Minggu, 10 Mei 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Angka Kematian Corona COVID-19 di Spanyol Terendah Sejak 18 Maret

Posted: 10 May 2020 09:52 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Jumlah kasus kematian terkait Virus Corona (COVID-19) di Spanyol tercatat ada 143 pasien pada hari Minggu kemarin. Jumlah itu adalah yang terendah sejak hampir 2 bulan lalu.

Dilaporkan El Pais, Senin (11/5/2020), jumlah kematian di Spanyol akibat Virus Corona kini 26.621 atau naik 0,54 persen dari hari sebelumnya. Pada Sabtu, jumlah kematian 179 orang.

Jumlah 179 itu juga menurun dari tiga hari sebelumnya yang berturut-turut tercatat ada lebih dari 200 angka kematian akibat Virus Corona jenis baru.

Berdasarkan tes PCR pada hari Minggu kemarin, ada 621 pasien baru, naik 0,28 persen dari total kasus. Dalam 10 hari ini, laju infeksi baru sudah di bawah 1 persen.

Semua wilayah di Spanyol juga melaporkan kasus baru yang relatif sedikit. Daerah seperti Castilla-La Mancha, Castilla y Leรณn, La Rioja dan the Basque Country melaporkan tidak lebih dari 2 kasus baru di antara 100 ribu penduduk.

Untuk pasien sembuh, ada 2.214 pasien baru yang dipulangkan dari rumah sakit. Total pasien sembuh di Spanyol menjadi 136.166.

Pasien di ICU juga turun menjadi 36 orang pada Minggu kemarin.

Kementerian Kesehatan Spanyol telah melakukan 1,6 juta tes PCR sejak krisis Virus Corona dimulai. Sudah ada 224.390 kasus Virus Corona yang dikonfirmasi via tes PCR di Spanyol.

Update 11 Mei: 4,1 Juta Orang di Dunia Positif Corona COVID-19

Presiden AS Donald Trump dan Direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular  Anthony Fauci selama pengarahan harian Gugus Tugas Koronavirus Gedung Putih di Ruang Sidang James Brady di Gedung Putih, 13 April 2020 di Washington, DC. (Alec Wong/AFP)
Presiden AS Donald Trump dan Direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular Anthony Fauci selama pengarahan harian Gugus Tugas Koronavirus Gedung Putih di Ruang Sidang James Brady di Gedung Putih, 13 April 2020 di Washington, DC. (Alec Wong/AFP)

Infeksi Virus Corona COVID-19 di seluruh dunia telah mencapai 4.101.482 kasus. 1.408.771 di antaranya telah dinyatakan sembuh berdasarkan Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE. 

Jumlah kesembuhan pasien Corona COVID-19 paling besar kini tercatat di Amerika Serikat, yang mencapai 216.169 dan Jerman dengan 144.400 orang pulih. 

Amerika Serikat tercatat sebagai negara yang memiliki kasus infeksi terbesar mencapai 1.329.225.

Saat ini, Spanyol, Inggris, Italia, dan Rusia tercatat sebagai negara dengan kasus infeksi terbesar setelah Amerika Serikat, menurut data Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE yang dikutip Senin, (11/5/2020). 

Jumlah kasus infeksi Corona COVID-19 terbesar kedua tercatat di Spanyol, yang mencapai 224.350 kasus dengan 136.166 pasien pulih.

Kasus infeksi terbesar ketiga kini tercatat di Inggris, yang telah naik diatas Italia, mencapai 220.449 kasus dengan 1.002 orang pulih.

Lalu 219.070 orang dinyatakan positif mengidap Virus SARS-CoV-2 di Italia, dengan 105.186 orang pulih. 

Pasien positif Corona COVID-19 di Rusia tercatat sebagai kelima terbesar, yakni sebanyak 209.688 kasus dengan 1.915 pasien pulih.

Sementara itu, otoritas di Wuhan pada Minggu, 10 Mei 2020 melaporkan kasus pertama pasien yang terpapar Corona COVID-19 setelah lebih dari sebulan dinyatakan bebas dari virus tersebut.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenhub Terbitkan Aturan Teknis Operasional Transportasi saat PSBB, Ini Rinciannya

Posted: 10 May 2020 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menerbitkan Surat Edaran (SE) dari para Direktur Jenderal (Dirjen) Tentang Petunjuk Operasional Transportasi Untuk Pelaksanaan Pembatasan Perjalanan Orang Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19. SE ini merupakan tindak lanjut dari SE Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Soal Pembatasan Perjalanan Orang.

Pengendalian transportasi yang dilakukan Kemenhub, sejalan dengan yang ditetapkan di SE Gugus Tugas, bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona dengan memberlakukan protokol kesehatan yang ketat, meningkatkan keberhasilan pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), dan meningkatkan efektivitas pelaksanaan kegiatan transportasi dalam rangka pemenuhan kebutuhan nasional selama darurat bencana non-alam Covid-19.

"Melalui Surat Edaran Dirjen Perhubungan Darat, Laut, Udara dan Perkeretaapian, Kemenhub fokus melakukan pengendalian transportasi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk mendukung dan menindaklanjuti SE Gugus Tugas," demikian disampaikan Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati, dalam keterangan tertulis, Senin (11/4/2020).

SE Dirjen Perkeretaapian yang ditetapkan pada 7 Mei 2020 dan SE Dirjen Perhubungan Darat, Laut, dan Udara yang ditetapkan pada 8 Mei 2020. SE Dirjen ini berlaku pada saat ditetapkan sampai dengan 31 Mei 2020 dan dapat diperpanjang jika diperlukan.

Adita menjelaskan, secara umum SE Dirjen mengatur petunjuk operasional transportasi di setiap moda, baik darat, laut, udara dan kereta api yang menjadi pedoman bagi unsur Kemenhub di lapangan dan seluruh stakeholders, yang antara lain terdiri dari: Pemerintah Daerah, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, serta Operator penyelenggara Sarana dan Prasarana Transportasi.

Dari unsur Kemenhub di lapangan antara lain yaitu, para Kepala Balai Transportasi Darat, Syahbandar, Kepala Kantor Otoritas Bandara, dan Kepala Balai teknik Perkeretaapian, bertugas untuk :

1) Melakukan pengawasan dan pengendalian atas pelaksanaan SE Gugus Tugas yang dalam pelaksanaannya berkoordinasi dengan para Operator Transportasi, TNI, Polri, Pemda, Gugus Tugas Covid-19 dan instansi terkait lainnya.

2) Mengawasi dan memastikan pembentukan pos penjagaan dan pemeriksaan oleh operator transportasi di setiap prasarana transportasi baik di Terminal, Stasiun, Bandara dan Pelabuhan sesuai protokol kesehatan.

3) Memastikan para operator transportasi melaksanakan ketentuan dalam SE Gugus Tugas.

4) Melaporkan hasil pengawasan kepada masing-masing Direktur Jenderal.

 

Unsur Operator

Bus AKAP terparkir di Terminal Kampung Rambutan Jakarta, Senin (30/3/2020). Untuk mencegah penyebaran virus Corona COVID-19, Dishub Pemprov DKI Jakarta menghentikan sementara layanan Bus Antar Kota Antar Provinsi pertanggal 30 Maret 2020 pukul 18.00 WIB. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Bus AKAP terparkir di Terminal Kampung Rambutan Jakarta, Senin (30/3/2020). Untuk mencegah penyebaran virus Corona COVID-19, Dishub Pemprov DKI Jakarta menghentikan sementara layanan Bus Antar Kota Antar Provinsi pertanggal 30 Maret 2020 pukul 18.00 WIB. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sementara dari unsur operator sarana dan prasarana transportasi, bertugas untuk :

1) Melaksanakan dan mematuhi ketentuan dalam SE Gugus Tugas

2) Memastikan pemesanan tiket hanya dapat dilakukan melalui Kantor Pusat maupun Cabang dari operator transportasi

3) Wajib memastikan calon penumpang memenuhi kriteria dan persyaratan yang ditetapkan dalam SE Gugus Tugas sebelum diberikan tiket

4) Wajib memastikan para awak/petugas dari operator sarana dan prasarana transportasi dan penumpang memenuhi protokol kesehatan baik pada saat akan berangkat, dalam perjalanan, maupun saat tiba di tujuan.

 

Stiker Khusus

Sejumlah bus antar kota antar provinsi berjejer menunggu untuk mengangkut penumpang untuk pulang kampung di Terminal Pulogebang, Jakarta, Sabtu (9/6). Diperkirakan akan terjadi lonjakan arus mudik pada H-3 atau H-2 lebaran. (Merdeka.com/Imam Buhori)
Sejumlah bus antar kota antar provinsi berjejer menunggu untuk mengangkut penumpang untuk pulang kampung di Terminal Pulogebang, Jakarta, Sabtu (9/6). Diperkirakan akan terjadi lonjakan arus mudik pada H-3 atau H-2 lebaran. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Terkait penyediaan transportasinya, pada moda darat, Kemenhub menyiapkan Angkutan Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang akan diberi stiker bertanda khusus "Angkutan AKAP Terbatas Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19" yang dilengkapi QR Code dari Perusahaan Angkutan Umum untuk menghindari pemalsuan.

Sementara pada moda penyeberangan, Kemenhub menyiapkan kapal penumpang dan disediakan gerbang (gate) khusus bagi pengguna jasa yang memenuhi kriteria dan persyaratan sesuai SE Gugus Tugas.

Kemudian, pada moda laut, Kemenhub menyiapkan kapal penumpang atau kapal dengan fungsi khusus untuk mengangkut orang-orang sesuai dengan kriteria dan syarat yang ditetapkan SE Gugus Tugas.

Pada moda transportasi kereta api, Kemenhub menyiapkan Perjalanan Kereta Api Luar Biasa (KLB) pada lintas-lintas yang telah ditetapkan.

Adapun pada moda transportasi udara, Kemenhub menyiapkan penerbangan penumpang yang dilaksanakan berdasarkan rute penerbangan yang telah disetujui pada periode Summer 2020 dengan tetap menyesuaikan jam operasi serta fasilitas bandara selama Pandemi Covid-19.

Adapun pada pelaksanaan angkutan penerbangan di wilayah Jabodetabek untuk mengangkut orang-orang sesuai dengan kriteria dan syarat yang ditetapkan SE Gugus Tugas, hanya dapat dilakukan di Bandara Internasional Soekarno Hatta dan akan dievaluasi sesuai kebutuhan. Sebagaimana disebutkan dalam SE Gugus Tugas bahwa, pengendalian, pengawasan, dan penegakkan hukum dilaksanakan oleh Tim Gabungan dari unsur pemerintah dan pemerintah daerah, TNI, Polri, dan unsur otoritas penyelenggara transportasi umum.

"Setiap pelanggaran akan ditindak dan dapat dikenai sanksi sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku," tandas Adita.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Hacker Jual Data Pengguna Bhinneka.com Jadi Sorotan

Posted: 10 May 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Artikel tentang kelompok hacker mencuri dan menjual 1,2 juta data pengguna Bhinneka.com di dark web, menjadi sorotan pembaca kanal Tekno Liputan6.com, Senin (5/5/2020).

Selain itu, berita tentang fitur dark mode Facebook sudah sambangi semua pengguna dan penjelasan dari pihak Bhinneka.com terkait aksi pencurian data pengguna.

Lebih lengkapnya simak berita berikut ini.

1. Hacker Klaim Jual 1,2 Juta Data Pengguna Bhinneka.com

Kelompok hacker yang dilaporkan membobol data pengguna Tokopedia, yaitu ShinyHunters, mengklaim telah menjual 1,2 juta data pengguna Bhinneka.com di dark web.

Selain Bhinneka.com, mereka mengaku memiliki data pengguna dari 10 perusahaan digital, yang totalnya mencapai 73,2 juta data pengguna.

Diwartakan ZDNet, Minggu (10/5/2020), keseluruhan data pengguna itu dijual di dark web untuk produk-produk ilegal dengan harga USD 18.000 atau sekitar Rp 266 juta.

Baca Selengkapnya di Sini

 

2. Dark Mode Facebook Kini Tersedia untuk Seluruh Pengguna

Tampilan Facebook kini memiliki mode gelap alias dark mode untuk versi Facebook web.

Mengutip laman The Verge, Minggu (10/5/2020), tampilan dark mode Facebook kini hadir untuk pengguna di seluruh dunia. Demikian sebagaimana diumumkan Facebook beberapa waktu lalu.

Sebelum adanya perubahan ini, dark mode Facebook hanya tersedia di beberapa negara saja.

Baca Selengkapnya di Sini

3. Penjelasan Lengkap Bhinneka.com Terkait Pencurian Data Pengguna

 

Kelompok hacker bernama ShinyHunters mengklaim telah menjual 1,2 juta data pengguna Bhinneka.com di dark web.

Terkait isu ini Astrid Warsito selaku Group Head Brand Communication & PR Bhinneka.com menegaskan sangat mengutamakan keamanan dan kenyamanan pelanggan.

"Kami dari waktu ke waktu selalu meningkatkan standard keamanan. Saat ini tim kami tengah melakukan investigasi pada kabar tersebut," ujar Astrid melalui pesan singkat, Minggu (10/5/2020).

Baca Selengkapnya di Sini

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Skenario Pemulihan Ekonomi dari Corona, Ini Penjelasan Sri Mulyani

Posted: 10 May 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, mengatakan bahwa kabar pemulihan ekonomi secara bertahap yang beredar dalam bentuk infografis masih bersifat kajian. Di mana Infografis tersebut menggambarkan fase-fase pembukaan kegiatan bisnis dan industri yang dimulai pada 1 Juni hingga Juli 2020.

"Jadi kalau sekarang ini beredar di berbagai WhatsApp grup mengenai bahan presentasi Pak Menko (Airlangga) itu adalah salah satu bagian yang akan dikaji," kata dia dalam video conference di Jakarta, Senin (11/5).

Dia mengatakan, semua kementrian atau lembaga yang mempuntai kompetensi, memiliki cara pandang berbeda untuk melihat dari semua aspek secara seimbang. Mulai dari aspek kesehatan, keamanan masyarakat, kegiatan sosial dan ekonomi bahkan dari sisi aspek religius.

"Karena kan kita liat dari sisi interaksi sosial yang dibatasi menyebabkan yang selama ini untuk lakukan ibadah secara bersama itu juga ikut terbatasi. Jadi kita akan liat berdasarkan itu," kata Sri Mulyani.

Bendahara Negara ini mengatakan, pemerintah saat terus melakukan kajian berbagai langkah-langkah yang bisa memfokuskan pada penanganan Covid-19, yakni meminimalisir penyebaran dan mencegah bertambahnya korban jiwa. Pun demikian juga melihat kondisi sosial ekonomi pasca pandemi ini berkahir.

"Namun disisi lain mengkaji berbagai kemungkinan agar dampak ke sosial-ekonomi itu bisa dikurangi juga. Jadi inilah langkah-langkah yang akan dilakukan namun itu tergantung pada datanya," jelas dia.

Menteri Sri Mulyani bilang, dalam rapat kabinet bersama Presiden Joko Widodo seluruh kementerian telah melihat berbagai langkah dan juga aspek serta data untuk penanganan penyebaran virus Corona. Apakah itu semua, nantinya kemungkinan bisa digunakan untuk melakukan tindakan yang bisa menyeimbangkan antara kebutuhan tetap jaga kesehatan dan keselamatan masyarakat.

"Namun disisi lain bisa berikan ruang interaksi sosial dan ekonomi dengan apa yang disebut new normal. Nah inikan berbagai negara juga sudah melakukan Atau akan lakukan," jelas dia.

Infografis Skenario Pemulihan Ekonomi

Beredar infografis berjudul Pemulihan Ekonomi akan Dilakukan Indonesia secara Bertahap. Istimewa
Beredar infografis berjudul Pemulihan Ekonomi akan Dilakukan Indonesia secara Bertahap. Istimewa

Seperti diketahui, dalam infografis tersebut berisi skenario pembukaan industri, toko, pusat perbelanjaan hingga kegiatan ekonomi secara keseluruhan. Skenario tersebut dirinci menjadi 5 fase, yakni:

Fase 1 (1 Juni)

- Industri dan jasa dapat beroperasi dengan protokol kesehatan Covid-19- Mall belum boleh beroperasi, kecuali toko penjual masker dan fasilitas kesehatan

Fase 2 (8 Juni)

- Mall boleh beroperasi seperti semula (toko-toko boleh buka), namun dengan protokol kesehatan Covid-19- Toko atau usaha yang berpotensi terjadi kontak fisik (salon, spa, dan lainnya) belum boleh beroperasi

Fase 3 (15 Juni)

- Mall tetap beroperasi seperti fase 2, namun ada evaluasi pembukaan salon, spa, dan lainnya. Tetap dengan protokol kesehatan Covid-19- Sekolah dibuka namun dengan sistem shift

Fase 4 (6 Juli)

- Evaluasi pembukaan kegiatan ekonomi, mulai dari operasional restoran, cafe, gym, industri travel, hingga kegiatan ibadah diperbolehkan (dengan jumlah jamaah dibatasi)

Fase 5 (20 & 27 Juli)

- Evaluasi pembukaan kegiatan sosial dalam skala besar- Akhir Juli atau awal Agustus 2020, diharapkan seluruh kegiatan ekonomi sudah dibuka.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bantu Masjid Saat Ramadan, Pemkab Bangka Barat Serahkan Bantuan

Posted: 10 May 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menyalurkan bantuan perlengkapan pendukung untuk masjid di daerah tersebut selama Ramadan 1441 Hjriah.

"Puluhan masjid di seluruh kecamatan dibantu sesuai kebutuhan yang sudah diajukan sebelumnya. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan selama bulan Ramadan," ujar Bupati Bangka Barat Markus di Mentok, seperti dikutip dari Antara, Senin (11/5/2020).

Menurut dia, pada tahun lalu, penyaluran bantuan tersebut sudah rutin dilakukan berbarengan dengan safari Ramadan. Namun, kata Markus, acara tersebut dibatalkan karena adanya wabah virus Corona Covid-19.

"Meskipun safari Ramadan ditiadakan, namun penyaluran bantuan tetap dilakukan seperti yang kemarin kita laksanakan bersama Badan Amil Zakat Kabupaten Bangka Barat di Desa Airlimau," ucapnya.

Markus berharap penyaluran bantuan bisa memberikan motivasi kepada seluruh warga untuk bersama-sama memuliakan masjid di wilayah masing-masing. Terutama saat Ramadan ini.

"Kami juga tetap mengimbau agar warga selalu menjalankan protokol kesehatan yang sudah diterbitkan pemerintah guna mendukung upaya memutus mata rantai penyebaran virus corona," jelas Markus.

 

Kegiatan Tahunan

Sudah hari ke-25 puasa, jangan lupa dengan jadwal sholat dan imsakiyah Ramadan 2018. (Ilustrasi: Pexels.com)
Sudah hari ke-25 puasa, jangan lupa dengan jadwal sholat dan imsakiyah Ramadan 2018. (Ilustrasi: Pexels.com)

Sementara itu, menurut Ketua Baznas Kabupaten Bangka Barat H Sobri Murod, pemberian santunan kepada para fakir miskin dan anak yatim merupakan kegiatan tahunan di bulan Ramadan.

"Kami harapkan bisa membantu warga kurang mampu saat menghadapi Idul Fitri," ucap Sobri.

Usai menyalurkan bantuan di Desa Airlimau, rombongan melanjutkan perjalanan menuju Desa Berang untuk menyalurkan bantuan berupa sajadah, karpet gulung, dan kipas angin di Masjid Arrahman.

Pemkab Bangka Barat juga menyalurkan bantuan berupa karpet sajadah dan kipas angin yang akan dipasang di Masjid Nurul Iman Airlimau, Kecamatan Mentok.

Dalam kesempatan itu, Baznas Kabupaten Bangka Barat turut menyalurkan bantuan uang tunai sebesar Rp 200 ribu kepada 10 anak yatim piatu dan Rp 400 ribu kepada 20 orang fakir dan miskin di Desa Berang, Simpangteritip.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Momen Perayaan Ultah Magika Anak Nia Ramadhani, Dirayakan dengan Naik Kuda

Posted: 10 May 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Keluarga Ardi Bakrie dan Nia Ramadhani selalu menarik perhatian publik. Keluarga kecil yang jauh dari gosip miring ini selalu menjadi sorotan warganet. Momen kebersamaan keluarga ini pun tak jarang menuai komentar positif dari warganet.

Baru-baru ini anak Nia Ramadhani, Magika Zalardi Bakrie merayakan ulang tahunnya pada Minggu (10/4/2020) yang ke-3 tahun. Ardi Bakrie dan Nia Ramadhani rupanya memiliki cara unik untuk merayakan ulang tahun sang buah hati di tengah pandemi Corona Covid-19. Magika merayakan ulang tahunnya dengan naik kuda di sekitar halaman rumahnya.

Walaupun hanya dirayakan dengan naik kuda, namun kebersamaan dan kehangatan keluarga ini kerap dipancarkan. Pasangan yang menikah pada tahun 2010 ini mengunggah momen tersebut di Story Instagram milik masing-masing. Nia Ramadhani pun memosting foto dirinya saat bersama Magika dengan ditambah caption yang manis dan menyentuh.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang 7 momen perayaan ulang tahun Magika anak Nia Ramadhani, Senin (11/5/2020).

1. Bersama Mikhayla dan Mainaka, Magika merayakan ulang tahunnya di rumah saja dengan naik kuda nih.

Momen Perayaan Ultah Magika Anak Nia Ramadhani. (Sumber: Instagram.com/ ramadhaniabakrie)
Momen Perayaan Ultah Magika Anak Nia Ramadhani. (Sumber: Instagram.com/ ramadhaniabakrie)

2. Walaupun hanya dirayakan dengan naik kuda, Magika terlihat senang karena bisa naik kuda.

Momen Perayaan Ultah Magika Anak Nia Ramadhani. (Sumber: Instagram.com/ ramadhaniabakrie)
Momen Perayaan Ultah Magika Anak Nia Ramadhani. (Sumber: Instagram.com/ ramadhaniabakrie)

4. Momen manis saat Magika membuka kado dan diabadikan oleh Nia Ramadhani.

Momen Perayaan Ultah Magika Anak Nia Ramadhani. (Sumber: Instagram.com/ ramadhaniabakrie)
Momen Perayaan Ultah Magika Anak Nia Ramadhani. (Sumber: Instagram.com/ ramadhaniabakrie)

5. Ardi Bakrie pun mengunggah video sang buah hati saat membuat kado, tak lupa Ardi mengucapkan terima kasih.

Momen Perayaan Ultah Magika Anak Nia Ramadhani. (Sumber: Instagram.com/ ardibakrie)
Momen Perayaan Ultah Magika Anak Nia Ramadhani. (Sumber: Instagram.com/ ardibakrie)

7. Nia Ramadhani tak henti mengucapkan selamat ulang tahun kepada Magika di akun Instagramnya.

Momen Perayaan Ultah Magika Anak Nia Ramadhani. (Sumber: Instagram.com/ ramadhaniabakrie)
Momen Perayaan Ultah Magika Anak Nia Ramadhani. (Sumber: Instagram.com/ ramadhaniabakrie)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementerian Ristek Berhasil Kembangkan Alkes Covid-19, Jokowi Minta Mulai Diproduksi Akhir Mei

Posted: 10 May 2020 09:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional berhasil mengembangkan alat tes untuk mendeteksi virus corona. Jokowi meminta inovasi-inovasi tersebut mulai diproduksi secara massal.

"Saya juga menerima laporan dari Kementerian Ristek dan BRIN yang telah berhasil mengembangkan PCR test kit, non PCR diagnostic test, dan juga ventilator, serta Mobile BSL 2," jelas Jokowi saat memimpin rapat terbatas melalui video conference, Senin (11/5/2020).

Menurut dia, alat-alat tes kesehatan tersebut harus segera diproduksi dalam negeri untuk mempercepat tes spesimen corona. Dengan begitu, maka Indonesia tidak akan bergantung lagi kepada produk-produk impor negara lain.

"Kita harapkan nanti paling tidak akhir Mei atau awal Juni ini sudah bisa kita produksi," jelas Jokowi.

Uji Klinis Plasma Darah

Selain itu, dia menyebut bahwa terdapat kemajuan yang signifikan dalam pengujian plasma darah. Jokowi menuturkan recananya plasma tersebut akan dilakukan uji klinis berskala besar di beberapa rumah sakit.

"Juga stem cell untuk menggantikan jaringan paru yang rusak," ucap dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Stan Isakh Meninggal Setelah Jadi PDP Corona Covid-19

Posted: 10 May 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Musikus Stan Isakh mengembuskan napas terakhir pada Minggu (11/5/2020) pagi. Sebelum meninggal, ia sempat dirawat secara intensif di Rumah Sakit Persahabatan, Jakarta.

Mengutip akun Instagram-nya, Stan Isakh sempat menjalani isolasi karena berstatus sebagai PDP Corona Covid-19. Unggahan itu ia buat sekitar satu minggu yang lalu.

"Day +5 / Rawat isolasi PDP Covid19. Akhirnya setelah Hari ke 5 dirawat secara intensif saya berani membuka diri agar teman2 semua serius menjaga kesehatan Dan anjuran pemerintah untuk hidup Sehat melawan virus Corona," tulis Stan Isakh kala itu.

Sesak Napas

[Foto: Instagram Stan Isakh]
[Foto: Instagram Stan Isakh]

Meski begitu, saat itu ia belum mendapatkan hasil tes swab Covid-19. Namun Stan Isakh memang diharuskan menjalani isolasi karena pneumonia duplex yang diidapnya.

"Saya sesak nafas Karena pneumonia duplex , setelah diperiksa diputuskan isolasi selama 14 Hari. Mohon doanya ya teman2 . Semangat !!" lanjutnya.

 

Hari ke-8 Isolasi

Stan Isakh (Instagram/ stantheman.official)
Stan Isakh (Instagram/ stantheman.official)

Bahkan sampai hari ke delapan isolasi, dirinya belum juga mendapatkan hasil tesnya. Namun Stan Isakh tetap bersemangat dan berpikir optimis.

"Masih menunggu hasil tes swap , Terimakasih teman2 yg sudah support dan kasih semangat ๐Ÿ’—... Harus semangat dan tetep ROCK ON!!"

 

Wajah yang Sayu

Fotonya sendiri memperlihatkan Stan Isakh yang sedang mengenakan masker dengan tangan yang terpasang selang infus. Wajahnya terlihat sangat sayu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Sebut Ada Kemajuan Signifikan dalam Pengujian Plasma Darah untuk Obati Covid-19

Posted: 10 May 2020 09:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut ada kemajuan signfikan terhadap penelitian untuk menemukan vaksin dan obat virus corona (Covid-19). Salah satunya yakni, terapi plasma darah yang dapat menyembuhkan pasien positif corona.

"Saya melihat sudah kemajuan yang signifikan dalam pengujian plasma. Yang rencananya ini akan dilakukan uji klinis berskala besar di beberapa rumah sakit," kata Jokowi saat memimpim rapat terbatas melalui video conference, Senin (11/5/2020).

"Juga stem cell untuk menggantikan jaringan paru yang rusak," sambungnya.

Bukan hanya itu, Jokowi mengungkapkan kemajuan signifikan juga terjadi terhadap penelitiam genome sequencing. Dia pun berharap agar vaksin corona yang sesuai dengan Indonesia dapat segera ditemukan.

"Ini tahapan yang sangat penting dalam menuju tahap berikutnya untuk menemukan vaksin yang sesuai dengan negara kita," jelas Jokowi.

 

Dukung Hasil Riset

Untuk itu, dia meminta agar seluruh pihak mendukung hasil riset dan inovasi-inovasi yang ditemukan dalam rangka penanganan corona. Misalnya, dengan memudahkan proses perizinan.

"Proses-proses perizinan dilakukan cepat dan dan juga disambungkan dengan industri. Baik itu BUMN maupun swasta," tutur Jokowi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kapten Persib: Jarang-Jarang Awal Ramadan Bisa Bersama Keluarga

Posted: 10 May 2020 09:35 PM PDT

Bandung - Kapten Persib Bandung, Supardi Nasir, merasakan suasana yang berbeda pada Ramadan tahun ini. Dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, kali ini Supardi bisa menikmati ibadah puasa bersama keluarga.

Pandemi virus corona yang melanda Indonesia membuat Shopee Liga 1 2020 harus dihentikan untuk sementara. Saat ini, PSSI masih menunggu instruksi dari pemerintah terkait masa Status Darurat Bencana virus corona yang berakhir pada 29 Mei.

Jika status darurat bencana dicabut, kompetisi siap kembali bergulir setelah 1 Juli. Sebaliknya, jika status tersebut diperpanjang maka besar kemungkinan akan dihentikan secara total.

Sementara itu, PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator menyarankan agar PSSI menghentikan Liga 1 2020. PT LIB berdalih mayoritas klub peserta Shopee Liga 1 2020 mendesak musim ini untuk dihentikan.

Dengan kompetisi yang tertunda, klub-klub memutuskan untuk meliburkan pemainnya, termasuk Persib Bandung. Satu di antara pemain Persib yang kini sudah berkumpul dengan keluarganya adalah Supardi Nasir.

 

 

Petik Hikmah

Persib Bandung - Supardi Nasir (Bola.com/Adreanus Titus)
Persib Bandung - Supardi Nasir (Bola.com/Adreanus Titus)

Meski kelanjutan kompetisi musim ini masih belum jelas, Supardi dapat memetik hikmahnya. Dia kini bisa menikmati ibadah Ramadan dengan berkumpul bersama keluarga.

"Bagi saya, ini pengalaman berharaga. Jarang-jarang bisa bersama keluarga sejak awal Ramadan. Biasanya menjelang Lebaran baru bisa pulang seperti tahun lalu. Kebersamaannya jadi lebih terasa," ujar Supardi di situs resmi Persib Bandung.

Bermain dengan Anak

Situasi ini dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh Supardi. Selain menjalankan program latihan mandiri, dia menyempatkan diri mendengarkan anak-anaknya mengaji.

"Biasanya main sama anak-anak, atau mencari kegiatan bermanfaat lainnya, seperti mendengarkan membaca Qur'an anak," ucapnya.

Disadur dari Bola.com (Rizki Hidayat)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Suka Duka Pegawai Supermarket Asal Indonesia di Jerman Saat Pandemi Corona

Posted: 10 May 2020 09:34 PM PDT

Berlin - Ini kisah seorang WNI yang tinggal di Jerman saat pandemi Corona COVID-19 melanda.

"Tadi pagi ada seorang bapak yang marah-marah karena saya larang masuk ke supermarket tempatku bekerja, gara-gara tidak pakai masker," tutur Renata, perempuan asal Berastasi, Karo, Sumatera Utara yang kini bermukim di Mรผnchen dan bekerja di sebuah supermarket di kota di selatan Jerman tersebut seperti dikutip dari DW Indonesia, Senin"(11/5/2020).

"Lelaki itu berkilah berapi-api, katanya ia datang supermarket justru mau membeli masker dan saya jawab kami tidak menjual masker dan jika Anda tidak mengenakannya, Anda tidak bisa masuk," lanjut Renata sambil mengelap keringat sepulang kerja.

"Bagaimana dong, aku pun kasihan padanya, tapi aturannya begitu di supermarket kami. Kalau tidak, ya kami yang dimarahi oleh atasan, dan atasan kami kena peringatan dari dinas kesehatan," tuturnya lebih lanjut.

Saat ini di Jerman, orang wajib mengenakan masker di transportasi umum, instansi, kantor dan toko atau supermarket.

Bekerja di supermarket Jerman  di masa pandemi Virus Corona COVID-19 ini, letihnya bisa berkali lipat, kisah Renata. Sejak diberlakukan pembatasan ke luar rumah pertengahan Maret lalu, supermarket menjadi tumpuan penting bagi warga untuk mendapat pasokan makanan. Semua toko kala itu ditutup, namun supermarket tetap buka.

"Ada orang-orang yang kebosanan saja mungkin ya, hampir tiap hari saya lihat jalan-jalan di supermarket, kan bahaya. Pernah pula waktu awal pembatasan diberlakukan, ada dua pelanggan tidak mau antre menjaga jarak, ketika mau masuk ke supermarket. Diingatkan malah mengamuk," Renata melanjutkan ceritanya, "Ada-ada saja yang terjadi tatkala wabah merebak."

"Minggu lalu ada perempuan yang teriak, oh pahlawanku, oh pahlawanku ketika rekan saya menarik tiga palet tumpukan tisu toilet. Perempuan itu ternyata sudah berpekan-pekan menunggu persediaan tisu toilet di supermarket dan kehabisan terus," ungkap Renata. Dia tersenyum melihat perempuan pengunjung supermarketnya berbahagia, menemukan barang yang dicari-cari berminggu-minggu.

Tisu toilet sempat menjadi barang langka, di samping pembersih tangan dan masker, pada awal wabah Virus Corona COVID-19 merebak. "Sempat tidak ada barang di supermarket selama tiga minggu," tutur Irene yang bekerja di supermarket di Kota Bonn, Nord Rhein Westfallen, Jerman.

"Tapi itu terjadi karena orang-orang melakukan hamsterkauf atau memborong gila-gilaan, padahal jumlahnya tetap seperti biasa pasokannya. Kalau saja mereka tidak memborong atau menimbun, tentu cukup untuk semua," kata Irene yang merasa jengkel atas kelakuan orang-orang yang gemar menimbun barang di saat kondisi sedang sulit. Selain tisu toilet, barang lain yang juga sempat sulit dicari adalah tepung terigu dan ragi.

Pengamanan di Supermarket

ilustrasi belanja/unsplash
ilustrasi belanja/unsplash

Selain masalah kelangkaan barang, supermarket-supermarket di Jerman juga berjuang melakukan pengamanan agar virus tidak tersebar. "Kita berhadapan dengan ribuan pengunjung  supermarket. Oleh sebab itu pengamanan di supermarket menjadi ketat. Di pintu masuk ada alat pembersih tangan dan sarung tangan. Bagi yang tangannya sensitif terkena cairan pembersih tangan, disediakan sarung tangan," papar Irene, gadis yang lahir dan besar di Balikpapan ini.

Beberapa supermarket juga menyediakan kereta belanja yang berfungsi untuk memastikan jarak antar pengunjung di supermarket dan membatasi jumlah pengunjung di supermarket berdasarkan pengukuran luas supermarket. "Di supermarket kami dibatasi hanya  tersedia 35 kereta belanja dan semua wajib memakainya sehingga gampang dihitung jumlah penunjungnya. Lebih dari 35 orang, harus antre di pintu masuk," demikian dijelaskan Irene.

"Selain itu semua karyawan wajib juga pakai masker. Antara  meja penjual daging  ke pembeli dibatasi dengan barang-barang agar baik pembeli dan yang menjual daging dan jarak sekitar hampir dua meter," tutur Irene.

Di bagian kasir supermarket-supermarket maupun toko-toko dan kios di Jerman juga dipasangi pembatas kaca atau plastik yang hampir menyentuh langit-langit. Hanya ada lubang kecil  untuk pembeli membayar baik dengan kartu bank maupun uang tunai. Di setiap kasir tersedia cairan pembersih tangan yang berukuran sekitar setengah liter.

 

Tidak Sekadar Menjajakan Barang

Ilustrasi belanja online. Sumber foto: unsplash.com/Mein Deal.
Ilustrasi belanja online. Sumber foto: unsplash.com/Mein Deal.

Sebulan lebih warga Jerman dibatasi ke luar rumah. Oleh sebab itu supermarket menjadi satu-satunya lokasi yang mungkin paling sering dikunjungi orang saat wabah di Jerman. "Jika sebelumnya kami bisa mengobrol asyik dan dekat dengan pelanggan, sekarang jadi jaga jarak," lanjut Irene, "Jadi kurang ramah kelihatannya padahal kami harus ramah, tapi saat ini kondisi wabah memaksa kita demikian."

"Pernah pula ada seorang perempuan tua yang menangis baru-baru ini karena suaminya meninggal dunia. Saya hanya bisa mendengarkan dia menceritakan kesedihannya. Namun saya tidak bisa memeluknya, meski ingin sekali meringankan susah hatinya," tutur Irene yang akhirnya hanya mendengarkan saja kisah-kisah keseharian para pelanggannya.

Renata, karyawan di Stuttgart bercerita, ia pun juga menyempatkan diri mendengarkan cerita pelanggannya yang diputus kekasih di tengah wabah Virus Corona COVID-19, "Padahal pinggang saya rasanya mau copot karena mengangkut barang dan berdiri seharian. Namun kasihan juga mereka kan tidak bisa bertemu siapa-siapa pada masa pembatasan atau karantina," ujarnya. Tugasnya tidak hanya menyediakan barang-barang kebutuhan, namun bertambah dengan mendengarkan kesedihan dan keluhan para pelanggannya.

Baik Renata maupun Irene berharap wabah ini segera berlalu. "Begitu reda wabah ini, saya ingin sekali pulang ke Berastagi memeluk mamak saya."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Authenticity Gandeng Darbotz Ajak Anak Muda Ikut Berkarya Lewat Kompetisi Kreasi

Posted: 10 May 2020 09:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Beraktivitas di rumah tak menjadi alasan seseorang tidak kreatif atau hanya berdiam diri. Malah, di rumah saja harusnya jadi batu loncatan untuk ikut berkarya dan bermanfaat untuk orang lain.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Authenticity mengelar acara Kreasi Donasi. Sebelumnya, Authenticity sukses mengajak anak muda Indonesia untuk #BerkaryaDariRumah.

Dengan berkolaborasi bersama Darbotz, hal itu bertujuan untuk menghasilkan sebuah ekspresi baru berkarya yang bermanfaat. Sebagai seniman mural dunia, Darbotz menunjukkan keahlian menggambarnya melalui sesi live drawing yang ditonton ribuan anak muda. 

Nantinya, gambar yang dihasilkan Darbotz kemudian diaplikasikan pada sebuah box set yang berisi berbagai merchandise asli dari Authenticity. Seluruh hasil penjualan dari setiap pembelian box set akan disumbangkan ke masyarakat yang terdampak saat pandemi.

Hasilnya, anak muda merespon positif dan antusias dengan acara Kreasi Donasi. Hal itu bisa dilihat dari bukti bahwa box set yang dibuat Darbotz habis terjual seketika. 

Kreasi Donasi tidak berhenti sampai di Darbotz. Authenticity juga ingin menyebarkan pesan positif bahwa berkarya tidak seharusnya berhenti di rumah. Ada ekspresi baru dari berkarya, yaitu berkarya yang manfaatnya menyebar hingga keluar rumah. Maka dari itu, Authenticity mengundang anak muda untuk ikut berkarya seni berupa gambar dan desain melalui Kreasi Donasi Design Competition.

Pemenang tidak hanya mendapatkan hadiah, karya seni yang terpilih juga akan diapresiasi dengan dijadikan berbagai merchandise unik. Seratus persen dari penjualan merchandise tersebut akan kembali disumbangkan. Anak muda yang ingin berkarya, dapat mengikutsertakan karyanya di authenticity.id

Melalui Kreasi Donasi Design Competition, Authenticity akan mengangkat tagar #EkspresiBaruDariRumah. Harapannya akan lebih banyak anak muda yang mengetahui tentang ekspresi baru berkarya, yaitu karya yang bermanfaat melalui media apa pun, kapan pun, dan dimana pun. 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Antisipasi Kepulangan 10 Ribu WNI, Bandara Soetta Perketat Protokol Kesehatan

Posted: 10 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Warga Negara Indonesia (WNI) dengan penerbangan repatriasi yang tiba di Bandara Soekarno-Hatta telah mencapai lebih dari 25 ribu WNI per 10 Mei 2020, dimana lebih dari 15 ribu merupakan Pekerja Migran Indonesia (PMI)

Senior Manager Branch Communications & Legal Bandara Soekarno-Hatta, Febri Toga mengatakan, hingga 31 Mei 2020 diperkirakan akan ada tambahan sekitar 7.500-10.000 WNI yang tiba dengan penerbangan repatriasi.

Untuk itu, Febri menjelaskan bahwa seluruh stakeholder di Bandara Soekarno-Hatta menerapkannya konsep layanan first in, first out (FIFO) bagi penerbangan repatriasi yang baru mendarat agar Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) tetap dapat menjalankan protokol kesehatan secara ketat.

"Dengan konsep FIFO, maka penumpang repatriasi yang lebih awal mendarat akan langsung turun dari pesawat untuk menjalani protokol kesehatan serta memproses kedatangan. Sementara itu, penumpang yang tiba belakangan akan turun dari pesawat dan diarahkan terlebih dahulu menuju holding room sebelum memproses kedatangan," kata Febri, Minggu (10/5/2020).

"Konsep FIFO ini sudah dijalankan dan terbukti efektif karena hari ini, Minggu 1 Mei 2020, protokol kesehatan dan kedatangan dapat dijalankan lancar meskipun sekitar 1.000 WNI dengan penerbangan repatriasi tiba hampir berbarengan di Terminal 3 Soekarno-Hatta," imbuhnya.

Selain itu, Kepala KKP Bandara Soekarno-Hatta, Anas Ma'ruf mengatakan bahwa jumlah personel terus ditambah untuk memaksimalkan penerapan protokol kesehatan terhadap penumpang yang baru tiba.

"Mulai Senin, 11 Mei 2020, jumlah personel KKP yang bertugas di Soekarno-Hatta baik itu di Terminal 2, Terminal 3 dan di UGD Kantor Induk berjumlah total 48 orang per shift. Pada Jumat, 15 Mei 2020, akan kembali ditambah 12 orang per shift sehingga total 60 orang dalam satu shift," ujar Anas.

Anas menambahkan, sebanyak 15 personel Medical Service Assistance (MSA) PT Angkasa Pura II, juga dilibatkan untuk mendukung KKP di Bandara Soekarno-Hatta.

Penerbangan Repatriasi

Pekerja Migran di Bandara Soekarno Hatta. Dok AP II
Pekerja Migran di Bandara Soekarno Hatta. Dok AP II

Sebagai informasi, sekitar 1.000 WNI telah tiba di Terminal 3 Soekarno-Hatta pada Minggu (10/5), dengan penerbangan repatriasi. Sebelumnya, sekitar 600 WNI dengan penerbangan repatriasi juga telah tiba pada Kamis (7/5).

Jumlah penumpang tersebut meningkat dibandingkan dengan rata-rata minggu sebelumnya, yakni sekitar 300 hingga 400 WNI per hari yang tiba dengan penerbangan repatriasi.

Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Soekarno-Hatta sendiri telah menjalankan protokol kesehatan secara ketat terhadap penumpang pesawat khususnya yang tiba dari luar negeri,

Sementara itu, adapun protokol kesehatan yang dilakukan KKP Bandara Soekarno-Hatta, yaitu; melakukan wawancara, pemeriksaan suhu, tanda dan gejala COVID-19, pemeriksaan saturasi oksigen, dan pemeriksaan rapid test dan/atau PCR.

Bagi WNI atau WNA yang memiliki sertifikat atau surat keterangan yang menyatakan bebas COVID-19, dapat menunjukkannya kepada personel KKP untuk penanganan lebih lanjut.

Secara detail, protokol kesehatan yang dijalankan di pintu masuk Indonesia terdapat di dalam Surat Edaran Nomor HK.02.01/MENKES/313/2020.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Egy Maulana Vikri: Atmosfer Sepak Bola di Indonesia Lebih Ngeri Dibanding Polandia

Posted: 10 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Egy Maulana Vikri membandingkan atmosfer sepak bola di Indonesia dengan Polandia, tempatnya kini meniti karier. Menurut pemain Lechia Gdansk itu, atmosfer sepak bola di Indonesia lebih mengerikan.

"Kalau dibandingkan dengan Indonesia, lebih ngeri di Indonesia, orang-orang lebih gila bola. Menurut saya Indonesia atmonsfernya lebih tinggi," kata Egy Maulana Vikri ketika telewicara bersama Menpora Zainudin Amali di Instagram, Minggu (10/5/2020), seperti dikutip dari Antara.

Ia melihat orang-orang di Indonesia sangat gila bola. Para pendukungnya rela menjual apapun demi datang ke stadion memberikan semangat untuk klub kesayangannya.

Sementara di Polandia, meski mereka juga sangat menggemari sepak bola, ada olahraga lain yang lebih populer. Dia menyebut salah satu olahraga itu yakni ski.

"Di Polandia lebih ke ski, tapi atmonsfer tetap tinggi. Setiap pertandingan banyak penonton apalagi derbi," ucap Egy Maulana Vikri.

 

 

Terus Berjuang

Egy Maulana Vikri bermain impresif saat Lechia Gdansk II mengalahkan GKS Kolbudy 5-0, Sabtu (11/8/2018) waktu setempat. (Twitter Lechia Gdansk)
Egy Maulana Vikri bermain impresif saat Lechia Gdansk II mengalahkan GKS Kolbudy 5-0, Sabtu (11/8/2018) waktu setempat. (Twitter Lechia Gdansk)

Egy Maulana Vikri kini tinggal menyisakan satu dari tiga tahun kontraknya bersama Lechia Gdansk. Ia kesulitan untuk masuk skuat utama.

Berdasarkan catatan Soccerway, pemain Timnas Indonesia U-22 tersebut baru tampil pada tiga laga dan membukukan 56 menit.

Di sisa kontraknya, ia mengatakan akan terus berjuang untuk bisa mendapatkan menit bermain. Apalagi di Eropa, para pemain saling bersaing untuk mendapatkan tempat di tim utama yang berjumlah 18 orang.

"Untuk masuk 18 pemain itu sangat susah. Jadi saya akan terus berusaha agar bisa mendapatkan kesempatan bermain," tandasnya. 

Kembali Bergulir

Kompetisi Ekstraklasa atau kasta teratas Liga Polandia akan kembali bergulir pada 29 Mei 2020. Sebelumnya, kompetisi sempat ditangguhkan karena wabah corona Covid-19.

Saat ini, Egy Maulana Vikeri bersama rekan-rekannya di Lechia Gdansk mulai berlatih. Namun, masih harus dibagi per kelompok.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Realme Siap Umumkan Smartphone Anyar dengan MediaTek Helio G80

Posted: 10 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Realme dilaporkan akan memperkenalkan produk terbarunya ke hadapan publik. Menurut rencana, smartphone yang diberi nama Realme Narzo 10 ini akan diumumkan pada 11 Mei 2020.

Menjelang peluncurannya, Realme ternyata sudah mengungkap sedikit informasi mengenai smartphone ini. Salah satunya seperti dikutip dari GSM Arena, Senin (11/5/2020), adalah chipset yang digunakan di perangkat ini.

Lewat informasi terbaru, Realme memastikan smartphone ini akan ditenagai chipset MediaTek Helio G80. Namun informasi lain mengenai perangkat ini tidak diungkapkan lebih lanjut.

Meski tidak diungkap, rumor menyebut Narzo 10 sebenarnya merupakan nama lain dari Realme 6i. Apabila rumor itu benar, Narzo 10 berarti memiliki spesifikasi yang serupa Realme 6i.

Dengan kata lain, perangkat ini memiliki layar berkualitas HD+, kamera depan 16MP, dan kamera belakang dengan lensa utama 48MP. Sementara untuk software, perangkat ini akan menjalankan Realme UI berbasis Android 10.

Selain Narzo 10, Realme juag dikabarkan akan mengungkap kehadiran Narzo 10A. Smartphone ini disebut-sebut merupakan nama baru dari Realme C3.

Oleh sebab itu, smartphone ini memiliki spesifikasi serupa, mulai dari tiga kamera belakang, chipset Helio G70, dan layar 6,5 inci. Hanya untuk mengetahui kepastiannya, masih perlu menunggu pengumuman resmi dari Realme.

Realme Band Masuk ke Pasar Indonesia dengan Harga Rp 399 Ribu

Realme Band. Dok: Realme Indonesia
Realme Band. Dok: Realme Indonesia

Terlepas dari kabar itu, Realme Band menjadi perangkat Artificial Intelligence dan Internet of Things (AIoT) kedua perusahaan yang masuk ke pasar Indonesia setelah Realme Buds Air. Melalui sesi video-conference dengan awak media hari ini (28/4/2020), smartband itu resmi diumumkan.

"Kami melengkapi kategori produk AIoT dengan merilis Realme Band. Kami percaya produk ini akan diserap pasar cukup baik terutama anak muda yang menjadi target pasar kami," ujar Marketing Director Realme Indonesia Palson Yi.

Realme Band mengusung layar lumayan besar (0,96 inci) yang mendukung 65.000 warna untuk menampilkan sejumlah data pengguna, mulai dari waktu, langkah kaki, hingga notifikasi. Untuk mengoperasikan smartband ini, tersedia tombol kapasitif pada layar. 

Smartband ini dibekali sensor pengukur detak jantung tipe PPG (Photoplethysmography) yang disebut memiliki akurasi tinggi. Selain itu, Realme Band mendukung sembilan macam olahraga, mulai dari berlari, berjalan, hingga berlatih yoga. Berkat fitur Intelligent Sport Tracker, pengguna akan diingatkan jika denyut jantung terdeteksi melampaui angka tertentu saat sedang berolahraga.

Baterai berkapasitas 90mAh didapuk untuk menjadi sumber daya bagi smartband ini. Untuk melakukan pengisian daya, Realme telah melakukan integrasi USB Direct Charge ke smartband ini yang memudahkan pengguna ketika hendak mengisi daya. 

"Daya tahan baterai untuk heart rate monitor bisa sekitar enam hari, tanpa heart monitor bisa tahan sembilan hari," tutur Product Manager Realme Indonesia, Felix Christian.

Fitur lengkap

Felix Christian, Product Manager Realme Indonesia. Dok: Realme Indonesia
Felix Christian, Product Manager Realme Indonesia. Dok: Realme Indonesia

Beberapa fitur Realme Band lainnya termasuk notifikasi cerdas yang dapat menampilkan banyak jenis notifikasi seperti Facebook, WhatsApp, Instagram, Twitter, TikTok, YouTube, Messenger, dan SMS.

Selain itu, smartband ini juga dilengkapi fitur pemantauan kualitas tidur dengan melacak pergerakan dan detak jantung pengguna, serta Idle Alert yang akan mengingatkan pengguna ketika dia terlalu lama duduk.

Untuk mendukung berbagai jenis olahraga, perangkat ini juga sudah mengantongi sertifikasi IP68 yang membuat perangkat ini tahan air. 

Guna memaksimalkan fiturnya, smartband dengan bobot 20 gram ini dapat dihubungkan dengan aplikasi khusus bernama Realme Link. Aplikasi ini menjadi pusat kendali antara smartphone dan produk AIoT Realme lainnya.

(Dam/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Viral Video Aksi Jenaka Balita Bikin Rusuh Saat Tarawih Keluarga

Posted: 10 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Beredar video yang menunjukkan satu keluarga sedang melaksanakan tarawih dirumah. Tetapi ada tingkah usil yang dilakukan oleh balita ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Hanya dengan Meses, Seniman Ini Buat 7 Lukisan Keren dari Roti Tawar

Posted: 10 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Adanya wabah virus corona atau COVID-19 membuat banyak orang diimbau untuk tetap berada di rumah dan melalukan social distancing. Tentu saja, tetep berada di dalam rumah untuk waktu yang cukup lama membuat banyak orang merasa bosan dan berusaha mencari kesibukkan. Mulai dari menekuni hobi, ataupun belajar membuat sebuah makanan hingga menonton film.

Bahkan, beberapa waktu lalu beredar di media sosial dimana para netizen berkreasi menghias roti tawar menggunakan meses. Aksi menghias roti tawar dengan meses itu pun sukses curi perhatian. Tak sedikit pula yang menganggap jika menghias roti tawar dengan meses menjadi karya seni bisa mengisi waktu luang.

Namun rupanya, karya seni roti tawar bukan hanya bisa dibuat dengan meses saja. Dilansir Liputan6.com dari Boredpanda, Senin (11/5/2020) seorang seniman asal Jepang, Manami Sasaki membuat sebuah lukisan di atas roti tawar dengan cantik.

Lukisan yang dibuat di atas roti tawar tersebut pun bertema mengenai budaya Jepang. Penasaran bagaimana hasilnya? Berikut Liputan6.com rangkum dari akun Instagram @sasamana1204, beberapa potret kreasi lukisan di atas roti tawar, Senin (11/5/2020).

1. Manami melukis di roti tawar ini ia lakukan pada pagi hari sebelum sarapan.

Lukisan roti tawar (Sumber: Instagram/sasamana1204)
Lukisan roti tawar (Sumber: Instagram/sasamana1204)

2. Kreasi lukisan tersebut pun ia buat pada roti tawar yang akan disantapnya.

Lukisan roti tawar (Sumber: Instagram/sasamana1204)
Lukisan roti tawar (Sumber: Instagram/sasamana1204)

3. Ia pun memilih mengangkat tema budaya Jepang sebagai upaya pengenalan terhadap masyarakat luas.

Lukisan roti tawar (Sumber: Instagram/sasamana1204)
Lukisan roti tawar (Sumber: Instagram/sasamana1204)

4. Lukisan Bunga Sakura sendiri cukup menyedot perhatian publik.

Lukisan roti tawar (Sumber: Instagram/sasamana1204)
Lukisan roti tawar (Sumber: Instagram/sasamana1204)

5. Ia bahkan membuat sebuah lukisan dari potongan komik pada roti tawar.

Lukisan roti tawar (Sumber: Instagram/sasamana1204)
Lukisan roti tawar (Sumber: Instagram/sasamana1204)

6. Karya-karya lukisan Manami di atas roti tawar pun menuai pujian dari netizen.

Lukisan roti tawar (Sumber: Instagram/sasamana1204)
Lukisan roti tawar (Sumber: Instagram/sasamana1204)

7. Tak sekedar melukis, akan tetapi seniman ini juga memberikan keterangan mengenai lukisan yang ia buat.

Lukisan roti tawar (Sumber: Instagram/sasamana1204)
Lukisan roti tawar (Sumber: Instagram/sasamana1204)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kisah Pengusaha Kuliner Ciptakan Alat Pembunuh Corona

Posted: 10 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang pengusaha kuliner di Minahasa Selatan banting setir jadi pembuat alat untuk membunuh virus corona. Seperti apa dan bagaimana cara kerja alat tersebut? Simak kisahnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

12 Manfaat Kurma Muda Kuning untuk Kesehatan, Baik untuk Kehamilan

Posted: 10 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Manfaat kurma muda kuning untuk kesehatan dipengaruhi oleh kandungan nutrisi yang melimpah. Mungkin kebanyakan orang lebih mengenal kurma yang sudah dikeringkan terlebih dahulu untuk dikonsumsi, namun kamu juga bisa mengonsumsi kurma muda ini.

Kurma muda kuning merupakan buah kurma segar yang hampir matang. Walaupun dalam segi nutrisi tidak terlalu berbeda jauh dengan kurma kering, kurma muda kuning terkenal dan banyak dicari karena manfaatnya untuk meningkatkan kesuburan.

Manfaat kurma muda kuning sangat besar untuk kesehatan, terutama bagi ibu hamil. Manfaat kurma muda kuning ini bisa didapat dengan cara mengonsumsinya secara langsung, meminum air rebusannya, atau dibuat jus.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang manfaat kurma muda kuning dari berbagai sumber, Selasa (5/5/2020).

Manfaat Kurma Kuning Muda untuk Kehamilan

Manfaat Kurma (Sumber: Pixabay)
Manfaat Kurma (Sumber: Pixabay)

Tingkatkan Kesuburan

Sebelum masuk pada manfaatnya untuk kehamilan, manfaat kurma muda kuning yang sangat populer adalah meningkatkan kesuburan. Kurma muda kuning kaya akan zat besi, serat, dan antioksidan yang bermanfaat bagi kesuburan.

Kurma muda banyak digunakan sebagai obat alternatif dalam program hamil. Tak cuma bermanfaat bagi kesuburan wanita, kurma muda juga dapat meningkatkan kualitas sperma pada pria. Kurma kaya akan asam amino yang juga bisa meningkatkan stamina seksual.

Membantu Proses Persalinan dan Mencegah Sembelit

Selain untuk kesuburan, kurma juga baik untuk kehamilan. Kurma, baik kering maupun segar dinilai dapat meringankan persalinan jangka panjang pada wanita hamil. Mengonsumsi buah ini selama beberapa minggu terakhir kehamilan dapat meningkatkan dilatasi serviks dan menurunkan kebutuhan akan persalinan yang diinduksi.

Ini kemungkinan karena senyawa yang mengikat reseptor oksitosin dan tampaknya meniru efek oksitosin dalam tubuh. Oksitosin adalah hormon yang menyebabkan kontraksi persalinan saat melahirkan.

Kurma juga dikenal dapat memperkuat otot-otot rahim pada bulan-bulan terakhir kehamilan. Kurma juga merupakan sumber serat yang sangat baik. Buah ini dapat membantu mencegah sembelit selama kehamilan.

Manfaat Kurma Kuning Muda untuk Kehamilan

Penambah Energi Ibu Hamil

Saat hamil, ibu menjadi lebih mudah lemas dan kehilangan banyak tenaga. Hal ini dipengaruhi bawaan bayi yang semakin berat dan membuat ibu mudah pegal-pegal. Mengonsumsi beberapa kurma muda setiap hari mampu meningkatkan kadar gula di dalam darah yang efektif menambah kalori sebagai sumber energi.

Mencegah Risiko Cacat Lahir pada Bayi

Selama hamil, ibu membutuhkan banyak folat untuk pembentukan sel dan tulang su kecil. Jika ibu kekurangan zat tersebut, maka resikonya, bayi bisa lahir secara cacat.

Sebenarnya, ibu bisa menghindarinya dengan rutin mengonsumsi kurma muda. Buah ini memiliki folat yang bermanfaat untuk memaksimalkan pembentukan sumsum tulang belakang, otak dan mencegah bayi cacat saat lahir.

Mancegah Anemia

Selama hamil ibu sering merasakan pusing dan lemas karena kekurangan darah di dalam tubuh. Tidak hanya itu, kondisi ini akan berlanjut hingga saat persalinan tiba. Melahirkan membuat kamu kehilangan banyak darah dan bisa berakibat fatal jika tidak ditangani.

Buah kurma muda mampu mencegah ibu terserang anemia. Zat besi yang terdapat di dalamnya mampu mempertahankan kadar hemoglobin dan menjaga kekebalan tubuh ibu serta bayi.

Manfaat Kurma Muda Kuning Secara Umum

Manfaat Kurma Muda. (dok. Picturedesign96/Pixabay/Tri Ayu Lutfiani)
Manfaat Kurma Muda. (dok. Picturedesign96/Pixabay/Tri Ayu Lutfiani)

Lebih Rendah Gula dan Kalori

Dibandingkan dengan kurma kering, kurma muda kuning lebih rendah gula. Ini karena kurma muda kuning masih berupa buah segar dan belum mengalami proses pengeringan. Kurma segar juga memiliki indeks glikemik lebih rendah dari kurma kering. Ini berarti mereka memiliki dampak yang jauh lebih ringan pada kadar gula darah.

Jika kamu menderita diabetes atau cenderung sensitif terhadap makanan bergula, kurma segar merupakan pilihan camilan yang baik. Kurma segar berpotensi untuk membantu pengaturan gula darah karena indeks glikemiknya yang rendah, serat dan antioksidan.

Kurma kering memiliki dua kali lipat jumlah karbohidrat. Sebaliknya, kurma muda kuning jauh lebih rendah karbohidrat. Ini membuat kurma muda kuning cocok bagi kamu yang sedang dalam proses penurunan berat badan dan harung mengurangi kalori. Serat dalam kurma juga bisa meningkatkan rasa kenyang dan mencegah makan berlebihan.

Lebih Banyak Kandungan Air

Kurma segar mengandung lebih banyak air daripada kurma kering yang kehilangan kandungan cairannya dalam proses pengeringan. Kurma muda kuning bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menghidrasi tubuh. Kurma juga mengandung kalium, zat besi, dan magnesium yang dapat mengembalikan stamina dengan cepat.

Manfaat Kurma Muda Kuning untuk Kesehatan

Kaya Antioksidan

Kurma kaya akan antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas. Kurma mengandung flavonoid yang membantu mengurangi peradangan dan telah dipelajari potensinya untuk mengurangi risiko diabetes, penyakit Alzheimer dan beberapa jenis kanker tertentu.

Ada juga karotenoid yang terbukti meningkatkan kesehatan jantung dan dapat mengurangi risiko gangguan terkait mata, seperti degenerasi makula. Kurma juga mengandung asam fenolik yang dikenal dengan sifat anti-inflamasinya.

Tingkatkan energi

Meski cenderung rendah kalori dan gula, kurma muda kuning tetap dapat meningkatkan energi. Konsumsi buah kurma segar yang kaya air dapat mengembalikan cairan tubuh dan meningkatkan jumlah energi. Rasanya yang segar juga dapat meningkatkan stamina untuk terus kuat beraktivitas.

Sehatkan otak

Kurma juga dapat membantu meningkatkan fungsi otak. Kurma dapat membantu memberikan perlindungan terhadap stres oksidatif dan peradangan di otak. Manfaat ini dikaitkan dengan kandungan antioksidannya yang kuat seperti flavonoid.

Manfaat Kurma Muda Kuning Lainnya

Manfaat Kurma Muda. (Photo by Karim SAHIB / AFP)
Manfaat Kurma Muda. (Photo by Karim SAHIB / AFP)

Lancarkan pencernaan

Kurma muda kuning juga kaya akan serat yang dibutuhkan pencernaan. Serat dapat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan seperti mencegah sembelit. Konsumsi serat dapat membantu buang air besar secara teratur. Kandungan kalium dalam kurma juga dapat mengatasi diare. Konsumsi kurma secara keseluruhan dapat meningkatkan kesehatan pencernaan.

Kuatkan tulang

Kurma adalah sumber tembaga, fosfor, magnesium, selenium, dan mangan. Semua nutrisi ini enting untuk menjaga tulang Anda tetap sehat dan mencegah kondisi terkait tulang seperti osteoporosis. Kurma juga kaya akan vitamin K, yang berperan dalam pembekuan darah dan membantu memetabolisme tulang.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyanyi Stan Isakh Meninggal Dunia, Sempat Idap Pneumonia Duplex

Posted: 10 May 2020 09:22 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kabar duka kembali mewarnai dunia hiburan Tanah Air, penyanyi Stan Isakh meninggal dunia. Ia mengembuskan napas terakhir pada Minggu (10/5/2020) pagi.

Kabar ini telah dibenarkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia, Siti Nurbaya Bakar. Ia menyampaikan selamat jalan untuk Stan Isakh melalui akun Instagram peibadinya.

"Innalilahi wa inailahi rojiun, telah berpulang sahabat saya Stan @stantheman.official yang menyanyikan lagu "Pohon Cintaku" untuk kampanye mendorong kita mencintai pohon dan gembira dengan hati untuk menanam sedikitnya 25 pohon selama hidup," tulis Siti Nurbaya.

"Saya masih sempat memberinya semangat selama menjalani perawatan. Tidak menyangka pergi begitu cepat" sambungnya.

Pneunomia Duplex

Dikabarkan, Stan Isakh meninggal dunia karena mengalami pneunomia duplex dan sempat menjalani perawatan intensif di rumah sakit Persahabatan. Hal ini ia sampaikan di akun Instagramnya sebelum meninggal

"Saya sesak nafas karena pneumonia duplex, setelah diperiksa diputuskan isolasi selama 14 Hari. Mohon doanya ya teman. Semangat," kata dia pada 3 Mei 2020.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kompetisi Vakum, Bek Persija Latihan Tinju

Posted: 10 May 2020 09:20 PM PDT

Jakarta - Bek Persija Jakarta, Tony Sucipto, terlihat mencoba olahraga tinju selama jeda kompetisi karena pandemi virus corona yang melanda Indonesia. Tony mengaku, melakukan latihan tinju karena olahraga itu yang memungkinkan untuk dilakukan di selama di rumah aja.

Tony Sucipto berlatih tinju di rumah ditemani seorang instruktur. Dalam video yang diunggah di akun Instagram Persija Jakarta itu, Tony terlihat dilatih teknik pukulan dasar olahraga tinju.

Tony terlihat sangat antusias berlatih tinju. Pemain berusia 34 tahun itu ditemani sang istri, Lidya Saputri, dan anak-anaknya.

"Kemarin itu ada teman yang datang dan juga sebagai pelatih boxing. Jadi, ya kenapa tidak dicoba? Untuk mengisi kegiatan di rumah," kata Tony Sucipto di akun Youtube ANTV Sports Official.

Tony Sucipto mengaku menikmati latihan awal bertinju di rumah. Namun, eks pemain Persib Bandung itu belum tahu apakah akan rutin berlatih tinju selama mengikut instruksi pemerintah untuk di rumah aja.

"Untuk kemarin baru mencoba. Seru sih karena baru pertama dan itu kan kebanyakan melatih tangan. Itu dilakukan tidak setiap hari karena harus di rumah, seminggu belum tahu bakal berapa kali," ujar pemain berusia 34 tahun itu.

Selain berlatih tinju, Tony Sucipto juga masih rutin melakukan latihan mandiri di rumah sesuai instruksi tim pelatih Persija Jakarta. Langkah itu dilakukan untuk menjaga kebugaran.

Family Man

Bek Persija Jakarta Tony Sucipto dan keluarganya. (foto: instagram.com/toncip6)
Bek Persija Jakarta Tony Sucipto dan keluarganya. (foto: instagram.com/toncip6)

Tony Sucipto dikenal sebagai pemain yang memiliki kedekatan dengan anak dan istrinya. Hal itu terlihat dari momen yang diunggah di akun Instagram miliknya.

Bahkan, selama penghentian kompetisi karena pandemi virus corona, Tony Sucipto menjadi lebih sering menghabiskan waktu bersama keluarganya. Momentum yang hanya bisa dilakukannya ketika libur bermain di waktu normal.

 

Bantu Anak Belajar

"Mengasuh anak bukan kerjaan baru buat saya. Ketika libur memang saya menyempatkan diri untuk menemani anak untuk belajar. Apalagi dengan kondisi seperti ini kan banyak kegiatan harus dilakukan di dalam rumah," ucap Tony Sucipto.

Sumber: Youtube ANTV Sports Official

Disadur dari Bola.com (Zulfirdaus Harahap/ Hendri Wibowo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beda Penampilan 6 Seleb Hollywood di Instagram Vs Kehidupan Nyata, Bikin Pangling

Posted: 10 May 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menjadi seorang publik figur terkenal, tentunya penampilan merupakan salah satu hal yang sangat diperhatikan. Terlebih lagi jika sudah berkarier sebagai artis Hollywood. Tampil secara publik membuat sang artis harus totalitas dalam berpakaian agar menarik dan tampil penuh gaya.

Namun beberapa artis tertangkap kamera memiliki penampilan yang berbeda saat ditemui langsung dengan foto yang ada di media sosial. Tak bisa dipungkiri memang sesekali foto yang ada di media sosial seperti Instagram sudah diedit dengan berbagai filter maupun permainan makeup yang bikin pangling.

Dilansir dari Brightside, beberapa foto artis Hollywood ini dibandingkan antara foto di media sosial dengan foto di dunia nyata. Foto tersebut juga diambil dalam hari yang sama. Meski diambil di hari yang sama, namun hasilnya pun cukup membuat pangling.

Berikut ini Liputan6.com rangkum, 6 potret beda penampilan artis Hollywood saat foto di Instagram vs dunia nyata yang dirangkum dari Brightside, Senin (11/5/2020). 

1. Penampilan Katy Perry cukup berbeda saat foto yang diunggah di Instagram dengan foto aslinya.

Beda penampilan di Instagram dan dunia nyata. (Sumber: Brightside)
Beda penampilan di Instagram dan dunia nyata. (Sumber: Brightside)

2. Begitu pula dialami oleh artis Karen Gillan, wajah aslinya tampak jauh lebih pucat.

Beda penampilan di Instagram dan dunia nyata. (Sumber: Brightside)
Beda penampilan di Instagram dan dunia nyata. (Sumber: Brightside)

3. Gaya Karlie Kloss bikin pangling lantaran kedua foto ini memperlihatkan wajahnya yang berbeda saat difoto dari angle yang berbeda.

Beda penampilan di Instagram dan dunia nyata. (Sumber: Brightside)
Beda penampilan di Instagram dan dunia nyata. (Sumber: Brightside)

4. Meski diambil di hari yang sama, penampilan supermodel Gigi Hadid antara di Instagram dan dunia nyata cukup berbeda.

Beda penampilan di Instagram dan dunia nyata. (Sumber: Brightside)
Beda penampilan di Instagram dan dunia nyata. (Sumber: Brightside)

5. Wajah Charlize Theron tampak lebih muda bak boneka di Instagram.

Beda penampilan di Instagram dan dunia nyata. (Sumber: Brightside)
Beda penampilan di Instagram dan dunia nyata. (Sumber: Brightside)

6. Makeup dan busana yang sama, namun penampilan Adriana Lima tampak berbeda dari kedua foto tersebut.

Beda penampilan di Instagram dan dunia nyata. (Sumber: Brightside)
Beda penampilan di Instagram dan dunia nyata. (Sumber: Brightside)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Intip Rumah Mewah Bergaya Bali Milik Ellen DeGeneres Seharga Rp400-an Miliar

Posted: 10 May 2020 09:18 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pembawa acara Ellen DeGeneres dan pasangannya, Portia de Rossi bukan sosok yang asing dalam hal properti. Mereka dikenal memiliki hunian yang tak hanya indah, tetapi juga bernilai fantastis.

Dilansir dari Cottages and Gardens, Senin (11/5/2020), Ellen dan Portia membeli rumah bergaya Bali yang super megah di kawasan Montecito, Santa Barbara, Amerika Serikat.

Rumah Ellen DeGeneres yang bergaya ala Bali. (Photographs courtesy of Zillow/TheMLS.com)
Rumah Ellen DeGeneres yang bergaya ala Bali. (Photographs courtesy of Zillow/TheMLS.com)

Rumah diberi Ellen DeGeneres dan Portia de Rossise seharga 27 juta dolar AS atau setara Rp402 miliar dengan tanah seluas 8,24 hektare.

Awalnya, rumah mewah ini terdaftar pertama seharga 40 juta dolar AS pada 2017, lalu dipangkas menjadi 35 juta dolar AS. Ellen DeGeneres benar-benar berhasil membeli rumahnya dengan diskon, menurut Yolanda's Little Black Book.

Dalam denah seluas 8.188 kaki persegi di hunian Ellen, ada lima kamar tidur, 10 kamar mandi, dan ruang mewah seperti ruang tamu terbuka di dalam dan luar, losmen, dan cabana serta gym.

Ada Kolam Infinity

Rumah Ellen DeGeneres yang bergaya ala Bali. (Photographs courtesy of Zillow/TheMLS.com)
Rumah Ellen DeGeneres yang bergaya ala Bali. (Photographs courtesy of Zillow/TheMLS.com)

Di bagian luar, terdapat kolam infinity yang memukau dengan desain air terjun yang indah yang memancarkan pesona. Selain itu, lahan subur nan rimbun dengan pegunungan di kejauhan benar-benar membuat Anda merasa seperti sedang berlibur di Indonesia.

Interior yang megah dan fitur-fitur mewah membuatnya sulit untuk memvisualisasikan struktur ini yang menjalani segala jenis renovasi.

Mungkin setelah menjual rumah Montecito yang mereka bayangkan sebagai rumah mereka selamanya, mereka telah menemukan sesuatu yang serupa dalam keindahan Bali ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PGN Salurkan Bantuan Sembako Dapur Umum untuk Penanganan Covid-19

Posted: 10 May 2020 09:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebagai bentuk kepedulian nyata terhadap masyarakat yang kesulitan akibat terdampak Covid-19, PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) menyalurkan bantuan Dapur Umum di Kelurahan Krukut, Jakarta Barat.

Sekretaris Perusahan PGN Rachmat Hutama mengungkapkan bahwa kegiatan Dapur Umum ini merupakan program pemerintah DKI Jakarta Barat untuk membantu kepada masyarakat yang terkena imbas dari wabah Virus Covid-19 serta memastikan agar masyarakat tidak kesulitan mendapatkan kebutuhan pangan.

"Adapun bantuan yang diberikan berupa bahan sembako seperti beras, mie instan, terigu, minyak goring, dan sebagainya. Selain itu, pembagian paket sembako juga dilaksanakan di berbagai wilayah yang sampai saat ini sebanyak 400 paket dan akan terus ditambah termasuk bantuan dalam bentuk APD. Diharapkan bantuan yang diberikan dapat membantu masyarakat mendapatkan kebutuhan pangan sehari-hari selama masa sulit akibat Covid-19," kata Rachmat, (11/05/2020).

Sebelumnya PGN juga telah memberikan bantuan berupa sarana cuci tangan untuk masyarakat Krukut demi memudahkan masyarakat Krukut mendapatkan kemudahan akses menjaga kebersihan dan kesehatan.

Selain itu, pekerja dengan penghasilan harian adalah salah satu kelompok masyarakat yang cukup terdampak, salah satunya para pengemudi Bajaj dan pengemudi angkutan umum di wilayah Jabodetabek.

Sebagai salah satu bukti kepedulian PGN terhadap komunitas-komunitas pengguna BBG yang terkena dampak pandemi Covid-19, melalui anak perusahaan PT Gagas Energi Indonesia (Gagas), PGN Grup membagikan paket sembako untuk dua komunitas BBG yaitu KOBAGAS dengan anggota pengemudi bajaj & PAKEGAS dengan anggota pengemudi angkot di Bogor beberapa waktu lalu.

"Sebanyak 300 paket sembako berisikan kebutuhan sehari-hari seperti beras, minyak goreng, gula dan mie instan diberikan di beberapa titik. Diantaranya di SPBG Ketapang dan SPBG Bogor untuk mengurangi kontak fisik dan mencegah timbulnya keramaian," ungkap Rachmat.

Rachmat mengatakan bahwa berdasarkan informasi dari Koordinator Komunitas Bajaj Gas (KOBAGAS), penghasilan normal para sopir bajaj sebelum pandemi berkisar antara Rp 180.000, hingga Rp 200.000 per hari. Kini penghasilan mereka turun hingga 80%, karena tidak adanya penumpang yang menggunakan jasa mereka. "Sekarang sulit untuk mencari penumpang, hanya satu atau dua orang per hari. Bahkan kadang juga tidak ada sama sekali," tambahnya

Pada kesempatan yang sama, Gagas juga membagikan 100 uang elektronik kepada kendaraan yang mengisi BBG di SPBG untuk mempermudah transaksi secara non tunai dan meminimalisir perpindahan uang tunai untuk mencegah bakter & virus. Pembagian ini secara langsung diberikan oleh Direktur Keuangan Gagas, Eri Surya Kelana.

Rachmat menegaskan bahwa PGN siap untuk terjun meringankan beban masyarakat selama masa darurat Covid-19, baik melalui bantuan sembako maupun alat kesehatan, serta berkontribusi dalam program-program social pemerintah untuk penanganan Covid-19.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

THR PNS Cair Paling Lambat 15 Mei, Siapa Berhak Dapat?

Posted: 10 May 2020 09:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani membeberkan Tunjangan Hari Raya (THR) untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS akan cair pada Jumat, 15 Mei 2020. Nilai THR yang dikucurkan mencapai Rp 29,328 triliun. 

"PP-nya sudah dikeluarkan oleh Bapak Presiden, atau sudah ditandatangani, dan PMK juga sudah keluar. Kami sekarang sedang melakukan persiapan dengan seluruh satker untuk eksekusi pembayaran THR ini. Kita harapkan akan bisa dilakaukan serentak paling lambat adalah pada hari Jumat ini, yaitu pada tanggal 15 (April)," ujarnya dalam video conference, Senin (11/5/2020).

Sri Mulyani juga mengungkapkan pihak yang berhak mendapatkan THR. Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi memutuskan hanya mencairkan Tunjangan Hari Raya (THR) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI-Polri yang masuk golongan eselon III ke bawah.

"THR hanya untuk diberikan seluruh pelaksana dan seluruh TNI Polri hakim agung, hakim, setara di bawah eselon II. Artinya pejabat eselon I dan II atau fungsional setara dengan eselon I dan II serta pejabat negara tidak mendapatkan THR," jelas Sri Mulyani.

 

 

Anggaran

Ilustrasi THR PNS. (via: istimewa)
Ilustrasi THR PNS. (via: istimewa)

Dia menuturkan dana yang disiapkan pemerintah untuk memberikan THR ke PNS. "Jadi total dari THR yang akan dicairkan yaitu pada hari jumat ini adalah sekitar Rp 29,328 triliun," ungkap dia.

Adapun jumlah rincian kucuran THR, untuk ASN pusat TNI Polri sebesar Rp 6,775 triliun, untuk pensiunan sebesar Rp 8,708 triliun, dan untuk ASN daerah diperkirakan adalah Rp 13,898 triliun.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kapal Tanker di Pelabuhan Belawan Terbakar, Petugas Berupaya Menjinakkan Api

Posted: 10 May 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Medan Satu unit kapal tanker berukuran besar yang tengah bersadndar di Pelabuhan Belawan, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) terbakar. Kebakaran menghebohkan warga dan para pekerja pelabuhan.

Kepulan asap tebal berwarna hitam pekat menyelimuti lokasi kebakaran. Warga sekitar yang berada di lokasi kebakaran tidak berani mendekat, karena kobaran api terus membesar dan membakar beberapa bagian kapal.

Seorang warga sekitar bernama Azmi mengatakan, mengetahui ada kebakaran salah satu kapal yang sedang bersandar di Pelabuhan Belawan sekitar pukul 08.45 WIB. Saat itu dirinya melihat api telah marak disertai awan hitam tebal.

"Kalau enggak salah iya, jam segitu. Enggak berani kami dekat, apinya besar kali," kata Azmi, yang sehari-harinya berjualan ikan di Gabion Belawan, Senin (11/5/2020).

Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) telah menurunkan belasan unit mobil pemadam kebakaran yang saat ini telah berada di lokasi. Selain kendaraan Damkar dari darat, juga tampak kapal Damkar yang berupaya memadamkan api.

Hingga berita ini diturunkan, petugas Damkar terus berupaya memadamkan api yang tengah membakar kapal berukuran besar tersebut. Informasi yang diperoleh, kapal yang terbakar merupakan kapal milik PT. Waruna Nusa Sentana Shipyard.

 

Proses Evakuasi

Proses pemadaman api sedang berlangsung yang dilakukan oleh unsur-unsur maritim seperti Otoritas Pelabuhan Utama Belawan, Syahbandar Utama Belawan, PT. Pelindo I Belawan, Dinas Pemadam Kebakaran Belawan yang mengerahkan 6 unit mobil pemadam, dan Polairud Belawan.
Proses pemadaman api sedang berlangsung yang dilakukan oleh unsur-unsur maritim seperti Otoritas Pelabuhan Utama Belawan, Syahbandar Utama Belawan, PT. Pelindo I Belawan, Dinas Pemadam Kebakaran Belawan yang mengerahkan 6 unit mobil pemadam, dan Polairud Belawan.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mengonfirmasikan, kebakaran terjadi di galangan kapal milik PT. Waruna Nusa Sentana Shipyard Belawan, Medan, Sumut.

"Benar telah terjadi kebakaran kapal MT. JAG LEELA yang sedang melakukan perawatan atau docking di galangan kapal milik PT. Waruna Nusa Sentana Shipyard Belawan, Medan, yang berlokasi dan berjarak kurang lebih 1-2 kilometer dari kantor Distrik Navigasi Kelas I Belawan," jelas Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), Ahmad.

Menurutnya, proses pemadaman api sedang berlangsung yang dilakukan oleh unsur-unsur maritim seperti Otoritas Pelabuhan Utama Belawan, Syahbandar Utama Belawan, PT. Pelindo I Belawan, Dinas Pemadam Kebakaran Belawan yang mengerahkan 6 unit mobil pemadam, dan Polairud Belawan.

Sementara dari sisi Laut kapal patroli KPLP KN. 5205 sudah berada di sekitar kejadian untuk mengamankan sisi laut dengan jarak sekitar 200 m dari lokasi. Ada 3 kapal terlibat dalam kegiatan pemadaman dari sisi laut. Kapal-kapal tersebut adalah milik Pelindo I dan PT. Waruna.

"Tim SAR masih melakukan pengecekan apakah ada jatuh korban dengan terjadinya musibah kebakaran tersebut. Segera kami update informasinya," tutup Ahmad.

Saksikan juga video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Quraish Shihab: Jangan Pernah Berharap Banyak, tapi Siapkan Ruang di Hati untuk Kecewa

Posted: 10 May 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Quraish Shihab menjelaskan bahwa akal tidak diukur dari usia seseorang. Contohnya, mereka yang muda, namun sudah dikagumi oleh banyak orang.

Maka dari itu, lanjut Quraish Shihab, persembahkanlah kepada orang lain, lebih baik dari pada kebaikan yang dinantikannya, karena kehidupan adalah persembahan.

"Jangan pernah mengharapkan banyak dari orang lain, tapi siapkan ruang di hati kita untuk kecewa," ucap cendikiawan muslim ini. 

Terimalah segalanya sambil bersyukur kepada Allah, karena masih banyak anugerah-Nya yang sering manusia lupakan.

"Kita tidak mampu mengubah sifat orang lain. Tapi kita mampu dengan tekad yang kuat dan lewat pertolongan Allah, mengubah reaksi kita setiap harinya agar dapat dilalui dengan tenang dan damai," ucap Quraish Shihab di akhir renungannya.

 

 

-----------

Kabar Ramadan: Mau Buka Puasa Ditemani Artis?

Gabung KapanLagi Buka Bareng, event buka puasa online bersama Jirayut dan Rara LIDA 9 Mei ini. Bakal ada Chef Norman, Danilla, dan Adhitia Sofyan juga. Caranya? Daftar dulu di sini, dan isi data diri kamu. Semuanya GRATIS. Baca panduan lengkap di sini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Berlakukan Protokol Kesehatan Ketat pada 34 Ribu Pekerja Migran yang Pulang

Posted: 10 May 2020 09:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta jajarannya untuk memberlakukan protokol kesehatan yang ketat kepada para pekerja migran Indonesia yang pulang ke tanah air saat masa pandemi virus corona (Covid-19). Pasalnya, pekerja migran yang kembali ke Indonesia jumlahnya cukup banyak.

"Sekali lagi ingin saya tegaskan agar diberlakukan protokol kesehatan yang ketat dengan memobilisasi sumber daya yang kita miliki," ujar Jokowi saat memimpin rapat terbatas melalui video conference, Senin (11/5/2020).

Menurut dia, setiba di daerah masing-masing, para pekerja migran harus menjalani karantina. Hal itu untuk mencegah munculnya klaster penularan Covid-19 baru.

"Dipastikan kepastian tempat karantina, rumah sakit rujukan bagi para pekerja migran kita tersebut," ucap dia.

Jokowi menyebut setidaknya ada 34 ribu pekerja migran Indonesia dari luar negeri yang pulang ke tanah air. Sehingga, kepulangan mereka harus ditangani dengan tepat untuk mencegah terjadinya penyebaran virus corona.

"Ini agar betul-betul diantisipasi, disiapkan, ditangani proses kedatangan mereka di pintu-pintu masuk yang telah kita ditetapkan dan diikuti pergerakan sampai ke daerah," jelas Jokowi.

34 Ribu Pekerja Migran

Dari 34 ribu pekerja migran yang pulang, Jokowi menuturkan sebanyak 8.900 berasal dari Jawa Timur, 7.400 orang dari Jawa Tengah, 5.800 dari Jawa Barat, dan 4.200 orang dari NTB. Kemudian, 2.800 berasal dari Sumatera Utara, 1.800 dari Lampung, serta 500 orang lainnya dari Bali.

Pemerintah sendiri telah menyiapkan dua jalur pintu masuk untuk kepulangan pekerja migran Indonesia. Bagi pekerja migran yang pulang melalui jalur udara disiapkan pintu masuk di Bandara Soekarno Hatta Tangerang dan Bandra Ngurah Rai Bali.

"Untuk ABK kapal pesiar di Benoa Bali dan Tanjung Priok dan pekerja migran Malaysia lewat Batam dan Tanjung Balai," tutur Jokowi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesona Penampilan 300 Selebritis di Konser Amal Satu Indonesia yang Digelar Emtek Group

Posted: 10 May 2020 09:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Konser Amal Satu Indonesia yang disiarkan langsung SCTV, Indosiar, O Channel serta Vidio sukses digelar Minggu (10/5/2020) malam. Panggung musik berdurasi 4 jam itu berhasil mengumpulkan donasi dari pemirsa sebesar Rp 2,8 miliar lebih. Itu belum termasuk dukungan pihak sponsor senilai Rp 6,3 miliar dan diserahkan langsung sebagai sumbangan Emtek Group, induk perusahaan stasiun televisi itu. 

Memang Emtek berkomitmen menyerahkan semua donasi itu melalui Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih untuk bantuan pandemi Covid-19. Bantuan donasi yang terkumpul langsung diserahkan Sutanto Hartono Managing Director Emtek kepada Ketua Umum Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih, Imam Sudjarwo di atas panggung studio Emtek City, Minggu malam.

Acara Konser Amal Satu Indonesia dikemas begitu menarik. Tak kurang 300 selebritis terlibat. Mereka adalah penyanyi, vokalis band, pesinetron, artis film, komika, presenter dan bahkan atlet sepak bola. Sebagian bernyanyi dan ada juga yang menampilkan kebisaannya seperti stand up comedy dari para komika terkenal. 

Dan khusus Agnez Mo serta Rossa tampil live beryanyi di studio, Minggu malam kemarin. Bahkan dua diva ini pun ikut berbincang-bincang dengan tenaga medis lewat video call bersama 3 host yaitu Irfan Hakim, Sheila Purnama dan Senandung Nacita. Siapa saja artis lainnya di Konser Amal Satu Indonesia 

Agnez Mo dan Rossa

Konser Amal Satu Indonesia digelar Emtek Minggu (10/5/2020) malam sebagai wujud kepedulian terhadap bencana Covid-19
Konser Amal Satu Indonesia digelar Emtek Minggu (10/5/2020) malam sebagai wujud kepedulian terhadap bencana Covid-19

Agnez Mo tampil di konser Minggu malam itu dengan membawakan sejumlah tembang. Selain single hits-nya "Matahariku", penyanyi yang sukses go international itu membawakan tembang "We Are The World". Inilah hits USA for Africa, yang digerakkan Lionel Richie dan Michael Jackson, di tahun 1985.

Keharuan terasa tatkala Rossa bawakan tembang "Tegar" di panggung studio Emtek City, Jakarta Barat. Pasalnya, latar diva Sumedang ini saat bernyanyi adalah potongan video para tenaga medis yang menjadi garda terdepan sekaligus benteng terakhir melawan pandemi Covid-19. Seolah mewakli.

Tim produksi SCTV dan Indosiar juga sukses mengaduk-aduk emosi pemirsa lewat segmen wawancara dengan pahlawan tersebut. 

Raja Dangdut dan Living Legend

Konser Amal Satu Indonesia digelar Emtek Minggu (10/5/2020) malam sebagai wujud kepedulian terhadap bencana Covid-19
Konser Amal Satu Indonesia digelar Emtek Minggu (10/5/2020) malam sebagai wujud kepedulian terhadap bencana Covid-19

Setiap segmen terasa menarik dan mengharukan. Bukan hanya ensemble penyanyi membawakan lagu-lagu secara keroyokan, seperti Ariel NOAH dan kawan-kawan dalam lagu "Negeriku".  Tapi juga makna di balik sajian panggung musik. Rhoma Irama si Raja Dangdut berkolaborasi dengan para juniornya, bintang dari ajang kompetisi dangdut di Indosiar. Bang Haji Rhoma bawakan lagu bertajuk "Virus Corona" yang diciptakan khusus di tengah pandemi.

Dan, Iwan Fals, dari kediamannya juga membawakan tembang ciptaan sendiri yang bertutur tentang ajakan untuk kuat menghadapi musibah wabah Covid-19. Yang menarik di setiap penampilan para penyanyi, tim produksi kerapkali memberikan latar gambar dukungan pesinetron, seperti Amar Zoni dan kawan-kawan. 

Bintang sinetron SCTV di bawah bendera Sinemart Production ini melakukan aksi pajang kertas tulisan berisi kata-kata dukungan untuk tenaga medis dan rakyat Indonesia agar tabah dan semangat menghadapi musibah.

Komika, Presenter, Olahragawan dan Orchestra

Konser Amal Satu Indonesia
Konser Amal Satu Indonesia

Ratusan artis atau selebritis yang terlibat berkomitmen dalam acara ini, tidak menerima bayaran. Dan, mereka juga berasal dari profesi di luar bidang musik dan akting. Ada presenter olah raga terutama sepakbola seperti Valentino Jebrettt yang ikut tampil. Memenuhi protokol kesehatan physical distancing, ratusan selebritis itu tak hadir di studio. 

Presenter Jebrettt bersama kawan-kawan bawakan tembang "Garuda Di Dadaku". Latar lagu yang mereka bawakan di rumah masing-masing adalah rekaman gaya sejumlah atlet sepakbola Indonesia yang melakukan aksi freestyle, di rumah masing-masing. 

Rekaman yang sama juga ditampilkan Yovie Widianto bersama artis-artis asuhannya, seperti Kahitna, Yovie and Nuno, Arsy Widianto serta Brisia Jodie. Mereka membawakan single hits ciptaan Yovie. 

Sementara sejumlah komika terkenal seperti Abdel Achrian, Jarwo Kwat, Babe Cabita, dan lain-lain ikut menampilkan aksi stand up comedy beberapa menit. Temanya: 'Larangan Mudik" di tengah pandemi Covid-19.

Joe Taslim dan Raline Shah

Preskon Film Hit & Run (Adrian Putra/Fimela.com)
Preskon Film Hit & Run (Adrian Putra/Fimela.com)

Dua artis film kebangaan Indonesia juga terlibat. Mereka adalah Joe Taslim dan Raline Shah yang khusus bacakan syair untuk menguatkan masyarakat Indonesia di tengah wabah. 

Para penyanyi senior yang tergabung dalam Golden Voices juga tampil. Mereka adalah sejumlah biduan yang tampil di acara Golden Memories Indosiar. Di antaranya Hetty Koes Endang, Iis Sugianto, Titi DJ, Ikang Fawzi, Tito Sumarsono dan masih banyak lagi. 

Bersama Doel Sumbang mereka berpadu vokal bawakan lagu "Arti Kehidupan" Inilah tembang pop yang kondang di era tahun 1980-an dan diciptakan Doel Sumbang.

Rossa sempat juga membawakan tembang nasional "Tanah Air" ciptaan Ibu Sud. Menariknya, Rossa beryanyi live di studio, sementara Addie MS dan Twilite Orchestra mengiringi dari rumah masing-masing.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Viral, Ratusan Warga Berkumpul Saat Penutupan McD Sarinah

Posted: 10 May 2020 09:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Viral ratusan warga mendatangi gerai McDonalds di Sarinah, Thamrin, Jakarta untuk menyaksikan penutupan gerainya pada Minggu (10/5/2020). Ini disebabkan adanya rencana renovasi gedung Sarinah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Mualaf, Ini 6 Potret Cantik Selebgram Cindy Caroline saat Pakai Hijab

Posted: 10 May 2020 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Selebgram cantik Cindy Caroline kini tampil berbeda. Nama dara cantik ini mulai dikenal publik setelah muncul di video Awkarin bersama Melly Bradley. Ia juga sempat disebut-sebut mirip dengan aolois, Marion Jola. Setelah masuk dalam agensi A Team Management, Cindy Caroline semakin populer dikalangan masyarakat. Sama seperti rekannya Awkarin, Cindy pun juga memiliki banyak pengikut di Instagramnya.

Baru-baru ini Cindy menjadi perbincangan banyak orang. Selebgram yang punya 371 ribu followers ini tampil dnegan balutan hijab. Sontak banyak yang menduga jika teman Awkarin ini telah memeluk agama Islam alias mualaf. Tak hanya unggah potret berhijab, beberapa kali Cindy juga mengunggah quotes dari Al Quran ke Instagram Story-nya. 

"Alhamdulillah" tulis Cindy di potret pertama dirinya mengunggah foto berhijab, pada Jumat (8/5/2020) lalu. 

Banyak netizen pun yang memberikan dukungan kepada remaja cantik ini. Tak hanya dukungan dari netizen, beberapa sahabatnya pun menuliskan komentar doa kepada Cindy Caroline. 

Tampil makin cantik, berikut ini Liputan6.com rangkum 6 potret Cindy Caroline selebgram yang kini tampil dengan berhijab dari Instagram pribadinya @c.eendy, Senin (11/5/2020). 

1. Unggahan pertama Cindy dengan balutan hijab coklat ini sukses membuat netizen pangling.

Pesona selebgram Cindy Caroline saat pakai hijab, kian memesona. (Sumber: Instagram/@c.eendy)
Pesona selebgram Cindy Caroline saat pakai hijab, kian memesona. (Sumber: Instagram/@c.eendy)

2. Dirinya makin cantik dan manis berpose selfie dengan hijab coklat tersebut.

Pesona selebgram Cindy Caroline saat pakai hijab, kian memesona. (Sumber: Instagram/@c.eendy)
Pesona selebgram Cindy Caroline saat pakai hijab, kian memesona. (Sumber: Instagram/@c.eendy)

3. Beberapa kali Cindy juga mengunggah potret dirinya yang makin cantik dengan berhijab di Instagram Storiesnya.

Pesona selebgram Cindy Caroline saat pakai hijab, kian memesona. (Sumber: Instagram/@c.eendy)
Pesona selebgram Cindy Caroline saat pakai hijab, kian memesona. (Sumber: Instagram/@c.eendy)

4. Meski hanya menggunakan hijab yang simpel berwarna gelap, Cindy tetap tampil memesona dan cantik.

Pesona selebgram Cindy Caroline saat pakai hijab, kian memesona. (Sumber: Instagram/@c.eendy)
Pesona selebgram Cindy Caroline saat pakai hijab, kian memesona. (Sumber: Instagram/@c.eendy)

5. Kabarnya Cindy Caroline memeluk agama Islam tepat pada bulan Ramadhan ini.

Pesona selebgram Cindy Caroline saat pakai hijab, kian memesona. (Sumber: Instagram/@c.eendy)
Pesona selebgram Cindy Caroline saat pakai hijab, kian memesona. (Sumber: Instagram/@c.eendy)

6. Tahu jadi perbincangan di dunia maya, Cindy meminta doa dan mengucapkan terimakasih atas dukungan kepada followers-nya.

Pesona selebgram Cindy Caroline saat pakai hijab, kian memesona. (Sumber: Instagram/@c.eendy)
Pesona selebgram Cindy Caroline saat pakai hijab, kian memesona. (Sumber: Instagram/@c.eendy)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sepekan Sudah Berjalan, Pemkot Tarakan Evaluasi PSBB

Posted: 10 May 2020 09:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah kota Tarakan melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Selain jam buka warung dan toko, pemerintah juga concern terhadap aktivitas masuknya penumpang di Pelabuhan Tengkayu I dan Bandara Juwata Tarakan.

Pemberlakuan PSBB dilaksanakan sejak 26 April hingga 30 Mei mendatang. Dalam pelaksanaannya, Pemerintah Kota melakukan evaluasi setiap dua minggu, agar pemberlakuan PSBB maksimal dalam menekan angka penyebaran covid-19.

Terkait pembatasan aktivitas masyarakat seperti jam buka tutup warung dan toko mendapat pengawasan ketat dari aparat gabungan. Patroli dilakukan untuk melakukan penindakan baik berupa teguran lisan maupun tindakan tegas terhadap warung dan toko yang melanggar jam buka diluar ketentuan PSBB.

"Masih adalah toko yang buka (diluar jam ketentuan PSBB) walaupun tidak banyak. Kedua memang agak trend ini yang mengkarantina orang dari luar, menurut saya sih motorisnya juga harus kena sanksi bukan hanya penumpang yang kita karantina, motorisnya ini kan sudah tahu tidak boleh berangkat," ujar Wali Kota Tarakan, Khairul.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wali Kota Tarakan Salurkan Bantuan Kemensos untuk 172 Lansia

Posted: 10 May 2020 09:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Berbagai upaya terus dilakukan Pemerintah, untuk membantu masyarakat yang terkena dampak Covid-19. Salah satunya yang dilakukan oleh Wali Kota Tarakan, Dr. H. Khairul, M.Kes menyalurkan bantuan secara simbolis kepada lanjut usia (lansia) yang tersebar dibeberapa wilayah.

Bantuan tersebut, berupa uang senilai Rp 2,7 juta per orang. Yang merupakan program dari Kementerian Sosial dalam rangka penanggulangan dampak Covid-19.

"Kita hanya berikan secara simbolis saja, nanti selanjutnya akan diurus oleh Dinas Sosial, semoga bantuan dari pemerintah pusat Kemensos, sedikit bisa membantu masayarakat khususnya mereka lansia dalam menghadapi virus Corona," ujarnya

Saat memberikan bantuan tersebut, kepada para lansia. Khairul, secara langsung mendatangi rumah mereka, hingga ke tempat jualan para lansia.

Ada 172 lansia yang memenuhi kriteria, akan menerima bantuan. Disalurkan melalui lembaga sosial panti lansia yang melakukan pembinaan dan pendampingan.

Adapun kriteria yang berhak menerima bantuan, kata Khairul, dengan kondisi hidup yang berbeda-beda. Merupakan lansia yang hidupnya sebatang kara, kondisinya sakit-sakitan, dan yang memang menjadi kelompok rentan. Sehingga harus mendapatkan perhatian dari pemerintah.

Pendataan dilakukan oleh Dinas Sosial, dan telah tersalurkan di beberapa kelurahan. Diantaranya, Pamusian, Karang Anyar, Gunung Lingkas, dan Karang Balik.

"Sebelumnya memang, sudah beberapa yang dibina di panti lansia. Pendataan dananya nanti disalurkan melalui lembaga sosial yang mengurus mereka. Lalu diserahkan nanti ke Dinas Sosial," ungkapnya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hijaber Wajib Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Naik Motor

Posted: 10 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kesalahan sepele bisa menyebabkan hijaber mengalami kecelakaan di jalan raya. Salah satunya adalah kecerobohan memilih pakaian sebelum naik sepeda motor.

Dikutip dari Wahana Honda, kesalahan pertama adalah rok yang terlalu lebar dan melambai. Rok ini bisa masuk ke sela rantai dan jeruji motor. Pengendara pun bisa langsung tertarik ke aspal.

Pastikan saat berkendara, kamu memilih pakaian yang tepat dan sederhana. Kalau terpaksa harus menggunakan rok, usahakan agar bagian bawah rok tidak berkibar ke sana ke mari.

Kedua, pakai high heels. Tampil cantik kapan pun dan di mana pun sudah jadi kodrat wanita. Tapi, ada hal yang perlu diingat. Keamanan adalah nomor satu.

Sepatu hak tinggi akan mengurangi kegesitan dalam berkendara, plus membuat kaki tidak bisa menginjak rem dengan baik.

Lebih oke kalau kamu simpan dulu sepatu hak tinggi di dalam tas dan berkendara menggunakan flat shoes atau sneaker. Nyaman dan sudah pasti lebih aman!

 

 

Helm

Ketiga, jangan memasang helm di ujung kepala. Banyak wanita yang khawatir jilbab atau rambutnya rusak sehingga memasang helm di ujung kepala.

Dalam kondisi seperti ini, sudah tentu helm terasa lebih berat. Kamu pun tidak akan leluasa menoleh ke kanan dan ke kiri karena berusaha menjaga keseimbangan helm agar tidak jatuh.

Saat terjadi kecelakaan, sudah pasti helm akan terlepas lebih dulu dan tidak bisa melindungi kepala.

 

Aksesori

Keempat, menggunakan aksesori berlebihan. Apa hubungannya aksesori dengan keamanan berkendara? Tentu ada!

Menggunakan aksesori berlebihan bisa menarik niat buruk pelaku kejahatan. Tak sedikit pengendara motor yang dibacok perampok gara-gara mereka tergiur dengan gelang atau kalung emas.

Sumber: Dream.co.id

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Awal Pekan, Rupiah Menguat ke 14.912 per Dolar AS

Posted: 10 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) menguat pada perdagangan awal pekan ini.

Mengutip Bloomberg, Senin (11/5/2020), rupiah dibuka di angka 14.935 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.920 per dolar AS. Menjelang siang, rupiah terus bergerak menguat ke 14.912 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.912 per dolar AS hingga 14.935 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah melemah 7,55 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.936 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan patokan di akhir April yang ada di angka 15.009 per dolar AS.

Kepala Riset dan Edukasi Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan, sentimen positif kelihatannya masih akan membayangi pergerakan aset berisiko hari ini.

"Pasar menyambut positif pembukaan kembali aktivitas perekonomian di beberapa negara pandemi seiring dengan melandainya kasus positif COVID-19," ujar Ariston dikutip dari Antara, Senin (11/5/2020).

Dengan aktifnya kembali perekonomian, lanjut Ariston, diharapkan kondisi ekonomi bisa segera membaik.

Prediksi Pergerakan Rupiah

Teller menunjukkan mata uang rupiah di Jakarta, Selasa (15/10/219). Rupiah di pasar spot ditutup di level Rp 14.166 per dolar AS. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Teller menunjukkan mata uang rupiah di Jakarta, Selasa (15/10/219). Rupiah di pasar spot ditutup di level Rp 14.166 per dolar AS. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Namun demikian, pasar masih mewaspadai perkembangan pandemi dan dampak buruknya terhadap kondisi ekonomi yang bisa kembali menekan harga aset berisiko.

"Rupiah berpotensi menguat hari ini dengan sentimen positif tersebut," kata Ariston.

Ariston memperkirakan rupiah hari ini akan bergerak di kisaran Rp14.800 per dolar AS sampai Rp15.150 per dolar AS.

Pada Jumat (6/8) lalu, rupiah ditutup menguat 75 poin atau 0,5 persen menjadi Rp14.925 per dolar AS dari sebelumnya Rp14.995 per dolar AS.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenal Faktor Risiko Stroke

Posted: 10 May 2020 09:00 PM PDT

 

Liputan6.com, Bandung - Stroke adalah gangguan saraf yang terjadi secara tiba-tiba dan berlangsung lebih dari 24 jam. Kondisi yang menyerang pembuluh darah otak ini juga bisa berakibat fatal, menyebabkan kematian dalam waktu kurang dari 24 jam.

Menurut dokter bagian ilmu penyakit saraf Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung Ahmad Rizal, terdapat dua macam faktor risiko stroke. Diantaranya yaitu bisa dimodifikasi dan yang tidak bisa dimodifikasi.

"Fakor risiko yang tidak dapat dimodifikasi adalah faktor usia, jenis kelamin, keturunan dan ras atau etnik. Sedangkan faktor resiko yang dapat dimodifikasi adalah hipertensi sebagai faktor risiko yang paling penting, penyakit jantung, diabetes mellitus, hiperkolesterol, kegemukan, merokok serta narkoba dan alkohol," kata Rizal dalam keterangan resminya, ditulis Sabtu, 9 Mei 2020.

Faktor risiko yang dapat dimodifikasi ini jelas Rizal, merupakan lahan pencegahan yang bisa menjadi garapan bersama bagi masyarakat umum, praktisi kesehatan dan pemerintah. Pencegahan yang paling penting adalah mengendalikan faktor risiko.

Apabila terdapat anggota masyarakat yang sudah diketahui menderita hipertensi, Rizal menekankan harus terus didorong untuk menjalani hidup yang lebih sehat. Pola makan yang sehat, berhenti merokok, berhenti minum alkohol, olahraga teratur dapat dijadikan perhatian bersama baik di keluarga maupun di masyarakat umum.

"Pencegahan tahap kedua adalah dengan memberikan obat-obatan sesuai dengan penyakit yang ditemukan. Meminum obat hipertensi secara teratur dapat menurunkan risiko kejadian stroke di masa yang akan datang," ucap Rizal.

 

Rehabilitasi

Namun apabila stroke sudah terjadi, maka langkah melakukan rehabilitasi adalah tindakan yang dilakukan setelah seseorang menderita suatu penyakit. Rehabilitasi penderita stroke sebaiknya dilakukan sedini mungkin, dan melibatkan penderita sendiri, keluarga dan masyarakat atau lingkungan.

Rehabilitasi yang dimaksud yaitu dalam melakukan aktivitas harian, minimal ketika melakukan kebersihan pribadi seperti mandi, buang air besar dan buang air kecil serta makan-minum. Selain itu terdapat pula rehabilitasi psikologis untuk menghindari atau mengurangi depresi, rendah diri, perasaan bergantung pada orang lain.

"Rehabilitasi sosial berkaitan dengan pekerjaannya dan hubungan pasien dengan masyarakat. Tujuan tindakan rehabilitasi ini adalah kemandirian," ungkap Rizal.

Seluruh rehabilitasi itu, harus ditunjang dengan rehabilitasi keluarga yang meliputi kegiatan yang mendukung pasien dalam melaksanakan aktivitas harian. Anggota keluarga juga harus mengamati kepatuhan berobat pasien.

Seluruh jadwal kegiatan keluarga, semaksimal mungkin harus menyesuaikan aktivitas dengan penderita stoke. Karena hidup bersama pasien stroke, otomatis harus melakukan rehabilitasi lingkungan juga.

"Rehabilitasi lingkungan ini meliputi penyesuaian tempat tinggal, sarana prasarana lingkungan, lapangan kerja dan penyuluhan ke kelompok pasien, keluarga, masyarakat stroke," jelas Rizal. (Arie Nugraha)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BMKG Juanda: Surabaya Berpeluang Cerah hingga Sore Hari

Posted: 10 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda memprediksi, Surabaya, Jawa Timur akan cerah pada awal pekan ini.

Mengutip laman BMKG Juanda, Senin (11/5/2020), sebagian besar wilayah di Surabaya akan cerah pada pukul 13.00 dan 16.00 WIB. Sedangkan malam hari pukul 19.00 WIB, Surabaya akan hujan lokal. Pada pukul 22.00 WIB, cuaca di Surabaya akan cerah berawan. Suhu di Surabaya akan berada di kisaran 26-34 derajat celsius dengan kecepatan angin 20 KM per jam. Kelembaban 75-90 persen.

Di Sidoarjo, cuaca akan cerah pada siang pukul 13.00 WIB. Sementara itu, pukul 16.00 dan 19.00 WIB, cuaca di Sidoarjo akan hujan lokal. Pada malam hari pukul 22.00 WIB, cuaca akan cerah. Suhu di Sidoarjo akan berada di kisaran 26-34 derajat celsius. Kecepatan angin akan mencapai 20 KM per jam. Kelembaban di Sidoarjo akan berada di kisaran 70-85 persen.

Cuaca di Lamongan akan cerah pada siang hari pukul 13.00 WIB. Pada pukul 16.00 dan 19.00 WIB, cuaca akan cerah berawan. Sedangkan malam hari akan cerah pada pukul 22.00 WIB. Suhu di Lamongan akan berada di kisaran 25-34 derajat celsius dengan kecepatan angin 20 KM per jam. Kelembaban 70-95 persen.

Di Gresik, cuaca akan cerah pada pukul 13.00 WIB. Sementara itu, pada pukul 16.00, 19.00 dan 22.00 WIB, cuaca akan cerah berawan. Suhu di Gresik akan berada di kisaran 27-34 derajat celsius dengan kecepatan angin 20 KM per jam. Kelembaban di Gresik akan berada di kisaran 75-90 persen.

Waspadai Hujan Intensitas Sedang hingga Lebat

Ilustrasi Hujan (iStockphoto)
Ilustrasi Hujan (iStockphoto)

BMKG Juanda juga merilis peringatan dini tiga harian untuk waspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang sesaat dan petir.

Pada siang hingga sore hari, waspadai hujan intensitas sedang hingga lebat di Kabupaten Mojokerto, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Bondowoso dan Situbondo.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hotman Paris Jual Apartemen Seharga Rp 30 Miliar, Ingin Tinggal di Bali dan Beternak

Posted: 10 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Hotman Paris, diketahui seorang pengacara yang berlimpah hartanya. Ia kerap memperlihatkan hartanya kepada publik.

Itu semua berkat jerih payah Hotman Paris selama puluhan tahun di bidang hukum.

Sepertinya Hotman Paris sudah cukup puas dengan semua yang dimilikinya. Ia pun berencana untuk ganti profesi.

 

Jual Apartemen

Hotman Paris. (Foto: Instagram @hotmanparisofficial)
Hotman Paris. (Foto: Instagram @hotmanparisofficial)

Hotman Paris pun menjual apartemen mewahnya di The Langham Residence, SCBD, Tangerang. Ia mengumumkannya di akun Instagram pribadinya, Sabtu (9/5/2020).

"Ada yang mau beli apartemen mewah milik Hotman di The Langham Residence scbd?? Harga Rp 30 miliar 1 unit!" tulis Hotman Paris dalam postingannya.

 

Bali

Pengacara yang dikenal punya gaya nyentrik ini mengaku ingin hidup tenang di Pulau Dewata. "Hotman mau hidup tenang di bali!" tegasnya.

 

Pelihara Bebek

Bagi Hotman Paris 36 tahun bekerja sebagai pengacara sudah cukup baginya. Ia mau ganti profesi setelah tinggal di Bali.

"Lelah berperang hukum di Jakarta 36 tahun( hotman mau bertani di sawah di Bali dan pelihara bebek)" katanya. (Kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klaster Ijtima Gowa Mendominasi Pasien Positif Covid-19 Baru di Sulut

Posted: 10 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Manado - Gugus Tugas Covid -19 Sulut, Minggu malam (10/5/2020), mengumumkan perkembangan jumlah pasien positif Covid-19. Dalam sehari, kasus positif Bertambah 18 orang dari sehari sebelumnya, sehingga total berjumlah 71 kasus.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sulut dr Steaven Dandel mengungkapkan, dari analisa yang dilakukan terhadap pasien terkonfirmasi positif itu, bisa dikelompokan menjadi beberapa klaster.

"Ada Klaster Gowa, Klaster Tenaga Kesehatan, juga Klaster Karombasan," ujarnya.

Diketahui, Klaster Gowa merupakan para pelaku perjalanan yang mengikuti acara keagamaan di Gowa, Sulawesi Selatan.

"Klaster Gowa ini menjadi penyumbang pasien terkonfirmasi positif paling banyak di Sulut sebanyak 15 orang," ungkap Dandel.

Dalam laporan terkini, Minggu (10/5/2020), dari 18 kasus baru pasien terkonfirmasi positif, ada tujuh yang masuk Klaster Gowa.

"Sehari sebelumnya kami sudah umumkan lima dari Klaster Gowa ini sembuh, berarti masih ada 10 yang dalam perawatan medis," tandasnya.

Dandel mengungkapan, awalnya Gugus Tugas sudah mendeteksi ada 95 orang pelaku perjalanan kegiatan keagamaan atau Ijtima Sedunia Zona Asia di Gowa.

"Sudah dilakukan rapid test, dan swab test. Juga untuk sekitar 100 lebih kontak erat risiko tinggi. Hasinya itu termasuk tujuh kasus baru ini," ujarnya.

Sedangkan untuk Klaster Tenaga Medis adalah sejumlah karyawan yang terpapar di salah satu fasilitas kesehatan di Manado.

"Beberapa di antara mereka sudah sembuh, ada yang masih dirawat," ujarnya.

Untuk Klaster Karombasan, ini nama sebuah Pasar Tradisional di Manado yang terletak di Kecamatan Wanea. Aktifitas pasar yang ramai menjadi salah satu pemicu penyebaran Covid-19.

"Pasien positif yang kami umumkan malam ini ada yang terkait Klaster Karombasan," ujarnya.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Simak juga video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Jumlah Kasus Positif Corona Seluruh Dunia Tembus 4 Juta

Posted: 10 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Di seluruh dunia tercatat sudah ada lebih dari 4 juta kasus positif virus corona. Hal ini diakibatkan terus adanya penambahan kasus baru di berbagai negara.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Deretan Chat Lucu Orang Saat Bangunin Pacar Sahur

Posted: 10 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bangun sahur bisa menjadi hal yang sulit dilakukan bagi sebagian orang. Hal ini membuat banyak orang yang berinisiatif membangunkan kerabat terdekatnya seperti pacar untuk bangun sahur.

Namun rupanya niat baik tersebut tak selalu mendapat respon yang baik pula. Tak sedikit dari mereka yang justru mendapat balasan zonk.

Artikel tentang deretan chat kocak orang bangunin pacarnya sahur menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang niat sholat tarawih di rumah.

Sementara itu artikel ketiga terpopuler tentang manfaat mengonsumsi pisang mentah bagi tubuh.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 5 Chat Orang Bangunin Pacar Sahur, Berujung Zonk tapi Lucu

foto: @dagelan
foto: @dagelan

Melakukan santap sahur menjadi hal yang penting dilakukan umat muslim saat hendak berpuasa. Makanan yang disantap saat sahur menjadi cadangan energi ketika berpuasa.

Namun, bangun sahur nampaknya menjadi tantangan tersendiri bagi banyak orang. Biasanya di beberapa wilaya ada tradisi membangunkan sahur yang dilakukan melalui pengumuman dengan pengeras suara di masjid.

Selengkapnya…

2. Niat Sholat Tarawih di Rumah, Lengkap dengan Bacaan Witir

ilustrasi muslim salat/freepik
ilustrasi muslim salat/freepik

Umat muslim di dunia kini tengah dalam suka cita Ramadan. Namun, Radaman kali ini berbeda dengan Ramadan sebelumnya, karena harus dijalani di tengah pandemi Corona atau Covid-19.

Kondisi tersebut membuat umat muslim tidak bisa menjalani ibadah sholat berjamaah di masjid, termasuk sholat tarawih. Pemerintah sebelumnya telah mengimbau masyarakat melakukan karantina mandiri di rumah guna memutus mata rantai penyebaran virus Corona Covid-19.

Selengkapnya…

3. Jarang Dikonsumsi, Ternyata Pisang Mentah Punya 6 Manfaat Bagi Tubuh

Ilustrasi Pisang Mentah (pixabay.com)
Ilustrasi Pisang Mentah (pixabay.com)

Pisang menjadi salah satu buah sehat dan bergizi yang dinikmati individu setiap saat sepanjang hari. Biasanya, pisang dimakan dalam bentuk matang, namun ada pula pisang mentah yang dimakan tapi setelah dimasak.

Pisang mentah (pisang raja) biasa dimakan dengan cara digoreng, direbus atau lainnya. Buah ini adalah sumber serat, vitamin, mineral dan pati resisten yang baik. 

Selengkapnya…

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Liga Inggris Ingin Bergulir Lagi, Pemain Brighton Malah Positif Corona Covid-19

Posted: 10 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, London - Satu pemain Brighton Albion dinyatakan positif virus corona covid-19, Minggu (10/5/2020). Kabar itu disampaikan oleh Direktur Eksekutif Brighton, Paul Barber.

"Sayangnya, kami punya pemain ketiga yang dites positif kemarin. Di samping segala tindakan yang kami telah lakukan, kami masih mendapatkan pemain dites positif virus itu," kata Barber seperti dilansir Sportskeeda.

Sebelumnya, dua pemain Brighton dinyatakan positif virus corona. Namun setelah mengkarantina diri selama 14 hari, kedua pemain yang tidak disebutkan namanya itu dinyatakan pulih.

Fasilitas latihan klub pun kembali dibuka dan pemain berlatih dengan peraturan kesehatan yang ketat. Sayangnya, hal itu ternyata belum cukup dan menyebabkan kasus ketiga ini muncul.

Barber mengatakan, munculnya kasus ketiga ini pastinya membuat semua klub resah. Apalagi, Liga Inggris memang sudah diwacanakan akan bergulir lagi meski pandemi virus corona belum sepenuhnya mereda.

"Ada kekhawatiran dan bagi saya itu normal. Kami ingin memastikan, kami melakukan protokol yang seharusnya untuk meminimalisasi risiko," kata Barber.

 

Perbedaan Pandangan

Brighton Albion. (AP Photo/Jon Super)
Brighton Albion. (AP Photo/Jon Super)

Di sisi lain, saat ini klub-klub Liga Inggris tengah berbeda pendapat mengenai rancangan kompetisi yang akan digelar lagi. Beberapa klub menentang rencana itu lantaran masih risau soal keselamatan para pemain.

Namun ada juga klub yang bersikukuh ingin Liga Inggris segera digelar. Barber sendiri mengaku memaklumi perdebatan itu.

"Ada banyak kepentingan antara klub yang di papan atas juga di papan bawah dan papan tengah. Setiap klub punya tujuan berbeda," katanya.

Liga Inggris saat ini telah memasuki pekan ke-29. Liverpool untuk sementara memimpin klasemen dengan 82 poin, unggul 25 poin dari pesaing terdekatnya, Manchester City.

 

Klasemen Liga Inggris

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tujuh Aplikasi Gim Gratis Bertema Ramadan untuk Temani Harimu

Posted: 10 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ramadan kali ini memang berbeda karena di rumah saja. Namun, kamu jangan bosan karena banyak hal menarik yang bisa dilakukan. Saat Ramadan sekarang ini, sejumlah pengembang gim memperbarui aplikasi mereka, atau bahkan merilis aplikasi baru untuk menghadirkan nuansa khas Ramadan.

Mulai dari berjualan takjil, seperti kolak dan cendol, hingga memungkinkan pemain membuat bunyi-bunyian dan membangunkan sahur, menjadi sejumlah pilihan ide yang dihadirkan para pengembang gim.

Terlebih, karena Ramadan kali ini berbeda dengan harus tetap di rumah saja guna memutus rantai penyebaran virus Corona.

Seperti dikutip dari Antara, tujuh gim berikut dapat digunakan untuk mengisi waktu luang tanpa kehilangan momen khas Ramadan, seperti ngabuburit dan sahur.

 

1. Kolak Express Ramadhan

Gim yang dikembangkan oleh Gambir Game Studio ini unik dan seru. Pemain memiliki misi untuk berjualan kolak, dan juga aneka makanan takjil lainnya, seperti kurma, tempe goreng, bakwan, klepon, onde-onde dan getuk.

Hasil jualan dapat ditabung untuk pergi naik haji, membangun musala, membangun masjid, sampai membangun pesantren. Tidak hanya itu, gim yang diunduh lebih dari 100 ribu kali dan mengantongi 4,3 bintang itu juga memiliki grafik yang baik.

"Kolak Express Ramadhan" juga hadir lengkap dengan audio, seperti komentar "Terimakasih lho mbak kolaknya," ataupun komentar seperti "kok lama sih," "jangan lama-lama lho mbak," saat Anda tidak gesit melayani pesanan pembeli.

2. Ramadhan Cooking Challenges

Pada aplikasi gim ini, Anda akan diberikan tantangan 30 hari untuk memasak aneka macam hidangan, mulai dari gorengan, jus buah, sup, burger, dan piza, yang masing-masing dilakukan secara berjenjang.

Jika menu makanan tidak membawa ciri khas Ramadan, pengembang gim kids GameOn memberi sentuhan islami pada pembeli dan chef yang mengenakan jilbab dan peci. Aplikasi ini telah diunduh lebih 50.000 unduhan dan mengantongi 4.0 bintang.

3. Toko Kue Ramadan

Aplikasi ini dapat diunduh dan dimainkan secara gratis. Semua fitur standar bisa dimainkan secara gratis. Namun, ada beberapa fitur yang hanya dapat dimainkan jika Anda membeli versi penuhnya.

Aplikasi yang telah diunduh lebih dari 50.000 kali itu juga menayangkan iklan, sehingga jika Anda tidak suka dengan iklan yang muncul, Anda bisa memberli versi penuhnya.

Sayangnya, tidak seperti judulnya, aplikasi ini hanya berjualan cake, bukan kue-kue kering khas Lebaran. Namun, Anda dapat menghias kue dengan 80 pilihan topping kue, serta tambahan lilin untuk mempercantik kue.

 

Aplikasi Lainnya

4. Tahu Bulat Spesial Ramadhan

Spesial Ramadan, gim ini tidak hanya berjualan tahu bulat, tetapi juga berjualan kolak dan cendol. Anda dapat berjualan cendol sambil ngabuburit, membuat resep kolak sendiri dan menentukan harganya untuk dijual.

Game yang diperbarui pada 25 April lalu itu juga mempunyai konten baru, yaitu membangunkan penduduk untuk sahur setiap subuh. Seperti pada game Tahu Bulat, Anda dapat menghasilkan pendapatan untuk meningkatkan bisnis dan berkompetisi.

Sejak dirilis pada 14 Mei 2016, gim Tahu Bulat milik pengembang Own Games itu telah diunduh lebih dari 10 juta kali dengan rating 4,1 bintang.

5. Princess Abeera Hijab Dress Up

Jika bosan dengan game masak-masakan, Anda bisa mengunduh game fesyen jilbab ini. Anda dapat menandani orang dengan pilihan jilbab keren, lengkap dengan pilihan gaun modern yang syar'i.

Aplikasi yang telah diunduh lebih dari 50.000 kali dan mendapat rating 3,8 ini juga dilengkapi fitur make up dan aksesoris, seperti kalung, gelang dan kacama, serta pilihan sepatu.

6. Gebyar Sahur

Game ini terbilang unik karena Anda dapat membuat suara untuk membangunkan orang sahur.

Terdapat sejumlah pilihan alat musik, mulai dari kentongan, ember, botol, sampai panci. Aplikasi yang dirilis pada Ramadhan tahu lalu itu mengantongi lebih dari 5.000 unduhan dan mendapat bintang 3.5.

7. Patrol Sahur

Game ini cukup menyenangkan, diadopsi dari game Tahu Bulat, game ini menggunakan teknik permainan "Tap to" pada layar. Peraturan game ini juga cukup seru Anda bertugas sebagai petugas ronda yang membangunkan warga saat jam sahur tiba.

Jam-jam tertentu Anda harus siap siaga untuk membangunkan warga demi mendapatkan pencapaian poin tertinggi. Ketika poin sudah terkumpul banyak, Anda dapat menggunakannya untuk upgrade alat-alat patroli guna membangunkan warga. Tapi, Anda juga harus berhati-hati karena terkadang ada maling yang mencoba masuk rumah warga.

Game ini telah diunduh lebih dari 10.000 kali dan mengantongi 3.9 bintang.

Seluruh aplikasi di atas dapat diunduh gratis di Google Play Store.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deretan Kejanggalan Proses Persidangan Kasus Penyerangan Novel Baswedan di Mata Pengacara

Posted: 10 May 2020 08:58 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta - Tim Advokasi Novel Baswedan menyatakan ada sembilan kejanggalan dalam proses persidangan kasus penyerangan air keras terhadap penyidik Novel Baswedan. Menurut mereka, proses persidangan belum bisa mencari fakta real dalam kasus yang terjadi tahun 2017 ini.

Dijelaskan oleh Kurnia Ramadhana, perwakilan Tim Advokasi, kejanggalan pertama bahwa dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) menunjukkan kasus ini hanya dinilai sebagai tindak pidana penganiayaan biasa, dan bukan berkait kerja pemberantasan korupsi yang diindkasi dengan teror sistematis juga pelemahan KPK melalui para penyidiknya.

"Dakwaan Jaksa sangat bertentangan dengan temuan Tim Pencari Fakta bentukan Polri dan Komnas HAM untuk kasus Novel Baswedan yang menemukan motif penyiraman air keras terhadap Novel yang berkaitan dengan kasus-kasus korupsi besar yang ditanganinya juga aktor intelektual," tulis Kurnia lewat siaran pers diterima, Senin (11/5/2020).

Kedua, lanjut Kurnia, JPU diduga tidak merepresentasi negara yang mewakili korban. Malahan, JPU dirasa membela kepentingan terdakwa dengan isi surat dakwaan yang berisi pasal penganiayaan biasa dan bukan perbuatan mengancam nyawa. Lebih dari itu, air keras yang diketahui sebagai alat serang terdakwa dinyatakan berasal air accu. Padahal diketahui cairan keduanya memiliki zat reaktif yang

"Tentu ini pernyataan sesat, sebab sudah terang benderang bahwa cairan tersebut adalah air keras yang telah menyebabkan Novel kehilangan penglihatan," tegas Kurnia.

Ketiga, Kurnia merasa, majelis hakim cenderung pasif dan tidak objektif dalam mencari kebenaran materiil. Sebab, selama jalannya persidangan hakim tidak menggali rangkaian peristiwa secara utuh, Hakim cenderung sebatas menggali fakta dengan pertanyaan-pertanyaan seputar kejadian oleh pelaku penyerangan dan dampak penyerangan.

"Hakim tidak menggali informasi lebih jauh terkait informasi saksi yang telah disebutkan terkait nama dan peristiwa yang berkaitan dengan penyerangan," tutur Kurnia.

Keempat, Kurnia juga mengkritisi, terdakwa penyerangan Novel Baswedan yang mendapat pendampingan hukum dari institusi Polri. Sebab, keduanya, Rahmat Kadir Mahulette dan Ronny Bugis, diketahui sebagai oknum polisi aktif.

"Para terdakwa justru dibela oleh institusi Polri, proses pendampingan itu pun harus dipertanyakan. Atas dasar apa insitusi Polri mendampingi mereka? Pembelaan oleh Institusi Kepolisian tentu akan mengambat proses hukum untuk membongkar kasus ini yang diketahui diduga melibatkan anggotanya dan juga petinggi kepolisian," pandang Kurnia.

 

Manipulasi Barang Bukti

Kelima, bahwa Tim Advokasi Novel Baswedan menilai adanya manipulasi barang bukti di persidangan. Seperti dari CCTV yang dihiraukan oleh penyidik sampai pada dugaan intimidasi terhadap saksi-saksi penting.

"Ada juga sidik jari yang tidak mampu diindentifikasi kepolisian pada gelas dan botol yang dijadikan alat untuk melakukan penyiraman terhadap Novel. Selain itu, dalam persidangan Kamis, 30 April 2020 yang lalu ditemukan keanehan dalam barang bukti baju yang dikenakan Novel pada saat kejadian terpotong bagian depannya diduga menghilangkan bekas siraman air keras di titik itu," beber Kurnia.

Keenam JPU dinilai mengaburkan fakta air keras yang digunakan untuk penyiraman. Ketujuh, kasus kriminalisasi Novel kembali diangkat diduga untuk mengaburkan fokus pengungkapan kasus penyerangan Novel Baswedan dan KPK. Kedelapan, adanya alat bukti saksi dalam berkas persidangan yang dihilangkan. Kendati baru diketahui dari JPU bahwa terdapat saksi kunci penyerangan Novel Baswedan yang telah memberikan keterangan kepada Kepolisian, Komnas HAM, TGPF bentukan Polri.

"Berkas BAP diduga dihilangkan dan tidak diikutkan dalam berkas pemeriksaan persidangan oleh Jaksa. Ini merupakan temuan dugaan pelanggaran serius, bentuk upaya sistematis untuk menghentikan upaya membongkar kasus penyerangan novel baswedan secara terang," tegas Kurnia.

Kesembilan, saat pemeriksaan saksi korban di Pengadilan Negeri Jakarta Utara pada 30 April 2020, ruang pengadilan penuhi dengan aparat kepolisian dan orang-orang yang diduga dikoordinasikan untuk menguasai ruang persidangan. Hal ini menjadi kejanggalan Tim Advokasi Novel Baswedan yang mengindikasikan apakah publik dan tim kuasa hukum tak diberi ruang untuk memantau jalannya persidangan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Satgas Corona Gedung Putih Isolasi Diri Akibat Terpapar Corona COVID-19

Posted: 10 May 2020 08:57 PM PDT

Liputan6.com, Washington, D.C. - Sejumlah pejabat yang bertugas di satgas Virus Corona Gedung Putih mengisolasi diri karena terpapar virus tersebut. Mereka tidak mengalami gejala, tetapi memilih isolasi untuk jaga-jaga.

Tiga orang itu adalah pemimpin institusi-institusi kesehatan di AS.

Salah satu yang mengisolasi diri adalah Dr Anthony Fauci (79) yang memimpin Institut Aleri dan Penyakit Menular. Fauci sudah dites negatif dan akan terus melakukan tes secara reguler.

Dr. Fauci selama ini menjadi sosok yang paling terlihat dalam melawan penyebaran Virus Corona. Ia sering tampil melakukan briefing bersama Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Tokoh kesehatan penting lainnya yang mengisolasi diri adalah Dr. Robert Redfield (68) yang merupakan direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC). Komisioner BPOM AS (FDA) Stephen Hahn (60) juga mengisolasi diri.

Dalam pernyataannya, CDC menyebut Dr. Redfield terpapar dengan risiko rendah dan FDA berkata Stephen Hahn sudah dites negatif.

Isolasi diri ini merupakan buntut dari kasus positif beberapa orang yang bekerja untuk Gedung Putih. Valet Presiden Donald Trump positif Virus Corona, dan sekretaris pers Wakil Presiden Mike Pence juga positif.

Wapres Pence awalnya tidak berencana melakukan isolasi, tapi kini menjalankannya. Namun sejumlah media menyebut ia membantah kabar tersebut.

Update 11 Mei: 4,1 Juta Orang di Dunia Positif Corona COVID-19

Presiden AS Donald Trump dan Direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular  Anthony Fauci selama pengarahan harian Gugus Tugas Koronavirus Gedung Putih di Ruang Sidang James Brady di Gedung Putih, 13 April 2020 di Washington, DC. (Alec Wong/AFP)
Presiden AS Donald Trump dan Direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular Anthony Fauci selama pengarahan harian Gugus Tugas Koronavirus Gedung Putih di Ruang Sidang James Brady di Gedung Putih, 13 April 2020 di Washington, DC. (Alec Wong/AFP)

Infeksi Virus Corona COVID-19 di seluruh dunia telah mencapai 4.101.482 kasus. 1.408.771 di antaranya telah dinyatakan sembuh berdasarkan Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE. 

Jumlah kesembuhan pasien Corona COVID-19 paling besar kini tercatat di Amerika Serikat, yang mencapai 216.169 dan Jerman dengan 144.400 orang pulih. 

Amerika Serikat tercatat sebagai negara yang memiliki kasus infeksi terbesar mencapai 1.329.225.

Saat ini, Spanyol, Inggris, Italia, dan Rusia tercatat sebagai negara dengan kasus infeksi terbesar setelah Amerika Serikat, menurut data Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE yang dikutip Senin, (11/5/2020). 

Jumlah kasus infeksi Corona COVID-19 terbesar kedua tercatat di Spanyol, yang mencapai 224.350 kasus dengan 136.166 pasien pulih.

Kasus infeksi terbesar ketiga kini tercatat di Inggris, yang telah naik diatas Italia, mencapai 220.449 kasus dengan 1.002 orang pulih.

Lalu 219.070 orang dinyatakan positif mengidap Virus SARS-CoV-2 di Italia, dengan 105.186 orang pulih. 

Pasien positif Corona COVID-19 di Rusia tercatat sebagai kelima terbesar, yakni sebanyak 209.688 kasus dengan 1.915 pasien pulih.

Sementara itu, otoritas di Wuhan pada Minggu, 10 Mei 2020 melaporkan kasus pertama pasien yang terpapar Corona COVID-19 setelah lebih dari sebulan dinyatakan bebas dari virus tersebut.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Alasan Ferrari dan Vettel Harus Berpisah di Akhir F1 2020

Posted: 10 May 2020 08:55 PM PDT

Jakarta - Scuderia Ferrari sedang gamang. Perpanjangan kontrak Charles [Leclerc](https://www.liputan6.com/bola/read/4236001/kurang-akur-leclerc-tetap-minta-vettel-bertahan-di-ferrari "") yang tidak dibarengi hal sama untuk Sebastian Vettel mengindikasikan satu hal jelas.

Ya, awalnya kontrak Leclerc dan Vettel sama-sama habis penghujung Formula 1 (F1) 2020. Namun Ferrari secara mengejutkan memberikan kontrak jangka panjang untuk Leclerc.

Kini ia terikat kontrak bersama Leclerc sampai F1 2024. Masalahnya kenapa Vettel yang lebih senior dan punya jam terbang tinggi tidak didahulukan untuk mendapat perpanjangan kontrak?

Jelas Ferrari sedang mempertimbangkan apakah ingin melanjutkan kerja sama bersama Vettel. Sebaliknya juara dunia F1 empat kali itu juga sedang berpikir keras apakah Ferrari masih jadi tim terbaik buatnya.

Pada artikel ini, Bola.com pun coba menganalisa 3 alasan Scuderia Ferrari-Sebastian [Vettel](https://www.liputan6.com/bola/read/4236001/kurang-akur-leclerc-tetap-minta-vettel-bertahan-di-ferrari "") sudah seharusnya berpisah akhir F1 2020.

1. Prestasi Sudah Mentok

(AFP/Roslan Rahman)
(AFP/Roslan Rahman)

Vettel direkrut Ferrari dari Red Bull untuk mengakhiri puasa gelar juara dunia sejak era Kimi Raikkonen pada musim 2007. Maklum Vettel merasakan empat titel juara dunia bersama Red Bull.

Hanya saja sampai F1 2019 atau musim kelimanya bersama Ferrari, prestasi Vettel seakan mentok. Prestasi terbaiknya hanya runner-up pada musim 2017 dan 2018.

Tentu runner-up bukan indikator kesuksesan buat Ferrari. Mereka ingin mengakhiri dominasi Mercedes, tapi Vettel selalu gagal meraihnya.

2. Sudah Punya Charles Leclerc

(AP Photo/Vincent Thian)
(AP Photo/Vincent Thian)

Alasan kedua bakal membulatkan tekad tim Ferrari untuk mengakhiri kerja sama dengan Vettel. Ya, kini mereka sudah punya pembalap muda dan potensial di dalam diri Leclerc.

Musim lalu, jelas-jelas Leclerc sudah berhasil memecundangi Vettel yang notabene lebih banyak pengalaman. Dia meraih dua kemenangan atau lebih banyak satu podium pertama dari Vettel.

Untuk klasemen, Leclerc juga sukses finis posisi keempat atau satu setrip di atas Vettel. Jadi dengan modal mobil kompetitif dan semakin bertambah kematangan, Leclerc bisa jadi ancaman nyata untuk Lewis Hamilton dan Mercedes.

3. Bukan DNA Ferrari Punya Pembalap Sama Kuat

(AP Photo / Rick Rycroft)
(AP Photo / Rick Rycroft)

Jika melihat sejarah, Ferrari memang tidak pernah bersahabat jika mempunyai dua pembalap yang sama kuat. Strategi tim selalu sama: menyandingkan satu pembalap yang diusung jadi juara dunia dan satu pembalap pendukung.

Lihat contoh Michael Schumacher yang dipasangkan dengan rekan setim yang tak pernah bisa mengalahkannya di Ferrari: Eddie Irvine atau Rubbens Barrichello.

Lalu Fernando Alonso-Felipe Massa. Memang sempat ada duo Vettte-Kimi Raikkonen. Tapi Raikkonen kembali datang ke Ferrari saat performa puncaknya sudah berakhir.

Kesimpulannya duo Leclerc-Vettel tidak cocok. Sudah terbukti musim lalu keduanya sangat sering terlibat gesekan di trek.

Disadur dari Bola.com (Hendri Wibowo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Jaring 1.113 Orang Mencoba Mudik Pakai Travel Gelap

Posted: 10 May 2020 08:52 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ada-ada saja cara warga agar bisa mudik di tengah pandemi Covid-19. Salah satunya dengan menyewa angkutan travel.

Dirlantas Polda Metro Jaya mencatat 1.113 penumpang mencoba ke luar Jakarta menggunakan kendaraan travel.

Penumpang itu terjaring dalam operasi khusus penertiban kendaraan tanpa mengantongi izin trayek atau travel gelap yang mengangkut penumpang untuk mudik selama periode 8 Mei 2020 hingga 10 Mei 2020.

"Kegiatan ini dilaksankan secara hunting system, dan kita bisa tangkap mereka, amankan mereka baik di tol, di arteri, maupun di jalur tikus," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus saat konferensi pers, Senin (11/5/2020).

Yusri menerangkan, 1.113 pemudik dipulangkan ke daerah asal setelah ketahuan menumpang kendaraan travel gelap.

Yusri menyebut setidaknya ada 202 kendaraan travel yang mencoba menabrak aturan larangan mudik dengan rincian 11 unit diantaranya bus, 112 minibus, 78 kendaraan pribadi, dan satu kendaraan truk yang diubah sedemikian rupa menjadi angkutan penumpang.

"Penumpang hendak pulang ke berbagai kota di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Tujuannya seperti Brebes, Tegal, Pekalongan, Tuban, Situbondo, Surabaya, Jogja, Malang, Cirebon hampir semua kota ada," ujar dia.

Dijerat Pasal soal Lalu Lintas

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Sambodo Purnomo Yogo menerangkan para pemilik travel dijerat Pasal 308 Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Sementara pemilik truk yang menyulap kendaraan untuk mengangkut penumpang dikenakan Pasal 303.

"Untuk sementara, kendaraan tersebut kami sita mengikuti sistem persidangan tilang," ujar dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

McD Sarinah Trending Topic, Warganet Kesal Banyak Orang Langgar Aturan PSBB

Posted: 10 May 2020 08:49 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Restoran McDonald's atau McD Sarinah, Jakarta Pusat secara resmi menghentikan jam operasinya pada Minggu, 10 Mei 2020.

Penutupan gerai makanan cepat saji McD Sarinah yang terjadi tepat pukul 22.05 WIB itupun menjadi tontonan sejumlah warga sekitar.

Padahal, hingga saat ini Jakarta sedang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk memutus rantai penyebaran virus corona Covid-19.

Alhasil, kerumuman warga di plataran parkir gerai McD Sarinah semalam pun mendapatkan reaksi keras dari warganet.

Berdasarkan pantauan tim Tekno Liputan6.com, Senin (11/5/2020), keyword McD Sarinah saat ini sudah bertengger diposisi pertama trending tpoic Indonesia.

Sejumlah warganet mengungkapkan rasa kekesalan dan kecewa terhadap masyarakat yang berkerumum untuk menyaksikan penutupan gerai cepat saji tersebut di masa pandemi saat ini.

Berikut ini adalah sejumlah kicauan warganet tentang McD Sarinah tersebut.

Cuitan Warganet

Semoga Tidak Ada Cluster McD Sarinah

(Ysl/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Jurus BI Selamatkan Ekonomi Indonesia dari Serangan Corona

Posted: 10 May 2020 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) terus mengupayakan langkah strategis untuk menjaga stabilitas ekonomi dari sisi moneter, sekaligus memitigasi dampak Covid-19 yang lebih dalam.

Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo menjelaskan, setidaknya ada enam kebijakan yang diambil oleh Bank Indonesia dalam memitigasi dampak Covid-19.

"Pertama, penurunan suku bunga kebijakan moneter, 2 kali, masing-masing 25 business point menjadi 4,5 persen. penurunan suku bunga ini konsisten dengan prakiraan inflasi yang rendah dan terkendali pada kisaran 3 persen plus minus 1 persen, serta untuk mendukung pemiulihan ekonomi nasional," ujar Perry, Senin (11/5/2020).

Selanjutnya, kata Perry, pada 13-14 April lalu, BI memutuskan untuk mempertahankan BI-rate dengan pertimbangan perlunya memprioritasi kebijakan suku bunga untuk menjaga stabilitas nlai tukar rupiah dalam jangka pendek.

Kedua, BI terus melakukan stabilisasi dan penguatan nilai tukar rupiah. BI terus meningkatkan intensitas kebijakan inrtervensi, baik di pasar spot, domestic nondelivery forward maupun pembelian SBN dari pasar sekunder.

"Kebijakan ini didukug oleh kecukupan cadangan devisa yang lebih dari cukup, dan juga BI telah menjalin kerjasama dengan bilateral swap dan juga repo line dengan sejumlah bank sentral, termasuk bank sentral Amerika Serikat dan Tiongkok," jelasnya.

Perry menyebutkan, dengan langkah-langkah stabilisasi tersebut, nilai tukar rupiah bergerak menguat, dari semula hampir menembus Rp 17 ribu, sekarang sudah di bawah Rp 15 ribu, bergerak stabil dan cebderung menguat.

"Ketiga, memperluas instrumen dan transakasi di pasar uang dan pasar valas. Hal ini dilakukan dengan menyediakan lebih banyak instrumen lindung nilai terhadap resiko nilai tukar rupiah melalui transaksi domestic nondelivery forward, memperbanyak transaksi swap valas, serta penyediaan repo untuk kebutuhan likuiditas perbankan," beber Perry.

Langkah Selanjutnya

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menyampaikan hasil Rapat Dewan Gubernur (RGD) Bank Indonesia di Jakarta, Kamis (19/12/2019). RDG tersebut, BI memutuskan untuk tetap mempertahankan suku bunga acuan 7 Days Reverse Repo Rate (7DRRR) sebesar 5 persen. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menyampaikan hasil Rapat Dewan Gubernur (RGD) Bank Indonesia di Jakarta, Kamis (19/12/2019). RDG tersebut, BI memutuskan untuk tetap mempertahankan suku bunga acuan 7 Days Reverse Repo Rate (7DRRR) sebesar 5 persen. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Keempat, lanjutnya, untuk mendorong pembiayaan dunia usaha dan pemulihan ekonomi nasional, BI telah melakukan injeksi likuiditas atau Quantitative Easing (QE) ke pasar uang dan perbankan dalam jumlah yang besar.

"Hingga mei 2020 ini, BI telah melakukan injeksi likuiditas sekitar Rp 503,8 triliun, hal ini dilakukan antara lain melalui pembelian SBN dari pasar sekunder, penyediaan likuiditas perbankan dengan repo SBN, swap valas serta penurunan giro wajib minimum," kata dia.

Kelima, pelonggaran kebijakan makro prudential untuk mendorong perbankan dalam mendorong dunia usaha dan ekonomi. Hal tersebut dilakukan melalui pelonggaran ketentruan rasio loan to value, atau rasio uang muka kredit, rasio intermediasi makro prudential, serta penurunan GWM rupiah untuk pembiyaan dunia usaha, khususnya untuk eksport-import maupun UMKM dalam rangka memiitigasi dampak Covid-19.

Keenam, kemudahan dan kelancaran sistem pembayaran baik tunai maupun non tunai untuk mendukung berbagai transaksi di ekonomi dan keuangan.

Hal ini, kata Perry, dilakukan melalui pengedaran uang yang higenis dan mendorong masyarakat agar lebih banyak menggunakan transaksi non tunai, seperi uang elektronik, mobile internet banking maupun penggunaan QRIS.

"Bank Indonesia juga mendukung pemerintah melalui elektronifikasi penyaluran program sosial pemerintah seperti PKH, BPNT, kartu prakerja, maupun Kartu Indonesia Pintar untuk meringankan beban masyarakat dari dampak covid-19," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rating The King: Eternal Monarch Anjlok, Warganet Kritik Akting Lee Min Ho

Posted: 10 May 2020 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - The King: Eternal Monarch, drama yang dibintangi oleh Lee Min Ho dan Kim Go Eun tayang dengan rating 12,9 persen pada episode pertama. Namun drama genre fantasi ini terus mengalami penurunan rating di setiap episodenya.

Mengutip Nielson, penurunan rating The King: Eternal Monarch mulai terlihat sejak episode ketiga dengan angka 9,4 persen saja. Episode berikutnya juga tak menunjukkan perkembangan rating signifikan.

Hingga pada episode ketujuh yang tayang pada Jumat (8/5/2020), serial yang ditulis oleh Kim Eun Sook ini bahkan mendapat rating terendah sejak masa penayangannya. Drama ini hanya meraih rating 8,1 persen saja.

Kritik

Lee Min Ho dan Kim Go Eun dalam The King Eternal Monarch (Netflix)
Lee Min Ho dan Kim Go Eun dalam The King Eternal Monarch (Netflix)

Netizen mengeluh dengan skenario yang sangat klise. Mereka juga tak puas dengan kemampuan akting dari aktor besar sekelas Lee Min Ho.

"Saya tidak percaya drama ini ditulis oleh penulis yang sama dengan 'Guardian: The Lonely and Great God'. Saya masih menonton beberapa episode lagi untuk memberikan kesempatan, tetapi ini menyedihkan," kata salah satu warganet melansir dari Allkpop.

Akting Lee Min Ho

Lee Min Ho dalam The King Eternal Monarch (Netflix)
Lee Min Ho dalam The King Eternal Monarch (Netflix)

"Saya pikir Lee Min Ho buruk dalam berakting. Dan itu membuat serial ini semakin tidak tertahankan," kata warganet lain.

"Gagal jika Anda mempertimbangkan skala penulis naskah, pemeran, dan biaya produksi. Saya pikir Lee Min Ho perlu memperhatikan kariernya sebagai aktor. Dia hanya mengambil peran yang membuatnya terlihat baik (aman)" tambah yang lainnya.

The King

The King: Eternal Monarch sendiri berkisah tentang dunia paralel antara Korea yang bersistem monarki dan demokrasi.

Kematian sang paman yang misterius membuat Kaisar Lee Gon (Lee Min Ho) penasaran. Penyelidikannya membuatnya menyeberang ke dunia paralel lain, tempat detektif Jung Tae Eul (Kim Go Eun) bertugas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: