasi penting untuk mendukung anak.

6. Ajarkan anak mengapresiasi kerja aparat negara

Ajak anak berdiskusi dan mengapresiasi kerja polisi, TNI, dan petugas kesehatan yang melindungi, melayani, dan membantu kita di masa tragedi. Diskusikanlah lebih banyak tentang sisi kesigapan dan keberanian mereka daripada sisi kejahatan pelaku teror.

Nah para orangtua, itu dia enam cara yang bisa kamu lakukan untuk menjelaskan kepada anak apa itu terorisme. Semoga Indonesia tetap kuat dan mampu melawan terorisme.

Penulis: Anisha Saktian Putri. Sumber: Vemale.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Arab Saudi: Lihat Hilal Awal Ramadan Selasa 15 Mei

Posted: 13 May 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Dubai - Mahkamah Agung Arab Saudi meminta semua muslim untuk melihat bulan sabit atau hilal yang menandakan awal Ramadan, pada Selasa 15 Mei 2018. Selain itu, siapa pun yang melihatnya lebih dahulu diminta memberi tahu pengadilan terdekat.

Seperti dikutip Arab News dari kantor berita Saudi, Saudi Press Agency (SPA), Senin (14/5/2018), laporan tersebut bisa dari mereka yang melihatnya dengan mata telanjang atau melalui teropong.

Pernyataan itu dikeluarkan oleh mahkamah agung pada Minggu 13 Mei.

"Mahkamah Agung Kerajaan Arab Saudi berharap semua Muslim di seluruh Kerajaan untuk melihat bulan sabit atau hilal awal Ramadhan pada Selasa Malam 15 Mei, 29 Syakban 1439 Hijriah," demikian menurut pernyataan Saudi Press Agency.

Jika bulan sabit atau hilal terlihat pada Selasa malam itu, berarti Rabu 16 Mei adalah hari pertama Ramadan.

Negara-negara Teluk memutuskan awal Ramadan berdasarkan kalender Islam.

Oman adalah negara pertama di Teluk yang mengumumkan awal Ramadan -- yakni pada 17 Mei.

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

Astronom Saudi: Sebagian Besar Negara Memulai Ramadan pada 17 Mei

Ilustrasi bulan Ramadan (AP)

Sebelumnya, menurut astronom dari Arab Saudi, hampir semua negara akan memulai Ramadan pada Kamis, 17 Mei.

"Saya percaya bahwa 99 persen negara Arab dan Muslim akan mengumumkan bahwa Kamis 17 Mei akan menjadi hari pertama bulan suci," kata Mohammad Oda, Kepala Pusat Astronomi Internasional, kepada media Saudi, Sabq, seperti dikutip dari Gulf News, 8 Mei 2018.

Oda menambahkan, ramalannya berdasar pada fakta-fakta astronomi.

Sementara itu, pada Minggu lalu, Oman telah mengumumkan bahwa hari pertama Ramadan di negara mereka juga jatuh pada 17 Mei.

Dalam sebuah pernyataan, komite hilal mengatakan bahwa "Bukti astronomi mengungkapkan bahwa tak mungkin untuk melihat bulan sabit di sebagian besar Kesultanan Oman pada hari Selasa (15 Mei)."

Oleh karena itu, Oman menetapkan bahwa Ramadan akan jatuh pada hari Kamis, 17 Mei.

Sedangkan bulan lalu, astronom Kuwait Adel Al Saadoon turut menetapkan hal senada.

"Matahari akan terbenam pada 06.16 pada 16 Mei dan bulan sabit akan terlihat selama sekitar 26 menit, dan karena itu 17 Mei akan menjadi hari pertama bulan suci," katanya.

Ramadan jatuh pada bulan kesembilan dari kalender Qamariyah (Lunar Calendar) yang diikuti oleh umat Muslim di seluruh dunia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gereja Santa Anna Duren Sawit Diancam Bom Lewat Telepon Gelap

Posted: 13 May 2018 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gereja Santa Anna yang berada di kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur, mendapat teror melalui telepon orang tak dikenal pagi tadi. Polisi bersenjata lengkap dan Tim Gegana langsung dikerahkan menyisir gereja.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Senin (14/5/2018), selain telepon gelap, pihak keamanan gereja sempat melihat orang yang dicurigai membawa tas ransel di depan areal gereja.

Meski demikian, hingga kini polisi belum menemukan benda-benda mencurigakan dan masih terus melakukan penyisiran serta pengamanan di areal gereja.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menkominfo Imbau Masyarakat Tak Sebar Konten Negatif Aksi Terorisme

Posted: 13 May 2018 09:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menyusul terjadinya sejumlah bom yang meledak di Surabaya, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengimbau masyarakat tidak menyebarluaskan konten negatif yang berkaitan dengan aksi terorisme.

Imbauan itu disampaikan Rudiantara saat menghadiri kegiatan car free day dalam rangkaian Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-110 di Pelataran Parkir Sarinah beberapa hari lalu seperti dikutip dari keterangan resmi Kemkominfo, Senin (14/5/2018).

Ada dua poin yang menjadi perhatian Rudiantara. Pertama, ia mengimbau masyarakat tidak menyebarluaskan atau memviralkan konten, baik dalam bentuk foto, gambar, atau video korban aksi terorisme di media apa pun.

"Kedua, memperhatikan dampak penyebaran konten berupa foto, gambar, atau video yang dapat memberi oksigen bagi tujuan akses terorisme, yaitu membuat ketakutan di masyarakat," ujarnya menjelaskan.

Rudiantara juga menegaskan pihaknya terus bekerja sama dan mendukung kepolisian dalam penanganan aksi terorisme. "Kementerian Kominfo bekerja sama dan mendukung Polri. Berikan ruang Polri karena kami yakin akan kemampuan Polri," tutur Rudiantara.

Ia juga meminta agar setiap orang tak menyebarluaskan gambar atau foto yang tak layak buat anak-anak. "Terorisme, jangan takut. Jangan buat anak-anak kita takut nantinya, karena itu yang diinginkan oleh yang membuat teror. Bangsa kita bukan bangsa penakut," ujarnya.

Selain itu, apabila ada konten yang tak layak, Rudiantara juga mengajak masyarakat untuk melakukan komplain ke penyedia platform. Dengan demikian, konten tak layak tersebut dapat langsung diturunkan.

"Kalau perlu kita sama-sama komplain ke penyelenggaranya. Kita file complaint pada platform, baik Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, dan sebagainya. Kita minta kontennya turun, untuk Indonesia yang lebih baik. Itulah kebangkitan bangsa Indonesia," ujarnya.

Usai Bom Gereja Surabaya, Fitur Safety Check Facebook Aktif

Fitur Facebook Safety Check. (Doc: Istimewa)

Sekadar informasi, beberapa jam setelah ledakan bom di tiga lokasi gereja di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (13/5/2017) pagi, Facebook mengaktifkan fitur Safety Check untuk pengguna di Surabaya dan sekitarnya.

Informasi, fitur Safety Check di jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg ini memungkinkan pengguna untuk berbagi informasi kondisi pemilik akun kepada teman-teman lain di Facebook.

Pengguna Facebook yang berada di sekitar kawasan terjadinya ledakan bom, yakni di Ngagel Madya, Surabaya, otomatis akan dikirimkan notifikasi Facebook ke perangkat smartphone-nya.

Bunyi pemberitahuan itu adalah "Pengguna, beritahukan ke teman-teman kamu kalau kamu baik-baik saja." Selanjutnya, pengguna bisa memilih pilihan "I'm Safe" atau memilih pilihan "Doesn't apply to me".

Nanti, Facebook akan secara otomatis membagikan kabar bahwa pemilik akun dalam kondisi aman kepada teman-teman di jejaring sosial tersebut.

Bagi pengguna yang mendapatkan notifikasi temannya dalam kondisi aman juga bisa ikutan mengaktifkan fitur Safety Check untuk saling mengabari kondisi terakhir.

Warganet Kutuk Aksi Bom di Polrestabes Surabaya

Ilustrasi Bom

Berdasarkan laporan terbaru, Surabaya kembali diguncang bom. Pagi ini bom dilaporkan telah meledak di Markas Polrestabes Surabaya.

"Meledak sekitar pukul 08.50 WIB," tutur Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Frans Barung Mangera saat dihubungi Liputan6.com, Senin (14/5/2018).

Menyusul ledakan ini, warganet pun ikut berkomentar. Banyak yang menyayangkan dan mengutuk keras kejadian tersebut.

Topik pembicaraan mengenai Polrestabes Surabaya pun sudah menjadi Trending Topic Twitter di Indonesia dan dunia.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cuma Di Sini Gantikan Para Pencari Tuhan yang Bakal Jadi Sinetron Favorit Ramadan di SCTV

Posted: 13 May 2018 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta SCTV sebagai stasiun televisi nomor satu di Tanah Air selalu berupaya menyajikan tayangan bermutu, menghibur dan disukai pemirsa. Termasuk saat Ramadan sekalipun.

Tak heran, di bulan suci, tim program SCTV selalu menyajikan tayangan spesial untuk menemani pemirsa yang mayoritas muslim dan sedang menjalankan ibadah di bulan Ramadan. Salah satu yang bakal menjadi andalan tayangan di bulan suci adalah sinetron Cuma Di Sini.

Sinetron drama ini ditayangkan mulai 1 Ramadan setiap pukul 02.45 WIB. Ya, dilihat dari jam tayangnya, sinetron ini akan menjadi teman pemirsa saat menjalani santap sahur.

Sinetron Cuma Di Sini juga menggantikan Para Pencari Tuhan yang sempat menjadi tayangan primadona di Tanah Air setiap bulan suci. Para Pencari Tuhan bahkan telah ditayangkan sampai jilid ke-11 di SCTV.

Sinetron Cuma Di Sini juga lahir dari rahim rumah yang sama, Demi Gisela Citra Sinema. Penulis skenarionya pun sama yakni Wahyu H. Sudarmo.

Para pemain yang menghidupkan karakter-karakter dalam sinetron drama yang menarik ini sebagian besar merupakan pemain Para Pencari Tuhan juga. Bedanya ada tambahan beberapa artis lainnya seperti H.Qomar dan pelawak Tarsan. Serta, tentunya Ence Bagus sebagai karakter utama. 

Seperti apa keseruan cerita sinetron Cuma Di Sini yang memiliki dialog segar namun sarat dengan pesan kebaikan?  

Sinopsis Global

Pelawak Ence Bagus, memerankan karakter bernama Mujur dalam film 'Surat Cinta Kartini'. Mujur merupakan teman Sawardi (Chico Jerikho) tukang pos yang akrab dengan Raden Ajeng Kartini (Rania Putri Sari). (Deki Prayoga/Bintang.com)

Sinetron Cuma Di Sini bercerita tentang Supangat yang diperankan oleh Ence Bagus. Supangat berprofesi sebagai pedagang kopi keliling. Supangat juga mendorong hatinya untuk bisa move on dari ketiga mantan istrinya. Perceraian mereka merupakan aib yang sangat menyakitkan. Ketiganya menggugat cerai dengan alasan yang sama, yakni gagal nafkah.

Tapi Supangat yakin, meski dia masih terobsesi pada ketiga mantan istrinya, susah move on, dia kelak akan berlabuh di kelembutan hati seorang wanita cantik yang mau menerimanya apa adanya. Paling tidak, akan ada perempuan yang sabar menunggu kesuksesannya dengan senyum manis di rumah kontrakan mereka.

Supangat memang lelaki optimistis, berani, dan ulet, meski itu bukan jaminan sukses. Ada faktor lain yang sangat berpengaruh pada perjalanan nasibnya. Keberuntungan. Selalu ada saja peristiwa yang menghalangi atau mengalihkan fokus hidup Supangat kepada hal lain. Alih-alih fokus mencari 'gadis jujur' untuk jadi calon istri, atau berusaha mengembangkan bisnis kopi kelilingnya, dia malah sering terlibat dalam urusan-urusan yang dia istilahkan dengan 'ngurusin rakyat Indonesia'.

Ya, ada saja peristiwa yang dialaminya, yang dia yakin tidak pernah dialami oleh pedagang kopi keliling manapun. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ducati Temui Jalan Buntu soal Kontrak Anyar Dovizioso

Posted: 13 May 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Bologna - Luigi 'Gigi' Dall'Igna selaku bos tim Ducati mengakui negosiasi kontrak dengan Andrea Dovizioso berlangsung alot. Dia menjelaskan pihaknya bukan tanpa usaha, tapi setiap mulai melakukan pembicaraan selalu menemui jalan buntu.

Dovizioso memang sedang berada di bawah tekanan. Pasalnya, masa depannya bersama tim Ducati belum mendapat kepastian hingga saat ini. Penurunan performa begitu terasa.

Setelah berdiri di podium pertama pada balapan di Grand Prix Qatar, Maret lalu, Dovizioso selalu gagal meraih kemenangan di tiga balapan selanjutnya. Masalah kontrak baru mungkin menjadi penyebab utama mengapa pembalap Italia itu mulai menurun.

"Saya pikir kami perlu menyelesaikan masalah ini secepat mungkin. Kami sedang bernegosiasi dengan Andrea, tapi itu bukan negosiasi yang mudah," tutur Dall'Igna seperti dikutip dari GPOne, Senin (14/5/2018).

Dall'Igna juga mengomentari spekulasi yang menyebut Andrea Iannone bakal kembali ke garasi tim Ducati pada musim mendatang. Menurutnya, sekarang tim tengah fokus untuk mencapai kesepakatan dengan Dovizioso.

 

Prioritas

Pembalap Ducati Corse, Jorge Lorenzo beraksi pada sesi latihan bebas MotoGP Argentina 2018. (AFP)

Sementara nasib Jorge Lorenzo, Dall'Igna belum bisa terlalu jauh mengomentarinya. Mantan pembalap Yamaha masih mengalami kesulitan untuk menaklukkan Desmosedici GP18. Dan, sudah lebih dari setahun X-Fuera puasa kemenangan.

"Saat ini kami memiliki prioritas, dan itu adalah untuk memperbarui kontrak dengan Dovi. Sedangkan untuk Lorenzo, saya tidak senang. Hal yang sama berlaku untuk Jorge dan semua ducatisti," kata Dall'Igna lagi.

Klasemen MotoGP

Kepala kru Jorge Lorenzo, Christian Gabarrini, mengakui Marc Marquez sebagai pebalap terkuat di MotoGP saat ini. (dok. MotoGP)

1. Marc Marquez (Repsol Honda) 70 poin

2. Johann Zarco (Movistar Yamaha) 58

3. Maverick Vinales (Movistar Yamaha) 50

4. Andrea Iannone (Suzuki) 47

5. Andrea Dovizioso (Ducati) 46

6. Valentino Rossi (Movistar Yamaha) 40

7. Cal Crutchlow (LCR Honda) 38

8. Jack Miller (Pramac Racing) 36

9. Danilo Petrucci (Pramac Racing) 34

10. Tito Rabat (Avintia Ducati) 24

11. Dani Pedrosa (Repsol Honda) 18

12. Alex Rins (Suzuki) 16

13. Franco Morbidello (Marc VDS) 13

14. Pol Espargaro (KTM) 13

15. Alvaro Bautista (Avintia Ducati) 12

16. Hafizh Syahrin (Yamaha Tech 3) 9

17 Takaaki Nakagami (LCR Honda) 9

18. Aleix Espargaro (Aprilia) 6

19. Mika Kallio (KTM) 6

20. Jorge Lorenzo (Ducati) Ducati 6

21. Scott Redding (Aprilia) 5

22. Bradley Smith (KTM) 3

23. Karel Abraham (Aspar Racing) 1

24. Thomas Luthi (Marc VDS) -

25. Xavier Simeon (Ducati) -

 (David Permana)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Dana Rp 187 Triliun buat Bangun Desa, Jangan Balik ke Jakarta

Posted: 13 May 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka Rapat Koordinasi Nasional Pembinaan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Pusat dan Daerah Tahun 2018 di Jiexpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (14/5/2018). Jokowi mengingatkan agar dana desa yang telah dikucurkan dari 2015-2018 dengan total Rp 187 triliun digunakan sebaik-baiknya.

Dia merinci, pemerintah menggelontorkan dana desa sebesar Rp 20 triliun pada 2015. Jumlahnya meningkat di tahun berikutnya sebesar Rp 47 triliun. Selanjutnya di 2017, mengucur sebesar Rp 60 triliun. Targetnya anggaran dana desa sebesar Rp 60 triliun pada 2018. Totalnya, kata Jokowi yaitu Rp 187 triliun.

"Artinya saya ingin memberikan arti uang dana itu dorong ke desa supaya perputaran ada di desa dan lingkup kecamatan dan kabupaten," kata Jokowi saat membuka acara rakornas tersebut. 

Jokowi berharap, dana desa Rp 187 triliun tersebut bisa digunakan untuk masyarakat desa dan tidak dikembalikan lagi ke pemerintah. Oleh karena itu, mantan Wali Kota Solo itu menitipkan pesan agar anggaran ini bisa mensejahterakan masyarakat desa.

"Saya titip penggunaaan anggaran itu tolong dana desa Rp 187 triliun jangan sampai kembali ke Jakarta," paparnya.

Lebih jauh Jokowi mencontohkan, para kepala daerah harus bisa memanfaatkan dana desa dalam bentuk program atau rembuk desa yang melibatkan masyarakat. Jika membuat jalan, sambungnya, membutuhkan logistik seperti pasir, bisa membeli penjual pasir lokal.

"Uang bisa beredar berputar. Beli semen di desa kecamatan ada beli di situ," kata Jokowi.

 

 

Reporter : Intan Umbari Prihatin

Sumber : Merdeka.com

Selanjutnya

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau program padat karya tunai di Desa Pematang Panjang, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Liputan6.com/Pool)

Jokowi juga meminta para kepala desa untuk membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat desa di lingkungannya, yaitu dengan cara mempekerjakan masyarakat.

"Gunakan 100 persen dari pekerja desa. Sehingga uangnya beredar muter terus. Kalau itu terus Rp 187 triliun muter di desa terus. Artinya uang beredar akan bertambah. Dipastikan akan naik, konsumsi akan naik. Jangan sampai bangun jalan, beli batu belinya batu di kota," saran eks Gubernur DKI Jakarta itu. 

Jokowi pun sudah meminta kepada Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo untuk melakukan padat karya tunai. Dengan begitu, masyarakat di lingkungan desa bisa diberikan upah per minggu.

"Sehingga akan membuka lapangan pekerjaan yang banyak. Misalnya 100 pekerja 7,4 juta lapangan kerja. Hati-hati dengan dana desa. Kalau penggunaan dana desa akan membuka pertumbuhan ekonomi di Indonesia," kata Jokowi.

Diketahui dalam Rakornas ini diikuti 7200 kepala desa terpilih. Kemudian rakornasi tersebut adalah bagian kerja sama antara Direktorat Jendral Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri dengan Kementerian Desa pembangunan Daerah Tertinggal dan transmigrasi, serta BPJS Ketenagakerjaan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Intip Warna Lipstik yang Cocok dengan Kepribadian Anda Berdasarkan Zodiak

Posted: 13 May 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Masih bingung menentukan kira-kira jenis lipstik dan warna apa yang cocok untuk Anda? Menemukan lipstik yang sesuai dengan keseharian memang tidaklah mudah. Tapi tahukah Anda, seperti yang dilansir dari Independent, Senin (14/05/2018), ternyata warna dan jenis lipstik bisa yang cocok dengan karakter Anda bisa ditentukan berdasarkan zodiak.

Penasaran lipstik apa yang cocok dengan kepribadian zodiak Anda?

Aries

Orang-orang yang berzodiak Aries memang dikenal bersemangat dan sedikit keras kepala. Oleh sebab itu, Anda dengan zodiak ini pastinya membutuhkan lipstik cair berwarna cerah seperti merah terang yang dapat bertahan sepanjang hari.

Taurus

Mereka yang berzodiak taurus paling gemar dengan warna-warna lembut. Anda bisa mencoba lipstik koleksi Charlotte Tilbury atau lipstik pastel lainnya untuk tampilan yang sempurna.

Gemini

Bersemangat, antusiasme yang tinggi dan mampu mencairkan suasana adalah karakter yang dimiliki oleh wanita yang berzodiak gemini. Itulah mengapa liquid lipstick Fluida in Q-Train atau berwarna biru muda yang unik sangat cocok untuk Anda.

Cancer

Emosional dan setia cenderung menjadi sifat yang dimiliki oleh wanita berzodiak cancer. Bagi Anda dengan zodiak ini bisa mendapatkan tampilan menarik dengan lip gloss berwarna gelap yang akan membantu memunculkan sisi ekstrovert Anda.

 

Leo

Ilustrasi lipstik (iStockphoto)

Orang-orang dengan zodiak leo sangat identik dengan kehidupan pesta yang ramai dan meriah. Untuk itu lipstik berwarna emas yang berkilau sangat cocok bagi mereka dengan zodiak ini.

Virgo

Bagi mereka yang berzodiak virgo, sangat cocok untuk menggunakan lipstik berwana burgundy, marun dan tidak ketinggalan menggunakan lip liner untuk mencegah warna lipstik keluar dari garis bibir. Mereka yang berzodiak virgo juga dikenal sangat teratur dan perfeksionis.

Libra

Tidak ada yang lebih cocok dari lipstik berwarna merah muda bagi mereka yang berzodiak Libra. Orang-orang dengan zodiiak ini dikenal sangat bersahabat dan menyenangkan sehingga warna merah muda diyakini dapat mewakili karakteristik mereka.

Scorpio

Warna-warna coral diyakini sangat cocok bagi mereka yang berzodiak scorpio dan dikenal kuat dalam pendirian mereka.

 

Sagitarius

Ilustrasi lipstik (iStockphoto)

Listik matte berwarna fuchsia sangat cocok untuk Anda yang berzodiak Sagitarius dan dikenal sedikit keras kepala.

Capricorn

Warna brick red sangat cocok bagi karakter Capricorn yang sibuk setiap hari yang pastinya akan membuat mereka semakin mempesona dengan lipstik tersebut.

Aquarius

Memiliiki karakter pemimpi dan penuh kebebasan adalah ciri-ciri mereka yang berzodiak Aquarius. Oleh sebab itu, lipstik berwarna ungu dan deep plum sangat cocok digunakan.

Pisces

Zodiak Pisces memang sangat identik dengan warna dingin yang menyejukkan sehingga sangat cocok untuk menyapukan lipstik berwarna senada untuk tampilan yang lebih segar.

*(Latifah Gusri)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Sita Bom dan Tangkap Tersangka Teror Surabaya di Desa Urangagung

Posted: 13 May 2018 09:13 PM PDT

Liputan6.com, Sidoarjo - Anggota Densus 88 melakukan penggerebegan di Perumahan Puri Maharani, Sukodono dan juga di Desa Urangagung, kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (14/5/2018). Aksi ini terkait dengan teror bom yang terjadi di wilayah Surabaya dan Sidoarjo.

Dari informasi yang berhasil dihimpun, sempat terjadi aksi baku tembak antara tim Densus 88 dan juga dari pelaku terkait dengan peristiwa penggerebekan ini.

"Saya tidak tahu persis, tetapi sempat banyak anggota kepolisian datang ke lokasi kos-kosan di depan Sekolah Dasar Urangagung ini," kata Widya F, salah seorang warga setempat di Sidoarjo, dilansir Antara.

Ia mengemukakan, petugas kepolisian masih terus melakukan pengawalan dan penjagaan ketat serta memasang garis polisi di lokasi ini.

"Kami berharap apa yang terjadi sekarang ini bisa segera diselesaikan, tanpa ada memakan korban lagi," ucapnya.

Dari informasi yang berhasil dihimpun, untuk wilayah Urangagung petugas berhasil menangkap beberapa orang pelaku, termasuk juga menyita beberapa barang bukti bom yang belum sempat meledak.

Bahkan, untuk menjaga keamanan, petugas memasang garis polisi sejauh 300 meter dari lokasi kejadian demi keamanan masyarakat sekitar. Selain itu, puluhan warga juga memadati lokasi kejadian untuk melihat dari dekat peristiwa penggerebekan tersebut.

Di sisi lain, di Perumahan Puri Maharani, Sukodono Sidoarjo juga disterilkan untuk menjaga keamanan.

Sebelumnya pada Minggu malam, 13 Mei 2018, terjadi ledakan di salah satu ruangan di rumah susun Wonocolo Blok B lantai 5. Terdapat enam orang yang masih memiliki ikatan keluarga menjadi korban terkait dengan ledakan tersebut, tiga di antaranya dinyatakan meninggal dunia dan dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara.

Tiga orang yang meninggal masing-masing Anton Febryanto (47) sebagai kepala keluarga, Puspita Sari (47) istri Anton, RAR (17) anak. Kemudian, korban selamat ada AR (15) yang membawa kedua adik perempuannya masing-masing FP (11) dan GH (10) yang saat ini ini dirujuk ke Rumah Sakit Bhayangkara.

Rusun Wonocolo, Taman, Sidoarjo dekat dengan perbatasan kota Surabaya berjarak sekitar 9 kilometer arah barat lokasi ledakan di tiga gereja di Surabaya pada Minggu pagi.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sekjen Partai Pendukung Jokowi Rapat di Rumah Wiranto

Posted: 13 May 2018 09:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menggelar rapat tertutup di rumah dinasnya Jalan Denpasar No 9, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (14/5/2018). 

Pantauan merdeka.com, rapat berlangsung sejak pukul 10.00 WIB ini diikuti oleh Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Sekjen Golkar Lodewijk Freidrich Paulus, politikus Golkar Agun Gunandjar, Sekjen PPP Arsul Sani, Sekjen PSI Raja Juli Antoni, dan Sekjen PKB Abdul Karding.

Sekjen PSI Raja Juli Antoni mengatakan, dia diundang Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto untuk menghadiri rapat di kediaman dinas Wiranto. Pembicaraan akan fokus pada kejadian terorisme beberapa hari belakangan dari insiden Rutan Mako Brimob hingga teror bom Surabaya.

"Ada undangan dari Sekjen Pak Hasto, Sekjen Sekjen Partai pendukung pak Jokowi dan Ketua Fraksi diminta untuk berkumpul dan saya kira ini pembicaraan akan spesifik tentang kejadian beberapa hari ini ya dari Mako Brimob berkembang ke Surabaya. Dan pagi ini kita masih menghadapi masalah yang sama," ucap Juli di lokasi.

Maka dari itu, para parpol perlu bersatu padu menyikapi masalah terorisme tersebut. Menurutnya hal ini juga menyangkut masalah kemanusiaan melebihi masalah politik.

"Saya kira ini perlu kesepakatan partai politik ya. Saya kira ini bion politik ini melampaui politik, ini adalah soal kemanusiaan saya kira para politisi bersatu padu menegakkan NKRI dan tentu membela kemanusiaan, saya kira nanri kita tunggu apa yang kita bicarakan," ujarnya.

Rapat tertutup ini juga akan membahas RUU Terorisme yang masih digodok Pansus DPR.

"Saya kira ke sana ya semoga RUU nya bisa disahkan tapi secara institusi PSI apabila RUU ini susah diterapkan mungkin kami mengusulkan Perppu, kita lihat nanti," tandas Juli.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Bom Kembali Guncang Surabaya

Surabaya kembali diguncang bom. Pagi ini bom meledak di Markas Polrestabes Surabaya.

"Meledak sekitar pukul 08.50 WIB," kata Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Frans Barung Mangera saat dihubungi Liputan6.com, Senin (14/5/2018).

Barung belum merinci ledakan tersebut. Menurut dia, polisi masih melakukan sterilisasi di lokasi kejadian.

Sementara Markas Besar Kepolisian juga membenarkan jika pos penjagaan di Mapolrestabes Surabaya diduga dibom.

"Iya benar, diduga dibom," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri, Muhammad Iqbal.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aurelie Moeremans Yakin Teror Bom Surabaya Tak Ada Kaitan dengan Islam

Posted: 13 May 2018 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Rentetan bom bunuh diri yang meneror Surabaya turut mendapat simpati dari Aurelie Moeremans. Kekasih Ello ini mengaku sedih karena melihat banyak korban tewas akibat aksi teror ini.

Aurelie Moeremans begitu terkejut dan berdukacita atas kejadian yang dialami warga di Surabaya. Ia juga menyayangkan segala bentuk tindakan terorisme yang menebar ancaman kepada masyarakat luas.

"Tadi lewat Instagram aku sih aku ingetin semua followers tentang Bhinneka Tunggal Ika, keberagaman yang menyatukan Indonesia dan jangan mau diadu domba," ujar Aurelie Moeremans seperti dikutip Liputan6.com dari Kapanlagi.com, Senin (14/5/2018) .

Insiden ini amat disayangkan Aurelie Moeremans, pasalnya aksi teror di tiga gereja di Surabaya juga dilakukan saat jemaat sedang beribadah. Meski begitu, Aurelie Moeremans juga yakin jika aksi terorisme ini tak ada kaitannya dengan Islam.

Tak Ada Kaitan dengan Agama

Aurelie Moeremans. (Bambang E.Ros/Bintang.com)

"Walaupun aku nasrani, aku tahu betul teroris-teroris ini enggak ada hubungannya sama sekali kok sama Islam. Teroris manusia tanpa agama, semua agama cinta perdamaian kok," kata Aurelie Moeremans.

Efek Trauma

Aurelie Moeremans (Instagram/aurelieowreally)

Selain itu, Aurelie Moeremans juga menilai kejadian bom bunuh diri tersebut dapat memberikan efek trauma yang begitu kuat. Oleh karena itu, pemain film Jomblo ini berharap kejadian serupa tak terulang lagi.

Merasa Hancur

Aurelie Moeremans (Instagram/aurelieowreally)

"Enggak membayangkan mereka traumanya kayak apa. Aku tadi membayangkan gimana kalau itu adikku yang lagi ibadah tiba-tiba kejadiannya kayak gitu. Hancur banget pasti rasanya," pungkas Aurelie Moeremans. (Rezka Aulia/Kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rekaman CCTV Detik-Detik Bom Bunuh Diri Meledak di Polrestabes Surabaya

Posted: 13 May 2018 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Rekaman kamera CCTV di Markas Polrestabes Surabaya menunjukan ada sebuah sepeda motor yang tiba-tiba memasuki gerbang Polrestabes Surabaya yang langsung meledak.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Senin (14/05/2018), bom meledak sekitar pukul 08.50 WIB, ledakan bom sempat membuat kepanikan di sekitar Polrestabes Surabaya.

Lalu lintas sempat kacau balau. Seperti yang terlihat dalam rekaman video, satu sepeda motor mendekati petugas yang akan memeriksa, namun belum sempat petugas memeriksa bom langsung meledak dan terlihat ada tiga anggota kepolisian yang berupaya untuk memeriksa pengendara sepeda motor yang akan memasuki Polrestabes Surabaya.

Sementara, Polrestabes Surabaya terletak di Jalan Sikatan, nomor 1. Saat ini redaksi masih menggali informasi lebih dalam lagi berapa tepat jumlahnya korban jiwa yang ditimbulkan akibat ledakan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Parade Asian Games 2018, Tren Operasi Puting Payudara

Posted: 13 May 2018 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang peringatan Asian Games 2018, berbagai pihak termasuk publik antusias menunggu event olahraga besar tersebut. Namun, untuk memperkenalkan perayaan tersebut kepada publik, perlu adanya partisipasi banyak kalangan mulai dari kementrian, BUMN serta media untuk menyukseskannya.

Oleh karena itu, diselenggarakanlah acara Parade Asian games 2018 yang berlansung di Monas pada Minggu (13/5/2018). Parade diadakan untuk turut mendukung solidaritas berbagai publik dan masyarakat Indonesia.

Tak heran jika perayaan ini menampilkan berbagai aspek kebudayaan dan pertunjukan. Mulai dari Jember dan Bali Fashion Carnival sampai dengan Marching Band yang turut memeriahkan acara.

Parade yang kental dengan berbagai unsur budaya ini juga dibuka oleh Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, Mentri BUMN Rini Soemarno, dan juga Gubernur DKI, Anies Baswedan.

Artikel tentang parade Asian Games menjadi yang paling terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Sementara itu, artikel kedua terpopuler ditempati oleh Kendal Jenner yang mnendorong tren operasi puting payudara. Sedangkan artikel tentang empat tanda psikopat menempati ketiga terpopuler.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Parade Asian Games 2018 Potret Keindahan Budaya Indonesia

Parade Asian Games 2018 (Nur Aida)

Menjelang 100 hari berlangsungnya event olahraga terbesar Asian Games 2018pada Agustus mendatang, Parade Asian Games digelar pada Minggu (13/5/2018). Parade ini diselenggarakan sebagai bentuk promosi pariwisata budaya Indonesia. Keberagaman budaya negeri kita akan ditampilkan secara kuat dalam event Asian Games 2018.

Acara ini didukung oleh partisipasi dari beragam instansi. Karena perayaan terbesar Asian Games 2018 merupakan event penting bagi Indonesia, maka sudah semestinya berbagai elemen dan dukungan dari berbagai pihak serta masyarakat turut dilibatkan.

Selengkapnya..

2. Gara-Gara Kendall Jenner, Operasi Puting Payudara Kini Jadi Tren

Namun sepertinya Kendall Jenner tak menyukai apa yang ibunya lakukan. (Jamie McCarthy/Getty Images/USWeekly)

Saat ini operasi plastik puting payudara sedang menjadi tren di Amerika Serikat. Hal tersebut mulai mencuta usai Kendall Jenner mengunggah foto "polos" di instagramnya dengan tagar freethenipple.

Tak sedikit public khususnya kaum hawa yang terkesima dengan puting payudara Kendall di balik baju transparannya. "Indahnya" puting Kendall membuat banyak wanita ingin memiliki puting sepertinya. Mungkin fenomena ini terdengar aneh, tapi faktanya, permintaan untuk menjalani operasi plastik puting payudara meningkat di berbagai klinik dan rumah sakit. 

Selengkapnya..

3. Waspada, 4 Tanda Psikopat Ini Mungkin Ada pada Temanmu

Tanpa kita sadari, ternyata ciri-ciri psikopat banyak terdapat pada diri orang terdekat kita (Sumber foto: muvila.com)

Dalam dunia medis, psikopat termasuk gangguan psikologis yang serius dan sangat sulit dikenali. Masalah kejiwaan ini tergolong dalam gangguan kepribadian anti sosial dimana penderitanya sangat mahir untuk berpura-pura dan mempermainkan kondisi emosional seseorang.

Kebanyakan orang psikopat justru berpendidikan dan memiliki pekerjaan yang stabil. Bahkan beberapa ada yang sangat baik memanipulasi raut wajah, sehingga tanpa seorangpun tahu sifat asli mereka. Inilah alasan kenapa banyak orang yang tidak menyadari ciri-ciri psikopat.

Selengkapnya..

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perusahaan Swasta Amerika Serikat Bisa Berinvestasi di Korea Utara, tapi...

Posted: 13 May 2018 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Washington DC - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo, mengatakan bahwa perusahaan swasta Negeri Paman Sam dapat berinvestasi di Korea Utara, dengan catatan negara itu berkomitmen melakukan denuklirisasi secara penuh.

Hal itu disampaikan Pompeo dalam sebuah wawancara dengan stasiun televisi Fox News pada Minggu, 13 Mei 2018. Demikian seperti dikutip dari BBC, Senin (14/5/2018).

Ditambahkan oleh Pompeo, perusahaan AS dapat berinvestasi pada proyek pembangunan jaringan energi.

Sebelumnya pada hari Jumat, 11 Mei 2018, pemerintah Amerika Serikat mengumumkan tawarannya untuk membantu membangun kembali ekonomi Korea Utara.

Pompeo menjelaskan bahwa hal itu akan sepenuhnya dilakukan oleh sektor swasta AS, bukan investasi yang didanai dari pajak Negeri Paman Sam.

"Sektor swasta AS datang untuk membantu membangun jaringan energi. Mereka (Korea Utara) membutuhkan sejumlah besar listrik," kata Pompeo.

Selain itu, Pompeo juga menyarankan investasi di bidang pertanian, sehingga rakyat Korea Utara "bisa makan daging dan hidup sehat".

Kepada presenter Fox News, Chris Wallace, Pompeo mengatakan bahwa pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, kerap memperhatikan pemberitaan media Barat.

"Dia (Kim) mengikuti perkembangan situasi global dengan cukup baik," ujar Pompeo.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

 

Korut Merasa Nyaman dengan Singapura

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un berjabat tangan dengan Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo, dalam sebuah pertemuan resmi di Pyongyang (AP/The White House)

Sementara itu, kunjungan Mike Pompeo ke Pyongyang pada pekan lalu, membawa dua kabar utama yang menyita perhatian dunia.

Pertama adalah tentang kabar pembebasan tiga orang warga AS keturunan Korea, yang ditahan selama hampir setahun oleh pemerintah Korea Utara.

Kedua adalah pengumuman Presiden Donald Trump, yang berencana melakukan pertemuan dengan Kim Jong-un di Singapura pada 12 Juni mendatang.

Negara kota yang luasnya tak seberapa itu menyingkirkan kandidat lainnya, yakni zona demiliterisasi (DMZ) di Pamunjon, Mongolia, bahkan Beijing. Padahal, sebagaimana dikutip dari BBC, China adalah mitra dagang terpenting Pyongyang.

Seperti ditulis kontributor BBC, Karishma Vaswani, Korea Utara diduga kuat merasa nyaman dengan Singapura.

Alasan pertama adalah Korut berbisnis dengan Singapura. Negeri Singa ada di urutan kedelapan pada 2016, namun nilainya hanya sekitar 0,2 persen dari total perdagangan Korea Utara.

Hingga tahun lalu, Singapura masih menjalin hubungan dagang dengan Pyongyang. Dan, baru belakangan, perjalanan bebas visa antara kedua negara dihentikan.

Singapura juga menjadi satu dari sedikit negara yang masih memiliki Kedutaan Besar Korea Utara. Meski sanksi PBB telah dijatuhkan pada rezim Kim Jong-un, setidaknya dua perusahaan Singapura diduga masih terus berbisnis dengan Korut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cegah Aksi Bom, Pengelola Mal Perketat Pengamanan

Posted: 13 May 2018 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pengelola pusat perbelanjaan atau mal memperketat pengamanan. langkah pengetatan pengamanan ini untuk mencegah aksi bom yang sebelumnya terjadi di sejumlah titik di Surabaya.

Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Stefanus Ridwan mengatakan, sejak terjadinya ledakan bom di tiga titik di Surabaya pada Minggu 13 Mei 2018, pengelola mal di seluruh wilayah Indonesia langsung memperketat pengamanan.

"Jadi sejak kemarin sudah diperketat, pemeriksaan yang biasanya sekali ini dilakukan berkali-kali," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Senin (14/5/2018).

Dia juga meminta para pengunjung mal atau pusat perbelanjaan untuk mengerti dan bersabar bila pihak keamanan melakukan pemeriksaan secara detail.

"Kita harap pengunjung bersabar saat diperiksa. Kami ada tambahan (pengamanan) dari pihak kepolisian," kata dia.

Dengan demikian, lanjut Ridwan, dia berharap kesempatan bagi para pelaku teroris untuk melakukan pengeboman atau aksi lain yang merugikan pengunjung mal bisa dicegah.

"Sehingga diharapkan tidak ada kesempatan atau mengurangi dampak," tandas dia.

Bom Senin Pagi

Aparat kepolisian menutup jalan setelah serangan bom bunuh diri di Polrestabes Surabaya, Jawa Timur, Senin (14/5). Ada anggota polisi yang menjadi korban serangan ini, tetapi belum diketahui apakah meninggal ataupun terluka. (AP/Achmad Ibrahim)

Untuk diketahui, bom kembali meledak di daerah Jawa Timur. Senin pagi, bom meledak di depan Polrestabes Surabaya.

Kepolisian menyebut, diledakkan pukul 08.50 WIB. "Meledak sekitar pukul 08.50 WIN," kata Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Frans Barung Mangera sat dihubungi Liputan6.com, Senin (14/5/2018).

Bom meledak di gerbang masuk Polrestabes Surabaya.

Saat ini kepolisian masih olah tempat kejadian perkara (TKP). Akibat bom ini, aparat menjadi korban. Namun belum diketahui jumlah pasti korban.

Sebelumnya, teror bom gereja juga terjadi Surabaya. jumlah korban meninggal dunia pada teror bom gereja di Surabaya, Jawa Timur, mencapai 13 orang, sementara 41 orang lainnya luka-luka.

"Ada 13 orang meninggal," ujar Kabid Humas Polda Jawa Timur, Kombes Frans Barung melalui pesan singkat kepada Liputan6.com, Jakarta, Minggu (13/5/2018).

Saat ini, para korban luka bom gereja tadi pagi tengah mendapat perawatan di sejumlah rumah sakit.

Pada papan pengumuman Rumah Sakit dr Soetomo tertulis, ada enam pasien yang ditangani di sana. Empat orang segera menjalani operasi oleh tim kedokteran. Satu orang meninggal dan seorang lagi diperbolehkan pulang.

Masing-masing korban bom gereja itu adalah Miss X dari Gereja Santa Maria Tak Bercela Ngagel; Ahmad Nurhadi dari Gereja Santa Maria Tak Bercela Ngagel; Martha Jumani dari Gereja Pantekosta, Jalan Arjuna Surabaya; Giri dari Gereja Pantekosta, Jalan Arjuna Surabaya; Sonia dari Gereja Santa Maria Tak Bercela; dan Miss X dari Gereja Santa Maria Tak Bercela.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesan Penting Uskup Agung Semarang atas Kasus Teror Bom Surabaya

Posted: 13 May 2018 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Semarang - Uskup Agung Semarang Monsinyur Robertus Rubiyatmoko mengatakan berbagai aksi teror yang terjadi selama sepekan terakhir ini menjadi momentum masyarakat Indonesia untuk menyadari pentingnya kerukunan hidup yang diwarnai dengan sikap saling menghargai perbedaan. Kasus terakhir adalah serangan bom yang terjadi di Sidoarjo dan Surabaya.

"Semoga kita semakin bersaudara dan bersatu sebagai satu bangsa Indonesia," kata Romo Ruby di Semarang, Senin (14/5/2018), dilansir Antara.

Ia prihatin atas peristiwa teror bom terhadap tiga gereja di Surabaya yang membawa korban jiwa beberapa anak bangsa yang sedang beribadah. Ia juga menyampaikan dukacita kepada para korban tewas maupun luka akibat serangan bom tersebut.

"Keluarga korban semoga diberi kesabaran dan kemampuan untuk memberikan pengampunan," katanya.

Atas kejadian itu, kata dia, justru muncul pertanyaan tentang apa yang diinginkan dan dikejar dari tindakan melawan kehidupan itu. Kepada umat Kristiani, ia mengajak berdoa untuk kebaikan, ketenteraman, dan perlindungan bagi bangsa Indonesia.

"Kita berdoa pula untuk perubahan sikap hati dan budi bagi mereka yang merancang dan membuat perpecahan dan ketidaktenteraman hidup bersama ini," katanya.

Teror bom terjadi di tiga gereja di Surabaya, masing-masing Gereja Katolik Santa Maria Tak Bercela yang beralamat di Jalan Ngagel Madya Utara, Gereja Pantekosta Pusat Surabaya Jemaat Sawahan di Jalan Arjuno, dan Gereja Kristen Indonesia Diponegoro 146 di Jalan Raya Diponegoro.

Jumlah korban tewas dalam peristiwa itu dilaporkan mencapai 14 orang dan puluhan lainnya luka-luka. Sementara itu, tiga orang tewas akibat ledakan bom yang terjadi di Rusun Wonocolo, Sidoarjo.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hal Paling Ditakuti Warga Jambi Saat Bulan Ramadan

Posted: 13 May 2018 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jambi - Bulan suci Ramadan segera tiba. Umat muslim pun bersuka cita menyambutnya. Namun, di tengah kegembiraan menyambut Ramadan, terselip rasa ketakutan yang berulang, khususnya bagi warga Jambi. Apa itu?

Bagi yang sudah lama tinggal di Jambi, setiap memasuki Ramadan, maka akan terbiasa dengan namanya mati lampu alias pemadaman listrik. 'Jadwal' mati lampu itu pun tak menentu, bisa sebentar. Namun tak jarang berlangsung sepanjang malam, siang atau pun seharian penuh.

"Tak enaknya kalau mati lampu pas berbuka puasa, salat tarawih atau pas waktu makan sahur. Semoga puasa tahun ini tak ada mati lampu," ujar Anggi, salah seorang warga Bagan Pete, Kota Jambi, Minggu, 15 Mei 2018.

Ibu rumah tangga sekaligus salah seorang PNS di Kabupaten Muarojambi ini mengatakan, kebiasaan mati listrik saat bulan Ramadan sudah kerap terjadi dan berulang setiap tahun. Kondisi ini sudah banyak dikeluhkan warga, bahkan sampai pemerintah daerah.

"Tak enaknya itu karena waktu mati lampunya tak menentu. Jadi warga pas sibuk, tak ada persiapan," ucap Andre, salah seorang warga lainnya.

Untuk itu, ia berharap, pihak PLN Jambi bisa benar-benar mengerti keluhan warga. Sehingga bisa meminimalisir kebiasaan pemadaman listrik setiap musim Ramadan tiba.

 

Pemprov Jambi Ingatkan PLN

Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, M Dianto meminta agar PLN tidak memberlakukan pemadaman listrik selama Ramadan. (B Santoso/Liputan6.com)

Seperti tahun-tahun sebelumnya, keluhan akan seringnya mati lampu saat Ramadan tak hanya datang dari warga. Jauh-jauh hari, Pemerintah Provinsi Jambi sudah mengingatkan PLN agar memasuki bulan suci Ramadan agar tidak ada pemadaman listrik.

"Tolong pihak PLN, jangan sampai ada pemadaman listrik di Jambi saat Ramadan. Kalau memang ada, hendaknya PLN memberitahunkan jauh hari sebelumnya kepada masyarakat," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, M Dianto di Jambi, Sabtu, 12 Mei 2018.

Menurut dia, imbauan itu untuk menjaga agar umat muslim di Jambi lebih khusuk dalam beribadah dan tidak terganggu pemadaman listrik.

Terpisah, PLN wilayah Sumatera bagian selatan (Sumbagsel) yang meliputi Provinsi Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu menyatakan kesiapannya menyambut bulan suci Ramadan 2018.

Pada Jumat, 11 Mei 2018, PLN Wilayah S2JB mengundang di Palembang sekitar 100 orang jurnalis terkait kesiapan PLN Wilayah Sumbagsel menghadapi gelaran Asian Games 2018, bulan suci Ramadan, hari raya Idul Fitri hingga kehandalan listrik selama Pilkada serentak 2018.

Khusus menyambut Ramadan dan Idul Fitri, General Manager PLN Wilayah S2JB, Daryono mengatakan, beban puncak listrik di wilayah Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu pada awal Ramadan pada 17 Mei 2018 akan berada di 3.159 Mega Watt (MW). Dari jumlah itu masih ada cadangan daya sebesar 252 MW.

Kemudian pada hari raya Idul Fitri tanggal 14 - 16 Juni 2018 diperkirakan beban puncak akan berada di 2.907 MW - 2.573 MW dengan tren beban puncak cenderung menurun.

Daya mampu pembangkit yang tersedia sebesar 3.743 MW sehingga menyediakan cadangan daya sebesar 836 MW sampai 1.170 MW.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Film Pendek Indonesia di New York

Posted: 13 May 2018 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Film dokumenter Indonesia, Ahu Parmalim yang berceritakan tentang anak muda Indonesia pengikut agama penghayat atau Aliran kepercayaan mendapatkan perhatian di kampus New York.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mudik Pakai Sepeda Motor, Wajib Mengetahui Jalurnya

Posted: 13 May 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Selain menyiapkan kondisi sepeda motor sebelum mudik, ada hal lainnya yang juga perlu diperhatikan, yaitu mengenali kenali rute mudikmu. Pahami benar titik-titik penting sepanjang jalur mudikmu.

Pertama, pilih rute mudik yang nyaman serta efisien. Setidaknya Anda paham dengan tempat-tempat vital seperti SPBU, rest area, pos keamanan dan kesehatan, serta tempat makan.

Anda juga harus paham karakter jalan yang akan dilalui. Apakah rute yang akan dilewati juga dilewati kendaraan besar atau tidak. Sehingga bisa mengantisipasi sebelumnya untuk terhindar dari hal yang tak diinginkan.

Saat melintasi jalan yang bergelombang ataupun perlintasan kereta api, pelankan laju kendaraan. Agar nyaman, saat melintasi jalan seperti ini angkat sedikit pinggul dari jok namun tak sampai berdiri di atas motor.

Saat perjalanan mudik, jangan membuat manuver mendadak yang akan membuat pengendara lain kaget. Saat menikung, usahakan gas stabil, tidak mengerem saat berada di tikungan. Posisikan badan senyaman mungkin saat menghadapi tikungan yang bergelombang dan jangan panik.

 

Selanjutnya

Waspadai juga terhadap kepadatan yang diakibatkan oleh pasar tumpah yang biasanya bermunculan saat mendekati hari raya.

Jika merasa lelah, jangan memaksakan diri. Istirahatlah di tempat yang aman dan mudah dipantau. Ingat, jangan memaksakan berkendara lebih dari 2 jam.

Bahkan, saat sudah dekat dengan tempat tujuan tetaplah berkendara dengan aman. Jangan terlampau senang dan gembira , sebab banyak kasus kecelakaan justru saat pemudik hampir tiba di tempat tujuan, karena kurangnya konsentrasi.

Sumber: Otosia.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Juventus Sebut Tak Pernah Berniat Jual Dybala dan Higuain

Posted: 13 May 2018 09:00 PM PDT

Turin - Juventus membantah isu yang menyebut mereka berniat menjual Paulo Dybala dan Gonzalo Higuain. Direktur Juventus, Giuseppe Marotta, mengatakan, mereka bahkan tak perlu menjual pemain mana pun.

Dalam beberapa hari terakhir, Juventus dikabarkan ingin menjual satu di antara Dybala atau Higuain. Kondisi itu karena La Vecchia Signora ingin memperkuat kedalaman skuat.

Akan tetapi, berita itu langsung dibantah Marotta. Menurutnya, Juventus hanya akan melakukan perubahan kecil pada bursa transfer musim panas 2018.

"Juventus tidak memiliki kewajiban menjual pemain. Selain itu, saat ini kami tidak melihat Dybala dan Higuain di tempat lain. Mereka tidak dijual," ujar Marotta kepada Mediaset Premium.

Menurut Marotta, isu yang menyebut Juventus berniat menjual Dybala dan Higuain karena butuh uang untuk membeli pemain lain, tidak masuk akal.

"Pada musim panas, kami hanya akan melakukan pembelian sesuai kebutuhan," tutur Marotta lagi.

Skuat Pemenang

Sebalikya, kata Marotta, Juventus justru ingin mempertahankan Dybala dan Higuain. "Skuat Juventus terbukti dapat menjadi pemenang dan sulit untuk meningkatkan itu. Mempertahankan keutuhan skuat adalah target kami," ujarnya.

Paulo Dybala dan Gonzalo Higuain merupakan lumbung gol Juventus pada musim 2017-2018. Kombinasi keduanya menghasilkan 49 gol untuk La Vecchia Signora.

Sumber: www.bola.com

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Untung Rugi Cuti Bersama Lebaran 2018 bagi Pekerja Swasta

Posted: 13 May 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setelah menetapkan hari libur nasional dan cuti bersama Lebaran 2018, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Hanif Dhakiri telah mengirimkan Surat Edaran (SE) Nomor B.70/M.NAKER/PHIJSK-SES/V/2018 perihal Pelaksanaan Cuti Bersama Pada Perusahaan. Ini juga memperhatikan Surat Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor S-160/M.EKON/05/2018, 

Dalam surat tertanggal 8 Mei 2018, Menaker Hanif Dhakiri menyebut empat poin penting terkait pelaksanaan cuti bersama pada perusahaan, seperti dikutip dari laman resmi Setkab, Jakarta, Senin (14/5/2018), yaitu:

1. Cuti bersama merupakan bagian dari cuti tahunan

2. Pelaksanaan cuti bersama Lebaran 2018 bersifat fakultatif atau pilihan sesuai dengan kesepakatan antara pengusaha dengan pekerja atau buruh, dan atau serikat pekerja atau serikat buruh dengan pengusaha, perjanjian kerja, peraturan perusahaan, atau perjanjian kerja bersama dan peraturan perundang-undangan, dengan mempertimbangkan kondisi dan kebutuhan operasional perusahaan.

3. Pekerja atau buruh yang melaksanakan cuti pada hari cuti bersama, maka hak cuti yang diambilnya mengurangi hak atas cuti tahunan pekerja atau buruh yang bersangkutan.

4. Pekerja atau buruh yang bekerja pada hari cuti bersama Lebaran 2018, maka cuti tahunannya tidak berkurang dan kepadanya dibayarkan upah seperti hari kerja biasa.

 

Selanjutnya

Menaker Hanif Dhakiri

Tembusan surat edaran tersebut ditujukan kepada:

1. Presiden RI;

2. Wakil Presiden RI;

3. Menteri Koordinator bidang Perekonomian;

4. Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan;

5. Menteri Dalam Negeri;

6. Menteri Agama;

7. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi;

8. Menteri Badan Usaha Milik Negara;

9. Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Asosiasi Pengusaha Indonesia; dan

10. Pimpinan Konfederasi Serikat Pekerja atau Serikat Buruh. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tragedi Bom Surabaya, Warganet: #TerorismeBukanIslam

Posted: 13 May 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tragedi pengeboman Surabaya yang terjadi selama tiga kali berturut-turut dalam akhir pekan ini, menjadi sorotan masyarakat di Indonesia.

Ya, seperti diketahui, para teroris yang menjadi dalang di balik aksi pengeboman ini dianggap mengatasnamakan agama.

Padahal, pada kenyataannya, aksi itu dinilai sebagai kejahatan kemanusiaan yang tidak mungkin bersendikan nilai agama yang benar.

Tentu saja, aksi bom yang terjadi secara beruntun tersebut membuat dunia maya khawatir jika kejadian yang sama bisa saja berlangsung di tempat lain.

Warganet pun menegaskan aksi terorisme tersebut tidak ada kaitannya dengan ajaran agama. Kumpulan cuitan mereka bersatu dalam tagar #TerorismeBukanIslam.

Untuk lebih lengkap, berikut kumpulan cuitan warganet soal cuitan #TerorismeBukanIslam:

Seperti diketahui, aksi pengeboman terbaru di Surabaya berlangsung pada Senin pagi (14/5/2018), tepatnya di Polrestabes Surabaya.

Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Frans Barung Mangera mengatakan, serangan bom yang terjadi di Polrestabes Surabaya dilakukan oleh pengendara sepeda motor.

Frans mengatakan, pengendara sepeda motor itu membonceng seorang wanita saat melakukan aksi bom bunuh diri.

"Yang bersangkutan membonceng seorang wanita," kata Frans.

Bom yang meledak terjadi di luar Polrestabes Surabaya. "Peristiwa terjadi di pelang sebelum masuk polresta," kata dia.

Bom Rusunawa

Bom meledak di Rusunawa Wonocolo, Sepanjang, Sidoarjo, Jawa Timur. Ledakan terjadi pukul 21.20 WIB, Minggu (13/5/2018).

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Frans Barung, mengatakan polisi menduga masih ada bom yang belum meledak di sebuah unit di rusunawa tersebut. Oleh karena itu, polisi masih mengecek tempat kejadian perkara (TKP).

"Betul-betul (ada bom) yang masih belum meledak," kata Frans ketika dihubungi Liputan6.com, Minggu.

Frans pun belum dapat merinci berapa jumlah bom yang ada di rumah tersebut. "Nanti saja ya, saya sedang di TKP," ujar Frans.

Dari informasi yang diperoleh Liputan6.com, bom tersebut berupa bom pipa. Namun, Frans belum bersedia mengonfirmasi.

Polisi Temukan Dokumen Berisi Pesan-Pesan di Rumah Pelaku Bom Gereja

Aparat kepolisian bersenjata lengkap berjaga setelah serangan bom bunuh diri di Polrestabes Surabaya, Jawa Timur, Senin (14/5). Diduga, pelaku seorang pria dan wanita yang berboncengan dengan sepeda motor dan membawa seorang anak kecil (AP/Achmad Ibrahim)

Detasemen Khusus 88 Antiteror, Inafis, Gegana, dan Polrestabes Surabaya menggeledah rumah pelaku bom gereja di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (13/5/2018) malam. Polisi menemukan sejumlah dokumen di rumah yang terletak di Jalan Wonorejo, Surabaya.

"Ada dokumen, buku, tulisan, pesan-pesan juga ditemukan. Sedang dikumpulkan," ujar Kapolrestabes Surabaya, Komisaris Besar Rudi Setiawan, di kompleks perumahan pelaku bom gereja, Surabaya, Minggu (13/5/2018).

Menurut dia, tim tengah meneliti dokumen-dokumen tersebut. Oleh karena itu, dia belum bersedia membeberkan isinya.

Selain itu, tim juga menemukan tiga bungkusan plastik yang masing-masing di dalamnya terdapat dua pipa di rumah pelaku bom gereja. Pipa-pipa tersebut sudah berisi TATP atau triacetone triperoxide.

TATP inilah yang menyebabkan bom di tiga gereja berkekuatan tinggi. Oleh karena itu, tim Jihandak dan Gegana kemudian meledakkan paket bom tersebut.

Tim pun menemukan styrofoam yang digunakan di bom gereja yang diledakkan di Jalan Arjun. Styrofoam ini digunakan untuk memperbesar pembakaran.

"Dan beberapa yang kita temukan ada belerang, aseton, HCL (air keras), aqua des, H2O, black powder, korek kayu," kata Rudi.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Menikah, Anak Chef Harada Jalani Ritual Adat Jawa

Posted: 13 May 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dua bulan berlalu setelah Chef Harada pergi untuk selama-lamanya. Kini kebahagiaan tengah menyelimuti keluarga Chef Harada terutama sang putri, Ayumi Harada.

Lewat Instagram Story-nya, diketahui bahwa Ayumi sebentar lagi akan menikah. Meski berdarah Jepang, anak Chef Harada itu memilih melakukan ritual pra-menikah dengan adat Jawa.

Pada 12 Mei 2018 kemarin, Ayumi Harada menjalani prosesi siraman di kampung halaman ibunya di Blora, Jawa Tengah. Kepergian anak Chef Harada itu ke Blora sekaligus untuk berpamitan dengan kakek dan neneknya.

"Saya pergi ke kampung halaman ibu, Blora (Todanan) sebelum upacara pernikahan dengan keluarga / kerabat dari Jawa," cerita anak Chef Harada itu menggunakan bahasa Jepang di Instagramnya, Minggu (13/4/2018).

 

Anak Chef Harada jalani siraman [foto: instagram/dewi_harada]

Pamitan Ke Ayah

Anak Chef Harada jalani siraman [foto: instagram/ayummyy426]

Sebelum bertolak ke Blora, Ayumi lebih dulu berpamitan ke Chef Harada dengan menyambangi makam sang ayah. "Papa! Ayumi Pamit ke Blora dulu ya PaMau acara siraman," tulis Ayumi di akun Twitternya.

Dalam foto yang diunggahnya, Ayumi tampak cantik mengenakan kerudung pink yang dibalut ronce melati.

 

Berhijab

Anak Chef Harada bersama calon suaminya [foto: instagram/ayummyy426]

Ayumi Harada juga mengubah penampilannya selepas ayahnya meninggal dunia. Gadis cantik itu memutuskan mengenakan hijab.

"Saya ingin berubah untuk diri saya sendiri. Jujur, saya merasa malu. karena saya tidak tau bagaimana caranya mendoakan orangtua. karena doa anak yang papa perlu sekarang. insyaallah doa saya sampai ke papa dan diterima oleh Allah," ungkapnya.

 

Wafatnya Chef Harada

Chef Harada (Instagram/ayummyy426)

Chef Harada sendiri meninggal dunia pada 19 Maret 2018 lalu di Rumah Sakit Puri Cinere. Setelah menjalani prosedur operasi otot virus lambung.

Chef yang terkenal dengan gaya memasaknya yang kocak ini memang diketahui mengalami penurunan kondisi kesehatan sejak beberapa bulan terakhir.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Euforia Tifosi Juventus di Kota Turin

Posted: 13 May 2018 09:00 PM PDT

Seorang anak merayakan tim kesayangannya Juventus meraih juara Liga Serie A Italia di Turin (13/5). Ini merupakan gelar ketujuh beruntun Juventus. (AFP Photo/Marco Bertorello)

Seorang anak merayakan tim kesayangannya Juventus meraih juara Liga Serie A Italia di Turin (13/5). Ini merupakan gelar ketujuh beruntun Juventus. (AFP Photo/Marco Bertorello)

Para pendukung Juventus merayakan gelar juara Liga Serie A Italia di Turin (13/5). Tim asal Turin kini sudah mengoleksi 34 gelar scudetto. (AFP Photo/Marco Bertorello)

Para pendukung Juventus merayakan gelar juara Liga Serie A Italia di Turin (13/5). Tim asal Turin kini sudah mengoleksi 34 gelar scudetto. (AFP Photo/Marco Bertorello)

Para pendukung Juventus merayakan gelar juara Liga Serie A Italia di Turin (13/5). Juventus bermain imbang 0-0 atas Roma dan memastikan tim asuhan Massimiliano Allegri meraih scudetto. (AP Photo/Alessandro Di Marco)

Para pendukung Juventus merayakan gelar juara Liga Serie A Italia di Turin (13/5). Juventus bermain imbang 0-0 atas Roma dan memastikan tim asuhan Massimiliano Allegri meraih scudetto. (AP Photo/Alessandro Di Marco)

Para pendukung Juventus merayakan gelar juara Liga Serie A Italia di Turin (13/5). Ini merupakan gelar ketujuh beruntun Juventus. (AP Photo/Alessandro Di Marco)

Para pendukung Juventus merayakan gelar juara Liga Serie A Italia di Turin (13/5). Ini merupakan gelar ketujuh beruntun Juventus. (AP Photo/Alessandro Di Marco)

Para pendukung Juventus merayakan gelar juara Liga Serie A Italia di Turin (13/5). Tim asal Turin kini sudah mengoleksi 34 gelar scudetto. (AP Photo/Alessandro Di Marco)

Para pendukung Juventus merayakan gelar juara Liga Serie A Italia di Turin (13/5). Tim asal Turin kini sudah mengoleksi 34 gelar scudetto. (AP Photo/Alessandro Di Marco)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Walau Tewas, Pelaku Bom Bunuh Diri Surabaya Tetap Bisa Dapat Vonis Bersalah

Posted: 13 May 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Vonis bersalah dapat dijatuhkan kepada pelaku bom Surabaya yang tewas. Pelaku bom Surabaya, yang bermodus bom bunuh diri ini meledakkan tiga gereja di Surabaya, Jawa Timur pada Minggu, 13 Mei 2018.

Pernyataan vonis bersalah terhadap pelaku bom bunuh diri, yang diketahui satu keluarga, bisa didapatkan melalui persidangan pascakematian pelaku (posthumous trial, post-mortem trial).

"Adanya posthumous trial juga bagian dari keadilan, yang diidamkan para korban dan masyarakat. Bahwa negara berpihak pada korban," ungkap pakar psikolog forensik Reza Indragiri Amriel dalam pesannya kepada Health Liputan6.com, ditulis Senin (14/5/2018).

Persidangan pascakematian pelaku juga menindaklanjuti hukuman dan penghinadinaan atas diri pelaku oleh masyarakat (kecaman kepada pelaku bom bunuh diri) bukan sebatas sanksi sosial, melainkan justru dendam yang terinstitusionalisasi (norma atau aturan mengenai suatu aktivitas masyarakat) secara legal.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

Pulang dari Suriah

Puing-puing terlihat di halaman Gereja Santa Maria pascaledakan bom, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (13/5). Dua orang tewas dan 13 orang menderita luka akibat ledakan di Gereja Santa Maria. (AP/Trisnadi)

Satu keluarga pelaku bom bunuh diri Surabaya terdiri dari ayah, ibu dan empat orang anaknya. Keenam anggota keluarga ini adalah Dita Supriyanto (ayah), Puji Kuswati (ibu) dan anak-anaknya yakni, Fadila Sari (12), Pamela Riskika (9), Yusuf Fadil (18) dan Firman Halim (16).

Mereka juga diketahui baru saja pulang dari Suriah, markas ISIS. Kapolri Jenderal Tito Karnavian menegaskan, ada sekitar 1.100 Warga Negara Indonesia (WNI) yang pergi ke Suriah. Ada 500 WNI yang sudah kembali. Sisanya ada yang tewas dan masih menetap di sana.

"Yang kembali dari Suriah 500, termasuk di antaranya keluarga (Dita) ini," jelas Kapolri Jenderal Tito dalam konferensi pers di RS Bhayangkara Surabaya, Minggu (13/5/2018).

Keluarga Dita bergabung dengan ISIS di Suriah, lalu pulang ke Indonesia. Ketika di markas ISIS, keluarga Dita belajar strategi teror, kemiliteran, dan membuat bom. Kembali ke Indonesia, Undang-Undang Teroris Indonesia tidak bisa menghukum tindakan tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: