Sabtu, 02 Mei 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Ramai Netizen Keluhkan Tagihan Listrik Membengkak Berlipat, Ini 3 Faktanya

Posted: 02 May 2020 10:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini masyarakat mengeluhkan tagihan listrik. Pasalnya masyarakat merasa jika tagihan listrik dirasa mulai naik daan membengkak. Padahal, sebelumnya pemerintah telah memberikan informasi insentif dalam bentuk pembebasan pembayaran listrik bagi 24 juta pelanggan dengan daya 450 Volt Ampere (VA) dan pemberian diskon 50 persen bagi 7 Juta pelanggan dengan daya 900 VA bersubsidi. 

Insentif tersebut diberikan untuk membantu ekonomi masyarakat selama pandemi Virus Corona Covid-19. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Rida Mulyana, mengatakan pemberian insentif tersebut menelan dana sebesar Rp3,5 triliun. Meski demikian, ia menjamin, Perusahaan Listrik Negara (PLN) tidak akan mengalami kerugian.

Namun beberapa waktu terakhir masyarakat golongan 900 VA non subsidi ke atas justru merasa terbebani. Mereka mengeluhkan tagihan listrik yang dirasa naik. Padahal Executive Vice President Corporate Communcation and CSR, I Made Suprateka sempat menyatakan tak akan ada kenaikan tagihan lsitrik. 

Dikeluhkan banyak masyarkat dan diserang netizen, berikut ini 3 fakta kenaikan tagihan listrik dirangkum dari Merdeka, Minggu (3/5/2020). 

PLN Pastikan Tak Ada Kenaikan

Netizen ramai keluhkan tagihan PLN yang membengkak.(Liputan6.com/Herman Zakharia)
Netizen ramai keluhkan tagihan PLN yang membengkak.(Liputan6.com/Herman Zakharia)

PT PLN (Persero) memastikan tarif dasar listrik seluruh golongan tarif tidak mengalami kenaikan, termasuk rumah tangga daya 900 Volt Ampere (VA) Rumah Tangga Mampu (RTM) dan di atasnya. Seperti yang sudah diketahui jika penetapan tarif dilakukan 3 bulan sekali oleh pemerintah. Untuk tarif April hingga saat ini dinyatakan tetap, yakni sama dengan periode 3 bulan sebelumnya.

"Kami pastikan saat ini tidak ada kenaikan listrik, harga masih tetap sama dengan periode tiga bulan sebelumnya. Bahkan sejak tahun 2017 tarif listrik ini tidak pernah mengalami kenaikan," kata Executive Vice President Corporate Communcation and CSR, I Made Suprateka seperti dikutip Merdeka.com melalui keterangan tertulisnya, Minggu (3/5/2020).

Ia menjelaskan secara rinci besaran tarif yang berlaku saat ini. Diantaranya tarif untuk tegangan rendah sebesar Rp 1.467 per kWh, tarif untuk R-1/900 VA RTM sebesar Rp 1.352 per kWh, tarif untuk tegangan menengah sebesar Rp 1.115 per kWh, dan tarif untuk tegangan tinggi sebesar Rp 997 per kWh.

 

Adanya Peningkatan Konsumsi Listrik Akibat Corona

Ilutrasi setrika elektrik.
Ilutrasi setrika elektrik.

Terkait peningkatan tagihan rekening listrik pada pelanggan rumah tangga, Executive Vice President Corporate Communcation and CSR, I Made Suprateka menduga lebih disebabkan oleh meningkatnya penggunaan keseharian masyarakat. Sebab, dampak dari adanya pandemi virus Corona Covid-19 ini masyarakat lebih banyak melakukan aktivitas di rumah.

"Kami memahami di tengah pandemi ini, kebutuhan masyarakat akan listrik bertambah. Peningkatan penggunaan listrik sangat wajar terjadi dengan banyaknya aktivitas di rumah. Biasanya siang hari tidak ada aktivitas, saat ini kita harus bekerja dari rumah, otomatis penggunaan bertambah, misalnya untuk laptop dan pendingin ruangan," lanjutnya.

Oleh karenan itu, untuk membantu masyarakat menghadapi wabah pandemi ini PLN telah menjalankan keputusan pemerintah untuk memberikan stimulus berupa pembebasan tagihan rekening listrik pelanggan rumah tangga daya 450VA, pelanggan bisnis dan industry kecil daya 450 VA. Serta potongan tagihan sebesar 50 persen untuk pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi.

Warga Serang Media Sosial PLN

Ilustrasi mengatur Air Conditioner | Via: abc.news.go.com
Ilustrasi mengatur Air Conditioner | Via: abc.news.go.com

Kenaikan tagihan listrik untuk golongan 900 VA pun menuai keluhan dari masyarakat. Mayoritas pelanggan golongan ini mengeluh lantaran membengkaknya tagihan tarif listrik. Instagram resmi PLN dengan akun @pln_id pun menjadi sasaran protes kemarahan sejumlah netizen  sejak Sabtu (2/5/2020) lalu. Beberapa diantaranya melaporkan kenaikan tarif listrik hingga berkali lipat.

"Gila barusan ngecek tagihan 1.300 VA hampir 3 X lipat...luar biasa...luar biasa..kalau memang ada skema subsidi silang sampaikan jgn membuat statement tidak ada kenaikan tapi diam2 masyarakat dihajar tiba2 dengan kenaikan yg gak masuk nalar dan mau gak mau harus bayar...luar biasa @pln_id luar biasa benar2 #bumnuntuknegeri," tulis akun @adithardiansyah.

"Apaaaan bulan ini listrik tau 425 rb biasanya tiap bulan 300 paling mahal, harus adil dooong yg kena dampak corona bkn orang miskin doang saya lama lama juga jadi miskin, 125rb itu berarti bgt buat saya sbagai guru yg dirumahkan tanpa digaji @pln_id @jokowi," keluh akun @isni_hidayanti92.

Bahkan ada seorang pelanggan PLN yang mengaku mengalami lonjakan tarif listrik hingga 6 x lipat. Ia berharap kenaikan taghan listri yang tinggi ini bagian dari prank yang dilakukan perusahaan listrik plat merah tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BNI Sebar 125 Ribu Paket Sembako di Bulan Ramadan

Posted: 02 May 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bulan suci Ramadan 1441 Hijriah terasa lebih istimewa karena pada saat umat Islam menjalani ibadah puasa, diuji pula kesabaran dalam menghadapi wabah COVID-19.

Kondisi itu menjadikan bulan suci kali ini momentum yang sangat berharga bagi semua pihak untuk berbagi dan peduli terhadap orang di sekitar yang mengalami kesulitan kesehatan ataupun ekonomi, demi mendapatkan berkah tak berbatas.

BNI berinisiatif menggelar program BNI Berbagi untuk turut membantu masyarakat yang kurang beruntung dan terkena dampak wabah COVID-19.

BNI Berbagi digelar serentak sepanjang bulan puasa di seluruh Indonesia dengan semangat Ramadan untuk Indonesia. Aktivitas utamanya adalah Pembagian Paket Pangan, Pembagian Takjil, dan Bantuan Panti Asuhan.

"Dalam setiap penyaluran bantuan tersebut, kami tetap menerapkan protokol physical distancing, dengan mengatur agar jarak penerima bantuan terjaga satu sama lain, sehingga dapat menekan penyebaran COVID-19," ujar Direktur Human Capital dan Kepatuhan BNI Bob Tyasika Ananta di Jakarta, dikutip Sabtu (1/5/2020).

Dalam program Pembagian Paket Pangan, BNI menyediakan sekitar 125 ribu paket sembilan bahan kebutuhan pokok (sembako) yang disalurkan setidaknya di 255 lokasi yang tersebar di 17 wilayah operasional perusahaan di seluruh Indonesia. Paket pangan tersebut juga disalurkan bagi pekerja harian yang mengalami penurunan pendapatan akibat COVID-19.

Pembagian Takjil

BNI program BNI Berbagi untuk turut membantu masyarakat yang kurang beruntung dan terkena dampak wabah COVID-19.
BNI program BNI Berbagi untuk turut membantu masyarakat yang kurang beruntung dan terkena dampak wabah COVID-19.

Saling menguatkan Program Pembagian Takjil juga digelar di seluruh wilayah operasi BNI. Program ini berupaya membantu pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di sekitar kantor layanan BNI agar usaha mereka tetap bertahan.

Penganan untuk berbuka puasa yang dibagikan BNI ini dibeli dari UKM, sehingga diharapkan dapat meringankan dampak COVID-19 terhadap usaha mereka.

Pembagian takjil pun dilaksanakan dengan sistem voucher dan pengaturan jarak antrean, sesuai dengan protokol physical distancing. Hingga akhir Ramadan nanti, disiapkan sekitar 17.000 paket takjil. BNI berusaha pula berbagi berkah dengan anak-anak yatim piatu melalui Bantuan Panti Asuhan.

Program ini dilaksanakan di empat wilayah operasional BNI di Jakarta dan disiapkan dapat menyentuh anak-anak yatim piatu di sekitar 100 panti asuhan.

"Program-program yang kami laksanakan ini memiliki karakteristik berlainan, dengan harapan dapat menyentuh berbagai elemen masyarakat yang terkena dampak COVID-19. Ini adalah masa sulit yang dihadapi banyak orang. Uluran tangan dalam bentuk apa pun akan sangat berarti," kata Bob.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Barcelona Tunda Kontrak Baru, Ter Stegen Malah Senang

Posted: 02 May 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Barcelona menunda untuk memberikan kontrak baru kepada kiper andalan mereka, Marc-Andre ter Stegen. Los Blaugrana, sebutan Barcelona, saat ini sedang fokus menjaga keseimbangan finansial mereka.

Sebenarnya, kontrak Ter Stegen bersama Barcelona masih panjang. Masa bakti kiper berusia 28 tahun tersebut baru akan berakhir pada 30 Juni 2020.

Namun, Barcelona ingin memagarinya dari kejaran klub lain. Sebab, Ter Stegen pada musim ini sangat cemerlang di bawah mistar gawang Los Blaugrana. Dia mampu membuat delapan clean sheet dari 26 pertandingan di La Liga.

Berkat aksinya, manajemen Los Blaugrana membuka negosiasi kepada kiper asal Jerman tersebut untuk kontrak baru. Kedua belah pihak sedang membicarakan gaji untuk Ter Stegen, meski belum menemui kata sepakat.

Sebelum terjadi kesepakatan, kondisi di Spanyol memburuk dengan adanya virus corona covid-19. Situasi itu juga membuat keuangan Barcelona sedikit goyah.

Mereka pun terpaksa memangkas gaji Lionel Messi dan kawan-kawan hingga 70 persen. Alhasil, Barcelona pun memutuskan untuk menunda negosiasi kontrak dengan sang kiper.

 

Reaksi Ter Stegen

Kiper Barcelona, Marc-Andre ter Stegen menepis bola selama latihan di Sports Center FC Barcelona Joan Gamper, Spanyol (12/3). Barcelona akan melawan wakil Prancis, Lyon pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Camp Nou. (AP Photo/Manu Fernandez)
Kiper Barcelona, Marc-Andre ter Stegen menepis bola selama latihan di Sports Center FC Barcelona Joan Gamper, Spanyol (12/3). Barcelona akan melawan wakil Prancis, Lyon pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Camp Nou. (AP Photo/Manu Fernandez)

Ter Stegen sendiri tidak marah dengan keputusan Barcelona untuk menunda pembicaraan kontrak baru. Dia memaklumi keputusan manajemen mengingat kondisi di Spanyol yang belum pulih dari virus corona.

"Kami sudah melakukan membicaraan awal terkait hal ini. Namun, seperti yang saya katakan, kami telah menundanya. Ada banyak hal yang lebih penting."

"Saya sangat senang di sini dengan situasi yang sangat kompetitif dan tim dalam kondisi baik-baik saja. Apa lagi yang bisa saya minta?" kata Ter Stegen di Instagram Live dikutip dari Sportskeeda.

 

Statistik Ter Stegen

Berikut statistik Ter Stegen bersama Barcelona

Main: 224

Menit bermain: 20.132

Kebobolan: 206

Clean sheet: 94

Kartu kuning: 3

Kartu merah: 0

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pasar Jojoran I Surabaya Ditutup 14 Hari, Mengapa?

Posted: 02 May 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya Pasar Jojoran I di Kelurahan Mojo, Kecamatan Gubeng, Surabaya, ditutup selama 14 hari, mulai 5 sampai 18 Mei 2020. Alasannya, ada pedagang di pasar setempat yang meninggal dunia karena terpapar Corona Covid-19.

Kecamatan Gubeng juga telah mengeluarkan surat Nomor 800/413/436.9.8/2019 perihal Penutupan Sementara Pasar Jojoran yang ditujukan kepada pengelola Pasar Jojoran I.

Surat itu menindaklanjuti surat dari Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Mojo dan hasil pemantauan di lapangan, bahwa masyarakat sekitar Pasar Jojoran I resah setelah ada pedagang pasar yang meninggal dunia karena Corona Covid-19.

"Benar ditutup, lebih cepat lebih baik," ujar Suprayitno, Camat Gubeng Surabaya seperti yang dikutip dari Antara, Minggu (3/5/2020).

Kepala Bagian Administrasi Perekonomian dan Usaha Daerah Pemkot Surabaya Agus Hebi Djuniantoro mengatakan jika ada informasi pedagang pasar tradisional di Surabaya yang positif Corona Covid-19, maka pasar akan segera ditutup. Tujuannya, agar tidak ada klaster baru Corona Covid-19.

Sebelum Pasar Jojoran, sudah ada empat pasar Surabaya yang ditutup setelah ditemukan pedagang terpapar Corona Covid-19, yakni Pasar Kapasan, Pusat Grosir Surabaya (PGS), Pasar Gresik PPI, dan Pasar Kupang Gunung.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Depresi Berat, Via Vallen Akui Sempat Ingin Bunuh Diri

Posted: 02 May 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Berita mengejutkan datang dari Via Vallen. Beberapa waktu lalu Via Vallen mengaku sempat mengalami depresi yang cukup berat.

Via Vallen depresi karena penampilannya dihujat oleh warganet. Karena itu pula, Via Vallen sampai-sampai enggan tampil di televisi.

Kisah tersebut diceritakan Via Vallen saat menjadi bintang tamu dalam sebuah talk show yang dipandu Sule dan Andre Taulany.

"Awal-awal banget, sampai depresi gitu terus akhirnya malu nggak mau tampil ke televisi sampai lumayan lama sih. Kecuali yang jadwalnya sudah masuk jauh-jauh hari jadi mau nggak mau harus tetap tampil," ujar Via Vallen dalam video yang diunggah di YouTube pada Sabtu (2/5/2020).

 

Bunuh Diri

Via Vallen. (YouTube Ini Talk Show)
Via Vallen. (YouTube Ini Talk Show)

Kondisi tersebut hanya dirasakan Via Vallen sendiri tanpa ia ceritakan ke siapapun. Bahkan saking tertekannya, Via Vallen sempat terlintas untuk mengakhiri hidup.

"Sama sekali enggak bilang sama keluarga saya, jadi ngadepin diri saya sendiri itu ya dari diri saya sendiri. Saya enggak cerita sama keluarga, enggak cerita sama orang tua, semuanya dipendam saja sendiri. Sampai akhirnya saya ada di posisi yang kayak pengin ngakhirin hidup," kata Via Vallen sambil berlinang air mata.

 

Ayah Sakit

Cantiknya Via Vallen dengan balutan hijab. (Sumber: Instagram/@viavallen)
Cantiknya Via Vallen dengan balutan hijab. (Sumber: Instagram/@viavallen)

Via Vallen tak mau persoalan yang ia hadapi didengar orangtuanya, terutama sang ayah. "Soalnya papa kan sakit, nggak boleh mikir lah intinya gitu. Jadi saya pendam sendiri," Via Vallen melanjutkan.

 

Bangkit

Namun untungnya, Via Vallen segera bangkit dari keterpurukan itu. Faktor yang membuatnya bisa berdiri kembali tak lain adalah keluarga dan para penggemarnya.

"Yang bikin saya ngerasa 'aku enggak bisa diem saja kayak gini terus', itu faktor pertamanya orang di sekitar kayak keluarga. Kalau misalnya saya berhenti, saya hancur, keluarga saya ikut hancur nih kondisinya," katanya lagi.

"Terus dari teman-teman fans sendiri itu mereka teriak-teriak di medsos, 'kapan ngeluarin single', kok nggak ada apapun yang baru dari saya," tambah Via Vallen.

 

Kembali Berkarya

Dari situ ia akhirnya kembali berkarya. Via Vallen kembali lewat sebuah karya berupa cover lagu di YouTube-nya.

"Terus akhirnya dari situ saya mikir-mikir, terus akhirnya mulainya kemarin itu, cover lagu Aisyah," kata Via Vallen.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hukuman Penjara 1 Tahun Ancam Warga Palembang yang Enggan Pakai Masker

Posted: 02 May 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Palembang - Berbagai sanksi tegas sudah diterapkan di Kota Palembang Sumatera Selatan (Sumsel), bagi warganya yang enggan pakai masker. Hal ini dilakukan untuk memutus rantai penularan Corona Covid-19.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang sudah menerapkan sanksi bagi warganya. Yaitu akan dikarantina selama sehari di Asrama Haji Palembang, jika kedapatan tidak menggunakan masker saat keluar rumah.

Sanksi lain juga akan diberikan berupa hukuman penjara maksimal 1 tahun, bagi warga Kota Palembang yang masih tidak mau memakai masker.

Tindakan tegas ini merujuk instruksi Wali Kota (Wako) Palembang dan Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2018, tentang karantina kesehatan serta protokol kesehatan terkait Covid-19.

Tim dari gugus tugas pencegahan dan penanggulangan Covid-19 Palembang sendiri, yang akan mengamankan warga, yang beraktivitas tanpa menggunakan masker.

Diungkapkan Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Anom Setyadji, ancaman kuruangan penjara itu akan dilakukanm, jika upaya isolasi di Asrama Haji Palembang tidak efektif.

"Nanti akan kita evaluasi, jika upaya isolasi 1x24 jam yang saat ini diberlakukan, tidak membuat masyarakat sadar bahaya Covid-19. Kita siapkan sanksi baru yang lebih tegas," katanya, Sabtu (2/5/2020).

Tujuan isolasi warga yang tidak menggunakan masker itu, untuk lebih mengedukasi kesadaran akan kesehatan.

Menurutnya, jika mengacu pada UU Karantina Kesehatan Pasal 93. Maka, ada sanksi bagi yang melanggar, yaitu penjara paling lama satu tahun dan denda Rp100 juta.

Meskipun aturan wajib masker saat beraktivitas di luar rumah, seperti imbauan biasa, namun kebijakan tersebut bersifat mengatur. Terutama dengan sistem penegakkan serius, untuk mengedukasi secara persuasif.

"Kalau masih ada yang melanggar, semua aturan UU sudah bisa ditegaskan. Tapi lihat evaluasi selama masa percobaan ada efek jera atau tidak," katanya.

Kepala Satpol PP Palembang GA Putra Jaya mengatakan, warga yang dikarantina di Asrama Haji Palembang, akan menjalani serangkaian kegiatan.

"Salah satunya mereka kita minta membaca poster yang bertuliskan pencegahan penyebaran Covid-19 yang telah disediakan. Serta mendengarkan arahan edukasi tentang bahaya Covid-19," ujarnya.

 

Ratusan Orang Dikarantina

Ratusan warga Kota Palembang dikarantina di Asrama Haji Palembang selama tiga hari berturut-turut, karena tidak menggunakan masker (Dok. Humas Kominfo Palembang / Nefri Inge)
Ratusan warga Kota Palembang dikarantina di Asrama Haji Palembang selama tiga hari berturut-turut, karena tidak menggunakan masker (Dok. Humas Kominfo Palembang / Nefri Inge)

Tim keamanan Gugus Tugas Covid-19 Kota Palembang juga, sudah menyiapkan 2 unit armada Trasmusi. Dengan 80 orang personel gabungan, yang dibagi dua regu untuk menindak pengendara bandel yang tidak menggunakan masker.

Instruksi Wako Palembang tentang sanksi karantina warga yang tidak menggunakan masker, terus dilakukan.

Sejak tiga hari diberlakukan, sebanyak 108 warga Palembang yang tidak mengindahkan imbauan memakai masker, dikarantina selama sehari di Asrama Haji Palembang.

Ketua Pencegahan Gugus Tugas Covid-19 Kota Palembang Ahmad Zulinto menuturkan, sejak diberlakukan di tanggal 30 April 2020 lalu, sebanyak 108 orang warga Palembang sudah diisolasi.

"Di hari pertama sebanyak 33 orang, 41 orang di hari kedua dan 34 orang di hari ke tiga. Mereka diedukasi bagaimana cara ikut serta, dalam menangulangi dan pencegahan Covid 19 diaula asrama setempat," katanya.

 Di Asrama Haji Palembang tersebut, mereka tidak langsung di masukkan ke ruangan karantina. Namun terlebih dulu dibawa ke aula Asrama Haji Palembang, untuk mengikuti pembekalan mengenai penggunaan masker, pentingnya cuci tangan dan menjaga kebersihan dan lainnya.

 

Sita Ponsel Warga

Ratusan warga Kota Palembang dikarantina di Asrama Haji Palembang selama tiga hari berturut-turut, karena tidak menggunakan masker (Dok. Humas Kominfo Palembang / Nefri Inge)
Ratusan warga Kota Palembang dikarantina di Asrama Haji Palembang selama tiga hari berturut-turut, karena tidak menggunakan masker (Dok. Humas Kominfo Palembang / Nefri Inge)

Serta mengikuti Standar Operasional Prosedur (SOP) tentang pencegahan Covid-19, selama 10 jam kemudian. Lalu mereka dibawa ke ruang karantina di gedung Madinah Asrama Haji Palembang.

"Selama isolasi mereka tidak bisa menikmati fasilitas kamar seperti AC dan televisi. Namun diberi kelonggaran untuk membawa ponsel," ungkapnya.

Ternyata, ada yang memanfaatkannya untuk memakai aplikasi menghidupkan televisi, AC, merekamnya dan disebar melalui media sosial," ungkapnya.

Dengan adanya kejadian itu, lanjutnya, pihaknya akan lebih ketat mengawasi warga yang akan di karantina tersebut.

"Selama 1x24 jam di asrama haji, ponsel mereka kita tahan dulu," ucapnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi: 2.737 Kendaraan Pemudik Coba Terobos Jalur Arteri Detabek

Posted: 02 May 2020 10:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat lalu lintas Polda Metro Jaya melaporkan, sebanyak 2.737 kendaraan pemudik terjaring saat melintasi jalur arteri Depok, Tangerang, Bekasi (Detabek). Data itu dihimpun dari tanggal 24 April sampai 2 Mei 2020.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menjelaskan, aktivitas warga yang nekat mudik terus dipantau dari 18 pos pengamanan terpadu. 16 di antaranya didirikan di jalur arteri wilayah Detabek.

Sambodo menerangkan, pihaknya berhasil menyekat 2.737 kendaraan yang ingin pergi ke kampung halaman. Adapun rinciannya, 948 kendaraan pribadi, 759 kendaraan umum, dan 1.030 kendaraan roda dua.

"Data itu dihimpun selama sembilan hari terakhir," kata dia dalam keterangan tertulis, Minggu (3/4/2020).

Sambodo menuturkan, kendaraan yang disetop melalui pos pengamanan di jalan arteri mulai nampak pada tiga hari setelah Operasi Ketupat Jaya 2020 diberlakukan.

Sebelumnya, polisi mempercepat Operasi Ketupat Jaya 2020 pada Jumat, 24 April 2020 pukul 00.01 WIB karena ada larangan mudik dari pemerintah untuk mencegah meluasnya wabah Corona.

Adapun lokasi pos pam terpadu di jalur arteri ada di Depok yaitu di Jalan Raya Bogor-Cibinong dan Citayam. Kemudian Bekasi Kota ada di Sumber Arta, Bantargebang dan Cakung.

Selanjutnya, Bekasi Kabupaten ada empat yaitu Cibarusah, Kedung Waringin, Bojong Mangu, dan Pebayuran.

Ada juga di Tangerang Kota, yakni di Lippo Karawaci, Batu Ceper, Ciledug, Kebon Nanas dan Jatiuwung. Terakhir, Tangerang Selatan ada di Puspitek dan Curug.

Sambodo secara detail menyampaikan, jumlah pemudik yang ditindak dari jalur arteri pada Senin, 27 April 2020 ada 145 pelanggar. Angka kemudian mengalami kenaikan pada dua hari berikutnya.

Selasa, 28 April 2020 jumlahnya menjadi 321 pelanggar. Kemudian meningkat lagi, Rabu, April 2020 mencapai 727 pelanggar.

Sambodo menyebut terjadi penurunan jumlah pelanggar pada Kamis 30 April 2020 dan Jumat 1 Mei 2020.

"Kamis ditemukan 573 pelanggar dan Jumat ada 352 pelanggar," ujar dia.

Sementara itu, jumlah pelanggar kembali naik pada Sabtu, 2 Mei 2020 angka mencapai 619 pelanggar.

Sambodo menerangkan, sanksi untuk para pelanggar yaitu diputar balikkan dari titik awal keberangkatan.

 

Didominasi Sepeda Motor

Menurut dia, sejauh ini jenis kendaraan pelanggar didominasi sepeda motor. Sebagian besar pengendara dari mereka hendak keluar wilayah kabupaten Bekasi menuju Karawang melalui jalan arteri Kedung Waringin.

"Totalnya sepeda motor yang melanggar setidaknya ada 1.030 pelanggar," ujar dia.

Sambodo kembali mengingatkan agar tidak ada warga yang mudik pada ramadan tahun ini.

"Kalau sayang keluarga jangan mudik, Jangan bawa penyakit ke kampung," tandas dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indahnya Ramadan, Umat Muslim dan Kristen di Kairo Saling Berbagi Makanan

Posted: 02 May 2020 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Saling berbagi makanan saat buka puasa di bulan Ramadan mungkin sudah biasa dilakukan semua Muslim di seluruh dunia. Tapi di Kairo, umat Kristen pun ikut memberi dan menikmati makanan berbuka puasa saat matahari terbenam.

Hal ini memang sudah menjadi tradisi lama di Kairo. Wilayah Shobra di ibukota Mesir memiliki sekitar 590.000 penduduk Kristen, menurut gubernur Kairo. Dan sebagian besar dari mereka telah diajari toleransi sejak kecil.

"Saya tidak makan di depan orang yang berpuasa," kata Yasmine Tadros, seperti dikutip Arab News.

"Saya belajar itu sejak usia dini. Orangtua yang mengajari saya untuk melakukan hal itu di rumah. Jadi saya telah berbagi dengan saudara-saudara Muslim selama 20 tahun. Di jalan kami di Shobra, kami biasa menyiapkan makanan berbuka puasa dan bersama-sama kita menikmatinya, baik Muslim dan Kristen." katanya.

Tadros menuturkan, sejak pandemi coronavirus, sebenarnya banyak orang yang ingin bergabung namun mereka harus lebih berhati-hati karena penjagaan keamanan.

Koeksistensi adalah bagian dari kehidupan Mesir, terutama di Shobra. Dan setiap Ramadan, dua komunitas agama ini selalu saling hormat dan penuh kasih sayang.

Magdy Aziz, pemilik toko grosir di Shobra Street bahkan menyumbangkan beras dan pasta untuk jamuan umat muslim selama Ramadhn di jalanan.

"Tahun ini, karena pandemi, kami dilarang untuk mengadakan jamuan makan. Namun saya memutuskan untuk menyumbangkan makanan untuk warga Shobra yang lebih miskin. Yang saya lakukan ikhlas dari hati," ujarnya.

Aziz mengatakan, setiap kebaikan memang layak diberikan untuk semua orang, "Itu adalah bentuk cinta Tuhan."

Dia mengatakan bahwa orang Mesir senang melakukan perbuatan baik dan terhubung satu sama lain di semua kesempatan, terutama Ramadan.

"Kadang-kadang saya menjual barang-barang di bulan Ramadan dengan setengah harga pada semua orang. Itu sudah saya lakukan selama bertahun-tahun, terutama selama bulan suci, karena itu adalah waktunya untuk beramal dan berbuat baik," Aziz menambahkan.

 

Pastor imbau umatnya jaga perasaan muslim selama Ramadan

Umat Muslim menjaga gereja Kristen Koptik saat revolusi Mesir | via: buktidansaksi.com
Umat Muslim menjaga gereja Kristen Koptik saat revolusi Mesir | via: buktidansaksi.com

Di Kairo, khususnya di Shobra, memang lumrah bagi setiap orang untuk tidak memberitahu agama yang dianut seseorang. Hal ini bisa dianggap menyinggung.

Seorang akuntan, Gerges Hanna mengatakan dia selalu tertarik dan bersemangat bila Ramadan tiba. "Saya pun ikut merayakan Ramadan, jadi saya abstain makan dan minum di depan sahabat-sahabat muslim," ujarnya.

Bagi Hana yang non muslim, waktu paling menggetarkan selama Ramadan adalah saat matahari mulai terbenam dan berkumandang azan magrib. 

Hana bahkan mengaku kerap bertuklar shift kerja agar teman-teman muslimnya tidak bekerja penuh saat puasa.

"Setidaknya itu yang bisa saya lakukan untuk teman-teman selama sebulan. Saya pun sering ikut bersama mereka memberikan makanan buka puasa seperti kurma dan jus pada orang lewat di jalan," katanya.

Pastor Rafik Greish, juru bicara Gereja Katolik di Mesir, turut mengimbau umatnya untuk selalu menjaga perasaan umat muslim selama Ramadan.

"Kami lebih menekankan pada kesadaran umat agar tidak makan atau minum di depan orang yang berpuasa antara matahari terbit dan terbenam," katanya.

Greish mengatakan bahwa, menjelang Ramadhan, gereja-gereja pun membagikan paket berisi makanan pokok kepada orang miskin dan yang membutuhkan.

"Karena gereja ingin berbagi tradisi dan ritual dengan umat Islam selama bulan itu," katanya.

Mahmoud Abdel-Hai, yang berusia 80-an, mengatakan bahwa dalam hidupnya dia belum pernah melihat perkelahian antara seorang Muslim dan seorang Kristen selama Ramadan.

Abdel-Hai, mantan guru di Shobra Industrial School, juga mengatakan tetangga Kristennya bahkan sering mengundangnya untuk berbuka puasa setidaknya sekali selama Ramadhan. Namun, tetangga itu meminta maaf karena tidak dapat menjalankan tradisi tahun ini karena pandemi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pandemi Corona Mengubah Cara Jualan Mobil, Ini yang Dilakukan Suzuki

Posted: 02 May 2020 10:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Saat kondisi pandemi virus Corona atau Covid-19 terjadi di Indonesia, banyak orang yang mengurangi aktivitas sosialnya untuk mencegah penularan. Begitu juga dalam perilaku masyarakat dalam membeli mobil, yang pastinya mengurangi untuk pergi ke dealer dan menahan untuk tidak membeli kendaraan.

Melihat hal tersebut, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memberlakukan kebijakan hygiene commitment untuk memastikan keselamatan dan kesehatan konsumen.

Dijelaskan Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS, pihaknya menerapkan kebijakan hygiene commitment untuk seluruh dealer, dalam upaya mencegah dan meminimalkan penyebaran Virus Corona, seperti penyemprotan disinfektan untuk semua unit test drive dan unit yang dibeli pelanggan, layanan home test drive, atau penggunaan masker dan physical distancing di area dealer.

"Semua ini kami lakukan untuk memastikan keamanan seluruh pelanggan kami dan tentunya sejalan dengan aturan pemerintah mengenai social distancing maupun Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)," ujar Donny dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, jumat (1/5/2020).

 

Hygiene Commitment

Sementara itu, hygiene commitment atau komitmen higienis merupakan kebijakan ketat untuk operasional diler, berupa pedoman-pedoman yang mengatur bagaimana dealer harus beroperasi dengan mengutamakan keselamatan dan kesehatan, sehingga dapat memberikan ketenangan kepada pelanggan yang berinteraksi dengan dealer Suzuki.

Suzuki memastikan setiap kendaraan yang dibeli akan diantar ke rumah pelanggan setelah disemprot cairan disinfektan yang sesuai. Petugas yang mengantarkannya pun menggunakan masker, sarung tangan, serta menjaga jarak aman dengan pelanggan.

Bahkan untuk persyaratan pembeliannya tak perlu khawatir, karena dapat dilakukan secara daring.

Dealer di Luar Wilayah Aturan PSBB

Semua prosedur ketat dalam berinteraksi dengan pelanggan tersebut, berlaku di seluruh dealer Suzuki yang berada di daerah-daerah yang belum menerapkan PSBB. Sementara untuk daerah yang telah menerapkan PSBB, dealer Suzuki di wilayah tersebut sepenuhnya mematuhi peraturan PSSB daerah setempat.

"Di masa yang sulit ini kami ingin tetap memastikan bahwa seluruh konsumen kami tetap dapat menikmati produk dan layanan kami namun tetap merasa aman dan nyaman. Selain itu, tentunya kami juga memastikan seluruh karyawan Suzuki dan diler resmi kami juga tetap aman selama melayani pelanggan," tutup Donny.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kakorlantas: Masih Ada Pemudik Berupaya Kelabui Petugas Operasi Ketupat

Posted: 02 May 2020 10:06 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono mengatakan, masih ada pemudik yang berusaha mengelabui pemeriksaan petugas Operasi Ketupat 2020 dengan berbagai cara.

"Beberapa fenomena yang terjadi dalam mudik ini, banyak yang masih melakukan pengelabuan terhadap petugas di lapangan, baik menggunakan travel bahkan truk yang memuat orang, yang seharusnya tidak perlu mereka lakukan seperti itu," kata Irjen Istiono di depan City of Tomorrow Mall, Surabaya, Minggu (3/5/2020).

Hal itu diketahui dari hasil pengecekan Korlantas Polri di sejumlah titik cek poin. Pihaknya pun mengajak masyarakat untuk menahan diri agar tidak mudik dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini.

"Kami semua menggugah kesadaran masyarakat untuk tidak melakukan itu semuanya (mengelabui petugas agar bisa mudik)," katanya seperti dikutip Antara.

Ia menambahkan, selama Operasi Ketupat 2020, tercatat data pelanggaran lalu lintas semakin menurun.

"Dari hari ke hari sudah semakin turun, sudah cukup bagus. Harapannya, semakin hari semakin tidak ada lagi yang berminat mudik untuk mencegah Covid-19," tutur jenderal bintang dua ini.

Demikian juga jumlah pemudik dari Jakarta yang menuju ke Jawa Tengah dan Jawa Timur kian hari semakin menurun.

Persuasif dan Humanis

Para petugas yang bertugas dalam Operasi Ketupat bersiaga di pos-pos cek poin selama 24 jam secara bergantian untuk mencegah warga mudik dan menyosialisasikan cara untuk mencegah penularan COVID-19.

Operasi Ketupat 2020 adalah operasi kemanusiaan, dengan demikian petugas mengedepankan tindakan persuasif dan humanis dalam menghalau masyarakat yang masih nekat mudik.

Sanksi maksimal yang dikenakan terhadap pemudik adalah putar balik kembali ke rumah masing-masing.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Zodiak Ini Bakal Dapat Pengalaman Menakjubkan di Bulan Mei

Posted: 02 May 2020 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bulan Mei biasa menandakan musim semi. Ini akan membawakan perasaan unik kebahagiaan dalam diri kita masing-masing.

Bulan Mei akan menjadi bulan paling romantis untuk Gemini, Libra, dan Scorpio. Namun, planet cinta juga akan mengalami kemunduran pada 13 Mei, yang berarti semuanya bisa menjadi agak sedikit rumit di pertengahan.

Melansir dari Elite Daily, berikut ini penjelasan lebih lanjut tentang 3 zodiak yang akan dapat pengalaman menakjubkan di bulan Mei.

 

1. Gemini

ilustrasi/copyright unsplash.com/Go to Ionut Comanici's
ilustrasi/copyright unsplash.com/Go to Ionut Comanici's

Venus memberikan tanda yang baik bagi Gemini. Sebaiknya siklus ini dimanfaatkan sebaik-baiknya. Selain melakukan hal-hal yang biasa, cobalah untuk merefleksikan dan meninjau kembali sebab Venus memberikan banyak energi ketimbang biasanya.

Hasilnya, Gemini akan terlihat lebih menawan, anggun, romantis, dan kreatif. Namun di sisi lain, Venus membuat Gemini dangkal, egois, dan sia-sia. Jadi, jangan kehilangan keseimbangan.

Dari perspektif romantis, bulan Mei menandai kesempatan yang sangat baik untuk lebih dekat dengan kehidupan percintaan Anda. Jika Anda biasanya menghindari terlibat dalam sesuatu yang serius, cobalah untuk membuka wawasan dan pandangan baru tentang cinta.

 

2. Libra

ilustrasi zodiak perempuan/Photo by Min An from Pexels
ilustrasi zodiak perempuan/Photo by Min An from Pexels

Meski Venus tak bekerja sebaik pada Gemini, namun tak berarti siklus retrograde tak memberikan keuntungan pada Libra. Selain merefleksikan penampilan pribadi Anda, Mei akan menginspirasi gelombang gairah dalam diri Anda, baik secara romantis atau artistik.

Siklus retrograde membawa kembali masa lalu untuk ditinjau. Jadi jika Libra berpikir tentang masa lalu atau bahkan mantan kekasih, jangan berkecil hati. Ini waktunya merenung.

Menghadapi ketakutan, kesedihan, dan beban masa lalu dapat meningkatkan bagaimana Anda tumbuh, dan ini berpengaruh pada semakin Anda dekat untuk menemukan belahan jiwa. Jangan abaikan energi cinta bila tiba-tiba datang mengetuk.

Venus retrograde akan mengaktifkan sisi ekspresif, kebahagiaan, dan inspirasi artistik Anda. Sehingga, tak dapat disangkal bulan ini akan memberikan Anda banyak inspirasi.

 

3. Scorpio

ilustrasi zodiak perempuan/Photo by cottonbro from Pexels
ilustrasi zodiak perempuan/Photo by cottonbro from Pexels

Dengan matahari dan Uranus mengaktifkan rumah ketujuh Anda, akan ada penekanan pada mitra Anda dan kemampuan umum Scorpio untuk berkompromi. Selama di bulan ini, jangan ragu untuk menyerap semua perhatian yang akan Anda dapatkan.

Daya tarik seks Anda akan membara pada bulan ini. Pastikan Anda menemukan tempat untuk mengalirkan energi berlebihan di bulan ini. Tak hanya itu, sesuatu yang indah tengah terjadi dalam diri Anda. Jadi, jangan takut untuk berbagi perubahan kepribadian Anda dengan seseorang yang layak untuk Anda bagi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

RSCM Kini Punya Zona Khusus Layani Pasien COVID-19

Posted: 02 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Layanan bagi pasien COVID-19 di RS Cipto Mangunkusumo Jakarta kini sudah berpusat di satu gedung tersendiri. Pihak RSCM mengalihfungsikan sementara layanan ibu dan anak RSCM di Pusat Khusus Ibu dan Anak (PKIA) Kiara menjadi zona layanan COVID-19.

Zona tersebut diberi nama RSCM Kiara Ultimate. Keberadaan RSCM Kiara Ultimate sebagai pusat layanan COVID-19 sangat membutuhkan dukungan dari pemerintah, Kementerian Kesehatan serta masyarakat luas.

Kepala Bagian Pemasaran RSCM Ananto menyampaikan, kronologi singkat alih fungsi gedung menjadi zona khusus layanan COVID-19.

"Berawal dari upaya pemisahan pasien yang memenuhi kriteria Pasien Dalam Pemantauan (PDP) COVID-19 yang datang ke RSCM, maka dibuatlah tenda darurat di depan Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSCM untuk pasien non COVID-19," ujar Ananto kepada Health Liputan6.com melalui keterangan tertulis, ditulis Minggu (3/5/2020).

"Lalu ruang IGD RSCM zona merah untuk pasien COVID-19 dan ruang PINERE sebagai isolasinya. Tujuannya meminimalisir risiko penularan antar pasien dan petugas seraya menunggu tempat di RS Rujukan COVID-19."

IGD Ulimate

Skrining di RSCM cegah COVID-19 sejak 6 April 2020, pasien dan pengunjung yang demam akan masuk ke zona merah. (Dok RS Cipto Mangunkusumo Jakarta)
Skrining di RSCM cegah COVID-19 sejak 6 April 2020, pasien dan pengunjung yang demam akan masuk ke zona merah. (Dok RS Cipto Mangunkusumo Jakarta)

Seiring dengan berjalannya waktu, penggunaan tenda darurat dinilai tidak mampu lagi mengakomodir kebutuhan kasus ODP dan PDP COVID-19 yang terus berdatangan.

Langkah selanjutnya, memindahkan Poliklinik Obstetri dan Ginekologi, lantas mengubah menjadi IGD Ultimate dengan kapasitas 37 tempat tidur khusus pasien PDP COVID-19. Upaya ini menjadi solusi sementara untuk mendapatkan kapasitas tempat tidur yang lebih banyak, lanjut Ananto.

Sekaligus meningkatkan kenyamanan dan keamanan pasien jika dibandingkan tenda darurat. IGD Ultimate memiliki kapasitas 37 tempat tidur dengan sistem tata udara bertekanan negatif.

Kiara Ultimate

Mulai diberlakukan 6 April 2020, RSCM melaksanakan skrining terhadap pasien dan pengunjung sebelum masuk ke gedung demi mencegah penularan Corona COVID-19. (Dok RS Cipto Mangunkunsumo Jakarta)
Mulai diberlakukan 6 April 2020, RSCM melaksanakan skrining terhadap pasien dan pengunjung sebelum masuk ke gedung demi mencegah penularan Corona COVID-19. (Dok RS Cipto Mangunkunsumo Jakarta)

Kian lama jumlah kasus PDP yang dirawat  di ruang IGD ultimate, ruang perawatan serta di ICU dengan banyak penyakit penyerta lain tidak mencukupi kapasitas tempat tidur.

Apalagi antrean rujukan ke  RS Rujukan COVID-19 untuk kasus berat dengan komorbiditas yang menyertai semakin banyak. Oleh karena itu, kebutuhan adanya zona khusus layanan COVID-19 di RSCM didukung penanganan oleh tim multidisiplin dari berbagai bidang keilmuan dirasakan semakin mendesak.

Diperlukan juga sistem layanan yang efisien serta aman bagi seluruh tenaga kesehatan di RSCM.

"Jadi, keputusan pun diambil dengan mengalihfungsikan sementara layanan ibu dan anak di Gedung Kiara menjadi zona khusus COVID-19, dengan nama Kiara Ultimate," tambah Ananto.

RSCM Kiara Ultimate ini baru diresmikan pada 30 April 2020.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Surabaya: Pasar Kupang Gunung Tutup Sementara Mulai 2 Mei

Posted: 02 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pasar Kupang Gunung di Jalan Putat Jaya, Surabaya, Jawa Timur tutup sementara selama 14 hari seiring ada temuan dua pedagang di pasar setempat yang positif terjangkit virus corona baru (Sars-CoV-2) yang sebabkan COVID-19.

Humas PD Pasar Surya, Zaini menuturkan,Pasar Kupang Gunung Surabaya tutup mulai Sabtu, 2 Mei 2020 hingga 14 hari ke depan. Penutupan sementara pasar ini lantaran ada pedagang yang dinyatakan positif Corona COVID-19.

Pihaknya juga sudah mensosialisasikan mengenai penutupan sementara itu kepada pedagang. PD Pasar Surya juga setiap hari menyemprot disinfektan terhadap pasar yang dikelola PD Pasar Surya. 

Artikel Pasar Kupang Gunung Surabaya tutup sementara menyita perhatian pembaca di Surabaya. Ingin tahu artikel terpopuler lainnya di Surabaya? Berikut sejumlah artikel terpopuler di Surabaya yang dirangkum pada Minggu (3/5/2020)

1.Pasar Kupang Gunung Surabaya Tutup Sementara Mulai 2 Mei 2020

Pasar Kupang Gunung di Jalan Putat Jaya, Surabaya, Jawa Timur tutup sementara selama 14 hari seiring ada temuan dua pedagang di pasar setempat yang positif terjangkit virus corona baru (Sars-CoV-2) yang sebabkan COVID-19.

Humas PD Pasar Surya, Zaini menuturkan,Pasar Kupang Gunung Surabaya tutup mulai Sabtu, 2 Mei 2020 hingga 14 hari ke depan. Penutupan sementara pasar ini lantaran ada pedagang yang dinyatakan positif Corona COVID-19. Pihaknya juga sudah mensosialisasikan mengenai penutupan sementara itu kepada pedagang. PD Pasar Surya juga setiap hari menyemprot disinfektan terhadap pasar yang dikelola PD Pasar Surya. 

Berita selengkapnya baca di sini

2.Penjelasan Pemprov Jatim Terkait Klaster Baru di Malang

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, mengakui ada klaster baru yang muncul di Malang, Jawa Timur. Penyebaran dari klaster ini diprediksi cukup banyak. 

"Apa yang terjadi pada klaster baru di Malang ini di antara lain adalah pasien yang memang minta pulang, dan setelah di rumah dapat dua hari, dan meninggal," ujar Khofifah ditulis, Sabtu, 2 Mei 2020.

Klaster ini, kata Khofifah Indar Parawansa, ditengarai menyebar di sebuah pasar di Malang. Hanya saja tidak disebutkan gamblang pasar yang dimaksud. "Tenaga kesehatan ada yang kemudian tertular. Kemudian ketika ke pasar juga ada yang tertular," terangnya. 

Berita selengkapnya baca di sini

3.Pemkot Surabaya Angkat Bicara Terkait Penanganan di Klaster Sampoerna

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya angkat bicara soal penanganan klaster Sampoerna Kali Rungkut Surabaya yang dinilai terlambat respons. 

Wakil Koordinator Hubungan Masyarakat Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Surabaya, M Fikser menegaskan, pemerintah kota selalu serius dan cepat dalam mendapatkan semua informasi yang berkembang terkait dengan penyebaran Covid-19. Termasuk kasus COVID-19 pada karyawan PT HM Sampoerna Tbk, Rungkut Surabaya.

"Bahwa pemerintah kota tidak pernah terlambat. Ibu Gubenur (Jawa Timur) tidak benar. Awal mulanya pada tanggal 2 April yang bersangkutan itu sakit dan berobat ke klinik perusahaan. Pada 9 April 2020 pasien dirujuk di rumah sakit dan tanggal 13 April pasien melakukan pemeriksaan tes swab di rumah sakit yang berbeda," kata Fikser saat Jumpa Pers di ruang Sekretaris Daerah, Balai Kota Surabaya, Sabtu, 2 Mei 2020.

Berita selengkapnya baca di sini

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Siapkan Rencana Terburuk, MU Bakal Kosongkan Old Trafford Hingga 2021

Posted: 02 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Manchester United (MU) sudah menyiapkan kemungkinan terburuk untuk menjalani Liga Inggris di tengah pandemi virus corona covid-19. Mereka siap mengosongkan Old Trafford hingga 2021.

Saat ini, perjuangan MU di Liga Inggris untuk mendapatkan tiket Liga Champions terhenti akibat virus corona sejak Maret lalu. FA sendiri masih punya rencana untuk melanjutkan Liga Inggris.

Salah satu rencana terburuknya FA adalah menggelar sisa pertandingan Liga Inggris 2019/20 tanpa penonton. Rencana tersebut juga bisa berlanjut hingga tahun 2021.

Pihak Setan Merah, sebutan MU, sudah menyadari hal tersebut. Mereka pun sudah merencanakan untuk mengosongkan stadion selama enam bulan di musim 2020/2021, kemungkinan sampai Februari tahun depan.

MU sudah menghitung dampak dari keputusan tersebut. Mereka akan kehilangan pundi-pundi uang yang salah satunya didapat dari penjualan tiket laga kandang.

 

Vaksin Belum Tersedia

Suasana di luar kandang Manchester United (MU), Old Trafford. (AFP/Oli Scarff)
Suasana di luar kandang Manchester United (MU), Old Trafford. (AFP/Oli Scarff)

Salah satu sumber di MU mengatakan, pengosongan stadion dilakukan sampai ada obat yang bisa mencegah virus corona. Hingga saat ini, belum ada vaksin yang berhasil ditemukan.

"Sangat mungkin tidak akan ada penonton yang diizinkan di pertandingan sepakbola selama beberapa bulan, sampai vaksin tersedia atau virus corona bisa dikendalikan secara signifikan," kata salah satu sumber, mengutip dari Mirror.

"Rencana melihat stadion penuh di pertandingan Premier League tidak akan terjadi dalam waktu dekat. Klub menyadari hal itu. Klub ceroboh jika tidak punya anggaran ketika hal itu terjadi. Semua sadar, bisa melihat banyak orang lagi di sepakbola masih sangat sulit," jelas sumber tersebut.

Virus Corona di Inggris

Di Inggris, kasus virus corona covid-19 menjadi salah satu yang tertinggi di Eropa. Hingga Minggu (3/5/2020), ada 122.842 kasus, dan korban jiwanya sudah menyentuh angka 25 ribu lebih.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementerian PUPR Merehabilitasi 10.000 Gedung Pendidikan dalam 5 Tahun

Posted: 02 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) merehabilitasi dan merenovasi 10.000 sekolah, madrasah, hingga perguruan tinggi. Hal ini bertujuan agar para siswa diseluruh Tanah Air dapat menuntut ilmu dengan baik pasca berakhirnya pandemi covid-19.

"Mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 43 Tahun 2019 tentang Pembangunan, Rehabilitasi, atau Renovasi Pasar Rakyat, Prasarana Perguruan Tinggi, dan Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Kementerian PUPR mendapat tugas tambahan untuk melakukan percepatan pembangunan dan rehabilitasi sebanyak 10.000 sekolah dan madrasah di seluruh Indonesia pada 2019-2024," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono melalui keterangan tertulisnya, Minggu (3/5/2020).

Dia mengatakan standar pekerjaan rehabilitasi dan renovasi sekolah di seluruh wilayah Indonesia harus berjalan baik. Antara lain dilengkapi fasilitas olahraga, penyediaan air bersih dan sanitasi  yang baik termasuk tempat cuci tangan, penataan lansekap atau taman sekolah, dan bangunan tahan gempa.

"Standar bangunan dan kelengkapannya agar bisa diterapkan di sekolah-sekolah lain. Manfaatkan fasilitas yang sudah dibangun. Generasi mendatang harus lebih pintar karena fasilitasnya lebih baik," lanjut Menteri Basuki.

Pada Tahun Anggaran 2019 Kementerian PUPR melalui Pusat Pengembangan Sarana Prasarana Pendidikan, Olahraga dan Pasar (Pusat PSPPOP), Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya telah melakukan rehabilitasi sebanyak 1.467 sekolah dari jenjang SD sampai SMU dan 144 madrasah Ibtidaiyah hingga Aliyah).

Standar pekerjaan rehabilitasi dan renovasi sekolah tersebut dilengkapi fasilitas lapangan olahraga, toilet yang baik termasuk tempat cuci tangan serta penataan lansekap (taman).

Dia berharap proses pembangunan fasilitas pendidikan ini membuat para pelajar dapat belajar dengan nyaman ketika kembali ke sekolah setelah pandemi ini berakhir. Peningkatan kualitas bangunan sekolah yang dilakukan Kementerian PUPR sejalan dengan tema Hardiknas yakni Belajar dari covid-19.

 

Respons Sekolah

Rehabilitasi Sekolah. Dok PUPR
Rehabilitasi Sekolah. Dok PUPR

Sementara itu, Kepala Sekolah MIN 12 Bandar Lampung, Munashiroh mengatakan, sebelum dilakukan rehabilitasi oleh Kementerian PUPR, kondisi sekolahnya selalu banjir ketika turun hujan di wilayahnya.

"Rasanya kembali ke rumah baru. Anak-anak menjadi semangat. Kelasnya baru, catnya bagus, plafonnya baru. Kemudian juga  lantainya bagus, halamannya juga diganti semua, sehingga kami sekarang nyaman belajar. Walaupun hujan lebat kami juga tidak buru-buru pulang karena memang sudah tidak banjir lagi," kata Munashiroh.

Ucapan terima kasih juga disampaikan Dian Rinova, Siswa Kelas V MIN 11 Bandar Lampung. Menurutnya fasilitas yang sudah dibangun Kementerian PUPR membuatnya lebih senang dan nyaman belajar.

"Dulu kalau musim hujan kalau sekolah was-was takut atapnya roboh. Sekarang sudah bagus, jadi nyaman belajar," jelas dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: [CERITA] Mengabadikan Kehidupan Dalam Karantina

Posted: 02 May 2020 10:00 PM PDT

Masker fotografer Associated Press Rafiq Maqbool tergantung pada jimat keberuntungan yang dibuat oleh putrinya di sebuah kamar hotel tempat dia dikarantina, Mumbai, India, 23 April 2020. Maqbool harus meninggalkan istri dan anak-anaknya untuk menjalani karantina. (AP Photo/Rafiq Maqbool)
Masker fotografer Associated Press Rafiq Maqbool tergantung pada jimat keberuntungan yang dibuat oleh putrinya di sebuah kamar hotel tempat dia dikarantina, Mumbai, India, 23 April 2020. Maqbool harus meninggalkan istri dan anak-anaknya untuk menjalani karantina. (AP Photo/Rafiq Maqbool)

Masker fotografer Associated Press Rafiq Maqbool tergantung pada jimat keberuntungan yang dibuat oleh putrinya di sebuah kamar hotel tempat dia dikarantina, Mumbai, India, 23 April 2020. Maqbool harus meninggalkan istri dan anak-anaknya untuk menjalani karantina. (AP Photo/Rafiq Maqbool)

Fotografer Associated Press Rafiq Maqbool menonton film Bollywood dari televisi di sebuah kamar hotel tempat dia dikarantina, Mumbai, India, 23 April 2020. Selama beberapa hari berikutnya, kelompok WhatsApp bentukan penghuni hotel yang dikarantina menjadi keluarga barunya. (AP Photo/Rafiq Maqbool)
Fotografer Associated Press Rafiq Maqbool menonton film Bollywood dari televisi di sebuah kamar hotel tempat dia dikarantina, Mumbai, India, 23 April 2020. Selama beberapa hari berikutnya, kelompok WhatsApp bentukan penghuni hotel yang dikarantina menjadi keluarga barunya. (AP Photo/Rafiq Maqbool)

Fotografer Associated Press Rafiq Maqbool menonton film Bollywood dari televisi di sebuah kamar hotel tempat dia dikarantina, Mumbai, India, 23 April 2020. Selama beberapa hari berikutnya, kelompok WhatsApp bentukan penghuni hotel yang dikarantina menjadi keluarga barunya. (AP Photo/Rafiq Maqbool)

Sebuah masker diletakkan bersama makanan di atas meja kamar hotel fotografer Associated Press Rafiq Maqbool di mana dia dikarantina, Mumbai, India, 23 April 2020 ini. Maqbool harus berurusan dengan bangunan tertutup, kerabat yang cemas, dan stigma terkait pasien COVID-19. (AP Photo/Rafiq Maqbool)
Sebuah masker diletakkan bersama makanan di atas meja kamar hotel fotografer Associated Press Rafiq Maqbool di mana dia dikarantina, Mumbai, India, 23 April 2020 ini. Maqbool harus berurusan dengan bangunan tertutup, kerabat yang cemas, dan stigma terkait pasien COVID-19. (AP Photo/Rafiq Maqbool)

Sebuah masker diletakkan bersama makanan di atas meja kamar hotel fotografer Associated Press Rafiq Maqbool di mana dia dikarantina, Mumbai, India, 23 April 2020 ini. Maqbool harus berurusan dengan bangunan tertutup, kerabat yang cemas, dan stigma terkait pasien COVID-19. (AP Photo/Rafiq Maqbool)

Seorang pekerja sipil terlihat melalui lubang intip fotografer Associated Press Rafiq Maqbool saat menunggu untuk mengisi formulir tes swab di hotel tempat dia dikarantina, Mumbai, India, 24 April 2020. Pada hari ketujuh, tes swab kedua Maqbool menunjukkan hasil negatif. (AP Photo/Rafiq Maqbool)
Seorang pekerja sipil terlihat melalui lubang intip fotografer Associated Press Rafiq Maqbool saat menunggu untuk mengisi formulir tes swab di hotel tempat dia dikarantina, Mumbai, India, 24 April 2020. Pada hari ketujuh, tes swab kedua Maqbool menunjukkan hasil negatif. (AP Photo/Rafiq Maqbool)

Seorang pekerja sipil terlihat melalui lubang intip fotografer Associated Press Rafiq Maqbool saat menunggu untuk mengisi formulir tes swab di hotel tempat dia dikarantina, Mumbai, India, 24 April 2020. Pada hari ketujuh, tes swab kedua Maqbool menunjukkan hasil negatif. (AP Photo/Rafiq Maqbool)

Anak perempuan fotografer Associated Press, Rafiq Maqbool, terlihat pada layar saat video call dengan ayah mereka yang sedang dikarantina di sebuah kamar hotel, Mumbai, India, 24 April 2020.
Anak perempuan fotografer Associated Press, Rafiq Maqbool, terlihat pada layar saat video call dengan ayah mereka yang sedang dikarantina di sebuah kamar hotel, Mumbai, India, 24 April 2020.

Anak perempuan fotografer Associated Press, Rafiq Maqbool, terlihat pada layar saat video call dengan ayah mereka yang sedang dikarantina di sebuah kamar hotel, Mumbai, India, 24 April 2020.

Sepasang sandal ada dekat sajadah di kamar hotel tempat fotografer Associated Press Rafiq Maqbool dikarantina, Mumbai, India, 24 April 2020. Berdoa membantunya merasa lebih baik. (AP Photo/Rafiq Maqbool)
Sepasang sandal ada dekat sajadah di kamar hotel tempat fotografer Associated Press Rafiq Maqbool dikarantina, Mumbai, India, 24 April 2020. Berdoa membantunya merasa lebih baik. (AP Photo/Rafiq Maqbool)

Sepasang sandal ada dekat sajadah di kamar hotel tempat fotografer Associated Press Rafiq Maqbool dikarantina, Mumbai, India, 24 April 2020. Berdoa membantunya merasa lebih baik. (AP Photo/Rafiq Maqbool)

Dokter mengisi formulir untuk tes swab kedua dari fotografer Associated Press Rafiq Maqbool di kamar hotel tempat dia dikarantina, Mumbai, India, 24 April 2020. Setelah dinyatakan negatif, Maqbool diizinkan pulang untuk melakukan karantina di rumah selama 14 hari. (AP Photo/Rafiq Maqbool)
Dokter mengisi formulir untuk tes swab kedua dari fotografer Associated Press Rafiq Maqbool di kamar hotel tempat dia dikarantina, Mumbai, India, 24 April 2020. Setelah dinyatakan negatif, Maqbool diizinkan pulang untuk melakukan karantina di rumah selama 14 hari. (AP Photo/Rafiq Maqbool)

Dokter mengisi formulir untuk tes swab kedua dari fotografer Associated Press Rafiq Maqbool di kamar hotel tempat dia dikarantina, Mumbai, India, 24 April 2020. Setelah dinyatakan negatif, Maqbool diizinkan pulang untuk melakukan karantina di rumah selama 14 hari. (AP Photo/Rafiq Maqbool)

Sebuah pohon terlihat dari jendela kamar hotel tempat fotografer Associated Press Rafiq Maqbool menjalani karantina di Mumbai, India, 23 April 2020. Pohon dengan daun-daunnya yang hijau merupakan berkah bagi Maqbool, sementara kehadiran burung-burung membuatnya nyaman. (AP Photo/Rafiq Maqbool)
Sebuah pohon terlihat dari jendela kamar hotel tempat fotografer Associated Press Rafiq Maqbool menjalani karantina di Mumbai, India, 23 April 2020. Pohon dengan daun-daunnya yang hijau merupakan berkah bagi Maqbool, sementara kehadiran burung-burung membuatnya nyaman. (AP Photo/Rafiq Maqbool)

Sebuah pohon terlihat dari jendela kamar hotel tempat fotografer Associated Press Rafiq Maqbool menjalani karantina di Mumbai, India, 23 April 2020. Pohon dengan daun-daunnya yang hijau merupakan berkah bagi Maqbool, sementara kehadiran burung-burung membuatnya nyaman. (AP Photo/Rafiq Maqbool)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peringati Hardiknas di Tengah Pandemi, Ridwan Kamil Tekankan Efisiensi dan Hidup Sehat

Posted: 02 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Pemerintah Provinsi Jawa Barat memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2020 dengan rapat virtual, Sabtu (2/5/2020). Sebanyak 3.000 pemangku kebijakan dunia pendidikan di Jabar dilibatkan dalam rapat virtual tersebut.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, untuk menghadapi masa Indonesia Emas pada 2045, pendidikan harus dibangun dengan perspektif masa depan. Yaitu, mewujudkan masyarakat Indonesia yang berkualitas, maju, mandiri, dan modern serta meningkatkan harkat dan martabat bangsa.

"Keberhasilan dalam membangun pendidikan akan memberikan kontribusi besar pada pencapaian tujuan pembangunan nasional secara keseluruhan," ujarnya.

Pria yang akrab disapa Emil ini juga menyatakan pembangunan pendidikan harus mencakup berbagai dimensi yang sangat luas, yaitu dimensi sosial, budaya, ekonomi, dan politik.

Melalui momentum Hardiknas ini, Emil pun mengingatkan warga Jabar bahwa meski dalam masa pandemi Covid-19 saat ini, pendidikan akan selalu hidup dan berkembang.

"Pasca pandemi Covid-19, mari kita renungkan dan saya tunggu rekomendasi-rekomendasi pendiddikan pasca Covid-19 seperti apa wajahnya. Yang pasti kita akan lebih hidup efisien, hidup lebih sehat lebih memaksimalkan teknologi dan lebih siap menghadapi masa yang akan datang," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Jabar Dewi Sartika menegaskan, meski diselenggarakan dalam format berbeda, Hardiknas tahun ini harus bisa memberikan semangat sebagai momentum bagi seluruh insan pendidik di Jabar untuk senantiasa mengabdi pada pendidikan dalam menyongsong Indonesia Emas 2045.

"Kita resapi dan harus selalu ingat bersama bahwa pendidikan akan terus hidup dan berkembang meski dalam suasana pandemik seperti sekarang," ucapnya.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Sumbangan untuk Dampak Covid-19

Dalam kesempatan itu, keluarga besar Dinas Pendidikan Jabar memberikan sumbangan sebesar Rp 2,1 miliar untuk penangan Covid-19 di Jabar. Sumbangan tersebut disalurkan melalui rekening Jabar Peduli.

Sekretaris Daerah Jabar, Setiawan Wangsaatmaja menerima secara simbolis bantuan yang diberikan dalam peringatan Hardiknas 2020 tersebut.

Dewi menjelaskan, dana tersebut merupakan sumbangan dari pegawai Disdik Jabar dan seluruh SMA/SMK dan SLB di Jabar. Selain uang tunai, Disdik Jabar pun memberikan bantuan berupa 21.408 paket, 2.194 alat pelindung diri, 121.823 masker, 9.863 liter hand sanitizer, 7.475 liter disinfektan, dan 2.785 face shield.

Selain itu, lanjut Dewi, sejumlah bantuan lainnya telah disalurkan secara mandiri oleh satuan pendidikan, baik secara langsung kepada masyarakat maupun melalui lembaga lain. Ia pun berharap bantuan tersebut dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak Covid-19 serta bermanfaat bagi penanganan Covid-19 di Jabar.

"Ini merupakan simbol bahwa masyarakat Jabar akan dan harus saling menguatkan satu sama lain di masa pandemik saat ini. Saya optimis kita bisa melalui masa-masa ini dengan baik," ungkapnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Demi Memutus Rantai Penyebaran Covid-19, Polisi dan TNI Turun Tangan Jaga Tempat Ibadah

Posted: 02 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Pasangkayu - Pemerintah Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat melibatkan personel TNI dan Polri untuk menjaga tempat-tempat ibadah di daerah itu. Alasannya adalah karena masih banyaknya masyarakat yang tidak mengindahkan imbauan pemerintah agar tidak beribadah berjamaah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Jadi, Satpol PP akan dibantu personel TNI dan Polri menjaga masjid-masjid yang masih melaksanakan salat berjamaah. Yang boleh ada di masjid hanya petugas azan," kata Bupati Pasangkayu, Agus Ambo Djiwa, seperti dikutip Antara, Minggu 3 Mei 2020.

Dia menyebutkan bahwa sejumlah rumah ibadah masih dipenuhi jamaah, terutama di bulan suci Ramadan saat ini. Ia mencatat sedikitnya ada 39 rumah ibadah yang tidak mengindahkan imbauan tersebut.

"Kita sudah harus tegas. Kita semua harus sadar ini menyangkut keselamatan orang banyak," tambahnya.

Bupati meminta, masyarakat harus memiliki kesadaran kolektif dan menghilangkan ego sebab semua berpotensi menjadi perantara penularan virus yang tengah menjado pandemi ini.

"Saya minta mari kita laksanakan imbauan pemerintah. Ini bukan untuk siapa-siapa, tapi untuk keselamatan anak, isteri, keluarga serta semua warga Pasangkayu," ujar Agus Ambo Djiwa.

Berdasarakan data yang dihimpun, hingga Minggu, tercatat lima kasus positif Covid-19 di Kabupaten Pasangkayu, dua orang menjalani perawatan di rumah sakit dan tiga orang menjalani isolasi mandiri.

Sementara, pasien dalam pengawasan atau PDP juga tercatat lima orang, satu orang diantaranya meninggal dunia dan empat sudah selesai proses pengawasan.

Sedangkan, orang dalam pemantauan (ODP) tercatat sebanyak 259 orang, sebanyak 235 sudah selesai dan 24 orang masih dalam proses pemantauan serta terdapat 45 yang berstatus orang tanpa gejala (OTG) dan semuanya masih dalam proses pemantauan.

 

 

 

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Napi Marah, Sandera Penjaga dan Duduki Atap Penjara

Posted: 02 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah napi di Brasil marah karena tidak mendapatkan kunjungan karena pandemi virus corona. Setelah 5 jam akhirnya aksi para napi bisa ditangani polisi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Donald Trump Senang Kim Jong-un Tampil Lagi Usai Diisukan Meninggal

Posted: 02 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Washington DC - Presiden AS Donald Trump mengatakan dia "senang" bahwa Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un telah muncul kembali dan tampak sehat.

"Aku, untuk satu hal, senang melihat dia kembali, dan baik-baik saja!" Trump mencuit di Twitter, setelah pemimpin Korea Utara dilaporkan menghadiri pembukaan pabrik pupuk kemarin, Sabtu 2 Mei 2020, seperti dilansir BBC (3/5/2020).

Itu adalah penampilan publik pertama Kim Jong-un dalam hampir tiga minggu.

Ketidakhadirannya --terutama dari perayaan ulang tahun almarhum kakeknya pada 15 April-- telah memicu spekulasi global tentang kesehatannya.

Kantor berita negara Korut (KCNA) melaporkan bahwa Kim memotong pita pada pembukaan pabrik pupuk pada hari Jumat, dan menambahkan bahwa orang banyak "bersorak-sorai hore" ketika ia muncul.

Pada Senin 27 April, di tengah spekulasi dan desas-desus tentang kesehatan Kim, Presiden Trump mengatakan ia memiliki "ide yang sangat bagus" tentang kondisi Kim, tetapi menambahkan bahwa "Saya tidak bisa membicarakannya".

"Aku hanya berharap dia baik-baik saja," tambahnya saat itu.

Presiden Trump dan Kim Jong-un telah mengembangkan hubungan yang unik dalam beberapa tahun terakhir.

Kedua lelaki itu telah bertemu tiga kali sejak 2018, dan telah saling bertukar surat pribadi satu sama lain yang digambarkan Trump sebagai "sangat baik".

Namun, pembicaraan tentang denuklirisasi Korea Utara terhenti dalam beberapa bulan terakhir.

 

Laporan Terbaru

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un berbincang dengan Presiden AS, Donald Trump di zona demiliterisasi Korea (DMZ), Desa Panmunjom pada Minggu (30/6/2019).  Pertemuan keduanya berawal ketika Trump menuliskan undangan pertemuan dengan Kim melalui Twitter. (Brendan Smialowski/AFP)
Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un berbincang dengan Presiden AS, Donald Trump di zona demiliterisasi Korea (DMZ), Desa Panmunjom pada Minggu (30/6/2019). Pertemuan keduanya berawal ketika Trump menuliskan undangan pertemuan dengan Kim melalui Twitter. (Brendan Smialowski/AFP)

Menurut Kantor Berita Pusat Korea (KCNA), Kim Jong-un didampingi oleh beberapa pejabat senior Korea Utara, termasuk saudara perempuannya Kim Yo-jong.

Pemimpin Korea Utara itu memotong pita di sebuah upacara di pabrik itu, di sebuah wilayah di utara Pyongyang, dan orang-orang yang menghadiri acara itu "bersorak-sorai 'hore!' untuk Pemimpin Tertinggi yang memimpin pawai semua orang untuk mencapai tujuan besar kemakmuran," kata KCNA.

Kim mengatakan dia puas dengan sistem produksi pabrik, dan memujinya karena berkontribusi pada kemajuan industri kimia dan produksi pangan negara itu, tambah kantor berita negara.

Spekulasi tentang kesehatan Kim dimulai setelah dia melewatkan perayaan ulang tahun kelahiran kakeknya, pendiri negara Kim Il-sung pada 15 April.

Peringatan itu adalah salah satu acara terbesar dalam kalender Korea Utara, dan Kim biasanya menandainya dengan mengunjungi makam tempat kakeknya berada. Tuan Kim tidak pernah melewatkan acara ini.

Klaim tentang kesehatan Kim yang buruk kemudian muncul dalam sebuah laporan untuk sebuah situs web yang dikelola oleh para pembelot Korea Utara.

Sebuah sumber anonim mengatakan kepada Daily NK bahwa mereka mengerti dia telah berjuang dengan masalah kardiovaskular sejak Agustus lalu "tetapi memburuk setelah kunjungan berulang ke Gunung Paektu."

Hal ini menyebabkan rantai pelaporan oleh media internasional tentang cerita bersumber tunggal.

Kantor-kantor berita kemudian mulai menjalankan klaim itu, dan hanya itu yang mereka miliki sampai beberapa laporan muncul bahwa agen-agen intelijen di Korea Selatan dan AS sedang memantau klaim itu.

Tapi kemudian muncul berita utama yang lebih sensasional di media AS bahwa pemimpin Korea Utara itu dalam kondisi kritis setelah operasi jantung.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo tampaknya menyalakan rumor pada 29 April, dengan mengatakan para pejabat AS "belum melihat" Kim Jong-un baru-baru ini.

Namun, pernyataan dari pemerintah Korea Selatan, dan sumber-sumber di intelijen China --berbicara kepada kantor berita Reuters-- mengatakan ini tidak benar.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyanyi Tere Hijrah: Proses Mantap Pakai Hijab Itu Seperti Main Game

Posted: 02 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu yang ramai dibicarakan publik pekan ini, penampilan baru penyanyi Tere dengan hijab. Sebuah foto memperlihatkan Tere mengenakan gaun panjang hitam polos dengan jilbab warna pink kombinasi ungu serta ciput cokelat.

Tere melengkapi penampilannya dengan kacamata berukuran besar dan duduk di dalam bajaj. Dalam sesi wawancara khusus dengan Showbiz Liputan6.com lewat aplikasi Skype baru-baru ini, Tere bercerita soal momen mantap berjilbab.

Pelantun "Awal Yang Indah" dan "Mengapa Ini Yang Terjadi" ini melewati proses panjang sampai akhirnya menutup aurat. Tere ingat betul kapan kali pertama mengenakan jilbab.

6 Januari 2017

Theresia Ebenna kini tampil cantik dengan hijab setelah mantap berhijrah. (Sumber: Kapanlagi/Instagram/@teretorial)
Theresia Ebenna kini tampil cantik dengan hijab setelah mantap berhijrah. (Sumber: Kapanlagi/Instagram/@teretorial)

"Saya berhijab sejak 6 Januari 2017 setelah melewati proses panjang. Saya membayangkan proses pakai jilbab itu seperti main gim. Satu tahap atau babak permainan terselesaikan, kita mendapat hint atau petunjuk berikutnya," ujar Tere.

Satu demi satu babak diselesaikan, Tere pun semakin dewasa secara rohani. Keinginan menutup aurat makin mantap. "Dulu saya sering stuck, tapi sekarang lebih konsisten," imbuhnya.

Musik dan Ilmu Frekuensi

Theresia Ebenna kini tampil cantik dengan hijab setelah mantap berhijrah. (Sumber: Kapanlagi/Instagram/@teretorial)
Theresia Ebenna kini tampil cantik dengan hijab setelah mantap berhijrah. (Sumber: Kapanlagi/Instagram/@teretorial)

Tere kemudian mantap meninggalkan industri musik pop yang dulu membuatnya populer. Untuk yang satu ini, Theresia Ebenna Ezeria Pardede punya pendapat sendiri.

"Sebenarnya saya selalu menilai semua ilmu datangnya dari Allah termasuk ilmu frekuensi. Nah, ilmu frekuensi itu salah satunya musik. Jadi musik sebenarnya ilmu ilahi," terang Tere.

Temukan Frekuensi Lain

Theresia Ebenna kini tampil cantik dengan hijab setelah mantap berhijrah. (Sumber: Kapanlagi/Instagram/@teretorial)
Theresia Ebenna kini tampil cantik dengan hijab setelah mantap berhijrah. (Sumber: Kapanlagi/Instagram/@teretorial)

Penyanyi kelahiran Jakarta, 2 September 1979, ini bersyukur telah mencicipi popularitas di industri musik pop Tanah Air. Lantas mengapa Tere kini meninggalkannya?

"Saya sudah merasakan frekuensi lain misalnya dengan salawat dan murottal ayat suci Al Quran. Jadi tidak perlu mempresentasikan perasaan saya dalam musik pop kayak dulu," beri tahu Tere.

Sudahkah Kita Bersyukur Hari Ini?

Theresia Ebenna kini tampil cantik dengan hijab setelah mantap berhijrah. (Sumber: Kapanlagi/Instagram/@teretorial)
Theresia Ebenna kini tampil cantik dengan hijab setelah mantap berhijrah. (Sumber: Kapanlagi/Instagram/@teretorial)

Namun ia menolak jika disebut 100 persen meninggalkan industri musik. "Saya terlibat dalam gerakan Akhwat Bersalawat dan Akhwat Bergerak bersama Teh Kadijah atau Peggy Melati Sukma. Gerakan Akhwat Bersalawat ini bentuk apresiasi saya terhadap ilmu frekuensi khususnya musik," imbuhnya. 

Berkarya lewat audio tetap dilakukan Tere namun tidak lagi di genre pop. Ia masih menulis beberapa lagu. "Lagu religi. Salah satunya berjudul 'Sudahkah Kita Bersyukur Hari Ini.' Saya perkenalkan lagu itu ke teman-teman saya," pungkas Tere.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Kebersamaan Lesty Kejora dan Ibunda, Selalu Kompak

Posted: 02 May 2020 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Para penikmat musik dangdut Tanah Air pasti sudah tidak asing lagi dengan sosok gadis jebolan Dangdut Academy musim pertama, Lesti Andryani atau yang lebih dikenal Lesty Kejora. Nama Lesty merupakan juara ajang pencarian bakat D'Academy musim pertama yang ditayangkan di Indosiar. Ia keluar sebagai pemenang pemenang D'Academy musim pertama ketika usianya masih 14 tahun. 

Meniti karier sejak 2014, kini pedangdut Lesty menjadi salah satu bintang dangdut berbakat dan kerap menghiasi layar kaca. Tak heran jika tak hanya aksi panggungnya saja yang diperhatikan publik, tetapi juga soal kehidupan pribadinya. Gadis berusia 20 tahun yang kini tampil anggun dengan hijab tersebut, cukup sering membagikan momen dirinya kumpul bareng keluarga. 

Gadis asal Bandung tersebut juga tak jarang memamerkan kedekatannya dengan orang tuanya meski sibuk mengisi berbagai acara. Kedekatannya dengan sang ibunda pun kerap ia bagikan di media sosial. Tak jarang jika Lesty dan ibunya tampil kompak dengan busana senada. 

Dilansir dari laman Instagram Lesty Kejora @lestykejora, berikut Liputan6.com rangkum potret kebersamaan pedangdut Lesty Kejora dan sang ibunda, Minggu (3/5/2020).

1. Sejak awal meniti karier, sosok keluarga memang sangat penting bagi Lesty termasuk ibunda tercinta, Sukartini.

Kebersamaan Lesty Kejora dan sang ibunda yang jarang tersorot. (Sumber: Instagram/@lestykejora)
Kebersamaan Lesty Kejora dan sang ibunda yang jarang tersorot. (Sumber: Instagram/@lestykejora)

2. Di berbagai kesempatan, Lesty dan ibunya sering tampil kompak dengan busana yang mirip.

Kebersamaan Lesty Kejora dan sang ibunda yang jarang tersorot. (Sumber: Instagram/@lestykejora)
Kebersamaan Lesty Kejora dan sang ibunda yang jarang tersorot. (Sumber: Instagram/@lestykejora)

3. Meski jarang tersorot, kedekatan Lesty dan ibunda sering ia bagikan dii laman Instagramnya.

Kebersamaan Lesty Kejora dan sang ibunda yang jarang tersorot. (Sumber: Instagram/@lestykejora)
Kebersamaan Lesty Kejora dan sang ibunda yang jarang tersorot. (Sumber: Instagram/@lestykejora)

4. Tak sedikit yang memuji kedekatan ibu dan anak ini karena dibilang begitu mirip.

Kebersamaan Lesty Kejora dan sang ibunda yang jarang tersorot. (Sumber: Instagram/@lestykejora)
Kebersamaan Lesty Kejora dan sang ibunda yang jarang tersorot. (Sumber: Instagram/@lestykejora)

5. Banyak penggemarnya yang menyebutkan jika Lesty dan ibunya justru bak kakak-adik.

Kebersamaan Lesty Kejora dan sang ibunda yang jarang tersorot. (Sumber: Instagram/@lestykejora)
Kebersamaan Lesty Kejora dan sang ibunda yang jarang tersorot. (Sumber: Instagram/@lestykejora)

6. Lesty Kejora memang menjadi salah satu pedangdut yang sangat dengan keluarganya.

Kebersamaan Lesty Kejora dan sang ibunda yang jarang tersorot. (Sumber: Instagram/@lestykejora)
Kebersamaan Lesty Kejora dan sang ibunda yang jarang tersorot. (Sumber: Instagram/@lestykejora)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peduli Penanganan COVID-19, Gerindra Sumut Serahkan APD ke Rumah Sakit

Posted: 02 May 2020 09:49 PM PDT

Liputan6.com, Medan Bantuan Alat Pelindung diri (APD) diserahkan ke Rumah Sakit (RS) Siti Hajar Medan. Bantuan diserahkan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra Provinsi Sumatera Utara (Sumut) sebagai bentuk kepedulian kepada tim medis dalam penanganan virus Corona COVID-19.

Ketua DPD Partai Gerindra Sumut, Gus Irawan Pasaribu mengatakan, selain menyerahkan APD ke RS Siti Hajar Medan, juga diserahkan kepada tiga Puskesmas yang berada di Ibu Kota Provinsi Sumut ini, yaitu Puskesmas Sei Agul, Puskesmas Kota Matsum, dan Puskesmas Pasar Merah.

"Bantuan APD ini sebagai bentuk kepedulian kami kepada tim medis di dalam menanganan COVID-19," kata Gus Irawan, Minggu (3/5/2020).

Ketua Satgas COVID-19 DPD Partai Gerindra Sumut, Kamsir Aritonang menambahkan, di RS Siti Hajar, bantuan APD diterima oleh dokter penanggung jawab COVID-19, yaitu dr Rizki Dian didampingi beberapa perawat.

"Diharapkan APD ini dapat dipergunakan sebaik mungkin. Kita terus berupaya membantu memberikan APD ke sejumlah rumah sakit dan Puskesmas," sebutnya.

Tidak hanya bantuan APD, Satgas COVID-19 DPD Gerindra Sumut juga aktif memberikan dan membagikan masker kepada masyarakat di jalanan. Inisiatif ini bertujuan mengajak masyarakat memetuhi protokol kesehatan penanganan dan pencegahan COVID-19.

"Agar setiap orang di luar rumah wajib memakai masker guna menghindari penyebaran COVID-19," ucapnya.

Diungkapkannya, semua relawan posko COVID-9 DPD Gerindra Sumut bergerak aktif ikut menyelesaikan permasalahan-permasalahan penanganan pandemi.

"Kita juga selalu koordinasi dengan lembaga-lembaga terkait melakui fraksi kita di legislatif," sebutnya.

Mewakili RS Siti Hajar Medan, dr Riski Dian, mengucapkan terima kasih atas bantuan APD tersebut. Diungkapkannya, APD akan langsung ditempatkan di ruang isolasi penanganan pasien COVID-19.

"Langsung kita gunakan bertugas," ujarnya.

 

Paket Sembako Tahan Dua

Dalam waktu dekat akan dilakukan pembagian sembako tahap dua kepada masyarakat Sumut yang terimbas perekonomiannya akibat pademi COVID-19.
Dalam waktu dekat akan dilakukan pembagian sembako tahap dua kepada masyarakat Sumut yang terimbas perekonomiannya akibat pademi COVID-19.

Sebelumnya DPD Partai Gerindra Sumut telah memberikan bantuan paket sembako dan masker kepada 500 kepala keluarga (KK) yang tinggal di Kota Medan.

Ketua DPD Gerindra Sumut, Gus Irawan Pasaribu mengatakan, bantuan diberikan sebagai bentuk kepedulian akibat COVID-19 yang saat ini telah ditetapkan sebagai pandemi global oleh Badan Kesehatan Dunia atau WHO.

"Pandemi COVID-19 ini berdampak kepada seluruh lapisan masyarakat, terutama masyarakat berpenghasilan tidak tetap," kata Gus Irawan di Kantor DPD Gerindra Sumut, Jalan DI Panjaitan, Medan, Rabu, 22 April 2020.

Bantuan yang diberikan digarapkan dapat meringankan beban masyarakat yang menerima untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sementara waktu. Pemberian bantuan yang dilakukan DPD Gerindra Sumut bukan baru kali ini saja, akan terus berlanjut.

"Kita juga sudah memberikan bantuan kepada tuna netra berupa uang tunai," ungkapnya.

Dalam waktu dekat akan dilakukan pembagian sembako tahap dua kepada masyarakat Sumut yang terimbas perekonomiannya akibat pademi COVID-19.

Masyarakat diingatkan menghindari kumpul-kumpul dan kerumunan, serta tetap menjaga jarak sesama guna menghindari kontak langsung untuk mencegah tertular COVID-19.

Saksikan juga video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ramadan, Prajurit TNI Bagikan Takjil di Tapal Batas

Posted: 02 May 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menebar kebaikan di bulan suci Ramadan dilakukan para Prajurit TNI Satgas Pamtas Yonif MR 411/Pdw Kostrad yang bertugas di perbatasan RI-PNG. Mereka ikut berbagi kepada masyarakat dengan membagikan takjil berbuka puasa. 

"Kegiatan berbagi takjil di tengah situasi pandemi virus Corona yang masih mewabah ini, digelar personel Satgas Pamtas untuk meringankan beban sesama saat berbuka puasa," kata Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/Pdw Kostrad Mayor Inf Rizky Aditya, Sabtu (2/5/2020)

Para prajurit TNI membagikan takjil berbuka puasa kepada pengendara yang melintas di depan pos penjagaan dan juga berkeliling ke rumah-rumah warga di Kampung Kirely, Distrik Ulilin.

Menurut Rizky, kegiatan bagi-bagi takjil ini selain sebagai salah satu bentuk serbuan teritorial di wilayah binaan, juga untuk mendekatkan diri dan mempererat tali silaturahmi dengan warga setempat. 

"Takjil berupa bubur kacang hijau yang dibagikan sekitar 100 bungkus ini bisa membantu warga untuk berbuka puasa. Apa yang kami lakukan ini membantu warga, akan selalu menguatkan kebersamaan dan mengkokohkan kemanunggalan TNI-Rakyat," harapnya.

Selain berbagi takjil, para personel Satgas Pamtas juga memberikan edukasi kepada warga untuk rajin mencuci tangan, memakai masker saat beraktivitas di luar rumah, serta menjaga jarak aman. 

Imbauan Memakasi Masker

Prajurit TNI Yonif 411 Kostrad Bagikan Takjil di Tapal Batas (Foto: Istimewa)
Prajurit TNI Yonif 411 Kostrad Bagikan Takjil di Tapal Batas (Foto: Istimewa)

Edukasi dan sosialisi ini diberikan karena masih adanya warga yang keluar rumah atau naik kendaraan  yang belum memakai masker.

"Himbauan-himbauan terus kita sampaikan untuk mencegah penyebaran dan memutus mata rantai Covid-19," kata Dansatgas Rizky Aditya

Kegiatan ini diapresiasi oleh Ibu Susilowati (47 th), salah satu warga Kampung Kirely. Dia mengucapkan terima kasih. 

"Kegiatan bagi-bagi takjil seperti ini, sangat  membuat kami rakyat yang tinggal di perbatasan terkesan dan bangga memiliki TNI, yang tidak henti-hentinya hadir menebar kebaikan bagi semua," tuturnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diberi Lampu Hijau, La Liga Spanyol Segera Bergulir Lagi?

Posted: 02 May 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Perdana Menteri Spanyol, Pedro Sanchez berharap kegiatan olahraga, terutama kompetisi segera pulih. Saat ini, kegiatan olahraga di Spanyol termasuk La Liga sedang berhenti lantaran pandemi virus corona.

"Saya lebih suka basket ketimbang sepak bola. Tetapi, semoga kegiatan olahraga segera bergulir. Semua tergantung keputusan federasi dan operator liga," kata Sanchez seperti dilansir Sportskeeda.

Pemerintah Spanyol mulai melonggarkan aturan lockdown di tengah pandemi corona Covid-19. Pasalnya, angka kematian telah menurun drastis sejak awal April lalu.

Kabar tersebut tentu menggembirakan bagi mereka yang berkegiatan di dunia olahraga. Pasalnya, lockdown telah membuat sejumlah klub sepak bola termasuk klub La Liga misalnya, merugi.

Klub-klub La Liga kehilangan pemasukan dari tiket pertandingan dan hak siar televisi. Beberapa dari mereka bahkan harus memotong gaji pemain agar keuangan klub terselamatkan.

 

Beri Lampu Hijau

Enrique (92) dibawa oleh petugas medis ke ambulans setelah menunjukkan gejala terinfeksi virus corona COVID-19 di Madrid, Spanyol, Minggu (12/4/2020). Hingga Selasa (14/4/2020) pukul 10.29 WIB, Johns Hopkins University mencatatkan 449.949 pasein COVID-19 dinyatakan sembuh. (AP Photo/Olmo Calvo)
Enrique (92) dibawa oleh petugas medis ke ambulans setelah menunjukkan gejala terinfeksi virus corona COVID-19 di Madrid, Spanyol, Minggu (12/4/2020). Hingga Selasa (14/4/2020) pukul 10.29 WIB, Johns Hopkins University mencatatkan 449.949 pasein COVID-19 dinyatakan sembuh. (AP Photo/Olmo Calvo)

Saat ini, pemerintah Spanyol mulai mengizinkan para atlet berlatih secara individu. Pedro pun berharap, kompetisi bisa segera bergulir.

Sayangnya, Pedro menilai, pertandingan masih akan digelar tanpa penonton. Sayangnya, kita akan melihatnya lebih dini di televisi daripada di stadion," ujarnya mengakhiri.

Barcelona saat ini memimpin klasemen sementara Liga Spanyol. Mereka memiliki 58 poin, unggul dua nilai di atas Real Madrid.

Klasemen Liga Spanyol

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nurhadi Disebut Kerap Berpindah-pindah, Ketua KPK: Kita Lacak dan Kejar

Posted: 02 May 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menegaskan masih terus berusaha menyeret mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi ke markas lembaga antirasuah untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

"Kita berkomitmen untuk menyelesaikan perkara korupsi, termasuk para DPO yang terus kita cari," ujar Firli saat dikonfirmasi, Minggu (3/5/2020).

Nurhadi yang merupakan tersangka kasus dugaan suap dan gratifikasi penanganan perkara di MA hingga kini masih buron dan masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

Informasi yang beredar menyebutkan, tim KPK yang memburu Nurhadi kerap kehilangan jejak lantaran Nurhadi sering berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya.

Firli enggan mengomentari informasi tersebut. Namun, jenderal polisi bintang tiga ini menegaskan jika tim lembaga antirasuah selalu menindaklanjuti setiap informasi tentang keberadaan Nurhadi dan para DPO lainnya.

"Saya tegaskan, semua informasi terkait dugaan keberadaan para DPO, kita lacak dan kejar," kata Firli.

Sebelumnya, Ketua Presidium Indonesia Police Watch Neta S. Pane menyebut jika tim KPK sempat lima kali melacak keberadaan Nurhadi. Namun tim lembaga antirasuah tak berhasil menemukan Nurhadi.

"Buronan KPK itu berhasil meloloskan diri saat hendak ditangkap," kata Neta dalam keterangan persnya, Minggu (3/5/2020).

Diketahui, Nurhadi dijerat sebagai tersangka karena yang bersangkutan melalui Rezky Herbiono, diduga telah menerima suap dan gratifikasi dengan nilai Rp 46 miliar.

 

Suap dan Gratifikasi

Tercatat ada tiga perkara sumber suap dan gratifikasi Nurhadi, pertama perkara perdata PT MIT vs PT Kawasan Berikat Nusantara, kedua sengketa saham di PT MIT, dan ketiga gratifikasi terkait dengan sejumlah perkara di pengadilan.

Diketahui Rezky selaku menantu Nurhadi diduga menerima sembilan lembar cek atas nama PT MIT dari Direkut PT MIT Hiendra Soenjoto untuk mengurus perkara itu. Cek itu diterima saat mengurus perkara PT MIT vs PT KBN.

Ketiganya kini masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) lantaran kerap mangkir saat dipanggil baik sebagai saksi maupun tersangka. Meski demikian, ketiganya tengah mengajukan gugatan praperadilan di PN Jakarta Selatan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Rekaman Penangkapan Pelaku Teror Bom di Masjid

Posted: 02 May 2020 09:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Warga Palangka Raya Kalimantan Tengah digegerkan dengan teror benda mirip bom di masjid. Tak lama polisi berhasil meringkus terduga pelaku teror tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Makanan Berkadar Air Tinggi Ini Bisa Cegah Dehidrasi

Posted: 02 May 2020 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Masih banyak orang merasa khawatir tubuh akan mengalami dehidrasi saat menjalani puasa di bulan Ramadan. Masalah ini akhirnya bisa membatalkan puasanya.

Karena itulah, asupan air perlu diperhatikan selama puasa Ramadan. Jangan sampai tubuh mengalami dehidrasi dan akhirnya terpaksa batal.

Dilansir dari Gulf News, tak ada yang lebih baik dari air mineral. Namun, bagi orang-orang di bulan Ramadan, penting untuk mengambil tindakan pencegahan ekstra.

Untuk mengatasi hal ini, menambah asupan air dengan memakan makanan yang kaya air dapat menjadi solusi. Dengan demikian, tubuh kita segar dan terhidrasi sepanjang hari.

Selain lewat air minum ada beberapa makanan yang memiliki kadar air tinggi dan cocok dikonsumi pada Ramadan. Lima di antaranya adalah semangka, susu, sup, buah berkadar air tinggi, dan selada.

Semangka

Resep Es Buah Melon dan Semangka untuk Buka Puasa. (dok. screenshot Vidio.com @Kokiku TV)
Resep Es Buah Melon dan Semangka untuk Buka Puasa. (dok. screenshot Vidio.com @Kokiku TV)

Semangka terdiri dari 92 persen air. Cairan yang ditemukan dalam semangka termasuk garam, kalsium dan magnesium, yang merupakan komponen sempurna untuk menghidrasi kembali tubuh setelah seharian berpuasa.

Es semangka yang dipotong dadu, dengan parutan keju, dan daun mint dapat menjadi menu berbuka yang lebih menggiurkan.

Susu

Ilustrasi/copyrightshutterstock/Wichy
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Wichy

Susu sapi, susu almond, dan susu dari bahan lain merupakan sumber cairan yang baik. Siapkan semangkuk sereal yang disiram dengan susu setelah berbuka. Susu dikenal bagus untuk menambah jumlah kalsium dalam tubuh.

Selain itu, susu juga dapat menjaga tingkat hidrasi sepanjang hari. Ini juga merupakan minuman pascaolahraga yang bagus, karena membantu pemulihan setelah lelah berolahraga.

Sup Bening

Sup adalah salah satu makanan yang penting di setiap meja buka puasa. Jika dapat memilih, pilihlah sup bening daripada sup krim.

Ini cara yang bagus untuk meningkatkan asupan air dan tingkat energi serta memenuhi kebutuhan tubuh.

Buah Berkadar Air Tinggi Selain Semangka

Buah-buahan dengan kadar air tinggi dial antaranya jeruk, apel, nanas, dan buah persik. Buah-buahan ini dapat dimakan langsung atau dibuat jus.

"Ini akan membuat Anda terhidrasi lebih lama dan Anda bisa membuat dalam jumlah besar dan meminumnya lagi saat sahur."

Selada

Secara nutrisi tidak cukup efektif, selada jenis Iceberg mengandung 96 persen air. Selada ini bisa dimakan mentah atau dijadikan bahan tambahan untuk membuat salad.

"Jadi, jika Anda kurang suka sup, berbuka puasa dengan salad yang enak bisa menjadi pilihan. Tambahkan beberapa mentimun dan tomat untuk meningkatkan kadar air."

(Health Liputan6.com/Ade Nasihudin Al Ansori/Benedikta Desideria)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Istri Jadi Mualaf, Ini 6 Potret Harmonis Keluarga Rama Michael

Posted: 02 May 2020 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bagi umat muslim, bulan suci Ramadhan kali ini tentunya terasa berbeda karena adanya virus Corona Covid-19. Pasalnya, virus tersebut membuat umat Islam tak bisa berkumpul dan beribadah di masjid untuk menghindari penyebaran virus. Bahkan ada aturan dari pemerintah untuk melarang adanya mudik lebaran. Sejumlah selebriti pun merasakannya. 

Meski bulan Ramadhan kali ini terasa cukup sedih, namun tetap ada hal-hal yang patut disyukuri. Hal ini pula yang dirasakan oleh Rama Michael. Di bulan penuh ampunan ini, sang istri, Chika Friska Sanjaya resmi menjadi seorang mualaf.

Pasangan selebriti yang menikah pada 9 Desember 2012 ini selama ini menjalani pernikahan dengan keyakinan yang berbeda. Namun, kin Chika memutuskan mengikuti keyakinan sang suami untuk menjadi seorang muslimah.

"Istri Alhamdulillah mualaf. Cuma sama mertua masih beda (agama)," kata Rama Michael, ditemui di kawasan Jalan Kapten P Tendean, Jakarta Selatan, Kamis (30/5/2020).

Meskipun menjalani pernikahan dengan keyakinan yang berbeda selama 8 tahun, bahtera rumah tangga Rama dan Chika jauh dari kabar miring. Seperti apakah potret harmonis keluarga selebriti Rama dan Chika? Berikut selengkapnya dirangkum oleh Liputan6.com, Minggu (3/5/2020).

1. Sejak menikah pada 9 Desmber 2012, rumah tangga Rama Michael dan Chika Friska Sanjaya jauh dari gosip miring.

Potret harmonis keluarga Rama Michael dan Chika Friska Sanjaya. (Sumber: Instagram/rama_michael)
Potret harmonis keluarga Rama Michael dan Chika Friska Sanjaya. (Sumber: Instagram/rama_michael)

2. Meski jalani pernikahan dengan keyakinan yang berbeda selama 8 tahun, Rama dan Chika nampak tetap harmonis.

Potret harmonis keluarga Rama Michael dan Chika Friska Sanjaya. (Sumber: Instagram/rama_michael)
Potret harmonis keluarga Rama Michael dan Chika Friska Sanjaya. (Sumber: Instagram/rama_michael)

3. Kini, Chika dikabarkan telah mengikuti keyakinan sang suami menjadi mualaf.

Potret harmonis keluarga Rama Michael dan Chika Friska Sanjaya. (Sumber: Instagram/chikachic7)
Potret harmonis keluarga Rama Michael dan Chika Friska Sanjaya. (Sumber: Instagram/chikachic7)

4. Selama mengarungi bahtera rumah tangga, dua sejoli ini telah dikaruniai empat orang anak.

Potret harmonis keluarga Rama Michael dan Chika Friska Sanjaya. (Sumber: Instagram/rama_michael)
Potret harmonis keluarga Rama Michael dan Chika Friska Sanjaya. (Sumber: Instagram/rama_michael)

5. Meski Rama memiliki jadwal syuting yang padat, namun ia tetap menyempatkan waktu untuk family-time bersama.

Potret harmonis keluarga Rama Michael dan Chika Friska Sanjaya. (Sumber: Instagram/rama_michael)
Potret harmonis keluarga Rama Michael dan Chika Friska Sanjaya. (Sumber: Instagram/rama_michael)

6. Potret lengkap keluarga Rama Michael dan Chika Friska Sanjaya, hangat dan harmonis.

Potret harmonis keluarga Rama Michael dan Chika Friska Sanjaya. (Sumber: Instagram/chikachic7)
Potret harmonis keluarga Rama Michael dan Chika Friska Sanjaya. (Sumber: Instagram/chikachic7)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penjelasan Ketua Gugus Kuratif COVID-19 Terkait Isu Rokok Sampoerna

Posted: 02 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - PT HM Sampoerna Tbk  telah mengeluarkan keterangan tentang karantina produk rokoknya dalam waktu lima hari sebelum ke pasaran. Keterangan ini terkait kejadian ada karyawannya yang positif terinfeksi COVID-19.

Ketua Gugus Kuratif COVID-19 Jatim, Joni Wahyuhadi menuturkan, ilmuwan terus mengembangkan penelitian mengenai virus Sars-CoV-2 yang menyebabkan COVID-19. Ia menuturkan, dari hasil penelitian daya tahan virus di media kertas sekitar tiga jam.

"Semua para ahli mengatakan ini makhluk baru. Walaupun ada nenek moyangnya tapi ini baru," ujar Joni di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Sabtu malam, 2 Mei 2020.

Berbagai percobaan dalam dunia ilmu pengetahuan tentang virus ini terus dikembangkan mengikuti kaidah-kaidah ilmiah.

"Jadi kalau baca di banyak media, ada yang tahan di baju sekian lama dan tahan di kulit sekian lama, semuanya itu berdasarkan percobaan mereka atau asumsi mereka," ujar dia.

Sejauh ini, lanjut Joni, ia belum pernah melihat ada multi center study. Menurut penelitian, perilaku virus Sars-CoV-2 bisa terus berkembang. Karena virus corona baru merupakan hal baru. Namun secara prinsip, virus hanya akan hidup di benda hidup.

"Jadi perilaku virus itu, secara prinsip dia hanya hidup di benda hidup. Itu keyword-nya," ucap Joni. 

Joni mengatakan, kalau virus COVID-19 ini tidak di benda hidup, virus ini akan mengakhiri hidupnya. COVID-19 ini bukan benda hidup, virus ini menggunakan protein kemudian dibungkus oleh lemak.

"Jadi dia akan mati kalau lemaknya degradasi. Ini sumber dari penelitian mereka atau asumsi mereka," ujar Joni. 

 

Selanjutnya

Konferensi pers perkembangan kasus virus corona baru yang memicu COVID-19 di Gedung Grahadi, Sabtu (2/5/2020) (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Konferensi pers perkembangan kasus virus corona baru yang memicu COVID-19 di Gedung Grahadi, Sabtu (2/5/2020) (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Berdasarkan penelitian pula, virus pemicu COVID-19 bisa bertahan hidup di atas benda mati dalam waktu terbatas. "Bisa dilihat di mana dia bisa bertahan hidup dalam tanda petik. Kalau di paper tiga jam,  tapi jangan percaya 100 persen dengan tiga jamnya. Ini retorika," ucap Joni. 

Joni melanjutkan, kemudian di uang kertas, COVID-19 bertahan selama empat hari, di karton 24 jam, baju 2 hari, stainless steel 2 sampai 3 hari, dan gelas 4 hari. Maka jika ada pasien melakukan isolasi mandiri, gelasnya harus sendiri harus dicuci dengan sabun supaya lemaknya rusak. Sehingga Covid-19 bisa hilang. 

"Penelitian ini masih belum 100 persen benar. Melainkan sebuah asumsi penelitian. Makanya karena ini barang baru COVID-19 akan terus berkembang dan saya yakin suatu saat akan ada ilmu yang hampir mendekati kepastian. Jadi kalau rokoknya itu dibungkus oleh paper atau tissue paper ya itu jamnya menurut penelitian. Nanti cari jurnal lagi," ujar Joni.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Komedian Bopak Castello Punya Kebun yang Super Luas

Posted: 02 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bopak Castelllo dikenal sebagai komedian serba bisa. Namanya mulai dikenal sejak tahun 2013. Pada tahun 2014, Bopak seolah mencapai puncak karier-nya. Wajahnya kerap wara-wiri di berbagai acara komedi di televisi. 

Kini, Bopak Castello menikmati buah dari hasil kerja kerasnya. Setelah selesai membangun 'istana' impiannya. Bopak diketahui juga memiliki sebuah kebun yang cukup luas di kawasan puncak.

Hal tersebut diketahui dari unggahan video di kanal Youtube Boim Lebon. Berikut informasi soal kebun luas yang dimiliki Bopak Castello selengkapnya:

 

Punya Kebun Luas

Bopak Castello di kebunnya
Bopak Castello di kebunnya

Dalam video berjudul 'Kebun Pelawak Bopak di Mega Mendung' Bopak terlihat mengunjungi kebun miliknya yang belum lama ia beli.

Kebun yang berada di daerah Mega Mendung Cipayung ini, diketahui memiliki luas sekitar 2.000 meter persegi.

 

Ditanami Beberapa Tumbuhan

Bopak Castello di kebunnya
Bopak Castello di kebunnya

Dari video tersebut terlihat areal kebun milik Bopak yang berada di pinggir sungai itu ditanami berbagai tumbuhan seperti pohon pisang, pohon singkong, pohon kelapa, dan lain sebagainya.  

 

Enggak Sengaja Beli

Bopak Castello di kebunnya
Bopak Castello di kebunnya

Bopak mengatakan dirinya sebenarnya tak berencana untuk membeli tanah atau kebun. Hanya saja, waktu itu ada seseorang yang menawarkan kepadanya. 

"Jadi enggak sengaja, ini yang punya tanah dulunya mau nikahin anaknya kayaknya terus di Wawan langsung nawarin 'Pak mau beli gak tuh'," ungkap Bopak.

 

Harga Rp250 Juta

Bopak juga mengatakan bahwa dirinya harus menjual satu mobil jenis Fortuner miliknya untuk bisa membeli kebun tersebut. Ia menambahkan, membeli kebun tersebut dengan harga kurang lebih Rp250 juta.  

"Ya seharga Rp250 juta an lah, karena tanah ini kan sekitar segitu," kata Bopak. 

 

Baru Bangun Rumah

Belum lama ini, dalam video yang diunggah di kanal Youtube Bopak Castello ia pernah menunjukkan progress pembangunan rumah baru miliknya. Ia mengatakan rumah impiannya tersebut ia bangun dari hasil jerih payahnya.  

Dalam video yang berjudul 'Istana Ku Mulai Rampung - Bopak Castello' ini menunjukkan kalau rumah baru milik Bopak masih dalam proses pembangunan dan belum sepenuhnya selesai. Ia mengatakan pembangunan rumah ini ia jadikan sebagai semangat dan penghargaan atas kerja kerasnya.

 Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Bunga dan Sujud Syukur 2 Polisi Usai Kalahkan Corona

Posted: 02 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dua orang polisi di Batam, Kepulauan Riau dinyatakan sembuh dari Covid-19. Keduanya langsung bersujud syukur usai dinyatakan sembuh.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lion Air Batal Buka Layanan Penerbangan bagi Penumpang Hari Ini, Apa Alasannya?

Posted: 02 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Lion Air, Wings Air, dan Batik Air semula akan mengoperasikan layanan penerbangan penumpang dengan perizinan khusus untuk rute domestik pada hari ini, Minggu (3/5/2020). Namun, rencana tersebut urung dilakukan. Apa alasannya?

Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro menyatakan penundaan operasional exemption flight Lion Air Group berlaku hingga pemberitahuan selanjutnya. Penundaan terjadi, sambung Danang, karena dibutuhkan persiapan-persiapan yang lebih komprehensif.

"Agar maksud dan tujuan pelaksanaan penerbangan tersebut tetap berjalan sesuai ketentuan berlaku serta memenuhi unsur-unsur keamanan dan keselamatan penerbangan, termasuk tidak menyebabkan penyebaran corona virus disease (Covid-19)," katanya dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Sabtu, 2 Mei 2020.

Ia mengatakan hingga saat ini, pihaknya selalu berkoordinasi dengan regulator dan berbagai pihak untuk menggolkan rencana penerbangan.

"Sehingga bisa memenuhi kebutuhan transportasi udara sesuai Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi selama masa angkutan udara Idul Fitri periode 1441 Hijriah dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19," ujar Danang.

Ia meminta maaf atas ketidaknyamanan yang timbul. Danang mengimbau agar calon penumpang yang sudah membeli tiket pesawat atau mereservasi perjalanan, untuk memproses pengembalian dana. Ada tiga opsi, yakni melalui kantor penjualan tiket Lion Air Group, layanan kontak pelanggan dan saluran pembelian lainnya tempat membeli tiket.

Layani Pebisnis

Pesawat maskapai Lion Air terparkir di areal Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Kamis (16/5/2019). Berdasarkan hasil Rapat Koordinasi antara Kementerian Bidang Perekonomian dan Kementerian Perhubungan memutuskan tarif batas atas tiket pesawat turun sebesar 12-16 persen. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Pesawat maskapai Lion Air terparkir di areal Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Kamis (16/5/2019). Berdasarkan hasil Rapat Koordinasi antara Kementerian Bidang Perekonomian dan Kementerian Perhubungan memutuskan tarif batas atas tiket pesawat turun sebesar 12-16 persen. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, Lion Air Group menyebut telah mendapat operasional perizinan khusus (exemption flight) untuk membantu penumpanng mendapatkan akses penerbangan. Tetapi, penerbangan itu ditujukan hanya untuk melayani pebisnis, bukan untuk mudik.

Sejumlah syarat disampaikan agar tidak disalahgunakan penumpang dalam masa pandemi Covid-19 yang berakibat larangan mudik nasional. Persyaratannya sebagai berikut:

1. Surat keterangan sehat dari rumah sakit setempat, yang menerangkan bebas atau negatif Covid-19 dengan ketentuan maksimum tujuh hari setelah hasil uji keluar, telah melakukan rangkaian pemeriksaan melalui metode tes diagnostik cepat (rapid diagnostic test), Swab Test atau PCR (Polymerase Chain Reaction).

2. Terperinci mengisi surat pernyataan di rute PSBB atau Zona Merah yang disediakan oleh Lion Air Group.

3. Melampirkan surat keterangan perjalanan dari instansi/lembaga/perusahaan yang menjelaskan bahwa calon tamu atau penumpang bepergian menggunakan pesawat udara bukan untuk "mudik".

4. Bagi pedagang atau pengusaha logistik yang tidak memiliki instansi dapat membuat surat pernyataan untuk berdagang/transaksi secara benar.

5. Mengikuti ketentuan lain yang ditetapkan Pemerintah.

Bagaimana mengantisipasi calon penumpang yang mengakali aturan? "Kan bisa verifikasi mba," jawab Danang, beberapa waktu lalu.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Minuman yang Dapat Mengatasi Asam Lambung saat Puasa

Posted: 02 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Minuman yang dapat mengatasi asam lambung saat puasa perlu kamu ketahui. Apalagi buat kamu yang pada hari-hari biasa saja sudah sering terkena asam lambung. Tentunya mengonsumsi minuman yang dapat mengatasi asam lambung dapat membantu melancarkan ibadah puasa kamu.

Banyak terjadi orang yang sedang puasa harus membatalkan puasanya karena tiba-tiba asam lambungnya naik. Hal ini disebabkan karena mereka harus makan obat asam lambung untuk mengatasinya, padahal puasa adalah menahan makan dan minum.

Minuman yang dapat mengatasi asam lambung dapat melancarkan ibadah puasa kamu. Karena sedang berpuasa di siang harinya, kamu bisa mengonsumsi minuman-minuman ini saat waktu berbuka maupun waktu sahur.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang minuman yang dapat mengatasi asam lambung saat puasa dari berbagai sumber, Selasa (28/4/2020).

Air Mineral dan Jahe Hangat

Minuman Jahe Hangat | unsplash.com/@dominikmartin
Minuman Jahe Hangat | unsplash.com/@dominikmartin

Air Mineral

Minuman yang dapat mengatasi asam lambung saat puasa yang pertama adalah air mineral. Air Mineral selalu akan menjadi minuman yang dianjurkan untuk kesehatan. Hal ini disebabkan karena air mineral mudah didapat serta dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Karena itulah di bulan puasa kamu tentunya sering mendengar saran untuk banyak minum air putih, terutama saat sahur. Air mineral dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti asam labung, melancarkan pencernaan, dan melancarkan kerja usus dengan kandungan pH netralnya. Jadi kamu bisa mengonsumsi air putih sebagai minuman yang bisa mengatasi asam lambung.

Jahe Hangat

Jahe merupakan salah satu minuman yang dapat mengatasi asam lambung saat puasa. Selain itu, jahe memiliki sifat anti-inflamasi alami yang dapat mengatasi mulas dan berbagai masalah pencernaan lainnya. Dengan mengonsumsi jahe hangat, kamu bisa mengurangi gejala asam lambung saat berpuasa.

Teh Herbal dan Susu Rendah Lemak

Ilustrasi teh herbal (Dok.Unsplash)
Ilustrasi teh herbal (Dok.Unsplash)

Teh Herbal

Minuman yang dapat mengatasi asam lambung saat puasa selanjutnya adalah teh herbal. Teh herbal tidak hanya bisa mengatasi asam lambung, bahkan bisa juga mengatasi berbagai masalah pada perut seperti mual dan gas.

Produk teh herbal yang bebas dari kafein, seperti chamomile, licorice, serta elm licin sangat bagus untuk mengatasi asam lambung saat menjalankan ibadah puasa. Tapi jangan minum teh herbal spearmint atau peppermint karena mengandung kafein.

Susu Rendah Lemak atau Susu Nabati

Susu rendah lemak atau susu nabati sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Kamu bisa mengonsumsi susu kedelai dan susu almond yang dapat menurunkan asam lambung.

Susu kedelai bahkan mengandung lebih sedikit lemak dari kebanyakan produk susu. Sedangkan susu almond dapat menetralkan asam lambung. Tetapi kamu tidak dianjurkan untuk mengonsumsi susu sapi biasa karena susu sapi mengandung lemak yang tinggi sehingga sulit dicerna.

Air Kelapa dan Jus Buah atau Sayur

Air Kelapa / Sumber: iStockphoto
Air Kelapa / Sumber: iStockphoto

Air Kelapa

Minuman yang dapat mengatasi asam lambung saat puasa berikutnya adalah air kelapa. Air kelapa yang merupakan sumber elektrolit yang bermanfaat seperti potassium merupakan pilahan yang sangat bagus untuk penderita asam lambung. Air kelapa dapat meningkatkan keseimbangan pH dalam tubuh dan dapat mengendalikan asam lambung dengan kandungan elektrolitnya.

Jus Buah atau Sayur dengan Kandungan Asam Rendah

Dengan mengonsumsi jus buah yang kandungan asamnya rendah, kamu juga bisa mengatasi asam lambung. Buah ataupun sayuran seperti wortel, semangka, bayam, mentimun, kobis, atau pir dapat kamu jadikan jus dan sebagai minuman yang bisa mengatasi asam lambung. Kamu juga akan mendapatkan kesegaran dan gizi yang banyak dari konsumsi jus tersebut.

Jus buah dan sayuran tidak hanya segar dan lezat, namun juga sangat bergizi dan baik untuk menyembuhkan segala penyakit. Salah satunya untuk mengatasi asam lambung. Pilihlah buah yang tidak sedikit mengandung asam. Misalnya jus wortel, jus buah bit, semangka, bayam, mentimun, pir, atau kubis.

Itulah beberapa minuman yang dapat mengatasi asam lambung saat puasa yang bisa kamu konsumsi. Selalu perhatikan kesehatan saat melaksanakan ibadah puasa, sehingga tubuh senantiasa dalam keadaan sehat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Isak Tangis Iringi Kepergian Perawat Positif Corona di RSPI Sulianti Saroso

Posted: 02 May 2020 09:27 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Suasana haru mengiringi kepergian seorang perawat Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso Jakarta yang meninggal dunia usai terinfeksi virus Corona atau Covid-19. Dia wafat pada Sabtu 2 Mei 2020 sekitar pukul 09.20 WIB.

Berdasarkan video yang diterima Liputan6.com, Minggu (3/5/2020), RSPI Sulianti Saroso menggelar prosesi pengiringan jenazah sebagai bentuk penghormatan. Sebuah mobil ambulans berbendera kuning disiapkan.

Suasana pun diwarnai lantunan lagu Gugur Bunga karya Ismail Marzuki. Tampak rekan kerja sang perawat menangis sambil membawa foto almarhum.

Bunga makam pun ditabur selama kendaraan berjalan. Karangan bunga juga bertengger di sudut-sudut jalan keluar, salah satunya dari Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.

Seluruh pengiring jenazah yang hadir pun mengenakan masker selama proses tersebut. Salam penghormatan pun diberikan tenaga medis RSPI Sulianti Saroso, "Mas Hery, kami lanjutkan perjuanganmu."

Sebelumnya dikabarkan seorang perawat bernama Herry Susilo di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso Jakarta meninggal dunia karena virus corona (Covid-19).

"Beliau meninggal dunia pada Sabtu sekitar pukul 09.20 WIB," kata Direktur Utama RSPI Mohammad Syahril, Minggu (3/5/2020).

Syahril mengatakan perawat tersebut telah berjuang selama 20 hari dalam perawatan di RSPI bersama para pasien lainnya. "Beliau pahlawan kita semua," tegas Syahril.

Informasi dihimpun, perawat yang meninggal dunia itu bernama HS yang juga bertugas di RSPI Sulianti Saroso.

 

Belasan Perawat Meninggal

Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) mencatat hingga akhir April 2020, terdapat 18 perawat yang meninggal dunia karena terinveksi Covid-19.

Sebagian besar para perawat tersebut meninggal usai memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Zodiak yang Diklaim Bakal Jadi Ayah Terbaik

Posted: 02 May 2020 09:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sosok ayah memang penting dalam sebuah keluarga. Selain mendukung setiap aspek kehidupan, ayah juga berperan dalam mengurus dan membesarkan buah hati.

Sabar, dapat diandalkan, disayangi oleh anak-anaknya, dan membawa ketentraman dalam rumah menjadi kriteria yang wajib dimiliki para pria. Tak hanya sebagai sosok suami, seorang wanita juga mengidamkan pria yang bisa menjadi ayah yang baik bagi keluarga kecilnya kelak.

Artikel tentang zodiak yang diklaim bakal jadi ayah terbaik menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang cara sholat Tarawih di rumah.

Sementara itu artikel ketiga terpopuler tentang 6 pertanyaan nyeleneh netizen tentang hal yang membatalkan puasa.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Super Sabar, 5 Zodiak Ini Diklaim Bakal Jadi Ayah Terbaik

Buat suami jatuh cinta berulang-ulang kali karena kualitas diri Anda yang begitu istimewa. Gimana caranya?
Buat suami jatuh cinta berulang-ulang kali karena kualitas diri Anda yang begitu istimewa. Gimana caranya?

Ternyata ada sejumlah zodiak yang diklaim akan menjadi ayah terbaik. Penasaran zodiak apa saja?

Selengkapnya...

2. Panduan Sholat Tarawih di Rumah, Lengkap dengan Bacaan Niat dan Witir

Ilustrasi Salat tahajud Credit: shutterstock.com
Ilustrasi Salat tahajud Credit: shutterstock.com

Sholat tarawih adalah ibadah sunnah yang dikerjakan di setiap malam pada Ramadhan atau bulan puasa. Biasanya umat muslim menjalankan sholat tarawih di masjid pada bulan Ramadan. 

Namun, di Ramadan tahun ini umat muslim harus menjalaninya di rumah. Waktu pelaksanaan sholat tarawih selepas sholat isya.

Selengkapnya...

3. Nyeleneh, 6 Pertanyaan Warganet Soal Hal yang Membatalkan Puasa

foto: @hellodeff
foto: @hellodeff

Memang rupanya ada banyak hal yang tanpa disadari bisa membuat puasa batal. Hal ini membuat banyak orang yang lantas was-was. Maka tak sedikit dari mereka yang bertanya seputar hal-hal yang bisa membatalkan puasa tersebut.

Namun alih-alih pertanyaan serius, tak sedikit yang justru bertanya tentang hal yang cukup nyeleneh. Melalui Twitter, tak sedikit warganet yang bertanya apakah hal-hal nyeleneh tersebut bisa membatalkan puasa yang dijalani.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ingin Pulangkan Neymar, Barcelona Harus Pertahankan Arthur Melo

Posted: 02 May 2020 09:20 PM PDT

Barcelona - Legenda sepak bola Brasil, Rivaldo, sarankan Barcelona pertahankan gelandang Brasil, Arthur Melo, yang dikabarkan akan hengkang dari Camp Nou.  Menurut Rivaldo, misi memulangkan Neymar dari Paris Saint-Germain bakal lebih mulus jika Arthur tetap dipertahankan di Camp Nou.  

Barcelona masih ngebet memulangkan Neymar pada bursa transfer musim panas 2020. Tahun lalu, upaya Barca gagal karena PSG ngotot emoh melepaskan bintang asal  Brasil itu. 

PSG kemungkinan juga tidak akan melepas Neymar begitu saja pada akhir musim ini. Tapi, asalkan Barcelona menyodorkan tawaran yang cocok, PSG akan melunak. Klub raksasa Prancis itu diprediksi lebih rela kehilangan Neymar daripada harus kehilangan Kylian Mbappe yang jadi incaran Real Madrid.  

Presiden Barcelona, Josep Bartomeu, belum lama ini mengakui akan menggunakan tambahan opsi pertukaran pemain untuk mendatangkan incaran yang berbanderol tinggi, seperti Neymar. 

Seperti dilansir Express, Sabtu (2/5/2020), Barcelona kemungkinan akan menyodorkan pemain sekaligus ke PSG agar bisa menebus Neymar dengan harga lebih murah.  Salah satu pemain yang dikabarkan bisa opsi masuk pertukaran tersebut yaitu Antoine Griezmann. 

Adapun Arthur Melo juga masuk daftar jual Barcelona untuk menambah kas di bursa transfer pemain. 

 

 

Bisa Merusak Peluang Pulangkan Neymar

Arthur Melo akan memperkuat Barcelona selama enam musim. (Bola.com/Twitter Barcelona)
Arthur Melo akan memperkuat Barcelona selama enam musim. (Bola.com/Twitter Barcelona)

Tapi, Ronaldo meyakini Barca harus membuat Arthur bertahan, karena sang gelandang punya hubungan baik dengan Neymar. 

"Banyak rumor tentang potensi transfer Barcelona di musim panas dan baru-baru yang disebutkan adalah Arthur," kata Rivaldo, yang diketahui juga punya hubungan baik dengan Neymar. 

"Saya yakin itu hanya rumor. Saya berharap Arthur tetap bertahan di sana untuk bertahun-tahun lagi. Dia bahkan belum genap dua musim di sana. Dia datang sebagai calon potensial penerus Xavi karena permainannya mirip. Jadi tak masuk akal menjualnya ketika sang pemain masih 23 tahun dan kariernya masih panjang." 

"Selain itu Arthur punya hubungan baik dengan Neymar dan menjualnya bisa merusak peluang Barca membawa pulang Neymar. Tentu saja, kepergian Arthur tak akan otomatis membatalkan kesepakatan Neymar karena dia punya banyak teman di Barcelona. Tapi, saya rasa penting mempertahankan skuad yang solid dan mempertahankan Arthur bisa membantu meyakinkan Neymar untuk kembali ke Barcelona," imbuh Rivaldo. 

Sumber: Express

Disadur dari: Bola.com (penulis/editor, Yus Mei Sawitri, published 3/5/2020)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

91 Juta Data Pengguna Tokopedia Dijual Rp 74 Juta di Dark Web

Posted: 02 May 2020 09:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tokopedia masih menjadi pembicaraan hingga saat ini karena upaya peretasan jutaan data penggunanya. Di Twitter, "Tokopedia" masuk ke daftar trending topic untuk region Indonesia.

Melalui sebuah pernyataan resmi, Tokopedia tidak menampik adanya upaya peretasan. Namun, perusahaan mengklaim kata sandi penggunanya masih terlindungi.

Memang, menurut tangkapan layar yang beredar dan diunggah oleh akun @underthebreach, si peretas mengaku perlu memecahkan fungsi hash yang mengonversi karakter kata sandi asli menjadi karakter tertentu. 

Terkini, si peretas menjual berkas dump data tersebut seharga 5 ribu USD atau sekitar Rp 74 jutaan--1 USD sekitar Rp 14.875--di Dark Web. Dump data tersebut memuat informasi sebagai berikut:

  • Jenis kelamin
  • Lokasi Nama pengguna (username)
  • Nama lengkap (full name)
  • Alamat email
  • Nomor telepon
  • Kata sandi yang dilindungi fungsi hash

Sejauh ini belum jelas apakah dump data itu juga memuat informasi kartu kredit pengguna yang dihubungkan ke akun Tokopedia mereka.

Apa itu fungsi hash?

Di dunia kriptografi, hash merupakan salah satu fungsi yang digunakan untuk menyimpan basis data, semisal nama pengguna (username) dan kata sandi (password).

Menyimpan informasi sensitif semacam itu dalam bentuk teks mentah sangat berisiko dan di sinilah fungsi hash bekerja.

Misalnya, jika kata sandi suatu akun adalah "IniKataSandi", sudah sepatutnya sistem tidak menyimpan informasi itu mentah-mentah. Dengan algoritma yang bersifat unik, informasi itu dikonversi menjadi susunan karakter tertentu yang jauh dari aslinya. 

Misalnya, "IniKataSandi" dikonversi menjadi "32@dela#!*as". Bagaimana proses konversi terjadi? Di sinilah peran algoritma yang bersifat unik di hash tersebut.

Lantas, apakah kata sandi pengguna bisa diketahui? Mungkin saja, asalkan, seperti disebutkan oleh si anggota forum tersebut, seseorang harus terlebih dahulu mampu memecahkan algoritma yang digunakan di hash pada berkas dump yang bocor itu.

Hal ini tentu bukan perkara semudah membalikkan tangan, tetapi untuk berjaga-jaga, pengguna Tokopedia sangat disarankan untuk memperbarui kata sandinya.

Selain itu, jika pengguna memakai kata sandi dan alamat email yang sama di Tokopedia untuk layanan lainnya, sebaiknya ia juga melakukan pembaruan kata sandi yang berbeda.

Tanggapan Tokopedia

Tokopedia menanggapi isu peretasan data penggunanya. Nuraini Razak, VP of Corporate Communications, Tokopedia, menyebut perusahaan selalu berupaya untuk menjaga kerahasiaan data pengguna.

"Bisnis Tokopedia adalah bisnis kepercayaan. Keamanan data pengguna merupakan prioritas utama Tokopedia," kata Nuraini dalam sebuah pernyataan.

Lebih lanjut, Nuraini mengakui adanya upaya pencurian data terhadap pengguna Tokopedia.

"Namun Tokopedia memastikan, informasi penting pengguna, seperti password (kata sandi), tetap berhasil terlindungi," tutur Nuraini.

Dia mengatakan, kata sandi dan informasi vital lainnya tetap terlindungi berkat penerapan enkripsi. Namun, perusahaan juga menyarankan pengguna untuk melakukan penggantian kata sandi secara berkala.

"Tokopedia juga menerapkan keamanan berlapis, termasuk dengan OTP yang hanya dapat diakses secara real-time oleh pemilik akun, maka kami selalu mengedukasi seluruh pengguna untuk tidak memberikan kode OTP kepada siapa pun dan untuk alasan apa pun," ujar Nuraini.

Menutup pernyataannya, Nuraini menyebut perusahaan tengah melakukan penyelidikan lebih lanjut dan sejauh ini belum ada informasi lain yang dapat kami sampaikan.

(Why/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Quraish Shihab: Selektif Saat Menerima Ajakan untuk Melaksanakan Ajaran Agama

Posted: 02 May 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cendikiawan muslim Quraish Shihab menjelaskan, sebuah dakwah adalah ajakan untuk melaksanakan ajaran agama. Untuk itu selektiflah saat memilih dari siapa kita menerima pelajaran. 

Lebih lanjut dia mengungkapkan, bahwa sebuah pengetahuan dinilai tidak wajar apabila diterima dari empat orang yang berpandangan picik dan tidak objektif. 

"Contohnya pembohong. Meski dia tidak berbohong dalam penyampaiannya menyangkut ayat dan hadis rasulullah," ucap Quraish Shihab.

Dan dari seorang ulama atau kiai yang memiliki keutamaan dan kebajikan, jikalau mereka tidak mengetahui tempat yang tepat dan sasaran yang dituju. 

Menurut Quraish Shihab, ulama adalah seseorang yang pembicaraannya selalu sesuai dengan tuntunan agama baik tempat dan waktunya.

"Seseorang yang memiliki pengetahuan, semestinya memiliki wibawa, ketenangan dan rasa takut kepada Allah. Karena ilmu adalah cahaya yang tidak akan menerangi kecuali patuh kepada Allah," kata Pendiri Pusat Studi Alquran ini. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Real Madrid Akan Kembali Berlatih Mulai 11 Mei

Posted: 02 May 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Real Madrid bersiap untuk kembali memulai sesi latihan. Latihan bakal berlangsung di fasilitas klub, kompleks Valdebebas mulai 11 Mei 2020.

Sebelumnya, Real Madrid adalah salah satu tim pertama di Liga Spanyol yang menghentikan sesi latihan. Keputusan itu diambil setelah pebasket Real Madrid, Trey Thompkins, dinyatakan positif terkena corona Covid-19.

Pandemi corona Covid-19 kemudian juga berdampak kepada Liga Spanyol. Kompetisi yang ditangguhkan sejak 12 Maret lalu itu ditangguhkan tanpa batas waktu.

Namun setelah lebih dari sebulan melawan virus yang mematikan tersebut, segalanya mulai terlihat positif. Sudah ada rencana untuk melanjutkan kompetisi di Negeri Matador tersebut.

Liga Spanyol bertekad untuk menyelesaikan musim ini. Klub-klub pun diharapkan bisa mulai kembali berlatih pekan depan, salah satunya Real Madrid.

 

 

Protokol Kesehatan

Para pemain Real Madrid saat mengikuti sesi latihan tim di Valdebebas di Madrid, Spanyol, Selasa, (25/2/2020). Real Madrid akan menjamu wakil Inggris, Manchester City pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Bernabeu. (AP Photo/Oscar Del Pozo)
Para pemain Real Madrid saat mengikuti sesi latihan tim di Valdebebas di Madrid, Spanyol, Selasa, (25/2/2020). Real Madrid akan menjamu wakil Inggris, Manchester City pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Bernabeu. (AP Photo/Oscar Del Pozo)

Marca dalam laporannya, Sabtu (2/5/2020), menyebut kompleks Valdebebas sudah menerapkan sejumlah protokol kesehatan. Di antaranya penerapan isolasi yang lebih ketat dan pengurangan staf klub yang berada di antara para pemain serta jajaran pelatih.

Area bersama yang ada di kompleks Valdebebas juga tidak difungsikan untuk sesi latihan tersebut. Sebelum kembali berlatih, semua staf dan pemain akan mengikuti tes corona Covid-19.

Saat ini, para pemain Real Madrid masih menjalani latihan mandiri di rumah masing-masing.

 

 

Peringkat Kedua

Sebelum kompetisi ditangguhkan, Real Madrid berada di posisi kedua klasemen sementara Liga Spanyol. Skuat racikan Zinedine Zidane itu mengoleksi 56 poin atau tertinggal dua poin dari Barcelona.

Berikut Klasemen Liga Spanyol:

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Simpan Ribuan Botol Miras, Sebuah Restoran di Cengkareng Disegel Petugas

Posted: 02 May 2020 09:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Petugas gabungan Satpol PP bersama TNI dan Polri merazia salah satu restoran di wilayah Cengkareng, Jakarta Barat pada Sabtu (2/5/2020) malam. Sebanyak 1.347 botol minuman keras (miras) disita dari restoran tersebut.

Kasatpol PP Provinsi DKI Jakarta Arifin mengatakan, pihaknya masih menemukan sebuah restoran yang menjual minuman beralkohol pada bulan suci Ramadan. Salah satunya berada di kawasan Taman Palem.

"Kami menyita sebanyak 1.347 botol minuman beralkohol berbagai merek," kata dia dalam keterangan tertulis, Minggu (3/5/2020).

Arifin menilai, restoran ini melanggar Pergub No 18 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Usaha Kepariwisataan serta tidak mematuhi kebijakan Pergub No 33 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam Penanganan Covid-19. Pihaknya pun mengambil tindakan menyegel tempat usaha tersebut.

"Restoran itu tidak menjalankan protokol kesehatan, masih menyediakan makanan di tempat, tidak menggunakan sarung tangan, masker dan sebagainya. Kami sudah berikan surat peringatan tapi tak diindahkan. Hari ini kami segel," ujar dia.

Dia menambahkan, dalam kegiatan ini pihaknya mengerahkan 30 personel dari Satpol PP dari Provinsi juga tingkat kota Jakarta Barat, serta melibatkan 20 personel dari TNI dan Polri.

Tingkatkan Pengawasan Wilayah

Pihaknya akan terus meningkatkan pengawasan wilayah mulai dari tingkat kelurahan, kecamatan, tingkat kota dan provinsi. Apalagi selain dalam masa PSBB, saat ini umat muslim juga sedang menjalankan ibadah puasa

"Selanjutnya miras dibawa ke gudang satpol PP Jakarta Barat di Kebon Jeruk untuk disita. Kami juga akan terus melakukan pengawasan secara rutin," tandasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BMKG Juanda: Surabaya Bakal Cerah Berawan Sepanjang Hari

Posted: 02 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda memperkirakan, Surabaya, Jawa Timur cerah berawan sepanjang hari pada Minggu, (3/5/2020).

Mengutip laman BMKG Juanda, sebagian besar wilayah di Surabaya akan cerah berawan sepanjang hari. Suhu di Surabaya akan berada di kisaran 26-34 derajat celsius dengan kecepatan angin 30 KM per jam. Kelembaban 60-90 persen.

Demikian juga di Sidoarjo, cuaca akan cerah berawan sepanjang hari. Suhu di Sidoarjo berada di kisaran 26-34 derajat celsius dengan kecepatan angin 30 KM per jam. Kelembaban 65-85 persen.

Di Lamongan, cuaca juga akan cerah berawan dari pagi hari hingga malam hari. Suhu di Lamongan berada di kisaran 25-34 derajat celsius dengan kecepatan angin 30 KM per jam. Kelembaban di kisaran 60-90 persen.

Sementara itu, di Gresik, hujan lokal akan terjadi pada pukul 13.00 WIB. Cuaca akan cerah berawan dari sore hari hingga malam hari. Suhu akan mencapai 26-34 derajat celsius dengan kecepatan angin 30 KM per jam. Kelembaban sekitar 60-90 persen.

Waspadai Hujan Intensitas Sedang hingga Lebat

Ilustrasi Hujan (iStockphoto)
Ilustrasi Hujan (iStockphoto)

BMKG Juanda juga merilis peringatan dini tiga harian untuk mewaspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat. Pada siang hari hingga sore hari di Kabupaten Malang, Batu, Kabupaten Probolinggo, Lumajang dan Bondowoso.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PSBB Jabar Momentum untuk Tes Masif COVID-19

Posted: 02 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Pemerintah Jawa Barat (Jabar) akan melaksanakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) bagi semua kabupaten dan kota mulai Rabu (6/5/20). Hal tersebut menjadi momentum untuk melaksanakan tes masif COVID-19 dengan metode teknik reaksi rantai polimerase (polymerase chain reaction/PCR) atau tes swab.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, pelaksanaan PSBB tingkat provinsi akan efektif apabila disertai dengan tes masif. Sebab, pergerakan masyarakat mulai menurun sehingga potensi penularan COVID-19 lebih rendah. Saat ini, Jabar dapat melakukan tes swab sebanyak 40.000.

"PSBB ini hanya efektif kalau disertai tes masif. Tes masif dilakukan untuk menemukan apakah persebaran ini lokal atau imported case. PSBB Provinsi, larangan mudik, ditambah tes masif, PCR dihabiskan 40 ribu, Insyaallah Jabar bisa mengendalikan (COVID-19) jauh lebih baik," kata Kamil dalam keterangan resminya, Bandung, Minggu (3/5/2020).

Kamil menyatakan, PSBB Jabar berada pada momen yang pas karena saat ini tren penularan sedang menurun sebagai dampak positif PSBB di berbagai kawasan seperti DKI Jakarta, Bodebek, Bandung Raya, serta kawasan lain di Pulau Jawa. Berdasarkan data yang diperolehnya, kurva penyebaran COVID-19 sudah mulai melandai di Jawa Barat.

 

 

Pembatasan pada 27 Daerah

Kamil mengatakan rata-rata maksimal setiap daerah yang melaksanakan PSBB, statistik COVID-19 di angka 40 kasus. Bahkan, pada Kamis (30/4/20), tercatat penambahan hanya tiga kasus.

"Di hari Jumat kemarin (1/5/20), penambahan nol kasus. Kemarin hari yang istimewa, mudah-mudahan kita berdoa tren menurun ini bisa kita jaga dengan baik. Lompatan kasus akibat kasus positif impor (imported case) karena hilir mudik warga yang mudik dari zona merah saat ini sedang menurun," kata Kamil. 

Pintu antarwilayah dan pergerakan pada 27 daerah akan dibatasi, berbarengan dengan momentum pelarangan mudik. Hal itu dibarengi dengan turunnya imported case kasus-kasus COVID-19.

PSBB Harus Disertai Kepatuhan Warga

Berdasarkan survei PSBB di Bodebek dan Bandung Raya, pergerakan manusia masih tercatat 50 persen. Sehingga pada PSBB Jabar, bupati dan wali kota sudah satu visi dengan Gubernur untuk menargetkan pergerakan manusia hanya 30 persen.

"Diskresi akan diberikan kepada bupati dan wali kota yang akan mengecualikan kegiatan-kegiatan. Setelah kami kaji, pengecualian-pengecualian kegiatan ini tidak bisa disamakan. Karena itu, saya persilahkan bupati dan wali kota mengeluarkan surat keputusan pengecualian kegiatan-kegiatan selama menjamin bahwa pergerakan manusia di kabupaten dan kota tidak lebih dari 30 persen," ucap Kamil.

PSBB Jabar harus pula disertai dengan kepatuhan dan kedisiplinan warga dalam menjalankan PSBB, supaya mata rantai penularan dan penanggulangan COVID-19 bisa tertangani. Kamil pun mengimbau kepada warga Jabar untuk tidak mudik.

Diharapkan pada bulan Ramadan ini sebut Kamil, masayarakat dimohon memiliki kekuatan dan keikhlasan agar tidak mudik. Alasannya karena hasil survei di daerah non PSBB, kasus positif COVID-19 datang dari pemudik. (Arie Nugraha)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

OnePlus Z Disokong Chipset Snapdragon 765?

Posted: 02 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - OnePlus dilaporkan sedang menyiapkan smartphone baru, OnePlus Z. Informasi tentang smartphone tersebut juga sudah beredar di ranah internet.

Dilansir dari GSM Arena, Minggu (3/5/2020), berdasarkan informasi baru, OnePlus Z akan meluncur dengan chipset Snapdragon 765, bukan MediaTek Dimensity 1000L seperti yang sebelumnya dilaporkan. Smartphone ini disebut akan meluncur pada Juni 2020.

Sejumlah laporan tentang OnePlus Z sebelumnya sudah beredar di internet. Smartphone tersebut awalnya dilaporkan hadir dengan nama OnePlus 8 Lite, tetapi kemudian berubah menjadi OnePlus Z.

Sejauh ini belum ada konfirmasi resmi dari pihak OnePlus tentang tanggal pengumuman smartphone tersebut. Namun, informasinya diperkirakan akan kembali muncul menjelang hari kehadirannya.

Galaxy Note 20 Bakal Punya Baterai 4.000mAh

Pengunjung booth Samsung di MWC 2018 melihat-lihat ekosistem Smart Home. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)
Pengunjung booth Samsung di MWC 2018 melihat-lihat ekosistem Smart Home. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Vendor lain yang sedang menyiapkan smartphone baru adalah Samsung. Perusahaan dilaporkan akan menghadirkan Galaxy Note 20 pada periode semester II 2020. Informasi tentang smartphone tersebut juga sudah banyak beredar di internet.

Galaxy Note 20 memiliki kode nomor EB-BN980ABY dan diperkuat baterai 4.000mAh. Kapasitas baterainya sama seperti Galaxy S20.

Sementara itu, varian Galaxy Note 20 Plus akan memiliki baterai lebih besar. Smartphone tersebut dilaporkan akan memiliki baterai 4.500mAh seperti Galaxy S20 Plus, atau 5.000 mAh seperti S20 Ultra.

Lebih lanjut, sebelumnya varian Galaxy Note 20 Plus 5G muncul di benchmark platform Geekbench pada awal bulan ini. Berdasarkan keterangan yang ada, smartphone tersebut akan berbasis OS Android 10, RAM 8GB, dan chipset Snapdragon 865+.

Samsung kemungkinan akan menggelar acara pengumumannya secara online disebabkan pandemi Covid-19.

(Din/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sri Mulyani Akui Tekanan APBN kian Berat dalam Beberapa Bulan ke Depan

Posted: 02 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyampaikan langkah penyelamatan ekonomi Indonesia akibat dampak virus Corona dalam rapat kerja bersama Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat, pada 30 April 2020 .

Dirinya kemudian membagikan gambaran hasil diskusinya bersama Komisi XI di akun Instagramnya, @smindrawati. Sri menyebut, tekanan APBN akan semakin terasa di bulan-bulan berikutnya.

"Tekanan APBN akan terasa makin berat di bulan-bulan depan. Saya berterimakasih dan mengapresiasi dukungan dan pandangan kritis dari pimpinan rapat kerja dan anggota Komisi XI dalam mengawasi dan mendorong kebijakan pemerintah," ujarnya, sebagaimana ditulis Minggu (3/5/2020).

Dia mengakui jika pandemi Covid-19 telah memberikan efek domino pada aspek kesehatan, sosial, ekonomi, dan keuangan. Pemulihan kondisi ini pu belum diketahui secara pasti. Perekonomian global disebutkan ke depan penuh dengan risiko dan ketidakpastian yang masih sangat tinggi.

Meski dia menuturkan jika berdasarkan nowcasting, pertumbuhan ekonomi domestik pada kuartal I-2020 belum terlalu dipengaruhi Covid-19 adalah sekitar 4,5 persen-4,7 persen.

"Berbagai lembaga internasional membuat perkiraan pertumbuhan ekonomi 2020, misalnya IMF 0,5 persen; WB minus 3,5 persen sampai dengan 2,1 persen; ADB 2,5 persen; Moody's 3 persen. Hal ini menunjukkan ketidakpastian tersebut," jelas dia.

Dia pun menuturkan jika postur APBN 2020 mengalami penyesuaian. Penerimaan negara menghadapi tantangan untuk mengumpulkan penerimaan dan memberikan insentif untuk mendukung ekonomi dan dunia usaha.

Stimulus untuk perlindungan sosial dan pemulihan ekonomi nasional meningkatkan belanja secara signifikan. Defisit perubahan APBN diperkirakan 5,07 persen PDB.

"Kondisi ini merupakan tantangan besar bagi pemerintah dalam mengelola sumber pembiayaan, namun pemerintah akan terus hati-hati, akuntabel, serta menjaga kredibilitas pengelolaan keuangan negara untuk menjaga kepercayaan pasar," tegas Sri.

Sri menjelaskan, pemerintah telah mengguyur stimulus ke sebagian besar sektor bisnis yang terdampak pandemi Corona. Stimulus tersebut dialokasikan dari APBN, sehingga postur APBN 2020 mengalami penyesuaian.

Penerimaan negara, lanjutnya, menghadapi tantangan yang cukup berat, diiringi dengan keharusan memberi insentif untuk mendukung ekonomi dan dunia usaha.

Stimulus untuk perlindungan sosial dan pemulihan ekonomi nasional meningkatkan belanja negara secara signifikan, menyebabkan defisit perubahan APBN melebar hingga 5,07 persen.

 

Upaya Pemerintah

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati . (Liputan6.com/Johan Tallo)
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati . (Liputan6.com/Johan Tallo)

Secara garis besar, Sri menyebutkan strategi umum pembiayaan mencakup optimalisasi sumber pembiayaan utang dan non utang, fleksibilitas pinjaman tunai, fleksibilitas penambahan SBN, mengutamakan penerbitan SBN melalui mekanisme pasar, dan menjadikan dukungan Bank Indonesia sebagai last resort.

Selain itu, Sri juga membeberkan langkah refocusing dan realokasi anggaran kementerian untuk melawan Corona, menghasilkan kucuran stimulus tambahan hingga Rp 255,1 triliun.

Sebesar Rp 110 triliun dialokasikan untuk program keluarga harapan, kartu sembako, subsidi listrik, bansos hingga kartu prakerja. Kemudian sebesar Rp 150 triliun ditujukan untuk pelaku usaha UMKM dalam bentuk stimulus kredit serta subsidi bunga.

Kemudian, dukungan bagi industri sebesar Rp 70,1 triliun dikucurkan dalam bentuk insentif pajak dan kepabeanan bagi KITE IKM yang melakukan pengolahan, perakitan atau pemasangan bahan baku yg hasil produksinya diekspor.

"Serta insentif tambahan bagi kawasan berikat dan KITE dan perluasan cakupan PMK 23/2020 ke 18 sektor. Semua ini adalah langkah-langkah mewujudkan amanat Perppu No 1 tahun 2020," jelasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Daftar Figur Sepak bola yang Positif Virus Corona Covid-19: Kasus Baru di FC Koln

Posted: 02 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Koln - Pandemi virus corona Covid-19 di benua Eropa perlahan mereda. Namun, masih ada pesepak bola yang baru tertular virus corona Covid-19.

Klub Bundesliga FC Koln mengumumkan tiga anggota klub positif virus Corona, Jumat (1/5/2020) atau Sabtu waktu setempat. Tapi, pihak klub enggan memgungkapkan nama-nama yang positif dengan alasan privasi.

"Mereka tidak menunjukkan gejala dan selanjutnya menjalani isolasi mandiri selama dua pekan. Identitas ketiganya kami rahasiakan demi privasi." tulis keterangan resmi klub.

Juara Jerman dua kali itu mulai mengasah kebugaran sejak 6 April seperti beberapa klub Jerman lainnya. Mereka menjalankan protokol kesehatan dengan membagi grup kecil serta memperhatikan kebersihan.

Namun, upaya tersebut tidak cukup untuk mencegah penyebaran virus Corona. "Kami menggelar tes Kamis (30/4/2020) kepada pelatih, pemain, dan staf. Ada tiga yang positif," tulis Koln.

Berikut daftar figur sepak bola yang positif virus corona.

 

 

Liga Italia

Daniele Rugani (Juventus)

Blaise Matuidi (Juventus)

Paulo Dybala (Juventus)

Manolo Gabbiadini (Sampdoria)

Omar Colley (Sampdoria)

Albin Ekdal (Sampdoria)

Antonino La Gumina (Sampdoria)

Morten Thorsby (Sampdoria)

Fabio DePaoli (Sampdoria)

Bartosz Bereszynski (Sampdoria)

Germán Pezzella (Fiorentina)

Patrick Cutrone (Fiorentina)

Dusan Vlahovic (Fiorentina)

Mattia Zaccagni (Verona)

Marco Sportiello (Atalanta)

Massimo Cellino (Presiden Brescia)

Liga Spanyol

Ezequiel Garay (Valencia)

Eliaquim Mangala (Valencia)

Jose Gaya (Valencia)

Jonathas de Jesus (Elche)

Wu Lei (Espanyol)

Lorenzo Sanz (Eks Presiden Real Madrid/Meninggal Dunia)

Fernando Martin (Eks Presiden Real Madrid)

Anonim (Girona)

Rustu Recber (Eks Barcelona)

Toni Dovale (Eks Celta Vigo)

Jordi Cardoner (Wakil Presiden Barcelona)

Ramon Canal (Direktur Pelayanan Medis Barcelona)

Josep Gutierrez (Dokter tim Barcelona)

Andres Palop (eks Sevilla)

Jerman dan Inggris

Bundesliga:

Timo Hübers (Hannover)

James Horn (Hannover)

3 Pemain Koln

Premier League:

Mikel Arteta (Arsenal, manajer)

Callum Hudson Odoi (Chelsea)

Pemain Brighton And Hove Albion (tak disebutkan identitasnya)

Kenny Dalglish (Legenda Liverpool)

Norman Hunter (Legenda Leeds United, meninggal)

Pepe Reina (Aston Villa)

Lainnya

 Liga Tiongkok:

Marouane Fellaini (Shandong Luneng)

Liga 1:

Wander Luiz (Persib Bandung)

League One:

James Bolton, Andy Cannon, Sean Raggett, Haji Mnoga (Portsmouth)

Liga Prancis

Pape Diouf (Eks Presiden Marseille, meninggal dunia)

Bernard Gonzales (Dokter tim Stade de Reims, bunuh diri)

Junior Sambia (Montpellier)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kado Istimewa untuk Siswi SMAN 9 Manado, Si Cantik Jago Bela Diri Muay Thai

Posted: 02 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Manado - Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) menjadi momen tersendiri bagi Yestika Mantiaha. Siswi SMAN 9 Manado ini mengukir prestasi nasional, dan siap berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2021.

Gadis remaja ini berdiri bersama beberapa rekannya di aula SMAN 9 Manado, Sabtu (02/05/2020). Siang itu pihak sekolah membagikan paket sembako dalam program Gerakan Kasih bagi para siswa yang terdampak Covid-19.

"Dia itu atlet PON untuk cabang olahraga bela diri Muay thai. Meraih emas saat Pra PON," ungkap Hendra Massie, guru olah raga di SMAN 9 Manado.

Yestika memang berpenampilan sederhana. Tak banyak bicara, namun oleh teman-temannya dia dikenal sebagai sosok yang hangat.

Saat diwawancarai Liputan6.com, siswi yang kini Kelas XI IPA 11 ini antusias menceritakan pengalamannya dalam olahraga asal Thailand ini.

"Saya mulai ikut Muay thai sejak kelas X. Kemudian pertama kali dipanggil oleh Sir Hendra (Massie) untuk ikut pertandingan di Banten," tutur gadis kelahiran Manado 7 Januari 2003 ini.

Meraih prestasi di ajang tersebut semakin menggiatkan Yestika untuk berlatih. Membagi waktu antara latihan bela diri dan belajar mutlak dijalani.

"Kami bahkan selama satu tahun tinggal di sekolah menjalani training camp persiapan Pra PON," ujarnya.

Keseriusan menjalani porsi latihan selama itu membuahkan hasil manis. Dalam ajang Pra PON di Jakarta beberapa waktu lalu, dia mengukir hasil gemilang dengan menyabet medali emas.

"Waktu itu pertandingan di Jakarta, saya meraih emas untuk wilayah timur, sekaligus memastikan diri lolos ke PON Papua," ujarnya dengan wajah berbinar.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Penundaan PON dan Target Emas

Presiden Joko Widodo telah memutuskan PON Papua yang seharusnya diselenggarakan November 2020 ini ditunda pelaksanaannya ke tahun 2021 akibat pandemi Covid-19. Ini juga berdampak pada program latihan Yestika.

"Agenda latihan kami juga menyesuaikan dengan kondisi saat ini," ujarnya.

Karena PON ditunda, dan pandemi Covid-19 yang mengharuskan social distancing dan physical distancing, metode latihan Yestika juga berubah.

"Saya latihan sendiri di rumah, kemudian mengirim laporan berupa foto dan video di grup untuk dipantau oleh pelatih," ujarnya.

Dia berharap pandemi Covid-19 ini segera berakhir sehingga bisa menjalani porsi latihan dengan baik, sekaligus meraih hasil terbaik di PON Papua.

"Emas ini kado saya saat Hardiknas, untuk target ke depan mendapat medali emas PON," ujarnya.

Simak juga video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aksi Jurnalis NTT Rayakan Hari Buruh di Perbatasan Indonesia - Timor Leste Saat Pandemi

Posted: 02 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Kupang - Memperingati hari buruh atau mau day, 1 Mei 2020, jurnalis yang tergabung dalam komunitas Pena Batas RI-RDTL di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur menggelar aksi sosial.

Komunitas jurnalis di perbatasan RI-Timor Leste ini menggelar aksi kemanusiaan membagi sembako dari rumah ke rumah bagi warga tidak mampu, janda dan lansia di Kecamatan Lamaknen yang terdampak Covid-19.

Selain sembako, jurnalis juga membagi masker gratis untuk warga. Sembako dan masker yang dibagi, dikumpulkan secara swadaya maupun dari donatur.

Ketua Komunitas Pena Batas, Evans Dile Payong mengatakan, target pembagian sembako dalam aksi itu, bagi masyarakat pedalaman di perbatasan RI-RDTL, yang belum tersentuh bantuan dari pemerintah.

"Aksi ini atas inisiatif teman-teman jurnalis, dengan mengumpulkan donasi dari masing-masing penghasilan dan dari mitra. Kami langsung datangi mereka yang membutuhkan," ujar kontributor salah satu televisi nasional itu.

Menurut dia, aksi kemanusiaan itu untuk memperingati hari buruh tahun 2020, dengan mengikuti protap pencegahan covid-19.

"Jaga jarak, pakai masker, sarung tangan dan pembagiannya, door to door," katanya.

Emiliana, salah satu warga yang menerima sembako dari komunitas Pena Batas mengaku terbantu dengan aksi sosial yang dilakukan jurnalis.

"Terimakasih sudah perhatikan kami. Sampai saat ini kami belum terima bantuan dari pemerintah," tandasnya.

Sementara itu, Sekertaris Camat Lamaknen, Benediktus Boko, mengatakan, hingga kini, pihak kecamatan, masih mendata masyarakat sebagai sasaran penerima bantuan langsung tunai (BLT).

"Masih dalam proses pendataan. Terimakasih kepada teman-teman jurnalis, karena sudah memperhatikan masyarakat ditengah wabah Covid-19 ini," pungkasnya.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Aksi Sosial

Foto : Pegawai BRI menggelar aksi sosial bagi para pedagang yang terdampak wabah coviid-19 (Liputan6.com/John)
Foto : Pegawai BRI menggelar aksi sosial bagi para pedagang yang terdampak wabah coviid-19 (Liputan6.com/John)

Sebagai upaya mengurangi penyebaran Covid-19 pada pedagang dan pembeli di pasar Alok dan pasar Tingkat Maumere, PT BRI (Persero) Tbk Cabang Maumere Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur menggelar aksi sosial membagikan masker kain pada seluruh pedagang pasar.

Pemimpin Cabang (Pinca) PT BRI (Persero) Tbk Cabang Maumere Nurdin memimpin langsung pembagian masker untuk para pedagang kecil di Pasar Tingkat Maumere dan Pasar Alok Maumere, Selasa (28/4/2020) pagi.

Pembagian masker ini merupakan bagian dari Program BRI Nasional yakni pembagian sejuta masker untuk pedagang kecil di seluruh Indonesia.

Kegiatan pembagian masker ini melibatkan seluruh tenaga marketing BRI Unit dari 7 BRI Unit sebanyak 30 orang di bawah koordinasi Pinca BRI Cabang Nurdin.

Pantauan Liputan6.com, Selasa (28/4/2020) di 2 tempat pasar si kota maumere Pinca BRI Cabang Maumere Nurdin dan belasan stafnya menyambangi dua pasar di Kota Maumere itu dan menyerahkan masker kepada para pedagang. Bahkan kepada pedagang tertentu, Pinca langsung mengenakan masker kepada mereka.

Pinca BRI Nurdin dan karyawannya pada kesempatan itu tak hanya menyerahkan masker kepada para pedagang kecil, tetapi mereka juga memberikan edukasi terkait pentingnya upaya-upaya pencegahan Covid-19.

Dalam edukasi ini juga disampikan pentingnya mengenakan masker, pentingnya menjaga jarak, pentingnya cuci tangan, dan menyampaikan imbauan-imbauan konkret terkait langkah-langkah pencegahan lainnya.

"Mari kita gunakan masker dan sering mencuci tangan dalam upaya mencegah Covid-19," pinta Nurdin saat menyerahkan masker kepada pedang di Pasar Alok.

Sementara Mama Rofina Rinda ,salah satu pedagang pasar Alok mengaku senang dengan kehadiran kedatangan PT BRI (Persero) Tbk Cabang Maumere datang membagikan masker kain kepada para pedagang.

Ia senang dan bisa mendapatkan masker kain sebab barang ini sudah sangat sulit dan langka didapat di pasaran maupun apotek sejak mewabahnya virus Corona.

"Saya sudah lama cari tapi tidak ada. Terima kasih kepada PT BRI (Persero) Tbk Cabang Maumere yang membuat kegiatan ini, semoga ini akan terus berlanjut karena ini sangat bermanfaat," katanya.

Nurdin, Pimpinan cabang BRI Maumere mengatakan, progam pembagian masker ini merupakan implementasi program BRI Nasional berupa Pembagian Sejuta Masker untuk para pedagang kecil di pasar.

Diakuinya, untuk BRI Cabang Maumere mendapatkan kuota 1.085 masker yang disalurkan oleh 7 BRI Unit dibawah supervisi BRI Cabang Maumere.

"Masker ini dibagikan kepada para pedagang kecil di masing-masing pasar binaan Mantri BRI Unit di seluruh wilayah kerja BRI Kanca Maumere. Yang dilakukan perdana saat ini adalah penyaluran masker kepada 500 pedagang kecil di dua pasar, yaitu Pasar Tingkat dan Pasar Alok," ungkapnya

Ia menambahkan, selain membagikan masker, ia dan karyawannya juga melakukan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menggunakan makser sebagaimana imbauan pemerintah.

"Selain itu, yang lebih penting adalah para pedagang kecil ini tetap bisa berjualan tapi tetap aman karena menggunakan masker dan juga bisa membuat nyaman para pembeli," katanya. 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Stok Kebutuhan Ramadan di Toko-Toko Halal AS

Posted: 02 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sejak Pandemi Covid-19 banyak supermarket dan toko di seluruh AS kekurangan stok barang-barang kebutuhan sehari-hari. Namun toko-toko halal di pinggiran Washington DC menyatakan siap sedia kebutuhan warga Muslim selama Ramadan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Update Corona 3 Mei: 3.427.343 Orang di Dunia Terinfeksi, 1.093.112 Pasien Pulih

Posted: 02 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pada 3 Mei 2020, infeksi Virus Corona COVID-19 di seluruh dunia telah mencapai 3.427.343 kasus. 1.093.112 di antaranya telah dinyatakan sembuh berdasarkan Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE

Jumlah kesembuhan pasien Corona COVID-19 paling besar kini tercatat di Amerika Serikat, yang mencapai 175.382 dan Jerman dengan 129.000 orang pulih.

Amerika Serikat tercatat sebagai negara yang memiliki kasus infeksi terbesar mencapai 1.132.539.

Saat ini, Spanyol, Italia, Inggris, dan Prancis tercatat sebagai negara dengan kasus infeksi terbesar setelah Amerika Serikat, menurut data Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE yang dikutip Minggu, (3/5/2020). 

Jumlah kasus infeksi Corona COVID-19 terbesar kedua tercatat di Spanyol, yang mencapai 216.582 kasus dan 117.248 pasien pulih. 

Kasus infeksi terbesar ketiga tercatat di Italia, yang mencapai 209.328 kasus dengan 79.914 orang pulih. Lalu 183.500 orang dinyatakan positif mengidap Virus SARS-CoV-2 di Inggris, dengan 896 orang pulih. 

Pasien positif Corona COVID-19 di Prancis kini tercatat sebagai kelima terbesar, yakni sebanyak 168.518 kasus dan dengan 50.663 pasien pulih.

Kematian Akibat Corona COVID-19 di Dunia Tercatat 243.808 Jiwa

Seorang anggota staf medis berjalan melewati karangan bunga mendiang dokter Li Wenliang terlihat di Cabang Houhu Rumah Sakit Pusat Wuhan di Wuhan di provinsi Hubei, China, Jumat, (7/2/2020). Li Wenliang meninggal karena virus corona di Wuhan pada pukul 02.58 Jumat dini hari waktu setempat. (AFP/STR)
Seorang anggota staf medis berjalan melewati karangan bunga mendiang dokter Li Wenliang terlihat di Cabang Houhu Rumah Sakit Pusat Wuhan di Wuhan di provinsi Hubei, China, Jumat, (7/2/2020). Li Wenliang meninggal karena virus corona di Wuhan pada pukul 02.58 Jumat dini hari waktu setempat. (AFP/STR)

Mengutip dari gisanddata.maps.arcgis.com, jumlah kematian karena Virus Corona COVID-19 secara global tercatat sebanyak 243.808 jiwa. Terus bertambah setiap hari.

Dalam data peta penyebaran Virus Corona COVID-19 tersebut kini ada 187 negara dan wilayah yang terjangkit termasuk China dan pasien dari Kapal Pesiar Diamond Princess. Sementara menurut www.worldometers.info/coronavirus/#countries sudah mencapai 212 negara.

Angka kematian paling besar tercatat di Amerika Serikat, yang mencapai 66.369 jiwa. 

Total kematian terbesar selanjutnya berada di Italia yang mencatat 28.710 jiwa, lalu kini Inggris yang mencapai 28.131 jiwa. 

Sementara Spanyol kini mencatat 25.100 kematian, lalu Prancis dengan 24.729 korban jiwa.

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: