Senin, 07 Juli 2014

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Hingga Perempat Final, Piala Dunia 2014 Bebas Doping

Posted: 07 Jul 2014 08:21 PM PDT

FIFA memastikan hingga babak perempat final Piala Dunia 2014 masih terbebas dari doping dan obat-obatan terlarang. Lebih dari 1.000 tes yang dilakukan lembaga pimpinan Sepp Blatter itu hasilnya negatif.

Kepala Divisi Medis FIFA, Jiri Dvorak, pada hari Senin (7/7/2014) di Maracana mengumumkan seluruh pemain dari 32 tim peserta dengan total 736 pemain sudah diambil sampel darah dan urine.

777 tes doping dilakukan sebelum Piala Dunia 2014 dimulai pada periode 1 Maret hingga 11 Juni. Kemudian 232 tes dilaksanakan selama ajang empat tahunan itu bergulir. Dari 58 pertandingan yang sudah digelar di Brasil, setiap laganya ada empat pemain yang secara randam menjalani tes doping.

Hasilnya tidak ada satu pun pemain yang positif. "Kami tidak menemukan zat terlarang apapun sebelum dan selama kompetisi," kata Dvorak seperti diberitakan The Guardian.

Pemain-pemain dari empat tim semifinalis akan menjalani tes doping lanjutan secara random. FIFA akan mengumumkan hasilnya sebelum pertandingan selanjutnya.

Pemain terakhir yang positif memakai doping di Piala Dunia adalah pemain Argentina Diego Armando Maradona di tahun 1994.

Pernyataan Dvorak ini membuat lega publik Amerika Serikat. Pasalnya muncul kecurigaan kiper Amerika Tim Howard memakai doping saat tampil perkasa di laga 16 besar melawan Belgia.

NSA Sering Sadap Informasi Hubungan Seksual Terlarang

Posted: 07 Jul 2014 08:20 PM PDT

Sebuah studi mengungkap, seluruh percakapan yang disadap oleh Badan intelijen Amerika Serikat, National Security Agency (NSA) menunjukkan bahwa sebagian pengguna internet di Amerika Serikat (AS) atau di luar AS masih terjebak dalam penyadapan.   

"Sembilan dari 10 pemegang akun online yang ditemukan dalam dokumen pengintaian, yang diungkap oleh mantan pegawai NSA Edward Snowden, bukan saja menjadi sasaran pengintaian tetapi juga terjebak dalam sebuah jaringan suatu lembaga," demikian informasi yang dimuat Washington Post belum lama ini.

Pun demikian, penyadapan ini ada sisi positifnya. Salah satunya adalah membantu menangkap beberapa tersangka teroris, termasuk Umar Patek, pelaku pemboman di pulau Bali, Indonesia pada tahun 2002.

Akan tetapi, banyak analis yang menganggap banyak file lain yang sebenarnya tidak layak untuk dipertahankan. Seperti misalnya informasi tentang romansa percintaan, hubungan seksual terlarang, masalah keuangan serta konversi politik dan agama.

Selain itu Washington Post juga mengatakan bahwa ada sekitar 160.000 email dan percakapan pesan instan serta 7.900 dokumen yang diambil dari sekitar 11.000 akun online, yang dikumpulkan antara tahun 2009 dan 2012.

Menurut yang dilansir World Bulletin, Selasa (8/7/2014), hampir separuh dokumen pengintaian itu berisi nama, alamat e-mail atau rincian lain yang oleh NSA ditandai sebagai milik warga atau penduduk yang menetap di AS.

Washington Post juga mengatakan bahwa berkas tersebut berisi beberapa informasi penting, termasuk informasi baru tentang proyek nuklir rahasia di luar negeri, rahasia militer, dan identitas penyusup yang masuk ke jaringan komputer AS.

Namun hingga kini para pejabat di Washington belum menanggapi laporan dari surat kabar tersebut.

Pesan SBY pada TNI dan Polri Jelang Pemilu

Posted: 07 Jul 2014 08:17 PM PDT

Presiden SBY menghadiri pertemuan pemimpin lembaga tinggi negara di gedung DPR RI, Senin (7/7/14). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Usia Kandungan 5 Bulan, Ini yang Dirasakan Istri Ricky Harun

Posted: 07 Jul 2014 08:15 PM PDT

Rumah tangga Ricky Harun dan Herfiza Novianti yang baru dijalinnya sedang diselimuti bahagia. Pasalnya, sang istri kini sedang mengandung buah cinta mereka yang sudah masuk usia lima bulan. Ditambah, Herfiza tak mengalami nyidam di awal kehamilan.
 
"Nggak sih, nggak ada ngidam-ngidaman begitu seperti perempuan lain," tutur Ricky saat ditemui di lokasi syuting Ganteng Ganteng Serigala, di Kranggan, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (8/7/2014) dini hari.
 
Meski begitu, putra model Donna Harun ini tetap harus menemani sang istri untuk menikmati makanan di luar rumah sebelum berangkat syuting.
 
Pemain film Kawin Kontrak ini mengaku kalau selama hamil, Herfiza bosan makan makanan di rumah. Sebagai seorang suami, ia harus mengikuti kemauan sang istri.
 
"Dia lagi bosan makan di rumah. Jadi tuh kalau makan makanan rumah suka muntah. Makanya belakangan ini sering makan di luar," lanjutnya.
 
Ditambahkan Ricky, "Biasanya gue sama istri makan berdua dulu di luar sebelum berangkat ke lokasi syuting. Mau nggak mau gue tetap bangun pagi," tandasnya diiringi tawa.(Cho/Mer)
 

Proyek PLTU Batang Setop, PLN Dorong Pembangunan Pembangkit Lain

Posted: 07 Jul 2014 08:14 PM PDT

PT PLN (Persero) menyatakan harus ada percepatan pembangunan pembangkit listrik lain untuk mengatasi ketertinggalan. Hal itu karena Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Batang mengalami penundaan.

Direktur Perencanaan dan Pembinaan Afiliasi PLN, Murtaqi Syamsuddin mengatakan, dengan berhentinya pembangunan PLTU Batang maka tidak bisa beroperasi sesuai target 2019. Oleh karena itu, agar tidak terjadi defisit listrik perlu percepatan pembangunan pembangkit lain.

"Ya, proyek itu mundur. Tidak mungkin 2019 bisa on stream. Langkah strategisnya dengan mempercepat proyek-proyek lainnya yang seharusnya belum maka 2019 dipercepat," kata Murtaqi, seperti yang ditulis di Jakarta, Selasa (8/7/2014).

Murtaqi menyebutkan,  salah satu proyek yang dipercepat adalah pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap  (PLTGU) Tanjung Priok dan Muara Karang.

"Meski kecil hanya 800 Mega Watt. Tapi ini bisa menopang kebutuhan yang sangat besar di Jawa bagian Barat," ungkapnya.

Menurut Murtaqi, untuk mengatasi permasalahan PLTU Batang sebenarnya Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian sudah memiliki dua solusi. Pertama, diselesaikan secara business to business tetapi ini tidak mungkin dilakukan. Kedua, pemerintah pusat masuk tujuannya agar pembebasan lahan menjadi lebih mudah.

"Namun, PLN berharap agar ketika pemerintah pusat masuk, ini tidak akan mengubah kesepakatan harga antara BPI (Bhimasena Power Indonesia) dengan PLN," tutupnya.

PT Bhimasena Power Indonesia (BPI), kontraktor pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Batang Jawa Tengah menyatakan melalukan penundaan pembangunan PLTU berkapasitas 2X1000 Mw tersebut.

Perusahaan yang 34 persen sahamnya dimiliki oleh PT Adaro Power (Adaro) mengumumkan penundaan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap Jawa Tengah setelah Jumat minggu lalu Perseroan mengirimkan surat kepada pemangku kepentingan terkait khususnya PLN dan kepada kontraktor EPC.

Dalam suratnya, BPI menyatakan terpaksa mengumumkan keadaan kahar (force majeure) dikarenakan sebagian kecil pemilik lahan yang tersisa tetap bersikeras dan secara tidak masuk akal menolak menjual lahannya tanpa alasan yang jelas dan wajar. (Pew/Ahm)

Pulau Chuuk, Kuburan Terbesar Kapal Di Dunia

Posted: 07 Jul 2014 08:08 PM PDT

Pulau Chuuk yang berada di wilayah Mikronesia mungkin menjadi setitik pulau yang tak terlukis di peta dunia, namun tahukah Anda bahwa Pulau Chuuk ini telah memainkan bagian besar dalam sejarah dunia.

Pulau Chuuk disebut juga sebagai kuburan terbesar kapal di dunia, yang merupakan sebuah peninggalan dari perang dunia ke-2. Sisa-sisa berbagai macam bentuk bangkai kapal dan ditambah pesawat di jaman perang dunia ini telah menjadi tujuan wisata bagi penggemar diving yang ingin melakukan perjalanan panjang untuk berenang di antara bangkai kapal yang menakutkan dan konon sangat berhantu. Selengkapnya

Pengirim:

Alca Mahameru


Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.  

Mulai 1 Juli sampai dengan 13 Juli Citizen6 mengadakan program menulis bertopik ke-15: Tempat Asyik Buat Ngabuburit berhadiah router dan merchandise cantik. Info detail di sini 

Cannavaro Jawab Rumor Bergabung dengan Madrid

Posted: 07 Jul 2014 08:08 PM PDT

Fabio Cannavaro membuka peluang kembali ke Real Madrid. Cannavaro kali ini akan bergabung ke Santiago Bernabeu untuk memegang peran di tim kepelatihan.

Eks pemain Juventus dan Parma itu santer disebut-sebut akan ditunjuk pelatih Calo Ancelotti sebagai asistennya menggantikan Zinedine Zidane. Saat ini Zidane mendapat kepercayaan menangani tim Castilla.

Cannavaro antusias dengan kabar tersebut. Cannavaro siap menerima pinangan Madrid bila Ancelotti yang memintanya.

"Jika Carlo Ancelotti, yang merupakan pelatih hebat, menghubungi saya, maka saya harus mengambil keuntungan dari itu dan tentu saja saya akan pergi," kata Cannavaro kepada Marca.

Namun Cannavaro mengaku hingga saat ini belum dihubungi oleh pihak Madrid.

"Saya telah mendengar mengenai itu dari media tapi tidak ada yang lebih dari itu. Semua orang tahu saya punya hubungan sangat baik dengan Ancelotti dan juga saya pernah menghabiskan tiga tahun fantastis di Madrid. Tapi saya tidak tahu lebih dari itu."

Cannavaro tengah menantikan panggilan dari Madrid. Pasalnya dia memang ingin menekuni karier di dunia kepelatihan.

Politicawave: Undecided Voters Berlabuh ke Jokowi-JK

Posted: 07 Jul 2014 08:02 PM PDT

Lembaga survei Politicawave melakukan riset pada H-1 pencoblosan untuk melihat arah pergerakan undecided voters atau pemilih yang belum menentukan pilihan. Hasilnya, para pemilih itu berlabuh ke pasangan capres-cawapres nomor urut 2 Joko Widodo dan Jusuf Kalla (Jokowi-JK).

"Dari hasil monitoring terdapat 5.184 percakapan netizen yang akhirnya menjatuhkan pilihannya pada tanggal 5 Juli 2014," jelas pendiri Politicawave Yose Rizal kepada Liputan6.com di Jakarta, Selasa (8/7/2014).

Hasil ini bukan berarti semua suara yang akhirnya menyatakan telah menetapkan pilihan menyokong pasangan Jokowi-JK, namun angkanya melebihi pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa (Prabowo-Hatta).

"Terlihat pada hari terakhir masa kampanye, jumlah undecided voters yang menjatuhkan pilihannya kepada Jokowi-JK jauh lebih besar daripada yang ke Prabowo-Hatta," tambahnya.

Kesimpulan riset itu merupakan hasil pemantauan pada 5 dan 6 Juli 2014. Pada 5 Juli 2014 terjadi 172.961 percakapan tentang Jokowi-JK dan 109.510 percakapan tentang Prabowo-Hatta. Pada 6 Juli 2014, walaupun terjadi sedikit penurunan, jumlah percakapan tentang kedua pasangan capres masih tetap lebih tinggi dari biasanya, terjadi 168.897 percakapan tentang Jokowi-JK dan 98.135 percakapan tentang Prabowo-Hatta.

"PoliticaWave memonitor percakapan yang mengindikasikan pengambilan keputusan dari undecided voters ke pasangan capres dan cawapres. Beberapa keyword dan frasa yang digunakan untuk menangkap suara undecided voters adalah 'Batal Golput', 'Ga Jadi Golput', 'Gagal Golput', 'Yakin Milih', 'Awalnya Netral', 'Yakin Pilih' dan seterusnya," papar Yose.

Dia menerangkan, dari percakapan tersebut bisa dikelompokkan menjadi 2 kategori, yaitu netizen yang menyatakan tidak jadi golput dan netizen yang menjatuhkan pilihan karena debat terakhir.

"Terdapat 91% netizen yang menyatakan tidak jadi golput dan memilih Jokowi-JK dan hanya 9% netizen yang menyatakan tidak jadi golput dan memilih Prabowo-Hatta," ucapnya.

Sementara dari hasil debat, terdapat 95% netizen yang menyatakan memilih Jokowi-JK setelah melihat debat terakhir dan hanya 5% netizen yang memilih Prabowo-Hatta setelah melihat debat terakhir.

Politicawave melakukan riset pada hari terakhir kampanye terbuka yang jatuh pada 5 Juli 2014. Hari itu ada 2 acara besar yang terjadi, yaitu Debat Capres-Cawapres dan Konser Salam 2 Jari di Gelora Bung Karno. (Mut)

Pernikahan Olivia Jensen Digelar 7 Mei 2014

Posted: 07 Jul 2014 08:00 PM PDT

Olivia Lubis Jensen belum juga angkat bicara mengenai pernikahannya dengan pengusaha batubara bernama Arief. Padahal, foto-foto pernikahan dan pre wedding mereka sudah mencuat ke publik.

Imel, manajer pribadi Olivia Jensen, mengatakan kalau bintang film Mari Lari itu sedang berkonsentrasi untuk menyelesaikan syuting film terbarunya bersama rumah produksi Starvision. Ia pun membenarkan kalau Olivia memang sudah menikah.

"Iya Olivia sudah menikah, tanggal 7 Mei 2014 di Santorini, Yunani. Itu benar," ucap Imel kepada wartawan di Jakarta, Senin (7/7/2014) malam.

Sayangnya, Imel tak merinci lebih lanjut soal pernikahan diam-diam Olivia dengan Arief. Ia juga enggan mengungkapkan alasan Olivia merahasiakan pernikahannya dari awak media dan penggemarnya.

"Saat ini saya hanya bisa konfirmasi soal tanggal pernikahan saja. Terimakasih atas pengertiannya," jelas dia.

Pernikahan diam-diam Olivia Jensen dengan Arief terkuak manakala foto-foto pernikahan serta pre wedding mereka muncul di sebuah laman situs fotografi. Dalam foto-foto tersebut, Olivia terlihat cantik dan mesra bersama pasangan saat melakukan pengambilan gambar di Yunani dan Phuket, Thailand [baca: Olivia Jensen Menikah di Yunani?].(Gie/Mer)

5 Hal Aneh di Balik Makanan yang Anda Beli

Posted: 07 Jul 2014 08:00 PM PDT

Supermarket kerap menjadi pilihan masyarakat saat ini untuk berbelanja bahan makanan. Sejumlah orang percaya bahwa makanan yang ada di dalam kulkas dan rak-rak makanan yang ada di sana merupakan bahan-bahan segar dan jauh dari bakteri penyebab penyakit.

Tahukah Anda, apel dan buah-buahan lain yang terlihat segar dan berwarna terang ternyata sudah disemprotkan bahan-bahan kimia. Bahkan, untuk membuat buah dan sayur terlihat segar, mereka menggunakan lilin untuk melapisinya.

Untuk itu, Anda harus mengetahui hal-hal aneh yang ada di balik makanan yang ada di supermarket, seperti dikutip Fox News, Senin (7/7/2014)

Buah, Salmon dan Jeruk



1. Buah dan sayuran dilapisin lilin

Untuk mencegah terjadinya pertumbuhan jamur dan dehidrasi selama proses penyimpanan, sejumlah buah dan sayuran seperti apel dan mentimun, dilapisi satu atau dua tetas lilin khusus makanan.

Profesor Ilmu Makanan di Penn State University, Luke Laborde, mengatakan, sebagai konsumen, Anda memang akan kesulitan untuk menentukan apakah buah dan sayuran yang dibeli dilapisi lilin atau tidak. Namun yang jelas, jika Anda melihat buah dalam kondisi yang cukup mencolok, Anda patut mencurigainya.

Maka itu, Profesor Nutrisi di Boston University dan Juru Bicara Academy of Nutrition and Dietetics menyarankan, supaya Anda mencuci buah dan sayur yang dibeli itu dengan sedikit sabun dan air.

2. Pewarna pada salmon


Anda penikmat salmon? Hati-hati, bila salmon yang Anda lihat sedikit berwarna oranye dan merah merona, Anda pun patut untuk curiga. Karena pada dasarnya, salmon yang segar adalah salmon yang berwarna kelabu.

Jadi, pintarlah dalam memilih salmon yang akan Anda konsumsi.

3. Jeruk diberi pewarna


Percaya atau tidak, sejumlah jeruk yang terlihat segar dan berwarna cerah telah disemprotkan dengan pewarna citrus red nomor 2. Biasanya, bahan kimia ini disemprotkan pada jeruk yang digunakan untuk membuat jus.

Pusat Ilmu Pengetahuan untuk Kepentingan Umum di London, Inggris, memperingatkan bahwa pewarna ini berkaitan erat dengan risiko kesehatan. Termasuk kanker. 

Minyak Zaitun dan Ayam



4. Minyak zaitun dicampur dengan minyak murah

Minyak zaitun extra virgin mendapat kecaman karena ternyata berisi tidak murni 100 persen minyak zaitun. Banyak botol minyak zaitun yang telah dicampur dengan minyak-minyak murah. Seperti minyak kedelai atau kanola. Selain membuang-buang uang Anda, campuran seperti ini juga berisiko pada kesehatan Anda.

Terutama kesehatan jantung, karena lemak tak jenuh tunggal yang ada di dalam campuran minyak zaitun tersebut.

5. Ayam

Don Schaffner dari Departemen Ilmu Pangan di Rutgers University melaporkan bahwa sebelum dijual di pasaran, ayam terlebih dulu dipotong dan dimasukkan ke dalam tangki besar berisikan air dingin dan pembersih seperti klorin. Ini berguna untuk mengendalikan bakteri berbahaya dan kontaminasi.

Menurut Don, proses ini aman. Namun, tak ada salahnya bagi Anda untuk memilih ayam yang tidak melewati proses seperti ini.

Sebagai konsumen Anda pun harus hati-hati. Di luaran sana, sejumlah ayam disuntikkan air asin untuk meningkatkan cita rasanya. Anda juga harus tahu, penggunaan sodium dalam jumlah berlebih, meningkatkan risiko terjadinya hipertensi.

Tidak ada komentar: