Selasa, 15 Juli 2014

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


HUT kedua, KMP BIOLOGI UGM Berbagi Bersama 60 Anak Yatim

Posted: 15 Jul 2014 09:07 PM PDT

Dalam usianya yang ke-2, KMP Biologi UGM menyelenggarakan tasyakuran yang dibalut dalam acara buka puasa bersama seluruh minat di lingkungan Pascasarjana Fakultas Biologi UGM dan 60 anak yatim yang tergabung dalam Yayasan Non Panti Himmatu, Bantul Yogyakarta pada Jumat (11/07) yang lalu.

Acara yang berlangsung di Ruang Sidang Bawah Fakultas Biologi UGM tersebut dihadiri sedikitnya 80 mahasiswa S2 Biologi UGM, dan dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Dr. Budi Setiadi Daryono, M.Agr.Sc., yang sekaligus mewakili fakultas dalam acara seremonial pemotongan tumpeng ulang tahun ke-2 KMP.

Turut hadir pula dalam acara, Dr. Endang Semiarti, M.S., M.Sc. selaku Wakil Dekan Bidang Kerjasama dan Alumni.

“KMP Biologi ternyata sudah dua tahun berdiri, rasanya baru kemarin Lutfi ke kantor saya berbicara tentang pendirian Keluarga Mahasiswa Pascasarjana Biologi di bulan Ramadan seperti ini”, kenang Budi Setiadi Daryono saat membuka acara.

Turut serta pula dalam acara para pengurus KMP tahun 2011, 2012, dan Dewan Kehormatan KMP 2013.

Sebagai bagian dari peringatan, KMP Biologi UGM menghimpun donasi dari kalangan mahasiswa dan dosen di lingkungan Pascasarjana Biologi sebagai bentuk kepedulian bagi para anak yatim. Acara santunan anak yatim yang menjadi program kegiatan Departemen Sikat ini dilakukan dengan bantuan Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU Yogyakarta. 

“Alhamdulillah, proses penggalangan dana berlangsung dengan lancar, dan kita sudah mengumpulkan kurang lebih 9,4 juta rupiah dalam rentang waktu yang sempit ini, plus beberapa tambahan donasi berupa barang dan keperluan alat tulis dari pengurus KMP tahun lalu.

"Semoga yang telah menyisihkan sebagian hartanya untuk acara ini diberi keberkahan”, ujar Tri Suwandi, Ketua KMP Biologi UGM Periode 2013-2014 dalam sambutannya.

Acara inti diisi oleh Dr. Hendri Saragih, selaku pembicara dalam siraman rohani sebelum berbuka puasa bersama. Dalam ceramahnya beliau memaparkan intisari Al Quran Surat Luqman ayat 13 tentang bagaimana mengembangkan pendidikan yang baik untuk anak Indonesia.

“Kalau kita memikirkan tentang pendidikan di Indonesia pada masa sekarang ini, kita masih punya masalah, dalam hal bagaimana menyiapkan pendidikan anak-anak dan pendidikan kita sendiri, agar tidak hanya terpaut dalam ranah kognitif, atau kemampuan berpikir, "papar beliau.

“Kita sering telat dalam membentuk karakter, "lanjutnya. “Surat Lukman diturunkan oleh Allah SWT, memberikan gambaran lengkap bagaimana membangun pendidikan yang baik”.

Acara berakhir dengan penyerahan kenang-kenangan dari berbagai pihak sebagai bentuk kado dalam peringatan ulang tahun KMP Biologi yang ke dua tersebut. “Semoga kita bisa lebih bermanfaat lagi”, ujar salah satu staf Diajar dalam rangkaian tweet ulang tahun KMP Biologi di tahun 2014 tersebut

Pengirim:

Dzul/Foto: Trisu KMP.F.Biologi UGM.
 
Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel, foto atau video seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

Saat ini Citizen6, juga mengajak blogger untuk kolaborasi. Jika punya postingan baru, kirim alamat atau url websitenya ke kami. free.

Pilpres 2014, Prabowo Silaturahmi ke PP Muhammadiyah

Posted: 15 Jul 2014 09:02 PM PDT

indosiar.com, Jakarta - (Rabu : 16/07/2014) Capres nomor urut satu, Prabowo Subianto, Selasa kemarin melakukan kunjungan ke dua ormas Islam terbesar, Muhammadiyah dan Nahdhatul Ulama. Saat di PP Muhammadiyah, Prabowo menyatakan siap menyambut niat dan rencana capres Jokowi untuk bertemu dengannya.

Membawa serta sejumlah tokoh partai koalisi merah putih, diantaranya ketua umum Partai Golkar Abu Rizal Bakrie, dan Harry Tanusidibyo, kedatangan Prabowo Subianto ke kantor pengurus pusat Muhammadiyah di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, diterima Ketua Umum PP Muhammadiyah, Din Syamsudin.

Prabowo dan rombongan, selanjutnya terlibat pembicaraan seputar pelaksanaan pilpres 2014. Prabowo mengaku banyak didzolimi, termasuk adanya intervensi asing, yang menurutnya merugikan dirinya. Terkait situasi saat ini, menurut Prabowo, ada pihak yang sengaja ingin memperkeruh suasana, padahal, dirinya ingin semua berjalan dengan damai. Ia bahkan siap jika capres nomor urut dua Joko Widodo ingin bertemu dengannya.

Din Syamsuddin sendiri menghargai sikap Prabowo ini, karena sikap itulah yang diperlukan bangsa ini untuk perbaikan ke depan.

Dari PP Muhammadiyah, Prabowo dan rombongan selanjutnya ke kantor Pengurus Besar Nahdhatul Ulama di jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, dan disambut Ketua PBNU Kyai Said akil Siradj dan pengurus PBNU lainnya. Pertemuan di kantor PBNU ini berlangsung tertutup. (Ahmad Baehaqi/Amin/Sup)

Jangan Sembarangan Ajarkan Diet pada Anak

Posted: 15 Jul 2014 09:00 PM PDT

Menurunkan berat badan anak tidak boleh dilakukan sembarangan. Diet anak perlu pendampingan khusus dari pakar kesehatan karena mereka masih dalam masa pertumbuhan.

Seperti disampaikan Pakar Gizi Dr. dr. Samuel Oetoro, MS, SpGK yang ditemui di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia bahwa pada anak-anak, penanganan diet anak harus disesuaikan dengan kebutuhan pertumbuhannya.

"Menurunkan berat badan anak tidak mudah. Jika penurunannya terlalu cepat maka dia bisa kuntet (pendek). Jadi sebaiknya, konsultasikan ke ahli kesehatan dan tanyakan kebiasaan makan dan aktivitasnya seperti apa," kata Samuel, seperti ditulis Selasa (15/7/2014).

Samuel menerangkan, masalah kelebihan makan pada anak tidak mudah untuk dicegah. Solusinya, sedikit-sedikit membatasi asupan 1.000 kalori dan rajin olahraga.

"Olahraganya bertahap. Bukan seperti orang dewasa yang melakukan treadmill. Tapi bermain. Bermain di taman bukan bermain jari saja. Perbanyak bergerak," jelasnya.

Pakar Gizi Dr. dr. Samuel Oetoro, MS, SpGK yang ditemui di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia - See more at: http://health.liputan6.com/read/2076473/olahraga-di-bulan-puasa-tak-bisa-bikin-langsing#sthash.nKKKXoiU.dpuf

Nia Daniati Rela Jadi Model Pakaian Demi Bantu Korban di Gaza

Posted: 15 Jul 2014 09:00 PM PDT

Bukan hal biasa bila Nia Daniati berlenggak-lenggok di atas catwalk. Pelantun Gelas-Gelas Kaca itu rela menjadi model dadakan pakaian muslimah dalam acara penggalangan dana untuk korban yang berjatuhan di Jalur Gaza, Palestina.

"Saya diminta jadi model pakaian muslim. Ya dicoba-coba saja. Saya mau karena hasil penjualan pakaian ini untuk korban Gaza," kata Nia di Hotel Ambhara, Blok M, Jakarta Selatan, Selasa (15/7/2014).

Ini adalah pertama kalinya Nia berjalan di atas catwalk. Wanita berusia 50 tahun itu sempat gugup, apalagi postur tubuh tidak se-langsing model pada umumnya. Sesudah berlenggak-lenggok, Nia justru menunjukkan tanda-tanda ketagihan jadi model.

"Mungkin ini latihan. Allah kasih saya untuk pakai pakaian muslim. Desainer juga nanti ada yang minta saya pakai pakaian muslim. Tapi badan saya kan pendek, nggak pas jadi model sebenarnya," imbuh Nia.

Selain itu, menjadi model pakaian Islami juga membuat Nia terinspirasi untuk berhijab. "Ada, tapi saat ini belum siap. Itu semua dari hati ya. Mudah-mudahan nggak lama lagi. Siapa yang tahu selanjutnya saya bisa berhijab," pungkas mantan istri Farhat Abbas itu. (Jul/Mer)

Panglima TNI Sebut 22 Juli Sebagai Situasi Kritis

Posted: 15 Jul 2014 08:57 PM PDT

Panglima TNI Jenderal Moeldoko melanjutkan Inspeksi ke Wing I Komando Pasukan Khas (Kopaskhas) TNI AU, Halim PK, Jakarta. Dalam pengarahannya, Moeldoko meminta prajurit siap menghadapi kondisi kritis saat pengumuman hasil Pilpres 2014 pada 22 Juli mendatang.

"Kita akan menghadapi situasi kritis 22 Juli, jika ada perkembangan politik lebih dinamis lagi kita minta kesiapan kalian lagi," kata Moeldoko di hadapan para pimpinan pasukan, Rabu (16/7/2014).

Moeldoko mengatakan, setiap prajurit harus mengetahui perkembangan situasi yang ada saat ini. Gunannya, agar setiap masalah dapat diselesaikan dengan baik.

"Yakin dengan kesiapan moril, teknikal, logistik, dalam memahami betul rute di Jakarta, objek yang muncul situasi yang tidak diinginkan. Bagaimana cara terbaik untuk menangani semua. Semua harus dipersiapkan," ungkapnya.

Prajurit TNI, lanjut Moeldoko, juga harus siap diterjunkan kapan pun. Prajurit harus dapat menyelesaikan masalah dalam setiap penugasan.

"TNI datang harus menyelesaikan masalah. TNI harus melindungi masyarakat dari setiap gangguan dan ancaman apa pun, itu tugas pokok TNI. Masyarakat sudah merasa terayomi," tandas Moeldoko.

Jenderal Moeldoko tiba di Markas Wing I Paskhas sekitar pukul 09.50 WIB. Sesampainya di markas, Moeldoko disambut Komandan Paskhas Marda TNI M Harpin Ondeh. Ratusan prajurit Paskhas juga sudah siaga di lapangan apel dengan semua persenjataan lengkap.

Pengusaha Ritel Jamin Kestabilan Harga Bahan Pokok

Posted: 15 Jul 2014 08:51 PM PDT

Perusahaan ritel skala besar menjamin kestabilan harga jual bahan kebutuhan pokok selama pelaksanaan puasa dan jelang Lebaran.

Direktur Komersial Lotte Mart Hengky E Yulianto mengakui, ada beberapa hal yang biasanya membuat usaha ritel menaikan harga produk kebutuhan masyarakat terutama pada saat periode tertentu seperti selama dan jelang Ramadhan nanti di mana terjadi peningkatan permintaan dari masyarakat.

Faktor pertama yaitu harga yang dinaikkan pihak suplier sehingga supermarket pun terpaksa turut menaikan harga jualnya.

"Kenaikan biasanya karena harga yang dipasok dari supplier itu dinaikan, jadi kita juga naikan. Tapi kalau tidak dinaikan, ya tidak akan kita naikan," ujar dia di Jakarta seperti ditulis Rabu (16/7/2014).

Faktor kedua terkait kenaikan permintaan terhadap suatu produk tertentu sehingga ada unsur kesengajaan pihak supermarket untuk menaikan harga.

Namun hal tersebut, lanjut Hengky, sangat dijaga Lotte Mart agar tidak oknum tertentu didalam outletnya yang menaikan harga seenaknya.

"Kedua, kenaikan harga biasanya berkaitan dengan masalah permintaan. Kadang ada oknum outlet yang pada saat lebaran menaikan harga. Tetapi untuk kami itu tetap kami jaga secara ketat sehingga masyarakat tetap bisa membeli dengan harga yang pantas," jelas dia.

Hengky juga menjamin hingga saat ini, harga beberapa kebutuhan pokok yang dijual di jaringan supermarket tersebut tetap stabil dan tidak mengalami lonjakan harga meski terjadi peningkatan permintaan. "Untuk harga-harga seperti tepung, gula, daging itu stabil," katanya.

Namun yang agak rawan mengalami kenaikan yaitu daging ayam dan telur ayam. Selain merupakan skema dari Kementerian Perdagangan untuk menjaga agar para peternak ayam tidak mengalami kerugian, kenaikan harga pada dua komoditas tersebut juga terjadi karena masalah distribusi. Terlebih jelang lebaran nanti akan ada larangan truk besar untuk melintas.

"Kalau daging ayam dan telur mengalami kenaikan karena faktor distribusi. Ini angkutan yang sulit jelang lebaran, supir-supirnya juga mulai libur jadi kadang kita harus menyewa angkutan untuk memdistribusikan ini. Ada kenaikan biaya distribusi sekitar 10 persen-15 persen," tandasnya. (Dny/Nrm)

Cerita Ricky Harun Gantikan Posisi Mat Solar

Posted: 15 Jul 2014 08:45 PM PDT

Peran Bajuri yang sebelumnya lekat dengan Mat Solar kini berganti. Di film berjudul Bajaj Bajuri The Movie, justru aktor Ricky Harun yang didapuk untuk memerankan tokoh supir bajaj yang kocak dan memiliki pengalaman hidup tak terduga.

Bagi Ricky, menggantikan posisi Mat Solar untuk memerankan karakter Bajuri jelas bukan pekerjaan mudah. Apalagi, imej Bajuri sudah begitu melekat pada sosok Mat Solar.

"Bebannya itu kenapa perannya itu bukan Mat Solar. Tapi itu semua balik lagi ke produser dan kalau gue sendiri sih bisa menerima pekerjaannya dan tantangannya saja," ucap Ricky saat ditemui di XXI Epicentrum Walk, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (15/7/2014) malam.

Demi memerankan sosok Bajuri, suami artis Herfiza Novianti itu harus mendalami akting yang bisa dibilang tak biasa. Seperti saat Ricky harus berdialog dengan bahasa Betawi yang cukup kental.

"Gue harus berlogat Betawi yang nyablak. Gue harus komedi, pokoknya harus melakukan yang terbaik supaya pas dengan imej Bajuri di film," papar dia.

Yang tak kalah penting, cara Ricky beradaptasi dengan bajaj itu sendiri. Sama seperti Mat Solar, Ricky juga dituntut untuk luwes kala mengemudikan kendaraan roda tiga itu.

"Dulu gue pernah bawa bajaj di FTV, tapi biasa saja. Kalau di sini gue harus balap-balapan. Harus ada adegan jatuh. Ada yang gue sampai jatuh beneran juga bareng bajaj," cerita dia.(Gie/Mer)

Diego Costa Tertantang Singkirkan Torres dari Skuat Chelsea

Posted: 15 Jul 2014 08:43 PM PDT

Penyerang anyar Chelsea, Diego Costa, siap bersaing sekaligus menyingkirkan Fernando Torres sebagai bomber andalan tim besutan Jose Mourinho itu.

"Yang terpenting di dalam sebuah klub besar, yakni mempunyai pemain hebat. Selalu bagus jika ada kompetisi antarpemain," kata striker kelahiran Brasil tersebut, dikutip dari Sports Mole, Selasa (15/7/2014).

"Torres merupakan pemain hebat, saya tahu harus berjuang keras untuk berada di tim ini. Saya pikir, persaingan ini akan menjadi kompetisi yang sehat untuk kami." tegas Costa.

Chelsea telah merampungkan transfer Costa dari Atletico Madrid. The Blues (sebutan Chelsea) kabarnya harus mengeluarkan uang 35 juta pound untuk mendatangkan pemain naturalisasi Timnas Spanyol ke Stamford Bridge.

Bomber berusia 25 tahun itu merupakan pemain yang diidamkan Mourinho untuk memperbaiki lini depan Chelsea. Musim lalu, Costa mencetak 27 gol dari 35 pertandingan di La Liga Spanyol.

Dengan masuknya Costa, Chelsea dikabarkan sudah siap melepas Demba Ba ke Besiktas dengan status pinjaman selama satu musim kompetisi.

Film Indie Hollywood Segera Hadir Eksklusif di YouTube

Posted: 15 Jul 2014 08:42 PM PDT

Google terus berusaha menjadikan YouTube sebagai lahan penghasil keuntungan tersuburnya. Bukan rahasia lagi jika kini situs berbagi video yang diklaim memiliki 1 miliar pengunjung perbulannya itu menjadi salah satu platform iklan digital terbesar dan paling menguntungkan.

Bahkan kini pihak YouTube kabarnya sedang terlibat pembicaraan serius dengan sejumlah produser Hollywood dan para pembuat film indie ternama dunia. YouTube dilaporkan akan membiayai proses pembuatan konten mereka, yang pada akhirnya akan ditawarkan sebagai konten premium pada para pengguna.

Menurut laporan yang dilansir Reuters, Rabu (16/7/2014), konten-konten premium itu nantinya akan ditawarkan dengan sistem berlangganan pada pengguna. Konten-konten eksklusif ini juga diyakini akan diandalkan YouTube untuk semakin menarik minat para pengiklan.

Selain itu, Google pun diketahui sangat ingin merombak YouTube yang tadinya menyajikan konten video berkualitas rendah, menjadi sesbuah situs yang memiliki stok video-video berkualitas tinggi.

"Kami selalu mengeksplorasi berbagai ide baru terkait konten dan pemasaran untuk mempercepat tujuan yang kita inginkan. Sudah lebih dari 115 chanel eksklusif yang kini kami miliki. Sekitar 2% pengguna YouTube sudah berlangganan," tulis perwakilan YouTube melalui email pada Reuters.

Pembicaraan antara YouTube dan para filmmaker ini sejatinya telah terjadi sejak 3 tahun lalu. Menurut pengakuan sumber terpecaya yang tak diungkap identitasnya, YouTube menawarkan pendanaan sebesar US$ 1-3 juta bagi para produser Hollywood yang mau menyumbang konten premium.

Hasil SBMPTN Diumumkan, Cek di Liputan6.com

Posted: 15 Jul 2014 08:41 PM PDT

Panitia pusat Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2014 mengumumkan hasil ujian seleksi tersebut hari ini, Rabu (16/7/2014). Peserta menjalani SBMPTN untuk ujian tulis dan keterampilan pada 17-19 Juni 2014 lalu.

Pada tahun ini, SBMPTN diikuti 664.509 peserta lulusan SMA/sederajat. Terdiri dari 240.278 peserta kelompok ujian sains dan teknologi (saintek), 258.035 peserta kelompok ujian sosial dan humaniora (soshum) dan 166.196 peserta kelompok ujian campuran.

Para peserta berkompetisi meraih 86 ribu kursi PTN yang disediakan 64 kampus negeri seluruh Indonesia.

Hasil SBMPTN tersebut bisa dilihat secara online di Liputan6.com. Pengumuman kelulusan tersebut dapat diakses mulai pukul 16.00 WIB.

Tidak ada komentar: