Selasa, 26 Mei 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Kemendikbud Targetkan 100 Prodi Vokasi Bekerja Sama dengan Ratusan Industri

Posted: 26 May 2020 10:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memulai gerakan pernikahan massal atau penyelarasan antara pendidikan vokasi dengan dunia industri dan dunia kerja (DUDI).

"Tujuan utama dari gerakan ini agar program studi vokasi di perguruan tinggi vokasi menghasilkan lulusan dengan kualitas dan kompetensi sesuai dengan kebutuhan dunia industri dan dunia kerja. Industri dan dunia kerja, mohon bersiap menyambut kami," ujar Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi) Kemendikbud, Wikan Sakarinto dalam telekonferensi di Jakarta, Rabu (27/5/2020).

Dia menambahkan target dari program penguatan itu adalah sekitar 100 prodi vokasi di PTN dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) agar melakukan pernikahan massal pada 2020 dengan puluhan bahkan ratusan industri.

Program tersebut akan diteruskan dan dikembangkan pada tahun berikutnya dengan melibatkan lebih banyak prodi vokasi. Program penguatan prodi vokasi di PTS sendiri sudah dibuka melalui Program Pembinaan PTS (PP-PTS) yang mana tahapannya sudah memasuki seleksi tahap akhir.

"Pada saat pandemi COVID-19 ini, kami melakukan perjodohan massal, bukan satu dengan satu, tetapi satu kampus vokasi dengan banyak industri," katanya.

Wikan optimistis bahwa program tersebut akan menguntungkan banyak pihak. Dengan adanya "link and match" tersebut, lulusan pendidikan vokasi juga akan semakin dihargai oleh industri dan dunia kerja bukan semata-mata karena ijazahnya melainkan karena kompetensinya yang sesuai dengan tuntutan dunia kerja.

Wikan menjelaskan "link and match" itu bukan sekadar Memorandum of Understanding (MoU) dan foto-foto di media melainkan harus menjadi pernikahan yang sangat erat dan mendalam. Sehingga semua pihak akan saling mendapatkan manfaat yang signifikan dan berkelanjutan.

"Jangan sampai, sudah lulus kuliah, masih harus di-training lagi oleh industri dengan susah payah, memakan banyak waktu dan berbiaya mahal," imbuh dia.

Materi pelatihan di industri tersebut sejak awal dimasukkan ke dalam kurikulum dan diajarkan oleh dosen bersama praktisi dari industri. Ia juga mengajak pihak industri dan dunia kerja agar terus membuka diri dan membuka hati, serta bersedia ikut terjun mendidik anak-anak bangsa, generasi Indonesia di masa depan.

"Keberhasilan program ini harus didukung dan perlu partisipasi aktif banyak pihak baik pemerintah pusat maupun daerah, serta seluruh pemangku kepentingan. Perlu kerja sama semua pihak agar perjodohan ini berhasil baik pusat, daerah maupun stakeholder," terang dia.

Hal itu sejalan dengan arahan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim, yang menekankan pentingnya semangat pernikahan massal dan kemerdekaan belajar, agar institusi pendidikan dan pihak industri berkolaborasi dan bergotong royong mendidik SDM bangsa.

 

Dorong Populasi Dosen

Plt Direktur Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi Ditjen Diksi, Agus Indarjo menjelaskan bahwa selain program kerja sama, program penguatan prodi vokasi ini juga mendorong agar populasi dosen tamu dari dunia kerja di perguruan tinggi vokasi dapat meningkat dengan pesat.

Dosen tamu yang berstatus dosen tetap itu akan melakukan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat) seperti dosen-dosen tetap lainnya.

"Tanpa kehadiran para dosen profesional dari kalangan praktisi tersebut, pendidikan vokasi tidak akan optimal," tegas Agus.

Selain itu, kampus tetap didorong untuk mengundang para dosen tamu berstatus tidak tetap untuk memperkaya dan meningkatkan kualitas pembelajarannya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Erick Thohir Sebut Lebaran 2020 Ajarkan Disiplin Lawan Corona

Posted: 26 May 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyampaikan bahwa Idul Fitri tahun ini mengajarkan masyarakat untuk disiplin dalam melawan virus corona.

"Minal Aidin wal Faidzin, mohon maaf lahir dan batin. Saya berharap, di Lebaran yang spesial ini bagaimana kita diajarkan disiplin, dan ini sebagai kunci menangani COVID-19," ujar Menteri Erick dikutip dari Antara, Selasa (26/5/2020).

Ia optimistis masyarakat Indonesia mampu melawan COVID-19 dengan kedisiplinan yang tinggi dalam melaksanakan protokol kesehatan.

"Lebaran tahun ini, kita umat manusia diajarkan harus disiplin dan ini jadi kunci kita untuk bisa sukses dalam menangani COVID-19. Kita buktikan kita bisa lawan COVID-19 dengan kedisiplinan," ucapnya.

 

Idul Fitri tahun ini, lanjut Erick Thohir, juga harus meninggalkan kebiasaan lama. Dirinya mengaku melaksanakan shalat Id di rumah bersama dengan keluarga.

"Tradisi kita biasanya shalat Idul Fitri sama-sama dekat rumah di lapangan. Tapi tahun ini shalat Ied di rumah bersama keluarga saja," ucapnya.

Ia meyakini dengan masyarakat disiplin terhadap protokol kesehatan akan memutus mata rantai penularan COVID-19.

"Sepanjang protokol kesehatan dijalankan dengan baik, dengan melakukan cuci tangan, menggunakan masker, dan menjaga jarak, kita akan terhindar. Kita harus lakukan kedisiplinan, itu menjadi kunci," ucapnya.

 

Ucapkan Selamat Idul Fitri via Media Sosial, Ini Doa Erick Thohir

Menteri BUMN Erick Thohir (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Menteri BUMN Erick Thohir (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Lebaran tahun ini memang sangat terasa jika dibandingkan dengan Hari Raya Idul Fitri tahun-tahun sebelumnya. Hal ini tidak hanya dirasakan oleh masyarakat secara umum, tetapi juga para pejabat menteri kabinet pemerintah.

Sebab biasanya pada hari pertama dan kedua Lebaran, para menteri menggelar open house sekaligus dalam rangka bersilaturahmi dengan kerabat dan mitra kerja.

Meski pun tidak menggelar open house pada tahun ini, namun Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir masih menyempatkan diri untuk menyampaikan ucapat selamat Idul Fitri melalui media sosial (medsos).

Lewat akun Instagram-nya @erickthohir, Erick Thohir berdoa agar puasa dan segala amal ibadah yang dilakukan selama bulan Ramadan dapat diterima oleh Allah SWT. 

"Semoga Allah SWT menerima puasa dan semua ibadah kita di bulan Ramadan, serta kita selalu dalam keberkahan. Selamat Idulfitri 1441 H. Mohon maaf lahir bathin," tulis Erick Thohir. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Serie A Liga Italia: Juventus Masih Perkasa di Puncak Klasemen

Posted: 26 May 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Klub-klub terbaik Italia Serie A mulai mempersiapkan diri untuk mengantisipasi bergulirnya kompetisi di tengah pandemi virus Corona Covid-19. 

Dari total 38 laga, klub Liga Italia rata-rata baru memainkan 26 pertandingan. Jika berniat kembali bertanding pada pertengahan Juni, kompetisi kemungkinan besar berakhir sekitar Juli-Agustus.

Juara bertahan Juventus sejauh ini masih berada di puncak klasemen. Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan mengoleksi 63 poin, unggul satu angka atas Lazio.

Serie A dipersiapkan kembali bergulir pada 13 atau 20 Juni mendatang. Perdana Menteri Italia, Giuseppe Conte sudah mengizinkan para atlet berlatih. Untuk mereka yang berkecimpung di cabang individu, bisa memulai latihan pada pekan lalu. Sementara, untuk atlet di cabang beregu dimulai 18 Mei.

Berkaca kepada hal itu, ada kemungkinan Serie A dilanjutkan meski sejumlah aspek harus diperhatikan operator kompetisi.

Peluang Karantina

Logo Serie A. (AFP/Marco Bertorello)
Logo Serie A. (AFP/Marco Bertorello)

Salah satunya adalah aspek keamanan. Menteri Olahraga Italia, Vincenzo Spadafora sudah memperingatkan, setiap klub bakal menjalani karantina jika satu pemainnya dinyatakan positif.

"Komite sains meminta perubahan terkait protokol FIGC (Asosiasi Sepak bola Italia). Contohnya, para pelatih dan pemain harus tetap dikarantina jika ada kasus positif saat latihan," kata Spadafora seperti dilansir Football Italia.

Klasemen Serie A

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

New Normal Tak Langsung Dongkrak Ekonomi Pasca Krisis Corona

Posted: 26 May 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ekonom sekaligus Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Piter Abdullah Redjalam menilai, tahap new normal tak serta merta akan membuat kegiatan perekonomian langsung terangkat pasca masa krisis virus corona (Covid-19).

Piter mengatakan, meski aktivitas ekonomi seperti pusat perbelanjaan akan kembali dibuka pada 5 Juni 2020 mendatang, bukan berarti perputaran uang bakal kembali normal seperti sedia kala.

"Dengan dibukanya kembali aktivitas ekonomi secara terbatas dengan protokol kesehatan, tidak juga berarti perekonomian akan segera naik, konsumsi kembali meningkat," ujar dia kepada Liputan6.com, Rabu (27/5/2020).

Dia pun mewajari langkah pemerintah yang mau berjudi dengan mengakhiri masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah daerah seperti DKI Jakarta. Sebab, ketidakpastian akan pandemi corona akan semakin membuat roda perekonomian sulit berputar.

 

Meningkatkan Konsumsi Rumah Tangga

Pegawai pulang kerja berjalan di trotoar Jalan Sudirman, Jakarta, Selasa (12/5/2020). Pemerintah memberi kelonggaran bergerak bagi warga berusia di bawah 45 tahun untuk mengurangi angka pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat pandemi virus corona COVID-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Pegawai pulang kerja berjalan di trotoar Jalan Sudirman, Jakarta, Selasa (12/5/2020). Pemerintah memberi kelonggaran bergerak bagi warga berusia di bawah 45 tahun untuk mengurangi angka pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat pandemi virus corona COVID-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Selain itu, Piter juga menganggap, fase new normal akan sedikit mengangkat angka konsumsi masyarakat yang sempat tenggelam selama masa penyebaran Covid-19.

"Kalau dibandingkan kondisi normal konsumsi sudah pasti tetap turun. Tapi bisa dijaga turunnya tidak terlalu dalam (dengan dibukanya PSBB)," kata dia.

"Penurunan konsumsi selama wabah masih terjadi sudah tidak bisa dielakkan. Tapi pertimbangan pemerintah saya kira adalah (jawaban atas) ketidakpastian berapa lama wabah ini akan berlangsung," tandasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Jokowi Meminta TNI dan Polri Mendisiplinkan Masyarakat

Posted: 26 May 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Jokowi meminta TNI dan Polri hadir ditengah keramaian mendisiplinkan warga dalam rangka PSBB. Masyarakat harus mengikuti protokol kesehatan yang disepakati.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Motorola Kembangkan Ponsel Layar Lipat Baru, Razr 2?

Posted: 26 May 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sekitar delapan bulan lalu, Motorola merilis ponsel layar lipat ikoniknya, Razr. Walau masih belum genap satu tahun meluncur di pasaran, Motorola dikabarkan sedang bersiap untuk meluncurkan generasi kedua Motorola Razr (Moto Razr).

Dikutip dari XDA Developer via GSM Arena, Rabu (27/5/2020), perusahaan asal Amerika Serikat itu diyakini sedang mengembangkan Moto Razr generasi kedua.

Berdasarkan bocoran dari XDA Developer, Razr 2 akan menggunakan prosesor Snapdragon 765 baru yang sudah mendukung jaringan 5G--tidak dimiliki oleh Moto Razr generasi pertama.

Tak hanya itu, smartphone layar lipat baru milik Motorola ini juga akan dilengkapi dengan baterai berkapasitas yang lebih besar--dari seri belumnya, yaitu 2.845mAh.

 

Spesifikasi Lain Moto Razr 2

Lebih lanjut, Moto Razr 2 juga akan dilengkapi dengan RAM 8GB dan memori internal 256GB.

Tak hanya itu, Motorola juga meningkatkan kemampuan kamera ponsel ini ketimbang generasi pertamanya.

Adapun Moto Razr 2 akan menggunakan sensor Samsung 48MP ISOCELL Bright GM1 untuk kamera utamanya.

 

Kamera Selfie dan Android 10

Sedangkan untuk kamera selfie-nya, ponsel ini akan menggunakan sensor berkemampuan 20MP. Razr 2 juga akan langsung menggunakan sistem operasi Android 10.

Ponsel layar lipat Razr generasi kedua ini sedang dikembangkan, dan akan meluncur lebih awal untuk pasar Tiongkok dan Amerika Utara.

Sayang, masih belum diketahui apakah Moto Razr 2 ini akan menyambangi negara-negara lainnya.

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Fakta Rumah Olga Syahputra yang Mau Dijual Billy, Ditawar Raffi Ahmad Rp 17 M

Posted: 26 May 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Nama Billy Syahputra mendadak ramai diperbincangkan publik usai mengunggah video ke YouTube tentang keinginannya menjual rumah almarhum Olga Syahputra. Billy bahkan sempat bertanya ke sahabat Olga seperti Ruben Onsu, Uya Kuya hingga Raffi Ahmad.

Pria berusia 29 tahun ini menjelaskan alasan kenapa rumah almarhum Olga ingin dijual. Salah satu alasannya karena biaya perawatan yang mahal. Sahabat almarhum Olga pun menyarankan Billy Syahputra jangan gegabah mengambil keputusan. Bahkan Raffi Ahmad sampai menawar Rp 17 M agar rumah sahabatnya tidak lepas ke orang lain.

Selasa (26/5/2020), Billy menghebohkan publik dengan unggah 4 video di channel YouTube Billy Syahputra. Pada video YouTube terakhir, akhirnya terbongkar bahwa niatan Billy menjual rumah hanyalah prank belaka dan cuma bohongan. Meski cuma prank, sang ayah sampai menangis mengetahui niatan Billy yang ingin menjual peninggalan almarhum Olga.

Pada 4 video yang diunggah Billy, bisa diketahui ada beberapa fakta tentang rumah Olga. Berikut Liputan6.com rangkum dari YouTube Billy Syahputra, fakta rumah almarhum Olga Syahputra, Rabu (27/5/2020).

1. Lokasi rumah Olga

Billy Syahputra mau menjual rumah Olga Syahputra
Billy Syahputra mau menjual rumah Olga Syahputra

Billy Syahputra menghebohkan publik berkat video unggahannya yang berniat menjual rumah Olga Syahputra. Pada video tersebut, Billy menelpon sahabat Olga, Ruben Onsu, agar mau membeli rumah tersebut. Billy pun menjelaskan bahwa rumah peninggalan Olga berada di kawasan Mampang, Jakarta Selatan.

"Lokasi rumah di Mampang," jelas Billy Syahputra saat telepon dengan Ruben Onsu pada video berjudul 'Raffi nagita ribut gara gara beli rumah alm olga syahputra', Selasa (26/5/2020).

2. Sudah dihuni kurang lebih 10 tahun

Billy Syahputra mau menjual rumah Olga Syahputra
Billy Syahputra mau menjual rumah Olga Syahputra

Pria kelahiran 16 Januari 1991 ini mengungkapkan bahwa rumah almarhum Olga sudah ditempatinya selama kurang lebih 10 tahun. Ia mengungkapkan bahwa kakaknya membeli rumah berlokasi di Mampang pada 2010.

"Sudah dihuni lebih dari 10 tahun oleh keluarga Bang Billy. Karena saat itu almarhum beli pada 2010," jelas Billy.

3. Luas rumah dan jumlah kamar

Billy Syahputra mau menjual rumah Olga Syahputra
Billy Syahputra mau menjual rumah Olga Syahputra

Billy menawarkan rumah ini ke beberapa sahabat seperti Ruben Onsu. Ia pun menjelaskan luasan rumah almarhum Olga Syahputra yang mencapai 300 meter. Selain itu, ada 4 kamar dan 4 kamar mandi di sana.

"Luasnya kurang lebih 300 meter. Kamar di atas 2, di tengah 1, di bawah 1, kamar mandi 4," ujar Billy saat telepon Ruben Onsu.

4. Beli bareng Raffi Ahmad

Tak hanya pakaian, gaya mereka pun juga sama satu sama lain. Seperti anak kembar saja ya?
Tak hanya pakaian, gaya mereka pun juga sama satu sama lain. Seperti anak kembar saja ya?

Tidak hanya Ruben Onsu, pria berusia 29 tahun juga menghubungi Raffi Ahmad. Raffi pun sangat menyayangkan jika Billy benar-benar ingin menjual rumah tersebut. Raffi bahkan berujar bahwa rumah tersebut dibeli Olga bersama dengannya pada 2010.

"Itu kan gue beli bareng Olga beli rumah yang di situ, gue beli rumah yang di Lebak Bulus, tahun 2010," jelasnya.

5. Alasan rumah mau dijual

Billy Syahputra (Daniel Kampua/Fimela.com)
Billy Syahputra (Daniel Kampua/Fimela.com)

Billy Syahputra menjelaskan alasan kenapa rumah almarhum Olga mau dijual. Rumah dengan luas 300 meter ini memiliki biaya perawatan yang cukup mahal. Apalagi biaya listrik, biaya asisten rumah tangga hingga supir termasuk sangat memberatkan Billy.

"Sebenarnya tidak ada masalah dengan rumah ini. Tidak hal yang aneh-aneh. Hidup itu perlu siklus pemutaran uang. Kenapa dijual, karena hal memberatkan adalah maintenance. Dengan luas 300 meter, rumah ini luas banget, bayar listrik, asisten rumah tangga, supir sangat memberatkan," cerita Billy Syahputra.

6. Ditawar Raffi Ahmad

(Instagram/raffinagita1717)
(Instagram/raffinagita1717)

Billy Syahputra yang terlihat serius ingin menjual rumah almarhum Olga Syahputra, membuat Raffi Ahmad tergerak. Ia ingin rumah penuh kenangan tersebut tidak dibeli orang lain jika memang dijual. Raffi pun menawarkan Rp 17 miliar untuk rumah tersebut.

"Gue mau beli Rp 17 miliar, elu kan Rp 15 miliar, gue enggak nego, sisanya buat lu simpen," ujar Raffi Ahmad pada Billy Syahputra.

7. Tanggapan keluarga Billy

Billy Syahputra mau menjual rumah Olga Syahputra
Billy Syahputra mau menjual rumah Olga Syahputra

Billy menghubungi kakak-kakaknya terlebih dahulu untuk meminta persetujuan rumah yang ditempatinya sekarang dijual. Setelah kakak-kakaknya setuju, ia meminta persetujuan bapak dan ibunya. Ia menjelaskan alasan menjual rumah tersebut. Namun, bapak Billy malah menangis dan tidak setuju rumah itu dijual.

"Bapak sih, uang sih emang perlu. Cuman ya, peninggalan Olga ya mana bisa bapak jual," ujar bapak Billy Syahputra.

Di akhir video, akhirnya Billy membongkar bahwa keinginannya menjual rumah Olga Syahputra hanya bohongan belaka. Meski agak sedikit kesal dengan kelakuan Billy, sang bapak akhirnya tersenyum mengetahui kenyataan kalau rumah almarhum Olga tidak jadi dijual.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penghasilan Nikita Mirzani Rp 1,8 Miliar Dalam 2 Hari, Atta Halilintar Shock Berat

Posted: 26 May 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dalam permainan Kartu Jujur yang diikuti Nikita Mirzani dan Atta Halilintar terungkap sejumlah fakta mengejutkan. Seperti diketahui, Atta Halilintar menjadi bintang tamu Nikita Mirzani dalam dua video konten yang diunggah di kanal YouTube Crazy NikMir REAL.

Video pertama, bertajuk "Niat Mau Ngorek-ngorek Sisi Gelapnya Atta Eh Malah Dikorek Balik. Harius Balas Dendam Nih Nanti" dipublikasikan Nikita Mirzani pada 22 Mei 2020.

Video kedua, "Niki Berusaha Bongkar Sisi Liar Dari Atta, Uwooow!" mengudara pada 23 Mei 2020. Nahas, Nikita Mirzani berkali-kali kalah dalam permainan kartu itu.

Penghasilan Per Bulan

Unggahan Nikita Mirzani. (Foto: YouTube Crazy Nikmir REAL)
Unggahan Nikita Mirzani. (Foto: YouTube Crazy Nikmir REAL)

Akibatnya, Nikita Mirzani harus menjawab sejumlah pertanyaan sensitif dari Atta Halilintar. "Harus dijawab jujur, ya?" Atta Halilintar mengingatkan. "Harus dong, aku jujur. Apa?" sahut bintang film Lihat Boleh Pegang Jangan dan Taman Lawang.

"Oke, berapa penghasilan satu bulan?" cetus Atta Halilintar. "Ha ha ha kena dia sama permainannya sendiri," imbuh YouTuber kelahiran Dumai, Riau, 20 November 1994.

Jangan Pas-pas Banget

Atta Halilintar. (Foto: Instagram @attahalilintar)
Atta Halilintar. (Foto: Instagram @attahalilintar)

Mendengar pertanyaan ini, Nikita Mirzani gugup untuk sesaat. Ibu tiga anak ini lantas berujar, "Ini mendekati aja, ya, jangan pas-pas banget." Di luar dugaan, Atta Halilintar menolak tawaran sang tuan rumah.

"Enggak, enggak, kan itu pertanyaannya harus jujur. Kan, peraturannya Kak Niki yang bikin," tepis YouTuber bernama lengkap Muhammad Attamimi Halilintar. Apa boleh buat, Nikita Mirzani terpaksa buka kartu.

Paling Apes Rp 500 Juta

Nikita Mirzani. (Foto: Instagram @nikitamirzanimawardi_17)
Nikita Mirzani. (Foto: Instagram @nikitamirzanimawardi_17)

"Jeleknya, ya 500 (jutalah). Minimumnya 500 juta ya, tapi semua ya. All in semua, dari salon, Zoal Pajamas, dan lain-lain," ia membeberkan. Jawaban ini tak serta merta membuat Atta Halilintar puas.

YouTuber dengan pengikut sebanyak 23 juta orang lebih ini mencecar, "Kalau maksimum? Satu miliar? Sepuluh miliar? Atau 20 miliar?" Kali ini Nikita Mirzani benar-benar terpojok.

Rp 1,8 Miliar dalam 2 Hari

YouTube (Sumber: Unsplash)
YouTube (Sumber: Unsplash)

"Enggak bisa diterka-terka karena, kan tergantung endorsement juga. Niki kan juga ambil endorse. Kalau endorse kencang, waktu itu saja dua hari bisa 1,8 miliar," papar Nikita Mirzani panjang. Mendengar jawaban ini, Atta Halilintar syok berat. "Woaaaaah! Tuh cowok-cowok ya bakal makin minder," serunya.

Nikita Mirzani buru-buru menjelaskan dari mana ia dapat uang sebanyak itu hanya dalam dua hari. "Itu dulu ya. Dulu ya waktu kasus sama Elza Syarief, Ibu Elza. Dua hari itu 1,8 miliar (dari) Instagram Stories doang. Makanya aku suka berantem, soalnya dapat uang ha ha ha!" pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deretan Kesaksian Saat Kapolsek Menabrak Rumah di Rembang dan Tewaskan 2 Orang

Posted: 26 May 2020 10:26 PM PDT

Liputan6.com, Rembang - Polda Jawa Tengah masih mendalami dugaan kelalaian oknum anggota Polres Rembang yang menabrak sebuah rumah Desa Bangunrejo, Pamotan, Kabupaten Rembang, hingga menewaskan dua orang tersebut.

"Anggota Polri yang bersangkutan masih dalam pemeriksaan dan pendalaman untuk mengetahui apakah ada unsur kelalaian atau kesengajaan," kata Kabid Humas Polda Jawa Tengah Iskandar F.Sutisna di Semarang, Rabu (27/5/2020).

Menurut dia, oknum polisi yang terlibat dalam kecelakaan tersebut sudah diperiksa oleh Bidang Propam Polda Jawa Tengah.

Dari keterangan oknum polisi yang menjabat kapolsek tersebut, kata dia, yang bersangkutan mengaku dalam perjalanan untuk berangkat berdinas.

"Yang bersangkutan melihat ada seseorang yang berdiri di tengah jalan, lalu kemudian menghindar dan banting setir hingga menabrak sebuah rumah," katanya dilansir Antara.

Ia menyebut banyak faktor yang bisa menjadi pemicu terjadinya kecelakaan.

Oleh karena itu, lanjut dia, pemeriksaan dilakukan terhadap korban, para saksi, termasuk kendaraan yang digunakan.

Sebelumnya diberitakan, mobil yang dikendarai Kapolsek Gunem Iptu Sy menabrak sebuah rumah di Desa Bangunrejo hingga menewaskan dua orang penghuni rumah tersebut.

Kedua korban diketahui seorang nenek dan cucunya yang baru berusia tiga tahun.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Kronologi Kecelakaan Maut

Ilustrasi kecelakaan maut di jalanan ibu kota Mesir pada Minggu 4 Agustus 2019 (AP/Aly Fahim)
Ilustrasi kecelakaan maut di jalanan ibu kota Mesir pada Minggu 4 Agustus 2019 (AP/Aly Fahim)

Kasus kecelakaan yang melibatkan anggota Polres Rembang, Jawa Tengah, yang menjabat sebagai Kapolsek Gunem pada Senin (25/5/2020) malam dan menimbulkan dua korban meninggal, kini ditangani Polda Jateng.

Saat terjadi kecelakaan, kata dia, anggotanya yang menjabat Kapolsek Gunem itu juga masih memakai seragam dinas saat bertugas.

Berdasarkan informasi dari berbagai pihak, kecelakaan yang menimpa Kapolsek Gunem Iptu SY yang mengemudikan mobil Panther bernopol L 1476 GK terjadi pada Senin (25/5) pukul 18.30 WIB.

Mobil Panther yang melaju dari arah barat atau Sale menuju timur atau ke Kecamatan Gunem itu tiba-tiba oleng ke kiri dan menabrak rumah warga di Desa Bangunrejo, Kecamatan Pamotan, Kabupaten Rembang.

Akibat kejadian tersebut, rumah warga beserta pom bensin mini yang ada di depan rumah rusak parah, sedangkan balita berusia tiga tahun bernama Putri dan neneknya bernama Yasinah (50) meninggal di lokasi kejadian.

"Saat kejadian, pengemudi hanya seorang diri dan masih memakai seragam dinas tugas harian," kata Kepala Desa Bangunrejo Kusminanto.

Akibat peristiwa tersebut, lanjut dia, warga berhasil ditenangkan. Warga diminta untuk tetap tenang dan tidak terpancing emosi.

Apalagi, Kapolres Rembang juga langsung hadir saat pemakaman Putri pada Senin (25/5) malam, sedangkan pemakaman nenek Putri pada Selasa (26/5), Kapolres juga kembali hadir bersama Forkompinda.

"Kehadiran Kapolres Rembang juga membuat warga semakin tenang dan percaya bahwa kasus tersebut akan diproses sesuai hukum yang berlaku," ujarnya.

Ia juga mengingatkan warganya untuk tetap tenang dan menjaga situasi wilayah tetap kondusif serta jangan mudah terprovokasi oleh pernyataan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

"Percayakan penanganan kasus tersebut kepada pihak kepolisian, yang informasinya ditangani Polda Jateng," ujarnya.

Hal itu juga dibuktikan dengan kehadiran dari tim Polda Jateng yang melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) di lokasi kecelakaan Selasa (26/5) pukul 13.30 WIB sehingga warga semakin yakin bahwa kasus kecelakaan tersebut akan ditangani dengan sungguh-sungguh.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Tenaga Kesehatan di Probolinggo Positif Covid-19

Posted: 26 May 2020 10:21 PM PDT

Liputan6.com, Probolinggo - Sebanyak lima orang tenaga kesehatan yang bertugas di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur terkonfirmasi positif Coronavirus disease atau Covid-19. Ini menambah daftar jumlah tenaga medis yang terpapar corona di kabupaten setempat menjadi 21 orang.

"Tambahan lima orang terkonfirmasi positif Covid-19 itu sebenarnya warga Kota Probolinggo. Namun, mereka bertugas di Kabupaten Probolinggo," kata Juru Bicara Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covi-19 Kabupaten Probolinggo dr Anang Budi Yoelijanto dalam rilis yang diterima Antara di Probolinggo, Rabu (27/5/2020). 

Sebelumnya tercatat ada 16 tenaga medis dan pegawai rumah sakit di Kabupaten Probolinggo terkonfirmasi positif Corona. Kemudian pada 19 Mei 2020, bertambah lagi menjadi lima orang.

"Semula lima tenaga kesehatan itu sudah dimasukkan dalam data warga yang terpapar Covid-19 di Kota Probolinggo, kemudian dialihkan ke Kabupaten Probolinggo," tuturnya.

Menurutnya prinsip dari Bupati Probolinggo ingin melindungi dan mengayomi warganya, sehingga kelima orang tersebut kemudian dicatat ke dalam kasus Kabupaten Probolinggo. 

"Sebenarnya dalam aturannya berdasarkan tempat tinggal atau domisili, tetapi karena mereka bekerja di Kabupaten Probolinggo, maka kami terima dan selanjutnya alamatnya dimasukkan di RSUD Tongas," jelas Anang. 

Kelima orang terkonfirmasi positif Covid-19 itu masuk dalam klaster tenaga kesehatan yang terdiri dari tiga orang dari RSUD Tongas, satu orang dari RSUD Waluyo Jati Kraksaan, dan satu orang dari Puskesmas Wangkal.

"Alhamdulillah, kelima orang itu dalam keadaan sehat walafiat dan saat ini sudah menjalani isolasi di rumah pengawasan Kabupaten Probolinggo dengan pengawasan ketat dari tim medis Kabupaten Probolinggo," ujarnya.

Sumber Penularan

Untuk sumber penularannya, di RSUD Tongas berasal dari kontak erat dengan tenaga kesehatan sebelumnya yang sudah terkonfirmasi positif Corona, sehingga masuk dalam penularan horizontal.

Sementara, dari RSUD Waluyo Jati Kraksaan dan Puskesmas Wangkal, masih belum diketahui sumber penularannya.

"Bisa saja penularannya melalui antar-rekan kerja yang sudah terkonfirmasi positif Covid-18 sebelumnya. Sebelumnya juga sudah pernah dilakukan tracking terhadap orang-orang tersebut," katanya.

Terkait dengan banyaknya tenaga kesehatan yang terinfeksi Covid-19 di Probolinggo, Anang mengatakan pihaknya selalu mengingatkan kepada semua pimpinannya, direktur atau semua kepala puskesmas untuk melaksanakan protokol-protokol pemeriksaan.

Namun, itu tidak menutup kemungkinan karena komunikasi-komunikasi di luar pekerjaan.

"Kami selalu menyampaikan protokol kesehatan harus dilakukan secara tertib di rumah tangga dalam aktivitas sehari-hari, sehingga tidak hanya di pekerjaan," ujarnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kenalkan Dwi Cahyono, Putra Papua yang Lulus Seleksi TNI AD

Posted: 26 May 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dwi Cahyono, salah satu pemuda dari Kabupaten Mappi, Papua, lulus menjadi Prajurit Tamtama PK TNI AD Gelombang I Tahun 2020 binaan Koramil 1707-07/Keppi Kodim 1707/Merauke.

Nama prajurit TNI AD ini bahkan sempat membuat Danrem 174/ATW (Merauke) Kodam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Bangun Nawoko, terkejut karena ada putra Papua tapi bernama Jawa. 

Selain itu, Dwi Cahyono juga pandai berbicara dengan menggunakan Bahasa Jawa. 

Belakangan diketahui, pemuda Suku Auyu, Papua ini merupakan anak yatim yang sejak berumur tiga hari telah diasuh oleh pasangan Mardi Santoso dan Ibu Parinten hingga akhirnya dia lulus seleksi menjadi Calon Prajurit TNI AD.

Dwi Cahyono sendiri dilahirkan dari pasangan Agustinus Hemi Kumuda dan Yulita Pari Ku Muda (Suku Auyu).

Menurut Mardi, sejak duduk di bangku Sekolah Dasar (SD), Dwi memang bercita-cita menjadi tentara. Setelah tamat SMK, dia mendaftar masuk tentara di Koramil dan selanjutnya dibina oleh Koramil 1707-07/Keppi.

"Pada kesempatan pertama, dia sempat mengalami kegagalan di penerimaan Tamtama PK Gelombang II sumber pedalaman tahun 2019 karena terkendala oleh alokasi," ucap sang ayah, Selasa, 26 Mei 2020.  

 

Keinginan Kuat Menjadi Tentara

Namun demikian, hal tersebut tidak menyurutkan keinginan Dwi Cahyono untuk menjadi tentara.

"Pada awal tahun 2020, anak saya ini kembali mendaftarkan di Koramil. Syukur Alhamdulillah, saya mendengar kabar bahwa anak saya lulus dan akan menjadi tentara," ungkap Mardi bangga.  

Sementara itu, Sertu Roil, anggota perwakilan Koramil 1707-07/Keppi selaku Pembina sehari-hari menyampaikan bahwa selama di Merauke, anak-anak yang berasal dari Mappi semuanya ditampung di rumahnya dan melakukan pembinaan latihan fisik maupun psikologi di Kodim 1707/Merauke.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kabar Mamah Dedeh Meninggal, Abdel: Barusan Gue Nelepon...

Posted: 26 May 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Rabu (27/5/2020) pagi, masyarakat dikejutkan oleh kabar meninggalnya ustazah kondang, Mamah Dedeh. Setelah ditelusuri, meninggalnya Mamah Dedeh ternyata hoaks.

Hal ini telah dikonfirmasi oleh sahabat Mamah Dedeh, Abdel Achrian. Melalui akun Instagram pribadinya, ia dengan tegas menepis isu tersebut.

"Banyak yang nanya ke gue benar enggak Mamah Dedeh meninggal dunia seperti yang beredar di grup-grup WA," tulis Abdel Achrian pada hari yang sama.

Alhamdulillah Itu Tidak Benar

Para netizen menirukan gerak bibir Mamah Dedeh melalui aplikasi Dubsmash.
Para netizen menirukan gerak bibir Mamah Dedeh melalui aplikasi Dubsmash.

"Barusan gue nelepon. Mamah Dedeh sehat... Alhamdulilah jadi berita itu enggak benar," sambung rekan Mamah Dedeh dalam program acara rohani tersebut.

 

Klarifikasi Yusuf Mansur

Mamah Dedeh (via eramuslim.com)
Mamah Dedeh (via eramuslim.com)

Hal yang sama juga disampaikan ustaz Yusuf Mansur. Dengan memperlihatkan tangkapan layar telepon bersama Mamah Dedeh, sang ustaz menyangkal hoaks.

 

Ceria dan Sehat

Gara-gara bisnis Patungan Usaha beberapa tahun lalu, ustaz Yusuf Mansur harus berurusan dengan otoritas jasa keuangan (OJK) (via yusufmansur.com)
Gara-gara bisnis Patungan Usaha beberapa tahun lalu, ustaz Yusuf Mansur harus berurusan dengan otoritas jasa keuangan (OJK) (via yusufmansur.com)

"Saya ngebel beliau langsung dan dijawab. Ceria, sehat banget, khasnya mamah Dedeh, ketawa-ketawa renyah, happy. Dan kata mamah saya orang ke-4 barusan yang konfirmasi," jelasnya di Instagram.

Sekilas Mamah Dedeh

Pujian Mamah Dedeh Untuk Syed Ikmal Si 'Talang Air'
Pujian Mamah Dedeh Untuk Syed Ikmal Si 'Talang Air'

Mamah Dedeh lahir di Ciamis, Jawa Barat, pada 5 Agustus 1951. Namanya bersinar setelah membawakan acara rohani, Mamah dan Aa bersama Abdel. Gaya ceramahnya yang ringan membuatnya sangat disukai jemaah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BTN Masuk Daftar Emiten yang Peduli Terhadap Lingkungan Hidup

Posted: 26 May 2020 10:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. atau Bank BTN kembali terpilih masuk dalam Indeks SRI-KEHATI untuk periode Mei hingga Oktober 2020, sejalan dengan komitmen dalam menerapkan prinsip keuangan berkelanjutan.

Sebagai informasi, Indeks SRI-KEHATI merupakan daftar perusahaan yang memiliki komitmen untuk melakukan upaya pengelolaan manajemen berkelanjutan yang peduli terhadap lingkungan hidup, sosial, dan tata kelola perusahaan yang baik. Indeks yang diresmikan pada 8 Juni 2009 tersebut diluncurkan Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia (KEHATI) dengan menggandeng PT Bursa Efek Indonesia.

Direktur Finance, Planning, & Treasury Bank BTN Nixon L. P. Napitupulu mengatakan Bank BTN memiliki target akan menjadi bank terdepan dalam sektor perumahan dan mitra keluarga terpercaya yang menerapkan prinsip keuangan berkelanjutan. Untuk mencapai target tersebut, lanjutnya, emiten bersandi saham BBTN ini menggelar berbagai inovasi yang sejalan dengan prinsip keuangan berkelanjutan.

Menurut Nixon, kembali masuknya Bank BTN dalam daftar indeks SRI-KEHATI menjadi bukti komitmen perseroan dalam keuangan berkelanjutan.

"Kami akan terus mempertahankan komitmen ini dan melakukan berbagai inovasi untuk meningkatkan pengelolaan manajemen berkelanjutan yang peduli terhadap lingkungan hidup, sosial, dan tata kelola perusahaan yang baik," jelas Nixon dalam siaran persnya, Rabu (27/5/2020).

Nixon merinci salah satu upaya inovasi yang telah dilakukan Bank BTN dalam rangka manajemen berkelanjutan yakni meningkatkan kapasitas sumber daya manusia yang berorientasi pada keuangan berkelanjutan. Bank BTN pun tengah gencar meningkatkan komunikasi dan sosialisasi terkait keuangan berkelanjutan.

"Kami juga terus memaksimalkan penggunaan digitalisasi pada proses dan operasi bisnis untuk mengefektifkan pemakaian berbagai sumber daya yang ada," tutur Nixon.

 

Diakui

Nasabah melakukan transaksi di ATM Bank BTN, Jakarta, Jumat (22/7). Bank BTN siap menampung dana repatriasi dari kebijakan penghapusan pajak (tax amnesty) yang mulai diberlakukan pemerintah. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Nasabah melakukan transaksi di ATM Bank BTN, Jakarta, Jumat (22/7). Bank BTN siap menampung dana repatriasi dari kebijakan penghapusan pajak (tax amnesty) yang mulai diberlakukan pemerintah. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sementara itu, Direktur Eksekutif Yayasan KEHATI Riki Frindos mengatakan perusahaan yang terpilih masuk dalam indeks SRI-KEHATI merupakan entitas yang terbukti memiliki komitmen untuk melakukan upaya pengelolaan manajemen berkelanjutan.

Perusahaan tersebut dinilai telah menjalankan bisnis yang peduli terhadap lingkungan hidup, sosial, dan memiliki tata kelola yang baik.

Adapun, hadirnya indeksi ini, lanjut Riki, merupakan upaya untuk perbaikan pelestarian lingkungan dan pembangungan Indonesia berkelanjutan. Upaya perbaikan dan pembangunan tersebut diharapkan juga dapat memberi dampak positif bagi dunia usaha di Indonesia.

Sebelumnya, Bank BTN pun telah masuk dalam daftar Indeks SRI-KEHATI periode November 2019-April 2020. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ridwan Kamil: 5 Hari ke Depan Edukasi New Normal ke PKL dan Pemilik Mal

Posted: 26 May 2020 10:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, dalam lima hari ke depan, pihaknya akan melakukan sosialisasi dan mengedukasi masyarakat terkait new normal.

Diketahui Provinsi Jawa Barat, adalah satu dari empat provinsi yang diizinkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk menerapkan konsep new normal. 

"Dalam waktu lima hari ini kita akan intensif mengedukasi dan dari pedagang kaki lima sampai pemilik mal," kata pria yang akrab disapa Kang Emil ini saat acara Silaturahome Lebaran Virtual yang digelar Liputan6.com, Selasa (27/5/2020) bersama artis Aura Kasih.

Dia pun menegaskan, diizinkannya Jabar sebagai wilayah untuk sosialisasi new normal karena dinilai penanganan virusnya terkendali.

"Sekarang kita edukasi, kita bikin video, kita bikin konten di media sosial," jelas Ridwan Kamil

Dia menuturkan, memang TNI dan Polri diperbantukan untuk membantu mendisiplinkan masyarakat dalam hal new normal ini.

"Kalau sudah ngerti, pelan-pelan TNI dan Polri berkurang," ucapnya. 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta jajarannya untuk menyosialisasikan protokol new normal atau tatanan kehidupan baru secara masif kepada masyarakat. Protokol ini disiapkan agar masyarakat dapat produktif namun tetap aman di tengah wabah virus Corona atau Covid-19.

"Saya minta protokol beradaptasi dengan tatanan normal baru ini yang sudah disiapkan oleh Kementerian Kesehatan ini disosialisasikan secara masif kepada masyarakat," kata Jokowi saat memimpin rapat terbatas melalui video conference, Rabu (27/5/2020).

Menurut dia, apabila sosialiasasi tersebut dilakukan secara masif maka masyarakat dapat memahami apa yang perlu diperhatikan saat beraktivitas di luar rumah saat masa new normal. Mulai dari, menjaga jarak aman, memakai masker, mencuci tangan, hingga menghindari kerumunan.

"Kalau sosialisasi ini betul-betul bisa kita lakukan secara masif, saya yakin kurva R0 (Indeks Penularan Covid-19) betul-betul bisa kita turunkan dan ini sudah kita lihat di beberapa provinsi bisa kita kerjakan," jelasnya.

340.000 Personel TNI-Polri

Sebelumnya, Jokowi telah mengerahkan aparat TNI-Polri untuk mendisiplinkan masyarakat agar mengikuti protokol kesehatan virus Corona. Pendisiplinan ini untuk mempersiapkan masyarakat memasuki tahapan new normal atau tatanan kehidupan baru.

Setidaknya, ada 340.000 personel TNI-Polri yang diturunkan untuk mendisiplinkan masyarakat. Mereka akan mengawasi 1.800 titik keramaian mulai dari pasar, mal, hingga tempat pariwisata.

Pendisiplinan ini dilakukan secara bertahap. Untuk saat ini, ada 4 provinsi dan 25 kabupaten/kota yang dilakukan pendisilinan untuk memasuki fase new normal.

Jokowi menjelaskan TNI-Polri akan mendisiplinkan masyarakat agar menggunakan masker, menjaga jarak aman, dan menghindari kerumunan saat beraktivitas di luar rumah. Dia meyakini apabila pendisiplinan ini dilakukan secara masif, maka akan membuat kurva penyebaran virus corona di tanah air menurun.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terhantam Virus Corona, McLaren Pangkas 1.200 Pekerja

Posted: 26 May 2020 10:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Produsen supercar dan tim Formula 1 McLaren asal Inggris berencana memangkas lebih dari seperempat pekerjanya.

Dari total pekerja 4.000 orang, perusahaan akan melepas 1.200 pekerja, yang sebagian besar berada di Inggris.

Lagi-lagi penyebab langkah sulit ini imbas anjloknya penjualan dan pendapatan iklan akibat Virus Corona. 

McLaren mengakui sudah sangat terdampak krisis Corona. Meski telah bekerja keras untuk memotong biaya dan menghindari PHK.

"Tapi kami sekarang tidak punya pilihan lain selain mengurangi ukuran tenaga kerja kami," kata ketua McLaren Paul Walsh dalam sebuah pernyataan, seperti melansir BBC, Rabu (27/5/2020).

Ajang balapan Formula 1 telah ditangguhkan, ditambah pesanan supercar McLaren turun drastis karena pandemi.

"Tidak diragukan lagi ini adalah waktu yang menantang bagi perusahaan dan terutama orang-orang kami, tetapi kami berencana untuk muncul sebagai bisnis yang efisien dan berkelanjutan dengan arah yang jelas untuk kembali ke pertumbuhan," lanjut Walsh. 

Produsen mobil untuk trek balap dan jalan ini, memiliki fasilitas di Woking, Surrey, yang dirancang perusahaan arsitek Norman Foster. McLaren juga memiliki pusat teknologi komposit di Sheffield.

Khusus operasional Formula 1 McLaren diperkirakan akan kehilangan sekitar 70 orang dari 800 tenaga kerjanya.

Namun, diprediksi akan ada fase kedua pemangkasan pada 2021 begitu tim telah mempertimbangkan kesepakatan batas anggaran untuk seluruh cabang olahraga baru-baru ini.

Sementara krisis coronavirus telah mendorong redudansi di seluruh kelompok, batasan biaya telah menjadi pengaruh terbesar pada tim balap.

Banyak tim lain - terutama perusahaan besar seperti Mercedes, Ferrari, dan Red Bull - juga harus berhemat. 

Butuh Uang, McLaren Siap Gadaikan Deretan Supercar Bersejarahnya

Pemabalap McLaren Carlos Sainz saat tes pramusim Formula 1 (F1) hari pertama di Circuit de Catalunya, Montmelo, Spanyol, Rabu (19/2/2020). Carlos Sainz menempati peringkat keenam dengan waktu 1 menit 17,842 detik. (AP Photo/Joan Monfort)
Pemabalap McLaren Carlos Sainz saat tes pramusim Formula 1 (F1) hari pertama di Circuit de Catalunya, Montmelo, Spanyol, Rabu (19/2/2020). Carlos Sainz menempati peringkat keenam dengan waktu 1 menit 17,842 detik. (AP Photo/Joan Monfort)

McLaren sedang mempertimbangkan untuk menggadaikan koleksi mobil bersejarah dan pabriknya. Langkah ini demi mengumpulkan uang agar bisa melalui krisis yang terjadi akibat Virus Corona.

Pemilik tim dan pembuat mobil supercar Formula Satu telah melihat penjualan dan pendapatan iklan F1 terpukul, imbas dari langkah negara-negara di dunia melakukan lockdown.

Mobil-mobil yang dipamerkan di HQ McLaren Surrey termasuk pemenang F1 dari tahun 1980-an dan 90-an dan pesaing Le Mans.

Meski tidak mengungkapkan rinciannya, namun McLaren mengakui sedang menjajaki opsi pendanaan.

"Seperti banyak bisnis Inggris lainnya McLaren telah sangat dipengaruhi oleh pandemi saat ini dan karena itu kami sedang menjajaki berbagai pilihan pendanaan yang berbeda untuk membantu menavigasi gangguan bisnis jangka pendek ini," jelas Juru Bicara McLaren, seperti mengutip BBC, Sabtu (16/5/2020).

Opsi yang memungkinkan diambil perusahaan supercar ini, adalah meningkatkan pinjaman hingga hingga £ 300 juta dengan menjaminkan pabrik produksi McLaren yang berteknologi tinggi dan koleksi mobil balap, termasuk yang dipakai Ayrton Senna yang legendaris.

Pinjaman akan dilunasi setelah penjualan mobil meningkat dan balapan musim F1 kembali normal dari penangguhan saat ini.

McLaren Group terdiri dari tiga divisi, tim balap F1, operasi supercar, dan riset teknologi. Pendapatan perusahaan pada tahun lalu naik 18 persen menjadi £ 1,4 miliar. Lebih dari 90 persen supercar McLaren diekspor.

Selain HQ di Woking, McLaren memiliki pusat bahan komposit di Sheffield.

Perusahaan, yang mempekerjakan 4.000 orang, menggunakan skema cuti pekerjaan pemerintah. Pemegang saham McLaren termasuk pengusaha dan orang terkaya di Bahrain, Mansour Ojjeh.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ridwan Kamil: Perekonomian di Jabar Kembali Jalan Mulai 29 Mei 2020

Posted: 26 May 2020 10:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, pihaknya sudah mengkaji bahwa perekonomian di Jawa Barat sudah bisa mulai bergerak kembali.

Hal ini diungkapkan saat acara Silaturahome Lebaran Virtual yang digelar Liputan6.com, Selasa (27/5/2020) bersama artis Aura Kasih.

"Bisnisnya minggu depan setelah tanggal 29 itu sudah mulai perlahan-lahan menerima pelanggan lagi," kata pria yang akrab disapa Kang Emil.

Meski demikian, dia menegaskan ada aturan yang harus dituruti bagi para pengusaha dan pembeli, yakni mengikuti protokol kesehatan.

"Tapi dengan deklarasi, siap di depan usahanya mengumumkan bahwa maksimal per waktu. Misalnya kapasitasnya 10 diumumkan di depan pintunya cuma 5. Kemudian pas datang mal turun 50 persen. Ngantri di food court ada garisnya, dan belanja harus pakai sarung tangan," ungkap Ridwan Kamil.

Menurutnya hal ini perlu dilakukan sebagai salah satu upaya dalam beradaptasi di tengah pandemi.

"Hal baru itu tidak nyaman, tapi kalau mau ekonominya gerak, harus mau beradaptasi dengan ketidaknyamanannya itu selama Covid ini, vaksin dan obatnya belum ditemukan," ujarnya. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Minta Personel TNI-Polri di Zona Merah Covid-19 Ditambah

Posted: 26 May 2020 10:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi memerintahkan Panglima TNIdan Kapolri menambah jumlah personelnya di daerah-daerah yang kurva penyebaran virus Corona atau Covid-19 masih tinggi. Dia menyebut salah satu daerah yang kurva penyebarannya masih tinggi yakni, Jawa Timur.

"Untuk daerah-daerah yang masih tinggi, yang kurvanya masih naik saya kemarin juga sudah perintahkan pada Gugus Tugas, kepada Panglima TNI dan Kapolri. Untuk di Jawa Timur misalnya. Kita tambah bantuan pasukan aparat di sana agar bisa menekan kurvanya agar tidak naik lagi," jelas Jokowi saat memimpin rapat terbatas melalui video conference, Rabu (27/5/2020).

Selain itu, dia juga meminta agar pengujian sampel virus Corona semakin dimasifkan. Menurut Jokowi, hal itu harus dilakukan di provinsi-provinsi yang kurva penyebaran virus Corona-nya masih tinggi.

"Dan memasifkan pengujian sampel, pelacakan yang agresif terhadap yang PDP (Pasien Dalam Pengawasan) maupun ODP (Orang Dalam Pemantauan) dan melakukan isolasi yang ketat. Ini kita lakukan pada provinsi-provinsi yang masih kurvanya masih naik," kata dia.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi berencana menerapkan new normal atau tatanan kehidupan baru di tengah pandemi virus Corona. Dia telah mengerahkan aparat TNI-Polri untuk mendisiplinkan masyarakat agar mengikuti protokol kesehatan virus Corona.

 

Gandeng TNI-Polri

Pendisiplinan ini untuk mempersiapkan masyarakat memasuki tahapan new normal. Setidaknya, ada 340.000 personel TNI-Polri yang diturunkan untuk mendisiplinkan masyarakat.

Mereka akan mengawasi 1.800 titik keramaian mulai dari pasar, mal, hingga tempat pariwisata.

Pendisiplinan ini dilakukan secara bertahap. Untuk saat ini, ada 4 provinsi dan 25 kabupaten/kota yang dilakukan pendisilinan untuk memasuki fase new normal.

Jokowi menjelaskan TNI-Polri akan mendisiplinkan masyarakat agar menggunakan masker, menjaga jarak aman, dan menghindari kerumunan saat beraktivitas di luar rumah.

Dia meyakini apabila pendisiplinan ini dilakukan secara masif, maka akan membuat kurva penyebaran virus corona di tanah air menurun.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Llama Jadi Hewan Terapi Baru untuk Penyandang Disabilitas, Ini Alasannya

Posted: 26 May 2020 10:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Llama menjadi hewan peliharaan baru untuk terapi penyandang down syndrome, autisme, maupun lanjut usia. Hewan ini dipilih karena tidak terancam punah dan aman dipeluk.

"Bagi sebagian orang, anjing sedikit terlalu biasa, atau beberapa orang memiliki pengalaman buruk dengan anjing," kata Niki Kuklenski, seorang peternak llama di Bellingham, Washington, salah satu yang pertama menggunakan hewan untuk tujuan terapi dilansir dari CNA.

Dia mengatakan bahwa llamanya, terutama yang betina bernama Flight, "akan membaca orang. Jadi ketika dia dihampiri seseorang, dia akan meletakkan kepalanya ke bawah untuk dipeluk. Tetapi jika seseorang tampak khawatir, Flight akan tetap diam. Dia sangat keren."

Menurut kelompok penyedia hewan terapi, Pet Partners, 94 persen hewan terapi yang terdaftar adalah anjing, tetapi ada 20 llama dan alpaka juga, kata Elisabeth Van Every, juru bicara kelompok itu.

Sebagian besar adalah llama yang jauh lebih besar dari alpaka dan biasanya jauh lebih ramah bagi manusia. Hewan-hewan dilindungi oleh asuransi Mitra Hewan Peliharaan selama masa kunjungan terapi.

Aturan ketat tentang kesehatan, perawatan, dan kondisi kerja pun harus dipatuhi. Tidak ada hewan yang dapat bekerja lebih dari dua jam sehari, dan pawang harus mengetahui tanda-tanda kelelahan atau gangguan.

Pemilik llama akan memberi tahu bahwa hewan peliharaan mereka memiliki indra keenam tentang orang-orang yang membutuhkan, sakit, atau lemah.

Seorang pasien terapi, Carol Rutledge mengatakan bahwa llama terapinya, yang bernama Knock, akan berjalan ke sisi tempat tidur pasien dan berdiri dalam diam sementara pasien meraihnya. "Itu meluluhkan hati," katanya.

Menurut Peneliti

Mona Sams, seorang ahli terapi okupasi memiliki delapan llama dan lima alpaka di tempat praktiknya, yang melayani anak-anak dengan autisme dan gangguan lain, serta orang dewasa dengan kelainan perkembangan.

Satu pasien adalah seorang gadis dengan cerebral palsy dan kejang yang datang dua kali seminggu. "Aku punya satu llama bernama Woolly yang benar-benar duduk di sana bersamanya selama satu jam penuh, bertatap muka," kata Sams.

"Dia menyebut Woolly 'penasihatnya', dan dia akan menghabiskan bagian pertama dari jam itu untuk memberi tahu Woolly kesulitan apa yang dia alami, dan llama itu hanya duduk di sampingnya selama proses mencurahkan isi hati."

Sams adalah penulis utama dari penelitian tentang penggunaan llama sebagai hewan terapi. Artikel yang diterbitkan pada 2006 di American Journal of Occupational Therapy, menggambarkan percobaan klinis yang sangat kecil di mana anak-anak dengan autisme diberikan terapi okupasi standar atau terapi yang melibatkan penanganan llama.

Hasil "menunjukkan bahwa anak-anak lebih banyak terlibat dalam penggunaan bahasa dan interaksi sosial yang signifikan dalam sesi terapi okupasi yang melibatkan hewan daripada dalam sesi terapi okupasi standar," tulis para penulis penelitian.

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Momen Lebaran Aurel Hermansyah, Ditemani Orang Tersayang

Posted: 26 May 2020 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Idul Fitri tentu saja menjadi salah satu momen yang cukup dinantikan oleh umat muslim di seluruh dunia. Tak terkucuali bagi para selebriti Tanah Air. Pasalnya, pada momen tersebut para keluarga akan berkumpul bersama merayakan momen Lebaran. Begitu pula yang dialami oleh selebriti muda Aurel Hermansyah.

Nama Aurel Hermansyah sendiri tengah menjadi perbincangan netizen. Pasalnya, putri sulung dari Anang Hermansyah ini terlihat memberikan komentar pada akun Instagram sang ibu kandungnya, Krisdsayanti. Pada kolom komentar tersebut, wanita 21 tahun ini pun meminta waktu Krisdayanti untuk bertemu dan melepas rindu.

Komentar Aurel Hermansyah di akun Instagram Krisdsayanti pun mendapat balasan teduh dari sang ibunda.

"anak mimi sayang, mimi Omm dan adik adik kan Pintu rumahnya selalu terbuka untuk anak anak mimi, aurel & azriel . dengan senang hati nak alhamdulillah," tulis Krisdsayanti.

Balasan komentar antara ibu dan anak selebritis ini pun langsung curi perhatian netizen. Keduanya memang terlihat merayakan hari Lebaran Idul Fitri 1441 Hijriah secara terpisah. Baik Krisdayanti maupun Aurel juga mengunggah momen Lebaran di akun Instagram masing-masing.

Bahkan, pada Idul Fitri tahun ini kediaman Aurel pun terlihat didatangi oleh Atta Halilintar. Kedekatan antara Aurel dan Atta sendiri memang telah cukup lama jadi sorotan.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (27/5/2020) berikut ini beberapa momen Lebaran Aurel Hermansyah meski tetap di rumah saja.

1. Ini dia komentar Aurel Hermansyah pada akun Instagram Krisdayanti.

Aurel Hermansyah (Sumber: Instagram/krisdayantilemos)
Aurel Hermansyah (Sumber: Instagram/krisdayantilemos)

2. Aurel sendiri terlihat kompak menggunakan busana senada dengan keluarga di momen Lebaran.

Aurel Hermansyah (Sumber: Instagram/aurelie.hermansyah)
Aurel Hermansyah (Sumber: Instagram/aurelie.hermansyah)

3. Bahkan, momen lebaran di keluarga Anang dan Ashanty ini juga diunggah pada video chennel YouTube The Hermansyah A6.

Aurel Hermansyah (Sumber: Instagram/aurelie.hermansyah)
Aurel Hermansyah (Sumber: Instagram/aurelie.hermansyah)

4. Penampilan kompak keluarga selebriti ini pun turut jadi sorotan netizen.

Aurel Hermansyah (Sumber: Instagram/aurelie.hermansyah)
Aurel Hermansyah (Sumber: Instagram/aurelie.hermansyah)

5. Tak hanya Lebaran bersama keluarga, akan tetapi Atta Halilintar juga terlihat bersilaturahmi di kediaman Anang Ashanty.

Aurel Hermansyah (Sumber: Instagram/aurelie.hermansyah)
Aurel Hermansyah (Sumber: Instagram/aurelie.hermansyah)

6. Atta pun turut serta mengajak Thariq Halilintar dan mengunggah momen silaturahmi bersama keluarga Aurel di Instagram.

Aurel Hermansyah (Sumber: Instagram/aurelie.hermansyah)
Aurel Hermansyah (Sumber: Instagram/aurelie.hermansyah)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mulai Terapkan The New Normal, Beginilah Suasana Kantor BRI

Posted: 26 May 2020 10:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah tengah gencar menghimbau seluruh elemen masyarakat untuk beradaptasi menghadapi The New Normal guna menanggulangi pandemi COVID-19. Sejak pertama kali wabah tersebut muncul di Indonesia, Bank BRI telah melakukan langkah antisipatif dengan melakukan pemantauan dan penanganan di lingkungan kerja BRI dan bisnis bank secara keseluruhan. Hal tersebut kini telah menjadi skenario The New Normal bagi Perseroan.

Protokol pencegahan di seluruh Kantor BRI

Bank BRI telah menerapkan protokol pencegahan penyebaran COVID-19 di seluruh kantor BRI diantaranya dengan mewajibkan penggunaan masker, penyiapan hand sanitizer, pemeriksaan suhu tubuh dan pengaturan jarak minimum bagi pekerjanya.

Pengaturan jarak minimum dalam lift sebagai bentuk physical distancing
Pengaturan jarak minimum dalam lift sebagai bentuk physical distancing
Penyediaan hand sanitizer di setiap kantor.
Penyediaan hand sanitizer di setiap kantor.

Penyesuaian operasional dan layanan bank

BRI mewajibkan penggunaan masker dan sarung tangan oleh petugas di front liner serta memasang sekat pembatas dari kaca di meja teller dan customer service. BRI juga menerapkan kebijakan serupa terhadap layanan branchless banking Agen BRILink di seluruh Indonesia.

Dok. PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk.
Dok. PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk.
Dok. PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk.
Dok. PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk.
Dok. PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk.
Dok. PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk.

Penerapan kebijakan Work From Home

BRI menerapkan kebijakan Work From Home (WFH) maksimal 50% untuk Unit Kerja yang berada di zona merah. Dalam kondisi WFH, rapat virtual menjadi hal yang lazim dewasa ini.

Dok. PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk.
Dok. PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk.
Dok. PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk.
Dok. PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk.

Bank BRI berkomitmen akan terus menciptakan inisiatif baru untuk beradaptasi menghadapi kondisi The New Normal dengan mengutamakan keselamatan dan kesehatan pekerja serta nasabahnya (people's first).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemnaker Sumbang APD bagi Tenaga Medis

Posted: 26 May 2020 10:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Ketenagakerjaan menyerahkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) kepada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cipayung, Jakarta, Selasa (19/5/2020).  Bantuan diberikan sebagai bentuk dukungan kepada tenaga medis yang merupakan garda terdepan di RSUD Cipayung, dalam melayani pasien yang terdampak Covid-19.

Bantuan berupa masker dan  Alat Pelindung Diri (APD) yang terdiri dari baju hazmat, sarung tangan medis dan kaos kaki medis diserahkan secara simbolis oleh Direktur Pengawasan Norma Kerja Perempuan dan Anak (PNKPA) Binwasnaker & K3, Kemnaker, Asep Gunawan dan diterima langsung oleh Direktur RSUD Cipayung, Nikensari.

Dalam sambutan singkatnya, Asep Gunawan mengatakan bantuan APD  diberikan sebagai upaya mempercepat pengurangan penyebaran Covid-19. Khususnya fokus kegiatan kesehatan dengan kunjungan-kunjungan ke RS maupun klinik sebagai bentuk dukungan moril berjuang melawan Covid-19.

"Kalau ke kawasan industri, dalam upaya mempersempit penyebaran Covid-19, Bu Menteri Ida Fauziyah memimpin langsung penyemprotan disinfektan. Terakhir penyemprotan disinfektan dilakukan Bu Menteri kepada pedagang UKM, Kramat Jati, Jakarta, " kata Asep didampingi sejumlah pengawas Ketenagakerjaan di Direktorat PNKPA, Kemnaker.

Asep berharap seluruh jajaran tenaga medis di RSUD tetap semangat dalam melayani kesehatan dan berperang menghadapi Covid-19. Menurutnya paramedis sudah tak berpikir  lagi menjaga kesehatan dirinya, meskipun para tenaga medis juga mengetahui cara menjaganya.

"Tapi dalam kondisi kelelahan, manusia tetap punya rasa jenuh dan memiliki keluarga yang sama dengan kita. Karena tugas bereat, para itu didesikan. Kita juga dukacita sahabat paramedis dalam perjuangkan Covid-19 sampai menjadi korban, " katanya.

Asep menambahkan pihaknya merasa senang adanya RSUD Cipayung berada di tengah pemukiman kawasan padat Jakarta. Lokasi yang berdekatan dengan masyarakat banyak tersebut, akan semakin memudahkan masyarakat untuk memperoleh layanan kesehatan secara maksimal.

"Saya cukup kaget dan bangga di DKI memiliki RS yang dipersiapkan di Kecamatan sehingga memudahkan akses kesehatan bagi masyarakat sekitar kecamatan Cipayung, " katanya.

Sementara Nikensari mengungkapkan sejak awal wabah Covid-19, pihaknya membuka kesempatan luas kepada masyarakat yang ingin memberikan kontribusi kepada tenaga medis di RSUD Cipayung. Meski kebutuhan kesehatan telah disiapkan oleh Pemprov DKI, tetapi perjalanan penyakit akibat Covid-19 ini masih terus berjalan dan belum diketahui kapan berakhirnya Covid-19.

"Filantropi-filantropi (cinta kasih sesama manusia-red) bantuan tetap kami terima dan sudah banyak. Kami merasakan kontribusi di luar kesehatan luar biasa sehingga (tenaga medis) sangat terbantu dari sisi keamanan, karenya bantuan paling banyak adalah  APD, " katanya.

Niken menambahkan banyaknya bantuan kepada paramedis merupakan bentuk dukungan luar biasa karena paramedis jadi tak merasa berjuang sendirian dalam berperang menghadapi Covid-19.  Disamping itu, banyak unit-unit layanan di RSUD Cipayung, tak lepas dari kerja sama-kerja sama terkait Ketenagakerjaan.

"Hikmah kejadian Covid ini, menyambungkan kita lebih intens, sambung terus. Tak hanya berhenti dengan kerja sama bantuan-bantuan, tapi juga  menguatkan program, mencari inovasi dan meningkatkan kemampuan jejaring, " kata Nikensari.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lion Air Setop Sementara Penerbangan hingga 31 Mei 2020

Posted: 26 May 2020 10:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Lion Air Group memutuskan menghentikan sementara operasional penerbangannya selama 5 hari mulai mulai 27 Mei sampai dengan 31 Mei 2020. Hal ini rangka mendukung pemerintah terkait dengan usaha pencegahan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

"Peran serta aktif melaksanakan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan, Kementerian Kesehatan dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di setiap lingkungan dan aktivitas perusahaan serta mensosialisasikan di lingkungan sekitar perusahaan," kata Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (27/5/2020).

Berdasarkan evaluasi atas pelaksanaan operasional penerbangan sebelumnya, banyak calon penumpang yang tidak dapat melanjutkan perjalanan atau tidak bisa terbang dan harus kembali dengan segala biaya yang telah dikeluarkan (kerugian), hanya karena ketidaktahuan atau ketidakpahaman atas ketentuan-ketentuan yang harus dipenuhi untuk dapat melaksanakan perjalanan dengan pesawat udara.

Dengan demikian Lion Air Group berkesimpulan bahwa para calon penumpang masih membutuhkan sosialisasi yang lebih intensif agar lebih mengetahui dan memahami secara jelas terkait dengan ketentuan-ketentuan dan persyaratan yang dibutuhkan untuk rencana bepergian menggunakan pesawat udara.

"Calon penumpang belum sepenuhnya mengetahui dan memahami bagaimana dokumen-dokumen perjalanan dipenuhi dan dimana calon penumpang mendapatkannya," ungkap dia.

Berdasarkan kondisi tersebut, Lion Air Group berkesimpulan masih dibutuhkan waktu agar para calon penumpang lebih mengetahui dan melengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan untuk melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat udara.

Sehingga Lion Air Group memutuskan untuk melakukan sosialisasi yang lebih intensif melalui website dan kantor-kantor cabang serta menghentikan sementara operasional penerbangan selama 5 hari, yaitu mulai 27 Mei sampai dengan 31 Mei 2020.

"Lion Air Group juga harus menjaga serta memastikan kondisi kesehatan fisik dan jiwa seluruh karyawan berada dalam keadaan baik, pasca operasional sebelumnya," jelas dia.

Proses Refund Tiket

Proses validasi dokumen di Bandara Soekarno Hatta. (dok. Lion Air Group/Dinny Mutiah)
Proses validasi dokumen di Bandara Soekarno Hatta. (dok. Lion Air Group/Dinny Mutiah)

Lion Air Group memfasilitasi kepada calon penumpang yang sudah memiliki atau membeli tiket (issued ticket) dapat melakukan proses pengembalian dana tanpa potongan (full refund) atau perubahan jadwal keberangkatan tanpa tambahan biaya (reschedule) melalui Kantor Pusat dan Kantor Cabang Penjualan Tiket (Ticketing Town Office) Lion Air Group di seluruh kota di Indonesia, layanan kontak pelanggan (call center) 021-6379 8000 dan 0804-177-8899.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dukung Kinerja Laboratorium, 2 Mobil Combat Covid-19 Didatangkan ke Jawa Timur

Posted: 26 May 2020 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mengirimkan Mobil Combat Covid-19 untuk mendukung pengujian sampel di lapangan dengan pendekatan PCR atau polymerase chain reaction. Dua kendaraan itu bakal ditempatkan di Provinsi Jawa Timur.

Pengiriman menuju Jawa Timur bertujuan untuk mendukung laboratorium yang sudah bekerja selama ini.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo melakukan inspeksi kendaran dengan tipe minibus sebelum pemberangkatan.

Doni menyampaikan bahwa dukungan Mobil Combat Covid-19 untuk melakukan pengujian secara masif. Pemilihan lokasi Jawa Timur karena salah satu lab penguji sampel mengalami kerusakan sehingga tidak dapat melakukan pemeriksaan.

"Karenanya pengiriman dua unit kendaraan mobil BSC 2 ini diharapkan bisa membantu pemerintah Jawa Timur," ujar Doni di  lobi Graha BNPB pada Rabu pagi (27/5/2020).

Doni mengatakan bahwa satu unit mobil uji sampel telah tiba di Kota Surabaya tadi pagi sekitar pukul 05.30 waktu setempat. Mobil tersebut telah terparkir di RS Bhayangkara, Surabaya.

"Kita harapkan Pemerintah Pusat dapat membantu mempercepat pemeriksaan di Kota Surabaya," ucapnya.

Di samping itu, fasilitas yang dimiliki mobil ini dapat dengan cepat dan luas mengidentifikasi sampel swab dengan pendekatan PCR. Hal tersebut disebabkan Jawa Timur memiliki kasus terbesar kedua setelah DKI Jakarta. Kasus positif Covid-19 Jawa Timur per 26 Mei 2020 mencapai 3.943 kasus.

"Dalam beberapa hari terakhir ini memang terjadi peningkatan sejumlah kasus, namun tidak terlepas upaya pemerintah Surabaya Jawa Timur untuk memperbanyak pemeriksaan," kata Doni.

Doni mengatakan, pihaknya berencana menambah tiga unit kendaran dengan spesifikasi bio safety cabinet (BSC) II berteknologi nano. Ia memproyeksikan penambahan mobil uji sampel lapangan di wilayah Lumajang, Kota Surabaya dan Sidoarjo.

"Jadi ada 3 mobil lagi yang akan kita upayakan untuk dikirim dalam rangka membantu Gugus Tugas Daerah Provinsi Jawa Timur," ujarnya.

Melalui teknologi yang dipasang pada mobil ini, hasil swab dapat diidentifikasi dalam waktu 40 menit. Di samping itu, pengujian PCR yang dilekatkan pada mobil ini dengan teknologi terbaru, yaitu dengan reagen padat.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ridwan Kamil: Jamu Adalah New Normal Espresso

Posted: 26 May 2020 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Produktif, namun tetap aman dari infeksi virus corona baru. Gagasan new normal menyasar berbagai lini di dalam negeri. Tak hanya di sektor formal, penerapannya juga berlaku ke konsumsi keseharian sebagaimana disebutkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Pada acara Silaturahome yang digelar Liputan6.com dan KLY secara daring pada Rabu (27/5/2020), Kang Emil, begitu ia akrab disapa, menyebut jamu sebagai new normal espresso di era sekarang.

"Mungkin bisa jadi bisnis juga. Ke depan, jamu is the new espresso," kata dia.

Emil meyakini jamu akan semakin ngetren ke depan, menyaingi kopi. Hal itu diamini oleh Aura Kasih yang menjadi lawan bicaranya dalam sesi bincang-bincang tersebut. 

Ibu satu anak itu mengaku sudah mulai membuat jamu sendiri sejak duduk di bangku SMA. Kandungan jamunya terdiri dari kunyi, jahe, kapulaga, cengkih, dan kayu secang ditambah pemanis dari gula merah.

Konsumsi jamu tersebut disebutkannya bermanfaat untuk menaikkan imun. "Buat kulit juga bagus, masalah maag juga bagus," imbuhnya. Ia percaya, konsumsi jamu pun bisa menjaga ketahanan tubuh, terutama di saat sedang lelah-lelahnya.

"Sisi baiknya lebih lihat ke dalam, bukan lihat ke luar. Saya sedih banget Nyonya Meneer sudahan. Setelah ini orang nyari," tutur Aura.

 

 

Naik Daun

Ilustrasi kunyit asam. (dok. Instagram @auntiekathyskitchen/https://www.instagram.com/p/B9jQnkDp0H_/)
Ilustrasi kunyit asam. (dok. Instagram @auntiekathyskitchen/https://www.instagram.com/p/B9jQnkDp0H_/)

Sebagaimana diketahui, sejak virus corona baru menyebar, jamu memang kembali naik daun. Konsumsinya merupakan upaya publik menjaga imunitas tubuh agar tak mudah terpapar virus.

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) dr. Inggrid Tania, sempat menjelaskan pada Liputan6.com, beberapa waktu lalu bahwa secara umum, jamu yang terdiri dari tanaman-tanaman obat kaya akan vitamin, mineral, dan zat-zat aktif memang memiliki khasiat sebagai antioksidan.

Kandungan itu dikatakan mampu mengaktifkan imunitas tubuh demi menangkal infeksi virus.

"Lalu, berkhasiat sebagai anti-inflamasi yang dapat mencegah kerusakan atau peradangan sel akibat penyakit infeksi virus. Juga, akan membantu mengatasi gejala batuk, pilek, meriang atau demam, sesak nafas, sakit kepala, lemas, dan mual yang sering meyertai penyakit infeksi virus, serta mempercepat proses pemulihan," paparnya.

Ketika ditanya soal seberapa ampuh jamu menghadang corona COVID-19, dr. Inggrid mengatakan, bisa jadi efektif jika diminum secara teratur setiap hari dalam takaran yang pas. "Belum dapat dinyatakan secara tegas karena belum ada pengujian klinis pada manusia untuk kasus spesifik COVID-19," sambungnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jangan Coba Menipu, Ini Cara Polisi Cek Keaslian SIKM saat Masuk Jakarta

Posted: 26 May 2020 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemeriksaan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) dilakukan petugas kepolisian secara ketat untuk mencegah adanya kecurangan yang dilakukan pemudik saat ingin masuk ke wilayah Jakarta.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menegaskan, dalam SIKM terdapat QR Code yang menunjukkan keaslian surat yang diberikan.

"Dalam SIKM itu ada QR code yang bisa discan pakai ponsel apa saja. Nanti akan keluar siapa pemilik sebenarnya," kata Sambodo dalam keterangannya, Rabu (27/5/2020).

Hanya bisa digunakan satu orang, SIKM tak bisa dipindahtangankan atau digunakan orang lain untuk mengelabui petugas yang berjaga.

"Kalau sudah discan, nanti kita akan cocokkan dengan wajahnya. Jadi SIKM si A tidak bisa digunakan oleh si B," kata dia.

Untuk mendapatkan SIKM, pertama kali bisa dilakukan dengan mengisi formulir permohonan secara daring melalui corona.jakarta.go.id dengan melengkapi sejumlah persyaratan.

Tanpa dokumen ini, pemudik yang hendak kembali ke Jakarta akan diputarbalik petugas yang berjaga.

Syarat Mendapatkan SIKM

Sementara itu, untuk syarat pengajuan masuk DKI Jakarta juga melalui situs yang sama corona.jakarta.go.id. Beberapa persyaratan harus dipenuhi untuk mendapatkan SIKM

1. Memiliki KTP-el DKI Jakarta atau Kartu Keluarga DKI Jakarta tetapi berdomisili di luar Jabodetabek; atau

2. Orang asing yang memiliki KTP-el/izin tinggal tetap

3. Surat pernyataan sehat bermeterai.

 

Syarat untuk Warga KTP Non Jakarta:

1. Memiliki surat keterangan dari kelurahan atau desa tempat asal perjalanan yang menerangkan maksud dan tujuan datang ke Jakarta

2. Surat pernyataan sehat bermaterai

3. Memiliki surat jaminan bermaterai dari keluarga yang berada di Jakarta yang diketahui oleh ketua RT setempat atau surat jaminan bermeterai dari perusahaan yang berada di Jakarta

4. Bagi pemohon yang melakukan perjalanan dinas agar melampirkan surat keterangan dari tempat kerja yang berada di Jakarta

5. Bagi pemohon yang karena alasan darurat melakukan kegiatan ke Jakarta melampirkan surat keterangan domisili tempat tinggal dari kelurahan di Jakarta.

Selanjutnya bila persyaratan sudah terpenuhi, DPM dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dapat menerbitkan SIKM secara elektronik dalam bentuk QR-code. 

Untuk penerbitan SIKM diproses satu hari kerja sejak permohonan dinyatakan secara lengkap dan hanya berlaku untuk satu pemohon saja. Sedangkan untuk anak yang belum memiliki KTP dapat mengikuti SIKM orang tua atau salah satu anggota keluarga. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Seberapa Banyak Penderita Mag Boleh Konsumsi Vitamin C?

Posted: 26 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mengasup vitamin C merupakan salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh apalagi di era pandemi COVID-19 seperti sekarang. Namun, bagi orang dengan riwayat mag boleh seberapa banyak mengonsumsi suplemen vitamin C?

Menurut dokter spesialis penyakit dalam konsultan gastroenterologi dan hepatologi, Ari Fahrial Syam, vitamin C memang jadi salah satu asupan favorit untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, kehadiran vitamin C dalam jumlah yang cukup juga berperan sebagai antioksidan.

Namun, bagi yang memiliki riwayat mag jangan berlebihan mengasup vitamin C. "Bagi yang punya sakit mag yang bisa ditolerir itu dosis 500 mg, kalau lebih dari itu bisa timbul masalah," kata Ari dalam live Instagram di akun pribadinya @dokterari.

Sebenarnya bisa juga tidak perlu sampai 500 mg, pilih dengan dosis 300 mg. Namun, jika memang membutuhkan asupan 500 mg pada orang dengan kondisi mag tertentu harus diimbagi dengan obat anti asam lambung.

Asupan vitamin C juga bisa diusahakan dari buah-buahan jadi tidak perlu suplemen. Makan buah-buahan lebih nyaman bagi lambung dibandingkan mengonsumsi vitamin C dosis tinggi seperti disampaikan Ari.

 

Buah Kaya Vitamin C

Manfaat Jus Jambu Merah (Sumber: Pixabay)
Manfaat Jus Jambu Merah (Sumber: Pixabay)

Mengutip Klikdokter, makan satu buah jeruk itu sudah mengandung 70 mg vitamin C. Lalu, satu porsi pepaya mengandung 88,3 mg vitamin C. Dan, jangan salah, semangkuk stroberi juga kaya vitamin C sekitar 84,7 mg.

Buah lain dengan kandungan vitamin C tinggi adalah jambu biji dan kiwi. Satu porsi jambu biji kandungan vitamin C bisa mencapai 377 mg dan pada kiwi hingga 137 mg.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sempat Tertunda, Kapan Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 4 Dibuka?

Posted: 26 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah berencana membuka pendaftaran Kartu Prakerja gelombang IV pada Selasa, 26 Mei 2020 kemarin. Namun proses pendaftaran tersebut mengalami keterlambatan, dan belum ada informasi lebih lanjut terkait itu.

Lantas, kapan pendaftaran peserta Kartu Prakerja akan kembali dibuka?

Direktur Kemitraan dan Komunikasi PMO Kartu Prakerja Panji Winanteya Ruky mengabarkan, hingga kini belum ada keputusan resmi kapan pendaftaran gelombang keempat tersebut akan dibuka.

Dia mengatakan, pihaknya saat ini tengah fokus menyelesaikan pembayaran insentif peserta Kartu Prakerja gelombang I, II dan III.

"Belum (ada keputusan). Nanti kami akan umumkan bila sudah ada keputusan Komite," ujar Panji kepada Liputan6.com, Rabu (27/5/2020).

Adapun ketidakpastian ini telah membuat banyak calon pendaftar penasaran, hingga membuat manajemen pelaksana program Kartu Prakerja dibanjiri pertanyaan di laman dunia maya.

 

Diminta Sabar

CfDS Fisipol UGM melakukan riset tentang Kartu Prakerja
CfDS Fisipol UGM melakukan riset tentang Kartu Prakerja

Seperti dalam postingan terakhir di akun Instagram @prakerja.go.id pada Rabu pagi hari ini, dimana pihak PMO hanya bisa meminta calon pendaftar bersabar.

"Mohon ditunggu untuk pendaftaran gelombang berikutnya ya. Pasti akan kami infokan melalui media sosial Prakerja," tulis akun Instagram @prakerja.go.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Joe Biden: Tak Mau Pakai Masker Saat Pandemi Corona, Donald Trump Bodoh

Posted: 26 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Washington - Calon presiden dari Partai Demokrat Joe Biden menyebut saingannya dari Partai Republik, yakni Donald Trump sebagai "orang yang benar-benar bodoh" karena tidak mengenakan masker pada serangkaian acara publik baru-baru ini. Biden juga mengatakan bahwa kurangnya kepemimpinan dalam masalah ini dapat merugikan hidup masyarakat. 

Melansir Channel News Asia, Rabu (27/5/2020), keputusan untuk mengenakan masker di muka umum telah muncul sebagai bagian dari pertarungan politik nasional, dan dua kandidat presiden telah mengadopsi pendekatan yang sangat berbeda.

Keputusan Biden untuk mengenakan masker di acara publik pertamanya pada Hari Peringatan atau Memorial Day sejak Maret menarik perhatian Trump, yang me-retweet gambar Biden di acara tersebut disertai dengan komentar: "Ini mungkin membantu menjelaskan mengapa Trump tidak suka mengenakan masker di depan umum."

Trump menolak mengenakan masker di depan kamera di sejumlah acara publik di tengah pandemi Corona COVID-19, termasuk pada acara Memorial Day. 

"Dia bodoh, benar-benar bodoh untuk berbicara seperti itu. Setiap dokter terkemuka di dunia mengatakan Anda harus mengenakan masker di tengah orang banyak," kata Biden dalam sebuah wawancara dengan CNN.

Biden menyebut perilaku Trump sebagai tindakan maskulin palsu yang mengorbankan nyawa orang.

Kemunculan Pertama Biden di Depan Publik

Mantan Wapres AS Joe Biden unggul di Super Tuesday. Dok: AP
Mantan Wapres AS Joe Biden unggul di Super Tuesday. Dok: AP

Donald Trump mengatakan bahwa kemunculan Biden pada acara Memorial Day sambil mengenakan masker "sangatlah tidak biasa", terlebih karena dia berada di luar dengan cuaca yang baik.

Juru bicara Gedung Putih, Kayleigh McEnany mengatakan Trump tidak mempermalukan siapa pun. 

Kemunculan Biden pada Senin lalu adalah yang pertama dalam beberapa minggu terakhir. 

Kandidat berusia 77 tahun itu telah tinggal di rumah karena pandemi. 

Trump, yang telah memulai kembali jadwal perjalanannya dalam beberapa pekan terakhir, telah mengetuk Demokrat karena tidak meninggalkan rumahnya.

"Presiden sangat senang melihat Joe muncul dari ruang bawah tanah. Agak aneh bahwa, di ruang bawah tanahnya, tepat di sebelah istrinya, dia tidak mengenakan masker, tetapi dia mengenakannya di luar ketika dia menjauhkan diri secara sosial. Jadi saya berpikir bahwa ada perbedaan di sana," katanya kepada wartawan.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit merekomendasikan memakai masker kain di depan publik, di mana langkah-langkah physical distancing sulit untuk diterapkan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Mahasiswi Joget TikTok Saat Yudisium Online

Posted: 26 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sempat dianggap sebagai aplikasi alay oleh para warganet, saat ini TikTok justru mulai diminati dan dinikmati oleh masyarakat. Mulai dari anak kecil, remaja, sampai orang tua.

Tik Tok menjadi aplikasi yang menghibur di tengah kondisi pandemi Corona atau Covid-19 seperti saat ini. Pandemi Covid-19 membuat orang-orang harus menjaga jarak dan mengurangi aktivitas di luar rumah.

Akibatnya, semua kegiatan baik bekerja maupun belajar mau tidak mau dilakukan dari rumah. Sebagian orang yang telah merencanakan untuk menggelar acara pun harus menundanya. Begitu pula dengan acara penting lainnya, seperti wisuda dan yudisium melalui aplikasi daring. 

Joget TikTok saat yudisium online

Seorang mahasiswi berjoget TikTok saat yudisium online
Seorang mahasiswi berjoget TikTok saat yudisium online

Beberapa waktu lalu, video seorang mahasiswa viral karena aksinya berjoget TikTok saat sedang melakukan yudisium online.

Diketahui, ia merupakan mahasiswa Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Jawa Tengah. Kelakuan kocaknya tersebut pertama kali diunggah oleh akun Twitter @septemberchilds pada Rabu (20/5/2020).

Respons Warganet

Seorang mahasiswi berjoget TikTok saat yudisium online
Seorang mahasiswi berjoget TikTok saat yudisium online

Mahasiswi bernama Shafira itu melakukan joget TikTok setelah dekan membacakan pujian bahwa ia merupakan mahasiswi berprestasi atas hasil yudisium yang digelar secara online tersebut.

Aksi kocaknya ini lantas viral dan mengundang para warganet untuk berkomentar. Ada yang terhibur dan ada juga yang menyatakan perilaku tersebut tidak pantas, apalagi situasinya sedang dalam prosesi formal.

Klarifikasi Terkait Videonya

Seorang mahasiswi berjoget TikTok saat yudisium online
Seorang mahasiswi berjoget TikTok saat yudisium online

Alhasil, terkait komentar warganet yang menilai dirinya kurang sopan atas hal tersebut, Shafira memberi konfirmasi melalui akun Twitternya @leoxagusta.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Timnas Indonesia: Menanti Sentuhan Pelatih Baru Skuat Garuda

Posted: 26 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Debut pelatih baru Shin Tae-yong sebetulnya sudah ditunggu tiga laga penting Timnas Indonesia pada Kualifikasi Piala Dunia 2022. Namun, ketiga laga itu harus ditunda lantaran pandemi virus corona.

Terkait dengan itu, tugas Shin Tae-yong sebagai pelatih baru Timnas Indonesia sedikit tersendat. Skuat Garuda harus bersabar untuk merasakan sentuhan pelatih asal Korea Selatan itu gara-gara pandemi corona Covid-19.

Pandemi corona Covid-19 yang melanda dunia membuat FIFA mengubah jadwal semua pertandingan internasional. Alhasil, pertandingan Timnas Indonesia digeser ke Oktober dan November mendatang.

Laga Timnas Indonesia usai pandemi virus corona juga akan terasa spesial. Pasalnya, laga tersebut akan menjadi debut bagi jersey anyar timnas Indonesia yang dibuat apparel lokal, Mills.

Lihat jadwal Timnas Indonesia di halaman selanjutnya.

Jadwal Timnas Indonesia

8 Oktober 2020

Thailand vs Timnas Indonesia

13 Oktober 2020

Timnas Indonesia vs Uni Emirat Arab

12 November 2020

Vietnam vs Timnas Indonesia

Skuat Timnas

Kiper

1. Andritany Ardhiyasa (Persija Jakarta)

2. Muhammad Riyandi (Barito Putera)

3. Nadeo Argawinata (Bali United)

4. Muhammad Adi Satrio (PSMS Medan)

Belakang

5. Fachruddin Aryanto (Madura United)

6. Bagas Adi Nugroho (Arema FC)

7. Andy Setyo Nugroho (Tira Persikabo)

8. Rudolf Yanto Basna (PT Prachuap)

9. Hansamu Yama (Persebaya Surabaya)

10. Alfeandra Dewangga (PSIS Semarang)

11. Ricky Fajrin (Bali United)

12. Gavin Kwan Adsit (Bali United)

13. Putu Gede Juni Antara (Bhayangkara FC)

14. Firza Andika (PSM Makassar)

15. Asnawi Mangkualam (PSM Makassar)

16. Pratama Arhan Alif (PSIS Semarang)

Tengah

17. Sani Rizki Fauzi (Bhayangkara FC)

18. T.M. Ichsan (Bhayangkara FC)

19. Rachmat Irianto (Persebaya Surabaya)

20. Muhammad Tahir (Persipura Jayapura)

21. Bayu Pradana (Barito Putera)

22. Zulfiandi (Madura United)

23. Septian David Maulana (PSIS Semarang)

24. Stefano Lilipaly (Bali United)

25. Irfan Bachdim (PSS Sleman)

26. Rizky Rizaldi Pora (Barito Putera)

27. Febri Hariyadi (Persib Bandung)

28. Saddil Ramdani (Tanpa Klub)

29. Rizky Eka Pratama (PSM Makassar)

30. Osvaldo Haay (Tanpa Klub)

Depan

31. Ilija Spasojevic (Bali United)

32. Lerby Eliandry (Bali United)

33. Irfan Jauhari Bali United)

34. Muhammad Rafli (Arema FC)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BMKG Juanda: Surabaya Bakal Berawan hingga Malam Hari

Posted: 26 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda memprediksi, Surabaya, Jawa Timur akan berawan pada Rabu, (27/5/2020).

Mengutip instagram @infobmkgjuanda, Surabaya akan cerah berawan pada pukul 13.00 dan 16.00 WIB. Sedangkan pukul 19.00 WIB dan 22.00 WIB akan berawan. Suhu di Surabaya berada di kisaran 26-34 derajat celsius dengan kecepatan angin 20 KM per jam. Kelembaban berada di kisaran 55-95 persen.

Di Sidoarjo, cuaca akan cerah berawan pada pukul 13.00, 16.00, dan 19.00 WIB, sedangkan pada pukul 22.00 WIB, cuaca akan berawan. Suhu di Sidoarjo akan berada di kisaran 25-32 derajat celsius dengan kecepatan angin 20 KM per jam. Kelembaban berada di kisaran 60-95 persen.

Cuaca di Lamongan akan cerah berawan pada pukul 13.00 dan 16.00 WIB. Sedangkan pukul 19.00 dan 22.00 WIB, cuaca akan berawan. Suhu di Lamongan akan berada di kisaran 25-33 derajat celsius dengan kecepatan angin 20 KM per jam. Kelembaban berada di kisaran 55-95 persen.

Di Gresik, cuaca akan cerah pada pukul 13.00 WIB. Kemudian cuaca akan cerah berawan pada pukul 16.00 WIB. Sedangkan pukul 19.00 dan 22.00 WIB, cuaca akan berawan. Suhu di Gresik akan berada di kisaran 26-33 derajat celsius dengan kecepatan angin 20 KM per jam. Kelembaban berada di kisaran 55-95 persen.

Waspadai Hujan Intensitas Sedang hingga Lebat

Ilustrasi Hujan (iStockphoto)
Ilustrasi Hujan (iStockphoto)

BMKG Juanda juga merilis peringatan dini tiga harian di Jawa Timur untuk mewaspadai hujan intensitas sedang hingga lebat. BMKG Juanda menyatakan untuk mewaspadai hujan intensitas dan sedang pada siang hingga sore hari di Mojokerto.

Sedangkan malam hari di Jombang, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Lumajang, Banyuwangi, dan Sampang. Pada dini hari di Surabaya, Sidoarjo, Trenggalek, Tulungagung, Kabupaten Pasuruan, Jember, Banyuwangi dan Situbondo, dan Sumenep.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Membedah Antarmuka One UI 2.1 di Samsung Galaxy S20 Plus

Posted: 26 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seri Galaxy S20 adalah salah satu smartphone pertama Samsung yang menjalankan antarmuka One UI 2.1 dengan Android 10.

Melalui antarmuka ini Samsung melakukan meningkatan pada keyboard untuk membuat UI lebih mudah digunakan saat mengetik. Juga ada penambahan beberapa fitur baru yang berguna untuk multimedia.

Sistem notifikasinya kini tidak mengganggu dan dark mode-nya terlihat lebih menyeluruh sehingga nyaman di mata.

Saat menggeser home screen ke kanan, kamu akan disajikan Samsung Daily. Ini adalah agregator berita, bagian dari aplikasi, dan juga tool untuk menemukan Spotify dan aplikasi lainnya.

Di Samsung Daily kamu bisa mengatur layanan mana yang ingin dilihat pertama kali, baik hiburan, berita, atau video.

Di sisi lain, pergerakan animasi pada One UI 2.1 sangat halus dan responsif tiap kali menyentuh layar. Terlebih ketika kami mengaktifkan layar Samsung Galaxy S20 Plus pada refresh rate 120Hz.

Pada perangkat yang mendukung kecepatan refresh 120Hz, perbedaan dalam respons sentuh langsung sangat terasa.

Perpindahan antar aplikasi terasa mulus, halaman/konten web terlihat jernih dan tentunya bebas lag. One UI 2.1 juga menambahkan mode adaptif di mana kecepatan refresh layar secara otomatis bisa beralih antara 60Hz dan 120Hz.  

Maksimalkan Fitur Kamera

Antarmuka kamera di Samsung Galaxy S20 Plus. Liputan6.com/iskandar
Antarmuka kamera di Samsung Galaxy S20 Plus. Liputan6.com/iskandar

Fitur kamera mendapatkan sejumlah peningkatan dari One UI 2.1 dan Samsung cukup fokus di ranah ini.

Single Take mungkin adalah salah satu fitur kamera terbaik yang memungkinkan kamu mengambil foto atau video secara bersamaan.

Mode kamera berbasis kecerdasan buatan ini dapat menangkap hingga empat video dan 10 foto menggunakan kombinasi kamera belakang. Antara lain wide, ultra-wide, Live Focus, serta klip video 15 detik dan boomerang.

Samsung juga memperkenalkan mode Pro untuk Video. Mode ini bisa dimanfaatkan untuk mengatur white balance, pencahayaan, ISO, fokus, dan lainnya secara manual untuk video.

Fitur ini juga memungkinkan kamu beralih antara kamera depan dan belakang saat merekam video. Sesuatu yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan.

Fitur Terbaik di One UI 2.1

Samsung Galaxy S20 Plus. Liputan6.com/iskandar
Samsung Galaxy S20 Plus. Liputan6.com/iskandar

Quick Share adalah salah satu fitur baru dan terbaik dari One UI 2.1. Lewat fitur ini kamu bisa berbagi file dengan mudah hingga lima orang.

Kamu cukup menggunakan Bluetooth untuk membuat jaringan Wi-Fi peer-to-peer antar perangkat sehingga kamu dapat mengirim file, foto, dan video dengan cepat.

Asyiknya, kamu bisa memilih opsi untuk menerima permintaan Quick Share dari siapa pun di sekitar (selama layar aktif/hidup) atau hanya dari pengguna Samsung Social yang ada di kontak.

Fitur keren lainnya adalah Music Share untuk berbagi koneksi Bluetooth di perangkat kamu ke speaker dengan orang lain.

Jika smartphone kamu terhubung ke speaker Bluetooth, kamu tidak perlu memutus koneksinya terlebih dahulu agar teman kamu dapat memutar musik dari smartphone mereka ke speaker.

Smartphone teman kamu bisa 'membonceng' koneksi smartphone milikmu untuk memutar musik di speaker yang sama. Syaratnya, kedua perangkat harus menjalankan Android 10 agar Music Share dapat berfungsi.

Live Caption

Fitur Live Caption di One UI 2.1. Liputan6.com/Iskandar
Fitur Live Caption di One UI 2.1. Liputan6.com/Iskandar

One UI 2.1 juga menghadirkan fitur Live Caption atau Teks Otomatis. Sebagai informasi, Galaxy S20 dan Galaxy Z Flip adalah satu-satunya perangkat non-Pixel yang mendukung fitur berbasis kecerdasan buatan ini.

Live Caption secara otomatis akan menampilkan teks secara real-time untuk video, podcast, dan pesan audio tanpa memerlukan koneksi data.

Saat kamu memutar video, sebuah boks berisi teks akan muncul di tengah layar, diikuti transkrip audionya secara real-time.

Teks yang muncul pun tidak akan menutupi video yang sedang kamu putar, karena posisinya bisa dipindahkan sesuai keinginan.

(Isk/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dapat Izin New Normal, Gubernur Gorontalo: Kami Kaji Dulu

Posted: 26 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Gorontalo - Pemerintah pusat memberi izin kepada empat daerah di Indonesia untuk menerapkan era normal baru (new normal) di tengah pandemi Covid-19. Keempat daerah itu antara lain DKI Jakarta, Jabar, Sumbar, dan Gorontalo. Menanggapi itu, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menegaskan, masih akan melakukan pengkajian yang matang sebelum masuk ke era normal baru.

Dalam rapat bersama Forkopimda di rumah jabatan Gubernur, Selasa (26/5/2020), Rusli mengatakan, pihaknya akan segera melakukan kajian yang melibatkan para kepala daerah kabupaten/kota di seluruh wilayah Gorontalo.

Meski baru akan dikaji, Rusli mengklaim Gorontalo sudah sangat siap jika diberlakukan era normal baru.

"Kami siap, selama aturan itu tidak membuat kasus Covid-19 bertambah, sah saja untuk bisa diterapkan," katanya.

Selain kajian yang mendalam, Rusli juga memastikan Pemprov Gorontalo akan melakukan banyak upaya preventif dan sosialisasi dalam penerapan era normal baru.

Sosialisasi tersebut akan dilakukan secara masif di seluruh wilayah Gorontalo dengan melibatkan berbagai komponen masyarakat, para tokoh dan pemuka agama.

Kalau kajian sudah matang, semua akan kita gerakan untuk penerapan new normal. Apapun yang menjadi imbauan pemerintah pusat dan daerah, itu kembali pada kepatuhan masyarakat dalam melaksanakan protokol kesehatan.

"Kalau saja tingkat kesadaran masyarakat sudah baik, tentunya tidak perlu lagi ada pembatasan wilayah, pembatasan waktu beraktivitas dan penutupan pasar," kata Rusli.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Angka Positif Covid-19 di Surabaya Meroket, Ini Penyebabnya

Posted: 26 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Wali Kota Tri Rismaharini menjawab soal tajamnya kenaikan pasien positif covid-19 di Surabaya Jawa Timur. Simak penjelasannya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Iis Dahlia dan 6 Artis Ini Ikut Oplas Challenge, Muka Aming Bikin Shock

Posted: 26 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta "Filler dua emberlah kira-kira. Manjhaaa gak guys," cetus Iis Dahlia seraya mengunggah foto wajahnya yang telah diedit begitu rupa. Dalam foto itu, dagu, tulang pipi, dan bentuk hidung Iis Dahlia tampak lebih tajam. Sementara kumis yang menjadi ciri khas Iis Dahlia terlihat samar.

Rupanya, Iis Dahlia mengikuti tantangan operasi plastik alias Oplas Challenge. Tentu ini bukan operasi plastik betulan. Iis Dahlia melakukan transformasi fisik dengan bantuan aplikasi Face App.

"Tuhhh @ranggamoela gimana cucmey enggak hasilnya?" tanya Iis Dahlia kepada Rangga Moela. Oplas Challenge tengah viral di jagat maya. Iis Dahlia hanyalah salah satu dari sekian banyak artis yang ikut Oplas Challenge. Siapa saja?

1. Ashanty

Ashanty. (Foto: Instagram @ashanty_ash)
Ashanty. (Foto: Instagram @ashanty_ash)

Nyonya Anang Hermansyah mengunggah foto wajahnya yang "baru" untuk mengikuti Oplas Challenge. "Sekarang enggak usah operasi plastik, mau tampil kece tinggal edit, lagi dirumah aja gini seru juga ada kegiatan edit-editan," cuit Ashanty seraya mengunggah foto terbaru.

"Ternyata ngedit wajah itu bikin bahagia, berasa cantik walau hanya di foto he he he. By the way, aku baru paham kalau kita oplas itu mukanya mirip-mirio semua ya jadinya," Ashanty menyambung.

2. Inul Daratista

Inul Daratista. (Foto: Instagram @inul.d)
Inul Daratista. (Foto: Instagram @inul.d)

Pelantun "Kocok-kocok" dan "Masa Lalu" ikut Oplas Challenge dengan motif sederhana, biar kekinian. Inul Daratista mengunggah empat foto hasil "operasi plastik" dengan bantuan aplikasi Face App.

Melihat 4 wajah barunya, bintang sinetron Kenapa Harus Inul? malah bingung. "Perasaan lambeku ora tebel deh. Mata juga sipit. Dagu panjang bener. Habis dioperasi malah koyok wong india gini," Inul Daratista mengulas. 

3. Mayangsari

Mayangsari. (Foto: Instagram @mayangsaritrihatmodjoreal)
Mayangsari. (Foto: Instagram @mayangsaritrihatmodjoreal)

Giliran Nyonya Bambang Trihatmodjo ikutan Oplas Challenge di medsos. "Biar kekinian," tulis Mayangsari seraya mengunggah foto hasil oplas di akun Instagram, Selasa (26/5/2020) kemarin.

Unggahan pelantun "Tiada Lagi" dan "Rasa Cintaku" ini kebanjiran pujian dari rekan sesama artis. "Ayune, Rek," seru Yuni Shara di kolom komentar. "Cantik banget, Cin," sahut Cut Keke.

4. Nikita Mirzani

Nikita Mirzani. (Foto: Instagram @nikitamirzanimawardi_17)
Nikita Mirzani. (Foto: Instagram @nikitamirzanimawardi_17)

Apapun yang sedang viral tak pernah luput dari perhatian Nikita Mirzani. Ibu tiga anak ini mengikuti Oplas Challenge jauh sebelum artis lain meramaikan tantangan ini.

"Ok let's go kita ke Korea Kak Fit!" tulis Nikita Mirzani menyertai foto hasil suntingan Picci Ramlan sambil menyenggol akun sahabatnya, Fitri Salhuteru. Foto yang diunggah pada 24 Mei 2020 ini disukai lebih dari 84 ribu orang. Laurens, ayah angkat Syahrini, juga mengirim tanda hati untuk foto ini.

5. Robby Purba

Robby Purba. (Foto: Instagram @robbypurba)
Robby Purba. (Foto: Instagram @robbypurba)

Yang ikut Oplas Challenge ternyata bukan hanya cewek. Sejumlah pesohor pria pun ikut tantangan dengan menyunting wajah mereka via aplikasi. Robby Purba, misalnya.

Presenter The X-Factor Indonesia mengunggah wajah "baru"-nya di akun Instagram terverifikasi, Senin (25/5/2020). "Baru juga kelar Ramadan, sudah bohong. Kek mana ini? Dosa enggak ini paka filter begini, nih?" tanya bintang film 99 Nama Cinta kepada warganet.

 

6. Aming

Aming. (Foto: Instagram @amingisback)
Aming. (Foto: Instagram @amingisback)

Yang bikin publik syok, transformasi wajah Aming dalam Oplas Challenge. Dagu, tulang rahang, dan hidungnya berubah dramatis. "Saya terima #oplaschallenge dari Rangga Moela. Asli, ini dari hasil aplikasinya, nyata! Emang bawaannya kayak gini!" celoteh Aming.

"Enggak dioperasi aja sudah lenje naudzubillah Apalgi kalau iya. Kok jadi cantik, Kang? Kaya oppa-oppa kore..ngan!" lanjutnya. Sejumlah warganet ngakak menyaksikan wajah Aming dalam tantangan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Melihat Yulin, Kota Penghijauan di China

Posted: 26 May 2020 10:00 PM PDT

Seorang tukang kebun menyirami pohon-pohon yang baru ditanam di barisan pohon penahan angin (shelterbelt) di Kota Yulin, Provinsi Shaanxi, China barat laut, (24/5/2020). Pada November 2019, kota itu mendapat status Kota Hutan Nasional. (Xinhua/Tao Ming)
Seorang tukang kebun menyirami pohon-pohon yang baru ditanam di barisan pohon penahan angin (shelterbelt) di Kota Yulin, Provinsi Shaanxi, China barat laut, (24/5/2020). Pada November 2019, kota itu mendapat status Kota Hutan Nasional. (Xinhua/Tao Ming)

Seorang tukang kebun menyirami pohon-pohon yang baru ditanam di barisan pohon penahan angin (shelterbelt) di Kota Yulin, Provinsi Shaanxi, China barat laut, (24/5/2020). Pada November 2019, kota itu mendapat status Kota Hutan Nasional. (Xinhua/Tao Ming)

Foto dari udara yang diabadikan pada 2 Mei 2020 ini memperlihatkan pemandangan Kota Yulin, Provinsi Shaanxi, China barat laut. Yulin, yang dulu mengalami erosi tanah dan desertifikasi parah, telah melakukan upaya penghijauan sejak April 2017. (Xinhua/Tao Ming)
Foto dari udara yang diabadikan pada 2 Mei 2020 ini memperlihatkan pemandangan Kota Yulin, Provinsi Shaanxi, China barat laut. Yulin, yang dulu mengalami erosi tanah dan desertifikasi parah, telah melakukan upaya penghijauan sejak April 2017. (Xinhua/Tao Ming)

Foto dari udara yang diabadikan pada 2 Mei 2020 ini memperlihatkan pemandangan Kota Yulin, Provinsi Shaanxi, China barat laut. Yulin, yang dulu mengalami erosi tanah dan desertifikasi parah, telah melakukan upaya penghijauan sejak April 2017. (Xinhua/Tao Ming)

Foto dari udara yang diabadikan pada 25 Mei 2020 ini memperlihatkan sabuk hijau di Kota Yulin, Provinsi Shaanxi, China barat laut. Pada November 2019, kota itu mendapat status Kota Hutan Nasional. (Xinhua/Tao Ming)
Foto dari udara yang diabadikan pada 25 Mei 2020 ini memperlihatkan sabuk hijau di Kota Yulin, Provinsi Shaanxi, China barat laut. Pada November 2019, kota itu mendapat status Kota Hutan Nasional. (Xinhua/Tao Ming)

Foto dari udara yang diabadikan pada 25 Mei 2020 ini memperlihatkan sabuk hijau di Kota Yulin, Provinsi Shaanxi, China barat laut. Pada November 2019, kota itu mendapat status Kota Hutan Nasional. (Xinhua/Tao Ming)

Foto dokumen 15 Juni 2015 memperlihatkan padang pasir di pinggiran Kota Yulin, Provinsi Shaanxi, China barat laut. Yulin, yang dulu mengalami erosi tanah dan desertifikasi parah, telah melakukan upaya penghijauan sejak April 2017. (Xinhua/Zhang Jinguo)
Foto dokumen 15 Juni 2015 memperlihatkan padang pasir di pinggiran Kota Yulin, Provinsi Shaanxi, China barat laut. Yulin, yang dulu mengalami erosi tanah dan desertifikasi parah, telah melakukan upaya penghijauan sejak April 2017. (Xinhua/Zhang Jinguo)

Foto dokumen 15 Juni 2015 memperlihatkan padang pasir di pinggiran Kota Yulin, Provinsi Shaanxi, China barat laut. Yulin, yang dulu mengalami erosi tanah dan desertifikasi parah, telah melakukan upaya penghijauan sejak April 2017. (Xinhua/Zhang Jinguo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fleksibel, 5 Zodiak Ini Mudah Beradaptasi dengan Perubahan

Posted: 26 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setiap zodiak memiliki karakter uniknya masing-masing. Ada beberapa sifat dan kemampuan yang dimiliki, namun ternyata tidak dimiliki oleh zodiak yang lainnya. Salah satu karakter unik yang dimiliki oleh beberapa zodiak adalah kemampuan beradaptasi.

Ada beberapa zodiak yang dengan cepat beradaptasi terhadap lingkungan baru dan sifat fleksibel menghadapi perubahan situasi. Kemampuan tersebut bisa dikatakan spesial, karena ternyata tidak semua orang bisa memiliki kemampuan seperti ini.

Hanya orang-orang dengan beberapa zodiak tertentu yang konon dapat memilikinya. Karakter demikian tentu memberi keuntungan tersendiri bagi orang yang memilikinya. Dengan kemampuannya yang fleksibel tersebut, seseorang dapat bergaul dan bekerja di tempat-tempat yang belum tentu dapat di jangkau orang lain.

Nah zodiak apa sajakah yang memiliki karakter tersebut? Berikut 5 Zodiak yang memiliki sifat fleksibel dan mudah beradaptasi, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (16/5/2020).

1. Gemini

Fleksibel, 5 Zodiak Ini Mudah Beradaptasi (Sumber: unsplash.com/Simon Maage)
Fleksibel, 5 Zodiak Ini Mudah Beradaptasi (Sumber: unsplash.com/Simon Maage)

Sebagai orang yang mudah bersosialisasi, sudah menjadi kemampuan alami Gemini untuk bersikap fleksibel. Dengan demikian ia mampu menerima pendapat dari orang-orang di sekitarnya dan mudah beradaptasi pada berbagai situasi.

Orang-orang yang memiliki zodiak Gemini memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan suka belajar banyak hal baru. Inilah yang membuatnya sering tidak ragu menerima perubahan dalam hidupnya.

2. Aquarius

Fleksibel, 5 Zodiak Ini Mudah Beradaptasi
Fleksibel, 5 Zodiak Ini Mudah Beradaptasi

Aquarius dikenal sebagai zodiak yang merasa paling nyaman ketika sendirian, namun dalam beberapa hal ia mampu menerima berbagai situasi yang terjadi dalam hidupnya. Aquarius tidak terlalu bergantung pada orang lain dan mampu beradaptasi dengan baik terhadap keadaan. Hal itu memang sudah menjadi insting bertahan hidupnya.

Pikirannya yang terbuka membuat Aquarius tidak repot memikirkan berbagai hal buruk yang datang pada hidupnya. Sehingga ia mudah menerima perubahan situasi. Seorang Aquarius memiliki filosofi bahwa hidup memang butuh perubahan agar tidak membosankan.

3. Aries

Fleksibel, 5 Zodiak Ini Mudah Beradaptasi (Sumber:  pexels.com/Gustavo)
Fleksibel, 5 Zodiak Ini Mudah Beradaptasi (Sumber: pexels.com/Gustavo)

Aries adalah orang yang aktif, energik, dan kompetitif. Ia memiliki keberanian untuk mengambil risiko dan tantangan dalam hidupnya.

Dengan karakter seperti ini, Aries memiliki kemampuan beradapatsi yang sangat baik terhadap berbagai perubahan yang dialami dalam hidupnya. Ia bahkan sudah terbiasa melihat perubahan sebagai kesempatan untuk mendapatkan hal lebih baik.

4. Pisces

Fleksibel, 5 Zodiak Ini Mudah Beradaptasi (Sumber: pexels.com/mentatdgt)
Fleksibel, 5 Zodiak Ini Mudah Beradaptasi (Sumber: pexels.com/mentatdgt)

Pisces adalah zodiak yang tenang dan kalem. Namun siapa sangka, kemampuannya beradaptasi dengan lingkungan dan perubahan yang terjadi dalam hidup sangat baik. Ia punya pemikiran fleksibel yang bisa menyesuaikan dengan pendapat banyak orang.

Ia tidak suka memandang rendah pendapat orang lain. Baginya, pendapat orang lain patut untuk dipertimbangkan.

5. Sagitarius

Fleksibel, 5 Zodiak Ini Mudah Beradaptasi (Sumber: Istockphoto)
Fleksibel, 5 Zodiak Ini Mudah Beradaptasi (Sumber: Istockphoto)

Sagitarius justru suka mencari perubahan dalam hidupnya. Rutinitas yang sama terus-menerus justru bukan cara hidupnya. Seorang Sagitarius senang hidup dengan berbagai petualangan dengan jiwa yang bebas.

Bisa mengeksplor hal baru justru menyenangkan baginya. Karena itu, bersikap fleksibel adalah bakat alaminya. Ia dapat menyesuaikan dirinya dengan baik ketika dihadapkan pada hal-hal baru.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

40 Kata-kata Bingung Menentukan Pilihan Hidup, Singkirkan Keraguan

Posted: 26 May 2020 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kata-kata bingung menentukan pilihan bisa membantumu keluar dari kegelisahan. Dalam hidup kamu akan dihadapkan dengan berbagai pilihan. Terkadang pilihan-pilihan ini sulit ditentukan karena berbagai alasan.

Pilihan yang kamu pilih memiliki dampak besar pada kehidupan yang kamu jalani. Saat merasa bingung, kata-kata bingung menentukan pilihan mungkin bisa mewakili keadaanmu. Kata-kata bingung menentukan pilihan hidup ini juga bisa membantu membuka pikiran tentang keputusan yang akan kamu buat.

Kata-kata bingung menentukan pilihan berisi inspirasi hidup. Dengan kata-kata bingung menentukan pilihan kamu bisa menyingkirkan segala keraguan. Kata-kata bingung menentukan pilihan ini juga bisa kamu bagikan ke orang lain untuk menebar motivasi.

Berikut 40 kata-kata bingung menentukan pilihan hidup, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (27/5/2020).

Kata-kata bingung menentukan pilihan untuk ikuti kata hati

Ilustrasi/copyright unsplash.com/Riccardo Mion
Ilustrasi/copyright unsplash.com/Riccardo Mion

Berikut kata-kata bingung menentukan pilihan untuk tetap mendengarkan kata hati:

1. Pikiranmu mungkin bingung, namun hatimu tidak akan pernah berbohong kepadamu.

2. Ada stabilitas dalam menempuh jalan yang tidak pasti, karena kamu tidak pernah membiarkan dirimu disesatkan oleh apa yang kamu ketahui.

3. Visimu akan menjadi jelas hanya ketika kamu dapat melihat ke dalam hatimu sendiri.

4. Ketika pikiran mencari dan hati yang meyakinkan, di situlah pilihan yang tepat ditemukan.

5. Benar dan salah sangat rumit; terkadang kita bingung mana yang harus diikuti.

6. Beberapa jalan yang indah tidak dapat ditemukan tanpa tersesat.

Kata-kata bingung menentukan pilihan dengan tetap kuat

Ilustrasi/copyright unsplash.com/Arif Riyanto
Ilustrasi/copyright unsplash.com/Arif Riyanto

Berikut kata-kata bingung menentukan pilihan dengan tetap kuat menjalani hidup:

1. Suatu hari nanti, semuanya akan masuk akal. Jadi untuk saat ini, tertawalah pada kebingungan, tersenyumlah melalui air mata, kuatkan dan terus ingatkan dirimu bahwa semuanya terjadi karena suatu alasan.

2. Musuh adalah rasa takut. Kita pikir itu adalah kebencian, tetapi itu adalah ketakutan. - Mahatma Gandhi.

3. Kamu tidak dapat bergantung pada matamu ketika imajinasimu tidak fokus. - Mark Twain.

4. Hanya karena jalanmu berbeda, bukan berarti kamu kalah.

5. Ketika kamu mengubah caramu memandang sesuatu, hal-hal yang kamu lihat akan berubah.

6. Semoga pilihanmu mencerminkan harapanmu, bukan ketakutanmu. - Nelson Mandela.

7. Di atas setiap gunung ada jalan, meskipun mungkin tidak terlihat dari lembah.

 

Kata-kata bingung menentukan pilihan yang benar

Ilustrasi/copyright unsplash.com/Anthony Tran
Ilustrasi/copyright unsplash.com/Anthony Tran

Berikut kata-kata bingung menentukan pilihan yang benar dan tepat:

1. Terkadang kamu menghadapi kesulitan bukan karena melakukan sesuatu yang salah, tetapi karena melakukan sesuatu dengan benar. - Joel Osteen.

2. Banyak yang keras kepala dalam mengejar jalan yang telah mereka pilih, hanya sedikit yang mengejar tujuan. - Friedrich Nietzsche.

3. Bingung? Kebingungan itu baik. Ini adalah tempat yang sangat baik untuk belajar sesuatu yang baru.

4. "Kadang-kadang jalan yang benar bukanlah yang termudah." Pocahontas

5. Manusia sejatinya tidak bisa menentukan benar dan salah, semuanya hanya tentang sudut pandang.

6. Pilih jalanmu sendiri, bukan yang orang lain inginkan.

7. Kamu bebas untuk membuat pilihan apa pun yang kamu inginkan, tetapi kamu tidak bebas dari konsekuensi pilihanmu.

Kata-kata bingung menentukan pilihan untuk berani keluar dari zona nyaman

Ilustrasi/copyright unsplash.com/Anthony Tran
Ilustrasi/copyright unsplash.com/Anthony Tran

1. "Semua yang kamu inginkan adalah satu langkah di luar zona nyamanmu." ~ Robert G. Allen

2. "Normalitas adalah jalan beraspal: nyaman untuk berjalan, tetapi tidak ada bunga yang tumbuh di sana." ~ Vincent Van Gogh.

3. "Sebuah kapal selalu aman di pantai. Tapi itu bukan untuk apa ia dibangun. " - Albert Einstein

4. Tantangan adalah apa yang membuat hidup menarik. Mengatasi mereka adalah apa yang membuat hidup lebih berarti.

5. Jangan takut untuk menempuh jalan baru; Ini mungkin cara untuk menemukan apa yang selama ini kamu cari.

6. Keputusan adalah hal yang paling sulit untuk dibuat terutama ketika itu adalah pilihan antara di mana kamu seharusnya dan di mana kamu ingin berada.

7. Ada dua pilihan utama dalam hidup: untuk menerima kondisi sebagaimana adanya, atau menerima tanggung jawab untuk mengubahnya.

Kata-kata bingung menentukan pilihan untuk singkirkan keraguan

Ilustrasi/copyright shutterstock.com
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

1. "Jika kamu merasa tersesat, kecewa, ragu-ragu, atau lemah, kembalilah kepada dirimu sendiri, kepada siapa kamu, di sini dan sekarang dan ketika kamu sampai di sana, kamu akan menemukan dirimu, seperti bunga teratai yang mekar penuh, bahkan di kolam berlumpur, cantik dan kuat. " - Masaru Emoto.

2. Keraguan bukan merupakan lawan dari keyakinan. Namun keraguan adalah bagian dari keyakinan.

3. Karena hati hanya rela memberi bukan menguasai, jangan penah ragu memilih dengan hati.

4. Jangan ragu melakukan sesuatu yang benar, walaupun tak ada seorangpun yang menghargai bagaimana sulitnya itu. 5. Jangan pernah ragu membuang hal yang buruk. Ingatlah, jika ingin terbang tinggi, kamu harus meninggalkan hal yang memberatkanmu.

6. Dalam setiap hal yang kamu lakukan, kamu memilih suatu arah. Hidupmu adalah hasil dari pilihan-pilihan.

7. Hidup adalah tentang membuat pilihan. Selalu lakukan yang terbaik untuk membuat yang benar, dan selalu lakukan yang terbaik untuk belajar dari yang salah.

Kata-kata bingung menentukan pilihan tentang cinta

Ilustrasi/copyright shutterstock.com/subin pumsom
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/subin pumsom

1. Sulit mengetahui kapan cinta dimulai; tidak terlalu sulit untuk mengetahui bahwa itu telah dimulai.

2. Cinta adalah ketika dua orang yang saling peduli menjadi bingung satu sama lain.

3. Cinta adalah kekuatan liar. Ketika kita mencoba mengendalikannya, itu menghancurkan kita. Ketika kita mencoba memenjarakannya, itu memperbudak kita. Ketika kita mencoba memahaminya, itu membuat kita merasa tersesat dan bingung.

4. Saat kamu tidak tahu harus mulai dari mana, pergi saja ke tempat yang sangat kamu rindukan.

5. Hidup menyajikan banyak pilihan, pilihan yang kita buat akan menentukan masa depan kita.

6. Buat pilihan yang baik hari ini agar kamu tidak menyesal besok.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bila PSBB Jakarta Berakhir, Pemprov DKI Bakal Buka Tempat Hiburan dan Wisata Secara Bertahap

Posted: 26 May 2020 09:48 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta Cucu Ahmad Kurnia menyatakan sejumlah lokasi wisata dan tempat hiburan akan mulai beroperasi setelah pembatasan sosial berskala besar (PSBB) berakhir.

Dia mengatakan saat ini pihaknya juga masih menunggu arahan dari tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 DKI Jakarta.

"Wewenang untuk pelonggaran PSBB itu adanya di tim gugus covid. Dia yang menetapkan itu, karena mereka punya acuan kapan boleh dibuka atau tidaknya," kata Cucu saat dihubungi, Senin (27/5/2020).

Cucu menjelaskan bila ada perkembangan positif dari PSBB, tempat wisata dan hiburan akan dibuka secara bertahap. Saat ini pihaknya tengah membahas terkait aturan protokol kesehatan pencegahan virus Corona atau Covid-19 di lokasi wisata.

"Mereka harus punya protokol Covid buat masing-masing tempat wisata. Itu yang lagi dibahas," ucapnya.

 

Mal Buka 5 Juni, Imajinasi

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan Pemprov DKI Jakarta belum menentukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) akan di perpanjang atau tidak. Sebab PSBB fase tiga akan berakhir pada 4 Juni 2020.

Karena hal itu, dia menyatakan belum adanya peraturan adanya jadwal pengoperasian pusat perbelanjaan atau mal di Jakarta.

"Jadi kalau saat ini ada yang mengatakan mal akan buka tanggal 5 Juni itu imajinasi, itu fiksi. Karena belum ada aturan mana pun yang mengatakan PSBB diakhiri," kata Anies usai peninjauan di Km 47 Tol Jakarta-Cikampek, Selasa, 26 Mei 2020. 

Dia menyatakan saat ini sejumlah ahli tengah mengumpulkan data yang ada. Hasil tersebut akan menjadi landasan perpanjangan atau berakhirnya PSBB Jakarta.

"Jadi yang menentukan PSBB ini diperpanjang atau tidak itu sebenarnya bukan pemerintah bukan parah ahli yang menentukan adalah perilaku seluruh masyarakat di wilayah PSBB," ucapnya.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menyatakan apapun hasilnya akan disampaikan kepada masyarakat. Bila masyarakat tidak mematuhi aturan yang telah ditetapkan, akan ada kemungkinan PSBB Jakarta dapat diperpanjang.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ridwan Kamil Bicara soal Aturan Baru Nonton di Bioskop Saat Masuk Era 'New Normal'

Posted: 26 May 2020 09:46 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku tengah menyiapkan aturan baru menonton di bioskop sesuai dengan standar protokol kesehatan Covid-19. Aturan tersebut disiapkan untuk menghadapi situasi jika penyesuaian hidup normal baru diterapkan pada masa pandemi Covid-19.

"Kita lagi mengatur kapasitasnya karena Covid-19 itu penyakit kerumunan, di mana ada kerumunan di situ ada potensi penularan Covid-19," kata Ridwan Kamil dalam program spesial Silaturahome KLY hari kedua, Rabu (27/5/2020).

Emil, panggilan akrab Ridwan Kamil, lebih jauh menjelaskan, kerumunan bisa terjadi dalam berbagai kegiatan masyarakat. Oleh karena itu, kegiatan menonton di bioskop saat ada penyesuaian tatanan normal baru harus memperhatikan protokol kesehatan.

"Jadi, nanti kerumunan di bioskop bisa diatur. Kalau biasa 100 persen dikurangi jadi 50 persen," ungkapnya.

Emil mengaku belum bisa memastikan kapan bioskop akan dibuka. Namun, pihak Pemprov Jabar akan terus mengkaji terkait aturan tersebut.

Terkait penerapan normal baru, Emil menyampaikan bahwa saat ini kunci melaksanakannya ada pada pencegahan. Sebab, virus Corona belum ditemukan vaksin sebagai penangkalnya.

"Selama Anda tidak pakai vaksin, karena vaksinnya juga belum ditemukan, maka melawan penyakit ini hanya satu yaitu pencegahan. Jadi gunakan logika sederhananya karena penyakit ini berpotensi ditularkan melalui kerumunan, maka pencegahan itu sama dengan menjauhi kerumunan. Kalaupun terpaksa (ikut berkerumun), kita lakukan jaga jarak dan tetap melaksanakan protokol kesehatan," ucapnya.

Seperti diketahui, bioskop sebagai salah satu kegiatan pariwisata menutup sementara kegiatan operasional selama pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Jawa Barat.

Adapun sektor usaha lainnya di luar bioskop akan dibuka kembali mencuat setelah pemerintah akan mengevaluasi dan menetapkan apakah status tanggap darurat Covid-19 akan diperpanjang setelah 29 Mei mendatang.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

ASDP Layani 45.131 Truk Logistik Selama Angkutan Lebaran

Posted: 26 May 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) telah melayani penumpang sebanyak 131.683 orang, 74.846 unit kendaraan, termasuk 45.131 unit truk logistik.

Ini merupakan akumulasi selama periode Angkutan Lebaran mulai Minggu (17/5) atau H-7 hingga Senin (25/5) atau hari kedua Lebaran (H+2) di tengah situasi pandemi Covid-19.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Imelda Alini mengatakan, pencapaian total penumpang yang menyeberang di sembilan lintasan tersebut turun 94,47 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 2.380.124 orang. Dan dari total kendaraan tersebut turun 86,49 persen dibandingkan tahun lalu sebanyak 553.817 unit kendaraan.

"Selama periode Angkutan Lebaran ini ASDP memfokuskan pada 9 lintasan penyeberangan terpantau nasional. Yakni Ajibata-Ambarita, Tj. Kelian – Tj Api-api, Merak-Bakauheni, Ketapang-Gilimanuk, Padangbai-Lembar, Kayangan-Pototano, Kariangau-Panajam, Bajoe-Kolaka, Bira-Pamatata," kata Imelda dalam pernyataannya, Rabu (27/5/2020).

Dia mengatakan aktivitas penyeberangan di sembilan lintasan mulai dari H-7 hingga H+2 Idulfitri relatif sepi baik trafik penumpang maupun kendaraan. Hal ini sesuai prediksi perseroan seiring dengan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang dilakukan sejumlah daerah di Indonesia.

Sedangkan, tren kenaikan hanya terjadi pada trafik kendaraan truk dikarenakan sesuai dengan Permenhub 25 Tahun 2020, ASDP hanya boleh melayani penyeberangan angkutan logistik serta penumpang khusus yang telah lolos verifikasi oleh Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di lapangan sesuai SE Nomor 4 Tahun 2020.

 

Jumlah Truk Logistik

Sementara untuk kendaraan logistik masih diperbolehkan menyeberang ke Bali.
Sementara untuk kendaraan logistik masih diperbolehkan menyeberang ke Bali.

Adapun truk logistik yang dilayani mencapai 45.131 unit di sembilan lintasan penyeberangan atau naik 50,56 persen dibandingkan periode sama tahun lalu sebanyak 29.975 unit.

"Kami mengapresiasi tingginya kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam mendukung larangan mudik Pemerintah untuk menunda perjalanan dengan kapal ferry pada periode Lebaran ini," terang Imelda.

Lebih lanjut Imelda memastikan, ASDP tetap memberikan layanan prima kepada pengguna jasa meski traffic pengguna berkurang. Untuk mengantisipasi kepadatan, perseroan disiplin menerapkan sistem penyekatan sejak dari gate verifikasi tim Gugus Tugas Covid-19 atau sebelum memasuki area pelabuhan hingga menuju ke terminal dan saat naik ke kapal.

Pun, perseroan konsisten menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Antara lain melakukan desinfektan secara periodik, pemeriksaan suhu tubuh, hingga penerapan physical distancing saat pengguna jasa berada di terminal dan kapal.

"Bahkan, untuk penumpang pejalan kaki yang akan naik ke kapal dibatasi maksimal hanya 75 orang. Sehingga tidak ada penumpukan atau antrian di terminal hingga saat berada di kapal," tandasnya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pandemi Covid-19, WNI di AS Gelar E-Takbiran dan Lebaran Drive Thru

Posted: 26 May 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Meski di tengah pandemi Covid-19, masyarakat dan diaspora Indonesia di Amerika Serikat (AS) tetap semangat untuk bersilaturahim dan merayakan Lebaran.

Dengan memanfaatkan teknologi, suasana khas Idul Fitri dihadirkan melalui kegiatan silaturahim virtual, "e-takbiran", dan Lebaran drive-through, yang berlangsung sejak malam terakhir bulan Ramadan hingga hari pertama Idul Fitri tahun ini.

"Kita semua, baik yang berada di AS maupun di Tanah Air, sedang menghadapi pandemi Covid-19. Namun, situasi yang sulit ini tidak akan pernah bisa melunturkan semangat dan antusiasme kita semua untuk merayakan hari Lebaran dengan penuh suka cita, kebahagiaan, dan semarak," ujar Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI) KBRI Washington DC/Wakil Duta Besar RI untuk AS Iwan Freddy Hari Susanto dalam keterangan tertulis, Selasa (26/4/2020) di lansir Antara

Dia pun bahkan mengajak setiap orang untuk menggunakan momentum Lebaran sebagai penumbuh asa dan optimisme untuk keluar dari situasi sulit akibat wabah Covid-19.

Diawali dengan acara "Silaturrahim Virtual Menyambut Lebaran", yang diselenggarakan oleh KBRI Washington DC dengan dukungan berbagai organisasi masyarakat dan diaspora Indonesia di ibu kota AS serta wilayah sekitarnya, antusiasme masyarakat untuk merayakan Lebaran langsung terasa.

Acara tersebut juga disiarkan secara langsung melalui laman Facebook KBRI Washington DC, pada Sabtu malam, 23 Mei 2020. 

Puluhan pesan dan ucapan selamat Lebaran yang berasal dari organisasi/komunitas keagamaan, sosial budaya, dan kemasyarakatan WNI dan diaspora Indonesia di Washington DC serta wilayah-wilayah sekitarnya ditayangkan dalam acara tersebut.

Di puncak acara, ditampilkan video berisi pesan khusus dari Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Selain menyampaikan salam Idul Fitri, Menteri Retno juga berpesan agar masyarakat dan diaspora Indonesia di luar negeri tetap semangat dan penuh suka cita menyambut Hari Kemenangan serta bersatu untuk dapat keluar dari pandemi Covid-19. 

"Stay strong, stay healthy, and stay united," ujar Menlu Retno menutup pesannya. 

Acara saling sapa virtual yang berlangsung selama lebih satu jam tersebut mengundang apresiasi dan menyedot banyak antusiasme masyarakat dan diaspora Indonesia di AS.

Mereka tidak hanya berasal dari Ibu Kota AS, namun juga menjangkau berbagai wilayah lain, termasuk California, New York, Pennsylvania, Massachusetts, Arizona, dan Nebraska.

Acara silaturahim virtual tersebut selanjutnya disambung dengan kegiatan e-takbiran yang diselenggarakan oleh IMAAM Center. Dari rumah masing-masing, ratusan jamaah Muslim Indonesia dengan khusyuk mengikuti bacaan takbir, tahmid, dan tahlil.

"Ramadan kali ini memang berbeda. Namun, pengamatan kami, pandemi ternyata tidak mengurangi ibadah dan amal kebaikan para jamaah. Lancarnya program Ramadan tidak lepas dari kerja sama panitia dan dukungan penuh dari jamaah," kata Yudi Sutrisno, Amir Ramadhan 1441 H.

Lebaran Drive Thru

Suasana Muslim AS merayakan Lebaran di Illinois. (Liputan6.com/Irma Anzia)
Suasana Muslim AS merayakan Lebaran di Illinois. (Liputan6.com/Irma Anzia)

Keesokan harinya, IMAAM Center menggelar "Lebaran drive-through" untuk memfasilitasi para jamaah dan masyarakat Indonesia lainnya dalam berhalalbihalal.

Panitia mengatur rapi deretan mobil yang masuk ke kompleks IMAAM Center untuk memudahkan para pengendara yang ingin mengucapkan selamat Lebaran tanpa harus turun dari kendaraan. 

Aneka makanan yang sudah dipesan secara daring untuk diambil melalui jalur drive-through tersebut berhasil mengobati rasa rindu terhadap sajian dan suasana khas Lebaran di Tanah Air.

"Pemerintah setempat belum membolehkan rumah-rumah ibadah beroperasi secara penuh. Namun, dengan keterbatasan ini kami mencoba untuk tetap menghadirkan suasana perayaan Hari Raya Idul Fitri. Kami ingin masyarakat Muslim tetap bahagia di akhir bulan Ramadhan dan di awal bulan Syawal," kata Presiden IMAAM Center Arif Musthofa.

"Saling perhatian, saling jaga, saling membantu, dan memperkuat ukhuwwah (persaudaraan), merupakan misi utama dari halalbihalal," tambah Ustadz Fahmi Zubir Zakaria, imam pada IMAAM Center.

Wakil Dubes RI untuk AS Iwan Freddy Hari Susanto, yang hadir pada acara tersebut juga menyampaikan dukungannya kepada seluruh pengurus IMAAM Center yang selama 30 hari penuh terus membuat semarak Ramadan melalui berbagai programnya.

"Suasana beda, tetapi tetap menjaga tradisi Ramadan dan Lebaran. Ini bisa menjadi sumber inspirasi bagi masyarakat Muslim di AS. Yang luar biasa, Lebaran tetap dapat dirayakan dengan mengikuti panduan dan protokol kesehatan dari otoritas setempat," tutur Iwan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

A Better World, Kolaborasi Ananda Sukarlan, Joy Tobing dan Dokter Spesialis Jantung

Posted: 26 May 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pianis Ananda Sukarlan berkolaborasi bersama Joy Tobing menyanyikan lagu berjudul "A Better World". Yang menarik, kolaborasi tersebut tak hanya dilakukan Ananda Sukarlan bersama dengan jawara Indonesian Idol musim pertama.

Ada delapan dokter spesialis jantung yang ikut andil dalam proses penggarapan lagu yang dinyanyikan Joy Tobing bersama alunan musik Ananda Sukarlan.

"Lagu ini menjadi kontribusi nyata, sekaligus aksi kemanusiaan dari para dokter jantung untuk masyarakat kecil," ungkap dr. Nancy Weber, yang membantu mempromosikan lagu ini melalui keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com di Jakarta, Rabu (27/5/2020).

Ide pembuatan lagu ini, awalnya dicetuskan dr. Bambang Budiono, SpJP, yang menulis lirik lagu berjudul "A Better World", bersama sahabatnya Bramantyo Prijosusilo, budayawan Indonesia yang saat ini bermukim di Australia.

 

Makna Lagu

Ananda Sukarlan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Ananda Sukarlan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

"Lirik A Better World bertujuan mengajak kita bersama bergandengan tangan, saling mendukung menghadapi badai pandemi," dr. Nancy Weber melanjutkan.

"Lirik itu berubah menjadi lagu matang setelah saya mempertemukan dr. Bambang Budiono dengan Ananda Sukarlan, juga Joy Tobing sehingga terciptalah kolaborasi dengan 8 dokter ahli jantung ini," kata dr Nancy Weber sambil menyebut nama-nama dokter yang terlibat antara lain, dr. Bambang Budiono, SpJP, dr. Jajang Sinardja SpJP, dr. Alexander Edo Tondas, SpJP, dr. Dasdo Antonius Sinaga, SpJP, dr. Amiliana M Soesanto, SpJP, dr. Emanoel Oepangat, SpJP, dr. Vireza Pratama SpJP, dan dr. Ade Imasanti Sapardan, SpJP.

Semula Hanya Dokter Jantung

Komposer dan pianis Ananda Sukarlan (dok. Istimewa)
Komposer dan pianis Ananda Sukarlan (dok. Istimewa)

Ananda Sukarlan menyebut, awal ditawari penggarapan lagu "A Better World", hanya dinyanyikan oleh para dokter ahli jantung yang bukan penyanyi professional.

"Bikin musik mudah itu nggak mudah lho. Justru lebih sulit, karena semuanya harus dibatasi seperti range hanya satu oktaf, frase harus disesuaikan dengan napas yang tidak boleh kepanjangan. Seperti itulah," kata Ananda Sukarlan.

Rekaman Istimewa

Terlebih, masih menurut Ananda Sukarlan, proses rekaman dirancang dilakukan secara istimewa, karena adanyanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Semua menyanyi secara online. Jadi ketukan harus jelas, dan ini bisa mengurangi kebebasan dan ekspresivitas. Tapi untunglah, ternyata dokter-dokter itu nyanyinya keren. Ditambah ada Joy, kalau saya dikasih tahu ada Joy, saya bikin yang jauh lebih menantang deh," dia menguraikan.

Konser Online Pertama

Ananda Sukarlan
Ananda Sukarlan

Selain itu, Ananda Sukarlan juga akan mengadakan konser online pertama pada 28 Mei 2020 pukul 19.00 WIB. Acara ini diselenggarakan Dirjen Kebudayaan RI dan bisa disaksikan secara streaming melalui kanal YouTube Budaya Saya.

"Ini tantangan baru untuk saya, beda dengan bermain live di TV, misalnya. Karena penonton juga akan datang dari berbagai negara, budaya dan bahasa. Untuk itu saya harus menyusun program yang kuat ke-Indonesiaannya, tapi juga harus komunikatif dengan budaya lain. Tapi saya juga percaya musik itu univesal kok," Ananda Sukarlan menguraikan.

Menurut rencana, dalam pentas streaming tersebut, Ananda Sukarlan akan membawakan nomer-nomer Rapsodia Nusantara yang telah dikenal dalam dunia piano Internasional, dan memainkan beberapa karya baru yang terinsipirasi dari lagu pop yang dipopulerkan Phil Collins, Celine Dion dan Maroon 5.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral di Media Sosial, Begini Tutorial Virtual Photoshoot Pakai Smartphone

Posted: 26 May 2020 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Salah satu kegiatan yang tren selama di rumah aja saat pandemi Covid-19 adalah sesi pemotretan secara virtual. Aktivitas tersebut juga dikenal dengan istilah virtual photoshoot

Dikatakan pemotretan virtual karena sesi pengambilan fotonya dilakukan dari jarak jauh menggunakan media laptop atau PC. Biasanya, klien dan fotografer akan mengadakan video call terlebih dahulu. Kemudian fotografer akan mengambil gambar modelnya melalui layar laptop.

Beberapa publik figur turut meramaikan tren tersebut dengan mengunggah hasil virtual photoshoot mereka ke media sosial, seperti  penyanyi Afgansyah Reza, Raisa Andriana, influencer Rachel Vennya, hingga aktris senior Sophia Latjuba.

Tak hanya menggunakan kamera profesional, ternyata sesi foto virtual ini bisa juga dilakukan pakai smartphone lho. Meskipun hanya bermodalkan smartphone, kualitas foto yang dihasilkan nggak kalah bagus.

Lalu, apa saja langkah-langkah untuk melakukan virtual photoshoot menggunakan smartphone? Simak ulasannya berikut ini.

Langkah-Langkah Virtual Photoshoot Menggunakan Smartphone

Kamera smartphone (techreviewer.co.uk)
Kamera smartphone (techreviewer.co.uk)

1. Harus ada model foto

Hal pertama yang pasti dibutuhkan adalah model. Kemudian, arahkan gaya model tersebut melalui video call.

2. Siapkan laptop dan smartphone

Dalam melakukan aktivitas video call, pastikan kamu menggunakan perangkat seperti laptop atau PC. Hal itu agar kamu memiliki bidang yang cukup untuk memotret saat sesi pengambilan gambar. Tak lupa juga, siapkan smartphone sebagai senjata untuk kamu memotret.

3. Pastikan koneksi internet stabil

Karena prosesnya melalui video call, salah satu unsur penting dalam virtual photoshoot ini adalah koneksi internet yang optimal. Selain itu, dibutuhkan koneksi internet yang baik agar kualitas gambar yang dihasilkan tidak pecah. Jadi, pastikan koneksi internet kamu dan model cukup stabil ya.

4. Siapkan properti foreground

Supaya pixel layar laptopmu tidak terlalu terlihat, sebaiknya siapkan properti tambahan untuk foreground. Istilah foreground biasanya diartikan sebagai latar yang letaknya di depan objek. Jika kamu pernah mengenal istilah background, maka pengertian foreground ini adalah kebalikannya.

Alat-alat yang bisa dijadikan sebagai properti foreground cukup sederhana dan bisa ditemukan di rumah, seperti plastik bening, gelas, bubble wrap, dan lain-lain.

5. Ekseskusi virtual photoshoot

Kalau semuanya sudah siap, kamu tinggal eksekusi saja. Arahkan gaya modelnya sesuai kreativitasmu. Tak hanya itu, spot yang apik dan pencahayaan yang baik juga akan menentukan hasil fotomu.

Ingin tahu tips melakukan virtual photoshoot lebih jauh lagi? Simak tutorial lengkapnya di channel BhinnekaCom yang ada di Vidio.

Saksikan videonya berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lautaro Martinez Dapat Persetujuan Bintang-Bintang Barcelona untuk Bergabung

Posted: 26 May 2020 09:35 PM PDT

Barcelona - Upaya Barcelona untuk bisa merekrut pemain Inter Milan, Lautaro Martinez, mendapatkan dukungan. Para pemain Barcelona, termasuk Luis Suarez dan Lionel Messi, kini dikabarkan mendukung penuh transfer striker asal Argentina itu.

Barcelona memang mengincar Martinez karena membutuhkan seorang striker baru. Blaugrana membutuhkan pemain yang bisa memberikan perbedaan di lini serang, mengingat Luis Suarez makin tua dan rentan cedera.

Perburuan striker tersebut mengerucut kepada satu nama. Lautaro dari Inter Milan menjadi sasaran utama. Bahkan seperti dituliskan oleh Marca, upaya perekrutan Martinez kini mendapatkan dukungan penuh sejumlah pemain senior Barcelona.

Menurut laporan tersebut, sejumlah pemain senior Barcelona mendukung penuh transfer ini. Pemain-pemain yang diketahui mendukung transfer ini termasuk Luis Suarez dan Lionel Messi. Dua mesin gol Barcelona itu sepakat agar klub Catalunya itu mendatangkan Martinez.

Mereka menilai sang striker bisa menghadirkan perbedaan di lini serang Barcelona sehingga mereka menyetujui transfer ini direalisasikan.

Bakal Sulit

Luis Suarez menyumbangkan gol kedua untuk Barcelona pada laga lanjutan La Liga yang berlangsung di stadion Camp Nou, Minggu (20/1). Barcelona menang 3-1 atas Leganes. (AFP/Josep Lago)
Luis Suarez menyumbangkan gol kedua untuk Barcelona pada laga lanjutan La Liga yang berlangsung di stadion Camp Nou, Minggu (20/1). Barcelona menang 3-1 atas Leganes. (AFP/Josep Lago)

Laporan itu mengklaim transfer Lautaro Martinez ke Camp Nou bakal sulit menjadi kenyataan pada musim panas nanti. Inter Milan masih kukuh terhadap pendirian mereka untuk tidak menurunkan harga transfer sang striker.

Nerazzurri menginginkan tidak kurang dari 110 juta Euro untuk transfer Lautaro Martinez. Sementara keuangan Barcelona saat ini tidak memungkinkan untuk membuat transfer semahal itu. Itulah mengapa Barcelona mencari akal agar transfer ini bisa menjadi kenyataan.

Menurut laporan yang beredar, langkah yang akan diambil Barcelona adalah mencuci gudang pada musim panas nanti. Mereka akan menjual sejumlah pemain yang dirasa sudah tidak berguna di tim mereka agar mendapatkan tambahan dana untuk transfer.

Sumber: Marca

Disadur dari: Bola.net (Serafin Unus Pasi, published 26/5/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Siap Terapkan New Normal, Jokowi Minta Jajarannya Cek Kesiapan Daerah Kendalikan Covid-19

Posted: 26 May 2020 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Jokowi berencana menerapkan new normal atau tatanan kehidupan baru di masa pandemi virus corona (Covid-19). Dia meminta jajarannya untuk mengecek kesiapan setiap daerah dalam mengendalikan penyebaran virus corona.

"Dalam rangka persiapan, saya minta tolong dicek tingkat kesiapan daerah dalam mengendalikan virus," ujar Jokowi saat memimpin rapat terbatas melalui video conference, Rabu (27/5/2020).

Dia memerintahkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dan TNI-Polri menambah personelnya di daerah-daerah yang kurva penyebarannya masih cukup tinggi. Salah satunya yakni, Jawa Timur.

"Di Jawa Timur misalnya, kita minta bantuan pasukan aparat agar bisa menekan kurvanya agar tidak naik lagi dan memasifkan pengujian sampel, pelacakan agresif terhadap yang PDP maupun ODP dan melakukan isolasi yang ketat," jelas Jokowi.

"Ini kita lakukan kepada provinsi-provinsi yang kurvanya masih naik," sambung dia.

 

Disiplinkan Masyarakat

Presiden Joko Widodo berbincang dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol Idham Aziz dan Gubernur DKI Anies Baswedan usai meninjau kesiapan penerapan prosedur standar New Normal di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta, Selasa (26/5/2020). (Tribunnews/Irwan Rismawan/Pool)
Presiden Joko Widodo berbincang dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol Idham Aziz dan Gubernur DKI Anies Baswedan usai meninjau kesiapan penerapan prosedur standar New Normal di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta, Selasa (26/5/2020). (Tribunnews/Irwan Rismawan/Pool)

Sebelumnya, Jokowi telah mengerahkan aparat TNI-Polri untuk mendisiplinkan masyarakat agar mengikuti protokol kesehatan virus corona (Covid-19). Pendisiplinan ini untuk mempersiapkan masyarakat memasuki tahapan new normal atau tatanan kehidupan baru.

Setidaknya, ada 340.000 personel TNI-Polri yang diturunkan untuk mendisiplinkan masyarakat. Mereka akan mengawasi 1.800 titik keramaian mulai dari pasar, mal, hingga tempat pariwisata.

Jokowi menjelaskan TNI-Polri akan mendisiplinkan masyarakat agar menggunakan masker, menjaga jarak aman, dan menghindari kerumunan saat beraktivitas di luar rumah. Dia meyakini apabila pendisiplinan ini dilakukan secara masif, maka akan membuat kurva penyebaran virus corona di tanah air menurun.

"Kita lihat R0 (Indeks Penularan Covid-19) beberapa provinsi sudah di bawah satu dan kita harap semoga turun dengan digelarnya pasukan TNI-Polri secara masif," kata Jokowi usai meninjau kesiapan penerapan new normal di Summarecon Mal Bekasi Jawa Barat, Selasa 26 Mei 2020.

Adapun empat provinsi yang bersiap memasuki era new normal yakni, DKI Jakarta, Sumatera Barat, Jawa Barat, dan Gorontalo.

Sementara 25 kabupaten/kota berdasarkan data dari Sekretariat Presiden antara lain, Kota Pekanbaru, Kota Dumai, Kabupaten Kampar, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Siak, Kabupaten Bengkalis, Kota Palembang, Kota Prabumulih, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Tangerang, dan Kota Tegal.

Kemudian, Kota Surabaya, Kota Malang , Kota Batu, Kabupaten Sidoharjo, Kabupaten Gresik, Kabupaten Malang, Kota Palangkaraya, Kota Tarakan, Kota Banjarmasin, Kota Banjar Baru, Kabupaten Banjar, Kabupaten Barito Kuala, serta Kabupaten Buol.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lukas Podolski Desak Aubameyang Ikuti Mimpi Real Madrid

Posted: 26 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, London - Mantan pemain depan Arsenal Lukas Podolski mendesak Pierre-Emerick Aubameyang untuk mengikuti "mimpinya" jika Real Madrid menawarinya musim panas ini.

Seperti diketahui Real Madrid adalah salah satu dari banyak tim yang terus dikaitkan dengan kepindahan kapten Arsenal itu. Kontrak Aubameyang kini mendekati tahun terakhir dan tidak menunjukkan tanda-tanda akan memperpanjang masa kontraknya.

The Gunners sendiri enggan kehilangan pencetak gol terbanyak mereka. Tapi, Arsenal harus menghadapi keputusan apakah akan menguangkan pemain itu pada musim panas ini atau berisiko kehilangan dia secara gratis musim depan.

Podolski mengakui bahwa kepergian pemain internasional Gabon itu akan menjadi "kerugian besar" bagi tim asuhan Mikel Arteta tersebut. Tapi, mereka akan mendapatkan dana yang bernilai jika mereka dapat menginvestasikan kembali dengan bijak.

"Ketika Anda memiliki musim yang fantastis seperti dia, banyak klub tertarik. Ketika seorang pemain memiliki keinginan untuk bermain untuk tim besar atau mimpi untuk bermain di Italia atau Spanyol, atau seperti Aubameyang dan hubungannya dengan Real Madrid," Podolski kepada Sky Sports News.

Bisnis

Striker Arsenal Pierre-Emerick Aubameyang merayakan gol ke gawang Olympique Lyon pada laga Emirates Cup 2019, Minggu (28/7/2019). (Twitter Arsenal)
Striker Arsenal Pierre-Emerick Aubameyang merayakan gol ke gawang Olympique Lyon pada laga Emirates Cup 2019, Minggu (28/7/2019). (Twitter Arsenal)

"Jika dia memiliki mimpi untuk bermain untuk klub ini ketika dia masih muda, lalu mengapa tidak? Sebagai pemain, Anda harus mengambil kesempatan ini untuk bermain untuk klub seperti itu," kata Podolski.

"Tentu saja untuk Arsenal, itu akan menjadi kerugian besar jika mereka harus menjualnya tetapi ini bisnis sepak bola," ujarnya.

Menghasilkan Uang

"Pendapat saya adalah Anda kehilangan pemain besar, ia memiliki musim yang fantastis dengan catatan skor yang bagus, tetapi Anda dapat menghasilkan uang dari seorang pemain, menjualnya dan Anda dapat berinvestasi dalam pemain baru. Untuk pemain seperti saya atau Aubameyang, ketika seorang klub besar memanggil, Anda selalu ingin memiliki mimpi ini. "

Aubameyang sejauh ini telah mencetak 61 gol dalam 97 pertandingan untuk The Gunners, termasuk 20 dari 32 penampilan musim ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Bentuk 19 Balai Perumahan Demi Sukseskan Program Sejuta Rumah

Posted: 26 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Perumahan akan membentuk sebanyak 19 Balai Perumahan di sejumlah provinsi di Indonesia.

Adanya Balai Perumahan tersebut diharapkan dapat mendorong pelaksanaan Program Sejuta Rumah sekaligus menggandeng para pemangku bidang perumahan di daerah agar meningkatkan pembangunan hunian yang layak huni bagi masyarakat.

"Berdasarkan arahan Menteri PUPR nantinya akan dibentuk 19 Balai Perumahan di sejumlah provinsi di Indonesia," ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid dalam keterangan tertulisnya, Rabu (27/5/2020).

Khalawi menerangkan, selama ini pelaksanaan program perumahan Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR di daerah masih dilaksanakan oleh Satuan Kerja setingkat SNVT. Adanya pembentukkan Balai Perumahan diharapkan dapat mendorong para pemangku kepentingan bidang perumahan di daerah untuk meningkatkan pembangunan perumahan untuk masyarakat.

Negara, imbuhnya, juga bertanggungjawab agar setiap rumah tangga di Indonesia menempati rumah yang layak huni. Sedangkan pemerintah pusat juga bertanggung jawab atas penyediaan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Beberapa program pembangunan perumahan yang saat ini dilaksanakan Kementerian PUPR antara lain membangun rumah susun, rumah khusus, rumah swadaya, serta menyalurkan bantuan prsarana, sarana dan utilitas (PSU) untuk perumahan bersubsidi.

"Saat ini masalah perumahan juga menjadi prioritas pembangunan pemerintah dan menjadi tulang punggung pelaksanaan program padat karya di masyarakat. Balai Perumahan ini nantinya akan memperkuat kelembagaan serta strategi meningkatkan capaian Program Sejuta Rumah di daerah," terangnya.

 

Butuh 34 Balai

Suasana Perumahan Griya Samaji, Cieseng, Bogor, Rabu (19/2/2020). Bank Tabungan Negara (BTN) pada 2019 telah merealisasikan 735.000 rumah dalam Program pemerintah satu juta rumah dengan kredit kepemilikan rumah bersubsidi sekitar Rp 111 trilyun. (merdeka.com/Arie Basuki)
Suasana Perumahan Griya Samaji, Cieseng, Bogor, Rabu (19/2/2020). Bank Tabungan Negara (BTN) pada 2019 telah merealisasikan 735.000 rumah dalam Program pemerintah satu juta rumah dengan kredit kepemilikan rumah bersubsidi sekitar Rp 111 trilyun. (merdeka.com/Arie Basuki)

Lebih lanjut, Khalawi menyampaikan, sebenarnya kebutuhan Balai Perumahan Kementerian PUPR berjumlah 34 balai. Sedangkan sebagai tahap awal jumlah balai yang akan dibentuk sebanyak 19 balai dengan mempertimbangkan jumlah sumber daya manusia (SDM) yang ada serta pertimbangan wilayah kerja, jumlah kabupaten/kota, luas wilayah, jumlah RTLH, dan jumlah backlog perumahan.

Sebagai informasi, Ditjen Perumahan telah mengusulkan pembentukkan Balai ke Kementerian PUPR, yakni Balai Perumahan Wilayah Sumatera (5 Balai), Balai Perumahan Wilayah Jawa (4 Balai), Balai Perumahan Nusa Tenggara (2 Balai), Balai Perumahan Wilayah Kalimantan (2 Balai), Balai Perumahan Wilayah Sulawesi (3 Balai), Balai Perumahan Wilayah Maluku dan Papua Barat (1 Balai), dan Balai Perumahan Wilayah Papua (2 Balai).

Saat ini juga tengah disusun kesiapan pembentukkan balai yakni dukungan SDM, kesiapan sarana dan prasarana kantor, kesiapan lokasi kantor balai dan pendanaan.

Balai Perumahan nantinya juga akan merencanakan kebutuhan pembangunan perumahan di masing-masing wilayah, melaksanakan fungsi pengawasan dan pengendalian, memiliki kewenangan pembinaan seperti kemitraan, koordinasi, fasilitasi pembangunan perumahan, dan melaksanakan pembangunan perumahan yang dilakukan oleh seluruh pelaku pembangunan perumahan melalui dana non-APBN.

"Sebelum terbentuk Balai Perumahan, kami akan terus mendorong pembangunan Sejuta Rumah melalui SNVT Perumahan dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan dalam rangka meminimalisir penularan Covid-19. Namun kami optimis Balai Perumahan akan segera terbentuk dan meningkatkan capaian Program Sejuta Rumah," pungkas Khalawi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Dendam Lama, 2 Kelompok Pemuda Tawuran

Posted: 26 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta dua kelompok pemudi di Kota Makassar terlibat tawuran ditengah pandemi corona. Mereka menggunakan anak panah dan senjata tajam. Polisi berusaha membubarkan tawuran hingga mengeluarkan tembakan peringatan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wawancara Siti Fadilah Supari, Deddy Corbuzier: Untuk Kepentingan Rakyat dan Bangsa Melawan Covid-19

Posted: 26 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Deddy Corbuzier memberi alasan mengenai pemilihan Siti Fadilah Supari sebagai narasumber wawancara Podcast yang ditayangkan melalui saluran YouTube-nya.

Menurut Deddy Corbuzier, Siti Fadilah Supari pernah muncul di berbagai media terkait keberhasilannya melumpuhkan virus SARS di Indonesia.

Fakta tersebut membuat Deddy Corbuzier berniat menggali informasi mengenai cara mantan Menteri Kesehatan RI menerapkan formula membasmi virus SARS yang berkaitan dengan Corona Covid-19.

Informasi tersebut, menurut Deddy Corbuzier, merupakan ilmu berharga yang harus disebarluaskan kepada masyarakat.

Informasi untuk Masyarakat

Klarifikasi Deddy Corbuzier (Instagram)
Klarifikasi Deddy Corbuzier (Instagram)

Ia juga menjelaskan bahwa semua informasi yang disampaikan dalam Podcast tidak mengandung hoaks.

"Video tersebut tidak mengandung unsur hoax, tidak mengandung unsur provokatif sama sekali. Video tersebut hanyalah sebuah informasi untuk masyarakat dan untuk bangsa kita. Untuk segera menghabiskan pandemi Covid-19," tulis Deddy Corbuzier di Instagram.

Mendapat Izin

Eks Menkes, Siti Fadilah Supari menjadi saksi di persidangan kasus korupsi pengadaan alat kesehatan untuk penanganan wabah flu burung tahun 2006, Jakarta, Rabu (9/9/2015). Dalam kasus ini, Siti juga berstatus sebagai tersangka. (Liputan6.com/Helmi Afandi)
Eks Menkes, Siti Fadilah Supari menjadi saksi di persidangan kasus korupsi pengadaan alat kesehatan untuk penanganan wabah flu burung tahun 2006, Jakarta, Rabu (9/9/2015). Dalam kasus ini, Siti juga berstatus sebagai tersangka. (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Pada video berdurasi hampir 4 menit itu Deddy Corbuzier dengan tegas menyebut bahwa dirinya sudah mendapatkan izin dari pihak terkait. Ia mengaku telah diizinkan langsung oleh Siti Fadilah.

 

Menyelesaikan Pandemi

Deddy Corbuzier. (Foto: Instagram @mastercorbuzier)
Deddy Corbuzier. (Foto: Instagram @mastercorbuzier)

"Video tersebut terjadi di rumah sakit ketika saya bersilaturahmi dengan ibu Siti Fadilah. Dan saya meminta izin kepada ibu Siti Fadilah dan diizinkan tanpa sedikit pun paksaan. Karena beliau menginginkan agar ada informasi untuk masyarakat Indonesia yang bisa membantu bangsa kita untuk segera menyelesaikan pandemi Covid-19," tutur Deddy Corbuzier.

 

Disebut Menyalahi Aturan

Deddy Corbuzier (Adrian Putra/Fimela.com)
Deddy Corbuzier (Adrian Putra/Fimela.com)

Wawancara mantan mentalist bersama Siti Fadilah Supari berbuntut panjang. Deddy Corbuzier disebut tak punya izin mewawancara Siti Fadilah Supari.

Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) buka suara terkait wawancara yang dilakukan Deddy Corbuzier terhadap Siti Fadilah Supari. Kabag Humas Ditjen PAS, Rika Apriyanti, menyebut, wawancara yang dilakukan Deddy Corbuzier menyalahi aturan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: