Kamis, 14 Mei 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Pengelola Bandara Soekarno Hatta Batasi Frekuensi Penerbangan di Terminal 2 dan 3

Posted: 14 May 2020 10:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setelah terjadi penumpukan calon penumpang maskapai Lion Air Group dan Citilink, pengelola Bandara Internasional Soekarno Hatta, melakukan pembatasan frekuensi penerbangan di bandara tersebut.

Kebijakan baru tersebut diterapkan mulai hari ini, Jumat (15/5/2020) di Terminal 2 dan Terminal 3. President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, stakeholder di Bandara Soekarno Hatta menyepakati adanya pembatasan frekuensi penerbangan.

"Telah disepakati slot penerbangan menjadi hanya 5 – 7 penerbangan per jam di Terminal 2, agar tidak terlalu menumpuk di jam-jam tertentu. Dan berlaku mulai hari ini," ungkap Awaluddin, Jumat.

Di tengah pandemi virus Corona atau Covid-19 ini, setiap harinya ada sekitar 200 penerbangan di Bandara Soekarno Hatta. Pada kondisi normal di luar pandemi, bisa mencapai 1.200 an penerbangan.

Pada hari ini, rencana keberangkatan rute domestik di Terminal 2 Soekarno Hatta adalah: Lion Air 1 penerbangan, Batik Air 15 penerbangan, dan Citilink 9 penerbangan.

Sedangkan untuk kedatangan rute domestik di Terminal 2: Lion Air 2 penerbangan, Batik Air 15 penerbangan, dan Citilink 10 penerbangan.

Di Terminal 3, rencana keberangkatan rute domestik oleh Garuda Indonesia 29 penerbangan dan kedatangan rute domestik Garuda Indonesia 29 penerbangan.

Antrean Calon Penumpang di Bandara Soetta Menumpuk

Ratusan penumpang pewasat memadati Bandara Soetta, Kamis subuh tadi. (Pramita/Liputan6.com)
Ratusan penumpang pewasat memadati Bandara Soetta, Kamis subuh tadi. (Pramita/Liputan6.com)

PT Angkasa Pura II (Persero) menginformasikan bahwa pada Rabu, 14 Mei 2020, sempat terjadi antrian calon penumpang pesawat di posko pemeriksaan dokumen perjalanan yang terletak di Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) pada pukul 04.00 WIB. Di mana lalu sekitar pukul 05.00 WIB sudah tidak terjadi lagi antrean.

Senior Manager Branch Communications & Legal Bandara Soekarno-Hatta Febri Toga mengatakan personel PT Angkasa Pura II telah berupaya penuh mengatur antrean. Namun, calon penumpang pesawat yang datang cukup banyak di Terminal 2 Gate 4.

"Antrean di posko verifikasi dokumen terjadi mulai pukul 04.00 WIB, di mana calon penumpang memiliki tiket pesawat untuk penerbangan antara pukul 06.00 - 08.00 WIB. Di antara pukul tersebut terdapat 13 penerbangan dengan keberangkatan hampir bersamaan, yaitu 11 penerbangan Lion Air Group dan 2 penerbangan Citilink," kata Febri melalui siaran pers, Kamis 14 Mei 2020.

Menurutnya pada masa pengecualian dalam pembatasan penerbangan ini, calon penumpang harus melakukan verifikasi kelengkapan dokumen sebagai syarat untuk bisa memproses check in. Verifikasi dokumen dilakukan oleh personel gabungan dari sejumlah instansi yang masuk dalam Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 yang ada di posko pemeriksaan.

Adapun dokumen yang diverifikasi sebagai syarat agar calon penumpang dapat memproses check in antara lain tiket penerbangan, surat keterangan dinas, surat bebas Covid-19, dan dokumen lainnya sesuai yang tercantum dalam Surat Edaran No. 4 Tahun 2020 tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19 yang diterbitkan oleh Gugus Tugas.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Unggahan Terakhir Park Ji Hoon Sebelum Meninggal Dipenuhi Doa Penggemar

Posted: 14 May 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Aktor Chicago Typewriter, Park Ji Hoon, telah berpulang untuk selamanya. Ia meninggal dunia pada 11 Mei 2020 lalu karena sakit kanker perut.

Setelah kabar duka mengenai Park Ji Hoon ini disampaikan keluarga, penggemar langsung mengucapkan belasungkawa di kolom komentar Instagram sang aktor, @cocohuni_.

Mereka mengucapkan doa dan salam perpisahan kepada Park Ji Hoon, dalam sejumlah unggahan sang aktor. Terutama unggahan terakhirnya yang bertanggal 30 September lalu.

Rest in Peace

Aktor Park Ji Hoon (Instagram/ cocohuni_)
Aktor Park Ji Hoon (Instagram/ cocohuni_)

Warganet yang berdukacita ramai menuliskan kata rest in peace, atau beristirahatlah dengan tenang. Ada juga yang menumpahkan kesedihannya.

"We will miss you," kata seorang warganet.

"Aku tak bisa mempercayai ini. Beristirahatlah dengan tenang, Hyung," kata yang lain.

Selalu Tersenyum

Aktor Park Ji Hoon (Instagram/ cocohuni_)
Aktor Park Ji Hoon (Instagram/ cocohuni_)

Dalam foto tersebut Park Ji Hoon tampak tersenyum sambil membawa tote bag. Tak ada kalimat yang ia tuliskan, hanya dua emotikon yang memperlihatkan wajah yang terperangah.

Di hampir semua unggahannya, termasuk beberapa foto yang terakhir ia bagikan, Park Ji Hoon memang selalu memperlihatkan senyumnya. Termasuk dalam satu foto yang diunggah pada September tahun lalu, memperlihatkan ia tengah memakai baju rumah sakit dengan selang di hidungnya.

Pernyataan Keluarga

Seperti diberitakan sebelumnya,upacara pemakaman Park Ji Hoon digelar pada hari ini. Pihak keluarga mengucapkan terima kasih atas dukungan yang selama ini mereka terima.

"Kami berterima kasih secara tulus atas semua orang yang memberikan dukungan hangat dan membesarkan hati kami, bahkan selama wabah Covid-19 ini. Berkat kalian, kami merasa tak sendirian saat mengantar adik kami ke surga," tutur perwakilan keluarga.

Waspada Corona

Mengingat wabah Corona Covid-19 kembali mengancam Korea, keluarga Ji Hoon mengirim pesan kewaspadaan terhadap wabah ini.

"Mohon jaga diri atas Covid-19, dan kami harap kalian selalu sehat. Sekali lagi, kami mengucapkan terima kasih," tutur pihak keluarga menutup pernyataan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan Diklaim Sudah Direstui DPR

Posted: 14 May 2020 10:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah resmi menetapkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 64 Tahun 2020 yang mengatur mengenai penyesuaian besaran iuran peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Kendati Mahkamah Agung (MA) telah menggugurkan iuran kenaikkan BPJS pada Maret 2020.

Namun, Kepala Humas BPJS Kesehatan M. Iqbal Anas Ma'ruf mengatakan bahwa diterbitkannya kebijakan tersebut menunjukkan bahwa pemerintah telah menjalankan putusan MA. Bahkan kebijakan tersebut telah mendapat restu dari wakil rakyat di Senayan.

"Perlu diketahui juga, Perpres yang baru ini juga telah memenuhi aspirasi masyarakat seperti yang disampaikan wakil-wakil rakyat di DPR RI, khususnya dari para Anggota Komisi IX. Untuk memberikan bantuan iuran bagi peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU)/mandiri dan Bukan Pekerja kelas III," jelas Iqbal melalui siaran pers, Jumat (15/5/2020).

Kata dia kebijakan ini sebagai upaya mendukung penanganan pandemi Covid-19 di Tanah Air. Di mana pada tahun 2020 peserta JKN atau KIS yang menunggak dapat mengaktifkan kepesertaannya kembali dengan hanya melunasi tunggakan iuran selama paling banyak 6 bulan.

Sisa tunggakan, apabila masih ada, akan diberi kelonggaran pelunasan sampai dengan tahun 2021, agar status kepesertaannya tetap aktif. Untuk tahun 2021 dan tahun selanjutnya, pengaktifan kepesertaan BPJS Kesehatan harus melunasi seluruh tunggakan sekaligus.

 

Selanjutnya

Proses administrasi BPJS Kesehatan untuk kategori peserta mandiri membutuhkan banyak waktu karena banyak hal teknis yang harus dilengkapi
Proses administrasi BPJS Kesehatan untuk kategori peserta mandiri membutuhkan banyak waktu karena banyak hal teknis yang harus dilengkapi

Sebagai wujud perhatian dan kepedulian terhadap kondisi finansial masyarakat. Pemerintah menetapkan kebijakan khusus untuk peserta PBPU dan BP kelas III Tahun 2020, di mana iuran peserta PBPU dan BP kelas III tetap dibayarkan sejumlah Rp 25.500. Sisanya sebesar Rp 16.500, diberikan bantuan iuran oleh pemerintah.

Akan tetapi, pada tahun 2021 dan tahun berikutnya, peserta PBPU dan BP kelas III diwajibkan membayar iuran Rp 35.000, sementara pemerintah tetap memberikan bantuan iuran sebesar Rp 7.000.

Adapun, besaran iuran JKN-KIS peserta PBPU dan BP/Mandiri untuk bulan Januari, Februari, dan Maret 2020, mengikuti Perpres Nomor 75 Tahun 2019, yaitu Rp 160.000 untuk kelas I, Rp 110.000 untuk kelas II, Rp 42.000 untuk kelas III. Sementara untuk bulan April, Mei, dan Juni 2020, besaran iurannya mengikuti Perpres Nomor 82 Tahun 2018, yaitu Rp 80.000 untuk kelas I, Rp 51.000 untuk kelas II, dan Rp 25.500 untuk kelas III.

"Per 1 Juli 2020, iuran JKN-KIS bagi peserta PBPU dan BP disesuaikan menjadi Rp 150.000 untuk kelas I, Rp 100.000 untuk kelas II, dan Rp 42.000 untuk kelas III," tambah dia.

Sulaeman

Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Semua Anggota Polri Dilarang Mudik

Posted: 14 May 2020 10:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kapolri Jenderal Idham mengeluarkan Surat Telegram Rahasia (TR) nomor ST/1449/V/KEP./2020 per tanggal 13 Mei 2020 yang berisikan larangan mudik bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) Polri saat pandemi virus Corona atau Covid-19. 

Kadiv Humas Polri Brigjen Raden Prabowo Argo Yuwono menyampaikan, aturan tersebut menyusul terbitnya Surat Edaran (SE) Nomor 4 Tahun 2020 tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19, yang dikeluarkan oleh Gugus Tugas Nasional. 

"Polri berkomitmen untuk mencegah peredaran Covid-19, ditegaskan kembali kepada anggota Polri dilarang mudik kecuali perjalanan dinas dan ijin khusus dengan kelengkapan sesuai protokol Covid-19," tutur Argo dalam keterangannya, Jumat (15/5/2020).

Menurut Argo, pemberian izin perjalanan dinas pun dilakukan secara selektif. Pemberian rekomendasi itu harus memperhatikan tingkat urgensi serta kriteria pengecualian dan persyaratan. 

"Mereka yang bertugas harus mengantongi persyaratan. Antara lainsurat tugas sesuai ketentuan yang berlaku, menunjukam surat keterangan sehat atau hasil negatif dari virus Corona yang didapatkan dari dinas kesehatan, rumah sakit, puskesmas, dan klinik kesehatan," jelas dia.

Termasuk juga wajib menunjukan kartu identitas diri baik KTP atau yang lainnya, dan melaporkan rencana perjalanan yang berisikan waktu keberangkatan, jadwal dari kedinasan, hingga jadwal kepulangan.

Jika PNS Polri tidak dapat memenuhi syarat tersebut dan tidak berdasarkan kepentingan kedinasan, maka tidak diperkenankan untuk mudik selama pandemi Covid-19. Jika nekat, ada sanksi yang menanti.

"Kami berharap keluarga besar Polri dapat mengerti kondisi seperti ini dan kita berdoa  bersama pendemi Covid-19 segera berakhir," Argo menandaskan.

 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berat Jenis Tanah adalah Pengukuran Penting untuk Kualitas Tanah

Posted: 14 May 2020 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Berat jenis tanah adalah cara mengukur partikel tanah untuk menentukan kualitasnya. Tanah merupakan bagian kerak bumi yang tersusun dari bahan organik dan mineral. Peranan tanah bagi kehidupan makhluk hidup sangatlah penting terutama bagi tumbuh-tumbuhan.

Tanah (soil) merupakan lapisan teratas dari bumi. Tanah terbentuk dari bebatuan yang mengalami pelapukan. Proses pelapukan ini terjadi dalam waktu yang lama bahkan hingga ratusan tahun. Pelapukan batuan menjadi tanah juga dibantu dengan beberapa mikroorganisme, perubahan suhu dan air. Berat jenis tanah penting untuk mengetahui sifat tanah.

Berat jenis tanah biasanya dihitung untuk mengetahui kualitas sebuah tanah di suatu titik. Berat jenis tanah ini berguna bagi sektor pertanian dan perkebunan. Dalam menghitung berat jenis tanah, ada rumus yang sudah ditentukan sesuai standar.

Berat jenis tanah bisa diukur dengan metode Piknometer. Berikut cara ulasan mengenai berat jenis tanah, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (15/5/2020).

Fungsi berat jenis tanah

Tanah (sumber: Pixabay)
Tanah (sumber: Pixabay)

Melansir dari Jagadkimia, penentuan berat jenis partikel tanah penting dilakukan untuk mengetahui sifat fisik tanah dan sebagai informasi dalam pengolahan tanah lebih lanjut serta penentuan jenis tanaman apa saja yang ditanam pada tanah (lahan) tersebut.

Berat jenis partikel dari suatu tanah memperlihatkan kerapatan dari partikel secara keseluruhan. Nilai berat jenis partikel tanah bisa bervariasi tergantung pada komposisi mineral tanah tersebut. Berat jenis partikel ini penting dalam penentuan laju sedimentasi, pergerakan partikel oleh air dan angin.

Cara menghitung berat jenis tanah

Tanah (sumber: Pixabay)
Tanah (sumber: Pixabay)

Peralatan yang digunakan dalam pengujian ini antara lain piknometer, saringan, termometer, oven yang dilengkapi dengan pengatur suhu, alat pendingin, timbangan analitik, kawat pengaduk halus. Sementara bahan yang diperlukan adalah sampel tanah kering angin diameter 2 mm dan Aquadest.

Berikut cara mengisinya dikutip dari Jagadkimia:

1. Cuci piknometer dengan sabun dan bilas dengan aquadest. Keringkan piknometer dengan cara membilas piknometer dengan aseton.

2. Timbang piknometer kosong bersumbat, misal a gram.

3. Isilah piknometer dengan aquadest sampai di atas leher, pasang sumbatnya hingga air dapat mengisi pipa kapiler sampai penuh.

4. Timbang piknometer penuh air ( misal b gram ), ukur suhunya dan lihat berat jenis air (BJ1) pada suhu tersebut di dalam daftar label berat jenis air.

5. Bersihkan dan keringkan piknometer dari aquadest dan isilah piknometer tersebut dengan tanah kira-kira 5 gram (3/4 cm jika volum piknometer 50 ml dan 1 cm jika volume piknometer 25 ml).

6. Pasang sumbatnya dan timbang ( catat sebagai c gram ).

7. Tambahkan aquadest ke dalam piknometer sampai 1/2 volume, aduk dengan kawat supaya gelembung udara keluar ( bantu dengan menggoyang-goyang piknometer ). Pasang sumbatnya dan biarkan semalam.

8. Ulangi pengadukan dengan menggunakan kawat, biarkan sebentar untuk mengendapkan sebagian tanahnya. Tambahkan aquadest sampai penuh dan usahakan agar suspensi tanah tidak ikut teraduk.

9. Timbang piknometer + tanah + air ( catat sebagai d gram ), ukur suhunya dan lihat berat jenis air (BJ2) pada suhu tersebut di dalam daftar label berat jenis air.

Berikut rumus perhitungannya:

Rumus berat jenis tanah (sumber: Jagadkimia)
Rumus berat jenis tanah (sumber: Jagadkimia)

Keterangan :

a = berat piknometer kosong + tutup

b = berat piknometer + air

c = berat piknometer + tanah

d = berat piknometer + tanah + air

BJ1 = berat jenis air pada suhu t1

BJ2 = berat jenis air pada suhu t2

BTKM = berat tanah kering mutlak

Jenis-jenis tanah di Indonesia

Ilustrasi – Tanah berbukit. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)
Ilustrasi – Tanah berbukit. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Tanah alluvial

Tanah alluvial merupakan tanah yang berasal dari sedimen lumpur yang dibawa oleh air sungai. Tanah ini merupakan hasil erosi yang kemudian diendapkan bersama dengan lumpur sungai. Tanah alluvial memiliki warna yang kelabu dan sifatnya subur. Umumnya, tanah alluvial ditemukan di wilayah dataran rendah.

Tanah vulkanis

Tanah vulkanis merupakan jenis-jenis tanah di Indoneisa yang berasal dari abu gunung api atau vulkanis atau material letusan gunung api yang sudah mengalami pelapukan. Tanah vulkanis mengandung banyak unsur hara sehingga sifatnya sangat subur. Karena subur, tanah ini baik dan sering digunakan sebagai ladang pertanian.

Tanah vulaknis dapat dibedakan dalam dua kelompok, yakni tanah regosol dan latosol. Tanah regosol adalah tanah vulkanis yang mempunyai butir kasar, berwarna kelabu sampai kuning serta mengandung bahan organik yang sedikit. Tanah latosol adalah tanah vulkanis yang memiliki ciri khas dari warnanya yang merah hingga kuning dan mengandung bahan organik sedang dengan sifat yang asam.

Tanah humus

Tanah humus adalah jenis tanah yang muncul akibat tumbuh-tumbuhan yang membusuk. Berbagai tumbuhan yang membusuk ini membuat tanah humus mengandung unsur hara yang tinggi. Artinya, tanah ini pun bersifat sangat subur.

Jenis-jenis tanah di Indonesia

Tanah organosol

Tanah organosol sering dikenal dengan sebutan tanah gambut. Tanah ini terbentuk dari proses pelapukan bahan-bahan organik, seperti dari sisa pembusukan tanaman rawa. Pembusukan bahan organik yang terjadi pada tanaman yang kurang sempurna karena selalu tergenang air. Karena pembusukan yang terjadi kurang sempurna, tanah gambut cenderung bersifat asam hingga sangat asam.

Tanah Inseptisol

Tanah inseptisol terbentuk dari batuan sedimen atau metamorf dengan warna agak kecoklatan dan kehitaman serta campuran yang agak keabu-abuan. Tanah ini juga dapat menopang pembentukan hutan yang asri. Ciri-ciri tanah ini adalah adanya horizon kambik di mana horizon ini kurang dari 25% dari horizon selanjutnya jadi sangatlah unik.

Tanah Kapur

Tanah kapur merupakan jenis-jenis tanah di Indonesia yang berasal dari batuan kapur. Tanah kapur bersifat tidak subur. Meski demikian, tanah ini masih bisa ditanami tanaman seperti pohon jati.

Jenis-jenis tanah di Indonesia

Tanah pasir

Tanah pasar merupakan tanah yang hanya memiliki kadar air sangat sedikit dan sangat miskin unsur hara. Tanah pasit berasal dari batuan pasir yang telah melapuk. Tanah ini banyak ditemukan di wilayah-wilayah pantai yang disebut sand dune atau bukit pasir.

Tanah laterit

Tanah laterit merupakan jenis tanah yang sifatnya tidak subur, atau bahkan dapat dikatakan sudah hilang kesuburannya. Ini karena dalam tanah laterit, banyak terkandung zat besi dan alumunium. Kandungan unsur hara dalam tanah ini sudah hilang karena terlarut oleh curah hujan yang tinggi. Tanah laterit juga bersifat kering dan tandus.

Jenis-jenis tanah di Indonesia

Tanah Litosol

Tanah litosol merupakan jenis tanah yang terbentuk dari proses pelapukan batuan beku dan sedimen. Tanah litosol memiliki ciri khas butiran kasar berupa kerikil. Tanah ini sangat miskin unsur hara sehingga tidak subur dan kurang baik untuk pertanian.

Tanah Mergel

Hampir sama dengan tanah kapur, jenis tanah ini juga berasal dari kapur, namun dicampur dengan berbagai bahan lainnya yang membedakan adalah ia lebih mirip seperti pasir. Tanah mergel terbentuk dari batuan kapur, pasir dan tanah liat dan mengalami pembentukan dengan bantuan hujan namun tidak merata.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Dalami Kasus Suap dan Gratifikasi Nurhadi Lewat 2 Saksi

Posted: 14 May 2020 10:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap dua orang saksi. Kedua orang saksi tersebut diperiksa terkait kasus dugaan suap dan gratifikasi penanganan perkara di Mahkamah Agung (MA) Tahun 2011-2016.

Kedua saksi tersebut yakni, Stevano Murphy dan Budi Soetanto. Stevano Murphy diperiksa dalam kapasitasnya sebagai wiraswasta untuk tersangka Direktur Multicon Indrajaya Terminal (MIT) Hiendra Soenjoto. Sedangkan Budi Soetanto sebagai pihak swasta diperiksa untuk tersangka Nurhadi.

"Penyidik mengagendakan pemeriksaan terhadap keduanya sebagai saksi untuk tersangka Nurhadi dan Hiendra Soenjoto," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, Jumat (15/5/2020).

Nurhadi dijerat sebagai tersangka karena yang bersangkutan melalui Rezky Herbiono, diduga telah menerima suap dan gratifikasi dengan nilai Rp 46 miliar.

Tercatat ada tiga perkara sumber suap dan gratifikasi Nurhadi, pertama perkara perdata PT MIT vs PT Kawasan Berikat Nusantara, kedua sengketa saham di PT MIT, dan ketiga gratifikasi terkait dengan sejumlah perkara di pengadilan.

Diketahui Rezky selaku menantu Nurhadi diduga menerima sembilan lembar cek atas nama PT MIT dari Direkut PT MIT Hiendra Soenjoto untuk mengurus perkara itu. Cek itu diterima saat mengurus perkara PT MIT vs PT KBN.

Ketiganya kini masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) lantaran kerap mangkir saat dipanggil baik sebagai saksi maupun tersangka di KPK. Meski demikian, ketiganya tengah mengajukan gugatan praperadilan di PN Jakarta Selatan.

Ketua KPK: Kita Lacak dan Kejar Nurhadi

Mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi Abdurachman usai menjadi saksi pada sidang lanjutan dugaan suap terkait pengurusan sejumlah perkara dengan terdakwa Eddy Sindoro di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (21/1). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi Abdurachman usai menjadi saksi pada sidang lanjutan dugaan suap terkait pengurusan sejumlah perkara dengan terdakwa Eddy Sindoro di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (21/1). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menegaskan masih terus berusaha menyeret mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi ke markas lembaga antirasuah untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

"Kita berkomitmen untuk menyelesaikan perkara korupsi, termasuk para DPO yang terus kita cari," ujar Firli saat dikonfirmasi, Minggu (3/5/2020).

Nurhadi yang merupakan tersangka kasus dugaan suap dan gratifikasi penanganan perkara di MA hingga kini masih buron dan masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

Informasi yang beredar menyebutkan, tim KPK yang memburu Nurhadi kerap kehilangan jejak lantaran Nurhadi sering berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya.

Firli enggan mengomentari informasi tersebut. Namun, jenderal polisi bintang tiga ini menegaskan jika tim lembaga antirasuah selalu menindaklanjuti setiap informasi tentang keberadaan Nurhadi dan para DPO lainnya.

"Saya tegaskan, semua informasi terkait dugaan keberadaan para DPO, kita lacak dan kejar," kata Firli.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BMKG Juanda: Surabaya Bakal Cerah hingga Malam Hari

Posted: 14 May 2020 10:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda prediksi, Surabaya, Jawa Timur akan cerah hingga malam hari pada Jumat (15/5/2020).

Mengutip instagram @infobmkgjuanda, Surabaya akan cerah pada pukul 13.00 WIB, 16.00 WIB, dan 19.00 WB. Sedangkan pada pukul 22.00 WIB akan cerah berawan. Suhu di Surabaya akan berada di kisaran 26-34 derajat celsius dengan kecepatan angin 30 KM per jam. Kelembaban 60-90 persen.

Cuaca di Sidoarjo akan cerah pada pukul 13.00 dan 16.00 WIB. Sedangkan pada pukul 19.00 dan 22.00 WIB, cuaca akan cerah berawan. Suhu di Sidoarjo akan berada di kisaran 25-34 derajat celsius dengan kecepatan angin 30 KM per jam. Kelembaban 60-90 persen.

Di Lamongan, cuaca akan cerah berawan pada pukul 13.00 WIB, 16.00 WIB, dan 19.00 WIB. Sedangkan pada pukul 22.00 WIB, cuaca akan cerah. Suhu di Lamongan akan berada di kisaran 25-34 derajat celsius dengan kecepatan angin 30 KM per jam. Kelembaban di Lamongan akan berada di kisaran 60-95 persen.

Cuaca di Gresik akan cerah berawan pada pukul 13.00 dan 16.00 WIB. Sedangkan pukul 19.00 WIB, cuaca akan cerah dan pukul 22.00 WIB akan cerah berawan. Kecepatan angin 30 KM per jam dengan suhu di kisaran 26-34 derajat celsius. Kelembaban berada di kisaran 60-90 persen.

Waspadai Hujan Intensitas Sedang hingga Lebat

Ilustrasi Hujan (iStockphoto)
Ilustrasi Hujan (iStockphoto)

BMKG Juanda juga merilis peringatan dini tiga harian untuk mewaspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat.

BMKG Juanda merilis untuk waspadai hujan intensitas sedang hingga lebat pada siang hari di Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso dan Banyuwangi. Sedangkan malam hari di Kabupaten Pasuruan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Bongkar Sindikat Jual Beli Surat Bebas Covid-19 Palsu di Gilimanuk

Posted: 14 May 2020 10:06 PM PDT

Liputan6.com, Bali - Skandal jual beli surat keterangan bebas Covid-19 palsu di Gilimanuk berhasil dibongkar Polda Bali. Kamis, (14/5/2020), polisi berhasil menangkap 4 pelaku di kawasan pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Bali. pelaku antara lain berinisial WD, IA, RN, dan PE. IA dan RN berperan membeli blanko surat keterangan bebas Covid-19 palsu dan menjualnya. Sedangkan WD dan PE membuat blangko surat tersebut. 

Kabid Humas Polda Bali, Kombes Pol Syamsi, Jumat (15/5/2020) mengatakan, kabar adanya jual beli surat bebas Covid-19 palsu untuk para penumpang pelabuhan Gilimanuk Bali merebak di media sosial. Harga yang ditawarkan antara Rp100 - Rp300 ribu.

"Berdasarkan informasi tersebut, pada 12 Mei Tim opsnal Sat Reskrim Polres Jembrana dan unit Reskrim Kawasan pelabuhan Gilimanuk melakukan penyelidikan," katanya.

Pada Kamis tanggal 14 Mei 2020 jam 14.00 polisi berhasil mengamankan 4 pelaku di rumah masing-masing. Menurut penuturan pelaku IA dan RN, dirinya telah menjual 5 lembar surat bebas Covid-19 palsu seharga Rp100 ribu per lembar dan surat tersebut didapat dengan cara membeli dari pelaku WD seharga Rp 25 ribu per lembar.

"Kemudian diperbanyak dengan cara memfotocopy. Pelaku mengaku mendapatkan blangko surat bebas Covid-19 itu dari memungut di depan Minimarket SWT Gilimanuk," katanya. 

Modus yang digunakan pelaku adalah dengan memanfaatkan Surat Edaran Nomor 04 Tahun 2020, tentang kriteria pembatasan perjalanan orang dalam rangka percepatan penanganan Covid-19

, dengan cara membuat surat keterangan kesehatan palsu dan menjualnya kepada para pengguna pelabuhan Gilimanuk.

Dari tangan pelaku, polisi mengamankan barang bukti 2 lembar surat keterangan sehat, dan 1 printer L 210.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat pasal 263 atau 268 KUHP tentang membuat surat palsu atau membuat surat keterangan dokter yang palsu dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara.

"Kepada masyarakat untuk lebih teliti dan cek kebenaran akan validasi sebuah informasi kepada lembaga  atau instansi yang terpercaya agar tidak merugikan diri sendiri maupun orang lain," kata Syamsi.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Update 15 Mei: Hampir 800 WNI di Luar Negeri Positif Corona COVID-19

Posted: 14 May 2020 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) hari ini melaporkan bahwa sudah ada 793 WNI di luar negeri yang terinfeksi Virus Corona (COVID-19). Jumlah terbanyak berada di Malaysia dan Arab Saudi.

Berdasarkan update Kemlu, Jumat (15/5/2020), ada penambahan kasus positif di Kuwait, Uni Emirat Arab, dan Qatar. Korban meninggal baru tercatat di Uni Emirat Arab.

"Total WNI terkonfirmasi COVID-19 di luar negeri adalah 793: 394 sembuh, 44 meninggal dan 355 dalam perawatan," tulis akun @Kemlu_RI.

Pasien WNI yang terinfeksi Virus Corona paling banyak ada di Malaysia dengan total 108 kasus. Rinciannya, 27 sembuh, 79 stabil, dan 2 meninggal.

Selanjutnya, WNI pasien Corona COVID-19 di Arab Saudi dengan jumlah 104 orang. Rinciannya, 22 sembuh, 70 stabil, dan 12 meninggal.

Di India ada 75 orang yang terinfeksi, namun 74 dari mereka sudah sembuh dan 1 dalam perawatan.

Semua pasien WNI di Taiwan yang berjumlah 3 orang juga sudah dinyatakan sembuh.

Total kasus Virus Corona COVID-19 di seluruh dunia ada 4,2 juta orang. Kasus tertinggi masih beada di AS dengan 1,3 juta, kemudian Rusia dengan 252 ribu kasus.

Berikut petanya:

Update Corona COVID-19 15 Mei: 300 Ribu dari 4,4 Juta Pasien Dunia Meninggal

ilustrasi virus corona covid-19/copyright by diy13 (Shutterstock)
ilustrasi virus corona covid-19/copyright by diy13 (Shutterstock)

Infeksi Virus Corona COVID-19 di seluruh dunia telah mencapai 4.438.371 kasus. 1.586.257 di antaranya telah dinyatakan sembuh berdasarkan Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE

Jumlah kesembuhan pasien Corona COVID-19 paling besar kini tercatat di Amerika Serikat, yang mencapai 246.414 dan Jerman dengan 150.300 orang pulih. 

Amerika Serikat tercatat sebagai negara yang memiliki kasus infeksi terbesar mencapai 1.417.350.

Saat ini, Rusia, Inggris, Spanyol dan Italia tercatat sebagai negara dengan kasus infeksi terbesar setelah Amerika Serikat, menurut data Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE yang dikutip Jumat, (15/5/2020). 

Jumlah kasus infeksi Corona COVID-19 terbesar kedua tercatat di Rusia, mencapai 252.245 kasus dengan 53.530 pasien pulih.

Pasien Corona COVID-19 terbesar ketiga kini tercatat di Inggris, sebanyak 234.440 kasus dengan 1.043 orang pulih.

Jumlah terbesar keempat tercatat di Spanyol dengan 229.540 orang dinyatakan positif mengidap Virus SARS-CoV-2, dan 143.374 orang pulih. 

Pasien positif Corona COVID-19 di Italia tercatat sebagai kelima terbesar, yakni sebanyak 223.096 kasus dengan 115.288 pasien pulih. 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

20 Aturan Baru bagi Tamu Hotel di Spanyol, dari Pulpen Umum hingga Pakaian Dalam

Posted: 14 May 2020 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Spanyol menyiapkan sejumlah aturan menyambut normal baru akibat pandemi corona COVID-19. Aturan tersebut harus diikuti, baik oleh petugas hotel maupun para tamu bila mereka menghendaki industri pariwisata kembali beroperasi.

Terdapat setidaknya 20 poin yang diatur dalam regulasi tersebut. Semuanya disusun sedetail mungkin agar Spanyol bisa menghindari wabah corona gelombang kedua, apalagi negara itu mencatat 27.321 kematian akibat COVID-19.

Selain itu, pemerintah setempat per hari ini, Jumat (15/5/2020), juga mewajibkan mereka yang datang dari luar negeri untuk menjalani dua minggu karantina mandiri. Apa saja aturan yang harus diperhatikan? Berikut detailnya seperti dikutip dari The Sun, Jumat (15/5/2020).

1. Tamu hotel harus melewati keset disinfektan setiba di lobi untuk membersihkan alas kaki.

2. Pemberlakuan pembatasan jarak sosial di seluruh area hotel, termasuk di area penerimaan dengan tanda berdiri berjarak aman. Dengan begitu, diprediksi antreaan akan lebih panjang saat check-in.

3. Bila Anda mengendarai mobil, tidak akan ada lagi layanan valet. Begitu pula bila menginginkan koper dibawa ke kamar, semua barang akan dilap dan didisinfeksi terlebih dulu.

4. Tidak akan ada jabat tangan atau pelukan antara klien maupun staf hotel, tak peduli Anda sudah jadi tamu reguler ataupun baru.

5. Saat menandatangani berkas di meja resepsi, Anda tak akan bisa meminjam pulpen staf hotel. Bila itu terjadi, pulpen tersebut harus disinfektan sepanjang waktu.

Aturan di Lift sampai Handuk Hotel

Ilustrasi Foto Lift (iStockphoto)​
Ilustrasi Foto Lift (iStockphoto)​

6. Anda hanya bisa menggunakan lift dengan anggota keluarga terdekat. Bila ada orang asing, Anda wajib menggunakan masker.

7. Staf hotel akan selalu menggunakan alat pelindung diri, masker, dan sarung tangan yang akan diganti dalam beberapa kali. Seragam staf dicuci setiap hari dan pakaian dinas mereka juga harus dimasukkan dalam tas tertutup. Seluruh barang pribadi, mulai dari ponsel hingga kacamata, akan didisinfeksi.

8. Anda tidak bisa tinggal di kamar saat tengah dibersihkan petugas yang menggunakan masker dan sarung tangan.

9. Hotel harus menyediakan gel disinfektan dan fasilitas mencuci tangan di setiap tempat.

10. Tamu tak bisa lagi menaruh pakaian dan handuk kotor di lantai, melainkan disimpan dalam kantung tertutup sebelum dikumpulkan petugas kebersihan yang akan memasukkannya kembali ke dalam tas tertutup kedua. Aturan yang sama juga berlaku bagi pakaian dalam demi menjaga higienitas.

11. Toilet umum di hotel juga akan dibersihkan dan didisinfeksi setidaknya enam kali per hari. Handuk tebal akan digantikan dengan tisu kertas sekali pakai.

12. Anda tidak bisa sembarangan meminjamkan atau memberi buku pada teman liburan. Kecuali, semuanya didisinfeksi secara tepat, bahan bacaan itu akan dikarantina dulu selama seminggu.

Proses Disinfeksi hingga Fasilitas Golf

Ilustrasi tempat tidur di kamar hotel. (dok. pexels.com/Pixabay)
Ilustrasi tempat tidur di kamar hotel. (dok. pexels.com/Pixabay)

13. Semua barang di dalam ruangan akan disinfeksi seluruhnya, mulai dari perabot kamar mandi hingga telepon, lampu, dan sikat toilet.

14. Mini bar akan dihilangkan sepenuhnya dari kamar tamu, kecuali hotel bisa semprot disinfektan secara menyeluruh setelah tamu pulang. Perabot yang tidak penting akan dihilangkan, seperti karpet dan gambar karena dikhawatirkan menyebarkan kuman.

15. Pembayaran di hotel dilakukan via kartu atau alat elektronik lain. Uang tunai tak akan diterima.

16. Setiap kali keluar hotel, tamu harus meninggalkan kunci kamar di resepsi karena akan didisinfeksi.

17. Jangan susah payah mencari garam, merica, maupun minyak di restoran. Bahan-bahan itu tidak akan tersedia lagi. Para tamu juga tidak bisa lagi berinteraksi dengan tamu lain karena kini harus duduk berjauhan.

18. Layanan setrika akan dibatasi, bahkan ditiadakan. Sementara, selimut dan bantal yang tidak digunakan akan disimpan dalam kantung tertutup. Sedangkan, pengering rambut akan didisinfeksi secara rutin.

19. Layanan pusat kebugaran akan menerapkan standar higienis yang ketat, dengan jeda waktu signifikan antar-kelas. Angkat beban, bola fitnes, dumbel, dan peralatan lain juga bisa ditiadakan bila hotel tak bisa menjamin kebersihannya.

20. Saat bermain golf, permainan akan sangat berbeda, setiap pemain harus mendisinfeksi bola golf miliknya, tidak boleh berbagi buggy, dan tidak boleh menyentuh bendera sehingga akan tetap di lubangnya sepanjang waktu.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ekspor April 2020 Turun, Logam Mulia dan Perhiasan Tetap Naik

Posted: 14 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan ekspor Indonesia pada April 2020 mengalami penurunan sebesar 13,33 persen dibanding bulan sebelumnya Maret 2020. Ekspor April tercatat sebesar USD 12,19 miliar sedangkan pada bulan sebelumnya ekspor sebesar USD 14,07 miliar.

Kepala BPS, Suhariyanto, mengatakan meski posisi ekpor secara volume mengalami penurunan sebesar 13,33 persen namun ada beberapa ekspor non migas mencatatakan tren pertumbuhan. Di mana menurut golongan barang HS dua digit nilai ekspor logam mulia, perhiasan atau permata.

"Berdasarkan HS dua digit yang meningkat cukup besar adalah logam mulia, perhiasan/permata pada April masih alami peningkatan ekspor USD 92,9 juta atau naik 11,03 persen ditujukan ke Singapura, Swiss dan Hongkong," kata dia dalam video conference di Kantor Pusat BPS, Jakarta, Jumat (15/5/2020).

Kemudian, golongan barang lainnya juga mengalami peningkatan ekspor adalah jenis barang HS 47 yakni pulp dari kayu. Kelompok barang ini mengalami peningkatan sebesar 30 persen atau senilai USD 50,9 juta pada posisi April 2020. "Dan utamnaya ke Tiongkok, Korea Selatan dan Turki," imbuh dia.

 

Kenaikan Lainnya

Ilustrasi Logam Mulia (iStockphoto)
Ilustrasi Logam Mulia (iStockphoto)

Kenaikan lainnya juga terjadi di kelompok barang HS 39 yaitu plastik dan barang dari plastik. Tercatat pada April 2020 kelompok barang ini mengalami peningkatan sebesar 18,87 persen atau setara dengan nilai USD 40 juta. Adapun negara tujuannya adalah Tingkok, Jepang dan Amerika Serikat.

"Ekspor berbagai makanan olahan juga masih meningkat dan olahan dari tepung yang ekspornya kita tujukan ke Tionkgok, Malaysia dan Filipina," jelas dia.

Sementara itu, jika dilihat dari kenegaraanya, ekspor non migas menurut negara tujuan ekspor Indonesia pada April 2020 tercatat Tiongkok menjadi yang paling terbesar yakni USD 2,2 miliar. Kemudian selanjutnya diikuti oleh Amerika Serikat dan Jepang dimana masing-masing nilai total ekspor nya mencapai USD 1,2 miliar dan USD 1,0 miliar.

Dwi Aditya Putra

Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cita-Cita Besar Penulis Buku Iqra KH As'ad Humam untuk Dunia Pendidikan Islam

Posted: 14 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Yogyakarta Nama KH As'ad Humam penemu metode membaca Al-Quran Iqra dikenal di Nusantara bahkan ke luar negeri. Metode belajar membaca Al-Quran yang mudah ini telah mengentaskan buta baca Al-Qur'an seperti pendakwah Almarhum Ustaz Arifin Ilham.

"Tokoh yang sempat aktif dalam gerakan Iqra ini antara lain Ustaz Arifin Ilham, waktu itu beliau tinggal di Kalsel," kata Erweesbe Maimanati, putri KH As'ad, saat disambangi Liputan6.com, Selasa, 12 Mei 2020.

Fokus dakwah KH As'ad adalah dapat mengentaskan buta huruf membaca Al-Qur'an untuk Muslim di Tanah Air.

"Waktu itu relatif banyak umat Islam yang belum bisa membaca Al-Quran," katanya.

Ternyata buku Iqra bukanlah satu-satunya buku karangan KH As'ad Humam. Buku karya beliau selain Iqra adalah Tajwid Praktis, Materi Hafalan dan 'Alama Bil Qolam yang merupakan pelengkap dalam kegiatan belajar santri di Yayasan Team Tadarus AMM (Angkatan muda Masjid-Musholla).

Kepedulian KH As'ad terhadap masyarakat juga berkembang ke hal lain, seperti keprihatinan beliau terhadap anak-anak SD yang belum mampu membaca (Indonesia). Maka beliau pun menulis buku 'Bacalah', yang saat ini banyak digunakan di lembaga Taman Kanak-Kanak.

KH As'ad juga mengarang beberapa lagu Jawa, bahkan ada yang sempat viral waktu itu, yaitu yang berjudul Ngudi Agama (menuntut ilmu).

"Yo pra kanca ngudi agama (ayo teman kita menuntut ilmu agama), ben kita besok dadi wong utomo (agar besok kita menjadi orang yang utama). Bekti nyang wong tuo nyembah sing kuasa (Berbakti kepada orang tua danmenyembah kepada Tuhan). Yo ben petheng dhedet udan aku menyang (Walaupun gelap gulita, hujan, tapi aku tetap beerangkat menuntut ilmu), iblis sarta setan mesti tibo krengkangan (iblis dan setan pada jatuh semua). Akhire aku kabeh dadi wong kang menang (akhirnya kita semua menjadi orang yang menang)."

"Narasi 'Peteng dhedet (gelap gulita) aku menyang (aku berangkat) waktu itu mampu mengobarkan semangat anak anak untuk selalu datang mengaji," katanya.

KH As'ad merupakan orang yang kreatif dan mandiri. Walaupun kondisi tubuh KH As'ad yang kurang sempurna, tetapi ia memiliki seribu cara agar tidak harus menunggu bantuan untuk keperluan aktivitasnya.

"Bapak tidak suka merepotkan orang lain, maka beliau create perangkat kendaraan supaya bisa beliau kendarai. Sehingga untuk acara keluarga misalnya silaturahim ke luar kota yang dekat seperti Magelang, bapak sendiri yang pegang kemudi kendaraan kami," katanya.

Selain menulis buku, ternyata KH As'ad juga suka menulis kata-kata bijak sebagai renungan dan introspeksi diri. Kata-kata bijak itu ditulis dan tersimpan baik oleh keluarga.

"Ikhlas biasanya diam. Bicara bukan pertanda tidak ikhlas. Bicaralah yang benar atau diam."

"Pejuang sejati lebih mengutamakan misi daripada pribadi/organisasi. Dan kadang kita tersinggung hanya masalah pribadi, bukan misi. Astaghfirulloh," kata putri pecipta metode baca Iqra itu.

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Iuran BPJS Kesehatan Kembali Naik Mulai 1 Juli 2020

Posted: 14 May 2020 10:00 PM PDT

Warga antre mengurus administrasi proses turun kelas di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Selatan, Jumat (15/5/2020). Pemerintah akan menaikkan iuran BPJS Kesehatan pada 1 Juli 2020 menjadi Rp150.000 untuk kelas I, Rp100.000 untuk kelas II dan Rp42.000 untuk kelas III (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Warga antre mengurus administrasi proses turun kelas di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Selatan, Jumat (15/5/2020). Pemerintah akan menaikkan iuran BPJS Kesehatan pada 1 Juli 2020 menjadi Rp150.000 untuk kelas I, Rp100.000 untuk kelas II dan Rp42.000 untuk kelas III (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Warga antre mengurus administrasi proses turun kelas di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Selatan, Jumat (15/5/2020). Pemerintah akan menaikkan iuran BPJS Kesehatan pada 1 Juli 2020 menjadi Rp150.000 untuk kelas I, Rp100.000 untuk kelas II dan Rp42.000 untuk kelas III (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pegawai melayani warga di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Selatan, Jumat (15/5/2020). Pemerintah akan menaikkan iuran BPJS Kesehatan pada 1 Juli 2020 dengan rincian kelas I naik menjadi Rp150.000, kelas II menjadi Rp100.000 dan kelas III menjadi 42.000. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Pegawai melayani warga di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Selatan, Jumat (15/5/2020). Pemerintah akan menaikkan iuran BPJS Kesehatan pada 1 Juli 2020 dengan rincian kelas I naik menjadi Rp150.000, kelas II menjadi Rp100.000 dan kelas III menjadi 42.000. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pegawai melayani warga di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Selatan, Jumat (15/5/2020). Pemerintah akan menaikkan iuran BPJS Kesehatan pada 1 Juli 2020 dengan rincian kelas I naik menjadi Rp150.000, kelas II menjadi Rp100.000 dan kelas III menjadi 42.000. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Warga mengisi formulir proses turun kelas di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Selatan, Jumat (15/5/2020). Pemerintah akan menaikkan iuran BPJS Kesehatan pada 1 Juli 2020 menjadi Rp150.000 untuk kelas I, Rp100.000 untuk kelas II dan Rp42.000 untuk kelas III (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Warga mengisi formulir proses turun kelas di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Selatan, Jumat (15/5/2020). Pemerintah akan menaikkan iuran BPJS Kesehatan pada 1 Juli 2020 menjadi Rp150.000 untuk kelas I, Rp100.000 untuk kelas II dan Rp42.000 untuk kelas III (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Warga mengisi formulir proses turun kelas di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Selatan, Jumat (15/5/2020). Pemerintah akan menaikkan iuran BPJS Kesehatan pada 1 Juli 2020 menjadi Rp150.000 untuk kelas I, Rp100.000 untuk kelas II dan Rp42.000 untuk kelas III (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Warga antre mengurus administrasi proses turun kelas di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Selatan, Jumat (15/5/2020). Pemerintah akan menaikkan iuran BPJS Kesehatan pada 1 Juli 2020 menjadi Rp150.000 untuk kelas I, Rp100.000 untuk kelas II dan Rp42.000 untuk kelas III (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Warga antre mengurus administrasi proses turun kelas di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Selatan, Jumat (15/5/2020). Pemerintah akan menaikkan iuran BPJS Kesehatan pada 1 Juli 2020 menjadi Rp150.000 untuk kelas I, Rp100.000 untuk kelas II dan Rp42.000 untuk kelas III (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Warga antre mengurus administrasi proses turun kelas di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Selatan, Jumat (15/5/2020). Pemerintah akan menaikkan iuran BPJS Kesehatan pada 1 Juli 2020 menjadi Rp150.000 untuk kelas I, Rp100.000 untuk kelas II dan Rp42.000 untuk kelas III (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Warga antre mengurus administrasi proses turun kelas di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Selatan, Jumat (15/5/2020). Pemerintah akan menaikkan iuran BPJS Kesehatan pada 1 Juli 2020 menjadi Rp150.000 untuk kelas I, Rp100.000 untuk kelas II dan Rp42.000 untuk kelas III (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Warga antre mengurus administrasi proses turun kelas di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Selatan, Jumat (15/5/2020). Pemerintah akan menaikkan iuran BPJS Kesehatan pada 1 Juli 2020 menjadi Rp150.000 untuk kelas I, Rp100.000 untuk kelas II dan Rp42.000 untuk kelas III (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Warga antre mengurus administrasi proses turun kelas di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Selatan, Jumat (15/5/2020). Pemerintah akan menaikkan iuran BPJS Kesehatan pada 1 Juli 2020 menjadi Rp150.000 untuk kelas I, Rp100.000 untuk kelas II dan Rp42.000 untuk kelas III (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pegawai melayani warga di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Selatan, Jumat (15/5/2020). Pemerintah akan menaikkan iuran BPJS Kesehatan pada 1 Juli 2020 dengan rincian kelas I naik menjadi Rp150.000, kelas II menjadi Rp100.000 dan kelas III menjadi 42.000. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Pegawai melayani warga di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Selatan, Jumat (15/5/2020). Pemerintah akan menaikkan iuran BPJS Kesehatan pada 1 Juli 2020 dengan rincian kelas I naik menjadi Rp150.000, kelas II menjadi Rp100.000 dan kelas III menjadi 42.000. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pegawai melayani warga di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Selatan, Jumat (15/5/2020). Pemerintah akan menaikkan iuran BPJS Kesehatan pada 1 Juli 2020 dengan rincian kelas I naik menjadi Rp150.000, kelas II menjadi Rp100.000 dan kelas III menjadi 42.000. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Zoom Akan Rekrut 500 Insinyur untuk Pusat Litbang Baru di AS

Posted: 14 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Zoom menyatakan berencana untuk membangun pusat penelitian dan pengembangan (research and development center) di Phoenix dan Pittsburgh, AS dalam dua tahun ke depan.

Di sana, layanan video-conference yang popularitasnya meroket karena pandemi Covid-19 selama beberapa bulan terakhir ini akan merekrut 500 orang insinyur perangkat lunak (software engineer).

"Hari ini, sebagian besar staf insinyur kami yang berbasis di AS berada di San Jose, jadi langkah ini akan menjadi peluang sangat bagus untuk memperluas basis insinyur kami di seluruh AS," kata CFO di Zoom, Kelly Steckelberg, sebagaimana dikutip dari Reuters, Jumat (15/5/2020).

Memang, saat ini sebagian besar insinyur Zoom berbasis di San Jose, AS dan Tiongkok. Kelly mengatakan bahwa perusahaan sedang mencari kantor di dekat Arizona State University dan Carnegie Mellon University. Perusahaan berharap dapat menjaring insinyur lulusan dua universitas tersebut.

Kelly mengatakan perusahaan akan segera memulai proses rekrutmen. Setidaknya hingga bulan September mendatang, para insinyur baru ini akan bekerja dari rumah secara remote.

Jadi Aplikasi Terpopuler pada April 2020

Ilustrasi Zoom. Kredit: Zoom
Ilustrasi Zoom. Kredit: Zoom

Perusahaan riset pasar aplikasi mobile Sensor Tower merilis laporan bulanan tentang aplikasi-aplikasi apa saja yang paling banyak diunduh selama April 2020.

Menurut laporan tersebut, Zoom menjadi aplikasi mobile yang paling banyak diunduh baik di App Store maupun di Google Play Store. Zoom diikuti oleh TikTok yang juga mendapat angka unduhan tertinggi di kedua toko aplikasi itu.

"Negara dengan angka unduhan Zoom tertinggi selama April 2020 adalah India, yang mencapai 18,2 persen dari total unduhan, diikuti Amerika Serikat dengan 14,3 persen," ujar Julia Chan, Mobile Insights Analyst di Sensor Tower sebagaimana dikutip dari keterangan resmi perusahaan.

Secara akumulatif, angka unduhan aplikasi Zoom mencapai 131 juta pada April 2020. Angka itu mengalami peningkatan 60 kali lipat dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Adapun TikTok, aplikasi itu mencapai 107 juta unduhan baru pada April 2020. Dibandingkan dengan April 2019, angka itu mengalami pertumbuhan 2,5 kali lipat.

Daftar Lengkap di App Store

Ilustrasi Aplikasi iPhone. Kredit: Neil Soni via Unsplash
Ilustrasi Aplikasi iPhone. Kredit: Neil Soni via Unsplash
  1. Zoom
  2. TikTok
  3. Google Meet
  4. Microsoft Teams
  5. Netflix
  6. Instagram
  7. YouTube
  8. Tax Report
  9. Facebook
  10. Google Classroom

Daftar Lengkap di Google Play Store

Ilustrasi Aplikasi Mobile, Aplikasi Android, Aplikasi Ponse, Aplikasi Smartphone. Kredit: Freepik/photoroyalty
_2_.jpg
  1. Zoom
  2. TikTok
  3. Facebook
  4. WhatsApp
  5. Aarogya Setu
  6. Messenger
  7. Instagram
  8. Samsung Security Update
  9. Telegram
  10. Likee

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Miliki Banyak Teman, 6 Zodiak Ini Malah Lebih Suka Menyendiri

Posted: 14 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setiap individu memiliki karakter dan kepribadian yang berbeda-beda. Ada beberapa individu yang mudah bahagia, bahkan lebih bahagia saat sendirian daripada berbagi waktu berharga mereka dengan orang lain. 

Nah, melalui zodiak kita bisa mengetahui siapa saja individu yang paling suka menyendiri. Penasaran zodiak apa saja? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Jumat (15/5/2020).

1. Cancer 

 

Ilustrasi Bermain Ponsel Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio
Ilustrasi Bermain Ponsel Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

Pemilik zodiak ini sangat menikmati kebersamaan dengan teman. Namun, bukan berarti mereka tidak bisa tinggal sendirian. Bahkan, tinggal sendiri akan menjadi cara terbaik di mana mereka bisa memanfaatkan waktu mereka. 

Banyak pemikiran dan hal-hal yang harus dilakukan selama waktu 24 jam seminggu. Jadi, ketika sendirian, mereka akan bekerja untuk menyelesaikan hal-hal yang ada dalam daftarnya. 

Karena mereka dikenal sensitif, jadi ketika mereka terluka, mereka lebih suka tinggal sendirian sampai mereka pulih.

2. Virgo

Virgo memiliki pikiran yang sibuk. Mereka tidak pernah repot untuk memikirkan siapa yang ada di dekatnya. Bahkan ketika mereka memiliki teman, ada kemungkinan mereka hanya secara fisik hadir di sana dan tidak secara mental.

Semua akan berfungsi sebagai sahabat yang sempurna ketika mereka sendirian. Beberapa Virgo bahkan dikenal pemalu, sehingga dikelilingi oleh orang-orang akan membuat mereka tidak nyaman. Untuk itu, mereka memilih untuk tinggal sendiri.

3. Scorpio

Pemilik zodiak ini juga dikenal sosok yang suka dikelilingi teman-teman dan bersenang-senang dengan mereka. Scorpio selalu bersemangat tentang segala hal, baik itu pekerjaan atau pun mengenai pendapat yang dibentuk dan mereka ingin mendedikasikan seluruh dirinya untuk itu.

Mereka dikenal bersemangat dan pecandu kerja. Karena itu, bergaul dengan orang yang dicintai membuat mereka bahagia tapi hanya ketika mereka belum memiliki pekerjaan.

4. Capricorn

Sebagian besar Capricorn adalah mahluk intelektual. Mereka lebih suka tinggal sendirian, melakukan intropeksi atau menikmati kegiatan rekreasi lainnya hampir sepanjang waktu, dan tidak akan keluar hanya untuk membuang-buang waktu berharga mereka.

Namun, aka nada satu hari dalam dua minggu ketika mereka hanya muak dengan intropeksi dan akan keluar untuk bersenang-senang dengan teman-temannya.

5. Aquarius

Baik itu bepergian, menonton film, atau tinggal di rumah, Aquarius suka terlihat mandiri. Pendapat mereka tentang masalah akan jauh berbeda dari pendapat orang banyak.

Kamu akan sering melihat mereka membaca saat bepergian dengan transportasi umum, mengunjungi tempat-tempat sendirian dan minum kopi sendirian di kafe.

Daripada memikirkan kebutuhan orang lain, mereka lebih suka memenuhi kebutuhan mereka sendiri dan tetap bahagia.

6. Pisces

Pisces hidup di dunia mereka sendiri. Daripada dikelilingi seseorang yang mengganggunya dengan pendapat yang tidak diinginkan, mereka memilih untuk tinggal di rumah dan tidur siang untuk relaksasi.

Sebagian besar pemilik zodiak ini adalah pemimpi, jadi mereka tidak perlu seseorang untuk bersama mereka. Bahkan, jika mereka membutuhkan seseorang, itu akan menjadi seseorang yang bisa mereka bagikan semua rahasia mereka dan kebutuhan itu hanya untuk sementara waktu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mobil Mewah Raffi Ahmad Dipakai untuk Menjemur Kasur dan Rengginang oleh Denny Cagur

Posted: 14 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tak sukses merayu Rano Karno untuk menukar mobil mewahnya dengan oplet, kini Raffi Ahmad justru memberikannya kepada Denny Cagur.

Lantaran, Denny Cagur menang taruhan dengan Raffi Ahmad. Hal itu diceritakan Denny di akun Instagram terverifikasi miliknya, Kamis (14/5/2020).

Denny Cagur mengaku, selama seminggu ia bisa menikmati mobil mewah Raffi Ahmad seharga Rp 15 miliar.

 

Milik Sultan

Denny Cagur (Youtube/ Rans Entertainment)
Denny Cagur (Youtube/ Rans Entertainment)

Seperti diketahui, kehidupan Raffi Ahmad bersama istri dan anaknya bergelimang harta. Sehingga keluarga Raffi pun mendapat julukan sultan.

"Akhirnya mobil seharga 15 Milyar milik sultan @raffinagita1717 pindah tangan juga, selama seminggu mobil ini milik gue..😜πŸ€ͺ😝🀣," tulis Denny Cagur.

 

Khawatir

Denny Cagur - Raffi Ahmad (Foto: Instagram/@dennycagur)
Denny Cagur - Raffi Ahmad (Foto: Instagram/@dennycagur)

Raffi Ahmad dan Denny Cagur janjian bertemu. Setelah itu, Denny pun mencoba mengendarai mobil Roll Royce itu. Terlihat dalam sebuah video, komedian ini agak kaku membawanya.

"Elo bisa enggak sih nyetir mobil gue?" tanya Raffi.

"Ntar dulu, agak kagok nih. Gue khawatir, gue enggak ada patokan," jawab Denny.

"Elo aja khawatir, gimana gua," ujar Raffi.

Pertama Kali

Bagi Denny Cagur, ini kali pertama ia mengendarai mobil mewah dan bukan miliknya.

"Pertama kali bawa mobil Roll Royce," terang Denny.

 

Buat Jemur Kasur dan Rengginang

Kini, mobil Roll Royce sudah berada di parkiran rumah Denny Cagur. Serunya, mobil tersebut dimanfaatkan oleh Denny untuk menjemur kasur dan rengginang dalam tampah.

"Day 1, pemandangan Pagi ini diteras rumah," tulis Denny sebagai keterangan foto.

 

Kaget

Melihat mobil mewahnya untuk menjemur, Raffi Ahmad pun kaget. Ia memberikan emotikon kaget di kolom komentar.

Sementara, selebritas lainnya justru memberikan emotikon tertawa. "πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ Koclakkkk," tulis Chika Jessica.

"Eta RR buat jemur Rengginang kang..?😳," tanya Pasha Ungu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Fakta Menarik Aksi Baim Wong Beli 20 Motor Dibayar Tunai

Posted: 14 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Selain berprofesi sebagai artis, Baim Wong dikenal sebagai content creator di YouTube yang sering berbagi dengan orang lain melalui cara yang unik.

Selama ini Baim Wong membuat konten prank dengan berpura-pura sebagai orang gila atau orang susah. Ia lalu menolong orang-orang kecil yang ditemuinya.

Nah, belum lama ini Baim Wong giliran membagikan hadiah kepada para subscribers. Tak tanggung-tanggung, ia langsung memberikan sepeda motor kepada para penggemarnya.

Lebih mengejutkan lagi, Baim Wong tak hanya membeli satu atau dua sepeda motor. Ia langsung membeli 20 sepeda motor secara tunai.

Nah, dari situlah muncul 7 fakta menarik selama Baim Wong membeli 20 sepeda motor tersebut. Apa saja ya?

1. Tak Suka yang Mainstream

Baim Wong mengaku dalam video terbaru bahwa ia membeli 20 unit sepeda motor karena tak ingin seperti artis-artis lainnya.

"Biasanya kan kalau orang handphone gitu ya? Saya itu enggak suka yang mainstream-mainstream, walaupun bagus ya niatnya, bagus banget. Senang saya kalau ada orang berbagi dengan harta yang dia punya buat orang lain, the best. Tapi saya tidak mau sama," kata Baim Wong.

"Saya beli motor. Belinya 20," tambahnya.

2. Bentuk Apresiasi

Seperti disampaikan sebelumnya, sepeda motor yang dibeli Baim Wong ini akan dibagikan kepada para subscribers. Rupanya ini adalah bentuk apresiasi Baim Wong kepada para penggemarnya.

"Karena kalian sudah baik, dari 10 juta ke 11 juta, cepat banget. Saya kadang mau terima kasihnya bingung," terang Baim.

3. Bukan Rekayasa

Selain itu, Baim menegaskan bahwa acara bagi-bagi hadiah yang ia perlihatkan jauh dari setting-an alias rekayasa.

"Tidak ada setting-setting. Ini cuma ada di YouTube saja. Caranya Subscribe dan ikuti vlog Bapau," ungkap Baim.

4. Datang Langsung

Tanpa meminta bantuan siapapun, Baim Wong mendatangi secara langsung dealer sepeda motornya. Ia pun memesan sendiri 20 unit sepeda motor di dealer tersebut.

"Dua puluh motor saya borong," pinta Baim kepada petugas toko.

5. Petugas Terkejut

Petugas dealer sempat terkejut melihat Baim Wong membeli 20 unit motor untuk segera dikirim ke rumahnya. Baim Wong pun langsung membayar 20 unit sepeda motor secara tunai.

6. Pamer Bukti Transfer

Dalam rangka meyakinkan para penonton, Baim Wong memamerkan bukti transfernya ke arah kamera. Meskipun, mesin EDC di dealer tersebut sudah sampai limit-nya.

7. Bayar Setengah

Baim membeli sepeda motor tersebut dengan total senilai Rp200 juta-an. Namun, ia baru membayar setengahnya terlebih dahulu karena limit mesin di dealer itu.

"Enggak kuat debitnya. Aku ketularan sombong gara-gara Raffi, tapi jangan ditiru ya," celetuk Baim Wong.

Sumber: Showbiz Liputan6.com ditayangkan 14 Mei 2020, 21:00 WIB

Penulis: Ruly Riantrisnanto

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

22 Tahun Menikah, Ini 6 Potret Mesra Ucok Baba dan Istri

Posted: 14 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Nama Ucok Baba tentunya sudah tak asing lagi di dunia hiburan Tanah Air. Pemilik nama asli Usnan Batubara ini merupakan seorang komedian sekaligus aktor. Sejak dulu wajahnya kerap menghiasi layar kaca televisi. Meski memiliki keterbatasan fisik, Ucok Baba mampu berkarier hingga meraih kesuksesan.

Keterbatasan yang dimilikinnya membuat Ucok Baba banyak dikagumi publik. Pria kelahiran Sipirok, 10 Mei 1971 ini memang terkenal sebagai sosok humoris yang selalu tampil totalitas saat menghibur penonton. Popularitasnnya itu membuat kehidupan Ucok Baba tak lepas dari sorotan publik.

Seperti diketahui, Ucok Baba resmi mempersunting Rina Angelina pada 1998 silam. Dari pernikahan tersebut, keduanya telah dikaruniai empat orang anak. Kini usia pernikahan Ucok dan Rina sudah memasuki 22 tahun. Sudah melewati dua dekade lebih, keduanya selalu tampil mesra dan jauh dari gosip miring.

Meski jarang terekspos oleh media, keduanya kerap membagikan momen kebersamaan di Instagram. Berikut potret mesra Ucok Baba dan istri dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (15/5/2020).

1. Kehidupan rumah tangga Ucok dan sang istri kini memasuki usia ke-22 tahun.

22 Tahun Menikah, Ini 6 Potret Mesra Ucok Baba dan Istri (Sumber: Instagram/@ucokk.baba)
22 Tahun Menikah, Ini 6 Potret Mesra Ucok Baba dan Istri (Sumber: Instagram/@ucokk.baba)

2. Dari pernikahannya tersebut, Ucok dan Rina telah dikaruniai 4 orang anak. Dua anak laki-laki dan dua anak perempuan.

22 Tahun Menikah, Ini 6 Potret Mesra Ucok Baba dan Istri (Sumber: Instagram/@ucokk.baba)
22 Tahun Menikah, Ini 6 Potret Mesra Ucok Baba dan Istri (Sumber: Instagram/@ucokk.baba)

3. Ucok Baba kerap mengajak istri dan anak-anaknya untuk membuat konten YouTube bersama.

22 Tahun Menikah, Ini 6 Potret Mesra Ucok Baba dan Istri (Sumber: Instagram/@ucokk.baba)
22 Tahun Menikah, Ini 6 Potret Mesra Ucok Baba dan Istri (Sumber: Instagram/@ucokk.baba)

4. Meski sudah 22 tahun berlalu, keduanya masih terlihat mesra.

22 Tahun Menikah, Ini 6 Potret Mesra Ucok Baba dan Istri (Sumber: Instagram/@ucokk.baba)
22 Tahun Menikah, Ini 6 Potret Mesra Ucok Baba dan Istri (Sumber: Instagram/@ucokk.baba)

5. Komedian ini juga terlihat sering mengunggah momen kebersamaan dengan sang istri di Instagramnya.

22 Tahun Menikah, Ini 6 Potret Mesra Ucok Baba dan Istri (Sumber: Instagram/@ucokk.baba)
22 Tahun Menikah, Ini 6 Potret Mesra Ucok Baba dan Istri (Sumber: Instagram/@ucokk.baba)

6. Ucok Baba juga sering menuliskan kata-kata manis untuk sang istri.

22 Tahun Menikah, Ini 6 Potret Mesra Ucok Baba dan Istri (Sumber: Instagram/@ucokk.baba)
22 Tahun Menikah, Ini 6 Potret Mesra Ucok Baba dan Istri (Sumber: Instagram/@ucokk.baba)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dampak Pandemi COVID-19, PBB Ingatkan Ancaman Krisis Kesehatan Mental

Posted: 14 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dampak pandemi COVID-19 yang terjadi di dunia dikhawatirkan meningkatkan risiko krisis kesehatan mental secara global. Pernyataan ini disampaikan oleh World Health Organization (WHO) beserta Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB).

Devora Kestel, Kepala Departemen Kesehatan Mental WHO menyatakan bahwa isolasi, ketakutan, ketidakpastian, serta kekacauan ekonomi, menjadi penyebab atau pemicu tekanan psikologis.

Maka dari itu, Kestel mengatakan, dunia harus bersiap untuk melihat peningkatan masalah kesehatan mental termasuk pada anak, kaum muda, serta petugas kesehatan.

"Kesehatan mental dan kesejahteraan seluruh masyarakat telah sangat dipengaruhi oleh krisis ini dan merupakan prioritas yang harus segera diatasi," kata Kestel seperti dikutip dari The Guardian pada Jumat (15/5/2020).

Mereka yang Berisiko

Sekjen PBB Antonio Guterres berbicara di hadapan DK PBB (AP)
Sekjen PBB Antonio Guterres berbicara di hadapan DK PBB (AP)

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mendesak masyarakat dunia untuk berbuat lebih dalam melindungi mereka yang mengalami peningkatan tekanan mental.

"Pekerja kesehatan garis depan, orang tua, remaja dan anak muda, mereka yang memiliki kondisi kesehatan mental yang sudah ada sebelumnya dan mereka yang terjebak dalam konflik serta krisis. Kita harus membantu mereka dan berdiri di samping mereka," kata Guterres dikutip dari UN News.

Kestel menambahkan, peningkatan masalah kesehatan mental juga berisiko meningkatkan angka bunuh diri akibat masalah kejiwaan serta penyalahgunaan narkoba.

Dampak Depresi

Ilustrasi stres (iStockphoto/hobo_018)
Ilustrasi stres (iStockphoto/hobo_018)

PBB mencatat, depresi dan kecemasan sebelum adanya COVID-19 telah menyebabkan beban ekonomi global lebih dari 1 triliun dolar per tahunnya.

Selain itu, depresi telah berdampak pada 264 juta orang di dunia, dengan setengah dari semua masalah kesehatan mental dimulai dari usia 14 tahun. Selain itu, bunuh diri menjadi penyebab kematian kedua terbesar pada kaum muda usia 15 hingga 29 tahun.

Risiko Masalah Kesehatan Mental

Sepasang kekasih mengenakan masker saat bersepeda  di sebuah taman di Seoul, Korea Selatan, 7 Maret 2020. Hingga Kamis (12/3/2020) pagi, jumlah kasus virus corona COVID-19 di Korea Selatan sebanyak 7.755 orang terinfeksi, 60 meninggal, dan 288 sembuh. (AP Photo/Ahn Young-joon)
Sepasang kekasih mengenakan masker saat bersepeda di sebuah taman di Seoul, Korea Selatan, 7 Maret 2020. Hingga Kamis (12/3/2020) pagi, jumlah kasus virus corona COVID-19 di Korea Selatan sebanyak 7.755 orang terinfeksi, 60 meninggal, dan 288 sembuh. (AP Photo/Ahn Young-joon)

Dalam catatannya, PBB mengatakan bahwa di masa pandemi, orang-orang merasa takut akan adanya infeksi, kematian, serta kehilangan anggota keluarga.

"Pada saat yang sama, sejumlah besar orang telah kehilangan atau berisiko kehilangan mata pencaharian mereka, terisolasi secara sosial dan dipisahkan dari orang-orang yang mereka cintai, dan di bebeapa negara, mengalami perintah tetap di rumah yang dilaksanakan dengan cara yang drastis."

PBB secara khusus menggaris bawahi risiko fisik dan mental pada perempuan dan anak-anak karena dalam laporannya, terlihat ada peningkatan kekerasan dalam rumah tangga serta pelecehan.

Maka dari itu, Kestem mengatakan perlunya memastikan ada langkah-langkah untuk melindungi, mempromosikan, serta merawat situasi yang ada saat ini.

"Ini adalah sesuatu yang perlu dilakukan di tengah krisis sehingga kita dapat mencegah hal-hal menjadi lebih buruk dalam waktu dekat," ujarnya.

PBB juga menyerukan agar perawatan kesehatan mental dimasukkan dalam semua strategi penanganan COVID-19 miliki pemerintah.

Saksikan Juga Video Menarik Berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Serie A Liga Italia: Pertanda Kompetisi Bergulir Lagi Mulai Muncul

Posted: 14 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Turin - Persaingan seru di Liga Italia Serie A 2019-2020 belum dapat dimulai kembali akibat pandemi virus Corona Covid-19.Padahal, ada tiga tim yakni Juventus, Lazio, dan Inter Milan yang berpacu demi merebut gelar juara musim ini.

Dari total 38 pertandingan, Liga Italia baru memainkan 26 laga. Jika sesuai jadwal, Liga Italia semestinya berakhir sekitar Juli-Agustus.

Juara bertahan Juventus masih berada di singgasana klasemen. Cristiano Ronaldo dkk.  mengoleksi 63 poin.

Sayang, pandemi virus corona membuat nasib kompetisi tak menentu. Hingga kini, belum ada tanggal pasti kapan Serie A akan bergulir lagi.

Namun demikian, harapan agar kompetisi bergulir lagi mulai muncul. Perdana Menteri Italia, Giuseppe Conte sudah mengizinkan para atlet berlatih.

Untuk mereka yang berkecimpung di cabang individu, bisa memulai latihan pada pekan lalu Sementara, untuk atlet di cabang olahraga tim dimulai pekan ini tepatnya 18 Mei.

Berkaca kepada hal itu, ada kemungkinan Serie A  dilanjutkan kembali pada Juni 2020. Namun sejumlah aspek harus diperhatikan bagi operator kompetisi.

Perhatikan Aspek Keamanan

Foto udara pagi pada 30 Maret 2020, jalan utama Piazza Venezia dan Via del Corso yang sepi selama penerapan penutupan nasional atau lockdown di Roma. Roma menjelma bak kota mati pasca pemerintah Italia memberlakukan aturan lockdown untuk mencegah penyebaran virus corona. (Elio CASTORIA/AFP)
Foto udara pagi pada 30 Maret 2020, jalan utama Piazza Venezia dan Via del Corso yang sepi selama penerapan penutupan nasional atau lockdown di Roma. Roma menjelma bak kota mati pasca pemerintah Italia memberlakukan aturan lockdown untuk mencegah penyebaran virus corona. (Elio CASTORIA/AFP)

Salah satunya adalah aspek keamanan. Menteri Olahraga Italia, Vincenzo Spadafora sudah memperingatkan, setiap klub bakal menjalani karantina jika satu pemainnya dinyatakan positif.

"Komite sains meminta perubahan terkait protokol FIGC (Asosiasi Sepak bola Italia). Contohnya, para pelatih dan pemain harus tetap dikarantina jika ada kasus positif saat latihan," kata Spadafora seperti dilansir Football Italia.

 

Klasemen Liga Italia

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Babinsa di Gorontalo Modifikasi Motor dan Korbankan Gaji demi Bagikan Takjil

Posted: 14 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Aksi Bintara Pembina Desa atau Babinsa bernama Koptu Ishak Nur patut diacungi jempol. Bagaimana tidak, anggota Koramil 1314-03/Batudaa ini menggunakan gajinya selama tiga bulan untuk membeli takjil lalu membagi-bagikannya kepada warga.

Ishak bahkan rela memodifikasi motor dinasnya dengan menyediakan sebuah boks bak penjual roti keliling di bagian belakang, semata-mata agar bisa membawa banyak takjil. Lalu setiap jelang waktu berbuka puasa, Ishak  keliling Kecamatan Dungaliyo, Kabupaten Gorontalo untuk berbagi takjil dengan pakaian dinas lengkapnya. 

"Agar masyarakat tidak keluar rumah untuk membeli takjil, maka saya berinisiatif mengantar takjil ini," kata Ishak Nur, Kamis (14/5/2020). 

Selain itu, Ishak juga berniat untuk menolong warga yang mengalami kesulitan di tengah pandemi Covid-19 ini. Ketika ia berkeliling, Ishak tidak hanya mengantar takjil saja, dirinya juga aktif memberikan himbauan agar masyarakat untuk tidak keluar rumah jika tidak ada urusan mendesak.

"Ini saya akan lakukan secara rutin selama ramadan, atau ketika ada rezeki lagi," jelasnya.

Ishak mengaku merelakan uang pribadinya yang ia tabung dari gajinya selama tiga bulan untuk memodifikasi boks di motornya dan membeli bahan untuk membuat takjil. 

"Alhamdulillah gaji saya yang tersimpan selama tiga bulan saya pakai untuk ini. Mudah-mudahan ini bisa membantu warga di wilayah saya," tandasnya.

Yasin Harun, salah seorang warga, mengaku sangat terbantu dengan aksi Babinsa Kecamatan Dungaliyo itu. Yasin adalah seorang buruh yang dirumahkan sejak pemberlakukan PSBB di Gorontalo diberlakukan.

"Untuk membeli takjil saja tidak ada, untungya ada takjil gratis dari abang TNI ini," ucap Yasin. 

Simak juga video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Doa Enteng Jodoh untuk Wanita

Posted: 14 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kumpulan Doa Ramadan kali ini hadir untuk para wanita yang ingin meminta jodoh.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Istri Ahok, Puput Nastiti Devi Berulang Tahun ke-23

Posted: 14 May 2020 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Istri Basuki Thaja Purnama atau Ahok, Puput Nastiti Devi hari ini berulang tahun yang ke-23. Ahok mengunggah foto keluarga bersama istri, anak, dan ibundanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Tangkap Pelaku Jual Beli Online Surat Sehat Bebas Corona di Bali

Posted: 14 May 2020 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Viral di sosial media tangkapan layar adanya penjualan surat sehat tanda bebas virus Corona atau Covid-19 lewat situs dan aplikasi jual beli online. Polisi pun langsung melakukan penelusuran dan menangkap pelaku di Bali.

"Ada yang beredar terkait dengan jual beli online. Saya sudah sampaikan ke Kabareskrim. Kemarin terjadinya di Bali," tutur Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (15/5/2020).

Menurut Gatot, penelusuran penjualan surat sehat tanda bebas virus Corona tersebut kemudian turut dilakukan oleh jajaran Polda Bali. Kini pelaku telah ditangkap dan diproses penyidik.

"Ditangani Kapolda Bali. Dan pelakunya sudah ditangkap," jelas dia.

Atas peristiwa munculnya penjualan surat sehat tanda bebas virus Corona tersebut, Polri pun memerintahkan seluruh jajaran melakukan pengawasan ketat. Jangan sampai ada kasus serupa muncul dan kembali membuat gaduh di mayarakat.

"Kabareskrim sudah sampaikan ke jajarannya untuk antisipasi agar ini tidak terjadi ke depan," Gatot menandaskan.

Viral penjualan surat bebas Covid-19 di platform e-commerce

Petugas medis menata sampel penumpang KRL Commuter Line saat tes swab dengan metode polymerase chain reaction (PCR) di Stasiun Bekasi, Selasa, (5/5/2020). Pemkot Bekasi melakukan tes swab secara massal setelah tiga penumpang KRL dari Bogor terdeteksi virus corona. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Petugas medis menata sampel penumpang KRL Commuter Line saat tes swab dengan metode polymerase chain reaction (PCR) di Stasiun Bekasi, Selasa, (5/5/2020). Pemkot Bekasi melakukan tes swab secara massal setelah tiga penumpang KRL dari Bogor terdeteksi virus corona. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sebuah gambar tangkapan layar yang memperlihatkan penjualan surat bebas Covid-19 di platform e-commerce Shopee mendadak jadi viral di media sosial, khususnya Twitter.

Pasalnya, surat bebas Covid-19 yang harusnya dikeluarkan oleh institusi resmi bagi orang-orang yang dianggap berkepentingan, itu justru diperjualbelikan di toko online dengan harga tidak wajar, yakni Rp 39 juta.

Pihak Shopee pun memberikan tanggapan atas hal ini. Dalam keterangan resmi yang diterima Liputan6.com, Kamis (14/5/2020, Public Relations Lead Shopee Indonesia, Aditya Maulana menyebut, Shopee telah menurunkan produk dan menutup toko tersebut.

"Shopee telah menurunkan produk dan menutup toko tersebut dari platform kami," katanya.

Lebih lanjut, Aditya mengungkap, kenyamanan dan keamanan para pengguna Shopee dan masyarakat menjadi prioritas perusahaan di tengah pandemi.

"Kami tidak mentolerir tindakan yang mengeksploitasi situasi Covid-19 dan membahayakan keselamatan publik," kata Aditya.

Sementara itu, Tokopedia pun memberikan tanggapan atas masalah ini.

Melalui keterangan resmi, External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya mengatakan, Tokopedia terus berupaya memastikan berbagai produk yang dijual di platform-nya sudah seusai dengan aturan yang berlaku, baik dari sisi jenis produk, harga, kesesuaian judul, maupun deskripsi.

"Jika ada penjual yang melanggar, Tokopedia berhak melakukan tindakan berupa pemeriksaan, penundaan atau penurunan konten, serta tindakan lain sesuai prosedur," kata Ekhel, Kamis (14/5/2020).

Ekhel menambahkan, "Saat ini, kami telah menindak produk dan/atau toko yang dimaksud sesuai prosedur." Lebih lanjut menurutnya, sebagai upaya menciptakan peluang bagi para penjual di Indonesia, Tokopedia bersifat user generated content (UGC).

Artinya, setiap pihak dapat melakukan pengunggahan produk di Tokopedia secara mandiri. Meski UGC bermanfaat, Ekhel menyebut, Tokopedia tetap harus melakukan aksi proaktif untuk menjaga norma dan hukum yang berlaku.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pandemi Corona, MUI Imbau Umat Tetap Hidupkan Malam Idul Fitri dengan Takbir

Posted: 14 May 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa Nomor 28 Tahun 2020 tentang Panduan Kaifiat Takbir dan Salat Idul Fitri saat Pandemi Covid-19.

Dalam fatwa yang diterbitkan pada Rabu, 13 Mei 2020, MUI menyatakan setiap umat Islam dalam kondisi apapun disunnahkan menghidupkan malam Idul Fitri dengan takbir, tahmid, dan tahlil menyeru keagungan Allah SWT.

"Waktu pelaksanaan takbir mulai dari tenggelamnya matahari di akhir Ramadan hingga jelang dilaksanakannya salat Idul Fitri," demikian dikutip dari fatwa MUI, Kamis (14/5/2020).

Fatwa tersebut menyatakan, disunnahkan membaca takbir di rumah, di masjid, di pasar, di kendaraan, di jalan, di rumah sakit, di kantor, dan di tempat-tempat umum sebagai syiar keagamaan.

Pelaksanaan takbir bisa dilaksanakan sendiri atau bersama-sama, dengan suara lantang atau pelan.

Dalam situasi pandemi yang belum terkendali, takbir bisa dilaksakan di rumah, di masjid oleh pengurus takmir, di jalan oleh petugas atau jemaah secara terbatas, dan juga melalui media televisi, radio, media sosial, dan media digital lainnya.

"Umat Islam, pemerintah, dan masyarakat perlu menggemakan takbir, tahmid, dan tahlil saat malam Idul Fitri sebagai tanda syukur sekaligus doa agar wabah Covid-19 segera diangkat oleh Allah SWT," kata MUI.

Selain itu, dalam fatwanya, MUI juga memberikan panduan salat Idul Fitri di masa pandemi Covid-19. MUI tak melarang umat Islam salat Idul Fitri berjamaah di masjid atau tanah lapang selama tidak terdapat penularan di daerah tersebut.

 

Salat Idul Fitri di Rumah

Tata Cara Salat Idul Fitri / Sumber: iStockphoto
Tata Cara Salat Idul Fitri / Sumber: iStockphoto

Namun jika daerah tersebut masuk dalam zona merah, MUI menyarankan agar salat Idul Fitri dilaksanakan di kediaman masing-masing. Salat Idul Fitri di rumah bisa dilakukan secara berjamaah maupun sendiri.

MUI menyebut, dalam melaksanakan ibadah salat Idul Fitri di kediaman masing-masing harus tetap melaksanakan protokol kesehatan demi mencegah terjadinya penularan virus corona Covid-19.

Dalam melaksanakan ibadah salat Idul Fitri di rumah dan berjamaah bersama anggota keluarga, maka ketentuannya sesuai fatwa MUI yakni jumlah jamaah yang salat minimal empat orang. Satu orang imam dan tiga orang makmum.

Usai salat Idul Fitri, dianjurkan melaksanakan khutbah Idul Fitri. Namun jika jumlah jamaah kurang dari empat orang atau jika dalam pelaksanaan salat jamaah di rumah tidak ada yang berkemampuan untuk khutbah, maka salat Idul Fitri boleh dilakukan berjamaah tanpa khutbah.

Sedangkan jika salat Idul Fitri dilaksanakan secara sendiri (munfarid), maka ketentuannya yakni berniat melaksanakan ibadah Salat Idul Fitri secara sendiri, dan dilaksanakan dengan bacaan pelan.

"Tidak ada khutbah," kata MUI.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelatih Augsburg Absen di Laga Bundesliga Gara-Gara Beli Odol

Posted: 14 May 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Berlin - Bundesliga 2019/20 resmi dilanjutkan pada Sabtu (16/5/2020). Namun, pelatih Augsburg, Heiko Herrlich tidak bisa menampingi timnya.

Herrlich tidak bisa mendampingi timnya melawan Wolfburg di WWK Arena, besok dalam lanjutan Bundesliga. Sebabnya, pelatih berusia 48 tahun itu melanggar aturan karantina.

Pada Kamis (14/5/2020), Herrlich meninggalkan hotel untuk membeli odol di supermarket. Hal itu membuatnya tidak bisa memimpin latihan dan mendampingi timnya di pentas Bundesliga.

Herrlich pun menyadari kalau dia sudah melakukan kesalahan. Eks pelatih Bayer Leverkusen itu pun menerima hukuman yang diberikan kepadanya.

"Saya membuat kesalahan dengan meninggalkan hotel. Meskipun, saya sudah mengikuti langkah kebersihan ketika pergi dan kembali ke hotel, tapi hal ini sudah terjadi. Saya tidak bertindak sebagai panutan yang baik untuk tim saya dan publik," ujar Herlich dikutip dari BBC.

"Oleh karena itu, saya menerima konsekuensi dari kesalahan saya. Karena kesalahan ini saya tak bisa memimpin latihan (di hari Jumat) dan mendampingi tim di ajang Bundesliga saat melawan Wolfsburg pada hari Sabtu," katanya menambahkan.

 

 

Harus Tes Virus Corona

ilustrasi virus corona covid-19/photo copyright by Shutterstock
ilustrasi virus corona covid-19/photo copyright by Shutterstock

Akibat ulahnya itu, Herrlich harus menjauh dari pemain dan staf pelatih Augsburg. Dia harus menjalani tes virus corona covid-19 sebanyak dua kali hingga hasilnya negatif.

Langkah ini merupakan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan untuk melanjutkan Bundesliga 2019/20. Pihak Bundesliga ingin menjamin semua tim dalam keadaan sehat.

 

 

Jadwal Bundesliga

16 Mei 2020

20.30 WIB, Dortmund vs Schalke

20.30 WIB, Leipzig vs Freiburg

20.30 WIB, Hoffenheim vs Hertha

20.30 WIB, Dusseldorf vs Paderborn

20.30 WIB Augsburg vs Wolfsburg

23.00 WIB, Frankfurt vs Gladbach

17 Mei 2020

20.30 WIB, Koln vs Mainz

23.00 WIB, Union Berlin vs Bayern Munchen

19 Mei 2020

01.30 WIB, Bremen vs Leverkusen

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Fakta Sosok Koh Steven, Mualaf yang Sumbang Rp 13 Miliar untuk Kemanusiaan

Posted: 14 May 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Nama Koh Steven sedang hangat diperbincangkan publik. Pria yang memiliki nama lengkap Steven Indra Wibowo ini adalah seorang mualaf yang berasal dari Yogyakarta. Pria berusia 38 tahun ini, menjual harta bendanya untuk aksi kemanusiaan. Salah satu aksi mulia yang dilakukan Koh Stevan yakni mengumpulkan dana hingga 13 miliar demi membantu menangani persoalan pandemi Corona Covid-19.

Tak banyak yang tahu soal kiprah Koh Steven, karena aksi yang dilakukannya lebih banyak dan tidak menonjolkan namanya. Aksi-aksi kemanusiaan seperti ini sudah sering dilakukannya semenjak erupsi Merapi, gempa Lombok, tsunami Banten, dan gempa Palu.

Aksi kemanusiaan yang dilakukannya ini sudah diperhitungkan sejak kasus Corona Covid-19 muncul di Wuhan. Hal tersebut diketahuinya karena Koh Steven adalah seorang direktur eksekutif di lembaga riset terkemuka internasional di Singapura. Ia sudah membaca perkiraan pandemi Corona Covid-19 akan menurunkan status ekonomi orang-orang.

"Mereka yang status ekonominya A, bisa jadi B, yang B, bisa jadi C, yang biasa jajan di atas Rp 10 juta berkurang menjadi Rp 7 juta, begitu seterusnya," ucapnya.

Dalam akun Instagram miliknya, Koh Steven sering membagikan momen dirinya saat memberikan bantuan untuk membantu sesama. Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang fakta sosok Koh Steven, yang sumbang dana demi aksi kemanusiaan, Jumat (15/5/2020).

 

1. Membeli Sawah Ribuan Hektare

Koh Steven menggagas program yang diberi nama Ketahanan dan Kecakapan Pangan. Ia membeli sawah ribuan hektare di berbagai daerah di Indonesia. Tujuannya, supaya ia bisa memanen padi untuk mempersiapkan ketahanan pangan selama pandemi Corona Covid-19 berlangsung.

Menurut Koh Steven, pandemi Corona Covid-19 akan mencapai puncak. Diperkirakan masa itu datang pada Juli dan Agustus. Saat itu, orang sudah kelelahan dan sumber daya nyaris habis.

"Jadi saya beli sawah sekarang (dari hasil jual harta), ditanami padi, dan tiga bulan lagi bisa untuk membantu mencukupi kebutuhan pangan," tuturnya.

 

 

 

2. Jual Rumah dan Kendaraan

Sekitar Februari ia mulai kehabisan uang untuk operasional dan menjalankan aksi kemanusiaannya. Satu persatu hartanya dijual. Pertama, rumah yang berada di Jakarta. Aksi kemanusiaan kembali bergulir.

Uang kembali menipis, ia menjual rumah miliknya yang berada di Bandung pada awal Maret. Tak sampai di situ, tujuh buah mobil, dan tiga motor gede koleksinya pun ikut dijual.

Uang yang terkumpul dari kocek pribadinya itu untuk membuat 48.000 baju hazmat yang dibagikan ke hampir 5.000 fasilitas kesehatan dan rumah sakit, pemasangan surgical glow ke 43.000 baju alat pelindung diri (APD) agar sesuai standar WHO, memproduksi 150.000 masker, 80.000 hand sanitizer, serta ratusan ribu paket makan dan puluhan ribu paket sembako.

Distribusi bantuan pun nyaris ke seluruh Indonesia. Wilayah paling barat yang tersentuh adalah Aceh Timur, dan daerah paling timur adalah Pulau Buru.

3. Menggandeng Komunitas

Sebenarnya ia tidak pernah berpikir menjual harta bendanya. Sejak Januari, ia sudah mulai menjalankan aksi kemanusiaan dengan mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan ketika pandemi Corona Covid-19 masuk ke Indonesia. Waktu itu ia masih menggunakan uang tabungan dan perputaran uang di beberapa lini bisnis miliknya.

Belanja bahan, belanja mesin, adalah sebagian caranya mempersiapkan amunisi sebelum badai pandemi benar-benar dirasakan di dalam negeri. Ia menggandeng komunitas, termasuk Mualaf Center Indonesia, mengingat laki-laki kelahiran 38 tahun silam ini menjabat sebagai ketua di organisasi itu.

Ia mencari penjahit rumahan yang mau diberdayakan untuk menjahit masker dan baju hazmat. Tidak mungkin ia membuat sebuah tempat khusus dan mempekerjakan banyak orang dalam satu ruangan.  Corona Covid-19 membuat manusia harus berjarak, maka bekerja dari rumah menjadi solusi.

"Lebih baik kami yang berputar dari satu rumah ke rumah penjahit lain itu untuk meminimalkan penyebaran ketimbang mengumpulkan pekerja dalam jumlah besar di sebuah tempat," ucapnya.

 

 

 

 

4. Memilih Tinggal di Kontrakan

Steven Indra Wibowo atau akrab disapa Koh Stevan ini, sesekali mengontrak sebuah rumah di daerah yang disinggahi supaya lebih efisien dalam penyaluran bantuan. Pernah ia mengontrak di Kebumen dan baru-baru ini ia tinggal di rumah kontrakan di kawasan Maguwoharjo, Sleman.  Sementara sang istri sedang tinggal di Bandung bersama mertuanya.

Steven percaya bahwa harta akan datang lagi dengan mudah. Dia mengaku pernah hidup miskin. Yakin bahwa Allah akan mencukupkan. Rumah miliknya yang masih bertahan ada di Salatiga. Pengusaha tajir melintir ini masih mempertahankan satu motor matic nya untuk bepergian.

5. Harta Titipan Tuhan

Bagi Koh Steven, harta yang dimiliki hanya titipan Tuhan, sehingga suatu saat pasti kembali. Ia meyakini, ada dua cara harta kembali ke Allah Swt. Pertama, dalam keadaan dipaksa karena suatu musibah. Kedua, mengembalikan dalam bentuk sedekah. Koh Steven memilih cara yang kedua.

Ia juga bercerita sang istri juga tidak langsung setuju dengan rencananya. Namun, ia memberi pengertian sehingga saat ini istrinya pun mendukung langkah dan aksi kemanusiaan ini.

Koh Steven memahami di masa seperti ini, orang tidak cukup dengan bersimpati. Penyakit ini bisa menimpa siapa saja, termasuk anggota keluarga dan diri sendiri. Oleh karena itu, melalui caranya, Koh Steven menunjukkan empati di tengah pandemi.

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

43,91 Juta Orang Sudah Lakukan Sensus Penduduk

Posted: 14 May 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Suhariyanto, mencatat jumlah masyarakat Indonesia yang sudah berpartisipasi melakukan sensus penduduk online mencapai 43,91 juta jiwa. Angka ini diperoleh berdasarkan hasil perhitungan pada malam tadi.

"Yang telah mengisi sensus penduduk online kondisi terakhir pada tanggal 15 Mei jam 00.00 WIB tadi pagi jumlah penduduk yang telah mengisi sensus penduduk online adalah sekitar 43,91 juta jiwa," kata dia dalam video conference di Jakarta, Rabu (15/5).

"Untuk itu saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Indonesia yang sudah berpartisipasi di dalam sensus penduduk online," sambung dia.

Dia juga mengajak agar seluruh masyarakat yang belum berpartisipasi ikut sensus penduduk dapat segera melakukannya. Pihaknya membuka ruang sampai dengan 29 Mei 2020 mendatang.

"Bagi yang belum mengisi sensus penduduk online saya mengajak untuk mengisi sensus penduduk online sampai nanti tanggal 29 Mei 2020 cukup di rumah saja," tandas dia.

 

Diperpanjang

Petugas BPS menunjukan jumlah masyarakat yang telah melakukan sensus penduduk online di Gedung BPS, Jakarta, Senin (17/2/2020). BPS telah memulai pendataan Sensus Penduduk pada 15 Februari hingga 31 Maret 2020 yang dapat diakses dengan perangkat yang terhubung internet. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Petugas BPS menunjukan jumlah masyarakat yang telah melakukan sensus penduduk online di Gedung BPS, Jakarta, Senin (17/2/2020). BPS telah memulai pendataan Sensus Penduduk pada 15 Februari hingga 31 Maret 2020 yang dapat diakses dengan perangkat yang terhubung internet. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) memperpanjang waktu pengisian Sensus Penduduk 2020 yang dilakukan secara online hingga akhir Mei. Seperti diketahui, tenggat waktu pengisian sensus penduduk akan berakhir Selasa ini.

"Kemungkinan besar akan ada perpanjangan waktu, besok akan disampaikan secara resmi oleh Kepala BPS setelah rilis inflasi," ujar Deputi Bidang Statistik Sosial BPS, Margo Yuwono, di Jakarta, Selasa (31/3).

Kendati begitu, Margo belum bisa memastikan sampai kapan perpanjangan ini dilakukan. Mengingat saat ini pihaknya masih mendiskusikan secara internal di lingkungan BPS.

"Perpanjangan waktu masih mau dirapatin hari ini. Pengumuman besok ya," kata dia.

Dwi Aditya Putra

Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inalum Terbitkan Global Bond Senilai Rp 37,5 Triliun

Posted: 14 May 2020 09:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Holding Industri Pertambangan PT Indonesia Asahan Aluminium/Inalum (Persero) atau yang dikenal dengan Mining Industry Indonesia (MIND ID) menerbitkan obligasi global atau global bond senilai USD 2,5 miliar atau sekitar Rp 37,5 triliun (asumsi kurs Rp 15.000).
 
Rencananya, dana segar yang diraup dari penerbitan obligasi ini bakal digunakan untuk melakukan refinancing atau pembayaran utang perusahaan di grup yang jatuh tempo serta proses akuisisi strategis. 
 
CEO MIND ID Orias Petrus Moedak menyatakan, keberhasilan penerbitan obligasi terbesar di antara perusahaan pertambangan di Asia ini menunjukkan kepercayaan investor global terhadap prospek jangka panjang MIND ID.
 
"Dengan tercapainya besaran pendanaan yang dibutuhkan dan target tingkat kupon yang diinginkan, penerbitan obligasi ini memperlihatkan kepercayaan investor terhadap kemampuan MIND ID dalam mengelola portofolio pembiayaan dan menjaga likuiditas," ujar Orias di Jakarta, Jumat (15/5/2020). 
 
Secara rinci, obligasi global tersebut terdiri dari tiga masa jatuh tempo, yaitu tenor hingga 2025 senilai USD 1 miliar dengan tingkat kupon sebesar 4,75 persen, lalu tenor hingga 2030 senilai USD 1 miliar dengan tingkat kupon sebesar 5,45 persen dan tenor hingga 2050 senilai USD 500 juta dengan tingkat kupon sebesar 5,8 persen. 
 
 

Oversubscribed

Aluminimum produksi PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum) di Kuala Tanjung Sumatera Utara. (Ilyas/Liputan6.com)
Aluminimum produksi PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum) di Kuala Tanjung Sumatera Utara. (Ilyas/Liputan6.com)
Adapun, obligasi yang dipasarkan di Singapura, London, Hong Kong dan New York ini juga mengalami oversubscribed hingga 6,4 kali. 
 
Untuk penerbitan ini, obligasi global MIND ID mendapatkan peringkat Baa2 dari Moody's dan BBB- dari Fitch. Obligasi ini akan didaftarkan di Singapore Exchange Securities Trading Limited (SGX-ST). Serta, tidak ada aset maupun saham yang dijaminkan oleh Inalum dan anak usaha dalam penerbitan obligasi ini.
 
"MIND ID terus berkomitmen membangun kehidupan yang lebih sejahtera dan masa depan yang lebih baik
bagi bangsa melalui aksi-aksi korporasi dalam pengelolaan sumber daya alam strategis," ujar Orias.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mantan Istri Ustaz Abdul Somad Sarankan Sediakan Makanan Khas di Rumah untuk Hilangkan Rindu

Posted: 14 May 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah memerintahkan untuk tidak mudik pada Lebaran tahun ini bagi para perantau. Hal itu kembali diingatkan oleh mantan istri Ustaz abdul Somad, Mellya Juniarti.

Apalagi, Lebaran tak terasa sudah di ujung mata. Mantan istri Ustaz Abdul Somad punya cara tersendiri untuk menghilangkan rindu kampung halaman, apalagi makanan khas.

Untuk itu, mantan istri Ustaz Abdul Somad ini menyarankan untuk menghadirkan suasana kampung halaman di rumah saja. Bagaimana caranya?

 

Makanan Khas

Mantan istri UAS, Mellya Juniarti berjualan rendang (Foto: Instagram/@mizyanhadziq)
Mantan istri UAS, Mellya Juniarti berjualan rendang (Foto: Instagram/@mizyanhadziq)

Salah satu caranya dengan menyediakan makanan khas kampung halaman.

"H 20 Ramdhan, gak teresa sbntr lgi Ramdhan meningglkan kita,Smg Allah ampunkan dosa, Allah ijabah pinta.Walau gak bisa mudik, tapi hati rindu kampung,, rindu masakan mak.. laa tahzaan,Hadirkan suasana mudik nya dirumah aja momm..," tulisnya.

 

Promosi

Mantan istri Abdul Somad ini pun mempromosikan dagangannya yang sejak beberapa waktu lalu dilakukan.

"Gimana caranya??? Hadirkan Rendang Dapoer Ummu Mizyan ditengah hidangan pas dihari yg fitri nanti yaa... Uda mulai pree order sampe tgl 20 Mei jgn smpe gak kebagian..," lanjutnya sambil mengunggah foto rendang.

 

Bikin Lapar

Unggahan Mellya Juniarti ini mendapat tanggapan dari warganet. Mereka mengaku tergoda dengan gambar yang diposting mantan istri Ustaz Abdul Somad itu.

"Lapeeeer liyat nyaa πŸ˜…πŸ€€πŸ€€," tulis akun @nahril.ilmi.

"Masyaallah belum bukaπŸ˜‚," timpal akun @f27riza.

"Rendangnya rancak bana menggugah salero πŸ’πŸ’," lanjut akun @amirasilo.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peringati 72 Tahun Peristiwa Nakba, Palestina Ingin Tanah Mereka Dikembalikan

Posted: 14 May 2020 09:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dalam memperingati 72 tahun Peristiwa Nakba, pemerintah Palestina menyampaikan bahwa di bawah hukum intemasional, semua individu memiliki hak untuk kembali.

Hak untuk kembali menjamin semua individu hak mendasar untuk kembali ke Tanah Air mereka. Para pengungsi Palestina 1948 memiliki hak untuk kembali ke rumah asal mereka di tempat yang sekarang disebut Israel.

Dalam keterangan pers yang diterima oleh Liputan6.com dari Kedutaan Besar Palestina di Jakarta, Jumat (15/5/2020), pemerintah Palestina menyoroti sikap membuang dan menelantarkan manusia dalam kasus ini.

"Jika diskriminasi berdasarkan ras, etnis, agama, atau kriteria politik saja dilarangoleh hukum intemasional, maka larangan membuang atau menelantarkan manusia harusnya lebih diperkuat dan dipertegas. Faktanya, merupakan hal terburuk Ketika Anda harus meninggalkan rumah Anda dan harta benda Andasendiri. Bisakah Anda membayangkannya?"

"Perserikatan Bangsa-Bangsa telah menyerukan Israel secara langsung untuk sepenuhnya mengimplementasikan hak-hak pengungsi Palestina 1948 yang dijamin secara intemasional," demikian disampaikan dalam rilis.

"Seruan ini datang pada awal Desember 1948 dalam bentuk Resolusi Majelis Umum No. 194 yang menyatakan dengan tegas kewajiban Israel berdasarkan hukum intemasional untuk mengizinkan para pengungsi Palestina 1948 untuk melaksanakan hak mereka untuk Kembali ke tanah air atau rumah asal mereka."

"Resolusi No. 194 secara khusus menyatakan bahwa para pengungsi Palestina memiliki hak untuk kembali ke rumah asal mereka."

"Diskusi tentang implementasi hak pengembalian pengungsi Palestina tahun 1948 menimbulkan berbagai pertanyaan mengenai sifat negara Israel dan legalitas tindakannya terhadap segala yang berkaitan dengan pengungsi Palestina tahun 1948, termasuk penghalangan hak mereka untuk kembali, melakukan denasionalisasi dan secara ilegal merampas seluruh properti pribadi dan tanah mereka."

 

Sekilas Tentang Peristiwa Nakba Palestina

Warga Palestina membentang bendera negara mereka, bergembira menyambut rekonsiliasi antara Hamas dan Fatah (AP Photo/Khalil Hamra)
Warga Palestina membentang bendera negara mereka, bergembira menyambut rekonsiliasi antara Hamas dan Fatah (AP Photo/Khalil Hamra)

Nakba Palestina menggambarkan suatu proses pembersihan etnis di mana negarayang tidak bersenjata telah dihancurkan dan penduduknya dipindahkan untuk digantikan secara sistematis oleh negara lain.

Nakba Palestina adalah hasil dari rencana militer buatan manusia dengan persetujuan negara-negara lain, yang membawa pada tragedi besar bagi rakyat Palestina. Pendudukan tanah Palestinayang tersisa pada tahun 1967 menghasilkan tragedi tambahan.

Faktanya, gagasan perpindahan penduduk telah memainkan peran kunci dalam pemikiran Zionis sejak berdirinya gerakan Zionis pada akhir abad ke-19. Menurut Program Gerakan (1 897), "tujuan Zionisme adalah untuk menciptakan sebuah rumah bagi orang-orang Yahudi di Palestina yang dijamin oleh hukum internasional publik sebagai satu-satunya solusi atas penganiayaan terhadap orang Yahudi di seluruh dunia.

Pemikir terkemuka Zionis mengembangkan banyak rencana untuk melakukan pembersihan etnis di Palestina sehingga memungkinkan gerakan tersebut untuk membangun dan mempertahankan negara etnis Yahudi.

Pada November 1917, kabinet Inggris mengeluarkan Deklarasi Balfour. Surat satu halaman dari Balfour, Sekretaris Luar Negeri lnggris untuk Lord Rothschild, kepala Federasi Zionis Inggris, mendukung gagasan membangun "rumah nasional" Yahudi di Palestina melalui imigrasi dan kolonisasi. Pada saat itu, orang Yahudi hanya mewakili 8 persen dari populasi Palestina, dan memiliki kurang dari 30/0 dari total tanah di negara itu. Mayoritas komunitas Yahudi di Palestina tidak mendukung gagasan Zionisme untuk menciptakan negara Yahudi yang terpisah dan eksklusif di negara tersebut.

Terlepas darimeluasnya penentangan Arab Palestina terhadap Deklarasi Balfour, Inggris Raya memandang penjajahan Zionis sebagai cara untuk memajukan kepentingan Inggris di kawasan itu.

Pada awal 1947, pemerintah Inggris memberi tahu Perserikatan Bangsa-Bangsa(PBB) yang baru dibentuk akan niatnya untuk menarik diri dari Palestina,mengakhiri lebih dari dua dekade pemerintahan Inggris di tanah tersebut. Piagam PBB menetapkan bahwa wilayah yang tidak berpemerintahan sendiri harus merdeka dengan berakhinya mandat. Sebagai gantinya, Piagam tersebut mengatur pembentukan "Perwalian Sementara" yang serupa dengan sistem mandat.

Majelis Umum PBB, bagaimanapun memutuskan untuk menunjuk komite khusus untuk merumuskan rekomendasi mengenai status masa depan Palestina. Majelis juga menolak permintaan untuk mendapatkan pendapat dari Mahkamah Internasional (IeJ) tentang hasil hukum yang sesuai dari keputusan Inggris untuk mengakhiri Mandat di Palestina, serta otoritas hukum PBB untuk mengeluarkan dan menegakkan rekomendasi pada status masa depan negara.

Resolusi Majelis Umum PBB 181 (II), tanggal 29 November 1947, merekomendasikan pembagian Palestina. Resolusi ini mengusulkan dua negara, satu Arab dan satu Yahudi, di mana semua orang dijamin hak yang sarna. Negara Yahudi yang diusulkan mewakili 56 persen dari tanah Palestina, meskipun komunitas Yahudi kurang dari sepertiga dari populasi Palestina pada saat itu dan tidak memiliki lebih dari 7 persen tanah.

Antara 1922 dan 1948, populasi Yahudi di Palestina meningkat lebih dari enam kali, karena imigrasi. Pada saat yang sama, komunitas internasional memfasilitasi pemukiman kembali orang-orang Yahudi Eropa yang terlantar di Palestina yang mana hal tersebut melanggar komitmen internasional untuk tidak memukimkan kembali orang-orang terlantar di wilayah yang tidak berpemerintahan sendiri.

Ribuan warga Palestina diusir dari rumah mereka tetapi tetap tinggal di wilayah yang dikuasai Israel tahun 1948. Israel mengendalikan 774 kota dan desa dan menghancurkan 531 kota dan desa Palestina selama Nakba. Pasukan Israel juga termasuk yang bertanggungjawab atas lebih dari 70 pembantaian di mana 15.000 warga Palestina tewas.

Populasi Palestina adalah 1,4 juta pada tahun 1948 tetapi pada akhir 2020, populasi Palestina di dunia diperkirakan berjumlah 12,4 juta. lni menunjukkan bahwa jumlah orang Palestina di seluruh dunia telah berlipat ganda delapan kali lipat dalam 72 tahun sejak Nakba. Menurut statistik, jumlah total warga Palestina yang tinggal di Palestina yang bersejarah (antara Sungai Yordan dan Mediterania) adalah 7 juta.

Perkiraan ini mewakili jumlah minimum pengungsi Palestina, mengingat masih adanya keberadaan pengungsi yang tidak terdaftar. Perkiraan ini juga tidak termasuk warga Palestina yang mengungsi antara tahun 1949 dan perang 1967, menurut definisi UNRWA, dan tidak termasuk orang-orang non-pengungsi yang meninggalkan atau terpaksa untuk pergi akibat perang pada tahun 1967.

Jumlah orang-orang Palestina yang tetap tinggal di tanah air mereka di wilayah 1948 setelah Nakba diperkirakan 154 ribu orang, sekarang diperkirakan 1,5 juta pada peringatan 72 tahun Nakba ini.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Istana: Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan Sudah Perhitungkan Kemampuan Masyarakat

Posted: 14 May 2020 09:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pelaksana Tugas Deputi II Kantor Staf Presiden Abetnego Tarigan mengatakan, kenaikan iuran BPJS Kesehatan di tengah pandemi virus Corona (Covid-19), sudah memperhitungkan kemampuan bayar (ability to pay) masyarakat. Menurut dia, Kementerian Keuangan sudah melakukan perhitungan terkait hal itu.

"Dari Kementerian Keuangan mengatakan, perhitungan itu juga sudah memperhitungkan terkait dengan ability to pay-nya dalam melakukan pembayaran," kata Abetnego, Jumat (15/5/2020).

Dia menyadari, perekonomian masyarakat kini tengah terpuruk akibat pandemi Corona. Namun, Abetnego menyebut saat ini pun negara juga mengalami kesulitan.

"Di dalam konteks potret negara juga kita lihat bahwa negara juga dalam situasi yang sulit kan. Artinya penerimaan negara juga menurun drastis," jelas dia.

Abetnego menjelaskan, kenaikan iuran BPJS Kesehatan tersebut demi suistainability, keberlanjutan secara finansial. Dia menuturkan pemerintah berupaya memperbaiki pelayanan dan sistem jaminan kesehatan nasional.

"Kita harus punya sistem jaminan kesehatan nasional dan itu kita pertimbangkan dari aspek keberlanjutan dan perbaikan layanan yang terus menerus," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali menaikkan iuran BPJS Kesehatan. Hal itu tertuang dalam Perpres Nomor 64 tahun 2020 tentang Perubahan Kedua Atas Perpres Nomor 82 tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan.

Rncian kenaikan iuran BPJS Kesehatan

Presiden Joko Widodo didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin memimpin rapat terbatas (ratas) di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (30/10/2019). Ratas perdana dengan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju itu membahas Penyampaian Program dan Kegiatan di Bidang Perekonomian. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Presiden Joko Widodo didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin memimpin rapat terbatas (ratas) di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (30/10/2019). Ratas perdana dengan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju itu membahas Penyampaian Program dan Kegiatan di Bidang Perekonomian. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Perpres itu diteken Jokowi pada 5 Mei 2020. Kenaikan iuran ini berlaku bagi peserta mandiri Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja (BP). Berikut rincian kenaikan iuran BPJS Kesehatan yang diatur dalam Pasal 34:

1. Iuran bagi peserta mandiri Kelas II naik menjadi Rp 100 ribu per orang per bulan

2. Iuran peserta mandiri Kelas I yaitu, sebesar Rp 150 ribu per orang per bulan.

3. Iuran bagi peserta PBPU dan Peserta BP Kelas III untuk tahun 2020 sebesar Rp 42ribu per orang per bulan. Adapun Rp 16.500 dibayarkan oleh pemerintah sehingga peserta BPJS kelas III hanya membayar Rp 25.500 per bulannya.

Namun, iuran peserta kelas III naik menjadi Rp 42 ribu per orang per bulan pada tahun 2021. Dengan rincian, Rp 7.000 subsidi pemerintah sementara sisanya dibayarkan oleh peserta BPJS kelas III.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tips Ngemil Lebih Bijak agar Tak Kelebihan Berat Badan selama Ramadan di Rumah Saja

Posted: 14 May 2020 09:35 PM PDT

Jakarta - Disadari atau tidak, perubahan kegiatan sehari-hari menjadi #dirumahaja selama masa pandemi corona Covid-19 membuat masyarakat ngemil secara berlebih. Tak jarang, timbul kekhawatiran akan dampaknya, seperti peningkatakan berat badan.

Pada dasarnya, orang Indonesia memang suka ngemil, 23% lebih banyak daripada rata-rata global. Hal ini terungkap melalui sebuah studi konsumen bertajuk 'The State of Snacking' yang dilakukan di Indonesia dan 11 negara lainnya.

Selain itu, hasil studi dari Mondelez Internasional tersebut juga menjelaskan bahwa rata-rata orang Indonesia bergantung pada camilan untuk memenuhi kebutuhan mental dan emosional.

Psikolog Klinis Tara De Thouars mengamini bahwa kebiasaan ngemil berlebih memang sangat rentan terjadi selama #dirumahaja pada masa pandemi ini. Hal tersebut dipicu oleh rasa bosan atau kondisi emosi tidak stabil dikarenakan perubahan kebiasaan yang mendadak, ataupun ketakutan akan pandemi itu sendiri.

Cara ngemil seperti ini lebih dikenal dengan sebutan emotional eater. "Saat tekanan emosional hadir, tubuh seolah memberikan sinyal yang mirip seperti rasa lapar. Sebenarnya sinyal tersebut hanyalah respon terhadap perasaan yang menjadi pelarian dari emosi negatif. Jika dorongan tersebut terus diikuti, tentu tubuh akan kelebihan asupan dan tentunya akan semakin beresiko jika dilakukan secara berulang," jelas Tara dalam siaran pers #NgemilBijak Mondelez.

Agar tidak memiliki efek samping yang berlebihan, ngemil bijak merupakan langkah tepat untuk mendapatkan kepuasan dalam konsumsi camilan sehingga tidak menimbulkan penyesalan setelahnya. Juga menghindari ngemil secara berlebih karena memperhatikan isyarat tubuh.

Kegiatan ngemil sebaiknya dilakukan secara sadar agar manfaat bisa didapatkan. Makanlah secara perlahan dan nikmati setiap gigitannya. "Ajak seluruh indera tubuh Anda terlibat, mulai dari memperhatikan bentuk, mencium aroma, menikmati rasa, hingga sensasi suara saat menggigit atau mengunyah camilan," kata Tara.

Melihat hal ini, Mondelez Indonesia meluncurkan kampanye #NgemilBijak guna mendorong setiap orang untuk lebih bijak mengkonsumsi camilan sehingga bisa mendapatkan manfaat secara lebih seimbang, baik untuk tubuh maupun pikiran.

"Kampanye #NgemilBijak merupakan inspirasi agar masyarakat memilih camilan yang tepat, mengkonsumsinya pada waktu yang tepat, serta menikmati camilan tersebut dengan cara yang tepat pula. Untuk mengetahui inspirasi #NgemilBijak lainnya dari Mondelez International, buka www.snackmindful.com.," ujar Khrisma Fitriasari selaku Head of Corporate Communication Mondelez Indonesia.

Masyarakat dapat menerapkannya sehari-hari dengan tiga langkah sederhana yaitu,

1) kenali isyarat tubuh mengapa ingin ngemil, misalnya apakah karena lapar ataukah perlu untuk mengembalikan mood,

2) kemudian bisa memilih apa camilan yang tepat berdasarkan isyarat tubuh tersebut, tentunya dengan memperhatikan porsi camilan dan waktu ketika Anda ngemil.

3) Perhatikan bagaimana ngemil, dengan memaksimalkan semua indera, karena akan dapat mengenali isyarat tubuh, kapan harus berhenti ngemil. Oleh karenanya, sebaiknya ngemil tidak dilakukan sambil berkegiatan lain, misalnya main gadget.

Saat Ramadan

camilan anak dan MPASI | pexels.com/@anastasia-shuraeva
camilan anak dan MPASI | pexels.com/@anastasia-shuraeva

Tara menyampaikan kebiasaan ngemil sesungguhnya bisa menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan kalori harian dan menjaga stabilitas metabolisme tubuh, asal dilakukan dengan bijak.

Memasuki bulan Ramadan, kebiasaan ngemil pun perlu disesuaikan mengingat terbatasnya waktu makan. Namun, sebagian orang terkadang tidak bisa makan banyak saat sahur ataupun berbuka sehingga lebih berisiko akan kekurangan asupan kalori.

"Padahal kebutuhan kalori harian tubuh tetap sama, baik berpuasa ataupun tidak," ujar Tara.

Selain itu menikmati camilan secara lebih bijak bersama keluarga juga bisa menjadi pilihan tepat sebagai kegiatan ringan yang menyenangkan untuk mempererat ikatan dan kehangatan dalam keluarga.

Disadur dari Fimela.com (Penulis Anisha Saktian Putri / Editor Nabila Mecadinisa, Published 15/5/2020)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Gaya Naysilla Mirdad Pakai Denim, Modis dan Memesona

Posted: 14 May 2020 09:35 PM PDT

Meskipun sering tampil anggun, adik dari Nana Mirdad ini juga bisa tampil swag dan keren saat pakai jaket denim. Terlebih lagi wajahnya yang dirias makeup tipis memberikan sisi natural look. (Liputan6.com/IG/@naymirdad)
Meskipun sering tampil anggun, adik dari Nana Mirdad ini juga bisa tampil swag dan keren saat pakai jaket denim. Terlebih lagi wajahnya yang dirias makeup tipis memberikan sisi natural look. (Liputan6.com/IG/@naymirdad)

Meskipun sering tampil anggun, adik dari Nana Mirdad ini juga bisa tampil swag dan keren saat pakai jaket denim. Terlebih lagi wajahnya yang dirias makeup tipis memberikan sisi natural look. (Liputan6.com/IG/@naymirdad)

Dipadukan dengan celana pendek dan sepatu kets putih, pesona Naysila Mirdad dengan jaket denim ini banjir pujian netizen. Gayanya bisa jadi inspirasi OOTD sehari-hari. (Liputan6.com/IG/@naymirdad)
Dipadukan dengan celana pendek dan sepatu kets putih, pesona Naysila Mirdad dengan jaket denim ini banjir pujian netizen. Gayanya bisa jadi inspirasi OOTD sehari-hari. (Liputan6.com/IG/@naymirdad)

Dipadukan dengan celana pendek dan sepatu kets putih, pesona Naysila Mirdad dengan jaket denim ini banjir pujian netizen. Gayanya bisa jadi inspirasi OOTD sehari-hari. (Liputan6.com/IG/@naymirdad)

Saat jalan-jalan ke Jepang, Naysilla tampil santai dan simpel dengan denim over size. Meski sederhana, penampilannya tetap kekinian dan modis. (Liputan6.com/IG/@naymirdad)
Saat jalan-jalan ke Jepang, Naysilla tampil santai dan simpel dengan denim over size. Meski sederhana, penampilannya tetap kekinian dan modis. (Liputan6.com/IG/@naymirdad)

Saat jalan-jalan ke Jepang, Naysilla tampil santai dan simpel dengan denim over size. Meski sederhana, penampilannya tetap kekinian dan modis. (Liputan6.com/IG/@naymirdad)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anies Ingin Pelajar Perhatikan Protokol Kesehatan Covid-19 saat Kembali Bersekolah

Posted: 14 May 2020 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Anies Baswedan ingin pelajar memperhatikan protokol kesehtan Covid-19 saat bersekolah kembali dijalankan.

Diketahui, sesuai dengan rencana Kepala Dinas Pendidikan DKI, tahun ajaran 2020/2021 kembali dijalankan 13 Juli 2020.

"Mulai sekarang di tiap sekolah disuruh nambah tempat cuci tangan. Bukan tak mungkin di depan kelas semua ada tempat cuci tangan, yang dulu barangkali kan bisa jadi dua kelas satu tempat cuci tangan," ujar Anies yang dikutip melalui akun Youtube Pemprov DKI yang diunggah hari ini, Jumat (15/5/2020)

Anies melanjutkan, protokol kesehatan di sekolah juga harus memperhatikan physical distancing seperti  menjaga jarak antarmeja, menyediakan masker, dan hand sanitizer bagi siswanya di dalam ruang kelas.

"Memang ini hal baru, tapi Insyaallah good learning. Jadi kita arahkan sebagian sekolah untuk masuk, sebagian sekolah tentu akan bertahan lebih lama," jelas Anies

Sementara itu, Dinas Pendidikan Pemprov DKI telah menyiapkan tiga skenario dalam mengoperasikan kembali kegiatan belajar dan mengajar di sekolah-sekolah di Jakarta. Tiga skenario tersebut adalah, sebagian sekolah, semua siswa belajar di sekolah, Sebagian sekolah, sebagian siswa belajar di sekolah. Semua sekolah, sebagian siswa belajar di rumah

"Jadi Prosedur tetapnya sama semua sekolah. Apa itu tentang sekolahnya aman dan sanitasinya," Anies menandasi.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gelar Operasi Pasar, Bulog Jual Beras Rp 11 Ribu per Kg

Posted: 14 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Perum Bulog pada Jumat, melakukan kegiatan operasi pasar khusus gula di Pasar Jatinegara, Jakarta Timur, untuk stabilisasi harga gula yang saat ini masih di atas harga acuan pemerintah yakni Rp12.500 per kilogram.

Dalam kegiatan operasi pasar tersebut, Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso menyatakan bahwa pihaknya menyalurkan gula dengan harga Rp11 ribu per kg ke pedagang eceran, sehingga diharapkan harga gula di tingkat konsumen tidak lebih dari Rp12.500 per kg.

"Kemarin masih terjadi harga gula sampai Rp17 ribu per kg, mulai hari ini kita berharap tidak ada lagi karena Bulog menyalurkan harga gula ke pedagang eceran Rp11 ribu per kg, tapi kita juga memberikan kesempatan pedagang mendapat keuntungan, meskipun tidak banyak," kata Budi Waseso atau akrab disapa Buwas usai memantau kegiatan stabilisasi harga di Pasar Jatinegara, Jakarta Timur, seperti dikutip dari Antara, Jumat (15/5/2020).

Buwas mengatakan kegiatan stabilisasi harga yang bekerja sama dengan para pedagang pasar ini untuk menjamin harga gula nasional stabil hingga di tingkat konsumen. Operasi pasar juga serentak dilaksanakan di seluruh pasar Indonesia mulai hari ini hingga Lebaran.

Pada kegiatan operasi pasar tersebut, Bulog menyalurkan gula sebanyak 200 kg ke masing-masing toko. Setelah nanti stok habis, Bulog segera memasok kembali agar stok melimpah.

Sebagaimana diketahui bahwa harga gula pasir di tingkat konsumen sejak menjelang bulan Ramadhan hingga saat ini mencapai harga Rp19 ribu per kg.

 

Harga Gula Masih Tinggi

Ilustrasi Foto Gula Pasir (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Gula Pasir (iStockphoto)

Berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS), harga rata-rata gula pasir nasional hingga Jumat (15/5), sudah mencapai Rp17.400 per kilogram. Harga tersebut lebih tinggi dibandingkan harga acuan tingkat konsumen sebesar Rp12.500 per kg.

Dengan stok yang dikuasai, Perum Bulog sangat optimis dapat menekan harga gula kembali ke HET Rp12.500 per kg.

"Kami optimis bahwa harga gula bisa kembali ke HET, setiap pedagang nanti kita mintakan surat pernyataannya untuk menjual maksimal seharga HET Rp12.500 per kg dan jika ada yang melanggar, kita akan laporkan kepada Satgas Pangan," kata Buwas.

Gula yang digelontorkan oleh Bulog dalam operasi pasar ini merupakan stok dari 22 ribu ton gula kristal putih yang baru saja didatangkan dari India, guna mengisi kebutuhan menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Impor gula tersebut baru sebagian dari izin impor yang diberikan kepada Bulog total 50 ribu ton. Impor gula ini merupakan penugasan dari hasil rakortas Kemenko Perekonomian untuk stabilisasi harga gula pasir.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sambut Lebaran, Oppo Beri Cashback hingga Rp 1 Juta

Posted: 14 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menyambut Hari Raya Idul Fitri yang tinggal menghitung hari, Oppo Indonesia memberikan penawaran menarik untuk sejumlah smartphone-nya.

Dalam keterangan resmi yang diterima Tekno Liputan6.com, Oppo bakal memberi cashback hingga Rp 1 juta untuk smartphone terbarunya.

Sekadar informasi, Oppo memang aktif merilis smartphone baru kepada konsumen di Indonesia. Misalnya Oppo Find X2, Oppo Find X2 Pro, Reno3, Reno3 Pro, A12, A31, dan terbaru Oppo A92.

Berbagai perangkat di atas, hadir untuk memberi pilihan kepada konsumen agar tetap bisa terhubung dengan teman dan keluarga pada Hari Raya Idul Fitri.

PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto mengatakan, Oppo ingin agar masyarakat Indonesia bisa terkoneksi satu sama lain saat Idul Fitri, dengan cara menghadirkan banyak pilihan produk.

"Berbagai perangkat tersebut dilengkapi dengan teknologi terbaru, desain yang ergonomis dan trendi serta sistem operasi yang mudah digunakan. Mulai 15 Mei 2020 kami memberikan promo berupa cashback pada beberapa lini produk," ujar Aryo dalam keterangan resmi, Jumat (15/5/2020).

Promo Berlangsung Mulai 15 Mei

Pabrik Oppo di Dongguan, Guangdong, Tiongkok. Liputan6.com/Ramdania El Hida
Pabrik Oppo di Dongguan, Guangdong, Tiongkok. Liputan6.com/Ramdania El Hida

Program bertajuk Promo Heboh Buat Lebaran ini berlangsung mulai 15 Mei 2020, di mana, smartphone tertentu bisa dibeli lebih murah.

Misalnya, Oppo A92 yang aslinya seharga Rp 4,2 juta didiskon Rp 100 ribu sudah termasuk bundling dengan earphone TWS Enco W31.

Konsumen juga mendapatkan keuntungan gratis berupa kuota sampai dengan 70GB dari Telkomsel untuk pembelian perangkat ini.

Selain itu, juga kemudahan pembayaran cicilan tanpa kartu kredit juga dihadirkan OPPO dengan menggunakan aplikasi Kredivo.

Oppo Reno3 Series

Oppo Reno3. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat
Oppo Reno3. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Tidak hanya itu, Oppo A12 dan Oppo A31 yang dibekali baterai tahan lama dan teknologi smart service juga diberikan potongan harga masing-masing menjadi Rp 2,3 juta dan Oppo A31 menjadi Rp 3 juta.

Sementara, Oppo Reno3 diberikan cashback hingga Rp 1 juta dan Oppo Reno3 Pro diberikan dengan potongan Rp 300 ribu.

Selama Promo Heboh Buat Lebaran, Reno3 Pro dapat dibeli dengan harga Rp 8 juta dan Reno3 seharga Rp 5,2 juta.

Untuk mempermudah konsumen, pembelian bisa dilakukan melalui WhatsApp Oppo Indonesia dengan nomor 0815-995-0000.

(Tin/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Viral Antrean Penumpang, AP II Evaluasi Jadwal Penerbangan

Posted: 14 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Manajemen Angkasa Pura II akan melakukan evaluasi jadwal penerbangan selama PSBB setelah terjadi penumpukan penumpang yang menjadi viral.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Beroperasinya Flyover Gaplek Pamulang

Posted: 14 May 2020 09:30 PM PDT

Kendaraan bermotor melintasi flyover simpang gaplek di Pamulang, Tangerang Selatan, Jumat (15/5/2020). Beroperasinya flyover sepanjang 446 meter  yang menghubungkan Ciputat- Parung itu diharapkan membantu mengurai kemacatan yang kerap terjadi di kawasan tersebut. (merdeka.com/Arie Basuki)
Kendaraan bermotor melintasi flyover simpang gaplek di Pamulang, Tangerang Selatan, Jumat (15/5/2020). Beroperasinya flyover sepanjang 446 meter yang menghubungkan Ciputat- Parung itu diharapkan membantu mengurai kemacatan yang kerap terjadi di kawasan tersebut. (merdeka.com/Arie Basuki)

Kendaraan bermotor melintasi flyover simpang gaplek di Pamulang, Tangerang Selatan, Jumat (15/5/2020). Beroperasinya flyover sepanjang 446 meter yang menghubungkan Ciputat- Parung itu diharapkan membantu mengurai kemacatan yang kerap terjadi di kawasan tersebut. (merdeka.com/Arie Basuki)

Pekerja mengecat tembok jembatan layang (flyover) simpang gaplek di Pamulang, Tangerang Selatan, Jumat (15/5/2020). Beroperasinya flyover sepanjang 446 meter yang menghubungkan Ciputat- Parung itu diharapkan membantu mengurai kemacatan yang kerap terjadi di kawasan tersebut (merdeka.com/Arie Basuki)
Pekerja mengecat tembok jembatan layang (flyover) simpang gaplek di Pamulang, Tangerang Selatan, Jumat (15/5/2020). Beroperasinya flyover sepanjang 446 meter yang menghubungkan Ciputat- Parung itu diharapkan membantu mengurai kemacatan yang kerap terjadi di kawasan tersebut (merdeka.com/Arie Basuki)

Pekerja mengecat tembok jembatan layang (flyover) simpang gaplek di Pamulang, Tangerang Selatan, Jumat (15/5/2020). Beroperasinya flyover sepanjang 446 meter yang menghubungkan Ciputat- Parung itu diharapkan membantu mengurai kemacatan yang kerap terjadi di kawasan tersebut (merdeka.com/Arie Basuki)

Kendaraan bermotor melintasi di bawah flyover simpang gaplek di Pamulang, Tangerang Selatan, Jumat (15/5/2020). Beroperasinya flyover sepanjang 446 meter  yang menghubungkan Ciputat- Parung itu diharapkan membantu mengurai kemacatan yang kerap terjadi di kawasan tersebut. (merdeka.com/Arie Basuki)
Kendaraan bermotor melintasi di bawah flyover simpang gaplek di Pamulang, Tangerang Selatan, Jumat (15/5/2020). Beroperasinya flyover sepanjang 446 meter yang menghubungkan Ciputat- Parung itu diharapkan membantu mengurai kemacatan yang kerap terjadi di kawasan tersebut. (merdeka.com/Arie Basuki)

Kendaraan bermotor melintasi di bawah flyover simpang gaplek di Pamulang, Tangerang Selatan, Jumat (15/5/2020). Beroperasinya flyover sepanjang 446 meter yang menghubungkan Ciputat- Parung itu diharapkan membantu mengurai kemacatan yang kerap terjadi di kawasan tersebut. (merdeka.com/Arie Basuki)

Kendaraan bermotor melintasi flyover simpang gaplek di Pamulang, Tangerang Selatan, Jumat (15/5/2020). Beroperasinya flyover sepanjang 446 meter  yang menghubungkan Ciputat- Parung itu diharapkan membantu mengurai kemacatan yang kerap terjadi di kawasan tersebut. (merdeka.com/Arie Basuki)
Kendaraan bermotor melintasi flyover simpang gaplek di Pamulang, Tangerang Selatan, Jumat (15/5/2020). Beroperasinya flyover sepanjang 446 meter yang menghubungkan Ciputat- Parung itu diharapkan membantu mengurai kemacatan yang kerap terjadi di kawasan tersebut. (merdeka.com/Arie Basuki)

Kendaraan bermotor melintasi flyover simpang gaplek di Pamulang, Tangerang Selatan, Jumat (15/5/2020). Beroperasinya flyover sepanjang 446 meter yang menghubungkan Ciputat- Parung itu diharapkan membantu mengurai kemacatan yang kerap terjadi di kawasan tersebut. (merdeka.com/Arie Basuki)

Kendaraan bermotor melintasi flyover simpang gaplek di Pamulang, Tangerang Selatan, Jumat (15/5/2020). Beroperasinya flyover sepanjang 446 meter  yang menghubungkan Ciputat- Parung itu diharapkan membantu mengurai kemacatan yang kerap terjadi di kawasan tersebut. (merdeka.com/Arie Basuki)
Kendaraan bermotor melintasi flyover simpang gaplek di Pamulang, Tangerang Selatan, Jumat (15/5/2020). Beroperasinya flyover sepanjang 446 meter yang menghubungkan Ciputat- Parung itu diharapkan membantu mengurai kemacatan yang kerap terjadi di kawasan tersebut. (merdeka.com/Arie Basuki)

Kendaraan bermotor melintasi flyover simpang gaplek di Pamulang, Tangerang Selatan, Jumat (15/5/2020). Beroperasinya flyover sepanjang 446 meter yang menghubungkan Ciputat- Parung itu diharapkan membantu mengurai kemacatan yang kerap terjadi di kawasan tersebut. (merdeka.com/Arie Basuki)

Pekerja mengecat tembok jembatan layang (flyover) simpang gaplek di Pamulang, Tangerang Selatan, Jumat (15/5/2020). Beroperasinya flyover sepanjang 446 meter yang menghubungkan Ciputat- Parung itu diharapkan membantu mengurai kemacatan yang kerap terjadi di kawasan tersebut (merdeka.com/Arie Basuki)
Pekerja mengecat tembok jembatan layang (flyover) simpang gaplek di Pamulang, Tangerang Selatan, Jumat (15/5/2020). Beroperasinya flyover sepanjang 446 meter yang menghubungkan Ciputat- Parung itu diharapkan membantu mengurai kemacatan yang kerap terjadi di kawasan tersebut (merdeka.com/Arie Basuki)

Pekerja mengecat tembok jembatan layang (flyover) simpang gaplek di Pamulang, Tangerang Selatan, Jumat (15/5/2020). Beroperasinya flyover sepanjang 446 meter yang menghubungkan Ciputat- Parung itu diharapkan membantu mengurai kemacatan yang kerap terjadi di kawasan tersebut (merdeka.com/Arie Basuki)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Terbongkarnya Aksi Sadis Keluarga Bunuh Anak 16 Tahun

Posted: 14 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Korban dibunuh dengan kayu dan golok. Polisi menetapkan 2 kakak korban sebagai tersangka dan amankan 7 anggota keluarga.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

25 Riset dan Inovasi ITS Surabaya untuk Penanganan Corona Covid-19

Posted: 14 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya sedang mengembangkan 25 riset dan inovasi untuk membantu penanganan pandemi Corona Covid-19. Hasil riset itu, antara lain, Robot RAISA, hand santizer, face shield, baju hazmat, masker, bilik sterilisasi, bilik swab, emergency ventilator, robot ultra violet, thermal imaging, sistem informasi COVID, dan pemodelan dampak COVID.

"Saat ini, ITS sedang melakukan riset untuk mengembangkan perangkat tes cepat COVID-19 non PCR," ujar Mochamad Ashari, Rektor ITS, seperti yang dikutip Antara, Kamis (14/5/2020).

Robot RAISA yang dikembangkan bersama dengan Universitas Airlangga (Unair) juga telah digunakan di RS Unair, baik di ruang intensive care unit (ICU) maupun high care unit (HCU).

Robot ini bisa beroperasi sampai delapan jam dan dikendalikan jarak jauh menggunakan wifi internet. Robot bisa mengangkut beban maksimum 50 kilogram, termasuk obat dan barang untuk keperluan pasien.

Samapai dengan sekarang, ITS Surabaya telah memproduksi 4.000 liter hand sanitize, 140.000 face shield, 1.000 baju hazmat, 8.000 masker, 20 bilik sterilisasi, dan dua bilik swab atau uji seka. Sementara, emergency ventilator masih dalam pengujian di Kementerian Kesehatan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Suami Indira Kalistha: Walau Banyak Orang Bilang Kamu Bodoh, Aku Tak Percaya

Posted: 14 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pernyataan kontroversial YouTuber Indira Kalistha di kanal YouTube Gritte Agatha yang dilanggani lebih dari 2,54 juta orang berbuntut panjang. Seperti diketahui, dalam video bertajuk "Indira Kalistha Pertama Kali Diwawancara Serius #GritteBukaPraktek," ia mengaku jarang pakai masker dan cuci tangan.

"Aku jarang pakai masker. Kalau sheet mask aku pakai tiap hari. Kalau masker yang udara-udara gitu aku enggak pakai, kecuali kayak ditegur gitu baru pakai. Tapi kalau enggak ditegur kita lepas lagi," aku Indira Kalistha.

Lebih jauh, Indira Kalistha terang-terangan bilang malas cuci tangan selama wabah Corona Covid-19. Dalam hitungan jam, video yang diunggah pada 13 Mei 2020 itu panen kecaman.

Lagu Lama

Indira Kalistha dan Gritte Agatha (YouTube/ Gritte Agatha)
Indira Kalistha dan Gritte Agatha (YouTube/ Gritte Agatha)

Sadar memantik kecaman, video ini diedit ulang. Pernyataan Indira Kalistha soal malas cuci tangan dan pakai masker mendadak amblas. Meski demikian, 12 ribu orang lebih mengomentari video yang telah diedit ulang ini.

"Greget banget gue asli dah, gemes banget. Ini komen udah sampe 10K dan akan terus bertambah. Terus habis itu dia viral dikritik sana sini. Terus yang punya akun sama yang jadi bintang tamu salah-salahan nih saling nyari pembelaan. Lagu lama," cuit seorang warganet.

Julurkan Lidah

Unggahan Gustaf Sailendra. (Foto: Instagram @gustafode)
Unggahan Gustaf Sailendra. (Foto: Instagram @gustafode)

"You've got the talent, you've got the fame, use it for making changes into this world (lo punya bakat, lo terkenal, gunakan itu untuk mengubah dunia)," yang lain menyarankan. Mengetahui istrinya dikecam khalayak, suami Indira Kalistha, Gustaf Sailendra, tak tinggal diam.

Lewat akun Instagram Gustafode yang diikuti 700 ribuan orang, pria yang akrab disapa Utap itu membuat pernyataan. Utap mengunggah foto bareng Indira Kalistha menjulurkan lidah.

Mereka Cuma Enggak Ngerti

Unggahan Gustaf Sailendra. (Foto: Instagram @gustafode)
Unggahan Gustaf Sailendra. (Foto: Instagram @gustafode)

Menyertai foto yang diunggah pada Kamis (14/5/2020) itu, Utap mencuit, "Walaupun banyak orang bilang kamu bodoh, aku ga percaya. Aku percaya bahwa kamu adalah wanita yang cerdas. Mereka cuma ga ngerti aja."

Lagi Utap menulis, "Tapi bodoh atau pintar itu ga penting. Yang penting kamu udah jadi istri yang soleha buat aku."

Utap minta istrinya santai menanggapi kecaman warganet. "Chill aje dari dulu kan emang selalu us vs the world (santai saja, dari dulu kan kita memang selalu melawan dunia)," tulisnya.

Lebih Baik Dibilang Bodoh

Unggahan Gustaf Sailendra. (Foto: Instagram @gustafode)
Unggahan Gustaf Sailendra. (Foto: Instagram @gustafode)

Di Instagram Stories, pada hari yang sama, Utap mengunggah foto serupa disertai sebuah kata, "Sorry." Namun beberapa menit kemudian, Utap mengunggah ulang status teks seseorang. Isinya, "Orang lebih suka ditakut-takuti dan dikontrol elite global daripada bersuara. Kenapa semua orang yang bersuara harus dibully? Padahal musuh kita bukan sesame masyarakat."

Di pengujung status teks berwarna hitam polos itu, tertera tulisan, "Lebih baik dibilang bodoh daripada merasa pintar. Lebih baik dihakimi daripada menjadi penghakim sesama."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Cara Tetap Bugar Saat Libur Lebaran, Perhatikan Pola Makan

Posted: 14 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cara tetap bugar saat libur lebaran bisa Anda lakukan, mengingat momen libur lebaran tersebut terkadang justru membuat tubuh Anda tidak sebugar pada hari-hari biasa. Banyak hal yang membuat tubuh menjadi tidak bugar, seperti kenaikan berat badan salah satunya.

Padahal, apabila Anda mengikuti beberapa cara tetap bugar saat libur lebaran ini, akan membantu Anda tetap mencapai tujuan dari berbagai program diet dan olahraga yang dilakukan. Itulah mengapa cara tetap bugar saat libur lebaran penting untuk simak.

Agar mendapatkan hasil yang maksimal dari mengikuti cara tetap bugar saat libur lebaran ini, yang sangat dibutuhkan yaitu niat dan disiplin yang kuat. Karena tanpa kedua hal tersebut, hasil dari cara tetap bugar saat libur lebaran yang dilakukan tersebut hanya akan sia-sia.

Untuk menjelaskan lebih lanjut mengenai cara tetap bugar saat libur lebaran tersebut, dibawah ini Liputan6.com telah merangkum apa saja cara tetap bugar saat libur lebaran yang tidak ada salahnya untuk Anda coba, Jumat (8/5/2020).

Tentukan Tujuan dan Atur Pola Makan

Ilustrasi/copyrightshutterstock/MiniStocker
Ilustrasi/copyrightshutterstock/MiniStocker

1. Tentukan tujuan Anda

Hal ini berguna untuk menuntun Anda tetap fokus dalam mencapai tujuan dari diet dan olahraga yang Anda lakukan. Contohnya, jika Anda melakukan diet untuk penurunan berat badan, maka Anda harus menjadikan target penurunan berat badan tersebut sebagai tujuan utama Anda. Karena, secara tidak langsung, hal tersebut akan membuat Anda menjadi lebih disiplin untuk menjalankan beberapa tips yang ada pada poin-poin selanjutnya di bawah ini.

 

2. Atur pola makan

Hari raya selalu identik dengan berbagai jenis makanan yang sangat nikmat dan beraneka ragam. Selain itu, beberapa dari jenis makanan tersebut biasanya hanya dapat ditemui pada hari raya tersebut saja. Terkadang, kita merasa 'sayang' apabila kesempatan untuk menikmati berbagai jenis hidangan tersebut dilewatkan.

Apabila kita terlanjur memiliki cara pikir 'sayang' jika kesempatan tersebut dilewatkan, maka bukan tidak mungkin jika Anda berpotensi mengonsumsi makanan tersebut dengan tidak teratur dan berlebihan. Padahal, jenis makanan khas saat lebaran tersebut sangat identik dengan kalori yang tinggi.

Oleh karena itu, sebelum memasuki hari libur lebaran, ada baiknya Anda mengatur mengenai pola makan. Karena dengan begitu, akan membuat Anda secara otomatis membatasi konsumsi makanan khas lebaran tersebut.

Perhatikan Jenis Makanan dan Jangan Lupa Minum Air Putih

Ilustrasi diet. Sumber foto: unsplash.com/Tyler Nix.
Ilustrasi diet. Sumber foto: unsplash.com/Tyler Nix.

3. Perhatikan jenis makanan

Setelah merencanakan pola makan saat libur lebaran, maka Anda juga perlu menentukan jenis makanan yang akan dikonsumsi. Sebisa mungkin untuk mengonsumsi jenis makanan yang mengandung gula dan lemak rendah.

Namun, apabila tidak memungkinkan untuk mendapatkan bahan makanan yang memiliki kandungan gula dan lemak yang rendah, maka Anda bisa dengan mengonsumsi makanan yang tersedia, namun dengan jumlah yang minimal pastinya.

 

4. Jangan lupa minum air putih

Salah satu kebiasaan yang selalu dilakukan saat lebaran, yaitu bersilaturahmi ke kerabat dan sanak saudara. Dan biasanya, kita akan disuguhkan dengan berbagai jenis minuman yang memiliki rasa manis. Bayangkan saja jika dalam satu hari Anda berkunjung ke lebih dari tiga atau empat keluarga, selain menjadikan Anda terlalu banyak konsumsi minuman manis, Anda bisa saja larut dalam euphoria kebahagiaan lebaran hingga lupa untuk mencukupi kebutuhan akan air putih.

Padahal, air putih merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Maka, ada baiknya Anda untuk selalu mengonsumsi air putih saat libur lebaran. Selain itu, minum air putih sebelum makan juga dapat membuat Anda kenyang lebih cepat, dan akan menekan asupan makanan Anda.

Jangan Terlalu Lama Duduk dan Kelola Stres

ilustrasi duduk terllau lama/Photo by Thought Catalog on Unsplash
ilustrasi duduk terllau lama/Photo by Thought Catalog on Unsplash

5. Jangan terlalu lama duduk

Memang saat libur lebaran bisa dijadikan sebuah kesempatan untuk bersantai. Namun, jangan sampai Anda terus menjadi malas-malasan dan hanya bermain gawai sembari duduk di kursi. Tentu hal ini justru akan membuat tubuh Anda menjadi tidak sehat. Maka dari itu, usahakan jangan duduk terlalu lama dan lakukan aktivitas fisik walaupun hanya sedikit.

 

6. Kelola stres

Saat liburan, Anda bisa memanfaatkannya untuk menurunkan stres selama hari kerja. Dan Anda bisa melakukan berbagai kegiatan yang cenderung menurunkan stres. Anda dapat mencoba yoga, karena selain dapat menurunkan stres, gerakan dari yoga juga cukup membakar kalori Anda.

Dengan mengelola stres Anda, maka hormon kortisol pada tubuh akan meningkat. Peningkatan hormon ini akan mempengaruhi produksi insulin pada tubuh Anda, dimana hal tersebut akan berpengaruh juga pada proses pembakaran lemak Anda.

Agendakan Kegiatan Olahraga dan Variasikan Jenis Olahraga

ilustrasi olahraga di rumah/copryight by TORWAISTUDIO (Shutetrstock)
ilustrasi olahraga di rumah/copryight by TORWAISTUDIO (Shutetrstock)

7. Agendakan kegiatan olahraga

Walaupun liburan bukan berarti Anda hanya berdiam diri dan tidak melakukan olahraga. Saat liburan hendaknya Anda tetap membuat agenda untuk berolahraga. Hal ini untuk menjaga kondisi tubuh Anda agar tetap dalam kondisi yang sehat. Selain itu, dengan berolahraga Anda akan turut menurunkan jumlah lemak pada tubuh.

 

8. Variasikan jenis olahraga

Setelah Anda membuat agenda untuk berolahraga, maka Anda juga perlu membuat variasi dari jenis olahraga yang dilakukan. Hal ini untuk menghindari Anda menjadi bosan dalam melaksanakan kegiatan olahraga. Anda bisa mencoba beberapa kegiatan olahraga yang mengharuskan Anda keluar rumah, seperti bersepeda atau jalan-jalan pagi.

Cari Partner dan Tidur Malam Cukup

Ajak teman berolahraga (Foto: iStock)
Ajak teman berolahraga (Foto: iStock)

9. Cari partner

Hal ini sangat dibutuhkan mengingat sifat umum manusia yang mudah menjadi tidak fokus terhadap suatu tujuan. Dengan mendapatkan partner yang tepat, maka Anda bisa tetap konsisten dalam menjalani seluruh agenda diatas. Dengan adanya partner juga akan membuat Anda lebih semangat saat menjalankan aktivitas seperti olahraga. Partner ini bisa dari orang terdekat yang menurut Anda mampu untuk menjadi pemacu dalam meraih tujuan yang telah ditentukan, atau partner yang kira-kira memiliki tujuan yang sama.

 

10. Tidur malam cukup

Meski liburan, bukan berarti Anda bebas untuk begadang, karena begadang merupakan salah satu faktor yang dapat menimbulkan berbagai jenis gangguan kesehatan. Oleh karena itu, selalu jaga pola tidur Anda dan cukupi kebutuhan tidur Anda.

Nah, itu tadi beberapa cara tetap bugar saat libur lebaran yang tidak ada salahnya untuk Anda coba. Semoga berhasil ya!

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ikut Isolasi Mandiri, Keluarga Pasien Positif Covid-19 Butuh Bantuan Logistik

Posted: 14 May 2020 09:28 PM PDT

Liputan6.com,Kupang- Dinas Sosial Kota Kupang, NTT mulai mendistribusikan bantuan logistik untuk keluarga almarhum pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di RT 21 RW 4 Kelurahan Nunleu, Kota Kupang, Kamis (14/5/2020).

Sesuai protokol, logistik itu diterima oleh Ketua RT, Kely Ratuedo yang kemudian diserahkan ke keluarga almarhum.

Kepala Dinas Sosial Kota Kupang, Lodywik Djungu Lape dan Camat Kota Raja, Achrudin Rudi Abubakar menyerahkan langsung bantuan dan diterima oleh Lurah Nunleu, Godlief Silvester.

"Bantuan logistik berupa 5 kg beras, 5 dos mie instan, 5 liter minyak goreng dan 10 ikan kaleng akan diserahkan oleh Ketua RT kepada keluarga almarhum yang kini sedang menjalani isolasi mandiri," ujar Kepala Dinas Sosial Kota Kupang, Lodywik Djungu Lape.

Selain bantuan dari Dinas Sosial, keluarga juga menerima bantuan logistik dari para pengusaha Bengkel William di Jalan Banteng berupa 40 kg beras, 4 dus mi instan dan 1 rak telur ayam.

Bantuan juga mengalir dari Pemuda RT 21 RW 4 Kelurahan Nunleu berupa 10 kg beras, 1 dus mi instan, 2 dus air mineral, 3 dus teh, 3 kg gula pasir, dan 3 renteng susu saset.

Sebelumnya, tim gugus tugas Kota Kupang telah melakukan penelusuran kontak erat almarhum pasien terkonfirmasi positif Covid-19 sejak Selasa malam. 10 orang di antaranya merupakan keluarga dan telah dilakukan rapid test (RDT). Petugas juga melakukan screening dan pemantauan menyeluruh terhadap warga di lingkungan sekitar guna menelusuri kontak erat pasien.

Petugas juga mengambil spesimen di Rumah Sakit Tentara terhadap 25 orang kerabat serta tenaga kesehatan yang dari hasil penelusuran pernah berkontak erat dengan pasien. Hal tersebut dilakukan sebagai bagian dari protokol ketat penanganan Covid-19.

Pengambilan sampel diperkirakan masih berlanjut karena sweeping dan pemantauan masih berjalan guna menelusuri kontak erat dengan almarhum.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Upaya Tangani COVID-19, Laboratorium BSL-2 Resmi Beroperasi di Bandung

Posted: 14 May 2020 09:27 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Laboratorium Biosafety Level (BSL) - 2 resmi beroperasi di Kantor Dinas Kesehatan Kota Bandung, Jalan Supratman, Kamis (14/5/2020). Laboratorium ini diklaim dapat menguji 200 sampel setiap harinya.

Menurut Wali Kota Bandung Oded M Danial, laboratorium ini dibantu oleh tenaga ahli dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Hal ini merupakan uapaya Pemerintah Kota Badung dalam penanganan penyebaran COVID-19.

"Mudah-mudahan dengan adanya lab ini, 200 sampel yang akan diperiksa," ujar Oded dalam keterangan resminya ditulis, Kamis, 14 Mei 2020.

Perlu diketahui juga tutur Oded, BSL-2 yaitu laboratorium yang digunakan untuk menguji agen penyakit yang cukup potensial membahayakan petugas laboratorium dan lingkungannya. Dengan adanya laboratorium ini, Oded juga berharap pemetaan COVID-19 di Kota Bandung bisa semakin baik.

"Hari ini diperiksa, besok sudah ada hasilnya. Kita harap mapping-nya juga cepat," kata Oded.

 

Baru Siap Menguji 5.000 Sampel

Wali Kota Bandung Oded M Danial meresmikan operasional Laboratorium Biosafety Level (BSL) di Kantor Dinas Kesehatan Kota Bandung, Jalan Supratman, Kamis (14/5/2020). (sumber foto : Humas Pemkot Bandung)
Wali Kota Bandung Oded M Danial meresmikan operasional Laboratorium Biosafety Level (BSL) di Kantor Dinas Kesehatan Kota Bandung, Jalan Supratman, Kamis (14/5/2020). (sumber foto : Humas Pemkot Bandung)

Sementara itu, Kepala Dinas Kota Bandung, Rita Verita mengungkapkan, BSL-2 Kota Bandung baru memilki kesiapan menguji 5.000 sampel.

"Untuk saat ini kita targetkan untuk pandemi. Karena kita siapnya baru 5.000 dulu. Satu hari bisa memeriksa 200 sampel," ujar Rita.

Soal tenaga medis, Rita menjelaskan terdapat tenaga analis labolatorium Dinkes Kota Bandung ditambah tenaga dari mahasisiwa ITB yang sudah siap untuk pelaksanaan operasional BSL – 2.

"Tenaga medisnya itu kita punya analis dari laboratorium juga ditambah tenaga - tenaga dari mahasiswa ITB yang sudah siap untuk membantu pelaksanan operasional lab ini," ucap Rita. (Arie Nugraha)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ulang Tahun ke-78, JK Tak Gelar Perayaan Seperti Biasanya

Posted: 14 May 2020 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden RI ke 10 dan 12 Muhammad Jusuf Kalla atau akrab disapa JK genap berusia 78 tahun tepat hari ini, Jumat (15/5/2020).

"Pak JK menyampaikan terima kasih atas dukungan, doa serta ucapan selamat dari para kolega sahabat dan keluarga," ucap juru bicaranya Husain Abdullah.

Dia menuturkan, tanpa mengurangi rasa hormat kepada seluruh sahabat dan kerabat, JK tidak menggelar acara ulang tahun seperti tahun tahun sebelumnya yang spontan dihadiri para sahabat, setiap tanggal 15 Mei.

"Hal itu terpaksa dilakukan demi menghindari kerumunan dan mematuhi protokol pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang diterapkan pemerintah menghadapi Covid-19," ungkap Husain.

 

Apresiasi ucapan selamat

Gaya salam Corona Ala Wapres Ma'ruf Amin, Jusuf Kalla, dan Sri Mulyani  (Kredit foto: Biro Sekretariat Istana Wakil Presiden)
Gaya salam Corona Ala Wapres Ma'ruf Amin, Jusuf Kalla, dan Sri Mulyani (Kredit foto: Biro Sekretariat Istana Wakil Presiden)

Husain menuturkan, JK mengapresiasi ucapan selamat yang disampaikan para sahabat dan keluarga melalui saluran telepon, sosial media, maupun pesan singkat lainnya.

"Salam hangat dari Pak JK. Selamat menunaikan ibadah puasa dan semoga kita semua senantiasa diberi kekuatan dan kemenangan menghadapi wabah Covid-19 serta meraih kemenangan di bulan suci Ramadan," pungkasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Terbaru Untung Blangkon Pemeran ART di Sinetron Tuyul dan Mbak Yul

Posted: 14 May 2020 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Lama tak terdengar kabarnya, Untung Blangkon baru-baru ini angkat suara terkait rasa sedihnya akibat kepergian sang sahabat, yakni Didi Kempot. Lewat video YouTube berdurasi enam menit berjudul 'Untung Blangkon Kehilangan Sahabat', komedian yang dikenal lewat sinetron Tuyul dan Mbak Yul itu tak kuasa menahan tangis ketika mendengar sang sahabat telah tiada.

Sembari mengenang masa sulitnya ketika merintis karier, baginya, maestro campursari tersebut memiliki jasa yang luar biasa dalam perjalanan karirnya hingga kini. Di akhir video, pemeran ART di sinetron Tuyul dan Mbak Yul ini pun berdoa agar mendiang Didi Kempot dapat diterima di sisi Sang Khalik. 

Kira-kira seperti apakah potret terbaru dari Untung Blangkon si ART di Tuyul dan Mbak Yul? Berikut ulasan selengkapnya dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Jumat (15/5/2020).

1. Mempertahankan ciri khasnya, komedian yang terkenal melalui perannya di Sinetron Tuyul dan Mbak Yul ini pun tampil kenakan Blangkon.

Potret terbaru Untung Blangkon. (Sumber: YouTube Ki Untung Blangkon)
Potret terbaru Untung Blangkon. (Sumber: YouTube Ki Untung Blangkon)

2. Tak hanya itu, sahabat dari mendiang Didi Kempot ini juga masih mempertahankan tawa unik yang menjadi ciri khasnya.

Potret terbaru Untung Blangkon. (Sumber: YouTube Ki Untung Blangkon)
Potret terbaru Untung Blangkon. (Sumber: YouTube Ki Untung Blangkon)

3. Dalam video 'Untung Blangkon Kehilangan Sahabat', pria paruh baya ini ungkap kesedihannya saat dengar kabar kepergian Didi Kempot.

Potret terbaru Untung Blangkon. (Sumber: YouTube Ki Untung Blangkon)
Potret terbaru Untung Blangkon. (Sumber: YouTube Ki Untung Blangkon)

4. Ia bahkan meminta maaf karena tak bisa memberikan penghormatan terakhir untuk pelantun 'Stasiun Balapan' tersebut.

Potret terbaru Untung Blangkon. (Sumber: YouTube Ki Untung Blangkon)
Potret terbaru Untung Blangkon. (Sumber: YouTube Ki Untung Blangkon)

5. Kini, Untung sudah jarang tampil di layar kaca, meski demikian ia memiliki kesibukan untuk mengelola channel YouTube Ki Untung Blangkon.

Potret terbaru Untung Blangkon. (Sumber: YouTube Ki Untung Blangkon)
Potret terbaru Untung Blangkon. (Sumber: YouTube Ki Untung Blangkon)

6. Momen kebersamaan terakhir Untung Blangkon dan Didi Kempot di sebuah acara sebelum kepergian sang maestro campursari.

Potret terbaru Untung Blangkon. (Sumber: YouTube Ki Untung Blangkon)
Potret terbaru Untung Blangkon. (Sumber: YouTube Ki Untung Blangkon)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pakar Epidemiologi Indonesia Bantah WHO yang Sebut Covid-19 Tak Akan Hilang

Posted: 14 May 2020 09:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Organisasi kesehatan dunia atau WHO mengatakan, virus corona (Covid-19) kemungkinan tidak akan hilang dari muka bumi. Mereka juga tidak percaya pihak-pihak yang mengatakan bahwa virus tersebut akan lenyap.

"Virus ini mungkin akan menjadi virus endemik saja di dalam masyarakat, dan virus ini kemungkinan tidak akan pernah pergi," ujar direktur WHO Mike Ryan seperti dilansir BBC, Kamis (14/5/2020).

Berdasarkan data CoronaTracker, ada lebih dari 4,4 juta kasus virus corona di seluruh dunia. Angka kematian hampir mencapai 300 ribu.

Para ilmuwan sedang berusaha mengembangkan vaksin virus corona yang diprediksi baru beres pada tahun depan. Meski demikian, WHO menyebut perlu usaha besar untuk mengontrol virus ini meski ada vaksin.

Dirinya juga menyebut, penyakit seperti cacar juga memiliki vaksin, tetapi virusnya masih belum hilang hingga saat ini.

Meski demikian, katanya, penanganan virus corona bisa mencontoh HIV. Vaksin dari HIV memang belum ada, tetapi masyarakat bisa "berdamai" dengan virus itu dan ada obat yang meredam penyakitnya.

"HIV belum pergi, tetapi kita telah berdamai dengan virus itu, dan kita telah menemukan pengobatannya, dan kita menemukan metode pencegahannya, dan orang-orang tidak takut seperti sebelumnya," katanya.

 

Sanggahan Ilmuwan Indonesia

Terkait dengan pernyataan tersebut, Syahrizal Syarif, pakar epidemiologi Universitas Indonesia kepada Liputan6.com, Kamis (16/5/2020) mengatakan, pernyataan bahwa virus corona bisa menjadi penyakit endemik pada manusia sangat kontroversial. Apalagi menyamakannya dengan penyakit HIV/AIDS. 

"HIV adalah penyakit yg disebabkan virus yang menyerang sistem kekebalan manusia. Saat ini manusia adalah sumber penularan utama dan sudah menjadi reservoir, tempat tinggal virus HIV. HIV bukan self limited disease dan mempunyai masa inkubasi yang panjang bahkan dapat 15 tahun. Apalagi tidak ada vaksin dan obat pilihan," katanya.

Pemberian Obat ARV, katanya, memang dapat meningkatkan kualitas hidup pasien AIDS dengan meminumnya seumur hidup, namun tetap membawa virus sepanjang sisa hidup pasien. HIV juga merupakan penyakit spesifik bersifat klaster pada kelompok berisiko atau kelompok kunci yang secara sosial bersifat tertutup.

Penularan pada masyarakat umum ditandai dari tingginya kasus ibu hamil yg positif HIV. Deteksi dini dan penelusuran kontak menjadi masalah tersendiri karena terkait kelompok kunci.

"Ini yang menyebabkan HIV sulit hilang dari kehidupan manusia," katanya.

Berbeda dengan Sars-Cov-2, virus penyebab Covid-19. Jika dilihat dari sejarah kemunculannya, kata Syarif, Sars-Cov pertama kali muncul pada 2002, dan dapat diatasi dan dieradikasi (pemusnahan total) dalam waktu 8 bulan saja. Sedangkan pandemi Sars-Cov-2 sudah memasuki bulan ke lima di dunia, dan 80 persen negara terjangkit sudah dalam situasi menurun terkendali, bahkan beberapa di antaranya sudah hampir selesai.

Lebih jauh dirinya menjelaskan, Sars-Cov-2 adalah jenis corona self-limited disease, manusia bukan induk semang alamiahnya, masa inkubasi juga relatif cepat 2-14 hari, tidak menular secara airborne, ada alat diagnosa yang akurat seperti PCR. Walau belum ada pilihan obat, tapi tingkat kesembuhannya di atas 95 persen.

"Meski kasus asymtomatic cukup tinggi, yaitu 20- 40 persen di kalangan usia muda, saya yakin Covid-19 tidak akan menjadi penyakit endemik- seperti HIV, seperti yang dikatakan WHO," katanya.

Syarif hanya mewanti-wanti, rute alamiah kasus import, kasus klaster, transmisi lokal dapat memunculkan gelombang wabah baru. Namun tidak mustahil sistem kewaspadaan yang baik dapat mengatasinya.

 

 

 

 

Optimisme di Sumatera Barat

Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan pemeriksaan secara masif membuat laju penyebaran Covid-19 di Sumatera Barat mampu ditekan, bahkan beberapa klaster penyebaran bisa diputus.

"Beberapa klaster penyebaran Covid-19 di daerah sudah mulai ada yang menunjukkan kurva menurun. Bahkan di Kota Padang dari 15 klaster, 50 persen sudah diputus," kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Kamis malam (15/5/2020).

Pemprov Sumbar bahkan mengatakan, klaster penyebaran di Pasaman Barat juga sudah berhasil diputus, demikian juga dengan sebagian klaster di Pesisir Selatan. Diharapkan dengan penerapan PSBB yang diperpanjang hingga 29 Mei dan menjalankan protokol kesehatan, akan semakin banyak klaster penyebaran Covid-19 yang berhasil diputus.

Namun ada pula daerah yang sebenarnya telah berhasil memutus klaster awal yang muncul, tetapi muncul kasus baru dan dikhawatirkan menjadi klaster baru pula seperti di Bukittinggi.

Sementara itu penyebaran Covid-19 di beberapa daerah masih menunjukkan kurva naik, di antaranya Padang, Padang Panjang, Payakumbuh dan Limapuluh Kota.

Kota Padang, meski sudah ada beberapa klaster yang berhasil diputus, tetapi klaster terbesar yaitu klaster Pasar Raya Padang masih menunjukkan kurva menanjak.

Diperkirakan warga yang terpapar dari klaster itu masih akan bertambah karena hasil tracing ada seribu-dua ribu orang yang kemungkinan telah kontak dengan mereka yang positif.

Meski demikian Gubernur Irwan Prayitno menyebut semakin banyak hasil tracing yang berhasil diklarifikasi akan semakin baik karena dengan diketahui siapa yang positif, penanganannya bisa lebih maksimal sehingga penyebarannya bisa dihentikan.

Namun ia mengingatkan berdasarkan prediksi pakar, Sumbar belum mencapai periode puncak yang diperkirakan pada akhir Mei 2020. Artinya jumlah warga yang terpapar kemungkinan masih akan bertambah.

"Jangan kendurkan penerapan protokol kesehatan, jaga jarak, pakai masker, sering mencuci tangan dan hanya keluar rumah bila sangat perlu," ujarnya.

 

Melandai Tapi Tetap Waspada

Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan, data penambahan kasus mingguan Covid-19 di Tanah Air saat ini menunjukkan gerakan kurva melandai.

"Dari data terlihat yang disebut kurva melandai atau gerakan kurva melandai," katanya beberapa waktu lalu.

Untuk melihat kondisi tersebut, ia mengatakan minimal harus dilihat dari 10 provinsi, termasuk provinsi yang memiliki penambahan kasus terbanyak.

Saat ini, 10 provinsi dengan penambahan kasus Covid-19 terbanyak di Tanah Air meliputi DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, Banten, Nusa Tenggara Barat, Bali, Papua, dan Sumatera Barat.

"Namun jangan interpretasikan melandai itu berakhir, belum karena ini baru data satu minggu," ujar dia.

Dirinya juga mengatakan data setiap minggu itu penting untuk diperhatikan sebab merupakan gambaran yang lebih realistis. Jika hanya melihat pada angka kumulatif, tentu terlihat selalu naik dan membuat masyarakat menjadi was-was.

"Padahal jika dilihat data per minggu itu sudah ada melandai. Semoga nanti naik sedikit atau tetap segini saja, kalau untuk turun itu belum tentu," katanya.

Menurut dia, jika penambahan data Covid-19 minggu selanjutnya menunjukkan kenaikan data yang sedikit saja atau tetap sebagaimana sekarang, maka itu berarti sudah ada kecenderungan menurun.

Ia mengimbau setiap orang bersama-sama berperang melawan Covid-19 dan tidak cepat-cepat menarik kesimpulan saat melihat kumulatif data yang terus naik dari hari ke hari.

Selain itu, seluruh pimpinan daerah juga perlu memastikan masyarakatnya dikendalikan agar benar-benar dapat menang melawan Covid-19.

"Ini seperti lari maraton di mana pesertanya ialah seluruh rakyat Indonesia. Dan untuk berlari itu dibutuhkan ketahanan yang panjang," ujarnya.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Stopper Muda Garang yang Bisa Dicoba Shin Tae-yong di Timnas Indonesia Saat Piala AFF 2020

Posted: 14 May 2020 09:20 PM PDT

Jakarta - Timnas Indonesia pernah memiliki stopper terbaik seperti Charis Yulianto, Bejo Sugiantoro, Benny Wahyudi, hingga Hamka Hamzah. Mereka merupakan andalan di jantung pertahanan Tim Garuda di Piala AFF pada masanya masing-masing.

Para stopper ini memiliki sifat tanpa ampun dan berani melakukan duel-duel keras di lini pertahanan Timnas Indonesia. Selain itu, mereka juga mayoritas memiliki postur tubuh di atas rata-rata yang memungkinkan untuk berduel udara dengan lawan.

Sementara itu, sampai saat ini talenta pemain belakang yang ada di Indonesia pun seakan tidak pernah habis. Setiap tahunnya selalu bermunculan bek-bek tengah terbaik.

Hebatnya para pemain tersebut dipercaya untuk memperkuat lini belakang klub-klub elite Indonesia. Hal inilah yang membuat pelatih Shin Tae-yong tidak akan kesulitan untuk mencari pemain-pemain yang identik dengan 'tukang jagal' karena kerap memotong alur serangan lawan.

Shin Tae-yong tentu membutuhkan bek tangguh, disiplin, dan pekerja keras. Faktor-faktor itu tentu membuat peluang Timnas Indonesia untuk kebobolan di Piala AFF 2020 nanti lebih kecil.

Berikut 5 stopper yang layak dicoba Shin Tae-yong di Timnas Indonesia pada Piala AFF 2020. Mereka punya kualitas mumpuni sebagai bek tengah terbaik yang ada di Indonesia.

Bagas Adi Nugroho

Pemain Timnas Indonesia, Bagas Adi Nugroho, bersiap menendang bola saat latihan di Stadion Wibawa Mukti, Jawa Barat, Selasa (6/11). Latihan ini merupakan persiapan jelang Piala AFF 2018. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)
Pemain Timnas Indonesia, Bagas Adi Nugroho, bersiap menendang bola saat latihan di Stadion Wibawa Mukti, Jawa Barat, Selasa (6/11). Latihan ini merupakan persiapan jelang Piala AFF 2018. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Bagas Adi Nugroho merupakan stoppers andalan pelatih Indra Sjafri sewaktu menukangi Timnas Indonesia U-22. Selama dua tahun di Timnas Indonesia U-22, Bagas Adi mencatatkan 20 pertandingan.

Bagas Adi merupakan bek pekerja keras yang tak ragu melakukan duel fisik demi mengamankan lini pertahanan. Posturnya yang mencapai 176 cm juga membuatnya andal dalam melakukan duel bola udara.

Tak hanya di level Timnas Indonesia, Bagas Adi juga menjadi andalan bersama klubnya, Arema. Sejauh ini, Bagas Adi juga sudah mencatat lima penampilan bersama Timnas Indonesia senior.

Andy Setyo

Bek Timnas Indonesia U-22, Andy Setyo, mengontrol bola saat latihan di Stadion UKM, Selangor, Senin (14/8/2017). Ini merupakan latihan terakhir jelang laga SEA Games melawan Thailand. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)
Bek Timnas Indonesia U-22, Andy Setyo, mengontrol bola saat latihan di Stadion UKM, Selangor, Senin (14/8/2017). Ini merupakan latihan terakhir jelang laga SEA Games melawan Thailand. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Andy Setyo menjadi stoppers andalan di Timnas Indonesia U-22. Pelatih Luis Milla hingga Indra Sjafri kerap mempercayakan lini belakang pada Andy Setyo.

Memiliki postur tubuh 180 cm membuat Andy Setyo bisa diandalkan dalam mengantisipasi bola-bola udara. Pemain berusia 22 tahun itu juga tak segan melakukan duel fisik demi memotong pergerakan bola.

Sudah saatnya Andy Setyo mendapatkan kepercayaan tampil di Timnas Indonesia. Apalagi pelatih Shin Tae-yong sempat memanggilnya untuk mengikuti pemusatan latihan pada Februari 2020 lalu.

Hansamu Yama

Pemain Timnas Indonesia, Hansamu Yama, mengirim umpan saat latihan di Lapangan ABC Senayan, Jakarta, Selasa (20/11). Latihan ini persiapan jelang laga Piala AFF 2018 melawan Filipina. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)
Pemain Timnas Indonesia, Hansamu Yama, mengirim umpan saat latihan di Lapangan ABC Senayan, Jakarta, Selasa (20/11). Latihan ini persiapan jelang laga Piala AFF 2018 melawan Filipina. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Kualitas Hansamu Yama sebagai stopper tentu tak perlu diragukan lagi. Hansamu Yama sudah malang melintang di Timnas Indonesia, baik level U-19, U-22, hingga senior.

Usianya yang baru menyentuh angka 25 tahun membuat Hansamu Yama disebut sebagai kandidat kapten masa depan Timnas Indonesia. Apalagi Hansamu Yama dikenal memiliki jiwa kepemimpinan di dalam tim.

Memiliki postur tubuh 181 cm membuat Hansamu Yama bisa diandalkan dalam menghalau bola-bola udara. Selain itu, kepala Hansamu Yama juga bisa diandalkan untuk memecah kebuntuan, terutama melalui bola-bola tendangan bebas.

Yanto Basna

Bek Sriwijaya FC, Yanto Basna, menggiring bola saat mengikuti seleksi Timnas Indonesia U-22 di Lapangan SPH Karawaci, Banten, Selasa (28/2/2017). (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)
Bek Sriwijaya FC, Yanto Basna, menggiring bola saat mengikuti seleksi Timnas Indonesia U-22 di Lapangan SPH Karawaci, Banten, Selasa (28/2/2017). (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Yanto Basna merupakan stopper yang layak dicoba pelatih Shin Tae-yong. Berbekal pengalaman bermain di Thai League, Yanto Basna tentu sudah terbiasa melakukan duel dengan pemain asing di lini belakang.

Yanto Basna juga memiliki postur tubuh yang ideal, yakni 182 cm. Dengan kelebihan itu, Yanto Basna bisa melakukan duel udara hingga duel fisik.

Yanto Basna sejauh ini sudah mencatatkan 14 penampilan untuk Timnas Indonesia. Pada pemusatan latihan Februari 2020, nama Yanto Basna juga masuk dalam daftar pemain yang diinginkan pelatih Shin Tae-yong.

Ryuji Utomo

Bek Timnas Indonesia U-22, Ryuji Utomo, menggiring bola saat latihan di Lapangan SPH Karawaci, Banten, Selasa (8/8/2017). Latihan dilakukan sebagai persiapan jelang SEA Games 2017 Malaysia. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)
Bek Timnas Indonesia U-22, Ryuji Utomo, menggiring bola saat latihan di Lapangan SPH Karawaci, Banten, Selasa (8/8/2017). Latihan dilakukan sebagai persiapan jelang SEA Games 2017 Malaysia. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Nama Ryuji Utomo sempat dikenal ketika membela Timnas Indonesia U-19. Namun, setelah itu tak banyak kesempatan buat Ryuji untuk membela Timnas U-22 dan senior.

Dalam dua musim terakhir, Ryuji Utomo menjelma menjadi stopper berkualitas. Hal itu dibuktikan dengan penampilan apiknya di jantung pertahanan Persija Jakarta.

Ryuji Utomo juga memiliki postur tubuh ideal sebagai stopper untuk bisa memenangi duel bola udara. Selain itu, Ryuji juga bisa diandalkan dalam mencetak gol melalui kepalanya.

Sumber: Berbagai Sumber

Disadur dari Bola.com (Penulis Zulfirdaus Harahap / Editor Benediktus Gerendo Pradigdo, Published 15/5/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selvi Kitty “Memohon Ampunan” dalam Single Religi Terbarunya di Bulan Ramadan

Posted: 14 May 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Selvi Kitty tak mau kalah dalam meramaikan belantika musik Indonesia di bulan Ramadan tahun ini. Penyanyi cantik itu juga ikut meluncurkan single religinya berjudul "Mohon Ampunan" pada Sabtu, (10/05/20) . 

Berada di bawah naungan Nagaswara, Selvi Kitty membawakan lagu bergenre pop itu dengan suara khasnya yang merdu. Membuat siapa saja yang mendengarnya akan merasakan tenteram di hati. Lagu "Mohon Ampunan" mengingatkan kita sebagai manusia yang penuh dosa, jangan pernah berhenti untuk meminta ampunan kepada-Nya. 

Karena pasti, Allah SWT akan mengampuni dosa hambanya. Selain itu, lewat lagu ini Selvi Kitty juga mengingatkan untuk selalu berdoa agar dosa-dosa orang tua kita diampuni oleh Sang Khalik.

Bukan cuma lagunya saja, video klip dari single ini pun telah digarap dan dirilis. Dalam video tersebut, perempuan yang pernah mengikuti ajang pencarian bakat "Mama Mia" itu terlihat anggun dengan pakaian panjang berwarna perak. Ditambah dengan scarf putih yang dibalut di kepalanya.

Penasaran sepertia apa kesyahduan Selvi Kitty dalam membawakan lagu "Mohon Ampunan" yang bisa bikin hati sejuk? Yuk mampir ke channel Nasgwara yang ada di Vidio.

Saksikan Videonya Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: