Kamis, 17 Juli 2014

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Pasca Kebakaran Pipa Gas, Polisi dan ESDM Usut Penyebab Kebakaran

Posted: 17 Jul 2014 08:38 PM PDT

indosiar.com, Jakarta - (Jumat : 18/07/2014) Tim puslabfor Mabes Polri mulai melakukan investigasi terkait peristiwa semburan api di jalur pipa gas, di jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat. Investigasi dilakukan bersama pihak terkait diantaranya, pihak Kementerian ESD dan perusahaan gas negara.

Investigasi peristiwa semburan api di jalur pipa gas, di jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, dilakukan tim puslabfor Mabes Polri dengan melakukan rangkaian pemeriksaan di lokasi. Investigasi dilakukan bersama pihak Kementerian ESDM dan perusahaan gas negara, Kamis siang setelah lokasi dinyatakan aman.

Selain melakukan pemeriksaan pada bagian luar titik semburan, petugas juga melakukan pemeriksaan pada jalur pipa gas yang berada di dalam gorong-gorong. Hal ini dilakukan untuk menyelidiki penyebab terjadinya semburan api, yang diduga timbul akibat adanya kebocoran pada pipa gas.

Meski sudah tidak tampak lagi semburan api, namun hingga Kamis petang petugas pemadam kebakaran masih disiagakan dilokasi, untuk mengantisipasi kemungkinan adanya kebocoran baru.

Peristiwa semburan api di jalur pipa gas, di proyek MRT, jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan terjadi Rabu malam kemarin. Semburan api yang cukup besar mengakibatkan jalur lambat di jalan ini sempat ditutup, karena cukup membahayakan, serta untuk memudahkan petugas dalam melakukan proses pemadaman api. (Dedi Irawan/Sup)

Foto Pernikahan Spektakuler di dalam Gua Es

Posted: 17 Jul 2014 08:35 PM PDT

Membuat foto pernikahan yang indah adalah impian para calon pengantin. Tak terkecuali pasangan ini. Torsten dan Sarah Ernest adalah pasangan yang menikah pada 24 Mei 2014. Torsten dan Sarah bertemu pertama kali di Alaska, Amerika, pada tahun 2008.

Dilansir dari The Daily Mail, Jumat (18/7/2014), pasangan ini memiliki foto pernikahan dengan latar yang sangat spektakuler. Mengenang pertemuan mereka di Alaska, pasangan ini memutuskan untuk membuat foto pernikahan di gua es Mendenhall Glacier, Alaska.

Untuk mendapat latar foto yang spektakuler ini, pasangan tersebut berjuang cukup keras. Torsten dan Sarah berkayak dan mendaki selama berjam-jam. Saat pemotretan, Torsten mengenakan tuxedo dan Sarah mengenakan gaun.

Situs Mendenhall Glacier ini adalah situs yang dilindungi dengan panjang 12 mil dan merupakan bagian dari Tongass National Forest. Gua es yang berada dibawah hamparan glacier tersebut adalah hasil dari glacier yang meleleh.

Oleh karena itu pengunjung situ tersebut diingatkan untuk berhati-hati saat berada dalam gua es. Sebab ada risiko es tersebut akan runtuh. Karena pemanasan global, panjang situs ini sudah berkurang sebanyak 2 mil sejak pertama kali dimonitor pada tahun 1958.

Jarang Ketemu, Fitri Carlina: Risiko Pacari Pilot

Posted: 17 Jul 2014 08:30 PM PDT

Sebulan terakhir, Fitri Carlina telah memperkenalkan identitas kekasihnya, Hendrawan Sumendap. Pilot pesawat terbang itu akhirnya mampu meluluhkan hati pelantun ABG Tua tersebut.

Namun, hubungan beda profesi ini tak selalu indah. Pasalnya, Fitri dan Hendrawan jarang bertemu lantaran kesibukan masing-masing. Hal itu terlihat ketika Fitri mengikuti acara buka puasa bersama di rumah kakaknya, Nini Carlina. Cewek 27 tahun ini terlihat datang sendirian.

"Dia lagi tugas, kerja melayani masyarakat. Jadi begini deh, tapi nikmati saja. Intinya sekarang bisa buka puasa bersama keluarga," kata Fitri Carlina di kawasan Rawamangun, Jakarta Timur, Kamis (17/7/2014).

Bungsu dari empat bersaudara ini juga menganggap hal tersebut sebagai risiko berpacaran dengan pilot, yang waktu kerjanya terkadang tak mengenal waktu. Namun, Fitri selalu memberikan kabar kepada sang kekasih tiap kali berpergian.

"Risiko itu namanya punya pacar begitu kerjanya, tapi dinikmati ya. Dia juga tahu kok kalau aku lagi ada kumpul keluarga," jelasnya.

Seperti diketahui, Fitri dan Hendrawan akhirnya go public setelah cukup lama menutup kisah asmaranya. Diakui Fitri, pertemuan dirinya dan sang pilot berawal dari sosial media Friendster sembilan tahun lalu saat usianya masih menginjak 18 tahun.(Ras/Mer)

Google Doodle: Selamat Ulang Tahun ke-96 Nelson Mandela

Posted: 17 Jul 2014 08:29 PM PDT

Anda sudah mengakses Google hari ini? Ada yang berbeda pada tampilan fanpage Google pada Jumat, (18/7/2014). Google melalui Doodle-nya hari ini merayakan hari ulang tahun bapak demokrasi Afrika Selatan yaitu Almarhum Nelson Mandela yang ke 96 tahun.

Seperti pantauan Citizen6, ulang tahun pejuang gerakan revolusi anti apartheid Afrika Selatan ini di rayakan Google melalui Doodle-nya yang menampilkan animasi perjalanan Nelson Mandela selama memimpin Afrika Selatan pada 1994-1999. Doodle juga menampilkan animasi gambar dengan kutipan-kutipan yang pernah di buat Nelson selama hidupnya. Berikut lima kutipan yang di cantumkan Google melalui Doodle-nya.

"Orang harus belajar membenci, dan jika mereka belajar membenci, mereka bisa diajari untuk mencintai, karena cinta datang lebih alami ke hati manusia daripada kebencian".

"Yang dihitung dalam hidup bukan semata-mata fakta bahwa kita pernah hidup. Perbedaan apa yang telah kita perbuat untuk hidup orang lainlah yang akan menentukan pentingnya hidup yang kita jalani".

"Pendidikan adalah senjata terkuat yang bisa Anda pakai untuk mengubah dunia".

"Karena bebas itu tidak hanya melepaskan rantai seseorang, tetapi hidup dalam cara yang menghormati dan memajukan kebebasan orang lain".

"Kemuliaan terbesar dalam hidup bukan terdapat pada tidak pernah gagal, melainkan pada bangkit setiap kali Anda terjatuh".

Nelson Mandela yang lahir pada 18 Juli 1918 di Mvezo, Afrika Selatan ini adalah seorang politisi Afrika Selatan yang menjabat sebagai Presiden Afrika Selatan. Ia adalah orang Afrika Selatan berkulit hitam pertama yang memegang jabatan tersebut dan presiden pertama yang terpilih melalui keterwakilan penuh, dalam sebuah pemilu multiras. 

Google juga memberi kemudahan bagi Anda bila ingin mengakses berita atau mencari informasi yang berkaitan dengan Nelson Mandela melalui doodlenya. Anda hanya perlu mengklik Doodle tersebut dan dengan segera Google akan menampilkan banyak sumber berita maupun biografi mengtenai Nelson Mandela. 

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel, foto atau video seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

Saat ini Citizen6, juga mengajak blogger untuk kolaborasi. Jika punya postingan baru, kirim alamat atau url websitenya ke kami. free. 

 

FIFA Larang Rosberg Gunakan Helm Piala Dunia

Posted: 17 Jul 2014 08:29 PM PDT

Pemuncak klasemen Formula 1, Nico Rosberg, membatalkan rencananya untuk mengenakan helm khusus yang dibuat dengan trofi Piala Dunia saat membalap di Grand Prix Jerman. Sebab, FIFA melakukan intervensi terkait masalah hak cipta.

Rosberg, yang membela tim pabrikan yang sekaligus menjadi sponsor Asosiasi Sepakbola Jerman, Mercedes, memperlihatkan kepada para pengikutnya di Twitter sebuah gambar rencana helm dengan bendera Jerman dilengkapi empat bintang dan Piala Dunia di bagian atasnya.

"Ini akan menjadi helm edisi istimewa Piala Dunia Hockenheim saya dengan trofi FIFA. Apakah Anda menyukainya?" tanya pembalap Jerman itu kepada para penggemarnya di akun Twitter.



Namun, helm itu melanggar hak cipta badan sepakbola dunia FIFA, dan juru bicara Rosberg, Georg Nolte, mengonfirmasi bahwa gambar Piala Dunia tidak akan ditampilkan.

Versi baru, yang diperlihatkan kepada media, menampilkan satu bintang besar dengan 14 bintang di dalamnya dan tiga bintang yang lebih kecil yang menandai empat kali Piala Dunia direbut oleh tim Jerman.

"Semua yang Anda pikirkan tentangnya, itu mengagumkan," komentar Rosberg. "Bahkan trofi itu memiliki mereknya sendiri atau apapun."

"Itu merupakan kejutan, namun tentu saja saya dapat memahaminya," kata pria Jerman itu. "Itu sangat disayangkan karena (helm) itu terlihat akan benar-benar bagus dengan trofi di atasnya. Sekarang itu adalah satu bintang besar dan tidak seorangpun dapat merebutnya. Bintang itu merupakan milik kami."

Rosberg, yang menandatangani perpanjangan kontrak dengan Mercedes pada awal pekan ini, unggul atas rekan setimnya yang berasal dari Inggris Raya Lewis Hamilton dengan selisih empat angka.

Tebus SK Penempatan, CPNS di Jabar Kena Palak BKD

Posted: 17 Jul 2014 08:29 PM PDT

Kabar bahagia kelulusan CPNS K2 ternyata masih disusul kejutan lain. Salah satu Badan Kepegawaian Daerah (BKD) di Jawa Barat meminta sejumlah CPNS K2 membayar sekitar Rp 5 juta hingga Rp 20 juta untuk melancarkan proses penerbitan Surat Keputusan (SK) pengangkatannya.

"Saya datang ke BKD, lalu dipanggil oleh salah satu pegawainya. Katanya supaya lancar semua urusan penerbitan SK, saya diminta bayar Rp 5 juta," ungkap salah satu CPNS yang enggan menyebutkan namanya saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (18/7/2014).

Menurutnya, pegawai BKD tersebut menjelaskan, pembayaran seharusnya diselesaikan pada Rabu (15/7/2014), tapi kemudian dia memberi kelonggaran waktu hingga sepekan ke depan.

Honorer yang telah mengabdi selama lebih dari lima tahun itu menyesalkan tidak ada pemberitahuan sebelumnya dari pihak BKD.

"Kenapa tidak ada pemberitahuan? akhirnya saya tanya bagaimana baiknya. Pihak BKD bilang, saya dan teman-teman di instansi tempat saya bekerja boleh membayar setelah Lebaran," tutur dia.

Sebelumnya, dia sempat meminta pengurangan biaya penebusan SK tersebut. Tapi pegawai BKD tersebut menolak dan berkilah setiap tanda-tangan untuk penerbitan SK memang harus dibayar.

Namun, yang mengherankan adalah penerimaan uang dari para CPNS tersebut tidak disertai kwitansi atau bukti pembayaran lain.

"Ada CPNS lain yang langsung bayar saat saya ada di situ. Tapi ketika diminta kwitansi, pegawainya bilang nggak ada," kisahnya.

Meski merasa permintaan pembayaran tersebut sebagai tindakan yang keliru karena tidak menyertakan kwitansi sebagai buktinya, tapi dia merasa tetap harus membayar karena tak mau menghambat proses penerbitan SK pengangkatannya.

Sementara sumber lain yang juga enggan menungkap identitasnya menyebutkan, para CPNS K2 di wilayahnya dimintai jumlah uang yang berbeda. Semua uang itu dikumpulkan BKD untuk memperlancar proses penerbitan SK sekaligus Nomor Induk Pegawai (NIP).

"Ini agak menggelikan. Para CPNS diminta untuk membayar Rp 5 juta dalam waktu seminggu. Bahkan CPNS di instansi lain ada yang diminta hingga sekitar Rp 15 juta - Rp 20 juta. Katanya demi kelancaran proses," tuturnya.

Demi memenuhi permintaan BKD tersebut, dia dan beberapa temannya lantas meminjam uang dari instansi tempatnya bernaung.(Sis/Nrm)

Pesawat Jatuh, Malaysia Airlines Kembali Berduka

Posted: 17 Jul 2014 08:28 PM PDT

indosiar.com, Kiev, Ukrania - (Jumat : 18/07/2014) Hingga saat ini penyelidikan masih terus dilakukan atas jatuhnya pesawat Boeing 777 milik maskapai penerbangan Malaysia Airlines. Pesawat yang membawa 295 penumpang ini hari Kamis jatuh di Desa Grabovo, sebelah utara Ukrania. Pesawat yang terbang dari Kuala Lumpur menuju Amsterdam - Belanda ini diduga jatuh ditembak kelompok militan pro Rusia di Ukrania.

Pesawat MH 17 inilah yang jatuh Kamis kemarin di Desa Grabovo, sebelah Utara Ukrania. Pesawat milik maskapai penerbangan Malaysia Airlines ini membawa 295 penumpang dari Kuala Lumpur menuju Amsterdam Belanda. Puing pesawat ditemukan hancur berserakan sepanjang 15 kilometer. Tim sar juga menemukan sedikitnya seratus mayat penumpang dalam kondisi yang sudah hangus.

Kabar jatuhnya pesawat Malaysia Airlines ini diunggah pihak maskapai di twitter Kamis kemarin, yang melaporkan, bahwa mereka telah kehilangan kontak dengan pesawat di wilayah Ukrania.

Kementrian Dalam Negeri Ukrania mengatakan, kelompok militan pro Rusia telah menembak jatuh pesawat ini. Wilayah Donestk di Ukrania yang merupakan jalur penerbangan yang dilintasi pesawat Malaysia Airlines ini merupakan basis militer kelompok pemberontak pro Rusia.

Dalam siaran persnya, Presiden Ukrania, Petro Poroshenko mengatakan militer Ukrania tidak terlibat dalam insiden ini. Menurutnya, selama beberapa hari terakhir, dua pesawat militer Ukrania, Antonov 26 dan Sukhoi 25 juga ditembak jatuh di daerah ini. Namun pemimpin separatis, Aleksander Borodai membantah tuduhan tersebut dan menuduh pemerintah Ukrania yang bertanggung jawab. (Tim Liputan/Sup)

Korban Pesawat MH-17 Malaysian Airlines yang Jatuh di Ukraina

Posted: 17 Jul 2014 08:26 PM PDT

Video amatir puing dan korban pesawat Malaysian Airlines MH-17

Rudal Hantam MH17, Rusia dan Ukraina Saling Tuduh

Posted: 17 Jul 2014 08:23 PM PDT

Rusia dan Ukraina menjadi sorotan utama atas serangan bersenjata yang terjadi terhadap pesawat penumpang Malaysia Airlines MH17. Namun pemerintah kedua negara menyangkal jika mereka bertanggung jawab atas tragedi itu dan saling menyalahkan.

Pejabat Amerika Serikat dan Ukraina sebelumnya sudah mengumumkan keyakinan mereka bahwa pesawat itu ditembak jatuh oleh peluru kendali. Presiden Ukraina Petro Poroshenko bahkan mengatakan peristiwa itu adalah aksi terorisme.

Menteri Luar Negeri Ukraina Pavlo Klimkin memperkuat klaim itu dengan mengatakan ia menyadap percakapan telepon yang membuktikan pesawat itu ditembak oleh kelompok separatis pro-Rusia.

Tetapi, Presiden Rusia Vladimir Putin menuduh pemerintah Ukraina memulai kembali operasi militer di kawasan itu, di mana Ukraina berusaha merebut kembali kendali dari pemberontak pro-Rusia.

"Negara di mana wilayah udara itu terjadi adalah pihak yang bertanggung jawab," kata Putin seperti dikutip BBC, Jumat (18/7/2014).

Senada dengan Putin, pemimpin kelompok separatis Alexander Borodai juga menuduh pemerintah Ukraina menembak jatuh pesawat itu.

Tuduhan itu kemudian dibantah Menteri Pertahanan Ukraina yang mengeluarkan pernyataan tidak ada jet angkatan udara di kawasan itu dan tidak ada sistem rudal darat ke udara yang digunakan terhadap pemberontak.

Sementara itu, Pemerintah Inggris meminta pertemuan darurat dengan Dewan Keamanan PBB untuk mendiskusikan krisis di Ukraina pasca-kecelakaan.

Pesawat MH17 jatuh di antara Krasni Luch di Luhansk dan Shakhtarsk di Donetsk. "Sekitar 100 jenazah telah ditemukan di lokasi, dengan puing-puing pesawat tersebar di area seluas 15 kilometer," kata seorang petugas evakuasi.

Ada 11 warga negara Indonesia termasuk dari 295 orang yang berada di pesawat Malaysia Airlines tersebut. pejabat KBRI yang berada di Bandara Schiphol, Amsterdam, Belanda Imam Asyari mengatakan tengah menunggu pihak Malaysia Airlines mengeluarkan nama-nama penumpang pesawat.

Baca juga:

Dubes RI di Belanda Cari Informasi Ditembaknya Pesawat MH17

WNI Korban Pesawat Jatuh di Ukraina Akan Berlebaran di Wonosobo

Ini Video Amatir Asap Malaysia Airlines Jatuh Ditembak Rudal

(Sss)

Permintaan Pengusaha Sebelum SBY Lengser

Posted: 17 Jul 2014 08:16 PM PDT

Masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan seluruh menteri Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II sebentar lagi akan berakhir.

Kini program 100 hari terakhirnya adalah mengejar target untuk membereskan sejumlah pekerjaan rumah yang bisa direalisasikan hingga Oktober 2014.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Sofjan Wanandi memberikan beberapa agenda yang seharusnya dapat dibenahi, bahkan diselesaikan pada akhir kepemimpinan SBY.

"Kami sebenarnya hanya berharap mereka bisa melaksanakan janji-janjinya yang pernah diucapkan, terutama meningkatkan pembangunan. Nggak minta yang baru kok," kata dia saat berbincang dengan Liputan6.com, Jakarta, seperti ditulis Jumat (18/7/2014).

Sofjan mengatakan, agenda pertama adalah yang berhubungan infrastruktur sehingga dapat menekan tingginya biaya ekonomi yang harus dirogoh pengusaha. Kondisi tersebut, sambungnya, dapat mempengaruhi daya saing produk lokal di pasar domestik dan internasional.

"Agenda kedua adalah mengurangi subsidi bahan bakar minyak (BBM). Memang susah menaikkan harga BBM subsidi, tapi kalau bisa di pemerintahan ini bisa mengurangi subsidi karena kalau dihapus kan nggak mungkin lantaran ada Undang-undang (UU) yang mengaturnya," tambah dia.

Dia menilai, anggaran subsidi BBM saat ini sudah terlampau memberatkan fiskal Indonesia. Dari pengurangan tersebut, biaya penghematannya dapat dialihkan ke proyek infrastruktur.

"Subsidi BBM memang ada rumusannya, tapi harusnya pemerintah mensubsidi BBM kepada masyarakat misalnya cuma Rp 1.500 per liter, jangan sampai seperti sekarang yang besar sekali. Jadi kita nggak punya ruang untuk bangun infrastruktur lagi," jelas Sofjan.

Agenda ketiga, menurut dia, pemerintahan SBY harus menuntaskan izin birokrasi yang bertele-tele untuk proyek-proyek vital. "Bereskan perizinan yang mesti pakai uang, karena itu hanya akan menimbulkan korupsi," tegasnya.

Sebagai informasi, Presiden sudah memerintahkan kepada Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) serta UKP4 untuk menyiapkan agenda dan pekerjaan rumah apa saja yang harus dirampungkan para menteri dan anggota kabinet dalam 100 hari terakhir ini. (Fik/Nrm)




Tidak ada komentar: