Rabu, 13 Mei 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


BRI Kantongi Laba Bersih Rp 8,17 Triliun di Kuartal I 2020

Posted: 13 May 2020 09:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) mencatat laba bersih sebesar Rp 8,17 triliun pada kuartal pertama 2020. Perolehan tersebut ditopang beberapa aspek seperti pertumbuhan kredit.
 
Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan, dua pertumbuhan kredit terbesar yakni di segmen mikro sebesar 12,72 persen, dan kredit retail 12,25 persen.
 
"Overall, all segmen kredit masih tumbuh 10,05 persen. Faktor utama adalah segmen mikro dan retail," kata Sunarso dalam siaran teleconference, Kamis (14/5/2020).
 
Selain itu, Dana Pihak Ketiga (DPK) BRI juga tercatat naik secara tahunan 9,93 persen menjadi Rp 1,029 triliun. Pertumbuhan tersebut disebut Sunarso lebih tinggi dari sektor industri perbankan lain.
 
"Itu di atas rata-rata industri DPK perbankan nasional. Sampai Maret (2020), dana masyarakat di perbankan tumbuh 9,45 persen," jelas dia.
 
 
 

Kinerja Lainnya

(Foto:Dok.BRI)
(Foto:Dok.BRI)
Catatan lainnya, Loan to Deposit Ratio (LDR) BRI hingga akhir Maret 2020 sebesar 90,45 persen dengan rasio kecukupan modal (CAR) 18,56 persen. Sedangkan untuk aset, BRI pada tiga bulan pertama tahun ini memiliki sebesar Rp 1.358,98 triliun.
 
Sementara untuk fee based income, BRI pada kuartal I 2020 mencatat sebesar Rp 4,17 triliun atau naik 32,91 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.
 
Menurut Sunarso, perolehan tersebut turut didorong oleh adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), yang membuat pihak konsumen banyak bertrasaksi secara digital.
 
"PSBB membuat transaksi digital meningkat tajam, turut dorong fee based kncome. Sampai Maret 2020 itu kita bukukan Rp 4,17 triliun. Pertumbuhannya menurut saya sangat progresif," tutur dia.
 
 
 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tekel Dilarang Akibat Virus Corona, Liga Inggris Jadi Santun?

Posted: 13 May 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, London - Liga Inggris direncanakan bergulir lagi pada 19 Juni mendatang. Bila dilanjutkan, akan ada protokol yang wajib dilakukan oleh semua tim, pelatih dan pemain.

Salah satu yang bakal dilarang di Liga Inggris adalah tekel. Dalam sebuah protokol kesehatan Liga Inggris yang diterima pemain dan manajer, mereka harus mementingkan sosial distancing selama virus Corona Covid-19.

Tekel dilarang karena pemerintah Inggris masih berperang dengan virus Corona. Hingga sekarang, ada lebih dari 229 ribu kasus Virus Corona telah di konfirmasi dengan jumlah kematian melebihi 33 ribu. 

Dalam protokol tersebut, pemain yang melakukan tekel bakal mendapatkan sanksi. Namun, dalam artikel BBC, sanksinya tidak dijelaskan dalam bentuk larangan bertanding, denda uang, atau lainnya.

Aturan tersebut bakal membuat Liga Inggris yang terkenal dengan permainan keras bakal menjadi santun. Pemain yang bisa melakukan tekel pun harus berhati-hati agar tidak terkena sanksi.

Pada Liga Inggris 2019/2020, pemain yang sering melakukan tekel adalah bek Leicester City Ricardo Domingos Barbosa (119 kali), bek MU Aaron Wan-Bissaka (99), bek Leicester City Wilfred Ndidi (91), dan pemain Wolves Joao Moutinho (79).

Protokol Kesehatan Lainnya

Ilustrasi Logo Liga Inggris. (AFP/Jon Super)
Ilustrasi Logo Liga Inggris. (AFP/Jon Super)

Selain tekel, protokol kesehatan Liga Inggris lainnya adalah bendera corner, bola, tiang gawang, hingga lapangan pertandingan bakal didesinfeksi setelah selesai digunakan.

Protokol kesehatan ini juga mengatur porsi latihan tim. Bahkan, interior mobil pemain saat tiba di tempat latihan juga diminta dibersihkan secara teratur.

Pihak kesehatan juga mempertimbangkan pemain yang memiliki penyakit jantung dan paru-paru.

 

Warna Kulit

Asosiasi Pemain Bola Profesional Inggris (PFA), dalam artikel BBC, juga mewaspadai penularan virus Corona Covid-19 berdasar warna kulit. PFA menyadari kalau etnis kulit hitam dan minoritas (Bame) lebih mudah terkena asma.

Berdasarkan data dari Kantor Statistik Nasional di Inggris dan Wales, pria dan perempuan yang memiliki warna kulit hitam punya rasio meninggal dunia dua kali lebih besar akibat virus Corona.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Salat Idul Fitri Saat Pandemi Covid-19 Bisa di Rumah, Begini Caranya

Posted: 13 May 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan Fatwa Nomor 28 Tahun 2020 tentang panduan kaifiat takbir dan salat Idul Fitri di masa pandemi virus corona Covid-19.

MUI menyebut, salat Idul Fitri hukumnya adalah sunnah muakkadah. Salat Idul Fitri disunnahkan bagi setiap muslim, baik laki-laki maupun perempuan, merdeka maupun hamba sahaya, dewasa maupun anak-anak, dalam perjalanan maupun tidak, secara berjamaah maupun secara sendiri.

Salat Idul fitri sangat disunnahkan untuk dilaksanakan secara berjamaah di tanah lapang, masjid, musala dan tempat lainnya.

"Salat Idul Fitri berjamaah boleh dilaksanakan di rumah," demikian bunyi Fatwa MUI seperti dikutip Liputan6.com, Kamis (14/5/2020).

MUI dalam fatwanya membolehkan umat muslim melaksanakan ibadah Salat Idul Fitri di kediaman masing-masing, baik secara berjamaah maupun sendiri.

Di masa pandemi Covid-19 ini, MUI menyarankan umat muslim yang berada pada zona merah, untuk melaksanakan ibadah Salat Idul Fitri di kediaman masing-masing, baik berjamaah dengan anggota keluarga maupun sendiri.

"Salat Idul Fitri boleh dilaksanakan di rumah dengan berjamaah bersama anggota keluarga atau secara sendiri (munfarid), terutama jika ia berada di kawasan penyebaran Covid-19 yang belum terkendali," kata MUI.

MUI menyebut, dalam melaksanakan ibadah salat Idul Fitri di kediaman masing-masing harus tetap melaksanakan protokol kesehatan demi mencegah terjadinya penularan virus corona Covid-19.

Dalam melaksanakan ibadah Salat Idul Fitri di rumah dan berjamaah bersama anggota keluarga, maka ketentuannya sesuai fatwa MUI yakni jumlah jamaah yang salat minimal empat orang. Satu orang imam dan tiga orang makmum.

 

Tanpa Khutbah

Usai Salat Idul Fitri, dianjurkan melaksanakan khutbah Idul Fitri. Namun jika jumlah jamaah kurang dari empat orang atau jika dalam pelaksanaan salat jamaah di rumah tidak ada yang berkemampuan untuk khutbah, maka Salat Idul Fitri boleh dilakukan berjamaah tanpa khutbah.

Sedangkan jika Salat Idul Fitri dilaksanakan secara sendiri (munfarid), maka ketentuannya yakni berniat melaksanakan ibadah Salat Idul Fitri secara sendiri, dan dilaksanakan dengan bacaan pelan.

"Tidak ada khutbah," kata MUI.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lebih dari 50 Makanan Takjil Ramadan Diawasi BBPOM Denpasar

Posted: 13 May 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Balai Besar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Denpasar, Provinsi Bali mengawasi lebih dari 50 pangan takjil selama Ramadan 1441 Hijriah.

Pengawasan ini dilakukan di tiga kabupaten dan satu kota, yakni Kabupaten Tabanan, Klungkung dan Badung, serta satu Kota Denpasar.

"Pengawasan rutin dilakukan selama bulan Ramadan per kabupaten/kota, jadi setiap kabupaten dicek selama bulan puasa ini, di antaranya tujuh kabupaten yang kita bina selama ini," ujar Pengawas Farmasi Makanan Muda BBPOM Ni Putu Ekayani Scorpiasanty, seperti dilansir Antara, Kamis (14/5/2020).

Dia menyebut, pengawasan takjil di wilayah Tabanan dilakukan di lingkungan Tunggal Sari. Menurut Ekayani, dari 23 jenis sampel makanan yang diuji, semuanya memenuhi syarat keamanan pangan, bebas rhodamin B, methanil yellow, boraks, dan formalin.

"Dari 23 jenis makanan itu di antaranya, jajan pasar, terik, udang, kerupuk, bijik, dan lainnya terpantau aman. Jadi pedagang yang kita cek itu, terlihat dari makanan yang dijual dengan warna mencolok, penjual kerupuk dan penjual ikan," papar dia.

Ekayani mengatakan pada Selasa, 5 Mei 2020, BBPOM di Denpasar secara serempak melaksanakan Intensifikasi Pengawasan Pangan selama bulan Ramadan 2020.

Saat itu, kata dia, pengawasan dilakukan pada beberapa kabupaten. Misalnya, kabupaten Badung untuk pengawasan sarana distribusi seperti hypermarket dan supermarket dengan hasil satu sarana memenuhi ketentuan dan dua sarana tidak memenuhi ketentuan.

"Ada temuan berupa produk yang kemasannya rusak, produk tanpa izin edar. Produk tersebut telah disisihkan dan sarana diberikan pembinaan agar lebih rutin mengecek kondisi produk yang dijual," jelas Ekayani.

Sementara itu, pengawasan juga dilakukan di wilayah Denpasar dan Kabupaten Klungkung untuk melaksanakan pengawasan pangan takjil Ramadan.

Dari hasil pengawasan dan hasil sampel serta pengujian terhadap 18 pangan buka puasa, semuanya memenuhi syarat keamanan pangan.

 

Pengawasan Rutin

Seorang anak berdiri di depan tumpukan takjil yang akan dibagikan di Jalan Cempaka Putih Raya, Jakarta, Senin (11/5/2020). Setiap hari selama Ramadan, masyarakat sekitar membagikan 350 takjil kepada warga kurang mampu dan terdampak virus corona COVID-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Seorang anak berdiri di depan tumpukan takjil yang akan dibagikan di Jalan Cempaka Putih Raya, Jakarta, Senin (11/5/2020). Setiap hari selama Ramadan, masyarakat sekitar membagikan 350 takjil kepada warga kurang mampu dan terdampak virus corona COVID-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sebelumnya, pada 28 April 2020, BBPOM Denpasar bekerjasama dengan Pemkot Denpasar melakukan pengawasan rutin saat Ramadan. Fokusnya melakukan pengawasan takjil yang dijual.

Ekayani mengatakan, untuk makanan yang dijual di sekitaran Desa Pemogan, diambil sampel dan kemudian diuji oleh tim operasional laboratorium keliling BBPOM di Denpasar.

"Rata-rata untuk pengemasan dan makanannya aman, tidak ada yang mengandung rhodamin B, dan kandungan berbahaya lainnya. Hal itu dibuktikan dengan 16 sampel yang diuji langsung di lapangan," kata dia.

Adapun 16 sampel tersebut di antaranya minuman sebanyak tujuh sampel, rujak satu sampel, tempe satu sampel, bakso empat sampel, lontong satu sampel, sate tuna satu sampel, serta plecing satu sampel.

"Sebanyak 16 sampel tersebut kemudian diuji rhodamin dari sembilan sampel, formalin enam sampel, boraks enam sampel dan hasilnya memenuhi syarat," jelas Ni Putu Ekayani Scorpiasanty.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nostalgia Heart Series di SCTV, Kamu Tim Rachel atau Luna?

Posted: 13 May 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ingat serial jadul Heart Series yang dibintangi oleh Yuki Kato, Ranty Maria, Irshadi Bagas, dan Esa Sigit? Ya, sinetron yang diangkat dari film berjudul sama itu tayang di SCTV pada 2007 silam. 

Jalan cerita yang dihadirkan pun tidak jauh berbeda dengan versi aslinya. Masih mengisahkan seputar kisah persahabatan dan drama percintaan Rachel (Yuki Kato), Farel (Irshandi Bagas), dan Luna (Ranty Maria) ketika mereka masih anak-anak. Ditambah lagi dengan kehadiran Didit (Esa Sigit) yang semakin menambah keseruan jalan cerita sinetron tersebut.

Saat menonton, kita suka gemas ya jika melihat Farel berdekatan dengan Luna. Atau justru sebaliknya, saat Farel sedang bersama Rachel. Jadi, kamu lebih milih dukung hubungan siapa nih?

Buat yang kangen sama akting mereka di Heart Series, bisa banget nonton kompilasinya. Di situ Yuki Kato masih terlihat imut-imut lho. Begitupun dengan Ranty Maria, Esa Sigit, dan Irshandi Bagas.

Yuk, lihat kompilasi potret kebersamaan mereka di channel SCTV yang ada di Vidio. Eits, kamu juga bisa lho nonton ulang Heart Series di aplikasi dan website streaming Vidio

Saksikan Videonya Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Suka Dengar Suara Azan, Nenek 85 Tahun Ini Putuskan Jadi Mualaf

Posted: 13 May 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Memilih menjadi seorang Muslim di usia emas merupakan salah satu nikmat yang dikaruniakan oleh Allah SWT kepada hambanya yang terpilih. Ada banyak alasan mengapa seseorang memutuskan untuk memeluk agama Islam atau menjadi mualaf. Mulai dari karena pernikahan, belajar dan menemukan secara keilmuan atau karena mendapatkan hidayah. 

Niat berpindah ke agama Islam ini ternyata tak hanya dialami oleh orang yang masih muda, tetapi juga dialami oleh orang yang sudah berusia lanjut. Seperti yang dirasakan seorang wanita yang berdomisili di Inggris ini. Wanita yang sudah tak lagi muda ini atau tepatnya berusia 85 tahun memutuskan untuk menjadi mualaf.

Setelah memutuskan masuk Islam, wanita yang awalnya memiliki nama Maria Revert ini mengubah namanya menjadi Mariam. Ia pun juga menceritakan bagaimana awal mulanya memeluk agama Islam. Wanita bermata indah itu pun membagikan kisahnya lewat Instagram @mariam_revert.

Di media sosial itulah dirinya membagikan momen dirinya belajar mengenal Islam dan menceritakan bagaimana dirinya akhirnya menjadi mualaf dibantu seorang teman.

Sempat Takut Tak Diterima Umat Muslim Lain

Nenek berusia 85 tahun ini mualaf karena suka dengar suara azan. (Sumber: Instagram/@mariam_revert)
Nenek berusia 85 tahun ini mualaf karena suka dengar suara azan. (Sumber: Instagram/@mariam_revert)

Mariam Revert menceritakan pengalamannya saat masuk Islam melalui akun Instagram @mariam_revert. Dalam unggahannya tampak video pertama kalinya Mariam mengucap dua kalimat syahadat di Redbridge Islamic Center (RIC), Inggris pada 19 Desember 2019 lalu, dikutip dari borakdaily oleh Liputan6.com, Kamis (14/5/2020).

Menurut Mariam, saat itu ia ingin mengunjungi masjid dan nekat ke sana seorang diri. Begitu sampai di masjid, tiba-tiba kakinya terasa seperti tidak bisa bergerak. Hal itu lantaran dirinya merasa takut jika tidak diterima oleh umat Islam yang lain.

Namun akhirnya Mariam menemui seorang wanita Muslim di sana. Ia pun masuk dan melihat apa yang sedang muslim lakukan di dalam masjid. Wanita itu pun memberi penjelasan tentang apa yang sedang dilakukan di dalam masjid.

Wanita itu kemudian menjelaskan mengapa semua umat Islam duduk dan salat menghadap ke arah Kakbah. Setelah memperhatikan dan merasakan pengalaman berada di dalam masjid, Mariam bertanya bagaimana jika ia hendak menjadi seorang Muslim. Mariam diberitahu untuk mengucap dua kalimah syahadat.

Suka dengan Suara Azan

Nenek berusia 85 tahun ini mualaf karena suka dengar suara azan. (Sumber: Instagram/@mariam_revert)
Nenek berusia 85 tahun ini mualaf karena suka dengar suara azan. (Sumber: Instagram/@mariam_revert)

Mariam akhirnya mengucapkan dua kalimat syahadat dalam bahasa Inggris dan Arab. Ia dibantu oleh seorang ustaz dan beberapa wanita lainnya. 

Mariam diketahui hidup seorang diri dan tidak mempunyai keluarga sejak dilahirkan. Meskipun tidak mendapat kasih sayang dari seorang ibu dan ayah, Mariam adalah orang yang pekerja keras.

Dari laman Instagram miliknya, ia kini tengah rajin belajar bahasa Arab dan menghafal ayat-ayat suci yang terkandung dalam Al Quran. Selain itu, hari-harinya dihabiskan berada di masjid.

Mariam akui jika dirinya sangat menyukai suara merdu azan. Ia juga gemar menghadiri salat secara berjamaah di masjid walaupun berada di usia yang tak lagi muda.

View this post on Instagram

๐ŸŒธI BEAR WITNESS THAT MUHAMMAD (SAW) IS THE MESSENGER OF ALLAH๐ŸŒธ Swipe and turn speaker on —> . *************SERIOUS MESSAGE************ . Mariam loves to HEAR the beautiful Adhan. She loves attending Jummah prayers at the masjid so she can HEAR the imam "sing". ๐Ÿ”‰๐Ÿ’“ Don't we all? . . ...But what if you were DEAF?๐Ÿ”‡ . In the month that it was revealed, let us help our deaf brothers and sisters understand the Quran. Let us support Al-Isharah to convey the message of the Quran through British Sign Language. . www.alisharah.com/donate . . . . . #bsl #alisharah #deaf #hardofhearing #deafmuslims #islam #unity #quran #savealisharah #shahadah #laillahaillallah #britishsignlanguage #revert #muslim #nevertoolate #unity

A post shared by ๐ŸŒธMariam (was Maria)๐ŸŒธ (@mariam_revert) on

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perkiraan Covid-19 di Indonesia Berakhir pada Juni atau Oktober Tak Berlaku Lagi

Posted: 13 May 2020 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bulan lalu, media sempat dihebohkan dengan prediksi dari Singapura yang menyebut pandemi Virus Corona (COVID-19) di Indonesia akan berakhir pada Juni mendatang. Prediksi itu berasal dari situs SUTD Data-Driven Innovation Lab.

SUTD merupakan singkatan dari Singapore University of Technology and Design. Peneliti SUTD berusaha melakukan predictive monitoring untuk mengetahui akhir Virus Corona di berbagai negara.

Untuk Indonesia, awalnya diprediksi hampir 100 persen pandemi Virus Corona COVID-19 akan selesai pada akhir Juni. Kemudian, muncul update bahwa pandemi di Indonesia baru selesai pada Oktober.

Kini, dua prediksi itu sudah tidak berlaku. Data-data di halaman depan situs itu sudah dihapus karena ada perubahan situasi di dunia nyata.

"Prediksi-prediksi sebelumnya sudah tidak lagi valid karena skenario-skenario dunia nyata telah berubah dengan cepat," tulis situs itu seperti dikutip Rabu (13/5/2020).

Situs itu terakhir update pada Senin (11/5/2020). Meski grafiknya sudah tidak tampil di halaman depan situs, grafik-grafik individual tiap negara masih bisa dilacak lewat Google. Contohnya, ini grafik Indonesia.

Sedari awal, situs dari SUTD itu memang memperingatkan bahwa prediksi akhir Virus Corona COVID-19 yang mereka tampilkan hanya untuk keperluan edukasi.

Dalam disclaimer, dijelaskan bahwa: "Konten dari situs ini ditegaskan untuk tujuan-tujuan pendidikan dan penelitian saja dan kemungkinan mengandung error."

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menyampaikan, pasien positif Corona yang meninggal dunia masih terus bertambah.

 

1.028 Orang Meninggal

ilustrasi virus corona covid-19/photo copyright by Shutterstock
ilustrasi virus corona covid-19/photo copyright by Shutterstock

Pada Rabu (13/5/2020), Yurianto menyebut ada 21 pasien yang meninggal dunia akibat terinfeksi virus Corona Covid-19.

"Dengan begitu, jumlah akumulatif sebanyak 1.028 orang meninggal dunia," ujar Yurianto melalui konferensi pers di Gedung BNPB Jakarta.

Sementara itu, untuk penambahan pasien positif Corona Covid-19 ada 689 orang. Total akumulatif sampai saat ini, sebanyak 15.438 orang positif terinfeksi virus Corona Covid-19.

Data 12 Mei 2020

Sedangkan jumlah pasien sembuh, pada hari ini bertambah 224 orang. Sehingga, total akumulatif pasien yang berhasil sembuh melawan Corona Covid-19 ada 3.287 orang.

Data update pasien Corona Covid-19 ini tercatat sejak Selasa, 12 Mei 2020 pukul 12.00 WIB hingga hari ini pukul 12.00 WIB.

Penulis: Tommy Kurnia/Tanti Yulianingsih, published Global Liputan6, 14/5/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Dalami Kasus Perizinan Keluar Lapas Lewat Eks Kalapas Sukamiskin

Posted: 13 May 2020 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan mantan Kalapas Sukamiskin Deddy Handoko. Penyidik akan mendalami kasus dugaan suap terkait pemberian fasilitas atau perizinan keluar Lapas Klas I Sukamiskin.

"Pemeriksaan Deddy Handoko, TPK suap terkait pemberiaan fasilitas atau perizinan keluar Lapas Sukamiskin," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi, Kamis (14/5/2020).

Deddy Handoko sendiri baru saja ditahan tim penyidik KPK pada Kamis, 30 April 2020 kemarin. Deddy ditahan usai menjalani pemeriksaan sebagai tersangka. Bersama Deddy, KPK juga menahan tersangka lainnya, yakni Direktur Utama PT Glori Karsa Abadi Rahadian Azhar.

"Setelah pemeriksaan oleh penyidik, KPK melakukan penahanan terhadap dua orang tersangka," ujar Deputi Penindakan KPK Karyoto dalam jumpa pers di Gedung KPK Jakarta, Kamis (30/4/2020).

Deddy dijerat tersangka kasus dugaan suap perizinan di Lapas Sukamiskin karena diduga menerima imbalan dari terpidana kasus Alkes Tubagus Chaeri Wardhana alias Wawan. Deddy diduga menerima mobil Toyota Kijang Innova Reborn Luxury 2.0 G A.T warna putih 2016.

Pemberian diduga terkait kemudahan izin keluar lapas yang diberikan tersangka Deddy kepada Wawan baik berupa Izin Luar Biasa (ILB) maupun izin berobat, dengan total izin pada tahun 2016 sampai dengan 2018 sebanyak 36 kali.

Sementara tersangka Rahadian diduga memberikan mobil merek Mitsubishi Pajero Sport dengan nomor polisi B 1187 FJG berwarna hitam atas nama Muahir (anak buah Rahadian) kepada mantan Kalapas Sukamiskin Wahid Husein yang juga tersangka dalam kasus ini.

 

Bantuan Wahid

Mantan Kalapas Sukamiskin periode 2016 hingga Maret 2018, Deddy Handoko (tengah) dibawa petugas keluar Gedung KPK, Jakarta, Kamis (30/4/2020). Rahadian Azhar ditahan KPK terkait kasus dugaan suap pemberian fasilitas dan kemudahan izin keluar di Lapas Sukamiskin. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Mantan Kalapas Sukamiskin periode 2016 hingga Maret 2018, Deddy Handoko (tengah) dibawa petugas keluar Gedung KPK, Jakarta, Kamis (30/4/2020). Rahadian Azhar ditahan KPK terkait kasus dugaan suap pemberian fasilitas dan kemudahan izin keluar di Lapas Sukamiskin. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pemberian diduga dilakukan sehubungan dengan bantuan yang diberikan oleh Wahid kepada tersangka Rahadian untuk menjadikan tersangka sebagai Mitra Koperasi di LP Madiun, LP Pamekasan, dan LP Indramayu, serta sebagai Mitra Industri Percetakan di LP Sukamiskin.

Atas perbuatannya tersangka Deddy disangkakan melanggar Pasal 12 huruf a atau Pasal 12 huruf b atau Pasal 11 dan Pasal 12 B Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 64 ayat (1) KUHP.

Adapun tersangka Rahadian disangkakan melanggar Pasal 5 ayat 1 huruf a atau 5 ayat 1 huruf b atau Pasal 13 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Perkara ini merupakan pengembangan perkara kegiatan tangkap tangan yang dilakukan KPK pada 20 hingga 21 Juli 2018 di Bandung dan Jakarta.

Beberapa Tersangka sebelumnya yakni Wahid Husain, Fahmi Darmawansyah, Hendry Saputra dan Andri Rahmat telah dinyatakan bersalah dan dipidana di Pengadilan Negeri Tipikor Bandung dan perkaranya telah mempunyai kekuatan hukum tetap.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

9 Tenaga Medis di Sulut Terpapar Covid-19

Posted: 13 May 2020 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Manado - Salah satu kelompok rentan terpapar Covid-19 adalah tenaga medis, terutama dokter dan perawat. Berdasarkan data yang diperoleh, sudah ada 4 dokter dan 5 tenaga medis yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Sulut.

"Kami punya data ada 9 tenaga medis yang terpapar saat melakukan tindakan terhadap pasien," ungkap Jubir Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sulut dr Steaven Dandel, Rabu (13/5/2020).

Dia mengatakan, tenaga medis yang terpapar itu bertugas di beberapa fasilitas kesehatan yang ada di Sulut. "Ada juga yang terpapar, tetapi bukan saat melakukan perawatan langsung kepada pasien," ujarnya.

Untuk kondisi terakhir tenaga medis yang terpapar, Dandel mengatakan, ada 2 dokter dan 2 perawat yang sudah dinyatakan sembuh.

"Yang lainnya masih dalam perawatan," dia mengatakan.

Selain tenaga medis, ada 4 karyawan yang bekerja di fasilitas kesehatan juga terpapar Covid-19. Mereka terpapar saat menjalankan tugas di rumah sakit.  

"Elemen di rumah sakit bukan hanya dokter dan perawat, ada juga karyawan lainnya. Mereka masih sementara dirawat," ujar Dandel.

Dandel menyatakan bersyukur karena sampai saat ini tidak ada tenaga medis yang meninggal dunia.  

Meningkatnya jumlah tenaga medis yang terpapar Covid-19 ini terpetakan lewat pola penyebaran yang disusun Gugus Tugas. Bahkan penularan lewat faskes ini menjadi sebuah klaster yang dibagi menjadi 2.

"Ada Klaster J atau Klaster Faskes Manado, yang kita bagi menjadi dua yaitu Faskes A dan Faskes B," dia menandaskan.

Simak juga video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Spesifikasi Pocophone F2 Pro Paling Hits

Posted: 13 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Poco baru saja meluncurkan smartphone baru mereka di pasaran, yakni Pocophone F2 Pro.

Berita tentang spesifikasi smartphone besutan sub-brand Xiaomi ini, mencuri perhatian pembaca kanal Tekno Liputan6.com, Rabu (13/5/2020).

Selain itu, berita tentang Facebook yang menggulirkan dana untuk moderator konten sebagai kompensasi stres bekerja, dan Kemkominfo buka pelatihan digital juga banyak dicari pembaca.

Lebih lengkapnya simak berita berikut ini.

1. Xiaomi Rilis Pocophone F2 Pro Seharga Rp 8 Jutaan, Ini Spesifikasinya

Perusahaan teknologi Xiaomi melalui brand Poco merilis smartphone terbarunya, Poco F2 Pro.

Poco F2 Pro merupakan penerus dari Pocophone F1 yang dirilis sekitar dua tahun lalu.

Product Marketing Manager Poco, Angus Ng mengatakan, "kami kembali, sudah beberapa waktu tidak berjumpa. Namun kami kembali."

Baca Selengkapnya di Sini

 

2. Facebook Gulirkan Rp 773 Miliar bagi Moderator Konten sebagai Kompensasi Stres Bekerja

Stres dan depresi karena pekerjaan membuat kinerja tidak maksimal dan berdampak pada kondisi kesehatan mental.

Sadar akan pentingnya pekerjaan yang dilakukan oleh tenaga moderasi konten, Facebook sepakat untuk membayarkan biaya ganti rugi kepada para moderator dan mantan moderator kontennya.

Mengutip laman The Verge, Rabu (13/5/2020), Facebook setuju membayarkan USD 52 juta (setara Rp 773 miliar) sebagai kompensasi atas masalah kesehatan mental yang kerap menimpa para moderator konten saat bekerja.

Baca Selengkapnya di Sini

3. Kemkominfo Buka 15.200 Beasiswa Pelatihan Digital Online

Kementerian Komunikasi dan Informatika membuka peluang beasiswa pelatihan online Digital Talent Scholarship (DTS) 2020 Batch 2.

Total, ada 15.200 kuota beasiswa pelatihan online yang disediakan dalam beasiswa ini.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kemkominfo Basuki Yusuf Iskandar mengatakan, pelatihan ini ditujukan untuk menyiapkan sumber daya manusia dalam mendukung transformasi digital di Indonesia menuju Industri 4.0.

Baca Selengkapnya di Sini

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Telan Biaya Rp 53 Miliar, Jalan Perbatasan NTT Disiapkan Jadi Jalur Logistik

Posted: 13 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan kesiapan dan kemantapan infrastruktur jalan dan jembatan, baik jalan tol maupun jalan nasional untuk mendukung jalur logistik kebutuhan pokok serta pergerakan selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pandemi virus corona (Covid-19) dan kebijakan larangan mudik Lebaran 2020.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, jalan tol dan non-tol tetap disiapkan sebagai jalur logistik, termasuk ruas jalan yang fungsional jika dibutuhkan. Itu untuk kelancaran produksi dan distribusi barang kebutuhan pokok, obat-obatan atau alat kesehatan, serta layanan kesehatan/kendaraan medis dalam rangka penanganan pencegahan penyebaran Covid-19.

"Kami memastikan kemantapan pada jalan tol dan jalan nasional yang baik, termasuk menjaga agar satu wilayah tidak terisolir karena jalan dan jembatan putus," kata Menteri Basuki dalam keterangan tertulis, Kamis (14/4/2020).

Salah satu ruas jalan strategis nasional yang terus ditingkatkan kondisi jalannya adalah Jalan perbatasan Nusa Tenggara Timur (NTT) provinsi yang berbatasan dengan Timor Leste sepanjang 179,99 km, atau yang di kenal dengan istilah Sabuk Merah Sektor Timur dari Kabupaten Belu hingga Kabupaten Malaka.

Ruas jalan tersebut punya arti penting terutama bagi masyarakat di perbatasan yang terdapat komoditas perkebunan pohon kayu putih, kelor, dan jambu mete.

Dari 179,99 km yang sudah teraspal, hingga 2019 mencapai sepanjang 145,17 km. Sedangkan pada 2020 direncanakan jalan yang sudah aspal akan bertambah dan sedang dikerjakan menjadi sepanjang 164,57 km, sehingga sisanya akan dituntaskan pada 2021 mendatang.

Sepanjang Jalan Sabuk Merah Sektor Timur tersebut, rencananya akan dibangun sebanyak 41 buah jembatan dengan panjang 1.599 meter. Hingga 2019 telah terbangun sebanyak 23 buah jembatan dengan panjang 1.039,5 meter.

 

Progres Pengerjaan

Jalan perbatasan Nusa Tenggara Timur (NTT). (Dok Kementerian PUPR)
Jalan perbatasan Nusa Tenggara Timur (NTT). (Dok Kementerian PUPR)

Selanjutnya pada tahun ini akan diselesaikan menjadi 33 buah jembatan, sehingga sisanya akan dituntaskan pada tahun 2021 mendatang. Adapun Jembatan tersebut semuanya terbuat dari rangka baja dengan bentang rata-rata 60 meter.

Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) X Kupang, NTT Muktar Napitupulu mengatakan, proses pengerjaan jalan perbatasan Sabuk Merah Sektor Timur tahun ini terbagi dalam beberapa paket yang dikerjakan oleh beberapa kontraktor lokal dan nasional.

"Pembangunan jalan perbatasan ini merupakan salah satu pekerjaan yang terkena rekomposisi alokasi anggaran 2020 untuk penanganan Covid-19," kata Muktar.

Realokasi anggaran salah satunya dilakukan dengan merubah paket-paket Single Years (SYC) tahun 2020 menjadi paket-paket Tahun Jamak (MYC), seperti pada paket pembangunan jalan ruas Nualain-Henes yang berada di antara Motaain-Motamasin.

"Alokasi semula dengan paket SYC tahun 2020 sebesar Rp 53 miliar, diubah menjadi paket MYC tahun 2020 sebesar Rp 35 miliar dan tahun 2021 sebesar Rp 18 miliar," terang Muktar.

Sedangkan untuk Sabuk Merah di Sektor Barat di daerah Timur Tengah Utara (TTU), sepanjang 130,88 km akan dilakukan penanganan apabila Jalan Sabuk Merah di Sektor Timur telah seluruhnya tersambung. Jalan Sabuk Merah Perbatasan Indonesia-Timor Leste ini juga punya arti penting lantaran akan menjadi akses pendekat ke garis perbatasan sehingga bisa mempermudah pengawasan garis perbatasan di dua negara tersebut.

Jalur Sabuk Merah juga tidak hanya berfungsi untuk menghubungkan beberapa pos keamanan sepanjang PLBN Motaain dan PLBN Motamassin saja. Namun, pembangunan di pinggir Indonesia ini pun mendukung perekonomian masyarakat setempat. Salah satu potensi ekonomi yang bisa didorong yakni sektor pariwisata.

"Ada sebuah sabana Fulan Fehan di Lamaknen, Kabupaten Belu, terlintasi Sabuk Merah sektor Timur, sehingga memudahkan wisatawan untuk berkunjung ke spot wisata yang unik dan eksotik ini," tukas Muktar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peta Ancaman ISIS di Masa Krisis

Posted: 13 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Wabah corona yang melanda banyak wilayah di dunia ternyata tak menyurutkan aktivitas kelompok teroris, baik dalam level nasional, regional, maupun global. Beberapa laporan bahkan menyebut wabah corona tak juga membuat aktifitas kelompok teroris reda, justru sebaliknya; kelompok teroris semakin giat melakukan berbagai aksi anarkistis. Penangkapan terhadap tiga kelompok teroris yang terafiliasi dengan kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD) pada 23 April lalu adalah sedikit fakta bahwa korona tak membuat terorisme mereda.

Sejak awal, tak sedikit kalangan yang memprediksi bahwa mewabahnya virus corona tak serta merta menghentikan laju terorisme, malahan kelompok teroris diyakini akan mencari celah baru untuk dapat tetap melancarkan aksi-aksinya. Terlebih dengan kenyataan bahwa sekarang fokus utama pemerintah adalah menanggulangi penyebaran corona, di waktu bersamaan meninggalkan beberapa lubang menganga terhadap pengawasan terorisme.

Hal inilah yang dimanfaatkan kelompok teroris. Mereka tidak melakukan serangan teror –meski indikasi perencanaan untuk melakukannya terungkap pula— namun aktifitas kelompok teror tidak surut. Salah duanya adalah indoktrinasi dan rekrutmen, yang keduanya tampak dari pemeriksaan terhadap kelompok JAD. Ini berarti, kelompok teroris tetap menyebarkan doktrin-doktrin sesat sarat dengan muatan teror sambil sesekali melakukan rekrutmen anggota baru.

Respons Terhadap Corona

Kelompok teroris, apapun bentuk dan namanya, terhubung dalam networking kelompok teroris di tingkat global, sehingga aktifitas kelompok teroris di mana pun berada pasti sejalan dengan network yang mereka ikuti, termasuk kelompok teroris yang ada di Indonesia. Untuk itu kita perlu melihat bagaimana kelompok teroris global merespons situasi krisis akibat corona. Tentang ini, ada tiga kelompok teroris global yang telah menyatakan asumsi dan sikap mereka terkait corona.

Pertama, kelompok Al Qaeda. Melalui surat edaran berjudul "The Way Forward: A Word of Advice on the Coronavirus Pandemic", Al Qaeda menganggap wabah corona sebagai hukuman Tuhan atau dosa-dosa yang dilakukan manusia. Meski begitu, dokumen setebal 6 halaman itu tidak berisi seruan untuk melakukan serangan teror, mereka hanya minta agar para tahanan dibebaskan.

Sementara untuk merespons virus, mereka justru menyarankan agar anggota mereka menjaga kebersihan supaya terhindar dari virus mematikan itu. Dokumen yang disebar secara daring di awal April itu lebih banyak berisi statemen anti-Amerika. Mereka meledek Amerika yang disebut rapuh dalam hal ekonomi. Ledekan ini dikeluarkan sebagai respons terhadap pidato Trump beberapa waktu sebelumnya yang menyebut ekonomi Amerika sangat kuat dan termasuk paling baik sedunia.

Kedua, kelompok ISIS. Berbeda dengan Al Qaeda, ISIS terpantau sangat aktif melakukan persiapan untuk serangan-serangan teror. Bagi mereka, virus corona adalah hukuman Allah atas perlakuan dunia Barat terhadap Islam. Bagi ISIS, saat ini adalah waktu yang tepat untuk melakukan serangan, sebab masyarakat dunia, termasuk yang tinggal di wilayah-wilayah yang mereka anggap musuh, sedang berada dalam kondisi cemas dan takut. Itu sebabnya, ISIS mendesak anggotanya untuk sebisa mungkin memanfaatkan kelumpuhan dan ketakutan masyarakat di masa pandemi untuk menyebarkan teror.

Ketiga, kelompok Taliban. Meski hanya beroperasi di Afghanistan, kelompok Taliban memiliki respons yang 'unik' terkait wabah corona. Mereka setuju bahwa corona adalah hukuman Allah atas dosa-dosa manusia, namun mereka menjamin keselamatan petugas kesehatan agar tetap dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Taliban juga diketahui membentuk komite tersendiri yang berfungsi untuk mengumpulkan dan menyebarkan informasi seputar corona kepada anggotanya.

Kelompok ini memang tidak mengeluarkan seruan resmi untuk melakukan serangan, misalnya dengan memanfaatkan suasana pandemi, namun mereka tetap membuat sejumlah kerusuhan di Afghanistan.

Respons yang berbeda-beda dari kelompok teroris di atas membantu kita dalam memahami peta potensi serangan teror di tengah masa pandemi. Dari data di atas kita juga bisa melihat bahwa hanya kelompok ISIS saja yang bersikeras melakukan serangan teror, meski ini tak berarti potensi bahaya dari kelompok lain boleh diabaikan. Di ranah lokal, perubahan gerakan teror terjadi pada kelompok JAK dan JAS yang kini fokus mengisi masa karantina dengan melakukan indoktrinasi melalui kanal-kanal online.

 

 

Segitiga Kriminal

Jika ditanya apakah pandemi ini berkorelasi pada tinggi rendahnya aktifitas kelompok teroris, jawabnya tentu bisa iya, bisa juga tidak.

Dalam studi kriminologi dikenal teori crime triangle yang dipopulerkan oleh Cohen dan Felson (1979). Menurut keduanya, tindakan kriminal sesungguhnya adalah bagian dari rutinitas masyarakat, bedanya, tindak kriminal hanya akan terjadi jika seseorang atau sekelompok orang berada pada tiga kondisi berikut (yang kemudian disebut segi tiga kriminal): orang yang termotivasi untuk melakukan kejahatan (motivated offender), target/sasaran yang sesuai (suitable targets) dan kurangnya pengawasan/perlindungan dari pihak berwajib (lack of guardians).

Dalam konteks terorisme di masa pandemi seperti sekarang, motivated offenders sudah ada, yakni dalam rupa kelompok teroris. Suitable targets juga sudah ada, yakni masyarakat luas yang sedang dirundung kecemasan lantaran corona yang masih menjadi ancaman. Sementara lack of guardians bisa dilihat dari besarnya fokus pemerintah untuk menyelesaikan soal corona. Perlu ditekankan, lack of guardians ini tak bermakna hilangnya perhatian pemerintah terhadap bahaya terorisme, tetapi hanya berkurang. Tak lagi seperti biasanya.

Tiga unsur inilah yang dieksplorasi betul oleh ISIS. Kelompok ini menggunakan isu Covid-19 untuk menyebarkan narasi bahwa Allah sedang menghukum 'orang-orang tak beragama' seperti warga China, Amerika, dll.

ISIS bahkan melabeli Covid-19 sebagai "prajurit Allah" yang akan membasmi musuh-musuh Islam. Itu sebabnya, mereka tak segan mendorong anggotanya untuk menggunakan kelumpuhan dan ketakutan masyarakat di tengah pandemi untuk melancarkan sejumlah serangan guna mengambil alih negara-negara di dunia.

Seruan itu disampaikan ISIS melalui majalah The Voice of Hind, media cetak yang diterbitkan dan disebarkan oleh simpatisan ISIS di India. Salah satu seruannya bahkan berbunyi, "Persiapkan dirimu dengan apapun yang kau punya, dan bangkitlah. Buat keadaan ini lebih buruk untuk kafir!"

Majalah itu juga berisi penjelasan bahwa Covid-19 memang sengaja diturunkan oleh Allah untuk menghancurkan orang-orang tak beriman. Di kondisi ini, aparat militer dan polisi juga telah ditempatkan di jalan-jalan dan tempat-tempat terbuka lainnya, membuat mereka target yang mudah untuk diserang.

ISIS tak main-main dengan seruan ini. Selama masa krisis akibat korona ini, ISIS diketahui telah melakukan serangkaian serangan teror di Afghanistan, Afrika Barat, Afrika Tengah, Sahel, Mesir, Filipina, Maladewa, Yaman dan Indonesia.

ISIS tampak memanfaatkan ketidakstabilan dari keadaan krisis Covid-19 ini sebagai penanda kebangkitan mereka di berbagai negara. Sejak Januari 2020, ISIS tercatat melakukan sedikitnya 241 serangan di level global, dengan 157 serangannya dilakukan di Irak dan Suriah. Serangan terbanyak terjadi pada April, yakni 52 serangan yang menargetkan milisi Iran, militer pemerintah Suriah, pos-pos pengawasan, serta warga sipil.

Fakta ini seharusnya menyadarkan kita bahwa dengan atau tanpa adanya corona, ancaman terorisme tetap berbahaya. Kelompok-kelompok teroris di Indonesia yang terafiliasi dengan ISIS tentu mengikuti instruksi pusat untuk mempersiapkan diri melakukan serangan, terutama karena fokus kita lebih banyak bergeser ke penyelesaian wabah corona.

Di Indonesia, dua kelompok yang diketahui tetap beraktivitas adalah Jamaah Ansharut Daulah (JAD), seperti yang tampak dari jaringan Zulfiqar Rahman yang ditangkap beberapa waktu lalu. Mereka tetap menjalankan operasi untuk mempersiapkan serangan teror di tengah wabah koronavirus.

Kelompok lainnya adalah Mujahidin Indonesia Timur (MIT), kelompok ini abai terhadap wabah korona dan aktif menargetkan aparat kepolisian dan orang-orang yang tinggal di lereng gunung. Selama April ini saja, MIT diketahui telah melakukan serangan sebanyak tiga kali, masing-masing pada 7 April (penculikan dan pembunuhan terhadap warga sipil), 15 April (Penyerangan terhadap anggota polisi) dan 19 April (penculikan dan pembunuhan terhadap warga sipil).

Kita bersyukur karena serangan kelompok ini tidak meluas dan memakan lebih banyak korban. Strategi pre-emptif strike yang dilakukan Densus 88 AT Polri terbukti efektif dalam meredam potensi bahaya terorisme. Selama Januari hingga Mei 2020, Densus 88 AT Polri telah menangkap total 58 tersangka yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia.  

 

*** AKBP Dr. Didik Novi Rahmanto, Anggota Satuan Tugas Antiteror Polri

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Iuran BPJS Naik Mulai 1 Juli 2020 Tuai Banyak Protes, Ini 5 Faktanya

Posted: 13 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Melalui sebuah kebijakan yang tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) tentang Jaminan Kesehatan, Presiden Jokowi resmi menaikan iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) untuk kelas I dan II. Dengan Perpres Nomor 64 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua Atas Perpres Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan.

Di dalam perpres tersebut tertuang bahwa mulai 1 Juli 2020 nanti iuran jaminan kesehatan rakyat Indonesia resmi naik. Merujuk pada Pasal 34 Perpres tersebut, seperti dikutip Rabu (13/5/2020), kenaikan iuran BPJS Kesehatan pada tahun ini hanya berlaku untuk peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) serta Bukan Pekerja (BP) kelas I dan II.

Di tengah pandemi Corona Covid-19 yang belum usai ini, kenaikan iuran BPJS tentu menjadi sebuah polemik tersendiri di kalangan masyarakat. Selain itu ada pula pengamat yang menyoroti kenaikan iuran BPJS di masa pandemi ini.

Selain itu, kenaikan BPJS pada bulan Juli 2020 nanti kenaikannya cukup signifikan, yaitu hampir 100% dari bulan Juni 2020. Berikut 5 fakta kenaikan iuran BPJS Kesehatan yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (14/5/2020).

1. Kenaikan iuran BPJS hampir 100% dari bulan sebelumnya

BPJS. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
BPJS. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Melalui kebijakan Perpres Nomor 64 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua Atas Perpres Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan. Iuran BPJS Kesehatan naik hanya untuk hanya berlaku untuk peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) serta Bukan Pekerja (BP) kelas I dan II atau bisa disebut peserta mandiri.

"Iuran bagi Peserta PBPU dan Peserta BP dengan Manfaat pelayanan di ruang perawatan Kelas I yaitu sebesar Rp 150.000,00 per orang per bulan dibayar oleh Peserta PBPU dan Peserta BP atau pihak lain atas nama peserta," demikian bunyi Pasal 34 ayat 3 Perpres Nomor 64/2020.

"Iuran bagi Peserta PBPU dan Peserta BP dengan Manfaat pelayanan di ruang perawatan Kelas II yaitu sebesar Rp 100.000,00 per orang per bulan dibayar oleh Peserta PBPU dan Peserta BP atau pihak lain atas nama peserta," demikian bunyi Pasal 34 Perpres Nomor 64/2020," tulis Pasal 34 ayat 2.

2. Besaran iuran BPJS Kesehatan sebelumnya

BPJS. (merdeka.com/Arie Basuki)
BPJS. (merdeka.com/Arie Basuki)

Naiknya besaran iuran ini dilihat dari iuran bulan sebelum bulan Juli 2020, yaitu bulan April, Mei, dan Juni 2020, iuran bagi peserta PBPU dan BP atau peserta mandiri sebesar:

A. Rp 25.500,00 per orang per bulan dengan manfaat pelayanan di ruang perawatan kelas III.

B. Rp 51.000,00 per orang per bulan dengan manfaat pelayanan di ruang perawatan kelas II.

C. Rp 80.000,00 per orang per bulan dengan manfaat pelayanan di ruang perawatan kelas I.

"Dalam hal Iuran yang telah dibayarkan oleh Peserta PBPU dan Peserta BP melebihi ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (7) dan ayat (8), BPJS Kesehatan memperhitungkan kelebihan pembayaran Iuran dengan pembayaran Iuran bulan berikutnya," demikian tulis Pasal 34 ayat 9.

3. Untuk kelas III belum ada kenaikan namun akan naik pada 2021

BPJS. (merdeka.com
BPJS. (merdeka.com

Saat ini besaran iuran untuk kelas III peserta PBPU dan BP atau peserta mandiri membayar Rp 25.500. Untuk tahun ini belum ada kenaikan, namun iuran tersebut akan naik pada 2021 mendatang.

"Iuran Kelas III Tahun 2020 sebesar Rp 25.500,00, tahun 2021 dan tahun berikutnya menjadi Rp 35.000,00."

4. Kenaikan iuran BPJS ini tuai protes dari pengamat

BPJS. (Liputan6.com/Abdillah)
BPJS. (Liputan6.com/Abdillah)

Koordinator Advokasi BPJS Watch Timboel Siregar mengatakan, seharusnya iuran BPJS Kesehatan tak perlu naik apalagi di masa pandemi Virus Corona saat ini.

"Saya kira masih banyak cara mengatasi defisit, bukan dengan menaikkan iuran apalagi di tengah resesi ekonomi saat ini. Presiden harus melakukan evaluasi kepada seluruh anak buahnya yang terkait JKN, terutama evaluasi kinerja Direksi BPJS Kesehatan," ujarnya kepada Merdeka.com, Jakarta, Rabu (13/5/2020) seperti Liputan6.com kutip, Kamis (14/5/2020).

5. Sebelumnya iuran BPJS sempat naik turun

BPJS. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
BPJS. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Sedangkan untuk Januari, Februari dan Maret 2020, iuran bagi peserta PBPU dan BP yakni sebesar:

A. Rp 42.000,00 per orang per bulan dengan manfaat pelauanan di ruang perawatan kelas III.

B. Rp 100.000,00 per orang per bulan dengan manfaat pelauanan di ruang perawatan kelas II.

C. Rp 160.000,00 per orang per bulan dengan manfaat pelauanan di ruang perawatan kelas I.

Untuk April, Mei, dan Juni 2020, iuran bagi peserta PBPU dan BP sebesar:

A. Rp 25.500,00 per orang per bulan dengan manfaat pelauanan di ruang perawatan kelas III

B. Rp 51.000,00 per orang per bulan dengan manfaat pelauanan di ruang perawatan kelas II

C. Rp 80.000,00 per orang per bulan dengan manfaat pelauanan di ruang perawatan kelas I.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Fatwa MUI Salat Idul Fitri di Rumah Saat Pandemi Corona

Posted: 13 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Majelis Ulama Indonesia atau (MUI) menerbitkan fatwa tentang panduan kaifiat takbir dan shalat Idul Fitri saat pandemi Covid-19.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bukan Bertengkar, Andre Taulany Beberkan Cobaan Serius Rumah Tangganya

Posted: 13 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Andre Taulany bersama Rien Wartia Trigina alias Erin sudah 15 tahun membina biduk rumah tangga. Selama itu, ada saja cobaan rumah tangga. Namun semuanya berhasil mereka lewati.

Hingga kini, rumah tangga Andre Taulany dan Erin baik-baik saja. Pernikahan yang berjalan sejak 2005 itu bahkan sudah membuahkan tiga anak, yakni Ardio Raihansyah Taulany, Arkenzy Salmansyah Taulany, dan Arlova Carissa Taulany.

Lebih lanjut, Andre Taulany menjelaskan mengenai kondisi rumah tangganya yang tidak selalu berjalan mulus. Andre Taulany mengumpamakan rumah tangganya seperti kondisi kapal yang tengah berlabuh.

 

Bagai Kapal Yang Berlabuh

Andre Taulany (Instagram: @andreastaulany)
Andre Taulany (Instagram: @andreastaulany)

"Serulah. Happy. Orang apa ya benar kata orang menikah itu kayak kita lagi berlabuh. Ketika masuk suasana air yang tenang, everything oke, kan. Menikmati laut kita, tiba-tiba nanti ada ombak," terang Andre Taulany dalam video di saluran YouTube Trans7 Official dengan tajuk 'Kenapa Andre Taulany Jarang Posting Foto Istri? - Bareng Boy (09/05/20) Part 2' yang tayang 10 Mei 2020.

 

Pantang Bertengkar Hebat

Istri Andre Taulany kini kerap tampil dengan hijab, cantik dan memesona. (Sumber: Instagram/@erintaulany)
Istri Andre Taulany kini kerap tampil dengan hijab, cantik dan memesona. (Sumber: Instagram/@erintaulany)

"Kita nahkodanya harus bisa menyeimbangkan dan istri harus bisa jadi asistennya, megangin layarnya biar tetap stabil. Kalau enggak ada kerja sama di situ, lama-lama (kapal bisa) terbalik," sambungnya.

Belasan tahun membina rumah tangga, Andre Taulany mengaku tak pernah terlibat pertengkaran hebat dengan Erin. Hanya, tahun lalu, sang istri pernah diterpa cobaan yang cukup serius.

 

Cobaan Serius Tahun Lalu

Istri Andre Taulany kini kerap tampil dengan hijab, cantik dan memesona. (Sumber: Instagram/@erintaulany)
Istri Andre Taulany kini kerap tampil dengan hijab, cantik dan memesona. (Sumber: Instagram/@erintaulany)

"Kita enggak pernah sampai ribut yang besar banget. Mungkin tahun 2019 di saat istri diterpa soal dianggap menghina salah satu calonlah pada waktu itu, itu benar-benar pukulan berat. Padahal sebenarnya itu kan dihack," papar dia.

 

Menahan Diri

Andre Taulany dan  Erin Taulany (Sumber Instagram/@erintaulany)
Andre Taulany dan Erin Taulany (Sumber Instagram/@erintaulany)

"Tapi imbasnya, ya menjadi pelajaran bahwa dalam suasana seperti itu dibutuhkan menahan diri. Semuanya. Kemudian pertengkaran besar ada cuma yang vital banget so far belum ada, jangan sampailah," lanjutnya.

Yang penting, kata Andre Taulany, dalam rumah tangga adalah niat untuk menjalani agar semua berjalan baik-baik saja. Jika salah satu atau dua-duanya sudah menyerah, rumah tangga tak akan berjalan mulus. (Merdeka.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Tanda Ibu Hamil Harus Membatalkan Puasa, Kenali Segera

Posted: 13 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tanda ibu hamil harus membatalkan puasa harus segera dikenali. Tetap meneruskan puasa bagi ibu hamil dengan kondisi-kondisi ini bisa membahayakan kesehatan, tidak hanya dirinya sendiri, juga bayi dalam kandungannya.

Puasa Ramadan merupakan kewajiban seluruh muslim. Meski begitu, bagi beberapa orang dengan kondisi tertentu seperti ibu hamil dan menyusui diperkenankan untuk meninggalkan puasa lantas menggantinya di hari lain di luar Ramadan.

Tanda ibu hamil harus membatalkan puasa bisa dilihat dari berbagai gejala yang dirasakan. Trimester kedua adalah waktu yang tepat untuk ikut puasa bagi ibu hamil. Ibu hamil di trimester pertama dan ketiga sebaiknya meninggalkan puasa.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang tanda ibu hamil harus membatalkan puasa dari berbagai sumber, Kamis (7/5/2020).

Dehidrasi

Ilustrasi ibu hamil./Copyright shutterstock.com/g/gpointstudio
Ilustrasi ibu hamil./Copyright shutterstock.com/g/gpointstudio

Tanda ibu hamil harus membatalkan puasa yang pertama adalah mengalami dehidrasi. Apalagi ibu hamil membutuhkan asupan cairan yang tentunya lebih banyak dari orang lain saat menjalankan ibadah puasa.

Mengalami dehidrasi saat hamil dapat memunculkan akibat yang fatal. Dehidrasi parah bisa menyebabkan ibu hamil sampai mengalami kejang atau syok karena tekanan rendah. Sedangkan bagi janin, dehidrasi yang dialami ibu juga bisa membahayakan tumbuh kembangnya.

Tubuh ibu yang kekurangan asupan cairan akan mengurangi pasokan air ketuban dalam kandungan. Cairan ketuban yang kurang dapat menyebabkan terganggunya perkembangan janin hingga keguguran. Karena itu, penting untuk menghindari dehidrasi selama kehamilan.

Kamu harus segera membatalkan puasa jika mengalami beberapa tanda bahaya dehidrasi seperti rasa haus berlebih, mulut dan bibir terasa kering, merasa lelah atau mengantuk lebih dari biasanya, tidak buang air kecil selama lebih dari delapan jam, hingga kulit kering.

Selain itu, jika ibu hamil juga mengalami sembelit, pusing yang tidak kunjung hilang ketika bangkit dari tempat duduk, mata berkunang-kunang, merasa mau pingsan, linglung dan tidak bisa berpikir, hingga napas memburu, juga menandakan dehidrasi dan menjadi tanda ibu hamil harus membatalkan puasa.

Mual dan muntah

muntah ibu hamil./Copyright shutterstock.com/g/oduaimages
muntah ibu hamil./Copyright shutterstock.com/g/oduaimages

Tanda ibu hamil harus membatalkan puasa berikutnya adalah jika mengalami mual dan muntah. Apabila ibu hamil sebelumnya tidak mengalamimual dan muntah, namun tiba-tiba saat sedang puasa merasakannya, sebaiknya segeralah berbuka.

Mual dan muntah yang dialami ibu hamil ketika berpuasa tak boleh disepelekan karena bisa jadi merupakan gejala dari masalah kesehatan yang lebih serius.

Jika ibu hamil mengalami hal ini, segera konsumsi makanan yang bernutrisi dan beristirahatlah hingga mual dan muntah berhenti. Jika mual dan muntah masih terus berlanjut meski ibu hamil telah membatalkan puasa dan mengonsumsi makanan tertentu, segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan solusi yang tepat.

Mimisan

Ilustrasi mimisan
Ilustrasi mimisan

Tanda ibu hamil harus membatalkan puasa berikutnya adalah jika mengalami mimisan. Hormon kehamilan membuat aliran darah meningkat sementara juga membuat pembuluh darah hidung membengkak dan gampang pecah. Karena itulah ibu hamil rentan mengalami mimisan.

Sebenarnya mimisan saat hamil tidak menimbulkan bahaya besar, tapi harus tetap diperhatikan jika ini terjadi saat puasa. Jika ibu hamil mengalami mimisan dengan beberapa gejala berikut, sebaiknya segera batalkan puasa dan segera lakukan penanganan yang tepat:

- Menjadi pusing atau lelah seketika setelah mimisan

- Sulit bernapas saat mimisan

- Dada terasa nyeri dan sesak saat mimisan

- Perdarahan yang keluar dari hidung tidak berhenti setelah 30 menit

- Darah mimisan keluar banyak

- Kulit wajah jadi pucat sehabis mimisan

Untuk menanganinya, minum air atau minum banyak cairan sehat penting fungsinya untuk menjaga selaput lendir hidung terhidrasi dengan baik.

Saat Bayi Jadi Kurang Bergerak

Hamil (Africa Studio/Shutterstock)
Hamil (Africa Studio/Shutterstock)

Saat bayi jadi kurang bergerak ibu hamil wajib waspada, karena ini merupakan salah satu tanda ibu hamil harus membatalkan puasa. Jika bayi kurang aktif bergerak, ibu hamil trimester kedua sebaiknya segera menghubungi dokter untuk menanyakan keadaan ini.

Cobalah hitung seberapa banyak gerakan dan tendangan bayi selama dua jam pada waktu ketika bayi biasanya aktif. Bila jumlah gerakan dan tendangan berkurang saat ibu hamil puasa, kamu sebaiknya segera membatalkan puasa.

Setelah itu, perhatikan lagi reaksi bayi, apakah ia perlahan mulai bergerak atau menendang lagi setelah kamu membatalkan puasa. Segera hubungi dokter jika masih belum ada gerakan setelah membatalkan puasa.

Ibu Hamil yang Berisiko Mengalami Tekanan Darah Tinggi

Ilustrasi ibu hamil (iStock)
Ilustrasi ibu hamil (iStock)

Tanda ibu hamil harus membatalkan puasa berikutnya adalah adanya risiko mengalami tekanan darah tinggi. Ibu hamil yang berisiko tinggi atau malah sudah didiagnosis preeklampsia (tekanan darah tinggi saat hamil) harus segera membatalkan puasanya.

Hal ini bisa dilihat ketika ibu hamil mengalami gejala-gejala seperti mata berkunang, sakit kepala, bengkak di kaki dan tangan, sulit bernapas, hingga mual dan muntah. Ibu hamil bisa langsung minum obat hipertensi dan segera cek tekanan darah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Brasil Jadi Negara dengan Kasus Corona COVID-19 Terbesar Keenam di Dunia

Posted: 13 May 2020 09:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Brasil mencatat jumlah kasus baru Virus Corona COVID-19 yang melampaui penghitungan Prancis pada Rabu 13 Mei. Brasil kini menjadi negara yang memiliki jumlah kasus terbesar keenam di Dunia.

Dalam 24 jam terakhir, pemerintah mengonfirmasi 11.385 kasus baru dan menjadikan jumlah totalnya menjadi 188.974 kasus Virus Corona COVID-19 sejak wabah dimulai. Pada Rabu pagi, Prancis merevisi jumlah total kasus yang dikonfirmasi dan diduga turun 0,3 persen menjadi 177.700.

Akibat penduduk berlindung di rumah, dan banyak pemerintah negara bagian dan lokal menginstruksikan sebagian besar bisnis untuk ditutup agar memperlambat penyebaran virus, pandemi Virus Corona telah sangat mempengaruhi ekonomi Brasil.

Presiden Brasil, Jair Bolsonaro telah bersitegang dengan gubernur negara bagian selama berminggu-minggu atas lockdown itu, ia mengatakan pemberlakuan tersebut menyebabkan lebih banyak kerusakan melalui kehilangan pekerjaan daripada penyakit itu sendiri, seperti dikutip dari Channel News Asia, Kamis (14/5/2020).

Penurunan Tahunan Terbesar

Gambar ilustrasi Virus Corona COVID-19 ini diperoleh pada 27 Februari 2020 dengan izin dari Centers For Desease Control And Prevention (CDC). (AFP)
Gambar ilustrasi Virus Corona COVID-19 ini diperoleh pada 27 Februari 2020 dengan izin dari Centers For Desease Control And Prevention (CDC). (AFP)

Pada Rabu lalu, Kementerian Ekonomi Brasil memperkirakan ekonomi negaranya akan mengalami kontraksi 4,7 persen pada tahun 2020. Ini merupakan penurunan tahunan terbesar sejak pencatatan dimulai lebih dari seabad yang lalu.

Kementerian memperkirakan setiap pekan, karantina merugikan ekonomi 20 miliar reais (Rp 50 triliun).

Presiden Jair Bolsonaro menyatakan pusat kebugaran dan salon kecantikan sebagai layanan "penting" yang dapat membuka bisnis, serta mengancam tindakan hukum terhadap pemerintah daerah yang tidak mematuhi.

Gubernur Sao Paulo, Joao Doria mengatakan pada 13 Mei, bahwa ia tidak akan mematuhi keputusan Presiden Jair Bolsonaro.

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Jangan Henti Minta Pertolongan Allah untuk Bebaskan Indonesia dari Covid-19

Posted: 13 May 2020 09:28 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi meminta masyarakat tidak henti-hentinya bermunajat kepada Allah untuk membebaskan bangsa dan dunia dari pandemi Covid-19.

"Tidak henti-hentinya memanjatkan doa memohon Pertolongan Allah Subhanahu Wa Ta'ala agar rakyat agar bangsa dan negara kita juga dunia segera terbebas dari pandemi ini," yakin Jokowi dalam Doa Kebangsaan dan Kemanusiaan, Kamis (14/5/2020).

Jokowi, dalam munajatnya, juga meminta agar Tuhan dapat meringankan beban masyakarat akibat Covid-19 dengan menyingkirkan pandemi tersebut selama-lamanya dengan terus merendahkan hati dan tak hentinya memohon ampun.

"Mari kita semuanya agar diringankan disingkirkan dari segala musibah marilah kita bersama-sama tundukkan kepala, rendahkan hati kita memohon kepada Tuhan yang maha pengasih dan lagi maha penyayang," jelas Jokowi.

Terakhir, Jokowi tak meminta kesabaran masyarakat selama pandemi Covid-19 masih menyelimuti dan mengancam segala lini sektor kehidupan. Dia meyakini Covid-19 adalah sebagian dari ujian yang mampu dilewati bangsa Indonesia.

"Semoga kita diberikan kesabaran menerima musibah ini dengan lapang dada diberikan kekuatan agar kita semua bisa selamat dan melewati ujian yang diberikan oleh Allah," Jokowi menandasi.

Doa Bersama

Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'rud Amin akan mengikuti doa kebangsaan dan kemanusiaan secara bersama. Hal ini disiarkan langsung melalui media sosial resmi milik Kementerian Agama seperti Facebook dan Youtube tepat pukul 09.30 WIB.

"Mendoakan Indonesia Bebas Dari Covid-19, Membangkitkan Kepedulian dan Rasa Kemanusiaan," tulis siaran pers Kementerian Agama diterima, Kamis (14/5/2020).

Selain kedua pemimpin negara tersebut, Menteri Agama Fachrul Razi dan Kepala BNPB Doni Monardo juga Tokoh Lintas agama, juga akan ikut dalam acara doa bersama ini.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksikan Live Streaming Peluncuran Program #BanggaBuatanIndonesia di Vidio

Posted: 13 May 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Salah satu cara untuk menunjukkan rasa cinta terhadap Indonesia adalah dengan menggunakan produk-produk buatan dalam negeri. Hal itulah yang membuat Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) menggaungkan gerakan #BanggaBuatanIndonesia.

Gerakan tersebut ternyata disambut baik oleh Presiden Joko Widodo beserta jajarannya. Peluncuran program yang bertujuan untuk mendorong sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)  agar bisa memanfaatkan platform digital itu akan disiarkan secara langsung pada Kamis, (14/05/20).

Acara tersebut disiarkan secara live streaming dari Istana Negara dan dapat disaksikan mulai pukul 10.30 WIB hingga selesai. Dengan menghadirkan berbagai pelaku usaha UMKM dari seluruh pelosok daerah di Tanah Air.

Namun, program tersebut tidak hanya gerakan sosial semata, melainkan sebuah komitmen dari idEA untuk menyediakan edukasi dan pelatihan secara online (e-learning) bagi para UMKM yang memiliki kendala untuk memulai usahanya.

Sebagai anggota dari idEA, platform seperti e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Blibli, Bukalapak, Lazada, Gojek, dan Grab turut memberikan pelatihan online tersebut kepada UMKM.

Vidio, sebagai salah satu aplikasi streaming karya anak bangsa juga turut berkomitmen untuk menayangkan peluncuran program tersebut. Bagi yang ingin menyaksikan, Anda bisa klik pada tautan berikut ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MotoGP: Petronas Yamaha SRT Enggan Buang Kesempatan Gaet Valentino Rossi

Posted: 13 May 2020 09:20 PM PDT

Urbino - Proses negosiasi antara Petronas Yamaha SRT dan Valentino Rossi untuk bekerja sama pada MotoGP 2021 sudah dimulai. Direktur Tim Petronas Yamaha SRT, Johan Stigefelt, menyatakan memiliki Valentino Rossi merupakan kesempatan yang menggiurkan bagi semua tim MotoGP, tak terkecuali timnya. 

Karisma Valentino Rossi di luar trek, didukung performa dan prestasi yang mentereng di lintasan, tentu menjadi daya tarik banyak orang, baik penggemar, partner kerja, maupun sponsor. Meski begitu, usia Rossi yang telah mencapai 41 tahun bisa jadi kendala.

Rossi diketahui takkan lagi membela Monster Energy Yamaha tahun depan. Namun,sembilan kali juara dunia itu masih ingin berkompetisi. Satu-satunya tempat yang tersisa di Yamaha adalah tempat di SRT, yang akan ditinggalkan Fabio Quartararo.

Stigefelt menyatakan status Rossi sebagai salah satu olahragawan paling ternama di dunia menarik bagi semua pihak. Namun, ia yakin demi membela Petronas Yamaha SRT, The Doctor harus sepakat dengan semua syarat-syarat yang diajukan sponsor.

"Valentino Rossi merupakan salah satu pembalap paling penting sekaligus salah satu atlet paling terkenal di dunia. Jadi sudah jelas bahwa tim kami tertarik padanya. Tapi, tentu bahwa kami harus melibatkan semua sponsor kami dalam peluang kerja sama ini," ujar Stigefelt, seperti dilansir Moto.it, Rabu (13/5/2020).  

Ingin Segera Temukan Solusi

Valentino Rossi. (JUAN MABROMATA / AFP)
Valentino Rossi. (JUAN MABROMATA / AFP)

Negosiasi Rossi dan Petronas Yamaha SRT dikabarkan dimulai pekan ini. Mereka akan membicarakan detail kontrak, seperti soal opsi lanjut balapan pada 2022. Pembahasan lain meliputi tugas-tugas Rossi terkait media, dukungan sponsor pribadi, serta berapa dan siapa saja teknisi dan mekanik yang bisa ia boyong.

"Saya yakin semua orang tertarik untuk segera mendapatkan solusi, tapi kesempatan memang harus diciptakan. Tim kami ingin memastikan line up pebalap sebelum balapan pertama digelar di Jerez (17-19 Juli 2020)," pungkas Stigefelt.

Jika benar-benar membela SRT di MotoGP 2021, Rossi kemungkinan besar akan bertandem dengan anak didiknya sendiri di VR46 Riders Academy yang sudah lebih dulu membela SRT sejak 2019, Franco Morbidelli.

Sumber: Moto.it

Disadur dari: Bola.net (Penulis Anindhya Danartikanya, published: 13/5/2020)

  

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wanita Sepertiku, Lagu Perdana Tika Pagraky dengan Bahasa Indonesia

Posted: 13 May 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tika Pagraky mulai dikenal di panggung musik berkat penampilannya bersama Dewi Dewi. Penyanyi asal Karang Asem, Bali, ini juga dikenal lewat lagu-lagu berbahasa Bali.

Tahun ini, Tika Pagraky menggarap single terbaru. Kali ini ia tak lagi menggunakan bahasa Bali.

Tika Pagraky meluncurkan lagu terbaru "Wanita Sepertiku" dalam bahasa Indonesia. Baginya, karya terbaru ini memiliki euforia berbeda. "Lagu ini spesial banget buat saya. Tentunya juga untuk wanita kuat di seluruh Indonesia," tutur penyanyi bernama asli Niwayan Ika Mulaning Pagraky, Kamis (14/5/2020).

 

 

Kekasih Tak Dianggap

Tika Pagraky (ist)
Tika Pagraky (ist)

Tika Pagraky berbagi cerita mengenai pemilihan judul "Wanita Sepertiku." Rupanya, lagu tersebut merupakan kisah perempuan yang berstatus sebagai kekasih tak dianggap.

 

 

 

Tidak Patah Arang

Tika Pagraky (ist)
Tika Pagraky (ist)

"Lagu ini mengisahkan tentang wanita yang tidak dianggap oleh kekasihnya. Hal itu tidak lantas membuat sang wanita patah arang. Karena ia yakin, bahwa ia adalah wanita terbaik dalam hidup kekasihnya," Tika Pagraky menjelaskan.

 

 

 

 

Warna yang Kuat

Tika Pagraky (ist)
Tika Pagraky (ist)

Catur Septembrianto, selaku A&R dan produser Mans Entertainment menuturkan, Tika Pagraky musisi berkarakter unik dan siap kembali bersaing di kancah musik nasional.

"Tika memiliki warna suara dengan ciri khas yang kuat. Single ini kado spesial yang Mans Entertainment berikan untuk Tika karena dirilis tepat pada hari ulang tahunnya, 15 Mei 2020. Di sisi lain, Tika ingin menguatkan wanita di Indonesia agar tegar menghadapi gelombang cobaan dengan pasangan," Catur menguraikan.

 

 

 

Mengulang Sukses

Mengulang kesuksesan lagu "Sang Penggoda" yang dibawakan Tata Janeeta dan Maia Estianty, Mans Entertainment kembali merilis lagu dengan tema yang menguatkan kaum hawa.

Dalam single ini, Tika Pagraky menegaskan kepada penggemar dan masyarakat Bali, bahwa ia siap mengambil peran dalam memajukan musik Indonesia.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemprov DKI: 50.891 Pekerja Kena PHK dan 272.333 Dirumahkan Akibat Covid-19

Posted: 13 May 2020 09:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi DKI Jakarta Andri Yansyah menyatakan sebanyak 39.664 perusahaan dengan 323.224 tenaga kerja terdampak pandemi virus Corona atau Covid-19.

Dia menyebut data tersebut terbagi menjadi dua yakni pekerja yang dirumahkan dan terkena pemutusan hubungan kerja (PHK).

"Jadi ada 6.785 perusahaan yang melakukan PHK dengan jumlah tenaga kerja sebanyak 50.891," kata Andri saat dihubungi, Kamis (14/5/2020).

Sementara itu, terdapat 32.882 perusahaan yang merumahkan karyawan sebanyak 272.333 orang. Andri menyebut data tersebut tercatat sampai 11 Mei 2020.

Sementara itu, dia menyebut adanya kenaikan jumlah perusahaan yang melakukan pelanggaran terkait aturan pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Terhitung mulai 14 April-13 Mei 2020 tercatat sebanyak 190 dari 1.145 perusahaan yang melanggar aturan langsung dilakukan penyegelan.

"Dari jumlah itu ada 190 perusahaan/tempat kerja yang tidak dikecualikan (harus tutup) namun tetap melakukan kegiatan usahanya telah dilakukan penghentian sementara kegiatannya," ucapnya.

Kata dia jumlah tersebut tersebar di Jakarta Pusat sebanyak 32 perusahaan, Jakarta Barat ada 47 perusahaan, kemudian 37 perusahaan di Jakarta Utara, 25 perusahaan di Jakarta Timur, dan 49 perusahaan di Jakarta Selatan.

Pelanggaran Protokol Kesehatan

Lalu ada pula 668 perusahaan termasuk jenis usaha yang dibolehkan beroperasi selama PSBB yang mendapatkan peringatan. Sebab perusahaan itu tidak melaksanakan seluruh protokol kesehatan pencegahan virus corona atau Covid-19.

Perusahaan tersebut tersebar di lima kota administrasi dan satu kabupaten di Jakarta. Sedangkan yang paling tinggai melakukan pelanggaran di Jakarta Pusat dengan 165 perusahaan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menteri PANRB Soroti Lemahnya Laporan Kinerja Pemerintah Pusat

Posted: 13 May 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menerima Laporan Hasil Reviu atas Laporan Kinerja Pemerintah Pusat (LKjPP) tahun 2019 dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Menteri PANRB Tjahjo Kumolo menyampaikan bahwa LKjPP merupakan wujud akuntabilitas dan transparansi pemerintah terhadap kinerja atas penggunaan anggaran tahun 2019.

Menurutnya, hingga saat ini masih dijumpai beberapa kelemahan dalam pada LKjPP, baik dalam proses penyusunan maupun kemampuan kementerian/lembaga dalam menyajikan laporan kinerjanya.

Selain itu, ia menambahkan, target pembangunan belum sepenuhnya terkawal oleh instansi yang menjadi penanggungjawab. Hal tersebut dapat disebabkan lantaran indikator kinerja pembangunan yang ditetapkan dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2019 belum menyajikan informasi secara lengkap kementerian/lembaga penanggungjawabnya.

"Sehingga indikator tersebut tidak sepenuhnya dijabarkan ke dalam rencana kerja kementerian/lembaga yang bersangkutan. Walaupun secara umum kualitas LKjPP tahun 2019 ini lebih baik dari pada tahun sebelumnya, namun kondisi ini tidak dapat biarkan," ujarnya dalam pesan tertulis, Kamis (14/5/2020).

Tjahjo berharap agar tahun mendatang kelemahan tersebut harus diperbaiki secara komprehensif dengan melibatkan pihak-pihak yang terkait dengan penyusunan RKP dan LKjPP, baik BPKP, Bappenas, maupun Kementerian Keuangan.

Lebih lanjut, Tjahjo berpesan agar jajaran Kedeputian Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Kementerian PANRB untuk terus mendorong kementerian/lembaga menyusun dan semakin memperbaiki penyajian laporan kinerja sesuai kinerja utama masing-masing, serta sesuai dengan target-target kinerja yang telah ditetapkan dalam RKP.

"Setiap kementerian/lembaga harus menganggap bahwa target dalam RKP merupakan perintah yang harus diwujudkan," imbuh dia.

Ruang Lingkup

Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP)  Muhammad Yusuf Ateh tiba untuk melakukan pertemuan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (20/02/2020). Pertemuan membahas kerjasama antar lembaga KPK dan BPKP. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Muhammad Yusuf Ateh tiba untuk melakukan pertemuan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (20/02/2020). Pertemuan membahas kerjasama antar lembaga KPK dan BPKP. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Sementara itu, Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh mengatakan jika dalam melaksanakan reviu LKjPP tahun anggaran 2019, pihaknya berpedoman pada Peraturan Menteri PANRB Nomor 10/2015 tentang Tata Cara Reviu atas Laporan Kinerja Pemerintah Pusat serta berdasar pada Standar Audit Intern Pemerintah Indonesia.

Untuk ruang lingkup reviu meliputi kesesuaian penyajian secara format dan substansi, serta pengungkapan capaian kinerja kementerian/lembaga. Ateh juga memberikan saran agar Kementerian PANRB dapat memperbaiki sistem akuntabilitas pengelolaan keuangan negara dengan melakukan perencanaan dan pelaksanaan kinerja yang komprehensif dan holistik.

"Dengan bergesernya arah pembangunan pada tahun anggaran 2020 karena adanya refocusing dan realokasi untuk penanganan pandemi Covid-19, Kementerian PANRB perlu mengantisipasi sejak dini pengaruhnya terhadap kinerja pemerintah, serta kementerian/lembaga dan pengukuran capaiannya," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Bundesliga Akhir Pekan Ini: Main di Tengah Pandemi Corona Covid-19

Posted: 13 May 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Berlin - Bundesliga kembali bergulir pada 16 Mei 2020. Kompetisi ini sempat terhenti sejak Maret lalu akibat pandemi virus Corona Covid-19.

Belanda dan Prancis telah membatalkan kompetisi musim 2019-2020. Eredivisie tak memiliki juara, sedangkan Ligue 1 menobatkan Paris SaintGermain sebagai kampiun.

Liga Italia, Inggris, dan Spanyol masih melakukan perdebatan, meski kemungkinan besar juga akan dilanjutkan. Belum ada tanggal pasti kapan ketiga liga itu akan dimulai lagi.

UEFA senang dengan keberanian yang ditunjukkan penyelenggara Bundesliga yang siap meneruskan kompetisi. Presiden UEFA, Aleksandar Ceferin memberikan pujian langsung soal ini.

"Adalah sebuah kabar yang menggembirakan bahwa otoritas Jerman menyepakati kembalinya Bundesliga," ujar Ceferin seperti yang dikutip dari Marca.

Penyelenggara Bundesliga tidak mau lengah begitu saja. Mereka menggelar pertandingan tanpa penonton dan sudah menyiapkan protokol lengkap untuk menjamin semua yang terlibat dalam pertandingan tidak terinfeksi virus Corona.

Jadwal Pertandingan

Tak menunggu waktu lama, Witsel kemudian pindah ke Borrusia Dotmund. Keputusan tepat diambil Witsel usai ia tampil impresif membawa Dortmund memuncaki klasemen Bundesliga hingga pecan ke-13. (AFP/Patrik Stollarz)
Tak menunggu waktu lama, Witsel kemudian pindah ke Borrusia Dotmund. Keputusan tepat diambil Witsel usai ia tampil impresif membawa Dortmund memuncaki klasemen Bundesliga hingga pecan ke-13. (AFP/Patrik Stollarz)

16 Mei 2020

20.30 WIB, Dortmund vs Schalke

20.30 WIB, Leipzig vs Freiburg

20.30 WIB, Hoffenheim vs Hertha

20.30 WIB, Dusseldorf vs Paderborn

20.30 WIB Augsburg vs Wolfsburg

23.00 WIB, Frankfurt vs Gladbach

Jadwal Selanjutnya

17 Mei 2020

20.30 WIB, Koln vs Mainz

23.00 WIB, Union Berlin vs Bayern Munchen

19 Mei 2020

01.30 WIB, Bremen vs Leverkusen

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Quraish Shihab: Bergaullah dengan yang Arif agar Mendapat Manfaatnya

Posted: 13 May 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Inilah nasihat yang perlu dicamkan di saat Anda tidak tahu, merasa bersalah maupun menyesal.

"Bila Anda tidak tahu, bertanyalah. Bila bersalah, menyesallah. Setelah menyesal, tinggalkanlah apa yang disesali," ungkap cendekiawan muslim Quraish Shihab

Bila menyumbang, rahasiakanlah. Di saat harapan tak terpenuhi, maka berucaplah yang baik.

Quraish Shihab juga mengajak untuk bergaulah dengan yang arif, karena darinya ada sejumlah hal yang dapat dijadikan pelajaran. 

"Dari ragu ke yakin, dari pamrih ke ikhlas, dari lengah ke ingat, dari angkuh ke rendah hati, dari keburukan niat kepada ketulusan, dan dari kecenderungan berlebih kepada dunia, menuju kecenderungan kepada akhirat," jelas Quraish Shihab.

Pendiri Pusat Studi Al-Quran ini juga menjelaskan bahwa sumber ketenangan adalah kesadaran dan bahwa rezeki seseorang tidak mungkin diambil oleh orang lain.

"Ketahuilah bahwa Allah Maha Mengetahui, Maha Melihat, dan menilai setiap sikap seseorang," tutup Quraish Shihab di akhir renungannya. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BMKG Juanda: Surabaya Berpeluang Hujan hingga Sore Hari

Posted: 13 May 2020 09:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda memprediksi, sebagian besar wilayah di Surabaya, Jawa Timur akan hujan lokal hingga sore hari pada Kamis (14/5/2020).

Mengutip laman BMKG Juanda, Surabaya akan alami hujan lokal pada siang hari pukul 13.00 WIB dan sore hari pada pukul 16.00 WIB. Sedangkan pada malam hari akan cerah pada pukul 19.00 WIB. Pada pukul 22.00 WIB akan cerah berawan. Suhu di Surabaya akan berada di kisaran 26-33 derajat celsius dengan kecepatan angin 20 KM per jam. Kelembaban di kisaran 65-95 persen.

Demikian juga Sidoarjo akan alami hujan lokal pada pukul 13.00 dan 16.00 WIB.. Sedangkan pukul 19.00 dan 22.00 WIB akan cerah berawan. Suhu di udara berada di kisaran 25-32 derajat celsius dengan kecepatan angin 20 KM per jam. Kelembaban berada di kisaran 65-95 persen.

Di Lamongan, cuaca akan alami hujan lokal pada pukul 13.00 WIB, pada pukul 16.00 WIB, cuaca akan cerah. Pada pukul 19.00 dan 22.00 WIB, cuaca akan cerah berawan. Suhu di Lamongan akan berada di kisaran 25-33 derajat celsius dengan kecepaan angin 20 KM per jam. Kelembaban berada di kisaran 65-95 persen.

Cuaca di Gresik akan hujan lokal pada pukul 13.00. Pada sore hingga malam hari akan cerah berawan. Suhu di Gresik akan berada di kisaran 26-33 derajat celsius dengan kecepatan angin 20 KM per jam. Kelembaban berada di kisaran 65-95 persen.

Waspadai Hujan Intensitas Sedang hingga Lebat

Ilustrasi Hujan (iStockphoto)
Ilustrasi Hujan (iStockphoto)

BMKG Juanda juga merilis peringatan dini tiga harian untuk mewaspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang sesaat dan petir. Pada siang hingga sore hari waspadai di wilayah Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso dan Banyuwangi. Sedangkan malam hari di Pasuruan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Tangkap 23 Pelaku Tawuran di Tambora

Posted: 13 May 2020 09:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Polisi menangkap 23 orang buntut dari penyerangan terhadap IG, Panit Reskrim Polsek Tambora. Perwira polisi itu dibacok saat membubarkan tawuran dua kelompok remaja pada Selasa, 12 Mei 2020 malam.

Kapolsek Tambora Kompol Iver Son Manossoh menerangkan, pihaknya langsung menggelar operasi besar-besaran setelah mengetahui salah satu anggota menjadi korban tawuran. Sebanyak 14 pemuda Kelurahan Duri Selatan, Tambora, Jakarta Barat dan 9 pemuda Kelurahan Duri Pulo, Gambir, Jakarta Pusat digelandang ke Polsek Tambora pada Rabu (13/5/2020) dini hari.

"Dari 23 yang diamanakan. 13 diantaranya masih berstatus di bawah umur," kata dia dalam keterangan tertulis, Kamis (14/5/2020).

Dia menyampaikan, pihaknya masih memburu 2 pemuda lain yaitu inisial DL dan AL. Keduanya diduga yang membacok anggota berinial IG.

"DL, pelaku yang membacok Korban. Sementara AL, yang membawa senjata tajam," ujar dia.

 

Luka di Punggung

Sebelumnya, seorang polisi di Jakarta Barat mengalami luka di punggung akibat membubarkan tawuran di perbatasan Setia kawan Gambir Jakarta Pusat dengan Duri Selatan Tambora Jakarta Barat.

"Pemicu awalnya saling lempar mercon sehingga memicu kemarahan.Kedua kelompok pun saling lempar batu, lempar botol dan panah," ujar dia.

Saat itu, Panit Reskrim berinisial IG mengenakan pakaian preman hendak membubarkan kerumunan. Salah seorang pelaku tawuran tiba-tiba membacoknya dengan menggunakan celurit.

"IG mengalami luka di punggung sebelah kanan langsung dibawa RS Sumber Waras Grogol Jakarta Barat. Saat ini keadaanya sudah membaik," ujar dia.

Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, 23 pelaku tawuran dijerat Pasal 170 KUHP, Pasal 406 KUHP jo. Pasal 55, 56 KUHP, dan Undang-Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951 tentang Senjata Tajam dan senjata penusuk.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Potret Pertama Vebby Palwinta dan Razi Bawazier Setelah Menikah

Posted: 13 May 2020 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Vebby Palwinta dan Razi Bawazier sedang menikmati masa-masa bulan madu. Pasangan yang menikah pada 18 April 2020 itu membagikan potret kebahagiaannya lewat akun Instagram.

Potret tersebut merupakan yang pertama setelah mereka menikah. Ada empat pose yang diunggah Vebby saat sedang bersama sang suami. Namun, keempat potret tersebut sengaja ia satukan.

"Foto selfie pertama setelah menikah! Hahaha dalam edisi #dirumahaja," komentar Vebby sebagai keterangan potret, 11 Mei 2020.

Potret pertama, Vebby yang mengenakan hijab cokelat duduk bersanding dengan Razi yang mengenakan kaus putih dengan pandangan mengarah ke depan. Potret kedua, Vebby merangkul Razi dengan pipi ditempelkan ke pipi kanan menempel ke pipi kiri suaminya.

Lain lagi di potret ketiga, Vebby Palwinta sengaja memajukan mulutnya. Sementara tangannya sengaja memegang dagu Razi. Potret keempat, giliran Razi yang sengaja menempelkan bibirnya ke pipi kiri Vebby.

Mirip Shaheer Sheikh

Vebby Palwinta membagikan potret pertamanya usai menikah dengan Razi Bawazier (Dok.Instagram/@vebbypalwinta/https://www.instagram.com/p/CACWPHIjgNJ/Komarudin)
Vebby Palwinta membagikan potret pertamanya usai menikah dengan Razi Bawazier (Dok.Instagram/@vebbypalwinta/https://www.instagram.com/p/CACWPHIjgNJ/Komarudin)

Sejumlah temannya ikut mengomentari potret kemesraan pasangan pengantin baru itu. Mereka senang melihat kemesraan yang diperlihatkan Vebby bersama Razi.

"Ih gemesh bgt gakuat ๐Ÿค—❤️," seru Febby Rastanty. "Masya Allah sosweet nya๐Ÿ˜," kata warganet yang lain.

Selain memuji kemesraan pasangan suami istri itu, ada juga warganet yang menilai Razi mirip Shaheer Sheikh, artis India yang sempat menjadi kekasih Ayu Ting Ting.

"Bang razi mirip shaheer sheikh," tulis penggemar Vebby yang lain.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Langkah Mudah Mencegah Mobil Tiba-Tiba Terbakar

Posted: 13 May 2020 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kasus mobil yang terbakar saat tengah digunakan oleh pemiliknya masih sering terjadi. paling baru, sebuah Toyota Alphard habis dilahap 'si jago merah' di Pondok Indah, Jakarta Selatan, dan viral di media sosial.

Berbicara soal kebakaran mobil, memang banyak faktor yang bisa jadi penyebabnya, dan salah satunya salah melakukan modifikasi yang berkaitan dengan sistem kelistrikan. Ya, masih banyak pemilik mobil yang belum sadar terkait bahayanya modifikasi yang berkaitan dengan sistem kelistrikan. Instalasi yang sembarangan dan penggunaan material yang tidak standar membuat potensi mobil terbakar sangat besar.

Biasanya, kebakaran mobil berawal dari korsleting, sehingga menyebabkan timbul percikan api dan akhirnya terbakar. Apabila sistem kelistrikan bermasalah, maka kerusakan ini bisa menimbulkan percikan api dan menyulut kebakaran dengan sangat mudah. Untuk itu ada baiknya Anda melakukan pemeriksaan rutin bagian kelistrikan di mobil Anda.

Berikut, adalah empat penyebab korsleting pada mobil yang perlu diketahui, seperti dilansir laman resmi Hyundai Indonesia:

 

1. Kabel Paralel Pada Aki

Kabel paralel pada aki sering kali mengakibatkan terjadinya korsleting pada mobil. Dikarenakan saat servis mungkin montir atau Anda sendiri teledor untuk mengencangkan baut pada aki.

Jika baut tidak dikencangkan dengan maksimal bisa terjadi kebakaran pada mesin mobil. Oleh karena itu jika kita mengganti aki diusahakan baut kabel pada aki dikencangkan dengan maksimal agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

2. Periksa Ruang Mesin

Proses pembersihan ruang mesin dengan cairan khusus. (Septian / Liputan6.com)
Proses pembersihan ruang mesin dengan cairan khusus. (Septian / Liputan6.com)

Apabila banyak kabel tambahan yang tidak standar dan tidak rapi di ruang mesin maka besar kemungkinan kelistrikan dari mobil Anda ini bermasalah.

Periksalah terminal positif (+) aki, apabila pada terminal tersebut banyak kabel tambahan, maka hal ini mengindikasikan banyaknya aksesori tambahan yang memerlukan listrik.

 

3. Kabel Terputus

Kabel putus juga bisa terjadi pada mobil karena banyak hal. Salah satunya kabel bisa dimakan tikus atau hewan yang bisa masuk ke rangka mobil dan juga karena gesekan roda.

Biasanya jika terlalu banyak kabel yang putus arut kelistrikan pada mobil tidak maksimal dan kabel bisa korsleting sampai mengeluarkan percikan api.

4. Pemilihan Kabel yang Tidak Sesuai

Pemilihan kabel pada mobil yang tidak sesuai seperti besar kecilnya ukuran kabel juga bisa menyebabkan terjadinya korsleting pada mobil.

Dikarenakan ukuran yang tidak seusai maka besar tegangan arus yang mengalir pun tidak maksimal atau bukan standarnya.

Dengan daya tegangan listrik yang berbeda–beda di setiap komponen mobil maka dari itu pemilihan kabel juga di sesuaikan untuk menghindari korsleting pada mobil.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Presiden Komite Perdamaian Dunia Djuyoto Suntani Minta PSBB Diakhiri

Posted: 13 May 2020 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Nama Djuyoto Suntani, Presiden Komite Perdamaian Dunia, menjadi perbincangan. Hal ini lantaran dirinya meminta kepada semua pemimpin dunia untuk mencabut lockdown, PSBB, dan kebijakan karantina lainnya. Menurutnya, kebijakan tersebut membuat rakyat sengsara.

Permintaan mengakhiri masa-masa PSBB atau lockdown tersebut ia cetuskan di akun media sosial miliknya baru-baru ini.

Artikel tentang Presiden Komite Perdamaian Dunia Djuyoto Suntani yang meminta PSBB diakhiri menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang pasangan yang gelar pernikahan virtual menggunakan green screen.

Sementara itu artikel ketiga terpopuler tentang niat dan cara sholat tarawih dan witir di rumah.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Presiden Komite Perdamaian Dunia Djuyoto Suntani Minta PSBB Diakhiri, Sengsarakan Rakyat

Doc: Twitter.com/Presidensuntani
Doc: Twitter.com/Presidensuntani

Nama HE Djuyoto Suntani mendadak ramai dibicarakan di ranah media sosial. Pria tersebut mengklaim dirinya sebagai tokoh paling berpengaruh dan dihormati masyarakat internasional.

Djuyoto Suntani menjabat sebagai Presiden Komite Perdamaian Dunia atau President of The World Peace Committee (TWPC) yang ia dirikan sejak 7 Maret 1997 di Basel, Swiss.

Selengkapnya…

2. Manfaatkan Green Screen, Pasangan Ini Gelar Pernikahan Virtual

foto: IG/@nakarinaweddingplanner
foto: IG/@nakarinaweddingplanner

Di tengah pandemi Corona Covid-19, banyak pasangan yang memutuskan untuk menunda pernikahan mereka. Namun, tak sedikit pula yang memilih untuk tetap melangsungkan pernikahan meski dengan berbagai keterbatasan.

Baru-baru ini viral konsep pernikahan unik yang digunakan pasangan di Yogyakarta. Lantaran tak bisa mengundang banyak tamu di tengah pandemi saat ini, mereka memutuskan untuk menggelar pernikahan secara virtual.

Selengkapnya…

3. Lakukan Sholat Tarawih dan Witir Sendiri di Rumah, Simak Niat dan Caranya

Supaya nggak ketinggalan, ini jadwal sholat, Imsakiyah, dan buka puasa hari ke-8, 24 Mei 2018. (Foto: Paul Reiffer)
Supaya nggak ketinggalan, ini jadwal sholat, Imsakiyah, dan buka puasa hari ke-8, 24 Mei 2018. (Foto: Paul Reiffer)

Ramadan tahun ini sangat berbeda dengan Ramadan di tahun-tahun sebelumnya lantaran harus dijalani di tengah pandemi virus Corona Covid-19. Hal ini membuat masyarakat tak bisa melakukan aktivitas di luar rumah seperti buka puasa bersama hingga sholat tarawih di masjid.

Ya, hingga saat ini pemerintah masih mengimbau masyarakat untuk melakukan karantina mandiri di rumah. Hal ini dilakukan untuk mencegah risiko penularan virus Corona Covid-19 kian meluas.

Selengkapnya…

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rp2,9 Miliar Uang Palsu Gagal Beredar di Tasikmalaya

Posted: 13 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Tasikmalaya - Uang palsu senilai Rp2,9 miliar atau sebanyak 29.600 lembar pecahan Rp100 ribu gagal beredar di Tasikmalaya. Polisi Resor Tasikmalaya berhasil menangkap 4 orang tersangka pemilik uang palsu tersebut.

"Uang palsu itu ditemukan saat operasi penyekatan PSBB di Pos Cikunir, Kecamatan Singaparna," kata Kepala Kepolisian Resor Tasikmalaya AKBP Hendria Lesmana, dikutip Antara, Rabu (13/5/2020).

Kasus ini terungkap ketika sejumlah personel melakukan operasi pembatasan sosial berskala besar (PSBB) mencurigai kendaraan roda empat dari luar kota melintas pos pemeriksaan.

Petugas lantas memeriksa sopir, kemudian menemukan sejumlah uang yang dicurigai palsu di dalam mobil tersebut, lalu petugas melakukan pengembangan lebih lanjut.

"Setelah pengembangan, didapatkan empat tersangka berinisial MD, NF, MS, dan JU yang menyimpan uang palsu itu," katanya.

Hendria mengatakan, jajarannya berkoordinasi dengan Kantor Bank Indonesia Tasikmalaya guna memastikan lembaran kertas seratusan ribu rupiah itu merupakan uang palsu.

"Hasilnya puluhan ribu lembar uang pecahan Rp100 ribu itu dinyatakan palsu," kata Hendria.

Pengakuan para tersangka, kata dia, uang palsu yang baru dibuatnya itu akan disempurnakan melalui orang pintar atau paranormal di Tasikmalaya.

Tersangka, kata Kapolres, mengaku uang palsu itu belum disebarkan ke tengah masyarakat karena kondisinya masih belum sempurna.

"Meski begitu, pengakuannya akan terus didalami lebih lanjut. Kami masih mendalami mereka mendapatkan uangnya dari mana," katanya.

Akibat perbuatannya itu, lanjut dia, empat tersangka mendekam dalam tahanan Markas Polres Tasikmalaya untuk menjalani proses hukum lebih lanjut dan dijerat Pasal 36 Ayat (2) juncto Pasal 26 Ayat (2) Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang dengan ancaman hukuman penjara selama 10 tahun dan denda maksimal Rp10 miliar.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Iuran Naik, BPJS Kesehatan Diharapkan Surplus Rp 1,76 Triliun

Posted: 13 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dalam menjamin kesehatan masyarakat, Pemerintah melakukan langkah lanjutan untuk memperbaiki dan menjaga kesinambungan ekosistem program Jaminan Kesehatan (JKN) dan mengatasi defisit BPJS Kesehatan.

Staf Ahli Menkeu Bidang Pengeluaran Negara, Kemenkeu, Kunta Dasa dalam media briefing Anggaran Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Kamis (14/5/2020), membeberkan alasan perlunya penyesuaian iuran JKN.

"Iuran BPJS menjadi kesinambungan program JKN, memberikan pelayanan yang tepat waktu dan berkualitas, terjangkau bagi negara dan masyarakat," ujaranya secara virtual dalam video konverensi.

Kemudian, besaran iuran disesuaikan dengan perhitungan aktuaria dan kemampuan membayar, dengan besar iuran PBPU kelas 1 (K1) sebesar Rp 286.085, K2 sebesar Rp 184.617, dan K3 sebesar Rp 137.221.

"Sesuai ketentuan, besaran iuran perlu direvisi secara bekala, iuran JKN terakhir naik tahun 2016 (kelas 3 PBPU bahkan belum pernah disesuaikan sejak 2014)," paparnya Kunta.

Menurutnya, penyesuaian iuran JKN dimaksudkan agar program pemerintah tetap berkesinambungan, dan juga memberikan layanan yang tepat waktu dan berkualitas, termasuk juga supaya terjangkau bagi negara dan masyarakat.

"Untuk segmentasi peserta, untuk PBI pada saat Perpress 82/2018 iurannya Rp 23 ribu. Tapi kemarin untuk Perpress 75/2019, iurannya Rp 42 ribu, ini masih tetep sampai sekarang," kata dia.

Surplus Rp 1,76 Triliun

Petugas melayani peserta di Kantor BPJS Kesehatan, Jakarta, Selasa (10/3/2020). Mahkamah Agung (MA) membatalkan kenaikan iuran BPJS Kesehatan per 1 Januari 2020. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Petugas melayani peserta di Kantor BPJS Kesehatan, Jakarta, Selasa (10/3/2020). Mahkamah Agung (MA) membatalkan kenaikan iuran BPJS Kesehatan per 1 Januari 2020. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Kemudian untuk PPU PN, lanjut Kunta, pekerja penerima upah dalam negeri, pegawai negeri, iurannya adalah 5 persen dari gaji pokok dan tunjangan keluaraga.

Sementara 3 persen oleh pemberi pekerjaan (pemerintah) dan 2 persen dari pegawai. Sedangkan dalam Perpress 75/2019, besaran iuran adalah 5 persen dari Hake Home Pay (THP) dengan celling Rp 12 juta, pemberi kerjanya 4 persen, dan pekerjanya sendiri 1 persen.

"Untuk Badan Usaha (BU), sebenarnya waktu Perpress 82/2018 itu dibedakan dengan pegawai negeri, tapi utuk yang Perpres 75/2019 ini disamakan," ungkap dia.

"Yang penting disini mengenai PBPU," imbuhnya.

Dimana dalam Perpres 82/2018 telah dirincikan untk kelas 3 sebesar Rp 35 ribu, kelas 2 Rp 51 ribu, dan kelas 1 Rp 80 ribu.

Sedangkan pada Perpres 75/2019, untuk kelas 3 sebesar Rp 42 ribu, kelas 2 Rp 110 ribu, dan kelas 1 sebesar Rp 160 ribu.

"Dengan kondisi tadi, harapannya memang keuangan DJS 2020 itu bisa surplus net-nya sampai Rp 1,76 triliun karena kemarin ada carrry over dari 2019 sekitar Rp 15,5 triliun. Dan harapannya kita bisa meningkatkan kualitas layanan kesehatan, termasuk mereview INA CBGs," pungkasnya.

Sebelumnya, Sejalan dengan putusan Mahkamah Agung No. 7P/HUM/2020 dan telah diterbitkannya Perpres 64/2020 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan, Pemerintah melakukan langkah lanjutan untuk memperbaiki dan menjaga kesinambungan ekosistem program Jaminan Kesehatan (JKN).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Artis yang Rayakan Ulang Tahun Anak ‘Di Rumah Aja’, Sederhana Tapi Tetap Seru

Posted: 13 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pandemi Corona Covid-19 yang belum mereda membuat sejumlah selebriti ini merayakan ulang tahun sang buah hati di rumah saja. Perayaan ulang tahun sang buah hati di rumah saja tentunya hanya dihadiri oleh keluarga dan kerabat dekat. Walaupun begitu, kemeriahan perayaan ulang tahun beberapa anak selebriti ini tetap seru dan penuh warna. 

Perayaan ulang tahun anak selebriti ini tentunya dipersiapkan dengan maksimal. Para pasangan selebriti ini pun mendekor rumah mereka dengan tokoh-tokoh kartun kesukaan sang buah hati. Didukung dengan sejumlah properti yang unik dan menarik membuat suasana perayaan ulang tahun #dirumahaja pun tampak meriah.

Kesederhaan dan kebersamaan keluarga kecil selebriti tetap terpancar walaupun dirayakan secara sederhana. Ragam cara unik dilakukan beberapa pasangan selebriti ini untuk membuat sang buah hati merasa bahagia di hari ulang tahunnya. Ardi Bakrie dan Nia Ramadhani merupakan salah satu selebriti yang rayakan ulang tahun anak ketiganya #dirumahaja dengan cara yang unik yakni naik kuda.

Selain Nia Ramadhani, ada beberapa selebriti lainnya yang rayakan ulang tahun anak kesayangan dengan cara yang unik. Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang 5 artis yang rayakan ulang tahun anak 'Di Rumah Aja', Kamis (14/5/2020).

1. Donny Michael dan Aryani Fitriana

Artis yang Rayakan Ulang Tahun Anak 'Di Rumah Aja'. (Sumber: Instagram.com/ aryanifitriana24)
Artis yang Rayakan Ulang Tahun Anak 'Di Rumah Aja'. (Sumber: Instagram.com/ aryanifitriana24)

Pasangan yang menikah pada tahun 2016 ini merayakan ulang tahun sang buah hati Isco dan Aleia #dirumahaja pada bulan April lalu. Walaupun dirayakan secara sederhana, kebersamaan dan keluarga kecil ini semakin terpancar. Tingkah lucu Isco dan Aleia saat perayaan ulang tahunnya ini membuat warganet merasa gemas. Persiapan dan perayaan ulang tahun anak Donny dan Aryani ini pun diunggah di akun YouTube miliki #ryandomack.

2. Ardi Bakrie dan Nia Ramadhani

Artis yang Rayakan Ulang Tahun Anak 'Di Rumah Aja'. (Sumber: Instagram.com/ramadhaniabakrie)
Artis yang Rayakan Ulang Tahun Anak 'Di Rumah Aja'. (Sumber: Instagram.com/ramadhaniabakrie)

Pasangan yang sudah dikaruniai tiga buah hati ini merayakan ulang tahun anak ketiganya, Magika dengan naik kuda. Perayaan ulang tahun Magika yang ke-3 tahun pada 10 Mei 2020 lalu ini cukup unik karena Magika dapat berkeliling di halaman rumah dengan menunggangi kuda. Pasangan yang menikah pada tahun 2010 ini pun mengabadikan momen perayaan ulang tahun anak ketiganya di akun Instagram milik masing-masing.

3. Samuel Zylgwyn dan Franda

Artis yang Rayakan Ulang Tahun Anak 'Di Rumah Aja'. (Sumber: Instagram.com/frandaaa87)
Artis yang Rayakan Ulang Tahun Anak 'Di Rumah Aja'. (Sumber: Instagram.com/frandaaa87)

Ulang tahun anak semata wayang Samuel Zylgwyn dan Franda, Zylvechia juga dirayakan #dirumahaja. Zylvechia berulang tahun pada tanggal 29 April 2020. Tahun ini putri cantik pasangan yang menikah pada 2016 lalu ini genap berusia 2 tahun. Samuel dan Franda pun menyulap rumah mereka agar tampah meriah dan penuh warna.

4. Ananda Omesh dan Dian Ayu

Artis yang Rayakan Ulang Tahun Anak 'Di Rumah Aja'. (Sumber: Instagram.com/anandaomesh)
Artis yang Rayakan Ulang Tahun Anak 'Di Rumah Aja'. (Sumber: Instagram.com/anandaomesh)

Baru-baru ini anak kedua Ananda Omesh dan Dian Ayu yang bernama Btara Langit Anandayu merayakan ulang tahunnya yang ke-3 dengan menggunakan kostum spiderman. Pada tanggal 13 Mei 2020 lalu, Langit, panggilan untuk anak Omesh yang kedua genap berusia tiga tahun. Omesh dan Dian Ayu mempersiapkan perayaan untuk langit dengan tema yang unik. Sang kakak, Embun pun ikut mendekor rumah mereka dengan konsep Spiderman.

5. Randi Bachtiar dan Tasya Kamila

Artis yang Rayakan Ulang Tahun Anak 'Di Rumah Aja'. (Sumber: Instagram.com/tasyakamila)
Artis yang Rayakan Ulang Tahun Anak 'Di Rumah Aja'. (Sumber: Instagram.com/tasyakamila)

Pasangan Randi Bachtiar dan Tasya Kamila pada Rabu (13/5/2020) merayakan ulang tahun buah hati pertamanya Arrasya Bachtiar dengan perayaan sederhana namun tetap meriah. Pasangan yang menikah pada tahun 2018 lalu ini mendekor rumah mereka dengan tema Baby Shark, kesukaan Arrasya. Perayaan ulang tahun Arrasya yang ke-1 ini hanya dihadiri oleh orang dan terdekat dan keluarga. Tingkah lucu Arrasya saat meniup lilin dan diabadikan oleh Tasya pun membuat warganet merasa gemas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Elly Sugigi Pamer Cowok Baru, Pacar?

Posted: 13 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Komedian Elly Sugigi selalu menjadi perbincangan publik. Tak hanya karena kiprahnya di industri hiburan, kisah asmaranya pun tak luput dari sorotan warganet. 

Seperti ketika Elly Sugigi mengunggah potret terbarunya bersama pria yang diketahui bernama Kiki Kanoe. 

Para warganet lantas memberikan beragam komentarnya terhadap foto Elly Sugigi dan Kiki Tanoe ini. Berikut ulasan lengkapnya.

 

Unggah Foto dengan Cowok Baru

Elly Sugigi dan Kiki Kanoe (Sumber: Instagram/ellysugigi_real_)
Elly Sugigi dan Kiki Kanoe (Sumber: Instagram/ellysugigi_real_)

Melalui akun Instagram @ellysugigi_real_, Elly mengunggah potret bersama seorang pria yang diketahui adalah Kiki Kanoe. Dalam unggahan tersebut, Elly mengunggah tiga foto sekaligus. 

"Biarkan aku berfikir sejenak ..untuk semua ini...@kanoe_94

Dan buat bunda @raficinoun jadilah penengah yang baik dan serius," tulis @ellysugigi_real_.

.

Saling Bertatapan

Elly Sugigi pamer pacar baru
Elly Sugigi pamer pacar baru

Di foto selanjutnya, keduanya berpose saling bertatapan. Elly tersenyum menatap Kiki, begitu pun sebaliknya. 

Potret keduanya kemudian membuat para netizen berkomentar. Banyak yang mengatakan bahwa Kiki terlihat tampan dan keren.

 

Tampak Bahagia

Elly tampaknya sedang berbahagia. Dalam unggahannya tersebut, ia terlihat begitu sumringah.  

Kiki Kanoe diketahui dulunya adalah seorang grup vokal D Rayu. Selain itu, Kiki juga merupakan seorang pebisnis.  

Kiki terlihat mengenakan pakaian serba hitam. Ia berpose bersama Elly di depan kamera.

 

Mati Satu Tumbuh Seribu

Melihat unggahan Elly, para netizen turut memberikan komentarnya. Ada pula netizen yang mengatakan 'mati satu tumbuh seribu'. 

"Gugur satu tumbuh seribu ya mpok," tulis @sity_oktaviriyani.

"Wadaw mati satu tumbuh dua ribu kalo sama mpok mah @ellusugigi_real_," tulis @aleeyaalamri.

 

Reaksi Warganet 

Netizen lain yang melihat unggahan Elly juga memberikan respons dengan menuliskan komentar. Seperti komentar-komentar berikut ini. 

"Habis galau,sumringah lagi," tulis @st_munix.

"Ganteng tuch yg samping mpo," tulis @shandyreborn.

"Cocok ama kiki kok mpok," tulis @yaniaira6005.

 

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ramadan 2020 Beri Pengalaman Puasa Berbeda bagi Pesepakbola Muslim Dunia

Posted: 13 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ramadan tahun ini memberi pengalaman dan kesempatan unik bagi para pesebakbola Muslim di dunia. Menurun hingga terhentinya segala aktivitas di dunia sepakbola karena pandemi Corona telah memberi kesempatan bagi mereka untuk lebih banyak meningkatkan aktivitas religi dan membantu sesama.

Biasanya, ketika Ramadan tiba, pertanyaan yang ditujukan pada para atlet adalah mengenai apakah puasa memengaruhi performa atau kebugaran fisik mereka. Namun, kini pertanyaan tersebut tak lagi dilontarkan.

Pandemi COVID-19 yang mengiringi Ramadan tahun ini memungkinkan para pesepakbola menghabiskan lebih banyak waktu di rumah bersama keluarga dan beribadah.

"Ini adalah hal baik bagi para pemain bola Muslim. Dalam bulan-bulan Ramadan sebelumnya, saya biasa puasa dalam masa training dan pertandingan. Karena bagi saya, juga bagi para Muslim lainnya, Ramadan adalah bulan suci," ujar pemain asal Algeria Islam Slimani, melansir laman FIFA.com.

Slimani yang bermain untuk klub Monaco Liga 1 ketika dipinjamkan dari Leicester City dan juga pernah bermain di Portugal dan Turki menambahkan, "Beberapa pemain tak bisa puasa ketika ada pertandingan di Ramadan. Tahun ini, mereka tidak perlu menghadapi dilema tersebut."

 

 

Rasakan Semangat Ramadan

Sementara itu Youssef Mohamad, mantan pesepakbola internasional asal Lebanon dan mantan kapten di Koln, Jerman mengatakan para pemain Muslim memiliki kesempatan besar tahun ini untuk merasakan semangat Ramadan yang lebih suci tanpa ada tekanan dari pertandingan atau pun latihan.

"Aktvitas sepakbola dihentikan saat ini adalah kabar baik bagi para pemain Muslim," ujarnya.

"Mereka bisa berpuasa di bulan suci tanpa harus kelelahan karena latihan dan pertandingan. Tahun ini, mereka bisa merasakan atmosfer spesial yang datang bersama Ramadan."

Lalu mantan bek yang dikenal dengan sebutan "Dodo" itu menceritakan pengalaman menghadapi tantangan terkait puasa beberapa waktu lalu.

"Pada masaku bermain di Eropa, sulit untuk absen karena waktu puasa ketika itu sangat panjang. Pada mulanya, sulit bagiku berpuasa di bawah tekanan banyak pertandingan, tapi beberapa tahun kemudian, berkat dietisian di Koln, kondisinya jadi sedikit membaik."

Beramal

Beberapa pesepabola Muslim menyatakan pandemi COVID-19 mendatangkan sisi positif bagi mereka.

"Karantina karena virus corona sangat buruk tapi memiliki elemen bagus bagi pemain Muslim," ujar pemain garda belakang-kiri Prancis Wilfried Moimbe.

"Dalam beberapa tahun terakhir, Ramadan datang pada masa yang sulit, yakni ketika persiapan musim baru, saat itu waktu berlatih sangat panjang dan sulit dengan dua atau tiga sesi sehari. Bukanlah waktu yang mudah untuk berpuasa ketika itu, karena kami perlu minum air untuk mendapatkan energi."

Moimbe melanjutkan, "Puasa di rumah tahun ini telah memberiku kesempatan untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama istri dan anak-anak serta membantu orang di bulan suci. Sesuatu yang tak bisa kami lakukan di masa lalu."

Federasi Sepakbola Bangladesh menggunakan masa penangguhan aktivitas sepakbola selama Ramadan tahun ini untuk membantu orang-orang yang terdampak pandemi COVID-19 di negara tersebut. Saat ini Federasi menyiapkan parsel makanan berbuka puasa dan membagikannya setiap hari pada lebih dari 300 orang di luar kantor pusat mereka di Dhaka.

"BFF mengemas kotak-kotak buka puasa setiap hari dan mendistribusikannya pada kaum duafa, tertama anak-anak yatim piatu, buruh, serta orang-orang yang membutuhkan," jelas BFF Media and Communication Manager Ahsan Ahmed Amit.

Ia juga mengatakan, dengan bimbingan Presiden BFF Kazi Salahuddin serta ketua sepakbola wanita Mahfuza Akter Kiron, pihaknya menyusun rencana untuk membantu orang di bulan puasa hingga masa akhir karantina.

"Sejumlah mantan pemain dan pemain nasional yang masih aktif, juga klub-klub, juga membantu mereka yang membutuhkan dan menyediakan asisten masakan sebagai langkah yang menunjukkan betapa besar peran sepakbola di masyarakat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Cara Unik Polisi Bali Sosialisasikan Pencegahan COVID-19

Posted: 13 May 2020 09:00 PM PDT

Polisi mengenakan topeng menyeramkan yang disebut
Polisi mengenakan topeng menyeramkan yang disebut

Polisi mengenakan topeng menyeramkan yang disebut

Polisi mengenakan topeng menyeramkan yang disebut
Polisi mengenakan topeng menyeramkan yang disebut

Polisi mengenakan topeng menyeramkan yang disebut

Polisi mengenakan topeng menyeramkan yang disebut
Polisi mengenakan topeng menyeramkan yang disebut

Polisi mengenakan topeng menyeramkan yang disebut

Polisi mengenakan topeng menyeramkan yang disebut
Polisi mengenakan topeng menyeramkan yang disebut

Polisi mengenakan topeng menyeramkan yang disebut

Polisi mengenakan topeng menyeramkan yang disebut
Polisi mengenakan topeng menyeramkan yang disebut

Polisi mengenakan topeng menyeramkan yang disebut

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

First Media Siap Dukung Produktivitas Pelanggan di Rumah

Posted: 13 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - First Media terus berupaya memaksimalkan layanan dengan sejumlah program untuk mendukung aktivitas dan produktivitas para pelanggan di rumah selama pandemi Covid-19.

Salah satunya adalah menghadirkan program First Squad Home Service. Program ini hadir menjawab kebutuhan pelanggan maupun calon pelanggan secara menyeluruh mulai dari kesehatan hingga konten informasi dan hiburan.

Lewat program yang berlangsung sejak 1 April 2020 ini, First Media akan mendatangkan tim First Squad secara langsung ke hunian pelanggan dan calon pelanggan di wilayah operasinya.

Nantinya, tim ini akan memberikan penyemprotan desinfektan, pembagian masker, dan akses gratis ke aplikasi YesDok untuk melakukan tes mandiri Covid-19.

 

Cakupan wilayah

Ilustrasi - fiber optic (ist.)
Ilustrasi - fiber optic (ist.)

Tidak hanya itu, program ini juga memberikan akses gratis ke layanan TV Anywhere, FirstMediaX (FMX), hingga dukungan teknis untuk masalah pelanggan.

"First Squad Home Service adalah bagian dari kampanye Healthy First dan Safety First untuk mendukung keluarga agar tetap di rumah dengan memberikan kemudahan bagi pelanggan dan calon pelanggan," tutur Deputy CMO PT Link Net Santiwati Basuki dalam keterangan resmi.

Menurut Santiwati, program ini akan hadir di wilayah First Media beroperasi, seperti Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Bali, Yogyakarta, Batam, dan Medan. Para pelanggan nantinya dapat menghubungi nomor WhatsApp yang tersedia di masing-masing area untuk ikut dalam program ini.

"Dalam menjalankan program ini, tim First Squad dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD) sebagai perlindungan saat bekerja di lapangan, sekaligus untuk keamanan pelanggan dan calon pelanggan," tuturnya lebih lanjut.

 

Promo

Santiawati menuturkan, semua layanan First Squad Home Service baik untuk perumahan maupun apartemen akan menyesuaikan dengan ketentuan dan kebutuhan dari masing-masing wilayah.

"Contohnya, seperti yang telah dilakukan di wilayah Sidoarjo, First Squad Home Service menyediakan bilik sterilisasi untuk mobil dan sepeda motor di pintu-pintu masuk perumahan," ujar Santiwati.

First Media juga menghadirkan promo diskon mulai dari 25 persen untuk pelanggan baru First Media dengan sejumlah benefit tambahan. Selain itu, First Media akan mengalokasikan dana Rp 10.000 dari para pelanggan baru Mei 2020 untuk kebutuhan alat pelindung diri bagi tenaga medis.

(Dam/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Merasa Orang Indonesia, Pascal Struijk Lebih Pilih Perkuat Timnas Belanda

Posted: 13 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, London - Pascal Struijk merupakan pemain muda berdarah Indonesia yang bermain di Leeds United. Pria kelahiran 20 tahun tersebut lahir di Deurne, Belgia dan merupakan pemain jebolan akademi Ajax Amsterdam.

Kendati lahir di Belgia, Struijk belum pernah bermain untuk tim nasional yang berjulukan Setan Merah itu. Dia malah pernah memperkuat Timnas Belanda U-17 dalam dua pertandingan.

Selain Belgia dan Belanda, Struijk rupanya juga punya darah Indonesia. Pasalnya, kakek dan neneknya meninggalkan Tanah Air dan pergi ke Belanda masa penjajahan.

"Orang Indonesia tampaknya sadar kalau saya memiliki darah Indonesia. Saya bingung mereka tahu dari mana," katanya, dikutip dari Sportmagazine.

"Saya harus akui, terkadang saya merasa orang Indonesia, tapi terkadang tidak. Namun, di luar keluarga saya, saya tidak punya hubungan dengan orang lain di Indonesia," ucap Struijk melanjutkan.

Lebih Pilih Belanda

Meski merasa orang Indonesia, Struijk tidak berniat untuk memperkuat Skuat Garuda. Dia lebih tertarik bermain untuk tim senior Belgia atau Belanda.

"Saya senang jika bisa menerima telepon dari Roberto Martinez (pelatih Timnas Belgia). Namun, saya lebih senang bermain untuk Belanda," ujarnya.

"Sampai U-17, saya secara teratur dipanggil skuat Belanda. Namun itu terhenti setelah saya di bangku cadangan Ajax Amsterdam. Jika mereka (Belanda) tidak senang, saya bisa mencoba Belgia bila diberi kesempatan," kata Struijk.

 

Profil Struijk

Pascal Struijk memulai kariernya sebagai pesepak bola profesional di ADO Den Hagg U-17 pada 2015. Setahun kemudian, ia dilirik oleh akademi Ajax Amsterdam, dan bermain untuk Ajax U-19 mulai musim 2016-2017.

Kariernya melesat cepat setelah musim berikutnya pemain kelahiran Belgia itu diminati oleh Leeds United untuk bermain di Liga Inggris.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Menteri Agama Minta Umat Muslim Salat Idul Fitri di Rumah

Posted: 13 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pandemi Covid-19 hingga kini masih menyelimuti Indonesia. Sejumlah provinsi bahkan dilabel status zona merah karena penyebaran virus asal Wuhan itu tergolong cepat.

Terkait kondisi itu, Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi menyarankan agar umat Islam melaksanakan salat Idulfitri 1 Syawal 1441 Hijriah di rumah masing-masing.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keajaiban di Perang Badar, Mukjizat Rasulullah hingga Pedang Ukasyah

Posted: 13 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Perang Badar termasuk perang besar yang terjadi di bulan Ramadan. Berbagai keajaiban terjadi di perang Badar. Ukasyah bin Muhshin bin Hartsan al Asadi, sekutu Bani Abdu Syam bin Abdu Manaf, bertempur pada perang Badar hingga pedang yang digenggamnya patah. Rasulullah SAW menghampirinya dan mengganti pedangnya yang patah dengan sepotong ranting kayu. Namun, setelah Rasulullah menggerakkan ranting kayu itu tiba-tiba benda itu berubah menjadi sebilang pedang panjang, kuat, dan putih berkilau.

Ukasyah pun bertempur dengan mukjizat pedang pemberian Rasulullah, hingga kaum muslim memperoleh kemenangan. Dikutip dari buku The Great Story of Muhammad, pedang tersebut diberi nama al Aun yang terus mendampingi Ukasyah dalam setiap peperangan bersama Rasulullah hingga dia gugur di medan pertempuran memerangi kaum murtad.

Peristiwa mukjizat lainnya adalah para malaikat ikut trejun ke medan pertempuran. Bala tentara malaikat turun dari langit dengan mengenakan tanda di kepala. Panglima para malaikat kala itu ialah Jibril, sedangkan panglima tentara perang muslim Nabi Muhammad.

Abbas menuturkan, "Pada hari berkecamuknya perang Badar, aku mendengar malaikat yang mengenakan serban berwarna putih berseru 'Majulah Haizum!' (Ibnu al Atsir menerangkan dalam an Nihayah bahwa Haizum adalah nama kuda malaikat Jibril).

Seorang tentara kafir mengatakan, "Demi Tuhan, yang memukul kami bukanlah manusia. Kami merasa ada yang memukul, tetapi kami tidak tahu dari mana datangnya. Yang kami tahu, tibda-tiba ada kepala terpenggal dan terpisah dari badannya".

Allah SWT berfirman, "Maka penggallah kepala mereka dan pancunglah tiap-tiap ujung jari mereka". (QS al Anfal [8]: 12).

Keikutsertaan para malaikat dengan memakai serban putih itu merupakan dukungan Allah terhadap kaum muslim. Rasulullah bersama para pasukannya yang terdiri dari para sahabat dan malaikat telah menewaskan 70 tentara kafir.

Jasad-jasad musuh yang tewas dimasukkan ke dalam sumur mati dan tidak berair. Riwayat Abu Thalhah mengatakan, begitu perang Badar selesai Rasulullah memerintahkan para sahabatnya untuk melemparkan 24 jasad pemuka kaum kafir ke dalam sumur tua yang kotor di Badar. Setiap kali Rasulullah menang perang atas suatu kaum, beliau akan tinggal selama tiga malam di tempat itu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Banyak Pasien Covid-19 Sembuh, Jokowi: Jangan Berhenti Berikhtiar dan Optimistis

Posted: 13 May 2020 08:58 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersyukur kala para pasien yang terjangkit Corona Covid-19 semakin banyak yang diberi kesembuhan. Karenanya, dia meminta kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk tetap optimis untuk bisa bangkit dari pandemi ini.

"Banyak yang telah diberikan kesembuhan dalam menghadapi kesulitan ini. Kita tidak boleh pesimis tidak boleh putus asa. Kita semuanya wajib berikhtiar dan berusaha sekuat tenaga," kata Jokowi saat mengikuti kegiatan doa Kebangsaan dan Kemanusiaan, Kamis (14/5/2020).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga tak hentinya meminta kepada setiap lapisan masyarakat untuk terus melindungi satu dan lainnya. Sebab sebagai saudara sebangsa dan senegara, adalah wajib hukumnya untuk saling bahu membahu dalam melawan Covid-19.

"Lindungi diri kita lindungi keluarga kita lindungi saudara-saudara kita, lindungi bangsa kita, lindungi negara kita dari penularan virus Corona ini sehingga semuanya bisa terjaga keselamatannya," jelas Jokowi.

 

Rajin Cuci Tangan dan Pakai Masker

Terakhir, demi tetap menjaga kondisi kesehatan tubuh, Jokowi tak lupa menyampaikan kampanye hidup bersih dengan rajin mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak aman, dan tetap melakukan seluruh aktivitiasnya dari rumah.

"Selain tingkatkan imunitas, disiplin untuk cuci tangan memakai sabun disiplin untuk menjaga jarak yang aman disiplin untuk memakai masker disiplin untuk disiplin bekerja di rumah disiplin sekolah di rumah dan disiplin beribadah di rumah," Jokowi menandasi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pakar Kerajaan Inggris Ungkap Persamaan Putri Diana dan Meghan Markle

Posted: 13 May 2020 08:56 PM PDT

Liputan6.com, London - Seorang pakar kerajaan mengatakan ada satu kesamaan besar antara Putri Diana dan Meghan Markle.

Ini bukan pertama kalinya penggemar kerajaan mengatakan ada kemiripan tertentu antara Putri Diana dan Meghan Markle.

Kedua wanita yang dikenal karena aksi amal dan kisah cintanya dengan keluarga kerajaan Inggris tersebut sangat menarik perhatian banyak orang.

Dikutip dari laman Her, Kamis (14/5/2020), kesamaan keduanya disebut pakar kerajaan merujuk pada kedua wanita tersebut yang mengalami masa sulit dalam menghadapi kehidupan kerajaan.

Perbandingan dan persamaan ini dibuat oleh Sarah Bradford, penulis buku tentang Putri Diana.

Seperti yang ditunjukkan oleh The Express, kutipan dari bukunya berbunyi:

"Di Balmoral seperti di Istana Buckingham, Diana merasa sulit beradaptasi dengan kehidupan di Keluarga Kerajaan."

"Dia merasa terkurung dan terisolasi, tidak mampu menjangkau serta melampaui penghalang yang memisahkannya dari seluruh dunia".

Sejak Meghan Markle pertama kali dikabarkan berpacaran dengan Pangeran Harry, orang-orang telah menyarankan agar tidak melanjutkan perjuangan cintanya karena kehidupan berbeda di istana.

Sebelumnya, ada laporan bahwa Meghan mempertanyakan beberapa aturan bagi kehidupannya di kerajaan dengan protokol sangat ketat.

Ada juga desas-desus yang mengatakan bahwa beberapa anggota staf di Istana Kensington merasa sulit untuk bekerja dengan Meghan, bahkan memberinya julukan 'Duchess Difficult'.

Namun, ini semua spekulasi dan penting untuk diingat bahwa rumor kerajaan kadang-kadang tidak terkendali.

Ketidakcocokan Putri Diana dan Ratu Elizabeth

Ratu Elizabeth II (Leon Neal / POOL / AFP)
Ratu Elizabeth II (Leon Neal / POOL / AFP)

Semasa hidup, Putri Diana kerap mendatangi sekolah, rumah sakit, dan juga melakukan kunjungan ke sejumlah negara di dunia.

Meski berasal dari keluarga kerajaan dan lahir dari kalangan ningrat, Putri Diana terlihat alami dan melebur dengan orang kebanyakan, bahkan dengan mereka yang terpinggirkan.

Pada tahun November 1989 silam, ibu dari Pangeran William dan Harry ini pernah melakukan kunjungan ke Indonesia. Namun, saat berada di Tanah Air melakukan tindakan yang 'terlarang'.

Saat itu ia mengunjungi Rumah Sakit Sitanala di Banten, Indonesia. Putri Diana berkesempatan melihat pasien kusta -- hal yang ditakutkan orang banyak.

Tak menghiraukan imbauan dari para pejabat dan awak media, Princess of Wales nekat duduk di tempat tidur penderita kusta dan berjabatan tangan dengan mereka.

Diana bahkan tak ragu menyentuh perban yang membungkus luka para pasien. Tindakannya ini sontak menuai pujian. Sebab, Diana membantu menepis mitos dan kabar bohong yang terlanjur menyebar soal penyakit kusta.

Banyak orang beranggapan bahwa kusta adalah penyakit kutukan. Oleh karena itu banyak pasien yang dijauhkan dan bahkan dikucilkan. Dikabarkan, Ratu Elizabeth tidak setuju dan murka atas tindakan Putri Diana ini.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tinggalkan Atletico Madrid untuk ke Arsenal, Thomas Partey Akan Sia-siakan Kariernya

Posted: 13 May 2020 08:55 PM PDT

Madrid - Gelandang Atletico Madrid, Thomas Partey, kembali diimbau agar tidak bergabung dengan Arsenal. Menurut rekan setimnya di Timnas Ghana, Kasim Nuhu, The Gunners bukan klub yang cocok untuk upgrade skill.

Thomas Partey diisukan hengkang menuju Manchester United, Arsenal, dan Chelsea. Juventus dan Inter Milan juga tertarik meminang gelandang berusia 26 tahun tersebut.

Partey bergabung dengan Atletico Madrid pada 2011. Ia memulai langkahnya di Los Rojiblancos dari akademi klub. Beberapa kali pemain asal Ghana itu dipinjamkan, termasuk ke Real Mallorca dan Almeria.

Kini, Partey dianggap sudah matang dan berkembang sedemikian rupa di Atletico. Oleh karena itu, Nuhu menilai pindah ke Arsenal adalah hal yang sia-sia.

"Atletico Madrid adalah klub yang bagus, dan Partey bermain untuk salah satu klub terbaik dunia," kata Nuhu, yang dikenal sebagai sahabat Partey.

"Arsenal juga bagus. Makanya, bermain di Atletico dan Arsenal ya sama saja, tidak ada upgrade kalau begitu," sambungnya lagi.

Dikhawatirkan Hancur Lembur

Thomas Partey (kiri) saat ini diminati Arsenal (JAVIER SORIANO / AFP)
Thomas Partey (kiri) saat ini diminati Arsenal (JAVIER SORIANO / AFP)

Mantan penyerang Aston Villa, Nii Lamptey, mengimbau Thomas Partey agar tidak hijrah ke Inggris. Dikhawatirkan, karier pemain Atletico Madrid itu bisa hancur lebur.

Lamptey meminta Partey untuk bijaksana dalam melakukan keputusan. Terlebih jika memutuskan untuk pindah ke Premier League.

"Saya tahu Thomas Partey diincar banyak klub. Ini penting demi langkah kariernya di sepak bola. Saran saya, lebih baik bertahan di Spanyol saja ketimbang pindah ke Italia, apalagi Inggris," kata Lamptey yang kariernya bersama Aston Villa berantakan.

"Cara bermainnya lebih cocok di Spanyol. Pindah ke liga lain sama saja bunuh diri," katanya lagi.

Sumber: Evening Standard

Disadur dari Bola.com (Gregah Nurikhsani/Gregah Nurikhsani, published 13/5/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketersediaan Bahan Pokok di Sumut Jelang Idul Fitri Dipastikan Cukup

Posted: 13 May 2020 08:51 PM PDT

Liputan6.com, Medan Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah, ketersediaan bahan pokok di Sumatera Utara (Sumut) dipastikan cukup. Meski ada kenaikan, harga sejumlah bahan pokok relatif terkendali. Masyarakat Sumut diminta tidak khawatir.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumut, Zonny Waldi mengatakan, beras saat ini tersedia 609.384 ton dengan kebutuhan per bulan rata-rata 159.809 ton, daging sapi 1.350 ton dengan kebutuhan rata-rata per bulan 1.128 ton.

"Daging sapi mengalami kenaikan dari harga rata-rata Rp 110.000 menjadi Rp 111.000," kata Zonny, Kamis (14/5/2020).

Untuk ayam ras saat ini tersedia 12.164 ton dengan kebutuhan rata-rata 6.982 ton per bulan. Sedangkan beras surplus, cukup untuk tiga hingga empat bulan ke depan. Begitu juga dengan daging sapi serta ayam ras.

"Untuk daging sapi ada kenaikan Rp 1.000 dari harga rata-ratanya di banding sebelum Ramadan," ujarnya.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut memberikan perhatian khusus untuk gula dan bawang merah. Kedua komoditas ini mengalami lonjakan harga yang signifikan dalam beberapa bulan terakhir. Kenaikan harga gula dari Rp 12.500/Kilogram menjadi Rp 19.000/Kilogram.

Pemprov Sumut dengan penugasan PT Medan Sugar Indonesia akan mengelola gula rafinasi menjadi gula konsumsi 15.000 ton/bulan untuk membantu kebutuhan gula di Aceh, Sumut, dan Bangka Belitung. Ditambah produksi gula dari PTPN II yang mampu memproduksi 5.000 ton/bulan.

"Operasi pasar juga kita lakukan, sehingga terjadi penurunan harga gula yang cukup signifikan," sebut Zonny.

 

Bawang Merah

Pedagang memilah bawang merah di pasar induk Kramat Jati, Jakarta, Jumat (26/4/2019). Kementerian Perdagangan siap menjaga harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok menjelang Puasa dan Lebaran 2019. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Pedagang memilah bawang merah di pasar induk Kramat Jati, Jakarta, Jumat (26/4/2019). Kementerian Perdagangan siap menjaga harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok menjelang Puasa dan Lebaran 2019. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Bawang merah lebih drastis kenaikan harganya. Dari Rp 30.000/Kilogram menjadi Rp 60.000/Kilogram. Ini terjadi karena terbatasnya stok di pasaran. Sumut hanya mampu memenuhi 40 persen kebutuhan, saat ini distribusi barang antar provinsi di Indonesia mengalami kendala.

Pemprov Sumut memutuskan akan membeli bawang merah dari Brebes, Jawa Tengah, agar kebutuhan terpenuhi dan harga bisa ditekan ke level Rp 40.000/Kilogram. Ini terjadi di seluruh Indonesia, kecuali Jawa Tengah.

Tidak semua bahan pokok mengalami kenaikan harga jelang Idul Fitri, salah satunya yang mengalami penurunan harga signifikan adalah cabai merah. Pada bulan April harga rata-rata cabai merah Rp 24.900, saat ini menjadi Rp 19.600.

"Dikarenakan stok cabai yang melimpah di Sumut, yakni mencapai 55.613 ton dengan kebutuhan 4.371 ton per bulan," ungkap Zonny.

Sebagai upaya mendongkrak harga cabai petani, Pemprov Sumut memutuskan akan menawarkan cabai ke provinsi lain. Bahan pokok lainnya seperti telur, garam, minyak goreng, jagung, tepung terigu, bawang putih dipastikan tetap stabil.

"Untuk pahan pokok lainnya stabil, baik harga dan juga ketersedian," Zonny menandaskan.

Saksikan juga video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Utang Klaim BPJS Kesehatan ke Rumah Sakit Tembus Rp 4,4 Triliun

Posted: 13 May 2020 08:51 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan tercatat memiliki utang klaim yang jatuh tempo ke Rumah Sakit sekitar Rp 4,4 triliun. Utang ini tercatat merupakan data sampai dengan 13 Mei 2020.
 
Hal tersebut diungkapkan Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Pengeluaran Negara, Kemenkeu, Kunta Dasa dalam media briefing Anggaran Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Kamis (14/5/2020).
 
"Kondisi BPJS ini perlu ada perbaikan dan perlu ada upaya-upaya untuk megurangi defisit BPJS," jelas dia.
 
Lebih lanjut, Kunta memaparkan rincian klaim BPJS, diantaranya untuk outstanding klaim mencapai Rp 6,212 miliar, merupakan klaim yang masih dalam proses verifikasi.
 
Klaim yang belum jatuh tempo sebesar Rp 1,031 miliar, sudah jatuh tempo Rp 4,443 miliar, dan klaim yang sudah dibayar sejak 2018 senilai total Rp 192,539 miliar.
 
"Dampak putusan MA dengan dibatalkannya pasal 24, kondisi keuangan DJS kesehatan tahun 2020 diperkirakan akan mengalami defisit sebesar Rp 6,9 triliun, termasuk menampung carry over defisit tahun 2019 sekitar Rp 15,5 triliun," papar dia.
 
Mulai 2021, lanjut Kunta, BPJS Kesehatan akan mengalami defisit yang semakin melebar, sehingga perlu langkah signifikan untuk menjaga kesinambungan program.
 
 
 
 
 

Iuran Naik, BPJS Kesehatan Masih Butuh Subsidi Pemerintah

Suasana pelayanan BPJS Kesehatan di Jakarta, Rabu (28/8/2019). Sedangkan, peserta kelas mandiri III dinaikkan dari iuran awal sebesar Rp 25.500 menjadi Rp 42.000 per bulan. Hal itu dilakukan agar BPJS Kesehatan tidak mengalami defisit hingga 2021. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Suasana pelayanan BPJS Kesehatan di Jakarta, Rabu (28/8/2019). Sedangkan, peserta kelas mandiri III dinaikkan dari iuran awal sebesar Rp 25.500 menjadi Rp 42.000 per bulan. Hal itu dilakukan agar BPJS Kesehatan tidak mengalami defisit hingga 2021. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan masih membutuhkan subsidi dari pemerintah untuk keberlanjutan operasionalnya, meskipun pada Juli 2020 mulai menyesuaikan iuran pesertanya.

"Terhadap keseluruhan operasionalisasi BPJS, dirasakan diperlukan subsidi pemerintah," kata Airlangga, dikutip dari Antara, Rabu (13/5/2020). 

Dia mengatakan iuran BPJS Kesehatan, sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 64 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua atas Perpres Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan, memang terjadi penyesuaian.

Dalam Perpres tersebut disebutkan iuran BPJS Kesehatan untuk peserta pekerja bukan penerima upah (PBPU) dan bukan pekerja (BP) dengan manfaat perawatan kelas I dan II akan naik pada 1 Juli 2020. Sedangkan untuk peserta dengan manfaat perawatan kelas III akan naik pada Januari 2021.

Subsidi dari pemerintah itu diberikan kepada peserta dengan manfaat perawatan kelas III.

Adapun secara keseluruhan, kenaikan iuran ini ditujukan untuk memastikan keberlanjutan dari operasional BPJS Kesehatan.

"Tentunya ini adalah untuk menjaga keberlanjutan dari BPJS Kesehatan. Untuk itu, ada iuran yg disubsidi pemerintah, nah ini tetap yang diberikan subsidi. Nah yg lain tentu diharapkan jadi iuran yang bisa menjalankan keberlanjutan daripada operasi BPJS Kesehatan," ujar dia.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Momen Ulang Tahun Pertama Anak Tasya Kamila, Penuh Rasa Bahagia

Posted: 13 May 2020 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kebahagiaan tengah dirasakan Tasya Kamila dan suami tercinta, Randi Bachtiar. Anak semata wayangnya yang diberi nama Arrasya Wardhana Bachtiar ini baru saja merayakan ulang tahun pertama pada Rabu (13/5/2020). Di momen pertambahan usia sang anak, Tasya tentunya ingin yang terbaik untuk Arrasya.

Tasya Kamila menggelar pesta ulang tahun buah hatinya dengan tema Baby Shark. Meski terbilang cukup sederhana, perayaan ulang tahun Arrasya tampak meriah dan penuh rasa haru. Di salah satu momen, Tasya terlihat menangis menyampaikan doa terbaik untuk anaknya.

Tidak bisa menahan haru, aktris 27 tahun ini tak menyangka putranya sudah beranjak satu tahun. Di momen manis ini, Tasya dan sang suami juga hanya mengundang keluarga dan kerabat dekat. Tak hanya itu, momen acara ulang tahun pertama Arrasya ini juga digelar virtual dan disaksikan banyak orang secara online.

Berikut momen ulang tahun pertama Arrasya Wardhana Bachtiar anak Tasya Kamila dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (14/5/2020).

1. Tasya dan Randi begitu antusias merayakan ulang tahun pertama putranya.

7 Momen Ulang Tahun Pertama Anak Tasya Kamila, Penuh Rasa Bahagia (Sumber: Instagram/@tasyakamila)
7 Momen Ulang Tahun Pertama Anak Tasya Kamila, Penuh Rasa Bahagia (Sumber: Instagram/@tasyakamila)

2. Keduanya juga mendekor sesuai kesukaan Arrasya, yakni tema Baby Shark.

7 Momen Ulang Tahun Pertama Anak Tasya Kamila, Penuh Rasa Bahagia (Sumber: YouTube/Tasya Kamila)
7 Momen Ulang Tahun Pertama Anak Tasya Kamila, Penuh Rasa Bahagia (Sumber: YouTube/Tasya Kamila)

3. Tasya Kamila tak lupa mengabadikan momen ulang tahun sang anak dengan berfoto.

7 Momen Ulang Tahun Pertama Anak Tasya Kamila, Penuh Rasa Bahagia (Sumber: Instagram/@tasyakamila)
7 Momen Ulang Tahun Pertama Anak Tasya Kamila, Penuh Rasa Bahagia (Sumber: Instagram/@tasyakamila)

4. Arrasya bersama kedua orangtuanya terlihat kompak meniup lilin.

7 Momen Ulang Tahun Pertama Anak Tasya Kamila, Penuh Rasa Bahagia (Sumber: Instagram/@dwinakarnia)
7 Momen Ulang Tahun Pertama Anak Tasya Kamila, Penuh Rasa Bahagia (Sumber: Instagram/@dwinakarnia)

5. Kue ulang tahun Arrasya yang dipesan khusus Tasya dengan tema Baby Shark.

7 Momen Ulang Tahun Pertama Anak Tasya Kamila, Penuh Rasa Bahagia (Sumber: Instagram/@tasyakamila)
7 Momen Ulang Tahun Pertama Anak Tasya Kamila, Penuh Rasa Bahagia (Sumber: Instagram/@tasyakamila)

6. Ada momen mengharukan ketika Tasya akan menyampaikan doa terbaik untuk anaknya.

7 Momen Ulang Tahun Pertama Anak Tasya Kamila, Penuh Rasa Bahagia (Sumber: YouTube/Tasya Kamila)
7 Momen Ulang Tahun Pertama Anak Tasya Kamila, Penuh Rasa Bahagia (Sumber: YouTube/Tasya Kamila)

7. Di ulang tahun pertamanya ini, Arrasya mendapat banyak kado.

7 Momen Ulang Tahun Pertama Anak Tasya Kamila, Penuh Rasa Bahagia (Sumber: YouTube/Tasya Kamila)
7 Momen Ulang Tahun Pertama Anak Tasya Kamila, Penuh Rasa Bahagia (Sumber: YouTube/Tasya Kamila)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BNPB: Warga Korban Banjir Bandang di Aceh Tengah Ditampung di Pengungsian

Posted: 13 May 2020 08:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Banjir bandang menerjang Kecamatan Kebayakan, Kabupaten Aceh Tengah, pada Rabu 13 Mei 2020. Banjir dipicu intensitas hujan yang tinggi. 

Hingga kini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banda Aceh terus melakukan upaya penanganan darurat pascabanjir bandang yang menerjang dua desa di Kabupaten Aceh Tengah.

"BPBD memastikan keselamatan warga dan pelayanan dasar bagi mereka yang mengungsi," tulis Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati dalam siaran pers diterima, Kamis (14/5/2020).

Radityo mengatakan, BPBD Kabupaten Aceh Tengah telah mendirikan pos komando untuk menangani situasi darurat pascabencana. Para pengungsi ditampung di tempat pengungsian yang berlokasi di SD Negeri 3 Kebayakan.

"Pemerintah daerah melalui Dinas Sosial Aceh Tengah menyiapkan dapur umum untuk memenuhi asupan gizi para penyintas," jelas Raditya.

Hingga Rabu, 13 Mei kemarin, pukul 23.39 WIB, pemda setempat mengatkan telah menyalurkan bantuan kepada warga serta mengerahkan alat berat. Alat berat tersebut akan segera melakukan pembersihan material banjir bandang.

Selain itu, pemerintah daerah yang dimotori BPBD dibantu personel TNI, Polri dan Tagana juga bekerja sama untuk memastikan proses evakuasi dan pembersihan material longsor, terutama pada akses jalan. Akses jalan Takengan – Bireueun kini telah dibuka dan berjalan normal kembali.

Sebelumnya hujan deras yang turun mengakibatkan banjir bandang di Desa Paya Tumbi Induk dan Paya Tumpi Baru, seperti di Kampung Pinangan dan Gunung Balohen.

Kondisi saat ini, di Kecamatan Bebesan, desa yang terdampak di Desa Daling. Jalan Desa Daling tertimbun material lumpur. Namun, jalan tersebut masih bisa dilalui kendaraan roda dua dan roda empat.

Menurut data sementara, dilaporkan ada empat korban luka-luka dari Desa Paya Tumbi Baru. Sedangkan satulainnya dari Desa Paya Tumbi Induk. Warga yang mengungsi kini ditempatkan di SDN 3 Kebayakan berjumlah 10 KK (33 jiwa), sedangkan sekitar 15 KK (56 jiwa) mengungsi ke rumah saudara.

 

31 Unit Rumah Rusak Berat

Sementara itu, penanganan darurat pascabanjir juga dilakukan di wilayah Bener Meriah. Sebelumnya diberitakan bahwa banjir bandang terjadi, Rabu, 14 Mei kemarin pukul 15.00 WIB.

Tiga kecamatan terdampak banjir tersebut, yakni Kecamatan Bukit (Desa Mutiara Baru), Kecamatan Mesidah (Cemparam/Pakat Jeroh) dan Permata (Desa Wih Tenang Toa).

Putusnya jembatan penghubung Desa Wih Tenang Toa dan Dusun Bakongan, menyebabkan akses menuju Dusun Bakongan putus total dan tidak dapat dilalui roda dua maupun roda empat.

Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Bener Meriah, unsur pemerintah terkait lain dan TNI/Polri dibantu masyarakat setempat membersihkan lumpur yang memasuki rumah warga. Mereka membersihkan material kayu yang menumpuk di jalan.

Sementara, untuk Kecamatan Permata Desa Weh Tenang Toa sampai saat ini belum bisa dilalui roda dua maupun roda empat.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rupiah Tersungkur Dibayangi Resesi Ekonomi Jangka Panjang

Posted: 13 May 2020 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) melemah pada perdagangan Kamis pekan ini.

Mengutip Bloomberg, Kamis (14/5/2020), rupiah dibuka di angka 14.893 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.865 per dolar AS. Menjelang siang, rupiah terus bergerak melemah ke 14.930 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.891 per dolar AS hingga 14.934 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah melemah 7,67 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.946 per dolar AS, melemah jika dibandingkan sebelumnya yang ada di angka 14.887 per dolar AS.

"Sentimen negatif kelihatannya masih membayangi pergerakan pasar setelah Gubernur (Ketua) Bank Sentral AS Jerome Powell mengungkapkan pandangannya bahwa perekonomian masih bisa memburuk ke depannya dan memerlukan stimulus tambahan," kata Kepala Riset dan Edukasi Monex Investindo Futures Ariston Tjendra dikutip Antara, Kamis (14/5/2020).

Selain itu, lanjut Ariston, Jerome Powell juga menepis dukungan The Fed terhadap suku bunga negatif atau di bawah nol persen.

"Hal di atas bisa mendukung penguatan dolar AS di sesi Asia hari ini sebagai aset safe haven," kata Ariston.

Prediksi Pergerakan Rupiah

Ilustrasi dana BLT
Ilustrasi dana BLT

Menurut Ariston, rupiah mungkin bisa melemah terhadap dolar AS, namun tekanan terhadap rupiah mungkin tidak besar karena banyak investor masih yakin dengan perekonomian Indonesia terbukti dengan tingginya minat terhadap Surat Utang Negara (SUN)

Ariston memperkirakan rupiah hari ini akan melemah dengan potensi pergerakan di kisaran Rp14.800 per dolar AS sampai Rp15.000 per dolar AS.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sambut Musim 2020, Pembalap MotoGP Jajal Trek di Andorra

Posted: 13 May 2020 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Andorra - Pembalap MotoGP mulai berlatih menjelang dimulainya kompetisi 2020. Mereka mengasah kemampuan di Andorra.

Sirkuit Pas de la Casa Andorra, yang terletak di perbatasan Spanyol dan Prancis, membuka fasilitas trek karting bagi rider MotoGP dan profesional lainnya.

Pemerintah Andorra bekerja sama Menteri Olahraga, Ekonomi, dan Kesehatan Spanyol, mengizinkan para pembalap berlatih bersamaan sebagai penerapan fase kedua rencana pembukaan kembali imbas pandemi Covid-19.

"Manajemen baik dari Pemerintah Andorra saat menghadapi krisis kesehatan membuat 22 pembalap motor profesional, sembilan di antaranya dari MotoGP, bisa kembali mengendarai sepeda motor dan melanjutkan latihan pada Rabu 13 Mei," tulis halaman resmi MotoGP.

Pembalap MotoGP, Moto2, Moto3, WorldSBK, dan atlet profesional lain dibagi ke dalam dua kelompok agar tak lebih dari 10 orang berlatih bersamaan, sesuai protokol kesehatan yang dianjurkan.

Rins Pamer Aksi

Alex Rins. (Facebook/Team Suzuki Ecstar)
Alex Rins. (Facebook/Team Suzuki Ecstar)

Grup satu terdiri dari Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha MotoGP), Alex Rins (Team Suzuki Ecstar), Joan Mir (Team Suzuki Ecstar), Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT), Pol Espargaro (Red Bull KTM Factory Racing), Aleix Espargaro (Aprilia Racing Team Gresini), Tito Rabat (Reale Avintia Racing), Jorge Martin (Red Bull KTM Ajo), dan Albert Arenas (Aspar Team Gaviota).

Sedangkan di grup dua hadir John McPhee (Petronas Sprinta Racing), Xavier Simeon (LCR E-Team), Xavi Cardelus (Avintia Esponsorama Racing), Chaz Davies, Xavi Fores, Leon Camier, Jules Cluzel, Hector Barbera, Randy de Puniet, Freddie Foret, and Michael Fudala.

Beberapa nama pun mengabadikan aksinya, salah satunya Rins. Dia mempublikasikan penampilannya setelah dua bulan absen di Instagram.

Pembalap Italia

Pembalap berbasis Italia juga sudah kembali melahap sirkuit karena adanya pelonggaran aturan pembatasan wilayah. Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha MotoGP) membuka ranch sirkuit miliknya di Tavullia dan membalap bersama Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) dan Luca Marini (SKY Racing Team VR46).

Sedangkan duet Ducati Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci menjajal trek motocross di Crossdromo Monte Coralli, Feanza, Italia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mantan Menpora Imam Nahrawi Bakal Bersaksi di Sidang Suap Dana Hibah KONI

Posted: 13 May 2020 08:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sidang lanjutan kasus dugaan suap dana hibah KONI dengan terdakwa Miftahul Ulum, asisten pribadi Menpora bakal kembali digelar di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat. Dalam sidang kali ini, tim jaksa penuntut umum akan menghadirkan mantan Menpora Imam Nahrawi.

"Sidang Miftahul Ulum, saksi Imam Nahrawi dan mohdar," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi, Kamis (14/5/2020).

Pada sidang sebelumnya, tim penuntut umum menghadirkan legenda bulutangkis Indonesia, Taufik Hidayat. Dalam kesaksiannya, Taufik mengakui pernah menyerahkan uang sebesar Rp 1 miliar kepada Miftahul Ulum, yang merupakan asisten pribadi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi.

Hal itu disampaikan Taufik saat dihadirkan sebagai saksi dalam sidang lanjutan kasus dugaan suap dana hibah dari pemerintah terhadap KONI melalui Kemenpora, di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (6/5/2020).

Taufik yang merupakan Wakil Ketua Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) periode 2016-2017 bercerita bahwa dirinya menerima pesan dari Manager Perencanaan Satlak Prima Kemepora, Tomy Suhartanto untuk memberikan uang Rp 1 miliar kepada Ulum.

"Saya dikontak pak Tomy mau menitipkan uang ke Bapak‎," ujar Taufik dalam kesaksiannya lewat video conference, Rabu (6/5/2020).

Jaksa penuntut umum pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kemudian menelisik lebih jauh pernyataan dari Taufik. Jaksa mencecar maksud dari kata 'bapak'.

"Bapak yang dimaksud itu siapa?," tanya jaksa.

Taufik menjawab, kata bapak yang dimaksud adalah Menpora Imam Nahrawi. "Ya kalau pak Ulum yang ambil, semua orang sudah tahu itu (untuk) Pak Menpora," kata Taufik.

Usai dititipkan uang oleh Tomy, Taufik mengaku ditelepon oleh Ulum. Ulum kemudian menemui Taufik di kediamannya. Taufik langsung menyerahkan plastik warna hitam ke Ulum di garasi rumah.

"Saya tidak tahu Pak Ulum sendiri atau ada orang lain di dalam mobil.‎ Mobil hitam Nissan XTrail kalau tidak salah," kata Taufik mengingat kedatangan Ulum saat itu.

Setelah penyerahan uang tersebut, Taufik mengaku tak ada pembahasan lain, dan Ulum juga segera pergi. Jaksa kembali menanyakan darimana kesimpulan bahwa uang yang diambil Ulum bertujuan untuk Imam Nahrawi.

"‎Beliau sebagai asisten pribadi (Imam Nahrawi) bisa kemana-mana, dan selalu mengatasnamakan bapak, dan kami percaya saja," kata Taufik.

Ulum Didakwa Terima Suap 11,5 Miliar

Asisten Pribadi Mantan Menpora Imam Nahrawi, Miftahul Ulum seusai pemeriksaan di gedung KPK Jakarta, Rabu (8/1/2020). Berkas perkara tersangka Miftahul Ulum terkait kasus korupsi dana hibah dari pemerintah kepada KONI telah lengkap (P21) dan siap untuk disidangkan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Asisten Pribadi Mantan Menpora Imam Nahrawi, Miftahul Ulum seusai pemeriksaan di gedung KPK Jakarta, Rabu (8/1/2020). Berkas perkara tersangka Miftahul Ulum terkait kasus korupsi dana hibah dari pemerintah kepada KONI telah lengkap (P21) dan siap untuk disidangkan. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Asisten pribadi mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Miftahul Ulum didakwa menerima suap Rp 11,5 miliar dari bekas Sekjen dan Bendahara Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). Suap tersebut diduga sebagai pemulus pencairan dana hibah.

"Terdakwa bersama-sama dengan Imam Nahrawi telah menerima hadiah berupa uang seluruhnya sejumlah Rp 11,5 miliar dari Ending Fuad Hamidy selaku Sekretaris Jenderal KONI dan Johnny E Awuy selaku Bendahara Umum KONI," ucap jaksa Budi Sarumpaet saat membacakan surat dakwaan Ulum di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Kamis (30/1/2020).

Penerimaan suap oleh Miftahul dilakukan secara bertahap dalam dua kegiatan. Pertama, terkait pencairan proposal bantuan dana hibah kepada Kemenpora dalam rangka pelaksanaan tugas pengawasan dan pendampingan program peningkatan prestasi Asian Games. KONI mengajukan proposal senilai Rp 51,5 miliar.

Mulyana, mantan Deputi IV Kemenpora, mengarahkan Ending dan Jhonny berkoordinasi ke Ulum dengan mengatakan, "Saya memang KPA, tapi untuk persetujuan proposal bapak tetap harus menemui Miftahul Ulum untuk nego supaya bisa ada percepatan."

Ending kemudian menindaklanjuti arahan Mulyana dengan berkoordinasi dengan Ulum. Selama koordinasi tersebut, keduanya sepakat menentukan fee 15-19 persen bagi pihak Kemenpora termasuk untuk Imam Nahrawi.

Kemudian, realisasi fee tahap pertama sebesar 70 persen yakni Rp 21 miliar, diberikan secara bertahap.

Jhonny meminta pihak bank mencairkan uang senilai Rp 10 miliar. Kemudian memerintahkan Ending untuk mengambil uang tersebut dan menyerahkan Rp 9 miliar kepada Imam melalui Ulum.

"Jhonny E Awuy meminta Kepala Cabang BNI cabang Ratu Plaza untuk mencairkan dan mengirimkan uang sejumlah Rp 10 miliar di hari yang sama uang tersebut secara bertahap diserahkan kepada Imam Nahrawi melalui terdakwa sejumlah Rp 9 miliar," tukasnya.

Kedua, penerimaan suap terkait proposal dukungan KONI Pusat dalam rangka pengawasan dan pendampingan seleksi calon atlet dan pelatih atlet berprestasi tahun kegiatan 2018.

Nilai proposal kedua yang diajukan KONI sebesar Rp 16,4 miliar. Seperti proposal pertama, realisasi fee dilakukan secara bertahap.

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: