Sabtu, 02 Mei 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Segera Dimulai, Begini Sistem Pertandingan IBL Esports Competition

Posted: 02 May 2020 06:20 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Guna meramaikan bulan Ramadan di tengah pandemi virus corona Covid-19, para pebasket IBL bakal adu kehebatan bermain game basket di PlayStation (PS4). IBL Esports Competition di bagi dua seri. Seri pertama akan tayang di channel youtube IBL, 4-8 Mei 2020.

Pada seri pertama ini, delapan pemain akan bertanding video game NBA 2K20 di PS4. Periode kedua IBL Esports Competition akan berlangsung 12-15 Mei dan juga diikuti delapan pemain yang berbeda.

Empat pertandingan seru seri pertama mempertemukan M. Alan As'adi (Bima Perkasa) melawan Valentino Wuwungan (Pelita Jaya), Sandy Ibrahim Azis (Satria Muda) menantang Widyanta Putra Teja (NSH), Daniel Wenas (Louvre) vs Aditya Lumanauw (Hangtuah) dan Alba Pedro (Prawira) vs Daniel Anggoro (Satya Wacana).

"Kompetisi ini adalah sebuah inovasi kegiatan digital selama off season. Menjaga hubungan dan kedekatan antara klub, pemain dan penggemar mereka," kata Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah.

Para pemain IBL ini bakal bertanding memakai klub-klub NBA yang tersedia di NBA 2K20. Namun saat bertanding setiap pemain tetap menggunakan atribut tim mereka masing-masing.

 

 

Di Rumah

IBL Esports Competition tak membuat para pemain harus saling bertemu. Karena adanya peraturan menjaga jarak sosial selama pandemi virus corona Covid-19, para pemain bertanding dari rumahnya masing-masing.

Ketua umum PP Perbasi, Danny Kosasih mendukung penuh inovasi dari manajemen IBL. "Kegiatan ini bagus buat mengisi waktu di tengah jeda kompetisi. Para pemain yang selama masa stay at home hanya berlatih personal tanpa ada pertandingan, juga bisa mengurangi kejenuhan mereka dengan kompetisi Esports ini," kata Danny.

Format

Turnamen akan menggunakan sistem gugur di babak penyisihan dengan waktu permainan adalah empat menit per kuarter. Pada babak semi final dan final waktu bermain tetap 4 menit per kuarter tetapi dengan format pertandingan best of three. Peserta hanya diberi waktu 5 menit untuk melakukan setting formasi sebelum pertandingan dimulai.

Ketika pertandingan berlangsung, peserta dilarang menekan tombol pause. Peserta boleh menekan tombol pause atau melakukan pergantian pemain dan formasi pada fase time out. Jika pemain melanggar akan diberikan peringatan, dan bila kembali melakukan pelanggaran peserta akan didiskualifikasi. Mereka juga dilarang menggunakan cheat atau trik curang apapun yang merugikan lawan.

Para pemain akan menggunakan tim NBA saat ini. Bukan tim klasik ataupun All Star NBA. Pada babak best of three para pemain diwajibkan mengirimkan tiga pilihan tim NBA mereka kepada panitia. Mereka tidak boleh menggunakan tim NBA yang sudah mereka mainkan pada babak sebelumnya. Tiga tim NBA pilihan ini wajib dimainkan saat putaran semifinal dan final.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Indosiar Sinetron Banyak Jalan Menuju Rhoma Tingkayt 2 Episode Sabtu, 2 Mei 2020

Posted: 02 May 2020 06:20 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mega drama Banyak Jalan Menuju Rhoma Tingkat 2 ditayangkan setiap malam mulai pukul 20.30 WIB.

Sinetron Banyak Jalan Menuju Rhoma Tingkat 2 dibintangi Rhoma Irama dan Camelia Malik. 

Anda juga bisa menyaksikan episode Banyak Jalan Menuju Rhoma Tingkat 2 via live streaming dengan klik di sini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jerat Pidana dan Ancaman 10 Tahun Penjara Pelaku Teror di Masjid Nurul Yaqin Kalteng

Posted: 02 May 2020 06:16 AM PDT

Liputan6.com, Palangka Raya - Unit Crisis Respon Time (CRT) Polres Seruyan jajaran Polda Kalteng berhasil menangkap terduga pelaku teror bom di Masjid Nurul Yaqin Kuala Pembuang Kecamatan Pembuang Hilir Kabupaten Seruyan, Sabtu (2/5/200) pukul 04.20 WIB.

Kini, penyidik Polres Seruyan masih menggali motif pelaku teror. Dari keterangan saksi, pelaku sempat mengumbar cerita soal dirinya membawa bom.

Menurut keterangan saksi TH, saat dirinya selesai mengantar galon di Salon Jimmy, lalu bertemu teman SMA-nya yang bernama HG alias Iwan (22) warga Kampung Kumai, Kuala Pembuang, Seruyan Hilir, Kabupaten Seruyan.

Selanjutnya Iwan memanggil TH bermaksud menumpang kendaraannya sambil memperlihatkan benda yang mirip bom dengan berkata 'Ni bom wal'. Namun TH tidak mengindahkan.

"Terduga pelaku meminta tumpangan sampai di pertigaan Apotek Azmi. Kemudian turun tepat di pertigaan apotek. Selanjutnya berjalan kaki menuju Masjid Nurul Yaqin membawa benda diduda bom yang disembunyikan di dalam baju bagian depan," kata Kapolres Seruyan, AKBP Agung Tri Widiantoro kepada Liputan6.com, Sabtu (2/5/2020) malam.

Berdasarkan rekaman CCTV Masjid Nurul Yaqin, barang diduga bom tersebut diletakan oleh seorang laki-laki muda, perawakan sedang, menggunakan kaos oblong warna cerah, dan celana pendek warna gelap.

Dari pantauan CCTV lainnya, sebelum tiba di masjid terduga pelaku menumpang motor Tosa warna kuning dan turun dipertigaan Apotek Azmi seberang Toko Serba 35 Ribu.

"Setelah kami lakukan penyelidikan, diketahui motor Tosa Kuning itu milik Ak atau saksi 1 yang pada saat kejadian digunakan oleh TH selaku saksi 2 untuk mengantar galon ke Jalan Kapt. Mulyono Kuala Pembuang I Kabupaten Seruyan," jelas Agung.

<p><strong>**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan <a href="https://www.liputan6.com/donasi/177995/sembuhdaricorona" target="_blank" rel="nofollow">klik tautan ini</a>.</strong></p>

Ancaman Pidana dan Penjara 10 Tahun

Pengungkapan Kasus Teror Bom di Masjid Nurul Yaqin Kalteng (Dokumentasi Polda Kalteng/Liputan6.com/Moch Harunsyah)
g.

 

Kapolda Kalimantan Tengah Irjen Pol Drs Ilham Salahudin, S.H., M.Hum melalui Kabid Humas Kombes Pol Hendra Rochmawan S.I.K, M.H menyampaikan, saat ini terduga pelaku teror diduga bom sudah diamankan dan ditangani Tim Gabungan Polres Seruyan untuk dilakukan pemeriksaan lebih intensif.

"Kami akan terus mengembangkan kasus ini dan mengungkap motif dari terduga pelaku," ujar dia.

Untuk pasal yang dikenakan pelaku, kata Hendra, pihaknya masih melakukan pendalaman dan koordinasi terhadap pihak terkait.

Namun sementara ini pelaku bisa dijerat dengan pasal 335 KUHP jo pasal 14(1) UU nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.

"Hukuman setinggi-tingginya 10 tahun," pungkas dia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan, Bisa Menjaga Pencernaan

Posted: 02 May 2020 06:15 AM PDT

Jakarta Buah pir salah satu makanan sehat yang mengandung banyak nutrisi dan bermanfaat bagi tubuh. Ada baiknya kita bisa rutin mengkonsumsi buah pir.

Buah Pir adalah buah lezat yang kaya akan kandungan nutrisi dan juga air. Kandungan air yang cukup banyak dalam pir dapat menjaga kita tetap terhidrasi.

Buah yang memiliki nama latin pyrus ini sering dijadikan sebagai makanan pencuci mulut, atau sebagai campuran saat membuat jus buah ataupun jus sayuran.

Buah yang satu ini terkenal dengan rasanya yang renyah dan menyegarkan. Selain memiliki rasa yang lezat, buah pir juga memiliki manfaat baik untuk kesehatan tubuh.

Pir mengandung berbagai nutrisi penting bagi kesehatan tubuh seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin K. Selain itu pir juga megandung mineral seperti mangan, kalium, dan tembaga.

Buah ini dapat ditemukan dengan mudah di berbagai pusat perbelanjaan atau pun toko buah. Selain harganya yang relatif murah, kelezatan buah pir juga menjadi alasan mengapa buah ini menjadi buah favorit banyak orang.

Ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi buah pir secara rutin. Beberapa di antaranya adalah dapat menjaga sistem pencernaan dan membantu menyehatkan jantung.

Berikut Bola.com merangkum dari berbagai sumber, 6 manfaat buah pir untuk kesehatan tubuh.

Menurukan Risiko Terkena Diabetes

Penderita Diabetes Mellitus Rentan Terkena Infeksi Ini (Rawpixel-com/Shutterstock)
Penderita Diabetes Mellitus Rentan Terkena Infeksi Ini (Rawpixel-com/Shutterstock)

1. Menurukan Risiko Terkena Diabetes

Buah pir mengandung serat yang cukup tinggi, selain tiu buah ini juga mengandung senyawa Menurukan Risiko Terkena Diabetes dan anthocyanin.

Berbagai senyawa yang ditemukan pada buah pir tersebut terbukti dapat menurunkan risiko terkena diabetes, selain itu kandungan serat pada pir juga dapat membantu tubuh menyerap karbohidrat dengan baik.

Pir juga mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin C dan vitamin K, yang dapat memerangi peradangan pada penderita diabetes. Konsumsilah buah pir dalam keadaan segar untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

2. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Buah pir mengandung sifat antioksidan yang cukup kuat dan bermanfaat untuk melemaskan otot jantung dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), yang pada akhirnya dapat menurunkan risiko munculnya penyakit jantung.

Antioksidan dalam pir juga bermanfaat untuk mengurangi peradangan yang terjadi di dalam jantung yang diakibatkan oleh paparan radikal bebas, sehingga jantung menjadi lebih sehat.

Menyembuhkan Kanker

Ternyata, sebagian besar penyakit kanker bisa disebabkan dan disembuhkan oleh perubahan gaya hidup Anda sendiri. (iStockphoto)
Ternyata, sebagian besar penyakit kanker bisa disebabkan dan disembuhkan oleh perubahan gaya hidup Anda sendiri. (iStockphoto)

3. Melawan Kanker

Buah pir mengandung antosianin dan asam sinamat, yang menjadikannya senyawa antikanker. Sehingga mengonsumsi buah pir dapat mencegah tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh.

Selain itu pir juga mengandung flavonoid, yang dipercaya dapat membantu tubuh dalam penangkalan muncul berbagai jenis kanker seperti kanker payudara dan ovarium.

4. Menurunkan Berat Badan

Berat badan terkadang menjadi masalah bagi beberapa kalangan, karena berat badan yang terlalu berlebihan akan membuat orang kurang percaya diri dan menimbulkan munculnya berbagai macam penyakit.

Ada beberapa cara untuk menurunkan berat badan, satu di antaranya adalah mengonsumsi buah seperti pir. Buah pir rendah akan kandungan kalori dan tinggi akan kandungan seratnya.

Kandungan serat yang ada di dalam buah pir dapat membuat perut Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga akan mengurangi mengonsumsi makanan secara berlebihan di lain waktu.

 

Menyehatkan Sistem Pencernaan

Pencernaan sehat. (Via: infopencernaan.com)
Pencernaan sehat. (Via: infopencernaan.com)

5. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Buah pir kaya akan kandungan serat larut maupun tak larut, kedua kandungan tersebut dapat menjaga kesehatan usus dan membantu sistem pencernaan, dengan melunakan dan membuang kotoran dari dalam perut.

Serat larut yang terkandung dalam buah pir juga dapat membantu pertumbuhan bakteri baik yaitu prebiotik, yang dapat memberikan manfaat dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan.

6. Mencegah Penyakit Tulang

Selain mengandung berbagai macam vitamin dan serat yang cukup tinggi, buah pir juga mengandung protein, zat besi, dan kalsium yang sangat baik dalam menjaga kesehatan tulang.

Dengan hal itu mengonsumsi pir dapat membantu menguatkan tulan dan menjaga kepadatan tulang, sehingga menrunkan risiko terkena penyakit tulang seperti osteoporosis.

Sumber: Berbagai Sumber

Disadur dari Bola.com (Rheza Aditya Gradianto/Hendry Wibowo,published 2/5/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MU Akan Rekrut Konate?

Posted: 02 May 2020 06:10 AM PDT

Liputan6.com, Manchester- Semakin banyak saja bek tengah yang dikaitkan dengan Manchester United (MU) untuk bursa transfer pemain yang akan datang. Kini MU dikabarkan tertarik dengan pemain bertahan Ibrahima Konate dari Red Bull Leipzig.

Konate merupakan salah satu bek muda berbakat di Bundesliga. Usianya baru 20 tahun dan mulai jadi andalan Leipzig di musim 2019- 2020.

Pemuda Prancis itu disiapkan MU untuk menjadi tandem bagi Harry Maguire di jantung pertahanan. Konate memiliki postur tinggi besar, 194 cm.

Media Prancis Le 10 Sport melaporkan MU sudah melakukan pendekatan kepada Konate. MU memberitahu perwakilan Konate tertarik merekrutnya ke Old Trafford.

Konate masih terikat kontrak dengan Leipzig hingga tahun 2023. Untuk membajak Konate, MU harus mengeluarkan biaya cukup besar mengingat kontrak sang pemain masih cukup panjang.

 

 

Arsenal

Ibrahima Konate (Ist)
Ibrahima Konate (Ist)

Untuk mendapatkan jasa Konate, MU harus bersaing dengan rival beratnya di Inggris, Arsenal. Meriam London sudah lebih dahulu melirik Konate.

Bek baru cukup dibutuhkan MU. Pasalnya Maguire tak memiliki pendamping yang mumpuni. Victor Lindelof, Phil Jones dan Eric Bailly, penampilannya tidak stabil.

Kandidat Lain

Beberapa bek tengah yang diincar MU antara lain Mason Holgate (Everton), Alessandro Romagnoli (AC Milan) hingga Mohammed Salisu (Malaga).

Kemungkinan bek tengah yang akan direkrut pemain yang harganya tak terlalu mahal dan berusia muda. Sebab MU masih harus belanja pemain gelandang dan sayap.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aksi Yuni Shara Potong Rambut di Rumahnya yang Megah dan Bercat Putih

Posted: 02 May 2020 06:03 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bukan Yuni Shara namanya jika tak mencuri perhatian publik. Tak hanya penampilannya, banyak orang yang mengikuti berbagai kegiatannya, salah satunya lewat kanal YouTube-nya.

Dari banyak video yang diunggah, salah satu yang mencuri perhatian adalah saat Yuni Shara potong rambut di rumahnya. Di masa pandemi corona covid-19 ini, banyak orang yang lebih memilih beraktivitas di rumah, termasuk urusan potong rambut.

Sejak diunggah pada 28 April 2020, hingga Jumat, 1 Mei 2020, video Yuni potong rambut itu sudah dilihat lebih dari 71 ribu lebih. Komentar positif ramai berdatang publik, selain di kanal YouTube, juga di Instagram pribadinya.

"Makin cantik dgn rambut barunya mbak Yuni.Model rambut gitu memang membuat orang terlihat jauh lbh muda, kayak anak sekolah...terlihat fresh dan simple 😊," puji seorang warganet.

Ia menjelaskan bahwa orang yang memotong rambutnya adalah Ramli Chaniago, yang tak bisa pulang ke Belanda karena pandemi corona covid, dan kini tinggal di Pamulang, Tangerang Selatan.

"Ngagetiiinnn loh motong nya...! gak pake kode, main langsung gunting ajaaa... MakBorah @ramli_chaniago," kata Yuni Shara.

Dalam video yang diunggahnya, Yuni Shara terlihat berada di lantai dua rumahnya yang megah yang berlantai kayu yang didominasi cat putih, lukisan, dan lampu kristal yang menyala.

Lantai dua rumah Yuni Shara tampak resik, berbagai foto tertata dengan apik, termasuk potret dirinya saat bersama Presiden Jokowi.

Rambut Kering dan Panjang

Yuni Shara senang dengan rambut pendeknya usai dipotong rambut-rambut kering dan panjangnya (Dok.YouTube/Yuni Shara Channnel)
Yuni Shara senang dengan rambut pendeknya usai dipotong rambut-rambut kering dan panjangnya (Dok.YouTube/Yuni Shara Channnel)

Dalam video itu, sang mama, Rachma Widadiningsih, tampak ikut memperhatikan putrinya yang sedang potong rambut. Ia tampak tersenyum saat dekat Yuni.

"Ini rambutnya udah kering banget. Minta tolong sama Mak Borah yang datang jauh-jauh. Dia udah 30 tahun tinggal di Belanda. Kebetulan lagi di Indonesia, jadi saya minta dipotongin rambut saya yang udah panjang ini," kata Yuni.

Mengenakan cape, pelindung badan dari kain warna hitam dan putih itu. Makborah menyebut akan memotong rambut Yuni yang sudah kering-kering dan panjang.

Sebuah cermin besar berada di depan Yuni. Ia tampak santai mengenakan jeans dengan bagian lutut robek. Kedua kakinya sengaja diangkat di kursi besi warna putih.

"Sambil nonton drama Korea," kata Yuni pada lelaki berkepala plontos itu yang tampak asyik memotong rambut Yuni bagian belakang. "Sumpah deg-degan," imbuh Yuni.

Usai belakang, Makborah berpindah memotong rambut Yuni bagian samping kiri, kemudian lanjut ke samping kanan hingga rambut bagian depannya.

Setelah itu, Yuni beralih ke ruang makeup-nya. Makbora terlihat memberikan pelayanan istimewa untuk menata rambut Yuni.

Di sebelah Yuni terlihat sejumlah lemari pakaiannya yang bercat putih. Baju-baju tertata dengan rapi. "Ini hasilnya," kata Yuni tersenyum dengan memamerkan rambut pendeknya.

Saksikan video pilihan di bawah ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Azan Berkumandang di Minneapolis Selama Ramadan

Posted: 02 May 2020 06:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Satu hal yang dirindukan imigran Muslim di AS termasuk dari Indonesia adalah suara adzan dari masjid, mengingatkan sholat dan buka puasa saat Ramadan. Tapi di Minneapolis, Minnesota suara adzan kini terdengar, berkat dukungan pemda bagi umat Islam yang menjalani Ramadan dalam keprihatinan COVID-19.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sejak Bercerai, Imel Putri Tak Diberi Nafkah Suami Zaskia Gotik

Posted: 02 May 2020 06:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Semenjak bercerai dengan Sirajuddin Mahmud, Imel Putri Cahyati mengaku tidak pernah diberi nafkah. Apalagi, dari pernikahan mereka mendapatkan seorang anak.  

Padahal, masih kata Imel Putri Cahyani, dalam perjanjian perceraian di Pengadilan Agama tertulis kebutuhan hidup ditanggung oleh Sirajuddin, namun itu tak terealisasi.

Menurut Imel Putri Cahyati, dirinya tak pernah menerima uang sepeser pun dari Siraj semenjak berpisah. 

 

Tidak pernah

Imel Putri Cahyati (Instagram/imelpc)
Imel Putri Cahyati (Instagram/imelpc)

"Saya tidak pernah menerima sepeser pun uang dari dia. Ada pun untuk bayarkan uang sekolah dan itu langsung saya ke sekolah anak, itu untuk pendidikan, tapi untuk yang lain-lainnya nggak pernah nerima sepeser pun," kata Imel saat ditemui di Gedung Trans TV, Jakarta.

 

Tak Terealisasi

Imel Putri Cahyati (Instagram/imelpc)
Imel Putri Cahyati (Instagram/imelpc)

Lebih lanjut, Imel juga beberkan, di perjanjian perceraian memang tertulis kebutuhan hidup ditanggung oleh Sirajuddin, namun itu tak terealisasi. 

"Perjanjian kita buat sendiri tanpa pengadilan, untuk kebutuhan hidup anak, beliau udah tanda tangan, tapi tidak terealisasikan," terang pemain sinetron Misteri Gunung Merapi 3 ini.

 

Sayang Anak

Kendati begitu, Imel tak memungkiri betapa Sirajuddin begitu menyayangi putri mereka. 

"Tapi saya tegaskan, beliau menyayangi anaknya jelas, saya rasakan itu dan anak saya juga menyayangi beliau. Jadi saya tidak pernah melarang untuk ketemu. Bebas sekali," kata dia.

 

Dekat dengan Anak

Pernyataan Imel soal kedekatan Sirajuddin dan sang putri mereka, Aqila bisa jadi tak salah. Pasalnya, dipantau dari Instagramnya Sirajuddin kerap habiskan waktu berdua dengan si kecil. Mulai dari sekedar makan bersama hingga berlibur.

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jack Ma: Pengalaman Tenaga Medis Penting untuk Lawan Corona

Posted: 02 May 2020 06:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pendiri Alibaba Group Jack Ma mengatakan bahwa berbagi pengetahuan dan pengalaman dari para pekerja medis merupakan hal yang krusial dalam usaha penanganan wabah virus corona (Covid-19).

Kesimpulan itu didapatkannya setelah mengikuti perkembangan pandemi virus corona selama tiga bulan terakhir.

"Kami sadar bahwa dalam pandemi ini dunia tidak hanya membutuhkan perlengkapan medis, pengalaman para petugas medis sebagai garda terdepan dalam menghadapi pandemi juga begitu penting," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Sabtu (2/5/2020).

Berbekal pengalaman tersebut, Jack Ma kemudian mengembangkan platform Global MediXchange for Combating Covid-19 (GMCC) untuk berbagi pengalaman dalam menangani virus corona.

Hingga kini, GMCC telah menyelenggarakan sesi berbagi pengetahuan antara pimpinan gugus tugas penanganan pandemi dan pakar medis di China, dengan tenaga medis berasal dari rumah sakit di  berbagai negara, seperti Rwanda, Ethiopia, Afrika Selatan, Zimbabwe, termasuk Indonesia.

Selain pengalaman, Jack Ma melanjutkan, solidaritas dan kolaborasi merupakan faktor penting lain untuk menjadi senjata melawan penyebaran pandemi ini.

"Solidaritas dan kolaborasi menjadi kunci kesuksesan kita. Solusinya terletak bukan pada isolasi, melainkan pada kerja sama," seru Jack Ma.   

Tangani Virus Corona, Bantuan Alat Medis Jack Ma Tiba di Indonesia

Bantuan logistik dari Jack Ma berupa masker, alat tes Covid-19, dan APD untuk tenaga kesehatan telah tiba di Indonesia. (Foto: Jack Ma Foundation)
Bantuan logistik dari Jack Ma berupa masker, alat tes Covid-19, dan APD untuk tenaga kesehatan telah tiba di Indonesia. (Foto: Jack Ma Foundation)

Pada Jumat (27/3/2020) kemarin, donasi tahap pertama yang diberikan pendiri Alibaba Group Jack Ma berupa perlengkapan medis esensial untuk penanganan virus corona Covid-19 yang disumbangkan untuk Indonesia telah mendarat di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta.

Pengiriman tersebut merupakan bagian dari donasi perlengkapan medis yang disalurkan Jack Ma Foundation dan Alibaba Foundation kepada empat negara di Asia Tenggara, meliputi Thailand, Malaysia, Indonesia, dan Filipina yang diumumkan pada Kamis (19/3/2020) pekan lalu.

Keempat negara tersebut akan menerima sejumlah perlengkapan medis dengan total 2 juta masker, 150 ribu test kit, 20 ribu baju pelindung, dan 20 ribu pelindung wajah. Tahapan donasi berikutnya direncanakan untuk tiba di Jakarta dalam waktu dekat.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, menyampaikan apresiasi atas pemberian bantuan tersebut.

"Kami menyampaikan rasa terima kasih untuk Jack Ma Foundation dan Alibaba Foundation atas upayanya dalam memberikan dukungan bantuan peralatan yang dibutuhkan bagi Indonesia," ujar Luhut dalam keterangan tertulis, Sabtu (28/3/2020).

Diserahkan ke BNPB

Jack Ma sumbang 1 juta masker untuk Jepang, beratnya 49,4 ton. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)
Jack Ma sumbang 1 juta masker untuk Jepang, beratnya 49,4 ton. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Luhut mengatakan, pemberian tersebut akan diserahkan kepada Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB), untuk kemudian didistribusikan bagi masyarakat luas.

"Pengalaman dari berbagai belahan dunia memperlihatkan bahwa pengujian virus yang akurat dan ketersediaan peralatan perlindungan bagi para tenaga medis yang memadai, merupakan hal yang sangat penting sekaligus efektif dalam mencegah meluasnya penyebaran wabah Covid-19," tuturnya.

Donasi ini merupakan bagian dari upaya global yang dilakukan Jack Ma Foundation dan Alibaba Foundation untuk mendukung berbagai wilayah di dunia yang terdampak krisis Covid-19, seperti ke beberapa negara Asia, Amerika Utara, Amerika Latin, Eropa, dan Afrika.

Kedua yayasan juga telah merilis pedoman digital bagi para tenaga medis dan fasilitas kesehatan dalam beberapa bahasa, termasuk Bahasa Indonesia, dan akan diterjemahkan dalam beberapa bahasa lainnya.

Pedoman ini memuat pelajaran dan pengalaman penting dari para dokter, tenaga medis, dan staf Rumah Sakit Rujukan Utama Fakultas Kedokteran Universitas Zhejiang yang berada di garda terdepan penanganan virus corona dan berperan penting dalam mengurangi penyebarannya di Tiongkok.   

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berburu Skutik Stylish, Pilih Honda Genio atau Yamaha Fino?

Posted: 02 May 2020 06:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Skutik bergaya retro modern kini digemari oleh masyarakat. Dua skutik yang mengadopsi gaya ini adalah Yamaha Fino dan Honda Genio. Sebelum Anda memilih salah satu, sebaiknya Anda mengenali kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Yamaha Fino

Salah satu poin utama skutik entry level Yamaha, semua memakai mesin kubikasi agak besar. Platform Fino pun begitu, memangku dapur pacu 125 cc SOHC. Sehingga pusaran dayanya di atas rata-rata teman sekelas. Ia sanggup mengeluarkan tenaga maksimal sebesar 9,38 Tk/8.000 rpm serta torsi 9,6 Nm/5.500 rpm.

Untuk pembagian trim, Fino dibagi jadi tiga. Pertama Sporty, dengan tema two tone sekaligus kaya warna. Ini menjadi varian paling ekspresif berkat padanan kelir tidak monoton. Pertama, adalah paduan hijau putih, lengkap dengan tulisan identitas agak besar. Dilanjut biru-hitam-putih, serta merah-hitam-putih. Masing-masiing memakai pelek lima palang hitam, sebagai pembeda.

Sementara versi Premium, merupakan sisi kalem dari varian Sporty. Fitur dan harganya tak dibedakan, Rp 18,735 juta OTR Jakarta. Hanya saja pewarnaannya mengarah ke gaya elegan. Tampak dari tiga pilihan yang disediakan: Caramel Brown, Black Espresso, serta White Latte. Tiap unit pun memakai jok coklat dan pelek perak matte.

Terakhir, Fino Grande, merupakan level teratas. Banderol sudah berbeda dari kedua tipe tadi, mencapai Rp 19,89 juta OTR Jakarta. Hal ini dikarenakan perangkat fiturnya lebih banyak, sekaligus modern. Soal tampilan pun ia memiliki detail ciri khas.

Diferensiasi pada Grande, bisa langsung dilihat dari lampu utama. Mika berbentuk unik itu sudah dipasangkan dioda untuk memberi pencahayaan. Otomatis refleksi sinar lebih terang dan juga tak menguras listrik.

Berikutnya, ada di area saklar. Ia punya switch Stop Start System, yang tentu membantu efisiensi bahan bakar selama bermacet-macetan di perkotaan. Sistem nyala-mati mesin ini bakal bekerja tiap idle selama lima detik.

Satu lagi pembeda, bodi dikemas dengan finishing matte, serta disediakan dalam dua warna saja: Merah dan Biru. Aksen plastik dek coklat juga memberi kesan mewah. Plus, jok coklatnya ikut diberi alur, tak polos seperti varian lain.

Di samping itu, semuanya kurang lebih sama. Area dashboard dihiasi kluster penunjuk speedometer, sementara fuel gauge-nya terpisah. Yang jadi salah satu ciri khas unik Fino. Sementara kapasitas bagasi sebesar 8,7 liter, muat untuk mengakomodir keperluan harian, terkecuali helm.

Honda Genio

Skutik Honda Genio yang memiliki best value secara menyeluruh.
Skutik Honda Genio yang memiliki best value secara menyeluruh.

Ketimbang Fino, Genio sebetulnya merupakan pendatang baru. Wajar ia punya fitur lebih banyak dan relevan untuk hari ini. Selain itu, poin utama jagoan baru Honda ialah konsumsi bahan bakar nan efisien serta bobotnya yang ringan.

Rangka eSAF (enhanced Smart Architecture Frame), berhasil membuat total beratnya 89 kg, untuk varian CBS. Sementara yang CBS-ISS selisih satu kilogram lebih berat. Angka ini cukup memukau. Mengingat teman sekelas, atau bahkan saudaranya seperti Scoopy, memiliki bobot hampir 100 kg.

Bicara efisiensi bahan bakar, Genio diklaim bisa menoreh angka 59 kpl. Dengan catatan, kondisi ISS terus menyala dan dites pada laboratorium khusus. Hal ini bisa didapat berkat pemasangan mesin 110 cc eSP baru, serta racikan ukuran diameter dan langkah 47 mm x 63,1 mm. Karena itulah, selain konsumsi bahan bakar optimal, tenaganya mencapai 8,9 Tk/7.500 rpm dan torsi 9,3 Nm/ 5.500 rpm.

Kelengkapan fitur juga sudah modern. Lampu utama sudah LED, sekaligus pake model separator, memancarkan kesan futuristik sekaligus retro. Lantas panel meternya juga full digital, meski minim informasi dan negative displaynya monoton. Terakhir, telah tersedia power outlet di dalam bagasi 14 liter-nya. Relevan dengan kebutuhan anak muda masa kini.

Untuk tipe teratas (CBS-ISS) seharga 18,15 juta OTR Jakarta, disediakan dalam enam pilihan kelir. Mulai dari Matte Black, Trendy Black, Trendy Black-Red, Trendy White, Trendy White Blue, serta Trendy White Red. Khusus yang hitam dan putih, bahkan memakai jok dan plastik dek coklat, hingga tampak lebih premium.

Sementara versi CBS, senilai Rp 17,68 juta OTR Jakarta, diisi oleh lima tema warna: Smart Black, Smart Black-Red, Smart Red, Smart Silver, serta Smart White-Blue. Sayangnya tak ada opsi dengan aksen coklat di sini. Finishingnya pun glossy semua.

Simpulan

Menyoal tema dan pilihan kelir, Fino dan Genio sama-sama menyajikan motor dengan optimal. Mudah menyesuaikan selera warna masing-masing orang. Kalau mengenai bentuk, baik buruknya tergantung pada selera. Yang pasti keduanya cukup atraktif untuk Anda yang bosan dengan model skutik serba lancip pada umumnya.

Sementara mengenai fitur, Genio memang unggul. Atas adanya power outlet, serta sudah memakai lampu utama LED pada semua varian. Bagasinya pun lebih besar ketimbang Fino. Plus, konsumsi bensin tergolong hemat. Tapi kalau dari sudut pandang performa, Yamaha selangkah di depan. Catatan angka paling tidak membuktikan ia memiliki tenaga lebih responsif.

Sumber: Oto.com

Penulis: Helmi Alfriandi

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

RS Unair Angkat Bicara Terkait Beredarnya Larangan Datang ke Rumah Sakit

Posted: 02 May 2020 06:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA) Surabaya angkat bicara mengenai beredarnya pesan tangkapan layar percakapan di media sosial (medsos) terkait pasien selain COVID-19 yang dilarang datang ke rumah sakit tersebut

Kepala Humas Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA) Surabaya, Dr Nilly SpF mengakui, saat ini semakin banyak pasien terduga COVID-19 yang datang atau dikirim ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUA.

"Kami sudah mengupayakan untuk memisah antara pasien terduga COVID-19 dan pengunjung lain mulai dari pelayanan IGD, poli rawat jalan, HCU dan ICU serta penambahan ruang perawatan COVID-19," ujar dia, seperti dikutip dari Antara, Sabtu (2/5/2020).

Bagi pengunjung non-COVID-19, ia menuturkan, akan dilayani di sisi barat (RSUA) dan pasien terduga COVID-19 berada di sisi timur atau di RS Khusus Infeksi. 

"Untuk itu kami berharap, masyarakat agar lebih bijak untuk menunda pergi ke rumah sakit bila tidak dalam kondisi darurat dan mematuhi anjuran pemerintah dengan mengikuti aturan PSBB serta protokol kesehatan lainnya," ujar dia.

Nilly juga menekankan agar masyarakat mematuhi jaga jarak fisik, menerapkan pola hidup bersih dan sehat dengan sering cuci tangan, memakai masker dengan benar, istirahat cukup dan makan makanan bergizi.

Menambah Fasilitas

Direktur Rumah Sakit Universitas Airlangga Prof. Dr. Nasronudin (Foto:Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Direktur Rumah Sakit Universitas Airlangga Prof. Dr. Nasronudin (Foto:Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Sementara itu, Direktur RSUA, Prof dr Nasronudin mengungkapkan fasilitas yang dimiliki oleh RSUA sudah dimanfaatkan untuk merawat 42 orang di ruang ICU. Sedangkan 15 pasien lainnya tengah antre untuk menempati ICU yang kosong. 

Prof Nasron menjelaskan fasilitas di RSUA yang didukung secara penuh oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur baik dari pendanaan maupun tenaga medis, bisa menyelesaikan kasus COVID-19. Diharapkan bisa menuntaskan target nol kasus kematian akibat COVID-19.

"Kami ini rumah sakit rujukan tersier. Yang positif pasti dirujuk ke sini. Ada 42 orang yang sudah masuk, tapi ada 15 lagi yang masih antre," kata dia.

Meski begitu, Nasron berharap ke depannya RSUA bisa menampung lebih banyak pasien sehingga semua pasien positif COVID-19 bisa mendapatkan perawatan yang terbaik. "Ya makanya ini kami lengkapi terus fasilitasnya," tutur dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hardiknas 2020, Jubir COVID-19: Belajar Jarak Jauh untuk Tetap Dapat Ilmu Pengetahuan

Posted: 02 May 2020 06:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pandemi COVID-19 tak berarti membuat proses belajar mengajar berhenti. Lewat teknologi, murid dan guru berinteraksi untuk tetap belajar mengajar.

"Para murid, guru, orangtua, juga menunjukkan kedisiplinan yang tinggi dalam mempraktikkan belajar dari rumah secara mandiri, belajar jarak jauh. Ini membantu anak didik kita, seluruh anak Indonesia untuk tetap mendapatkan ilmu pengetahuan," seperti disampaikan Juru Bicara Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto menyinggung Hari Pendidikan Nasional dalam konferensi pers Sabtu, 2 Mei 2002.

Ribuan mahasiswa pun turun tangan membantu para guru menyebarkan pendidikan. Paling tidak ada 1.500 mahasiswa yang jadi relawan pendidikan. Mereka bertugas menjadi perpanjangan tangan guru menggapai murid yang tidak mendapatkan akses internet.

 

 

Pesan Mendikbud

Mendikbud Nadiem Makarim mengikuti upacara Hardiknas melalui virtual. (Dokumentasi Kemendikbud)
Mendikbud Nadiem Makarim mengikuti upacara Hardiknas melalui virtual. (Dokumentasi Kemendikbud)

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan bahwa momentum pandemi Corona ini membuka mata semua pihak bahwa betapa sulitnya tugas mendidik seorang anak yang selama ini diemban guru. Hal ini ia sampaikan dalam pidato Hardiknas pagi tadi.

"Orangtua, untuk pertama kalinya menyadari betapa sulitnya tugas guru. Betapa sulitnya tantangan untuk bisa mengajar anak secara efektif," kata Nadiem.

Dengan adanya kejadian ini membuka mata kita juga bahwa pendidikan itu bukan sesuatu yang hanya bisa dilakukan di sekolah saja.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Nasib Wahana Permainan Anak Selama Jakarta PSBB

Posted: 02 May 2020 06:00 AM PDT

Suasana wahana permainan anak yang berhenti beroperasi di pinggir Kanal Banjir Timur, Jakarta, Sabtu (2/5/2020). Wahana tersebut sudah satu bulan lebih berhenti beroperasi karena pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar untuk memutus penyebaran pandemi COVID-19. (merdeka.com/Imam Buhori)
Suasana wahana permainan anak yang berhenti beroperasi di pinggir Kanal Banjir Timur, Jakarta, Sabtu (2/5/2020). Wahana tersebut sudah satu bulan lebih berhenti beroperasi karena pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar untuk memutus penyebaran pandemi COVID-19. (merdeka.com/Imam Buhori)

Suasana wahana permainan anak yang berhenti beroperasi di pinggir Kanal Banjir Timur, Jakarta, Sabtu (2/5/2020). Wahana tersebut sudah satu bulan lebih berhenti beroperasi karena pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar untuk memutus penyebaran pandemi COVID-19. (merdeka.com/Imam Buhori)

Suasana wahana permainan anak yang berhenti beroperasi di pinggir Kanal Banjir Timur, Jakarta, Sabtu (2/5/2020). Wahana tersebut sudah satu bulan lebih berhenti beroperasi karena pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar untuk memutus penyebaran pandemi COVID-19. (merdeka.com/Imam Buhori)
Suasana wahana permainan anak yang berhenti beroperasi di pinggir Kanal Banjir Timur, Jakarta, Sabtu (2/5/2020). Wahana tersebut sudah satu bulan lebih berhenti beroperasi karena pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar untuk memutus penyebaran pandemi COVID-19. (merdeka.com/Imam Buhori)

Suasana wahana permainan anak yang berhenti beroperasi di pinggir Kanal Banjir Timur, Jakarta, Sabtu (2/5/2020). Wahana tersebut sudah satu bulan lebih berhenti beroperasi karena pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar untuk memutus penyebaran pandemi COVID-19. (merdeka.com/Imam Buhori)

Seorang anak memegang wahana permainan yang berhenti beroperasi di pinggir Kanal Banjir Timur, Jakarta, Sabtu (2/5/2020). Wahana itu sudah satu bulan lebih berhenti beroperasi karena pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar untuk memutus penyebaran pandemi COVID-19. (merdeka.com/Imam Buhori)
Seorang anak memegang wahana permainan yang berhenti beroperasi di pinggir Kanal Banjir Timur, Jakarta, Sabtu (2/5/2020). Wahana itu sudah satu bulan lebih berhenti beroperasi karena pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar untuk memutus penyebaran pandemi COVID-19. (merdeka.com/Imam Buhori)

Seorang anak memegang wahana permainan yang berhenti beroperasi di pinggir Kanal Banjir Timur, Jakarta, Sabtu (2/5/2020). Wahana itu sudah satu bulan lebih berhenti beroperasi karena pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar untuk memutus penyebaran pandemi COVID-19. (merdeka.com/Imam Buhori)

Seorang pria berdiri dekat wahana permainan anak yang berhenti beroperasi di pinggir Kanal Banjir Timur, Jakarta, Sabtu (2/5/2020). Wahana tersebut sudah satu bulan lebih berhenti beroperasi karena pemberlakuan PSBB untuk memutus penyebaran pandemi COVID-19. (merdeka.com/Imam Buhori)
Seorang pria berdiri dekat wahana permainan anak yang berhenti beroperasi di pinggir Kanal Banjir Timur, Jakarta, Sabtu (2/5/2020). Wahana tersebut sudah satu bulan lebih berhenti beroperasi karena pemberlakuan PSBB untuk memutus penyebaran pandemi COVID-19. (merdeka.com/Imam Buhori)

Seorang pria berdiri dekat wahana permainan anak yang berhenti beroperasi di pinggir Kanal Banjir Timur, Jakarta, Sabtu (2/5/2020). Wahana tersebut sudah satu bulan lebih berhenti beroperasi karena pemberlakuan PSBB untuk memutus penyebaran pandemi COVID-19. (merdeka.com/Imam Buhori)

Wahana permainan anak yang berhenti beroperasi di pinggir Kanal Banjir Timur, Jakarta, Sabtu (2/5/2020). Wahana tersebut sudah satu bulan lebih berhenti beroperasi karena pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar untuk memutus penyebaran pandemi COVID-19. (merdeka.com/Imam Buhori)
Wahana permainan anak yang berhenti beroperasi di pinggir Kanal Banjir Timur, Jakarta, Sabtu (2/5/2020). Wahana tersebut sudah satu bulan lebih berhenti beroperasi karena pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar untuk memutus penyebaran pandemi COVID-19. (merdeka.com/Imam Buhori)

Wahana permainan anak yang berhenti beroperasi di pinggir Kanal Banjir Timur, Jakarta, Sabtu (2/5/2020). Wahana tersebut sudah satu bulan lebih berhenti beroperasi karena pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar untuk memutus penyebaran pandemi COVID-19. (merdeka.com/Imam Buhori)

Suasana wahana permainan anak yang berhenti beroperasi di pinggir Kanal Banjir Timur, Jakarta, Sabtu (2/5/2020). Wahana tersebut sudah satu bulan lebih berhenti beroperasi karena pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar untuk memutus penyebaran pandemi COVID-19. (merdeka.com/Imam Buhori)
Suasana wahana permainan anak yang berhenti beroperasi di pinggir Kanal Banjir Timur, Jakarta, Sabtu (2/5/2020). Wahana tersebut sudah satu bulan lebih berhenti beroperasi karena pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar untuk memutus penyebaran pandemi COVID-19. (merdeka.com/Imam Buhori)

Suasana wahana permainan anak yang berhenti beroperasi di pinggir Kanal Banjir Timur, Jakarta, Sabtu (2/5/2020). Wahana tersebut sudah satu bulan lebih berhenti beroperasi karena pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar untuk memutus penyebaran pandemi COVID-19. (merdeka.com/Imam Buhori)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Petronas Yamaha Sepakat MotoGP Digelar 10 Seri Saja, Tidak Boleh Kurang

Posted: 02 May 2020 06:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Petronas Yamaha Sepang Racing Team sepakat MotoGP 2020 dikurangi menjadi 10 seri saja. Namun mereka meminta jumlah itu jangan berkurang.

MotoGP 2020 awalnya direncanakan digelar 20 seri. Namun semua itu berantakan karena pandemi virus corona covid-19.

Dorna sendiri merencanakan MotoGP digelar kembali pada akhir Juli. Kabarnya, MotoGP akan digelar di Eropa saja.

"Skenario terburuk, kalau tidak mungkin berangkat keluar Eropa, setidaknya kita menggelar 10 seri saja dari Juli sampai Noveber," kata CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta seperti dikutip crash.

Dorna juga akan merancang satu sirkuit menggelar dua kali balapan. Ini untuk memenuhi minimum 10 sampai 12 seri balapan.

 

 

Sepakat

MotoGP 2020 bisa menciut jadi 10 seri saja (AFP/Robert Michael)
MotoGP 2020 bisa menciut jadi 10 seri saja (AFP/Robert Michael)

Prinsipal Petronas Yamaha, Razlan Razali sepakat balapan bisa digelar 10 seri. Kalau kurang, dia meyakini gelar juara MotoGP akan dipertanyakan.

"Kami terus mengikuti panduan dari Dorna, FIMA dan IRTA. Saya pikir balapan 10 seri masih hebat melihat situasi sekarang," ujar Razali.

"Tapi kalau kurang dari 10 sangat buruk. Kalau ada pembalap yang juara di 5-6 kali balapan, apa artinya itu? "

 

 

Dampak Finansial

Razlan paham Dorna bakal mendapatkan tekanan dari kanan kiri terkait MotoGP. Kerugian finansial sudah tak bisa dielakkan lagi.

"Saya tahu dampak finansial dari masalah ini, bahkan satu perempat dari jumlah balapan bisa membantu keuangan. Tapi kejuaraan harus kredibel juga," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bom Masjid di Seruyan Kalteng Ternyata Palsu, Pelaku Positif Gunakan Narkoba

Posted: 02 May 2020 06:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Polres Seruyan, Kalimantan Tengah, menangkap pelaku teror bom di Masjid Nurul Yaqin di Kuala Pembuang, berinisial HG alias Iwan (20). Hasil penyidikan polisi mengungkap, bom tersebut adalah palsu.

Kepada polisi, pelaku mengaku iseng karena terobsesi dengan konten situs berbagi video ketika melakukan teror bom.

"Saya tegaskan benda yang mencurigakan ditemukan di masjid tersebut bukan bom asli. Tapi benda yang dirakit menyerupai bom," ujar Kapolres Seruyan AKBP Agung Tri Widiantoro di Kuala Pembuang, Sabtu (2/5/2020) seperti dilansir Antara.

Menurut dia, di dalam benda tersebut tidak ada bahan yang membahayakan seperti peledak. 

"Saat interogasi juga, ditanyakan kepada pelaku, apakah itu bisa meledak, jawab dia, tidak tahu pasti apakah bisa meledak atau tidak. Benda tersebut sudah kita musnahkan," ucap Agung.

Dia berharap, masyarakat tidak perlu resah lagi dengan hal tersebut, karena ini bukan ancaman teror. Melainkan hanya sekadar iseng saja dan setelah dilakukan cek urine kepada pelaku, yang bersangkutan positif narkoba.

"HG positif mengandung ampetamin, setelah ditanya kepada pelaku, dia mengakui bahwa dua hari yang lalu telah mengkonsumsi narkotika jenis sabu," ungkap Agung.

 

Tertarik Buat Bom

Agung menjelaskan, selain iseng, pelaku mengaku tertarik mencontoh tutorial di Youtube cara merakit bom. Dia menduga, ini merupakan pengaruh dari narkoba yang dikonsumsi dua hari lalu.

Menurut dia, pelaku butuh waktu 2-3 jam untuk membuat benda menyerupai bom itu. Terlebih, pelaku memang piawai di bidang elektronik.

Kemudian, pelaku menaruh bom palsu tersebut di masjid karena tiba-tiba lewat di depan masjid dan muncul idenya untuk meletakkan di tempat ibadah tersebut.

"Jadi menurut dari keterangan HG, tidak ada rencana sebelumnya bahwa bom palsu tersebut untuk ditaruh di masjid, sifatnya hanya spontan saja," tutur Agung.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bangunkan Warga Sahur Puluhan Remaja Dibubarkan Polisi

Posted: 02 May 2020 06:00 AM PDT

Liputan6.com, Mamuju Tim Penegak Hukum Operasi Aman Nusa 2 Cegah Covid-19 Polresta Mamuju mengamankan puluhan remaja yang berpawai membangunkan warga sahur di masa pandemi Covid-19.

Aksi mereka sebelumnya sudah menuai kritik dari sejumlah warga, dinilai melanggar physical distancing. Selain itu, mereka menggunakan kendaraan yang berknalpot bogar dan digeber sangat kencang, sehingga menghasilkan suara bising yang sangat mengganggu pendengaran warga.

"Kami tadi bawa mereka sekitar pukul 03.00 Wita ke kantor untuk didata,"kata Kasatreskrim Polresta Mamuju AKP Syamsuriansyah kepada Liputan6.com, Sabtu (02/05/2020).

Syamsuriansyah menambahkan mereka melanggar maklumat yang dikeluarkan oleh Kapolri serta imbauan pemerintah terkait physical distancing.

"Kapolri telah mengeluarkan maklumat yang intinya adalah mengajak kita semua untuk tidak melakukan kegiatan-kegiatan yang sifatnya mengumpulkan orang banyak, baik itu kegiatan sosial dan sebagainya," ujar Syamsuriansyah.

Menurut Syamsuriansyah, meskipun niat para remaja itu baik untuk membangunkan warga sahur, namun, denahn kondisi saat ini tidak tepat. Setelah mendapatkan pembinaan mereka pun di pulangkan ke rumah masing-masing.

Sementara itu, Immang salah seorang warga menyambut baik langkah yang dilakukan oleh pihak kepolisian. Menurutnya, apa yang dilakukan oleh para remaja bisa menimbulkan kegaduhan di tengah pendemi, apa lagi menggeber kenderaan dengan keras, itu sangat mengganggu warga.

"Sudah dua kali saya dikasih kaget pas sahur, waktu pertama parah, itu anakku kasian bangun, merah matanya, sampai kaget mendengar suara bising dan tidak bisa tidur," tutur Immang.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Menu Sahur yang Bikin Tubuh Bertenaga Selama Puasa Ramadan

Posted: 02 May 2020 05:45 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Banyak riset sudah membuktikan manfaat puasa bagi kesehatan. Tetapi, untuk mendapatkan manfaatnya, seseorang harus melakukannya secara tepat, yaitu dengan memerhatikan asupan gizi ketika sahur dan berbuka.

Dengan memilih menu sahur yang tepat, Anda akan punya tenaga cukup untuk beraktivitas sepanjang hari meski berpuasa. Beberapa makanan super menghadirkan rasa kenyang lebih lama dan merilis energi secara perlahan.

Melansir laman Gulf News, berikut daftar menu sahur yang akan memberi Anda energi sepanjang hari saat berpuasa.

1. Telur

Bukan rahasia lagi telur kaya akan nutrisi dan tinggi protein. Mengonsumsi telur adalah salah satu cara kenyang lebih lama.

Kelebihan lainnya, telur memiliki cita rasa lezat. Menu sahur telur orak-arik (scramble eggs) yang dicampur bayam dan keju feta dan tortilla gandum cocok jadi menu sahur yang unik.

2. Alpukat

Ilustrasi buah Alpukat. (Foto: iStockphoto)
Ilustrasi buah Alpukat. (Foto: iStockphoto)

Alpukat juga cocok dimasukkan ke dalam menu sahur karena memiliki kandungan serat tinggi. Alpukat membuat rasa kenyang bertahan lebih lama sehingga energi tubuh dilepaskan perlahan.

3. Bekatul

Selain alpukat, bekatul juga memiliki serat tinggi. Anda bisa mencoba mengolah bekatul menjadi berbagai sajian, salah satunya muffin. Kue yang biasa dijadikan menu sarapan di luar negeri ini juga cocok dikonsumsi saat sahur.

4.Greek Yogurt

Foto: joefitness.com
Foto: joefitness.com

Greek yoghurt memiliki kandungan protein dua kali lipat dibandingkan yoghurt biasa. Jenis yoghurt ini juga kaya akan probiotik dan rendah karbohidrat. Hal itu akan membuat seseorang tidak cepat haus saat mengonsumsinya.

5. Selai almond

Siapa tak suka selai almond? Tak hanya gurih, selai almond mengandung vitamin E, memiliki kadar kolesterol rendah, baik untuk jantung, dan kaya nutrisi.

Para peneliti dari University of Massachusetts Medical School Amerika Serikat merekomendasikan almond sebagai salah satu kacang-kacangan yang wajib ada dalam menu diet.

 

6. Salmon Asap

Ingin membuat menu praktis namun tetap sehat di hari Natal? Yuk intip resep ikan salmon panggang berikut ini. (Foto: Istockphoto)
Ingin membuat menu praktis namun tetap sehat di hari Natal? Yuk intip resep ikan salmon panggang berikut ini. (Foto: Istockphoto)

Salmon adalah sumber protein, vitamin, dan mineral yang baik. Salmon juga mengandung asam lemak omega-3 yang baik bagi kesehatan otak.

7. Selai kacang

Selai kacang memiliki tekstur yang creamy dan lezat, tinggi protein dan membuat kenyang lebih lama. Minyak yang terdapat dalam selai kacang bisa membantu menurunkan berat badan dan bisa dikonsumsi diabetesi. 

Disadur dari Liputan6.com (Penulis Dyah Puspita Wisnuwardani / Editor Benedikta Desideria, Published 2/5/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polda Metro Jaya Akan Panggil Pemilik Travel Angkut Pemudik

Posted: 02 May 2020 05:41 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya akan memanggil pemilik 15 kendaraan travel yang kepergok petugas mengangkut pemudik di Pos Pengamanan Operasi Ketupat Jaya 2020 di Cikarang Barat pada Jumat malam 1 Mei 2020.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, jajarannya mengamankan 15 kendaraan dengan total 113 penumpang yang akan menuju ke sejumlah kota di Pulau Jawa.

"(Pemilik travel) nanti kita akan panggil, sementara kendaraan kita tahan," kata di Sambodo Kantor Sub Direktorat Penegakkan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya, Pancoran, Jakarta, Sabtu (2/5/2020) seperti dilansir Antara.

Selain menahan 15 kendaraan travel tersebut, petugas juga mengenakan sanksi tilang terhadap seluruh kendaraan tersebut untuk memberi efek jera kepada operator nakal yang masih nekat untuk mengangkut pemudik meski ada larangan mudik dari pemerintah.

Petugas kemudian memulangkan 113 orang penumpang tersebut setelah diberikan imbauan dan penjelasan terkait kebijakan larangan mudik yang dibuat untuk mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19.

"Kendaraannya kita tahan, kita tilang, tapi untuk penumpangnya kita kembalikan," kata Sambodo.

Sambodo mengatakan tindakan operator travel tersebut jelas melanggar kebijakan larangan mudik pemerintah terkait larangan mudik.

"Mereka tidak hanya melanggar larangan mudik tetapi juga ada pelanggaran UU Lalu Lintasnya yaitu pasal 308 UU Lalu Lintas nomor 22 tahun 2009 dengan denda maksimal Rp500.000," ujarnya.

Adapun bunyi pasal tersebut adalah sebagai berikut:

- Tanpa ijin dalam trayek Tidak memiliki ijin menyelenggarakan angkutan orang dalam trayek Pasal 308 huruf (a) jo psl 173 ayat(1) huruf (a) 500.000

- Tanpa Ijin tidak dalam Trayek Tidak memiliki ijin menyelanggarakan angkutan orang tidak dalam trayek Psl 308 huruf (b) jo psl 173 ayat (1) huruf (b). 500.000

- Ijin Trayek Menyimpang Menyimpang dari ijin yang ditentukan sebagaimana dimaksud dalam pasal 173. Pasal 308 huruf (c) jo pasal 173 500.000.

 

Polisi-TNI Jaga Pembatasan Cegah Pemudik Balik ke Jakarta Usai Lebaran

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan UMP DKI 2020, Jumat (1/11/2019). (Liputan6.com/ Delvira Chaerani Hutabarat)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan UMP DKI 2020, Jumat (1/11/2019). (Liputan6.com/ Delvira Chaerani Hutabarat)

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan memperketat akses masuk Jakarta usai Lebaran, untuk mencegah ledakan kasus Corona terjadi kembali di Ibu Kota.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan akan terus berkoordinasi dengan personel kepolisian dan TNI untuk mencegah pemudik balik ke Jakarta setelah Lebaran.

"Ini akan dikerjakan bersama-sama antara pemprov, kepolisian, dan TNI supaya ini bisa terlaksana dengan baik," kata Anies saat peresmian Layanan Jakarta Care Line, di Jakarta Selatan, Sabtu (2/5/2020).

Dia menyatakan, dengan pembatasan itu, masyarakat yang telah mudik ke kampung halaman tidak dapat kembali ke Jakarta dalam waktu dekat.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu berharap masyarakat mematuhi arahan dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

"Saya berpesan bagi warga Jakarta, jangan tinggalkan kota ini.   Karena kalau Anda meninggalkan kota ini sekarang, belum tentu Anda bisa kembali cepat," ucapnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lockdown di Inggris Mengurangi Aktivitas Seismik yang Disebabkan Manusia

Posted: 02 May 2020 05:40 AM PDT

Liputan6.com, London - Stasiun seismometer, yang biasanya digunakan untuk merekam gempa bumi, telah mendeteksi penurunan besar dalam getaran tanah yang dihubungkan dengan aktivitas manusia (induced seismicity) di Inggris. Penurunan ini disebabkan oleh adanya kebijakan lockdown dan pembatasan aktivitas manusia demi menekan penyebaran virus corona.

Para ilmuwan dari Imperial College London mengatakan, guncangan seismik itu hanya terjadi separuh dari biasanya, demikian seperti dikutip dari BBC, Sabtu (2/5/2020).

Ketenangan seismik yang belum pernah terjadi sebelumnya --sebuah fenomena yang juga tercermin di negara-negara lain-- dapat menawarkan kesempatan unik bagi para geolog untuk mempelajari interior Bumi secara lebih fokus dari biasanya.

"Anda harus kembali berpuluh-puluh tahun untuk melihat tingkat kebisingan (yang rendah) seperti ini," kata Dr. Stephen Hicks dari Imperial College London, Inggris.

"Anda sering mendapatkan waktu tenang di malam hari atau di akhir pekan, tetapi tidak terus menerus, selama berminggu-minggu seperti ini," katanya kepada BBC News.

Pemicu Aktivitas Seismik yang Disebabkan Manusia

Sebuah gambar menunjukkan Gedung Parlemen (kiri) di ujung Westminster Bridge yang kosong dengan seorang pejalan kaki di trotoar London setelah pemerintah Inggris setempat memberlakukan lockdown akibat pandemi Covid-19 pada 24 Maret 2020. (Photo by JUSTIN TALLIS / AFP)
Sebuah gambar menunjukkan Gedung Parlemen (kiri) di ujung Westminster Bridge yang kosong dengan seorang pejalan kaki di trotoar London setelah pemerintah Inggris setempat memberlakukan lockdown akibat pandemi Covid-19 pada 24 Maret 2020. (Photo by JUSTIN TALLIS / AFP)

Aktivitas manusia --mobil, truk, kereta api, industri, dan langkah kaki, dan berbagai aktivitas lainnya-- muncul dalam seismometer dalam frekuensi dari 5 hingga 15 Hertz.

Dr Hicks menggunakan data dari 127 instrumen yang tersebar di Inggris untuk memetakan evolusi sinyal dari pertengahan Januari 2020 hingga saat ini.

Dia mengandalkan pembacaan data pada stasiun ilmiah yang dioperasikan oleh British Geological Survey (BGS) dan pada jaringan terdistribusi seismometer sains warga yang menggabungkan komputer mini Raspberry-Pi.

Getaran yang dirasakan di kedua instrumen terlihat menurun secara dramatis setelah Perdana Menteri Boris Johnson memerintahkan Inggris untuk lockdown pada 23 Maret 2020.

"Pengurangan kebisingan seismik harus membantu kita melihat sinyal dari gempa bumi yang biasanya terkubur dalam kebisingan," kata Dr Brian Baptie, kepala seismologi di BGS.

"Ini mungkin memungkinkan kita mendeteksi lebih banyak gempa kecil atau melihat bagian gerak tanah dengan amplitudo rendah yang disebabkan oleh gempa bumi yang lebih besar secara lebih jauh."

Para ilmuwan di seluruh dunia bekerja sama untuk mengeksploitasi potensi penelitian tersebut.

Dr Thomas Lecocq, dari Royal Observatory Belgium, memulai sebuah komunitas yang beroperasi pada platform komunikasi Slack dan menyebut temuan itu dengan istilah "Lockdown Seismology".

Grup ini memiliki lebih dari 85 anggota di lebih dari 30 negara yang berbeda.

Dr Lecocq mengatakan, gempa berkekuatan sangat rendah sedang diselidiki, seperti halnya aktivitas gunung berapi.

Para peneliti di Gunung Etna di Sisilia mencoba mendengarkan dengungan tenang gunung, berharap untuk belajar sesuatu yang baru tentang perilakunya --sesuatu yang bisa berguna dalam pemantauan di masa depan.

Namun, Dr Baptie tetap skeptis dengan temuan ini.

"Secara teori, [pengurangan kebisingan seismik] dapat menyebabkan wawasan baru, karena banyak dari pemahaman kita tentang struktur internal Bumi berasal dari pengamatan gempa bumi."

"Namun, ini umumnya bergantung pada pengamatan dalam jangka waktu yang lama, sedangkan jendela waktu di mana kemampuan deteksi kami mungkin cenderung dilakukan dalam rentang waktu yang relatif pendek."

Dr Hicks menambahkan: "Pasti akan menarik untuk melihat bagaimana suara itu kembali dan bagaimana itu bervariasi di seluruh Inggris. Saya menduga sensor London menjadi lebih cepat lebih cepat ketika kami menerapkan lockdown, yang mana itu secara relatif berbicara dibandingkan dengan baseline mereka."

"Kami akan menulis makalah singkat hanya untuk mengatakan kami memiliki pengamatan keren ini dan bahwa kami telah melihat reaksi kebisingan seismik ini bergerak di seluruh dunia, dimulai di China. Kami kemudian akan membahas apa yang mungkin dapat kami lakukan dengan itu di masa depan," seperti yang dikutip dari BBC.

 

Reporter: Yohana Belinda

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dahlan Iskan Kaitkan Harga BBM dengan Sedekah Ramadan, Seperti Apa?

Posted: 02 May 2020 05:30 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan ikut berkomentar soal harga BBM yang belum turun meski harga minyak dunia tengah anjlok. Menurut dia, tak turunnya harga BBM sebagai bentuk sedekah kepada Pertamina untuk dapat terus memproduksi minyak selama masa krisis akibat virus corona (Covid-19).

Dalam sebuah tulisan di blog pribadinya, Dahlan menjelaskan, Pertamina kini harus menanggung biaya operasi yang tak sedikit dalam mengelola kilang miliknya.

Hal tersebut dianggap sebagai langkah yang paling ekonomis ketimbang menutup sumur minyak tersebut. Jika sampai dimatikan, maka itu bisa membuat kilang almarhum selamanya dan membutuhkan biaya yang jauh lebih besar untuk mencari sumber minyak baru.

Di sisi lain, Pertamina juga harus terus menjual hasil produksinya lantaran ada keterbatasan kapasitas tangki. Kalau minyak itu tidak diperdagangkan dan meluber ke mana-mana, maka itu akan mencemari bumi manusia.

"Kilang itu memerlukan biaya operasi. Sumur minyak itu harus dijaga jangan sampai mati. Semua itu perlu biaya. Kita lah yang bisa jadi donaturnya," tulis Dahlan.

"Alhamdulillah. Di bulan Ramadan ini kita bisa lebih banyak bersedekah. Sedekah terbesar kita ya ke Pertamina itu," ungkap dia.

Dahlan mengatakan, masyarakat justru harus iba kepada Pertamina. Pendapatannya yang biasa besar kini turun hampir 50 persen akibat sepi pelanggan BBM selama masa pandemi corona.

Prediksi Harga BBM

Pemilik kendaraan melakukan pengisian baham bakar minyak (BBM) di SPBU, Jakarta, Rabu (5/2/2020). Pemerintah mencanangkan pembangunan BBM Satu Harga di 83 titik di Indonesia pada tahun 2020. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pemilik kendaraan melakukan pengisian baham bakar minyak (BBM) di SPBU, Jakarta, Rabu (5/2/2020). Pemerintah mencanangkan pembangunan BBM Satu Harga di 83 titik di Indonesia pada tahun 2020. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Lebih lanjut, ia memprediksi harga BBM belum akan mengalami perubahan sepanjang bulan Ramadan. Dahlan lantas menceritakan kisah mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla, yang harus menaikan harga BBM sangat tinggi di tengah lonjakan harga minyak mentah dunia yang sampai USD 100 per barel.

"Kiat beliau (Jusuf Kalla) adalah: naikkan BBM sehari sebelum bulan Ramadan. Agar besoknya tidak ada demo besar," ujar dia.

"Maka jangan harap harga BBM akan turun selama masih ada bulan Ramadan. Bahkan, jangan-jangan, selama masih ada Corona," tutup Dahlan.   

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengamat: Masyarakat yang Nekat Mudik Serahkan ke Gugus Tugas Covid-19

Posted: 02 May 2020 05:30 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi telah memutuskan larangan mudik untuk masyarakat secara luas, serta memberhentikan operasional hampir seluruh moda transportasi. Keputusan ini diambil demi menekan potensi penyebaran virus corona covid-19.

Namun demikian, masih banyak warga yang nekat mudik secara diam-diam dengan berbagai cara. Bahkan, baru-baru ini banyak warga yang tertangkap mudik dengan modus menggunakan angkutan pelat hitam, yang seharusnya dilarang untuk dikomersialkan membawa penumpang.

Menanggapi hal itu, Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan MTI Pusat, Djoko Setijowarno meyebutkan bahwa urusan seperti itu seharusnya diserahkan kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-29, dan bukannya dilimpahkan kepada Kepolisian.

"Urusan seperti ini jangan diserahkan di Kepolisian di jalan raya untuk menghadang mereka berupaya pulang kampung. Serahkan ke Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 untuk memikirkan mencari jalan keluar bagi warga yang sudah tidak memiliki penghasilan untuk membiayai kehidupan sehari-hari, namun tidak boleh pulang ke kampung halaman," kata Djo

Sementara itu, menurut Djoko, jika dibebankan kepada Pemda di wilayah Jabodetabek, juga cukup memberatkan. Mengurus warganya sendiri juga belum tentu tuntas.

"Perlu kerjasama antara Pemda di Jabodetabek dengan Pemerintah Pusat dan Pemda asal para perantau ini," bebernya dalam sebuah keterangan yang diterima Liputan6.com, Sabtu (2/5/2020).

Sebagai informasi, menurut survey kedua Balitbang Perhubungan (April 2020), menunjukkan sekitar 24 persen warga masih berkeinginan mudik.

Berdasarkan data pemudik tahun 2019 sebanyak 18,34 juta orang, artinya sekitar 4,4 juta orang masih ingin mudik.

Ini Sanksi Buat PNS yang Nekat Mudik

Jika terlibat dalam tim dan kegiatan kampanye, PNS hingga Pejabat Publik terancam kurungan pidana dan denda jutaan rupiah.
Jika terlibat dalam tim dan kegiatan kampanye, PNS hingga Pejabat Publik terancam kurungan pidana dan denda jutaan rupiah.

Pemerintah memastikan Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS mematuhi aturan larangan mudik. Apabila terjadi pelanggaran, terdapat sejumlah sanksi yang akan diberikan.

Asisten Deputi Pembinaan Integritas dan Penegakan Disiplin SDM KemenPAN-RB, Bambang Dayanto Sumarsono menegaskan, bagi yang amelanggar terdapat sanksi ringan hingga berat.    

"Sanksi diatur sesuai instansi masing-masing. Kategori penjatuhan hukuman disiplin bagi ASN yang keluar daerah maka dilihat dampaknya. Apa dampaknya bagi unit kerja, pemerintah dan masyarakat," ujar Bambang seperti dilansir kanal Ekonomi, Liputan6.com.

Adapun pemberian sanksi secara ringan dilakukan dengan menyampaikan teguran secara lisan kepada PNS. Teguran secara lisan tersebut juga akan diikuti dengan pernyataan tidak puas terhadap kinerja secara tertulis. Pemberian sanksi tersebut dilakukan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK).

"Ketegori satu itu hukuman disiplin ringan, karena waktu itu masih imbauan. Kategori dua itu sudah hukuman sedang maupun berat apalagi kategori tiga. Apa itu hukuman ringan? yaitu teguran lisan, teguran tulisan dan pernyataan tidak puas secara tertulis," jelas Bambang.

Tak Bisa Naik Gaji Hingga Turun Pangkat

Sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemprov DKI Jakarta melakukan tugas dinasnya di Balaikota, Jakarta, Senin (10/6/2019). PNS kembali berdinas di masing-masing instansinya pada hari pertama kerja usai libur nasional dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 H. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemprov DKI Jakarta melakukan tugas dinasnya di Balaikota, Jakarta, Senin (10/6/2019). PNS kembali berdinas di masing-masing instansinya pada hari pertama kerja usai libur nasional dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 H. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sedangkan kategori sedang menyangkut admisnistrasi kepegawaian antara lain PNS yang melawan aturan tidak bisa naik gaji atau golongan secara berkala. Kemudian tidak diizinkan naik pangkat bahkan diturunkan pangkatnya oleh pemerintah.

"Yang berat, turun pangkat selama tiga tahun, kemudian non-job bahkan pemberhentian tidak hormat tidak atas permintaan sendiri. Pengelola kepegawaian diwajibkan untuk melakukan entry hukuman disiplin ini kepada siapa? yaitu kepada BKN melalui sistim aplikasi kepegawaian BKN. Ini menjadi catatan dan berpengaruh terhadap karir mereka nanti," tandasnya.    

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Banjir Landa 5 Kecamatan di Bandung Selatan, 81.088 Jiwa Terdampak

Posted: 02 May 2020 05:30 AM PDT

Liputan6.com, Bandung - Hujan deras yang mengguyur wilayah Bandung selatan sejak Kamis (30/4/2020) mengakibatkan Sungai Citarum meluap dan merendam sedikitnya 21.888 rumah. Pusdalops BPBD Provinsi Jabar mencatat, sebanyak 24.898 kepala keluarga (KK) atau 81.088 jiwa terdampak banjir Kabupaten Bandung tersebut.

Manajer Pusdalops BPBD Jabar Budi Budiman Wahyu mengatakan, banjir di wilayah Kabupaten Bandung meliputi lima kecamatan. Di antaranya, Kecamatan Dayeuhkolot, Kecamatan Baleendah, Kecamatan Arjasari, Kecamatan Bojongsoang, dan Kecamatan Banjaran.

"Total terdampak banjir di wilayah Kabupaten Bandung, terdampak 24.898 KK/81.088 jiwa. Jumlah terendam yaitu 21.888 rumah, 46 sekolah, 96 tempat ibadah, dan 27 fasilitas umum," kata Budi dalam keterangan tertulisnya.

Adapun banjir ini mengakibatkan 54 KK atau 187 jiwa mengungsi ke lokasi pengungsian. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian banjir.

"Titik lokasi pengungsian Kecamatan Baleendah di selter BPBD sedangkan di Kecamatan Dayeuhkolot Pengungsian di Aula Desa Dayeuhkolot," ucap Budi.

Selain itu, BPBD Kabupaten Bandung juga telah mendirikan tenda pengungsian di Desa Batu Karut Kecamatan Arjasari.

Adapun kondisi terkini terkait banjir, sejumlah ruas jalan masih digenangi air dan belum bisa dilalui. Di Jalan Raya Banjaran-Dayeuhkolot, tinggi muka air (TMA) masih berkisar antara 10-120 sentimeter. Kemudian di Jalan Raya Ciparay-Dayeuhkolot TMA mencapai 10-150 sentimeter.

Selanjutnya, Jalan Andir-Katapang (60-250 sentimeter), Jalan Raya Depan Metro (10-110 sentimeter), dan Jalan Raya Dayeuhkolot depan Masjid Ash-Shopia (10-100 sentimeter).

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Lagu Karya Erwin Prasetya Bersama Dewa 19

Posted: 02 May 2020 05:30 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepergian Erwin Prasetya mantan pemain bas Dewa 19 untuk selama-lamanya pada Sabtu (2/5/2020), menyisakan sejumlah karya manis yang dikenang oleh para pecinta musik seluruh Indonesia.

Semasa hidupnya, Erwin Prasetya ikut andil dalam menciptakan beberapa lagu Dewa 19 baik yang menjadi hit maupun bukan hit namun sukses menyentuh hati penggemar.

Setelah keluar dari Dewa 19, Erwin Prasetya sempat menciptakan lagu untuk mantan rekannya di band tersebut, Ari Lasso. Erwin menciptakan lagu Misteri Ilahi yang menjadi debut Ari Lasso mengawali kariernya sebagai solis.

 

 

Produser

Erwin Prasetya (Foto: Instagram/erwin_prasetya_)
Erwin Prasetya (Foto: Instagram/erwin_prasetya_)

Selain menciptakan lagu, musikus yang merupakan personel awal Dewa 19 bersama Ahmad Dhani, Wawan Juniarso, dan Andra Junaidi ini, pernah berkiprah sebagai produser.

Banyak Lagu

Dewa 19 formasi awal. (Instagram @ari_lasso)
Dewa 19 formasi awal. (Instagram @ari_lasso)

Sejumlah lagu yang tercipta setelah keluar dari Dewa 19 pun sempat menunjang karier musikus yang tutup usia di usia 48 ini. Termasuk lagu untuk Nina Tamam dan Cinta Laura.

Lagu untuk Dewa 19

Nah, tentunya banyak yang masih belum tahu, lagu-lagu apa saja yang sempat diciptakan Erwin Prasetya selama di Dewa 19. Yuk ikuti deretannya berikut ini.

1. Kamulah Satu-satunya

"Kamulah Satu-satunya" merupakan lagu paling hit yang pernah diciptakan Erwin Prasetya dan Ahmad Dhani. Lagu ini merupakan single andalah mereka di album Pandawa Lima selain "Kirana" dan "Aku Disini Untukmu".

 

 

 

 

2. Kirana

"Kirana" merupakan hit pertama dari album Pandawa Lima. Lagu ciptaan Erwin dan Ahmad Dhani ini sempat cukup lama bertengger di chart dengan video klip bertema wayang yang menarik perhatian.

3. Restoe Boemi

"Restoe Boemi" memang tak pernah dijadikan sebagai single andalan Dewa 19. Lagu yang ada di album Terbaik Terbaik ini bahkan tak pernah dibuatkan video klip. Namun Erwin dan Dhani berhasil meraciknya hingga menjadi salah satu lagu paling disukai penggemar.

4. Still I'm Sure We'll Love Again

"Still I'm Sure We'll Love Again" merupakan salah satu lagu berbahasa Inggris Dewa 19 selain "Swear". Lagu yag diciptakan Erwin bersama Dhani untuk album Format Masa Depan (1994) ini memiliki melodi ala musik balada yang sedang populer pada awal 1990-an.

5. Sebelum Kau Terlelap

Meskipun menjadi lagu non-hit di album Pandawa Lima, namun Erwin Prasetya dan Dhani membuat komposisi "Sebelum Kau Terlelap" terdengar sangat lembut dan berkelas.

6. Selatan Jakarta

Satu lagi lagu ciptaan Erwin Prasetya yang ada dalam album Pandawa Lima. Seperti judulnya, "Selatan Jakarta" menggambarkan suasana ibukota yang diiringi oleh musik bergenre hard rock.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Cara Mencegah Obesitas Selama Puasa Ramadan

Posted: 02 May 2020 05:25 AM PDT

Jakarta - Banyak orang yang berharap bisa diet secara otomatis saat menjalankan ibadah puasa Ramadan. Padahal jika tidak dikontrol dengan baik pola makannya, momen ibadah puasa justru bisa memicu obesitas. Tetapi,  hal ini sering tidak disadari oleh banyak orang.

Obesitas bisa sangat mungkin terjadi pada kita yang sedang berpuasa. Walau kita tidak makan dan minum seharian, pada saat berbuka dan sahur kita kehilangan kontrol. Hal inilah yang sering menjadi penyebab seseorang mudah mengalami obesitas setelah selesai berpuasa Ramadan selama sebulan.

Maka dari itu, perlu ada aturan yang harus kamu buat sendiri dan secara disiplin kamu jalankan agar terhindar dari bahaya obesitas. Aturan yang dimaksud adalah menerapkan pola makan dan pola hidup sehat, yakni seperti mengkonsumsi buah dan sayur serta rajin berolahraga ringan setelah sahur di pagi hari.

Buat kamu yang tidak ingin mengalami obesitas maka, kamu perlu memperhatikan nasihat berikut. Berikut 4 cara mencegah obesitas selama menjalankan ibadah puasa Ramadan. Simak semua tipsnya dibawah ini.

Hindari Momen Berbuka Puasa Dengan Makanan yang Terlalu Manis

Ilustrasi Donat Credit: pexels.com/Sharon
Ilustrasi Donat Credit: pexels.com/Sharon

Tips mencegah obesitas yang pertama ialah dengan cara menghindari makanan yang terlalu manis pada saat berbuka puasa. Kita memang disarankan berbuka dengan yang manis-manis namun, jika kamu mengkonsumsinya terlalu banyak atau makanan tersebut terlalu manis, itu juga tidak baik untukmu.

Makanan yang terlalu manis bisa meningkatkan gula darah dan menimbulkan berbagai macam penyakit yang tidak baik untuk kesehatan tubuh, misalnya diabetes. Selain itu, bagi kamu yang memang sedang serius menjalani program diet perlu mengetahui bahwa musuh dari diet adalah gula yang berlebih.

Sebaiknya pada saat berbuka, kamu cukup menkonsumsi sedikit santapan manis dengan segelas air putih atau sebaliknya, minuman manis dinetralkan dengan buah-buahan bermineral. Takaran tersebut sudah cukup untuk mengembalikan tenaga dalam tubuh sebenarnya.

Biasakan Sahur Dengan Makanan Rebus atau Kukus

Ilustrasi Makanan Rebus Credit: pexels.com/Valeria
Ilustrasi Makanan Rebus Credit: pexels.com/Valeria

Selanjutnya, tips yang kedua agar kamu terhindar dari obesitas saat menjalankan ibadah puasa ialah membiasakan diri sahur dengan makanan rebus atau kukus. Makanan ini lebih baik daripada makanan yang berminyak. Hal ini karena makanan rebus tidak memiliki lemak jenuh seperti yang dimiliki oleh makanan berminyak.

Ada banyak makanan rebus yang enak disantap untuk dijadikan menu sahur, misalnya dimsum. Hindari terlalu sering mengkonsumsi gorengan dan makanan minyak lainnya karena kandungan lemak jenuh yang ada di minyak dapat berkumpul di saluran darah.

Selain itu, kandungan minyak juga akan membuat pencernaanmu menjadi terhambat lantaran sulit larut dengan cepat. Jadi, lebih baik, santap makanan dengan sistem pengolahan direbus atau ditumis.

Kurangi Konsumsi Nasi dan Perbanyak Sayur

Ilustrasi Nasi dan Sayur Credit: pexels.com/Buenosia
Ilustrasi Nasi dan Sayur Credit: pexels.com/Buenosia

Tips yang ketiga agar kamu terhindari obesitas ialah mengurangi konsumsi nasi dan memperbanyak makan sayur-sayuran. Nasi memang menjadi salah satu penyumbang karbohidrat dan merupakan makanan pokok orang Indonesia, namun sebaiknya kamu belajar untuk menguranginya.

Terlalu banyak mengkonsumsi nasi justru bisa memicu obesitas pada tubuhmu karena terdapat kandungan glukosa dan apabila tidak dicerna dengan baik oleh tubuh, bisa menjadi tumpukan lemak. Maka dari itu, lebih baik kamu memperbanyak konsumsi sayur-sayuran yang jauh lebih sehat dan juga banyak memberikan manfaat bagi tubuh.

Rutin Berolahraga

Ilustrasi Berolahraga Credit: freepik.com
Ilustrasi Berolahraga Credit: freepik.com

Terakhir, tips mencegah obesitas saat menjalankan ibadah puasa ialah rutin berolahraga. Tentu ini menjadi syarat mutlak bagi kamu yang juga mengidamkan tubuh ideal karena sebenarnya diet tanpa diingin olahraga pasti hasilnya tidak akan maksimal. Justru tubuhmu akan terasa lemas.

Maka dari itu, kamu harus membiasakan diri rutin berolahraga agar metabolisme tubuh juga dapat berjalan dengan baik. Tidak perlu olahraga yang berat, yang ringan saja sudah cukup asalkan tubuhmu bergerak dan mengeluarkan sedikit keringat. Kamu bisa memilih waktu setelah sahur atau sore hari menjelang adzan maghrib.

Disadur dari Fimela.com (Penulis Imelda Rahma, Published 2/5/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nestapa Porter Stasiun Solo Balapan di Tengah Pandemi Corona

Posted: 02 May 2020 05:21 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seluruh lini kehidupan terdampak pandemi Corona Covid-19. Terutama bagi warga yang biasa menawarkan jasa. 

Seperti yang dialami oleh para porter di Stasiun Solo Balapan ini. Lewat jasa mereka, biasanya para pengguna kereta api sangat terbantu karena tak perlu membawa barang bawaan. 

Kini setelah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diterapkan oleh hampir seluruh kepala daerah, pendapatan mereka pun ikut tergilas. 

Salah satunya Lasiyo (67). Warga Wonorejo, Karanganyar ini mengaku sudah bekerja menjadi porter sejak tahun 1972. Meski kini sepi pekerjaan, bersama rekan-rekannya, mereka tetap setia untuk datang ke stasiun setiap hari.

"Ya mas, kita tetap ke sini, membersihkan stasiun, memasang tangga kalau ada kereta api yang berhenti," ujar Lasiyo (67), saat ditemui Merdeka di Stasiun Solo Balapan, Sabtu (2/5/2020). 

Sebelum virus Corona mewabah, dia mengaku bisa mendapatkan uang Rp 100 ribu hingga Rp 150 ribu. Namun, saat ini sama sekalui tidak ada penghasilan 

"Enggak ada uang mas buat makan sehari-hari. Istri saya kerja, tapi kan nggak cukup juga," keluhnya.

Hal yang sama juga diungkapkan Dwi Rinanto. Sejak pandemi Corona, dia mengaku penghasilannya semakin menurun. Kondisi tersebut semakin diperparah dengan adanya larangan mudik dan diberlakukannya PSBB di sejumlah kota.

"Sekarang ini hampir tidak ada kereta yang beroperasi mas. Tinggal kereta Prameks beberapa. Itu pun sepi penumpang. Dari mana kita mau dapat uang, nyari pekerjaan lain juga sulit," tutur warga Sumber Nayu, Banjarsari tersebut.

Rekan sesama porter lainnya juga mencurahkan isi hatinya. Warga Clolo, Kadipiro ini tak bisa lagi menghidupi anak istrinya. 

"Mau gimana lagi, mau tidak mau ya diterima. Penghasilan kita tidak menentu, sering kosong. Kalau dulu ya bisa untuk hidup. Kita berdoa saja semoga kondisinya segera membaik dan normal lagi," pungkas dia.

 

Batalkan Seluruh Perjalanan Kereta

Sebelumnya, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 6 Yogyakarta resmi memperpanjang pembatalan seluruh perjalanan kereta api jarak jauh arah barat (Jakarta/Bandung) maupun arah Timur (Surabaya/Malang/Ketapang) untuk mudik lebaran hingga 31 Mei 2020.

Pembatalan tersebut sebagai bentuk dukungan kebijakan larangan mudik pemerintah sebagai upaya pencegahan penyebaran dan penularan Covid-19. Sebelumnya, pembatalan sementara perjalanan KA hanya diberlakukan hingga 30 April 2020.

Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto mengatakan, perpanjangan tersebut dilakukan setelah dilakukan evaluasi dan mengikuti perkembangan di lapangan.

"Setelah dilakukan evaluasi, PT KAI memutuskan untuk memperpanjang pembatalan sementara kereta jarak jauh sampai dengan setelah Lebaran, tanggal 31 Mei 2020," ujar Eko, Selasa (28/4).

 

Reporter: Arie Sunaryo

Sumber: Merdeka 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming SCTV Sinetron Samudra Cinta Episode Sabtu, 2 Mei 2020

Posted: 02 May 2020 05:20 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sinetron Samudra Cinta ditayangkan setiap malam mulai pukul 19.20 WIB.

Anda bisa menikmati drama khas Samudra Cinta dengan akting pesinetron top.

Jangan lupa episode Samudra Cinta juga bisa disaksikan via live streaming dengan klik di sini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kadin Prediksi Pengangguran Baru Akibat Corona Capai 30 Juta Orang

Posted: 02 May 2020 05:15 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Indonesia Indonesia (KADIN), Suryani SF Motik, menilai kondisi ekonomi yang terjadi saat terjadi pandemi corona berbeda dengan krisis ekonomi 1998. Kala itu sektor UMKM masih bisa bertahan. Namun, kali ini semua sektor usaha mengalami dampak yang sama tanpa pandang bulu.

Berdasarkan data, jumlah UMKM sebesar 61 juta. Jika asumsi satu UMKM terdiri dari 2 orang, jumlahnya korban terdampak sudah mencapai 122 juta orang. Di tengah pandemi ini ketahanan UMKM tidak lama. Ada yang bertahan dalam hitungan mingguan atau hanya dalam hitungan hari.

"Kalau UMKM dalam hitungan harian dan mingguan banyak yang kolaps," kata Yani sapaannya dalam diskusi virtual bertajuk 'Ekonomi, Bisnis, dan Fiskal Saat Ini', Jakarta, Sabtu (2/5).

Begitu juga di industri perhotelan. Saat ini data mencatat sekitar 2-3 juta orang terkena PHK. Itu pun baru data perkiraan dan dari satu sektor. Jika digabungkan dengan berbagai sektor dia meyakini jumlah pengangguran baru bisa mencapai 30 juta orang.

Sementara itu, permasalahan di sektor industri misalnya terkait bahan baku. Hampir semua bahan baku sektor industri yang ada di Indonesia hasil impor. Sehingga ketika terjadi gangguan dalam mobilitas, sektor ini pun terganggu.

Keuangan Perusahaan

Ilustrasi: PHK Karyawan (Sumber: IEEE Spectrum)
Ilustrasi: PHK Karyawan (Sumber: IEEE Spectrum)

Yani melanjutkan keuangan perusahaan pun hanya bisa bertahan selama 3 bulan. Sementara pandemi ini sudah berlangsung selama kurang lebih 1,5 bulan. Sehingga diperkirakan perusahaan hanya bisa bertahan selama 1,5 bulan lagi.

"Pengusaha juga nafasnya paling tinggal 2-3 bulan. Kalau sudah berjalan 1,5 bulan, berarti tinggal 1,5 bulan lagi mereka bisa bertahan," kata Yani.

Reporter : Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemkot Surabaya Angkat Bicara Terkait Penanganan di Klaster Sampoerna

Posted: 02 May 2020 05:05 AM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya angkat bicara soal penanganan klaster Sampoerna Kali Rungkut Surabaya yang dinilai terlambat respons. 

Wakil Koordinator Hubungan Masyarakat Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Surabaya, M Fikser menegaskan, pemerintah kota selalu serius dan cepat dalam mendapatkan semua informasi yang berkembang terkait dengan penyebaran Covid-19. Termasuk kasus COVID-19 pada karyawan PT HM Sampoerna Tbk, Rungkut Surabaya.

"Bahwa pemerintah kota tidak pernah terlambat. Ibu Gubenur (Jawa Timur) tidak benar. Awal mulanya pada tanggal 2 April yang bersangkutan itu sakit dan berobat ke klinik perusahaan. Pada 9 April 2020 pasien dirujuk di rumah sakit dan tanggal 13 April pasien melakukan pemeriksaan tes swab di rumah sakit yang berbeda," kata Fikser saat Jumpa Pers di ruang Sekretaris Daerah, Balai Kota Surabaya, Sabtu (2/5/2020).

Ia menuturkan, sejak saat itu Pemkot Surabaya mulai melakukan tracing atau pelacakan yakni dengan penyelidikan epidemologi di setiap rumah sakit. Bahkan setiap harinya, petugas dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya mendata dan memantau di setiap rumah sakit terkait perkembangan pasien Covid-19.

"Begitu kita ketahui, tanggal 16 April Dinkes memanggil perusahaan Sampoerna. Jadi bukan perusahan yang melapor, tapi kami yang memanggil. Kita yang menemukan. Monggoh (silahkan) bisa tanya ke Sampoerna," ujar dia.

Tidak hanya itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Surabaya ini pun memastikan, pertemuannya dengan pihak perusahaan  kedua kali pada 27 April 2020, juga meminta untuk menutup sementara perusahaan. Tidak cukup sampai di situ, ia pun juga meminta data nama karyawan untuk dilakukan tracing kembali. 

"Kita minta datanya by name by address. Supaya kita bisa tracing kembali dan beri intervensi," tegas Fikser.

Lakukan Rapid Test

Jumpa pers terkait penanganan corona covid-19 di Surabaya, Jawa Timur (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Jumpa pers terkait penanganan corona covid-19 di Surabaya, Jawa Timur (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Senada dengan itu, Koordinator Bidang Pencegahan, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Surabaya, Febria Rachmanita mengatakan, dalam pertemuannya dengan PT HM Sampoerna itu, dia langsung meminta perusahaan tersebut untuk melakukan rapid test dan mengisolasi mandiri karyawannya sekitar 506 orang.

"Saat itu puskesmas melakukan tracing dan ditemukan terdapat data kontak erat dengan karyawan. Kita begitu tahu satu orang sakit langsung kita cari siapa orang dalam pemantauan (ODP) mana dan pasien dengan pengawasan (PDP) nya," kata Febria.

Febria menyebut, setelah dilakukan rapid tes, dari 506 karyawan ditemukan 123 karyawan yang hasilnya positif. Kemudian, PT HM Sampoerna melakukan tes lanjutan yakni swab tes pada Jumat 1 Mei 2020, yang dibagi menjadi dua gelombang. Gelombang pertama dengan kuota sebanyak 48 karyawan. Dari 48 tersebut yang terkonfirmasi sebanyak 30 orang positif. 

"Kami pun minta Sampoerna yang melakukan isolasi karyawannya di suatu hotel sehingga tidak tertular dengan yang lain," papar dia.

Tidak berhenti sampai di situ, Kepala Dinkes Kota Surabaya ini juga memastikan, hingga saat ini pemkot melalui puskesmas terus memantau perkembangan pasien, baik yang isolasi mandiri di rumah maupun di hotel dan memberikan berbagai intervensi.

"Jadi tidak benar kalau kami terlambat dalam penanganan Covid-19. Kami pun mencarikan tempat tidur mereka yang positif dan sudah dapat seratus untuk karyawan Sampoerna. Dan memantau sekitar 200 orang keluarga karyawan," pungkas dia. 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Akhir Liga Inggris Jika Mengikuti Sistem Penghitungan Poin Ligue 1

Posted: 02 May 2020 05:05 AM PDT

Jakarta - Liga Inggris dan tiga liga domestik elite di Eropa, yakni Bundesliga, La Liga dan Serie A masih berstatus ditunda untuk sementara waktu. Ini akibat pandemi corona Covid-19.

Sementara itu, kompetisi kasta tertinggi Prancis, Ligue 1 memutuskan tak melanjutkan sisa pertandingan musim 2019-2020. Paris Saint-Germain dinyatakan sebagai kampiun setelah menempati posisi teratas klasemen akhir.

Melansir dari Sussexexpress, Sabtu (2/5/2020), untuk menentukan klasemen akhir, Ligue 1 menggunakan sistem poin per pertandingan. Sistem poin tersebut dibuat lantaran belum semua klub memainkan jumlah laga yang sama sebelum liga dihentikan akibat adanya virus corona.

Metode penghitungan poin tersebut tentunya bisa digunakan liga lainnya, seperti Liga Inggris untuk menentukan klasemen jika kompetisi terpaksa tak lanjut. Meski kabarnya, klub-klub Liga Inggris sepakat kalau musim 2019-2020 harus tuntas.

Sebelum dihentikan akibat pandemi virus corona, Liverpool berada di pucuk pimpinan dengan 82 poin. Skuat asuhan Jurgen Klopp itu unggul 25 angka atas Manchester City yang berada di bawahnya persis.

Namun, tak ada salahnya jika menerka-nerka klasemen akhir Premier League dengan mengikuti sistem penghitungan poin Ligue 1. Pasalnya, hingga saat ini para klub Premier League belum memainkan jumlah laga yang sama.

Andai Liga Inggris menggunakan sistem hitungan poin per laga, tak ada perbedaan yang terlalu mencolok dengan klasemen sekarang. Liverpool masih berada di posisi teratas dengan poin per laga 2,83. Kemudian tiga klub lainnya yang berada di empat besar ialah Manchester City (2,04), Leicester City (1,83) dan Chelsea (1,66).

Lantas di mana posisi Manchester United dan 15 klub Liga Inggris League lainnya? Berikut klasemen akhir Liga Inggris jika mengikuti sistem penghitungan poin Ligue 1.

Klasemen Premier League Jika Mengikuti Sistem Hitungan Poin Ligue 1

Premier League 2019/2020 Logo (Bola.com/Adreanus Titus/Faris Kholid)
Premier League 2019/2020 Logo (Bola.com/Adreanus Titus/Faris Kholid)

1. Liverpool (2,83)

2. Manchester City (2,04)

3. Leicester City (1,83)

4. Chelsea (1,66)

5. Manchester United (1,55)

6. Sheffield United (1,54)

7. Wolverhampton Wanderers (1,48)

8. Arsenal (1,43)

9. Tottenham Hotspur (1,41)

10. Burnley (1,34)

11. Crystal Palace (1,34)

12. Everton (1,28)

13. Newcastle United (1,21)

14. Southampton (1,17)

15. Brighton (1,00)

16. West Ham (0,93)

17. Watford (0,93)

18. Bournemouth (0,93)

19. Aston Villa (0,89)

20. Norwich City (0,72)

Sumber: Sussexexpress

Disadur dari Bola.com (Penulis Faozan Tri Nugroho / Editor Hendry Wibowo, Published 2/5/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Melihat Gaya Belajar Anak Sekolah Zaman Now

Posted: 02 May 2020 05:03 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setiap 2 Mei Indonesia memperingati Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada hari ini, Sabtu (2/5/2020). Tanggal tersebut merupakan hari lahir Ki Hajar Dewantara, pahlawan dan tokoh pendidikan nasional.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, peringatan Hari Pendidikan Nasional kali diwarnai dengan penuh keprihatinan karena bertepatan dengan pandemi corona COVID-19

Untuk menghentikan penyebaran virus corona tersebut, seluruh sekolah ditutup. Jika sebelumnya, siswa dan guru belajar lewat tatap muka, kali ini sangat berbeda.

Saat ini siswa belajar dari rumah. Guru memberikan materi pelajaran dengan menggunakan berbagai alat komunikasi. Interaksi guru dan murid pun dilakukan dengan teknologi komunikasi. Bagaimana gaya belajar saat ini?

Televisi

Ilustrasi Nonton TV
Ilustrasi Nonton TV

Program Belajar dari Rumah ini tayang di TVRI yang bisa diakses oleh para siswa. Hal itu dilakukan agar sekolah-sekolah di daerah yang belum punya akses internet.

Radio

Di beberapa daerah bahkan harus menggunakan radio komunitas. Di Sanggau, Kalimantan Barat, belajar lewat siaran radio, setiap Senin hingga Jumat. Lewat program ini biaya lebih hemat, ketimbang mnggunakan internet.

Telepon Genggam

Jika dalam kondisi normal, penggunaan telepon genggam tidak diperkenankan untuk dibawa ke sekolah. Namun, saat ini telepon genggam dianggap sangat berjasa dalam mengirimkan materi kepada siswa.

Video

Video juga jadi salah satu bagian gaya belajar zaman now. Tak sedikit guru yang mengirimkan video contoh mata pelajaran untuk dikerjakan siswa di rumah. Di luar itu, tentu ada media lain yang digunakan dalam proses belajar jarak jauh ini.

Dalam kondisi saat ini, gaya belajar visual yang paling banyak, meski tidak tatap muka secara langsung. Namun, ada juga kinesik, seperti belajar berenang, mengaji, menari. Ada juga yang gaya belajar auditori, yang lebih mengandalkan pada proses mendengar.

Saksikan video pilihan di bawah ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Maling Motor Nekat Beraksi Siang Bolong di Tambora Kala Ramadan

Posted: 02 May 2020 05:01 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Video pencurian sepeda motor di Jalan Duri Selatan I, Kelurahan Duri Selatan, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat viral di media sosial. Kejadian tersebut terjadi pukul 09.30 WIB, Rabu 29 April 2020.

Kapolsek Tambora Kompol Iver Son Manossoh mengatakan, pemilik kendaraan sempat mengunci ganda sepeda motor bernomor polisi B 3352 PHU itu sebelum dicuri.

"Kemudian, pelapor meninggallkan motor tersebut untuk masuk ke ekspsedisi guna mengirim barang. Jarak tempat pelapor memakirkan kendaraannya kurang lebih 20 meter," kata Iver Son dalam keterangannya, Jakarta, Sabtu (2/5/2020).

Selesai mengirim barang yang memakan waktu tidak begitu lama, korban RA (27) lantas keluar dari tempat ekspedisi tersebut. Ternyata, dia sepeda motornya telah raib.

"Saat kembali sekira pukul 09.30 WIB, motor pelapor sudah tidak ada di tempat dan setelah di cek CCTV terdapat dua orang mencurigakan dan salah satunya mengambil motornya tanpa izin. Atas kejadiannya dilaporkan ke Polsek Tambora untuk proses lanjut," ujar Iver Son.

 

Ciri-Ciri Pelaku

Pada video aksi pencurian itu terlihat, pelaku menggunakan topi warna hitam, tas pinggang hitam, menggunakan celana panjang serta menggunakan jaket.

Polisi sedang melakukan penyelidikan atas laporan kehilangan kendaraan bermotor merek Honda Beat tersebut.

"Kerugiannya itu satu unit sepeda Motor Honda Nomor Polisi B 3352 PHU, warna putih tahun 2019 senilai kurang lebih Rp 13.000.000," pungkas Iver Son.

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Jabar Luncurkan Situs Curhat Pandemi COVID-19

Posted: 02 May 2020 05:00 AM PDT

Liputan6.com, Bandung Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat (TPKJM) Jawa Barat bekerja sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB), Pusdi Infeksi Fakultas Kedokteran UNPAD, RS Melinda-2 dan Surya Medika, membuat situs curhat yang dapat pakai untuk mencegah dan mengatasi dampak psikologis Covid19.

Situs dengan nama ruangempati.com ini dalamnya terdapat layanan self-assessment, psikoterapi seni, pendampingan virtual, mindfulness, manajemen stres, tele-psikiatri emergensi dan psikoedukasi.

Menurut anggota TPKJM Jawa Barat Teddy Hidayat, penyakit Covid-19 yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 telah menimbulkan stres, kepanikan dan ketakutan yang luar biasa. Dalam situasi seperti ini kesehatan mental menjadi begitu penting dan dibutuhkan.

"Mengapa? Pertama, Covid-19 telah memporakporandakan ekonomi dunia, memicu pengangguran dan kesulitan keuangan yang kemudian diikuti gelombang depresi dan bunuh diri. Kedua, isolasi dan pembatasan fisik yang berkepanjangan membuat stres menjadi lebih berat," kata Teddy dalam keterangan resminya ditulis, Bandung, Sabtu, 2 Mei 2020.

 

Risiko Alami Stres Terbesar: Lansia dan Anak-anak

Teddy menjelaskan kelompok masyarakat yang berisiko menderita stres pada saat pandemi ini adalah kelompok usia lanjut dan anak-anak, orang yang sebelumnya sudah menderita gangguan kejiwaan.

Para petugas medis yang merawat pasien COVID-19 juga rentan terkena masalah mental. Dari pengalaman klinis, jelas Teddy, sebagian besar tenaga medis yang merawat pasien Covid-19 mengeluh dampak psikologis dan rentan terhadap tekanan.

Sementara lebih dari 80 persen pasien penyakit ini, menujukkan gejala ringan atau asimptomatik, 20 persen perlu perawatan dan empat persen meninggal. Perbedaan keparahan ini terjadi karena faktor imunitas.

"Pasien dengan imunitas rendah berisiko menjadi parah dan meninggal. Oleh karena itu, memahami faktor imunitas, sama pentingnya dengan memahami virus itu sendiri," ujar Teddy.

Stres dan kecemasan yang terus-menerus lanjut Teddy, melalui mekanisme HPA aksis dan kortisol akan menurunkan imunitas. Mengatasi stres dan kecemasan selain dapat mengurangi penderitaan, juga mempertahankan imunitas agar sakit tidak menjadi lebih parah atau meninggal.

 

Pendampingan virtual relawan terlatih

Melalui situs ruangempati.com ini, akan dilakukan pendampingan virtual relawan yang terlatih. (Foto: Screenshot)
Melalui situs ruangempati.com ini, akan dilakukan pendampingan virtual relawan yang terlatih. (Foto: Screenshot)

Melalui situs ruangempati.com ini, akan dilakukan pendampingan virtual relawan yang terlatih.

"Aplikasi ruangempati.com ini tidak hanya akan digunakan selama pandemi Covid-19 saja, tetapi akan terus dikembangkan untuk kepentingan di Perguruan Tinggi dan masyarakat. Semoga. Untuk kasus-kasus yang sulit dan memerlukan penanganan lebih lanjut dirujuk ke Tele-psikiatri emergensi yang dilayani oleh psikiater salah satunya di RS Melinda-2," terang Teddy.

Layanan daring seperti psikoterapi seni merupakan sesuatu yang jarang dikenal dan dimanfaatkan, semoga melalui ruangempati.com ini pskikoterapi seni memberi warna lain yang lebih menarik dan aktual bagi masyarakat. Harapannya psikoterapi seni dapat menjadi daya tarik tersendiri dan masyarakat merasakan manfaatnya.

"Aplikasi yang dikembangkan oleh STEI ITB ini menjadi lebih menarik lagi untuk dinikmati karena dalam pembuatannya ahli desain komunikasi visual ITB mengolah pesan secara informatif, komunikatif, dan efektif, serta sekreatif mungkin agar pesan dapat mencapai sasaran," ucap Teddy.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kalbar Bakal Produksi 149 Ribu Ton Beras di Mei-Juli 2020

Posted: 02 May 2020 05:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi virus Covid-19 kini telah mengancam hak hidup masyarakat banyak. Menyikapi perkiraan dampak tersulit dari pandemi tersebut, Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) lakukan analisa serta pemetaan untuk menyusun strategi sebagai solusi atasi dampak pandemi terhadap ketersediaan stok serta distribusi pangan.

Kepala Dinas Pertanian TPH Provinsi Kalbar, Florentinus Anum mengatakan bahwa dampak pandemi secara sosial-ekonomi mendalam dan global sehingga perlu dilakukan upaya dalam menjaga rantai pasokan pangan dan memastikan produksi serta ketersediaan pangan untuk semua masyarakat Kalbar.

"Saat ini aktivitas usaha tani bisa tertunda karena adanya pembatasan untuk tidak banyak keluar rumah sesuai protokol kesehatan sehingga pengembangan budi daya tanaman pangan dan hortikultura melambat akibatnya nanti produksi petani agar tetap stabil," kata Florentinus di Pontianak, Sabtu (2/5/2020).

Florentinus menambahkan bahwa Covid-19 juga berdampak pada jalur distribusi hasil produksi pertanian dan sarana produksi pertanian yang menjadi terhambat dikarenakan terbatasnya transportasi dan angkutan. Harga produksi komoditi pertanian di Provinsi Kalbar agar tetap stabil dan permintaan pasar (konsumsi) terhadap komoditi juga agar dipertahankan tetap stabil.

"Kita membutuhkan tindakan bersama dan upaya tegas sehingga dampak pandemi ini bisa segera kita atasi,"

Menindak lanjuti dampak dari Covid-19 tersebut, Florentinus mengatakan bahwa Dinas Pertanian TPH saat ini melakukan upaya sebagai solusi atasi dampak pandemi terhadap ketersediaan pangan diantaranya memaksimalkan fungsi penyuluh di Balai Penyuluh Pertanian (BPP) pada kecamatan yang tergabung dalam kostratani tujuannya mengawal dan melakukan pembinaan kepada kelompok tani (poktan) dan petani untuk bekerja dengan mentaati protokol kesehatan.

Selain itu, dalam menjaga kelancaran distribusi Dinas Pertanian TPH bekerja sama dengan semua pihak yang tergabung dalam gugus tugas di kabupaten dan kecamatan untuk memastikan akses transportasi bahan pokok dan pangan harus terbuka dalam rangka memenuhi pasokan pangan dan bahan pokok di masyarakat dan pasar.

"Kita juga melakukan upaya dalam menjaga ketat stabilitas harga komoditi pertanian di pasaran dengan menghindari spekulan dan penimbunan komoditi pangan serta memastikan akses distribusi pangan terbuka dan tidak ada hambatan distribusinya dan angkutannya," tambahnya.

Ketersediaan Pangan Provinsi Kalbar

Ilustrasi luas lahan yang siap digarap para petani.
Ilustrasi luas lahan yang siap digarap para petani.

Kadistan Florentinus mmenyampaikan bahwa Dinas Pertanian TPH Provinsi Kalbar terus melakukan koordinasi yang intensif dengan dinas kabupaten/kota se-Kalbar dalam upaya percepatan pelaksanaan kegiatan untuk memastikan penyaluran benih, pupuk dan alsintan cepat dan tepat sasaran serta intens melakukan pembinaan kepada para petani untuk terus berproduksi dan bekerja di lapangan, meningkatkan sistem budi daya dalam upaya meningkatkan produksi.

"Upaya tersebut kita lakukan dalam rangka menjaga ketersediaan pangan khususnya menjelang hari raya Idul Fitri dan kita juga harus memastikan ketersediaan pangan sepanjang tahun 2020 dimasa pandemi Covid-19 ini aman," terangnya.

Sebagai gambaran, perkiraan produksi ketersediaan pangan (beras ) di seluruh kabupaten/kota Kalbar periode bulan Mei hingga Juli 2020 yakni dengan luas panen 86.564 hektar (ha) menghasilkan produksi beras 149.838 ton, kemudian di tambahkan stok produksi akhir bulan April 2020 maka kumulatif perkiraan produksi ketersediaan beras sampai dengan akhir juli adalah 246.250 ton.

Dengan tingkat konsumsi periode bulan Mei-Juli sebesar 123.636 ton, sehingga stok beras akhir bulan Juli 2020 masih tersedia 122.614 ton. Kemudian perkiraan produksi ketersedian pangan (beras) sepanjang tahun 2020 diseluruh kabupaten/kota se-Kalbar periode bulan Januari -Desember 2020 dengan total luas panen 399.882 ha adalah 722.361 ton beras, kumulatif perkiraan produksi setelah ditambah sisa stok akhir desember 2019 adalah 760.453 ton.

"Tingkat konsumsi Kalbar sepanjang tahun 2020 sebesar 494.797 ton, maka diakhir bulan Desember 2020 kita masih ada stok 265.655 ton beras. Maka dapat disimpulkan kebutuhan pangan pokok terutama beras sampai dengan akhir bulan Desember 2020 di tengah masa pandemi Covid -19 ini Provinsi Kalbar diperkirakan aman,"ucap Kadistan Florentinus.

Pendekatan KUR

Petani memanen cabai keriting di kawasan Pesawah, Cicurug, Sukabumi, Rabu (22/04/2020). Sejak penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), sejumlah petani mengeluhkan harga cabai keriting di tingkat petani yang turun dari Rp 20 ribu per kg menjadi Rp 12 ribu per kg. (merdeka.com/Arie Basuki)
Petani memanen cabai keriting di kawasan Pesawah, Cicurug, Sukabumi, Rabu (22/04/2020). Sejak penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), sejumlah petani mengeluhkan harga cabai keriting di tingkat petani yang turun dari Rp 20 ribu per kg menjadi Rp 12 ribu per kg. (merdeka.com/Arie Basuki)

Di kesempatan terpisah, Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Suwandi mengatakan Kementan sudah mengantisipasi harga gabah di tingkat petani jatuh di bawah harga pembelian pemerintah (HPP).

Salah satu solusinya yakni sesuai pesan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo adalah melalui Komando Startegi Penggilingan Padi (Kostraling) melalui pendekatan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

"Hingga saat ini juga sedang menjajaki Kostraling bekerjasama dalam pemasaran online dalam menjual beras ke masyarakat. Selain itu, agar harga gabah tetap stabil dan petani menikmati hasil" jelasnya.

Suwandi menegaskan distribusi agar tetap lancar saat kondisi wabah virus corona dan kebijakan pemerintah PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Jika melihat panen yang terjadi di daerah, maka pasokan cukup banyak.

"Karena itu sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait untuk memperlancar distribusi, jangan sampai pasokan pangan terhambat, termasuk upayakan agar distribusi diringankan biayanya agar efisien bisa mengangkat harga petani," pungkasnya.

Untuk diketahui produksi dari panen April-Mei-Juni sebesar 10,99 juta ton beras dan kebutuhan konsumsi beras nasional 7,50 juta ton (kebutuhan beras rata-rata 2,5 juta ton per bulan), data bersumber dari Kerangka Sampling Area oleh Badan Pusat Statistik mencatat puncak panen diperkirakan terjadi di April hasil 5,62 juta ton beras.

Lebih rinci yakni potensi panen pada April seluas 1,85 juta hektare, Mei seluas 1,25 juta hektare dan Juni 0,74 juta hektar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Alasan Kenapa dalam Islam Makan Sambil Berdiri Dilarang

Posted: 02 May 2020 05:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dalam Islam, ada ketentuan untuk makan dan minum tidak sambil berdiri, apalagi selagi sahur dan buka puasa selama Ramadan. Meski tidak diharamkan, namun larangan ini tampak jelas dari Anas RA:

"Dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam di mana beliau melarang seseorang minum sambil berdiri." Qotadah berkata bahwa mereka kala itu bertanya (pada Anas), "Bagaimana dengan makan (sambil berdiri)?" Anas menjawab, "Itu lebih parah dan lebih jelek." (HR. Muslim no. 2024).

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

لاَ يَشْرَبَنَّ أَحَدٌ مِنْكُمْ قَائِمًا فَمَنْ نَسِىَ فَلْيَسْتَقِئْ

"Janganlah sekali-kali salah seorang di antara kalian minum sambil berdiri. Apabila dia lupa maka hendaknya dia muntahkan." (HR. Muslim no. 2026)

Lantas bagaimana halnya dengan makan sambil berdiri?" Beliau menjawab, "Tentu itu lebih buruk dan lebih keji lagi." (HR. Muslim dan Tirmidzi).

Seperi yang dituliskan dari Buku Pintar Sains dalam Al Quran, Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah, Dr. Ibrahim Ar-rawi berpendapat bahwa ketika berdiri, keseimbangan pusat-pusat saraf manusia akan bekurang dan otomatis mengurangi ketenangan.

Para orang tua zaman dahulu pun memberikan nasihat untuk tidak makan sambil berdiri karena dianggap pamali atau tidak sopan.

Ternyata hal ini bukanlah sekedar nasihat semata. Sebab dari sisi medis makan sambil berdiri juga sebaiknya tidak dilakukan karena dapat menyebabkan beberapa hal.

Dilansir dari Sehatq, berikut beberapa hal yang dapat terjadi pada tubuh jika kamu makan sambil berdiri: 

1. Makan Lebih Banyak 

Ada kepercayaan masyarakat yang mengungkapkan, makan sambil berdiri dapat membantu menurunkan berat badan daripada posisi duduk. Padahal anggapan itu secara ilmiah malah terbalik.

Makan sambil berdiri memungkinkan orang-orang mengonsumsi makanan dengan relatif cepat. 

Akibatnya malah berpotensi menambah porsi makanan lebih banyak. Alhasil, meningkatkan kalori yang dikonsumsi. Sehingga, makan berlebihan dapat berkontribusi pada kenaikan berat badan.

Beberapa penelitian juga menunjukkan, makan dengan lambat dan tidak terburu-buru dapat mengurangi nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang.

 

2. Memicu Rasa Lapar Berlebih Setelah Makan

makan sahur/copyright: shutterstock
makan sahur/copyright: shutterstock

Sebuah penelitian melaporkan, seseorang yang makan sambil berdiri atau berjalan akan mengalami pengosongan perut yang lebih cepat. Rasa lapar ini bahkan lebih cepat terjadi daripada orang yang hanya berdiri diam atau duduk. Akibatnya kamu akan kembali makan atau mengonsumsi banyak camilan.

3. Kurang Menikmati Kelezatan Makanan 

Ketika seseorang makan sambil berdiri, Anda akan kurang menikmati kelezatan makanan yang kamu konsumsi. Meskipun kamu makan lebih banyak, bukan berarti kamu menikmati cita rasa makanan tersebut.

Rasa kurang menikmati kelezatan makanan tersebut timbul karena tidak merasa rileks ketika mengonsumsinya. 

Dalam sebuah studi Journal of Consumer Research ditemukan, berdiri selama beberapa menit bisa menyebabkan stres. Bahkan membuat lidah lebih sulit bekerja dengan baik.

 

4. Bikin Kembung

Walaupun sudah olahraga dengan rutin, kenapa perut masih saja gendut dan kembung? | via: trbimg.com
1120-bloat-20131122.jpg

Ketika seseorang makan sambil berdiri, ia dapat makan lebih cepat. Hal itu menyebabkan peningkatan jumlah udara yang tertelan selama makan.

Udara yang tertelan berpotensi membuat perut terasa kembung dan bergas, dan tentu saja bisa membuat kamu tidak nyaman. 

Semakin tegak postur tubuh, maka semakin cepat proses pencernaan. Hal ini mengakibatkan lebih sedikit waktu bagi nutrisi untuk bersentuhan dengan dinding usus sehingga lebih sulit untuk menyerapnya.

Karbohidrat yang dicerna dengan buruk pun cenderung berfermentasi di usus dan menyebabkan perut kembung.

Disamping dampak negatif yang timbul, ternyata makan sambil berdiri juga dipercaya memiliki pengaruh yang positif bagi penderita refluks asam lambung.

Orang yang mengalami refluks asam lambung seringkali disarankan untuk berdiri tegak saat makan dan selama beberapa jam setelah makan.

Hal tersebut dilakukan untuk mencegah naiknya kembali asam lambung ke kerongkongan. Makan sambil berdiri atau duduk tegak juga bisa mengurangi tekanan di perut sehingga mengurangi kemungkinan refluks.

Meski begitu, tetap saja lebih banyak kemungkinan negatif yang dapat ditimbulkan dari makan dengan posisi berdiri. Dari beberapa akibat yang dapat ditimbulkan oleh makan sambil berdiri, akan lebih baik jika kamu makan dengan posisi duduk.

Makan sambil duduk bisa membuat seseorang merasa rileks, fokus pada makanan, menikmatinya secara perlahan, dan mengunyah lebih banyak.

Penelitian juga menunjukkan, fokus selama makan dapat meningkatkan rasa kenyang, dan mengurangi kemungkinan makan berlebih. Jadi, makanlah dengan posisi duduk yang nyaman dan jauhkan diri dari ponsel, komputer, tv atau gangguan lain untuk sementara waktu.

(Syahidah Izzata Sabiila/Dream.co.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cristiano Ronaldo Selalu Lapar untuk Lewati Rekor Gol Pele

Posted: 02 May 2020 05:00 AM PDT

Liputan6.com, Turin- Cristiano Ronaldo dianggap sudah siap untuk menyalip rekor gol Pele dan menjadi pemain terhebat di sepanjang masa. Hal ini diungkapkan Gary Neville, mantan bek MU yang pernah satu tim dengan Ronaldo.

Cristiano Ronaldo sudah menikmati karier tertinggi selama 18 tahun. Dia pun menetapkan diri sebagai salah satu pemain terbaik di dunia.

Prestasi Ronaldo,35 tahun sangat mentereng. Dia sudah memenangkan tiga gelar juara Liga Inggris, dua La Liga, satu scudetto dan lima trofi Liga Champions bersama MU dan Real Madrid.

Cristiano Ronaldo juga sudah merebut lima trofi Ballon d'Or sebagai prestasi pribadi. Dia meninggalkan Real Madrid sebagai pencetak gol tersubur sepanjang masa.

Cristiano Ronaldo juga menjadi pemain tersubur di Portugal dan sukses beri trofi Piala Eropa untuk negaranya.

 

Kejar Pele

Striker Juventus, Cristiano Ronaldo, melakukan selebrasi usai membobol gawang Frosinone pada laga Serie A di Stadion Allianz, Turin, Jumat (15/2). (AP/Alessandro Di Marco)
Striker Juventus, Cristiano Ronaldo, melakukan selebrasi usai membobol gawang Frosinone pada laga Serie A di Stadion Allianz, Turin, Jumat (15/2). (AP/Alessandro Di Marco)

Ronaldo memang bersaing dengan Lionel Messi. Namun untuk jumlah gol Ronaldo masih unggul.

Neville mengaku kagum dengan kerja keras Ronaldo. Dia meyakini Ronaldo bisa lewati rekor 1000 gol yang dicetak Pele.

"Semangat dia untuk menjadi pemain terbaik di dunia itu luar biasa," katanya seperti dikutip Goal.com.

"Trofi individual sangat penting buat dia, dia hanya ingin jadi yang terbaik. Saya rasa dia punya rencana untuk lewati rekor Pele."

 

Obsesi

Neville menilai Ronaldo punya obsesi untuk menjadi yang terbaik. Ini didukung dengan semangatnya berlatih.

"Dia punya obsesi cetak gol dan berusaha latih keras untuk itu. Dia selalu meningkatkan profesionalismenya setiap tahun," ujar Neville.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Ramadan, Minat Belanja Kebutuhan Pokok Meningkat

Posted: 02 May 2020 05:00 AM PDT

Pengunjung belanja kebutuhan pokok di swalayan, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Sabtu (2/4/2020). Meningkatnya minat belanja kebutuhan pokok saat Ramadan membuat Presiden Joko Widodo memerintahkan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memperbaiki alur distribusi. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Pengunjung belanja kebutuhan pokok di swalayan, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Sabtu (2/4/2020). Meningkatnya minat belanja kebutuhan pokok saat Ramadan membuat Presiden Joko Widodo memerintahkan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memperbaiki alur distribusi. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Pengunjung belanja kebutuhan pokok di swalayan, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Sabtu (2/4/2020). Meningkatnya minat belanja kebutuhan pokok saat Ramadan membuat Presiden Joko Widodo memerintahkan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memperbaiki alur distribusi. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Pengunjung belanja kebutuhan pokok di swalayan, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Sabtu (2/4/2020). Meningkatnya minat belanja kebutuhan pokok saat Ramadan membuat Presiden Joko Widodo memerintahkan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memperbaiki alur distribusi. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Pengunjung belanja kebutuhan pokok di swalayan, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Sabtu (2/4/2020). Meningkatnya minat belanja kebutuhan pokok saat Ramadan membuat Presiden Joko Widodo memerintahkan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memperbaiki alur distribusi. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Pengunjung belanja kebutuhan pokok di swalayan, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Sabtu (2/4/2020). Meningkatnya minat belanja kebutuhan pokok saat Ramadan membuat Presiden Joko Widodo memerintahkan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memperbaiki alur distribusi. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Pengunjung belanja kebutuhan pokok di swalayan, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Sabtu (2/4/2020). Meningkatnya minat belanja kebutuhan pokok saat Ramadan membuat Presiden Joko Widodo memerintahkan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memperbaiki alur distribusi. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Pengunjung belanja kebutuhan pokok di swalayan, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Sabtu (2/4/2020). Meningkatnya minat belanja kebutuhan pokok saat Ramadan membuat Presiden Joko Widodo memerintahkan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memperbaiki alur distribusi. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Pengunjung belanja kebutuhan pokok di swalayan, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Sabtu (2/4/2020). Meningkatnya minat belanja kebutuhan pokok saat Ramadan membuat Presiden Joko Widodo memerintahkan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memperbaiki alur distribusi. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Pengunjung belanja kebutuhan pokok di swalayan, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Sabtu (2/4/2020). Meningkatnya minat belanja kebutuhan pokok saat Ramadan membuat Presiden Joko Widodo memerintahkan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memperbaiki alur distribusi. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Pengunjung belanja kebutuhan pokok di swalayan, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Sabtu (2/4/2020). Meningkatnya minat belanja kebutuhan pokok saat Ramadan membuat Presiden Joko Widodo memerintahkan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memperbaiki alur distribusi. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Pengunjung belanja kebutuhan pokok di swalayan, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Sabtu (2/4/2020). Meningkatnya minat belanja kebutuhan pokok saat Ramadan membuat Presiden Joko Widodo memerintahkan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memperbaiki alur distribusi. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Pengunjung belanja kebutuhan pokok di swalayan, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Sabtu (2/4/2020). Meningkatnya minat belanja kebutuhan pokok saat Ramadan membuat Presiden Joko Widodo memerintahkan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memperbaiki alur distribusi. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Pengunjung belanja kebutuhan pokok di swalayan, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Sabtu (2/4/2020). Meningkatnya minat belanja kebutuhan pokok saat Ramadan membuat Presiden Joko Widodo memerintahkan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memperbaiki alur distribusi. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Pengunjung belanja kebutuhan pokok di swalayan, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Sabtu (2/4/2020). Meningkatnya minat belanja kebutuhan pokok saat Ramadan membuat Presiden Joko Widodo memerintahkan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memperbaiki alur distribusi. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Pengunjung belanja kebutuhan pokok di swalayan, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Sabtu (2/4/2020). Meningkatnya minat belanja kebutuhan pokok saat Ramadan membuat Presiden Joko Widodo memerintahkan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memperbaiki alur distribusi. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Pengunjung belanja kebutuhan pokok di swalayan, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Sabtu (2/4/2020). Meningkatnya minat belanja kebutuhan pokok saat Ramadan membuat Presiden Joko Widodo memerintahkan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memperbaiki alur distribusi. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Pengunjung belanja kebutuhan pokok di swalayan, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Sabtu (2/4/2020). Meningkatnya minat belanja kebutuhan pokok saat Ramadan membuat Presiden Joko Widodo memerintahkan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memperbaiki alur distribusi. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Pengunjung antre di kasir saat belanja kebutuhan pokok di salah satu toko swalayan grosir di daerah Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Sabtu (2/4/2020). Presiden Joko Widodo memerintahkan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memperbaiki alur distribusi kebutuhan pokok. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Pengunjung antre di kasir saat belanja kebutuhan pokok di salah satu toko swalayan grosir di daerah Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Sabtu (2/4/2020). Presiden Joko Widodo memerintahkan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memperbaiki alur distribusi kebutuhan pokok. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Pengunjung antre di kasir saat belanja kebutuhan pokok di salah satu toko swalayan grosir di daerah Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Sabtu (2/4/2020). Presiden Joko Widodo memerintahkan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memperbaiki alur distribusi kebutuhan pokok. (Liputan6.com/Johan Tallo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesan Istri Mendiang Bupati Morut Usai Sembuh Covid-19

Posted: 02 May 2020 05:00 AM PDT

Liputan6.com, Morut - Kabar baik dari delapan PDP Positif Covid-19 klaster Morowali Utara (Morut). Semua pasien itu dinyatakan sembuh, termasuk istri dan anak-anak mendiang Bupati Morut yang tengah menjalani rawat dan isolasi di Makassar.

Sembuhnya delapan orang yang merupakan rombongan pengantar mendiang Bupati Morut saat berobat di Makasaar itu dipastikan setelah hasil pemeriksaan swab lanjutan terhadap mereka dua kali berturut-turut menyatakan negatif.

"Pasien positif Covid-19 asal Morut yang menjalani isolasi mandiri di Makassar sudah sembuh semua. Kemarin lima yang dinyatakan sembuh dan hari Jumat (1/5/2020) ada tiga lagi yang juga sembuh,"  kata juru bicara Pusdatina Covid-19 Sulteng, Haris Kariming, Jumat (1/5/2020).

Diantara delapan pasien sembuh itu terdapat istri mendiang Bupati Morut, Liliana Tumimomor beserta dua orang anaknya yang sebelumnya juga dinyatakan positif Covid-19 pada 8 April lalu. Sedangkan lima orang lainnya merupakan kerabat dan pejabat Pemkab Morut.

Hasil positif itu pula yang membuat mereka urung pulang ke Morut pascameninggalnya mendiang Bupati, Aptripel Tumimomor karena Covid-19 pada 2 April lalu. Selama 24 hari mereka menjalani perawatan dan isolasi mandiri di Kota Makassar dengan pengawasan tim dokter setempat sebelum akhirnya dinyatakan sembuh.

Liliana Tumimomor sendiri sejak dinyatakan positif telah mengumumkan statusnya ke publik agar masyarakat di Morut melakukan upaya pencegahan dan menuruti semua imbauan pemerintah untuk memutus penyebaran virus tersebut.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Pesan dari Kesembuhan Liliana

Liliana Tumimomor, Istri mendiang Bupati Morut saat memberikan pernyataan usai dinyatakan sembuh dari Covid-19, Jumat (1/5/2020). (Foto: Liliana Tumimomor).
Liliana Tumimomor, Istri mendiang Bupati Morut saat memberikan pernyataan usai dinyatakan sembuh dari Covid-19, Jumat (1/5/2020). (Foto: Liliana Tumimomor).

Sama seperti yang dilakukannya saat dinyatakan positif Covid-19. Setelah dinyatakan sembuh, Liliana Tumimomor juga memberikan pesan melalui video yang dibagikannya dari Kota Makassar kepada jurnalis di Sulawesi Tengah pada Jumat (1/5/2020) malam.

Dalam berdurasi tiga menit lebih itu, Liliana menyatakan bahwa kesembuhannya bersama tujuh PDP lainnya asal Morut adalah buah dari kepatuhannya terhadap semua prosedur pengobatan dan pencegahan yang telah ditetapkan pemerintah, termasuk ketentuan untuk isolasi diri di Makassar, bukan di Morowali Utara.

Liliana juga menyampaikan terima kasihnya kepada tim dokter yang telah merawat mereka dengan intens, Pemda Kota Makassar, serta Pemkab dan Masyarakat Morut yang telah memberikan dukungan untuk kesembuhan mereka.  

"Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami di masa sulit. Kami banyak mendapat dukungan termasuk Pemkot Makassar serta dari Pemkab Morut. Juga para derwawan dan masyarakat Morut yang terus mendoakan kami," kata Liliana, Jumat (1/4/2020) malam.

Dalam video itu juga Liliana kembali mengingatkan dan berpesan kepada masyarakat khususnya di Morowali utara untuk tidak menganggap orang-orang yang positif Covid-19 sebagai aib. Tapi sebaliknya, harus diberi dukungan dan bantuan apapun kepada mereka untuk menghadapi kesulitannya.

"Saya berpesan, mari kita terus menopang saudara-saudara kita yang dinyatakan positif. Sekali lagi saya tekankan Covid-19 bukanlah aib, melainkan penyakit yang bisa disembuhkan sama seperti yang kami alami," Liliana berpesan.

Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prilly Latuconsina Akui Sudah Tak Bicara dengan Aliando Syarief

Posted: 02 May 2020 05:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nama Prilly Latuconsina mulai dikenal masyarakat setelah ia membintangi sinetron Ganteng Ganteng Serigala bersama Aliando Syarief.

Bahkan karena sinetron tersebut, Prilly Latuconsina sempat dikabarkan berpacaran dengan Aliando lantaran keduanya begitu dekat. Namun kini, hubungan keduanya tak seperti dulu.

Semenjak sinetron yang mempopulerkan nama mereka berhenti tayang, hubungan Prilly Latuconsina dengan Aliando hilang begitu saja. Meski begitu tak sedikit warganet yang menanyakan kepada Prilly Latuconsina bagaimana hubungannya dengan Aliando.

"Netizen suka tanya, 'Mana sahabatnya? Kan, dulu sahabatan banget sama Ali.' Kita itu, kan, beranjak dewasa. Aku sama Ali ketemu pas aku 17 tahun dan sekarang aku sudah 23 tahun. Nah, di tahun-tahun itu kita tumbuh, lebih dewasa lagi, dan proses pendewasaan itu akhirnya ternyata membuat kita sibuk masing-masing," tutur Prilly Latuconsina saat Live Instagram bersama Ricky Cuaca baru-baru ini.

Tak Pernah Komunikasi

Kesuksesan Aliando Syarief dan Prilly Latuconsina dalam sinetron Ganteng Ganteng Srigala hingga sekarang keduanya mengaku hingga kini mudah membangun chemistry di atas panggung. (Adrian Putra/Bintang.com)
Kesuksesan Aliando Syarief dan Prilly Latuconsina dalam sinetron Ganteng Ganteng Srigala hingga sekarang keduanya mengaku hingga kini mudah membangun chemistry di atas panggung. (Adrian Putra/Bintang.com)

Sudah sejak lama Prilly Latuconsina mengaku sudah tak berkomunikasi lagi dengan Aliando. Meski begitu merek baik-baik saja dan tak punya masalah.

"Jujur banget, aku juga sudah enggak pernah kontakan sama dia, enggak pernah ketemu sama dia. Cuma, kalau ditanya hubungannya baik atau enggak, terakhir kali sih, baik-baik saja," ujar Prilly Latuconsina.

Sibuk

Lantas apa yang membuat pasangan ini dengan mudah dalam membangun chemistry?. Usut punya usut, kedua pasangan ini ternyata menyimpan chat percakapan dari sutradara saat pertama kali dipasangkan. (Adrian Putra/Bintang.com)
Lantas apa yang membuat pasangan ini dengan mudah dalam membangun chemistry?. Usut punya usut, kedua pasangan ini ternyata menyimpan chat percakapan dari sutradara saat pertama kali dipasangkan. (Adrian Putra/Bintang.com)

Sibuk dengan pekerjaan masing-masing, hal itu yang membuat keduanya tidak berkomunikasi dan lama tidak bertemu.

"Memang enggak ada masalah apa-apa, cuma memang kami sekarang sudah fokus sama diri masing-masing. Jadi, ya, pusing juga kalau ditanya, 'Ali mana?'" ungkapnya diakhiri tawa.

Tak Mau Dikaitkan

Prilly Latuconsina tak mau selalu dibayang-bayangi oleh nama Aliando. Sebab ia punya kehidupan ke depan dan harus menjaga hati pasangannya nanti.

"Dan jangan sambung-sambungin (Aliando) sama aku mulu. Kasihan pasanganku nanti kalau harus disambung-sambungin lagi sama dia. Kasihan enggak, sih, pasangan aku nanti gitu, kalau lihat Instagram, 'Kok, lo masih dijodoh-jodohin sama dia?' Padahal, enggak ada apa-apa. Makanya gue single mulu, nih," kata Prilly Latuconsina.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penggantian Kepala BNPT Dikritik, Kenapa?

Posted: 02 May 2020 04:54 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mabes Polri melakukan rotasi jabatan terhadap sejumlah Perwira Tinggi (Pati) dan juga Perwira Menengah (Pamen). Salah satu yang diganti adalah Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). 

Berdasarkan Surat Telegram Nomor ST/1377/V/KEP/2020, Irjen Boy Rafli yang semula menjabat Wakalemdiklat Polri, kini menjabat sebagai Kepala BNPT menggantikan posisi Komjen Suhardi Alius yang dimutasikan sebagai Analis Kebijakan Utama Bareskrim Polri.

Pengamat kepolisian dari Indonesia Police Watch (IPW), Neta S Pane berharap Presiden Jokowi memperpanjang masa jabatan Komjen Suhardi Alius sebagai Kepala BNPT. Sebab, menurut Neta, Suhardi masih sangat berkompeten mengemban jabatan tersebut.

"Selama menjabat sebagai Kepala BNPT, Komjen Suhardi Alius tidak bermasalah, semua program BNPT berjalan lancar, termasuk program deradikalisasi," kata Neta lewat siaran pers diterima, Sabtu (2/5/2020).

Neta menilai, meski masa jabatan Suhardi sudah habis sebagai Kepala BNPT, namun berkaca dari Ansaad Mbay, eks Kepala BNPT, Presiden Jokowi juga dapat memberikan kembali amanah serupa kembali ke tangan Suhardi.

"Tidak ada alasan yang serius untuk mengganti Suhardi Alius, kecuali dia pensiun dari Polri," jelas Neta.

Neta melihat, karir Suhardi sangat menonjol di BNPT. Selama memimpin BNPT, aksi terorisme di Indonesia cenderung meredup, sehingga Densus 88 bisa semakin bekerja memberantas kelompok teror tersisa

"Tim Densus 88 dapat membersihkan kantong kantong terorisme dengan landai di berbagai daerah," Neta menandasi.

 

Lampaui Kewenangan Presiden?

Selain itu, lanjut dia, berdasarkan Perpres Nomor 46 Tahun 2010 tentang BNPT, pengangkatan Kepala BNPT dilakukan oleh Presiden. Selain itu, jabatan Kepala BNPT tidak harus diisi oleh polisi, artinya non-pegawai negeri juga bisa menjabat posisi Kepala BNPT.

Namun dengan TR tersebut, Kapolri dinilai Neta telah melampaui kewenangan presiden dengan menunjuk langsung Irjen Boy Rafli.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rekam Jejak Pesepak Bola Terbaik Korea dan Jepang di Indonesia dalam 1 Dekade Terakhir

Posted: 02 May 2020 04:50 AM PDT

Jakarta - Pesepak bola asal Korea Selatan dan Jepang memiliki peran penting di Indonesia. Sudah sejak lama kompetisi elite Indonesia itu menjadi destinasi favorit pemain-pemain asal Asia Timur itu.

Pesepak bola Korea Selatan dan Jepang biasanya dikenal memiliki kecepatan dan disiplin. Mayoritas pemain Korea Selatan dan Jepang yang pernah merumput di Indonesia berperan sebagai gelandang serang atau bertahan.

Namun, jumlah pemain Jepang dan Korea Selatan sedang menurun drastis di Shopee Liga 1 2020. Tercatat, hanya tiga pemain yang bermain di kasta tertinggi Indonesia itu.

Klub Shopee Liga 1 2020 yang masih menggunakan jasa pemain Jepang dan Korea Selatan adalah Arema FC, Bhayangkara FC, dan Persipura Jayapura.

Arema FC menggunakan jasa Oh In-kyun (Korea Selatan), Bhayangkara FC merekrut Lee Won-jae (Korea Selatan), dan Persipura Jayapura mendatangkan Takuya Matsunaga (Jepang).

Jumlah tersebut menjadi yang terendah di era Liga 1. Padahal pada 2017, tercatat sebanyak 12 pemain asal Korea Selatan dan Jepang yang tersebar di klub-klub elite Indonesia.

Pada 2018, terjadi penurunan signifikan menjadi menyisakan enam pemain saja. Semusim berselang ada kenaikan menjadi tujuh pesepak bola asal Korea Selatan dan Jepang yang bermain di Indonesia, namun pada 2020 kembali menurun tajam.

Lantas, siapakah sosok yang layak disebut pemain Asia Timur terbaik?

Yoo Hyun-koo

Gelandang Sriwijaya FC, Yoo Hyun-koo, saat pertandingan melawan Arema FC pada laga perempat final Piala Presiden di Stadion Manahan, Solo, Minggu, (4/2/2018). Sriwijaya FC menang 3-1 atas Arema FC. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)
Gelandang Sriwijaya FC, Yoo Hyun-koo, saat pertandingan melawan Arema FC pada laga perempat final Piala Presiden di Stadion Manahan, Solo, Minggu, (4/2/2018). Sriwijaya FC menang 3-1 atas Arema FC. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Yoo Hyun-koo pertama kali datang ke Indonesia pada 2010 dengan bergabung bersama Semen Padang. Selama enam tahun, pemain asal Korea Selatan itu menjadi pemain utama di klub berjulukan Kabau Sirah.

Pemain kelahiran Daegu, Korea Selatan, 25 Januari 1983 itu berhasil mencatatkan 60 penampilan sampai 2016. Yoo Hyun-koo berhasil mengantarkan Semen Padang meraih gelar Liga Primer Indonesia 2011-2012.

Yoo Hyun-koo kemudian bergabung bersama Sriwijaya FC. Yoo Hyun-koo berhasil tampil sebanyak 91 kali dan mengisi lini tengah Sriwijaya FC. Pada 2019, Yoo Hyun-koo bergabung dengan Kalteng Putra.

Namun, pemain berusia 37 tahun itu hanya mendapatkan 11 penampilan. Pada 2019, Yoo Hyun-koo sempat kembali ke Semen Padang, akan tetapi gagal membantu klub tersebut bertahan di Liga 1.

Oh In-kyun

Gelandang Persib Bandung, Oh In-Kyun, beradu cepat dengan gelandang Sriwijaya FC, Syahrian Abimanyu, pada laga Grup A Piala Presiden di Stadion GBLA, Bandung, Selasa (16/1/2018). Persib menang 1-0 atas Sriwijaya FC. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)
Gelandang Persib Bandung, Oh In-Kyun, beradu cepat dengan gelandang Sriwijaya FC, Syahrian Abimanyu, pada laga Grup A Piala Presiden di Stadion GBLA, Bandung, Selasa (16/1/2018). Persib menang 1-0 atas Sriwijaya FC. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Oh In-kyun sudah bermain di Indonesia sejak 2010. Ketika itu, PS Bengkulu menjadi klub pertama Oh In-kyun di Indonesia.

Oh In-kyun kemudian melanjutkan petualangan ke PSMS Medan pada 2011. Kemudian, Oh In-kyun sempat membela Persela Lamongan (2012-2014), Gresik United (2016), Mitra Kukar (2017), Persib Bandung (2018), Persipura Jayapura (2019), dan hingga kini membela Arema FC.

Sebagai gelandang, Oh In-kyun selalu mendapatkan peran penting di klubnya. Namun, sampai saat ini belum ada gelar yang mampu dipersembahkan pemain berusia 35 tahun tersebut.

Shohei Matsunaga

Gelandang PSIS Semarang, Shohei Matsunaga, mengoper bola saat menghadapi Bhayangkara FC pada laga Shopee Liga 1 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Selasa(20/8). PSIS menahan imbang 0-0 Bhayangkara. (Bola.com/Yoppy Renato)
Gelandang PSIS Semarang, Shohei Matsunaga, mengoper bola saat menghadapi Bhayangkara FC pada laga Shopee Liga 1 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Selasa(20/8). PSIS menahan imbang 0-0 Bhayangkara. (Bola.com/Yoppy Renato)

Persib Bandung menjadi klub pertama Shohei Matsunaga di Indonesia. Pemain asal Jepang itu bergabung pada 2011.

Namun, karier Shohei Matsunaga tak berlangsung lama di Persib. Pemain kelahiran Mishima, Shizuoka, hanya bermain sebanyak 13 kali dan mencetak tiga gol.

Shohei Matsunaga kemudian melanjutkan petualangannya ke Persiba Balikpapan (2011, 2016), Gresik United (2012), kemudian kembali ke Persib Bandung pada 2016.

Setelah itu, Shohei Matsunaga semakin tenar dan bergabung dengan Persela Lamongan (2018), PSMS Medan (2018), dan terakhir di PSIS Semarang (2019). Meskipun bermain sebagai gelandang serang, Shohei Matsunaga juga bisa diandalkan mencetak gol.

Sepanjang berkarier di Indonesia, Shohei Matsunaga sukses mencatatkan 53 gol. Akan tetapi, Shohei Matsunaga belum beruntung karena tak pernah mempersembahkan gelar.

Lee Yoo-joon

Bek Bhayangkara FC, Lee Yoo-joon, bersiap melepaskan umpan saat melawan Persipura pada laga Liga 1 Indonesia di Stadion Patriot, Bekasi, Sabtu (9/9/2017). Bhayangkara FC menang 2-1 atas Persipura. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)
Bek Bhayangkara FC, Lee Yoo-joon, bersiap melepaskan umpan saat melawan Persipura pada laga Liga 1 Indonesia di Stadion Patriot, Bekasi, Sabtu (9/9/2017). Bhayangkara FC menang 2-1 atas Persipura. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Lee Yoo-joon sudah bermain di Indonesia sejak 2016. Bhayangkara FC adalah klub pertama dan satu-satunya yang sampai saat ini dibela Lee Yoo-joon.

Musim terbaik Lee Yoo-joon bersama Bhayangkara FC terjadi pada 2017. Ketika itu, Lee Yoo-joon mempunya peran penting membantu Bhayangkara FC menjuarai Liga 1 2017.

Sejauh ini, Lee Yoo-joon sudah tampil sebanyak 107 kali dan mencetak enam gol. Lee Yoo-joon juga sedang dalam proses meraih status Warga Negara Indonesia (WNI). Hal itu dilakukannya karena rasa cinta yang besar terhadap Indonesia.

Musim ini, Lee Yoo-joon belum sekalipun bermain untuk Bhayangkara FC. Pemain 30 tahun itu tak bisa bermain karena Bhayangkara FC sudah mendaftarkan 4 pemain asing sehingga menunggu proses WNI Lee Yoo-joon rampung.

Yoo Jae-hoon

Kiper Persipura, Yoo Jae-hoon, memberikan instruksi saat melawan Bhayangkara FC pada laga Liga 1 Indonesia di Stadion Patriot, Bekasi, Sabtu (9/9/2017). Bhayangkara FC menang 2-1 atas Persipura. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)
Kiper Persipura, Yoo Jae-hoon, memberikan instruksi saat melawan Bhayangkara FC pada laga Liga 1 Indonesia di Stadion Patriot, Bekasi, Sabtu (9/9/2017). Bhayangkara FC menang 2-1 atas Persipura. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Yoo Jae-hoon bisa disebut sebagai pemain Asia Timur yang paling sukses di Indonesia. Indikatornya adalah torehan dua gelar liga yang berhasil dipersembahkan Yoo Jae-hoon bersama Persipura Jayapura pada 2010-2011 dan 2013.

Pemain kelahiran Ulsan, Korea Selatan, 7 Juli 2084 itu bergabung dengan Persipura pada 2010. Selama empat tahun menjadi kiper Persipura, Yoo Jae-hoon berhasil tampil sebanyak 110 kali. Yoo Jae-hoon juga sempat mendapatkan penghargaan kiper terbaik Liga Super Indonesia 2013.

Pada 2015, Yoo Jae-hoon sempat hengkang dan bergabung dengan Bali United. Namun, kiper Korea Selatan itu akhirnya kembali ke Persipura pada 2016 sampai 2018 dan tampil sebanyak 54 kali.

Yoo Jae-hoon kemudian hengkang ke Barito Putera pada 2018 dan bergabung dengan Barito Putera pada 2019. Yoo Jae-hoon kini bertugas sebagai asisten pelatih Shin Tae-yong di Timnas Indonesia.

Disadur dari Bola.com (Penulis Zulfirdaus Harahap / Editor Wiwig Prayugi, Published 2/5/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jubir Corona: Stimulus Ekonomi dari Pemerintah Harus Tepat Sasaran

Posted: 02 May 2020 04:46 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto meminta agar penerima paket bantuan atas imbas pandemi Corona tepat sasaran. Apalagi banyak masyarakat yang terdampak secara ekonomi.

"Akan banyak saudara-saudara kita yang mengalami kesulitan pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Oleh karena itu stimulus ekonomi yang diberikan pemerintah harus betul-betul tepat sasaran," pinta Achmad Yurianto melalui konferensi pers daring, Sabtu (2/5/2020).

Yurianto menyebut, hal ini juga diperlukan agar masyarakat bisa fokus menjalankan aktivitas di rumah selama pandemi Corona. Serta melakukan pembatasan fisik untuk tidak keluar rumah.

Hal ini, kata Yurianto merupakan prasyarat mutlak guna memutus mata rantai penyebaran virus Corona di masyarakat.

"Oleh karena itu mari kita bergotong royong, bersama-sama dengan disiplin yang kuat terus menerus," kata Yurianto.

Data 2 Mei 2020

Juru Bicara Pemerintah untuk Penananganan Virus Corona Achmad Yurianto. (dok BNPB)
Juru Bicara Pemerintah untuk Penananganan Virus Corona Achmad Yurianto. (dok BNPB)

Juru Bicara Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menyebut, jumlah pasien positif Corona Covid-19 pada hari ini, Sabtu (2/5/2020) bertambah 292 orang.

"Pasien terkonfirmasi positif hari ini bertambah 292 orang. Total akumulatif pasien positif sebanyak 10.843 orang," ujar Yurianto melalui konferensi pers di Gedung BNPB Jakarta, Sabtu (2/5/2020).

Sedangkan total akumulatif pasien yang dinyatakan sembuh dari virus Corona Covid-19 sebanyak 1.665 orang.

Untuk pasien yang meninggal dunia karena terinfeksi virus Corona Covid-19 pada hari ini juga bertambah sebanyak 31  orang. Sehingga, total akumulatifnya berjumlah 831 orang.

Data update pasien Corona Covid-19 ini tercatat sejak Jumat 1 Mei 2020 pukul 12.00 WIB hingga hari ini pukul 12.00 WIB.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Doa Siti Badriah di Bulan Ramadan: Cepat Dapat Momongan

Posted: 02 May 2020 04:45 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Belum setahun usia pernikaha Siti Badriah dan Krisjiana Baharudin, namun keduanya sudah menginginkan momongan. Tepay di bulan Ramadan, ia berharap keinginannya bisa terwujud.

Melalui akun Instagram terverifikasi miliknya, Kamis (30/4/2020), Siti Badriah minta didoakan agar bisa memiliki anak.

"Doain yaa biar kita cepet dapet Momongan," tulis Siti Badriah sebagai keterangan.

 

Program hamil

Siti Badriah wujudkan impiannya umrah bareng suami. (Sumber: Instagram/@sitibadriahh)
Siti Badriah wujudkan impiannya umrah bareng suami. (Sumber: Instagram/@sitibadriahh)

Diakui Siti Badriah, Ramadan ini menjadi waktu yang pas untuknya dan suami dalam menjalani program hamil.

"Ramadhan ini aku manfaatin buat Promil dg Kurma & Zuriat," papar pelantun "Lagi Syantik" ini.

 

Jalani Sunah

Selain mengikuti trend, Siti Badriah mencoba dengan cara alami. Seperti diketahui, mengonsumsi kurma merupakan sunah Rasul saat berbuka.

"Gaada Salahnya Mencoba yg Sunnah," lanjutnya.

 

Ramadan Pertama

Siti Badriah dan Krisjiana Baharudin, menikah pada 25 Juli 2019 lalu. Ini merupakan Ramadan pertama Siti Badriah dan Krisjiana bersama setelah menikah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Puasa Ramadan, 7 Olahraga yang Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

Posted: 02 May 2020 04:35 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Berolahraga saat menjalankan ibadah puasa Ramadan terdengar cukup melelahkan. Namun, perlu diketahui juga saat berpuasa, berat badan akan lebih cepat turun meski hanya sekadar berolahraga ringan.

Jika hanya mengandalkan puasa Ramadan untuk menurunkan berat badan, tentu tidak benar. Dengan menerapkan olahraga yang bisa turunkan berat badan, ini tentu bakal menjadi lebih lengkap lagi. Karena dengan berolahraga saat puasa, tubuh akan menjadi lebih sehat tentunya.

Banyak sekali jenis aktivitas olahraga. Tetapi perlu berhati-hati juga untuk memilihnya, ingat bahwa kamu sedang berpuasa.

Berikut penjelasan mengenai olahraga yang bisa menurunkan berat badan saat berpuasa seperti dikutip dari kanal Ramadan Liputan6.com yang rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (2/5/2020).

1. Boxing

Woman Boxing | Sumber Foto: ricosboxing.com
Woman Boxing | Sumber Foto: ricosboxing.com

Olahraga boxing bisa dilakukan sebelum berbuka puasa maupun sesudah berbuka puasa. Olahraga boxing seperti thai boxing (muay thai) ternyata juga bisa menurunkan berat badan.

Muay thai ini merupakan salah satu jenis olahraga gabungan dari teknik bela diri dan latihan otot. Oahraga ini memang sedikit identik dengan unsur kekerasan. Tetapi tidak perlu khawatir karena olahraga ini juga aman dilakukan bahkan bisa menjaga kebugaran tubuh juga.

Aman karena sekarang olahraga ini disertai dengan pengaman. Misalnya saja, seperti helm, sarung tinju, dan pelindung dada untuk meminimalkan risiko cedera. Gerakan dalam olahraga muay thai ini memang melibatkan seluruh bagian tubuh untuk bergerak. Mulai dari kaki, tangan, lutut, siku, sangat aktif akan menjadi sangat aktif melakukan gerakan.

Menurut para ahli, berbagai jenis variasi gerakan muay thai ini memang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kardiovaskular, serta membentuk otot agar tubuh bisa menjadi lebih ramping. Karena dinilai dapat membakar kalori lebih cepat daripada olahraga yang lain.

2. Jogging

Ilustrasi olahraga pagi/shutterstock.
Ilustrasi olahraga pagi/shutterstock.

Olahraga yang cukup familiar di telinga kita bukan? Ya, olahraga ini sangat bisa dilakukan ketika sedang menjalani puasa. Cukup dengan jogging selama 30 menit sebelum berbuka puasa. Dan perlu diketahui juga bahwa olahraga ini sangat baik bagi kesehatan jantung.

Jogging ini memang mampu meningkatkan detak jantung dan mendorong paru-paru bekerja dengan kapasitas lebih tertinggi. Termasuk bisa mengurangi risiko penyakit jantung, mencegah diabetes, dan menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Dan yang paling penting olahraga ini sangat bisa membakar kalori dan lemak.

3. Angkat Beban

Ilustrasi angkat beban (iStockphoto)
Ilustrasi angkat beban (iStockphoto)

Jika tidak kuat berolahraga kardio, solusinya bisa dengan melakukan angkat beban. Tetapi tetap jangan terlalu memaksakan untuk mengangkat beban yang terlalu berat, karena bisa berbahaya juga.

Nah, angkat beban ini juga sangat dipercaya mampu meningkatkan kepadatan tulang, meningkatkan massa otot, dan memangkas lemak dengan lebih baik.

4. Bersepeda

Ilustrasi bersepeda/copyrightshutterstock/beeboys
Ilustrasi bersepeda/copyrightshutterstock/beeboys

Olahraga yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Olahraga paling santai dan yang paling penting mampu meningkatkan sistem kardiovaskular, kesehatan pembuluh darah, dan jantung. Olahraga ini bisa dilakukan pada sore hari sebelum berbuka puasa. Atau bisa juga dengan mengandalkan jenis olahraga sepeda statis sebagai alternatifnya.  

Perlu diketahui juga bersepeda ini menurunkan trik penurunan berat badan secara alami yang paling aman dilakukan. Hal ini disebabkan karena olahraga bersepeda sangat bisa membakar kalori lebih efektif sekaligus sangat baik untuk membangun massa otot terutama pada bagian betis dan paha.

5. Beban Tubuh

Modifikasi Push-up handstand (sumber: reviewjournal)
Modifikasi Push-up handstand (sumber: reviewjournal)

Jenis olahraga yang cukup sederhana. Bisa dilakukan kapan saja dan tanpa menggunakan alat apapun. Misalnya, bisa dengan mencoba push up, sit up, jumping jack, tentu saja agar tubuh tetap aktif bergerak.

Dan jika bisa dilakukan lebih rutin dan konsisten, olahraga ini sangat bisa membantu untuk menurunkan berat badan. Tentu saja selain secara konsisten, perlu diperhatikan juga durasi dan frekuensi yang tepat.

6. Jalan Cepat

Ilustrasi jalan kaki olahraga untuk orang dengan nyeri lutut (iStock)
Ilustrasi jalan kaki olahraga untuk orang dengan nyeri lutut (iStock)

Olahraga jalan kaki cepat ternyata juga bisa membantu menurunkan berat badan loh. Sangat mudah dilakukan dan sangat efektif untuk membantu membakar kalorimu. Bisa dengan mengitari halaman rumah atau juga di sekitar kompeks.

Dan dilakukan saat pagi hari atau juga sore hari menjelang berbuka puasa. Dengan melakukannya lebih rutin, pembakaran kalori juga akan lebih konsisten.

7. Naik Turun Tangga

Olahraga yang juga tidak kalah efektif dan mudah. Dengan naik turun tangga selama 10 menit ternyata sangat mampu membantu menurunkan kalori dalam tubuh. Bisa dilakukan di tempat kerja atau juga di rumah menjelang berbuka puasa.

 

Disadur dari Liputan6.com (Penulis Laudia Tysara / Editor Fadila Adelin, Published 2/5/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Insinyur NASA Buat Ventilator Corona COVID-19 dalam Waktu Sebulan

Posted: 02 May 2020 04:35 AM PDT

Liputan6.com, Washington DC - Bekerja sebagai insinyur di Jet Propulsion Laboratory NASA (JPL), David Van Buren biasanya menghabiskan waktunya merancang dan membangun instrumen untuk teleskop ruang angkasa atau robot yang akan menjelajahi dunia lain di Tata Surya kita.

Tetapi untuk bulan lalu, Van Buren dan sekelompok rekannya di JPL telah mengerjakan proyek yang benar-benar belum pernah mereka 'jelajahi' sebelumnya: membuat ventilator untuk membantu pasien sakit dengan infeksi virus corona baru, seperti yang dikutip dari The Verge, Sabtu (2/5/2020). 

Sementara Van Buren memiliki pengalaman sebelumnya dalam rekayasa medis, dia tidak pernah merancang ventilator sebelumnya. Tapi dia dan rekan kerjanya di JPL terbiasa membuat hal-hal yang tidak pernah mereka alami. Bahkan, mereka terbiasa membuat hal-hal yang tidak ada yang punya pengalaman.

"Ketika seorang ilmuwan datang kepada kami dan mengatakan mereka ingin pergi ke bulan Jupiter dan mengebor ke dalam es dan melihat apa yang ada di bawahnya, itu adalah sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya," kata Van Buren kepada The Verge.

"Kami terbiasa melihat masalah baru - hal-hal yang belum pernah dilakukan orang sebelumnya atau setidaknya yang belum pernah kami lakukan sebelumnya - dan mencari tahu cara melakukannya."

Setelah melakukan 37 hari penelitian, perencanaan, sekelompok insinyur di JPL telah menciptakan prototipe yang mereka sebut ventilator VITAL. Sebuah kotak digital putih dengan tabung pernapasan terpasang.

Ventilator yang diciptakan tim JPL --meski tidak secanggih buatan pabrikan medis ternama-- tetap menjadi alat yang dibutuhkan pasien paling sakit. Mereka menyematkan teknologi tas rawat jalan sederhana yang dapat digunakan sebagai tindakan sementara untuk dengan cepat memasukkan udara ke paru-paru pasien.

Ventilator VITAL ditujukan untuk pasien yang masih membutuhkan bantuan pernapasan tetapi tidak dalam kondisi yang paling mengerikan. Ini alat sementara yang dirancang untuk bertahan hanya tiga hingga empat bulan di rumah sakit.

VITAL dirancang khusus untuk orang-orang dengan infeksi virus corona baru, yang membantu memandu desainnya. "Ini berkurang dalam semua hal yang dapat dilakukan, untuk hanya mempertahankan fungsi-fungsi yang diperlukan untuk pasien COVID-19," kata Van Buren.

NASA Mengikuti Perkembangan COVID-19

Ventilator yang dikembangkan oleh ITB. (Dok. Istimewa)
Ventilator yang dikembangkan oleh ITB. (Dok. Istimewa)

Sepanjang Januari dan Februari, Van Buren mengikuti berita tentang penyebaran COVID-19 di China dengan kekhawatiran yang terus meningkat. Pandemi telah ada di pikirannya sejak wabah H1N1 pada tahun 2009 ketika putrinya harus dirawat di rumah sakit karena jenis flu baru, seperti yang dikutip dari The verge

Ketika menjadi jelas pada awal Maret bahwa ada penyebaran COVID-19 di Washington dan California, Van Buren benar-benar mulai fokus pada apa yang bisa ia lakukan untuk membantu. Model awal menunjukkan bahwa rumah sakit tidak akan memiliki kapasitas atau peralatan yang cukup untuk menangani masuknya pasien COVID-19.

Van Buren mengira, JPL bisa menjadi aset dalam pertarungan melawan virus. Suatu hari, ia bertemu Rob Manning, chief engineer JPL, di kantin pusat, dan mereka mulai berbicara tentang apa yang bisa mereka lakukan.

"Kami berdua telah berpikir, mengingat keadaan, mungkin proyek yang kami habiskan bersama kami mungkin bukan hal terpenting yang bisa kami lakukan, mengingat apa yang kami berdua kenali akan terjadi," kata Van Buren.

Anning menemukan uang untuk membentuk tim kecil, dan proyek dimulai pada 16 Maret 2020. Kelompok itu menghubungi seorang ahli paru bernama Michael Gurevitch yang telah bekerja pada ventilator selama beberapa dekade. Dia datang dan memberi tahu tim persyaratan yang tepat yang diperlukan untuk ventilator, sementara seorang karyawan JPL membuat catatan rinci di papan tulis raksasa.

"Kami sedikit banyak menerapkan pola yang kami terapkan ketika kami membangun instrumen untuk mendarat di Mars dan, katakanlah, telusuri permukaan dan lakukan pengukuran apa yang ada di bawah," kata Van Buren. "Kami terlibat dengan para ilmuwan. Dalam hal ini, kami bekerja sama dengan dokter mengenai apa yang sebenarnya dibutuhkan, sehingga kami dapat merekayasa instrumen - atau dalam hal ini, ventilator."

Menggunakan Mesin yang Digunakan untuk Misi

Para karyawan membuat ventilator di Mindray Bio-Medical Electronics Co., Ltd., sebuah perusahaan manufaktur perangkat medis yang berbasis di Shenzhen, Provinsi Guangdong, China selatan, (31/3/2020). (Xinhua/Liang Xu)
Para karyawan membuat ventilator di Mindray Bio-Medical Electronics Co., Ltd., sebuah perusahaan manufaktur perangkat medis yang berbasis di Shenzhen, Provinsi Guangdong, China selatan, (31/3/2020). (Xinhua/Liang Xu)

Akhirnya, orang lain di JPL bergabung dengan proyek, termasuk Michelle Easter. Biasanya, dia bekerja pada mekanisme yang dikenal sebagai aktuator. Motor ini digunakan untuk menyebarkan atau memutar instrumen seperti panel surya selama misi.

"Aktuator sering merupakan kombinasi dari mekanis dan elektronis," kata Easter kepada The Verge. "Dan itulah tepatnya perangkat VITAL; itu adalah mekanis yang dikendalikan oleh elektronis yang tertanam, dan jenis desain itu adalah sesuatu yang sangat nyaman bagi saya."

Untuk membuat VITAL, tim berusaha menggunakan sebanyak mungkin bagian yang ada di luar rak, seperti tabung, motor, katup, dan instrumen elektroniknya. Dengan begitu, siapa pun yang membuat perangkat di masa depan tidak perlu memesan apa pun yang diperlukan untuk ventilator yang lebih canggih.

Tim menemukan bahwa perusahaan dan vendor sangat ingin membantu menyediakan persediaan yang dapat ditingkatkan. Dan ketika mereka tidak memiliki apa yang dibutuhkan JPL, mereka memberi mereka referensi.

"Perusahaan hanya membuka Rolodex mereka dan memberi kami nama-nama pesaing mereka," kata Easter, "yang bukan apa yang Anda pikirkan untuk pola pikir bisnis. Tetapi orang-orang kini mengesampingkan semua kompetisi bisnis."

Akhirnya, tim menyelesaikan desain VITAL akhir. Karena alat ini dirancang khusus untuk pasien COVID-19, alat ini berfokus untuk menyediakan udara secara lembut ke paru-paru.

Paru-paru pasien sakit memiliki waktu yang sulit berkembang, sehingga pasien berjuang untuk mendapatkan udara yang cukup untuk bernafas. VITAL dimaksudkan untuk memberikan tekanan udara yang cukup bagi pasien untuk mengembangkan paru-paru mereka tetapi tidak terlalu banyak sehingga paru-paru terlalu membesar. Mesin juga berfungsi untuk memastikan paru-paru tidak sepenuhnya mengempis.

Pasien COVID-19 mengalami kerusakan paru-paru yang membuat sisi paru-paru mereka meradang dan lengket. Jika semua udara keluar dari paru-paru mereka dan sisi-sisi saling bersentuhan, mereka mungkin tetap bersatu dan membuat lebih sulit untuk membuka kembali. Jadi VITAL mencoba menjaga paru-paru sedikit meningkat setiap kali pasien menghembuskan napas.

Lakukan percobaan segera

ITS Surabaya ciptakan robot ventilator (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
ITS Surabaya ciptakan robot ventilator (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Tim telah memiliki prototipe yang berfungsi dan mereka telah pindah ke pengujian lingkungan dengan perangkat. Setiap kali NASA mengirim pesawat ruang angkasa ke angkasa luar, setiap kendaraan harus mengalami kondisi ekstrem --seperti suhu rentang luas, getaran intens, suara keras, dan banyak lagi-- untuk melihat apakah NASA dapat menahan lingkungan ruang yang keras.

Banyak dari tes yang sama diperlukan untuk memenuhi syarat peralatan medis, dan JPL memiliki fasilitas untuk menjalankannya, termasuk ruang vakum raksasa dan pengaturan untuk mengguncang perangkat keras dengan keras.

Pada 30 April 2020, JPL menerima kabar dari BPOM AS (FDA) bahwa VITAL akan menerima otorisasi penggunaan darurat. Sekarang setelah mereka memiliki persetujuan, tim akan mengirimkan desain ke perusahaan yang dapat memproduksi VITAL secara massal dan mengirimkan ventilator ke rumah sakit yang membutuhkan.

"Kami tidak melakukan produksi," kata Van Buren. "Kami membuat satu atau dua jenis, dan kami mengirimnya ke Mars atau Saturnus atau di suatu tempat. Jadi kami telah melibatkan beberapa perusahaan untuk membantu kami memahami aspek produksi massal."

Tidak jelas bagaimana tim akan melanjutkan ketika ventilator VITAL dikirim ke seluruh dunia. Banyak orang di tim menghentikan proyek normal mereka untuk menyiapkan ventilator ini sesegera mungkin. Mereka kemungkinan akan kembali merancang probe angkasa luar segera, tetapi mereka telah mengabdi dengan mengerjakan tugas singkat mereka di dunia medis.

"Saya pikir semua orang di tim sangat bersyukur bahwa kami memiliki sesuatu yang positif untuk berkontribusi dalam kekuatan otak dan kerja tim kami," kata Easter. "Ini jelas membantu kita untuk merasa diberdayakan dalam situasi yang penuh dengan ketidakberdayaan."

 

Reporter: Yohana Belinda

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tol Kayu Agung-Palembang Tuntas Juli 2020

Posted: 02 May 2020 04:30 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah Pandemi COVID-19, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) terus melanjutkan pembangunan prasarana infrastruktur konektivitas yang telah mendekati tuntas, guna mendukung kelancaran pergerakan orang dan barang (logistik).

Salah satunya adalah Jembatan Ogan yang menghubungkan Seksi I Tol Kayu Agung-Palembang (Kramasan)-Betung dengan Jalan Lintas Timur Sumatera. Pada hari Jumat (1/5/2020) sore dilakukan pengecoran akhir jembatan yang secara keseluruhan progresnya mencapai 98 persen.

"Saya kira kita semua telah merasakan manfaat dukungan prasarana konektivitas, tidak hanya untuk mendukung pergerakan orang, namun mendukung peningkatan pelayanan logistik utamanya dari Jawa-Merak-Bakauheni kemudian ke Bandar Lampung hingga ke Palembang. Dengan pengecoran akhir Jembatan Ogan ini saya harap kita bisa menyelesaikan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung pada Januari 2022 ," ucap Menteri PUPR Basuki Hadimuljono melalui sambungan telekonferensi.

Di samping itu Menteri Basuki juga mengatakan penyelesaian pembangunan Jembatan Ogan dan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung dapat memicu geliat ekonomi wilayah.

"Misalnya di ruas Tol Trans Jawa dimana sekarang petani mangga di Pasuruan bisa menghitung berapa jam waktu pengangkutan mangganya ke Jakarta, sehingga saat dijual di toko buah masih segar. Dengan kualitas buah yang lebih baik, harga jualnya pun juga lebih baik," ucap Menteri Basuki.

Jembatan Ogan merupakan merupakan satu dari tiga jembatan panjang yang ada di Ruas Tol Kayu Agung – Palembang (Kramasan). Jembatan yang dibangun dengan metode cast insitu balance cantilever ini memiliki total panjang 1,6 km dengan lebar bentang utama 385 meter, clearance horizontal 185 meter dan clearance vertikal 16,5 meter.

Nilai investasi jembatan adalah Rp 1,2 triliun. Pembangunan jembatan tol ini dilakukan oleh PT Waskita Sriwijaya Tol selaku BUJT ruas Kayu Agung-Palembang (Kramasan) sepanjang 42 km dengan waktu pelaksanaan dari 1 Juni 2016 hingga Juni 2020.

Jembatan Ogan

Jembatan Ogan. (Dok Kementerian PUPR)
Jembatan Ogan. (Dok Kementerian PUPR)

Direktur Utama PT Waskita Sriwijaya Tol Herwidiakto mengatakan tersambungnya Jembatan Ogan merupakan komitmen BUJT untuk menyelesaikan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung sepanjang 111 km.

"Seksi I Kayu Agung-Palembang (Jakabaring) sepanjang 33 km sudah beroperasi tanpa tarif sejak April 2020. Sekarang kami fokus untuk mempercepat penyelesaian STA 33,5 - STA 42,5 (Jakabaring-Kramasan) dimana Kramasan merupakan exit ke Jalintim Sumatera. Untuk Seksi II Palembang-Betung akan dimulai pada Juli 2020. Kami harap pembangunan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung selesai secara keseluruhan pada Januari 2022," ucap Herwidiakto.

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengatakan, Kehadiran tol Kayu Agung-Palembang sudah lama dinantikan warga Sumsel. Kini dari Palembang ke Bandar Lampung hanya 3.5 jam saja.

"Antara Lampung dan Sumatera Selatan sejak lama memiliki ikatan (kekerabatan) yang kuat karena berasal dari rumpun yang sama. Kami tidak pernah membayangkan akhirnya bisa terhubung dengan jalan tol. Untuk itu kami mengucapkan terimakasih kepada Bapak Presiden Joko Widodo dan Menteri PUPR Basuki," kata dia.

Pengerjaan konstruksi Ruas Tol Kayu Agung-Palembang-Betung dilaksanakan sesuai protokol pencegahan COVID-19, seperti menjaga jarak fisik, menggunakan masker, dan menghindari kerumunan serta Inmen PUPR No 02/IN/M/2020 tentang Protokol Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dalam Penyelenggaraan Jasa Konstruksi.

Turut hadir dalam acara pengecoran akhir Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan (BBPJN VI) Palembang Saiful Anwar. Selain itu turut mendampingi Menteri Basuki dalam telekonferensi Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Danang Parikesit, Direktur Pembangunan Jalan Nasional A. Herry Marjuki dan Kepala Biro Komunikasi Publik Endra S. Atmawidjaja.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Setor Rp 10 Miliar ke Kas Negara dari Perkara Bowo Sidik

Posted: 02 May 2020 04:27 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyetor sekitar Rp 10 miliar ke kas negara dalam rangka pemulihan aset. Setoran ini berasal dari perkara tindak pidana korupsi mantan anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Partai Golkar Bowo Sidik Pangarso.

Bowo merupakan terpidana perkara suap bidang pelayaran antara PT Pupuk Indonesia Logistik (PILOG) dengan PT Humpuss Transportasi Kimia (HTK).

"Sebagai upaya pemulihan aset dari hasil tindak pidana korupsi, pada Jumat (24/4) KPK telah melakukan penyetoran ke kas negara yang dilaksanakan oleh Jaksa Eksekusi KPK Andry Prihandono," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri melalui keterangannya di Jakarta, seperti dilansir Antara, Sabtu (2/5/2020.

Menurut dia, pemulihan aset tersebut sebagaimana putusan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Nomor 81/Pid.Sus-TPK/2019/PN.Jkt.Pst tanggal 4 Desember 2019 atas nama terdakwa Bowo Sidik Pangarso. Putusan itu antara lain menetapkan seluruh barang bukti tersebut dirampas untuk negara.

Adapun penyetoran uang tersebut, yakni Rp 1,85 miliar yang disetorkan KPK pada 22 Januari 2020 dan Rp 8.574.031.000, 1.060 dolar Singapura, dan 50 dolar AS yang disetorkan ke kas negara pada 24 April 2020.

"Sehingga total keseluruhannya sebesar Rp10.424.031.000 dan 1.060 dolar Singapura serta 50 dolar AS," ujar Ali.

KPK, lanjut dia, berkomitmen dalam setiap penyelesaian perkara untuk terus memaksimalkan upaya pemulihan aset untuk negara dari hasil korupsi baik melalui tuntutan uang pengganti maupun perampasan aset hasil tindak pidana korupsi melalui penyelesaian perkara Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

 

Putusan Perkara Bowo Sidik

Mantan anggota DPR yang juga terpidana kasus suap jasa angkut pupuk Bowo Sidik Pangarso akan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (6/2/2020). Bowo menjadi saksi kasus suap bidang pelayaran antara PT Pupuk Indonesia Logistik dan PT Humpuss Transportasi Kimia. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Mantan anggota DPR yang juga terpidana kasus suap jasa angkut pupuk Bowo Sidik Pangarso akan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (6/2/2020). Bowo menjadi saksi kasus suap bidang pelayaran antara PT Pupuk Indonesia Logistik dan PT Humpuss Transportasi Kimia. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Sebelumnya, Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta pada 4 Desember 2019 telah menjatuhi vonis 5 tahun penjara ditambah denda Rp 250 juta subsider 4 bulan kurungan terhadap Bowo karena terbukti menerima suap dan gratifikasi.

Selain itu, majelis hakim menjatuhkan pidana tambahan berupa pencabutan hak politik untuk Bowo selama 4 tahun terhitung sejak terdakwa selesai menjalani masa pidana.

Vonis itu berdasarkan dakwaan pertama Pasal 12 huruf a UU No 31 tahun 1999 sebagaimana diubah UU No 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 jo Pasal 64 ayat (1) KUHP dan dakwaan kedua Pasal 12 B UU No 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU No 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP jo Pasal 65 ayat 1 KUHP.

Vonis tersebut lebih rendah dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK yang menuntut Bowo 7 tahun penjara ditambah denda Rp 300 juta subsider 6 bulan kurungan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Pemain di Tim Juara Liga Inggris tapi Tidak Mendapat Medali Juara

Posted: 02 May 2020 04:25 AM PDT

Jakarta - Baru ada enam tim yang bisa merasakan titel juara Liga Inggris. Keenam tim itu adalah Manchester United, Blackburn Rovers, Arsenal, Chelsea, Manchester City, dan Leicester City.

Total 271 pemain dari enam tim itu meraih medali juara Liga Inggris berkat kesuksesan yang diraih tim masing-masing. Namun masalahnya tidak semua pemain di dalam tim mendapat medali juara.

Pasalnya sampai musim 2011-12, ada regulasi minimal jumlah pertandingan yang dilakoni seorang pemain jika ingin mendapatkan medali juara saat timnya jadi kampiun.

Kala itu jumlahnya mencapai 10 pertandingan. Namun pada tahun 2012, regulasi berubah. Jumlah minimal laga yang harus dijalani seorang pemain hanya lima laga.

Karena regulasi di atas inilah, banyak pemain yang tidak mendapat medali meski timnya keluar sebagai juara Liga Inggris. Mengutip dari sportskeeda, setidaknya ada 10 nama pemain tidak beruntung tersebut.

10 Pemain Tidak Dapat Medali Meski Timnya Keluar Sebagai Juara

Striker Leicester City Andrej Kramaric (dailymail.co.uk)
Striker Leicester City Andrej Kramaric (dailymail.co.uk)

1. Mohammed Salah (Chelsea/Musim 2014-15)

2. Federico Macheda (Manchester United/Musim 2008-09)

3. Nathan Ake (Chelsea/Musim 2017/18)

4. Ben Foster (Manchester United/Musim 2007-08, 2008-09)

5. Jose Bosingwa (Chelsea/Musim 2009-10)

6. Carlo Cudicini (Chelsea/Musim 2004-05, 2005/06)

7. Carlton Cole (Chelsea/Musim 2005-06)

8. Gabriel Obertan (Manchester United/Musim 2010-11)

9. Scott Parker (Chelsea/Musim 2004-05)

10. Andrej Kramaric (Leicester City/Musim 2015/16)

 

Disadur dari Bola.com (Penulis / Editor Hendry Wibowo, Published 2/5/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming SCTV Sinetron Insya Allah Surga Episode Sabtu, 2 Mei 2020

Posted: 02 May 2020 04:20 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Insya Allah Surga ditayangkan setiap hari mulai pukul 18.30 WIB.

Anda bisa menyaksikan drama memikat Insya Allah Surga.

Jangan lewatkan penayangan Insya Allah Surga via live streaming dengan klik di sini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Starting XI Pesepak Bola Tua di Shopee Liga 1 2020

Posted: 02 May 2020 04:10 AM PDT

Jakarta - Pesepak bola umumnya berada di usia emas (peak performance) memasuki umur 26 hingga 30 tahun. Tapi, beberapa pesepak bola di Indonesia ternyata masih kompetitif meski berusia sudah lebih dari 35 tahun.

Usia terkadang menjadi faktor penghenti karier pesepak bola. Hal ini terjadi karena usia berbarengan dengan kemampuan fisik yang dimiliki.

Sebagai pesepak bola, stamina menjadi faktor penting selain skill. Tanpa stamina yang mumpuni, mustahil seorang pemain bisa menunjukkan penampilan terbaik selama 90 menit pertandingan.

Stamina pesepak bola berbanding lurus dengan usia yang dimiliki. Semakin tua, perlahan stamina yang dimiliki mengalami penurunan.

Hal itulah yang membuat banyak pesepak bola yang sudah memasuki usia 30an mulai terpinggirkan. Namun, ada pula pemain yang masih dipercaya tampil di tim utama meskipun sudah hampir atau melewati usia 40 tahun.

Biasanya, pemain-pemain tersebut memiliki kualitas yang bagus serta stamina yang mumpuni. Hal itu berasal dari gaya hidup sehat yang dijalaninya selama menjadi pesepak bola.

Lantas, siapa saja pesepak bola yang mampu tampil memesona pada pengujung karier? 

Kiper

3. I Made Wirawan (Persib Bandung) -  Made Wirawan merupakan kiper berusia 38 tahun. Musim lalu, pemain asal Bali ini bermain sebanyak 31 kali bersama Persib dengan catatan 29 kebobolan dan 12 kali meraih clean-sheets. (Bola.com/Yoppy Renato)
3. I Made Wirawan (Persib Bandung) - Made Wirawan merupakan kiper berusia 38 tahun. Musim lalu, pemain asal Bali ini bermain sebanyak 31 kali bersama Persib dengan catatan 29 kebobolan dan 12 kali meraih clean-sheets. (Bola.com/Yoppy Renato)

I Made Wirawan menjadi kiper paling tua yang ada di Shopee Liga 1 2020. Usianya yang sudah menyentuh angka 38 tahun, namun masih bisa menunjukkan penampilan gemilang.

I Made Wirawan musim ini baru bermain sekali di Persib Bandung. Meskipun tak mencatatkan clean sheet, namun kiper berpostur 180 cm itu berhasil membantu Persib meraih kemenangan.

Musim lalu, I Made Wirawan juga menjadi kiper utama Persib. I Made Wirawan tampil sebanyak 31 kali dan sukses mencatatkan 12 kali clean sheets.

Belakang

Bek Persija Jakarta, Ismed Sofyan, berusaha melewati gelandang PS Tira, Wawan Febriyanto, pada laga Liga 1 di Stadion Wibawa Mukti, Jawa Barat, Sabtu (10/11). Kedua klub bermain imbang 0-0. (Bola.com/Yoppy Renato)
Bek Persija Jakarta, Ismed Sofyan, berusaha melewati gelandang PS Tira, Wawan Febriyanto, pada laga Liga 1 di Stadion Wibawa Mukti, Jawa Barat, Sabtu (10/11). Kedua klub bermain imbang 0-0. (Bola.com/Yoppy Renato)

Di lini belakang ada Ismed Sofyan (40 tahun), Leonard Tupahamu (36 tahun), Hamka Hamzah (36 tahun), dan Maman Abdurrahman (37 tahun). Usia bukan penghalang buat mereka dalam menjaga lini belakang.

Hamka Hamzah dan Leonard Tupahamu nyatanya masih dipercaya menjadi pemain utama di lini belakang. Kedua selalu bermain dan diandalkan dalam tiga laga musim ini.

Sementara itu, Maman sebenarnya bermain di posisi bek tengah. Namun, Maman juga bisa diandalkan di posisi bek kiri dan musim ini baru bermain sekali bersama Persija Jakarta.

Adapun Ismed belum bermain sekalipun bersama Persija musim ini. Sebagai bek kiri, posisinya tergantikan oleh Marco Motta. Namun, Ismed masih bisa diandalkan di lini belakang berkat kemampuannya sebagai bek kiri.

Tengah

Gelandang Bhayangkara FC, Wahyu Subo Seto, terjatuh saat berebut bola dengan gelandang Madura United, Slamet Nurcahyo pada laga Liga 1 di Stadion PTIK, Jakarta, Kamis, (07/6/2018). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)
Gelandang Bhayangkara FC, Wahyu Subo Seto, terjatuh saat berebut bola dengan gelandang Madura United, Slamet Nurcahyo pada laga Liga 1 di Stadion PTIK, Jakarta, Kamis, (07/6/2018). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Di lini tengah, ada trio Fadil Sausu (35 tahun), Slamet Nurcahyo (36), dan Raphael Maitimo (36 tahun). Dari ketiga nama tersebut, hanya Fadil Sausu yang mampu tampil sebanyak tiga kali musim ini.

Fadil Sausu merupakan nyawa permainan Bali United di lini tengah. Pemain asal Palu itu menjadi kreator serangan klub berjulukan Serdadu Tridatu.

Sementara itu, Slamet Nurcahyo dan Raphael Maitimo masing-masing baru tampil sekali musim ini. Meskipun demikian, keduanya juga memiliki peran besar di klub masing-masing.

Usia yang tak lagi muda bukan penghalang buat mereka. Hal itu dibuktikan dengan kelincahan dan akurasi tendangan yang masih terasah.

Depan

Striker Bhayangkara FC, Herman Dzumafo, berebut bola dengan pemain PSIS Semarang pada laga Shopee Liga 1 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Selasa (20/8). Bhayangkara bermain imbang 0-0 dengan PSIS. (Bola.com/Yoppy Renato)
Striker Bhayangkara FC, Herman Dzumafo, berebut bola dengan pemain PSIS Semarang pada laga Shopee Liga 1 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Selasa (20/8). Bhayangkara bermain imbang 0-0 dengan PSIS. (Bola.com/Yoppy Renato)

Sementara itu, untuk lini depan dihuni tiga pemain yang sudah berusia senja. Meskipun demikian, mereka masih mendapatkan kesempatan untuk bermain sebagai pemain inti.

Contohnya adalah Beto Goncalves (39 tahun), Herman Dzumafo (40 tahun), dan Samsul Arif (35 tahun). Dari ketiga nama tersebut, nama yang paling mencolok musim ini adalah Beto dengan sumbangan tiga gol dalam tiga laga.

Namun, dua nama lainnya juga tak bisa dipandang sebelah mata. Herman Dzumafo dan Samsul Arif kerap mencetak banyak gol setiap musimnya.

Disadur dari Bola.com (Penulis Zulfirdaus Harahap / Editor Wiwig Prayugi, Published 2/5/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Tips Jaga Mental Tetap Sehat Selama Pandemi COVID-19

Posted: 02 May 2020 04:08 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Aktivitas yang terbatas karena di rumah aja selama pandemi COVID-19 ditambah bombardir informasi seputar virus Corona bisa berdampak pada kesehatan mental. Agar mental tetap sehat selama pandemi ini berlangsung ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

Pertama, batasi informasi berlebihan. Informasi seputar COVID-19 saat ini memang begitu banyak. Saat menonton televisi hingga membuka Twitter sebagian besar diisi kabar seputar Corona. Membarui informasi soal Corona penting tapi tak kalah penting untuk membatasinya jika sudah berlebihan.

"Kita dapat mengurangi kecemasan dengan membatasi menonton, membaca atau mendengarkan informasi yang berlebihan. Mengambil jarak sejenak dari informasi yang berlebihan juga baik," kata dokter spesialis kedokteran jiwa Lahargo Kembaren saat konferensi pers di Media Center Gugus Tugas Nasional dikutip dari laman resmi COVID-19 pada Sabtu (2/5/2020).

 

Kedua, memilah informasi.

Tips Mengindari Hoaks di Tengah Pandemi Covid-19
Tips Mengindari Hoaks di Tengah Pandemi Covid-19

Kedua, memilah informasi. Pastikan mendapat informasi akurat dari sumber terpercaya soal COVID-19. Membaca berita dari sumber yang keliru dapat menambah kecemasan dan kekhawatiran sehingga ini akan berdampak pada kesehatan jiwa.

 

Lakukan Hal Positif

ilustrasi anak/copyright Shutterstock
ilustrasi anak/copyright Shutterstock

Ketiga, lakukan aktivitas positif. Masyarakat dapat menghindari perasaan yang tidak nyaman dengan melakukan hal positif, seperti memilih memasak, berkebun dan menghindari merokok, mengonsumsi alkohol dan narkoba.

Lahargo juga mengingatkan untuk segera memeriksakan diri bila merasa stres akibat pandemi COVID-19.

"Apabila merasakan stres atau perasaan yang tidak nyaman segera berkonsultasi dengan profesional kesehatan jiwa, seperti psikiater, psikolog, konselor dan lainnya untuk mendapatkan pertolongan cepat dan tepat," katanya.

Di tengah pandemi COVID-19 yang berdampak juga pada kesehatan mental, Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia memberikan layanan swaperiksa masalah psikologis secara online. Langkah tersebut dapat diakses masyarakat dengan mengakses laman www.pdskji.org.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: