Senin, 25 Mei 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Meski Dilarang, 897 Ribu Orang Nekat Mudik ke Jawa Tengah di Masa Pandemi

Posted: 25 May 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah telah memberlakukan larangan mudik untuk mencegah penyebaran virus Corona. Para pemudik dinilai berpotensi menjadi carrier virus yang akan menyebabkan lonjakan kasus baru di daerah.

Kendati demikian, bagaimanapun pemerintah melarang, tetap ada oknum yang mengabaikan hal itu. Sebagai salah satu provinsi dengan jumlah perantau yang cukup banyak, Jawa Tengah saja tercatat sudah kedatangan 897.713 pemudik.

Pengamat Transportasi sekaligus Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan MTI Pusat Djoko Setijowarno menyatakan, para pemudik datang melalui beragam moda transportasi, mulai dari darat hingga udara.

"Hingga 23 Mei 2020, sebanyak 643.243 pemudik diperkirakan telah memasuki wilayah Provinsi Jawa Tengah. Dari total 643.243 pemudik itu sebanyak 406.920 orang atau 63 persen menggunakan moda angkutan jalan," ujar Djoko dalam tulisannya, sebagaimana dikutip Selasa (26/5/2020).

Kemudian menyusul kereta api sebanyak 176.749 orang atau 28 persen, lalu pesawat udara 52.275 orang atau 8 persen dan kapal laut 7.299 orang atau satu persen. Jumlahnya memang menurun seiring dengan pemberlakuan kebijakan pengendalian transportasi.

Puncaknya terjadi pada 21 Mei 2020, dimana ada 2.206 pemudik masuk ke Jawa Tengah. Adapun data ini disadur dari data Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah.

"Jawa Tengah merupakan tujuan pemudik paling tinggi. Jika dibandingkan data pemudik ke Jawa Tengah tahun lalu sebanyak 5,6 juta orang, maka sudah sekitar 14 persen yang mudik ke Jawa Tengah hingga 23 Mei 2020," lanjut Djoko.

Kemudian, menyusul Kabupaten Brebes sebanyak 103.516 orang, Kabupaten Pemalang 97.009 orang, Kabupaten Banyumas 73.468 orang, Kabupaten Cilacap 65.738 orang, Kabupaten Tegal 60.228 orang dan Kabupaten Wonogiri 56.333 orang.

Masyarakat yang Mudik Diminta Jangan Kembali ke Jakarta Dulu

Polisi memeriksa kendaraan di Pos Penyekatan Jalur Mudik, Gerbang Tol Cikarang Barat, Bekasi, Rabu (20/5/2020). Sejak 24 April sampai 19 Mei 2020, Ditlantas Polda Metro Jaya telah memutarbalikkan 20.972 kendaraan mudik Lebaran yang hendak meninggalkan Jabodetabek. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Polisi memeriksa kendaraan di Pos Penyekatan Jalur Mudik, Gerbang Tol Cikarang Barat, Bekasi, Rabu (20/5/2020). Sejak 24 April sampai 19 Mei 2020, Ditlantas Polda Metro Jaya telah memutarbalikkan 20.972 kendaraan mudik Lebaran yang hendak meninggalkan Jabodetabek. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sebelumnya, Juru Bicara Pemerintah untuk COVID-19, Achmad Yurianto mengimbau kepada masyarakat yang ada di daerah agar tidak kembali ke Jakarta untuk mencari nafkah, dalam situasi pandemi COVID-19. Kendati situasi itu tidak mudah, namun harus dipahami bahwa kembali ke Ibu Kota yang sekarang ini menjadi episentrum COVID-19 justru dapat menjadikan permasalahan semakin besar.

Yuri juga mengajak agar masyarakat memulai dengan pola hidup baru. Cara berpikir baru dan bertindak untuk memutus rantai penyebaran COVID-19.

"Pahami, bahwa dalam situasi yang saat ini terjadi, kita tidak boleh menggunakan cara pikir, cara tindak, seperti situasi di masa-masa lalu. Inilah yang kemudian beberapa kali pemerintah, bahkan Bapak Presiden sendiri mengatakan, kita harus bersabar. Situasi ini tidak mudah. Namun, kita yakin dengan kebersamaan, pasti kita akan bisa melakukan," kata Yuri di melalui keterangan pers daring, di Graha BNPB, Jakarta, Minggu (24/5/2020).

Selain itu, Yuri juga menjelaskan bahwa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 47 tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), baik ke luar atau masuk Provinsi DKI Jakarta. Hal ini sebagai bentuk upaya pemerintah daerah untuk mencegah penyebaran COVID-19. Adapun masa PSBB DKI Jakarta telah diperpanjang hingga tanggal 4 Juni 2020 mendatang.

Dalam peraturan tersebut dijelaskan bahwa aktivitas masyarakat keluar dan masuk wilayah Jakarta pada masa pandemi dilarang dengan pengecualian. Siapapun yang melaksanakan perjalanan keluar-masuk DKI Jakarta wajib memiliki Surat Izin Keluar-Masuk (SIKM) yang dapat diunduh melalui situs corona.jakarta.go.id.

"Prinsipnya adalah, bahwa memang ada pengecualian untuk aktivitas pekerjaan yang dilakukan, baik oleh warga DKI yang harus melaksanakan pekerjaan di luar Jabodetabek, atau orang yang berada di luar Jabotabek yang harus ada pekerjaan di DKI," ungkap Yuri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementerian PUPR Revitalisasi Rusun untuk Tenaga Medis di Kendari

Posted: 25 May 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah merevitalisasi atau perbaikan rumah susun (rusun) untuk para tenaga medis yang bekerja di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bahteramas di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra).

"Saat ini kami tengah melakukan revitalisasi atau perbaikan bangunan rusun yang dibangun untuk para tenaga medis di Provinsi Sulawesi Tenggara," ujar Kepala Satuan Kerja Non-Vertikal Tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan Provinsi Sultra, Hujurat lewat keterangan tertulis, Selasa (26/5/2020).

Hujurat menerangkan, proses revitalisasi bangunan vertikal setinggi tiga lantai tersebut memakan anggaran sekitar Rp 3,37 miliar.

Adapun rusun yang diperuntukkan bagi para tenaga medis RSUD Bahteramas Sultra dibangun pada 2018 lalu. Saat ini, Direktorat Perumahan melakukan beberapa revitalisasi agar kondisi rusun tersebut menjadi lebih baik dan laik untuk dihuni.

Berdasarkan data yang dimiliki SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Sulawesi Tenggara, rusun tenaga medis RSUD Bahteramas dibangun setinggi tiga lantai dengan jumlah kamar sebanyak 42 unit dan tipe hunian atau kamar tipe 45.

 

Anggaran 3,37 Miliar

Kementerian PUPR tengah merevitalisasi rusun untuk para tenaga medis yang bekerja di RSUD Bahteramas Kendari. (Dok Kementerian PUPR)
Kementerian PUPR tengah merevitalisasi rusun untuk para tenaga medis yang bekerja di RSUD Bahteramas Kendari. (Dok Kementerian PUPR)

Rusun tersebut dibangun di atas tanah seluas satu hektare. Revitalisasi rusun tenaga medis ini dilaksanakan oleh PT Kamila Jaya dengan total anggaran yang digunakan yakni Rp 3,37 miliar.

"Kami upayakan pelaksanakan program revitalisasi Rusun ini bisa segera selesai sehingga para tenaga medis bisa segera menghuni. Apalagi saat ini para tenaga medis sangat dibutuhkan untuk penanganan Covid-19," ujar Hujurat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Tidak Benar Bakteri Jadi Penyebab Kematian pada Pasien COVID-19

Posted: 25 May 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang bakteri yang menjadi penyebab kematian pada pasien positif virus corona COVID-19 beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan akun Facebook N T S Adi pada (26/5/2020).

Akun Facebook N T S Adi mengunggah narasi yang menyebut bahwa dokter di Italia telah menemukan obat penangkal COVID-19. Menurut klaim akun Facebook N T S Adi, COVID-19 informasi tersebut berasal dari dokter di Italia yang tidak mematuhi hukum kesehatan dunia WHO.

Selain itu akun tersebut juga mengklaim bahwa gumpalan darah merupakan menyebab kematian pasien COVID-19.

"SECERCAH HARAPAN :

Di ITALIA Obat untuk MENANGKAL VIRUS CORONA-19 AKHIRNYA DITEMUKAN !! ๐Ÿ˜ฎ๐Ÿ˜ฏ๐Ÿ˜ฎ

Dokter Italia, tidak mematuhi hukum kesehatan dunia WHO, untuk tidak melakukan otopsi pada kematian Coronavirus dan mereka menemukan bahwa BUKANLAH VIRUS, tetapi BAKTERIlah yang menyebabkan kematian. Ini menyebabkan gumpalan darah terbentuk dan menyebabkan kematian pasien.

Italia mengalahkan apa yang disebut Covid-19, yang tidak lain adalah "Koagulasi intravaskular diseminata" (Trombosis)

๐Ÿ”ท Dan cara untuk memeranginya, yaitu, penyembuhannya, adalah dengan "antibiotik, anti-inflamasi, dan antikoagulan".

Berita sensasional ini untuk dunia๐ŸŒ telah diproduksi oleh dokter Italia dengan melakukan otopsi pada mayat yang meninggal karena Covid-19.

Menurut ahli patologi Italia. "Ventilator dan unit perawatan intensif tidak pernah dibutuhkan."

Oleh karena itu perubahan protokol pandemi global di Italia, terungkap, penyembuhan ini, sudah diketahui oleh orang Cina dan tidak melaporkan hanya *UNTUK MELAKUKAN BISNIS. *

(Sumber: Kementerian Kesehatan Italia).

Jika mereka terkena Covid-19 ... yang bukan Virus seperti yang mereka yakini, tetapi bakteri ... diperkuat dengan radiasi elektromagnetik 5G yang juga menghasilkan peradangan dan hipoksia.

Mereka akan melakukan hal berikut:Mereka akan minum *Aspirin 100mg dan Apronax atau Paracetamol*...

Mengapa? ... * karena telah ditunjukkan bahwa apa yang dilakukan Covid-19 adalah menggumpalkan darah, menyebabkan orang tersebut mengembangkan trombosis dan darah tidak mengalir dan tidak mengoksigenasi jantung dan paru-paru dan orang tersebut mati dengan cepat karena tidak bisa bernafas.*

Di Italia mereka mengacaukan protokol WHO dan melakukan otopsi pada mayat yang meninggal karena Covid-19 ... mereka memotong tubuh, membuka lengan, kaki dan bagian tubuh lainnya dan menyadari bahwa pembuluh darahnya melebar dan membeku, semua pembuluh darah dan arteri dipenuhi dengan trombosis, mencegah darah mengalir secara normal dan membawa oksigen ke semua organ, terutama otak, jantung dan paru-paru, dan pasien akhirnya sekarat,

Setelah mengetahui diagnosis ini, Kementerian Kesehatan Italia segera mengubah protokol pengobatan Covid-19 ... dan mulai memberikan kepada pasien positif mereka *Aspirin 100mg dan Apronax atau Paracetamol*...,hasilnya : pasien mulai pulih dan hadir perbaikan dan Departemen Kesehatan merilis dan mengirim pulang lebih dari 14.000 pasien dalam satu hari.

URGENT: mengirimkan informasi ini dan menjadikannya viral, di sini di negara kami, mereka telah berbohong kepada kami, dengan pandemi ini, satu-satunya hal yang dikatakan oleh presiden kami setiap hari adalah data dan statistik tetapi tidak memberikan informasi ini untuk menyelamatkan warga negara, adalah bahwa Ini juga akan terancam oleh para elit? ...kita tidak tahu, tiba-tiba semua pemerintah dunia, tetapi Italia melanggar norma ... karena mereka sudah kewalahan dan dalam kekacauan serius karena kematian sehari-hari ..., sekarang WHO. ..akan digugat di seluruh dunia, karena menutupi begitu banyak kematian dan jatuhnya ekonomi banyak negara di dunia ... sekarang dipahami mengapa perintah untuk MEMBEBASKAN atau segera mengubur mayat-mayat tanpa otopsi ... dan menamakannya sebagai sangat berpolusi. ..Di tangan kita untuk membawa kebenaran dan harapan menyelamatkan banyak nyawa ....

Itulah sebabnya gel antibakteri bekerja dan klorindioksida ... Seluruh PANDEMI adalah karena mereka ingin vaksinasi dan chip untuk membunuh massa untuk mengendalikan mereka dan mengurangi Populasi Dunia.

INSYA ALLAH.... TUHAN MENYELAMATKAN KITA๐Ÿ’‰๐Ÿ’‰๐Ÿ’‰๐Ÿ’‰๐Ÿ’‰

Paramedis di Italia sdg mengobati pasien Covid19. ๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡," tulis akun Facebook N T S Adi.

Konten yang disebarkan akun Facebook N T S Adi telah 429 kali dibagikan dan mendapat 51 komentar warganet.

 

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar tentang bakteri yang menjadi penyebab kematian pada pasien positif virus corona COVID-19. Penelusuran dilakukan menggunakan situs pencari Google Search dengan memasukkan kata kunci "italy found corona medicine".

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang membantah klaim tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul "Fact Check: Blood clot the main reason for Covid-19 death, claims conspiracy theory" yang ditayangkan situs indiatoday.in pada 25 Mei 2020.

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa klaim serupa juga beredar di aplikasi percakapan WhatsApp. Berdasarkan penelusuran, klaim tentang COVID-19 disebabkan oleh bakteri adalah salah.

Hal ini disampaikan dr Sharad Joshi, ahli paru-paru senior di Rumah Sakit Max. Ia meminta masyarakat untuk merujuk pada studi Lancet tentang karakterisasi genom dan epidemiologi dari virus corona pemicu COVID-19.

Klaim tentang antibiotik yang diklaim bisa melawan COVID-19 juga tidak benar. Direktur rumah sakit LNJP Delhi, dr Suresh Kumar menyebut bahwa antibiotik ini tidak efektif melawan COVID-19.

Klaim tentang penyebab utama kematian pada COVID-19 adalah trombosis atau gumpalan darah dan bukan pneumonia juga tidak benar. Tidak ada bukti ilmiah yang mengatakan trombosis adalah penyebab utama kematian untuk pasien COVID-19, demikian juga dengan klaim bahwa obat antikoagulan adalah satu-satunya obat untuk merawat pasien coronavirus.

Sebaliknya, menurut sebuah artikel Lancet, kegagalan pernapasan telah ditemukan sebagai penyebab utama kematian bagi pasien virus corona.

Klaim tentang ventilator dan unit perawatan intensif tidak diperlukan untuk merawat pasien COVID-19 juga tidak benar. Faktanya, semua pasien COVID-19 dengan penyakit pernapasan kritis atau kegagalan multi-organ atau ginjal harus dirawat di ICU dan menggunakan ventilator. Tetapi tidak semua pasien COVID-19 membutuhkan ICU dan ventilator.

 

Kesimpulan

Klaim tentang bakteri yang menjadi penyebab kematian pada pasien positif virus corona COVID-19 ternyata tidak benar. Coronavirus atau virus corona merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan infeksi saluran pernapasan atas ringan hingga sedang, seperti penyakit flu.

Narasi yang disebarkan akun Facebook N T S Adi tidak sesuai dengan fakta sebenarnya. Kabar menyesatkan tersebut juga beredar di India.

Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Bulan Tak Bertemu Pacar, Lucinta Luna: Aku Kangen Kamu Sayang...

Posted: 25 May 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Lucinta Luna sedang menjalani hari-harinya di tahanan. Perempuan yang gemar beraktivitas melalui media sosial Instagram itu menjalani hukuman terkait kasus narkoba.

Sejauh ini, Lucinta Luna sudah menjalani tiga bulan masa penahanan. Sepanjang waktu tersebut, ia tak pernah lagi bertemu dengan kekasihnya, Abash.

Saat momen perayaan Idulfitri, Lucinta Luna berkesempatan menyapa Abash melalui telepon. Tak seperti biasanya yang kerap memasang wajah ceria, Lucinta Luna dirundung kesedihan. Air matanya mengalir saat menatap wajah kekasihnya melalui tangkapan layar di ponsel.

Video Call

Unggahan Abash. (instagram.com/ashgreyz)
Unggahan Abash. (instagram.com/ashgreyz)

Lucinta Luna mendapat kesempatan berbincang melalui video call dengan Abash. Abash kemudian mengunggah percakapannya dengan Lucinta Luna lewat akun Instagram.

 

Berhijab

Potret Lucinta Luna Saat Berhijab, Curi Perhatian (sumber:Instagram/lucintaluna)
Potret Lucinta Luna Saat Berhijab, Curi Perhatian (sumber:Instagram/lucintaluna)

Dalam video tersebut tampak Lucinta Luna mengenakan hijab berwana hitam. Ia berbincang dengan sang kekasih lewat fitur video call.

Kangen

Abash, Kekasih Lucinta Luna (Sumber: Instagram/
Abash, Kekasih Lucinta Luna (Sumber: Instagram/

Lucinta Luna kemudian mengungkapkan rasa rindu kepada Abash. "Aku kangen kamu tahu enggak. Udah tiga bulan aku di sini enggak ketemu kamu," ujarnya.

Penangkapan

Tersangka yang juga selebgram Lucinta Luna (kiri) menyaksikan pemusnahan barang bukti narkoba di Mapolda Metro Jaya, Rabu (19/2/2020). Barang bukti merupakan hasil temuan dijajaran Polres selama Januari 2020 seperti sabu, ganja, esktasi, heroin, happy five dan gorilla. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Tersangka yang juga selebgram Lucinta Luna (kiri) menyaksikan pemusnahan barang bukti narkoba di Mapolda Metro Jaya, Rabu (19/2/2020). Barang bukti merupakan hasil temuan dijajaran Polres selama Januari 2020 seperti sabu, ganja, esktasi, heroin, happy five dan gorilla. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Lucinta Luna ditangkap di Apartemen Thamrin City pada 11 Februari 2020. Tiga orang berinisial D, N, dan H yang saat itu bersamanya turut diamankan. Dalam penangkapan itu, polisi menemukan tiga butir ekstasi di keranjang sampah dan dua jenis obat penenang di tas Lucinta Luna.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Liga Inggris Bergulir Lagi, Neville Yakin Makin Banyak Pemain Undur Diri

Posted: 25 May 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Legenda Manchester United (MU), Gary Neville merasa makin ada banyak pemain yang ragu untuk merumput lagi jika Liga Inggris digulirkan kembali. Menurut Neville, mereka merasa tidak yakin dengan keselamatan diri, meski operator telah mematuhi saran pemerintah.

"Saya kira akan ada banyak pemain yang akan undur diri. Saya tidak berpikir, mengandalkan saran pemerintah akan membantu dan kita menyaksikan apa yang terjadi dengan pemerintah saat ini," kata Neville seperti dilansir Sportskeeda.

Pemerintah Britania Raya telah memberi lampu hijau kepada tim-tim Liga Inggris untuk berlatih kembali. Itu dilakukan setelah jumlah kasus pasien virus corona di Inggris melandai.

Beberapa tim pun sudah berlatih di markas masing-masing. Harapannya, Liga Inggris dapat kembali dimulai dalam waktu dekat.

Namun penolakan untuk berlatih muncul dari gelandang Chelsea, N'golo Kante dan striker Watford, Troy Deeney. Keduanya enggan berlatih lantaran khawatir dapat menulari keluarga masing-masing.

"Situasi di Watford menjadi fokus saat ini, tetapi absennya Kante bagi Chelsea benar-benar pukulan telak dari sudut pandang sepak bola. Tetapi Anda benar-benar mengerti itu jika memakai sudut pandang priabdi," kata Neville.

 

Hindari Degradasi

8. Ngolo Kante (Chelsea) - £ 100 Juta (AFP/Paul Ellis)
8. Ngolo Kante (Chelsea) - £ 100 Juta (AFP/Paul Ellis)

Neville menambahkan, beberapa klub yang berada di zona degradasi termasuk Watford" akan lebih memilih kompetisi dihentikan. Pasalnya, itu akan membuat mereka terhindar dari degradasi.

"Semua mengatakannya, enam tim terbawah akan berpikir. Apa untungnya ini buat kami. Mereka memilih kompetisi dianulir, tetapi itu tampaknya bukan skenario yang akan dipakai," kata Neville mengakhiri.

Klasemen Liga Inggris

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Hendak Dipulangkan TKA China Mengamuk

Posted: 25 May 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang TKA China di Banyuwangi mengamuk saat akan dipulangkan ke negaranya karena masa kontraknya habis. Sang TKI menolak dipulangkan mengamuk dan bersembunyi di kolong bus.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Kelakuan Kocak Bocah saat di Dapur Ini Bikin Geleng Kepala

Posted: 25 May 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bicara tentang kelakuan kocak yang bikin geleng kepala tentu tidak bisa dilepaskan dari kelakuan bocah. Bocah memang selalu ada-ada saja melakukan hal yang bikin tepuk jidat. Termasuk bocah yang berkelakuan kocak saat di dapur.

Kelakuan bocah saat di dapur sangat mengundang gelak tawa. Tak melulu saat memasak, mulai masuk dalam mesin oven hingga main tepung terigu adalah momen-momen kocak bocah saat di dapur. Kelakuan kocak tersebut, membuat banyak orang mengabadikannya.

Potret lucu bocah yang sibuk sendiri di dapur kemudian dibagikan di media sosial. Tak disangka, kelakuan mereka berhasil membaut banyak orang tertawa. Viralnya kelakuan mereka, membuat banyak orang merasa gemas sekaligus tak menyangka bisa berkelakuan seperti itu.

Penasaran kan selucu apa kelakuan kocak bocah saat di dapur? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, kelakuan kcak bocah saat di dapur, Selasa (26/5/2020).

1. Astaga, itu ayam hidup mau dimasak langsung?

6 Kelakuan Kocak Saat Bocah di Dapur Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: Twitter.com/sekseehonline)
6 Kelakuan Kocak Saat Bocah di Dapur Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: Twitter.com/sekseehonline)

2. Sama minyak saja takut, payah banget sih.

6 Kelakuan Kocak Saat Bocah di Dapur Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: Instagram.com/receh.id)
6 Kelakuan Kocak Saat Bocah di Dapur Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: Instagram.com/receh.id)

3. Kok bisa sampai kecantol begitu ya?

6 Kelakuan Kocak Saat Bocah di Dapur Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: Brightside)
6 Kelakuan Kocak Saat Bocah di Dapur Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: Brightside)

4. Ya ampun, itu tepung kenapa sampai berceceran di wajah hingga lantai sih.

6 Kelakuan Kocak Saat Bocah di Dapur Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: Brightside)
6 Kelakuan Kocak Saat Bocah di Dapur Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: Brightside)

5. Itu dapurnya pindah ke toilet ya?

6 Kelakuan Kocak Saat Bocah di Dapur Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: Instagram.com/ngumpulreceh)
6 Kelakuan Kocak Saat Bocah di Dapur Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: Instagram.com/ngumpulreceh)

6. Duh, itu kenapa malah terjebak di mesin oven sih.

6 Kelakuan Kocak Saat Bocah di Dapur Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: Brightside)
6 Kelakuan Kocak Saat Bocah di Dapur Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: Brightside)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tips Jalani New Normal Life Saat Keluar Rumah di Tengah Pandemi Covid-19

Posted: 25 May 2020 10:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Selama pandemi Corona atau Covid-19 merebak di Tanah Air, tetap berada di dalam rumah dinilai hal terbaik yang kini bisa dilakukan untuk menekan risiko terpapar virus yang bermula dari Kota Wuhan, China ini.

Namun, hingga kini imbauan pemerintah tersebut tak selamanya bisa ditaati setiap orang. Masih ada sekelompok warga yang terus melakukan aktivitas bekerja meski tahu bahaya terinfeksi Corona sangat tinggi. 

Lantas, bagaimana dengan warga yang mengaku sudah merasa bosan dengan berdiam diri di dalam rumah? Selama kurang lebih dua bulan lamanya bekerja, belajar dan beribadah dari rumah, tak sedikit peraturan protokol kesehatan Covid-19 yang telah dilanggar. 

Belum lama ini bahkan beredar video yang memperlihatkan warga berdesak-desakkan di dalam pasar dan di sejumlah pusat perbelanjaan atau mal. 

Jadi apa yang bisa orang lakukan untuk melindungi diri jika harus keluar rumah? Terlebih saat ini pemerintah mewacanakan new normal atau pola hidup baru meski untuk sementara harus hidup berdampingan di tengah pandemi Covid-19

Berikut sejumlah tips bagaimana keluar rumah dengan aman selain terus mengenakan masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan yang dihimpun dari berbagai sumber: 

Berada di Luar Ruangan

Koalisi Pejalan Kaki saat menggelar aksi di Pelican Cross Thamrin, Jakarta, Rabu (22/1/2020). Aksi tersebut dalam rangka memperingati Hari Pejalan Kaki Nasional pada 22  Januari, serta  mengajak pengendara tertib lalu lintas serta menghormati hak pejalan kaki. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Koalisi Pejalan Kaki saat menggelar aksi di Pelican Cross Thamrin, Jakarta, Rabu (22/1/2020). Aksi tersebut dalam rangka memperingati Hari Pejalan Kaki Nasional pada 22 Januari, serta mengajak pengendara tertib lalu lintas serta menghormati hak pejalan kaki. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Para ahli secara konsisten memberikan saran bagi orang yang akan keluar rumah. Jika Anda bisa melakukan sesuatu di luar ruangan maka lakukanlah di luar ruangan. Hindari melakukan sesuatu di dalam ruangan.

Virus corona bisa menyebar lewat percikan yang mengambang di udara lalu mendarat di permukaan yang biasanya bisa tersentuh oleh tangan. Aktivitas di luar ruangan mencegah penyebaran virus semacam itu.

Pertama, udara terbuka akan membuat percikan yang mengambang di udara akan lebih sulit mengenai orang.

"Aroma dari masakan di dapur akan tercium lebih lama di dalam rumah ketimbang ketika orang memasak di luar rumah. Memang dari sananya begitu," kata Cyrus Shahpar, direktur Resolve to Save Lives.

Yang terpenting menurutnya, hindari berada di dalam ruangan yang membuat Anda bisa berdesakan dengan orang dalam jarak kurang dari 1,5-2 meter untuk waktu cukup lama.

"Ini semua soal kepadatan, Soal durasi berapa lama Anda berada di kerumunan," kata Shahpar.

Yang kedua, lebih mudah menjaga jarak aman di luar ruangan ketimbang di dalam ruangan.

Ketiga, berdasarkan sejumlah bukti, udara panas, hangat, bisa membunuh virus corona dan kelembapan bisa mencegah percikan mengambang di udara hingga terbang ke orang lain.

Sebuah penelitian dari China (meski belum diulas sesama ahli) memperlihatkan setiap wabah dengan tiga atau lebih kasus terjadi di dalam ruangan. Penelitian lain (juga belum diulas sesama ahli) di Jepang menemukan, penularan Covid-19 terjadi di lingkungan tertutup 18,7 kali lebih besar ketimbang di lingkungan terbuka.

Terapkan Praktik Hidup Bersih

Ilustrasi Mencuci Tangan Credit: pexels.com/burst
Ilustrasi Mencuci Tangan Credit: pexels.com/burst

Cuci tangan sesering mungkin dan jangan sentuh wajah. Jika Anda akan sering keluar rumah, maka saran tersebut sangat penting diterapkan.

Penelitian memperlihatkan virus bisa hidup cukup lama hingga beberapa jam bahkan hari di berbagai permukaan benda. Jika kita menyentuh permukaan-permukaan itu lalu menyentuh wajah, maka bisa tertular dengan masuknya virus dari mata, hidung, mulut.

Tidak menyentuh wajah memang bukan perkara mudah. Ini soal kebiasaan, tapi kita harus menghindarinya.

Untuk soal cuci tangan, lakukan sesering mungkin--sebelum, sedang, dan setelah dari luar rumah. Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik dan jangan lupa bagian punggung tangan. Jika Anda tidak punya air maka hand sanitizer dengan alkohol 60 persen juga bisa.

Masker

Petugas kepolisian berpakaian superhero memakaikan masker kepada warga di jalan kawasan Pasuruan, Jawa Timur, Kamis (9/4/2020). Hal tersebut bertujuan untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona (COVID-19). (JUNI KRISWANTO / AFP)
Petugas kepolisian berpakaian superhero memakaikan masker kepada warga di jalan kawasan Pasuruan, Jawa Timur, Kamis (9/4/2020). Hal tersebut bertujuan untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona (COVID-19). (JUNI KRISWANTO / AFP)

Sejumlah ahli lain dan pemerintah mewajibkan pemakaian masker di mana pun ketika Anda di luar rumah di tengah pandemi Covid-19. 

Jika Anda memakai masker maka lebih kecil peluangnya Anda menyebarkan virus dari percikan saat bernapas, berbicara, bernyanyi, tertawa, batuk, bersin, atau apa pun yang bisa Anda lakukan dengan mulut dan hidung.

Masker juga menghalangi percikan dari orang lain ke depan mulut dan hidung Anda (jika Anda memakai masker dengan benar yaitu menutupi mulut dan hidung).

Jika tidak ada masker medis atau bedah, masker kain pun sudah memadai.

Hindari Kerumunan

Pengunjung Membludak dan Berkerumun di Depan Mall CBD Ciledug. Instagram/@ciledug24jam
Pengunjung Membludak dan Berkerumun di Depan Mall CBD Ciledug. Instagram/@ciledug24jam

Jaga jarak aman hingga 2 meter dari orang lain. Karena jika kita semakin dekat, maka risiko tertular semakin besar.

Seorang yang berolah raga lari melintas dekat Anda bukanlah akhir segalanya. Tapi jika Anda berada kurang dari 1,5 meter dengan orang lain dalam waktu lama maka itu berbahaya.

"Dua hal yang kita khawatirkan adalah jarak kita dengan orang lain dan berapa lama kita bersama orang itu," kata Crystal Watson, akademisi senior di Pusat John Hopkins untuk Keamanan Kesehatan.

Ini juga berlaku untuk di luar ruangan. Meski luar ruangan lebih aman ketimbang di dalam ruangan, lebih baik hindari kerumunan di taman, pantai, atau tempat lain. 

Jadi jika Anda ingin makan di restoran, hindari restoran yang sudah penuh. Kalau mau ke pantai lihat mana lokasi yang orangnya tidak terlalu ramai.

Jika Anda harus mengadakan acara dengan banyak orang atau bertemu teman, keluarga, jaga jarak dan hindari salaman, pelukan, atau berciuman.

Di kendaraan umum biasanya orang berdesakan, hindari sebisa mungkin. Pilih yang tidak terlalu penuh. 

Hindari berbagi permukaan benda

Penumpang berada di rangkaian KRL Commuter Line jurusan Bogor-Jakarta Kota di Stasiun Depok Baru, Jawa Barat, Senin (25/5/2020). Banyaknya warga yang silaturahmi selama lebaran menyebabkan perjalanan KRL tetap dipadati penumpang, meskipun waktu operasional dibatasi. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Penumpang berada di rangkaian KRL Commuter Line jurusan Bogor-Jakarta Kota di Stasiun Depok Baru, Jawa Barat, Senin (25/5/2020). Banyaknya warga yang silaturahmi selama lebaran menyebabkan perjalanan KRL tetap dipadati penumpang, meskipun waktu operasional dibatasi. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Jika virus Corona menyebar lewat percikan yang mendarat di berbagai permukaan, maka cara untuk menghindarinya adalah tidak berbagi permukaan semaksimal mungkin.

Jika Anda di luar rumah, hindari menyentuh benda-benda yang disentuh banyak orang, seperti pegangan sesuatu, ayunan, seluncuran, kursi taman, atau setidaknya bersihkan dulu sebelum menyentuhnya.

Kalau Anda harus memakai kendaraan umum atau masuk ke ruangan, maka hindari sebanyak mungkin menyentuh permukaan benda-benda.

Kalau Anda bertemu orang yang tidak tinggal bersama Anda, hindari pemakaian gelas, mainan, berbagi makanan atau benda lain yang dipakai bersama.

 

Reporter: Pandasurya Wijaya

Sumber: Merdeka 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

LG Setop Smartphone Seri G, Yuk Kenang Produk-produknya

Posted: 25 May 2020 10:23 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setelah delapan tahun kehadirannya dengan 30 varian smartphone, LG akhirnya menyetop seri LG G miliknya.

LG seri G yang pertama hadir pada 2012 dan tidak lagi dirilis setelah tahun 2019.

Setelah menghentikan LG seri G, vendor smartphone asal Korea Selatan ini merilis seri baru bernama LG Velvet. Demikian sebagaimana dikutip dari Android Authority, Selasa (26/5/2020).

Dalam lingkaran Android, LG seri G bersaing langsung dengan smartphone-smartphone premium dari merek lain. Misalnya saja dengan Galaxy seri S, HTC seri One, dan Xperia.

Seri G menjadi lini smartphone terpenting bagi LG. Oleh karena itu, menghentikan seri G pasti bukan keputusan kecil bagi perusahaan dan hal ini dianggap menjadi babak baru dalam perjalanan smartphone LG.

Lantas, smartphone apa saja yang pernah dihadirkan LG dalam seri G-nya?

Smartphone LG Optimus G

LG
LG

Rupanya, LG memulai seri G dengan kehadiran LG Optimus G yang dirilis pada 2012.

LG Optimus G merupakan salah satu handset pertama di pasaran yang menggunakan prosesor quad core Snapdragon S4 Pro milik Qualcomm.

Selanjutnya, perusahaan merilis LG G2 yang menjadi penantang serius dalam pasar flagship smartphone. Perangkat ini membawa kesuksesan buat LG dengan berbagai fitur premiumnya. Contohnya adalah layar beresolusi 1080 piksel dan bazel yang terbilang tipis untuk saat itu.

LG G2 juga hadir dengan kamera 13MP dan dukungan perekaman video 1080 piksel, serta baterai 3.000mAh. Lagi-lagi, LG G2 mencuri perhatian dunia dengan penggunaan chipset Snapdragon yang menjadi tenaganya.

LG G3

Sebagai generasi penerus dari seri LG G2, G3 mengedepankan konsep simpel dalam berbagai hal.
Sebagai generasi penerus dari seri LG G2, G3 mengedepankan konsep simpel dalam berbagai hal.

Selanjutnya, LG merilis LG G3. Smartphone ini bahkan menjadi salah satu smartphone terbaik besutan LG. Hal tersebut didukung oleh kamera yang mumpuni, desain kekinian, software yang baik, serta jadi salah satu smartphone yang memiliki layar QHD.

Beralih ke LG G4, perangkat ini lagi-lagi mencuri perhatian dengan layar lengkungnya serta dukungan wireless charging. Sayangnya, keputusan LG untuk memakai chipset Snapdragon 808 menjadi hal kontroversi karena membuat perangkat mengalami masalah boot loop.

LG kemudian menghadirkan LG G5 yang memulai tren kamera wide angle dan dual camera.

LG G6 hingga LG G8 ThinQ

LG resmi umumkan seri G6 di ajang MWC 2017 di Barcelona, Spanyol. (Sumber: Mashable)
LG resmi umumkan seri G6 di ajang MWC 2017 di Barcelona, Spanyol. (Sumber: Mashable)

Lalu, ada pula LG G6 yang hadir dengan spesifikasi tinggi dibarengi dengan desain kaca, kamera, serta audio mumpuni.

Kejayaan LG perlahan memudar, sampai perusahaan merilis LG G7 ThinQ. ThinQ merupakan brand yang biasanya diusung LG untuk produk lemari es cerdas.

LG juga merilis LG G8 ThinQ yang sayangnya, tidak berhasil menaikkan kembali nama LG sebagai salah satu pemimpin pasar. Hal ini tak terlepas dari mulai banyaknya brand premium yang lebih murah dari Tiongkok.

(Tin/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anggy Umbara Soal Dampak Wabah Corona Covid-19: Bisa-bisa Kami Jual Aset

Posted: 25 May 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta "Tiga bulan lalu saya dan kru masih syuting. Pas hari terakhir syuting, muncul kebijakan social distancing dan physical distancing," curhat sineas Anggy Umbara halal bihalal webinar daring bersama Direktorat Perfilman, Musik, dan Media Baru Kemendikbud RI.

Anggy Umbara ingat betul momen saat hari terakhir syuting bertepatan dengan hari pertama penerapan social distancing. Usai syuting, Anggy Umbara bersama pemain dan kru menarik napas lega.

Mereka kemudian mengikuti kampanye di rumah aja. Beberapa bulan berlalu, Anggy Umbara mulai merasakan dampak wabah Corona Covid-19, terutama dari aspek finansial.

 

Tak Bisa Syuting

Anggy Umbara. (Foto: Instagram @anggy_umbara)
Anggy Umbara. (Foto: Instagram @anggy_umbara)

"Kami menyelesaikan syuting pada hari itu kemudian di rumah saja. Enggak ngapa-ngapain karena mau syuting lagi juga enggak bisa," terang sutradara Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1 dan 2, Senin (25/5/2020) kemarin.

Yang bisa dilakukan Anggy Umbara hanya bersyukur. Mengingat banyak sutradara lain yang kurang beruntung lantaran syuting terpaksa setop di tengah jalan.

Kasus Baru Terus Bertambah

Ilustrasi bioskop. (Foto: Koleksi Cinema XXI)
Ilustrasi bioskop. (Foto: Koleksi Cinema XXI)

"Ada yang kurang 8 hari syuting, 10 hari, dan lain-lain. Yang kami lakukan sekarang menunggu SOP baru karena belum ada vaksin, sementara kasus baru terus bermunculan. Kami masih blank," Anggy Umbara menukas. 

Dalam sesi halal bihalal itu, ia mengingatkan, sejumlah rumah produksi besar mulai merumahkan karyawan karena wabah membuat produksi film berhenti. Mandeknya produksi film dan tertundanya jadwal tayang membuat pemasukan merosot tajam. 

Industri Film Suram

Anggy Umbara. (Foto: Instagram @anggy_umbara)
Anggy Umbara. (Foto: Instagram @anggy_umbara)

Di sisi lain, rumah produksi kecil seperti yang didirikan Anggy Umbara bertahan hidup dari tabungan. "Kalau dua-tiga bulan ke depan masih begini-begini saja, bisa-bisa kami jual aset," akunya. Hal lain yang dilakukan Anggy Umbara untuk menyambung hidup, membuka kelas daring.

Ia mengajar dan para peserta memberi donasi. Uang yang terkumpul untuk membantu diri sendiri dan kru lain yang terdampak. "Yang jelas, wabah membuat industri film Indonesia suram. Kalau wabah berlalu, apakah gairah bikin film sekuat dulu?" beri tahu Anggy Umbara.

Tak Mungkin Langsung Melonjak

ilustrasi virus corona covid-19copyright by diy13 (Shutterstock)
ilustrasi virus corona covid-19copyright by diy13 (Shutterstock)

Ia menduga, bisa jadi para produser pikir-pikir untuk memulai produksi kembali. "Mengingat minat masyarakat menonton film tidak mungkin langsung melonjak seusai wabah. Di sisi lain, ide-ide cerita yang bagus terus mengalir," pungkasnya.

Seperti diketahui, wabah Corona Covid-19 di Tanah Air belum menunjukkan gejala mereda. Senin (25/5/2020), jumlah kasus infeksi Covid-19 di Indonesia mencapai 22 ribuan. Pasien yang meninggal hampir 1.400 jiwa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Singapura Pangkas Drastis Prediksi Pertumbuhan Ekonomi 2020 Gara-gara Covid-19

Posted: 25 May 2020 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Singapura menurunkan secara drastis prediksi pertumbuhan ekonomi pada tahun ini, dipicu merebaknya pandemi Virus Corona. Pada kuartal I 2020, ekonomi negara ini memang sudah mengalami kontraksi.

Ekonomi Singapura diperkirakan akan menyusut 4 persen sampai 7 persen pada tahun ini, menurut Departemen Perdagangan dan Industri negara tersebut, seperti melansir laman CNBC, Selasa (26/5/2020).

Penurunan prediksi pertumbuhan ekonomi secara resmi ini merupakan ketiga kalinya pada tahun ini. Proyeksi terakhir, produk domestik bruto Singapura akan terkontraksi antara 1 persen sampai 4 persen.

"Gangguan terhadap aktivitas ekonomi di negara-negara besar di dunia lebih parah dari yang diperkirakan," ujar pernyataan Departemen Perdagangan dan Industri Singapura. Prediksi ekonomi terakhir diumumkan pada Maret lalu.

Ia menjelaskan bahwa tindakan penguncian (lockdown) yang bertujuan untuk mencegah penyebaran Virus Corona atau Covid-19, telah merusak aktivitas ekonomi di negara-negara besar seperti AS, Eropa dan Cina.

Pelemahan ekonomi dikatakan akan terus berlanjut meski negara-negara di dunia membuka kembali lockdown, mengingat gelombang infeksi gelombang kedua dapat terjadi kembali, kata kementerian tersebut.

Bagi Singapura, itu berarti sektor-sektor berorientasi luar seperti manufaktur, perdagangan grosir, dan transportasi menjadi yang akan sangat terpukul.

Sementara perusahaan yang memberikan layanan kepada konsumen di bidan ritel dan makanan telah menderita sebagai akibat dari langkah-langkah penahanan di dalam negeri.

"Terlepas dari penurunan prediksi tersebut, masih ada tingkat ketidakpastian yang panjang dan signifikan serta seberapa parahnya wabah COVID-19, serta bagaimana proses pemulihan ekonomi, baik di ekonomi global dan Singapura," kata kementerian.

 

 

Kuartal pertama lebih baik dari prediksi

Ilustrasi bendera Singapura - Portrait (Wikimedia Commons)
Ilustrasi bendera Singapura - Portrait (Wikimedia Commons)

Penurunan perkiraan ekonomi terjadi ketika ekonomi di Asia Tenggara mencatat kontraksi 0,7 persen pada kuartal pertama dari tahun lalu, menurut kementerian.

Meski demikian, angka itu lebih baik daripada perkiraan awal resmi terjadi penurunan 2,2 persen dalam PDB dan perkiraan kontraksi 1,5 persen, menurut jajak pendapat Reuters.

Secara kuartalan, ekonomi Singapura menyusut sebesar 4,7 persen, lebih baik dari prediksi terkontraksi 7,4 persen menurut jajak pendapat Reuters.

Tercatat, kinerja manufaktur Singapura melonjak 6,6 persen dibandingkan tahun lalu. Layanan akomodasi dan makanan anjlok 23,8 persen dari tahun ke tahun. Transportasi dan penyimpanan turun 8,1 persen dibandingkan dengan kuartal pertama tahun lalu, sementara keuangan dan asuransi naik 8 persen dari tahun lalu.

Negara-kota tersebut telah melaporkan salah satu jumlah kasus virus Corona terbanyak di Asia. Hingga Senin, Singapura telah mengkonfirmasi 31.960 kasus termasuk 23 kematian, menurut kementerian kesehatan.

Pemerintah Singapura memberlakukan tindakan lockdown sebagian yang disebutnya sebagai "pemutus sirkuit" pada awal April. Ini mencakup penutupan sementara sekolah dan sebagian besar tempat kerja. Langkah-langkah diatur secara bertahap akan digulirkan kembali bulan depan.

Untuk membantu kondisi ekonomi, Pemerintah Singapura mengumumkan 3 paket stimulus dan memperpanjang beberapa langkah dukungan bagi bisnis ketika lockdown diperpanjang melebihi rencana awal satu bulan.

Wakil Perdana Menteri dan Menteri Keuangan negara itu Heng Swee Keat diperkirakan akan mengumumkan lebih banyak dukungan bagi bisnis dan rumah tangga pada pekan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pergerakan Masyarakat Tinggi saat Lebaran, Ganjar Instruksikan Rapid Test Massal di Jateng

Posted: 25 May 2020 10:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menginstruksikan pelaksanaan tes cepat COVID-19 secara massal di 35 kabupaten/kota. Hal ini dilakukan karena adanya pergerakan warga yang cukup tinggi pada akhir ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1441 H/Lebaran 2020.

"Pelaksanaan rapid test secara massal tersebut sudah mendesak untuk melihat perkembangan pasca-ramadan dan lebaran kemarin, terlebih laporan data dari Universitas Indonesia yang menyebutkan pergerakan masyarakat Jawa Tengah versi Google sangat tinggi," kata Ganjar di Semarang, Selasa (26/5/2020).

Untuk menunjang hal tersebut, sampai saat ini Pemprov Jateng telah mendistribusikan 38.111 alat tes cepat COVID-19 ke seluruh kabupaten/kota.

Menurut Ganjar, tes cepat COVID-19 itu bakal menyasar pusat-pusat keramaian yang kemungkinan jadi episentrum baru dan menjadi sumber transmisi lokal.

Selain pusat-pusat keramaian tersebut, Ganjar menyebutkan jajarannya sampai saat ini terus melakukan penelusuran satu per satu orang dari daerah episentrum seperti dari Jakarta, Bogor, Gowa, dan Jawa Timur termasuk setelah wabah yang terjadi di RSUP dr Kariadi, Salatiga, Purworejo, serta di Kota Semarang.

"Kalau ini dilakukan rapid test lebih banyak lagi kita akan tahu sebenarnya persebarannya di masyarakat seperti apa representasinya," ujarnya seperti dikutip dari Antara.

Ganjar mengungkapkan sampai saat ini 35 kabupaten/kota di seluruh Jawa Tengah telah menerima distribusi alat tes cepat yang ditujukan ke Dinas Kesehatan kabupaten/kota dan rumah sakit rujukan COVID-19.

38 Ribu Alat Rapid Test Didistribusikan

Totalnya sampai saat ini sebanyak 38.111 alat tes cepat telah terbagi dalam dua tahap yakni tahap pertama, jumlah tes cepat yang terdistribusi sebanyak 27.011 unit.

Untuk dinas kesehatan kabupaten/kota sebanyak 24.641, sementara untuk rumah sakit sejumlah 2.370 dan dari jumlah tersebut yang sudah dilakukan pemeriksaan atau tes sebanyak 22.337, yang reaktif terdapat 809 orang, nonreaktif ada 21.528 orang.

Untuk tahap kedua, yang didistribusikan ke 35 kabupaten/kota sejumlah 11.100 dan sampai saat ini sudah dilakukan pemeriksaan sebanyak 3.411 dan 94 di antaranya reaktif serta 3.317 nonreaktif, dan saat ini alat tes cepat yang tersisa sebanyak 12.363.

"Sekarang kita tinggal meminta tempat kerumunan dilakukan rapid test, selain mereka yang pasti rapid test seperti pemudik, pekerja migran, di pasar, mal atau berasal dari daerah episentrum COVID-19," kata Ganjar.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Platform Komunikasi Pengindap Penyakit Langka Inflammatory Bowel Disease

Posted: 25 May 2020 10:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kurangnya pengetahuan dan kepedulian terhadap penyakit langka dapat merugikan orang yang memilikinya. Ditambah, jika penyakit langka tersebut sulit didiagnosis.

Kumudini Ethiraj (29) adalah salah satu orang dengan penyakit langka yang sulit didiagnosis bernama Inflammatory Bowel Disease (IBD). Penyakit ini berupa peradangan pada pencernaan yang dapat memberikan dampak buruk pada tubuh.

Di usia 20, penyakit langka yang diderita baru bisa didiagnosis. Perempuan asal India ini harus menemui banyak dokter sampai akhirnya dapat mengetahui masalah tersebut.

IBD adalah penyakit radang usus kronis yang dapat memiliki dampak yang dalam dan negatif pada lapisan saluran pencernaan. Ini dapat menyebabkan sakit perut yang parah, diare, penurunan berat badan, kekurangan gizi dan bahkan kelelahan.

Gejala IBD, dapat luput dari perhatian banyak orang. Hal ini menyebabkan Kumudini tidak terdiagnosis menderita penyakit tersebut. Itu dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan di kemudian hari juga.

Membangun Kesadaran Tentang IBD

Setelah lulus, Kumudini mulai bekerja disebuah korporat. Dia bekerja selama lebih dari lima tahun. Sekarang, ia telah menjadi relawan dengan beberapa LSM dan merupakan anggota aktif kelompok 'Crohn dan Colitis Squad' yang berupaya menciptakan kesadaran tentang IBD.

"Biaya pengobatan untuk orang dengan penyakit ini tinggi. Sebagian besar penghasilan saya dihabiskan untuk obat-obatan dan perawatan, " kata Kumudini seperti dikutip dari Newz Hook.

Baru-baru ini dia bertemu banyak orang dengan kondisi yang sama. 'Crohn dan Colitis Squad' yang menjadi platform untuk saling terhubung dengan orang-orang seperti dia.

"Kami membuat halaman Facebook untuk menciptakan kesadaran di tingkat yang lebih besar. Perjuangan kami sering tidak diperhatikan. Saya tidak bisa menyeimbangkan kehidupan kerja saya karena IBD."

"Kami membutuhkan kehidupan yang normal. Ini sangat menyakitkan dan mengecewakan. Kami tidak dapat bersosialisasi. Kadang kram sangat menyakitkan sehingga tidak bisa keluar rumah sepanjang hari," katanya.

Dengan pikiran yang kuat dan tekun serta bantuan banyak orang, Kumudini berharap dapat menciptakan kesadaran tentang IBD di mana-mana. Seperti yang dia katakan, kesadaran tentang penyakit langka akan jauh lebih baik dalam sepuluh tahun ke depan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Patuhi Rambu Lalu Lintas, Pengguna Kursi Roda Tertabrak Mobil Hingga Tewas

Posted: 25 May 2020 10:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang pria pengguna kursi roda yang secara ilegal menyeberang jalan di El Cajon, California ditabrak sebuah kendaraan hingga tewas.

Polisi dan paramedis mendapat panggilan dari pejalan kaki di tempat kejadian sekitar pukul 8:40 malam waktu setempat, Selasa (19/5/2020). Menurut laporan Letnan Jason Taub dari Departemen Kepolisian El Cajon melansir Times of Sandiego.

"Pria itu dirawat di tempat kejadian oleh paramedis dan dibawa ke rumah sakit, di mana ia kemudian meninggal," kata Taub.

Penyelidikan awal menyebutkan mobil Toyota Camry putih tengah melakukan perjalanan ke timur di Broadway di First Street  dan menabrak pria berkursi roda. Pria tua yang tak disebutkan namanya itu menyeberang jalan saat lampu merah, kata Taub.

Hati-Hati Saat Menyeberang dan Berkendara

Sopir tetap di tempat kejadian dan bekerja sama dengan penyelidikan. Alkohol atau obat-obatan tidak dicurigai sebagai faktor penyebab kecelakaan itu.

"Kami ingin mengingatkan orang-orang yang berjalan di malam hari untuk mematuhi semua perangkat kontrol lalu lintas, menyeberang jalan di persimpangan yang diperbolehkan, lihat rambu lalu lintas, dan mengenakan pakaian berwarna cerah atau terang untuk visibilitas," kata Taub.

"Untuk pengendara yang bepergian di malam hari, mohon memberi perhatian ekstra ke jalan agar menyadari pejalan kaki yang mungkin menyeberang."

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Halal Bihalal, Gubernur BI Perry Warjiyo Minta Dukungan untuk Pulihkan Ekonomi

Posted: 25 May 2020 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menggelar halal bihalal secara virtual dalam suasana Idul Fitri. Kegiatan halal bihalal yang bertajuk 'Silaturahmi Dewan Gubernur BI dengan Stakeholder Eksternal' ini diikuti oleh banyak pihak dari industri perbankan, pelaku industri di sektor riil, beberapa menteri dan juga anggota DPR.

"Atas nama pribadi saya Perry Warjiyo dan seluruh jajaran Dewan Gubernur BI, dan keluarga besar BI pada kesempatan yang baik ini menghaturkan selamat Idul Fitri, Minal Aidin Wal Faidzin maaf lahir batin. Semoga amal ibadah kita diterima Allah," kata Perry Warjiyo dalam silaturahmi virtual, di Jakarta, Selasa (26/5/2020).

Dalam kesempatan ini, dirinya juga meminta doa kepada seluruh stakeholder yang bermitra bersama BI, untuk sama-sama menjaga perekonomian Indonesia di tengah pandemi Covid-19. Dia meyakini, dengan semangat gotong royong tersebut ekonomi Indonesia bisa pulih kembali.

"Terimakasih yang tiada hingganya dengan dukungan bapak ibu semua, insya Allah kita semua bisa mengatasi covid ini dan memanfaatkan pemulihan ekonomi," katanya.

Perry mengatakan dukungan diberikan seluruh stakeholder tersebut membuat BI mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Hal ini terbukti, pihaknya mampu menstabilkan nilai tukar Rupiah, inflasi hingga lainnya.

"Kami siap gunakan sleuruh instrumen kami untuk dukung pemulihan ekonomi," tandas Perry Warjiyo.

 

Sri Mulyani

Menteri Keuangan Sri Mulyani (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Menteri Keuangan Sri Mulyani (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang hadir dalam halal bihalal tersebut menyatakan dukungan erat dari seluruh stakeholder dan kementerian lembaga merupakan peran vital untuk menjaga pertumbuhan di tengah kondisi pademi.

Ke depan, pihaknya juga terus melakukan komunikasi secara intens untuk menjalankan kebijakan-kebijakan yang pas dalam penanganan Covid-19.

"Dukungan yang paling rapat, baik saling menghormati, saling memperkaya, saling mendukung adalah esensi yang penting untuk menjaga Indonesia dalam menghadapi tantangan luar biasa," tandasnya.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harus Punya SIKM Saat Masuk Jakarta, Begini Cara Mengurusnya

Posted: 25 May 2020 10:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat yang telah melakukan perjalanan luar kota dan ingin kembali ke Jakarta harus memenuhi pesyaratan yang telah ditetapkan, salah satunya memiliki Surat Izin Keluar Masuk (SIKM).

Kebijakan tersebut tertuang dalam Peraturan Gubernur Nomor 47 Tahun 2020 tentang Pembatasan Berpergian Keluar dan/atau Masuk Provinsi DKI Jakarta.

Untuk mendapatkan SIKM, masyarakat bisa mengajukan permintaan secara online melalui tautan https://corona.jakarta.go.id/id/izin-keluar-masuk-jakarta.

Terdapat dua jenis SIKM, berikut cara pembuatannya:

Khusus warga berdomisili DKI Jakarta tujuan luar Jabodetabek bisa mendapatkan surat izin keluar perjalanan sekali dan surat izin keluar perjalanan berulang. Hal yang sama juga berlaku untuk warga domisili non-Jabodetabek tujuan DKI Jakarta.

Berikut Syarat Membuat SIKM :

Berdomisili Jakarta

1. Surat pengantar dari ketua RT serta diketahui Ketua RW tempat tinggal

2. Surat pernyataan sehat bermeterai

3. Surat keterangan

- perjalanan dinas keluar Jabodetabek (untuk perjalanan sekali)

- surat keterangan bekerja bagi pekerja yang tempat kerjanya berada di luar Jabodetabek (untuk perjalanan berulang)

- surat keterangan memiliki usaha di luar Jabodetabek yang diketahui oleh pejabat berwenang (untuk perjalanan berulang)

4. Pasfoto berwarna

5. KTP

 

Domisili Non-Jabodetabek

1. Surat keterangan dari kelurahan/desa asal

2. Surat pernyataan sehat bermeterai

3. Surat Keterangan Bekerja di DKI Jakarta dari tempat kerja (untuk perjalanan berulang)

4. Surat Tugas/Undangan dari instansi/perusahaan tempat bekerja di Jakarta

5. Surat jaminan bermeterai dari keluarga atau tempat kerja yang berada di Provinsi DKI Jakarta yang diketahui oleh Ketua RT setempat (untuk perjalanan sekali)

6. Surat keterangan domisili tempat tinggal dari kelurahan di Jakarta untuk pemohon dengan alasan darurat

7. Pasfoto berwarna

8. KTP

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deretan Negara dengan Kasus Corona COVID-19 Terbanyak di Dunia Setelah AS

Posted: 25 May 2020 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Infeksi Virus Corona COVID-19 di seluruh dunia telah mencapai 5.493.950 kasus. 2.231.664 di antaranya telah dinyatakan sembuh berdasarkan Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE

Jumlah kesembuhan pasien Corona COVID-19 paling besar kini tercatat di Amerika Serikat, yang mencapai 379.157 dan Jerman dengan 161.199 orang pulih.

Amerika Serikat tercatat sebagai negara yang memiliki kasus infeksi terbesar mencapai 1.662.293.

Saat ini, Brasil, Rusia, Inggris, dan Spanyol tercatat sebagai negara dengan kasus infeksi terbesar setelah Amerika Serikat, menurut data Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE yang dikutip Selasa, (26/5/2020). 

Jumlah kasus infeksi Corona COVID-19 terbesar kedua tercatat di Brasil, mencapai 374.898 kasus dengan 153.833 pasien pulih.

Pasien Corona COVID-19 terbesar ketiga tercatat di Rusia, sebanyak 353.427 kasus dengan 118.798 orang pulih.

Jumlah terbesar keempat kini tercatat di Inggris, dengan 262.547  orang dinyatakan positif mengidap Virus SARS-CoV-2, dan 1.161 pulih. 

Pasien positif Corona COVID-19 di Spanyol saat ini tercatat sebagai kelima terbesar, yakni sebanyak 235.400 kasus dengan 150.376 orang pulih. 

Kematian Akibat Corona COVID-19 di Dunia Tercatat 346.218 Jiwa

Ilustrasi coronavirus, virus corona, koronavirus, Covid-19. Kredit: Fernando Zhiminaicela via Pixabay
Ilustrasi coronavirus, virus corona, koronavirus, Covid-19. Kredit: Fernando Zhiminaicela via Pixabay

Mengutip dari gisanddata.maps.arcgis.com, jumlah kematian karena Virus Corona COVID-19 secara global tercatat sebanyak 346.218 jiwa. Terus bertambah setiap hari.

Dalam data peta penyebaran Virus Corona COVID-19 tersebut kini ada 188 negara dan wilayah yang terjangkit. Sementara menurut worldometers.info/coronavirus/#countries sudah mencapai 213 negara -- termasuk dua international conveyances.

Angka kematian karena Virus Corona COVID-19 paling besar tercatat di Amerika Serikat, yang mencapai 98.218 jiwa. 

Total kematian terbesar selanjutnya berada di Inggris yang mencatat 36.996 jiwa, lalu Italia yang mencapai 32.877 jiwa. 

Sementara Prancis mencatat 28.460  kematian. Pasien meninggal karena Virus Corona COVID-19 di Spanyol tercatat 26.834 jiwa.

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wali Kota Risma Pilih Jawaban Ini Ketika Disodori 3 Pertanyaan

Posted: 25 May 2020 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) turut meramaikan acara Silaturahome atau silaturahmi at home pada Selasa (26/5/2020). Pada acara ini, Risma pun berbagi pengalaman mengenai penanganan Corona COVID-19 dan situasi di Surabaya saat ini.

Dalam program acara tersebut, Risma juga menjawab tiga pertanyaan cepat dari pembawa acara program Silaturahome. Penasaran dengan pilihan jawaban Risma saat disodorkan tiga pertanyaan cepat?

Pertama, pilih naik sepeda atau lari? Risma memilih naik sepeda. Risma menuturkan, faktor usia menjadi pertimbangan memilih sepeda. Apalagi naik sepeda lebih cepat dan ringan.

"Saya sudah tua, kalau lari enggak bisa. Sudah enggak kuat kalau lari. Lebih cepat, lebih ringan. Iya kita dulu waktu kondisi normal, tiap Jumat, di lingkungan balai kota Surabaya ada car free day, sepeda semua dari rumah," ujar dia dalam program spesial Silaturahome.

"Pertanyaan kedua, pilih tanaman atau hewan peliharaan? Risma menjawab tanaman. Risma mengatakan, kalau tanaman perawatan lebih mudah. Meski demikian, di lingkungan balai kota Surabaya, Pemkot Surabaya melepas sejumlah hewan mulai dari tupai, kodok, dan burung. Jadi suasana di balai kota pun semarak dengan kicauan burung.

"Kalau tanaman kita siramnya saja, hewan kalau sakit itu kasihan, enggak tega. Iya, banyak tanaman. Sebetulnya kalau pagi, saya kasih,makan burung dara di balai kota. Kalau enggak ada orang, balai kota ada tupai, kodok, burung dara, banyak bunyi di balai kota, sengaja kita lepas, tupai kita lepas, kodok kita lepas, burung macam-macam, ada burung dara," ujar Risma.

Nah pertanyaan ketiga terkait istirahat atau memilih obat. Risma memilih istirahat. "Yah karena aku tahu biasanya lupa kalau sudah tua, kerja kadang lupa ada capek, istirahat. Kerja terus, sampai kadang-kadang kehabisan nafas, kalau itu aku harus istirahat," ujar dia.

Risma menuturkan, warga Surabaya akan mendoakan dirinya sehingga rasa lelah dan sakit terlupakan. "Aku enggak akan sakit kalau warga aku senang, dia pasti senang dan doakan aku.Warga senang, hidup tenang, dia ingat aku," ujar Risma.

Momen Lebaran, Risma Ingatkan Anak Muda Surabaya Siap Segala Kondisi

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Foto: Dok Pemkot Surabaya)
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Foto: Dok Pemkot Surabaya)

Sebelumnya, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) menggelar halal bihalal lewat online seusai Salat Idulfitri 1441 Hijriah untuk memperat tali silaturahmi di Rumah Dinas Wali Kota Jalan Sedap Malam Surabaya, Minggu (24/5/2020) pagi.

Pada kesempatan itu, Risma mewakili jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mengucapkan permohonan maaf kepada seluruh warga jika selama ini terdapat kesalahan.

Dia menuturkan, meski Lebaran kali ini berbeda dari biasanya, tetapi wali kota perempuan pertama di Kota Surabaya ini meminta kepada masyarakat agar tetap bersyukur.

"Saat ini kita berlebaran dalam kondisi yang tidak seperti biasanya. Memang ini berat. Namun kita harus bersyukur karena masih diberi kesehatan," kata Risma, seperti dikutip dari laman Surabaya.go.id.

Oleh karena itu, Risma berharap kepada warganya agar selalu siap menghadapi kondisi apapun dan segala macam perubahan yang ada. Bagi dia, tidak ada sesuatu yang paling langgeng selain perubahan. Meskipun terkadang segala macam perubahan datangnya tanpa diduga-duga. Oleh karena itu, ia mengimbau agar warga tetap cermat menghadapi kondisi terutama di tengah pandemi COVID-19.

"Yang langgeng adalah perubahan. Kadang kita tidak pernah mengira terjadi perubahan itu. Karena itu kita harus siap dengan kondisi apapun," ungkapnya.

Presiden UCLG Aspac ini juga menuturkan, makna Hari Raya Idulfitri adalah kemenangan. Setelah melewati sebulan berpuasa hari ini tiba waktunya untuk mencapai hari kemenangan dengan saling memaafkan. "Meskipun kondisinya berat kita harus menang," tegasnya.

Dalam momen itu, Risma meminta kepada seluruh generasi muda untuk mengambil sisi positif dengan terus berjuang meskipun keadaannya berat. Bagi dia, ini adalah momen untuk anak-anak muda meningkatkan kemampuannya di bidang ilmu teknologi. Mengingat teknologi di masa pandemi teramat dibutuhkan.

"Mungkin suatu saat kita bisa berprestasi dengan teknologi yang kalian tekuni hari ini. Mari kita ambil semua kejadian dari sisi positifnya. Supaya bebannya berkurang," kata dia di Surabaya.

Teruskan Perjuangan

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Di kesempatan itu, puluhan pertanyaan terlihat masuk yang ditujukan kepada Wali Kota Risma melalui kanal media sosial. Ia pun menjawab pertanyaan tersebut dengan membeberkannya mungkin sesekali sambil mengingat-ingat. Bahkan, di momen itu, seringkali ia menyampaikan jika open house digelar mungkin tamunya hanya sekitar 2 ribuan saja.

"Tapi kalau begini enak. Semuanya bisa nonton. Yang ketemu saya lebih banyak dari sini," ucapnya sembari tersenyum

Terakhir, ia pun meminta agar warga Surabaya saling memaafkan satu sama lain dan tetap berjuang di tengah pandemi Covid-19. Tak hanya itu, ia juga berpesan kepada anak-anak muda agar meneruskan kemerdekaan yang telah diraih para pahlawan. Berjuang untuk bangsa Indonesia bisa dilakukan dengan berbagai karya.

"Ingat saat para pejuang berjuang memerdekaan ini apakah sebelumnya sudah punya pengalaman? Tidak. Tapi mereka bisa memenangkan. Itu yang harus kita tiru," pungkas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ratu Elizabeth II Menata Rambutnya Sendiri Selama Inggris Lockdown

Posted: 25 May 2020 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kehidupan keluarga kerajaan Inggris selalu berhasil mencuri atensi khalayak luas. Begitu pula dengan kegiatan dan kesehariaan Ratu Elizabeth II di Kastil Windsor selama Inggris lockdown karena penyebaran pandemi corona Covid-19.

Dilansir dari The Sun, Selasa (26/5/2020), Ratu Elizabeth II disebutkan menata rambutnya sendiri dalam masa pemberlakukan pembatasan ruang gerak di Britania Raya guna menekan jumlah kasus Covid-19.

Seorang sumber mengatakan bahwa Ratu yang berusia 94 tahun tersebut mempersiapkan penampilan, termasuk rambutnya seorang diri selama lockdown karena penata rambut tidak tersedia.

"Ratu telah menata rambutnya sendiri selama bertahun-tahun di Balmoral selama liburan musim panasnya dan dia sudah terbiasa," kata orang dalam.

Sumber melanjutkan bahwa Ratu mencuci, mengeringkan dan mengatur rambut sendiri. Ratu Elizabeth II telah banyak berlatih sehingga mengetahui betul apa yang harus dilakukan.

"Ia telah melanjutkan di Windsor karena tidak ada orang luar yang diizinkan masuk ke Istana untuk melindunginya dan Pangeran Philip, yang berusia 99, bulan depan," tambah sumber tersebut.

Serba-serbi soal Tata Rambut Ratu

Ratu Elizabeth II (Leon Neal / POOL / AFP)
Ratu Elizabeth II (Leon Neal / POOL / AFP)

Dilanjutkan sumber bahwa penata busananya, Angela Kelly telah membantunya tetapi Ratu Elizabeth II melakukan semuanya sendiri. Hal ini menjadi ciri khasnya, yakni tetap tenang dan melaksanakan yang terbaik.

Scot Ian Carmichael, penata rambut yang telah bekerja untuk Ratu selama 23 tahun. Ia pergi ke Istana Buckingham atau Kastil Windsor setidaknya seminggu sekali untuk menemui kliennya. Sangat setia kepada Ratu, dia tidak pernah berbicara tentang kunjungannya.

"Dari semua klien saya, sang Ratu sejauh ini menjadi favorit saya. Dia memiliki rambut yang indah," katanya dalam wawancara sebelumnya.

Ratu menjadikan Ian sebagai anggota Royal Victorian Order, sebuah kehormatan untuk layanan pribadi pada raja, untuk menghargai jasa Ian pada 2012 lalu.

Sang Ratu berhenti mengecat rambutnya pada 1990 dengan produk yang disebut Chocolate Kiss dan dengan anggun rambutnya menjadi beruban kembali dalam beberapa bulan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berisiko Tertular, Ini 13 Protokol Kerja Aparat di Lapangan untuk Cegah COVID-19

Posted: 25 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Aparat yang melaksanakan tugas di lapangan guna pencegahan COVID-19 memiliki risiko tinggi tertular virus tersebut. Pasalnya, aparat melakukan kontak langsung dengan orang-orang yang diperiksa.

Pemerintah membuat protokol bagi para aparat saat bekerja menjaga keamanan dan keselamatan. Aparat tersebut meliputi kepolisian, TNI, Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja dan petugas negara/Pemerintah Daerah yang berperan dalam memelihara keamanan.

Kementerian Kesehatan RI telah mengeluarkan surat edaran nomor HK.02.01/MENKES/334/2020 tentang Protokol Pencegahan Penularan COVID-19 bagi Aparat yang Melaksanakan Tugas Pengamanan dan Penertiban Dalam Rangka Percepatan Penanganan COVID-19.

"Kepada seluruh pimpinan Kementerian/Lembaga, pimpinan pemerintah daerah, Kepala Kepolisian Republik Indonesia dan Panglima TNI agar mengimbau kepada seluruh jajarannya untuk menerapkan pencegahan penularan COVID-19," kata Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Sabtu (23/5/2020) dikutip dari Sehat Negeriku (26/5/2020).

Isi Protokol:

Protokol pencegahan dilakukan antara lain :

1. Pastikan aparat dalam kondisi sehat sebelum bertugas di lapangan. Apabila terdapat keluhan demam/batuk/pilek/sakit tenggorokan/sesak nafas agar tidak ditugaskan dan istirahatkan di rumah.

2. Gunakan pakaian kerja saat bertugas, dengan baju berlengan panjang.

3. Wajib menggunakan masker, faceshield, dan sarung tangan.

4. Jaga kebersihan tangan dengan sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer.

5. Hindari tangan menyentuh area wajah seperti mata, hidung atau mulut.

6. Tetap memperhatikan jarak/physical distancing minimal 1 meter saat berhadapan dengan masyarakat atau rekan kerja pada saat bertugas.

7. Apabila aparat harus melakukan kontak fisik dengan masyarakat, segera cuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer.

8. Terapkan waktu kerja 8 jam sehari atau maksimal 12 jam/hari, 40 jam seminggu.

9. Saat pulang bertugas jangan langsung bersentuhan dengan anggota keluarga sebelum membersihkan diri (mandi dan mengganti pakaian kerja).

10. Tingkatkan daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi gizi seimbang, melakukan aktivitas fisik setiap hari selama 30 menit sehari serta istirahat cukup. Bila perlu konsumsi suplemen tambahan seperti vitamin C.

11. Lakukan pemantauan kesehatan secara berkala termasuk pemeriksaan rapid test COVID-19 atau sesuai indikasi medis.

12. Pastikan kendaraan operasional yang digunakan dibersihkan secara berkala dengan desinfektan.

13. Setiap aparat yang tidak masuk kerja karena sakit dengan gejala demam atau batuk/pilek/nyeri tenggorokan/sesak nafas, wajib melaporkan kepada bagian kepegawaian/petugas kesehatan/fasilitas pelayanan kesehatan setempat, dan dilakukan pemantauan untuk mengetahui keterkaitannya dengan kriteria COVID-19 ODP, PDP, dan kasus konfirmasi positif COVID-19.

"Saya harapkan protokol itu dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab agar bertugas bisa dengan aman dan terhindar dari COVID-19," pungkas Menkes Terawan.

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Permintaan Maaf Polda Jabar atas Aksi Arogan Bripka HI Saat Ditegur Tak Pakai Masker

Posted: 25 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat melalui siaran resminya menyampaikan permohonan maaf atas kejadian oknum polisi yang mengamuk saat ditegur oleh sesama rekan polisi karena tak menggunakan masker.

Kapolda Jawa Barat Irjen Rudy Sufahriadi melalui Kabidhumas Polda Jawa Barat Kombes Pol Saptono Erlangga mengatakan pihaknya tidak menoleransi perbuatan anggota polisi, Bripka HI, yang arogan tersebut karena tidak memberikan contoh yang baik kepada masyarakat.

"Atas kejadian yang dilakukan oleh oknum Polri Bripka HI, Polda Jabar menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat karena oknum anggota Polri tersebut tidak memberikan contoh dan teladan yang baik bagi masyarakat dan diharapkan kejadian tersebut tidak terjadi lagi," kata Saptono dalam keterangannya, di Bandung, dilansir Antara, Selasa (26/5/2020).

Menurutnya, Kapolda menaruh perhatian penuh terhadap anggotanya yang bertindak indisipliner. Sehingga anggota polisi tersebut diberi sanksi dengan dimutasi dari Satlantas Polrestabes Bandung ke Pelayanan Markas (Yanma) Polda Jawa Barat yang sudah dituangkan melalui Keputusan Kapolda Jabar Nomor : KEP/ 681/ V / 2020, tanggal 25 Mei 2020.

"Yang bersangkutan dimutasikan dari Satlantas Polrestabes Bandung ke Yanma Polda Jabar dalam rangka pemeriksaan oleh Propam Polda Jabar," ucap dia.

 

Polisi Arogan

(Ilustrasi)
(Ilustrasi)

Sebelumnya, Rudy juga merespons secara langsung tentang adanya insiden polisi ngamuk itu. Ia menilai tindakan Bripka HI cukup arogan.

"Polisi tidak boleh arogan, harus jadi contoh yang baik bagi masyarakat," ujar Rudy, Senin (25/5).

Seperti yang diberitakan sebelumnya, oknum polisi itu memarahi seorang polisi lainnya yang mengingatkan dirinya untuk menggunakan masker.

Peristiwa itu terjadi di pos pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung, Senin (25/5). Dari laporan Bripka Rizal yang berjaga, oknum polisi tersebut menggunakan mobil Fortuner hitam bernomor polisi D-1087- TI.

Usai diingatkan untuk menggunakan masker, polisi itu justru justru memarahi dan mengajak berkelahi. Selain itu, oknum polisi itu bertanya kepada petugas soal lulusan angkatan berapa, sambil berkata-kata kasar.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Samsung Galaxy M11, Smartphone Rp 1 Jutaan dengan 3 Kamera dan Baterai 5.000mAh

Posted: 25 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Samsung Electronics Indonesia kembali meluncurkan varian baru dari Galaxy M series, yaitu Samsung Galaxy M11.

Smartphone ini diklaim memiliki fitur penting untuk tetap terkoneksi dan menghadirkan performa tinggi, seperti baterai berkapasitas 5.000mAh, prosesor Snapdragon 450, layar Infinity-O 6,4 inci HD+ TFT, dan triple camera 13MP.

Irfan Rinaldi, Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia mengatakan, selain baterai kuat 5000 mAh, Galaxy M11 juga dibekali prosesor Snapdragon 450, dan triple camera 13MP.

"Selain pengguna bisa memanfaatkan kapasitas baterai besar tersebut untuk mendukung produktivitas hingga kebutuhan hiburan digital sobat anti lowbat semua," kata Irfan melalui keterangannya, Selasa (26/5/2020).

Prosesor Snapdragon 450 mampu mendorong kinerja smartphone lebih cepat dan bertenaga untuk berbagai aktivitas mobile, mulai dari meningkatkan hasil kualitas konten foto dan video, hingga membantu dalam mengoptimalkan penggunaan baterai secara efektif dan efisien.

Dari sisi memori, Galaxy M11 hadir dengan kapasitas RAM 3GB dengan memori internal 32GB yang bisa di tambah melalui slim slot memory card eksternal hingga 512GB Sehingga pengguna tidak perlu khawatir kehabisan memori atau pun mengalami lag ketika multitasking atau bermain game.

Untuk urusan ketahanan baterai, baterai yang ada mampu bertahan lebih dari satu hari. Jadi kegiatan menonton serial favorit atau bermain game tidak akan terganggu.

 

Spesifikasi Kamera

Samsung Galaxy M11. Dok: Samsung Electronics Indonesia
Samsung Galaxy M11. Dok: Samsung Electronics Indonesia

Galaxy M11 memiliki tiga kamera belakang yang ditujukan bagi pengguna yang gemar untuk mengabadikan momen melalui foto dan video.

Lensa utama 13MP yang dapat menangkap gambar dengan tajam dan jernih bahkan dalam kondisi cahaya minim, lensa Ultra Wide 115 derajat 5MP untuk tangkapan hasil gambar luas seperti pandangan mata, serta lensa Depth 2MP yang mendukung pengaturan Bokeh (Live Bokeh) yang dapat disesuaikan.

Selain itu, Galaxy M11 turut didukung dengan kamera selfie 8MP berkemampuan live focus, yang juga tidak kalah jernih untuk dimanfaatkan untuk merekam video maupun foto selfie.

 

Berapa Harganya?

Samsung Galaxy M11. Dok: Samsung Electronics Indonesia
Samsung Galaxy M11. Dok: Samsung Electronics Indonesia

Dari sisi hiburan, Galaxy M11 hadir dengan layar Infinity-O 6,4 inci HD+ TFT serta audio berteknologi DolbyAtmosTM yang mampu memberikan pengalaman streaming film atau bermain game dengan gambar yang tajam dan suara jernih.

Galaxy M11 hadir dengan dua pilihan warna yaitu Hitam dan Biru Metallic, serta didukung dengan sistem keamanan fingerprint (rear-mounted) yang menjaga privasi pengguna.

Harganya sendiri dibanderol Rp. 2.099.000. Namun selama periode flash sale pada 26 – 31 Mei 2020 di Samsung.com/id, Lazada, Shopee, Blibli, Tokopedia, Erafone.com, Bhinneka, dan Akulaku, Galaxy M11 dapat diperoleh dengan harga spesial Rp 1.899.000.

(Isk/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Yuk Silaturahome Bareng Legenda Bulu Tangkis Indonesia Tontowi Ahmad

Posted: 25 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nuansa Idul Fitri tahun ini berbeda dari sebelumnya, akibat pandemi virus corona covid-19. Namun, dengan Silaturahome yang dibuat oleh KLY, acara Idul Fitri menjadi asyik untuk mengisi waktu bersama keluarga di rumah.

Kemeriahan suasana Lebaran tahun ini tak boleh berkurang meski ajang silaturahmi dengan keluarga besar dan kerabat tidak bisa dilakukan secara tatap muka.

Masih banyak cara agar bisa menciptakan warna-warna cerah dan bahagia. Satu di antaranya adalah, kalian bisa mengikuti program spesial bertajuk Silaturahome.

Yup, Silaturahome alias Silaturahmi From Home adalah event istimewa yang bisa membuat hari Lebaran kalian semakin ceria dan cerah. Sesuai tajuk utama, Silaturahome ini menggunakan teknologi virtual.

Nantinya, kalian akan mengikuti dan merasakan silaturahmi dari rumah ala virtual dengan beberapa atlet papan atas Indonesia seperti Tontowi Ahmad, Triyaningsih, dan juga mantan kapten Timnas Indonesia, Ponaryo Astaman.

Tontowi Ahmad sendiri baru memutuskan untuk gantung raket. Dia sudah mempersembahkan banyak prestasi untuk Indonesia, saah satunya medali emas Olimpiade 2018 bersama Liliyana Natshir.

Selain itu, ada juga tokoh-tokoh lain baik dari pemerintahan, seperti Tri Rismaharini, Erick Thohir, Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil, Retno Marsudi, maupun dari selebriti, seperti Anya Geraldine, Yuni Shara, dan Tompi.

Silaturahome Selama 2 Hari

Silaturahome digelar Liputan6.com bersama KLY dengan menampilkan artis, atlet dan pejabat pada Selasa-Rabu, 26-27 Mei 2020
Silaturahome digelar Liputan6.com bersama KLY dengan menampilkan artis, atlet dan pejabat pada Selasa-Rabu, 26-27 Mei 2020

Dalam dua hari pelaksanaan Silaturahome ini, kalian akan merasakan pengalaman baru mengunjungi para pesohor tersebut. Anda akan diajak datang ke rumah 5 selebritas papan atas Indoesia, 4 tokoh nasional dan 3 atlet yang sudah sering membela Merah Putih.

Tak sekadar pasif, kalian bisa melakukan interaktif. Ragam medium sudah disiapkan, mulai dari ajang tanya jawab, home tour, sesi makan bareng sampai bagi-bagi hadiah. Nah, khusus untuk hadiah ini, akan ada THR Online denga total 10 juta rupiah, yang akan dibagikan pada setiap sesi Zoom.

Bagi penggemar olahraga, Tontowi Ahmad akan bersilaturahmi bersama kalian pada hari pertama yang digelar pada Selasa (26/5/2020). Sementara itu, Triyaningsih dan Ponaryo Astaman akan hadir pada Rabu (27/5/2020).

Oh ya, kalian bisa mengikuti event virtual eksklusif ini melalui platform Zoom ya. Cara daftarnya sangat mudah, cukup meng-klik tautan ini atau berkunjung ke alamat : www.festivalramadan.com/silaturahome.

 

Jadwal Silatorahome

Day 1 - Selasa, 26 Mei 2020

10:00 - 11:00 : Tri Rismaharini 

12:00 - 12:50  : Tontowi Ahmad

13.00 - 13:50 : Erick Thohir & Tompi (sebelumnya  Wishnutama & Desta)

14:00 : Anya Geraldine

15:00 - 15:50 : Yuni Shara & Ganjar Pranowo (tidak berubah)

16:00 - 17:00 : Prof Nasurddin Umar

 

Day 2 - Rabu, 27 Mei 2020

10:00 - 11:00 : Ridwan Kamil & Aura Kasih

12:00 - 12:50 : Triyaningsih

13.00 - 13:50 : Retno Marsudi & El Rumi

14:00 - 14:50 : Ponaryo Astaman

16:00 - 17:00 : Ustad Widjayanto

Disadur dari Bola.com (Benediktus Gerendo Pradigdo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Yuk, Lebaran Bareng Artis dan Pejabat Secara Virtual di SilaturaHOME

Posted: 25 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Lebaran menjadi salah satu momen penting silaturahmi. Namun, lebaran tahun ini bakal berbeda. Corona mengubah segalanya.  

Wabah Covid-19 yang ditimbulkan virus Corona jenis baru itu memaksa orang-orang membatasi interaksi demi pencegahan meluasnya wabah. Itu terjadi di seluruh dunia, juga di Indonesia.

Silaturahmi saat lebaran pun tak bisa dilakukan seperti biasanya. Protokol pencegahan Covid-19 tidak mengizinkan adanya kerumunan dan interaksi sosial yang berlebihan. Dalam kehidupan sehari-hari pun harus ada pembatasan fisik untuk tujuan penularan.

Dengan kondisi seperti itu, bagaimana cara bersilaturahmi?

Liputan6.com pun mengadaptasi pola-pola baru itu dengan menginisiasi program spesial silaturahmi dari rumah, silaturahmi from home, disingkat SilaturaHOME. Dengan SilaturaHOME, silaturahmi jalan terus dan pencegahan Covid-19 tetap terjaga.

SilaturaHOME dilakukan secara virtual menggunakan aplikasi Zoom. Peserta bisa bersilaturahmi dengan pejabat dan artis dari rumah masing-masing.

 

Selebritas

Terkena Banjir, Ini 6 Potret Kondisi Rumah Yuni Shara (Sumber: Instagram//yunishara36)
Terkena Banjir, Ini 6 Potret Kondisi Rumah Yuni Shara (Sumber: Instagram//yunishara36)

Beberapa selebritas yang dipastikan akan bergabung di acara SilaturaHOME ini antara lain penyanyi Yuni Shara, Aura Kasih, serta seleb yang juga putra Maia Estianty, El Rumi. 

Sementara beberapa pejabat negara seperti Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, serta Menteri Luar Negeri Retno Marsudi akan ikut ambil bagian.

Daftar

Silaturahome
Silaturahome

Tak hanya itu saja, Anda juga akan diajak merasakan pengalaman baru berlebaran di rumah selebritas dan pejabat.  

Tak sekadar pasif, Anda juga bisa melakukan interaktif. Ragam acara sudah disiapkan, mulai dari ajang tanya jawab, home tour, sesi makan bareng sampai bagi-bagi hadiah. 

Dan, ini yang menarik, dalam acara Silaturahome ini juga akan bagi-bagi hadiah dan THR secara online yang besarnya Rp 10 juta dan dibagikan dalam setiap sesinya. Tertarik? Silakan daftarkan diri Anda sekarang juga di sini.

Jadwal Selasa 26 Mei 2020

Silaturahome digelar Liputan6.com bersama KLY dengan menampilkan artis, atlet dan pejabat pada Selasa-Rabu, 26-27 Mei 2020
Silaturahome digelar Liputan6.com bersama KLY dengan menampilkan artis, atlet dan pejabat pada Selasa-Rabu, 26-27 Mei 2020

SilaturaHOME di hari pertama yaitu Selasa 26 Mei 2020 menampilkan:  

Pukul 10.00 - 11.00 WIB     :  Walikota Surabaya Tri Rismaharini

Pukul 12.00 - 12.50 WIB     :  Pebulutangkis Tontowi Ahmad

Pukul 13.00 - 13.50 WIB     :  Menteri BUMN Erick Thohir dan penyanyi Tompi

Pukul 14.00 - 14.50 WIB     :  Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan penyanyi Yuni Shara

Pukul 15.00 - 15.50 WIB     :  Selebgram Anya Geraldine

Pukul 16.00 - 17.00 WIB     : Tausiyah Prof.Dr.KH Nasaruddin Umar, MA (Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta)

Jadwal Rabu 27 Mei 2020

Silaturahome digelar Liputan6.com bersama KLY dengan menampilkan artis, atlet dan pejabat pada Selasa-Rabu, 26-27 Mei 2020
Silaturahome digelar Liputan6.com bersama KLY dengan menampilkan artis, atlet dan pejabat pada Selasa-Rabu, 26-27 Mei 2020

SilaturaHOME Hari Kedua Rabu 27 Mei 2020 menampilkan:

Pukul 10.00 - 11.00 WIB   :  Gubernur Jawa Barat Ridwal Kamil dan penyanyi Aura Kasih

Pukul 12.00 - 12.50 WIB   :  Pelari nasional Triyaningsih

Pukul 13.00 - 13.50 WIB   :  Menlu Retno Marsudi dan seleb diaspora El Rumi

Pukul 14.00 - 14.50 WIB   :  mantan pesepakbola nasional Ponaryo Astaman

Pukul 16.00 - 17.00 WIB   :  tausiyah Ustaz Widjajanto

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Wajah Baru Amerika Serikat dalam Kondisi New Normal

Posted: 25 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Amerika Serikat menjadi salah satu dengan kasus Covid-19 tertinggi di dunia. Dikutip dari Worldmeters, Selasa (26/5/2020), terdapat 1.706.226 orang terinfeksi Covid-19 di sana dengan total kematian mencapai anggka nyaris 100 ribu jiwa.

Meski belum sepenuhnya aman, pemerintah Amerika telah melonggarkan lockdown sejak beberapa saat lalu untuk membangkitkan kembali perekonomian yang sempat menurun.

Masyarakat pun telah banyak yang kembali beraktivitas seperti biasanya, namun dengan memperhatikan standar kesehatan dan keamanan.

Hal ini yang lantas menjadi "new normal" atau sebuah hal yang baru yang harus dilakukan akibat pandemi Covid-19.

Meski terlihat cukup asing, namun hal-hal ini nampaknya akan menjadi sesuatu yang normal mulai hari ini hingga seterusnya. Merangkum dari Boredpanda, Selasa (26/5/2020), berikut deretan potret "New Normal" di Amerika Serikat di tengah pandemi Covid-19.

 

1. Saat ini bioskop digantikan dengan Drive-in Movie

foto: bored panda
foto: bored panda

2. Dengan begini orang-orang bisa mengoperasikannya dengan kaki

foto: bored panda
foto: bored panda

3. Berkumpul di taman tetap harus menjaga jarak ya

foto: bored panda/@brunchboys
foto: bored panda/@brunchboys

4. Pergi ke gym pun harus tetap menerapkan physical distancing

foto: bored panda
foto: bored panda

5. Begini potret pegawai restoran cepat saji di sana

foto: bored panda/@iamjuliang
foto: bored panda/@iamjuliang

6. Starbucks pun tak menyediakan tempat duduk agar tak banyak orang berkumpul

foto: bored panda
foto: bored panda

7. Food truck ini memberikan pesanan pelanggan menggunakan mesin agar tetap menjaga jarak

foto: @danvillefamilyvet
foto: @danvillefamilyvet

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masuk New Normal, Kebijakan Sepeda Motor Perlu Dikaji Ulang

Posted: 25 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Pusat, Djoko Setijowarno, mengatakan kebijakan sepeda motor di Indonesia selama ini harus dievaluasi dan dikaji ulang. Apalagi nanti memasuki era normal baru The new normal di sektor transportasi.

"Pilihan menggunakan sepeda motor merupakan dampak dari kebijakan industri sepeda motor yang sudah berlebihan. Sepeda motor merupakan kendala bagi Indonesia untuk menciptakan kehidupan bermobilitas baru," kata Djoko kepada liputan6.com, Selasa (26/5/2020).

Kehidupan mobilitas baru yang dimaksud Djoko yakni mengistimewakan penggunaan transportasi umum, yang ditopang keberadaan jalur sepeda dan fasilitas pejalan kaki untuk pergerakan jarak pendek.

Menurutnya kebijakan menetapkan batas kapasitas isi silinder kurang dari 80 cc dan di atas 200 cc mungkin lebih bijak. Jika kapasitas sepeda motor masih seperti sekarang tanpa batasan dan pemerintah tidak mengontrol ketat, maka akan selalu mengganggu setiap kebijakan pemerintah dalam hal mengelola transportasi.

"Di banyak negara, sepeda motor bukan merupakan kendaraan yang direkomendasikan digunakan untuk bermobilitas warga. Sepeda motor cocok digunakan untuk mobilisasi jarak menengah," ujarnya.

 

Cegah Mudik

Pemudik sepeda motor melintas di Jalur Pantura, Jawa Barat, Minggu (2/6/2019). Sejumlah pemudik sepeda motor terpantau mengabaikan keselamatan dengan membawa barang bawaan dan penumpang melebihi kapasitas. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Pemudik sepeda motor melintas di Jalur Pantura, Jawa Barat, Minggu (2/6/2019). Sejumlah pemudik sepeda motor terpantau mengabaikan keselamatan dengan membawa barang bawaan dan penumpang melebihi kapasitas. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Bahkan hingga saat ini, ia mengatakan banyak aparat Kepolisian Republik Indonesia sudah semaksimal mungkin melakukan penyekatan di jalan raya untuk mencegah warga yang mudik menggunakan kendaraan bermotor.

Namun, ikhtiar warga untuk memaksa mudik menggunakan sepeda motor memang tidak dapat dibendung, melalui jalan-jalan tikus. Tidak taat aturan dan tidak membawa surat keterangan sehat.

Oleh karena itu, Djoko menilai upaya pemerintah untuk mencegah warga Jabodetabek tidak melakukan mudik mengalami kegagalan.

"Cukup ketat pengawasan di terminal bus, stasiun, pelabuhan penyebrangan dan bandara udara. Selain keterbatasan personil untuk melakukan pencegahan juga tingkat kesadaran masyarakat masih sangat rendah, terhadap bahaya penyebaran virus Corona di masa pandemi ini," jelasnya.

 

Penyebaran Corona

Petugas Satpol PP memberhentikan pengendara motor saat melintasi Pos Pengawasan Larangan Mudik di Cigombong, Bogor, Rabu (29/4/2020). Polres Bogor terus melakukan penyekatan  mencegat pemudik sekaligus PSBB mengantsipasi penyebaran virus Covid-19. (merdeka.com/Arie Basuki)
Petugas Satpol PP memberhentikan pengendara motor saat melintasi Pos Pengawasan Larangan Mudik di Cigombong, Bogor, Rabu (29/4/2020). Polres Bogor terus melakukan penyekatan mencegat pemudik sekaligus PSBB mengantsipasi penyebaran virus Covid-19. (merdeka.com/Arie Basuki)

Maka Djoko menegaskan kembali agar pemerintah mengkaji ulang kebijakan sepeda motor di Indonesia. Apalagi di tengah wabah covid-19 ini banyak pihak yang memanfaatkan mudik menggunakan sepeda motor.

"Bisa jadi potensi terjadi penyebaran virus corona ke daerah. Harapan kita bersama, semoga penyebaran virus corona tidak banyak beralih ke daerah," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Jaga Jarak Saat Bersantai di Taman San Francisco

Posted: 25 May 2020 10:00 PM PDT

Orang-orang bersantai sembari duduk berjauhan di sejumlah area yang diberi tanda lingkaran guna memastikan dilakukannya jaga jarak sosial (social distancing) di tengah pandemi COVID-19 di sebuah taman di San Francisco, Amerika Serikat (AS), pada 24 Mei 2020. (Xinhua/Li Jianguo)
Orang-orang bersantai sembari duduk berjauhan di sejumlah area yang diberi tanda lingkaran guna memastikan dilakukannya jaga jarak sosial (social distancing) di tengah pandemi COVID-19 di sebuah taman di San Francisco, Amerika Serikat (AS), pada 24 Mei 2020. (Xinhua/Li Jianguo)

Orang-orang bersantai sembari duduk berjauhan di sejumlah area yang diberi tanda lingkaran guna memastikan dilakukannya jaga jarak sosial (social distancing) di tengah pandemi COVID-19 di sebuah taman di San Francisco, Amerika Serikat (AS), pada 24 Mei 2020. (Xinhua/Li Jianguo)

Orang-orang bersantai sembari duduk berjauhan di sejumlah area yang diberi tanda lingkaran guna memastikan dilakukannya jaga jarak sosial (social distancing) di tengah pandemi COVID-19 di sebuah taman di San Francisco, Amerika Serikat (AS), pada 24 Mei 2020. (Xinhua/Li Jianguo)
Orang-orang bersantai sembari duduk berjauhan di sejumlah area yang diberi tanda lingkaran guna memastikan dilakukannya jaga jarak sosial (social distancing) di tengah pandemi COVID-19 di sebuah taman di San Francisco, Amerika Serikat (AS), pada 24 Mei 2020. (Xinhua/Li Jianguo)

Orang-orang bersantai sembari duduk berjauhan di sejumlah area yang diberi tanda lingkaran guna memastikan dilakukannya jaga jarak sosial (social distancing) di tengah pandemi COVID-19 di sebuah taman di San Francisco, Amerika Serikat (AS), pada 24 Mei 2020. (Xinhua/Li Jianguo)

Orang-orang bersantai sembari duduk berjauhan di sejumlah area yang diberi tanda lingkaran guna memastikan dilakukannya jaga jarak sosial (social distancing) di tengah pandemi COVID-19 di sebuah taman di San Francisco, Amerika Serikat (AS), pada 24 Mei 2020. (Xinhua/Li Jianguo)
Orang-orang bersantai sembari duduk berjauhan di sejumlah area yang diberi tanda lingkaran guna memastikan dilakukannya jaga jarak sosial (social distancing) di tengah pandemi COVID-19 di sebuah taman di San Francisco, Amerika Serikat (AS), pada 24 Mei 2020. (Xinhua/Li Jianguo)

Orang-orang bersantai sembari duduk berjauhan di sejumlah area yang diberi tanda lingkaran guna memastikan dilakukannya jaga jarak sosial (social distancing) di tengah pandemi COVID-19 di sebuah taman di San Francisco, Amerika Serikat (AS), pada 24 Mei 2020. (Xinhua/Li Jianguo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Via Vallen Ungkap Kondisi Adik Yang Positif Covid-19: Sehat dan Kulitnya Makin Putih

Posted: 25 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta "Adekku aman dirumah, tidak ada kontak langsung dengan keluarga. Kita sangat menjaga jarak, dia punya area sendiri," tulis Via Vallen menerangkan kondisi terkini adiknya di akun Instagram terverifikasi miliknya, Senin (25/5/2020) kemarin.

Via Vallen menyebut adiknya menempati kamar tidur dengan kamar mandi berikut ruang untuk menaruh makanan dan minuman tersendiri. Ini memungkinkan adik Via Vallen dan keluarga tak melakukan kontak langsung.

Adik Via Vallen menggunakan alat makan sekali pakai. Ia mencuci pakaian sendiri. Lewat unggahan ini, Via Vallen menyatakan pasien positif Corona Covid-19 bukan aib keluarga.

Maksud Unggahan Via

Unggahan Via Vallen. (Foto: Instagram @viavallen)
Unggahan Via Vallen. (Foto: Instagram @viavallen)

Lewat unggahannya, Via Vallen memperingatkan, "Maksud postinganku adalah orang yang sudah rapid hasilnya NR (non reactive) belum tentu tidak terpapar."

Pelantun "Sayang" dan "Tiwas Tresno" mengakui, keluarga sempat panik dengan unggahannya sehari sebelumnya. Keluarga Via Valen takut dikucilkan karena ada salah satu anggotanya yang positif Covid-19.

Corona Enggak Terbang

Via Vallen. (Foto: Instagram @viavallen)
Via Vallen. (Foto: Instagram @viavallen)

Dengan sabar dan tegar, Via Vallen menenangkan keluarga. "Corona enggak terbang kok, selagi mengikuti aturan untuk pakai masker dan sering cuci tangan ya kalian bakal aman. Jadi tolong jangan mengucilkan orang-orang yang positif Corona," ia mengimbau. 

Penyanyi bernama lengkap Maulidia Octavia meminta masyarakat yang terpaksa keluar rumah menggunakan masker kain ramah lingkungan. Jangan melawan imbauan pemerintah soal social dan physical distancing.

Tolong Jaga Diri

ilustrasi virus corona covid-19copyright by diy13 (Shutterstock)
ilustrasi virus corona covid-19copyright by diy13 (Shutterstock)

"Kalau ada orang tua dan balita yang memang imunnya rendah, tolong jaga diri kamu untuk mereka yang di rumah," pintanya. Lantas bagaimana kondisi kesehatan adik Via Vallen sekarang? Untuk menghindari pemberitaan yang ngawur, Via Vallen mengunggah berkas hasil tes adiknya di medsos.

Tentu saja, identitas sang adik dirahasiakan. Via Vallen bercerita, pada 28 April 2020, keluarganya menjalani medical check up biasa. Dari situ diketahui, adik Via Vallen mengidap pneumonia. 

Kondisi Keluarga dan Adik

Via Vallen. (Foto: Instagram @viavallen)
Via Vallen. (Foto: Instagram @viavallen)

Keesokan harinya, ia dibawa ke rumah sakit rujukan, menjalani rapid test. Satu jam kemudian dinyatakan non-reactive. Tak ingin orang tua khawatir, Via Vallen minta adiknya menjalani swab test selang satu jam setelah dinyatakan non-reactive. Sekitar 10 hari kemudian, hasilnya positif.

"Kondisi sekarang keluargaku alhamdulillah sehat wal afiat. Adekku yang positif Covid-19 alhamdulillah sehat wal afiat dan kulitnya tambah bersih karena di rumah aja di dalam kamar terus," imbuhnya. Adik Via Vallen menjalani swab test kedua bulan ini. Hasilnya belum keluar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: WNI di Amerika Serikat Berlebaran Secara Online

Posted: 25 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pandemi Covid-19 membuat warga diaspora Indonesia di seputar wilayah Ibu kota Amerika Serikat melaksanakan salat Idul Fitri tahun ini di rumah masing-masing. Namun mereka tetap mengikuti khotbah Idul Fitri dan juga halalbihalal yang dilakukan secara virtual. Berikut laporan Helmi Johannes dari VOA.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lebaran Sunyi Penganut Kejawen di Panembahan Banokeling Banyumas

Posted: 25 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Banyumas - Bagi penganut Kejawen di Banyumas dan sekitarnya, Panembahan Banokeling, Pekuncen, Jatilawang, adalah situs penting. Kompleks pemakaman kuno itu adalah cikal bakal lahirnya anak putu.

Anak putu merupakan sebutan untuk keturunan dan pengikut Kiai Banokeling, penyebar agama Islam masa awal, di tanah Jawa. Mereka tersebar di Banyumas, Cilacap, dan beberapa wilayah lain.

Pada hari-hari besar tertentu, anak putu akan berkumpul dan menggelar ritual tertentu di Panembahan Banokeling, selain tradisi yang juga dilakukan di kelompoknya masing-masing.

Namun, pada Idul Fitri 2020 ini, tak ada ingar bingar tradisi di Panembahan Banokeling. Punggahan menjelang puasa yang biasanya melibatkan ribuan penganut Kejawen dan pelestari adat ditiadakan. Pun dengan tradisi Bada atau Lebaran Idul Fitri, yang tiba Senin (25/5/2020), selang sehari setelah ketetapan pemerintah.

Pada tahun Wawu kalender Alif Rebo Wage (Aboge) ini, sejumlah tradisi di Banokeling pada rangkaian Lebaran juga bernuansa berbeda. Kini, peserta tradisi sowan atau ziarah ke Panembahan Banokeling dan sungkeman.

Juru bicara Komunitas Banokeling, Sumitro, mengatakan, dalam kondisi normal, ratusan orang mengikuti acara ini. Mereka adalah warga di Pekuncen dan juga anak putu yang mudik Lebaran.

Lantaran ada anjuran physical distancing, Komunitas Kejawen Banokeling menggelarnya tanpa kehadiran masyarakat. Ziarah pun akhirnya hanya diikuti oleh delapan orang.

Pun dengan sungkeman di balai desa yang hanya diikuti oleh delapan orang. Mereka terdiri dari kiai kunci dan lima bedogol mewakili komunitas adat Kejawen, serta kayim dan kepala desa yang mewakili pemerintah.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Lebaran di Kelompok Anak Putu Kalikudi, Cilacap

Muji Dzikir Sadran digelar di Pasemuan atau tempat ibadah penganut Islam Kejawen di Desa Kalikudi, Cilacap menjelang Ramadan. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)
Muji Dzikir Sadran digelar di Pasemuan atau tempat ibadah penganut Islam Kejawen di Desa Kalikudi, Cilacap menjelang Ramadan. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

"Sowan di Panembahan Banokeling itu Senin pagi, kemudian jam 10.00 WIB kumpul di rumah kepala desa. Karena sedang dilarang ya hanya enam orang," ucapnya.

Larangan keikutsertaan anak putu dalam tradisi lebaran ini juga sesuai dengan anjuran pemerintah yang melarang acara melibatkan banyak orang. Pembatasan peserta ini penting untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Nun di Cilacap, Anak Putu Kalikudi yang juga bertalian darah dengan Panembahan Banokeling juga merayakan lebaran Idul Fitri Senin. Sama, mereka pun menggunakan kalender Aboge.

Di Sini, Anak Putu Kalikudi menghilangkan tradisi sungkeman di tempat ibadah atau pasemuan, baik Pasemuan Lor maupun Pasemuan Kidul. Selain itu, tradisi saling bertandang pun dihilangkan.

Tetua Adat Anak Putu Kalikudi, Kunthang Sunardi mengatakan selama ratusan tahun, Anak Putu Kalikudi memiliki tradisi sungkeman di pasemuan pada hari lebaran. Mereka sungkem kepada kiai kunci dan tetua adat lainnya. Akan tetapi, tahun ini sungkeman itu hanya diikuti oleh tetua.

"Kami menurut anjuran pemerintah untuk tidak menggelar kegiatan yang menyebabkan berkerumun," kata Kunthang.

Dalam Kalender Aboge, tahun ini merupakan Tahun Wawu sehingga tahun baru 1 Sura tiba pada Senin Kliwon. Untuk menentukan 1 Syawal, perhitungannya adalah Syawal Siji Loro atau Wal Ji Ro, sehingg 1 Syawal tiba pada Senin pasaran Manis.

Ribuan umat Islam yang menggunakan kalender Aboge di Banyumas, Cilacap dan Purbalingga juga berlebaran hari ini. Di antaranya di Daun Lumbung, Kroya, Adiraja, Kabupaten Cilacap. Kemudian di Jatilawang, Wangon dan Ajibarang Kabupaten Banyumas, serta di Onje, Mrebet, Purbalingga.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Jembatan Terpendek di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia

Posted: 25 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jembatan menjadi salah satu infrastruktur penting bagi setiap wilayah yang terpisahkan oleh perairan. Infrastruktur transportasi darat yang sangat vital dalam aliran perjalanan (traffic flows) ini umumnya dibangun untuk penyeberangan pejalan kaki, kendaraan atau kereta api di atas halangan. 

Secara umum jembatan memiliki penampakan yang panjang yang menghubungkan satu tempat menuju tempat lain. Bahkan sudah banyak jembatan-jembatan terkenal seperti jembatan terpanjang, jembatan terindah hingga jembatan tertitnggi di dunia. 

Namun ternyata ada pula jembatan yang dibangun dengan ukuran pendek. Bahkan beberapa jembatan di dunia disebut-sebut sebagai jembatan terpendek di dunia. Meski fungsinya masih sama yakni menjadi akses penghubung, namun jembatan ini punya penampakan yang unik.

Berikut ini 4 jembatan yang disebut-sebut sebagai jembatan terpendek di dunia, yang dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (26/5/2020). 

1. El Marco Bridge

Deretan jembatan terpendek di dunia yang pernah dibangun. (Sumber:
Deretan jembatan terpendek di dunia yang pernah dibangun. (Sumber:

Jembatan El Marco masuk dalam daftar jembatan terpendek di dunia. Jembatan ini merupakan jembatan penghubung antar dua negara yakni Spanyol dan Portugal. 

El Marco hanya memiliki panjang 3,2 meter yang didanai oleh Uni Eropa. Penghubung antara kota Spanyol La Codosera dengan Arronches Portugis ini dihubungkan dengan sepotong kayu kecil. Kabarnya El Marco dibangun pada dekade pertama abad ke-21 oleh para pekerja dari Spanyol dan Portugal dari aliran sungai tersebut.

Mengingat ukurannya yang mungil, jembatan ini sebagian besar untuk pejalan kaki bukan mobil, meskipun kendaraan roda dua dapat menggunakannya juga.

2. Zavikon Island Bridge

Deretan jembatan terpendek di dunia yang pernah dibangun. (Sumber:
Deretan jembatan terpendek di dunia yang pernah dibangun. (Sumber:

Jembatan terpendek di dunia yang memsiahkan dua negara yang begitu terkenal yakni jembatan yang menghubungkan antara Amerika Serikat dan Kanada. Jembatan ini berada di pulau-pulau Zavikon Island. Disebut sebagai jembatan terpendek, jembatan yang menghubungkan dua negara ini hanya memiliki panjang 9,7 meter. 

Antara New York (Amerika Serikat) dan Ontario (Kanada) mengalir sungai St. Lawrence. Sungai itu bermuara di Danau Ontario. Mendekati muara, badan sungai melebar dan terdapat banyak pulau kecil. 

Dalam perjanjian perbatasan antara Amerika Serikat dan Kanada pada 1793, dikatakan bahwa sungai St Lawrence dibagi dua sama lebar, tapi tidak ada pulau yang terbagi menjadi dua. Di Zavikon Island terdapat dua pulau yang memiliki ukuran berbeda. 

Garis perbatasan antara kedua negara tersebut ternyata memisahkan dua pulau yang berdekatan itu. Pulau Zavikon besar masuk wilayah Kanada. Maka untuk menghubungkannya, dibangunlah jembatan yang kini dikenal sebagai jembatan terpendek di dunia.

3. Somerset Bridge

Deretan jembatan terpendek di dunia yang pernah dibangun. (Sumber:
Deretan jembatan terpendek di dunia yang pernah dibangun. (Sumber:

Berbeda dari jembatan sebelumnya yang membedakan dua negara, Somerset Bridge merupakan jembatan gantung terpendek di dunia. Somerset Bridge adalah sebuah jembatan kecil di Bermuda, Inggris yang menghubungkan Pulau Somerset dengan daratan di paroki barat Sandys.

Jembatan itu cukup lebar untuk dilewati tiang perahu layar yang berlayar si bawahnya. Saat lewat, kapal harus memiliki izin atau setidaknya menunggu orang yang lewat agar gerbang jembatan dapat terangkat. Somerset Bridge hanya memiliki panjang 0,5 meter. 

Meski pendek, jembatan ini kabarnya berusia hampir 400 tahun yang dibangun pada 1620 silam. Gambar Somerset Bridge bahkan pernah muncul di mata uang poundsterling pada 2009. Beberapa bangunan di dekatnya diberi nama Somerset, sebagai penghormatan kepada jembatan mungil yang masih dipelihara tersebut.

4. Jembatan Raja Kecil

Deretan jembatan terpendek di dunia yang pernah dibangun. (Sumber: atlasobscura)
Deretan jembatan terpendek di dunia yang pernah dibangun. (Sumber: atlasobscura)

Indonesia memiliki jembatan kebanggan yang dibangun pada era BJ Habibie. Selama menjabat sebagai tokoh politik, pria yang lahir pada 25 Juni 1936 itu meninggalkan banyak warisan. Salah satunya adalah Jembatan Barelang. Jembatan ikonik di Batam ini menghubungkan enam pulau sekaligus yaitu Batam, Tonton, Nipah, Rempang, Galang, dan Galang Baru. Nama Barelang merupakan akronim dari Batam, Rempang, Galang, tiga pulau terbesar yang berada di kawasan Kepulauan Riau.

Jembatan yang menghubungkan enam pulau itu yakni jembatan pertama diberi nama Tengku Fisabililah dibangun dengan tipe cable stayed dan menghubungkan Pulau Batam dengan Tonton. Jembatan kedua yakni Nara Singa II merupakan jembatan Balance Cantilever Box Gierder, menghubungkan Pulau Tonton dengan Nipah.

Jembatan ketiga Raja Ali Haji dibangun dengan tipe Segmental Concrete Box Girder, menghubungkan Pulau Nipah dengan Setokok. Jembatan keempat Sultan Zainal Abidin menghubungkan Pulau Setokok dibangun dengan tipe Balance Cantilever.

Jembatan kelima Tuanku Tambusai menghubungkan Pulau Rempang dan Galang, merupakan jembatan busur (arch bridge) dengan konstruksi beton bertulang pertama dan terpanjang yang pernah dibangun di Indonesia. Jembatan terakhir adalah Jembatan Raja Kecil yang menghubungkan antara Pulau Galang dengan Galang Baru.

Jembatan Raja Kecil inilah yang disebut-sebut sebagai jembatan terpendek yang menghubungkan antara Pulau Galang dengan Galang Baru.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Penuhi Syarat, 153 Penumbang Bus AKAP Ditolak di Terminal Pulogebang

Posted: 25 May 2020 09:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kepala Satuan Pelaksana Operasional Terminal Pulogebang, Afif Muhroji menyatakan ada dua penumpang yang melakukan kegiatan ke luar Jakarta menggunakan bus antarkota antar provinsi (AKAP) pada Senin (25/5/2020). 

"Bus berangkat dua unit dan penumpang dua orang. Keberangkatan pukul 06.00-18.00 WIB," kata kata Afif saat dihubungi, Selasa (26/5/2020). 

Dia menjelaskan jumlah penumpang yang ditolak berangkat keluar Jakarta sepanjang 9-25 Mei mencapai 153 orang. Hal itu disebabkan calon penumpang tidak memenuhi syarat yang telah ditentukan. 

Selain itu, keberangkatan penumpang paling banyak yaitu 128 orang pada, Kamis (21/5/2020).

Berdasarkan Pergub Nomor 47 Tahun 2020 tentang Pembatasan Kegiatan Berpergian Keluar dan/atau Masuk Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19, warga harus membuat surat izin keluar masuk (SIKM). 

Pasal 6, disebutkan untuk mendapatkan SIKM dengan mengisi formulir permohonan secara daring melalui corona.jakarta.go.id dengan melengkapi sejumlah persyaratan sebagai berikut: 

a. surat pengantar dari Ketua RT yang diketahui Ketua RW tempat tinggalnya

 

b. surat pernyataan sehat bermeterai

 

c. surat keterangan: 

1. perjalanan dinas keluar Jabodetabek

2. surat keterangan bekerja bagi setiap orang yang tempat kerjanya berada di luar Jabodetabek

3. bagi pelaku usaha dilengkapi dengan surat keterangan memiliki usaha diluar Jabodetabek yang diketahui oleh pejabat yang berwenang

 

d. bagi orang asing memiliki KTP-el/izin tinggal tetap

 

Syarat Ajukan SIKM

Sejumlah calon pemudik terjaring razia penyekatan di Pintu Tol Cikarang Barat, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (23/5/2020). Calon pemudik yang terjaring razia tersebut dibawa ke Terminal Pulogebang untuk kemudian diarahkan kembali menuju Jakarta. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Sejumlah calon pemudik terjaring razia penyekatan di Pintu Tol Cikarang Barat, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (23/5/2020). Calon pemudik yang terjaring razia tersebut dibawa ke Terminal Pulogebang untuk kemudian diarahkan kembali menuju Jakarta. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sementara itu untuk syarat pengajuan masuk DKI Jakarta juga melalui situs yang sama corona.jakarta.go.id. Beberapa persyaratan harus dipenuhi untuk mendapatkan SIKM berdasarkan Pasal 7 yakni:

1. Memiliki KTP-el DKI Jakarta atau Kartu Keluarga DKI Jakarta tetapi berdomisili di luar Jabodetabek; atau

2. Orang asing yang memiliki KTP-el/izin tinggal tetap 

3. Surat pernyataan sehat bermeterai.

Kemudian untuk warga KTP non Jakarta juga dapat memiliki SIKM, dengan persyaratan sebagai berikut: 

1. Memiliki surat keterangan dari kelurahan atau desa tempat asal perjalanan yang menerangkan maksud dan tujuan datang ke Jakarta

2. Surat pernyataan sehat bermeterai

3. Memiliki surat jaminan bermeterai dari keluarga yang berada di Jakarta yang diketahui oleh ketua RT setempat atau surat jaminan bermeterai dari perusahaan yang berada di Jakarta

4. Bagi pemohon yang melakukan perjalanan dinas agar melampirkan surat keterangan dari tempat kerja yang berada di Jakarta

5. Bagi pemohon yang karena alasan darurat melakukan kegiatan ke Jakarta melampirkan surat keterangan domisili tempat tinggal dari kelurahan di Jakarta.

Selanjutnya bila persyaratan sudah terpenuhi, DPM dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dapat menerbitkan SIKM secara elektronik dalam bentuk QR-code. 

Untuk penerbitan SIKM diproses satu hari kerja sejak permohonan dinyatakan secara lengkap dan hanya berlaku untuk satu pemohon saja. Sedangkan untuk anak yang belum memiliki KTP dapat mengikuti SIKM orang tua atau salah satu anggota keluarga.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Survei RRI: Publik Puas Penanganan Covid-19 oleh Gubernur Ketimbang Presiden Jokowi

Posted: 25 May 2020 09:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Puslitbangdiklat RRI bekerja sama dengan Indo Barometer merilis hasil penelitian bersama yang dilakukan 12-18 Mei 2020, terkait melihat persepsi publik terhadap dampak Covid-19.

Survei yang dilakukan melalui wawancara telepon seluler tersebut, memuat salah satunya mengenai tingkat kepuasan masyarakat dalam menilai langkah pemerintah menangani sebaran Covid-19. Pemerintah dalam hal ini adalah pemerintah pusat yaitu Presiden dan Wakil Presiden hingga Gubernur dan Wakil Gubernur.

Terlihat dari hasil survei tersebut sebanyak 48,5 persen publik tidak puas dengan langkah Presiden Jokowi dn Wapres Ma'ruf Amin dalam penanganan wabah Corona..

"Sangat puas 2%, puas 44%, tidak puas 48,5% dan tidak puas sama sekali 5,3%. Tidak tahu/tidak jawab 0,3%," tulis hasil survei tersebut seperti dikutip, Selasa (26/5/2020).

Adapun alasannya tidak merasa puas, karena menganggap kebijakan Presiden Jokowi tidak konsisten, yang dimuat sebanyak 17,3%.

"Lambat dalam mendistrubusikan bantuan sosial 10,7%, data penerimaan bantuan tidak akurat dan penanganan secara umum 10,1%. Kebijakan pemerintah dan pembantunya sering berbeda 8,9%, aturan banyak dilanggar 6,5%, pasien terinfeksi semakin banyak 6%," tulis data tersebut.

Selain itu, alasan pemerintah tidak tegas dengan TKA dan penerapaan PSBB tidak serius ada di angka 5,4%. Pemerintah dinilai kurang perhatian terhadap pelayanan RS rujukan dan kebijakan pemerintah dianggap simpang siur dan meresahkan, sebanyak 4,8%.

Yang lainnya menilai bahwa bantuan pemerintah tidak sesuai dengan pelaksanaan di lapangan dan ekonomi Indonesia terpuruk sebanyak 3%. Banyak konflik tentang Bansos 2,4%, dan penanganan lebih cepat di daerah 1.8%.

 

Puas dengan Pemprov

Pegawai pulang kerja berjalan di trotoar Jalan Sudirman, Jakarta, Selasa (12/5/2020). Pemerintah memberi kelonggaran bergerak bagi warga berusia di bawah 45 tahun untuk mengurangi angka pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat pandemi virus corona COVID-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Pegawai pulang kerja berjalan di trotoar Jalan Sudirman, Jakarta, Selasa (12/5/2020). Pemerintah memberi kelonggaran bergerak bagi warga berusia di bawah 45 tahun untuk mengurangi angka pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat pandemi virus corona COVID-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Meski merasa tak puas dengan pemerintah pusat, survei ini memuat masyarakat puas dengan penanganan pemerintah provinsi.

"4% sangat puas, 53,3% puas. 38,3% tidak puas, 2.8% tidak puas sama sekali. 1,8% tidak tahu/tidak jawab," tulisnya.

Adapun alasannya karena dianggap Gubernur lebih tanggap dibanding pemerintah pusat, yang menyumbang 26,2%.

"Pencegahan penularan Covid-19 di daerah bagus 22,7%, kerja tenaga medis di daerah sudah bagus 10,6%, jumlah terinfeksi semakin hari semakin menurun 7,6%. Kerja nyata Gubernur 7,1%," tulis data tersebut.

PSBB di daerah berjalan baik dan Gubernur lebih mengerti daerah daripada pusat berbagi angka yang sama di 6,2%, Gubernur menekan arus mudik 3,1%.

Distribusi bantuan sudah baik, penanganan pencegahan Covid-19 lebih tertib, dan ada bantuan provinsi, semuanya berbagi angka sama di 1,3%. Sedangkan 0,9% menyatakan himbauan Gubernur Jelas.

Adapun survei ini dilakukan di 7 Provinsi yakni; Jabar, Jateng, Jatim, DKI Jakarta, Banten, Sumut dan Sulsel dengan 400 responden, dengan margin error kurang lebih 4,9%, pada tingkat kepercayaan 95%.

 

Saksikan Video Terkait di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kerap Temani Opor Ayam, Ini Asal-Usul Ketupat yang Tak Banyak Diketahui Orang

Posted: 25 May 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketupat, salah satu sajian khas Lebaran yang paling ditungu-tunggu saat momen Idul Fitri tiba. Untuk melengkapi santapan ketupat yang lezat di hari Lebaran, biasanya dihidangkan dengan berbagai pilihan lauk yang tak kalah nikmatnya.

Sebut saja ada opor ayam, sambal goreng ati, semur daging, dan banyak lagi. Namun, tahukah kamu asal-usul dari ketupat ini dan apa maknanya?

Di antara beberapa orang ternyata masih ada yang belum mengetahui makna sajian khas Lebaran yang satu ini.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini makna ketupat yang memiliki sejarah panjang:

Diperkenalkan Sunan Kalijaga

ilustrasi/ ketupat. copyright shutterstock.com
ilustrasi/ ketupat. copyright shutterstock.com

Munculnya ketupat di setiap momen Idul Fitri pertama kali diperkenalkan oleh Kanjeng Sunan Kalijaga.

Pada abad ke-15, Kanjeng Sunan Kalijaga menjadikan ketupat sebagai salah satu simbol untuk perayaan Hari Raya Idul Fitri umat Islam sejak pemerintahan Demak di bawah kepemimpinan Raden Patah.

Sunan Kalijaga membudayakan dua kali bakda, yaitu bakda lebaran dan bakda kupat. Bakda kupat dimulai seminggu sesudah Lebaran. Pada hari yang disebut bakda kupat tersebut, di tanah Jawa waktu itu hampir setiap rumah terlihat menganyam ketupat dari daun kelapa muda.

Selesai dianyam, ketupat diisi dengan beras kemudian dimasak, lalu diantarkan ke kerabat yang lebih tua, sebagai lambang kebersamaan.

Secara umum, ketupat berasal dan ada dalam banyak budaya di kawasan Asia Tenggara. Ketupat atau kupat adalah hidangan khas Asia Tenggara maritim berbahan dasar beras yang dibungkus dengan pembungkus terbuat dari anyaman daun kelapa (janur) yang masih muda.

Ketupat paling banyak ditemui pada saat perayaan Lebaran, ketika umat Islam merayakan berakhirnya bulan puasa.

Selain di Indonesia, ketupat bisa dijumpai di beberapa negara Asia Tenggara seperti Malaysia, Brunei, dan Singapura. Di Filipina sendiri juga dapat dijumpai bugnoy yang mirip ketupat, namun dengan pola anyaman yang berbeda.

Makna Ketupat

Ilustrasi/copyright shutterstock.com
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Di dalam filosofi Jawa, makna ketupat Lebaran bukanlah sekedar hidangan khas Lebaran saja. Melainkan makna lebaran di sini lebih khusus. Ketupat atau kupat dalam bahasa Jawa merupakan kependekan dari Ngaku Lepat dan Laku Papat.

Ngaku lepat artinya mengakui kesalahan. Ngaku lepat ini merupakan tradisi sungkeman yang menjadi implementasi mengakui kesalahan (ngaku lepat) bagi orang Jawa.

Prosesi sungkeman yakni bersimpuh di hadapan orang tua seraya memohon ampun, dan ini masih membudidaya hingga kini.

Pada tradisi sungkeman ini mengajarkan akan pentingnya menghormati orangtua, bersikap rendah hati, memohon keikhlasan, dan ampunan dari orang lain, khususnya orangtua.

Sedangkan laku papat artinya empat tindakan dalam perayaan Lebaran. Empat tindakan tersebut adalah lebaran, luberan, leburan, dan laburan. Arti dari masing-masing kata ini adalah:

Lebaran memiliki makna usai, menandakan berakhirnya waktu puasa. Kata ini berasal dari kata lebar yang artinya pintu ampunan telah terbuka lebar.

Luberan memiliki makna meluber atau melimpah. Sebagai simbol ajaran bersedekah untuk kaum miskin. Pengeluaran zakat fitrah menjelang lebaran pun selain menjadi ritual yang wajib dilakukan umat Islam, juga menjadi wujud kepedulian kepada sesama manusia.

Leburan memiliki makna habis dan melebur. Maksudnya pada momen Lebaran, dosa dan kesalahan akan melebur habis. Karena setiap umat Islam dituntut untuk saling memaafkan satu sama lain.

Sedangkan laburan adalah labor atau kapur. Kapur adalah zat yang biasa digunakan untuk penjernih air maupun pemutih dinding. Maksudnya adalah agar manusia selalu menjaga kesucian lahir dan batin satu sama lain.

Filosofi Ketupat

Sayur ketupat Lebaran (Dok.Cookpad)
Sayur ketupat Lebaran (Dok.Cookpad)

1. Mencerminkan beragam kesalahan manusia

Hal ini bisa terlihat dari rumitnya bungkusan ketupat.

2. Kesucian hati

Setelah ketupat dibuka, maka akan terlihat nasi putih dan hal ini mencerminkan kebersihan dan kesucian hati setelah memohon ampunan dari segala kesalahan.

3. Mencerminkan kesempurnaan

Bentuk ketupat begitu sempurna dan hal ini dihubungkan dengan kemenangan umat Islam setelah sebulan lamanya berpuasa dan akhirnya menginjak Idul Fitri.

4. Karena ketupat biasanya dihidangkan dengan lauk yang bersantan, maka dalam pantun Jawa pun ada yang bilang "KUPA SANTEN", Kulo Lepat Nyuwun Ngapunten (Saya Salah Mohon Maaf).

Itu tadi makna ketupat, arti serta filosofi dari ketupat. Ini menunjukkan betapa besarnya peran para wali dalam memperkenalkan agama Islam dengan menumbuhkembangkan tradisi budaya sekitar. Seperti tradisi Lebaran dan hidangan ketupat yang telah menjadi tradisi dan budaya hingga kini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rapid Test di 9 Pasar dan Pusat Belanja, 6 Warga Banyuwangi Reaktif

Posted: 25 May 2020 09:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Banyuwangi kembali menggelar rapid test masal, Sabtu (23/5/2020), di 9 pasar tradisional dan pusat perbelanjaan. Uji cepat ini menyasar ratusan pedagang dan pengunjung pasar tradisional dan pusat perbelanjaan. Hasilnya, ditemukan 6 orang yang reaktif. 

"6 Orang yang reaktif itu langsung diisolasi mandiri. Ada 3 pria, 3 perempuan. Selanjutnya akan dilakukan protokol Covid-19, yaitu dites uji usap atau swab tenggorokan," ujar Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Banyuwangi, dr Widji Lestariono.

Rio, sapaan akrabnya, menambahkan, rapid test di 9 titik tersebut menyasar 354 pedagang dan pengunjung. Lokasi rapid test antara lain Pasar Banyuwangi, Pasar Genteng, Mitra Rogojampi, Vionata, Ramayana, Mitra Jajag, KDS Genteng, Pasar Rogojampi, dan Sun East Mall.

"Tempat-tempat itu bisa dibilang sebagai pusat aktivitas warga Banyuwangi, makanya kami sasar. Ditemukan 6 reaktif, yaitu 2 orang di Pasar Banyuwangi, 3 orang di Pasar Rogojampi, dan 1 orang di swalayan Mitra Rogojampi," ujar dokter alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga tersebut.

Rio menjelaskan, tidak semua orang di pasar tradisional, swalayan, serta mal diminta menjalani rapid test. Pihaknya memprioritaskan warga yang berusia lanjut, sekitar 45 tahun ke atas.

"Sebelumnya, mereka kami cek suhu tubuh. Lalu kami minta mereka mengikuti rapid test. Mereka yang tidak memakai masker dan berkerumun, juga kami arahkan rapid test, sekaligus untuk shock therapy agar disiplin memakai masker," terangnya.

Salah seorang pedagang pasar yang mengikuti rapid test ini adalah Sulistya. Perempuan berusia 68 tahun ini mengaku tidak keberatan diambil darahnya untuk dilakukan rapid test.

 

Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Banyuwangi kembali menggelar rapid test masal, Sabtu (23/5/2020), di 9 pasar tradisional dan pusat perbelanjaan.
Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Banyuwangi kembali menggelar rapid test masal, Sabtu (23/5/2020), di 9 pasar tradisional dan pusat perbelanjaan.

"Ya agak khawatir, tapi tidak apa apa kok. Toh untuk kesehatan juga, saya berharap hasilnya ya negatif saja (non reaktif)," ujar penjual ayam tersebut.

Ditambahkan Rio, rapid test massal digelar untuk mencegah penularan virus Corona di wilayahnya. Menurut dia, pusat-pusat perbelanjaan rawan menjadi klaster baru karena dipadati orang dalam sepekan terakhir bulan Ramadan.

"Satu minggu terakhir ini orang terus memadati pasar dan swalayan. Oleh sebab itu, kami waspadai pusat-pusat perdagangan untuk mencegah klaster baru," tandasnya.

Sebelumnya, Dinas Kesehatan juga melakukan rapis test massal ke 225 tenaga kesehatan di seluruh wilayah Banyuwangi. "Ada 22 orang yang reaktif, langsung diisolasi mandiri, dan sudah dilakukan tes swab, kini tinggal menunggu hasilnya," ujar Rio.

"Setelah Lebaran, kami terus mengagendakan rapid test masal untuk mendeteksi dini dan memutus mata rantai penularan Covid-19," ujarnya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terdengar Lebih 'Matang', Armand Maulana Cover Lagu "Kamu" dari Coboy Junior

Posted: 25 May 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Physical distancing bukan sebuah halangan bagi musisi untuk terus berkarya. Meskipun hanya menggunakan alat-alat sederhana, mereka masih tetap produktif menghasilkan musik yang bisa dinikmati oleh para pendengar.

Hal itu juga mereka lakukan agar dapat menghibur para penikmat musik di kala jenuh saat menjalani physical distancing. Salah satu penyanyi yang masih aktif bermusik adalah Armand Maulana.

Vokalis grup band Gigi itu tergabung dalam proyek cover musik dari Trinity Optima, yaitu "LDR" atau "Lagu Dari Rumah". Dalam proyek musik tersebut, Armand berkesempatan mengaransemen lagu populer milik Coboy Junior bertajuk "Kamu".

Mengusung Konsep Akustik

Armand Maulana (Foto: Instagram/@armandmaulana04)
Armand Maulana (Foto: Instagram/@armandmaulana04)

Armand mengusung konsep akustik dalam lagu tersebut. Hal unik yang ditampilkan pada aransemen lagu itu adalah instrumen musiknya yang tak hanya tercipta dari gitar, tetapi juga dari menggunakan alat-alat sederhana, seperti kopi saset yang dikocok, pukulan meja, perkusi, serta pulpen yang didentingkan ke sebuah besi.

Hasil instrumennya pun sungguh ciamik. Karakter suara Armand membuat lagu ini terkesan lebih 'dewasa', sangat berbeda dari versi aslinya.

Video klipnya juga cukup unik. Memperlihatkan Armand yang bernyanyi dari rumahnya dan instrumen musik sederhana tadi.

Penasaran bagaimana lagu dari Coboy Junior jika di-cover oleh Armand Maulana? Saksikan klip selengkapnya di channel Trinity Production yang ada di Vidio.

Saskikan videonya berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jepang Tambah Larangan Masuk dari 11 Negara karena Virus Corona COVID-19

Posted: 25 May 2020 09:39 PM PDT

Liputan6.com, Tokyo - Jepang menambah daftar negara yang tak boleh masuk Jepang dalam rangka mencegah penyebaran Virus Corona (COVID-19). Pelarangan ini bersifat sementara.

Dilaporkan kantor berita Kyodo, Selasa (26/5/2020), 11 negara yang kini dilarang adalah India, Afganistan, Argentina, Bangladesh, El Salvador, Ghana, Papua Nugini, Kirgizstan, Pakistan, Afrika Selatan, dan Tajikistan.

Warga asing yang dalam 14 hari terakhir mengunjungi negara-negara tersebut tak diterima masuk ke Jepang. Peraturan ini akan efektif Rabu besok.

Indonesia sudah termasuk yang dilarang. Totalnya ada 111 negara yang dilarang, termasuk Amerika Serikat, berbagai negara Asia, dan seluruh Eropa.

Jepang sebetulnya sudah mencabut masa daruratnya akibat Virus Corona. Wilayah metropolitan Tokyo termasuk yang sudah bebas lockdown.

Akibat pelarangan warga asing ini, Jepang harus legowo karena kedatangan turis merosot. April kemarin, jumlah kunjungan ke Jepang terjun bebas 99,9 persen ketimbang periode sama tahun lalu.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe berkata pengendalian perbatasan ini, penangguhan visa, dan karantina 14 hari akan berlangsung hingga akhir Juni.

Berdasarkan peta Johns Hopkins University, jumlah kasus Virus Corona di Jepang mencapai 16.581, 830 pasien meninggal, dan 13.612 sembuh.

Kemarin, Jepang Cabut Status Darurat

Seorang pria mengenakan masker melewati pohon sakura di taman Ueno, Tokyo, Jepang (12/3/2020). Di tengah kekhawatiran akan penyebaran virus corona COVID-19, Gubernur Tokyo Yuriko Koike menghimbau warga menghindari kerumunan saat pesta tradisional
Seorang pria mengenakan masker melewati pohon sakura di taman Ueno, Tokyo, Jepang (12/3/2020). Di tengah kekhawatiran akan penyebaran virus corona COVID-19, Gubernur Tokyo Yuriko Koike menghimbau warga menghindari kerumunan saat pesta tradisional

Jepang mengakhiri masa darurat akibat Virus Corona (COVID-19) pada Senin kemarin. Keputusan diambil karena angka kasus baru dinilai sudah menurun.

Dilaporkan kantor berita Kyodo, daerah-daerah yang masa daruratnya akan dicabut adalah area seperti metropolitan Tokyo dan Hokkaido. Pakar kesehatan akan bertemu dulu hari ini sebelum mencabut pembatasan.

Menteri Ekonomi dan Kebijakan Fiskal Yasutoshi Nishimura yang mengurus situasi darurat ini berkata tren Virus Corona menunjukan penurunan.

"Untuk sebagian besar, tidak ada perubahan dalam tren penurunan," ujar Nishimura.

Pada akhir pekan, ada sedikit kenaikan kasus di Tokyo dan Hokkaido. Pada hari Minggu kemarin, ada 14 kasus baru di Tokyo.

Salah satu kriteria pemerintah Jepang untuk melonggarkan pembatasan darurat adalah infeksi baru harus di bawah 0,5 per 100 ribu orang. Daerah yang masih dalam status darurat Virus Corona selain Tokyo dan Hokkaido adalah Kanagawa, Chiba, dan Saitama.

Pada akhir pekan kemarin, kasus baru Virus Corona di Prefektur Kanagawa sejumlah 0,7 per 100 ribu orang, Hokkaido 0,57, sementara Saitama dan Chiba masing-masing 0,2 dan 0,1.

Meski ada daerah yang belum memenuhi kriteria, Menteri Nishimura berkata akan mengambil keputusan berdasarkan sudut pandang yang lebih luas.

"Kami akan membuat keputusan berdasarkan gambaran yang lebih besar, seperti menganalisis persentase kasus dengan rute (penularan) yang tak bisa dilacak, klaster, dan infeksi di rumah sakit," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Siap Hadapi 'New Normal', Banyuwangi Bagi Hand Sanitizer dan Disinfektan ke Pelayanan Publik

Posted: 25 May 2020 09:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Kabupaten Banyuwangi membagikan cairan hand sanitizer, sarung tangan dan disinfektan ke 217 kantor desa, kelurahan dan 25 kecamatan. 

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, pembagian cairan tersebut diharapkan bisa membantu meningkatkan standar kebersihan dan kesehatan di masing-masing desa dan kecamatan. Cairan bisa dibagikan ke tempat ibadah hingga kantor desa, kelurahan sebagai tempat pelayanan publik.

"Di era new normal pelayanan publik, jika sudah dikomando pemerintah pusat ke depan, ketersediaan cairan disinfeksi dan membunuh virus dan bakteri adalah kewajiban, di samping protokol kesehatan lainnya. Jadi pembagian ini selain untuk penanganan Covid-19, juga untuk persiapan menyambut new normal pelayanan publik," ujarnya.

Dia mengatakan, pelayanan di era new normal menempatkan kebersihan dan kesehatan sebagai standar utama. Misalnya, ruang pelayanan didisinfeksi selesai jam kantor. Atau, petugas pelayanan diwajibkan membersihkan diri dan berganti pakaian sebelum pulang. Kelengkapan alat penunjang juga wajib dipastikan, seperti pemindai suhu tubuh, sanitasi layak, masker, hingga pelindung diri bagi petugas.

"Intinya, kinerja petugas pelayanan publik tetap prima, tapi sekaligus protokol kesehatan diterapkan agar semuanya terhindar dari penyakit," ujar Anas yang juga ketua umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi).

Gugus Tugas Covid-19 Banyuwangi, lanjut Anas, juga sudah membagikan lebih dari 500.000 masker kain gratis ke warga pada tahap pertama, dan tahap selanjutnya ditambah lagi 500.000 masker. Ini merupakan stimulan menyambut new normal ke depan, bahwa semua orang perlu sadar memakai masker, termasuk di tempat pelayanan publik.

Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi, dr Widji Lestariono, menambahkan, pembagian hand sanitizer dan disinfektan kepada desa dan kecamatan dibagi dua tahap. Pertama, dibagikan 605.000 militer (605 liter) hand sanitizer dan 7.260 liter disinfektan.

 

Pemerintah Kabupaten Banyuwangi membagikan cairan hand sanitizer, sarung tangan dan disinfektan ke 217 kantor desa, kelurahan dan 25 kecamatan.
Pemerintah Kabupaten Banyuwangi membagikan cairan hand sanitizer, sarung tangan dan disinfektan ke 217 kantor desa, kelurahan dan 25 kecamatan.

"Tahap pertama dibagikan kemarin. Total ada 1.200 botol hand sanitizer masing-masing berkapasitas 500 mililiter untuk 217 desa, kelurahan dan 25 kecamatan. Lalu total 7.260 liter disinfektan dibagi ke seluruh desa, kelurahan dan kecamatan," ujar alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga tersebut.

Adapun tahap kedua dilakukan pasca-Lebaran. Pada tahap kedua, masing-masing desa, kelurahan dan kecamatan akan mendapat tambahan total 7.000 ml hand sanitizer, sehingga untuk 217 desa, kelurahan dan 25 kecamatan ada tambahan 1,69 juta militer atau hampir 1.700 liter. Jika ditotal, hand sanitizer tahap pertama dan tahap kedua yang dibagikan sekitar 2,3 juta mililiter (2.300 liter).

"Pada tahap dua juga dibagikan 2 dus sarung tangan untuk masing-masing desa dan kecamatan dengan total 48.400 unit gloves, sebagai bagian menyambut new normal pelayanan publik ke depan," pungkas Rio, sapaan Widji Lestariono. 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polda Metro Jaya Amankan 671 Travel Gelap Selama Pelarangan Mudik Covid-19

Posted: 25 May 2020 09:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo menyebut, jajaran Polda Metro Jaya telah mengamankan sekitar 671 mobil travel yang berusaha mengantar pemudik selama pelarangan mudik terkait corona Covid-19.

"Sampai saat ini travel gelap yang sudah kita amankan kurang lebih 671 travel dengan ribuan penumpang," ujar Sambodo dalam keterangannya, Selasa (26/5/2020).

Sambodo menyebut, 671 travel gelap ini diamankan sejak Operasi Ketupat Jaya 2020 mulai diberlakukan pada 24 April 2020. Selama satu bulan tersebut pula banyak kendaraan yang nekad mudik diminta putar balik untuk kembali ke asal.

"Alhamdulillah 30 hari sudah dijalankan dan sudah banyak juga kendaraan yang kita putar balikkan," kata dia.

Sambodo menyebut, selama 30 hari di 18 titik penyekatan, Polda Metro Jaya telah menghentikan sekitar 40 ribu kendaraan yang hendak mudik. 18 titik diketahui berada di Tol Cikarang Barat, Tol Bitung/Cikupa dan di 16 jalan Arteri.

"Untuk Polda Metro Jaya, dari 18 titik penyekatan, dua di Tol dan 16 di Arteri, itu ada sekitar 40 ribu lebih kendaraan yang diputar balik," kata dia.

 

Pemudik Andalkan Jalan Tikus

Polisi melakukan sosialisasi larangan mudik kepada pengguna jalan di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Rabu (6/5/2020). Sosialisasi tersebut dilakukan demi memutus mata rantai penyebaran virus corona COVID-19 dari satu wilayah ke wilayah lain. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Polisi melakukan sosialisasi larangan mudik kepada pengguna jalan di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Rabu (6/5/2020). Sosialisasi tersebut dilakukan demi memutus mata rantai penyebaran virus corona COVID-19 dari satu wilayah ke wilayah lain. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sambodo tak bisa memastikan kendaraan yang diminta putar balik mengikuti arahan pihaknya. Dia menyebut, ada kemungkinan kendaraan yang diminta putar balik mencari jalan lain untuk melanjutkan perjalanan mudik. 

Kalau di Tol dan Arteri, kita putar balik. Mereka paling bisa cari-cari jalan tikus buat kembali ke Tol.

Tetapi paling tidak, data dari Jasa Marga berdasarkan kendaraan yang keluar dari dua pintu Tol utama yakni Cikampek Utama ke arah Cirebon dan Jateng termasuk pintu Tol Kalihurip ke arah Purwakarta dan Bandung, itu terjadi penurunan sebanyak 80 persen jumlah volume kendaraan ini dibandingkan H-7 sampai hari H di lebaran 2019," kata dia.

"Saya pikir ini menjadi salah satu bukti penyekatan yang dilakukan kepolisian cukup berhasil juga untuk meredam animo masyarakat untuk mudik," Sambodo menambahkan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini : 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kenali 10 Jenis Sepeda Motor Berdasarkan Kebutuhan, Anda Pilih yang Mana?

Posted: 25 May 2020 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jenis motor ternyata tidak hanya sebatas sepeda motor untuk pria atau wanita. Jenis motor ini juga tergantung dari tujuan penggunaannya. Bahkan memang ada jenis motor yang tidak dapat digunakan begitu saja di jalanan umum.

Misalnya jenis motor trail, motor ini tidak memiliki bangku yang cukup nyaman apabila digunakan untuk berkendara selama berjam-jam, bahkan dalam beberapa menit saja kamu bisa merasa pegal.

Dalam memilih jenis motor yang sesuai perlu dipikirkan tujuannya. Jangan sampai kamu salah membelinya dan justru membuat berkendaramu menjadi tidak nyaman.

Jadi apa saja sebenarnya jenis motor yang ada di pasaran? Berikut ini Liputan6.com telah merangkumnya tentang berbagai jenis motor tentu yang berdasar fungsi dan kegunaannya, Selasa (26/5/2020).

1. Scooter

Jenis Motor yang pertama adalah scooter atau sekuter. Jenis motor ini salah satu jenis motor yang sangat populer di Indonesia. Umumnya skuter yang ada di Indonesia memiliki transmisi otomatis. Padahal di awal kehadirannya, skuter merupakan jenis motor yang berbentuk kecil dengan mesin 2 tak.

Skuter biasanya digunakan pada daerah-daerah yang cenderung memiliki jalan aspal halus seperti di perkotaan. Skuter biasanya memiliki mesin dengan kapasitas kecil sehingga kurang cocok digunakan untuk ngebut.

2. CUB

CUB atau bebek mungkin lebih dulu dikenal di Indonesia. Motor ini memiliki ciri khas bentuk rangkanya yang melengkung ke atas seperti leher bebek. Motor ini sangat populer di Jepang. Desain yang diterapkan pada motor ini sangat memudahkan para wanita yang menggunakan rok agar mudah dalam mengendarainya.

Sama seperti skuter, motor ini memiliki kapastitas mesin yang tidak terlalu besar. Namun, di Indonesia justru motor bebek digunakan sebagai motor dalam ajang balap, tentunya dengan melakukan perubahan-perubahan dari sektor mesin dan lain sebagainya.

Sport dan Naked

Yamaha V-Ixion dimodifikasi full fairing ala motor sport (ist)
Yamaha V-Ixion dimodifikasi full fairing ala motor sport (ist)

3. Sport

Selanjutnya yaitu jenis motor sport atau yang lebih dikenal dengan motor balap. Memang motor ini identik dengan desain bodinya yang sangat aero dinamis. Desain bodi tersebut biasanya digunakan dalam ajang balap motor agar membuat aliran angin lebih lancar dan tidak menghambat laju dari motor.

Biasanya motor jenis ini memiliki kapasitas mesin yang cukup besar. Namun saat ini telah banyak motor sport yang digunakan di jalanan umum tentu dengan performa mesin yang dibatasi.

4. Naked

Bentuk dari motor jenis naked sebenarnya mirip dengan motor sport tanpa adanya tambahan body berupa firing. Memang motor ini biasanya digunakan di daerah kota-kota sebagai motor harian. Selain itu dari segi posisi berkendara juga lebih nyaman dan tidak membungkuk seperti motor sport.

 

Cruiser dan Sport Tourer

Baru-baru ini, muncul gambar motor cruiser dengan mesin V-twin berkubikasi 800 cc milik Motrac (Foto: Visordown).
Baru-baru ini, muncul gambar motor cruiser dengan mesin V-twin berkubikasi 800 cc milik Motrac (Foto: Visordown).

5. Cruiser

Jenis motor ini biasanya memiliki bentuk yang besar dan posisi berkendara yang sangat nyaman. Motor ini umumnya digunakan untuk keperluan berkendara jarak jauh. Kapasitas mesin yang ada pada jenis motor ini dapat dikatakan sangat besar dan lebi cocok digunakan pada jalanan aspal yang cukup lebar.

6. Sport Tourer

Motor ini juga memiliki fungsi untuk perjalanan jauh layaknya cruiser. Yang cukup membedakan adalah bentuk dari motor ini yang lebih mirip dengan motor sport. Namun motor ini memiliki ukuran yang lebih lebar dan terkadang dilengkapi dengan kotak khusus untuk menyimpan barang bawaan selama perjalanan panjang, baik itu pakaian hingga bahan makanan.

Enduro dan Trail

Motor trail Viar Cross X 150 (ist)
Motor trail Viar Cross X 150 (ist)

7. Enduro

Motor berjenis endure biasanya lebih familiar disebut dengan motocross. Motor ini sebenarnya lebih diperuntukkan untuk digunakan pada berbagai jenis jalanan baik aspal maupun tanah berbatu.

Motor jenis ini biasanya digunakan pada event balap di gurun dengan jarak ratusan kilometer yang memang membutuhkan motor segala medan dan ketahanan mesin yang sangat baik.

8. Trail

Tidak seperti yang umunya diketahui, sebenarnya motor trial berbeda dengan jenis motocross. Motor ini dirancang untuk digunakan melawati jalanan berbatu dan rintangan khusus yang terkadang harus dilalui dengan cara melompat antar batuan.

Bentuk dari motor ini sangat ramping dan berbobot ringan. Selain itu motor ini dirancang tidak memiliki kursi untuk duduk karena memang pengendara motor ini harus berdiri agar lincah dalam melewati berbagai rintangan.

ATV dan Three Wheelers

Seorang gadis mengendarai ATV.(Liputan6.com/IG/adindathomas)
Seorang gadis mengendarai ATV.(Liputan6.com/IG/adindathomas)

9. ATV

Motor ini merupakan jenis motor yang memiliki roda berjumlah 4 buah. Motor ini biasanya digunakan di area yang berbatu atau jalanan berlumpur. Memang jenis motor ini tidak lazim dikendarai di jalanan umum.

Biasanya motor ini digunakan untuk membawa barang yang cukup banyak ke are yang tidak bisa dilalui mobil, karena walaupun motor ini memiliki roda berjumlah 4 namun tetap didesain seramping mungkin.

10. Three Wheelers

Model motor ini cukup terlihat unik karena memiliki dua roda di bagian depan dan satu roda dibagian depan. Hal ini dimaksudkan agar pengendara merasa lebih nyaman dan aman saat melakukan tikungan. Dan uniknya, roda bagian depan ini akan bergerak miring segaris dengan kemiringan dari motor yang dikendarai.

Di atas tadi merupakan jenis motor yang bisa kamu jadikan pilihan jika ingin membeli motor, jangan lupa untuk sesuakan dengan kebutuhanmu ya, semoga berhasil!

Penulis: Fakhriyan Ardyanto/Rizky Mandasari, Hot Liputan6, published 26/5/2020

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Tradisi Penganan Manis Idul Fitri di Pakistan

Posted: 25 May 2020 09:30 PM PDT

Seorang pria membuat penganan manis tradisional di hari raya Idul Fitri di Peshawar, Pakistan barat laut, pada 25 Mei 2020. Warga Pakistan memiliki tradisi memakan penganan manis saat merayakan Idul Fitri, yang menandai akhir bulan puasa Ramadan. (Xinhua/Saeed Ahmad)
Seorang pria membuat penganan manis tradisional di hari raya Idul Fitri di Peshawar, Pakistan barat laut, pada 25 Mei 2020. Warga Pakistan memiliki tradisi memakan penganan manis saat merayakan Idul Fitri, yang menandai akhir bulan puasa Ramadan. (Xinhua/Saeed Ahmad)

Seorang pria membuat penganan manis tradisional di hari raya Idul Fitri di Peshawar, Pakistan barat laut, pada 25 Mei 2020. Warga Pakistan memiliki tradisi memakan penganan manis saat merayakan Idul Fitri, yang menandai akhir bulan puasa Ramadan. (Xinhua/Saeed Ahmad)

Seorang pria membuat penganan manis tradisional di hari raya Idul Fitri di Peshawar, Pakistan barat laut, pada 25 Mei 2020. Warga Pakistan memiliki tradisi memakan penganan manis saat merayakan Idul Fitri, yang menandai akhir bulan puasa Ramadan. (Xinhua/Saeed Ahmad)
Seorang pria membuat penganan manis tradisional di hari raya Idul Fitri di Peshawar, Pakistan barat laut, pada 25 Mei 2020. Warga Pakistan memiliki tradisi memakan penganan manis saat merayakan Idul Fitri, yang menandai akhir bulan puasa Ramadan. (Xinhua/Saeed Ahmad)

Seorang pria membuat penganan manis tradisional di hari raya Idul Fitri di Peshawar, Pakistan barat laut, pada 25 Mei 2020. Warga Pakistan memiliki tradisi memakan penganan manis saat merayakan Idul Fitri, yang menandai akhir bulan puasa Ramadan. (Xinhua/Saeed Ahmad)

Seorang pria membuat penganan manis tradisional di hari raya Idul Fitri di Peshawar, Pakistan barat laut, pada 25 Mei 2020. Warga Pakistan memiliki tradisi memakan penganan manis saat merayakan Idul Fitri, yang menandai akhir bulan puasa Ramadan. (Xinhua/Saeed Ahmad)
Seorang pria membuat penganan manis tradisional di hari raya Idul Fitri di Peshawar, Pakistan barat laut, pada 25 Mei 2020. Warga Pakistan memiliki tradisi memakan penganan manis saat merayakan Idul Fitri, yang menandai akhir bulan puasa Ramadan. (Xinhua/Saeed Ahmad)

Seorang pria membuat penganan manis tradisional di hari raya Idul Fitri di Peshawar, Pakistan barat laut, pada 25 Mei 2020. Warga Pakistan memiliki tradisi memakan penganan manis saat merayakan Idul Fitri, yang menandai akhir bulan puasa Ramadan. (Xinhua/Saeed Ahmad)

Seorang pria membuat penganan manis tradisional di hari raya Idul Fitri di Peshawar, Pakistan barat laut, pada 25 Mei 2020. Warga Pakistan memiliki tradisi memakan penganan manis saat merayakan Idul Fitri, yang menandai akhir bulan puasa Ramadan. (Xinhua/Saeed Ahmad)
Seorang pria membuat penganan manis tradisional di hari raya Idul Fitri di Peshawar, Pakistan barat laut, pada 25 Mei 2020. Warga Pakistan memiliki tradisi memakan penganan manis saat merayakan Idul Fitri, yang menandai akhir bulan puasa Ramadan. (Xinhua/Saeed Ahmad)

Seorang pria membuat penganan manis tradisional di hari raya Idul Fitri di Peshawar, Pakistan barat laut, pada 25 Mei 2020. Warga Pakistan memiliki tradisi memakan penganan manis saat merayakan Idul Fitri, yang menandai akhir bulan puasa Ramadan. (Xinhua/Saeed Ahmad)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Timnas Indonesia: Kapan Debut Shin Tae-yong Bersama Skuat Garuda?

Posted: 25 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Debut Shin Tae-yong sebagai pelatih baru Timnas Indonesia sedikit tersendat. Skuat Garuda harus bersabar untuk merasakan sentuhan pelatih asal Korea Selatan itu gara-gara  pandemi corona Covid-19.

Shin Tae-yong sebetulnya sudah ditunggu tiga laga penting Timnas Indonesia pada Kualifikasi Piala Dunia 2022. Namun, ketiga laga itu harus ditunda lantaran pandemi virus corona.

Pandemi corona Covid-19 yang melanda dunia membuat FIFA mengubah jadwal semua pertandingan internasional. Alhasil, pertandingan Timnas Indonesia digeser ke Oktober dan November mendatang.

Laga Timnas Indonesia usai pandemi virus corona juga akan terasa spesial. Pasalnya, laga tersebut akan menjadi debut bagi jersey anyar timnas Indonesia yang dibuat apparel lokal, Mills.

Lihat jadwal Timnas Indonesia di halaman selanjutnya.

Jadwal Timnas Indonesia

Gelandang Timnas Indonesia, Saddil Ramdani, mengontrol bola saat melawan Thailand pada laga PSSI 88th U-19 di Stadion Pakansari, Jawa Barat, Minggu (23/9/2018). Kedua negara bermain imbang 2-2. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)
Gelandang Timnas Indonesia, Saddil Ramdani, mengontrol bola saat melawan Thailand pada laga PSSI 88th U-19 di Stadion Pakansari, Jawa Barat, Minggu (23/9/2018). Kedua negara bermain imbang 2-2. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

8 Oktober 2020

Thailand vs Timnas Indonesia

13 Oktober 2020

Timnas Indonesia vs Uni Emirat Arab

12 November 2020

Vietnam vs Timnas Indonesia

Skuat Timnas

Kiper

1. Andritany Ardhiyasa (Persija Jakarta)

2. Muhammad Riyandi (Barito Putera)

3. Nadeo Argawinata (Bali United)

4. Muhammad Adi Satrio (PSMS Medan)

Belakang

5. Fachruddin Aryanto (Madura United)

6. Bagas Adi Nugroho (Arema FC)

7. Andy Setyo Nugroho (Tira Persikabo)

8. Rudolf Yanto Basna (PT Prachuap)

9. Hansamu Yama (Persebaya Surabaya)

10. Alfeandra Dewangga (PSIS Semarang)

11. Ricky Fajrin (Bali United)

12. Gavin Kwan Adsit (Bali United)

13. Putu Gede Juni Antara (Bhayangkara FC)

14. Firza Andika (PSM Makassar)

15. Asnawi Mangkualam (PSM Makassar)

16. Pratama Arhan Alif (PSIS Semarang)

Tengah

17. Sani Rizki Fauzi (Bhayangkara FC)

18. T.M. Ichsan (Bhayangkara FC)

19. Rachmat Irianto (Persebaya Surabaya)

20. Muhammad Tahir (Persipura Jayapura)

21. Bayu Pradana (Barito Putera)

22. Zulfiandi (Madura United)

23. Septian David Maulana (PSIS Semarang)

24. Stefano Lilipaly (Bali United)

25. Irfan Bachdim (PSS Sleman)

26. Rizky Rizaldi Pora (Barito Putera)

27. Febri Hariyadi (Persib Bandung)

28. Saddil Ramdani (Tanpa Klub)

29. Rizky Eka Pratama (PSM Makassar)

30. Osvaldo Haay (Tanpa Klub)

Depan

31. Ilija Spasojevic (Bali United)

32. Lerby Eliandry (Bali United)

33. Irfan Jauhari Bali United)

34. Muhammad Rafli (Arema FC)

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nekat Mudik, Jangan Harap Masuk Jakarta Lagi dengan Mudah

Posted: 25 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus melakukan koordinasi untuk memperketat pengawasan arus balik dari daerah ke Jakarta usai mudik Lebaran ditengah pandemi Covid-19.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati menyatakan, Kemenhub konsisten terus melarang mudik, begitu juga dengan arus baliknya, sesuai dengan aturan di dalam Permenhub 25/2020 dan SE Gugus Tugas Nomor 4/2020.

"Kami tetap konsisten bahwa yang namanya mudik dan arus balik, baik itu yang dilakukan menjelang hari raya Idul Fitri maupun setelah Idul Fitri tetap dilarang, yang diperbolehkan bepergian adalah orang-orang dan kegiatan yang memenuhi kriteria dan syarat yang sudah diatur dalam Permenhub 25/2020 dan SE Gugus Tugas Nomor 4/2020," ujar Adita dalam keterangan pers, sebagaimana ditulis Selasa (26/5/2020).

Adapun, langkat pengetatan pengawasan transportasi tersebut akan diatur dalam 3 fase, yaitu fase jelang Idul Fitri yang dimulai sejak ditetapkannya Permenhub 25/2020 pada 23 April 2020 s.d 23 Mei 2020, fase pada saat Idul Fitri pada 24 s.d 25 Mei 2020, dan fase pasca Idul Fitri pada 26 Mei hingga selesainya masa berlaku SE Gugus Tugas.

"Pengawasan pada fase jelang Idul Fitri dan pada saat Idul Fitri sudah dilakukan dan berjalan dengan baik. Mulai hari ini kami akan fokus untuk melakukan pengawasan pada fase pasca Idul Fitri," jelas Adita.

Lebih lanjut Adita mengungkapkan, sesuai dengan kebijakan imbauan yang disampaikan oleh Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, telah meminta kepada masyarakat yang ada di daerah untuk tidak kembali ke Jakarta selama masa pandemi Covid-19.

 

Koordinasi

Kendaraan antre untuk menjalani pemeriksaan petugas di perbatasan Karawang-Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (23/5/2020). Razia tersebut dilakuan untuk menyekat gelombang pemudik dari Jakarta menuju Jawa Tengah jelang Hari Raya Idul Fitri. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Kendaraan antre untuk menjalani pemeriksaan petugas di perbatasan Karawang-Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (23/5/2020). Razia tersebut dilakuan untuk menyekat gelombang pemudik dari Jakarta menuju Jawa Tengah jelang Hari Raya Idul Fitri. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Kemenhub akan mendukung kebijakan tersebut dengan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk melakukan pengetatan pengawasan transportasi di seluruh Indonesia, khususnya yang akan mengarah ke Jakarta.

"Pengawasan pengendalian transportasi yang dilakukan hampir sama dengan yang telah dilakukan pada saat fase menjelang Idul Fitri, yaitu dengan melakukan penyekatan di sejumlah titik di jalan, maupun pemeriksaan kelengkapan dokumen sesuai kriteria dan syarat yang ditentukan di simpul-simpul transportasi seperti Terminal, Stasiun, Bandara, dan Pelabuhan, untuk memastikan mereka yang bepergian adalah benar-benar orang-orang yang memenuhi kriteria dan syarat sesuai ketentuan dan bukan untuk kegiatan mudik maupun balik," pungkas Adita.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gambar Xiaomi Mi Band 5 Bocor

Posted: 25 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Informasi tentang smartband terbaru Xiaomi, Mi Band 5, kembali muncul. Kali ini, gambar perangkat tersebut beredar di ranah internet.

Dilansir GSM Arena, Selasa (26/5/2020), gambar yang beredar memperlihatkan desain Xiaomi Mi Band 5 dari sisi depan. Smartband tersebut tampak memiliki layar sentuh lebih besar daripada pendahulunya.

Selain itu, juga tampak charger baru pada gambar. Bodi perangkat itu secara keseluruhan tampak tidak berbeda, kecuali ukuran layar yang lebih besar.

Berdasarkan bocoran yang beredar di media sosial Tiongkok, Weibo, harga jualnya akan berkisar USD 28, atau sedikit di atas itu.

Tidak ada keterangan soal waktu peluncurannya dalam informasi baru ini.

Ini Alasan Xiaomi Tak Luncurkan Mi 10 Pro di Indonesia

Xiaomi resmi memperkenalkan smartphone premium Mi 10 untuk pasar Indonesia. (Liputan6.com/ Yuslianson)
Xiaomi resmi memperkenalkan smartphone premium Mi 10 untuk pasar Indonesia. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Xiaomi beberapa waktu lalu meluncurkan flagship smartphone terbaru, Mi 10, untuk pasar Indonesia. Berbeda dari peluncurannya di pasar Tiongkok yang memperkenalkan Mi 10 dan Mi 10 Pro, Xiaomi hanya memboyong seri Mi 10 ke pasar Indonesia. Kenapa?

"Untuk saat ini, kami tidak ada rencana untuk memboyong Mi 10 Pro ke Indonesia karena banyak hal yang perlu dipertimbangkan," ungkap Country Director Xiaomi Indonesia, Alvin Tse, kepada awak media via video conference, Jumat (8/5/2020).

Menurutnya, ada beberapa elemen yang harus dipikirkan setiap kali Xiaomi memutuskan merilis suatu produk ke pasaran. Xiaomi disebut memiliki bisnis model yang berbeda dari perusahaan lainnya.

"Kenapa hanya meluncurkan Mi 10? Karena kami merasa ini merupakan seri yang paling cocok dan diterima baik oleh pasar di Indonesia," ujarnya.

Tidak Ingin Berkompetisi dengan Produk Sendiri

Lebih lanjut, Xiaomi sendiri memiliki deretan seri produk "killer" yang masing-masing berkompetisi di rentang harga sendiri dan target konsumen yang spesifik.

"Kita ingin memastikan produk-produk kami tidak saling berkompetisi dengan diri mereka masing-masing. Dimana masing-masing produk memiliki keunggulan, dan posisi harga yang sesuai dengan target pasar tertentu," tutur Alvin.

Berdasarkan pertimbangan semua hal di atas, Xiaomi pun akhirnya memutuskan untuk hanya memboyong seri Mi 10 ke Indonesia.

"Seri Mi 10 memang paling sesuai dengan pasar di Indonesia, karena lini ini mengombinasikan teknologi terkini dengan value yang luar biasa," kata Alvin.

(Din/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Bus Transjakarta Menghantam Bajaj Satu Penumpang Tewas

Posted: 25 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kecelakaan bus Transjakarta menghantam bajaj terjadi di jalan Lodan Raya Ancol. Satu orang tewas akibat kecelakaan tersebut. Polisi memeriksa sang sopir dan melakukan olah TKP.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dengar Lagu Barbie Kumalasari, Hotman Paris: Panci, Ember dan Paku Beterbangan

Posted: 25 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wabah virus corona yang belum juga hilang dari bumi Indonesia membuat banyak orang frustrasi. Tak terkecuali pengacara kondang Hotman Paris Hutapea.

Melalui akun Instagram terverifikasi miliknya, Hotman Paris mengungkapkan isi hatinya yang ingin wabah Corona Covid-19 cepat menghilang dan kehidupan kembali normal.

Hotman Paris tak ingin terus menerus dihantui stres lantaran wabah Corona Covid-19 belum dapat dipastikan kapan berakhir. Beruntung, Hotman Paris memiliki cara menghindari stres berkepanjangan akibat wabah.

 

 

Dengar Lagu Barbie Kumalasari

Hotman Paris dengarkan lagu Barbie Kumalasari (https://www.instagram.com/p/CAnq1RYFrRg/)
Hotman Paris dengarkan lagu Barbie Kumalasari (https://www.instagram.com/p/CAnq1RYFrRg/)

Hotman Paris mendengarkan lagu milik Barbie Kumalasari yang berjudul "Cinta Sejati." Dia mengunggah video saat Barbie Kumalasari merekam lagu di studio.

Panci dan Ember Beterbangan

Unggahan Hotman Paris. (Foto: Instagram @hotmanparisofficial)
Unggahan Hotman Paris. (Foto: Instagram @hotmanparisofficial)

Tampak Barbie Kumalasari merekam suara di studio. Menyertai unggahan ini, Hotman Paris menulis, "Setiap dengar lagu ini hati hotman terobati dari stres ancaman corona!! Hotman pasti kebangun setiap dengar lagu ini! Panci, ember dan paku paku beterbangan!!!!!"

Bertanya ke Warganet

Barbie Kumalasari (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Barbie Kumalasari (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Hotman Paris kemudian bertanya kepada warganet, apakah memilih mendengarkan lagu Barbie Kumalasari atau menonton siaran berita yang menampilkan informasi mengenai virus Corona.

"Pilih mana? Dengar lagu ini atau nonton tv siaran berita bencana corona??" tulisnya lagi.

 

Pilih Tidur

Gaya rambut terbaru Barbie Kumalasari (Sumber: Instagram/kiawael)
Gaya rambut terbaru Barbie Kumalasari (Sumber: Instagram/kiawael)

Banyak warganet merespons unggahan Hotman Paris. Mereka menuliskan berbagai komentar sekaligus menjawab pertanyaan Hotman Paris.

"Tidak untuk kedua nya tulang wkwkwk," tulis @luisadriansitorus.

"Milih tidur," tulis @bgpikry._.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wali Kota Risma Pantau Warga yang Kena COVID-19 dengan Cara Telepon Langsung

Posted: 25 May 2020 09:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) menyatakan kepedulian kepada warga Surabaya yang terpapar Corona COVID-19 dengan menelpon langsung warga tersebut.

Bukan tanpa alasan Risma menghubungi warga tersebut secara langsung. Lewat sambungan telepon tersebut, Risma menanyakan mengenai kondisi warga dan mengenai tes Corona COVID-19 yang dijalankan.

"Pertama komunikasi dengan mereka, saya cek apakah sudah swab kembali, karena kalau dia pernah positif, swab dua kali, negatif, 14 hari negatif, baru dinyatakan sehat, saya cek mengingatkan swab. Kalau belum tolong swab, siapa saja keluarganya," ujar Risma, saat acara program special Silaturahome, Selasa (26/5/2020).

Ia juga meminta kepada RT dan RW agar warga tidak dikucilkan karena melakukan isolasi mandiri.  Pemkot Surabaya juga menjamin makanan bagi warga tersebut dengan mengontrol makanannya. "Minta bantuan dikontrol makanannya," ujar dia.

Risma menuturkan, pihaknya membagikan telur dan vitamin kepada warga untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Pemkot Surabaya pun membangun dapur umum untuk menyiapkan telur, vitamin dan minuman wedang pokak untuk warga Surabaya yang terpapar Corona COVID-19.

"Menurut dokter, kalau daya tahan tubuh kuat tidak akan terserang, itu kita lakukan, coba membuat warga Surabaya punya daya tahan tubuh kuat," ujar dia.

Selain itu, Pemkot Surabaya juga menyemprot disinfektan di suatu wilayah bila ada warga yang positif Corona COVID-19.

 

Kampung Wani Jogo Suroboyo Siap Sambut PSBB Surabaya Raya Tahap III

Jalan MERR IIC Surabaya, Jawa Timur. (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Jalan MERR IIC Surabaya, Jawa Timur. (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Sebelumnya, Kepala Satpol PP Kota Surabaya, Eddy Christijanto mengatakan, pihaknya mensepakati dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo dan Gresik untuk memperpanjang pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Surabaya Raya ke tahap ketiga.

Dia menuturkan, langkah dan upaya yang dilakukan oleh Pemkot Surabaya adalah dengan membuat atau meningkatkan civil society. Pemkot Surabaya ingin memotivasi dan memberdayakan masyarakat di tingkat RW maupun tingkat kampung.

"Kita hari ini sudah kita sosialisasikan kepada seluruh camat, kepala puskesmas, kapolsek dan danramel yang dipimpin oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Linmas Pak Irvan, untuk pembentukan gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 tingkat RW yang bersama-sama dengan forkopimda kita sebut Kampung Wani Jogo Suroboyo," ujar dia di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin, 25 Mei 2020.

Eddy menyampaikan, kampung tersebut berbasis RW dan libatkan masyarakat serta tokoh masyarakat yang ada di RW, polanya adalah gotong royong dan kemandirian di Surabaya.

"Jadi pintu atau garda terdepan dalam rangkah pemutusan pandemi COVID-19, kita memutuskan adalah di tingkat kampung," ucapnya.

"Ketika kampung itu siap dan bisa meminit warganya baik dari sisi kesehatan, ekonomi dan sosial, kami berpikir InsyaAllah dengan ridho Tuhan Yang Maha Esa kita segera bisa memutuskan pandemi COVID-19, khususnya di Surabaya," ia menambahkan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cantiknya Sophia Latjuba Mengenakan Hijab

Posted: 25 May 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Momen Lebaran menjadikan banyak orang mengubah penampilannya, salah satunya Sophia Latjuba. Pada Instagram terverifikasi miliknya, Minggu (24/5/2020) ia memperlihatkan gaya pakaiannya yang tak biasa.

Ya, Sophia Latjuba mengenakan pakaian lengan panjang lengkap dengan hijab yang menutupi bagian kepalanya.

Sophia Latjuba tersenyum ke arah kamera dengan dua tangannya ditangkupkan.

 

Beri Pesan

Sophia Latjuba (Foto: Instagram/@sophia_latjuba88)
Sophia Latjuba (Foto: Instagram/@sophia_latjuba88)

Dalam keterangannya, Sophia Latjuba juga memberikan pesan terkait situasi yang tak bisa bertemu.

"Jangan sampai jarak memisahkan silaturahmi, namun biarkan hati tetap menyatu," tulisnya.

Lembaran Baru

Lebaran memang menjadikan seorang muslim kembali fitrah, layaknya seorang bayi. Untuk itu, Sophia Latjuba minta dimaafkan atas semua kesalahannya.

"Dengan kerendahan hati, mohon dimaafkan segala kekhilafan dan mari kita buka lembaran baru dengan membasuh segala kesalahan. Selamat Hari Raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin," pungkasnya.

 

Banjir Pujian

Penampilan Sophia Latjuba menarik perhatian pengguna Instagram sebanyak lebih dari 39 ribu orang. Mereka memuji kecantikan mantan kekasih Ariel Noah ini.

"Cantik banget sih, minum nya air putih merk apa," tulis akun @skakmatt.

"MasyaAllah... cantik banget, semoga istiqamah dlm hijabnya, Aamiin," tambah akun @ciwang_saja.

"Mohon maaf lahir dan batin juga.... MashaAllah cantiknya," timpal akun @ira8874.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AC Milan Panik, Ini Cedera yang Bikin Ibrahimovic Diprediksi Absen Panjang

Posted: 25 May 2020 09:20 PM PDT

Milan - Striker AC Milan, Zlatan Ibrahimovic, dikabarkan mengalami cedera Achilles saat berlatih. Kabar tersebut membuat I Rossoneri ketar-ketir karena kemungkinan Zlatan bakal absen hingga akhir musim.  

Seperti dilansir Sky Sports, Senin (25/5/2020), Zlatan Ibrahimovic mengalami cedera tersebut saat menendang bola pada sesi latihan AC Milan. Dia kemudian menjalani scan atau pemindaian untuk mengetahui seberapa parah cederanya. 

Pemain berusia 38 tahun tersebut pernah mengalami cedera serupa pada awal tahun ini. Cedera itu memaksa Ibra menepi pada Januari dan Februari. 

Jika harus absen dengan durasi yang sama, kiprah Zlatan di AC Milan bisa dibilang berakhir lebih awal. Kontraknya bersama Rossoneri, julukan AC Milan, akan kedaluarsa pada akhir Juni 2020, meskipun klub tersebut punya opsi memperpanjang kerja sama hingga 12 bulan. 

Kabar cedera Ibra itu tentu tidak mengenakkan. Zlatan Ibrahimovic baru balik ke San Siro pada Januari, setelah bermain di LA Galaxy selama kurang lebih dua tahun. Ia sebelumnya pernah juga membela AC Milan sejak 2010 hingga 2012. 

 

Pilih Serie A Dilanjutkan pada 13 Juni

Logo Liga Italia Serie A (Ist)
Logo Liga Italia Serie A (Ist)

Saat Serie A dihentikan akibat pandemi virus corona sejak Maret 2020, posisi AC Milan di klasemen tidak terlalu menggembirakan. Rossoneri masih tercecer di peringkat ketujuh. 

Kepastian kapan Serie A bergulir lagi masih menunggu izin resmi dari Pemerintah Inggris. Sejauh ini, klub-klub Serie A dalam sebuah jejak pendapat sepakat ingin menggulirkan liga lagi pada 13 Juni. 

Namun, tidak semua memilih tanggal itu, tepatnya 16 klub. Empat klub lainnya ingin Serie A baru dilanjutkan pada 30 Juni 2020.

Sumber: Sky Sports 

Disadur dari Bola.com (Yus Mei Sawitri/Yus Mei Sawitri, published 26/5/2020)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

1. 213 Surat Izin Keluar Masuk Jakarta Diterbitkan

Posted: 25 May 2020 09:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris Dinas Penanam Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) DKI Jakarta Iwan Kurniawan hingga saat ini sudah ada 6.347 orang yang mengajukan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) melalui website corona.jakarta.go.id.

Pembuatan SIKM merupakan pelaksanaan dari Peraturan Gubernur Nomor 47 Tahun 2020 Tentang Pembatasan Berpergian Keluar dan atau Masuk Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19.

"Berdasarkan data saat ini yang masih menunggu validasi penjamin 661 orang. Lalu yang ditolak itu ada 4.294 (SIKM)," kata Iwan saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (26/5/2020).

Selanjutnya kata dia, yang baru mengajukan sebanyak 179 orang dan yang sudah menerima SIKM ada 1.213 orang. Lanjut dia, untuk penolakan itu terjadi akibat beberapa hal, salah satunya yakni pemohon tidak memenuhi persyaratan yang telah ditentukan.

Sebelumnya, berdasarkan Pasal 6, disebutkan untuk mendapatkan SIKM dengan mengisi formulir permohonan secara daring melalui corona.jakarta.go.id dengan melengkapi sejumlah persyaratan sebagai berikut:

a. surat pengantar dari Ketua RT yang diketahui Ketua RW tempat tinggalnya

b. surat pernyataan sehat bermeterai

c. surat keterangan: 1. perjalanan dinas keluar Jabodetabek2. surat keterangan bekerja bagi setiap orang yang tempat kerjanya berada di luar Jabodetabek3. bagi pelaku usaha dilengkapi dengan surat keterangan memiliki usaha diluar Jabodetabek yang diketahui oleh pejabat yang berwenang

d. bagi orang asing memiliki KTP-el/izin tinggal tetap

Sementara itu untuk syarat pengajuan masuk DKI Jakarta juga melalui situs yang sama corona.jakarta.go.id. Beberapa persyaratan harus dipenuhi untuk mendapatkan SIKM berdasarkan Pasal 7 yakni:

1. Memiliki KTP-el DKI Jakarta atau Kartu Keluarga DKI Jakarta tetapi berdomisili di luar Jabodetabek; atau

2. Orang asing yang memiliki KTP-el/izin tinggal tetap

3. Surat pernyataan sehat bermeterai.

 

Warga KTP Non-Jakarta

Pengendara memperhatikan saat polisi melakukan sosialisasi larangan mudik kepada pengguna jalan di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Rabu (6/5/2020). Sosialisasi tersebut dilakukan demi memutus mata rantai penyebaran virus corona COVID-19 dari satu wilayah ke wilayah lain. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Pengendara memperhatikan saat polisi melakukan sosialisasi larangan mudik kepada pengguna jalan di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Rabu (6/5/2020). Sosialisasi tersebut dilakukan demi memutus mata rantai penyebaran virus corona COVID-19 dari satu wilayah ke wilayah lain. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kemudian untuk warga KTP non Jakarta juga dapat memiliki SIKM, dengan persyaratan sebagai berikut:

1. Memiliki surat keterangan dari kelurahan atau desa tempat asal perjalanan yang menerangkan maksud dan tujuan datang ke Jakarta

2. Surat pernyataan sehat bermeterai

3. Memiliki surat jaminan bermeterai dari keluarga yang berada di Jakarta yang diketahui oleh ketua RT setempat atau surat jaminan bermeterai dari perusahaan yang berada di Jakarta

4. Bagi pemohon yang melakukan perjalanan dinas agar melampirkan surat keterangan dari tempat kerja yang berada di Jakarta

5. Bagi pemohon yang karena alasan darurat melakukan kegiatan ke Jakarta melampirkan surat keterangan domisili tempat tinggal dari kelurahan di Jakarta.

Selanjutnya bila persyaratan sudah terpenuhi, DPM dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dapat menerbitkan SIKM secara elektronik dalam bentuk QR-code.

Untuk penerbitan SIKM diproses satu hari kerja sejak permohonan dinyatakan secara lengkap dan hanya berlaku untuk satu pemohon saja. Sedangkan untuk anak yang belum memiliki KTP dapat mengikuti SIKM orang tua atau salah satu anggota keluarga.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: