Kamis, 24 Juli 2014

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Jembatan Comal Amblas Bikin Biaya Angkutan Naik

Posted: 24 Jul 2014 08:50 PM PDT

Pengusaha mengeluhkan dampak amblasnya Jembatan Comal di Jawa Tengah. Sebab kondisi ini membuat kegiatan transportasi, baik untuk pengangkutan penumpang maupun barang terhambat.

Chairman Supply Chain Indonesia, Setijadi mengatakan hambatan terhadap pengangkutan barang ini berupa peningkatan waktu dan biaya pengiriman barang.

"Dengan perkiraan dampak terhadap peningkatan biaya pengangkutan antara 10%-25%, maka biaya logistik terdampak akan naik antara 7%-17,5%," jelas dia dalam keterangannya, Jumat (25/7/2014).

Dia mengaku kerusakan Jembatan Comal sangat mempengaruhi proses pengiriman barang di Jalur Pantura karena ketergantungan terhadap penggunaan moda transportasi jalan yang mencapai sekitar 80%.

Peristiwa amblasnya Jembatan Comal tersebut hendaknya mendorong pemerintah untuk mengevaluasi pengembangan sistem transportasi nasional.

Ketergantungan terhadap transportasi jalan yang terlalu tinggi mengakibatkan inefisiensi karena alternatif moda kurang tersedia, baik pada kondisi normal maupun ketika terjadi kerusakan infrastruktur jalan dan jembatan. Selain itu, beban anggaran negara sangat tinggi untuk pemeliharaan jalan. Ketergantungan terhadap moda transportasi jalan harus dikurangi dengan mengembangkan sistem transportasi multimoda.

Dia mengingatkan jika payung hukum sistem transportasi multimoda sebenarnya telah ada, yaitu: Peraturan Pemerintah No. 8 Tahun 2011 tentang Angkutan Multimoda dan Peraturan Menteri Perhubungan No. 8 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan dan Pengusahaan Angkutan Multimoda.

Kedua peraturan tersebut mengacu kepada empat undang-undang (UU) terkait, yaitu: UU No. 23/2007 tentang Perkeretaapian, UU No. 17/2008 tentang Pelayaran, UU No. 1/2009 tentang Penerbangan, dan UU No. 22 /2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Bahkan, telah ditetapkan Peraturan Menteri Perhubungan No. KM 15/2010 tentang Cetak Biru Transportasi Antarmoda/Multimoda Tahun 2010-2030.

Dalam mengimplementasikan sistem transportasi multimoda, pemerintah terutama perlu melakukan perencanaan dan pembangunan jaringan prasarana masing-masing moda secara terpadu, penyediaan prasarana trans-shipment, dan pengembangan sistem informasi.

Dia menambahkan, seperti dalam berbagai rencana dan program pembangunan lainnya, permasalahan yang sangat kritis adalah pada proses implementasi, terutama berhubungan dengan koordinasi antar lembaga/instansi terkait.

Dalam pengembangan transportasi multimoda, lembaga/instansi terkait terutama Kementerian Perhubungan dan Kementerian Pekerjaan Umum (PU). Di Kementerian Perhubungan, kewenangan dalam pengembangan transportasi multimoda terbagi di beberapa Direktorat Jenderal (Ditjen) sesuai dengan jenis moda, yaitu Ditjen Perhubungan Darat, Ditjen Perkeretaapian, Ditjen Perhubungan Laut, dan Ditjen Perhubungan Udara.

Pihak terkait lainnya adalah Ditjen Bea Cukai (Kementerian Keuangan), Badan Karantina (Kementerian Pertanian), dan pemerintah daerah setempat, baik pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten/kota. BUMN terkait antara lain Pelindo I-IV dan PT Kereta Api Indonesia.

"Pengalaman selama ini menunjukkan sulitnya memadukan program kerja antar lembaga/instansi atau antara pusat dan daerah. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya ketidakberhasilan implementasi beberapa cetak biru, rencana induk, program kerja, hingga rencana aksi yang telah disusun. Pemerintah baru sangat diharapkan mempunyai terobosan berupa “tata kelola yang efektif dan efisien” untuk memadukan program kerja antar lembaga/instansi," tandas dia. (Nrm)
 



 

H-4, Ratusan Pemudik Motor Mulai Padati Jalan Kalimalang

Posted: 24 Jul 2014 08:47 PM PDT

Kamis (24/7/14), arus mudik kendaraan roda dua di persimpangan Bekasi, Kalimalang, menunjukkan peningkatan. (Liputan6.com/Panji Diksana)

Rodgers 'Bahagia' Gerrard Pensiun

Posted: 24 Jul 2014 08:45 PM PDT

Manajer Liverpool, Brendan Rodgers menilai keputusan Steven Gerrard untuk pensiun dari tim nasional Inggris dapat membuatnya tampil lebih baik bersama The Reds. Menurut Rodgers, kapten Liverpool itu akan tampil lebih bugar bersama klubnya.

"Saya sangat senang Gerrard kini sepenuhnya akan komitmen bersama Liverpool dan saya yakin hal itu yang akan menjadi pertimbangan kami," sebutnya dalam Tribalfootball (25/7).

"Ia dalam kondisi yang baik dan saya yakin Gerrard masih dapat melanjutkan kariernya musim ini. Saya selalu mengatakan hal itu."

"Kini ia tidak bermain bagi Inggris, ia akan lebih bugar tentunya. Saya pikir itu adalah sesuatu nilai tambah yang dapat dilihat pihak klub,' jelas Rodgers.

Pria berusia 34 tahun itu telah memutuskan untuk gantung sepatu usai ajang Piala Dunia 2014. Semasa karier internasionalnya, Gerrard telah melakoni 114 laga bersama Inggris. Akan tetapi ia belum dapat mempersembahkan gelar apapun bagi The Three Lions.

Namun berbeda dengan karier internasionalnya, karier Gerrard bersama Liverpool terbilang cukup sukses. Pasalnya ia sudah menyumbangkan dua Piala FA, tiga Piala Liga, dan satu gelar Liga Champions musim 2004/2005 bagi The Reds.

http://cdn1-e.production.liputan6.com/medias/711830/original/SL-carragher0_2474_2477373b.jpg

Malapetaka Nyaris Melanda Bumi 2 Tahun Lalu

Posted: 24 Jul 2014 08:45 PM PDT

Hari itu 23 Juli 2012, dua tahun lalu, penduduk Bumi melakukan kegiatan sehari-hari, tanpa sadar bencana dahsyat nyaris menimpa planet kita.

Informasi yang dikuak baru-baru ini oleh Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menjelaskan, di hari itu Bumi nyaris terkena suar surya (solar flare) atau Coronal Mass Ejection (CME) -- lontaran massa korona, dari badai matahari paling kuat dalam kurun waktu 150 tahun.

Meski luput mengenai planet manusia, badai matahari menghantam satelit  olar Terrestrial Relations Observatory (STEREO-A) milik NASA.

Apa yang terjadi jika badai matahari sampai menghantam Bumi? Jawabannya: malapetaka.

"Berdasarkan studi terbaru yang dilakukan, kami makin yakin bahwa Bumi dan manusia di dalamnya sangat beruntung saat itu," kata Daniel Baker dari  University of Colorado, yang mengepalai proyek riset badai matahari, seperti Liputan6.com kutip dari The Space Reporter, Jumat (25/7/2014). "Seandainya terjadi seminggu sebelumnya, Bumi akan berada di garis api."

Satu-satunya yang sebanding dengan CME pada Juli 2012 adalah peristiwa Carrington Event  yang terjadi pada September 1859. Suar awalnya secara langsung diamati oleh astronom Inggris, Richard Carrington.

Kala itu sejumlah CME berkekuatan tinggi menghantam Bumi selama beberapa hari berturut-turut. Northern Lights atau aurora memanjang hingga selatan Kuba. Saluran telegraf global terputus, bahkan memicu api yang membakar sejumlah kantor telegraf,

Seandainya hal serupa terjadi pada 2012, akibatnya akan lebih berbahaya dan meluas. Sinar-X dan radiasi ultraviolet tingkat tinggi akan mengionisasi bagian atas atmosfer Bumi -- mematikan jaringan radio dan mengganggu kerja GPS. Elektron dan proton yang terdorong dalam peristiwa itu akan merusak satelit-satelit bikinan manusia yang ramai mengorbit Bumi.



Tak sampai di situ, CME yang datang kemudian bisa memicu pemadaman listrik global. Sebuah studi yang dilakukan National Academy of Sciences memperkirakan, kejadian tersebut bisa menyebabkan kerugian ekonomi mencapai US$ 2 triliun, 20 kali lebih besar dari Badai Katrina yang pernah mengguncang AS.

Tak sekadar rugi secara materi. Manusia tak bakal bisa melakukan hal-hal yang paling sederhana sekalipun. Badai matahari berpotensi menonaktifkan 'segala sesuatu yang dihubungkan ke stopkontak'. Kebanyakan orang bahkan tak bakalan bisa menyiram toilet karena pasokan air perkotaan sebagian besar mengandalkan pompa listrik."

Hanya 10 tanpa listrik, internet, atau komunikasi di seluruh dunia -- adalah hal menakutkan. Akibatnya bisa dirasakan bertahun-tahun. Ini akan menjadi kekacauan dan bencana dalam skala epik.

Pada Juli 2012 lalu, adalah keberuntungan bahwa badai matahari menghantam STEREO-A ketimbang Bumi. Observatorium surya mencatat data pada struktur magnetik, gelombang kejut, dan partikel energik yang dihasilkan oleh CME di hari itu, juga CME-CME lain sebelumnya.

Dari informasi-informasi tersebut terungkap bahwa pada 23 Juli 2012 CME terjadi dua kali secara terpisah, masing-masing berdurasi 10 dan 15 menit.  Ditambah CME yang terjadi empat hari sebelumnya.

Kabar buruknya, pada bulan Februari 2014, sebuah studi yang dipimpin oleh Pete Riley dari Predictive Science Inc menemukan bahwa kemungkinan badai matahari sekuat Carrington Event atau yang terjadi pada Juli 2012 kembali menghantam Bumi dalam waktu 10 tahun, adalah 12 persen. Angka yang relatif tinggi. "Kita harus bersiap," kata Baker, seperti Liputan6.com kutip dari News.com.au. (Riz)

Syuting FTV, Lia, Rasya dan Risma D'Academy Rela Menunggu 12 Jam

Posted: 24 Jul 2014 08:45 PM PDT

Tidak lama lagi film televisi (FTV) perdana para finalis D'Academy akan tayang di layar kaca Indosiar. FTV berjudul Kejora tersebut berformat drama musikal.

Ada suka dan duka bagi kontestan D'Academy yang ikut menjadi pemain FTV tersebut. Mereka syuting sambil menjalani kewajiban puasa Ramadan.

Lia D'Academy berperan sebagai ketua geng Tiga Dara Ngesot bersama Rasya dan Risma. Mereka bertiga hanya mendapat tiga scene. "Kita disuruh standby dari jam 12 siang, takenya jam tujuh malam, terus take lagi jam 12 malam," ucap Lia lewat BlackBerry Messenger, Kamis (24/7/2014).

Meski menunggu lama, tidak menjadi masalah baginya. Karena ini merupakan pengalaman baru dan demi profesionalitas pekerjaan.

"Jadi peran kita itu tiga cewek yang sok kecantikan, gaya aku lebay, kalau Risma perannya jadi orang yang lemot, jadi kita itu nggak suka lihat Lesti maju, tetapi di scene ketiga kita bertiga bernyanyi," terangnya.

Lesti D'Academy merupakan pemeran utama bersama Ikif, Aty, Frans dan Adit. Mereka merupakan lima orang sahabat yang saling dekat sedari kecil.

Indra Yudhistira selaku Deputy Director of Production Indosiar berharap film Kejora ini mampu menarik hati pemirsa Indosiar. Seperti yang pernah ia katakan beberapa hari yang lalu. "Jika film ini bagus, kita akan mebuat film lagi untuk kalian," katanya di hadapan para pemain.

FTV `Kejora` akan tayang menyambut Idul Fitri di Indosiar. (Fac/Ade)

Layanan Seluler Terganggu Selama Mudik? Hubungi Nomor Ini

Posted: 24 Jul 2014 08:44 PM PDT

Aktivitas mudik sudah mulai berlangsung di tengah masyarakat, khususnya perantau yang telah lama berada di luar kota untuk bekerja maupun alasan lain. Sebagian besar masyarakat di Indonesia memang terbiasa melakukan tradisi mudik ketika Idul Fitri menjelang seperti sekarang. 

Menjelang hari raya biasanya lalu lintas komunikasi akan meningkat secara signifikan daripada hari biasanya. Peningkatan itu dikarenakan lebih banyak orang yang menggunakan layanan telekomunikasi untuk tetap berkomunikasi dengan keluarga ataupun rekannya.

Lalu lintas yang meningkat signifikan biasanya rentan gangguan. Supaya Anda lebih mudah mengatasi masalah ketika layanan komunikasi yang ada pakai terganggu berikut kami sajikan daftar kontak call center yang bisa dihubungi sewaktu-waktu jika ingin mendapat informasi seputar layanan telekomunikasi.

Telkomsel :
133 (Kartu Halo)
155 (Simpati)
188 (Kartu AS)

Indosat :
111 dari GSM (Post Paid)
100 dari GSM - berbayar Rp 400 per panggilan (Pre Paid)
111 (Star One)
101 dan 104 (layanan internasional)
102 (Indosat Corporate Solution)
999 (Indosat Info Center)

XL Axiata (XL dan Axis) :
817 dari nomor XL dan Axis - berbayar Rp 400 /panggilan)
021-57959817 (dari PSTN/di luar nomor XL dan Axis)

Ceria (Sampoerna Telekomunikasi Indonesia) :
888 dan 878

Tri (Hutchison 3 Indonesia) :
123 (nomor Tri)
089644000123 (dari selain nomor Tri)

Esia (Bakrie Telecom) :
999 dari nomor Esia
021 9100999 dari nomor selain Esia

Smartfren :
888 dari nomor Smartfren
08811223344 dari luar nomor Smartfren
021 50 100 000 dari PSTN

Nomor tersebut merupakan fasilitas yang bisa dihubungi pelanggan setiap saat agar bisa mendapat jawaban langsung petugas dari operator yang digunakan karena bukan dijawab oleh mesin.

Nomor tersebut selalu aktif dan bisa dimanfaatkan untuk menyampaikan keluhan kualitas layanan, pertanyaan ataupun konfirmasi bila ada informasi yang mencurigakan melalui telepon atau SMS.

IMF Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global 2014

Posted: 24 Jul 2014 08:36 PM PDT

Lembaga keuangan dana moneter internasional (International Monetary Fund/IMF) menurunkan proyeksi pertumbuhan global tahun fiskal 2014.

Penurunan tersebut dipicu prediksi lemahnya pertumbuhan ekonomi negara-negara di dunia khususnya Amerika Serikat (AS) pada kuartal I dan penurunan proyeksi pertumbuhan sebagian negara berkembang.

Mengutip laman CNBC, Jumat (25/7/2014), perekonomian global diprediksi tumbuh 3,4 persen tahun ini atau 0,3 persen lebih rendah dari prediksi sebelumnya. Meski begitu, proyeksi IMF masih di atas tingkat pertumbuhan global pada 2013 sebesar 3,2 persen.

"Pertumbuhan global dapat melemah dalam jangka panjang akibat rendahnya pergerakan ekonomi di negara-negara maju meski memiliki suku bunga yang rendah. Terlebih lagi, sejumlah kebijakan telah digulirkan untuk memulihkan perekonomiannya," seperti yang tertulis dalam laporan IMF bertajuk `World Economic Outlook`.

Sementara di sejumlah negara berkembang, pertumbuhan yang negatif akibat rendahnya pasokan kebutuhan masyarakat dan pengetatan kebijakan finansial sejak tahun lalu masih akan berdampak hingga akhir tahun.

Sejumlah bank sentral di negara berkembang seperti Brasil, Indonesia, dan Turki telah secara agresif meningkatkan suku bunganya sejak 2013 guna mengendalikan kondisi finansialnya.

Dengan harapan adanya peningkatan laju pertumbuhan ekonomi di negara-negara maju tahun depan, IMF memproyeksikan pertumbuhan ekonomi global berada di level 4 persen pada 2015.

IMF juga memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi US sebesar 1,1 persen menjadi 1,7 persen karena adanya kemungkinan pelemahan di kuartal I.

Negara dengan perekonomian terbesar di dunia itu mengalami kontraksi pada tiga bulan pertama tahun ini dan mengalami kemerosotan laju ekonomi terparah dalam lima tahun terakhir.

Pelemahan pertumbuhan ekonomi tak hanya menjadi masalah bagi negara-negara maju. IMF juga memperingatkan adanya lingkungan ekonomi yang lebih menantang bagi Brasil, Meksiko, Afrika Selatan dan Rusia.

IMF menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi negara-negara berkembang dari 4,8 persen menjadi 4,6 persen. Angka tersebut lebih rendah dari pertumbuhan ekonominya sebesar 4,7 persen pada 2013. (Sis/Nrm)

Penuhi Kebutuhan Pemudik, Pemkot Bogor Amankan Stok BBM

Posted: 24 Jul 2014 08:35 PM PDT

Menghadapi musim mudik Lebaran Juli 2014 (1435 Hijriah), Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat, memastikan kebutuhan Bahan Bakar Minyak (BBM) terpenuhi di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kota Bogor. Salah satunya di SPBU 34-16102 di Jalan Pajajaran, Kota Bogor.

"Sesuai anjuran PT Pertamina (Persero), setiap tahun seluruh SPBU Pertamina beroperasi 24 jam. Hal ini untuk memenuhi kebutuhan BBM bagi pemudik," kata Sulaeman, Pengawas SPBU 34-16102, Jumat (25/7/2014).

Menurut Sulaeman, estimasi komsumsi BBM diperkirakan puncaknya terjadi pada H-1 Lebaran. Ia juga memastikan stok BBM jenis pertamax, premium, dan solar di SPBU 34-16102 tersebut terpenuhi hingga lebaran.

"Memang perintah dari PT Pertamina juga, jelang lebaran agar stok BBM dipenuhi," imbuhnya.

Sesuai kapasitas tangki, kata dia, dari normal perhari untuk pertamax 20 kilo liter (kl), premiun 80 kl, solar 50 kl. "Diperkirakan pada hari lebaran omset penjualan akan mengalami peningkatan antara 10-20 persen," jelas Sulaeman. (Mut)

Sepatu Louboutin Milik Kate Midlleton Pemberian Victoria Beckham

Posted: 24 Jul 2014 08:35 PM PDT

Sepatu Christian Louboutin memang sangat terkenal di dunia fesyen. Dengan ciri khas sol sepatu warna merah, sepatu dari perancang asal Prancis ini kerap dipakai oleh banyak selebriti internasional.

Salah satu pemakai sepatu Christian Louboutin adalah mantan anggota Spice Girls, Victoria Beckham. Kali ini bukan sekadar Victoria Beckham memiliki sepatu Christian Louboutin yang menjadi pemberitaan media.

Seperti dilansir dari The Daily Mail, Jumat (25/7/2014), desainer asal Prancis tersebut mengatakan “Saya tahu bahwa Victoria Beckham memberinya sepasang boots Christian Louboutin dan Kate terlihat sangat mengagumkan dengan sepatu itu. Ia pernah difoto mengenakan boots Christian Louboutin”.

Tentang sepatunya yang fenomenal, Louboutin juga bercerita bahwa suatu ketika ia mendapat ucapan terima kasih dari seorang wanita karena dianggap sepatu Christian Louboutin yang dipakainya membuat ia sukses mendapat pekerjaan.

Kepada wanita tersebut, Loubutin mengatakan “Jangan berikan saya rasa terima kasih itu. Sepatu tersebut mungkin membuat mu jadi lebih percaya diri namun saya ragu bila seseorang memberimu pekerjaan karena sepatu yang kamu kenakan”.

Label Christian Louboutin kini sudah memiliki 91 butik di 55 negara. Baru-baru ini diberitakan bahwa Chrtistian Louboutin meluncurkan cat kuku. Cat kuku tersebut diluncurkan pada Rabu (23/7/2014) di Amerika dengan harga US$ 50 (sekitar Rp 577 ribu).

Jones Percaya Dapat Gantikan Peran Ferdinand dan Vidic

Posted: 24 Jul 2014 08:31 PM PDT

Pemain belakang Manchester United, Phil Jones merasa pantas untuk menggantikan peran dua seniornya, Nemanja Vidic dan Rio Ferdinand. Pasalnya kini The Red Devils sedang krisis bek tengah usai ditinggal kedua pemain tersebut.

"Tentu saya dapat membuktikan bahwa saya pantas menggantikan Ferdinand dan Vidic. Saya sangat ingin melakukannya," sebutnya seperti dilansir Dailystar (25/7/2014).

Phil Jones sendiri adalah pemain yang bertipikal bertahan. Ia kerap dimainkan di posisi gelandang bertahan, bek tengah, dan bek kanan.

Meski pria berusia 22 tahun tersebut selalu menyebut ia sangat baik bermain sebagai bek tengah. Ia justru sering bermain di posisi gelandang bertahan dan bek kanan.

http://cdn1-e.production.liputan6.com/medias/652006/original/mu-liverpool-140317.jpg

Kedatangan manajer baru MU, Louis van Gaal membuat Jones merasa bersemangat. Pasalnya ia dapat menunjukkan kemampuan sesungguhnya untuk mendapatkan tempat utama di lini pertahanan Setan Merah.

"Van Gaal menyebut ia akan melihat setiap pemain sebelum memberikan keputusan. Hal ini tentu sangat memotivasi pemain dan mendorong setiap pemain untuk dapat menarik perhatian darinya," ungkap mantan bek Blackburn Rovers itu.

"Setiap pemain dapat membuktikan kemampuannya pada manajer untuk menunjukkan bahwa kami pantas dan mampu memulai laga dengan baik."

Baca Juga:
Formasi Sempurna Van Gaal Ubah Kekuatan MU
Kisah Van Gaal (II): Membual Seperti Cryuff Demi Tim Inti Ajax
Aksi "Nakal" Van Gaal Intip Dada Presenter Terekam Kamera

Tidak ada komentar: