Minggu, 03 Mei 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Situs Tokopedia Diretas Hacker, Ini 6 Faktanya

Posted: 03 May 2020 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Belakangan ini Tokopedia menjadi perbincangan hangat publik. Pasalnya situs belanja online tersebut tengah dilanda isu tak sedap terkait peretasan data pengguna. Adanya kejadian ini, Tokopedia pun mengakui bahwa situs mereka telah mengalami peretasan oleh pihak tak dikenal.

Karena hal tersebut, diperkirakan 91 juta akun dan 7 juta akun merchant bocor. Meski pihak Tokopedia mengklaim informasi penting pengguna tetap terlindungi, nyatanya hacker masih kedapatan menjual data kredensial dan login pengguna seharga USD 5.000 atau sekitar Rp 74 jutaan di dark web.

Informasi yang bocor adalah nama pengguna, alamat email, tanggal lahir dan nomor telepon. Namun menanggapi kasus ini, VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak memastikan tidak ada kebocoran data pembayaran.

"Seluruh transaksi dengan semua metode pembayaran, termasuk informasi kartu debit, kartu kredit dan OVO, di Tokopedia tetap terjaga keamanannya," kata Nuraini melalui pesan singkat.

Sebelumnya, Nuraini telah mengakui adanya upaya pencurian data terhadap pengguna Tokopedia. Berikut beberapa fakta Tokopedia yang diretas hacker dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (4/5/2020).

1. Hacker Pertama Kali Publikasikan Hasil Retasannya 2 Mei 2020

Situs Tokopedia Diretas Hacker, Ini 6 Faktanya (Sumber foto: Document/Tokopedia)
Situs Tokopedia Diretas Hacker, Ini 6 Faktanya (Sumber foto: Document/Tokopedia)

Tokopedia yang merupakan salah satu e-commerce populer ini tengah mengalami peretasan oleh pihak tak dikenal. Keresahan dan kekhawatiran pun juga dirasakan masyarakat, mengingat situs tersebut menyimpan data pribadi sang pemilik.

Walaupun Tokopedia mengklaim bahwa informasi penting pengguna seperti password, tetap terlindungi. Namun, siapakah identitas pelaku peretasan (hacker) yang membobol dan mencuri data pengguna Tokopedia tersebut?

Pakar keamanan siber, Pratama Persadha, menjelaskan hacker yang meretas situs Tokopedia itu pertama kali mempublikasikan hasil peretasannya via situs di dark web bernama Raid Forums pada Sabtu (2/5/2020). Diketahui, di dalam forum komunitas hacker tersebut hasil curian data pengguna Tokopedia tersebut dipublikasikan atau dijual menggunakan nama Whysodank.

2. Dibagikan Secara Gratis di Forum Dark Web

Situs Tokopedia Diretas Hacker, Ini 6 Faktanya (Sumber Pixabay)
Situs Tokopedia Diretas Hacker, Ini 6 Faktanya (Sumber Pixabay)

Setelah itu, hacker ShinyHunters memosting thread penjualan 91 juta akun Tokopedia di forum dark web bernama EmpireMarket. Dari sinilah akun @underthebreach mempublikasikan peretasan Tokopedia ke publik Twitter.

"Memang data untuk password masih dienkripsi, namun tinggal menunggu waktu sampai ada pihak yang bisa membuka," jelas chairman Lembaga Riset SIber Indonesia CISSReC (Communication & Information System Security Research Center) ini.

"Itulah kenapa pelaku mau melakukan share gratis beberapa juta akun untuk membuat semacam sandiwara siapa yang berhasil membuka kode acak pada password."

Ditambahkan Pratama, meski password masih dalam bentuk acak, namun data lain sudah plain alias terbuka. Artinya semua peretas bisa memanfaatkan data tersebut untuk melakukan penipuan dan pengambilalihan akun-akun di internet.

3. Kemkominfo Minta Tokopedia Lakukan Investigasi Internal

Situs Tokopedia Diretas Hacker, Ini 6 Faktanya (Liputan6.com/ Andina Librianty)
Situs Tokopedia Diretas Hacker, Ini 6 Faktanya (Liputan6.com/ Andina Librianty)

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) telah meminta Tokopedia melakukan investigasi internal. Hal ini ditujukan untuk memastikan dugaan kebocoran data di layanan tersebut, dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan guna menjamin keamanan data pengguna. Ia menjelaskan, Kemkominfo juga telah meminta Tokopedia melakukan tiga hal untuk menjamin keamanan data pengguna.

"Hal pertama yang harus dilakukan Tokopedia segera melakukan pengamanan sistem untuk mencegah meluasnya data breach. Kedua, memberi tahu pemilik akun yang kemungkinan data pribadinya terekspos. Dan ketiga, melakukan investigasi internal untuk memastikan dugaan data breach serta apabila telah terjadi, mencari tahu penyebab data breach tersebut," jelasnya.

Kemkominfo pun telah meminta laporan tentang pemberitahuan dugaan kebocoran data kepada pemilik akun, tindakan pengamanan sistem yang diakukan, serta potensi dampak kebocoran data kepada pemilik data. Kemkominfo juga akan memanggil direksi Tokopedia.

"Terkait permasalahan ini, saya telah meminta Dirjen Aptika untuk memanggil Direksi Tokopedia agar memberikan penjelasan terkait hal ini. Pertemuan akan dilakukan Senin, tanggal 4 Mei," ungkapnya.

4. Pengguna Tokopedia Diimbau Ganti Kata Sandi

Situs Tokopedia Diretas Hacker, Ini 6 Faktanya (Liputan6.com/Iskandar)
Situs Tokopedia Diretas Hacker, Ini 6 Faktanya (Liputan6.com/Iskandar)

Sebelumnya, Tokopedia mengklaim informasi penting pengguna, seperti password, tetap berhasil terlindungi. Meski demikian, perusahaan tetap menganjurkan pengguna untuk mengganti kata sandi akunnya secara berkala demi keamanan dan kenyamanan.

Cara mengganti password akun Tokopedia cukup mudah. Pertama, buka situs atau aplikasi Tokopedia dan login ke akun milikmu. Setelah itu, pilih 'Akun' yang ada di pojok kanan bawah aplikasi, lalu tab ikon 'Pengaturan' di bagian atas. Selanjutnya, pilih menu 'Akun' dan tab 'Kata Sandi'. Masukkan password lama dan baru akun Tokopedia kamu di kolom yang tersedia dan tekan 'Simpan'.

5. Menyediakan Pengaturan Pin dan Hapus Akun Bank

Situs Tokopedia Diretas Hacker, Ini 6 Faktanya (Liputan6.com/Iskandar)
Situs Tokopedia Diretas Hacker, Ini 6 Faktanya (Liputan6.com/Iskandar)

Demi keamanan, Tokopedia juga menyediakan fitur PIN. Pengaturannya pun cukup mudah, kamu hanya memasukkan enam digit dengan memilih menu 'PIN Tokopedia' di 'Atur Akun'. Setelah keamanan tambahan ini selesai diaktifkan, biasanya kamu akan diminta memasukkan PIN ketika ingin melakukan transaksi.

Selain itu, pemilik akun juga bisa menghapus akun bank yang sudah didaftarkan dengan memilih 'Akun Bank' di menu 'Atur Akun'. Selanjutnya, pilih nomor rekening yang terdaftar dan tekan tombol 'Hapus'. 

6. Segera Bahas RUU PDP

Situs Tokopedia Diretas Hacker, Ini 6 Faktanya (Sumber: Tokopedia)
Situs Tokopedia Diretas Hacker, Ini 6 Faktanya (Sumber: Tokopedia)

Saat ini dugaan kebocoran data akun pengguna Tokopedia tengah ditangani dengan mengacu pada Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), dan Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019.

Bersamaan dengan itu, pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) terus mengupayakan percepatan pengesahan Rancangan Undang-Undang (RUU) Pelindungan Data Pribadi (PDP). Seperti diketahui, Pemerintah telah mengirim Surat Presiden (Supres) kepada DPR terkait RUU PDP. Saat ini proses politik di DPR sedang berjalan.

"Pemerintah melalui Kemkominfo juga tengah mempersiapkan panitia kerja untuk menindaklanjuti proses ini dengan DPR. Kami meyakini bahwa pemerintah maupun DPR tetap memberi prioritas untuk pengesahan RUU PDP. Terlebih lagi RUU ini telah masuk sebagai Program Legislasi Nasional (Prolegnas) prioritas," jelas Menkominfo, Johnny.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pembangunan Jembatan Pulau Balang Akses Utama Ibu Kota Baru Capai 76 Persen

Posted: 03 May 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pembangunan Jembatan Pulau Balang yang menghubungkan Balikpapan dengan Penajam Paser Utara dengan Teluk Balikpapan hampir selesai. Jembatan ini masuk dalam jalur Trans Kalimantan yang menjadi salah satu infrastruktur pendukung ibu kota baru.

Jembatan Pulau Balang dibangun oleh PT Hutama Karya (Persero) bersama dengan PT Adhi Karya (Persero) Tbk dan PT Bangun Cipta Konstruksi. Jembatan ini digadang-gadang menjadi jembatan terpanjang kedua di Indonesia setelah Jembatan Suramadu.

Kepala Proyek Jembatan Pulau Balang, Dhono Nugroho, menyampaikan bahwa per April 2020, progres proyek ini telah mencapai 76,58 persen. "Dari segi fisik, pekerjaan tiang jembatan dapat dikatakan 95 persen selesai. Saat ini proses pekerjaan dek jembatan dengan metode Balance Cantilever," jelasnya dalam keterangan tertulis, Senin (4/5/2020).

Dhono pun menerangkan bahwa dalam proses pembangunannya, terdapat beberapa tantangan yang harus dihadapi. "Tantangan terbesar yang dialami adalah pada saat pekerjaan pondasi, kondisi seabed yang berupa batuan menyebabkan proses pemasangan casing jauh lebih lama dari yang diperkirakan. Dari aspek sosial, status lahan yang belum bebas juga cukup berdampak pada kelancaran pekerjaan di lapangan," imbuhnya.

Meski begitu Hutama Karya telah bekerjasama yang baik dan koordinasi bersama para pemangku kepentingan dalam proyek sehingga permasalahan yang muncul pada akhirnya dapat diselesaikan. Tim proyek Jembatan Pulau Balang juga menggandeng sejumlah elemen lokal, baik perusahaan maupun tenaga kerja, dengan harapan memberikan dampak positif bagi area di sekitar proyek.

"Semoga dengan munculnya ikon baru yaitu Jembatan Pulau Balang dapat meningkatkan perekonomian wilayah Gersik, Riko, PPU dan Tempadung, serta menjadi suatu monumen pengingat hasil keringat dan pengorbanan anak bangsa yang telah berusaha keras dalam mewujudkan monumen berteknologi tinggi ini," ungkapnya.

Jika jembatan ini sudah 100 persen tersambung dan beroperasi secara penuh, maka konektivitas serta mobilitas orang dan barang di lintas selatan Kalimantan akan semakin lancar. Jarak tempuh dari Balikpapan ke Penajam yang sebelumnya mencapai 5 jam melalui jalur laut akan jauh lebih singkat yaitu menjadi 1 jam saja lewat darat via Balikpapan - Kariangau - Jembatan Pulau Balang - Simpang Gersik - Penajam.

Hal ini tentu akan memudahkan masyarakat umum dan pengusaha dalam melakukan perjalanan atau distribusi logistik. Selain menjadi askes darat utama menuju lokasi ibu kota baru, adanya Jembatan Pulau Balang juga mendorong pertumbuhan ekonomi wilayah di Kalimantan Utara dan sekitarnya.

 

Percepat Penyelesaian

Progres pembangunan Jembatan Pulau Balang telah mencapai 76,58 persen. Jembatan ini akan menjadi jembatan terpanjang kedua di setelah Suramadu. (Dok Hutama Karya)
Progres pembangunan Jembatan Pulau Balang telah mencapai 76,58 persen. Jembatan ini akan menjadi jembatan terpanjang kedua di setelah Suramadu. (Dok Hutama Karya)

 

Pada kunjungannya Desember 2019 yang lalu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menargetkan proyek ini rampung pada akhir tahun 2020. Target ini lebih cepat dari kontrak pekerjaan yang selesai pada tahun 2021 atau 2.015 hari kalender.

Menanggapi hal ini, Dhono Nugroho mengungkapkan bahwa untuk mencapai target di tengah situasi wabah COVID-19 ini memang bukanlah hal yang mudah. Meski begitu Dhono dan tim yakin pembangunan Jembatan Pulau Balang akan selesai tepat waktu.

"Saat ini kami di proyek tetap bekerja dengan menerapkan protokol pembatasan penyebaran COVID-19 secara ketat sesuai aturan pemerintah dan perusahaan. Harapannya pembangunan tetap bisa terus berproges meski sedikit terhambat," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Origi Tak Mau Pindah dari Liverpool Meski Jadi Ban Serep

Posted: 03 May 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Liverpool - Striker Liverpool, Divock Origi mengaku tidak berniat pindah. Pasalnya, ia merasa berkembang di bawah asuhan Jurgen Klopp, kendati jarang bermain.

"Saya pemain yang lebih baik daripada musim lalu. Klopp telah memberi saya ruang untuk mengembangkan diri," kata Origi seperti dilansir Sportskeeda.

Origi selama ini kalah bersaing dengan Mohamed Salah, Roberto Firmino, dan Sadio Mane di lini depan Liverpool. Namun saat dimainkan, Origi kerap mencetak gol penting bagi The Reds.

Contohnya terjadi saat final Liga Champions musim lalu. Origi mencetak gol krusial ke gawang Tottenham Hotspur dan membantu Liverpool keluar sebagai juara.

Origi mengatakan, ia selalu bekerja keras dan mengikuti nalurinya. Lagipula, ia telah berbicara dengan pihak Liverpool dan merasa yakin untuk bertahan di Anfield.

"Kami telah berbicara dengan pihak Liverpool dan kami punya jalan yang hebat di depan kami. Saya hanya ingin lebih baik di sini," kata pemain asal Belgia tersebut.

 

 

Ingin Ambil Bagian

Pemain Liverpool, Divock Origi berpelukan dengan Jurgen Klopp usai pastikan kemenangan kontra Everton dalam laga lanjutan Premier League yang berlangsung di stadion Anfield, Inggris, Minggu (2/12). Liverpool menang 1-0 atas Everton. (AFP/Oli Scarff)
Pemain Liverpool, Divock Origi berpelukan dengan Jurgen Klopp usai pastikan kemenangan kontra Everton dalam laga lanjutan Premier League yang berlangsung di stadion Anfield, Inggris, Minggu (2/12). Liverpool menang 1-0 atas Everton. (AFP/Oli Scarff)

Origi menambahkan, dirinya ingin ikut ambil bagian dalam perjalanan Liverpool ke depan. Menurut pemain berusia 25 tahun itu, proyek yang sedang dijalani Liverpool ikut menguntungkannya.

"Itu adalah proyek untuk saya dan saya ingin mengikutinya. Saya tidak tahu sampai kapan. Saya hanya merasa berkembang," kata Origi.

Kenang Gol Lawan Spurs

Lebih lanjut, Origi mengakui golnya ke gawang Spurs bermakna spesial. Menurutnya, saat itu ia merasa sangat dekat dengan para suporter.

"Saya merasa terkoneksi dengan suporter. Saya melihat wajah mereka. Itu perasaan yang sulit dijabarkan," ujarnya mengakhiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Manfaat Madu untuk Jaga Kesehatan Saat Menjalani Puasa Ramadan

Posted: 03 May 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seluruh umat Islam di dunia saat ini tengah menjalankan ibadah puasa Ramadan. Ibadah puasa ini akan dilaksanakan selama satu bulan lamanya.

Saat menjalankan ibadah puasa Ramadan, kita juga perlu memperhatikan asupan makanan dan minuman, baik ketika berbuka atau sahur.

Selain tentunya melaksanakan puasa, asupan makanan dan minuman ini juga penting agar ibadah kita saat Ramadan tetap bisa berjalan dengan baik serta lancar.

Ada banyak pilihan makanan dan minuman sehat yang bisa dikonsumsi selama puasa, salah satunya adalah madu.

Madu memiliki manfaat yang luar biasa. Memiliki kandungan yang kaya nutrisi ditambah manis rasanya, maka menjadikan madu sebagai makanan sehat dan lezat.

Bahkan ketika Ramadhan, mengkonsumsi madu akan sangat bermanfaat untuk kelancaran ibadah puasa. Madu bisa ditambahkan sebagai pelengkap makanan manis saat berbuka atau sahur.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut manfaat madu apabila dikonsumsi selama menjalankan ibadah puasa Ramadan:

 

Memberi Energi

Ilustrasi Foto Madu (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Madu (iStockphoto)

Manfaat madu yang pertama adalah sebagai pemberi energi saat berpuasa. Jika ingin minum minuman yang manis ketika sahur, madu bisa dicampurkan di dalam segelas air putih hangat.

Kandungan gula alami dan karbohidrat yang terdapat pada madu dapat menjadi sumber energi yang baik. Energi inilah yang dapat membantu agar bisa tahan menjalankan puasa seharian.

 

Jaga Imunitas Tubuh

Jahe dan madu untuk hilangkan jerawat. (sumber: colomi.vn)
Jahe dan madu untuk hilangkan jerawat. (sumber: colomi.vn)

Manfaat madu juga mampu menjaga imunitas tubuh. Imunitas tubuh perlu dijaga dengan baik agar tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Madu murni dan organik mengandung banyak enzim, vitamin, dan mineral yang dapat menjaga tubuh dari serangan bakteri.

Kandungan antioksidan pada madu juga dapat melindungi tubuh dari serangan radikal bebas.

Lewat manfaat-manfaat tersebut, imunitas tubuh bisa lebih terjaga dan ibadah puasa pun akan semakin lancar.

 

Seimbangkan Metabolisme

Madu dengan campuran kunyit bisa bantu cerahkan siku. (unsplash.com/Lindsay Moe).
Madu dengan campuran kunyit bisa bantu cerahkan siku. (unsplash.com/Lindsay Moe).

Madu juga dapat menjaga metabolisme dalam tubuh. Madu dinilai mampu melancarkan fungsi metabolisme dalam tubuh.

Anda bisa mencampurkan madu dengan air dan dikonsumsi pada saat sahur. Ketika mengkonsumsi madu tersebut, maka nantinya dapat membantu tubuh mencerna nutrisi yang terkandung di dalam makanan kita.

 

Mengatasi Perut Kembung

Minum air madu saat sahur atau berbuka puasa./Copyright shutterstock.com/g/DraganaGordic
Minum air madu saat sahur atau berbuka puasa./Copyright shutterstock.com/g/DraganaGordic

Manfaat madu juga mampu mengatasi perut kembung. Terkadang ketika berbuka puasa, perut akan terasa kembung.

Untuk meredakan perut kembung tersebut, Anda bisa mencoba meminum air hangat yang dicampur dengan madu murni.

Minuman ini berfungsi untuk menetralkan gas yang ada di dalam perut. Selain itu, air madu hangat juga dapat membantu tubuh agar terhindar dari dehidrasi setelah berpuasa.

 

Cegah Sembelit

Ilustrasi Foto Madu (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Madu (iStockphoto)

Madu juga bermanfaat mencegah sembelit. Jika perubahan pola makan selama puasa menyebabkan Anda kesulitan untuk buang air besar, air madu hangat bisa menjadi pilihan solusi.

Kandungan antiseptik yang terdapat pada madu dapat membantu mengurangi kadar keasaman dalam perut sekaligus meningkatkan produksi lendir dalam usus.

 

Menahan Lapar

Madu dan Susu / Sumber: iStockphoto
Madu dan Susu / Sumber: iStockphoto

Manfaat madu juga dapat menahan lapar saat berpuasa. Dengan mengkonsumsi satu sendok madu, maka dapat membantu memberikan rasa kenyang pada tubuh.

Hal tersebut dikarenakan kandungan karbohidrat yang terdapat di dalam madu, di mana satu sendok madu setara dengan 17 gram karbohidrat.

 

Kendalikan Berat Badan

Ilustrasi Madu Credit: pexels.com/pixabay
Ilustrasi Madu Credit: pexels.com/pixabay

Madu juga mampu mengendalikan berat badan. Lemak yang masuk ke dalam tubuh dapat dibakar dengan memanfaatkan madu yang sudah dicairkan dengan air hangat.

Melalui cara ini, lemak yang ada di dalam tubuh akan terbakar dan diubah menjadi energi untuk tubuh selama menjalankan ibadah puasa.

 

Reporter : Andre Kurniawan

Sumber : Merdeka

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

GBK Masuk Daftar Stadion Terbaik di Asia

Posted: 03 May 2020 09:42 PM PDT

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) merilis daftar lima stadion megah dan ikonik yang ada di kawasan Asia Tenggara. Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), yang berada di Senayan, Jakarta, menjadi salah satunya.   

Markas timnas Indonesia tersebut bersanding dengan empat stadion lainnya, yakni Stadion Bukit Jalil (Malaysia), Stadion Australia, My Dinh Stadium (Hanoi, Vietnam), hingga Rajamangala Stadium (Bangkok, Thailand). Lewat situs resminya, AFC juga mengajak para suporter untuk memilih tiga stadion terbaik menurut versi mereka.

Menurut AFC, kelima venue itu merupakan bagian dari stadion megah di Asia yang masuk deretan stadion terbaik di dunia. "Stadion tidak hanya ikonik dari sisi arsitekturnya. Mereka juga rumah bagi klub dan fans--dan beberapa menjadi rumah bagi tim nasional (Timnas)," bunyi pernyataan AFC lewat situs resminya. 

"Asia memiliki sejumlah stadiun terbaik di dunia, venue ikonik yang biasanya dipenuhi ribuan fans dalam mendukung tim mereka bertanding. Sembari kita menunggu malam luar biasa itu, AFC akan menyuguhkan stadion terbaik di Asia yang dimulai dari lima stadion paling ikonik di ASEAN," induk sepak bola di kawasan Asia tersebut menambahkan. 

GBK merupakan stadion kebanggaan Indonesia. Stadion yang berada di ibu kota, DKI Jakarta itu juga dikenal sebagai rumah bagi tim nasional (Timnas) Indonesia. Stadion GBK memiliki kapasitas 80 ribu penonton.   

Stadion megah ini pertama kali dibangun untuk memfasilitasi perhelatan Asian Games 1962. Stadion ini memiliki keunikan dalam gaya arsitektur pada bagian atap yang dibuat melingar menyerupai bentuk cincin raksasa.

SUGBK awalnya dibangun dengan kapasitas 120 ribu penonton. Namun renovasi yang dilakukan dalam menyambut Piala Asia 2007 lalu membuat kapasitasnya berkurang menjadi 80 ribu penonton. Selain menggelar pertandingan sepak bola, SUGBK juga digunakan untuk berbagai acara lain, seperti konser, acara keagamaan, dan politik. 

Lalu seperti apa 4 stadion lainnya?

 

2. Stadion Australia (Sydney)

Australia Stadium, Sydney, Australia (AFP/Steve Christo)
Australia Stadium, Sydney, Australia (AFP/Steve Christo)

Stadion megah ini juga merupakan salah satu simbol kota Sydney. Dibangun pada 1999 untuk Olimpiade 2000 dan Paralimpik. Awalnya kapasitasnya 110 ribu penonton, namun pada 2003 diturunkan menjadi 83.500 penonton.

Tidak hanya untuk sepak bola, stadion ini juga bisa digunakan untuk rugbi, dan kriket. Stadium Australia menjadi tuan rumah Piala Asia AFC 2015 dan 76.385 penggemar menyaksikan Socceroos mengalahkan Republik Korea 2-1 di final.

 

Stadion Bukit Jalil (Malaysia)

Timnas Malaysia saat menjamu Myanmar di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, pada penyisihan Grup A Piala AFF 2018. (Bola.com/AFF Suzuki Cup)
Timnas Malaysia saat menjamu Myanmar di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, pada penyisihan Grup A Piala AFF 2018. (Bola.com/AFF Suzuki Cup)

Stadion Nasional Bukit Jalil merupakan stadion kebanggaan Malaysia. Memiliki kapasitas 100 ribu, penonton stadion ini ini pernah jadi tuan rumah kejuaraan sepak bola level ASEAN dan pada 2007 menjadi tuan rumah Piala AFC.

Pembangunan stadion ini berlangsung pada 1994 dengan sasaran menjadi tuan rumah Commonwealth Games 1998. Selain itu Stadion Bukit Jalil juga menjadi lokasi utama pelaksanaan SEA Games 2001 dan 2017.

Tidak hanya itu, Stadion Bukit Jalil juga sering menjadi lokasi pertandingan tim-tim asal Eropa untuk menjalani pramusim seperti raksasa Liga Inggris, Arsenal, Chelsea, Liverpool, dan Manchester United.

 

Stadion My Dinh (Vietnam)

Suporter Timnas Vietnam di Stadion My Dinh, Hanoi, saat leg kedua semifinal Piala AFF 2018 menjamu Filipina, Kamis (6/12/2018). (Bola.com/Dok. AFF Suzuki Cup)
Suporter Timnas Vietnam di Stadion My Dinh, Hanoi, saat leg kedua semifinal Piala AFF 2018 menjamu Filipina, Kamis (6/12/2018). (Bola.com/Dok. AFF Suzuki Cup)

Stadion ini berdiri Komplek Olahraga Nasional Vietnam di bagian barat pusat kota Hanoi. Stadion berkapasitas 40.192 penonton ini dibuka pada 2003 dan digunakan untuk Piala Asia AFC 2007 di Asia Tenggara.

Untuk Piala Asia 2007, Stadion My Dinh bisa dikatakan sebagai saksi saat Vietnam yang berada di Grup B mengalahkan Uni Emirat Arab 2-0 dan membawanya maju ke babak delapan besar. Baru-baru ini, Vietnam mengalahkan Malaysia untuk mengangkat Piala AFF 2018.

 

Stadion Rajamangala (Thailand)

Suporter Thailand memberikan dukungan saat melawan Timnas Indonesia pada laga Piala AFF 2018 di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/11). Thailand menang 4-2 dari Indonesia. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)
Suporter Thailand memberikan dukungan saat melawan Timnas Indonesia pada laga Piala AFF 2018 di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/11). Thailand menang 4-2 dari Indonesia. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Stadion Rajamangala merupakan markas Timnas Thailand. Stadion yang dibuka pada tahun 1998 ini merupakan salah satu kompleks olagraga terbesar di Asia Tenggara. Memiliki kapasitas 49,722 penonton, stadion Rajamangala juga sempat digunakan sebagai salah satu tuan rumah pada Piala Asia 2007. 

Selain untuk sepak bola, stadion ini dipakai untuk kejuaraan atletik, konser musik hingga kegiatan besar yang lain.

Stadion Rajamangala sendiri dibangun pada 1988 untuk merayakan ulang tahun Raja Thailand yang ke-60. Awalnya dibuka dengan kapasitas 80.000, tapi jumlahnya berkurang menjelang Piala Asia AFC 2007.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Buntut Aksi Prank 'Sampah', Warga Geruduk Rumah Youtuber Bandung Ferdian Paleka

Posted: 03 May 2020 09:42 PM PDT

Bandung - Aksi prank 'sampah' Youtuber Bandung Ferdian Paleka berbuntut panjang. Warga yang marah atas aksi prank tersebut Minggu malam (3/5/2020) menggeruduk kediamannya di Bojong Koneng Indah, Desa Rancamanyar, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung.

Menurut informasi yang dikutip dari laman Ayibandung, massa yang terdiri dari warga dan anggota kepolisian itu mendatangi rumah Ferdian karena merasa tak terima dengan aksinya, yang membuat video prank pura-pura memberikan bantuan sembako kepada transpuan namun ternyata isinya sampah.

Video penggerudukan rumah Ferdian Paleka itu bahkan viral dan telah dibagikan banyak akun di Instagram, termasuk akun @sekitarbandungcom. Namun menurut keterangan, massa tak berhasil menemui Ferdian yang diduga kabur usai mengetahui kemarahan warga akibat video yang ia buat.

"Pihak keluarga sendiri pasrah dan menyerahkan kasus konten kontroversi FP dkk kepada pihak kepolisian," tulis akun tersebut. 

Warga yang dibantu anggota kepolisian kemudian melakukan mediasi dengan keluarga Ferdian. Dalam foto yang dibagikan akun Twitter @kabar.jabar, terlihat 3 orang perwakilan dari warga dan kepolisian tengah berbicara dengan 2 orang perempuan yang merupakan anggota keluarga Ferdian Paleka.

Sebelumnya Ferdian Paleka, Youtuber asal Bandung menjadi perbincangan hangat di media social setelah mengunggah video prank yang dianggap melecehkan waria dan sejumlah anak-anak.

Video yang diunggah pada Minggu (3/5/2020) berjudul 'PRANK KASIH MAKANAN KE BANCI CBL'. Video prank itu menggambarkan Ferdian dan dua rekannya membawa kardus mie instan dalam sebuah mobil. Mereka mengisinya dengan sampah lalu membagikannya ke waria yang mereka cari di jalanan Kota Bandung.

Selang 15 jam setelah diunggah, video itu tak bisa lagi diakses. Namun warganet sudah keburu murka dan menganggap video itu berlebihan sekaligus melecehkan kemanusiaan. Salah satu korban pun mengaku sudah melapor ke aparat kepolisian Kota Bandung.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harapan Nadin Amizah Untuk Industri Musik Indonesia

Posted: 03 May 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nadin Amizah mulai dikenal namannya di industri musik Indonesia semenjak berduet dengan DJ eksis tanah air yaitu, Dipha Barus.

Meski terbilang masih berusia muda, Nadin Amizah kerap kali menjadi sorotan publik karena suaranya yang khas. Tidak heran bila sosok Nadin Amizah menjadi idaman bagi kalangan milenial.

Pada kesempatan kali ini Billboard Indonesia kedatangan penyanyi berusia 19 tahun tersebut di backstage Billboard Indonesia Music Awards 2020 untuk berbincang-bincang.

Penasaran seperti apa bincang serunya bersama Nadin Amizah? Yuk, simak selengkapnya di channel Billboard Indonesia hanya di Vidio.

Saksikan Videonya Di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Iran Akan Kembali Buka Masjid dan Sekolah di Wilayah Risiko Rendah Corona

Posted: 03 May 2020 09:38 PM PDT

Liputan6.com, Teheran- Iran dilaporkan berencana membuka kembali masjid dan sekolah di daerah-daerah yang secara konsisten bebas dari Virus Corona COVID-19, ketika  pembatasan untuk mengendalikan wabah mulai dilonggarkan pemerintahan Presiden Hassan Rouhani. 

Warga Iran telah beralih ke sistem drive-in untuk ibadah selama bulan suci Ramadan, dengan adanya penutupan pada masjid dan larangan pertemuan keagamaan sejak pertengahan Maret karena penyebaran menyebar di negara Timur Tengah yang paling parah dilanda.

Sebuah acara TV pemerintah dan video di media sosial menyoroti warga yang berada di mobil mereka untuk melakukan ibadah berjemaah melalui layar lebar di sebuah parkir mobil Teheran.

Pernyataan Presiden Hassan Rouhani dalam sebuah pertemuan televisi mengatakan, "Masjid akan dibuka kembali di 132 kota berisiko rendah atau 'kota putih' dan kota-kota lain mulai Senin. Khotbah shalat Jumat akan dilanjutkan di daerah-daerah itu juga... Namun, semua langkah ini akan diambil dengan menghormati protokol kesehatan."

Berdasarkan jumlah infeksi dan kematian, Kementerian kesehatan Iran telah membagi negara itu menjadi wilayah putih, kuning dan merah.

lintasan infeksi telah memulai tren penurunan "bertahap" di Iran, menurut kementerian pada Sabtu 2 Mei, seperti dikutip dari Channel News Asia, Senin (4/5/2020).

Pencabutan Larangan

Warga duduk dalam mobil-mobil saat upacara keagamaan pada bulan suci Ramadan di tengah pandemi COVID-19, Teheran, Iran, Kamis (30/4/2020). Keluarga-keluarga di Iran menghadiri upacara keagamaan drive-in karena tidak memiliki kesempatan untuk salat di masjid setelah berbuka puasa. (STR/AFP)
Warga duduk dalam mobil-mobil saat upacara keagamaan pada bulan suci Ramadan di tengah pandemi COVID-19, Teheran, Iran, Kamis (30/4/2020). Keluarga-keluarga di Iran menghadiri upacara keagamaan drive-in karena tidak memiliki kesempatan untuk salat di masjid setelah berbuka puasa. (STR/AFP)

Larangan perjalanan antarkota dan mal telah dicabut di Iran, dengan pusat-pusat perbelanjaan besar melanjutkan kegiatan meskipun ada peringatan dari beberapa pejabat kesehatan tentang gelombang infeksi baru.

Selain itu, penutupan masih dipertahankan pada fasilitas pendidikan seperti sekolah, dan pertemuan budaya dan olahraga juga masih dilarang, meskipun Presiden Iran Hassan Rouhani mengatakan rencananya untuk beberapa sekolah akan segera dibuka kembali.

Presiden Hassan Rouhani mengatakan, sekolah-sekolah di daerah putih dan berisiko rendah akan dibuka kembali mulai 16 Mei, namun, situasi akan terus ditinjau.

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Minta PSBB Dievaluasi, Jokowi: Mana Daerah yang Kebablasan dan Kendor

Posted: 03 May 2020 09:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta agar penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan penyebaran virus Corona atau Covid-19 dievaluasi. Dia meminta agar pelaksanaan PSBB tidak terlalu berlebihan namun juga tak kendor.

"Saya melihat beberapa kabupaten dan kota telah melewati tahap pertama dan akan masuk ke tahap kedua. Ini perlu evaluasi mana yang penerapannya terlalu over, terlalu kebablasan, dan mana yang masih kendor," jelas Jokowi saat memimpin rapat terbatas melalui video conference, Senin (4/5/2020).

Jokowi ingin PSBB betul-betul diterapkan secara ketat sehingga dapat mengurangi penyebaran virus Corona. Pasalnya, kata dia, saat ini sudah ada 4 provinsi dan 22 kabupaten/kota yang menerapkan PSBB.

Untuk itu, evaluasi tersebut dinilai penting agar ke depannya penerapan PSBB dapat berjalan efektif. Khususnya, bagi daerah-daerah yang memasuki PSBB tahap II.

"Evaluasi ini penting sehingga kita bisa melakukan perbaikan-perbaikan di kota/kabupaten maupun provinsi yang melakukan PSBB," ucap Jokowi.

Peraturan PSBB

Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers saat meninjau Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/Pool)
Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers saat meninjau Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/Pool)

Jokowi mengeluarkan PP Nomor 21 tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19.

PP ini dibuat Jokowi untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona. Kebijakan ini dinilai lebih cocok diterapkan di Indonesia daripada opsi karantina wilayah atau lockdown.

Dalam PP yang diteken 31 Maret 2020 ini, dijelaskan bahwa pemerintah daerah boleh menerapkan PSBB dengan mendapat persetujuan dari Menteri Kesehatan (Menkes). Pembatasan sosial yang dimaksud yakni membatasan pergerakan orang dan barang ke provinsi, kabupaten atau kota.

DKI Jakarta adalah provinsi pertama yang menerapkan PSBB sejak 10 April 2020. Masa PSBB di DKI diperpanjang hingga 22 Mei sebab masih tingginya angka penyebaran virus corona.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Eks Striker Barcelona Beri Saran Lautaro Martinez jika Setim dengan Messi

Posted: 03 May 2020 09:35 PM PDT

Barcelona - Mantan penyerang Barcelona, Javier Saviola, mengingatkan Lautaro Martinez mengenai Lionel Messi. Saviola menyebut Martinez bakal kesulitan berduet dengan Messi, andai jadi bergabung ke Barcelona.

Barca sudah sejak lama menginginkan jasa penyerang Timnas Argentina itu. Barcelona kepincut dengan performa Lautaro Martinez bersama Inter Milan pada musim ini. Martinez berhasil mencetak 16 gol dan empat assist dari 31 laga di seluruh ajang.

Blaugrana sempat mendekati I Nerazzurri untuk meminang Lautaro Martinez pada bursa transfer Januari 2020. Namun, rencana itu tak mendapatkan lampu hijau dari manajemen Inter Milan.

Meski begitu, Barcelona tak menyerah begitu saja. Apalagi, El Barca butuh pemain seperti Lautaro Martinez untuk menjadi suksesor Luis Suarez, sekaligus duet Lionel Messi di lini serang.

Akan tetapi, upaya Barcelona mendapatkan Lautaro Martinez tidak akan mudah. Inter Milan baru akan melepas pemain berusia 22 tahun tersebut ke klub lain dengan banderol 111 juta euro (Rp 1,8 triliun).

Tak Mudah Berduet dengan Lionel Messi

7. Lautaro Martinez (Inter Milan) - 11 Gol (2 Penalti). (AFP/Tiziana Fabi)
7. Lautaro Martinez (Inter Milan) - 11 Gol (2 Penalti). (AFP/Tiziana Fabi)

Andai Barca mau memenuhi permintaan Inter, Lautaro Martinez diprediksi akan kesulitan beradaptasi. Pasalnya, Martinez bakal bekerja keras untuk memahami cara bermain Lionel Messi di lini serang Los Cules.

"Paulo Dybala mengatakan sulit bermain dengan Messi dan saya mendukungnya, karena tidak ada yang mengerti apa yang Messi inginkan," kata Saviola.

"Dia memiliki kecepatan tinggi sehingga terkadang Anda harus memiliki tingkat konsentrasi yang sangat tinggi, sangat waspada dengan permainan dan berlari dengan kecepatan yang membebankan oleh tim," lanjutnya.

"Anda pikir itu mudah, tetapi kemudian Anda bergerak dengan kecepatan yang spektakuler," tutur Javier Saviola.

Penyerang Luar Biasa

Penyerang Inter Milan, Lautaro Martinez mengontrol bola dari kawalan bek Lazio, Ramos pada pertandingan lanjutan Liga Serie A Italia di stadion Olimpiade Roma, Minggu, (16/2/2020). Lazio menang 2-1 atas Inter Milan.  (Alfredo Falcone/LaPresse via AP)
Penyerang Inter Milan, Lautaro Martinez mengontrol bola dari kawalan bek Lazio, Ramos pada pertandingan lanjutan Liga Serie A Italia di stadion Olimpiade Roma, Minggu, (16/2/2020). Lazio menang 2-1 atas Inter Milan. (Alfredo Falcone/LaPresse via AP)

Meski begitu, Javier Saviola yang pernah membela Barcelona dari 2001 hingga 2007 mengakui jika Lautaro Martinez merupakan penyerang yang luar biasa. Menurutnya, Martinez adalah pemain yang mampu membongkar pertahanan lawan dan mencetak gol.

"Saya sangat menyukai Lautaro. Dia penyerang yang saya nikmati, karena dia adalah salah satu dari pemain yang dapat membuka pertahanan lawan, dan dia bukan hanya pencetak gol," kata Saviola.

"Dia memainkan sepak bola yang bagus dan memiliki cara khusus untuk memahami posisinya. Dia salah satu pemain yang paling berkembang," tambahnya.

Sumber: Marca

Disadur dari Bola.com (Rizki Hidayat/Rizki Hidayat, published 4/5/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksikan Live Streaming Pengundian Pemenang Beraksi Liputan6.com Berhadiah Redmi Note 8 Pro

Posted: 03 May 2020 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tetap Beraksi (Baca Berita di aplikasi Liputan6.com) walau #DiRumahAja bisa dapat hadiah Redmi Note 8 Pro. Siapa pembaca Liputan6.com yang beruntung mendapatkannya akan diundi secara live streaming.

Buat Sahabat Liputan6.com yang sudah ikutan dengan mengumpulkan koin dan menukarkan dengan kupon sebanyak-banyaknya, punya kesempatan untuk menang grand prize Redmi Note 8 Pro.

Pengundian pemenang ini dapat diikuti secara live streaming di akun Instagram @liputan6 pada Senin 4 Mei 2020 pukul 13.00 WIB. Dalam acara pengundian ini juga akan ada kuis berhadiah saldo Dana.

Bagi yang belum ikutan, masih ada kesempatan dengan menginstall aplikasi terbaru Liputan6.com di Play Store untuk Android dan di App Store untuk iOS agar bisa Beraksi Bareng Liputa6.com dengan mengikuti cara-caranya di tautan ini.

Testimoni Pemenang Beraksi Periode Pertama

Testimoni Pemenang Beraksi Bareng Liputan6.com
Testimoni Pemenang Beraksi Bareng Liputan6.com

Pemenang grand prize Redmi Note 8 Pro dari Bersaksi Bareng Liputan6.com periode pertama telah ditentukan. Ada tiga pembaca setia Liputan6.com yang beruntung.

Seperti apa testimoni mereka tentang Beraksi Bareng Liputan6.com? Simak pengakuan mereka berikut ini:

1. Teti Sutarti, Bandung

Tidak menyangka bisa menang Redmi Note 8 Pro dari Aplikasi Liputan6. Sangat bersyukur karena dapat HP yang lebih bagus dari HP saya sekarang. Rubrik Cek Fakta di Aplikasi Liputan6 sangat bermanfaat, dulu saya sering termakan isu berita hoax dan tanpa disadari juga ikut menyebarkan berita hoax tersebut. Namun setelah baca  berita melalui Aplikasi Liputan6, saya jadi tahu mana berita yang fakta dan mana berita yang hoax.

2. Ismael, Bangka

Pasti senang karena dapat Redmi Note 8 Pro, baca berita lalu dapat hadiah. Dengan campaign Beraksi Bareng Liputan6 ini, selain mendapatkan berita yang update dan terpercaya, juga ada hadiah yang membuat semua orang berlomba untuk mengumpulkan koin. Terima kasih Liputan6

3. Riani Farid

Kesan menjadi pemenang Redmi Note  8 Pro, cukup senang karena tidak pernah terpikirkan, saya yang dari Riau bisa mendapatkannya. Tips agar menang, baca selalu berita di Aplikasi Liputan6,kumpulkan point sebanyaknya dan jangan curang. Aplikasi Liputan6 beritanya update, ringan dan sangat menambah wawasan, apalagi disaat #dirumahaja, bisa menjadi monitor perkembangan situasi yang terjadi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Panen Raya Mundur, Pasokan Bawang Merah ke Jakarta Turun

Posted: 03 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Brebes, Yulia Hendrawati menyatakan panen raya bawang merah di Brebes mundur dari tahun sebelumnya. Ini diakibatkan oleh awal musim hujan baru dimulai pada Desember 2019.

"Jadi ya memang sudah jadwalnya petani tanam padi dulu, baru sesudahnya tanam bawang merah. Mulai tanam raya juga baru bulan Maret kemarin. Kalau tanam di musim hujan gitu biaya produksinya otomatis lebih mahal. Belum lagi ancaman serangan penyakit dan potensi kebanjiran di beberapa lokasi," ungkapnya.

Yulia menjelaskan imbas dari kemunduran masa panen berdampak berkurangnya pasokan bawang merah ke wilayah Jakarta. Beruntung, panen raya akan terjadi dalam waktu dekat sebelum pelaksanaan hari raya Idul Fitri 1441 Hijriyah.

"Setidaknya ada 1.600 hektar yang siap dipanen bulan Mei ini. Insya Allah kalau untuk pasokan menjelang lebaran aman bahkan sampai setelah lebaran nanti karena panen berlangsung terus susul menyusul," jelas Yulia.

Sementara itu, Abdul Rosyid, Ketua Kelompok Tani Maju Jaya Desa Pasir, Kecamatan Mijen, Kabupaten Demak mengatakan sebagian besar petani bawang di wilayahnya akan mulai panen pada pekan kedua bulan Mei.

"Umur tanaman disini rata-rata 30-40 hari, jadi ya kemungkinan mulai panen raya nanti minggu ke-2 bulan Mei," ungkap Rosyid.

Saat panen tiba tidak kurang dari 700 hektar lahan bawang merah yang sial dipanen. Sehingga dipastikan ada penambahan stok bawang yang signifikan dari daerah penghasil bawang.

"Kalau biasanya per hari kami kirim keluar Demak kurang lebih 10 truk berkapasitas 7 ton per truk, saat panen raya nanti bisa lah sampai 15 truk," lanjut dia.

Terlebih para petani di daerahnya tidak merasa terganggu dnegan adanya pandemi covid-19. Sehingga aktivitas masyarakat tetap normal dengan tetap mentaati protokol pencegahan covid-19 sesuai ketetapan pemerintah.

18 Sentra Produksi

Sebanyak 165 ton bawang merah Probolinggo dilepas menuju negara Thailand. Kementerian Pertanian melalui Balai Karantina Pertanian Surabaya bersama PT. Cipta Makmur Sentausa melakukan ekspor perdana tahun 2019 bawang merah dari Probolinggo.
Sebanyak 165 ton bawang merah Probolinggo dilepas menuju negara Thailand. Kementerian Pertanian melalui Balai Karantina Pertanian Surabaya bersama PT. Cipta Makmur Sentausa melakukan ekspor perdana tahun 2019 bawang merah dari Probolinggo.

Hal senada diungkapkan Direktur Jendral Hortikultura, Prihasto Setyanto yang mengatakan panen bawang merah akan berlangsung pada bulan Mei 2020. Bahkan di 18 sentra utama diperkirakan seluas 8.958 hektar, dengan produksi mencapai lebih dari 67 ribu ton.

Sementara kebutuhan wilayah Jabodetabek pada bulan Mei ditaksir sebanyak 14.549 ton.  Artinya produksi bawang merah mampu mencukupi kebutuhan masyarakat Jabodetabek.

Saat ini Kementerian Pertanian terus melakukan pemantauan intensif terhadap pasokan 11 bahan pangan pokok, salah satunya bawang merah. Setelah di beberapa tempat dijumpai kenaikan harga, akibat panen raya yang mundur.

Kendati demikian, Prihasto yakin pasokan dan harga bawang merah secara nasional, berangsur normal seiring panen raya di beberapa sentra dalam waktu dekat. Bahkan pihaknya akan membantu bila diperlukan subsidi ongkos kirim, dan operasi pasar bila terjadi harga tidak wajar di pasaran.

"Memang terjadi pergeseran musim tanam akibat anomali iklim. Akibatnya jadwal panen raya juga sedikit bergeser," tandasnya.    

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Bahaya Makan Gorengan Saat Buka Puasa

Posted: 03 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bahaya makan gorengan saat buka puasa tentu harus Anda perhatikan dan pahami baik-baik. Karena, sangat banyak bahaya makan gorengan saat buka puasa yang akan sangat berpengaruh bagi kondisi kesehatan Anda.

Memang, gorengan merupakan salah satu jenis makanan yang paling dicari saat menjelang waktu berbuka puasa. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah sangat menggoda tentunya. Namun, dibalik kenikmatan tersebut justru sangat banyak bahaya makan gorengan saat buka puasa yang bisa ditimbulkan.

Bahaya makan gorengan saat buka puasa ini memang bisa timbul dalam jangka waktu pendek maupun panjang. Itulah mengapa, banyak pakar kesehatan yang kurang menyarankan konsumsi gorengan, terutama jika mengonsumsinya dalam jumlah yang banyak.

Pada artikel ini kita akan membahas mengenai bahaya makan gorengan saat buka puasa. Dan ada baiknya, jika Anda sangat menyukai gorengan, namun memiliki riwayat penyakit seperti kolesterol, obesitas, atau asam lambung, untuk menyimak artikel mengenai bahaya makan gorengan saat buka puasa ini.

Agar semakin menjelaskan, apa saja bahaya makan gorengan saat buka puasa yang dapat timbul, maka Liputan6.com dibawah ini telah merangkum bahaya makan gorengan saat buka puasa tersebut untuk Anda, Senin (4/5/2020).

1. Meningkatkan kadar lemak

Alasan Kenapa Lemak di Perut Tak Kunjung Hilang (andriano cz/Shutterstock)
Alasan Kenapa Lemak di Perut Tak Kunjung Hilang (andriano cz/Shutterstock)

Gorengan merupakan sebutan bagi bahan makanan yang diolah dengan cara digoreng dalam minyak dengan jumlah yang banyak. Gorengan sesungguhnya memiliki kandungan minyak yang sangat tinggi meski terlihat kering. Minyak tersebut sebenarnya sudah mengandung lemak yang sangat banyak. Selain memiliki kandungan lemak yang cukup banyak, gorengan juga sangat tinggi kalori.

Dan akan semakin berbahaya saat Anda mengonsumsi gorengan yang dilapisi tepung, dimana tepung tersebu memiliki kandungan gula, sehingga akan menambah jumlah asupan kalori pada tubuh Anda. Yang perlu Anda ingat adalah gorengan tidak akan mudah membuat Anda merasakan kenyang. Justru kandungan lemak yang cukup banyak dapat membuat gorengan susah dicerna. Anda juga akan lambat merasakan kenyang dan justru akan sering makan berlebihan.

Jika hal tersebut dilakukan terus menerus terutama saat berbuka puasa, maka Anda akan berisiko mengalami penimbunan lemak yang cukup banyak. Semakin banyak timbunan lemak tersebut yang menyebabkan obesitas.

2. Meningkatkan kadar kolesterol jahat

Inilah Alasan Lemak Jahat Harus Dihindari
Inilah Alasan Lemak Jahat Harus Dihindari

Jenis kolesterol jahat pada tubuh biasa disebut dengan LDL. Kolesterol ini bisa berisiko akan naik jika Anda terlalu banyak mengonsumsi gorengan, mengingat kandungan lemak jahat dari gorengan sangatlah banyak. Di sisi lain, lemak baik atau yang biasa disebut HDL, dimana berfungsi sebagai pelindung saluran jantung dan saluran kardiovaskular, memiliki risiko turun.

Adanya peningkatan kadar kolesterol jahat atau LDL pada tubuh, memang telah terbukti akan menyebabkan datangnya risiko berbagai macam penyakit berbahaya seperti stroke hingga serangan jantung, dimana kedua penyakit itu merupakan jenis penyakit mematikan.

3. Penyebab naiknya asam lambung

Ilustrasi Gejala Asam Lambung Credit: freepik.com
Ilustrasi Gejala Asam Lambung Credit: freepik.com

Ketika puasa, perut akan kosong setelah seharian tidak diisi dengan makanan sama sekali. Ketika perut sedang kosong, asam lambung tentu akan naik perlahan. Asam lambung ini akan semakin cepat naik apabila Anda memiliki riwayat penyakit asam lambung tersebut.

Dan apabila asam lambung naik ke hingga menuju kearah tenggorokan, maka tubuh akan merasakan mual dan rasa panas di sekitar area leher dan dada atau yang biasa disebut dengan heart burn. Memang kondisi dapat mereda, namun membutuhkan beberapa jam. Dan, tentunya akan menyebabkan Anda kehilangan waktu untuk beribadah bukan? Oleh sebab itu, hindari makan gorengan saat buka puasa.

4. Timbulnya sembelit

©Shutterstock
©Shutterstock

Salah satu hal yang dapat menjadi penyebab sembelit atau susah buang air besar yaitu karena terlalu banyaknya mengonsumsi makanan dengan kadar lemak yang tinggi. Apabila kita sering makan gorengan saat berbuka, yang sudah jelas memiliki lemak tinggi, maka risiko Anda untuk mengalami gangguan pencernaan berupa sembelit ini akan naik dengan drastis.

Belum lagi, jika Anda minim mengonsumsi makanan yang memiliki asupan serat yang baik ketika makan sahur dan berbuka, maka risiko untuk timbul masalah sembelit akan semakin meningkat. Inilah mengapa ada baiknya Anda untuk mengurangi dan akan lebih jika dapat menghentikan kebiasaan makan gorengan saat buka puasa, dan lebih baik perbanyak asupan sayur serta buah-buahan agar pencernaan selalu sehat.

5. Membuat gatal pada tenggorokan

Tenggorokan Gatal, Apa yang Salah?
Tenggorokan Gatal, Apa yang Salah?

Salah satu bahaya jika mengonsumsi gorengan terlalu banyak saat buka puasa yaitu akan timbul rasa gatal yang disertai serak pada tenggorokan. Bukan tanpa sebab mengapa hal tersebut dapat terjadi. Hal tersebut karena kandungan akrolein yang merupakan jenis senyawa organik tak jenuh yang terkandung pada gorengan. Akrolein ini berasal dari minyak goreng yang sudah berkali-kali digunakan untuk menggoreng dan tak jarang banyak penjual gorengan menggunakan minyak goreng tersebut hingga berwarna hitam pekat.

6. Memicu kanker

Cegah Kanker dengan CERDIK dan WASPADA
Cegah Kanker dengan CERDIK dan WASPADA

Bahaya terakhir ini memang menjadi risiko paling besar dan baiknya untuk Anda hindari. Karena, menggoreng bahan makanan dengan minyak yang masih baru sekali digunakan saja sudah menimbulkan banyak sekali risiko kesehatan, dan apabila minyak yang dipakai tersebut telah digunakan berulang kali maka dapat sangat besar menimbulkan naiknya risiko kanker.

Penyebabnya tentu karena adanya peningkatan kadar zat karsinogen yang menjadi sumber penyebab kanker. Kanker sendiri tidak cepat diprediksi gejalanya, dan biasanya akan timbul gejala disaat kanker tersebut telah mencapai tahap yang mengkhawatirkan.

Jadi, lebih baik Anda berpikir dua kali apabila ingin mengonsumsi gorengan saat buka puasa. Mengingat sangat banyak bahaya makan gorengan saat buka puasa yang dapat ditimbulkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Total Anggaran Penanganan Covid-19 di NTT Rp 1, 1 Triliun

Posted: 03 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Kupang- Liputan6.com, Kupang- Total anggaran penangan covid-19 di NTT, secara keseluruhan sebesar Rp 1.139, 964, 768, 451, menyusul masuknya anggaran dari masing- masing kabupaten. Keseluruhan anggaram ini, terdiri dari, angaran dari dari APBD Propinsi sebesar Rp 286, 857, 476, 000 dan dari kabupten /kota sebesar Rp 942. 999, 025, 441.

Kepala Keuangan Setda NTT, Zakarias Moruk mengatakan, besaran dana itu akan disalurkan untuk penagan covid-19, jaring pengaman sosial dan pemberdayaan ekonomi masyarakat terdampak covid-19.

Ia merincikan, untuk anggaran penangan Covid-19 dialokasikan sebesar, 286. 857. 476.000, untuk jaring pengaman sosial sebesar Rp 279. 593. 836. 003, sementara untuk pemberdaayan ekonomi masyarakat terdampak covid-19 sebesar Rp 573. 513. 457. 448.

"Sehingga total untuk penangan covid-19 sekuruhnya berjumlah 1,1 triliun rupiah lebih," katanya kepada wartawan, Minggu (3/5/2020).

Besaran angaran ini merupakan relakosasi anggaran dari APBD propinsi dan Kabupaten/Kota. Realokais ini tidak termaskuk proyek yang ditangani PUPR, antara lain infrastruktur, baik infrastruktur jalan dan jembata. Proyek ini tetap berjalan.

 

Berikut data besaran dari masing-masing kabupaten :

1.Sumba Tengah Rp. 35.000.000.000

2.Kota Kupang Rp. 48.598.738.400

3. Rote. Rp. 21.883.441.210

4. Ngada Rp. 23.807.876.278

5. Flores Timur Rp. 14.000.000.000

6. Kupang Rp. 46.022.341.577

7. Malaka Rp. 12.034.039.750

8.Sumba Barat Rp. 26.155.392.706

9. Ende Rp. 14.578.159.500

10. Sabu Raijua Rp. 11.498.002.002

11. Manggarai Timur Rp. 23.600.152.600

12. Sumba Timur Rp. 34.798.610.181

13. Manggarai Rp. 21.606.646.073

14.Sikka Rp. 47.506.840.218

15. Alor Rp.13.989.642.368

16.TTU Rp. 32.067.222.131

17. Manggarai Barat Rp. 78.631.041.437

18. Belu Rp. 61.004.659.068

19.Sumba Barat Daya Rp, 27.002.156.508

20. TTS Rp. 35.500.000.000

21. Nagekeo Rp. 30.532.547.840

22. Lembata Rp. 13.181.515.595

Syarat Penerimaan BLT

Foto : Ketua PMD, Samuel Rebo saat menjelaskan anggaran covid-19 NTT (Liputan6.com/Ola Keda)
Foto : Ketua PMD, Samuel Rebo saat menjelaskan anggaran covid-19 NTT (Liputan6.com/Ola Keda)

Sementara Ketua PMD, yang juga Asisten II Setda NTT, Samuel Rebo mengatakan, syarat penerima BLT dana Desa itu antara lain, Keluarga yang kehilangan mata pencaharian, belum terdata (exclusion error) dan Keluarga yang memiliki anggota keluarga rentan sakit menahun atau kronis

Sedangkan cara pendaftarannya antara lain, relawan Covid-19 melakukan pendataan. Pendataan terfokus mulai dari RT, RW, dan desa, Hasil pendataan sasaran keluarga miskin dilakukan musyawarah desa khusus atau musyawarah insidentil dilaksanakan dengan agenda tunggal, yaitu validasi dan finalisasi data, Legalitas dokumen hasil pendataan ditandatangani oleh kepala desa.

Serta dokumen hasil pendataan diverifikasi desa oleh kepala desa, kemudian dilaporkan kepada bupati/wali kota melalui camat dan Kegiatan BLT Dana Desa dapat dilaksanakan dalam waktu selambat-lambatnya lima hari kerja per tanggal diterima di kecamatan.

"Kita berharap pendataan dilakukan secara teliti sehingga menghindari tumpang tindih bantuan, karena prinsipnya bantuan hanya boleh diterima dari satu sumber dan tidak boleh dobel," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Ada PSBB, Jalan Salemba Raya Tetap Macet

Posted: 03 May 2020 09:30 PM PDT

Kendaraan terjebak kemacetan saat melintas di Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, Senin (4/5/2020). Meskipun sistem PSBB sedang diberlakukan, namun sejumlah jalan di Ibu kota tetap ramai dengan kendaraan akibat masih banyaknya warga yang beraktivitas di luar rumah. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Kendaraan terjebak kemacetan saat melintas di Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, Senin (4/5/2020). Meskipun sistem PSBB sedang diberlakukan, namun sejumlah jalan di Ibu kota tetap ramai dengan kendaraan akibat masih banyaknya warga yang beraktivitas di luar rumah. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Kendaraan terjebak kemacetan saat melintas di Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, Senin (4/5/2020). Meskipun sistem PSBB sedang diberlakukan, namun sejumlah jalan di Ibu kota tetap ramai dengan kendaraan akibat masih banyaknya warga yang beraktivitas di luar rumah. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Kendaraan terjebak kemacetan saat melintas di Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, Senin (4/5/2020). Meskipun sistem PSBB sedang diberlakukan, namun sejumlah jalan di Ibu kota tetap ramai dengan kendaraan akibat masih banyaknya warga yang beraktivitas di luar rumah. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Kendaraan terjebak kemacetan saat melintas di Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, Senin (4/5/2020). Meskipun sistem PSBB sedang diberlakukan, namun sejumlah jalan di Ibu kota tetap ramai dengan kendaraan akibat masih banyaknya warga yang beraktivitas di luar rumah. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Kendaraan terjebak kemacetan saat melintas di Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, Senin (4/5/2020). Meskipun sistem PSBB sedang diberlakukan, namun sejumlah jalan di Ibu kota tetap ramai dengan kendaraan akibat masih banyaknya warga yang beraktivitas di luar rumah. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Kendaraan terjebak kemacetan saat melintas di Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, Senin (4/5/2020). Meskipun sistem PSBB sedang diberlakukan, namun sejumlah jalan di Ibu kota tetap ramai dengan kendaraan akibat masih banyaknya warga yang beraktivitas di luar rumah. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Kendaraan terjebak kemacetan saat melintas di Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, Senin (4/5/2020). Meskipun sistem PSBB sedang diberlakukan, namun sejumlah jalan di Ibu kota tetap ramai dengan kendaraan akibat masih banyaknya warga yang beraktivitas di luar rumah. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Kendaraan terjebak kemacetan saat melintas di Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, Senin (4/5/2020). Meskipun sistem PSBB sedang diberlakukan, namun sejumlah jalan di Ibu kota tetap ramai dengan kendaraan akibat masih banyaknya warga yang beraktivitas di luar rumah. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Kendaraan terjebak kemacetan saat melintas di Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, Senin (4/5/2020). Meskipun sistem PSBB sedang diberlakukan, namun sejumlah jalan di Ibu kota tetap ramai dengan kendaraan akibat masih banyaknya warga yang beraktivitas di luar rumah. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Kendaraan terjebak kemacetan saat melintas di Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, Senin (4/5/2020). Meskipun sistem PSBB sedang diberlakukan, namun sejumlah jalan di Ibu kota tetap ramai dengan kendaraan akibat masih banyaknya warga yang beraktivitas di luar rumah. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Kendaraan terjebak kemacetan saat melintas di Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, Senin (4/5/2020). Meskipun sistem PSBB sedang diberlakukan, namun sejumlah jalan di Ibu kota tetap ramai dengan kendaraan akibat masih banyaknya warga yang beraktivitas di luar rumah. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Kendaraan terjebak kemacetan saat melintas di Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, Senin (4/5/2020). Meskipun sistem PSBB sedang diberlakukan, namun sejumlah jalan di Ibu kota tetap ramai dengan kendaraan akibat masih banyaknya warga yang beraktivitas di luar rumah. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Kendaraan terjebak kemacetan saat melintas di Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, Senin (4/5/2020). Meskipun sistem PSBB sedang diberlakukan, namun sejumlah jalan di Ibu kota tetap ramai dengan kendaraan akibat masih banyaknya warga yang beraktivitas di luar rumah. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Kendaraan terjebak kemacetan saat melintas di Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, Senin (4/5/2020). Meskipun sistem PSBB sedang diberlakukan, namun sejumlah jalan di Ibu kota tetap ramai dengan kendaraan akibat masih banyaknya warga yang beraktivitas di luar rumah. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Kendaraan terjebak kemacetan saat melintas di Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, Senin (4/5/2020). Meskipun sistem PSBB sedang diberlakukan, namun sejumlah jalan di Ibu kota tetap ramai dengan kendaraan akibat masih banyaknya warga yang beraktivitas di luar rumah. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Kendaraan terjebak kemacetan saat melintas di Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, Senin (4/5/2020). Meskipun sistem PSBB sedang diberlakukan, namun sejumlah jalan di Ibu kota tetap ramai dengan kendaraan akibat masih banyaknya warga yang beraktivitas di luar rumah. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Kendaraan terjebak kemacetan saat melintas di Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, Senin (4/5/2020). Meskipun sistem PSBB sedang diberlakukan, namun sejumlah jalan di Ibu kota tetap ramai dengan kendaraan akibat masih banyaknya warga yang beraktivitas di luar rumah. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Riot Games: Legends of Runeterra Bukan Gim dengan Format Pay to Win

Posted: 03 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sesuai janji, Riot Games akhirnya secara resmi meluncurkan gim baru mereka yang berjudul Legends of Runeterra (LoR).

Sudah bisa diunduh ke platform Windows PC dan mobile (Android dan iOS), Riot Games mengungkap alasan kenapa tidak mengadopsi format pay to win untuk gim barunya tersebut.

"Tidak seperti gim serupa lainnya, kami ingin LoR lebih kompetitif dan seimbang," ucap Andrew Yip, Design Director kepada tim Tekno Liputan6.com via video conference baru-baru ini.

"Karena itu, gamer tidak perlu menghabiskan uang banyak untuk mendapatkan kartu impian mereka," ujar Andrew. "Gamer dapat melengkapi koleksi kartu mereka hanya dengan bermain LoR."

Ia menambahkan, "semoga gamer akan menjadi penasaran untuk mencari atau membangun deck impian mereka yang berisikan kartu-kartu terbaik pilihan saat main Legends of Runeterra."

Informasi, loot boxes atau random selling deck sendiri acap kali dimunculkan oleh studio ke dalam gim buatan mereka.

Sebagian besar, untuk mendapatkan kartu atau item tertentu gamer diharuskan untuk membuka loot boxes atau random deck premium yang dapat dibeli menggunakan uang di dunia nyata.

Sejak tahap beta, Andrew dan Jeff secara tegas menjelaskan untuk tidak mengadopsi loot boxes tersebut.

"Bila banyak gim lain mengadopsi loot boxes atau premium deck, kami punya sistem gim dimana gamer bisa mendapatkan kartu tertentu karena memang layak mereka dapatkan saat main Legends of Runeterra," ujar Andrew.

 

 

Apresiasi Kerja Keras Tim Riot Games dan LoR

Lebih lanjut, Jeff dan Andrew juga merasa senang dan mengapreasi tim LoR dan gamer setia mereka selama fase beta berlangsung.

"Meski fase beta digelar lebih awal, saya sangat mengapreasi kegigihan tim LoR untuk mempersiapkan peluncuran gim ini di tengah pandemi Covid-19," ucap Andrew.

Alhasil, gim bergenre collectible card itupun dapat meluncur ke Windows PC dan mobile tanpa harus menghadapi masalah yang besar.

 

Hargai Masukan dari Gamer

Jeff juga mengatakan, "antusiasme gamer sejak soft launch di Singapura sangat baik, sehingga membuat kami semakin pede dengan peluncuran LoR ini."

Ia menambahkan, "sejak fase beta, LoR mengalami sejumlah perubahan yang lebih baik berkat feedback (masukan) dari para player. Tidak semuanya akan dirilis dalam waktu dekat ini, tetapi akan segera diumumkan."

"Dengan berbagai feedback ini, kami berharap player yang ikut fase beta akan puas dengan perbaikan dan pemain baru akan merasakan pengalaman bermain gim kartu yang unik daripada yang lain," ujar Jeff.

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Dalam Sehari, Ada 10 Ribu Kasus Baru Corona di Rusia

Posted: 03 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah umumkan lonjakan kasus baru virus corona yang besar dalam sehari. Tercatat ada 10 ribu lebih kasus positif corona di Rusia pada Minggu (3/5).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

The World of The Married Salip Rekor Sky Castle, Jadi Drama TV Kabel Terpopuler dalam Sejarah

Posted: 03 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Popularitas drama The World of the Married membuat drama ini meraih pencapaian bersejarah. Drama rumah tangga yang dibintangi Kim Hee Ae ini mencetak rekor dalam dunia pertelevisian Korea Selatan. 

The World of the Married baru saja mencetak rekor sebagai drama dari jaringan TV kabel Korea Selatan yang paling banyak ditonton. 

Artinya, The World or the Married mematahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh drama Korea yang ditayangkan pada 2019, Sky Castle

 

 

Pecahkan Rekor

The World of the Married (Instagram/ jtbcdrama)
The World of the Married (Instagram/ jtbcdrama)

Nielsen Korea mencatat, episode terbaru drama hit ini mencetak peringkat rata-rata 24,33 persen di seluruh negeri. Sementara Sky Castle, sebelumnya mencatat memecahkan persentase tertinggi 23,78 persen.

Dari JTBC

Poster The World of The Married. Sumber foto: Instagram/JTBC Drama.
Poster The World of The Married. Sumber foto: Instagram/JTBC Drama.

Yang patut dicatat, Sky Castle dan The World of the Married sama-sama merupakan drama yang ditayangkan oleh JTBC. Di peringkat ketiga, barulah muncul judul dari stasiun lain, yakni Crash Landing on You milik tvN. 

Acara Audisi

Satu-satunya program acara di jaringan kabel yang menunjukkan peringkat lebih tinggi daripada The World of the Married adalah program audisi TV Chosun Mister Trot, yang memuncak pada peringkat rata-rata 35,7 persen pada Maret lalu.

Sisa Empat Episode

The World of the Married sendiri menyisakan empat episode dan diprediksi akan memecahkan rekornya sendiri dengan peringkat yang lebih tinggi dalam dua minggu terakhir.

 

(Antaranews.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Tips Berpuasa saat Sedang Demam, Perhatikan Waktu Istirahat

Posted: 03 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tips berpuasa saat sedang demam harus memperhatikan pola makan dan tidur. Kerap kali demam menyerang secara tiba-tiba, tidak terkecuali saat kamu menjalankan ibadah puasa. Keluhan ini sering menyebabkan berbagai gangguan pada tubuh, seperti badan lemas hingga pusing berputar

Keluhan tersebut tentu sangat mengganggu dan bisa membuat puasa kamu batal di tengah jalan. Oleh karena itu, kamu perlu mengatur pola makan, pola tidur, hingga berbagai penanganan untuk membuat ibadah puasa tetap lancar saat sedang demam.

Tips berpuasa saat sedang demam harus benar-benar diperhatikan agar badanmu tetap kuat. Namun, jika kamu merasa tidak kuat dengan keluhan yang timbul, jangan paksakan diri untuk menahan haus dan lapar hingga waktu berbuka tiba. Akan lebih baik jika kamu segera berobat ke dokter dan absen puasa sementara waktu hingga kondisi tubuh benar-benar pulih seperti semula.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang tips berpuasa saat sedang demam dari berbagai sumber, Rabu (29/4/2020).

Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh dan Konsumsi Makanan yang Tepat

Ilustrasi Air Putih Credit: pexels.com/LisaFotius
Ilustrasi Air Putih Credit: pexels.com/LisaFotius

Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Tips berpuasa saat sedang demam yang pertama adalah dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Peningkatan suhu tubuh saat demam membuat cairan dari dalam tubuh lebih mudah menguap. Hasilnya, kamu akan lebih mudah haus dan berisiko mengalami dehidrasi bila tidak segera minum.

Untuk mencegah hal ini terjadi saat kamu menjalankan ibadah puasa, memenuhi kebutuhan cairan tubuh menjadi sebuah kewajiban yang harus dilakukan. Kamu dianjurkan untuk minum air putih setidaknya delapan gelas: dua gelas saat berbuka, empat gelas saat malam hari, dan dua gelas saat sahur.

Jika memungkinkan, konsumsilah air putih hangat. Hindari air dingin, kopi, atau teh, karena dapat memperparah demam yang sedang kamu alami.

Konsumsi Makanan yang Tepat saat Sahur dan Berbuka

Pemilihan makanan saat sahur dan berbuka yang tepat juga merupakan salah satu tips berpuasa saat demam yang perlu diperhatikan. Ketika sahur atau berbuka, konsumsilah makanan yang kaya vitamin C seperti buah jeruk atau stroberi. Buah-buahan ini dapat melawan infeksi dan menurunkan demam. Buah-buahan ini juga akan memenuhi kebutuhan cairan tubuh kamu.

Hindari gorengan, makanan pedas dan berlemak, karena makanan tersebut bisa membuat demam semakin parah. Di samping itu, perhatikan pula komposisi menu saat sahur dan berbuka. Pastikan sajian yang kamu konsumsi terdiri dari karbohidrat, protein, vitamin dan mineral, serta lemak sehat.

Istirahat Cukup dan Hindari Aktivitas Berlebihan

Ilustrasi Istirahat (tiracardz/Freepik)
Ilustrasi Istirahat (tiracardz/Freepik)

Istirahat Cukup

Tips berpuasa saat sedang demam selanjutnya adalah dengan beristirahat yang cukup. Beberapa penelitian mengatakan, waktu tidur yang dibutuhkan tubuh untuk dapat memperbaiki diri dari dalam adalah 8 jam per hari.

Jika kesulitan tidur, kamu harus menjauhi kafein dan alkohol sama sekali, hindari rokok, dan buat lingkungan tidur senyaman mungkin. Kamu bisa mewujudkan tidur yang berkualitas dengan mendengarkan musik atau mandi air hangat. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah tidur di malam hari

Hindari Aktivitas Berlebihan

Hindari melakukan aktivitas berlebihan jika kamu sedang demam saat puasa. Hal ini bertujuan agar kondisi tubuh cepat pulih dan puasa bisa berjalan lancar hingga waktu berbuka tiba.

Pastikan pula kamu tidak banyak menghabiskan waktu di bawah teriknya matahari. Sebab hal ini akan membuat kamu lebih mudah haus, apalagi saat sedang demam.

Hindari Pakaian Tebal dan Kompres Air Hangat

Kompres Air Hangat
Kompres Air Hangat

Hindari Pakaian Tebal

Tips berpuasa saat sedang demam berikutnya adalah dengan menghindari pakaian tebal. Saat demam, sebaiknya kamu tidak menggunakan pakaian yang tebal. Karena pakaian tersebut dapat menghambat proses pelepasan panas yang mengakibatkan suhu tubuh bisa bertambah tinggi.

Walaupun merasa kedinginan saat sedang demam, sebenarnya suhu tubuh kamu sangat tinggi, dan kamu harus menurunkannya agar tubuh menjadi lebih hangat.

Oleh karena itu, biarkan tubuh mengeluarkan panas yang berlebihan dengan mengenakan pakaian yang tipis dan menutupi tubuh dengan selimut atau kain yang tipis apabila diperlukan.

Kompres Air Hangat

Kompres merupakan tindakan yang biasa dilakukan ketika demam. Namun, kompres tidak akan efektif menurunkan suhu tubuh jika menggunakan air dingin.

Tips berpuasa saat sedang demam ini dianjurkan menggunakan kompres air hangat, bukan dingin. Hal ini untuk memindahkan suhu panas pada tubuh. Bagian tubuh yang bisa kamu kompres adalah dahi dan ketiak.

Minum Obat

Ilustrasi Obat (Yuttana Jaowattana/Shutterstock)
Ilustrasi Obat (Yuttana Jaowattana/Shutterstock)

Tips berpuasa saat sedang demam berikutnya tentu adalah dengan minum obat. Untuk membantu menurunkan demam, kamu dapat mengonsumsi obat-obatan antidemam saat sahur dan berbuka. Parasetamol, ibuprofen, dan aspirin adalah beberapa jenis obat yang bisa kamu konsumsi.

Sebelum minum obat, pastikan kamu membaca label kemasan dengan saksama. Pastikan dosis yang kamu minum sesuai dengan anjuran yang tertera. Jika kamu membeli obat tersebut di apotek, berkonsultasilah terlebih dahulu pada apoteker yang melayani mengenai dosis obat yang sesuai dengan kondisimu.

Itulah beberapa tips berpuasa saat sedang demam yang harus kamu perhatikan. Dengan melakukan berbagai tips tersebut kamu bisa tetap berpuasa walaupun sedang demam. Tentunya dengan pola makan dan tidur yang sehat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidur Bareng di Karpet, Ini 6 Potret Mesra Zaskia Gotik dan Sirajuddin Usai Menikah

Posted: 03 May 2020 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Perasaan bahagia masih menyelimuti pedangdut Zaskia Gotik. Pasalnya Zaskia sangat menikmati perannya sebagai istri setelah dipersunting Sirajuddin Mahmud. Wanita yang kini berusia 28 tahun ini melangsungkan pernikahannya dengan Sirajuddin pada tanggal 22 April 2020.

Setelah menikah, baik Zaskia Gotik maupun Sirajuddin Mahmud kerap membagikan momen manisnya setelah menjadi sepasang suami istri. Keromantisan yang dipancarkan keduanya tak jarang menuai komentar positif dari warganet.

Baru-baru ini, Sirajuddin Mahmud mengunggah foto saat dirinya dan Zaskia tidur bersama beralaskan karpet. Potret romantis ini pun mengundang warganet untuk membubuhkan respons di kolom komentar foto tersebut. Pemilik goyang itik ini bersama suami terlihat semakin romantis karena tidur sambil berpegangan tangan.

Rasanya kebahagiaan wanita yang akrab disapa Eneng ini semakin terpancarkan. Pasalnya tahun ini dirinya merayakan ulang tahun dan menyambut bulan suci Ramadhan bersama sang suami. Dirinya pernah mengungkapkan jika pernikahan adalah kado terindah untuk pertambahan usinya tahun ini.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang 6 potret mesra Zaskia Gotik dan Sirajuddin Mahmud usai menikah, Senin (4/5/2020).

1. Sirajuddin Mahmud mengunggah potret mesranya bersama sang istri saat tidur bersama dengan beralaskan karpet.

Potret Mesra Zaskia Gotik dan Sirajuddin Mahmud Usai Menikah. (Sumber: Instagram.com/sirajuddinmahmudsabang)
Potret Mesra Zaskia Gotik dan Sirajuddin Mahmud Usai Menikah. (Sumber: Instagram.com/sirajuddinmahmudsabang)

2. Mantan suami Imel PC ini pun mengunggah story bersama istri tercinta.

Potret Mesra Zaskia Gotik dan Sirajuddin Mahmud Usai Menikah. (Sumber: Instagram.com/sirajuddinmahmudsabang)
Potret Mesra Zaskia Gotik dan Sirajuddin Mahmud Usai Menikah. (Sumber: Instagram.com/sirajuddinmahmudsabang)

3. Tidak sedikit warganet yang memberikan doa dan komentar positif untuk pasangan yang menikah pada 22 April lalu ini.

Potret Mesra Zaskia Gotik dan Sirajuddin Mahmud Usai Menikah. (Sumber: Instagram.com/sirajuddinmahmudsabang)
Potret Mesra Zaskia Gotik dan Sirajuddin Mahmud Usai Menikah. (Sumber: Instagram.com/sirajuddinmahmudsabang)

4. Saat Zaskia berulang tahun, Sirajuddin Mahmud tak lupa menyiapkan kejutan manis untuk sang istri.

Potret Mesra Zaskia Gotik dan Sirajuddin Mahmud Usai Menikah. (Sumber: Instagram.com/zaskia_gotix)
Potret Mesra Zaskia Gotik dan Sirajuddin Mahmud Usai Menikah. (Sumber: Instagram.com/zaskia_gotix)

5. Resmi mempersunting wanita berusia 28 tahun ini, kebersamaan dan keromantiasan pasangan ini semakin terpancar.

Potret Mesra Zaskia Gotik dan Sirajuddin Mahmud Usai Menikah. (Sumber: Instagram.com/sirajuddinmahmudsabang)
Potret Mesra Zaskia Gotik dan Sirajuddin Mahmud Usai Menikah. (Sumber: Instagram.com/sirajuddinmahmudsabang)

6. Kini keduanya tak segan membagikan potret manis mereka di akun Instagram masing-masing.

Potret Mesra Zaskia Gotik dan Sirajuddin Mahmud Usai Menikah. (Sumber: Instagram.com/sirajuddinmahmudsabang)
Potret Mesra Zaskia Gotik dan Sirajuddin Mahmud Usai Menikah. (Sumber: Instagram.com/sirajuddinmahmudsabang)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mantan Panglima TNI Djoko Santoso Jalani Operasi Pendarahan Otak

Posted: 03 May 2020 09:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Djoko Santoso menjalani operasi pendarahan otak di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta. Hal itu disampaikan anggota DPR Fraksi Partai Gerindra, Habiburokhman.

"Ya, kemarin dapat info dari Mas Pandu, putra sulung beliau yang di DPR. Pak Djoksan operasi karena pendarahan," kata Habiburokhman saat dikonfirmasi merdeka.com, Senin (4/5/2020).

Habiburokhman belum mengetahui kondisi terbaru Djoko Santoso hari ini. Dia berharap, Djoko segera sembuh.

"Saya belum tahu kondisi pagi ini. Mohon doa saja agar beliau segera pulih," ucap Habiburokhman.

Bergabung dengan Gerindra

Djoko Santoso
Djoko Santoso

Djoko Santoso merupakan mantan Panglima TNI yang menjabat sejak 28 Desember 2007 hingga 28 September 2010 di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Setelah pensiun dari militer, ia bergabung dengan Partai Gerindra pada tahun 2015 dan menjadi Wakil Ketua Dewan Pembina. Kemudian, ia dipercaya menjadi Ketua Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi di Pilpres 2019.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Warga Surabaya Sesalkan Ada Ambulans Tak Bersedia Angkut Jenazah

Posted: 03 May 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah warga RT 04, RT 03, Dukuh Karangan, Kelurahan Babatan, Kecamatan Wiyung, Surabaya, Jawa Timur mengaku kecewa dengan pelayanan ambulans milik pemerintah kota setempat. Hal ini karena menolak mengangkut jenazah warga dan mengidentifikasi penyebab kematian almarhum.

Salah seorang warga Dukuh Karangan Kusnan Hadi menuturkan, warga sempat meminta bantuan mobil ambulans ke Pemkot Surabaya untuk mengangkut jenazah warga setempat sekaligus untuk mengidentifikasi penyebab kematian almarhum pada Sabtu malam, 2 Mei 2020.

"Ambulans dari Pemkot Surabaya datang untuk melihat jenazah. Tapi petugas medis tidak bersedia mengangkut jenazah dengan alasan jika mobil ambulans yang dibawanya hanya untuk emergency bukan ambulans jenazah," kata Kusnan, seperti dikutip dari Antara, Senin (4/5/2020).

Bahkan, lanjut dia, petugas medis menyarankan agar jenazah tersebut dibawa ke RSUD dr. Soetomo Surabaya untuk pemeriksaan guna memastikan apakah positif terkena COVID-19 atau tidak serta dimintakan surat kematian tanpa dipungut biaya.

Melihat kenyataan itu, kata dia, warga akhirnya mencari alternatif lain dengan meminta pertolongan mobil ambulans milik PDI Perjuangan Surabaya untuk membawa jenazah warga tersebut ke RSUD Dr. Soetomo Surabaya.

"Pukul 23.15 WIB, mobil ambulans partai datang dan menuju Karang Menjangan (RSUD Soetomo). Setelah diperiksa di kamar mayat, ternyata petugas kamar mayat menetapkan biaya sebesar Rp1,1 juta untuk biaya pemeriksaan dan surat kematian," ujar dia.

Saat diminta membayar, Kusnan mengaku kecewa karena sebelumnya petugas medis dari Pemkot Surabaya mengatakan tidak ada biaya administrasi. "Apakah prosedurnya seperti itu? jenazah cukup ditutupi kain tanpa prosedur kesehatan dan dikenakan biaya," ujar dia.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Surabaya Minta Maaf

Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Wakil Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Surabaya Eddy Christijanto menuturkan, jika pihaknya telah berupaya memberikan layanan mobil jenazah melalui Dinas Sosial (Dinsos) Surabaya.

"Sebenarnya saat itu kami sudah berupaya memberikan layanan mobil jenazah melalui Dinsos, karena mobil ambulans yang datang memang untuk layanan pasien COVID-19. Kemungkinan karena yang meminta layanan juga banyak, jadi ada keterlambatan datang dan ternyata sudah keduluan mobil jenazah dari partai," kata Eddy.

Namun demikian, Eddy menyampaikan permohonan maafnya atas ketidaknyamanan pelayanan ambulans tersebut karena tidak ada niat sedikitpun untuk menghalangi apalagi mempersulit layanan.

"Saya atas nama Pelaksana Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Surabaya meminta maaf dan akan kami jadikan pembelajaran untuk ke depan," ujarnya.  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Striker Wolverhampton Merendah Dihubungkan dengan Real Madrid

Posted: 03 May 2020 09:20 PM PDT

Wolverhampton - Penyerang Wolverhampton Wanderers, Raul Jimenez, dikabarkan masuk daftar belanja Real Madrid dan Manchester United. Meski dikaitkan dengan klub elite Eropa, Jimenez tak ingin besar kepala.

Saat ini, striker berusia 28 tahun itu sedang berada di puncak kariernya. Dalam dua musim terakhir bersama Wolverhampton, Raul Jimenez berhasil mencetak 39 gol dari 88 pertandingan di seluruh ajang.

Berkat ketajamannya itu, banyak klub Eropa yang tertarik untuk merekrut jasa si pemain, beberapa di antaranya adalah Real Madrid dan Manchester United. Kedua klub itu butuh jasa Jimenez untuk meningkatkan daya gedor.

Jimenez mengaku tersanjung dirinya dikaitkan dengan sejumlah klub besar Eropa. Namun dia tidak ingin terlalu besar kepala dengan rumor tersebut.

"Saya mengetahui rumor-rumor itu melalui media sosial. Saya saat ini dihubungkan dengan Real Madrid, Chelsea, Manchester United, Arsenal dan setiap hari semakin bertambah klub yang dikaitkan dengan saya," ujar Jimenez.

"Saya harus tetap tenang dalam situasi ini. Jika mereka membicarakan saya, itu hanya karena saya telah bermain dengan baik di klub saya saat ini," tuturnya.

Tertarik Berseragam Real Madrid

Pemain Wolverhampton Wanderers, Raul Jimenez, melakukan selebrasi usai membobol gawang Manchester United pada laga Piala FA 2019 di Stadion Molineux, Sabtu (16/3). Wolverhampton menang 2-1 atas Manchester United. (AP/Rui Vieira)
Pemain Wolverhampton Wanderers, Raul Jimenez, melakukan selebrasi usai membobol gawang Manchester United pada laga Piala FA 2019 di Stadion Molineux, Sabtu (16/3). Wolverhampton menang 2-1 atas Manchester United. (AP/Rui Vieira)

Lebih lanjut, Raul Jimenez mengaku sangat tertarik pindah ke Spanyol. Untuk itu jika Real Madrid benar-benar seirus menginginkannya, Jimenez siap untuk pindah.

"Jika besok ada tawaran yang masuk dari Real Madrid atau Barcelona, maka saya tidak akan membiarkan kesempatan seperti itu lewat. Jadi saat ini saya membuka diri untuk semua kemungkinan yang bisa terjadi."

"Namun sejauh ini, saya ingin melanjutkan karier saya di Inggris. Saya bahagia di sini dan saya sudah beradaptasi di Premier League dan saya suka melanjutkan karier saya lebih lama di sini," ucapnya.

Usaha Real Madrid untuk mendapatkan Jimenez musim depan tidak akan mudah. Pasalnya, pihak Wolverhampton Wanderers diberitakan ogah untuk menjual sang striker pada musim panas nanti.

Sumber: ESPN

Disadur dari: Bola.net (Penulis: Serafin Unus Pasi/Published: 3/5/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cupumanik Reuni Lewat Single Yang Kan Terjalani

Posted: 03 May 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Cupumanik hadirkan single terbaru di tengah pandemi Corona Covid-19. Lagu YKT (Yang Kan Terjalani) pernah direkam dan menjadi opsi lagu memperkuat album perdana self titled Cupumanik tahun 2005, namun urung masuk.

Kini YKT dikemas ulang, agar relevan dengan zaman. Lagu ini lahir saat Cupumanik masih sering bergadang, nongkrong & menulis lagu. Single YKT yang mengalami kelahiran kembali, ditandai dengan kehadiran Rama, gitaris awal Cupumanik.

Rama beraksi mengisi harmoni di departemen gitar bersama Eski. Sound bernuansa clean berbalut string dan orkestrasi yang diarransemen mewah, itu sumbangan artistik Rama, dia ingin menonjolkan ambience dan syahdunya lagu untuk Cupumanik. Akhirnya YKT menjadi pemantik mereka melakukan reuni.

Eski (gitaris), mementaskan nada unik tematik, menghiasi lagu dengan riff gitar yang kuat, dari intro hingga ending tanpa pengulangan. Semua berkesinambungan, berhubungan dengan tema dan ruh lagu. Kendati bercak sound kotor dari fx fuzznya masih terasa.

 

Nuansa Akustik

Cupumanik. (ist)
Cupumanik. (ist)

Di divisi rhythm section, Dony (drum) dan Iyak (bass) membangun pondasi lagu mengikuti nuansa lagu yang sudah akustik, dipertegas dengan laid-back shuffle 3/4, sisanya dibiarkan mengalir. Dony merekonstruksi dengan kejutan breakdown, tom riff dengan swing's feel di bagian bridge dan beberapa varian lain di bagian reff.

Hal serupa juga dapat ditemui pada interlude dan coda to end yang sengaja dibuat bernuansa afro-carribean (reggae), yang mengingatkan pada nuansa lagu Seven Days-nya Sting.

 

Menghayati

Cupumanik. (ist)
Cupumanik. (ist)

Di vokal, Che mengaku saat rekaman, ia banyak memejamkan mata, agar menghayati lagu. Dia membayangkan seperti sedang berbicara pada seorang wanita dengan bahasa kasih.

"Menurut gue, YKT adalah perbincangan romantisme laki-laki dan perempuan," kata Che melalui keterangan resmi yang diterima Liputan6.com pada Minggu (3/5/2020).

Che lebih "bernyanyi" tanpa pekik parau berkarat khasnya, yang terdengar hanya bariton yang rileks, merayu dan membuai.

 

Persembahan

Sebagai penulis lirik, Iyak mengatakan babhwa lagu ini adalah sebuah persembahan bagi setiap pendamping yang telah setia mengarungi lautan kehidupan.

"YKT adalah mantra cinta pelipur hati bagi siapapun yang telah setia berada di sisi. Untuk mereka para Istri atau belahan jiwa yang ikhlas menerima segala kekurangan, untuk sudi mengarungi lautan kehidupan, rela tenggelam dalam suka dan menghalau luka. Mereka adalah para pendamping untuk merajut asa, pun menua bersama," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Heboh Aksi Prank Youtuber Bandung Ferdian Paleka Bikin Murka Warganet

Posted: 03 May 2020 09:18 PM PDT

Bandung - Ferdian Paleka, Youtuber asal Bandung tengah menjadi perbincangan hangat di media sosial. Dirinya baru saja membuat konten video yang dianggap melecehkan waria dan sejumlah anak melalui aksi prank.

Video yang diunggah pada Minggu (3/5/2020) berjudul berjudul 'PRANK KASIH MAKANAN KE BANCI CBL' mendapat kecaman dari banyak orang. Video prank itu menggambarkan Ferdian dan dua rekannya membawa kardus mie instan dalam sebuah mobil. Mereka mengisinya dengan sampah lalu membagikannya ke waria yang mereka cari di jalanan Kota Bandung.

Selang 15 jam setelah diunggah, video itu tak bisa lagi diakses. Namun warganet sudah keburu murka dan menganggap video prank itu berlebihan sekaligus melecehkan manusia. Salah satu korban pun mengaku sudah melapor ke aparat kepolisian Kota Bandung.

Kediaman YouTuber Ferdian Paleka di Kavling Bojong Koneng Indah, Desa Rancamanyar, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, bahkan sempat digeruduk massa yang murka. Menurut informasi yang dikutip dari laman Ayobandung, warga yang marah dengan kelakuan Ferdian mendatangi rumahnya pada Minggu malam (3/5/2020).

Massa yang terdiri dari warga dan anggota kepolisian itu merasa tak terima dengan aksi Ferdian yang membuat video prank pura-pura memberikan bantuan sembako kepada transpuan namun ternyata isinya sampah. 

Video penggerudukan rumah Ferdian Paleka itu dibagikan di akun Instagram @sekitarbandungcom. Namun menurut keterangan, massa tak berhasil menemui Ferdian yang diduga kabur usai mengetahui kemarahan warga akibat video yang ia buat. 

"Namun yang bersangkutan tidak ada di lokasi. Pihak keluarga sendiri pasrah dan menyerahkan kasus konten kontroversi FP dkk kepada pihak kepolisian," ujar akun tersebut.

Warga yang dibantu anggota kepolisian kemudian melakukan mediasi dengan keluarga Ferdian. Dalam foto yang dibagikan akun Twitter @kabar.jabar, terlihat 3 orang perwakilan dari warga dan kepolisian tengah berbicara dengan 2 orang perempuan yang merupakan anggota keluarga Ferdian.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BPS : Inflasi April 2020 Turun Jadi 0,08 Persen

Posted: 03 May 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi selama April 2020 sebesar 0,08 persen. Angka ini lebih rendah dari inflasi Maret 2020 sebesar 0,10 persen. Sementara, inflasi tahun kalender tercatat sebesar 0,84 persen dan inflasi tahun ke tahun 2,67 persen.

"Secara umum menunjukkan adanya kenaikan tetapi kenaikannya sangat tipis sekali hasil pemantauan BPS di 90 kota inflasi pada bulan Aoril 2020 ini terjadi inflasi sebesar 0,08 persen," kata Kepala BPS, Suhariyanto, di Kantor BPS, Jakarta Pusat, Senin (4/5/2020).

Suhariyanto mengatakan, dari 90 kota indeks harga konsumen (IHK), 39 kota mengalami inflasi dan 51 kota mengalami deflasi. Inflasi tertinggi terjadi di Baubau Sulawesi Tenggara mencapai 0,88 persen, sementara inflasi terendah 0,02 persen.

Sementara itu untuk kota yang alami deflasi tertinggi terjadi di Pangkalpinang yaitu sebesar minus 0,92, dan terendah di Bogor dan Semarang sebesar 0,02 persen.

"Kalau kita lihat komponennya di Pangkalpinang ini penyebabnya adalah penurunan tarif angkutan udara dan deflasi terendahnya terjadi di Bogor dan Semarang," tandas dia.

 

Perkiraan BI

Pembeli memilih sayuran saat berbelanja di sebuah pasar di Jakarta, Rabu (1/4/2020). Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan pada Maret 2020 terjadi inflasi sebesar 0,10 persen, salah satunya karena adanya kenaikan harga sejumlah makanan, minuman, dan tembakau. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pembeli memilih sayuran saat berbelanja di sebuah pasar di Jakarta, Rabu (1/4/2020). Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan pada Maret 2020 terjadi inflasi sebesar 0,10 persen, salah satunya karena adanya kenaikan harga sejumlah makanan, minuman, dan tembakau. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) memperkirakan inflasi April 2020 mencapai 0,18 persen (mtm) atau sebesar 2,78 persen (yoy). Dengan demikian inflasi terjaga dan terkendali rendah 3 persen plus minus 1 persen.

"Kami perkirakan untuk April 2020 ini inflasinya sekitar 0,18 persen mtm. Kalau dihitung yoy 2,78 persen," kata Gubernur BI Perry Warjiyo di Gedung Bank Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu, (29/4).

Perry menuturkan angka inflasi ini lebih rendah dari dua bulan sebelumnya. Pada bulan Maret 2020 inflasi tahunan tercatat 2,96 persen dan bulan Februari 2020 sebesar 2,96 persen.

Beberapa komoditas yang menyumbang inflasi di antaranya bawang merah sebesar 0,12 persen, emas perhiasan 0,9 persen, jeruk 0,5 persen dan gula pasir 0,02 persen. Sementara komoditas penyumbang deflasi, yaitu cabai merah 0,11 persen dan daging ayam 0,08 persen.

Menurutnya, terjaganya inflasi ini sejalan dengan komitmen pemerintah dalam menyediakan bahan pokok selama bulan ramadan terpenuhi dengan baik. Hal ini terjadi karena kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Bulan Ramadan tahun ini lebih rendah dari pola historisnya. Karena ada PSBB dan ini menurunkan tingkat permintaan jadi itu bagian dari terkendalinya inflasi," kata Perry.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Stok Langka, Pengusaha Ritel Kewalahan Penuhi Pemintaan Gula di Ramadan

Posted: 03 May 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki Bukan Ramadan 2020, Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) menyebut bahwa stok gula di retail penjualan masih terbatas. Ironisnya ini terjadi sebelum pandemi virus corona atau covid-19 melanda Tanah Air.

"Gula sih barangnya memang terbatas. Jauh sebelum corona," singkat Sekretaris Jenderal Aprindo, Solihin saat dihubungi Merdeka.com, Senin (4/5).

Solihin menjelaskan kelangkaan stok gula bermula dari aksi panic buying yang dilakukan sejumlah masyarakat seiring pemberitaan pandemi virus corona yang kian intens. Imbasnya stok gula nasional tak sanggup lagi memenuhi kebutuhan pasar yang semakin meningkat.

Bahkan saat memasuki bulan Ramadan 2020, Aprindo kewalahan memenuhi permintaan konsumen akan bahan pangan gula. Sebab, gula merupakan kebutuhan utama dalam membuat berbagai aneka hidangan untuk menunaikan ibadah puasa.

Meski begitu, Aprindo tetap menjual gula sesuai dengan ketentuan batas Harga Eceran Tertinggi (HET) di level konsumen, yakni Rp12.500 per kilogram. Hal ini mengikuti ketetapan pemimpin yabg tertuang dalam Peraturan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia tahun 2017.

"Kita tidak ada kenaikan tetap HET. Dari awal kita komitmen dengan pemerintah," jelasnya.

Oleh karenanya pemerintah melalui Kementerian Perdagangan diharapkan segera mendistribusikan gula impor sesuai kebutuhan wilayahnya. Sehingga kebutuhan masyarakat akan gula saat memasuki bulan Ramadan dapat terpenuhi.

Menteri Perdagangan (Mendag), Agus Suparmanto menyebut bahwa akar masalah kenaikan harga gula yaitu karena proses distribusi yang tersendat. Imbasnya, gula dibanderol melebihi harga eceran tertinggi atau HET yang dipatok pemerintah Rp12.500 per kilogram.

"Pada dasarnya stok (gula) cukup. Tinggal mengatur distribusi lancar," kata Mendag Agus melalui video conference, Rabu (29/4).

Stok Gula Nasional

Pekerja tengah menata gula pasir di Gudang Bulog Jakarta, Selasa (14/2). Kemendag menyatakan, penetapan harga eceran tertinggi (HET) gula kristal putih sebesar Rp12.500 per kilogram akan dilakukan pada bulan Maret 2017. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pekerja tengah menata gula pasir di Gudang Bulog Jakarta, Selasa (14/2). Kemendag menyatakan, penetapan harga eceran tertinggi (HET) gula kristal putih sebesar Rp12.500 per kilogram akan dilakukan pada bulan Maret 2017. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Menurutnya, kecukupan stok gula nasional didasari oleh keputusan pemerintah untuk mendatangkan gula impor. Sehingga dipastikan stok gula nasional dapat mencukupi kebutuhan masyarakat di tengah pandemi covid-19.

Untuk memperlancar proses distribusi gula, Kemendag akan memotong mata rantai penyaluran gula dengan cara penugasan melalui distributor yang berafiliasi dengan retail modern.

Selain itu, optimalisasi tol laut menjadi 26 trayek untuk percepatan distribusi gula.Di samping itu, Kemendag akan menyurati sejumlah Gubernur yang wilayahnya menerapkan aturan PSBB untuk membantu kelancaran penyaluran gula yang termasuk komoditi utama masyarakat.

Agus mengungkapkan, pihaknya bekerjasama dengan Satuan Tugas (Satgas) Pangan membentuk tim pengawas untuk memastikan harga gula tidak melebihi HET. Nantinya, tim pengawas bertugas mengawal dan mengawasi distribusi gula dan harga di pasaran.

"Gula akan dipastikan (sesuai) HET. Enggak mengalami perubahan masih Rp12.500 per kilogram," tegas dia

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesawat Jet Bermasalah di Spanyol, Ronaldo Bisa Gagal Balik ke Markas Juventus

Posted: 03 May 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Rencana Cristiano Ronaldo balik ke klubnya, Juventus bisa gagal pada Senin (4/5/2020). Pesawat pribadi miliknya bermasalah di Madrid, Spanyol.

Saat ini, Cristiano Ronaldo masih berada di tanah kelahirannya, Portugal. Dia berada di sana untuk menemai ibunya, Dolores, yang terserang stroke pada Maret 2020.

Ketika ingin kembali ke Turin, Italia, sejumlah negara di Eropa memberlakukan kebijakan lockdown. Hal tersebut membuat Ronaldo tidak bisa kembali lagi ke Italia.

Melansir berita dari Footbal Italia, Ronaldo harusnya dijembut menggunakan pesawat jet pribadi, Gulfstream G200 Galaxy. Pesawat yang menjemput pria berusia 35 tahun tersebut sudah berada di Madrid, Spanyol.

Cristiano Ronaldo harus kembali ke markas Juventus secepatnya. Sebab, seluruh tim Liga Italia memang telah mendapat izin dari pemerintah setempat untuk memulai kembali sesi latihan tim pada 18 Mei 2020.

 

Masalah di Madrid

Striker Juventus, Cristiano Ronaldo, melakukan selebrasi usai membobol gawang AC Milan pada laga final Supercopa Itali 2019 di Stadion King Abdullah Sports City, Jeddah, Rabu (16/1). (AFP/Giuseppe Cacace)
Striker Juventus, Cristiano Ronaldo, melakukan selebrasi usai membobol gawang AC Milan pada laga final Supercopa Itali 2019 di Stadion King Abdullah Sports City, Jeddah, Rabu (16/1). (AFP/Giuseppe Cacace)

Sayangnya, pesawat jet yang akan menjemput Ronaldo tampaknya tidak bisa terbang ke Portugal. Jet pribadi itu dilaporkan sudah tiga kali ditolak untuk melakukan lepas landas.

Menurut sumber di Football Italia, pesawat jet pribadi Ronaldo dilarang pemerintah Spanyol untuk melakukan lepas landas akibat pandemi virus corona covid-19.

Virus corona di Spanyol masih tinggi. Hingga 4 Mei 2020, tercatat sudah ada 217 kasus di Spanyol, 25.264 di antaranya meninggal dunia. Menurut data WHO, warga Spanyol yang masih terjangkit virus corona per harinya masih di angka 2.385.

 

Harus Diisolasi

Sesuai dengan kebijakan yang berlaku, jika sampai di Turin nanti, Ronaldo akan diwajibkan lebih dulu menjalani isolasi mandiri selama dua pekan ke depan di rumahnya. Selanjutnya, Ronaldo baru diperbolehkan untuk bergabung dengan rekan setimnya untuk kembali menjalani sesi latihan bersama skuad Juventus.

Menteri Olahraga Italia, Vincenzo Spadafora, mengizinkan seluruh tim kembali berlatih pada 18 Mei 2020. Hanya saja, sejumlah tim berencana mulai menggelar latihan pada awal pekan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Quraish Shihab: Buktikan Kebenaran Seorang Nabi Melalui Rekam Jejak dan Mukjizat

Posted: 03 May 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Quraish Shihab menjelaskann, mukjizat adalah sesuatu yang dinampakkan Allah pada diri seorang yang mengaku nabi dan dipaparkan kepada siapa pun yang meragukan kenabiannya.

Ada dua cara untuk membuktikan kebenaran seorang nabi. Pertama, mempelajari rekam jejak dan sifat-sifatnya.

Quraish Shihab mencontohkan seseorang yang dikenal tidak pernah berbohong dan memiliki sifat-sifat terpuji, maka itu dapat menjadi bukti kebenaran-Nya.

Kedua adalah mukjizat. Nabi Isa misalnya, diragukan oleh sementara orang. Maka mukjizat yang dianugerahkan Allah kepadanya adalah menghidupkan orang mati, menyembuhkan orang sakit, dan sebagainya.

Begitu pun dengan Nabi Musa dan Nabi Muhammad SAW, diberikan Mukjizat. 

"Mukjizat pada Nabi Muhammad SAW adalah mukjizat yang bersifat atliah, yaitu Alquran yang sampai sekarang masih dapat dibuktikan apabila kita mempelajari Alquran," kata Quraish Shihab.

Lantas, apakah mukjizat itu bertentangan dengan hukum-hukum alam?

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Hawwa dan Shaffiyah Anak Shireen Sungkar saat Pakai Hijab, Menggemaskan

Posted: 03 May 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pasangan selebrti Shireen Sungkar dan Teuku Wisnu kini sudah cukup jarang berakting sebagai aktris dan aktor sinetron. Keduanya kini lebih berfokus mengurus bisnis dan buah hati mereka. Pasangan yang menikah 17 November 2013 ini sudah dikaruniai tiga orang buah hati.

Sudah mengurangi aktivitasnya di dunia hiburan, Shireen Sungkar memang kini lebih sering menghabiskan waktu bersama ketiga buah hatinya. Mereka yakni Teuku Adam Al Fatih, Cut Shafiyyah Mecca Alfatih dan Cut Hawwa Medina Alfatih. Wanita berusia 28 tahun itu pun tak jarang unggah potret anak-anaknya di laman Instagram pribadinya.

Banyak yang menyebutkan jika kedua putri Shireen Sungkar yakni Shafiyyah dan Hawwa punya paras yang mirip dengannya. Memiliki mata yang indah, paras kedua bocah itu makin menggemaskan saat memakai hijab. 

Berikut ini 6 potret kedua putri Shireen Sungkar dirangkum dari Instagram pribadinya oleh Liputan6.com, Senin (4/5/2020).

1. Paras cantik Shafiyyah saat berselfie dan diunggah oleh Shireen di laman Instagramnya bikin netizen gemas.

Potret kedua putri Shireen Sungkar saat pakai hijab, cantik bikin gemas. (Sumber: Instagram/@shireensungkar)
Potret kedua putri Shireen Sungkar saat pakai hijab, cantik bikin gemas. (Sumber: Instagram/@shireensungkar)

2. Shafiyyah dan Hawwa pun sama-sama menggemaskan saat pakai baju dan hijab yang sama nih!

Potret kedua putri Shireen Sungkar saat pakai hijab, cantik bikin gemas. (Sumber: Instagram/@shireensungkar)
Potret kedua putri Shireen Sungkar saat pakai hijab, cantik bikin gemas. (Sumber: Instagram/@shireensungkar)

3. Banyak yang bilang jika Hawwa punya senyum yang mirip banget sang ibu, Shireen Sungkar.

Potret kedua putri Shireen Sungkar saat pakai hijab, cantik bikin gemas. (Sumber: Instagram/@shireensungkar)
Potret kedua putri Shireen Sungkar saat pakai hijab, cantik bikin gemas. (Sumber: Instagram/@shireensungkar)

4. Siapa yang tak gemas melihat wajah polos Hawwa satu ini? Cantik pakai hijab abu-abu, mirip enggak nih dengan ibunya?

Potret kedua putri Shireen Sungkar saat pakai hijab, cantik bikin gemas. (Sumber: Instagram/@shireensungkar)
Potret kedua putri Shireen Sungkar saat pakai hijab, cantik bikin gemas. (Sumber: Instagram/@shireensungkar)

5. Ibu dan anak ini memang selalu kompak dan sama-sama anggun dengan busana muslim berwarna merah muda.

Potret kedua putri Shireen Sungkar saat pakai hijab, cantik bikin gemas. (Sumber: Instagram/@shireensungkar)
Potret kedua putri Shireen Sungkar saat pakai hijab, cantik bikin gemas. (Sumber: Instagram/@shireensungkar)

6. Banyak netizen yang membanjiri kolom Instagram Shireen saat unggah foto Hawwa yang menggemaskan ini.

Potret kedua putri Shireen Sungkar saat pakai hijab, cantik bikin gemas. (Sumber: Instagram/@shireensungkar)
Potret kedua putri Shireen Sungkar saat pakai hijab, cantik bikin gemas. (Sumber: Instagram/@shireensungkar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Supercar McLaren Hancur di Tol Jagorawi Milik Bos Bank Swasta?

Posted: 03 May 2020 09:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Supercar McLaren bernomor polisi B-2502-SBI hancur dan rusak berat setelah terlibat kecelakaan tunggal di Tol Jagorawi KM 43.00 pada Minggu 3 Mei 2020. Siapa pemilik kendaraan mewah itu hingga kini masih misteri.

Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Erlangga mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan nama dan latar belakang pemilik supercar berwarna oranye itu.

Meski dari penelusuran di https://samsat-pkb2.jakarta.go.id/, kepemilikan supercar McLaren dengan nomor polisi B-2502-SBI itu tercatat atas nama salah satu bank swasta.

"Kami belum tahu (pemiliknya). Pengemudi belum diambil keterangannya," kata Erlangga saat dikonfirmasi, Senin (4/5/2020).

Berdasarkan data yang tertera di situs Samsat DKI Jakarta, nama pemiliknya adalah PT Bank Danamon IND TBK.

Supercar McLaren MP4-12C 3.8 AT yang terlibat kecelakaan merupakan kendaraan keluaran tahun 2012. Adapun nilai jualnya mencapai Rp 4.410.000.000.

 

Tergelincir di Tol Jagorawi

Supercar McLaren kecelakaan di Tol Jagorawi, Minggu (3/5/2020). Mobil mewah itu rusak berat setelah menabrak pohon palm. (Achmad Sudarno/Liputan6.com)
Supercar McLaren kecelakaan di Tol Jagorawi, Minggu (3/5/2020). Mobil mewah itu rusak berat setelah menabrak pohon palm. (Achmad Sudarno/Liputan6.com)

Sebelumnya, supercar McLaren yang dikemudikan Eric Andrea (37) mengalami selip di Jalan Tol Jagorawi Km 43.00 jalur B. Saat itu, pengemudi mengaku memacu kendaraannya dengan kecepatan tinggi.

"Pengemudi kurang hati-hati, kendaraaan oleng ke kiri masuk ROW kemudian bagian samping kiri menabrak pohon palm melintir ke depan, selanjutnya bagian sebelah kiri menabrak pohon palm kedua dengan posisi terakhir normal menghadap serong barat," kata Erlangga.

Akibat kejadian itu, pengemudi supercar beserta penumpangnya mengalami luka-luka. Sedangkan, kondisi kendaraannya hancur dan rusak parah.

Saat ini, kasus kecelakaan ditangani Satuan Lalulintas Polres Bogor Kota.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

[vidio:Tergoda Naik McLaren, Wanita Cantik Kesulitan Saat Buka Pintunya]()

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Minta Kluster Pekerja Migran hingga Industri Dikawal Ketat

Posted: 03 May 2020 09:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan, pandemi virus Corona atau Covid-19 harus segera diatasi. Sebab itu dia meminta agar selalu memonitoring beberapa kluster agar tidak terjadi penyebaran. Mulai dari klaster pekerja migran, jamaah tablig, goa, hingga industri.

Seperti saat ini dia mendapatkan laporan terdapat 89 ribu para pekerja imigran sudah kembali ke Indonesia ditambah 16 ribu yang akan datang. Jokowi pun meminta agar hal tersebut dikawal dan dilakukan pengecekan secara ketat.

"Kita lihat bahwa pekerja migran Indonesia laporan yang saya terima sudah 89 ribu yang sudah kembali dan mungkin akan bertambah 16 ribu ini perlu ditangani, dikawal secara baik di lapangan sehingga jangan sampai muncul gelombang kedua," kata Jokowi saat membuka rapat terbatas terkait Laporan Tim Gugus Tugas Covid-19 melalui siaran telekonference di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (4/5).

Tidak hanya para imigran, kluster industri juga harus dipastikan. Jokowi pun meminta pada jajarannya agar memastikan industri mana yang diizinkan beroperasi dan tidak.

"Harus dicek di lapangan mereka melakukan protokol kesehatan secara ketat atau tidak," ungkap Jokowi.

Jokowi Minta Data Penerima Bansos Dibuka Secara Transparan

Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto saat KTT ASEAN Khusus Tentang COVID-19 secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (14/4/2020). Jokowi mengajak negara-negara ASEAN bersinergi melawan COVID-19. (Foto: Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto saat KTT ASEAN Khusus Tentang COVID-19 secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (14/4/2020). Jokowi mengajak negara-negara ASEAN bersinergi melawan COVID-19. (Foto: Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta agar data penerima bantuan sosial (bansos) Covid-19 dibuka secara transparan. Dia tak mau ada kecurigaan di lapangan terkait bansos untuk warga terdampak virus Corona.

"Saya juga minta agar data penerima bansos dibuka secara transparan, siapa yang dapat kriterianya apa, jenis bantuannya apa. Sehingga jelas tidak menimbulkan kecurigaan-kecurigaan dan kita bisa segera membuat koreksi di lapangan," kata Jokowi saat memimpin rapat terbatas melalui video conference, Senin (4/5/2020).

Dia meminta agar bansos sudah tersalurkan kepada masyarakat terdampak Corona pada pekan ini. Jokowi ingin agar bansos tersebut dapat cepat sampai ke tangan keluarga yang membutuhkan.

"Tadi sudah saya sampaikan persoalan timing betul-betul harus di-manage dengan baik karena ada bantuan dari pusat, dari daerah dan dari desa," jelas Jokowi.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lince Rawi 'Pejuang' Agen BRILink Wanita di Kampung Terpencil yang Menginspirasi

Posted: 03 May 2020 09:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Keterbatasan bukan penghalang untuk terus berkarya. Keterbatasan tak juga jadi penghalang bagi sebagian orang yang ingin mendapat kehidupan lebih baik, dengan cara menolong sesama yang membutuhkan di tengah pandemi Covid-19. 

Belajar dari kisah Lince Rawi, agen BRILink yang tinggal di daerah terpencil di Desa Muara Wahau, Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur. Dengan segala keterbatasan infrastruktur, tak menyurutkan niat Lince untuk membantu masyarakat di sekitarnya, khususnya dalam memenuhi kebutuhan bertransaksi perbankan.

Lince memiliki usaha dagang sembako sekaligus menjadi agen BRILink sejak 2019, untuk mendapatkan penghasilan tambahan guna memenuhi kebutuhan keluarga. BRILink merupakan perluasan layanan BRI, di mana BRI menjalin kerja sama dengan nasabahnya sebagai agen yang dapat melayani transaksi perbankan bagi masyarakat secara real time online, menggunakan fitur EDC miniATM BRI dengan konsep sharing fee.

Keberadaan Lince sebagai agen dirasakan manfaatnya warga didaerahnya yang mayoritas adalah pekerja di perusahaan perkebunan sawit. Dengan tekun dan sabar, Lince melayani transaksi keuangan para pekerja kebun dan orang-orang di sekitarnya.

"Alhamdulilah orang yang dari kebun kalau mau ke bank agak jauh. Jadi kalau mereka mau transfer ke tempat saya saja karena tidak punya fasilitas internet banking atau mobile banking. Lokasi saya ini jauh dari bank. Sekarang saya transaksi pakai handphone saja," ujar Lince di Muara Wahau, pada Selasa (21/4).

Di tengah kesibukannya sebagai istri, ibu dari tiga anak dan berjualan sembako, Lince tidak pernah merasa lelah melayani masyarakat. Termasuk menempuh perjalanan ke kantor BRI untuk melakukan penyetoran atau penarikan uang.

Bahkan tingginya transaksi dalam sehari membuat dia harus rela bolak balik ke kantor Bank BRI untuk menambah modal BRILink. Apabila kondisi tidak hujan, Lince menggunakan sepeda motor untuk menjangkau kantor Bank BRI yang berjarak tujuh kilometer dari rumahnya.

"Modal saya terbatas, tapi kadang-kadang sehari tiga kali balik ke Bank BRI. Jadi kalau modal habis saya harus ke bank untuk melakukan penarikan," ujar Lince.

Keuntungan Jadi Agen BRILink

Di saat pandemi ini, sejak pagi hingga malam dia tetap melayani masyarakat yang ingin bertransaksi, mulai dari transfer uang, bayar tagihan PLN hingga setor tunai. Terlebih lagi bila memasuki periode gajian bagi para pekerja kebun yakni sekitar tanggal 25 tiap bulan, transaksi yang dilayani Lince kian ramai. 

Banyak keunikan menjadi seorang Agen BRILink, terkadang dia harus menghadapi masyarakat yang memiliki sifat keras kepala dan kurang memahami literasi keuangan. Kondisi ini membuat Lince harus memberikan penjelasan dan edukasi lebih mendalam terkait proses transaksi. 

"Kadang-kadang orang yang kurang ngerti, jadi saya harus jelaskan."

Perempuan berusia 35 tahun ini mengaku dalam sebulan dia bisa mengantongi pendapatan sekitar Rp3-4 juta per bulan. Namun di satu sisi ada kebijakan pembatasan wilayah untuk mencegah penularan Covid-19 yang berdampak pada menurunnya jumlah orang bertransaksi keuangan melaluinya.

"Biasanya orang-orang dari kebun dan perusahaan daripada mereka ke bank atau ke ATM yang lokasinya jauh, mereka ke tempat saya saja. Sekarang karena pandemi banyak jalan ditutup, orang yang di luar atau yang di perusahaan sepertinya dibatasin kalau mau keluar."

Namun Lince mengaku beruntung bergabung menjadi Agen BRILink, terlebih lagi pada masa sulit karena pandemi seperti sekarang ini. Dia merasa terbantu karena memperoleh tambahan penghasilan dari sharing fee transaksi sehingga mampu mencukupi kebutuhan keluarganya. 

"Itu karena jadi agen BRILink ini saya jadi ada tambahan penghasilan. Saya sangat bersyukur jadi agen BRILink," jelasnya.

Meski dihadapkan pada berbagai tantangan dan keterbatasan, Lince memiliki semangat layaknya Kartini yang tak putus asa menyebarkan kebaikan membantu sesamanya dan membangun optimisme untuk hidup yang lebih baik.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Cara Pakai Hijab Pashmina Sifon, Simpel dan Elegan

Posted: 03 May 2020 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Berpenampilan menarik menggunakan hijab, kini menjadi fashion mayoritas wanita muslim di Indonesia. Membuat penampilan menjadi semakin cantik, menarik, dan elegan. Tidak lagi mengandalkan hijab segi empat tetapi menggunakan hijab pashmina sifon. Cara pakai hijab pashmina sifon pun cukup simpel sebenarnya.

Meskipun simpel, namun masih banyak juga yang bingung cara pakai hijab pashmina sifon agar bisa nampak rapi dan elegan. Hal ini disebabkan karena bahannya yang licin, berbentuk persegi panjang, dan tidak kaku seperti hijab segi empat. Apalagi bagi wanita yang menggunakan kaca mata, membutuhkan lebih banyak effort untuk bisa lebih percaya diri menggunakan hijab pashmina sifon ini.

Tetapi jangan salah, ketika sudah ahli cara pakai hijab pashmina sifon dijamin akan membuat ketagihan para wanita muslim loh. Mahkota kepala menjadi lebih menarik untuk dipandang mata. Bahkan ketika harus bepergian jauh, traveling, bekerja, menghadiri pesta, sangat bisa mengandalkan cara pakai hijab pashmina sifon yang simpel dan elegan ini.

Berikut penjelasan mengenai cara pakai hijab pashmina sifon simpel dan elegan yang sudah Liputan6.com rangkum dari akun Instagram @sashfir, Senin (4/5/2020).

Cara Pakai Hijab Pashmina Sifon: Look 1

Ilustrasi penggunaan hijab pahmina sifon (Sumber: @sashfir/Instagram)
Ilustrasi penggunaan hijab pahmina sifon (Sumber: @sashfir/Instagram)

1. Pakai Inner atau ciput yang bisa nempel di jidat.

2. Letakkan hijab pashmina lebih panjang di sebelah kanan.

3. Tarik bagian tepi kanan dan tepi kiri yang sejajar dengan leher ke belakang.

4. Tarik sampai leher bagian belakang dan usahakan hijab menempel pada jidat. Kemudian jika sudah langsung peniti di bagian belakang leher.

5. Tarik ujung hijab pashmina yang pendek (kanan) ke belakang leher bagian kiri. Sisipkan dan beri jarum pentul.

6. Kemudian tarik ujung kiri yang panjang ke atas kepala seperti saat menggunakan hijab segi empat.

7. Lipat bagian kiri dan kanan seperti saat menggunakan hijab pada umumnya. Bentuk sesuai dengan keinginan.

8. Terakhir tinggal sampirkan ujung hijab yang ada di sebelah kiri ke pundak bagian kanan.

9. Selesai.

Cara Pakai Hijab Pashmina Sifon: Look 2

Ilustrasi penggunaan hijab pahmina sifon (Sumber: @sashfir/Instagram)
Ilustrasi penggunaan hijab pahmina sifon (Sumber: @sashfir/Instagram)

1. Pakai Inner atau ciput yang bisa nempel di jidat.

2. Letakkan hijab pashmina lebih panjang di sebelah kanan.

3. Tarik bagian tepi kanan dan tepi kiri yang sejajar dengan leher ke belakang.

4. Tarik sampai leher bagian belakang dan usahakan hijab menempel pada jidat. Kemudian jika sudah langsung peniti di bagian belakang leher.

5. Tarik ujung hijab pashmina yang pendek (kanan) ke belakang leher bagian kiri. Sisipkan dan beri jarum pentul.

6. Kemudian tarik ujung kiri yang panjang ke atas kepala seperti saat menggunakan hijab segi empat.

7. Jarum pentul bagian kanan dan kiri yang sejajar dengan mata tanpa dilipat seperti saat menggunakan hijab segi empat.

8. Terakhir tinggal sampirkan ujung hijab yang ada di sebelah kiri ke pundak bagian kanan.

Cara Pakai Hijab Pashmina Sifon: Look 3

Ilustrasi penggunaan hijab pahmina sifon (Sumber: @sashfir/Instagram)
Ilustrasi penggunaan hijab pahmina sifon (Sumber: @sashfir/Instagram)

1. Pakai Inner atau ciput yang bisa nempel di jidat.

2. Letakkan hijab pashmina lebih panjang di sebelah kanan.

3. Tarik bagian tepi kanan dan tepi kiri yang sejajar dengan leher ke belakang.

4. Tarik sampai leher bagian belakang dan usahakan hijab menempel pada jidat. Kemudian jika sudah langsung peniti di bagian belakang leher.

5. Tarik ujung hijab pashmina yang pendek (kanan) ke belakang leher bagian kiri. Sisipkan dan beri jarum pentul.

6. Kemudian tarik ujung kiri yang panjang ke atas kepala seperti saat menggunakan hijab segi empat.

7. Lipat bagian kiri dan kanan seperti saat menggunakan hijab pada umumnya. Bentuk sesuai dengan keinginan kemudian jerum pentul lipatan pada bagian kiri dan lipatan bagian kanan.

8. Tali ujung bagian kiri atau bagian yang panjang seperti membentuk kepalan.

9. Selesai.

Cara Pakai Hijab Pashmina Sifon: Look 4

Ilustrasi penggunaan hijab pahmina sifon (Sumber: @sashfir/Instagram)
Ilustrasi penggunaan hijab pahmina sifon (Sumber: @sashfir/Instagram)

1. Pakai Inner atau ciput yang bisa nempel di jidat.

2. Letakkan hijab pashmina lebih panjang di sebelah kanan.

3. Tarik bagian tepi kanan dan tepi kiri yang sejajar dengan leher ke belakang.

4. Tarik sampai leher bagian belakang dan usahakan hijab menempel pada jidat. Kemudian jika sudah langsung peniti di bagian belakang leher.

5. Tarik ujung hijab pashmina yang pendek (kanan) ke belakang leher bagian kiri. Sisipkan dan beri jarum pentul.

6. Sampirkan ujung hijab yang panjang atau bagian kiri ke pundak dengan diuraikan.

7. Selesai.

Cara Pakai Hijab Pashmina Sifon: Look 5

Ilustrasi penggunaan hijab pahmina sifon (Sumber: @sashfir/Instagram)
Ilustrasi penggunaan hijab pahmina sifon (Sumber: @sashfir/Instagram)

1. Pakai Inner atau ciput yang bisa nempel di jidat.

2. Letakkan hijab pashmina dengan panjang yang sama antara kiri dan kanan.

3. Tarik bagian tepi kanan dan tepi kiri yang sejajar dengan leher ke belakang.

4. Tarik sampai leher bagian belakang dan usahakan hijab menempel pada jidat. Kemudian jika sudah langsung peniti di bagian belakang leher.

5. Tarik kedua ujung hijab pashmina ke belakang leher dan tali keduanya.

6. Jika sudah ditali, tarik salah satu ujung ke bagian depan.

7. Selesai.

Cara Pakai Hijab Pashmina Sifon: Look 6

Ilustrasi penggunaan hijab pahmina sifon (Sumber: @sashfir/Instagram)
Ilustrasi penggunaan hijab pahmina sifon (Sumber: @sashfir/Instagram)

1. Pakai Inner atau ciput yang bisa nempel di jidat.

2. Letakkan hijab pashmina dengan panjang yang sama antara kiri dan kanan.

3. Tarik bagian tepi kanan dan tepi kiri yang sejajar dengan leher ke belakang.

4. Tarik sampai leher bagian belakang dan usahakan hijab menempel pada jidat. Kemudian jika sudah langsung peniti di bagian belakang leher.

5. Sampirkan bagian ujung hijab sebelah kiri ke kanan.

6. Biarkan bagian hijab sebelah kanan terurai.

7. Selesai.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Deretan Alasan Kucing Suka Menatap Dinding dalam Waktu Lama

Posted: 03 May 2020 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bagi para pecinta kucing kalian tent tahu bahwa hewan tersebut kerap melakukan hal-hal kocak. Namun mereka juga kerap melakukan hal aneh yang bikin kita bertanya-tanya.

Contohnya saja seperti menatap ke dinding dalam waktu yang lama. Rupanya ada beberapa alasan yang membuat kucing melakukannya.

Artikel tentang deretan alasan mengapa kucing suka menatap kosong ke dinding dalam waktu lama menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang orang-orang yang alami masa karantina buruk di rumah.

Sementara itu artikel ketiga tentang deretan zodiak yang dikatakan akan mendapatkan pengalaman menakjubkan di bulan Mei.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 4 Alasan Kucing Suka Menatap Kosong ke Dinding dalam Waktu Lama

Ilustrasi Kucing (iStockphoto)
Ilustrasi Kucing (iStockphoto)

Kucing memang makhluk yang misterius. Kebanyakan pemilik kucing mengaku bahwa hewan peliharaan mereka kadang menatap ke tempat atau titik tertentu dalam waktu lama, padahal tak ada apa-apa di sana.

Tak ada yang tahu mengapa kucing melakukan ini. Namun, ada beberapa teori menarik yang bisa menjelaskan tingkah laku kucing tersebut.

Selengkapnya…

2. Ngenes, 7 Orang Ini Alami Masa Karantina di Rumah Lebih Buruk dari Anda

Doc: Bored Panda
Doc: Bored Panda

Berdiam di rumah adalah salah satu cara memutus rantai penyebaran virus Corona. Meski Anda jadi tak bisa keluar rumah, bukan berarti Anda tidak beraktivitas sama sekali.

Nyatanya, banyak hal yang dilakukan saat berdiam di rumah. Namun, berrhati-hatilah dengan nasib buruk. Jika tidak, Anda bisa mengalami apa yang dirasakan oleh orang-orang ini.

Selengkapnya…

3. 3 Zodiak Ini Bakal Dapat Pengalaman Menakjubkan di Bulan Mei

ilustrasi perempuan karir/Christian Buehner on Unsplash
ilustrasi perempuan karir/Christian Buehner on Unsplash

Bulan Mei biasa menandakan musim semi. Ini akan membawakan perasaan unik kebahagiaan dalam diri kita masing-masing.

Bulan Mei akan menjadi bulan paling romantis untuk Gemini, Libra, dan Scorpio. Namun, planet cinta juga akan mengalami kemunduran pada 13 Mei, yang berarti semuanya bisa menjadi agak sedikit rumit di pertengahan.

Selengkapnya…

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hadiah bagi Para Tenaga Medis yang Tunda Pesta Pernikahan karena Merawat Pasien COVID-19

Posted: 03 May 2020 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang sabar akan mendapatkan hasil yang manis. Pelajaran itu yang dialami Wu Xianbing setelah pesta pernikahannya ditunda oleh sang istri, Chen Mei, karena ia harus menyelamatkan nyawa pasien Covid-19.

Chen diketahui sebagai perawat di RS Renji yang berafiliasi dengan Shanghai Jiao Tong University School of Medicine. Ia mendaftarkan diri sebagai anggota tim medis darurat untuk membantu Wuhan, kota yang diyakini sebagai sumber pandemi virus corona baru.

Chen dan sang istri sebenarnya berencana untuk menggelar pesta pernikahan pada Festival Musim Semi. Namun, panggilan tugas membuat pasangan yang baru saja menikah harus terpisah hingga tiga bulan lamanya.

"Kami tahu ini sulit tapi inilah hal yang benaar yang harus dilakukan," kata Chen yang telah menyelesaikan proses karantina mandiri 14 hari dan hasil tes negatif COVID-19 setelah kembali ke Shanghai pada pertengahan April, dikutip dari China Daily, Senin (4/5/2020).

Pasangan Chen dan Wu akhirnya berhasil menyelenggarakan pesta pernikahan yang dinantikan. Mereka tak sendiri, tetapi bersama sembilan pasangan lain yang juga berasal dari RS Renji. 

Pihak rumah sakit mengapresiasi pengorbanan para tenaga medis itu dengan sebuah hadiah manis. Mereka menggelar pesta resepsi massal pada 1 Mei 2020 di sebuah hotel bersejarah untuk mengenang cinta mereka dan kontribusi tanpa pamrih selama pandemi Covid-19.

Hotel Waldorf Astoria Shanghai yang menjadi tempat acara didekorasi dengan pita dan buket bunga. Sementara, pasangan pengantin berbusana senada. Pengantin perempuan mengenakan gaun putih, sementara pengantin laki-laki memakai setelan jas hitam.

Undangan Terbatas

Pesta resepsi para tenaga medis RS Renji. (dok. Facebook Shanghai Jiao Tong University/https://web.facebook.com/sjtu1896/photos/pcb.1306930249497317/1306930209497321/?type=3&theater/Dinny Mutiah)
Pesta resepsi para tenaga medis RS Renji. (dok. Facebook Shanghai Jiao Tong University/https://web.facebook.com/sjtu1896/photos/pcb.1306930249497317/1306930209497321/?type=3&theater/Dinny Mutiah)

Pesta itu hanya dihadiri oleh keluarga dan sahabat dekat mengingat aturan jaga jarak sosial masih berlaku. "Hampir tiga bulan lalu, pengantin perempuan mengenakan seragam perawat putih alih-alih mengenakan kerudung pengantin putih. Kini mereka sudah kembali, sangat penting bagi kami menggelar perayaan untuk mereka," kata Xia Qiang, kepala pesta RS Renji.

Ia menambahkan, "Saya berharap mereka akan belajar untuk menghormati, bertoleransi, mengerti, dan mendukung satu sama lain, setelah mereka melalui pengalaman khusus sejak awal pernikahan mereka."

Gao Yang (29), pengantin lainnya, berjanji untuk melakukan semua pekerjaan domestik di masa depan setelah perjalanannya ke Wuhan memberinya gambaran pekerjaan yang dijalani sang istri, Zhang Lin.

"Dia sangat sibuk meski untuk membalas WeChat sepanjang waktunya di Wuhan. Jadi, aku mengirimkannya sebuah paket merah virtual lewat WeChat setiap hari," kata Gao.

Pesan itu bisa diterima setelah sang istri kembali ke asrama dan menjelang istirahat. 

Sementara, Richard Saul, General Manager Waldorf Astoria Shanghai mengatakan sangat bangga bisa menyediakan tempat dan layanan bagi para pejuang kesehatan. Pihak hotel pun menawarkan sejumlah layanan spesial bagi para tenaga medis, di antaranya diskon untuk F&B, dan bonus menginap di hotel saat mereka merayakan ulang tahun pernikahan pertama.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Main di Liga Champions, Kevin de Bruyne Siap Hengkang dari Manchester City

Posted: 03 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Kevin de Bruyne memastikan masa depannya di Manchester City sangat tergantung dengan banding sanksi larangan dua tahun main di Liga Champions. Dia akan bertahan kalau sanksi dikurangi satu tahun.

Namun, dia akan pergi kalau Manchester City tetap mendapatkan sanksi dua tahun dari UEFA. Saat ini, City sudah mengajukan banding lewat Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS).

De Bruyne memastikan dirinya bahagia untuk menyelesaikan kontrak hingga 2023 dengan Manchester City. Namun dua tahun tak main di Liga Champiosn bisa berdampak untuk kariernya.

"Klub sudah bilang kepada kami akan banding dan mereka yakin 100 persen sudah benar," ujar De Bruyne seperti dikutip Sky sports.

"Saya percaya dengan klub ini; kalau mereka mengatakan yang sebenarnya saya percaya. Kita tunggu dan lihat apa yang terjadi. Kalau keputusan sudah final, saya akan memikirkannya," kata raja assist di Manchester City ini menambahkan.

 

Terlalu Lama

3. Kevin de Bruyne (Manchester City - £ 150 Juta (AFP/Oli Scarff)
3. Kevin de Bruyne (Manchester City - £ 150 Juta (AFP/Oli Scarff)

De Bruyne mengingatkan, sanksi dua tahun tak main di LIga Champions itu lama. Dia yakin tak bisa menerima itu.

"Dua tahun tanpa Liga Champions itu pasti lama. Kalau satu tahun, saya bisa ambil risiko itu," ujarnya.

Gelandang asal Belgia itu juga memastikan masa depannya tidak bergantung dengan kontrak Josep Guardiola. Pelatih Manchester City itu kontraknya bakal berakhir di 2021.

 

Berlatih Lagi

 

Soal Liga Inggris, De Bruyne meyakini klub akan kembali berlatih dalam waktu dekat. Liga Inggris sedang mencanangkan proyek restart.

"Dugaan saya kami akan berlatih lagi dalam dua pekan ke depan. Pemerintah ingin memulai lagi sepak bola secepatnya agar bisa menghibur masyarakat," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Surplus dan Defisit Pangan Antar Wilayah Tak Masalah, Asal Distribusi Lancar

Posted: 03 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Simpang siur berbagai pemberitaan tentang wilayah surplus defisit pangan saat ini menjadi perbincangan yang seksi di tengah pandemi covid-19.

Meski begitu, pemerintah menjamin 11 kebutuhan bahan pokok nasional dalam kondisi aman dan terkendali, yakni beras, daging sapi dan ayam, minyak goreng, telur, bawang putih, bawang merah, aneka cabai dan gula.

Tentang hal ini, Akademisi Institut Pertanian Bogor (IPB), Prima Gandhi mengatakan data surplus dan defisit pangan ini perlu diluruskan supaya pemahaman tepat dan tidak simpang siur. Yang paling penting adalah ini masalah teknis berproduksi dan distribusi antar wilayah karena Indonesia secara archipelago merupakan negara kepulauan sehingga tidak relevan jika diseret ke ranah politik.

"Indonesia itu negara kepulauan dengan sumber alam berbeda beda. Sejak dulu, sudah puluhan tahun, sudah terbentuk sentra-sentra pangan, tidak merata seluruh Indonesia. Ada daerah yang surplus dan ada juga defisit, namun secara nasional surplus. Karena itu, penataan alur distribusi menjadi penting," demikian dikatakan Prima Gandhi dalam keterangan tertulis (4/5).

Gandhi menjelaskan, arah kebijakan pemerintah sudah tepat membangun pertanian berdasarkan agroekosistem, keunggulan komparatif dan kompetitif wilayah, sehingga diperoleh efisiensi dalam berproduksi, kawasan berskala ekonomi, tidak terpencar. Namun, aspek distribusi selama ini tidak efisien guna memasok pangan bagi seluruh penduduk.

"Kini sudah kita lihat bersama, sudah terbentuk sentra pemasok pangan, seperti Pulau Jawa, Sumatera kecuali Kepri dan Babel, Kalimantan kecuali Kaltara, Sulawesi, Bali, NTB itu lumbung beras memasok seluruh wilayah," lanjutnya.

Pengajar Departemen Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan, IPB ini menegaskan dengan luas baku sawah 7,4 juta hektar bisa ditanami dua atau tiga kali setahun cukup memenuhi kebutuhan 2,5 juta ton beras perbulannya. Justru yang menjadi pekerjaan rumah terbesar adalah menyelesaikan sistem distribusi dan sistem logistik ke wilayah kepulauan.

"Infrastruktur hilir ini menjadi perhatian agar pasokan pangan mengalir lancar dan efisien dari wilayah surplus ke wilayah lain," papar Gandhi.

Cukupi Kebutuhan Pangan Sendiri

Total luas sawah Kabupaten Lampung Selatan yang bakal masuk LP2B geospasial seluas 36.052 hektar dari luas lahan sawah Lampung Selatan 45.575 hektar.
Total luas sawah Kabupaten Lampung Selatan yang bakal masuk LP2B geospasial seluas 36.052 hektar dari luas lahan sawah Lampung Selatan 45.575 hektar.

Lebih lanjut Gandhi menyebutkan beberapa wilayah memang tidak mengembangkan bawang merah, karena tidak semua kabupaten cocok dan sesuai, kalaupun dipaksakan dengan teknologi juga tidak kompetitif.

Maka kini terbentuklah sentra bawang merah di Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Barat, NTB, Sulawesi Selatan yang hasilnya ratusan ribu ton perbulan mampu memasok ke seluruh provinsi. Hal yang sama untuk cabai, sapi, gula dan lainnya.

"Jadi jangan heran jika sejak dulu, kini dan sampai kapanpun ada wilayah sentra dan non sentra, ada yang surplus, ada yang defisit. Ini tidak masalah, apabila prasarana distribusinya dibangun secara baik," jelasnya.

Oleh karena itu, Gandhi menegaskan surplus defisit itu adalah soal hitungan neraca pangan. Sebab, sudah diketahui bersama bahwa wilayah defisit itu bukan berarti kekurangan pangan karena sumberdaya pangan lokal di setiap wilayah siap mensubstitusi.

"Contohnya kebutuhan pangan wilayah Riau dan Kepulauan Riau ada sagu dan pangan lokal lain. NTT ada jagung komposit, ada shorgum, ada ubi. Wilayah Maluku dan Papua tetap aman ada sagu, aneka umbi. Untuk diketahui Merauke Papua produksi beras melimpah karena sumberdaya alamnya," tegasnya.

Dengan demikian, arahnya pemerintah juga sudah jelas, bahwa di setiap wilayah NKRI harus mampu mencukupi pangan sendiri, apapun potensi ditanam, dibudidayakan dan dikonsumsi masyarakat. Sudah dipetakan wilayah eksisting dan wilayah mana saja yang bisa digali potensinya, yang bisa digarap untuk pangan.

Perlu diketahui, perkiraan ketersediaan pangan nasional berdasarkan perkiraan produksi yang dirilis BPS, terdapat surplus beras hingga Juni 2020 diperkirakan 6,4 juta ton, jagung surplus 1,01 juta ton, bawang merah surplus 330.384 ton. Delapan komoditas lainnya, yakni bawang putih, cabai merah besar, cabai rawit, daging sapi, daging kerbau, telur ayam, gula pasir, dan minyak goreng, juga diperkirakan surplus.

Untuk komoditas beras, stok beras akhir Maret 2020 sebanyak 3,45 juta ton, yang ada di Bulog 1,4 juta ton, di penggilingan 1,2 juta ton, di pedagang 754 ribu ton, dan di Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) 2.939 ton. Ini belum termasuk stok di masyarakat lainnya seperti di rumah tangga dan horeka.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tips Tetap Bugar Selama Pandemi Corona Covid-19

Posted: 03 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menurut Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga, dr. Michael Triangto Sp.KO, terdapat dua jenis olahraga yang bisa dilakukan di rumah selama menghadapi Corona Covid-19.

"Yang harus dipahami, sehat dan bugar itu beda. Sehat menurut WHO berarti dalam kondisi baik secara fisik, mental, dan sosial, sedangkan bugar diukur ketika seseorang mampu melakukan aktivitas sehari-hari, juga kegiatan tambahan," paparnya lewat sambungan telepon pada Liputan6.com, Jumat, 1 Mei 2020.

Demi mendapatkan keduanya, Michael menyarankan olahraga dengan melakukan latihan aerobik agar tubuh sehat dan anerobik, yakni latihan kekuatan otot, yang menunjang kebugaran.

 

"Aerobik yang saya contohkan di video itu skipping. Tapi, sebenarnya bisa juga disesuaikan dengan gerakan lain. Bisa jadi tidak semua orang bisa lompat karena mungkin sempat cedera lutut," imbuhnya.

Tujuan olahraga, sambung dr. Michael, setidaknya ada tiga, yakni kesehatan, rekreasi, dan prestasi. "Yang untuk kesehatan adalah olahraga berintensitas rendah hingga sedang," ujarnya.

Tolak ukur intensitas olahraga itu diukur dari tes berbicara. Semisal sembari olahraga, orang tersebut masih bisa berbicara jelas, intensitas olahraga yang dilakukan berada di tahap rendah maupun sedang.

"Jadi, lain cerita saat melakukan olahraga, orang yang bersangkutan terengah-engah sampai tak bisa berbicara dengan jelas," kata dr. Michael.

Frekuensi Olahraga

Michael menjelaskan, aerobik merupakan bentuk latihan dengan intensitas ringan, gerakan berulang, dan dilakukan dalam waktu panjang. Karena intensitasnya ringan, jenis olahraga ini sangat mungkin dilakukan semua kelompok usia.

"Misal tidak bisa skipping seperti yang tadi saya sebutkan, bisa jalan kanan-kiri, boleh bersepeda, berenang, dan jogging. Semua tak ada yang berat," tuturnya.

Waktu latihan yang panjang memungkinkan otot besar dialiri darah, lantaran dengan gerakan tersebut jantung memompa darah secara lebih lancar. "Proses ini membuat pembuluh darah yang sempit jadi lebar, terbuka. Bahkan, bisa terbentuk kolateral pembuluh darah baru," jelas dr. Michael.

Dengan lancarnya peredaran darah, tubuh pun jadi lebih mudah sehat. "Saya tidak bisa klaim bisa langsung sehat karena banyak faktor lain yang mendukung. Tapi, aerobik bisa jadi salah satunya," tegas dokter yang praktik di Klinik Slim n Health Jakarta tersebut.

Kemudian, demi membuat tubuh bugar, dr. Michael menyarankan latihan anaerobik berupa dips untuk melatih otot-otot lengan, crunch yang berguna melatih otot-otot perut, dan latih otot dada dengan melakukan push up.

Dalam pandangan Michael, setidaknya terdapat empat faktor yang disingkat FITT dalam berolahraga. Pertama, F, frekensi, sesuai anjuran WHO, yakni 3--5 kali seminggu.

"Kemudian I, intensitas, yang jadikan tubuh lebih sehat bilamana olahraga tergolong ringan sampai sedang. Cara ukurnya dari talk test, kita berbicara secara utuh saat melakukan latihan," paparnya.

Kemudian, T, tipe latihan, dalam hal ini, dr. Michael menganjurkan aerobik untuk tetap sehat dan anerobik supaya bugar lewat bentuk latihan kekuatan otot. Kemudian, T, time. durasi yang diminta American College of Sports Medicine (ACSM) adalah 150 menit per minggu.

"Jadi, misal dibagi lima hari, sehari hanya butuh waktu setengah jam. Tidak perlu lama-lama dan jangan sampai berlebihan karena kelelahan bisa menurunkan kesehatan dan bisa timbulkan cedera. Dalam kondisi sekarang bahkan memudahkan terjadi infeksi karena imunitas turun," ujarnya, 

Kapan Waktu yang Tepat?

Selama puasa Ramadan, dr. Michael menyarankan untuk berolahraga di sore hari, setidaknya satu jam sebelum waktu berbuka. 

"Karena saat puasa kecenderungan dehidrasi lebih besar. Intake makanan berubah polanya. Kadar gula naik, terus turun serendah-rendahnya, setelah itu naik lagi. Up and down seperti itu membuat olahraga pada siang atau malam malah mungkin menimbulkan rasa tak nyaman, baik secara energi maupun perut," ucapnya.

Juga, olahraga di malam hari kemungkinan membuat kesulitan tidur karena tubuh terus mengalam pembakaran setelah melakukan aktivitas fisik.

Sementara, saat tak menjalankan puasa, dr. Michael mengatakan, olahraga sebenarnya bisa dilakukan kapan pun. "Tapi, kalau saya boleh menganjurkan, paling baik jam 10 pagi sambil berjemur. Tidak perlu lama, 30 menit saja," katanya.

Gerakan yang dicontohkan, baik latihan aerobik maupun anaerobik, sebaiknya setop lakukan bila merasa tak nyaman. "Karena saya harus katakan olahraga jenis itu tidak untuk semua orang," tandasnya.

Ia mengatakan, selama menghabiskan waktu di rumah, akan membuat rangkaian video rekomendasi olahraga yang bisa membuat tubuh tetap sehat dan bugar di masa pandemi.  

Sumber: Lifestyle Liputan6.com ditayangkan 03 Mei 2020, 16:03 WIB

Penulis: Asnida Riani

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Aktivitas Warga Saat Thailand Longgarkan Aturan Lockdown

Posted: 03 May 2020 09:00 PM PDT

Pengunjung kembali ke taman yang populer saat pelonggaran aturan lockdown di Bangkok, Minggu (3/5/2020). Thailand mulai melonggarkan aturan pembatasan pergerakan orang dan pertemuan setelah diberlakukan beberapa minggu lalu dalam upaya memerangi penyebaran COVID-19. (AP/Tassanee Vejpongsa)
Pengunjung kembali ke taman yang populer saat pelonggaran aturan lockdown di Bangkok, Minggu (3/5/2020). Thailand mulai melonggarkan aturan pembatasan pergerakan orang dan pertemuan setelah diberlakukan beberapa minggu lalu dalam upaya memerangi penyebaran COVID-19. (AP/Tassanee Vejpongsa)

Pengunjung kembali ke taman yang populer saat pelonggaran aturan lockdown di Bangkok, Minggu (3/5/2020). Thailand mulai melonggarkan aturan pembatasan pergerakan orang dan pertemuan setelah diberlakukan beberapa minggu lalu dalam upaya memerangi penyebaran COVID-19. (AP/Tassanee Vejpongsa)

Orang-orang menjaga jarak sosial saat duduk menikmati makanan di sebuah pasar di Bangkok, Minggu (3/5/2020). Thailand mulai melonggarkan aturan pembatasan pergerakan orang dan pertemuan setelah diberlakukan beberapa minggu lalu dalam upaya memerangi penyebaran COVID-19. (AP/Gemunu Amarasinghe)
Orang-orang menjaga jarak sosial saat duduk menikmati makanan di sebuah pasar di Bangkok, Minggu (3/5/2020). Thailand mulai melonggarkan aturan pembatasan pergerakan orang dan pertemuan setelah diberlakukan beberapa minggu lalu dalam upaya memerangi penyebaran COVID-19. (AP/Gemunu Amarasinghe)

Orang-orang menjaga jarak sosial saat duduk menikmati makanan di sebuah pasar di Bangkok, Minggu (3/5/2020). Thailand mulai melonggarkan aturan pembatasan pergerakan orang dan pertemuan setelah diberlakukan beberapa minggu lalu dalam upaya memerangi penyebaran COVID-19. (AP/Gemunu Amarasinghe)

Penata rambut melayani pelanggan di sebuah salon yang dibuka kembali saat pelonggaran beberapa langkah pengendalian karena Virus Corona COVID-19 di Bangkok, Minggu (3/5/2020). Pemerintah Thailand mulai melonggarkan aturan pembatasan pergerakan orang dan pertemuan. (VIVEK PRAKASH/AFP)
Penata rambut melayani pelanggan di sebuah salon yang dibuka kembali saat pelonggaran beberapa langkah pengendalian karena Virus Corona COVID-19 di Bangkok, Minggu (3/5/2020). Pemerintah Thailand mulai melonggarkan aturan pembatasan pergerakan orang dan pertemuan. (VIVEK PRAKASH/AFP)

Penata rambut melayani pelanggan di sebuah salon yang dibuka kembali saat pelonggaran beberapa langkah pengendalian karena Virus Corona COVID-19 di Bangkok, Minggu (3/5/2020). Pemerintah Thailand mulai melonggarkan aturan pembatasan pergerakan orang dan pertemuan. (VIVEK PRAKASH/AFP)

Para pelari kembali ke taman yang populer saat pelonggaran aturan lockdown di Bangkok, Minggu (3/5/2020). Thailand mulai melonggarkan aturan pembatasan pergerakan orang dan pertemuan setelah diberlakukan beberapa minggu lalu dalam upaya memerangi penyebaran COVID-19. (AP/Tassanee Vejpongsa)
Para pelari kembali ke taman yang populer saat pelonggaran aturan lockdown di Bangkok, Minggu (3/5/2020). Thailand mulai melonggarkan aturan pembatasan pergerakan orang dan pertemuan setelah diberlakukan beberapa minggu lalu dalam upaya memerangi penyebaran COVID-19. (AP/Tassanee Vejpongsa)

Para pelari kembali ke taman yang populer saat pelonggaran aturan lockdown di Bangkok, Minggu (3/5/2020). Thailand mulai melonggarkan aturan pembatasan pergerakan orang dan pertemuan setelah diberlakukan beberapa minggu lalu dalam upaya memerangi penyebaran COVID-19. (AP/Tassanee Vejpongsa)

Pengantar makanan dan pengendara melintas di sepanjang jalan setelah pelonggaran beberapa langkah pengendalian karena Corona COVID-19 di Bangkok, Minggu (3/5/2020). Pemerintah Thailand mulai melonggarkan aturan pembatasan pergerakan orang dan pertemuan. (Romeo GACAD/AFP)
Pengantar makanan dan pengendara melintas di sepanjang jalan setelah pelonggaran beberapa langkah pengendalian karena Corona COVID-19 di Bangkok, Minggu (3/5/2020). Pemerintah Thailand mulai melonggarkan aturan pembatasan pergerakan orang dan pertemuan. (Romeo GACAD/AFP)

Pengantar makanan dan pengendara melintas di sepanjang jalan setelah pelonggaran beberapa langkah pengendalian karena Corona COVID-19 di Bangkok, Minggu (3/5/2020). Pemerintah Thailand mulai melonggarkan aturan pembatasan pergerakan orang dan pertemuan. (Romeo GACAD/AFP)

Seorang wanita duduk di bangku yang ditandai untuk menjaga jarak di Taman Lumpini yang dibuka kembali usai pelonggaran beberapa langkah pengendalian karena Corona COVID-19 di Bangkok, Minggu (3/5/2020). Thailand mulai melonggarkan aturan pembatasan pergerakan orang dan pertemuan. (VIVEK PRAKASH/AFP)
Seorang wanita duduk di bangku yang ditandai untuk menjaga jarak di Taman Lumpini yang dibuka kembali usai pelonggaran beberapa langkah pengendalian karena Corona COVID-19 di Bangkok, Minggu (3/5/2020). Thailand mulai melonggarkan aturan pembatasan pergerakan orang dan pertemuan. (VIVEK PRAKASH/AFP)

Seorang wanita duduk di bangku yang ditandai untuk menjaga jarak di Taman Lumpini yang dibuka kembali usai pelonggaran beberapa langkah pengendalian karena Corona COVID-19 di Bangkok, Minggu (3/5/2020). Thailand mulai melonggarkan aturan pembatasan pergerakan orang dan pertemuan. (VIVEK PRAKASH/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 PDP Meninggal Dunia di Sulut Berasal dari 4 Daerah, Mana Saja?

Posted: 03 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Manado - Hingga hari ketiga di bulan Mei, tidak ada pertambahan kasus positif Covid-19 di Sulut. Yang bertambah adalah jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang meninggal dunia.

"Kita ketambahan tujuh PDP yang meninggal dunia sejak, Sabtu malam," ungkap Jubir Gugus Tugas Covid-19 Sulut dr Steaven Dandel, Minggu (03/05/2020).

Dia mengatakan, tujuh PDP yang meninggal dunia, di RSUP Prof Kandou 4 PDP, 3 asal Manado, 1 asal Minahasa Selatan.

PDP yang meninggal pertama wanita, 52 tahun asal Manado, kedua juga wanita 74 tahun asal Manado, dan ketiga pria 46 tahun asal Manado. Selanjutnya wanita 62 tahun asal Minahasa Selatan.

"Untuk pertama kali ada kasus PDP yang meninggal di RS Advent Manado yaitu pria, 85 tahun, asal Manado," ujar Dandel.

Dua PDP lainnya yang meninggal adalah pria, 85 tahun asal Minut di RS Walanda Maramis, dan pria 64 tahun asal Tomohon di RS Anugerah.   

"Sedangkan jumlah PDP juga bertambah menjadi 87," ujar Dandel.

Untuk pasien terkonfirmasi positif Covid-19 berjumlah 45 kasus, tidak bertambah dalam tiga hari terakhir. Dari jumlah itu, 17 dinyatakan sembuh, empat meninggal dunia, dan 24 lainnya masih dalam perawatan di rumah sakit.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Simak juga video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tokopedia Diserang Hacker, Ini Dampak Bagi Karyawan dan Pelanggan

Posted: 03 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tokopedia baru saja diserang hacker, yang mana menyebabkan data kredensial sekitar 91 juta akun pengguna dan 7 juta akun merchant bocor.

Jika sebuah perusahaan, misalnya seperti Tokopedia, dibobol hacker, kira-kira apa dampak bagi karyawan dan pelanggan? 

Survei Risiko Keamanan TI Kaspersky baru-baru ini menemukan informasi pribadi pelanggan lebih sering terlibat dalam pelanggaran data (data breaches) daripada jenis data perusahaan (korporat) lainnya.

Kebocoran data semacam ini, menurut Kaspersky, Senin (4/5/2020), dapat menyebabkan kerugian reputasi dan finansial, serta hukuman regulasi jika tidak ditanggulangi dengan tepat.

Akan tetapi, jika pemrosesan data ditangani secara efektif, kerusakan dari potensi pelanggaran data pelanggan dapat dikurangi secara signifikan.

Sementara itu, laporan Kaspersky terbaru yang bertajuk "Taking care of corporate security and employee privacy: why cyber-protection is vital for both businesses and their staff", menyoroti 'sisi kemanusiaan' dari insiden keamanan siber.

Laporan ini membahas dampak dan kerugian yang dihadapi karyawan akibat pelanggaran yang terjadi. Sekitar sepertiga dari karyawan perusahaan (30%) yang terlibat setelah insiden melewatkan acara pribadi yang penting, harus bekerja di malam hari (32%), bahkan mengalami stres tambahan (33%).

Seperempat dari mereka bahkan harus membatalkan liburan (27%). Sementara risiko pelanggaran data akan selalu ada, organisasi perlu menjaga keamanan data di bawah kendali sehingga insiden tidak berdampak negatif terhadap kondisi karyawan dan reputasi bisnis, terutama selama pandemi Covid-19.

 

Tim IT Harus Bergerak

Ilustrasi pekerjaan di bidang IT
Ilustrasi pekerjaan di bidang IT

Jika terjadi pelanggaran data, seluruh tim keamanan TI harus menyelidiki insiden tersebut, membersihkan dan memperbaiki sistem, serta mengambil langkah-langkah untuk mencegah serangan ini terulang.

Akibatnya, sepertiga manajer harus bekerja lembur di tempat kerja (33% untuk UKM dan 32% untuk perusahaan). Hal ini juga dapat menyebabkan pekerjaan lain tertunda dan tenggat waktu yang pendek pada lebih dari seperempat UKM (27%) dan perusahaan (26%).

Juga hilangnya kesempatan untuk merayakan acara penting bersama, seperti ulang tahun orangtua atau makan malam dengan pasangan, seperti yang dialami oleh sebanyak 20% profesional TI di UKM dan 30% di perusahaan.

 

 

29 Perusahaan Sulit Menarik Pelanggan Baru Usai Kena Bobol

Kawasan Asia Tenggara mulai menjadi pemain ekonomi skala besar sehingga memicu para hacker untuk melakukan penyerangan siber. (Doc: iStockphoto)
Kawasan Asia Tenggara mulai menjadi pemain ekonomi skala besar sehingga memicu para hacker untuk melakukan penyerangan siber. (Doc: iStockphoto)

Cara perusahaan menyimpan dan menggunakan data pelanggan memainkan peran penting dalam membentuk dan mempertahankan reputasinya.

Namun, penelitian Kaspersky menunjukkan bahwa informasi pribadi yang dapat diidentifikasi adalah jenis data yang paling sering ditargetkan di antara para pelaku kejahatan siber (40%).

Akibatnya, sebanyak 29% perusahaan yang disurvei mengalami masalah untuk menarik pelanggan baru setelah pelanggaran data terjadi.

Untuk membantu para pelanggan mengelola pemrosesan data dengan lebih baik, Kaspersky telah menambahkan General Data Protection Regulation (GDPR) dan kursus data konfidensial ke platform pembelajaran kesadaran siber dunia maya untuk bisnis.

Selain itu, untuk membantu perusahaan memastikan bahwa kerja jarak jauh tidak menimbulkan bahaya keamanan bagi bisnis mereka, Kaspersky telah memperkenalkan modul gratis untuk keamanan-keamanan dasar bekerja dari rumah.

Kursus tentang data konfidensial mencakup aturan umum seputar penanganan informasi sensitif, termasuk data pribadi, rahasia dagang, atau dokumen internal yang tidak dapat diungkapkan secara eksternal.

Topik baru ini akan memberi para personel keahlian yang dibutuhkan untuk bekerja menggunakan sumber informasi tersebut dan membantu mereka belajar bagaimana meminimalkan kerusakan jika terjadi kebocoran data.

(Isk/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Mengungkap Identitas Peretas Situs Tokopedia

Posted: 03 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Publik dihebohkan dengan kabar diretasnya situs Tokopedia dan dijualnya data pengguna serta merchant di situs gelap. Sekarang pakar keamanan siber mengungkap siapa sang peretas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

18 Nama Perawat yang Gugur Akibat Positif Corona COVID-19 dan Berstatus PDP

Posted: 03 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Berdasarkan catatan DPP Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), sudah ada 18 perawat yang gugur terkait Corona COVID-19. Data tersebut hingga 3 Mei 2020.

Hery Soesilo termasuk perawat ke-18 yang meninggal terinfeksi COVID-19 di RS Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Jakarta Utara pada Sabtu, 2 Mei 2020.

Ketua DPP PPNI Harif Fadhillah menyampaikan, perawat yang meninggal ada yang berstatus positif COVID-19 dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Ada yang sudah tes swab dan belum. Bahkan ada perawat yang meninggal dengan status PDP, hasil swab belum keluar.

Adapun daftar nama 18 perawat yang meninggal dunia, sebagai berikut:

1. Ninuk Dwi yang bertugas sebagai perawat di ruang ICU RSCM Jakarta, meninggal 12 Maret 2020 (positif COVID-19);

2. Harmoko sebagai perawat di PKM Tambak Aji, meninggal 31 Maret 2020 (PDP);

3. Sugiarto, perawat tim bedah medis RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, meninggal 1 April 2020 (PDP);

4. Letkol (Kowal) Mulatsih, perawat Rumah Sakit Marinir Cilandak, meninggal 1 April 2020 (positif COVID-19);

5. Setia Ari Wibowo, perawat di Rumah Sakit Premier Bintaro, meninggal 2 April 2020 (positif COVID-19);

6. Mursyida, perawat di PK Kampung Teleng, Sawah Lunto, Sumatra Barat, meninggal 3 April 2020 (PDP);

 

 

Perawat Meninggal

Perawat meninggal. (iStockphoto)
Perawat meninggal. (iStockphoto)

7. Zaenal Khabib, perawat PKM Semanding, Tuban, Jawa Timur, meninggal 6 April (PDP);

8. Adharul Anam, perawat RS Mitra Gading, Jakarta Utara, meninggal 8 April 2020 (PDP);

9. Nuria Kurniasih, perawat RSUP dr Kariadi, Semarang, Jawa Tengah, meninggal 9 April 2020 (positif COVID-19);

10. Nur Putri Julianty, perawat RS Andhika, Jakarta, meninggal 9 April 2020 (PDP);

11. Novera, perawat RSPAD Gatot Soebroto, meninggal 11 April 2020 (positif COVID-19);

12. Elok Widyaningsih, perawat Eka Hospital BSD, meninggal 11 April 2020 (positif COVID-19);

 

Perawat Meninggal

Perawat meninggal. (iStockphoto)
Perawat meninggal. (iStockphoto)

13. Rina Iswati Wuryaning Wulan, perawat di RSUP Dr Karnadi, Semarang, Jawa Tengah, meninggal 17 April 2020 (PDP);

14. Astuti Yulistiorini, perawat di RS Siloam Surabaya, Jawa Timur, meninggal 16 April 2020 (Tidak dipublikasikan PDP atau positif COVID-19);

15. Nurlaela, perawat di RS Abdi Waluyo, meninggal 14 April 2020 (Hasil swab belum diketahui positif atau COVID-19);

16. Shelly Ziendia Putri, perawat di Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, meninggal 19 April 2020 (PDP);

17. Agus Indarto, perawat di RS Dr. Oen Solo Baru, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, meninggal 18 April 2020 (PDP);

18. Hery Soesilo, perawat di RS Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, meninggal 2 Mei 2020 (positif COVID-19).

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sederhana, Zaskia Gotik dan Suami Tidur di Lantai Pakai Sarung

Posted: 03 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setelah menikah, Zaskia Gotik dan Sirajuddin Mahmud kerap memperlihatkan kebersamaan mereka di akun Instagram. Seperti baru-baru ini misalnya.

Melalui akun Instagram-nya, Sirajuddin Mahmud menunjukkan foto dirinya yang sedang tidur bersama Zaskia Gotik. Uniknya, mereka berdua tidak tidur di dalam kamar.

Kompak mengenakan sarung, Zaskia Gotik dan Sirajuddin Mahmud tidur di lantai yang hanya beralaskan karpet. Keduanya tertidur pulas sambil tetap berpegangan tangan.

"Sunday funday," tulis pengusaha sukses itu sebagai keterangan fotonya pada Minggu (4/5/2020) malam.

Respons

[Foto: Instagram Sirajuddin Mahmud]
[Foto: Instagram Sirajuddin Mahmud]

Foto Ini seketika memancing perhatian para warganet. Mereka menilai Sirajuddin Mahmud dan Zaskia Gotik adalah pasangan yang hangat dan sangat sederhana.

"Mau tidur aja pegangan tangan," tulis pengguna akun beenhackedagain33

"Sarung is the most comfortable suit for a couple," kata pemilik akun Instagram yustisianas.

"Lucu manten baru tidurnya di ruang tamu depan TV. Nunggu sahur ya. Siap pakai kain sarung lagi kayak pulang ronda," tambah yang lainnya.

Nikah Siri

Potret akad nikah Zaskia Gotik dan Sirajuddin Mahmud. (Sumber: Instagram/mozawahyu)
Potret akad nikah Zaskia Gotik dan Sirajuddin Mahmud. (Sumber: Instagram/mozawahyu)

Zaskia Gotik dan Sirajuddin Mahmud telah menggelar pernikahan siri di rumah Zaskia di Cikarang, Jawa Barat pada 22 April 2020.

Pernikahan Zaskia Gotik dan Sirajuddin Mahmud digelar secara tertutup dan hanya dihadiri oleh keluarga dan orang terdekat saja. Sosin, ayah kandung Zaskia Gotik, menjadi wali nikah alias menikahkan langsung putrinya dengan Sirajuddin Mahmud.

Resepsi

Rencananya, keduanya akan menggelar resepsi pernikahan usai pandemi Covid-19 berakhir. Mereka berharap niat baik itu dapat secepatnya terealisasi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Kebiasaan Ngabuburit Orang Indonesia yang Dirindukan

Posted: 03 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Saat bulan Ramadan seperti ini, suasana sekitar mendadak terasa berbeda. Apalagi dengan adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar yang sedang berjalan untuk mengurangi penyebaran Covid-19. Akibatnya, banyak hal seru yang tidak akan bisa kita temui pada bulan-bulan biasa.

Salah satunya kebiasaan yang biasanya terjadi di bulan puasa adalah ngabuburit. Melakukan berbagai aktivitas untuk 'membunuh' waktu selagi menunggu waktu buka puasa sudah seperti ritual wajib bagi umat Islam di Indonesia.

Kalau dulunya ngabuburit hanya meliputi aktivitas religius seperti mengaji di masjid, sekarang istilah ngabuburit sendiri sudah bergeser menjadi berbagai jenis kegiatan yang lebih luas cakupannya.

Nah, kira-kira aktivitas ngabuburit apa saja yang jadi favorit orang Indonesia.

Berikut beberapa di antaranya seperti dikutip dari Merdeka.com.

1. Berburu Takjil

Ilustrasi Takjil Credit: pexels.com/PietroJeng
Ilustrasi Takjil Credit: pexels.com/PietroJeng

Mendengar kata ngabuburit, mungkin hal pertama yang mampir di benak kita adalah takjil. Stan-stan penjaja takjil yang menjamur selama bulan Ramadan menjadi bagian tak terpisahkan saat puasa.

Berburu jajanan di pasar takjil pun menjadi aktivitas paling umum yang dilakukan sembari menanti waktu buka puasa. Tak hanya menyambangi pasar takjil, kadang kita juga kebagian rejeki dari sejumlah komunitas yang sedang bagi-bagi takjil gratis

2. Buka Puasa Bersama

Ilustrasi makan bersama sahur dan buka puasa (iStockphoto)
Ilustrasi makan bersama sahur dan buka puasa (iStockphoto)

Begitu bulan Ramadan tiba, mendadak jadwal kita penuh dengan agenda buka puasa bersama. Ada buka bersama teman-teman kantor, teman zaman kuliah, sampai buka bareng teman-teman SD. Tujuannya apa lagi kalau bukan silaturahmi alias reuni kecil-kecilan.

Masjid setempat pun biasanya rutin mengadakan acara berbuka bersama atau setidaknya bagi-bagi takjil.

3. Main Petasan dan Kembang Api

Ilustrasi Foto Petasan (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Petasan (iStockphoto)

Bagi yang tinggal di daerah perkampungan mungkin masih sering menjumpai anak-anak kecil seru-seruan dengan menyalakan petasan sembari menanti bedhug penanda waktu buka puasa. Biasanya acara main petasan ini disambung lagi setelah tharawih. Tapi tradisi ini sebaiknya tidak dilakukan secara sembarangan, apalagi tanpa pengawasan orang dewasa. Pasalnya petasan bisa menyebabkan kecelakaan.

4. Bermain

Capricorn. (Sumber foto: pinterest.com)
Capricorn. (Sumber foto: pinterest.com)

Namanya anak muda zaman sekarang, ngabuburit itu berarti nongkrong bareng. Coba perhatikan alun-alun dan taman kota. Menjelang waktu buka puasa, biasanya di sepanjang pinggiran jalan banyak motor diparkir sementara pemiliknya duduk-duduk di trotoar atau di atas motor.

5. Ke Mal

Pengunjung berada di salah satu pusat perbelanjaan Grand Indonesia, Jakarta, Minggu (15/3/2020). Ditengah maraknya wabah COVID-19, beberapa pusat perbelanjaan masih normal didatangi masyarakat untuk sekedar berbelanja atau menghabiskan waktu di akhir pekan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Pengunjung berada di salah satu pusat perbelanjaan Grand Indonesia, Jakarta, Minggu (15/3/2020). Ditengah maraknya wabah COVID-19, beberapa pusat perbelanjaan masih normal didatangi masyarakat untuk sekedar berbelanja atau menghabiskan waktu di akhir pekan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Buat yang dompetnya sedikit tebal, level nongkrongnya pun beda. Bukan lagi trotoar, mall dipilih sebagai tempat ngabuburit. Sembari menunggu waktu berbuka, kita bisa shopping, nonton di bioskop, atau sekadar cuci mata.

Itulah beberapa ritual ngabuburit yang menjadi aktivitas wajib orang Indonesia. Bagaimana dengan Anda? Aktivitas positif apa yang paling sering Anda lakukan untuk menunggu waktu berbuka?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Muncul Wacana Liga Inggris Bakal Dilanjutkan di Australia

Posted: 03 May 2020 08:55 PM PDT

London - Liga Inggris atau Premier League bisa melanjutkan sisa musim 2019-2020 di Perth, Australia. Saran itu dikemukakan oleh seorang agen pemain, Gary Williams.

Liga Inggris sudah terhenti sejak Maret 2020 kemarin akibat pandemi virus corona COVID-19. Perkembangan sejauh ini, disebutkan bahwa sisa pertandingan akan digelar secara tertutup alias tanpa penonton.

Selain itu, besar kemungkinan, tim-tim akan bertanding di tempat netral. Sebanyak delapan stadion kabarnya sudah disiapkan operator Premier League.

Berikut ini stadionnya:

  • Amex Stadium
  • St Mary's Stadium
  • London Stadium
  • Emirates Stadium
  • King Power Stadium
  • Villa Park
  • Old Trafford
  • Etihad Stadium

Kendati demikian, muncul saran dari Gary Williams, agen pemain sepak bola. Ia menyarankan agar Premier League digelar di Perth, Australia.

Williams menuturkan ada sejumlah alasan mengapa Perth menjadi tempat yang layak dijadikan venue netral. Satu di antara alasan itu yakni perihal cuaca.

"Australia memiliki stadion yang sangat baik, kondisi cuaca juga bagus, dan pemerintah berhasil mengontrol virus corona dengan baik," kata Williams kepada ABC Grandstand.

"Soal waktu juga ideal. Fasilitas tak perlu ditanya lagi. Perth adalah tempat yang ideal buat Liga Inggris," katanya lagi.

 

Langganan Tim Premier League

8. Ngolo Kante (Chelsea) - £ 100 Juta (AFP/Paul Ellis)
8. Ngolo Kante (Chelsea) - £ 100 Juta (AFP/Paul Ellis)

Perth diketahui menjadi arena pramusim favorit buat beberapa tim Premier League. Kondisi di sana pada pertengahan tahun relatif lebih hangat dan tidak terlalu panas dibanding regional Asia atau Amerika.

West Ham United sedianya akan mengunjungi Australia pada pramusim tahun ini, namun tidak diketahui lagi bagaimana statusnya usai wabah pandemi corona.

Sebelumnya, Manchester United dan Chelsea juga sempat mengunjungi Perth masing-masing pada 2019 dan 2018. Ada setidaknya dua stadion yang fasilitas dan kondisinya terawat sangat baik, yakni Optus Stadium dan WACA Ground.

Sumber: Goal International

Disadur dari Bola.com (Gregah Nurikhsani/Gregah Nurikhsani, published 4/5/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Kesalahan Tukang Bangunan yang Nyeleneh Ini Bikin Tepuk Jidat

Posted: 03 May 2020 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Memiliki pekerjaan sebagai tukang bangunan tentu tidak mudah. Selain harus memiliki keahlian, tukang bangunan pun tentu tidak boleh asal-asalan saat membangun sebuah bangunan.

Bila ada kesalahan fatal, tentu hasilnya akan mudah rusak atau akan ambruk. Alhasil penyewa jasa tukang bangunan ini pun menanggung kerugian. Selain sudah keluar biaya, hasil pekerjaan tukang bangunan ini pun sia-sia dan bisa jadi harus dibangun kembali dari awal.

Potret kesalahan tukang bangunan ini pun banyak diunggah oleh akun Instagram @puraengenharia. Baik dari membuat dinding, tangga, hingga bangunan bertingkat.

Melihat hasil kerja seperti ini tentu membuat netizen geleng kepala. Karena terlihat bahwa saat mengerjakannya asal-asalan tanpa perhitungan. Berikut 7 potret kesalahan tukang bangunan yang Liputan6.com kutip dari Instagram @puraengenharia, Senin (4/5/2020).

1. Kocak nih, cor-coran betonnya tidak sama besar dan malah ada yang pakai bata.

Kesalahan tukang bangunan yang absurd (Sumber: Instagram/puraengenharia)
Kesalahan tukang bangunan yang absurd (Sumber: Instagram/puraengenharia)

2. Ketika cor beton vertikal dipotong, tentu ancaman bangunan ambruk sangat tinggi.

Kesalahan tukang bangunan yang absurd (Sumber: Instagram/puraengenharia)
Kesalahan tukang bangunan yang absurd (Sumber: Instagram/puraengenharia)

3. Mau bikin cor, bikin kerangkanya asal-asalan dan tidak presisi.

Kesalahan tukang bangunan yang absurd (Sumber: Instagram/puraengenharia)
Kesalahan tukang bangunan yang absurd (Sumber: Instagram/puraengenharia)

4. Belum dipakai tangganya sudah mau ambruk saja, yang punya rugi banyak nih.

Kesalahan tukang bangunan yang absurd (Sumber: Instagram/puraengenharia)
Kesalahan tukang bangunan yang absurd (Sumber: Instagram/puraengenharia)

5. Bikin geleng kepala nih yang bikin bangunan, cor betonnya aneh.

Kesalahan tukang bangunan yang absurd (Sumber: Instagram/puraengenharia)
Kesalahan tukang bangunan yang absurd (Sumber: Instagram/puraengenharia)

6. Salah perhitungan saat bikin cor tangga, jadinya banyak tambal sulam yang bikin rugi.

Kesalahan tukang bangunan yang absurd (Sumber: Instagram/puraengenharia)
Kesalahan tukang bangunan yang absurd (Sumber: Instagram/puraengenharia)

7. Aksi asal-asalan tukang bangunan, batanya bisa ambruk.

Kesalahan tukang bangunan yang absurd (Sumber: Instagram/puraengenharia)
Kesalahan tukang bangunan yang absurd (Sumber: Instagram/puraengenharia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelindo III Pastikan Investasi Tetap Berjalan dengan Protokol Pandemi Covid-19

Posted: 03 May 2020 08:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III memastikan kegiatan investasi tetap berjalan di tengah pandemi virus corona ini. Kepastian ini ditandai dengan tetap berjalannya empat proyek investasi besar yang dimiliki oleh Pelindo III. Berjalannya proyek tersebut dimaksudkan untuk mengantisipasi pengangguran akibat terhentinya proyek dan dikerjakan dengan protokol penanganan Covid-19 yang sangat ketat. 

Direktur Utama Pelindo III Doso Agung mengatakan, perusahaannya menyeleksi secara cermat dan ketat, proyek-proyek di Pelindo III yang harus dihentikan akibat adanya pandemi, dimana proyek yang tetap dapat berjalan untuk menghindari pengangguran yang meluas. 

"Kami berhitung dengan hati-hati dan mempertimbangkan faktor-faktor keselamatan dan pemulihan ekonomi. Proyek yang tetap berjalan, bukan semata-mata hanya untuk mengejar target, tapi juga memberikan perlindungan bagi para pekerja operasional supaya tidak kehilangan pekerjaan di dalam situasi sulit dan menjaga supaya ekonomi tetap bergerak di proyek yang dimungkinkan. Untuk itu, kami menerapkan protokol yang sangat ketat dalam bekerja, terutama menyangkut protokol pandemi Covid-19," kata Doso Agung. 

Investasi dan proyek yang tetap berjalan antara lain adalah peningkatan fasilitas pelabuhan khususnya kapal pesiar. Langkah tersebut merupakan upaya Pelindo III dalam mendukung program pemerintah untuk mendongkrak jumlah pariwisata melalui jalur laut khususnya dengan kapal pesiar ketika nantinya pandemi Covid-19 berakhir. Proyek wisata maritim di Bali yaitu Bali Maritime Tourism Hub (BMTH) ditargetkan dapat menyediakan fasilitas dan infrastruktur terintegrasi di Pelabuhan Benoa, sehingga semakin memperkuat sektor pariwisata Bali secara keseluruhan. Saat ini, proses desain dan perijinan masih terus berjalan. 

Doso Agung menambahkan, pihaknya menggandeng sejumlah stakeholder untuk membangun Bali Maritime Tourism Hub. "Kami menggandeng sejumlah pihak seperti BUMN yang terlibat dalam pariwisata, logistik, energi, Kemenparekraf, BKPM, Kementerian Agraria dan Tata Ruang serta swasta untuk bersinergi bersama membentuk komunitas dan membangun Bali Maritime Tourism Hub," paparnya. 

Di area seluas 128 hektar BMTH tersebut, akan diatur tata ruang yang ada di pelabuhan dengan memisahkan lokasi pelabuhan sesuai kebutuhan dan membaginya menjadi lokasi kapal pesiar, lokasi peti kemas, terminal curah cair, lokasi untuk UMKM, dan lain-lain untuk meningkatkan pariwisata maritim. 

Proyek lain yang tetap berjalan adalah Terminal Gilimas di pulau Lombok NTB adalah terminal untuk sandar kapal pesiar yang dibangun untuk mendukung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika yang dipersiapkan sebagai kawasan pariwisata unggulan di Pulau Lombok NTB. Proyek ini dibangun untuk mendukung pembangunan sirkuit Mandalika hingga rencana pelaksanaan event motoGP, nantinya terminal Gili Mas adalah salah satu pintu masuk wisata melalui jalur laut. 

"Progres pembangunan fisik dermaga sepanjang 440 meter, terminal penumpang dengan kapasitas hingga 1.500 orang, dan fasilitas pendukungnya telah selesai 100%. Dengan demikian, wisatawan tidak perlu lagi menggunakan sekoci untuk mencapai daratan seperti yang selama ini dilakukan di Pelabuhan Lembar. Hal tersebut tentu menambah keamanan dan kenyamanan penumpang," terang Dirut Pelindo III. 

 

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III memastikan kegiatan investasi tetap berjalan di tengah pandemi virus corona ini.
PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III memastikan kegiatan investasi tetap berjalan di tengah pandemi virus corona ini.

Proyek berikutnya yang berjalan adalah pembangunan Terminal Multipurpose Labuan Bajo NTT, merupakan pelabuhan khusus logistik pertama di wilayah Labuan Bajo. Terminal ini dilengkapi sejumlah fasilitas di antaranya dua dermaga utama yaitu dermaga multipurpose dengan kapasitas kapal hingga 25 ribu DWT dan dermaga curah cair dengan panjang 120 meter. 

Pelabuhan hasil kolaborasi antara Kementerian Perhubungan dan Pelindo III tersebut dibangun dengan kapasitas petikemas hingga 100 ribu Twenty-Foot Equivalent Units (TEUs) dan untuk curah cair hingga 1,5 juta ton/tahun. 

"Sampai saat ini sedang dilakukan proses pelelangan, dan setelah ditentukan pemenang lelang, kami langsung kebut pelaksanaan pembangunan dan yakin dapat diselesaikan tahun ini. Semua investasi yang dilakukan oleh Pelindo III dengan demikian bisa memberikan dampak kebangkitan pariwisata maritim Indonesia di mata dunia, dan kami selalu memandang optimis ke depan agar ketika virus Covid-19 sudah terlewati, kita bisa buka lapangan kerja, infrastruktur bisa berjalan dan ekonomi kembali pulih," pungkas Doso Agung. 

Sementara itu, peran Pelindo III dalam menjaga ketahanan energi nasional khususnya pasokan LNG untuk provinsi Jawa Timur, saat ini juga terus digarap bersama PT PGN di Terminal Teluk Lamong (TTL) dan telah mencapai progress 90%. Diharapkan fasilitas tersebut dapat beroperasi pada bulan Juni 2020. Beroperasinya terminal LNG tersebut akan membuat produktivitas industri di Jawa Timur akan bangkit kembali bertepatan meredanya pandemi Covid-19.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Minta Data Penerima Bansos Dibuka Secara Transparan

Posted: 03 May 2020 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta agar data penerima bantuan sosial (bansos) Covid-19 dibuka secara transparan. Dia tak mau ada kecurigaan di lapangan terkait bansos untuk warga terdampak virus Corona.

"Saya juga minta agar data penerima bansos dibuka secara transparan, siapa yang dapat kriterianya apa, jenis bantuannya apa. Sehingga jelas tidak menimbulkan kecurigaan-kecurigaan dan kita bisa segera membuat koreksi di lapangan," kata Jokowi saat memimpin rapat terbatas melalui video conference, Senin (4/5/2020).

Dia meminta agar bansos sudah tersalurkan kepada masyarakat terdampak Corona pada pekan ini. Jokowi ingin agar bansos tersebut dapat cepat sampai ke tangan keluarga yang membutuhkan.

"Tadi sudah saya sampaikan persoalan timing betul-betul harus di-manage dengan baik karena ada bantuan dari pusat, dari daerah dan dari desa," jelas Jokowi.

Awasi Bansos

Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers saat meninjau Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/Pool)
Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers saat meninjau Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/Pool)

Jokowi memerintahkan Menteri Sosial Juliari Batubara serta pemerintah daerah mengawasi penyaluran bansos agar dapat tepat sasaran. Menurut dia, harus ada solusi agar warga miskin yang membutuhkan dapat menerima bansos.

"Saya minta Mensos juga gubernur, bupati, walikota, camat sampai kepala desa turun ke lapangan menyisir. Saya juga minta diberi fleksibilitas kepada daerah agar warga miskin yang belum dapat segera dicari solusinya," ujar Jokowi.

Seperti diketahui, pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial mulai menyalurkan bantuan sosial berupa paket sembako senilai Rp 600 ribu kepada warga tak mampu di Jabodetabek. Sementara, keluarga di luar Jabodetabek akan mendapat Bantuan Langsung Tunai senilai Rp 600.000.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: