Sabtu, 09 Mei 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Kenang Djoko Santoso, TNI AD: Almarhum Sosok yang Tegas dan Perhatian 

Posted: 09 May 2020 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Kolonel Inf Nefra Firdaus menyatakan, Jenderal (purn) Djoko Santoso adalah adalah sosok yang tegas .

"Almarhum sosok tegas dan perhatian terhadap para prajurit," tulis Kolonel Inf Nefra Firdaus lewat siaran pers diterima, Minggu (10/5/2020).

Selain menjabat sebagai KSAD ke-24, (18 Februari 2005 - 28 Desember 2007), Djoko Santoso juga menjabat sebagai Panglima TNI ke-16 (28 Desember 2007 - 28 September 2010). 

Diketahui, almarhum meninggalkan seorang istri yaitu Angky Retno Yudianti dan 2 orang anak yaitu Andika Pandu Puragabaya dan Ardhya Pratiwi Setiowati.

"Sebagai bentuk penghormatan dan rasa duka cita yang mendalam atas kepergian almarhum Jenderal TNI (Purn) Djoko Santoso, seluruh satuan jajaran TNI/TNI Angkatan Darat mulai hari ini mengibarkan bendera setengah tiang," Nefra menandasi.

Sempat Dirawat Sepekan di RSPAD

Wakil Kepala RSPAD Gatot Soebroto Dokter Budi Sulistya menyatakan, sebelum meninggal, almarhum telah dirawat di rumah sakit ini sejak 2 Mei 2020.

"Beliau dirawat di ruang Cerebrovascular Intensive Care Unit Paviliun Kartika RSPAD Gatot Soebroto Sejak Sabtu 2 Mei 2020," kata Budi Sulistya kepada Liputan6.com, Minggu (10/5/2020).

Dia menegaskan, Djoko Santoso tidak meninggal karena virus corona atau Covid-19.

"Wafat Minggu 10 Mei 2020 pukul 06.30 WIB. Bukan akibat Covid-19," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cristian Gonzeles Punya Rekor Abadi Bersama Persib Bandung

Posted: 09 May 2020 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Cristian Gonzales rupanya punya rekor abadi di Persib Bandung. Hingga saat ini, belum ada yang bisa melewati catatan yang diciptakan oleh penyerang naturalisasi Indonesia tersebut.

Rekor yang dimaksud adalah catatan hattrick (tiga gol) dalam satu pertandingan. Cristian Gonzales masih menjadi pemain tersubur yang pernah mencetak hattrick bersama Maung Bandung, sebutan Persib.

Pemain kelahiran Uruguay tersebut telah mencetak lima hattrick untuk Persib. Catatan itu belum ada yang bisa menyamai, meski Gonzales sudah meninggalkan Persib sembilan tahun lalu.

Hebatnya lagi, Gonzales menciptakan rekor tersebut hanya butuh dua musim saat memperkuat Persib Bandung. Demikan dikutip dari situs resmi Persib.

Pria yang kini berusia 43 tahun tersebut mengemas tiga gol untuk Persib saat menghadapi Deltras Sidoarjo (2009), Persema Malang (2010), Persita Tangerang (2010), Persipasi Bekasi (Piala Indonesia 2010), dan Bontang FC (Piala Indonesia 2010).

Pencetak Hattrick Lainnya

Persib Bandung Logo (Bola.com/Adreanus Titus)
Persib Bandung Logo (Bola.com/Adreanus Titus)

Selain Gonzales, pemain lain yang mencetak hattrick bersama Maung Bandung adalah Dedi Sutendi. Dia mencetak dua kali hattrick, yakni saat Persib mengalahkan Persija Jakarta 4-0 pada 1979, dan yang kedua dia ciptakan ke gawang Gasko Kolaka saat Kejurnas PSSI tahun 1975.

Pencetak hattrick lainnya adalah Sutiono Lamso. Dari total 70 gol yang diciptakannya bersama Persib, sembilan di antaranya tercipta melalui hattrick. Tiga hattrick Sutiono tercipta saat melawan Arseto Solo (Piala Utama II 1992), Persiraja Banda Aceh (Perserikatan 1993/1994), dan Warna Agung (Liga Indonesia 1994).

Pemain lainnya adalah Ajat Sudrajat. Selama bersama Persib, dia pun mencetak tiga kali hattrick, masing-masing saat mengalahkan PSP Padang (1983), PSP Padang (1983) dan Persipura (1985).

Bintang dari Nigeria

Pemain pencetak hattrick berikutnya adalah Ekine Ikenwa pada musim 2005/2006. Pemain asal Nigeria ini mencetak dua kali hattrick, sekali quattrick (empat gol). Hattrick pertamaia ciptakan ke gawang Deltras Sidoarjo (2005), kemudian ke gawang Semen Padang (2005) dan quattrick ke gawang PSDS (Liga Indonesia 2006).

Setelah itu, ada nama Zulham Zamrun. Pemain asal Ternate ini mampu mencetak tiga gol pada ajang Piala Presiden 2015 saat mengalahkan Martapura FC dengan skor 4-0.

Pemain lainnya adalah, Raphael Maitimo. Pemain naturasliasi asal Belanda ini membuat hattrick saat Persib menjamu Persegres Gresik United di Liga 1 2017.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengusaha Boleh Cicil Bayar THR

Posted: 09 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah telah menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor M/6/HI.00.01/V/2020 Tentang Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) Keagamaan Tahun 2020 di Perusahaan Dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Dalam SE THR tersebut disebutkan, jika perusahaan tidak mampu membayar THR pada waktu yang ditentukan, solusi atas persoalan tersebut hendaknya diperoleh melalui dialog antara pengusaha dan pekerja atau buruh.

"Ada banyak pertanyaan, bagaimana kalau kondisi pengusaha tidak mampu membayar? Maka solusi atas permasalahan tersebut harus didialogkan secara terbuka antara pengusaha dengan pekerja," kata dia dikutip dari keterangan tertulis, Minggu (10/5/2020).

"Pengusaha harus membuka secara transparan kondisi keuangannya berdasarkan laporan keuangan internal perusahaan. Segera dialogkan secara bipartit," lanjutnya.

Dengan adanya dialog, pengusaha dan pekerja bisa mencari jalan bersama untuk mengatasi pembayaran THR. Dalam dialog tersebut bisa dibahas mengenai apakah pembayaran THR akan dilakukan secara bertahap, atau apakah pembayaran THR akan ditunda, dan bagaimana cara pembayaran THR.

Di dalam SE disebutkan dialog antara pengusaha dan pekerja dapat menyepakati beberapa hal antara lain bila perusahaan tidak mampu membayar THR secara penuh pada waktu yang ditentukan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan maka pembayaran THR dapat dilakukan bertahap.

Kemudian bila perusahaan tidak mampu membayar THR sama sekali pada waktu yang ditentukan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan maka pembayaran THR dapat dilakukan penundaan sampai jangka waktu tertentu yang disepakati. Demikian juga waktu dan cara pengenaan denda keterlambatan pembayaran THR.

"Kesepakatan antara pengusaha dan pekerja atau buruh tersebut harus dilaporkan oleh perusahaan kepada Dinas yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang ketenagakerjaan setempat," kata Ida.

 

Buka Posko

Ilustrasi uang. (via: istimewa)
Ilustrasi uang. (via: istimewa)

Agar pelaksanaan pemberian THR keagamaan tahun 2020 efektif, Fauziyah mengharapkan Gubernur untuk membentuk Pos Komando (Posko) THR Keagamaan Tahun 2020 di masing-masing provinsi dengan memperhatikan prosedur/protocol kesehatan pencegahan penularan Covid-19.

Gubernur juga diminta menyampaikan SE Menaker ini kepada Bupati dan Walikota dan pemangku kepentingan di wilayahnya.

Dalam penyusunan Surat Edaran THR Keagamaan ini, Menaker Ida menyatakan Kemnaker telah melakukan beberapa kali dialog dengan para pengusaha yang tergabung dalam Apindo serta dialog dengan Serikat Pekerja/Serikat Buruh.⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣

SE THR ini pun telah dibahas dan menjadi kesepakatan bersama Lembaga Kerja Sama Tripartit Nasional (LKS Tripnas) dalam sidang pleno LKS Tripnas yaitu pada point 2 yang menyatakan penyusunan pelaksanaan THR dengan mempertimbangkan kondisi perekonomian akibat pandemi Covid-19 dengan menambahkan Laporan Keuangan tingkat Perusahaan.⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Reza Rahadian Ingin Bertemu Wishnutama dan Nadiem Makarim, Ada Apa?

Posted: 09 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Wabah Corona Covid-19 meluas di Tanah Air, jumlah kasusnya mencapai 13 ribu. Wabah ini berdampak di seluruh sektor industri termasuk seni. Reza Rahadian mengingatkan, pekerja seni yang dimaksud bukan hanya penyanyi, bintang film, sinetron, dan presenter.

"Ada industri panggung, yang enggak boleh dilewatkan. Pekerja seni panggung juga hidup dari pertunjukan," terang Reza Rahadian. Kalau tak ada pertunjukan yang digelar, maka mereka tidak punya penghasilan.

Reza Rahadian berharap pemerintah memperlihatkan kepedulian pada mereka. Kabar terakhir yang didengar Reza Rahadian, para pekerja seni telah mengisi formulir untuk mendapatkan bantuan.

Dua Kementerian

Reza Rahadian. (Daniel Kampua/Fimela.com)
Reza Rahadian. (Daniel Kampua/Fimela.com)

Bentuk bantuannya seperti apa, masih terus dicermati sang bintang film Habibie dan Ainun serta My Stupid Boss. Industri seni termasuk film dipayungi dua kementerian yakni Pendidikan dan Kebudayaan serta Pariwisata Ekonomi Kreatif.

"Kedua kementerian ini mendata ulang pekerja seni yang benar-benar butuh di satu pintu. Jadi dengan pendataan konkret kita tahu siapa-siapa yang butuh bantuan," Reza Rahadian berharap.

Solidaritas dan Kebersamaan

Reza Rahadian (Adrian Putra/Fimela.com)
Reza Rahadian (Adrian Putra/Fimela.com)

Pelantun "Pekat" ini bersyukur, sejumlah organisasi memberikan bantuan secara mandiri buat para pekerja seni.

"Kemarin saya menginisiasi gerakan dari pekerja seni untuk pekerja seni menggandeng kitabisa.com. Selain itu dari PARFI, dan RAI. Tidak menjadi anggota di keduanya, tapi menurut saya ini bukan lagi soal siapa anggota, benderanya apa. Ini soal solidaritas, kebersamaan kita," ia menyambung.

Kartu Prakerja dan Dana

Menparekraf Wishnutama Kusubandio. (dok. Biro Humas Kemenparekraf/Dinny Mutiah)
Menparekraf Wishnutama Kusubandio. (dok. Biro Humas Kemenparekraf/Dinny Mutiah)

Mengingat wabah meluas dan berlarut-larut, Reza Rahadian berharap pemerintah bertindak taktis. "Kita butuh lebih besar dari itu, khususnya bantuan dari pemerintah. Ada kartu prakerja, bantuan berupa pelatihan dan ada dana," beber aktor kelahiran Jakarta, 5 Maret 1987 ini.

Terkait kartu prakerja, Reza Rahadian mengingatkan bentuk pelatihan seperti apa yang akan diberikan kepada para pekerja seni. "Itu harus dipikirkan. Hal-hal seperti itu payungnya ada di Kemendikbud dan Kemenparekraf karena mereka yang menaungi kita," ujar peraih empat Piala Citra itu.

Wishnutama dan Nadiem

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Karenanya, Reza Rahadian ingin bertemu langsung dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Makarim. Ia juga ingin berdiskusi langsung dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Wishutama.

"Saya tertarik berdiskusi dengan dua kementerian ini, mau Pak Wishnutama atau Pak Nadiem Makarim ayo, kita ngobrol konkret. Pengin banget bisa mengobrol dengan mereka," Reza Rahadian berharap.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Keutamaan Salat Witir, Penyempurna Ibadah Ramadan

Posted: 09 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Saat bulan Ramadan, salat tarawih memang salah satu salat sunnah yang sangat dianjurkan. Termasuk salah satu amalan baik di malam Ramadan yang akan rugi jika ditinggalkan. Namun jangan lupakan juga untuk melaksanakan salat witir setelah menjalankan salat tarawih, ya. Karena ada banyak sekali keutamaan salat witir yang biasa dikerjakan usai salat tarawih ini.

Selain keutamaan salat witir yang ada banyak sekali, salat yang dikerjakan juga cukup ringan. Salat witir boleh dikerjakan dengan rakaat ganjil minimal 1 rakaat. Atau bisa juga tiga rakaat tanpa duduk tasyahud awal.

Salat witir biasa disebut sebagai salat penutup malam. Hal ini disebabkan karena salat sunnah ini boleh dilaksanakan setelah salat isya, kemudian setelah salat tarawih, dan sebelum salat subuh. Salat ini juga biasa dilaksanakan setelah salat malam. Memang terdengar cukup berat jika disandingan dengan salat malam tetapi ketika sudah mengetahui keutamaan salat witir yang sedemikian hebat, maka melaksanakannya akan membuatmu lebih bersemangat.

Berikut penjelasan mengenai keutamaan salat witir yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (5/5/2020).

Keutamaan Salat Witir

Ilustrasi Salat Credit: shutterstock.com
Ilustrasi Salat Credit: shutterstock.com

1. Sebagai Tambahan Salat

Salat witir seringkali dijadikan sebagai tambahan salat. Salat yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan di antara waktu salat fardu yakni setelah salat isya dan sebelum waktu salat subuh. Tentu saja pahala akan menjadi berlipat ganda dengan melaksanakannya.

 Sebagaimana hadits berikut ini:

إِنَّ اللهَ زَادَكُمْ صَلاَةً، وَهِيَ الْوِتْرُ، فَصَلُّوْهَا فِيْمَا بَيْنَ صَلاَةِ الْعِشَاءِ إِلَى صَلاَةِ الْفَجْرِ

"Sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta'ala telah memberi kalian tambahan salat, yaitu salat Witir, maka salat Witirlah kalian antara waktu salat 'Isya' hingga salat Subuh." [HR. Ahmad]

نَّ اللهَ زَادَكُمْ صَلاَةً، فَحَافِظُوْا عَلَيْهَا، وَهِيَ اَلْوِتْرُ

"Sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta'al telah memberi kalian tambahan salat, maka peliharalah dia, yaitu salat Witir."

2. Penyempurna Salat Malam

Salat witir dikenal juga sebagai penutup dari salat malam. Salat ini baik juga dilaksanakan sebelum tidur atau juga setelah bangun tidur. Tanpa salat witir maka tidak akan sempurna salat malam atau qiyamul lail seseorang.

Sebagaimana yang disebutkan dalam hadits berikut ini:

جْعَلُوْا آخِرَ صَلاَتِكُمْ بِاللَّيْلِ وِتْرًا

"Jadikanlah akhir salat kalian di malam hari dengan salat Witir"

Keutamaan Salat Witir

Ilustrasi salat (Foto: moslemforall.com)
Ilustrasi salat (Foto: moslemforall.com)

3. Dicintai Allah SWT

Allah sangat menyukai sesuatu yang ganjil karena Allah adalah satu. Sebagaimana rakaat salat witir yang ganjil. Dan perlu diketahui juga bahwa salat witir merupakan salah satu ibadah yang dicintai Allah SWT.

Sebagaimana yang disebutkan dalam hadIts Rasulullah SAW berikut ini:

نَّ اللهَ وِتْرٌ يُحِبُّ الْوِتْرَ، فَأَوْتِرُوْا يَاأَهْلَ الْقُرْآنِ

"Sesungguhnya Allah itu ganjil dan menyukai orang-orang yang melakukan salat Witir, maka salat Witirlah, wahai para ahli Al-Quran."

Sebagai hamba Allah yang beriman dan bertaqwa tentu kita akan mencintai apa yang dicintai oleh Allah SWT. Termasuk berusaha untuk melaksanakan segala perintahnya dan menjalankan salat witir.

4. Lebih Baik dari Unta Merah

Hal ini dapat berarti pula bahwa salat witir yang dikerjakan memiliki nilai lebih besar dari nilai seekor unta merah terutama bila dikerjakan sebelum waktu salat subuh.

Berikut hadits yang menyebutkan keutamaan tersebut:

حَدَّثَنَا أَبُو الْوَلِيدِ الطَّيَالِسِيُّ وَقُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ الْمَعْنَى قَالَا حَدَّثَنَا اللَّيْثُ عَنْ يَزِيدَ بْنِ أَبِي حَبِيبٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ رَاشِدٍ الزَّوْفِيِّ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي مُرَّةَ الزَّوْفِيِّ عَنْ خَارِجَةَ بْنِ حُذَافَةَ قَالَ أَبُو الْوَلِيدِ الْعَدَوِيُّ خَرَجَ عَلَيْنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ قَدْ أَمَدَّكُمْ بِصَلَاةٍ وَهِيَ خَيْرٌ لَكُمْ مِنْ حُمْرِ النَّعَمِ وَهِيَ الْوِتْرُ فَجَعَلَهَا لَكُمْ فِيمَا بَيْنَ الْعِشَاءِ إِلَى طُلُوعِ الْفَجْرِ

Telah menceritakan kepada Kami [Abul Walid Ath Thayalisi] dan [Qutaibah bin Sa'id] dari [Kharijah bin Hudzafah], Abu Al Walid Al Adawi berkata: Rasulullah shallAllahu wa'alaihi wa sallam keluar menemui Kami dan berkata: "Sesungguhnya Allah telah mewajibkan bagi kalian sebuah salat yang dia lebih baik bagi kalian dari pada unta merah, yaitu salat witir, dan telah menjadikannya berada di antara salat Isya hingga terbit fajar." (HR Abu dawud)

Keutamaan Salat Witir

Ilustrasi/copyright shutterstock.com
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

5. Dikabulkan Doanya

Waktu melaksanakan salat witir merupakan waktu yang tepat untuk berdoa. Dan merupakan waktu yang membuat setiap hamba amat dekat dengan Allah SWT. Doa yang dipanjatkan setelah salat witir bisa jadi merupakan salah satu doa yang akan diijabah oleh Allah SWT.

6. Disaksikan Malaikat

Salat witir yang dilaksanakan pada penghujung malam akan disaksikan oleh malaikat. Mereka akan ikut mendoakan kita kepada Allah SWT dan keberkahan akan menyertai siapa saja yang melaksanakan salat witir ini.

Hal tersebut dijelaskan dalam hadits berikut ini:

حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا حَفْصٌ وَأَبُو مُعَاوِيَةَ عَنْ الْأَعْمَشِ عَنْ أَبِي سُفْيَانَ عَنْ جَابِرٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ خَافَ أَنْ لَا يَقُومَ مِنْ آخِرِ اللَّيْلِ فَلْيُوتِرْ أَوَّلَهُ وَمَنْ طَمِعَ أَنْ يَقُومَ آخِرَهُ فَلْيُوتِرْ آخِرَ اللَّيْلِ فَإِنَّ صَلَاةَ آخِرِ اللَّيْلِ مَشْهُودَةٌ وَذَلِكَ أَفْضَلُ و قَالَ أَبُو مُعَاوِيَةَ مَحْضُورَةٌ

Telah menceritakan kepada kami [Abu Bakr bin Abu Syaibah] telah menceritakan kepada kami [Hafsh] dan [Abu Mu'awiyah] dari [Al A'masy] dari [Abu Sufyan] dari [Jabir] ia berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Barangsiapa yang khawatir tidak bisa bangun di akhir malam, hendaklah ia melakukan witir di awal malam. Dan siapa yang berharap mampu bangun di akhir malam, hendaklah ia witir di akhir malam, karena salat di akhir malam disaksikan (oleh para malaikat) dan hal itu adalah lebih afdlal (utama)." Abu Mu'awiyah berkata: "Mahdlurah (dihadiri oleh para malaikat)." (HR. Muslim)

Keutamaan Salat Witir

Ilustrasi Berdoa Credit: freepik.com
Ilustrasi Berdoa Credit: freepik.com

7.  Selalu Dikerjakan Rasulullah SAW

Ada tiga perkara yang tidak pernah ditinggalkan Rasulullah SAW dalam hidupnya yakni berpuasa selama tiga hari setiap bulan, mendirikan  salat duha dan melaksanakan salat witir. Rasulullah SAW tidak pernah meninggalkan salat witir dan apabila ia meninggalkannya, beliau akan mengqadha salat witir yang ditinggalkannya tersebut.

Hal ini dikuatkan oleh hadits Rasulullah SAW berikut ini :

أَوْصَانِى خَلِيلِى بِثَلاَثٍ لاَ أَدَعُهُنَّ حَتَّى أَمُوتَ صَوْمِ ثَلاَثَةِ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ ، وَصَلاَةِ الضُّحَى ، وَنَوْمٍ عَلَى وِتْرٍ

"Kekasihku Rasulullah memberi wasiat kepadaku agar aku berpuasa 3 hari setiap bulan, mendirikan salat Duha 2 rakaat dan salat witir sebelum aku tidur" (HR. Bukhari)

8. Diberi Petunjuk dan Kekuatan Allah SWT

Orang yang melaksanakan salat witir akan semakin kuat dalam menghadapi cobaan dunia dan doanya akan selalu didengar oleh Allah SWT. Petunjuk akan selalu menyertai mereka yang menjalankan perintah serta melakukan apa yang Allah SWT cintai. Pada saat salat witir, ada doa qunut yang bisa dibaca sebagai permohonan petunjuk dan keselamatan kepada Allah SWT.

Berikut adalah doa qunut yang bisa dibaca saat melaksanakan salat witir:

اللَّهُمَّ إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَلَكَ نُصَلِّيْ وَنَسْجُدُ وَإِلَيْكَ نَسْعَى وَنَحْفِدُ نَرْجُوْ رَحْمَتَكَ وَنَخْشَى عَذَابَكَ إِنَّ عَذَابَكَ بِالْكَافِرِيْنَ مُلْحِقٌ، اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْتَعِيْنُكَ، وَنَسْتَغْفِرُكَ، وَنُثْنِيْ عَلَيْكَ الْخَيْرَ، وَلاَ نَكْفُرُكَ، وَنُؤْمِنُ بِكَ، وَنَخْضَعُ لَكَ، وَنَخْلَعُ مَنْ يَكْفُرُكَ

"Ya Allah, kepada-Mu kami beribadah, untuk-Mu kami melakukan salat dan sujud, kepada-Mu kami berusaha dan bersegera (melakukan ibadah). Kami mengharapkan rahmat-Mu, kami takut kepada siksaan-Mu. Sesungguhnya siksaan-Mu akan menimpa pada orang-orang kafir. Ya Allah, kami minta pertolongan dan memohon ampun kepada-Mu, kami memuji kebaikan-Mu, kami tidak ingkar kepada-Mu, kami beriman kepada–Mu, kami tunduk kepada-Mu dan meninggalkan orang-orang yang kufur kepada-Mu."

Keutamaan Salat Witir

Sejumlah pria membaca Al-Quran selama bulan Ramadan di Masjid Agung Sanaa, Yaman, Minggu (26/4/2020). Masjid Agung Sanaa merupakan salah satu masjid pertama yang dibangun atas perintah Nabi Muhammad SAW. (Mohammed HUWAIS/AFP)
Sejumlah pria membaca Al-Quran selama bulan Ramadan di Masjid Agung Sanaa, Yaman, Minggu (26/4/2020). Masjid Agung Sanaa merupakan salah satu masjid pertama yang dibangun atas perintah Nabi Muhammad SAW. (Mohammed HUWAIS/AFP)

9. Amalan Ahli Al-Quran

Para ahli Al-Quran dari kalangan sahabat adalah mereka yang hafal Al-Quran dan sangat berkomitmen untuk mengamalkan serta mendakwahkannya. Mereka merupakan sahabat-sahabat yang paling utama. Dan salah satu amalan yang diperintahkan Rasulullah SAW kepada mereka adalah salat witir. Tujuannya agar mereka semakin dicintai Allah SWT.

"Sesungghnya Allah itu witir, mencintai witir, maka lakukanlah salat witir wahai ahli Al-Quran." (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah; shahih)

"Wahai ahli Al-Quran, lakukanlah salat witir. Karena sesungghnya Allah Azza wa Jalla itu witir, mencintai yang witir." (HR. An Nasa'i dan Ibnu Majah; shahih) 

10. Diwasiatkan Dikerjakan Setiap Hari

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu beliau berkata:

"Kekasihku (Muhammad) shallallahu 'alaihi wasallam mewasiatkan kepadaku tiga perkara: puasa tiga hari setiap bulan, salat duha dua rakaat dan salat witir sebelum tidur." (HR. Bukhari dan Muslim)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gabung Tim Pabrikan Yamaha, Fabio Quartararo Malah Kagumi Kecepatan Motor Ducati

Posted: 09 May 2020 09:20 PM PDT

Paris - Pembalap asal Prancis, Fabio Quartararo jadi salah satu komoditas panas di MotoGP. Performa cemerlangnya bersama tim Petronas Yamaha musim lalu memang sukses mencuri perhatian.

Total dalam 19 lomba MotoGP 2019, Quartararo bisa merasakan tujuh podium, enam pole position, dan menempati urutan lima klasemen.

Tim pabrikan Yamaha pun bergerak cepat untuk mengamankan masa depan pembalap asal Prancis itu. Yamaha bahkan sampai harus mendepak pembalap paling senior, Valentino Rossi untuk memberikan tempat bagi Quartararo.

Hanya saja meski sudah terikat kontrak sampai dua musim ke depan bersama Yamaha, banyak yang berspekulasi, Fabio Quartararo punya peluang meninggalkan tim pabrikan asal Jepang itu di masa depan.

Satu pabrikan yang begitu kepincut performa Fabio Quartararo adalah Ducati. Banyak yang menyebut motor Ducati Desmosedici bakal sangat cocok dengan gaya balap pembalap berusia 21 tahun itu.

Puji Ducati

Pembalap Petronas Yamaha, Fabio Quartararo, meraih pole position di MotoGP Jerez 2019. (AFP/Jorge Guerrero)
Pembalap Petronas Yamaha, Fabio Quartararo, meraih pole position di MotoGP Jerez 2019. (AFP/Jorge Guerrero)

Hanya saja pada kesempatan wawancara bersama situs gpone.com, Quartararo secara terbuka memuji performa motor Ducati Desmosedici.

"Aspek paling luar biasa dari motor Ducati adalah kecepatan. Mengendarai motor pada kecepatan seperti itu bakal sangat impresif," Quartararo menuturkan.

Apakah ini sinyal Quartararo tertarik memperkuat Ducati di masa depan pada ajang MotoGP? Pembalap kelahiran Nice, Prancis ini buru-buru membantahnya.

"Saya ingin mencoba semua motor berbeda di MotoGP. Tapi tujuannya hanya satu yaitu membuat motor Yamaha terus berkembang," ujarnya sembari tertawa.

Pernyataan di atas merupakan pertanda Quartararo telah menolak kemungkinan gabung Ducati di masa depan. 

Sumber: gpone.com

Disadur dari Bola.com (Hendry Wibowo/Hendry Wibowo, published 10/5/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Quraish Shihab: Tidak Ada Kebajikan yang Lebih Tinggi daripada Sabar

Posted: 09 May 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menurut cendikiawan muslim Quraish Shihab, tiada pembendaharaan yang lebih bermanfaat dari pada ilmu.

"Tidak juga sifat yang lebih menguntungkan dari pada kelapangan dada," ungkapnya. 

Lebih lanjut Quraish Shihab mengatakan, bahwa tidak ada kebajikan yang lebih tinggi daripada sabar dan sikap yang lebih baik dari pada kebenaran.

"Tiada kerendahan melebihi kemiskinan. Dan tidak ada yang memelihara, lebih baik daripada diam," jelasnya.

Di akhir renungannya, Quraish Shihab juga memaparkan, bahwa tidak ada kehormatan melebihi perhambaan diri kepada Allah.

 

 

-----------

Kabar Ramadan: Mau Buka Puasa Ditemani Artis?

Gabung KapanLagi Buka Bareng, event buka puasa online bersama Jirayut dan Rara LIDA 9 Mei ini. Bakal ada Chef Norman, Danilla, dan Adhitia Sofyan juga. Caranya? Daftar dulu di sini, dan isi data diri kamu. Semuanya GRATIS. Baca panduan lengkap di sini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menaker Ida: Gubernur Harus Pastikan Perusahaan Bayar THR Buruh

Posted: 09 May 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah telah menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor M/6/HI.00.01/V/2020 Tentang Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) Keagamaan Tahun 2020 di Perusahaan Dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Dalam SE tersebut, Ida meminta para gubernur memastikan perusahaan agar membayar THR keagamaan kepada pekerja sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

"THR adalah pendapatan non-upah yang harus diberi pengusaha kepada pekerja. ini sesuai dengan ketentuan PP 78/2015 tentang Pengupahan. Dan ini kewajiban yang harus dibayar oleh pengusaha kepada pekerja,"kata Ida dikutip dari keterangan tertulis, Minggu (10/5/2020).

Dalam SE THR tersebut disebutkan juga, jika perusahaan tidak mampu membayar THR pada waktu yang ditentukan, solusi atas persoalan tersebut hendaknya diperoleh melalui dialog antara pengusaha dan pekerja atau buruh.

"Ada banyak pertanyaan, bagaimana kalau kondisi pengusaha tidak mampu membayar? Maka solusi atas permasalahan tersebut harus didialogkan secara terbuka antara pengusaha dengan pekerja. Pengusaha harus membuka secara transparan kondisi keuangannya berdasarkan laporan keuangan internal perusahaan. Segera dialogkan secara bipartit,"kata Ida.

"Dengan membuka ruang dialog, maka pengusaha dan pekerja mencari jalan bersama antara bagaimana mengatasi pembayaran THR ini. Apakah dilakukan secara bertahap, kalau ditunda sampai kapan , caranya bagaimana, itu dibicarakan secara bipartit antara pengusaha dengan pekerja, kata Ida.

 

Penundaan

Menaker Ida Fauziyah saat memimpin teleconference sidang pleno Lembaga Kerja Sama (LKS) Tripartit Nasional di Jakarta, pada Rabu (8/4/2020).
Menaker Ida Fauziyah saat memimpin teleconference sidang pleno Lembaga Kerja Sama (LKS) Tripartit Nasional di Jakarta, pada Rabu (8/4/2020).

Di dalam SE disebutkan dialog antara pengusaha dan pekerja dapat menyepakati beberapa hal antara lain bila perusahaan tidak mampu membayar THR secara penuh pada waktu yang ditentukan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan maka pembayaran THR dapat dilakukan bertahap.

Kemudian bila perusahaan tidak mampu membayar THR sama sekali pada waktu yang ditentukan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan maka pembayaran THR dapat dilakukan penundaan sampai jangka waktu tertentu yang disepakati. Demikian juga waktu dan cara pengenaan denda keterlambatan pembayaran THR

"Kesepakatan antara pengusaha dan pekerja dan buruh tersebut harus dilaporkan oleh perusahaan kepada Dinas yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang ketenagakerjaan setempat,"kata Ida mengutip SE THR.

Sesuai SE THR, Ida memastikan kesepakatan mengenai waktu dan cara pembayaran THR Keagamaan dan denda, tidak menghilangkan kewajiban pengusaha untuk membayar THR Keagamaan dan denda kepada pekerja/buruh dengan besaran sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan, serta dibayarkan pada tahun 2020.

"'Ada sanksi buat perusahaan yang tidak membayar sama sekali? Sesuai ketentuan perundang-undangan, secara administrasi, tetap ada dendanya. Tapi semua itu pun juga harus dibicarakan dan kemudian pengusaha melaporkan hasil kesepakatannya ke dinas ketenagakerjaan setempat, kata Ida.

 

Buka Posko

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah.
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah.

Selanjutnya, agar pelaksanaan pemberian THR keagamaan tahun 2020 efektif Menaker ida Fauziyah mengharapkan Gubernur untuk membentuk Pos Komando (Posko) THR Keagamaan Tahun 2020 di masing-masing provinsi dengan memperhatikan prosedur atau protokol kesehatan pencegahan penularan Corona Covid-19.

Gubernur juga diminta menyampaikan SE Menaker ini kepada Bupati dan Walikota dan pemangku kepentingan di wilayahnya.

Dalam penyusunan Surat Edaran THR Keagamaan ini, Menaker Ida menyatakan Kemnaker telah melakukan beberapa kali dialog dengan para pengusaha yang tergabung dalam Apindo serta dialog dengan Serikat Pekerja atau Serikat Buruh.⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣

SE THR ini pun telah dibahas dan menjadi kesepakatan bersama Lembaga Kerja Sama Tripartit Nasional (LKS Tripnas) dalam sidang pleno LKS Tripnas yaitu pada point 2 yang menyatakan penyusunan pelaksanaan THR dengan mempertimbangkan kondisi perekonomian akibat pandemi Covid-19 dengan menambahkan Laporan Keuangan tingkat Perusahaan.⁣⁣⁣⁣⁣⁣

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Eks Rekan Setim di MU Ungkap Aturan Saat Latihan yang Untungkan Cristiano Ronaldo

Posted: 09 May 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Eks gelandang Manchester United (MU), Darren Fletcher mengaku perkembangan Cristiano Ronaldo tidak lepas dari andil Walter Smith. Ya, Walter adalah asisten Sir Alex Ferguson di MU yang memberi peraturan khusus untuk Ronaldo.

"Walter datang dan dia pada dasarnya memutuskan tidak akan ada pelanggaran saat latihan. Saya tahu, itu tentunya untuk Ronaldo," kata Fletcher.

Fletcher mengatakan, sebelum ada peraturan itu, Ronaldo selalu mengandalkan pelanggaran untuk mendapat keuntungan. Ronaldo pun, kata Fletcher sempat mempertanyakan peraturan yang dibuat Walter.

"Siapa pria Skotlandia itu? Apa Ini?" kata Fletcher menirukan Ronaldo.

Meskipun demikian, Fletcher mengungkapkan Ronaldo pada akhirnya dapat mengambil keuntungan dari peraturan itu. Karena tahu tidak ada pelanggaran, Ronaldo mulai kreatif dengan bola dan lebih banyak berlari.

"Lalu dia mulai mencetak lebih banyak gol dan punya opsi lebih banyak untuk mencetak gol," katanya.

Ronaldo bermain di MU pada 2003 hingga 2009. Pria yang kini bermain bagi Juventus itu mencetak 118 gol dalam 292 bagi Setan Merah -julukan MU.

Di MU pula, Ronaldo menjelma sebagai salah satu pemain terbaik di dunia. Ronaldo lalu pindah ke Real Madrid pada 2009/10 dan bermain hingga musim 2017/18 di sana.

 

Lompatan Besar

Darren Fletcher (AFP/Andrew Yates)
Darren Fletcher (AFP/Andrew Yates)

Fletcher menambahkan, tindakan Walter barangkali sederhana. Namun dampaknya sangat besar bagi karier Ronaldo.

Terbukti, usai berlatih dengan aturan Walter, permainan Ronaldo membuas. "Dengar, itu mungkin kecil, tetapi pada paruh kedua musim di bawah Walter, dia membuat perbedaan besar," katanya.

Di Timnas Skotlandia

Walter Smith sendiri tidak hanya pernah menjadi asisten Ferguson di MU. Pada Piala Dunia 1986, Walter menjadi asisten Ferguson di timnas Skotlandia.

Ferguson pun memuji tangan kanannya itu sebagai asisten yang berpengalaman. "Ada sedikit orang dengan pengalaman dan pemahaman teknis seperti dia," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

16 Hari Larangan Mudik, Polda Metro Minta 15.751 Kendaraan Putar Balik

Posted: 09 May 2020 09:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya terus menjaga sejumlah titik check point atau pos penyekatan selama adanya pelarangan mudik lebaran 2020. Hal itu demi memutus rantai penyebaran virus Covid-19 atau corona.

Tercatat, sudah 15.751 kendaraan yang diminta untuk putar balik sejak 24 April 2020 hingga 9 Mei 2020, baik kendaraan roda dua maupun lebih.

Untuk Sabtu (9/5/2020) kemarin, sebanyak 707 kendaraan diputar balik.

Dari jumlah tersebut, adanya 44 kendaraan travel ilegal yang ditindak oleh petugas jaga. Karena kedapatan membawa penumpang untuk mudik.

"Senin kita ekspos lengkap puluhan travel yang kita tangkap," kata Dirlantas Polda Metro Jaya saat dikonfirmasi merdeka.com, Jakarta, Minggu (10/5/2020).

Jika dirinci, total 707 kendaraan tersebut masih didominasi oleh kendaraan pribadi dan sepeda motor yang melalui jalan arteri. Tapi, tak sedikit juga yang melalui jalan Tol Cikarang Barat dan Tol Bitung.

Untuk di Tol Cikarang Barat sebanyak 170 kendaraan pribadi dan 82 kendaraan umum yang diputar balik. Dan di Tol Bitung sebanyak 50 kendaraan pribadi dan 22 kendaraan umum diminta putar balik.

Lalu, untuk di Jalan Arteri sendiri sebanyak 139 kendaraan pribadi, 79 kendaraan umum dan 165 kendaraan sepeda motor. Sehingga total ada 383 kendaraan yang diputar balik di Jalan Arteri.

 

Resmi Dilarang

Diketahui, pemerintah melarang mudik lebaran 2020 sejak 24 April 2020. Pelarangan mudik tersebut untuk memutus dan mencegah penyebaran virus Covid-19 atau corona yang masih melanda Indonesia.

Oleh karena itu, Polda Metro Jaya dengan stakeholder terkait membangun pos pengamanan sebanyak 18 titik di sejumlah perbatasan Jabodetabek. Ada dua titik yang menjadi pos besar yakni di Tol Cikarang dan Tol Bitung.

Sedangkan, untuk 16 pos pantau lainnya berada di jalur arteri seperti di Lippo Karawaci, Batu Ceper, Ciledug, Kebon Nanas, Jatiuwung, Puspitek, Curug, Jalan Raya Bogor-Cibinong, Citayam, Sumber Arta, Bantargebang, Cakung, Cibarusah, Kedung Waringin, Bojong Mangu dan Pebayuran.

 

Reporter: Nur Habibie

Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenkes Nyatakan Tak Pernah Rilis Pesan Permintaan Penyerahan Diri untuk Tes COVID-19

Posted: 09 May 2020 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Kesehatan menanggapi beredarnya surel yang mengatasnamakan mereka dan menyarankan masyarakat untuk menyerahkan diri dan melakukan tes COVID-19.

Berdasarkan informasi yang diungkap di laman Instagram resmi Kemenkes, surat tersebut menyatakan bahwa penerima surel mendapatkan pesan bahwa di wilayahnya telah terdapat kasus COVID-19 di awal pekan lalu dan seorang pasien telah mendaftarkan penerima sebagai salah satu kontak fisik dalam 14 hari terakhir.

"Sejalan dengan modalitas pelacakan kontak dan dalam undang-undang yang kami operasikan di Pusat Pengendalian Penyakit Indonesia, kami sangat menyarankan agar Anda menyerahkan diri untuk pengujian COVID-19," tulis pesan tersebut.

Surel tersebut juga mencantumkan nama dan tanda tangan yang menyatakan diri sebagai Menteri Kesehatan Dr. Terawan Agus Putranto.

Kemenkes Nyatakan Hoaks

Hoaks berisi saran penyerahan diri untuk tes COVID-19 yang mengatas namakan Kemenkes (Tangkapan Layar Instagram kemenkes_ri)
Hoaks berisi saran penyerahan diri untuk tes COVID-19 yang mengatas namakan Kemenkes (Tangkapan Layar Instagram kemenkes_ri)

Dalam keterangannya, Kemenkes menegaskan bahwa pesan dalam surel tersebut adalah hoaks dan bukan berasal dari mereka.

"Disampaikan bahwa Kemenkes tidak mengeluarkan informasi tersebut dan dipastikan tidak benar," tulis Kemenkes seperti dikutip dari Instagram kemenkes_ri pada Minggu (10/5/2020).

Mereka meminta agar masyarakat lebih waspada serta segera menghapus maupun melaporkannya apabila menerima pesan-pesan semacam ini.

"Segera hapus atau laporkan sebagai pishing guna melindungi kalian dari kejahatan online," tulis Kemenkes.

"Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya," mereka menambahkan.

Saksikan juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Viral Desain Rumah Super Absurd

Posted: 09 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Saat membangun rumah, tentunya desain atau dekorasi yang baik menjadi faktor penting yang harus diperhatikan. Tak hanya tata letak berbagai ruangan, hal-hal seperti penempatan pintu, jendela dan yang lainnya juga harusnya tak luput dari perhatian.

Selain itu, berbagai benda lain seperti keran air juga harus memiliki fungsi semestinya. Jangan sampai kita merasa tak nyaman dan kerepotan lantaran desain rumah yang tak sesuai.

Belum lama ini seorang warganet membagikan desain rumahnya yang terbilang cukup nyeleneh. Seorang warganet dengan akun TikTok @valenrewah memperlihatkan keadaan rumahnya.

Artikel tentang kelewat absurd, desain rumah ini bikin warganet gagal paham menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang sholat tarawih dan witir di rumah, ini niat dan panduan lengkapnya.

Sementara itu artikel ketiga terpopuler tentang momen halu orang liat benda saat bulan puasa, jadi seperti makanan.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Kelewat Absurd, Desain Rumah Ini Bikin Warganet Gagal Paham

foto: TikTok @valenrewah
foto: TikTok @valenrewah

 

Dirinya mengunggah video berdurasi 56 detik tersebut diunggah dengan caption "Rumah gw aneh check".

Selengkapnya...

2. Sholat Tarawih dan Witir di Rumah, Ini Niat dan Panduan Lengkapnya

Manfaat Gerakan Sholat Bagi Kesehatan. (Sumber: dream.co.id)
Manfaat Gerakan Sholat Bagi Kesehatan. (Sumber: dream.co.id)

Sholat tarawih merupakan amalan sunnah yang bisa di umat muslim di bulan Ramadan. Biasanya umat muslim melakukan sholat tarawih secara berjamaah di masjid di bulan Ramadan. Namun bukan berarti sholat tarawih tak bisa dikerjakan sendiri di rumah.

Dilansir dari laman NU Online, sholat tarawih dapat dilakukan sendiri di rumah apabila memenuhi beberapa kriteria seperti usia sudah uzur, hujan yang dapat membasahi pakaian, datangnya salju, cuaca dingin, sakit berat, hingga kekhawatiran atas gangguan keselamatan jiwa.

Selengkapnya...

3. 6 Momen Halu Orang Melihat Benda Saat Puasa, Jadi Seperti Makanan

foto: berbagai sumber
foto: berbagai sumber

Di bulan Ramadan keteguhan iman seorang muslim diuji lewat ibadah puasa yang dijalani. Seorang umat muslim yang menjalani puasa harus menahan lapar, haus serta hawa nafsunya mulai dari matahari terbit hingga terbenam.

Ya, tak bisa dipungkiri setiap orang tentu mengalami yang namanya godaan ketika berpuasa. Terlebih di jam-jam menjelang buka puasa. Tak sedikit yang lantas kerap mengalami halusinasi akan suatu benda.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tilas Syiar Islam Syeh Agil Al Mahdali dari Pesisir Donggala

Posted: 09 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Donggala - Mengenai penyebaran Islam di Lembah Palu yang dulu mencakup tiga wilayah yakni Palu, Sigi, dan Donggala, nama Sayd Agil Al Mahdali disebut sebagai salah satu tokoh penting yang awal membawa ajaran tersebut. Jejak saudagar Arab itu hingga kini masih dapat ditemui di Desa Wani II, Donggala.

Donggala pada tahun 1810-an sedang masyhur sebagai penghasil kopra. Komoditi tersebut kala itu juga menarik kedatangan seorang saudagar Arab. Ia berlabuh di pesisir Donggala, berharap bisa membuka jalur dagang dengan penduduk-penduduk lokal yang kaya dengan pekebunan kelapa.

Orang Arab itu berdasarkan penelitian sejarah menjadi orang Arab pertama yang menginjakkan kaki di Donggala. Lokasi itu sekarang masuk dalam Desa Wani II, Kecamatan Tanantovea.

Dia adalah Sayd atau Syeh Agil Al Mahdali, seorang arab dari Yaman Selatan yang karena penerimaan yang baik dari masyarakat kala itu akhirnya menetap dan membawa anggota keluarganya. Tokoh kharismatik itu bagi penduduk Desa Wani II hingga kini dikenal dengan sebutan 'Tua Janggo' yang berarti orang tua berjanggut panjang.

Peneliti dan dosen sejarah Universitas Tadulako (Untad), Haliadi Sadi yang pernah meneliti sejarah Islam di Lembah Palu mengungkapkan, Said Agil Al Mahdali adalah tokoh penyebar Islam periode kedua saat itu yang menekankan pada ideologi Islam.  Dia menjadi penyebar sesudah periode mistis dan sebelum masuknya periode Islam ilmu pengetahuan.

"Syeh Agil Al Mahdali menyebarkan ajaran Islam tentang syariat dan akhlak untuk penduduk setempat. Itu sebelum masuknya periode ketiga; Islam ilmu pengatahuan," kata Haliadi, Selasa (5/5/2020).

Interaksi kuat Syeh Agil dengan warga lokal membuat Islam perlahan menyebar luas di daerah pesisir tersebut bahkan setelah tokoh berjuluk 'tua janggo' itu wafat dan dimakamkan di Desa Wani II antara tahun 1810 – 1850-an.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Jejak Syeh Agil dalam Artefak

Atap Masjid Al Amin yang disebut peneliti bergaya arsitektur cina yang berusia ratusan tahun. (Foto: Liputan6.com/ Heri Susanto).
Atap Masjid Al Amin yang disebut peneliti bergaya arsitektur cina yang berusia ratusan tahun. (Foto: Liputan6.com/ Heri Susanto).
Kompleks makam keluarga Syeh Agil Al Mahdali di pesisir Desa Wani II, Donggala. (Foto: Liputan6.com/ Heri Susanto).
Kompleks makam keluarga Syeh Agil Al Mahdali di pesisir Desa Wani II, Donggala. (Foto: Liputan6.com/ Heri Susanto).

Setelah Syeh Agil wafat, Islam tetap menjadi agama mayoritas penduduk Desa Wani. Percampuran budaya dan "kawin-mawin" antara pendatang arab dengan warga lokal semakin melanggengkan islam di daerah itu.  Hingga kini jejak masuk dan menyebarnya Islam dari Pesisir Donggala tersebut masih awet berada di Desa Wani II, yang dahulu dikenal dengan nama Desa Malambora.

Selain kompleks makam Syeh Agil dan keluarga, di desa itu juga berdiri Masjid Al Amin yang dibangun atas inisiatif cucu Syeh Agil, yakni Saripa Isa Binti Sayd Yahya Al Mahdali pada 2 Desember tahun 1906. Kala itu Saripa mewakafkan tanahnya seluas 45x45 meter untuk pembangunan masjid itu, setelah langgar milik kakeknya yang lebih dulu dibangun di pesisir Wani rusak.

"Surat wakaf tanah untuk masjid Al Amin dari cucu Syeh Agil masih tersimpan hingga sekarang. Biaya pembangunannya juga dibiayai cucu Syeh Agil dan dikerjakan oleh penduduk lokal," kata Haliadi lagi.

Haliadi bilang, dulunya dinding masjid itu adalah kayu Ulin. Namun telah berganti beton setelah mengalami kerusakan.

Masjid yang didominasi warna hijau dan putih itu berdasarkan penelitiannya kental dengan gaya arsitektur China seperti tampak pada bentuk atap dan ukiran-ukiran bagian luarnya. Sedangkan bagian dalamnya corak Arab sangat dominan pada ukiran maupun lukisan kaligrafinya.

Hingga kini masih menjadi misteri bagaimana gaya arsitektur Cina itu bisa memengaruhi masjid berusia ratusan tahun itu. Uniknya gaya seperti itu di Sulawesi Tengah disebut hanya dimiliki Masjid Al Amin. Arsitektur macam itu menurut peneliti mirip dengan corak masjid-masjid tua di Jawa Timur.  Jalur dagang kopra yang hingga ke Surabaya waktu itu diduga mengilhami pemilihan bentuk masjid itu.

"Belum ada penelitian khusus tentang corak masjid itu, tapi waktu itu kopra-kopra asal Donggala banyak dikirim ke pengepul asal China di Surabaya. Hubungan itu yang diduga memengaruhi corak Masjid Al Amin," dia menuturkan.

Masjid itu sampai sekarang masih digunakan warga setempat beribadah dan masuk dalam cagar budaya Pemkab Donggala.

Tetap Kokoh Diterjang Tsunami Tahun 2018

Gambar udara pesisir Desa Wani II Donggala pada tahun 2019, beberapa bulan pascagempa dan Tsunami tahun 2018. (Foto: Liputan6.com/ Heri Susanto).
Gambar udara pesisir Desa Wani II Donggala pada tahun 2019, beberapa bulan pascagempa dan Tsunami tahun 2018. (Foto: Liputan6.com/ Heri Susanto).

Masjid Al Amin juga sohor sebagai saksi bisu tsunami yang menerjang pesisir Donggala dan Palu pada September tahun 2018 silam. Bangunan itu selamat bahkan tidak mengalami kerusakan berarti meski berada hanya sekitar 100 meter dari bibir pantai.

Sementara rumah-rumah warga di sekitarnya luluh lantak. Pun dengan kompleks makam keluarga Syeh Agil Al Mahdali yang tetap utuh.

Perbaikan makam dan masjid bersejarah itu telah dilakukan pascabencana pada tahun 2019 lalu tanpa mengubah bentuk awalnya. Meski begitu Pemerintah Kabupaten Donggala diminta lebih memperhatikan situs-situs bersejarah tersebut.

Pasalnya kondisi kompleks makam tampak belum dirawat maksimal sebagai peninggalan penting. Bahkan peneliti mengungkap sejauh ini kompleks makam keluarga Syeh Agil tersebut belum masuk dalam cagar budaya.

"Sejauh ini baru masjid itu yang terdaftar sebagai cagar budaya, sedangkan makam belum. Kalau makam itu sudah terdaftar mungkin pengelolaan dan perawatannya bisa lebih baik," ujar Haliadi.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemprov Jatim Ungkap Klaster Baru di Bojonegoro, Bermula dari Pedagang Keliling

Posted: 09 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Klaster baru muncul di Bojonegoro, Jawa Timur. Klaster ini berada di Pasar Kota Bojonegoro. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur pun meminta agar pasar ini ditutup sementara untuk melakukan sterilisasi seperi penyemprotan disinfektan.

Ketua Rumpun Tracing Pemprov Jawa Timur, Kohar Hari Santoso menuturkan, klaster baru di Bojonegoro tersebut terdeteksi ketika seorang pedagang rengkek atau pedagang keliling yang sakit dan dirawat di salah satu rumah sakit.

Kemudian dilakukan pemeriksaan dengan memakai rapid test atau tes cepat. Hasilnya pedagang itu ternyata reaktif. Namun, pedagang itu meninggal sebelum hasil tes swab keluar. 

"Ada pedagang rengkek yang sakit dan dirawat. Rapid testnya reaktif. Sempat dilakukan SWAB, keluar belakangan setelah beliaunya meninggal. Lalu ada kasus lagi, dilakukan rapid test dan hasilnya reaktif," tutur Kohar, pada Jumat malam, 8 Mei 2020.

Terkait temuan itu, 269 pedagang yang ada di pasar itu menjalani rapid test. Hasilnya ternyata ada 86 orang dinyatakan reaktif. Oleh karena itu, pedagang di Pasar Kota Bojonegoro itu dilakukan rapid test ulang dan segera dilakukan tes swab.

"Rencananya akan dilakukan rapid test ulang dan segera dilakukan swab. Hasilnya nanti akan dikirim ke Malang, karena RS Saiful Anwar Malang sudah bisa melakukan PCR," tutur dia.

Berikut terkait hal munculnya klaster baru di Bojonegoro yang dirangkum pada Minggu, (10/5/2020):

 

Langkah Pemkab Bojonegoro Usai Hasil Rapid Test Pedagang Pasar Kota

Paramedis Siloam Hospitals menunjukkan hasil tes cepat (rapid test) mandiri COVID-19 secara drive thru di Akses Senayan Park Jalan Gerbang Pemuda, Jakarta, Kamis (23/4/2020). Rapid Tes Covid -19 dibanderol seharga Rp 489.000, periode 17-30 April 2020 pukul 08.00-10.00 WIB. (merdeka.com/Arie Basuki)
Paramedis Siloam Hospitals menunjukkan hasil tes cepat (rapid test) mandiri COVID-19 secara drive thru di Akses Senayan Park Jalan Gerbang Pemuda, Jakarta, Kamis (23/4/2020). Rapid Tes Covid -19 dibanderol seharga Rp 489.000, periode 17-30 April 2020 pukul 08.00-10.00 WIB. (merdeka.com/Arie Basuki)

Pemerintah Kabupaten Bojonegoro menindaklanjuti hasil uji cepat deteksi COVID-19 sebanyak 86 pedagang pasar tradisional di daerah setempat yang menunjukkan reaktif atau positif.

"Dengan hasil rapid test (uji cepat) tersebut, kita harus mengambil langkah cepat untuk mengantisipasi penyebaran virus corona di lingkungan masyarakat," ujar Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah dalam keterangan pers di Bojonegoro, Kamis, menanggapi hasil tes cepat terhadap pedagang Pasar Kota Bojonegoro, seperti dikutip dari Antara, Jumat, 8 Mei 2020.

Dikutip dari laman resmi Pemkab Bojonegoro, uji cepat itu dilakukan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Bojonegoro pada Kamis, dini hari, saat kondisi pasar tradisional mulai ramai.

Dari 269 pedagang Pasar Kota Bojonegoro yang menjalani tes cepat, 86 orang hasil tesnya reaktif atau mengarah ke positif Corona COVID-19. Mereka yang sebagian besar pedagang keliling (rengkek) itu terdiri atas 75 orang asal Bojonegoro dan 11 orang dari Tuban.

"Berdasarkan hasil rapat forpimda dengan instansi terkait dan perwakilan pedagang, diputuskan untuk menutup sementara pasar tersebut guna mencegah penyebaran," kata dia.

Pasar Tutup Sementara

Pasar Tradisional di Surabaya  (sumber: Pixabay)
Pasar Tradisional di Surabaya (sumber: Pixabay)

Di pasar pun dilakukan jadwal buka tutup. Pada 9-10 Mei 2020, pasar akan ditutup total untuk dilakukan penyemprotan cairan disinfektan di seluruh area pasar. Kegiatan jual beli akan dilakukan di jalan luar pasar dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 secara ketat.

Pasar Kota Bojonegoro kembali dibuka pada 11 Mei 2020, pukul 04.00 hingga 07.00 WIB untuk kegiatan jual beli di luar pasar, sedangkan bagi pedagang di dalam pasar mulai buka pukul 06.00 hingga 14.30 WIB.

Gubernur Jatim Khofifah Minta Pasar Tutup Selama 7 Hari

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menuturkan, klaster pasar di Bojonegoro bermula dari seorang pedagang sayur di pasar itu yang setiap hari pulang-pergi dari Surabaya ke Bojonegoro mengendarai sepeda motor.

"Hasil rapid test-nya reaktif. Sudah di-swab, tapi hasilnya belum keluar dan beliau sekarang sudah meninggal dunia," tutur dia seperti dikutip dari Antara.

Ia meminta agar dilakukan penutupan terhadap pasar tersebut selama 7 hari. Penutupan dilakukan, sembari menunggu hasil swab pedagang di pasar tersebut keluar.

"Pasar akan ditutup selama 7 hari, sampai selesai swab. Lalu, memberikan proteksi terhadap siapa saja yang ada di lingkaran pasar. Sebab yang bisa dirapid penjualnya, (sedangkan) pembelinya, pelanggan, ini kan harus dilakukan tracing," ujar dia, Jumat, 8 Mei 2020.

Ia pun meminta pada dokter Kohar sebagai koordinator tracing agar melakukan tracing atau pelacakan ulang terhadap siapa saja yang pernah melakukan kontak dengan para pedagang di pasar tersebut.

"Yang reaktif cukup besar, lakukan tracing ulang terhadap siapa saja yang pernah melakukan kontak," ujar dia.

Melakukan Isolasi

Kementerian PUPR melengkapi fasilitas ruang observasi dan isolasi pada Rumah Sakit Covid-19 di Kabupaten Lamongan. (Dok Kementerian PUPR)
Kementerian PUPR melengkapi fasilitas ruang observasi dan isolasi pada Rumah Sakit Covid-19 di Kabupaten Lamongan. (Dok Kementerian PUPR)

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Bojonegoro Masirin menuturkan, bagi pedagang yang hasil tes cepatnya reaktif atau positif akan dilakukan isolasi dan tes swab untuk memastikan apakah benar-benar terpapar virus corona baru (Sars-Cov-2) yang sebabkan COVID-19 atau tidak.

"Mereka (para pedagang, red.) akan kita isolasi di Balai Latihan Kerja atau BLK Desa Ngumpakdalem, Kecamatan Dander. Kesehatan mereka akan dipantau selama 14 hari ke depan sambil menunggu hasil swabnya keluar," kata Masirin, seperti dikutip dari Antara.

Hingga Kamis, pukul 18.00 WIB, jumlah keseluruhan kasus positif COVID-19 di Kabupaten Bojonegoro tercatat 15 orang, setelah ada penambahan lagi tiga kasus baru. Dari jumlah kasus itu, 12 orang dalam perawatan dan tiga orang meninggal dunia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Aplikasi Raqib Atid Jadi Sorotan

Posted: 09 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi Raqip Atid menjadi sorotan para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com, Sabtu (9/5/2020) kemarin.

Aplikasi ini membuat warganet heboh lantaran fungsinya adalah mencatat pahala dan dosa secara manual.

Berita lain yang juga jadi sorotan datang dari sebuah asteroid berstatus dekat dengan Bumi alias Near Earth Object (NEO) melintas di dekat Bumi pada Sabtu (9/5/2020) sore.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6 berikut ini.

1. Heboh Aplikasi Raqib Atid, Pengguna Bisa Hitung Dosa dan Pahala Secara Manual

Sebuah aplikasi smartphone bernama Raqip Atid tiba-tiba ramai di kalangan warganet dan kini, aplikasi Raqip Atid ada di toko aplikasi Google Play Store.

Aplikasi ini membuat warganet heboh lantaran fungsinya adalah mencatat pahala dan dosa secara manual.

Memang terdengar lucu karena selama ini umat muslim percaya bahwa tugas mencatat pahala dan dosa manusia dilakukan oleh Malaikat Raqip dan Atid.

Selengkapnya baca di sini

2. Sore Ini Asteroid Melintas Dekat Bumi, Berpotensi Bahaya?

Sebuah asteroid berstatus dekat dengan Bumi alias Near Earth Object (NEO) akan melintas di dekat Bumi pada Sabtu (9/5/2020).

Mengutip laman Solarsystem.nasa.gov, asteroid tersebut bernama Asteroid 2020 HC6.

Berdasarkan keterangan laman NASA pula, Asteroid 2020 HC6 akan melintas di dekat Bumi pada pukul 10.55 UTC atau pukul 17.55 WIB.

Selengkapnya baca di sini

 

3. Komentar Nyeleneh Warganet Soal Aplikasi Raqib Atid

Aplikasi Raqib Atid di toko aplikasi Google Store (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).
Aplikasi Raqib Atid di toko aplikasi Google Store (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Aplikasi Raqib Atid ramai menjadi perbincangan warganet di media sosial, terutama Twitter.

Aplikasi ini membuat heboh lantaran fitur utamanya adalah mencatat pahala dan dosa pengguna secara manual.

Banyak warganet yang menilai aplikasi ini sebagai lelucon, namun tak sedikit pula yang menyebut bahwa aplikasi Raqib Atid cukup berguna.

Selengkapnya baca di sini

(Isk/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mahathir Mohamad Ajukan Mosi Tidak Percaya terhadap PM Malaysia

Posted: 09 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Mantan perdana menteri Malaysia, Mahathir Mohamad, telah mengajukan mosi tidak percaya (motion of no confidence) di Parlemen terhadap penerusnya, PM Muhyiddin Yasin.

Pemimpin Parlemen Malaysia, Mohammad Ariff Md Yusoff dilaporkan telah menerima proposal itu, demikian seperti dikutip dari Channel News Asia, Minggu (10/5/2020).

Mahathir mengajukan agar pemungutan suara untuk mosi tidak percaya (vote of no confidence) berlangsung pada 18 Mei 2020, ketika Parlemen mengadakan sidang. Namun, pengumuman persetujuan Mohammad Ariff belum termasuk penentuan tanggal tersebut.

Dalam sistem pemerintahan parlementer, pemungutan suara untuk mosi tidak percaya merupakan voting yang menunjukkan bahwa sejumlah anggota parlemen tidak lagi memiliki kepercayaan kepada pemerintahan yang menjabat.

Hasil voting dapat menunjukkan apakah parlemen masih mendukung pemerintahan tersebut. Jika suara mayoritas mendukung agar PM petahana tetap menjabat, maka ia terus melanjutkan pemerintahan saat ini. Jika hal sebaliknya terjadi, maka perdana menteri akan dilengserkan.

Apa yang Terjadi di Malaysia?

Mahathir, yang kini duduk sebagai anggota parlemen, mengirim surat kepada Pemimpin Parlemen Mohammad Ariff Md Yusoff pada 4 Mei 2020, menyatakan niatnya untuk mengajukan vote of no confidence kepada PM Muhyiddin.

Tun Mahathir mengutip alasan bahwa PM Muhyiddin tidak memiliki dukungan mayoritas dari anggota parlemen untuk tetap menjabat.

Pada surat yang sama, Mahathir juga mengajukan mosi kepercayaan (motion of confidence) terhadap Mohammad Ariff untuk tetap menjadi Pemimpin Parlemen hingga parlemen saat ini dibubarkan. Mohammad Ariff menolak usulan tersebut, the Strait Times melaporkan.

Surat itu datang beberapa hari setelah anggota parlemen Shafie Apdal dari Sabah mengajukan mosi kepercayaan di Parlemen terhadap Mahathir pada 1 Mei 2020. Namun, proposal itu ditolak oleh Pemimpin Parlemen, mengutip alasan inkonstitusional.

Voting untuk mosi kepercayaan adalah kebalikan dari mosi tidak percaya, di mana pemungutan suara mendemonstrasikan dukungan parlemen terhadap salah satu figur tertentu. Pada satu variasi alasan, hasil voting bisa memberikan legitimasi kepada seseorang untuk menjadi kepala pemerintahan.

Penolakan Pemimpin Parlemen Mohammad Ariff terhadap mosi kepercayaan yang diajukan Shafie Apdal disebakan oleh "ketidaksesuaian" proposal dengan Pasal 43 Konstitusi Malaysia, yang menjelaskan bahwa penunjukkan perdana menteri merupakan otoritas Raja.

"Oleh karenanya, saya tidak mengizinkan mosi (kepercayaan) dibawa ke agenda sidang," Mohammad Ariff mengatakan, seperti dikutip dari the Strait Times.

Pengaju mosi, Shafie Apdal, tidak menjelaskan alasan diusulkannya hal tersebut ke Parlemen Malaysia, mengatakan bahwa "alasannya akan diungkap pada waktu dan tempat yang tepat." 

Dinamika Politik di Malaysia Saat Ini

Muhyiddin Yassin (tengah) berdoa sebelum upacara pelantikannya sebagai Perdana Menteri Malaysia di Istana Negara, Kuala Lumpur, Minggu (1/3/2020). Berdasarkan hukum Malaysia, Raja Malaysia berada di atas undang-undang. (NAZRI RAPAAI/AFP/MALAYSIA'S DEPARTMENT OF INFORMATION)
Muhyiddin Yassin (tengah) berdoa sebelum upacara pelantikannya sebagai Perdana Menteri Malaysia di Istana Negara, Kuala Lumpur, Minggu (1/3/2020). Berdasarkan hukum Malaysia, Raja Malaysia berada di atas undang-undang. (NAZRI RAPAAI/AFP/MALAYSIA'S DEPARTMENT OF INFORMATION)

Langkah-langkah yang dilakukan oleh Mahathir dan Shafie Apdal telah menyalakan kembali krisis politik yang dimulai pada 24 Februari 2020, ketika sejumlah anggota Parti Pribumi Bersatu Malaysia pimpinan Mahathir --termasuk Muhyiddin-- dan 11 anggota parlemen dari Parti Keadilan Rakyat (PKR) meninggalkan koalisi Pakatan Harapan (PH) yang memerintah saat itu, menyebabkan PH kehilangan suara mayoritas di parlemen.

Koalisi PH kemudian digantikan oleh koalisi Perikatan Nasional (PN), aliansi yang dibentuk oleh Muhyiddin dengan Barisan Nasional (BN) yang dipimpin Umno dan Parti Islam SeMalaysia --partai-partai yang bukan bagian dari koalisi PH yang memenangkan pemilihan umum terakhir pada Mei 2018.

Meskipun PN mengambil alih kekuasaan, PH bersikeras bahwa baik Muhyiddin dan PN tidak mendapat dukungan mayoritas anggota parlemen.

Parlemen satu hari akan menjadi ujian pertama apakah salah satu pihak memerintahkan dukungan mayoritas dari 112 anggota parlemen yang diperlukan untuk memerintah negara itu.

Sementara itu, presiden PKR Anwar Ibrahim, pada Kamis 7 Mei 2020, mengumumkan bahwa aliansi PH telah menamainya pemimpin oposisi, The Star melaporkan.

Datuk Seri Anwar membuat pengumuman dalam video langsung Facebook, mengatakan koalisi telah memberitahu Parlemen bahwa ia akan memimpin mereka.

"Keputusan telah diumumkan kepada semua partai oposisi, termasuk fraksi dari Parti Pribumi Bersatu Malaysia dan Parti Warisan Sabah, bahwa saya telah dinobatkan sebagai pemimpin oposisi sekali lagi," katanya.

Anwar telah memegang jabatan itu sejak 26 Juni 2013, hingga 16 Maret 2015, selama menjabat sebagai Anggota Parlemen untuk Permatang Pauh.

Saat ini seorang anggota parlemen untuk Port Dickson, Anwar menggantikan Datuk Seri Ismail Sabri Yaakob dari Umno, yang mengambil peran selama pemerintahan PH.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menko Luhut: Kasus Baru Corona Turun Sejak 25 April 2020

Posted: 09 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang kematiriman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan bahwa pertumbuhan kasus baru Corona Covid-19 telah mengalami penurunan. Dalam hitungannya, hanya ada 214-455 kasus baru per hari sejak 25 April 2020.

"Pertumbuhan kasus harian terus menurun," kata Luhut seperti dikutip dari bahan presentasi saat menjadi pembicara di SMDV-Agaeti Ventures, Minggu (10/5/2020).

Meski begitu, Luhut menyebut ada peningkatan signifikan untuk orang yang menjalani tes Corona covid-19 dalam beberapa waktu terakhir. Setidaknya secara harian tes dilakukan pada 5.800 dari sebelumnya hanya 2.000 orang.

"Ada peningkatan rata-rata tes harian menjadi 5.800 dari (sebelumnya kurang dari 2.000 di minggu-minggu sebelumnya," kata Luhut lagi.

Hingga tanggal 3 Mei, kasus positif Corona Covid-19 menyentuh 11.192 pasien. Kemudian, tingkat kematian 7,6 persen dan tingkat pemulihan 16,8 persen.

Dari data yang dikumpulkan Luhut, menunjukkan beberapa kota di Indonesia pada tahap kontrol pandemi Covid-19. Di antaranya Kalimantan Tengah, Jawa Tengah, Jawa Barat dan DKI Jakarta.

Reporter : Anisyah Al Faqir 

Sumber : Merdeka.com

PSBB Tiap Kota Berbeda

Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan melayat ke rumah duka Ibunda Jokowi, Solo, Jawa Tengah, Kamis (26/3/2020). (Liputan6.com/ Fajar Abrori)
Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan melayat ke rumah duka Ibunda Jokowi, Solo, Jawa Tengah, Kamis (26/3/2020). (Liputan6.com/ Fajar Abrori)

Luhut juga menjelaskan mengenai penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Menurutnya, terdapat perbedaan tingkat wilayah yang harus diperhitungkan. Dari peningkatan kasus yang terinfeksi dan kasus aktif dalam 4 fase pandemi, ada sejumlah provinsi yang perlu dikontrol.

Di antaranya DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Banten dan Kalimantan Tengah. Sementara provinsi lainnya belum termasuk wilayah yang menunjukkan peningkatan jumlah kasus.

"Provinsi lain belum masuk situasi di mana peningkatan dalam kasus menandai dugaan baru kontrol pandemi," kata Luhut.

Namun, kondisi ini bisa berubah setiap saat. Tergantung pada kasus baru baik itu kematian dan pemulihan di setiap provinsi.

Hal ini menunjukkan setiap provinsi memiliki karakteristik yang berbeda. Kebijakan juga perlu disesuaikan dengan aspek sosio kultural yang berbeda berdasarkan karakteristik masyarakat.

Untuk itu setiap pemerintah daerah dituntut kreatif untuk mengajak masyarakatnya dalam mengikuti protokol kesehatan demi mengurangi penyebaran virus corona. Termasuk mengajak warganya untuk tetap waspada dan menjaga jarak satu sama lain.

"Pemerintah daerah perlu kreatif dalam memberikan rasakeamanan tetapi juga perlu waspada jarak fisikdi setiap provinsi," kata Luhut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pandemi Virus Corona Mereda, Dorna Fokus Garap MotoGP di Eropa

Posted: 09 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - MotoGP menjadi salah satu acara olahraga yang paling terkena dampak pandemi virus corona covid-19. Dorna selaku operator balapan pun dibuat pusing untuk menentukan jadwal baru.

CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta mengungkapkan, salah satu cara yang diusahakan Dorna adalah memulai balapan di Eropa. Balapan di Benua Biru, kata Ezpeleta diprediksi bakal berlangsung akhir Juli.

"Kami yakin program awal kami adalah memulai di Eropa dan balapan dari akhir Juli sampai November lalu lihat apa yang terjadi," kata Ezpeleta seperti dilansir Crash.

MotoGP musim 2020 seharusnya sudah berlangsung awal Maret lalu. Namun pandemi virus corona yang melanda dunia membuat balapan musim ini ditangguhkan.

Sejumlah sirkuit di Eropa yang sebetulnya masuk ke dalam kalender balapan pun undur diri. Sirkuit yang batal menggelar MotoGP musim ini adalah Assen (Belanda), Sachsenring (Jerman), dan KymiRing (Finlandia).

Ezpeleta mengatakan, mundurnya ketiga sirkuit itu tentu pukulan bagi MotoGP. Apalagi, Assen merupakan salah satu sirkuit yang mendatangkan banyak penonton di musim lalu.

Namun ia mengaku tidak dapat berbuat banyak. "Pandemi virus corona ini belum pernah kita lihat sebelumnya. Sayangnya, Assen mustahil," kata Ezpeleta.

 

 

Bisa Lebih Pendek

Marc Marquez melakoni MotoGP Qatar 2019 di Sirkuit Losail, Minggu (10/3/2019). (AFPKarim Jaafar)
Marc Marquez melakoni MotoGP Qatar 2019 di Sirkuit Losail, Minggu (10/3/2019). (AFPKarim Jaafar)

Ezpeleta menambahkan, Dorna saat ini memfokuskan diri agar bisa menggelar balapan dalam durasi Juli hingga November. Musim 2020 pun bisa jadi lebih pendek jika balapan di luar Eropa tidak mungkin digelar.

"Dalam situasi terburuk, jika tidak mungkin ke luar Eropa, kami paling tidak menjaga musim ini sedikitnya 10 hingga 12 balapan di antara akhir Juli hingga November," katanya.

Dibuka di Jerez

Sementara itu, Dorna pekan ini telah sepakat dengan pemerintah Andalusia dan Dewan Kota Jerez mengajukan proposal kepada pemerintah Spanyol untuk menggelar dua seri pembuka MotoGP di Sirkuit Jerez-Angel Nieto, plus satu seri WorldSBK.

Kedua Grand Prix MotoGP untuk tanggal 19 dan 26 Juli, sementara seri Superbike mengambil slot tanggal 2 Agustus.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Survei Menunjukkan Mayoritas Masyarakat Beribadah di Rumah Saat Ramadan

Posted: 09 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ada peningkatan aktivitas masyarakat di rumah selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan bulan Ramadan. Sebanyak 94,5 persen masyarakat beribadah di rumah saat Ramadan sesuai anjuran pemerintah, berdasarkan survei daring yang dilakukan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) pada 29 April-4 Mei 2020.

Survei tersebut melibatkan 669 responden yang tersebar di beberapa daerah, baik yang diberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) maupun tidak.

"Itu menunjukkan bahwa orang beribadah di Indonesia kecenderungannya patuh terhadap (protokol) kesehatan dan seruan pemerintah," ujar Komisioner Pengkajian dan Penelitian Komnas HAM Choirul Anam dalam video konferensi, Jumat (8/4/2020).

Dari 94,5 persen yang beribadah di rumah, sebagian besar melakukannya atas kesadaran sendiri serta mengikuti imbauan pemerintah.

Sementara sebanyak 5,5 persen masyarakat tidak beribadah di rumah didominasi responden yang mengaku lebih khusyuk beribadah di tempat ibadah.

Melihat angka tersebut, ia menilai kesadaran masyarakat merupakan hal positif yang harus dipertahankan dan ditingkatkan sehingga tercipta suasana yang kondusif untuk mendukung pemerintah dalam menekan penyebaran COVID-19.

Selain itu, juga diperlukan penyadaran kepada masyarakat yang lebih mementingkan kekhusyukan beribadah selama bulan Ramadan 2020.

"Ini jadi tantangan kita semua yang namanya beribadah dalam situasi darurat tujuan utama mengatasi kedaruratan, bukan kekhusyukan," tutur Choirul Anam.

Kemudian sebanyak 87,6 persen responden mengaku mengetahui adanya Surat Edaran Nomor 6 Tahun 2020 tentang Panduan Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri di Tengah Wabah COVID-19 dari Kemenag yang dikeluarkan pada 17 April 2020.

Surat edaran itu mengimbau agar umat Islam menjalankan ibadah di rumah masing-masing pada bulan puasa dan Idul Fitri 2020 karena wabah COVID-19. MUI pun mengeluarkan imbauan serupa.

Komnas HAM menilai pelarangan beribadah di tempat ibadah saat wabah dalam konteks HAM diperbolehkan selama bukan esensi agama yang dicampuri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Meninggal Didi Kempot Selalu Ingin Dekat dengan Istri

Posted: 09 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Meninggalnya Didi Kempot pada 5 Mei lalu masih menyisakan rasa duka mendalam di hati orang-orang terdekatnya. Apalagi pelantun "Stasiun Balapan" tersebut berpulang secara mendadak. 

Dalam sebuah telewicara dalam Prime Show With Ira Koesno baru-baru ini, dua anak Didi Kempot yang bernama Siyola dan Eni Suwinawati menceritakan kenangan mereka tentang hari-hari terakhir ayahnya. 

Kedua anak perempuan ini mengaku tak merasakan firasat apa pun menjelang wafatnya Didi Kempot

Di Puncak Ketenaran

Didi Kempot. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Didi Kempot. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Presenter Ira Koesno bertanya, "Siyola sama Eni sendiri apakah kemudian merasa ada tanda-tanda bahwa Papa mau pergi? Karena Papa ini kan lagi di puncak ketenaran, ada tanda-tanda enggak sih ngerasa bahwa kok kayaknya Papa beda gitu?"

Tak Ada Firasat

(Bambang E.Ros/Fimela.com)
(Bambang E.Ros/Fimela.com)

"Enggak ada sih kak, soalnya Papa itu seperti biasanya," tutur Eni. 

Hal yang sama juga dirasakan oleh Siyola, "Enggak juga, tapi Papa sudah kayak biasa Papa gitu. Enggak ada tanda-tanda sama sekali."

Ingin Bersama Istri

Namun sekitar seminggu sebelum berpulang, Didi Kempot rupanya ingin selalu bersama dengan sang istri, Yan Vellia.

"Kalau seminggu sebelumnya itu, Papa kayak punya kegiatan yang nggak seperti biasanya. Jadi lebih banyak waktu minta sama Mama, apa-apa itu minta sama Mama terus, seperti itu," jelas Siyola.

Meninggal di Solo

Seperti diberitakan sebelumnya, Didi Kempot dinyatakan meninggal dunia pada 5 Mei pukul 7.45 WIB, di RS Kasih Ibu Solo setelah mengalami henti jantung. Ia dimakamkan di TPU Jatisari, Ngawi.

 

(Kapanlagi.com/ Sora Soraya)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sudah 376 Ribu Masker Gratis Dibagikan ke Desa-Desa di Banyuwangi

Posted: 09 May 2020 08:58 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Banyuwangi telah membagikan 376.000 masker kain gratis lapis dua ke 169 desa dan kelurahan di 19 kecamatan di Banyuwangi. 

"Masker kain garapan UMKM-UMKM Banyuwangi tersebut telah didistribusikan ke desa dan kelurahan serta kecamatan, termasuk nanti sore dikirimkan 42.000 masker untuk desa/kelurahan di Kecamatan Tegalsari, Gambiran, Bangorejo, dan Purwoharjo," ujar Plt Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Nanin Oktavantie.

Dia mengatakan, sudah 19 kecamatan menerima masker. Setiap desa/kelurahan di kecamatan tersebut menerima masing-masing 2.000 masker untuk dibagikan gratis ke masyarakat. Sebanyak 19 kecamatan yang telah menerima distribusi masker adalah Wongsorejo, Kalipuro, Licin, Glagah, Giri, Banyuwangi, Kabat, Rogojampi, Songgon, Singojuruh, Genteng, Sempu, Glenmore, Kalibaru, Tegalsari, Gambiran, Bangorejo, dan Purwoharjo. 

"Yang lainnya kami distribusikan beberapa hari ke depan sehingga merata 25 kecamatan di Banyuwangi mendapatkan masker," jelas Nanin.

Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi dr Widji Lestariono kembali mengingatkan masyarakat untuk memakai masker, terutama saat beraktivitas di luar rumah. Memang jumlah masker pesanan Pemkab Banyuwangi sebanyak 1 juta masker tidak bisa menjangkau semua penduduk yang jumlahnya 1,7 juta jiwa. Namun, telah banyak pula donasi pihak lain dan warga yang melakukan pembelian mandiri dari UMKM-UMKM yang ada.

"Maka sebenarnya ini soal kedisiplinan, bukan lagi alasan tidak punya masker. Ini tanggung jawab kita semua. Jika aktivitas harian tak memungkinkan dilakukan di rumah, ayo semuanya disiplin mengenakan masker dan cuci tangan," tegas Rio, sapaan akrabnya.

Dia menambahkan, seseorang yang tidak mengenakan masker sangat berpotensi tertular Covid-19. Bagi seseorang yang mengenakan masker, lantas berinteraksi dengan pembawa virus tanpa mengenakan masker, potensi tertularnya mencapai 70 persen.

Sedangkan jika orang pembawa virus tersebut mengenakan masker, potensi penularannya turun sampai 30 persen. "Karena kita tidak ada yang tahu, siapa di antara kita yang pembawa virus ataupun tidak, maka kita harus disiplin mengenakan masker," ujarnya.

Sementara itu, para kepala desa menyatakan telah berupaya keras untuk melakukan aksi penanggulangan Covid-19. Mulai dari sosialisasi, penyemprotan disinfektan, menyiapkan rumah isolasi, hingga membagikan masker kepada warga. Sebagaimana yang diungkapkan oleh Kepala Desa Kembiritan, Kecamatan Genteng, Sukamto. 

"Alhamdulillah, dengan bantuan masker ini, kita akan sisir kembali warga yang belum memiliki masker untuk dibagikan. Kami tidak ingin ada warga yang tak mengenakan masker dan beralasan karena tak punya," ungkapnya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Lagi Kegemukan Saat Kembali ke Skuat Real Madrid, Ini Rahasia Eden Hazard

Posted: 09 May 2020 08:55 PM PDT

Madrid - Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane dibuat terpana dengan fisik Eden Hazard setelah pemulihan cedera. Awalnya, mantan bintang Chelsea tersebut mengalami kegemukan ketika tiba di Santiago Bernabeu pada musim panas 2019.

Eden Hazard pun mendapat cemoohan fans karena kondisi tersebut saat perkenalan pemain. Pemain berpaspor Belgia itu juga mengalami cedera pergelangan kaki cukup parah.

Ia pun menjalani operasi pada bulan Maret 2019. Itu membuat harapan Hazard tampil di Piala Eropa 2020 tipis.

Namun, pandemi virus corona membuat kompetisi antara negara Eropa tersebut ditunda tahun depan. Para pemain sepak bola juga melakukan karantina mandiri.

Eden Hazard sendiri memaksimalkan karantina mandiri untuk memperbaiki kondisi tubuhnya. Ia pun berolahraga sembari melakukan diet ketat.

"Ini rumit bagi saya. Saya berusaha tidak makan berlebihan," kata Hazard dikutip The Sun, Sabtu (9/5/2020).

"Saya berusaha untuk tidak pergi ke dapur untuk makan banyak roti, tapi itu tidak mudah," imbuh Eden Hazard.

Jalani Tes Corona Sebelum Berlatih

Para pemain Real Madrid saat mengikuti sesi latihan tim di Valdebebas di Madrid, Spanyol, Selasa, (25/2/2020). Real Madrid akan menjamu wakil Inggris, Manchester City pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Bernabeu. (AP Photo/Oscar Del Pozo)
Para pemain Real Madrid saat mengikuti sesi latihan tim di Valdebebas di Madrid, Spanyol, Selasa, (25/2/2020). Real Madrid akan menjamu wakil Inggris, Manchester City pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Bernabeu. (AP Photo/Oscar Del Pozo)

Pertemuan Hazard dan Zidane tersebut merupakan tanda latihan Real Madrid sudah dimulai. Namun sebelum berlatih, pemain Madrid menjalani tes virus corona pada Rabu (6/5/2020).

Untuk latihan pekan ini, para pemain Real Madrid masih dipandu pelatih kebugaran Gregory Dupont secara virtual. Latihan tidak dilakukan secara individu.

Dupont membagi pemain Los Blancos menjadi tiga kelompok saat latihan. Setiap kelompok melakukan latihan dari rumah yang dipandu Dupont dalam dua sesi selama sehari lewat aplikasi video conference.

Cara itu dilakukan sebagai persiapan untuk anak-anak asuhan Zinedine Zidane tersebut kembali berlatih bersama. Itu juga akan membuat Sergio Ramos dan kawan tidak terkejut dengan intensitas latihan yang lebih berat.

Sumber: The Sun, Marca

Disadur dari Bola.com (Hanif Sri Yulianto/Hendry Wibowo, published 10/5/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lomba Senam Stay at Home Langkah Kemenpora Ajak Masyarakat Terus Berolahraga di Tengah Pandemi Covid-19

Posted: 09 May 2020 08:53 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengajak masyarakat untuk mematuhi arahan pemerintah demi menghentikan mata rantai penularan virus corona. Masyarakat di tanah air diharap selalu menjaga kesehatannya, salah satunya dengan berolahraga. 

Hal ini disampaikan Menpora saat memberikan keterangan pers di Gedung Graha Badan Nasional Penaggulangan Bencana (BNPB), Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Sabtu (9/5). Menpora mengajak masyarakat untuk mengikuti lomba senam stay at home. Pemenang nantinya bisa mendapatkan hadiah uang tunai. 
 
"Oleh karena itu, Kemenpora tak henti-hentinya menganjurkan masyarakat untuk bergerak secara fisik, berolahraga. Olahraga adalah satu hal yang penting, yang dilakukan masyarakat ditengah pandemi Covid-19 ini. Dengan olahraga maka masyarakat bisa bugar, dan dengan kebugaran itu daya tahan meningkat," kata Menpora. 
 
"Sekarang ini yang berada dirumah, Kemenpora telah melakukan launching pada 1 Mei lalu lomba senam stay at home. Itu kami lakukan dari 1 Mei sampai bulan Agustus (2020) yang akan datang. Itu dimaksudkan agar masyarakat tetap bergerak, karena dengan bergerak terjadi kebugaran fisik," sambung Menpora. 
 
Lebih lanjut, Menpora juga mengingatkan pentingnya physical distancing. Ini juga salah satu menjadi kunci sukses dalam pelaksanaan pengendalian penularan Covid-19. "Saya berpesan, ingin menyampaikan kepada masyarakat untuk rajin cuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir minimal 20 detik. Selalu gunakan masker apabila berada ditempat umum. Juga menjaga jarak aman, sekitar 1-2 meter," kata Menpora. 
 
Kemudian, Menpora juga mengingatkan masyarakat agar tidak mudik. Ini demi kebaikan bersama. Lalu, masyarakat juga diajak untuk melindungi diri sendiri dan melindungi orang lain. "Lalu, penting juga untuk tidak mudik, karena itu untuk kebaikan kita semua. Lakukan dengan disiplin, jadilah pahlawan. Lindungi diri dan lindungi orang lain. Mari menangkan perang melawan Covid-19. Indonesia bisa, dan kita harus tetap optimis. Salam tangguh," jelas Menpora.
 
 
(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BP2MI: Ada 389 Pengaduan dari ABK Sejak 2018

Posted: 09 May 2020 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) telah menerima sebanyak 389 pengaduan terkait masalah yang dialami anak buah kapal (ABK) Indonesia sejak 2018. Adapun 164 pengaduan diantaranya yakni, mengenai gaji para ABK yang tidak dibayarkan.

"Lima jenis pengaduan terbesar ialah gaji yang tidak dibayar, 164 kasus, meninggal dunia di negara tujuan 47 kasus, kecelakaan 46 kasus, ingin dipulangkan 23 kasus, dan penahanan paspor atau dokumen lainnya oleh P3MI/manning agency 18 kasus," ujar Kepapa BP2MI Benny Ramdhani dikutip dari keterangan persnya, Minggu (10/5/2020).

Sementara itu, pengaduan ABK terbanyak dibuat oleh para ABK Indonesia dengan negara penempatan Taiwan yaitu, 120 kasus. Kemudian, disusul Korea Selatan 42 kasus, Peru 30 kasus, Tiongkok 23 kasus, dan Afrika Selatan 16 kasus.

"Dari total 389 kasus yang masuk ke BP2MI, sebanyak 213 kasus telah selesai ditangani (54,8%) dan 176 kasus masih dalam proses penyelesaian," kata Benny.

Menurut dia, kendala yang dihadapi untuk kasus ABK tersebut karena belum adanya aturan turunan yang mengatur perlindungan secara khusus bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) ABK. Selain itu, data ABK sering tidak terdaftar di BP2MI.

"Khususnya ABK yang memiliki risiko permasalahan yang tinggi," ucapnya.

Butuh Database

Untuk itu, Benny menilai penegasan kewenangan, tugas dan fungsi antar institusi yang menangani tata kelola penempatan dan pelindungan ABK Perikanan harus segera dilakukan.

Bukan hanya itu, dia juga menekankan perlunya membangun database terpadu terintegrasi antar institusi terkait, membentuk tim investigasi, dan sinergi koordinasi antar kementerian/lembaga.

"Untuk penyelidikan menyeluruh terhadap dugaan pelanggaran HAM, tindak pidana bidang ketenagakerjaan dan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO)," jelas Benny.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menpora: Tetap Olahraga di Rumah dan Ikuti Protokol Gugus Tugas Covid-19

Posted: 09 May 2020 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali melakukan konferensi pers terkait pembinaan olahraga prestasi dimasa pandemi Covid-19 di Gedung Graha Badan Nasional Penaggulangan Bencana (BNPB), Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Sabtu (9/5). 
 
Pada kesempatan itu, Menpora menyampaikan kompetisi olahraga yang bergulir di tanah air terpaksa harus dihentikan sementara karena wabah virus corona.
 
"Saya memberikan informasi kegiatan olahraga yang ada, karena kita tahu kegiatan olahraga (kompetisi) pasti berkumpulnya orang banyak. Sejak 13 Maret yang lalu, saya mengundang para stakeholder baik KONI maupun cabang olahraga dan pelaksana kegiatan kompetisi untuk olahraga profesional, kita rembukkan bagaimana sebaiknya dengan kondisi pandemi ini. Kita harus melakukan apa tentang kegiatan olahraga kita," kata Menpora.
 
Setelah melakukan pertemuan tersebut, maka disepakati untuk mengikuti apa yang sudah ditetapkan oleh Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Menpora menegaskan, kompetisi olahraga dihentikan sementara. Ini mengingat kegiatan tersebut dapat menghadirkan orang banyak. 
 
"Untuk kegiatan olahraga profesional, kita tahu untuk sepak bola itu ada Liga 1, Liga 2. Kita bisa membayangkan ribuan bahkan puluhan ribu penonton yang berdesakan dan itu sangat rawan penularan Covid-19. Kemudian ada kompetisi basket dan voli. Kita semua sepakat, karena semua kegiatan ini menghadirkan orang banyak yang menjadi suporter dan penonton, kita hentikan sementara," ujar Menpora.
 
Lebih lanjut, Menpora menjelaskan, untuk bergulirnya kembali kompetisi tersebut, pihaknya akan berkoordinasi dengan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Keputusan yang dihasilkan nantinya akan dipatuhi. 
 
"Kapan akan dimulainya kembali kompetisi profesional ini, kita menunggu pengumuman dari Tim Gugus Tugas. Jika sudah bisa dimulai atau tahapannya seperti apa, kita akan patuhi. Karena kita yakin apa yang sudah direncanakan dan diperhitungkan oleh Tim Gugus Tugas ini pasti sudah melalui perhitungan yang matang," ujar Menpora. 
 
Stakeholder olahraga, kata Menpora, nantinya akan mengikuti anjuran terkait hal tersebut. Selain itu, Menpora juga meminta agar masyarakat terus berolahraga di rumah. Ini diharapkan, agar masyarakat bisa menjaga kebugarannya. 
 
"Terkait olahraga lain, misalnya setiap minggunya ada car free day, karena kesadaran masyarakat sendiri itu berhenti. Tapi itu jangan mengurangi keinginan kita untuk berolahraga. Lalu, kami juga memantau pelatihan yang ada seperti pelatnas. Itu dilakukan secara mandiri (latihannya). Beberapa kegiatan olahraga terpaksa dimundurkan ke tahun 2021 seperti PON Papua, lalu diluar negeri ada Olimpiade juga bergeser ke 2021," terang Menpora.
 
Terkait itu, Menpora berharap atlet dan pelatih tetap melakukan latihan secara mandiri. Meski itu tidak akan optimal. Menpora memandang, kesehatan dan keselamatan atlet, pelatih, serta ofisial sangat penting. 
 
"Di samping itu, kita memberikan paket bantuan misalnya vitamin, masker dan lainnya. Saya ingin menyampaikan, kita tidak akan memulai sebelum Tim Gugus Tugas memberikan aba-aba untuk kita mulai (kompetisi). Kepada masyarakat, kita ingin bahwa mematuhi yang ada, dan protokol dilakukan dengan sebenarnya," kata Menpora. 
 
 
(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pedro Javier Kenang Duet Mautnya Bersama Bepe di Persija

Posted: 09 May 2020 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Striker Paraguay, Pedro Javier, mengenang duetnya dengan Bambang Pamungkas (Bepe) saat memperkuat Persija Jakarta pada kompetisi Liga Indonesia musim 2011-2012. Kedua pemain itu jadi kombinasi mematikan.

Berdasarkan data yang dilansir manajemen Persija Jakarta, Pedro yang memperkuat tim kebanggaan ibukota selama 1,5 musim itu terbilang tampil garang dengan mampu mengemas total 22 gol. Bahkan saat musim perdananya dan duet dengan Bepe, keduanya masing-masing mampu mencetak 16 gol.

Pedro mengaku saat itu ketajamannya saat itu tidak lepas karena memiliki chemistry yang sangat baik dengan Bepe. Keduanya saling melengkapi dan saling bantu cetak gol.

"Tentunya kekompakan saya dengan Bepe begitu juga dengan teman-teman yang lain yang membantu saya saat di lapangan sehingga mudah untuk mencetak gol pada saat itu," kata Pedro di Antara.

"Selain itu saya kenal Bepe sebagai sosok pribadi yang luar biasa. Pemain hebat dan memiliki jiwa kepemimpinan di Persija, baik itu di dalam maupun di luar lapangan," kata pemain yang mengawali karier di Indonesia bersama Semen Padang itu.

 

Dukungan Jakmania

(Bola.com/M. Iqbal Ichsan)
(Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Pedro juga tidak melupakan dukungan Jakmania (sebutan suporter fanatik Persija) yang luar biasa saat itu. Ia menilai Jakmania sebagai suporter terbaik selama dirinya berkarier.

"Saya tentu tidak melupakan Jakmania yang selalu dukung kami 100 persen saat kami berlaga. Mereka luar biasa dan tidak pernah melihat fanatisme mereka di klub saya yang lain," kata pria berusia 38 tahun itu.

Bangun SSB

Lebih lanjut Pedro pun menceritakan kegiatannya saat ini selepas memutuskan pensiun. Ia pun saat ini membangun sekolah sepakbola di Paraguay.

"Sekarang ini sedang sibuk mengurusi football academy yang saya buat. Tidak hanya itu juga saya punya bisnis lain seperti gym sport dan salon spa kecantikan," tutupnya.

Pedro Javier merupakan salah satu bomber asing yang dimiliki Persija setelah era Roger Batoum dan Greg Nwokolo. Di bawah asuhan pelatih Iwan Setiawan, Pedro tampil cukup prima meski keberadaannya dengan Persija tidak lama.

Setelah lepas dari Persija Jakarta, Pedro berlabuh ke Gresik United, Persela Lamongan, Borneo FC, Bali United hingga Persita Tangerang dan hingga akhirnya gantung sepatu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bantu UMKM di Tengah Covid-19, Pertamina Siap Salurkan Program Kemitraan Rp 100 Miliar

Posted: 09 May 2020 08:41 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT Pertamina (Persero) siapkan bantuan modal usaha melalui Program Kemitraan untuk mendukung Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di tengah Covid-19 mencapai Rp 100 miliar. Modal usaha tersebut rencananya akan disalurkan kepada 1.000 UMKM di beberapa wilayah Indonesia, mencakup provinsi Riau, Sumatera Utara, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Timur, Bali, NTB, dan Kalimantan Barat.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman menyatakan, Paket Program Kemitraan ini berupa penyaluran dana modal usaha, Pendampingan bagi UMKM yang mencakup program pelatihan, mentoring dan coaching, yang tahapannya dilaksanakan secara berjenjang dan akan dimonitor perkembangannya ke masing-masing mitra binaan untuk menilai efektifitasnya.

Pinjaman tersebut, tambah Fajriyah, dilakukan secara bertahap. Tahap pertama disalurkan kepada UMKM yang langsung mendapat keuntungan karena Covid-19. Tahap kedua adalah kepada UMKM yang siap bangkit disaat Covid-19 selesai dan tahap ketiga untuk sektor lainnya yang bisa berkembang pada situasi normal.

Menurut Fajriyah, selain penyaluran pinjaman modal usaha, Pertamina juga akan memberikan pelatihan sekaligus pendampingan yang terukur. Pendampingan akan dilakukan pada masa penyaluran, pemanfaatan dan pengembalian terhadap 1.000 UMKM di 8 wilayah kerja Pertamina. Dengan pola ini diharapkan gerakan UMKM untuk naik kelas dapat diukur melalui hasil analisa indeks UMKM naik kelas yang dapat memberikan arahan pemberdayaan selanjutnya.

UMKM akan dibekali pengetahuan praktis mengenai manajemen usaha, pembukuan, serta strategi pemasaran dengan bisnis online. Pada tahapan coaching dan mentoring akan dilakukan bersama dengan praktisi yang handal di bidangnya. Dalam proses pendampingan ini, Pertamina bersinergi dengan Asosiasi Business Development Service Indonesia (ABDSI)

"Melalui bantuan ini, Pertamina berharap UMKM memiliki kesempatan kembali dalam meningkatkan usahanya dan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk berdaya di tengah pandemi Covid-19 yang sedang melanda dunia," terang Fajriyah.

Cahyadi Joko Sukmono, Ketua Umum ABDSI, asosiasi yang menaungi lembaga layanan pengembangan usaha dengan sekitar 1.200 tenaga pendamping UMKM tersertifikasi Badan Nasional Sertifikasi Profesi di seluruh Indonesia, mengatakan UMKM merupakan salah satu pilar ekonomi nasional yang sudah terbukti sangat vital keberadaannya sebagai pondasi ekonomi Indonesia. Volatilitas yang mendera ekonomi global akibat Covid-19 kini berdampak langsung pada keberlangsungan usaha UMKM yang juga pada gilirannya membawa dampak pada sektor informal.

"Oleh karena itu, langkah yang dilakukan oleh Pertamina sudah tepat dan merupakan kontribusi konkrit sejalan dengan kebijakan pemerintah yang memberikan perhatian sangat serius terhadap keberlangsungan hidup UMKM di masa sulit seperti sekarang."

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Pengalihan Arus di Tangerang Selatan Untuk Memutus Penyebaran Covid-19

Posted: 09 May 2020 08:40 PM PDT

Blokade jalan saat pengalihan arus lalu lintas di depan RS Sari Asih, Tangerang Selatan, Banten, Sabtu (9/5/2020). Pengalihan arus dalam rangka pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk memutus penularan Covid-19 di wilayah Tangsel mulai jam 22.00 - 05.00. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Blokade jalan saat pengalihan arus lalu lintas di depan RS Sari Asih, Tangerang Selatan, Banten, Sabtu (9/5/2020). Pengalihan arus dalam rangka pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk memutus penularan Covid-19 di wilayah Tangsel mulai jam 22.00 - 05.00. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Blokade jalan saat pengalihan arus lalu lintas di depan RS Sari Asih, Tangerang Selatan, Banten, Sabtu (9/5/2020). Pengalihan arus dalam rangka pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk memutus penularan Covid-19 di wilayah Tangsel mulai jam 22.00 - 05.00. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Petugas Dishub saat pengalihan arus lalu lintas  di depan RS Sari Asih, Tangerang Selatan, Sabtu (9/5/2020). Pengalihan arus dalam rangka pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)  untuk memutus penularan Covid-19 di wilayah Tangsel mulai jam 22.00 hingga 05.00. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Petugas Dishub saat pengalihan arus lalu lintas di depan RS Sari Asih, Tangerang Selatan, Sabtu (9/5/2020). Pengalihan arus dalam rangka pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk memutus penularan Covid-19 di wilayah Tangsel mulai jam 22.00 hingga 05.00. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Petugas Dishub saat pengalihan arus lalu lintas di depan RS Sari Asih, Tangerang Selatan, Sabtu (9/5/2020). Pengalihan arus dalam rangka pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk memutus penularan Covid-19 di wilayah Tangsel mulai jam 22.00 hingga 05.00. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Polisi dibantu Satpol PP dan Dishub mengatur lalu lintas pengalihan arus di depan RS Sari Asih, Tangerang Selatan, Banten, Sabtu (9/5/2020). Pengalihan arus dalam rangka pelaksanaan PSBB untuk memutus penularan Covid-19 di wilayah Tangsel mulai jam 22.00 hingga 05.00. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Polisi dibantu Satpol PP dan Dishub mengatur lalu lintas pengalihan arus di depan RS Sari Asih, Tangerang Selatan, Banten, Sabtu (9/5/2020). Pengalihan arus dalam rangka pelaksanaan PSBB untuk memutus penularan Covid-19 di wilayah Tangsel mulai jam 22.00 hingga 05.00. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Polisi dibantu Satpol PP dan Dishub mengatur lalu lintas pengalihan arus di depan RS Sari Asih, Tangerang Selatan, Banten, Sabtu (9/5/2020). Pengalihan arus dalam rangka pelaksanaan PSBB untuk memutus penularan Covid-19 di wilayah Tangsel mulai jam 22.00 hingga 05.00. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Petugas kepolisian saat pengalihan arus lalu lintas di depan RS Sari Asih, Tangerang Selatan, Sabtu (9/5/2020). Pengalihan arus dalam rangka pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)  untuk memutus penularan Covid-19 di wilayah Tangsel mulai jam 22.00 - 05.00. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Petugas kepolisian saat pengalihan arus lalu lintas di depan RS Sari Asih, Tangerang Selatan, Sabtu (9/5/2020). Pengalihan arus dalam rangka pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk memutus penularan Covid-19 di wilayah Tangsel mulai jam 22.00 - 05.00. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Petugas kepolisian saat pengalihan arus lalu lintas di depan RS Sari Asih, Tangerang Selatan, Sabtu (9/5/2020). Pengalihan arus dalam rangka pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk memutus penularan Covid-19 di wilayah Tangsel mulai jam 22.00 - 05.00. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Polisi dibantu Satpol PP dan Dishub mengatur lalu lintas pengalihan arus di depan RS Sari Asih, Tangerang Selatan, Banten, Sabtu (9/5/2020). Pengalihan arus dalam rangka pelaksanaan PSBB untuk memutus penularan Covid-19 di wilayah Tangsel mulai jam 22.00 hingga 05.00. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Polisi dibantu Satpol PP dan Dishub mengatur lalu lintas pengalihan arus di depan RS Sari Asih, Tangerang Selatan, Banten, Sabtu (9/5/2020). Pengalihan arus dalam rangka pelaksanaan PSBB untuk memutus penularan Covid-19 di wilayah Tangsel mulai jam 22.00 hingga 05.00. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Polisi dibantu Satpol PP dan Dishub mengatur lalu lintas pengalihan arus di depan RS Sari Asih, Tangerang Selatan, Banten, Sabtu (9/5/2020). Pengalihan arus dalam rangka pelaksanaan PSBB untuk memutus penularan Covid-19 di wilayah Tangsel mulai jam 22.00 hingga 05.00. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Kendaraan berjalan tersendat saat pengalihan arus lalu lintas di depan RS Sari Asih, Tangerang Selatan, Sabtu (9/5/2020). Pengalihan arus dalam rangka pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)  untuk memutus penularan Covid-19 di Tangsel mulai jam 22.00 - 05.00. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Kendaraan berjalan tersendat saat pengalihan arus lalu lintas di depan RS Sari Asih, Tangerang Selatan, Sabtu (9/5/2020). Pengalihan arus dalam rangka pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk memutus penularan Covid-19 di Tangsel mulai jam 22.00 - 05.00. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Kendaraan berjalan tersendat saat pengalihan arus lalu lintas di depan RS Sari Asih, Tangerang Selatan, Sabtu (9/5/2020). Pengalihan arus dalam rangka pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk memutus penularan Covid-19 di Tangsel mulai jam 22.00 - 05.00. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lonjakan Kasus Positif Corona COVID-19 Terjadi di Sumut

Posted: 09 May 2020 08:38 PM PDT

Liputan6.com, Medan Lonjakan kasus pasien positif terinfeksi virus Corona COVID-19 terjadi di Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Bahkan tertinggi sejak virus ini pertama kali terdeteksi di Sumut pertengahan Maret 2020.

Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Sumut, Whiko Irwan mengatakan, ada penambahan sebanyak 22 kasus positif pada Sabtu, 9 Mei 2020 dibandingkan hari sebelumnya.

"Sehingga total saat ini ada 179 kasus positif di Sumut," kata Whiko, Minggu (10/5/2020).

Lonjakan kasus positif COVID-19 di Sumut terjadi dikarena berkurangnya kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan. Sebab saat ini jalanan semakin ramai, orang-orang kembali berkumpul-kumpul bahkan tidak sedikit yang tidak menggunakan masker.

"Kedisiplinan yang menurun tampaknya berimbas langsung kepada jumlah pasien positif di Sumut. Kami minta masyarakat lebih waspada lagi," sebutnya.

Tidak hanya kasus positif COVID-19 yang bertambah di Sumut, angka kematian juga meningkat. Hingga saat ini total yang meninggal dunia 21 orang, bertambah 5 orang. Angka kematian ini juga cukup tinggi, sedangkan yang sembuh tetap di angka 48 kasus dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 158 kasus.

"Semua harus gunakan masker, patuhi protokol kesehatan," ujarnya.

 

Kembali Terinfeksi COVID-19

Di Sumut ada satu pasien yang sudah dinyatakan positif dan kembali terinfeksi COVID-19. Pasien tersebut adalah ajudan Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajeckshah, atas nama Ori Kurniawan.
Di Sumut ada satu pasien yang sudah dinyatakan positif dan kembali terinfeksi COVID-19. Pasien tersebut adalah ajudan Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajeckshah, atas nama Ori Kurniawan.

Diungkapkan Whiko, di Sumut ada satu pasien yang sudah dinyatakan positif dan kembali terinfeksi COVID-19. Pasien tersebut adalah ajudan Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajeckshah, atas nama Ori Kurniawan.

Kasus terinfeksi kembali dialami Ori merupakan yang ketiga di Indonesia setelah kasus Blitar dan mantan Putri Pariwisata Indonesia 2008, Albertina Fransisca Mailoa.

"Ini terjadi karena seseorang yang kembali positif COVID-19 tidak membentuk antibody spesifik, sehingga kembali terinfeksi," ungkapnya.

Tidak Ada Gejala Serius

Ori mengatakan melaksanakan karantina mandiri setelah dinyatakan sembuh pada 6 April 2020. Dua minggu kemudian hasil tes swab-nya kembali positif COVID-19.
Ori mengatakan melaksanakan karantina mandiri setelah dinyatakan sembuh pada 6 April 2020. Dua minggu kemudian hasil tes swab-nya kembali positif COVID-19.

Ori mengatakan melaksanakan karantina mandiri setelah dinyatakan sembuh pada 6 April 2020. Dua minggu kemudian hasil tes swab-nya kembali positif COVID-19. Bahkan tidak mengalami gejala-gejala serius seperti saat dia terinfeksi pertama kali.

"Hanya merasa flu di tiga hari awal sebelum dirujuk ke RS Adam Malik. Sekarang saya tidak merasa sakit," kata Ori melalui video call dengan Whiko.

Diakui Ori, saat ini yang menjadi tantangan terberat adalah tingkat stres, karena sudah lebih satu bulan harus menjalani isolasi, baik mandiri maupun di rumah sakit. Berkat dukungan keluarga dan teman-teman, Ori mampu mengatasinya.

"Itu yang perlu dijaga, tingkat stres. Saya mengalaminya," sebut pria 25 tahun itu.

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lukisan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, Karya Indah Wanita Lumpuh Iran

Posted: 09 May 2020 08:35 PM PDT

Teheran - Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi terlibat persaingan sengit dalam satu dekade terakhir sebagai pemain terbaik dunia. Mereka pun menyandang titel megabintang sepak bola.

Cristiano Ronaldo terkenal dengan kesuksesan yang diraih diberbagai klub. Pemain berpaspor Portugal ini meraih prestasi gemilang di Manchester United, Real Madrid dan Juventus.

Sementara Lionel Messi hanya setia dengan satu klub saja, Barcelona. La Pulga juga merupakan produk akademi La Masia.

Ketenaran mereka pun telah mendunia. Ketenaran Ronaldo dan Messi pun menjadi inspirasi pelukis wanita Iran, Fateme Hamami.

Meski mengalami kelumpuhan hingga 85 persen, Hamami sanggup membuat lukisan yang indah dengan menggunakan kaki. Karya Hamami pun diunggah oleh akun @FootballFactly pada 5 dan 8 Mei 2020.

Berikut lampiran lukisan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi hasil karya Fateme Hamami.

1. Lukisan Cristiano Ronaldo

2. Lukisan Lionel Messi

Disadur dari Bola.com (Hanif Sri Yulianto/Wiwig Prayugi, published 9/5/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Laptop Mumpuni Dongkrak Produktivitas Semasa Pandemi Covid-19

Posted: 09 May 2020 08:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Hidup di tengah kondisi pandemik Covid-19, khususnya pada masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang mulai diterapkan di sejumlah wilayah Indonesia memaksa adanya perubahan gaya hidup. Salah satunya intensitas penggunaan platform berbasis online untuk keperluan bekerja, bermain dan belajar yang semakin meningkat.

Di saat itulah perangkat komputer portable atau laptop dengan kemampuan hardware mumpuni akan memainkan peran untuk meningkatkan produkivitas. Pasalnya dengan hardware yang mampu bekerja optimal otomatis akan mempersingkat berbagai pengerjaan, apalagi bila intensitas bertemu layar monitor kian meningkat tentunya Anda dapat melakukan lebih banyak hal.

Menyikapi tren tersebut MSI menghadirkan berbagai perangkat inovatif untuk mendukung hal tersebut, di antaranya menghadirkan jajaran laptop gaming MSI yang ditenagai oleh platform Intel®, yaitu prosesor Intel® Core™ Generasi ke 9 dan kartu grafis NVIDIA® GeForce GTX serta RTX™ Series dengan desain yang lebih modern, simple dan profesional.

Para gamer dan content creator akan dimanjakan dalam hal audiovisual karena jajaran laptop MSI hadir dengan bezel yang lebih ramping dan tata suara yang menggelegar, jernih, dan lebih akurat. Tak hanya itu demi kenyamanan pengoperasian lebih lama laptop MSI juga dilengkapi oleh sistem pendingin revolusioner Cooler Boost yang dapat memastikan perangkat agar selalu tetap dalam keadaan dingin sehingga performa tetap stabil dalam berbagai aktivitas multitasking dan gaming yang berat.  

Promo diskon Ramadan Salebration

MSI menghadirkan berbagai perangkat inovatif untuk mendukung work from home dan promo menarik.
MSI menghadirkan berbagai perangkat inovatif untuk mendukung work from home dan promo menarik.

Kabar baiknya dalam menyemarakan bulan Ramadan, MSI menawarkan program Ramadan Salebration dengan berbagai penawaran menarik. Diantaranya adalah General Discount + Bonus Merchandise, Shocking Sale Promotion, Lucky Buyers dan Grand Lucky Draw untuk tiap pembelian jajaran laptop MSI.  

Program Ramadan Salebration memberikan potongan harga mulai dari Rp 500.000 hingga Rp 3.000.000 tergantung dengan produk yang dipilih. Selain itu, MSI juga menawarkan bonus exclusive merchandise mulai dari gaming headset, mouse, USB, tumbler, mousepad hingga MSI Gaming Chair

Periode program Ramadan Salebration ini berlangsung mulai dari 11 Mei hingga 31 Mei 2020. Periode penukaran hadiah dimulai sejak periode program hingga tanggal 5 Juni 2020.  

Promo belanja online

MSI menghadirkan berbagai perangkat inovatif untuk mendukung work from home dan promo menarik.
MSI menghadirkan berbagai perangkat inovatif untuk mendukung work from home dan promo menarik.

Selain itu, MSI juga menawarkan Shocking Sale Promotion yang hanya berlaku di MSI ID Store, platform Blibli dan JD.ID pada 11 Mei 2020 mulai dari pukul 22.00 hingga 22.20 WIB.  Untuk pembeli pertama yang melakukan pembelian MSI GE75 Raider 9SG 288ID di MSI ID Store pada periode Shocking Sale Promotion, hanya dengan menambah Rp 2500 Anda akan mendapatkan diskon tambahan 20% serta bonus Monitor MSI Optix MAG 271C & MSI Gaming Chair.

MSI menghadirkan berbagai perangkat inovatif untuk mendukung work from home dan promo menarik.
MSI menghadirkan berbagai perangkat inovatif untuk mendukung work from home dan promo menarik.

Blibli dan JD.ID, tepatnya pada pukul 22.00 hingga 22.20 WIB akan mendapatkan diskon tambahan 20% serta bonus merchandise yang sudah tertera pada tabel di atas. 

Pada akhir periode Ramadan Salebration, MSI akan melakukan pengundian untuk 30 Lucky Buyers untuk mendapatkan saldo OVO senilai Rp 450.000/orang. Total hadiah untuk Lucky Buyers bernilai Rp 13.500.000. Selain itu, promosi puncak dari Ramadan Salebration ialah diadakannya Grand Lucky Draw bagi para konsumen yang melakukan pembelian laptop gaming dengan tipe MSI GT/GS/GE dapat memperoleh Monitor Optix MAG321CURV & MSI Gaming Chair.

Sedangkan untuk konsumen yang melakukan pembelian laptop gaming MSI tipe GL/GF/Alpha/Modern akan mendapatkan Monitor Optix MPG27CQ2. MSI akan melakukan pengundian dan memilih masing-masing satu orang pemenang yang telah berpartisipasi dalam program Grand Lucky Draw ini. Pemenang akan diumumkan secara langsung oleh MSI pada pertengahan bulan Juni di halaman resmi Facebook dan Instagram MSI. 

Adapun berbagai produk laptop gaming MSI yang ditawarkan dalam program Ramadan Salebration adalah GT76 Titan 9SF-024ID, GS75 Stealth 9SG-1058ID, GS75 Stealth 9SF1059ID, GS75 Stealth 9SE-1060ID, GS65 Stealth 9SF-427ID, GS65 Stealth 9SE-813ID, GE75 Raider 9SG-288ID, GE75 Raider 9SF-289ID, GF63 Thin 9SC-621ID, Alpha 15 A3DDK-060ID, Modern 14A10RB-672ID, Modern 14A10RB-674ID.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai promosi Ramadan Salebration silahkan mengunjungi https://msi.gm/ramadansalebration. Sedangkan untuk info pembelian produk Anda dapat mengunjungi MSI ID Store melalui https://msi.gm/idstoreramadan dan JD.ID di https://msi.gm/jdidramadan.

Informasi terkait tata cara penukaran hadiah serta syarat dan kondisi yang berlaku dapat mengunjungi https://msi.gm/ramadansalebration2020. Anda pun bisa mengetahui mitra dealer MSI terkait pembelian di tautan berikut ini https://msi.gm/offlinedealer

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ayah Angkat Syahrini Unggah Video Kebersamaan dari Tangisan hingga Sindiran Modus

Posted: 09 May 2020 08:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Syahrini kembali menghebohkan publik setelah pria paruh baya bernama Laurens mengunggah sejumlah video dengan istri Reino Barack itu.

Laurens disebut-sebut sebagai ayah angkat Syahrini. Pada 2 Mei 2012, pria yang berdarah Belanda itu mengunggah video Syahrini sedang beruari air mata. Entah apa penyebab pelantun "Maju Mundur Cantik" itu menangis.

"Terkadang selebriti sedih juga," tulis pria bule tersebut sebagai keterangan videonya, belum lama ini.

Video tersebut telah ditonton lebih dari 250 ribu kali dan dipenuhi oleh lebih dari dua ribu komentar. Warganet penasaran, apa penyebab Syahrini menangis.

Keakraban

[Foto: Instagram Laurens/  liohk]
[Foto: Instagram Laurens/ liohk]

Tak berselang lama, Laurens mengunggah video kedekatannya dengan Syahrini. Kala itu, sepertinya Syahrini sedang mengantar ayah angkatnya hingga masuk mobil, untuk kembali pulang.

Tak berhenti sampai situ, masih di hari yang sama, Laurens mengunggah video Syahrini sedang menyorot kamera kepada seorang perempuan di teras rumah.

Jangan Modus

[Foto: Instagram Laurens/  liohk]
[Foto: Instagram Laurens/ liohk]

Kamera tersebut pun bergerak menyorot Laurens dan penyanyi 38 tahun ini memberikan mimik ciuman jauh.

"Jadilah pribadi yang baik. Tapi bukan MODUS," tulisnya melengkapi unggahan videonya. Entah apa maksud pria berkacamata itu menuliskan keterangan tersebut.

Asumsi Warganet

Video-video tersebut membuat asumsi publik bergerak tak terkendali. Mereka penasaran, sebenarnya, sejauh apa kedekatan Syahrini dengan ayah angkatnya itu di masa lalu.

Sejauh ini, Syahrini belum angkat bicara mengenai hubugannya dengan ayah angkatnya itu. Kakak Aisyahrani itu memang cenderung tertutup dengan persoalan yang menyangkut kehidupan pribadi. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Youtuber Ferdian Jadi Korban Bullying Sesama Tahanan

Posted: 09 May 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Propam Polrestabes Bandng memeriksa polisi yang menjaga tahanan saat peristiwa bullying yang dialami youtuber Ferdian Paleka oleh sesama tahanan di Polrestaves Bandung. Video bullying yang dialamu Ferdian viral di sosial media.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hamilton Syukuri 'Cuti Panjang' F1

Posted: 09 May 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Juara dunia enam kali Formula 1, Lewis Hamilton, menemukan berkah di balik kekosongan musim balapan. Ia merasa jauh lebih segar setelah menjalani 'Cuti panjang' F1 imbas pandemi virus corona.

Sepuluh balapan awal kalender F1 tak bisa digelar sesuai jadwal, dan musim yang seharusnya terdiri dari 22 seri itu, rekor terbanyak sepanjang masa, terpaksa tertunda hingga Juli karena krisis kesehatan global.

Akan tetapi, Hamilton berusaha sebaik mungkin memanfaatkan waktu kekosongan musim kompetisi itu untuk mempersiapkan diri mengincar gelar ketujuhnya.

"Ada masa-masa di lima tahun terakhir ini di mana saya memikirkan jika rehat akan baik untuk jiwa dan raga," kata Hamilton dalam video yang dilansir Mercedes.

"Bagi seorang atlet di masa-masa puncaknya, tak baik mundur dalam satu tahun, tapi kami telah diberi sebagian cuti panjang, yang saya nikmati. Saya merasa lebih segar dan lebih sehat dari pada sebelumnya," ucap Hamilton.

 

Berkah Tersamarkan

(AP Photo/Luca Bruno)
(AP Photo/Luca Bruno)

Formula 1 berencana memulai lagi musim balapan awal Juli nanti di Sirkuit Red Bull Ring, Austria.

Hamilton mengungkapkan absennya musim balapan saat ini bagaikan berkah yang tersamarkan, "Karena itu membuat Anda ingin lebih mengapresiasi hal-hal yang kalian cintai dan lakukan."

Tak Ikut Balapan Virtual

Hamilton bukan termasuk pebalap yang ikut bertarung di ajang balap virtual, namun dia mengaku pernah bermain video game Call of Duty daring dengan sesama pebalap F1 lainnya, Pierre Gasly dan Charles Leclerc.

Formula 1 berharap bisa memulai musim yang tertunda pada awal Juli nanti di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, dengan sejumlah balapan pertama direncanakan digelar tanpa penonton sebagai antisipasi ancaman virus corona.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Tempat Wisata Pantai di Jawa Timur, Unik dan Eksotis

Posted: 09 May 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata pantai di Jawa Timur bisa jadi pilihan destinasi menarik saat liburan. Jawa Timur memiliki jajaran pantai eksotis yang unik dan khas. Tempat wisata pantai di Jawa Timur ini tersebar di berbagai kabupaten dan kota di Jawa Timur.

Tempat wisata pantai di Jawa Timur ini berjajar mulai dari pantai selatan, selat Madura, hingga pantai utara. Tiap Tempat wisata pantai di Jawa Timur juga punya keunikan tersendiri.

Keunikan yang ada di tempat wisata pantai di Jawa Timur menjadi daya tarik wisatawan. Tak ayal, tempat-tempat wisata pantai di Jawa Timur ini menjadi favorit untuk berlibur.

Jika kamu sedang merencanakan liburan ke pantai, tempat wisata pantai di Jawa Timur ini bisa dipertimbangkan. Berikut tempat wisata pantai di Jawa Timur, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (10/5/2020).

Tempat wisata pantai di Jawa Timur - Malang

Pantai Balekambang (sumber: iStock)
Pantai Balekambang (sumber: iStock)

Pantai Balekambang

Tempat wisata pantai di Jawa Timur, berada di Malang. Pantai Balekambang berlokasi di Dusun Sumber Jahe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Terdapat 3 pulau yang terdekat dengan dengan pantai ini, yaitu Pulau Ismoyo, Pulau Anoman dan Pulau Wisanggeni. Tepat di atas pulau Ismoyo, terdapat sebuah pura megah yang bernama Pura Luhur Amertha Jati, dan sebuah jembatan yang menghubungkannya melalui pantai utama Balekambang. Pantai ini juga kerap disebut Tanah Lot-nya Jawa.

Pantai Tiga Warna

Sesuai namanya, pantai Tiga Warna memiliki tiga warna berbeda. Ada tiga warna pantai yang bisa terlihat di pantai ini, merah, hijau, dan biru.

Pantai ini memiliki penjagaan yang sangat maksimal. Misalnya saja terdapat kuota maksimal pengunjung yang datang setiap harinya. Pembatasan jumlah pengunjung ini berguna untuk menjaga kelestarian serta kealamian dari pantai ini. Durasi berkunjung ke pantai ini juga dibatasi, yaitu hanya diberi waktu selama 2 jam.

Tempat wisata pantai di Jawa Timur - Surabaya dan Sidoarjo

Pantai Kenjeran / Sumber: iStockphoto
Pantai Kenjeran / Sumber: iStockphoto

Pantai Kenjeran

Tempat wisata pantai di Jawa Timur selanjutnya berada di Surabaya. Pantai Kenjeran di Surabaya terbagi menjadi dua bagian, yaitu Pantai Kenjeran Lama dan Pantai Kenjeran Baru. Kawasan pantai Kenjeran menjadi destinasi favorit warga Surabaya.

Pantai Kenjeran Lama merupakan sebuah pantai konvensional di mana pengunjung bisa bisa menikmati pemandangan alami dengan ombak yang tidak terlalu besar. Sementara Pantai Kenjeran Baru, memiliki konsep yang lebih modern dengan daya tarik Klenteng Sanggar Agung, Pagoda Tian Ti, dan Waterpark.

Pantai Kepetingan

Pantai Kepetingan berada di Desa Kepetingan, Buduran, Sidoarjo. Pantai ini adalah pantai yang terkenal dan hits di Sidoarjo.

Meski lokasinya sedikit pelosok, pengunjung akan merasa puas dengan pemandangannya. Di sini juga banyak spot foto yang menarik dengan latar belakang alam yang indah. Jika beruntung, pengunjung bisa menyaksikan acara tradisi masyarakat setempat.

Tempat wisata pantai di Jawa Timur - Banyuwangi

Pantai Pulau Merah (sumber: xplorea)
Pantai Pulau Merah (sumber: xplorea)

Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah memiliki sebuah pulau kecil setinggi 200 meter dengan tanah dan pasir kemerahan. Pulau kecil yang berada di pantai Desa Sumberagung, Kabupaten Banyuwangi ini berhasil memikat wisatawan melalui bentuknya yang menyerupai pegunungan yang berada di tengah pantai. Pantai ini dikenal dengan airnya yang jernih serta hamparan pasir putihnya yang membentang hingga 3 km.

Pantai Teluk Hijau

Letak Teluk Hijau ini berada di Sarongan, Pesanggaran, Banyuwangi. Disebut Pantai Teluk Hijau karena air di pantai ini berwarna biru kehijau-hijauan yang disebabkan oleh alga yang tumbuh dan hidup secara bergerombol. Tak hanya warna air yang jadi daya tarik pantai ini, di sini pengunjung juga bisa melihat batu karang raksasa yang berada di pinggir pantai.

Tempat wisata pantai di Jawa Timur - Madura

Pantai Slopeng di Kabupaten Sumenep, Madura, sebelumnya terkenal dengan ciri khas keindahan hamparan gunung pasir. (Liputan6.com/Mohamad Fahrul)
Pantai Slopeng di Kabupaten Sumenep, Madura, sebelumnya terkenal dengan ciri khas keindahan hamparan gunung pasir. (Liputan6.com/Mohamad Fahrul)

Pantai Nepa, Sampang

Pantai Nepa berlokasi di Desa Batioh, Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang, Madura. Pantai ini juga menjadi satu dengan destinasi wisata menarik lainnya yaitu Hutan Kera Nepa. Pantai dengan hamparan pasir putih ini memiliki ombak yang tenang dan asri. Daya tarik dari pantai ini adalah adanya kera-kera yang hidup liar tak jauh dari pantai.

Pantai Slopeng, Sumenep

Pantai Slopeng merupakan objek wisata yang memiliki khas keindahan gunung pasir putih di sekitarnya. Namun, gunung pasir ini mulai menghilang dan digantikan dengan pohon dan guguran daun cemara.

Kendati demikian, banyak warga masih memanfaatkan keindahan pantai yang ada untuk dijadikan tempat liburan. Pantai ini semakin indah dengan keberadaan pohon siwalan, kelapa dan cemara.

Tempat wisata pantai di Jawa Timur - Pacitan

Pantai Klayar identik dengan semburan air yang unik (sumber: wikipedia)
Pantai Klayar identik dengan semburan air yang unik (sumber: wikipedia)

Pantai Banyu Tibo

Pantai Banyu Tibo begitu unik karena adanya air terjun yang langsung jatuh ke pantai selatan. Pantai Banyu Tibo terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Pacitan. Pantai ini diapit oleh dua buah tebing yang tidak tinggi. Air terjun yang jatuh ke pantai ini sangat jernih dan segar sehingga tak jarang, pengunjung bisa mandi atau berendam di bawahnya.

Pantai Klayar

Keunikan dari pantai Klayar adalah semburan air unik dan gulungan ombak yang eksotis. Semburan air di Pantai Klayar terjadi karena derasnya gulungan ombak yang masuk ke sela-sela karang dan akhirnya menyembur di lubang-lubang karang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Djoko Santoso Akan Dimakamkan Secara Militer di Sandiego Hills

Posted: 09 May 2020 08:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Panglima TNI Djoko Santoso tutup usia di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Minggu (10/5/2020). Djoko meninggal setelah sepekan di rawat di rumah sakit tersebut.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Kolonel Inf. Nefra Firdaus menyatakan, almarhum Djoko Santoso akan dimakamkan secara militer di Pemakaman Sandiego Hills Karawang.

"Jenazah almarhum akan diberangkatkan dari rumah duka hari ini pukul 13.00 WIB menuju pemakaman Sandiego Hills, Karawang dan akan dilaksanakan upacara pemakaman secara militer sekitar pukul 14.00 WIB," kata Nefra Firdaus, Minggu.

Dia menyebut, KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa akan hadir. Selain KASAD, akan hadir para pejabat teras TNI/TNI AD, para mantan KSAD, para purnawirawan Pati TNI, keluarga, kerabat dan sanak keluarga serta para pelayat di rumah duka untuk memberikan penghormatan terakhir. 

 

Karena Sakit

Djoko Santoso meninggal dunia di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta Pusat, pada Minggu (10/5/2020)  pukul 06.30 WIB. Kabar tersebut dibenarkan oleh Wakil Kepala RSPAD Gatot Soebroto, Dokter Budi Sulistya.

"Betul, meninggal tadi jam 06.30 WIB setelah kami rawat selama seminggu. Karena sakit bukan karena Covid, pecahnya pembuluh darah di otak," kata Budi, Minggu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tiga Keuntungan Servis Motor Tepat Waktu

Posted: 09 May 2020 08:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Melakukan perawatan sudah menjadi konsekuensi bagi para pemilik kendaraan bermotor. Dengan melakukan perawatan secara berkala, tentunya bisa membuat kendaraan selalu dalam kondisi prima.

Namun sayangnya masih banyak pemilik yang mengacuhkan jadwal servis, bahkan tak jarang justru ogah pergi ke bengkel untuk servis.

Padahal usai membeli sepeda motor baru, dipastikan dealer memberikan buku manual untuk mengetahui jadwal rutin servis, termasuk servis gratis dengan syarat-syarat tertentu.

Nah, seperti dilansir Honda Cengkareng, ternyata ada beberapa alasan mengapa Anda perlu melakukan servis motor tepat waktu, yakni:

1. Agar Garansi Motor Tidak Hangus

Setiap pembelian motor Honda Anda akan mendapatkan garansi seperti tertera dibawah ini :

- Garansi rangka dan sistem kelistrikan selama 1 tahun atau 10.000 kilometer (yang terlebih dahulu tercapai).

- Garansi mesin selama 3 tahun atau 30.000 kilometer (yang terlebih dahulu tercapai).

- Garansi sistem kelistrikan selama 5 tahun atau 50.000 kilometer (yang terlebih dahulu tercapai).

Untuk garansi ini salah satu ketentuannya adalah anda harus service secara rutin di AHASS (bengkel resmi motor Honda).

Jika Anda tidak melakukan servis motor secara rutin maka garansi akan hangus dan otomatis tidak bisa melakukan claim apabila terjadi kerusakan pada motor.

Satu poin lagi yang perlu diingat bahwa servis motor ini harus dilakukan di AHASS. Apabila Anda melakukan servis pada bengkel umum pada masa garansi ini maka garansi akan hangus.

2. Agar Anda Tetap Mendapat Gratis Biaya Servis 4 Kali

Setiap pembelian motor Honda berhak mendapat servis gratis 4 kali dan penggantian oli 1 kali. Gratis servis ini diberikan pada empat kali servis pertama dengan catatan servis ini dilakukan tepat pada waktunya.

Apabila Anda melewati waktu atau kilometer yang ditentukan maka Anda diperlukan membayar pada saat melakukan servis ini.

3. Mengurangi Masalah Pada Motor di Masa Mendatang

Tentu saja dengan melakukan servis secara rutin maka otomatis kondisi motor Anda tetap terjaga. Hal ini juga terbukti akan memperpanjang umue motor dan mengurangi masalah di kemudian hari.

Bayangkan saja jika motor Anda jarang diservis maka bisa saja terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan anda.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Musala Ary Ginanjar yang Curi Perhatian, Salat di Atas Kolam Renang

Posted: 09 May 2020 08:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ary Ginanjar Agustian dikenal sebagai tokoh motivator nasional Indonesia. Selain sebagai motivator ia juga dikenal sebagai tokoh pembangunan karakter yang merupakan presiden direktur PT Arga Bangun Bangsa serta pendiri ESQ Leadership Center.

Karya Ary Ginanjar yang fenomenal yang membuat banyak orang dari berbagai kalangan mengenalnya ialah buku berjudul ESQ: Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi & Spiritual. Dalam penggabungan kecerdasan yang dimiliki manusia pun ia memiliki sebuah konsep yang disebut The ESQWay165.

Sebagai seorang yang spiritualis, ia pun memiliki sebuah musala yang indah dan mencuri perhatian netizen. Potret musala ini pun ia unggah dalam akun Instagramnya @ary.ginanjar.

Memiliki musala yang terbuka dan berada di atas kolam renang, banyak netizen yang takjub dengan keindahannya. Banyak netizen pun ingin memiliki musala seperti yang dimiliki Ary Ginanjar. Berikut 6 potret musala Ary Ginanjar yang Liputan6.com kutip dari Instagramnya @ary.ginanjar, Minggu (10/5/2020).

1. Begini potret musala yang berada di rumah motivator Ary Ginanjar.

Musala Ary Ginanjar (Sumber: Instagram/ary.ginanjar)
Musala Ary Ginanjar (Sumber: Instagram/ary.ginanjar)

2. Musala indah dengan konsep terbuka berada di atas kolam renang.

Musala Ary Ginanjar (Sumber: Instagram/ary.ginanjar)
Musala Ary Ginanjar (Sumber: Instagram/ary.ginanjar)

3. Musala yang indah ini pun selalu digunakan untuk salat berjamaah hingga tarawih.

Musala Ary Ginanjar (Sumber: Instagram/ary.ginanjar)
Musala Ary Ginanjar (Sumber: Instagram/ary.ginanjar)

4. Ary Ginanjar pun kerap mengunggah potret musala ini dalam media sosial Instagramnya.

Musala Ary Ginanjar (Sumber: Instagram/ary.ginanjar)
Musala Ary Ginanjar (Sumber: Instagram/ary.ginanjar)

6. Banyak netizen yang memuji Ary Ginanjar karena musala ini sangat indah dan dibangun di atas kolam renang.

Musala Ary Ginanjar (Sumber: Instagram/ary.ginanjar)
Musala Ary Ginanjar (Sumber: Instagram/ary.ginanjar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Timnas Indonesia: Menanti Racikan Shin Tae-yong

Posted: 09 May 2020 08:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Era baru Timnas Indonesia racikan Shin Tae-yong dimulai dengan kurang mengenakkan. Juru taktik asal Korea Selatan itu harus menunda debutnya bersama timnas Indonesia karena pandemi corona Covid-19.

Shin Tae-yong sebetulnya sudah ditunggu tiga laga penting Timnas Indonesia pada Kualifikasi Piala Dunia 2022. Namun, ketiga laga itu harus ditunda lantaran pandemi virus corona covid-19.

Pandemi corona Covid-19 yang melanda dunia membuat FIFA mengubah jadwal semua pertandingan internasional. Alhasil, pertandingan Timnas Indonesia digeser ke Oktober dan November mendatang.

Laga Timnas Indonesia usai pandemi virus corona juga akan terasa spesial. Pasalnya, laga tersebut akan menjadi debut bagi jersey anyar timnas Indonesia yang dibuat apparel lokal, Mills.

Sebelum pandemi, Shin juga sebetulnya sudah mengumpulkan para pemainnya untuk pemusatan latihan. Patut dinanti seperti apa racikan Shin untuk pemain-pemain itu/

Lihat jadwal Timnas Indonesia di halaman selanjutnya.

Jadwal Timnas Indonesia

8 Oktober 2020

Thailand vs Timnas Indonesia

13 Oktober 2020

Timnas Indonesia vs Uni Emirat Arab

12 November 2020

Vietnam vs Timnas Indonesia

Skuat Timnas Indonesia

Kiper

1. Andritany Ardhiyasa (Persija Jakarta)

2. Muhammad Riyandi (Barito Putera)

3. Nadeo Argawinata (Bali United)

4. Muhammad Adi Satrio (PSMS Medan)

Belakang

5. Fachruddin Aryanto (Madura United)

6. Bagas Adi Nugroho (Arema FC)

7. Andy Setyo Nugroho (Tira Persikabo)

8. Rudolf Yanto Basna (PT Prachuap)

9. Hansamu Yama (Persebaya Surabaya)

10. Alfeandra Dewangga (PSIS Semarang)

11. Ricky Fajrin (Bali United)

12. Gavin Kwan Adsit (Bali United)

13. Putu Gede Juni Antara (Bhayangkara FC)

14. Firza Andika (PSM Makassar)

15. Asnawi Mangkualam (PSM Makassar)

16. Pratama Arhan Alif (PSIS Semarang)

Tengah

17. Sani Rizki Fauzi (Bhayangkara FC)

18. T.M. Ichsan (Bhayangkara FC)

19. Rachmat Irianto (Persebaya Surabaya)

20. Muhammad Tahir (Persipura Jayapura)

21. Bayu Pradana (Barito Putera)

22. Zulfiandi (Madura United)

23. Septian David Maulana (PSIS Semarang)

24. Stefano Lilipaly (Bali United)

25. Irfan Bachdim (PSS Sleman)

26. Rizky Rizaldi Pora (Barito Putera)

27. Febri Hariyadi (Persib Bandung)

28. Saddil Ramdani (Tanpa Klub)

29. Rizky Eka Pratama (PSM Makassar)

30. Osvaldo Haay (Tanpa Klub)

Depan

31. Ilija Spasojevic (Bali United)

32. Lerby Eliandry (Bali United)

33. Irfan Jauhari Bali United)

34. Muhammad Rafli (Arema FC)

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tangan Marc Marquez Terbakar Ketika Belajar Memasak di Rumah

Posted: 09 May 2020 08:10 PM PDT

Cervera - Pembalap MotoGP praktis lebih banyak menghabiskan waktu di rumah selama pandemi virus corona. Tak terkecuali juara dunia musim lalu, Marc Marquez.

Marc Marquez menceritakan selama periode virus corona, ia mencoba banyak hal untuk membunuh waktu di rumah. Salah satunya juara dunia MotoGP enam kali itu membuat kuliner dengan tangan sendiri.

Hal ini terkuak ketika pembalap Repsol Honda itu diwawancara oleh situs CNN. Hanya saja percobaan untuk masak sendiri ini gagal total. Tangannya bahkan sampai terbakar.

"Saya mencoba sedikit memasak pizza, dengan tangan saya sendiri. Tapi pengalaman itu bukan yang terbaik. Lihat, lihat ini," pembalap asal Spanyol itu menuturkan sembari menunjuk dua garis merah gelap di lengannya.

"Maksudnya, saya membakar lengan saya. Jadi tidak, pengalaman kuliner ini tidak positif," tambah Marc Marquez

Ibu Takut

Marc Marquez dan Alex dalam peluncuran Honda di Jakarta, Selasa (4/2/2020). (Bola.com/Zulfirdaus Harahap)
Marc Marquez dan Alex dalam peluncuran Honda di Jakarta, Selasa (4/2/2020). (Bola.com/Zulfirdaus Harahap)

Sementara itu, keputusan Repsol Honda menduetkan Marc Marquez dan Alex Marquez untuk MotoGP 2020 ternyata membuat takut sang ibunda, Roser.

"Saya tidak ingin membayangkannya, tidak," kata Roser saat diwawancara oleh CNN pada tahun 2014.

Siapa sangka lima tahun kemudian, Alex dan Marc bukan hanya satu grid di MotoGP, tapi juga berstatus rekan setim di Repsol Honda.

Marc yang diwawancara kembali oleh CNN baru-baru ini, membenarkan awalnya sikap sang ibunda belum berubah ketika mengetahui Repsol Honda menduetkan dirinya dan Alex.

"Awalnya saya takut karena kami berlomba satu tim. Tapi sekarang ia senang. Karena tahun lalu, ia merasa gugup untuk dua lomba: Moto2 dan Moto3," kata Marc.

"Kami bicara sangat banyak dengan ibu beberapa hari terakhir dan ia bilang 'Saya ingin tahu, bagaimana perasaan saat Marc dan Alex berlomba pada kelas yang sama," tambahnya.

Sumber: CNN

Disadur dari Bola.com (Hendry Wibowo/Hendry Wibowo, published 10/5/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bikers Harus Tahu Efek Buruk Sering Telat Ganti Oli Mesin

Posted: 09 May 2020 08:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menjadi komponen yang harus diganti secara teratur, oli memiliki fungsi mengurangi gesekan antar komponen yang ada di dalam mesin. Berkaitan erat dengan kinerja mesin, oli sebaiknya diganti secara teratur.

Selain memberikan lapisan pada logam agar komponen tidak cepat aus dan terkikis akibat gesekan, oli juga berfungsi mendinginkan suhu panas mesin akibat proses pembakaran.

Dalam buku manual servis, pemilik motor harus melakukan penggantian oli setelah mencapai jarak tempuh 4.000 km. Lalu apa dampak jika motor sering telat melakukan pergantian oli mesin?

Seperti dilansir Federal Oil, dampak buruk pertama yang akan dirasakan pengendara ialah kinerja mesin tak lagi maksimal. Hal itu dikarenakan oli sudah kotor dan tidak bisa lagi melindungi komponen mesin secara maksimal.

Jika sering telat mengganti oli, endapan oli di bawah mesin bisa timbul sehingga mengental seperti lumpur dan performa mesin berkurang secara drastis.

Efek Terburuk

Efek yang paling buruk jika telat mengganti oli atau oli benar-benar habis ialah kerusakan pada mesin. Apabila ini terjadi, pemilik harus mengeluarkan dana lebih untuk melakukan pembongkaran.

Karena itu, pemilik kendaraan diimbau untuk selalu melakukan pergantian oli secara teratur untuk menghindari kerusakan dan menurunannya performa kendaraan.

Ganti Oli Motor Sendiri

Meski tugas penggantian oli bisa dilakukan bengkel, namun saat pandemi seperti sekarang ini Anda bisa melakukan sendiri di rumah.

Walau terlihat mudah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mengganti oli sendiri.Berikut ulasannya seperti dilansir Federal Oil, Rabu (6/5/2020).

Pemilik kendaraan bisa memeriksa kekentalan oli setiap dua minggu sekali. Ketika ingin menggantinya, biarkan mesin menyala terlebih dahulu selama 5 menit apabila tak digunakan.

Jika baru saja digunakan, maka biarkan terlebih dahulu selama kurang 30 menit. Tiriskan oli sampai tetes terakhir tanpa menyemprotkan angin kompresor ke dalam mesin.

Ganti oli setiap menempuh jarak 2.500 atau 3.000 kilometer perjalanan atau sekitar 2 bulan pemakaian. Jangan langsung menggunakan motor setelah mengganti oli. Panaskan kendaraan terlebih dahulu selama 5 menit.

Jangan Lakukan Ini

Ada beberapa hal yang tak boleh dilakukan, seperti membuang oli bekas di sembarang tempat.

Saat mengencangkan penutup oli, hindari menggunakan alat karena tutup tersebut didesain untuk dikencangkan dengan menggunakan tangan.

Jangan mencampur oli dan menggunakan pelumas bekas pakai untuk rantai kendaraan.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Go Smart Card Berhuruf Braille Bantu Penyandang Disabilitas Netra Berpergian dengan Komuter

Posted: 09 May 2020 08:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Perusahaan commuter Lucknow Metro India luncurkan Go Smart Card untuk memberi kemudahan bagi penyandang disabilitas netra saat bepergian.

Lucknow Metro menjadi pelopor penerbitan kartu pintar untuk disabilitas netra di negara tersebut. Kartu perjalanan berwarna merah ini dilengkapi tulisan braille.

Managing Director UP Metro Rail Corporation Kumar Keshav mengonfirmasi berita tersebut. Kartu pintar braille dibagikan kepada beberapa penyandang disabilitas netra tanpa dipungut biaya.

Peluncuran kartu adalah buah kerja sama dengan Meet Welfare Foundation, sebuah LSM yang bekerja untuk kesejahteraan masyarakat dengan disabilitas netra.

Rohit Kumar, penemu Meet mengatakan gagasan ini timbul ketika dia melihat perjuangan yang dihadapi oleh seorang pemuda tunanetra.

"Saya berada di stasiun lokal di sebuah tempat bernama Charbagh sekitar setahun yang lalu dan saya melihat seorang pemuda tunanetra berjuang untuk mengenali kartu Metro-nya di tengah semua kartu lain di dompetnya. Saat itulah ide kartu pintar Braille datang kepada saya. Saya mulai mengerjakan ide itu dan Lucknow Metro juga mendukung," kata Rohit Kumar kepada Newz Hook.

Dibagikan Secara Gratis

Butuh hampir delapan bulan bagi Rohit untuk menyempurnakan kartu itu. "Banyak kerja tim membahas hal ini. Saya tidak mengerti Braille dan saya meminta banyak saran dan bantuan."

Kartu pintar Braille didistribusikan secara gratis kepada orang-orang tunanetra pada hari peluncurannya. Pejabat Lucknow Metro dan Rohit berharap ini akan mendorong commuter di kota-kota lain untuk melakukan hal yang sama.

"Prestasi ini telah memberi kami banyak kekuatan dan keberanian untuk menciptakan kartu pintar Braille di semua kota metropolitan dan mudah-mudahan kami bisa melakukan ini," pungkas Rohit, yang juga memiliki keinginan untuk memberdayakan tunanetra.

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Potret 7 Artis saat Kenakan Cadar, Tuai Banyak Pujian

Posted: 09 May 2020 08:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Industri hiburan Tanah Air memang kerap menjadi sorotan warganet. Penampilan selebriti pun tak jarang mencuri perhatian publik. Para artis Tanah Air kerap kali membagikan gaya berpakaiannya di akun Instagram milik masing-masing.

Salah satu perubahan penampilan artis yang berhasil menarik perhatian adalah saat mengenakan hijab hingga cadar. Tak sedikit artis yang mengunggah perubahannya mengenakan hijab ataupun cadar.

Salah satu artis yang kerap mengunggah potret penampilannya saat mengenakan cadar adalah Alyssa Soebandono. Saat memosting foto mengenakan cadar, tidak sedikit warganet yang membubuhkan respon positif di kolom komentar akun Instagramnya. Selain Alyssa, Vebby Palwinta hingga Shireen Sungkar pun pernah mengunggah foto dirinya saat mengenakan cadar.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang potret 7 artis saat kenakan cadar, tuai banyak pujian, Minggu (10/5/2020).

1. Alyssa Soebandono ini memang kerap mengunggah foto dirinya saat mengenakan cadar. Alyssa pun menuai banyak pujian dari warganet.

Potret Artis saat Kenakan Cadar. (Sumber: Instagram.com/ichasoebandono)
Potret Artis saat Kenakan Cadar. (Sumber: Instagram.com/ichasoebandono)

2. Tak sedikit warganet yang memuji penampilan Shireen Sungkar ini saat memosting foto dirinya memakai cadar.

Potret Artis saat Kenakan Cadar. (Sumber: Instagram.com/shireensungkar)
Potret Artis saat Kenakan Cadar. (Sumber: Instagram.com/shireensungkar)

3. Vebby Palwinta terlihat semakin cantik dan anggun saat mengenakan cadar di wajahnya.

Potret Artis saat Kenakan Cadar. (Sumber: Instagram.com/vebbypalwinta)
Potret Artis saat Kenakan Cadar. (Sumber: Instagram.com/vebbypalwinta)

4. Dhini Aminarti terlihat cantik dengan menggunakan cadar dan gamis dengan warna senada.

Potret Artis saat Kenakan Cadar. (Sumber: Instagram.com/dhiniaminarti)
Potret Artis saat Kenakan Cadar. (Sumber: Instagram.com/dhiniaminarti)

5. Ayana Moon memutuskan untuk menjadi mualaf ini terlihat semakin cantik dengan cadar yang dikenakannya. Tak sedikit warganet yang memuji penampilannya.

Potret Artis saat Kenakan Cadar. (Sumber: Instagram.com/xolovelyayana)
Potret Artis saat Kenakan Cadar. (Sumber: Instagram.com/xolovelyayana)

6. Dinda Hauw mengunggah foto dirinya saat mengenakan cadar. Dinda terlihat anggun saat tampil dengan menggunakan cadar.

Potret Artis saat Kenakan Cadar. (Sumber: Instagram.com/dindahw)
Potret Artis saat Kenakan Cadar. (Sumber: Instagram.com/dindahw)

7. Anisa Rahma pun mencuri perhatian publik dengan penampilannya menggunakan cadar. Anisa semakin terlihat cantik dengan memadukan baju berwarna merah muda dan cadar berwarna hitam.

Potret Artis saat Kenakan Cadar. (Sumber: Instagram.com/anisarahma_12)
Potret Artis saat Kenakan Cadar. (Sumber: Instagram.com/anisarahma_12)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

TNI Kibarkan Bendera Setengah Tiang atas Meninggalnya Djoko Santoso

Posted: 09 May 2020 08:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Panglima TNI Djoko Santoso menghembuskan nafas terakhir di RSPAD Jakarta, Minggu (10/5/2020) sekitar pukul 06.30 WIB.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Kolonel Inf Nefra Firdaus, mengatakan, sebagai penghormatan maka kesatuannya akan kibarkan bendera setengah tiang.

"Sebagai bentuk penghormatan dan rasa duka cita yang mendalam atas kepergian almarhum Jenderal TNI (Purn) Djoko Santoso, seluruh satuan jajaran TNI/TNI Angkatan Darat mulai hari ini mengibarkan bendera setengah tiang," kata Nefra, Minggu (10/5/2020).

Adapun, masih kata dia, Djoko Santosoakan dimakamkan secara militer di Pemakaman Sandiego Hills, Jawa Barat.

"Akan dilaksanakan upacara pemakaman secara militer sekitar pukul 14.00 WIB," tukasnya.

Bukan Karena Covid-19

Wakil Kepala RSPAD Gatot Soebroto Dokter Budi Sulistya menyatakan, Djoko Santoso meninggal tadi jam 06.30 WIB setelah kami rawat selama seminggu. "Karena sakit bukan karena Covid, pecahnya pembuluh darah di otak," kata Budi, Minggu.

Djoko Santoso Meninggal, Sejumlah Tokoh Ucapkan Duka Cita  Rencananya, jenazah Djoko Santoso akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) San Diego Hills, Karawang, Jawa Barat. Pemakaman sendiri akan dilakukan siang sesuai dengan protokol kesehatan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Akhir Pekan: 6 Sosok yang Makin Tajir Saat Pandemi Corona COVID-19

Posted: 09 May 2020 08:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pandemi corona COVID-19 yang terjadi di penjuru dunia memengaruhi berbagai sendi kehidupan. Berbagai jenis usaha mengalami kerugian yang sangat besar.

Namun, di balik pandemi corona COVID-19 sejumlah orang justru makin tajir. Upaya yang mereka lakukan mengalami peningkatan drastis.

Saat sejumlah pengusaha mengalami keterpurukan, mereka justru menangguk keuntungan. Keuntungan tersebut diperoleh karena banyak orang yang menggunakannya saat pandemi saat ini.

Popularitas Zoom melejit seiring adanya kebijakan kerja darirumah (work from home-WFH) yang ramai digunakan. Aplikasi ini banyak dipakai sebagai sarana rapat, pembelajaran siswa, kuliah online, dan lain-lain.

Jeff Bezos

Pendiri dan CEO Amazon ini menjadi orang paling kaya di dunia saat pandemi corona COVID-19. Saat corona merajalela, semakin banyak orang yang berbelanja secara online melalui toko online buatannya, Amazon.com. Kekayaan Bezos diprediksi 138 miliar dolar AS atau setara Rp2.153 triliun.

Di luar nama Jeff Bezos yang sudah eksis sebagai miliarder paling kaya, berikut sosok lain yang juga makin tajir saat pandemi corona COVID-19 yang dihimpun dari berbagai sumber.

Eric Yuan

Eric Yuan Berhasil Jadi Miliarder Berkat Pidato Bill Gates
Eric Yuan Berhasil Jadi Miliarder Berkat Pidato Bill Gates

Nama Eric Yuan meroket seiring terjadinya pandemi corona COVID-19. Hal itu berkat aplikasinya Zoom, yang merupakan layanan video konferensi yang saat ini sangat populer yang digunakan orang untuk bekerja di rumah, mengadakan kelas online, hingga sekadar berinteraksi dengan kerabat.

Popularitas telah mengubah lelaki kelahiran Shandong, China ini. Ia masuk daftar miliarder Forbes yang dirilis pada 7 April 2020, dengan kekayaan senilai 7,8 miliar dolar AS atau senilai Rp120 triliun.

Mackenzie Bezos

Selain Eric Yuan, ada nama Mackenzie Bezos, yang merupakan mantan istri Jeff Bezos, CEO Amazon. Sumber kekayaannya berasal dari Amazon.com.

Mackenzie masuk daftar Billionaires Forbes untuk pertama kalinya pada tahun ini. Ia memiliki kekayaan bersih 36 miliar dolar AS atau Rp594 triliun dan sekarang berada di antara lima wanita terkaya di dunia.

Radha Vembu

Radha Vembu mendapatkan kekayaannya dari sahamnya di Zoho Corp, yang menawarkan perangkat lunak. Perusahaan ini didirikan oleh kakak laki-lakinya Sridhar Vembu, yang memulai bisnis awalnya sebagai AdventNet pada 1996.

Lulusan manajemen industri dari sebuah perguruan tinggi di Madras, Vembu adalah manajer produk untuk layanan e-mail, Zoho Mail. Jumlah kekayaannya dari mencapai 1,2 miliar dolar AS atau Rp17 triliun.

Larry Xiangdon

Larry Xiangdong Chen adalah pendiri dan ketua GSX Techedu, perusahaan yang mengembangkan perangkat lunak pendidikan untuk layanan bimbingan sekolah yang terdaftar di Amerika Serikat yang go public di Bursa Efek New York pada 2019.

Ia memegang gelar Ph.D. di bidang ekonomi dari Renmin University di Beijing. Kekayaannya saat ini mencapai 4,1 miliar dolar AS atau Rp70 triliun lebih.

Byju Raveendran

Mantan guru matematika, Byju Raveendran mendirikan perusahaan aplikasi belajar bernama Byju, yang diambil dari nama sang pendiri. Aplikasi unggulan Byju, yang ditujukan untuk anak-anak sekolah. Kekayaannya saat ini mencapai 1,7 miliar dolar AS atau Rp25 triliun.

"Enam juta siswa baru bergabung dengan platform ini dan secara keseluruhan kami melampaui 50 juta siswa di platform kami. Waktu yang dihabiskan siswa di platform kami semakin meningkat," seperti dilansir dari Indian Today, Sabtu (10/5/2020).

Saksikan video pilihan di bawah ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peta Sebaran Corona COVID-19 di Surabaya pada 9 Mei 2020

Posted: 09 May 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kasus positif Corona COVID-19 di Surabaya, Jawa Timur melonjak pada 9 Mei 2020. Tercatat ada tambahan 75 kasus baru positif Corona COVID-19 di Kota Pahlawan.

Mengutip peta sebaran Corona COVID-19 di laman lawancovid-19, Minggu (10/5/2020), berdasarkan sumber dinas kesehatan Kota Surabaya, total pasien positif Corona COVID-19 mencapai  667 orang. Rincian kasus positif Corona COVID-19 di Surabaya yang terkonfirmasi positif dari Surabaya mencapai 659 orang. Dari luar Surabaya ada sebanyak delapan orang.

Jumlah terkonfirmasi positif COVID-19 dalam perawatan sebanyak 487 orang. Untuk pasien sembuh dari Corona COVID, ada 95 orang dari Surabaya, sedangkan dari luar Surabaya sebanyak lima orang. Sementara itu, pasien meninggal karena Corona COVID-19 bertambah satu orang menjadi 80 orang.

Total pasien dalam pengawasan (PDP) terkait Corona COVID-19 mencapai 1.540 orang. Dari jumlah tersebut, PDP dalam pengawasan sebanyak 936 orang dan PDP sembuh mencapai 601 orang.

PDP meninggal ada tiga orang. Selain itu, total kumulatif ODP mencapai 2.958 orang. Rinciannya ODP dipantau sebanyak 741 orang dan ODP selesai dipantau ada 2.217 orang.

Rincian per Wilayah

Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Surabaya Barat:

Pasien Positif: 80 Orang

Konfirmasi sembuh: 18 orang

ODP:581 orang

ODP selesai dipantau: 473 orang

ODP dipantau: 108 orang

PDP: 315 Orang

PDP sembuh: 159 orang

PDP meninggal: -

Konfirmasi meninggal: 12 orang

Surabaya Pusat:

Pasien positif: 81 orang

Konfirmasi sembuh: 8 orang

ODP: 305 orang

ODP selesai dipantau: 214 orang

ODP dipantau: 91 orang

PDP: 185 orang

PDP sehat: 54 orang

PDP meninggal: satu orang

Konfirmasi meninggal: 12 orang

Surabaya Selatan:

Pasien positif: 140 orang

Konfirmasi sembuh: 32 orang

ODP: 827 orang

ODP selesai dipantau: 662 orang

ODP dipantau: 161 orang

PDP: 370 orang

PDP sembuh: 157 orang

Konfirmasi meninggal: 13 orang

Surabaya Timur

Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Surabaya Timur:

Pasien positif: 235 orang

Konfirmasi sembuh: 32 orang

ODP: 930 orang

ODP selesai dipantau: 643 orang

ODP dipantau: 287 orang

PDP: 407 orang

PDP sehat: 132 orang

PDP meninggal: -

Konfimasi meninggal: 20 orang

Surabaya Utara:

Pasien positif: 131 orang

Konfirmasi sembuh: 10 orang

Konfirmasi meninggal: 23 orang

ODP: 315 orang

ODP selesai dipantau: 225 orang

ODP dipantau: 90 orang

PDP: 263 orang

PDP sehat: 99 orang

PDP meninggal: 1 orang

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deretan Cara Super Unik Musisi Berkaya Saat Physical Distancing

Posted: 09 May 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bagi beberapa orang, hiburan seperti konser atau acara musik bisa jadi hal yang dirindukan selama imbauan physical distancing di masa pandemi Corona atau Covid-19.

Anjuran physical distancing membuat konser dengan format umum yang memungkinkan berdesak-desakkan menjadi tak dapat diadakan. Berbagai konser dan festival musik yang rencananya digelar pun dibatalkan.

Namun, industri musik tetap perlu bertahan dan hiburan di tengah pandemi tetap dibutuhkan. Ide-ide inovatif pun muncul. Musisi dan penikmat seni menunjukkan kemampuannya beradaptasi.

Meski konser dengan format umum tak dapat digelar, musisi dan orang-orang di berbagai belahan dunia menggelar konser atau acara musik dengan bentuk baru. Berikut beberapa cara menikmati acara musik selama masa physical distancing.

1. Konser Virtual

88rising menggelar konser virtual, Rabu malam atau Kamis pagi (7/5) melalui akun media sosialnya. Konser itu digelar di masa pandemi Covid-19 yang menganjurkan physical distancing. (Foto: Youtube 88rising)
88rising menggelar konser virtual, Rabu malam atau Kamis pagi (7/5) melalui akun media sosialnya. Konser itu digelar di masa pandemi Covid-19 yang menganjurkan physical distancing. (Foto: Youtube 88rising)

Konser virtual menjadi konser yang banyak digelar di masa pandemi Corona ini. Melalui layar dengan koneksi internet, warga bisa menonton musisi yang ingin ditontonnya.

Beberapa musisi telah menggelar konser ini, misalnya saja Bang Bang Con BTS dan Asia Rising Forever dari 88rising. Tak jarang, konser virtual pun dimanfaatkan para musisi untuk menggalang dana.

Meski tidak dapat menonton secara tatap muka melainkan melalui layar, konser virtual ini cukup bisa mengobati kerinduan penggemar atau menjadi hiburan selama tetap di rumah. Musisi pun bisa tetap berakarya, mendapat penghasilan, atu bahkan menggalang dana.

2. Konser di Apartemen

Ilustrasi Apartemen (iStockphoto)​
Ilustrasi Apartemen (iStockphoto)​

Bagi penghuni apartemen, balkon dapat dijadikan tempat konser atau menonton konser. Hal ini pun telah dilakukan di beberapa negara.

Beberapa konser musik itu misalnya terjadi di Texas oleh musisi yang menggelar konser di depan apartemen, pemain orkestra yang tampil di balkon atau di depan apartemen di Prancis pada awal April 2020, atau DJ Willy Berestka di Miami yang memainkan musiknya di balkon apartemen pada akhir Maret 2020.

3. Konser Drive-In

Musisi Mads Langer menggelar Drive-In Concert di Aarhus Sabtu (25/4). Konser itu memiliki konsep menonton dari mobil agar tetap dapat menerapkan physical distancing di masa pandemi. (Foto: Youtube Mads Langer)
Musisi Mads Langer menggelar Drive-In Concert di Aarhus Sabtu (25/4). Konser itu memiliki konsep menonton dari mobil agar tetap dapat menerapkan physical distancing di masa pandemi. (Foto: Youtube Mads Langer)

Mengusung konsep menonton konser di lapangan terbuka tapi penonton berada di dalam mobil, konser drive-in menjadi format baru konser yang tetap menerapkan physical distancing. Konser drive-in ini salah satunya dilakukan Mads Langer pada Sabtu, 25 April 2020 di Aarhus.

Di hadapan mobil yang terparkir, musisi asal Denmark mengadakan konser. Bukan hanya menonton, penonton pun dapat berinteraksi dengan Langer melalui aplikasi Zoom. Bunyi klakson pun digunakan untuk mengganti tepuk tangan yang biasa dilakukan saat konser normal.

Dilansir dari Forbes, Jumat (8/5/2020), sebanyak 500 tiket habis terjual. Keunikannya pun membuat konser itu ramai diperbincangkan di media sosial.

Selanjutnya

Musisi Mads Langer menggelar Drive-In Concert di Aarhus Sabtu (25/4). Konser itu memiliki konsep menonton dari mobil agar tetap dapat menerapkan physical distancing di masa pandemi. (Foto: Youtube Mads Langer)
Musisi Mads Langer menggelar Drive-In Concert di Aarhus Sabtu (25/4). Konser itu memiliki konsep menonton dari mobil agar tetap dapat menerapkan physical distancing di masa pandemi. (Foto: Youtube Mads Langer)

Salah satu promotor di Indonesia, Berlian Entertainment juga mengumumkan rencananya segera menggelar Konser Drive-In. Pengumuman itu disampaikan melalui unggahan akun Instagram-nya @berlianentertainment pada Rabu (6/5/2020).

Meski mendapat tantangan berat, bahkan sempat melumpuhkan panggung musik di awal masa pandemi, industri musik bisa berupaya bangkit dari kesulitan itu. Salah satunya dengan inovasi-inovasi acara musik yang mungkin akan menjadi konsep umum panggung hiburan sehingga dapat dinikmati pelaku dan penikmatinya. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

9 Pasien Positif Covid-19 di Sulut Sembuh, 5 dari Klaster Gowa

Posted: 09 May 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Manado - Ada kabar baik yang disampaikan Jubir Gugus Tugas Covid-19 Sulut dr Steaven Dandel terkait perkembangan penanganan Virus Corona di Sulut, Sabtu malam (9/5/2020).

"Kita ada kabar gembira, 9 pasien positif Covid-19 sudah terkonfirmasi hasil swab dua kali berturut-turut negatif. Sehingga dinyatakan sembuh," kata Dandel.

Dia mengungkapkan, pasien yang sembuh itu kasus nomor 21, 22, 23, 24, 25, 32, 36, 40, dan 43. Dengan bertambahnya sembilan pasien positif ini, total yang sembuh sudah 26 orang.

"Sebelumnya sudah ada 17 yang sembuh, sehingga saat ini menjadi 26 orang," ujarnya.

Diketahui untuk kasus nomor 21, 22, 23, 24, dan 25, merupakan Klaster Gowa. Mereka adalah peserta kegiatan keagamaan Ijtima Sedunia Zona Asia di Gowa, Sulawesi Selatan. Total ada delapan pasien positif Covid-19 dari Klaster Gowa ini.

"Selain pelaku perjalanan, ada juga yang merupakan kontak erat risiko tinggi atau keluarga dari pelaku perjalanan," ujar Dandel.

Dari total 53 kasus positif Covid-19 di Sulut, 26 pasien sembuh, empat meninggal dunia, dan 23 masih dirawat di sejumlah rumah sakit di Sulut.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Simak juga video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Muslim Brooklyn Berbagi Kebaikan Saat Ramadan

Posted: 09 May 2020 08:00 PM PDT

Soubhi Khalil (25), seorang relawan Muslim Giving Back, membagikan makanan hangat untuk berbuka puasa di lingkungan Bay Ridge, Brooklyn, New York, pada 24 April 2020. Kegiatan komunitas Muslim tersebut berlangsung selama Ramadan. (AP Photo/Wong Maye-E)
Soubhi Khalil (25), seorang relawan Muslim Giving Back, membagikan makanan hangat untuk berbuka puasa di lingkungan Bay Ridge, Brooklyn, New York, pada 24 April 2020. Kegiatan komunitas Muslim tersebut berlangsung selama Ramadan. (AP Photo/Wong Maye-E)

Soubhi Khalil (25), seorang relawan Muslim Giving Back, membagikan makanan hangat untuk berbuka puasa di lingkungan Bay Ridge, Brooklyn, New York, pada 24 April 2020. Kegiatan komunitas Muslim tersebut berlangsung selama Ramadan. (AP Photo/Wong Maye-E)

Sukarelawan membawa bahan makanan untuk yang membutuhkan saat anggota Muslim Giving Back lainnya beribadah di Pusat Komunitas Muslim di lingkungan Bay Ridge, Brooklyn, New York, pada 27 April 2020. Kegiatan komunitas Muslim tersebut berlangsung selama Ramadan. (AP Photo/Wong Maye-E)
Sukarelawan membawa bahan makanan untuk yang membutuhkan saat anggota Muslim Giving Back lainnya beribadah di Pusat Komunitas Muslim di lingkungan Bay Ridge, Brooklyn, New York, pada 27 April 2020. Kegiatan komunitas Muslim tersebut berlangsung selama Ramadan. (AP Photo/Wong Maye-E)

Sukarelawan membawa bahan makanan untuk yang membutuhkan saat anggota Muslim Giving Back lainnya beribadah di Pusat Komunitas Muslim di lingkungan Bay Ridge, Brooklyn, New York, pada 27 April 2020. Kegiatan komunitas Muslim tersebut berlangsung selama Ramadan. (AP Photo/Wong Maye-E)

Mohammed Widdi (tengah) dan sukarelawan Muslim Giving Back lainnya membagikan makanan kepada yang membutuhkan di Herald Square, New York, pada 24 April 2020. Di tengah pandemi Covid-19, mereka tetap keluar untuk memberikan bantuan saat bulan Ramadan. (AP Photo/Wong Maye-E)
Mohammed Widdi (tengah) dan sukarelawan Muslim Giving Back lainnya membagikan makanan kepada yang membutuhkan di Herald Square, New York, pada 24 April 2020. Di tengah pandemi Covid-19, mereka tetap keluar untuk memberikan bantuan saat bulan Ramadan. (AP Photo/Wong Maye-E)

Mohammed Widdi (tengah) dan sukarelawan Muslim Giving Back lainnya membagikan makanan kepada yang membutuhkan di Herald Square, New York, pada 24 April 2020. Di tengah pandemi Covid-19, mereka tetap keluar untuk memberikan bantuan saat bulan Ramadan. (AP Photo/Wong Maye-E)

Dania Darwish, direktur lembaga Pusat Muslimah Asiyah bersama relawan Muslims Giving Back memberikan makanan kepada tunawisma di Herald Square, New York, 28 April 2020. Sebagian makanan halal yang disumbangkan berasal dari pemilik restoran Brooklyns Taheni Mediterranean Grill. (AP Photo/Wong Maye-E)
Dania Darwish, direktur lembaga Pusat Muslimah Asiyah bersama relawan Muslims Giving Back memberikan makanan kepada tunawisma di Herald Square, New York, 28 April 2020. Sebagian makanan halal yang disumbangkan berasal dari pemilik restoran Brooklyns Taheni Mediterranean Grill. (AP Photo/Wong Maye-E)

Dania Darwish, direktur lembaga Pusat Muslimah Asiyah bersama relawan Muslims Giving Back memberikan makanan kepada tunawisma di Herald Square, New York, 28 April 2020. Sebagian makanan halal yang disumbangkan berasal dari pemilik restoran Brooklyns Taheni Mediterranean Grill. (AP Photo/Wong Maye-E)

Pemilik Taheni Mediterranean Grill, Hamza Deib (kiri) bersama Mohammed Widdi, koordinator Muslim Giving Back, membagikan makanan kepada yang kelaparan di Herald Square, New York, pada 27 April 2020. Kegiatan komunitas Muslim tersebut berlangsung selama Ramadan. (AP Photo/Wong Maye-E)
Pemilik Taheni Mediterranean Grill, Hamza Deib (kiri) bersama Mohammed Widdi, koordinator Muslim Giving Back, membagikan makanan kepada yang kelaparan di Herald Square, New York, pada 27 April 2020. Kegiatan komunitas Muslim tersebut berlangsung selama Ramadan. (AP Photo/Wong Maye-E)

Pemilik Taheni Mediterranean Grill, Hamza Deib (kiri) bersama Mohammed Widdi, koordinator Muslim Giving Back, membagikan makanan kepada yang kelaparan di Herald Square, New York, pada 27 April 2020. Kegiatan komunitas Muslim tersebut berlangsung selama Ramadan. (AP Photo/Wong Maye-E)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Tren Belanja Online Orang Indonesia saat PSBB

Posted: 09 May 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sejak diberlakukannya pembatasan sosial berskala besar (PSBB), terjadi perubahan tren perilaku belanja online.

Platform belanja online Shopee pun fokus memberikan pengalaman belanja online yang nyaman, salah satunya lewat kampanye Big Ramadhan Sale #ShopeeDariRumah.

Direktur Shopee Handhika Jahja menyebut, tahun 2020 mengubah cara orang menjalankan kehidupan sehari-hari, bekerja, dan berbelanja online.

"Dengan meningkatnya upaya masyarakat untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 dengan beraktivitas dari rumah, kami melihat lebih banyak masyarakat memilih berbelanja online untuk memenuhi berbagai kebutuhan esensialnya," kata Handhika, dalam keterangan resmi Shopee, Minggu (10/5/2020).

"Karena melihat pentingnya peran e-commerce di kehidupan masyarakat saat ini, Shopee akan terus berupaya untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan pengalaman berbelanja untuk semua," tuturnya.

Shopee melihat, kebutuhan yang dianggap penting oleh konsumen saat PSBB antara lain adalah perlengkapan rumah, produk-produk kesehatan, hingga perlengkapan ibu dan bayi.

Tren Belanja di Minggu Pertama Ramadan

Ilustrasi/copyrightshutterstock/AnemStyle
Ilustrasi/copyrightshutterstock/AnemStyle

Bulan Ramadan identik dengan waktu dan kegiatan untuk beribadah, refleksi diri secara spiritual, kegiatan berbuka puasa bersama dengan keluarga dan teman, hingga perayaan hari raya Idul Fitri setelahnya.

Karena physical distancing bersamaan dengan Ramadan, berikut adalah produk paling populer di Shopee, pada minggu pertama Ramadan:

1. Produk kecantikan

2. Muslim fashion

3. Smartphone

4. Produk di kategori Dekorasi Rumah dan Home & Living karena kegiatan dipusatkan di rumah.

Puncak Belanja Online Ramadan

Ilustrasi Belanja Online Credit: freepik.com
Ilustrasi Belanja Online Credit: freepik.com

Shopee melihat, ada peningkatan kegiatan berbelanja di kampanye Big Ramadan Sale dengan peningkatan 25x lipat terhadap kunjungan, dibandingkan hari biasanya.

Produk-produk populernya antara lain aksesoris pengendara motor, kerudung dan pakaian muslim perempuan, serta perlengkapan dan aksesori dapur.

Perubahan Tren Konsumen Belanja Online saat PSBB

Ilustrasi belanja online (Foto: Lazada Indonesia)
Ilustrasi belanja online (Foto: Lazada Indonesia)

Berdasarkan keterangan Shopee, pemindahan seluruh aktivitas ke rumah membuat kebutuhan pokok jadi hal utama yang paling dicari masyarakat Indonesia.

Shopee melihat, masyarakat jadi berbelanja online untuk kebutuhan penting dan perlengkapan rumah, makanan dan minuman, hingga kebutuhan ibu dan bayi. Oleh karenanya, lonjakannya pun meningkat tajam.

Tidak hanya itu, penerapan PSBB juga meningkatkan pencarian dan transaksi atas kebutuhan sanitasi. Produk-produk kesehatan pun masuk ke kategori paling banyak dibutuhkan.

Hal ini terbukti dengan peningkatan permintaan sebesar 3x lipat untuk hand sanitizer dan masker kain selama satu bulan pertama physical distancing.

(Tin/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: