Sabtu, 30 Mei 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Catat, Ini Aturan Nikah di Rumah Ibadah Selama Pandemi Corona Covid-19

Posted: 30 May 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah kembali membuka rumah ibadah untuk dapat menyelenggarakan kegiatan di tengah situasi pandemi virus corona Covid-19. Relaksasi rumah ibadah ini dilakukan menyambut penerapan kondisi normal baru atau new normal.

Hal ini sesuai dengan Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 tentang panduan penyelenggaraan kegiatan keagamaan di rumah ibadah dalam mewujudkan masyarakat produktif dan aman Covid-19 di masa pandemi yang dikeluarkan Menteri Agama Fachrul Razi.

Selain kegiatan peribadatan, Menag juga mengizinkan acara pernikahan dilakukan di rumah ibadah. Seperti kegiatan keagamaan lainnya, acara pernikahan di rumah ibadah juga harus menjalankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

"Memastikan semua peserta yang hadir dalam kondisi sehat dan negatif Covid-19," kata Fachrul saat siaran telekonference di kantor BNPB, Sabtu (30/5/2020).

Fachrul menambahkan, acara pernikahan di dalam rumah ibadah tersebut harus dibatasi jumlah peserta, yakni maksimal 20 persen dari kapasitas ruangan.

"Dan tidak boleh lebih dari 30 orang," kata Fachrul.

 

Acara Singkat

Dia menjelaskan, pertemuan harus dilaksanakan dengan waktu yang singkat dan seefisien mungkin. Selanjutnya beberapa panduan yang belum diatur secara khusus akan kembali dievalusi sesuai denganperkembangan pandemi Covid-19

"Pertemuan dilaksanakan dengan waktu seefisien mungkin," jelas Fachrul.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ulang Tahun ke-50, Erick Thohir Dapat Ucapan dari Pesepakbola Dunia

Posted: 30 May 2020 09:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri BUMN Erick Thohir menginjak usia tepat 50 tahun pada 30 Mei 2020. Kali ini, perayaan ulang tahunnya cukup spesial karena mendapatkan ucapan dari pemain bola kelas dunia. 
 
Mengutip laman instagramnya, Minggu (31/5/2020), menteri penggebrak dan hobi melakukan terobosan di BUMN ini mengunggah video berisikan para pesepakbola yang mengucapkan ulang tahun beserta doa-doanya. 
 
"Hai Erick, saya Jamie Vardy, ingin mengucapkan selamat ulang tahun ke-50, semoga harimu menyenangkan," ujar striker Leicester City Jamie Vardy pada putaran awal video. 
 
Ray Parlour, gelandang tengah Arsenal periode 1992-2007, juga mengucapkan hal yang sama kepada Erick. Dia mendoakan kebahagiaan dan hari yang menyenangkan untuk mantan pemilik klub Inter Milan tersebut. 
 
 
 
 
 
 
 
View this post on Instagram

Thank you to you all for the birthday wishes.

A post shared by Erick Thohir (@erickthohir) on

Ada pula pemain yang pernah membela Tottenham Hotspur sebagai striker, Leslie Ferdinand, yang turut memberi ucapan dan doa.
 
Tak ketinggalan juga Radja Nainggolan, pesepakbola Inter Milan berkebangsaan Belgia keturunan Indonesia, Dwight Yorke, legenda klub setan merah Manchester United serta bek Inter Milan Ivan Cordoba. 
 
"Hai pak Erick, semoga Anda baik-baik saja, saya ingin mengucapkan selamat ulang tahun, dan semua yang terbaik untukmu," kata Ivan. 
 
Erick sendiri mengucapkan terima kasih kepada kawan-kawannya di dunia sepak bola atas ucapan dan doa yang telah diberikan. "Terima kasih kepada kalian untuk ucapan ulang tahunnya," tulis Erick dalam unggahannya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kata Istana soal Teror Diskusi Pemecatan Presiden di UGM

Posted: 30 May 2020 09:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman menanggapi soal teror dan ancaman pembunuhan terkait diskusi tentang pemecatan presiden yang diselenggaraka kelompokn mahasiswa Constitutional Law Society (CLS) Fakultas Hukum Universitas Gajah Mada (UGM).

Dia pun mendorong kasus teror tersebut dibawa ke ranah hukum. "Bila ada pelanggaran hukum menjadi ranah penegak hukum, siapapun, tanpa pandang bulu," kata Fadjroel kepada Liputan6.com, Minggu (31/5/2020).

Fadjroel menegaskan, bahwa Indonesia sangat menghormati dan menghargai demokrasi. Untuk itu, dia menilai hukum harus ditegakkan tanpa pandang bulu.

"Demokrasi dihormati setinggi-tingginya di Indonesia," ucapnya.

Sebelumnya, pelaksana kegiatan diskusi mahasiswa Constitutional Law Society (CLS) Fakultas Hukum Universitas Gajah Mada (UGM) mendapatkan ancaman teror akan dibunuh oleh orang tak dikenal.

Dekan Fakultas Hukum UGM Prof Sigit Riyanto menjelaskan secara rinci ancaman pembunuhan yang disampaikan orang tak dikenal terhadap pelaksanaan kegiatan hingga kepada keluarganya.

 

Diskusi Batal Digelar

Penjelasan UGM dan ITS soal prediksi akhir Corona Coivid-19 di Indonesia. (Sumber: Merdeka)
Penjelasan UGM dan ITS soal prediksi akhir Corona Coivid-19 di Indonesia. (Sumber: Merdeka)

Menurut Sigit, ancaman itu muncul satu hari sebelum pelaksanaan kegiatan diskusi, yang rencananya digelar pada 29 Mei 2020.

"Tanggal 28 Mei 2020 malam, teror dan ancaman mulai berdatangan kepada nama-nama yang tercantum di dalam poster kegiatan, pembicara, moderator, serta narahubung. Berbagai teror dan ancaman dialami oleh pembicara, moderator, narahubung, serta kemudian kepada ketua komunitas CLS," ungkap Sigit Riyanto dalam keterangan tertulisnya.

Bentuk ancaman yang diterima beragam, mulai dari pengiriman pemesanan ojek daring ke kediaman penerima teror, teks ancaman pembunuhan, telepon, hingga adanya beberapa orang yang mendatangi kediaman mereka.

Akibatnya, diskusi akademik itu pun terpaksa batal diselenggarakan dengan alasan keamanan. 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Bundesliga: Bayern Munchen Tinggalkan Rival

Posted: 30 May 2020 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bundesliga hampir menyelesaikan pekan ke-29 musim 2019/2020. Dari pertandingan yang sudah berjalan, pimpinan klasemen Bayern Munchen terus menunjukkan dominasinya.

Mereka tanpa ampun menaklukkan Fortuna Dusseldorf 5-0 di Allianz Arena, Sabtu (30/5/2020). Tambahan tiga angka dari laga ini membuat Bayern Munchen mengoleksi 67 angka pada persaingan Bundesliga.

Sang juara bertahan Bundesliga unggul 10 poin atas pesaing terdekat Borussia Dortmund yang baru bertanding hari ini.

Di sisi lain, kekalahan membuat status Fortuna Dusseldorf di Bundesliga terancam. Mereka berada di batas play-off degradasi dengan raihan 27 nilai.

Beruntung mereka tidak terlalu jauh tertinggal. Fortuna cuma defisit satu angka dari batas aman.

Hasil Pertandingan

Ilustrasi Logo Bundesliga. (AFP/Thomas Kienzle)
Ilustrasi Logo Bundesliga. (AFP/Thomas Kienzle)

Freiburg vs Bayer Leverkusen 0-1

Wolfsburg vs Eintracht Frankfurt 1-2

Hertha Berlin vs Augsburg 2-0

Mainz 05 vs Hoffenheim 0-1

Schalke 04 vs Werder Bremen 0-1

Bayern Munchen vs Fortuna Dusseldorf 5-0

Klasemen Bundesliga

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Suami Istri Terjebak di Italia Selama 2,5 Bulan Saat Akan Mengunjungi Pompeii

Posted: 30 May 2020 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sejak pandemi corona Covid-19 banyak wisatawan asing yang terjebak di sejumlah negara. Salah satunya pasangan Colleen dan Marvin Hewson, pensiunan dari Detroit, Michigan, Amerika Serikat.

Mereka terjebak di Italia selama 2,5 bulan. Saat itu, mereka hendak berlibur di Pompeii. Pasangan tersebut yang pertama dalam barisan saat situs arkeologi itu dibuka kembali pada Selasa, 26 Mei 2020, setelah lockdown Italia, seperti dikutip USA Today dari AP, Jumat, 29 Mei 2020.

Hari itu, kunjungan mereka yang telah lama tertunda mengakhiri petualangan yang tak terduga yang telah membuat mereka terdampar di Pompeii modern, sebuah kota wisata kecil, sejak awal Maret 2020.

"Kami menunggu dengan sabar hingga akhirnya tempat itu kemudian dibuka," kata Colleen Hewson ketika pasangan itu mendapat kesempatan untuk berjalan-jalan menjelajahi reruntuhan kota Romawi yang hancur pada 79 Masehi oleh letusan gunung berapi, diikuti oleh wartawan yang menangkap tonggak bersejarah lain.di pembukaan kembali Italia.

"Kami akhirnya berhasil masuk. Perlu waktu 2,5 bulan," tambah Marvin Hewson.

Bagi Hewson, mengunjungi Pompei sebagai puncayaak ulang tahunnya yang ke-75 dan ulang tahun pernikahan mereka yang ke-30. Marvin Hewson, seorang ahli sejarah, pernah sekali mengunjungi tempat itu dan perjalanan kali ini sebagai hadiah istrinya.

Pasangan itu tiba di Roma pada 5 Maret 2020. Pada saat mereka tiba di gerbang Pompeii beberapa hari kemudian, lokasi wisata populer itu ditutup dan Italia dikunci karena epidemi virus corona.

Rencana untuk Kembali

Ilustrasi Pompeii di Italia (Dok.Unsplash)
Ilustrasi Pompeii di Italia (Dok.Unsplash)

Upaya untuk memesan penerbangan keluar gagal. Mereka akhirnya tinggal di sana karena lockdown. Empat anak mereka di Amerika Serikat merespons santai ketika mengetahui orangtua mereka jauh dari pusat penyebaran virus Italia.

"Kami membuat hubungan yang hebat dengan keluarga tuan rumah Airbnb kami," kata Colleen.

Tuan rumah menerjemahkan berita untuk dia dan suaminya, dan membantu menyibukkan mereka, menugasi mereka memetik jeruk dan lemon dari pohon dekat kondominium tempat mereka tinggal dan mengajar mereka membuat limoncello.

"Ini membantu menghabiskan waktu," kata Marvin.

Pasangan itu meninggalkan Pompeii pada Selasa, 26 Mei 2020, ke Roma, di mana mereka berencana untuk menghabiskan beberapa hari jalan-jalan sebelum akhirnya pulang ke Michigan. Karena pembatasan pergerakan Italia telah mereda, tuan rumah Airbnb mereka telah mendorong pasangan itu ke Pantai Amalfi.

Pasangan itu mengatakan mereka merasa beruntung bisa menghabiskan lockdown dalam lingkungan yang sangat indah. Dari atap kondominium mereka, pasangan itu bisa melihat Gunung Vesuvius di satu sisi, dan Pulau Capri di sisi lain.

"Kami melihat real estate. Itu akan menjadi mimpi. Kami menyimpan banyak uang karena semua toko tutup. Kami benar-benar berpikir untuk kembali," kata Marvin.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sang Pemain Jadi Calon Ayah, Rencana Transfer ke MU Bakal Terganggu

Posted: 30 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Mantan pemain Manchester United (MU), Marcos Rojo, tidak pernah mengatakan ingin tinggal di Argentina. Namun, selama beberapa minggu terakhir, para pejabat Estudiantes telah mengklaim bahwa pemain belakang itu tidak ingin kembali ke MU setelah masa pinjamannya.

Dan, media lokal melansir alasan lagi mengapa pemain berusia 30 tahun itu ingin tinggal di Argentina.

Mereka melaporkan bahwa Rojo akan segera menjadi seorang ayah. Dan, itulah alasan mengapa dia ingin menetap di kota asalnya, La Plata, tempat klub Estudiantes bermarkas.

Meski begitu Estudiantes juga menegaskan bahwa keputusan akhir tetap ada di tangan MU, karena ia memiliki kontrak dengan klub hingga 2021.

Dan, untuk pinjaman baru, Rojo harus menyetujui kontrak baru dengan MU. Jika tidak, pihak Liga Premier lebih suka menjualnya atau mempertahankannya di klub.

Diincar Boca Juniors

Marcos Rojo mulai tampil reguler bersama Manchester United pada musim 2019-20. (AFP/Paul Ellis)
Marcos Rojo mulai tampil reguler bersama Manchester United pada musim 2019-20. (AFP/Paul Ellis)

Kabarnya, Rojo juga dikatakan diinginkan oleh Boca Juniors. Itu setelah dia baru-baru ini terlihat mengenakan jersey mereka. Meskipun akhirnya bisa berubah pikiran tentang klub Argentina mana yang akan ditandatangani.

Rojo pulang kampung dengan status pinjaman ke Estudiantes. Ia dilepas pada bursa transfer Januari lalu.

Butuh Bermain

Reaksi bek Manchester United Marcos Rojo (kiri) pada wasit Michael Oliver di duel Piala FA melawan Chelsea, Kamis (14/3/2017) dinihari WIB. (AP Photo/Alastair Grant)
Reaksi bek Manchester United Marcos Rojo (kiri) pada wasit Michael Oliver di duel Piala FA melawan Chelsea, Kamis (14/3/2017) dinihari WIB. (AP Photo/Alastair Grant)

Rojo buka suara terkait alasannya meninggalkan Manchester United (MU), dan memilih pulang kampung ke Argentina dan bergabung ke Estudiantes. Ia menilai, Estudiantes dapat memberinya kesempatan bermain reguler.

"Saya butuh bermain, kembali ke level saya. Saya punya banyak tawaran dari klub lain, tetapi apa yang lebih baik daripada pulang kampung," ujar Rojo, yang juga lulusan akademi Estudiantes, seperti dilansir Manchester Evening News.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kericuhan Pemakaman PDP Covid-19

Posted: 30 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Akibat peti jenazah PDP Covid-19 terlepas dan jenazah terjatuh, piha keluarga ngamuk dan nyaris memukul petugas. Beruntung kericuhan ini bisa diatasi polisi, dan pemakaman dilanjutkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Adam Suseno Jadi Zorro, Inul Daratista Diculik Pakai Bakul Nasi

Posted: 30 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Inul Daratista dan Adam Suseno kembali berparodi. Pasangan suami istri yang belakangan eksis di aplikasi TikTok ini, mengunggah video lucu yang selalu sukses membuat masyarakat terbahak.

Setelah bikin terpingkal di episode Adam Suseno ketumpahan mangkuk mi instan, kini Inul Daratista menjajal bingkai kelucuan dirinya bersama pria berkumis tebal itu dengan episode lain.

Melalui Instagram, Inul Daratista membagikan video TikTok yang bercerita mengenai penculikan. Inul Daratista diceritakan diculik Adam Suseno yang berubah wujud menjadi Zorro.

Zorro merupakan pendekar bertopeng misterius yang membela para petani dalam film. Lantas, bagaimana penampilan Adam Suseno pakai pedang laiknya seorang Zorro?

Menculik Inul

Inul Daratista diceritakan diculik Zorro, yang merupakan Adam Suseno. (https://www.instagram.com/p/CAxEpDLlbq8/)
Inul Daratista diceritakan diculik Zorro, yang merupakan Adam Suseno. (https://www.instagram.com/p/CAxEpDLlbq8/)

Dalam video itu, Inul Daratista diceritakan diculik Zorro, yang diperankan Adam Suseno. Adam Suseno berdandan layaknya Zorro sungguhan, mengenakan topeng dan penutup kepala dari bakul nasi.

 

Bawa Pedang Mainan

Inul Daratista dan Adam Suseno (Instagram/@inul.d)
Inul Daratista dan Adam Suseno (Instagram/@inul.d)

Sementara Inul Daratista berada di belakangnya, pura-pura menunggangi kuda.

"Hayooooo kejar akuuuu tolooooong... aku di culik ZORRO. Zorro bawa pedang mainane Ivan. Plis deh ah kacamata dr masker tak gunting wakakaka @ivanderdamares @aryani_dewy Semoga terhibur ya," tulis Inul Daratista dalam keterangan fotonya.

 

Bikin Artis Tertawa

Inul Daratista. (Foto: Instagram @inul.d)
Inul Daratista. (Foto: Instagram @inul.d)

Unggahan video Inul Daratista banyak dikomentari rekan artis. Mereka ikut tertawa melihat video yang dibuat Inul Daratista bersama Adam Suseno.

"Selalu ngakak," tulis @king_uyakuya.

"@inul.d bodo amaaaatttt (emoji tertawa)," tulis @sinyoritaesperanza

 

Hampir 10 Ribu Komentar

Inul Daratista. (Foto: Instagram @inul.d)
Inul Daratista. (Foto: Instagram @inul.d)

Hingga artikel ini disusun, video kocak ala bintang sinetron Kenapa Harus Inul? dan suaminya, Adam Suseno, disaksikan lebih dari 950 ribu kali. Hampir 10 ribu komentar menggenang di kolom.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Cewek Batal Nikah Setelah Calonnya Selingkuh, Gaun Pengantin Dijual Rp 200 Ribu

Posted: 30 May 2020 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pernikahan adalah momen yang paling dinanti-nanti oleh sepasang kekasih yang serius menjalin hubungan. Keputusan untuk menikah membutuhkan pemikiran dan persiapan yang matang sebelum pelaksanakannya. Sayang, terkadang rencana pernikahan tidak berjalan sesuai harapan yang diinginkan. Meskipun sudah direncanakan dan dipersiapkan dari jauh-jauh hari, acara pernikahan tetap saja bisa mengalami kegagalan.

Kegagalan tersebut dapat diakibatkan oleh berbagai hal. Mulai dari terjadi pertengkaran, musibah hingga karena pengkhianatan oleh salah satu dari pasangan. Seperti yang dialami oleh wanita yang dikenal dengan nama Yana Mohamad dari Malaysia ini.

Rencana pernikahannya kandas di tengah jalan dan berakhir pilu karena pengkhianatan yang dilakukan oleh calon suaminya. Kisah Yana menjadi viral setelah ia mengunggah foto-fotonya yang mengenakan gaun pengantin di media sosial Facebook pada 27 Mei 2020 lalu.

Meski rencana pernikahannya tak sesuai harapan, wanita tersebut melangsungkan prewedding tanpa mempelai pria. Dalam foto-foto tersebut, ia nampak anggun dengan balutan busana pengantin.

Menjual Baju Pengantin Rp 200 ribu

Batal Nikah Karena Calon Suami Selingkuh, Wanita Ini Jual Gaun Pengantin Rp 200 Ribu (Sumber: mStar)
Batal Nikah Karena Calon Suami Selingkuh, Wanita Ini Jual Gaun Pengantin Rp 200 Ribu (Sumber: mStar)

Yana mengatakan bahwa alasannya melakukan sesi foto tersebut karena ingin mengenang baju pengantinnya sebelum dijual kepada orang lain. Ketika ditanya bagaimana rasanya saat sesi foto yang dilakukan di tanah kelahirannya tersebut, ia mengatakan bahwa perasaannya campur aduk. 

"Ketika Photoshoot itu saya baik-baik saja. Saya tertawa, namun bagian ketika saya menutup sebelah wajah, saya menangis," ungkap Yana seperti dikutip oleh Liputan6.com dari mStar.com, Minggu (31/5/2020).

Sudah menyiapkan berbagai persiapan untuk pernikahannya, namun rasa sakit karena perselingkuhan membuat acara yang dinanti-nanti itu dibatalkan. Wanita ini juga menjelaskan bahwa sudah ada orang yang akan membeli baju pengantinnya tersebut seharga RM 80 atau sekitar Rp 200 ribu.

"Alhamdulillah sudah ada yang beli. Saya beli dengan harga RM 200 lebih ( Rp. 600.000) tapi saya jual dengan harga RM 80 (Rp 200.000)," Kata Yana.

Yana sudah merencanakan melakukan photoshoot tersebut dari beberapa waktu lalu. Ia dibantu oleh seorang temannya untuk mengabadikan momen ketika dirinya mengenakan gaun pengantin. Foto tersebut hanya diambil dengan menggunakan handphone.

"Saya sudah lama merencanakan ambil foto. Ketika saya menghubungi teman saya ia menawarkan untuk sekalian membuat video," tutur Yana.

Mendapat Jawaban yang Menyakitkan

Batal Nikah Karena Calon Suami Selingkuh, Wanita Ini Jual Gaun Pengantin Rp 200 Ribu (Sumber: mStar)
Batal Nikah Karena Calon Suami Selingkuh, Wanita Ini Jual Gaun Pengantin Rp 200 Ribu (Sumber: mStar)

Yana mengatakan bahwa ia masih sayang dengan pria tersebut, namun ia memilih untuk mengakhiri hubungannya setelah menyadari tunangannya berlaku curang saat hari pernikahannya semakin mendekat.

"Saya putuskan hubungan kami awal tahun ini karena sudah tidak tahan dengan perangainya, apalagi ia ketahuan kirim pesan ke wanita lain," jelas Yana.

Mengingat hari pernikahannya semakin dekat, Yana berusaha mengalah dan meminta tunangannya berubah. Namun yang ia dapat malah sebaliknya, tunangannya justru memberi jawaban yang menyakitkan.

"Tapi ia menolak saya karena sudah ada wanita lain, Terakhir ia berkata ia sayang kepada saya tapi tidak mau dengan saya karena saya terlalu baik untuk dia," kata Yana.

Meski pilu, Yana mengaku sudah bisa beranjak dari pengalaman pahitnya tersebut. Ketika ada beberapa orang yang menanyakan kepada Yana, jika pria itu berubah apakah ia mau kembali kepadanya, wanita itupun menjawab tegas tidak akan mau.

"Saya percaya banyak laki-laki di luar sana yang lebih baik dari dia," Kata Yana.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MotoGP Virtual Race Jilid V Digelar Hari Ini, Janjikan Duel Seru

Posted: 30 May 2020 09:20 PM PDT

Jakarta - MotoGP Virtual Race bakal kembali digelar hari ini. Seluruh pembalap bakal adu kemampuan secara virtual di Sirkuit Silverstone Inggris.

Saat ini, seperti kebanyakan orang di dunia, para pembalap dan penggemar MotoGP tengah menjalani karantina mandiri di rumah demi mengurangi penyebaran pandemi virus corona (Covid-19).

Atas alasan ini, MotoGP menggelar balapan virtual, yang selain bisa membunuh rasa bosan para pembalap yang ada di rumah, juga bisa memberikan pertunjukan dan hiburan kepada para penggemar MotoGP.

Yang menarik dari gelaran Jilid V adalah fakta dua pembalap yang pernah merasakan kemenangan harus absen kali ini.

Dua sosok tersebut yaitu Maverick Vinales dari Yamaha dan Alex Marquez yang memperkuat Repsol Honda. Untuk diketahui, Vinales adalah pemenang MotoGP Virtual Race Jilid III.

Sementara Alex sudah memenangkan dua edisi. Dia jadi tercepat pada Jilid I dan IV. Praktis hanya ada satu pembalap yang pernah juara MotoGP Virtual Race dan tampil di Jilid V besok.

Pembalap tersebut yaitu rider tim satelit Pramac Ducati, Pecco Bagnaia. Tentu namanya bakal jadi kandidat kuat untuk finis pertama pada MotoGP Virtual Race Jilid V.

Meskipun begitu, ia harus mewaspadai sepak terjang Fabio Quartararo. Pembalap tim satelit Petronas Yamaha itu beberapa kali meraih pole position, tapi urung finis pertama.

Patut ditunggu juga kiprah Jorge Lorenzo. Meski debutan di ajang ini, ia sudah berlatih dengan juara dunia MotoGP Esports Championship, Lorenzo Daretti.

Cara Menonton

Seri kelima MotoGP Virtual Race Jilid V akan dimulai pada pukul 20.00 WIB pada Minggu (31/5/2020), setelah sesi kualifikasi digelar secara offline.

Setelahnya, para pembalap akan menjalani balapan dengan durasi 10 lap untuk MotoGP dan enam lap untuk Moto2 dan Moto3.

Balapan ini bisa disaksikan secara langsung di beberapa stasiun televisi di dunia yang terpilih dan penggemar Indonesia bisa menyaksikannya lewat Fox Sports Asia.

Tak hanya itu, balapan virtual ini juga bisa disaksikan lewat Twitter, Facebook, dan bahkan kanal YouTube resmi MotoGP dan MotoGP eSport dengan mengklik tautan berikut ini.

Disadur dari: Bola.com (penulis Hendry W, published 31/5/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polri Halau 37 Ribu Kendaraan Pemudik saat Arus Balik Lebaran 2020

Posted: 30 May 2020 09:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Polri masih terus mengawal aturan larangan mudik Lebaran 2020 selama pandemi virus corona Covid-19. Tercatat hingga H+5 Lebaran atau Sabtu 30 Mei 2020, sudah ada 37 ribu lebih kendaraan pemudik yang diminta kembali ke titik awal keberangkatan saat arus balik.

"Total arus balik 37.585 kendaraan diputar balik," tutur Kabag Ops Korlantas Polri Brigjen Benyamin dalam keterangannya, Minggu (31/5/2020).

Menurut Benyamin, data tersebut merupakan total dari pelaksanaan Operasi Ketupat 2020 yang dilakukan mulai hari ke-32 pada Senin 25 Mei hingga hari ke-37 pada 30 Mei 2020 atau usai Lebaran Idul Fitri 1441 Hijriah.

Pelaksanaan Operasi Ketupat tahun ini dilakukan lebih awal, atau sejak Jumat 24 April 2020. Hal itu dilakukan untuk mendukung larangan mudik selama pandemi virus corona Covid-19.

"Di hari ke-37 telah diputar balik 4.749 kendaraan pribadi, 113 kendaraan umum, dan 1.699 sepeda motor. Total sebanyak 6.561 kendaraan," kata Benyamin.

116 Ribu Kendaraan Putar Balik Selama Larangan Mudik

Polisi melakukan sosialisasi larangan mudik kepada pengguna jalan di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Rabu (6/5/2020). Sosialisasi tersebut dilakukan demi memutus mata rantai penyebaran virus corona COVID-19 dari satu wilayah ke wilayah lain. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Polisi melakukan sosialisasi larangan mudik kepada pengguna jalan di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Rabu (6/5/2020). Sosialisasi tersebut dilakukan demi memutus mata rantai penyebaran virus corona COVID-19 dari satu wilayah ke wilayah lain. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sementara untuk jumlah keseluruhan kendaaraan yang telah diputar balik mulai dari arus mudik hingga arus balik, mencapai 116.040 kendaraan.

Data tersebut merupakan kalkulasi penegakan aturan mulai dari Polda Metro Jaya, Polda Banten, Polda Jawa Barat, Polda Jawa Tengah, Polda Jawa Timur, Polda Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Polda Lampung.

"Untuk arus mudik total 78.455 kendaraan dan arus balik 37.585 kendaraan. Jumlah keseluruhan 116.040 kendaraan diputar balik," Benyamin menandaskan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Direktur Marketing Komunikasi Erajaya Djatmiko Wardoyo Tutup Usia

Posted: 30 May 2020 09:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Marketing Komunikasi PT Erajaya Swasembada Djatmiko Wardoyo meninggal dunia pada Sabtu (30/5/2020) malam.

Djatmiko yang karib disapa "Pak Koko" ini meninggal dunia pukul 20.00 WIB di Rumah Sakit Siloam TB Simatupang Jakarta.

"Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Telah meninggal dunia pada hari Sabtu 30 Mei 2020, pukul 20.00 WIB, di RS Siloam TB Simatupang Jakarta, Director of Marketing Communication PT Erajaya Swasembada Tbk," demikian pesan broadcast yang dikirimkan oleh Public Relations Erajaya Diah Kencana Sari yang diterima Liputan6.com, Minggu (31/5/2020).

Jenazah disemayamkan di kediaman pribadi almarhum di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Selanjutnya, jenazah akan diberangkatkan untuk dimakamkan pukul 11.00 WIB, Minggu 31 Mei 2020 di San Diego Hills, Karawang, Jawa Barat.

Sebelumnya, kabar meninggalnya Pak Koko sudah beredar di grup WhatsApp kalangan jurnalis teknologi. Pasalnya, Pak Koko dikenal cukup dekat dengan jurnalis teknologi.

Erajaya dan Karier Pak Koko

Kiri-kanan: Andre Tan, Operational Director Erafone; Djatmiko Wardoyo, Director Erafone; Steven Shi, Head of Xiaomi South Pasific Region, Xiaomi Indonesia Country Manager. Liputan6.com/Dewi Widya Ningrum
Kiri-kanan: Andre Tan, Operational Director Erafone; Djatmiko Wardoyo, Director Erafone; Steven Shi, Head of Xiaomi South Pasific Region, Xiaomi Indonesia Country Manager. Liputan6.com/Dewi Widya Ningrum

Sekadar informasi, PT Erajaya Swasembada merupakan distributor sekaligus retailer perangkat smartphone dan gadget yang memiliki gerai retail seperti Erafone, iBox, hingga Urban Republic.

Erajaya juga mengoperasikan toko gadget seperti NASA, Oppo Store, Vivo Store, Samsung Store, hingga Huawei Store.

Berdasarkan akun LinkedIn-nya, Djatmiko Wardoyo atau Pak Koko menjabat sebagai Direktur Erajaya sejak Oktober 2011. Sebelumnya, ia pernah menjadi Presiden Direktur Global Teleshop Group, yang bergerak di bisnis seluler pada 2005-2011.

Selamat Jalan Pak Koko

Kiri-kanan: Andre Tan, Operational Director Erafone; Djatmiko Wardoyo, Director Erafone; Steven Shi, Head of Xiaomi South Pasific Region, Xiaomi Indonesia Country Manager. Liputan6.com/Dewi Widya Ningrum
Kiri-kanan: Andre Tan, Operational Director Erafone; Djatmiko Wardoyo, Director Erafone; Steven Shi, Head of Xiaomi South Pasific Region, Xiaomi Indonesia Country Manager. Liputan6.com/Dewi Widya Ningrum

Pak Koko juga pernah berkarier di bidang properti (PT Berlian Global Perkasa), GM Marketing dan Komunikasi di PT Cipta Multi Usaha Perkasa (Global Teleshop), serta menjadi Manager di perusahaan PR Ogilvy pada 1995-2000.

Pria lulusan Universitas Gadjah Mada jurusan Administrasi Publik ini meninggalkan seorang istri dan dua orang putra.

Selamat jalan Pak Koko, semoga mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya.

(Tin/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pasien Positif Corona COVID-19 di Surabaya Bertambah 101 Orang

Posted: 30 May 2020 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Jumlah pasien positif Corona COVID-19 di Jawa Timur (Jatim) bertambah 191 orang pada Sabtu, 31 Mei 2020. Ada tambahan pasien positif Corona COVID-19 sehingga total menjadi 4.600 pasien di Jatim.

Tambahan pasien positif Corona COVID-19 pada 30 Mei 2020 di Jawa Timur paling banyak berasal dari Surabaya dengan 101 pasien, Sidoarjo 23 pasien, Kabupaten Kediri 10 orang, Lamongan dan Jombang masing-masing delapan pasien. Kemudian Tulungagung dan Ponorogo ditiap kabupaten ada tujuh orang tambahan. 

Lalu Gresik lima orang, Bojonegoro empat orang, Bangkalan tiga orang, Nganjuk dan Kota Mojokerto masing-masing bertambah dua orang. Trenggalek, Banyuwangi, Sumenep, Pacitan, Pamekasan, kota dan kabupaten Probolinggo, Kota Malang, Tuban, serta Jember ditiap daerah bertambah satu pasien. 

Tidak hanya pasien positif bertambah, jumlah yang sembuh juga meningkat 20 orang menjadi 609 orang atau setara 13,24 persen. Sedangkan yang meninggal tercatat per hari ini ada 24 orang, sehingga total 396 orang atau setara 8,61 persen. 

Untuk pasien dalam pengawasan (PDP) terkait Corona COVID-19 tercatat 6.595 orang, dengan yang masih diawasi 3.174 orang. Kemudian Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 24.180 orang, dan yang masih dipantau 4.081 orang.

 

Peta Sebaran COVID-19 Surabaya pada 30 Mei 2020

Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Sebelumnya, jumlah pasien positif Corona COVID-19 di Surabaya, Jawa Timur masih menunjukkan kenaikan. Pasien positif Corona COVID-19 bertambah 101 orang pada 30 Mei 2020.

Mengutip peta sebaran Corona COVID-19 di laman lawancovid-19, Minggu  (31/5/2020), berdasarkan sumber dinas kesehatan Kota Surabaya, total pasien positif Corona COVID-19 tembus 2.495 orang. Rinciannya 2.398 orang dari Surabaya dan 97 orang dari luar Surabaya hingga 30 Mei 2020.

Total pasien terkonfirmasi positif COVID-19 dalam perawatan sebanyak 2.061 orang. Pasien sembuh dari Corona COVID-19 di Surabaya mencapai 183 orang dan dari luar Surabaya sebanyak 17 orang.

Sementara itu, pasien meninggal karena Corona COVID-19 bertambah menjadi 228 orang dan dari luar Surabaya sebanyak enam orang. Total pasien dalam pengawasan (PDP) terkait Corona COVID-19 mencapai 3.021 orang. Dari jumlah tersebut, PDP dalam pengawasan sebanyak 1.952 orang dan PDP sembuh mencapai 1.066 orang. PDP meninggal ada tiga orang.

Selain itu, total kumulatif ODP mencapai 3.698 orang. Rinciannya ODP dipantau sebanyak 555 orang dan ODP selesai dipantau ada 3.143 orang.

Di Surabaya, pasien positif Corona COVID-19 terbanyak ditemui di Surabaya Timur yang mencapai 827 pasien, di Surabaya Selatan sebanyak 502 pasien dan Surabaya Utara sebanyak 495 pasien.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diduga Langgar Hak Cipta, Ini 4 Fakta Lagu 'Keke Bukan Boneka' Milik Kekeyi

Posted: 30 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Rahmawati Kekeyi Putri Cantika atau yang lebih dikenal dengan nama Kekeyi kembali menjadi sorotan media. Pasalnya single terbarunya yang berjudul "Keke Bukan Boneka" diduga telah melanggar hak cipta. 

Kekeyi merilis single terbarunya tersebut pada Jumat (29/5/2020) lalu. Baru dirilis, video klip yang memiliki durasi 3 menit 26 detik itu telah ditonton hampir 1 juta kali selama 20 jam. Bahkan, nama wanita berusia 25 tahun ini juga menjadi trending di Twitter. 

Namun kesuksesan YouTuber Rahmawati Kekeyi Putri Cantikka ini kemudian terseret dalam isu hak cipta. Musisi Novi Umar lewat Instagram pribadinya mengunggah video pernyataan soal lagu yang dibawakan Kekeyi mirip dengan lagu hasil ciptaannya yang dinyanyikan oleh solois, Rinni Wulandari. 

Pernyataan Novi Umar tersebut pun akhirnya ramai diperbincangkan. Berikut ini Liptuan6.com rangkum, 4 fakta single terbaru Kekeyi yang diduga langgar hak cipta, dirangkum dari berbagai sumber pada Minggu (31/5/2020). 

1. Pernyataan Musisi Novi Umar

Single terbaru Kekeyi tersandung kasus hak cipta. (Sumber: Instagram/@novi_umar81)
Single terbaru Kekeyi tersandung kasus hak cipta. (Sumber: Instagram/@novi_umar81)

Lewat postingan video yang diunggah pada Sabtu (30/5/2020), Novi Umar membeberkan perihal single terbaru Kekeyi yang menurutnya mirip dengan lagu ciptaannya. Bagian lagu yang diduga plagiat adalah pada lirik 'Keke bukan boneka' yang diulang beberapa kali.

"Halo semua saya Novi Umar, banyak sekali temen-temen saya yang mengabari saya lewat chat pribadi lewat instagram, twitter facebook. Mereka bilang ada bagian dari lagu saya yang pernah saya buat untuk sahabat saya Rini yaitu aku bukan boneka, itu dipake oleh penyanyi yang lain untuk single barunya," tutur Novi Umar. 

Meski begitu, Novi Umar tak menyudutkan Kekeyi. Ia memaklumi jika YouTuber itu memanglah bukan seorang penyanyi dan belum memiliki banyak lagu sehingga  tak mengetahui perihal karya cipta. Ia lebih menyayangkan dari pihak manager Kekeyi dan studio rekaman yang memproses single tersebut. 

"Yang saya sayangkan adalah, saya yakin si penyanyi ini memiliki manajemen atau manajer atau tempat label yang dia rilis single ini pasti udah paham banget," ucapnya. 

2. Komentar Rinni Wulandari

Single terbaru Kekeyi tersandung kasus hak cipta. (Sumber: Instagram/@rinni_w)
Single terbaru Kekeyi tersandung kasus hak cipta. (Sumber: Instagram/@rinni_w)

Tak hanya dari sang pencipta lagu, penyanyi yang membawakan lagu "Aku Bukan Boneka" yang diduga ditiru oleh Kekeyi yakni Rinni Wulandari juga memberikan komentar. Tembang  "Aku Bukan Boneka" milik Rinni Wulandari sendiri merupakan lagu dari album Tetap Milikmu yang dirilis Sony Music pada 2007 silam. 

Rinni Wulandari pun melontar sindiran kepada Rahmawati Kekeyi lewat akun Twitter-nya yang diikuti 128 ribu orang lebih. Wanita berusia 30 tahun itu  mengunggah potongan videoklip "Keke Bukan Boneka" berdurasi 12 detik yang disambung adegan ia menyanyikan lagu "Aku Bukan Boneka". 

"Setelah sekian lama, akhirnya bisa nyanyi Aku Bukan Boneka lagi bareng temen duet baru," tulis Rinni Wulandari sebagai status teks. Sontak, sindiran juara Indonesian Idol musim keempat itu membuat netizen heboh. 

3. Trending di YouTube Sekaligus Kalahkan Lady Gaga dan BLACKPINK

[Foto: Kstarlive]
[Foto: Kstarlive]

Meski kini banyak menuai kritikan netizen, sebelumnya single terbaru Kekeyi sukses menduduki trending nomor satu di YouTube. Bahkan single berjudul "Keke Bukan Boneka" ini berhasil menggeser posisi "Sour Candy" milik Lady Gaga ft. BLACKPINK. 

Video klip single perdana Kekeyi berdurasi 3 menit 26 detik itu menceritakan tentang dirinya yang kerap dipermainkan oleh para pria. Menggenakan gaun bermotif kupu-kupu, Kekeyi tampak dikawal oleh dua orang pria tampan saat menyanyikan lagunya.

4. Belum Ada Pernyataan dari Pihak Kekeyi

Kekeyi (Sumber: Instagram/rahmawatikekeyiputricantikka23)
Kekeyi (Sumber: Instagram/rahmawatikekeyiputricantikka23)

Meskipun ramai diperbincangkan lantaran dugaan plagiat atau langgar hak cipta, dari pihak Kekeyi sendiri hingga kini belum ada konfirmasi lebih detail. Kekeyi ataupun manager belum memberikan konfirmasi apapun. 

Novi Umar juga hanya memberikan pernyataan jika permasalahan tersebut sudah ia serahkan ke Sony Music selaku label yang menaungi dirinya. 

"Masalah ini saya sudah serahkan kepada pihak @sonymusicid selaku label yang menaungi saya, sekali lagi saya mohon maaf serta bukan bermaksud tidak baik kepada @rahmawatikekeyiputricantikka23 saya hanya ingin ini menjadi pembelajaran utk semua orang betapa pentingnya menghargai karya cipta orang lain, saya juga percaya rezeki sudah diatur oleh Allah Azza Wajala yg maha kaya." tulis Novi Umar di Instagramnya pada Sabtu (30/5/2020).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pandemi Corona Turunkan Kesejahteraan Nelayan dan Petani

Posted: 30 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) menyebut jika pandemi Covid-19 yang terjadi dalam beberapa waktu terakhir sangat berdampak besar terhadap pelaku koperasi dan UKM, termasuk para petani dan nelayan. Keluarga nelayan dan petani saat ini tengah dihadapkan pada kondisi sulit seiring meluasnya pandemi. 
 
Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM, Victoria Simangkalit, menyatakan bahwa tingkat kesejahteraan masyarakat juga menurun terus pada Maret menjadi 1,22 persen. Bahkan, pada April 2020 kembali anjlok menjadi 1,73 persen. 
 
"Kondisi serupa juga mengakibatkan turunnya daya beli masyarakat," ujar dia dalam pernyataannya, Minggu (31/5/2020).
 
Bahkan, pandemi juga mendorong turunnya angka permintaan pada bisnis penginapan atau hotel, restoran, dan katering. Sehingga menyebabkan banyaknya kredit macet pada sektor pembiayaan termasuk koperasi.
 
Turunnya daya beli masyarakat menyebabkan terjadinya "over supply" pada produk KUMKM termasuk produk petani dan nelayan.
 
Mengingat tingginya pasokan yang tidak sebanding dengan permintaan yang rendah mengakibatkan penurunan harga yang signifikan dan sangat merugikan KUMKM, sebab harga menjadi jauh di bawah HPP.
 
Oleh karena itu, Kemenkop UKM berupaya menggandeng BUMN pangan agar bisa menyerap produk KUMKM sehingga risiko kerugian bisa diminimalisir.
 
"Saya berharap lebih banyak pihak turut serta terlibat untuk mendukung para pelaku UMKM dan koperasi agar sektor riil juga terus bergerak," tandasnya. 
 
Reporter: Sulaeman
 
Sumber: Merdeka.com
 
 

2,76 Juta Petani Peroleh Bantuan Rp 300 Ribu per Bulan

Sejumlah petani membawa hasil panen padi di Desa Bube Baru, Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Jumat (15/3). Mereka bergotong royong di sawah dengan menyambut musim panen dengan begitu ceria. (Liputan6.com/Arfandi Ibrahim)
Sejumlah petani membawa hasil panen padi di Desa Bube Baru, Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Jumat (15/3). Mereka bergotong royong di sawah dengan menyambut musim panen dengan begitu ceria. (Liputan6.com/Arfandi Ibrahim)

Pemerintah terus berupaya memenuhi kebutuhan pangan bagi 267 juta penduduk Indonesia di masa pandemi Covid-19. Seperti menggulirkan insentif berupa stimulus modal kerja dan subsidi bunga kredit terhadap keluarga petani dan nelayan yang tengah dihadapkan pada kondisi sulit akibat pandemi.

"Tujuan utama dari skema program ini adalah untuk meringankan beban biaya konsumsi rumah tangga dari keluarga yang kurang mampu termasuk di dalamnya adalah petani dan nelayan miskin," kata Presiden beberapa waktu yang lalu.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo, mengatakan bahwa insentif paket stimulus modal kerja dan subsidi bunga kredit menelan anggaran sebesar Rp34 triliun. Dengan bantuan ini diharapkan keluarga petani miskin tetap bersemangat, kendati pandemi masih berlangsung.

"Petani itu pejuang terdepan dalam menjaga ketahanan pangan nasional. Karena itu, sesuai arahan Bapak Presiden, keberlanjutan pertanian Indonesia harus kita jaga. Ada kurang lebih 2,76 juta petani yang masuk kategori miskin," kata Mentan melalui keterangan tertulis, Jumat (29/5/2020).

Menurutnya, relaksasi diberikan kepada penerima pembiayaan yang didapat melalui sejumlah program seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR), Membina Keluarga Sejahtera (Mekaar), pembiayaan ultramikro (UMi), pegadaian, hingga pembiayaan dan bantuan permodalan dari beberapa kementerian.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Deretan Potret Super Unik Hewan di Dunia

Posted: 30 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ada begitu banyak hal unik di dunia. Tak hanya tentang alam, tapi juga mahluk hidup di dalamnya. Ya, semua mahluk hidup di dunia memiliki keunikan sendiri-sendiri.

Begitupula dengan beragam keunikan yang dimiliki hewan. Kamu tentu sering melihat banyak hewan seperti kucing, anjing, kuda dan lainnya.

Namun, rupanya tak sedikit di antara mereka yang memiliki keunikan. Tak jarang keunikan tersebut membuat kita takjub melihatnya.

Artikel tentang deretan potret hewan unik yang bikin kita takjub melihatnya menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang meme lebaran telah usai, bikin senyum kecut.

Sementara itu artikel ketiga terpopuler tentang deretan tanda hubungan LDR tidak bisa dipaksakan.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 6 Potret Hewan Unik Ini Bikin Kita Takjub Melihatnya

foto: Brightside
foto: Brightside

 

Dikutip dari Birghtside, berikut deretan potret hewan unik yang bikin kita takjub melihatnya.

Selengkapnya...

2. 5 Meme Kocak Lebaran Telah Usai, Bikin Senyum Kecut

Meme lebaran telah berakhir
Meme lebaran telah berakhir

Beberapa hari lalu seluruh umat muslim di dunia telah merayakan Hari Raya Idul Fitri atau lebaran. Di Indonesia sendiri, ada banyak tradisi Lebaran yang dilakukan masyarakat.

Contohnya saja seperti berkumpul dengan keluarga, menyantap menu lebaran seperti ketupat, hingga memberikan tunjangan hari raya (THR).

Tak terasa, momen lebaran tersebut telah usai. Rupanya bagi beberapa orang, ada banyak hal yang dirasakan usai merayakan lebaran. Mulai dari mengalami kenaikan berat badan, dompet yang kian menipis dan rasa malas untuk kembali bekerja usai libur Lebaran.

Selengkapnya...

3. Jangan Dipaksa, Ini 4 Tanda Hubungan LDR Tak Bisa Dipertahankan

Ilustrasi/copyright pexels.com/freestocks.org
Ilustrasi/copyright pexels.com/freestocks.org

Menjalani hubungan jarak jauh atau LDR tidaklah mudah. Meski beberapa pasangan mampu menjalaninya selama bertahu-tahun dan berakhir di pelaminan tapi sebagian besar harus berakhir di tengah jalan.

Dalam menjalaninya tentu pasangan LDR harus mengalami berbagai permasalahan. Nampaknya kalian harus mengetahui beberapa tanda jika hubungan LDR sudah tak bisa dipertahankan lagi.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemprov Jatim Siapkan Kuota Khusus Anak Tenaga Medis Daftar PPDB Tahun 2020

Posted: 30 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) melalui Dinas Pendidikan (Kadindik) telah menyiapkan kuota khusus bagi anak tenaga medis yang hendak mendaftar Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2020/2021.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Jatim Wahid Wahyudi, pihaknya menyiapkan kuota sebanyak 3.817 kepada anak tenaga medis, termasuk sopir ambulan yang bertugas menangani COVID-19 untuk masuk ke SMA dan SMK negeri.

"Semua yang mendedikasikan dirinya untuk penanganan Covid-19, mereka akan mendapatkan kuota khusus bagi putra-putrinya dalam proses PPDB yang akan berjalan minggu depan," kata dia dalam konferensi pers live streaming youtube di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Sabtu malam, 30 Mei 2020.

Wahid mengatakan, PPDB jenjang SMA dan SMK akan mulai pada buka 8 Juni 2020. Dindik Jatim membuka penerimaan siswa baru sejumlah 381.752 orang.

Anak tenaga medis yang menangani COVID-19, masuk dalam kuota pindah tugas orang tua yakni sebesar lima persen dari total jumlah siswa yang diterima.

Hitungan Wahid, harusnya kuota 3.817 untuk anak tenaga medis ini mencukupi. Dengan asumsi bila di rata-rata tenaga kesehatan di rumah sakit 10 hingga 40 orang dikalikan jumlah rumah sakit rujukan sebanyak 99 unit.

Rinciannya, kata dia, diambil paling banyak 40 tenaga medis di tiap rumah sakit rujukan. Berarti ada 3.960 orang tenaga kesehatan menangani COVID-19. "Kita diambil nilai terbesar sebanyak 80 persen anaknya masuk SMA dan SMK, berarti ada 3.168 anak," ucapnya.

Wahid menyebutkan, kuota ini diberikan sebagai apresiasi Pemprov Jatim terhadap tenaga kesehatan yang telah berjuang melawan COVID-19.

Pelaksanaan PPDB Jatim Jenjang SMA Terdiri Dari Tiga Tahap

Ilustrasi siswa di Surabaya, Jawa Timur (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Ilustrasi siswa di Surabaya, Jawa Timur (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Sementara itu, secara keseluruhan Wahid mengatakan, pelaksanaan PPDB Jatim 2020 jenjang SMA yang terdiri dari tiga tahap. Tahap pertama online (tentative) 15 persen untuk affirmasi, lima persen pindah tugas orang tua dan lima persen prestasi lomba.

"Tahap online kedua berasal dari zonasi dengan minimal sebanyak 50 persen. Tahap online ketiga berupa prestasi rerata nilai rapor dan UN sekolah tahun 2019 sebanyak 25 persen," kata dia.

Kemudian untuk simulasi laksanakan PPDB Jatim 2020 jenjang SMK hanya ada dua tahap saja. tahap 1 online (tentative) affirmasi sebanyak 15 persen, pindah tugas orang tua 5 persen dan prestasi lomba 5 persen.

"Untuk tahap dua hanya jalur reguler minimal 75 persen. Jalur zonasi tidak ada karena tidak berlaku di jenjang SMK adanya kejuruan," ucap Wahid.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Barcelona Bakal Padat, Vidal Antusias Luis Suarez Sudah Fit

Posted: 30 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona - Gelandang Barcelona, Arturo Vidal, menyambut Luis Suarez yang sepenuhnya fit untuk kembali berlatih dengan tim utama.

Menurut Vidal, pulihnya Luis Suarez merupakan kabar baik menjelang kembali bergulirnya kompetisi La Liga Spanyol 2019-2020. Suarez akan jadi andalan Barcelona di lini depan bersama Lionel Messi.

Luis Suarez semula dijadwalkan akan absen sepanjang sisa musim ini, karena cedera lutut. Namun, karena kompetisi yang ditangguhkan akibat pandemi virus corona Covid-19, Suarez yang telah pulih, masih bisa merasakan sisa musim ini.

"Sangat penting bagi kami untuk mendapatkan Luis Suarez kembali, dan pemain lain yang cedera," terang Vidal, seperti dilansir Tribal Football.

"Sebab, pada dua bulan ke depan, ada banyak pertandingan berturut-turut. Kita harus 100 persen untuk dua kompetisi yang dipertaruhkan," ucap pemain Barcelona asal Chile ini.

Berlatih Penuh

Gelandang Barcelona, Arturo Vidal saat mengikuti sesi latihan tim sebelum pandemi Covid-19. (AFP/Filippo Monteforte)
Gelandang Barcelona, Arturo Vidal saat mengikuti sesi latihan tim sebelum pandemi Covid-19. (AFP/Filippo Monteforte)

La Liga telah mengizinkan seluruh tim berlatih secara penuh mulai Senin (1/6/2020). Lalu, pertandingan lanjutan La Liga musim ini akan digelar kembali mulai 11 Juni mendatang.

Vidal senang dengan kondisi terakhir rekan-rekan setimnya di Barcelona. Mantan pemain Juventus itu berharap situasinya terus membaik dan musim ini dapat dituntaskan.

Fisik Bagus

"Semua rekan setim terlihat baik, dengan keinginan besar bermain. Kami semua kembali dengan fisik yang sangat baik, kami telah berlatih dari rumah," ungkap Vidal.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Sekat Pelindung di Armada GoCar Bikin Penasaran

Posted: 30 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gojek melengkapi protokol kesehatan dengan menyediakan fasilitas sekat pelindung yang membatasi pengemudi dan penumpang di layanan GoCar.

Informasi ini bikin penasaran para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com, Sabtu (30/5/2020) kemarin.

Berita lain yang juga bikin penasaran datang dari Samsung Galaxy Note 20 yang akan hadir dengan lima pilihan warna.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Siap Hadapi New Normal, Gojek Pasang Sekat Pelindung di Armada GoCar

Gojek berkomitmen terus menjaga keamanan layanan dengan meningkatkan protokol kesehatan dan standar higienitas guna membantu masyarakat yang beradaptasi dengan pola hidup baru (new normal) di tengah pandemi COVID-19.

Di lini transportasi, Gojek melengkapi protokol kesehatan dengan menyediakan fasilitas sekat pelindung yang membatasi pengemudi dan penumpang di layanan GoCar.

Sebagai bagian dari protokol kesehatan baru, Gojek tidak akan mengenakan tambahan biaya untuk fasilitas ini. Penggunaan sekat pelindung ini akan diimplementasikan secara bertahap di kota-kota operasional utama di Indonesia.

Baca selengkapnya di sini 

2. Galaxy Note 20 Akan Hadir dengan 5 Pilihan Warna

Samsung memang belum secara resmi kapan bakal mengumumkan kehadiran seri Galaxy Note 20.

Namun dari kabar yang beredar, perusahaan asal Korea Selatan tersebut akan mengungkap kehadiran penerus seri Galaxy Note 10 itu pada Agustus 2020.

Beragam bocoran informasi tentang Galaxy Note 20 pun marak beredar di dunia maya, salah satu yang terbaru adalah varian warna smartphone tersebut.

Baca selengkapnya di sini 

 

3. Kalahkan Lady Gaga dan Blackpink, Lagu Keke Bukan Boneka Rajai Trending di YouTube

Kekeyi (Sumber: YouTube/rahmawati kekeyi putri cantikka)
Kekeyi (Sumber: YouTube/rahmawati kekeyi putri cantikka)

Rahmawati Kekeyi Putri Cantika yang lebih dikenal dengan nama Kekeyi kembali menjadi perbincangan hangat warganet karena klip video bertajuk 'Keke Bukan Boneka' merajai trending di YouTube hari ini, Sabtu (30/5/2020).

Pantauan Tekno Liputan6.com, klip video milik Kekeyi belum genap 24 jam diunggah ke YouTube, langsung berada di posisi pertama trending YouTube Indonesia.

klip video 'Keke Bukan Boneka' bahkan mengalahkan lagu Lady Gaga berjudul 'Sour Candy' feat Blackpink.

Baca selengkapnya di sini

(Isk/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tragis, Pesta Ultah Berbuntut Penikaman Pasutri di Tomohon

Posted: 30 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Tomohon - Kerjasama Tim Khusus (Timsus) Maleo Polda Sulut, Tim Resmob Polres Tomohon dan Tim Resmob Polres Minahasa, Jumat (29/5/2020), berhasil meringkus FK alias Fandi (32), terduga pelaku penikaman pasangan suami istri (pasutri) di Minahasa.

Fandi merupakan warga Talete, Tomohon Tengah, Kota Tomohon. Diketahui, Fandi menikam pasutri Charles Kambey dan Kezia Pratasik, Sabtu (23/05) dini hari, di Jalan Katinggolan-Liningaan, Katinggolan, Tondano Timur, Minahasa.

Awalnya, Sabtu sekitar pukul 01.00 Wita, Fandi bersama satu temannya berboncengan sepeda motor dari Tomohon menuju rumah seorang warga Katinggolan yang sedang menggelar acara ulang tahun.

Tiba di lokasi acara, dia dan temannya langsung bergabung dengan tamu lainnya untuk menenggak minuman keras (miras). Di tengah-tengah acara, Fandi merasa tersinggung karena Charles Kambey memperlihatkan sajam (senjata tajam) sambil menatapnya.

Hingga akhirnya sekitar pukul 05.00 Wita, Fandi yang sudah mabuk kemudian membuat keributan sambil menenteng sanjata tajam. Dia lalu menikam Charles sebanyak dua kali di bagian dada, kemudian juga menikam paha Kezia Pratasik.

Usai beraksi, Fandi langsung melarikan diri untuk menghindar dari kejaran teman-teman korban. Sementara itu kedua korban menjalani perawatan medis.

Charles lalu melaporkan kejadian ini ke Polres Minahasa, dan juga memposting kejadian di media sosial. Timsus Maleo merespons informasi tersebut lalu mem-back up Tim Resmob Polres Tomohon dan Minahasa.

Akhirnya Timsus Maleo Polda Sulut dipimpin Ipda Fadhly berkolaborasi dengan Tim Resmob Polres Tomohon dipimpin Bripka Bima Pusung, dan Tim Resmob Polres Minahasa dipimpin Aiptu Ronny Wentuk untuk memburu pelaku.

Dalam perburuan, Fandi berhasil dibekuk saat berada di rumah temannya, di wilayah Matani 1, Tomohon Tengah. Dilanjutkan dengan pengembangan untuk mencari barang bukti.

Namun dalam perjalanan mencari barang bukti, Fandi berupaya memukul anggota tim untuk tujuan melarikan diri. Dia terpaksa 'dilumpuhkan' dengan timah panas di kakinya. Barang bukti berupa sebilah pisau badik sepanjang 45 sentimeter, akhirnya ditemukan.

Wakatimsus Maleo Polda Sulut AKP Frelly Sumampouw mengatakan, tersangka merupakan residivis kasus serupa yakni penikaman, yang beraksi di wilayah Tomohon dan Minahasa.

"Tersangka sudah tiga kali diproses hukum dan masuk penjara atas kasus penikaman," ujar Frelly.

Dia mengatakan, tersangka penikaman itu beserta barang bukti kemudian diserahkan ke Polres Minahasa untuk diproses lebih lanjut.

Simak Video Pilihan Berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PGRI: Pembukaan Sekolah Tanpa Kecermatan Tingkatkan Penularan COVID-19

Posted: 30 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) memandang bahwa kesehatan adalah prioritas utama. Sehingga pembukaan sekolah tanpa kehati-hatian dan kecermatan di era new normal malah bisa meningkatkan perluasan penularan COVID-19 pada siswa dan guru.

"Kami memandang serius persoalan pandemi COVID-19 dan menyadari bahwa kehidupan new normal memang harus berjalan, termasuk dunia pendidikan," kata Ketua Umum Pengurus Besar PGRI Prof Unifah Rosyidi di Jakarta seperti dikutip Antara.

Dalam pelaksaan normal baru dalam dunia pendidikan perlu mendengar dan menghimpun masukan dari banyak pihak. Mulai dari pakar pendidikan hingga ahli kesehatan.

Jika memang kondisi tidak memungkinkan untuk belajar secara langsung, tahun akademik dapat dilaksanakan pada Juli 2020 dengan pelaksanaan pembelajaran secara dalam jaringan (daring), pembelajaran campuran, serta luar jaringan (luring) dengan protokol kesehatan ketat agar sekolah tidak menjadi klaster baru dalam penyebaran COVID-19.

Terkait pemenuhan hak-hak anak untuk mendapatkan pendidikan, PGRI memandang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan perlu merancang standar kurikulum minimum, proses pembelajaran dan penilaian serta pemberian tugas-tugas sehingga pembelajaran dapat berlangsung dengan beban kurikulum minimal.

 

Saksikan juga video menarik berikut

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rahmawati Kekeyi Diduga Jiplak Hit Rinni Wulandari, Pencipta Lagu Aku Bukan Boneka Bereaksi

Posted: 30 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Single baru Rahmawati Kekeyi, "Keke Bukan Boneka" meledak di jagat maya. Di YouTube, "Keke Bukan Boneka" menjadi yang terpopuler, menggilas tembang anyar Lady Gaga dan Blackpink.

Sayang, kesukesan Rahmawati Kekeyi dibarengi gosip miring. Ada bagian lagu "Keke Bukan Boneka" yang sama dengan hit lawas Rinni Wulandari, "Aku Bukan Boneka."

Beberapa jam kemudian, pencipta lagu "Aku Bukan Boneka," Novi Umar bereaksi atas single baru Rahmawati Kekeyi yang mirip karyanya. Melalui kanal YouTube dan Instagram pada Sabtu (30/5/2020), Novi Umar membuat pernyataan sikap.

Pernyataan Sikap Novi Umar

Unggahan Novi Umar. (Foto: YouTube Novi Umar Official)
Unggahan Novi Umar. (Foto: YouTube Novi Umar Official)

Dalam video berdurasi 3 menit dan 55 detik, Novi Umar mengaku menerima banyak pesan dari teman lewat chat pribadi, Instagram, Twitter, dan Facebook terkait bagian lagu "Aku Bukan Boneka" yang dipakai penyanyi lain.

"Ada bagian dari lagu yang pernah saya buat untuk sahabat saya Rinni yaitu 'Aku Bukan Boneka' itu dipakai oleh penyanyi yang lain untuk single barunya," beri tahu Novi Umar.

 

Memaklumi Tapi...

Rinni Wulandari. (Foto: Instagram @rinni_w)
Rinni Wulandari. (Foto: Instagram @rinni_w)

Ia melanjutkan, "Menurut saya, saya mungkin akan memaklumi si penyanyi ini karena penyanyi ini bukan penyanyi yang sudah memiliki album atau sudah memiliki sekian banyak single sebelumnya." Maka wajar jika penyanyi anyar ini tidak paham tentang karya cipta dan hak kekayaan intelektual orang lain.

"Tapi yang saya sayangkan adalah saya yakin penyanyi ini memiliki manajemen atau manajer. Atau tempat label yang dia rilis single ini paham. Sangat paham sekali akan hal itu. Nah, itu yang saya sayangkan," Novi Umar menukas.

Mengambil Hak Tanpa Izin

Novi Umar. (Foto: Instagram @novi_umar81)
Novi Umar. (Foto: Instagram @novi_umar81)

Bagian lagu "Aku Bukan Boneka" yang dicomot untuk single Rahmawati Kekeyi pendek. "Nah itu tinggal diganti: Keke bukan boneka… boneka… boneka…. Part ini salah satu yang menjadi semacam racunnya lagu 'Aku Bukan Boneka'," terang Novi Umar.

Puncak lagu "Aku Bukan Boneka," kata Novi Umar, ada di bagian itu. Inilah yang disesalkan Novi Umar. "Itu menurut saya sama saja dengan mengambil hak saya tanpa seizin saya," ia menyambung.

 

Novi Akan Respek Jika...

Rinni Wulandari. (Foto: Instagram @rinni_w)
Rinni Wulandari. (Foto: Instagram @rinni_w)

"Saya akan lebih respek jika sebelumnya berkomunikasi ke saya pribadi atau ke Sony Music sebagai label tempat saya bernaung," sesalnya. Sebelumnya, Rinni Wulandari melontar sindiran kepada Rahmawati Kekeyi lantaran lagu "Keke Bukan Boneka" mirip lagunya.

Mengunggah potongan lagu Rahmawati Kekeyi pada Sabtu (30/5/2020), Rinni Wulandari mencuit, "Setelah sekian lama, akhirnya bisa nyanyi Aku Bukan Boneka lagi bareng temen duet baru." Rupanya, "Keke Bukan Boneka" ditulis Rahmawati Kekeyi sendiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Begini Orang Jerman Jalani Masa Lockdown Akibat Corona

Posted: 30 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Apa yang dilakukan orang Jerman saat lockdown? Simak usaha mereka untuk tetap terhibur saat terkurung nyaris dua bulan di rumah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Update Minggu 31 Mei: Total 645 Pasien Corona Masih Dirawat di RSD Wisma Atlet

Posted: 30 May 2020 08:59 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jumlah pasien terkait virus corona Covid-19 yang masih dirawat di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat hingga hari ini, Minggu (31/5/2020) mencapai 645 orang.

Jumlah pasien di RSD Wisma Atlet Kemayoran ini bertambah 15 orang, setelah sebelumnya berkurang hingga tersisa 630 orang.

"Pasien rawat inap berjumlah 645 orang," kata Perwira Penerangan Kogabwilhan-I Kolonel (Marinir) Aris Mudian, Minggu.

Adapun pasien positif yang dirawat di RSD Wisma Atlet Kemayoran juga bertambah 10 orang, dari sebelumnya 606 orang.

"Pasien Covid-19, 616 orang," ungkap Aris.

Untuk pasien dalam pengawasan (PDP) yang masih dirawat di RSD Wisma Atlet Kemayoran berjumlah 26 orang. Jumlah ini bertambah dua orang dari sebelumnya.

"Pasien ODP bertambah tiga orang," pungkasnya.

10 Provinsi Nol Kasus Positif

Petugas memantau penyebaran virus corona (COVID-19) di Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Senin (9/3/2020). Pemprov DKI Jakarta menyebut Posko COVID-19 menerima panggilan telepon sebanyak 2.689 terkait virus corona. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Petugas memantau penyebaran virus corona (COVID-19) di Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Senin (9/3/2020). Pemprov DKI Jakarta menyebut Posko COVID-19 menerima panggilan telepon sebanyak 2.689 terkait virus corona. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Juru bicara pemerintah untuk percepatan penanganan Covid-19 Achmad Yurianto melaporkan perkembangan kasus virus corona di Indonesia. Dia menyebut, per Sabtu (30/5/2020), terdapat 10 provinsi yang tidak ditemukan penambahan kasus baru positif Covid-19.

"Ada 10 provinsi yang tidak ditemukan kasus positif. Tetapi ada 5 provinsi yang kasus positifnya masih tinggi," ujar Yuri dalam konferensi pers daring di Graha BNPB, Jakarta, Sabtu.

Yuri menyebut, untuk sebaran kasus positif corona tertinggi masih terjadi di Jawa Timur dan DKI Jakarta.

Berikut 10 provinsi yang nol kasus baru positif Covid-19:

1. Aceh

2. Jambi

3. Kalimantan Barat

4. Kalimantan Selatan

5. Kalimantan Utara

6. Sawesi Tenggara

7. Sulawesi Tengah

8. Riau

9. Maluku

10. Sulawesi Barat

Sementara 5 provinsi yang penularannya masih tinggi yakni:

1. Jawa Timur bertambah 199 menjadi 4.613 

2. DKI Jakarta bertambah 110 menjadi 7.229

3. Sulawesi Selatan bertambah 42 menjadi 1.510

4. Kalimantan Tengah bertambah 31 menjadi 398

5. Jawa Barat bertambah 20 menjadi 2.231

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Laga Pamungkas Rexona Men Soccer Stars Challenge: Egy Maulana Vikri Tantang Andritany Ardhiyasa

Posted: 30 May 2020 08:55 PM PDT

Jakarta - Rexona Men Soccer Stars Challenge akan mempertemukan Egy Maulana Vikri versus Andritany Ardhiyasa dalam episode terakhir atau keenam hari ini.

Event esports yang memainkan game FIFA 20 dan bisa disaksikan secara live streaming di Vidio, Bola.com, dan Bola.net ini, Egy dan Adritany membawa misi berbeda.

Egy sang pemuncak klasemen tentu butuh tiga poin tambahan untuk memastikan titel juara dengan raihan sempurna. Sementara Andritany juga butuh kemenangan.

Karena kiper Persija Jakarta itu melewati dua laga pertama Rexona Men Soccer Stars Challenge dengan kekalahan.

Fakta di atas tentu menjanjikan episode keenam atau terakhir Rexona Men Soccer Stars Challenge bakal berlangsung seru.

Egy Mulus

Jadwal Pertandingan Rexona Men Soccer Stars Challenge. (Istimewa)
Jadwal Pertandingan Rexona Men Soccer Stars Challenge. (Istimewa)

Tidak seperti Andritany, langkah Egy di dua laga pertama Rexona Men Soccer Stars Challenge memang sangat mulus. Dari dua kali bermain, ia selalu meraih kemenangan.

Dia mengandaskan Irfan Bachdim dengan skor 4-3. Lalu ia turut membantai Gunawan Dwi Cahyo 5-1. Alhasil kini ia sedang memimpin klasemen dengan torehan enam poin.

Irfan sejatinya menempel Egy di puncak klasemen lewat torehan poin sama. Tapi pemain PSS Sleman itu sudah memainkan semua pertandingan.

Pertarungan antara Egy versus Andritany bisa disaksikan secara live streaming di Bola.com, Bola.net dan klik di sini untuk menonton dari Vidio.

Disadur dari: Bola.com (penulis Hendry W, published 31/5/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Menggemaskan Numa, Anak Keempat Mona Ratuliu dan Indra Brasco

Posted: 30 May 2020 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kebahagiaan masih menyelimuti pasangan selebriti Mona Ratuliu dan Indra Brasco. Setelah penantian sembilan bulan lamanya, pasangan yang menikah pada 2002 silam itu kembali dikaruniai buah hati. Mona Ratuliu melahirkan anak keempatnya pada Rabu 20 Mei 2020 pukul 20.20 WIB. 

Kabar bahagia tersebut pertama kali diketahui publik melalui unggahan sang suami. Melalui akun Instagramnya, Indra mengungkapkan rasa syukur Mona dan buah hatinya dalam keadaan sehat. Diketahui jenis kelamin anak keempat pasangan ini adalah perempuan.

Meski sempat merasa resah dan panik melahirkan di tengah pandemi Corona Covid-19, hal itu tak mengurangi rasa bahagia pasangan selebriti Mona dan Indra Brasco. Keduanya juga mengabadikan momen bahagia itu dengan foto dan video. Awalnya Mona maupun Indra sama-sama belum mengunggah potret wajah sang anak dan nama buah hatinya.

Namun akhirnya Mona dan sang suami memberitahu nama sang anak dan memperlihatkan wajahnya pada publik. Di video yang diunggah di channel YouTube MIC - MONA INDRA CHANNEL, Jumat (29/5/2020) anak keempat Mona Ratuliu dan Indra Brasco diberi nama Numa.

Banyak netizen yang dibuat gemas dengan wajah lucu baby Numa . Berikut potret Numa anak keempat pasangan selebriti Mona Ratuliu dan Indra Brasco dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (31/5/2020).

1. Putri keempat Mona dan Indra ini lahir di tanggal dan jam cantik, yakni 20 Mei 2020 pukul 20.20 WIB.

6 Potret Menggemaskan Numa, Anak Keempat Mona Ratuliu dan Indra Brasco (Sumber: Instagram/@monaratuliu)
6 Potret Menggemaskan Numa, Anak Keempat Mona Ratuliu dan Indra Brasco (Sumber: Instagram/@monaratuliu)

2. Rasa bahagia tak hanya dirasakan oleh keluarga Mona Ratuliu, para penggemar juga turut berbahagia atas kelahiran anak keempatnya.

6 Potret Menggemaskan Numa, Anak Keempat Mona Ratuliu dan Indra Brasco (Sumber: Instagram/@monaratuliu)
6 Potret Menggemaskan Numa, Anak Keempat Mona Ratuliu dan Indra Brasco (Sumber: Instagram/@monaratuliu)

3. Meski Mona awalnya tak memperlihatkan wajah sang anak, kini banyak orang dapat melihat wajah menggemaskan baby Numa.

6 Potret Menggemaskan Numa, Anak Keempat Mona Ratuliu dan Indra Brasco (Sumber: Instagram/@monaratuliu)
6 Potret Menggemaskan Numa, Anak Keempat Mona Ratuliu dan Indra Brasco (Sumber: Instagram/@monaratuliu)

4. Momen Lebaran keluarga Mona dan Indra tampak semakin lengkap dengan kehadiran buah hati keempatnya.

6 Potret Menggemaskan Numa, Anak Keempat Mona Ratuliu dan Indra Brasco (Sumber: Instagram/@monaratuliu)
6 Potret Menggemaskan Numa, Anak Keempat Mona Ratuliu dan Indra Brasco (Sumber: Instagram/@monaratuliu)

5. Numa tampak begitu menggemaskan saat mengenakan face shield.

6 Potret Menggemaskan Numa, Anak Keempat Mona Ratuliu dan Indra Brasco (Sumber: Instagram/@monaratuliu)
6 Potret Menggemaskan Numa, Anak Keempat Mona Ratuliu dan Indra Brasco (Sumber: Instagram/@monaratuliu)

6. Potret kolase baby Numa dan sang kakak, Raka. Tak sedikit netizen yang menyebut keduanya mirip.

6 Potret Menggemaskan Numa, Anak Keempat Mona Ratuliu dan Indra Brasco (Sumber: Instagram/@monaratuliu)
6 Potret Menggemaskan Numa, Anak Keempat Mona Ratuliu dan Indra Brasco (Sumber: Instagram/@monaratuliu)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peta Sebaran COVID-19 Surabaya 30 Mei 2020: Pasien Positif Tembus 2.495 Orang

Posted: 30 May 2020 08:41 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jumlah pasien positif Corona COVID-19 di Surabaya, Jawa Timur masih menunjukkan kenaikan. Pasien positif Corona COVID-19 bertambah 101 orang pada 30 Mei 2020.

Mengutip peta sebaran Corona COVID-19 di laman lawancovid-19, Minggu  (31/5/2020), berdasarkan sumber dinas kesehatan Kota Surabaya, total pasien positif Corona COVID-19 tembus 2.495 orang. Rinciannya 2.398 orang dari Surabaya dan 97 orang dari luar Surabaya hingga 30 Mei 2020.

Total pasien terkonfirmasi positif COVID-19 dalam perawatan sebanyak 2.061 orang. Pasien sembuh dari Corona COVID-19 di Surabaya mencapai 183 orang dan dari luar Surabaya sebanyak 17 orang.

Sementara itu, pasien meninggal karena Corona COVID-19 bertambah menjadi 228 orang dan dari luar Surabaya sebanyak enam orang. Total pasien dalam pengawasan (PDP) terkait Corona COVID-19 mencapai 3.021 orang. Dari jumlah tersebut, PDP dalam pengawasan sebanyak 1.952 orang dan PDP sembuh mencapai 1.066 orang. PDP meninggal ada tiga orang.

Selain itu, total kumulatif ODP mencapai 3.698 orang. Rinciannya ODP dipantau sebanyak 555 orang dan ODP selesai dipantau ada 3.143 orang.

Di Surabaya, pasien positif Corona COVID-19 terbanyak ditemui di Surabaya Timur yang mencapai 827 pasien, di Surabaya Selatan sebanyak 502 pasien dan Surabaya Utara sebanyak 495 pasien.

Rincian per Wilayah

Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Surabaya Barat:

Pasien Positif: 284 Orang

Konfirmasi sembuh: 32 orang

ODP:673 orang

ODP selesai dipantau: 595 orang

ODP dipantau: 78 orang

PDP: 579 Orang

PDP sembuh: 258 orang

PDP meninggal: -

Konfirmasi meninggal: 18 orang

Surabaya Pusat:

Pasien positif: 387 orang

Konfirmasi sembuh: 20 orang

ODP: 413 orang

ODP selesai dipantau: 343 orang

ODP dipantau: 70 orang

PDP: 383 orang

PDP sehat: 105 orang

PDP meninggal: satu orang

Konfirmasi meninggal: 51 orang

Surabaya Selatan:

Pasien positif: 502 orang

Konfirmasi sembuh: 55 orang

ODP: 1.026 orang

ODP selesai dipantau: 854 orang

ODP dipantau: 172 orang

PDP: 672 orang

PDP sembuh: 278 orang

Konfirmasi meninggal: 48 orang

Surabaya Timur

Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Balai Kota Surabaya (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Surabaya Timur:

Pasien positif: 827 orang

Konfirmasi sembuh: 64 orang

ODP: 1.168 orang

ODP selesai dipantau: 1.009 orang

ODP dipantau: 159 orang

PDP: 822 orang

PDP sehat: 254 orang

PDP meninggal: -

Konfimasi meninggal: 56 orang

Surabaya Utara:

Pasien positif: 495 orang

Konfirmasi sembuh: 29 orang

Konfirmasi meninggal: 61 orang

ODP: 418 orang

ODP selesai dipantau: 342 orang

ODP dipantau: 76 orang

PDP: 565 orang

PDP sehat: 171 orang

PDP meninggal: 1 orang

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Masjid Al-Aqsa Resmi Kembali Dibuka

Posted: 30 May 2020 08:40 PM PDT

Muslim Palestina masuk untuk beribadah di kompleks masjid al-Aqsa, situs paling suci ketiga bagi Islam, di Yerusalem, Minggu (31/5/2020). Kompleks masjid Al-Aqsa kembali dibuka hari ini, Minggu (31/5) setelah ditutup dua bulan sebagai bagian upaya memutus penularan virus corona (Ahmad GHARABLI/AFP)
Muslim Palestina masuk untuk beribadah di kompleks masjid al-Aqsa, situs paling suci ketiga bagi Islam, di Yerusalem, Minggu (31/5/2020). Kompleks masjid Al-Aqsa kembali dibuka hari ini, Minggu (31/5) setelah ditutup dua bulan sebagai bagian upaya memutus penularan virus corona (Ahmad GHARABLI/AFP)

Muslim Palestina masuk untuk beribadah di kompleks masjid al-Aqsa, situs paling suci ketiga bagi Islam, di Yerusalem, Minggu (31/5/2020). Kompleks masjid Al-Aqsa kembali dibuka hari ini, Minggu (31/5) setelah ditutup dua bulan sebagai bagian upaya memutus penularan virus corona (Ahmad GHARABLI/AFP)

Muslim Palestina melakukan ibadah di kompleks masjid al-Aqsa, situs paling suci ketiga bagi umat Islam, di Yerusalem, Minggu (31/5/2020). Kompleks masjid Al-Aqsa kembali dibuka hari ini, Minggu (31/5) setelah ditutup dua bulan sebagai bagian upaya memutus penularan virus corona. (Ahmad GHARABLI/AFP)
Muslim Palestina melakukan ibadah di kompleks masjid al-Aqsa, situs paling suci ketiga bagi umat Islam, di Yerusalem, Minggu (31/5/2020). Kompleks masjid Al-Aqsa kembali dibuka hari ini, Minggu (31/5) setelah ditutup dua bulan sebagai bagian upaya memutus penularan virus corona. (Ahmad GHARABLI/AFP)

Muslim Palestina melakukan ibadah di kompleks masjid al-Aqsa, situs paling suci ketiga bagi umat Islam, di Yerusalem, Minggu (31/5/2020). Kompleks masjid Al-Aqsa kembali dibuka hari ini, Minggu (31/5) setelah ditutup dua bulan sebagai bagian upaya memutus penularan virus corona. (Ahmad GHARABLI/AFP)

Muslim Palestina berdoa di kompleks masjid al-Aqsa, situs paling suci ketiga bagi umat Islam, di Yerusalem, Minggu (31/5/2020). Kompleks masjid Al-Aqsa resmi kembali dibuka hari ini, Minggu (31/5) setelah ditutup dua bulan sebagai bagian upaya memutus penularan virus corona. (Ahmad GHARABLI/AFP)
Muslim Palestina berdoa di kompleks masjid al-Aqsa, situs paling suci ketiga bagi umat Islam, di Yerusalem, Minggu (31/5/2020). Kompleks masjid Al-Aqsa resmi kembali dibuka hari ini, Minggu (31/5) setelah ditutup dua bulan sebagai bagian upaya memutus penularan virus corona. (Ahmad GHARABLI/AFP)

Muslim Palestina berdoa di kompleks masjid al-Aqsa, situs paling suci ketiga bagi umat Islam, di Yerusalem, Minggu (31/5/2020). Kompleks masjid Al-Aqsa resmi kembali dibuka hari ini, Minggu (31/5) setelah ditutup dua bulan sebagai bagian upaya memutus penularan virus corona. (Ahmad GHARABLI/AFP)

Muslim Palestina melakukan ibadah di kompleks masjid al-Aqsa, situs paling suci ketiga bagi umat Islam, di Yerusalem, Minggu (31/5/2020). Kompleks masjid Al-Aqsa kembali dibuka hari ini, Minggu (31/5) setelah ditutup dua bulan sebagai bagian upaya memutus penularan virus corona. (Ahmad GHARABLI/AFP)
Muslim Palestina melakukan ibadah di kompleks masjid al-Aqsa, situs paling suci ketiga bagi umat Islam, di Yerusalem, Minggu (31/5/2020). Kompleks masjid Al-Aqsa kembali dibuka hari ini, Minggu (31/5) setelah ditutup dua bulan sebagai bagian upaya memutus penularan virus corona. (Ahmad GHARABLI/AFP)

Muslim Palestina melakukan ibadah di kompleks masjid al-Aqsa, situs paling suci ketiga bagi umat Islam, di Yerusalem, Minggu (31/5/2020). Kompleks masjid Al-Aqsa kembali dibuka hari ini, Minggu (31/5) setelah ditutup dua bulan sebagai bagian upaya memutus penularan virus corona. (Ahmad GHARABLI/AFP)

Muslim Palestina berdoa di kompleks masjid al-Aqsa, situs paling suci ketiga bagi umat Islam, di Yerusalem, Minggu (31/5/2020). Kompleks masjid Al-Aqsa resmi kembali dibuka hari ini, Minggu (31/5) setelah ditutup dua bulan sebagai bagian upaya memutus penularan virus corona. (Ahmad GHARABLI/AFP)
Muslim Palestina berdoa di kompleks masjid al-Aqsa, situs paling suci ketiga bagi umat Islam, di Yerusalem, Minggu (31/5/2020). Kompleks masjid Al-Aqsa resmi kembali dibuka hari ini, Minggu (31/5) setelah ditutup dua bulan sebagai bagian upaya memutus penularan virus corona. (Ahmad GHARABLI/AFP)

Muslim Palestina berdoa di kompleks masjid al-Aqsa, situs paling suci ketiga bagi umat Islam, di Yerusalem, Minggu (31/5/2020). Kompleks masjid Al-Aqsa resmi kembali dibuka hari ini, Minggu (31/5) setelah ditutup dua bulan sebagai bagian upaya memutus penularan virus corona. (Ahmad GHARABLI/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gugus Tugas Nasional Catat 39 Ribu Data Penyelidikan Epidemiologi Covid-19

Posted: 30 May 2020 08:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mencatat, sebanyak 39 ribu data penyelidikan epidemiologi lewat sistem informasi terintegrasi yakni Bersatu Lawan Covid-19 (BLC). Data tersebut menjadi landasan pemulihan aktivitas masyarakat selama pandemi virus corona Covid-19.

Pakar Informatika Penyakit Menular dan Epidemiologi Gugus Tugas Covid-19, Dewi Nur Aisyah menyampaikan, pelaporan data dari daerah ke pusat menjadi lebih cepat lewat BLC.

"Sampai dengan hari ini, sistem Bersatu Lawan Covid-19 telah mencatat sebanyak 39.000 data penyelidikan epidemiologi," tutur Dewi di Graha BNPB, Jakarta Timur, Minggu (31/5/2020).

Menurut Dewi, catatan tersebut dapat memaksimalkan kinerja untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait risiko maupun daerah rawan yang ada di sekitarnya.

Data penyelidikan itu dikumpulkan dari sebaran Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP), pasien positif, kontak erat pelaku perjalanan yang didapatkan dari Puskesmas, Rumah Sakit (RS), dan Dinas Kesehatan.

"Data dari sistem tersebut juga diintegrasikan dengan RS online di bawah koordinasi Dirjen Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI," jelas dia.

 

Target Kasus Turun 50 Persen

Petugas menunjukan penyebaran virus corona (COVID-19) pada layar pemantau di Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Senin (9/3/2020). Sampai hari ini, Posko COVID-19 DKI Jakarta terlah dihubungi 3.580 orang. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Petugas menunjukan penyebaran virus corona (COVID-19) pada layar pemantau di Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Senin (9/3/2020). Sampai hari ini, Posko COVID-19 DKI Jakarta terlah dihubungi 3.580 orang. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Dewi menyebut, pemerintah telah menargetkan penurunan kasus Covid-19 hingga 50 persen. Catatan di BLC mulai dari ODP, PDP, pasien sembuh, hingga yang meninggal karena corona pun harus dipantau setiap minggunya.

Sementara untuk jumlah spesimen kasus positif yang diperiksa oleh laboratorium, targetnya diharapkan hanya mencapai lima persen.

"Targetnya adalah yang positif hanya 5 persen, jika yang positif mencapai 5 persen maka menunjukkan bahwa sudah baik, penularan yang ada di masyarakat dapat terkontrol dengan baik," Dewi menandaskan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klub Serie A Wacanakan Suporter Bergantian Nonton Langsung ke Stadion

Posted: 30 May 2020 08:35 PM PDT

Jakarta - Penyebaran virus corona covid-19 di Italia mulai menurun. Itu sebabnya klub Serie A berharap pertandingan bisa digelar dengan penonton dalam waktu dekat.

Presiden Lecce, Saverio Sticchi Damiani, mengungkapkan ide dengan membuka laga untuk suporter secara bergiliran. 

"Kami merenungkannya, tentu saja setelah sepak bola mendapat lampu hijau untuk kembali bergulir. Saya pikir, jika memungkinkan, penonton bisa ke stadion dengan sistem rotasi," katanya.

Misalnya, dalam satu pertandingan ditonton 15 atau 20 ribu penonton yang bisa hadir dari kapasitas 30 ribu di stadion mereka.

"Jadi akan menyenangkan untuk menawarkan kepada beberapa penggemar kami secara bergiliran dan tentunya dengan protokol kesehatan yang ketat, terutama menjaga jarak," imbuhnya.

Corriere dello Sport mencatat, kursi di stadion selebar 45cm. Maka satu orang penonton bisa ditempatkan di tiga kursi (duduk di tengah). Selain itu, ada pemeriksaan suhu tubuh sebelum masuk, wajib menggunakan masker, dan membawa hand sanitizer.

Italia merupakan negara dengan kematian terbanyak kedua di Eropa. Tiga wilayah yang masih tepapar ialah Lombardy, Piedmont, dan Liguria.

Restoran juga sudah diizinkan untuk membuka kembali dengan protokol menjaga jarak. Sementara, terkait suporter bisa menonton laga di stadion, masih dibahas oleh Serie A, otoritas sepak bola Italia dan pemerintah.

Sulit Terwujud

Aksi suporter Juventus mengibarkan bendera saat mendukung timnya melawan Tottenham pada laga 16 besar Liga Champions di The Allianz Stadium, Turin, (13/2/2018). Juventus bermain imbang 2-2 dengan Tottenham.  (AFP/Migul Medina)
Aksi suporter Juventus mengibarkan bendera saat mendukung timnya melawan Tottenham pada laga 16 besar Liga Champions di The Allianz Stadium, Turin, (13/2/2018). Juventus bermain imbang 2-2 dengan Tottenham. (AFP/Migul Medina)

Menurut Damiani, klub juga berharap bisa mendapat pemasukan dari tiket untuk mengatasi krisis finansial akibat pandemi ini.

Namun, harapan Damiani tampaknya sulit terwujud karena pemerintah Italia menetapkan semua pertandingan olahraga di negara itu wajib tanpa penonton.

Dalam peraturan terbaru, di Italia diperbolehkan berkumpul 300 orang di area indoor seperti bioskop dan mall dan 1.000 orang di area terbuka.

Beberapa negara di Eropa, yakni Polandia dan Serbia telah mengumumkan rencana untuk membuka kembali stadion dengan kapasitas sekitar 25 persen mulai Juni. Rusia juga merencanakan hal yang sama.

Sumber: Corriere dello Sport via Football Italia

Disadur dari: Bola.com (penulis Wiwig P, published 31/5/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Deretan Dokter yang Meninggal Akibat Virus Corona

Posted: 30 May 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sudah banyak tenaga medis yang gugur saat terinfeksi virus coron saat tangani pasien covid-19. Mereka bejasa besar berperan sebagai garda terdepan melawan corona.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Betah di Arsenal, David Luiz Ingin Pensiun bersama Benfica

Posted: 30 May 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, London - Bek Arsenal, David Luiz, mengatakan, punya mimpi untuk gantung sepatu dengan seragam Benfica. David Luiz mengaku telah berbicara dengan Presiden Benfica, Luis Filipe Vieira, tentang rencananya.

Pemain internasional Brasil ini ingin kembali memperkuat klub raksasa Portugal itu di masa depan. David Luiz bergabung dengan Benfica pada 2007 setelah dipinjamkan dari klub Brasil Vitoria.

Di tahun yang sama, pemain berambut keriting ini dikontrak permanen oleh Benfica. David Luiz kemudian membantu Benfica memenangkan empat gelar, sebelum pindah ke Chelsea pada 2011.

"Saya sudah berbicara dengan Vieira soal rencana kembali," ungkap David Luiz kepada media Portugal, Record, seperti dilansir Sky Sports.

"Mimpi saya adalah menutup karier di Benfica. Kapankah itu, saya tidak tahu, tapi pastinya akan terjadi," jelas mantan pemain Paris Saint-Germain (PSG) ini.

Momen Terindah

David Luiz (tengah) saat masih membela Benfica. (AFP PHOTO / PAULO CORDEIRO)
David Luiz (tengah) saat masih membela Benfica. (AFP PHOTO / PAULO CORDEIRO)

David Luiz mengaku punya hubungan yang baik dengan orang-orang di Benfica. Pemain berusia 33 tahun ini tidak pernah melupakan saat-saat ketika dia masih berkostum klub berjulukan As Águias itu.

"Jika Presiden Vieira memperbolehkan dan suporter menginginkan saya kembali, itu akan menjadi momen terindah dalam karier saya," tutur David Luiz.

Pengganti Koscielny

Pada musim panas lalu, David Luiz meninggalkan Chelsea untuk menyeberang ke klub London lainnya, Arsenal. Dia diplot sebagai pengganti Laurent Koscielny di lini belakang The Gunners.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Syahrini dan Reino Barack Akhirnya Bicara Soal Kasus Video Asusila

Posted: 30 May 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu lalu tersebar video asusila seorang perempuan mirip Syahrini di dunia maya. Pihak Syahrini akhirnya membuat laporan ke Polda Metro Jaya atas kasus dugaan pencemaran nama baik dan pornografi melalui media elektronik.

Sempat bungkam, Syahrini dan suaminya, Reino Barack, akhirnya buka suara terkait kasus ini. Kali pertama melihat videonya, Reino Barack yakin betul bahwa wanita itu bukan istrinya.

"Suatu hari saya terima WhatsApp dari adik ipar saya bahwa ada fitnah. Unggahan video syur yang dinyatakan mirip dengan istri saya," ujar suami Syahrini saat diwawancara Hotman Paris di Hotroom Metro TV, Sabtu (30/5/2020).

Sudah Melampaui Batas

(Adrian Putra/Bintang.com)
(Adrian Putra/Bintang.com)

"Saya buka link-nya, saya lihat sudah pasti bukan, karena rambutnya aja. Ini udah jelas termasuk fitnahan," pria yang berprofesi sebagai pengusaha ini menerangkan.

Reino Barack merasa bahwa tindakan tersebut sudah melampaui batas. Demi membersihkan nama baik istri, mantan kekasih Luna Maya ini memutuskan untuk menyelesaikan masalah lewat jalur hukum.

Olokan Receh Hingga Fitnah

Syahrini dan Reino Barack. (Kapanlagi.com)
Syahrini dan Reino Barack. (Kapanlagi.com)

"Sebagai suami dan kepala keluarga, saya rasa ini udah melewati batas. Isinya ya fitnahanlah. Macam-macam dari olokan receh sampai olokan fitnahan," tuturnya.

Lebih lanjut, Syahrini mengakui bahwa setelah menikah dengan Reino Barack, ia memiliki banyak haters alias pembenci.

Pembenci Makin Kasar

Syahrini. (Foto: Instagram @princessyahrini)
Syahrini. (Foto: Instagram @princessyahrini)

"Kita punya haters itu zaman aku single itu tidak separah ini. Kita enggak pernah nanggepin itu. Pas menikah semua semakin kasar dan udah enggak wajar dan enggak normal," tutur Syahrini.

 

Dendam dan Sakit Hati

Syahrini. (Foto: Instagram @princessyahrini)
Syahrini. (Foto: Instagram @princessyahrini)

Sebelumnya, polisi mengamankan satu terduga pelaku penyebaran video syur mirip Syahrini, pada Rabu, 27 Mei 2020. Usai diamankan, pelaku langsung diperiksa.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes, Yusri Yunus, menyebut pelaku berinisial MS, menyebarkan video tersebut karena dendam dan sakit hati. Saat ini polisi masih memburu satu pelaku lagi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu, Kenali Ciri-cirinya

Posted: 30 May 2020 08:28 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cara membedakan madu asli dan palsu bisa dilakukan dengan melakukan pengujian. Setelah melakukan beberapa cara pengujian tersebut, nantinya kamu akan melihat perbedaan dari madu asli dan palsu melalui ciri-cirinya.

Madu dihasilkan oleh lebah dan serangga dari nektar bunga. Bentuknya cair seperti sirup, tetapi wujudnya lebih kental dan memiliki rasa yang manis. Madu asli terkenal dengan berbagai manfaatnya untuk kesehatan. 

Sedangkan, madu palsu merupakan cairan yang secara fisik mirip dengan madu asli, namun sebenarnya adalah madu yang dicampur dengan bahan lain, terutama larutan sukrosa maupun sirup glukosa/fruktosa. Hal ini menyebabkan madu palsu dapat membahayakan kesehatan karena tinggi kandungan gula.

Cara membedakan madu asli dan palsu penting dikenali untuk menjaga kesehatan. Memang, cukup sulit untuk melihat dan membedakan madu asli tanpa campuran dan madu palsu hanya melalui kemasan saja. Oleh karena itu, kamu harus lebih jeli dan paham dalam membedakan madu asli dan madu palsu.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuktikan keaslian madu. Walaupun cara ini tak bisa dilakukan sebelum membeli, cara ini bisa dijadikan pelajaran untuk tidak memilih produk madu yang sama. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (31/5/2020) tentang cara membedakan madu asli dan palsu

Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu

Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu (Sumber: iStock)
Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu (Sumber: iStock)

Mencobanya dengan Korek Api

Cara membedakan madu asli dan palsu yang pertama bisa dilakukan dengan mencobanya pada korek api. Caranya adalah dengan melumuri ujung korek api kayu dengan madu. Kemudian gesekkan ujung korek api yang sudah dilumuri dengan madu untuk dinyalakan.

Kalau korek api masih menyala setelah dilumuri madu, maka madu tersebut asli. Sedangkan kalau madu itu palsu atau sudah dicampur dengan bahan lain, maka korek api tidak mau menyala.

Menguji Madu dengan Kertas

Cara membedakan madu asli dan campuran berikutnya adalah dengan menguji madu dengan kertas. Kamu hanya perlu meneteskannya atau menuangkannya ke kertas kosong. Setelah itu cobalah untuk merobek kertas yang sudah kamu tuangkan madu tadi.

Kalau kertas tidak mudah robek, maka madu itu benar-benar murni atau asli. Namun sebaliknya, apabila kertas tersebut mudah dirobek, maka madu itu palsu atau sudah ada campurannya.

Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu

Ilustrasi Madu (iStockphoto)
Ilustrasi Madu (iStockphoto)

Merebus Madu dengan Menggunakan Sendok

Merebus madu dengan menggunakan sendok juga bisa dilakukan sebagai cara membedakan madu asli dan palsu. Untuk bisa melihat ciri-ciri madu asli tanpa campuran, kamu bisa merebus madu di atas sendok. Caranya, cukup tuangkan madu ke dalam satu sendok. Kemudian panaskan sendok yang sudah terisi madu di atas lilin atau api.

Kalau madu tersebut mengeluarkan busa yang cukup banyak dan hampir atau tumpah dari sendok, maka dapat disimpulkan kalau madu tersebut asli atau murni. Namun, kalau madu tersebut hanya mengeluarkan sedikit busa, maka madu tersebut bisa dikatakan madu palsu atau telah dicampuri dengan bahan lain di dalamnya.

Membekukan Madu

Cara membedakan madu asli dan palsu juga bisa dilakukan dengan membekukannya. Untuk membuktikan madu itu asli atau tidak, kamu bisa mencobanya dengan memasukkan madu ke dalam freezer.

Kalau madu tersebut tidak membeku setelah beberapa lama, maka madu tersebut asli. Namun kalau madu yang kamu taruh di dalam freezer menjadi beku, maka madu tersebut sudah ada campurannya atau palsu.

Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu

ilustrasi madu/pexels
ilustrasi madu/pexels

Meneteskan Madu ke Air

Ciri-ciri madu asli tanpa campuran bisa kamu coba dengan memasukkan tetesan madu ke dalam air. Cara membedakan madu asli dan palsu ini dilakukan dengan memasukkan satu sendok tetesan madu ke dalam air.

Kalau tetesan madu tersebut tidak tercampur dengan air dan jatuh ke dasar air, maka madu tersebut asli. Sedangkan jika tetesan madu yang tercampur atau bahkan terapung dalam air, maka madu tersebut palsu atau sudah ada bahan campurannya.

Kenali Aromanya

Cara membedakan madu asli dan palsu juga dapat dilakukan dengan mengenali aromanya. Kamu bisa memastikan sebuah madu adalah madu asli jika memiliki memiliki aroma khas bunga yang dijadikan bahan nektar, misalnya bunga akasia, kapuk, kelengkeng, rambutan, dan lain-lain. Sedangkan madu palsu tidak akan memiliki aroma tersebut.

Itulah beberapa cara membedakan madu asli dan palsu yang perlu kamu ketahui. Membedakan madu asli dan palsu juga bisa dirasakan dengan mencicipi rasanya. Rasa madu asli akan tetap tertinggal di mulut selama beberapa menit. Sedangkan jika rasa yang ditinggalkan sangat manis dan hanya sebentar, kemungkinan itu adalah madu palsu.

Untuk mendapatkan madu yang sudah terjamin keasliannya, kamu bisa langsung membeli madu murni ke pasar petani madu. Tentunya kamu bisa mendapatkan madu yang masih murni tanpa adanya tambahan. Jika tidak, kamu bisa menerapkan cara membedakan madu asli dan palsu yang telah dijabarkan di atas.  

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perdana, SpaceX Sukses Kirim 2 Astronaut NASA ke Angkasa Luar

Posted: 30 May 2020 08:28 PM PDT

Liputan6.com, Florida - Pada Sabtu 30 Mei 2020, SpaceX meluncurkan dua astronaut NASA Bob Behnken dan Doug Hurley ke orbit, menjadikan misi itu sebagai keberhasilan perdana perusahaan ruang angkasa swasta yang didirikan Elon Musk dalam mengirim wahana berawak ke angkasa luar.

 Pada pukul 3:22 siang waktu setempat, Roket Falcon 9 dan pesawat ruang angkasa Crew Dragon milik SpaceX lepas landas dari Kennedy Space Center NASA di Florida, Amerika Serikat. 

Sekitar 12 menit kemudian, Crew Dragon dilaporkan mencapai orbit dengan sukses. Kesuksesan itu juga menandai pertama kalinya peluncuran awak NASA dari tanah AS sejak 9 tahun terakhir.

Para astronaut itu dijadwalkan untuk mencapai Stasiun Angkasa Luar Internasional (ISS) pada Minggu pagi (31/5/2020) dan akan menghabiskan beberapa bulan disana belum kembali ke Bumi.

Kapsul itu juga dikatakan sebagai pesawat ruang angkasa pertama yang dirancang dan dibangun oleh perusahaan swasta untuk membawa astronaut ke angkasa luar dan menuju ke ISS.

Astronaut NASA Bob Behnken mengatakan mengenai peluncuran tersebut, bahwa "itu luar biasa," beberapa saat setelah pesawat ruang angkasa mencapai orbit. 

Bob Behnken lalu juga menyampaikan apreasiasi dan terima kasihnya dengan mengucapkan, "Saya menghargai semua kerja keras dan terima kasih untuk perjalanan luar biasa ke angkasa luar."

Pada tahun 2002, Elon Musk mendirikan SpaceX dan sejak itu menyatakan kredo informal untuk "menjadikan manusia spesies multi-planet."

SpaceX sampai saat ini telah meluncurkan puluhan satelit dan pesawat ruang angkasa, tetapi, sebelum Sabtu kemarin, SpaceX belum pernah membawa manusia ke angkasa luar, seperti dikutip dari CNBC, Minggu (31/5/2020).

Misi peluncuran perdana itu sempat dijadwalkan berlangsung pada pertengahan pekan ini, namun ditunda akibat cuaca buruk.

Roket Falcon 9 Berhasil Mendarat Di Bumi

Dua Astronaut NASA, Bob Behnken dan Doug Hurley saat berada di dalam kapsul SpaceX Crew Dragon (Photo Credit: NASA TV/AFP/)
Dua Astronaut NASA, Bob Behnken dan Doug Hurley saat berada di dalam kapsul SpaceX Crew Dragon (Photo Credit: NASA TV/AFP/)

SpaceX juga berhasil mendaratkan booster dari Roket Falcon 9. Booster adalah bagian bawah roket yang besar, yang berhasil memasuki kembali atmosfer Bumi dan mendarat di kapal drone perusahaan di Samudera Atlantik.

Bob Cabana, Direktur NASA Kennedy Space Center, mengatakan sebelum peluncuran bahwa "Ini hanya permulaan: itu hanya akan menjadi lebih baik."

Untuk mengembangkan pesawat ruang angkasa baru di bawah program yang disebut Commercial Crew, NASA memberikan SpaceX dan Boeing kontrak masing-masing senilai $ 3.1 miliar m(sekitar Rp. 45 triliun) dan $ 4,8 miliar (sekitar Rp. 70 triliun).

Untuk SpaceX, peluncuran Demo-2 mewakili tes penerbangan terakhir kapsul Crew Dragon-nya, dibuat untuk membawa sebanyak tujuh orang ke angkasa luar.

Dengan perkiraan dana untuk membayar SpaceX sekitar $ 55 juta per astronaut (sekitar Rp. 805 miliar), NASA berencana untuk menerbangkan para astronautnya secara teratur ke Stasiun Luar Angkasa (ISS).

Setelah misi tersebut dimulai, SpaceX juga dikatakan berencana untuk menggunakan pesawat ruang angkasa Crew Dragon untuk misi lainnya. Hal ini termasuk wisata antariksa.

NASA juga dilaporkan akan menyiarkan liputan langsung 24 jam tanpa henti dari SpaceX Demo-2. Webcast dimulai empat jam sebelum lepas landas dan akan berlanjut sampai pesawat ruang angkasa Crew Dragon berlabuh dengan ISS.

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kesulitan di Masa Pandemi, McLaren Terpaksa PHK Ribuan Karyawan

Posted: 30 May 2020 08:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - McLaren dikabarkan akan melakukan restrukturisasi dengan mengurangi jumlah karyawannya. Tak tanggung-tanggung, jumlahnya mencapai ribuan karyawan. Restrukturisasi ini sebagai imbas dari pandemi Corona Covid-19.

Sedikitnya ada 1.200 pekerja di teknologi terapan, bisnis, dan balap yang harus dirumahkan karena tak memiliki pekerjaan setelah virus merebak.

Perusahaan asal Inggris tersebut juga menegaskan, pembatalan acara balap, menghentikan sementara kegiatan manufaktur dan penjualan ritel secara global menjadi penyebab utama.

"Ini sebenarnya adalah tindakan yang harus dihindari, karena kami telah melakukan langkah-langkah penghematan biaya yang dramatis di semua area bisnis. Tapi kami tidak punya pilihan lain selain mengurangi jumlah tenaga kerja kami," kata Ketua Eksekutif McLaren, Paul Walsh, seperti dilansir Reuters.

Jumlah karyawan yang harus dirumahkan tercatat mencapai 25 persen dari seluruh pekerja yang dimiliki McLaren. Sebelum adanya pemangkasan, perusahaan mobil mewah ini memiliki 4.000 pekerja.

 

Tim Formula 1

Khusus operasional Formula 1 McLaren diperkirakan akan kehilangan sekitar 70 orang dari 800 tenaga kerjanya.

Namun, diprediksi akan ada fase kedua pemangkasan pada 2021 begitu tim telah mempertimbangkan kesepakatan batas anggaran untuk seluruh cabang olahraga baru-baru ini.

Sementara krisis corona virus telah mendorong redudansi di seluruh kelompok, batasan biaya telah menjadi pengaruh terbesar pada tim balap.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Covid-19 Mulai Terkendali, Ini Rincian Kasus Corona di Jakarta Selama Mei 2020

Posted: 30 May 2020 08:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jumlah pasien positif virus corona atau Covid-19 di Jakarta terus bertambah. Berdasarkan data website corona.jakarta.go.id per Sabtu (30/5/2020), total kasus positif di DKI mencapai 7.151 orang. 

Dalam website tersebut juga dituliskan jumlah pasien yang dinyatakan sembuh sebanyak 2.003 orang, meninggal 519 orang, yang masih mendapatkan perawatan 1.848 orang, dan yang melakukan isolasi mandiri sebanyak 2.781 orang.

Ribuan kasus corona tersebut tersebar di lima kota administrasi dan satu kabupaten di Jakarta. Mulai dari Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Utara, dan Kabupaten Kepulauan Seribu.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengklaim, penyebaran virus corona Covid-19 di Ibu Kota sudah mulai terkendali. Namun, kata dia, permasalahan terkait Covid-19 belum usai.

"Saat ini, Jakarta sudah menunjukkan tanda-tanda wabahnya melandai, tapi masalahnya belum selesai," kata Anies dalam keterangannya, Jumat (29/5/2020).

Anies menyebut, melandainya penyebaran virus corona di Jakarta karena ketaatan masyarakat menjalani protokol kesehatan selama penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Dia menyebut, kegiatan yang bisa mengumpulkan massa tak berjalan, begitu juga dengan roda ekonomi.

Saat ini, Pemprov DKI Jakarta tengah melaksanakan PSBB fase 3 yang berlangsung hingga 4 Juni 2020. Sementara itu, PSBB di Jakarta pertama kali dilakukan sejak 10 April 2020.

 

Rincian Kasus Corona Jakarta Mei 2020

Petugas memantau penyebaran virus corona (COVID-19) di Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Senin (9/3/2020). Pemprov DKI Jakarta menyebut Posko COVID-19 menerima panggilan telepon sebanyak 2.689 terkait virus corona. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Petugas memantau penyebaran virus corona (COVID-19) di Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Senin (9/3/2020). Pemprov DKI Jakarta menyebut Posko COVID-19 menerima panggilan telepon sebanyak 2.689 terkait virus corona. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Berikut rincian data harian kasus Covid-19 di Jakarta selama Mei 2020:

1 Mei: terdapat 4.283 pasien positif, 393 meninggal dunia, 427 sembuh

2 Mei: pasien positif bertambah 72 menjadi 4.355 orang, 400 meninggal dunia, 562 sembuh

3 Mei: pasien positif bertambah 62 menjadi 4.417 orang, 410 meninggal dunia, 622 sembuh

4 Mei: pasien positif bertambah 55 menjadi 4.472 orang, 412 meninggal dunia, 650 sembuh

5 Mei: pasien positif bertambah 169 menjadi 4.641 orang, 414 meninggal dunia, 711 sembuh

6 Mei: pasien positif bertambah 68 menjadi 4.709 orang, 420 meninggal dunia, 713 sembuh

7 Mei: pasien positif bertambah 66 menjadi 4.775 orang, 430 meninggal dunia, 718 sembuh

8 Mei: pasien positif bertambah 126 menjadi 4.901 orang, 431 meninggal dunia, 763 sembuh

9 Mei: pasien positif bertambah 57 menjadi 4.958 orang, 437 meninggal dunia, 767 sembuh

10 Mei: pasien positif bertambah 182 menjadi 5.140 orang, 444 meninggal dunia, 803 sembuh

11 Mei: pasien positif bertambah 55 menjadi 5.195 orang, 453 meninggal dunia, 836 sembuh

12 Mei: pasien positif bertambah 108 menjadi 5.303 orang, 457 meninggal dunia, 1.262 sembuh

13 Mei: pasien positif bertambah 134 menjadi 5.437 orang, 461 meninggal dunia, 1.277 sembuh

14 Mei: pasien positif bertambah 180 menjadi 5.617 orang, 466 meninggal dunia, 1.279 sembuh

15 Mei: pasien positif bertambah 62 menjadi 5.679 orang, 474 meninggal dunia, 1.286 sembuh

16 Mei: pasien positif bertambah 116 menjadi 5.795 orang, 475 meninggal dunia, 1.292 sembuh

17 Mei: pasien positif bertambah 127 menjadi 5.922 orang, 478 meninggal dunia, 1.295 sembuh

18 Mei: pasien positif bertambah 74 menjadi 5.996 orang, 483 meninggal dunia, 1.301 sembuh

19 Mei: pasien positif bertambah 57 menjadi 6.053 orang, 487 meninggal dunia, 1.417 sembuh

20 Mei: pasien positif bertambah 97 menjadi 6.150 orang, 493 meninggal dunia, 1.425 sembuh

21 Mei: pasien positif bertambah 70 menjadi 6.220 orang, 498 meninggal dunia, 1.536 sembuh

22 Mei: pasien positif bertambah 96 menjadi 6.316 orang, 501 meninggal dunia, 1.558 sembuh

23 Mei: pasien positif bertambah 127 menjadi 6.443 orang, 504 meninggal dunia, 1.587 sembuh

24 Mei: pasien positif bertambah 118 menjadi 6.561 orang, 505 meninggal dunia, 1.594 sembuh

25 Mei: pasien positif bertambah 67 menjadi 6.628 orang, 506 meninggal dunia, 1.648 sembuh

26 Mei: pasien positif bertambah 61 mejadi 6.689 orang, 508 meninggal dunia, 1.678 sembuh

27 Mei: pasien positif bertambah 137 menjadi 6.826 orang, 510 meninggal dunia, 1.698 sembuh

28 Mei: pasien positif bertambah 103 menjadi 6.929 orang, 514 meninggal dunia, 1.719 sembuh

29 Mei: pasien positif bertambah 124 menjadi 7.053 orang, 517 meninggal dunia, 1.807 sembuh

30 Mei: pasien positif bertambah 98 menjadi 7.151 orang, 519 meninggal dunia, 2.003 sembuh

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nissan Kasih Bocoran Wujud Generasi Terbaru Fairlady Z

Posted: 30 May 2020 08:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Melalui sebuah video resmi, Nissan memberikan kejutan deretan mobil yang bakal mereka luncurkan. Bertajuk Nissan Next: From A to Z, setidaknya ada 12 mobil anyar termasuk satu yang sedang ditunggu. Siapa lagi kalau bukan penerus sang legenda Fairlady Z.

Dalam video, sportcar yang konon kabarnya diberi nama 400Z sangat mencuri perhatian. Membuat lineup lain seolah tak dipedulikan. Padahal jelas terpampang nama Ariya, Armada, Qashqai, Frontier, Navara, Pathfinder, Kicks, Terra dan X-Trail sebagai jagoan volume maker Nissan secara global.

Lalu nama Z paling akhir layaknya model pamungkas. Semua masih gelap membentuk siluet. Saat berjejer menyamping, memperlihatkan ciri desain fascia V-Motion senada.

Tapi terkuaknya desain Nissan Z car memalingkan pandangan. Berbeda sendiri, tak membawa pola V seperti lainnya. Pendaran cahaya lampu utama malah membentuk setengah lingkaran. Menandakan lampu bulat, sekaligus menyiratkan lekukan retro pada moncong.

Mengingatkan generasi pertama 240Z dan generasi dua 280ZX. Nissan seperti ingin melestarikan desain khas Z Series agar tetap ikonik. Basis coupe bonnet panjang begitu mencirikan layout FR (Front-rear). Sesuai garis keturunannya selama ini. Gaya retro-modern mengambil ciri generasi awal mampu membuktikan nilai kelegendarisan.

Siluet samar samping membentuk gambaran bodi kompak. Bersebelahan dengan SUV full-size yang tampak seperti Terra atau Pathfinder, makin mempertegas itu. Profilnya mirip Toyota 86 dan Mazda MX-5 Miata. Kemungkinan dimensi total tak berbeda jauh.

Memperhatikan garis atap yang lurus melandai membentuk bokong liftback, dipertegas tarikan garis beraksen silver. Bagian ini masih mirip pendahulunya, Nissan 370Z. Jika gambar diterangkan, terlihat jelas badge baru Z retro menempel di pilar-C.

Tentu belum ada informasi soal detail spesifikasi. Belakangan memang berseliweran banyak spekulasi dan terkaan dari media. Salah satunya soal nama 400Z. Masuk akal karena numenklatur Nissan Z Car selalu bertambah seiring regenerasi.

Mulai dari 240Z, 260Z, 280ZX, 300ZX, 350Z hingga 370Z. Angka 400 bisa merujuk rumor mesin baru V6 4,0-liter. Atau berasal dari besaran daya 400 hp.

 

Perkiraan Peluncuran

Autocar sempat mengorek soal ini. Mengingat margin keuntungan di segmen sportscar tidaklah besar, tak perlu berinvestasi banyak menciptakan platform benar-benar baru. Anak perusahaan Infiniti punya Q50 dan Q60 yang memakai konstruksi RWD serupa. Cocok jadi kandidat untuk diadaptasi 400Z.

Jika benar, tak kaget bila mesin flagship V6 3,0-liter twin-turbo turut disumbangkan. VR30DTT bukanlah mesin sembarangan. Termasuk dalam keluarga VR, apalagi kalau bukan adik dari VR38DETT.

Enjin dahsyat yang mudah dituning, roh sesungguhnya Nissan GT-R R35. Ada unit VR30 hasil kulikan Infiniti Performance Line untuk Q60 Red Sport 400. Output dihasilkan sesuai namanya, 400 hp. Semestinya cocok untuk 400Z.

Nissan pernah bereksperimen mengawinkan mesin ini ke dalam 370Z plus transmisi manual. Bahkan dipamerkan di ajang aftermarket SEMA Auto Show 2018.

Pengujian juga dilakukan sebagai prototipe dan sempat kepergok kamera mata-mata. Performa seharusnya lebih baik dibanding Infiniti Q60. Ekspektasi sprint 0-100 kpj di bawah 5 detik.

Penampilan awal sudah resmi dirilis oleh Nissan. Sekarang tinggal menanti kapan debut ke muka publik. Awalnya diperkirakan muncul akhir tahun ini.

Tapi pandemi COVID-19 menggagalkan sejumlah peluncuran mobil dan pameran otomotif. Mungkin mundur sampai awal 2021.

Sumber: Oto.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gaji, Faktor Pengganjal Real Madrid Gaet Pogba

Posted: 30 May 2020 08:10 PM PDT

Madrid - Real Madrid sejak lama dikabarkan bakal membeli Paul Pogba dari Manchester United. Hanya saja, sejak rumor ini berhembus pada awal musim 2019-2020, Paul Pogba tetap berada di Old Trafford.

Mulanya, Manchester United mematok harga yang kelewat mahal. Setan Merah meminta tebusan 150 juta pounds, harga yang sulit dipenuhi Real Madrid karena sudah belanja besar pada awal musim.

Manajer Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, juga tidak berniat melepas Paul Pogba. Pada akhirnya, musim 2019-2020 tidak berjalan sesuai harapan bagi Paul Pogba. Dia mengalami cedera dan harus absen untuk waktu yang cukup lama.

Harga transfer Paul Pogba menurun signifikan menyusul performa sang pemain pada musim 2019-2020 plus pandemi COVID-19 yang membuat kompetisi hampir di seluruh dunia berhenti. Kini, nilai transfer pemain timnas Prancis diyakini tidak sampai 100 juta pounds. Paul Pogba tidak lagi semahal di awal musim.

Namun, menurut Daily Mail, turun harga tidak membuat peluang Real Madrid membeli Paul Pogba membesar. Kini, ada satu masalah yang menjadi penghalang, yakni mahalnya gaji Paul Pogba.

Pemain berusia 27 tahun itu kabarnya meminta gaji 15 juta pounds atau Rp 271 miliar per musim. Real Madrid khawatir dengan angka yang diajukan Paul Pogba. Sebab, itu bisa memicu rasa iri dari pemain lain yang berbuntut permintaan kenaikan gaji kepada klub.

Sementara itu, Real Madrid berupaya untuk melepas pemain dengan gaji besar di klub. Gareth Bale menjadi satu di antaranya. Los Blancos menawarkan pemain asal Wales tersebut ke beberapa klub, tapi belum ada peminat yang jelas.

Bagaimana dengan Juventus?

Gelandang Juventus, Paul Pogba, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Genoa pada laga Serie A di Stadion Luigi Ferraris, Genoa, Italia, Minggu (20/9/2015). Musim lalu, Pogba, sukses mengantar Juve juara Serie A. (AFP/Marco Bertorello)
Gelandang Juventus, Paul Pogba, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Genoa pada laga Serie A di Stadion Luigi Ferraris, Genoa, Italia, Minggu (20/9/2015). Musim lalu, Pogba, sukses mengantar Juve juara Serie A. (AFP/Marco Bertorello)

Masa depan Paul Pogba bakal lebih rumit andai dia ngotot ingin pindah dari Manchester United. Sebab, Juventus juga dikabarkan menyerah dalam upaya membeli Paul Pogba pada awal musim depan.

Dikutip dari Corriere Dello Sport, Juventus juga keberatan dengan gaji yang diminta Paul Pogba. Juventus tidak bisa membeli pemain dengan gaji tinggi karena anggaran mereka sudah terkuras untuk membayar Cristiano Ronaldo.

Sumber: Daily Mail, Corriere Dello Sport

Disadur dari: Bola.net (Penulis: Asad Arifin, published 30/5/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Akhir Pekan: Wajah Restoran di Indonesia Jelang New Normal, Siapkah Berubah?

Posted: 30 May 2020 08:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setelah beberapa bulan dilaksanakannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), sejumlah daerah berencana untuk menerapkan new normal, kenormalan baru. Suatu cara hidup baru di tengah pandemi corona Covid-19.

Pandemi yang terjadi di Tanah Air berimbas pada dunia kuliner, salah satunya restoran. Para pengelola dan pemilik restoran mengalami kerugian yang sangat besar, bahkan  harus menutup usahanya.

Para pengelola dan pemilik restoran pun menyambut baik dengan rencana tersebut. Mereka akan tetap mengikuti aturan yang ditetapkan pemerintah.

"Saya kira itu bagus, tapi harus tetap memerhatikan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah. Hal itu penting demi keselamatan karyawan dan tamu," ujar Ragil Imam Wibowo atau yang lebih dikenal dengan sapaan Chef Ragil saat dihubungi Liputan6.com, Jumat, 29 Mei 2020.

Selain protokol kesehatan, hal yang perlu dilakukan adalah mengurangi kapasitas untuk menjaga jarak sosial. Bila sebelum pandemi, kapasitas 100 persen, kali ini akan berubah 50 persen

"Ya, kalau saya akan menerapkan sekitar 30 persen. Jika sebelumnya restoran bisa menampung 50 pengunjung, dalam kondisi ini mungkin hanya bisa menampung 15 orang," kata pemenang Asian Cuisine Chef of the Year 2018 tingkat regional dalam acara World Gourmet Summit (WGS) Award of Excellent 2018.

Chef Ragil mengungkapkan bahwa sejak pandemi global sembilan restoran yang dikelolanya harus tutup. Saat ini hanya satu restoran saja yang masih buka untuk melayani pesanan bawa pulang (takeaway).

"Sembilan restoran yang saya kelola itu harus tutup sejak pandemi. Saat ini hanya tersisa satu untuk melayani pesanan bawa pulang," imbuh pendiri restoran Nusa Gastronomy, yang menyajikan masakan-masakan asli Indonesia.

"Jadi, saat ini kami tetap mengikuti aturan pemerintah. Hal itu penting karena bagi saya, keselamatan karyawan dan tamu restoran itu sangat penting," tegas Chef Ragil.

Langkah-Langkah yang Dilakukan

Kopi Kulo (dok. Kopi Kulo/Instagram @kedaikopikulo)
Kopi Kulo (dok. Kopi Kulo/Instagram @kedaikopikulo)

Secara terpisah, Marketing Director Kulo Group Michelle Sulistyo mengungkapkan, sebelum new normal diterapkan, pihaknya sudah menerapkan beberapa inovasi produk dan standardisasi produk sesuai imbauan pemerintah. Kulo Grup memiliki sejumlah brand usaha, di antaranya Kopi Kulo, Pochajjang, Kitamura, Oseng Mie Jontor, Bu Eva.

"Dari segi inovasi produk kita sudah menyiapkan beberapa development baru seperti kalau di Kopi Kulo kita mengadirkan varian kopi literan," kata Michelle Sulistyo dalam pesan tertulis yang dikirim kepada Liputan6.com, Jumat, 29 Mei 2020.

Sementara Pochajjang dan Kitamura, kata Michelle, pihaknya menghadirkan nasi boks dan frozen food. Di merek lain, seperti Oseng Mie Jontor dan Bu Eva, menghadirkan frozen food dan nasi boks.

Langkah-langkah yang sudah dilakukan adalah memberhentikan layanan makan di tempat (dine in) ke resto sesuai arahan dari program PSBB pemerintan dan mengubah hanya melayani takeaway dan delivery.

"Kemudian melakukan langkah pembersihan aspek outlet dengan disinfektan secara berkala. Dan juga mewajibkan kepada para staff kami untuk selalu menggunakan masker, face shield, dan juga mencuci tangan setiap sedang mempersiapkan produk makanan dan minuman kami," papar Michelle.

Michelle mengungkapkan bahwa kondisi pandemi saat ini memang terasa sangat sulit bagi usahanya di mana mengalami penurunan omset yang cukup besar.

"Namun kesulitan itu tidak membuat kami semata mata menyerah, namun menjadikan kami semakin kuat untuk tetap dapat bertahan dan mengakomodir kebutuhan pelanggan akan produk minuman dan makanan kita," kata Michelle optimistis.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Petugas Mobil PCR BNPB Kelelahan, Pemprov Jatim Bakal Perpanjang Izin Pinjam

Posted: 30 May 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Jatim, dr Joni Wahyuhadi mengungkapkan petugas mobil labolatorium khusus Polymerase Chain Reaction (PCR) milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sudah mulai kelelahan.

Dia menuturkan, para petugas ini meminta izin untuk libur satu hari sebelum melanjutkan tugas mengambil swab spesimen lagi.

"Tenaga analisnya telepon ke kami, minta izin apa boleh besok minta libur. Kalau memang capek ya harus libur," kata dia dalam konferensi pers live streaming di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Sabtu malam, 30 Mei 2020.

Joni mengaku tidak ingin kelelahan petugas medis di mobil laboratorium bio safety level 2 itu justru menyebabkan mereka tumbang. "Yang dihadapi adalah virus, kalau dia ketahanan tubuhnya kurang karena capek, nanti bisa tertular," kata dia.

Sejak mobil PCR tiba di Jawa Timur pada 27 Mei 2020, dua mobil tersebut memang terus mengambil spesimen swab di sejumlah kota di Jatim. Selain Surabaya, juga digerakkan ke Sidoarjo, Tulungagung, dan Lamongan.

Pada Sabtu, 30 Mei 2020, Joni menuturkan, dua mobil PCR milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tersebut melayani pengambilan spesimen Covid-19 di kampung tangguh di Surabaya sebanyak 35 orang. Kemudian di GOR Pancasila dan RSUD dr Soewandhie Surabaya.

Untuk yang GOR Pancasila, pihaknya memastikan sudah menyelesaikan 160 spesimen. Sementara di RSUD dr Soewandhie Joni mengaku belum mendapatkan informasi detilnya.

"Tadi saya di telepon Rumah Sakit Husada Utama kok belum dimulai tes. Jadi memang ternyata kapasitas mobil yang ini satunya baru saja selesai, satunya belum," ucap Joni.

Siapkan Skema Lain

Ketua Gugus Kuratif Covid-19 Jatim, Joni Wahyuhadi (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Ketua Gugus Kuratif Covid-19 Jatim, Joni Wahyuhadi (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Sejatinya dua mobil tes PCR ini hanya berada di Jatim hingga 2 Juni 2020. Namun, bila masih dibutuhkan lagi, pihaknya menyebut akan berupaya memperpanjangnya dengan mengajukan peminjaman lagi.

Pun demikian seandainya upaya perpanjangan itu tidak diizinkan, Joni mengatakan, telah ada skema lain. Rumah Sakit dr Soetomo baru saja mendapat bantuan mesin PCR yang auto rider.

Mesin ini diklaimnya bisa mengambil 600 spesimen swab. Namun, untuk memperbanyak jumlah tes sampai ribuan, pihaknya sedang menunggu kedatangan dokter ahli mikrobiologi dari Padang, Sumatra Barat.

"Jadi dokter Andani itu ahli mikrobiologi di Padang itu bisa memeriksa 2.600 sampel per hari, jadi nanti membimbing kita untuk meningkatkan laboratorium-laboratorium di Surabaya," ucapnya.

"Di samping mesin PCR itu di Puskesmas, di rumah sakit daerah juga ada yang namanya tes TCM (tes cepat molekuler) untuk mengetahui Covid-19. Tapi TCM ini tidak terlalu banyak, biasanya kemampuannya sampai 12 per hari," ia menambahkan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Setiap Zodiak Mengekspresikan Cintanya (Part 1)

Posted: 30 May 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setiap individu tentu memiliki cara sendiri untuk mengekspresikan cintanya kepada orang terkasih. Bisa melalui ucapan, tindakan maupun cara lainnya. 

Astrologi ternyata bisa menjawab bagaimana setiap zodiak mengekspresikan cintanya. Nah, apakah kamu penasaran? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Minggu (31/5/2020).

1.  Aries

ilustrasi pasangan untuk gemini/pexels
ilustrasi pasangan untuk gemini/pexels

Pemilik zodiak ini dikenal individu yang kuat. Dalam hidupnya, mereka menerapkan dedikasi dan keadilan dalam segala aspek, termasuk soal cinta.

Dalam urusan asmara, mereka posesif dan tidak suka berbagi pasangannya dengan siapa pun. Itulah sebabnya mereka terkadang akan menghalangi ketika kamu ingin menghabiskan waktu bersama teman-temanmu.

Tapi itu dilakukannya karena mereka sangat mencintaimu. Namun, mereka akan membutuhkan waktu untuk mengekspresikan cinta mereka kepadamu.

Mereka akan menuliskan puisi atau membawa banyak hadiah untuk menunjukkan cinta mereka kepadamu.

2. Taurus

Taurus dikenal individu yang penuh pengabdian, tapi tetap sederhana saat mereka jatuh cinta. Selain itu, mereka sedikit terlambat menerima bahwa cinta telah memasuki hidup mereka. 

Mereka juga dikenal romantis dan menganggap cinta itu serius. Ketika mereka mencoba memberi tahu orang-orang tentang seseorang, itu menjadi pertanda bahwa mereka sedang jatuh cinta.

3. Gemini

Pemilik zodiak ini sosok yang tidak mudah mengatakan semuanya. Selain itu, mereka memiliki kontrol yang cukup terhadap emosi mereka. 

Gemini akan mengungkapkan cinta hanya ketika mereka yakin tentang perasaan pasangannya, karena mereka benar-benar tidak bisa mengatasi kekecewaan.

Untuk mengungkapkan perasaan sayang terhadap seseorang, Gemini akan memasak atau mengajak menonton film. Mereka juga memilih untuk pergi berjalan-jalan malam dengan durasi lama hanya untuk mengekspresikan cinta mereka.

4. Cancer

Para Cancer tidak akan dengan mudah mempercayaimu. Mereka memiliki sejumlah teman sejati, dan cukup tertutup dalam mengungkapkan emosi mereka. 

Untuk mengutarakan emosi mereka, Cancer perlu mengetahui tentangmu dengan cukup baik. Jika tidak, jangan berharap mereka akan terbuka padamu.

Untuk mengungkapkan cinta, Cancer biasanya akan menuliskan surat atau mengundangmu makan malam romantis.

5. Leo

Leo yang percaya diri juga memiliki kendali tertentu atas emosinya. Mereka akan mengungkapkan cinta hanya ketika mereka yakin. Karena mereka memiliki masalah ego, mereka juga merasa sulit untuk mengakui perasaan mereka kepadamu. Begitu mereka mengaku sama, mereka ingin menghabiskan lebih banyak waktu denganmu.

Membawa hadiah untuk pasangan adalah cara mereka untuk mengekspresikan cinta.

6. Virgo

Virgo dikenal sosok romantis dan suka jatuh cinta. Mereka akan menunjukkan cinta mereka dengan mengatur lingkungan untuk orang yang mereka cintai. 

Mengungkapkan cinta untuk seseorang sama sekali tidak masalah baginya, karena mereka sangat pandai dalam hal itu dan senang melakukannya. 

Mereka akan memasak atau membawa sesuatu yang dirancang sendiri untuk menunjukkan cinta mereka kepadamu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Canggih, Sterilisasi Ruang Isolasi Pasien COVID-19 Pakai Robot

Posted: 30 May 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sterilisasi ruang isolasi pasien COVID-19 dengan robot menjadi inovasi yang sangat membantu para tenaga medis. Autonomous UVC Mobile Robot yang dilengkapi dengan pancaran sinar ultraviolet (UV) mampu membunuh virus, termasuk Corona sekaligus mengurangi koloni bakteri.

Robot tersebut rupanya hasil besutan Telkom University dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Inovasi robot karya anak bangsa ini juga sudah diuji coba di RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran Jakarta serta RS Hasan Sadikin, dan RS Pindad di Bandung, Jawa Barat.

"Mudah-mudahan inovasi ini tidak hanya berhenti pada Autonomous UVC Mobile Robot, tapi mampu melahirkan lebih banyak inovasi akan banyak yang dibutuhkan masyarakat," ujar Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Doni Monardo di Kantor Staf Presiden, Jakarta dalam keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com, ditulis Minggu (31/5/2020).

"Penting suatu tim untuk mempersiapkan hal teknis dan melakukan sterilisasi terhadap wilayah, yang kemungkinan besar terpapar virus. Sehingga teknologi yang dihasilkan juga dapat bisa segera kita manfaatkan di lapangan."

 

Kurangi Kontaminasi Mikroorganisme

Robot UV mampu mengurangi kontaminasi mikroorganisme. (iStock)
Robot UV mampu mengurangi kontaminasi mikroorganisme. (iStock)

Ketua Dewan Pembina Yayasan Pendidikan Telkom Edi Witjara berharap, adanya inovasi robot khusus penanganan COVID-19 dapat mewakili berbagai inovasi yang ada di Indonesia serta menyemangati anak-anak bangsa untuk tidak menyerah dan terus melakukan inovasi dalam mengatasi pandemi COVID-19.

"Kami tidak menyerah. Kami ingin mendukung dengan inovasi yang dihasilkan oleh lembaga pendidikan Telkom," katanya.

Ruang penanganan pasien COVID-19 memiliki risiko tinggi bagi para tenaga medis. Salah satunya, terinfeksi mikroorganisme berbahaya, seperti virus. Mengantisipasi infeksi di ruang perawatan, disinfeksi dan sterilisasi ruangan isolasi dapat dilakukan dengan aman melalui pengoperasian robot.

Robot inovasi dari Telkom University dan LIPI ini mampu mengurangi kontaminasi mikroorganisme, termasuk virus SARS-CoV-2, baik yang menempel pada benda atau peralatan, lantai maupun udara.

Peralatan ultraviolet (UV) pada robot mampu beroperasi selama 5 jam. Ketika organisme biologi terpapar sinar UV dalam kisaran 200 nm dan 300 nm, sinar tersebut akan diserap oleh DNA, RNA, dan protein. Penyerapan tersebut akan menyebabkan pecahnya dinding sel protein dan kematian organisme tersebut.

Durasi Waktu 10-15 Menit

Di Kantor Staf Presiden, Jakarta, Kamis (28/5/2020) siang, Ketua Gugus Tugas Nasional Doni Monardo menerima bantuan robot yang mampu sterilisasi ruang isolasi pasien COVID-19 dari Telkom Group dan LIPI. (Dok Badan Nasional Penanggulangan Bencana/BNPB)
Di Kantor Staf Presiden, Jakarta, Kamis (28/5/2020) siang, Ketua Gugus Tugas Nasional Doni Monardo menerima bantuan robot yang mampu sterilisasi ruang isolasi pasien COVID-19 dari Telkom Group dan LIPI. (Dok Badan Nasional Penanggulangan Bencana/BNPB)

Dari hasil uji lab, UVC yang melekat pada Autonomous UVC Mobile Robot mampu mengurangi jumlah bakteri di dalam koloni. Waktu uji dilaksanakan selama 10-15 menit.

Para peneliti mikroba menyampaikan, apabila waktu pancar ditambah hingga 20 menit, jumlah bakteri yang akan mati bisa lebih banyak lagi. Artinya, semakin lama UVC dipancarkan maka semakin banyak bakteri akan mati. Bakteri memiliki sifat yang sama seperti virus. Pada durasi waktu tersebut, virus pun bisa mati.

Senada dengan Doni, Kepala Kantor Staf Presiden Moeldoko juga menyampaikan, terima kasih atas upaya para tim yang telah menciptakan robot.

"Autonomous UVC Mobile Robot merupakan sebuah inovasi yang perlu kita diapresiasi atas semangat dan sikap pantang menyerah dari seluruh komponen bangsa," ujar Moeldoko.

Lebih lanjut, ia berharap robot dievaluasi sehingga dapat dikembangkan dengan lebih efektif.

"Kita bisa membangun yang lebih besar lagi kedepannya dan mampu membantu tenaga medis kita yang telah berkorban tanpa kenal lelah dalam merawat pasien COVID-19," ucap Moeldoko.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Posko Kesehatan Siap, Selamat Datang Kenormalan Baru di Manado

Posted: 30 May 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Manado - Uji coba pemberlakukan pos kontrol kesehatan di sejumlah titik perbatasan Kota Manado sudah memasuki hari kedua. Sabtu (30/5/2020), Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut memantau keberadaan salah satu pos di perbatasan Kabupaten Minahasa.  

"Ini merupakan pengenalan menuju normal baru di pintu pos masuk, untuk setiap orang yang akan masuk Kota Manado,"ujar Lumentut didampingi Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Manado drg Sanil Merentek.

Di kawasan Tugu Boboca tersebut, Lumentut memantau proses pemeriksaan warga yang akan masuk ke Manado. Mereka diperiksa suhu tubuh, diwajibkan mengenakan masker, serta bagi yang membawa kendaraan roda empat kapasitas penumpangnya maksimal 50 persen.

"Ini tahap awal, dan akan menjadi bahan evaluasi tentang kesiapan petugas kesehatan serta kebutuhan alat ukur suhu tubuh di setiap pintu pos," ujarnya.

Hal itu dilakukan mengingat volume kedaraan dan jumlah warga yang masuk dari 21 wilayah perbatasan itu tidak sama. Sehingga hal itu terkait dengan ketersediaan alat ukur suhu, serta tenaga medis.

"Hal ini untuk menghindari antrian panjang yang menyebabkan kemacetan," tandasnya.

Dalam kesempatan itu Lumentut mengajak warga Manado untuk menjemput era normal baru dalam menghadapi pandemi Covid -19.

"Ayo warga Manado mari kita jemput bersama era normal baru dengan tetap mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditetapkan," ajak Lumentut.

Simak juga video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fakta-fakta Belanja Online hingga Netflix Cs Kena Pajak 10 Persen Mulai 1 Juli 2020

Posted: 30 May 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bagi masyarakat yang kerap berbelanja produk atau layanan secara online harus bersiap. Pemerintah menetapkan pembelian produk dan jasa digital dari pedagang atau penyelenggara Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PMSE) terkena Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebesar 10 persen. Aturan ini berlaku mulai 1 Juli 2020.

Pengenaan pajak itu, melansir laman Setkab, Minggu (31/5/2020), berlaku baik perdagangan dari luar maupun dalam negeri, yang mencapai nilai transaksi atau jumlah traffic dan pengakses tertentu dalam kurun waktu 12 bulan.

Dibalik penetapan kebijakan ini ada beberapa fakta yang bisa dikulik. Apa saja?

Pemerintah mengatakan jika kebijakan yang dikeluarkan merupakan bagian dari upaya untuk menciptakan keadilan dan kesetaraan berusaha (level playing field) bagi semua pelaku usaha.

Pengusaha tersebut tak hanya dari dalam maupun luar negeri. Kemudian baik konvensional maupun digital.

 

Ikut Aturan

Calon Konsumen membuka aplikasi situs belanja online di Kawasan Senayan, Jakarta. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Calon Konsumen membuka aplikasi situs belanja online di Kawasan Senayan, Jakarta. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Selain itu, kebijakan ini dilakukan untuk melaksanakan Pasal 6 ayat 13a Perpu Nomor 1 tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan untuk Penanganan Covid-19, dimana pemerintah menetapkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 48/PMK.03/2020 sebagai turunannya.

Melalui aturan ini, produk digital seperti layanan aliran (streaming) musik dan film, aplikasi dan permainan (games) digital, serta jasa daring lainnya dari luar negeri yang memiliki kehadiran ekonomi signifikan dan telah mengambil manfaat ekonomi dari Indonesia melalui transaksi perdagangannya, akan diperlakukan sama seperti produk konvensional atau produk digital sejenis dari dalam negeri.

 

 

Tambah Keuangan Negara

Ilustrasi APBN
Ilustrasi APBN

Penerapan PPN ini juga diharapkan dapat meningkatkan penerimaan negara dalam rangka menanggulangi dampak wabah Covid-19, dan menjaga kredibilitas anggaran negara serta stabilitas perekonomian negara di masa krisis global seperti ini.

Melalui pajak, pemerintah mengajak semua pihak untuk bahu-membahu, mengambil peran mengatasi tantangan akibat Covid-19.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kapten Liverpool: Gelar Liga Inggris Belum Pasti Milik Kami

Posted: 30 May 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Liverpool - Kapten Liverpool, Jordan Henderson, menegaskan, tidak ada seorang pun di dalam ruang ganti timnya yang percaya bahwa gelar Liga Inggris telah mereka raih.

Menurut Henderson, The Reds masih harus merebut dua kemenangan lagi di sisa kompetisi musim ini, sebelum menyegel gelar Liga Inggris pertama mereka sejak 30 tahun silam.

Saat ini, Liverpool berada di puncak klasemen dan unggul 25 poin dari Manchester City, yang menduduki peringkat kedua. Kompetisi Liga Inggris 2019-2020 sendiri menyisakan sembilan pertandingan lagi.

"Saya pikir jelas bagi kami (Liverpool), kami masih berpikir kami punya pekerjaan yang harus dilakukan, dan kami harus melakukannya," jelas Henderson, seperti dilansir Tribal Football.

"Kami memiliki sembilan pertandingan tersisa dan kami ingin memenangkan sebanyak mungkin dari laga-laga tersebut," ujar mantan pemain Sunderland ini.

Selesaikan Tugas

Pemain Liverpool, Jordan Henderson, usai mengikuti sesi latihan di Melwood, Liverpool (19/5/2020). Klub-klub Premier League mulai diperbolehkan kembali menjalani sesi latihan. (AFP/Paul Ellis)
Pemain Liverpool, Jordan Henderson, usai mengikuti sesi latihan di Melwood, Liverpool (19/5/2020). Klub-klub Premier League mulai diperbolehkan kembali menjalani sesi latihan. (AFP/Paul Ellis)

Pemain berusia 29 tahun ini menekankan bahwa rekan-rekan setimnya fokus memastikan merebut gelar Liga Inggris saat kompetisi dilanjutkan kembali. Henderson percaya para pemain Liverpool telah menanti waktu kembali ke lapangan dan menyelesaikan tugasnya.

"Saya selalu mendapat kesan bahwa, tidak hanya untuk kami, tetapi untuk seluruh tim liga, bahwa perlu diselesaikan dengan beberapa poin," kata Henderson.

Dapat Izin

Pertandingan Liga Inggris musim ini resmi mendapat izin untuk bergulir kembali mulai 17 Juni 2020. Otoritas Kesehatan Inggris yang telah melakukan tes hingga gelombang keempat untuk memastikan pemain dan staf terbebas dari Covid-19.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Update 31 Mei: 6 Juta Orang di Dunia Positif Corona COVID-19, Brasil Masih Nomor 2

Posted: 30 May 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Infeksi Virus Corona COVID-19 di seluruh dunia telah mencapai 6.057.553 kasus. 2.564.544 di antaranya telah dinyatakan sembuh berdasarkan Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE

Jumlah kesembuhan pasien Corona COVID-19 paling besar kini tercatat di Amerika Serikat, yang mencapai 416.461 dan Brasil dengan 200.892 orang pulih.

Amerika Serikat tercatat sebagai negara yang memiliki kasus infeksi terbesar mencapai 1.769.776.

Saat ini, Brasil, Rusia, Inggris dan Spanyol tercatat sebagai negara dengan kasus infeksi terbesar setelah Amerika Serikat, menurut data Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE yang dikutip Minggu (31/5/2020). 

Jumlah kasus infeksi Corona COVID-19 terbesar kedua tercatat di Brasil, mencapai 498.440 kasus.

Pasien Corona COVID-19 terbesar ketiga tercatat di Rusia, sebanyak 396.575 kasus dengan 167.469 orang pulih.

Jumlah terbesar keempat kini tercatat di Inggris, dengan 274.219 orang dinyatakan positif mengidap Virus SARS-CoV-2, dan 1.187 pulih. 

Pasien positif Corona COVID-19 di Spanyol saat ini tercatat sebagai kelima terbesar, yakni sebanyak 239.228 kasus dengan 150.376 orang pulih.

Kematian Akibat Corona COVID-19 di Dunia Tercatat 369.085 Jiwa

Tenaga medis merapikan hasil rapid test pegawai Lapas Kemenkumham di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas I Tangerang, Banten, Sabtu (30/5/2020). Hasil rapid tes yang diikuti 87 pegawai termasuk Kepala Lapas menunjukkan seluruh pegawai negatif virus Corona Covid-19. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Tenaga medis merapikan hasil rapid test pegawai Lapas Kemenkumham di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas I Tangerang, Banten, Sabtu (30/5/2020). Hasil rapid tes yang diikuti 87 pegawai termasuk Kepala Lapas menunjukkan seluruh pegawai negatif virus Corona Covid-19. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Mengutip dari gisanddata.maps.arcgis.com, jumlah kematian karena Virus Corona COVID-19 secara global tercatat sebanyak 369.085 jiwa. Terus bertambah setiap hari.

Dalam data peta penyebaran Virus Corona COVID-19 tersebut kini ada 188 negara dan wilayah yang terjangkit. Sementara menurut worldometers.info/coronavirus/#countries sudah mencapai 213 negara -- termasuk dua international conveyances.

Angka kematian karena Virus Corona COVID-19 paling besar tercatat di Amerika Serikat, yang mencapai 103.768 jiwa. 

Total kematian terbesar selanjutnya berada di Inggris yang mencatat 38.458 jiwa, lalu Italia yang mencapai 33.340 jiwa. 

Sementara Brazil kini mencatat 28.834 kematian. Pasien meninggal karena Virus Corona COVID-19 di Prancis tercatat 28.774 jiwa.

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gebby Vesta Kena Sanksi Adat di Bali, Dihukum Bersihkan Pasar Hingga Kuburan

Posted: 30 May 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Salah satu kehebohan di jagat maya pekan ini bersumber dari video penggerekan yang menyeret nama Gebby Vesta. Video itu diunggah Nikita Mirzani di fitur Instagram Stories dengan tajuk "Waria Ngumpet."

Kabarnya, penggerebekan terjadi lantaran Gebby Vesta menggelar pesta ulang tahun di rumah indekos di tengah wabah Corona Covid-19. Nikita Mirzani menulis, "Cus itu temuin pecalang. Lagian udah tahu Covid-19 malah sok-sokan bikin birthday party. Yang lain aja pada nahan-nahan, nah sekarang kicep."

Viral di jagat maya, Gebby Vesta mengklarifikasi. Mengenakan atasan putih, masker hitam, dan celana panjang abu-abu, Gebby Vesta membacakan permohonan maaf yang direkam dalam format video lalu diunggah di akun Instagram terverifikasi miliknya. 

Bantah Melarikan Diri

Unggahan Gebby Vesta. (Foto: Instagram @gebby.vesta_)
Unggahan Gebby Vesta. (Foto: Instagram @gebby.vesta_)

"Selaku dengan video viral yang terjadi kemarin, saya pribadi dan ketua adat, ketua pecalang, dan instansi terkait yang hadir pada rapat pagi ini di kantor desa adat jimbaran sudah menyelesaikan permasalahan ini dengan damai," beri tahu Gebby Vesta, Jumat (29/5/2020).

Terkait rumor bersembunyi saat digerebek, ia membantah. "Karena dari pagi kita sudah di Jimbaran bukan sembunyi apalagi melarikan diri. Untuk penggerbekan dan perusakan di area kos saya akan saya serahkan kepada pihak hukum," ia menyambung.

Saya Bukan Kriminal

Gebby Vesta. (Foto: Instagram @gebby.vesta_)
Gebby Vesta. (Foto: Instagram @gebby.vesta_)

Menurutnya, perusakan adalah pelanggaran kode etik. "Melakukan penggerbekan tanpa ada surat izin, saya bukan pembunuh, pencuri, atau melakukan kriminal apapun," Gebby Vesta mengakhiri status teks.

Belakangan diketahui, ia menjalani sanksi adat terkait insiden di rumah indekos. Sanksi adat dijalani di tiga tempat berbeda. Momen menjalani sanksi adat direkam dan diunggah Gebby Vesta di fitur Instagram Stories.

Sekarang Kita Kena Hukuman

Unggahan Gebby Vesta. (Foto: Instagram @gebby.vesta_)
Unggahan Gebby Vesta. (Foto: Instagram @gebby.vesta_)

Mengenakan kaus dan masker hitam, disjoki kelahiran 24 Mei 1996, ini membawa sapu lidi. "Jadi sekarang aku lagi ngejalani sanksi adat dari Jimbaran, megang sapu. Kita beres-beres," tutur Gebby Vesta. Kepada publik, ia mengakui telah membuat kesalahan.

"Jadi kemarin habis bikin kesalahan dan sekarang kita kena hukuman. Kita harus melakukan sanksi adat, menjalankan sanksi adat, yang benar-benar kita tidak ada penekanan. Tidak ada pemaksaan," Gebby Vesta menerangkan.

3 Hari, 3 Lokasi

Gebby Vesta. (Foto: Ricky Junaidi, dari Instagram @gebby.vesta_)
Gebby Vesta. (Foto: Ricky Junaidi, dari Instagram @gebby.vesta_)

Ia menjalani sanksi adat atas kemauan sendiri. Gebby Vesta menemui pemuka desa dan pemimpin adat untuk menyelesaikan masalah. "Kita menjalankan hukuman selama 3 hari. Hari ini, kita di seputaran area desa adat dulu. Besok kita di pasar, hari terakhir nanti kita di pemakaman Jimbaran," urainya.

Di pengujung video, Gebby Vesta mengakui perbuatannya tempo hari buruk. "Buat semuanya, jangan contoh yang buruk dari Gebby, yang positifnya diambil. Ayo, kerja sekarang," ia mengakhiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Wacana New Normal Pandemi Covid-19 Versi Pemerintah

Posted: 30 May 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pandemi Covid-19 masih terjadi di Indonesia, hal ini membuat sebagian sektor kehidupan terganggu. Pemerintah mewacanakan pemberlakuan new normal bagi sebagian wilayah di Indonesia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

SpaceX Sukses Terbangkan Dua Astronaut NASA ke Luar Angkasa

Posted: 30 May 2020 07:59 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Perusahaan transportasi luar angkasa, SpaceX, sukses meluncurkan dua astronaut NASA ke luar angkasa. Mereka adalah Doug Hurley dan Bob Behnken.

Roket Falcon 9 besutan SpaceX mengorbit dari Amerika Serikat (AS) untuk pertama kalinya dalam hampir satu dekade.

Mengutip laman The Guardian, Minggu (31/5/2020), peluncuran roket Falcon 9 dan kapsul Crew Dragon dari Kennedy Space Center Florida ke International Space Station (ISS) menandai pertama kalinya sejak 2011, manusia telah meluncur ke orbit dari tanah AS.

Doug Hurley dan Bob Behnken menuju ke ISS dalam perjalanan selama 19 jam. Roket Falcon 9 lepas landas di tempat yang sama, saat NASA terakhir kali membawa astronaut ke antariksa pada 2011.

"Ini semua adalah hal paling murni yang ditawarkan AS," kata Administrator NASA Jim Bridenstine kepada Forbes setelah peluncuran.

"Saat ini adalah masa yang sangat sulit. Tapi saya berharap saat ini adalah kesempatan bagi semua orang untuk merenungkan kemanusiaan dan apa yang bisa kita lakukan ketika kita bekerja bersama," sambung Bridenstine.

 

Sempat Tertunda

Dua Astronaut NASA, Bob Behnken dan Doug Hurley saat berada di dalam kapsul SpaceX Crew Dragon (Photo Credit: NASA TV/AFP/)
Dua Astronaut NASA, Bob Behnken dan Doug Hurley saat berada di dalam kapsul SpaceX Crew Dragon (Photo Credit: NASA TV/AFP/)

Misi ini seharusnya berlangsung beberapa hari lalu, namun tertunda karena cuaca buruk. Faktor cuaca ini bahkan sempat membayangi jadwal peluncuran berikutnya, namun akhirnya diputuskan untuk berjalan.

"Ini adalah momen besar, di mana sudah 9 tahun sejak kami punya kesempatan besar seperti ini," kata Bridenstin menambahkan.

Sementara co-commander NASA Doug Hurley mengucapkan terima kasih atas keberhasilan SpaceX dalam misi ini.

"Terima kasih atas tumpangan manusia pertama untuk Falcon 9," kata Hurley dari dek penerbangan setelah Dragon mencapai orbit.

"Itu luar biasa ... menghargai semua kerja keras dan terima kasih atas perjalanan luar biasa ke ruang angkasa," tambahnya. 

Roket Starship Milik SpaceX Meledak Saat Uji Coba

Ledakan prototipe roket SpaceX, Starship (Foto: SPadre/ The Verge)
Ledakan prototipe roket SpaceX, Starship (Foto: SPadre/ The Verge)

Sebelumnya, prototipe roket keempat milik SpaceX, Starship, meledak saat uji coba di fasilitas peluncuran roket di selatan Texas, Amerika Serikat.

Tak lama setelah SpaceX menyalakan mesin pada roket uji, bola api besar melalap kendaraan tersebut.

Akibatnya, sangat sedikit hardware yang masih berdiri bahkan ledakan ini disebut-sebut membuat kerusakan pada lokasi uji. Demikian sebagaimana dikutip dari The Verge, Sabtu (30/5/2020).

Kegagalan uji coba ini hanya sehari sebelum SpaceX dijadwalkan melakukan peluncuran untuk NASA.

Rencananya, NASA akan menerbangkan dua astronot ke Stasiun Luar Angkasa Internasional. Meski begitu, kegagalan uji luncur roket Starship ini tidak terkait dengan proyek peluncuran roket NASA.

Rencananya, misi peluncuran bersejarah NASA dengan roket SpaceX akan dilakukan di Cape Canaveral, Florida, menggunakan Falcon 9 milik perusahaan Musk. Roket Falcon 9 sendiri telah terbang lebih dari 100 kali sebelumnya.

Tunda Pengembangan Roket Starship

Kapsul Dragon CRS-18 SpaceX yang membawa persediaan untuk astronot NASA di stasiun ruang angkasa internasional (Foto: CNET)
Kapsul Dragon CRS-18 SpaceX yang membawa persediaan untuk astronot NASA di stasiun ruang angkasa internasional (Foto: CNET)

CEO SpaceX Elon Musk menyebut, SpaceX berencana untuk menunda pengembangan Starship selagi perusahaan fokus pada penerbangan dengan awak pertamanya.

"Saya telah menggeser prioritas SpaceX untuk lebih fokus pada peluncuran dengan awak. Dengan begitu, pengembangan Starship akan lebih lambat," kata Elon Musk.

Perlu diketahui, prototipe roket yang meledak itu dimaksudkan untuk menguji desain Starship untuk masa depan SpaceX.

Bukan Kegagalan Pertama

Ilustrasi perjalanan ke luar angkasa SpaceX (Foto: SpaceX)
Ilustrasi perjalanan ke luar angkasa SpaceX (Foto: SpaceX)

Tujuannya adalah di kemudian hari, perusahaan ini bisa mengirim orang ke luar angkasa, misalnya ke bulan dan Mars.

SpaceX sendiri telah membangun sejumlah versi uji Starship di fasilitas kerja perusahaan, termasuk di Boca Chica, Texas.

Meledaknya roket pada uji coba ini menambah deretan kegagalan prototipe Starship. SpaceX sebelumnya sudah kehilangan tiga roketnya ketika tes tekanan baik karena kendaraan meledak maupun terbakar.

(Isk/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: