Rabu, 16 Mei 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Penghuni Lapas Didominasi Napi Kasus Narkoba

Posted: 16 May 2018 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Masalah narkoba menjadi masalah klasik yang masih dijumpai dalam Lembaga Pemasyarakatan. Hampir 60 sampai 70 persen penghuni di seluruh lapas yang ada adalah napi kasus narkoba. Komisi III DPR RI merasa heran karena hingga saat ini belum ada laporan konkrit baik dari Kementerian Hukum dan HAM atau dari pemerintah terkait over capacity masalah tahanan narkoba tersebut.

"Karena intinya over capacity ada di narkoba. Kalau narkoba tidak ada mungkin akan lebih nyaman," ujar Anggota Komisi III DPR RI Adies Kadir usai mengunjungi Lapas Kelas II A Kendari, Provinsi Sultra, Selasa (08/5/2018).

Dalam APBN tahun 2017 yang lalu telah dianggarkan dana kurang lebih 3 triliyun untuk Kemenkumham. Tetapi Kemenkumham tidak berani mengambil dana tersebut untuk merenovasi lapas, lanjutnya.

"Hanya digunakan Rp 700 miliyar untuk penambahan sumber daya manusia. Termasuk CPNS yang baru," ucap politisi Fraksi Golkar itu.

Adies juga mengatakan, salah satu tujuan Kunjungan Kerja Komisi III DPR ke Lapas Kelas II A Kendari adalah untuk menghimpun data dan informasi terkait pelaksanaan tugas-tugas di Kanwil Kemenkumham, maupun mitra kerja lainnya seperti Kejaksaan Tinggi dan BNNP Provinsi Sultra.

"Hal ini dilakukan dalam upaya melakukan proses penegakan hukum, serta ingin mengetahui kendala yang dihadapi di lapangan, maupun permasalahan yang berkaitan dengan upaya peningkatan kinerja yang profesional, akuntabel, sinergi, transparan dan inovatif," jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Anggota Komisi III DPR RI Ichsan Soelistio juga menyampaikan bahwa akibat keterbatasan anggaran yang dimiliki oleh kementerian/lembaga maka renovasi lapas tersebut belum bisa direalisasikan.

"Kalau dilihat memang mengenaskan. Bayangkan mereka tidur bersusun, jadi mereka tidak bisa tidur dengan layaknya. Bayangkan yang kapasitas satu kamar untuk 9 orang ini, diisi oleh 18 sampai 21 orang. Termasuk yang wanita juga. Oleh karenanya Komisi III DPR selalu mendorong terus persoalan ini kepada Kementerian Hukum dan Ham, tapi alasannya klasik, yakni masalah anggaran," tutur Ichsan.

Hampir seluruh Lembaga Pemasyarakatan mengalami over capacity, hanya beberapa provinsi saja yang tidak, sambungnya.

"Kita berharap ke depannya akan ada perbaikan yang dilakukan oleh pemerintah," imbuhnya.

Sementara itu, Kakanwil Kemenkumham Kendari Sofyan memaparkan bahwa mereka memiliki 14 UPT, antara lain 4 lapas, 4 rutan, 3 kantin, 2 lapas dan satu rubasar.

"Kami juga sampaikan, daftar orang asing yang ada di kami secara sistem ada sejumlah 1286 per 30 april," ujarnya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pahit Getir Petugas Lapas Nusakambangan Meredam Radikalisme Napi Teroris

Posted: 16 May 2018 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Cilacap - Sebanyak 154 narapidana teroris dan tahanan perkara terorisme, serta satu orang bayi telah dipindahkan dari Rumah Tahanan atau Rutan Mako Brimob ke Nusakambangan.

Mereka menempati tiga Lembaga Pemasyarakatan atau Lapas Nusakambangan, yakni Lapas Batu, Lapas Pasir Putih dan Lapas Besi. Sebelum itu, di Lapas Pasir Putih, 39 napi teroris berbahaya atau "high risk terorism" sudah dibui. Sejumlah lapas lain juga menjadi rumah para napi teroris ini.

Pemindahan besar-besaran itu dilakukan sebagai langkah tercepat menanggulangi kerusuhan dua hari di Mako Brimob yang menyebabkan enam korban jiwa. Di Nusakambangan yang berfasilitas keamanan lebih lengkap, napi teroris tak akan bisa berkutik.

Usai pemindahan, muncul kekhawatiran, meski sudah masuk penjara yang bertajuk pembinaan, mereka tak akan tobat. Kekhawatiran ini dipicu oleh banyaknya fakta bahwa banyak napi teroris yang tetap menganut paham radikal, bahkan bertambah radikal walau sudah "dibina".

Pun, pernah ada gembong napi teroris yang ternyata menyebarkan ideologinya di dalam penjara, serta memerintahkan aksi teror dari balik jeruji besi. Itu adalah fakta tak terbantahkan.

Namun, kekhawatiran napi teroris bertambah radikal usai dipenjara di Nusakambangan ditepis oleh otoritas Lapas Nusakambangan. Sebabnya, saat ini infrastruktur lapas lebih siap untuk mengantisipasi penyebaran dan pengendalian gerakan terorisme.

Saksikan video menarik di bawah ini:

Cara Petugas Berhubungan dengan Napi Teroris

Sebanyak 154 napi teroris dan tahanan perkara terorisme dipindah dari Mako Brimob ke Nusakambangan. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Koordinator Kepala Lapas se-Nusakambangan dan Cilacap, Hendra Eka Putra menjelaskan, sesuai tugas fungsinya, lembaga pemasyarakatan bertujuan membina dan mengembalikan ideologi para napi teroris yang melenceng.

Beragam upaya pun dilakukan, antara lain dengan memberi pemahaman yang betul soal konsep berbangsa dan bernegara. Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) pun memiliki program deradikalisasi secara kontinyu.

"Jelas, ada bela negara, target kita sih, mengembalikan mereka merah putih," ucapnya, saat dihubungi Liputan6.com, Selasa, 15 Mei 2018.

Meski begitu, untuk menghadapi napi teroris dengan ideologi yang berbeda (garis keras), petugas lapas pun tak serta merta menyalahkan mereka. Riwayat pengalaman dan pembelajaran seseorang bakal memengaruhi cara pandangnya.

Oleh karena itu, lapas juga bekerjasama dengan lembaga yang lebih mereka percaya. Koordinasi pun selalu dilakukan dengan Tim Pengacara Muslim (TPM), lembaga yang banyak mendampingi para napi teroris saat menghadapi proses hukum.

Di sisi lain, saat berhubungan dengan napi teroris pun, petugas lapas dilarang untuk apriori atau mengecap mereka dengan label buruk. Lapas memperlakukan sama seluruh napi, baik pidana khusus seperti terorisme, narkoba, korupsi, maupun napi pidana umum.

"Kita memanusiakan manusia lah, istilahnya "nguwongke". Semuanya kita perlakukan sama. Kalau prinsip saya pribadi, (kalau yang tak kooperatif) 'terserah pemahaman Anda seperti itu, saya seperti ini'," Hendra Eka mengungkapkan.

Penempatan Napi Teroris Berdasar Pertimbangan Risiko Keamanan

Pengawasan narapidana di Nusakambangan juga mengandalkan CCTV. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Meski demikian, antisipasi penyebaran pun mesti dibarengi dengan perlakuan khusus sesuai dengan Standar Prosedur Operasi (SOP) penanganan napi teroris. Lapas Nusakambangan pun membagi napi teroris dalam beberapa kriteria.

Kriteria ideolog atau berkemampuan memengaruhi orang lain untuk mengikuti ideologinya ditempatkan di sel khusus perorangan di dua lapas, yakni Lapas Batu dan Lapas Pasir Putih. Adapun yang cenderung kooperatif ditempatkan di Lapas Besi, dengan sel biasa atau koloni.

Lapas Besi juga diperuntukkan bagi tahanan perkara terorisme yang belum divonis. Pasalnya, ternyata, yang dipindah ke Nusakambangan tak hanya orang yang berstatus narapidana, melainkan juga tahanan kasus terorisme.

Sebab itu, selain penempatan berdasar standar keamanan dan risiko, Lapas Nusakambangan juga akan menempatkan mereka dengan pembedaan status napi dan tahanan. Angka final penempatan masing-masing lapas pun belum bisa dipastikan.

"Belum, kita kan masih assement, bongkar pasang-bongkar pasang ini. Karena kan ada berapa, ada narapidana, ada tahanan. Jadi belum ada datanya. (Angkanya) belum valid, masih assesor kita sedang meneliti satu-satu," dia menerangkan.

Berdasarkan data terkini, jumlah napi dan tahanan yang dipindah dari Rutan Mako Brimob berjumlah 154 orang ditambah satu bayi. Rinciannya, 152 orang lelaki dan dua orang perempuan.

Kajian penempatan dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) dan Balai Pemasyarakatan (Bapas). Program deradikalisasi juga belum mulai dilaksanakan.

"Assesor dari Ditjen Pemasyarakatan dan Bapas. BNPT belum masuk di sini. Masih mandiri. Deradikalisasi itu kan programnya BNPT. Kalau kita lebih ke pembinaan narapidana," dia menambahkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga 1, Siaran Langsung 17 Mei 2018

Posted: 16 May 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Magelang - Partai PSIS Semarang melawan PS TIRA akan menjadi partai pembuka Liga 1 di Bulan Ramadan. Pertandingan pekan ke-9 Liga 1 ini bakal berlangsung Kamis (17/5/2018) di Stadion Madya, Magelang.

PSIS punya catatan cukup bagus saat tampil di markas sementaranya ini. Dari empat pertandingan kandang di Liga 1, PSIS meraih 2 kemenangan, 1 kali imbang, dan 1 kali kalah.

Pelatih PSIS, Vincenzo Annese pun sudah bertekad meraih tiga poin dari PS TIRA. "Kami sangat termotivasi untuk pertandingan ini, karena Magelang kandang kami. Semua akan bekerja keras, membuat banyak peluang dan cetak banyak gol untuk menang," tegas pelatih PSIS, Vincenzo Alberto Annese.

Pelatih asal Italia ini pun mengaku telah menyiapkan strategi agar timnya bisa mengatasi PS TIRA. Menurut Annese, PS TIRA punya kualitas dalam hal skill individu.

"Kami sudah siapkan beberapa variasi permainan, terutama pola menyerang karena lini depan masih menjadi problem kami," ucapnya.

 

 

Cari Celah

PS TIRA. (Bola.com/Ronald Seger Prabowo)

Di sisi lain, PS TIRA datang ke Magelang bukan tanpa persiapan. Pelatih PS TIRA, Rudy Eka Priyambada mengaku timnya sudah mengantongi kelemahan PSIS.

Meskipun demikian, Rudy tetap mewaspadai potensi berbahaya dari PSIS. "Ada beberapa celah yang bisa menjadi senjata kita untuk menyerang. Namun kami juga mewaspadai lini kedua mereka," ujar Rudy.

PS TIRA boleh sedikit menepuk dada ketimbang PSIS. Pasalnya, mereka kini ada di peringkat 11, sementara PSIS masih berada di zona degradasi.

Berikut Jadwal Siaran Langsung Liga 1, Kamis (17/5/2018) hari ini.

20:30 | PSIS Semarang - PS TIRA | Indosiar

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KA Bandara Solo Beroperasi, Harga Tiket Paling Mahal Rp 40 Ribu

Posted: 16 May 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setelah melewati uji coba dan sertifikasi dari Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, kereta Api (KA) Bandara Adi Soemarmo Surakarta )Solo) resmi beroperasi Kamis ini. Untuk sementara, KA Bandara Solo ini akan melayani lintas Solo – Yogyakarta – Kutoarjo. 

Kereta dengan nama Solo Ekspres ini diresmikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi didampingi perwakilan Kementerian BUMN, Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri, Walikota Solo F.X. Hadi Rudyatmo dan Direktur Utama (Dirut) PT Kereta Api Indonesia (Persero) Edi Sukmoro di Stasiun Solo Balapan.

"Pengoperasian KA Bandara Adi Soemarmo untuk sementara waktu menjadi KA Solo Ekspres ini, adalah untuk memenuhi animo calon penumpang KA yang cukup tinggi pada lintas Solo – Yogyakarta – Kutoarjo," kata Zulfikri dalam keterangan tertulis, Kamis (17/5/2018).

Seperti diketahui, pada lintas ini, masyarakat pengguna jasa kereta api menggunakan KA Prambanan Ekspres (Prameks) untuk melakukan perjalanan. KA Prameks ini juga menjadi KA komuter, walaupun sarananya tidak sama dengan KA komuter di Jabodetabek, KA Prameks sarananya KRDE sedangkan di Wilayah Jabodetabek KA yang digunakan adalah KRL.

kereta Bandara Solo Ekspres akan melayani penumpang dari Stasiun Solo Balapan menuju Stasiun Kutoarjo PP, melalui Stasiun Purwosari, Stasiun Klaten, Stasiun Maguwo, Stasiun Lempuyangan dan Stasiun Wates.

Untuk operasional KA Solo Ekspres, disiapkan 4 jadwal perjalanan KA berangkat dari Stasiun Solo Balapan setiap pukul 08.40 WIB dan 15.40 WIB serta keberangkatan dari Stasiun Kutoarjo pada pukul 11.15 WIB dan 18.25 WIB.

 

Tarif

KA Solo Express yang merupakan kereta bandara akan melayani angkutan jalur Solo - Kutoarjo, Kamis (10/5).:(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Besaran tarif KA yang ditetapkan operator berlaku parsial, untuk rute Stasiun Solo Balapan – Stasiun Kutoarjo PP berlaku tarif sebesar Rp 40 ribu, sedangkan untuk rute Stasiun Solo Balapan – Stasiun Yogyakarta dan Stasiun Yogyakarta – Stasiun Kutoarjo berlaku tarif sebesar Rp 30 ribu.

Zulfikri melanjutkan, satu rangkaian KA Solo Ekspres ini terdiri atas 4 kereta dengan kapasitas angkut sebanyak 393 penumpang.

Memang ada perbedaan tarif dengan Prameks, karena KA Solo Ekspres ini dilengkapi dengan pendingin udara, layar TV LED untuk hiburan dan juga memberikan informasi posisi kereta.

"Selain itu juga dilengkapi bagasi khusus untuk menempatkan barang bawaan penumpang, di bangku penumpang juga terdapat pengisi daya ponsel (charging port) dan tempat duduk khusus bagi penyandang disabilitas," paparnya.

 

Jalur Ganda

Kereta Api (KA) Bandara Adi Soemarmo Surakarta (Solo) resmi beroperasi pada Kamis (17/5/2018), setelah lolos sertifikasi dari Kementerian Perhubungan.

Saat ini, Kementerian Perhubungan masih terus bekerja untuk menyelesaikan pembangunan Jalur KA menuju Bandara Adi Soemarmo. Direncanakan pada akhir tahun 2018 ini, konstruksi Jalur KA ini sudah selesai. Sehingga pada awal tahun 2019 diperkirakan sudah bisa dioperasikan untuk pelayanan KA Bandara Adi Soemarmo.

Kementerian Perhubungan juga melaksanakan pembangunan jalur ganda KA lintas selatan Jawa total sepanjang 276,8 Km yang ditargetkan selesai konstruksi dan diresmikan pengoperasiannya di akhir tahun 2018 ini.

Dengan pengoperasian tahap awal KA Solo Ekspres ini, maksudnya adalah menumbuhkan minat masyarakat menggunakan kereta api. Sehingga, apabila nanti sudah resmi beroperasi menjadi KA Bandara Adi Soemarmo, animo masyarakat di Wilayah Solo, Yogyakarta dan Kutoarjo.

Kereta ini nantinya akan dikoneksikan sampai bandara Adi Sumarmo yang saat ini masih dalam tahap pembangunan. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Protes Kekerasan Wanita, Demonstran Membungkus Diri di Tengah Jalan Madrid

Posted: 16 May 2018 09:30 PM PDT

Sejumlah pengunjuk rasa berbaring dan membungkus diri dengan plastik saat melakukan aksi di Madrid, Spanyol (16/5). Dalam aksi tersebut mereka juga menuntut pemerintah agar meningkatkan daya ekonomi untuk wanita. (AFP/Javier Soriano)

Sejumlah pengunjuk rasa berbaring dan membungkus diri dengan plastik saat melakukan aksi di Madrid, Spanyol (16/5). Dalam aksi tersebut mereka juga menuntut pemerintah agar meningkatkan daya ekonomi untuk wanita. (AFP/Javier Soriano)

Sejumlah wanita berbaring dan membungkus diri dengan plastik saat melakukan aksi di Madrid, Spanyol (16/5). Dalam aksinya mereka menutup tubuhnya dengan plastik dan berbaring di jalanan. (AFP/Javier Soriano)

Sejumlah wanita berbaring dan membungkus diri dengan plastik saat melakukan aksi di Madrid, Spanyol (16/5). Dalam aksinya mereka menutup tubuhnya dengan plastik dan berbaring di jalanan. (AFP/Javier Soriano)

Seorang pengunjuk rasa berbaring di jalan dan memegang poster bertuliskan

Seorang pengunjuk rasa berbaring di jalan dan memegang poster bertuliskan

Para pengunjuk rasa membungkus diri dengan plastik saat melakukan aksi di Madrid, Spanyol (16/5). Mereka melakukan aksi yang disebut 'Platform 7N Against the Violence Against Women' untuk memerangi kekerasan terhadap perempuan. (AFP/Javier Soriano)

Para pengunjuk rasa membungkus diri dengan plastik saat melakukan aksi di Madrid, Spanyol (16/5). Mereka melakukan aksi yang disebut 'Platform 7N Against the Violence Against Women' untuk memerangi kekerasan terhadap perempuan. (AFP/Javier Soriano)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gantikan Ayu Ting Ting sebagai Host, Via Vallen Disudutkan

Posted: 16 May 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Berangkat dari kesuksesannya, program talk show yang dipandu oleh Ivan Gunawan, Ruben Onsu, dan Ayu Ting Ting kini hadir menjadi program spesial sahur selama bulan Ramadan. Namun, ada pemandangan yang sedikit berbeda.

Ayu Ting Ting tak lagi menjadi pembawa acara untuk program sahur tersebut. Sebagai gantinya, posisi pelantun "Alamat Palsu" itu digantikan oleh pedangdut yang tengah melejit, Via Vallen.

Kemunculan Via Vallen sebagai pemandu acara tentunya menuai banyak reaksi. Ada yang senang dengan kehadirannya, namun tak sedikit pula yang yang merasa keberatan.

Sejumlah warganet bahkan tak berhenti membanding-bandingkan sosok Via Vallen dengan Ayu Ting Ting. Mereka menilai pelantun lagu "Sayang" itu belum bisa membangun suasana sesukses Ayu Ting Ting.

Dibandingkan

[Foto: Instagram/ruben_onsu]

"Gak ad ayuk gk seru,,,apalgi ada via valen uh...garingg," tulis pengguna akun Instagram @agassi_indo.

"Ayu tu lucu ya biarpun d bilang nyablak gak ada atitud tp menghibur menyenangkan dia," imbuh @aya_adella

"Brownis gk seru gk ada teh @ayutingting92 nya, @viavallen kaku gitu gk ada lucu"nya," tambah pemilik akun @darsich_allif93.

Pesaing

Ayu Ting Ting (Adrian Putra/bintang.com)

Sejak kemunculannya di industri musik Tanah Air, nama Via Vallen memang selalu berhubungan dengan Ayu Ting Ting. Penyanyi asal Sidoarjo, Jawa Timur, itu kerap disebut sebagai pesaing berat Ayu Ting Ting.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPAI: Anak Bomber Surabaya Butuh Sentuhan Keagamaan yang Tepat

Posted: 16 May 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tujuh anak dari pelaku bom Surabaya membutuhkan dukungan psikologis serta keagamaan. Hal itu dinyatakan oleh Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) ketika mengunjungi ketujuh anak tersebut.

Menurut Ketua KPAI Dr Susanto, kondisi anak-anak tersebut secara fisik telah membaik, namun masih memerlukan assessment psikologis. Assessment tersebut diperlukan guna memastikan intervensi rehab selanjutnya.

"Jika melihat riwayat kondisi tujuh anak tersebut, tentu memerlukan rehab secara komprehensif, bukan hanya medis, sosial dan psikologis, namun juga perlu sentuhan pemahaman keagamaan yang tepat," jelas Susanto dalam rilis  yang diterima Health-Liputan6.com, Rabu (16/5/2018).

Susanto menambahkan, penting untuk memastikan anak-anak pelaku bom Surabaya tersebut mendapatkan guru yang tepat, berpikir luas, dan memiliki pemahaman keagamaan yang tepat.

"Tak ada ajaran agama yg mengajarkan terorisme," ujarnya. 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

KPAI Imbau agar Semua Waspada

Aparat kepolisian menutup jalan menuju Polrestabes Surabaya setelah serangan bom bunuh diri di Jawa Timur, Senin (14/5). Diduga, pelaku seorang pria dan wanita yang berboncengan dengan sepeda motor dan membawa seorang anak kecil (AP/Achmad Ibrahim)

Kunjungan Susanto tersebut diterima oleh Kapolda Jawa timur Irjen Pol Drs. Mahfud Arifin, SH, beserta jajarannya, serta Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Jatim serta LPSK.

Setelah bertemu dengan Kapolda Jatim dan jajarannya, Ketua KPAI, Susanto lalu bertandang ke Rumah Sakit Bhayangkara untuk melihat langsung anak-anak dari pelaku teror. Di sana terdapat tujuh anak yang tengah mendapatkan perawatan.

Mengingat saat ini terjadi pergeseran pola rekrutmen pelaku teror dari orang dewasa ke anak, KPAI mengimbau agar semua pihak harus waspada.

"Bisa jadi, polanya akan terus berubah, agar tak terdeteksi oleh aparat dan orang sekitar," jelas Susanto.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sambut Ramadan 2018, Twitter Rilis Emoji Spesial

Posted: 16 May 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Twitter turut memeriahkan berbagai momen penting dengan emoji, termasuk untuk Ramadan tahun ini.

Untuk menyambut datangnya bulan Ramadan, Twiter kembali meluncurkan tiga emoji berbeda dengan desain baru.

Tiga emoji tersebut berupa bulan sabit, piring dan gelas, serta lentera. Ketiga emoji itu akan muncul ketika pengguna mengetik kata kunci tertentu.

Berikut rincian emoji edisi Ramadan 2018 di Twitter, seperti dikutip dari keterangan resmi Twitte Indonesiar, Kamis (17/5/2018):

1. Emoji bulan sabit akan muncul saat pengguna menggunakan tagar-tagar berikut: #Ramadan, #Ramadhan, #BulanPuasa, #Puasa dan #ngabuburit.

2. Emoji bergambar piring dan gelas akan muncul saat tagar-tagar berikut digunakan: #Sahur, #BukaPuasa, #Takjil, #Kurma, #IftarRamadan dan #Iftar.

3. Emoji berikutnya adalah sebuah lentera yang menggambarkan semangat dalam menjalankan ibadah puasa. Gunakan tagar #Ramadan_lanterns, #Ramadan_lantern, #Ramadanlanterns, dan #Ramadanlantern untuk melihat emoji tersebut.

Twitter Kerja Sama dengan Liputan6.com

Ilustrasi Twitter  (iStockPhoto)

Selain emoji baru, Twitter Indonesia juga bekerja sama dengan beberapa mitra untuk membantu pengguna mencari beragam informasi terkait Ramadan. Liputan6.com merupakan salah satu mitra tersebut.

Liputan6.com akan mengaktifkan Direct Message otomatis, yang dikembangkan oleh GDI Lab, untuk memudahkan pengguna Indonesia menemukan informasi terkait Ramadan di Twitter.

Informasi ini termasuk tentang waktu sholat, resep makanan untuk Ramadan, serta informasi terkait lain yang membantu pengguna selama perjalanan mudik.

Selain itu, Twitter juga bermitra dengan @sabistriming, yang merupakan sebuah hub bagi para kreator konten multi vertikal.

Melalui kerja sama ini akan ada siaran regular dalam berbagai kategori selama Ramadan dari #BlueRoom Twitter Indonesia di Jakarta.

Penelitian tentang Ramadan

Penelitian baru Twitter tentang Ramadan (Foto: Twitter)

Twitter menggelar survei tentang bagaimana orang merayakan Ramadan, yang dirilis pada April 2018. Salah satu hasilnya, sebesar 71 persen responden di Indonesia mengaku tertarik menonton acara yang disiarkan langsung di Twitter selama bulan Ramadan.

Waktu yang dihabiskan untuk menonton video di Twitter juga meningkat selama Ramadan. Twitter mencatat, durasi menonton video di Twitter meningkat 157 persen di bulan Ramadan.

Hasil survei ini juga mencerminkan dengan yang terjadi di dunia nyata, salah satunya tentang kebiasaan berbelanja selama Ramadan. Banyak yang berbagi keinginannya di Twitter untuk membeli barang-barang seperti pakaian dan perhiasan, hingga tiket pesawat dan ponsel.

Riset ini juga menunjukkan, bahwa religi menjadi konten Ramadan yang paling banyak dinikmati di Twitter, diikuti oleh makanan atau memasak.

Lima jenis konten yang paling dinikmati oleh pengguna Twitter di Indonesia selama Bulan Ramadan adalah religi, makanan atau memasak, komedi, kesehatan dan destinasi perjalanan. Tidak jauh berbeda dengan konten populer di TV selama Ramadan yakni religi, makanan atau memasak, komedi, destinasi tujuan dan hiburan umum.

(Din/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Priyanka Chopra jadi Superhero Muslim Marvel?

Posted: 16 May 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setelah mengisi suara Ms Marvel pada tahun 2016 lalu, Priyanka Chopra kabarnya didapuk untuk memerankan tokoh Ms Marvel versi layar lebar.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketua Komisi I Kutuk Langkah AS Buka Kedubes di Palestina

Posted: 16 May 2018 09:28 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Hari ini di Palestina terjadi dua peristiwa besar yakni pertama di perbatasan Gaza terjadi pembantaian terhadap puluhan warga Palestina oleh Zionis Israel yang menyebabkan ribuan orang terluka. Kedua, yakni pembukaan kedubes AS di Palestina.

Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari mengutuk keras langkah AS tersebut dan menyampaikan duka mendalam kepada warga Palestina di Gaza yang menjadi korban kebiadaban Israel.

"Duka yang mendalam kepada warga Palestina di Gaza, mereka gigih memperjuangkan kemerdekaan sebagai sebuah bangsa, namun di sisi lain AS mengamini pembantaian itu dengan membuka kantor di Yerusalem tanah Rakyat  Palestina," jelas Kharis dalam keterangan tertulis kepada media, Senin sore (14/05/2018).

Langkah AS seperti membuka kotak pandora krisis timur tengah yang kian meruncing dan melampaui batas kemanusiaan, dimana 128 negara menentang langkah Amerika Serikat yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel, termasuk Indonesia. hal itu jelas sekali menunjukkan sikap arogan AS dan tidak menghormati PBB dan Majelisnya sebagai kesepakatan negara dunia.

"Saya mengutuk dan mengecam langkah Amerika Serikat yang tidak menghormati putusan Sidang Darurat Majelis Umum PBB, bagaimana kami akan menghormati langkah anda jika anda tidak menjalankan dan menerima keputusan seakan kami 128 negara tidak ada," tegas Kharis.

Langkah sepihak AS memindahkan kedubesnya dari Tel Aviv, jelas mengganggu perdamaian dunia yang selama ini diperjuangkan Amerika juga.

"AS telah melewati garis merah  batas perdamaian di Palestina dan kawasan Timur Tengah yang merupakan langkah awal kehancuran bagi perdamaian yang Amerika  sendiri menggagasnya, perlawanan akan  semakin masif, semua negara Islam bersama Palestina dan 128 negara yang lain juga,  Amerika harus menghentikan langkahnya," tegas legislator asal Solo ini.

Kharis juga mengingatkan bahwa Yerusalem bukan lah milik Israel apalagi AS sehingga AS juga tidak berhak untuk memutuskan apakah Yerusalem menjadi bagian dari Israel atau bukan. "Siapa yang memberi AS hak untuk memutuskan bahwa Yerusalem adalah bagian dari Israel? Yerusalem bukan milik AS. Hormati PBB dan tarik kedutaan AS dari Yerusalem," tutup Kharis.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Januari-April 2018, Toyota Avanza Belum Bangkit Lawan Xpander

Posted: 16 May 2018 09:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Berdasarkan data Gabungan industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) wholesales (penjualan pabrik ke dealer) paling laris selama Januari-April 2018 masih dihuni Mitsubishi Xpander. Terdistribusi 29.069 unit.

Angka ini bisa jadi catata sejarah baru di dunia otomotif, pasalnya title mobil terlaris dalam jangka waktu lama sangat kokoh digenggam Toyota Avanza.

Mobil yang dijuluki 'sejuta umat' tersebut terjual 28.330 unit, selama empat bulan atau kuartal pertama di 2018. Angka ini turun 40,5 persen jika dibandingkan periode yang sama di tahun lalu yang tembus 47.619 unit.

Sementara itu, Mitsubishi Xpander sendiri selama Januari-April 2017 tak ada angka. Karena mobil ini memang baru dipasarkan September 2017.

Raihan penjualan Mitsubishi sebagai jawara baru ini tak lepas dari penjualannya dengan kisaran angka di atas tujuh ribu unit per bulan.

Sedangkan Toyota Avanza sendiri terkadang justru mengalami naik turun dengan penjualan antara enam ribu sampai tujuh ribu unit perbulan.

Sementara itu, posisi mobil terlaris ketiga saat ini dihuni Toyota Calya sebanyak 21.535 unit.

 

20 Mobil terlaris Januari-April 2018

Nah, mau tahu mobil apa saja yang paling laris, lihat daftarnya di bawah ini:

1. Mitsubishi Xpander 29.069 unit

2. Toyota Avanza 28.330 unit

3. Toyota Calya 21.535 unit

4. Toyota Kijang Innova 19.323 unit

5. Daihatsu Sigra 17.419 unit

6. Honda Brio Satya 16.644 unit

7. Toyota Rush 14.944 unit

8. Honda HR-V 12.561 unit

9. Suzuki Ertiga 11.652 unit

10. Daihatsu Xenia 11.558 unit

11. Daihatsu Ayla 10.577 unit

12. Toyota Agya 9.225 unit

13. Daihatsu Terios 9.003 unit

14. Mitsubishi Pajero Sport 7.842 unit

15. Toyota Fortuner 6.604 unit

16. Honda Mobilio 6.371 unit

17. Honda Brio 4.563 unit

18. Suzuki Ignis 4.795 unit

19. Honda Jazz 4.176 unit

20. Honda CR-V 3.976 unit

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wanita Misterius Terobos Garis Polisi di TKP Penangkapan Teroris Tangerang

Posted: 16 May 2018 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Tangerang - Seorang wanita misterius nekat masuk kios Duta Konveksi di Jalan Gempol Raya, Kunciran Induk, Pinang, Kota Tangerang, Banten, Kamis (17/5/2018) pagi.

Padahal ruko yang menjadi lokasi penangkapan terduga teroris berinisial MC, G, dan seorang wanita bercadar itu masih terpasang garis polisi. Hal itu disampaikan Dewi, pemilik toko kelontong yang ada di sebelah kanan ruko Duta Konveksi.

"Saya pas buka toko. Terus ibu yang punya kios ikan di sebelahnya itu teriak-teriak, 'ibu itu siapa kok bisa masuk'," ucap Dewi saat berbincang dengan Liputan6.com di lokasi.

Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 06.00 WIB tadi. Saat itu tidak terlihat anggota kepolisian berjaga di sekitar lokasi. Dewi pun memberanikan diri mendatangi wanita tersebut dan menegurnya.

"Saya samperin, tapi saya di luar garis. Ibu enggak boleh masuk. Ini kan area steril, masih ada garis polisi," tuturnya.

Wanita misterius tersebut, kata Dewi, mengaku sebagai keluarga pemilik kios. Dia juga mengklaim telah mendapatkan kunci dan izin polisi untuk membuka kios tersebut.

Meski begitu, Dewi dan ibu-ibu lainnya tetap berusaha mencegah. Namun wanita misterius itu ngeyel. Bahkan menantang bakal melaporkan balik ke polisi.

"Tadi ada wartawan pas lewat. Saya berhenti ini, saya suruh ambil gambarnya. Dia marah-marah, 'jangan ambil gambar saya, saya laporin balik nanti'," kata Dewi.

Tak Dijaga Polisi

Gaya Densus 88 Antiteror Mabes Polri saat penangkapan terduga teroris di Jalan Gempol Raya, Kunciran Indah, Tangerang, Banten, Rabu (16/5). Petugas tampak menenteng senjata laras panjang dan menggunakan penutup wajah. (Merdeka.com/Istimewa)

Dewi menuturkan, polisi telah berjaga di sekitar lokasi sejak penangkapan hingga jam sahur dini hari tadi. Namun setelah subuh, tidak lagi terlihat anggota polisi yang berjaga.

Berdasarkan pantauan di lokasi, baru sekitar pukul 10.00 WIB, sejumlah personel kepolisian dari Polsek Cipondoh, Tangerang berjaga-jaga di lokasi.

Polisi juga mengubah garis polisi yang semula menutup dua blok kios yakni Duta Konveksi dan toko ikan hias di sebelahnya. Kini garis polisi hanya dipasang persisi di depan kios Duta Konveksi milik MC terduga teroris yang ditangkap kemarin.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Warganet Minta Tips agar Terlihat Langsing, Sandra Dewi Beri Nasihat Menohok

Posted: 16 May 2018 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sandra Dewi, merupakan salah satu selebritas yang memiliki bentuk tubuh yang tak berubah, mulai gadis hingga memiliki satu anak. Hal itu membuat banyak orang iri dengan tubuh langsingnya.

Bukan hanya perempuan laki-laki juga kagum dengan Sandra Dewi. Tak sedikit laki-laki yang ingin istrinya juga mendapatkan bentuk tubuh seperti pemain film Tarzan Kota ini.

Sampai-sampai seorang pria meminta tips pada Sandra Dewi agar istrinya yang sedang hamil tak terlihat semakin besar.

Bukannya mendapat jawaban yang diinginkannya, laki-laki ini justru mendapat nasihat menohok dari ibu satu anak ini. Percakapan itu pun diunggah akun Instagram gosip @makrumpita, Rabu (16/5/2018).

 

Seperti Gajah

Sandra Dewi (Foto: Instagram/@makrumpita)

Pria tersebut menulis, "@sandradewi88 ka sandra bagi tips nya dong.. Jdi istri sya lg hamil 7 bln itu baru 7 bln apa lg klo nanti udah 9 bln kya gajah makin lebar.. Apah harus jaga polah makan apa gimna ka liat ka sandra badan nya itu loh kurus aja ngga ada gemuk2 nya sma sekali gk kaya artis2 lain nya."

 

Nasihat

Sandra Dewi (Sumber foto: sandradewi88/instagram)

"Seorang wanita rela berat badannya naik untuk memberikan suaminya keturunan. Seharusnya anda berterima kasih kepada istri anda bukan membahas berat badannya krn mengandung anak anda..ketika saya mengalami kenaikan berat badan selama hamil.. setiap saat suami saya berterima kasih & selalu memuji saya dlm keadaan apapun itu.. kunci kecantikan seorang wanita ada pada suaminya.. ingin istri anda selalu cantik? Harus mulai dr anda sendiri," jawab Sandra Dewi.

 

Anak 4 Bulan

(Instagram/ sandradewi88)

Saat ini, buah cinta Sandra Dewi dengan Harvey Moeis, Raphael Moeis sudah memasuki usia empat bulan. Dia pun sudah menunjukkan kecerdasannya. Di usia yang masih sangat belia, Raphael Moeis pun sudah bisa mengucapkan kata "mama" dengan jelas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenai Pelayanan Publik, Ini Penilaian Bandara Juanda Surabaya Tahun 2018

Posted: 16 May 2018 09:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pelaksanaan penilaian pelayanan prima unit pelayanan publik Tahun 2018 di Bandara Juanda dilaksanakan pada Senin, (14/5). Penilaian yang berlangsung setiap 2 tahun ini dilaksanakan oleh tim penilai independen dari Kementerian Perhubungan, Ombudsman RI, dan Kantor Kepresidenan. Perwakilan Ombudsman RI Eko Nugroho menegaskan bahwa tujuan dari penilaian pelayanan publik ini adalah untuk mengevaluasi kompetensi penyelenggaraan pelayanan bagi masyarakat mengingat bandara merupakan tempat pelayanan transportasi publik.

"Terimakasih yang sebesar-besarnya karena kami diterima dengan baik di Bandara Juanda meskipun bersamaan dengan kegiatan-kegiatan yang lain. Kali ini kita akan melihat perbaikan-perbaikan hasil penilaian sebelumnya, adapun metode penilaian yang akan dilaksanakan adalah penilaian berdasarkan form yang telah tersedia dan peninjauan langsung ke bandara," jelas Eko. Turut hadir sebagai tim penilai dalam kegiatan tersebut adalah perwakilan Kementerian Perhubungan Radjalis dan perwakilan dari Kantor Kepresidenan Putra N. Suryadi.

Co. General Manager Bandara Juanda Yudi Maisa menyebut dalam sambutannya, bahwa Bandara Juanda senantiasa berbenah diri dengan melakukan peningkatan pelayanan dan perbaikan fasilitas layanan publik. "Kami sepenuhnya mendukung kegiatan penilaian pelayanan publik, utamanya agar kami mampu membenahi pelayanan bagi pengguna jasa. Terutama menyambut musim mudik lebaran yang akan segera datang, kami telah bersiap dengan beberapa pembenahan diantaranya adalah sentralisasi SCP 1 di Terminal 1B dan penertiban land transportation lini 1," ungkap Yudi.

Adapun dasar hukum dari penilaian pelayanan publik ini antara lain UU Nomor 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik, Peraturan Menteri PANRB Nomor 17 Tahun 2017 tentang pedoman penilaian kinerja unit pelayanan publik, dan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 19 Tahun 2017 tentang pedoman standar pelayanan di lingkungan Kementerian Perhubungan.

Yudi menambahkan bahwa aspek kepatuhan pelayanan publik juga telah dilaksanakan yakni melalui dokumen standar pelayanan bandara yang terdokumentasi dalam Keputusan General Manager nomor : KEP.34/OB.01/2018/GM.SUB tentang standar pelayanan pada Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya. "Dalam pembuatan dokumen tersebut juga melibatkan masyarakat dengan melakukan pembahasan bersama yang dalam hal ini diwakili oleh para mitra kerja. Kemudian standar pelayanan ini telah dipublikasikan melalui website dan dapat diakses langsung oleh publik. Namun demikian, dalam pelaksanaannya tetap akan dilakukan evaluasi berkelanjutan untuk perbaikan," tambahnya.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Pelatih Timnas Inggris Tak Masukkan Nama Joe Hart

Posted: 16 May 2018 09:18 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Federasi Sepak Bola Inggris (FA) sudah mengumumkan 23 pemain untuk Timnas Inggris di Piala Dunia 2018. Namun, nama kiper berpengalaman Inggris, Joe Hart, tidak ada dalam daftar skuat Gareth Southgate itu.

Gareth Southgate mengaku bahwa itu adalah keputusan yang sulit untuk diambil. "Joe telah bermain cukup banyak dalam dua tahun terakhir, jadi itu bukanlah keputusan yang kami ambil dengan mudah. Saya bisa berbicara dengan mudah dengan mengikutkannya," ujar Southgate kepada situs resmi FA.

Seperti yang diketahui, Hart merupakan pemain yang cukup sering menghiasi skuat Timnas Inggris di beberapa pagelaran internasional. Sebagian publik pun sejatinya telah mengunggulkan sang kiper untuk mengenakan seragam nomor 1 The Three Lions.

Namun, Southgate justru lebih percaya dengan beberapa nama baru seperti Jack Butland, Jordan Pickford, dan Nick Pope. Mantan pelatih Middlesbrough tersebut pun menyatakan betapa sulitnya untuk tidak membawa Hart ke ajang bergengsi itu.

Tampil Baik

Striker timnas Inggris, Jamie Vardy, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Italia dalam laga uji coba di Stadion Wembley, Rabu (28/3/2018) dini hari WIB.  (AP Photo/Kirsty Wigglesworth)

Southgate juga mengungkapkan alasannya meninggalkan Hart. Diakuinya, tiga penjaga gawang lainnya tampil dengan baik di musim ini, sehingga ia merasa sayang untuk tidak memberi mereka kesempatan untuk tampil bersama timnas Inggris.

"Keputusan yang saya hadapi adalah, apakah saya akan membawa Joe dan memberi pengalaman di dalam grup? Ataukah memberikan kesempatan kepada tiga orang yang tampil lebih baik di musim ini?" lanjutnya.

"Kami merasa semua pemain yang dibutuhkan cukup pantas menyusul performa mereka musim ini," tutupnya.

Setelah didepak dari City pada tahun 2016 yang lalu, Hart sempat bergabung dengan klub Italia, Torino, sebelum akhirnya berlabuh di West Ham United. Sayangnya di musim ini, ia tidak menunjukkan penampilan apik seperti waktu di The Citizens dulu.

 

Sumber: www.bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Emirates Sodorkan Harga Tiket Miring untuk Traveler Indonesia yang Hobi ke Eropa

Posted: 16 May 2018 09:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kabar gembira bagi traveler Indonesia yang hobi tamasya ke Eropa, maskapai Emirates baru saja meluncurkan promosi Europe Sensations, yang memungkinkan traveler asal Indonesia menjelajahi berbagai destinasi wisata populer di Eropa dengan harga tiket miring.

Pada promo yang berlaku mulai 30 Mei sampai 30 November 2018 ini tarif yang ditawarkan untuk traveler Indonesia mulai dari Rp13.902.000 untuk tiket PP kelas Ekonomi dan Rp33.162.000 untuk tiket PP kelas bisnis.

Emirates sendiri kini telah melayani penerbangan ke-39 destinasi di Eropa. Di London misalnya, kunjungi salah satu tempat dengan tiga titik kedatangan Emirates, termasuk gerbang London Stansted baru di bagian timur laut kota London, yang akan diluncurkan tanggal 8 Juni 2018, memberikan wisatawan Indonesia kesempatan mengunjungi berbagai lokasi menarik di Inggris Timur seperti Cambridge dan Peterborough.

Sementara itu, di Perancis, wisatawan Indonesia dapat menikmati konektivitas yang luas melalui kemitraan codeshare Emirates dengan SNCF (Perusahaan Kereta Api Perancis), memperluas jangkauan ke tiga kota yang dijangkau penerbangan Emirates, yaitu Paris, Lyon, dan Nice. Pada situs Emirates, penumpang dapat memesan tiket kereta api TGV bersamaan dengan tiket penerbangan dan menerima tiket Emirates yang merangkap tiket perjalanan kereta api tersebut. Untuk pemesanan melalui kantor Emirates atau agen perjalanan, penumpang dapat menanyakan seputar pelayanan tersebut sebelum menyelesaikan pemesanan.

 

Nyaman dan Mudah

Kabin kelas satu Emirates dilengkapi dengan mini bar pribadi (Emirates Airlines)

Penumpang juga bisa memanfaatkan jaringan global Emirates dan melakukan perjalanan pulang dari lokasi yang berbeda dengan menggunakan tiket yang sama, memberikan kemungkinan untuk menjelajahi dan mengunjungi berbagai tujuan wisata lainnya di Eropa. Terbang dari Jakarta untuk perjalanan yang panjang kini nyaman dan bebas hambatan dengan fasilitas transit dan singgah kelas dunia di Bandara Internasional Dubai.

Berbagai macam pilihan akomodasi penginapan termasuk kamar mandi, lounge, aneka restoran dan toko bebas cukai akan memudahkan Anda saat singgah. Para penumpang premium Emirates juga dapat mengunjungi salah satu dari tujuh lounge Emirates di Bandara Internasional Dubai.

Dengan Emirates, setiap Mile dihitung dengan Skywards, program terbaik khusus pelanggan loyal milik maskapai ini. Dapatkan Miles setiap kali Anda terbang bersama Emirates dan gunakan Miles Anda untuk Emirates dan jaringan mitranya yang luas. Untuk infromasi lebih lanjut mengenai pengumpulan dan penggunaan Miles dapat diakses melalui Emirates Skywards.

Semua penumpang Emirates kelas Ekonomi dan Bisnis dapat menikmati in-flight entertainment system ICE milik Emirates yang telah memenangkan penghargaan dan menghadirkan 3.500 saluran film, tayangan TV, lagu dan games, layanan Wi-Fi di pesawat, kapasitas bagasi yang lebih banyak dan makanan ala gourmet.

 

Tambahan Bagasi

Emirates Airlines. (http://www.tripsta.co.uk)

Untuk memastikan fleksibilitas yang lebih tinggi bagi para penumpang, Emirates menawarkan kapasitas bagasi tambahan yang dapat dibeli secara online atau di bandara saat proses check-in, dan akan dibayar menggunakan kurs setempat sesuai dengan nilai kurs pada hari pembelian tersebut. Kenyamanan layanan on-ground masih menjadi bagian dari pengalaman premium Emirates, dengan jaringan yang terdiri dari 40 Lounge Emirates yang terletak pada beberapa bandara terbesar di dunia – yang dirancang dengan seksama untuk memberikan layanan istimewa.

Penumpang Kelas Bisnis juga dapat menggunakan layanan gratis Chauffeur-drive dari Emirates pada tujuan tertentu untuk bepergian menuju dan dari bandara. Untuk memudahkan perjalanan bagi para wisatawan Indonesia, Emirates baru saja meluncurkan laman resmi maskapai dalam Bahasa Indonesia.

Laman resmi ini akan membantu para penumpang untuk melihat harga dan penawaran spesial, memesan tiket dan mengatur jadwal penerbangan, check-in online sampai dengan mengecek status penerbangan. Laman ini juga menyediakan informasi mengenai berbagai produk yang tersedia pada penerbangan (makanan, tempat duduk, ICE), nomor kontak lokal, pelayanan anggota Skywards dan berita terbaru mengenai Emirates.

 

Harga Tiket PP yang Ditawarkan

Foto: Emirates Airlines

Berikut harga tiket Pulang Pergi ke beberapa destinasi wisata Eropa (keberangkatan dari Jakarta) yang ditawarkan

Paris (Kelas Ekonomi): Rp13.902.000

Madrid (Kelas Ekonomi): Rp14.500.000

Roma (Kelas Ekonomi): Rp14.576.000

Manchester (kelas Ekonomi): 15.049.000

Zurich (Kelas Bisnis): Rp33.162.000

Milan (Kelas Bisnis): Rp Rp35.788.000

Munich (Kelas Bisnis): Rp35.817.000

London (Kelas Bisnis): Rp37.504.000

 

Simak juga video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

[Cek Fakta] Laporan Palsu Penetapan Pengangkatan CPNS

Posted: 16 May 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pegawai Negeri Sipil (PNS) menjadi salah satu pekerjaan yang diminati banyak orang. Makanya, setiap kebijakan mengenai penerimaan CPNS selalu bisa menarik perhatian.

Misalnya, informasi terkait penetapan e-formasi pengangkatan PNS. Sebuah mekanisme pengangkatan CPNS yang usulannya berasal dari instansi pemerintah.

Baru-baru ini, sebuah laporan penetapan e-formasi pengangkatan PNS beredar luas di media sosial dan mengundang banyak komentar.

Klaim

Laporan penetapan e-formasi pengangkatan PNS itu mengatasnamakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Surat itu diberi judul Laporan Penetapan E-Formasi Tenaga Honorer, Pegawai Tidak Tetap, Pegawai Tetap Non-PNS, dan Tenaga Kontrak Pengangkatan CPNS tahun 2016-2019.

Isinya menyatakan kuota formasi dari sejumlah instansi pemerintah pusat serta pemerintah daerah (pemda) yang ditetapkan dalam e-formasi. Informasi tersebut menyebutkan kantor Regional, kode cepat, nama instansi, formasi, usul masuk dan ditetapkan.

Bantahan Kementerian PANRB

Kementerian PANRB menegaskan, tidak pernah menerbitkan laporan penetapan e-formasi tenaga honorer, pegawai tidak tetap, pegawai tetap non-PNS, dan tenaga kontrak pengangkatan CPNS periode 2016-2019.

"Kementerian PANRB tidak pernah mengeluarkan surat itu," ujar Deputi Sumber Daya Manusia Aparatur (SDMA) Kementerian PANRB Setiawan Wangsaatmadja seperti dikutip dari laman resmi Kementerian PANRB, Jakarta, Rabu 16 Mei 2018.

Sementara itu, Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PANRB Herman Suryatman menambahkan, informasi yang tidak jelas sumbernya tersebut merupakan berita bohong alias hoax.

"Untuk itu, diimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu waspada dan mengecek kebenaran setiap informasi ke sumber resmi," tegasnya.

Herman menekankan, agar masyarakat mengabaikan berita bohong tersebut, karena bukan mustahil ada upaya penipuan dari pihak-pihak yang berusaha mengambil keuntungan.

"Itu semua berita bohong, dan abaikan saja. Kami akan selalu menginformasikan kebijakan CPNS melalui portal resmi, yakni www.menpan.go.id," jelas Herman.

banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tampil Gemilang Bersama Atletico Madrid, Griezmann Diminta Bertahan

Posted: 16 May 2018 09:15 PM PDT

Lyon - Antoine Griezmann tampil gemilang saat Atletico Madrid membungkam Marseille 3-0 di final Liga Europa, di Lyon, Rabu (16/5/2018) atau Kamis dini hari WIB. Fakta ini membuat pelatih Atletico, Diego Simeone, berharap sang pemain bertahan.

Griezmann berhasil mencetak dua dari tiga gol yang dicetak Atletico Madrid di pertandingan final Liga Europa tersebut. Kecemerlangan pemain asal Prancis itu di pertandingan final membuat dirinya sendiri untuk pertama kalinya meraih trofi besar bersama tim ibu kota Spanyol itu.

Memuji peran penting striker asal Prancis, yang diisukan akan hengkang dari Atletico Madrid pada musim panas mendatang, Simeone pun mengungkapkan harapannya agar Griezmann mau bertahan. Pelatih asal Argentina itu menatap kemungkinan Atletico meraih trofi lagi di awal musim depan.

"Griezmann hari ini mengonfirmasi apa yang bisa dilakukannya tahun demi tahun. Ia sangat menentukan dalam momen terpenting dalam pertandingan. Saya berharap ia gembira bermain bersama kami," ujar Simeone seperti dilansir Reuters.

"Ia bermain dalam tiga pertandingan final bersama kami dan berhasil memenangi dua di antaranya. Sekarang kami berada di Piala Super Eropa, jadi ia bisa bermain dalam empat pertandingan final bersama kami. Jadi untuk level olahraga, kami tidak terlalu jauh dari klub-klub yang memiliki kekuatan lebih besar dari kami," ucap pelatih Atletico itu.

 

Pencetak Gol Terbanyak

Antoine Griezmann melakukan tackle terhadap pemain Marseille Lucas Ocampos saat pertandingan final Liga Europa di Stade de Lyon, Prancis (16/5). Gol pertama Atletico tercipta pada menit ke-21 melalui aksi Antoine Griezmann. (AP Photo / Francois Mori)

Griezmann telah menjadi pencetak gol terbanyak Atletico Madrid dalam setiap musimnya sejak bergabung dari Real Sociedad pada 2014. Griezmann juga menjadi pemain yang palin menarik perhatian sebelum pertandingan final Liga Europa, di mana spekulasi menyebutkan ia akan mengakhiri empat tahun kebersamaannya di Atletico Madrid dengan bergabung bersama Barcelona.

"Itu sebuah keputusan yang akan diambilnya. Apa pun yang diputuskannya, saya akan ikut gembira karena ia memberikan kehidupannya kepada kami," ujar Simeone.

Sumber: www.bola.com

 

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Citilink Jadi Maskapai Paling Tepat Waktu di Asia Tenggara

Posted: 16 May 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Maskapai berbiaya rendah (LCC), Citilink Indonesia mencatatkan tingkat ketepatan waktu (OTP/On Time Performance) teratas untuk kawasan Asia Tenggara pada April 2018. Capaian ini berdasarkan laporan OAG (Official Airline Guide).

"Pencapaian OTP tersebut adalah bagian dari salah satu upaya perusahaan untuk terus memberikan performa yang prima bagi seluruh penumpangnya. Tentunya dengan selalu mengedepankan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan," kata Vice President Corporate Secretary and CSR Citilink Indonesia Ranty Astari Rachman di Cengkareng, Rabu (17/5/2018).

Menurut OAG, Citilink Indonesia mencatatkan ketepatan waktu 89.02 persen dari 8.590 penerbangan yang tercatat, melejit dari data pada Januari 2018 yang menduduki peringkat ke-14 di Asia Tenggara.

Pada Januari 2018, OAG mencatatkan tingkat ketepatan waktu penerbangan Citilink Indonesia sebesar 80.7 persen dari 7.445 penerbangan.

Menurut Ranty, perusahaan terus melakukan perubahan menuju lebih baik untuk memberikan pelayanan maksimal kepada seluruh penumpangnya.

Sebelumnya pada awal Februari 2018, Citilink Indonesia berhasil meraih predikat sebagai LCC bintang empat di dunia dari Skytrax, sebuah lembaga pemeringkat industri penerbangan global.

"Penghargaan tersebut terus memacu semangat perusahaan untuk berkembang lebih baik ke depannya, guna memastikan pelayanan yang terbaik bagi seluruh pelanggannya," jelas Ranty.

Di pertengahan Mei ini, Citilink Indonesia juga tampil dengan seragam baru untuk awak kabin termasuk untuk pramugari berhijab.

Pramugari Berhijab Bakal Layani Seluruh Penerbangan Citilink pada Mei 2018

Seragam baru awak kabin berhijab maskapai penerbangan Citilink Indonesia diperkenalkan di Jakarta, Senin (19/3). Berdasarkan catatan Citilink, 1 dari 5 pramugari mengenakan hijab. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Citilink Indonesia memperkenalkan seragam baru bagi awak kabin. Seragam baru ini untuk menggantikan seragam yang telah digunakan selama tiga tahun ini.

Salah satu yang menarik dalam seragam baru ini adalah adanya seragam khusus bagi pramugari berhijab. Seragam baru ini akan serentak digunakan pada Mei 2018 mendatang.

Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo mengatakan, saat ini pramugari yang mengenakan hijab belum terlalu banyak. 

"Kalau kita punya rasio 1 di antara 5 adalah berhijab. Jadi kalau kita punya kru pramugari-pramugari sekitar 800 pramugari maka sekitar 150 pramugari berhijab," kata dia, di Jakarta, pada 19 Maret 2018.

Selama ini pramugari Citilink yang mengenakan hijab hanya melayani rute penerbangan Aceh dan Jeddah. Akan tetapi, setelah hadirnya seragam baru ini maka pramugari berhijab bisa melayani semua destinasi penerbangan.

"Jadi semua penerbangan ke Aceh dan Jeddah itu mengharuskan karyawan kita menggunakan hijab untuk yang wanita. Tetapi yang sekarang ini tidak, kemana pun destinasi kita mereka yang berhijab dipersilahkan untuk menggunakan hijab," jelasnya.

Dengan begitu, Juliandra berharap jika nanti di dalam pesawat akan ada kombinasi antara berhijab dan tidak berhijab.

Juliandra  melanjutkan, seragam merupakan suatu identitas maskapai. Dengan adanya pembaruan seragam ini akan mencerminkan wajah dan layanan Citilink.

"Bagi airlines seragam cabin crew harus mencerminkan wajah dan bentuk layanan yang akan dihadirkan bagi para pelanggannya. Dalam konteks Citilink, kami berharap seragam cabin crew yang baru nanti akan memancarkan keanggunan elegancy dan kesigapan dan kesopanan santunan dalam melayani," kata dia.

Lanjutnya, peluncuran seragam baru awak kabin kali ini bermakna khusus karena untuk pertama kalinya salah satu seragam didesain menggunakan hijab.

"Mereka dapat beribadah dan bekerja secara bersamaan. Sedangkan berhijab sudah juga dievaluasi dan tidak menghalangi aspek safety dan layanan. Oleh karena itu, kami berharap cabin crew kami akan semakin nyaman dalam melayani pelanggan," jelas dia.

Reporter: Desi Aditia Ningrum

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Minuman Detoks Favorit Beyonce hingga Khloe Kardashian untuk Tingkatkan Metabolisme Tubuh

Posted: 16 May 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tidak hanya menjaga asupan makanan saja, ternyata keempat seleb terkenal Hollywood ini selalu mengawali hari dengan minuman detoks.

Beyonce, Jennifer Lawrence, Khloe Kardashian, dan Miranda Kerr memiliki resep minuman detoks yang selalu mereka konsumsi di pagi hari sebelum mengkonsumsi apa pun. Mereka percaya minuman detoks yang mereka minum mampu meningkatkan metabolisme dalam tubuh mereka sehingga mampu beraktivitas dengan lancar sepanjang hari.

Kabar baiknya, bahan untuk membuat minuman detoks ala keempat seleb tersebut sangat mudah didapatkan. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya dan Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Berikut adalah resep minuman detoks ala Beyonce, Jennifer Lawrence, Khloe Kardashian, dan Miranda Kerr yang bisa Anda buat sendiri, melansir She Finds, Kamis (16/5/2018).

Minuman Detoks ala Beyonce

Penyanyi yang juga ibu dari tiga orang anak ini dipuji karena penampilannya yang memukau dan staminanya yang tinggi saat di Coachella Music Festival beberapa waktu lalu. Namun tahukah Anda apa resep minuman detoks yang selalu dikonsumsi Beyonce di pagi hari? Ternyata sangat sederhana dan hanya membutuhkan empat bahan yaitu air, jus lemon segar, sirup maple hitam, dan cabe rawit. Keempat bahan tersebut dicampur, kemudian diaduk dan diminum untuk membantu melancarkan metabolisme tubuhnya.

 

Minuman Detoks ala Jennifer Lawrence

Ilustrasi Foto Kelapa (iStockphoto)

Aktris peraih piala Oscar Jennifer Lawrence dilaporkan meminum ramuan yang terdiri dari air putih, air jeruk, dan air kelapa dengan tambahan sedikit garam untuk menurunkan berat badan. Namun meskipun Jennifer Lawrence berhasil menurunkan berat badannya dengan minuman detoks tersebut, Anda perlu berhati-hati agar tidak mengonsumsi terlalu banyak garam.

Ahli Diet Olahraga Katherine Shone mengatakan kepada MSN bahwa menambahkan garam tidak begitu dianjurkan kecuali Anda seorang atlet yang kehilangan banyak natrium selama latihan. "Studi menunjukkan bahwa kita semua mengonsumsi garam dalam jumlah berlebihan untuk kebutuhan tubuh kita," kata Shone.

Minuman Detoks ala Khloe Kardashian

Khloe Kardashian membagikan resep minuman detoks favoritnya di pagi hari yaitu air mentimun. Khloe yang baru dikarunia anak tersebut membagikan resep air mentimunnya di Instagram. Resepnya terdiri dari air putih yang diberi irisan mentimun organik dan lemon organik. Terakhir Khloe memasukkan beberapa helai daun mint organik ke dalamnya.

 

Minuman Detoks ala Miranda Kerr

Ilustrasi Buah Lemon (iStockphoto)

Dalam wawancara dengan Majalah  Harper's Bazaar, model Miranda Kerr membagikan semua yang dia makan dalam sehari. Ia selalu memulai harinya dengan segelas air lemon panas sebelum mengonsumsi satu buah alpukat. "Ini cara yang hebat untuk memulai pencernaan Anda. Minuman ini penuh dengan vitamin C," ujar Miranda Kerr.

Ana Fauziyah

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Perketat Pengamanan di Sidang Tuntutan Aman Abdurrahman Besok

Posted: 16 May 2018 09:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Polres Jakarta Selatan akan memperketat pengamanan saat sidang tuntutan Oman Rochman alias Aman Abdurrahman alias Abu Sulaiman (48) di Pengadlan Negeri Jakarta Selatan Jumat, 18 Mei besok.

"Kami terjunkan 60 personel jaga Pengadilan Jakarta Selatan. Kami juga melibatkan anggota Brimob Polda Metro Jaya," kata Kapolres Metro Jakarta Selatan, Komisaris Besar Indra Jafar kepada Liputan6.com, Kamis (17/5/2018).

Indra membeberkan, prosedur pengamanan sidang Aman Abdurrahman nantinya tidak akan jauh berbeda seperti pada persidangan pada umumnya. Hanya saja, sebelum dimulai sidang, akan ada strerilisasi.

"Kita lebih optimalkan saja. Menyusul kemarin di Mako Brimob," ujar dia.

Selain itu, personel bersenjata lengkap juga akan menjaga di sekitar lingkungkan pengadilan. Dia memerintahkan untuk menindak tegas siapa pun yang dianggap membahayakan.

"Kalau di dalam tidak boleh (personel bersenjata lengkap). Hanya di luar aja. Tapi saya perintahkan jangan segan-segan lakukan tindakan tegas terukur," tutur dia.

Aman Abdurrahman didakwa telah menyebarkan paham radikal dalam kurun waktu delapan tahun. Dia menyebarkan paham tersebut ke sejumlah wilayah Indonesia melalui buku karangannya berjudul Seri Materi Tauhid atau mendengarkan melalui MP3 yang dapat diunduh dari sebuah situs.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Petugas Security Tingkatkan Pengamanan di Bandara Ahmad Yani

Posted: 16 May 2018 09:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pasca aksi teror yang terjadi di Surabaya beberapa hari lalu, Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang melakukan peningkatan keamanan di wilayah Bandara. Hal ini terlihat dari pemeriksaan kendaraan di area toll gate bandara (khususnya mobil box) yang dilakukan oleh petugas Avsec didampingi oleh anggota TNI dan Polri dengan sistem random check menggunakan anggar mirror untuk melihat kondisi di bagian bawah mobil, dan melakukan pembongkaran barang-barang sebelum masuk ke area toll gate. Selain itu peningkatan pengamanan juga dilakukan di beberapa titik yang dianggap perlu, misalkan patrol perimeter bandara, area public di terminal bandara dan akses-akses masuk ke bandara.

PTS. General Manager Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang, Indah Preastuty melakukan pemantauan terhadap pengamanan di Bandara Ahmad Yani, "Para petugas Avsec di Bandara Ahmad Yani telah melakukan patroli gabungan, pemeriksaan lebih teliti di SCP 1 dan SCP 2, bekerjasama dengan unit pengamanan terkait agar hal-hal yang tidak diinginkan tidak tejadi di bandara dan juga melakukan tindakan pengamanan lainnya," ujarnya.

Sebanyak 5 tambahan personil dari Avsec, 2 personil dari Polsek Semarang Barat dan 15 personil dari Lanumad Ahmad Yani dikerahkan untuk mengingkatkan pengamanan di area masuk ataupun di dalam terminal Bandara Ahmad Yani. Jika terdapat laporan terhadap hal-hal yang mencurigakan, pihak bandara akan menindaklanjuti hal tersebut. Koordinasi secara intensif dengan aparat keamanan dan kantor otoritas bandara terkait kebijakan peningkatan pengamanan akan terus dilakukan oleh pihak manajemen Bandara Ahmad Yani sampai situasi dinyatakan aman.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Koruptor BLBI Samadikun Hartono Setor Rp 87 Miliar Duit yang Ditilapnya

Posted: 16 May 2018 09:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Koruptor dalam kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI), Samadikun Hartono, akan membayar tunai sisa uang pengganti sesuai dengan vonis yang diterimanya, siang ini.

Rencananya, koruptor yang pernah buron 13 tahun ini akan menyetor langsung ke Bank Mandiri uang pengganti sebesar Rp 87 miliar.

Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat memulihkan keuangan negara dengan menyetorkan uang Rp. 87 M, dari pembayaran uang pengganti terpidana Samadikum Hartono (perkara korupsi BLBI)," kata Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta Nirwan Amir, dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Kamis (17/5/2018).

Pembayaran rencananya akan dilakuan di Plaza Bank Mandiri, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan siang ini. 

"Nanti dihitung bersama," kata Nirwan.

 

 

Divonis Bersalah

Terpidana kasus korupsi Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) Samadikun Hartono (tengah) tiba di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Kamis (21/4/2016) Samadikun telah ditangkap di Shanghai, China beberapa waktu lalu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Samadikun sebelumnya merupakan buronan kasus BLBI sejak tahun 2003. Dia baru berhasil dipulangkan dari Shanghai ke Indonesia 13 tahun kemudian atau pada Jumat 22 April lalu berkat kerja sama dengan pihak kepolisian Tiongkok.

‎Berdasarkan putusan Mahkamah Agung tanggal 28 Mei 2003, Samadikun divonis bersalah telah menyelewengkan dana BLBI untuk penyehatan PT Bank Modern Tbk. Saat itu Samadikun menjadi komisaris utama bank tersebut.

PT Bank Modern Tbk menerima BLBI dalam bentuk Surat Berharga Pasar Uang Khusus (SBPUK), fasilitas diskonto, dan dana talangan valas sebesar Rp 2,5 triliun. Dana tersebut seharusnya digunakan untuk menyelamatkan Bank Modern yang terimbas krisis moneter di akhir era pemerintahan Soeharto.

Namun, oleh Samadikun uang itu digunakan untuk tujuan yang menyimpang. Dana yang dia gunakan secara keseluruhan mencapai Rp 80.742.270.528,81. Negara pun merugi hingga Rp 169.472.986.461,52 atau Rp 169 miliar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ditinggal 50 Hari, Anak Acha Septriasa Bingung Lihat Bapaknya

Posted: 16 May 2018 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Sydney - Lebih dari satu bulan belakangan Acha Septriasa tidur hanya berdua dengan putrinya, Bridgia Kalina Kharisma. Pasalnya sang suami, Vicky Kharisma, harus pergi bekerja ke Hollywood, Los Angeles, Amerika Serikat.

Setelah 50 hari pergi, Rabu (16/5/2018) kemarin, Vicky Kharisma akhirnya kembali pulang ke Sydney, Australia. Tempat di mana dirinya dan Acha Septriasa kini menetap.

"Akhirnya, cintaku telah datang. Hari-hari sepiku berakhir dan hidup ini seperti sebuah lagu, oh yeah. #homesweethome hello papa 50 hari ga ketemu" ungkap Acha Septriasa menyambut kepulangan suaminya.

Vicky Kharisma pun sudah sangat rindu bertemu istri dan anaknya. Begitu tiba di bandara, suami Acha Septriasa itu langsung menghampiri dan menggendong Bridgia.

 

Bingung

Anak Acha Septriasa bingung lihat bapaknya [foto: instagram/septriasaacha]

Namun, ekspresi wajah Bridgia saat bertemu ayahnya tidak terduga. Bayi delapan bulan itu tampak kebingungan melihat sosok pria di hadapannya.

"Brie bingung papanya pulang udah lama gak ngeliat papanya ya dek," ujar @astifitriani29.

"Ya ampun, Ayah ny senang bgt, anak ny bingung... Eheheh," sahut @nonairene.

 

Terharu

Acha Septriasa dan Vicky Kharisma (Foto: instagram.com/septriasaacha)

Sesekali anak Acha Septriasa itu meraba wajah ayahnya. Tidak sedikit warganet yang ikut terharu melihat pertemuan kembali Vicky Kharisma dengan Bridgia.

"Campur aduk rasa nya liat nya,sweet banget,terharu,ikut bahagia," kata @nenkrhiesmawan.

"Happy sambil Terharuuuuu banget ini... Very touching moment mbak @septriasaacha," @ellianasusan menimpali.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kiai Sepuh Minta Sudirman Said-Ida Fauziyah Perhatikan Pesantren

Posted: 16 May 2018 09:09 PM PDT

Liputan6.com, Magelang - Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Sudirman Said-Ida Fauziyah diminta mengubah Jateng menjadi lebih baik dan memberi perhatian pada pondok pesantren yang jumlahnya ribuan jika menang nanti.

Permintaan ini disampaikan oleh para kiai sepuh kepada Sudirman Said-Ida Fauziyah saat Tasyakur Lil Ikhtitam atau wisuda kelulusan santri-santri tingkat SMP dan SMK Ponpes API Tegalrejo, Magelang.

"Manut kiai ki enak. Arep nduwe gubernur dipilihke (Menurut sama kiai itu enak. Mau punya gubernur dipilihkan). Pak Dirman ini calon Gubernur Jawa Tengah, berpasangan dengan anak saya Ida Fauziyah," ujar KH Anwar Iskandar.

Sudirman yang hadir di acara tersebut tepat pukul 24.00 WIB setelah menempuh perjalanan selama 2,5 jam dari Solo. Di Solo, Sudirman hadir dalam acara talk show sebuah televisi swasta bertajuk Republik Digital.

Usai acara pengajian, Sudirman Said bersilaturahim dengan para kiai sepuh di kediaman pengasuh Ponpes API Tegalrejo.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Punya 22 Janji Kerja

Pasangan calon gubernur Sudirman Said dan Ida Fauziah saat menghadiri pengundian nomor urut calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah , Selasa (13/2) malam. Sudirman Said dan Ida Fauziah mendapatkan nomor dua.  (Liputan6.com/Gholib)

Dalam 22 janji kerja yang dibuat Sudirman Said-Ida Fauziyah soal pendidikan agama, khususnya ponpes mendapat perhatian khusus.

Pasangan calon nomor urut 2 ini akan mengalokasikan anggaran khusus guna mengembangkan pendidikan di ponpes.

Hadir dalam kesempatan itu antara lain KH Chalwani dari Purworejo, KH Anwar Iskandar dari Ponpes Al Amin Kediri, KH Yusuf Chudlori, dan sejumlah kiai sepuh lainnya.

 

Reporter : Dian Ade Permana

Sumber  : Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Utusan Bolivia untuk PBB: Israel Membunuh Anak-Anak dan Perempuan

Posted: 16 May 2018 09:06 PM PDT

Liputan6.com, New York - Utusan Bolivia di Dewan Keamanan PBB, Sacha Llorenti, mengatakan bahwa Israel telah membunuh anak-anak dan perempuan. Pernyataan tegas diplomat Bolivia itu muncul setelah ia membacakan nama-nama 61 warga Palestina yang tewas ditembak pasukan Israel di Gaza pada awal pekan ini.

Seperti dikutip dari Middleeastmonitor.com, pada Kamis (17/5/2018), selama pertemuan darurat DK PBB pada hari Selasa lalu, Llorenti juga mengatakan bahwa Gaza telah berubah menjadi penjara besar. Ia menambahkan bahwa memindahkan Kedutaan Besar Amerika Serikat ke Yerusalem menyulut emosi.

"Sebagai anggota Dewan Keamanan (Tidak Tetap) dan di hadapan saudaraku terkasih, duta besar Palestina; saya ingin meminta maaf dan mengatakan betapa menyesalnya saya terhadap 6 juta pengungsi Palestina yang kehilangan rumah mereka dan hari ini tinggal di kamp-kamp pengungsian," imbuh Llorenti.

Sebelumnya, Qatar juga mengutuk keras perilaku pasukan Israel yang menembaki demonstran Palestina di Gaza, menyebut tindakan itu sebagai sebuah "pembantaian brutal."

Demonstrasi yang dilakukan puluhan ribu warga Palestina di Gaza pada Senin, 14 Mei 2018 berubah menjadi bentrokan berdarah setelah pasukan perbatasan Israel melepas tembakan ke arah massa.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Qatar dalam sebuah pernyataannya pada Senin, 14 mei 2018, mengecam peristiwa itu.

"Qatar mengecam keras atas pembantaian brutal dan pembunuhan sistematis yang dilakukan oleh pasukan pendudukan Israel terhadap warga Palestina yang tidak bersenjata," kata Lolwah Al Khater, Juru Bicara Kemenlu Qatar.

"Kami menyerukan kepada semua kekuatan internasional dan regional yang memiliki suara terhadap Israel untuk segera bertindak dan menghentikan mesin pembunuh brutal itu," tambahnya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

Presiden Turki: Israel Negara Teroris

Aktris Manal Issa memegang poster bertuliskan

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Senin, 14 Mei, menyebut Israel sebagai "negara teroris".

Ungkapan itu ia tujukan sebagai bentuk kecaman atas langkah pasukan Israel yang menembak mati warga Palestina, yang ambil bagian dalam demonstrasi di sepanjang perbatasan Gaza. Demikian seperti dikutip dari The Jerusalem Post.

Ia juga menambahkan bahwa mereka yang tewas adalah warga sipil yang tengah mempraktikkan hak demokratis mereka. Erdogan menyampaikan "belasungkawa kepada para martir" dan menegaskan kembali dukungan Turki untuk "saudara-saudari Palestina" mereka.

Erdogan juga menyerukan tiga hari berkabung di Turki sebagai bentuk solidaritas terhadap warga Palestina yang tewas dalam demonstrasi yang bertepatan dengan peresmian Kedutaan Amerika Serikat di Yerusalem tersebut.

Demonstrasi yang diwarnai bentrokan itu merupakan buntut dari aksi protes rakyat Palestina sejak beberapa minggu terakhir, yang dikoordinasi oleh Hamas dalam tajuk "Great March of Return".

Dikutip dari BBC, aksi protes turut menyasar perayaan hari jadi Israel ke-70, yang oleh masyarakat Palestina disebut sebagai Nakba atau hari bencana.

Selain itu, aksi protes juga dialamatkan pada peresmian Kedutaan Besar Amerika Serikat di Yerusalem.

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, membela militernya, dan mengatakan, "Setiap negara memiliki kewajiban untuk mempertahankan perbatasannya."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Meme Puasa Ramadan, Pilih Warna untuk Ungkap Kepribadian

Posted: 16 May 2018 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bulan suci Ramadan telah tiba. Bagi masyarakat Indonesia yang memiliki umat muslim terbesar, Ramadan merupakan bulan yang paling dinantikan. Selain memperbanyak ibadah, bulan puasa juga menciptakan momen hangat bagi banyak orang.

Di samping itu, tak sedikit muncul kebiasaan dan hal-hal unik yang lucu di bulan Ramadan. Bulan penuh keberkahan ini punya kesan menarik yang tak mudah dilupakan. Mulai dari solat tarawih, bukber, dan sebagainya.

Untuk itu, dirangkum sejumlah meme lucu tentang puasa Ramadan. Selain bikin ketawa, kumpulan meme ini juga ada yang nyindir kita.

Artikel tentang meme Ramadan menjadi yang paling terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Sementara itu, artikel kedua terpopuler yakni tentang pilih warna favorit untuk ungkap kepribadian. Disusul dengan artikel 10 cara nyeleneh bawa barang di mobil pada posisi ketiga terpopuler.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 9 Meme Puasa Ramadan 2018, Bikin Kamu Ketawa Sekaligus Nyindir

(Foto: Meme & Rage Comic Indonesia dan Meme Comic Indonesia)

Bulan Ramadan di Indonesia selalu disambut bahagia dengan berbagai perayaan. Oleh sebab itu, bulan Ramadan kerap menjadi momen tak terlupakan bagi semua kalangan.

Untuk merayakan kedatangan bulan Ramadan, kami rangkum meme puasa yang dikutip dari berbagai sumber. Meski membuatmu tertawa menggelitik, meme puasa ini juga menyentil kamu agar rajin beribadah di bulan suci.

Selengkapnya..

2. Pilih Warna Paling Favorit, Jawabannya Ungkap Kepribadianmu

(Foto: Shared) Pilih satu warna dari gambar ini untuk ungkap kepribadianmu yang tersembunyi.

Warna memainkan peranan penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Setiap harinya kita juga pasti akan melihat warna pada sekeliling kita. Di sisi lain, setiap orang juga punya preferensi warna favorit mereka masing-masing.

Di samping itu, warna dan apapun pilihan yang kita ambil punya makna tersembunyi yang ternyata berkaitan dengan kehidupan kita. Dilansir dari Shared, berikut merupakan kotak berisikan warna yang bisa mengungkapkan kepribadianmu.

Selengkapnya..

3. Bikin Ngakak, 10 Cara Paling Nyeleneh Bawa Barang Pakai Mobil

(Sumber Buzzfeed)

Tentu tak semua barang bisa dimasukkan ke dalam mobil. Barang-barang yang besar dan panjangnya melebih mobil tersebut akan kesulitan untuk dimasukkan dan dibawa. Tapi ada saja orang yang memaksa untuk memasukkan barang itu meski sudah pasti tidak muat. Cara mereka membawa barang memakai mobil ini benar-benar bikin heran.

Penasaran seperti apa? Berikut ini 10 cara tak biasa saat bawa barang pakai mobil seperti dilansir dari laman buzzfeed, Senin (14/5).

Selengkapnya..

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jam Kerja Dipangkas Saat Ramadan, Pemkot Bandung Tetap Semangat Beri Pelayanan

Posted: 16 May 2018 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Selama bulan Ramadan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung melakukan penyesuaian jam kerja para Aparatur Sipil Negara (ASN).

Penyesuaian tersebut mengacu pada Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Nomor 336 Tahun 2018 tentang penetapan jam kerja ASN, TNI, dan Polri pada bulan Ramadan.

Terhitung sejak 14 Mei 2018, Sekretaris Daerah Kota Bandung, Dadang Supriatna juga telah mengeluarkan Surat Edaran terkait jam kerja ASN selama Ramadan. Surat tersebut menyatakan, jumlah jam kerja ASN adalah 32,50 jam per minggu atau dipangkas dari biasanya, yakni 37,5 jam per minggu.

Bagi ASN yang berdinas selama lima hari kerja, pada Senin sampai Jumat melaksanakan jam kerja mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB. Para ASN diberi waktu untuk istirahat selama 30 menit dari pukul 12.00 WIB sampai 12.30 WIB.

Sedangkan, pada Jumat, jam kerja berakhir pukul 15.30 WIB dengan istirahat dari pukul 11.30 WIB sampai 12.30 WIB.

Sementara, ASN yang berdinas enam hari kerja, seperti pegawai Rumah Sakit Umum Daerah, Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak, Rumah Sakit Khusus Gigi dan Mulut, Puskesmas, dan sekolah juga mengalami penyesuaian.

Pada Senin sampai Kamis dan Sabtu, jam kerja dimulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 14.00 WIB. Istirahat pada pukul 12.00 WIB sampai pukul 12.30 WIB. Sementara pada hari Jumat, jam kerja mulai pukul 08.00 WIB sampai 14.30 WIB dengan jam istirahat pukul 11.30 WIB sampai pukul 12.30 WIB.

Janji Layani dengan Optimal

Kepala Bagian Humas Setda Kota Bandung Yayan A. Brillyana mengatakan, meski ada penyesuaian jam kerja, pelayanan publik tetap berjalan optimal. Masyarakat hanya perlu menyesuaikan waktu untuk dapat memperoleh layanan publik.

"Yang berkurang hanya jam kerjanya saja karena bulan Ramadan. Tapi tidak mengendurkan semangat untuk melayani masyarakat," ungkap Yayan kepada Liputan6.com, Rabu, 16 Mei 2018.

Ia juga mengingatkan kembali amanat Pejabat Sementara Wali Kota Bandung, Muhamad Solihin agar para ASN bekerja dengan sebaik-baiknya. Hal itu merupakan bentuk tanggung jawab ASN kepada masyarakat.

"Itu juga merupakan salah satu bentuk ibadah di bulan Ramadan. Jadi bukan hanya salat dan puasa saja. Melayani masyarakat juga ibadah," ungkapnya.

Simak video pilihan berikut ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Hal Menarik dari Aktivitas Lembur yang Tidak Disadari Pekerja

Posted: 16 May 2018 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sepertinya hampir sebagian besar pekerja akan merasa tak senang saat diminta bekerja overtime alias lembur. Ini berarti ada pekerjaan tambahan atau mungkin dealine yang harus segera diselesaikan dan ditangani.

Lembur jadi makin tak menyenangkan, kala pekerja tidak mendapatkan tambahan upah dari kelebihan waktu bekerja. Namun, tak semua hal mengenai kerja lembur tak menyenangkan. Ternyata lembur juga bisa membawa keseruan baru bagi sebagian pekerja di Jakarta.

1. Poin Plus dari Atasan

Poin Plus dari Atasan.

Meski tak mendapat tambahan pemasukan dari overtime yang dilakukan, jika Anda lembur kemungkinan mendapatkan penilaian lebih atau poin plus dari atasan terbuka lebar. Anda bisa dianggap pekerja yang berdedikasi tinggi dan berkomitmen kuat mendukung perusahaan.

2. Terhindari dari Traffic Padat

Terhindari dari Traffic Padat.

Kerja lembur berarti Anda pulang di luar jam pulang pada umumnya atau terhindar dari traffic padat. Bagi orang Jakarta ini sangat berguna, karena kemungkinan pulang dengan transportasi umum akan lebih lega dan tidak terlalu padat dari biasanya.

3. Lebih Dekat dengan Rekan Kerja

Lebih dekat dengan rekan-rekan kerja.

Kerja lembur juga memberikan kesempatan bagi Anda untuk lebih dekat dengan rekan-rekan kerja yang mengalami hal sama. Berbincang-bincang di luar jam kerja biasanya jadi lebih santai, bahkan tak sedikit hal yang dibahas terkait masalah pribadi atau hal-hal tentang pekerjaan yang biasaanya tabu kalau dibicarakan saat jam kerja.

4. Shake Aja Dulu

Shake Shake Ekstra Kejutan.

Berhenti bilang lembur itu ga seru mulai dari sekarang, sebab ada #ShakeAjaDulu dari Tokopedia. Di #ShakeAjaDulu ada banyak kejutan dan keseruan yang tak terduga setiap hari di jam 5-6 sore Wib. Setiap pelanggan/konsumen yang mengakses dan shake aplikasi Tokopedia di jam tersebut akan mendapatkan Ekstra deals (diskon/harga spesial, cashback, dan gratis ongkir).

Untuk ikutan program ini caranya mudah banget. Pertama kamu harus punya aplikasi Tokopedia dengan update terbaru. Kalau belum punya aplikasinya, buruan download. Kedua, login aplikasi Tokopedia baik melalui email maupun facebook. Ketiga, kamu tinggal shake-shake aplikasi Tokopedia di jam 5-6 sore untuk dapakan promo menarik.

Jadi, biar lembur dan ngabuburit di bulan ramadan makin seru #ShakeAjaDulu Tokopedia.

 

 

(Adv)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Wanda Hamidah Biasakan Anak Puasa Sejak TK

Posted: 16 May 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebelum bulan Ramadan tiba, Wanda Hamidah sudah mulai mengingatkan anak-anaknya menjalankan puasa. Termasuk buah hatinya yang masih duduk di bangku taman kanak-kanak (TK).

"Anak-anak saya yang usia TK sudah mulai puasa setengah hari. Kalau dia sudah SD sudah satu hari penuh," kata Wanda saat ditemui di kawasan Tendean, Jakarta Selatan.

Wanda mengungkap kalau anaknya ada yang bersekolah di sekolah Katolik. Namun, hal itu tak membuat sang anak kemudian tak menjalani ibadah wajib, yaitu berpuasa di bulan Ramadan.

"Meskipun sekolahnya di catholic school, teman-temannya enggak puasa, mereka tetap melakukan ibadah puasa mereka. Jadi enggak ada hambatan," tuturnya.

 

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

Menebalkan iman

Wanda Hamidah bersama anak (Foto: instagram.com/wanda_hamidah)

Lebih lanjut menurut Wanda, justru ada hikmah bagi anak-anaknya yang bersekolah di sekolah non muslim. Bagi ibu enam anak ini dengan hal itu melatih keimanan anak-anaknya dan belajar bertoleransi.

"Mereka sudah terbiasa. Dari TK, SD, mereka sudah terbiasa. Mungkin ada bagusnya juga karena menebalkan iman mereka. Jadi ada baiknya juga," katanya.

 

Penulis: Mutia

Sumber: Dream.co.id

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Meski Menguat, Rupiah Masih Berkutat di 14.000 per Dolar AS

Posted: 16 May 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak menguat pada perdagangan Kamis ini. Namun, penguatan tersebut tak besar sehingga rupiah masih berkutat di angka 14.000 per dolar AS.

Mengutip Bloomberg, kamis (17/5/2018), rupiah dibuka di angka 14.075 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.097 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.057 per dolar AS hingga 14.083 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah telah melemah 4 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.074 per dolar AS, menguat tipis jika dibandingkan dengan patokan sehari sebelumnya yang ada di angka 14.094 per dolar AS.

Meskipun mengalami penguatan, rupiah tak mampu kembali ke bawah 14.000 per dolar AS. Dolar AS memang masih perkasa di Asia dan juga terhadap mata uang negara berkembang.

Pemicu dolar AS masih tetap perkasa ini karena ketidakpastian politik di Italia sehingga mendorong pelemahan euro sehingga banyak investor mencari dolar AS.

"Situasi di Italia cukup mengkhawatirkan bagi nilai tukar," jelas Yukio Ishizuki, analis mata uang Daiwa Securities, Tokyo, Jepang.

Kembali Perkasa di Akhir 2018

Teller menghitung mata uang dolar di penukaran uang di Jakarta, Jumat (20/4). Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) mengalami pelemahan. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Chief Executive Officer Standard Chartered Bank Indonesia, Rino Donosepoetro, menjelaskan bahwa saat ini pasar keuangan tengah bergejolak dikarenakan kebijakan Bank Sentral Amerika Serikat atau the Federal Reserve (the Fed) yang terus melakukan normalisasi kebijakan moneter dengan menaikkan suku bunga.

Imbas dari aksi tersebut, rupiah mengalami tekanan karena beberapa dana asing pulang ke asal.

"Market memang agak hot saat ini. Tapi pandangan kami rupiah akan membaik di akhir tahun. Jadi ini tidak akan berlanjut terus seperti ini. Saat ini merupakan efek temporary," kata Rino pada 14 Mei 2018.

Pelemahan nilai tukar memang menjadi menjadi isu global. Pelemahan tersebut tidak hanya dialami oleh Indonesia saja, tetapi juga negara berkembang lain di kawasan Asia maupun Eropa.

Rino menjelaskan, meski rupiah saat ini tertekan, ia tetap yakin bahwa hal tersebut tidak akan menyebabkan kekacauan, sebab kondisi fundamental ekonomi Indonesia secara keseluruhan membaik.

Selain itu, dia juga mengaku percaya Bank Indonesia bisa mengatasi kondisi saat ini. "BI juga sudah menyatakan policy-policy kemarin ini kan yang kira-kira memang sudah sangat tepat sehingga kita percaya akhir tahun akan kuat," ujarnya.

Selain itu, ekspor juga diprediksi akan terus membaik sehingga bisa menjaga kestabilan rupiah.

"Ekspor akan meningkat terus, fiskal policy dan kebijakan moneter yang diambil pemerintah sudah sangat tepat Di defisit neraca perdagangan juga dengan intervensi yang dilakukan dari kebijakan moneter Bank Indonesia sudah sangat tepat." jelas dia. 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Billy Syahputra Ajak Anak Yatim Ziarah ke Makam Olga Syahputra

Posted: 16 May 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ziarah makam orang tersayang yang telah mendahului tentu menjadi salah satu tradisi menjelang bulan ramadan bagi sejumlah orang. Billy Syahputra dan keluarga adalah salah satunya.

Billy Syahputra bersama dengan keluarga berziarah ke makam sang kakak, Olga Syahputra di TPU Malaka, Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Rabu (16/5).

Tak hanya dengan keluarga, Billy juga mengajak puluhan anak yatim untuk mendoakan mendiang Olga.

Sebelum berziarah ke makam, Billy dan keluarga beserta para anak yatim juga mengadakan pengajian di rumahnya di kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur. Ia dan keluarga berharap doa dari anak yatim akan membuat mendiang Olga mendapatkan yang terbaik di alam sana.

Doakan Olga Syahputra

Billy Syahputra © KapanLagi.com/Nuzulur Rakhmah

"Menyempatkan waktu untuk berkumpul lagi sama anak-anak yatim (mendoakan) almarhum Olga, memang kan besok kita akan menyambut bulan Ramadan, bulan yang penuh suci dan justru itu bang Billy menghadirkan anak-anak yatim ini semata-mata ingin mendoakan almarhum semoga almarhum dikasih yang terbaik," ujar Billy usai ziarah.

Billy juga mengungkapkan bahwa anak-anak yatim tersebut setia mendokan Olga Syahputra semasa hidup maupun ketika sudah almarhum. Kini Billy yang menggantikan sosok Olga untuk memberikan sebagian rezekinya kepada para anak yatim tersebut.

Sempatkan Ziarah Meski Jadwal Padat

Billy Syahputra © KapanLagi.com/Nuzulur Rakhmah

Billy tetap bersyukur karena masih bisa ziarah dan mendoakan sang kakak meski jadwal syuting cukup padat.

"Ini momennya pas banget untuk menyambut bulan Ramadan sekaligus bang Billy belum ke makam almarhum. Alhamdulillah dikasih kesempatan untuk hari ini kita sama-sama mendoakan almarhum," tandasnya.

Billy berjanji, jika ada rezeki, ia akan mengundang anak yatim dan mendoakan Olga bersama-sama, mengingat sang kakak juga selalu mengundang anak yatim semasa hidupnya.

"Setiap saat ketika mengundang anak yatim, anak yatim ini lah yang selalu diundang almarhum sekadar untuk mendoakan, semasa beliau masih ada pun. Insyaallah kalau memang Bang Billy pas waktunya pas memang ada rezekinya, Bang Billy selalu kasih kabar, kalau Bang Billy enggak kasih kabar, pak ustaz yang kasih kabar 'Bang Billy gimana nih anak yatim', 'iya entar dulu pak ustaz'," ungkap Billy.

Sumber: KapanLagi.com

Reporter: Nuzulur Rakhmah

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi PSIS Vs PS Tira: Pertahankan Rekor Kandang

Posted: 16 May 2018 09:00 PM PDT

Jakarta PSIS Semarang akan menjamu PS Tira pada lanjutan Liga 1 2018 bersama Bukalapak, Kamis (17/5/2018), di Stadion Moch Soebroto, Magelang.

PSIS selalu meraih hasil yang cukup bagus saat berkandang di Magelang. PSIS meraih dua kemenangan atas Persela Lamongan (3-1) dan PSMS Medan (4-1), serta berimbang dengan Bali United (0-0). Satu-satunya kekalahan kandang adalah dari Persija Jakarta (1-4), yang berlangsung di Stadion Sultan Agung, Bantul.

"Kami sangat termotivasi untuk pertandingan ini, karena Magelang kandang kami. Semua akan bekerja keras, membuat banyak peluang dan cetak banyak gol untuk menang," tegas pelatih PSIS, Vincenzo Alberto Annese.

Tak hanya soal menjaga keangkeran, kemenangan dibutuhkan Haudi Abdillah dkk. untuk mendongkrak posisi di klasemen sementara. Saat ini, tim Laskar Mahesa Jenar masih tertahan di posisi ke-17 dengan 8 poin. Jika mampu meraih kemenangan, PSIS akan merangsek ke posisi 10 besar sekaligus menghela nafas keluar dari zona degradasi.

"Semua pemain latihan keras setelah dari Banjarmasin. Kami harus lanjutkan proses itu di pertandingan nanti untuk membuat kemenangan," ucap pelatih berusia 33 tahun tersebut.

Meski penuh keyakinan, juru asal Italia itu juga memuji tim lawan yang dinilainya berkualitas. Dirinya sudah melihat rekaman pertandingan PS Tira sehingga sudah memahami pola permainan Manahati Lestusen dkk.

"PS Tira tim yang bagus saat menyerang karena mereka punya pemain dengan kualitas individu yang bagus. Kami sudah siapkan beberapa variasi permainan, terutama pola menyerang karena lini depan masih menjadi problem kami," ucapnya.

Konsisten Tim Tamu

Derbi Bantul akan terjadi pada ajang Piala Indonesia 2018 zona 8, antara PS Tira dan Perseba Bantul. (Bola.com/Ronald Seger Prabowo)

Sementara keyakinan yang sama juga diusung pelatih PS Tira, Rudy Eka Priyambada. Baginya, konsistensi permainan ingin ditunjukkan timnya setelah menang atas PSMS Medan.

"Ini laga penting bagi kami, karena hingga sebelum Idul Fitri akan menghadapi partai berat. Kami lebih menekankan konsistensi dan bermain semaksimal mungkin," kata dia.

Mantan arsitek Mitra Kukar itu mengklaim sudah mengetahui cara permainan PSIS. Dirinya mewaspadai beberapa pemain kunci tuan rumah, termasuk dua legiun, Ibrahim Conteh dan Bruno Silva. "Ada beberapa celah yang bisa menjadi senjata kita untuk menyerang. Namun kami juga mewaspadai lini kedua mereka," tukasnya.

Hanya saja, kekuatan tim tamu bakal tereduksi dengan absenya dua pilar yakni bek kiri Abduh Lestaluhu dan gelandang Gustavo Lopez. Abduh menjalani hukuman akumulasi kartu, sementara Gustavo mendadak tak jadi diboyong ke Magelang karena kurang fit. "Tidak masalah bagi kami, karena ada pemain lain yang bisa mengisi pos itu," ucap Rudy.

PSIS merayakan gol ke gawang Persela di Stadion Moch. Soebroto, Magelang, Senin (7/5/2018). (Bola.com/Ronald Seger Prabowo)

Prediksi Susunan Pemain

PSIS Semarang (4-3-3): Jandia Eka Putra (kiper); Gilang Ginarsa, Petar Planic, Haudi Abdillah, Frendi Syahputra (belakang); Ibrahim Conteh, Bayu Nugroho, Hapit Ibrahim (tengah); Komarudin, Hari Nur Yulianto, Bruno Silva (depan).

Pelatih: Vincenzo Alberto Annese

PS Tira (4-3-3): Sahrul Trisna Fadila (kiper); Mahdi Fachri Albaar, Kim Sang-min, Ganjar Mukti, Iman Faturrahman (belakang); Manahati Lestusen, Ryan Wiradinata, Roni Sugeng Arianto (tengah); Mariano Berriex, Alexandar Rakic, Wawan Febrianto (depan).

Pelatih: Rudy Eka Priyambada

 

Sumber: www.bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Awal Ramadan, #Puasa Jadi Topik Terpopuler di Twitter

Posted: 16 May 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Umat muslim tengah bersukacita menyambut awal Ramadan pada hari ini, Kamis (17/5/2018). Semangat Ramadan ini juga terlihat di ranah maya dengan banyaknya twit tentang hal tersebut di Twitter.

Pantauan tim Tekno Liputan6.com, Kamis (17/5/2018), #puasa menduduki pertingkat pertama di Indonesia trends. Banyak pengguna menyampaikan ucapan selamat menunaikan ibadah puasa dan harapan agar bisa menjalankan Ramadan dengan baik.

Saat berita ini ditulis, #sahur dan #fasting juga berada di daftar Indonesia trends.

Berikut beberapa kicauan pengguna Twitter dengan tagar #puasa:

"Jadikan #puasa kesempatan maksimal untuk menghapus dosa masa lalu," tulis @SanggaKPJM.

"Salah satu doa yg "Maqbul" adalah doa org yg berpuasa. Karenanya selain mendoakan diri sendiri dan keluarga, doakan juga para pemimpin negeri ini agar kebaikan selalu menyertai mereka dan agar mereka selalu diberi kekuatan untuk terus bekerja mensejahterakan rakyat," tulis Ketua Partai Persatuan Pembangunan, M. Romahurmuziy dengan akun @MRomahurmuziy.

"Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan. Semoga lebih banyak berkah, ketenteraman, kebahagiaan, dan keselamatan," kicau @raravebles.

"Semoga #puasa tahun ini penuh keberkahan... dijabah semua doa2 kita.. aamiin aamiin," demikian twit dari @DaengRhina.

Emoji Ramadan di Twitter

Emoji Ramadan baru di Twitter (Foto: Ist)

Twitter turut memeriahkan berbagai momen penting dengan emoji, termasuk untuk Ramadan tahun ini. Menyambut datangnya bulan Ramadan, Twiter kembali meluncurkan tiga emoji berbeda dengan desain baru.

Tiga emoji tersebut berupa bulan sabit, piring dan gelas, serta lentera. Ketiga emoji itu akan muncul ketika pengguna mengetik kata kunci tertentu.

Berikut rincian emoji edisi Ramadan 2018 di Twitter, seperti dikutip dari keterangan resmi Twitter, Kamis (17/5/2018):

1. Emoji bulan sabit akan muncul saat pengguna menggunakan tagar-tagar berikut: #Ramadan, #Ramadhan, #BulanPuasa, #Puasa dan #ngabuburit.

2. Emoji bergambar piring dan gelas akan muncul saat tagar-tagar berikut digunakan: #Sahur, #BukaPuasa, #Takjil, #Kurma, #IftarRamadan dan #Iftar.

3. Emoji berikutnya adalah sebuah lentera yang menggambarkan semangat dalam menjalankan ibadah puasa. Gunakan tagar #Ramadan_lanterns, #Ramadan_lantern, #Ramadanlanterns, dan #Ramadanlantern untuk melihat emoji tersebut.

Penelitian tentang Ramadan

Penelitian baru Twitter tentang Ramadan (Foto: Twitter)

Twitter menggelar survei tentang bagaimana orang merayakan Ramadan, yang dirilis pada April 2018. Salah satu hasilnya, sebesar 71 persen responden di Indonesia mengaku tertarik menonton acara yang disiarkan langsung di Twitter selama bulan Ramadan.

Waktu yang dihabiskan untuk menonton video di Twitter juga meningkat selama Ramadan. Twitter mencatat, durasi menonton video di Twitter meningkat 157 persen di bulan Ramadan.

Hasil survei ini juga mencerminkan dengan yang terjadi di dunia nyata, salah satunya tentang kebiasaan berbelanja selama Ramadan. Banyak yang berbagi keinginannya di Twitter untuk membeli barang-barang seperti pakaian dan perhiasan, hingga tiket pesawat dan ponsel.

Riset ini juga menunjukkan, bahwa religi menjadi konten Ramadan yang paling banyak dinikmati di Twitter, diikuti oleh makanan atau memasak.

Lima jenis konten yang paling dinikmati oleh pengguna Twitter di Indonesia selama Ramadan adalah religi, makanan atau memasak, komedi, kesehatan, dan destinasi perjalanan. Tidak jauh berbeda dengan konten populer di TV selama Ramadan yakni religi, makanan atau memasak, komedi, destinasi tujuan, dan hiburan umum.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lakukan Pelecehan Seksual, Karier Lee Seo Won Hancur

Posted: 16 May 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Baru-baru ini dunia hiburan Korea dihebohkan dengan pengakuan aktor muda Lee Seo Won yang melakukan pelecehan seksual kepada rekan sesama selebriti.

Aktor 21 tahun ini diketahui sedang terlibat dalam drama tvN About Time dan juga presenter mingguan dalam acara Music Bank. Menyusul terkuaknya kasus yang melibatkan Lee Seo Won, pihak dari drama tvN About Time dan Music Bank mengeluarkan pernyataan resmi mereka.

Dilansir dari Soompi, Kamis (17/5/2018) menurut pernyataan oleh tim produksi About Time yang dirilis pada 16 Mei 2018, mereka telah memutuskan untuk mendepak Lee Seo Won dari daftar pemain dan akan mencari aktor baru untuk mengambil perannya.

"Peran Lee Seo Won dalam drama adalah direktur musikal di mana pemeran utama wanita akan muncul, dan karena ini adalah peran pendukung dalam subplot yang terpisah dari cerita karakter utama, itu tidak memiliki banyak penampilan di layar," tutur tim produksi.

Aktor Pengganti

Lee Seo Won (Foto: Soompi.com)

"Namun, meskipun menjadi subplot, ini adalah salah satu dari banyak cerita yang beragam dalam drama ini, dan karena itu seluruh cerita tidak dapat dihapus. Karena itu, kami akan menggantikannya dengan aktor yang berbeda dan syuting ulang," tambahnya.

Tim produksi juga menjelaskan bahwa drama About Time sebelumnya sudah mulai syuting pada bulan Februari lalu, sehingga mereka masih mempunyai cukup cuplikan yang sudah disiapkan. Meskipun adegan yang sama akan difilmkan ulang, drama tidak akan ada kemunduran dalam jadwal siaran.

Penghapusan

Lee Seo Won (Foto: instagram.com/_lee.sw)

Ini juga terjadi pada pihak Music Bank. Perwakilan dari pihak Music Bank telah merilis pernyataan resmi tentang status Lee Seo Won sebagai presenter.

Pihak dari acara musik ini berkomentar, "Setelah laporan insiden yang terjadi pada MC Lee Seo Won, kami memeriksa fakta-fakta situasi dengan agensinya, dan kami telah memutuskan penghapusan Lee Seo Won dari program."

Presenter Spesial

Lee Seo Won ( Foto: Soompi.com)

Pihak Music Bank juga menambahkan acara ini untuk sementara waktu akan menampilkan berbagai presenter spesial untuk dipasangkan dengan Solbin, rekan kerja Lee Seo Won yang saat ini masih menjadi presenter Music Bank.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Doa Marquez untuk Korban Bom Surabaya

Posted: 16 May 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Marc Marquez melalui Twitter resminya mendoakan korban serangan bom bunuh diri. Dia berharap Surabaya bisa kembali aman dan kuat melalui masa-masa sulit ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Hari Pertama Ramadan, Polres Bogor Musnahkan 32 Ribu Botol Miras

Posted: 16 May 2018 08:58 PM PDT

Sejumlah minuman keras kemasan botol dipajang sebelum dimusnahkan di halaman Polres Bogor, Cibinong, Kamis (17/5). Pemusnahan botol miras dalam rangka cipta kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat selama bulan Ramadan. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Sejumlah minuman keras kemasan botol dipajang sebelum dimusnahkan di halaman Polres Bogor, Cibinong, Kamis (17/5). Pemusnahan botol miras dalam rangka cipta kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat selama bulan Ramadan. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas membuang minuman keras (miras) hasil sitaan saat pemusnahan di halaman Polres Bogor, Cibinong, Kamis (17/5). Miras yang dimusnahkan lebih dari 32 ribu botol, baik lokal maupun impor dengan beragam merek. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas membuang minuman keras (miras) hasil sitaan saat pemusnahan di halaman Polres Bogor, Cibinong, Kamis (17/5). Miras yang dimusnahkan lebih dari 32 ribu botol, baik lokal maupun impor dengan beragam merek. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Ribuan botol yang berisi minuman keras (miras) berbagai merk dimusnahkan Polres Bogor, Cibinong, Kamis (17/5). Pemusnahan botol miras dalam rangka cipta kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat selama bulan Ramadan. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Ribuan botol yang berisi minuman keras (miras) berbagai merk dimusnahkan Polres Bogor, Cibinong, Kamis (17/5). Pemusnahan botol miras dalam rangka cipta kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat selama bulan Ramadan. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Ribuan botol yang berisi minuman keras (miras) berbagai merk dimusnahkan Polres Bogor, Cibinong, Kamis (17/5). Miras yang dimusnahkan lebih dari 32 ribu botol, baik lokal maupun impor dengan beragam merek. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Ribuan botol yang berisi minuman keras (miras) berbagai merk dimusnahkan Polres Bogor, Cibinong, Kamis (17/5). Miras yang dimusnahkan lebih dari 32 ribu botol, baik lokal maupun impor dengan beragam merek. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Sejumlah minuman keras kemasan botol dipajang sebelum dimusnahkan di halaman Polres Bogor, Cibinong, Kamis (17/5). Pemusnahan botol miras dalam rangka cipta kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat selama bulan Ramadan. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Sejumlah minuman keras kemasan botol dipajang sebelum dimusnahkan di halaman Polres Bogor, Cibinong, Kamis (17/5). Pemusnahan botol miras dalam rangka cipta kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat selama bulan Ramadan. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Alat berat menggilas ribuan botol minuman keras  (miras) hasil sitaan polisi di halaman Polres Bogor, Cibinong, Kamis (17/5). Miras yang dimusnahkan lebih dari 32 ribu botol, baik lokal maupun impor dengan beragam merek. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Alat berat menggilas ribuan botol minuman keras (miras) hasil sitaan polisi di halaman Polres Bogor, Cibinong, Kamis (17/5). Miras yang dimusnahkan lebih dari 32 ribu botol, baik lokal maupun impor dengan beragam merek. (Merdeka.com/Arie Basuki)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Siaga I, Bandar Udara Adi Soemarmo Tambah Personel Penjaga Keamanan

Posted: 16 May 2018 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Solo Selama sepekan terakhir Indonesia sedang dalam keadaan siaga I menyusul berbagai serangan teroris yang terjadi di beberapa kota besar. Mulai dari peristiwa bom bunuh diri di Surabaya pada Minggu (13/5/2018) hingga serangan teroris di kantor polisi Riau pada Rabu (16/5/2018).

Pengetatan keamanan pun dilakukan di semua tempat, termasuk Lapangan Udara (Lanud) TNI Adi Soemarmo. Sebanyak 10 orang personel tambahan diturunkan di sana untuk melakukan penjagaan pada beberapa pos di sekitar Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo.

"Kami terus melakukan koordinasi dengan pihak Lanud terkait penambahan personel penjagaan di Bandara Adi Soemarmo," ujar Tamsul Sadikin, Airport Rescue, Fire Fighting & Airport security Section Head.

Pihak Lanud juga menjalin koordinasi dengan pihak lain untuk menambah pengamanan.

"Kami juga berkoordinasi bersama POM untuk drop zone agar dipindah guna memudahkan pengawasan," ucap Airport Duty Manager, Mukhamad Irwan.

Peningkatan pengecekan tersebut dilakukan terhadap penumpang yang baru masuk ataupun keluar dari pintu Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo. Apabila kita mengingat kembali pada 2012 dan 2016, Kota Solo juga pernah menjadi sasaran teror menjelang lebaran. Karena itu, penjagaan ekstra dilakukan sebagai antisipasi agar hal serupa tidak terjadi lagi di lingkungan sekitar Bandara dan Wilayah Solo Raya.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Penyandang Tunanetra di The Gift, Reza Rahadian Tak Mau Terjebak Stereotip

Posted: 16 May 2018 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Reza Rahadian mendapat satu tantangan baru saat bermain dalam film The Gift. Di sini, ia memerankan karakter Harun, seorang penyandang tunanetra.

Saat bertandang ke kantor Liputan6.com di Senayan, Jakarta Pusat, Senin (14/5/2018), Reza Rahadian mengatakan sebenarnya peran seperti ini sudah banyak dimainkan aktor lainnya. Hanya saja, ia tak mau menonton terlalu banyak film yang mengangkat sebuah tokoh penyandang tunanetra sebagai referensi.

"Saya menolak untuk menonton terlalu banyak film referensi yang aktornya memerankan penyandang tunanetra, karena saya merasa ada yang terlalu stereotype. Pendekatannya hampir sama," tutur Reza Rahadian.

Karena itu, kata Reza, ia kemudian melakukan riset tentang para penyandang tunanetra, demi bisa menemukan pendekatan baru untuk memainkan karakter ini. Salah satu cara yang dilakukan Reza Rahadian, adalah dengan bertemu langsung dengan sejumlah penyandang tunanetra.

 

Belajar dengan Teliti

Aktor Reza Rahadian berpose saat media visit di SCTV Tower, Jakarta, Senin (14/5). (Liputan6.com/Arya Manggala)

Ia mengatakan bahwa dari pertemuan tersebut, ia mempelajari secara teliti gestur dari sang penyandang tunanetra. "Saya ingin mencari gimmick atau gerak tubuh kecil yang spesifik, berbeda dari yang mungkin pernah ada [di film]," kata dia.

 

Gestur Kecil

Reza Rahadian (Bambang E. Ros/bintang.com)

Akhirnya saat bertemu dengan salah seorang penyandang tunanetra di kantor Dapur Film, studio yang membuat The Gift, Reza akhirnya menemukan gestur kecil tersebut.

"Saya perhatiin dari mulai dia masuk, cara tangannya bergerak, sorot mata dan gerakan bola matanya. Dan mereka kan juga sangat sensitif ya pendengarannya, jadi mereka bergerak dengan insting pendengaran yang sangat kuat," tuturnya.

Tayang 24 Mei

Film The Gift (Instagram/ thegiftmovieid)

Film The Gift sendiri, mengisahkan tentang Tiana (Ayushita), seorang novelis muda yang berkenalan dengan Harun (Reza Rahadian), seorang tetangga kontrakannya. Harun, adalah seorang tunanetra yang menutup diri dari dunia luar dan memilih tenggelam dalam kesendiriannya.

Perkenalan awal yang semula kurang menyenangkan, berbuah kedekatan yang dalam. Namun tiba-tiba datang Arie (Dion Wiyoko), sahabat lama Tiana, yang memberikan satu kabar mengejutkan. Tak hanya itu, Arie juga datang untuk melamar Tiana.

The Gift, akan mulai ditayangkan di bioskop Tanah Air pada 24 Mei mendatang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Angkasa Pura I Dukung Kegiatan Pasar Murah Perhubungan 2018 di Semarang

Posted: 16 May 2018 08:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT Angkasa Pura I (Persero) mendukung pelaksanaan kegiatan Pasar Murah Ramadan yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan di Pondok Pesantren Luhur Wahid Hasyim, Kelurahan Sampangan, Kota Semarang, Rabu (16/5). Pada kegiatan tersebut Angkasa Pura I menyediakan 500 paket sembako murah untuk dijual kepada warga di sekitar Ponpes Luhur Wahid Hasyim.

"Dukungan kami pada kegiatan pasar murah ini merupakan salah satu komitmen Angkasa Pura I dalam mendukung peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat di wilayah kerja perusahaan," ujar Direktur Sumber Daya Manusia & Umum Angkasa Pura I Adi Nugroho.

Pada kegiatan ini masyarakat di sekitar Ponpes Luhur Wahid Hasyim, kelurahan Sampangan dapat membeli paket sembako murah senilai Rp. 150.000,- dengan harga per paket hanya Rp. 50.000.-. Adapun paket yang disiapkan terdiri dari beras 5 kg, minyak goreng 2 liter dan gula pasir 2 kg. Seluruh hasil penjualan paket sembako murah senilai Rp. 25.000.000,- disumbangkan secara langsung oleh Angkasa Pura I untuk operasional Ponpes Luhur Wahid Hasyim.

"Melalui subsidi yang diberikan ini, kami berharap dapat membantu meringankan beban masyarakat disekitar Ponpes Luhur Wahid Hasyim dalam memenuhi kebutuhannya di bulan suci ramadan," tambah, Adi Nugroho.

Sulastri (56 tahun) Warga Kelurahan Sampangan menyambut baik adanya kegiatan pasar murah ini. "Terima kasih untuk Angkasa Pura I dan Kementerian Perhubungan yang telah menyediakan sembako murah. Harapan kami semoga kegiatan seperti ini dapat diadakan lebih sering setiap tahunnya," ungkapnya.

Kegiatan Pasar Murah Perhubungan 2018 didukung oleh sejumlah pihak, diantaranya adalah Badan Pengembangan SDM Perhubungan, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Tanjung Emas, Distrik Navigasi Kelas II Semarang, Polda Jateng, Kodim Kota Semarang, Polrestabes Kota Semarang, dan Biro Komunikasi dan Informasi Publik, Kemenhub.

Serahkan Bantuan Bina Lingkungan

Pada kesempatan ini pula Angkasa Pura I menyalurkan Bantuan Bina Lingkungan kepada Pondok Pesantren Luhur Wahid Hasyim senilai Rp. 75.000.000,-. Bantuan diserahkan secara simbolik oleh Direktur SDM dan Umum Angkasa Pura I, Adi Nugroho kepada Rektor Universitas Wahid Hasyim, Mahmutarrom. "Melalui penyerahan bantuan bina lingkungan ini kami harap dapat mendukung sarana dan prasarana pendidikan untuk mahasiswa di Pondok Pesantren Luhur Wahid Hasyim," tambah Adi.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hati-Hati Baca Berita, Dewan Pers Catat 43.300 Media Online Tidak Terdata

Posted: 16 May 2018 08:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Dewan Pers Yosep Stanley Adi Prasetyo mengatakan, Indonesia merupakan salah satu negara dengan paling banyak memiliki media. Total media di Indonesia saat ini ada sekitar 47 ribu dengan paling banyak adalah media online.

Namun, Stanley, sapaan akrabnya mengungkapkan, hanya ada 168 media yang telah terdata di Dewan Pers. Sedangkan yang lainnya tidak.

"Kami perkirakan angkanya adalah 43.300 (yang tidak terdata). Bayangin. Tidak ada 1 persennya. Sisanya seperti apa? Tidak tahu, antah berantah," ungkap Stanley, usai Forum Merdeka Barat 9 'Cegah dan Perangi Aksi Teroris', di Kantor Kemkominfo, Jakarta Pusat, Rabu 16 Mei 2018.

Dia menuturkan, untuk melawan media-media bodong tersebut, pihaknya akan terus melakukan verifikasi terhadap berbagai media yang mengaku sebagai perusahaan pers tersebut.

Termasuk terhadap situs-situs radikal yang tidak berbadan hukum dan bukan perusahaan pers sebagaimana mestinya. Stanley berharap, proses verifikasi itu dapat rampung pada akhir tahun 2018 ini.

"Jadi di tahun 2019, media-media yang terverifikasi itu kita berikan QR code. Dengan demikian, org bisa membedakan mana media yang asli dan mana media yang tidak," tutur dia.

 

Dipakai Namanya

Stanley menceritakan, bahwa ada salah satu media besar yang dipakai namanya oleh sejumlah media bodong. Bahkan media bodong tersebut tidak hanya 1 yang menggunakan nama media besar tersebut, namun ada 14.

Kemudian, lanjut dia, persoalan itu pernah membuat seorang anggota DPR mengadu dan marah-marah, karena mempertanyakan kenapa berita di media asli tersebut dapat memberitakan hal seperti itu.

Hingga akhirnya, dia pun mengecek url dari media tersebut dan terlihat bahwa, media itu memiliki url atau alamat website yang berbeda dengan media aslinya.

"Jadi silahkan diadukan ke Dewan Pers, Dewan Pers akan rekomendasikan kepada Polri karena ini bukan media (asli). Ada MoU antara Dewan Pers dengan Polri," dia menandaskan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Tersandung Kasus Doping, Kapten Timnas Peru Gagal Tampil di Piala Dunia 2018

Posted: 16 May 2018 08:45 PM PDT

Kapten timnas Sepak Bola Peru Paolo Guerrero saat tiba di Lima untuk menjalani tes, Peru (15/5). Pihak sepak bola setempat meminta bantuan FIFA untuk meninjau kembali kasus doping yang menimpa Paolo Guerrero. (AP/Martin Mejia)

Kapten timnas Sepak Bola Peru Paolo Guerrero saat tiba di Lima untuk menjalani tes, Peru (15/5). Pihak sepak bola setempat meminta bantuan FIFA untuk meninjau kembali kasus doping yang menimpa Paolo Guerrero. (AP/Martin Mejia)

Sejumlah penggemar menyapa kapten timnas Sepak Bola Peru Paolo Guerrero saat tiba di Lima untuk menjalani tes, Peru (15/5). Striker 34 tahun itu terpaksa absen di Rusia karena terlibat kasus doping. (AP/Martin Mejia)

Sejumlah penggemar menyapa kapten timnas Sepak Bola Peru Paolo Guerrero saat tiba di Lima untuk menjalani tes, Peru (15/5). Striker 34 tahun itu terpaksa absen di Rusia karena terlibat kasus doping. (AP/Martin Mejia)

Seorang pria memegang poster kapten timnas Sepak Bola Peru Paolo Guerrero saat menyambut kedatangannya di Lima, Peru (15/5). Guerrero dilarang bermain selama 14 bulan setelah positif menggunakan doping di babak kualifikasi Piala Dunia. (AP/Martin Mejia)

Seorang pria memegang poster kapten timnas Sepak Bola Peru Paolo Guerrero saat menyambut kedatangannya di Lima, Peru (15/5). Guerrero dilarang bermain selama 14 bulan setelah positif menggunakan doping di babak kualifikasi Piala Dunia. (AP/Martin Mejia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Soal Masa Depan Griezmann, Simeone: Tanya Dia Saja

Posted: 16 May 2018 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone, ogah membahas masa depan Antoine Griezmann. Ia hanya berharap striker asal Prancis itu tetap bertahan di musim depan.

Griezmann kembali menjadi bintang Atletico dalam final Liga Europa, Rabu (16/5/2018). Dia mencetak dua gol dan membawa timnya menang 3-0 atas Marseille.

Ini merupakan gelar kedua bagi Griezmann. Sebelumnya, ia membawa Atletico meraih gelar Piala Super Spanyol pada 2014.

"Griezmann? Dia tidak perlu membuktikan apa pun. Beberapa tahun belakangan kualitasnya telah teruji," ujar Simeone seperti dilansir Football Espana.

"Tentu saya senang dia bisa meraih gelar untuk kami. Semoga saja dia bertahan di sini," katanya menambahkan.

 

 

Laris

Para pemain Atletico Madrid merayakan gol Antoine Griezmann ke gawang Marseille pada laga final Liga Europa, di Lyon, Kamis (17/5/2018) dini hari WIB. (AP/Thibault Camus).

Griezmann bergabung ke Atletico sejak 2014. Ia langsung menjadi andalan di lini depan.

Total pemain berusia 27 tahun itu telah bermain dalam 208 laga. Dari jumlah itu, ia sudah menyumbang 112 gol.

Tak heran deretan klub ingin membelinya, seperti Barcelona, Chelsea, hingga MU.

Tanya Langsung

Penyerang Atletico Madrid, Antoine Griezmann saat mengikuti sesi latihan di stadion Parc OL di Decines-Charpieu (15/5). Atletico Madrid akan bertanding melawan wakil Prancis, Marseille pada babak final Liga Europa. (AFP Photo/Jean-Philippe Ksiazek)

Simeone juga tak menampik tawaran untuk Griezmann bakal mengalir musim panas ini.

"Akankah Griezmann bertahan? Itu pertanyaan untuknya. Saya harap dia masih bahagia bersama Atletico," ujar Simeone.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selain Bayar THR, Menaker Minta Perusahaan Gelar Mudik Bareng buat Buruh

Posted: 16 May 2018 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), M. Hanif Dhakiri sudah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 2 Tahun 2018 tentang Pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) Keagamaan Tahun 2018 yang ditandatangani pada 8 Mei 2018.

Seperti dikutip dari laman resmi Kementerian Ketenagakerjaan, Jumat (17/5/2018), surat edaran tersebut ditujukan kepada para Gubernur, Bupati, Wali Kota di seluruh Indonesia.

Dalam edaran ini, Hanif meminta kepada kepala daerah untuk mendorong perusahaan di wilayahnya menyelenggarakan mudik bareng Lebaran.

"Tujuannya untuk membantu pekerja atau buruh, beserta keluarganya yang akan mudik Lebaran," kata Hanif.

Tak kalah penting, perusahaan wajib membayar THR buruh atau pekerja paling lambat tujuh hari sebelum Idul Fitri (H-7).‎

"THR keagamaan wajib dibayarkan paling lambat tujuh hari sebelum hari raya keagamaan. paling lambat tujuh hari sebelum Idul Fitri (H-7).‎

"THR keagamaan wajib dibayarkan paling lambat tujuh hari sebelum hari raya keagamaan. Pekerja yang telah bekerja selama sebulan secara terus-menerus juga berhak mendapatkan THR," tegasnya.

Hanif menjelaskan, besaran THR bagi pekerja yang mempunyai masa kerja 12 bulan secara terus-menerus atau lebih, memperoleh THR satu bulan upah.

Adapun bagi pekerja yang mempunyai masa kerja satu bulan secara terus-menerus tetapi kurang dari 12 bulan, THR-nya diberikan secara proporsional sesuai dengan perhitungan yang sudah ditetapkan, yaitu masa kerja dibagi 12 bulan dikali satu bulan upah.

"Pemberian THR keagamaan merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan pengusaha kepada pekerja. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 6 Tahun 2016," dia menjelaskan.‎

 

THR bagi Pekerja Lepas

Ilustrasi THR. (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Sementara itu, bagi pekerja harian lepas yang mempunyai masa kerja 12 bulan atau lebih, besaran THR-nya berdasarkan upah satu bulan yang dihitung berdasarkan rata-rata upah yang diterima dalam 12 bulan terakhir sebelum hari raya keagamaan.

Adapun bagi pekerja lepas yang mempunyai masa kerja kurang dari 12 (dua belas) bulan, upah satu bulan dihitung berdasarkan rata-rata upah yang diterima tiap bulan selama masa kerja.

Bagi perusahaan yang menetapkan besaran nilai THR dalam perjanjian kerja, peraturan perusahaan, perjanjian kerja bersama, atau kebiasaan lebih besar dari nilai THR yang telah ditetapkan, maka THR keagamaan yang dibayarkan kepada pekerja sesuai dengan yang tertera di perjanjian kerja, peraturan perusahaan, perjanjian kerja bersama, atau kebiasaan yang telah dilakukan.

Telat Dapat THR, Adukan ke Posko Ini

Menaker sidak posko pengaduan THR

Kementerian Ketenagakerjaan juga mengharapkan masing-masing provinsi dan kabupaten/kota membentuk Pos Komando Satuan Tugas (Posko Satgas) Ketenagakerjaan Peduli Lebaran 2018. Hal ini untuk antisipasi timbulnya keluhan dalam pelaksanaan pembayaran THR keagamaan.

"Kami juga akan membuka posko pengaduan THR. Bagi pekerja yang THR-nya tidak dibayarkan bisa mengadu ke posko pengaduan THR yang akan dibuka di dinas-dinas tingkat provinsi dan kabupaten/kota serta di tingkat Pusat Pelayanan Terpadu Satu Atap (PTSA) Kantor Kementerian Ketenagakerjaan," ujar Hanif.

Agar pembayaran THR sesuai aturan, Hanif meminta para gubernur, bupati, dan wali kota untuk memperhatikan, mengawasi, dan menegaskan para pengusaha di wilayahnya masing-masing untuk melaksanakan pembayaran THR keagamaan tepat waktu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Hari Pertama Puasa, Ratusan PNS Kesiangan

Posted: 16 May 2018 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Hari pertama puasa ratusan PNS di kota Cimahi terlambat datang ke kantor. Akibatnya jalur masuk ke dalam gedung Wali Kota dipenuhi antrean kendaraan milik PNS yang telat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidur Siang Saat Puasa, Ini 5 Manfaat bagi Kesehatan Pencernaan

Posted: 16 May 2018 08:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Saat Ramadan, tidur siang mungkin jadi salah satu kegiatan favorit banyak orang. Tidur juga merupakan kebutuhan yang tak boleh diabaikan. Tidur yang cukup yang juga bisa membantu kita lebih segar dan mengembalikan stamina.

Selain mendapatkan pahala, salah satu fungsi tidur siang adalah melancarkan sistem di dalam tubuh, yaitu pencernaan. Berikut manfaat tidur bagi pencernaan.

1. Tidur bisa memberi waktu bagi pencernaan untuk membersihkan diri

Dalam masa tidur terjadi proses detoksifikasi alami oleh tubuh. Setelah bangun pagi, biasanya perut akan membunyikan alarm untuk segera mengeluarkan sisa makanan dan racun.

2. Tidur bisa membantu mengeluarkan gas dalam tubuh

Saat perut kembung setelah sahur, tidur akan membantu pencernaan lebih baik, memudahkan perut membuang gas yang membuat perut tidak nyaman. Biasanya, saat bangun tidur, kamu jadi punya keinginan kentut.

3. Pencernaan lebih stabil dan lancar karena metabolisme berjalan lebih baik

Saat tubuh kurang istirahat, pencernaan pun terganggu. Kamu bisa mengalami satu atau lebih masalah sistem pencernaan tubuh seperti mudah maag, diare, susah BAB dan sejenisnya.

 

4. Bisa turunkan stres dan penyakit pencernaan

Saat stres berkurang setelah tidur, risiko terkena asam lambung tinggi, diare, dan infeksi pencernaan cenderung menurun. Istirahat teratur bisa menurunkan stres yang menjadi akar berbagai penyakit pencernaan termasuk kanker dan kencing manis.

5. Penyerapan nutrisi yang baik

Dengan tidur secara rutin dan cukup waktunya, penyerapan nutrisi makanan oleh tubuh juga jadi lebih optimal. Asalkan juga didukung dengan cara makan yang benar seperti mengunyah makanan hingga lumat sebanyak 32 kali.

Meski memang baik untuk kesehatan pencernaan dan berpahala, tapi jangan dijadikan tidur siang sebagai ajang bermalas-malasan dan menghindari kegiatan selama berpuasa ya ladies. Selamat menjalankan puasa Ramadan, semoga selalu lancar.

 

Sumber: vemale

Reporter: Febi Anindyakirana

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Buffon Menyesal Tak Bisa Ikut Piala Dunia 2018

Posted: 16 May 2018 08:41 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kiper andalan Juventus, Gianluigi Buffon menyesal tak bisa ikut berlaga di ajang Piala Dunia 2018. Padahal, jika lolos, Buffon akan jadi pemain yang bisa bermain di enam Piala Dunia berbeda.

Saat ini rekornya setara dengan legenda Jerman, Lothar Matthaus; dan legenda Meksiko, Antonio Carbajal.

"Sangat menggembirakan, karena hanya beberapa dari kami yang bermain di lima Piala Dunia. Menyenangkan sekali bermain dua di Eropa, satu di Asia, satu di Afrika dan satu lagi di Amerika," kata Buffon.

"Saya telah bermain di setiap benua. Akan istimewa untuk bermain di Piala Dunia keenam," serunya pada The Players Tribune.

"Saya akan selalu menyesalinya, tetapi terkadang Anda harus puas dalam hidup. Terbukti, saya tidak cukup baik untuk pergi ke Piala Dunia keenam," ujar Buffon.

Kalah Bersaing

Pemain timnas Italia, Lorenzo Insigne berselebrasi dengan Andrea Belotti dan Jorginho setelah mencetak gol ke gawang Inggris dalam laga persahabatan di Stadion Wembley, Rabu (28/3). Italia menahan imbang Inggris 1-1. (AP Photo/Alastair Grant)

Timnas Italia tak bisa tampil maksimal dalam babak kualifikasi Piala Dunia zona UEFA grup G. Alhasil mereka gagal menempati peringkat pertama karena kalah bersaing dengan Spanyol.

Italia hanya bisa menempati posisi kedua. Hal itu membuat Gli Azzurri harus bermain di babak playoff.

Di fase ini, Italia harus berhadapan dengan Swedia. Akan tetapi, dalam dua leg, Azzurri dipaksa kalah dengan skor agregat 1-0.

Kegagalan itu begitu menyakitkan. Itu adalah kegagalan pertama Italia lolos ke Piala Dunia dalam kurun waktu 60 tahun.

Sumber: www.bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bintangi Film Baru Fast and Furious, Impian The Rock Jadi Nyata

Posted: 16 May 2018 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Aktor Dwayne Johnson alias The Rock kini sedang bersiap-siap untuk menjalani syuting spin-off film Fast and Furious yang disutradarai David Leitch. Tak diduga, ternyata The Rock selama bertahun-tahun selalu mendambakan bisa terlibat dalam film garapan Leitch.

Sutradara yang dikenal berkat film Atomic Blonde itu, resmi terlibat dalam film baru Fast and Furious pada bulan lalu. Bahagia, The Rock pun mengunggah foto dirinya bersama Leitch dan rekannya, Jason Statham pada Minggu (13/5/2018).

"HOBBS & SHAW. Banyak kesenangan dengan saudara-saudaraku @jasonstatham & sutradara, @davidmleitch di pertemuan produksi kami," tulis The Rock menyebutkan karakter Luke Hobbs yang ia mainkan serta Deckard Shaw yang diperankan Jason Statham.

The Rock lalu menuangkan keakraban yang terjalin antara dirinya dan Jason Statham jelang Fast and Furious terbaru. Ia juga beberapa kali meledek David Leitch. Dari situlah The Rock mengungkapkan bahwa dirinya sudah lama mendambakan bisa bekerja dengan Leitch.

Bertahun-tahun

Dwayne Johnson. (AFP/Bintang.com)

"Sudah lama ingin bekerja sama dengan David selama bertahun-tahun sampai sekarang. Sangat bertalenta dan tahun bagaimana cara menciptakan dan syuting secara hebat dengan karakter yang keren dan menyenangkan," ujar The Rock.

"Dia menyutradarai JOHN WICK, ATOMIC BLONDE dan minggu depan adalah film terbarunya, DEADPOOL 2 yang tampak begitu populer bagi penonton di seluruh dunia," The Rock melanjutkan.

Penuh dengan Kejutan

The Fate Of The Furious alias Fast and Furious 8. (Universal)

Selain itu, The Rock juga menjanjikan bahwa film baru Fast and Furious versinya akan penuh dengan kejutan serta patut ditunggu. Ia lalu mengucapkan terima kasih kepada para penggemar atas dukungan kepadanya sambil mengonfirmasi jadwal syutingnya pada September 2018.

Pernah Berhadapan

Dwayne

Sebelum muncul di film berjudul Hobbs and Shaw ini, keduanya pernah berhadapan dalam Fast and Furious 7 sebelum memutuskan untuk bekerjasama di The Fate of the Furious alias Fast and Furious 8. Film ini siap rilis pada Juli 2019.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Semarak Ramadan di Pakistan, Warga Belanja untuk Persiapan Sahur

Posted: 16 May 2018 08:33 PM PDT

Muslim Pakistan membeli stok bahan makanan di supermarket yang dikelola pemerintah di Islamabad, Rabu (16/5). Warga berbelanja untuk memenuhi kebutuhan menyambut Puasa Ramadan yang dimulai pada Kamis (17/5). (AFP/AAMIR QURESHI)

Muslim Pakistan membeli stok bahan makanan di supermarket yang dikelola pemerintah di Islamabad, Rabu (16/5). Warga berbelanja untuk memenuhi kebutuhan menyambut Puasa Ramadan yang dimulai pada Kamis (17/5). (AFP/AAMIR QURESHI)

Muslim Pakistan membeli kurma menjelang bulan puasa di sebuah pasar di Karachi, Pakistan, Rabu (16/5). Warga berbelanja untuk berbagai persiapan Puasa Ramadan yang dimulai pada Kamis (17/5). (AFP/AAMIR QURESHI)

Muslim Pakistan membeli kurma menjelang bulan puasa di sebuah pasar di Karachi, Pakistan, Rabu (16/5). Warga berbelanja untuk berbagai persiapan Puasa Ramadan yang dimulai pada Kamis (17/5). (AFP/AAMIR QURESHI)

Pembeli antre menunggu untuk membayar belanjaan mereka di supermarket yang dikelola pemerintah Pakistan di Islamabad, Rabu (16/5). Warga berbelanja untuk berbagai persiapan Puasa Ramadan yang dimulai pada Kamis (17/5). (AP/Anjum Naveed)

Pembeli antre menunggu untuk membayar belanjaan mereka di supermarket yang dikelola pemerintah Pakistan di Islamabad, Rabu (16/5). Warga berbelanja untuk berbagai persiapan Puasa Ramadan yang dimulai pada Kamis (17/5). (AP/Anjum Naveed)

Pengunjung memilih kebutuhan pokok ketika berbelanja di supermarket yang dikelola pemerintah Pakistan di Islamabad, Rabu (16/5). Warga berbelanja memenuhi kebutuhan menyambut Puasa Ramadan yang dimulai pada Kamis (17/5). (AP/Anjum Naveed)

Pengunjung memilih kebutuhan pokok ketika berbelanja di supermarket yang dikelola pemerintah Pakistan di Islamabad, Rabu (16/5). Warga berbelanja memenuhi kebutuhan menyambut Puasa Ramadan yang dimulai pada Kamis (17/5). (AP/Anjum Naveed)

Seorang pria seusai membeli stok makanan di supermarket yang dikelola pemerintah Pakistan di Islamabad, Rabu (16/5). Warga berbelanja untuk memenuhi kebutuhan menyambut Puasa Ramadan yang dimulai pada Kamis (17/5). (AP/Anjum Naveed)

Seorang pria seusai membeli stok makanan di supermarket yang dikelola pemerintah Pakistan di Islamabad, Rabu (16/5). Warga berbelanja untuk memenuhi kebutuhan menyambut Puasa Ramadan yang dimulai pada Kamis (17/5). (AP/Anjum Naveed)

Pengunjung membeli melon untuk persiapan puasa di sebuah pasar di Karachi, Rabu (16/5). Muslim Pakistan berbelanja untuk memenuhi kebutuhan menyambut Puasa Ramadan yang dimulai pada Kamis (17/5). (AP/Anjum Naveed)

Pengunjung membeli melon untuk persiapan puasa di sebuah pasar di Karachi, Rabu (16/5). Muslim Pakistan berbelanja untuk memenuhi kebutuhan menyambut Puasa Ramadan yang dimulai pada Kamis (17/5). (AP/Anjum Naveed)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenal Rombongan Kafilah Dakwah Ramadan dari Aceh

Posted: 16 May 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Banda Aceh - Akademi Dakwah Indonesia (ADI) mengirim 22 dai ke daerah perbatasan dan pedalaman Provinsi Aceh guna menyemarakkan bulan suci Ramadan 1439 Hijriah.

Direktur ADI Aceh Muhammad AR mengatakan, dai yang dikirim merupakan mahasiswa terbaik akademi dakwah. Mereka bergabung dengan Kafilah Dakwah Ramadhan.

"Mereka ke pedalaman dan perbatasan Aceh untuk berdakwah dan menghidupkan bulan suci Ramadan. Tujuannya untuk meningkatkan pemahaman keislaman kepada masyarakat," kata Muhammad AR di Banda Aceh, Rabu, 16 Mei 2018, dilansir Antara.

Daerah perbatasan dan pedalaman yang menjadi wilayah dakwah para dai tersebut di antaranya Kabupaten Aceh Singkil, Kota Subulussalam, Kabupaten Aceh Tamiang, Kabupaten Aceh Tenggara, dan Kabupaten Simeulue.

Selain berdakwah, kata Muhammad AR, para dai yang tergabung dalam Kafilah Dakwah Ramadan tersebut akan menjadi imam salat Tarawih, menjadi khatib salat Jumat, serta kegiatan lainnya.

Dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Ar Raniry Banda Aceh itu menyebutkan, para dai yang dikirim itu merupakan putra daerah setempat yang selama ini sedang belajar di Akademi Dakwah Indonesia Aceh di Aceh Besar.

"Dai-dai yang dikirim ke perbatasan merupakan mahasiswa berasal dari daerah tersebut. Dengan harapan nantinya setelah menyelesaikan pendidikan, mereka kembali dan berkontribusi ke daerah asal," kata Muhammad AR.

Sementara itu, Ketua Umum Dewan Dakwah Aceh Tgk Hasanuddin Yusuf Adan mengatakan pengiriman Kafilah Dakwah Ramadan merupakan komitmen organisasi yang dipimpinnya meningkatkan syiar Islam di pedalaman dan perbatasan Aceh.

"Kami siap dan akan senantiasa berdakwah di daerah perbatasan dan pedalaman Aceh. Sebab, wilayah itu merupakan daerah rawan pendangkalan akidah," ucap Tgk Hasanuddin Yusuf Adan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: