Selasa, 29 Mei 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Bos First Travel Divonis 20 Tahun Penjara

Posted: 29 May 2018 10:24 PM PDT

Liputan6.com, Depok - Direktur Utama First Travel Andika Surachman divonis 20 tahun penjara atas kasus penipuan biro jasa umrah.

Sementara, istrinya Anniesa Hasibuan divonis 18 tahun penjara. Keduanya juga dikenakan denda Rp 10 miliar. 

Puluhan ribu calon jemaah ditipu. Mereka tak kunjung diberangkatkan ke Tanah Suci. Dalam dakwaan jaksa, korban First Travel mencapai 63.310 orang dengan nilai kerugian hingga Rp 905.333.000.000.

Dua bos First Travel tersebut membuat promo perjalanan umroh yang terbilang cukup miring. Harga murah meriah itulah yang menarik calon jemaah untuk mengikuti promo. Calon jemaah pun sudah melunasi pembayaran.

Nahas, mereka tak kunjung berangkat. Malah, calon jemaah yang rata-rata berusia lanjut itu kembali dimintai sejumlah uang oleh First Travel dengan alasan jika ingin cepat mendapatkan tanggal keberangkatan. Calon jemaah kembali gigit jari, usai menyetorkan uang tambahan itu justru mereka tak pula diberangkatkan.

 

Dituntut 20 Tahun Penjara

Sebelumnya Bos First Travel, Andika Surachman dan Anniesa Hasibuan dituntut 20 tahun penjara oleh jaksa penuntut umum (JPU). Sedangkan Siti Nuraida alias Kiki, adik Anniesa dituntut 18 tahun.

Jaksa juga meminta hakim membebankan denda Rp 10 miliar kepada Andika dan Anniesa. Sementara Kiki, Rp 5 miliar.

Jaksa menilai, tindakan ketiganya menipu ratusan calon jemaah umrah First Travel, melanggar Pasal 378 tentang Penipuan atau 372 tentang Penggelapan, serta Pasal 3 UU TPPU.

"Ini maksimal yang dikenakan pada terdakwa," kata jaksa Heri Jerman di Pengadilan Negeri Depok, Senin (7/5/2018).

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rogoh Rp 1,2 Triliun, Kabel Laut Sumsel-Babel Beroperasi 2020

Posted: 29 May 2018 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Natuna - PT PLN akan mulai membangun kabel listrik bawah laut 150 kv yang menghubungkan Sumatera Selatan dan Bangka Belitung pada tahun ini. Kabel laut itu bisa membawa listrik 120 megawatt (MW) dari Sumsel ke Bangka Belitung.

"Sekarang sedang proses lelang, ditargetkan tahun ini sudah mulai kontruksi, " kata Direktur Regional Sumatera PLN Wiluyo Kusdwiharto di Natuna, seperti dikutip Rabu (30/5/2018).

Untuk membangun kabel listrik ini, lanjut Wiluyo, BUMN kelistrikan itu mengalokasikan dana sebesar Rp 1,2 triliun. "Ditargetkan sudah bisa beroperasi pada 2020," paparnya.

Wiluyo berharap dengan adanya kabel laut ini bisa menekan biaya produksi listrik (BPP) di Bangka Belitung.

Menurut catatan PLN, Bangka Belitung saat ini tercatat sebagai provinsi dengan BPP tertinggi di Sumatera.

Hal itu disebabkan, sistem kelistrikan di wilayah itu masih mengandalkan pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD). Sementara listrik yang disalurkan dari Sumsel berasal dari pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) mulut tambang yang BPP-nya jauh lebih murah.

Bahkan menurut perhitungan PLN, mengalirkan listrik lewat kabel laut ini masih lebih murah ketimbang perseroan membangun PLTU di Bangka Belitung.

"Saat ini BPP di Bangka Belitung Rp 2.600 pwr kWh. Lewat kabel laut, BPP bisa turun jadi Rp 1.800 per kWh, " tutur dia.

 

Jurus PLN Menjahit Pulau Lewat Kabel Laut

Proses distribusi tiang listrik di Natuna, Kepulauan Riau, dengan menggunakan tong plastik. (Foto: Humas PLN)

PT PLN (Persero) berencana membangun kabel laut 20 kV untuk melistriki pulau-pulau sekitar Batam, Bintan dan Dabo. Langkah ini dilakukan seiring dengan semakin kuatnya pasokan listrik di wilayah tersebut.

Pasokan listrik lewat kabel laut juga diyakini bisa menekan biaya produksi listrik di pulau-pulau sekitar Batam, Bintan dan Dabo.

"PLN mengharapkan dukungan secara penuh dari pemerintah daerah sehingga proyek menjahit pulau tersebut bisa selesai tepat waktu, " kata Direktur Regional Sumatera PLN Wiluyo Kusdwiharto di Natuna, seperti dikutip Rabu (30/5/2018).

Untuk mendukung rencana tersebut, lanjut Wiluyo, PLN bakal memperkuat listrik Bintan dengan membangun pembangkit baru dengan kapasitas 30 megawatt (MW).

Proyek pembangkit berbahan gas tersebut akan digarap oleh kontraktor listrik swasta (IPP) dengan total investasi Rp 1,1 triliun.

"Satu pembangkit ditaruh di pulau besar. Pulau kecil di sebelahnya ditarik pakai kabel laut. Itu jauh lebih murah dan efisien daripada kita gunakan genset untuk listriki pulau tersebut," papar dia.

Wiluyo menambahkan, saat ini daya mampu sistem mencapai 211 megawatt (MW) dengan beban puncak 75 MW. Didukung dengan sistem interkoneksi Batam-Bintan dan jaringan tegangan tinggi 150 kV yang membentang hingga Kijang, cadangan listrik yang tersedia di Bintan sebanyak 136 MW.

"Ini juga sangat cukup untuk mendukung apapun program pemerintah daerah dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan mendorong pariwisata," terangnya.

Tonton Video Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Intip Seksinya Meggy Diaz yang Bikin Tukul Arwana Terpesona

Posted: 29 May 2018 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nama Meggy Diaz tengah menjadi pembicaraaan publik. Kedekatannya dengan Tukul Arwana yang sempat dibantah, kini hampir menjadi kenyataan.

Dalam acara talkshow, Tukul Arwana bahkan mulai berani mengungkapkan isi hatinya terhadap Meggy Diaz. Ia menyebut Meggy Diaz sebagai orang yang baik dan tidak mata duitan.

Kedekatan Tukul dan Meggy Diaz sebelumnya sudah tercium sejak lama. Bahkan perkenalan mereka terjadi ketika istri Tukul masih hidup.

Tak heran nama Meggy Diaz sempat santer dikabarkan sebagai orang ketiga di rumah tangga Tukul Arwana. Hanya saja, gosip itu menghilang dengan sendirinya lantaran Tukul-Meggy kompak tutup mulut.

Seperti apa sosok Meggy Diaz yang bisa meluluhkan hati Tukul Arwana? Liputan6.com, merangkum beberapa potret cantik Meggy Diaz.

Pedangdut Muda

Meggy Diaz [Foto: Faisal R. Syam/Liputan6.com]

Meggy Diaz dikenal sebagai pedangdut muda. Usianya terpaut 26 tahun dengan Tukul Arwana.

Wanita kelahiran 25 Mei 1989 itu telah memiliki beberapa single di antaranya "Konco Mesra", "Sandiwara Cinta" dan "Gantung Aku di Monas".

Baju Seksi

Meggy Diaz [Foto: Ferry Noviandi/Liputan6.com]

Selain berwajah cantik, Meggy Diaz juga memiliki bentuk tubuh yang seksi. Tak heran jika banyak mata lelaki yang terhipnotis dibuatnya.

Digosipkan Menikah

Meggy Diaz. (Liputan6.com/Fatkhur Rozaq)

Di awal kemunculannya, Meggy Diaz langsung diterpa gosip miring. Tukul yang ketika itu baru saja ditinggal pergi istrinya yang meninggal dunia, disebut-sebut telah menikah dengan Meggy Diaz. 

Namun hingga kini gosip itu hanya menjadi angin lalu yang tak pernah terbukti kebenarannya.

Hanya Berteman?

Meggy Diaz (Fajarina Nurin/Liputan6.com)

Sejauh ini Meggy Diaz mengaku hanya menjalin hubungan pertemanan dengan Tukul Arwana. Cewek asal Jember itu kabarnya sering mendapat tawaran menyanyi dari Tukul Arwana.

Menariknya, dalam acara talkshow Tukul Arwana dan Meggy Diaz tampak malu-malu ketika ditanya soal rencana pernikahan mereka.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Berharap Kemitraan Indonesia-India Berkontribusi Bagi Dunia

Posted: 29 May 2018 10:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyambut kedatangan Perdana Menteri India, Narendra Modi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (30/5/2018). Pimpinan kedua negara ini, akan menggelar sejumlah pertemuan bilateral, membahas berbagai peningkatan kerjasama.

"Kunjungan ini sangat tepat waktunya di tengah munculnya banyak ketidakpastian di dunia, dan saya berharap kemitraan ini tetap dapat berkontribusi bagi stabilitas, perdamaian, dan kesejahteraan dunia," kata Jokowi dalam pertemuan bilateral dengan Narendra di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (30/5/2018).

Jokowi berharap hubungan Indonesia-India akan semakin kokoh. Sehingga, hubungan kedua negara menciptakan kemitraan strategis, komprehensif, dan strategis di sejumlah bidang.

"Dan mari kita sambut kemitraan strategis komprehensif ini dengan bekerja lebih keras, untuk terwujudnya hubungan yang terus saling menguntungkan dan sebelum melanjutkan pembahasan saya persilahkan PM menyampaikan sambutan terbuka," ucap Jokowi.

Sebelumnya, Perdana Menteri India Narendra Modi tiba di Istana Merdeka sekitar pukul 10.15 WIB. Presiden Jokowi pun tampak menyambut kedatangan Modi.

 

 

 

Upacara Penyambutan

Upacara penyambutan dilakukan dengan menembakkan meriam dan mengumandangkan lagu kebangsaan kedua negara serta memberikan salam hormat pada bendera negara masing-masing.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi foto bersama, pengisian buku tamu, serta pertemuan bilateral. Setelah itu, akan dilakukan pengumuman dokumen kerjasama serta pernyataan pers bersama.

Dalam pertemuan bilateral ini, sejumlah menteri kabinet yang tampak hadir antara lain Mensesneg Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menlu Retno Marsudi, dan Menkopolhukam Wiranto.

Pada siang hari, PM Modi dan Presiden Jokowi juga menyaksikan pameran layang-layang India-Indonesia di Lapangan Silang Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat.

Kedua kepala negara juga melakukan sesi foto bersama di Patung Kereta Kuda Arjuna, pintu barat Monumen Nasional. Kemudian, padapukul 13.15 WIB, Jokowi dan Modi akan meninjau Masjid Istiqlal di Jakarta Pusat.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga 1: Persipura Masih Kokoh di Puncak

Posted: 29 May 2018 10:15 PM PDT

Jakarta - Persipura Jayapura gagal menuntaskan ambisinya saat jadi tamu Persebaya Surabaya di lanjutan Go-Jek Liga 1 bersama Bukalapak, di Stadion Gelora Bung Utomo. Selasa (29/5), mereka hanya mampu membawa pulang hasil imbang 1-1.

Namun, hasil ini tak mengubah posisi mereka di puncak klasemen Liga 1. Dari 11 pertandingan, Persipura mengoleksi 18 poin.

Bermain di kandang lawan, Persipura harus menerima gempuran bertubi-tubi sejak awal pertandingan. Namun, gawang tim Mutiara Hitam masih aman sampai akhir babak pertama karena sejumlah peluang yang dihasilkan Persebaya tak ada yang berbuah gol.

Pada babak kedua, Persipura berhasil bangkit dan membuka keunggulan lebih dulu pada menit ke-60. Hilton Moreira mencatatkan namanya di papan skor setelah memaksimalkan umpan silang Prisca Elisa Womsiwor di dalam kotak penalti yang melewati tiga bek Persebaya.

Namun, akhirnya Persebaya berhasil mencetak gol penyeimbang melalui aksi Fandry Imbiri setelah memanfaatkan umpan dari Irfan Jaya di kotak penalti.

Tambahan satu angka membuat Persebaya naik ke posisi kesembilan dengan raihan 14 poin di klasemen Liga 1.

Berikut ini adalah klasemen Liga 1 2018 hingga Rabu pagi (30/5/2018)

Klasemen Liga 1 2018

 

Hasil Pertandingan

Selasa (29/5/2018)

Persebaya Surabaya 1-1 Persipura JayapuraSumber: www.bola.com 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tips Untuk Menjaga Stamina Saat Puasa Dari Syahrini

Posted: 29 May 2018 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Selain menahan diri dari segala nafsu, menjaga stamina pun jadi hal yang penting ketika menjalankan ibadah puasa, apalagi untuk seorang artis seperti Syahrini. Dengan kesibukannya yang padat di dunia entertainment, Syahrinipunya cara sendiri untuk menjaga kondisinya tetap prima saat berpuasa.

 

"(Kalau menjaga stamina saat puasa sih) Aku peminum vitamin yang banyak dari dulu, tapi vitaminnya itu sesuai golongan darah. Darahku A+, jadi diminta dibuatkan sama dokter gizi vitaminnya, khusus untuk rambut, kulit, muka. Terus vitamin untuk badan juga," ungkap Syahrini, saat ditemui di Senayan City, Jakarta Pusat, Senin (28/5).

Syahrini

Sedangkan untuk menjaga agar kulit tetap cerah bersinar, Syahrini mengaku tidak melakukan banyak perawatan. Menghindari klinik kecantikan, pelantun hit single Sesuatu itu lebih mengandalkan air wudhu dan air doa dari sang Ibunda untuk menjaga kulitnya tetap bersinar.

 

"(Biar kulit tetap glowing) Air wudhu mbak, dan air doa Ibu saya, beneran. Pagi-pagi itu pasti selalu dikirim buat wajah tetap bercahaya. Paling beda-beda, tergantung orangnya juga kan beda-beda. Kalau aku kan entertainer, jadi butuh wajah yang bercahaya, jadi aku perawatannya itu harus konsisten, itu perawatan muka nggak pernah berubah dari dulu," terangnya.

Syahrini

Lalu untuk urusan penampilan sehari-hari, Syahrini sendiri memilih untuk mengenakan make up yang sederhana dan nggak terlalu ribet. Selain memakai krim siang dan blush on pada wajahnya, Syahrini mengaku kalau dirinya kerap memakai eye shadow dan eyeliner untuk penampilan sehari-hari.

 

"Sehari-hari pakai day cream, blush on ke muka, nah bekasnya jadi bagus rata dan glowing. Eye shadow penting karena kalau bicara dengan orang akan bercahaya. Jadi perempuan Indonesia tertata (bicara dengan gaya manja). Eye Liner bikin gak ngantuk, jadi mengkilap kaya kulit baby. Itu keistimewaan foundation. (Kalau) Bulu mata gak usah, hempaskan itu. Eye Shadow, Eye Liner, blush on wajib punya," pungkas Syahrini.

 

Sumber: Kapanlagi

Reporter: Natanael Sepaya

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelatih Bagus, Bek Chelsea Tak Peduli Conte Hengkang

Posted: 29 May 2018 10:10 PM PDT

Liputan6.com, London - Bek Chelsea, Antonio Rudiger memuji pengaruh Antonio Conte untuk The Blues. Dia mengatakan, Conte merupakan pelatih bagus meski belakangan kerap jadi sasaran kritikan.

Conte sering dituding sebagai penyebab gagalnya Chelsea berpartisipasi di Liga Champions musim depan. Pelatih asal Italia tersebut hanya mampu membawa klubnya finis di peringkat lima klasemen Premier League musim ini.

Meskipun demikian, ia tak pernah absen menyumbang gelar untuk The Blues. Pada musim lalu, Conte membawa timnya menjuarai Premier League. Sedangkan pada tahun ini, ia mempersembahkan gelar FA Cup.

Oleh karena itu, Rudiger tetap meyakini bahwa Conte adalah pelatih yang bagus meskipun sering menjadi target kritikan. Menurut eks bek AS Roma tersebut, sang pelatih telah menunjukkan dirinya bisa memenangkan trofi untuk klubnya.

"Saya pikir semuanya tahu dia adalah pelatih yang bagus, secara taktik sangat bagus," ujar Rudiger saat konferensi pers, seperti yang dilansir dari Football Italia.

"Di tahun pertamanya, dia memenangkan Premier League. Pada tahun kedua FA Cup. Dia menunjukkan bahwa dirinya adalah pelatih yang bisa memenangkan trofi dan saya pun juga ingin demikian," katanya, menambahkan.

 

Tak Peduli

Bek Chelsea, Antonio Rudiger, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Swansea pada laga Premier League di Stadion Stamford Bridge, London, Rabu (29/11/2017). Chelsea menang 1-0 atas Swansea. (AFP/Ian Kington)

Masa depan Conte pun di Stamford Bridge pun kini semakin buram, dengan ramainya pemberitaan mengenai incaran pelatih baru Chelsea. Meskipun Rudiger memujinya, namun dia tak begitu peduli jika eks pelatih Juventus itu pergi.

"Bila dia bertahan ataupun pergi, situasinya tetap sama untuk saya,"ujarnya.

Conte sejatinya telah melatih banyak klub dalam karirnya, namun baru benar-benar mencuri perhatian publik saat melatih Juventus dulu. Di tangannya, Bianconeri sukses menjuarai Serie A selama tiga musim berturut-turut.(foti/yom)

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lakukan Gerakan Olahraga Ini, Anak Andien Bikin Gemas

Posted: 29 May 2018 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Untuk menunjang profesinya sebagai penyanyi, Andien rutin menjalani olahraga agar staminanya tetap terjaga. Salah satu olahraga yang menjadi kegemaran pelantun "Gemintang" itu adalah pilates.

Bahkan puasa pun tidak menghalangi Andien untuk berolahraga. Kecintaan Andien pada olahraga tampaknya menurun pada putranya, Anaku Askara Biru atau biasa disapa Kawa.

Tak jarang Andien membawa Kawa ikut serta saat dirinya berolahraga. Alhasil, di usianya yang baru satu tahun empat bulan, Kawa sudah akrab dengan dunia olahraga yang diselami ibunya tersebut.

Lihat saja bagaimana Kawa menikmati waktunya di pusat kebugaran, Selasa (29/5/2018). Sementara Andien tetap fokus dan tenang menjalani pilates.

 

Seperti Taman Bermain

Anak Andien [foto: instagram.com/andienaisyah]

Menariknya, Kawa tidak sedikit pun terlihat rewel. Anak Andien itu seolah merasa tengah berada di taman bermain, bukan pusat kebugaran.

Bocah laki-laki itu tampak sibuk bermain dengan beberapa alat olahraga yang ada di sana. "Sesi pilates tadi pagi, yang berubah menjadi Taman Kawa-Kawa," cerita Andien di kolom keterangan.

 

Gelantungan

Anak Andien [foto: instagram.com/andienaisyah]

Tingkah laku Kawa yang menggemaskan itu pun sukses mencuri perhatian warganet. Terutama ketika Kawa bergelantungan di sebuah besi tanpa bantuan orang dewasa.

"Dia bs gelantungan sendiri yaaa lish..gemesh bgt," ujar @carolinelizza.

"Gemes banget gaksi bisa gelantungan sendiri luuuuv bgt kaw!" sahut @wildadesia.

"Hahhaa...Kawa heri = heboh sendiri pinternyaaa ga ada rewel2," puji @fzprima.

 

Olahraga Sejak Hamil

Andien tetap berolahraga saat hamil besar. (Instagram/andienaisyah)

Tidak hanya saat puasa, sewaktu hamil besar Andien juga mengaku tetap rutin berolahraga. Kegiatan positif ini mendapat dukungan dari sang suami, Ippe.

"Dari pola hidup aktif yang saya lakukan, akhirnya ada manfaatnya. Bagaimana saya tetap bekerja dengan baik. Pegal-pegal yang harusnya di bulan ke enam (hamil) tuh menjadi-jadi tapi saya enggak seperti itu," kata Andien beberapa waktu lalu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Presiden Rodrigo Duterte Nyatakan Siap Berperang dengan China Jika...

Posted: 29 May 2018 10:06 PM PDT

Liputan6.com, Manila - Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengatakan, Tiongkok akan melanggar garis merah yang memicu perang, jika secara sepihak menambang sumber daya alam di Laut China Selatan.

Pernyataan Duterte tersebut dikutip oleh Menteri Luar Negeri Filipina, Alan Peter Cayetano, sesaat setelah memimpin upacara pengibaran bendera di Kementerian Luar Negeri di Manila, pada Senin, 28 Mei 2018.

Dikutip dari CNN pada Rabu (30/5/2018), Cavetano juga membela pemerintah Filipina dari tuduhan, bahwa mereka mengambil kebijakan lunak tentang militerisasi Tiongkok di Laut China Selatan.

"(Beijing) mengatakan beberapa garis merah, kami mengatakan beberapa garis merah ... Presiden telah mengatakan hal tersebut. Jika ada yang mendapat sumber daya alam di Laut Filipina Barat, Laut China Selatan, presiden akan pergi berperang," kata Cayetano.

Ketegangan di Laut China Selatan kian meningkat dalam beberapa pekan terakhir, setelah muncul laporan tentang pendaratan pesawat pengebom di pulau buatan Tiongkok di kawasan tersebut, untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Di bawah kepemimpinan Rodrigo Duterte, yang mulai menjabat pada tahun 2016, Filipina disebut telah melunakkan retorikanya terhadap Negeri Tirai Bambu terkait sengketa di Laut China Selatan.

Pada bulan April, Rodrigo Duterte secara terbuka menyatakan bahwa dia "mengagumi" Presiden China Xi Jinping.

Tidak jelas apakah pernyataan terbaru itu menandai pendekatan lebih keras Duterte, yang sebelumnya dituduh terlalu lunak dalam masalah ini. Namun, menurut Cayetano, pemerintah Filipina telah memberi tahu China tentang peringatan risiko "garis merah".

Saat ini, Manila dikabarkan sedang mengejar tercapainya perjanjian eskplorasi bersama dengan Beijing, untuk cadangan minyak dan gas alam di wilayah yang saling mereka klaim di Laut China Selatan.

Cayetano mengatakan dalam pidato tersebut, kementeriannya berulang kali diperintahkan oleh Rodrigo Duterte untuk "mengajukan protes" atas tindakan Beijing di Laut Cina Selatan.

"Kami mengambil semua tindakan diplomatik pada saat yang tepat," katanya.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

 

Manuver Militer AS

Penampakan kapal fregat angkatan laut Filipina, Ramon Alcaraz saat latihan militer gabungan dengan AS di Pantai San Antonio, Zambales, Manila, Filipina, Rabu (9/5). Latihan ini diikuti oleh delapan ribu personel gabungan. (TED ALJIBE/AFP)

Pidato Menlu Cayetano muncul setelah dua kapal milik Angkatan Laut Amerika Serikat kedapatan berlayar dalam jarak 12 mil laut, atau sekitar 22,3 kilometer, dari pulau reklamasi milik China di Kepulauan Paracel.

Oleh Washington, berlayarnya dua kapal tersebut merupakan bentuk perlawanan terhadap apa yang mereka anggap sebagai upaya Beijing membatasi kebebasan navigasi di perairan strategis.

Meski operasi pelayaran itu telah direncanakan beberapa bulan sebelumnya oleh AS dan aktivitas serupa merupakan rutinitas, eksekusinya terjadi di waktu yang sangat sensitif, yakni beberapa hari setelah Negeri Paman Sam tidak mengundang China dalam latihan militer bersama yang digelarnya.

Menurut laporan Reuters yang dikutip dari ABC Online pada Senin lalu, para pejabat AS yang tidak ingin disebut namanya, mengatakan bahwa rudal perusak Higgins dan kapal penjelajah Antietam, telah melintas sejauh 12 mil laut (sekitar 22,3 kilometer) dari Kepulauan Paracel, yang menjadi sumber konflik antara China dan beberapa negara di sekitar Laut China Selatan.

Kapal militer AS yang berlayar pada Minggu, 27 Mei 2018, juga dilaporkan melakukan manuver di dekat pulau Tree, Lincoln, Triton dan Woody yang berada di dalam area Kepulauan Paracel.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Miliki Bisnis Inti Sama, PGN dan Pertagas Diminta Berintegrasi

Posted: 29 May 2018 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) dan Pertamina Gas (Pertagas) dinilai harus berintegrasi dalam pembentukan holding migas dengan skema akuisisi. Itu karena bisnis inti kedua perusahaan yang sama, yaitu dalam bidang gas sourcing, transmisi, distribusi, dan ritel.

Menurut Direktur Eksekutif Center of Energy and Resources Indonesia (CERI) Yusri Usman, apabila hanya disinergikan tanpa integrasi, maka akan tetap terjadi duplikasi dan kompetisi internal. Kondisi ini bisa menghambat sinergi di antara kedua perusahaan yang berakibat tidak optimalnya value creation untuk Pertamina.

"Hal ini seperti terjadi pada pelaksanaan bisnis upstream dan downstream services saat ini di Pertamina," ujar dia dalam keterangannya, Rabu (30/5/2018).

Dengan integrasi Pertagas ke PGN, kata Yusri, maka PGN bertindak sebagai manajer atas pengoperasian seluruh aset dan bisnis yang dimiliki perusahaan.

"PGN akan memiliki tanggung jawab untuk mengoptimalkan penggunaan semua aset tersebut, dan meningkatkan semua bisnis yang dikelolanya, termasuk aset dan bisnis Pertagas," tuturnya.

 

Perihal kemungkinan langkah integrasi Pertagas ke PGN akan menguntungkan investor publik karena mereka tidak perlu membiayai dan mendapat bagian keuntungan Pertagas sebesar 43 persen secara gratis, menurut dia, itu tidak benar.

"Tentu saja tidak, karena PGN akan menerbitkan saham baru untuk membiayai integrasi Pertagas ke PGN, sehingga investor publik harus menyetor dana sesuai bagiannya untuk mendapatkan saham baru tersebut," paparnya.

Apabila tidak menyetor dana tersebut, tambah Yusri, maka sahamnya akan berkurang dan tambahan saham baru PGN untuk menguasai Pertagas akan dikuasai sepenuhnya oleh Pertamina, sehingga akan meningkatkan saham kepemilikan Pertamina di PGN.

Terkait penolakan Serikat Pekerja Pertamina Gas (SPPG) terhadap rencana akuisisi Pertagas oleh PGN karena hanya akan merugikan Pertamina dan negara serta sama dengan menjual aset negara ke swasta, Yusri mengomentari seharusnya dipahami dalam perspektif peraturan dan UU bahwa status PGN sebagai BUMN.

Pada konteks itu, kata Yusri, terdapat saham Seri A Dwiwarna dan dimiliki oleh negara. Meski hanya satu lembar, saham Dwiwarna mempunyai kendali yang absolut dan istimewa, meliputi persetujuan perubahan Anggaran Dasar, perubahan permodalan, persetujuan pengangkatan, dan pemberhentian anggota Direksi dan Dewan Komisaris.

Termasuk, persetujuan terkait penggabungan, peleburan, pengambilalihan, pemisahan, dan pembubaran perusahan, serta termasuk persetujuan pemindahan aset yang berdasarkan anggaran dasar perlu persetujuan RUPS.

Rencana akuisisi itu diperlukan untuk membentuk subholding gas, dan ini merupakan bagian dari rencana pemerintah membentuk Holding BUMN Migas.

 

 

Pemerintah Targetkan Proses Akuisisi Pertagas oleh PGN Selesai Agustus

Pertagas, SKG Pangkalan Brandan.

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menargetkan proses akuisisi PT Pertamina Gas (Pertagas) oleh PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) selesai paling lambat Agustus 2018. Peralihan kepemilikan saham Pertagas ke PGN tersebut merupakan bagian dari proses pembentukan Pertamina sebagai holding BUMN Migas.

Deputi Bidang Pertambangan dan Industri Strategis Kementerian BUMN, Fajar Harry Sampurno mengatakan ‎pada tahap awal, pembentukan holding migas, sempat terbuka tiga opsi skema konsolidasi PGN dan Pertagas yaitu merger, inbreng (penyertaan atas saham) Pertamina di Pertagas ke PGN, dan akuisisi saham Pertagas oleh PGN.

"Di antara tiga pilihan tersebut, Kementerian BUMN pada akhirnya menjatuhkan pilihan pada skema akuisisi, dengan alasan lebih cepat dibandingkan dengan merger," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (21/5/2018).

Proses akuisisi rampung dalam empat bulan sejak holding BUMN migas resmi berdiri pada 11 April 2018, atau tepatnya rampung Agustus 2018, sementara kalau lewat merger prosesnya bisa 1 tahun lebih.

"Opsi merger memang lebih murah karena tidak memerlukan dana tunai untuk menyelesaikannya, tetapi mendilusi otoritas kedua perusahaan. Sementara itu, akuisisi memerlukan dana dalam jumlah besar, tetapi memberikan otoritas absolut kepada pihak pembeli," jelas dia.‎‎

 Hingga saat ini, PGN memiliki jumlah aset produktif yang lebih banyak dibanding Pertagas. Sebab, PGN telah mulai merintis pembangunan jaringan pipa gas di Indonesia sejak 1974.

Sampai akhir kuartal I 2018, PGN telah mengoperasikan 7.453 kilometer (km) pipa gas. Sedangkan Pertagas baru mengelola pipa gas sepanjang 2.438 km. Secara keseluruhan, panjang pipa yang dioperasikan PGN setara dengan 80 persen total jaringan infrastruktur pipa gas di Indonesia.

Dari infrastruktur tersebut, PGN bisa menyalurkan 1.505 MMscfd gas bumi ke 196.221 pelanggan. Mulai dari rumah tangga, UMKM, sampai pelanggan industri, yang tersebar bukan hanya di Pulau Jawa tetapi juga di Sumatra Utara, Kepulauan Riau, Sumatra Selatan, Lampung, Kalimantan Utara, sampai Sorong di Papua.‎

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gunung Merapi Mulai Kalem, Ini Penyebabnya

Posted: 29 May 2018 10:03 PM PDT

Yogyakarta - Aktivitas Gunung Merapi relatif stabil (tidak ada perubahan signifikan) beberapa hari terakhir ini. Menurut Kepala Seksi Gunung Merapi, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta Agus Budi Santoso, karakteristik aktivitas Gunung Merapi sejak dulu memang selalu fluktuatif (naik turun).

Selain itu, setiap tahapannya membutuhkan waktu yang lama. Agus Budi mencontohkan, erupsi 2006 dan 2010 yang butuh waktu 1-2 bulan untuk naik statusnya dari Waspada (level II) ke Siaga (level III).

"Kita belum tahu, apakah setelah ini akan berlanjut ke erupsi yang bisa membahayakan jiwa penduduk, atau malah tidak, peluangnya masih 50:50. Maka dari itu masyarakat harus memahami karakter Merapi ini. Status Waspada itu artinya ada peningkatan aktivitas Merapi saja, belum yang membahayakan jiwa," terang Agus Budi kepada KRJOGJA.com, Selasa, 29 Mei 2018.

Agus Budi menjelaskan, landainya aktivitas Gunung Merapi saat ini karena sumbat lava yang ada di puncak sebagian besar sudah terlontar saat letusan 11 Mei lalu. Kemudian diikuti letusan-letusan berikutnya, tetapi dengan kekuatan yang lebih kecil.

Karena sumbat lavanya sudah tidak ada lagi, maka gas vulkanik dari dalam gunung mudah sekali terlepas ke permukaan dan tidak ada lagi akumulasi tekanan. Fase selanjutnya, jika energi magma cukup kuat, magma akan bergerak ke permukan dan membentuk kubah lava.

"Di fase ini (terbentuknya kubah lava) barulah ada potensi bahaya yang bisa mengancam jiwa penduduk," katanya.

Jika merujuk pada erupsi-erupsi Merapi sebelumnya, tahun 1997, 2001 dan 2006, kecenderungan erupsi Gunung Merapi yang akan datang adalah efusif (berupa lelehan). Menurut Agus Budi, letusan eksplosif Merapi seperti tahun 2010 sangat jarang terjadi dan akan terjadi lagi dalam periode ratusan tahun.

Selain itu, kondisi magma yang diperkirakan tidak terlalu kental (encer) saat ini, tidak mengandung gas yang memungkinkan terjadinya letusan eksplosif.

Diprediksi magma Gunung Merapi nantinya hanya akan menumpuk di permukaan, kemudian longsor menjadi awan panas atau lava pijar. "Masyarakat seharusnya lebih hafal dengan erupsi Merapi yang lebih sering efusif daripada eksplosif," dia memungkasi.

 

Baca berita menarik lainnya dari KRJogja.com di sini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Langkah Mendinginkan Suhu Kabin Mobil dengan Cepat

Posted: 29 May 2018 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Hal yang paling menyebalkan saat masuk ke dalam kabin mobil yang terparkir di luar adalah rasa gerah. Wajar saja kabin terasa panas, karena terpapar sinar matahari secara langsung.

Nah, kalau Kamu menghadapi kondisi yang sedemikian, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Apa saja ya?

Nih simak penjelasan dari Nissan Indonesia berikut.

Menggunakan Pelindung Matahari

Cara paling dasar ialah menggunakan penghalang terik matahari. Tapi, pakai yang ringan dan mudah dibongkar-pasang ya. Mungkin fungsinya hanya bisa melindungi kaca depan atau belakang, namun hal itu tentu lebih baik dari pada tidak sama sekali. Dengan demikian, pun roda kemudi dan kenop transmisi bisa tetap dingin.

Sebelum meninggalkan mobil, pasang pelindung matahari mobil. Pasang secara menyeluruh pelindung matahari dari bagian bawah hingga atas. Pastikan sesedikit mungkin celah yang bisa dilalui oleh sinar matahari. Ratakan pemasangan pelindung matahari serata mungkin dari dashboard hingga bagian atas. Gunakan sun visor untuk menahan pelindung matahari agar tidak terjatuh.

 

Memanfaatkan Sirkulasi Udara

Cara kedua adalah dengan memanfaatkan sirkulasi udara di dalam mobil. Cara ini dapat dengan mudah menurunkan suhu dalam mobil secepat mungkin. Metode ini hanya membutuhkan sistem pendingin kabin atau AC dan jendela mobil.

Bukalah semua jendela pada mobil Anda. Langkah ini bermanfaat untuk mengeluarkan udara panas dari mobil. Kemudian nyalakan AC Anda, bila ada mode fresh air (biasanya ditandai dengan gambar kabin mobil dengan panah masuk ke gambar mobil) sangat disarankan. Hal ini akan membantu Kamu mengusir udara panas dengan udara yang lebih dingin.

Tunggu beberapa saat hingga udara dalam mobil sedikit mendingin. Biasanya 1-2 menit saja sudah cukup. Barulah tutup semua jendela dan kembalikan AC ke posisi recirculate (bertanda kabin mobil dengan panah melingkar).

Biarkan Jendela Sedikit Terbuka

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan suhu udara dalam mobil adalah dengan membiarkan jendela sedikit terbuka. Metode ini akan membantu udara dalam mobil tetap tersirkulasi dengan baik. Udara panas akan mengalir menuju bagian atas kaca sehingga suhu udara tetap sama dengan kondisi di luar.

Sebelum meninggalkan mobil, bukalah sedikit jendela mobil. Fungsi membuka sedikit jendela tersebut ialah untuk membuka ventilasi agar arus udara bisa lebih lancar. Untuk amannya, cukup buka sebesar 1-2 cm saja, agar tidak dimanfaatkan orang-orang tak bertanggung jawab. 

Sumber : Otosia.com

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Celana Jeans Berusia 125 Tahun Laku Terjual Rp 10 Miliar

Posted: 29 May 2018 10:02 PM PDT

Foto tanpa tanggal disediakan oleh Daniel Buck Auctions menunjukkan sebuah saku di dalam sepasang Levi Strauss & Co yang berusia 125 tahun. Celana itu dijual oleh sebuah rumah lelang di Maine pada 15 Mei 2018 ke pembeli di Asia Tenggara. (AP Photo)

Foto tanpa tanggal disediakan oleh Daniel Buck Auctions menunjukkan sebuah saku di dalam sepasang Levi Strauss & Co yang berusia 125 tahun. Celana itu dijual oleh sebuah rumah lelang di Maine pada 15 Mei 2018 ke pembeli di Asia Tenggara. (AP Photo)

Foto tanpa tanggal disediakan oleh Daniel Buck Auctions menunjukkan detail dari sepasang  celana jeans Levi Strauss & Co. Pemilik pertama dari celana jeans itu adalah Solomon Warner, pemilik toko di Arizona yang membelinya pada tahun 1893. (AP Photo)

Foto tanpa tanggal disediakan oleh Daniel Buck Auctions menunjukkan detail dari sepasang celana jeans Levi Strauss & Co. Pemilik pertama dari celana jeans itu adalah Solomon Warner, pemilik toko di Arizona yang membelinya pada tahun 1893. (AP Photo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketua DPR Minta Komisioner KPU Baca Ulang Sumpah Jabatan

Posted: 29 May 2018 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Bambang Soesatyo meminta komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) membaca ulang sumpah jabatan mereka. Hal itu terkait rencana KPU mantan narapidana korupsi maju sebagai calon legislatif dalam rancangan Peraturan KPU.

"Pokoknya seluruh anggota KPU saya minta baca kembali sumpah jabatannya ketika mereka disumpah. Dalam sumpah mereka jelas bahwa saya disumpah akan melaksanakan undang-undang selurus-lurusnya," kata Bamsoet sapaan akrabnya, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (30/5/2018).

Menurut dia, bila komisioner KPU konsisten dengan sumpah jabatannya, mereka tak akan membuat larangan bagi eks narapidana teroris menjadi caleg. Sebab, Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu tak membatasi eks narapidana korupsi menjadi caleg di Pemilu 2019.

Payung hukum ini yang menjadi dasar sikap DPR dan Bawaslu menolak usul KPU melarang eks napi korupsi menjadi caleg. "Nah kalau dia sudah paham itu maka dia harus mengamalkan UU pemilu. Yang menjadi tugasnya," tegasnya.

"Nah kalau dia membuat UU ya kita ubah dulu UUD 1945. Kita beri hak untuk KPU salah satu yang berhak mengubah UU, selain DPR yang bisa mengubah juga KPU. Kalau masyarakat mau," sambung Bamsoet.

 

Setuju Usul Jokowi

Bamsoet setuju dengan ide Presiden Jokowi untuk memberikan tanda bagi para caleg yang pernah berstatus narapidana korupsi. UU Pemilu, kata dia, telah mensyaratkan agar eks koruptor yang maju menjadi caleg harus mengumumkan kasus yang pernah membelitnya.

"Dalam UU pemilu jelas bahwa mantan napi termasuk napi koruptor boleh kalau sudah punya jeda 5 tahun dan mengumumkan bahwa dirinya pernah dipenjara selama kasus apa itu diumumkan. Itulah tandanya," jelasnya.

Sebelumnya, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman mengungkapkan, rancangan peraturan KPU (PKPU) mengenai pencalonan anggota legislatif akan segera ditetapkan. Termasuk poin yang melarang mantan narapidana korupsi ikut menjadi caleg.

Reporter: Renald Ghifari

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Salat Tarawih di Ketinggian Bakal Digelar di Danau Gunung Tujuh

Posted: 29 May 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jambi - Para pegiat dan penyinta alam di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi merencanakan akan menggelar peringatan Nuzul Quran serta salat Tarawih di Danau Gunung Tujuh. Danau ini menjadi danau tertinggi di Indonesia yakni dengan ketinggian 1950 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Khairul Amar selaku panitia pelaksana kegiatan ini mengatakan, acara Nuzul Quran dan salat Tarawih di ketinggian itu merupakan yang kedua kalinya dilakukan. Pertama digelar pada 2016 lalu.

"Acara ini gratis bagi siapa saja," kata Khairul, Minggu, 27 Mei 2018.

Nuzul Quran dan salat Tarawih di ketinggian Danau Gunung Tujuh itu dijadwalkan akan dilaksanakan pada Sabtu 2 Juni 2018 nanti. Bagi yang ingin ikut diminta untuk berkumpul di base camp Kerinci Petualang Lubuk Pauh Gunung Tujuh.

Ada beberapa rangkaian pada acara tersebut, yakni sahur dan buka bersama. Lalu dilanjutkan dengan salat Tarawih berjamaah serta peringatan Nuzul Quran.

Bagi yang berminat bisa menghubungi panitia di nomor 082179338491 atau 085226460612.

 

Danau Gunung Tujuh

Sesuai namanya, Danau Gunung Tujuh dikelilingi tujuh gunung yang memiliki mata air abadi sehingga air di danau tersebut tak pernah habis. (B Santoso/Liputan6.com)

Danau Gunung Tujuh merupakan Danau yang terletak di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Tepatnya di Desa Pelompek, Kecamatan Kayu Aro.

Danau ini berada di kawasan Gunung Tujuh, sebuah gunung yang berada tepat di belakang Gunung Kerinci, gunung api tertinggi di Indonesia. Gunung Tujuh masih termasuk dalam wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) yang merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO.

Danau Gunung Tujuh merupakan salah satu danau tertinggi di Indonesia. Danau ini berada di ketinggian 1.950 mdpl atau tertinggi nomor dua setelah 13 danau yang terdapat di Gunung Talamau, Sumatera Barat dengan ketinggian 2750 mdpl.

Dengan ketinggian hampir dua kilometer air Danau Gunung Tujuh terkenal amat dingin khususnya di pagi hari. Ini menjadi tantangan menarik bagi para pendaki.

Sesuai namanya, Danau Gunung Tujuh dikelilingi oleh tujuh gunung. Yakni Gunung Hulu Tebo (2.525 mdpl), Gunung Hulu Sangir (2.330 mdpl), Gunung Madura Besi (2.418 mdpl), Gunung Lumut yang ditumbuhi berbagai jenis lumut (2.350 mdpl), Gunung Selasih (2.230 mdpl), Gunung Jar Panggang (2.469 mdpl) serta Gunung Tujuh itu sendiri (2.735 mdpl).

Di beberapa gunung ini terdapat mata air yang menyebabkan air di Danau Gunung Tujuh tidak pernah habis.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Terlihat di Skuat Real Madrid, Masa Depan Ronaldo Kian Tak Jelas

Posted: 29 May 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, kini tengah menjadi sorotan. Di tengah perayaan klubnya usai memenangkan trofi Liga Champions, Ronaldo malam membicarakan soal kelanjutan masa depannya.

Seperti diketahui, beberapa saat setelah Real Madrid mengamankan gelar Liga Champion keempatnya dalam lima musim terakhir, Ronaldo seperti meragukan kariernya bersama Real Madrid.

Ronaldo pun sempat mengisyaratkan ingin meninggalkan Real Madrid. Dan, tentu saja berita mengenai kemungkinan Ronaldo angkat kaki dari Santiago Bernabeu menjadi bahan perbincangan dalam beberapa pekan terakhir.

Rumor akan hengkangnya Ronaldo terus berembus. Apalagi, pemain asal Portugal ini tak menghadiri acara peluncuran jersey baru Real Madrid untuk musim depan.

"Sangat menyenangkan berada di Real Madrid. Namun, dalam beberapa hari ke depan, saya akan berbicara. Saya akan menikmati ini dengan rekan satu tim saya dan dalam beberapa hari ke depan saya akan memberikan jawaban," kata Ronaldo.

Kini, spekulasi tentang masa depan Ronaldo akan meningkat setelah dia satu-satunya anggota skuat tim pertama yang tidak tampak saat mereka mengenankan jersey tandang untuk musim depan.

Selain tidak terlibat dalam foto perilisan jersey anyar, wajah Ronaldo juga tidak tampak dalam skuat Real Madrid dalam seragam baru. Padahal, pemain lain telah tampak mengenakan jersey anyar.

Situasi Gareth Bale

Penyerang Real Madrid, Gareth Bale, melakukan selebrasi hisap jempol usai mencetak gol ke gawang Liverpool pada laga final Liga Champions di Stadion NSC Olimpiyskiy, Kiev, Minggu (27/5/2018). Real Madrid menang 3-1 atas Liverpool. (AP/Pavel Golovkin)

Ironisnya, Gareth Bale, yang masa depannya sudah lama diragukan, malah terlihat mengenakan jersey anyar bersama 23 anggota skuad lainnya. Bahkan, pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, juga terlihat dalam foto itu.

Sebelumnya, Bale juga pernah mengatakan ingin pindah dari Real Madrid. Bale disebut-sebut akan gabung dengan MU.

Cari Pemain Baru

Penyerang Real Madrid, Gareth Bale, melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Liverpool pada laga final Liga Champions di Stadion NSC Olimpiyskiy, Kiev, Minggu (27/5/2018). Real Madrid menang 3-1 atas Liverpool. (AP/Pavel Golovkin)

Yang pasti, menghilangya Ronaldo dari deretan para pemain Real Madrid membuat isu kepergiannya kian berhembus kencang. Bahkan, Los Merengues dikabarkan mengincar sejumlah pemain untuk mengantisipasi kepergian Ronaldo.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kocak, 15 Guyonan Pesan Makanan Berbahasa Inggris yang Datang Ternyata...

Posted: 29 May 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dalam beberapa tahun belakangan ini, keberadaan kafe kekinian yang melanda generasi muda telah semakin marak. Sesuai dengan pasar yang dibidiknya, kafe-kafe menjadikan diri Instragrammable. Demikian juga dengan penyajian menu-menu yang paling dicari.

Sebagian kafe kekinian menggunakan bahasa asing dalam daftar menu makanannya. Hal ini dilakukan untuk menumbuhkan rasa penasaran para pembelinya.

Namun begitu, nggak jarang lho menu di kafe-kafe kekinian tersebut mirip dengan jajanan di warung-warung sederhana yang dialih bahasakan saja? Strategi alih bahasa dalam daftar menu itu membuatmu harus rela merogoh kocek lebih dalam untuk membelinya. Padahal, kamu bisa saja mendapatkan makanan serupa dengan harga yang jauh lebih murah.

Ada yang pernah mengalaminya? Dilansir dari akun Twitter @bayu_joo, berikut 15 cuitan 'pesan makanan berbahasa Inggris yang bikin kamu ngakak sekaligus kesal sendiri.

 

Ada Gelanggang Olah Raga

1. Keren namanya, pas dateng bakwan juga ternyata...

(Sumber Twitter/@bayu_joo)

2. Ayah Rojak kali.

(Sumber Twitter/@bayu_joo)

3. Boleh juga namanya ya?

(Sumber Twitter/@bayu_joo)

4. Nggak fasilitas olahraga juga kali bahasa Inggrisnya...

(Sumber Twitter/@bayu_joo)

5. Untung bukan rice cake on circuit ya?

(Sumber Twitter/@bayu_joo)

Ada Juga 'Pemberontak'

6. Tahunya suka berontak sih.

(Sumber Twitter/@bayu_joo)

7. Ini mah jajanan waktu SD.

(Sumber Twitter/@bayu_joo)

8. Emangnya arem-arem pakai saus tiram?

(Sumber Twitter/@bayu_joo)

9. Hmm... iyain aja deh ya.

(Sumber Twitter/@bayu_joo)

10. Itu H. Slametnya nggak usah di bahasa Inggris-in juga.

(Sumber Twitter/@bayu_joo)

Bahkan Ada Pertobatan

11. Tahu gejrot nggak di smackdown juga kali...

(Sumber Twitter/@bayu_joo)

12. Lah dia malah ngiklan.

(Sumber Twitter/@bayu_joo)

13. Tobat bener deh bacanya...

(Sumber Twitter/@bayu_joo)

14. Malah main sinetron dia.

(Sumber Twitter/@bayu_joo)

15. Cekernya meletup-letup di dalam mulut.

(Sumber Twitter/@bayu_joo)

Reporter:

Weni Arfiyani 

Sumber: Brilio.net

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Penangkapan Terduga Teroris di Tasikmalaya

Posted: 29 May 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Densus 88 kembali melakuken penangkapan terhadap terduga teroris. Kali ini Densus menggerebek rumah dan bengkel las.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Umur 19 Tahun, Putri Liam Gallagher Temui Ayahnya untuk Pertama Kali

Posted: 29 May 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, London - Hubungan Liam Gallagher dengan putrinya, Molly, benar-benar memilukan. Sudah belasan tahun keduanya tak bertemu sejak Molly masih bayi. Kini, mantan vokalis Oasis itu tampak ingin mengubah segalanya bersama sang anak.

Sepeti disampaikan Ace Showbiz, Selasa (29/5/2018), Molly yang merupakan buah cinta Liam Gallagher dan Lisa Moorish, menemui sang ayah di belakang panggung dalam konser yang digelar untuk mendukung The Rolling Stones pada 23 Mei 2018.

Gadis 19 tahun itu pun untuk pertama kalinya menyapa ayahnya hingga antusias dengan mengunggahnya di media sosial. Putri Liam Gallagher ini membuka Instagram untuk memamerkan momen bersejarah dengan sang ayah.

Dalam foto di Instagram @mollymoorish, Liam Gallagher tak hanya bersama dengan Molly. Tampak juga di situ dua putranya yang sedang beranjak remaja, Gene dan Lennon.

Ungkapan Perasaan

Liam Gallagher. (Bambang E Ros/Bintang.com)

Dalam sebuah wawancara bersama BBC Radio 2, Senin (28/5/2018), Liam Gallagher sempat mengungkapkan perasaan ketika sedang bertemu putrinya.

 

As you were

A post shared by MM (@mollymoorish) on

 

Terlihat Cantik

Liam Gallagher. (Bambang E. Ros/Bintang.com)

"Luar biasa, dan semuanya terlihat cantik dan keren. Molly ada di sana... Pertama kali... Saya bertemu dengannya sebelumnya. Senang rasanya memiliki mereka semua di sana... Dia gadis top dan dia baik-baik saja. Kami semakin baik, ini adalah hari-hari awal dan mereka semakin hebat, anak-anak dan itu semua," jelasnya.

Menangis

Liam Gallagher (Bambang E. Ros/Bintang.com)

Menurut sebuah laporan, ibu Molly dan kekasih Liam Gallagher saat ini, Debbie Gwyther, mengatur pertemuan agar Liam bertemu dengan putrinya di sebuah pub di London Utara beberapa pekan lalu. Dalam pertemuan ini, dilaporkan bahwa ayah dan anak tersebut menangis.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Otak Manusia Bisa Lebih Pintar dengan Bantuan Teknologi Ini

Posted: 29 May 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ilmuwan diketahui tengah mengembangkan teknologi yang bisa membantu otak manusia bisa lebih pintar. Tujuannya adalah untuk membantu manusia mempelajari dan memahami tentang data.

Adapun alasan peneliti menciptakan teknologi tersebut karena selama ini belum ada alat khusus yang membuat orang menemukan kegunaan basis data yang kompleks. Karena itu, para peneliti ini bekerja dengan menciptakan alat bantu virtual yang canggih.

"Ilmu pengetahuan menunjukkan, banyak pemrosesan latar belakang yang tidak kita perhatikan, bisa membocorkan informasi yang berguna tentang lingkungan. Itu bisa mengidentifikasi, apakah ada area kepentingan, ancaman atau ada potensi yang menarik yang tidak kita lihat," ujar pimpinan peneliti Jonathan Freeman.

Freeman menjelaskan, manusia kini bisa menggunakan sentuhan, penglihatan dan pendengaran untuk merasakan lingkungan dan dunia sekitar.

"Yang kami coba lakukan adalah memberikan kesadaran tambahan dari proses bawah sadar yang dilakukan manusia. Ini memberi kita kekuatan dan kemampuan ekstra untuk memahami makna basis data besar," tambahnya.

 

Bagaimana Cara Kerjanya?

Ilustrasi Robot (iStockPhoto)

Ilmuwan yang juga tergabung dalam proyek riset Uni Eropa ini berharap dapat membantu manusia menjadi lebih cerdas dan lebih efisien dalam mendengar dengan menstimulasi bawah sadar, agar dapat memobilisasi kekuatan kreatifitas. Untuk itu, mereka menggunakan teknologi yang kompleks.

"Kami integrasikan tatanan VR (Virtual Reality)  dan 'mixed reality', yang memungkinkan kami menyaring informasi dengan cara imersif," ucap Pedro Omedas, pakar ilmu komputer dalam proyek tersebut.

"Kami menggunakan sistem pelacakan, untuk memahami bagaimana seseorang bergerak dalam ruang tertentu. Kami juga punya beragam sensor fisiologi, detak jantung, pernafasan. Yang menangkap sinyal yang diproduksi pemakai secara sadar atau bawah sadar. Tantangan utamanya, bagaimana mengintegrasikan semua informasi secara koheren", lanjutnya menjabarkan.

Kaitan Otak dengan Tubuh

Ilustrasi Robot (iStockPhoto)

Pakar ilmu saraf Anna Mura menjelaskan lebih lanjut kalau sistem  ini memungkinkan pihaknya membuat proses bawah sadar menjadi proses sadar.

"Ini membantu kami mengasimilasi informasi dalam basis data yang kompleks. Informasi yang mustahil diuraikan tanpa bantuan tambahan," jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, pakar psikologi Paul Verschure menambahkan, "Otak bukan komputer, yang mengendalikan alat eksternal. Otak dan tubuh terkait erat. Otak maupun tubuh saling mambatasi apa yang dilakukan. Karena itu, untuk mamahami otak, kita harus meletakannya dalam konteksi tubuh."

Contohnya, tubuh manusia. Untuk memahami otak, kita perlu mewujudkannya dalam sebuah robot.

"Ini langkah berikutnya dalam eksplorasi, tentang bagaimana otak bekerja. Dan pada akhirnya memahami fondasi fisik dari kesadaran", papar Verschure.

Hal tersebut dinilai sebagai satu langkah maju dalam penelitian instrumen ilmiah baru, untuk membantu kita memahami kegunaan basis data besar.

Reporter: DW

Sumber: DW.com

(Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Demi Bertarung Hebat di Deadpool 2, Ryan Reynolds Jalani Olahraga Super Ketat (2)

Posted: 29 May 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Akting Ryan Reynolds, yang berperan sebagai Wade Wilson sekaligus superhero Deadpool 2 mampu menarik hati para penonton. Tak hanya ekspresi jenaka yang membuat penonton tertawa, akting Ryan saat bertarung juga memukau.

Demi memeroleh hasil yang maksimal, Ryan menjalani olahraga super ketat. Olahraga tersebut tidak hanya melatih Ryan lihai dan lincah bergerak sebagai Deadpool, melainkan membentuk tubuh superhero yang kuat.

Berkat arahan dari pelatih Don Saladino, tubuh pemeran superhero Deadpool 2 ini tetap terjaga dengan baik. Melansir laman Menshealth, Rabu (30//5/2018), Don menjelaskan olahraga yang dilakukan Ryan.

Kettlebell Swing

Latihan dilakukan sebanyak 5 repetisi."Latihan ini adalah salah satu yang paling aku sukai," kata Don. Tubuh bergerak seluruhnya."Ayunkan bola besi ke atas dan ke bawah. Tubuh dalam posisi berdiri.

Front Squat

Lakukan 5 repetisi. Ryan Reynolds harus mengangkat beban (barbel) dalam posisi berdiri. Beban yang diangkat harus terasa berat. Naik turun dengan barbel. Pastikan punggung tetap tegak.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

Bench Press

Deadpool 2. (20th Century Fox)

Latihan dilakukan sebanyak 5 repetisi. Sambil berbaring, angkat barbel ke atas dan ke bawah.

Pull-up

Lakukan 5 repetisi. Don menekankan pentingnya menjaga posisi tubuh pada seluruh repetisi. Jagalah agar tubuh tetap terkontrol. Pastikan melakukan setiap repetisi dengan kedua lengan lurus. Kedua tangan memegang besi. Angkat tubuh ke atas dan ke bawah.

Latihan membawa beban

Latihan ini membawa beban besi yang berat sambil mempertahankan bentuk tubuh yang tepat. Saat membawa beban, Anda berjalan bolak-balik.

One-Arm Suitcase Carry

Beban dibawa dengan satu tangan.

Double Suitcase Carry

Beban dibawa dengan dua tangan.

One-Arm Rack Carry

Deadpool 2. (20th Century Fox)

Beban diangkat dengan satu tangan.

One-Arm Overhead (Waiter) Carry

Beban diangkat ke atas kepala.

Bottom-Up Carry

Beban diangkat ke depan.

Treadmil

Setelah menyelesaikan pemanasan hingga olahraga inti. Sesi olahraga ditutup dengan readmill selama 5-10 menit. Latihan ini meningkatkan detak jantung.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Tren Fashion Ini Akan Tersingkir di Musim Panas 2018

Posted: 29 May 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tren fashion selalu berkembang setiap tahunnya. Biasanya di awal tahun, sudah muncul warna pantone yang diprediksikan menjadi tren fashion. Beragam jenis produk fashion pun bermunculan sesuai tema.

Bagi Anda yang mengikuti tren fashion, pasti sudah tahu bahwa tahun ini menjadi tahun bernuansa ungu. Selain warna, bentuk cutting dari setiap busana pun akan diangkat menjadi tren fashion.

Untuk musim panas tahun, akan ada tiga tren fashion yang diprediksikan keluar dari tren Musim Panas 2018, seperti dilansir dari Purewow pada Rabu (30/5/2018). Apa saja?

1. Atasan off shoulder

Tahun lalu, busana atasan off shoulder sangat tren di pasaran fashion. Banyak gaun, kemeja, T-shirt yang memilih menggunakan cutting off shoulder. Sayangnya, bentuk potongan ini harus tersingkir dari tren Musim Panas 2018. Jika Anda masih begitu mencintai tren ini, Anda bisa mencoba one-shoulder.

Potongan busana ini akan membuat Anda mampu bergerak lebih bebas. Terlebih, busana ini memiliki siluet yang keren. Membuat Anda lebih mudah mengenakan bra biasa daripada harus menggunakan strapless sepanjang hari.

2. Tas keranjang berstruktur

Sebelumya, sempat muncul tren tas dengan struktur yang unik. Namun sayang, bentuk tas yang unik malah justru menyulitkan Anda menyimpan ponsel dan dompet dia dalamnya karena bentuknya yang asimetris. Itu sebabnya, tas ini harus keluar dari deretan tren fashion

Sebagai gantinya, Anda bisa mengenakan tas anyaman yang memiliki siluet lembut. Tas anyaman memiliki struktur yang lebih fleksibel sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan berbusana dan kebutuhan barang yang ingin disimpan di dalamnya.

3. Anting rumbai bertingkat

 

Who likes them some tiered tassel earrings? Everything is better in 3! 🦋🐳🐬

A post shared by Trumpet + Tassel (@trumpetandtassel) on

Anting rumbai dengan ragam tingkat sempat menjadi tren fashion. Beragam warnapun dipadukan dalam anting yang bertingkat itu. Sayangnya, anting jenis ini harus keluar dari tren fashion karena dianggap sudah terlalu kuno. Sama seperti halnya teknik ombre dalam pewarnaan rambut.

 

I've never been much for deadlines and always seem to produce the best things when I procrastinate. I missed the class on business or marketing and use my iPhone to take all of my photos right now— out of convenience. I took the short road and the long road in school. The short road of classes that would probably have helped me launch a small business and the long road of electives that interested me at the time. From ages 5 to 29 I was in school either full time or taking just one class. This is the first time in my life I am not in school and I am learning more than ever! I have realized that I get the most out of life when I have zero expectations. I can't let myself down when I live entirely and whole heartedly in the moment doing exactly what makes me feel happy and fulfilled. Let's just say these are earrings for the Fourth of July that can be worn on Memorial Day NEXT year! 🧚🏻‍♀️💫✨#pepsi #july #july4th #independenceday #noexpectations #living #simplicity #handmade #leatherearrings #madeinamerica #layeredearrings #abstractearrings #lightweightearrings #etsy #wildroutedesign #inspiration

A post shared by Sarah Peck (@wildroutedesign) on

Anda bisa menggantinya dengan anting abstrak yang geometris. Banyak anting yang terbuat dari logam yang memiliki garis abstrak berseni. Bentuknya pun beragam. Mulai dari lingkaran, U terbalik, masih banyak lagi. Anting ini akan memberikan pernyataan yang kuat pada penampilan Anda.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BNN Musnahkan 68 Kg Katinon Pesanan dari Malaysia

Posted: 29 May 2018 09:58 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Badan Narkotika Nasional (BNN) memusnahkan barang bukti narkoba hasil empat kasus berbeda. Salah satunya tangkapan 68 kilogram narkotika jenis katinon yang merupakan pesanan dari Malaysia.

Kepala BNN Komjen Heru Winarko menyampaikan, kasus penyelundupan katinon itu terungkap pada Jumat, 23 Maret 2018. Petugas Bea Cukai Kantor Pos Pasar Baru mencurigai adanya empat paket dari Eithopia yang dipecah menjadi dua koli.

Kedua paket itu akan diteruskan ke alamat pengiriman tujuan Ancol, Jakarta Utara; dan Bundaran Dumai, Riau. Petugas kemudian melakukan pengawasan dalam penyerahan paket tersebut.

"Di Kantor Pos Jakarta Utara petugas mengamankan pria berinisial MAT yang mengambil paket berisikan 34 kilogram katinon," tutur Heru di Kantor BNN, Cawang, Jakarta Timur, Rabu (30/5/2018).

Selanjutnya pada Senin, 26 Maret 2018 petugas mengamankan penerima paket berinisial JA di Kota Dumai, Riau. Pengembangan selanjutnya, petugas meringkus PBD yang mengaku diperintah ibunya di Malaysia untuk mengambil paket berisikan 34 kilogram katinon tersebut.

Kasus kedua juga menggunakan modus paket pengiriman yang diungkap pada Senin 16 April 2018 di Apartemen City Park Cengkareng, Jakarta Barat. Tiga tersangka diamankan berinisial JL alias CC, AY, dan LU dengan barang bukti 2.968 butir ekstasi, serta 202 gram sabu.

"Petugas curiga terhadap sebuah paket kiriman yang ditujukan kepada Abu Bakar dengan alamat Apartemen City Park Cengkareng," jelas dia.

Kasus ketiga merupakan tangkapan pada Senin 23 April 2018. Petugas BNN mengamankan pria berinisial N dengan barang bukti narkotika jenis sabu seberat 31 kilogram di depan Terminal ldi Rayeuk, Jalan Raya Banda Aceh, Medan.

"Petugas selanjutnya mengamankan tersangka lain F di sebuah rumah di Dusun Damai Tanjong Minjei, Madat, Aceh Timur," kata Heru.

Saat pengembangan, F mencoba melarikan diri dan melakukan perlawanan pada petugas. Akhirnya petugas terpaksa melakukan tindakan tegas terukur hingga menyebabkan pelaku tewas.

Paket dari Belgia

BNN dan Bea Cukai gagalkan penyelundupan ribuan ekstasi dan katinon.

Terakhir merupakan kasus paket pengiriman dari Belgia yang ditujukan kepada Budi di Perumahan Puri Cijambe, Desa Sukadami, Cikarang Selatan, Bekasi, Jawa Barat. Hasil pemeriksaan X-Ray, diketahui bahwa di bagian dinding depan, belakang, kanan, kiri dan bagian bawah paket tersembunyi narkotika jenis ekstasi sebanyak 25.933 butir.

"Petugas mengamankan empat pria berinisial MJP, YH, RY, dan SU. Keempatnya bekerja sama untuk mengambil paket tersebut. Dari pengakuan para tersangka, diketahui bahwa mereka dikendalikan oleh narapidana bernama Tommy Fikmianosa yang mendekam di Rumah Tahanan Salemba, Jakarta Pusat," Heru menandaskan.

Seluruh barang haram tersebut dikumpulkan dan dimusnakan di lapangan parkir BNN, Cawang, Jakarta Timur. Sementara para tersangka dijerat dengan Pasal 114 ayat (2) Juncto Pasal 132 ayat (1), Pasal 112 ayat (2) Juncto Pasal 132 ayat (1) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman maksimal hukuman mati atau penjara seumur hidup.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dompet Dhuafa Salurkan Ratusan Menu Berbuka Bagi Pengungsi Kebakaran di Jakarta

Posted: 29 May 2018 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menjadi kota metropolitan dengan sejuta pesona sekaligus seabrek permasalahan yang silih berganti hadir menghantui masyarakat ibukota. Salah satu permasalahan yang sering terjadi di Jakarta adalah permasalahan kebakaran. Tercatat sepanjang tahun 2017 saja sudah terjadi lebih dari seribu peristiwa kebakaran yang mengakibatkan lebih dari sebelas ribu orang kehilangan tempat tinggal dengan total kerugian mencapai 400 milyar.

Padatnya wilayah pemukiman penduduk sering menjadi penyebab kebakaran menjadi cepat merembet dan membesar yang semakin menambah angka korban kebakaran. (Senin,28/05/2018)

Salah satu peristiwa kebakaran yang baru-baru ini terjadi adalah kebakaran yang menghaguskan rumah warga di pemukiman warga wilayah Duri Pulo, Jakarta Pusat (Rabu, 23/05) dan wilayah Bidara Cina, Jakarta Timur (Minggu, 27/05).

Total rumah yang terbakar mencapai 40 rumah. Merespon kejadian tersebut, Disaster Management Centre (DMC) Dompet Dhuafa langsung melakukan bantuan kepada masyarakat korban kebakaran berupa distribusi takjil dan makanan buka puasa.

"Saat ini kita masuk di bulan Ramadhan dan banyak umat muslim yang sedang menjalankan puasa, tentunya musibah kebakaran ini akan mengganggu kenyamanan warga dalam melaksanakan ibadah puasa tersebut. Untuk itu DMC Dompet Dhuafa turun langsung membantu masyarakat dengan membagikan takjil dan makanan berbuka, sehingga bisa sedikit mengurangi beban mereka akibat peristiwa ini" ucap Awaluddin selaku Direktur DMC Dompet Dhuafa.

Salah satu peristiwa kebakaran yang baru-baru ini terjadi adalah kebakaran yang menghaguskan rumah warga di pemukiman warga wilayah Duri Pulo, Jakarta Pusat (Rabu, 23/05) dan wilayah Bidara Cina, Jakarta Timur (Minggu, 27/05).

Sebelumnya, Dompet Dhuafa dipercaya Pemprov DKI dalam mendistribusikan program buka puasa "Berbuka Bersama, Jakarta Bahagia, Semua Kebagian Berkahnya" dengan pembagian 50 box per titiknya. Khusus dalam menanggapi musibah kebakaran yang baru saja terjadi di dua wilayah diatas, Dompet Dhuafa menambah jumlah makanan menjadi 200 box. Camat Gambir pun mengapresiasi hal tersebut "Penambahan jumlah makanan ini diluar ekspektasi kami. Terimakasih kepada Dompet Dhuafa yang telah merespon cepat musibah di bulan Ramadhan ini". Musibah tidak mengenal ruang waktu, untuk itu manusia dituntut agar selalu saling membantu. Seperti yang sering digaungkan, siapa yang membantu meringankan beban saudaranya maka akan diringankan baginya langkah ke Surga.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BKN: Pemerintah Belum Tetapkan Formasi Penerimaan CPNS 2018

Posted: 29 May 2018 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Beredar surat palsu tentang Laporan Penetapan e-formasi Tenaga Honorer, Pegawai Tidak Tetap, PT Non-Pegawai Negeri Sipil (PNS), dan Tenaga Kontrak Pengangkatan CPNS Tahun 2016-2019. Surat hoaks tersebut mengatasnamakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Menanggapi hal tersebut, Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN), Mohammad Ridwan, mengatakan jika sampai saat ini, perhitungan kebutuhan CPNS di pusat dan daerah belum selesai dilakukan. Ditengarai surat laporan yang beredar tersebut diterbitkan terkait rencana pemerintah membuka lowongan penerimaan CPNS 2018.

"Pemerintah memang berencana membuka penerimaan CPNS 2018 setelah proses pilkada selesai, sekitar akhir Juni atau awal Juli. Namun sampai hari ini, pemerintah belum menerbitkan surat resmi tentang formasi CPNS 2018. Jadi surat tentang laporan penetapan e-formasi itu hoaks," ujar Ridwan dikutip dari laman resmi BKN, Jakarta, Rabu (30/5/2018).

Ridwan menegaskan pernyataan tersebut menyusul informasi dari surat laporan yang beredar tersebut juga memuat formasi sejumlah Kantor Regional (Kanreg) BKN.

Ridwan mengimbau kepada masyarakat agar tidak percaya pada informasi yang tidak jelas kebenarannya.

"Informasi resmi penerimaan CPNS hanya dikeluarkan Kementerian PANRB dan BKN melalui www.bkn.go.id dan kanal-kanal media sosial resmi milik BKN," pungkasnya.

Pemerintah Tetapkan Formasi CPNS Paling Lambat Juni

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Asman Abnur (Liputan6.com/Switzy Sabadar)

Menteri PANRB menyatakan, saat ini pemerintah masih terus merampungkan formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS). Diharapkan kebutuhan formasi bisa ditetapkan paling lambat bulan depan.

Asman menyatakan, pihaknya masih melakukan verifikasi usulan formasi yang diajukan oleh kementerian/lembaga maupun pemerintah daerah (pemda).

"Baru masuk dalam e-formasi. Sekarang tahap finalisasi verifikasi datanya," ujar dia di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, pada 22 Mei 2018.

Verifikasi ini, kata dia, untuk menentukan berapa kebutuhan pegawai baru untuk masing-masing K/L dan pemda, serta akan disesuaikan dengan kemampuan anggaran pemerintah.

"Itu kebutuhan dan beban kerjanya nanti sinkron, kebutuhannya berapa. Mudah-mudahan Mei-Juni bisa kita kelarkan," kata dia.

Sementara untuk waktu pendaftarannya, Asman menyatakan hal tersebut masih harus dihitung. Namun, jika semuanya telah siap, pemerintah akan mengumumkan kepada publik mengenai kebutuhan CPNS ini.

"Nah tergantung secara teknis, nanti kita hitung pelaksanaannya. Nanti pasti kita umumkan," tandas dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pisah dari Brad Pitt, Angelina Jolie Tampak Ceria Saat Kembali Berakting

Posted: 29 May 2018 09:50 PM PDT

Liputan6.com, London - Rumitnya perceraian yang tengah dijalani Angelina Jolie tampaknya tak mengganggu ibu enam anak ini saat ia sedang bekerja. Hal ini tampak dari fotonya bersama lawan mainnya, Elle Fanning, dalam lokasi syuting Maleficent 2.

Dalam foto di balik layar ini, Angelina Jolie tampak tersenyum lepas di belakang Elle Fanning yang tampak sedang mengambil selfie.

Tanduk Maleficent yang dikenakan Angelina Jolie, tampak kontras dengan kacamata hitam bergaya modern yang nangkring di wajahnya.

Elle Fanning lantas menulis kalimat penuh keakraban dalam foto ini. "Ini adalah hari saat kau membawa ibumu ke tempat kerja di set #Malefincent2!!!!" tulis aktris berusia 20 tahun tersebut, dalam unggahannya, Selasa (29/5/2018).

 

 

It's bring your mom to work day on the #Maleficent2 set!!!!! ✌🏼

Sebuah kiriman dibagikan oleh Elle Fanning (@ellefanning) pada

Ceria dan Akrab

 

Ultimate Photobomb #Maleficent2

Sebuah kiriman dibagikan oleh Elle Fanning (@ellefanning) pada

Tidak hanya ini saja, Elle Fanning juga mengunggah satu foto lain yang memperlihatkan kedekatannya dengan Angelina Jolie.

Dalam swafoto ini, Elle Fanning tersenyum lebar menghadap kamera. Sementara Angelina Jolie bersembunyi di belakangnya, sehingga tanduk yang ia kenakan mencuat dari balik kepala adik Dakota Fanning tersebut.

"Ultimate Photobomb #Maleficent2," tulis Elle.

Maleficent 2

Angelina Jolie sebagai Maleficent 2. (Via: Disney Movies)

Dalam film ini, Angelina Jolie akan kembali memerankan karakter utama, Maleficent. Sementara Elle Fanning akan memainkan karakter si Putri Tidur, Aurora. Syuting film ini, kini tengah dikerjakan di London, Inggris. 

Terakhir Kali Bersama Brad Pitt

Angelina Jolie - Brad Pitt. (Jason Merritt / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP)

Ini, adalah proyek film pertama Angelina Jolie sejak tiga tahun terakhir. Ia terakhir kali berakting bersama Brad Pitt, dalam film By the Sea pada 2015.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Fakta Aman Abdurrahman Melawan Tuntutan Hukuman Mati

Posted: 29 May 2018 09:48 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Persidangan kasus terorisme dengan terdakwa Oman Rochman alias Aman Abdurrahman alias Abu Sulaiman, memasuki babak akhir setelah pembacaan nota pembelaan secara pribadi di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jumat 25 Mei 2018.

Sebelumnya, tim jaksa penuntut umum meminta majelis hakim persidangan menjatuhkan hukuman mati kepada Aman Abdurrahman. Jaksa berkeyakinan Aman terlibat dalam serentetan teror di Indonesia.

Meski demikian, Aman yang selama ini menyakini bahwa pemerintahan Indonesia adalah kafir menyatakan bahwa dakwaan yang menjeratnya tidak luput dari aroma politik.

Dalam pleidoinya Aman mengaku sebagai korban yang dijerat dengan sistem baru dengan tujuan membungkam dakwah dengan menteror mental.

"Di mana bila ada dai tauhid yang vokal dan diikuti banyak orang, maka dengan mudah pihak penguasa menangkapnya dan menjeratnya dengan cara semacam itu," ujar dia.

Saat ini, menurut Aman, pemerintah cemas terhadap khilafah Islamiyah yang mengancam sistem pemerintahan Indonesia. Imbasnya, mereka berupaya memenjarakan seumur hidup.

"Setiap saya mau bebas dari pekara ini, maka diambil lagi dengan dikaitkan dengan kasus-kasus yang terjadi dengan cara pengaitan yang sama dan begitulah seterusnya," ujar Aman.

Akan tetapi, masih kata Aman, itu semua bisa saja berubah jika dirinya mau berkompromi dengan pemerintah.

"Kecuali bila dai tersebut mau kompromi dengan pihak thogut penguasa dengan syarat-syarat yang di diktekan aparat thogut kepadanya, kemudian akan dibebaskan dan diputihkan namanya," ungkap dia.

Sementara itu, pengacara terdakwa, Asludin Hatjani, berharap Aman diberikan keringan hukuman. Asludin juga meminta membebaskan terdakwa dari semua dakwaan dan tuntutan dan membebankan biaya perkara kepada negara. Namun apabila tidak terpenuhi, Asludin meminta hakim bertindak adil.

"Apabila majelis hakim berpendapat lain, mohon keadilan yang seadilnya-adilnya dan hukuman yang seringan-ringannya," ujar dia.

Liputan6.com merangkai kembali beberapa pembelaan Aman Abdurrahman terhadap dakwaan yang mengancamnya dipenjara seumur hidup.

 

1. Penangkapan Diklaim Politis

Personel Brimob bersenjata lengkap berjaga di ruang sidang PN Jakarta Selatan saat sidang pembacaan tuntutan terhadap terdakwa sejumlah kasus tindak pidana terorisme, Aman Abdurrahman, Jumat (18/5). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Dalam pleidoinya, Aman mengaku sebagai korban yang dijerat dengan sistem baru dengan tujuan membungkam dakwah dengan meneror mental.

"Di mana bila ada dai tauhid yang vokal dan diikuti banyak orang, maka dengan mudah pihak penguasa menangkapnya dan menjeratnya dengan cara semacam itu," ujar dia.

Saat ini, menurut Aman, pemerintah cemas terhadap khilafah Islamiyah yang mengancam sistem pemerintahan Indonesia. Imbasnya, mereka berupaya memenjarakan dirinya seumur hidup.

"Setiap saya mau bebas dari perkara ini, maka diambil lagi dengan dikaitkan dengan kasus-kasus yang terjadi dengan cara pengaitan yang sama dan begitulah seterusnya," ujar Aman.

2. Diajak Berkompromi

Terdakwa kasus bom Thamrin, Aman Abdurrahman dengan kawalan ketat polisi bersenjata seusai sidang lanjutan di PN Jakarta Selatan, Jumat (25/5). Pada sidang pekan lalu,  JPU menuntut Aman Abdurrahman tuntutan mati. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Aman sewaktu berada di ruang isolasi Mako Brimob Kelapa 2 Depok mengaku beberapa kali menerima tamu warga negara Asing (WNA) asal Srilanka bernama Prof Rohan, yang bekerja untuk negara Singapura dan bekerja sama dengan pemerintah Republik Indonesia dalam bidang pengkajian gerakan Islam.

Pada kesempatan itu, Profesor Rohan pernah mengajukan tiga pertanyaan yang sifatnya seperti ajakan. Namun, semuanya ditolak dengan alasan yang berbeda-beda.

"Bagaimana kalau pemerintah ini menawarkan kepada Ustaz untuk berkompromi dengan pemerintah? Bila ustaz Aman mau berkompromi, ia akan langsung dibebaskan. Bila tidak mau berkompromi, dia akan dipenjara seumur hidup," tanya Prof Rohan saat itu.

"Saya tidak akan mau berkompromi dengan pemerintah ini, saya insyaallah akan keluar dari penjara berupa mayat sebagai syahid, atau keluar dalam keadaan hidup sebagai pemenang dalam prinsip ini," jawab Aman.

Prof Rohan kembali bertanya, "Ustaz, saya ini pengagum sejarah Indonesia, bagaimana kalau Ustaz saya ajak jalan-jalan ke Museum Indonesia, apakah Ustaz mau?" tanya Prof Rohan.

"Saya jawab saya tidak mau," Aman kembali menjawab. Pertanyaan terakhir dari Prof Rohan, "Bagaimana kalau malam ini saya ajak makan malam di luar?" tanyanya lagi.

"Saya jawab saya tidak mau, saya tidak akan keluar dari penjara kecuali berupa mayat sebagai syahid insyaallah, atau keluar masih hidup sebagai pemenang," jawab Aman lagi.

3. Menerima Apa pun Keputusan Hakim

Terdakwa sejumlah kasus tindak pidana terorisme, Aman Abdurrahman saat mengikuti pembacaan tuntutan JPU di PN Jakarta Selatan, Jumat (18/5). Sidang dijaga ketat puluhan personel gabungan bersenjata lengkap. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Aman Abdurrahman sepertinya sudah pasrah. Dia mengaku siap menerima apa pun keputusan majelis hakim yang akan diberikan nanti. Itu tertuang dalam nota pembelaan yang dibacakan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jumat lalu (25/5/2018).

"Berapa pun jumlah tahun yang dituntutkan jaksa, berapa pun jumlah yang divoniskan hakim dan berapa pun jumlah tahun yang divonis, saya hadapi dingin dan sekadar senyum tipis," kata dia di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jumat (25/5/2018).

Karena itu, Aman mempersilakan majelis hakim untuk memvonisnya nanti, apa pun akan diterima.

"Oleh sebab itu, silakan kalian bulatkan tekad untuk memvonis saya mau vonis seumur hidup silakan atau mau eksekusi mati silakan juga," ujar dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sidang Pembacaan Vonis 3 Bos First Travel Dijaga Ketat Aparat

Posted: 29 May 2018 09:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketiga terdakwa kasus First Travel, Andika Surachman, Anniesa Hasibuan dan Siti Nuraida Hasibuan alias Kiki dihadirkan di ruang sidang. Persidangan sempat terlambat setengah jam dari jadwal awal, pada pukul 10.00 WIB.

Ratusan korban penipuan umroh First Travel juga hadir di Kantor pengadilan untuk mengikuti jalannya persidangan.

Demi menjaga kelancaran persidangan, sejumlah aparat kepolisian dikerahkan.

Simak tayangan selengkapnya di Liputan6 SCTV, sesaat lagi, pukul 12.00 WIB. Juga dapat disaksikan melalui live streaming di sini.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dua Lipa Bantah Berkencan dengan Bintang Real Madrid

Posted: 29 May 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Kiev - Menjadi penyanyi di acara pembukaan final Liga Champions antara Real Madrid kontra Liverpool, Dua Lipa langsung diterpa gosip. Penyanyi cantik asal Inggris ini dikabarkan tengah berkencan dengan gelandang serang Real Madrid, Marco Asensio.

Dua Lipa membius penonton di Stadion NSC Olympiyskiy, Kiev, Ukraina, lokasi partai final Liga Champions. Namun, sebelum beraksi di panggung, Dua Lipa kabarnya bertemu dengan Asensio di hotel.

Seperti dilansir El Periodico, bukan hanya bertemu, mereka juga terlibat percakapan ringan. Setelah selesai pertandingan yang dimenangkan Real Madrid 3-1 atas Liverpool, konon Dua Lipa dan Asensio menghabiskan malam bersama

Namun, gosip itu dibantah langsung oleh penyanyi berusia 22 tahun tersebut. Dua Lipa mengaku sama sekali tidak mengenal Asensio, seperti yang diberitakan El Periodico.

Di akun Twitter pribadinya, Dua Lipa bahkan membalas twit akun Twitter El Periodico, media yang melemparkan gosip dia kencan dengan Asensio. Dia heran bagaimana gosip itu bisa muncul.

Tidak Khianati Manajer

Gelandang Real Madrid, Marco Asensio digosipkan berkencan dengan Dua Lipa (AFP/Gabriel Bouys)

"Saya tak pernah bertemu Marco Asensio dan sangat tidak mungkin saya mengkhianati Liverpool, klub yang jadi favorit manajer saya. Dia pasti tak akan memaafkan saya," tulis Dua Lipa di akun Twitter pribadinya, @DUALIPA.

"Isu ini, saya sama sekali tak tahu datang dari mana," kata penyanyi yang memiliki rambut hitam tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terdakwa Kasus Ujaran Kebencian Alfian Tanjung Divonis Bebas

Posted: 29 May 2018 09:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Terdakwa kasus ujaran kebencian, Alfian Tanjung divonis bebas oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Perbuatan Alfian dinyatakan tidak termasuk dalam tindak pidana menebar ujaran kebencian melalui media sosial terkait tudingan anggota PDIP adalah PKI.

"Membebaskan segala tuntutan hukum," ucap Ketua Majelis Hakim Mahfudin saat membacakan vonis Alfian, Rabu (30/5/2018).

Dalam pertimbangannya, majelis hakim berpendapat tidak adanya unsur pidana oleh Alfian dikarenakan ia mencantumkan sebuah artikel yang mana sumber tersebut tidak tercantum dalam dewan pers. Meski tidak termasuk pidana, ujaran kebencian oleh Alfian Tanjung tetap terbukti.

"Menyatakan perbuatan terdakwa telah terbukti namun bukan perbuatan pidana," kata Mahfudin.

Vonis Majelis Hakim sontak disambut riuh oleh pengunjung sidang sambil melafalkan kalimat takbir.

Sebelumnya, Alfian Tanjung dituntut 3 tahun penjara, denda Rp 100 juta oleh jaksa penuntut umum. Cuitan Alfian yang menuding kader PDIP sebagai PKI dinilai provokatif dan membangkitkan kebencian yang dapat mengubah persepsi publik. Ia dituntut melanggar pasal 29 ayat (2) UU 11/2008 tentang ITE.

 

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jenuh dengan Kemewahan, Alasan Fauzi Baadila Bertolak ke Suriah

Posted: 29 May 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bertahun-tahun berkecimpung di dunia hiburan dan traveling membuat Fauzi Baadila akrab dengan kemewahan. Kunjungannya ke berbagai daerah pun tak pernah lepas dari fasilitas serba ada yang mampu memenuhi kebutuhannya dengan mudah.

Namun nyatanya, hal itu perlahan membuat Fauzi Baadila merasa jenuh. Aktor film Mengejar Matahari tersebut merasa perjalanannya selama ini justru membuatnya terlena pada kenikmatan, hingga tak sempat melihat sisi kelam kehidupan.

"(Mengunjungi) Pantai, gunung, hotel mewah, restoran mewah, gue pikir, wah yang kayak gini nih terlalu enak, bikin jiwa lemah, harus sekali-kali gue datang ke tempat yang ibaratnya, tempat orang yang ngalamin kesulitan," ujar Fauzi Baadila, di Jalan Kapten Tendean, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Selasa (29/5/2018).

"Jadi gue pikir, di dunia enggak selalu nyari kenikmatan, kemewahan terus kan. Kita harus ngeliat juga orang-orang yang lagi susah, korban perang," sambung Fauzi Baadila.

 

Terkabul

(Deki Prayoga/bintang.com)

Beruntung, keinginan terpendam Fauzi Baadila itu terkabul melalui sebuah lembaga aksi kemanusiaan. Aktor kelahiran 25 September 1979 itu pun akhirnya bertolak ke wilayah perbatasan Turki dan Suriah untuk menyaksikan langsung kondisi para korban perang.

 

Memaksa

(Deki Prayoga/bintang.com)

"Wah enggak tahu kenapa, beberapa bulan kemudian, kayak seolah-olah pikiran gue dikabulkan gitu. Gue ditawarin buat ikut, dan gue langsung bilang iya dan gue maksa jangan sampai enggak (jadi)," ungkap Fauzi Baadila.

 

Pelajaran Berharga

(Deki Prayoga/bintang.com)

Niat baik Fauzi Baadila akhirnya terwujud dua minggu lalu. Kini, dirinya pulang ke Jakarta dengan membawa pengalaman tak terlupakan dan pelajaran yang tak ternilai harganya. Salah satunya adalah soal rasa syukur.

 

Terlena

Foto profil Fauzi Baadila (Andy Masela/bintang.com)

"Enggak tahu ya, gue balik ke Jakarta tuh kayaknya kita terlena ya, terlena, manja gitu, gampang ngeluh, kurang ibadah, suka buang-buang makanan," ucap Fauzi Baadila.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Messi Bikin Dybala Semangat Main di Timnas Argentina

Posted: 29 May 2018 09:39 PM PDT

Liputan6.com, Buenos Aires - Paulo Dybala puas bisa dipanggil Timnas Argentina untuk Piala Dunia 2018. Dia masuk dalam 23 pemain yang dibawa pelatih Jorge Sampaoli untuk perhelatan yang berlangsung mulai 14 Agustus mendatang.

Persaingan di lini depan timnas Argentina memang sangat ketat. Pada akhirnya, Sampaoli memilih membawa Dybala, Gonzalo Higuain, Lionel Messi, dan Sergio Aguero. Artinya, ada banyak nama besar yang ditinggal.

Mauro Icardi, Lautaro Martinez, Cristian Pavon, dan Papu Gomez adalah beberapa nama yang dicoret Sampaoli. Karena itu pula, Dybala merasa sangat senang bisa dipanggil masuk timnas.

Salah satu alasannya adalah karena Dybala bisa berlatih dan bertanding bersama Lionel Messi. Dybala mengatakan bahwa semua pemain di timnas Argentina punya impian yang sama untuk bisa menjadi juara Piala Dunia 2018.

Pada 2014, Argentina sudah bisa mencapai final tetapi kemudian kalah tipis dari Jerman. Kali ini semua pemain Argentina ingin membantu Messi meraih mimpi sebagai juara dunia.

Komentar Dybala

Paulo Dybala berjanji bantu Messi di Piala Dunia 2018 (AFP/Marco Bertorello)

"Kami semua ingin bisa menjadi juara dunia. Kami tahu itu tidak akan mudah tapi kami punya Messi, pemain terbaik sepanjang sejarah sepak bola. Kami akan melakukan semua yang kami bisa untuk bisa mencapai target juara."

"Kami semua punya hasrat yang besar untuk membantu Leo mencapai sesuatu yang hebat bagi semua orang. Kami semua akan membantunya setiap kali kami mendapatkan kesempatan untuk bermain bersama di atas lapangan," tegas Dybala kepada Cadena 3.

Setelah beberapa kali dicoba, Dybala dan Messi kerap dianggap tidak cocok bermain bersama. Gaya main keduanya terlalu mirip dan mereka juga menempati sisi lapangan yang sama.

Pelapis

Dengan kata lain, Dybala lebih cocok sebagai pelapis bagi Messi ketimbang sebagai partner di lini serang. Meski demikian, Dybala tetap senang bisa berada satu tim bersama La Pulga. Ia merasa bisa belajar banyak dari kehebatan Messi.

"Berlatih bersama Leo Messi dan punya kesempatan melihatnya berlatih setiap hari selalu terasa luar biasa. Saya bisa belajar banyak dari kualitas yang dimilikinya."

"Dengan kehadiran Leo yang merupakan pemain terbaik sepanjang sejarah, kami jadi berani bermimpi besar. Sekarang semua orang punya mimpi untuk menjadi juara dunia," ia menjelaskan.

(foti/hsw)

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketua DPR Yakin Mudik Lebaran Bakal Gairahkan Perekonomian RI

Posted: 29 May 2018 09:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ketua DPR Bambang Soesatyo menyatakan mudik bukan sekadar kegiatan tahunan untuk merayakan Lebaran di kampung halaman. Pada momen ini, ada kegiatan ekonomi luar biasa.

"Bank Indonesia memperkirakan uang yang beredar pada mudik Lebaran tahun 2018 sebanyak Rp 200 triliun. Uang tersebut akan mengalir ke daerah-daerah dan desa-desa sehingga akan menggairahkan ekonomi daerah dan pedesaan," ujar dia, Rabu (30/5/2018).

[https://www.liputan6.com/bisnis/read/3540459/menilik-capaian-ekonomi-ri-di-tangan-jokowi-jk-selama-hampir-4-tahun?source=search](https://www.liputan6.com/bisnis/read/3512926/jk-libur-lebaran-2018-bertambah-genjot-ekonomi-ri?source=search "https://www.liputan6.com/bisnis/read/3520101/menko-darmin-yakin-harga-pangan-stabil-hingga-lebaran?source=search")

Sebab itu, menurut Politikus berlatar belakang wartawan itu menambahkan, Ramadan bukan hanya momen untuk meningkatkan ketakwaan, tapi juga kaya akan dimensi sosial dan ekonomi. Misalnya, jelang pengujung Ramadan nanti umat Islam diwajibkan membayar zakat fitrah.

"Dengan zakat, khususnya zakat harta ditambah infak dan sedekah akan memperkuat dimensi sosial untuk membantu saudara-saudara kita yang tidak mampu, yaitu mereka yang fakir dan miskin. Zakat, infaq dan sedekah juga mengandung potensi ekonomi yang besar jika dapat dikelola dengan profesional," ujarnya.

Dia pun menyampaikan harapan khusus kepada para koleganya di kalangan pengusaha. "Para pengusaha yang ada di Kadin, Ardin, Hipmi dan organisasi profesi lainnya dapat menjadi pelopor dalam pengembangan ekonomi di bidang zakat, infak dan sedekah," tutur dia.

Selain itu, dia mengingatkan jika hal penting dalam Ramadan adalah spirit berbagi. Dia mengharapkan partai politik ataupun koleganya sesama politikus untuk mengedepankan spirit berbagi terhadap sesama.

"Dan jangan lupa momentum Lebaran adalah waktu yang tepat bagi partai-partai politik, khusunya bagi para caleg untuk mengetuk simpati masyarakat, serta meningkatkan kepedulian kepada rakyat," tegasnya.

JK: Libur Lebaran 2018 Bertambah Genjot Ekonomi RI

Ilustrasi Pertumbuhan Ekonomi

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menuturkan libur Lebaran 2018 menjadi 10 hari tidak membuat ekonomi Indonesia macet. Bahkan selama libur Lebaran 2018 justru ekonomi berjalan.

"Banyak orang mengira kalau dibikin libur itu ekonomi macet. Tidak, justru banyak sisi ekonomi berjalan pada saat libur," ujar JK saat membuka acara transportation review Indonesia jelang mudik 2018 di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa (8/5/2018)

"Kalau kita libur apa yang kita buat? pulang rumah jalan, ke tempat hiburan bayar. Beli makanan bayar dan beli buah-buah ekonomi jalan," tambah dia.

Dia menjelaskan cuti bersama Lebaran hanya milik PNS dan BUMN saja. Akan tetapi, para pegawai hotel dan pegawai swasta tetap bekerja keras. Apalagi kata Jusuf Kalla di saat jelang Lebaran ekonomi semakin berkembang.

"Walaupun memang ekonomi bergerak menjelang Lebaran. Kalau libur Lebaran mempercepat orang terima hari lebaran. Jadi bisa belanja bukan berarti toko tutup. Jadi toko makin buka," tutur dia.

"Jadi libur ini bukan hanya seluruh bangsa sebenarnya libur ini untuk PNS dan BUMN," tambah JK.

Oleh karena itu, JK menegaskan libur Lebaran 2018 bukan berarti ekonomi stagnan. Malahan kata dia lebih meningkat. "Cuma berbeda porsinya yang pabrik administrasi libur dan restoran buka dan makin banyak isinya. Itu bergerak ekonomi kita justru. Banyak bidang di libur itu. di Bali makin ramai. Di Malang di mana macet itu," beber JK.

Diketahui sebelumnya, Pemerintah memutuskan jumlah hari cuti bersama Lebaran 2018 tetap ikuti Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri. Dalam SKB itu diputuskan cuti bersama sebanyak tujuh hari sehingga total libur Lebaran menjadi 10 hari pada 11-20 Juni 2018.

Pemerintah mengaku telah mempertimbangkan sejumlah aspek mulai dari sosial, ekonomi dan lain-lain untuk mengeluarkan keputusan tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pasar Murah di Pesantren Tekan Harga Bahan Pokok Jelang Lebaran

Posted: 29 May 2018 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Cirebon - Pemerintah terus berupaya menekan harga bahan pokok khususnya menjelang Idul Fitri 2018 termasuk di Cirebon, Jawa Barat.

Seperti dilakukan Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita di Cirebon. Enggar mengajak sejumlah pengusaha besar di Indonesia untuk terlibat pada kegiatan pasar murah.

"Ada 400 titik di Indonesia digelar pasar murah dengan melibatkan pengusaha dan di Cirebon salah satunya di Ponpes Madinatunnajah Kota Cirebon," sebut Enggar, Selasa, 29 Mei 2018.

Sebanyak 1000 paket sembako dijual setengah harga di pasar murah Cirebon. Dia mengatakan, keterlibatan pengusaha tersebut yakni membeli semua kebutuhan sembako kemudian dijual 50 persen kepada masyarakat.

Paket tersebut berisi 5 kg beras, 2kg gula pasir, 2 liter minyak goreng, dan 1 buah sirup. Disebutkan, harga sembako yang ditebus oleh masyarakat itu senilai Rp 100 ribu. Namun, dalam kegiatan ini masyarakat hanya menebus dengan harga Rp 50 ribu.

"Hasilnya seratus persen untuk pondok pesantren dan gebrakan ini selain memberi manfaat pesantren dan masyarakat sekitar juga dapat bertujuan mengendalikan harga akibat kebutuhan masyarakat yang meningkat selama Ramadan dan menjelang hari raya," sebut dia.

Dia menjelaskan, pasar murah di kalangan pesantren karena pesantren dianggap kantong umat sehingga mampu menggerakkan masyarakat sekitar. Dari pasar murah tersebut, masyarakat mendapat keuntungan membeli sembako dengan harga jauh lebih murah.

"Begitu (sembako) dibagikan, tingkat membeli kebutuhan pokok sedikit berkurang dan pesantren mendapat keuntungan dari hasil penjualan sembako yang diberikan oleh pengusaha," kata dia.

Perintah Presiden

Masyarakat Kota Cirebon mengerumuni stand paket sembako dalam kegiatan pasar murah yang digelar Kementerian Perdagangan RI. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Pada kesempatan tersebut, Enggar memastikan ketersediaan bahan pokok menjelang Lebaran aman. Enggar mengaku akan terus memantau harga agar tidak terjadi kenaikan signifikan. Salah satunya memantau di dua pasar tradisional Cirebon.

"Tadi pagi juga saya sempat cek harga dari Pasar Kramat ke Kanoman dan secara keseluruhan harga stabil, telur murah, daging ayam sudah turun dari Rp 40 ribu per kg menjadi Rp 36 ribu per kg," kata Enggar.

Menurut dia, harga daging ayam masih terbilang mahal. Oleh karena itu, ke depan dia akan berusaha menurunkan harga daging ayam.

Enggar juga memastikan semua harga bahan pokok stabil dan tersedia. Dia sudah berkoordinasi dengan dinas terkait untuk memastikan pasokan bahan pokok aman.

"Bapak Presiden juga perintahkan ke saya agar harga bisa ditekan semurah mungkin seperti beras sekarang masih Rp 9.450 per kilo dan kami akan turunkan lagi menjadi Rp 8.950 per kilo," sebut dia.

Terpisah Ketua Yayasan Pondok Pesantren Madinatunnajah, Shofiyah mengatakan, tiket yang dibagikan sesuai dengan jumlah paket yang disediakan yaitu 100 tiket.

"Kalau kebutuhan masyarakat sendiri lebih dari 1000 paket. Proses distribusinya, pesantren mendata warga kurang mampu di sekitar pesantren kemudian diberikan tiket untuk menebus sembako dengan harga 50 ribu," ujar dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Seekor Anak Anjing dan Kucing Diselamatkan dari Rumah Terbakar

Posted: 29 May 2018 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Gold Coast - Seekor anak anjing dan kucing berhasil diselamatkan pekerja darurat setelah hampir mati dalam rumah yang terbakar.

Dikutip dari laman ABC Indonesia, Rabu (30/5/2018), seekor anjing ternak berusia tujuh bulan bernama Holden dan seekor kucing bernama Chip terjebak di sebuah dupleks yang terbakar di kawasan Gold Coast, Australia.

Petugas pemadam kebakaran menarik mereka dari api dalam keadaan tidak bergerak, kesulitan bernapas, tertutup jelaga hitam, dan menghirup asap.

Hewan-hewan itu diserahkan ke petugas Dinas Ambulans Queensland (QAS) yang kemudian bekerja menyelamatkan anjing dan kucing itu.

Paramedis QAS Jenny Chesters bekerja sebagai dokter hewan sebelum ia menjadi paramedis.

Keterampilan dan pelatihannya itu telah dibuktikannya dalam menyelamatkan Holden and Chip.

Petugas ambulans memberikan oksigen selama sekitar satu jam sampai kondisi hewan peliharaan ini sedikit membaik.

Anjing dan kucing berperilaku normal, mencari pelukan, pada saat mereka dibawa ke dokter hewan untuk pemeriksaan.

QAS mengatakan, itu adalah kabar baik bagi pemilik yang rumahnya hangus terbakar.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Kasus Serupa

Ilustrasi (iStock)

Seorang petugas pemadam kebakaran menyelamatkan seekor kucing dari kepungan asap. Setelah memadamkan api di sebuah kebakaran yang terletak di Oregon City.

Dikabarkan dari TIME.com, para petugas menemukan dua kucing yang tidak sadarkan diri di lantai dua rumah tersebut. Berita ini dikabarkan dari Clackamas Fire District 1.

Para petugas membawa kedua kucing itu keluar. Mereka pun diselamatkan dengan menggunakan peralatan pertolongan khusus binatang peliharaan. Alat itu terbuat dari plastik, merupakan masker oksigen berbentuk kerucut yang membantu menyalurkan udara ke paru-paru para kucing itu.

Dua kucing itu pun selamat dan segera dibawa ke dokter hewan oleh anak pemilik rumah untuk diberi pertolongan lanjut.

Setiap departemen pemadam kebakaran dilengkapi dengan peralatan pertolongan dan masker untuk kucing dan anjing. Ini bukan pertama kalinya petugas menolong menyelamatkan satu dari sembilan nyawa seekor kucing. Pada bulan Maret 2015 ini, mereka sudah dua kali menyelamatkan kucing.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Vadi Akbar Persembahkan Lagu Baru untuk Angkatan Laut

Posted: 29 May 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Musisi Vadi Akbar membawakan lagu yang dipersembahkan kepada Angkatan Laut Indonesia. Hebohnya, lagu yang diberi judul "Sailing Home" dan diciptakan oleh Colin Bass dan Harry Kiss itu, ternyata menjadi viral.

Hal ini bisa dilihat saat video baru Vadi Akbar tersebut diunggah ke situs berbagi video YouTube

"Dalam waktu kurang dari 24 jam, lagu ini mendapatkan viewers lebih dari 7.700 orang di YouTube," ujar Harry Kiss dalam keterangannya kepada wartawan baru-baru ini.

Lagu yang dinyanyikan adik penyanyi Vidi Aldiano itu pun banyak di-share oleh beberapa prajurit Angkatan Laut Indonesia.

"Teman-teman dan prajurit AL banyak yg men-share lagu ini di grup mereka. Lagu yg dimainkan oleh Praha Simphony Orchestra Ceko,  Aransemennya dibuat sangat apik oleh Tohpati. Terlebih dengan sentuhan gitar yang dimainkan oleh Tohpati menjadi melodi yang sangat indah," ujar Harry Kiss.

"Saya bangga bisa mempersembahkan video lagu ini saat acara pisah sambut KASAL dari Laksamana Ade Supandi kepada Laksamana Siwi Sukma Aji," ujar Vadi Akbar.

 

 

Bangga

Vadi Akbar berpakaian Angkatan Laut

Sedangkan komentar Laksamana  Ade Supandi setelah menyaksikan video "Sailing Home", beliau mengaku bangga.  "Saya bangga dan terharu sekali. Prajurit Happy," ujarnya. 

Memang momen paling bahagia bagi setiap pelaut saat mengemban tugas negara adalah saat mereka berlayar kembali ke Tanah Air alias Sailing Home, dimana mereka sudah rindu untuk bertemu keluarga atau kekasih yang menanti di Tanah Air.

Lagu yang diciptakan oleh komposer "Denpasar Moon" ini  juga menjadi lagu favorit konduktor wanita orkes di Praha yang bernama Michaela Rozsa Ruzicikova.

 

Video Klip

Vadi Akbar di Istana Negara

Sementara dalam video klipnya, ditampilkan para Taruna di kapal layar latih KRI Bima Suci yang baru menggantikan KRI Dewa Ruci yang telah pensiun. Di samping itu terlihat kecanggihan Alutsista TNI AL termasuk kapal selam baru KRI 403 dan KRI 404. 

"Adikku Vadi Akbar tampil gagah dalam seragam Kapten Angkatan Laut yang serba putih itu," ujar Vidi Aldiano menutup wawancara.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kiper AC Milan Tak Tertarik Gabung Liverpool

Posted: 29 May 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Milan- Liverpool harus melupakan keinginan merekrut penjaga gawang AC Milan Gianluigi Donnarumma. Pemuda Italia itu akan menolak pinangan The Reds.

Donnarumma memang santer dikabarkan akan meninggalkan AC milan musim panas nanti. Donnarumma kecewa berat dengan prestasi AC Milan musim ini yang kembali gagal mendapat tiket ke Liga Champions.

Kondisi keuangan AC Milan yang tengah kritis membuat pria 19 tahun hampir pasti akan pergi. Milan juga harus melego Donnarumma guna menyelamatkan kondisi keuangan klub.

Salah satu klub yang paling berminat kepada Donnarumma adalah Liverpool. The Reds butuh kiper hebat karena Simon Mignolet dan Loris Karius kerap membuat blunder.

Karius baru saja jadi buah bibir di final Liga Champions. Dua blunder fatal pria Jerman itu membuat Liverpool kalah 1-3 dari Real Madrid.

Akan Ditolak

Ekspresi kiper AC Milan, Gianluigi Donnarumma saat bertanding melawan Lazio, di Stadion Giuseppe Meazza, Milan, Italia. Donnarumma terus digadang-gadang untuk menggantikan posisi Buffon di Juventus dan timnas Italia. (AFP PHOTO/MARCO BERTORELLO)

Meski Liverpool sangat berminat, Donnarumma dikabarkan Corriere dello Sport sama sekali tak tertarik pindah ke Anfield. Jika Liverpool mengajukan penawaran, Donnarumma akan menolaknya.

Donnarumma lebih memprioritaskan pindah ke klub lain. Juventus, Real Madrid, hingga Paris Saint Germain kabarnya juga tertarik merekrut Donnarumma.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

[Tanya BPJS Kesehatan] Bagaimana Cara Hitung Denda Pelayanan?

Posted: 29 May 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta  

Pertanyaan:

Bagaimanakah syarat dan ketentuan penghitungan denda pelayanan?

 

Jawaban:

Perhitungan Denda Pelayanan yaitu 2,5 % (dua koma lima persen) dari biaya pelayanan kesehatan rumah sakit dan dikalikan dengan jumlah bulan tertunggak sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 19 Tahun 2016.

Untuk perhitungan Denda Pelayanan dapat dilakukan di Kantor Cabang BPJS Kesehatan sesuai dengan alamat rumah sakit peserta dirawat dengan melampirkan persyaratan sebagai berikut:

- Melampirkan surat keterangan diagnosis awal dari rumah sakit peserta di rawat.

- Melampirkan bukti pelunasan tunggakan iuran terakhir.

- Melampirkan KTP dan Kartu JKN-KIS BPJS Kesehatan Peserta yang dirawat.

- Setelah proses penghitungan denda pelayanan besaran denda dapat dibayarkandi Kantor POS dan Bank Mandiri.

 

Salam,

 

Humas BPJS Kesehatan Kantor Pusat

 

 

Program Tanya BPJS Kesehatan tayang setiap Rabu pukul 11.30. Di dalamnya berisi pertanyaan yang paling sering dilontarkan masyarakat lewat aneka media BPJS Kesehatan. Jawaban dari pertanyaan yang dilontarkan diberikan oleh Humas BPJS Kesehatan Kantor Pusat.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Cara Melapor Saat Tertipu Belanja Online Sedot Perhatian

Posted: 29 May 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Artikel tentang cara melapor kejadian dan mewaspadai aksi penipuan online, menjadi artikel terpopuler Tekno Liputan6.com.

Tak cuma itu, dua artikel yang tak kalah populernya adalah S.P.L Sorensen yang muncul di Google Doodle, dan kabar smartphone baru Nokia dengan baterai gahar.

Untuk lebih lengkapnya, simak tiga berita tersebut berikut ini.

1. Tertipu Saat Belanja Online? Segera Laporkan ke 3 Tempat Ini

Berikut enam hal unik yang dicari dan dititip dari luar negeri dengan belanja online di Airfrov Indonesia. (Foto: Dok. Airfrov)

Transaksi belanja online, semakin ke sini kian berkembang. Perkembangannya yang cepat ternyata juga bisa membuka celah untuk penipuan jual beli online.

Sudah sering kita dengar kasus pembeli yang sudah mentransfer uang, tetapi barang tidak kunjung tiba. Saat dicari si pembeli, si penjual malah raib.

Jika mengalami nasib apes itu, biasanya banyak orang korban panik ketika sadar telah ditipu. Mereka juga sering kebingungan ke mana mengadukan penipuan online.

Selengkapnya baca di sini

 

2. Siapa S.P.L. Sorensen yang Muncul di Google Doodle Hari Ini?

S.P.L. Sorensen tampil sebagai Google Doodle, Selasa (29/8/2018). (Doc: Google)

Hari ini, Selasa (29/5/2018), Google Doodle menampilkan animasi tombol play dengan beragam palet warna, dan beberapa ikon seperti secangkir kopi, pasta gigi, wortel, air, dan jeruk.

Jikalau kamu letakkan kursor mouse di atas doodle tersebut maka akan muncul nama S.P.L. Sorensen. Siapa ia?

Dikutip dari laman Google, S.P.L. Sorensen (Soren Peder Lauritz Sorensen) merupakan sosok pionir di dunia sains.

Selengkapnya baca di sini

3. Smartphone Nokia Terbaru Akan Diperkuat Baterai Gahar?

Jajaran smartphone Nokia (Foto: screenshot)

Smartphone anyar Nokia dilaporkan akan kembali hadir dalam waktu dekat. Hal ini diketahui dari undangan sebuah acara dari HMD Global selaku pemegang lisensi Nokia.

Tak banyak informasi yang diungkap dalam unggahan di Twitter tersebut. Namun, berdasarkan kata-kata yang disertakan, ada kemungkinan smartphone ini akan hadir dengan baterai besar.

Alasannya, seperti dikutip dari CNET, Selasa (29/5/2018), perusahaan asal Finlandia itu menyertakan tagar 'ChargedUp'. Kata-kata itu, menurut analis, merujuk pada smartphone dengan baterai atau teknologi pengisian daya sebagai fitur utama.

Selengkapnya baca di sini

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pengakuan Korban Begal Bekasi yang Jadi Tersangka

Posted: 29 May 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang korban begal di Bekasi ditetapkan polis menjadi tersangka karea membunuh pelaku begal dengan alasan membela diri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengalaman Puasa Dwiki Dharmawan di 4 Negara Berbeda

Posted: 29 May 2018 09:30 PM PDT

Bintang.com, Jakarta Puasa di negeri sendiri sudah biasa, Dwiki Dharmawan punya pengalaman unik menjalankan ibadah puasa di luar negeri. Mulai dari  Republik Ceko, Inggris,  Jerman,  sampai Amerika Serikat. Semua dilakukan dalam rangka tugasnya sebagai musisi yang menjadi duta bangsa. Di setiap negara punya keunikan masing-masing saat bulan Ramadan di mana dia sebagai muslim harus menjalan ibadah puasa.

Meski berat berpuasa di negeri orang, namun suami penyanyi Ita Purnamasari ini tetap konsisten. "Saya pernah mengalami pengalaman berpuasa di  Praha, Cekoslowakia waktu itu summer, terus di  Los Angeles dan Las Vegas, Nevada, USA saat summer. Saya juga pernah puasa di London, Inggris saat  Winter. Dan saya pernah juga berpuasa di  Frankfurt, Jerman saat summer," katanya kepada Bintang.com yang menghubunginya belum lama berselang.

Seperti apa pengalaman yang dilakoni Dwiki di negara-negara tersebut. Yuk kita urai satu demi satu.

 

1. Praha, Republik Ceko

Di negara pecahan Cekoslowakia ini Dwiki melawat ke kota Praha. "Saat itu musim Panas 2016, kebetulan saya sedang ada sesi rekaman dengan Czech Symphony Orchestra untuk mengerjakan proyek musik orkestra," katanya.

Rentang waktu yang panjang antara terbitnya matahari hingga terbenam matahari membuat durasi puasa di negeri ini lebih panjang dari di negara tropis seperti di Indonesia. "Waktu itu kami berbuka puasa adalah sekitar jam 22:30 waktu setempat, sedangkan waktu subuh adalah sekitar jam 04:00," ungkap Dwiki yang disertai anak dan istri ke Republik Ceko.

Dwiki Dharmadan bersama istri Ita Purnamasari serta buah hati mereka saat berada di Ceko. (Dok. Pribadi)

Bukan hanya karena durasi puasa yang panjang yang menjadi cobaan Dwiki Dharmawan melewati Ramadan di Praha, suhu udara yang amat tinggi. "Saat itu suhu sekitar 34 derajat celcius, sangat kering dan panas. Dan di tengah-tengah kita berpuasa, perempuan Ceko banyak yang berpakaian sengat minim, karena saking panasnya cuaca," kata Dwiki mengungkap cobaan lain yang berat baginya saat berpuasa.

2. Frankfurt, Jerman

Dwiki Dharmawan. (Adrian Putra/bintang.com)

Dwiki berada di Frankfurt saat musim panas yang menyengat tahun 2010 yang bertepatan dengan bulan Ramadan. "Saya di Jerman dalam rangka Frankfurt Museum Fair 2010. Saya berangkat dengan rombongan seni budaya dari Bandung, dari team angklung, gamelan, penari dan musik modern," katanya.

Dwiki dan team kesenian Indonesia harus tampil di Anjungan Indonesia selama 1 minggu penuh. Setiap  hari 2 kali tampil. "Itu acara tahunan besar-besaran yang diselenggarakan di sepanjang tepi Sungai Rhein," katanya.

Tugas seagai duta budaya membuat Dwiki Dharmawan harus melawat ke berbagai negara. (Dok. Pribadii

Hotel tempat dia menginap letaknya tepat di sebelah Frankfurt Central Station. "Jadi setiap jam 03:00 dini hari kami team kesenian beramai ramai ke Central Station untuk makan sahur. Nah yang halal hanya ada kedai kebab. Jadilah selama seminggu tiap hari kami sahur dengan kebab, karena resto yang lain yang buka 24 jam di Central Station itu menyediakan makanan tidak halal," ungkapnya.

"Siang hari saya rasakan panas menyengat, suhu saat itu sampai hampir 36-38 C. Hampir-hampir enggak tahan dengan haus. Juga karena panasnya perempuan-perempuan di sana lalu lalang dengan hit pants yang mini banget dan pakaian atas yang minim hehehe. Ini ujian buat kita yang berpuasa hehehe," lanjutnya.

 

3.London, Inggris

Dwiki Dharmawan saat berada di London Inggris. (Dok. Pribadi)

Dwiki Dharmawan sempat berada di Inggris di tahun 1990. Kala musim Dingin dan bertepatan dengan bulan puasa di London. "Seingat saya saat itu bulan Januari atau Februari atau itu suhu di London -4 derajat celcius sampai dengan  5 derajat celcius. Saat saya di sana sempat ada badai salju," katanya.

Saat itu, kata Dwiki, buka puasanya agak normal, pada jam 19:00-an waktu setempat. "Saat itu saya  tinggal di apartemen bersama beberapa teman dari Indonesia. Cuaca dingin cepat membuat lapar dan selalu ingin minum teh hangat atau coklat hangat," lanjutnya.

Sebelumnya, juara Rissing Star, Indah Nevertari juga telah bekerja sama dengan Dwiki terlibat kerjasama lagu religi berjudul Dua Pertiga Malam. (Nurwahyunan/Bintang.com)

Di London buat Dwiki, termasuk mudah untuk mendapatkan moslem groceries atau supermarket halal. Karena di sana banyak imigran Pakistan atau India yang Muslim. "Jadi saya belanja keperluan bahan makanan dan stock di kulkas mulai daging, bumbu, ikan, dll. Beras asal Thailand dan Vietnam juga mudah didapat," katanya.

Dia bersama 3 orang teman sekamar. "Saya didapuk teman-teman untuk menjadi koki sahur dan buka puasa.  Kami urunan belanja bahan makanan," kata Dwiki yang tetap bisa menjalankan shalat tarawih yang diselenggarakan KBRI di London. Kalau pas kebetulan, kadang-kadang penceramahnya ada yang orang Indonesia.

 

Gedung KBRI London tempat Dwiki menunaikan Sahalat Tarawih. (Twitter KBRI London)

Apa saja yang dimasak Dwiki saat di London? "Karena hobby masak juga, saya suka masak soup buntut, ayam rica-rica, ikan dan tempe atau tahu goreng, kentang balado dan lain lain termasuk kudapan penutup seperti pisang goreng dan martabak," ungkapnya.

Setelah dimasak, dimakan beramai ramai bersama tiga teman sekamarnya. "Stock buka puasa dihangatkan lagi untuk sahur berikutnya jadi sekali masak buat buka dan sahur. Nah kalau lagi malas memasak KBRI jadi andalan. Soalnya di sana juga menyesiakan makanan berbuka puasa. Sekalian shalat maghrib berjamaah di sana," kenangnya.

 

4. Los Angeles dan Las Vegas-Nevada, USA

Dwiki Dharmawan saat di Las Vegas-Nevada, USA. (Dok. Pribadi)

Selain di benua Eropa, Dwiki juga pernah merasakan puasa di benua Amerika. Ia pernah berpuasa saat berada di Los Angeles dan Las Vegas-Nevada, Amerika Serikat. "Saya pernah puasa saat musim panas di Amerika Serikat kalo enggak salah tahun 1991, di Nevada State. Cuacanaya panas sekali, suhu  hampir 45 derajat celcius," akunya.

Keberadaan Dwiki di kota itu karena ikut workshop Film Scoring di USC Los Angeles dan sempat jalan-jalan ke Las Vegas.  "Saya jalan-jalan saat weekend. Jadi setelah selesai workshop baru jalan-jalan," katanya. Cobaan terberat menurut Dwiki adalah  cuaca yang amat panas. Namun tekadnya untuk menjalankan ibadah puasa mengalahkan cuaya yang terik.

Itulah sebagian pengalaman Dwiki Dharmawan menjalankan ibadah puasa di manca negara.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Larang Eks Koruptor Jadi Caleg, KPU Diminta Siap Hadapi Gugatan

Posted: 29 May 2018 09:28 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum PPP Romahurmuziy atau Romi menyatakan, partainya menghargai niat KPU melarang eks koruptor maju jadi caleg di Pemilu 2019.

"PPP menghargai niat KPU membangun parlemen bersih yang dimulai dari pencalonan," ucap Romi kepada Liputan6.com, Jakarta, Rabu (30/5/2018).

Namun, dia mengingatkan, KPU harus siap menghadapi gugatan dari para mantan terpidana korupsi jika menerapkan aturan tersebut.

"KPU harus bersiap-siap jika ada mantan terpidana korupsi yang menggugat ketentuan itu," ujarnya. 

Sebelumnya, Presiden Jokowi menilai, mencalonkan diri atau tidaknya seseorang merupakan hak pribadi. KPU sebaiknya memberikan tanda bahwa caleg tersebut mantan narapidana korupsi, ketimbang melarang hak orang menjadi caleg.

"Kalau saya, itu hak. Hak seseorang untuk berpolitik. Tapi KPU bisa saja mungkin membuat aturan. Misalnya boleh ikut tapi diberi tanda 'mantan koruptor'," kata Jokowi.

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Segera Ditetapkan

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman mengatakan rancangan peraturan KPU (PKPU) mengenai pencalonan anggota legislatif akan segera ditetapkan. Termasuk poin yang melarang mantan narapidana korupsi ikut menjadi caleg.

"Kan ini masih rapat konsultasi sama DPR. Nah kalau sudah selesai mungkin KPU butuh dua tiga hari buat rapikan semuanya. Buat yakinkan dasar-dasar yang menjadi pembuatan pasal itu, kalau sudah firm yakin, kirim ke Kemenkumham. Ya butuh dua-tiga hari," ucap Arief di Gedung DPR RI, Jakarta Selatan, Rabu, 23 Mei 2018.

Arief menegaskan, dalam draf PKPU itu, pihaknya masih memasukkan poin larangan eks napi korupsi untuk menjadi caleg, meski telah ditolak DPR, Bawaslu, dan Kemendagri dalam rapat dengar pendapat, Selasa (22/5/2018).

"Sampai hari ini masih tetap begitu ya bertahan tetap larang," kata Arief.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sudah Kantongi Izin, Pembangunan Bandara Kediri Bakal Dimulai 2019

Posted: 29 May 2018 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung menyatakan, pembangunan Bandara Kediri, Jawa Timur, bisa dimulai pada 2019. Proyek tersebut bisa mulai dibangun karena semua perizinan yang diperlukan sudah dimiliki.

"Harapannya kalau semuanya alhamdulillah berjalan lancar (pembangunan Bandara Kediri) 2019 sudah bisa dimulai," kata Pramono, seperti dikutip dari laman resmi Setkab, Jakarta, Rabu (30/5/2018). 

Sebagai orang yang dibesarkan di daerah tersebut, Pramono Anung mengaku dirinya sebelumnya sama sekali tidak pernah membayangkan jika Kediri akan memiliki bandara.

Meskipun ada kendala teknis terkait pembebasan lahan, dia berpendapat kini semua perizinan untuk pembangunan bandara itu telah dikeluarkan oleh Menteri Perhubungan. Begitu juga dengan rekomendasi dari TNI AU juga sudah ada.

"Ada pergeseran (lokasi) sedikit, sehingga konsekuensinya harus membebaskan lahan lagi. Jadi, proses pembebasan lahan akan dilakukan," ujar Pramono.

Seskab berharap masyarakat mendukung upaya pembebasan lahan tersebut. Ia meminta yang biasa mengganggu agar kali ini tidak mengganggu keinginan warga Kediri memiliki bandara.

"Biarkan kesempatan rakyat yang menikmati, pemilik lahan, pemilik tanah yang menikmati, jangan kemudian makelar-makelar (tanah) yang bergentayangan yang menikmati," ujarnya.

Pramono meyakini jika masyarakat mendukung, pembangunan bandara ini akan terwujud dan Kediri akan menjadi salah satu kota yang maju.

"Harapannya daerah ini betul-betul berkembang menjadi daerah industri baru, daerah ekonomi baru. Sehingga ekonomi kita tidak hanya terkonsentrasi di Sidoarjo dan Surabaya, tetapi di wilayah Karesidenan Kediri ini juga bisa akan bisa berkembang," kata Pramono Anung

 

 

Bangun Tol Kertosono-Kediri

Tol Ngawi-Kertosono (Dok Foto: Website Kementerian PUPR)

Pramono menambahkan, pemerintah akan segera juga dibangun tol dari Kertosono ke Kediri-Tulungagung.

Karena itulah, ucapnya, pemerintah akan menyelesaikan permasalahan terkait rencana tersebut. Ini harus bekerja sama dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PUPR) Basuki Hadimuljono dan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. Tentunya atas perintah Presiden Joko Widodo.

"Saya, Pak Basuki dan pak Budi Karya ini termasuk yang selalu mendampingi Presiden keliling ke mana saja," katanya. 

Menurut dia, pembangunan infrastruktur saat ini tidak hanya terkonsentrasi di Pulau Jawa, tetapi juga di luar Pulau Jawa.

"Dulu orang di Sulawesi Selatan tidak pernah membayangkan punya kereta api, sekarang mereka punya kereta api, jalan tol di Sumatra, jalan tol di Kalimantan, dan Trans Papua panjangnya 3.800 (kilometer) dibangun," pungkasnya. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ngantuk Saat Memandu Acara, Desta Nyusruk ke Lantai

Posted: 29 May 2018 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ramadan tahun ini tampaknya tidak dirasakan berbeda oleh Desta. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Desta kembali mendapat kesempatan untuk ikut mengisi program sahur.

Baru-baru ini Desta bersama partnernya, Vincent serta Sule dan Andre Taulany memandu acara sahur di salah satu stasiun televisi swasta. Seperti dalam potongan video yang diunggah Desta di Instagram pribadinya.

Desta eks Club 80's duduk di sofa sebelah kiri bersama Vincent. Sementara Sule dan Andre berada di ujung lainnya. Tampak tiga orang bintang tamu duduk di antara mereka, salah satunya komika Abdur.

Saat Sule tengah melontarkan pertanyaan ke bintang tamu yang hadir, tiba-tiba terjadi insiden mengejutkan yang membuat seluruh pengisi acara tertawa terbahak-bahak.

Jatuh Tersungkur

Desta saat jatuh tersungkur di acara sahur. (Instagram: @desta80s)

Desta yang sedari tadi tidak banyak bicara mendadak oleng dan nyusruk ke lantai. Kaget, suami Natasha Rizky itu langsung kembali duduk sambil mengucek mata.

Vincent yang duduk di sebelahnya juga ikut terkejut dan langsung meminta maaf kepada pengisi acara yang lain atas kelakuan sahabatnya itu. "Maaf, maaf, maaf," ujar Vincent.

Ngantuk Berat

Desta (Foto: instagram.com/prambors)

Sontak, kelakuan Desta ini menuai gelak tawa dari semua pengisi acara terutama Abdur. Komika asal Nusa Tenggara Timur itu tampak terpingkal-pingkal karena tingkah Desta.

Desta mengaku ngantuk berat hingga dirinya tersungkur. "Ngantuk broh..." tulis Desta di kolom keterangan.

Tinggalkan Istri

Natasha Rizky dan Desta (Instagram/natasharizkynew)

Meski kebanjiran job setiap Ramadan, Desta harus merelakan waktunya bersama keluarga. Alhasil, pria 41 tahun itu tak bisa melewatkan sahur bersama sang istri tercinta. Namun kondisi ini sudah dianggap biasa oleh Natasha Rizky.

"Desta kan tiap tahun ada acara sahur, ya pasti aku sahur sendiri. Jadi kayak sudah hafal-lah tiap tahun pasti dia ada acara, paling kalau aku sih lebih persiapan buka puasa," ujar Natasha Rizky saat ditemui belum lama ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementerian PUPR Anggarkan Rp 156 Miliar untuk Kawasan Wisata Kota Lama Semarang

Posted: 29 May 2018 09:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan penataan kawasan Kota Lama Semarang, Jawa Tengah. Hal ini bertujuan mewujudkan kota Semarang menjadi kota pusaka yang layak huni dan berkelanjutan.

Penataan Kota Lama Semarang dilakukan selama 2 Tahun sejak 2017 dan ditargetkan rampung akhir 2018 dengan total anggaran Rp. 156 miliar. Dengan demikian hal itu akan meningkatkan aktivitas pertumbuhan ekonomi yang ada di Semarang, salah satunya melalui wisata.

"Penataan dilakukan agar kawasan lebih tertata, nyaman dan bisa menjadi tujuan wisata. Selama ini, wisatawan yang datang ke Semarang lebih banyak memilih berkunjung ke wisata Candi Borobudur atau Pulau Karimunjawa," ucap Menteri Basuki saat kunjungannya ke kawasan Kota Lama Semarang, kemarin (27/5/2018).

Di kawasan Kota Lama Semarang dikenal memiliki bangunan bersejarah dengan arsitektur bergaya Eropa. Dulunya, kawasan ini pernah menjadi pusat pemerintahan dan pusat kegiatan perekonomian pada masa Hindia Belanda.

Menteri Basuki mengatakan dengan dilakukannya penataan kawasan ini nantinya akan dapat menata prasarana dan sarana kawasan. "Seperti utilitas saluran PDAM, kabel telfon dan listrik yang tidak tertata akan dibuat rapih melalui pemasangan Box Utility," kata Basuki.

Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya juga memberikan fasilitas tambahan diseputar kawasan Kota Lama Semarang seperti tempat duduk panjang, tempat sampah, juga lampu penerangan jalan utama dan trotoar. Penataan lainnya meliputi pekerjaan jalan, dan perbaikan drainase, halte hingga 2 kolam retensi Berok dan Bubakan yang akan dipompa dialirkan menuju kali Semarang.

"Kita tata dan kembangkan kawasan Kota Lama Semarang. Nantinya akan menjadi kawasan wisata yang bermanfaat seperti kegiatan Car Free Day, kuliner, maupun event berbasis budaya," tambahnya.

Turut hadir mendampingi Menteri Basuki, Direktur Jenderal Cipta Karya, Sri Hartoyo, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono, Walikota Semarang Hendrar Prihadi, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana Ruhban Ruzziyatno, dan Kepala Biro Komunikasi Publik Endra S. Atmawidjaja.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aman Abdurrahman: Silakan Pidanakan Saya Sesuai Keinginan Anda, Tapi...

Posted: 29 May 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Terdakwa kasus terorisme Aman Abdurrahman mempersilahkan jaksa penuntut umum (JPU) menuntut hukuman seberat-beratnya termasuk hukuman mati kepadanya. Hal ini dikatakan Aman saat membacakan pembelaannya usai mendengarkan replik dari tim JPU.

"Saya ingin menyampaikan, ingin mempidanakan kepada saya berkaitan dengan mengkafirkan pemerintahan ini bahwa saya yang mengajarkan mereka bertauhid sirik demokrasi, silakan pidanakan sesuai keinginan Anda semua berapapun hukumannya, mau hukuman mati silakan," kata Aman kepada Majelis Hakim di Pengadinal Negeri Jakarta Selatan, Rabu (30/5/2018).

Namun, Aman menolak jika dituding sebagai dalang serangkaian teror bom di Jakarta.

"Tapi kalau dikaitkan dengan kasus-kasus semacam itu, dalam persidangan satu pun tidak ada yang dinyatakan keterlibatan saya," tegas Aman.

Senada, Tim Penasihat Hukum Aman Abdurrahman, Asludin Hatjani juga menolak isi replik JPU.

"Setelah mendengar replik JPU maka kami akan tetap menolak, karena isi replik sebagian besar sama seperti tuntutan JPU," pungkas Asludin.

Usai mendengar replik dan duplik, majelis hakim pun segera menjadwalkan agenda vonis Aman Abdurrahman pada tiga pekan ke depan, yakni Jumat 22 Juni 2018.

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Tuntutan Jaksa

Menurut tim JPU, terdakwa Aman Abdurrahman secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana terorisme, sebagaimana tertuang dalam pasal ke-1 primer, melanggar pasal 14 jo pasal 6, UU 15 tahun 2003 tentang pemberantasan tindak pidana terorisme.

"Selain itu kamu juga meminta majelis hakim, menyita alat bukti sebagaimana diajukan dalam nota tuntutan kami," ujar Jaksa Anita.

Pada poin replik selanjutnya, JPU juga menegaskan kepada majelis hakim agar bisa mengabulkan biaya kompensasi terhadap korban bom Sarinah Thamrin Jakarta (2016) dan Bom Kampung Melayu Jakarta Timur (2017).

"Kami memohon kepada Majelis Hakim meneruskan permohonan korban bom Sarinah di Thamrin dan Kampung Melayu Jakarta Timur, dibebankan kepada negara melalui Kementerian Keuangan untuk memberikan hak kompensasi sebagai mana rincian nota tuntutan kami," jelas Anita.

Terakhir, dalam repliknya, JPU meminta untuk bisa membebankan kepada negara membayar biaya perkara sebesar Rp 5 ribu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Merek Sepatu Valentino Akan Rambah Bisnis Kecantikan

Posted: 29 May 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Valentino dan L'Oreal mengumumkan kerjasama mereka dalam mengembangkan sebuah lini baru untuk produk kecantikan pada Senin (29/5/2018). Merek sepatu dan produk kecantikan ini sepakat untuk melakukan pengembangan dan distribusi fragrance dan produk kecantikan berkelas di bawah merek Valentino.

Kolaborasi ini bertujuan untuk membawa visi kreatif dari Valentino yang memiliki audiens yang cukup luas. Untuk itu, ia menggandeng L'Oreal sebagai ahli di bidang kecantikan.

 

Merek Sepatu Valentino Akan Rambah Bisnis Kecantikan

Ajakan kerjasama inipun disambut baik oleh pihak L'Oreal. Di mana mereka menilai bahwa merek sepatu asal Italy itu mewujudkan citra keindahan yang luar biasa dan juga modernitas. Hal inilah yang memberikan L'Oreal inspirasi yang kuat utnuk menciptakan produk wewangian dan produk kecantikan lainnya.

Dengan adanya kerja sama ini, CEO Valentino, Stefano Sassi percaya bahwa merek Valentino memiliki potensi yang besar untuk mengembangkan bisnis kecantikan ini. Terlebih pihaknya menggandeng pihak yang benar-benar memiliki keahlian di bidang itu.

Merek Sepatu Valentino Akan Rambah Bisnis Kecantikan

Kerja sama ini sendiri akan mulai berlaku pada Januari 2019. Valentino dan L'Oreal akan bekerja keras untuk menghadirkan produk kecantikan dan wewangian yang dinilai mampu bersaing di pasaran. Kita tunggu saja, ya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berburu Baju Koko dengan Sentuhan Modern Jelang Lebaran

Posted: 29 May 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bagi sebagian besar orang, Lebaran identik dengan baju baru. Tidak heran, jika baju muslim seperti baju koko banyak diserbu kaum pria ketika Lebaran tiba.

Tidak kalah modis dengan baju muslim wanita, kini baju koko pria pun memiliki banyak pilihan.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Rabu (30/5/2018), baju koko kini mulai dikombinasikan dengan batik dan songket. Banyak desainer muda yang mendesain baju koko masa kini dengan kombinasi dan trend modern.

Bahkan, jelang Lebaran, salah satu pelaku usaha baju koko mampu menjual hingga seribu baju.

"Anime masyarakat lumayan bagus. Banyak sekali yang membeli jelang Lebaran ini," kata Daus, salah satu pedagang.

Untuk Anda pria dinamis yang ingin tampil kasual, namun tetap islami, bisa memilih baju koko dengan motif batik atau songket. Karena, selain untuk ibadah, bisa digunakan di kesempatan lainnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Real Madrid Luncurkan Jersey Baru Tanpa Ronaldo

Posted: 29 May 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Cristiano Ronaldo tidak tampak dalam peluncuran jersey baru Real Madrid untuk musim 2018-2019. Absennya Ronaldo menguatkan sinyal penyerang Timnas Portugal itu bakal hengkang dari Los Blancos.

Setelah memenangi gelar Liga Champions ke-13 Real Madrid dengan mengalahkan Liverpool 3-1, Ronaldo melontarkan pernyataan yang memantik rumor soal masa depannya. Kala itu, Ronaldo mengatakan, tidak akan lama lagi meninggalkan Santiago Bernabeu.

"Menyenangkan sekali bisa berada di Real Madrid. Dalam beberapa hari ke depan, saya akan berbicara," ungkap Ronaldo ketika itu.

Pernyataan itu langsung memunculkan spekulasi bahwa Ronaldo akan berganti klub. Rumor semakin berembus kencang steelah Ronaldo jadi satu-satunya pemain inti Los Blancos yang tidak muncul dalam pengenalan jersey kandang dan tandang di situs resmi Real Madrid.

Seperti dilansir Sky Sports, para pemain bintang El Real lainnya seperti Gareth Bale, Karim Benzema, Marcelo, dan Toni Kroos masih terlihat dalam pengenalan jersey anyar itu. Begitu juga dengan pemain-pemain tim arahan Zinedine Zidane lainnya.

Isyarat Pindah

Bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo(AFP/Gabriel Bouys)

Tidak tampaknya Ronaldo seakan jadi isyarat pindah musim panas nanti. Sejumlah destinasi dikaitkan dengan mantan bintang Manchester United ini seperti, Paris Saint-Germain hingga klub Major League Soccer (MLS).

Kontrak Ronaldo bersama klub ibu kota Spanyol itu sesungguhnya baru akan habis pada Juni 2021. Usia Ronaldo yang telah menginjak 33 tahun tidak membuatnya sepi peminat. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Jelang Mudik, Rel Kereta Badung Masih Rusak

Posted: 29 May 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT KAI terus memperbaiki sejumlah lintasan kereta yang rusak sebelum arus mudik dimulai. Salah satu daerah yang memiliki banyak titik kerusakan adalah rel kereta Bandung.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: