Jumat, 15 Mei 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Cerita Mahasiswa di Amerika Serikat Rindukan Kegiatan Ramadan

Posted: 15 May 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Umat Muslim di Amerika Serikat, terutama generasi muda, mengaku merindukan kegiatan yang biasa dilakukan bersama komunitasnya pada bulan suci Ramadan.

Hal ini mengingat pandemi Corona Covid-19 hingga membuat aktivitas yang melibatkan jumlah orang banyak dilarang, termasuk saat Ramadan.

Dalam acara Ramadan Talk Kedutaan Besar Amerika Serikat yang digelar secara daring, salah satu remaja Muslim bernama Yuhaniz Ally dari Kota Seattle, Negara Bagian Washington mengungkapkan kegelisahannya.

Ia mengaku kehilangan kegiatan komunitas, seperti salat berjemaah di masjid setempat. Hal tersebut menurut Yuhaniz menjadi salah satu tantangan baginya dalam menjalani ibadah puasa di tengah pandemi Corona Covid-19.

"(Suasana) bulan Ramadan ini menjadi agak sedih, begitu pula mendekati akhir dan pada saat hari raya Idul Fitri nanti, karena kami kemungkinan tak dapat berkumpul bersama-sama," kata Yuhaniz yang merupakan salah seorang alumnus program beasiswa belajar Bahasa Indonesia itu, dikutip dari Antara, Sabtu (16/5/2020).

Hal senada disampaikan Muhammad Muhanna, mahasiswa Muslim asal Kota Dallas, Negara Bagian Texas. Ia merasa kehilangan suasana kebersamaan komunitas di tempat tinggalnya pada Ramadan ini.

"Suasana Ramadan kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya saat anggota komunitas kerap berkegiatan bersama, seperti menjalani salat berjemaah atau berbuka puasa bersama," ucap Muhanna.

 

Banyak yang Dirindukan

Niat Puasa Ramadan / Sumber: iStockphoto
Niat Puasa Ramadan / Sumber: iStockphoto

Selain kegiatan beribadah, Muhanna mengaku juga sering berkumpul dengan teman-teman sesama Muslim usai salat tarawih berjemaah.

"Kadang kami pergi ke kedai es krim atau berolahraga bersama hingga larut malam," kata Muhanna.

Meski merindukan kegiatan bersama komunitas yang biasa dilakukan pada Ramadan di tahun-tahun sebelumnya, baik Yuhaniz maupun Muhanna meyakini, di masa pandemi ini langkah terbaik yang harus dilakukan adalah mengikuti protokol kesehatan dari pemerintah setempat.

Terutama bagi Muhammad Muhanna yang bekerja di rumah sakit. Ketaatan itu, kata dia, diperlukan tak hanya untuk melindungi diri dan keluarga masing-masing, namun juga untuk melindungi mereka yang berada dalam kelompok rentan dari kemungkinan tertular, seperti masyarakat lanjut usia.

Di tengah keterbatasan untuk berkumpul dan mematuhi protokol kesehatan, kerinduan keduanya terhadap kegiatan di komunitas sedikit terobati dengan sejumlah aktivitas yang dapat dilakukan secara daring. Termasuk ceramah Ramadan yang dilakukan oleh para imam dari masjid maupun dari rumah masing-masing.

"Untuk masjid saya itu live juga salat Jumat. Kami bisa lihat dan bersalat sendiri di rumah," kata Muhammad Muhanna yang merupakan mahasiswa Universitas Texas di Dallas.

Komunitas umat Muslim di Seattle dan Dallas juga menjalankan program pengumpulan dana untuk memberikan donasi dan makanan bagi mereka yang membutuhkan pada masa pandemi ini.

Termasuk, bagi para pekerja medis yang berada di garda terdepan melawan Corona Covid-19 sebagai bentuk dukungan dari komunitas Muslim di masing-masing kota.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hasil Penen Tak Laku Akibat Pandemi, Aksi Petani Bagi-bagi Sayuran Ini Viral

Posted: 15 May 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Wabah pandemi Corona Covid-19 di Indonesia membuat sejumlah aktivitas masyarakat terganggu. Terlebih lagi pemerintah memberlakukan PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar di sejumlah wilayah. Cara ini pun diharapkan dapat mengatasi dan memutus penyebaran Corona Covid-19. Namun tak sedikit mata pencaharian warga juga turut berdampak. 

Meskipun pemerintah telah memberikan bantuan kepada warga yang berdampak akibat pandemi tersebut, masyarakat sendiri pun melakukan aksi saling bantu untuk orang yang lebih membutuhkan. Seperti yang dilakukan oleh sejumlah petan di Malang ini. 

Sebuah video viral di media sosial yang memperlihatkan aksi para petani di Malang membagikan komoditi hasil panen mereka. Akibat wabah Corona Covid-19 yang merebak di Indonesia tak terkecuali Jawa Timur, membuat keuntungan dari hasil panen menurun.

Maka dari itu, para petani ini membagikan hasil komiditi mereka berupa sayuran ke pengguna jalan secara gratis. Video itu pun diunggah di laman akun Twitter @cholikk yang kemudian viral serta dikomentari banyak netizen. 

Viral Video Petani Bagikan Hasil Panen

Ilustrasi. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Ilustrasi. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Dilansir dari akun Twitter @cholikk oleh Liputan6.com, Sabtu (16/5/2020) sebuah video diunggah pada Jumat (15/5/2020) yang memperlihatkan aksi para petani membagikan hasil panen mereka. Sejumlah petani itu tampak membagikan sayuran kepada para pengguna jalan yang melintas di jalan raya. 

Diketahui jika kejadian itu terjadi di Desa Kedungrejo, Kecamatan Pakis, Malang, Jawa Timur. Kabarnya para petani di Desa Kedungrejo terdampak virus Corona Covid-19 secara ekonomi. Akibatnya mereka tak dapat mendistribusikan hasil panen mereka. 

"Para petani di Desa Kedungrejo, Pakis - Malang ini juga terdampak pandemi shg komoditi hasil panen tdk bisa terdistribusi. Tp mereka mengajarkan empati, meskipun kondisi mereka tdk lebih baik dari yg mereka bantu." tulis pemilik akun. 

Bagikan ke Pengendara Motor dan Mobil

Sejumlah petani bagikan hasil panen sayuran secara gratis. (Sumber: Twitter/@cholikk)
Sejumlah petani bagikan hasil panen sayuran secara gratis. (Sumber: Twitter/@cholikk)

Dalam video berdurasi 14 detik itu memperlihatkan beberapa petani saling melempar gulungan sayur lalu dibagikan kepada pengguna sepeda motor dan mobil. Petani yang memarkirkan kenderaan mereka di pinggir jalan tampak tumpukan sayur yang tak bisa didistribusikan sehingga mengalami kerugian. Agar tak sia-sia, petani di Malang ini pun memberikannya secara gratis kepada pengguna jalan yang lewat. 

Dari akun @cholikk ia menuliskan pula jika petani-petani tersebut sebelumnya membuang hasil panen mereka ke sungai. Hal itu lantaran mereka mengalami kerugian akibat pandemi Corona Covid-19. 

Unggahan video oleh @cholikk sudah diretweets sebanyak 6,5 ribu dan disukai lebih dari 11 ribu pengguna Twitter. Tak sedikit netizen memberikan komentarnya dari postingan video tersebut. 

"Tidak dapat dipungkiri, dalam video ini terdapat dua hal, empati pada sesama, dan juga mungkin rasa sdkit putus asa karena apa yg mereka jual menurun drastis entah harga atau daya belinya. Smoga lekas pulih semua ekonomi dn kesehatan, Indonesia." tulis @ryanhendraawan. 

"Emang bener yang namanya pahlawan tu ya salah satunya para petani." imbuh @luxefaaa.

"Semoga panjang rejekinya buat para pak tani bu tani yaa" timpal @DestianaMp. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Mizz Nina Hingga Ustaz Shamsi Ali dalam Program Live Kajian Live Stream Fest Vol. 3

Posted: 15 May 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kesuksesan pada dua event sebelumnya, membuat Samara Live kembali menggelar Live Stream Fest Vol. 3 di bulan Ramadan ini. Acara festival streaming terbesar di Indonesia itu akan dihelat selama dua hari, yakni Sabtu dan Minggu (16-17 Mei 2020).

Live Stream Fest Vol. 3 kali ini hadir sebagai teman untuk menemani penonton selama menjalani ibadah puasa. Tak hanya menyajikan beragam konten hiburan yang inspiratif, Live Stream Fest Vol. 3 juga akan menghadirkan program kajian spiritual. Semuanya bisa disaksikan di aplikasi dan website streaming Vidio secara gratis.

Dalam program Live Kajian, penonton diajak untuk mendengarkan ceramah dari para pemuka agama serta influencer. Mereka akan membahas tema seputar problematika kehidupan sehari-hari dan bagaimana cara menghadapinya.

Ada Mizz Nina, perancang busana asal Malaysia yang akan berbincang seputar bagaimana menjadi muslimah yang kuat. Ustaz Shamsi Ali juga turut membagikan tausiyahnya bersama Mario Irwinsyah.

Berikut jadwal program Live Kajian selengkapnya:

Sabtu, 16 Mei 2020

13:00-14:00 WIB - To be Strong Soft Muslim Women with Mizz Nina and Samira Shihab

16:00-17:00 WIB - Menghadapi Pandemi sebagai Momentum Merapatkan Keluarga with Das'ad Latief and Hanna Faridl

20:00-21:00 WIB - How to be Impactful as a Minority with ust. Shamsi Ali and Mario Irwinsyah

Klik tautan berikut untuk menonton program Live Talks di Live Stream Fest Vol. 3.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Chelsea Telepon Setiap Hari, Mertens Malah Pilih Inter Milan

Posted: 15 May 2020 09:35 PM PDT

Napoli - Manajer Chelsea, Frank Lampard, bisa jadi patah hati. Sebab, Dries Mertens yang ditelpon hampir setiap hari dikabarkan memilih pindah ke Inter Milan daripada Chelsea.

Kontrak Dries Mertens bersama Napoli bakal berakhir pada Juni 2020 mendatang. Dengan begitu, maka penyerang asal Belgia tersebut bakal berstatus bebas transfer dan bisa didapatkan dengan gratis.

Dries Mertens mungkin akan bertahan di Napoli hingga berakhirnya musim 2019/2020. Namun, selepas itu, mantan pemain PSV Eindhoven bakal meninggalkan klub yang bermarkas di San Paolo.

Sejauh ini, ada dua klub yang sangat berminat mendapatkan jasa Dries Mertens. Chelsea menempel ketat Dries Mertens sejak Januari 2020 lalu. Sedangkan, Inter Milan juga punya peluang besar mendapat servisnya.

Dries Mertens Pilih Inter Milan?

(AP/Ciro Fusco)
(AP/Ciro Fusco)

Dikutip dari Sky Sports Italia, Dries Mertens lebih condong bertahan di Italia daripada pindah ke Inggris. Artinya, Dries Mertens akan memilih pindah ke Inter Milan dan menolak tawaran Chelsea.

Dries Mertens tertarik bermain di Inter Milan karena faktor Romelu Lukaku. Mereka bermain bersama di timnas Belgia. Romelu Lukaku tampil sangat bagus dan menjadi pemain andalan di lini depan Inter Milan.

Sementara itu, Napoli juga bersiap mengajukan kontrak baru kepada Dries Mertens. Napoli siap memberi kontrak dengan durasi dua tahun. Jika menyepakatinya, Dries Mertens akan mendapat gaji 10 juta euro per musim.

Pendekatan Frank Lampard ke Dries Mertens

(AFP/Adrian Dennis)
(AFP/Adrian Dennis)

Perantara transfer Chelsea dengan Dries Mertens, Vincenzo Morabito, mengakui bahwa Frank Lampard sangat ingin mendapatkan jasa Diers Mertens. Bahkan, Frank Lampard menelponnya hampir setiap hari untuk memastikan semua berjalan sesuai rencana.

"Mereka sangat meminati Mertens dan Lampard menelponnya hampir setiap hari. Saya bisa melihat kalau Mertens akan pindah ke Chelsea," ucap Morabito kepada Radio Kiss Kiss Napoli.

Diers Mertens kini sudah berusia 33 tahun. Namun, kinerjanya dianggap masih cukup bagus. Pada musim 2019/2020 ini, Diers Mertens telah mencetak 12 gol dan enam assist dari 29 pertandingan bersama Napoli di semua kompetisi.

Sumber: Sky Sports Italia

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, Published 14/5/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penjualan Tanaman Hias Online Laris Saat Lockdown di Inggris

Posted: 15 May 2020 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tanaman hias jadi salah satu pilihan yang banyak dipesan orang saat lockdown di Inggris. Hal itu dialami Kerri Notman, ia sengaja memindahkan sekitar 12 ribu tanamannya ke dua kamar bungalownya karena bisnisnya itu sedang booming.

Kerri merasa lebih aman bagi pelanggan dan keluarganya untuk pengiriman dari rumahnya di dekat Mattishall di Norfolk, Inggris. Sejak itu ia melakukan pesanan online yang meningkat tiga kali lipat, seperti dilansir Irish News, Jumat (15/5/2020).

Kerri Notman memutuskan menutup toko suvenirnya di Norwich sehari sebelum lockdown virus corona secara resmi diumumkan. Ia tinggal bersama suaminya, Byron dan putri mereka, Maggie yang baru berumur satu tahun.

Mereka telah mengisi rumah, garasi, karavan mereka dengan sekitar 300 spesies tanaman hias. Mereka memasukkannya dengan mudah.

"Kami mengirim 30 atau 40 paket lokal bersama suami dan saudara perempuan saya setiap hari," kata Kerri. 

Bosan dan Ingin Rumah Bagus

Ilustrasi tanaman hias (dok. Pixabay.com/StockSnap/Putu Elmira)
Ilustrasi tanaman hias (dok. Pixabay.com/StockSnap/Putu Elmira)

Ia menduga semua orang duduk di rumah membuat bosan hingga akhirnya mereka membeli banyak barang. "Mereka ingin membuat rumah mereka terlihat bagus dan semua toko tutup. Mereka menghabiskan uang mereka secara online," imbuhya.

Kerri Norman mengkhususkan diri dalam tanaman hias, seperti kaktus dan sukulen. Tanaman-tanaman itu harus disimpan di dalam ruangan untuk bertahan hidup.

"Kami seharusnya punya rumah kaca (greenhouse). Jika punya itu, maka kita bisa menyimpan barang-barang di sana. Tapi karena kami tidak punya, maka tanaman-tanaman di tempatkan di dalam rumah, jadi rumah  saya penuh dengan tanaman," ujarnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dana Cair, Bank DKI Imbau Pemegang KJP dan KJMU Patuhi PSBB

Posted: 15 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mulai 15 Mei 2020, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali menyalurkan bantuan biaya pendidikan untuk warga Jakarta pemegang Kartu Jakarta Pintar (KJP) Plus dan Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU).

Warga penerima manfaat dapat mencairkan bantuan tersebut dengan cara menarik secara tunai di ATM (Anjungan Tunai Mandiri) Bank DKI yang tersebar di DKI Jakarta dan sekitarnya.

Demikian disampaikan Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Herry Djufraini dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (16/5/2020).

Herry mengimbau dalam penarikan dana KJP Plus dan KJMU, para nasabah tetap patuh pada aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menghindari penyebaran Covid-19.

"Karena situasi masih rawan penyebaran Covid-19, kami meminta para nasabah yang ingin mencairkan dana KJP tetap menjaga jarak fisik minimal 1 meter, tidak berkerumun, dan wajib menggunakan masker tanpa terkecuali," ujar Herry.

Ia pun meminta kepada masyarakat pemegang KJP untuk menunda ke ATM apabila terjadi kerumuman dan tidak bisa menjaga jarak aman minimal 1 meter.

Guna menghindari kerumunan, Herry mengingatkan warga penerima KJP Plus & KJMU tidak perlu menarik dananya secara bersamaan pada hari itu juga. Karena dana yang menjadi hak tetap aman.

"Tidak perlu khawatir, dana yang menjadi hak penerima KJP tersimpan aman di Bank DKI. Tidak akan hilang sepeser pun. Jadi tidak harus terburu-buru dicairkan," terang Herry.

Gunakan Transaksi Nontunai

ATM Bank DKI
ATM Bank DKI

Untuk menjaga keamanan dan menghindari penyebaran virus Corona, Herry juga menganjurkan agar para nasabah melakukan transaksi secara nontunai melalui JakOne Mobile.

Pemegang KJP Plus & KJMU yang sudah mengaitkan rekening KJPnya dengan JakOne Mobile dapat melakukan cek saldo tanpa harus ke ATM Bank DKI. Pemegang KJP Plus & KJMU pun dapat menikmati kemudahan berbagai transaksi perbankan melalui JakOne Mobile. Sebagai informasi, penyaluran dana KJP Plus dan KJMU dilakukan secara bertahap.

Pemegang KJP Plus untuk tingkatan SD/SDLB/MI dapat melakukan penarikan tunai mulai tanggal 15 Mei 2020. Sedangkan untuk SMP/SMPLB/MTs/PKBM mulai tanggal 18 Mei 2020 dan untuk SMA/SMALB/MA/SMK serta mahasiswa pemegang KJMU mulai tanggal 20 Mei 2020.

Pencairan Dana Bridging atau biaya tambahan bagi siswa kelas XII juga akan dilaksanakan pada bulan Mei 2020. Berbeda dengan sebelumnya, terdapat perubahan skema pencairan dana KJP Plus dan KJMU ditengah masa pandemik Covid-19.

Pencairan dana rutin tetap dilakukan per bulan, namun untuk dana berkala dapat dicairkan per bulannya. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pun memberikan relaksasi penggunaan KJP Plus dan KJMU dimana dalam keadaan pandemik ini KJP Plus dan KJMU bisa digunakan untuk kebutuhan pangan, kesehatan dan pendidikan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Cantiknya Potret Titiek Puspa Sewaktu Muda, Mirip Isyana Sarasvati

Posted: 15 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebuah foto yang menunjukkan sosok Titiek Puspa sewaktu muda, viral di media sosial. Foto yang diunggah oleh akun @picsartso tersebut merupakan sampul album dengan judul Taruna Djatuh Tjinta.

Yang membuat warganet pangling adalah betapa cantiknya Titiek Puspa muda di dalam foto tersebut. Di foto itu, ia memakai turtle neck berwarna oranye dan dilapisi blazzer hijau tua.

Artikel tentang viral foto Titiek Puspa sewaktu muda bikin netizen pangling menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang zodiak yang suka menyendiri meski punya banyak teman.

Sementara itu artikel ketiga terpopuler tentang bocah yang lupa wajah gurunya saat masuk sekolah kembali.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Viral, Foto Titiek Puspa Sewaktu Muda Bikin Netizen Pangling

Doc: Twitter.com/Dawndy_
Doc: Twitter.com/Dawndy_

Titiek Puspa dalam foto itu tampak berdiri bersidekap dengan rambut sebahu yang pinggirnya mencuat. Celana panjang yang dikenakannya juga berwarna hijau dengan high heel dan cincin di jari manis kanan.

Selengkapnya...

2. Miliki Banyak Teman, 6 Zodiak Ini Malah Lebih Suka Menyendiri

ilustrasi perempuan/Photo by Juliana Stein from Pexels
ilustrasi perempuan/Photo by Juliana Stein from Pexels

Setiap individu memiliki karakter dan kepribadian yang berbeda-beda. Ada beberapa individu yang mudah bahagia, bahkan lebih bahagia saat sendirian daripada berbagi waktu berharga mereka dengan orang lain. 

Nah, melalui zodiak kita bisa mengetahui siapa saja individu yang paling suka menyendiri. Penasaran zodiak apa saja? 

Selengkapnya...

3. Kembali Masuk Sekolah Usai Lockdown, Bocah Ini Lupa Wajah Gurunya

foto: Newsflare/SCMP
foto: Newsflare/SCMP

Rupanya kembali ke sekolah usai sekian lama libur menyisakan pengalaman lucu bagi seorang siswa di provinsi Henan, China. Bagaimana tidak, siswa Taman Kanak-Kanak berusia 4 tahun tersebut justru menangis di hari pertamanya kembali ke sekolah.

Pasalnya bocah ini mengaku tak bisa mengingat di mana kelasnya dan juga lupa dengan wajah gurunya sendiri.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Tips Puasa saat Menderita Flu dan Batuk, Konsumsi Vitamin C saat Sahur

Posted: 15 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tips puasa saat menderita flu dan batuk perlu diperhatikan agar tetap lancar beribadah. Pasalnya, masalah ini cukup sering terjadi pada setiap orang.  Bulan Ramadhan mungkin akan menjadi waktu yang sulit untuk tubuh melawan infeksi bakteri atau virus penyebab penyakit. 

Tubuh menjadi lemah karena kurangnya asupan makanan dan minuman saat berpuasa. Sakit tenggorokan, batuk, dan flu adalah beberapa penyakit yang paling sering dialami oleh orang yang sedang berpuasa, karena hal ini berkaitan dengan daya tahan tubuh seseorang.

Tips puasa saat menderita flu dan batuk dilakukan dengan memperhatikan pola makan dan istirahat. Dengan mengikuti tips puasa saat menderita flu dan batuk ini, kamu bisa menjalankan ibadah dengan tenang tanpa gangguan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (8/5/2020) tentang tips puasa saat menderita flu dan batuk

Perhatikan Menu Makanan saat Sahur dan Buka Puasa

Menu Makanan / Sumber: iStockphoto
Menu Makanan / Sumber: iStockphoto

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tips puasa saat menderita flu dan batuk yang paling utama adalah memperhatikan menu makanan. Konsumsilah makanan yang dapat membantu kamu lebih cepat sembuh dari flu dan batuk, seperti buah-buahan dan sayuran yang mengandung banyak vitamin dan mineral.

Saat flu dan batuk, tubuh sangat membutuhkan asupan vitamin C (seperti dalam jeruk, mangga, dan pepaya) untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Asupan tinggi protein dan kalori juga dibutuhkan untuk membantu tubuh melawan infeksi.

Penuhi Asupan Cairan

Penuhi Asupan Cairan  (Ilustrasi/iStockphoto)
Penuhi Asupan Cairan (Ilustrasi/iStockphoto)

Tips puasa saat menderita flu dan batuk selanjutnya adalah dengan memenuhi asupan cairan. Hal ini dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi sehingga kamu tidak kekurangan cairan. Selain banyak minum, kamu juga bisa menambahkan sedikit garam ke dalam makanan atau minuman untuk membantu mengganti elektrolit tubuh yang hilang melalui keringat.

Istirahat yang Cukup

ilustrasi tidur/pexels
ilustrasi tidur/pexels

Istirahat yang cukup juga bisa menjadi salah satu tips puasa saat menderita flu dan batuk. Selain memperhatikan menu makanan dan cukup minum, istirahat yang cukup juga sangat penting dalam menjaga imunitas tubuh.

Tidur atau istirahat yang cukup dapat membantu tubuh mengumpulkan energi untuk melawan infeksi. Fungsi tubuh berada di titik terendah saat tidur sehingga sistem kekebalan tubuh dapat bekerja pada tingkat puncaknya saat tertidur.

Jika sedang terserang flu, ada baiknya kamu memperbanyak istirahat dan menghentikan segala aktivitas harian terutama yang berat. Istirahat menjadi kunci agar kamu masih tetap bisa puasa saat sedang flu. Banyak istirahat memungkinkan tubuh untuk menyembuhkan dan memberikan waktu untuk sistem kekebalan tubuh melawan infeksi virus yang menyebabkan flu. Dengan istirahat, biasanya daya tahan tubuh akan cepat pulih.

Cobalah untuk tidur siang, karena flu dapat membuat tubuh merasa lemah dan kamu harus menyimpan tenaga. Jika sulit bernapas saat tidur, tinggikan kepala dengan bantal agar lebih mudah bernapas.

Minum Cairan Hangat

Ilustrasi Air Putih Hangat Credit: pexels.com/Lisa
Ilustrasi Air Putih Hangat Credit: pexels.com/Lisa

Usahakan perbanyak minum air hangat saat berbuka puasa dan saat sedang sahur. Meminum air hangat dapat membantu mengencerkan lendir dalam sinus sehingga melancarkan alirannya, dan membuat kamu merasa lebih baik dengan cepat.

Saat berbuka puasa, teh panas tanpa kafein bisa menjadi pilihan. Pilihlah teh herbal seperti kamomil atau pepermin untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Tambahkan sedikit madu dan lemon untuk menenangkan tenggorokan dan mempertahankan efeknya lebih lama. Kamomil juga bermanfaat untuk mengurangi stres dan kelelahan, sementara pepermin akan melegakan hidung yang tersumbat.

Saat sahur, kamu bisa memilih kaldu bening untuk santapan. Pilihlah kaldu sayur atau kaldu ayam yang rendah natrium agar tidak terlalu banyak mengonsumsi garam. Sup ayam dapat membantu menenangkan sakit tenggorokan, mengencerkan lendir, dan melegakan hidung tersumbat.

Konsumsi Vitamin C saat Sahur

Vitamin C  (sumber: iStockphoto)
Vitamin C (sumber: iStockphoto)

Untuk menjaga daya tahan tubuh dan terhindar dari penyakit, tips puasa saat menderita flu dan batuk berikutnya adalah mengonsumsi vitamin C. Vitamin C adalah antioksidan yang dapat membantu memperkuat daya tahan tubuh. Vitamin C memang tidak akan menyembuhkan flu secara langsung, namun dapat membantu tubuh pulih lebih cepat.

Sebagian besar orang dewasa sebaiknya mengonsumsi antara 65–90 mg vitamin C setiap hari, dan tidak lebih dari 2.000 mg dalam sehari. Jeruk, paprika hijau dan merah, buah kiwi, bayam, serta buah dan sayur mentah lainnya adalah sumber vitamin C. Pastikan kamu mengonsumsi vitamin C secukupnya, jangan terlalu berlebihan.

Minum Obat Flu dan Batuk

Minum Obat Flu dan Batuk (Yuttana Jaowattana/Shutterstock)
Minum Obat Flu dan Batuk (Yuttana Jaowattana/Shutterstock)

Walaupun puasa, kamu tetap harus minum obat sebagai salah satu tips puasa saat menderita flu dan batuk. Untuk mempercepat penyembuhan, kamu bisa mengambil obat batuk dan flu saat berbuka atau sahur. Dengan mengambil obat yang tepat, kamu bisa mencegah flu dan batuk yang kamu derita bertambah buruk.

Itulah beberapa tips puasa saat menderita flu dan batuk yang perlu kamu lakukan. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan di Bulan Ramadan ini agar ibadah senantiasa lancar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indira Kalistha Dapat Surat Terbuka, Isinya: Sungguh Kacau Perilakumu Hanya Demi Perutmu!

Posted: 15 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bola panas di jagat maya pekan ini berasal dari video bertajuk "Indira Kalistha Pertama Kali Diwawancara Serius #GritteBukaPraktek" yang diunggah YouTuber Gritte Agatha pada 13 Mei 2020.

Hingga artikel ini disusun, video yang menampilkan bintang tamu Indira Kalistha itu ditonton lebih dari 1,2 juta kali. Video ini menuai kecaman gara-gara Indira Kalistha terkesan menyepelekan wabah Corona Civid-19.

Membahas wabah Corona Covid-19, Indira Kalistha dengan enteng, berujar, "Aku jarang pakai masker. Kalau sheet mask aku pakai tiap hari. Kalau masker yang udara-udara gitu aku enggak pakai, kecuali kayak ditegur gitu baru pakai. Tapi kalau enggak ditegur kita lepas lagi."

Di Mana Empatimu Indira?

Unggahan Dokter Muhammad Yusuf. (Foto: Instagram @dokteryusuf.spog)
Unggahan Dokter Muhammad Yusuf. (Foto: Instagram @dokteryusuf.spog)

Dikecam publik tak membuat Indira Kalistha menjernihkan persoalan apalagi minta maaf. Tak hanya awam dan selebritas, para tenaga kesehatan mengecam ocehan Indira Kalistha. Dr. Muhammad Yusuf, SpOG. Onk(K) lewat akun Instagramnya menulis surat terbuka untuk Indira Kalistha.

"Ketika harapan itu perlahan muncul, tiba-tiba Anda Indira Kalistha hancurkan dalam sekejap. DI MANA EMPATIMU TERHADAP KEMATIAN LEBIH DARI PULUHAN TENAGA MEDIS DAN KEMATIAN RIBUAN PASIEN?" tanya Yusuf, pada Jumat (15/5/2020).

Indira Korbankan Kemanusiaan

Indira Kalistha. (Foto: Instagram @indirakalistha)
Indira Kalistha. (Foto: Instagram @indirakalistha)

Yusuf lantas membuat pernyataan menohok, "Sungguh... Sungguh kacau perilakumu hanya demi perutmu, anda Indira Kalistha korbankan kemanusiaan." Ia menggambarkan Indira Kalistha sebagai seleb jagat maya dengan pengikut Instagram jutaan dan pelanggan YouTube tak kalah banyak.

"Tapi sayangnya semua itu dipakai untuk MAKAN SEHARI-HARI SAJA," tulisnya. Yusuf lantas meminta YouTuber berhijab ini untuk lebih peka. Ia pun mengingatkan, saat ini mungkin saja sistem imun Indira Kalista bagus tapi bagaimana dengan orang-orang di sekitarnya termasuk orang tua?

Indira, Andai Kamu Pasiennya...

Dokter Muhammad Yusuf. (Foto: Instagram @dokteryusuf.spog)
Dokter Muhammad Yusuf. (Foto: Instagram @dokteryusuf.spog)

"Jika kamu jadi pasien Covid-19, kamu enggak kasihan dengan beban pemerintah yang bayarin pengobatan kamu?" Yusuf bertanya. Pertanyaan berikutnya, "Jika kamu mempromosikan Indonsia bebas masker, handsanitizer, kumpul-kumpul, dan corona melonjak, kamu sanggup lihat mayat di mana-mana?"

Tampaknya sang dokter benar-benar tak habis pikir dengan ulah Indira Kalistha. Ia pun meminta Kepolisian Republik Indonesia menindak tegas Indira Kalistha atas ujarannya yang berpotensi menyesatkan. 

Tangkap Indira

Indira Kalistha. (Foto: Instagram @indirakalistha)
Indira Kalistha. (Foto: Instagram @indirakalistha)

"Buat @ccicpolri, tangkap nih @indirakalistha yang melanggar PSBB dan menyebar hoaks. Demikian juga @gugustugas Covid, perkarakan @indirakalistha. Saya dr yusuf," pungkasnya.

Indira Kalistha belum merespons surat ini. Pada hari yang sama, ia malah menggunggah video hura-hura tantangan merias wajah dengan floating sambil bagi-bagi giveaway ke para pengikutnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Manfaat Minum Air Madu Hangat saat Berbuka, Tingkatkan Kekebalan

Posted: 15 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Manfaat minum air madu hangat saat berbuka baik untuk kesehatan. Madu telah lama digunakan dalam beragam campuran makanan dan minuman. Rasanya yang manis dapat menjadi pilihan tepat pengganti gula.

Saat berbuka puasa, minum segelas air madu hangat bisa terasa menenangkan di tubuh. Madu mengandung senyawa tanaman yang bermanfaat bagi tubuh. Manfaat minum air madu hangat saat berbuka tak hanya nikmat tapi juga bisa menjaga kesehatan selama berpuasa.

Alih-alih minum es atau minuman manis lainnya, minum air madu hangat dapat mengembalikan energi dan cairan yang hilang dengan cepat. Berikut 10 manfaat minum air madu hangat, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (10/5/2020).

Manfaat minum air madu hangat

Minum air madu saat sahur atau berbuka puasa./Copyright shutterstock.com/g/DraganaGordic
Minum air madu saat sahur atau berbuka puasa./Copyright shutterstock.com/g/DraganaGordic

Menambah energi

Madu mengandung gula alami yang dapat mengembalikan energi yang hilang selama seharian berpuasa. Madu terutama terdiri dari air dan dua gula: fruktosa dan glukosa. Glukosa dalam madu diserap oleh tubuh dengan cepat, memberikan dorongan energi langsung, sementara fruktosa memberikan energi berkelanjutan karena diserap lebih lambat.

Minum air hangat juga bisa mengembalikan kembali energi. Minum air hangat saat berbuka puasa bisa membantu mencegah dehidrasi setelah menahan haus seharian. Manfaat minum air madu hangat saat berbuka dapat menambah energi dengan cepat dan memberi energi berkelanjutan dalam cara yang sehat.

Kaya antioksidan

Madu alami mengandung berbagai senyawa yang bertindak sebagai antioksidan, termasuk phytochemical, flavonoid, dan asam askorbat. Antioksidan telah dikaitkan dengan pengurangan risiko serangan jantung, stroke, dan beberapa jenis kanker. Mereka juga dapat meningkatkan kesehatan mata. Minum air madu hangat bisa membantu memenuhi kebutuhan antioksidan untuk tubuh.

Manfaat minum air madu hangat

Menyehatkan Sistem Pencernaan / Sumber: iStockphoto
Menyehatkan Sistem Pencernaan / Sumber: iStockphoto

Bantu sembuhkan batuk

Madu merupakan obat batuk alami yang sudah lama digunakan masyarakat. Madu telah terbukti dapat meredakan batuk lebih efektif daripada obat-obatan bebas yang mengandung dextromethorphan. Minum air madu hangat saat berbuka bisa meringankan tenggorokan bagi yang sedang batuk.

Sifat anti bakteri dan anti virus pada madu juga membantu mencegah dan menyembuhkan infeksi dan peradangan yang menyebabkan batuk. Air hangat yang diminum juga bisa menenangkan tenggorokan dan melegakan batuk.

Sehatkan pencernaan

Minum air hangat saat perut kosong sangat bermanfaat bagi pencernaan. Minum air hangat bisa menenangkan dan mengaktifkan saluran pencernaan. Minum segelas air saat perut kosong juga dapat membantu menghilangkan akumulasi limbah dan memungkinkan penyerapan nutrisi lebih cepat.

Sementara itu, madu juga dikenal khasiatnya yang baik bagi pencernaan. Madu dapat membantu mengurangi gejala asam lambung. Madu juga Madu juga diakui sebagai prebiotik potensial, karena memiliki oligosakarida yang dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dalam usus.

Manfaat minum air madu hangat

Bantu Menurunkan Berat Badan / Sumber: iStockphoto
Bantu Menurunkan Berat Badan / Sumber: iStockphoto

Tingkatkan kekebalan tubuh

Sifat antioksidan dan antibakteri madu dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Fitonutrien dalam madu bertanggung jawab atas sifat antioksidannya. Minum air madu hangat tiap berbuka dapat melindungi tubuh dari infeksi dan peradangan.

Bantu penurunan berat badan

Manfaat minum air hangat dengan madu dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Metabolisme yang sehat dapat membantu proses pencernaan makanan lebih cepat dan membantu menurunkan berat badan dalam jangka panjang. Minum air madu hangat sebelum makan besar dapat meningkatkan perasaan kenyang dan mencegah makan terlalu banyak. Minum air madu hangat sebelum tidur juga dapat membantu proses pembakaran lemak yang akhirnya membantu penurunan berat badan.

Manfaat minum air madu hangat

ilustrasi Diabetes (sumber: iStockphoto)
ilustrasi Diabetes (sumber: iStockphoto)

Aman untuk diabetes

Orang yang hidup dengan diabetes harus mengontrol dan mengelola asupan karbohidrat dan gula. Madu cenderung aman dikonsumsi penderita diabetes dibanding gula olahan lainnya. Madu murni dapat menjadi alternatif pengganti gula. Konsumsi madu bersama air hangat saat berbuka aman bagi penderita diabetes.

Bantu turunkan tekanan darah

Madu dapat membantu menurunkan tekanan darah berkat kandungan antioksidannya. Minum air madu hangat saat berbuka dapat membantu mengontrol tekanan darah dan mencegah risiko penyakit jantung. Menurut sejumlah studi madu memiliki efek perlindungan terhadap tekanan darah tinggi. Madu juga dinilai menurunkan tekanan darah sistolik.

Manfaat minum air madu hangat

ilustrasi tidur nyenyak | unsplash.com/@zohre_nemati
ilustrasi tidur nyenyak | unsplash.com/@zohre_nemati

Turunkan kolesterol

Madu dapat membantu mengurangi kolesterol LDL jahat sambil secara signifikan meningkatkan kolesterol HDL baik dalam darah. Konsumsi madu juag dikaitkan dengan penurunan trigliserida yang lebih rendah. Kadar kolesterol LDL dan trigliserida yang tinggi merupakan faktor risiko yang kuat untuk penyakit jantung.

Buat tidur nyenyak

Minum air madu sebelum tidur atau saat berbuka juga dapat meningkatkan kualitas tidur. Madu melepaskan serotonin, neurotransmitter yang meningkatkan mood. Tubuh mengubah serotonin menjadi melatonin, senyawa kimia yang mengatur panjang dan kualitas tidur. Minum air madu hangat bisa meningkatkan kualitas tidur yang dapat terganggu selama bulan puasa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Jalan Retak Terbelah Diguncang Gempa Magnitudo 6,4

Posted: 15 May 2020 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Guncangan gempa besar magnitudo 6,4 yang melanda Nevada membuat jalan retak terbelah. Lihat penampakannya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Kapal Dioperasikan, PT Pelni Mulai Jual Tiket Penumpang Hari Ini

Posted: 15 May 2020 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) mulai melakukan pelayanan penjualan tiket bagi penumpang sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Penjualan tiket akan mulai dilakukan hari ini, Sabtu (16/5/2002), dan akan dilayani di loket kantor cabang Pelni. Sehingga petugas dapat memastikan seluruh calon penumpang dapat menunjukkan dokumen persyaratan ketika akan membeli tiket.

Seperti dilansir Antara, penjualan dilakukan sesuai dengan persyaratan sesuai protokol penanganan penumpang Pelni selama masa Covid-19 serta SE Gugus Tugas Covid-19 No 4/2020 dan SE Dirjen Hubla No. 21/2020.

Selain itu, seluruh calon penumpang juga dianjurkan untuk menggunakan metode pembayaran secara nontunai atau cashless.

"Kami akan melayani penjualan tiket kepada penumpang sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan dengan melampirkan beberapa dokumen perjalanan berdasarkan Surat Edaran yang telah ditetapkan, yang disertai dengan surat keterangan kesehatan dari pihak yang berwenang pada periode maksimal tujuh hari sebelum keberangkatan. Pembayaran tiket juga dianjurkan untuk melalui proses cashless," kata Direktur Usaha Angkutan Penumpang PT Pelni (Persero), OM Sodikin dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (16/5/2020). 

Selama periode ini, PT Pelni hanya akan menjual tiket sekitar 50 persen dari kapasitas, guna menjaga jarak antar penumpang selama perjalanan.

"Kami telah mengatur pembatasan akses bagi penumpang selama berada di atas kapal, serta skema jaga jarak antar penumpang. Baik itu pada nomor bed ataupun saat pengambilan makan sehingga anjuran physical distancing tetap terlaksana dengan baik," tambahnya.

 

 

6 Kapal Dioperasikan

"Manajemen akan mengefektifkan screening penumpang yang akan naik ke atas kapal mulai dari pelabuhan. Sehingga pelaksanaan boarding saat sebelum naik ke atas kapal akan dimaksimalkan," ujarnya.

Sementara, untuk penumpang yang ditemukan tidak memenuhi persyaratan akan dilakukan isolasi di ruangan khusus dan akan diturunkan di pelabuhan tujuan pertama dan diharuskan melaporkan kepada satgas daerah setempat. 

Dari 26 kapal penumpang, sementara waktu Pelni akan mengoperasikan enam kapal. Yaitu KM Ciremai, KM Dobonsolo, KM Gunung Dempo, KM Nggapulu, KM Kelud, dan KM Egon.

Kapal tersebut akan berlayar membawa penumpang menuju Pelabuhan yang masih membuka aksesnya, yaitu Pelabuhan Tanjung Priok, Surabaya, dan Makassar dan melanjutkan perjalanan dengan membawa muatan logistik.

Saat ini, KM Ciremai berlayar dengan rute Tanjung Priok - Surabaya - Makassar - Ambon - Sorong - Biak - Jayapura - Sorong - Namlea - Baubau - Surabaya - Tanjung Priok.

KM Dobonsolo melayani rute Tanjung Priok - Surabaya - Makassar - Ambon - Sorong - Serui - Jayapura - Sorong - Ambon - Namlea - Surabaya - Tanjung Priok.

KM Gunung Dempo melayani rute Tanjung Priok - Surabaya - Makassar - Ambon - Sorong - Biak - Jayapura - Sorong - Makassar - Surabaya - Tanjung Priok.

KM Nggapulu melayani rute Tanjung Priok - Surabaya - Makassar - Baubau - Ambon - Banda - Tual - Dobo - Fakfak PP.

KM Kelud melayani rute Belawan - Batam - Tanjung Priok. Sedangkan KM Egon kini melayani rute Waingapu - Lembar - Waingapu - Lembar - Surabaya - Lembar - Waingapu.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saat Bupati Madiun Evakuasi Warga Positif COVID-19

Posted: 15 May 2020 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bupati Madiun, Ahmad Dawami harus terjun langsung untuk evakuasi salah satu warga Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Hal ini lantaran pasien tersebut enggan dibawa ke rumah sakit.

Ahmad pun kunjungi kantor desa pasien tersebut di wilayah Kabupaten Madiun pada Kamis sore, 14 Mei 2020. Ketika di kantor desa, ia mendapatkan informasi kalau pasien tersebut enggan dibawa ke rumah sakit. Kemudian Ahmad didampingi Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 dan perangkat desa setempat menuju rumah pasien. Demikian mengutip laman madiunkab.go.id, Sabtu (16/5/2020).

Bupati Madiun pun bertemu langsung dengan orangtua pasien dan mengimbau agar pasien segera dibawa ke rumah sakit. Setelah sekitar satu jam bernegosiasi, akhirnya pihak keluarga memperbolehkan warga yang dinyatakan positif Corona COVID-19 dibawa petugas. Warga tersebut kemudian dibawa ke RSUD Dolopo.

Ahmad menuturkan, warga itu dinyatakan positif Corona COVID-19 setelah hasil swab menunjukkan positif. Hasil laboratrorium itu yang menjadi dasar pemerintah menjemput pasien tersebut.

Sebelumnya, warga yang juga santri itu sudah dua kali diperiksa rapid test. Tes pertama, hasil tes menunjukkan nonreaktif. Setelah itu, santri tersebut menjalani rapid test dan hasilnya reaktif.

"Karena reaktif. Santri itu diuji swab. Ternyata hasilnya positif. Petugas dari dinas kesehatan dan rumah sakit pun datang untuk mengevakuasinya. Tetapi orangtuanya menolak," ujar dia, Jumat, 15 Mei 2020, seperti dikutip dari Solopos.com.

Ahmad menuturkan, orangtua menolak anaknya diisiolasi karena merasa tidak sakit. Saat dijelaskan kala santri itu tergolong orang tanpa gejala (OTG) dan dari hasil tes swab sudah dinyatakan positif Corona COVID-19, tetapi orangtua tetap menolak.

Orangtuanya kukuh menolak anaknya untuk diisolasi. Bahkan sampai histeris orang tuanya. Bilangnya macam-macam. Bilang menzalimi," kata dia.

Jumlah Pasien Positif COVID-19 di Madiun hingga 14 Mei 2020

Banner Rapid Test, Tes Massal Virus Corona Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)
Banner Rapid Test, Tes Massal Virus Corona Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)

Sebelumnya, jumlah pasien positif terjangkit COVID-19 di Kabupaten Madiun bertambah satu orang dari klaster pondok pesantren Temboro, Magetan, sehingga jumah keseluruhan pasien menjadi 15 orang.

"Perkembangan corona virus di Kabupaten Madiun pada Kamis, 14 Mei 2020, ada tambahan satu orang yang terkonfirmasi positif. Jadi, total jumlah pasien positif COVID-19 di Kabupaten Madiun menjadi 15 orang," ujar Dawami dalam keterangan di Madiun, Jawa Timur, Kamis malam, 14 Mei 2020, seperti dikutip dari Antara.

Dia menuturkan, berdasarkan pelacakan tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Madiun, tambahan satu kasus tersebut berasal dari klaster Ponpes Temboro yang ada di Kabupaten Magetan.

Dengan demikian, dari 15 kasus positif COVID-19 di Kabupaten Madiun, sebanyak 10 orang tertular dari Klaster Temboro, sedangkan sisanya lima orang dari Klaster Pelatihan Haji di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya.

"Untuk pasien positif COVID-19 dari Klaster Haji Sukolilo ada lima orang, sedangkan Klaster Ponpes di Temboro, Magetan, ada 10 orang," kata dia.

Dari 15 pasien COVID-19 tersebut, tiga orang telah dinyatakan sembuh dan 12 orang masih menjalani perawatan dan karantina di beberapa rumah sakit, di antaranya RSUD Caruban dan Dolopo, Kabupaten Madiun. Bupati meminta warga Kabupaten Madiun untuk tetap tenang dan tak panik dengan penambahan kasus positif COVID-19 di wilayah tersebut.

Ia terus meminta warga Kabupaten Madiun untuk disiplin mengikuti protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari guna mencegah penyebaran COVID-19.

"Kasus positif COVID-19 di Kabupaten Madiun adalah mereka yang berada atau setelah bepergian dari luar daerah. Untuk itu, saya minta warga Kabupaten Madiun agar disiplin tetap di rumah. Jangan bepergian atau keluar rumah jika tidak ada keperluan yang mendesak," kata dia.

Pihaknya juga mengimbau agar warga rajin mencuci tangan memakai sabun di air mengalir, disiplin memakai masker saat beraktivitas di luar rumah, dan menjaga jarak saat berinteraksi.

Warga Kabupaten Madiun di perantauan juga diminta untuk sementara tidak mudik. "Dengan kesadaran dan disiplin dari semua pihak untuk menerapkan protokol kesehatan, diharapkan kasus positif corona di Kabupaten Madiun tidak bertambah," katanya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Momen Keluarga Anang dan Ashanty Berbagi dengan Karyawan, Tuai Pujian

Posted: 15 May 2020 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Keluarga musisi Anang Hermansyah dan Ashanty memang kerap menjadi sorotan warganet. Nama pasangan yang bergelut di dunia musik ini tentunya sudah malang melintang di industri hiburan Tanah Air. Segala kegiatan yang dilakukan oleh pasangan yang mempunyai empat orang buah hati kerap diunggah di akun Instagram maupun YouTube milik keluarga Hermansyah.

Orang tua dari Arsy dan Arsya ini terlihat dekat dengan asisten rumah tangga hingga karyawannya. Tak jarang keluarga kecil ini terlihat menghabiskan waktu bersama asisten rumah tangga dan karyawannya. Selain itu, pasangan yang terpaut usia 16 tahun ini tak segan untuk saling memberi dan membantu asisten hingga karyawannya.

Baru-baru ini keluarga kecil pasangan yang menikah pada tahun 2012 ini mengunggah momen saat keluarga berbagi sembako hingga pakaian kepada karyawannya. Video yang bertajuk 'PUASA KALI INI BIKIN SEDIH TAK BISA BERSAMA MEREKA' diunggah pada tanggal 15 Mei 2020. Dalam video yang berdurasi 14 menit ini memperlihatkan keluarga Asix, sebutan untuk keluarga Anang Hermansyah berbagi dengan karyawan mereka.

Kehangatan dan kekompakan keluarga ini terpancar ketika saling membantu untuk mempersiapkan segala kebutuhannya. Para karyawanmu terlihat senang dan bersyukur karena bisa menikmati pemberian keluarga Asix saat hari raya tiba.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang 7 momen keluarga Anang dan Ashanty berbagai dengan ratusan karyawan, Sabtu (16/5/2020).

1. Istri dari Anang Hermansyah ini mengajak sebagian karyawannya untuk mempersiapkan kegiatan berbagi yang akan dilakukan.

Momen Keluarga Anang dan Ashanty Berbagi dengan Karyawan. (Sumber: YouTube/ The Hermansyah A6)
Momen Keluarga Anang dan Ashanty Berbagi dengan Karyawan. (Sumber: YouTube/ The Hermansyah A6)

2. Pasangan yang sudah 8 tahun membangun biduk rumah tangga ini, terlihat sedang berdiskusi untuk mengadakan kegiatan berbagi dengan karyawan.

Momen Keluarga Anang dan Ashanty Berbagi dengan Karyawan. (Sumber: YouTube/ The Hermansyah A6)
Momen Keluarga Anang dan Ashanty Berbagi dengan Karyawan. (Sumber: YouTube/ The Hermansyah A6)

3. Potret suasana dalam rumah Anang dan Ashanty penuh dengan sembako dan pakaian yang akan dibagikan.

Momen Keluarga Anang dan Ashanty Berbagi dengan Karyawan. (Sumber: YouTube/ The Hermansyah A6)
Momen Keluarga Anang dan Ashanty Berbagi dengan Karyawan. (Sumber: YouTube/ The Hermansyah A6)

4. Para karyawan pun terlihat sudah mengantri untuk mendapatkan sembako serta baju dari keluarga Anang dan Ashanty.

Momen Keluarga Anang dan Ashanty Berbagi dengan Karyawan. (Sumber: YouTube/ The Hermansyah A6)
Momen Keluarga Anang dan Ashanty Berbagi dengan Karyawan. (Sumber: YouTube/ The Hermansyah A6)

5. Pasangan yang menikah pada tahun 2012 ini memiliki sekitar kurang lebih 200 karyawan. Keluarga kecil ini terlihat ketika bekerjasama untuk membagikan sembako dan pakaian tersebut

Momen Keluarga Anang dan Ashanty Berbagi dengan Karyawan. (Sumber: YouTube/ The Hermansyah A6)
Momen Keluarga Anang dan Ashanty Berbagi dengan Karyawan. (Sumber: YouTube/ The Hermansyah A6)

6. Azriel pun terlihat ikut membantu memberikan sembako kepada karyawan.

Momen Keluarga Anang dan Ashanty Berbagi dengan Karyawan. (Sumber: YouTube/ The Hermansyah A6)
Momen Keluarga Anang dan Ashanty Berbagi dengan Karyawan. (Sumber: YouTube/ The Hermansyah A6)

7. Para karyawan pun terlihat senang dan mengucapakan terima kasih kepada keluarga kecil ini. Selain menuai doa dari para karyawannya, tak sedikit warganet yang membubuhkan pujian dan doa untuk keluarga ini.

Momen Keluarga Anang dan Ashanty Berbagi dengan Karyawan. (Sumber: YouTube/ The Hermansyah A6)
Momen Keluarga Anang dan Ashanty Berbagi dengan Karyawan. (Sumber: YouTube/ The Hermansyah A6)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Real Madrid Cari Kandidat Lain, Chelsea Tak Sudi Lepas Kante

Posted: 15 May 2020 09:20 PM PDT

London - Real Madrid harus mencari kandidat lain untuk posisi gelandang bertahan baru mereka. Target transfer mereka, N'Golo Kante diberitakan tidak akan dilepas oleh Chelsea di musim panas nanti.

Raksasa La Liga itu memang digosipkan tengah berburu gelandang bertahan baru. Mereka butuh sosok yang bisa menyaingi Casemiro di sektor lini tengah mereka musim depan.

Zinedine Zidane sendiri diberitakan sudah menemukan target transfer yang cocok untuk timnya. Ia tertarik memboyong gelandang bertahan milik Chelsea, N'Golo Kante.

ESPN mengklaim bahwa Real Madrid bisa melupakan impian mereka untuk mendapatkan Kante. Pasalnya Chelsea sama sekali tidak berminat untuk melepaskan sang gelandang.

Menurut laporan tersebut, Frank Lampard sama sekali tidak mempertimbangkan untuk menjual Kante.

Ia menilai sang gelandang adalah pemain yang tidak tergantikan di dalam timnya. Ia merasa bahwa sulit untuk mencari pemain sekaliber Kante saat ini.

Untuk itu Lampard sudah meminta manajemen Chelsea untuk menolak tawaran apapun yang masuk untuk Kante, termasuk dari Real Madrid.

 

Sentral

(AP/Frank Augstein)
(AP/Frank Augstein)

Chelsea sendiri berada dalam posisi yang kuat untuk mempertahankan Kante musim depan.

Sang gelandang masih terikat kontrak yang cukup panjang di Chelsea. Ia masih akan mengabdi di Stamford Bridge hingga tahun 2023 mendatang.

Untuk itu Chelsea tidak perlu terburu-buru untuk menjual Kante di musim panas nanti.

 

Nyaman di Chelsea

Setali tiga uang dengan Lampard, Kante juga diberitakan bakal menolak tawaran Real Madrid.

Sang gelandang sudah merasa nyaman bermain untuk Chelsea sehingga ia tidak akan meninggalkan Stamford Bridge dalam waktu dekat ini.

Sumber asli: ESPN

Disadur dari: Bola.net (Serafin Unus Pasi, published 15/5/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kurma dan Susu Jadi Menu Berbuka Andalan Eks Striker Liga Inggris

Posted: 15 May 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Knutsford - Nathan Ellington, mantan striker Watford, merupakan seorang muslim yang taat, termasuk ketika memasuki bulan ramadan. Selama Ramadan, dia selalu punya menu berbuka yang wajib disantapnya.

Saat masih aktif menjadi pemain sepak bola, Ellington mengatakan, dia tak terganggu menjalani latihan sambil berpuasa di bulan Ramadan. Tentunya, matahari terbenar merupakan momen yang paling ditunggu pria yang saat ini berusia 38 tahun tersebut.

Kurma dan susu menjadi menu favorit Ellington saat berbuka puasa. Menurutnya, kurma dan susu bisa menghilangkan dehidrasi yang dialaminya selama berpuasa.

"Saat matahari terbenam (Maghrib), saya secepat mungkin membatalkan puasa dengan kurma dan susu atau air putih," ujar Ellington, dikutip dari Four Four Two.

"Saya kemudian akan makan besar, baik saat di rumah atau di masjid. Biasanya saya makan nasi dengan daging kambing, tapi juga bisa dengan apa pun yang terbuat dari ayam, daging sapi, atau daging kambing dengan nasi atau pasta." katanya menambahan makanan yang disanpat saat Ramadan.

 

Menu Lain

Ilustrasi Buah-buahan Credit: pexels.com/PhotoMIX
Ilustrasi Buah-buahan Credit: pexels.com/PhotoMIX

Tak hanya makan daging, untuk mengembalikan cairan yang hilang selama sehari berpuasa, Ellington yang pernah mengikuti seleksi bersama Persija Jakarta itu juga makan buah.

"Saya juga berusaha secara rutin makan buah-buahan pada malam hari. Itu lucu karena saya merasa bisa makan kuda pada siang hari (saat berpuasa), tetapi ketika akhirnya saya bisa makan, saya merasa kenyang setelah setengah piring," kata Ellington.

Menu Sahur

Pria yang juga pernah bermain untuk West Bromwich Albion itu juga membeberkan menu makanannya saat sahur. Dia memilih memakan banyak karbohidrat untuk menjaga kondisi tubuhnya.

"Saya bangun jam tiga pagi, lalu makan semangkuk bubur dan pisang iris. Keduanya merupakan sumber karbohidrat dan memberikan saya energi yang pelepasannya dilakukan secara perlahan."

"Keduanya juga memberikan saya tenaga yang saya butuhkan untuk latihan atau untuk menjalani pertandingan. Saya juga minum tiga sampat empat liter air putih," ujar Ellington mengakhiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Quraish Shihab: Allah Mengabulkan Harapan yang Tidak Pernah Bermaksud Buruk

Posted: 15 May 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Al Wadud adalah salah satu sifat yang dimiliki Allah SWT. Apa makna kata ini?

Cendikiawan muslim Quraish Shihab menjelaskan ada dua makna yang terkandung dalam Al Wadud. Makna pertama, cinta dan harapan, makna kedua diartikan lapang dan kosong. 

Wadud dari kata Al Wadud, menurut Quraish Shihab bisa berarti subjek, atau objek.

Sebagai subjek, Allah mencintai makhluk-makhluknya dan akan menganugerahkan segala yang dibutuhkannya.

"Mengabulkan harapan dan yang tidak pernah bermaksud buruk, serta tidak pernah mengenal kekejaman kepada hamba-hambanya," ucap Quraish Shihab.

Dari sifat Allah yang satu ini, maka sangatlah wajar apabila manusia mencintai-Nya dan mengharap kepada-Nya. Lantas, apa yang harus kita lakukan untuk mendapatkan cinta-Nya? Berjalan sesuai tuntunan serta ajaran-Nya. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Seram, Mayat-Mayat Bergelimpangan di Jalanan Kota

Posted: 15 May 2020 09:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Warga Rio De Janeiro dikejutkan dengan mayat-mayat yang bergelimpangan di jalanan kota. Ada apa?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peraturan Dewas: Insan KPK Dilarang Rangkap Jabatan

Posted: 15 May 2020 09:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (Dewas KPK) merampungkan kode etik yang menjadi panduan nilai dasar bagi Dewan Pengawas, pimpinan, dan seluruh pegawai di lembaga antirasuah, atau disebut insan KPK.

Ketua Dewas KPK Tumpak Hatorangan Panggabean beserta jajaran dewas menerbitkan tiga peraturan yang akan menjadi panduan terkait kode etik.

"Sebanyak tiga peraturan dewan pengawas dinyatakan mulai berlaku sejak 4 Mei 2020, harus dipatuhi dan dipedomani dalam kerja pemberantasan korupsi dan berperilaku di Komisi Pemberantasan Korupsi," ujar Tumpak dalam keterangannya, Jumat (15/5/2020).

Tiga peraturan itu adalah Peraturan Dewan Pengawas KPK Nomor 01 Tahun 2020 tentang Kode Etik dan Pedoman Perilaku Komisi Pemberantasan Korupsi. Peraturan Dewan Pengawas KPK Nomor 02 Tahun 2020 tentang Penegakan Kode Etik dan Pedoman Perilaku Komisi Pemberantasan Korupsi. Dan Peraturan Dewan Pengawas KPK Nomor 03 Tahun 2020 tentang Tata Cara Pemeriksaan dan Persidangan Pelanggaran Kode Etik dan Pedoman Perilaku Komisi Pemberantasan Korupsi.

Dalam Peraturan Dewas Nomor 02 Tahun 2020 disebutkan terdapat lima nilai dasar, yakni Integritas, Sinergi, Keadilan, Profesionalisme, dan Kepemimpinan. Setiap Nilai Dasar itu kemudian diturunkan dalam penjelasan yang lebih teknis.

Misalnya dalam hal profesionalisme, ada 16 poin yang termuat di dalamnya.

Mulai dari Insan KPK yang dilarang untuk terpengaruh oleh kepentingan pribadi maupun kepentingan kelompok serta tekanan publik maupun media dalam pelaksanaan tugas dan fungsi Komisi. Selain itu, disebutkan juga pelarangan untuk rangkap jabatan.

"Dalam mengimplementasikan nilai dasar profesionalisme, setiap insan Komisi dilarang menjabat sebagai pengawas, pengurus, direksi, komisaris suatu korporasi, badan usaha, perseroan, yayasan atau koperasi, pengurus atau anggota partai politik, atau jabatan profesi lainnya selama bertugas di Komisi," demikian dikutip dari peraturan tersebut, Sabtu (16/5/2020).

Selain itu, masih di dalam nilai dasar profesionalisme, Insan Komisi dilarang untuk melakukan giat olahraga dengan pihak-pihak yang tengah bersinggungan dengan KPK.

"Dilarang bermain golf atau olahraga lainnya dengan pihak atau pihak-pihak yang secara langsung atau tidak langsung berpotensi menimbulkan benturan kepentingan dengan Komisi," bunyi aturan itu.

Mengikat Insan KPK

Dewas menyebut, keseluruhan nilai-nilai dasar, kode etik, dan pedoman perilaku dalam tiga peratutan itu ditujukan mengikat sekaligus membentengi diri setiap insan KPK, baik dalam pelaksanaan tugas, maupun dalam pergaulan luas.

"Sehingga seluruh kerja dan perilaku yang bertugas di Komisi Pemberantasan Korupsi bisa terjaga dan tetap konstruktif di manapun dan dalam kesempatan apa pun," kata Tumpak.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Stream Fest Vol.3 Digelar 16-17 Mei 2020, Simak Deretan Artis yang Tampil

Posted: 15 May 2020 09:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Live Stream Fest Vol. 3 edisi Ramadan hadir lebih seru dengan 6 program pilihan, Music, Talks, Family, Wellness, Cooking dan Kajian. Live Stream Fest Vol. 3 edisi Ramadhan, penonton dapat mendengarkan kajian dari Ust. Subhan Bawazier, Mizz Nina, Ust. Abu Fida, Ust. Shamsi Ali, Das'ad Latief, Aisah Dahlan, Ust. Ali Nurdin, Miftah Faridl, dan masih banyak lagi bintang tamu yang beragam.

Setelah sukses terselenggara Live Stream Fest Vol. 1 dan Live Stream Fest Vol. 2 sebagai pelopor Event Festival berbasis online pertama di Indonesia, Samara Live, MRA Media, dan VIP kembali menyelenggarakan Live Stream Fest Vol. 3 yang didukung penuh oleh AQUA di Live Music Channel, Bear Brand di Live Talks Channel, serta juga special classes by Ion Water by Pocari Sweat, dan Wall's pada 16 – 17 Mei 2020.

Live Stream Fest Vol. 3 tampil kembali mengangkat edisi Ramadan, dengan bintang tamu yang lebih beragam, menghibur, dan tentunya mengajak lebih banyak pihak berpartisipasi dan bergerak bersama membantu masyarakat yang terdampak COVID-19 atau bisa juga disebut masyarakat rentan miskin.

"Industri hiburan di masa depan adalah lewat platform Live Streaming. MRA Media, Samara Live, dan juga production partner VIP, akan terus berkomitmen menghadirkan alternatif mediumhiburan baru di Indonesia versi Live Streaming ini, yang tidak hanya menghibur namun jugamengedukasi masyarakat," ujar Iwet Ramadhan, Head of Business Growth MRA Media melalui keterangan resmi yang diterima Liputan6.com

 

Tujuan

Live Stream Fest Vol.3 digelar 16-17 Mei 2020
Live Stream Fest Vol.3 digelar 16-17 Mei 2020

Live Stream Fest Vol. 3 bertujuan untuk membuat industri Live Event di Indonesia tetap bergerak dengan Live Streaming sebagai platform baru menggantikan offline event.

Kehadirannya dengan program yang memberikan informasi yang mendidik dan menghibur penonton dan tetap mengedepankan interaksi, juga pengalaman yang menyeluruh.

Dan tentunya dengan mengajak banyak pihak bersatu padu mengumpulkan donasi membantu masyarakat terkena dampak COVID-19 atau bisa juga disebut masyarakat rentan miskin.

 

Tema Ramadan

Live Stream Fest Vol.3 digelar 16-17 Mei 2020
Live Stream Fest Vol.3 digelar 16-17 Mei 2020

Live Stream Fest Vol. 3 sedikit berbeda dengan sebelumnya, karena Live Stream Fest Vol. 3 akan hadir mengangkat tema edisi Ramadan, dan menghibur masyarakat dengan sajian konser musik dari berbagai musisi terbaik Tanah Air, hiburan yang mendidik dari para selebritas, hingga konten kreator, talkshow dan ilmu parenting dari narasumber yang berpengalaman, berolahraga dan menjaga kebugaran selama bulan Ramadhan di rumah.

Serta akan ada berbagi resep menu buka puasa dirumah, kajian dari para pemuka agama untuk mendukung ibadah penonton yang sedang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan, serta mengikuti kuis yang diharapkan dapat menginspirasi dan menghibur masyarakat selama bulan Ramadhan, dan tinggal di rumah aja dalam masa Physical Distancing, sesuai dengan ketetapan pemerintah sebagai pencegahan penyebaran virus COVID-19.

Deretan Penampil

Telah siap tampil deretan selebritas, musisi, konten kreator dan pengisi acara lainnya dalam eventLive Stream Fest Vol. 3, di antaranya pada Program Live Talks menghadirkan Natasha Rizky, Najelaa Shihab, Tri Rismaharini, Fitria Yusuf, Hermawan Kartajaya, Gita Savitri.

Program Live Music menghadirkan Mawar De Jongh, Project Pop, Lyodra, Base Jam, Ikke Nurjanah, Coboy, Rizky dan Ridho, Iwa K, Reza Zakarya (D'Academy), Putri (D'Academy), dan Selvi (D'Academy). Program Live Family juga menghadirkan Arie Untung, Teuku Wisnu, dr. Listya Paramita, Indra Brasco dan Nala, Vebby Palwinta, Ratu Anandita, Ligwina Hananto, Indah Nada Puspita danTantri Namirah, Acha Septriasa, dan Puteri Khasanah Karunia.

Program Live Wellness juga menghadirkan Anjasmara Prasetya, Mashanda, Deasy Noviyanti, Anni Yuliantin, Indri Hapsari Bharata, Yodhananta Soewandi, Pujiastuti Sindhu.Program Live Cooking juga menghadirkan Yuda Bustara, Enno Lerian dan Audy Antawidjaja,Ayu Dewi, Ratna Soemantri, Putri Habibie, Eddrian Tjhia, dan Nina Bertha. Program Live Kajianjuga menghadirkan Ust. Subhan Bawazier, Mizz Nina, Ust. Abu Fida, Ust. Shamsi Ali, Das'adLatief, Aisah Dahlan, Ust. Ali Nurdin, Miftah Faridl, dan masih banyak lagi.

 

Menonton dan Berdonasi

Penonton dapat menyaksikan penampilan dari seluruh pengisi acara yang akan melakukan live performance dari rumah masing-masing secara bergantian di Live Stream Fest Vol. 3 yang bisa dinikmati masyarakat secara GRATIS melalui aplikasi atau website Vidio. Selama acara berlangsung, penonton juga dapat memberikan donasinya untuk masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19 atau bisa juga disebut masyarakat rentan miskin melalui Benihbaik.com.

Selain itu, penonton juga dapat memberikan donasinya sebelum acara Live Stream Fest Vol. 3 diselenggarakan. Live Stream Fest Vol. 3 memberikan fitur yang menarik dalam berdonasi yaitu "Donate & Request". Para donatur yang memberikan donasi sebelum terselenggaranya event, dapat mengajukan permintaan untuk pengisi acara seperti melakukan special activity atau mengajukan pertanyaan.

Live Stream Fest Vol. 3 diharapkan bisa menjadi inspirasi dan sarana hiburan masyarakat selama di rumah di tengah masa karantina guna memutus rantai penyebaran virus COVID-19, memberikan semangat untuk sama-sama berjuang membantu berbagai pihak yang membutuhkan pertolongan akibat pademi virus COVID-19.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Main Setiap 72 Jam, Klub La Liga Bakal Pakai Pesawat Carteran Lakoni Laga Tandang

Posted: 15 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Madrid- Presiden La Liga, Javier Tebas mengungkapkan beberapa protokol yang sudah disiapkannya sebelum kompetisi bergulir kembali pada 12 Juni atau 19 Juni. Ada beberapa protokol yang disiapkan.

Salah satu protokol yang disiapkan yaitu menyewa pesawat carter untuk setiap laga tandang. Semua biaya akan dibayar otoritas La Liga.

Ini dilakukan agar klub dan pemain La Liga bisa tercegah dari kemungkinan tertulis virus corona covid-19. Meski menurun, potensi penyebaran masih ada.

Selan itu, klub La Liga juga diharapkan siap dengan jadwal padat. Soalnya klub akan main di setiap 72 jam.

Sementara itu, wacana menempatkan satu tim dalam camp ditunda. Soalnya ini dianggap bukan hal krusial.

 

Jalani Tes

Pemain Barcelona, Luis Suarez, saat mengikuti latihan di Ciutat Esportiva Joan Gamper, Sant Joan Despi, Jumat (8/5/2020) waktu setempat. Barcelona kembali menjalani latihan usai seluruh pemain tim utama dinyatakan negatif COVID-19. (AFP/Miguel Ruiz)
Pemain Barcelona, Luis Suarez, saat mengikuti latihan di Ciutat Esportiva Joan Gamper, Sant Joan Despi, Jumat (8/5/2020) waktu setempat. Barcelona kembali menjalani latihan usai seluruh pemain tim utama dinyatakan negatif COVID-19. (AFP/Miguel Ruiz)

Sebelum menjalani laga, pemain akan melakukan tes corona covid-19 48 jam sebelum pertandingan berlangsung. Di sisi lain banyak klub yang sudah melakoni tes saat ini.

Meski LFP sebagai otoritas La Liga sudah memberi sinyal La Liga kembali. Tapi banyak klub yang kebingungan dengan protokol yang disiapkan.

"Untuk saat ini, aturannya begitu ketat dan sudah dipenuhi. Tiba di lapangan, kami diberi masker dicek suhu dan tak ada kontak dengan siapapun," ujar salah satu sumber kepada Marca.

"Kami jadi sedikit gila karena saat ini tak ada yang jelas. Seakan semua dibuat-buat saja."

 

Penyebaran Virus Corona

 

Dikhawatirkan ketidakjelasan protokol ini malah memperbesar persebaran virus dalam tim.

"Misalkan ada rekan saya terkena virus tapi mereka baik-baik saja, tapi jangan lupakan, dalam dua hari, dia bisa menularkan ke 10 orang dari kami," bunyi sumber yang tidak mau disebutkan namanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lion Air Klaim Telah Atur Antrean Penumpang di Bandara Soetta

Posted: 15 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Lion Air Group menyatakan proses penanganan bagi calon penumpang yang akan diterbangkan (diberangkatkan) dari seluruh bandar udara, khususnya dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang (CGK) telah berjalan dengan baik menurut standar operasional yang ditetapkan pada masa pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Lion Air Group dalam beberapa hari sebelumnya sampai waktu yang belum ditentukan telah menugaskan 15 personel staf atau petugas layanan darat (ground handling) untuk mengatur antrean calon penumpang, mengatur jarak antarcalon penumpang dan mengingatkan agar setiap calon penumpang mempersiapkan dokumen-dokumen perjalanan yang dibutuhkan sesuai ketentuan sebelum masuk pintu pemeriksaan pertama (security check point) di terminal keberangkatan bandar udara.

"Dengan demikian antrean menjadi lebih baik sehingga penerbangan dapat berjalan sebagaimana yang direncanakan serta keberangkatan menjadi tepat waktu," kata Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (16/5/2020).

Pelaksanaan penerbangan berjalan baik karena para pihak atau stakeholder telah bekerjasama dan melaksanakan fungsi masing-masing dengan baik. Hal ini diharapkan akan semakin membaik pada masa mendatang (berikutnya).

Lion Air Group akan terus meningkatkan kemampuan staf dan petugas ground handling dalam melakukan penanganan menurut standar operasional prosedur, terutama kemampuan dalam mencermati pengecekan dokumen-dokumen perjalanan sebagaimana berlaku pada masa pandemi Covid-19 ini.

Lion Air Group optimis, dengan sinergitas bersama pihak lainnya, maka operasional selama masa pandemi Covid-19 bisa berjalan tepat, dengan harapan pelaksanaan penerbangan tetap mengutamakan unsur-unsur keselamatan, keamanan dan tidak menyebabkan penyebaran Covid-19.

Lion Air Group menegaskan, bahwa antara penumpang satu dengan penumpang lainnya tidak bersentuhan, karena terdapat jarak yang telah dibuat, yaitu dengan mengosongkan satu kursi antara penumpang satu dengan penumpang lainnya.

Standar Operasional Penerbangan

Batik Air terbang melalui Yogyakarya International Airport. (Dok Lion Air Group)
Batik Air terbang melalui Yogyakarya International Airport. (Dok Lion Air Group)

Lion Air Group mengimplementasikan semua standar operasional penerbangan dan hal-hal yang mendukung pelaksanaan pencegahan penyebaran Covid-19 selama pandemi Covid-19, meliputi:

1. Semua awak pesawat yang aktif terbang sudah dilakukan tes menggunakan rapid test dengan hasil negatif,

2. Pemeriksaan kesehatan awak pesawat tetap dijalankan sebelum penerbangan (pre-flight health check), guna menentukan kondisi sehat serta laik terbang (airworthy for flight),

3. Menyediakan cairan pembersih kuman pada tangan (hand sanitizer) bagi tamu atau penumpang ketika mulai proses pelaporan (check-in),

4. Semua pesawat sebelum terbang dilaksanakan penyemperotan desinfektan, dalam upaya memastikan sterilisasi dan kebersihan pesawat,

5. Awak pesawat, petugas layanan darat (ground handling) dan layanan lainnya, Lion Air Group harus mengikuti protokol kesehatan, yakni pengecekan suhu badan, menjaga pola hidup sehat, mencuci tangan, membersihkan tangan dengan cairan (hand sanitizer), penggunaan sarung tangan dan wajib menggunakan masker,

6. Mengoptimalkan pengaturan jarak aman antartamu atau penumpang (physical distancing) dalam kabin pesawat pada penerbangan.

7. Dan tindakan preventif lainnya.

Pelaksanaan penerbangan Lion Air Group berdasar pada aturan yang telah diterbitkan, sebagai berikut:

1. Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), yang mengatur ketentuan (persyaratan pengecualian) penumpang yang diperbolehkan melakukan perjalanan.

2. Surat Edaran Nomor 31 Tahun 2020 Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan tentang Pengaturan Penyelenggaraan Transportasi Udara Selama Masa Dilarang Mudik Idul Fitri 1441 Hijriah Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kekuatan Penuh Aparat Polisi Kawal Pelaksanaan PSBB Buol

Posted: 15 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Palu - Kepolisian di Kabupaten Buol, menyiagakan dua per tiga kekuatannya untuk mengamankan penerapan PSBB di daerah itu. Warga diminta mematuhi segala aturan pencegahan virus itu sebab penindakan tegas akan diberlakukan.

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kabupaten Buol resmi diberlakukan pada 12 Mei, 2020. Meski sebelumnya imbauan dan anjuran pencegahan covid-19 telah berlakukan di kabupaten itu, namun lonjakan jumlah kasus yang terus terjadi membuat Pemkab setempat memilih PSBB sebagai langkah tegas menertibkan masyarakat dan mempercepat penanganan pandemi virus itu.

Bupati Buol, Amiruddin Rauf, sebelumnya juga menyatakan jika sebelumnya tidak ada tindakan tegas untuk pelanggar aturan, maka saat PSBB pidana siap menjerat warga yang tidak patuh. Terlebih setelah Peraturan Bupati (Perbup) Buol Nomor 10 tahun 2020 Tentang Pedoman Pelaksanaan PSBB telah disetujui oleh Pemprov Sulteng.

Di pasal 21 Perbup itu disebutkan bahwa setiap orang yang melangar aturan PSBB akan dikenai sanksi, bukan lagi sebatas imbauan.

"Sebelum PSBB juga kami terus berkoordinasi dengan TNI dan polisi untuk menertibkan warga. Pada masa PSBB itu akan diintensifkan," kata Amiruddin, Minggu (10/5/2020).

Sementara itu pihak Polda Sulteng mengungkapkan dukungan penuh terhadap pemberlakukan PSBB di Buol dengan menyiagakan personel di daerah itu, bahkan sebelum PSBB diberlakukan.

Selama 14 hari masa PSBB, kepolisian di Buol menyiagakan dua per tiga jumlah personel baik di Polres maupun polsek-polsek. Jumlah itu belum termasuk tambahan kekuatan dari TNI.

"Personel di sana (Buol) sudah dalam kesiapsiagaan termasuk sarana prasarana termasuk kesamaan tindak di lapangan dengan memperhatikan Peraturan Bupati Buol Nomor 10 Tahun 2020," jelas Kabid Humas Polda Sulteng, Kombes Pol. Didik Supranoto, Rabu (13/5/2020).

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Daftar Smartphone Android Terlaris pada Q1 2020 Curi Perhatian

Posted: 15 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Strategy Analytics baru saja mengumumkan laporan tentang smartphone Android apa saja yang terlaris pada Q1 2020.

Dari laporan itu, Galaxy A51 milik Samsung menjadi smartphone dengan penjualan terbaik pada kuartal I 2020.

Daftar milik Strategy Analytics ini ternyata mencuri perhatian pembaca kanal Tekno Liputan6.com, Jumat (15/5/2020).

Artikel lain yang juga mencuri perhatian, termasuk kapan layanan Google Play Music ditutup dan Grab YPO bagikan 100 ribu paket berbuka puasa.

Lebih lengkapnya simak berita berikut ini.

1. Galaxy A51 Jadi Smartphone Android Terlaris Q1 2020

Berdasarkan riset terbaru dari Strategy Analytics, Galaxy A51 merupakan smartphone Android dengan penjualan terbaik pada kuartal I (Q1) 2020. Penjualannya mencapai 6 juta unit di dunia dengan dua persen pangsa pasar.

Redmi 8 merupakan smartphone Android kedua terlaris di dunia pada periode yang sama. Pasar smartphone Android pun semakin didominasi dengan model yang lebih terjangkau.

Baca Selengkapnya di Sini

 

2. Layanan Google Play Music Akan Ditutup, Kapan?

Google kembali menutup salah satu layanan populer lainnya. Kali ini, raksasa mesin pencari itu akan menutup layanan Google Play Music.

Informasi, perusahaan pertama kali meluncurkan Google Play Music ini pada delapan tahun lalu atau lebih tepatnya 16 November 2011.

Beroperasi selama 8 tahun, layanan streaming musik, podcast, dan hosting cloud musik pengguna ini tidak akan lagi bisa diakses pada akhir 2020, sebagaimana dikutip dari blog resmi YouTube, Jumat (15/5/2020).

Baca Selengkapnya di Sini

 

3. Grab dan YPO Bagikan 100.000 Paket Berbuka Puasa bagi 25.000 KK di Jakarta

Grab bersama Young Presidents' Organization (YPO) bergandeng tangan membagikan seratus ribu paket makanan buka puasa di wilayah DKI Jakarta.

Semua paket buka puasa itu didistribusikan ke 25.000 kepala keluarga dan setiap kepala keluarga menerima empat paket makanan.

Dalam inisiatif ini Grab menangani pengangkutan dan distribusi menggunakan armada GrabExpress, sementara biaya pengadaan makanan ditanggung oleh YPO.

Baca Selengkapnya di Sini

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

JK: Indonesia Harus Punya Kontribusi Ilmiah untuk Pengobatan COVID-19

Posted: 15 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Palang Merah Indonesia Jusuf Kalla berharap Indonesia dapat berkontribusi dalam penemuan ilmiah untuk pengobatan pasien COVID-19. Artinya, tidak selalu bergantung pada sumbangan negara lain untuk penanganan COVID-19.

"Indonesia harus punya kontribusi terhadap dunia bidang sains untuk penanganan COVID-19. Jangan seperti selama ini, segala sesuatu minta dari Tiongkok," ujar JK saat bertemu dengan Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Amin Soebandrio di Kantor LBM Eijkman, Jakarta Pusat, kemarin (13/5/2020).

Dari keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com, PMI berada dalam posisi melakukan supporting penyediaan fasilitas pengolahan darah. Fasilitas ini dimiliki PMI dan tersebar pada 15 kota besar di Indonesia.

"PMI berada dalam posisi mensupport, tidak berada pada wilayah ilmiah saintis yang merupakan tanggung jawab Eijkman. Oleh karena itu, PMI akan mempersilakan Eijkman untuk menggunakan fasilitas pengolahan darah yang dimiliki PMI dan tersebar di 15 kota besar demi pengobatan COVID-19," pungkas JK.

Plasma Darah Akan Diperiksa di Eijkman

Ketua Umum PMI Jusuf Kalla bertemu dengan Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Amin Soebandrio di Kantor LBM Eijkman, Jakarta Pusat, Rabu (13/5/2020). (Dok Palang Merah Indonesia/PMI Pusat)
Ketua Umum PMI Jusuf Kalla bertemu dengan Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Amin Soebandrio di Kantor LBM Eijkman, Jakarta Pusat, Rabu (13/5/2020). (Dok Palang Merah Indonesia/PMI Pusat)

Amin menambahkan, pemerintah tengah menyiapkan perlindungan etik bagi tenaga kesehatan yang terlibat dalam program pengolahan plasma darah.

"Teman-teman di rumah sakit butuh perlindungan etik dan peraturannya, supaya nanti ketika terjadi sesuatu kemudian ada tuntutan mereka tidak disalahkan. Karena sudah di-approve oleh BPOM dan disetujui Komite Etik," tambahnya.

Setelah protokol nasional dan perlindungan etik disahkan, pelayanan Terapi Plasma Konvalesen ini dimulai dari pendataan penyintas COVID-19 di rumah sakit. Kemudian data tersebut ditindaklanjuti PMI yang akan memeriksa kelayakan pendonor. Jika memenuhi persyaratan, pendonor akan diambil plasma darah.

"Dari rumah sakit sampai mengambil plasma itu tugas PMI," ujar Amin.

Plasma darah yang mengandung antibodi penyintas COVID-19 akan diperiksa di laboratorium Eijkman. Kapasitas laboratorium Eijkman saat ini mampu menguji 1.116 sampel spesimen per hari.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Larangan Keluar Rumah Saat Idul Fitri hingga Menanti Kemunculan Vaksin Corona

Posted: 15 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Berita seputar Virus Corona COVID-19 di dunia masih menjadi yang paling populer di antara pembaca. 

Berita yang paling banyak dibaca mengenai aturan yang dikeluarkan oleh Arab Saudi. Otoritas setempat mengatur larangan untuk keluar rumah selama Hari Raya Idul Fitri mendatang. 

Hal ini tentu masih dengan tujuan yang sama yaitu mencegah penyebaran Virus Corona COVID-19. 

Informasi selanjutnya datang dari dunia medis. Vaksin Virus Corona COVID-19 yang diuji coba kepada monyet nyatanya menimbulkan harapan untuk mengobati penyakit tersebut. 

Kemudian, berita yang juga banyak dibaca adalah info masih mengenai vaksin, yang disebut oleh Badan Pengawas Obat Eropa akan membutuhkan waktu hingga satu tahun. 

Untuk berita selengkapnya, simak berita paling populer di kanal Global Liputan6.com edisi Sabtu 16 Mei 2020:

1. Arab Saudi Larang Warganya Keluar Rumah Selama Idul Fitri karena Corona COVID-19

Umat muslim melakukan Tawaf mengelilingi Kakbah selama umrah di Masjidil Haram di Makkah, Arab Saudi, Senin (2/3/2020). Semenjak pemerintah Arab Saudi melarang kegiatan umrah, tempat paling suci umat Islam ini menjadi terlihat lebih sepi dari biasanya. (AP Photo/Amr Nabil)
Umat muslim melakukan Tawaf mengelilingi Kakbah selama umrah di Masjidil Haram di Makkah, Arab Saudi, Senin (2/3/2020). Semenjak pemerintah Arab Saudi melarang kegiatan umrah, tempat paling suci umat Islam ini menjadi terlihat lebih sepi dari biasanya. (AP Photo/Amr Nabil)

Arab Saudi akan memberlakukan peraturan yang mengharuskan seluruh warganya tetap berada dalam rumah selama 24 jam pada libur Idul Fitri 23-27 Mei. Selama masa itu, warga Arab Saudi dilarang melakukan aktivitas di luar rumah.

Dilansir dari Arab News, Jumat (15/5/2020), Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi mengeluarkan kebijakan tersebut dikeluarkan untuk mengurangi penyebaran Virus Corona COVID-19. 

Berita selengkapnya...

2. Kabar Baik, Hasil Uji Vaksin Virus Corona ke Monyet Memberi Harapan

Petugas menunjukan penyebaran virus corona (COVID-19) pada layar pemantau di Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Senin (9/3/2020). Sampai hari ini, Posko COVID-19 DKI Jakarta terlah dihubungi 3.580 orang. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Petugas menunjukan penyebaran virus corona (COVID-19) pada layar pemantau di Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Senin (9/3/2020). Sampai hari ini, Posko COVID-19 DKI Jakarta terlah dihubungi 3.580 orang. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Salah satu vaksin Virus Corona COVID-19 yang sedang diuji coba ke monyet membawa harapan baru. Vaksin itu tampak berhasil melindungi monyet dari pneumonia.

Dilaporkan BBC, Jumat (15/5/2020), vaksin itu diberikan kepada monyet rhesus macaque. Uji coba vaksin itu dilakukan di Amerika Serikat.

Uji coba tersebut merupakan kolaborasi antara Institut Kesehatan Nasional AS dan Universitas AS.

Monyet-monyet yang diberikan vaksin itu kemudian diekspor ke Virus Corona baru. Hasilnya, virus di paru-paru mereka lebih sedikit ketimbang monyet yang tidak mendapat vaksin.

Selengkapnya di sini...

3. Badan Pengawas Obat Eropa: Vaksin Corona COVID-19 Butuh Waktu Minimal Setahun

Ilustrasi Covid-19, virus corona. Kredit: Gerd Altmann via Pixabay
Ilustrasi Covid-19, virus corona. Kredit: Gerd Altmann via Pixabay

Dunia tengah berjibaku dengan waktu untuk menemukan vaksin Virus Corona COVID-19. Namun hingga kini belum ada satu pun yang berhasil.

"Vaksin Virus Corona COVID-19 mungkin akan siap dan tersedia setidaknya dalam satu tahun," demikian disampaikan Badan Pengawas Obat Eropa (European Medicines Agency/EMA) yang berbasis di Amsterdam.

Selanjutnya di sini...

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indira Kalistha Trending Topic di Twitter, 3 Warganet Tulis Kisah Mengharukan

Posted: 15 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pekan ini, sebuah video bertajuk "Indira Kalistha Pertama Kali Diwawancara Serius #GritteBukaPraktek" yang diunggah YouTuber Gritte Agatha hangat diperbincangkan warganet.

Dalam video itu, Indira Kalistha dengan enteng mengatakan, "Aku jarang pakai masker. Kalau sheet mask aku pakai tiap hari. Kalau masker yang udara-udara gitu aku enggak pakai, kecuali kayak ditegur gitu baru pakai. Tapi kalau enggak ditegur kita lepas lagi."

Publik marah karena Indira Kalistha terkesan menyepelekan wabah Corona Covid-19 yang meluas di Tanah Air sejak Maret 2020. Diunggah akun gosip Instagram, dalam hitungan jam Indira Kalistha panen kecaman.

Mengetuk Nurani Indira

YouTube (Sumber: Unsplash)
YouTube (Sumber: Unsplash)

Tak hanya dihujat di Instagram, Indira Kalistha ramai digunjing di Twitter. Nama Indira Kalistha tembus 10 besar trending topic di situs jejaring sosial itu. Tagar Indira Kalistha menggema.

Saat tagar dimasukkan ke mesin pencari, selain kecaman, ada pula kisah haru yang ditulis warganet untuk mengetuk nurani Indira Kalistha. Berharap dengan kisah singkat ini, Indira Kalistha menyadari kesalahannya dan meminta maaf.

 

Cuitan Seorang Tenaga Medis

Unggahan @vrisciliaismaya. (Foto: Twitter)
Unggahan @vrisciliaismaya. (Foto: Twitter)

"Hi ‪#IndiraKalistha saya tenaga medis, masih aktif bekerja. Saya masih menggunakan APD, rajin mencuci tangan, dan menggunakan masker," tulis akun @vrisciliaismaya.

"Tujuannya untuk apa? Untuk memutus rantai penyebaran virus covid. Hati saya miris ketika melihat statement yang tidak membantu usaha kami," ia menyambung. Cuitan lain datang dari akun @dwptmsr_ yang menuang kesedihan lantaran tak bisa mudik akibat pandemi.

Warganet Malah Minta Maaf

Unggahan @dwptmsr_. (Foto: Twitter)
Unggahan @dwptmsr_. (Foto: Twitter)

"Berawal dari sini rasanya sedih banget. Setelah ini ada statement ‪#IndiraKalistha. Rasanya makin gak karuan. Dua bulan ini terperangkap di kota besar, gapulang kampung, WFH, keluar hanya belanja bahan pangan, sementara yg lain? Mau sampe kapan," curhatnya.

Akun ini tak bermaksud menjelekkan Indira Kalistha. "Saya hanya berniat mengutarakan apa yang saya rasakan sebagai warga +62 yang jauh dari keluarga di kampung, yang sama-sama menguatkan satu sama lain (saya dan mama) untuk bertahan," ia melanjutkan. Mengakhir curahan hatinya, @dwptmsr_ malah minta maaf kepada Indira Kalistha duluan. 

Cerita Tentang Papa

Unggahan @shellyauliyaa. (Foto: Twitter)
Unggahan @shellyauliyaa. (Foto: Twitter)

Akun Twitter lain, yakni @shellyauliyaa menggambarkan perjuangan ayahnya yang bekerja di rumah sakit. "Papaku kalo di rumah kayak gini, kalo di rumah sakit malah lebih tebel lagi kan maskernya. Iya masalahnya kalo dia sakit yang ribet orang-orang seperti papaku:' ‪#IndiraKalistha," sentilnya.

Hingga artikel ini disusun, Indira Kalistha belum menyampaikan pernyataan resmi maupun minta maaf. Alih-alih menjernihkan persoalan, pada hari yang sama, YouTuber ini malah mengunggah video "Makeup Challenge di Atas Floating! Sampe Ambyarrr!" Kolom komentarnya tampak rapi berisi puja-puji warganet demi memenangkan giveaway.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Muhammadiyah Anjurkan Salat Idul Fitri Dilaksanakan di Rumah

Posted: 15 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pimpinan Pusat Muhammadiyah menganjurkan agar salat Idul Fitri atau salat Id dilakukan di rumah dengan alasan keselamatan untuk kawasan dengan tingkat penularan COVID-19 yang tinggi, sebagaimana ditetapkan otoritas berwenang.

"Pelaksanaan salat Id di rumah tidak membuat suatu jenis ibadah baru. Maka salat Id bagi yang mengkehendaki dapat dilakukan di rumah masing-masing bersama anggota keluarga dengan cara yang sama seperti salat Id di lapangan," kata Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah Syamsul Anwar kepada wartawan di Jakarta, Jumat.

Dia mengatakan pelaksanaan salat Id sejatinya dilakukan di area publik, seperti lapangan sebagaimana dicontohkan Rasulullah Muhammad SAW. Hanya saja karena ada halangan wabah Corona membuat pelaksanaan salat Id dialihkan di rumah.

Terkait Rasulullah SAW yang tidak pernah salat Id di rumah, Syamsul mengatakan karena saat itu tidak ada kebutuhan di zaman Nabi Muhammad, seperti adanya ancaman penyakit menular yang menghalangi salat di lapangan.

Sementara meniadakan salat Id di lapangan maupun di masjid karena adanya ancaman COVID-19, kata dia, tidaklah berarti mengurangi perintah agama.

"Ketika dibolehkan salat id di rumah bagi yang menghendakinya, pertimbangannya adalah melaksanakannya dengan cara lain yang tidak biasa, yaitu dilaksanakan di rumah, agar umat selalu memperhatikan kemaslahatan manusia, berupa perlindungan diri, agama, akal, keluarga dan harta benda," kata dia.

"Dan menjaga agar kita tidak menimbulkan mudarat kepada diri kita dan kepada orang lain. Bahkan sebaliknya, tidak ada ancaman agama atas orang yang tidak melaksanakannya, karena salat Id adalah ibadah sunah. Dalam pandangan Islam, perlidungan diri jiwa dan raga sangat penting," lanjut dia.

Adapun pelaksanaan salat id, kata Syamsul, merupakan amalan sunah muakad, yaitu jenis sunah yang sangat dianjurkan pelaksanaannya, sebagaimana pelaksanaan salat Tarawih di bulan Ramadan. Sunah sendiri adalah perintah agama yang bila dikerjakan mendapat pahala dan jika ditinggalkan tidak berdosa.

Di sisi lain, lanjut dia, Islam tidak memaksa umatnya untuk melangsungkan ibadah di luar kadar kemampuannya. Dengan kata lain, jika memiliki keterbatasan pengetahuan soal tata cara ibadah shalat id dan ketidakmampuan lainnya maka lakukanlah semampunya.

"Bahwa dalam melaksanakan ajaran agama dasarnya adalah kadar kemampuan mukallaf untuk mengerjakan. Hal itu karena Allah tidakmembebani hamba-Nya, kecuali sejauh kadar kemampuannya sebagaimana surat Al-Baqarah ayat 286 dan At-Thalaq ayat 7," kata dia.

"Dan apabila diperintahkan melakukan suatu kewajiban agama, maka kerjakan sesuai kemampuan (bertakwa sesuai kemampuan) sebagaimana surat At Taghabun ayat 16 dan hadits nabi," kata dia.

Sumber : Antara

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Paul Ince Ingin MU Rekrut Harry Kane, Tapi Pesimistis Terjadi

Posted: 15 May 2020 08:55 PM PDT

London - Mantan gelandang Manchester United (MU), Paul Ince memberikan pandangannya terkait rumor transfer Harry Kane ke Old Trafford.

Ince menilai MU tidak boleh menyia-nyiakan kesempatan dan mereka harus mencoba untuk membajak sang striker. Beberapa waktu yang lalu, Harry Kane membuat gempar jagad sepak bola Inggris.

Dia mengatakan bahwa ia serius mempertimbangkan hengkang dari Tottenham setelah ia merasa tim asal London Utara itu tidak serius untuk menjadi penantang gelar juara.

Pernyataan Kane itu tentu memantik banyak sekali spekulasi transfer. Namun kebanyakan spekulasi itu menghubungkan kapten Timnas Inggris itu dengan Manchester United.

Ince sendiri mengaku cukup pesimistis bahwa transfer Kane itu bisa terealisasi di musim panas nanti. "Saya tidak bisa melihat transfer Kane ke MU terjadi. Saya memang bisa melihatnya pergi dari Tottenham, namun ia tidak akan bergabung dengan United," ujar Ince kepada Paddy Power.

Bisa Bermanfaat

Lebih lanjut, Ince mengakui bahwa Kane bakal menjadi opsi yang sangat menarik untuk lini serang MU. Ia menilai sang striker bakal memberikan dimensi yang baru untuk lini serang Setan Merah.

"Orang-orang banyak yang meminta untuk melupakan transfer ini (Kane ke MU) karena ada sosok Marcus Rashford. Namun kita sudah melihat bahwa Rashford bisa bermain di sisi kiri dan ia mencetak banyak sekali gol di posisi itu," Ince menuturkan.

"Jika ada Kane, ia bisa memberikan kompetisi bagi Martial dan Rashford. United selalu dikenal menjadi tim yang kompetitif, sehingga saya rasa akan menarik melihat para pemain ini berjuang untuk memperebutkan posisi di tim utama MU."

"Coba Bayangkan Rashford di kiri, Kane di tengah dan Jadon Sancho di kanan, terlihat luar biasa bukan? Namun memang ini lebih seperti khayalan saja daripada kenyataan," tambahnya.

Harus Coba

(AFP/Daniel Leal-Olivas)
(AFP/Daniel Leal-Olivas)

Meski pesimistis transfer itu bisa terealisasi, namun Ince mendorong manajamen MU untuk mencoba memboyong Kane di musim panas nanti.

"Jangan salah sangka. Jika United bisa mendapatkan Kane dan dia tertarik untuk pindah maka MU harus mengupayakan transfer itu. Mereka akan sangat gila jika tidak mencoba untuk mendapatkannya, meski saya ragu itu bisa terjadi."

"Saat ini Kane tersedia di bursa transfer, dan United setidaknya harus untuk mencoba merekrutnya. Jika anda mendatangkan pemain yang teruji seperti dia, dia akan menjadi semakin baik dari hari ke hari. Ia bisa menjadi garansi kesuksesan tim ini." ujarnya.

Manchester United diragukan bisa mengamankan tanda tangan Kane di musim panas nanti.

Pihak Tottenham diberitakan mematok harga di atas 150 juta pounds untuk transfer Kane, di mana MU tidak sanggup membayar semahal itu di musim panas nanti.

Sumber asli: Paddy Power

Disadur dari: Bola.net (Serafin Unus Pasi, Published 15/5/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jalani Ramadan, Galang Hendra Tak Longgarkan Latihan Fisik

Posted: 15 May 2020 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pembalap muda Indonesia, Galang Hendra Pratama seharusnya menjalani musim baru dengan tantangan baru di 2020. Seperti diketahui, dia baru saja naik kelas dari World Super Bike (WSS) 300 ke WSS600.

Untuk saat ini, Galang Hendra baru menjalani satu kali balapan yaitu di sirkuit Philip Island Australia. Saat itu, tepatnya 1 Maret silam, dia finis di posisi ke-18.

Sejak balapan itu, Galang Hendra tak bisa lagi melanjutkan agena WSS600 berikutnya. Sama seperti kegiatan olahraga lainnya, WSS600 juga terhenti karena pandemi virus corona.

Meski demikian, Galang Hendra ogah menyerah. Termasuk tetap giat berlatih selam menjalani puasa ramadan.

"Blusukan ride today with bro," tulisnya di akun instagram saat menjalani latihan sepeda bersama adiknya Aldi Satya Mahendra.

 

Belum Maksimal

Galang Hendra berabung dengan tim asal Spanyol, The bLU cRU Yamaha WorldSSP Team. (Bola.com/Hendry Wibowo)
Galang Hendra berabung dengan tim asal Spanyol, The bLU cRU Yamaha WorldSSP Team. (Bola.com/Hendry Wibowo)

Galang Hendra memang sangat giat berlatih sejak balapan terhenti karena virus corona. Selain latihan dengan sepeda balap, dia juga berlatih dengan motocross.

Dalam postingan lain, Galang juga tampak rindu dengan motor anyarnya Yahama YZF R6. Pada balapan pertama di Australia, dia mengaku memang masih adaptasi dengan motor yang dikendarainya.

"Ambil pengalaman dan belajar," tulis Galang Hendra.

Galang Hendra saat ini menjadi pembalap Indonesia satu-satunya yang tampil di WSSP600. Seharusnya WSSP600 akan melakoni jadwal seri keenam sirkuit Aragon pada 22-24 Mei nanti, tapi belum bisa dipastikan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ma'ruf Amin: SDM yang Unggul Kunci Memenangkan Persaingan Global

Posted: 15 May 2020 08:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyampaikan orasi ilmiah dalam acara Dies Natalis ke-56 Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yang dilakukan secara daring lewat telekonferensi dari Jakarta, Sabtu (16/5/2020)

Seperti dilansir Antara, dalam orasinya, Ma'ruf Amin menyampaikan pentingnya peran universitas, khususnya perguruan tinggi negeri, untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) melalui inovasi pembelajaran yang tanggap terhadap kebutuhan dan situasi masyarakat.

"Dalam mengembangkan sumber daya manusia yang unggul, sebuah kampus tidak hanya cukup mengandalkan pembelajaran dalam ruang kelas saja, tetapi juga harus dapat menangkap berbagai dinamika dalam masyarakat," ungkap Ma'ruf dalam orasi virtualnya di Jakarta.

Dia mengatakan kualitas SDM menjadi kunci utama untuk dapat mengikuti perkembangan dan persaingan global. Oleh karena itu, lembaga pendidikan, termasuk perguruan tinggi, memiliki tanggung jawab dalam menciptakan SDM unggul.

"Berbicara mengenai peningkatan kapasitas untuk berkompetisi secara global, kita harus memulainya dengan peningkatan kapasitas sumber daya manusia. SDM yang unggul merupakan kunci untuk memenangkan persaingan global," jelas Ma'ruf Amin.

 

Dapat Memanfaatkan Teknologi

Dies Natalis ke-56 UNJ mengambil tema "Pengembangan Kapasitas Global dan Identitas Lokal dalam Era Digital". Tema tersebut, lanjut Ma'ruf, sesuai dengan situasi saat ini yang erat dengan pemanfaatan teknologi digital.

Teknologi digital mampu mendorong pertumbuhan industri, termasuk usaha mikro, kecil dan menengah melalui sektor ekonomi kreatif, pariwisata dan jasa lainnya.

"Peluang tersebut tentu harus dapat dimanfaatkan dengan baik oleh lembaga pendidikan tinggi agar menciptakan lulusan yang dapat memanfaatkan teknologi digital ini," katanya.

Ma'ruf Amin juga mengingatkan bahwa pelaksanaan dies natalis seharusnya tidak hanya dianggap sebagai selebrasi tahunan. Perayaan tersebut harus dimaknai dengan upaya refleksi dan evaluasi bagi sebuah perguruan tinggi.

"Oleh karena itu, dengan Dies Natalis ke-56 ini, saya mengharapkan agar UNJ dapat terus tumbuh menjadi perguruan tinggi yang besar, berkualitas, mandiri, semakin dewasa, dan mampu menjalankan peran sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi," ujarnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Ify Alyssa dan Ustaz Yusuf Mansur di Online Dream Camp 2020, Ikutan Yuk!

Posted: 15 May 2020 08:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Selalu ada acara kreatif dan menyenangkan untuk ngabuburit jelang berbuka puasa di tengah wabah Corona Covid-19. Salah satunya dengan mengikuti pergelaran tahunan pesantren kilat Online Dream Camp 2020.

Online Dream Camp 2020 yang digelar lewat Zoom, live YouTube, maupun Instagram Dream.co.id, mengusung tema penuh semangat, "Ramadan Harus Menang." Online Dream Camp akan digelar pada Minggu, 17 Mei 2020 mulai pukul 10 pagi hingga 6 sore WIB.

Tertarik untuk mengikuti Online Dream Camp 2020? Caranya sangat simpel. Anda bisa mengikuti Online Dream Camp 2020, kamu cukup mengisi data diri lengkap di link ini

 

Akses Zoom

Ilustrasi bulan Ramadan (AP)
Ilustrasi bulan Ramadan (AP)

Tim Dream akan menghubungimu lewat email atau kontak Whatsapp untuk memberikan akses Zoom. Dengan akses ini, Anda bisa berpartisipasi di Online Dream Camp 2020.

 

Quran Learning

Ilustrasi/copyright shutterstock.com
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Menghadiri Online Dream Camp 2020 tak akan bikin Anda bosan. Pasalnya, ada banyak program menarik yang bisa dinikmati antara lain, Quran Learning bersama Shift Indonesia yang diwakili Yogi Pratama dan Imam Mubarok dan Inspirational Session bersama Yuda Fajrin.

 

Performa Ify Alyssa

Ify Alyssa. (Foto: Instagram @ifyalyssa)
Ify Alyssa. (Foto: Instagram @ifyalyssa)

Yang tak kalah seru, ada muhasabah bersama Ustaz Yusuf Mansur serta kelas memasak bersama Chef Deny Gumilang (Runner up Masterchef Indonesia Season 4). Online Dream Camp 2020 makin berwarna berkat performa Ify Alyssa.

Jangan Ketinggalan

Dream Camp 2019. (Maulana Kautsar/Dream.co.id)
Dream Camp 2019. (Maulana Kautsar/Dream.co.id)

Seperti diketahui, Dream Camp 2019 digelar seru di Soehana Hall, Kawasan Bisnis SCBD, Jakarta. Ajang ini diikuti ratusan Sahabat Dream dengan latar belakang beragam. Jadi, pastikan tahun ini Anda mendaftarkan diri Online Dream Camp 2020.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Gaya Zayn Sadavir, Putra Syahnaz Sadiqah saat Pakai Baju Koko Hingga Denim

Posted: 15 May 2020 08:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Nama Syahnaz Sadiqah tentunya sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia. Istri dari Jeje Govinda ini tidak hanya dikenal sebagai adik dari Raffi Ahmad. Artis berusia 26 tahun ini juga sudah membintangi beberapa judul sinetron dan mewarnai layar kaca Indonesia. Keluarga kecil Syahnaz dan Jeje yang dikaruniai anak kembar ini kerap kali menjadi sorotan warganet.

Pasangan yang menikah pada tahun 2018 ini dikaruniai anak kembar bernama Zayn Sadavir Ezhilan Ismail dan Zunaira Alessia Safaraz Ismail. Potret lucu dua buah hati Syahnaz dan Jeje ini selalu membuat warganet merasa gemas. Selain itu, Syahnaz dan Jeje kerap membagikan foto sang buah hati dengan penampilan yang imut dan menggemaskan.

Penampilan menggemaskan Zayn dan Zunaira tak jarang membuat keduanya berhasil menjadi keponakan online warganet. Dalam akun Instagram milik Zayn yang dikelola Syahnaz Sadiqah dan suami, terlihat potret baby Zayn saat menggunakan peci. Zayn semakin mencuri perhatian dengan penampilannya saat menggunakan peci tersebut.

Rupanya, kakak dari Zunaira ini sering terlihat menggunakan ragam penutup kepala yang menggemaskan. Sejak lahir, bayi mungil yang lahir pada tanggal 3 Januari 2020 ini selalu terlihat menggemaskan dengan berbagai busana.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang 7 gaya Zayn Sadavir, putra Syahnaz dan Jeje, Sabtu (16/5/2020).

1. Ini dia potre gemas Zayn Sadavir saat menggunakan peci dan baju koko dengan warna senada.

Putra Syahnaz Sadiqah saat Pakai Topi Hingga Peci. (Sumber: Instagram.com/zaynsadavir)
Putra Syahnaz Sadiqah saat Pakai Topi Hingga Peci. (Sumber: Instagram.com/zaynsadavir)

2. Bersama sang ayah, Zayn terlihat tampan dengan mengenakan peci berwarna putih dengan corak abu-abu.

Putra Syahnaz Sadiqah saat Pakai Topi Hingga Peci. (Sumber: Instagram.com/ ritchieismail)
Putra Syahnaz Sadiqah saat Pakai Topi Hingga Peci. (Sumber: Instagram.com/ ritchieismail)

3. Pose Zayn dan Zunaira ini berhasil menarik perhatian publik. Dengan menggunakan hiasan di kepalanya, Zayn dan Zunaira terlihat menggemaskan.

Putra Syahnaz Sadiqah saat Pakai Topi Hingga Peci. (Sumber: Instagram.com/ ritchieismail)
Putra Syahnaz Sadiqah saat Pakai Topi Hingga Peci. (Sumber: Instagram.com/ ritchieismail)

4. Gaya berpakaian Zayn dengan cosplay Peter Pan terlihat imut dan lucu ya.

Putra Syahnaz Sadiqah saat Pakai Topi Hingga Peci. (Sumber: Instagram.com/ ritchieismail)
Putra Syahnaz Sadiqah saat Pakai Topi Hingga Peci. (Sumber: Instagram.com/ ritchieismail)

5. Menggunakan penutup kepala serupa dengan Zunaira, buah hati Syahnaz dan Jeje ini pun mencuri perhatian warganet.

Putra Syahnaz Sadiqah saat Pakai Topi Hingga Peci. (Sumber: Instagram.com/ ritchieismail)
Putra Syahnaz Sadiqah saat Pakai Topi Hingga Peci. (Sumber: Instagram.com/ ritchieismail)

6. Bayi berusia 4 bulan ini terlihat semakin menggemaskan dengan baju bertema denim.

Putra Syahnaz Sadiqah saat Pakai Topi Hingga Peci. (Sumber: Instagram.com/ ritchieismail)
Putra Syahnaz Sadiqah saat Pakai Topi Hingga Peci. (Sumber: Instagram.com/ ritchieismail)

7. Dalam beberapa kesempatan, Zayn dan Zunaira kerap tampil kompak pakai baju sama loh!

Putra Syahnaz Sadiqah saat Pakai Topi Hingga Peci. (Sumber: Instagram.com/ ritchieismail)
Putra Syahnaz Sadiqah saat Pakai Topi Hingga Peci. (Sumber: Instagram.com/ ritchieismail)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Borussia Dortmund vs Schalke: Menanti Amukan Erling Haaland

Posted: 15 May 2020 08:35 PM PDT

Dortmund - Dua musuh bebuyutan di tanah Jerman, Borussia Dortmund dan Schalke 04, akan saling bentrok pada lanjutan Bundesliga 2019-2020. Striker Erling Haaland bakal menjadi sorotan utama dalam laga ini.

Borussia Dortmund akan menjamu Schalke di Stadion Signal Iduna Park, Sabtu (16/5/2020) pukul 20.30 WIB. Laga ini sekaligus penanda digulirkannya kembali Bundesliga yang sebelumnya dihentikan akibat wabah corona.

Ya, Bundesliga menjadi satu di antara liga top Eropa pertama yang memberanikan diri memulai kembali sisa kompetisi musim 2019-2020. Tak tanggung-tanggung, duel bertajuk Revierderby langsung memanaskan akhir pekan.

Dortmund lebih difavoritkan keluar sebagai pemenang mengingat tim besutan Lucien Favre ini berada di tangga kedua di bawah Bayern Munchen. Sementara Schalke duduk di tangga keenam.

Kendati demikian, Dortmund wajib waspada karena kemenangan terakhir dalam derby ini diraih pada 2015 silam. Saat itu, Die Borussen menang dengan skor 3-2.

Dortmund boleh optimistis. Pasalnya, kali ini sudah ada sosok yang tengah diperbincangkan oleh banyak pihak, tak lain dan tak bukan, Erling Haaland.

Haaland, 19, sudah mengemas 12 gol dari 11 pertandingan bersama Dortmund. Pada saat masih membela Salzburg awal musim 2019-2020, penyerang asal Norwegia itu bahkan telah melesakkan 28 gol.

Di kubu tim tamu, ada sosok gelandang Suat Serdar yang dipastikan bakal menjadi ancaman serius Dortmund. Pemain berusia 23 tahun itu merupakan top scorer Schalke dengan torehan tujuh gol.

Laga antara Borussia Dortmund kontra Schalke diprediksi berjalan seru dan ketat. Kedua pelatih kemungkinan bakal menerapkan formasi ofensif 3-4-3.

 

Head to Head

Lima Pertemuan Terakhir Dortmund vs Schalke:

26-10-2019: Schalke vs Dortmund 0-0

27-04-2019: Dortmund vs Schalke 2-4

08-12-2018: Schalke vs Dortmund 1-2

15-04-2018: Schalke vs Dortmund 2-0

25-11-2017: Dortmund vs Schalke 1-1

Lima Pertandingan Terakhir Dortmund:

11-03-2020: PSG vs Dortmund 2-0

07-03-2020: Borussia M'Gladbach 1-2 Dortmund

29-02-2020: Dortmund vs Freiburg 1-0

22-02-2020: Werder Bremen vs Dortmund 0-2

18-02-2020: Dortmund vs PSG 2-1

Lima Pertandingan Terakhir Schalke:

07-03-2020: Schalke vs Hoffenheim 1-1

03-03-2020: Schalke vs Bayern Munchen 0-1

29-02-2020: Koln vs Schalke 3-0

22-02-2020: Schalke vs Leipzig 0-5

16-02-2020: Mainz 0-0 Schalke

 

Prakiraan Formasi dan Prediksi Bola.com

(AFP/Ina Fassbender)
(AFP/Ina Fassbender)

Borussia Dortmund (3-4-3): Roman Burki; Lukasz Piszczek, Mats Hummels, Manuel Akanji; Achraf Hakimi, Julian Brandt, Thomas Delaney, Raphael Guerreiro; Jadon Sancho, Erling Haaland, Marco Reus

Pelatih: Lucien Favre

Schalke (3-4-3): Markus Schubert; Matija Nastasić, Timo Becker, Jean-Clair Todibo; Bastian Oczipka, Suat Serdar, Weston McKennie, Jonjoe Kenny; Benito Raman, Guido Burgstaller, Amine Harit

Pelatih: David Wagner

Prediksi Bola.com

Borussia Dortmund 55-45 Schalke

Disadur dari Bola.com (Gregah Nurikhsani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Emas Antam Lebih Mahal Rp 2.000 per Gram

Posted: 15 May 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Harga emas produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) atau emas Antam naik Rp 2.000 menjadi Rp 919 ribu per gram pada perdagangan Sabtu (16/5/2020). Pada perdagangan kemarin harga emas Antam di angka Rp 917 ribu per gram.

Sementara harga buyback emas Antam juga naik Rp 2.000 menjadi Rp 825 ribu per gram. Harga buyback ini adalah jika Anda menjual emas, Antam akan membelinya di harga Rp 825 ribu per gram.

Saat ini, Antam menjual emas dengan ukuran mulai 0,5 gram hingga 1.000 gram. Hingga pukul 08.57 WIB, mayoritas ukuran emas Antam masih tersedia.

Untuk harga emas Antam bercorak batik dengan ukuran 10 gram ditetapkan Rp 9.430.000, sementara untuk ukuran 20 gram dijual Rp 18.310.000.

Harga emas Antam sudah termasuk PPh 22 sebesar 0,9 persen. Jika menyertakan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dapat memperoleh potongan pajak lebih rendah (0,45 persen).

Rincian Harga Emas

Emas Antam
Emas Antam

* Pecahan 0,5 gram Rp 484.000

* Pecahan 1 gram Rp 919.000

* Pecahan 2 gram Rp 1.787.000

* Pecahan 3 gram Rp 2.659.000

* Pecahan 5 gram Rp 4.415.000

* Pecahan 10 gram Rp 8.765.000

* Pecahan 25 gram Rp 21.805.000

* Pecahan 50 gram Rp 43.535.000

* Pecahan 100 gram Rp 87.000.000

* Pecahan 250 gram Rp 217.250.000

* Pecahan 500 gram Rp 434.300.000

* Pecahan 1.000 gram Rp 868.600.000.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelatih Real Madrid Sudah Temukan Pengganti Hebat Gareth Bale

Posted: 15 May 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Gelandang serang Real Madrid Marco Asensio telah bekerja keras untuk kembali ke lapangan kapan pun musim kembali. Bahkan, ia bisa mendapatkan kesempatan pertama menggantikan Gareth Bale.

Seperti diketahui, posisi sayap kanan Real Madrid terlihat seperti lubang besar menuju musim 2020-2021. Di sisi lain Los Blancos telah dikaitkan kebutuhan striker dan pencetak gol utama bersama Karim Benzema.

Real Madrid sampai saat ini masih berharap bisa menandatangani pemain bintang di jendela transfer ini. Meski target teratas mereka Kylian Mbappe dan Erling Haaland tidak akan tersedia musim ini.

Tapi, Real bisa menemukan pengganti hebat untuk Gareth Bale di sayap kanan. Pemain internasional Wales itu, kemungkinan akan dijual musim panas ini jika sudah menemukan pelamar yang tepat.

Menurut laporan AS, Marco Asensio, yang sudah kembali berlatih setelah mengalami cedera ACL di ajang pramusim, Ia akan mendapat kesempatan untuk memulai dari posisi sayap kanan Real Madrid.

Dikagumi Zidane

3. Marco Asensio - Penyerang muda yang dipercaya menjadi pemain masa depan Real Madrid. Kepergian Ronaldo serta bangkitnya Karim Benzema membuat Asensio terpinggrikan. (AFP/Javier Soriano)
3. Marco Asensio - Penyerang muda yang dipercaya menjadi pemain masa depan Real Madrid. Kepergian Ronaldo serta bangkitnya Karim Benzema membuat Asensio terpinggrikan. (AFP/Javier Soriano)

Manajer Real Madrid Zinedine Zidane sangat menghargai kemampuan alami sang pemain. Ia juga mengagumi soal komitmen Asensio terhadap Los Blancos.

Asensio juga memiliki banyak penggemar. Mereka akan senang melihat Asensio mendapatkan celah pertama di posisi sayap berlawanan dengan Eden Hazard.

Namun, Asensio akan memiliki persaingan untuk mendapatkan posisi itu. Pemain muda Rodrygo Goes memiliki kemampuan kelas dunia, yang ia tunjukkan saat melawan Galatasaray dengan hat-trick sempurna musim lalu.

Siap Tampung

Sementara itu, Bale dapat bertahan jika tidak ada pelamar yang tepat. Seperti dilansir AS, Newcastle United tertarik menampung Bale pada bursa transfer musim panas tahun ini.

Newcastle yang akan segera dibeli Pangeran Arab Saudi, Mohammed bin Salman, siap menebus winger berusia 30 tahun tersebut dari Real Madrid.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Web Series Sarung Milik Ayah Episode 5: Akhir Bahagia Disti dan Alfi

Posted: 15 May 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Serial Sarung Milik Ayah yang hadir di Vidio berhasil menamatkan episodenya pada Jumat, (15/05/20). Web series singkat ini memang hanya memiliki 5 episode dari seluruh penayangannya. 

Di serial kelima ini, akhirnya penonton tidak dibuat penasaran lagi dengan hubungan Disti (Hana Malasan) dan Alfi (Jourdy Pranata). Begitupun dengan penjelasan ke mana perginya Nisa (Givina).

Alfi bersama ibunya mendatangi rumah Nisa untuk bertemu orang tuanya. Ibunya berharap jika anak laki-lakinya itu bisa menikah secepatnya dengan Nisa. 

Namun, raut wajah Alfi tampak tak bersemangat. Tentu saja ekspresi itu menunjukkan bagaimana perasaan Alfi yang sesungguhnya.

Di hari itu pula Nisa mengumumkan bahwa ia akan melanjutkan kuliah S2 nya di Australia. Itu juga merupakan sebuah bentuk penolakan terhadap rencana pernikahannya dengan Alfi.

Beberapa minggu kemudian, Alfi dan Disti mendatangi Nisa yang hendak pergi ke bandara. Disti memberikan kenang-kenangan sebelum Nisa pergi ke Australia. Begitupun dengan Nisa yang menghadiahkan sebuah hijab kepada Disti.

Setelah kepergian Nisa ke Australia, Alfi berniat mengenalkan Disti kepada orang tuanya. Penampilan kekasihnya itu juga telah berubah, Disti berhijab. Mereka pun akhirnya mendapat restu dan melanjutkan usaha tekstil milik orang tua Alfi.

Saksikan cerita selengkapnya di serial Sarung Milik Ayah episode 5, hanya di Vidio. Klik tautan berikut untuk menonton.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Program Ketahanan Pangan dan Mandiri Lauk ala Kopi Joss Merr Surabaya

Posted: 15 May 2020 08:29 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Komunitas Kopi Joss Merr Surabaya menggandeng Green Leaf mengembangkan program ketahanan pangan dan mandiri lauk untuk mengatasi masalah dampak sosial dan ekonomi selama pandemi COVID-19 Selain itu juga menghadapi pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Surabaya Raya tahap II.

Kegiatan tersebut dikemas dengan cara membagikan 200 paket sembako gratis dan  ember air berisi ikan lele serta gelas plastik berisi tanaman kangkung, diberikan secara gratis kepada warga Wonorejo Surabaya, yang rentan terdampak Corona COVID-19.

CEO graha Ksatria Grup, Triyanto menyampaikan,dirinya mewakili komunitas Kopi Joss Merr Surabaya dan Green Leaf, ingin meringankan beban warga yang membutuhkan dengan berbagi sembako.

"Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian kami atas wabah Corona COVID-19 yang sedikit banyak berdampak pada warrga, terutama warga starata bawah. Kami ingin meringankan beban mereka dengan berbagi sembako kepada mereka," tutur dia, ditulis Sabtu (16/5/2020).

Triyanto menuturkan, selain pembagian sembako, pihaknya juga mengedukasi soal PSBB Surabaya Raya, dan memberikan ember berisi ikan lele dan gelas.

"Itu nanti dipakai untuk membuat lauk mandiri. Jadi nanti akan diisi ikan dan diisi tanaman kangkung. Saya harapkan warga bisa mandiri lauk. Sehingga nanti berasnya saja," ujar dia.

"Kita tidak tahu wabah Corona COVID-19 ini sampai kapan, kita ingin berupaya agar warga di strata bawah bisa mandiri lauk," ujar dia.

 

Selanjutnya

Ditanya ada pria berpenampilan seperti Gatot Kaca dan Arjuna, Triyanto menjawab pihaknya ingin mengedukasi warga terutama terkait dengan PSBB Surabaya Raya.

"Kami ingin warga ada perhatian kepada kami, salah satu caranya adalah kami menampilkan superhero Jawa, superhero nasional, Gatot Kaca," ucapnya.

"Jadi harapan kami warga lebih perhatian ketika kami memberikan edukasi tentang PSBB Surabaya Raya, jaga jarak, pakai masker, cuci tangan dan sebagainya," ia menambahkan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Rintihan Wanita Terbakar, 'Astagfirullah Hal Adzim Ya Allah...'

Posted: 15 May 2020 08:28 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang wanita dibakar hidup-hidup di Sukabumi. Hampir seluruh tubuhnya hangus terkena kobaran api.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kasus Covid-19 di Kota Bekasi Meningkat 2 Hari Terakhir, Total Positif 280 Orang

Posted: 15 May 2020 08:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Angka kasus Covid-19 di Kota Bekasi, Jawa Barat, masih belum menunjukkan tanda-tanda akan melandai. Situs resmi Pemerintah Kota Bekasi, corona.bekasikota.go.id, mencatat peningkatan kasus Covid-19 yang cukup signifikan dalam dua hari terakhir.

Kasus terkait Corona per tanggal 15 Mei 2020, disebutkan mencapai 3.428 kasus. Jumlah ODP dalam dua hari mengalami kenaikan sebesar 268, menjadi 2.218 kasus, dengan 1.165 orang masih dalam pemantauan.

Angka PDP juga naik sebanyak 59 kasus dalam dua hari terakhir, menjadi 930 kasus. Dengan rincian 454 orang masih dirawat, 386 orang sembuh, dan 90 orang meninggal dunia.

Untuk kasus positif ada penambahan 7 kasus baru menjadi 280. Dari jumlah tersebut 193 orang dinyatakan sembuh, 58 orang masih dirawat, dan 29 orang meninggal dunia.

Untuk pasien meninggal dunia dengan penyakit khusus sampai saat ini tercatat sebanyak 122 kasus.

Sementara kecamatan dengan kasus Covid-19 tertinggi masih berada di Kecamatan Bekasi Selatan (39 kasus), Bekasi Utara (35 kasus), Rawalumbu dan Bekasi Timur (32 kasus).

 

PSBB Jilid III

Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi kembali memperpanjang masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), dari tanggal 13-26 Mei 2020. Di PSBB Jilid III ini, Pemkot bertindak lebih tegas dengan memberikan denda terkait pelanggaran. Hal ini dikarenakan masih banyaknya pelanggaran yang terjadi sehingga membuat PSBB jilid II tidak berjalan efektif.

Adapun denda yang dikenakan, di antaranya pelanggaran tidak pakai masker (Rp 100-250 ribu). Berkumpul lebih dari 5 orang (Rp 100-250 ribu). Pengemudi mobil pribadi yang melanggar lebih dari 50 persen penumpang (Rp 500 ribu-1 juta). Pengemudi yang berboncengan atau tidak memakai masker denda (Rp 100-250 ribu). Pengemudi angkutan umum yang membawa lebih dari 50 persen penumpang denda (Rp 100-500 ribu).

Instruksi Wali Kota, pada PSBB jilid III ini Pemkot akan lebih fokus membatasi pergerakan masyarakat dari tempat umum maupun hiburan. Penyelenggaraan pelayanan publik dengan pola tatap muka, dialihkan dengan pola tanpa tatap muka selama masa penanganan wabah pandemi Covid-19.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Minat Pinang DFSK Glory i-Auto, Segini Tanda Jadinya

Posted: 15 May 2020 08:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Glory i-Auto menjadi produk terbaru dari DFSK. Mobil yang dilengkapi dengan teknologi canggih ini belum secara resmi diluncurkan, namun bagi yang berminat sudah bisa memesannya.

"Memang beberapa dealer resmi kami sudah membuka pemesanan Glory i-Auto bagi konsumen yang memang mau beli dengan memberikan booking fee. Untuk besarannya itu kebijakan setiap dealer," kata PR and Digital Manager PT Sokonindo Automobile, Arviane D Bahar.

Bagi konsumen yang ingin mencoba DFSK Glory i-Auto, Anne juga mengaku telah menyediakan unit test drive di beberapa dealer di kota-kota besar.

"DFSK sudah melakukan pengiriman unit test drive ke dealer resmi kami. Jadi kami memberikan kesempatan kepada customer kami bisa melakukan test drive," ujar wanita yang akrab disapa Anne tersebut.

Saat disinggung soal harga, Anne enggan mengungkapkannya secara detail karena mobil pabrikan otomotif Cina ini belum diluncurkan secara resmi.

"Kalau secara harga kami belum melakukan official launching. Kalau pun memang ada paling berupa booking fee," tuturnya.

Bocoran Harga di Jawa Timur

Sebelumnya, Yansen Tan, Operation Manager Manang Sejahtera Abadi (MSA), dealer resmi DFSK di Jawa Timur, menyebut Glory i-Auto dibanderol Rp345,75 juta (OTR Jawa Timur).

"(Booking fee) Rp5 juta saja. Unit siap dilayangkan setelah PSBB. (DFSK Glory i-Auto) sudah ready di pabrik," terang Yansen saat dihubungi Otosia melalui pesan singkat.

Nominal tersebut sedikit lebih murah dibanding Wuling Almaz 1.5 LT LUX CVT 7-seater sebagai varian tertinggi yang dibanderol Rp352,8 juta. Sedangkan harga versi 5-seater masih di bawah DFSK Glory i-Auto, tepatnya Rp342,8 juta.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mantan Manajer Arsenal Kritik Habis-habisan Mesut Ozil

Posted: 15 May 2020 08:15 PM PDT

Liputan6.com, London - Unai Emery, belum lama ini, mengungkap pengalamannya saat masih menjabat manajer Arsenal. Pelatih asal Spanyol itu, sempat menceritakan kesedihannya karena jabatannya sebagai bos Gunners cepat berubah dengan buruk.

Selain itu, poin pembicaraan utama dari masa jabatan jadi manajer di Liga Inggris adalah soal hubungannya dengan Mesut Ozil. Dipuji sebagai salah satu pemain terbaik di liga tersebut, situasi Ozil di Arsenal cukup tak menentu saat ditanganinya.

Liga Inggris memang liga paling kompetitif dalam sepakbola dunia. Dan, menurut Emery, Ozil tidak berusaha cukup keras untuk menjadi pemain terbaik yang dia bisa.

"Saya banyak berbicara dengan Ozil. Ia juga harus kritis terhadap diri sendiri, menganalisis sikap dan komitmennya," kata Emery.

"Saya berusaha sekuat tenaga untuk membantu Ozil. Sepanjang karier saya, para pemain berbakat telah mencapai level terbaik mereka bersama saya. Saya selalu positif, ingin dia bermain, ikut terlibat," ujar eks pelatih Arsenal tersebut.

Tak Didukung Pemain

Emery melanjutkan bahwa pemain internasional Jerman itu sempat akan dijadikan kapten tim. Tapi para pemain Arsenal tidak mendukungnya.

"Di pra-musim saya katakan padanya saya ingin membantu memulihkan Özil terbaik. Saya ingin tingkat partisipasi dan komitmen yang tinggi di ruang ganti. Saya menghormatinya dan berpikir dia bisa membantu. Dia bisa menjadi kapten tetapi ruang ganti tidak menginginkannya. "

"Bukan itu yang aku putuskan; itu yang diputuskan para pemain. Kapten adalah orang yang harus terus membela klub, pelatih, rekan satu tim."

Tak Bisa Diandalkan

Emery juga mengklaim bahwa kebugaran Ozil juga merupakan masalah yang signifikan. Dalam urusan ini Ozil tidak cukup dapat diandalkan.

"Terkadang mereka lebih baik, kadang lebih buruk, seperti semua pemain. Terkadang dia tidak tersedia karena dia sakit atau lututnya sakit," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Union Berlin vs Bayern Munchen: Peluang Jauhi Borussia Dortmund

Posted: 15 May 2020 08:10 PM PDT

Berlin - Stadion An der Alten Forsterei bakal menjadi saksi bisu siapa yang akan keluar sebagai pemenang kala tuan rumah Union Berlin bersua Bayern Munchen dalam lanjutan Bundesliga 2019-2020, Minggu (17/5/2020).

Menghadapi Union Berlin, Bayern Munchen diprediksi akan dengan mudah memenangi laga. Perbedaan kualitas kedua tim menjadi faktor utamanya.

Union Berlin adalah tim promosi musim ini. Performanya tidak begitu cemerlang karena anak asuh Urs Fischer itu duduk di posisi ke-11 dengan koleksi 30 poin.

Kendati demikian, Munchen tetap wajib mewaspadai kejutan. Sebab, tuan rumah terbilang jago bila bermain di kandang mereka.

Tercatat, hingga pekan ke-25, dari 12 pertandingan kandang, separuhnya dimenangi oleh mereka. Itu menandakan Union Berlin berpotensi besar meraih tiga poin.

Di sisi lain, Munchen tentu tak ingin menyia-nyiakan pertandingan ini. Tekad menjauh dari kejaran Borussia Dortmund wajib terlaksana.

Keuntungan Bayern Munchen dibandingkan lawannya adalah soal kesiapan fisik. Memang, semua tim terhambat karena terhentinya rutinitas latihan, namun Berlin terganggu masalah internal karena sang pelatih sempat absen memimpin sesi latihan.

 

Head to Head

Logo klub Bayern Munchen
Logo klub Bayern Munchen

Bayern Munchen 2 - 1 Union Berlin (26/10/19)

Union Berlin 1 - 3 Bayern Munchen (26/08/09)

5 Pertandingan Terakhir Union Berlin

Union Berlin 2 - 3 Bayer Leverkusen (15/02/20)

Eintracht Frankfurt 1 - 2 Union Berlin (25/02/20)

Union Berlin 2 - 2 Wolfsburg (01/03/20)

Bayer Leverkusen 3 - 1 Union Berlin (05/03/20)

Freiburg 3 - 1 Union Berlin (07/03/20)

5 Pertandingan Terakhir Bayern Munchen

Bayern Munchen 3 - 2 Paderborn (22/02/20)

Chelsea 0 - 3 Bayern Munchen (26/02/20)

Hoffenheim 0 - 6 Bayern Munchen (29/02/20)

Schalke 04 0 - 1 Bayern Munchen (04/03/20)

Bayern Munchen 2 - 0 Augsburg (08/03/20)

 

Prakiraan Susunan Pemain dan Prediksi Bola.com

Union Berlin (4-3-2-1): Rafal Gikiewicz; Neven Subotic, Florian Hubner, Keven Schlotterbeck; Christopher Trimmel, Christopher Lenz, Christian Gentner, Robert Andrich; Marius Bulter, Marcus Ingvartssen; Sebastian Andersson.

Pelatih: Urs Fischer

Bayern Munchen: Manuel Neuer; Benjamin Pavard, Jerome Boateng, David Alaba, Alphonso Davies; Joshua Kimmich, Thiago Alcantara; Thomas Muller, Kingsley Coman, Serge Gnabry; Robert Lewandowski.

Pelatih: Hansi Flick

Prediksi Bola.com

Union Berlin 40-60 Bayern Munchen

 

Disadur dari Bola.com (Gregah Nurikhsani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Rumah Laurens Ayah Angkat Syahrini di Belanda, Serba Putih

Posted: 15 May 2020 08:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pengakuan-pengakuan ayah angkat Syahrini soal hubungannya dengan pelantun lagu "Sesuatu" itu terus bergulir. Lewat media sosialnya, ayah angkat Syahrini yakni Laurens, membeberkan sejumlah foto hingga video kedekatannya. 

Sejak terungkap menjadi sosok ayah angkat Syahrini, Laurens memang mendadak viral dikalangan publik Tanah Air. Pria paruh baya asal Belanda ini bahkan menyebut anak angatnya itu sebagai 'wanita beragenda'. Sontak netizen semakin penasaran dengan pengakuan Laurens lainnya.

Banyak tanggapan netizen Indonesia yang memenuhi kolom komentar Laurens di Instagramnya. Berbagai foto, video hingga sreenshot percakapan dibagikan di platform tersebut. Tak hanya soal Syahrini, Laurens yang kerap membagikan video dirinya juga tak jarang memperlihatkan rumahnya.

Tempat tinggalnya yang berada di Belanda ini terbilang cukup sederhana dan bernuansa putih. Berikut ini 6 potret rumah ayah angkat Syahrini di Belanda, dilansir dari Instagram miliknya @liohk oleh Liputan6.com, Sabtu (16/5/2020).

1. Penampakan rumah bagian depan Laurens yang sangat kental dengan gaya bangunan khas Belanda.

Potret rumah ayah angkat Syahrini di Belanda. (Sumber: Instagram/@liohk)
Potret rumah ayah angkat Syahrini di Belanda. (Sumber: Instagram/@liohk)

2. Rumah ayah angkat Syahrini ini memiliki dominasi warna putih dan banyak memiliki hiasan dinding.

Potret rumah ayah angkat Syahrini di Belanda. (Sumber: Instagram/@liohk)
Potret rumah ayah angkat Syahrini di Belanda. (Sumber: Instagram/@liohk)

3. Hunian pria yang jago berbahasa Indonesia ini juga dihiasi lukisan serta lampu ruangan yang unik.

Potret rumah ayah angkat Syahrini di Belanda. (Sumber: Instagram/@liohk)
Potret rumah ayah angkat Syahrini di Belanda. (Sumber: Instagram/@liohk)

4. Pria berusia 80 tahun ini memang kerap kali membagikan potret rumahnya di Instagram miliknya.

Potret rumah ayah angkat Syahrini di Belanda. (Sumber: Instagram/@liohk)
Potret rumah ayah angkat Syahrini di Belanda. (Sumber: Instagram/@liohk)

5. Beberapa netizen memberikan komentarnya jika rumah Laurens tampak sederhana dan nyaman.

Potret rumah ayah angkat Syahrini di Belanda. (Sumber: Instagram/@liohk)
Potret rumah ayah angkat Syahrini di Belanda. (Sumber: Instagram/@liohk)

6. Dapurnya pun memiliki gaya simpel yang masih didominasi warna putih dan banyak dilengkapi peralatan.

Potret rumah ayah angkat Syahrini di Belanda. (Sumber: Instagram/@liohk)
Potret rumah ayah angkat Syahrini di Belanda. (Sumber: Instagram/@liohk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

DPR Sebut RUU Ciptaker Berpotensi Kacaukan Sistem Jaminan Produk Halal

Posted: 15 May 2020 08:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua Fraksi PKS DPR RI, Mulyanto menilai isi RUU Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja (Ciptaker) berpotensi mengacaukan sistem jaminan produk halal.

Padahal ketentuan pengurusan jaminan produk halal sudah diatur secara baik dalam Undang-Undang No. 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal. Pemerintah tinggal melaksanakan sebagai ketentuan yang sudah ditetapkan.

Menurut Mulyanto, setidaknya ada tiga ketentuan dalam RUU Cipta Kerja yang dapat mengacaukan sistem jaminan produk halal. Pertama, penentuan lembaga berwenang dalam menetapkan produk halal.

Kedua, penetapan sertifikat halal produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan usaha kecil berdasarkan "pernyataan". Ketiga, dihapuskan lembaga auditor halal dan penyelia halal.

Dalam RUU Ciptaker, sertifikat halal yang dikeluarkan oleh Badan Pengelola Jaminan Produk Halal (BPJPH) didasarkan pada fatwa halal tertulis yang dikeluarkan oleh Majellis Ulama Indonesia (MUI) dan Ormas Islam yang berbadan hukum.

Jadi penetapan kehalalan produk dapat diterbitkan Ormas Islam terdaftar apa pun. Konsekuensinya MUI tidak lagi menjadi otoritas tunggal dalam soal fatwa halal ini.

"Bagi masyarakat, banyaknya otoritas pemberi fatwa halal ini, akan menimbulkan keraguan dan kebingungan, yang pada akhirnya dapat memunculkan ketidakpastian hukum dan ketidakpercayaan kepada penyelenggara jaminan produk halal. Ini harus kita timbang dengan cermat," jelas Mulyanto yang juga Anggota Badan Legislasi (Baleg) DPR RI melalui keterangan tertulisnya, Jumat malam (15/5/2020).

Di samping itu, menurutnya, kemudahan pemberian wewenang mengeluarkan sertifikat halal kepada ormas terdaftar dapat memicu perbedaan pendapat akibat perbedaan pemilihan dalil dan metode penelitian. Jika kondisi ini dibiarkan umat Islam selaku konsumen akan bingung menentukan pilihan.

Terkait penetapan sertifikat halal bagi produk UMKM yang hanya didasarkan pada "pernyataan" sepihak dari pihak pengusaha, hal ini juga akan menjadi masalah baru.

Bagi Mulyanto, harusnya setiap produk yang ingin mendapat sertifikat halal wajib melakukan proses pengujian. Jadi halal dan tidaknya suatu produk UMKM bisa dijamin berdasar hasil penelitian.

"Pertanyaannya, apakah sebuah pernyataan subyektif secara sepihak dari pengusaha kecil dan mikro tersebut dapat memberikan 'jaminan' kepada masyarakat luas konsumen, bahwa produk itu benar-benar halal. Dengan kata lain apakah sekedar pernyataan saja dapat memberikan jaminan," tegasnya.

Hal ini, menurut Mulyanto menjadi kondisi yang cukup berisiko untuk menimbulkan keraguan dan ketidakpercayaan konsumen, yang akhirnya dapat menurunkan permintaan kepada usaha kecil dan mikro tersebut.

Revisi PP Jaminan Produk Halal

Dia melanjutkan, sebenarnya bila pemerintah ingin memberikan fasilitasi sertifikasi halal bagi UMKM, pemerintah dapat melakukan revisi PP No. 31/2019 tentang Peraturan Pelaksanaan UU Jaminan Produk Halal. Tidak harus mengubah substansi masalah di tingkat UU.

Sementara, terkait penghapusan lembaga Auditor Halal dan Penyelia Halal, Mulyanto menganggap upaya ini akan memperlemah sistem pengawasan proses penetapan jaminan produk halal.

Padahal, Auditor Halal dan Penyelia Halal memiliki fungsi kritikal terhadap penetapan fatwa halal dan pengeluaran sertifikasi halal, sehingga persyaratan minimal Auditor Halal sudah sepantasnya diatur dalam UU Jaminan Produk Halal, bukan dalam Peraturan Pemerintah (PP). 

Masalah-masalah itu, katanya harus dibahas secara komprehensif, mendalam dan cermat oleh semua pihak yang terkait. Tidak boleh grasa-grusu dan sikap menggampangkan. Selain juga butuh suasana yang tenang. 

"Jika kita tidak seksama membahas pokok masalah tersebut, maka kita hanya akan menuai kondisi ketidakmampuan negara dalam melindungi dan menjamin rasa aman dan keyakinan konsumen muslimin. Ini tentu tidak kita kehendaki," ujarnya. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Momen Ulang Tahun Puput Nastiti, Ahok Tulis Pesan Romantis

Posted: 15 May 2020 08:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pada Jumat (15/5/2020) kemarin, istri Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yakni Puput Nastiti Devi berulang tahun. Pada tahun ini wanita satu anak tersebut genap berusia 23 tahun. Momen bahagia itu pun tak dilewatkan oleh Ahok untuk mengucapkan selamat dan doa.

Momen perayaan ulang tahun sederhana itu diunggah Ahok lewat akun Instagramnya pada Jumat, (15/5/2020). Ahok mengunggah potret ia dan sang istri serta Yosafat dan ibundanya. Dalam unggahannya, Ahok juga menuliskan doa dan pesan romantis.

"Selamat ulang tahun istriku, Puput. Saya bersyukur memiliki kamu yang penuh sukacita dan peduli kepada saya, Mama, Yosafat dan keluarga. Teruslah menjadi istri yang takut akan Tuhan, dan selalu diberikan kesehatan dan kebahagiaan. Semoga Tuhan Selalu memberkati, melindungi dan memberi kasih karunia, sukacita dan damai sejahteraNya," tulis Ahok. 

Unggahan tersebut pun juga diikuti komentar oleh para netizen. Banyak yang turut memberikan ucapan selamat dan doa kepada istri Ahok kelahiran 1997 tersebut. 

Sederhana dan penuh kekeluargaan, berikut ini 5 momen ulang tahun Puput Nastiti Devi, istri Ahok, dirangkum dari Instagram @btpnd oleh Liputan6.com, Jumat (16/5/2020).

1. Puput rayakan ulang tahun ke-23 bersama suami, anak dan juga ibu mertuanya. Ahok bahkan membuat sendiri kue ulang tahun untuk sang istri.

Momen ulang tahun istri AHok, Puput Nastiti Devi. (Sumber: Instagram/@btpnd)
Momen ulang tahun istri AHok, Puput Nastiti Devi. (Sumber: Instagram/@btpnd)

2. Dihari spesial tersebut, Ahok memberikan ucapan selamat serta doa bagi istri tercintanya.

Momen ulang tahun istri AHok, Puput Nastiti Devi. (Sumber: Instagram/@btpnd)
Momen ulang tahun istri AHok, Puput Nastiti Devi. (Sumber: Instagram/@btpnd)

3. Momen ulang tahun Puput kali ini semakin bahagia dan lengkap karena kehadiran Yosafat.

Momen ulang tahun istri AHok, Puput Nastiti Devi. (Sumber: Instagram/@btpnd)
Momen ulang tahun istri AHok, Puput Nastiti Devi. (Sumber: Instagram/@btpnd)

4. Ahok pun memberikan kado spesial berupa buket bunga mawar sebagai kado untuk Puput.

Momen ulang tahun istri AHok, Puput Nastiti Devi. (Sumber: Instagram/@btpnd)
Momen ulang tahun istri AHok, Puput Nastiti Devi. (Sumber: Instagram/@btpnd)

5. Wanita kelahiran 1997 ini juga mendapatkan kado bunga dari teman dan sahabatnya.

Momen ulang tahun istri AHok, Puput Nastiti Devi. (Sumber: Instagram/@btpnd)
Momen ulang tahun istri AHok, Puput Nastiti Devi. (Sumber: Instagram/@btpnd)

6. Buah hati Ahok dan Puput terlihat menggemaskan di perayaan ulang tahun ibunda yang ke-23 tahun.

Momen ulang tahun istri AHok, Puput Nastiti Devi. (Sumber: Instagram/@btpnd)
Momen ulang tahun istri AHok, Puput Nastiti Devi. (Sumber: Instagram/@btpnd)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Kucing Manja, Suka Bikin Repot Tuannya

Posted: 15 May 2020 08:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Memelihara kucing beda dengan memelihara anjing. Anjing adalah hewan yang penurut dan mau diperintah apa saja.

Beda dengan kucing. Saat memeliharanya, seringkali tanpa disadari justru Anda yang diperbudak olehnya.

Berikut ini potret beberapa kucing manja yang berhasil memperbudak tuannya. Dihimpun dari Brightside.me, ini dia.

1. Sampe dibikinin rumah-rumahan segede itu

Doc: Brightside.me
Doc: Brightside.me

2. Maunya liat ikan dan burung di Youtube

Doc: Brightside.me
Doc: Brightside.me

3. Punya lebih banyak mainan daripada tuannya dengan perabot

Doc: Brightside.me
Doc: Brightside.me

4. Mesti digendong kalau mau liat pemandangan di luar

Doc: Brightside.me
Doc: Brightside.me

5. Minta sofa sendiri

Doc: Brightside.me
Doc: Brightside.me

6. Minta dibikin gazebo buat bersantai

Doc: Brightside.me
Doc: Brightside.me

7. Mainannya rusak, harus diperbaiki dulu

Doc: Brightside.me
Doc: Brightside.me

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Donald Trump: Dengan Atau Tanpa Vaksin Corona, AS Akan Kembali Normal

Posted: 15 May 2020 08:01 PM PDT

Liputan6.com, Washington DC - Presiden AS Donald Trump, pada Jumat 15 Mei 2020, meluncurkan upaya yang bertujuan untuk mengembangkan vaksin virus corona pada akhir tahun ini, tetapi mengatakan negara itu akan kembali normal dengan atau tanpa vaksin.

"Saya hanya ingin membuat sesuatu menjadi jelas, ini sangat penting. Dengan atau tanpa vaksin, kami (akan) kembali," kata Trump dalam acara di Rose Garden. "Dan kita sedang memulai suatu proses," demikian seperti dikutip dari CNN, Sabtu (16/5/2020).

Pengumuman resmi "Operation Warp Speed" datang ketika para peneliti di seluruh dunia berjuang untuk mengembangkan vaksin untuk virus yang telah menewaskan lebih dari 300.000 orang di seluruh dunia.

Banyak yang melihat vaksin yang efektif sebagai satu-satunya cara kehidupan dapat kembali normal bagi orang-orang di bawah perintah tinggal di rumah atau bisnis yang operasinya terbatas.

Tetapi Trump menjelaskan pada hari Jumat bahwa dia tidak setuju dengan pandangan itu, bersikeras bahwa ekonomi sudah pulih kembali karena beberapa negara melonggarkan aturan mereka.

Bahkan ketika dia memproyeksikan keyakinan bahwa suatu vaksin virus corona akan tersedia dalam beberapa bulan, dia mengecilkan pentingnya itu dalam membantu orang Amerika kembali ke normal.

"Kami pikir kami akan memiliki vaksin dalam waktu dekat, dan jika kami melakukannya, kami akan benar-benar menjadi langkah besar ke depan dan jika tidak, kami akan menjadi seperti banyak kasus lain di mana Anda memiliki masalah masuk, itu akan hilang di beberapa titik, itu akan hilang," kata Trump.

Trump telah mendorong negara-negara bagian untuk mencabut pembatasan mereka dan berharap untuk rebound ekonomi menjelang pemilu AS pada November 2020 mendatang.

Tetapi, bahkan ketika Trump berbicara di Rose Garden, efek dari wabah itu jelas. Klakson yang keras meraung dari luar gerbang Gedung Putih tempat pengemudi truk memprotes tarif pengiriman yang dikurangi.

Dan di belakangnya, banyak penasihat Trump mengenakan masker, termasuk Dr. Anthony Fauci, ahli penyakit menular terkemuka yang ditegur Trump awal pekan ini.

Trump tetap tak bermasker, dan bersikeras membunyikan klakson keras di luar gedung putih adalah untuk menunjukkan dukungan kepadanya daripada protes kondisi ekonomi yang buruk di tengah pandemi virus corona.

AS Siapkan Vaksin pada Akhir Tahun

Presiden AS Donald Trump dalam briefing melawan Virus Corona (COVID-19) di Gedung Putih. Dok: Gedung Putih
Presiden AS Donald Trump dalam briefing melawan Virus Corona (COVID-19) di Gedung Putih. Dok: Gedung Putih

Dia membingkai proyek vaksin AS sebagai upaya yang belum pernah terjadi sebelumnya sejak Perang Dunia II dan mengulangi tujuannya mengembangkan vaksin pada akhir tahun --garis waktu yang ambisius yang menurut pejabat pengembang vaksin yang baru ditunjuknya dapat dicapai, bahkan seperti yang dikatakan oleh para pakar lain 12-18 bulan adalah proyeksi yang lebih realistis untuk kapan vaksin mungkin tersedia.

"Saya percaya mereka sangat kredibel. Saya juga percaya mereka sangat menantang," kata Moncef Slaoui, mantan eksekutif farmasi yang ditunjuk Trump untuk memimpin upaya vaksin.

Trump bernama Slaoui, mantan kepala divisi vaksin GlaxoSmithKline, akan memimpin upaya bersama dengan Jenderal Angkatan Darat bintang empat Gustave Perna.

Perna menyebut upaya untuk mengembangkan vaksin pada akhir tahun sebagai "tugas raksasa" pada Jumat 15 Mei 2020.

Slaoui, yang telah menjadi kapitalis ventura sejak meninggalkan raksasa farmasi pada tahun 2017, akan bertindak sebagai penasihat utama untuk upaya vaksin. Perna akan bertindak sebagai chief operating officer yang mengawasi logistik.

Keduanya melengkapi upaya pengembangan vaksin yang sudah dilakukan oleh pemerintah federal, termasuk di National Institutes of Health.

Sementara Fauci, seorang pemimpin di gugus tugas virus corona AS, juga menghadiri acara Jumat di Rose Garden. Namun dia tidak berbicara. Seorang penasihat Gedung Putih terkemuka selama pandemi virus corona, Fauci baru-baru ini mendapat kecaman dari beberapa sekutu Trump karena kehati-hatiannya membuka kembali negara itu, yang katanya akan memiliki konsekuensi besar jika tidak dilakukan dengan hati-hati.

Para ilmuwan yang merupakan bagian dari proyek vaksin virus corona dari administrasi Trump telah mengidentifikasi 14 vaksin untuk fokus pada pengembangan, menurut pejabat senior administrasi.

Mereka yang terlibat dalam upaya berharap memiliki enam hingga delapan dari vaksin yang sedang diuji membuatnya ke putaran uji coba berikutnya, kata pejabat itu.

Pejabat berharap memiliki tiga hingga empat vaksin melalui pengujian akhir dan dibuat tersedia, tetapi itu tergantung pada bagaimana pengujian dan uji klinis berlangsung dan seberapa sukses mereka.

Divisi dari Kementerian Kesehatan dan Layanan Publik AS yang bertugas pengembangan vaksin, BARDA, telah melihat kepemimpinannya stagnan setelah mantan direktur Rick Bright digulingkan. Bright mengajukan pengaduan tentang pengungkap fakta bahwa peringatan awal tentang virus corona diabaikan dan kekhawatirannya tentang mempromosikan terapi yang tidak teruji yang digembar-gemborkan oleh Presiden menyebabkan kepindahannya.

Dia bersaksi di Capitol Hill pada Kamis 14 Mei 2020 bahwa 18 bulan mungkin merupakan tujuan yang tidak realistis untuk mengembangkan vaksin.

"Ada banyak optimisme. Ada banyak harapan," kata Bright dalam kesaksiannya. "Tapi itu tidak membuat vaksin. Ada banyak pekerjaan yang perlu dilakukan untuk membuat vaksin."

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Akhir Pekan: Mari Berbenah dan Bersihkan Rumah Jelang Lebaran

Posted: 15 May 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Lebaran patut dirayakan dengan penuh suka cita. Selain menyiapkan kue dan menu khas Idul Fitri, ada satu aktivitas yang perlu dilakukan kerjakan menyambut Idul Fitri yaitu berbenah dan bersih-bersih rumah. Apalagi di masa pandemi corona Covid-19, menjaga kebersihan jadi salah satu faktor untuk menjalani hidup sehat.

Tentu akan ada yang berbeda di lebaran tahun ini. Kemungkinan besar kita semua bakal merayakan lebaran di rumah saja, karena sebagian besar daerah di Indonesia masih menerapkan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar).

Meski mungkin nantinya tak akan ada tamu atau hanya sedikit saja orang yang datang, membersihkan rumah tetap jadi kewajiban.  Hal itu juga rutin dilakukan Mulyanti Supriyadi atau yang biasa disapa Yanti.

Ibu dua anak yang tinggal di kawasan Ciganjur, Jakarta Selatan ini memang rutin membersihkan rumah tiap sebelum lebaran. Hal itu juga akan dilakukannya di tahun ini, meski kemungkinan hanya sedikit tamu yang akan bertandang.

"Saya biasanya bersih-bersih tiga atau dua hari sebelum lebaran. Kecuali karpet, biasanya saya ganti seminggu sebelum lebaran dengan yang baru atau sudah dicuci di laundry. Yang lainnya seperti biasa, semua ruangan dibersihkan ya cukup pakai yang simpel saja kayak sapu atau kemoceng," terang Yanti saat dihubungi Liputan6.com, Kamis, 14 Mei 2020.

"Selain itu ganti sprei sarung bantal, tempat tidur, bersihin gorden, sofa dan sama kamar mandi. Bak sama lantai harus bersih dan wangi. Ini penting banget, apalagi di kondisi sekarang ini, semua ruangan di rumah harus bersih termasuk di dapur sama kamar mandi," sambungnya.

Menjaga kebersihan rumah, apalagi di masa pandemi ini, memang sangat penting. Menurut Deviana Amran, seorang ahli kesehatan masyarakat, masih banyak orang yang belum sadar dengan kebersihan rumah mereka. Padahal kebersihan rumah dan lingkungan sekitarnya sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuh dan mental.

Perabot rumah yang rawan kotor, seperti kasur, sprei, dan kain sofa dapat mengakibatkan gatal-gatal pada kulit. Karena itu, sebaiknya mencuci sprei, kain sofa, atau karpet setiap seminggu sekali.

Dampak Positif Rumah Bersih

ilustrasi membersihkan rumah | unsplash.com/@flaxeco
ilustrasi membersihkan rumah | unsplash.com/@flaxeco

"Kita juga mesti waspada dengan binatang seperti tikus, karena kalau mereka masuk ke dalam rumah bisa membawa sumber bakteri yang bisa menjadi penyakit bagi manusia. Buat mencegahnya kita harus sering-sering membersihkan bagian rumah yang kemungkinan sering dilewati tikus. Bisa dengan menutup rapat-rapat celah sempit yang ada disekitar rumah supaya mereka tidak mudah masuk dengan mudah," terangnya saat dihubungi Liputan6.com pada Jumat, 15 Mei 2020.

"Bagian rumah yang biasanya mudah kotor seperti dapur dan kamar mandi atau tempat menjemur pakaian juga harus selalu dibersihkan dengan rutin, apalagi selama bulan puasa biasanya dapur banyak digunakan untuk masak dan bikin kue, itu harus rutin juga dibersihkan, " sambung wanita yang bekerja di sebuah rumah sakit di Jakarta Barat ini.

Deviana menambahkan, di tengah pandemi seperti sekarrang ini jangan lupa juga untuk membersihkan barang-barang dan perabot rumah. Sebaiknya memakai cairan disinfektan agar bisa menghalau virus yang bisa saja menempel di beberapa barang maupun perabotan.

Disarankan untuk membersihkan perabot dan barang yang sering digunakan atau disentuh. Gagang pintu, pegangan tangga, alat makan, remote control TV, dan keran air adalah contohnya.

Ponsel dan keyboard komputer (termasuk komputer tablet), meskipun lebih bersifat personal, juga perlu dibersihkan mengingat frekuensi pemakaiannya cukup tinggi. Deviana menambahkan, dengan kondisi rumah yang bersih maka kita bisa mendapat banyak keuntungan.

"Kita jadi lebih positive thinking, lebih produktif, tidak gampang stres, tidak gampang sakit, makan jadi lebih sehat dan bisa tidur dengan lebih tenang. Apalagi di situasi seperti sekarang ini dan menyambut Lebaran juga, banyak keuntungan yang kita dapat dengan bersih-bersih rumah, selain tentunya jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan tubuh kita dan keluarga kita," pungkas Deviana.  Jadi, kita sambut lebaran di tahun ini dengan bersih dan sehat.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pembukaan Mal di Manado Jadi Polemik, Ini Syarat Operasionalnya

Posted: 15 May 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Manado - Rencana beroperasinya kembali dua pusat perbelanjaan terbesar di Sulut yakni Manado Town Square (Mantos) dan Mega Mall Manado menimbulkan pro-kontra. Pemerintah akhirnya menegaskan pembukaan kawasan tersebut hanya secara terbatas.

"Kalau mal dibuka seluruhnya, mestinya rumah-rumah ibadah juga dibuka," demikian pesan singkat yang beredar di jejaring media sosial.

Kabar bakal dibukanya pusat perbelanjaan itu kemudian menjadi perbincangan bahkan perdebatan di berbagai jejaring media sosial.

Tak ingin polemik berkepanjangan, Pemkot Manado pada, Jumat subuh (15/5/2020), menegaskan kembali aturan operasional pusat perbelanjaan.

"Berkenaan dengan Peraturan Gubernur atau Pergub Sulut maka Mantos dan mal lainnya hanya bisa dibuka untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari," tegas Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut, Jumat (15/5/2020).

Diketahui dalam Pergub Nomor 8 Tahun 2020 Tentang Optimalisasi Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (OPP Covid-19), diatur sejumlah hal terkait aktivitas warga.

"Selama pemberlakuan OPP penduduk dilarang melakukan kegiatan dengan jumlah lebih dari 10 orang di tempat atau fasilitas umum," ujarnya.

Selain itu pengelola fasilitas umum wajib menutup sementara tempat atau fasilitas umum untuk kegiatan penduduk selama pemberlakuan OPP Covid-19.

Lumentut menambahkan, sebagaimana diatur dalam Pergub itu pengecualian larangan hanya berlaku untuk pemenuhan kebutuhan pokok penduduk atau kebutuhan sehari-hari berupa bahan pangan, energi, komunikasi informasi.

"Termasuk keuangan, perbankan dan sistem pembayaran, dan logistik," ujarnya.

Pantauan Liputan6.com, di dua pusat perbelanjaan itu, ratusan warga sejak pagi sudah berdatangan. Hanya saja mereka dihalangi oleh aparat kepolisian serta Sat Pol PP.

"Kami tidak tahu kalau ada pembatalan beroperasinya Mantos dan Megamall, karena sejak kemarin sudah ramai informasi bahwa sudah mulai buka sejak Jumat ini," ujar salah satu warga.

Manajemen Mantos menyesalkan ditundanya pembukaan kembali salah satu pusat perbelanjaan yang ada di Kota Manado tersebut.

Manager Mantos Yono Akbar mengatakan menindaklanjuti imbauan pemerintah terkait dengan kasus pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sulut, pihaknya memastikan Mantos tidak dibuka.

"Meskipun imbauan itu hanya melalui pesan singkat WhatsApp kepada kami tengah malam," ujar Akbar.

Terkait kapan dibukanya kembali Mantos, Akbar mengatakan belum mengetahui pasti karena masih menunggu keputusan dari pemerintah.

"Ini juga menjadi pertanyaan kami karena sampai saat ini ada pusat perbelanjaan lain yang buka dan ini bagamana? Dan kami sementara mengomunikasikan lebih lanjut terkait hal ini," sesalnya.

Menurutnya, kalau alasannya seperti tidak boleh berkumpul lebih dari 10 orang, apakah tempat lain melakukan seperti itu. Atau kalau alasannya mal yang tetap buka dan hanya menjual bahan pokok, apakah betul mereka hanya menjual bahan pokok?

"Yang akan tetap buka adalah tenan yang menjual bahan pokok, apotek, dan restoran tetapi hanya bisa melalui take away," tandas Akbar.

Simak juga video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: