Jumat, 08 Mei 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Data Sabtu 9 Mei di RSD Wisma Atlet: 662 Pasien Positif Covid-19

Posted: 08 May 2020 11:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pasien positif virus corona atau Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat terus bertambah. Data per Sabtu (9/5/2020), pukul 08.00 WIB, jumlah pasien meningkat menjadi 883 kasus.

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkoganwilhan) I Laksamana Madya Yudo Margono menyebut, dari 883 pasien corona tersebut di antaranya 577 pria dan 306 wanita.

"Pasien rawat inap bertambah 25 orang, semula 858 orang menjadi 883 orang," ujar Yudo dalam keterangannya, Sabtu (9/5/2020).

Dari 25 pasien tambahan, 23 di antaranya merupakan pasien positif Covid-19. Sementara 2 lainnya pasien dalam pengawasan.

"Pasien positif Covid-19 bertambah 23 orang, semula 639 orang menjadi 662 orang. Pasien PDP bertambah 2 orang, semula 59 orang menjadi 61 org. Sementara Pasien ODP tetap 160 orang," kata Yudo.

 

RSD Pulau Galang

Sementara itu, Wakil Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu (Wapangkogasgabpad), Brigjen TNI M Saleh Mustafa menyebut pasien positif corona Covid-19 di RS Darurat Pulau Galang, Kepulauan Riau bertambah menjadi 19 orang.

Saleh mengatakan, RS Darurat Pulau Galang pada, Jumat, 8 Mei 2020 sekitar pukul 18.00 WIB menerima 3 pasien positif Covid-19 rujukan dari Puskesmas Tanjung Uncang.

"Pasien Rawat Inap bertambah tiga orang, semula 16 menjadi 19. Sekitar pukul 18.10 WIB menerima 3 orang pasien rujukan dari Puskesmas Tanjung Uncang," ujar Saleh dalam keterangannya, Sabtu (9/5/2020).

Saleh menyebut, 19 pasien yang kini dirawat di RS Darurat Pulau Galang terkonfirmasi positif. Mereka di antaranya 4 orang pria anak buah kapal KM Kelud, kemudian 6 orang pria warga negara India jamaah tanblig.

"Sisanya 9 orang jamaah tablig. Yakni 8 pria dan satu wanita," kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Brasil Catat Rekor Kasus Positif Corona COVID-19 Tertinggi dalam Sehari

Posted: 08 May 2020 11:01 PM PDT

Liputan6.com, Sao Paulo - Otoritas Brasil melaporkan 10.222 kasus baru pasien yang terpapar Virus Corona pada Jumat, 8 Mei 2020.

Selain itu otoritas di sana juga mengonfirmasi adanya 752 kematian akibat COVID-19, demikian dikutip dari laman Channel News Asia, Sabtu (9/5/2020).

Kematian harian yang dilaporkan ini mengalahkan rekor sebelumnya 615 pada hari Rabu.

Secara keseluruhan, Brasil telah mengonfirmasi total 145.328 kasus yang dikonfirmasi dari Virus Corona baru dan 9.997 kematian.

Para ahli mengatakan, dalam pengujian berarti angka sebenarnya kemungkinan jauh lebih tinggi.

Sao Paulo -- yang memiliki populasi 45,9 juta, atau sekitar ukuran yang sama dengan Spanyol -- telah mendaftarkan lebih dari 41.000 kasus dan 3.416 kematian.

Negara bagian tersebut adalah pusat industri teratas Brasil. Akibatnya, pemerintah di sana menutup sekolah dan bisnis yang dianggap tidak esensial.

Otoritas di sana juga telah memperpanjang aturan tinggal di rumah sampai akhir Mei.

Presiden Brasil Jair Bolsonaro telah mengkritik langkah-langkah tersebut, mengatakan penutupan bisnis tidak perlu karena bisa merusak perekonomian negara.

 

Kabar Ramadan: Mau Buka Puasa Ditemani Artis?

Gabung KapanLagi Buka Bareng, event buka puasa online bersama Jirayut dan Rara LIDA 9 Mei ini. Bakal ada Chef Norman, Danilla, dan Adhitia Sofyan juga. Caranya? Daftar dulu di sini, dan isi data diri kamu. Semuanya GRATIS. Baca panduan lengkap di sini.

Presiden Brasil Marah

Presiden Brasil Jair Bolsonaro (AP/Eraldo Peres)
Presiden Brasil Jair Bolsonaro (AP/Eraldo Peres)

Presiden Brasil Jair Bolsonaro marah terhadap kebijakan penguncian negara itu pada pidatonya kepada ribuan demonstran anti-lockdown ketika jumlah infeksi Corona COVID-19.

Dikutip dari laman Channel News Asia, Bolsonaro menyalahkan gubernur negara bagian di sejumlah wilayah yang masih melanjutkan masa lockdown dalam pidato di luar istana kepresidenannya di Brasilia.

"Hancurnya sistem perekonomian dan pekerjaan disebebkan oleh beberapa gubernur tidak bertanggung jawab dan itu tidak dapat diterima," kata presiden Brasil dalam pidato yang disiarkan langsung di Facebook.

Bolsonaro telah berulang kali beda pendapat dengan gubernur negara bagian, bersikeras bahwa tindakan pembatasan aktivitas yang ketat (lockdown) yang mereka lakukan adalah reaksi berlebihan, dan merusak perekonomian.

Demonstrasi di Brasilia menarik kerumunan yang lebih besar daripada protes serupa dalam beberapa pekan terakhir, dan banyak orang mengibarkan spanduk mengkritik Bolsonaro.

"Rakyat bersama kami dan tentara ada di pihak hukum, ketertiban, kebebasan, dan demokrasi," kata Bolsonaro kepada mereka.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pakar Gugus Tugas: 85 Persen Pasien Corona yang Meninggal Berusia di Atas 45 Tahun

Posted: 08 May 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menunjukkan, kasus positif Corona didominasi kelompok usia 31-59 tahun. Namun, 85 pasien yang meninggal karena terinfeksi virus Corona, berusia di atas 45 tahun. 

Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengungkapkan, pada kelompok tersebut, orang berusia di atas 60 tahun lah yang paling rentan terpapar virus Corona hingga meninggal dunia.

"Usia yang paling rentan di atas 45 tahun. Total gabungannya itu 85 persen. Jadi itu informasi yang sangat penting," kata Wiku dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Sabtu (9/5/2020).

"Terutama usia di atas 60 tahun," lanjut dia.

Menurut dia, pergerakan virus Corona dapat terdeteksi melalui grafik semacam ini yang didata oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di seluruh Indonesia. Data inilah yang digunakan untuk nafigasi pengentasan wabah Corona.

Bukan hanya untuk pemerintah, tapi juga masyarakat sehingga tahu tindakan apa yang mesti dilakukan terkait pandemi tersebut. Termasuk soal kewajiban melindungi orang-orang yang berada pada kelompok usia rentan atau usia lanjut.

 

Hipertensi

Menurut Wiku, faktor penyakit penyerta juga harus menjadi perhatian. Sebab, sebagian besar pasien yang terdampak Corona mempunyai penyakit bawaan.

Dia mengatakan, mayoritas pasien positif Corona memiliki penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Pada urutan selanjutnya, ada penyakit penyerta diabetes melitus, jantung dan paru obstruktif kronis (PPOK).

"Jadi untuk saudara-saudara sekalian, anggota masyarakat yang memiliki penyakit penyerta seperti itu harus betul-betul berhati-hati, bahkan ekstra hati-hati agar tidak terkena penyakit," tutur Wiku.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ajax Amsterdam Bikin 2 Klub Raksasa Inggris Gigit Jari

Posted: 08 May 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Amsterdam - Rencana sejumlah klub untuk merekrut dua bintang Ajax Amsterdam, Andre Onana dan Donny Van de Beek tampaknya tidak bakal berjalan mudah. Pasalnya Ajax menegaskan tak mau menjual keduanya dengan harga yang murah.

MU dan Chelsea sedang berebut untuk mendapatkan Onana. Sementara Real Madrid ingin mendapatkan van de Beek.

Pemain Ajax Amsterdam lain yang juga menjadi perhatian adalah Nicolas Tagliafico. Bek asal Argentina itu sedang diincar Barcelona.

"Banyak yang bilang harga pemain bakalan anjlok karena adanya pandemi virus corona covid-19. Memang benar tidak mungkin harga pemain mencapai 150 atau 200 juta euro, tapi juga tidak mungkin terlalu murah," kata CEO Ajax Amsterdam Edwin Van Der Sar dilansir Evening Standard.

"Yang jelas kami tak mungkin memberikan diskon hingga 50 persen. Jadi lupakan saja jika ada klub lain yang berpikiran seperti itu pada kami," kata legenda Ajax Amsterdam itu menambahkan.

 

Bernilai Tinggi

5. Matthijs De Ligt (Bek Tengah) - Dari Ajax Amsterdam ke Juventus dengan 75 juta euro. (AFP/Roslan Rahman)
5. Matthijs De Ligt (Bek Tengah) - Dari Ajax Amsterdam ke Juventus dengan 75 juta euro. (AFP/Roslan Rahman)

Ajax sendiri sudah kehilangan beberapa pemain bintangnya dalam beberapa musim terakhir. Seperti Hakim Ziyech, Frenkie de Jong hingga Matthijs de Ligt.

"Pemain dari Ajax masih bernilai tinggi. Mereka berpendidikan, punya pengalaman juara, dan juga selalu bermain di Liga Champions."

"Untuk Onana, Tagliafico, dan Van de Beek akan bersama kami setidaknya semusim lagi. Perjanjian itu belum berubah hingga sekarang."

Klasemen Liga Inggris

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pegadaian Donasi Rp 100 Juta untuk Guru Ngaji Terdampak Corona

Posted: 08 May 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Pegadaian (Persero) melalui unit usaha syariahnya menyerahkan donasi Dana Kebajikan Umat (DKU) kepada Lembaga Ta'mir Masjid Nahdlatul Ulama (LTMNU) senilai Rp100 juta.

Direktur Jaringan, Operasi dan Penjualan PT Pegadaian (Persero) Damar Latri Setiawan mengatakan, donasi DKU akan disalurkan kepada imam, khotib dan guru ngaji yang terdampak pandemi virus corona (Covid-19).

"Dana Kebajikan Umat ini merupakan bagian dari pembinaan dan pemberdayaan ekonomi umat, sehingga diharapkan dapat membantu semua lapisan masyarakat yang terdampak Covid-19, khususnya yang berprofesi sebagai imam, khotib, serta guru ngaji," ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (9/5/2020).

Damar berharap, adanya penyaluran donasi DKU ini diharapkan meringankan beban masyarakat yang tengah menghadapi kondisi kesulitan akibat penyebaran virus corona saat ini.

"Kami berharap semoga adanya donasi tersebut dapat membantu memenuhi kebutuhan masyarakat, sehingga ke depannya Pegadaian Syariah menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia dalam bertransaksi secara syariah," ungkapnya.

 

Meringankan Beban Warga

PT Pegadaian (Persero) kembali menggelar Program Badai Emas yang hadir untuk masyarakat dengan konsep yang lebih besar dan akan menghadirkan berbagai hadiah bernilai MilIaran Rupiah
PT Pegadaian (Persero) kembali menggelar Program Badai Emas yang hadir untuk masyarakat dengan konsep yang lebih besar dan akan menghadirkan berbagai hadiah bernilai MilIaran Rupiah

Wakil Ketua Lembaga Dakwah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, KH Misbahul Munir Kholil menilai dengan adanya donasi DKU ini dapat meringankan beban warga yang terdampak Covid-19.

"Saya mengucapkan terimakasih atas Donasi Dana Kebajikan Umat yang diberikan oleh Pegadaian Syariah. Semoga dengan adanya bantuan ini dapat membantu kebutuhan masyarakat yang khususnya berprofesi sebagai imam, khotib, dan guru ngaji. Donasi ini juga akan saya serahkan kepada Lembaga Ta'mir Masjid Nahdlatul Ulama (LTMNU)," tutupnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kabar Baik, Grafik Pasien Sembuh COVID-19 di Gresik Naik Jelang Akhir PSBB

Posted: 08 May 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Grafik pasien sembuh dari COVID-19 di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, mengalami kenaikan menjelang tiga hari berakhirnya pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di wilayah itu, dengan dua pasien sembuh dari Desa Purwodadi dan Medangan, Desa Metatu.

"Bersama ini disampaikan laporan kasus COVID-19 dan sebarannya di Kabupaten Gresik per hari Jumat, tanggal 08 Mei 2020, yakni adanya dua pasien sembuh," kata Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Gresik drg Saifudin Ghozali di Gresik, Jumat, 8 Mei 2020.

Saifudin mengatakan, selain dua pasien sembuh, catatan lainnya adalah dua pasien dalam pengawasan (PDP) yang meninggal dunia, dari Desa Boteng, Kecamatan Menganti, dan dari Desa Pekelingan, Kecamatan Gresik, dilansir dari Antara.

"Pasien sudah kami laporkan sebagai PDP dan menunggu hasil uji swab, dan pemakaman sudah dilakukan dengan standar COVID-19," kata Saifudin, kepada wartawan.

Sebelumnya, grafik pasien positif sembuh dari COVID-19 di wilayah Gresik selama pelaksanaan PSBB hanya tercatat satu dan kadang pula stagnan atau tidak adanya kenaikan. Berbeda dengan pasien terkonfirmasi positif yang sempat naik signifikan sehari tercatat enam pasien positif, beberapa waktu lalu.

 

Rincian Penyebaran COVID-19 di Gresik

Pelaksanaan rapid test usai tim patroli gabungan memantau kondisi pelaksanaan PSBB di Surabaya Raya yaitu, Surabaya, Gresik dan Sidoarjo pada hari kelima. (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Pelaksanaan rapid test usai tim patroli gabungan memantau kondisi pelaksanaan PSBB di Surabaya Raya yaitu, Surabaya, Gresik dan Sidoarjo pada hari kelima. (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Kabag Humas Pemkab Gresik Reza Pahlevi mengatakan, secara umum data pasien positif 37 orang, rinciannya 21 dirawat, 10 sembuh, dan enam orang lainnya meninggal.

Untuk orang tanpa gejala (OTG) berjumlah 195 orang, selanjutnya orang dalam risiko (ODR) ada 1.068 orang dan yang sudah lepas pengawasan 928 orang.

Sementara orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 1.137 orang, rinciannya yang masih dipantau 262 orang, dan selesai dipantau 875 orang.

Untuk PDP total per hari ini sebanyak 161 orang. Rinciannya, dalam pengawasan 67 orang, selesai pengawasan 87 orang, dan yang meninggal ditambah dua orang hari ini menjadi tujuh orang.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Waktu Puasa Ramadan Indonesia Terlama atau Tersingkat? Ini Jawabannya

Posted: 08 May 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setiap Ramadan, umat Mulsim di seluruh dunia menjalankan ibadah puasa. Namun ternyata tidak semua belahan dunia ini memiliki jadwal puasa yang sama.

Mengapa? Hal itu dikarenakan jadwal terbit dan tenggelamnya matahari yang berbeda. 

Tahun lalu, seperti yang dikutip dari Aljazeera, Sabtu (9/5/2010), puasa terpendek, yaitu 11 jam sedangkan puasa terlama adalah 20 jam. Tahun ini jadwal puasa umat Muslim juga tak jauh berbeda, tergantung mereka ada di belahan Bumi yang mana. 

Berikut adalah beberapa negara yang memiliki jadwal puasa terpanjang dan tersingkat:

Negara-Negara Nordik Miliki Jadwal Puasa Terpanjang

Orang-orang menikmati cuaca hangat di Stockholm, Rabu (22/4/2020). Swedia belum memberlakukan lockdown, seperti mayoritas negara Eropa lainnya, namum pemerintah memberikan tanggung jawab besar kepada penduduknya untuk membantu mengurangi penyebaran virus corona. (Anders WIKLUND/TT NEWS AGENCY/AFP)
Orang-orang menikmati cuaca hangat di Stockholm, Rabu (22/4/2020). Swedia belum memberlakukan lockdown, seperti mayoritas negara Eropa lainnya, namum pemerintah memberikan tanggung jawab besar kepada penduduknya untuk membantu mengurangi penyebaran virus corona. (Anders WIKLUND/TT NEWS AGENCY/AFP)

Negara-negara Nordik ini memiliki jadwal puasa terpanjang dibanding bagian Bumi lainnya, mereka memiliki rata-rata puasa setidaknya, 19.5 jam. Pertama-tama puasa terpanjang ada di bagian Nuuk, Greenland, Helsinki, Finlandia dan Oslo, Norwegia negara-negara ini memiliki jadwal puasa 20 jam. 

Diikuti dengan Stockholm, Swedia dan Berlin, Jerman yang memiliki jadwal puasa sepanjang 19 jam. Namun, sebenarnya Jerman tidak termasuk dalam negara Nordik, hanya saja negara Jerman memang bersebelahan dengan negara-negara tersebut, sehingga waktu terbit matahari hampir sama. 

Tak hanya itu negara-negara Eropa lainnya juga memiliki jam puasa yang cukup panjang dengan rata-rata 17-18.5 jam. 

Beberapa negara itu adalah Copenhagen, Denmark, Warsaw, Polandia dan London, Inggris yang memiliki jadwal puasa selama 18.5 jam. 

Diikuti dengan negara seperti Belgia dan Swiss yang memiliki puasa 18 jam dan Romania dan Russia yang memiliki jadwal puasa 17 jam. 

 

 

Asia Timur juga Miliki Puasa Terpanjang

Ilustrasi bendera Jepang (AFP/Toru Yamanaka)
Ilustrasi bendera Jepang (AFP/Toru Yamanaka)

Beberapa negara di bagian Asia Timur juga memiliki durasi puasa dalam satu hari yang cukup lama. Di antaranya di Korea Utara, Korea Selatan dan Jepang.

Di Korea Utara, Pyongyang, warga Muslim berpuasa sepanjang 16,5 jam. Sedangkan di Jepang lebih singkat 30 menit yakni 16 jam. 

Tak jauh berbeda dengan Korea Selatan yang memiliki jadwal puasa kurang lebih 15 jam, negara-negara yang berada di Timur Tengah seperti Irak, Lebanon, Syria dan Pakistan ini memiliki jadwal puasa selama 1 jam lebih lama yakni 16 jam. 

Ada berbedaan 30 menit dengan negara-negara seperti Mesir, Kuwait, India dan Uni Emirat Arab yang memiliki durasi puasa selama 15,5 jam. 

Puasa di Indonesia Ternyata Bukan yang Tersingkat

Bendera Indonesia dan Bendara Malaysia yang berkibar pada 22 April 2009. (AFP/ADEK BERRY)
Bendera Indonesia dan Bendara Malaysia yang berkibar pada 22 April 2009. (AFP/ADEK BERRY)

Ternyata puasa di Indonesia bukan yang tersingkat, meski dijalankan lebih dari setengah hari.

Setidaknya di Indonesia, umat Muslim menghabiskan waktu untuk berpuasa selama 13 jam, sama dengan negara Kenya. Sedangkan berpuasa di Kota Pretoria di Afrika Selatan mencapai 12 jam, atau pas setengah hari saja. 

Jam puasa terpendek hadir di beberapa tempat seperti Argentina, Selandia Baru, Australia dan Chile mencapai 11,5 jam. Selain itu, di Cape Town, Afrika Selatan orang-orang memiliki jam puasa.

 

Reporter: Yohana Belinda

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kronologi Penangkapan Youtuber Ferdian Paleka Terkait Video Prank Sembako Sampah

Posted: 08 May 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Youtuber Ferdian Paleka harus mendekam di penjara akibat ulahnya sendiri. Video prank atau jahil seolah membagikan bantuan sosial (bansos) sembako berisi sampah dan batu ke sejumlah transpuan di Bandung berujung bui.

Kapolrestabes Bandung Komisaris Besar Ulung Sampurna Jaya menjelaskan kronologi penangkapan pemuda berusia 21 tahun itu terkait video prank-nya.

Awalnya, para pelaku berkumpul di rumah Ferdian Paleka yang bernama asli Ferdiansyah guna membicarakan konten Youtube milik Ferdian, pada 30 april 2020.

Kemudian, rekan Ferdian M. Aidil (21) mengusulkan ide kepada Ferdian untuk membuat video prank pemberian makanan kepada transpuan di pinggir jalan dengan menggunakan dus mie instan yang di dalamnya diisi dengan batu dan sampah.

Pada Jumat (1/5/2020), ketiga pelaku melaksanakan aksinya dengan sasaran para transgender di pinggir Jalan Ibrahim Adjie, Kecamatan Kiaracondong, Kota Bandung.

Di sana, para pelaku memberikan paket makanan yang di dalamnya berisi batu dan sampah oleh Ferdian dan Tubagus. Sedangkan, Aidil bertugas merekam adegan pemberian makanan tersebut dengan kamera.

"Berikutnya, pada Minggu (3/5/2020), para pelaku mengunggah video prank ke media sosial Youtube channel dengan nama Ferdian Paleka," kata Ulung dalam keterangan tertulisnya, Jumat (8/5/2020).

Atas kejadian tersebut, salah satu korban prank bernama Dhani Rizky merasa malu terhina dan tercemarkan nama baiknya. Ia pun melaporkan kasus itu ke Satreskrim Polrestabes Bandung.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Ancaman Hukuman Penjara 12 Tahun

Youtuber Ferdian Paleka dan 2 rekannya mengenakan baju tahanan warna oranye saat dihadirkan dalam konferensi pers, Jumat (8/5/2020). (Liputan6.com/ Huyogo Simbolon)
Youtuber Ferdian Paleka dan 2 rekannya mengenakan baju tahanan warna oranye saat dihadirkan dalam konferensi pers, Jumat (8/5/2020). (Liputan6.com/ Huyogo Simbolon)

Satreskrim Polrestabes Bandung menangkap dan menahan salah seorang pelaku bernama Tubagus Fahddinar (20) pada Senin (4/5/2020). Tubagus kemudian ditetapkan sebagai tersangka.

Selanjutnya, pada Jumat (8/5/2020) tim gabungan dari Resmob Polda Jawa Barat beserta dengan Resmob Satreskrim Polrestabes Bandung melakukan penangkapan terhadap Ferdian Paleka dan M. Aidil di Kilometer 19 Tol Jakarta-Merak, Tangerang, Jumat (8/5/2020) dini hari tadi. Ketiganya kini ditahan di ruang tahanan Polrestabes Bandung.

Ketiga pelaku diterapkan Pasal 45 Ayat 3 UU ITE tentang penghinaan atau pencemaran nama baik melalui informasi elektronik. Selain itu polisi juga menerapkan dua pasal tambahan atas kasus tersebut, yakni Pasal 36 dan Pasal 51 Ayat 2 UU ITE Nomor 11 Tahun 2008, dengan ancaman hukuman 12 tahun penjara dan denda maksimal Rp12 miliar.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polri Telusuri Proses Pemberangkatan hingga Upah ABK Kapal China Long Xing 629

Posted: 08 May 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Pol Ferdy Sambo mengatakan penyidik berusaha mempercepat upaya pemeriksaan terhadap 14 Anak Buah Kapal (ABK) Indonesia yang bekerja di kapal China Long Xing 629, yang kini telah dipulangkan ke Indonesia.

Menurut dia, situasi pandemi COVID-19 tidak menjadi penghalang bagi Polri untuk mengungkap dugaan tindak pidana perdagangan orang dalam kasus itu. Penyidik memiliki dua opsi untuk memeriksa para saksi tersebut.

"Tidak menunggu (masa karantina 14 hari) tapi kami akan lakukan percepatan, apakah pemeriksaan (secara) virtual atau (penyidik) datang menggunakan APD (ke lokasi karantina) karena (para ABK) masih dikarantina," kata Sambo seperti dikutip dari Antara, Sabtu (9/5/2020).

Terhadap 14 ABK itu, penyidik akan menelusuri soal proses pemberangkatan mereka hingga bekerja di kapal tersebut. Termasuk kelengkapan dokumen dan upah yang diterima.

"Satgas TPPO Bareskrim akan mulai melakukan penyelidikan terkait proses pemberangkatan ABK tersebut," katanya.

Keempat belas warga negara Indonesia (WNI) yang semula bekerja sebagai anak buah kapal (ABK) Long Xing 629, tiba di Tanah Air pada Jumat (8/5/2020) sore, setelah terbang menggunakan pesawat Garuda Indonesia dari Korea Selatan.

Para ABK itu pulang ke Indonesia setelah menjalani masa karantina wajib terkait COVID-19 di sebuah hotel di Busan, Korea Selatan.

Pelanggaran HAM

Para ABK yang sebelumnya bekerja di kapal berbendera China tersebut meminta dipulangkan ke Tanah Air, setelah tiga rekan mereka meninggal dunia di atas kapal dan kemudian jenazahnya dilarung di laut lepas (burial at sea).

Mereka juga diduga mengalami pelanggaran hak asasi manusia selama bekerja di kapal tersebut.

Keempat belas ABK tersebut merupakan sebagian dari total 46 WNI dan tiga WNI yang meninggal dunia, yang sebelumnya bekerja di empat kapal perusahaan China. Pemerintah Indonesia sedang mengupayakan perlindungan bagi mereka.

Sebagian besar dari 46 ABK tersebut telah terlebih dahulu pulang ke Tanah Air. Sedangkan dua ABK masih berada di perairan Korea untuk menyelesaikan proses keimigrasian sebelum dipulangkan. Sementara itu, satu ABK meninggal dunia di Busan karena menderita pneumonia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Seperti Facebook, Karyawan Google Bakal Kerja dari Rumah hingga Akhir 2020

Posted: 08 May 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Raksasa internet Google memperpanjang kebijakan kerja di rumah hingga akhir tahun 2020.

Sebelumnya, Google meminta karyawan untuk bekerja dari rumah hingga 1 Juni. Terbaru, CEO Google Sundar Pichai mengumumkan ke karyawan, tampaknya sebagian besar dari mereka harus bekerja dari rumah hingga akhir tahun 2020.

Mengutip laman The Verge, Sabtu (9/5/2020), Pichai menyebut, para karyawan yang secara fisik harus bekerja dari kantor diperbolehkan untuk datang ke kantor pada Juni atau Juli.

Meski begitu, Pichai meminta perusahaan meningkatkan tindakan pencegahan dan pengamanan yang berbeda ketimbang masa sebelum wabah Covid-19.

Bagi sebagian besar karyawan Google lainnya, bekerja dari rumah bakal menjadi "the new normal" alias kondisi normal yang harus dijalankan, setidaknya hingga akhir 2020.

Sebelumnya, perusahaan yang bermarkas di Mountain View, California, AS ini telah meminta kepada karyawan untuk bekerja dari rumah sejak awal Maret. Hal ini dilakukan untuk memutus penyebaran Covid-19.

Karyawan Google di Irlandia dan Amerika Kerja dari Rumah

Kantor Google
Kantor Google

Sekitar dua bulan lalu, ketika virus corona baru mulai mewabah di Amerika Serikat, raksasa teknologi Google meminta karyawan untuk bekerja dari rumah. 

Adapun karyawan-karyawan Google yang diminta kerja dari rumah, di antaranya adalah 8.000 karyawan Google di Irlandia, seluruh karyawan di area San Francisco Bay, Seattle, hingga meluas ke karyawan di seluruh dunia. 

Meski begitu, kantor Google akan tetap buka bagi mereka yang pekerjaannya harus dilakukan di kantor. CEO Google, Sundar Pichai juga meminta para karyawan untuk lebih berkontribusi membatasi diri berada di ruang publik.

"Kalau bisa, membatasi diri dari keramaian akan membantu meurunkan risiko penyebaran. Terpenting, akan mengimbangi beban puncak melalui sistem perawatan kesehatan yang kritis dan juga menyimpannya untuk orang yang membutuhkan," kata Sundar Pichai dalam cuitannya.

Tidak hanya itu, Google juga memberikan honor pengganti cuti kepada seluruh staf sementara dan karyawan kontraknya jika mereka mengambil cuti karena Covid-19.

"Dana ini berarti, jika angkatan kerja kami bekerja lebih panjang akan diberi kompensasi di atas jam kerja normal mereka," kata blog Google.

Tidak hanya itu, juru bicara Google juga mengatakan, perusahaan kini bakal memblokir iklan penjualan masker di platform mereka, agar tidak dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang mencari keuntungan di tengah wabah virus corona.

Facebook juga WFH hingga 2020

Ilustrasi Facebook. (Foto: Fox News)
Ilustrasi Facebook. (Foto: Fox News)

Terkait imbauan perpanjangan waktu WFH, kemarin Facebook mengumumkan perusahaan akan memberikan izin bagi karyawannya untuk bekerja dari rumah hingga akhir 2020.

Facebook juga diprediksi tak akan membuka kembali kantor mereka sebelum 6 Juli 2020. Demikian sebagaimana dikonfirmasikan oleh juru bicara Facebook.

Mengutip laman The Verge, Jumat (8/5/2020), CEO Facebook Mark Zuckerberg sendiri yang akan mengumumkan hal ini.

Perusahaan menyebut, ada sejumlah faktor yang mempengaruhi Facebook dalam mengambil keputusan ini. Salah satunya adalah informasi dari lembaga kesehatan seperti Center for Disease Control dan Johns Hopkins University, serta anjuran dari pemerintah.

Sekadar informasi, karyawan Facebook telah dianjurkan bekerja dari rumah sejak Maret lalu.

(Tin/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Yuni Shara soal Lagu Didi Kempot Kapusan Janji: Liriknya Patah tapi Indah

Posted: 08 May 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Meninggal dunia di Rumah Sakit Kasih Ibu Solo Jawa Tengah pada Selasa (5/5/2020) sekitar pukul 7.30 pagi, Didi Kempot mewariskan banyak lagu. Salah satunya, duet dengan Yuni Shara. Lagu yang dinyanyikan Didi Kempot bareng Yuni Shara itu berjudul "Kapusan Janji."

Lagu patah hati ini direkam Yuni Shara dan Didi Kempot pada 16 April 2020. Di tengah wabah Corona Covid-19, berduet dengan Didi Kempot merupakan kesempatan istimewa bagi Yuni Shara.

Saat menerima tawaran duet lagu "Kapusan Janji," Yuni Shara membayangkan sering manggung dengan Didi Kempot, mengenakan kebaya dan sanggul. Manusia berencana, namun Tuhan yang menentukan.

Lirik dan Pengalaman Hidup

Yuni Shara. (Foto: Instagram @yunishara36)
Yuni Shara. (Foto: Instagram @yunishara36)

Pelantun "Mengapa Tiada Maaf" mengenang proses pembuatan lagu "Kapusan Janji" di akun Instagram terverifikasi miliknya, pekan ini. Mengunggah foto mengenakan kebaya polos oranye tua dengan selendang oranye muda, Yuni Shara berbagi cerita.

"Sebagai seorang penyanyi, sudah lama sekali saya mulai mempertimbangkan judul lagu yang akan saya rekam," Yuni Shara menulis. Kakak kandung Krisdayanti, menambahkan, "Karena sudah banyak pengalaman hidup yang terkena imbas cerita dari judul atau cerita lagu yang saya bawakan."

Ubah Mindset Demi Didi

Yuni Shara. (Foto: Instagram @yunishara36)
Yuni Shara. (Foto: Instagram @yunishara36)

Maka, saat lagu "Kapusan Janji" disodorkan padanya, Yuni Shara pikir-pikir. Ia khawatir lirik lagu ini terjadi di hidupnya. "Cukup lama mempertimbangkan lagu ciptaan Mas Didi sebelum saya putuskan untuk menyanyikan lagu tersebut," ia menyambung.

Usai mendengarkan susunan melodi dan membaca lirik lagu sampai tuntas, Yuni Shara terkesan. "Lagunya enak, liriknya PATAH tapi indah. Akhirnya dalam hati saya bertekad merubah mindset saya. Bahwa lagu tidak akan berpengaruh terhadap hidup saya," ia menyimpulkan. 

Ada Cerita Lain...

Unggahan Yuni Shara. (Foto: Instagram @yunishara36)
Unggahan Yuni Shara. (Foto: Instagram @yunishara36)

Lagi-lagi, yang terjadi setelah rekaman tak sesuai bayangan Yuni Shara. Didi Kempot menghadap Sang Khalik akibat serangan jantung. "Dan baru berapa hari lagu ini saya nyanyikan, ada cerita lain," imbuhnya.

Seperti diketahui, Yuni Shara salah satu seleb yang sangat terpukul atas kepergian Didi Kempot. Beberapa jam setelah kabar meninggalnya Didi Kempot menjadi isu nasional, Yuni Shara meluapkan kesedihannya di akun Instagram. 

Mengubur Bayangan

Yuni Shara. (Foto: Instagram @yunishara36)
Yuni Shara. (Foto: Instagram @yunishara36)

"Tapi pagi ini saya rasanya harus mengubur bayangan dan rencana itu. Karena Mas Didi sudah harus pergi dan saya tidak akan pernah menemani Mas Didi menyanyikan lagu 'Kapusan Janji,'" ungkap Yuni Shara.

"Selamat Jalan Mas Didi yang baik dan terima kasih sudah mempercayakan lagu 'Kapusan Janji' yang saya rekam di tanggal 16 April 2020. Tahun 2020 really full of surprise (benar-benar penuh kejutan)," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kabar Baik, Pusat Penelitian Obat Rematik Ada di RSHS Bandung

Posted: 08 May 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jawa Barat - Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung mejadi sentral penelitian nasional dalam uji klinis obat untuk rematik (artritis rematoid), Neo tocilizumab. Menurut dokter divisi Remato RSHS Bandung Rachmat Gunadi, obat ini di luar negeri terutama Eropa sudah digunakan, tapi di Indonesia belum pernah.

Rachmat, mengatakan, Ikatan Rematologi Indonesia (IRI) menginginkan adanya uji klinis terlebih dahulu, sebelum diajukan ke Badan Pengawasan Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI).

Obat rematik ini diujikan kepada 40 orang yang dilakukan di lima senter yaitu Bandung, DI Yogjakarta, Surabaya, Malang, dan Jakarta. Di RSHS sendiri pasien peserta uji klinis ini berjumlah delapan orang.

"Persiapannya sudah dilakukan sejak Oktober 2010. Setelah semua ahli dan berbagai pihak, dilakukan penyeleksian pasien," kata Rachmat dalam keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com pada Sabtu, 9 Mei 2020. 

 

Uji Coba Obat Rematik

Lebih lanjut, syarat bagi pasien yang dapat mengikuti uji klinis ini di antaranya, sudah pasti menderita rematik, sudah melakukan pengobatan minimal lima bulan ternyata tidak menunjukkan respons yang memadai, dan keamanan organ-organ tubuhnya terjamin.

"Artinya tidak mempunyai penyakit infeksi terutama TBC. Walaupun obat ini relatif lebih aman karena tidak menyerang organ lain," Rachmat melanjutkan.

 

Terapi untuk Pasien Rematik

Ada pun terapi yang diberikan berupa pemberian obat selama enam kali dengan jarak empat minggu. Di kisaran waktu satu sampai dua bulan setelah pemberian obat yang ke-enam, dilakukan pengamatan lagi.

Beradasarkan literatur, tambah Rachmat, pasien yang menjalani terapi ini dapat merasakan perubahan setelah minggu kedua. Seperti penurunan kekakuan sendi-sendi sampai setengahnya, bengkak-bengkak pada sendi akan berkurang, nyerinya berkurang, perasaan sehat lebih terasa setelah bulan kedua.

"Hasil dari uji klinis ini akan dianalisis bersama, lalu akan dimuat di jurnal ilmiah, lalu dilaporkan ke Kementerian Kesehatan dan Balai POM. Uji klinis ini untuk jenis osteoarthritis dan systemic Sclerosis. Namun, kini di-pending karena situasi sedang wabah," kata Rachmat.

 

Apa Itu Penyakit Rematik?

Rachmat menjelaskan penyakit rematik menyerang sendi dan struktur jaringan penunjang di sekitar sendi sehingga dapat menimbulkan rasa nyeri. Rematik atau remato itu ada 120 macam.

Penyebabnya macam-macam, ada yang karena asam urat lima persen, karena proses penuaan sebanyak 70 persen, ada lagi yang karena infeksi atau ada kelompok empat yaitu autoimun.

"Salah satu autoimun itu adalah rematik artritis. Rematik Artritis adalah suatu penyakit autoimun yang sifatnya kronis yang mengenai sendi dan organ di luar sendi, misalnya mata, paru, jantung, dan lainnya," katanya.

"Gejalanya nyeri-nyeri dan kaku pada sendi tangan, pergelangan tangan, bengkak, hasil lab menunjukkan rheumatoid test positif, penyakitnya menahun, kalau tidak diobati menimbulkan kecacatan," Rachmat menambahkan.

 

Jumlah Pasien Rematik

Jumlah pasien rematik di RSHS di rata-ratakan terdapat sekitar 300 orang, diperkirakan di kawasan Bandung terdapat 1.000 orang.

Menurut Rachmat, penyakit rematik puncaknya menyerang pada dua siklus usia, yaitu usia peralihan remaja menjadi dewasa, dan usia menjelang menopause lebih banyak pada wanita. Di Indonesia sendiri yang termuda menderita penyakit ini berusia enam tahun. 

Simak Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pandemi Corona Belum Berakhir, Pemerintah Waspadai Kedatangan TKI Mei-Juni Ini

Posted: 08 May 2020 10:53 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Ramdhani mengatakan, pihaknya mewaspadai kepulangan pekerja migran di tengah wabah Corona pada Mei-Juni ini. Diperkirakan sekitar 34.300 pekerja migran akan kembali ke Tanah Air karena kontrak kerjanya sudah habis.

"Nanti yang harus kita waspadai Mei-Juni ada pergerakan angka dinamis kurang lebih 34.300 PMI yang akan kembali ke Tanah Air karena berakhir kontrak kerja dengan pengguna mereka," ujar Benny dalam diskusi melalui siaran radio, Jakarta, Sabtu (9/5/2020).

Benny menjamin, BP2MI sudah memiliki protokol khusus menjemput kepulangan pekerja migran di tengah pandemi Corona. Dia mengatakan, BP2MI menggandakan petugas hingga 150 orang ditempatkan di titik embarkasi.

Para pekerja migran yang baru pulang ini akan langsung menjalani rapid test. Jika dinyatakan positif terpapar Corona, mereka akan dibawa ke Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet oleh Gugus Tugas Covid-19.

"Jika mereka dalam tes rapid positif, gugus tugas menangani dan mereka masuk Wisma Atlet, kalau negatif mereka kemudian masuk tahap selanjutnya pemeriksaan imigrasi, lolos imigrasi BP2MI menangani mereka," jelas Benny.

 

Dapat Pengawasan

Para pekerja migran yang lolos rapid test juga akan diawasi oleh BP2MI di kampung halaman masing-masing. BP2MI akan bekerja sama dengan pemerintah desa memantau kondisi para pekerja migran ini untuk mencegah penyebaran corona.

"Setiba mereka di kampung halaman BP2MI melakukan pemantauan makanya koordinasi kami dengan pemerintahan desa. Kita sarankan 14 hari isolasi mandiri kemudian kesehatan, mereka kita pantau kita beri nomor hotline untuk melaporkan kondisi kesehatan mereka," kata Benny.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ingat Nizam di Sinetron Buku Harian Baim? Ini 7 Potret Terbarunya

Posted: 08 May 2020 10:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bagi penggemar sinetron di era 2000-an tentunya sudah tak asing lagi dengan sinetron Buku Harian Baim. Selain alur ceritanya yang menarik, para pemain di drama televisi itu berhasil menyedot perhatian publik. Tak hanya aktor dan aktris dewasa, dalam sinetron yang tayang pada 2009 tersebut juga menghadirkan akting seleb cilik yang memukau.

Salah satunya Nizam Hasan, dalam sinetron Buku Harian Baim ia menjadi lawan maim Ibrahim Khalil Alkatiri alias Baim. Meski kala itu usianya masih kecil, Nizam sudah pandai dalam berakting. Namun kini bocah kelahiran Jakarta, 7 Juni 2005 tersebut sudah tidak lagi bermain sinetron dan jarang tampil di layar kaca.

Meski demikian artis cilik yang kini sudah beranjak remaja ini masih aktif di media sosial. Nizam juga kerap membagikan aktivitasnya di akun Instagram. Selain itu, ia ternyata juga punya channel YouTube yang diberi nama NizamHasan Official dan sudah diikuti oleh sekitar 62 ribu subcriber.

Jika dulu dikenal imut dan menggemaskan, penampilannya yang sudah beranjak remaja pun terlihat semakin ganteng dan keren. Penampilan remaja 14 tahun ini tentu sudah jauh berbeda dari saat ia masih berperan di sinetron Buku Harian Baim. Berikut 7 potret terbaru Nizam Hasan dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (9/5/2020).

1. Kini Nizam sudah berusia 14 tahun dan tumbuh menjadi remaja yang tampan.

Ingat Nizam di Sinetron Buku Harian Baim? Ini 7 Potret Terbarunya (Sumber: Instagram/@nizamhasan342)
Ingat Nizam di Sinetron Buku Harian Baim? Ini 7 Potret Terbarunya (Sumber: Instagram/@nizamhasan342)

2. Kini artis cilik ini merambah dunia YouTube, ia sudah memiliki 62 ribu subcriber.

Ingat Nizam di Sinetron Buku Harian Baim? Ini 7 Potret Terbarunya (Sumber: Instagram/@nizamhasan342)
Ingat Nizam di Sinetron Buku Harian Baim? Ini 7 Potret Terbarunya (Sumber: Instagram/@nizamhasan342)

3. Beranjak remaja, Nizam Hasan ternyata juga pandai bermain basket.

Ingat Nizam di Sinetron Buku Harian Baim? Ini 7 Potret Terbarunya (Sumber: Instagram/@nizamhasan342)
Ingat Nizam di Sinetron Buku Harian Baim? Ini 7 Potret Terbarunya (Sumber: Instagram/@nizamhasan342)

4. Tak sedikit netizen pangling dengan penampilan Nizam yang sudah besar ini.

Ingat Nizam di Sinetron Buku Harian Baim? Ini 7 Potret Terbarunya (Sumber: Instagram/@nizamhasan342)
Ingat Nizam di Sinetron Buku Harian Baim? Ini 7 Potret Terbarunya (Sumber: Instagram/@nizamhasan342)

5. Melalui akun Instagram, ia kerap membagikan rutinitasnya. Seperti sedang berkuda ini.

Ingat Nizam di Sinetron Buku Harian Baim? Ini 7 Potret Terbarunya (Sumber: Instagram/@nizamhasan342)
Ingat Nizam di Sinetron Buku Harian Baim? Ini 7 Potret Terbarunya (Sumber: Instagram/@nizamhasan342)

6. Momen remaja 14 tahun ini bersama sang adik, kompak kenakan busana muslim.

Ingat Nizam di Sinetron Buku Harian Baim? Ini 7 Potret Terbarunya (Sumber: Instagram/@nizamhasan342)
Ingat Nizam di Sinetron Buku Harian Baim? Ini 7 Potret Terbarunya (Sumber: Instagram/@nizamhasan342)

7. Meski sudah jarang tampil di layar kaca, Nizam masih sering bertemu dengan artis lainnya.

Ingat Nizam di Sinetron Buku Harian Baim? Ini 7 Potret Terbarunya (Sumber: Instagram/@nizamhasan342)
Ingat Nizam di Sinetron Buku Harian Baim? Ini 7 Potret Terbarunya (Sumber: Instagram/@nizamhasan342)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Niat dan Doa Sholat Witir Lengkap dengan Keutamaannya

Posted: 08 May 2020 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sholat witir adalah salah satu amalan sunah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Sholat witir merupakan sholat berjumlah ganjil yang dilaksanakan di malam hari sebagai penutup ibadah sunah pada hari itu. Sholat witir biasanya dilaksanakan setelah sholat tarawih di bulan Ramadan.

Rasulullah mengajarkan umatnya untuk melakukan hal-hal yang terpuji, di mana contoh mudahnya adalah dengan mengerjakan sholat witir sebagai penutup shalat sunah. Tingkatan keistimewaan sholat witir membuat Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mewasiatkan kepada sahabat beliau agar senantiasa mengerjakannya. Shalat ini pula yang menjadi penutup seluruh shalat malam.

Berikut niat serta tata cara untuk melaksanakan sholat sunah tersebut.

Niat Sholat Witir

Ilustrasi Salat Witir Credit: shutterstock.com
Ilustrasi Salat Witir Credit: shutterstock.com

Sebelum mempelajari lebih jauh tentang doa sholat witir, sebelumnya penting untuk kamu ketahui terlebih dahulu tentang niat sholat witir tersebut. Waktu untuk melaksanakan shalat witir terbentang sejak setelah shalat Isya' hingga menjelang Subuh. Sehingga, melaksanakan shalat witir selain di waktu yang telah disebutkan, merupakan mubah hukumnya. Menurut hadist riwayat Imam Ahmad, Rasulullah mengerjakan shalat witir pada pada akhir malam.

Niat sholat witir 1 rakaat salam

Bagi Anda yang ingin mengerjakan sholat witir dengan 1 rakaat saja, berikut ini bacaan niat shalat yang bisa Anda hafalkan.

"Ushallii sunnatal witri rok 'ataini (mustaqbilal qiblati) lillaahi ta'alaa."

Artinya:

Saya niat shalat witir satu rakaat (menghadap qiblat) karena Allah ta'alaa.

Niat sholat witir 3 rakaat dengan 1 kali salam

Sementara bagi anda yang ingin mengerjakan sholat witir sebanyak 3 rakaat, Berikut ini bacaan niat sholat witir dengan 3 rakaat yang diikuti dengan 1 kali salam. 

"Ushallii sunnatal witri tsalaasa roka'aatain (mustaqbilal qiblati) lillaahi ta'alaa."

Artinya :

"Saya berniat shalat witir tiga rakaat (menghadap kiblat) karena Allah ta'alaa".

Tata Cara Sholat Witir

Ilustrasi/copyright shutterstock.com
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Selanjutnya adalah penting untuk mengetahui tentang tata cara sholat witir sebelum kamu ketahui tentang doa sholat witir. Dalam mengerjakan shalat witir 3 rakaat, boleh dikerjakan dua rakaat kemudian diakhiri dengan satu rakaat, dengan masing-masing satu tasyahud dan satu kali salam. Boleh pula keseluruhan 3 rakaat sekaligus dengan satu kali salam. Tata cara shalat witir 3 rakaat sendiri sebenarnya sama seperti tata cara sholat fardhu yang biasa kita lakukan, yang membedakan hanyalah pada niat dan jumlah rakaatnya.

Tata cara shalat witir yang pertama adalah membaca niat yang dapat dilakukan baik dalam hati maupun secara lisan. Tidak ada peraturan yang memaksa mengenai membaca niat shalat witir. Setelah membaca niat, lakukan takbiratul ihram.

1. Membaca Al-Fatihah

2. Membaca Surat Pendek

3. Ruku'

4. I'tidal

5. Sujud

6. Tahiyatul Akhir

7. Salam

 

Khusus sholat witir, di rakaat ketiga membaca tiga surat qulhu, yakni Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Naas.

Doa Sholat Witir

Ilustrasi/copyright shutterstock.com
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Setelah selesai sholat witir, dianjurkan untuk membaca doa. Doa adalah bentuk penyerahan diri seorang hamba di hadapan Allah SWT. Selain itu, doa dapat mendekatkan diri kita kepada Allah SWT.

Setelah shalat witir disunnahkan membaca dzikir berikut sebanyak tiga kali:

"Subhaanal malikil quddus"

Setelah membaca zikir, berikut adalah doa setelah shalat witir yang dapat diamalkan.

"Allohumma inni a'udzu bi ridhooka min sakhotik wa bi mu'aafaatika min 'uqubatik, wa a'udzu bika minka laa uh-shi tsanaa-an 'alaik, anta kamaa atsnaita 'ala nafsik"

Artinya: Ya Allah, aku berlindung dengan keridhaan-Mu dari kemarahan-Mu, dan dengan keselamatan-Mu dari hukuman-Mu, dan aku berlindung kepada-Mu dari siksa-Mu. Aku tidak mampu menghitung pujian dan sanjungan kepadaMu, Engkau adalah sebagaimana yang Engkau sanjungkan kepada diri-Mu sendiri.

Keutamaan Sholat Witir

Ilustrasi/copyright shutterstock.com
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Selain mengetahui tentang niat, tata cara, dan doa sholat witir, kamu perlu untuk mengetahui keutamaan apa saja yang didapatkan jika melaksanakan sholat sunah tersebut. Sholat witir merupakan sholat sunah yang dianjurkan dan tentunya memiliki keutamaan jika dilaksanakan. Selain memiliki banyak keutamaan, sholat witir merupakan salah satu sholat sunah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

1. Amal yaumiyah Rasulullah

Sholat witir merupakan salah satu amal yaumiyah yang dilakukan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam. Beliau biasa mengerjakan sholat sunnah ini sebagaimana hadis dari Ali bin Abi Thalib radhiyallahu 'anhu:

"Witir bukan keharusan seperti sholat wajib kalian, akan tetapi ia adalah sunah yang biasa dilakukan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam" (HR. An Nasa'i dan Tirmidzi; shahih lighairihi)

2. Allah mencintai witir

Allah Azza wa Jalla mencintai yang witir. Karenanya, sholat dengan rakaat witir ini pun dicintai-Nya. Orang yang mengamalkan sholat sunnah ini juga akan dicintai-Nya. Sebagaimana sabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam:

"Sesungguhnya Allah itu witir, mencintai yang witir/ganjil." (HR. Muslim)

3. Amalan ahli Al Quran

Para ahli Qur'an di kalangan sahabat adalah mereka yang hafal Al Quran dan sangat komitmen untuk mengamalkan serta mendakwahkannya. Mereka merupakan sahabat-sahabat yang utama. Salah satu amalan yang diperintahkan Rasulullah kepada mereka adalah sholat witir, agar semakin dicintai Allah Subhanahu wa Ta'ala.

"Sesungghnya Allah itu witir, mencintai witir, maka lakukanlah sholat witir wahai ahli Al Qur'an"(HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah; shahih)

"Wahai ahli Al Quran, lakukanlah sholat witir. Karena sesungghnya Allah Azza wa Jalla itu witir, mencintai yang witir." (HR. An Nasa'i dan Ibnu Majah; shahih) 

4. Sangat ditekankan Rasulullah

Sholat witir sangat ditekankan oleh Rasulullah untuk dilakukan para sahabat beliau. Sehingga ketika menganjutkan sholat ini, beliau mengulangi penyebutannya.

"Sesungguhnya Allah Azza wa Jalla menambahkan satu sholat kepada kalian, maka lakukanlah sholat tersebut di antara sholat Isya dan sholat Subuh, yaitu sholat witir, sholat witir". (HR. Ahmad; shahih) 

5. Diwasiatkan dikerjakan setiap hari

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu beliau berkata:

"Kekasihku (Muhammad) shallallahu 'alaihi wasallam mewasiatkan kepadaku tiga perkara: puasa tiga hari setiap bulan, shalat dhuha dua rakaat, dan shalat witir sebelum tidur". (HR. Bukhari dan Muslim)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Banjir Kepung Banda Aceh

Posted: 08 May 2020 10:40 PM PDT

Seorang perempuan melintasi lingkungan yang banjir setelah tiga hari diguyur hujan lebat di Banda Aceh, Aceh, Sabtu (9/5/2020). Banjir akibat intensitas hujan tinggi tersebut mengakibatkan sebagian besar kawasan di ibu kota Provinsi Aceh ini digenangi air. (Photo by CHAIDEER MAHYUDDIN/AFP)
Seorang perempuan melintasi lingkungan yang banjir setelah tiga hari diguyur hujan lebat di Banda Aceh, Aceh, Sabtu (9/5/2020). Banjir akibat intensitas hujan tinggi tersebut mengakibatkan sebagian besar kawasan di ibu kota Provinsi Aceh ini digenangi air. (Photo by CHAIDEER MAHYUDDIN/AFP)

Seorang perempuan melintasi lingkungan yang banjir setelah tiga hari diguyur hujan lebat di Banda Aceh, Aceh, Sabtu (9/5/2020). Banjir akibat intensitas hujan tinggi tersebut mengakibatkan sebagian besar kawasan di ibu kota Provinsi Aceh ini digenangi air. (Photo by CHAIDEER MAHYUDDIN/AFP)

Prajurit TNI dengan perahut karet memberikan bantuan untuk warga terdampak banjir setelah tiga hari hujan lebat di Banda Aceh, Aceh, Sabtu (9/5/2020). Banjir akibat intensitas hujan tinggi mengakibatkan sebagian besar kawasan di ibu kota Provinsi Aceh digenangi air. (Photo by CHAIDEER MAHYUDDIN/AFP)
Prajurit TNI dengan perahut karet memberikan bantuan untuk warga terdampak banjir setelah tiga hari hujan lebat di Banda Aceh, Aceh, Sabtu (9/5/2020). Banjir akibat intensitas hujan tinggi mengakibatkan sebagian besar kawasan di ibu kota Provinsi Aceh digenangi air. (Photo by CHAIDEER MAHYUDDIN/AFP)

Prajurit TNI dengan perahut karet memberikan bantuan untuk warga terdampak banjir setelah tiga hari hujan lebat di Banda Aceh, Aceh, Sabtu (9/5/2020). Banjir akibat intensitas hujan tinggi mengakibatkan sebagian besar kawasan di ibu kota Provinsi Aceh digenangi air. (Photo by CHAIDEER MAHYUDDIN/AFP)

Seorang pria menerebos banjir setelah tiga hari diguyur hujan lebat di Banda Aceh, Aceh, Sabtu (9/5/2020). Banjir akibat intensitas hujan tinggi tersebut mengakibatkan sebagian besar kawasan di ibu kota Provinsi Aceh ini digenangi air. (Photo by CHAIDEER MAHYUDDIN/AFP)
Seorang pria menerebos banjir setelah tiga hari diguyur hujan lebat di Banda Aceh, Aceh, Sabtu (9/5/2020). Banjir akibat intensitas hujan tinggi tersebut mengakibatkan sebagian besar kawasan di ibu kota Provinsi Aceh ini digenangi air. (Photo by CHAIDEER MAHYUDDIN/AFP)

Seorang pria menerebos banjir setelah tiga hari diguyur hujan lebat di Banda Aceh, Aceh, Sabtu (9/5/2020). Banjir akibat intensitas hujan tinggi tersebut mengakibatkan sebagian besar kawasan di ibu kota Provinsi Aceh ini digenangi air. (Photo by CHAIDEER MAHYUDDIN/AFP)

Seorang pria dan anaknya menerebos banjir setelah tiga hari diguyur hujan lebat di Banda Aceh, Aceh, Sabtu (9/5/2020). Banjir akibat intensitas hujan tinggi tersebut mengakibatkan sebagian besar kawasan di ibu kota Provinsi Aceh ini digenangi air. (Photo by CHAIDEER MAHYUDDIN/AFP)
Seorang pria dan anaknya menerebos banjir setelah tiga hari diguyur hujan lebat di Banda Aceh, Aceh, Sabtu (9/5/2020). Banjir akibat intensitas hujan tinggi tersebut mengakibatkan sebagian besar kawasan di ibu kota Provinsi Aceh ini digenangi air. (Photo by CHAIDEER MAHYUDDIN/AFP)

Seorang pria dan anaknya menerebos banjir setelah tiga hari diguyur hujan lebat di Banda Aceh, Aceh, Sabtu (9/5/2020). Banjir akibat intensitas hujan tinggi tersebut mengakibatkan sebagian besar kawasan di ibu kota Provinsi Aceh ini digenangi air. (Photo by CHAIDEER MAHYUDDIN/AFP)

Warga melintasi lingkungan yang banjir setelah tiga hari diguyur hujan lebat di Banda Aceh, Aceh, Sabtu (9/5/2020). Banjir akibat intensitas hujan tinggi tersebut mengakibatkan sebagian besar kawasan di ibu kota Provinsi Aceh ini digenangi air. (Photo by CHAIDEER MAHYUDDIN/AFP)
Warga melintasi lingkungan yang banjir setelah tiga hari diguyur hujan lebat di Banda Aceh, Aceh, Sabtu (9/5/2020). Banjir akibat intensitas hujan tinggi tersebut mengakibatkan sebagian besar kawasan di ibu kota Provinsi Aceh ini digenangi air. (Photo by CHAIDEER MAHYUDDIN/AFP)

Warga melintasi lingkungan yang banjir setelah tiga hari diguyur hujan lebat di Banda Aceh, Aceh, Sabtu (9/5/2020). Banjir akibat intensitas hujan tinggi tersebut mengakibatkan sebagian besar kawasan di ibu kota Provinsi Aceh ini digenangi air. (Photo by CHAIDEER MAHYUDDIN/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Kejar Penyalur ABK WNI Kapal China yang Diduga Lakukan Perdagangan Orang

Posted: 08 May 2020 10:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Polisi terus bergerak menangani kasus dugaan pelanggaran HAM yang dialami Anak Buah Kapal (ABK) Warga Negara Indonesia (WNI) Kapal China. Termasuk menelusuri pihak penyalur tenaga kerja tersebut.

Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Ferdy Sambo menyampaikan, praktik Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) salah satunya memang bermoduskan pemberangkatan tenaga kerja ABK yang diduga berbuntut pada eksploitasi.

"Satuan Tugas Tindak Pidana Orang Bareskrim akan mulai melakukan penyelidikan terhadap kasus tersebut," tutur Ferdy saat dikonfirmasi, Sabtu (9/5/2020).

Menurut Ferdy, keterangan dari para korban tentunya sangat membantu penyelesaian kasus dan untuk pembuktian TPPO. Sebab itu, pihaknya akan melakukan pemeriksaan sambil mendukung protokol kesehatan virus Corona atau Covid-19 bagi ABK yang baru pulang dari Korea Selatan.

"Akan direncanakan pemeriksaan secara virtual," jelas Ferdy.

Salah satu advokat, David Surya berinisiatif melaporkan kasus tersebut ke Bareskrim Polri pada Jumat 8 Mei 2020. Hanya saja, ternyata pihak kepolisian sudah langsung menangani sehingga tidak lagi perlu menunggu aduan masuk.

"Jadi mereka buka penyelidikan sendiri, karena saya itu saksi yang pertama kali tahu tentang ini. Laporan saya dijadikan satu dengan laporan yang sudah dibuat oleh polisi. Oleh satgas TPPO, tapi saya akan dipanggil jadi saksi dan diminta berkontribusi secara aktif, soal bukti-bukti selanjutnya, lalu komunikasi saya dengan lawyer-lawyer di sana," kata David saat dikonfirmasi.

 

Kabar Ramadan: Mau Buka Puasa Ditemani Artis?

Gabung KapanLagi Buka Bareng, event buka puasa online bersama Jirayut dan Rara LIDA 9 Mei ini. Bakal ada Chef Norman, Danilla, dan Adhitia Sofyan juga. Caranya? Daftar dulu di sini, dan isi data diri kamu. Semuanya GRATIS. Baca panduan lengkap di sini.

Adukan Perusahaan

David datang ke Bareskrim Polri mengadukan perusahaan berinisial PT L terkait dugaan TPPO. Hal itu berdasarkan informasi dari pengacara publik di Korea Selatan yang menghubunginya pada 30 April 2020.

"Dan karena dia sudah menindaklanjuti di Korea, investigasi di Korea, saya menindaklanjuti di sini. Saya melaporkan sebagai saksi, jadi saya bukan kuasa hukum dari keluarga atau almarhum. Jadi saya sebagai Warga Negara Indonesia yang pertama kali tahu tentang peristiwa ini dan dimintai pendapat," David menandaskan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pilkada 2020 Ditunda, Gibran: Siap Ikuti Keputusan Pemerintah Pusat

Posted: 08 May 2020 10:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 resmi ditunda. Terkait hal ini, bakal calon wali kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menyatakan siap mengikuti keputusan pemerintah pusat.

Menurut putra sulung Presiden Joko Widodo atau Jokowi ini, pemerintah pasti sudah mengkaji dari berbagai aspek sebelum mengeluarkan sebuah kebijakan atau undang-undang.

"Kita ikuti apa yang diputuskan. Dalam situasi wabah virus corona sekarang apa yang diputuskan tentu sudah melalui banyak pertimbangan. Kami pun beberapa bulan terakhir fokus penyemprotan, pembagian sembako dan masker," ujar Gibran, Rabu, 6 Mei 2020. 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menandatangani Perppu No. 02/2020 yang mengatur penundaan Pilkada dari 23 September 2020 menjadi Desember 2020.

Rencananya, Pilkada Solo 2020 ditunda hingga Desember. Selama ditunda, Gibran mengaku akan fokus pada upaya membantu masyarakat terdampak Covid-19.

Menurut dia, sangat penting semua elemen bangsa ikut aktif dalam upaya memutus mata rantai persebaran Covid-19.

"Sekecil apa pun kontribusi yang diberikan akan meringankan beban masyarakat," kata Gibran.

Achmad Purnomo Mundur Jika Pilkada Solo Ditunda

Sebelumnya, pendapat berbeda disampaikan Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo. Dia menyatakan akan mundur dari bursa cawali bila Pilkada Solo ditunda hingga Desember 2020.

Dia beralasan tidak ada garansi pandemi Covid-19 bakal segera berakhir. Bila Pilkada Solo digelar Desember 2020 artinya tahapannya harus segera dimulai kembali. Padahal saat ini kondisi pandemi Covid-19 masih terjadi di Solo dan sekitar.

Surat pengunduran diri Purnomo segera disampaikan kepada DPC PDIP Solo untuk diteruskan ke DPP PDIP.

 

Simak berita Solopos.com lainnya di sini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dukungan Ketua KPID DKI Jakarta pada Konser Amal Satu Indonesia yang Digelar Emtek

Posted: 08 May 2020 10:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta EMTEK atau PT Elang Mahkota Teknologi Tbk menggelar sebuah konser akbar bertajuk Konser Amal Satu Indonesia. Acara panggung musik yang digelar Minggu (10/5/2020) malam ini sebagai wujud kepeduliaan Emtek pada kesulitan sebagian rakyat Indonesia akibat wabah Corona Covid-19.

Perusahaan yang menaungi SCTV, Indosiar, Bukalapak, O Channel dan Vidio.com ini dan juga Liputan6.com ini telah bergerak ke pelosok Indonesia. Emtek menyalurkan bantuan dari pemirsa lewat program EMTEK Peduli Corona, melalui Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih.

Dan gaung itu makin terdengar dengan gelaran Konser Amal Satu Indonesia.

Konser ini, akan disiarkan secara langsung di SCTV, Indosiar, dan O Channnel pada Minggu malam besok mulai pukul 20.00 WIB. Konser Amal Satu Indonesia juga dapat disaksikan secara streaming melalui aplikasi Vidio mulai pukul 16.00 WIB.

Dukungan Ketua KPDI DKI Jakarta

Konser Amal Satu Indonesia
Konser Amal Satu Indonesia

Sambutan positif diberikan Ketua KPID (Komisi Penyiaran Indonesia Daerah) DKI Jakarta, Kawiyan terhadap Konser Amal Satu Indonesia.

"Kami mendukung acara ini. Karena acara tersebut mulia. Inilah bentuk kepeduliaan lembaga penyiaran kepada masyarakat yang sedang menghadapi masalah akibat Covid-19," ungkap Kawiyan seperti disampaikannya kepada Liputan6.com, di Jakarta, Jumat (8/5/2020)

300 Selebriti, salah satunya Iwan Fals

SCTV Music Awards 2019 (Bambang E. Ros/Fimela.com)
SCTV Music Awards 2019 (Bambang E. Ros/Fimela.com)

Menariknya, ada 300 selebritas ternama Tanah Air yang menyatakan berpartisipasi. Bahkan, para artis ini tampil sukarela tanpa menerima honor.

Konser Amal Satu Indonesia  antara lain Iwan Fals, Agnez Mo, Rossa, Titi DJ, Slank, Kahitna, Melly Goeslaw, Arsy Widianto, Rhoma Irama, Via Vallen, Elvy Sukaesih, Inul Daratista, Dewi Perssik, Soimah, Nassar, hingga sejumlah bintang Indosiar seperti Lesti DA, Fildan DA, Rara LIDA, Jirayut DAA, Selfi LIDA Reza. 

Sejumlah vokalis band kondang juga tampil. Mereka Ariel Noah, Pasha Ungu, Tantri Kotak, Charly Setia. Termasuk penyanyi legendaris seperti Titiek Puspa, Hetty Koes Endang, Iis Sugianto, Dessy Ratnasari, dan Doel Sumbang.

Komposer kenamaan Addie MS Orchestra dan Yovie Widianto akan mengiringi beberapa penampilan artis di Konser Amal Satu Indonesia.

Aktor, Aktris, Presenter

Komentator olahraga, Valentino Simanjuntak berbagi pengalaman kepada peserta EGTC 2018 Bandung di Graha Sanusi Hardjadinata, Universitas Padjajdaran, Bandung, Kamis (6/12). Valentino Simanjuntak juga memberi motivasi. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Komentator olahraga, Valentino Simanjuntak berbagi pengalaman kepada peserta EGTC 2018 Bandung di Graha Sanusi Hardjadinata, Universitas Padjajdaran, Bandung, Kamis (6/12). Valentino Simanjuntak juga memberi motivasi. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Tak hanya penyanyi, aktor dan aktris pun akan ikut serta. Mereka adalah Abimana Aryasatya, Pevita Pierce, Joe Taslim dan Raline Shah, Stefan William, Dude Harlino, Ammar Zoni, Irish Bella, Natasha Wilona, dan masih banyak lagi yang akan ikut serta.

Ada pula sejumlah komika seperti Ernest Prakasa, Raditya Dika, Abdel, Bintang Emon SUCA, Mo Sidik.

Bahkan squad sportscaster Valentino Simanjuntak, Rendra Soedjono, Binder Singh,Ponaryo Astaman dan Kusnaeni akan menemani pesepakbola tanah air seperti Evan Dimas dan Hamka Hamzah untuk berpartisipasi dalam gelaran akbar ini.

Sebagai pembawa acara, akan hadir Irfan Hakim bersama news presenter Senandung Nacita serta Sheila Purnama.

Sumbangan dari Konser

Sebagian Paket Sembako Yang Siap Didistribusikan EMTEK Peduli Corona Melalui 50 Warung Mitra Bukalapak Di Wilayah Jabodetabek. (EMTEK)
Sebagian Paket Sembako Yang Siap Didistribusikan EMTEK Peduli Corona Melalui 50 Warung Mitra Bukalapak Di Wilayah Jabodetabek. (EMTEK)

Konser Amal Satu Indonesia juga  mengajak pemirsa melihat lebih dekat perjuangan para petugas yang berada di garda terdepan penanganan wabah Corona.

Emtek akan menyumbangkan seluruh keuntungan dari Konser Amal Satu Indonesia untuk para tenaga medis dan masyarakat terdampak pandemi COVID-19 di berbagai penjuru Indonesia melalui Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih.

Pemirsa di rumah juga dapat berdonasi langsung selama siaran langsung Konser Amal Satu Indonesia dengan melakukan scan barcode yang akan terus ditayangkan di layar kaca dari semua mobile banking.

Pemirsa juga bisa transfer melalui beberapa pilihan nomorrekening antara lain BCA (500.557.2000) – SCTV, BCA (162.633.8888), BRI (0376.01.001220.30.7), Mandiri(122.00.5578.2000) – INDOSIAR atas nama Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih serta melalui platform aplikasi Bukalapak di Serbu Seru Bukalapak.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BTN Tawarkan Beragam Promo KPR di Ramadan Ini

Posted: 08 May 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Corona Virus (Covid-19) di Indonesia tidak mengurangi produktivitas PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN dalam memasarkan produk maupun layanan kreditnya.

Buktinya, bank fokus di pembiayaan sektor properti tersebut tetap aktif menawarkan kemudahan-kemudahan pembiayaan bagi para nasabahnya, melalui berbagai program menarik. Teranyar, adalah Program Pembiayaan bertajuk Ketupat Beruntung.

Executive Vice President Non Subsidized Mortgage & Personal Lending Division (NSLD) Bank BTN Suryanti Agustinar menjelaskan, Program Ketupat Beruntung Bank BTN sengaja diberikan guna membantu masyarakat memberikan kemudahan dan keringanan pada Bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1441 H (2020) untuk memiliki hunian idaman, meski berada dalam keterbatasan beraktivitas di masa pandemi Covid-19.

"Melalui Ketupat Beruntung Bank BTN, kami memberikan banyak keuntungan kepada nasabah yang melakukan akad Kredit Kepemilikan Rumah maupun Apartemen (KPR/KPA), Kredit Agunan Rumah (KAR), dan Kredit Ringan (KRING) dengan fasilitas Kredit Tanpa Agunan. Program ini berlaku bagi nasabah yang melakukan akad kredit 1 April-30 Juni 2020," ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (9/5/2020).

Antara lain, lanjut Yanti, jangka waktu kredit yang lebih panjang, untuk KPR mencapai 30 tahun dan KPA 20 tahun. Selain itu, menarkan berbagai gimmick menarik berupa diskon biaya provisi dan administrasi serta voucher belanja ratusan ribu rupiah.

Untuk program tersebut calon debitur mendapatkan diskon biaya provisi dan administrasi sebesar 50 persen dan voucher sampai dengan Rp500 ribu. Serta untuk Ketupat Beruntung KRING calon debitur berkesempatan mendapatkan parcel lebaran berupa sembako senilai sampai dengan Rp 200 ribu

 

Kabar Ramadan: Mau Buka Puasa Ditemani Artis?

Gabung KapanLagi Buka Bareng, event buka puasa online bersama Jirayut dan Rara LIDA 9 Mei ini. Bakal ada Chef Norman, Danilla, dan Adhitia Sofyan juga. Caranya? Daftar dulu di sini, dan isi data diri kamu. Semuanya GRATIS. Baca panduan lengkap di sini.

Kebutuhan Hunian Makin Besar

BTN menggelar pameran properti tahunan bertajuk Indonesia Property Expo (IPEX) di Jakarta Convention Center (JCC).
BTN menggelar pameran properti tahunan bertajuk Indonesia Property Expo (IPEX) di Jakarta Convention Center (JCC).

Menurut Yanti, inovasi pemasaran melalui berbagai kemudahan pembiayaan bagi masyarakat terus ditawarkan Bank BTN lantaran kebutuhan hunian secara nasional yang cukup besar seiring terus bertambahnya jumlah penduduk.

"Kami berharap, Program Ketupat Beruntung Bank BTN dapat memberikan benefit bagi debitur di tengah momen Ramadhan dan Idul Fitri yang berada dalam suasan pandemic Covid-19," harapnya.

Ditambahkan, Program Ketupat Beruntung Bank BTN merupakan wujud nyata kepedulian perseroan dalam membantu meringankan beban masyarakat mengadapi situasi ekonomi sulit akibat pandemi Covid-19.

"Karena itu, target penambahan komitmen kredit baru yang kami tentukan dari program ini cukup moderat, yakni sebesar Rp1 triliun hingga Juni 2020," pungkas Yanti.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Syarat Wajib Penumpang Umum Lion Air Group di Masa Pandemi Corona Covid-19

Posted: 08 May 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Lion Air, Wings Air, dan Batik Air yang merupakan member Lion Air Group menerbitkan beberapa aturan terkait rencana pengoperasian kembali rute domestik dijadwalkan Minggu, 10 Mei 2020.

Berdasarkan siaran pers yang diterima Liputan6.com, Jumat, 8 Mei 2020, pemberlakuannya berdasarkan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Badan Nasional Penaggulangan Bencana (BNPB) tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 yang mengatur larangan mudik,

Juga, Surat Edaran Nomor 31 Tahun 2020 Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan tentang Pengaturan Penyelenggaraan Transportasi Udara Selama Masa Dilarang Mudik Idul Fitri 1441 Hijriah dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019.

Mengacu pada Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020, berikut kriteria dan syarat calon penumpang tanpa pengecualian. Persyaratan perjalanan orang yang bekerja pada lembaga pemerintah atau swasta:

1. Menunjukkan hasil negatif Covid-19 berdasarkan Rapid Test atau Polymerase Chain Reaction (PCR) Test maupun surat keterangan sehat dari dinas kesehatan, rumah sakit, puskesmas, atau klinik kesehatan,

2. Menunjukkan surat tugas bagi Aparatur Sipil Negara, Tentara Nasional Indonesia, dan Kepolisian Republik Indonesia yang ditandatangani minimal pejabat setingkat eselon dua,

3. Menunjukkan surat tugas bagi pegawai Badan Usaha Milik Negara, Badan Udaha milik Daerah, Unit Pelaksana Teknis, Satuan Kerja, organisasi non-pemerintah, atau Lembaga Usaha yang ditandatangani direksi maupun kepala kantor.

4. Bagi yang tidak mewakili lembaga pemerintah atau swasta, pihak bersangkutan harus membuat surat pernyataan yang diteken di atas materai dan diketahui lurah atau kepala desa setempat.

5. Menunjukkan identitas diri berupa KTP atau tanda pengenal lain yang sah.

6. Melaporkan rencana perjalanan terkait jadwal keberangkatan, jadwal saat berada di tempat penugasan, serta waktu kepulangan.

Syarat Wajib Penumpang Lion Air Group di Masa Pandemi

Pesawat Lion Air Boeing 737 800 NG tiba di Terminal 1 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Rabu (19/8/2015). Lion Air kedatangan pesawat ke 150 Boeing 737, Lion Air Group kini telah mengoperasikan 244 unit pesawat berbagai tipe. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Pesawat Lion Air Boeing 737 800 NG tiba di Terminal 1 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Rabu (19/8/2015). Lion Air kedatangan pesawat ke 150 Boeing 737, Lion Air Group kini telah mengoperasikan 244 unit pesawat berbagai tipe. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Kemudian, persyaratan perjalanan pasien yang membutuhkan pelayanan kesehatan darurat atau perjalanan orang yang anggota keluarga intinya sakit keras maupun meninggal dunia, mencakup syarat:

1. Menunjukkan hasil negatif Covid-19 berdasarkan Rapid Test, PCR Test, atau surat keterangan sehat dari dinas kesehatan, rumah sakit, puskesmas, maupun klinik kesehatan,

2. Menunjukkan identitas diri berupa KTP atau tanda pengenal lain yang sah.

3. Menunjukkan surat rujukan dari rumah sakit untuk pasien yang akan melakukan pengobatan di tempat lain.

4. Menunjukkan surat keterangan kematian dari tempat almarhum atau almarhumah untuk izin mengunjungi keluarga yang meninggal dunia. 

Lalu, persyaratan repatriasi pekerja migran Indonesia, Warga Negara Indonesia, juga pelajar maupun mahasiswa yang berada di luar negeri, serta pemulangan orang dengan alasan khusus dan pemerintah sampai ke daerah:

1. Menunjukkan hasil negatif Covid-19 berdasarkan Rapid Test, PCR Test, atau surat keterangan sehat dari dinas kesehatan, rumah sakit, puskesmas, maupun klinik kesehatan,

2. Menunjukkan identitas diri berupa KTP atau tanda pengenal lain yang sah.

3. Menunjukkan surat keterangan dari Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BPPMI) atau surat keterangan dari perwakilan RI di luar negeri untuk penumpang dari luar negeri.

4. Menunjukkan surat keterangan dari universitas atau sekolah untuk mahasiswa dan pelajar.

5. Proses pemulangan harus dilaksanakan secara terorganisir oleh lembaga pemerintah, pemerintah daerah, swasta, dan universitas.

Calon penumpang wajib melengkapi dan menunjukkan kelengkapan dokumen perjalanan yang dibutuhkan, serta mengikuti protokol pengamanan kesehatan diri, termasuk menggunakan masker sebagaimana diberlakukan dalam aturan dimaksud.

Operasional Selama Pandemi Covid-19

Pesawat Wings Air, member Lion Air Group. (dok. Humas Lion Air Group / Nefri Inge)
Pesawat Wings Air, member Lion Air Group. (dok. Humas Lion Air Group / Nefri Inge)

Lion Air Group mengklaim telah mempersiapkan secara menyeluruh, komprehensif, dan berupaya maksimal dalam memberi pelayanan dengan melaksanakan berbagai langkah antisipasi agar memenuhi aspek keamanan, serta keselamatan perjalanan udara.

Juga, tetap menjalankan standar operasional prosedur (SOP), melakukan protokol kesehatan sesuai ketentuan, dan tidak menyebabkan penyebaran Covid-19. Ketentuan penerbangan selama masa pandemi meliputi:

1. Semua awak pesawat yang aktif terbang sudah dilakukan tes menggunakan rapid test dengan hasil negatif.

2. Pemeriksaan kesehatan awak pesawat tetap dijalankan sebelum penerbangan guna menentukan kondisi sehat, serta laik terbang.

3. Menyediakan cairan hand sanitizer bagi penumpang ketika mulai proses pelaporan atau check-in.

4. Awak pesawat, petugas layanan darat, dan layanan lainnya harus mengikuti protokol kesehatan, yakni pengecekan suhu badan, menjaga pola hidup sehat, mencuci tangan, menggunakan hand sanitizer, penggunaan sarung tangan, dan wajib memakai masker.

5. Semua pesawat sebelum terbang dilaksanakan penyemperotan desinfektan dalam upaya memastikan sterilisasi dan kebersihan pesawat.

6.  Pengaturan jarak aman antar penumpang dalam kabin pesawat pada setiap penerbangan. Tipe pesawat Boeing 737-800NG, Boeing 737-900ER, Airbus 320-200CEO, dan Airbus 320-200NEO pada kelas ekonomi yang berkonfigurasi 3-3, maka khusus kursi di tengah (B dan E) tidak dipergunakan (tanda petunjuk "X"), penumpang akan duduk di dekat jendela dan lorong. Sementara, tipe pesawat ATR 72 dan pesawat yang mempunyai layanan kelas bisnis bertata letak kursi 2-2 mengimplementasikan metode saling silang atau zig-zag.

Lion Air Group mempersiapkan semua armada Boeing 737-800NG, Boeing 737-900ER, Airbus 320-200CEO, Airbus 320-200NEO, Airbus 330-300CEO, Airbus 330-900NEO, ATR 72-500, dan ATR 72-600, yang akan dioperasikan menurut kebutuhan.

 

Terminal Keberangkatan

Batik Air terbang melalui Yogyakarya International Airport. (dok Lion Air Group)
Batik Air terbang melalui Yogyakarya International Airport. (dok Lion Air Group)

Terhitung mulai pengoperasian kembali hingga pemberitahuan lebih lanjut, penyesuaian terminal keberangkatan dan kedatangan sebagai berikut:

1. Penerbangan domestik Lion Air dari Terminal 1A pindah ke Terminal 2E Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta,

2. Penerbangan internasional Lion Air, Batik Air, Malindo Air, dan Thai Lion Air dari Terminal 2F pindah ke Terminal 3 Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta,

3. Penerbangan domestik Batik Air dari Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma tetap di Terminal 2E.

4. Penerbangan di kota atau distrik lain yang tidak diatur dalam surat edaran tersebut tetap beroperasi sesuai operasional di masing-masing bandar udara.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jika Pandemi Virus Corona Covid-19 Usai, Pogba Janji Bakal Jadi Pemain Terbaik MU

Posted: 08 May 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Gelandang MU Paul Pogba punya janji pada fans saat pandemi virus corona covid-19 berakhir. Ia ingin membuktikan diri menjadi pemain terbaik MU.

Pogba merupakan pemain termahal MU. Dia dibeli dari Juventus tahun 2016 dengan harga 89 juta pound sterling.

Namun sejak kembali ke MU performa Pogba dianggap tak memuaskan. Bahkan pemain timnas Prancis itu kerap mengalami cedera.

"Saya ingin cepat kembali ke lapangan dan melakukan hal besar. Saya merindukan bermain dan menjadi yang terbaik," kata Pogba dilansir Evening Standard.

"Musim ini saya banyak absen membela MU karena cedera. Saya berlatih sendiri selama tujuh bulan dan seharusnya sudah bermain, tapi pandemi ini mengubah semua rencana."

 

Tetap Berlatih

Gelandang Manchester United (MU), Paul Pogba (PAUL ELLIS / AFP)
Gelandang Manchester United (MU), Paul Pogba (PAUL ELLIS / AFP)

Pogba sebenarnya pemain asli didikan Akademi MU. Dia pindah ke Juventus tahun 2012 karena berseteru dengan Alex Ferguson.

Sejauh ini Pogba telah bermain dalam 150 laga dan mencetak 31 gol bagi MU. Ia juga sukses menyumbangkan dua gelar.

"Di rumah saya tetap berlatih keras tidak ada alasan. Saya membuat lapangan kecil ini untuk menjaga kondisi."

Klasemen Liga Inggris

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lisa Blackpink Dapat Ancaman Pembunuhan

Posted: 08 May 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Kabar kurang mengenakkan datang dari Kedutaan Thailand di Korea Selatan mengenai Lisa Blackpink. Pihak kedutaan menyebut pelantun "Whistle" ini mendapat ancaman pembunuhan.

Sekadar informasi, Lisa Blackpink merupakan warga negara Thailand dan memiliki nama lengkap Lalisa Manoban.

"Sejak tanggal 2 sampai 6 Mei, kami menerima banyak email dan pesan langsung (DM) berkaitan dengan ancaman yang dibuat secara online yang membahayakan nyawa Lisa," tulis pihak Kedutaan Thailand melalui Twitter, seperti diwartakan Soompi, Jumat (8/5/2020).

Pihak kedutaan juga menyatakan bahwa mereka telah mengontak agensi Lisa Blackpink, YG Entertainment.

Serahkan Data

Lisa BLACKPINK (Instagram/@lalalalisa_m)
Lisa BLACKPINK (Instagram/@lalalalisa_m)

Saat dihubungi media Yonhap News, Kedutaan Thailand menyebut bahwa pihaknya telah menyerahkan semua data yang mereka miliki mengenai hal ini kepada YG Entertainment.

Pihak kedutaan mengatakan ikut menawarkan bantuan karena Lisa adalah warga negara Thailand yang bekerja di Korea Selatan.

Ditanggapi Serius

Lisa Blackpink. (dok.Instagram @lalalalisa_m/https://www.instagram.com/p/B7tWGYyBihj/Henry)
Lisa Blackpink. (dok.Instagram @lalalalisa_m/https://www.instagram.com/p/B7tWGYyBihj/Henry)

Di sisi lain, YG Entertainment juga telah mengonfirmasi kabar ini. Mereka berjanji akan menanggapi hal ini dengan serius dan sungguh-sungguh.

 

Langkah Hukum

"Kami mengetahui situasi ini dan kami tidak hanya melakukan monitoring secara terus menerus, tapi juga mengumpulkan informasi yang dikirim penggemar kepada kami. Kami akan mengambil langkah hukum yang tegas atas ancaman ini," kata pihak agensi.

Comeback

Sementara itu, Blackpink dijadwalkan akan comeback pada Juni mendatang. Proses rekaman telah selesai dilakukan, dan syuting video klip rencananya dilakukan pada bulan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mantan Awak Kapal China Ungkap Kondisi ABK yang Dilarung di Lautan

Posted: 08 May 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Palembang - Viralnya video tiga orang jasad Anak Buah Kapal (ABK) Warga Negara Indonesia (WNI) dari Kapal Long Xing 629 asal China yang dilarung di lautan, turut mengungkap beberapa fakta mengejutkan lainnya.

Dua dari tiga orang jasad ABK yang dilarung di lautan, tercatat sebagai warga Desa Serdang Menang, Sirah Pulau Padang, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan (Sumsel).

Kuasa Hukum keluarga korban Aulia Aziz Al Haqqi dari Kantor Hukum Prasaja Nusantara menuturkan, keluarga Sepri dan Ari tampak syok usai melihat video jasad korban dilarung di lautan lepas.

Setelah menonton video tersebut, keluarga korban menghubungi salah satu ABK yang berhasil melarikan diri dari Kapal Long Xing 629. Mereka menanyakan kebenaran informasi di dalam video tersebut.

"Keluarga korban menanyakan, apakah benar ABK WNI di kapal tersebut bekerja selama 18 jam, dikasih makan 6 jam sekali pakai sisa umpan pancing dan minum pakai air laut yang disuling. Ternyata informasi itu dibenarkan ABK tersebut," ucapnya kepada Liputan6.com, Jumat (8/5/2020).

ABK yang identitasnya dirahasiakan itu, menceritakan banyak hal ke keluarga korban. Seperti sebelum meninggal dunia, Sepri sempat meminta untuk berobat ke kapten kapal. Namun, permintaannya tersebut tak dihiraukan kapten kapal Long Xing 629.

Bahkan, kapal nelayan pencari ikan tersebut tidak melabuhkan kapalnya ke pinggir daratan. Sehingga semakin menyulitkan Sepri untuk mendapatkan pengobatan. Korban akhirnya meninggal dunia dengan kondisi kaki dan badan yang membengkak.

"Yang merekam video jasad korban dilarungkan di laut itu, adalah ABK yang ditelepon oleh keluarga korban. Peristiwa itu terjadi pada tanggal 21 Desember 2019,di saat Sepri meninggal dunia," ujarnya.

Perlakuan kapten kapal terhadap ABK asal Indonesia, jauh berbeda dibandingkan ABK asal negara lain. Setelah merekam peristiwa tersebut, sekitar 4 orang ABK asal Indonesia kabur dari kapal tersebut.

Mereka menyelamatkan diri, dengan cara melompat ke kapal lain. Para ABK tersebut berusaha bersembunyi dari pantauan para awak Kapal Long Xing 629 asal China. Saat ini, para ABK yang selamat tersebut sedang berada di Korea dan sudah dilindungi.

 

Info Lowongan Kerja

Kapolres OKI Sumsel mengunjungi keluarga ABK yang jasadnya dilarung di lautan lepas (Dok. Humas Polres OKI / Nefri Inge)
Kapolres OKI Sumsel mengunjungi keluarga ABK yang jasadnya dilarung di lautan lepas (Dok. Humas Polres OKI / Nefri Inge)

"Pihak keluarga korban tidak menerima dengan kenyataan, yang sangat berbeda jauh dari pengakuan pihak perusahaan penyalur TKI di Jateng," katanya.

Di tengah proses mengulik informasi, keluarga korban terlihat syok dan seringkali menangis, jika mengingat para korban tersebut.

Kepala Desa (Kades) Serdang Menang Dodi Yansen (29) mengungkapkan, ada lima orang warganya yang berangkat mengikuti pelatihan di perusahaan penyalur TKI tersebut.

Saat itu, Dodi Yansen belum menjadi Kades Serdang Menang Kabupaten OKI Sumsel. Sehingga, dia tidak mengetahui pasti bagaimana proses keberangkatan warganya.

Awalnya Sepri, Ari dan ketiga warga Desa Serdang Menang mendapatkan info lowongan kerja dari salah satu warganya yang bekerja di kapal besar.

 

Calon ABK Kabur

Kuasa Hukum dari Kantor Hukum Prasaja Nusantara mendampingi keluarga ABK yang dilarung di laut lepas oleh awak Kapal Long Xing 629 asal China (Dok. Humas Kantor Hukum Prasaja Nusantara / Nefri Inge)
Kuasa Hukum dari Kantor Hukum Prasaja Nusantara mendampingi keluarga ABK yang dilarung di laut lepas oleh awak Kapal Long Xing 629 asal China (Dok. Humas Kantor Hukum Prasaja Nusantara / Nefri Inge)

"Lima orang warga tersebut berangkat ke Pematang Jateng untuk mengikuti pelatihan. Tapi tiga orang akhirnya melarikan diri dan pulang ke sini," ujarnya.

Ketiga warga Serdang Menang tersebut mengakui, jika banyak kejanggalan yang dirasakan selama pelatihan selama empat bulan. Seperti tidak ada kejelasan dimana akan bekerja, gaji yang belum pasti hingga nasib mereka bagaimana saat bekerja di luar negeri.

Berkas-berkas penting ketiga warga Serdang Menang tersebut, juga masih ditahan oleh perusahaan penyalur TKI tersebut. Akhirnya hanya Sepri dan Ari yang masih bertahan, karena tekad mereka berdua untuk bekerja sangatlah besar.

"Informasi juga saya dapatkan, jika awalnya Sepri dan Ari diberangkatkan ke China menggunakan kapal besar. Di tengah lautan, mereka berdua dipindahkan di kapal nelayan kecil. Kondisi ini tidak sesuai dengan perjanjian awal," ucapnya.

Dengan adanya kejadian ini, Dodi Yansen terus mengingatkan kepada warganya agar lebih selektif ketika mendapatkan informasi lowongan kerja.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

RS Galang Terima 3 Pasien Positif Covid-19 Rujukan Puskesmas Tanjung Uncang

Posted: 08 May 2020 10:23 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu (Wapangkogasgabpad), Brigjen TNI M Saleh Mustafa menyebut pasien positif Corona Covid-19 di RS Darurat Pulau Galang, Kepulauan Riau bertambah menjadi 19 orang.

Saleh mengatakan, RS Darurat Pulau Galang pada, Jumat, 8 Mei 2020 sekitar pukul 18.00 WIB menerima 3 pasien positif Covid-19 rujukan dari Puskesmas Tanjung Uncang.

"Pasien Rawat Inap bertambah tiga orang, semula 16 menjadi 19. Sekitar pukul 18.10 WIB menerima 3 orang pasien rujukan dari Puskesmas Tanjung Uncang," ujar Saleh dalam keterangannya, Sabtu (9/5/2020).

Saleh menyebut, 19 pasien yang kini dirawat di RS Darurat Pulau Galang terkonfirmasi positif Corona. Mereka di antaranya 4 orang pria anak buah kapal KM Kelud, kemudian 6 orang pria warga negara India jamaah tanblig.

"Sisanya 9 orang jamaah tablig. Yakni 8 pria dan satu wanita," kata dia.

Bisa Bebas dari Corona

Sebelumnya, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto menegaskan, Indonesia bisa terbebas dari pandemi Corona pada Juni-Juli 2020, asalkan masyarakat bisa mematuhi berbagai peraturan yang diberlakukan pemerintah. Disiplin terhadap aturan, kata dia, merupakan kunci keberhasilan program penanganan wabah Corona di Indonesia.

"Karena kuncinya adalah kita semua. Ada disiplin kita untuk patuh, disiplin untuk tidak bepergian, patuh untuk tidak mudik dan mencuci tangan dengan sabun, patuh untuk selalu menggunakan masker," kata Yurianto dalam konferensi pers daring di BNPB, Jakarta, Jumat (8/5/2020).

Menurut dia, disiplin terhadap aturan merupakan upaya yang bisa dilakukan semua pihak untuk mewujudkan target pengentasan pandemi Coronapada Juni-Juli mendatang.

"Kuncinya adalah kita," tegas Yuri.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Makanan Berprotein Tinggi untuk Penuhi Nutrisi Saat Sahur

Posted: 08 May 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menahan haus dan lapar selama 14 jam sudah pasti membutuhkan asupan nutrisi yang seimbang saat sahur. Memenuhi asupan nutrisi saat sahur dilakukan untuk menjaga metabolisme tubuh tetap bisa berfungsi dengan baik. Nah, salah satu asupan penting saat sahur yakni dengan mengonsumsi makanan berprotein tinggi.

Mengapa makanan berprotein tinggi? Karena makanan berprotein tinggi memiliki peran untuk menghasilkan energi. Energi inilah yang nantinya akan dibutuhkan untuk beraktivitas selama menjalankan ibadah puasa seharian.

Bahkan dengan mengonsumsi makanan berprotein tinggi saat sahur, akan membuat perut menjadi kenyang lebih lama. Jika dibandingkan dengan mengonsumsi makanan tinggi lemak dan karbohidrat, tentu makanan berprotein tinggi lebih bisa diandalkan untuk menahan haus dan lapar seharian.

Berikut penjelasan mengenai makanan berprotein tinggi yang cocok untuk penuhi nutrisi saat sahur yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (9/5/2020).

Telur

Telur (iStock)
Telur (iStock)

Telur merupakan salah satu makanan berprotein tinggi yang juga disebut sebagai makanan paling sehat di dunia. Selain mengandung protein yang cukup tinggi, telur juga mengandung vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, telur ayam juga mengandung kolin yang dipercaya dapat menjaga kesehatan sistem saraf, hati, dan jantung. Kemudian ada lutein yang dapat menjaga kesehatan mata.

Protein yang paling tinggi terdapat pada bagian putih telurnya, tetapi vitamin dan mineral lain terdapat pada bagian kuning telurnya. Sehingga telur bisa menjadi makanan diet yang wajib ada, tak terkecuali saat puasa.

Kacang Almond

Kacang Almond (Istimewa)
Kacang Almond (Istimewa)

Kacang almond termasuk salah satu makanan berprotein tinggi. Hal ini disebabkan karena di dalam 10 kacang almond terdapat kurang lebih 2.5 gram protein. Jadi, dengan mengonsumsi 20 butir kacang almond setiap hari, tubuh akan mendapat 5 gram protein yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh manusia. Termasuk sangat sehat untuk dijadikan camilan saat sahur setelah mengonsumsi makanan utama.

Kacang almond juga mengandung antioksidan yang tinggi dan bisa membuat kulit nampak awet muda secara alami. Kandungan vitamin E dalam kacang almond juga sangat ampuh mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker. Tidak hanya bisa dikonsumsi sebagai camilan biasa, tetapi kacang almond juga bisa dikonsumsi dalam bentuk susu almond dengan tambahan oatmeal dan smoothie bowl.

Dada Ayam

Dada Ayam/Copyright shutterstock.com
Dada Ayam/Copyright shutterstock.com

Dada ayam termasuk dari makanan berprotein tinggi yang bisa diandalkan untuk menu sahur. Bahkan bagi yang ingin berpuasa sambil diet juga bisa mengandalkan dada ayam untuk memenuhi asupan yang dibutuhkan oleh tubuh. Mengenyangkan lebih lama karena kandungan proteinnya yang tinggi dan memiliki kalori yang cukup rendah.

Protein dalam 1 ons dada ayam rebus tanpa bumbu ada sekitar 31 gram per ons. Selain itu, kadar garam yang rendah di dada ayam juga cocok bagi penderita hipertensi yang akan menjalankan ibadah puasa. Dada ayam bisa dikonsumsi bersama salad supaya konsumsi serat ikut terpenuhi. Atau bisa juga langsung digoreng, dijadikan campuran sayur dan tumisan, serta dipanggang.

Greek Yogurt

Greek Yogurt | unsplash.com
Greek Yogurt | unsplash.com

Yogurt memang termasuk salah satu makanan berprotein tinggi. Tetapi jenis yogurt yang paling baik yakni greek yogurt. Hal ini disebabkan karena greek yogurt mengandung 2 kali lebih banyak protein. Selain itu, greek yogurt juga mengandung bakteri baik yang dibutuhkan tubuh untuk melancarkan sistem pencernaan saat puasa dan dapat menjaga perut agar tidak buncit. Namun tetap pastikan untuk mengonsumsi tanpa tambahan zat aditif lain misalnya saja seperti gula.

Tuna dan Udang

tuna | pexels.com/@cottonbro
tuna | pexels.com/@cottonbro

Tuna

Sama seperti dada ayam, tuna juga mengandung sekitar 30 gram protein per onsnya. Salah satu makanan berprotein tinggi, omega-3, bahkan selenium yang dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit autoimun dan niacine untuk mencegah depresi. Tuna juga menjadi menu wajib sahur yang tidak boleh terlewatkan.

Namun sebelum mengonsumsi tuna, tetap perhatikan bahwa tuna kalengan yang mengandung terlalu banyak garam justru akan membahayakan. Makanan ini justru akan membuat pengonsumsi terkena hipertensi. Selain itu, hindari juga tuna Maguro dan Bluefin yang sudah langka.

Udang

Makanan berprotein tinggi lain yakni udang, karena hampir dari 90 persen kalori dalam udang berasal dari protein. Nah, selain sangat bagus untuk penuhi kebutuhan nutrisi saat sahur, udang juga sangat bermanfaat untuk otak. Otak akan menjadi lebih sehat dan tidak mudah lupa.

Bahkan juga sangat menunjang untuk mencegah kerontokan rambut. Asupan selama menjalankan ibadah puasa terpenuhi, kesehatan tubuh juga terpenuhi dengan baik. Namun tetap perhatikan untuk tidak mengonsumsi udang tidak lebih dari 6 ons udang per hari. Hal ini untuk mengantisipasi kandungan kolesterol tinggi dalam udang.

Kentang Panggang dan Tempe

Kentang Panggang
Kentang Panggang

Kentang Panggang

Kentang panggang ternyata termasuk dalam makanan berprotein tinggi, bahkan sangat baik untuk menurunkan berat badan. Kaya karbohidrat dan kaya protein, dua nutrisi yang seimbang membuat kentang wajib dijadikan menu sahur agar tetap kuat untuk puasa seharian. Dalam 1 buah kentang berukuran sedang mengandung 7.5 gram protein, sehingga akan membuat kita tidak kalap saat sahur. Selain protein dan karbohidrat, kentang panggang juga mengandung serat tinggi yang dapat membantu melancarkan sistem pencernaan selama puasa.

Tempe

Selain memiliki banyak sekali manfaat, ternyata makanan pendamping ini juga termasuk makanan berprotein tinggi yang sangat baik dijadikan menu santap sahur. Selain mengandung 5 gram protein per ons, tempe juga mengandung prebiotik yang dapat membantu melancarkan pencernaan dan bisa mengontrol kolesterol saat puasa.

Namun tetap perhatikan cara konsumsinya, lebih baik untuk mengonsumsi tempe yang dikukus, dibakar, dipanggang atau dalam bentuk tempe bacem, sambal tempe, dan pepes tempe. Serta hindari tempe yang digoreng, karena menggoreng tempe dengan minyak akan membuat prebiotik di dalamnya hilang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cocok untuk Buka Puasa, Resep Gorengan Udang Brokoli ala Chef Norman Ismail

Posted: 08 May 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Acara buka puasa bareng secara inline, kembali digelar KapanLagi pada hari ini, Sabtu (9/5/2020). Salah satu sesi seru dalam acara ini, adalah demo masak, sembari menunggu beduk buka puasa.

Setelah Nicky Tirta dan Farah Quinn, dalam episode kali ini yang akan hadir adalah chef Norman Ismail.

Selama ini, chef Norman Ismail memang dikenal kerap membagikan resep praktis di Instagram resmi miliknya. Termasuk untuk buka puasa.

Pemanasan

Chef Norman bakal meriahkan Golda Coffee Buka Puasa Bareng KapanLagi. (Istimewa)
Chef Norman bakal meriahkan Golda Coffee Buka Puasa Bareng KapanLagi. (Istimewa)

Salah satu resep yang baru ia bagikan pada Jumat (8/5/2020) lalu, adalah resep perkedel udang brokoli.

Nah, untuk "pemanasan" untuk acara KapanLagi Buka Bareng, yuk cek resep dari sang chef berikut ini:

Gorengan Brokoli Udang

Gorengan Brokoli Udan. (Instagram/ chefnormanismail)
Gorengan Brokoli Udan. (Instagram/ chefnormanismail)

Bahan

  • 300 gram udang, dibuang kulitnya dan dipotong kecil
  • 300 gram brokoli, direbus lalu cincang kasar
  • 60 gram tepung
  • 50 gram parmesan powder (boleh lebih)
  • 2 telur ayam
  • Garam secukupnya
  • Lada bila diinginkan.

 

Cara Membuat

1. Siapkan mixing bowl, masukan semua bahan dan aduk rata.

2. Panaskan wajan dan minyak goreng secukupnya.

3. Ambil kira-kira 1 sendok makan adonan, goreng dengan api sedang. Diamkan sebentar hingga bagian bawah agak kecokelatan dan solid, balik, lalu tunggu hingga matang.

4. Sajikan langsung, atau dengan pelengkap seperti mayonaise dan saus sambal.

-----------

Kabar Ramadan: Mau Buka Puasa Ditemani Artis?

Gabung KapanLagi Buka Bareng, event buka puasa online bersama Jirayut dan Rara LIDA 9 Mei ini. Bakal ada Chef Norman, Danilla, dan Adhitia Sofyan juga. Caranya? Daftar dulu di sini, dan isi data diri kamu. Semuanya GRATIS. Baca panduan lengkap di sini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cegah Penyebaran Corona, PKL di Pasar Anyar Tangerang Jaga Jarak Aman

Posted: 08 May 2020 10:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Perusahaan Daerah (PD) Pasar Kota Tangerang memberlakukan physical distancing kepada 68 lapak Pedagang Kaki Lima (PKL) di Pasar Anyar untuk mencegah penyebaran virus Corona. Setiap lapak diberi jarak 180 sentimeter.

Dirut PD Pasar Kota Tangerang Titien Mulyati menuturkan, pihaknya memberi tanda atau marka berupa kotak putih, yang menunjukkan lokasi masing-masing PKL berjualan selama wabah Corona.

"Kalau physical distancing ini kami baru terapkan di Pasar Anyar, tapi untuk bilik atau tirai plastik sudah kami pasang di pasar-pasar supaya pedagang tidak kontak langsung dengan pembeli," kata Titien seperti dilansir Antara, Sabtu (9/5/2020).

Pihaknya juga tidak tinggal diam untuk menindak tegas pembeli atau pedagang yang tidak mematuhi aturan yang yang berlaku saat PSBB selama pandemi Corona.

"PSBB tahap kedua ini, waktunya kami menindak tegas, jika ada pedagang yang membandel dan kami telah beri teguran namun tetap membandel, langkah tegas yang kami ambil ya tidak boleh berdagang," tutur Titien.

Selain menerapkan physical distancing dan memasang bilik plastik, PD Pasar telah memberikan 1.500 sarung tangan untuk para pedagang untuk mencegah penyebaran virus Corona.

 

Minta Warga Disiplin

Petugas medis menunjukkan sempel darah warga saat Rapid Test Covid-19  dilakukan oleh Dinkes Provinsi Banten di Tangerang, Selasa (21/4/2020).  Rapid Test Covid-19 tersebut merupakan scrining Covid-19 di wilayah Banten agar masyarakat dapat mengetahui apakah positif atau negatif Covid-19. (Liputan6.
Petugas medis menunjukkan sempel darah warga saat Rapid Test Covid-19 dilakukan oleh Dinkes Provinsi Banten di Tangerang, Selasa (21/4/2020). Rapid Test Covid-19 tersebut merupakan scrining Covid-19 di wilayah Banten agar masyarakat dapat mengetahui apakah positif atau negatif Covid-19. (Liputan6.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah menekankan kembali agar masyarakat Kota Tangerang diharapkan dapat disiplin dan mengikuti arahan pemerintah supaya PSBB berjalan dengan lancar.

"Harus diatur dan mau diatur. Kalau mau wabah ini cepat berakhir masyarakat harus mau diatur, kalau tidak mau diatur akan kami tindak," kata Arief.

"Tindakan tersebut berupa teguran lisan ditempat, memberikan surat peringatan tertulis, penyitaan paksa sementara dan pemasangan Pol PP line," tambah dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ferdian, 'Saya Minta Maaf Sekali Kepada Seluruh Rakyat Indonesia...'

Posted: 08 May 2020 10:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dengan mamakai baju tahan Ferdian Paleka menyampaikan permintaan maaf pada seluruh rakyat Indonesia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Malam Nuzulul Quran, Apakah Bedanya dengan Malam Lailatul Qadar?

Posted: 08 May 2020 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebagian besar umat Islam di Indonesia percaya bahwa malam nuzulul quran, yang diperingati setiap 17 Ramadan, merupakan malam diturunkannya Al-Quran. Namun, ada perbedaan pendapat di antara para ulama perihal kapan dan cara Al-Quran diturunkan.

Memang, bulan Ramadan dikenal sebagai bulan Al-Quran.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَ بَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَ الْفُرْقَانِ

"Bulan Ramadan yang di dalamnya–mulai--diturunkannya Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan keterangan-keterangan yang nyata yang menunjuk kepada kebenaran, yang membedakan antara yang haq dan yang bathil." (QS Al-Baqarah: 185)

Namun, menurut Ketua Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Muhammad Cholil Nafis, seperti dikutip dari Ayobandung.com, hari turunnya Al-Quran sebenarnya bukan seperti malam Nuzulul Quran yang dikenal sekarang ini.

Dalam sebuah hadis, seperti disebutkan dalam tafsir, Imam Ahmad bin Hanbal berkata, Abu Sa'id Maula Bani Hasyim telah bercerita kepada kami, 'Imran Abul 'Awwam telah bercerita kepada kami, dari Qatadah, dari Abul Malih, dari Watsilah yaitu Al-Asqa', bahwasannya Rasulullah SAW bersabda:

أنزلت صحف إبراهيم في أول ليلة من رمضان ، و أنزلت التوراة لست مضين من رمضان و الإنجيل لثلاث عشر خلت من

رمضان و أنزل الله القرآن لأربع و عشرين خلت من رمضان

 

"Suhuf Ibrahim diturunkan pada malam pertama Ramadan, Taurat diturunkan pada enam Ramadan, Injil diturunkan pada tiga belas Ramadan, dan Allah menurunkan Al-Quran pada dua puluh empat Ramadan."

Adapun masyarakat Indonesia hanya terbiasa merayakan malam Nuzulul Quran dengan malam 17 Ramadan, merujuk pada hari kemerdekaan Indonesia di tanggal 17.

 

-----------

Kabar Ramadan: Mau Buka Puasa Ditemani Artis?

Gabung KapanLagi Buka Bareng, event buka puasa online bersama Jirayut dan Rara LIDA 9 Mei ini. Bakal ada Chef Norman, Danilla, dan Adhitia Sofyan juga. Caranya? Daftar dulu di sini, dan isi data diri kamu. Semuanya GRATIS. Baca panduan lengkap di sini.

Teori Diturunkannya Al-Quran

ilustrasi Al-Quran/pexels
ilustrasi Al-Quran/pexels

Seperti dikutip dari nu.co.id, ada tiga teori yang menjelaskan tentang Nuzulul Qur'an. Teori pertama, pada malam Lailatul Qadar, Al-Qur'an diturunkan dalam jumlah dan bentuk yang utuh dan komplet kepada Nabi Muhammad SAW- ke langit dunia (sama' al-dunnya). Setelah itu, dari langit dunia, Al-Qur'an diturunkan ke bumi secara bertahap sesuai kebutuhan selama 20/23/25 tahun.

Teori kedua, Al-Qur'an diturunkan ke langit dunia selama 20 malam Lailatul Qadar dalam 20 tahun (Lailatul Qadar hanya turun sekali dalam setahun). Setelah itu dibacakan kepada Nabi Muhammad SAW sesuai kebutuhan.

Teori ketiga, Al-Qur'an turun pertama kali pada malam Lailatul Qadar. Selanjutnya, Al-Quran diturunkan ke Bumi secara bertahap dalam waktu berbeda-beda.

Teori pertama paling masyhur (populer) dan didukung banyak ulama. Teori ini diperkuat banyak hadist sahih. Teori kedua dipelopori oleh al-Muqatil dan Abu Abdillah al-Halimi dalam kitab Minhaj. Juga al-Mawardi dalam tafsirnya. Teori ketiga dikemukakan oleh al-Sya'bi, dkk.

Semua teori sepakat Al-Qur'an "diturunkan" (munazzal) pada malam Lailatul Qadar. Hanya saja, para ulama berbeda pendapat, apakah ia diturunkan sekali dalam Lailatul Qadar atau lebih.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Suzuki Gixxer SF 250 Punya Modal untuk Ramaikan Segmen Motor Sport Tanah Air

Posted: 08 May 2020 10:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Segmen sport 250cc di pasar roda dua Tanah Air memang tidak sebesar skutik. Meski begitu loyalitas motor seperempat liter masih banyak dan potensial bagi para pabrikan.

Walau kapasitas ruang bakar sama, namun di Indonesia bakal kian banyak variasi jumlah silinder: tunggal, dua, empat.

Sehingga ceruk itu membentuk irisan tipis dan lagi-lagi berujung pada besaran banderol jualan. Termasuk Suzuki Gixxer SF 250, sebetulnya punya potensi walau tidak begitu besar.

Belakangan riuh kabar Kawasaki Ninja 250 empat silinder. Memang betul segera datang, namun lantaran COVID-19, peluncuran harus tertunda. Sementara Honda CBR250RR 2020 (dua silinder) juga diramal segera jumpa khalayak.

Suzuki belum punya barang sejenis di Indonesia. Sejatinya ada motor serupa di India seperti Gixxer 250 silinder tunggal dan GSX 250.

Memang betul tidak ada konfirmasi dari pabrikan. Namun bila mereka mengenalkan Gixxer 250 single silinder duluan. Berarti ada kesempatan bagi konsumen GSX 150 untuk naik level. Di Barata sana, unit dilepas Rp 33 jutaan.

Seandainya didagangkan di sini maka lompatan harga tidak terlalu jauh. Korelasinya bila dibanding langsung mendatangkan GSX 250 dua silinder. Kemudian rival dekat sementara hanya Kawasaki Ninja 250SL.

Jika betul Suzuki menjajakan Gixxer SF 250, perusahaan punya kans menggarap lahan ini. Kalau misal sukses, barulah main ke level lebih tinggi lagi lewat GSX 250 dua silinder. Lantas kapan waktu yang tepat untuk melantai?

Untunglah GIIAS 2020 terkonfirmasi tetap digelar pada akhir Oktober ini. Jadi perusahaan bisa memanfaatkan momentum, sekaligus berjualan. Sebab menjelang akhir tahun animo masyarakat untuk belanja motor sport berpotensi tinggi.

 

 

Berkenalan Lebih Dekat

Gixxer SF 250 diluncurkan pada Mei 2019 di India. Unit ditenagai mesin 249 cc, tanpa radiator tapi pakai Suzuki Oil Cooling System (SOCS). Ia bertipe SOHC diklaim lebih irit, namun memberi tenaga optimal.

Hasil ruang bakar memberi tonjokan torsi 22,6 Nm di 7.500 rpm. Kemudian luapan tenaga 26,5 PS pada 9.000 rpm. Penyaluran power pakai girboks manual enam percepatan. Ini bisa membantu Anda mengakses kecepatan rendah hingga menengah. Tapi masih kalah tipis dari Ninja 250SL.

Harus dibuktikan pula soal peranti SOCS. Konon membuat mesin terasa ringan nan tangkas guna melesat di kecepatan tinggi. Ia menggunakan diameter pelek 17 inci dengan balutan ban 110/70 di depan dan belakang 150/60. Bobot hanya 161 kg, berarti lebih enteng 6 kg dari Honda CBR250R. Seharusnya cukup di urusan stabilitas.

Untuk suspensi depan fork teleskopik standar dan belum upside down. Di tengah pakai redaman monoshock. Lantas nilai jual lain berupa sisipan rem cakram di tiap roda. Bahkan tiap piringan didukung perangkat anti-lock braking system (ABS). Sedang Ninja 250SL belum punya itu.

Rancang BangunTampilan sebuah Gixxer SF 250 di kelas ini cukup menggoda. Ia memiliki paras memikat pengendara muda. Ada penggabungan apik dari desain kontemporer dan rekayasa pahatan bodi, kata pabrikan. Itu dituangkan dalam siluet berjongkok rendah bersama dengan sisi garis karakter yang mengalir.

Walau silinder tunggal, Suzuki mengakalinya lewat lubang knalpot ganda atraktif nan sporty. Tapi sebaiknya jangan berharap dentuman sebulat dua silinder. Kemudian panel instrumen serbadigital. Sementara rivalnya belum punya.

Untuk pecahayaan lebih baik di malam hari, Gixxer memiliki lampu LED ringkas dan tipis serta lampu kombinasi belakang. Soal tampilan bolehlah diadu dengan produk lain.

Nah, benar atau tidak kedatangan sosok anyar ini, tinggal menunggu waktu saja. Atau bisa pula datang dengan lencana lain. Setidaknya bisa diamati sampai dengan pameran otomotif akbar di ICE Tangerang menjelang akhir tahun.

Sumber: Oto.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sebelum Ditangkap, Ferdian Paleka Menangis Minta Ayahnya Membantu Kabur dari Kejaran Polisi

Posted: 08 May 2020 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Youtuber Ferdian Paleka menyadari mulai bermasalah dengan hukum ketika konten di kanal youtube pribadinya dengan judul "Prank Kasih Makanan ke Banci CBL" mulai dipersoalkan. Tapi, Ferdian memilih kabur ketimbang menyerahkan diri ke polisi seperti rekannya berinisial T.

Kepala Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polrestabes Bandung AKBP Galih Indragiri menerangkan, Ferdian Paleka merengek kepada ayahnya untuk mencari cara lolos dari jerat hukum.

Awalnya, sang ayah yang meminta anaknya untuk mempertanggungjawabkan perbuatanya pun jadi berbelok arah.

"Iya betul dia menangis, dan gak mau menyerahkan diri ke polisi," kata dia kepada Liputan6.com, Sabtu (9/5/2020).

Galih menerangkan, Ferdian Paleka merasa ketakutan. Sehingga ayah, memutar otak membantu anaknya melarikan diri dari pengejaran polisi.

"Alasan menanggisnya karena takut. Jadi ayahnya ikut membantu melarikan (Ferdian Paleka)," ujar dia.

Youtuber Ferdian Paleka tengah menjadi perbicangan publik karena aksi konyol membagi-bagikan bingkisan sampah ke beberapa transgender.

Ferdian Paleka merekam dan menjadikan sebagai sebuah konten di akun youtube pribadinya dengan judul "Prank Kasih Makanan ke Banci CBL".

Dalam rekamannya, Ferdian Paleka memasukan batu bata, sampah ke dalam kardus mie instan. Kardus-kardus itu kemudian diberikan ke empat transpuan yang ada di pinggir jalan kawasan Bandung.

Video itu viral hingga menyita perhatian khalayak. Mereka mengecam aksinya yang dilakukan oleh Ferdian Paleka bersama seorang rekannya, berinisial T.

Bahkan beberapa warga Bandung sempat menggeruduk kediaman Ferdian Paleka Minggu (3/5/2020). Namun, warga tak berhasil menemukan Ferdian.

Belakangan, konten itu dihapus dari kanal youtubenya. Ferdian Paleka juga menyampaikan permintaan maaf secara tertulis melalui fitur Instagram Stories yang diunggah pada Senin (4/5/2020).

Tak Cukup Minta Maaf

Sang ibunda, dengan menitihkan air mata juga ikut meminta maaf kepada publik atas ulah anaknya.

Tapi, beberapa transpuan yang menjadi korbannya terlanjur kesal. Permintaan maaf itu dinilai tak cukup untuk membayar rasa sakit hati. Salah satu dari mereka akhirnya melaporkan ke Polrestabes Bandung.

Polisi turun tangan mengusut kasus ini. Satuan Reskrim Polrestabes Bandung dikerahkan untuk mencari keberadaan Ferdian Paleka. Sementara, rekannya telah menyerahkan diri.

Selama berhari-hari melakukan pencarian akhirnya membuahkan hasil. Pelariannya akhirnya terhenti. Ferdian Paleka ditangkap pihak kepolisian, Jumat (8/5/2020) pukul 00.30 WIB.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesan IGI kepada Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud yang Baru

Posted: 08 May 2020 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim resmi mengukuhkan Iwan Syahril sebagai Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Kemendikbud, Jumat, 8 Mei 2020. 

Sebelum dilantik menjadi Dirjen GTK, Iwan menjabat staf khusus Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Keputusan tersebut mendapat apresiasi dari Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia (IGI) Muhammad Ramli Rahim, karena sosoknya dinilai sangat dekat dengan dunia milenial.

Meski demikian kiprahnya di dunia pendidikan terutama dalam pendidikan dasar dan menengah masih sebatas sebagai pendiri dan peneliti Pusat Studi Pendidikan dan Kebijakan (PSPK).

"Namun siapapun Iwan Syahril, Dirjen GTK baru harus mampu menciptakan atmosfer pendidikan yang mampu membuat guru meningkatkan kompetensinya secara mandiri," ungkap Ramli.

Karena selama ini menurutnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan seolah membuang garam di laut dengan menghamburkan anggaran besar dalam peningkatan kompetensi guru.

"Yang sebenarnya tak banyak berdampak pada upaya peningkatan kompetensi guru secara keseluruhan," kata Ketua Umum IGI dalam keterangan tertulisnya, Jumat (8/5/2020).

Dia menilai, semua itu terjadi karena yang dilakukan Kemdikbud lebih bersifat proyek dibanding sebuah gerakan.

"Menurut Kami di ikatan guru Indonesia, satu-satunya cara untuk membuat pendidikan kita lebih baik adalah menghasilkan kualitas guru yang baik. Dan satu-satunya cara untuk menghasilkan kualitas guru yang baik adalah menjadikan guru sebagai guru yang mampu meningkatkan kompetensinya secara terus-menerus dan mandiri, selain tentu saja pola rekruitmen yang baik," ungkapnya. 

Menurut dia, organisasi profesi guru adalah amanat undang-undang nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen yang sampai hari ini tidak dijalankan secara konsekuen oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

 

Peningkatan Kompetensi Guru

IGI, kata dia bahkan secara terang-terangan menawarkan upaya maksimal peningkatan kompetensi guru tanpa perlu diberikan anggaran.

Hal ini dilakukan karena IGI yakin bahwa peningkatan kompetensi guru betul-betul harus dilakukan mandiri oleh guru itu sendiri melalui organisasi profesinya masing-masing. 

"Selain itu untuk mendorong guru meningkatkan kompetensinya secara mandiri, maka dibutuhkan jaminan status dan pendapatan guru. Dirjen GTK seharusnya menjamin bahwa tak ada lagi guru di seluruh Indonesia apapun statusnya yang mendapatkan upah dibawah upah minimum regional," paparnya.

Apalagi, lanjut dia, dalam masa pandemi Covid-19 ini jutaan guru honorer tengah menghadapi situasi sulit dengan pendapatan yang tidak jelas. Karena mereka tidak lagi hadir di ruang ruang kelas, sementara selama ini mereka digaji per jam sesuai dengan jam pengajaran mereka. 

"Guru-guru di sekolah swasta mengalami nasib yang jauh lebih parah karena anak didik dan orangtua anak didik enggan membayar uang sekolah atau SPP selama masa belajar di rumah," ungkap Ramli. 

Pihaknya berharap supaya Dirjen GTK tidak ikut-ikutan heran dengan berbagai situasi dan kondisi guru di Indonesia tetapi lebih berpikir mencari dan menemukan solusi bagaimana menuntaskan masalah-masalah tenaga pendidik kita yang saat ini lebih dari 60 persen berstatus non PNS.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kelewat Absurd, Desain Rumah Ini Bikin Warganet Gagal Paham

Posted: 08 May 2020 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Saat membangun rumah, tentunya desain atau dekorasi yang baik menjadi faktor penting yang harus diperhatikan. Tak hanya tata letak berbagai ruangan, hal-hal seperti penempatan pintu, jendela dan yang lainnya juga harusnya tak luput dari perhatian.

Selain itu berbagai benda lain seperti keran air juga harus memiliki fungsi semestinya. Jangan sampai kita merasa tak nyaman dan kerepotan lantaran desain rumah yang tak sesuai.

Belum lama ini seorang warganet membagikan desain rumahnya yang terbilang cukup nyeleneh. Seorang warganet dengan akun TikTok @valenrewah memperlihatkan keadaan rumahnya.

Dirinya mengunggah video berdurasi 56 detik tersebut diunggah dengan caption "Rumah gw aneh check".

 

Desainnya terbilang aneh

foto: TikTok @valenrewah
foto: TikTok @valenrewah

Dirinya pun memperlihatkan keadaan rumahnya yang dicat dengan berbagai warna mulai dari ungu, pink, biru dan juga hijau. Tak hanya itu, terdapat pula jendela yang dibuat dengan menghadap tembok. Ada pula wastafel yang tak terdapat keran di atasnya melainkan di bagian bawah wastafel.

Videonya menjadi viral

Tuai beragam komentar

foto: TikTok @valenrewah
foto: TikTok @valenrewah

Video tersebut diunggah ulang oleh akun Twitter @crumbsofhell pada Sabtu (9/5/2020). Tak perlu waktu lama video tersebut langsung mencuri perhatian warganet. Video tersebut telah ditonton oleh lebih dari 500 ribu kali dan disukai oleh lebih 43 ribu pengguna Twitter. Tak sedikit pula yang memberikan komentarnya.

"Ini bukan rumah u aneh tp bapak u yg aneh bwangggg," komentar akun @safirawwww.

"Anti mainstreamnya kebablasan," kata @NurmanNawi.

"Arsitek menangis melihat rmh mu," timpal @Farlleess.

"Gua ga bisa nahan ketawa dibagian wastafel," tulis akun @younxnbrox.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Demi Amal Ibadah Berlipat Ganda di Bulan Ramadan, Masjid ini Tetap Gelar Salat Berjemaah

Posted: 08 May 2020 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Blora - Pandemi Virus Corona mempersulit berbagai kegiatan di tempat umum. Salah satunya adalah kegiatan beribadah di masjid, hal itu dilakukan demi memutus mata rantai penyebaran virus ini.

pembatasan kegiatan itu semakin terasa sejak memasuki bulan suci Ramadan.  Beberapa negara telah meminta agar Salat Jumat dan tarawih dilakukan di rumah saja  untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Seperti diketahui, Virus Corona mudah menyebar melalui kontak fisik dekat. Virus ini terutama sangat berbahaya bagi lansia atau orang yang sudah punya penyakit seperti diabetes, asma, penyakit jantung, atau hipertensi.

Penularan Virus Corona juga bisa terjadi tanpa gejala. Jadi bisa saja ada anak muda tertular, namun tak menunjukan gejala, tetapi menularkan ke anggota keluarga yang berusia tua atau sakit, sehingga akibatnya bisa fatal.

Jojo (50), Salah satu jemaah Masjid Miftahul Jannah, di Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora  mengatakan bahwa sudah seharusnya demi keamanan salat berjamaah untuk sementara ditiadakan karena ada virus corona.

"Tapi karena masyarakat di bulan ramadan ini ingin memperbanyak pahala ya menurut saya sebaiknya tetap solat di masjid. Ya bisa saja solat jamaah di rumah, tapi kalo saya serumah hanya berdua saja dengan istri kan lebih baik solat di masjid, " ungkapnya kepada Liputan6.com (8/4/20)

Jojo menyampaikan jika salat berjemaah orangnya semakin banyak kan makin banyak juga pahalanya jadi berlipat-lipat. Kebetulan masjid sini juga masih ada salat berjamaah namun mengikuti aturan Physical Distancing.

"Sehingga solat berjamaah tetap berjalan dan tetap aman, karena jamaah yang hadir di batasi jumlahnya dan jarak antar jamaah di beri jarak sesuai ketentuan pemerintah," ucap Jojo. 

 

Penulis : Amel Meila

-----------

Kabar Ramadan: Mau Buka Puasa Ditemani Artis?

Gabung KapanLagi Buka Bareng, event buka puasa online bersama Jirayut dan Rara LIDA 9 Mei ini. Bakal ada Chef Norman, Danilla, dan Adhitia Sofyan juga. Caranya? Daftar dulu di sini, dan isi data diri kamu. Semuanya GRATIS. Baca panduan lengkap di sini.

Simak juga video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BMKG Juanda: Surabaya Berpeluang Hujan hingga Sore Hari

Posted: 08 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda memprediksi, Surabaya, Jawa Timur akan hujan lokal pada Sabtu, (9/5/2020).

Mengutip instagram @infobmkgjuanda, cuaca di Surabaya akan hujan lokal pada pukul 13.00 WIB dan 16.00 WIB. Kemudian cuaca akan berawan pada pukul 19.00 dan 22.00 WIB. Suhu di Surabaya akan berada di kisaran 26-34 derajat celsius dengan kecepatan angin 20 KM per jam. Kelembaban berada di kisaran 85-95 persen.

Sementara itu, di Sidoarjo akan terjadi hujan lokal pada pukul 13.00, 16.00, dan 19.00 WIB. Sedangkan pukul 22.00 WIB akan berawan. Suhu di Sidoarjo akan berada di kisaran 26-34 derajat celsius dengan kecepatan angin 20 KM per jam. Kelembaban berada di kisaran 80-95 persen.

Cuaca di Gresik akan terjadi hujan lokal pada pukul 13.00 dan 16.00 WIB. Sedangkan pada pukul 19.00 dan 22.00 WIB akan berawan. Suhu di Gresik akan berada di kisaran 27-34 derajat celsius dengan kecepatan angin 20 KM per jam. Kelembaban berada di kisaran 80-95 persen.

Di Lamongan, cuaca akan alami hujan lokal pada pukul 13.00 dan 16.00 WIB. Sementara itu, pada pukul 19.00 WIB akan berawan dan pukul 22.00 WIB akan terjadi cerah berawan. Suhu di kisaran 25-34 derajat celsius dengan kecepatan angin 20 KM per jam. Kelembaban berada di kisaran 80-95 persen.

Waspadai Hujan Intensitas Sedang hingga Lebat

Ilustrasi Hujan (iStockphoto)
Ilustrasi Hujan (iStockphoto)

BMKG Juanda juga merilis peringatan dini tiga harian untuk waspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat. Pada siang hingga sore hari di Trenggalek, Kabupaten Blitar, Kabupaten Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolingoo, Lumajang, Bondowoso Situbondo dan Sampang. Sedangkan malam hari di Trenggalek, Kabupaten Probolinggo dan Lumajang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wisata Aman saat Corona, Yuk Ikut Wisata Virtual Nglanggeran

Posted: 08 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Yogyakarta - Masa pandemi virus Corona membuat obyek dan pelaku wisata di Yogyakarta terkena imbasnya. Namun, pelaku wisata di Yogyakarta sepertinya tidak mau kalah dengan masa Corona ini dengan gebrakan baru yaitu dengan wisata virtual Nglanggeran.

"Iya namanya wisata virtual di obyek wisata Nglanggeran. Yang kita gagas mengajak wisatawan ke Nglanggeran secara virtual," kata Sugeng Handoko Pengelola Desa Ekowisata Nglanggeran, Gunungkidul DIY Jumat (8/5/2020).

Sugeng menjelaskan soal wisata virtual Nglanggeran yang sudah dilakukannya. Wisata virtual Nglanggeran pertama kali dilaksanakan pada 3 Mei lalu melalui aplikasi Zoom.

"Sekitar 65 orang terlibat ikut," katanya.

Sugeng mengatakan wisata virtual Nglanggeran ini para wisatawan akan mendapatkan sensasi seperti sedang wisata di Yogyakarta. Melalui Zoom mereka seolah dijemput di stasiun Tugu Yogyakarta yang menjadi titik kumpul.

"Lalu ke Malioboro lalu ke bukit bintang sampai di Nglanggeran. Itu seperti tombo kangen yang ingin datang ke Nglanggeran tapi mereka di rumah saja," katanya.

Melalui wisata virtual ini wisatawan yang melihat di aplikasi Zoom akan mendapatkan gambaran suasana di lokasi wisata. Pengelola wisata juga menyediakan foto destinasi sekitar.

"Kita juga pakai Google untuk menyiapkan foto destinasi wisata virtual Nglanggeran," katanya.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Pemandu wisata

Selama wabah virus Corona pariwisata di DIY seperti mati. Namun di sudut Gunungkidul seolah tidak mau tenggelam karena corona dan membuka Wisata Virtual Nglanggeran. (Sugeng Handoko / Yanuar H)
Selama wabah virus Corona pariwisata di DIY seperti mati. Namun di sudut Gunungkidul seolah tidak mau tenggelam karena corona dan membuka Wisata Virtual Nglanggeran. (Sugeng Handoko / Yanuar H)

Sugeng mengatakan bahwa kekuatan wisata virtual Nglanggeran ini memiliki kekuatan di pemandu wisata virtual. Kemampuan memberikan gambaran dan penyampaian yang baik membuat wisata ini lebih hidup.

"Kekuatan dari interpretasi pemandu, seolah merasakan sensasi perjalanan," katanya.

Saat wisata virtual ini akan dipandu oleh satu orang pemandu wisata. Pemandu wisata ini memberikan roh dalam perjalanan virtual.

"Kita ada sesi diskusi lewat interaksi vidio dan audio. Kita ada tiga titik diskusi, dan diskusi cukup hidup karena sebagian besar belum pernah ke Nglanggeran," ucapnya.

Peserta yang ikut dalam wisata virtual Nglanggeran ini dari berbagai daerah dan berbagai kalangan. Ada beberapa dari kalangan pemerhati wisata.

"Karena penasaran virtual tour dan ingin mengetahui lebih dalam perasaan wisatawan," katanya.

Ia tidak mengetahui pasti apakah virtual tour yang dilakukannya pertama kali di Indonesia. Sebab, beberapa pelaku wisata daerah sudah melakukannya.

"Kalau Indonesia  saya tidak bisa klaim, kalau luar negeri banyak tapi kalau desa wisata ini mungkin yang pertama," katanya.

Harga Wisata Virtual

Selama wabah virus Corona pariwisata di DIY seperti mati. Namun di sudut Gunungkidul seolah tidak mau tenggelam karena corona dan membuka Wisata Virtual Nglanggeran. (Sugeng Handoko / Yanuar H)
Selama wabah virus Corona pariwisata di DIY seperti mati. Namun di sudut Gunungkidul seolah tidak mau tenggelam karena corona dan membuka Wisata Virtual Nglanggeran. (Sugeng Handoko / Yanuar H)

Sugeng menjelaskan untuk biaya dan tarif disesuaikan dengan jenis pendaftaran. Namun harga wisata virtual ini terhitung cukup terjangkau.

"Ada listnya misal kalau daftar sendiri Rp50 ribu kalau grup Rp20 ribu itu ada," katanya.

Walaupun inovasi wisata ini termasuk terobosan baru, namun menurut Sugeng ada beberapa poin soal wisata virtual Nglanggeran ini. Pertama, pariwisata tidak bisa diganti secara virtual.

"Seperti menikmati sensasi udara segar merasakan alam langsung memang tidak bisa diganti,"katanya.

Poin lainnya adalah kenyamanan menikmati wisata virtual tergantung jaringan koneksi internet yang ada. Sehingga kekuatan jaringan telekomunikasi menjadi bagian penting dalam wisata virtual ini.

"Menjadi media seperti survey, tanpa datang sudah dapat informasi untuk mengetahui," katanya.

Ide wisata virtual Nglanggeran ini bukan murni dari pengelola Nglanggeran. Namun dari kolaborasi dari virtual tour Pajajaran dan tour agen.

 "Kita ketemu dan kolaborasi jadi tidak murni dari saya. Ini kolaborasi," katanya.

Wisata Virtual Nglanggeran Tahap Dua

Selama wabah virus Corona pariwisata di DIY seperti mati. Namun di sudut Gunungkidul seolah tidak mau tenggelam karena corona dan membuka Wisata Virtual Nglanggeran. (Sugeng Handoko / Yanuar H)
Selama wabah virus Corona pariwisata di DIY seperti mati. Namun di sudut Gunungkidul seolah tidak mau tenggelam karena corona dan membuka Wisata Virtual Nglanggeran. (Sugeng Handoko / Yanuar H)

Sugeng mengaku tengah memikirkan wisata virtual Nglanggeran yang kedua. Namun, ia belum bisa memastikan kapan pasti pelaksanaannya.

"Next kita persiapkan kita mencoba membuat konten yang lebih baik. Dinas DIY juga sedang mengembangkan ini. Harapannya bulan ini juga," katanya.

Sugeng mengatakan bagi calon wisatawan virtual Nglanggeran bisa mencari tahu kapan wisata virtual Nglanggeran kedua dilaksanakan via media sosial. Wisatawan virtual Nglanggeran akan mendapatkan paket wisata seperti biasanya.

"Ini seperti menjalani wisata dua hari satu malam di Yogyakarta," ujarnya.

Setiap wisatawan akan dibawa menuju spot khusus yang sudah disiapkan. Spot Nglanggeran menjadi destinasi pertama dengan beberapa titik wisatanya.

"Datang ke gunung api purba, tracking ke pos satu, ke puncak gunung Nglanggeran, ke Griya Coklat, air terjun kedung kandangdan kegiatan di persawahan," katanya.

Wisatawan nantinya akan menginap di homestay Nglanggeran.  Ketika menginap pengunjung akan disuguhi suasana pedesaan. 

"Ada kulinernya, suasana di rumah homestaynya. Lalu paginya lihat sunrise di Kampung Pitu," katanya.

Kegiatan ini menurutnya akan memiliki sensasi sendiri bagi wisatawann virtual. Sehingga di kondisi seperti ini wisata tetap berjalan di Yogyakarta.

"Nanti setelah dari Kampung Pitu nanti ke Ngoro-ngoro, ke Desa Wisata Bubug habis itu ke homestay lalu cek out," katanya. 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aturan Baru, Penumpang Pesawat Harus Tiba di Bandara 4 Jam Sebelum Terbang

Posted: 08 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penerbangan niaga berjadwal rute domestik kembali diperbolehkan beroperasi mengangkut penumpang sejak 7 Mei 2020 guna mengatasi COVID-19 di Indonesia.

Penumpang yang diperbolehkan melakukan perjalanan serta syarat-syarat yang wajib dipenuhi tercantum pada Surat Edaran (SE) No. 4/2020 tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang Dalam Rangka Percepatan Penanganan COVID-19 yang diterbitkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

Sejalan dengan dibukanya penerbangan guna mengatasi COVID-19 ini, bandara-bandara PT Angkasa Pura II menetapkan prosedur baru untuk keberangkatan penumpang.

Director of Operations and Services PT Angkasa Pura II (Persero) Muhamad Wasid mengatakan prosedur baru ini dijalankan di seluruh bandara yang dikelola perseroan dengan menyesuaikan situasi dan kondisi di lapangan.

"Prosedur baru dalam memproses keberangkatan penumpang itu ditetapkan guna memastikan terpenuhinya ketentuan dan syarat di dalam SE No. 4/2020 dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, dan SE No. 31/2020 yang diterbikan Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan."

"Prosedur baru ini dijalankan secara ketat dengan tahapan yang detail, oleh karena itu kami mengimbau agar calon penumpang pesawat sudah hadir di bandara 3-4 jam sebelum jadwal keberangkatan. Prosedur baru ini juga dapat terlaksana karena koordinasi intensif dari seluruh stakeholder kebandarudaraan seperti Kantor Kesehatan Pelabuhan, TNI & Polri, otoritas bandara, maskapai, dan pihak lainnya," ujar Muhamad Wasid.

Di bandara tersibuk di Indonesia yakni Bandara Internasional Soekarno-Hatta, prosedur baru juga sudah diimplementasikan bagi penumpang penerbangan rute domestik selama masa dilarang mudik Idul Fitri 1441 H.

 

Prosedur yang Harus Dilalui Penumpang

Pemeriksaan calon penumpang di Bandara Soetta, Kamis (7/5/2020). (Liputan6.com/Pramita Tristiawati)
Pemeriksaan calon penumpang di Bandara Soetta, Kamis (7/5/2020). (Liputan6.com/Pramita Tristiawati)

Prosedur baru di Soekarno-Hatta tersebut, sebagai berikut:

Pertama, titik layanan keberangkatan hanya terdapat di 2 titik yaitu di Terminal 2 – Gate 4 dan Terminal 3 – Gate 3. Di setiap titik terdapat Posko Pengendalian Percepatan Penanganan COVID-19, yang menjadi bagian dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

Kedua, di posko tersebut calon penumpang harus menunjukkan berkas kelengkapan perjalanan seperti misalnya tiket penerbangan, identitas diri, surat keterangan bebas COVID-19, surat keterangan perjalanan, dan berkas lain yang wajib dipenuhi sesuai SE No. 4/2020.

Ketiga, masih di posko yang sama calon penumpang pesawat wajib mengisi kartu kewaspadaan kesehatan (Health Alert Card/HAC) dan formulir penyelidikan epidemiologi yang diberikan personel KKP.

Keempat, jika seluruh berkas lengkap dan HAC serta formulir epidemiologi sudah diisi, selanjutnya calon penumpang menuju ke meja pemeriksaan kedua. Di meja pemeriksaan tersebut, seluruh berkas di cek ulang begitu juga HAC dan formulir penyelidikan epidemiologi, oleh personel KKP. Setelah dinyatakan lengkap, calon penumpang akan mendapat surat clearance dari personel KKP.

Kelima, berbekal surat clearance dan seluruh berkas, calon penumpang kemudian menuju konter check-in untuk mendapat boarding pass.

Keenam, setelah dari konter check-in, penumpang kemudian menuju Security Check Point 2. Di SCP 2 ini, personel Aviation Security akan memeriksa surat clearance yang dipegang calon penumpang pesawat, boarding pass, dan identitad diri.

Ketujuh, penumpang kemudian menuju boarding lounge.

"Prosedur ini diterapkan juga di bandara-bandara lain yang dikelola PT Angkasa Pura II, sehingga dipastikan ketentuan dapat terpenuhi," ujar Muhamad Wasid.

PT Angkasa Pura II juga memastikan operasional bandara memenuhi ketentuan protokol kesehatan sebagaimana tercantum di dalam Permenhub No. 18/2020 dan Permenhub No. 25/2020.

Adapun sesuai dengan SE No. 4/2020, yang masuk dalam kriteria pengecualian (diperbolehkan melakukan perjalanan di masa larangan mudik) adalah perjalanan orang yang bekerja pada lembaga pemerintah atau swasta, yang menyelenggarakan pelayanan percepatan penanganan COVID-19; pelayanan pertahanan, keamanan dan ketertiban umum; pelayanan kesehatan; pelayanan kebutuhan dasar; pelayanan pendukung layanan dasar; pelayanan fungsi ekonomi penting.

Kriteria pengecualian juga mencakup perjalanan pasien yang membutuhkan pelayanan kesehatan darurat atau perjalanan orang yang anggota keluarga intinya sakit keras atau meninggal dunia. Lalu, repatriasi Pekerja Migran Indonesia, WNI dan pelajar/mahasiswa yang berada di luar negeri serta pemulangan orang dengan alasan khusus oleh pemerintah sampai ke daerah asal, sesuai ketentuan yang berlaku.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ventilator Buatan Anak Bangsa Masuk Tahap Uji Klinis

Posted: 08 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dua ventilator berbasis Continuous Positive Airway Pressure (CPAP) yang dibuat oleh Universitas Indonesia; dan tim Institut Teknologi Bandung, Universitas Padjajaran dan YPM Salman masuk dalam tahap uji klinis.

"Mudah-mudahan uji klinis tidak terlalu lama dan Kementerian Kesehatan sudah sepakat bahwa uji klinisnya cukup 1 atau 2 hari, tidak akan memakan waktu lama," kata Menteri Riset dan Teknologi Bambang PS Brodjonegoro pada Jumat (8/5/2020) seperti dikutip dari Antara.

Diperkirakan ventilator itu menjalani uji klinis dua hari oleh Kementerian Kesehatan.

Selain itu, ada dua ventilator emergency masuk tahap uji endurance di Kementerian Kesehatan. Masing-masing ventilator dibuat Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi dan Dharma Group.

Model CPAP lebih banyak dipakai di ruang perawatan biasa sedangkan ventilator emergency biasanya dipakai di instalasi gawat darurat dan ambulans.

 

Saksikan juga video menarik berikut

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Negosiasi dengan Van Gaal, CEO Tottenham Hotspur Rela Ngumpet di Bagasi Mobil

Posted: 08 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, London - Louis Van Gaal punya cerita menarik soal CEO Tottenham Hotspur, Daniel Levy. Ternyata Levy pernah bernegosiasi di rumah Van Gaal dan pulang dengan cara yang unik.

Tottenham Hotspur mencari manajer baru pada musim panas 2014. Mereka tak puas dengan kinerja Tim Sherwood.

Padahal saat itu Sherwood masih punya kontrak berdurasi 1,5 tahun di Spurs. Tetapi manajemen memilih untuk memecatnya dan memberikan pesangon.

Salah satu manajer yang menjadi incaran adalah Van Gaal. Kebetulan kontrak Van Gaal bersama Timnas Belanda akan habis usai Piala Dunia 2014.

Levy pun bernegosiasi langsung agar Van Gaal mau menangani Tottenham Hotspur. Ia rela mengunjungi rumah Van Gaal di Noordwijk, Belanda.

 

Komentar Van Gaal

Manajer Manchester United asal Belanda, Louis van Gaal. (AFP/Glyn Kirk)
Manajer Manchester United asal Belanda, Louis van Gaal. (AFP/Glyn Kirk)

"Ya Levy memang benar datang ke rumah saya. Namun dia pulang harus bersembunyi di bagasi mobil," kata Van Gaal seperti dilansir Evening Standard.

"Pasalnya di luar rumah saya ada jurnalis yang menunggu. Sayangnya negosiasi memakan waktu lama dan MU mengambil kesempatan itu," kata Van Gaal.

Akhirnya Van Gaal pun berlabuh ke MU pada musim panas tersebut. Sementara Spurs merekrut Mauricio Pochettino.

Klasemen Liga Inggris

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: [FEATURE] Antara Pasien Covid-19 dan Ramadan

Posted: 08 May 2020 10:00 PM PDT

Perawat membawa makanan dan obat untuk pasien di Rumah Sakit Haji, Jakarta, Jumat (9/5/2020). Garda terdepan penanganan Covid-19 ini tetap menjalani bulan Ramadan di sela-sela menangani pasien terinfeksi dengan melakukan tadarus Al Quran dan juga buka puasa bersama. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Perawat membawa makanan dan obat untuk pasien di Rumah Sakit Haji, Jakarta, Jumat (9/5/2020). Garda terdepan penanganan Covid-19 ini tetap menjalani bulan Ramadan di sela-sela menangani pasien terinfeksi dengan melakukan tadarus Al Quran dan juga buka puasa bersama. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Perawat membawa makanan dan obat untuk pasien di Rumah Sakit Haji, Jakarta, Jumat (9/5/2020). Garda terdepan penanganan Covid-19 ini tetap menjalani bulan Ramadan di sela-sela menangani pasien terinfeksi dengan melakukan tadarus Al Quran dan juga buka puasa bersama. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Perawat menyiapkan makanan di ruangan pasien di Rumah Sakit Haji, Jakarta, Jumat (9/5/2020). Garda terdepan penanganan Covid-19 ini tetap menjalani bulan Ramadan di sela-sela menangani pasien terinfeksi dengan melakukan tadarus Al Quran dan juga buka puasa bersama. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Perawat menyiapkan makanan di ruangan pasien di Rumah Sakit Haji, Jakarta, Jumat (9/5/2020). Garda terdepan penanganan Covid-19 ini tetap menjalani bulan Ramadan di sela-sela menangani pasien terinfeksi dengan melakukan tadarus Al Quran dan juga buka puasa bersama. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Perawat menyiapkan makanan di ruangan pasien di Rumah Sakit Haji, Jakarta, Jumat (9/5/2020). Garda terdepan penanganan Covid-19 ini tetap menjalani bulan Ramadan di sela-sela menangani pasien terinfeksi dengan melakukan tadarus Al Quran dan juga buka puasa bersama. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Perawat sedang koordinasi di Rumah Sakit Haji, Jakarta, Jumat (9/5/2020). Garda terdepan penanganan Covid-19 ini tetap menjalani bulan suci Ramadan di sela-sela menangani pasien terinfeksi dengan melakukan tadarus Al Quran dan juga buka puasa bersama. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Perawat sedang koordinasi di Rumah Sakit Haji, Jakarta, Jumat (9/5/2020). Garda terdepan penanganan Covid-19 ini tetap menjalani bulan suci Ramadan di sela-sela menangani pasien terinfeksi dengan melakukan tadarus Al Quran dan juga buka puasa bersama. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Perawat sedang koordinasi di Rumah Sakit Haji, Jakarta, Jumat (9/5/2020). Garda terdepan penanganan Covid-19 ini tetap menjalani bulan suci Ramadan di sela-sela menangani pasien terinfeksi dengan melakukan tadarus Al Quran dan juga buka puasa bersama. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Perawat sedang membaca Al Quran  di Rumah Sakit Haji, Jakarta, Jumat (9/5/2020). Garda terdepan penanganan Covid-19 ini tetap menjalani bulan suci Ramadan di sela-sela menangani pasien terinfeksi dengan melakukan tadarus Al Quran dan juga buka puasa bersama. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Perawat sedang membaca Al Quran di Rumah Sakit Haji, Jakarta, Jumat (9/5/2020). Garda terdepan penanganan Covid-19 ini tetap menjalani bulan suci Ramadan di sela-sela menangani pasien terinfeksi dengan melakukan tadarus Al Quran dan juga buka puasa bersama. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Perawat sedang membaca Al Quran di Rumah Sakit Haji, Jakarta, Jumat (9/5/2020). Garda terdepan penanganan Covid-19 ini tetap menjalani bulan suci Ramadan di sela-sela menangani pasien terinfeksi dengan melakukan tadarus Al Quran dan juga buka puasa bersama. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Perawat sedang berdoa saat buka puasa di Rumah Sakit Haji, Jakarta, Jumat (9/5/2020). Garda terdepan penanganan Covid-19 ini tetap menjalani bulan suci Ramadan di sela-sela menangani pasien terinfeksi dengan melakukan tadarus Al Quran dan juga buka puasa bersama. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Perawat sedang berdoa saat buka puasa di Rumah Sakit Haji, Jakarta, Jumat (9/5/2020). Garda terdepan penanganan Covid-19 ini tetap menjalani bulan suci Ramadan di sela-sela menangani pasien terinfeksi dengan melakukan tadarus Al Quran dan juga buka puasa bersama. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Perawat sedang berdoa saat buka puasa di Rumah Sakit Haji, Jakarta, Jumat (9/5/2020). Garda terdepan penanganan Covid-19 ini tetap menjalani bulan suci Ramadan di sela-sela menangani pasien terinfeksi dengan melakukan tadarus Al Quran dan juga buka puasa bersama. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Perawat melihat waktu berbuka puasa di telepon seluler di Rumah Sakit Haji, Jakarta, Jumat (9/5/2020). Garda terdepan penanganan Covid-19 ini tetap menjalani bulan Ramadan di sela-sela menangani pasien terinfeksi dengan melakukan tadarus Quran dan buka puasa bersama. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Perawat melihat waktu berbuka puasa di telepon seluler di Rumah Sakit Haji, Jakarta, Jumat (9/5/2020). Garda terdepan penanganan Covid-19 ini tetap menjalani bulan Ramadan di sela-sela menangani pasien terinfeksi dengan melakukan tadarus Quran dan buka puasa bersama. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Perawat melihat waktu berbuka puasa di telepon seluler di Rumah Sakit Haji, Jakarta, Jumat (9/5/2020). Garda terdepan penanganan Covid-19 ini tetap menjalani bulan Ramadan di sela-sela menangani pasien terinfeksi dengan melakukan tadarus Quran dan buka puasa bersama. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Perawat melakukan tayamun sebelum melakukan salat maghrib di Rumah Sakit Haji, Jakarta, Jumat (9/5/2020). Garda terdepan penanganan Covid-19 ini tetap menjalani bulan Ramadan di sela-sela menangani pasien terinfeksi dengan melakukan tadarus Quran dan buka puasa bersama. (Liputan6.com/Herman Zakharia
Perawat melakukan tayamun sebelum melakukan salat maghrib di Rumah Sakit Haji, Jakarta, Jumat (9/5/2020). Garda terdepan penanganan Covid-19 ini tetap menjalani bulan Ramadan di sela-sela menangani pasien terinfeksi dengan melakukan tadarus Quran dan buka puasa bersama. (Liputan6.com/Herman Zakharia

Perawat melakukan tayamun sebelum melakukan salat maghrib di Rumah Sakit Haji, Jakarta, Jumat (9/5/2020). Garda terdepan penanganan Covid-19 ini tetap menjalani bulan Ramadan di sela-sela menangani pasien terinfeksi dengan melakukan tadarus Quran dan buka puasa bersama. (Liputan6.com/Herman Zakharia

Perawat melaksanakan salat maghrib dengan menggunakan APD di Rumah Sakit Haji, Jakarta, Jumat (9/5/2020). Garda terdepan penanganan Covid-19 ini tetap menjalani bulan Ramadan di sela-sela menangani pasien terinfeksi dengan melakukan tadarus Quran dan buka puasa bersama. (Liputan6.com/Herman Zakharia
Perawat melaksanakan salat maghrib dengan menggunakan APD di Rumah Sakit Haji, Jakarta, Jumat (9/5/2020). Garda terdepan penanganan Covid-19 ini tetap menjalani bulan Ramadan di sela-sela menangani pasien terinfeksi dengan melakukan tadarus Quran dan buka puasa bersama. (Liputan6.com/Herman Zakharia

Perawat melaksanakan salat maghrib dengan menggunakan APD di Rumah Sakit Haji, Jakarta, Jumat (9/5/2020). Garda terdepan penanganan Covid-19 ini tetap menjalani bulan Ramadan di sela-sela menangani pasien terinfeksi dengan melakukan tadarus Quran dan buka puasa bersama. (Liputan6.com/Herman Zakharia

Perawat sedang berdoa seusai salat maghrib di Rumah Sakit Haji, Jakarta, Jumat (9/5/2020). Garda terdepan penanganan Covid-19 ini tetap menjalani bulan Ramadan di sela-sela menangani pasien terinfeksi dengan melakukan tadarus Quran dan buka puasa bersama. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Perawat sedang berdoa seusai salat maghrib di Rumah Sakit Haji, Jakarta, Jumat (9/5/2020). Garda terdepan penanganan Covid-19 ini tetap menjalani bulan Ramadan di sela-sela menangani pasien terinfeksi dengan melakukan tadarus Quran dan buka puasa bersama. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Perawat sedang berdoa seusai salat maghrib di Rumah Sakit Haji, Jakarta, Jumat (9/5/2020). Garda terdepan penanganan Covid-19 ini tetap menjalani bulan Ramadan di sela-sela menangani pasien terinfeksi dengan melakukan tadarus Quran dan buka puasa bersama. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Para perawat berbuka puasa usai memeriksa pasien di Rumah Sakit Haji, Jakarta, Jumat (9/5/2020). Garda terdepan penanganan Covid-19 ini tetap menjalani bulan suci Ramadan di sela-sela menangani pasien terinfeksi dengan melakukan tadarus Quran dan buka puasa bersama. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Para perawat berbuka puasa usai memeriksa pasien di Rumah Sakit Haji, Jakarta, Jumat (9/5/2020). Garda terdepan penanganan Covid-19 ini tetap menjalani bulan suci Ramadan di sela-sela menangani pasien terinfeksi dengan melakukan tadarus Quran dan buka puasa bersama. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Para perawat berbuka puasa usai memeriksa pasien di Rumah Sakit Haji, Jakarta, Jumat (9/5/2020). Garda terdepan penanganan Covid-19 ini tetap menjalani bulan suci Ramadan di sela-sela menangani pasien terinfeksi dengan melakukan tadarus Quran dan buka puasa bersama. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Perawat melaksanakan salat maghrib di Rumah Sakit Haji, Jakarta, Jumat (9/5/2020). Garda terdepan penanganan Covid-19 ini tetap menjalani bulan suci Ramadan di sela-sela menangani pasien terinfeksi dengan melakukan tadarus Quran dan buka puasa bersama. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Perawat melaksanakan salat maghrib di Rumah Sakit Haji, Jakarta, Jumat (9/5/2020). Garda terdepan penanganan Covid-19 ini tetap menjalani bulan suci Ramadan di sela-sela menangani pasien terinfeksi dengan melakukan tadarus Quran dan buka puasa bersama. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Perawat melaksanakan salat maghrib di Rumah Sakit Haji, Jakarta, Jumat (9/5/2020). Garda terdepan penanganan Covid-19 ini tetap menjalani bulan suci Ramadan di sela-sela menangani pasien terinfeksi dengan melakukan tadarus Quran dan buka puasa bersama. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Alasan Xiaomi Tak Luncurkan Mi 10 Pro di Indonesia

Posted: 08 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sesuai janji, Xiaomi akhirnya meluncurkan smartphone flagship terbaru mereka Mi 10 untuk pasar Indonesia.

Berbeda dari peluncurannya di pasar Tiongkok yang memperkenalkan Mi 10 dan Mi 10 Pro, Xiaomi hanya memboyong seri Mi 10 ke market Indonesia. Kenapa?

"Untuk saat ini kami tidak ada rencana untuk memboyong Mi 10 Pro ke Indonesia karena banyak hal yang perlu dipertimbangkan," jawab Alvin Tse, Country Director Xiaomi Indonesia kepada awak media via video conference, Jumat (8/5/2020).

Alvin beralasan, "Ada beberapa elemen yang harus dipikirkan setiap kali kami memutuskan untuk memasukkan suatu produk ke pasaran. Kami (Xiaomi) memiliki bisnis model yang berbeda dari perusahaan lainnya."

"Kenapa hanya meluncurkan Mi 10? Karena kami merasa ini merupakan seri yang paling cocok dan diterima baik oleh pasar di Indonesia," ujarnya.

 

Tidak Ingin Berkompetisi dengan Produk Sendiri

Lebih lanjut, Xiaomi sendiri memiliki deretan seri produk "killer" yang masing-masing berkompetisi di rentang harga mereka sendiri dan target konsumen yang spesifik.

"Kita ingin memastikan produk-produk kami tidak saling berkompetisi dengan diri mereka masing-masing. Dimana masing-masing produk memiliki keunggulan dan posisi harga yang sesuai dengan target market tertentu."

Berdasarkan pertimbangan semua hal di atas, Xiaomi pun akhirnya memutuskan untuk hanya memboyong seri Mi 10 ke Indonesia.

"Seri Mi 10 memang paling sesuai dengan market di Indonesia, karena lini ini mengkombinasikan teknologi terkini dengan value yang luar biasa," jawab Alvin.

Spesifikasi Mi 10

Untuk spesifikasi, Xiaomi Mi 10 hadir dibekali dengan chipset Snapdragon 865 dan memiliki layar AMOLED berukuran 6,67 inci.

Mi 10 sudah memiliki RAM LPDDR5 dan UFS 3.0. Sebagai penunjang performanya, smartphone ini memiliki baterai berkapasitas 4.780mAh dengan dukungan fast charging 30W yang mampu mengisi baterai ponsel pintar dari 0 hingga 100 persen hanya dalam waktu 57 menit.

Tak hanya via wired, Xiaomi juga menyertakan teknologi pengisian baterai nirkabel berkemampuan 30W yang dapat mengisi baterai dari kondisi nol ke 100 persen hanya dalam waktu 65 menit.

"Mi 10 juga mendukung kemampuan reverse wireless charging sebesar 10W. Dengan ini, kamu bisa mengisi baterai dengan menggunakan perangkat yang kompatible."

 

Kamera Mi 10

Lebih lanjut, smartphone ini memiliki empat kamera belakang yang masing-masing beresolusi 108MP (lensa utama), 2MP (depth sensor) 2MP, 2MP (lensa makro), dan 13MP (ultrawide).

Sementara untuk kamera depannya memiliki lensa berkemampuan 20MP yang terletak di lubang berukuran 4,08mm di sisi kiri layar Mi 10.

Xiaomi mengklaim, kemampuan kamera utama smartphone ini mampu merekam video hingga 8K.

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inggris Lawan Corona, Penumpang Pesawat yang Tiba Akan Diwajibkan Isolasi 14 Hari

Posted: 08 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, London - Pemerintah Inggris, melalui pengumumannya kepada maskapai negara itu, akan menetapkan kebijakan karantina 14 hari bagi setiap penumpang yang tiba di Inggris dari negara mana pun selain Republik Irlandia, sebagai upaya untuk menanggapi pandemi virus corona.

Kebijakan baru ini diharapkan mulai berlaku pada akhir bulan Mei 2020, BBC melaporkan, dilansir pada Sabtu (9/5/2020).

Badan industri Airlines UK mengatakan kebijakan itu membutuhkan "rencana keluar yang kredibel" dan harus ditinjau setiap minggu.

Kebijakan itu mewajibkan setiap orang yang tiba di Inggris harus mengasingkan diri di kediaman pribadi.

Sumber pemerintah dan penerbangan mengatakan kepada BBC, penumpang yang datang diharapkan untuk memberikan alamat tinggal di Inggris saat melapor ke pos imigarsi bandara.

Tidak jelas berapa lama kebijakan baru akan diberlakukan dan apakah penduduk non-Inggris akan diizinkan untuk tinggal di akomodasi pribadi sewaan seperti hotel.

"Kami perlu melihat rincian dari apa yang mereka usulkan", kata Airlines UK, yang mewakili British Airways, EasyJet dan maskapai penerbangan lain yang berbasis di Inggris, dalam sebuah pernyataan.

Menteri penerbangan Inggris, Kelly Tolhurst diperkirakan akan mengklarifikasi kebijakan tersebut kepada perwakilan maskapai dan bandara dalam konferensi pers yang dijadwalkan berlangsung pada Sabtu pagi waktu lokal.

 

-----------

Kabar Ramadan: Mau Buka Puasa Ditemani Artis?

Gabung KapanLagi Buka Bareng, event buka puasa online bersama Jirayut dan Rara LIDA 9 Mei ini. Bakal ada Chef Norman, Danilla, dan Adhitia Sofyan juga. Caranya? Daftar dulu di sini, dan isi data diri kamu. Semuanya GRATIS. Baca panduan lengkap di sini.

Kata Pihak Bandara dan Maskapai

Bendera Inggris berkibar dengan latar Istana Westminster terlihat di London, Sabtu, (1/2/2020).  Mulai 1 Februari 2020 ini, Inggris secara resmi telah meninggalkan Uni Eropa (UE) setelah lebih dari tiga tahun referendum yang membuat negara itu terpecah belah. (AP Photo/Alastair Grant)
Bendera Inggris berkibar dengan latar Istana Westminster terlihat di London, Sabtu, (1/2/2020). Mulai 1 Februari 2020 ini, Inggris secara resmi telah meninggalkan Uni Eropa (UE) setelah lebih dari tiga tahun referendum yang membuat negara itu terpecah belah. (AP Photo/Alastair Grant)

Bandara-bandara Inggris menyatakan bahwa karantina "tidak hanya akan berdampak buruk pada industri penerbangan Inggris, tetapi juga pada ekonomi yang lebih luas."

Karen Dee dari Asosiasi Operator Bandara, yang mewakili sebagian besar bandara di Inggris, mengatakan langkah itu harus diterapkan "secara selektif mengikuti ilmu" dan "dampak ekonomi pada sektor-sektor utama harus dikurangi."

BBC News memahami bahwa pekerja utama seperti pengemudi truk yang mengangkut barang dan orang yang bekerja di industri perkapalan akan dibebaskan dari tugas saat kebijakan itu berlangsung.

Seorang juru bicara Kementerian Dalam Negeri Inggris mengatakan: "(...) Fokusnya adalah tetap pada tinggal di rumah untuk melindungi petugas Layanan Kesehatan Nasional (NHS) dan menyelamatkan nyawa."

Jika karantina diperlukan sekarang, beberapa orang akan mempertanyakan mengapa itu tidak diperlukan beberapa minggu yang lalu.

Puluhan ribu orang telah terbang ke Inggris selama pandemi, meskipun pemerintah mengatakan sebagian besar kembali ke rumah.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Roy Kiyoshi Beli Psikotropika Secara Online

Posted: 08 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Roy Kiyoshi ditangkap Satuan Narkoba Polres Jakarta Selatan terkait kasus penyalahgunaan narkoba, Rabu (6/5/2020). Dari penangkapan tersebut polisi menyita barang bukti 21 butir pil psikotropika jenis benzo.

Menurut pengakuannya saat diperiksa polisi, Roy Kiyoshi membeli obat-obatan terlarang itu secara online sesuai dengan resep dokter yang ia miliki. Padahal Roy Kiyoshi sudah lepas kontrol dokter sejak 2019.

"Dia mencoba untuk membeli obat yang biasa diberikan dokter secara online, sekarang kondisi dia sehat," ujar Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan, Kompol Vivick Tjangkung di Polres Jakarta Selatan, Sabtu (9/5/2020) dini hari.

Melanggar Hukum

Roy Kiyoshi (Nurwahyunan/Fimela.com)
Roy Kiyoshi (Nurwahyunan/Fimela.com)

Roy Kiyoshi tidak tahu apa yang dilakukannya adalah perbuatan melanggar hukum. Lantaran sudah ketergantungan dengan obat-obatan tersebut, ia pun tetap membelinya meski tanpa pengawasan dokter.

"Dia tidak tahu apa yang dia lakukan itu adalah penyimpangan karena obat-obat tersebut digunakan harus dengan kontrol dokter, harus ada resep dokter," ucap Vivick.

Tersangka

Roy Kiyoshi. (Foto: Instagram @roykiyoshi)
Roy Kiyoshi. (Foto: Instagram @roykiyoshi)

Atas perbuatannya itu, Roy Kiyoshi kini ditetapkan sebagai tersangka dan harus mendekam di Rutan Polres Jakarta Selatan.

"Saat ini Roy kita tahan, sudah selesai penandatanganan penahanan kemudian dalam proses untuk melakukan pemeriksaan," kata Vivick Tjangkung.

Pendalaman Kasus

Roy Kiyoshi [foto: instagram/roykiyoshi]
Roy Kiyoshi [foto: instagram/roykiyoshi]

Kini polisi tengah mendalami kasus kepemilikan obat-obatan terlarang dari tangan Roy Kiyoshi.

"Sekarang sedang kita dalami dan melakukan pemeriksaan terhadap Roy," kata Vivick.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Doa Ketika akan Masuk Rumah

Posted: 08 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kumpulan doa Ramadan hari ini berisi panduan doa untuk kamu, ketika kamu akan masuk ke dalam rumah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gagal Oplas, Kelopak Mata Wanita Ini Tak Bisa Tertutup Selama Setahun

Posted: 08 May 2020 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Memiliki wajah yang rupawan adalah dambaan bagi sebagian besar orang. Seiring perkembangan teknologi, banyak cara untuk mendapatkan penampilan wajah yang rupawan. Mulai dari penggunaan kosmetik, perawatan dengan berbagai peralatan hingga operasi plastik.

Belakangan ini, operasi plastik semakin digemari oleh masyarakat. Tidak hanya kalangan wanita, banyak kaum pria yang juga melakukan operasi tersebut. Operasi plastik dianggap sebagai cara yang efektif untuk mendapatkan bentuk wajah sesuai keinginan.

Namun ternyata, operasi plastik juga memiliki dampak buruk jika dilakukan dengan sembarangan dan tidak sesuai prosedur. Seperti yang menimpa Ma, seorang perempuan asal Tiongkok. Ia menjalani prosedur operasi plastik untuk menciptakan gaya Barat pada lipatan kelopak mata atasnya.

Gaya tersebut kini sangat populer di kalangan wanita Asia yang tidak secara alami memilikinya. Prosedur operasi kelopak mata ganda itu dijalaninya di Jimei Plastic Hospital di Zhengzhou, provinsi Henan, pada September 2018 silam.

Dalam kasus Ma, prosedurnya tidak berjalan sesuai dengan harapannya dan hasilnya tidak memuaskan. Wanita itu kemudian menjalani prosedur untuk kedua kalinya dengan tujuan agar mencapai hasil sesuai keinginannya.

Merogoh Kocek Hingga Rp 41 juta

Gagal Operasi Plastik, Kelopak Mata Wanita Ini Tak Bisa Tertutup Selama Setahun (Sumber: Oddity Central)
Gagal Operasi Plastik, Kelopak Mata Wanita Ini Tak Bisa Tertutup Selama Setahun (Sumber: Oddity Central)

Namun malang tak dapat ditolak, meski sudah menghabiskan biaya sebesar 20.000 Yuan atau sekitar Rp 41 juta, prosedur ini justru menjadi lebih buruk dari sebelumnya. Operasi yang terbilang gagal tersebut mengakibatkan Ma tidak lagi bisa menutup kelopak matanya secara penuh.

Wanita itu pun terkejut ketika menyadari bahwa ia tidak lagi bisa menutup mata sepenuhnya.Pada sebuah video yang sempat viral di media sosial, Ma mengaku matanya tidak pernah sehat sejak operasi tersebut dan menjadi berair ketika cuaca berangin.

"Mata saya tidak pernah sehat sejak operasi perbaikan, saya tidak bisa menutup mata dengan benar dan akan mendapati mata berkaca-kaca pada hari-hari berangin," kata Ma seperti dikutip oleh Liputan6.com dari Oddity Centarl, Sabtu (9/5/2020).

"Saya sudah menggunakan selotip itu selama lebih dari setahun sekarang. Aku tidak bisa menutup mataku jika aku tidak menggunakan selotip itu," lanjut Ma.

Mengunjungi Rumah Sakit untuk Menyampaikan Keluhan

Gagal Operasi Plastik, Kelopak Mata Wanita Ini Tak Bisa Tertutup Selama Setahun (Sumber: Oddity Central)
Gagal Operasi Plastik, Kelopak Mata Wanita Ini Tak Bisa Tertutup Selama Setahun (Sumber: Oddity Central)

Wanita itu telah mengunjungi Rumah Sakit tempatnya menjalani operasi berulang kali untuk menyampaikan keluhannya tentang operasi kelopak mata ganda tersebut. Ma kemudian diberi pilihan antara operasi korektif kedua yang ia enggan untuk menerimanya atau dana sebesar 5.000 yuan atau sekitar Rp 10 juta sebagai kompensasi. Jumlah tersebut seperempat dari apa yang ia bayar dari prosedur aslinya.

Namun jika menerima salah satu pilihan tersebut, Ma juga harus menandatangani surat pernyataan yang membebaskan rumah sakit dari semua tanggung jawab masa depan yang berkaitan dengan kasus Ma.

"Jika saya mengalami masalah, saya tidak dapat menghubungi mereka. Itu tidak ada hubungannya dengan mereka lagi," ungkap Ma.

Manajer rumah sakit tempatnya menjalani operasi, seorang pria bermarga Feng, menyangkal pernah membuat perjanjian seperti itu untuk Ma. Ia mengklaim bahwa dirinya telah meminta analisis hukum terhadap kondisi wanita itu, dan jika diputuskan bahwa operasi itu yang harus disalahkan atas masalahnya, rumah sakit itu akan bertanggung jawab penuh.

Untuk saat ini, Ma terus menggunakan selotip untuk dapat menutup mata secara penuh, tetapi ia mengatakan bahwa dirinya akan terus mencari tanggapan yang dapat diterima dari pihak rumah sakit tempatnya operasi plastik dan menyebabkan masalah ini dimulai.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Arbeloa: Sudah Jelas Real Madrid Lebih Baik dari Barcelona

Posted: 08 May 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Alvaro Arbeloa mengklaim bahwa Real Madrid jelas lebih baik dari Barcelona. Mantan bek Liverpool itu juga memuji Zinedine Zidane atas kinerjanya selama ini.

Real Madrid dan Barcelona saling bersaing menjadi yang terbaik sejak lama. Tak cuma di pentas domestik tapi juga di pentas Eropa.

Namun di kompetisi La Liga, Madrid terpaksa harus mengakui keperkasaan Barca. Sebab dalam 12 tahun terakhir, Los Blancos cuma bisa meraih gelar juara dua kali saja.

Beda ceritanya di kompetisi Eropa. Madrid bahkan mampu mendominasi dengan meraih hattrick dari tahun 2016 hingga 2018.

Sebelumnya Thibaut Courtois sudah mengatakan bahwa Real Madrid lebih baik dari Barcelona. Kini Alvaro Arbeloa mengamini ucapan kiper asal Belgia tersebut.

Namun Arbeloa juga tak lupa dengan otak kesuksesan Madrid dalam beberapa musim belakangan ini yakni Zinedine Zidane. Ia yakin pelatih lain bakal sulit menyamai prestasi pelatih asal Prancis tersebut.

"Madrid jelas lebih baik daripada Barcelona karena ini adalah hasil bisnis dan mereka sangat bagus," koarnya pada akun YouTube Vaencia Sanjuan.

"Sulit untuk memenangkan Liga Champions tanpa menjadi yang terbaik, tetapi untuk memenangkan tiga berturut-turut atau empat kali dalam lima tahun, Anda harus benar-benar bagus dan tahu bagaimana tampil di saat-saat penting," serunya.

"Apa yang Zinedine Zidane telah lakukan di Real Madrid, saya tidak tahu kapan kita akan melihat sesuatu seperti itu lagi," ujar Arbeloa.

Idolakan Mourinho

(AFP/Lindsey Parnaby)
(AFP/Lindsey Parnaby)

Alvaro Arbeloa memang kagum pada Zinedine Zidane. Namun ia bukan pelatih favoritnya di Real Madrid.

Arbeloa mengatakan pelatih favoritnya adalah Jose Mourinho. Eks bek Liverpool ini mengatakan ia begitu nyaman dan menikmati berlatih di bawah arahan pelatih asal Portugal tersebut.

"Saya penggemar berat Zidane, tapi saya lebih merupakan penggemar Jose. Saya menganggapnya sebagai teman. Ia adalah pelatih yang saya pelajari, nikmati, dan bekerja seperti binatang. Anda tidak bisa berhenti tertawa dengannya karena ia punya seribu anekdot," serunya.

"Ia pria yang hebat dan salah satu dari orang-orang yang layak bekerjasama dengannya. Ia membuat dampak besar pada saya, baik secara profesional maupun pribadi."

"Ia bisa meminta Anda untuk berlatih sampai mati dan kemudian menceritakan lelucon dan menjadi salah satu dari kami. Ia adalah bintang seperti Cristiano [Ronaldo], sulit untuk menemukan seseorang yang ramah media seperti para pemain."

Klasemen Liga Spanyol

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pandemi Corona, Kemenag Batam Sayangkan Masih Ada Masjid Gelar Tarawih Berjemaah

Posted: 08 May 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau menyayangkan masih ada masjid yang menggelar salat tarawih berjemaah di rumah ibadah saat Ramadan di tengah pandemi Corona Covid-19.

Kepala Kemenag Kota Batam Zulkarnain Umar memaparkan, pada masa pandemi seperti sekarang, umat Muslim dianjurkan untuk tetap melaksanakan ibadah di rumah masing-masing. Hal ini guna memutus mata rantai penularan virus Corona Covid-19.

"Sebelum Ramadan semua pemuka agama sudah setuju untuk tidak menggelar kegiatan di rumah ibadah. Dan ternyata masih saja ada yang melaksanakan salat tarawih berjemaah di masjid musala bulan Ramadan. Ini sangat kita sayangkan," ujar Zulkarnain, dikutip dari Antara, Sabtu (9/5/2020).

Menurutnya, sejak awal Ramadan, pihaknya sudah mendatangi masjid yang tetap menggelar salat tarawih.

Tak hanya itu, kata dia, Kemenag juga memberikan penjelasan kepada mereka terkait kondisi Indonesia di tengah pandemi Corona Covid-19 dan imbauan pemerintah untuk beribadah di rumah masing-masing.

Namun memang petugasnya tidak bisa mendatangi seluruh surau, musala, dan masjid di penjuru Batam.

"Personel kita terbatas. Di Batam ada seribu masjid dan musala, tak mungkin kami datangi satu per satu," kata Zulkarnain.

Karenanya, ia meminta pengurus masjid lebih tegas dan tidak menggelar salat tarawih saat Ramadan ini demi keselamatan bersama.

Pasien Covid-19 Meninggal Dunia

Sejumlah anak bersiap melaksanakan salat tarawih malam pertama Ramadan 1439 H di Masjid Nizamiye di Midrand, Johannesburg, Afrika Selatan (16/5). Masjid ini diresmikan oleh Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma pada 4 Oktober 2012. (AFP Photo/Gulshan Khan)
Sejumlah anak bersiap melaksanakan salat tarawih malam pertama Ramadan 1439 H di Masjid Nizamiye di Midrand, Johannesburg, Afrika Selatan (16/5). Masjid ini diresmikan oleh Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma pada 4 Oktober 2012. (AFP Photo/Gulshan Khan)

Sementara itu, Zulkarnain menceritakan, seorang pasien Covid-19 yang kini telah meninggal dunia diketahui sempat menjalankan salat tarawih berjemaah di masjid sekitar rumahnya.

Akibatnya, kata dia, seluruh jemaah yang melaksanakan salat bersama harus menjalani tes cepat Covid-19. Dan mereka yang hasil tesnya reaktif, harus menjalani karantina di Rusun Tanjunguncang.

Dari 94 orang warga yang ikut salat berjemaah, sebanyak empat orang di antaranya menunjukkan reaktif saat dites cepat. Sedangkan 90 orang lainnya non reaktif.

"Kalau kondisi membaik, kita sebenarnya bisa Syawalan meski dengan protokol kesehatan. Tapi kalau masih ada kasus seperti ini kemungkinan tetap harus ibadah di rumah," jelas Zulkarnain.

-----------

Kabar Ramadan: Mau Buka Puasa Ditemani Artis?

Gabung KapanLagi Buka Bareng, event buka puasa online bersama Jirayut dan Rara LIDA 9 Mei ini. Bakal ada Chef Norman, Danilla, dan Adhitia Sofyan juga. Caranya? Daftar dulu di sini, dan isi data diri kamu. Semuanya GRATIS. Baca panduan lengkap di sini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deretan Artis di Acara Buka Puasa Bareng KapanLagi 9 Mei 2020

Posted: 08 May 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seperti minggu-minggu sebelumnya, acara buka puasa online akan kembali digelar KapanLagi pada hari ini, Sabtu (9/5/2020). Tak berbeda dengan sudah-sudah, kali ini penonton akan kembali diajak menikmati musik asyik, melihat pembuatan resep lezat dan sederhana, hingga menyantap takjil bersama dengan artis dalam KapanLagi Buka Bareng. 

Acara buka puasa bareng ini akan digelar mulai pukul 14.00 WIB, dimulai dengan penampilan musik selama dua jam, diikuti dengan chef selebriti yang akan melakukan demo masak secara live.

Nah saat buka puasa, penonton bisa ikut serta dalam meet and greet online via Zoom bersama dua artis pilihan. Siapa saja bintang tamu KapanLagi Buka Bareng hari ini?

Simak daftarnya:

1. Adhitya Sophian

Adhitya Sofyan (KapanLagi.com)
Adhitya Sofyan (KapanLagi.com)

Adhitya Sophian, sang musisi kamar bakal membuka rangkaian acara. Bagi yang penasaran mengapa ia mendapat gelar musisi kamar, ia sukses merekam lagu-lagunya secara independen di kamar lho. Siap-siap mendengar petikan gitar lembutnya di siang hari.

2. Danilla

(Bambang E.Ros/Fimela.com)
(Bambang E.Ros/Fimela.com)

Selanjutnya, ada Danilla yang akan membuaimu dengan suaranya yang khas dalam alunan musik jazz yang keren. Musisi satu ini kerap membuat kejutan dengan komentar-komentarnya ketika wawancara atau manggung. Kejutan apa yang bakal ditunjukkannya nanti?

3. Chef Norman

Chef Norman bakal meriahkan Golda Coffee Buka Puasa Bareng KapanLagi. (Istimewa)
Chef Norman bakal meriahkan Golda Coffee Buka Puasa Bareng KapanLagi. (Istimewa)

Di KapanLagi Buka Bareng pertama, Nicky Tirta memasak Bakwan UFO, lalu pekan depannya Farah Quinn memasak Pempek Tanpa Ikan. Ada yang bisa menebak Chef Norman bakal memasak apa nanti?

4. Jirayut dan Rara

Jirayut DAA dan Rara Lida dua pengisi acara KapanLagi Buka Bareng. (Istimewa)
Jirayut DAA dan Rara Lida dua pengisi acara KapanLagi Buka Bareng. (Istimewa)

Duo Jirayut dan Rara Bakal bikin bukber kali ini ambyar dan pecah. Kalau kalian terhibur dengan betapa kocaknya mereka di TV setiap malam, kalian bisa saksikan dulu di meet and greet. Barangkali juga mereka mau bernyanyi spontan.

-----------

Kabar Ramadan: Mau Buka Puasa Ditemani Artis?

Gabung KapanLagi Buka Bareng, event buka puasa online bersama Jirayut dan Rara LIDA 9 Mei ini. Bakal ada Chef Norman, Danilla, dan Adhitia Sofyan juga. Caranya? Daftar dulu di sini, dan isi data diri kamu. Semuanya GRATIS. Baca panduan lengkap di sini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Pesepak Bola Indonesia Termahal Versi Transfermarkt

Posted: 08 May 2020 09:35 PM PDT

Jakarta - Transfermarkt dikenal sebagai satu di antara situs terlengkap yang menyediakan data statistik seputar sepak bola. Mulai dari rekam jejak pesepak bola hingga nilai pasarnya di bursa transfer. Sepak bola Indonesia tidak luput dari pantauan website asal Jerman tersebut.

Fitur yang menjadi andalan Transfermarkt adalah nilai pasar. Bisa dibilang, angka yang dicantumkan dalam profil pesepak bola adalah kisaran harga jualnya saat ini.

Transfermarkt juga merangkum daftar pemain termahal di setiap kompetisi pada situsnya, seperti Shopee Liga 1 2020 misalnya. Sepuluh pemain berharga tinggi dikuasai oleh pemain asing.

Namun, fitur nilai pasar pemain di Transfermarkt tidak bisa dijadikan patokan. Baik untuk pemain asing dan lokal. Maklum, nilai tersebut hanya sekadar perkiraan.

Berikut 10 pesepak bola Indonesia termahal berdasarkan nilai pasar Transfermarkt. Berikut daftarnya:

Stefano Lilipaly (Bali United)

Gelandang Timnas Indonesia, Stefano Lilipaly, menyapa suporter usai mengalahkan Timor Leste pada laga Piala AFF 2018 di SUGBK, Jakarta, Selasa (13/11). Indonesia menang 3-1 atas Timor Leste. (Bola.com/Yoppy Renato)
Gelandang Timnas Indonesia, Stefano Lilipaly, menyapa suporter usai mengalahkan Timor Leste pada laga Piala AFF 2018 di SUGBK, Jakarta, Selasa (13/11). Indonesia menang 3-1 atas Timor Leste. (Bola.com/Yoppy Renato)

Transfermarkt mencantumkan Stefano Lilipaly sebagai pemain Indonesia termahal saat ini. Statusnya sebagai gelandang naturalisasi jebolan Eredivisie dan Eerste Divisie membuat nilai pasarnya di atas rata-rata pemain lokal lain.

Transfermarkt menghargai Lilipaly sebesar 350 ribu euro atau setara dengan Rp5,6 miliar. Jika ada tim yang ingin memboyongnya dari Bali United, maka bersiaplah menyediakan dana sebesar itu.

Sebagai pemain Indonesia termahal, Lilipaly hanya mampu menduduki posisi ke-12 dalam daftar pemain bernilai tinggi di Shopee Liga 1. Kisaran harga pemain berusia 30 tahun ini masih kalah dari Marc Klok dan Bruno Matos.

Febri Hariyadi (Persib Bandung)

Pemain Persib Bandung Febri Hariyadi saat melawan PS TNI pada lanjutan Liga 1 2017 di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu (05/8/2017). Persien menang 3-1. (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)
Pemain Persib Bandung Febri Hariyadi saat melawan PS TNI pada lanjutan Liga 1 2017 di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu (05/8/2017). Persien menang 3-1. (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Febri Hariyadi adalah pemain Indonesia termahal kedua setelah Lilipaly berdasarkan catatan Transfermarkt. Winger Persib Bandung ini dihargai sebesar 325 ribu euro (Rp5,2 miliar).

Nilai pasar Febri masih berpeluang meningkat mengingat usianya terbilang muda. Pemain berkaki kidal itu baru berumur 24 tahun.

Febri adalah pemain inti Persib dan anggota tetap Timnas Indonesia. Maka tidak salah Transfermarkt menghargai gelandang yang karib dipanggil Bow itu dengan nilai selangit.

Evan Dimas (Persija Jakarta)

Pemain Persija Jakarta merayakan gol yang dicetak Evan Dimas ke gawang Bhayangkara FC pada laga pekan ketiga Shopee Liga 1 2020, Sabtu (14/3/2020). Persija bermain imbang 2-2 atas Bhayangkara. (Bola.com/Yoppy Renato)
Pemain Persija Jakarta merayakan gol yang dicetak Evan Dimas ke gawang Bhayangkara FC pada laga pekan ketiga Shopee Liga 1 2020, Sabtu (14/3/2020). Persija bermain imbang 2-2 atas Bhayangkara. (Bola.com/Yoppy Renato)

Transfermarkt memperkirakan nilai pasar Evan Dimas Darmono menyentuh 300 ribu euro (Rp4,8 miliar) untuk saat ini. Gelandang Persija Jakarta itu adalah satu di antara pemain terbaik Indonesia saat ini.

Evan Dimas adalah pilar Timnas Indonesia mulai dari level usia hingga senior. Pemain berusia 24 tahun ini juga sempat berkarier di Malaysia bersama Selangor FA. Praktis, taksiran harganya dirasa cukup wajar.

Riko Simanjuntak (Persija Jakarta)

Gelandang Persija Jakarta, Riko Simanjuntak, saat melawan Bali United pada laga Piala Indonesia 2019 di Stadion Wibawa Mukti, Minggu (5/5). Persija menang 1-0 atas Bali United. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)
Gelandang Persija Jakarta, Riko Simanjuntak, saat melawan Bali United pada laga Piala Indonesia 2019 di Stadion Wibawa Mukti, Minggu (5/5). Persija menang 1-0 atas Bali United. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Rekan setim Evan Dimas di Persija, Riko Simanjuntak, menduduki posisi keempat pemain termahal Indonesia versi Transfermarkt. Sama seperti kompatriotnya itu, pemain bertubuh mungil ini juga dihargai sebesar 300 ribu euro (Rp4,8 m).

Nilai pasar Riko terus mengangkat naik setelah performa apiknya bersama Persija dalam dua musim belakangan. Bahkan pada tahun pertamanya di ibu kota, eks pemain Semen Padang ini mampu mengantar tim ibu kota menjuarai Liga 1 2018.

Ilija Spasojevic (Bali United)

Selebrasi striker Bali United, Ilija Spasojevic, ke gawang Arema di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar (24/8/2019). (Bola.com/Iwan Setiawan)
Selebrasi striker Bali United, Ilija Spasojevic, ke gawang Arema di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar (24/8/2019). (Bola.com/Iwan Setiawan)

Serupa dengan Evan Dimas dan Riko, nilai pasar Ilija Spasojevic juga ditaksir pada angka 300 ribu euro oleh Transfermarkt. Maklum, penyerang Bali United itu adalah satu di antara pemain tersukses di Indonesia saat ini.

Spaso, panggilannya, mengoleksi dua gelar Liga 1 bersama Bhayangkara FC pada 2017 dan Bali United pada 2019. Bomber berusia 32 tahun ini juga merupakan langganan Timnas Indonesia setelah berganti kewarganegaraan dari Montenegro pada 2017 lalu.

Lima Pemain Termahal Lainnya

Penyerang Persija Jakarta, Osvaldo Haay, melakukan selebrasi usai membobol gawang Borneo FC pada laga Shopee Liga 1 di SUGBK, Jakarta, Minggu, (1/3/2020). Persija menang 3-2 atas Borneo FC. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)
Penyerang Persija Jakarta, Osvaldo Haay, melakukan selebrasi usai membobol gawang Borneo FC pada laga Shopee Liga 1 di SUGBK, Jakarta, Minggu, (1/3/2020). Persija menang 3-2 atas Borneo FC. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)
  • 6. Osvaldo Haay (Persija Jakarta): 300 ribu euro (Rp4,8 m)
  • 7. Andritany Ardhiyasa (Persija Jakarta): 300 ribu euro (Rp4,8 m)
  • 8. Ricky Fajrin (Bali United): 300 ribu euro (Rp4,8 m)
  • 9. Hansamu Yama (Persebaya Surabaya): 300 ribu euro (Rp4,8 m)
  • 10. Rizky Rizaldi Pora (Barito Putera): 300 ribu euro (Rp4,8 m)

 

Disadur dari Bola.com (Penulis Muhammad Adiyaksa / Editor Benediktus Gerendo Pradigdo, Published 9/5/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: