Senin, 14 Mei 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Pemprov DKI Sediakan Buka Puasa Gratis di 223 RW

Posted: 14 May 2018 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemprov DKI bersama Dompet Duafa dan Aksi Cepat Tanggap akan menyediakan buka puasa gratis di 223 RW di Jakarta.

"Setiap hari selama satu bulan (ramadan)," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota Jakarta, Selasa (15/5/2018).

Anies menyatakan, dia tak ingin ada warga yang merasakan kelaparan. Menurutnya ada sekitar 220 RW dengan warga yang miskin, oleh karena itu bukber akan dilaksanakan terlebih dahulu di RW tersebut.

"Kita tidak ingin ada warga lapar di ibu Kota. Mulai sekarang di bulan puasa menyiapkan buka puasa bagi semua. Dan sekarang dimulai dari RW yang masuk kategori padat, masyarakatnya mayoritas miskin dan jumlahnya kira-kira lebih dari 220 RW," kata Anies Baswedan.

Nantinya, warga yang mampu bisa ikut membantu dengan mengirimkan makanan atau uang. Anies Baswedan berharap kegiatan itu dapat ditiru daerah lain.

"Dan mudah-mudahan kalau kita bisa laksanakan di ibu Kota, di tempat-tempat lain pun mengikutinya," imbuhnya

 

 

Tarawih Akbar di Monas

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyapa jemaat usai memberikan sambutan pada malam Misa Natal di Gereja Protestan Indonesia Barat (GPIB) Immanuel, Gambir, Jakarta, Minggu (24/12). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Selain buka puasa bersama, lanjut Anies, Pemprov juga akan melaksanakan tarawih akbar di Monas pada 26 Mei mendatang.

"Tarawih Akbar dikerjakan oleh Pemprov, bukan buka puasa di Monas. Nanti buka berasamanya di tempat lain. tapi yang tanggal 26 itu kegiatannya tarawih," pungkas Anies.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kejar Target 24 Perusahaan IPO dalam 6 Bulan, Ini yang Dilakukan BEI

Posted: 14 May 2018 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bursa Efek Indonesia (BEI) menargetkan perusahaan yang bisa melakukan penawaran saham perdana atau initial public offering (IPO) pada enam bulan pertama 2018 mencapai 24 perusahaan. Sejauh ini sudah ada 13 perusahaan yang melantau di BEI.

Direktur BEI Samsul Hidayat menjelaskan, BEI mendaftar terdapat 24 perusahaan yang telah dan akan melakukan penawaran saham perdana di BEI pada semester I 2018. 

"Ada 24 perusahaan dalam pipepline yang bakal IPO di semester ini. Sudah ada yang mulai," tuturnya di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Selasa (15/5/2018).

Perusahaan yang telah dan akan melantai ini berasal dari beragam sektor " Macam-macam. Ada properti, finansial, perkebunan, jadi memang tidak ada majority sector yang masuk," ujar dia. 

Samsul merincikan, dengan target 24 perusahaan yang melantai di bursa pada semester awal 2018, ada 13 perusahaan yang sudah merealisasikan rencana tersebut. Oleh karena itu, dengan waktu yang tersisa BEI harus mengejar 11 perusahaan lagi. 

Untuk mencapai target tersebut, BEI melakukan berbagai cara. Salah satunya adalah sosialisasi. "Kami lakukan sosialisasi untuk teman-teman dan lain-lain. Pola-pola ini kita terus lakukan. One-on-one meeting kami lakukan, bahkan kami jelaskan jika ada permintaan khusus, pendekatanya memang persuasif," tambah dia.

Samsul lebih jauh menjelaskan kesempatan IPO berguna untuk memperluas kegiatan perseroan serta ekspansi. "Ya selain dipakai buat ekspansi (funding resource), kesempatan lain menjadi Tbk yaitu memperluas kegiatan usaha mereka," tandas dia.

Royal Prima Melantai Perdana

PT Royal Prima Tbk resmi melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Selasa (15/5/2018). (Bawono/Liputan6.com)

Untuk diketahui, PT Royal Prima Tbk resmi melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Selasa pagi ini. Perusahaan dengan kode saham PRIM ini merupakan emiten ke-13 yang melantai perdana pada tahun ini dan perusahaan ke-578 yang terdaftar di BEI.

"Semoga ke depan perseroan bisa lebih baik lagi. Perseroan bisa semakin maju sesuai dengan harapan investor yang berinvestasi, tutur Samsul

Pada pencatatan perdana ini, saham PRIM naik 47 persen atau poin ke level ke Rp 235. Saham PRIM ditransaksikan sebanyak 140 kali dengan volume sebanyak 18.760 lot dan menghasilkan nilai transaksi Rp1,38 miliar.

Perseroan juga menerbitkan 600 juta Waran Seri I. Waran tersebut akan diberikan secara gratis kepada pemegang saham.

Setiap pemegang dua saham Royal Prima akan memperoleh satu unit Waran Seri I. Perseroan berhasil catatkan oversubscribed sebanyak 42 kali.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penjelasan Rektor Unair soal Sosok Terduga Pengebom Gereja di Surabaya

Posted: 14 May 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Rektor Universitas Airlangga Surabaya Prof Mohammad Nasih menyatakan pelaku teror bom di tiga gereja di Surabaya, yakni Dita Oeprianto, dikeluarkan (DO) Unair pada tahun pelajaran 1993/1994 karena hasil belajarnya tidak memenuhi standar.

Nasih mengatakan, Dita dengan nomor induk mahasiswa (NIM) 049114141P masuk kuliah pada 1991 sebagai mahasiswa D3 program studi (prodi) manajemen pemasaran, bukan D3 akuntansi yang ramai diinformasikan di media sosial.

"Dita di-'DO' Unair karena indeks pretasi kumulatifnya (IPK) tidak memenuhi syarat," kata Nasih, ketika dikonfirmasi di Surabaya, Selasa (15/5/2018), dilansir Antara.

Nasih menjelaskan, pada semester I perkuliahan, Dita hanya mendapat indeks prestasi (IP) 1,33 karena hanya menyelesaikan tujuh satuan kredit semester (SKS). Pada semester II Dita meraih IP 1,11, dan semester selanjutnya hanya meraih IP nol koma.

"Dari total 110 satuan kredit semester (SKS) yang seharusnya ditempuh, Dita hanya menyelesaikan 47 SKS dengan IPK 1,47. Karena tidak memenuhi standar nilai, Dita di-'DO' Unair," ucapnya.

Selain itu, kata Nasih, berdasarkan penelusuran tim akademik Unair, Dita tidak pernah aktif dalam kegiatan organisasi mahasiswa, baik senat mahasiswa, badan eksekutif mahasiwa (BEM) universitas maupun fakultas, hingga unit kegiatan mahasiswa (UKM).

"Yang bersangkutan juga bukan jemaah kajian masjid kampus lingkungan Unair," ujarnya.

Dengan latar belakang tersebut, lanjut Nasih, sangat tidak relevan mengaitkan Dita dengan institusi Unair. Pihaknya meyakini Dita punya guru atau pembimbing yang sangat berpengaruh di luar sana dibanding dosen waktu berkuliah.

Selebihnya, dia meminta semua pimpinan dan sivitas akademika Unair tetap bersatu dan tidak memberi peluang tumbuh kembangnya ideologi atau perilaku teror yang tidak beradab.

"Kalau ada mahasiswa yang IP-nya jelek, tolong dosen walinya mengecek sebabnya dan memberi pembinaan khusus," kata Nasih.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Karyawan Bank Cantik Ini Tak Henti Promosikan Keelokan Pulau Sumba

Posted: 14 May 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Kupang - Keelokan alam Pulau Sumba tak perlu diragukan lagi. Dengan pantai-pantai alaminya, savana-savana yang maha luas membuat Sumba jadi destinasi dunia.

Selain alam, Sumba juga menyimpan kekayaan budaya yang tak kalah uniknya, salah satunya adalah tenun ikat warna alam, pasola dan budaya marapu.

Bahkan salah satu hotel di Niwatu diakui dunia sebagai hotel terbaik tingkat dunia. Belum lama ini juga, pulau Seribu bukit ini menjadi pulau terindah di dunia versi salah satu majalah di Jerman. 

 

Doc: Istimewa

Masyarakat Sumba boleh bangga dengan penghargaan tersebut, tetapi mereka harus tetap menjaga keindahan alam dan budaya yang dimiliki Pulau Sumba atau lebih di kenal dengan pulau Sandlewood ini. 

Demikian dikatakan salah satu gadis Sumba yang selalu mempromosikan keindahan alam Sumba lewat media sosial: Facebook dan Instagram saat diwawancarai, Senin (14/5/2018). 

Namanya, Janet Margareth Johannes. Dipanggilnya Janet. Gadis yang punya ukuran sepatu 39 ini, sekarang telah berkarier di salah satu bank di Kota Waingapu. 

 

 

Selanjutnya

Doc: Istimewa

Di tengah kesibukan kerjanya, dirinya mengaku selalu memanfaatkan waktu libur untuk mencari tempat-tempat baru di Pulau Sumba untuk dipromosikan ke media sosial. 

"Saya hobinya membaca dan dengar musik, tapi saya melihat keindahan alam Sumba perlu dipromosikan, makanya saya selalu memanfaatkan waktu libur bersama teman-teman pergi refreshing sekaligus foto-foto untuk di upload ke media," katanya.

 

 

Doc: Istimewa

Lebih lanjut, wanita single ini menuturkan, setiap postingannya di media sosial banyak yang merespon. Tiap postingan, ribuan netizen memberikan like (tanda suka) dan menanyakan di mana tempat yang dikunjunginya tersebut. 

"Banyak yang like dan komentar, kalau di Instagram bahkan sampai 1000 dan kalau di FB di bawah 500 like. Kalau teman yang berkomentar banyak," ungkapnya.

Alumni Undana ini berharap dengan postingan-postingannya di media sosial Sumba makin dikenal lebih banyak orang lagi dan mengagendakan untuk berkunjung ke pulau indah ini. Untuk mengenal dan melihat keindahan pulau Sumba silakan follow akun Instagram wanita berdarah sabu Sumba ini, @janetmargareth93

Pengirim:

Naga

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Puan Optimistis Seluruh Venue Asian Games di Palembang Rampung Akhir Juni

Posted: 14 May 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayan RI (Menko PMK), Puan Maharani meninjau progres pembangunan venue Asian Games 2018 di Palembang, Sumatera Selatan hari ini. Pembangunan yang belum 100 persen rampung itu pun diyakininya dapat terselesaikan pada akhir bulan Juni nanti.

"Semuanya akan selesai insya Allah pada akhir bulan Juni tahun ini dan kita juga sudah berkomitmen semuanya akan terselesaikan," ucap Puan, di komplek Jakabaring Sport Center, Palembang, Sumatera Selatan, Senin (14/5/2018). 

Dia juga optimis di sekitar waktu 40 hari yang tersisa ini hingga dimulainya perhelatan olahraga internasional itu pembangunan semua venue dapat dirampungkan. Termasuk Wisma atlet dan shooting range.

"Kemudian voli pantai juga tempat olahraga dayung dan lain-lain, semuanya sudah dalam proses. Tentu saja Insya Allah akan menyelesaikan semua hal yang harus diselesiakan pada akhir bulan Juni," kata dia.

Selain itu, di tengah kondisi Indonesia yang banyak terjadi tindakan terorisme, Puan pun meyakinkan publik bahwa kegiatan Asian Games 2018 nantinya tetap dapat berjalan sesuai yang diharapkan. Tak lupa, dia juga mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk bersama-sama memanjatkan doanya.

"Insya Allah tidak ada apa-apa, kita semua ikut berdoa dan menjaga bahwa pelaksanaa Asian Games 2018 akan seperti yang kita harapkan dan tidak akan terjadi apa-apa, Amin," ujarnya.

Kunjungi Beberapa Venue

Apa seruan Presiden Jokowi bagi rakyat Indonesia untuk menyongsong kemenangan di Asian Games 2018?

Puan sendiri meninjau sejumlah venue olahraga untuk Asian Games di Komplek Jakabaring yakni, di Bowling Center, Arena Menembak baik outdoor maupun indoor, Dayung dan juga wisma atlet.  

Secara keseluruhan, venue-venue yang dikunjungi Puan, telah 70-80 persen rampung. Kedatangan Puan hari ini didampingi oleh Gubernur Sumsel, Alex Noerdin, Sekjen INASGOC, Eris Heryanto; Dirjen Cipta Karya KemenPUPR Sri Hartoyo, Anggota DPR RI, dan jajaran SKPD Provinsi Sumsel.

Yunizafira Putri  

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bahagianya Sophia Latjuba Jadi Asisten Anjasmara

Posted: 14 May 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sudah beberapa waktu belakangan ini Sophia Latjuba tak lagi aktif di sinetron. Terakhir, mantan kekasih Ariel NOAH itu ikut membintangi film Danur 2: Maddah bersama Prilly Latuconsina.

Dua tahun lalu Sophia Latjuba sempat menjadi salah satu juru bicara tim pemenangan Calon Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Kini ibu dua anak itu punya kegiatan baru.

Dari Instagram pribadinya baru-baru ini Sophia Latjuba diketahui menjadi asisten Anjasmara untuk melatih yoga di Bali. Anjasmara dan Sophia memang sudah lama menyelami olahraga tersebut.

"Terima kasih @anjasmara sudah memperbolehkan saya membantu di kelasmu yang indah," tulis Sophia Latjuba di unggahannya saat menjadi asisten Anjasmara.

 

Sophia Latjuba jadi asisten Anjasmara [foto: instagram/sophia_latjuba88]

Awet Muda

Sophia Latjuba [foto: instagram/sophia_latjuba88]

Selama ini yoga menjadi salah satu olahraga favorit Sophia Latjuba. Selain untuk membantu menjaga bentuk tubuhnya, yoga juga membuat Sophia selalu bugar.

Tak heran, di usianya yang sudah nyaris menginjak 50 tahun, penampilan Sophia Latjuba tak ubahnya wanita 20-an. Tubuhnya tetap kencang dan awet muda.

 

Demi Makan Enak

Sophia Latjuba latihan yoga [foto: instagram/sophia_latjuba88]

Sophia Latjuba cukup sering memperlihatkan kebolehannya saat melakukan gerakan yoga. Aktivitas yoga yang dilakukan Sophia punya satu tujuan, yaitu mengkonsumsi makanan tinggi gula.

"Supaya bisa makan donat nanti," tulis sang artis sambil menambahkan tanda pagar #enjoylife di salah satu unggahannya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ratu Elizabeth Restui Pernikahan Pangeran Harry

Posted: 14 May 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ratu Elizabeth beri surat sebagai restu bagi pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle yang ditulisnya sendiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Facebook Tendang 200 Aplikasi yang Dicurigai Menyalahgunakan Data

Posted: 14 May 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Facebook mengumumkan hasil investigasi terbaru mereka perihal aplikasi yang dicurigai menyalahgunakan data seperti Cambridge Analytica.

Berdasarkan keterangan resmi Newsroom FB, pada Selasa (15/5/2018), Facebook telah menginvestigasi ribuan aplikasi. Hasilnya, hampir sebanyak 200 aplikasi telah kena suspend.

"Sampai saat ini ribuan aplikasi sudah diinvestigasi dan sekitar 200 aplikasi telah di-suspend sembari menunggu investigasi menyeluruh untuk melihat fakta apakah mereka menyalahgunakan data," tulis Ime Archibong, VP of Product Partnerships Facebook.

Aplikasi-aplikasi yang diinvestigasi adalah yang mendapat informasi pengguna sebelum Facebook mengubah kebijakannya mengenai data pada 2014. Untuk diketahui, Facebook mengaku Cambridge Analytica memanen data sebelum perubahan kebijakan.

Pihak Facebook menyebut terdapat dua tahap pada proses investigasi, pertama adalah peninjauan untuk mengidentifikasi aplikasi yang punya akses ke data Facebook, setelahnya dilakukan wawancara dan audit.

"Kami memiliki tim yang besar dari pihak internal dan eksternal yang bekerja keras untuk menginvestigasi aplikasi-aplikasi tersebut secepat mungkin," tambah Ime.

Bila ada aplikasi yang benar terbukti menyalahgunakan data, maka Facebook akan mengirim notifikasi pada pengguna, seperti pada kasus Cambridge Analytica terdahulu.

Facebook mengaku bersungguh-sungguh melakukan investigasi, dan menambahkan hal ini akan memakan waktu. Namun, mereka akan terus mengabarkan pengguna mengenai perkembangannya, sesuai dengan janji yang diberikan oleh CEO Facebook Mark Zuckerberg.

Facebook Belum Beri Hasil Audit ke Indonesia

Menkominfo Rudiantara dan Vice President of Public Policy Facebook Asia Pacific Simon Milner. Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar

Facebook belum dapat mengungkapkan hasil audit yang komprehensif ke Indonesia. Alasannya, pihak otoritas Inggris Information Commissioner Office (ICO) masih melakukan investigasi, sehingga perusahaan belum bisa melakukan penyelidikan.

"Audit ini akan berlangsung hingga benar-benar harus selesai. Saya juga tak bisa memastikan kapan. Kami sendiri masih harus menunggu dari hasil penyelidikan dari ICO," tutur Vice President of Public Policy Facebook Asia Pacific Simon Milner usai melakukan pertemuan dengan Menkominfo Rudiantara di Jakarta.

Kendati demikian, ia menuturkan setelah Facebook menyelesaikan penyelidikan di dalam layanan untuk mengetahui apakah ada perusahaan seperti Cambridge Analytica, maka Milner memastikan Facebook akan mengungkap hasilnya.

"Kami memiliki tim yang besar untuk audit ini. Namun, perlu diingat kasus ini sebenarnya terjadi pada 2014. Karena itu, untuk sekarang kami juga melakukan penyelidikan apakah ada pihak lain yang diindikasikan melakukan serupa Kogan (Aleksandr Kogan--peneliti Cambridge Analytica)," tuturnya menjelaskan.

 

Kena Ultimatum Britania Raya

CEO Facebook  Mark Zuckerberg (AP Photo/Jacquelyn Martin)

Di pihak lain, pihak Parlemen Britania Raya justru tidak puas dengan hanya mendapat penjelasan dari perwakilan Facebook. Pihak Parlemen justru mau Zuckerberg agar langsung hadir. 

Dilansir situs resmi Parliament, Komite Digital, Budaya, Media, dan Olahraga Parlemen Britania mengirim surat ultimatum ke kantor Facebook di London yang kemudian menjadi viral di media sosial.

Dalam surat tersebut, pihak Parlemen meminta Zuckerberg memenuhi panggilan ke Westminster guna memberi keterangan bila tidak ingin diseret paksa saat ia menginjakkan kaki di negara itu.

"Setelah muncul laporan bahwa dia (Zuckerberg) akan memberikan bukti di Parlemen Eropa pada bulan Mei, kami ingin Zuckerberg datang ke London selama kunjungannya ke Eropa. Kami ingin sesi (pemberian keterangan) tersebut diadakan pada 24 Mei," tulis Damian Collins, politisi Partai Konservatif.

Sampai saat ini belum ada respons jelas dari Zuckerberg mengenai ultimatum itu.

(Tom/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

JK: Asian Games 2018 Merupakan Investasi untuk Bangsa

Posted: 14 May 2018 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) berpendapat Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018 akan memiliki dampak panjang bagi bangsa, khususnya untuk investasi dalam berbagai hal ke depan.

Dia mengatakan, tiap penyelenggaraan besar seperti Asian Games punya efek untuk ongkos dan pendapatan yang kelak akan diterima tuan rumah. Hal itu dinilainya menjadi sebuah nilai investasi tersendiri bagi Indonesia ke depan.

"Tidak jarang pendapatan lebih besar daripada biaya yang dikeluarkan.  Biaya yang dikeluarkan pun investasi, seperti bangun jalan, venue, dan lain-lain. Itu sudah kita laksanakan dengan baik," ujar dia di Hotel Century Park, Jakarta, Selasa (15/5/2018).

JK menambahkan, Asian Games merupakan kegiatan olahraga terbesar kedua di dunia setelah Olimpiade. Itu jadi kesempatan besar untuk mempromosikan negara, lantaran acara ini nantinya diprediksi bisa menarik atensi lebih dari 4 miliar penonton.

"Ini kesempatan besar. Makanya banyak yang ingin mensponsori," ucap dia.

Lebih lanjut, ia mengingatkan, inti dalam menyukseskan Asian Games 2018 salah satunya adalah kesiapan infrastruktur. Dia pun mengapresiasi semua venue baik yang ada di Jakarta maupun Palembang ditargetkan selesai sesuai jadwal. "Juni bulan depan Insya Allah semua sudah baik," kata dia.

Sementara itu, Jusuf Kalla menyatakan, persiapan saat ini terhitung lebih mudah dibanding pada saat Asian Games 1962 lalu. Dia mengatakan, negara kini hanya perlu beradaptasi dengan modernisasi dan teknologi, agar buah hasil pembangunan berbagai infrastruktur bisa terus bermanfaat bagi masyarakat ke depannya.

 "Biaya investasi dalam bidang venue lebih besar dari biaya penyelenggaraan. Tapi ini investasi , buat ke depannya," pungkas JK.

 

 

Jusuf Kalla: Venue Asian Games Sudah 98 Persen

Wakil Presiden Jusuf Kalla memberi sambutaan saat melepas parade Asian Games XVIII 2018 Jakarta-Palembang di Monas, Minggu (13/5). Parade Asian Games ini dilaksanakan secara bersamaan di Palembang dan diikuti 4.800 peserta. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Sebelumnya, Wakil Presiden Jusuf Kalla mengungkapkan masih ada sejumlah persoalan yang masih harus dibenahi guna penyelenggaraan Asian Games pada Agustus 2018 mendatang.

Yang pertama, kata Kalla, adalah kesiapan venue atau lokasi tempat penyelenggaraan Asian Games. Menurutnya, ada beberapa venue yang masih dalam tahap pengerjaan.

"Persoalan venue sudah 98 persen. Ada beberapa yang harus selesai bulan depan. Bulan ini dan bulan depan. Jadi DKI velodrome bulan depan ya," kata Kalla di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Minggu 13 Mei 2018.

Kalla menambahkan masalah kedua adalah soal kesiapan panitia penyelenggara. Misalnya, sambung dia, bagaiamana panitia bisa memastikan bahwa pesta olahraga se-Asia itu berjalan baik mulai dari pembukaan hingga penutupan.

"Yang ketiga adalah prestasi. Karena atlet kita ada yang dilatih di dalam negeri, luar negeri. Multi event," ucap pria yang akrab disapa JK ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Begini Kondisi Terakhir Gogon Srimulat Sebelum Meninggal

Posted: 14 May 2018 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepergian komedian Gogon Srimulat membawa duka bagi para sahabatnya. Ia meninggal dunia pada Selasa (15/5/2018) pukul 05.00 WIB usai manggung di Lampung.

Polo, salah satu sahabat Gogon menjelaskan, sebelum mengembuskan napas terakhir pria yang memiliki potongan rambut unik itu sudah terlihat kesulitan berjalan. Baru berapa langkah, Gogon Srimulat sudah tampak letih.

"Gogon di akhir-akhir ketemu kita itu, gerak selangkah ngos-ngosan. Cuma orangnya agak keras. Jadi punya prinsip yang susah dibongkar," ucap Polo, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (15/5/2018).

Selama ini, Gogon Srimulat tak pernah mau terbuka tentang penyakit yang dideritanya.

Punya Tuhan

Gogon (Liputan6.com)

Setiap ditanya, Gogon Srimulat selalu berkelit dan beralasan penyakit pasti ada dalam diri manusia, dan masalah maut sudah diatur oleh Tuhan.

"Dia (Gogon) bilang, 'Sakit, namanya hidup itu yang punya Tuhan'," ucap Polo.

 

Berobat

Polo Foto: Facebook

Polo dan beberapa teman lainnya sempat menyarankan Gogon untuk berobat. Namun, pria yan tutup usia pada 58 tahun itu, tak pernah menggubris saran teman-temannya.

"Kami udah menyarankan berobat. Minimal tahu sakitnya apa. Tapi dia bilang tidak apa-apa, dia bilang, 'yang aku tahu kan jantung' gitu'," ujar Polo.

 

Berduka

(Liputan6.com)

Kabar duka atas meninggalnya Gogon Srimulat, pertama kali diketahui Polo melalui grup pelawak. Polo sangat terpukul dengan kepergian Gogon.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indonesia Gagal ke Final Piala Dunia Anak Jalanan

Posted: 14 May 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Indonesia gagal melaju ke final Piala Dunia Anak Jalanan 2018. Indonesia harus menelan pil pahit usai kalah adu penalti 4-5 dari Pakistan di babak semifinal, Senin (14/5/2018) waktu setempat.

Laga Indonesia dengan Pakistan di babak semifinal harus berlanjut ke adu penalti karena tak ada gol yang mampu diciptakan oleh kedua tim di waktu normal. 

"Adik-adik bermain cukup gemilang dan membuat lawan kewalahan. Kita bermain imbang 0-0 sampe babak akhir," ujar Mahir Bayasut selaku Delegasi Tim Indonesia dalam rilis yang diterima Liputan6.com.

Indonesia masih menyisakan satu laga lagi di Piala Dunia Anak Jalanan. Garuda Baru akan bertemu Burundi di perebutan tempat ketiga yang digelar Rabu (16/5/2018) waktu Rusia.

Meski gagal ke final, pencapaian Indonesia di Piala Dunia Anak Jalanan 2018 ini sudah sangat spektakuler. "Mereka sudah berusaha maksimal dan melampaui capaian tahun 2014 lalu," lanjut Mahir.

Kalahkan Brasil

Tim Indonesia di Piala Dunia Anak Jalanan 2018. (Liputan6.com/Thomas)

Di babak penyisihan grup, Indonesia sukses mengalahkan Brasil. Kemudian Indonesia mendepak Mesir guna mengamankan tiket ke babak semifinal.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Naik Motor Trail, Risma Sidak Beberapa Gereja

Posted: 14 May 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kejadian ledakan bom di beberapa lokasi di Surabaya, membuat Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini melakukan sidak ke beberapa gereja.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anak Keluarga Pengebom Gereja Surabaya, Pelaku atau Korban?

Posted: 14 May 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pengebom yang meledakkan tiga gereja di Surabaya pada Minggu, 13 Mei 2018 pagi diketahui terdiri atas satu keluarga. Keluarga yang terdiri atas enam anggota keluarga itu, yakni DS (ayah), PK (ibu) dan anak-anaknya, yakni FS (12), PR (9), YF (18), dan FH (16).

Ledakan bom Surabaya yang bermodus bunuh diri meledak berturut-turut di tiga gereja di Surabaya, Jawa Timur. Ketiga gereja adalah Gereja St. Maria Tak Bercela Jalan Ngagel Madya, GKI Diponegoro Jalan Diponegoro, dan GKI Wonokromo di Jalan Arjuno terjadi. Ketika gereja itu meledak, durasinya hanya berselang belasan menit saja. 

Lantas, apakah anak yang ikut mengebom gereja disebut pelaku? Atau mereka termasuk korban? Reza Indragiri Amriel dari Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) pun menjelaskan hal tersebut.

Pasal 76C Undang-Undang Perlindungan Anak menyebut ada larangan bagi siapa pun untuk menyuruh anak melakukan tindak kekerasan. Lalu ada pasal lain, yakni Pasal 15 UU yang sama berisi, salah satu hak anak adalah bebas dari perlibatan dalam aksi kekerasan.

"Merujuk pada larangan dan hak anak tersebut, bisa dipahami, anak yang mengebom dikenakan rompi bahan peledak oleh orangtuanya. Nah, anak-anak itu adalah pihak yang diajak atau dilibatkan orang lain untuk melakukan aksi kekerasan," tulis Reza dalam pesannya kepada Health Liputan6.com, ditulis Selasa (15/5/2018).

 

 

Simak video menarik berikut ini:

Merampas hak anak

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau bangunan Gereja Kristen Indonesia yang menjadi lokasi ledakan bom di Jalan Arjuna, Surabaya, Minggu (13/5). Di gereja ini, Jokowi memantau kondisi gereja yang masih porak poranda. (Liputan6.com/Istimewa)

Mengacu pada UU Perlindungan Anak, anak-anak yang dikenakan bahan peledak adalah anak-anak yang tengah dirampas hak-haknya.

"Dengan demikian, anak-anak tersebut merupakan korban. Ini karena pihak yang mengajak atau melibatkan anak-anak untuk ikut melakukan tindak kekerasan adalah orangtua mereka sendiri. Maka, orangtua tersebut--jika masih hidup--harus dijatuhi pemberatan hukuman," Reza menambahkan.

Kesimpulannya, UU Perlindungan Anak memandu proses berpikir untuk menyebut anak-anak tersebut sebagai korban.

Masyarakat awam, apalagi otoritas penegakan hukum perlu mengetahui soal hal tersebut, anak pengebom gereja Surabaya adalah korban, bukan pelaku.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Seru, Ini Cara Staycation Sesuai Budget di Tengah Kota Jakarta

Posted: 14 May 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tak perlu jauh-jauh ke luar kota untuk melakukan staycation. Sebagai Ibukota, Jakarta juga memiliki banyak tempat staycation yang menarik untuk disinggahi. Ibis Bugdet Tanah Abang bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda staycation di tengah kota Jakarta.

Lokasi hotel Ibis Budget Tanah Abang ini cukup strategis dengan beberapa kawasan wisata budaya dan sejarah di Jakarta, seperti Monas, Masjid Istiqlal, Gereja Katedral, dan pusat pemerintahan. Hotel inipun juga sangat cocok bagi Anda yang ingin melakukan kunjungan bisnis atau staycation di Jakarta. Meski dekat dengan beberapa titik bisnis di Jakarta, hotel ini memiliki posisi yang tidak terlalu bising. Sehingga cocok jika Anda mencari tempat untuk sekedar beristirahat.

Dengan desain yang minimalis modern, hotel budget ini memaksimalkan semua area yang ada untuk keperluan para pengunjung. Liputan6.com pun berkesempatan untuk staycation di Ibis Budget Tanah Abang selama satu malam.

Minimalis modern

Kesan minimalis namun nyaman begitu terasa ketika memasuki kamar hotel. Di mana penempatan kamar mandi terpisah dengan toilet, dan wastafel. Desain wastafel yang digunakan sangat minimalis, unik, namun modern.

Terdapat sebuah touch button yang terdapat di tengah kaca wastafel. Sekilas, button ini hanyalah lampu biasa berwarna hijau yang terpasang pada kaca. Namun jika Anda menyentuhkan telapak tangan Anda di depan button tersebut, lampu di sisi kaca wastafel akan menyala. Padahal, lampu yang berada di sisi kaca wastafel ini sekilas hanya list kacanya saja.

Ibis Budget Tanah Abang bisa menjadi pilihan staycation yang sesuai dengan budget (Liputan6/pool/Ibis Budget Tanah Abang)

Desain yang minimalis dari kamar hotel ini sangat cocok bagi Anda yang hanya ingin istirahat atau melakukan perjalanan bisnis. Secara keseluruhan, Ibis Budget Tanah Abang memiliki 145 kamar yang terbagi dalam tiga tipe, yakni twin bed, double bed, dan bunk bed.

Bunk bed ini merupakan kamar dengan tempat tidur tingkat. Sehingga kamar ini bisa digunakan oleh tiga orang. Di mana dua orang di double bed dan satu lagi di kasur atasnya. Kasur atas ini memiliki kapasitas hingga 180 kg.

Fasilitas fitness dan meeting room

Ibis Budget Tanah Abang bisa menjadi pilihan staycation yang sesuai dengan budget (Liputan6/Vinsensia Dianawanti)

Karena harga sewanya yang sesuai budget, Ibis Bugdet Tanah Abang tidak menyediakan sikat gigi, pasta gigi, dan sandal hotel. Hanya tersedia handuk, hanger, sabun, dan sampo. Harga sewa untuk twin bed dan double bed berkisar Rp 275 ribu. Sementara untuk bunk bed disewakan dengan harga Rp 355 ribu. Masing-masing mendapat fasilitas breakfast sesuai dengan jumlah kapasitas kamar.

Tak hanya menyediakan kamar hotel, hotel ini pun juga menyediakan sarana ruang meeting yang bisa digunakan untuk pertemuan atau mengadakan workshop. Fasilitas fitness pun juga disediakan oleh pihak hotel secara gratis untuk seluruh tamu hotel.

Bagi Anda yang membawa kendaraan, Ibis Budget Tanah Abang memiliki fasilitas parkir basement. Di mana basement ini memiliki kapasitas 15 mobil dan 10 motor.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Hal Ini Bikin Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle Berbeda

Posted: 14 May 2018 09:13 PM PDT

Liputan6.com, London - Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle tinggal menghitung hari. Segala persiapan sudah dilakukan, mulai dari kue, gaun hingga kendaraan yang akan digunakan.

Pihak Kerajaan Inggris sudah beberapa kali menikahkan anggota keluarganya. Meski bukan pewaris utama, pernikahan Pangeran Harry dengan wanita yang ia cintai tersebut akan menjadi salah satu hal yang bersejarah.

Sebab, ada beberapa perbedaan mencolok dari pernikahannya dengan wanita asal Amerika Serikat tersebut. Berikut 4 perbedaan tak biasa, seperti dikutip dari VOA Indonesia, Selasa (15/5/2018):

1. Meghan Bukan Wanita Biasa

Meghan Markle berdarah campuran Afrika-Amerika. Ia berstatus janda dan berusia 36 tahun, tiga tahun lebih tua dari Pangeran Harry.

Banyak warga non-kulit putih merasa senang melihat seseorang yang berbeda mewakili rakyat dalam Kerajaan Inggris.

Meghan Markle berniat menjadi warga Inggris setelah ia menikah dan akan mendapatkan gelar "Her Royal Highness."

2. Pernikahan Diadakan di St. George Windsor

Pangeran Harry dan Meghan Markle dilaporkan mengundang sekitar 600 tamu pribadi, lebih intim dibandingkan pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton yang mengundang sekitar 1.900 tamu pribadi.

Pernikahan Harry dan Meghan Markle juga akan tidak akan diadakan di Westminster Abbey seperti pernikahan William dan Kate. Mereka memilih untuk menikah di di Kapel St. George di Istana Windsor, sekitar 40 kilometer dari London.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

3. Sejumlah Rakyat Umum Diundang Masuk ke St. George Windsor

Rupanya motivasi kakak Meghan Markle menyerang dan mempermalukan tunangan Pangeran Harry terungkap (AP Photo)

Pangeran Harry dan Meghan Markle mengundang 2.640 rakyat umum ke dalam Istana Windsor untuk melihat datang dan perginya para tamu dan pengantin.

Mereka yang beruntung termasuk anggota rumah tangga Kerajaan Inggris, murid sekolahan di daerah tersebut, dan warga umum lainnya yang bekerja untuk organisasi amal dan kemasyarakatan.

4. Tidak Mengundang Pemimpin Dunia

Istana Kensington mengumumkan bahwa pasangan Harry dan Meghan tidak akan mengundang pemimpin dunia ke acara pernikahan mereka.

Ini berarti Presiden AS Donald Trump, Presiden Barack Obama, bahkan PM Inggris Theresa May tidak akan hadir di acara tersebut.

"Telah ditentukan bahwa daftar undangan resmi untuk pemimpin politik, baik Inggris dan internasional tidak akan datang untuk pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle," tulis Istana Kensington.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sandiaga Larang Ormas Sweeping Saat Ramadan

Posted: 14 May 2018 09:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno melarang ormas sweeping di tempat makan dan hiburan saat Ramadan.

"Tidak boleh sweeping. Tegas aja. Tidak boleh sweeping. Itu tugasnya bukan ormas," kata Sandi di kawasan Sawah Besar, Jakarta Pusat, Selasa (15/5/2018).

Menurut Sandi, tugas ormas bukan penyisiran melainkan mendorong masyarakat meningkatkan takwa selama Ramadan.

"Ormas gunanya mendorong para masyarakat untuk memasuki bulan suci ramadan untuk meningkatkan ketakwaan. Urusan lain-lain bagiannya aparat," katanya.

Selain itu, Sandi mengimbau agar tak ada lagi sahur on the road di jalanan ibu kota.

"Kita juga imbau jangan lagi ada sahur on the road yang konvoi-konvoi. Itu mengganggu ketertiban masyarakat. Kalau mau berbagi silakan berbagi dengan tentunya ada basis dan tempat ibadah," imbuh Sandiaga.

Sebelumnya, Sandiaga mengatakan selama bulan Ramadan Pemprov akan mengadakan buka bersama dengan masyarakat. Bedanya, tahun ini tidak akan ada rebutan makanan melainkan warga duduk dan akan dilayani seperti masjid di Mekah dan Madinah.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Densus 88 Tangkap Istri Terduga Teroris Sidoarjo

Posted: 14 May 2018 09:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Densus 88 kembali mengamankan dua wanita yang diduga istri terduga teroris yang telah ditangkap di Desa Urangagung, Sidoarjo, Jawa Timur.  

Warga yang rumahnya berdekatan dengan tempat tinggal terduga teroris diminta untuk meninggalkan rumah untuk sementara.

Saksikan berita selengkapnya di Liputan6 Siang SCTV, Selasa (15/5/2018), pukul 12.00 WIB di tautan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Parodikan Cowok Hamil, Dwi Andhika Ikut Sindir Lucinta Luna?

Posted: 14 May 2018 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sensasi yang kerap dilakukan Lucinta Luna masih menjadi perbincangan hangat. Mulai isu operasi kelamin hingga kehamilannya yang dianggap hanya bualan.

Meski demikian, Lucinta Luna tidak mengubris dan terus menampik kabar bahwa dirinya transgender. Kontroversi Lucinta Luna ini membuat menarik berbagai kalangan, termasuk beberapa artis Tanah Air.

Salah satunya artis Dwi Andhika. Baru-baru ini, ia mengunggah sebuah video yang dinilai para warganet menyindir kabar kehamilan Lucinta Luna.

Dalam video tersebut, Dwi Andhika dan Oline Mendeng terlihat sedang mendengar curhatan dari teman pria mereka. Pria tersebut mengaku sedang merasa mual dan mengalami perubahan berat badan.

Sindiran

Dwi Andhika (Adrian Putra/bintang.com)

Sebagai seorang pria, teman Dwi Andhika itu tentu saja menampik hal tersebut. Dengan kalimat sindiran, pria tersebut mengaku tidak memiliki rahim untuk hamil.

"Halauw! Lu pikir gue hamil lewat pori-pori. Lu pikir gw bersin bisa keluar anak. Gue ini laki!! Lu gak liat berewok gue. Mana ada laki bisa hamil," sahut pria itu.

Fiktif

Dwi Andhika (Deki Prayoga/bintang.com)

Dalam videonya tersebut, Dwi Andhika pun juga menerangkan bahwa parodi yang dibuatnya itu hanya fiktif belaka. Walau begitu, Dwi Andhika itu mendapat respons positif dari warganet.

Banyak warganet yang mengaku terhibur dengan video tersebut dan memintanya untuk terus berkarya.

Komentar Warganet

Dwi Andhika (Deki Prayoga/bintang.com)

"Aduh kaaakk aku seneng banget liat seri TERHALU iniii. Keren!! Jauh lebih keren daripada tetangga yang lagi ikut kontes kegantengan hahaha," tulis akun @rozmery_merry.

"Sumpah ya kalo aku liat postingan kak @dwiandhika3486 dan kak @ollinemendeng Ini bikin sakit perut dan ngakak abis... Hahaha 😂😂 keren kak keren... terus lah ya kak berkarya dan semoga sukses trz karirnya buat kalian. Ditgu ya episode episode terbaru nya yg bikin ngakak dan selalu bikin ngakak," tulis akun @djulia_poetri.

"Hahaha kak hebat buat video-nya buat orng ketawa....... Di tunggu video2 berikutnya keren banget," tulis akun @rizka.bunga100.

"Lucintaluna banget wkwk anjirrr bikin yang lebih ngakak dong ka @dwiandhika3486," tulis akun @rusmiati1221.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Teco Heran Ada yang Kritik Ditundanya Duel Perseru Vs Persija

Posted: 14 May 2018 09:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih Persija Jakarta, Stefano Cugurra Teco buka suara terkait adanya kritik soal ditundanya duel melawan Perseru Serui di Gojek Liga 1 bersama BukaLapak. Dia mengatakan, Persija seharusnya didukung karena sudah dibantu PSSI.

Seperti diketahui, Persija seharusnya menjalani laga tandang ke markas Perseru Serui pada 6 Mei 2018. Namun, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator Liga 1 memutuskan untuk mengubah jadwal tersebut.

Ini lantaran Ismed Sofyan dkk harus tampil pada laga leg pertama babak semifinal Piala AFC zona ASEAN melawan Home United pada 8 Mei lalu.

Teco menilai, penundaan jadwal tersebut bukanlah keinginan Persija. Namun ditundanya pertandingan Macan Kemayoran memberikan dampak positif bagi persiapan Persija menatap laga di Piala AFC.

"Saya harus berterima kasih sama PSSI karena bantu tim kami. Sebelum kami main di kandang Home United ada beberapa orang yang kritik Persija, saat PSSI dan operator memutuskan pertandingan lawan Serui diundur. Mungkin mereka tidak tahu kalau Serui itu jauh," ujar Teco.

 

Singapura Bantu Home United

Pelatih Persija Jakarta, Stefano Cugurra Teco (dok. Persija Jakarta)

Pada laga berikutnya, Persija akan memainkan partai leg kedua melawan Home United di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Selasa (15/5). Jelang duel tersebut, federasi sepakbola Singapura juga mengubah ulang jadwal laga antara Home United melawan Tampines Rovers di Liga Singapura, yang seharusnya digelar Sabtu (12/5).

"Sekarang kamu lihat sendiri bukan negara Indonesia saja yang bantu, Singapura juga bantu Home United dengan menunda pertandingan lawan Tampines Rovers," katanya. (fit/shd)

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cak Imin Temui Surya Paloh di Kantor DPP Nasdem

Posted: 14 May 2018 09:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar yang akrab disapa Cak Imin menyambangi kantor DPP Nasdem di Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (15/5/2018).

Berdasarkan pantuan Liputan6.com, Cak Imin datang ke markas Nasdem sekitar Pukul 10.25 WIB. Sekjen Nasdem Johnny G. Plate menyambut kedatangan Cak Imin.

Saat ditanya perihal kedatangannya, Cak Imin maupun Johnny enggan mengungkapkannya. Keduanya kompak tutup mulut.

Cak Imin, yang mendeklarasikan dirinya sebagai calon Wakil Presiden Joko Widodo atau Jokowi, hanya mengangkat tangannya. Mereka langsung masuk ke dalam lift, untuk bertemu Surya Paloh di dalam kantor DPP Nasdem.

Cak Imin tak hadir sendiri. Dia tampak didampingi Sekjen PKB Abdul Kadir Karding.

Saksikan video pilihan di bawah ini

PPP Ingatkan Cak Imin

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mengingatkan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin yang ngotot menjadi cawapres Joko Widodo atau Jokowi di Pilpres 2019. Wasekjen PPP Ahmad Baidowi menegaskan, pembahasan cawapres Jokowi akan dilakukan usai Pilkada 2018 bersama koalisi partai pendukung.

"Kata siapa? Ya sudah katanya Cak Imin. Kalau kita capresnya Jokowi, cawapresnya baru kita bahas nanti setelah Pilkada," kata Awiek sapaan Baidowi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (11/5/2018).

Dia mengatakan, partainya tak meributkan manuver Cak Imin bergerilya mensosialisasikan pasangan Joko Widodo-Muhaimin Iskandar atau JOIN ke koalisi partai pendukung Jokowi.

Ketua Umum PPP M Rommahurmuziy, kata dia, juga akan melakukan manuver. Tapi manuver yang dilakukan Romi bukan untuk 'jualan' sebagai cawapres Jokowi, melainkan Ketum PPP. Lagipula, penentuan cawapres akan diputuskan oleh Jokowi sendiri.

"Cak Imin mau bermanuver silakan, Pak Romi pun mau bermanuver, dan sampai saat ini manuvernya bukan manuver cawapres, tapi manuver sebagai Ketum PPP, silakan saja," tegasnya.

Awiek mengibaratkan penentuan cawapres seperti seorang laki-laki mencari calon istri. Jika si calon perempuan terlalu genit, hal itu akan menjadi pertimbangan laki-laki tersebut.

"Ibarat capres-cawapres suami istri, kalau suami pasti cari istri yang kira-kira cocok. Mohon maaf ya, kalau istrinya keganjenan, misalkan, atau suaminya yang keganjenan, itu biasa saja begitu-begitu. Kami enggak risau," tutur Awiek.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Permudah Akses Industri Kecil, Perusahaan Ini Beri Kredit Perkakas

Posted: 14 May 2018 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan penyedia perkakas asal Amerika Serikat (AS), Stanley Black & Decker mendorong penggunaan perkakas canggih dan tepat guna untuk para pelaku industri kecil dan menengah (IKM). Salah satu dengan menyediakan program kredit perkakas bagi IKM.

Country Director Stanley Black & Decker Indonesia, King Hartono Hamidjaja mengatakan, jika kebanyakan pemberian kredit bersifat konsumtif, kredit yang diberikan pihaknya lebih bersifat produktif, guna menunjang proses produksi IKM.

"Inovasi ini terbilang baru. Jika sebelumnya program cicilan hanya untuk barang-barang konsumtif, sebaliknya kami menyediakan program cicilan untuk barang produktif. Belum ada produsen perkakas yang menyediakan penjualan dengan cara dicicil," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (15/5/2018).

King menuturkan, dengan program tersebut, para pelaku industri IKM yang memiliki keterbatasan modal bisa menjangkau perkakas yang tepat guna dengan lebih mudah. Selain itu, para pelaku industri IKM juga bisa menyimpan modal mereka untuk keperluan lainnya.

"Buat para pelaku industri yang baru memulai usaha, membeli perkakas dan peralatan itu bisa menghabiskan separuh modal mereka. Dengan mencicil, mereka bisa menjadikan modal untuk keperluan lain yang lebih produktif," kata dia.‎

Sementara itu, Direktur Industri Kecil dan Menengah Logam, Mesin, Elektronika, dan Alat Angkut, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Endang Suwartini menyambut baik program yang ditawarkan oleh Stanley Black & Decker dalam mempermudah akses para pelaku IKM.

"Dengan perkakas tepat guna para pelaku IKM bisa meningkatkan kualitas produk dan kemasan mereka. Dan melalui e-commerce diharapkan dapat memperluas jangkauan IKM kepada konsumen," ujar Endang.

 

Selanjutnya

Perajin memproduksi sepatu di sebuah rumah industri di Jakarta, Selasa (6/3). Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bekerja sama dengan Menko Perekonomian untuk meningkatkan volume dan kualitas kredit usaha kecil dan menengah (UKM). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Dia menuturkan, Kemenperin tengah mendorong program e-Smart IKM untuk mempersiapkan IKM dalam menghadapi revolusi industri yang keempat yang berbasis Internet of things (IoT).

Kemenperin menargetkan hingga 2019 akan ada sebanyak 10.000 IKM yang ikut dalam program e-Smart IKM. Pertumbuhan jumlah IKM tersebut didorong oleh potensi pasar Indonesia yang terus berkembang.

Berdasarkan data Asosiasi e-commerce Indonesia (IdeA), jumlah pengguna internet Tanah Air mencapai lebih dari 90,5 juta jiwa, sedangkan pengguna aktif yang berbelanja secara online sebanyak 26,3 juta jiwa.

"Produk yang dihasilkan oleh IKM memiliki kualitas yang tidak kalah dengan impor. Kemenperin akan terus membimbing IKM tersebut dengan berbagai workshop yang bermanfaat untuk meningkatkan penjualan produk," tutur dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Johannes Loman, Orang Pertama Indonesia Pimpin Asosiasi Motor Dunia

Posted: 14 May 2018 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Executive Vice President Director PT Astra Honda Motor (AHM), Johannes Loman, resmi terpilih menjadi President International Motor Motorcycle Manufacturers Association (IMMA).

Orang Indonesia pertama yang memimpin asosiasi sepeda motor dunia ini, bakal memegang jabatan periode 2018 sampai 2020.

Johannes Loman terpilih dalam pertemuan tahunan IMMA, yang berlangsung di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat, pada 9 Mei 2018.

Sebelumnya, IMMA dipimpin oleh Presiden BMW Motorrad, Stephan Schaller yang juga Presiden Asosiasi Industri Motor Eropa (ACEM). Asosiasi sepeda motor dunia ini sendiri, sudah berdiri selama 70 tahun.

"Terimakasih atas kepercayaan ini. Tentu ini tugas berat dan menantang. Saya berharap dapat memberikan kontribusi positif dalam memajukan industri otomotif, tidak hanya di dalam negeri, tapi juga di tingkat global," jelas Loman, seperti dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Selasa (15/5/2018).

Untuk diketahui, IMMA sendiri merupakan asosiasi yang merepresentasikan industri manufaktur roda dua di skala global. Asosiasi ini meliputi beragam produk di berbagai segmen, dan juga dari berbagai merek.

Selanjutnya

Tugas utama asosiasi ini, antara lain menyiapkan kebijakan industri antara lain harmonisasi spesifikasi teknikal, aspek environment dan masalah keselamatan agar dapat memberikan pilihan produk yang lebih beragam kepada masyarakat.

 Sebelum terpilih sebagai presiden IMMA, Loman saat ini juga memimpin Federation of Asian Motorcycle Industries (FAMI) periode 2017-2019. Sementara itu, di dalam negeri Loman dipercaya pelaku industri sepeda motor nasional untuk memimpin AISI periode 2017-2020.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita AKBP Roni Nekat Gendong Bocah Selamat dari Bom Polres Surabaya

Posted: 14 May 2018 09:01 PM PDT

Liputan6SCTV, Surabaya - Pascabom bunuh diri di pintu masuk Mapolrestabes Surabaya, seorang tukang parkir yang mengalami luka sekujur tubuh, kini dirawat intensif di Rumah Sakit PHC Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur. Sementara itu, putri pelaku bom bunuh diri yang selamat dilarikan ke rumah sakit.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Selasa (15/5/2018), tanpa memerhatikan keselamatan dirinya, Kasat Narkoba Polrestabes Surabaya AKBP Roni Faisal Saiful Faton, langsung berlari menuju putri pelaku bom bunuh diri di Polrestabes Surabaya. Hatinya tergerak mendengar tangis dan teriakan minta tolong anak yang tidak berdosa ini.

Roni Faisal bergegas membawa anak ini menuju mobil ambulan. Anak berusia sekitar 6 hingga 7 tahun ini kemudian dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Polda Jatim, untuk mendapat perawatan. Sementara sejumlah anggota polisi yang berada di lokasi kejadian juga terluka dalam ledakan bom bunuh diri ini.

Korban lainnya adalah Ainul Yakin, tukang parkir di lingkungan Mapolrestabes Surabaya. Ketika terjadi ledakan, korban berada di lokasi sedang menarik karcis parkir pada dua pengendara motor.

Serangan bom bunuh diri di Mapolretabes Surabaya juga dilakukan satu keluarga yang terdiri dari suami, istri dan tiga orang anak, termasuk yang selamat. Mereka datang dengan mengendarai dua sepeda motor. Bocah yang selamat duduk di bangku depan sepeda motor dan terlempar saat bom meledak.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Durant Bawa Warriors Curi Gim Pertama di Kandang Rockets

Posted: 14 May 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Golden State Warriors berhasil mencuri gim pertama final Wilayah Barat NBA di kandang Houston Rockets. Penampilan menawan Kevin Durant membuat Warriors menang 119-106, Senin (15/5/2018) atau Selasa (16/5/2018) pagi WIB.,

Memulai play-off series untuk pertama kalinya di kandang kawan sejak 2014, Warriors telat panas. Pasukan Steve Kerr sempat tertinggal sembilan poin di awal laga. 

Rockets terus memimpin sepanjang kuarter pertama. Saat kuarter pertama laga di Toyota Center berakhir, Rockets memimpin setengah bola.

Warriors mulai bangkit di kuarter dua. Stephen Curry cs berbalik unggul. Namun saat jeda babak pertama, skor sama kuat 56-56.

Petaka menimpa Rockets di kuarter tiga. Warriors menggila dan sempat unggul hingga 14 poin. Rockets berusaha mengejar. Tembakan tiga angka Erick Gordon di awal kuarter empat membuat Rockets cuma terpaut empat poin.

Namun aksi menawan Klay Thompson yang membuat delapan angka beruntun membuat Warriors menjauh lagi 100-87. Sejak saat itu Rockets tak pernah bisa mendekat lagi.

 

Durant vs Harden

Aksi Kevin Durant saat Warriors bertemu Rockets di gim pertama final wilayah NBA (AP)

Durant jadi bintang kemenangan Rockets dengan sumbangsih 37 poin, Thompson menyusul dengan 28 angka. Curry sendiri finis dengan 18 poin.

Di kubu Rockets, James Harden sebenarnya sudah tampil menawan dengan 41 angka. Namun aksi Harden tak cukup menyelamatkan Rockets dari kekalahan.

Rockets kini tertinggal 0-1 dari Warriors. Gim kedua masih akan digelar di kandang Rockets.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Gandeng Istri, Ryan Reynolds Unjuk Kemesraan di Pemutaran Film Deadpool 2

Posted: 14 May 2018 09:00 PM PDT

Aktor Ryan Reynolds berpose bersama istrinya Blake Lively saat menghadiri pemutaran khusus

Aktor Ryan Reynolds berpose bersama istrinya Blake Lively saat menghadiri pemutaran khusus

Pemeran utama film Deadpool, Ryan Reynolds berpose untuk sesi foto saat menghadiri pemutaran khusus

Pemeran utama film Deadpool, Ryan Reynolds berpose untuk sesi foto saat menghadiri pemutaran khusus

Pemeran utama film Deadpool, Ryan Reynolds menggandeng istrinya Blake Lively saat menghadiri pemutaran khusus

Pemeran utama film Deadpool, Ryan Reynolds menggandeng istrinya Blake Lively saat menghadiri pemutaran khusus

Aktor Ryan Reynolds bersama istrinya Blake Lively saat menghadiri pemutaran khusus

Aktor Ryan Reynolds bersama istrinya Blake Lively saat menghadiri pemutaran khusus

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Begini Cara Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Menentukan Awal Puasa Ramadan

Posted: 14 May 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Padang - Jemaah Tarekat Naqsabandiyah, Sumatera Barat, mulai melaksanakan puasa Ramadan 1439 Hijriah pada Selasa dan telah melaksanakan salat tarawih, Senin malam, 14 Mei 2018.

"Kami mengambil berdasarkan sistem hisab berdasarkan malam saat Rasulullah SAW hijrah dari Mekah ke Madinah," kata pimpinan Tarekat Naqsabandiyah Sumbar, Syafri Malin Mudo, di Padang, Selasa (15/5/2018), dilansir Antara.

Perhitungannya awal waktu Ramadan, kata dia, dihitung saat Rasulullah hijrah pada Rabu petang dan malam Kamis. Artinya, satu hari puasa dihitung berdasarkan malam Nabi hijrah.

Jemaah Naqsabandiyah akan berpuasa Ramadan yang digenapkan hingga 30 hari. Selanjutnya, mereka akan berpuasa Syawal selama enam hari. Sementara, 1 Syawal 1439 H menurut perhitungan jemaah Naqsabandiyah akan jatuh pada 13 Juni 2018.

Khusus untuk pelaksanaan salat tarawih, Subuh dan Idul Fitri akan dipusatkan di Musala Baitul Makmur, Pasar Baru, Kecamatan Pauh Padang.

Dia menegaskan Naqsabandiyah tidak memiliki perbedaan dengan tarekat mana pun dan semua bebas ikut salat Tarawih atau Subuh berjemaah. Salat Tarawih tetap dilaksanakan dengan 23 rakaat dan 12 kali salam, serta salat Id dengan 12 kali takbir.

Menurut dia, 12 kali takbir itu bagian dari 12 bulan dalam satu tahun Hijriah.

Terkait kemungkinan adanya perbedaan pelaksanaan puasa Ramadan dengan pemerintah dan organisasi Islam lainnya, Syafri menghormatinya sebagai kekayaan pemikiran dan tetap mengajak untuk melaksanakan puasa dengan khusyuk dan sungguh-sungguh.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Cara Bikin Pria Klepek-Klepek, Perawatan Kulit dengan Teh Celup

Posted: 14 May 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebelum melanjutkan hubungan ke tahap pacaran, banyak pasangan pasti melakukan tahap pendekatan terlebih dahulu. Agar cinta saling berpaut tentunya strategi pendekatan perlu dilakukan.

Namun tak sedikit orang gagal dalam tahap pendekatan lantaran cenderung menjalin komunikasi yang monoton dan membosankan. Alhasil tak terjalin hubungan cinta hingga ke tahap pacaran.

Oleh karena itu, kamu perlu tahu tiga cara yang ampuh bikin pria kelepek-kelepek.

Artikel tentang tiga cara simpel yang menarik perhatian pria agar suka menjadi yang paling terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com

Sementara itu, artikel tentang perawatan kulit dengan teh celup menempati kedua terpopuler. Disusul dengan artikel ketiga yakni tentang enam zodiak yang punya pesona kuat di mata pria.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Gampang Banget, Ini 3 Cara Simpel Bikin Pria Klepek-Klepek Sama Kamu

Ilustrasi hubungan cinta pasangan bahagia (iStockphoto)

Sebelum berlanjut ke hubungan berpacaran, biasanya fase yang perlu dilakukan yakni pendekatan atau PDKT. Namun sayangnya, banyak orang gagal melakukan pendekatan sehingga hubungan yang diinginkan bersama si dia tidak berlanjut ke tahap pacaran.

Nah, agar PDKT berjalan degan baik. Berikut cara agar membuat si dia jatuh cinta kepadamu.

Selengkapnya..

2. Tak Perlu ke Salon, Kalian Bisa Lakukan Perawatan Kulit Hanya dengan Teh Celup

Inilah ulasan mengenai beberapa manfaat dari teh celup.

Teh celup khususnya the hijau nyatanya kaya akan anti-oksidan, asam amino, vitamin B, polyphenol, dan magnesium. Tak hanya baik bagi kesehatan, teh hijau celup ternyata juga dapat dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan kulit.

Simak tiga langkah untuk memanfaatkan teh hijau celup agar mendapatkan khasiat kecantikan kulit yang luar biasa.

Selengkapnya..

3. 6 Zodiak Ini Punya Pesona Kuat yang Tak Bisa Ditolak Para Pria

Inilah tiga zodiak yang nggak sabaran ingin buka kalau puasa. (Sumber foto: unsplash.com)

Terlepas dari zodiak Anda, Anda mungkin memiliki magnet magis dalam kepribadian Anda yang menarik lawan jenis. Bahkan, tiap zodiak memiliki keindahan, faktor, dan sifat tersendiri yang mengarah pada daya tarik eksternal ini.

Zodiak-zodiak berikut ini memiliki kekuatan dan kecantikan tersendiri sehingga pesona mereka tak dapat ditolak para pria. Melansir dari Insidereaders, ini dia.

Selengkapnya..

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

1.000 Anak Bone Bolango Basuh Kaki Orangtua Jelang Ramadan

Posted: 14 May 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Bone Bolango - Komunitas Anak Mengguncang Langit (KAML) Provinsi Gorontalo menggelar acara "Membasuh Kaki Ibu" secara massal menjelang bulan suci Ramadan 1439 Hijriah yang diikuti sebanyak 1.000 anak di Kabupaten Bone Bolango.

Ritual gerakan massal 1.000 anak membasuh kaki orangtua digelar di halaman Kantor Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango. Kegiatan yang digelar oleh Komunitas Anak Mengguncang Langit (KAML) Provinsi Gorontalo berlangsung ramai pada Minggu, 13 April 2018.

Pantauan Liputan6.com, setiap orangtua duduk di kursi yang telah disediakan. Sedangkan anak-anak memegang wadah yang berisi air untuk mencuci kaki orangtua masing-masing. Kegiatan ini disaksikan langsung Pemerintah Kabupaten Bone Bolango.

Hal ini disampaikan langsung Ketua KAML Provinsi Gorontalo, Yusmanto Bouti. Menurut dia, ada sebanyak 1.000 anak yang mengikuti ritual cuci kaki orangtua. Mereka berasal dari beberapa kecamatan di Bone Bolango dan juga diikuti warga setempat. Kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan yang akan akan datang.

Ritual itu dimaksudkan sebagai wujud syukur masih dipertemukan dengan bulan Ramadan sekaligus terima kasih kepada orangtua. "Tidak dapat dimungkiri bahwa saat ini tingkat moralitas anak kepada orangtua semakin hilang, sehingga dalam menjalankan ibadah puasa nanti diharapkan mendapat keridaan dari Allah SWT," ujarnya.

Ia menambahkan, orangtua seakan tak berharga di hadapan anak. Hal ini juga menjadi salah satu bentuk penyelamatan bagi anak-anak yang mungkin tidak bermoral kepada kedua orangtuanya, terutama mempunyai kesalahan fatal. Misalnya, mereka berbohong, bahkan membentak orangtua mereka.

Padahal, hal itu adalah dosa besar yang mungkin bisa menutup pintu rahmat anak-anak Bone Bolango itu. "Nah, dengan adanya kegiatan ini berupa ritual membasuh kaki orangtua, Insyaallah ini akan membuka tabir rahmat yang selama ini terhalang," tambahnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Tahun Depan Siap Pecahkan Rekor Muri

Ritual gerakan massal 1.000 anak membasuh kaki orangtua digelar di halaman Kantor Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. (Liputan6.com/Arfandi Ibrahim)

Yusmanto memaparkan, Komunitas Anak Mengguncang Langit (KAML) Provinsi Gorontalo yang memfasilitasi kegiatan tersebut untuk memberikan wadah terhadap anak-anak yang ingin menebus dosa kepada orangtuanya.

Komunitas ini memberikan jalan kepada generasi muda kepada positif. Dengan demikian, anak-anak mampu berpegang pada moral dan prinsip agamis, yang salah satunya menghormati kedua orangtua.

Gerakan moral ini dimaksudkan untuk mengajak masyarakat, terutama remaja, agar dapat mengontrol diri. Dengan membasuh kaki orangtua, terutama kaki ibu, akan lebih terasa khasiatnya dalam mengubah pola pikir ke arah yang lebih baik.

Di tempat yang sama, Bupati Hamim Pou mengatakan ini merupakan hal yang baru di Bone Bolango "Saya berterima kasih kepada Komunitas Anak Mengguncang Langit yang telah menggagas kegiatan ini.

Pemerintah Kabupaten Bone Bolango sangat mendukung dan berharap ini menjadi tradisi yang akan turun-temurun hingga anak cucu mereka nantinya.

Rencananya, tahun depan, acara tersebut akan kembali digelar untuk mendapatkan rekor Museum Rekor Dunia-Indonesia (Muri). "Hari ini hanya seribu anak yang membasuh kaki ibunya , tahun depan kita akan gagas 10 ribu anak," ujar sang bupati.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

#BersatuIndonesiaku, Yuk Tumpas Konten Terorisme di Media Sosial

Posted: 14 May 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Aksi pengeboman yang terjadi di Surabaya pada akhir pekan lalu, dikaitkan dengan isu radikalisme dan terorisme di Indonesia.

Salah satu jalur utama penebaran teror dan doktrin yang makin mengkhawatirkan adalah kanal digital seperti media sosial.

Melihat kekhawatiran ini, Indonesian Digital Association (IDA), menggalakkan kampanye #BersatuIndonesiaku yang kini sudah hadir di banyak media sosial.

Asosiasi pelaku industri digital Tanah Air itu ingin memerangi paham terorisme dan radikalisme di ranah maya.

Seperti diketahui, alasan IDA menghadirkan kampanye digital di media sosial karena media sosial banyak digunakan generasi muda.

Faktanya, paham radikalisme semakin kuat mengincar generasi muda di Indonesia yang semakin aktif di ranah digital.

Jika mereka tidak bisa menyaring informasi yang mana yang benar dan informasi mana yang seharusnya dihindari, ini bisa berpotensi memicu mereka sebagai corong propaganda.

"Media mainstream dan media sosial kini tengah dihadapkan dengan penyebaran pesan hoax yang terstruktur dan meluas. Masyarakat perlu menghadapi fenomena ini dengan pesan yang positif, dan berlandaskan spirit Bhinneka Tunggal Ika dari Indonesia," ujar Ronny W Sugiadha, Ketua IDA dalam keterangan resminya, Selasa (15/5/2018).

"Inilah yang menjadi titik awal ide kampanye #BersatuIndonesiaku, yang harapannya dapat mengedukasi masyarakat untuk lebih bijak dalam menyikapi isu di media sosial, khususnya dalam  isu radikalisme dan terorisme," tandasnya.

Langkah Sederhana Tumpas Konten Terorisme

Ilustrasi Foto Teroris (iStockphoto)

Kepada pengguna media sosial, untuk bisa menjalankan kampanye ini dibutuhkan beberapa langkah sederhana. Pertama, jangan menjalin keterikatan (follow, like, comment) dengan akun-akun yang status kepemilikannya tidak jelas.

Warganet juga disarankan untuk tidak menyebarkan berita yang tak bisa divalidasi, melaporkan akun yang berpihak dengan terorisme, serta senantiasa menyebarkan konten positif mengenai Indonesia dan keberagaman.

"Kami, sebagai pelaku industri digital Indonesia, ingin masyarakat semakin bijak dalam mencari dan menyebarkan informasi di berbagai kanal online, guna meredam suara radikalisme dan terorisme di Tanah Air dan dunia," ujar CEO KLY Steve Christian dalam kesempatan yang sama.

Asosiasi Penerbit Digital Terbesar

CEO KMK Online Adi Sariaatmadja (kanan) dan CEO KLN Steve Christian bersalaman usai menandatangani Akta Penggabungan (merger) PT Liputan6.com dan PT KLN, Jakarta, Kamis (29/3). Merger ini melahirkan KapanLagi Youniverse. (Liputan6.com/Arya Manggala)

IDA sendiri merupakan asosiasi yang didirkan dan menaungi penerbit digital terbesar di Indonesia, mulai dari Kompas.com, KASKUS, Tribunnews, Detik.com, Kapanlagi Youniverse,MetroTVNews, Okezone, IDNtimes, DailySocial.id, Kumparan, VIVA, Tempo.co , Tirto.id, Opini.id dan puluhan publisher digital lainnya/

IDA melihat edukasi kepada masyarakatmenjadi luar biasa penting untuk menghentikan penyebaran paham radikalisme dan terorisme melalui kanal digital.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kedutaan Amerika Serikat di Yerusalem Resmi Dibuka

Posted: 14 May 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kedutaan Amerika Serikat untuk Israel resmi dipindah dari Tel Aviv ke Yerusalem. Peresmiannya dihadiri oleh putri Presiden Trump, Ivanka Trump.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kronologi Meninggalnya Gogon Srimulat

Posted: 14 May 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Panggung hiburan Tanah Air kembali berduka. Salah satu talenta lawak terbaiknya, Gogon Srimulat, meninggal dunia di Rumah Sakit (RS) Kota Bumi, Lampung, Selasa (15/5/2018) pukul 05.00 WIB. Gogon mengembuskan napas terakhir di usia 58 tahun.

Gogon Srimulat terkena serangan jantung usai manggung acara kampanye di Lampung. Sahabat Gogon, Kadir yang ikut serta dalam acara bersama Didi Kempot itu menceritakan kronologi meninggalnya Gogon Srimulat.

Sepengetahuan Kadir, kondisi Gogon Srimulat memang tak seperti biasanya. Selama manggung, Gogon tampak pucat dan napasnya terdengar berat.

"Kemarin itu main sama saya di Lampung. Tapi ya gitulah napasnya sudah berat banget. Dia ikut grup Didi Kempot. Acaranya untuk kampanye bupati pertahana di sana," ungkap Kadir saat dihubungi melalui telepon, Selasa (15/5/2018).

"Saya jam delapan malam pulang menggunakan mobil. Kampanye kan siang sampai jam lima sore. Gogon Srimulat tetap tidur di hotel," ia menambahkan.

Jatuh Pingsan

Gogon (Deki Prayoga/bintang.com)

Menjelang pagi di hotel, anak Gogon Srimulat memberi tahu Didi Kempot bahwa sang ayah pingsan. Keduanya pun langsung melarikan Gogon Srimulat ke rumah sakit.

Setelah itu, Didi Kempot langsung bergegas pergi ke bandara untuk mendapatkan penerbangan pagi.

"Salah satu anak Gogon kan ikut mengawal. Jam lima pagi si anak Gogon bangunkan Didi Kempot. Papa pingsan, katanya. Diajak ngomong diam saja, lemas," ujar Kadir.

"Akhirnya Didi Kempot inisiatif bawa ke rumah sakit. Dipanggilkan ambulans. Karena Didi mengejar pesawat, ya sudah dipikir cuma pingsan saja. Asisten Didi suruh temani dengan anaknya Gogon di rumah sakit," imbuhnya.

Dimakamkan di Solo

Gogon Srimulat

Saat tiba di bandara, Didi Kempot mendapatkan informasi bahwa Gogon Srimulat sudah meninggal dunia. Ia pun membatalkan penerbangan dan langsung bergegas kembali ke rumah sakit.

"Setelah Didi di bandara, dia dapat kabar Gogon meninggal dunia. Akhirnya dia batalkan berangkat pagi. Mundur jam 10 nanti sekalian almarhum Gogon dibawa ke Solo," ucap Kadir.

Umur 58 Tahun

Gogon Srimulat (Adrian Putra/bintang.com)

Seperti diketahui pelawak Margono atau Gogon Srimulat meninggal dunia di RS Kota Bumi, Lampung, Selasa (15/5/2018) pukul 05.00 WIB. Gogon tutup usia di umur 58 tahun. Rencananya jenazah komedian yang akrab dengan jambul pirangnya itu akan dimakamkan di Solo, Jawa Tengah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ke Mana Anak Bomber Surabaya Diserahkan Nantinya?

Posted: 14 May 2018 08:59 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Serangan bom di sejumlah lokasi di Surabaya menyisakan cerita pilu bagi anak-anak keluarga terduga teroris. Mereka kini menyandang status yatim piatu.

Saat ini, ada empat anak jadi yatim piatu karena ditinggalkan orangtuanya yang jadi pelaku serangan bom bunuh diri. Tiga di antaranya adalah anak dari Anton Febriyanto. Mereka selamat dari ledakan bom di rusunawa Wonocolo, Kecamatan Taman, Sidoarjo. Masing-masing berinisial AR (15), FP (11) dan GA (10). Ketiganya mengalami luka akibat ledakan itu.

Sementara, satu anak berinisial A (8) selamat saat diajak orangtuanya melakukan bom bunuh diri di Mapolrestabes Surabaya.

Kapolda Jatim Irjen Machfud menyatakan, anak-anak ini kini dalam perawatan di rumah sakit. Selain mendapat pengobatan atas luka yang diderita, mereka juga mendapat pendampingan dari polwan dan tim psikolog polri.

 

Diserahkan ke Keluarga yang Waras

Ilustrasi anak-anak bahagia dan tidak takut dengan tragedi bom (iStock)

Nantinya, jika sudah sembuh, anak-anak ini akan  diserahkan ke keluarga, entah itu nenek, paman atau saudara dekat lainnya.

"Yang jelas akan diberikan kepada keluarga yang waras," tegas Machfud, Selasa (15/5/2018).

Machfud menyatakan anak-anak dari keluarga teroris tersebut sengaja tidak disekolahkan. Mereka yang mengaku mendapat pengajaran home schooling dari orangtua masing-masing.

"Mereka ngakunya home schooling, tetapi tidak. Mereka hanya menerima doktrin-doktrin dari orangtuanya," kata Machfud.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kapolri Naikan Pangkat 6 Polisi Korban Bom Surabaya

Posted: 14 May 2018 08:51 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Kapolri Jenderal Tito Karnavian memberikan kenaikan pangkat luar biasa kepada enam polisi yang menjadi korban teror bom Surabaya.

"Syukur alhamdullilah Bapak Kapolri memebrikan kenaikan pangkat luar biasa kepada enam anggota polisi yang menjadi korban, TR (Telegram Rahasia)-nya sudah keluar," kata Kapolda Jatim Irjen Mahfud Arifin di Mapolda Jatim, Selasa (15/5/2018).

Menurut Mahfud, lima anggota polisi yang mejadi korban itu mulai membaik dan sudah bisa berbicara.

"Satu yang agak parah dan harus kehilangan satu matanya," kata Mahfud.

Sementara itu, korban bom Surabaya dari warga sipil yang masih dirawat tersisa 33 orang.

"Mereka dirawat dan tersebar di beberapa rumah sakit," kata Mahfud.

Sementara itu, dari 13 pelaku teroris 11 sudah teridentifikasi. Kepolisian sudah mengetahui alamat lengkap dan data-data yang dibutuhkan untuk penyelidikan. Satu jasad saat ini masih prises diidentifikasi.

"Tinggal satu agak sulit teridentifikasi, itu satu kakak-adik, mudah-mudahan tidak terlalu lama lagi kita serahkan," kata Mahfud.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cuti Lebaran 7 Hari, Transaksi Pasar Modal Kembali Buka 20 Juni

Posted: 14 May 2018 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Manajemen PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan transaksi pasar modal akan buka pada 20 Juni 2018.

Hal itu mengacu pada siaran pers Nomor 100/Humas PMK/V/2018 pad 7 Mei 2018 tentang penjelasan tindak lanjut SKB tiga menteri tentang cuti bersama Idul Fitri 1439 H pada nomor 4, yaitu transaksi pasar modal bursa akan dibuka pada 20 Juni 2018.

"Tanggal 20 Juni 2018 sebagai hari bursa," tulis pengumuman tersebut, Selasa (15/5/2018).

Jadi aktivitas transaksi perdagangan saham dibuka lebih awal lantaran cuti bersama Lebaran 2018 hingga 20 Juni. Seperti diketahui, pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) memutuskan jumlah hari cuti bersama Lebaran 2018 tetap ikuti Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri.

SKB itu memutuskan cuti bersama sebanyak tujuh hari, sehingga total libur Lebaran menjadi 10 hari pada 11-20 Juni 2018. Keputusan itu usai mendengarkan sejumlah kalangan dan pertimbangkan aspek sosial, ekonomi, dan lain-lain.

Sebelumnya, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Tito Sulistio memuji sikap pemerintah yang menetapkan dibukanya transaksi pasar modal dan saham pada 20 Juni 2018 atau setelah Lebaran.

Keputusan membuka transaksi pasar saham tersebut sebelumnya diumumkan Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso, di sela-sela keputusan cuti bersama Lebaran yang jadi 10 hari dari 11-20 Juni 2018.

"Saya berterima kasih pada pemerintah yang sudah membuka diri, di mana kegiatan bursa tanggal 20 (Juni) boleh dibuka," ungkap Tito di Siam Square Restauran, Jakarta, Senin 7 Mei 2018.

Dia melanjutkan, BEI masih memiliki kesempatan untuk terus beroperasi sampai 11 dan 12 Juni nanti, dengan catatan sistem kliring Bank Indonesia (BI) pun tetap dibuka.

Sebab, menurutnya, transaksi pasar saham dan bursa di BEI masih bergantung pada keputusan sistem kliring di bank sentral RI tersebut.

"Kalau tanggal itu (11 dan 12 Juni) BI buka, saya harus minta izin ke OJK. Kalau kliringnya mereka buka, ya kami juga ikut," tegas dia.

Tito juga memberi usul kepada pemerintah agar ke depannya bisa membuat regulasi yang lebih pasti terkait penutupan kegiatan transaksi pada saat hari libur nasional. Itu dimaksudkan agar investor mendapat sebuah kepastian serta tidak mengganggu rencana investasinya.

"Soalnya seperti di Amerika Serikat saja, mereka sudah mengumumkan penutupan kegiatan bursa 2 tahun sebelum Hari Paskah atau Natal. Kalau bisa, pemerintah ngasih kepastian soal itu minimal 1 tahun sebelumnya," ujar dia.

 

 

Cuti Lebaran Tetap 7 Hari, Bank Bakal Buka 19 Juni

Kepala OJK Wimboh Santoso menyampaikan paparan dalam pertemuan dengan pimpinan bank umum Indonesia di Istana Negara, Jakarta, Kamis (15/3). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memastikan transaksi bank buka lebih awal meski cuti bersama Lebaran tetap tujuh hari. Bank akan buka dengan ketentuan terbuka terbatas oleh Bank Indonesia (BI).

"Untuk tanggal 20 diusahakan dibuka seperti biasa, 19 sudah diputuskan kliring dibuka jadi bank sudah bisa melakukan seattlement tanggal 19. Jadi kalau mau lakukan transaksi di bursa tanggal 20 sudah ready," ujar dia di Kantor Kemenko PMK, Senin 7 Mei 2018.

Wimboh menuturkan, sektor bank tidak ada masalah, meski ada cuti bersama Lebaran 2018. Bank tetap dapat melakukan pelayanan kepada masyarakat seiring ada anjungan tunai mandiri (ATM).

"Sektor jasa keuangan terutama perbankan, ini bukan yang pertama. Meskipun ada cuti bersama, perbankan tetap lakukan pelayanan kepada masyarakat. Jadi sekarang sudah ada ATM, ada bank yang buka, jadi sektor perbankan tidak ada masalah," dia menambahkan.

Wimboh menuturkan, operasi bank secara normal hingga kini masih terus diatur Bank Indonesia (BI). Hal tersebut tidak mengganggu aktivitas bank yang dibutuhkan masyarakat dan pengusaha.

"Kami akan koordinasi dengan BI berkaitan dengan hari kliring, bisa terjadi saat cuti bersama. Perbankan buka secara terbatas dan kliring dibuka, tapi nanti ini pembicaraan dengan Bank Indonesia akan dibicarakan secara bersama," kata dia.

Mengutip laman Antara, perbankan dijadwalkan beroperasi kembali mulai 19 Juni 2018. "Kami sudah siap 19 Juni operasional secara terbatas. Sehingga pelaksanaan transaksi keuangan tunai dan nontunai sudah kami siapkan," ujar Deputi Gubernur Bank Indonesia Sugeng.

Sebelumnya, pemerintah telah menetapkan cuti bersama Lebaran sebanyak tujuh hari dimulai 11, 12, 13, 14, 18, 19, 20 Juni. Namun, untuk perbankan dan bursa efek akan dibuka mulai 20 Juni 2018.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pakai Narkoba, Jennifer Dunn: Saya Banyak Masalah

Posted: 14 May 2018 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sidang lanjutan Jennifer Dunn atas kasus penyalahgunaan narkotika kembali digelar. Agenda sidang kali ini adalah pemeriksaan dirinya sebagai terdakwa.

Tak seperti biasanya, Jennifer Dunn tampil cantik. Ia menggunakan riasan wajah, bulu mata, dan kemeja putih saat menjalani sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (14/5/2018).

Saat sidang berlangsung, Jennifer Dunn memberikan beberapa keterangan yang cukup mengejutkan. Ia mengaku isu tentang dirinya sebagai pelakor membuatnya depresi, dan akhirnya menggunakan narkoba.

"Depresi karena ada pemberitaan-pemberitaan yang tidak bisa saya klarifikasi. Masalah pribadi saya. Sangat menyesal karena ini adalah pelarian yang salah buat saya," ucap Jennifer Dunn, menjawab pertanyaan Majelis Ketua dalam sidang.

 

Langsung Pakai Narkoba

Jennifer Dunn

Penggunaan narkoba dan pemberitaan miring isu pelakor yang menerpa dirinya terjadi di waktu yang sama, yaitu pada Desember 2017. Hal itu semakin menguatkan alasan bahwa pelariannya menggunakan narkoba karena isu pelakor tersebut.

 

Banyak Masalah

(Nurwahyunan/Bintang.com)

Dalam persidangan, Jennifer Dunn dengan nada rendah mengakui kesalahannya menggunakan obat terlarang tersebut.

"Saya banyak masalah, saya mengalami seperti depresi. Saya gunakan itu untuk pelarian, saya yang salah," pungkasnya. (Akbar Prabowo/kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Akhir Mei, Saatnya Melihat Hamparan Awan Ciamik Puncak Gunung Andong

Posted: 14 May 2018 08:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda ingin merasakan sensasi naik gunung tanpa harus membuang terlalu banyak energi, Gunung Andong yang ada di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, bisa jadi pilihan yang tepat. Pasalnya gunung berbentuk perisai ini hanya memiliki ketinggian sekitar 1.726 meter di atas permukaan laut, yang puncaknya bisa dicapai hanya dalam waktu 1,5 jam saja. Meski demikian, puncak Gunung Andong punya hamparan pemandangan alam yang menakjubkan.

Tikno Aji, admin Instagram Gunung Andong @infoandong saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (15/5/2018) mengatakan, kebanyakan pendaki yang ingin mencapai puncak Gunung Andong lebih memilih via basecamp Sawit. Bukan tanpa sebab, selain lebih dekat dan jalurnya cocok bagi pendaki pemula, setelah pos dua di basecamp ini ada mata air yang bisa dimanfaatkan para pendaki selama perjalanan menggapai puncak.

"Ada sekitar enam basecamp di sekitar Gunung Andong yang bisa dimanfaatkan para pendaki untuk beristirahat atau saat ingin memulai pendakian, ada basecampa sawit, pendem, gogik, temu, kudusan, dan kembangan. Basecamp itu nama-nama perkampungan di sekitar Andong, kita buka rumah-rumah penduduk," ungkap Tikno Aji.

 

Trek Instagramable

Meski puncaknya bisa digapai hanya dalam beberapa jam saja, namun puncak Gunung Andong menyajikan hamparan pemandangan alam yang menakjubkan. (Liputan6.com/ Andi Jatmiko)

Lebih jauh dirinya mengatakan, trek menuju puncak Gunung Andong sangat mudah, dan tidak terlalu banyak mengeluarkan energi. Apalagi ada ada trek hutan pinus yang sangat instagramable, yang tentu membuat perjalanan mendaki menjadi semakin seru.

"Meski ini cuma gunung kecil sebaiknya kalau ngecamp di puncak ya bawa peralatan yang safety pendakian. Jangan asal, cari info yang valid di basecamp yang ada sebelum mendaki," kata Tikno Aji menambahkan.

Setelah hits di media sosial karena keindahan pemandangan puncaknya, Gunung Andong kini dikunjungi hingga 700-1.000 tiap akhir pekannya. Hal ini yang kemudian membuat pihak pengelola mencari cara agar puncak gunung tidak terlalu penuh dengan pendaki.

"Sementara ini kita belum bisa membatasi pengunjung yang mau ke Andong, tapi kalau malam dan enggak muat di puncak, kita saranin pendaki stay di basecamp dulu, tik tok, berangkat jam tiga pagi, jadi ada yang turun ada yang naik, tidak semua numpuk di puncak," kata Tikno Aji.

 

Pemandangan Puncak yang Ciamik

Gunung Andong berada di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Gunung ini berbentuk perisai dan memiliki ketinggian sekitar 1.726 meter di atas permukaan laut. (Liputan6.com/ Andi Jatmiko)

Dengan harga tiket masuk hanya Rp8.000 di hari biasa, puncak Gunung Andong menyuguhkan pemandangan alam yang luar biasa. Meski hanya gunung kecil, dari puncak Andong, pendaki bisa menyaksikan hamparan pemandangan beberapa gunung, antara lain Merbabu, Merapi, Sindoro, Sumbing, Prau, Telomoyo, Lawu, dan Ungaran.

Tikno sendiri menyarankan para pendaki untuk datang di akhir Mei dan awal April karena pemandangan di masa-masa itu di puncak Gunung Andong sedang bagus-bagusnya. Sementara di Januari sampai Maret, pemandangan hanya flat tertutup kabut.

"Biasanya akhir Mei dan awal April itu lautan awan dari puncak sini terlihat. Tapi cuaca sekarang kan enggak bisa diprediksi," kata Tikno Aji.

Tikno Aji juga mewanti-wanti kepada para pendaki agar tidak membuang sampah sembarangan, dilarang meninggalkan apapun kecuali jejak, stop vandalisme, dan bawa turun sampah. "Ayo bareng-bareng kita jaga, rawat alam ini, karena alam ini memberikannya dengan gratis," kata Tikno Aji menambahkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pakai Baju Menerawang, Kendall Jenner Tampil Seksi di Cannes 2018

Posted: 14 May 2018 08:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bisa dibilang, Kendal Jenner merupakan sosok fashion icon masa kini. Penampilan harian hingga saat menghadiri acara red carpet tak pernah luput dari perhatian. Bahkan, baru-baru ini Kendall Jenner kembali tampil berani dengan baju menerawang di red carpet Festival Film Cannes 2018.

Menghadiri Festival Film Cannes 2018, Kendall Jenner dengan menggunakan dress rancangan Schaparelli Haute Couture Fall/Winter Collection. Gaun bermaterial menerawang ini sukses membuat bagian tubuhnya terlihat jelas. Namun, Kendall Jenner sukses tampil memukau dalam balutan dress menerawang ini.

Kendall Jenner

Kendal Jenner di red carpet Festival Film Cannes 2018. (AFP)

Dengan material tulle bernuansa putih serta cutting plunge pada bagian dada, dress ini tampak minimalis dan memukau. Kendall pun memberikan aksentuasi bros berbentuk kuda laut yang bertabur kristal pada bagian sisi pakaiannya tersebut. Penggunaan belt pun sukses memperjelas lekuk tubuh Kendall secara sempurna.

Kendall Jenner

Kendal Jenner di red carpet Festival Film Cannes 2018. (AFP)

Penampilannya semakin memukau dengan riasan natural serta tatanan rambut minimalis. Kendall pun tak banyak menggunakan aksesori untuk melengkapi gayanya. Terlihat ia hanya mengenakan anting panjang bernuansa kehijauan yang membuat tampilannya semakin glamor.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mudahnya Menikmati Atraksi Kota Jakarta dari Hotel Ini

Posted: 14 May 2018 08:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kota Jakarta selalu memiliki pesona dan atraksinya sendiri. Tak heran, Jakarta masih menjadi salah satu destinasi menarik di Indonesia, baik untuk kegiatan leisure maupun bisnis.

Bicara soal menikmati atraksi di Jakarta tak lengkap tanpa akomodasi yang mendukungnya. Hotel Ibis Jakarta Kemayoran adalah salah satu tempat strategis yang paling dekat dengan atraksi-atraksi di Jakarta.

Bertempat di Jalan Bungur Besar Raya, Kemayoran, hotel ini memiliki akses yang cukup baik ke beberapa destinasi wisata seperti Monas, JIExpo Kemayoran, Ancol, bahkan Kota Tua. Bahkan dari jendela kamar hotel, Anda bisa melihat Monas dengan pemandangan khas Kota Jakarta.

Liputan6.com berkesempatan meningap di hotel yang sudah berdiri sejak 1994 ini. Menikmati sebuah kamar yang langsung menghadap ke Monas, kami disambut dengan personal.

 

Mudahnya Menikmati Atraksi Kota Jakarta dari Hotel Ini

Hotel Ibis Jakarta Kemayoran adalah salah satu tempat strategis yang paling dekat dengan atraksi-atraksi di Jakarta.

Nuansa kamar begitu homey dengan warna hangat seperti teracota dan creme. Beberapa sudut di kamar memang terlihat tidak baru, tetapi dengan penataan kamar yang simpel dan manis, justru perasaan seperti di rumah sendiri muncul.

Lobi ditata begitu menarik dengan warna merah sebagai ciri khas. Dengan sofa-sofa besar di sana, lobi pun terlihat modern dan tidak menampilkan kesan tua.

Renovasi besar-besaran dilakukan hotel yang terdiri dari 130 kamar ini pada 2014. Ibis Jakarta Kemayoran pun menjadi salah satu hotel yang nyaman, baik untuk menginap maupun mengadakan kegiatan seperti rapat bahkan pesta dengan kapasitas tamu 200-300 orang.

 

Hotel Ibis Jakarta Kemayoran adalah salah satu tempat strategis yang paling dekat dengan atraksi-atraksi di Jakarta.

Mudahnya Menikmati Atraksi Kota Jakarta dari Hotel Ini

Hotel Ibis Jakarta Kemayoran adalah salah satu tempat strategis yang paling dekat dengan atraksi-atraksi di Jakarta.

Kolam renang pun cukup luas dengan air yang bersih. Cocok untuk menyegarkan tubuh pada pagi atau sore, meskipun minum gym 

Makanan andalan di Ibis Jakarta Kemayoran adalah masakan Indonesia. Berani bumbu, begitu istilahnya dari masakan-masakan Indonesia andalan Ibis Jakarta Kemayoran. Seperti nasi bakar dengan kejutan telur asin di dalamnya, atau sop iga dengan rasa mantap.

Hotel Ibis Jakarta Kemayoran adalah salah satu tempat strategis yang paling dekat dengan atraksi-atraksi di Jakarta.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Detik-Detik Menegangkan Evakuasi Bom Aktif di Rusun Wonocolo Sidoarjo

Posted: 14 May 2018 08:46 PM PDT

Liputan6SCTV, Sidoarjo - Tim Jihandak Brimob Polda Jawa Timur berhasil mengevakuasi bom milik terduga teroris Anton Febriantono, Senin malam, 14 Mei 2018. Tim harus berjibaku seharian untuk mengevakuasi bom milik terduga teroris tersebut, yang menghuni Rusun Wonocolo Nomor 2 Lantai 5 Blok B.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Selasa (15/5/2018), bom yang tersisa diduga masih aktif sehingga proses evakuasi membutuhkan waktu hingga tiga jam sejak pukul 16.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB.

Empat rangkaian bom yang ditemukan di Desa Urang Agung, Kota Sidoarjo, digelar  di depan Rusun Blok B.

Rangkaian bom mirip baterai ini langsung dilepas switch atau tombolnya untuk menghindari terjadinya ledakan. Usai evakuasi, warga penghuni Blok B belum langsung diizinkan kembali ke kediamannya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Arteta Terdepan Gantikan Wenger di Arsenal

Posted: 14 May 2018 08:45 PM PDT

Liputan6.com, London - Arsenal kabarnya sudah mempertimbangkan mantan kaptennya, Mikel Arteta sebagai pengganti Arsene Wenger. CEO Arsenal, Ivan Gazidis disebut berada di balik prioritas Arsenal memilih Arteta.

Seperti dilansir Sports Mole, Gazidis menilai Arteta paling layak untuk menggantikan Wenger. Gazidis percaya kalau Arteta adalah sosok yang tepat untuk membawa Arsenal kembali berjaya di Liga Inggris.

Arteta pensiun dari Arsenal pada akhir musim 2014/15. Ia langsung diajak Pep Guardiola gabung ke Manchester City sebagai asisten manajer.

Kontribusi Arteta turut mengantarkan Manchester City meraih double winners musim ini. The Citizens mendapatkan Piala Liga dan Liga Inggris.

Selain Arteta, Arsenal juga mempertimbangkan Massimiliano Allegri dan Luis Enrique. Namun belakangan, nama Enrique tersisih dan Allegri disebut menjadi salah satu kandidat terkuat bersama Arteta.

 

 

Manajer Muda

Mikel Arteta (AFP/Ian Kington)

Pemilihan Arteta dilatarbelakangi usianya yang masih muda untuk ukuran manajer yakni 36 tahun. Diharapkan, Arteta bisa membawa kesegaran ke dalam skuat Arsenal.

Apalagi, Arteta adalah mantan kapten Arsenal. Saat masih menjabat, kabarnya para pemain Arsenal sangat menghormati sosok asal Spanyol tersebut.

Patrick Vieira

Arteta sendiri bukan satu-satunya mantan pemain Arsenal yang dirumorkan bakal menggantikan Wenger. Ya, Patrick Vieira yang kini melatih New York City FC sempat masuk ke dalam daftar.

Namun, kans Vieira untuk menggantikan Wenger disebut lebih kecil. Pasalnya, Vieira masih betah menukangi New York City yang bermain di Liga Amerika Serikat (MLS).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gogon Menolak Berobat, Sesungguhnya Ini Pilihan Pasien Penyakit Jantung

Posted: 14 May 2018 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Salah satu pelawak senior legendaris, Margono alias Gogon, tutup usia pada Selasa (15/5/2018). Kabar ini mengejutkan publik mengingat hal tersebut cukup tiba-tiba.

Gogon diketahui telah mengidap penyakit jantung. Pelawak yang juga sahabat almarhum, Polo, membenarkan hal tersebut.

"Sakitnya sudah lama. Gogon di akhir-akhir ketemu kita itu, gerak selangkah, ngos-ngosan. Dia bilang, aku kan (sakit) jantung," ujar Polo ketika dihubungi Showbiz-Liputan6.com.

Namun, diketahui bahwa Gogon menolak untuk berobat secara medis. Polo bahkan mengatakan bahwa almarhum adalah sosok yang keras kepala.

"Dia bilang sakit namanya hidup itu punya Tuhan. Kami sudah menyarankan berobat. Dia bilang enggak apa-apa," tambahnya.

Mengutip dari Klikdokter.com, sekali pun sulit sembuh, ada berbagai pengobatan yang bisa dilakukan untuk para penderitanya. Pengobatan ini tergantung dari penyakit jantung yang diderita pasien.

Pengobatan penyakit jantung koroner, misalnya, bisa dengan memberikan penderitanya obat pengencer darah, seperti aspirin atau clopidogrel dan nitrat. Hal ini bertujuan untuk mencegah sumbatan lebih berat di pembuluh darah jantung. Namun, bila sumbatan sudah parah, tindakan membuka sumbatan di pembuluh darah lewat percutaneous coronary intervention (PCI) diperlukan.

Simak juga video menarik berikut ini:

 

Pengobatan untuk penyakit jantung

Gogon (Deki Prayoga/bintang.com)

Obat-obatan untuk penderita sakit jantung aritmia bisa dilakukan untuk mengendalikan irama jantung. Bila obat-obatan seperti beta bloker, diltiazem, verapamil tidak dapat memperbaiki kondisi aritmia, maka tindakan ablasi jantung untuk mengontrol aliran listrik yang tidak sesuai biasanya diperlukan.

Sementara, penyakit jantung bawaan bisa diatasi dengan tindakan pembedahan untuk menutup kebocoran pada katup atau sekat jantung.

Selain itu, pengobatan gagal jantung bisa dilakukan dengan memberikan obat untuk mengurangi cairan dalam tubuh untuk menurunkan kerja jantung. Dokter juga akan memberikan obat untuk meningkatkan kekuatan jantung untuk memompa darah.

Lalu, untuk endokarditis dapat diobati dengan pemberian antibiotik yang sesuai dengan jenis kuman yang menginfeksi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Agar Terhindar dari Siksa Kubur, Ini Doanya

Posted: 14 May 2018 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tak ada satu insan pun yang ingin merasakan siksa kubur. Hingga saatnya tiba, kita dianjurkan untuk memperbanyak beribadah dan berdoa agar bisa meninggal dalam keadaan khusnul khotimah.

Diriwayatkan dalam Hadis Bukhari, Rasulullah menyebutkan berbagai macam siksa kubur: "Orang-orang yang suka berbohong, menyebarkan cerita dusta akan disobek rahangnya secara terus-menerus sampai hari kiamat. Orang-orang yang belajar Alquran namun pada malam harinya hanya tidur dan siang harinya tidak mau mengamalkannya akan dihantam kepalanya sampai pecah secara berulang-ulang hingga datang hari kiamat.

Para pezina akan direbus dalam tungku mendidih tanpa henti sampai hari kiamat. Orang-orang ditenggelamkan dalam sungai darah, ketika mereka berenang hendak menepi maka dilempari batu mulutnya sampai terdorong ke tengah lagi, demikian terus-menerus sampai datang hari kiamat. Itu adalah siksa bagi orang-orang yang makan riba."

Untuk terhindar dari siksa kubur, berikut doa perlindungan dari siksa kubur dari Rasulullah seperti dalam Hadis Bukhari.

Allahumma inni 'audzubika min 'azabil qobi wamin 'azabinnar wamin fitnatil mahyaa wal mamati wamin fitnatil masiihiddajjal.

Artinya: Ya Allah saya berlindung kepadamu dari siksa kubur, dan dari siksa neraka dan dari musibah hidup dan musibah mati dan dari kerusakan Dajjal.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Main Sinetron Bareng, Dude Harlino dan Alyssa Soebandono Sewa Rumah Dekat Lokasi Syuting

Posted: 14 May 2018 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Alyssa Soebandono dan Dude Harlino sedang terlibat dalam sebuah sinetron berjudul Cinta Kedua. Serial yang juga dibintangi oleh Cut Meyriska ini telah tayang di SCTV sejak April 2018. 

Bila dinilai dari segi waktu, membintangi sinetron stripping tentu bukan hal yang mudah. Apalagi, Dude Harlino dan Alyssa Soebandono memiliki dua orang anak yang masih sangat kecil. 

Dirgantara Ariendra Harlino berusia tiga tahun, sementara adiknya, Malik Narendra Harlino berusia sembilan bulan.

Agar waktu dengan dua buah hatinya tidak tersita, pasangan yang menikah 2014 silam ini sampai menyewa rumah di dekat lokasi syuting. Jarak tempuhnya hanya satu menit.

 

Memudahkan

Selanjutnya adalah momen saat keluarga kecil ini habiskan waktu bersama di mall. Coba lihat gaya Icha yang menggedong anak bungsunya, tetap simple dan modis. (Instagram/ichasoebandono)

"Jadi itu memudahkan untuk datang ke lokasi. Misal panggilan jam 09.00 WIB tapi misalnya agak mundur dikit masih bisa santai-santai di rumah, urus anak, main sama anak," ucap Alyssa Soebandono di SCTV Tower, Jakarta Pusat, Senin (14/5/2018). 

"Terus kalau misalnya ada jeda dua scene itu bisa balik ke rumah dulu karena memang benar-benar rumahnya dekat. Jadi walaupun setiap hari syuting, kita usahakan supaya anak enggak kehilangan waktu dengan orangtuanya," sambungnya.

 

Tak Berat

Keluarga kecil Alyssa Soebandono dan Dude Harlino selalu harmonis dan bahagia. Menikah di tahun 2014, kini keduanya telah dikaruniai dua anak laki-laki, Muhammad Dirgantara Ariendra Harlino dan Malik Narendra Harlino. (Instagram/ichasoebandono)

Meski kedengarannya melelahkan menjalani stripping sekaligus mengurus dua anak, namun Alyssa Soebandono tak menganggap itu berat. Asalkan bersyukur, semua terasa ringan. 

"Ya begitulah dijalani aja, bersyukur semua masih bisa berjalan lancar sampai sekarang dan dijalani aja. Maksudnya sudah terbiasa juga dengan pola yang seperti ini," ia menandaskan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

33 Korban Bom Surabaya Masih Dirawat di Rumah Sakit

Posted: 14 May 2018 08:37 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Kapolda Jatim Irjen Machfud Arifin menyatakan, hingga saat ini masih ada 33 korban yang masih dirawat di sejumlah rumah sakit di Surabaya akibat bom di sejumlah titik, Minggu dan Senin kemarin. Dari 33 korban tersebut, enam di antaranya adalah anggota Polri.

"Kita doakan semoga mereka segera pulih dan bisa pulang ke rumah masing-masing," ujar Machfud, Surabaya, Selasa (15/5/2018).

Dia menyatakan, puluhan korban bom yang masih dirawat tersebut menderita luka, mulai dari ringan hingga berat.

"Ada yang sudah bisa interaktif, ngobrol," ujar dia.

Kapolda menyatakan, anggota yang jadi korban bom tersebut dipastikan akan mendapatkan kenaikan pangkat luar biasa.

"Kapolri juga sudah menjenguk mereka," katanya.

Machfud memastikan, sehari usai bom di sejumlah lokasi di Surabaya, aktifitas di Surabaya sudah normal. Pelayanan publik sudah berjalan seperti biasa.

"Pengamanan ketat tapi ga usah siaga satu. Masyarakat biar berakfitas normal," ujarnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Suku Bunga Penjaminan LPS untuk Bank Umum Tetap di 5,75 Persen

Posted: 14 May 2018 08:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menetapkan tingkat bunga penjaminan untuk simpanan bank umum di angka 5,75 persen untuk rupiah dan 0,75 persen untuk valuta asing (valas). Sedangkan suku bunga penjaminan untuk Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di angka 8,25 persen (rupiah).

Angka ini tidak berubah dari penetapan sebelumnya. Suku bunga penjaminan ini berlaku untuk periode 15 Mei 2018 sampai dengan 17 September 2018.

Sekretaris Lembaga LPS Samsu Adi Nugroho menjelaskan, kebijakan ini ditetapkan dengan memperhatikan perkembangan suku bunga simpanan bank benchmark yang bergerak stabil setelah mengalami tren menurun sepanjang tahun 2017 hingga kuartal pertama tahun 2018.

Namun demikian terdapat peningkatan volatilitas pada pasar keuangan dan indikasi awal pergeseran struktural arah suku bunga simpanan yang terlihat dari pergerakan dan arah likuiditas perbankan.

"Mengantisipasi perkembangan tersebut, LPS akan meningkatkan intensitas monitoring dan evaluasi terkait kebijakan Tingkat Bunga Penjaminan," jelas dia seperti dikutip dari keterangan tertulis, Selasa (15/5/2018).

Dalam hal ini, LPS terbuka untuk melakukan penyesuaian yang diperlukan pada kesempatan pertama terhadap kebijakan Tingkat Bunga Penjaminan sesuai dengan perkembangan data tingkat bunga simpanan perbankan dan hasil evaluasi atas kondisi stabilitas sistem keuangan nasional.

 

Simpanan yang Tidak Dijamin

Pekerja menata uang di kantor BRI, Jakarta, Kamis (22/12). PT Bank Rakyat Indonesia Persero Tbk menyiapkan pasokan uang tunai Rp17 triliun untuk memenuhi kebutuhan transaksi masyarakat pada liburan Natal dan Tahun Baru 2017. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sesuai ketentuan LPS, apabila suku bunga simpanan yang diperjanjikan antara bank dengan nasabah penyimpan melebihi Tingkat Bunga Penjaminan simpanan, maka simpanan nasabah dimaksud menjadi tidak dijamin.

Berkenaan dengan hal tersebut, bank diharuskan untuk memberitahukan kepada nasabah penyimpan mengenai Tingkat Bunga Penjaminan simpanan yang berlaku dengan menempatkan informasi dimaksud pada tempat yang mudah diketahui oleh nasabah penyimpan.

Sejalan dengan tujuan untuk melindungi nasabah dan memperluas cakupan penjaminan, LPS menghimbau agar perbankan lebih memperhatikan ketentuan tingkat bunga penjaminan simpanan dalam rangka penghimpunan dana.

Dalam menjalankan usahanya, bank hendaknya memperhatikan kondisi likuiditas ke depan. Dengan demikian, bank diharapkan dapat mematuhi ketentuan pengelolaan likuiditas perekonomian oleh Bank Indonesia, serta pengaturan dan pengawasan perbankan oleh Otoritas Jasa Keuangan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Nyeleneh, Kristen Stewart Lepas Sepatu di Karpet Merah Cannes

Posted: 14 May 2018 08:34 PM PDT

Aktris AS, Kristen Stewart melepas sepatunya setelah berpose di karpet merah pemutaran film BlackKkKlansman pada Festival Film Cannes, Prancis, Senin (14/5). Kristen Stewart tampil seksi berbalut minidress Chanel dengan high heels hitam (AFP/Valery HACHE)

Aktris AS, Kristen Stewart melepas sepatunya setelah berpose di karpet merah pemutaran film BlackKkKlansman pada Festival Film Cannes, Prancis, Senin (14/5). Kristen Stewart tampil seksi berbalut minidress Chanel dengan high heels hitam (AFP/Valery HACHE)

Kristen Stewart melepas sepatunya di karpet merah pemutaran film BlackKkKlansman pada Festival Film Cannes, Prancis, Senin (14/5). Ini merupakan bentuk protes Stewart atas kebijakan panitia yang melarang tamu mengenakan sepatu flat. (AFP/Alberto PIZZOLI)

Kristen Stewart melepas sepatunya di karpet merah pemutaran film BlackKkKlansman pada Festival Film Cannes, Prancis, Senin (14/5). Ini merupakan bentuk protes Stewart atas kebijakan panitia yang melarang tamu mengenakan sepatu flat. (AFP/Alberto PIZZOLI)

Kristen Stewart melepas sepatunya di karpet merah pemutaran film BlackKkKlansman pada Festival Film Cannes, Prancis, Senin (14/5). Ini merupakan bentuk protesnya atas kebijakan panitia yang melarang mengenakan sepatu flat. (AFP/ANNE-CHRISTINE POUJOULAT)

Kristen Stewart melepas sepatunya di karpet merah pemutaran film BlackKkKlansman pada Festival Film Cannes, Prancis, Senin (14/5). Ini merupakan bentuk protesnya atas kebijakan panitia yang melarang mengenakan sepatu flat. (AFP/ANNE-CHRISTINE POUJOULAT)

Aktris AS, Kristen Stewart berjalan tanpa alas kaki di karpet merah pemutaran film BlackKkKlansman pada Festival Film Cannes, Prancis, Senin (14/5). Kristen Stewart mencopot high heels hitamnya saat menaiki tangga menuju arena teater. (AFP/LOIC VENANCE)

Aktris AS, Kristen Stewart berjalan tanpa alas kaki di karpet merah pemutaran film BlackKkKlansman pada Festival Film Cannes, Prancis, Senin (14/5). Kristen Stewart mencopot high heels hitamnya saat menaiki tangga menuju arena teater. (AFP/LOIC VENANCE)

Aktris AS, Kristen Stewart berjalan tanpa alas kaki di karpet merah pemutaran film BlackKkKlansman pada Festival Film Cannes, Prancis, Senin (14/5). Kristen Stewart mencopot high heels hitamnya saat menaiki tangga menuju arena teater. (AFP/LOIC VENANCE)

Aktris AS, Kristen Stewart berjalan tanpa alas kaki di karpet merah pemutaran film BlackKkKlansman pada Festival Film Cannes, Prancis, Senin (14/5). Kristen Stewart mencopot high heels hitamnya saat menaiki tangga menuju arena teater. (AFP/LOIC VENANCE)

Kristen Stewart berjalan sambil menenteng sepasang sepatunya di karpet merah pemutaran film BlackKkKlansman pada Festival Film Cannes, Prancis, Senin (14/5). Stewart tampil seksi berbalut minidress Chanel dengan high heels hitam (AFP/Alberto PIZZOLI)

Kristen Stewart berjalan sambil menenteng sepasang sepatunya di karpet merah pemutaran film BlackKkKlansman pada Festival Film Cannes, Prancis, Senin (14/5). Stewart tampil seksi berbalut minidress Chanel dengan high heels hitam (AFP/Alberto PIZZOLI)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengaku Home Schooling, Anak Bomber Surabaya Hanya Terima Doktrin Orangtua

Posted: 14 May 2018 08:33 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Serangkaian teror yang terjadi di Surabaya telah melibatkan tiga keluarga. Mereka mengajak anak-anaknya untuk melakukan aksi teror, baik di gereja maupun di Mapolrestabes Surabaya.

Menurut Kapolda Jawa Timur, Irjen Machfud Arifin, anak-anak pelaku teror di Surabaya  tidak disekolahkan.

"Mereka ngakunya home schooling, tetapi tidak. Mereka hanya menerima doktrin-doktrin dari orangtuanya, dengan video-videonya, dengan ajaran-ajaran yang diberikan," kata Machfud Arifin di Polda Jawa Timur, Selasa (15/5/2018).

Saat ini, ada empat anak yatim piatu yang ditinggalkan orangtuanya usai melakukan aksi bom bunuh diri. Tiga di antaranya adalah anak dari Anton Febriyanto. Mereka selamat dari ledakan bom di Rusunawa Wonocolo, Kecamatan Taman, Sidoarjo. Masing-masing berinisial AR (15), FP (11) dan GA (10). Ketiganya mengalami luka akibat ledakan itu.

Sementara, satu anak berinisial AIS (8) selamat saat diajak orangtuanya melakukan bom bunuh diri di Mapolrestabes Surabaya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Portugal Umumkan Skuat Sementara untuk Piala Dunia 2018

Posted: 14 May 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Porto - Timnas Portugal mengumumkan skuat sementara yang akan tampil pada putaran final Piala dunia yang berlangsung di Rusia pada pertengahan Juni. Portugal kini jadi salah satu tim yang diperhitungkan usai merebut Piala Eropa pada 2016.

Pelatih Fernando Santos memilih 35 nama pemain yang masuk skuat sementara sebelum dikerucutkan menjadi 23 nama final dalam beberapa hari ke depan.

Seperti bisa diprediksi, Renato Sanches tidak masuk dalam skuat sementara Portugal. Meski berstatus sebagai pemain muda terbaik di Euro 2016, gelandang 18 tahun itu menjalani musim buruk bersama Swansea City.

Sementara itu, Cristiano Ronaldo menghiasi skuat Seleccao meski tak akan bermain kala timnya menghadapi Tunisia dalam laga persahabatan akhir Mei mendatang.

Berikut daftar skuat sementara Portugal untuk Piala Dunia 2018 selengkapnya.

 

 

Skuat Sementara

Pemain timnas Portugal, Andre Silva  (AP/Armando Franca)

Kiper: Anthony Lopes (Lyon), Beto (Goztepe), Rui Patrício (Sporting)

Bek: Antunes (Getafe), Bruno Alves (Rangers), Cedric Soares (Southampton), Joao Cancelo (Inter), Jose Fonte (Dalian Yifang), Luis Neto (Fenerbahçe), Mario Rui (Napoli), Nelson Semedo (Barcelona), Pepe (Besiktas), Raphael Guerreiro (Dortmund), Ricardo Pereira (FC Porto), Rolando (Marseille), Ruben Dias (Benfica)

Gelandang: Adrien Silva (Leicester), Andre Gomes (Barcelona), Bruno Fernandes (Sporting), Joao Mario (West Ham), Joao Moutinho (Monaco), Manuel Fernandes (Lokomotiv), Ruben Neves (Wolverhampton), Sergio Oliveira (FC Porto), William Carvalho (Sporting)

Penyerang: Andre Silva (Milan), Bernardo Silva (Manchester City), Cristiano Ronaldo (Real Madrid), Eder (Lokomotiv), Gelson Martins (Sporting), Goncalo Guedes (Valencia), Nani (Lazio), Paulinho (SC Braga), Ricardo Quaresma (Besiktas), Ronny Lopes (Monaco)

 

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Air Mata Wali Kota Risma bagi Para Korban Bom Surabaya

Posted: 14 May 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Serangan bom bunuh diri yang mengguncang tiga gereja di Kota Surabaya pada Minggu, 13 Mei 2018, dan kantor Polrestabes Surabaya pada Senin, 14 Mei 2018, membuat luka mendalam bagi seluruh masyarakat di Indonesia.

Tidak terkecuali bagi Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, yang akrab disapa Risma. Di sela-sela kesibukannya, ia bersama jajaran menyempatkan diri mengunjungi keluarga korban ledakan bom untuk menguatkan para keluarga korban.

Pada Senin, 14 Mei 2018, sekitar pukul 15.00 WIB, Risma mendatangi rumah duka dari almarhum Aloysius Bayu Rendra Wardhana di Jalan Gubeng Kertajaya I Nomor 15A Surabaya.

Bayu merupakan salah satu korban meninggal dunia dari ledakan bom Gereja Katolik Santa Maria Tak Bercela, Ngagel, Surabaya. Sosok Bayu menjadi perbincangan setelah sempat mengadang sepeda motor pengebom di depan Gereja Katolik Santa Maria Tak Bercela.

Atas tindakannya menghentikan sepeda motor yang dikendarai YF (18) beserta membonceng adik kandungnya FH (16) sambil memangku bom rakitan, Bayu mampu menyelamatkan sekitar 500 jemaat Gereja SMTB yang sedang mengikuti akhir dari misa atau kebaktian rutin.

Aksi Bayu membuat laju sepeda motor Yusuf Fadhil terhenti dan langsung meledak di halaman gereja. Seketika itu pula, tubuh Bayu hancur bersama kedua pengendara dan pembonceng motor yang menabraknya.

Sesampainya di rumah duka, Risma menyampaikan rasa belasungkawa kepada istri korban dan memberikan santunan kepada keluarga yang ditinggalkan.

"Mohon maaf kalau saya baru bisa datang ke sini, karena dari kemarin masih ada pekerjaan yang belum bisa ditinggalkan," kata Risma kepada istri korban Bayu, Monic Dwi, dilansir Antara.

Tatapannya menyiratkan ketidaktegaan melihat anak yang ditinggalkan korban masih berusia balita. Ia lantas berusaha menghibur istri korban dengan memberikan dorongan semangat agar tabah dan sabar dalam menjalani cobaan.

"Bapakmu pahlawan, Nak. Kalau tidak ada bapakmu, mungkin korban yang jatuh di sana bisa jauh lebih banyak lagi," kata Risma kepada anak pertama almarhum Aloysius yang masih berusia 2,5 tahun saat digendong ibunya, Monic Dwi.

Wali kota perempuan pertama di Kota Surabaya ini langsung tidak kuasa menahan air matanya melihat masa depan kedua anak mendiang Bayu yang harus ditinggalkan sang ayah akibat tindakan dari para teroris.

Tak hanya berhenti sampai di sana, mantan Kepala Badan Pembangunan Daerah Kota Surabaya menciumi kedua anak suami dari Monic Dwi itu. "Kamu harus bangga sama bapakmu, nanti kalau besar yang pinter ya," kata Risma kepada anak kedua yang baru berusia 10 bulan.

 

 

 

 

Saya Kuat, Bu

Wali Kota Risma Santuni Keluarga Korban Bom Gereja Surabaya. (Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Risma lalu melanjutkan kunjungan ke keluarga korban ledakan bom lainnya. Ia mendatangi rumah duka Adi Jasa di Jalan Demak No. 90-92 Surabaya.

Ada sekitar enam orang yang menjadi korban ledakan bom bunuh diri disemayamkan secara bersamaan di rumah duka Adi Jasa Surabaya. Mereka adalah Martha Djumani (54), kakak beradik Vinsencius Evan (11) dan Nathel (8), Sri Puji Astutik (60), Go Derbin Ariesta (66), dan Tee Suk Tjien (64).

Dia kemudian memberikan santuan kepada masing-masing keluarga yang ditinggalkan.

"Semua kita tanggung, tidak perlu khawatir. Nanti diurusi sama Dinas Kesehatan. Yang penting sekarang harus kuat," kata Risma saat mengunjungi ayah dari dua anak korban meninggal ledakan bom di Rumah Duka Adi Jasa.

Kakak beradik Evan dan Nathel yang menjadi korban ledakan bom di Gereja Santa Maria Tak Bercela (SMTB) Surabaya adalah warga Barata Jaya Surabaya.

Evan meninggal dunia di lokasi kejadian, sedangkan Nathel sempat beberapa jam dirawat di Rumah Sakit Bedah Surabaya sebelum mengembuskan nafas terakhir pada Minggu malam, 13 Mei 2018.

Ery, yang merupakan bapak dari dua anak yang meninggal dunia tersebut, mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan Pemerintah Kota Surabaya melalui Risma. "Saya kuat kok, Bu," katanya.

Risma mengatakan bantuan tersebut tidak hanya diberikan pada keluarga Ery saja, tetapi juga diberikan kepada keluarga korban meninggal atau korban luka-luka lainnya.

"Jadi semua nanti pengobatan, proses pemakaman dan lainnya ditanggung Pemkot. Keluarga tidak perlu khawatir. Tadi ada yang tanya, bagaimana untuk kontrol dan lainnya, kami bilang akan bantu selesaikan," katanya.

Kemarahan Risma

Wali Kota Risma merawat PMKS termasuk ODGJ hingga sembuh. Foto: (Dian Kurniawan/Liputan6.com)

Ada tiga gereja yang terkena ledakan bom, yakni Gereja Santa Maria Tak Bercela (SMTB) di Jalan Ngagel, GKI Jalan Diponegoro, dan GPPS Jalan Arjuna pada Minggu (13/5) dan Polrestabes Surabaya, Senin pagi, 14 Mei 2018. Aksi teror peledakan bom tersebut menewaskan sekitar 18 orang dan puluhan orang terluka.

Kecam Risma pun mengecam keras atas tindakan kejahatan berupa peledakan bom di sejumlah tempat di Surabaya yang dilakukan oleh orang tidak berperikemanusiaan tersebut.

"Saya tidak mau lagi ada korban, banyak tidak orang berdosa, apalagi banyak korbannya anak-anak. Ini sangat biadab sekali dan zalim," katanya.

Untuk itu, Risma mengimbau dan mengajak seluruh warga Surabaya agar aktif membantu Pemkot Surabaya untuk ikut serta menjaga Kota Surabaya dan melaporkan setiap kejadian yang ada di sekitar, baik peristiwa maupun hal-hal yang tidak diinginkan lainnya.

Menurut dia, sekecil apa pun informasi yang diberikan oleh masyakarat, pastinya sangat membantu pemkot dan pihak kepolisian dalam mengantisipasi hal-hal negatif yang tidak diinginkan.

Risma berpesan agar warga Surabaya tetap tenang dalam situasi saat ini. Sebab, kata dia, jajaran mulai dari Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, Polres, dan TNI sepakat untuk lebih intens menjaga Surabaya, baik dari sisi strategi baru sampai intensitas keamanan.

Hal sama juga dikatakan Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana. Ia meminta agar masyarakat tidak panik dengan tetap menjaga ketenangan serta selalu waspada, agar aktivitas warga tetap berjalan normal.

Tidak hanya itu, politikus PDI Perjuangan ini juga menegaskan agar warga Kota Surabaya tetap tegar dan tidak merasa takut untuk menghadapi aksis teror. "Adanya ledakan terjadi lagi di Mapolresta Surabaya bukti teroris panik, sehingga apa saja dibuat target bom bunuh diri," katanya.

Kepanikan para teroris lainnya, lanjut dia, dibuktikan dengan kejadian di Wonocolo, Taman, Sidoarjo, tempat bom telah meledak sebelum pelakunya melakukan bom bunuh diri di tempat umum.

Ia juga mengaku telah mengimbau seluruh kantor, baik swasta maupun pemerintah, untuk memperketat penjagaan di pintu masuk guna mengantisipasi aksi teror yang kemungkinan terjadi.

"Termasuk kantor kelurahan, kecamatan, dan Balai Kota Surabaya. Siapa pun pun yang masuk agar diperiksa secara detail. Imbauan perketat keamanan pintu masuk perkantoran dan objek vital ini dalam waktu yang tidak ditentukan. Masih koordinasi terus dengan pihak kepolisian," katanya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

OASE KK Tak Ingin Tragedi Bom Bikin Anak-Anak Trauma

Posted: 14 May 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta ‎Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE)‎ Kabinet Kerja menyatakan, anak-anak Indonesia harus mendapatkan perlindungan dari ancaman teror bom. Sehingga, generasi muda Indonesia tidak trauma terhadap aksi-aksi kejahatan semacam itu.

Anggota OASE Kabinet Kerja bidang Sosial Budaya, Tri Suswati Tito Karnavian, mengatakan kegiatan Gembira Bersama Ibu Negara di Istana Kepresidenan Yogyakarta yang digelar Senin (14/5/2018) merupakan salah satu cara untuk menghadirkan kegembiraan bagi anak-anak. Cara-cara seperti ini juga bisa dilakukan untuk anak-anak korban teror bom.

"Dengan bernyanyi bergembira, bukan berarti kita tidak berduka, tapi ini adalah hiburan kepada anak-anak yang mereka juga harus dilindungi dari rasa takut," kata Tri di Istana Kepresidenan Yogyakarta pada Senin (14/5/2018).

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

Teror bom jangan sampai timbulkan ketakutan bagi anak-anak

Menurut istri dari Kapolri Jenderal Tito Karnavian ini menyatakan, jangan sampai insiden pengeboman yang terjadi dalam dua hari terakhir ini menimbulkan ketakutan bagi anak-anak. Terlebih bila sampai menciptakan trauma jangka panjang.

"Karena ada tragedi bom dan lain-lain, sehingga kita menjadi takut dan anak anak menjadi takut, bahkan trauma. Kita harus hindari itu dengan membuat mereka gembira dengan mendatangkan badut dan lain-lain," ungkap dia.

Selain itu, ucap Tri, meski ada serangkaian insiden pengeboman diharapkan anak-anak dan masyarakat tidak takut untuk beraktivitas secara normal.

"Bukan hanya OASE, tapi masyarakat Indonesia juga prihatin. Tapi yang penting itu kita tidak takut dan kita tetap bekerja seperti biasa," tandas dia.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: