Rabu, 23 Mei 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Sama-sama Menawan, Gaya Kembar Aurel Hermansyah dan Kylie Jenner

Posted: 23 May 2018 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Siapa tidak kenal Kylie Jenner, wanita dengan gaya seksi ini memiliki gaya yang khas. Banyak wanita pun terinspirasi dengan gayanya, termasuk putri sulung Anang Hermansyah dan Krisdayanti, Aurel Hermansyah.

Selain memiliki kulit eksotis yang glowing, keduanya juga sering tampil serupa dengan konsep makeup yang senada. Gaya berpenampilan yang memperlihatkan body shape juga menjadi highlight dari personal style mereka. 

Urusan dandanan, Aurel Hermansyah juga memfokuskan pemilihan warna lipstik yang menghiasi bibirnya. Sama seperti Kylie Jenner yang memiliki bentuk bibir paling buat iri banyak perempuan. 

Dikaruniai dengan paras wajah yang cantik, baik Kylie Jenner maupun Aurel Hermansyah juga memiliki lini kosmetik sendiri. Jadi, tidak heran kalau di masing-masing akun instagram, keduanya suka mempromosikan produk kosmetik produksi mereka. 

Seperti apa momen kembar Aurel Hermansyah dengan A-list seleb Kylie Jenner? Simak beberapa potret kemiripan Aurel dan Kylie pada ulasannya berikut ini. 

Gaya Kembar Aurel Hermansyah dan Kylie Jenner

 

A post shared by Aurelie Hermansyah (@aurelie.hermansyah) on

 

ny

A post shared by Kylie (@kyliejenner) on

Sama-sama memakai fitted body dress, Aurel Hermansyah dan Kylie Jenner tampil sensual dengan pose menyampingkan badan. Lekuk tubuh keduanya pun terpampang dengan jelas. 

Urusan makeup pun juga buat mereka sungguh mirip seperti kakak adik. Polesan eyeshadow warna bronze dalam bentuk smokey eyes yang menjadi highlight dandanan Kylie dan Aurel. Bedanya, Aurel lebih memilih mengaplikasikan lipstik nude pink sedangkan Kylie tampil lebih simpel dengan lipstik yang menyerupai warna kulit bibir. 

Gaya Kembar Aurel Hermansyah dan Kylie Jenner

 

Bali 🌻💖

A post shared by Aurelie Hermansyah (@aurelie.hermansyah) on

Tidak hanya lipstik warna merah saja yang memberikan kesan sensual. Aurel dan Kylie Jenner memastikan kalau lipstik warna magenta juga memberikan kesan seksi sekaligus edgy. 

Tinggal aplikasikan dengan eye makeup yang daring untuk melengkapi look Anda yang stunning. Misalnya, poleskan liquid eyeshadow warna coklat keemasan atau sekedar melentikkan bulu mata seperti Aurel dan Kylie ini. 

Penulis: Indah Nainggolan

Sumber: Bintang.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Heboh, Penampakan Ikan Bergigi bak Manusia Gegerkan Warga

Posted: 23 May 2018 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah foto yang beredar di media sosial beberapa waktu lalu membuat publik, khususnya warganet geger. Dalam foto yang beredar menunjukkan seekor ikan dengan gigi layaknya manusia menjadi perbincangan viral. Tak sedikit orang merasa ngeri ketika melihat wujud ikan tersebut.

Namun, segelintir orang merasa kagum dan dibuat tak percaya dengan penemuan ikan tersebut. 

(Foto: SCDNR biologist Pam Corwin/ Facebook) Ikan yang bikin geger masyarakat karena giginya mirip seperti manusia.

Sebenarnya ikan aneh itu kerap ditemukan di perairan dan teluk Atlantik di Amerika Serikat. Dilansir dari The Dodo, Kamis (24/5/2018), ikan tersebut kerap disebut sheepshead.

Jika melihat rahang ikan tersebut lebih dalam, banyak orang pasti akan lebih dikejutkan lagi bahwa ikan itu memiliki banyak gigi. Dengan rahang mereka yang kuat, sheepshead dapat memakan tiram, kepiting dan teritip.

 

Kuat mematahkan logam

(Foto: Facebook/Lazaro Gonzalez dan Twitter/HoldMyBeaker via The Dodo) Ikan Shepshead fish punya banyak barisan gigi yang dapat melahap mangsa keras seperti tiram dan kepiting.

Beberapa baris gigi di belakang yang dimiliki ikan tersebut dapat menggiling makanan menjadi partikel-partikel kecil ketika mereka mengunyah.

Gigi mereka yang kuat juga dapat mematahkan kail logam menjadi dua bagian. Meski ikan ini terkenal dengan giginya yang mirip seperti manusia, sebenarnya populasi ikan ini pernah berisiko terancam punah akibat penangkapan yang berlebihan.

Namun, saat ini populasi ikan sheepshead jauh lebih baik dan berkeliaran di sekitar akar bakau dan dermaga.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rumah Pengasingan Bung Karno Bengkulu Kian Populer

Posted: 23 May 2018 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Bengkulu - - Rumah pengasingan Bung Karno (Presiden pertama RI Sukarno) semasa penjajahan Belanda di Kelurahan Anggut, Kota Bengkulu, masuk nominasi situs wisata sejarah terpopuler Anugerah Pesona Indonesia (API) 2018 yang digelar Kementerian Pariwisata.

"Ada dua objek wisata Bengkulu yang masuk nominasi, yaitu Rumah Bung Karno dan Bukit Kandis," ucap Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu, Yudi Satria, di Bengkulu, diwartakan Antara, Rabu, 23 Mei 2018.

Ia menjelaskan, objek wisata sejarah rumah pengasingan Bung Karno yang ditempati semasa menjalani pengasingan di Bengkulu pada 1938-1942 itu masuk nominasi wisata sejarah terpopuler. Sedangkan Bukit Kandis di Kabupaten Bengkulu Tengah masuk nominasi wisata olahraga dan petualangan.

"Ini momentum bagi kita untuk mengenalkan objek wisata Bengkulu ke kancah nasional dan internasional," kata Yudi.

Rudi mengatakan pemerintah daerah bersama masyarakat harus berkolaborasi mendukung promosi pariwisata daerah melalui ajang API.

Tahun sebelumnya masuk dua objek wisata Bengkulu, yakni minuman tradisional terpopuler Teh Olong dari Kabupaten Kepahiang dan tempat berselancar terpopuler Pantai Teluk Sepang di sudut Kota Bengkulu.

API adalah rangkaian kegiatan tahunan Kementerian Pariwisata dan laman www.ayojalanjalan.com untuk membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap pariwisata Indonesia. Serta, mendorong peran serta berbagai pihak terutama pemerintah daerah dalam mempromosikan pariwisata di daerahnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Pesona Rumah Pengasingan Bung Karno

Wisata kebangsaan bisa anda lakukan jika berkunjung ke Rumah Pengasingan Bung Karno di Bengkulu (Liputan6.com/Yuliardi Hardjo)

Sejumlah pengunjung mengagumi rumah bersejarah yang ditempati Bung Karno saat menjalani pengasingan di Kota Bengkulu, kurun waktu 1938 hingga 1942.

"Kondisinya masih terawat dengan baik dan koleksinya pun cukup banyak," kata Iwan Purwanto, salah seorang pengunjung rumah itu di Bengkulu, Selasa, 27 Juni 2017, dilansir Antara.

Menurutnya, rumah dengan arsitektur unik tersebut menyimpan sejumlah bukti sejarah perjalanan Bung Karno semasa menjalani pengasingan. Contohnya, satu sepeda ontel yang digunakan Bung Karno untuk menunjang aktivitasnya saat berada di Bengkulu.

Sepeda ontel yang disimpan dalam kotak kaca transparan itu kerap menjadi objek swafoto para pengunjung. Di rumah yang memiliki dua kamar tidur, satu ruang tamu, dan ruang kerja itu juga menyimpan sejumlah buku yang dibaca Bung Karno.

Ada pula satu lemari kayu dilapisi kaca pada bagian depan yang menyimpan puluhan kostum pemain sandiwara tonil besutan Sang Proklamator bernama Monte Carlo. Bung Karno pernah menulis skenario drama berjudul "Koetkoetbi Pengiblis Dr Syaitan".

"Rumah ini juga menyimpan banyak foto Bung Karno dan anggota keluarganya, termasuk Ibu Fatmawati yang merupakan putri asli Bengkulu," ujar Ela Fitriani, pengunjung asal Kota Jakarta.

Menurut juru pelihara rumah Bung Karno, Sugrahanuddin, jumlah pengunjung rumah yang masuk cagar budaya itu mencapai 1.000 orang per hari. Ketika itu, setiap pengunjung dewasa dikenakan tarif masuk Rp 3.000 per orang dan anak-anak Rp 2.000 per orang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saddil Bikin Persela Tambah Semangat Hadapi Barito Putera

Posted: 23 May 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Lamongan - Persela Lamongan mendapatkan tambahan kekuatan jelang menghadapi tuan rumah Barito Putera pada pekan ke-10 Go-Jek Liga 1 bersama Bukalapak, Kamis (24/5/2018). Persela bakal tampil full team setelah Saddil Ramdani pulang usai mengikuti pelatnas Timnas Indonesia U-19.

Saddil kembali bergabung dengan tim setelah pulang lebih cepat dari pemusatan latihan timnas. Hal ini tentu menambah kekuatan klub Kota Soto tersebut.

"Alhamdulillah kali lini kami akan turun dalam kondisi full team, yang mana kemarin Saddil Ramdani ke timnas tapi sama pelatih dia disuruh pulang," ungkap Pelatih Persela, Aji Santoso.

"Ini bagi saya suatu keuntungan buat kami, karena kami akan turun melawan Barito dengan tim yang lengkap. Jadi semua pemain besok bisa main," katanya.

Dikatakan Aji, Saddil kemungkinan tidak hanya bisa membela Persela menghadapi Barito Putera. Namun pemain asal Raha, Sulawesi Tenggara tersebut kemungkinan juga bisa diturunkan ketika Persela menjamu PS Tira pada pekan selanjutnya.

 

Bela Dua Timnas

Saddil Ramdani (Liputan6.com/Helmi Fitriansyah)

Saddil memang sempat dipanggil untuk pemusatan latihan timnas Indonesia U-19 di Yogyakarta. Namun ia diberikan dispensasi untuk membela klubnya.

Meski begitu, tenaga Saddil bakal kembali diberikan untuk Timnas Indonesia. Setelah dengan Timnas Indonesia U-19, dia akan mengikuti pemusatan latihan dengan Timnas Indonesia U-23. (top/pra)

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Canggung, Ustaz Abdul Somad Mengendarai RX King ke Lokasi Tausyiah

Posted: 23 May 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini, dai kondang Ustaz Abdul Somad kembali menjadi sorotan. Bukan hanya karena namanya yang tak tercantum di deretan 200 mubalig nasional yang dilansir Kementerian Agama (Kemenag), tapi karena ia terekam mengendarai motor 2-tak.

Berdasarkan akun Instagram @bela.agama, Ustaz Somad tampak mengendarai Yamaha RX King. Ya, motor yang kini harganya sedang melambung tersebut, dipakai Ustaz Somad ke lokasi tausyiahnya.

Tak terlihat ada kecanggungan saat ia mengendarai motor legendaris berwarna biru tersebut. Malah ia melaju dengan kecepatan yang cukup kencang.

"Catatan untuk kita semua. Beliau pagi mengisi dikelas (ngajar) hingga sore mandi lalu mengisi di Masjid Raya Ba'da Magrib, hingga pukul 9(kurang). Dan Harus berangkat menggunakan motor ke lokasi tausiyah bersama Komunitas Motor guna mensyiarkan dakwah. Tiada istirahat kah gurunda ustadz abdul somad :') kami bersamamu ✊ KAMI SIAP BELA ULAMA!!!," tulis akun Instagram @bela.agama pada keterangan fotonya.

Sesampainya di lokasi tausyiah, ia disambut hangat oleh warga. Bahkan ia masih mengenakan rompi hitam bertulis "King Motor Club" saat menemui warga yang sudah menunggu kedatangannya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Enteng Jodoh dari Takjil Manis Khas Suku Kajang Bulukumba

Posted: 23 May 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Makassar - Dumpi eja merupakan salah satu kuliner khas suku Kajang yang terdapat di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Semakin dikunyah, penganan ini justru semakin manis. Inilah yang menjadi alasan kue dumpi eja masuk dalam daftar salah satu kuliner yang cocok dijadikan takjil untuk berbuka puasa. Apalagi, jika disandingkan dengan teh hangat atau kopi hitam.

"Itu kue khas suku Kajang yang selalu ada pada setiap acara adat khususnya acara perkawinan," kata Daeng Rampe (38) warga asli suku Kajang yang berdomisili di Desa Moncongloe Lappara, Kabupaten Maros, Selasa, 23 Mei 2018.

Dumpi eja, kata dia, artinya kue merah. Bahan bakunya sangat sederhana, hanya terdiri dari beras ketan yang dicampur bersama gula merah.

"Kalau dimakan rasanya kenyal-kenyal dan manis. Yah, biasa kami jadikan takjil untuk berbuka puasa," ucap Rampe.

Ia mengungkapkan ada cerita tentang kesakralan kue khas suku Kajang yang dikenal sebagai suku keramat dan sakti di Sulsel tersebut.

Konon, tradisi berebut kue dumpi eja pada acara-acara pernikahan adat suku Kajang masih lestari hingga saat ini. Menurut cerita neneknya, kata Rampe, kue dumpi eja wajib dimakan dalam acara pernikahan adat. Khususnya bagi mereka yang masih gadis atau pria jomblo.

"Nenek dulu itu sering bilang kalau ke acara perkawinan adat jangan lupa makan kue khas suku Kajang dumpi eja apalagi dulu saya masih status gadis. Katanya biar cepat juga nikah. Wajib kata nenek," beber Rampe.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Penasaran Ingin Buat?

Emak-emak suku Kajang sedang gotong-royong membuat dumpi eja (Liputan6.com/ Eka Hakim)

Bagi mereka yang ingin mencoba membuat dumpi eja, kue khas suku Kajang di rumahnya sendiri, cukup menyediakan bahan-bahan berupa gula merah, tepung, dan beras air wijen.

Cara membuatnya, pertama-tama, beras ketan direndam sekitar 5 hingga 10 jam kemudian ditiriskan. Setelah itu beras tersebut digiling hingga menjadi tepung halus.

Tepung kemudian dicampurkan gula merah yang telah disisir halus lalu diaduk merata menggunakan tangan. Tambahkan air secara bertahap ke dalam adonan agar membentuk bulatan yang kenyal.

Adonan yang tampak menyatu kemudian didiamkan dalam wadah (baskom) hingga seluruh adonan benar-benar sudah menyatu tanpa serat. Selanjutkan tambahkan wijen segelas dalam adonan yang telah menyatu tersebut dan diamkan sekitar 12 jam, kemudian digoreng.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Belum Sukses Menyanyi, Marion Jola dan Bianca Jodie Sudah Banjir Tawaran Film

Posted: 23 May 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Meski tersingkir dalam ajang pencarian bakat menyanyi, namun karier keartisan Marion Jola dan Bianca Jodie terbilang mulus. Keduanya langsung mendapat kontrak profesional walau gagal menjadi juara.

Tak cuma itu, Marion Jola dan Bianca Jodie juga kabarnya tengah menyiapkan single untuk karier solonya masing-masing. Tak cukup sampai situ saja, Marion Jola dan Bianca Jodie bahkan sudah dapat tawaran untuk terjun ke dunia akting.

Jodie ditawari main film layar lebar, sementara Marion Jola untuk film layar lebar sekaligus web series. Meski ada ketertarikan, namun mereka belum punya wacana untuk mencobanya.

"Kalau aku baru tadi sih tawarannya untuk main layar lebar, tapi belum tahu. Main film itu jauh lebih berat dari nyanyi, dan karena singleku belum keluar dan pengen fokus ke nyanyi dulu. Tapi pengin, tapi enggak tahu deh. Tunggu saja," ujar Bianca Jodie ketika ditemui di Jalan Kapten Tendean, Mampang, Jakarta Selatan, Senin (21/5).

Fokus Menyanyi

Marion Jola (Instagram/lalamarionmj)

Senada dengan Jodie, Marion Jola saat ingin fokus pada singlenya dulu. Rencananya pada Juni nanti, single debut Marion di industri musik akan rilis. Namun tak menutup kemungkinan jika suatu saat dirinya akan jadi seorang bintang film besar.

"Aku juga terima tawaran, tapi belum aku ambil karena nyanyi dulu. Aku pengin coba semua, jadi pengin juga coba akting. Cuma karena single mau keluar, jadi fokus ke single dulu," sambung Marion Jola di lokasi serupa.

Modal Apik

Bianca Jodie [foto: instagram]

Secara fisik, Jodie dan Marion memang punya modal yang apik untuk bisa terjun ke dunia akting. Selain itu, keduanya juga punya fan base besar, sehingga kemungkinan untuk jadi seorang pemain film atau mungkin pesinetron sangat mungkin terjadi. (Guntur Merdekawan/Kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ritual Sumpah Pocong karena Tuduhan Santet

Posted: 23 May 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dua orang warga Probolinggo melakukan ritual sumpah pocong karena cekcok yang tidak bisa diselesaikan. Mereka bersepakat melakukan sumpah pocong dan siap menerima akibatnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rentetan Cedera Parah di Sepanjang Hidup Jet Li

Posted: 23 May 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Foto viral aktor laga Jet Li yang memperlihatkan kondisinya seperti menegaskan bahwa dirinya sudah tak prima seperti dulu. Pria asal Beijing ini telah mengkonfirmasi bahwa dirinya menderita hipertiroid.

"Saya menderita penyakit, seperti hipertiroidisme. Saya gemuk tapi tidak bisa menurunkan berat badan karena saya minum obat untuk penyakit. Obatnya mengendalikan detak jantung. Itu sebabnya saya tidak bisa melakukan banyak olahraga," ujar Li seperti dikutip dari South China Morning Post pada Kamis (24/5/2018).

Jet Li mengatakan, denyut jantungnya saat beristirahat bisa mencapai 130 hingga 140 denyut per menit. Padahal, normalnya berada di antara 60 hingga 100 denyut per menit.

Selain itu, dia juga mengakui mengalami masalah tulang belakang akibat adegan aksi yang kerap dia lakoni selama puluhan tahun.

Pada usia 18 tahun saja, ketika masih menjadi seorang atlet wushu, dia mengalami cedera besar yang merobek lututnya. Tujuh setengah jam dihabiskan untuk mengoperasi Li muda.

Cederanya yang paling parah salah satunya adalah saat berperan dalam film Shaolin Temple di tahun 1982. Namun, itu hanyalah permulaan.

Sebelum mendapatkan penghargaan Hollywood Walk of Fame, dia telah mengalami serangkaian cedera termasuk retak tulang punggung kelima, patah tulang rusuk, serta patah tulang pergelangan kaki kiri dan luka dalam ketika jatuh dari menara setinggi 12 kaki dalam pembuatan film Fearless tahun 1986.

Simak juga video menarik berikut ini:

 

Bayaran Tertinggi di Asia

Jet Li banyak habiskan waktu di belakang kamera (Instagram/ jetli)

Pria yang dikabarkan akan bermain dalam adaptasi film Mulan oleh Disney ini, telah diperingatkan dokter bahwa dirinya akan berakhir di kursi roda pada 2013. Apalagi jika dirinya terus membuat film aksi yang butuh kerja fisik.

"Saya sakit tapi belum di kursi roda," ujar Li.

Di usianya yang sudah tak prima lagi, Li banyak menghabiskan waktu di belakang kamera dan mendirikan sebuah yayasan amal pada 2007.

Forbes pun menyatakan bahwa aktor The Expendables ini sebagai salah satu pemain film pria dengan bayaran tertinggi di Asia. Namun, dirinya seakan tidak mementingkan hal tersebut.

"Uang bukanlah hal yang paling penting. Kesehatan adalah hidup Anda," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Asyiknya Tempat Khusus Tidur Siang di New York

Posted: 23 May 2018 10:00 PM PDT

Sejumlah kabin untuk tidur siang terlihat di YeloSpa, di New York, (1/5). Para pekerja di New York saat ini lebih memilih untuk tidur siang sebentar selama jam kerja dibandingkan meminum kopi atau minuman berenergi. (AFP Photo/Hector Retamal)

Sejumlah kabin untuk tidur siang terlihat di YeloSpa, di New York, (1/5). Para pekerja di New York saat ini lebih memilih untuk tidur siang sebentar selama jam kerja dibandingkan meminum kopi atau minuman berenergi. (AFP Photo/Hector Retamal)

Laura Li tidur siang di YeloSpa, di New York, (1/5). Di New York, para pekerja dapat membayar kabin untuk tidur siang, dan mengisi ulang energi tubuh mereka tanpa harus kembali ke rumah. (AFP Photo/Hector Retamal)

Laura Li tidur siang di YeloSpa, di New York, (1/5). Di New York, para pekerja dapat membayar kabin untuk tidur siang, dan mengisi ulang energi tubuh mereka tanpa harus kembali ke rumah. (AFP Photo/Hector Retamal)

Laura Li tidur siang di YeloSpa, di New York, (1/5). Di New York, para pekerja dapat membayar kabin untuk tidur siang, dan mengisi ulang energi tubuh mereka tanpa harus kembali ke rumah. (AFP Photo/Hector Retamal)

Laura Li tidur siang di YeloSpa, di New York, (1/5). Di New York, para pekerja dapat membayar kabin untuk tidur siang, dan mengisi ulang energi tubuh mereka tanpa harus kembali ke rumah. (AFP Photo/Hector Retamal)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Puasa Tapi Tak Cepat Lapar? Makan Makanan Ini

Posted: 23 May 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Rasa lapar dan haus saat berpuasa pada bulan Ramadan memang wajar. Namun, untuk mencukupi kebutuhan nutrisi, Anda perlu makan makanan yang bergizi saat sahur dan berbuka. Dengan makan makanan ini, Anda tidak akan cepat lapar.

Terutama saat sahur, penting bagi Anda untuk makan makanan yang mampu membuat Anda kenyang lebih lama. Ini juga berfungsi supaya Anda tidak cepat lemas dan tetap semangat menjalani aktivitas di bulan Ramadan.

Jika Anda anak muda yang penuh aktivitas tentu Anda juga perlu memperhatikan asupan yang dimakan. Atau Anda seorang ibu yang aktif, bahkan pekerja kantoran, nutrisi yang diasup tidak boleh sembarangan.

Sebab asupan nutrisi selama sahur dan berbuka merupakan kuncinya agar tidak cepat lapar dan lemas saat berpuasa. Anda harus memilih dengan baik makanan yang dimakan saat jam di luar puasa Ramadan.

 

Puasa Tapi Tak Cepat Lapar? Makan Makanan Ini

Salah Memilih Menu Sahur Selama Puasa Ramadan Berbahaya untuk Tubuh (Ilustrasi/iStockphoto)

Perbanyak makan protein, seperti daging, ayam, atau telur. Ini sangat baik untuk sumber energi. Kalau bisa, makan protein lebih banyak saat sahur untuk menjaga energi kuat seharian.

 

Puasa Tapi Tak Cepat Lapar? Makan Makanan Ini

Ilustrasi Puasa Ramadan (iStockphoto)

Supaya berat badan tak bertambah saat berpuasa, ada pula triknya. Yaitu tidak makan terlalu banyak gorengan saat berbuka. Makanlah lebih banyak beberapa saat setelah waktu berbuka tiba.

Sebab saat baru saja berbuka, metabolisme tubuh sedang rendah. Jika langsung makan banyak, makanan tidak akan dicerna dengan baik, berat badan bertambah. Tubuh juga butuh waktu sekitar 20 menit untuk merasakan kenyang setelah makan, jadi harus ditunggu, jangan langsung kalap. Semoga berguna, ya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemkominfo Siapkan Satelit untuk Perkuat Sinyal Daerah Terpencil

Posted: 23 May 2018 09:57 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) melalui Badan Aksesibilitas Komunikasi dan Informatika (Bakti) tengah menyiapkan satelit multifungsi demi mendukung pemerataan sinyal di daerah 3T (Terpencil, Terdepan, Tertinggal).

"Indonesia itu banyak lokasi terpencil, terluar. Makanya pemerintah harus hadir. Kami menciptakan skema bagaimana layanan telekomunikasi harus hadir di daerah terpencil," ucap Anang Latif, Direktur Utama Bakti, di Jakarta (24/5/2018) pada acara Indonesia LTE Conference 2018.

Satelit multifungsi disiapkan agar jaringan daerah terpencil tidak selalu 2G, dan dapat mengejar perkembangan teknologi di kota besar. Tercatat, ada 149 ribu daerah terpencil yang masih kesulitan sinyal.

"Satelit multifungsi akan diadakan tahun ini. Ada lebih dari 140 ribu titik yang secara teknis tak bisa dijangkau secara terestrial dan fiber optic, sehingga satu-satunya solusi adalah satelit," ujar Anang.

Hal ini diharapkan bisa membantu aspek-aspek kehidupan seperti birokrasi dan edukasi di daerah 3T.

"Pada 2012 (di sebuah daerah 3T) ditanya siapa presidennya, dijawab Gus Dur. Ini merupakan ketertinggalan informasi karena mereka tidak menerima siaran langsung di Indonesia," cerita Anang.

Masyarakat di daerah yang belum memiliki sinyal juga curhat pada Kemkomindo karena ketiadaan sinyal membuat mereka kesulitan berhubungan dengan kerabat yang merantau.

Setelah terbangunnya infrastruktur telekomunikasi, maka pemerintah akan memasuki pembangunan ekosistem digital.

"Kita kemudian fokus pada kementerian lain untuk mendukung e-Government, UNBK, lalu untuk layanan puskesmas juga kita dorong, dan lain-lainnya," jelasnya menambahkan.

Program Bakti Sesuai Nawacita

Jaringan internet dan situs pemerintah lumpuh akibat serangan siber di Venezuela (AFP)

Program pemerataan sinyal Bakti juga sesuai dengan visi Nawacita Presiden Joko Widodo, agar terciptanya layanan telekomunikasi berkualitas di daerah 3T.

Bakti sendiri berperan sebagai perancang skema agar para perusahaan telekomunikasi tertarik membangun di daerah 3T.

"Keyword kami adalah pemerataan. Bakti adalah scheme maker agar operator mau membuka layanan di daerah terpencil," kata Anang.

Ia menjelaskan badan yang ia pimpin memakai Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PKK-BLU).

"Ini semi BUMN, dan pemerintah masih mendominasi dalam pengambilan kebijakan," pungkasnya.

(Tom/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Perry Warjiyo Resmi Dilantik sebagai Gubernur BI

Posted: 23 May 2018 09:52 PM PDT

Suasana pelantikan Perry Warjiyo sebagai Gubernur BI di Gedung Mahkamah Agung, Jakarta, Kamis (24/5). Perry resmi menjabat sebagai Gubernur BI menggantikan Agus Martowardojo yang habis masa jabatannya. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Suasana pelantikan Perry Warjiyo sebagai Gubernur BI di Gedung Mahkamah Agung, Jakarta, Kamis (24/5). Perry resmi menjabat sebagai Gubernur BI menggantikan Agus Martowardojo yang habis masa jabatannya. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali saat memimpin pelantikan Perry Warjiyo sebagai Gubernur BI di Gedung Mahkamah Agung, Jakarta, Kamis (24/5). Perry resmi menjabat sebagai Gubernur BI menggantikan Agus Martowardojo. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali saat memimpin pelantikan Perry Warjiyo sebagai Gubernur BI di Gedung Mahkamah Agung, Jakarta, Kamis (24/5). Perry resmi menjabat sebagai Gubernur BI menggantikan Agus Martowardojo. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Ketua MA Hatta Ali menandatangani berkas pelantikan Perry Warjiyo sebagai Gubernur BI di Gedung Mahkamah Agung, Jakarta, Kamis (24/5). Perry resmi menjabat Gubernur BI menggantikan Agus Martowardojo. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Ketua MA Hatta Ali menandatangani berkas pelantikan Perry Warjiyo sebagai Gubernur BI di Gedung Mahkamah Agung, Jakarta, Kamis (24/5). Perry resmi menjabat Gubernur BI menggantikan Agus Martowardojo. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Perry Warjiyo (tiga kiri) foto bersama usai dilantik sebagai Gubernur BI di Gedung Mahkamah Agung, Jakarta, Kamis (24/5). Perry resmi menjabat sebagai Gubernur BI menggantikan Agus Martowardojo yang habis masa jabatannya. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Perry Warjiyo (tiga kiri) foto bersama usai dilantik sebagai Gubernur BI di Gedung Mahkamah Agung, Jakarta, Kamis (24/5). Perry resmi menjabat sebagai Gubernur BI menggantikan Agus Martowardojo yang habis masa jabatannya. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Kerabat memberikan selamat atas pelantikan Perry Warjiyo sebagai Gubernur BI di Gedung Mahkamah Agung, Jakarta, Kamis (24/5). Perry resmi menjabat sebagai Gubernur BI menggantikan Agus Martowardojo yang habis masa jabatannya. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho

Kerabat memberikan selamat atas pelantikan Perry Warjiyo sebagai Gubernur BI di Gedung Mahkamah Agung, Jakarta, Kamis (24/5). Perry resmi menjabat sebagai Gubernur BI menggantikan Agus Martowardojo yang habis masa jabatannya. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aktor Korea Selatan Kim Min Seung Meninggal Dunia Tiba-Tiba

Posted: 23 May 2018 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Industri hiburan Korea Selatan kembali diterpa kabar duka. Aktor sekaligus model Kim Min Seung dikabarkan meninggal dunia.

Dilansir dari Soompi, Kamis (24/5/2018), Kim Min Seung meninggal dunia pada Minggu, 20 Mei 2018. Penyebab kematian Kim Min Seung ini pun tidak diungkapkan.

Jenazah Kim Min Seung disemayamkan di salah satu rumah sakit di Suwon pada 22 Mei 2018.

Prosesi pemakaman tersebut hanya dihadiri oleh keluarga, kerabat, dan teman-temannya.

Membenarkan

Kim Min Seung. (Kpop Chart)

Seorang kenalannya membenarkan kabar duka ini. "Aku berharap dia beristirahat dalam damai di mana pun dia berada sekarang. Semakin aku memikirkan ini, semakin sakit hatiku," tuturnya seperti yang dilansir dari Allkpop.

Model dan Akting

Kim Min Seung (Never/Osen)

Kim Min Seung diketahui debut pertama kali sebagai model pada 1994. Aktor kelahiran 1971 itu langsung membuktikan dirinya sebagai model ternama dengan memenangkan GV2 dan Basic Model Award pada tahun debutnya. Setahun kemudian, yakni pada 1995, Kim Min Seung memenangkan penghargaan untuk Rookie Award bersama Lee Seo Jin.

Setelah itu, Kim Min Seung mulai turun ke dunia akting. Selain berakting di panggung teater, ia juga membintangi sejumlah film layar lebar. Kim Min Seung pernah bermain di film Before Summer Goes Away, Top Star, Battlefield Heroes, Pain, dan Mission: Steal the Top Star pada 2015. Dia juga membintangi drama Mask.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bertemu, Prabowo Belajar Menangkan Pemilu ke Anwar Ibrahim?

Posted: 23 May 2018 09:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto mengunjungi kediaman tokoh oposisi Malaysia Datuk Seri Anwar Ibrahim di Bukit Segambut, Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa 22 Mei 2018 lalu.

Anggota Badan Komunikasi DPP Gerindra, Andre Rosiade mengatakan, pertemuan Prabowo-Anwar Ibrahim merupakan ajang silaturahim.

"Yang dibahas itu simple. Pertama, tentu mengucapkan dulu kepada Pak Anwar yang sudah bebas dari penjara, karena mereka kan dua sahabat lama ya. Kedua, tentu mengucapkan selamat juga bagaimana koalisinya yang dipimpin Pak Anwar Partai Pakatan Rakyat bisa menang melawan Barisan Nasional. Sesama partai oposisi tentu mengucapkan selamat," kata Andre saat dihubungi Merdeka.com, Kamis (24/5/2018).

"Ketiga, tentu membicarakan bagaimana hubungan Malaysia dan Indonesia ke depan akan jauh lebih baik. Ya brainstorming lah antara dua tokoh politik ini," tambah dia.

Dia tak menampik jika Prabowo belajar dari resep Anwar sebagai bagian oposisi yang memenangkan Pemilu Malaysia 2019 setelah menumbangkan Najib Razak yang berkuasa sejak lama.

"Tentu ada diskusi-diskusi brainstorming yang saya bilang. Dua tokoh ini bicara banyak hal," tandas Andre.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Doakan yang Terbaik

Andre menambahkan, soal Pilpres 2019 Indonesia, Gerindra yakin mantan Wakil Perdana Menteri Malaysia itu mendoakan yang yang terbaik bagi Bangsa Indonesia.

"Yang jelas kami meyakini Pak Anwar akan dukung yang terbaik bagi Bangsa Indonesia, yang terbaik bagi Bangsa Indonesia tentunya adalah perubahan Rezim dari Pak Jokowi ke Pak Prabowo di 2019," ucap Andre.

Reporter: Muhammad Genantan Saputra 

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal MotoGP Italia 2018, Marquez Lanjutkan Dominasi?

Posted: 23 May 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Mugello - Hingga seri kelima, persaingan dalam perebutan gelar juara dunia MotoGP 2018 hanya jadi milik Marc Marquez. Tak heran jika pada MotoGP Italia di Sirkuit Mugello, 3 Juni 2018, diprediksi akan kembali jadi milik pembalap Repsol Honda itu.

Sebelumnya, Marc Marquez kembali menunjukkan dominasinya pada MotoGP Prancis di Sirkuit Le Mans. Pembalap Repsol Honda itu tampil sebagai pemenang setelah menuntaskan balapan 27 lap dengan waktu 41 menit 49,773 detik.

Itu adalah kemenangan ketiga beruntun Marquez di MotoGP 2018. Keunggulannya di klasemen pembalap pun semakin menjadi-jadi. Kini, The Baby Alien memuncaki klasemen dengan koleksi 95 poin, terpaut 36 poin dari Maverick Vinales yang jadi pesaing terdekat.

Kini, perhatian publik bakal tertuju pada MotoGP Italia. Ini adalah tempat di mana Valentino Rossi sempat menorehkan tujuh kemenangan beruntun. Namun, sejak musim 2009, pembalap Movistar Yamaha itu tak pernah lagi mengukir kemenangan di Mugello.

Jadwal MotoGP Italia

1 Juni 2018

FP1: 14.55-15.40 WIB

FP2: 19.05-19.50 WIB

 

2 Juni 2018

FP3: 14.55-15.40 WIB

FP4: 18.30-19.00 WIB

Q1: 19.10-19.25 WIB

Q2: 19.35-19.50 WIB

 

3 Juni 2018

WUP: 14.40-15.00 WIB

Balapan: 19.00 WIB

Klasemen MotoGP 2018

1. Marc Marquez (Repsol Honda) 95 poin

2. Maverick Vinales (Movistar Yamaha) 59 poin

3. Johann Zarco (Movistar Yamaha) 58 poin

4. Valentino Rossi (Movistar Yamaha) 56

5. Danilo Petrucci (Pramac Ducati) 54

6. Jack Miller (Pramac Ducati) 49

7. Andrea Iannone (Suzuki) 47

8. Cal Crutchlow (LCR Honda) 46

9. Andrea Dovizioso (Ducati) 46

10. Dani Pedrosa (Repsol Honda) 29

11. Tito Rabat (Avintia Racing) 24

12. Alex Rins (Suzuki) 22

13. Pol Espargaro (KTM) 18

14. Jorge Lorenzo (Ducati) 16

15. Franco Morbidelli (Marc VDS) 16

16. Aleix Espargaro (Aprilia) 13

17. Hafizh Syahrin (Yamaha Tech 3) 13

18. Alvaro Bautista (Angel Nieto Team) 12

19. Takaaki Nakagami (LCR Honda) 10

20. Mika Kalilo (KTM) 6

21. Scott Redding (Aprilia) 5

22. Bradley Smith (KTM) 5

23. Karel Abraham (Angel Nieto Team) 1

24. Thomas Luthi (Marc VDS) -

25. Xavier Simeon (Avintia) -

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Intip Kerennya Penampakan Bandara Kertajati

Posted: 23 May 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Kertajati - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengoperasian Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau dikenal dengan Bandara Kertajati pada Kamis (24/3/2018). Bandara ini berlokasi di Kertajati, Majalengka, Jawa Barat.

Bandara Kertajati menjadi bandara terluas ke-2 di Indonesia setelah Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Cengkareng, Tangerang, Banten.

Luas lahan BIJB mencapai 1.800 hektare (ha) dan memiliki landas pacu atau runway berukuran 2.500x60 meter. Runway tersebut akan diperpanjang menjadi 3.000x60 meter. Dengan kapasitas bandara melayani 5,6 juta penumpang pada tahap pertama.

Sejumlah fasilitas selesai dibangun antara lain pembangunan tower ATC, runway, taxiway (jalan penghubung landasan), apron jalan GSE dan semua sarana di sisi udara.

Fasilitas bandara terdiri dari runway 2.500 mx60 m, paralel taxiway 2.750 mx25 m, cross taxiway 1.180 mx25 m, serta apron 576 mx151 m yang mampu menampung empat jet wide boy sekelas Boeing B777 atau Airbus A330 dan enam jet narrow body sekelas B737 NG atau A320.

Bandara Kertajati akan dilengkapi dengan jalur kereta bandara untuk menarik minat dan mempersingkat waktu penumpang dari Jakarta maupu Bandung.

"Nantinya kereta ini akan membawa penumpang dari Stasiun Gambir menuju Bandara Kertajati dalam waktu kurang dari dua jam. Kereta akan melalui Bekasi Timur, Cikarang, Karawang dan Cikampek," ujar Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso, seperti ditulis Kamis pekan ini.

Mengutip laman PT BIJB, bandara internasional yang terletak di Kertajati, sekitar 68 km dari Bandung, ibu kota Jawa Barat. Aksebilitas bandara ini terjamin dengan ada jalan raya dan kereta api yang menghubungkan Bandung, Kertajati dan Cirebon.

Selain itu, jalan tol Cisumdawu untuk hubungkan Bandung dan Kertajati. Jalan tol Cipali yang menghubungkan Kertajati dan kawasan industri Karawang, dan juga jalur jalur menuju pelabuhan Cirebon

Pemerintah Provinsi Jawa Barat juga akan memberangkatkan calon jemaah haji melalui Bandara Kertajati. Bandara itu dilengkapi ruang tunggu haji dan umrah eksklusif seluas 1.300 meter persegi serta 12 ruang salat.

Tak hanya itu, di dalam Bandara Kertajati juga memiliki fasilitas lengkap. Dari pantauan Liputan6.com terdapat area bermain untuk anak-anak, tempat ruang tunggu yang nyaman. Bahkan dilengkapi seperti pohon berbentuk setengah kubah berwarna putih. Hal itu menambah keindahan interior di Bandara Kertajati.

Ditambah bangku yang nyaman untuk penumpang di ruang tunggu. Tak hanya itu juga ada  karya seni berupa patung di bandara tersebut. Selain itu juga dihiasi dengan motif batik megamendung di dalam bandara Kertajati.

Ingin lihat megahnya interior di dalam Bandara Kertajati? Yuk intip foto-foto ini:

 

Intip interior Bandara KertajatiIntip interior Bandara KertajatiIntip interior Bandara Kertajati

Intip Fasilitas di Bandara Kertajati

Intip fasilitas Bandara KertajatiIntip fasilitas Bandara KertajatiIntip fasilitas Bandara Kertajati

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Singgung Wanita Lain, Elly Sugigi Kembali Diselingkuhi Berondongnya?

Posted: 23 May 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Hubungan Elly Sugigi dan Irfan Sbaztian kembali diterpa isu tak sedap. Elly Sugigi kabarnya kembali diselingkuhi oleh berondongnya tersebut.

Gosip itu merebak karena koordinator penonton bayaran itu mengungkapkan isi hatinya di Instagram Story.

Dalam unggahan itu, Elly Sugigi mengindikasikan adanya masalah antara dirinya dengan Irfan Sbaztian. Elly menyebut bahwa ada wanita lain, meski tak menyebut nama siapa pun dalam statusnya.

"Bahagia selalu buat kamu orang yang paling kusayangi. Semoga bahagia ya. Dengan wanita kamu saat ini. Saya selalu doakan yang terbaik buat kamu. Untuk mencintaimu, tidak berarti harus memilikimu," tulis Elly Sugigi.

Apakah ini pertanda hubungan Elly Sugigi dengan Irfan sudah berakhir? Lalu, apakah ada perempuan lain yang sekarang menghiasi hati Irfan yang cukup lama menjadi kekasihnya?

Untuk Siapa?

Elly Sugigi bersama pacarnya Irfan Sbaztian. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Atau apakah status ini ditujukan oleh Elly kepada orang lain dan bukan Irfan? Jika bukan, siapakah yang dimaksud oleh Elly pada status Insta Story-nya?

Merunut statusnya beberapa pekan lalu, Elly mengindikasikan bahwa hubungannya dengan Irfan sudah berakhir. Namun pada kenyataannya, ia masih pergi bersama Irfan dan bahkan meluncurkan line clothing bersama.

Pernah Diselingkuhi

Elly Sugigi © KapanLagi.com/Agus Apriyanto

Sebelumnya, Elly Sugigi pernah menikah dengan brondong Ferry Anggara. Isu perselingkuhan menjadi salah satu penyebab Elly Sugigi memilih untuk bercerai dari Ferry Anggara. (Wulan Noviarina/Kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Mudik, DPR Pertanyakan Kesiapan Transportasi dan Keamanan

Posted: 23 May 2018 09:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Dito Ganinduto mempertanyakan kesiapan angkutan lebaran, termasuk didalamnya segala fasilitas pendukung, serta pengamanan bagi pemudik. Hal tersebut terungkap dalam rapat dengar pendapat Komisi VI DPR dengan Deputi BUMN dan stakeholder terkait seperti PT KAI, DAMRI, Angkasa Pura I, Angkasa Pura II, Pelindo, PT ASDP dan Jasa Marga di ruang rapat Komisi VI DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (22/5/2018).  

"Kami mempertanyakan kesiapan para mitra kerja kami ini terkait dengan transportasi angkutan lebaran 2018 ini. Dan mereka menyatakan kesiapannya memberikan transportasi yang aman dan nyaman saat terjadi arus mudik, serta arus balik nanti,"ujar Dito.

Ditambahkan politisi dari Fraksi Partai Golkar ini, kesiapan itu tidak hanya menyangkut ketersediaan angkutan, serta fasilitas didalamnya namun juga sarana dan prasana pendukung lainnya yang juga harus dipersiapkan. Sebut saja Jasa Marga yang mengurusi akses jalan tol, di sini Jasa Marga juga harus mempersiapkan dan menyediakan rest area (tempat peristirahatan), bahkan juga ketersediaan bahan bakar dan bengkel. Untuk itu Jasa Marga juga harus bekerjasama dengan Pertamina serta perusahaan otomotif untuk menyediakan tenaga tambahan di tempat-tempat peristirahatan.

Tidak hanya itu, meski saat ini hampir seluruh ruas tol sudah menggunakan sistem E-Toll (kartu tol elektronik), namun untuk mencegah dan mengantisipasi kemacetan, Jasa Marga juga harus menyediakan personil tambahan untuk membantu para pemudik yang menggunakan ruas jalan tol tersebut.

Sementara itu pemerintah memprediksi akan adanya kenaikan jumlah penumpang atau pemudik pada arus mudik lebaran 2018 ini. Terkait hal tersebut Wakil Ketua Komisi VI DPR Azam Azman Natawijaya mengingatkan bahwa situasi ekonomi yang sedang sulit seperti saat ini, harus diantisipasi dengan peningkatan keamanan di seluruh pusat arus mudik pengguna transportasi. Pasalnya, kondisi ekonomi sulit dapat memicu kejahatan.

Pada kesempatan itu juga terungkap beberapa titik embarkasi dan jalur penyeberangan laut yang harus mendapat perhatian lebih, seperti Pelabuhan Bakauheni dan Pelabuhan Merak. Di titik-titik itu selain pengamanan keamanan yang harus diperkuat, juga perlunya penambahan ketersediaan lapangan parkir bagi pengguna kendaraan yang menunggu antrian masuk ke kapal.

Dalam RDP juga diungkapkan bahwa 92 BUMN menggelar Mudik Bareng 2018. Ini merupakan mudik bareng keempat kalinya yang digelar oleh BUMN. Pada tahun ini kegiatan Mudik Bareng akan dilaksanakan Sabtu 9 Juni 2018, flag off dilakukan di Pantai Carnaval Ancol Jakarta.

Secara keseluruhan pemudik sebesar 206.119 orang atau meningkat 74,45 persen. Dari Pulau Jawa ada 24 kota yang akan melakukan keberangkatan (naik 200 persen), dari luar Pulau Jawa sebanyak 37 kota atau meningkat 164,29 persen. Setidaknya ada 177 kota yang akan menjadi tujuan mudik, yakni di Pulau Jawa ada 75 kota tujuan, sementara di luar Pulau Jawa ada 102 kota tujuan.

Armada bus juga meningkat menjadi 3406 atau naik 77,40 persen, rangkaian kereta api sebanyak 37 atau naik 236,35 persen, kapal laut sebanyak 103 atau 472, 22 persen dan pesawat sebanyak 52 atau naik 116,67 persen.

 

 

(*)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pansus Bangun Konstruksi Hukum Baru pada UU Terorisme

Posted: 23 May 2018 09:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Saat ini Pansus DPR RI yang merumuskan revisi UU No.15/2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme (UU Terorisme) sedang membangun konstruksi hukum yang baru. Selain ada konten pencegahan juga ada tim pengawas, pemulihan korban, dan keterlibatan TNI.

Ketua Pansus RUU Terorisme Muhammad Syafi'i mengemukakan hal ini di sela-sela Rapat Tim Perumus RUU Terorisme di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (23/5/2018). Pada UU No.15/2003 kontennya hanya memuat penindakan. Dan ini sudah tak cukup lagi menampung kebutuhan hukum terkini. "Padahal, kita tahu penindakan ini tidak bisa menyelesaikan masalah. Selalu ada reproduksi teroris-teroris baru. Maka kita bangun konstruksi yang baru," katanya.

Pencegahan adalah isu penting dalam RUU Terorisme tersebut. Pencegahan yang dimaksud bisa berupa kesiapsiagaan nasional, kontra radikalisasi, dan deradikalisasi. Dengan aksi pencegahan, mereka yang terpapar atau terhasut para teroris, bisa mengurungkan niatnya melakukan teror di tengah masyarakat.

Sementara soal pelibatan TNI, Romo, begitu M. Syafi'i akrab disapa, RUU yang sedang dibahas ini telah membuka pintu. Sementara teknis pelibatannya diatur dalam Peraturan Presiden. TNI juga penting dilibatkan, karena skala gerakan terorisme terus meningkat. Konstruksi lainnya dalam RUU ini adalah dibentuknya tim pengawas. Pengalaman lalu, sering kali terjadi abuse of power dalam penanganan terorisme.

Tim pengawas inilah yang kelak akan memantau sejauhmana konsistensi aparat di lapangan dalam memerangi terorisme. Penegakan HAM tetap harus dikedepankan. Yang juga tak kalah pentingnya adalah pemulihan korban terorisme. Pada UU No.15/2003 korban terorisme hanya mendapat kompensasi dan restitusi.

"Sebelumnya, korban-korban teroris yang tidak berdosa itu hanya mendapat kompensasi dan restitusi. Di UU yang baru ini kita buat lebih detail. Selain pemulihan medis, ada pemulihan psikososial, pemulihan psikologi. Kompensasi dan restitusi tetap tidak dihilangkan. Semua korban teroris adalah tanggung jawab negara," jelas Romo.

 

 

(*)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Komisi X Pertanyakan Tentang Hasil Pemeriksaan BPK

Posted: 23 May 2018 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Komisi X DPR RI minta penjelasan Kepala Perpustakaan Nasional mengenai Laporan Ikhtisar Hasil Pemeriksaan BPK Semester II Tahun 2017, serta penjelasan terhadap berbagai temuan BPK RI. "Temuan-temuan itu utamanya terkait dengan sistem pengendalian intern (SPI) dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dari beberapa temuan tersebut," ucap Ketua Komisi X DPR RI Djoko Udjianto di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (23/5/2018).

BPK telah menyampaikan rekomendasi, sambungnya. Atas temuan dan rekomendasi yang disampaikan BPK.  "Komisi X ingin mendapatkan penjelasan tentang tindak lanjut yang belum dan yang telah dilakukan oleh Perpustakaan Nasional," ujarnya.

Terkait pelaksanaan dan daya serap kwartal I APBN TA 2018, lanjut Djoko, Kepala Perpusnas telah menyampaikan bahwa Perpusnas merencanakan realisasi pembayaran pelaksanaan APBN Tahun Anggaran 2018 sampai akhir tahun dapat lebih baik daripada Tahun Anggaran 2017.

"Melalui berbagai langkah untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas APBN 2018 daya serap yang tinggi menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi. Karenanya diperlukan percepatan pelaksanaan kinerja dan percepatan penyerapan anggarannya," ungkapnya.

"Pelaksanaan program dan anggaran harus transparan, akuntable, dan berdasarkan ketentuan. Komisi X ingin mendapatkan penjelasan dari sisi perencanaan dan pelaksanaan permasalahan dan penanganannya serta realisasi target kwartal I," tegas Djoko.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Perpusnas menyampaikan bahwa berdasarkan hasil pemantauan atas tindak lanjut Hasil Pemeriksaan BPK sampai dengan Semester II Tahun 2017 ada sebanyak 16 rekomendasi yang telah ditindaklanjuti dari 20 rekomendasi atau 80%. 4 rekomendasi masih dalam proses tindak lanjut.

"Nilai temuan yang direkomendasikan untuk disetor ke Kas Negara sebesar Rp1.334.005.999,01,- dan telah ditindaklanjuti sebesar Rp1.309.176.999,01,- atau 98%. Sisa temuan kerugian negara sebesar Rp24.829.000 merupakan denda keterlambatan yang belum terdapat perhitungan dan penyelesaian pekerjaannya," paparnya.

Atas hasil pemantauan tersebut, Kepala Perpustakaan Nasional telah mengambil beberapa langkah diantaranya adalah menginstruksikan kepada pengelola persediaan untuk melakukan stock opname barang persediaan secara periodik dan membuat berita acara di setiap akhir semester.

 

 

(*)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Komisi VIII Apresiasi Usulan Rekening Bersama Pembayaran Umrah

Posted: 23 May 2018 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Komisi VIII DPR RI mengapresiasi usulan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) untuk mengkaji penerapan escrow account (rekening bersama) dalam mekanisme pembayaran penyelenggaraan umrah. Usulan ini menjadi masukan Komisi VIII DPR RI, khususnya Panja yang sedang membahas revisi Undang-Undang Haji dan Umrah.

"Yang sudah berjalan selama ini dengan akad muwakklah melalui Kementerian Agama. Akan diatur ke arah sana, agar ke depan  menjadi sebuah jaminan bahwa penyelenggara umrah tidak melakukan kecurangan, bisa diatasi dengan adanya dana yang ditampung," kata Anggota Komisi VIII DPR RI Achmad Mustaqim di sela-sela RDPU Komisi VIII DPR RI dengan YLKI dan dua perusahaan umrah-haji PT. Thayiba Tora Tours and Travel dan PT Patuna Mekar Jaya di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (23/5/2018).

Meski demikian Mustaqim menyatakan, perlu kajian lebih jauh karena kaitannya dengan payung hukum yang saat ini pada posisi on progress Panja RUU Penyempurnaan Haji dan Umrah. Diharapkan masukan ini bisa diramu dan diformulasikan dalam penyempurnaan RUU Nomor 13 Tahun 2008 tentang Pelaksanaan Haji.

Politisi PPP ini juga mengapresiasi dicanangkannya gerakan '5 Pasti' para pengusaha umrah-haji, yaitu Pastikan Izin Travelnya, Pastikan Programnya, Pastikan Pesawatnya, Pastikan Akomodasi/Hotelnya dan Pastikan Visanya.

Selain itu, juga ia juga mengapresiasi Peraturan Menteri Agama Nomor 08 Tahun 2018 yang menetapkan Biaya Penyelenggaran Ibadah Umrah (BPIU) Referensi sebesar Rp20 juta dan Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) wajib memberangkatkan jamaah umrah paling lambat 6 bulan setelah pendaftaran, serta PPIU hanya menerima pelunasan BPIU paling lama 3 bulan sebelum waktu keberangkatan serta Sistem Informasi Pengawasan Terpadu Umrah dan Haji (Sipatuh).

Menurut Mustaqim, dengan beberapa hal itu para penyelenggara umrah menilai akan memberikan nuansa baru, agar penyelenggaraannya ke depan lebih baik, akuntabel dan tidak menimbulkan kegagalan bagi jemaah yang mau umrah.

Menjawab pertanyaan mengenai kewajiban edukasi kepada masyarakat agar tidak tertipu travel nakal, Mustaqim mengatakan bahwa kewajiban itu tidak melekat hanya pada satu institusi saja seperti Dirjen Umrah Haji yang SDM-nya sangat terbatas. Padahal tugasnya mengawasi penyelenggaraan umrah yang jumlahnya mencapai 1 juta orang.

"Anggota Komisi VIII DPR pun secara pribadi juga melakukan edukasi tentang umrah yang baik dan benar. Saat mengunjungi dapil, kami juga selalu mengedukasi masyarakat, bahkan seluruh elemen masyarakat secara bersama-sama ikut memberi pemahaman agar terhindar dari penipuan," pungkas dia.

 

 

(*)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Uniknya Alquran Mini dengan Tinta Emas

Posted: 23 May 2018 09:31 PM PDT

Kyai Tubagus Muhammad Tamyiz menunjukkan Alquran mini di Masjid Jami Darusalam, Sukaraja, Bogor, Kamis (24/5). Alquran mini itu seluruh aksaranya ditulis tangan menggunakan tinta emas serta ditulis di atas lembaran kulit kayu. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Kyai Tubagus Muhammad Tamyiz menunjukkan Alquran mini di Masjid Jami Darusalam, Sukaraja, Bogor, Kamis (24/5). Alquran mini itu seluruh aksaranya ditulis tangan menggunakan tinta emas serta ditulis di atas lembaran kulit kayu. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Kyai Tubagus Muhammad Tamyiz menunjukkan Alquran mini bertinta emas di Masjid Jami Darusalam, Bogor, Kamis (24/5). Alquran mini tersebut benda bersejarah peninggalan pahlawan zaman kolonial, Pangeran Wijaya Kusuma. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Kyai Tubagus Muhammad Tamyiz menunjukkan Alquran mini bertinta emas di Masjid Jami Darusalam, Bogor, Kamis (24/5). Alquran mini tersebut benda bersejarah peninggalan pahlawan zaman kolonial, Pangeran Wijaya Kusuma. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Kyai Tubagus Muhammad Tamyiz membaca Alquran mini bertinta emas dengan bantuan kaca pembesar di Masjid Jami Darusalam, Sukaraja, Bogor, Jawa Barat, Kamis (24/5). Alquran mini tersebut berukuran 10 mm x 10 mm. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Kyai Tubagus Muhammad Tamyiz membaca Alquran mini bertinta emas dengan bantuan kaca pembesar di Masjid Jami Darusalam, Sukaraja, Bogor, Jawa Barat, Kamis (24/5). Alquran mini tersebut berukuran 10 mm x 10 mm. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Kyai Tubagus Muhammad Tamyiz menunjukkan Alquran mini di Masjid Jami Darusalam, Sukaraja, Bogor, Kamis (24/5). Alquran mini itu seluruh aksaranya ditulis tangan menggunakan tinta emas serta ditulis di atas lembaran kulit kayu. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Kyai Tubagus Muhammad Tamyiz menunjukkan Alquran mini di Masjid Jami Darusalam, Sukaraja, Bogor, Kamis (24/5). Alquran mini itu seluruh aksaranya ditulis tangan menggunakan tinta emas serta ditulis di atas lembaran kulit kayu. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Kyai Tubagus Muhammad Tamyiz membaca Alquran mini bertinta emas dengan kaca pembesar di Masjid Jami Darusalam, Bogor, Kamis (24/5). Alquran mini itu benda bersejarah peninggalan pahlawan zaman kolonial, Pangeran Wijaya Kusuma. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Kyai Tubagus Muhammad Tamyiz membaca Alquran mini bertinta emas dengan kaca pembesar di Masjid Jami Darusalam, Bogor, Kamis (24/5). Alquran mini itu benda bersejarah peninggalan pahlawan zaman kolonial, Pangeran Wijaya Kusuma. (Merdeka.com/Arie Basuki)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penangkapan Teroris dalam Sepekan

Posted: 23 May 2018 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pasca serangan bom di sejumlah wilayah di kota Surabaya, 13 Mei 2018 lalu, Densus 88 Antiteror Polri bergerak cepat. Mereka menangkap puluhan terduga teroris di berbagai daerah.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Mohammad Iqbal mengatakan, penangkapan dilakukan pada periode 13-20 Mei 2018. Ada 74 orang terduga teroris yang ditangkap dalam kurun waktu tersebut.

"Sebanyak 14 di antaranya tewas karena melawan petugas saat proses penangkapan," ujar Iqbal melalui keterangan tertulis, Jakarta, 22 Mei 2018.

Penangkapan terduga teroris terbesar dilakukan di wilayah Jawa Timur. Angkanya mencapai 31 orang, termasuk 4 di antaranya tewas dalam penyergapan Polri.

Selengkapnya dapat dilihat dalam Infografis di bawah ini:

Infografis penangkapan teroris dalam sepekan (Liputan6.com/Triyasni)

Pengejaran Guru Terduga Teroris

Polisi Gerebek rumah terduga teroris di Probolinggo. (Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Kepolisian masih terus memburu jaringan terduga teroris yang tergabung dalam kelompok Jamaah Anshorud Daulah (JAD), pascaledakan bom bunuh diri di Surabaya dan Sidoarjo.

Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin menegaskan, perburuan sel sel jaringan teroris, pihaknya hanya bersifat membantu, karena menjadi kewenangan Tim Densus 88 Antiteror.

Salah satu nama yang diburu adalah Cholid Abu Bakar, yang diduga menjadi guru atau pemimpin pengajian dari tiga teroris di Surabaya dan Sidoarjo yang tewas, yakni Dita Oepriarto, Tri Murtiono, dan Anton Ferdiantono.

"Sudah, kita sudah bergabung semuanya, komponen bergabung dari Polda dan Densus," tambahnya.

Surabaya Kembali Normal

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini memberikan penghargaan kepada Aloysius Bayu Rendra dan korban bom di gereja Surabaya.

Machfud Arifin meyakini, 10 hari pascatragedi bom bunuh diri, suasana di Surabaya sudah kembali normal. Aspek perekonomian juga sudah menggeliat, jalan jalan kembali macet.

"Kita melihat, masyarakat Jawa Timur sudah pulih kembali, mengggeliat kembali, jalan jalan sudah pada macet ya, sudah normal kembali lah, kita bangkit untuk melawan ini," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Rumah Ibadah ini Berdampingan Mesra di Bali

Posted: 23 May 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Nusa Dua - Sore itu suasana di Puja Mandala ramai pengunjung keluar masuk pusat peribadatan di Nusa Dua Bali itu. Rupanya mereka usai melakukan ibadah di lokasi tersebut. Namun, ada pemandangan menarik di sana.

Pengunjung yang melakukan ibadah di Puja Mandala berasal dari beragam agama, hal itu terlihat dari pakaian mereka gunakan.

Jangan heran, di Puja Mandala memang berdiri lima tempat ibadah seperti masjid, gereja katolik, gereja prostestan, wihara, dan pura.

Pusat peribadatan (Puja Mandala) ini dibangun sejak 1994 dan mulai digunakan pada tahun 1997. Kendati berdampingan dan sering menggelar acara keagamaan secara berbarengan, tetapi tidak pernah ada gesekan yang menimbulkan keributan di komplek peribadatan tersebut.

Menjaga Toleransi dengan Gotong Royong

warga saat usai melakukan ibadah di masjid Ibnu Batutah yang ada di puja mandala (Liputan6.com/Dei Divianta)

Haji Muhamad Jumali, Pengurus di Masjid Ibnu Batutah yang berada di pusat beribadatan Puja Mandala menceritakan tentang toleransi yang sangat tinggi itu terjalin sudah bertahun-tahun lamanya.

"Kita di sini Puja Mandala tidak pernah ada masalah. Bahkan, kerjasama kita lebih baik," kata Haji Jumali ditemui Liputan6.com di pusat peribadatan Puja Mandala, Nusa Dua, bali, Kamis (24/5/2018).

Menurutnya, antar umat beragama di Puja Mandala memiliki kerjasama yang sangat baik. Jelang ada kegiatan di sana masing-masing pengurus dari rumah ibadah mengadakan pertemuan dan melakukan koordinasi untuk kelancaran kegiatan berlangsung.

"Kita memang ada paguyubannya. Biasanya setiap akan ada acara keagamaan kita rapat dulu. Apabila di gereja sedang ada kebaktian dan ramai kebetulan di masjid parkirnya masih ada, kita persilahkan jemaat gereja menggunakan parkirnya. Pemuda-pemuda masjidnya juga akan membantu," ujar pria keturunan Bugis itu.

Menariknya, Haji Jumali melanjutkan, pada suatu ketika kelima tempat ibadah itu pernah menggelar upacara agama berbarengan. Kendati bersamaan waktu itu tidak menjadi masalah.

"Pernah pada waktu itu kita di sini (Puja Mandala) bersamaan ada acara. Kita ada pengajian, di gereja kebaktian, sampai di Pura dan hampir semua menggunakan mikrofon. Tapi kita masing-masing tidak merasa terganggu," ujar dia.

Indahnya Perdamaian

Puja mandala di nusa dua bali (Liputan6.com/Dewi Divianta)

Di sisi lain, Heri seorang petugas keamanan di salah satu gereja di Puja Mandala mengaku merasa damai melihat kerukunan umat di Puja Mandala. Pria asal NTT yang sudah bekerja selama 1,5 tahun itu berharap kerukunan antar umat beragama ini terus berlanjut.

"Tentu sangat senang bisa beribadah berdampingan seperti ini. Walau kita beda-beda ibadah di tempat ini (Puja Mandala) tapi sebenarnya doa kita ditujukan untuk Tuhan yang sama," ujar dia.

Menurutnya, hampir setiap hari komplek peribadatan itu ramai pengunjung. Mulai dari pengunjung yang ingin beribadah hingga yang hanya datang untuk berwisata. "Banyak pengunjung dari luar Bali datang hanya untuk berfoto di tempat ini," ujar dia.

Puja Mandala berada di Jalan Nusa Dua, Bali. Untuk sampai ke tempat ini dari bandara butuh waktu 15-20 lewat tol Bali Mandara. Jika dari pusat kota Denpasar bisa ditempuh kurang lebih sekitar 30 menit. Tertarik datang ke Puja Mandala dan merasakan kedamaian beragama di Indonesia?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menhub: Selamat, Jabar Punya Bandara Terbesar ke-2 di RI

Posted: 23 May 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Majalengka - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan operasional Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat (Jabar). Bandara ini menjadi bandara kedua terbesar di Indonesia, setelah Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta).

"Selamat, Jabar memiliki bandara kedua terbesar setelah Bandara Soetta," kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di Bandara Kertajati, Kamis (24/5/2018).

Lebih jauh dijelaskannya, Bandara Kertajati akan terintegrasi dengan Pelabuhan Patimban dan sudah terkoneksi dengan jalur tol Cikopo-Palimanan (Cipali).

"Bandara ini tidak akan berdiri sendiri. Sekitar 40 km dari sini ada Pelabuhan Patimban yang besarnya sama seperti Tanjung Priok," ujar Budi Karya Sumadi.

Selain dikelilingi dengan proyek tersebut, Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) sepanjang 58 kilometer (km) juga akan segera dibangun sehingga dapat menjadi akses utama masyarakat dari arah Bandung menuju Bandara Kertajati.

"Potensi umrah dan haji masyarakat Jabar akan dimanfaatkan dengan baik," papar Budi Karya Sumadi.

 

Pesawat Kepresidenan Mendarat Perdana di Bandara Kertajati

Pesawat Kepresidenan mendarat perdana di Bandara Kertajati (Dok Foto: Ilyas Istianur Praditya/Liputan6.com)

Tepat pukul 09.30 WIB, Pesawat Indonesia 1 yang digunakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendarat di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau yang sering disebut Bandara Kertajati Majalengka. Ini menjadi penerbangan bersejarah (historical flight) di Bandara Kertajati setelah pengerjaannya rampung.

Mendampingi Jokowi dalam historical flight, yaitu Menteri Kordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan Djalil, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Tak selang berapa lama rombongan Presiden Jokowi mendarat dengan pesawat kepresidenan, tepat pukul 10.00 WIB, pesawat Garuda Indonesia menjadi pesawat ke-2 yang landing di Bandara Kertajati dengan mengangkut rombongan VIP.

"Kita harapkan Bandara Kertajati ini bisa memberikan pelayanan kepada seluruh warga Jawa Barat dan seluruh masyarakat Indonesia," kata Jokowi di Bandara Kertajati, Kamis (24/5/2018).

Dengan adanya bandara ini, Jokowi yakin akan menjadi titik pertumbuhan ekonomi baru di Jawa Barat. Selama ini, warga Jawa Barat hanya bisa dilayani melalui Bandara Husen Sastranegara, Bandung dan Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Untuk meningkatkan ekonomi Jawa Barat, Jokowi memastikan Bandara Kertajati ini akan terintegrasi dengan Pelabuhan Patimban. Tidak hanya itu, bandara tersebut saat ini telah terkoneksi dengan jalur tol Cipali.

"Kita ingin Bandara Kertajati ini terintegrasi dengan Pelabuhan Patimban yang jaraknya kurang lebih 40 km, sehingga integrasi ini bisa memberikan kemudahan pelayanan fasilitas investor masuk. Dengan itu, harapannya pertumbuhan ekonomi Jawa Barat bisa meningkat," papar Jokowi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Prilly Latuconsina Kurangi Tampil di TV Selama Ramadan

Posted: 23 May 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Artis muda berbakat Prilly Latuconsina mengurangi pekerjaan selama Ramadan tahun ini. Hal itu sengaja dilakukan agar dia bisa lebih fokus pada kuliahnya. Apalagi, selama Ramadan, banyak tugas kuliah yang harus dia selesaikan.

"Justru puasa tahun ini lebih ke pikiran, karena aku lagi ujian dan mau siapin presentasi. Aku sih capek mikir aja. Tapi enggak masalah, aku jalanin dengan baik," kata Prilly di Perpustakaan Nasional RI, Jakarta Pusat, Senin (21/5/2018).

Preskon Pernikahan Raditya Dika dan Anissa Aziza (Nurwahyunan/bintang.com)

Karena ingin fokus dengan kuliah, gadis berusia 21 tahun itu lebih memilih tidak mengambil tawaran untuk mengisi program Ramadan di televisi seperti dilakukannya tahun lalu.

"Kalau tahun lalu ada kerjaan buka puasa atau sahur pasti aku ambil, karena emang aku senang bisa menghibur orang pas buka puasa atau sahur. Kalau sekarang enggak bisa karena aku full mau fokus ujian," kata Prilly.

Meskipun tak mengambil pekerjaan selama bulan ramadan, banyak sekali momen berharga yang didapat oleh pemain film Danur itu. Salah satunya berkumpul bersama keluarga di rumah. Selain itu dia juga bisa fokus beribadah selama bulan ramadan.

"Jujur aku tahun lalu nggak dapat tarawih sama sekali. Ngisi acara buka, sampe rumah udah malam banget, udah capek banget jadi enggak dapet tarawih. Sekarang pulang jam 8 malam, jadi jam 9 malem bisa tarawih sendiri," tandas Prilly Latuconsina.

 

Reporter: Fikri Alfi Rosyadi/Kapanlagi.com

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Final Liga Champions: Resep Mohamed Salah Jelang Lawan Real Madrid

Posted: 23 May 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Kiev - Dalam final Liga Champions 2017/2018 antara Real Madrid dan Liverpool, akan ada dua pemain yang jadi pusat perhatian. Mereka adalah Cristiano Ronaldo dan Mohamed Salah. Tapi, rasa penasaran publik jelas lebih besar soal salah.

Bagi jagat sepak bola dunia, Mohamed Salah adalah salah satu alasan Liverpool tampil mengejutkan hingga melaju ke final Liga Champions. Pergerakan dan nalurinya di lapangan benar-benar jadi senjata andalan Liverpool di kompetisi tersebut.

Tak ada yang menyangka pemain asal Mesir itu mampu menciptakan perbedaan di musim perdananya bersama The Reds. Faktanya, berbagai prestasi sudah ditorehkan pemain yang diboyong dari AS Roma dengan mahar 40 juta euro tersebut.

Prestasi terbesar Mohamed Salah jelas menyabet predikat Top Scorer Liga Inggris 2017/2018. Kini, magis Salah diharapkan bisa membawa Liverpool merebut gelar Liga Champions keenam mereka saat melawan Madrid di NSK Olimpijs'kyj, Minggu (27/5/2018) dinihari WIB.

"Semua orang di sekitar saya sangat bersemangat untuk memenangkan Liga Champions. Tapi, langkah terpenting adalah selama 90 menit kami harus berjuang sangat keras untuk memenangkan pertandingan. Hal yang sama berlaku untuk Piala Dunia," kata Salah, dikutip The National.

 

Tetap Santai

Pemain Liverpool, Mohamed Salah usai mencetak gol ke gawang AS Roma pada leg pertama semifinal Liga Champions di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Selasa (24/4). (AP Photo/Rui Vieira)

Di musim ini, banyak yang menilai bahwa Salah telah menciptakan banyak keajaiban. Bersama Liverpool, ia mampu mengoleksi 44 gol dan 16 assist dari 51 pertandingan. Ia juga membawa Timnas Mesir lolos ke Piala Dunia untuk kalu pertama setelah 28 tahun.

"Sedangkan untuk Liga Champions, saya tak bisa memberi tekanan lebih pada diri saya sendiri. Saya harus memainkannya sebagai pertandingan normal. Tentu ini berbeda karena ini adalah final Liga Champions. Tapi, cara terbaik adalah dengan santai, santai, dan menikmati permainan," jelas Salah.

Terlepas dari hal tersebut, kehebatan Salah di musim ini menimbulkan banyak ketertarikan dari beberapa klub top Eropa. Bahkan, kabarnya Los Blancos pun siap meminang pemain berusia 25 tahun itu di musim panas 2018.

 

Rapor Gol Salah di Setiap Klub

Arab Contranctors: 12 gol dan enam assist dari 44 laga

Basel: 20 gol dan 17 assist dari 79 laga

Chelsea: 2 gol dan 4 assist dari 19 laga

Fiorentina: 9 gol dan 4 assist dari 26 laga

AS Roma: 34 gol dan 24 assist dari 84 laga

Liverpool: 44 gol dan 16 assist dari 51 laga

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Shinta Bachir Ungkap Alasannya Buka Tutup Hijab

Posted: 23 May 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Artis peran Shinta Bachir sempat menuai pro kontra akibat penampilannya yang sering berubah-ubah. Ada saatnya dia berpenampilan islami dengan mengenakan hijab, namun ada kalanya juga dia menanggalkannya.

Dan beberapa bulan terakhir, artis yang terkenal dengan citra seksi ini kembali mengenakan hijab dalam kesehariannya. Hal ini tentunya membuat sebagian orang bertanya, mengapa dia memakai dan melepas jilbab.

Diutarakan Shinta Bachir, sebelumnya ia memang masih ragu. Ia sempat diliputi rasa takut bahwa dengan berhijab, maka rezekinya sebagai entertainer akan berkurang.

"Kalau dulu saya ketakutan tidak dapat rezeki. Kalau sekarang alhamdulillah Allah kasih rezeki lewat jalan lain," ucap Shinta Bachir saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (23/5/2018).

Menerima Shinta

Shinta Bachir. (Instagram/shintabachir86_real)

Dan itu terbukti, industri hiburan pun dengan tangan terbuka menerima penampilan baru Shinta Bachir dengan hijabnya.

"Iya insyaallah sih. Kayak kemarin kan ftv, sinetron stripping, responsnya 'Oh shinta bachir udah pakai hijab ya' dan saya memang dari diri saya sendiri. Dan bismillah kayaknya sudah bisa terima saya main lagi di sinetron atau di TV tapi pakai jilbab," imbuhnya.

Doa

Tekad Shinta Bachir untuk kembali berhijab kian mantap. (Muhammad Akrom Sukarya/Kapanlagi.com)

Ia juga meminta doa dan berharap agar konsistensinya dalam berhijab tetap terjaga dan tak tergoyahkan lagi dengan alasan apa pun.

"Ini awal 2018 juga saya kembali dan semoga saya minta doanya. Semoga ini yang terakhir, jangan sampai saya buka (jilbab) lagi," tandasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenal Karakter Meghan Markle yang Sesungguhnya dari Tulisan Tangan

Posted: 23 May 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Meghan Markle kini makin dikenal orang di seluruh dunia setelah resmi menjadi bagian keluarga Kerajaan Inggris. Selama tampil di hadapan publik, orang mengenalnya sebagai sosok yang ramah, murah senyum dan punya percaya diri yang tinggi. Namun, seperti apa karakter sesungguhnya dari istri Pangeran Harry ini?

Beberapa pakar yang bisa menganalisis tulisan tangan mencoba menguak karakter Meghan Markle. Salah satunya analis tulisan tangan forensik yang kompeten, Sheila Lowe.

Sheila menganalisis tulisan tangan Meghan saat menuliskan ucapan terima kasih untuk salah satu penggemarnya pada Maret 2016. Namun, agak sulit bagi Sheila menganalisis tulisan tangan wanita yang sempat membintangi serial televisi Suits ini.

"Agak sulit untuk menganalisis karena itu bukan cara menulisnya yang asli, sehingga seperti memakai 'topeng'," katanya mengutip laman Town and Country Mag, Kamis (24/5/2018).

 

Dalam surat tersebut, Meghan menulis sambung menggunakan pena tinta hitam dengan begitu indahnya.

Sebelum menjadi seorang aktris, Meghan Markle pernah mempelajari seni menulis indah dengan pena (kaligrafi). Bahkan, kemampuannya menulis indah digunakan untuk menghasilkan uang. Salah satunya menulis undangan pernikahan.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

Meghan pintar mengontrol emosi

Duchess of Sussex, Meghan Markle menghadiri pesta kebun Istana Buckingham di London, Selasa (22/5). Royal hat senada dari Philip Treacy juga tak kalah menjadikan Meghan Markle tampil mengagumkan. (Dominic Lipinski/Pool Photo via AP)

Walau begitu, Sheila menuturkan kemampuan seseorang menulis indah itu pun sudah bisa bisa menunjukkan sesuatu.

"Seseorang yang menggunakan bentuk tulisan indah berarti dia sangat memikirkan penampilannya. Ia ingin menunjukkan kepada dunia hal-hal yang indah. Ia ingin sempurna," kata Sheila soal tulisan tangan itu.

Dari tulisan tangan Meghan itu, Sheila mencatat beberapa hal. Salah satunya, wanita kelahiran 4 Agustus 1981 ini terkadang merasa tak nyaman, tapi dia pintar mengontrol emosi.

"Dia memiliki emosi yang kuat tapi dia bekerja keras untuk mengendalikan hal itu," terang Sheila.

 

Cocok jadi anggota keluarga kerajaan

Meghan Markle (FOTO:AFP/Jonathan Brady)

Wanita yang pernah bermain dalam serial televisi Suits ini juga berorientasi untuk orang lain, tapi sedikit pemalu. Dia pun bekerja keras melawan hal itu dan meningkatkan rasa percaya dirinya.

Di sisi lain, ada karakter Meghan yang rupanya membuatnya bisa lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan kerajaan.

"Ia nyaman dengan sorotan walau dia sedikit pemalu, ia suka menjadi pusat perhatian. Ia juga suka formalitas, dan suka akan hal-hal indah. Tampaknya, kehidupan istana cocok untuknya," tutup Sheila.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Berobat di Klinik Ini Cukup Bayar dengan Mengaji

Posted: 23 May 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menyambut Ramadan, sebuah klinik memberikan tarif gratis pada masyarakat. Pasien hanya diminta mengaji saja 1 juz.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

LG Q7 Melenggang dengan 3 Varian, Ini Keunggulannya

Posted: 23 May 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - LG dilaporkan baru saja merilis tiga smartphone anyar yang masuk dalam seri Q. Sekadar informasi, seri Q merupakan perangkat kelas menengah yang dirilis pertama kali tahun lalu.

Dikutip dari Phone Arena, Kamis (24/5/2018), smartphone bernama Q7 ini hadir dengan sejumlah pembaruan dari seri sebelumnya. Beberapa di antaranya adalah kemampuan kamera dan audio.

Disebut memiliki kemampuan lebih baik, karena LG menyertakan kamera utama beresolusi 13MP. Sementara untuk kebutuhan selfie, Q7 memiliki kamera depan beresolusi 8MP atau 5MP dengan lensa wide angle 100 derajat.

Smartphone ini juga sudah memiliki fitur DTS:X untuk memberikan pengalaman mendengarkan virtual 3D surround sound. LG juga menyematkan sertifikasi IP68 sehingga perangkat ini anti debu dan air.

Q7 memiliki ayar berukuran 5,5 inci beresolusi FHD+ dengan aspek rasio 18:9. Untuk spesifikasi, perangkat ini dibekali dengan chipset octa-core 1,5GHz atau 1,8GHz, RAM 3GB, dan memori internal 32GB.

Selain Q7, LG juga memperkenalkan Q7+ dan Q7α. Kedua smartphone ini memiliki spesifikasi yang hampir mirip dengan Q7, tetapi ada sejumlah faktor pembeda.

Untuk Q7+, smartphone ini hadir dengan RAM 4GB dan memori internal 64GB yang dapat diperluas dengan memori eksternal. Memiliki kamera utama 16MP, smartphone ini hadir dengan kamera depan 8MP atau 5MP.

Sementara, Q7α hadir dengan RAM 3GB, memori internal 32GB, kamera utama 13MP, dan kamera depan 5MP. LG juga menyertakan baterai berkapasitas 3.00mAh dan menjalankan Android 8.0 Oreo untuk ketiga varian tersebut.

Jadwal Rilis Q7

Tampilan LG Q7 yang baru rilis (sumber: LG)

Rencananya, Q7 akan mulai tersedia bulan depan di sejumlah pasar Eropa mulai bulan depan. Selanjutnya, smartphone ini akan mulai menyambangi pasar Amerika dan Asia.

Nantinya, spesifikasi yang ditawarkan akan berbeda tergantung dari masing-masing pasar. Q7 dan Q7+ akan hadir dengan tiga pilihan warna, yakni aurora black, moroccan blue, dan lavender violet.

Adapun khusus untuk Q7α, smartphone ini hanya memiliki satu pilihan warna, yakni moroccan blue. Sebagai tambahan, ketiga perangkat ini juga memiliki pemindai sidik jari yang diletakkan di bagian belakang.

LG G7+ ThinQ Bakal Meluncur ke Indonesia, Ini Spesifikasinya

LG G7+ ThinQ. Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani

Terlepas dari LG Q7, LG juga berencana untuk memboyong LG G7+ ThinQ ke Indonesia. Menurut Head of LG Mobile Communications Indonesia Hee-gyun Jang, LG G7+ ThinQ yang hadir merupakan perangkat dengan spesifikasi tertinggi.

Smartphone ini ditopang dengan chipset Snapdragon 845, RAM 6GB, dan memori internal 128GB. Menurut Jang, LG G7+ ThinQ bakal hadir sebagai perangkat pertama di Indonesia yang ditopang chipset Snapdragon 845. 

LG G7+ ThinQ didukung dengan layar 6,1 inci dan aspek rasio 19,5:9 FullVision dengan resolusi QHD+ (3.120x1.440 piksel). Aspek rasio yang diusungnya adalah yang terbesar di kelasnya.

Yang menarik, kata Jang, layar smartphone ini memiliki tingkat kecerahan hingga 1.000 nit saat berada di bawah cahaya matahari.

Sementara, saat kondisi normal, layar otomatis menggunakan tingkat kecerahan 500 nit. Meski cukup cerah, kata Jang, konsumsi dayanya digadang-gadang 30 persen lebih hemat dibandingkan LG G6.

LG G7+ ThinQ dibekali kamera berteknologi kecerdasan buatan (AI) yang bisa mengenali 19 mode, mulai dari orang, binatang peliharaan, matahari terbit dan tenggelam, laut, dan lain-lain.

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Andreas Hugo: RUU PDP Harus Menjadi Prioritas

Posted: 23 May 2018 09:28 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Anggota Komisi I DPR RI Andreas Hugo Pareira menegaskan masalah perlindungan data pribadi harus segera diselesaikan, agar masyarakat bisa tenang. Menurutnya, Rancangan Undang-Undang tentang Perlindungan Data Pribadi (RUU PDP) harus menjadi prioritas, dikarenakan Indonesia belum memiliki regulasi yang melindungi data pribadi masyarakat Indonesia.

Dalam rapat kerja lanjutan antara Komisi I DPR RI dengan Menteri Kominfo (Menkominfo) terkait penyalahgunaan Nomor Induk Kependudukan (NIK) di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (23/6/2018). Rapat ini sekaligus menyelesaikan rapat yang sebelumnya diselenggarakan pada 19 Maret lalu, karena Menkominfo telah mendapatkan hasil investigasi mengenai penyalahgunaan NIK itu.

"Saya mengapresiasi kinerja Pak Menkominfo, karena telah berhasil berangsur-angsur menyelesaikan masalah ini. Sebelumnya ada perbedaan data yang cukup besar antara Kominfo dengan Dukcapil. Setelah ditelusuri, ternyata salah satunya adalah ketika di Dukcapil terdaftar, tapi di sistem registrasi operator gagal tersimpan," jelas Andreas.

Seperti diketahui, Kominfo memiliki data pelanggan kartu SIM sekitar 304 juta, sementara Ditjen Dukcapil memiliki data sebesar 350 juta. Selama ini, perbedaan selisih angka yang sangat signifikan tersebut dapat dipastikan adalah karena adanya kesalahan yang dilakukan pelanggan dalam melakukan registrasi kartu SIM. Selain adanya kesalahan tersebut, kegagalan sistem dalam melaksanakan registrasi dinyatakan sebagai permasalahan perbedaan data pelanggan tersebut.

"Kominfo telah memastikan akan melakukan pemblokiran mandiri terhadap nomor-nomor yang diindikasikan diregistrasi secara tidak benar dan tanpa hak. Sementara untuk RUU PDP juga sedang disiapkan dan sedang dalam proses harmonisasi," imbuh politisi PDI Perjuangan itu.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Malaysia Sita Uang Rp 420 Miliar dari Properti Najib Razak

Posted: 23 May 2018 09:27 PM PDT

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Kepolisian Diraja Malaysia telah menyita uang sekitar 120 juta ringgit (setara Rp 420 miliar) dari enam properti pribadi mantan Perdana Menteri Najib Razak dalam kaitan skandal megakorupsi 1MDB.

Dilansir dari laman the Channel News Asia, Kamis (24/5/2018), uang tunai itu ditempatkan dalam 15 kotak dan dibawa ke Bank Sentral, kata sumber kepolisian.

Sumber lain juga mengatakan kepada harian The Star, kepolisan di Kuala Lumpur menghitung jumlah uang itu dibantu dari lembaga lain seperti bank sentral dan Bank Negara Malaysia.

"Perhitungannya meliputi berbagai mata uang berbeda jadi prosesnya cukup lama."

"Polisi juga harus mencatat tiap lembar cek yang disita," ujar sumber itu seperti dikutip The Star.

Sejak Senin lalu petugas kepolisian telah mulai menghitung jumlah uang. Inspektur Polisi Muhamad Fuzi Harun membenarkan proses perhitungan uang itu belum selesai.

"Kami harus diberi waktu untuk menyelidiki kasus itu," kata dia.

Sementara itu, saat berita ini turun, Najib Razak kembali menjalani pemeriksaan oleh Komisi Anti-Korupsi Malaysia (MACC) terkait dugaan skandal 1MDB.

 

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bjb Syariah Jemput Bola Pembukaan Rekening dengan Jemput Maslahah  

Posted: 23 May 2018 09:26 PM PDT

Liputan6.com, Bandung  

Jemput Maslahah merupakan salah satu produk andalan bank bjb syariah. Produk unggulan tersebut mempunyai keunggulan yang lebih banyak bila dibandingkan dengan produk layanan perbankan sejenis bank lain.

Direktur bank bjb syariah, Toto Susanto mengatakan, keunggulan yang dimiliki Jemput Maslahah adalah kemudahan bagi nasabah. Kemudahan tersebut tidak hanya didapat setelah menjadi nasabah, tapi juga sebelum seseorang menjadi nasabah.

"Kami memberi layanan mendatangi konsumen di mana pun dan kapan pun," tutur Toto melalui siaran pers, Selasa (22/5).

Toto menjelaskan, nasabah yang hendak membuka rekening tidak perlu repot datang ke bank, tapi cukup dengan menghubungi call center bank bjb syariah.

"Nanti marketing kami akan langsung mendatangi Anda di mana pun berada," ujarnya.

Bukan hanya buku rekening tabungan yang didapat, nasabah yang menghubungi call center untuk membuka tabungan juga akan langsung diberikan kartu ATM yang akan langsung aktif hanya dalam waktu 15 menit.

Keunggulan lain dari Jemput Maslahah adalah tersedianya aplikasi mobile banking. Menurut Toto, setelah membuka tabungan dan mengunduh mobile banking, nasabah akan langsung diperbolehkan bertransaksi dalam waktu 15 menit.

"Mobile banking Maslahah bukan hanya bisa digunakan untuk bertransaksi, tapi juga bisa mengubah PIN ATM. Biasanya bank lain untuk mengubah PIN ATM harus mendatangi ATM, itu salah satu keunggulan kami yang tidak dimiliki bank lain," ungkap Toto.

Transaksi yang bisa dilakukan tabungan Maslahah juga sudah sangat banyak, seperti melakukan pembayaran tagihan PLN, telepon, TV langganan, zakat, dan pembayaran lainnya. Layanan tersebut bisa dilakukan baik melalui ATM maupun mobile bankingMaslahah.

"Mobile banking Maslahah juga aksesnya lebih cepat, mudah, dan fleksibel dibandingkan dengan aplikasi sejenis. Kami akan terus melakukan pengembangan untuk memberi kemudahan kepada nasabah," tutup Toto.

Bank bjb syariah sendiri mencatatkan kinerja membanggakan pada awal 2018 ini. Anak usaha bank bjb ini berhasil meraup laba bersih Rp6,8 miliar selama kuartal pertama tahun ini, melonjak 250% dari realisasi laba pada periode yang sama tahun lalu.

Torehan kinerja anak usaha Bank BJB (BJBR) itu, terkerek seiring peningkatan marjin bersih yang tumbuh 1,2% (YoY), atau senilai Rp94,9 miliar.

Dari sisi rasio profitabilitas, BJB Syariah mencatatkan hasil yang positif dengan rasio Return on Assets sebesar 0,5%, sedangkan Return on Investment mencapai 4,3%.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Ledakan Gudang Kembang Api Tewaskan 1 Orang di Spanyol

Posted: 23 May 2018 09:25 PM PDT

Petugas keamanan memeriksa area yang terkena ledakan gudang kembang api di Tui, Spanyol, Rabu (23/5). Satu orang tewas dalam kejadian tersebut. (MIGUEL

Petugas keamanan memeriksa area yang terkena ledakan gudang kembang api di Tui, Spanyol, Rabu (23/5). Satu orang tewas dalam kejadian tersebut. (MIGUEL

Petugas pemadan kebakaran memeriksa area yang terkena ledakan gudang kembang api di Tui, Spanyol, Rabu (23/5). Satu orang tewas dalam kejadian tersebut. (MIGUEL RIOPA/AFP)

Petugas pemadan kebakaran memeriksa area yang terkena ledakan gudang kembang api di Tui, Spanyol, Rabu (23/5). Satu orang tewas dalam kejadian tersebut. (MIGUEL RIOPA/AFP)

Sejumlah kendaraan rusak akibat terkena ledakan gudang kembang api di Tui, Spanyol, Rabu (23/5). Satu orang tewas dalam kejadian tersebut. (MIGUEL RIOPA/AFP)

Sejumlah kendaraan rusak akibat terkena ledakan gudang kembang api di Tui, Spanyol, Rabu (23/5). Satu orang tewas dalam kejadian tersebut. (MIGUEL RIOPA/AFP)

Petugas keamanan memeriksa area yang terkena ledakan gudang kembang api di Tui, Spanyol, Rabu (23/5). Satu orang tewas dalam kejadian tersebut. (MIGUEL RIOPA/AFP)

Petugas keamanan memeriksa area yang terkena ledakan gudang kembang api di Tui, Spanyol, Rabu (23/5). Satu orang tewas dalam kejadian tersebut. (MIGUEL RIOPA/AFP)

Petugas keamanan memeriksa area yang terkena ledakan gudang kembang api di Tui, Spanyol, Rabu (23/5). Satu orang tewas dalam kejadian tersebut. (MIGUEL RIOPA/AFP)

Petugas keamanan memeriksa area yang terkena ledakan gudang kembang api di Tui, Spanyol, Rabu (23/5). Satu orang tewas dalam kejadian tersebut. (MIGUEL RIOPA/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Komisi X Minta Pemerintah Sinkronisasi Data Pendidikan

Posted: 23 May 2018 09:23 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua Komisi X DPR RI Sutan Adil Hendra meminta pemerintah melakukan koordinasi dan sinkronisasi data pendidikan di Tanah Air. Menurutnya, sinkronisasi data menjadi kepentingan yang cukup mendesak untuk dilakukan, karena selama ini banyak program atau kebijakan menjadi kurang efektif karena pendataan yang lemah.

"Demi efektivitas program pemerintah pusat, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) harus bisa meningkatkan koordinasi dan sinkronisasi data pendidikan antara pusat dan daerah," kata Sutan di sela-sela Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi X DPR RI dengan Badan Pusat Statistik (BPS) di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta,  (23/5/2018).

Politisi Partai Gerindra itu mencontohkan, masalah jumlah guru dan tenaga pendidikan (K2) tidak pernah sama antara pemerintah pusat dan daerah. Ini menjadi kendala serius ketika melakukan fungsi anggaran dalam hal bantuan atau tunjangan pada guru honorer. Terkait hal ini, ia meminta Kemendikbud meningkatkan koordinasi dengan BPS dalam sinkronisasi data pendidikan di daerah.

"Kita minta ada koordinasi masalah pendataan bidang pendidikan, Kemendikbud harus bisa membuka kerja sama dengan BPS untuk sinkronisasi data di daerah. Koordinasi dengan BPS ini menjadi penting, karena fungsi pendataan tidak bisa dilakukan secara internal semata, perlu kerja sama dengan pihak lain, agar ada peningkatan kualitas data pendidikan di Indonesia," tandas Sutan.

Terkait dengan kualitas data pendidikan ini, politisi dapil Jambi itu menyatakan kerja sama dengan pemerintah daerah juga penting untuk ditingkatkan. Jangan sampai ada kebijakan di daerah tapi tidak di laporkan ke pusat, akibatnya sering terjadi program tumpang tindih atau kurang optimal.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Bandara Kertajati Jadi Gerbang Investor Masuk Jawa Barat

Posted: 23 May 2018 09:23 PM PDT

Liputan6.com, Kertajati - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada Kamis pagi (24/5/2018) melakukan historical flight di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau yang sering disebut Bandara Kertajati.

Hadirnya bandara ini, Jokowi mengharapkan bisa menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru di wilayah Jawa Barat. "Hadirnya bandara baru ini bisa menjadi gerbang masuk inveator di Jawa Barat. Dengan begitu ekonomi Jawa Barat akan tumbuh pesat," kata Jokowi di Bandara Kertajati, Kamis (24/5/2018).

Ia menuturkan, secara rumus ekonomi, dengan dibangunnya infrastruktur penerbangan ini, otomatis akan tercipta pasar penumpang baru. Jokowi optimistis bandara ini bisa terus berkembang layaknya bandara-bandara yang sudah ada.

Tidak hanya itu, Jokowi juga mengapresiasi pemerintah Jawa Barat yang memfasilitasi skema pendanaan oleh swasta dalam pembangunannya. Ke depan, skema kerja sama dengan swasta ini yang akan dikembangkan untuk pembangunan infrastruktur transportasi lainnya.

"Model bisnis ini akan kita kembangkan di berbagai profinsi lainnya, sehingga percepatan pembangunan bisa dirasakan masyarakat," ujar dia.

Tak hanya Bandara Kertajati, Jokowi memaparkan juga tengah menyelesaikan pembangunan beberapa bandara dan akan selesai pada 2018 dan 2019. Bandara tersebut antara lain Bandara Ahmad Yani Semarang, Bandara Samarinda dan Bandara Kulon Progo Yogyakarta. (Yas)

 

 

Pesawat Kepresidenan Mendarat Perdana di Bandara Kertajati

Pesawat Kepresidenan mendarat perdana di Bandara Kertajati (Dok Foto: Ilyas Istianur Praditya/Liputan6.com)

Sebelumnya, tepat pukul 09.30 WIB, Pesawat Indonesia 1 yang digunakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendarat di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau yang sering disebut Bandara Kertajati Majalengka. Ini menjadi penerbangan bersejarah (historical flight) di Bandara Kertajati setelah pengerjaannya rampung.

Mendampingi Jokowi dalam historical flight, yaitu Menteri Kordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan Djalil, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Tak selang berapa lama rombongan Presiden Jokowi mendarat dengan pesawat kepresidenan, tepat pukul 10.00 WIB, pesawat Garuda Indonesia menjadi pesawat ke-2 yang landing di Bandara Kertajati dengan mengangkut rombongan VIP.

"Kita harapkan Bandara Kertajati ini bisa memberikan pelayanan kepada seluruh warga Jawa Barat dan seluruh masyarakat Indonesia," kata Jokowi di Bandara Kertajati, Kamis (24/5/2018).

Dengan adanya bandara ini, Jokowi yakin akan menjadi titik pertumbuhan ekonomi baru di Jawa Barat. Selama ini, warga Jawa Barat hanya bisa dilayani melalui Bandara Husen Sastranegara, Bandung dan Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Untuk meningkatkan ekonomi Jawa Barat, Jokowi memastikan Bandara Kertajati ini akan terintegrasi dengan Pelabuhan Patimban. Tidak hanya itu, bandara tersebut saat ini telah terkoneksi dengan jalur tol Cipali.

"Kita ingin Bandara Kertajati ini terintegrasi dengan Pelabuhan Patimban yang jaraknya kurang lebih 40 km, sehingga integrasi ini bisa memberikan kemudahan pelayanan fasilitas investor masuk. Dengan itu, harapannya pertumbuhan ekonomi Jawa Barat bisa meningkat," papar Jokowi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini 3 Waktu Terbaik Salat Tahajud

Posted: 23 May 2018 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Salat Tahajud menjadi salah satu amalan yang bisa dilakukan selama bulan suci Ramadan, sebelum melakukan sahur.

Allah SWT bahkan menjanjikan kemudahan bagi orang-orang yang dapat menjalankan salat Tahajud. Salah satunya, Allah akan memberikan jalan terang di dunia dan akhirat.

Salat Tahajud dapat dikerjakan pada sepertiga malam hari. Salah satu ayat yang menjadi rujukan untuk menjalankan salat Tahajud yaitu Alquran Surat Al Isra ayat 79 yang berbunyi,

"Hendaknya engkau gunakan sebagian waktu malam itu untuk salat Tahajud, sebagai salat sunnah untuk dirimu, mudah-mudahan Tuhan akan membangkitkan engkau dengan kedudukan yang baik."

Salat Tahajud ditandai saat umat Muslim terjaga di waktu tidur malam. Tetapi, tak banyak yang tahu ada beberapa kategori sepertiga malam yang dituliskan dalam Alquran dan sunnah untuk melaksanakan salat Tahajud. Jadi, kapan waktu terbaik salat Tahajud?

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

1. Sepertiga Malam yang Pertama

Umat muslim melaksanakan salat Jumat di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (18/5). Salat Jumat kali ini merupakan yang pertama di bulan Ramadan 1439 Hijriah. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Salat Tahajud dapat dikerjakan pada waktu sepertiga malam pertama. Waktu itu terjadi pada rentang setelah salat Isya hingga pukul 22.00 WIB. Tetapi, untuk mengerjakannya harus diawali dengan tidur terlebih dahulu sejenak.

Tidak ada batasan mengenai banyaknya rekaat menjalankan salat Tahajud. Tetapi, agar keiistimewaan yang terdapat di dalamnya diraih, hendaknya perlu dibarengi ke-istiqomahan.

 

2. Sepertiga Malam yang Kedua

Pemandangan saat jemaah melaksanakan salat tarawih hingga ke badan jalan dan JPO akibat melubernya Musala Miftahul Jannah di Kawasan Pasar Gembrong, Jakarta, Kamis (17/5). (Liputan6.com/JohanTallo)

Sepertiga malam kedua menjadi waktu utama menjalankan salat Tahajud. Waktu sepertiga malam terjadi pada pukul 22.00 hingga 01.00 WIB.

Waktu salat Tahajud ini memang sulit diterapkan. Sebab, kebanyakan orang tidak dapat bangun di waktu-waktu tersebut.

Konon, waktu ini dipercaya memiliki fadhilah dan keiistimewaan besar yang akan didapatkan.

 

3. Sepertiga Malam yang Terakhir

Jemaah melaksanakan salat tarawih di atas JPO akibat melubernya Musala Miftahul Jannah di Kawasan Pasar Gembrong, Jakarta, Kamis (17/5). (Liputan6.com/JohanTallo)

Menjalankan salat sunnah pada sepertiga malam terakhir merupakan waktu yang paling utama. Jika direntangkan, waktu sepertiga malam terakhir itu antara pukul 01.00 WIB hingga sebelum memasuki waktu subuh.

Dalam hadis riwayat Imam Bukhari dan Imam Muslim disebutkan:

"Setiap malam Allah SWT turun ke langit dunia sampai tersisa sepertiga malam yang terakhir. Ia (Allah) pun berkata," Adakah hamba-Ku yang meminta sehingga pasti Aku berikan apa yang dia minta? Adakah hamba-Ku yang berdoa hingga pasti Aku kabulkan doanya? Adakah hamba-Ku yang ber-istighfar sehingga Aku ampuni dosanya?"

 

Reporter : Maulana Kautsar

Sumber  : Dream.co.id

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Perang Gara-Gara Young Lex, Kathy Indera dan Whitney Liburan Bareng

Posted: 23 May 2018 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Hubungan asmara Young Lex dengan Kathy Indera sempat membuat seorang cewek bernama Whitney geram. Whitney sendiri diketahui mantan kekasih Young Lex.

Kekesalan yang dirasakan Whitney bukan karena ia cemburu melihat Kathy dengan Young Lex. Whitney hanya merasa dikhianati Kathy Indera yang ternyata adalah sahabat karibnya itu memacari mantan pacarnya.

"Please ya capek gue dikhianatin. Sekali lagi gue bilang, gue tuh bukan ngerebutin Lex, gue sama sekali enggak peduli sama ni cowok. Gue peduli sama pertemanan gue sama Kathy," ujar Whitney dalam video yang diunggahnya belum lama ini.

Whitney tidak menyangka Kathy diam-diam pacaran dengan Young Lex. "Gue tuh benar-benar enggak nyangka, sahabat gue sendiri. Terus sekarang lu enggak ngomong apa-apa sama gue, tiba-tiba lu jalan sama dia. Mau lo tuh apa sih?" lanjutnya.

 

Move On

Kathy Indera, kekasih Young Lex (Instagram/ kathyindera)

Berselang tiga jam kemudian, Kathy Indera memberi pernyataan melalui video di akun Instagramnya. Kathy seolah berharap agar Whitney bisa move on dari Young Lex.

"And for you girl, you need to chill too (dan buat kamu juga santai aja). Udah deh. Maksudnya kayak, it's your ex, not your boyfriend or what (Dia mantan kamu bukan pacar kamu atau apa). Kalian putusnya juga sudah 4, 5 bulan lalu, why? And you have a boyfriend right now too. Ya, you nyesal putusin Lex? Or what," tutur pesinetron Anak Jalanan itu.

 

Liburan Bareng

Kathy Indera dan Whitney liburan ke Yogyakarta [foto: instagram/whittizzle]

Setelah sempat saling perang status di media sosial, Kathy Indera dan Whitney kini terlihat akur kembali. Beberapa hari kemarin keduanya diketahui tengah menghabiskan waktu bersama di Yogyakarta.

Whitney beberapa kali mengunggah foto dan video dengan Kathy Indera di sisinya. Bahkan di salah satu foto Kathy dan tiduran di kasur bersebelahan.

 

Rekayasa?

Kathy Indera dan Whitney [foto: instagram/kathyindera]

Melihat keduanya sudah kembali akur, tidak sedikit warganet yang menduga pertengkaran Kathy dan Whitney hanya rekayasa. "Denger2 settingan wkwkw," ujar @retnoambarsarii.

"kok pada percaya sama SETTINGAN mereka sih," @srikandi_stuff menimpali.

"Cmn sensasi ini spy dua2 x msuk tv," sahut @cintengtaya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Oktober 2018, Masyarakat yang Berhak Hanya Bisa Nikmati Elpiji Bersubsidi

Posted: 23 May 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) akan menerapkan  program distribusi tertutup Elpiji bersubsidi 3 kilogram (kg) mulai Oktober 2018. Hal ini dilakukan agar komoditas tersebut digunakan oleh pihak yang tepat.

Pelaksana tugas Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati mengatakan, Pertamina akan menggunakan sistem digitalisasi dalam melaksanakan distribusi tertutup. Dengan begitu penyaluran Elpiji 3 kg bersubsidi bisa tepat sasaran.

"Kami akan menggunakan digitalisasi tadi lebih sustain tidak ada kecurangan," kata Nicke, di Jakarta, Kamis (24/5/2018).

Penggunaan sistem itu agar ada standar yang sama untuk setiap wilayah yang melaksanakan. Pertamina akan menggunakan sistem pelaksanaan distribusi tertutup pada Oktober 2018 untuk penyaluran elpiji 3 kg.

"Iya betul (menyiapkan sistemnya) supaya standar. Harus standar kalau masing-masing enggak standar. Oktober mulai," ujar dia.

Nicke mengungkapkan, dalam pelaksanaannya masyarakat yang berhak menggunakan Elpiji bersubsidi 3 kg akan mendapat kartu. Kartu itu sebagai identitas pihak yang berhak mendapat subsidi. Sebagai tahap awal akan dibagikan 1.000 kartu untuk masyarakat kurang mampu.

"Solusi digitalisasi akan dilakukan seperti kartu beras, nantinya dapat dibeli Elpiji bersubsidi ini untuk masyarakat miskin. Nanti pakai kartu dan digitalisasi di tempat kita pakai barcode,"  ujar dia.

Penyaluran Subsidi Elpiji Pakai Kartu Bakal Berlaku 2019

Pekerja melakukan proses pengisian LPG ke tabung Elpiji 3 kg di Depot LPG Tanjung Priok, Jakarta, Senin (21/5). Pertamina meningkatkan produksi pengisian tabung Elpiji 3 Kg sebanyak 4 persen selama bulan Ramadan. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, pelaksanaan penyaluran subsidi elpiji ‎3 kilogram (kg) tepat sasaran akan mundur dari rencana semula diterapkan pada 2018 menjadi 2019. Program penyaluran subsidi elpiji 3 kg itu untuk kurangi subsidi. 

Pelaksana tugas Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ego Syahrial mengatakan, saat ini dilakukan verifikasi data penerima subsidi elpiji 3 kg, untuk dimasukkan ke dalam kartu bantuan sosial (bansos).

‎"Dana bansos yang dikordinasikan oleh Kementerian Sosial baru setengah. Butuh verifikasi di lapangan itu enggak semudah itu semuanya," kata Ego, di Jakarta, Rabu 13 Desember 2017.

Ego menuturkan, program tersebut belum bisa diterapkan pada 2018. Lantaran masih dilakukan persiapan pendataan masyarakat yang berhak menerima subsidi Elpiji 3 kg.

Berdasarkan data yang tersedia, ada 25 juta masyarakat yang berhak menerima subsidi elpiji, namun data tersebut harus dipastikan lagi agar subsidi benar dinikmati oleh pihak yang berhak.

"Jadi target di 2018 kita masih melaksanakan persiapan. Kami sudah anggarkan di 2018 tapi belum tertutup,"‎ ujar dia.

Ego memperkirakan pelaksanaan penyaluran subsidi elpiji 3 kg tepat sasaran, dengan menggunakan media kartu b‎aru bisa dilaksanakan pada 2019.

"Iya 2019. Secara ini ya. Ini namanya orang kerja kita terus akan melakukan berusaha kalau bisa tiba-tiba datanya siap ya nanti akan dibawa ke sidang kabinet," tutur Ego.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Siaran Langsung Piala Thomas 2018: Sengit, Indonesia Vs Malaysia

Posted: 23 May 2018 09:15 PM PDT

Jakarta - Langkah tim Piala Thomas Indonesia telah sampai di perempat final. Kali ini, mereka harus meladeni tantangan sengit dari tetangga serumpun, Malaysia. Laga akan digelar hari ini di Bangkok, Thailand.

Indonesia sendiri melaju ke babak perempat final Piala Thomas 2018 dengan status sebagai juara Grup B. Hal tersebut menjadi hal yang positif bagi Indonesia.

Pada fase grup, Indonesia mengungguli Korea Selatan dan Thailand. Indonesia terus diharapkan dapat menunjukkan performa yang menawan pada laga perempat final nanti.

Di sisi lain, Malaysia tampil di babak perempat final dengan status runner up Grup D. Malaysia kalah dari Denmark pada laga penentuan fase grup.

Pertandingan krusial, antara Indonesia dan Malaysia, pada perempat final Piala Thomas 2018 dapat disaksikan secara langsung melalui TVRI mulai pukul 19.00 WIB.

Jadwal Perempat Final

Kamis, 24 Mei 2018

China Vs Taiwan - 14.00 WIB, IMPACT Arena Court 2

Indonesia Vs Malaysia - 19.00 WIB, IMPACT Arena Court 3

Prancis Vs Jepang - 19.00 WIB, IMPACT Arena Court 2.

Korea Selatan Vs Denmark - 19.00 WIB, IMPACT Arena Court 1

Sumber: www.bola.com

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Edie, Tote Bag dari Jason Wu Hanya di Negara Asia

Posted: 23 May 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jason Wu, seorang desainer kenamaan kini menghadirkan kejutan bagi Anda, para pecinta fashion di Asia. Jason Wu melalui salah satu labelnya, Grey berkolaborasi dengan Sometime by Asian Designers untuk meluncurkan tote bag eksklusif yang diberi nama Edie.

Edie didesain dalam bentuk vertikal dengan tiga kompartemen tambahan yang menonjolkan sisi praktis penggunanya. Edie yang didesain oleh Jason Wu ini juga dilengkapi dengan magnetic hardware yang dapat memudahkan aksesibilitas dan kenyamanan Anda.

Edie tersedia dalam 2 ukuran dan 6 pilihan warna dengan detail colour block, seperti slipper, soft pink, creme, orange, mustard, dan ultramarine. Koleksi Ultramarine hanya akan tersedia di Taiwan, sebagai bentuk apresiasi Jason Wu terhadap tempat kelahirannya.

 

Edie, tote bag ekslusif dari Jason Wu untuk Asia

Jason Wu berkolaborasi dengan Sometime by Asian Designers untuk meluncurkan tote bag eksklusif di Zalora Asia, penasaran seperti apa? Sumber foto: Zalora Indonesia.

Jason Wu mengaku mendapatkan inspirasi dari lukisan Josef Albers, sehingga Edie dibuat dengan paduan inspirasi abad pertengahan dan siluet modern, membuat tas ini memiliki desain yang abadi. Koleksi ini juga dijadikan bukti dari Jason Wu bahwa masyarakat Asia tidak hanya tahu caranya membeli, namun juga cara membuatnya.

Edie, tote bag ekslusif dari Jason Wu untuk Asia

Jason Wu berkolaborasi dengan Sometime by Asian Designers untuk meluncurkan tote bag eksklusif di Zalora Asia, penasaran seperti apa? Sumber foto: Zalora Indonesia.

Tertarik? Anda juga bisa mendapatkan koleksi tote bag Edie ini mulai dari tanggal 4 Juni 2018 mendatang secara eksklusif di Zalora Indonesia, Malaysia, Singapura, Taiwan, Hong Kong, dan Filipina dengan harga Rp 1.819.000 untuk ukuran mini dan Rp 2.419.000 untuk ukuran besar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kenang Hubungan Masa Lalu dengan Brad Pitt, Gwyneth Paltrow: Fantastis

Posted: 23 May 2018 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Jauh sebelum menikah dengan Chris Martin, Gwyneth Paltrow pernah merajut hubungan asmara dengan Brad Pitt. Hubungan yang dijalin pada 1994 sampai 1997 ini bahkan sempat mencapai jenjang pertunangan, tapi kemudian bubar di tangah jalan.

Meski begitu, Gwyneth Paltrow ternyata tak menyimpan dendam pada Brad Pitt.

Justru sebaliknya, saat menjadi bintang tamu dalam acara Howard Stern Show, Gwyneth Paltrow menceritakan hubungan masa lalunya dengan aktor Fight Club ini secara positif.

Terutama ketika ia dibela Brad Pitt dari Harvey Weinstein, produser Hollywood yang terlibat skandal kekerasan seksual, mencoba melecehkannya.

Labrak Harvey Weinstein

Gwyneth Paltrow. (AFP/Jamie McCarthy)

"Ada satu peristiwa di kamar hotel saat dia (Harvey Weinstein) mencoba untuk merayuku. Aku waktu itu melawannya, aku juga melaporkan hal ini pada kekasihku saat itu, Brad Pitt," tutur Gwyneth Paltrow, seperti dilansir dari E! News, Kamis (24/5/2018).

Setelah kejadian itu, Gwyneth, Brad Pitt, dan Harvey Weinstein, sempat bertemu dalam pertunjukan teater "Hamlet" di Broadway.

Melihat Harvey Weinstein, Brad Pitt langsung melabraknya. "Dia (Harvey Weinstein) seperti dilempar ke dinding, secara kuat," kata Gwyneth.

Fantastis

(FOTO:AFP)

Hal ini membuat Gwyneth Paltrow terharu. "Ini sangat fantastis, karena dia (Brad Pitt) menggunakan popularitas dan kekuatannya untuk melindungiku, karena saat itu aku tak punya kekuatan apa-apa. Sungguh fantastis. Dia adalah orang yang baik," kata Gwyneth.

Takut

Brad Pitt. (AFP/Kevin Winter)

Saat peristiwa ini terjadi, Brad Pitt memang telah membintangi sejumlah film sukses, salah satunya adalah Interview with the Vampire: The Vampire Chronicles dan Se7en.

Karena itulah tampaknya Harvey Weinstein gentar di hadapan Brad Pitt. "Harvey tak pernah melakukan perbuatan tak senonoh lagi padaku," kata Gwyneth Paltrow.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keren, Tari Piring Sumatera Barat Menang Lomba di Bulgaria

Posted: 23 May 2018 09:09 PM PDT

Liputan6.com, Sofia - Sekelompok anak bangsa yang unjuk gigi dalam pertunjukan Tari Piring Bejamba di Kota Veliko Tarnovo, Bulgaria berhasil menyabet juara utama. Lima orang anggota Galang Dance Community dari Padang, Sumatera Barat, pimpinan Deslenda, memenangi medali emas pada kejuaraan World Cup of Folklore pada acara yang digelar 10 hingga 20 Mei 2018.

Seperti dikutip dari Kemlu.go.id, Kamis (23/5/2018), Dubes RI Sofia, Sri Astari Rasjid, mengapresiasi prestasi tim Indonesia di Bulgaria yang turut mengharumkan nama bangsa di forum international.

Dubes Sri pun berharap mereka terus dapat berprestasi di kompetisi kelas dunia lainnya, mengingat penampilan tim galang yang sangat bagus dan dinamis.

Dengan keikutsertaan tim tari Indonesia dalam kompetisi internasional seperti ini diharapkan juga akan turut mendukung upaya pelestarian kesenian tradisional Indonesia. ​

Tari Piring Bejamba menceritakan tradisi makan bersama Orang Minangkabau. Hal spesial yang membuat kagum penonton adalah dinamika tarian dan kekompakan para pesonelnya menari sambil memegang piring di setiap tangannya, serta atraksi memecahkan piring pada akhir tarian.

Tarian ini juga diiringi musik dan nyanyian secara langsung oleh salah satu anggota tim. Tarian kreasi yang bersumber pada tari piring klasik ini berhasil memperoleh nilai tertinggi dari para juri dibanding tarian lainnya yang dibawakan oleh Tim Galang Dance dalam perlombaan yaitu Baribuk Indang, yang merupakan kolaborasi dua kesenian tradisi Randai dan Indang, serta tari rantak.

Dalam kejuaraan tari di Bulgaria ini, Indonesia bersaing dengan berbagai tim yang berasal dari sekitar 20 negara di dunia. Tim India yang didukung penari berjumlah 25 orang memenangi juara grandprix.

 

Saksikan juga video berikut ini:

Menang Kontes Kecantikan

Kakak Beradik Asal Indonesia Menang Kontes Kecantikan California (VOA Indonesia)

Kejuaraan lain yang pernah diraih oleh anak bangsa sebelumnya adalah dua putri diaspora Indonesia di negara bagian California, Amerika Serikat, pada Maret 2017 lalu.

Mereka adalah Shaira Aurellia Busnawi dan Chloe Jasmina Busnawi. Keduanya mengikuti kontes Miss Santa Clarita Valley di Santa Clarita Performing Arts Center at College of the Canyons pada 11 Maret lalu. Kakak beradik yang aktif dalam berbagai kegiatan masyarakat ini keluar sebagai pemenang.

Chloe, siswi kelas tiga SD West Ranch Academy yang mewakili kategori Mini Miss SCV, meraih juara utama Mini Miss Queen, dan mendapat dana beasiswa sebesar US$ 250.

Chloe mengatakan, lewat ajang ini dia mendapatkan banyak teman dan pengalaman berharga.

"Saya dulu pemalu dan ketika menjalani kontes ini saya harus keluar dari zona nyaman. Seperti yang saya sampaikan dalam pidato (dalam kontes): Saya anak kecil dengan mimpi besar – kalau Anda bisa memimpikannya, Anda bisa mewujudkannya. Apabila Anda bisa membayangkannya, Anda bisa meraihnya," kata Chole, seperti dikutip dari VOA Indonesia, Kamis, 20 April 2017.

Sementara itu, kakak Chloe, Shaira, yang mewakili divisi Junior Miss SCV, meraih juara ketiga.

"Dengan pengalaman berharga yang saya dapatkan, saya dedikasikan untuk melayani komunitas. Harapan saya adalah terus belajar tekun di sekolah, latihan tenis dengan disiplin dan terlibat aktif dalam komunitas yang saya cintai. Saya ingin mengenal lebih jauh komunitas saya, tidak hanya di Santa Clarita tapi komunitas Indonesia juga," ujar siswi di SMP Rio Norte ini.

Selain itu, kedua kakak beradik ini sama-sama meraih gelar Miss Congeniality atau paling bersahabat.

Pemilihan Miss Santa Clarita Valley telah diadakan sejak 1980, dan bukan sekadar kontes kecantikan, karena pemenangnya harus aktif dalam komunitas dan rajin melakukan bakti sosial.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Gedung Bioskop Tua Runtuh di Argentina, 1 Orang Tewas

Posted: 23 May 2018 09:09 PM PDT

Seorang polisi mencari korban yang tertimbun puing sesaat setelah gedung bioskop tua runtuh di Tucuman, Argentina, Rabu (23/5). Beberapa lainnya luka-luka ketika gedung bioskop tua yang tengah direnovasi itu runtuh. (AFP PHOTO/Walter Monteros)

Seorang polisi mencari korban yang tertimbun puing sesaat setelah gedung bioskop tua runtuh di Tucuman, Argentina, Rabu (23/5). Beberapa lainnya luka-luka ketika gedung bioskop tua yang tengah direnovasi itu runtuh. (AFP PHOTO/Walter Monteros)

Petugas dibantu sejumlah orang mencari korban yang tertimbun setelah gedung bioskop tua runtuh di Tucuman, Argentina, Rabu (23/5). Gedung itu pertama kali dibuka pada 1923 sebagai toko permen, kemudian menjadi gedung bioskop. (AFP PHOTO/Walter Monteros)

Petugas dibantu sejumlah orang mencari korban yang tertimbun setelah gedung bioskop tua runtuh di Tucuman, Argentina, Rabu (23/5). Gedung itu pertama kali dibuka pada 1923 sebagai toko permen, kemudian menjadi gedung bioskop. (AFP PHOTO/Walter Monteros)

Petugas dibantu sejumlah orang mencari korban yang tertimbun puing sesaat setelah gedung bioskop tua runtuh di Tucuman, Argentina, Rabu (23/5). Sedikitnya satu orang tewas akibat kejadian tersebut. (AFP PHOTO/Walter Monteros)

Petugas dibantu sejumlah orang mencari korban yang tertimbun puing sesaat setelah gedung bioskop tua runtuh di Tucuman, Argentina, Rabu (23/5). Sedikitnya satu orang tewas akibat kejadian tersebut. (AFP PHOTO/Walter Monteros)

Petugas dibantu sejumlah orang mencari korban yang tertimbun puing setelah gedung bioskop tua runtuh di Tucuman, Argentina, Rabu (23/5). Beberapa lainnya luka-luka ketika gedung bioskop tua yang tengah direnovasi itu runtuh. (AFP PHOTO/Walter Monteros)

Petugas dibantu sejumlah orang mencari korban yang tertimbun puing setelah gedung bioskop tua runtuh di Tucuman, Argentina, Rabu (23/5). Beberapa lainnya luka-luka ketika gedung bioskop tua yang tengah direnovasi itu runtuh. (AFP PHOTO/Walter Monteros)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sriwijaya FC Jaga Fokus Jelang Lawan Perseru

Posted: 23 May 2018 09:09 PM PDT

Liputan6.com, Malang - Sriwijaya FC berusaha untuk tetap menjaga fokus saat menghadapi Perseru Serui pada lanjutan Gojek Liga 1 bersama BukaLapak, Minggu (27/5/2018) di Stadion Gajayana, Malang. Setelah menang besar lawan PSIS, Sriwijaya ingin lanjutkan tren positif merebut kemenangan karena ingin menjaga posisi di papan atas.

Menurut pelatih Sriwijaya FC, Rahmad Darmawan, timnya memang harus selalu fokus dalam menghadapi setiap pertandingan. Mengingat persaingan di pentas Gojek Liga 1 bersama Bukalapak berlangsung cukup ketat.

"Semua pemain harus fokus menghadapi pertandingan melawan Serui karena sekarang poin satu tim dengan tim lain di papan atas ini sangat tipis," ungkap RD, sapaan akrabnya.

"Hasil pertandingan kita akan sangat berpengaruh, karena kita tahu ada tim yang sudah plus poinnya karena beberapa kali menang," imbuhnya.

RD menegaskan bahwa pada pertandingan melawan Perseru Serui penting bagi Sriwijaya FC untuk bisa mendapatkan poin. Hal itu demi melanjutkan hasil positif dan tentunya tetap bisa bersaing di papan atas.

"Kita mencoba dengan skema permainan yang saya harapkan bisa menjadi peluang untuk kita meraih kemenangan," katanya. (top/pra)

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mau Mudik Nyaman dengan Kendaraan Pribadi, Perhatikan 9 Tips Ini

Posted: 23 May 2018 09:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tak terasa sebentar lagi akan memasuki musim mudik. Kepadatan dan kemacetan diperkirakan akan terjadi di mana-mana saat jutaan masyarakat Indonesia memanfaatkan momen ini untuk meninggalkan kota besar dan kembali ke kampung halaman.

Persiapan mudik yang dilakukan jauh hari merupakan hal yang tepat. Anda bisa cari tiket pesawat atau kereta api karena harga akan cenderung lebih terjangkau. Namun, Anda juga bisa memilih mudik menggunakan kendaraan pribadi bila memungkinkan.

Selain Lebaran yang sudah dinanti-nantikan, sekarang ini juga adalah saat di mana para pengemudi harus lebih berhati-hati di jalan. Setiap tahun saat musim mudik, selalu terjadi lonjakan angka dan korban kecelakaan di jalan raya.

Beberapa penyebab kecelakaan ini termasuk volume arus lalu lintas yang tinggi, pengemudi yang mengantuk, dan stres. Untuk membantu Anda sampai tujuan dengan selamat dan berkumpul bersama keluarga tercinta, berikut adalah sembilan tips untuk perjalanan mudik Anda:

 

1. Buat Daftar Barang Bawaan

Sebelum melakukan perjalanan, buatlah daftar barang-barang yang akan dibawa oleh Anda ke dalam kendaraan pribadi. Daftar barang tersebut berguna untuk meminimalisasi kemungkinan Anda lupa. Selain itu, hal tersebut juga mengatur prioritas barang yang Anda bawa dari yang paling penting hingga kurang penting.

2. Cek Kondisi Kendaraan

Apabila sudah menyiapkan daftar barang yang dibawa, kini Anda harus mengecek kondisi kendaraan pribadi. Periksa oli mesin, busi, dan bawa air radiator untuk menjaga kendaraan bebas masalah. Bila dirasa kondisinya masih kurang bagus, lebih baik membawa kendaraan Anda ke bengkel resmi guna diperiksa secara menyeluruh.

3. Bawa Perlengkapan Kendaraan

Pastikan seluruh peralatan tambahan pada kendaraan Anda tersedia. Hal tersebut sangat penting untuk menghindari kondisi darurat, di mana tidak ada bengkel bila tiba di suatu daerah. Peralatan kendaraan seperti dongkrak, obeng, tang, kunci pas, dan lainnya sangatlah penting. Karena itu jangan lupa dibawa.

 

 

4. Persiapkan Spare Part Cadangan

Untuk meminimalisasi dana, Anda memang harus menyiapkan segala sesuatunya secara mandiri. Seperti mengecek kendaraan lebih lanjut seperti performa ban, busi, kampas rem, hingga mesin dan kabel gas. Apabila sudah lama digunakan disarankan untuk mengganti yang baru. Pastikan suku cadang seperti busi, sekring, tali rem, tali kopling, ban, dan lainnya tersedia dalam kendaraan Anda.

5. Tubuh dalam Kondisi Prima

Tak hanya memberikan perhatian pada kendaraan, kondisi badan Anda juga perlu dijaga. Perjalanan panjang membutuhkan kondisi badan yang fit. Pastikan Anda dalam kondisi fit sebelum memulai perjalanan jauh. Jika mengantuk, berhentilah untuk beristirahat. Dianjurkan agar Anda beristirahat setiap dua jam atau maksimal empat jam.

6. Isi Kembali Kotak P3K

Periksa dan isi kembali kelengkapan obat di kotak P3K Anda. Beberapa barang penting seperti minyak angin, balsem, hingga obat-obatan ringan menjadi perlengkapan wajib. Periksa juga apakah obat-obatan yang ada sudah melewati batas waktu atau tidak. Anda juga bisa menambahkan dengan obat-obatan lain.

 

 

 

 

7. Hiburan Lengkap

Hampir di seluruh wilayah Tanah Air kita, macet menjadi hal yang kerap ditemui Anda saat bepergian jauh ketika menjelang Lebaran. Lengkapi koleksi sistem hiburan di kendaraan Anda, seperti koleksi kaset, CD, MP3 film hingga e-book untuk menghindari rasa bosan.

8. Posko Gratis Kendaraan

Agen pemegang merek dari brand otomotif terbiasa untuk membuka posko layanan gratis di sejumlah titik tertentu di jalur mudik. Mereka juga biasanya menyediakan satu nomor darurat yang bisa dihubungi jika Anda mendapat masalah dengan kendaran Anda. Carilah informasi di manakah posko-posko itu berada.

9. Paket Data dan Baterai 

Smartphone telah identik dengan kehidupan diri kita. Pastikan baterai dan pulsa telepon seluler Anda dalam kondisi penuh. Jangan sampai terjadi, dalam keadaan darurat telepon Anda tidak bisa digunakan. Jika perlu bawalah beberapa power bank.

Reporter: Nazar Ray

Sumber: Otosia.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Kelakar Lucu Gus Dur yang Masih Dikenang, Cairan Termahal di Dunia

Posted: 23 May 2018 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Siapa tak kenal sosok Gus Dur? Presiden ke-4 Republik Indonesia yang memiliki nama KH Abdurrahman Wahid itu hingga kini masih meninggalkan kenangan bagi banyak orang.

Apalagi sosoknya yang humoris hingga kini masih lekat di ingatan masyarakat. Gus Dur tak jarang melontarkan kata-kata lucu yang membuat banyak orang tertawa.

Bahkan, tak hanya rakyat Indonesia saja yang bisa dibuat tertawa oleh Gus Dur. Banyak pemimpin dunia yang juga tak luput menjadi sasaran humornya.

Artikel tentang 4 kelakar Gus Dur paling lucu yang masih dikenang hingga kini menjadi yang paling terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Sementara itu, artikel kedua terpopuler tentang 7 cairan paling mahal di dunia. Sedangkan artikel tentang drama kisah rumah tangga Dewi Perssik dan sang suami menjadi artikel ketiga terpopuler.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 4 Kelakar Gus Dur Paling Lucu yang Tetap Dikenang hingga Kini

(Sumber Instagram/@nuonline_id dan nu.or.id)

KH Abdurrahman Wahid atau yang akrab disapa Gus Dur terus menjadi bahan perbincangan bahkan setelah lama meninggal dunia. Presiden ke-4 Republik Indonesia tersebut memang tidak lama menjabat, tapi meninggalkan kenangan bagi banyak orang.

Selain itu, sifat humoris Gus Dur juga lekat di ingatan warga. Bicara tentang kelakar Gus Dur tentunya banyak yang masih terkenang di ingatan masyarakat. Selama hidupnya, Gus Dur banyak melontarkan kata-kata lucu yang membuat banyak orang tertawa.

Tak hanya orang Indonesia saja yang bisa dibuat tertawa oleh Gus Dur. Beberapa pemimpin dunia pun tak luput menjadi sasaran humornya.

Selengkapnya…

2. Darah hingga Bisa Ular, Ini 7 Cairan Paling Mahal di Dunia

Ilustrasi darah | Via: croftvetcentre.co.uk

Komoditas apa yang Anda anggap mahal? Mobil? Jet pribadi? Ini adalah hal-hal yang biasanya muncul ketika Anda diminta untuk memikirkan sesuatu yang mahal. Tapi, bagaimana jika Anda diminta menyebutkan cairan paling mahal di dunia?

Berikut merupakan daftar cairan paling mahal di dunia. Melansir dari Wittyfeed, ini dia.

Darah manusia

Darah seharusnya tidak mahal karena relatif melimpah, bukan? Tapi faktanya, itu tidak membuat darah menjadi murah. Harga darah terutama pada golongan darah yang jenisnya cukup langka, biasanya dibandrol dengan harga yang cukup mahal. Tapi selain itu, biaya pemrosesannya juga membuatnya sangat mahal.

Selengkapnya…

3. Drama Opera Sabun Rumah Tangga Dewi Perssik dan Angga Wijaya

Dewi Perssik dan Angga Wijaya

Rumah Tangga Dewi Perssik dan Angga Wijaya dikabarkan tengah bermasalah. Dewi Perssik belakangan suka memposting caption sindiran terhadap seseorang di akun media sosialnya. Mulai dari sindiran halus hingga sindiran keras. Netizen menduga, sindirian itu ditujukan pada Angga Wijaya, suaminya.

Seperti drama opera sabun, kisah rumah tangga Dewi Perssik dengan Angga Wijaya pun dinilai netizen penuh lika liku. Mulai dari menikah diam-diam, hingga kini disebut-sebut tengah bermasalah.

Selengkapnya…

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Pangeran Harry dan Meghan Markle Tertawa di Foto Pernikahan Hitam Putih

Posted: 23 May 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Inggris Fotografer pernikahan kerajaan, Alexi Lubomirski, hanya punya waktu tiga menit untuk memotret Pangeran Harry dan Meghan Markle, sesaat sebelum kembali ke resepsi pernikahan kerajaan pada sore hari, Sabtu, 19 Mei 2018. Lubomirski berhasil mengabadikan momen-momen pasangan yang bergelar Duke dan Duchess of Sussex yang paling berkesan.

Salah satu bidikan Lubomirski yang paling berkesan adalah foto hitam putih pengantin baru itu yang duduk di tangga Kastil Windsor. Senyum lebar terlihat jelas dari pasangan Kerajaan Inggris yang baru menikah ini dilansir dari People, Kamis (24/5/2018).

Lubomirski yang biasa bertugas di New York City, Amerika Serikat, mengungkapkan, foto hitam putih Pangeran Harry dan Meghan Markle didukung latar belakang yang luar biasa. Foto hitam-putih ini diambil di tangga teras bagian timur Windsor Castle, Inggris.

"Sungguh keajaiban. Cahaya matahari yang terbenam dari belakang Windsor Castle begitu hangat," lanjut Lubomirski.

"Pangeran Harry dan Meghan Markle saling jatuh cinta. Kami bahkan berjalan-jalan sebentar di taman kastil yang indah ini. Meski hanya mendapat beberapa foto bagus, mereka dalam kondisi yang antusias."

 

 

Simak video menarik berikut ini:

Saling bercanda

Foto hitam putih Pangeran Harry dan Meghan Markle yang sedang bercanda di tangga kastil. (Instagram Alexi Lubomirski)

Saat berada di melihat tangga Kastil Windsor, Lubomirski meminta Harry dan Meghan untuk berpose duduk di titik tersebut. 

"Lalu, keduanya duduk. Duke duduk di tengah tangga, sedangkan Duchess duduk di depan Duke. Ada momen mereka tertawa. Ini karena mereka sedang bercanda tentang kelelahan yang mereka lalui. Lalu, mereka hanya saling berpandangan dan tertawa. Itu momen yang paling indah," ceritanya. 

Sesampai di hotel tempat Lubomirski menginap, ia melihat hasil bidikannya hari tersebut. Rupanya, foto hitam putih Pangeran Harry dan Meghan Markle saat di tangga kastil sangat menakjubkan. 

Pihak Kensington Palace sudah membagikan foto intim penuh kebahagiaan sejoli tersebut, sehingga bisa dinikmati masyarakat dunia.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: