Senin, 04 Mei 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


VIDEO: Ucapan Belasungkawa Jokowi untuk Didi Kempot

Posted: 04 May 2020 10:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo mengunggah ucapan duka cita atas kepergian solois Didi Kempot. Jokowi menyebut almarhum membantu pemerintah dalam imbauan larangan mudik selama pandemi corona.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Selamat Jalan Didi Kempot, The Godfather of Broken Heart

Posted: 04 May 2020 10:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya maestro musik campur sari Indonesia Didi Kempot. Didi Kempot mengembuskan napas terakhirnya pada Selasa (5/5/2020) pagi di Solo, Jawa Tengah.

"Pagi ini saya dengar Mas Didi Kempot telah berpulang. Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Duka cita saya yang dalam kepada segenap keluarga besar Mas Didi Kempot, kepada para insan musik Indonesia, juga kepada seluruh sobat ambyar di mana pun berada," kata Jokowi melalui akun Instagramnya, Selasa (5/5/2020).

Dalam akun instagramnya, Jokowi memasang foto bersama sang istri Iriana, dan Didi Kempot. Foto yang diunggahnya itu dalam tampilan hitam puth.

Dia berharap almarhum mendapatkan tempat di sisi Sang Pencipta. "Dan keluarga yang ditinggalkan kiranya diberi kekuatan dan kesabaran. Selamat jalan the godfather of broken heart," tutur Jokowi.

Jokowi pun menceritakan kenangan terakhir bersama almarhum Didi Kempot.

"Saya mengikuti "konser amal dari rumah" Mas Didi Kempot, Sabtu 11 April lalu, yang digelar untuk mengumpulkan donasi bagi penanganan pandemi Covid-19. Lewat konser itu, Mas Didi Kempot telah ikut membantu pemerintah daerah agar para warga tak mudik demi memutus rantai penularan virus ke kampung halaman," pungkas Jokowi.

Didi Kempot Meninggal

Didi Kempot acara Shopee 12.12 (Bambang E Ros/Fimela.com)
Didi Kempot acara Shopee 12.12 (Bambang E Ros/Fimela.com)

Didi Kempot meninggal di usia 53 tahun. Ia mengembuskan napas terakhir di RS Kasih Ibu, Surakarta pada Selasa (5/5/2020) pagi.

Menurut adiknya, jenazah Didi Kempot Akan dimakamkan hari ini di Majasem, Kendal, Ngawi. Saat ini, jenazah masih disemayamkan di rumah duka terlebih dahulu, di Solo.

Sementara itu, Dokter di Rumah Sakit Kasih Ibu, dr Divan Fernandes menjelaskan, Didi Kempot tiba di RS Kasih Ibu dalam kondisi tak sadarkan diri.

"Sampai di IGD pukul 07.25, kondisi tidak sadar henti napas henti jantung," ujarnya kepada wartawan, Selasa (5/5/2020).

Tim medis sempat memberikan pertolongan, namun nyawa The Godfather of Brokenheart tak tertolong. "Segera kita lakukan pertolongan, namun karena kondisi pasien buruk, pasien tidak tertolong pukul 07.45 dinyatakan meninggal oleh dokter," ucapnya.

Sebelum meninggal, pada 11 April 2020 lalu, Didi Kempot sempat menggelar konser amal demi mendukung gerakan #DiRumahAja. Dari konser itu, terkumpul donasi senilai Rp3,5 miliar.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Meski Ada Wabah Corona, Pedagang Kelapa di Rangkasbitung Malah Kebanjiran Order

Posted: 04 May 2020 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Peminat kelapa muda di bulan Ramadan ini tak berkurang, meski Indonesia sedang dilanda pandemi Corona Covid-19. Pedagang kelapa muda di Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, selama bulan suci Ramadan 1441 Hijriah terpaksa harus mendatangkan komoditas pertanian itu dari wilayah Lebak bagian selatan. Pasalnya, permintaan terus meningkat.

"Akibat permintaan kelapa muda meningkat, saya memesan ke Lebak selatan yang merupakan sentra kelapa," kata Adang (50), seorang penampung kelapa muda di Jalan Lingkar Selatan Rangkasbitung, Lebak, Senin.

Ia mengaku selama ini merasa kewalahan melayani permintaan kelapa muda. Kebanyakan pemesan pun adalah para pedagang pengecer.

Para pedagang pengecer tersebut diperkirakan mencapai puluhan di sejumlah lokasi di Rangkasbitung dengan menggelar dagangannya itu di tepi jalan.

"Kami selama bulan Ramadan bisa menghabiskan sebanyak 1.000 kelapa muda dengan harga Rp5 ribu/butir dan jika diakumulasikan mendapat sebesar Rp5 juta/hari," kata Adang.

Menurut Adang, omzet pedagang kelapa muda di Rangkasbitung hingga 10 hari bulan suci Ramadan meningkat hingga mencapai 100 persen dibandingkan hari normal.

Wilayah selatan Lebak yang menjadi sentra kelapa di antaranya dipilih untuk memenuhi permintaan itu. Sebab, jika biasanya Adang mendatangkan kelapa muda dari wilayah Lebak tengah, seperti Kecamatan Cimarga, Leuwidamar, Muncang, Bojongmanik, Cirinten dan Gunungkencana, kini dia cukup kekurangan.

"Kami merasa kewalahan melayani permintaan para pedagang kelapa muda itu, karena selama Ramadan relatif meningkat," kata Adang.

Sementara itu, Udin (45), seorang pedagang pengecer di Jalan Hardiwinangun Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, mengatakan omzet pendapatan berjualan kelapa muda selama Ramadan meningkat hingga 70 persen dibandingkan hari normal.

Biasanya, kata dia, pendapatan pada bulan normal mencapai Rp400 ribu, tapi selama Ramadan bisa mencapai Rp700 ribu/hari.

"Pendapatan Rp700 ribu bisa meraup keuntungan bersih Rp200 ribu setelah dipotong modal dan bayar upah pekerja," katanya.

Menurut dia, kelebihan kelapa muda hingga kini masih diburu masyarakat, terlebih kelapa kopyor karena minuman alami yang menyehatkan dan bisa mematikan racun dalam tubuh juga tidak memiliki efek samping.

Selama ini, dirinya berjualan kelapa muda bisa itu untuk dijadikan sebagai minuman berbuka puasa juga dicampur es. "Kami berjualan kelapa muda itu dengan mendatangkan dari penampung," kata Udin.

Sementara itu, Memed (45) seorang pedagang pengecer di Jalan Sunan Kalijaga Rangkasbitung mengatakan selama bulan puasa permintaan kelapa muda naik drastis sehingga mengakibatkan omzet penjualan kelapa muda meningkat.

Ia menjelaskan kebanyakan konsumen membeli kelapa muda diminta dibelah dan sari maupun buah kelapa dimasukkan ke plastik untuk dibawa pulang sebagai bahan buka puasa. Selain itu juga ada yang membeli minta tidak dibelah dan berupa buah kelapa muda.

"Kami menjual kelapa muda itu Rp10.000 per butir dan setiap hari menjual sebanyak 200 butir," kata Memed.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Masa Remaja Wulan Guritno, Curi Perhatian

Posted: 04 May 2020 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Aktris Wulan Lorraine Guritno atau yang lebih dikenal dengan nama Wulan Guritno ini memang kerap mencuri perhatian publik. Bukan hanya soal bakat berakting saja. Akan tetapi penampilan dari wanita kelahiran London ini pun jadi sorotan.

Pasalnya, meski usianya telah memasuki 39 tahun tak sedikit netizen yang menganggap jika Wulan Guritno terlihat tetap awet muda. Ditambah lagi jika wanita berdarah campiran Jawa-Inggris ini kerap mengunggah foto masa kecil hingga remaja di media sosial. Sontak saja foto masa remaja dari ibu tiga ini mengundang decak kagum netizen.

Baru-baru ini Wulan Guritno pun kembali menjadi sorotan karena mengunggah foto masa remaja di akun Instagram pribadinya. Melalui kolom keterangannya, wanita kelahiran 14 April 1981 ini menambahkan keterangan jika foto tersebut diambil pada usia 12 tahun.

Penampilan Wulan tersebut pun langsung ramai oleh komentar netizen. Tak sedikit pula yang memuji dirinya tetap terlihat awet muda. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (5/5/2020) beberapa potret masa remaja Wulan Guritno yang curi perhatian netizen.

1. Ini dia foto Wulan Guritno saat dirinya berusia 12 tahun.

Wulan Guritno (Sumber: Instagram/wulanguritno)
Wulan Guritno (Sumber: Instagram/wulanguritno)

2. Saat remaja, wanita kelahiran London ini memang lebih sering terlihat dengan rambut pendeknya.

(Instagram/wulanguritno)
(Instagram/wulanguritno)

3. Tak sedikit pula yang menganggap jika wanita berusia 39 tahun ini tetap terlihat awet muda loh.

(Instagram/wulanguritno)
(Instagram/wulanguritno)

4. Wulan Guritno sendiri cukup sering mengunggah foto-foto jadulnya di akun Instagram.

(Instagram/wulanguritno)
(Instagram/wulanguritno)

5. Foto Wulan Guritno bersama Dian Sastrowardoyo ini diambil pada 1999 loh.

Wulan Guritno (Sumber: Instagram/@wulanguritno)
Wulan Guritno (Sumber: Instagram/@wulanguritno)

6. Saat masih muda, ibu tiga anak ini juga kerap menjadi cover majalah remaja.

Wulan Guritno (Sumber: Instagram/@juma0803)
Wulan Guritno (Sumber: Instagram/@juma0803)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hore, THR PNS Cair Paling Lambat 5 Hari Sebelum Lebaran

Posted: 04 May 2020 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Dwi Wahyu Atmaji menyatakan, tunjangan hari raya (THR) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS pada tahun ini akan dibayarkan sebelum hari raya Lebaran 2020.

Dwi Wahyu Atmaji mengatakan, pencairan THR PNS akan dilakukan pada periode waktu antara 5-10 hari sebelum Lebaran.

"Harus (bisa dicairkan sebelum Lebaran). Itu antara 5-10 hari sebelum Lebaran," ujar dia kepada Liputan6.com, Selasa (5/5/2020).

Dia melanjutkan, proses pencairan THR bagi PNS diserahkan kepada masing-masing instansi pemerintah sesuai dengan arahan dari Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

"Pencairan THR akan dilaksanakan masing-masing instansi dengan pedoman pelaksanaan dari Menteri Keuangan," ungkap dia.

Saat ini, pemerintah disebutnya tengah menyiapkan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Pemberian Tunjangan Hari Raya Tahun 2020 Kepada Pegawai Negeri Sipil, Prajurit Tentara Nasional Indonesia, Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, Pegawai Nonpegawai Negeri Sipil, dan Penerima Pensiun Atau Tunjangan.

Rencananya, RPP tersebut diproyeksikan dapat diserahkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada pekan depan.

"Itu sedang dibahas dengan Kementerian Keuangan, Sekretariat Negara, dan Kemenkumham. Diharapkan minggu depan sudah bisa dinaikkan ke Presiden," pungkas Dwi Wahyu Atmaji.

Sri Mulyani Pastikan THR PNS Cair

Ilustrasi uang. (via: istimewa)
Ilustrasi uang. (via: istimewa)

Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memastikan Aparatur Sipil Negara (ASN) akan tetap mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) pada tahun ini.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani dalam sebuah video yang diunggah di laman Instagram pribadi miliknya @smindrawati, Kamis (16/4/2020).

"Terakhir THR untuk  ASN, TNI, Polri, Bapak Presiden sudah memutuskan THR akan dibayarkan untuk seluruh ASN, TNI Polri yang posisi adalah di bawah atau dalam hal ini sampai dengan eselon 3 ke bawah," jelas dia.

Dia menuturkan jika besaran THR merupakan gaji pokok dengan tunjangan melekat tanpa tunjangan kinerja (tukin).

Dia menyebutkan pensiunan juga tetap dapat THR, sesuai yang ditetapkan pada tahun lalu. "Karena pensiun adalah kelompok yang rentan juga," jelas Sri Mulyani.

Dia menuturkan jika THR akan dibayarkan sesuai dengan siklusnya. Saat ini proses pembayaran THR dalam proses revisi Peraturan Presiden (Perpres). 

Sri Mulyani juga menegaskan bahwa Presiden, Wakil Presiden, bersama para Menteri tidak akan mendapat THR untuk tahun ini. Kebijakan yang sama juga akan berlaku bagi anggota DPR, MPR dan DPD.

Sri Mulyani menambahkan jika kebijakan pembayaran THR tersebut berlaku harmonis, baik di Pusat maupun di Daerah.

"Kebijakan THR tahun 2020 berlaku sama untuk ASN Daerah, yaitu dikecualikan unt pejabat negara, pejabat eselon I dan dan II, serta pejabat fungsional yg setara eselon I dan II.Besaran THR yg diberikan kepada pejabat eselon III ke bawah meliputi gaji pokok dan tunjangan yang melekat. Namun tidak termasuk tunjangan perbaikan penghasilan (TPP), insentif, atau tunjangan kinerja," tulis dia dalam akun instagramnya.

Pengamat: Penundaan Pembayaran THR PNS Justru Memperburuk Keadaan

Ilustrasi THR PNS. (via: istimewa)
Ilustrasi THR PNS. (via: istimewa)

Pemerintah tengah mengkaji ulang terkait pembayaran gaji ke-13 dan Tunjangan Hari Raya (THR) untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS). Pertimbangan itu dilakukan karena beban keuangan negara saat ini begitu besar akibat pandemik virus Corona (covid-19).

Direktur Riset Center of Reform on Economy (CORE) Piter Abdullah mengatakan, sangat disayangkan jika dalam kajian yang dilakukan pemerintah berbuntut pada penundaan pembayaran gaji ke-13 dan pemberian THR. Sebab, itu makin memperburuk keadaan di tengah penyebaran virus Corona.

"Sangat disayangkan kalau pemerintah menunda gaji ke-13 dan THR justru ditengah himpitan wabah Covid-19," kata dia saat dihubungi merdeka.com, Senin (6/4/2020).

Piter memaklumi kondisi APBN saat ini sedang tertekan akibat pelebaran defisit dalam rangka meningkatkan stimulus, baik dalam rangka membantu masyarakat terdampak maupun untuk menjaga perekonomian. Namun, bukan berarti pemerintah menunda kewajibannya dalam memberikan gaji ke-13 hingga THR.

"Pemerintah jangan tanggung. Pelebaran defisit sudah bisa dipastikan. Tambahan sedikit untuk membayar THR dan gaji ke-13 tidak akan memperburuk defisit yang sudah diputuskan lebih besar," kata dia.

Dia menambahkan, dengan tetap pemberian gaji ke-13 dan THR dampak positifnya adalah mempertahankan konsumsi dalam rangka menjaga perekonomian. Dan yang lebih penting lagi memberikan spirit kepada masyarakat, khususnya PNS di tengah himpitan wabah Covid-19.

 

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kepoin LIDA ZOZO Episode 82: Peserta Ajak Fans Video Call di WhatsApp

Posted: 04 May 2020 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tayangan Kepoin LIDA ZOZO hadir kembali untuk menghibur para penonton setia Liga Dangdut Indonesia. Dalam episode ke 82 Kepoin LIDA ZOZO kali ini, Mr Kepo Jirayut dan Miss Kepo Rara mengunjungi para peserta LIDA 2020 di asrama.

Mereka akan mengajak seluruh peserta untuk seru-seruan bareng bersama para penggemarnya melalui video call. Namun sebelum itu, seluruh anggota LIDA 2020 diwajibkan untuk membuat story di Instagram, yang menginformasikan bahwa mereka akan melakukan video call melalui WhatsApp.

Buat fans yang ingin menyapa idola mereka secara langsung, dapat mencantumkan nomor handphone-nya melalui pesan di Instagram. Bagi penggemar yang beruntung, mereka dapat melakukan panggilan video bersama sang idola. 

Penasaran seperti apa keseruannya? Simak tayangannya di Kepoin LIDA ZOZO yang hadir setiap hari pukul 20.00 WIB di channel Indosiar. Kamu juga bisa menonton tayangan ulangnya secara live streaming di Vidio.

Saksikan Videonya Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Industri di 4 Sektor Ini Raup Untung Ditengah Pandemi Corona

Posted: 04 May 2020 10:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan I 2020 merosot menjadi sebesar 2,97 persen. Pelemahan pertumbuhan ekonomi tersebut dipicu oleh meluasnya pandemi Virus Corona yang memukul seluruh sektor usaha.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, pada triwulan I 2020 semua sektor usaha memang mengalami penurunan kinerja. Namun ada 4 sektor yang justru tumbuh positif jika dibandingkan dengan posisi kuartal yang sama tahun lalu maupun kuartal sebelumnya.

"Jadi dibandingkan dengan triwulan I-2019 itu tumbuh tapi lebih lambat kecuali 4 sektor yang pada triwulan I-2020 ini mengalami peningkatan yaitu jasa keuangan dan asuransi di mana pada triwulan I-2019 adalah 7,23 persen sekarang menjadi 10,72 persen," ujarnya di Jakarta, Selasa (5/5/2020).

"Kemudian sektor informasi dan komunikasi juga tumbuh 9,81 persen lebih tinggi dibandingkan dengan triwulan I-2019," sambung Suharyanto.

Sementara itu, sektor andalan Indonesia seperti sektor pertanian, kehutanan dan perikanan masih tumbuh sebesar 9,64 persen. Hal tersebut dipicu oleh masa panen yang sudah mulai terjadi sejak akhir tahun dan mengalami puncaknya pada Januari hingga Maret.

"Pertumbuhan sektor pertanian, kehutanan dan perikanan 9,64 persen. Bisa dipahami karena di triwulan IV itu memasuki masa panen. Sehingga Januari, Februari dan Maret mengalami panen sehingga sektor pertanian mengalami pertumbuhan tertinggi," papar Kepala BPS.

 

Industri Paling Terpukul

Pekerja pabrik membuat komponen otomotif. (ist)
Pekerja pabrik membuat komponen otomotif. (ist)

Sektor industri dengan 19,98 persen terhadap PDB mengalami pukulan yang cukup berat. Meski demikian, sektor tersebut masih mampu tumbuh namun lambat bersama sektor lainnya seperti perdagangan, konstruksi dan pertambangan.

"Dari pertumbuhan yang ada, seluruh sektor pada triwulan I-2020 ini masih tumbuh tapi mayoritas itu tumbuh melambat," tandas Suharyanto.

 

Anggun P. Situmorang

Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sebelum Meninggal, Didi Kempot Sempat Minta Dibuatkan Ikan Asin Goreng

Posted: 04 May 2020 10:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepergian Didi Kempot untuk selamanya tentu saja meninggalkan rasa duka mendalam bagi pihak keluarga. Salah satunya adalah adiknya, Dina.

Dalam sesi wawancara bersama tvOne, Dina mengenang kembali kebersamaan bersama Didi Kempot. Mereka masih bertemu dan berkomunikasi pada 23 April 2020, atau sehari sebelum puasa.

Kala itu, Didi Kempot sempat pulang ke kediamannya di Majasem, Ngawi, Jawa Timur. Sang maestro campursari ini memang menetap di sana.

"Sehari sebelum puasa kan pulang ke sini, mas Didi ke Solo baru beberapa hari ini. Mengantar keluarga," ungkap Dina dalam kesempatan wawancara tersebut, Selasa (5/5/2020) pagi.

 

Permintaan 

Didi Kempot Meninggal Dunia/kapanlagi.com
Didi Kempot Meninggal Dunia/kapanlagi.com

Sebelum tiba di Majasem, Didi Kempot sempat mengutarakan satu permintaan sederhana pada adiknya itu. Pelantun" Stasiun Balapan" ini minta dimasakkan ikan asin.

"Pagi telepon katanya 'Nduk, aku pulang, gorengin ikan asin ya. Dia kesenangannya ikan asin, 'saya mau makan'," kenang sang adik.

"Sekitar jam set 10 pagi kakak saya telepon lagi, 'Saya ke pasar, masak ya nanti. Kalau makan enak sama tetangga tuh enak', ngomong gitu Mas Didi," sambung Dina.

Sosok Didi Kempot

Foto Didi Kempot Credit: Kapanlagi.com/BayuHerdianto
Foto Didi Kempot Credit: Kapanlagi.com/BayuHerdianto

Semasa hidup, Dina mengenal sang kakak sebagai orang yang sangat baik dan menyayangi keluarganya. Ia sangat terpukul atas kenyataan ini.

"Sayang sama keluarga, ponakan semua akrab, setiap kali Didi datang bawa oleh- oleh. Di tanya 'Mau dibawain apa', itu pasti. Sama keluarga dekat banget. Peduli banget sama keluarga," kata dia menahan tangis.

Pemakaman

Didi Kempot meninggal dunia karena sakit jantung di usia 53 tahun. Ia mengembuskan napas terakhir di RS Kasih Ibu, Surakarta pada Selasa (5/5/2020) pagi.

Didi Kempot meninggal karena sakit jantung. Sebelum meninggal, ia sempat mengeluh demam. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anggota Gerakan Non-Blok Jadi Negara Paling Terdampak Pandemi Corona COVID-19

Posted: 04 May 2020 10:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mayoritas negara anggota Gerakan Non-Blok (GNB) yang ikut serta dalam KTT Virtual pada Senin 4 Mei malam, merupakan negara berkembang paling merasakan dampak dari pandemi Virus Corona COVID-19.

Presiden Jokowi telah menyatakan COVID-19 sebagai musuh bersama, terlebih bagi negara berkembang yang seluruhnya merupakan negara anggota GNB mulai dari Asia Afrika hingga Amerika Tengah dan Amerika Latin.

Mengingat hal tersebut, Jokowi menekankan, negara berkembang perlu menjadi solusi bagi perbaikan tata kelola kesehatan global agar lebih siap mencegah dan menghadapi pandemi di masa datang. 

Menyampaikan hasil KTT, Menlu Retno mengatakan, prioritas negara berkembang untuk saat ini adalah akses yang berkeadilan dan tepat waktu terhadap obat-obatan dan vaksin COVID-19 dengan harga terjangkau. 

"Beliau juga menekankan pentingnya pemenuhan komitmen bantuan pembangunan dan kemanusiaan maupun keringanan hutang," tutur Menlu Retno. 

Kewajiban pembayaran hutang negara berkembang bisa dialihkan ke pembiayaan untuk penanganan COVID-19 atau disebut Debt Swab for COVID-19 dari Official Creditors. Hal ini menjadi poin penting terutama bagi least developed countries yang mengalami kesulitan di dalam menangani COVID-19.

Pembentukan Gugus Tugas

Presiden Jokowi mengikuti KTT Virtual Gerakan Non-Blok didampingi oleh Menlu Retno Marsudi dan Menkes Terawan pada Senin 4 Maret 2020. (Dok: Biro Pers dan Media Istana)
Presiden Jokowi mengikuti KTT Virtual Gerakan Non-Blok didampingi oleh Menlu Retno Marsudi dan Menkes Terawan pada Senin 4 Maret 2020. (Dok: Biro Pers dan Media Istana)

KTT Virtual GNB ini juga menghasilkan kesepakatan terkait pembentukan gugus tugas GNB.

"Tugas dari gugus tugas ini adalah menyusun database kebutuhan medis dan kemanusiaan negara GNB untuk selanjutnya disampaikan ke negara dan organisasi donor," ujar Menlu Retno.

"KTT ini bukan sekedar menghasilkan pernyataan politik tetapi juga menghasilkan sesuatu gagasan yang konkret yaitu pembentukan gugus tugas gerakan non-blok tadi," sambungnya. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Eks Pemain NBA yang Pernah Jadi Chewbacca di Star Wars Meninggal Dunia

Posted: 04 May 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, New York - Mantan pemain NBA, Mark Robert McNamara meninggal dunia di usia 60 tahun, Jumat (27/4/2020) McNamara meninggal setelah sakit pernapasan dan masalah jantung yang dideritanya selama bertahun-tahun.

Seperti dilansir AS, McNamara pernah membela sejumlah klub basket di NBA maupun Eropa. Beberapa klub yang pernah dibelanya antara lain, Philadelphia Sixers, Los Ageles Lakers, dan Orlando Magic.

McNamara pernah meraih gelar juara NBA saat membela Sixers. Ketika itu sebagai rookie, ia bermain bersama Moses Malone dan mencatatkan rata-rata 2.2 points, 2.1 rebounds per pertandingan.

Karier basket McNamara di NBA berlangsung dari 1982 hingga 1990. Usai membela Orlando Magic, McNamara pindah ke Eropa membela Murcia dan Real Madrid.

Ia lalu kembali ke Amerika untuk membela klub semi-profesional, Rapid City Thrillers sebelum pensiun. Saat berkarier sebagai pemain, McNamara berposisi sebagai Center.

 

Pernah Ambil Bagian di Star Wars

Chewbacca (kiri) dalam film Star Wars: The Force Awakens.
Chewbacca (kiri) dalam film Star Wars: The Force Awakens.

Usai pensiun, Mcnamara pernah ambil bagian dalam film Star Wars episode The Empire Strikes Back (1983). Ia menjadi pemeran pengganti bagi Peter Mayhew yang memerankan Chewbacca.

Peristiwa itu terjadi saat pengambilan gambar di Norwegia. Mayhew saat itu menderita sakit dan tidak dapat berakting.

Tim produksi film pun merekrut McNamara. Sayang, gerakannya yang berbeda dari Mayhew membuat produser tidak memasukkan adegannya.

Membuat Film Dokumenter

McNamara diketahui menghabiskan waktunya di Alaska. Di sana, ia bekerja sebagai editor film dokumenter.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BI Kepri Tiadakan Layanan Penukaran Uang Keliling di Ramadan Tahun Ini

Posted: 04 May 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Lebih lanjut kata dia untuk mencegah penyebaran COVID-19, Bank Indonesia (BI) Kepulauan Riau (Kepri) meniadakan layanan penukaran uang melalui Kas Keliling bersama Perbankan pada Ramadan dan Lebaran tahun ini.

Selanjutnya penukaran uang akan dilayani melalui loket penukaran di kantor bank, setiap hari kerja pada jam layanan, dengan tetap menerapkan protokol COVID-19.

Khusus di Kota Batam terdapat 87 titik lokasi layanan penukaran uang oleh perbankan. Bank diminta agar melengkapi sarana kesehatan (hand sanitizer), penggunaan masker & menyediakan publikasi terkait pencegahan penyebaran COVID-2019 a.l. sticker, leaflet dan banner di area layanan kas/banking hall serta menjaga kebersihan area mesin ATM.

Perbankan diminta untuk memastikan ketersediaan uang di mesin ATM setiap saat. Pemenuhan kebutuhan uang di luar wilayah Kota Batam, seperti Tanjungpinang, Tanjung Balai Karimun dan Natuna dilakukan melalui kas titipan setempat.

Selain itu, dalam rangka pemenuhan kebutuhan uang perbankan dan masyarakat di wilayah Kepulauan Riau (Kepri) pada bulan Ramadan dan hari raya Idul Fitri 1441 H, Bank Indonesia menyiapkan uang Rupiah dalam jumlah cukup dan kualitas layak edar sebesar Rp 4,8 triliun.

Ini termasuk untuk tiga kas titipan yang ada di Tanjungpinang, Tanjung Balai Karimun dan Ranai Natuna.

"Kebutuhan uang perbankan pada Ramadan tahun ini diproyeksikan mencapai Rp 2,4 triliun, lebih rendah dari tahun sebelumnya sebesar Rp 2,5 triliun," kata Perwakilan Kepala Kantor BI Kepri Musni Kardi K Atmaja.

 

BI Siapkan Uang Tunai Rp 158 Triliun untuk Ramadan dan Idul Fitri 2020

Penukaran uang receh untuk lebaran 2017 yang diadakan di gedung SCTV Tower, Jakarta, Rabu (14/6). (Liputan6.com/Fatkhur Rozaq)
Penukaran uang receh untuk lebaran 2017 yang diadakan di gedung SCTV Tower, Jakarta, Rabu (14/6). (Liputan6.com/Fatkhur Rozaq)

Bank Indonesia (BI) memproyeksi serta menyiapkan kebutuhan uang kartal untuk periode Ramadan dan Idul Fitri tahun ini mencapai Rp 158,0 triliun, atau tumbuh negatif 17,70 persen (yoy), dibandingkan tahun lalu yang mencapai Rp 192 triliun.

Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Pengelolaan Uang, Marlison Hakim, menjelaskan setidaknya ada tiga alasan mengapa proyeksinya tumbuh negatif.

"Pertama, terkait dengan hari libur Idul Firi 1441 H yang diatur ulang menjadi akhir tahun 2020, sehingga hari libur dari semula jumlahnya 12 hari, menjadi 5 hari," papar dia dalam acara BBM (BI Bareng Media), Kamis (29/4/2020), 

Kemudian, mayoritas pekerja swasta tidak menerima THR. Khusus ASN serta anggota TNI dan Polri, THR diberikan kepada golongan Eselon III ke bawah.

Yang ketiga, lanjut Marlison, terkait dengan himbauan Pemerintah untuk tidak melakukan mudik pada Hari Raya Idul Fitri tahun ini.

Sebagai informasi, adapun persebaran jenis uangnya adalah, Uang Pecahan Besar (USB) jumlahnya Rp 142,30 triliun atau 90,0 persen. Uang Pecahan Kecil (UPK) kertas Rp 15,58 triliun atau 9,86 persen, dan Uang Pecahan Kecil (UPK) logam sebesar Rp 0,08 triliun atau 0,05 persen.

Disalurkan oleh sekitar 83 bank di seluruh Indonesia. "Hampir 83 bank yang ikut dalam program penukaran uang ini," jelasnya. 

BI Pastikan Inflasi di Bulan Ramadan Tetap Rendah

Gubernur BI Perry Warjiyo memberikan penjelasan kepada wartawan di Jakarta, Kamis (20/6/2019). RDG Bank Indonesia 19-20 Juni 2019 memutuskan untuk mempertahankan BI7DRR sebesar 6,00%, suku bunga Deposit Facility sebesar 5,25%, dan suku bunga Lending Facility sebesar 6,75%.(Liputan6.com/Angga Yuniar)
Gubernur BI Perry Warjiyo memberikan penjelasan kepada wartawan di Jakarta, Kamis (20/6/2019). RDG Bank Indonesia 19-20 Juni 2019 memutuskan untuk mempertahankan BI7DRR sebesar 6,00%, suku bunga Deposit Facility sebesar 5,25%, dan suku bunga Lending Facility sebesar 6,75%.(Liputan6.com/Angga Yuniar)

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan inflasi di bulan ramadan akan terjaga rendah di tengah pandemi virus corona. Di pekan kedua bulan April 2020 diperkirakan inflasi di angka 0,2 persen dan kurang dari 3 persen secara tahunan.

"Sampai minggu kedua bulan april diperkirakan inflasi rendah di 0,2 persen dan secara tahunan juga rendah dari 3 persen," kata Perry di Gedung Bank Indonesia, Jakarta Pusat, Jumat (17/4).

Perry meyakini ekspetasi inflasi akan tetap rendah jika dibandingkan secara historisnya. Hal ini terjadi lantaran penerapan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar yang telah ditetapkan di beberapa wilayah.

Misalnya DKI Jakarta dan beberapa wilayah penyangga Bogor, Depok, Tanggrang dan Bekasi. PSBB juga dilakukan di Makassar dan beberapa daerah lainnya.

Termasuk kebijakan larangan mudik juga akan mengurangi tekanan inflasi dari sisi konsumsi. Sehingga berkurangnya mobilitas manusia akan berdampak pada pola konsumsi.

"Ini akan mengurangi tekanan inflasi dari periode sebelumnya," kata dia. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kaspersky Komentari Pelanggaran Data E-commerce dan Bisnis di Indonesia

Posted: 04 May 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan keamanan siber Kaspersky memberikan pernyataan terkait dengan jutaan data pengguna e-commerce Indonesia yang menjadi target serangan siber.

Kaspersky memaparkan data penelitian mereka, sebagian besar bisnis di Asia Tenggara mengalami pelanggaran data (53 persen), membayar kompensasi kepada klien atau pelanggan atas pelanggaran data.

Selanjutnya, pelaku bisnis online pun mengalami masalah dengan menarik pelanggan baru (51 persen), dikenai pinalti atau denda (41 persen), juga kehilangan beberapa mitra bisnis (30 persen).

Dalam hal data, kebocoran informasi pelanggan antara lain adalah identifikasi pribadi, kredensial otentikasi, rincian pembayaran atau kartu kredit, nomor rekening, dan informasi pribadi lainnya.

"Karena akibatnya yang serius, pelanggaran data harus menjadi perhatian utama, terutama bagi perusahaan skala besar yang mengelola jutaan data orang," kata General Manager for SEA Kaspersky Yeo Siang Tiong dalam keterangan resmi yang diterima Liputan6.com, Selasa (5/5/2020).

Ia menambahkan, cara bisnis menyimpan dan menggunakan data pelanggan memainkan peran penting dalam membentuk dan mempertahankan reputasi dan operasinya.

"Pelaku kejahatan siber terus mencoba membobol pertahanan kita, penting bagi perusahaan untuk mengetahui proses, alat, dan orang-orang yang terlibat untuk dapat mendefinisikan risiko dan bagaimana memitigasinya," kata Yeo.

Perlindungan Data Harus Jadi yang Utama

Ilustrasi Penipuan Berkedok Urun Dana di Internet. Kredit: Kaspersky
Ilustrasi Penipuan Berkedok Urun Dana di Internet. Kredit: Kaspersky

Perlindungan data, menurut Yeo, harus menjadi perhatian utama, baik untuk UKM dan perusahaan besar. Hal ini makin penting saat pandemi Covid-19, di mana, semua hal dilakukan secara online, dari bekerja, sekolah, hingga berbelanja.

"Perusahaan harus meningkatkan pertahanan untuk menjaga keamanan data perusahaan dan pelanggan mereka," ujar Yeo.

Kaspersky pun memberikan saran kepada pelaku bisnis untuk menangkis upaya pelanggaran data:

1. Terapkan pelatihan dan kegiatan yang akan mengedukasi karyawan tentang dasar-dasar keamanan siber, misalnya, untuk tidak membuka atau menyimpan file dari email atau situs web yang tidak dikenal karena dapat membahayakan seluruh perusahaan.

2. Secara berkala mengingatkan staf bagaimana menangani data sensitif, misalnya, untuk hanya menyimpan layanan cloud terpercaya dengan otentikasi diaktifkan, jangan membaginya dengan pihak ketiga yang tidak dipercaya.

Pakai Software Resmi

kaspersky | Kaspersky
kaspersky | Kaspersky

3. Penggunaan perangkat lunak yang sah, diunduh dari sumber resmi.

4. Memiliki cadangan data penting dan melakukan pembaruan peralatan dan aplikasi TI secara teratur untuk menghindari kerentanan yang tidak tertandingi yang dapat menjadi alasan terjadinya pelanggaran.

5. Gunakan produk titik akhir khusus yang menuntut manajemen minimum yang memungkinkan karyawan untuk melakukan pekerjaan utama mereka namun tetap terlindung dari malware, ransomware, pengambilalihan akun, penipuan online, dan penipuan. Salah satunya adalah Kaspersky Endpoint Security for Business.

Solusi ini bisa membantu melindungi perusahaan dari malware, menjaga server file terlindungi, melindungi detail pembayaran, dan enkripsi data sensitif tetap terlindungi.

(Tin/Ysl)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Antrean Penumpang KRL di Stasiun Bekasi

Posted: 04 May 2020 10:30 PM PDT

Calon penumpang KRL Commuter Line mengenakan masker antre memasuki Stasiun Bekasi, Selasa (5/5/2020). Pihak Stasiun Bekasi menerapkan jaga jarak antar penumpang, membatasi jumlah penumpang hingga 50% dan membatasi jam operasional dari pukul 06.00 hingga 18.00. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Calon penumpang KRL Commuter Line mengenakan masker antre memasuki Stasiun Bekasi, Selasa (5/5/2020). Pihak Stasiun Bekasi menerapkan jaga jarak antar penumpang, membatasi jumlah penumpang hingga 50% dan membatasi jam operasional dari pukul 06.00 hingga 18.00. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Calon penumpang KRL Commuter Line mengenakan masker antre memasuki Stasiun Bekasi, Selasa (5/5/2020). Pihak Stasiun Bekasi menerapkan jaga jarak antar penumpang, membatasi jumlah penumpang hingga 50% dan membatasi jam operasional dari pukul 06.00 hingga 18.00. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Calon penumpang KRL Commuter Line mengenakan masker antre memasuki Stasiun Bekasi, Selasa (5/5/2020). Pihak Stasiun Bekasi menerapkan jaga jarak antar penumpang, membatasi jumlah penumpang hingga 50% dan membatasi jam operasional dari pukul 06.00 hingga 18.00. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Calon penumpang KRL Commuter Line mengenakan masker antre memasuki Stasiun Bekasi, Selasa (5/5/2020). Pihak Stasiun Bekasi menerapkan jaga jarak antar penumpang, membatasi jumlah penumpang hingga 50% dan membatasi jam operasional dari pukul 06.00 hingga 18.00. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Calon penumpang KRL Commuter Line mengenakan masker antre memasuki Stasiun Bekasi, Selasa (5/5/2020). Pihak Stasiun Bekasi menerapkan jaga jarak antar penumpang, membatasi jumlah penumpang hingga 50% dan membatasi jam operasional dari pukul 06.00 hingga 18.00. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Calon penumpang KRL Commuter Line mengenakan masker antre memasuki Stasiun Bekasi, Selasa (5/5/2020). Pihak Stasiun Bekasi menerapkan jaga jarak antar penumpang, membatasi jumlah penumpang hingga 50% dan membatasi jam operasional dari pukul 06.00 hingga 18.00. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Calon penumpang KRL Commuter Line mengenakan masker antre memasuki Stasiun Bekasi, Selasa (5/5/2020). Pihak Stasiun Bekasi menerapkan jaga jarak antar penumpang, membatasi jumlah penumpang hingga 50% dan membatasi jam operasional dari pukul 06.00 hingga 18.00. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Calon penumpang KRL Commuter Line mengenakan masker antre memasuki Stasiun Bekasi, Selasa (5/5/2020). Pihak Stasiun Bekasi menerapkan jaga jarak antar penumpang, membatasi jumlah penumpang hingga 50% dan membatasi jam operasional dari pukul 06.00 hingga 18.00. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sejumlah penumpang menggunakan masker di dalam gerbong KRL di Stasiun Bekasi, Selasa (5/5/2020). Pihak Stasiun Bekasi menerapkan jaga jarak antar penumpang, membatasi jumlah penumpang hingga 50% dan membatasi jam operasional dari pukul 06.00 hingga 18.00. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Sejumlah penumpang menggunakan masker di dalam gerbong KRL di Stasiun Bekasi, Selasa (5/5/2020). Pihak Stasiun Bekasi menerapkan jaga jarak antar penumpang, membatasi jumlah penumpang hingga 50% dan membatasi jam operasional dari pukul 06.00 hingga 18.00. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sejumlah penumpang menggunakan masker di dalam gerbong KRL di Stasiun Bekasi, Selasa (5/5/2020). Pihak Stasiun Bekasi menerapkan jaga jarak antar penumpang, membatasi jumlah penumpang hingga 50% dan membatasi jam operasional dari pukul 06.00 hingga 18.00. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Calon penumpang KRL Commuter Line antre menunggu kedatangan kereta di Stasiun Bekasi, Selasa (5/5/2020). Pihak Stasiun Bekasi menerapkan jaga jarak antar penumpang, membatasi jumlah penumpang hingga 50% dan membatasi jam operasional dari pukul 06.00 hingga 18.00. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Calon penumpang KRL Commuter Line antre menunggu kedatangan kereta di Stasiun Bekasi, Selasa (5/5/2020). Pihak Stasiun Bekasi menerapkan jaga jarak antar penumpang, membatasi jumlah penumpang hingga 50% dan membatasi jam operasional dari pukul 06.00 hingga 18.00. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Calon penumpang KRL Commuter Line antre menunggu kedatangan kereta di Stasiun Bekasi, Selasa (5/5/2020). Pihak Stasiun Bekasi menerapkan jaga jarak antar penumpang, membatasi jumlah penumpang hingga 50% dan membatasi jam operasional dari pukul 06.00 hingga 18.00. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Calon penumpang KRL Commuter Line mengenakan masker antre memasuki Stasiun Bekasi, Selasa (5/5/2020). Pihak Stasiun Bekasi menerapkan jaga jarak antar penumpang, membatasi jumlah penumpang hingga 50% dan membatasi jam operasional dari pukul 06.00 hingga 18.00. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Calon penumpang KRL Commuter Line mengenakan masker antre memasuki Stasiun Bekasi, Selasa (5/5/2020). Pihak Stasiun Bekasi menerapkan jaga jarak antar penumpang, membatasi jumlah penumpang hingga 50% dan membatasi jam operasional dari pukul 06.00 hingga 18.00. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Calon penumpang KRL Commuter Line mengenakan masker antre memasuki Stasiun Bekasi, Selasa (5/5/2020). Pihak Stasiun Bekasi menerapkan jaga jarak antar penumpang, membatasi jumlah penumpang hingga 50% dan membatasi jam operasional dari pukul 06.00 hingga 18.00. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Panen Raya di Ramadan, Stok Bawang Merah Aman hingga Lebaran

Posted: 04 May 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Brebes, Yulia Hendrawati menyatakan panen raya bawang merah di Brebes mundur dari tahun sebelumnya. Ini diakibatkan oleh awal musim hujan baru dimulai pada Desember 2019.

"Jadi ya memang sudah jadwalnya petani tanam padi dulu, baru sesudahnya tanam bawang merah. Mulai tanam raya juga baru bulan Maret kemarin. Kalau tanam di musim hujan gitu biaya produksinya otomatis lebih mahal. Belum lagi ancaman serangan penyakit dan potensi kebanjiran di beberapa lokasi," ungkapnya.

Yulia menjelaskan imbas dari kemunduran masa panen berdampak berkurangnya pasokan bawang merah ke wilayah Jakarta. Beruntung, panen raya akan terjadi dalam waktu dekat sebelum pelaksanaan hari raya Idul Fitri 1441 Hijriyah.

"Setidaknya ada 1.600 hektar yang siap dipanen bulan Mei ini. Insya Allah kalau untuk pasokan menjelang lebaran aman bahkan sampai setelah lebaran nanti karena panen berlangsung terus susul menyusul," jelas Yulia.

Sementara itu, Abdul Rosyid, Ketua Kelompok Tani Maju Jaya Desa Pasir, Kecamatan Mijen, Kabupaten Demak mengatakan sebagian besar petani bawang di wilayahnya akan mulai panen pada pekan kedua bulan Mei.

"Umur tanaman disini rata-rata 30-40 hari, jadi ya kemungkinan mulai panen raya nanti minggu ke-2 bulan Mei," ungkap Rosyid.

Saat panen tiba tidak kurang dari 700 hektar lahan bawang merah yang sial dipanen. Sehingga dipastikan ada penambahan stok bawang yang signifikan dari daerah penghasil bawang.

"Kalau biasanya per hari kami kirim keluar Demak kurang lebih 10 truk berkapasitas 7 ton per truk, saat panen raya nanti bisa lah sampai 15 truk," lanjut dia.

Terlebih para petani di daerahnya tidak merasa terganggu dengan adanya pandemi covid-19. Sehingga aktivitas masyarakat tetap normal dengan tetap mentaati protokol pencegahan covid-19 sesuai ketetapan pemerintah.

Produksi Bawang Merah

Pedagang memilah bawang merah di pasar induk Kramat Jati, Jakarta, Jumat (26/4/2019). Kementerian Perdagangan siap menjaga harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok menjelang Puasa dan Lebaran 2019. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Pedagang memilah bawang merah di pasar induk Kramat Jati, Jakarta, Jumat (26/4/2019). Kementerian Perdagangan siap menjaga harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok menjelang Puasa dan Lebaran 2019. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Hal senada diungkapkan Direktur Jendral Hortikultura, Prihasto Setyanto yang mengatakan panen bawang merah akan berlangsung pada bulan Mei 2020. Bahkan di 18 sentra utama diperkirakan seluas 8.958 hektar, dengan produksi mencapai lebih dari 67 ribu ton.

Sementara kebutuhan wilayah Jabodetabek pada bulan Mei ditaksir sebanyak 14.549 ton.  Artinya produksi bawang merah mampu mencukupi kebutuhan masyarakat Jabodetabek.

Saat ini Kementerian Pertanian terus melakukan pemantauan intensif terhadap pasokan 11 bahan pangan pokok, salah satunya bawang merah. Setelah di beberapa tempat dijumpai kenaikan harga, akibat panen raya yang mundur.

Kendati demikian, Prihasto yakin pasokan dan harga bawang merah secara nasional, berangsur normal seiring panen raya di beberapa sentra dalam waktu dekat. Bahkan pihaknya akan membantu bila diperlukan subsidi ongkos kirim, dan operasi pasar bila terjadi harga tidak wajar di pasaran.

"Memang terjadi pergeseran musim tanam akibat anomali iklim. Akibatnya jadwal panen raya juga sedikit bergeser," tandasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

DPR Siap Sahkan Perppu Stabilitas Sistem Keuangan di Paripurna

Posted: 04 May 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - DPR RI telah menetapkan Perppu 1/2020 selesai dengan baik pada Senin (4/5/2020) pukul 23.00 WIB, dan mendapat persetujuan Banggar untuk dibawa ke tingkat Paripurna.

Melalui akun facebook miliknya, Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani menyampaikan terima kasik kepada pihak-pihak terkait yang terlibat mendukung penetapan tersebut.

"Secara khusus saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Pimpinan dan anggota Banggar DPR yang meskipun dalam suasana ancaman Covid-19 dan dalam suasana Ramadan, telah memprioritaskan pembahasan PERPPU 1/2020 dan memahami kondisi kegentingan yang memaksa yang memerlukan kepastian landasan hukum bagi penyelamatan Indonesia dari Covid19," tulisnya.

Sri Mulani juga menyatakan menerima seluruh pandangan dan catatan fraksi-fraksi di DPR untuk menjadi bahan masukan dalam menyempurnakan dan memperbaiki kebijakan dan langkah-langkah penanganan Covid-19.

 

Diserahkan 2 April

Menteri Keuangan, Sri Mulyani melambaikan tangan saat tiba menghadiri pelantikan Presiden dan Wapres 2019 di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019). Jokowi-Ma'ruf Amin resmi dilantik sebagai Presiden dan Wapres RI periode 2019-2024. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Menteri Keuangan, Sri Mulyani melambaikan tangan saat tiba menghadiri pelantikan Presiden dan Wapres 2019 di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019). Jokowi-Ma'ruf Amin resmi dilantik sebagai Presiden dan Wapres RI periode 2019-2024. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Sebelumnya, pada 2 April lalu, Menteri Keuangan, Sri Mulyani bersama dengan Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly mendatangi gedung DPR RI, menemui Ketua DPR RI, Puan Maharani untuk mewakili pemerintah menyerahkan Surat Presiden (Supres) mengenai Perppu 1/2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan.

Surat Presiden (Surpres) tersebut terkait pengajuan aturan hukum mengenai tambahan anggaran pemerintah untuk penanganan penyebaran pandemi virus corona.

Dalam kesempatan yang sama, dikonfirmasi oleh Ketua DPR Puan Maharani bahwa jajaran pimpinan dewan telah menerima Surpres Perppu 1/2020 tersebut dan melakukan rapat konsultasi bersama dengan pemerintah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tinggal di Tenda Kecil, Ayah Ini Bisa Besarkan 3 Anak Hingga Sarjana

Posted: 04 May 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pengorbanan seorang ayah kepada anaknya sungguh sangat besar. Ayah akan melakukan segala upaya untuk memenuhi kebutuhan sang anak. Bahkan ia rela melalui berbagai kesulitan demi kebahagiaan anaknya.

Kebahagiaan anak adalah kebahagiaan ayah juga, oleh sebab itu ia selalu mendahulukan kepentingan sang anak daripada kepentingannya sendiri. Memang sudah menjadi kewajiban seorang ayah untuk mendukung segala perkembangan positif sang anak, termasuk dalam bidang pendidikan.

Begitu pula dengan yang dilakukan oleh Radzuan bin Ismail dan istrinya yang tinggal di Malan, Dangi, Malaysia ini. Ia berhasil menyekolahkan anak-anaknya hingga lulus sarjana. Meskipun dalam segala keterbatasan perekonomiannya, ia terus berusaha menyekolahkan anak-anaknya hingga mendapat gelar sarjana.

Kisah ayah dan anak-anaknya ini menjadi viral di media sosial setelah dibagikan oleh seorang pengguna Facebook dengan nama akun Bro Misai, Jumat (1/5/2020). Cerita ini berawal dari adik Radzuan yang bernama Maznah Binti Ismail baru bisa pulang ke kampung halamannya. Sebelumnya ia dikarantina di kampus selama masa pandemi Corona Covid-19 saat Malaysia menerapkan kebijakan lockdown.

Di perjalanan pulang, ia diantar oleh seorang pengemudi yang merupakan pengunggah kisah Radzuan tersebut. Saat tiba di rumah Radzuan, sang pengemudi pun kaget lantaran Maznah pulang ke rumah yang bentuknya menyerupai tenda.

Tinggal di Tenda Bersama Istri dan Keenam Anaknya

Tinggal di Tenda Kecil, Ayah Ini Bisa Besarkan 3 Anak Hingga Sarjana (Sumber: Facebook/Bro Misai)
Tinggal di Tenda Kecil, Ayah Ini Bisa Besarkan 3 Anak Hingga Sarjana (Sumber: Facebook/Bro Misai)

Dilansir Liputan6.com dari Ohmymedia, Selasa (5/5/2020) ternyata kakak dari Maznah, Radzuan bin Ismail ini juga tinggal di tenda bersama istri dan enam orang anaknya. Diketahui Radzuan bekerja di Kilang Sawit di Batu 10.

Penghasilannya hanya 1.200 ringgit Malaysia atau setara Rp 4 juta dalam sebulan. Dengan penghasilan yang tergolong kecil tersebut, ia tidak mampu mendirikan rumah baru yang lebih layak. Sementara ia harus membiayai pendidikan enam orang anaknya.

Tenda sederhana itu didirikan di atas bekas rumah orangtua Maznah dan Radzuan yang telah hangus dilalap si jago merah pada 25 Oktober 2015 silam. Dengan penghasilan seadanya, Radzuan belum mampu mendirikan kembali rumah yang terbakar tersebut.

Meski hidup dalam berbagai keterbatasan, Radzuan berusaha menyekolahkan anak-anaknya agar mendapat kehidupan yang lebih baik dikemudian hari. Anak sulung Radzuan yang berusia 22 tahun kini tengah menempuh pendidikan di UIAM, Gombak. Anak keduanya sudah lulus dari perguruan tinggi dan menjadi sarjana muda di Universitas Teknikal Malaysia.

Sedangkan anak ketiganya lulus dari Politeknik Sultan Idris, Sabak Bernam, Selangor. Sementara tiga anak lainnya bersekolah di jenjang dasar menengah.

Komentar Haru Warganet

Tinggal di Tenda Kecil, Ayah Ini Bisa Besarkan 3 Anak Hingga Sarjana (Sumber: Facebook/Bro Misai)
Tinggal di Tenda Kecil, Ayah Ini Bisa Besarkan 3 Anak Hingga Sarjana (Sumber: Facebook/Bro Misai)

Belakangan ini, ada beberapa pihak yang telah datang mengulurkan sedikit bantuan untuk Radzuan sekeluarga. Diharapkan dengan dana yang terkumpul ia bisa merenovasi rumahnya agar lebih layak. Unggahan tentang kisah Radzuan dan keluarganya inipun menarik perhatian dan komentar para warganet.

"Oh tuhan mengapa begini, kalau ada yang kaya, kaya raya kalau miskin begini. Kerajaan harus berbuat sesuatu secepatnya untuk membantu keluarga ini. Air mataku pun telah keluar memandang keadaan mereka, tuhan merahmati keluarga demikian," tulis seorang pengguna Facebook pada kolom komentar.

"Orang susah tapi pintar mendidik anak dengan keadaan serba kekurangan.. hebat-hebat, terbaik," tulis warganet lainnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ucapan Belasungkawa Selebritas Atas Kepergian Didi Kempot

Posted: 04 May 2020 10:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kepergian Didi Kempot di usia 53 tahun meninggalkan duka mendalam bagi seluruh pecinta musik Tanah Air. Tidak hanya masyarakat Indonesia tapi juga selebritas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mendagri: 36 Masjid di Depok Masih Beroperasi Selama Ramadan

Posted: 04 May 2020 10:23 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian melakukan kunjungan kerja ke Depok, Jawa Barat pada Senin, 4 Mei 2020. Dalam kunjungannya, Tito mengaku menerima beberapa keluhan dari penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang dilakukan di Depok.

Salah satu keluhan datang dari Kapolres Depok Kombes Azis Andriansyah. Di hadapan Mendagri Tito, Azis mengungkap masih ada 36 masjid di Depok yang beroperasi selama bulan Ramadan.

"Di antara 533 masjid, ada 36 masjid yang masih menjalankan aktivitas. Alasannya, masjid itu hanya dikunjungi orang kampung sendiri dan tidak melibatkan orang luar," ujar Tito seperti yang dikeluhkan Azis, Selasa (5/5/2020).

Tito menyarankan agar jajaran Polres Depok segera menggandeng Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk menanggulangi masalah tersebut. Terlebih, di Depok juga masih ada kegiatan sahur ke jalan yang mengabaikan penggunaan masker dan jaga jarat.

"Untuk itu Kapolres akan menggandeng MUI untuk melaksanakan sosialisasi bersama di bulan Ramadan. Terutama untuk kegiatan sahur ke jalan yang beberapa di antaranya masih mengabaikan penggunaan masker dan jaga jarak," kata Tito.

Corona menurun

Mendagri Tito Karnavian memberikan apresiasi kepada Gubernur Jabar Ridwan Kamil terkait penanganan dan pencegan virus Corona. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)
Mendagri Tito Karnavian memberikan apresiasi kepada Gubernur Jabar Ridwan Kamil terkait penanganan dan pencegan virus Corona. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Tito menyebut, setiap keluhan yang diterima selama kunjungan kerja di Depok akan dikaji bersama pemerintah pusat. Meski demikian, Tito menyebut selama pemberlakukan PSBB berlangsung di Depok, tingkat penularan virus Corona Covid-19 mulai menurun.

"Ada hal yang menggembirakan dalam kunjungan kerja itu, tentang adanya kecenderungan penurunan kasus baru setelah PSBB. Berarti PSBB membawa angin segar untuk memutus mata rantai penularan Covid-19 di Depok," kata Tito.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenang Didi Kempot, 7 Fakta Kisah Hidup The Godfather of Broken Heart

Posted: 04 May 2020 10:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penyanyi campur sari kondang Didi Kempot meninggal dunia di usia 53 tahun, Selasa (5/5/2020). Penyanyi bernama asli Didi Prasetyo itu mengalami henti jantung dan tutup usia di RS Kasih Ibu Solo pukul 07.45 WIB.

Tembang-tembang campursarinya yang kerap berkisah tentang patah hati disukai masyarakat. "Sewu Kutho", "Stasiun Balapan", "Suket Teki", "Cidro", "Terminal Tirtonadi" dan lainnya banyak diputar di pasar, angkutan umum, gang-gang sempit, hingga mal.

Popularitas Didi Kempot sempat surut, namun namanya kembali mencuat, bahkan lebih dari sebelumnya dalam setahun terakhir. Didi Kempot juga berhasil memikat penggemar dari kalangan anak muda yang menjuluki diri "Sadbois", "Sadgerls", hingga "Sobat Ambyar". Kemudian, julukan "The Godfather of The Broken Hearts" pun melekat pada diri Didi Kempot.

Mengenang sosok penyanyi kelahiran 31 Desember 1966 ini, berikut beberapa momen menarik dari kisah hidupnya:

 

1. Asal Mula Nama Didi Kempot

Didi Kempot Meninggal Dunia/kapanlagi.com
Didi Kempot Meninggal Dunia/kapanlagi.com

"Kempot itu artinya Kelompok Penyanyi Trotoar, hahaha. Itu nama kelompok saya waktu masih ngamen di jalanan," ujar Didi Kempot dalam konser Didi Kempot The Godfather of Broken Heart di Studio 5 Indosiar, Agustus 2019 lalu, mengutip Kapanlagi.

Mengenai asal mula nama Didi Kempot ini juga pernah dia jelaskan dalam acara Ngobam di kanal berbagi video bersama akun Gofar Hilman. Kala itu, Didi menjelaskan, arti Kempot pada namanya bukan untuk menyebut bentuk pipi yang kurus, melainkan singkatan dari Kelompok Penyanyi Trotoar, tempat dia dulu bergabung.

2. Anak Pelawak

Penampilan penyanyi campursari Didi Kempot dalam Shopee 12.12 Birthday Sale di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta, Kamis (12/12/2019). Pria yang dijuluki The Godfather of Broken Heart tersebut membawakan lagu Pamer Bojo, Sewu Kutho, Bayu Langit, dan lain-lain. (Fimela.com/Bambang E. Ros)
Penampilan penyanyi campursari Didi Kempot dalam Shopee 12.12 Birthday Sale di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta, Kamis (12/12/2019). Pria yang dijuluki The Godfather of Broken Heart tersebut membawakan lagu Pamer Bojo, Sewu Kutho, Bayu Langit, dan lain-lain. (Fimela.com/Bambang E. Ros)

Didi Kempot bisa dikatakan lahir dari keluarga seniman. Ayahnya, Ranto Edi Gudel, adalah pelawak terkenal asal Solo. Kakaknya, Mamiek Prakoso, juga tak kalah populer dari sang ayah.

Meski berasal dari keluarga seniman ternama di Solo, tak serta-merta membuat perjalanan karier Didi Kempot mulus. Seperti telah disinggung sebelumnya, Didi memulai karier bernyanyi sebagai penyanyi jalanan bersama kelompoknya. Dia juga pernah merasakan pahitnya ditolak beberapa label musik.

3. Jual Sepeda Demi Beli Gitar

Penyanyi Didi Kempot saat menggelar konser tunggal di The Sunan Hotel Solo, Kamis malam (19/9).(Liputan6.com/Fajar Abrori)
Penyanyi Didi Kempot saat menggelar konser tunggal di The Sunan Hotel Solo, Kamis malam (19/9).(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Kecintaan Didi Kempot terhadap seni musik tampaknya telah muncul sejak dia kecil. Demi mewujudkan keinginan memiliki sebuah gitar, Didi rela dimarahi ayahnya karena menjual sepeda.

Kisah itu terjadi saat Didi duduk di bangku sekolah menengah pertama. Dia memutuskan menjual sepeda pemberian ayahnya demi membeli gitar.

"Nah, ini foto aku waktu masih SMP. Jadi, dulu singkat cerita aku pernah dimarahi Bapak karena ngejual sepeda gara-gara pengin beli gitar, hahaha," cerita Didi Kempot dalam konser Didi Kempot The Godfather of Broken Heart di Studio Indosiar beberapa waktu lalu.

4. Terinspirasi Mamiek

Kaskus
Kaskus

Keputusan Didi Kempot untuk mengadu nasib di Ibu Kota terinspirasi sang kakak, Mamiek Podang, yang sudah lebih dulu berkarya sebagai pelawak, mengikuti jejak ayah mereka.

"Dulu aku datang ke Jakarta, Mas Mamiek udah duluan di sini. Nh, karena melihat kakak udah muncul di televisi waktu itu, wah rasa iri muncul, karena terlahir dari satu rahim ibu tercinta, tak susul kakak ke Jakarta," tuturnya, mengutip Kapanlagi.

"Cidro" menjadi lagu debutnya di industri musik Indonesia pada 1989. Lagu itu dia tulis ketika masih aktif mengamen bersama Kelompok Musik Trotoar. Ketika ngetop lewat lagu "Cidro", Didi kemudian menyematkan "Kempot" sebagai nama panggungnya.

5. Ciptakan Ratusan Lagu

Penampilan penyanyi campursari Didi Kempot dalam Shopee 12.12 Birthday Sale di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta, Kamis (12/12/2019). Pria yang dijuluki The Godfather of Broken Heart tersebut membawakan lagu Pamer Bojo, Sewu Kutho, Bayu Langit, dan lain-lain. (Fimela.com/Bambang E. Ros)
Penampilan penyanyi campursari Didi Kempot dalam Shopee 12.12 Birthday Sale di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta, Kamis (12/12/2019). Pria yang dijuluki The Godfather of Broken Heart tersebut membawakan lagu Pamer Bojo, Sewu Kutho, Bayu Langit, dan lain-lain. (Fimela.com/Bambang E. Ros)

Lebih dari 30 tahun berkarier sebagai pemusik campursari, Didi Kempot telah mencipta banyak lagu.

Dalam cara Ngobam yang dikutip Dream, Didi Kempot mengaku sudah menciptakan lebih dari 800 judul lagu dan tetap aktif menulis lagu hingga kini. Dari ratusan lagu yang dia tulis, yang paling populer adalah "Cidro", "Stasiun Balapan", "Sewu Kutho", "Janji Palsu", "Layang Kangen", dan banyak lagi.

6. Populer di Suriname

Foto Didi Kempot Credit: Liputan6.com
Foto Didi Kempot Credit: Liputan6.com

Nama Didi Kempot rupanya tak hanya populer di Tanah Air. Sosoknya juga dikenal di Suriname. Negara tersebut didominasi orang-orang keturunan Jawa yang datang zaman penjajahan Belanda. Mengutip Dream, Didi Kempot kerap diundang presiden Suriname untuk berkunjung dan mengisi acara di sana.

7. Galang Dana Bantu Masyarakat Terdampak Pandemi COVID-19

Jejak Ambyar Didi Kempot di Blora, Jawa Tengah (Liputan6.com/Ahmad Adirin)
Jejak Ambyar Didi Kempot di Blora, Jawa Tengah (Liputan6.com/Ahmad Adirin)

Selama masa pandemi COVID-19, Didi Kempot yang dijuluki Raja Patah Hati Indonesia dikenal aktif mengalang dana untuk membantu masyarakat yang terkena dampak pandemi Virus Corona.

Bahkan, tiga minggu yang lalu, tepatnya 11 April 2020, Didi Kempot menggelar konsel dari rumah yang disiarkan langsung stasiun televisi swasta Indonesia.

Dikutip dari berbagai sumber, konser yang dipandu Rosiana Silalahi ini berhasil mengumpulkan 30.230 donatur dan dana yang terkumpul mencapai Rp5,3 miliar.

Tak main-main. Uang sebanyak itu berhasil terkumpul hanya dalam waktu tiga jam, selama konser berlangsung. Konser dimulai pukul 19.00 WIB dan berakahir pukul 22.00 WIB.

Simak Video Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Program Lawas Acara Sahur di Bulan Ramadhan, Bikin Rindu

Posted: 04 May 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bulan suci Ramadhan tentunya selalu ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Ragam persiapan dilakukan umat muslim untuk menyambut datangnya bulan yang penuh berkah ini. Acara televisi yang menemani waktu buka puasa dan sahur pun mulai mengisi layar kaca.

Program acara Ramadhan televisi yang tayang ketika berbuka puasa dan sahur tentunya dapat menemani penonton sambil menyantap makanan. Program acara komedi yang ditayangkan saat sahur pun berhasil mengocok perut dan membuat penonton lebih semangat menjalankan sahur. Selain program komedi, terdapat beberapa program yang juga berisi nasihat dan petuah.

Setiap tahun, tentunya selalu ada program televisi yang baru dan fresh untuk menemani penonton ketika waktu buka puasa dan sahur. Program acara lawas sahur merupakan program yang kerap dirindukan oleh masyarakat. Beberapa program lawas acara sahur yang dirindukan masyarakat adalah 'Saatnya Kita Sahur' dan 'Lorong Waktu'.

Program lawas sahur Lorong Waktu tentunya sudah dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia. Program acara tersebut bercerita tentang penemuan sebuah mesin waktu. Selanjutnya program acara ini diisi dengan dakwah dan petuah bagi kaum muslimin.

Program acara lawas sahur tentunya sangat dirindukan, berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang 6 program lawas sahur yang kini dirindukan, Selasa (5/5/2020).

1. Lorong Waktu merupakan salah satu sinetron legendaris yang kerap menemani masyarakat saat waktu sahur. Sinetron Lorong waktu identik dengan Deddy Mizwar sebagai Pak Haji dan Zidan. Selain itu, sinteron ini tentunya selalu dirindukan oleh pecinta sinteron karena kerap menyuguhkan dakwah dan petuah.

Program Lawas Acara Sahur di Bulan Ramadhan. (Sumber: Liputan6.com)
Program Lawas Acara Sahur di Bulan Ramadhan. (Sumber: Liputan6.com)

2. Saatnya Kita Sahur. Program acara lawas sahur satu ini selalu berhasil mengundang gelak tawa penonton. Program lawas tersebut menghadirkan mendiang Alm. Olga Syahputra, Komeng, Adul, dan beberapa komedian penonton.

3. Doaku Harapanku merupakan salah satu sinetron stripping Ramadhan saat sahur. Sinetron ini tayang di tahun 1998 hingga 2000. Program acara lawas satu ini dibintangi oleh Krisdayanti, Dicky Wahyudi, Jihan Fahira, dan Gunawan.

Program Lawas Acara Sahur di Bulan Ramadhan. (Sumber: brilio.net)
Program Lawas Acara Sahur di Bulan Ramadhan. (Sumber: brilio.net)

4. Kiamat Sudah Dekat. Sinetron lawas tersebut dibintangi oleh Deddy Mizwar, Andre Taulany, dan Zaskia Adya Mecca. Program acara lawas tersebut menceritakan tentang perjalanan seorang pemuda yang rock and roll yang berusaha mendekatkan diri pada Tuhan.

Program Lawas Acara Sahur di Bulan Ramadhan. (Sumber: brilio.net)
Program Lawas Acara Sahur di Bulan Ramadhan. (Sumber: brilio.net)

5. Jelajah Masjid. Program acara lawas satu ini tentunya mengajak penonton untuk melihat ragam masjid bersejarah di Indonesia. Program Jelajah Masjid ini tentunya sudah tidak asing beberapa telinga masyarakat Indonesia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Intip Momen Lucu Masayu Clara Sebagai Salwa dalam Sinetron Insya Allah Surga

Posted: 04 May 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sosok Salwa yang diperankan oleh Masayu Clara dalam sinetron religi Insya Allah Surga di SCTV memang sangat menghibur. Dalam sinema tersebut, karakter Salwa digambarkan sebagai cewek periang dan narsis.

Sebagai orang yang narsis, tentu saja Salwa tak bisa lepas dari telepon genggamnya. Ia selalu ingin up to date tentang peristiwa-peristiwa yang terjadi di sekitarnya. 

Di beberapa segmen sinetron Insya Allah Surga, Salwa terlihat sering mengabadikan momen di kampungnya melalui handphone. Selain itu, payung berwarna pink yang sering ia bawa juga merupakan salah satu ciri khasnya.

Dalam sinetron itu sendiri, sosok Salwa diceritakan sebagai anak dari seorang kepala desa. Ia juga merupakan istri dari Nurdin (Eko Mulyadi). Namun Nurdin tiba-tiba ingin meminta cerai kepada Salwa. 

Bukannya sedih, Salwa justru senang akan berpisah dengan Nurdin. Momen tersebut bertepatan dengan kedatangan Tatang (Ricky Harun) di desanya untuk menghadiri pemakaman dan mengambil harta warisan sang ayah. Salwa pun menaruh hati kepada Tatang dan berusaha mendekatinya.

Penasaran seperti apa tingkah lucu dari Masayu Clara yang memerankan tokoh Salwa dalam sinetron religi  Insya Allah Surga? Tonton selengkapnya di channel SCTV yang ada di Vidio.

Saksikan Videonya Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saran ICW Agar Anggota DPR Patuh LHKPN: Tunda Gaji

Posted: 04 May 2020 10:18 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkap 169 anggota DPR RI periode 2019-2024 yang belum menyampaikan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) periodik tahun pelaporan 2019.

Indonesia Corruption Watch (ICW) menyebut, alasan ketidakpatuhan para anggota DPR RI ini lantaran tak ada sanksi yang tegas bagi mereka yang tak patuh menyampaikan laporan harta kekayaannya.

"Karena tidak ada sanksi yang jelas sehingga mereka beranggapan hanya anjuran atau imbauan," ujar Peneliti ICW Kurnia Ramadhana saat dikonfirmasi, Selasa (5/5/2020).

Kurnia mengatakan, pemerintah harus memberikan sanksi yang tegas terhadap mereka yang tak patuh LHKPN. Atau, pemimpin instansi yang bersangkutan yang lebih tegas memberikan sanksi agar jajarannya patuh LHKPN.

"Misalnya terhadap anggota DPR yang tidak patuh, dia tidak bisa diterima jadi anggota DPR sebelum lapor LHKPN, sanksi seperti itu memungkinkan ya. Atau penundaan gaji, penundaan kenaikan pangkat untuk penyelenggara negara yang lain," kata Kurnia.

Menurut Kurnia, kepatuhan pelaporan LHKPN itu menunjukan integritas seseorang. Jika tidak mau menyampaikan LHKPN, menurut Kurnia, orang tersebut jelas tak memiliki integritas.

"Jadi memang persoalan ini menunjukan anggota DPR (yang tak patuh LHKPN) tidak mempunyai nilai integritas. Karena kan mengukur nilai integritas pejabat publik itu salah satu indikatornya dengan membuka website KPK dan melihat kepatuhan LHKPN," kata Kurnia.

 

Sesuai UU

Apalagi, pelaporan LHKPN ini juga tertuang dalam UU Nomor 28 tahun 1999 tentang Penyelenggara Negara yang Bersih dan Bebas dari Korupsi Kolusi dan Nepotisme.

Kurnia pun berharap pemerintah dan DPR nantinya membuat kebijakan yang lebih jelas agar para penyelenggara negara mematuhi pelaporan LHKPN.

"Dan ke depan, untuk perbaikan sektor LHKPN, ini penting bagi penentu kebijakan dalam membuat UU, memikirkan ulang strategi agar penyelengara negara dapat patuh, mungkin dapat dengan mencantumkan hukuman yang lebih jelas ketika ada penyelenggara negara yang tak patuh LHKPN," kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sempat Dinyatakan Sembuh, Ajudan Wagub Sumut Kembali Positif COVID-19

Posted: 04 May 2020 10:16 PM PDT

Liputan6.com, Medan Ajudan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Musa Rajeckshah, Ori Kurniawan, kembali dinyatakan positif COVID-19. Sebelumnya Ori sempat dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang dari Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik.

"Kemungkinan reaktivasi dan reinfeksi," kata Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Sumut, Aris Yudhariansyah, Selasa (5/5/2020).

Sejak dinyatakan sembuh pada 6 April 2020 lalu, Ori diketahui belum bekerja kembali di Kantor Gubernur Sumut. Pria 25 tahun ini sempat kembali ke kampung halamannya, Bireuen, Provinsi Aceh. Pihak Dinas Kesehatan setempat sedang melakukan penyelidikan epidemologi terhadap orang yang kontak erat dengannya.

Diungkapkan Aris, saat ini Ori sudah diisolasi di rumah sakit rujukan COVID-19 Provinsi Sumut, yaitu Rumah Sakit Martha Friska Multatuli. Ori sebelumnya dirujuk dari Bireuen. Ori kurniawan menjadi kasus pertama kembali positif COVID-19 setelah dinyatakan sembuh.

"Sudah dirawat di Rumah Sakit Martha Friska," ujar Aris.

Sebelumnya Ori dinyatakan sebagai pasien ke-2 di Sumut yang sembuh dari COVID-19. Sebelum dinyatakan positif COVID-19, dirinya bepergian ke Jakarta bersama Wagub Sumut selama tiga hari, dan sempat mengunjungi pusat keramaian, salah satunya mal.

 

Pulang dari Jakarta

ilustrasi virus corona covid-19/copyright by diy13 (Shutterstock)
ilustrasi virus corona covid-19/copyright by diy13 (Shutterstock)

Setelah pulang dari Jakarta dan berada di Medan, Ori merasa lemas dan tidak enak badan. Dirinya juga tidak selera makan, demam, batuk, dan merasakan gatal pada tenggorokan. Melihat kondisi Ori, Wagub Sumut menyarankannya untuk tes COVID-19.

"Saya disarankan untuk tes COVID-19, dan hasilnya positif," kata Ori, Rabu, 8 April 2020.

Ori kemudian dijemput ambulans RSUP Haji Adam Malik. Selanjutnya dibawa ke ruang isolasi. Selama menjalani isolasi sejak 25 Maret 2020 di RSUP Haji Adam Malik, dirinya selalu diberi vitamin dan makanan bergizi agar sembuh dari COVID-19.

"Telur rebus selalu dikonsumsi, selain lauk. Saya juga rutin minum jus, seperti jus tomat, belimbing, terong, dan rutin minum susu," sebutnya.

Selama menjalani isolasi, Ori disarankan untuk berjemur setiap hari pada pukul 08.00 WIB. Ia berjemur di dekat jendela, karena sinar matahari mengarah ke kamar. Selain itu, Ori juga rutin berolahraga dan ibadah.

Saat mendapat surat kedua hasil laboratorium dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) melalui swab dan dinyatakan negatif, Ori mengaku sangat senang. Menurutnya, para tim medis adalah garda terdepan dan selalu stand by selama 24 jam.

"Kita tekan tombol, mereka langsung datang. Saya ucapkan terima kasih," ungkapnya.

 

Saksikan juga video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masuknya 500 TKA Asal China ke Konawe Sultra Cederai Rasa Keadilan

Posted: 04 May 2020 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Keputusan pemerintah membuka pintu masuk kepada 500 Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China ke Morosi, Konawe, Sulawesi Tenggara, memicu polemik pada tataran masyarakat. Langkah ini dianggap menciderai rasa keadilan rakyat termasuk buruh di Indonesia yang sedang berjuang melawan pandemi virus Corona ocovid-19.

Pengamat ketenagakerjaan Universitas Airlangga Hadi Subhan menilai, langkah pemerintah tersebut tidak etis. Sebab, hal ini bertentangan dengan keputusan pembatasan mobilisasi yang diberlakukan bagi warganya di tengah penyebaran pandemi Corona covid-19 yang kian meluas di Tanah Air.

"Saya melihat keputusan pemerintah bersifat tidak etis. Ketika mobilisasi penduduk dilarang, justru pemerintah mendatangkan warga negara asing," kata Hadi kepada Merdeka.com, Selasa (5/5/2020).

Dia mengatakan, pemerintah harus tegas membatasi pergerakan warga negara asing yang akan masuk ke Indonesia, tanpa terkecuali. Sebagaimana pemerintah memberlakukan pembatasan ruang gerak masyarakat, termasuk melarang perjalanan mudik lebaran.

Pengajar di Universitas Airlangga ini menambahkan bahwa terlepas dari para TKA China telah dinyatakan memenuhi persyaratan yang diberlakukan oleh Kementerian ketenagakerjaan, alangkah eloknya jika pemerintah pusat menunda kedatangan pekerja asing terlebih dahulu.

"Ini tidak tepat waktunya, ketika mobilisasi orang dibatasi tapi otoritas justru mendatangkan warga negara asing," lanjut dia.

Untuk itu, pemerintah pusat harusnya lebih sensitif dalam memutuskan sebuah kebijakan agar tidak menimbulkan polemik ditengah masyarakat. Salat satunya dengan mempertimbangkan perasaan masyarakat khususnya yang terdampak pandemi ini.

Terlebih, kondisi ekonomi masyarakat tengah sulit setelah sebagian diantaranya mengalami penurunan pendapatan hingga kehilangan mata pencaharian. Akibat meluasnya pandemi virus corona yang membuat kelangsungan usaha di Indonesia menjadi terganggu.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

Menimbang Untung Rugi Kedatangan 500 TKA Asal China ke Sultra Saat Pandemi Covid-19

Para pengunjuk rasa yang hendak melakukan aksi di lokasi PT HPAL saat bertolak dari Desa Kawasi, Obi, Kamis 16 April 2020. (For Liputan6.com/Hairil Hiar)
Para pengunjuk rasa yang hendak melakukan aksi di lokasi PT HPAL saat bertolak dari Desa Kawasi, Obi, Kamis 16 April 2020. (For Liputan6.com/Hairil Hiar)

Sebelumnya, Sebanyak 500 TKA asal China rencananya akan masuk di wilayah Sulawesi Tenggara, melalui Bandara Halu Oleo Kendari, pada Selasa 3 Mei 2020. Agenda ini dianggap kontroversi karena masih pada masa pandemi Covid-19 yang ikut melanda dan membuat panik warga Sulawesi Tenggara.

Rencana ini langsung mendapat tanggapan dari Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi. Dia menyatakan keberatan dengan kedatangan sebanyak 500 TKA di Sultra.

"Jumlah 49 TKA saja yang kemarin itu masuk di Sultra, sudah mendapatkan banyak kritikan dari masyarakat," ujar Ali Mazi. 

Ketua DPRD Sultra, Abdurrahman Shaleh bersikap lebih keras lagi. Dia menyatakan, jika benar TKA sebanyak ini akan masuk di wilayah Sultra melalui bandara, maka dia akan memimpin aksi protes massa.

"Saya akan pimpin demonstrasi ketika intelijen saya menyatakan mereka datang di sini," ujar politikus PAN itu.

Seorang anggota DPRD lainnya, Sudirman menyatakan dengan tegas, menolak mentah-mentah kedatangan TKA di wilayah Sultra. Menurutnya, fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) berbeda, ketika yang lain menyatakan menunda maka pihaknya langsung menolak.

"Apa daerah ini kekurangan tenaga kerja? Semua ada disini, terus kenapa mereka harus datang," ujar Sudirman.

Bukan hanya pemerintah dan DPRD, penolakan TKA China juga datang dari pemuda.

Mantan Ketua Pospera Kota Kendari, Bram Barakatino menegaskan saat ini warga Sultra dibatasi keluar beraktivitas bekerja dan mencari kehidupan. Lucunya, warga negara lain didatangkan di wilayah ini untuk bekerja.

"Padahal mereka ini berasal dari negara asal virus yang sudah jadi Pandemi. Kalau seperti ini, maka saya siap pimpin perang menolak kedatangan mereka," ujar Bram.

Diketahui, rencananya 500 TKA akan bekerja pada salah satu perusahaan tambang di wilayah Kabupaten Konawe. Perusahaan ini, pada 2019 lalu tercatat sebagai penghasil nikel terbesar di dunia. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hasil Tracing Klaster Pujon Kota Batu, Tiga Orang Reaktif Rapid Test

Posted: 04 May 2020 10:14 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Ketua Rumpun Tracing Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Jawa Timur, Kohar Hari Santoso mengatakan, pihaknya telah melakukan rapid test di Klaster Pujon, Kota Batu.

Dari 41 orang dengan kontak erat yang telah dilakukan rapid test, ada tiga orang yang reaktif. Dua orang laki-laki dan satu perempuan.

"Untuk Klaster Pujon, tim sudah datang kesana, melihat kondisi disana. Diantara para warga yang berkontak erat ada tiga reaktif tapi secara keseluruhan yang rapid test sudah dilakukan isolasi," kata Kohar di Gedung Negara Grahadi Surabaya, ditulis Selasa, (5/5/2020).

Kohar menceritakan, indeks kasus dari klaster Pasar Pujon berawal dari seorang pedagang  yang sering pulang pergi Batu - Surabaya.

"Kemudian dia sakit, lalu dirawat di RS di Batu, sudah dilakukan swab lalu meninggal dunia sebelum hasilnya keluar. Setelah keluar hasil swabnya positif (Covid-19)," ucap Kohar. 

Kohar juga mengapresiasi pihak Pasar Pujon yang telah menyiapkan tempat cuci tangan untuk para pengunjung pasar.

"Sudah banyak juga yang jualan hand sanitizer, pengunjung pasar juga sudah menggunakan masker. Dari Muspika setempat sudah bergerak cukup intens," ujar Kohar. 

 

Penjelasan Pemprov Jatim Terkait Klaster Baru di Malang

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Sebelumnya, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, mengakui ada klaster baru yang muncul di Malang, Jawa Timur. Penyebaran dari klaster ini diprediksi cukup banyak. 

"Apa yang terjadi pada klaster baru di Malang ini di antara lain adalah pasien yang memang minta pulang, dan setelah di rumah dapat dua hari, dan meninggal," ujar Khofifah ditulis, Sabtu, 2 Mei 2020.

Klaster ini, kata Khofifah Indar Parawansa, ditengarai menyebar di sebuah pasar di Malang. Hanya saja tidak disebutkan gamblang pasar yang dimaksud. "Tenaga kesehatan ada yang kemudian tertular. Kemudian ketika ke pasar juga ada yang tertular," terangnya. 

Ketua Tim Tracing Gugus Tugas Covid-19 dr Kohar Hari Santiso mengaku masih mendalami klaster di Malang. Dari hasil tracing sementara, ada 41 orang yang dilakukan rapid test. Hasilnya tiga orang reaktif, atau positif menurut tes cepat. 

Dirut RSUD Saiful Anwar itu menyebutkan, akan melakukan tracing atau pelacakan lebih jauh lagi. Mengingat aktivitas pasien awal berada di salah satu pasar. Kemungkinan masih ada pasien lain yang tertular virus SARS CoV-2 tersebut di Malang, Jawa Timur. 

"Seperti gubernur sampaikan ada salah satu di luar Surabaya, seorang pedagang, kemudian dia riwa riwi dari Surabaya (Malang), sakit, diisolasi, dan tadi sudah menyebar beritanya di Malang," kata Kohar di Gedung Negara Grahadi, Jumat malam. 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Didi Kempot Meninggal, Ganjar Pranowo Ucap Salam Perpisahan

Posted: 04 May 2020 10:14 PM PDT

Liputan6.com, Solo - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, termasuk salah satu tokoh yang berduka atas meninggalnya Didi Kempot. Apalagi sang penyanyi legendaris itu merupakan salah satu warga yang berasal Jateng, tepatnya Solo.

Ganjar Pranowo menuangkan rasa duka atas kepergian Didi Kempot dalam sebuah unggahan di akun Twitter terverifikasi miliknya, pada Selasa (5/5/2020).

Ia membagikan foto bersama sang penyanyi. Ganjar mengenakan beskap, sementara Didi Kempot berbatik. Latar belakang foto ini adalah De Tjolomadoe, pabrik gula kuno yang kini menjadi lokasi wisata.

Selamat Jalan

Didi Kempot dan Ganjar Pranowo (Twitter/ ganjarpranowo)
Didi Kempot dan Ganjar Pranowo (Twitter/ ganjarpranowo)

Ganjar Pranowo juga mengucapkan salam perpisahan kepada pelantun "Sewu Kutho" tersebut. "Selamat jalan kawan, semoga husnul khotimah," tulis Ganjar Pranowo. 

Megawati Soekarnoputri

Politikus yang mengucapkan dukacita bukan hanya Ganjar Pranowo. Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri juga menyampaikan belasungkawa lewat Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

Doa Megawati

"Begitu mendapat kabar yang sangat mengejutkan tersebut, saya langsung melaporkan kepada Ibu Megawati Soekarnoputri. Beliau menyampaikan dukacita yang mendalam dan mendoakan almarhum semoga husnul khatimah," tutur Hasto Kristiyanto dalam keterangannya.

 

Gubernur Jatim

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa juga menyampaikan ungkapan belasungkawanya. 

"Dalam pandangan saya, Lord Didi adalah tokoh keroncong Indonesia fenomenal yang mampu memenangkan seluruh hati masyarakat Indonesia. Termasuk anak muda, generasi milenial dan Z yang kurang begitu akrab dengan musik asli Jawa itu," tulis Khofifah, lewat akun Instagram resminya. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ojo Mudik, Lagu Terakhir Didi Kempot Berkolaborasi dengan Wali Kota Solo

Posted: 04 May 2020 10:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta The God Father of Broken Heart, Didi Kempot meninggal dunia Selasa (5/5/2020) pagi. Ia sempat dilarikan ke di Rumah Sakit Kasih Ibu, Solo, Jawa Tengah dan mengembuskan napas terakhirnya sekitar pukul 07.45 WIB.

Sebelum meninggal dunia, Didi Kempot sempat merilis lagu berjudul "Ojo Mudik". pada 28 April 2020 melalui kanal YouTubenya. Lagu tersebut mengajak masyarakat agar tidak pulang ke kampung halaman di tengah pandemi Corona Covid-19, untuk memutuskan mata rantai penyebaran virus yang belum diketemukan vaksinya.

Tak hanya itu, dalam lagu tersebut Didi Kempot mengajak masyarakat untuk rajin mencuci tangan dengan sabun dan tak lupa mengenakan masker agar terhindar dari virus Corona Covid 19.

Bersama Wali Kota Solo

Foto Instagram
Foto Instagram

Yang menarik dari video klip lagu tersebut, Didi Kempot berkolaborasi dengan pejabat daerah yaitu Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo. Mereka menggaungkan agar tidak berkerumun dan jaga jarak untuk menhindari penyebaran virus.

Selain dengan Wali Kota Solo , Didi Kempot juga berkolaborasi dengan Dandim 0735/Solo, Letkol Inf Wiyata Sempana Aji dan Kapolresta Solo, Kombes Pol Andy Rivai juga turut membawakan lagu tersebut.

Ditonton Banyak Penggemar

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo saat duet dengan penyanyi campursari Didi Kempot saat komser di Balai Kota Solo.(Liputan6.com/Fajar Abrori)
Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo saat duet dengan penyanyi campursari Didi Kempot saat komser di Balai Kota Solo.(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Kini Videoklip yang diunggah di kanal YouTube milik Didi Kempot, telah ditonton sebanyak 679,137 views. Para sobat Ambyar sebutan penggemarnya banyak mengucapkan bela sungkawa melalui kolom komentar videoklip tersebut.

"Innalillahi wainnailaihi ilahi rojiun selamat jalan pak dhe didi kempot.. Smoga amal ibadahnya diterima disisi nya.. Smoga husnul khotimah," tulis Koplo Arengga

"Inalillahi wa innailaihi rojiun😭 .Telah pulang ke Rahmatullah .Semoga Allah SWT mengampuni dosanya dan masukkanlah ke surga ya Allah karena Didi kempot orang yang sangat baik😊🙂😭😭🙏🏻," tulis Suhali.

Dimakamkan

Penampilan Maestro musik campur sari Indonesia, Didi Kempot, pada konser
Penampilan Maestro musik campur sari Indonesia, Didi Kempot, pada konser

Seperti diketahu Didi Kempot meninggal dunia karena sakit jantung di usia 53 tahun. Ia mengembuskan napas terakhir di RS Kasih Ibu, Surakarta pada Selasa (5/5/2020) pagi.

Menurut adiknya, jenazah Didi Kempot Akan dimakamkan hari ini di Majasem, Kendal, Ngawi. Saat ini, jenazah masih disemayamkan di rumah duka terlebih dahulu, di Solo.

"Rencananya di Majasem," kata adik Didi Kempot, Dina, saat dikutip dari tvOne, pada Selasa (5/5/2020) pagi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertolongan Pertama Henti Jantung Seperti yang Dialami Didi Kempot

Posted: 04 May 2020 10:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebelum meninggal dunia hari ini, Selasa, 5 Mei 2020 pukul 07.25 WIB, Didi Kempot mengalami kondisi henti jantung (cardiac arrest). Nyawa penyanyi campursari Tanah Air berusia 53 tahun tidak dapat tertolong saat tiba di Rumah Sakit Kasih Ibu, Solo, Jawa Tengah.

Menilik seseorang yang henti jantung, pertolongan pertama dengan pijat jantung atau Resusitasi Jantung Paru (Cardiopulmonary Resuscitation/CPR) dapat dilakukan.

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Vito A Damay menyebut, seseorang yang terkena henti jantung dan mendapatkan pertolongan pertama untuk CPR memiliki angka harapan hidup 44 sampai 47 persen.

"Pijat jantung dengan benar bisa meningkatkan kemungkinan dia selamat dan mengurangi kemungkinan dia selamat sampai 10 persen setiap menitnya. Oleh karena itu, kita harus segera melakukan pijat jantung dengan cara yang benar," ujar Vito melalui kiriman video Youtube pribadinya kepada Health Liputan6.com, Selasa (5/5/2020).

Panggil Nama

Pijat jantung dengan panggil nama dulu. Photo by Giulia Bertelli on Unsplash
Pijat jantung dengan panggil nama dulu. Photo by Giulia Bertelli on Unsplash

Dalam tayangan video, Vito mempraktikkan, cara melakukan pijat jantung. Ketika kita menghadapi ada orang yang henti jantung, pertama, panggil namanya atau sapaan.

"Pak, Pak, namanya kita boleh panggil atau 'Bapak, Ibu.' Lalu panggil segera bantuan. 'Tolong, tolong, tolong...," lanjut dokter yang berpraktik di Siloam Hospital Lippo Village, Tangerang, Banten.

"Ketika tidak ada orang di sekitar kita, keluarkan ponsel Anda. Anda bisa ditelepon siapapun yang Anda tahu atau ada telepon rumah sakit terdekat bila punya nomor kontaknya."

Lakukan Pijat Jantung

Lakukan pijat jantung. (iStockphoto)
Lakukan pijat jantung. (iStockphoto)

Kedua, Anda harus memerhatikan kondisi seseorang yang henti jantung. Seseorang yang henti jantung akan hilang kesadaran.

"Cek, apakah mereka merespons saat kita panggil. Apakah mereka bernapas dengan normal atau tidak. Cek nadi di sekitar leher. Ketika orang yang bersangkutan, tidak merespons dan hilang pernapasan, kita anggap dia orang yang henti jantung. Ketiga, segera lakukan pijat jantung," Vito menjelaskan.

"Bagaimana cara pijat jantung, bagian ujung dari telapak tangan kaitkan dengan telapak tangan satunya di atasnya lagi, lalu letakkan di atas dada (tepat di jantung). Tekan  dengan cepat dan mendalam. Tekan selama 100 sampai 120 kali per menit. Cara ini membantu menyelamatkan seseorang."

Tunggu sampai Petugas Medis Datang

Pijat jantung sampai petugas medis datang. (iStock)
Pijat jantung sampai petugas medis datang. (iStock)

Apakah perlu juga bantuan pernapasan dari mulut ke mulut saat CPR? Vito melanjutkan, apabila Anda tidak tahu (tidak mengenal) orang yang henti jantung dan takut mungkin punya penyakit melalui pernapasan mulut ke mulut, Anda bisa tetap lakukan pijat jantung dengan benar.

Letakkan tubuh orang yang henti jantung di tempat yang rata dan keras (lantai). Lakukan pijat jantung sampai datang petugas medis profesional yang memberikan pertolongan.

"Apabila Anda bukan orang yang terlatih (memberikan pijat jantung), maka bisa segera melaporkan kepada petugas medis atau orang lain yang terlatih melakukannya," tutup Vito.

"Sebaiknya, di tempat kerja Anda, pernah ada mengikuti latihan pijat jantung untuk bisa menolong orang henti jantung dengan baik. Dan juga meningkatkan kemungkinan seseorang selamat."

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lockdown di Ibu Kota India Melonggar, Lebih dari 500 Warga Antre Beli Minuman Keras

Posted: 04 May 2020 10:08 PM PDT

Liputan6.com, New Delhi- Pada Senin 4 Mei 2020, ratusan orang mengantre di luar toko minuman keras di New Delhi, ketika ibu kota India mulai melonggarkan pembatasan dalam lockdown selama 40 hari karena Virus Corona COVID-19. Sementara itu, aktivitas kerja kembali berjalan di beberapa kantor dengan staf yang lebih sedikit dan lalu lintas menyusut ke jalan-jalan.

Pemberlakuan lockdown nasional Negeri Bollywood disebut-sebut masuk daftar yang paling ketat di dunia.

Pelonggaran dalam masa lockdown ini dilaporkan berlaku pada beberapa daerah dengan infeksi rendah, meskipun pemerintah mengatakan pekan lalu bahwa pemberlakuan aturan itu akan tetap berlaku sampai 17 Mei, seperti dikutip dari Channel News Asia, Selasa (5/5/2020). 

Menurut laporan, banyak mobil pemerintah pada Senin 4 Mei, berada di antara lalu lintas di jalan-jalan raya New Delhi, dan polisi di pos pemeriksaan memastikan tidak ada lebih dari dua penumpang, juga semuanya menggunakan masker. 

Menurut keterangan seorang saksi mata, barisan antrean sebanyak lebih dari 500 orang terbentuk di luar sebuah toko minuman keras di wilayah timur ibu kota, yaitu Kalyan Puri. Terlihat sekitar pukul 09.30 pagi waktu setempat, hingga akhirnya toko ditutup dan polisi bersenjata tongkat datang memecah kerumunan itu.

Seorang pejabat pemerintah New Delhi yang bertanggung jawab atas toko minuman keras, Ajay Kumar mengatakan bahwa polisi meminta beberapa outlet untuk menutup toko, sejalan dengan perintah dari otoritas cukai. 

"Kami ingin toko-toko itu tetap buka," ujar Ajay Kumar tanpa penjelasan lebih lanjut.

Perjuangan Jutaan Orang

Petugas kepolisian India berdiri disamping grafiti yang mengilustrasikan virus  corona di Bangalore (3/4/2020). Grafiti tersebut dibuat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar mematuhi lockdown yang diberlakukan pemerintah India  sebagai langkah pencegahan COVID-19. (Xinhua/Stringer)
Petugas kepolisian India berdiri disamping grafiti yang mengilustrasikan virus corona di Bangalore (3/4/2020). Grafiti tersebut dibuat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar mematuhi lockdown yang diberlakukan pemerintah India sebagai langkah pencegahan COVID-19. (Xinhua/Stringer)

Pelonggaran pada pembatasan tersebut dikatakan dapat mendorong infeksi lebih lanjut di India, yang dilaporkan telah bertambah lebih dari 42.500 kasus dan 1.300 kematian dalam peningkatan yang stabil.

Tetapi karena pendapatan berkurang dan jutaan orang berjuang tanpa pendapatan, pemerintah negara bagian ingin kegiatan ekonomi dilanjutkan.

Menteri Utama New Delhi, Arvind Kejriwal mengatakan bahwa warga harus harus bersiap-siap untuk hidup dengan keberadaan Virus Corona jenis baru.

"Kita harus bersiap-siap untuk hidup bersama korona, kita harus terbiasa dengannya," ujar menteri utama Delhi, Arvind Kejriwal, pada briefing Minggu 3 Mei saat menjelaskan langkah-langkah untuk menutup 97 area infeksi sambil membuka seluruh kota dengan 20 juta populasi,

Di negara tetangga Pakistan, jumlah kasus yang dikonfirmasi mendekati 20.000, dengan 462 kematian. Pihak berwenang di Sri Lanka dan Nepal masing-masing melaporkan 718 dan 75 kasus.

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Daihatsu Tantang Kreativitas Konsumen Melalui Kompetisi Digital

Posted: 04 May 2020 10:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Selain aktivitas di rumah saja, menjaga jarak, dan tidak mudik merupakan upaya mencegah penyebaran Corona Covid-19. Walau tak bisa bertemu secara langsung, Daihatsu mengadakan program berbagi cerita dan kebahagiaan lewat kompetisi digital untuk menjaga silaturahmi.

Mengajak anggota komunitas, pemilik Daihatsu bisa mengekspresikan kreatifitasnya melalui pembuatan video unik dan inspiratif selama beraktivitas di rumah.

Memiliki dua pilihan tema, para peserta bisa membuat tips mobil aman dari virus Corona Covid-19 dan kebersamaan keluarga di Bulan Ramadan.

"Program digital ini merupakan salah satu bentuk kepedulian kami untuk menyebarkan kebahagiaan di tengah pandemi Covid-19 ini," ujar Elvina Afny, CSVC Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Dalam pembuatan video ini, Daihatsu memberikan ada beberapa ketentuan yang harus diperhatikan, seperti durasi video maksimal 90 detik dan melibatkan keluarga dengan tetap mempertimbangkan protokol pencegahan penyebaran virus.

Terdapat 18 klub mobil Daihatsu yang akan berpartisipasi dalam kompetisi ini. Pemenang video akan dipilih berdasarkan konten kreatif, unik dan inspiratif.

Hadiah Menarik

"Semoga program untuk Sahabat Klub ini dapat berbagi cerita positif yang bisa menjadi inspirasi bagi kita semua, terutama dalam masa-masa PSBB dan WFH seperti saat ini," ujar Elvina

Pengumuman pemenang akan dilakukan pada pertengahan Mei 2020. Video terbaik berhak mendapatkan hadiah total jutaan rupiah dan ditayangkan Daihatsu melalui youtube channel Daihatsu Sahabatku.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kampung Ramdan Medan, Solusi Bagi Puluhan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19

Posted: 04 May 2020 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Medan - Sedikitnya 48 usaha mikro kecil menengah atau UMKM berjualan dengan cara daring di Kampung Ramadan Medan. Langakah itu difasilitasi pemerintah setempat agar geliat bisnis kembali bisa berjalan. 

"Kampung Ramadan dibuka dengan harapan bisa menjawab keluhan UMKM di Provinsi Sumut, khususnya Kota Medan tentang terganggunya bisnis akibat Covid-19," ujar Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi seperti dilansir Antara Senin (4/5/2020).

Peresmian Kampung Ramadan dilakukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Provinsi Sumut sebagai upaya pemulihan ekonomi UMKM. 48 UMKM itu antara lain merupakan binaan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sumut.

"Kampung Ramadan yang sudah dibuka mulai 28 April dan berlangsung hingga 21 Mei 2020 di halaman Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) Jalan Gatot Subroto Medan, diharapkan diminati masyarakat," ujarnya.

Yang pasti, ujar gubernur, transaksi di Kampung Ramadan itu dengan menggunakan jasa online atau drive thru.

"Bisnis sistim online itu untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Sumut.Semua masyarakat harus berperan dalam mengatasi Covid-19," ujar Gubernur Sumut

Kepala BPBD Sumut sekaligus Ketua Pengendali Operasi GTPP Covid-19 Sumut, Riadil Akhir Lubis, menegaskan bahwa peresmian itu dibuat tidak melanggar protokol penanganan Covid-19.

Kampung Ramadan dilaksanakan dengan tetap mengedapankan kedisiplinan protokol kesehatan Covid-19.

Penjabat Kadis Koperasi dan UMKM Sumut Mohammad Ridho Haikal mengatakan, Kampung Ramadan bertujuan menguatkan kapasitas SDM UMKM.

"Kegiatan itu diharapkan memberikan semangat pada wirausahawan yang terdampak Covid-19." katanya.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mendagri Sebut Kota Depok Berhasil Tangani Corona Selama PSBB

Posted: 04 May 2020 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyampaikan, Kota Depok menjadi wilayah yang terpantau berhasil menangani penyebaran virus Corona atau Covid-19. Hal itu berdasarkan data selama pemberlakuan status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sejak 15 April 2020.

Berdasarkan catatan, saat awal pemberlakuan PSBB di Kota Depok memang angka penularan corona cenderung meningkat. Hal itu terjadi lantaran adanya giat rapid test.

"Angka penularan selama PSBB 15 April-28 April 2020 rata-rata 8 sampai 9 orang per hari, dibandingkan sebelum PSBB yang rata-rata 6 sampai 7 orang per hari," tutur Tito dalam keterangannya, Selasa (5/5/2020).

Namun menurutnya, angka Orang Tanpa Gejala (OTG), Orang Dalam Pengawasan (ODP), dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) cenderung menurun selama PSBB.

"Angka OTG selama PSBB menurun 22-23 orang per hari dibanding sebelum PSBB 48-49 orang per hari. Begitu juga dengan ODP yang menurun dari 83 sampai 84 menjadi 32-33 per hari. Sedangkan PDP menurun tipis dari sebelumnya 27-28 menjadi 26-27 per hari," jelas dia.

 

Kunci Keberhasilan

Dengan kondisi ini, lanjut Tito, Kota Depok dalam mengatasi Covid-19 dapat menjadi kunci keberhasilan DKI Jakarta menangani pandemi Covid-19.

"Karena DKI Jakarta adalah megapolitan yang menyatu dengan kota-kota satelit di sekitarnya, termasuk Depok. Perbatasan hanya di atas kertas, tanpa ada batas alam yang jelas," Tito menandaskan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Lagu Hits Didi Kempot yang Bikin Hati Ambyar

Posted: 04 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kabar meninggalnya penyayi Didi Kempot, membuat para sobat ambyar berduka. Kabar duka ini pertama kali diungkapkan oleh kakak kandung Didi Kempot.

Pria berusia 53 tahun ini dikatakan meninggal dunia pada hari ini, Selasa (5/5) pukul 07.45 WIB di Rumah Sakit (RS) Kasih Ibu Solo. Sebelum meninggal, pada 11 April 2020 lalu, Didi Kempot sempat menggelar konser amal demi mendukung gerakan #DiRumahAja. Dari konser itu, terkumpul donasi senilai Rp3,5 miliar.

Didi Kempot diketahui sudah hampir 20 tahun berkarya di industri musik Tanah Air. Didi Kempot pertama kali dikenal setelah merilis album pertama dengan single "Solo Balapan," pada tahun 1999.

Banyak lagu Didi Kempot yang bertemakan patah hati. Hal ini membuat dirinya dijuluki sebagai "Godfather of Broken Heart." Uniknya, lagu-lagunya pun tak hanya digemari oleh orangtua tapi juga anak-anak muda yang bahkan memiliki julukan yaitu para sad boy dan sad girl.

Beberapa lagunya pun sangat hits dan berhasil membuat para pendegarnya galau. Dikutip dari berbagai sumber, berikut deretan lagu Didi Kempot yang bikin hati teriris mendengarnya:

1. Sewu Kuto

Penyanyi Didi Kempot saat menggelar konser di The Sunan Hotel Solo.(Liputan6.com/Fajar Abrori)
Penyanyi Didi Kempot saat menggelar konser di The Sunan Hotel Solo.(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Lagu "Sewu Kuto" merupakan salah satu lagu yang terdapat dalam Album Emas Didi Kempot yang rilis pada 2002. Lagu ini berkisah tentang seorang pria yang ditinggalkan kekasihnya pergi entah kemana. Sang pria pun berusaha mencari sampai ke beberapa kota namun tak berhasil menemukan sang kekasih.

Berikut penggalan liriknya:

Sewu kuto uwis tak liwati

Sewu ati tak takoni

Nanging kabeh

Podo rangerteni

Lungamu neng endi

Pirang tahun anggonku nggoleki

Seprene durung biso nemoni

2. Cidro

Penampilan penyanyi campursari Didi Kempot dalam Shopee 12.12 Birthday Sale di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta, Kamis (12/12/2019). Pria yang dijuluki The Godfather of Broken Heart tersebut membawakan lagu Pamer Bojo, Sewu Kutho, Bayu Langit, dan lain-lain. (Fimela.com/Bambang E. Ros)
Penampilan penyanyi campursari Didi Kempot dalam Shopee 12.12 Birthday Sale di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta, Kamis (12/12/2019). Pria yang dijuluki The Godfather of Broken Heart tersebut membawakan lagu Pamer Bojo, Sewu Kutho, Bayu Langit, dan lain-lain. (Fimela.com/Bambang E. Ros)

Lagu "Cidro" terdapat dalam album Didi Kempot bertajuk Didi Kempot Live In Suriname. Lagu tersebut menceritakan tentang seorang wanita yang mengkhianati kekasihnya.

Padahal pria tersebut sangat menyayangi wanita tersebut dan ingin sekali meminangnya. Berikut penggalam liriknya:

wes samestine ati iki nelongso

wong seng tak tresnani mblenjani janji

opo ora eling naliko semono

kebak kembang wangi jeroning dodo

kepiye meneh iki pancen nasib ku

3. Suket Teki

Didi Kempot Meninggal Dunia/kapanlagi.com
Didi Kempot Meninggal Dunia/kapanlagi.com

"Suket Teki" mengisahkan tentang seseorang yang patah hati karena dicampakkan oleh pasangannya. Lantaran sakit hati yang teramat sangat, membuat orang tersebut sadar dan memilih mundur.

Aku tak sing ngalah

Trimo mundur timbang loro ati

Tak oyako wong kowe wis lali

Ora bakal bali

Paribasan awak urip kari balung

Lilo tak lakoni

Jebule janjimu jebule sumpahmu

Ra biso digugu

4. Pamer Bojo

Didi Kempot nyanyikan lagu andalannya didampingi anak-anak Papua. (Instagram didikempot_official)
Didi Kempot nyanyikan lagu andalannya didampingi anak-anak Papua. (Instagram didikempot_official)

Lagu "Pamer Bojo" berkisah tentang seseorang yang rindu terhadap pasangannya yang sudah tidak lama bertemu. Namun, ketika bertemu ternyata kekasihnya telah memiliki pasangan lain sehingga membuat ia patah hati dan merasa dikhianati.

Koyo ngene rasane wong nandang kangen

Rino wengi atiku rasane peteng

Tansah kelingan kepingin nyawang

Sedelo wae uwis emoh tenan

Cidro janji tegane kowe ngapusi Nganti seprene suwene aku ngenteni

Nangis batinku nggrantes uripku

Teles kebes netes eluh neng dadaku

 

5. Dalan Anyar

Penyanyi Didi Prasetyo atau yang lebih dikenal Didi Kempot saat tampil pada konser bertajuk
Penyanyi Didi Prasetyo atau yang lebih dikenal Didi Kempot saat tampil pada konser bertajuk

Lagu "Dalan Anyar" mengisahkan tentang perselingkuhan. Di lagu terlihat jelas seseorang harus merasakan pahitnya cinta setelah pasangannya berselingkuh di depan mata.

Kembang tebu sing kabur kanginan

Saksi bisu sing dadi kenangan

Prasetyamu kui mung kiasan

Tresnamu saiki wis ilang

Neng dalan anyar kowe karo sopo

Aku ngerti dhewe neng ngarepe moto

Neng dalan anyar kowe karo sopo

Neng kulon terminal kertonegoro ngawi

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Xiaomi Rilis Sejumlah Produk IoT untuk Dukung Aktivitas Ramadan

Posted: 04 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tak hanya smartphone, Xiaomi kini menjual sejumlah produk internet of things (IoT) yang mempermudah kehidupan penggunanya di Indonesia.

Selain berguna, produk-produk IoT ini membantu pengguna untuk fokus pada hal yang lebih utama di bulan Ramadan ini.

Sebut saja produk Mi Motion Activated Night Light 2 yang menemani pengguna selama sahur. Kemudian, ada produk Mi Smart Band 4 yang membantu pengguna tetap bugar walaupun sedang berpuasa.

Ada juga berbagai pilihan smartphone yang dapat dipakai untuk terhubung dengan keluarga dan teman-teman saat pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Untuk itu, perusahaan yang bermarkas di Beijing, Tiongkok, ini merilis panduan belanja Ramadan yang menyajikan portofolio produk Xiaomi untuk pasar Indonesia.

Mi Robot Vacuum hingga Air Purifier 2H pun masuk di dalam deretan katalog ini.

Panduan ini merupakan bagian dari kampanye promo bulan Ramadan yang digadang-gadang memberikan potongan harga terbaik sepanjang 2020 untuk pembelian smartphone.

Misalnya potongan harga hingga Rp 200 ribu untuk pembelian smartphone Mi Note 10 hingga redmi 8A Pro.

Berlangsung dari 1-17 Mei 2020

Kantor Xiaomi di Maofanglu Road, Beijing. Tempat Vice President International Xiaomi Hugo Barra beraktivitas. Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani
Kantor Xiaomi di Maofanglu Road, Beijing. Tempat Vice President International Xiaomi Hugo Barra beraktivitas. Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani

Kampanye promo ini berlangsung 1-17 Mei 2020 dan melibatkan kanal e-commerce seperti Lazada, Shopee, JD.id, Akulaku, Tokopedia, dan Mi.com.

Berikut adalah sejumlah produk dalam katalog Ramadan Xiaomi:

1. Mi Note 10 yang seharga Rp 6,2 juta dibanderol jadi Rp 6 juta.

2. Redmi 8A Pro dari harga Rp 1,549 juta jadi Rp 1,449 juta (model 2/32GB).

dan dari Rp 1,649 juta menjadi Rp 1,599 juta (model 3/32GB).

3. Mi Bedside Lamp seharga Rp 700 ribuan

4. Mi Motion Activated Night Light dari Rp 149 ribu menjadi Rp 130 ribu

Rice Cooker sampai Redmi 8

Redmi Note 8 Pro (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)
Redmi Note 8 Pro (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)

5. Mi Induction Heating Rice Cooker seharga Rp 1,299 juta

6. Mi Smart Kettle mulai dari Rp 559 ribu.

7. Mi Robot Vacuum seharga Rp 4,5 juta 8. Mi Air Purifier 2H seharga Rp 2 juta

9. Mi TV 55 inci seharga Rp 5 juta

10. Mi Smart Band 4 kini seharga Rp 400 ribu

11. Redmi 8 versi RAM 4GB/64GB menjadi Rp 1,749 juta

12. Redmi Note 8 Pro (versi 6/64GB) seharga 2,899 juta. (versi 6/128GB seharga Rp 3,3 juta.

13. Redmi Note 8 versi 3/32GB seharga Rp 1,899 juta, Redmi Note 8 versi 4GB/64GB seharga Rp 2,1 juta, Redmi Note 8 versi 6/128GB seharga 2,65 juta.

(Tin/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: 3 Penumpang KRL Bogor Positif Corona, Ini Permintaan Kang Emil

Posted: 04 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penemuan 3 penumpang KRL jurusan Bogor positif corona telah dilaporkan oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil mepada Menteri Perhubungan. Gubernur meminta psbb di KRL harus ketat dijalankan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Rekan Duet Didi Kempot yang Jadi Sorotan dari Musisi hingga Pejabat

Posted: 04 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Meninggalnya musisi ternama Tanah Air, Didi Kempot pada Selasa (5/5/2020) pagi meninggalkan duka mendalam bagi keluarga serta serta masyarakat Indonesia. Pria yang mendapat julukan sebagai The Godfather of Broken Heart ini meninggal dunia di Rumah Sakit Kasih Ibu, Solo, Jawa Tengah pada pukul 07.45 WIB.

Pria yang memiliki nama asli Dionisius Prasetya ini pun sempat dilarikan ke IGD. Kabar mengenai meninggalnya Didi Kempot ini dikonfirmasi oleh Asisten Manajer Humas RS Kasih Ibu Solo, dr.Divan Fernandes.

"Pukul 07.25 WIB ke IGD dalam keadaan henti jantung. Sudah dilakukan pertolongan dengan maksimal. Tapi, kondisi tidak tertolong. Almarhum dinyatakan meninggal dunia pukul 07.45 WIB," ungkapnya.

Sebagai seorang maestro, nama Didi Kempot pun cukup dikenal luas oleh masyarakat. Pria yang juga pernah meraih Lifetime Achievement Awards dari Billboard Indonesia Music Awards 2020 ini dikenal dengan karya-karya lagunya yang bertema patah hati ataupun kesedihan.

Nama Didi Kempot serta tagar 'Sobat Ambyar Berduka' pun menjadi trending topik di media sosial. Meski telah berpulang, akan tetapi lagu-lagu dari pria kelahiran Surakarta, Jawa Tengah ini akan selalu dikenang. Tak hanya itu saja, penampilan dari Didi Kempot di atas panggung bersama beberapa musisi juga sempat mencuri perhatian netizen. Bahkan, lagu berjudul Ojo Mudik yang berkolaborasi dengan wali kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo menjadi lagu terakhir yang dirilis oleh pria 53 tahun ini.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini beberapa kolaborasi Didi Kempot yang sempat curi perhatian netizen, Selasa (5/5/2020).

1. Isyana Sarasvati

Isyana Sarasvati dan Didi Kempot (Bambang E Ros/Fimela.com)
Isyana Sarasvati dan Didi Kempot (Bambang E Ros/Fimela.com)

Didi Kempot sempat berduet dengan penyanyi cantik Isyana Sarasvati dalam Malam Puncak Billboard Indonesia Music Awards 2020 di awal Februari 2020 lalu. Duet keduanya pun sukses mencuri perhatian netizen.

Tak sedikit pula para penonton yang turut bergoyang dan berdendang bersama. Bahkan, para netizen sebelumnya sempat berharap jika Didi Kempot bisa berkolaborasi dengan para penyanyi Tanah Air lainnya.

2. Endank Soekamti

Endank Soekamti perkenalkan Campursari ke ribuan penggemarnya.
Endank Soekamti perkenalkan Campursari ke ribuan penggemarnya.

Sang musisi campursari, Didi Kempot juga pernah berkolaborasi dengan band punk asal Yogyakarta, Endank Soekamti.

"Di setiap album Endank Soekamti selalu ada bahasa Jawanya. Kami mengajak mas Didi Kempot karena beliau yang konsisten terhadap musik campursari dan sebagai ikon yang membawa musik daerah bisa diterima secara populer," ujar Erix sang vokalis dalam sebuah siaran pers.

3. Soimah

Soimah  (Instagram/showimah)
Soimah (Instagram/showimah)

Duet Soimah dengan Didi Kempot pada pertengahan 2019 lalu juga sempat mencuri perhatian netizen. Penampilan keduanya dalam konser Didi Kempot di salah satu stasiun televisi pun cukup menyita perhatian. Duka mendalam juga dirasakan oleh Soimah yang menganggap jika Didi Kempot merupakan sosok senior yang sangat baik.

4. Inul Daratista

Inul Daratista (Nurwahyunan/Fimela.com)
Inul Daratista (Nurwahyunan/Fimela.com)

Bukan hanya Soimah saja, akan tetapi Inul Daratista juga pernah tampil berduet dengan The Godfather of Broken Heart. Keduanya pun sempat membawakan lagu berjudul Jambu Alas dalam konser Didi Kempot di salah satu stasiun televisi. Sempat tampil bersama, Inul juga turut mengucapkan kalimat duka melalui akun Instagram pribadinya.

5. Wali Kota Solo

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo saat duet dengan penyanyi campursari Didi Kempot saat komser di Balai Kota Solo.(Liputan6.com/Fajar Abrori)
Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo saat duet dengan penyanyi campursari Didi Kempot saat komser di Balai Kota Solo.(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Beberapa waktu lalu, Didi Kempot baru saja meiril lagu terbaru berjudul Ojo Mudik bersama Wali Kota Solo, F.X.Hadi Rudyatmo (Rudy). Lagu tersebut merupakan salah satu bentuk imbauan yang disuarakan oleh Didi Kempot kepada masyarakat khususnya para penggemar, Sobat Ambyar mengenai larangan untuk tidak mudik terlebih dahulu.

Meninggalnya Didi Kempot sendiri menjadi kabar yang tak disangka bagi Wali Kota Solo tersebut. Ia juga turut merasa kehilangan sosok seniman yang luar biasa. Ia pun mengungkapkan jika jenazah Didi Kempot akan dimakamkan di Ngawi, Jawa Timur.

"Jadi nanti jenazah akan di bawa ke rumah duka di Sumber solo. Berdasarkan rencana keluarga, akan langsung dibawa ke Ngawi untuk dimakamkan menjadi satu dengan kompleks makam keluarga, berdampingan dengan ibu dan makam Mas Mamiek Podang, kakaknya," kata Rudy, Selasa (5/5/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Daftar Merek Besar yang Terkapar Akibat Corona

Posted: 04 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Corona yang berasal dari Wuhan, China, membuat dunia berhenti.  Penyebarannya yang sangat cepat membuat beberapa negara terpaksa mengeluarkan kebijakan lockdown.

Tak hanya mempengaruhi kesehatan, virus Corona ikut memukul sektor ekonomi di seluruh dunia termasuk Indonesia. Kebijakan lockdown alias Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) membuat dunia usaha merana. 

Toko, mal, sarana transportasi dan lainnya terpaksa beroperasi sangat terbatas bahkan ada juga yang terhenti. Tentu saja, hal ini membuat beberapa merek besar atau terkenal menjalankan kebijakan yang belum pernah dilakukan sebelumnya. 

Ada perusahaan besar yang terpaksa menutup kegiatannya untuk terhindar dan menekan penyebaran wabah virus Corona ini. Seperti restoran cepat saji (fast food) hingga perusahaan penerbangan yang harus menghentikan operasional.

Berikut daftar merek besar yang terkapar akibat Corona, seperti dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Selasa (5/5/2020):

KFC

KFC (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
KFC (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

KFC yang merupakan salah suatu merek dagang waralaba dari Kentucky, Amerika Serikat, yang memiliki cabang di seluruh dunia, termasuk Indonesia yang dipegang oleh PT Fast Food Indonesia Tbk (FAST).

Mengutip pernyataan dari Direktur PT Fast Food Indonesia Justinus Dalimin Juwono, Kamis (23/4/2020), pihaknya terpaksa menutup 100 gerai KFC yang beroperasi di pusat perbelanjaan di berbagai kota.

Selain itu ia menambahkan, untuk kios-kios KFC lainnya yang kini masih beroperasi pun meniadakan layanan untuk makan di tempat. Namun, masih bisa melayani secara take away, melalui ojek online, home delivery, dan drive thru.

Disusul kabar selanjutnya, Justinus menginformasikan bahwa pihaknya melakukan penyesuaian atau memangkas gaji karyawan dengan menurunkan dan menunda pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) bagi karyawannya di tengah pandemi Corona Covid-19.

Penyesuaian dan pemangkasan gaji tersebut tentunya sudah disepakati antara perusahaan dan karyawannya. Hal itu untuk menghindari dan mencegah terjadinya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) karyawannya.

 

Adidas

adidas Focusbreathein didesain untuk relaksasi holistik (Dok. adidas Indonesia)
adidas Focusbreathein didesain untuk relaksasi holistik (Dok. adidas Indonesia)

Adidas merupakan salah satu merek produsen sepatu asal Jerman yang terkenal di seluruh dunia. Tak hanya itu, Adidas juga memiliki cabang perusahaan di seluruh dunia untuk membantu produksinya, termasuk Indonesia.

Namun kini di tengah wabah pandemi virus corona produsen sepatu Adidas di Indonesia yakni PT Shyang Yao Fung di Tangerang diketahui melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap 2.500 pekerja.

Dari surat edaran yang diterima Liputan6.com, Minggu (03/5/2020), PHK massal akan dilakukan bertahap pada 13 Mei 2020 sebanyak 1.800 karyawan dan 20 Mei 2020 sisanya, tepatnya pukul 16.00 WIB.

Lanjut keterangan dari surat edaran, disebutkan bahwa langkah PHK massal dilakukan untuk memulai bisnis dengan kapasitas yang lebih besar sehingga bisa membantu dan menyerap tenaga kerja yang lebih banyak.

"Memang PT Shyang Yao Fung melakukan PHK dalam rangka untuk relokasi ke Brebes dan sekaligus pengembangan usaha," Direktur Eksekutif Asosiasi Persepatuan Indonesia (Aprisindo) Firman Bakri, kepada liputan6.com.

Kendati begitu, lanjut keterangan surat edaran bahwa pembayaran gaji tetap akan dihitung pada hari kerja terakhir para karyawan dan slip gaji diterbitkan bersamaan dengan slip penerimaan pesangon masing-masing karyawan. THR tetap akan diberikan sesuai ketentuan peraturan yang berlaku.

 

Garuda Indonesia

Pesawat Terbang Garuda Indonesia (Liputan6.com/Fahrizal Lubis)
Pesawat Terbang Garuda Indonesia (Liputan6.com/Fahrizal Lubis)

Maskapai penerbangan PT Garuda Indonesia memutuskan untuk merenegosiasi pembayaran sewa pesawat hingga memangkas rute-rute penerbangan yang dinilai merugikan saat wabah pandemi virus corona ini.

Direktur Utama PT Garuda Indonesia Irfan Setiaputra, pada Rabu (29/4/2020) mengatakan mengatakan pihaknya juga memutuskan untuk mengembalikan seluruh unit pesawat Bombardier CRJ -1000 karena seluruhnya tidak diterbangkan (grounded). Meskipun tidak diterbangkan, pesawat harus tetap dilakukan perawatan di mana biaya perawatannya juga mahal.

Selain itu kinerja keuangan Garuda juga mengalami gangguan. Irfan menuturkan kinerja keuangan mulai menurun saat adanya penutupan penerbangan dari dan ke China dengan total 13 penerbangan dalam seminggu. Kemudian ditambah dengan pelarangan dari dan ke Arab Saudi, terutama untuk penerbangan umroh.

Ditambah jumlah penumpang turun semakin signifikan saat keluar Peraturan Menteri Nomor 25 Tahun 2020 Pengendalian Transportasi Selama asa Mudik Idul Fitrik 1441 H Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran COVID-19.

Kecuali penerbangan untuk kargo, pihaknya masih melakukan penerbangan khusus kargo, dan langsung mengubah rute penerbangan ke kargo, yang diharapkan bisa sedikit menyelamatkan keuangan perusahaan.

 

HM Sampoerna

House of Sampoerna (Foto: Dok PT HM Sampoerna Tbk)
House of Sampoerna (Foto: Dok PT HM Sampoerna Tbk)

PT HM Sampoerna Tbk atau Hanjaya Mandala Sampoerna adalah perusahaan rokok terbesar di Indonesia, dan dikabarkan viral informasi yang mengklaim ratusan karyawan produsen rokok Sampoerna positif virus corona covid-19. Tentunya hal itu membuat perusahaan merugi karena dengan berita tersebut bisa menyebabkan penurunan penjualan.

Kendati begitu, informasi ratusan karyawan Sampoerna positif virus corona adalah hoax, yang benar jumlah karyawan yang diduga reaktif corona berjumlah 46 orang dan kini sudah ditangani oleh pihak terkait.

Selain itu, juga muncul informasi viral selanjutnya yakni tentang PT HM Sampoerna Tbk yang akan memusnakah produk rokoknya karena kasus corona COVID-19 beredar di media sosial. Kabar ini disebarkan oleh akun Facebook Rangga Lawe pada 3 Mei 2020.

Namun menurut Direktur PT HM Sampoerna Tbk, Elvira Lianita. Dia mengatakan bahwa informasi yang sudah beredar luas tersebut tidaklah benar.

Menurut Elvira, pihaknya tetap berkomitmen pada kualitas dan integritas produk rokok PT HM Sampoerna Tbk dengan meningkatkan penerapan protokol kesehatan dan sanitasi di seluruh fasilitas pabrik, gudang, serta rantai pasokan, serta juga melakukan karantina produk selama lima hari sebelum pendistribusian, yaitu jangka waktu karantina yang lebih lama dari anjuran Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan European CDC (European Centre for Disease Prevention and Control).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Getir Rumah Keluarga di Aceh Tergerus Erosi

Posted: 04 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Aceh - Ramadan kali ini terasa getir bagi Marfika Sari serta keluarga. Pasalnya, rumah di mana gadis itu tinggal bersama orangtua serta saudara yang telah menikah tergerus erosi sejak November tahun lalu.

Dapur rumah Marfika menganjur ke landaian sungai yang kini bersulih menjadi tebing-tebing rendah, karena kikisan tanah. Nur Haiyun, ibu Marfika, terpaksa memasak di luar karena lantai di mana dapur berada telah longsor.

"Di dapur, bukan nampak lagi, kita bisa mencuci kaki kita ke sungai waktu airnya meluap," kata Marfika.

Hal yang membuat ia waswas ialah saat musim hujan, seperti sekarang. Gadis tersebut mengaku takut, longsor bisa saja terjadi dengan tiba-tiba, lantas menyeret rumah mereka ke dalam sungai berarus deras saat semua orang sedang terlelap.

Namun, ayah Marfika, M Jali, memutuskan untuk tetap bertahan, kendati agak riskan rasanya tinggal di rumah yang sewaktu-waktu bisa saja remuk oleh longsor. Mereka beralasan tidak tahu harus menumpang ke mana.

"Masak di luar kurang lebih 3 bulan. Terus, pasang papan dekat kamar mandi sedikit, agar masaknya tidak di luar dikarenakan susah karena angin, dan tadi baru dibongkar lagi sekalian dengan kamar mandi," tutur Magfirah, kepada Liputan6.com, Senin malam (4/5/2020).

Tidak begitu dengan rumah nenek Marfika yang terpaksa dibongkar karena tidak layak lagi dihuni setelah dijangkau oleh erosi bantaran sungai. Sang nenek kini telah diungsikan ke rumah bibinya Marfika untuk sementara waktu.

Keluarga petani yang tinggal di Desa Alue Keumang, Kecamatan Panteu Ceureumen, Aceh Barat itu telah memindahkan sebagian barang-barang ke tempat lain. Ini dilakukan dengan jalan meminjam pakai salah satu ruangan dari taman kanak-kanak yang tidak digunakan lagi.

Erosi Berdampak pada Sejumlah Kepala Keluarga

Rumah warga di Gampong Alue Keumang, Kecamatan Panteu Ceureumen, Aceh Barat tergerus erosi (Ist)
Rumah warga di Gampong Alue Keumang, Kecamatan Panteu Ceureumen, Aceh Barat tergerus erosi (Ist)

Menurut Marfika, terdapat beberapa kepala keluarga yang mengungsi atau pindah karena erosi aliran sungai yang sealiran dengan irigasi Lhok Guci. Untuk saat ini, hampir belasan jiwa terdampak akibat peristiwa kahar tersebut.

Menurut warga setempat, Nur Perseh, setidaknya lima kepala keluarga memilih mengungsi atau pindah dari rumah. Jumlah tersebut belum termasuk rumah yang rencananya akan dibongkar oleh para pemiliknya menyusul peristiwa erosi yang kian tidak terbendung.

"Yang sudah pindah, rumah Jauhari, Budiyan, Usman, Po Neung, dan Razuan," sebut Nur, Senin malam.

Keluarga yang rumahnya telah dibongkar menaruh barang-barang yang mampu diselamatkan ke tenda yang dipasang atas bantuan warga. Satu tenda tambahan telah dipasang lagi pada Senin.

Quo Vadis Pemerintah?

Erosi di Gampong Alue Keumang, Kecamatan Panteu Ceureumen, Aceh Barat (Ist)
Erosi di Gampong Alue Keumang, Kecamatan Panteu Ceureumen, Aceh Barat (Ist)

Ayah Marfika diberi beberapa sak semen untuk menangani kerusakan yang diakibatkan erosi. Namun, bantuan ini dirasa belum signifikan.

"Kalau untuk tanggapan erosi tidak ada, paling tidak adalah antisipasi sedikit. Kalau sumbangan ada dikasih semen, itupun dana dari gampong untuk beli, bukan dana untuk bencana, karena mungkin kasihan," jawabnya, ditanyai sejauh mana reaksi otoritas setempat terkait peristiwa tersebut.

Keluarga Marfika beserta keluarga terdampak lainnya mau tidak mau harus menjalani bulan suci dengan ketir-ketir. Gadis ini mengaku sering takut sendiri ketika mendengar suara gemuruh dari arus sungai apalagi cuaca sedang buruk pada malam hari.

"Kadang-kadang kita enggak bisa tidur, kemarin waktu sahur, karena erosinya suaranya gede sekali," keluhnya.

"Sudah banyak rumah jadi korban, tidak ada tindakan dari pihak terkait, baik pusat maupun daerah. Contoh, kepala desa atau petuha gampong (struktur lembaga legislasi tingkat desa) gitu, buat musyawarah apa yang harus dilakukan sehingga tidak ada lagi korban selanjutnya," demikian pinta Nur.

Simak Video Pilihan Berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Ratusan Ribu Masker Dibagikan untuk Warga New York

Posted: 04 May 2020 10:00 PM PDT

Petugas jagawana taman kota New York City membagikan masker gratis di Prospect Park di wilayah Brooklyn di New York, Amerika Serikat (3/5/2020). Menurut panduan dari Departemen Kesehatan NYC, semua warga New York diwajibkan mengenakan masker atau penutup wajah. (Xinhua/Michael Nagle)
Petugas jagawana taman kota New York City membagikan masker gratis di Prospect Park di wilayah Brooklyn di New York, Amerika Serikat (3/5/2020). Menurut panduan dari Departemen Kesehatan NYC, semua warga New York diwajibkan mengenakan masker atau penutup wajah. (Xinhua/Michael Nagle)

Petugas jagawana taman kota New York City membagikan masker gratis di Prospect Park di wilayah Brooklyn di New York, Amerika Serikat (3/5/2020). Menurut panduan dari Departemen Kesehatan NYC, semua warga New York diwajibkan mengenakan masker atau penutup wajah. (Xinhua/Michael Nagle)

Petugas jagawana taman kota New York City membagikan masker gratis di Prospect Park di wilayah Brooklyn di New York, AS (3/5/2020). New York City (NYC) akan membagikan lebih dari 100.000 penutup wajah secara gratis di taman-taman di seluruh kota itu mulai 2 hingga 5 Mei. (Xinhua/Michael Nagle)
Petugas jagawana taman kota New York City membagikan masker gratis di Prospect Park di wilayah Brooklyn di New York, AS (3/5/2020). New York City (NYC) akan membagikan lebih dari 100.000 penutup wajah secara gratis di taman-taman di seluruh kota itu mulai 2 hingga 5 Mei. (Xinhua/Michael Nagle)

Petugas jagawana taman kota New York City membagikan masker gratis di Prospect Park di wilayah Brooklyn di New York, AS (3/5/2020). New York City (NYC) akan membagikan lebih dari 100.000 penutup wajah secara gratis di taman-taman di seluruh kota itu mulai 2 hingga 5 Mei. (Xinhua/Michael Nagle)

Petugas jagawana taman kota New York City membagikan masker gratis di Prospect Park di wilayah Brooklyn di New York, Amerika Serikat (3/5/2020). Menurut panduan dari Departemen Kesehatan NYC, semua warga New York diwajibkan mengenakan masker atau penutup wajah. (Xinhua/Michael Nagle)
Petugas jagawana taman kota New York City membagikan masker gratis di Prospect Park di wilayah Brooklyn di New York, Amerika Serikat (3/5/2020). Menurut panduan dari Departemen Kesehatan NYC, semua warga New York diwajibkan mengenakan masker atau penutup wajah. (Xinhua/Michael Nagle)

Petugas jagawana taman kota New York City membagikan masker gratis di Prospect Park di wilayah Brooklyn di New York, Amerika Serikat (3/5/2020). Menurut panduan dari Departemen Kesehatan NYC, semua warga New York diwajibkan mengenakan masker atau penutup wajah. (Xinhua/Michael Nagle)

Orang-orang mengantre mendapatkan masker gratis di Prospect Park di wilayah Brooklyn di New York, Amerika Serikat (3/5/2020). New York City (NYC) akan membagikan lebih dari 100.000 penutup wajah secara gratis di taman-taman di seluruh kota itu mulai 2 hingga 5 Mei. (Xinhua/Michael Nagle)
Orang-orang mengantre mendapatkan masker gratis di Prospect Park di wilayah Brooklyn di New York, Amerika Serikat (3/5/2020). New York City (NYC) akan membagikan lebih dari 100.000 penutup wajah secara gratis di taman-taman di seluruh kota itu mulai 2 hingga 5 Mei. (Xinhua/Michael Nagle)

Orang-orang mengantre mendapatkan masker gratis di Prospect Park di wilayah Brooklyn di New York, Amerika Serikat (3/5/2020). New York City (NYC) akan membagikan lebih dari 100.000 penutup wajah secara gratis di taman-taman di seluruh kota itu mulai 2 hingga 5 Mei. (Xinhua/Michael Nagle)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hanafi Rais Mundur dari Kepengurusan PAN dan DPR

Posted: 04 May 2020 09:57 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Partai Amanat Nasional (PAN) menggelar Rapat Kerja Nasional I secara daring hari ini. Di sela-sela ini tersiar kabar Wakil Ketua Umum Hanafi Rais mundur melalui sebuah surat yang bermaterai.

Anggota Fraksi PAN di DPR RI Saleh Partaonan Daulay mengaku belum mengetahui kabar mundurnya putra politikus senior PAN Amien Rais itu. Padahal notabenenya, Hanafi Rais merupakan Ketua Fraksi PAN.

"Tolong dicek ke Ketum (Zulkifli Hasan) atau Sekjen (Edy Soeparno) ya. Saya belum dapat info," kata Saleh kepada Liputan6.com, Selasa (5/5/2020).

Hanafi Rais sudah dikonfirmasi mengenai kabar tersebut. Namun sampai berita ini diturunkan dia belum memberikan jawaban. Begitu juga dengan Edy Soeparno yang masih bungkam mengenai mundurnya Hanafi Rais.

Isi Surat

Wakil Ketua Umum PAN Hanafi Rais (kanan) bersalaman dengan Ketua KPU Arief Budiman (kiri) usai penyerahan berkas pengajuan bakal caleg PAN di kantor KPU, Jakarta, Selasa (17/7). (Liputan6.com/Johan Tallo)
Wakil Ketua Umum PAN Hanafi Rais (kanan) bersalaman dengan Ketua KPU Arief Budiman (kiri) usai penyerahan berkas pengajuan bakal caleg PAN di kantor KPU, Jakarta, Selasa (17/7). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Berikut isi suratnya:

Pasca Kongres Februari lalu, saya punya harapan dan berikhtiar agar PAN bisa menegakkan prinsip keadilan untuk menjaga keutuhan dan kebersamaan sesama kader. Kita semua tahu bahwa PAN telah melewati proses Kongres yang sarat dengan kekerasan dan mencoreng wajah partai sendiri. Kita hendaknya sudah dan terus mentaubati apa yang telah terjadi jika ingin Allah ridha dengan partai ini.

Saya menilal PAN melewatkan momentum di atas untuk memperbaiki diri lebih bijaksana dalam berorganisasi dan bersikap. Kecenderungan melakukan konformitas terhadap kekuasaan, sekalipun didahului dengan kritik-kritik, bukan sikap yang adil di saat banyak kader dan simpatisan menaruh harapan PAN menjadi antitesis dari pemegang kekuasaan.

Allaahu 'aliimun bidzaatish shuduur. Al|ah Maha Tahu segala isi hati.

Oleh karenanya, bersama surat ini, saya menyatakan mengundurkan diri dari kepengurusan DPP PAN 2020-2025, dari Ketua Fraksi PAN DPR RI, dan dari anggota DPR RI Fraksi PAN 2019-2024.

Hanya ridha Allah yang saya tuju. Mohon maaf lahir dan batin atas segala kekurangan saya. Semoga Allah mengampuni dosa dan kesalahan saya dan kita semua.

Terima kasih.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Didi Kempot Meninggal Dunia, Wali Kota Solo: Kemarin Masih Sehat...

Posted: 04 May 2020 09:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penyanyi campursari ikonis Didi Kempot meninggal dunia pada pagi hari ini, Selasa (5/5/2020). Kepergian mendadak sang penyanyi membuat kaget Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo.

Pasalnya, pada Senin kemarin ia baru melakukan kontak dengan Didi Kempot.

"Kemarin masih sehat," tuturnya dalam telewicara dengan Kompas TV. Tak hanya itu, hari ini seharusnya ia juga bertemu dengan Didi Kempot.

Rekaman

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo saat duet dengan penyanyi campursari Didi Kempot saat konser di Balai Kota Solo.(Liputan6.com/Fajar Abrori)
Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo saat duet dengan penyanyi campursari Didi Kempot saat konser di Balai Kota Solo.(Liputan6.com/Fajar Abrori)

"Iya rencananya kita bertemu. Tapi tadi jam 7 sudah tidak ada. Semalem dia itu mempersiapkan hendak rekaman," kata FX Hadi Rudyatmo menambahkan.

Pemakaman Sang Maestro

Penampilan Maestro musik campur sari Indonesia, Didi Kempot, pada konser
Penampilan Maestro musik campur sari Indonesia, Didi Kempot, pada konser

Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, juga telah berkomunikasi dengan pihak keluarga Didi Kempot setelah mendengar kabar duka ini. Ia mengabarkan bahwa Didi Kempot akan disemayamkan di Ngawi, Jawa Timur.

Dibawa Ke Ngawi

"Pemakamannya di Ngawi. Dari rumah sakit, mau dibawa dari rumah, lalu dibawa (ke Ngawi)," tutur  FX Hadi Rudyatmo.

Doakan Saja

Karena Didi Kempot meninggal di tengah pandemi virus Corona Covid-19, FX Hadi Rudyatmo juga memberikan imbauan khusus kepada masyarakat. "Jadi karena masih dalam suasana Corona, kami sangat berharap masyarakat doakan saja," tuturnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perbanyak Amal Ibadah di Bulan Ramadan dengan Tilawah Al-Quran

Posted: 04 May 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kehadiran bulan Ramadan selalu ditunggu setiap tahun. Pasalnya bulan ini merupakan bulan yang penuh dengan hikmah dan berkah.

Selain itu, bulan Ramadan juga harus diisi dengan amal-amal yang baik salah satunya membaca al-quran. Karena pahala di bulan Ramadan dilipatgandakan dibandingkan dengan bulan yang lainnya.

Pada kesempatan kali ini, Mufid Media akan membagikan tilawah al-quran bersama ustad Muhammad Rizqon yang akan membawakan 5 surah Al-Muzammil 1-17.

Yuk, dengar suara merdu ustad Muhammad Rizqon dan perbanyak amal dengan ikut membaca al-quran di channel Mufid Media hanya di Vidio.

Saksikan Videonya Di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Asal-usul Nama Panggung Didi Kempot, The Godfather of Broken Heart

Posted: 04 May 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pelajaran bisa dengan mudah ditemukan di sepanjang perjalanan hidup mendiang maestro campursari, Didi Kempot. Misalnya saja asal-mula nama panggung lelaki bernama asli Dionisius Prasetyo tersebut.

Kempot yang kemudian jadi nama belakangnya merupakan simbol solidaritas dari masa awal lelaki 53 tahun tersebut meniti karier. Mengutip dari berbagai sumber, Selasa (5/5/2020), Didi memulai kariernya pada 1984 sebagai musisi jalanan.

Bermodalkan ukulele dan kendhang, Didi Kempot mulai ngamen di kota kelahirannya Solo, Jawa Tengah, selama tiga tahun. Lalu, pada 1987, Didi memulai karier di Jakarta.

Ia kerap berkumpul dan mengamen bersama teman-temannya di daerah Slipi, Palmerah, Cakung, maupun Senen. Dari situ lah julukan Kempot yang merupakan kependekan dari Kelompok Pengamen Trotoar terbentuk dan jadi nama panggungnya hingga akhir hayat.

Sembari mengamen di Jakarta, Didi Kempot dan teman-temannya mencoba rekaman. Mereka pun menitipkan kaset rekaman ke beberapa studio musik di Ibu Kota.

Setelah beberapa kali gagal, mereka akhirnya berhasil menarik perhatian label Musica Studio. Tepat pada 1989, Didi mulai meluncurkan album pertamanya. Salah satu lagu andalan di album tersebut adalah Cidro yang terinspirasi dari cerita cintanya sendiri.

Konsistensi dalam Bermusik

Didi Kempot. (Bambang E.Ros/Fimela.com)
Didi Kempot. (Bambang E.Ros/Fimela.com)

Setelah tembus dapur rekaman, Didi Kempot mulai tampil di luar negeri, tepatnya di Suriname, Amerika Selatan. Lagu Cidro yang dibawakan sukses meningkatkan pamornya sebagai musisi terkenal di Suriname.

Ia pun melanjutkan kiprah ke Eropa. Pada 1996, Didi mulai menggarap dan merekam lagu berjudul Layang Kangen di Rotterdam, Belanda. Ia kemudian pulang ke Indonesia pada 1998 untuk memulai kembali profesinya sebagai musisi.

Tak lama setelah pulang kampung, ia mengeluarkan lagu Stasiun Balapan. Disusul beberapa tembang tak kalah populer yang muncul di awal 2000-an, termasuk Cucak Rowo.

Nama Didi kembali meroket setelah mengeluarkan lagu Kalung Emas pada 2013 lalu. Kemudian pada 2016, penyanyi asal Solo tersebut mengeluarkan lagu Suket Teki.

Berpuluh tahun berlalu, Didi konsisten berkarya sembari melestarikan budaya Indonesia, mulai dari bahasa Jawa di setiap lagu, instrumen pengiring, busana saat manggung, hingga upaya promosi destinasi wisata yang namanya sengaja disisipkan di sederet lagu.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Didi Kempot Akan Dimakamkan di Ngawi

Posted: 04 May 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Didi Kempot meninggal dunia karena sakit jantung di usia 53 tahun. Ia mengembuskan napas terakhir di RS Kasih Ibu, Surakarta pada Selasa (5/5/2020) pagi.

Menurut adiknya, jenazah Didi Kempot Akan dimakamkan hari ini di Majasem, Kendal, Ngawi. Saat ini, jenazah masih disemayamkan di rumah duka terlebih dahulu, di Solo.

"Rencananya di Majasem," kata adik Didi Kempot, Dina, saat dikutip dari tvOne, pada Selasa (5/5/2020).

Sebelumnya, tvOne juga menginformasikan bahwa pemakaman akan dilangsungkan pada sore hari ini. Saat ini, keluarga dan para penggemar sudah memenuhi rumah duka do Solo.

Sempat Demam

Penyanyi Didi Kempot saat menggelar konser di The Sunan Hotel Solo.(Liputan6.com/Fajar Abrori)
Penyanyi Didi Kempot saat menggelar konser di The Sunan Hotel Solo.(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Sementara itu, pada Senin (4/5/2020) malam, pelantun lagu "Stasiun Balapan" ini sempat mengeluh demam. Kala itu, Didi Kempot sedang berada di hotel.

Tak berapa lama kemudian, sang maestro campursari ini memutuskan untuk ke rumah sakit. Tim medis sudah melakukan upaya terbaik untuk menyelamatkan nyawanya, namun Tuhan berkehendak lain.

Didi Kempot

Maestro musik campur sari Indonesia, Didi Kempot tampil dalam konser
Maestro musik campur sari Indonesia, Didi Kempot tampil dalam konser

Semasa hidup Didi Kempot dikenal sebagai maestro musik campursari. Dia lahir pada 31 Desember 1966 di Surajarta, Jawa Tengah.

Sebelum Meninggal dunia, Didi Kempot masih aktif berkarya dan menggelar sejumlah konser yang dihadiri ribuan Sobat Ambyar, sebutan penggemarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Erick Thohir Angkat Pejabat Kemenhub Jadi Dirut AirNav Indonesia

Posted: 04 May 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melengkapi jajaran Direksi AirNav Indonesia dengan menunjuk M. Pramintohadi Sukarno, sebagai Direktur Utama Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (AirNav Indonesia) dan Bambang Rianto, sebagai Direktur Keselamatan, Keamanan dan Standardisasi AirNav Indonesia.

Pramintohadi mengisi jabatan yang sebelumnya diisi oleh Novie Riyanto, yang pada 28 Januari 2020 lalu diberikan mandat sebagai Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan.

Pramintohadi sebelumnya menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Teknologi, Lingkungan dan Energi Perhubungan, Kementerian Perhubungan. Lahir di Yogyakarta, 21 Mei 1963, Pramintohadi merupakan lulusan S1 Teknik Sipil di ITS Surabaya pada 1987 dan S2 Transportasi di ITB Bandung pada 1993. Penghargaan yang pernah diperoleh yaitu Satya Lancana Karya Satya 10 Tahun pada tahun 2003 dan Satya Lancana Karya Satya 20 Tahun pada 2009.

Sedangkan Bambang Rianto sebelumnya menjabat sebagai General Manager AirNav Indonesia Cabang Jakarta Air Traffic Services Center (JATSC) yang berlokasi di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Bambang merupakan pegawan karier di AirNav Indonesia dan menggantikan posisi Yurlis Hasibuan yang telah memasuki usia pensiun.

 

Jajaran Direksi yang Baru

Petugas ATC AirNav Indonesia memantau penerbangan melalui radar (dok: Ilyas)
Petugas ATC AirNav Indonesia memantau penerbangan melalui radar (dok: Ilyas)

Dengan pengangkatan ini, maka jajaran Direksi AirNav Indonesia menjadi sebagai berikut:

Direktur Utama: M. Pramintohadi Sukarno

Direktur Operasi: Mokhammad Khatim

Direktur Teknik: Ahmad Nurdin Aulia

Direktur Keselamatan, Keamanan dan Standardisasi: Bambang Rianto

Direktur SDM dan Umum: Rahadi Sulistyo

Direktur Keuangan: Hendroyono.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gelandang Inter Milan Minta Lautaro Martinez Tolak Barcelona

Posted: 04 May 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Milan - Borja Valero berharap rekan setim di Inter Milan, Lautaro Martinez mengabaikan Barcelona musim panas tahun ini dan tetap tinggal di Giuseppe Meazza.

Lautaro Martinez santer dikabarkan menjadi incaran utama Barcelona pada bursa transfer musim panas mendatang. Bahkan, klub asal Katalan itu siap menebus klausul rilis Lautaro sebesar 111 juta euro dari I Nerazzurri.

Megabintang Barcelona, Lionel Messi disebut-sebut ikut berperan meminta manajemen klub menggaet kompatriotnya di Timnas Argentina tersebut. Messi merasa cocok bermain dengan Lautaro Martinez.

Sementara Borja Valero percaya Inter Milan dapat mencapai hal-hal hebat jika mereka tetap mempertahankan striker berusia 22 tahun itu. Sebab, Lautaro terus memperlihatkan progres luar biasa di lapangan.

"Kami memiliki proyek penting di sini (Inter Milan), yang dapat dilihat semua orang," kata Borja Valero kepada Sportweek.

Butuh Lautaro

Striker Inter Milan, Lautaro Martinez, jadi incaran Barcelona. (AP/Luca Bruno)
Striker Inter Milan, Lautaro Martinez, jadi incaran Barcelona. (AP/Luca Bruno)

"Jadi, kami membutuhkan dia (Lautaro) untuk tinggal bersama kami. Dia akan meraih hal hebat di sini," ucap pemain berpaspor Spanyol ini.

Pemain berusia 35 tahun ini juga menyanjung kualitas Lautaro Martinez di kotak penalti lawan. Borja Valero tidak ingin melihat eks pemain Racing Club itu berseragam klub selain Inter Milan.

Bekerja untuk Tim

"Dia tidak hanya mencetak gol, dia juga banyak bekerja untuk tim," jelas mantan pemain Villarreal dan Fiorentina ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Launching saat Ramadan, Ini Konsep Sedekah Drive Thru ala Jusuf Hamka

Posted: 04 May 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ramadan ini, pengusaha Muslim Tionghoa Jusuf Hamka meluncurkan program berbagi dan sedekah dengan konsep drive thru di Gerbang Tol (GT) Cilandak Utama.

Jusuf meyakini, konsep seperti ini bisa menjadi solusi untuk masyarakat yang ingin bersedekah di bulan Ramadan namun tetap menjaga jarak fisik atau physical distancing.

Dia menerangkan, program sosial ini merupakan kerjasama PT Citra Waspphutowa dengan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan mengajak masyarakat pengguna Tol Depok-Antasari (Desari) untuk berpartisipasi dengan menyumbangkan bahan pokok atau uang tunai bagi kaum dhuafa.

Kegiatan sedekah dengan konsep drive thru ini dilakukan mulai pada 4 hingga 19 Mei 2020 pukul 07.00 sampai 17.30 WIB.

"Seluruh sumbangan yang terkumpul dalam bentuk paket sembako dan uang tunai akan diserahkan kepada Pemkot Jakarta Selatan untuk kemudian dibagikan kepada masyarakat," ujar Jusuf Hamka, melalui keterangan tertulis, Selasa (5/5/2020).

Dia berharap program tersebut dapat membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak Corona Covid-19, apalagi ketika Ramadan seperti ini. Dengan begitu, situasi di Indonesia pun tetap kondusif.

"The hungry man will be the angry man. Orang yang perutnya lapar akan mudah tersulut emosi, dan hal ini dapat memicu gangguan kamtibnas," papar Jusuf Hamka.

 

Bukan Pertama Kali

Pengusaha Muslim Tionghoa Jusuf Hamka meluncurkan program berbagi dan sedekah dengan konsep drive thru di Gerbang Tol (GT) Cilandak Utama.
Pengusaha Muslim Tionghoa Jusuf Hamka meluncurkan program berbagi dan sedekah dengan konsep drive thru di Gerbang Tol (GT) Cilandak Utama.

Ini bukan pertama kalinya Jusuf Hamka membuat program yang dikhususkan untuk membantu masyarakat yang kurang mampu.

Sebelumnya, Jusuf Hamka juga menciptakan Warung Podjok Halal, kemudian membagikan 1.000 paket sembako bagi kaum dhuafa yang membutuhkan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mobil Dokter Tirta Dibobol, Laptop dan Hasil Uji APD Hilang

Posted: 04 May 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mobil milik relawan pencegahan penyebaran virus Covid-19 atau Corona dipecahkan oleh orang tak dikenal (OTK), Senin malam, 4 Mei 2020. Mobil tersebut diketahui milik dokter Tirta Mandiri Hudhi.

Dokter Tirta menceritakan peristiwa pencurian tersebut lewat akun resmi pribadinya.

"Kejahatan ada karena ada kesempatan. Baru mampir minimarket, ealah balik2 gini. Kaca mobil saya dipecah, alhamdulillah nyawa masih aman! Stay safe!," kata Dokter Tirta yang dikutip dalam akun resmi Intagramnya @dr.tirta, Jakarta, Selasa (5/5/2020).

Insiden terjadi di Jalan Artowijoyo, Kencana Loka, Blok B nomor 29 BSD City, Serpong, Tangerang Selatan. Sejumlah barang di dalam mobil yang raib, seperti satu unit laptop, satu tas, dan beberapa dokumen hasil uji coba APD lokal.

"Tim saya kehilangan 1 laptop dan beberapa dokumen. Salah satunya hasil uji APD LOKAL. Wkakaakak jingak. Apa untungnya cuk nyolong berkas cuuuk," tulis dokter Tirtakembali. 

Tak Disangkutpautkan dengan Konspirasi

Kaca Mobil Dokter Relawan Corona Dirusak Orang Tak Dikenal (Foto: Instagram @dr.tirta)
Kaca Mobil Dokter Relawan Corona Dirusak Orang Tak Dikenal (Foto: Instagram @dr.tirta)

Atas kejadian tersebut, dia pun membuat laporan ke polisi. Dirinya masih merasa bersyukur, karena masih bisa selamat dalam insiden tersebut. Dia berharap insiden tersebut tak disangkut pautkan dengan konspirasi.

"YANG PENTING SAYA BERSYUKUR NYAWA SELAMAT, GA DITEMBAK , ALHAMDULILLAH !," ujarnya.

"Btw: kejahatan ya kejahatan, jangan d sangkut pautin konspirasi yoww, intinya kemalingan hahaha. Yg penting saya masih idup hehe. Kami tetap dan akan menjadi relawan. Beware guys :)," tulis dokter Tirta. 

Sementara, Kapolsek Serpong AKP Supriyanto membenarkan kejadian itu, pihak Kepolisian juga tengah berusaha menyelidiki kasus kejahatan pecah kaca tersebut.

"Benar, tapi oleh Polda Metro Jaya, yang menanganinya," singkat Supriyanto.

 

Reporter: Nur Habibie 

Sumber: Merdeka 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertumbuhan Ekonomi Kuartal I 2020 Cuma 2,97 Persen, Ini Penyebabnya

Posted: 04 May 2020 09:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I 2020 sebesar 2,97 persen. Pertumbuhan ekonomi tersebut mengalami kontraksi sebesar 2,41 persen jika dibandingkan dengan kuartal IV 2019.

"Dibandingkan dengan triwulan I-2019 maka pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan I 2020 ini tumbuh 2,97 persen," ujar Kepala BPS, Suhariyanto melalui Video Conference, Jakarta, Selasa (5/5).

"Dibandingkan dengan triwulan sebelumnya pertumbuhan ekonomi Indonesia mengalami kontraksi 2,41 persen," sambungnya.

Beberapa catatan peristiwa yang terjadi selama kuartal-I 2020, dilihat dari berbagai prediksi memperkirakan bahwa perekonomian global pada triwulan I-2020 ini mengalami kontraksi karena terjadinya penyebaran Covid-19.

"Dalam triwulan I ini harga migas dan hasil tambang di pasar tradisional mengalami penurunan baik jika dibandingkan dengan triwulan IV 2019 maupun dibandingkan dengan triwulan I-2019," jelas Suhariyanto.

Sebaliknya harga komoditas makanan, seperti harga minyak kelapa, sawit gandum dan gula mengalami peningkatan baik kalau dibandingkan dengan kuartal IV-2019 maupun kuartal I-2019 atau secara yoy.

"Ekonomi beberapa mitra dagang Indonesia dalam triwulan I 2020 banyak sekali yang terkontraksi sebagai akibat adanya pembatasan aktivitas dan lockdown untuk mengendalikan penyebaran Covid-19," jelas Suhariyanto.

Misalnya untuk Tiongkok, Tiongkok merupakan tujuan utama ekspor Indonesia. Pada triwulan I-2019 masih tumbuh 6,4 persen tetapi pada triwulan I-2020 ini mengalami kontraksi dalam yaitu 6,8 persen.

"Demikian juga untuk AS, ekspor kita kesana pada triwulan I-2019 2,7 persen tapi triwulan I-2020 ini hanya tumbuh 0,3 persen demikian juga Singapura, Korsel melambat sedikit, Vietnam pertumbuhan ekonominya cukup dalam sekarang," tandasnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Isak Tangis Istri di Depan Jenazah Didi Kempot

Posted: 04 May 2020 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Isak tangis terlihat dari wajah Yan Vellia, istri mendiang Didi Kempot yang berada di depan jenazah. Didi Kempot, meninggal dunia di Solo, Jawa Tengah pada hari Selasa (5/5/2020).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: