Sabtu, 16 Mei 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Jadwal Program Live Kajian Hari Kedua Live Stream Fest Vol. 3 Edisi Ramadan

Posted: 16 May 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Live Stream Fest Vol. 3 sedikit berbeda dengan sebelumnya, kali ini festival online itu hadir mengangkat tema edisi Ramadan. Live Stream Fest Vol. 3 hadir sebagai teman untuk menemani penonton selama menjalani ibadah puasa. 

Tak hanya menyajikan beragam konten hiburan yang inspiratif, Live Stream Fest Vol. 3 juga akan menghadirkan program kajian spiritual. Semuanya bisa disaksikan di aplikasi dan website streaming Vidio secara gratis.

Memasuki hari keduanya, yakni Minggu (17/5/2020), penonton diajak untuk mendengarkan ceramah penting seputar agama Islam serta kajian mengenai kesehatan mental. Artis cantik Luna Maya bersama Medical Doctor dan Clinical Hypnotherapist akan membahas tentang masalah kesehatan mental bagi wanita.

Selain itu ada kajian bersama Ketua MUI Kota Bandung, Miftah Faridl dan Desy Bachir tentang bagaimana cara mempersiapkan zakat di bulan Ramadan. Program Live Kajian bisa disaksikan mulai pukul 13.00 hingga 21.00 WIB.

Berikut jadwal program Live Kajian selengkapnya:

Minggu, 17 Mei 2020

13:00-14:00 WIB - Wanita Lebih Mudah Depresi? bersama Medical Doctor dan Clinical Hypnoterapist dan Luna Maya

16:00-17:00 WIB - Memaknai Perbedaan dalam Islam bersama Ali Nurdin dan Riel Tasmaya

20:00-21:00 WIB - Mempersiapkan Zakat bersama Miftah Faridl dan Desy Bachir

Klik di sini untuk menonton program Live Kajian di Live Stream Fest Vol. 3 hari kedua.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bundesliga Bergulir, Simbol Kemenangan Manusia Lawan Virus Corona Covid-19

Posted: 16 May 2020 09:35 PM PDT

Jakarta Bundesliga melakukan gebrakan dengan menggulirkan kembali kompetisi di tengah belum redanya pandemi virus corona covid-19. Meski begitu, ini diklaim menjadi simbol kemenangan manusia melawan virus corona covid-19.

Bundesliga sempat mengalami penundaan sejak bulan Maret lalu. Hal ini dikarenakan virus corona yang membuat China keteteran merambah ke Jerman dan memakan banyak korban jiwa.

Khusus di Jerman sendiri, menurut catatan Worldometer sampai berita ini diturunkan, diketahui bahwa ada lebih dari 175 ribu orang yang terjangkit virus corona. Dan virus tersebut juga merenggut nyawa delapan ribu orang.

Dan setelah sekian lama, Bundesliga akhirnya kembali ke hadapan masyarakat. Kompetisi itu digelar lagi dengan serangkaian prosedur untuk menjaga keamanan semua pihak yang terlibat, mulai dari pemain sampai staf klub.

Kembalinya Bundesliga juga dipengaruhi oleh keberhasilan pemerintah Jerman dalam menurunkan jumlah kasus positif dalam beberapa pekan terakhir. Kebijakan lockdown juga sudah mulai dilonggarkan di sana.

Kemenangan Umat Manusia atas Virus Corona

Pertandingan Schalke kontra Borussia Dortmund penanda kembalinya Bundesliga musim ini. (Istimewa)
Pertandingan Schalke kontra Borussia Dortmund penanda kembalinya Bundesliga musim ini. (Istimewa)

Pada akhir pekan ini, Bundesliga menggelar tiga laga seru yang salah satunya mempertemukan Borussia Dortmund dengan rivalnya, Schalke 04. Kembalinya Bundesliga disambut baik oleh pemain asal Kenya, Ronald Okoth.

"Sudah pasti ini adalah pertanda jelas kemenangan umat manusia atas virus corona. Ini adalah kemenangan besar sebab kami, dari berbagai belahan dunia, sedang melawan musuh yang sama: pandemi virus Corona," ujarnya ke Goal International.

"Kembalinya Bundesliga adalah pernyataan tegas bahwa kami bisa melalui bencana ini. Kami hanya perlu menjalankan petunjuk yang sudah dibuat. Saya sudah melihat petunjuk kesehatan yang harus diikuti tim Bundesliga dan bila kami mengikuti mereka, pada akhirnya kami juga akan bisa ikut menang," lanjutnya.

Namun perlu diketahui, Bundesliga tak memperbolehkan fans setiap klub untuk hadir di stadion. Kerumunan adalah hal yang wajib dihindari untuk menekan penyebaran Covid-19 dan itu menjadi persyaratan utama digelarnya kembali Bundesliga.

Rindu Fans

 

Okoth memang senang Bundesliga bisa kembali bergulir. Tetapi, pertandingan jadi terasa hambar karena euforia yang diciptakan pendukung masing-masing kesebelasan di stadion hilang.

"Kami sudah pasti akan merindukan atmosfir kejut yang selalu dibawa oleh fans," tambah pemain klub Premier League Kenya (KPL), Sofapaka, tersebut.

"Sisi baiknya, kami bisa melihat langkah-langkah ini diambil untuk melindungi kesehatan para pemain, fans, serta semua orang yang terlibat," pungkasnya.

Sumber asli: Goal International

Disadur dari: Bola.net (Yaumil Azis, Published 16/5/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Disebut Sejatinya Subsidi Biaya Perawatan Semua Kelas di BPJS Kesehatan

Posted: 16 May 2020 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Staf Khusus Menteri Keuangan (Menkeu) Yustinus Prastowo mengungkapkan jika sejatinya pemerintah menyubsidi biaya perawatan BPJS Kesehatan masyarakat di semua kelas. Ini bila mengacu pada perhitungan biaya perawatan tiap kelas yang dikeluarkan aktuaris.

Melalui akun twitter resmi miliknya @prastow, Minggu (17/5/2020), dia membocorkan jika dari hasil perhitungan aktuaris biaya perawatan untuk kelas 1 sebesar Rp 286.065, Kelas 2 sebesar Rp 184.617 dan Kelas 3 adalah Rp 137.221. Sementara tarif BPJS Kesehatan sejak 2016 untuk Kelas 1 hanya Rp 80.000, Kelas 2 Rp 51.000, dan Kelas 3 Rp 25.500.

"Perbedaan biaya kelas itu saja sdh subsidi Pemerintah kan? Di Perpres ini, utk PBI iuran Rp 42.000 dibayar Pemerintah. Jika sblmnya utk 96,5 jt orang, kini diperluas menjadi 132 juta orang! Artinya, orang miskin & tak mampu tetap tak bayar iuran dan menikmati layanan yg sama," tulis dia.

Sementara untuk Peserta Penerima Upah/Bukan pekerja, dia mengaku ada penyesuaian tarif. Namun pihak ini diingatkan adalah yang menyumbang defisit hingga Rp 27,4 triliun.

Bagi peserta kelompok Peserta Penerima Upah, dengan batas atas gaji serta tunjangan Rp 12 juta dan batas bawah UMR Kab/Kota, iurannya ditetapkan 5 persen. Dengan rincian, 4 persen dibayar pemberi kerja, sementara 1 persen dibayar Pekerja.  Adapun peserta kategor ini dikatakan mencapai 37 juta.

"Demi keberlanjutan Jamkes, maka diperbaiki. Kelas 1 Rp 150 rb, Kelas 2 Rp100 rb, Kelas 3 Rp25.500,-. Kita kulik dikitlah..," tulis dia.

Dia pun membandingkan biaya menurut aktuaris dengan ketetapan pemerintah dikatakan jauh di bawah. Apalagi bila dibandingkan dengan iuran di Perpres 75/2019 lebih rendah. Di mana, kelas 3 cukup membayar Rp 25.500 karena ada subsidi pemerintah Rp 16.500. Sementara kenaikan terjadi di 2021, iuran menjadi Rp 35.000 dengan nilai subsidi Rp 7.500.

"Penyesuaian iuran ini dirasakan oleh Peserta Bukan Penerima Upah. Ini kelompok non-karyawan yg penghasilannya bervariasi. Sesuai prinsip "ability to pay", silakan yg mampu bayar lebih tinggi. Yg tak mampu silakan ikut Kelas 3. Bukankah cukup fair? Layanan medisnya sama kok," dia menambahkan.

Yustinus pun mempertanyakan jika masih ada yang protes kenaikan iuran BPJS Kesehatan semestinya bukan berlaku pada PBI maupun PPU, tapi kelompok PBPU yang ternyata kepatuhannya selama ini baru 54 persen.

"Banyak yang hanya mengiur saat butuh layanan, sesudahnya menunggak. Ya ini potret masyarakat kita yang msh butuh edukasi dan sosialisasi," dia menandaskan.

Stafsus Menkeu Buka-bukaan Asal Muasal Iuran BPJS Kesehatan Harus Naik

Petugas melayani peserta di Kantor BPJS Kesehatan, Jakarta, Selasa (10/3/2020). Mahkamah Agung (MA) membatalkan kenaikan iuran BPJS Kesehatan per 1 Januari 2020. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Petugas melayani peserta di Kantor BPJS Kesehatan, Jakarta, Selasa (10/3/2020). Mahkamah Agung (MA) membatalkan kenaikan iuran BPJS Kesehatan per 1 Januari 2020. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Pemerintah dinilai tak tepat menaikkan iuran BPJS Kesehatan di tengah kondisi masyarakat yang tengah menghadapi pandemi Corona Covid-19. Selama ini, BPJS Kesehatan memang tercatat mengalami defisit, dan kenaikan iuran disebut jadi salah satu solusi menambalnya.

Staf Khusus Menteri Keuangan Yustinus Prastowo angkat bicara perihal ini. Melalui akun twitter resminya @prastow, seperti dikutip Minggu (17/5/2020), dia menjelaskan asal muasal BPJS Kesehatan mengalami defisit hingga keputusan pemerintah menaikkan iuran. 

Dia menuturkan jika defisit berasal dari konsumen pekerja informal dan bukan pekerja. Secara hitungan kasar, akumulasi defisit BPJS Kesehatan 2019 disebut sebesar Rp 15,6 triliun. 

"Lha, gimana kok BPJS tekor? itu penjelasan tabel. PBI (orang miskin & tak mampu) surplus Rp11,1 T. ASN/TNI/Polri surplus Rp1,3T, pekerja formal swasta surplus Rp 12,1T. Nah, pekerja informal, defisit Rp20,9T, dan bukan pekerja defisit Rp6,5T. Ingat bagian ini, penting!," tulis dia.

Peserta PBPU/BU disebutkan berjumlah sekitar 35 juta orang, dengan segmentasi terbesar di Kelas III sebanyak 21,6 juta. "Total iuran mereka Rp12,4T, Klaim Rp39,8T! Alias defisit Rp27,4T," ungkapnya.

Dia mengakui jika tak serta merta menaikkan iuran. BPJS Kesehatan harus efisien, memperbaiki manajemen dan layanan hingga mampu memberantas mafia obat. Perbaikan manajemen dan sistem dinilai satu hal, nafas buatan biar tetap hidup hal lain. Namun dia mengingatkan jika keduanya musti dikerjakan barengan. Dan ini konteks yang perlu dipahami masyarakat.

"Itu jg menjadi alasan rasional kenapa Perpres 75/2019 terbit. Demi menjaga kesinambungan pelayanan kesehatan. Tapi MA punya pertimbangan lain dan kita hormati. Betul amar putusan MA membatalkan Pasal 34 ttg kenaikan iuran, tp kita lupa baca pertimbangan MA. Justru ini penting," kata dia.

Seperti diketahui, Mahkamah Agung (MA) membatalkan kenaikan iuran BPJS Kesehatan, Maret 2020. Lembaga peradilan tertinggi itu mengabulkan gugatan pembatalan kenaikan iuran BPJS kesehatan yang diajukan Ketua Umum Komunitas Pasien Cuci Darah Indonesia (KPCDI) Tony Richard Samosir.

Dalam sidang putusan MA, hakim menilai bahwa kenaikan iuran tersebut bertentangan dengan banyak pasal. Salah satunya Pasal 34 ayat 1 dan 2 Perpres Nomor 75 yang bertentangan dengan ketentuan perundang-undangan yang lebih tinggi yakni Pasal 23, Pasal 28 H Jo, Pasal 34 Undang-Undang Dasar Republik Indonesia.

Justinus mengatakan keputusan MA sangat bijak. Dalam pertimbangannya, MA memberi pertimbangan yuridis, sosiologis, dan filosofis. Intinya perlu perbaikan holistik, hulu ke hilir, mencakup sistem, manajemen, pelayanan. Langkah MA ini yang membuat reformasi JKN bisa berlangsung cepat. Pemerintah pun sigap berbenah.

Itulah alasan pemerintah tak buru-buru merevisi Perpres 82/2018, tapi memilih melakukan perbaikan dulu. Mulai dari segmentasi peserta, penyesuaian besaran iuran, integrasikan penduduk yang didaftarkan Pemda, pengaktifan peserta menunggak, perbaikan tata kelola sistem layanan JKN.

"Nah, Perpres 64/2020 terbit dengan pertimbangan matang. Disusun cukup lama. Kok nggak nunggu pandemi berakhir? Lha justru ini ingin memperbaiki ekosistem agar pelayanan selama pandemi pun lebih baik. Ini konsep dan arahnya," dia menandaskan.

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beda Penampilan 7 Penyanyi Solo Cewek Saat SD, Dewi Perssik Bikin Pangling

Posted: 16 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Industri musik Tanah Air memang dipenuhi dengan bakat dan talenta hebat. Salah satu yang kini digandrungi publik adalah penyanyi solo cewek. Ya, tak hanya merdu, paras cantik penyanyi solo cewek nyatanya berhasil menyita perhatian.

Para penyanyi solo cantik Indonesia antara lain Mawar de Jongh, Raisa, Marion Jola dan masih banyak penyanyi lainnya. Kecantikan para penyanyi ini memang sudah terlihat sejak duduk di masa sekolah dasar (SD). Hal itu terbukti dengan foto saat masih SD yang mereka unggah di Instagram. 

Foto saat SD para penyanyi cantik ini viral di Instagram. Banyak netizen berkomentar bahwa kecantikan mereka memang sudah terlihat sedari kecil. Tak hanya cantik, para penyanyi solo ini juga berprestasi sejak SD. Hal itu terbukti dengan foto mereka saat pamer piala setelah memenangkan perlombaan.

Penasaran kan bagaimana beda penampilan penyanyi cantik saat SD? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, beda penampilan penyanyi solo cewek saat SD, Minggu (17/5/2020).

1. Mawar de Jongh, pelantun lagu Lebih dari Egoku ini memang sudah berparas cantik menawan sedari SD.

Beda Penampilan 7 Penyanyi Solo Cewek Saat SD, Dewi Perssik Bikin Pangling (sumber: Instagram.com/mawaries.tng)
Beda Penampilan 7 Penyanyi Solo Cewek Saat SD, Dewi Perssik Bikin Pangling (sumber: Instagram.com/mawaries.tng)

2. Potret masa SD Ashanty menyita perhatian publik. Pasalnya, ia mirip sekali dengan paras anaknya, Arsy.

Beda Penampilan 7 Penyanyi Solo Cewek Saat SD, Dewi Perssik Bikin Pangling (sumber: Instagram.com/ashanty_ash)
Beda Penampilan 7 Penyanyi Solo Cewek Saat SD, Dewi Perssik Bikin Pangling (sumber: Instagram.com/ashanty_ash)

3. Maia Estianty sedari SD memang sudah berkarakter. Ia selalu menguncir kepang rambutnya.

Beda Penampilan 7 Penyanyi Solo Cewek Saat SD, Dewi Perssik Bikin Pangling (sumber: Instagram.com/maiaestiantyreal)
Beda Penampilan 7 Penyanyi Solo Cewek Saat SD, Dewi Perssik Bikin Pangling (sumber: Instagram.com/maiaestiantyreal)

4. Semasa SD, Dewi Perssik pernah menjadi juara 1 lomba nasyid. Penampilannya dulu ini sukses bikin pangling.

Beda Penampilan 7 Penyanyi Solo Cewek Saat SD, Dewi Perssik Bikin Pangling (sumber: Instagram.com/dewiperssikreal)
Beda Penampilan 7 Penyanyi Solo Cewek Saat SD, Dewi Perssik Bikin Pangling (sumber: Instagram.com/dewiperssikreal)

5. Pelantun lagu Mantan Terindah, Raisa, juga sudah terlihat menawan sedari kecil dengan rambut sedaun telinga.

Beda Penampilan 7 Penyanyi Solo Cewek Saat SD, Dewi Perssik Bikin Pangling (sumber: Instagram.com/raisa6690)
Beda Penampilan 7 Penyanyi Solo Cewek Saat SD, Dewi Perssik Bikin Pangling (sumber: Instagram.com/raisa6690)

6. Tak hanya cantik sedari kecil, penyanyi Agnez Mo sudah mengukir prestasi sejak SD.

Beda Penampilan 7 Penyanyi Solo Cewek Saat SD, Dewi Perssik Bikin Pangling (sumber: Instagram.com/agnezmo)
Beda Penampilan 7 Penyanyi Solo Cewek Saat SD, Dewi Perssik Bikin Pangling (sumber: Instagram.com/agnezmo)

7. Kontestan jebolan Indonesian Idol, Marion Jola, saat SD berpenampilan sangat manis saat tersenyum.

Beda Penampilan 7 Penyanyi Solo Cewek Saat SD, Dewi Perssik Bikin Pangling (sumber: Instagram.com/lalamarionmj)
Beda Penampilan 7 Penyanyi Solo Cewek Saat SD, Dewi Perssik Bikin Pangling (sumber: Instagram.com/lalamarionmj)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Grand Canyon Kembali Dibuka di Tengah Pandemi Corona Covid-19

Posted: 16 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah turis siap berkeliaran di  Grand Canyon lagi setelah sebagian tempat itu dibuka kembali pada Jumat, 15 Mei 2020. Namun, ada keberatan dari pejabat Navajo dan lainnya bahwa hal itu dapat merusak upaya untuk mengendalikan virus corona.

Pada pukul 7:30 pagi waktu setempat, lebih dari puluhan wisatawan menikmati sudut pandang di sepanjang South Rim, seperti dilansir dari Fox News, Sabtu, 16 Mei 2020.

Di antara mereka adalah teman Jack Covington dari Texas dan Judy Smith dari Tucson, Arizona. Mereka telah merencanakan perjalanan ke Grand Canyon setahun yang lalu.

Mereka mengubah rencana mereka dan mengunjungi tempat-tempat lain di Arizona utara ketika mereka tahu taman itu akan dibuka.

"Kami pikir kami akan berpetualang dan kami beruntung," kata Smith.

Grand Canyon ditutup sejak 1 April, salah satu taman nasional besar terakhir yang ditutup sepenuhnya untuk pengunjung. Saat itu, pejabat kesehatan di Coconino County mengatakan menjaga taman yang dibuka membahayakan karyawan, penduduk, dan wisatawan.

Kecewa

Sejumlah destinasi tawarkan jalan-jalan secara virtual dengan teknologi terkini yang bisa kamu nikmati di rumah selama pandemi virus corona. (Foto: Unsplash)
Sejumlah destinasi tawarkan jalan-jalan secara virtual dengan teknologi terkini yang bisa kamu nikmati di rumah selama pandemi virus corona. (Foto: Unsplash)

Pejabat taman mengatakan pintu masuk South Rim hanya akan dibuka dari 6-10 pagi sampai Senin. Layanan komersial di dalam taman tetap tertutup.

Itu termasuk jalur pendakian, pusat pengunjung, hotel dan restoran--tempat-tempat orang cenderung berkumpul. Pengunjung diminta membawa makanan, air, dan pembersih tangan.

Taman ini dikunjungi  sekitar 6 juta pengunjung per tahun, yang sebagian besar mengunjungi South Rim. Gerbang masuk itu dibuka pada Jumat, dan wisatawan diizinkan masuk secara gratis. Pengunjung diblokir dari masuk di pintu masuk South Rim untuk membatasi perjalanan melalui Navajo Nation.

Namun, para pejabat di Navajo, yang membentang ke Arizona utara, menyatakan kekecewaannya pada pembukaan kembali Grand Canyon. Setidaknya ada 3.632 kasus positif corona Covid di sana dan 127 kematian, yang juga termasuk bagian dari New Mexico dan Utah.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indira Kalistha 2 Kali Keguguran, Disalahkan Karena Rajin Nge-gym

Posted: 16 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Di balik pernyataan kontroversialnya soal malas cuci tangan dan pakai masker selama wabah Corona Covid-19, Indira Kalistha punya kisah pilu, yakni dua kali keguguran.

Penyebab keguguran Indira Kalistha pun berbeda. Pertama, karena janin gagal berkembang dalam kandungan. Kedua, pembuahan yang tak sempurna dan menyebabkan hamil anggur.

Tragedi ini disikapi Indira Kalistha dan suaminya, Gaufar Sailendra (Utap), dengan tegar. Indira Kalistha mengakui, usai mengalami keguguran ada drama baru. Indira Kalistha disalahkan karena rajin melatih fisik di sasana alias ngegym.

Diomeli Suami

Indira Kalistha. (Foto: Instagram @indirakalistha)
Indira Kalistha. (Foto: Instagram @indirakalistha)

Ini diungkapkannya dalam video "Indira Kalistha Pertama Kali Diwawancara Serius #GritteBukaPraktek" yang diunggah di kanal YouTube Gritte Agatha pada 13 Mei 2020.

"Sebenarnya gue saking penginnya (punya anak), freak banget sampai diomeli sama Aa Utap enggak usah terlalu banyak cari-cari tahu nanti malah jadi pusing sendiri, jadi stres, enggak jadi," ungkap Indira Kalistha.

Suka Banget Anak Kecil

Indira Kalistha. (Foto: Instagram @indirakalistha)
Indira Kalistha. (Foto: Instagram @indirakalistha)

Dua tahun menikah, dua kali keguguran. Bagi orang lain, dua tahun berumah tangga itu baru sebentar. Bagi Indira, dua tahun itu lama. Itu karena ia sangat suka dengan anak kecil.

"Sempat gue merasa gue capai banget sayangin anak orang. Gue sayang banget sama keponakan gue tapi gue pengin punya sendiri," beri tahunya. Saat kabar keguguran ini terekspos, warganet memperingatkan Indira Kalistha soal kebiasaan rajin berolahraga. Beberapa anggota keluarga juga mengingatkan. 

Jadi Keguguran Terus

Indira Kalistha. (Foto: Instagram @indirakalistha)
Indira Kalistha. (Foto: Instagram @indirakalistha)

"Gue enggak freak sih cuma setiap hari gue ngegym sampai sekarang," Indira Kalistha membantah. "Tapi waktu kemarin-kemarin beberapa bulan yang lalu, gue sempat kayak off gitu, karena gue mikir mungkin benar kata orang-orang kalau ngegym itu bikin gue jadi enggak bisa punya anak. Jadi keguguran terus," imbuhnya.

Vakum dua bulan, Indira Kalistha malah kepikiran. Ia merasa dengan melatif fisik, batinnya bahagia.

 

Biar Allah yang Membereskan

Indira Kalistha. (Foto: Instagram @indirakalistha)
Indira Kalistha. (Foto: Instagram @indirakalistha)

"Orang-orang tuh banyak banget yang bilang, lagian ngegym. Perempuan tuh jangan ngegym jangan angkat beban segala macam. Terus seminggu sebelum keguguran itu, gue ngegym jadi kayak disalahin banget," Indira Kalistha menambahkan.

Ia tak mau menyalahkan olahraga, diri sendiri, maupun suami. "Kalau gue ada yang enggak beres atau Aa Utapnya ada yang enggak beres, nanti kalau udah waktunya pasti Allah beresin," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Jenis Makanan yang Wajib Ada Saat Sahur, Perhatikan Nutrisi

Posted: 16 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jenis makanan yang wajib ada saat sahur harus diperhatikan nutrisinya. Menjaga asupan makanan dan minuman dengan mempertimbangkan gizinya saat berpuasa sangat penting diterapkan. Hal ini agar ibadah puasa tetap lancar.

Kunci kesegaran dan kebugaran tubuh selama menjalani ibadah puasa terletak pada menu sahur. Dengan pilihan makanan yang tepat, kamu bisa menjalani puasa tanpa hambatan. Pastikan menu sahur yang sehat tersaji di meja makan keluarga setiap harinya.

Jenis makanan yang wajib ada saat sahur terdiri dari berbagai makanan sehat ditambah asupan cairan yang cukup. Dengan mencukupi berbagai kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan tubuh selama puasa, khususnya di waktu sahur, maka kesehatan tubuh akan tetap terjaga.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang jenis makanan yang wajib ada saat sahur dari berbagai sumber, Senin (11/5/2020).

Karbohidrat Kompleks

Nasi merah./Copyright shutterstock.com/g/THaNtHiMa
Nasi merah./Copyright shutterstock.com/g/THaNtHiMa

Jenis makanan yang wajib ada saat sahur adalah karbohidrat kompleks. Nutrisi ini sangat penting dalam menyediakan energi untuk beraktivitas selama bulan Ramadan. Karbohidrat kompleks lebih baik dari karbohidrat sederhana karena dapat dicerna lebih perlahan dan energi yang dikandungnya juga dilepaskan dengan bertahap.

Itulah sebabnya konsumsi karbohidrat kompleks saat sahur akan menjaga tubuh tetap berenergi sepanjang hari. Contoh karbohidrat kompleks yaitu nasi merah, nasi hitam, dan kentang yang direbus dengan kulitnya.

Mekanisme kerja kerbohidrat kompleks berbeda dengan karbohidrat sederhana. Karbohidrat sederhana melepaskan energi dalam jumlah besar secara singkat, dan menurun drastis setelahnya. Contoh karbohidrat sederhana yang sebaiknya dihindari adalah nasi putih, roti putih, dan gula putih.

Serat

serat (sumber: istockphoto)
serat (sumber: istockphoto)

Jenis makanan yang wajib ada saat sahur selanjutnya adalah serat. Hal ini berkaitan dengan masalah pencernaan yang sering terjadi di bulan puasa. Serat dapat melancarkan dan menyehatkan pencernaan kamu.

Agar pencernaan tetap sehat dan lancar selama bulan puasa, sediakan serat dalam menu sahur kamu. Serat dapat diperoleh dari sayur-sayuran, buah-buahan, gandum, biji-bijian dan kacang-kacangan.

Protein

Protein / Sumber: iStockphoto
Protein / Sumber: iStockphoto

Protein merupakan salah satu jenis makanan yang wajib ada saat sahur. Nutrisi satu ini memiliki fungsi untuk menggantikan sel-sel rusak. Dengan pergantian atau regenerasi ini, kerja seluruh sistem tubuh tetap terjaga optimal, sekalipun saat berpuasa.

Oleh karena itu, pastikan menu sahur kamu mengandung cukup protein. Bahan makanan yang tinggi protein yakni telur, ayam, ikan, tempe tahu, dan daging.

Sayur dan Buah

ilustrasi Sayur dan Buah/copyright by Beboopai (Shutterstock)
ilustrasi Sayur dan Buah/copyright by Beboopai (Shutterstock)

Sayur dan buah bisa menjadi jenis makanan yang wajib ada saat sahur paling penting. Hal ini karena sayur dan buah memiliki kadar air yang tinggi hingga kandungan serat yang dibutuhkan saat sahur.

Selain kadar airnya tinggi, sayur dan buah juga kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang mampu menjaga kebugaran tubuh selama puasa. Variasikan jenis sayur dan buah saat sahur agar nutrisi yang diperoleh juga beraneka ragam dan terjaga kelengkapannya.

Kamu bisa mengonsumsi sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kangkung saat sahur. Zat besi yang terkandung dalam sayuran berdaun hijau dipercaya dapat meningkatkan produksi sel darah merah yang membantu mengalirkan energi ke sel-sel dalam tubuh, sehingga energi tetap terjaga.

Sedangkan untuk buah, salah satu buah yang dapat kamu jadikan alternatif adalah apel. Buah ini mengandung banyak serat dan karbohidrat. Mengonsumsi apel saat sahur dapat memberikan tambahan energi bagi tubuh, sehingga kamu akan terhindar dari lemas yang mengganggu kegiatan sehari-hari selama berpuasa.

Namun, hindari buah yang rasanya masam karena akan memicu produksi asam lambung yang berlebih, apalagi bila dimakan saat perut dalam keadaan kosong.

Air Putih

Air Putih / Sumber: iStockphoto
Air Putih / Sumber: iStockphoto

Selain jenis makanan yang wajib ada saat sahur tersebur, mencukupi kebutuhan cairan tubuh saat sahur juga sangatlah penting. Cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum 4–6 gelas air putih saat sahur dan buka puasa.

Pastikan air putih tak ditambah sirup atau gula. Dengan jumlah cairan yang cukup dalam tubuh, tubuh akan tetap sehat dan kuat selama puasa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tagar Hari Buku Nasional Puncaki Trending Topic di Twitter

Posted: 16 May 2020 09:28 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seperti tahun-tahun sebelumnya, 17 Mei selalu diperingati oleh masyarakat, khususnya pencinta buku di Indonesia sebagai Hari Buku Nasional.

Bertepatan dengan tanggal berdirinya Perpustakaan Nasional, 17 Mei ditetapkan sebagai Hari Buku Nasional dalam upaya untuk menggenjot minat baca masyarakat yang masih tergolong rendah.

Tak hanya itu, peringatan Hari Buku Nasional ini juga bertujuan untuk memperkenalkan kepada masyarakat tentang kekuatan buku yang mampu mengubah hidup menjadi lebih baik.

Keramaian menyambut Hari Buku Nasional pun tampak membanjiri lini masa Twitter. Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com, Minggu (17/5/2020), tagar Hari Buku Nasional (#HariBukuNasional) sudah puncaki trending topic.

Bagaimana ungkapan warganet dalam memperingati Hari Buku Nasional hari ini.

Merdekakan Pikiran

Berbagi Judul Buku Favorit

(Ysl/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Video Pengancaman Sopir Truk di Tebing Tinggi, Pelaku Tertunduk Minta Maaf

Posted: 16 May 2020 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Tebing Tinggi Video aksi pungutan liar (pungli) disertai ancaman terhadap sopir truk beredar luas dan sempat viral di media sosial Instagram dan Facebook. Video erdurasi sekitar 30 detik direkam oleh sopir truk dan diunggah oleh salah satu akun Instagram atas nama @sorotmedan.

Keterangan di akun tersebut tertulis, "LAGI! AKSI PUNGLI PADA SUPIR TRUK TERJADI DI TEBING TINGGI. Aksi pemalakan berhasil direkam salah satu pengemudi truk, Rabu (13/5/2020). Terlihat si pemalak memaksa meminta uang dengan kata-kata kasar ke supir truk."

Di akhir keterangan juga tertulis lokasi kejadian, yaitu di Simpang Pajak Baru, Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara. Akun @sorotmedan merepost postingan dari akun @viralterkini99.

Dalam video tersebut tampak seorang pria berbaju biru dan penutup kepala berupa kain berwarna hijau berdiri di luar truk dan berbicara dengan sopir truk yang tetap berada di dalam mobilnya sambil merekam.

"Minta waktu kau untuk gotong royong, bukan duit kau kuminta. Nggak ada, ko sekopkan dulu itu," ucap pria tersebut kepada sopir, bahkan pria tersebut sempat mengeluarkan kata-kata kasar.

"Kelen ya, waktu kelen aja untuk nyangkol itu nggak mau kelen. Nanti kupecahkan mobilmu, mau. Nanti lewat sana? Ko kasih dulu, kasih dulu uang minyak," kata pria tersebut.

Kasat Reskrim Polres Tebing Tinggi, AKP Wirhan Arif mengatakan, terkait video viral tersebut, pada Kamis, 14 Mei 2020, pihaknya bergerak cepat dan mengamankan 3 pria, berinisial MSS alias Pii (36) warga Desa Paya Pinang Kecamatan, Tebing Syahbandar, Kabupaten Serdang Bedagai.

Kemudian RA alias Ai (37) warga Kelurahan Tanjung Marulak, Kecamatan Rambutan, Kota Tebing Tinggi, dan ES alias Aseng warga Kelurahan Bulian, Kecamatan Bajenis, Kota Tebing Tinggi.

Diterangkan Wirhan, pemerasan disertai ancaman dilakukan terhadap sopir truk terjadi di Jalan Kutilang, Kelurahan Lubuk Raya, Kecamatan Bajenis, Kota Tebing Tinggi, tepatnya di depan Pasar Induk Baru.

"Mereka melakukan pungutan liar tersebut dengan cara menyediakan kotak kardus di pinggir jalan yang rusak dan berlubang," kata Wirhan, Minggu (17/5/2020).

 

Permohonan Maaf

Tampak kegarangan ketiga pelaku hilang, dan sesekali tertunduk saat menyampaikan permohonan maaf.
Tampak kegarangan ketiga pelaku hilang, dan sesekali tertunduk saat menyampaikan permohonan maaf.

Diterangkan Kasat Reskrim, dari keterangan para pelaku, mereka berinisiatif menimbun jalan yang berlubang menggunakan pasir dan batu. Mereka mengarahkan agar setiap mobil angkutan yang melintas untuk mengisi kotak kardus dengan uang.

"Nah, yang mukanya viralitu bernama Pii. Dia ngaku marah karena salah satu sopir truk tidak mau memberi kontribusi berupa uang," terangnya.

Atas tindakan ketiga pria tersebut, dilakukan pengamanan dan selanjutnya pembinaan dan meminta mereka membuat pernyataan agar meminta maaf kepada warga masyarakat, karena telah membuat keresahan.

"Mereka berjanji tidak akan melakukannya lagi, serta meminta agar perbuatan mereka tidak ditiru. Supaya hal serupa tidak terjadi lagi, kami terus melaksanakan patroli," ucapnya.

Di video permintaan maaf, yang juga ditayangkan akun Instagram @sorotmedan, dan juga viral, tampak kegarangan ketiga pelaku hilang, dan sesekali tertunduk saat menyampaikan permohonan maaf.

"Sehubungan dengan viralnya video mengenai pungutan liar yang kami lakukan di Jalan Kutilang, Tebing Tinggi, kami menyesal dan meminta maaf kepada warga masyarakat Tebing Tinggi atas perbuatan kami yang telah meresahkan masyarakat, dan kami berjanji tidak akan mengulangi lagi. Mohon perbuatan kami jangan ditiru, sekian dan terima kasih," ucap ketiganya secara bersamaan.

Saksikan juga video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aksi Pembalap di MotoGP Virtual Race Jilid IV Pantas Ditunggu, Cek Link Live Streamingnya

Posted: 16 May 2020 09:20 PM PDT

Jakarta MotoGP Virtual Race memasuki jilid IV pada malam nanti. Kali ini, event Esport yang diikuti para pembalap MotoGP ini bakal berlangsung di sirkuit Misano, San Marino.

Dimulai pukul 20.00 WIB, tercatat sebelas pembalap akan saling sikut untuk menempati posisi pertama pada MotoGP Virtual Race Jilid IV.

Pertanyaan paling menarik dari event kali ini apakah tren juara baru setiap putarannya akan kembali terjadi.

Untuk diketahui pada jilid pertama, pembalap Repsol Honda, Alex Marquez keluar sebagai pemenang. Kemudian jilid kedua, giliran pembalap tim satelit Pramac Ducati, Pecco Bagnaia yang finis pertama.

Terbaru pada MotoGP Virtual Race jilid ketiga, posisi teratas diisi pembalap Yamaha, Maverick Vinales. Menariknya ketiga nama di atas akan sama-sama tampil di jilid keempat.

Siapa Kandidat Juara Baru?

Pembalap Pramac Racing, Pecco Bagnaia berlatih game MotoGP menuju MotoGP Virtual Race. (Twitter/Pecco Bagnaia)
Pembalap Pramac Racing, Pecco Bagnaia berlatih game MotoGP menuju MotoGP Virtual Race. (Twitter/Pecco Bagnaia)

Tentunya jika tren pembalap berbeda jadi pemenang kembali terjadi di edisi keempat, maka pemenangnya bukan lagi Bagnaia, Alex maupun Vinales.

Lantas siapa kandidat juara baru? Nama Fabio Quartararo layak dikedepankan. Karena Quartararo memang sangat cepat pada lap tunggal saat memainkan game MotoGP.

Jangan lupakan juga nama Valentino Rossi. Sejauh ini, Rossi memang belum bisa kompetitif. Tapi ia mengaku telah banyak melakukan latihan untuk meningkatkan skill.

Sebagai juara dunia MotoGP 2019, nama Marc Marquez tentu juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Marquez mengaku semakin sering berlatih memainankan game MotoGP.

Utamanya ia menyebut semakin beradaptasi dengan game MotoGP20 yang akan dimainkan pada kesempatan nanti.

"Dengan game baru, saya pikir saya semakin dekat dengan pembalap terbaik. Sejak saya memulai bermain MotoGP20, hal kurang lebih sama selalu terjadi," Marquez menuturkan.

Daftar Pembalap dan Link Live Streaming

Jalannya persaingan MotoGP Virtual Race Jilid I yang dimenangkan Alex Marquez. (Twitter/MotoGP)
Jalannya persaingan MotoGP Virtual Race Jilid I yang dimenangkan Alex Marquez. (Twitter/MotoGP)

Berikut link live streaming yang bisa Anda pilih untuk menyaksikan MotoGP Virtual Race Jilid IV, silahkan klik di sini.

Repsol Honda Team – Marc Marquez dan Alex Marquez

Monster Energy Yamaha MotoGP – Maverick Vinales dan Valentino Rossi

Ducati Team – Michele Pirro

Team Suzuki Ecstar – Joan Mir

Aprilia Racing Team Gresini – Lorenzo Savadori

Petronas Yamaha SRT – Fabio Quartararo

Pramac Racing – Franceso Bagnaia

LCR Honda Idemitsu – Takaaki Nakagami

Reale Avintia Racing – Tito Rabat

Sumber: MotoGP.com

Disadur dari Bola.com (Hendry Wibowo,published 17/5/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menggemasakan, Ini 6 Gaya Terbaru Kiano Tiger Wong Anak Baim Wong Berambut Botak

Posted: 16 May 2020 09:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tingkah laku menggemaskan anak-anak memang kerap mencuri perhatian publik. Salah satunya ialah putra dari pasangan selebriti Baim Wong dan Paula Verhoeven, Kiano Tiger Wong. Penampilan Kiano memang selalu menjadi sorotan publik.

Baik Baim maupun Paula juga sering kali mengunggah potret sang anak di akun Instagram masing-masing. Beberapa waktu lalu, penampilan dari Kiano Tiger Wong pun kembali menjadi sorotan. Pasalnya, pada unggahan Baim Wong di akun Instagram pribadinya sang anak saat ini terlihat tampil dengan rambut botak. 

Sontak saja penampilan dari putra pasangan selebriti ini jadi sorotan. Tak sedikit pula netizen yang menganggap jika penampilan Kiano dengan rambut botaknya terlihat semakin menggemaskan.

Bukan hanya mengunggah foto Kiano di akun Baim Wong dan Paula. Akan tetapi, foto-foto penampilan terbaru dari anak selebriti Kiano Tiger Wong juga diunggah melalui akun Instagram pribadi sang anak.

Penasaran bagaimana menggemaskannya penampilan terbaru anak pasangan selebriti Baim Wong dan Paula Verhoeven, Kiano Tiger Wongdengan rambut botak? Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (17/5/2020) berikut ini beberapa potret terbaru Kiano Tiger Wong yang semakin menggemaskan.

1. Ini dia penampilan terbaru dari Kiano Tiger Wong.

Kiano Tiger Wong (Sumber: Instagram/kianotigerwong)
Kiano Tiger Wong (Sumber: Instagram/kianotigerwong)

2. Foto Kiano dengan rambut botaknya pun sukses mencuri perhatian publik.

Kiano Tiger Wong (Sumber: Instagram/baimwong)
Kiano Tiger Wong (Sumber: Instagram/baimwong)

3. Tak sedikit pula yang menganggap jika Kiano terlihat semakin menggemaskan loh.

Kiano Tiger Wong (Sumber: Instagram/kianotigerwong)
Kiano Tiger Wong (Sumber: Instagram/kianotigerwong)

4. Baim dan Paula pun kompak mengunggah foto botak sang anak di akun Instagram masing-masing.

Kiano Tiger Wong (Sumber: Instagram/baimwong)
Kiano Tiger Wong (Sumber: Instagram/baimwong)

5. Kiano Tiger Wong sendiri memang telah menyita perhatian publik semenjak kelahirannya.

Kiano Tiger Wong (Sumber: Instagram/paula_verhoeven)
Kiano Tiger Wong (Sumber: Instagram/paula_verhoeven)

6. Ekspresi menggemaskan dari Kiano pun kerap mendapat pujian dari netizen.

Kiano Tiger Wong (Sumber: Instagram/baimwong)
Kiano Tiger Wong (Sumber: Instagram/baimwong)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Quraish Shihab: Baik Buruk Pasanganmu, Hargailah Dia

Posted: 16 May 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pendiri Pusat Studi Alquran Quraish Shihab mengungkap salah satu cerita seorang bijak di saat melihat kecantikan seorang perempuan. 

"Aku melihat seorang yang cantik, tetapi suaminya berpenampilan buruk," ucap orang bijak itu. 

Dia lalu bertanya kepada perempuan tersebut,"Apakah engkau rela menjadi pendamping hidup suamimu itu," katanya. 

Wanita itu, kata Quraish Shihab lalu menjawab,"Boleh jadi suamiku berbakti kepada Allah, sehingga aku dijadikan ganjaran baginya. Dan boleh jadi aku durhaka, sehingga ia dijadikan pendampingku."

Aku mengharap, lanjut wanita itu,"Kami berdua suami istri masuk surga sebagai ganjaran kesabaran dan kerelaanku hidup bersamanya dan kesyukurannya memperolehku."

Bukankah syukur dan sabar, kunci-kunci surga? Dan bukankah di surga semua akan indah dan semua akan puas. Demikian cerita Quraish Shihab tentang rahasia kecantikan seorang wanita. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Ban Serep, James Rodriguez Disarankan Gabung Atletico Madrid

Posted: 16 May 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Masa depan James Rodriguez di Real Madrid sejauh ini sangat tidak pasti. Bintang Kolombia itu terus dikaitkan dengan kepindahan dari klub.

Atletico Madrid dinilai sebagai klub yang tepat untuknya. Opini itu disuarakan oleh mantan pemain Kolombia, John Restrepo.

Pemain berusia 28 tahun itu banyak dikaitkan dengan kepindahan dari Madrid pada musim panas lalu. Itu setelah sang pemain kembali dari masa pinjaman selama dua tahun di Bayern Muenchen.

Namun, Zinedine Zidane memilih untuk mempertahankannya di Santiago Bernabeu. Sayangnya, kesempatan bermain gelandang asal Kolombia itu terbatas pada musim 2019-20.

James Rodriguez hanya menjadi starter empat kali di La Liga musim ini. Dengan kontraknya berakhir pada Juni 2021, Los Blancos bisa menjualnya dalam beberapa bulan mendatang.

Atletico Madrid hanyalah salah satu tim yang dikaitkan dengan kepindahan Rodriguez. Dua klub LPremier League Arsenal dan Everton juga mengawasinya.

Restrepo merasa pindah ke Ateletico sangat masuk akal bagi Rodriguez. Sebab, sang perlu menemukan klub dan manajer yang percaya dengannya.

"James adalah pemain hebat yang mengalami kesulitan, apa yang mereka katakan tentang dia, apa yang mereka spekulasikan adalah sesuatu yang tidak terlalu positif, tetapi dia punya bakat," kata Restrepo kepada Caracol.

"Jika James Rodriguez pergi dan dia bersama seorang pelatih yang mempercayai dirinya, dia akan dapat bermain secara normal. Dia sudah ada selama bertahun-tahun dan tahu apa yang dipertaruhkan."

Harus Bermain

(AFP/Gerard Julien)
(AFP/Gerard Julien)

Menurut Restrepo, Rodriguez harus kembali bermain secara rutin. Dengan begitu, sang pemain bisa mendapatkan kembali kepercayaan dirinya.

"Dia telah berada di Eropa selama bertahun-tahun dan bergabung dengan Atletico akan menjadi penting. Apa yang dia butuhkan adalah bermain, untuk memiliki kepercayaan diri lagi, untuk membungkam begitu banyak hal yang dikatakan tentang dia di luar lapangan dan mendedikasikan dirinya hanya untuk bermain."

"Jika Anda mendapat dukungan dari pelatih, dari klub yang membuka pintu bagi Anda, itu memberi Anda kesempatan untuk bermain, itulah yang Anda butuhkan. Seorang pemain tanpa kompetisi tidak sama. Jika ini terjadi dan dia memanfaatkan kesempatan itu, itu bisa sangat penting baginya."

Klasemen Liga Spanyol

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi: Pembuang Jasad Bayi di Kotak Sepatu 2 Pria Berboncengan Pakai Motor

Posted: 16 May 2020 09:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Polisi memburu pelaku yang membuang jasad bayi berjenis kelamin laki-laki. Jasad itu dimasukkan ke dalam kardus sepatu dan diberikan kepada seorang pengendara sepeda motor berinisial FL di Jalan Raya Hankam, Cipayung, Jakarta Timur.

Wakapolres Metro Jakarta Timur AKBP Steven Tamutuan menjelaskan pelakunya dua orang berboncengan naik motor matic.

"Menurut keterangan FL, yang memberikan kotak sepatu itu dua orang laki-laki berboncengan sepeda motor," kata dia saat dikonfirmasi, Minggu (17/5/2020).

Steven mengatakan, ciri-ciri pelaku masih belum terlalu jelas sebab saat itu, wajah kedua pelaku tertutup dengan masker. Selain itu, penerima kardus berisi jasad bayi laki-laki juga tak melihat pelat nomor kendaraan yang terpasang di sepeda motor pelaku.

"Korban tidak tahu persis (ciri fisik) karena pelaku pakai masker dan helm. Korban juga tidak sempat lihat pelat nomor," ujar dia.

Dalam kasus ini, Steven menyebut telah memeriksa tiga orang saksi. Di antaranya pengendara yang menerima kardus berisi jasad bayi yaitu FL, dan orangtuanya. "Ada tiga saksi yang sudah dimintai keterangan," ucap Steven.

Jasad bayi dibawa ke RS Polri

Ilustrasi Bayi (iStockphoto)
Ilustrasi Bayi (iStockphoto)

Sebelumnya, pengendara sepeda motor berinisial FL, menerima sebuah kotak sepatu dari orang tidak dikenal saat menepi di terowongan Ceger, Jalan Raya Hankam, Cipayung, Jakarta Timur, pada Jumat 15 Mei 2020, sekitar pukul 22.45 WIB.

Saat itu, FL hendak mengenakan headset. Tidak lama, didatangi pengendara sepeda motor lain yang berboncengan dan mengenakan masker memberikan bungkusan kardus sepatu.

Saat dibuka, ternyata isinya bayi laki-laki dalam keadaan meninggal dunia. Jasad bayi itu pun dikirim ke Rumah Sakit Soekanto untuk dilakukan autopsi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Perwira Polisi Ditabrak Pembalap Liar

Posted: 16 May 2020 09:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Polres Metro Jakarta Pusat menggelar razia balap liar di Bunaran HI. Dalam operasi tersebut 1 orang perwira polisi ditabrak oleh pelaku balap liar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Saat Genting Penentuan Hidup Mati Pasien Corona

Posted: 16 May 2020 09:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Di tengah wabah corona, tim medis kerap harus berhadapan dengan keputusan genting yang dapat mempengaruhi hidup para pasien yang terinfeksi virus corona.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Pria Nekat Tato Bola Mata dan Tanam Magnet di Tangan

Posted: 16 May 2020 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang pria asal India Amerika Serikat bernama Brett Wood nampaknya sangat cinta dengan tato. Dia telah menutupi tubuhnya dengan lebih dari 50 tato.

Tak hanya itu, dia bahkan nekat menato bola matanya dan juga menanam magnet di tangannya.

Artikel tentang pria yang nekat menato bola mata serta menanam magnet di tangannya tersebut menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Disusul dengan artikel tentang deetan potret kucing manja yang kerap buat tuannya kerepotan. Sementara itu artikel terpopuler ketiga tentang deretan potret yang menunjukkan bahwa harapan tak selalu sesuai dengan kenyataan.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Tak Cuma Tubuh, Pria Ini Juga Tato Matanya dan Tanam Magnet di Tangan

Doc: Unilad
Doc: Unilad

Seorang pria tubuhnya ditutupi lebih dari 50 tato dari wajahnya hingga kakinya. Tak hanya itu, ia juga memiliki implan magnet di bawah kulit tangannya yang ia sebut 'indra keenam.

Brett Wood (30) mulai mendapatkan tato pertama pada ulang tahunnya yang ke-18. Sejak saat itu, ia telah memiliki berbagai macam tato di tubuhnya, dari mawar sampai UFO. Padahal dulu ia tak pernah berpikir akan menato tubuhnya sedemikian banyaknya.

Selengkapnya…

2. 7 Potret Kucing Manja, Suka Bikin Repot Tuannya

Doc: Brightside.me
Doc: Brightside.me

Memelihara kucing beda dengan memelihara anjing. Anjing adalah hewan yang penurut dan mau diperintah apa saja. Beda dengan kucing. Saat memeliharanya, seringkali tanpa disadari justru Anda yang diperbudak olehnya.

Berikut ini potret beberapa kucing manja yang berhasil memperbudak tuannya. Dihimpun dari Brightside.me, ini dia.

Selengkapnya…

3. 7 Potret Ini Tunjukkan Harapan Seringkali Tak Sesuai Kenyataan

Doc: Brightside.me
Doc: Brightside.me

Saat harapan tak sesuai dengan kenyataan, tentu ada rasa kecewa. Bila hal itu terjadi, lebih baik tak terlalu dimasukkan ke hati dan menertawakannya.

Apalagi bila menyangkut dalam membeli sesuatu. Seringkali yang Anda dapatkan tak sesuai harapan atau gambaran si penjual.

Selengkapnya…

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BMKG Juanda: Surabaya Bakal Cerah hingga Sore Hari

Posted: 16 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda memprediksi cuaca di Surabaya, Jawa Timur cerah berawan pada Minggu (17/5/2020).

Mengutip laman BMKG Juanda, Surabaya berpeluang cerah pada pukul 13.00 WIB. Kemudian pada pukul 16.00 WIB, cuaca sebagian besar di Surabaya akan cerah berawan.

Demikian juga pada pukul 22.00 WIB. Sedangkan pada pukul 19.00 WIB, cuaca akan berawan. Suhu di Surabaya akan berada di kisaran 26-32 derajat celsius dengan kecepatan angin 20 KM per jam. Kelembaban 70-95 persen.

Di Sidoarjo, cuaca akan cerah pada pukul 13.00 dan 16.00 WIB. Sedangkan pukul 19.00 dan 22.00 WIB akan cerah berawan. Suhu di Sidoarjo akan berada di kisaran 25-34 derajat celsius dengan kecepatan angin 20 KM per jam. Kelembaban akan berada di kisaran 70-95 persen.

Sementara itu, cuaca di Lamongan akan cerah berawan dari siang hari hingga malam hari. Suhu di Lamongan akan berada di kisaran 25-34 derajat celsius dengan kecepatan angin 20 KM per jam. Kelembaban di Lamongan berada di kisaran 70-100 persen.

Di Gresik, cuaca akan cerah pada pukul 13.00 WIB. Sedangkan pada pukul 16.00 akan cerah berawan dan 19.00 WIB akan berawan. Pada malam hari di Gresik berpeluang hujan lokal. Suhu akan berada di kisaran 26-34 derajat celsius dengan kecepatan angin 20 KM per jam. Kelembaban berada di kisaran 80-95 persen.

Waspadai Hujan Intensitas Sedang hingga Lebat

Ilustrasi Hujan (iStockphoto)
Ilustrasi Hujan (iStockphoto)

BMKG Juanda juga merilis peringatan dini tiga harian untuk waspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada siang hingga sore hari di Kabupaten Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, dan Situbondo. Sedangkan di malam hari di Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo dan Lumajang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penerimaan Sampel COVID-19 di Laboratorium Kemenkes Buka 24 Jam Sehari dan 7 Hari Seminggu

Posted: 16 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sempat viral kemarin, penerimaan sampel pemeriksaan COVID-19 di laboratorium Kementerian Kesehatan rupanya buka selama 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu.

Artinya, pada saat libur Idul Fitri 2020, laboratorium Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Jakarta milik Kementerian Kesehatan tetap memberikan pelayanan penerimaan sampel COVID-19.

Keterangan tersebut diterima Health Liputan6.com melalui sebuah surat edaran tertanggal 16 Mei 2020. Isi surat yang juga sudah dikonfirmasi Kementerian Kesehatan dalam laman media sosialnya, sebagai berikut:

 

Merujuk surat kami No. UM.01.05/I.1/3692/2020 tanggal 15 Mei 2020, Perihal: Surat Pemberitahuan Penerimaan Sampel, dengan ini kami beritahukan bahwa mengingat masih berlanjutnya Pandemi COVID-19 dan pentingnya pemeriksaan sampel COVID-19, maka BBTKLPP Jakarta tetap melakukan pelayanan sebagaimana biasanya, yaitu penerimaan sampel 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu.

Demikianlah agar para Pelanggan maklum dan terima kasih atas kepercayaannya pada pelayanan BBTKLPP Jakarta.

 

Surat pemberitahuan di atas ditandatangani Kepala BBTKLPP Jakarta Naning Nugrahini.

 

Viral Penerimaan Sampel Libur

Beredar viral surat edaran BBTKLPP Jakarta yang menyebut, penerimaan sampel COVID-19 diliburkan, terakhir pada 20  Mei 2020 dan kembali dibuka pada 26 Mei 2020. Kementerian Kesehatan menyebut, pemberitahuan tersebut tidak benar. (Dok Istimewa)
Beredar viral surat edaran BBTKLPP Jakarta yang menyebut, penerimaan sampel COVID-19 diliburkan, terakhir pada 20 Mei 2020 dan kembali dibuka pada 26 Mei 2020. Kementerian Kesehatan menyebut, pemberitahuan tersebut tidak benar. (Dok Istimewa)

Sebelumnya, beredar viral surat penerimaan sampel dari BBTKLPP Jakarta yang menyatakan, penerimaan sampel COVID-19 di sana diliburkan selama momen Hari Raya Idul Fitri 2020. Bahwa penerimaan sampel terakhir BBTKLPP Jakarta pada 20 Mei 2020 dan kembali dibuka 26 Mei 2020.

Kementerian Kesehatan menampik adanya informasi tersebut. Juru Bicara Penanganan COVID-19 di Indonesia Achmad Yurianto menerangkan, informasi yang beredar viral soal libur penerimaan sampel tidak benar. Hal ini juga ditegaskan dalam laman media sosial Kementerian Kesehatan.

BBTKLPP Jakarta tetap membuka pelayanan penerimaan sampel selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu.

Adapun isi surat edaran yang beredar viral, sebagai berikut:

Bersama ini diberitahukan bahwa dalam rangka libur Hari Raya Idul Fitri tahun 1441 H, maka penerimaan sampel COVID-19 di lingkungan BBTKLPP Jakarta diterima terakhir pada tanggal 20 Mei 2020 pukul 12.00 WIB. Penerimaan sampel akan dibuka lagi pada tanggal 26 Mei 2020.
Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.

Surat di atas bertanggal 15 Mei 2020.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Keyword Indonesia Terserah Trending Topic di Twitter

Posted: 16 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Reaksi warganet terhadap kondisi masyarakat Indonesia yang tampak tidak peduli terhadap aturan PSBB di tengah pandemi Covid-19, menjadi sorotan pembaca kanal Tekno Liputan6.com, Sabtu (16/5/2020).

Artikel lain yang juga menjadi sorotan, termasuk mantan Menkominfo Rudiantara sedang menyiapkan obat Covid-19, dan Bukalapak salurkan 10 paket sembako di tengah pandemi.

Lebih lengkapnya simak berita berikut ini.

1. Warganet Serukan Indonesia Terserah di Twitter

Topik soal Indonesia Terserah kini sedang banyak dibicarakan warganet di media sosial, terutama Twitter. Bahkan dari pemantauan Tekno Liputan6.com, Sabtu (16/5/2020), tagar dengan topik serupa sempat menjadi Trending Topic di Indonesia.

Adapun topik atau tagar itu muncul sebagai bentuk kekesalan warganet, termasuk banyak di antaranya petugas kesehatan, terhadap kondisi masyarakat Indonesia di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

Salah satu faktor yang diketahui sempat memicu tagar ini adalah tangkapan gambar kondisi Bandara Soekarno Hatta yang disesaki penumpang beberapa hari lalu dan ramai di media sosial.

Baca Selengkapnya di Sini

 

2. Mantan Menkominfo Rudiantara Lakukan Uji Coba Obat Covid-19

Rudiantara memang saat ini sudah tidak lagi menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo).

Meski sudah lama tidak terdengar kabarnya, pria yang akrab disapa Chief RA ini ternyata masih disibukkan oleh berbagai kegiatan.

Salah satu kegiatan tersebut adalah kesibukan mengembangkan dan menyiapkan obat virus corona Covid-19.

Baca Selengkapnya di Sini

 

3. 50 Warung Mitra Bukalapak Salurkan 10 Ribu Paket Sembako di Tengah Pandemi

Melalui program pilot penyaluran bantuan sosial (bansos), 50 Warung Mitra Bukalapak (MBL) penuhi kebutuhan pangan harian warga miskin di tengah pandemi.

Sebagai wujud nyata komitmen memberdayakan warung di tengah masa pandemi, Bukalapak sudah menyalurkan 10 ribu paket sembako.

Warung MBL sendiri dipilih sebagai titik distribusi bantuan dikarenakan oleh sejumlah faktor pendukung program pilot tersebut.

Baca Selengkapnya di Sini

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jovic Jadi Pengganti Aubameyang di Arsenal?

Posted: 16 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, London - Arsenal akan mengejar striker Real Madrid Luka Jovic, jika kapten Pierre-Emerick Aubameyang memilih untuk meninggalkan The Gunners pada musim panas ini.

Aubameyang sudah dikaitkan dengan kepindahan menuju ke Real Madrid dan Barcelona dalam beberapa pekan terakhir. Sang pemain dirumorkan telah menolak untuk memperpanjang kontraknya dengan The Gunners.

Kontrak pemain internasional Gabon itu di Stadion Emirates akan berakhir pada Juni 2021. The Gunners bisa mendapat sekitar 45 juta euro jika menjual Aubameyang sebelum musim baru.

Jika Aubameyang meninggalkan London Utara, Arsenal sudah menetapkan penggantinya. Menurut laporan Diario Sport, manajer Arsenal Mikel Arteta telah memilih Jovic sebagai suksesor Aubameyang.

Jovic sendiri baru bergabung dengan Real Madrid pada musim ini setelah ditebus dari Eintracht Franfurt senilai 60 juta euro. Akan tetapi, penampilannya masih jauh dari harapan.

Jovic digadang-gadang sebagai striker masa depan Madrid. Namun, pemain Serbia itu hanya mampu mencetak dua gol dari 24 penampilan di semua kompetisi.

Madrid bisa menjual Jovic ke Arsenal setelah sang pemain mengalami kesulitan di La Liga. Namun, Madrid menginginkan biaya tidak sedikit untuk sang pemain.

 

Bersaing dengan Milan

(AFP/Oscar Del Pozo)
(AFP/Oscar Del Pozo)

Arsenal tak akan sendirian dalam mengejar tanda tangan Jovic. The Gunners akan bersaing ketat dengan AC Milan.

Klub Serie A itu juga dilaporkan tertarik memboyong Jovic. Rossoneri bisa menyaingi Arsenal dengan tawaran sebesar 45 juta euro.

Klasemen Liga Inggris

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Teka-Teki Pelaku Pembakaran Wanita Muda di Sukabumi, Orang Terdekat?

Posted: 16 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Sukabumi - Satuan Reserse dan Kriminal (Reskrim) Polres Sukabumi Kota memburu pelaku yang membakar hidup-hidup seorang wanita muda di Kompleks Pasar Tipar Kota Sukabumi, Jawa Barat pada Jumat (15/5) dini hari.

"Kami sudah mengantongi identitas pelaku yang membakar wanita muda tersebut, dan tim saat ini sedang memburu pelakunya diharapkan tidak lama bisa ditangkap," kata Kapolres Sukabumi Kota AKBP Wisnu Prabowo, di Sukabumi, Jumat.

Informasi yang dihimpun, pembakaran tersebut pertama kali diketahui warga yang melihat ada seorang wanita tergeletak di sekitar Kompleks Pasar Tipar, Kelurahan Tipar, Kecamatan Citamiang, Sukabumi. Kondisi wanita muda itu memilukan, dengan hampir seluruh tubuhnya mengalami luka bakar yang parah.

Sesekali gadis itu merintih menahan sakit dan panas di tubuhnya akibat luka bakar. Polisi yang tiba tidak lama setelah ada warga yang melapor, langsung mengevakuasi korban pembakaran ke RSUD R Syamsudin SH Kota Sukabumi untuk mendapatkan perawatan intensif.

Hingga saat ini wanita tersebut kondisinya masih kritis dan belum bisa diajak berkomunikasi. Tim Inafis Polres Sukabumi Kota sudah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan mengambil beberapa benda untuk dijadikan barang bukti.Baca juga: Polisi ungkap pelaku pembakar wanita di Gresik

Belum dilketahui motif pelaku membakar hidup-hidup wanita yang diketahui masih rekannya itu. Polisi sudah memintai keterangan sejumlah saksi yang diduga mengetahui kejadian tersebut.

"Motifnya masih dalam penyelidikan dan kami berharap tersangka bisa dengan cepat ditangkap untuk mengungkap kasus ini, agar bisa diketahui akar permasalahan sehingga pelaku secara keji tega membakar hidup-hidup korbannya," katanya lagi, dilansir Antara.

Wisnu mengatakan pelaku pembakaran kemungkinan orang dekat korban. Di lokasi kejadian masih dipasang garis polisi, agar warga atau orang tidak berkepentingan tidak masuk.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cantiknya Shania Salsabila yang Bikin Adiknya, Shafa Harris Iri

Posted: 16 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sosok Sarita Abdul Mukti diketahui memiliki paras yang cantik. Hal itu pula menurun kepada anak-anaknya. Salah satu yang mencuri perhatian adalah putri pertama Sarita, Shania Salsabila

Shania Salsabila memiliki wajah blasteran. Putri pertamanya ini merupakan hasil dari pernikahan siri Sarita Abdul Mukti dengan pria asal Jerman, sebelum menikah dengan Faisal Harris.

Baru-baru ini, putri ketiga Sarita Abdul Mukti dari pernikahan dengan Faisal Haris, Shafa Harris mengaku iri dengan kecantikan sang kakak, Shania Salsabila. Sarita yang membalas komentar sang anak, menulis jawaban yang cukup mengejutkan.

Unggah Foto di Instagram

Shania Salsabila
Shania Salsabila

Awalnya Shania mengunggah foto dirinya di instagram. Diketahui Shania sedang berulang tahun. 

"A year older, wiser and happier," tulis Shania.

 

Shafa Iri 

Shania Salsabila (Sumber: Instagram/@_shaniasalsabila)
Shania Salsabila (Sumber: Instagram/@_shaniasalsabila)

Shafa Haris mengomentari postingan sang kakak. Dia mengaku iri dengan kecantikan sang kakak. Dia rupanya menautkan ke akun sang bunda. 

"@queen_saritaabdulmukti kenapa muka ku ga gini sih bun aku mau nya gini," tulis Shafa.

 

Jawaban Sarita

Sarita membalas komentar sang anak. Dia pun memberikan jawaban yang mengejutkan. 

"@shafaharris hahahaha bapakee kan beda sayang," tulis Sarita.

 

Banyak Dipuji Warganet

Banyak warganet yang memuji kecantikan Shania. 

"Yaallahhhh cantikknyaaa," tulis @armyindahrestuti.

"Cantik bngt sih neng @_shaniasalsabila ... Happy birthday," tulis @dheetaputri.

 

Selamat Ulang Tahun

Postingan Shania dibanjiri ucapan selamat ulang tahun dari warganet. 

"Hepiiiiii bdayyyyy kk sayangggg @_shaniasalsabila BISMILLAHirohmanirohim DOA terbaik yaaaah beautiful," tulis @dheetaputri

"Happy birthday shuniii," tulis @anissarahayu.

"Happy bday syantik. #taureans," tulis @greggygiorgio.

Sumber: merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Otoritas Nepal Laporkan Kasus Kematian Pertama Akibat Corona COVID-19

Posted: 16 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Kathmandu - Otoritas Nepal melaporkan kematian pertama di negaranya akibat Virus Corona COVID-19 pada Sabtu malam, 16 Mei 2020.

Dikutip dari laman Channel News Asia, Minggu (17/5/2020) pasien meninggal itu adalah seorang wanita berusia 29 tahun yang baru saja melahirkan.

Dari laporan otoritas Nepal, jumlah warga negaranya yang terinfeksi di negara itu mencapai 281 orang.

Pasien yang meninggal itu berasal dari distrik Sindhupalchowk, sekitar 90 km dari ibukota Kathmandu.

Ia dinyatakan meninggal dunia saat sedang dalam perjalanan ke rumah sakit untuk perawatan.

"Telah dinyatakan bahwa ini adalah kasus kematian pertama yang disebabkan oleh Corona COVID-19 di Nepal," kata Wakil Juru Bicara Kementerian Kesehatan, Samir Kumar Adhikari dalam sebuah pernyataan.

Wanita itu melahirkan di sebuah rumah sakit di Kathmandu pada 6 Mei dan kemudian kembali ke rumahnya sehari kemudian.

Dia dirawat di rumah sakit setempat setelah menderita demam dan masalah pernapasan. Ketika kondisinya memburuk, dia dirujuk ke rumah sakit lain.

Bayi yang baru lahir dan anggota keluarga lainnya akan diuji untuk melihat apakah mereka tertular Virus Corona tersebut, lapor media setempat.

Diperlukan Tes Lebih Banyak

Ilustrasi Covid-19, virus corona. Kredit: Gerd Altmann via Pixabay
Ilustrasi Covid-19, virus corona. Kredit: Gerd Altmann via Pixabay

Nepal, yang memiliki populasi 28 juta, sejauh ini telah melakukan masa karantina. Para ahli mengatakan, kurangnya pengujian massal mungkin telah mencegah identifikasi kematian lainnya.

"Saya tidak berpikir ini adalah kematian pertama. Ada beberapa kasus kematian di mana gejala serupa terlihat, tetapi penyebabnya tidak jelas," kata ahli epidemiologi Lhamo Sherpa.

"Perlu ada lebih banyak tes, pelacakan kontak dan lebih banyak transparansi."

Pada bulan Januari, Nepal adalah negara Asia Selatan pertama yang melaporkan kasus Virus Corona. Negara ini telah dikunci sejak 24 Maret setelah kasus kedua dikonfirmasi.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Warga Badui Mualaf Jalani Ramadan

Posted: 16 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat Badui yang memeluk agama Islam atau mualaf di pemukiman Kampung Landeuh, Desa Bojong Menteng, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten rutin melaksanakan pengajian.

Kegiatan rutin pengajian itu mulai dari membaca Alquran hingga mendengarkan tausiah yang disampaikan ustaz. Termasuk saat Ramadan.

"Kami merasa tenang setelah memeluk agama Islam, bisa belajar mengaji untuk memperdalam nash Alquran, tauhid, fiqih, dan ibadah salat lima waktu juga puasa Ramadan dan salat taraweh," ujar Kesih Samsiah (40) seorang mualaf warga Badui, seperti dilansir Antara, Minggu (17/5/2020).

Warga Badui itu selama Ramadan juga lebih memperdalam kajian ilmu agama Islam. Anak-anak mereka pun mendapatkan bantuan dari Yayasan At Taubah BSD Tangerang untuk mengenyam pendidikan di sekolah umum dan pondok pesantren.

"Kami di sini bersama kaum ibu-ibu lainnya setiap hari menimba ilmu agama Islam melalui pengajian yang dipandu ustaz itu," kata Kesih.

Menurut dia, dirinya memeluk agama Islam sejak usia 15 tahun bersama kedua orangtuanya dan kini bersama suami bernama Sudin (40) warga Badui yang juga menjadi mualaf.

Kesih bercerita, kedua orangtuanya memeluk agama Islam saat tinggal di perumahan yang berada di luar kawasan hak ulayat mayarakat Badui dan menempati bangunan rumah beratap genteng serta tembok.

Menurut dia, penggunaan bangunan perumahan itu bertentangan dengan adat Badui, sehingga orangtuanya sangat keberatan dengan adat tersebut hingga orangtuanya bernama Arman sekeluarga memeluk agama Islam.

"Kami sekarang tinggal di pemukiman Kampung Landeuh dengan orangtua," ucap Kesih.

Masyarakat Badui mualaf yang tinggal di Kampung Landeuh, Desa Bojong Menteng difasilitasi Yayasan At Taubah BSD Tangerang dengan membangun 45 rumah. Dari jumlah itu, hanya 35 rumah yang dihuni dengan 120 jiwa.

Mereka tinggal di pemukiman itu sudah tiga tahun terakhir dengan lahan seluas lima hektare, termasuk pembangunan masjid.

 

Cerita Warga Badui Lain

Salim peserta terkecil Badui Seba. (Liputan6.com/Yandhi Deslatama)
Salim peserta terkecil Badui Seba. (Liputan6.com/Yandhi Deslatama)

Kemudian, Siti Halimah (50), warga Landeuh Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak mengaku, dirinya juga keturunan dari nenek dan kakeknya asli keturunan suku Badui, namun orangtuanya memeluk agama Islam.

Saat ini, dirinya merasa senang tinggal di perumahan yang dibangun Yayasan At Taubah karena bisa memperdalam ilmu agama Islam melalui pengajian dengan pola metode mendengarkan ceramah-ceramah yang disampaikan ustaz maupun kiai. Selain itu juga dirinya belajar iqra atau membaca Alquran dengan tajwid.

"Kami merasa bersyukur memeluk Islam dan bisa mengikuti pengajian hingga menambah wawasan dan pengetahuan ajaran Islam lebih luas," kata Siti.

Sementara itu, Yani (35) warga Badui mualaf mengaku dirinya tinggal di pemukiman Kampung Landeuh bersama suami, bisa mengikuti pengajian secara langsung dengan belajar membaca Alquran.

Para ustaz dan kiyai menuntun membaca Al Quran dengan baik dan benar, seperti surat Alfatiha dan surat lainnya.

Biasanya, pengajian ibu-ibu dilaksanakan setiap hari mulai pukul 09.00 WIB sampai pukul 11.00 WIB. Sedangkan, pengajian untuk bapak-bapak digelar pukul 20.00 WIB sampai 22.00 WIB.

Namun, selama Ramadan pengajian rutin dilaksanakan untuk menongkatkan keimanan kepada Allah SWT.

"Kami dan keluarga merasa bahagia bisa mengikuti pengajian itu, karena Islam ternyata diwajibkan belajar untuk memiliki ilmu pengetahuan," jelas Yani.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Klub Ini Suka Andalkan Pemain Gaek di Shopee Liga 1 2020

Posted: 16 May 2020 08:55 PM PDT

Jakarta Pemain dengan usia uzur masih banyak yang beredar di Shopee Liga 1. Seakan-akan usia mereka hanya melambangkan angka saja bukan fisik.

Memasuki usia ke-35, banyak pesepak bola mengerti persaingan di divisi tertinggi kian keras. Dua pilihan pun mengapung, antara gantung sepatu atau rela turun kasta bermain di level kedua.

Pada Shopee Liga 1, jumlah pemain uzur kian tergerus. Keberadaannya dapat dihitung secara manual. Maklum, kehadiran pesepak bola senior lazimnya bukan lagi menjadi andalan. Melainkan, untuk berbagi pengalaman dan menjadi motivator untuk pemain muda.

Kendati demikian, bukan berarti para pemain senior kehilangan menit bermain. Sejumlah klub masih mengandalkan pesepak bola veteran untuk bertanding sejak awal.

Misalnya Alberto Goncalves, 39 tahun, di Madura United dan Supardi Nasir, 37 tahun, di Persib Bandung. Keduanya masih menjadi pilihan pertama di klubnya masing-masing.

Berikut Bola.com merangkum 5 klub yang doyan mengoleksi pemain uzur alias di atas 35 tahun di Shopee Liga 1:

1. Bali United

Gelandang Bali United, Paulo Sergio, menggiring bola saat melawan Tira Persikabo pada laga Shopee Liga 1 di Stadion Patriot Pakansari, Bogor, Kamis (15/8). Bali menang 2-1 atas Tira Persikabo. (Bola.com/Yoppy Renato)
Gelandang Bali United, Paulo Sergio, menggiring bola saat melawan Tira Persikabo pada laga Shopee Liga 1 di Stadion Patriot Pakansari, Bogor, Kamis (15/8). Bali menang 2-1 atas Tira Persikabo. (Bola.com/Yoppy Renato)

Juara bertahan Shopee Liga 1, Bali United, menjadi tim paling doyan mengumpulkan pemain gaek di dalam skuatnya. Tim berjulukan Serdadu Tridatu punya empat pemain yang berusia di atas 35 tahun.

Keempat pemain tersebut adalah Wawan Hendrawan (37 tahun), Leonard Tupamahu (36 tahun), Paulo Sergio (36 tahun), dan Fadil Sausu (35 tahun).

Menariknya, keempat pemain tersebut adalah pilar Bali United ketika menjuarai Liga 1 2019. Bukti bahwa pemain uzur masih berguna secara kualitas apalagi pengalaman.

2. Persija Jakarta

Kapten Persija, Ismed Sofyan, saat pertandingan melawan Mitra Kukar pada laga perempat final Piala Presiden di Stadion Manahan, Solo, Minggu, (4/2/2018). Persija menang 3-1 atas Mitra Kukar. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)
Kapten Persija, Ismed Sofyan, saat pertandingan melawan Mitra Kukar pada laga perempat final Piala Presiden di Stadion Manahan, Solo, Minggu, (4/2/2018). Persija menang 3-1 atas Mitra Kukar. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Di skuat Persija Jakarta tahun ini, ada tiga pemain yang terbilang uzur. Paling gaek tentu Ismed Sofyan, bek veteran berusia 40 tahun yang masih ogah pensiun.

Selain Ismed, tim ibu kota masih memiliki Maman Abdurrahman yang berusia 38 tahun dan Otavio Dutra yang dua tahun lebih muda.

Dari ketiga pemain tersebut, hanya Dutra yang berstatus sebagai starter. Ismed dan Maman saat ini hanya dijadikan sebagai pemain pelapis.

3. Persib Bandung

Bek Persib Bandung, Supardi Nasir, saat pertandingan melawan Arema FC pada laga persahabatan di Stadion GBLA, Bandung, Minggu (18/3/2018). Persib menang 2-1 atas Arema. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)
Bek Persib Bandung, Supardi Nasir, saat pertandingan melawan Arema FC pada laga persahabatan di Stadion GBLA, Bandung, Minggu (18/3/2018). Persib menang 2-1 atas Arema. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Ada tiga pemain Persib Bandung yang berusia di atas 35 tahun. I Made Wirawan menjadi yang tertua dengan usia 38 tahun.

Made Wirawan disusul oleh Supardi dan Fabiano Beltrame. Keduanya sama-sama berusia 37 tahun.

Namun, hanya Supardi yang berlabel pemain inti. Made dan Fabiano berperan sebagai pemain pengganti di posisi kiper dan bek.

4. Persipura Jayapura

Bek Persipura Jayapura, Ricardo Salampessy, berjalan saat melawan Bhayangkara FC pada laga Liga 1 di Stadion PTIK, Jakarta, Senin (18/11). Bhayangkara menang 2-0 atas Persipura. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)
Bek Persipura Jayapura, Ricardo Salampessy, berjalan saat melawan Bhayangkara FC pada laga Liga 1 di Stadion PTIK, Jakarta, Senin (18/11). Bhayangkara menang 2-0 atas Persipura. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Persipura Jayapura juga mengoleksi para pemain gaek di dalam skuatnya. Ada tiga pemain yang meliputi Ricardo Salampessy (36 tahun), Yustinus Pae (36 tahun), dan Valentino Telaubun (35 tahun).

Hebatnya ketiganya masih menjadi andalan Persipura di lini belakang. Terlebih untuk Ricardo dan Pae. Peran keduanya seolah tidak tergantikan.

5. Persita Tangerang

5. Hamka Hamzah (Persita) - Pada musim Shopee Liga 1 2020 ini, Hamka bergabung dengan Persita Tangerang. Bek berumur 36 tahun ini merupakan salah satu bek legendaris Indonesia yang pernah menjadi langganan Timnas Indonesia. (Bola.com/Yoppy Renato)
5. Hamka Hamzah (Persita) - Pada musim Shopee Liga 1 2020 ini, Hamka bergabung dengan Persita Tangerang. Bek berumur 36 tahun ini merupakan salah satu bek legendaris Indonesia yang pernah menjadi langganan Timnas Indonesia. (Bola.com/Yoppy Renato)

Diam-diam, Persita Tangerang mengumpulkan pemain veteran di musim ini. Jumlahnya ada tiga dan tiga-tiganya baru bergabung di Shopee Liga 1.

Persita mendatangkan Hamka Hamzah (36 tahun) untuk memperkuat lini belakang, Raphael Maitimo (36 tahun) untuk lini tengah, dan Samsul Arif (35 tahun) sebagai andalan lini depan. Sejauh ini, ketiganya menjadi pilihan utama pelatih Widodo C. Putri di masing-masing posisi.

Disadur dari Bola.com (Muhamad Adiyaksa/Hendry Wibowo,published 17/5/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bikin Kaget Fans MU, Bruno Fernandes Ikut Komentari Foto Scott McTominay

Posted: 16 May 2020 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Scott McTominay mengejutkan penggemar Manchester United (MU) setelah memamerkan fisiknya yang luar biasa di Instagram. Sementara gelandang berusia 23 tahun ini dikenal sebagai salah satu pemain terkuat di Old Trafford, para pendukung terkejut dengan kondisi tubuhnya.

Lulusan akademi MU ini melakukan debutnya di tim utama di bawah mantan manajer Jose Mourinho pada 2017. Sejak itu McTominay telah memantapkan dirinya sebagai pemain kunci bagi Setan Merah.

McTominay telah mencetak lima gol dalam 30 penampilan. Namun, kiprahnya di Liga Inggris tertunda sebelum musim 2019-20 ditunda karena virus corona.

McTominay tampaknya telah menggunakan waktunya selama karantina dengan baik dan produktif. Dan, ia pun memamerkan fisiknya yang berotot di media sosial Sabtu lalu.

Penampilan McTominay itu rupanya mendapat perhatian dan reaksi dari gelandang MU Bruno Fernandes. "Latihan Scottyyyyyy dengan bola benar-benar penting, jangan lupa itu", disertai dengan emoji ciuman.

Tuai Pujian

Gelandang Manchester United, Scott McTominay, melakukan selebrasi usai membobol gawang Manchester City pada laga Premier League di Stadion Old Trafford, Minggu (8/3/2020). Manchester United menang dengan skor 2-0. (AP/Dave Thompson)
Gelandang Manchester United, Scott McTominay, melakukan selebrasi usai membobol gawang Manchester City pada laga Premier League di Stadion Old Trafford, Minggu (8/3/2020). Manchester United menang dengan skor 2-0. (AP/Dave Thompson)

Fernandes sendiri yang bergabung dengan MU dari Sporting Lisbon pada Januari lalu, dengan cepat berkembang menjadi favorit penggemar di Old Trafford.

Bek MU, Luke Shaw, juga memuji kebugaran McTominay. "Tantangan kebugaran yang ditetapkan oleh para pelatih benar-benar bagus untuk pemain United. Secara alami, kita semua cukup kompetitif atas mereka," katanya.

Pelari Cepat

Bulan lalu, McTominay juga sempat membuat fans terpukau setelah menyelesaikan lari 5 kilometer hanya dalam 16 menit dan satu detik.

Asisten pelatih MU Kieran McKenna mengatakan catatan waktu dirinya tidak setingkat Scott McTominay saat ini. "Kami memiliki beberapa pelari yang tepat dan layak dalam skuat itu, jadi saya tidak akan mencoba untuk pergi mendekati waktu mereka atau saya bisa melakukan sendiri banyak kerusakan."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengusaha Pemula, Lakukan 5 Hal Ini Agar Bisnis Lancar

Posted: 16 May 2020 08:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tanpa disadari sekarang banyak banget lho orang yang mulai berbisnis. Bisa dibilang, bisnis yang mereka jalankan di tengah pandemi ini merupakan usaha yang dijalankan kecil-kecilan. 

Bisnis kecil-kecilan yang mereka jalankan itu sederhana dan bisa dilakukan dari rumah. Nah sebenarnya, kamu juga bisa kok mengambil peluang itu untuk berbisnis. Tapi sebelum mulai menjalankan usaha, niat untuk mendapat penghasilan tambahan aja masih belum cukup. Ada 5 hal penting yang wajib kamu pahami sebagai pengusaha pemula, seperti berikut ini: 

1. Target Pasar

Pertama pastikan kamu tahu siapa target pasar yang akan dituju. Hal ini karena akan mempermudahmu, untuk menentukan produk apa yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan keinginan para konsumen. 

Misalnya apakah target pasarmu para ibu rumah tangga, anak kost, atau pekerja kantoran yang hectic bekerja dari rumah. Jadi, dengan menentukan target pasar ini, kamu akan memiliki konsumen dengan daya beli yang cukup potensial. 

2. Diferensiasi Produk

Nggak ada salahnya kamu memasarkan produk yang sama dengan pelaku usaha lainnya. Di poin dua ini yang paling penting adalah menonjolkan perbedaan yang mencolok dari produkmu dengan kompetitor. Diferensiasi produk dapat berasal dari berbagai faktor, mulai dari kualitas, keistimewaan, daya tahan, hingga desain yang istimewa yang melekat pada produk. 

3. Dokumentasi Produk

Orang akan tertarik ketika melihat sebuah barang atau produk yang indah dipandang mata. Ketika membangun usaha kecil-kecilan dari rumah, pastikan kamu juga memberikan yang terbaik untuk konsumen bukan sekadar dari kualitas rasa saja. Maka dari itu, pikat pembeli dengan foto atau konten menarik yang kamu unggah di sosial media. 

Pebisnis Pemula/Shutterstock.
Pebisnis Pemula/Shutterstock.

4. Promo

Tak hanya masa pandemi, di waktu normal pun banyak orang yang mengincar promo dari produk yang akan dibelinya. Jika ingin usahamu lancar, cobalah untuk memberikan promo menarik. Misalnya buy 1 get 1, jasa antar gratis dengan radius tertentu, atau potongan harga untuk setiap pembelian minimal. 

 

5. Kelola Keuangan

Nah ini adalah kunci keberhasilan bisnismu! Pengaturan atau pengelolaan keuangan menjadi faktor penting dalam sebuah bisnis karena berkaitan dengan keputusan pembiayaan modal untuk melanjutkan usaha. Coba bayangkan, jika kamu tak pandai mengelola keuangan, bisa-bisa akan terjadi selisih atau minus karena metode penghitungan manual yang berantakan. 

Tapi kondisi itu nggak akan terjadi, jika kamu memanfaatkan dompet digital seperti DANA. Ya, DANA merupakan alat pembayaran digital yang memiliki banyak keuntungan dan kemudahan untuk para penggunanya. 

Pebisnis Pemula/Shutterstock.
Pebisnis Pemula/Shutterstock.

Salah satu kemudahannya adalah DANA Bisnis. DANA Bisnis merupakan solusi pembayaran nontunai (cashless) untuk memudahkan para pelaku usaha atau UMKM, dalam meningkatkan produktivitas usahanya. 

Buat kamu yang akan dan sedang menjalankan usaha dari rumah, cocok banget jika mengandalkan DANA Bisnis karena memiliki fitur eksklusif yang bikin usahamu bakal laris manis. Pastikan kamu sudah menjadi DANA Premium saat kamu mendaftar DANA Bisnis di aplikasi DANA. Berikut fitur-fitur eksklusif DANA Bisnis yang bisa kamu manfaatkan:

1. DANA QRIS Bisnis

Dari namanya aja Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS), artinya proses pembayaran bisa jadi lebih cepat, mudah, dan keamanan lebih terjamin. Menariknya, kamu bisa cetak sendiri DANA QRIS langsung dari aplikasi DANA.

Selain memudahkanmu, juga memudahkan para pelangganmu untuk membayar menggunakan berbagai aplikasi pembayaran digital apa saja. Bayar jadi lebih praktis!

2. Bayar Via Link

Fitur ini cocok banget digunakan di masa pandemi seperti sekarang ini. Ketika memiliki jasa pesan antar, kamu bisa minta pembayaran via link ke pelanggan, bisa dibagikan lewat aplikasi pesan atau sosial media. 

3. Tarik Saldo DANA Bisnis

Semua pembayaran atau transaksi usahamu akan langsung masuk ke Saldo DANA Bisnis. Nah sejumlah uang yang sudah masuk itu, bisa kamu tarik kapan saja, baik ke Saldo DANA atau langsung ke nomor rekening bank milikmu yang terdaftar di DANA Bisnis. 

4. Cek Transaksi

Pakai DANA Bisnis, kamu dijamin nggak bakal kewalahan ngurusin setiap pemasukan dan pengeluaran, termasuk nyari data-data transaksi. Fitur ini akan memudahkanmu untuk rekap transaksi sekaligus melihat status pembayaran. Caranya, kamu hanya perlu pilih tanggal transaksi di tanggal yang diinginkan. Voila! Semua transaksi secara spesifik muncul dalam sekejap. 

Sekarang kamu sudah tahu kan 5 hal penting dalam berbisnis. Ditambah kamu akan makin sukses ketika memilih DANA sebagai metode pembayaran. Selain praktis dan efisien, bergabung dengan DANA Bisnis nyatanya memang bikin usahamu lancar dan laris manis. Yuk gabung dengan DANA Bisnis sekarang! 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Erling Haaland Terus Buktikan Ketajaman, Ini Statistiknya

Posted: 16 May 2020 08:35 PM PDT

Dortmund- Penyerang Borussia Dortmund, Erling Haaland terus menebar pesona untuk sepak bola dunia. Dia kini menjelma menjadi striker yang haus gol.

Nama Erling Haaland baru terdengar pada musim ini. Sebenarnya, pria kelahiran 2000 itu sudah menapakkan kakinya di pentas sepak bola profesional sejak musim lalu. Namun, kala itu, ia belum setajam sekarang.

Usianya masih sangat belia kala itu. Haaland hanya diberikan kesempatan tampil sebanyak lima kali di semua ajang oleh klub profesional pertamanya, RB Salzburg. Haaland hanya mampu mengukir satu gol.

Namun semuanya berubah pada musim ini. Ia menjadi bahan perbincangan penikmat sepak bola di seluruh dunia karena berhasil mencetak 16 gol untuk Salzburg di ajang Austrian Bundesliga dalam kurun waktu setengah musim 2019-2020.

Liga Austria tidak memiliki level kompetisi yang sepadan dengan liga-liga besar lainnya. Jadi Haaland masih harus membuktikan dirinya di pentas yang lebih besar lagi.

Ia berhasil melakukannya. Haaland membuat RB Salzburg menjadi tim kuda hitam yang menakutkan dalam fase grup Liga Champions. Delapan gol dari enam laga membuat Salzburg nyaris lolos ke babak 16 besar.

Mencetak gol sebanyak itu di pentas Liga Champions, saat menghadapi tim sekelas Napoli dan Liverpool, bukanlah perkara yang mudah buat seorang pemain muda. Namun Erling Haaland  mampu melakukannya.

 

 

Tak Butuh Adaptasi Lama

Erling Braut Haaland (Dortmund)  (AFP/Ina Fassbender)
Erling Braut Haaland (Dortmund) (AFP/Ina Fassbender)

Pencapaian yang didapatkan dalam kurun waktu setengah musim itu membuat Haaland jadi incaran banyak raksasa Eropa. Pada Januari 2020, ia memutuskan pindah ke Borussia Dortmund.

Dari Austrian Bundesliga ke Bundesliga Jerman. Kepantasan Haaland untuk mengemban status penyerang berbahaya harus dibuktikan di sini. Tanpa butuh waktu lama, ia sukses mencetak hattrick pertamanya dalam laga debutnya.

Haaland terus mencetak gol untuk Dortmund. Ia membukukan tambahan dua gol di pentas Liga Champions. Sayang, raihan golnya dalam pentas tersebut tak bisa bertambah karena Dortmund tersingkir di babak 16 besar.

Pada Sabtu (16/5/2020), Bundesliga kembali digelar setelah mengalami penundaan akibat pandemi virus Corona yang melanda Jerman. Dortmund pun dihadapkan dengan salah satu rivalnya, Schalke 04, di Westfalenstadion.

Haaland bermain sejak menit awal dan mencetak gol pembuka kemenangan Dortmund di babak pertama. Berkat dirinya, Die Borussien jadi mampu meraih poin penuh lantaran menang dengan skor telak 4-0.

Gol tersebut menggenapkan pencapaian gol Haaland bersama Borussia Dortmund menjadi 10. Itu artinya, Haaland sudah mengantongi 10 gol di tiga laga yang berbeda: Austrian Bundesliga, Bundesliga, dan juga Liga Champions.

Torehan ini membuktikan masa depan Haaland dalam dunia sepak bola sangat cerah. Ia hanya perlu menjebol gawang lawan sebanyak delapan kali untuk menggenapkan perolehan golnya menjadi 50 di musim ini.

Sumber: Berbagai Sumber

Disadur dari: Bola.net (Penulis Yaumul Azis, published: 17/5/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wisata Virtual Bisa Jaga Kesehatan Mental, Berminat?

Posted: 16 May 2020 08:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pandemi COVID-19 membuat objek-objek wisata terpaksa harus ditutup sementara. Hal ini memicu timbulnya tren baru yang disebut wisata virtual. Selain dapat diakses dari rumah, wisata virtual juga baik untuk kesehatan mental.

Nirmala Ika, psikolog sekaligus pecinta traveling menyampaikan, untuk orang yang suka jalan-jalan, wisata virtual bisa sangat bermanfaat bagi kesehatan mental. Pemandangan alam yang dilihat dari layar gawai dapat memberi efek menenangkan.

"Virtual kan mainnya di mata, kalau melihat sesuatu yang indah itu bisa memberi efek menenangkan ke kita. Di otak dapat pesan bahwa ini adalah sesuatu yang menyenangkan otomatis hati dan perasaan akan ikut senang," kata Ika kepada Liputan6.com, (15/5/2020).

Wisata virtual disebut sangat berguna apalagi jika tidak dipungut biaya, katanya. Bahkan, dengan wisata virtual, orang tidak hanya bisa mengunjungi tempat-tempat di Indonesia tapi juga di luar negeri.

"Ini berguna banget, apalagi kalau gratis bahkan kita bisa ke museum-museum di luar negeri. Sekarang link-linknya mulai banyak disebar, untuk orang yang suka jalan ini tuh akan menjadi hiburan tersendiri."

Atur Mindset

Dari sisi psikologis, menurut Ika dalam menghadapi COVID-19 yang penting adalah mindset diri sendiri.

"Kalau kita ngomong secara psikologi, sebenarnya yang penting itu mindset kita. Ibaratnya sekarang kita di rumah tapi merasa lagi di sebuah kafe, itu sebenarnya bisa banget kalau kita mengizinkan mindset kita membayangkan seperti itu."

Sebaliknya, tambah Ika, jika seseorang berada di sebuah kafe di luar negeri tapi pikiran orang tersebut tidak di tempat itu maka kebahagiaan sebagai traveller tidak bisa dirasakan.

Menurutnya, walau seseorang berada di kamar tapi orang itu mengizinkan otaknya untuk menjelajahi pemikiran maka wisata virtual pun bisa sangat membantu.

"Sekarang kan banyak yang bisa digunakan, Google Satellite, wisata virtual, bahkan musik pun bisa membantu. Tubuh kita kan punya 5 indera, sebenarnya tetap bisa merasakan sensasi itu. Cuma, kembali lagi, kita izinkan otak kita untuk meng-eksplore atau tidak."

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Cara Mengurus SIKM Syarat Warga untuk Keluar Masuk Jakarta

Posted: 16 May 2020 08:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah menerbitkan peraturan gubernur (pergub) baru yang mengatur perizinan bagi warga yang ingin keluar masuk Jakarta saat pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Ini juga berlaku bagi masyarakat yang akan masuk ke Jakarta harus urus izin masuk. Tanpa ada izin masuk maka tidak bisa masuki kawasan Jakarta. Proses pengawasan bisa dilakukan bersama kepolisian, tanpa surat akan diminta untuk kembali," ujar Anies dalam konferensi pers di Balai Kota, Jumat, 15 Mei 2020.

Berdasarkan Pergub Nomor 47 Tahun 2020 tentang Pembatasan Kegiatan Berpergian Keluar dan/atau Masuk Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19, warga harus membuat surat izin keluar masuk (SIKM).

Berdasarkan Pasal 6, disebutkan untuk mendapatkan SIKM dengan mengisi formulir permohonan secara daring melalui corona.jakarta.go.id dengan melengkapi sejumlah persyaratan sebagai berikut:

a. surat pengantar dari Ketua RT yang diketahui Ketua RW tempat tinggalnya

b. surat pernyataan sehat bermaterai

c. surat keterangan:

1. perjalanan dinas keluar Jabodetabek

2. surat keterangan bekerja bagi setiap orang yang tempat kerjanya berada di luar Jabodetabek

3. bagi pelaku usaha dilengkapi dengan surat keterangan memiliki usaha di luar Jabodetabek yang diketahui oleh pejabat yang berwenang

d. bagi orang asing memiliki KTP-el/izin tinggal tetap

Sementara itu untuk syarat pengajuan masuk DKI Jakarta juga melalui situs yang sama corona.jakarta.go.id. Beberapa persyaratan harus dipenuhi untuk mendapatkan SIKM berdasarkan Pasal 7 yakni:

1. Memiliki KTP-el DKI Jakarta atau Kartu Keluarga DKI Jakarta tetapi berdomisili di luar Jabodetabek; atau

2. Orang asing yang memiliki KTP-el/izin tinggal tetap

3. Surat pernyataan sehat bermeterai.

 

Untuk warga KTP non Jakarta

Petugas polisi mengimbau pengguna kendaraan saat melakukan Pengawasan Pelaksanaan PSBB di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Senin (13/4/2020). Petugas juga mengimbau mengatur posisi duduk dan pembatasan penumpang untuk kendaraan bermobil baik pribadi maupun angkutan umum. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Petugas polisi mengimbau pengguna kendaraan saat melakukan Pengawasan Pelaksanaan PSBB di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Senin (13/4/2020). Petugas juga mengimbau mengatur posisi duduk dan pembatasan penumpang untuk kendaraan bermobil baik pribadi maupun angkutan umum. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kemudian untuk warga KTP non Jakarta juga dapat memiliki SIKM, dengan persyaratan sebagai berikut:

1. Memiliki surat keterangan dari kelurahan atau desa tempat asal perjalanan yang menerangkan maksud dan tujuan datang ke Jakarta

2. Surat pernyataan sehat bermaterai

3. Memiliki surat jaminan bermaterai dari keluarga yang berada di Jakarta yang diketahui oleh ketua RT setempat atau surat jaminan bermeterai dari perusahaan yang berada di Jakarta

4. Bagi pemohon yang melakukan perjalanan dinas agar melampirkan surat keterangan dari tempat kerja yang berada di Jakarta

5. Bagi pemohon yang karena alasan darurat melakukan kegiatan ke Jakarta melampirkan surat keterangan domisili tempat tinggal dari kelurahan di Jakarta.

Selanjutnya bila persyaratan sudah terpenuhi, DPM dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dapat menerbitkan SIKM secara elektronik dalam bentuk QR-code.

Untuk penerbitan SIKM diproses satu hari kerja sejak permohonan dinyatakan secara lengkap dan hanya berlaku untuk satu pemohon saja. Sedangkan untuk anak yang belum memiliki KTP dapat mengikuti SIKM orang tua atau salah satu anggota keluarga.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peringkat 4 Besar Dunia, One Championship Bangkitkan Olahraga Asia

Posted: 16 May 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - One Championship menjadi salah satu properti media olahraga yang paling banyak ditonton sepanjang tahun 2019. Hal ini berdasarkan pada laporan dari Tubular Labs, sebuah lembaga penyedia data analitik terkait konten dunia maya, seperti halnya Nielsen bagi siaran televisi.

Sepanjang tahun tersebut, konten lintas platform One Championship disaksikan sebanyak 5,6 miliar kali di internet, dan merupakan satu-satunya properti media olahraga dari Asia yang ada dalam urutan 5 besar dunia.

Selain itu, konten One menjadi yang terbanyak disaksikan dalam kategori seni bela diri campuran, di atas pesaing terdekatnya UFC yang berada pada urutan ke lima.

Di urutan pertama, World Wrestling Entertainment (WWE) unggul dengan angka total 14,6 miliar. Di urutan berikutnya, National Basketball Association (NBA) dan National Football League (NFL) membuntuti dengan 10,3 miliar dan 6 miliar.

"Ketika pertama kali mendirikan One Championship 8,5 tahun yang lalu, tak pernah terbayangkan petualangan luar biasa ini. Pada hari-hari pertama, semua permbenci, peragu, dan penentang mengatakan bahwa saya gila, bodoh, dan nekat," tutur Chatri Sityodtong, CEO dan Chairman One Championship dalam rilis yang diterima Liputan6.com.

"Saya bersama tim telah menghadapi ribuan penolakan, serta kegagalan dan kegagalan pada 3 tahun pertama. Tak ada yang memberi kami kesempatan. Hari ini, One Championship merupakan properti media olahraga global terbesar di Asia dengan jangkauan siaran di lebih dari 150 negara di dunia. One telah memecahkan berbagai rekor sebagai properti media olahraga dengan pertumbuhan tercepat dalam sejarah," lanjutnya.

 

Impresif

Aziz Calim saat bertarung di ring ONE Championship. ( ONE Championship)
Aziz Calim saat bertarung di ring ONE Championship. ( ONE Championship)

Angka ini terbilang impresif karena berhasil menyalip beberapa properti media olahraga yang telah lebih dulu menancapkan namanya di hati para fan, seperti Liga Champion Eropa dan juga Liga Inggris.

Menjadi kulminasi dari berbagai seni bela diri di Asia dan dunia, One Championship telah menyelenggarakan berbagai ajang di beberapa kota ikonik di Asia, termasuk Jakarta. One bahkan telah memiliki rencana untuk menyelenggarakan agenda di luar benua Asia.

Selain laga seni bela diri campuran, terdapat pula liga khusus Muay Thai dan kicboxing yang diisi oleh para striker terbaik di dunia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Neng Wirdha Bersama dengan Al Jabbar Duet untuk Lagu Corona Is Covid 19

Posted: 16 May 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pedangdut Wirdha Sylvina atau akrab disapa Neng Wirdha duet bareng putra bungsungnya, Al Jabbar, untuk sebuah karya baru. Putri Elvy Sukaesih itu membawakan lagu berjudul Corona Is Covid 19.

Lagu itu resmi diliris Neng Wirdha beberapa waktu lalu dengan lirik campuran bahasa Indonesia dan Inggris.

Menariknya, lagu dari Neng Wirdha itu keseluruhan liriknya ditulis oleh  Al Jabbar, anak yang kini baru berusia 7 tahun.

 

 

Di Rumah

Neng Wirdha dan Putranya, Al Jabbar. (ist)
Neng Wirdha dan Putranya, Al Jabbar. (ist)

"Al yang nulis dulu (liriknya). Habis itu diserahin ke Bang Jul untuk dibikin musiknya. Al bikinnya di rumah," ucap cucu Elvy Sukaesih saat ditemui di Jakarta, belum lama ini.

 

Banyak Bertanya

Neng Wirdha dan Putranya, Al Jabbar. (ist)
Neng Wirdha dan Putranya, Al Jabbar. (ist)

Neng Wirdha menimpali, lagu Corona Is Covid 19 diciptakan sang putra setelah banyak bertanya kepada dirinya soal Covid-19 yang mengakibatkan Al dan teman-temannya tidak bisa masuk sekolah. Al kemudian menuangkannya dalam lirik lagu.

"Dia juga nanya-nanya tentang virus tersebut. Di lagu ini Al minta jangan kemana-mana, di rumah aja, untuk memutus rantai penyebaran virus. Kita tetap bisa melakukan banyak hal di rumah," tuturnya.

 

Bukan Lagu Pertama

Lebih lanjut diungkapkan Neng Wirdha, lagu yang dibuat Al sendiri sudah ada empat lagu sampai sekarang. Di antaranya adalah lagu berjudul Corona Is Covid 19, I Go to School, Online Class dan Grandma.

 

 

Potensi

Neng Wirdha melihat potensi bakat menyanyi anaknya sudah ada sejak kecil. Benar saja ketika diarahkan ke dunia tarik suara, Al Jabbar sangat antusias. Bahkan di sekolahnya Al dikenal sebagai anak yang memijiki jiwa seni yang tinggi oleh guru-gurunya.

"Gurunya juga bilang kalau di kelas itu, lagi istirahat dia enggak ikut main kayak lari-larian, enggak. Dia nyanyi di kelas. Kalau dengar musik dia jadi berimajinasi," ungkap Neng Wirdha.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Budidaya Padi Salibu, Siasat Peyuluh dan Petani di Tengah Pandemi Covid-19

Posted: 16 May 2020 08:28 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tugas penyuluh pertanian, tak hanya sebatas mengawal dan mendampingi petani dalam melakukan percepatan tanam. Mereka juga harus mampu mentransfer inovasi teknologi yang perlu digunakan petani, demi pertanian yang lebih maju, mandiri, dan modern. 

Salah satunya tentang teknologi budidaya padi sistem salibu. Tentu saja teknologi ini akan sangat menguntungkan petani terutama dalam menyiasati selama masa pandemi maupun pasca Covid-19.

Sejalan dengan pernyataan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) dalam beberapa kesempatan menyampaikan sektor pertanian menjadi harapan, tulang punggung ditengah upaya pemerintah dalam menanggulangi Covid-19.

Untuk itu melalui program Komando Strategis Pembangunan Pertanian di Kecamatan (Kostratani) sebagai penggerak pembangunan pertanian di tingkat kecamatan diharapkan mampu mengoptimalkan peran penyuluh dalam mengimplementasikan teknologi yang akan digunakan petani.

Hesti Nova Sari, salah satu PPL asal Nganjuk, Jawa Timur yang mengenalkan budidaya padi sistem salibu mengatakan berbagai manfaat bisa didapat dari penggunaan sistem salibu ini.

"Padi salibu merupakan tanaman padi yang tumbuh lagi setelah batang sisa panen ditebas atau dipangkas. Kemudian tunas akan muncul dari buku yang ada di dalam tanah dan mengeluarkan akar baru, sehingga suplai hara tidak lagi terulang pada batang lama. Tunas ini bisa membelah dan mampu bertunas lagi seperti padi local tanam pindah biasa," ujar Hesti. 

Menurutnya ada beberapa keuntungan dari budidaya sistem salibu, diantaranya jangka waktu yang relatif lebih pendek dan kebutuhan air lebih sedikit.

Selain itu, biaya produksi lebih rendah karena tanpa biaya pengolahan tanah, tanpa biaya penyemaian dan biaya penanaman. Tenaga kerja yang dibutuhkan juga jauh lebih sedikit.

"Budidaya dengan sistem salibu akan meningkatkan indeks panen karena tidak lagi memerlukan pengolahan tanah dan persemaian tanam, sehingga rentang waktu produksi lebih singkat," tutur Hesti.

Lebih lanjut Hesti menjelaskan, dalam teknik salibu petani harus memotong batang sisa panen pertama secara seragam, dengan alat pemotong hingga tersisa 3-5 cm dari permukaan tanah. Dengan cara itu, kebutuhan unsur hara pada masa pertumbuhan anakan padi bisa seimbang.

Selain itu, Ikhwanudin, mewakili Kelompok Tani (Poktan) Sumber Hasil menuturkan wilayahnya telah mencoba menerapkan teknologi budidaya padi sistem salibu.

Demplot dilakukan untuk mengetahui hasil produksi tanam padi salibu, sehingga petani akan mau dan mampu berbudidaya padi cara tersebut.

Bahkan hasil demplot budidaya padi sistem salibu yang diterapkan Ikhwanudin, mampu menghasilkan 4,9 ton/ha gabah kering panen. Volume itu 70 persen dari hasil produksi tanam padi dengan pindah tanam (transplanting).

"Panen dilakukan saat padi berumur 58 hari. Teknik budidaya padi salibu ini sederhana dan tidak rumit ini, juga terbukti lebih efisien dan murah dibandingkan dengan teknik budidaya padi biasa," katanya.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Dedi Nursyamsi mengatakan Kementerian Pertanian men support penuh aktivitas yang dilakukan penyuluh dan petani.

"Masalah pangan sangat utama, hidup matinya suatu bangsa. Meskipun kini negara kita diserang wabah Covid-19, tetapi petani tetap semangat tanam, semangat olah, tanam dan panen. Melalui Kostratani, penyuluh dan petani akan diberikan menu lengkap, yaitu salah satunya sebagai pusat pembelajaran untuk itu diharapkan Penyuluh dan Petani manfaatkan peran tersebut dengan optimal," tegasnya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Proyek Jalan Tol Layang AP Pettarani Capai Progress Konstruksi 85 Persen

Posted: 16 May 2020 08:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pembangunan jalan tol layang A.P Pettarani di Makassar, Sulawesi Selatan mencapai progress pekerjaan 85 persen, didukung penggarapan span terakhir erection box girder yang telah resmi diselesaikan hari ini, Minggu (17/5/2020).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan, nantinya jalan tol layang ini bakal menjadi akses Makassar New Port, yang menghubungankan Pelabuhan Soekarno-Hatta dengan Pettarani.

"Saya ucapkan selamat dan terima kasih atas dedikasinya. Nantinya, tol ini akan menghubungkan New Port, dari Soekarno-Hatta, dan dari Bandara Sultan Hasanuddin langsung ke pesisir selatan," kata Basuki dalam video conference.

Sementara itu Direktur Operasional PT Wijaya Karya Beton selaku kontraktor jalan tol ini, I Ketut Pasek Senjaya Putra menyatakan, ada beberapa titik garapan tol yang sudah mencapai progress 100 persen, yaitu konstruksi bored pile, pile cap, kolom, pier head serta slab on pile.

"Lalu instalasi PCU girder sudah 100 persen, box girder sudah 100 persen dan pekerjaan parapet 50 persen," jelasnya.

 

Pekerjaan yang Harus Diselesaikan

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sementara, pekerjaan yang masih harus diselesaikan terdiri dari pekerjaan aspal, pamasangan expansion joint, pipa drainase, PJU, rambu, marka dan pekerjaan jalan arteri.

Diharapkan, jika konstruksi terus berjalan sesuai rencana, maka jalan tol layang pertama di Indonesia Timur ini bakal bisa dioperasikan penuh pada September 2020 mendatang.

"Jadi, selamat, Pak Gubernur, Pak Wali Kota, investor, pelaksana yang telah berhasil menyelesaikan tahapan jalan tol layang ini. Insya Allah selesai waktunya dan bisa dipakai September 2020," kata Basuki mengakhiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kenali Ciri-Ciri Ban Vulkanisir dan Risikonya

Posted: 16 May 2020 08:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penggunaan ban vulkanisir bisa menjadi alternatif saat Anda merasa berat untuk beli ban baru yang dirasa cukup menguras dompet.

Namun, penggunaan ban jenis ini tentu saja ada efek buruknya. Berikut ciri-ciri dan risikonya ban vulkanisir saat digunakan di kendaraan, seperti dilansir dari laman resmi Wahana Honda:

Ciri Ban Vulkanisir

Ketika sudah diproses dan melalui tahap finishing, ban vulkanisir memiliki bentuk dan desain yang sangat mirip dengan ban orisinal pada umumnya. Hanya saja, perbedaan antara ban vulkanisir dengan ban orisinal terletak pada sisi kekuatannya.

Selain itu, perbedaan yang paling mudah untuk digunakan sebagai penanda adalah panjang karet-karet sisa berukuran kecil yang biasa terlihat pada ban baru lebih pendek. Ban-ban orisinal baru memiliki ciri karet sisanya lebih panjang.

Ciri lainnya adalah terletak pada harga dari ban vulkanisir lebih murah dibandingkan dengan harga ban orisinal. Harga dari sebuah ban vulkanisir adalah separuh dari harga ban orisinal.

Tanda keempatnya adalah pada letak logo indikator keausan atau ITW. Pada ban orisinal baru, logo tersebut terletak di bagian pinggir yang berdekatan dengan tapak ban, sedangkan pada ban vulkanisir,logo tersebut sejajar dengan alur ban.

Risiko Menggunakan Ban Vulkanisir

Tentu saja dikarenakan berbeda dengan ban orisinal pada umumnya, ban vulkanisir tidak sekuat ban asli. Dikatakan kekuatannya berbeda jauh dari ban orisinal karena usia dari ban vulkanisir hanya dapat dihitung dalam hitungan minggu saja.

Bahkan akan lebih cepat kembali gundul pada sisi batikannya ketika digunakan dalam jangka waktu lama atau sehari-hari.

Selain itu, tingkat kenyamanan dari ban vulkanisir juga tidak sebaik ban orisinal. Memang di awal penggunaan tidak akan terasa, akan tetapi saat sudah dipakai dalam jangka waktu tertentu maka akan terasa kurang nyaman.

Tidak hanya itu saja, dikarenakan pada tapaknya hanya berupa lapisan saja, maka ban vulkanisir lebih mudah 'hamil' atau muncul benjolan, terutama ketika digunakan di jalanan yang tidak rata. 

Hal Negatif

Hal negatif lain dari ban vulkanisir adalah membuat keseimbangan motor menjadi terkendala. Hal tersebut dikarenakan ketidakseimbangan pada tapak ban yang diakibatkan pemasangan secara manual atau sekadarnya.

Oleh karenanya, walaupun memiliki harga yang mahal, disarankan untuk lebih memilih ban orisinil daripada ban vulkanisir karena lebih kuat dan tahan lama.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Apresiasi Konser Solidaritas Bersama Jaga Indonesia

Posted: 16 May 2020 08:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengapreasiasi semua pihak yang berinisiatif saling membantu untuk terwujudnya konser 'Solidaritas Bersama Jaga Indonesia'. Menurut dia, hal itu menunjukkan rasa solidaritas masyarakat Indonesia di tengah pandemi virus Corona atau Covid-19.

Konser tersebut digelar secara virtual dan disiarkan secara langsung di enam stasiun televisi swasta, Sabtu 16 Mei 2020 malam. Konser ini digelar dalam rangka menggalang donasi untuk warga yang terdampak virus Corona.

"Semoga acara ini bisa menginspirasi banyak orang dan mempererat rasa persatuan kita," kata Jokowi dikutip dari siaran pers, Minggu (17/5/2020).

Jokowi mengajak masyarakat untuk terus berinovasi dan berkreasi di tengah pandemi Corona. Dia pun berharap masyarakat dapat saling mendukung dengan mencintai karya anak bangsa serta bangga dan beli barang-barang buatan Indonesia.

"Saya yakin setelah masa pandemi Covid-19 ini berakhir akan semakin banyak inovasi dan karya-karya yang akan bersinar. Mari bersama jaga Indonesia," ujar Jokowi.

Konser Solidaritas Bersama Jaga Indonesia

Konser Solidaritas Bersama Jaga Indonesia ini diinisiasi oleh Komunitas Bersama Jaga Indonesia dan didukung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Konser ini berhasil mengumpulkan donasi sebanyak Rp 4.017.217.884.

Donasi yang terkumpul itu nantinya akan disalurkan untuk membantu tenaga kesehatan yang berjuang menghadapi pandemi Corona. Selain itu, juga bagi pekerja pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak virus ini.

Penggalangan donasi tersebut masih akan terus dibuka melalui kitabisa.com/konserjagaindonesia dan benihbaik.com/campaign/bersamajagaindonesia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama mengatakan, akan terus berupaya menjalankan mitigasi atas dampak pandemi corona terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Sebab, pariwisata merupakan salah satu sektor yang terpukuk akibat pandemi corona.

"Pariwisata dan ekonomi kreatif adalah sektor yang paling terdampak dari pandemi COVID-19. Dengan semangat bersama dan solidaritas, kita bisa bersama-sama menghadapi pandemi ini dan menjadi lebih baik lagi kedepannya," jelas Wishnutama.

Konser Solidaritas Bersama Jaga Indonesia berlangsung selama dua jam mulai pukul 20.00 WIB. Konser yang menghadirkan sejumlah artis ibu kota ini, juga turut mengajak masyarakat untuk disiplin membantu memutus penyebaran Covid-19 dan tidak patah semangat bagi yang terdampak.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ralf Rangnick Sudah Bidik Target Potensial untuk AC Milan

Posted: 16 May 2020 08:15 PM PDT

Liputan6.com, Milan - Ralf Rangnick sudah memindai pasar transfer untuk mencari target potensial. Dan itu jika dia sudah ditetapkan mengambil alih AC Milan musim panas ini.

Selain Tanguy Kouassi dari Paris Saint-Germain, ada satu pemain lagi yang ingin dibawanya ke AC Milan. Pria asal Jerman ini juga mengikuti gelandang Nantes Imran Louza.

Menurut media Prancis RCM Sport, Rangnick menunjukkan minat yang signifikan pada pemain berusia 21 tahun, yang baru-baru ini menandatangani perpanjangan kontrak hingga 2024 dengan Nantes. Bahkan, dia juga sempat mengganti agennya.

Meskipun Chief Scout Rossoneri, Geoffrey Moncada, selalu mengikuti Ligue 1 dengan seksama, minat tersebut berasal dari Rangnick. Kabarnya, klub Prancis itu telah memberi label harga setidaknya € 10 juta pada Louza.

Selain AC Milan, Lyon juga mengikuti situasi pemain dengan penuh minat. Jika bukan karena pandemi corona, permintaan Nantes pasti akan lebih tinggi, yang berarti ini adalah kesempatan bagi Rossoneri untuk membawanya.

Perekrutan Pertama

Sebelumnya, dilaporkan Tuttosport, AC Milan sudah mulai merencanakan jendela transfer dengan Rangnick. Kesepakatan kabarnya telah dicapai antara klub dan manajer.

Penandatanganan pertama Rangnick di klub bisa datang dari Paris Saint-Germain, yaitu Tanguy Kouassi. Bek 17 tahun itu, kabarnya berada di daftar keinginan Rossoneri untuk musim panas.

Situasi Berubah

Manajer asal Jerman itu sudah lama memperhatikan pemain muda itu saat di RB Leipzig, tapi tak bisa mengontraknya.

Sekarang, situasinya telah berubah, karena Kouassi belum menandatangani kontrak profesional dengan PSG.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Live Stream Fest Vol. 3 Edisi Ramadan Hari Kedua di Program Live Family

Posted: 16 May 2020 08:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sukses pada event sebelumnya, Samara Live, MRA Media, dan VIP kembali menghelat event Live Stream Fest Vol. 3 edisi Ramadan. Pelopor festival streaming pertama di Indonesia itu, kembali hadir di hari keduanya, yaitu Minggu (17/5/2020).

Sejumlah aktris, tokoh publik, konten kreator, dan ustaz ikut terlibat dalam acara ini. Beberapa program unggulan masih dihadirkan oleh Live Stream Fest Vol. 3, di antaranya adalah Live Family.

Program Live Family dimulai pukul 11.00 WIB dan berakhir pada 17.00 WIB. Program Live Family sendiri akan membahas seputar ilmu parenting dari aktris, influencer, serta narasumber yang berpengalaman. 

Tak hanya ilmu parenting, tapi juga ada sesi ngobrol seru yang membahas soal hubungan pernikahan, kehamilan serta proses melahirkan di saat pandemi corona, dan sebagainya. 

Saksikan selengkapnya di program Live Family dalam Live Stream Fest Vol. 3 yang bisa ditonton secara gratis di aplikasi dan website streaming Vidio.

Berikut jadwal program Live Family selengkapnya:

Minggu, 17 Mei 2020

11:00-12:00 WIB - Taaruf dan Menikah saat Pandemi bersama Vebby Palwinta dan Muthia Amalia

13:00-14:00 WIB - Hamil dan Melahirkan Saat Pandemi bersama Ratu Anandita dan Adhara Early

14:00-15:00 WIB - Para Pencari Tuhan bersama Deddy Mizwar, Betari Ayu, Miqdad Addausy & Yasamin Jasem dan Muthia Amalia

15:00-16:00 WIB - Curhat Mom-fluencers! bersama Acha Septriasa dan Deisy Primasari

16:00-17:00 WIB - Lebaran Happy Tanpa Mudik bersama Puteri Hasanah Karunia dan Dhatu Rembulan

Klik di sini untuk menonton program Live Family di Live Stream Fest Vol. 3 hari kedua.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Islamic Development Bank Bantu Indonesia Kembangkan Proyek Transportasi

Posted: 16 May 2020 08:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Grup Islamic Development Bank (IsDB) mengucurkan fasilitas Bantuan Teknis untuk mendukung pengembangan proyek Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) sektor Transportasi di Negara Anggota.

IsDB akan memberikan hibah sebesar USD 265.000 (Rp 3,92 miliar) kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang akan dimanfaatkan untuk membangun dan memperkuat kapasitas Kemenhub dalam upaya mengembangkan dan mengimplementasikan berbagai proyek KPBU sektor transportasi.

Ruang lingkup bantuan terdiri dari kegiatan yang terkait dengan pengembangan kapasitas Kementerian Perhubungan; persiapan toolkit / pedoman untuk penelahaan dan pemilihan proyek KPBU.

Kemudian penyiapan dokumen Outline Business Case (pra-studi kelayakan) untuk satu proyek Kerja Dama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) sektor transportasi.

Menurut Ibrahim Shoukry, Kepala Hub Regional IsDB Indonesia, sektor transportasi adalah salah satu kepentingan utama Pemerintah.

Ibrahim menyampaikan bahwa dalam lima tahun terakhir, Pemerintah Indonesia telah meningkatkan komitmen politik dan keuangan untuk menangani program pembangunan infrastruktur transportasi.

Upaya ini, menurut Ibrahim, menghasilkan berbagai proyek infrastruktur transportasi prioritas.

"Namun, keadaan geografis Indonesia memunculkan tantangan yang unik, yang mengharuskan pemerintah mampu menggunakan pendekatan inovatif dalam mengatasi tantangan tersebut," ujar Ibrahim.

Peran Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU), menurut Ibrahim, sangat penting dalam mempercepat peningkatan hasil konkret pada infrastruktur sektor transportasi.

"Oleh karena itu, bantuan IsDB akan mendukung upaya pembangunan kapasitas teknis Kementerian Perhubungan yang sesuai dan pada gilirannya membuka jalan bagi keberhasilan Kementerian Perhubungan dalam melaksanakan berbagai proyek infrastruktur yang berkualitas," ungkap Ibrahim.

 

Tantangan

PT Hutama Karya (Persero) terus mengebut proyek Jalan Tol Trans Sumatera ruas Sigli-Banda Aceh (Sibanceh). (Dok Hutama Karya)
PT Hutama Karya (Persero) terus mengebut proyek Jalan Tol Trans Sumatera ruas Sigli-Banda Aceh (Sibanceh). (Dok Hutama Karya)

Sementara itu, Djoko Sasono, Sekretaris Jenderal (Sekjen), Kemenhub, menyatakan bahwa Indonesia perlu mengatasi tantangan khas infrastruktur, di mana pembangunan sektor transportasi menjadi tulang punggung pertumbuhan dan pembangunan ekonomi.

Partisipasi sektor swasta, menurut Sekjen Kemenhub, merupakan faktor signifikan yang berkontribusi dalam upaya percepatan penyediaan infrastruktur dan diharapkan dapat memberikan nilai dan manfaat yang jauh lebih baik.

"Kerja sama antara Kementerian Perhubungan dan IsDB diharapkan dapat memfasilitasi dan mendukung implementasi program KPBU di sektor transportasi," kata Sekjen Kemenhub.

IsDB dan Kemenhub juga akan berkoordinasi dengan Kantor Bersama KPBU, termasuk Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS), Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII), dan lain-lain.

Hal ini guna memastikan keberhasilan implementasi bantuan teknis ini dan keberlanjutan penawaran proyek Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) yang potensial dan berkualitas ke pasar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Keluarga Ini Temukan Hikmah di Balik Pandemi Corona

Posted: 16 May 2020 08:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Keharusan tinggal di dalam rumah di masa pandemi COVID-19, tanpa bisa kemana- mana, tidak mudah. Khususnya bagi mereka yang punya anak yang masih belia. Namun diaspora Indonesia Fitria dan suaminya Yusuf Soele, beserta empat putra putrinya, justru bersyukur, karena memperkuat kebersamaan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penjualan Mobil di April Lesu, Bulan Mei Bakal Lebih Parah

Posted: 16 May 2020 08:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penurunan penjualan akibat pandemi virus Corona atau Covid-19 sudah dirasakan oleh berbagai agen pemegang merek (APM) di Indonesia, dan salah satunya PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Pabrikan asal Jepang ini, bahkan hanya mampu menjual sebanyak 5.200 unit dan turun 52,9 persen dibanding bulan sebelumnya.

Namun, kondisi bulan lalu diprediksi bukan jadi yang terparah. Pasalnya, dengan melihat kondisi pamdemi yang belum mereda dan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang masih berlaku tentu akan berpengaruh dengan kondisi penjualan kendaraan di Tanah Air.

"Prediksi bulan depan ada dua, kalau whole sales (pabrik ke diler) kecil banget, karena tak produksi, dan kalau produksi hanya untuk ekspor. Kami lihat brand lain pun sama, whole sales pasti di bawah 1.000 unit," jelas Direktur Pemasaran PT ADM, Amelia Tjandra, saat teleconference bersama media beberapa waktu lalu.

Lanjutnya, jika dari segi retail, karena akan ada libur lebaran otomatis penjualan Mei akan lebih kecil dari April. "Kalau Daihatsu kami perkirakan paling banyak 40 persen, kalau market 40 sampai 50 persen, paling kita di bawah 15 ribu unit," tambahnya.

Target Market Share

Sementara itu, wanita yang akrab disapa Amel ini memprediksi, jika bulan lalu (April) penjualan terjelek, justru Mei akan lebih turun lagi. Pasalnya, tidak hanya karena pandemi virus Corona atau Covid-19 saja, tapi juga karena daya beli dan persetujuan leasing juga ketat.

"Semua sangat hati-hati, makannya pembelian tunai naik, karena untuk dapat approval kredit saat ini bukan sesuatu yang mudah," tegasnya.

Berbicara koreksi target, Daihatsu sendiri selalu mematok target market share dan bukan volume penjualan. Jadi, saat volume turun, pabrikan asal Jepang ini tetap menargetkan mampu merebut pangsa pasar sebesar 17 persen dari jumlah penjualan kendaraan secara keseluruhan.

Mobil Terlaris Daihatsu di Tengah Pandemi

Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk meminimalisir penyebaran virus Corona Covid-19 membuat penjualan mobil mengalami penurunan signifikan. Hal ini turut dirasakan Daihatsu.

Meski mengalami penurunan secara volume, market share (pangsa pasar) pabrikan otomotif asal Jepang tersebut justru meningkat di empat bulan pertama 2020.

Sejak Januari hingga April 2020, penjualan retail Daihatsu mencapai 44.346 unit dari total penjualan nasional sebanyak 243.634 unit. Angka tersebut berhasil mencatatkan pangsa pasar 18,2 persen.

Sedangkan penjualan secara wholesale berhasil mencapai 49.443 unit dari total 244.762 unit, sehingga pangsa pasar Daihatsu mencapai 20,2 persen.

Khusus penjualan retail, Sigra berada di posisi pertama dengan penjualan 12.868 unit atau market share 29 persen. Posisi kedua terdapat Gran Max (PU) dengan penjualan 8.805 unit (19,9 persen) dan Terios berada di urutan ketiga dengan penjualan 7.131 unit (16,1 persen).

Selanjutnya, terdapat Ayla dengan angka 5.332 unit (12,0 persen), Xenia 5.092 unit (11,5 persen), dan Gran Max (MB) 3.911 unit (8,8 persen).

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bali United Beri Usul Menarik soal Masa Depan Shopee Liga 1 2020

Posted: 16 May 2020 08:10 PM PDT

Jakarta PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) akan segera menentukan nasib Shopee Liga 1 2020. Dalam hal ini, mereka bakal mendengarkan pendapat klub.

PT LIB akan lebih dulu mengadakan pertemuan bertajuk Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Luar Biasa pada Senin (18/5/2020). Satu di antara pembahasan adalah mengenai nasib Shopee Liga 1 musim ini.

Sementara itu, PSSI juga bakal menyelenggarakan rapat Komite Eksekutif (Exco) lanjutan setelah rapat pertama pada 12 Mei lalu tidak menghasilkan keputusan yang siginifikan terkait masa depan kompetisi.

Nantinya, rapat PSSI berikutnya akan digelar setelah pengumuman dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengenai masa Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Wabah Penyakit Akibat Virus Corona di Indonesia yang akan berakhir pada 29 Mei 2020.

Jika BNPB memperpanjang status tersebut, PSSI akan membatalkan Shopee Liga 1. Jika status tersebut berakhir sesuai jadwal, kompetisi bisa dilanjutkan pada 1 Juli 2020.

Lantas, bagaimana sikap sejumlah klub Shopee Liga 1 mengenai nasib kompetisi? Berikut Bola.com merangkum pendapat dari lima klub besar:

Persib Dukung Shopee Liga 1 Dilanjutkan

Striker Persib Bandung Wander Luiz. (foto: https://www.instagram.com/persib_official)
Striker Persib Bandung Wander Luiz. (foto: https://www.instagram.com/persib_official)

Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts, masih berharap Shopee Liga 1 masih bisa dilanjutkan pada tahun ini. Arsitek asal Belanda itu bahkan enggan berpikir kompetisi dibatalkan dan baru dimulai kembali pada tahun depan.

"Kami berharap kompetisi dapat kembali dimulai pada Juli 2020. Jika status tersebut tidak diperpanjang, kami bisa kembali berlatih pada Juni 2020," ujar Robert.

"Bahkan, saya tidak berpikir kompetisi akan dibatalkan. Saya optimistis dengan skuad yang ada untuk melanjutkan kompetisi," jelas mantan pelatih PSM Makassar tersebut.

Keinginan Robert sejalan dengan pemikiran manajemen Persib yang diwakili oleh Umuh Muchtar. Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) itu bahkan mendukung kelanjutan kompetisi sekalipun tanpa penonton.

"Kalau jalan ya Alhamdulillah. Kalau tanpa penonton, orang-orang bisa pada menonton di televisi. Minimal ada hiburan," imbuh Umuh.

"Kita juga harus antisipasi, untuk pengecekan kesehatan semua, dicek secara rutin, baik saat latihan maupun jelang pertandingan. Insya Allah, kalau Persib tinggal menunggu bagaimana keputusan PSSI saja," kata Umuh.

Beda Sikap Manajemen Persija dengan Tim Pelatih

Pelatih Persija Jakarta, Sergio Farias, bersiap memimpin latihan di SUGBK, Jakarta, Jumat (7/2). Latihan ini persiapan jelang Liga 1 Indonesia 2020. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)
Pelatih Persija Jakarta, Sergio Farias, bersiap memimpin latihan di SUGBK, Jakarta, Jumat (7/2). Latihan ini persiapan jelang Liga 1 Indonesia 2020. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Sikap berbeda ditunjukkan oleh manajemen dan tim pelatih Persija Jakarta. Ferry Paulus selaku direktur olahraga tim berjulukan Macan Kemayoran itu menyerahkan kelanjutan Shopee Liga 1 kepada PSSI.

"Kami tahu masyarakat Jakarta atau yang di luar Jakarta khususnya The Jakmania sangat mencintai Persija. Akan tetapi, kami harus mengikuti keputusan pemerintah dalam memerangi virus corona. Semua ini untuk kebaikan kita bersama," imbuh Ferry Paulus.

Sementara itu, pelatih Persija, Sergio Farias, berharap Shopee Liga 1 dapat kembali diputar. Arsitek asal Brasil itu sudah tidak sabar melanjutkan kiprahnya bersama Macan Kemayoran.

"Jika ada kendali Virus Corona dan semua sudah bisa teratasi, kita harus bermain di liga untuk menghormati para penggemar. Ini pendapat saya untuk masalah kompetisi," kata Sergio Farias seperti yang tertulis di Instastory miliknya, @sergiofarias92.

"Harapan saya sama dengan semua orang yang ingin kembali bekerja, kembali disibukkan dengan sepak bola," jelas mantan pelatih Pohang Steelers tersebut.

Persebaya antara Patuh dan Tak Patuh

Tim pelatih Persebaya Surabaya Uston Nawawi, Aji Santoso, dan 'Bejo' Sugiantoro. (Dok Persebaya)
Tim pelatih Persebaya Surabaya Uston Nawawi, Aji Santoso, dan 'Bejo' Sugiantoro. (Dok Persebaya)

Persebaya Surabaya akan mengikuti keputusan PSSI mengenai kelanjutan PSSI. Namun, tim berjulukan Bajul Ijo itu cenderung tidak setuju jika Shopee Liga 1 kembali diputar saat pandemi virus corona belum kelar.

"Persebaya akan mematuhi keputusan PSSI. Ini situasi yang tidak diinginkan semua stakeholder sepak bola di Indonesia, baik klub, pemain, pelatih, dan ofisial. Semua pihak harus memahami dan menerima," ujar manajer Persebaya, Candra Wahyudi.

"Dari awal sudah saya sampaikan, kalau seandainya kompetisi tidak bisa dilanjutkan, tidak usah dipaksakan. Bermain di tengah pandemi tentu sangat tidak ideal. Namun, akan lebih baik ada turnamen penganti dari kompetisi yang dibatalkan. Ini supaya kualitas pemain tetap terjaga, fisik mereka juga," timpal pelatih Persebaya, Aji Santoso.

Aji mengusulkan untuk mengganti kompetisi dengan turnamen. Asalkan, digelar setelah wabah virus corona mereda.

"Kalau tidak ada kegiatan kompetisi atau turnamen, pasti kualitas pemain akan mengalami penurunan. Akan sangat disayangkan. Jadi, saya sangat setuju kalau misal kompetisi berhenti dan diganti dengan turnamen," ucap Aji.

Usulan Menarik dari Pelatih Bali United

Pelatih Bali United, Stefano Teco, saat menghadiri Indonesian Soccer Awards 2020 di Studio Indosiar, Jakarta, Jumat (10/12). Acara ini diadakan oleh Indosiar bersama APPI. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)
Pelatih Bali United, Stefano Teco, saat menghadiri Indonesian Soccer Awards 2020 di Studio Indosiar, Jakarta, Jumat (10/12). Acara ini diadakan oleh Indosiar bersama APPI. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, memberikan usulan jika Shopee Liga 1 kembali dilanjutkan. Format kompetisi nantinya bisa berubah dengan memainkan satu putaran dan menggunakan format delapan besar.

Teco merasa opsi mengganti kompetisi dengan turnamen tidak tepat. Sehingga, mantan pelatih Persija Jakarta ini mendukung kompetisi tetap berjalan jika virus corona telah mereda.

"Kompetisi lebih bagus dibanding turnamen. Tapi mungkin, formatnya akan berbeda. Bermain satu putaran saja dan tiga tim terbawah degradasi," ucap Teco.

"Delapan tim teratas bisa lolos ke babak delapan besar, empat besar, dan kemudian final. Pertandingan akan lebih sedikit dibandingkan harus bermain sebanyak dua putaran," tuturnya.

Saran untuk Setop Kompetisi dari Arema FC

Tim pelatih Arema FC musim 2020 (dari kiri ke kanan), Singgih Pitono, Charis Yulianto, Mario Gomez, Marcos Gonzales, Felipe Americo, dan Kuncoro. (Bola.com/Iwan Setiawan)
Tim pelatih Arema FC musim 2020 (dari kiri ke kanan), Singgih Pitono, Charis Yulianto, Mario Gomez, Marcos Gonzales, Felipe Americo, dan Kuncoro. (Bola.com/Iwan Setiawan)

General Manager (GM) Arema FC, Ruddy Widodo, menolak dikatakan sebagai pihak yang mendukung penyetopan kompetisi. Tim berjulukan Singo Edan ini disebutkannya hanya menyarankan Shopee Liga 1 untuk dibatalkan.

"Arema FC tidak pernah mengirim surat secara resmi untuk meminta kompetisi dihentikan. Kalau dimintai usul iya, karena itu kesimpulan dari hasil diskusi teman-teman di grup manajer. Jadi, kami mengirim surat resmi untuk digelarnya Rapat Umum Pemegang Saham PT Liga Indonesia Baru untuk membahas, di mana satu poin di antaranya tentang kemungkinan penghentian kompetisi," imbuh Ruddy.

Klub berlogo singa mengepal ini pesimistis kompetisi bakal bisa kembali digelar sesuai rencana awal PSSI. "Menurut saya kok sepertinya tidak bisa dilanjutkan dalam waktu dekat," kata Ruddy.

Menurut Ruddy, ada sejumlah alasan di balik rasa pesimistisnya tersebut. Satu di antaranya, sambung pria berusia 48 tahun ini, adalah masih belum tuntasnya upaya-upaya penanggulangan virus corona.

"Malang ada Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sampai 30 Mei 2020. Ini paling cepat. Kita doakan saja kurva penyebaran virus corona sudah menurun. Kalau belum menurun dan BNPB menambah masa tanggap darurat bencana, berarti kan liga tidak bisa dimainkan sesuai rencana," imbuh Ruddy.

Disadur dari Bola.com (Muhammad Adiyaksa/Endo,published 17/5/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Cara Makan Antimainstream Ini Bikin Geleng Kepala

Posted: 16 May 2020 08:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bicara tentang makanan tentu yang terpikirkan pertama kali adalah rasa lezat dan nikmat. Namun rasa lezat dan nikmat tersebut akan jadi lain ketika kamu melakukan hal nyeleneh. Hal nyeleneh tersebut secara tidak langsung membuat kamu merasa lebih unik dari biasanya. Meski bagi orang lain tentu bisa berbeda pandangan. 

Kebiasaan nyeleneh saat makan biasanya muncul dengan berbagai cara anti-mainstream. Mulai dari makan dengan menggunakan sisir hingga makan langsung di pancinya. Kelakuan kocak anti-mainstream tersebut nyatanya mengundang gelak tawa.

Kelakuan nyeleneh saat makan anti-mainstream ini viral di media sosial. Banyak yang tak menyangka, ada kelakuan nyeleneh saat makan yang bikin geleng kepala. Terlebih, kelakuan yang dilakukan di luar logika banyak orang.

Penasaran kan apa saja cara makan antimainstream yang bikin geleng kepala? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, cara makan nyeleneh yang bikin geleng kepala, Minggu (17/6/2020).

1. Ya ampun, makan mi aja sampai dianyam lho.

6 Potret Cara Makan Antimainstream Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: 1cak.com)
6 Potret Cara Makan Antimainstream Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: 1cak.com)

2. Ya enggak langsung dari pancinya juga dong.

6 Potret Cara Makan Antimainstream Ini Bikin Geleng Kepala (sumber:1cak.com)
6 Potret Cara Makan Antimainstream Ini Bikin Geleng Kepala (sumber:1cak.com)

3. Duh, si ibu kok kelihatan lapar banget sih, sampai makan langsung dari panci.

6 Potret Cara Makan Antimainstream Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: 1cak.com)
6 Potret Cara Makan Antimainstream Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: 1cak.com)

4. Duh, itu kalau sisirnya masih ada ketombe nyangkut gimana ya.

6 Potret Cara Makan Antimainstream Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: Instagram.com/duhreceh.id)
6 Potret Cara Makan Antimainstream Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: Instagram.com/duhreceh.id)

5. Varian baru, roti dengan topping sambal.

6 Potret Cara Makan Antimainstream Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: Instagram.com/duhreceh.id)
6 Potret Cara Makan Antimainstream Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: Instagram.com/duhreceh.id)

6. Astaga, kenapa suka banget mempersulit diri sih. Bikin geleng kepala aja.

6 Potret Cara Makan Anti-Mainstream Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: Instagram.com/duhreceh.id)
6 Potret Cara Makan Anti-Mainstream Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: Instagram.com/duhreceh.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kerap Mengingkari Janji, Jangan Mudah Percaya dengan 5 Zodiak Ini

Posted: 16 May 2020 08:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ketika berjanji akan suatu hal kepada orang lain sudah seharusnya kalian menepati janji tersebut. Pasalnya jika sengaja mengingkarinya kalian akan mengecewakan orang tersebut.

Ini juga membuat orang tak akan mudah mempercayai kalian lagi. Memang sudah sepatutnya kita menjaga janji yang telah diucapkan kepada orang lain.

Kalaupun terpaksa tak bisa menepatinya, cobalah meminta maaf dan tak mengulanginya lagi. Tapi rupanya ada loh beberapa zodiak yang dikenal sangat mudah mengingkari janjinya. Lantas zodiak apa saja kah itu? Berikut ulasannya.

Gemini

Saat membuat janji, zodiak Gemini memang selalu berniat untuk menepatinya. Namun, Gemini memiliki banyak hal dalam hidup mereka setiap saat dan mereka kewalahan dengan segala hal yang harus mereka lakukan. Pasalnya sulit bagi mereka untuk tetap fokus pada tugas mereka. Dengan begitu, mereka tak punya pilihan lagi selain mengingkari janjinya.

Aquarius

ilustrasi wanita berbohong
ilustrasi wanita berbohong

Hati-hati jika kalian membuat janji dengan Aquarius. Pasalnya Aquarius dapat membuat janji hanya untuk mendapatkan sesuatu yang mereka inginkan. Mereka suka membuat janji tapi tidak ada jaminan mereka akan menepati janji tersebut.

Orang yang berzodiak Aquarius lebih tidak konsisten daripada yang diinginkan siapa pun, terutama menyangkut janji. Jika mereka merasa tertekan untuk menepati janji mereka, semakin besar kemungkinan mereka tidak akan melakukannya.

Pisces

ilustrasi bohong/copyright Unsplash/Allie Smith
ilustrasi bohong/copyright Unsplash/Allie Smith

Pisces sangat baik dan mereka ingin membantu siapa saja yang membutuhkan bantuan mereka. Masalahnya adalah sulit bagi mereka untuk mengatakan tidak. Mereka menyetujui segala macam hal dan membuat janji. Tetapi ketika tiba saatnya untuk menepatinya, Pisces terlalu kewalahan dan sibuk untuk memenuhi semua janji itu.

Sagitarius

ilustrasi bohong
ilustrasi bohong

Sagitarius mungkin tak berniat jahat, hanya sedikit menutup diri. Bukannya mereka tidak murah hati atau terhormat, mereka hanya lebih fokus pada kebutuhan mereka. Mereka mungkin sering berpikir, apa yang mereka ingin lakukan dengan waktu mereka lebih penting daripada menepati janji.

Aries

Ilustrasi pinocchio. (Sumber foto: Schwerhoefer/Pixabay)
Ilustrasi pinocchio. (Sumber foto: Schwerhoefer/Pixabay)

Ketika awalnya membuat janji, Aries mungkin yakin bahwa mereka akan bisa menepatinya. Tetapi ketika hal-hal lain muncul, Aries akan mudah kewalahan dan menempatkan janji-janji tersebut di urutan paling bawah.

Aries sering kali tidak ingin orang mempertanyakan kemampuan mereka, jadi mereka akan berjanji untuk melakukan sesuatu yang pada akhirnya terlalu sulit untuk dilakukan tanpa banyak pekerjaan tambahan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Akhir Pekan: Baju Baru vs Koleksi Lama, Pilih Mana?

Posted: 16 May 2020 08:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Baju baru kerap diidentikkan sebagai salah satu tradisi dalam perayaan Lebaran. Tampilan apik berbusana hingga bergaya kompak bersama keluarga jadi pemandangan yang kerap terlihat ketika silaturahmi ke rumah orang-orang yang dicinta.

Namun semua terasa berbeda di 2020, di mana seantero dunia tengah berjuang melawan penyebaran pandemi corona Covid-19. Masyarakat pun diminta sebisa mungkin untuk tetap tinggal dan berkegiatan di rumah saja.

Di masa pandemi seperti saat ini, konsultan fashion Khairiyyah Sari melihat adanya perubahan daya beli orang pada berbagai produk fashion. Ketimbang baju, kebutuhan sehari-hari seperti makanan, lebih didahulukan.

"Tapi kembali ke psikologis kita orang Indonesia mau Lebaran itu kayaknya pengen punya baju baru yang dibeli karena mau berkunjung ke saudara. Sekarang enggak bisa tapi feeling nostalgia itu akan tetap ada di sebagian kita," kata Khairiyyah Sari saat dihubungi Liputan6.com, Rabu, 13 Mei 2020.

Sari, begitu ia akrab disapa, melanjutkan berada di krisis corona Covid-19, ketika orang memutuskan untuk membeli baju baru nantinya akan digunakan di hari pertama Lebaran saja sebagai kepentingan foto bersama keluarga di rumah.

"Bagi yang tidak mau beli karena Lebaran di rumah saja, kita bisa pakai yang lama dan ini jadi momen untuk beres-beres atau decluttering karena sebenarnya baju Lebaran harus dipakai Lebaran," tambahnya.

Ia berbagi kisah berdasarkan pengalamannya, Sari sudah beberapa tahun terakhir membeli baju yang juga dapat digunakan untuk sehari-hari dan memilih tunik atau celana yang dapat dipadupadankan dengan gaya berbeda.

Untuk mendukung penampilan tersebut, Sari memberikan beberapa saran untuk mempermanis gaya. Seperti menghadirkan sentuhan aksesori dan bereksplorasi dengan kreativitas sendiri.

"Tambahkan kalung, jika selama ini enggak pakai kalung dengan baju lama, tunik polos ala baju India. Sekarang ada waktu luang yang bisa melukis bisa melukis di tunik putih itu digambari dengan hasil karya atau bikin aksesori jadi bros, di pinggirnya tambah stitching jadi ada perbedaan," ungkapnya.

Ditambahkan Sari, busana atau barang yang dimiliki dapat digunakan kembali dengan memodifikasinya. Ia menekankan bagaimana padu padan itu memiliki peranan yang penting.

"Intinya padu padan, punya satu item fashion itu bisa padankan dengan item-item lain yang kita punya. Padu padan itu gampang, terkadang tak terpikir. Nah, justru ini saat untuk eksperimen intinya bergaya adalah kita harus coba apa yang kita punya di rumah," jelas Sari.

Memilih Koleksi Lama

Ilustrasi fashion. (Foto: Free-Photos from Pixabay)
Ilustrasi fashion. (Foto: Free-Photos from Pixabay)

Ada beragam alasan di balik keputusan lebih memilih mengenakan koleksi lama ketimbang membeli baju baru, khususnya di tengah pandemi corona Covid-19 dengan beragam pembatasan ruang gerak. Salah satunya datang dari seorang perawat, Nurhidayati.

"Untuk tahun ini milih untuk pakai koleksi lama saja, karena pandemi tentunya berimbas sama keuangan rumah tangga juga, jadi berhemat," katanya saat dihubungi Liputan6.com, Jumat, 14 Mei 2020.

Aktivitas berbelanja Inung, begitu ia akrab disapa, sebelum pandemi dirinya lebih memilih untuk membeli baju baru dengan langsung datang ke store karena ia dapat menyentuh dan mencoba baju secara langsung.

"Tapi setelah pandemi jadi lebih milih belanja online," tambahnya.

Selain itu, sebelum pandemi pula, Inung mempersiapkan bujet khusus untuk keperluan Lebaran. Namun, pola ini berubah ketika pandemi melanda.

"Salah satunya untuk baju dan mukena, sarung buat salat Id, tapi karena pandemi jadi dialihfungsikan buat yang lain dulu deh karena masih banyak yang butuh bantuan sesama," tutupnya.

Tak Bisa Berkumpul dengan Keluarga

Ilustrasi baju (dok. Unsplash.com/Lauren Fleischmann @theburbgirl)
Ilustrasi baju (dok. Unsplash.com/Lauren Fleischmann @theburbgirl)

Hal lain yang menjadi tradisi saat Lebaran adalah silaturahmi dengan keluarga dan orang-orang terdekat. Di tengah krisis corona dengan pembatasan ruang gerak, momen tersebut tak dapat terlaksana.

Hal itu pula yang menjadi salah satu alasan ibu rumah tangga, Lidya Paramita ketika dirinya tak berniat membeli baju baru untuk digunakan saat Lebaran.

"Pertama, kegiatan open house, salat Id, enggak ada. Keluarga juga enggak bisa kumpul," kata Lidya ketika dihubungi Liputan6.com, Jumat, 14 Mei 2020.

Jauh sebelum penyebaran corona Covid-19, Lady, begitu ia akrab disapa, untuk urusan baju kompak dengan keluarga. "Biasanya janjian ada baju kembaran warna sama keluarga karena bisa kumpul," jelasnya.

Cerita lain dibagikan oleh pegawai swasta, Narendra Janapriya, yang memilih untuk mengenakan koleksi lama untuk busana di perayaan Lebaran tahun ini.

"Karena kalau baju Lebaran itu emang harus dicoba dulu jadi takut kalau lewat online. Takutnya barang enggak sesuai jadinya malah enggak terpakai," katanya kepada Liputan6.com, Jumat, 14 Mei 2020.

Ia menambahkan, selama pandemi jadi memilih membeli baju ke online shop. Hal tersebut mengingat toko dan mal tutup di tengah pemberlakuan pembatasan ruang gerak dan menjaga jarak aman.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemkot Bandung Pastikan Distribusi Bantuan COVID-19 Bisa Dipertanggungjawabkan

Posted: 16 May 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Bandung Pemerintah Kota Bandung mencatat hingga tanggal 14 Mei 2020 telah terdata 42 donatur dari berbagai unsur baik swasta maupun pemerintah yang memercayakan menitipkan bantuan terkait COVID-19 kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung. Semua bantuan dipastikan tercatat dan dapat dipertanggungjawabkan.

Koordinator Bidang Logistik Gugus Tugas COVID-19 Kota Bandung, Elly Wasliah memastikan, otoritasnya hanya menerima bantuan berupa barang. Adapun yang ditaksir dalam jumlah uang, ekuivalen nilainya dilakukan oleh pihak donatur.

Elly mengungkapkan, pada April menerima bantuan dari 23 donatur. Total nilainya sesuai perhitungan pemberi, yaitu Rp768.806.978.

"Mereka (donatur) menyampaikan ekuivalen nilainya. Karena kami hanya menerima bentuk barang," terang Elly dalam keterangan resminya ditulis Sabtu, 16 Mei 2020.

 

 

Sudah Terdistribusi Senilai Rp468.054.344

Untuk bantuan yang diterima pada bulan April. sampai saat ini sudah terdistribusikan senilai Rp468.054.344. Bantuan yang diberikan baik berupa bahan pangan, ataupun perlengkapan protokol kesehatan

Sedangkan untuk Mei tepatnya hingga tanggal 14, terdapat bantuan dari 19 donatur atau setara dengan Rp533.611.992. Barang-barang bantuan yang sudah tersalurkan pada Mei ini senilai Rp119.666.229.

"Soal bantuan ini kita sudah jelas karena diatur lewat Perwal nomor 19 tahun 2020 Tentang Tata Cara Penerimaan Bantuan Masyarakat Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019," ujar Elly.

Dalam pasal 12, ayat 2 Perwal ditulis bahwa yang berhak menerima bantuan dari gugus tugas itu, pertama warga non DTKS yang terdampak Covid-19, yang belum menerima bantuan sama sekali baik dari pusat, provinsi, maupun Pemkot. Elly menjelaskan dalam Perwal, bantuan juga sudah diarahkan yakni bahan pangan ditujukan bagi masyarakat yang tidak tersentuh oleh bantuan apapun dari pemerintah.

Utamanya, bagi warga miskin baru atau yang mengalami penurunan kondisi ekonomi lantaran terdampak pandemi virus corona. Sedangkan bantuan berupa perlengkapan kesehatan diberikan guna menunjang kinerja petugas di cek poin. Selain itu, beragam bantuan ini juga disalurkan kepada panti asuhan.

"Perlengkapan penunjang seperti APD, masker, hand sanitizer, sarung tangan, thermo gun, diperuntukan bagi petugas yang bergerak di gugus tugas baik kota, kecamatan atau kelurahan. Kemudian sekarang di ayat 3 dapat juga bantuan dapat diberikan kepada panti asuhan," ungkap Elly.

Mekanisme penyaluran bantuan

Untuk mekanisme penyaluran bantuan, Elly menjelaskan bagi yang memerlukan bisa mengajukan surat permohonan ditujukan kepada Ketua Gugus Tugas COVID-19 Kota Bandung, Oded M. Danial. Kemudian pengajuan tersebut akan diteruskan kepada Ketua Harian, Ema Sumarna untuk diteruskan dieksekusi oleh bidang logistik.

Elly menyatakan pembuat permohonan pengajuan ini bisa berasal dari instansi, asosiasi, komunitas ataupun kelompok lainnya. Apabila ada warga yang membutuhkan secara mendesak, bantuan akan secepatnya disalurkan sambil beriringan dengan prosedur diproses oleh aparat kewilayahan.

"Kalau ada warga yang perlu bantuan, memang SOP tetap berjalan yang mengusulkan itu bisa lurah, camat atau asosisasi, komunitas atau perkumpulan itu bisa siapa saja. Tetapi harus jelas nama, NIK juga alamatnya. Kalau ada yang warga urgent itu tidak kaku bisa kita prioritaskan, tapi tetap SOP tetap ditempuh bisa sambil berjalan," ujar Elly

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Messenger Rooms Sudah Muncul di WhatsApp Versi Beta

Posted: 16 May 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp dilaporkan akan menggulirkan salah satu fitur anyar yang cukup signifikan di aplikasinya. Fitur tersebut adalah integrasi dengan Facebook Messenger Rooms.

Integrasi ini seperti dikutip dari NDTV, Minggu (17/5/2020), diketahui dari WhatsApp beta versi 2.20.163. Menurut laporan, integrasi ini sudah tersedia untuk beberapa pengguna beta, dan akan digulirkan bertahap. 

Hanya untuk sekarang, fitur ini baru berfungsi bagi pengguna WhatsApp di Amerika Serikat. Sementara untuk pengguna di wilayah lain akan mendapatkan integrasi ini secara bertahap dalam beberapa minggu ke depan.

Nantinya, akses ke layanan Messenger Rooms ini dapat ditemukan di ikon sheet yang ada di laman chatting. Selain itu, opsi akses ke layanan Messenger Room juga dapat dibuka melalui ikon kamera di WhatsApp.

Terakhir, fitur Messenger Rooms dapat diakses pula dari tab Calls, mirip saat melakukan panggilan biasa. Namun perlu diketahui, bukan berarti layanan Rooms dapat digunakan melalui WhatsApp.

Pengguna nantinya tetap akan diarahkan ke aplikasi Messenger untuk dapat mengakses Rooms. Sebagai informasi, ini muncul tidak lama setelah Facebook menggulirkan fitur Messenger Room secara global.

Facebook Rilis Messenger Rooms untuk Seluruh Pengguna

Messenger Rooms (Foto: Phone Arena)
Messenger Rooms (Foto: Phone Arena)

Sebelumnya, Facebook akhirnya merilis fitur video call di Messenger Rooms untuk seluruh pengguna di dunia. Pengguna bisa membuat room atau ruangan untuk menyelenggarakan video call secara gratis dengan jumlah peserta hingga 50 orang dan tanpa batas waktu.

Dikutip dari Messenger News Facebook, Jumat (15/5/2020), room bisa dibuat langsung dari layanan Messenger atau Facebook. Kemudian, pengguna bisa membagikan tautan untuk mengundang siapa pun bergabung, termasuk mereka yang tidak memiliki akun Facebook.

"Anda dapat memulai dan membagikan rooms di Facebook melalui News Feed, Groups, dan Events, sehingga mudah bagi Anda melakukannya kapan pun menginginkannya," demikian keterangan resmi dari Facebook.

Pengguna dapat melihat dan bergabung di dalam room, atau mengeluarkan orang dan menguncinya jika tidak ingin ada orang lain yang bergabung.

Cara Pakai

Messengers Rooms (screenshot via messengernews.fb.com)
Messengers Rooms (screenshot via messengernews.fb.com)

Untuk membuat room, pengguna harus mengunduh versi terbaru aplikasi mobile Facebook dan Messenger dari App Store atau Google Play Store. Selain itu, juga versi terbaru aplikasi Messenger Desktop dari Microsoft Store atau Mac App Store.

Para pengguna Facebook di dunia dapat membuat room dari Messenger. Sementara pengguna di Amerika Utara dapat membuatnya dari Facebook.

Facebook akan terus menambahkan lebih banyak fitur untuk Messenger Rooms dalam beberapa bulan mendatang.

"Kami berharap Messenger Rooms akan membuat orang di mana saja untuk lebih terhubung dengan orang yang mereka cintai, di mana pun mereka berada," ungkap Facebook.

(Dam/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cimoy Montok Sudah Bisa Beli Motor, Penghasilannya Mengejutkan

Posted: 16 May 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Nama Cimoy Montok begitu dikenal karena aplikasi Tik Tok. Kehidupan pemilik nama asli Nur Aini ini pun kerap menjadi perbincangan publik. Apalagi, soal kehidupannya yang berasal dari kalangan tidak mampu. 

Kehidupan Cimoy Montok saat ini perlahan mulai berubah. Bahkan, pendapatan Cimoy dalam dua minggu dapat untuk membeli sepeda motor.

Melalui unggahan channel Youtube 'Crazy Nikmir REAL', terlihat Cimoy Montok hadir di rumah Nikita Mirzani. Dalam video tersebut, Nikita menanyakan penghasilan Cimoy saat ini.

 

Penghasilan

Cimoy Montok
Cimoy Montok

Ternyata, penghasilan Cimoy cukup banyak. Dalam dua minggu saja, ia sudah mampu membeli motor. 

"Berapa ya sekarang, baru dua minggu udah kebeli motor," kata Cimoy.

 

Uang di ATM

Cimoy Montok (Sumber: Instagram/realcimoynuraini)
Cimoy Montok (Sumber: Instagram/realcimoynuraini)

Meski telah membeli motor, uang di ATM Cimoy ternyata masih ada. Hal ini ia ungkapkan juga pada Nikita.  

"Terus di ATM mama masih ada berapa ya, 7 ya," ungkap Cimoy.

 

Belum Pindah 

Keluarga Cimoy ternyata masih tinggal di rumah yang lama. Mereka masih tetap bertahan di sana. Akan tetapi, kini Cimoy tinggal bersama Cece.  

"Terus pindah enggak dari rumah yang pernah Niki datengin?" tanya Nikita.

"Belum," jawab Cimoy.

"Terus kalau Cimoy sekarang tinggal sama siapa?" tanya Nikita lagi.

"Sama Cece," jawab Cimoy.

 

Percaya pada Seseorang

Niki lantas bertanya bagaimana Cimoy dapat percaya pada seseorang setelah dirinya pernah dimanfaatkan hingga dibohongi oleh sang manajer. 

"Cimoy bisa lihat orang baik atau enggak itu dari mana? kan Cimoy udah pernah dimanfaatin orang, dibohongi manajer segala macem, terus Cimoy bisa percaya lagi sama orang itu Cimoy ngelihatnya gimana?" tanya Nikita. 

"Ngelihatnya pas mau nemenin pas dari IG nya ke hack, ngebantu aku naik, dan lain-lainnya enggak ada yang mau bantuin," kata Cimoy.

 

Tak Dihujat Netizen

Cimoy memang kerap mendapat cibiran dari para netizen. Nikita kemudian menanyakan apakah saat ini dirinya masih kerap mendapat cibiran atau tidak. 

"Tapi Cimoy, lu masih suka dihujat bul*k kampung sama netizen enggak sih?" tanya Nikita.

"Sekarang udah enggak," jawab Cimoy.

 

Masukan 

Nikita kemudian memberikan masukan untuk Cimoy. Ia memberikan masukan pada Cimoy untuk mengubah cara berbicara hingga cara menempatkan diri.  

"Yang Niki kasih masukan buat Cimoy itu adalah mungkin gaya berbicara cimoy harus sedikit dikurangin, harus lihat situasi dan kondisi kita lagi di mana, ketemu sama orang apa, jadi kita bisa nempatin diri gitu," kata Nikita memberi masukan. 

"Saat kita lagi di sini ketemu orang ini, berarti kita harus gimana perilakunya. Jadi orang kalau mau ngatain kita ya susah, enggak ada celah," imbuhnya.

 

Komentar Para Netizen

Para netizen yang melihat video tersebut kemudian memberikan beragam komentarnya. Seperti komentar-komentar berikut ini.  

"Tolong yang bertemen ama cimoy yang baik" ye biar dia jg bisa belajar jadi lebik baik lagi. Sama" belajar," tulis Sa Sha.

"Semoga cimoy meneruskan pendidikan ya karna buat masa depan cimoy juga," tulis Mey Mey.

"Cimil sebenernya ga salah,mungkin karena memang keadaan yg mengharuskan dia seperti itu? Kita gatau kehidupan dia kaya mana," tulis Salsabila Rahmadani.

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cegah Penyebaran COVID-19, Wali Kota Kediri Batasi Kegiatan Masyarakat

Posted: 16 May 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar memutuskan untuk melakukan kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat sebagai upaya mengantisipasi pencegahan penyebaran virus corona, terutama di Kota Kediri, Jawa Timur.

"Ini angkanya tinggi, kami adakan pembatasan kegiatan masyarakat khusus di Kota Kediri. Akan ada tim yang berkeliling terus," kata Wali Kota dalam keterangannya di Kediri, Jawa Timur, Sabtu, 16 Mei 2020.

Ia mengatakan, kebijakan itu dilakukan sebagai upaya mencegah penyebaran COVID-19 khususnya di Kota Kediri, apalagi jumlah pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19 di Kota Kediri bertambah, dilansir dari Antara.

Sementara itu, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Kediri dr Fauzan Adima menambahkan, di Kota Kediri memang belum mengajukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Wali Kota Kediri telah memilih opsi untuk jalan tengah dengan pembatasan kegiatan masyarakat tersebut.

"Bukan PSBB tapi 'jalan tengah' antara PSBB dan tidak PSBB. Pak Wali Kota menyebutnya PKM (pembatasan kegiatan masyarakat)," kata dr Fauzan.

Di Kota Kediri, pada Sabtu ini terdapat satu pasien yang terkonfirmasi positif yang merupakan hasil tracing dari buruh linting dari pabrik rokok di Tulungagung, Jawa Timur.

 

Imbauan Penerapan Social Distancing

Suasana hari kedua PSBB di Surabaya Raya pada Rabu, 29 April 2020. (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Suasana hari kedua PSBB di Surabaya Raya pada Rabu, 29 April 2020. (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Pasien tersebut merupakan adik pasien yang merupakan buruh linting dan dinyatakan sebagai orang tanpa gejala (OTG). Yang bersangkutan pernah dilakukan rapid test dan swab, kemudian dinyatakan positif. Dengan tambahan yang terkonfirmasi tersebut, jumlah pasien yang terkonfirmasi positif corona di Kota Kediri sebanyak 26 orang.

Ia menjelaskan, dari jumlah itu, ada delapan orang yang dirawat, 11 orang dipantau dan sisanya tujuh orang telah dinyatakan sembuh. Untuk orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 295, pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 22 orang.

Sebelumnya, belasan warga Kota Kediri yang merupakan kluster Pabrik Rokok Simustika di Tulungagung telah dinyatakan positif COVID-19 dari hasil swab. Dari mereka ada yang dirawat di rumah sakit, puskesmas, maupun isolasi diri.

Pemkot Kediri juga mengingatkan agar warga menerapkan social distancing, tidak berkumpul di kafe, warung, guna meminimalisir penyebaran virus corona. Masyarakat diminta hati-hati, mengenakan masker saat keluar rumah demi meminimalkan risiko penularan COVID-19.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: