Senin, 11 Mei 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Tanri Abeng: Gugus Tugas Covid-19 Harusnya Diisi Ahli Bukan Menteri

Posted: 11 May 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pengusaha Tanri Abeng berpendapat, pemerintah seharusnya menempatkan orang-orang yang ahli dalam berbagai bidang pada tim pengarah dan pelaksana di susunan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Menurut dia, penunjukan individu pada tim pengarah dalam Gugus Tugas Covid-19 saat ini lebih cenderung mementingkan posisi birokrasi ketimbang keahlian seseorang.

"Tim pengarah ini sesungguhnya adalah top birokrasi, para menteri. Saya lihat pendekatannya birokrasi," ujar Tanri Abeng dalam sesi webinar bersama Indef, Selasa (12/5/2020).

Mantan Meneg Pendayagunaan BUMN ini lantas mengusulkan, pemerintah semustinya belajar dari Amerika Serikat (AS) dan Jerman yang menunjuk para pakar di bidangnya untuk masuk ke dalam tim penanganan virus corona.

"Yang ada di tim ini bukan posisi, tapi keahlian. Orang-orang ahli yang perlu mendampingi ketua tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19," cibir dia.

"Kalaupun ada tim pengarah mungkin tidak perlu terlalu banyak, tapi betul-betul bisa berikan arahan. Justru yang paling penting kan di tim pelaksana. Dia membutuhkan orang-orang yang paling ahli seperti di Amerika," imbuhnya.

 

Usulan Nama

Komisaris Utama Pertamina, Tanri Abeng memberikan keterangan pers terkait perombakan jajaran direksi Pertamina di Jakarta, Jumat (3/2). (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Komisaris Utama Pertamina, Tanri Abeng memberikan keterangan pers terkait perombakan jajaran direksi Pertamina di Jakarta, Jumat (3/2). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Beberapa nama seperti pakar statistik epidemiologi Pandu Riono dan Sosiolog Imam Prasodjo disebutnya bisa masuk sebagai tim ahli dalam susunan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

"Ada orang-orang ini yang bisa jadi resource dan bisa jadi bagian dari tim komite ini. Bukan posisi, karena itu tend to be birocratic," tukas Tanri Abeng.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Unggahan Masa Lalu Bintang The World of The Married Jeon Jin Seo Jadi Kontroversi

Posted: 11 May 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Bintang muda The World of the Married kembali menjadi sorotan publik karena kontroversi masa lalunya. Setelah Jung Joon Woon, kini giliran Jeon Jin Seo.

Dilansir dari Soompi, Selasa (12/5/2020), sebuah unggahan lama Jeon Jin Seo tersebar lagi di media sosial.

Unggahan tersebut memuat gambar karakter manhwa (sebutan komik Korea), yang memperlihatkan jari tengah. Tak hanya itu, ada balon dialog yang ditulis dalam bahasa kasa yang berbunyi, "Semua perempuan, enyahlah!"

Percakapan Jeon Jin Seo dengan teman-temannya juga dipenuhi dengan kata umpatan.

Di Bawah Umur

Jeon Jin Seo (Instagram/ jeon.jin.seo)
Jeon Jin Seo (Instagram/ jeon.jin.seo)

Unggahan ini menjadi pergunjingan karena sang aktor masih di bawah umur. Kini, sang pemeran Lee Joon Young di The World of The Married baru berusia 13 tahun secara internasional, atau 15 tahun untuk perhitungan umur Korea.

Agensi yang menaungi Jeon Jin Seo, T1 Entertainment, meminta maaf kepada publik dan staf drama atas kontroversi ini.

Tulus Minta Maaf

Jeon Jin Seo (Instagram/ jeon.jin.seo)
Jeon Jin Seo (Instagram/ jeon.jin.seo)

"Kami secara tulus meminta maaf karena telah menyinggung perasaan atas unggahan lama Jeon Jin Seo dalam media sosial pribadinya dan menggunakan bahasa tak pantas dalam percakapannya dengan teman-temannya," begitu awal pernyataan tertulis dari agensi.

Tak Sadar

Jeon Jin Seo (Instagram/ jeon.jin.seo)
Jeon Jin Seo (Instagram/ jeon.jin.seo)

Agensi menyatakan bahwa unggahan tersebut dibuat saat Jeon Jin Seo masuk SMP dan ia dilarang berpacaran oleh walinya. Gambar tersebut dibagikan sang aktor muda kepada teman-temannya untuk mengekspresikan kondisi kehidupan pribadinya.

"Gambar yang jadi kontroversi tersebut adalah salah satu yang populer di kalangan teman-temannya dan ia hanya mengunggah ulang setelah menerimanya. Kami nyatakan di sini bahwa ia tak sadar dengan simbolisme atau makna tersembunyi di baliknya," tutur juru bicara agensi ini.

Introspeksi Diri

Jeon Jin Seo kini disebut tengah introspeksi diri. "Meski dia tak punya niat buruk, ia secara mendalam merenungi perbuatan sembrononya yang telah membuat banyak orang tak nyaman. Selain itu, dengan bimbingan wali dan agensi, ia akhirnya menghapus akunnya." 

Tak Bermaksud Jahat

Agensi berharap tindakan bocah remaja ini tidak lantas diartikan sebagai perbuatan dengan maksud jahat. "Ia adalah seorang aktor muda yang masih berkembang dan menyempurnakan nilai-nilai hidupnya, dan kami sadar sebagai agensi kurang cukup memberikannya arahan," kata juru bicara agensi menambahkan.

Memiliki Pegangan Yang Baik

"Bersama dengan walinya, kami akan bekerja keras agar dia memiliki pegangan yang baik dalam kata-kata, perbuatan, dan tindakannya," juru bicara agensi menjanjikan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyebaran COVID-19 di Medan dan Deli Serdang Tertinggi se-Sumut

Posted: 11 May 2020 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Medan Dari data penyebaran virus Corona COVID-19 di Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang merupakan daerah yang tertinggi dibanding daerah lainnya di Sumut.

Per Senin, 11 Mei 2020, tercatat Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang positif COVID-19 di Medan 132 orang, PDP 87 orang, sembuh 35 orang, dan meninggal Dunia 13 orang. Deli Serdang positif 20 orang, PDP 19 orang, dan 4 orang meninggal.

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi mengatakan, perlu sinergi dan gerakan bersama dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19 di Medan, Deli Serdang, dan Kota Binjai. Gerakan bersama terkait tiga hal yang menjadi fokus utama, operasi masker, penyediaan tempat-tempat cuci tangan, dan penerapan ketat physical distancing.

Ketiga daerah ini menjadi fokus utama dalam penanganan penyebaran COVID-19 saat ini dikarenakan daerah ini seperti tidak memiliki batas. Perpindahan masyarakat di ketiga daerah ini begitu masif dan jarak ketiga daerah ini juga sangat berdekatan. 

"Secara demografi, ketiga daerah ini memiliki penduduk yang sepertinya tidak memiliki batasan. Kita fokus pada ketiga daerah ini, apalagi Medan dan Deli Sedang daerah dengan kasus tertinggi," kata Edy, Selasa (12/5/2020).

Dengan mengontrol ketat ketiga daerah tersebut, diharapkan jumlah kasus terinfeksi COVID-19 di Sumut bisa ditekan. Pelaksanaannya, Pemprov Sumut bersama dengan Medan, Deli Serdang dan Binjai akan melaksanakan operasi masker di tiga daerah tersebut.

Setelah pembagian masker diharapkan tidak ada lagi masyarakat yang tidak menggunakan masker ketika di luar rumah. Bila ada yang kedapatan tidak menggunakan masker akan diberi sanksi tegas., dan tidak diperbolehkan masuk ke pasar, supermarket, jalan raya dan tempat-tempat publik lainnya.

Selain masker, juga akan memperbanyak fasilitas cuci tangan di tempat-tempat umum dan juga penerapan physical distancing. Pemprov Sumut dan ketiga daerah ini juga sepakat menindak cafe-cafe yang tetap tidak mematuhi protokol kesehatan.

"Setelah ketiga daerah ini berhasil, kita lanjutkan lagi ke daerah-daerah lain di Sumut," sebut Edy.

 

Siap Laksanakan

Dengan mengontrol ketat ketiga daerah tersebut, diharapkan jumlah kasus terinfeksi COVID-19 di Sumut bisa ditekan
Dengan mengontrol ketat ketiga daerah tersebut, diharapkan jumlah kasus terinfeksi COVID-19 di Sumut bisa ditekan

Wali Kota Medan, Akhyar Nasution menyebut, Pemerintah Kota (Pemko) Medan siap melaksanakannya. Pihaknya akan mengisolasi semua pasien positif dan juga PDP, dan tidak ada perawatan di rumah karena dilihat dari kluster pasien.

"Ada sekitar 15 orang yang menularkan COVID-19 di keluarga intinya. Dia menularkan 1-4 orang di keluarganya. Maka dari itu di Medan tidak ada pasien PDP dan positif yang di rawat di rumah, semua harus di isolasi," ungkapnya.

Wali Kota Binjai, M Idham, dan Bupati Deli Serdang, Ashari Tambunan, juga setuju dan siap mendukung kebijakan tersebut.

"Satu yang perlu kita perkuat menurut saya, ada di pasar karena kesadaran masyarakat kita yang ada di pasar masih sangat rendah," ungkap Ashari.

Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Pemprov Sumut, Alwi Mujahit menjelaskan, rencananya akan ada pembagian 1.000 masker per harinya selama tiga hari berturut-turut di ketiga daerah ini. Hal utama yang menjadi perhatian setiap daerah adalah menyukseskan Perwal Nomor 11 Tahun 2020.

"Pola ini merupakan yang pertama dalam penanganan COVID-19 di Indonesia. Jika berhasil, menjadi contoh untuk daerah-daerah lain," Alwi menandaskan.

Saksikan juga video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengusaha Kapal Desak Pemerintah Bentuk Badan Penegak Hukum Laut

Posted: 11 May 2020 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - DPP Indonesian National Shipowners' Association (INSA) mengeluhkan masih maraknya pemeriksaan dan penangkapan kapal oleh oknum penegakan hukum di laut terhadap kapal nasional.

Ketua Umum DPP INSA Carmelita Hartoto mengatakan, pemeriksaaan dan penangkapan terhadap kapal swasta nasional masih terjadi oleh oknum penegakan hukum di laut Indonesia, bahkan kian sering terjadi. INSA mencatat, selama sebulan ini sudah terjadi lima kali pemeriksaan dan penangkapan kapal nasional.

Pemeriksaan dan penangkapan kapal di tengah laut kerap dilakukan tanpa melalui prosedur yang sesuai dengan alasan yang terkesan mengada-ada.

"Ini kerugian sangat besar yang dialami para pelaku usaha pelayaran nasional karena meliputi kerugian materi, bahan bakar dan waktu," ujarnya, Senin (11/05/2020).

Carmelita menuturkan, kapal-kapal yang diperiksa dan ditangkap ini, merupakan kapal-kapal pengangkut logistik dan bahan pokok ke daerah-daerah.

Untuk itu, dia meminta, seharusnya operasional kapal-kapal ini berjalan lancar, sehingga tidak terjadi keterlambatan waktu pengiriman yang bisa mengakibatkan kelangkaan pasokan bahan pokok di daerah-daerah. Terlebih di masa Covid-19 ini, seharusnya seluruh pihak bahu membahu memastikan kelancaran pasokan bahan pokok.

"Di saat Covid-19 seperti ini, pasokan bahan pokok merupakan aspek utama yang harus terpenuhi bagi seluruh masyarkat, tapi kalau kapal pengangkutnya diberhentikan di laut seperti ini bagaimana?"

 

Terus Berulang

Perusahaan pemasok besi bekas asal Surabaya ini membeli tiga kapal bekas. (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Perusahaan pemasok besi bekas asal Surabaya ini membeli tiga kapal bekas. (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Menurut Carmelita, kejadin ini bakal terus berulang selama belum terbentuknya badan tunggal penjaga laut dan pantai atau sea and coast guard.

INSA menaruh perhatian serius dalam terbentuknya badan tunggal penegakan hukum di laut dalam beberapa tahun ini. Hal ini bahkan sudah disampaikan langsung kepada Presiden Joko Widodo dalam pertemuan dengan DPP INSA di Istana Kepresidenan akhir tahun lalu.

Selain itu, DPP INSA juga telah melakukan audiensi dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI Laksdya Aan Kurnia.

Carmelita menilai terbentuknya badan tunggal penegakan hukum di laut merupakan amanat Undang-undang No 17 tahun 2008 tentang Pelayaran, dan pembentukannya sudah sangat mendesak.

"Untuk meningkatkan perekonomian nasional, kinerja pelayaran nasional tidak boleh terhambat dalam bentuk apapun dalam menjalankan distribusi logistik nasional. Oleh karena itu kita membutuhkan adanya sea and coast guard seperti yang diamanatkan undang-undang pelayaran"

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenag Perpanjang Waktu Kepastian Saudi soal Nasib Jemaah Haji Indonesia Sampai 20 Mei 2020

Posted: 11 May 2020 10:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Agama (Kemenag) memperpanjang waktu kepastian Arab Saudi soal nasib jemaah haji tahun 2020 sampai 20 Mei. Sebelumnya Kementerian Agama menentukan batas waktu sampai 12 Mei 2020 kepada Arab Saudi untuk memberi kepastian hal tersebut.

"Batas waktu terakhir menunggu kepastian penyelenggaraan haji tahun 1441 Hijriah atau 2020 Masehi dari Arab Saudi adalah pada tanggal 20 Mei 2020," tutur Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid saat dikonfirmasi, Selasa (12/5/2020).

Perpanjangan waktu selama kurang lebih sepekan ini karena Saudi saat ini juga tengah memastikan apakah ibadah haji tahun ini bisa digelar atau tidak. Sebab, tim protokol kesehatan Saudi masih dirundung ketidakpastian dari pandemi Covid-19.

"Batas waktu terakhir tersebut juga akan menjadi salah satu pertimbangan dalam melakukan estimasi kondisi penanganan Covid-19 terkait persiapan-persiapan haji di dalam negeri dan pelaksanaannya nanti di Arab Saudi," jelas Zainut.

Sebelumnya diberitakan, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama, Nizar, mengatakan, sampai hari ini belum ada informasi resmi dari Arab Saudi terkait penyelenggaraan haji tahun ini. Alasan Saudi belum memberi kepastian dikarenakan masih menangani penyebaran pandemi Covid-19.

"Saudi, sebagaimana Indonesia, saat ini masih fokus pada percepatan penanganan Covid-19 demi keselamatan dan kesehatan warganya," jelas Nizar, Kamis 7 Mei 2020.

Terus Dipantau

Nizar berjanji untuk terus menanyakan dan memantau perkembangan terkait informasi teranyar pemerintah Saudi soal haji 2020. Dia juga berharap, kepastian penyelenggaraan haji 1441H/2020M ini diumumkan sebelum 20 Ramadan atau 12 Mei.

"Harapan kami, 19 Ramadan atau 12 Mei sudah ada keputusan, Sebab, Saudi akan segera memasuki masa liburan musim panas," tutur Nizar.

Nizar berpendapat, jika diputuskan memasuki masa libur musim panas, maka persiapan dilakukan diprediksi terlalu mepet. "Ini akan mepet karena operasional haji dimulai Zulqaidah," dia menandasi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BI: Penjual Eceran Maret 2020 Negatif 4,5 Persen

Posted: 11 May 2020 10:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia mencatat hasil survei penjualan eceran kembali mengalami kontraksi lebih dalam pada bulan Maret 2020. Dari Indeks Penjualan Riil Maret 2020 terjadi penurunan -4,5 persen secara tahunan. Terjadi penurunan lebih dalam dibandingkan pada Februari 2020 yang turun -0,8 persen.

"Indeks Penjualan Riil (IPR) Maret 2020 yang turun -4,5% (yoy), lebih dalam dibandingkan -0,8% (yoy) pada Februari 2020," kata Kepala Departemen Komunikasi, Bank Indonesia, Onny Widjanarko dalam siaran pers, Jakarta, Selasa (12/5).

Penurunan tersebut bersumber dari kontraksi penjualan pada hampir seluruh kelompok komoditas yang dipantau. Penurunan penjualan eceran terdalam terjadi pada kelompok barang lain. Khususnya subkelompok sandang sebesar -60,5 persen (yoy) dari -40,4 persen (yoy) pada Februari 2020.

Begitu juga dengan barang budaya dan rekreasi sebesar -20,5 persen (yoy) pada bulan Maret 2020. Lebih dalam dari bulan sebelumnya Februari 2020 sebesar -116,8 persen (yoy).

Pada triwulan I-2020, penjualan eceran terindikasi mengalami kontraksi. Hasil SPE menunjukkan bahwa rata-rata IPR triwulan I-2020 mengalami penurunan -1,9 persen (yoy), dari 1,5 persen (yoy) pada triwulan IV-2019 dan 8,8 persen (yoy) pada triwulan yang sama tahun lalu.

Penurunan terutama terjadi pada penjualan sub kelompok komoditas Sandang sebesar -42,8 persen (yoy). Lebih dalam dari -5,8 persen (yoy) pada triwulan IV-2019 dan 34,3 persen (yoy) pada triwulan yang sama tahun lalu.

 

Tren Penurunan Akan Berlanjut Hingga April 2020

Ilustrasi Bank Indonesia
Ilustrasi Bank Indonesia

Secara regional, pada Maret 2020 penurunan kinerja penjualan eceran terjadi di hampir seluruh kota yang disurvei. Dari sepuluh kota yang menjadi obyek survei, penurunan penjualan eceran yang cukup dalam terjadi di Kota Banjarmasin (-40,3 persen, yoy) dan Manado (-38,5 persen, yoy).

Sementara itu penurunan penjualan eceran juga terjadi di DKI Jakarta (-38,1 persen, yoy), Medan (-16 persen, yoy), Denpasar (-23,3 persen, yoyo), Makassar (-16,4 persen, yoy), Surabaya (-10 persen, yoy), Bandung (-,7,5 persen, yoy), serta Semarang dan Purwokerto (-0,9 persen, yoy).

Diperkirakan tren penurunan ini akan berlangsung hingga April 2020 di semua kota.

"Tren penurunan penjualan diprakirakan masih berlanjut hingga April 2020 dengan prakiraan kontraksi penjualan di seluruh kota," kata Onny.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Minta PSBB Saling Terhubung, Contoh Jabodetabek

Posted: 11 May 2020 10:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta agar manajemen pengendalian pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) saling terhubung antar kawasan. Jokowi tak mau pelaksanaan PSBB terjebak pada batas wilayah.

"Manajemen pengendalian PSBB juga saya harapkan tidak terjebak pada batas-batas administrasi pemerintahan," kata Jokowi saat memimpin rapat terbatas melalui video conference, Selasa (12/5/2020).

"Artinya juga bersifat aglomerasi, penanganan kawasan besar yang saling terhubung sehingga manajemen antardaerahnya jadi terpadu," sambungnya.

Dia lantas mencontohkan pelaksanaan PSBB di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) yang saling terkait. Manajemen pengendalian PSBB dinilai berhasil dilakukan di Jabodetabek.

"Misalnya, apa yang sudah dilakukan Jabodetabek ini saling kait-mengkait sehingga pengaturan mobilitas sosial dari masyarakat bisa terpadu dan lebih baik," jelasnya.

 

Evaluasi

Jokowi memastikan pemerintah akan terus mengevaluasi pelaksanaan PSBB di setiap daerah. Berdasarkan hasil evaluasi, dia menyebut ada sejumlah daerah yang mampu menurunkan jumlah kasus per hari.

Meski begitu, ada pula daerah yang tidak mengalami perubahan seperti sebelum penerapan PSBB.

"Hal seperti ini perlu digarisbawahi, ada apa, kenapa," tutur Jokowi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Model Rambut Virus Corona Jadi Tren di Kenya

Posted: 11 May 2020 10:06 PM PDT

Liputan6.com, Kenya - Pandemi Corona Covid-19 masih terus mewabah di berbagai belahan negara di dunia. Dengan jumlah kasus lebih dari 3 juta jiwa di seluruh dunia, virus Corona tentunya membuat banyak orang khawatir.

Namun, hal ini nampaknya tak begitu dialami masyarakat di Kenya, Kibera. Pasalnya, virus Corona justru dijadikan model rambut baru yang kini sedang tren di sana.

Melansir dari Oddity Central, Selasa (12/5/2020), model rambut baru virus Corona sedang menjadi tren di kalangan masyarakat Kibera. Di tengah pandemi Covid-19, beberapa penata rambut di Kibera menemukan inspirasi untuk gaya rambut baru dalam bentuk virus Corona yang terlihat di bawah mikroskop.

Rupanya inspirasi model rambut virus Corona ini disebutkan tidak terlepas dari faktor menipisnya klien penata rambut Kibera selama pandemi Covid-19. Karena masalah inilah para penata rambut di sana akhirnya memilih untuk menciptakan model rambut baru yang terinspirasi dari virus Corona.

Harga terjangkau

foto: Kenya Citizen TV/YouTube
foto: Kenya Citizen TV/YouTube

Benar saja, model rambut ini pun langsung laris manis. Tak hanya karena modelnya, tapi harga yang dibanderol untuk model rambut ini pun terbilang murah.

Model rambut populer di Kibera biasanya dibanderol dengan harga mencapai sekitar 300-500 shilling (Rp 42-70 ribu). Namun, tatanan rambut virus Corona diketahui hanya berkisar 50 shilling atau setara dengan Rp 7 ribu.

Tentu saja harganya yang murah menjadikan model rambut ini sebagai pilihan yang menarik bagi pelanggan yang uangnya kian menipis karena pandemi.

"Model rambut ini jauh lebih terjangkau bagi orang-orang seperti saya yang tidak mampu membayar untuk model rambut yang lebih mahal di luar sana. Kami (tetap) ingin anak-anak kami terlihat bergaya," kata salah seorang ibu yang tinggal di Kibera.

Mirip virus Corona

foto: CGTN Africa
foto: CGTN Africa

Untuk membuat model rambut ini sendiri para penata rambut pertama-tama akan membagi rambut klien menjadi sekitar 12 bagian. Dia kemudian akan memelintir dan membungkusnya dengan benang hitam tebal.

Benang hitam ini menggantikan kepangan rambut sintetis karena lebih murah. Nantinya rambut-rambut yang telah dibungkus benang hitam ini akan tampak seperti duri atau paku panjang yang mirip dengan virus Corona.

Kesadaran akan virus Corona

foto: CGTN Africa
foto: CGTN Africa

Selain soal penampilan, dengan model rambut virus Corona ini para penata salon diharapkan bisa memberikan kontribusinya untuk menyadarkan masyarakat agar bisa lebih menjaga kebersihan selama pandemi ini terjadi.  

"Beberapa orang dewasa tidak percaya bahwa virus-virus Corona itu nyata, tetapi kemudian sebagian besar anak kecil tampak bersemangat untuk membersihkan tangan mereka dan memakai masker. Begitu banyak orang dewasa tidak melakukan ini dan itulah sebabnya kami menemukan gaya rambut Corona," kata salah satu penata rambut di Kibera, Sharon Refa, kepada Reuters.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PSBB Surabaya Raya Tahap II, Polisi Tembak Bandar Narkoba

Posted: 11 May 2020 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Polrestabes Surabaya menembak mati seorang bandar narkoba berinisal IHS  (35) warga Surabaya, pada saat menjelang pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Surabaya Raya tahap kedua. 

Kasat Reskoba Polrestabes Surabaya AKPB Memo Ardian menyampaikan, pelaku ditangkap di salah satu apartemen di kawasan Kota Surabaya, pada Senin, 11 Mei 2020. Namun, karena saat ditangkap mencoba melawan petugas dengan menggunakan senjata api maka pelaku ditembak mati. 

"Pengungkapan ini berawal dari penangkapan tiga tersangka sebelumnya, akhirnya menuju ke target. Kita melakukan penangkapan di salah satu apartemen di Surabaya," tuturnya di kamar mayat RSU dr Soetomo, Selasa dini hari (12/5/2020).

Memo menambahkan, jika pelaku merupakan seorang residivis dengan kasus sama pada 2015. "Tersangka pernah ditahan di Lapas Porong. Karena membahayakan petugas dengan mengeluarkan sepucuk senjata api kecil, akhirnya kami melakukan tindakan tegas terukur," ujar Memo. 

Petugas berusaha menolong tersangka dilarikan ke rumah sakit Bhayakara. Namun, karena dalam perjalanan nyawa tersangka tidak terselamatkan, kemudian oleh petugas dibawa ke kamar mayat RSU dr Soetomo di Surabaya

 "Barang bukti yang kami amankan satu ransel warna abu-abu berisi sabu dan sepucuk senjata api, untuk pengembangan akan kami sampaikan kepada pimpinan," ujar Memo.

Polrestabes Surabaya Tembak Bandar Narkoba asal Madura

Ilustrasi Foto Penembakan (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Penembakan (iStockphoto)

Sebelumnya, Polrestabes Surabaya menembak mati seorang bandar narkoba, R (30), warga Madura dan mengamankan barang bukti 1,5 kg. 

Kasat Resnarkoba Polrestabes Surabaya, AKBP Memo Ardian menuturkan, pelaku ditangkap sekitar pukul 14.30 WIB di Sidoarjo, Jawa Timur. Pada saat dilakukan penangkapan pelaku melawan sehingga dilakukan tindakan tegas terukur.

"Dua hari kami memburu pelaku. Pelaku diketahui berada di Sidoarjo, kami lalu berkoordinasi dengan Kasat Narkoba Polres Sidoarjo untuk menangkap pelaku," tuturnya, Kamis, 12 Maret 2020.

Memo mengatakan, pelaku melawan dengan menggunakan senjata tajam. Bandar ini juga merupakan seorang residivis dalam kasus yang sama. Ia disergap Tim Unit II Satreskoba Polrestabes Surabaya yang dipimpin Kanit Iptu Danang Eko Abrianto dan Ipda Yoyok Hardianto.

Memo menambahkan, bandar berinisial R warga Madura itu ditembak mati di kawasan Sidoarjo. Dari informasi yang dihimpun, bandar sabu itu ditembus tiga timah panas pada bagian dada kanan, dada kiri serta ulu hati.

"Terkait identitas nanti akan disampaikan atasan," kata Alumni Akademi Polisi (AKPOL) tahun 2002 ini.

Memo mengakui pengungkapan kasus ini berasal dari tangkapan sebelumnya kemudian dikembangkan. Namun, Memo belum mau menjelaskan secara detail. "Untuk lebih jelasnya nanti, kami lapor ke pimpinan dulu," ujar Memo.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hampir 5 Tahun Pacaran, Ini 6 Potret Arsyah Rasyid Mantan Maudy Ayunda

Posted: 11 May 2020 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kabar mengenai kandasnya hubungan asmara aktris Maudy Ayunda dengan Arsyah Rasyid cukup mengejutkan publik. Pasalnya keduanya diketahui telah menjalin hubungan selama hampir 5 tahun.

Kabar mengenai putusnya jalinan kasih dari wanita kelahiran 19 Desember 1994 diketahui publik karena foto-foto keduanya telah dihapus dari akun Instagram masing-masing. Pemeran Ainun dalam film Habibie & Ainun 3 juga menegaskan mengenai ststusnya dalam sebuah video Instagram live streaming bersama Mira Lesmana.

"Mungkin klarifikasi. Sekarang ini aku single," ungkap pelantun lagu Untak Apa ini.

Kandasnya hubungan asmara Maudy Ayunda dan Arsyah Rasyid sendiri diduga karena menjalin hubungan jarak jauh atau LDR. Pasalnya Maudy sendiri diketahui tengah melanjutkan pendidikannya di Standford University, Amerika Serikat.

Sebelumnya, pada akun Instagram masing-masing keduanya sering mengunggah momen bersama. Namun saat ini, hanya beberapa foto saja yang masih tersisa di akun Instagram keduanya. Meski keduanya telah mengakhiri hubungan, akan tetapi tak sedikit pula netizen serta penggemar yang cukup menyayangkan hal tersebut.

Sama halnya dengan Maudy Ayunda, Arsyah Rasyid pun hingga kini masih aktif mengunggah berbagai kegitannya di akun Instagram pribadinya. Dirangkum Liputan6.com dari akun Instagram @arsyahrasyid, Selasa (12/5/2020) berikut ini beberapa potret Arsyah Rasyid yang telah menjadi mantan pacar Maudy Ayunda.

1. Arsyah Rasyid sendiri diketahui merupakan seorang CEO muda sekaligus seorang co-founder.

Arsyah Rasyid (Sumber: Instagram/arsyahrasyid)
Arsyah Rasyid (Sumber: Instagram/arsyahrasyid)

2. Melalui akun Instagram pribadinya, Arsyah pun diketahui memiliki hobi traveling serta fotografi.

Arsyah Rasyid (Sumber: Instagram/arsyahrasyid)
Arsyah Rasyid (Sumber: Instagram/arsyahrasyid)

3. Arsyah sendiri merupakan pria lulusan Monash University serta University of Melbourne.

Arsyah Rasyid (Sumber: Instagram/arsyahrasyid)
Arsyah Rasyid (Sumber: Instagram/arsyahrasyid)

4. Sebelumnya, hubungan kandas keduanya diketahui saat Maudy Ayunda tak terlihat dalam perayaan ulang tahun Arsyah pada Februari lalu.

Arsyah Rasyid (Sumber: Instagram/arsyahrasyid)
Arsyah Rasyid (Sumber: Instagram/arsyahrasyid)

5. Mantan kekasih Maudy Ayunda dalam beberapa kesempatan mengunggah foto bersama orang tuanya.

Arsyah Rasyid (Sumber: Instagram/arsyahrasyid)
Arsyah Rasyid (Sumber: Instagram/arsyahrasyid)

6. Penampilan dari Arsyah Rasyid sendiri kerap mencuri perhatian netizen.

Arsyah Rasyid (Sumber: Instagram/arsyahrasyid)
Arsyah Rasyid (Sumber: Instagram/arsyahrasyid)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sandal Jepit Sherina Munaf saat Baca Buku Curi Perhatian

Posted: 11 May 2020 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Selain mengerjakan demo project, Sherina Munaf meluangkan waktu karantina akibat pandemi corona Covid-19 dengan membaca. Selama karantina, tiga buku yang sudah ia baca.

"Quarantine book 3: "Against Empathy: The Case for Rational Compassion" by Paul Bloom," tulis Sherina sebagai keterangan potret di balkon apartemen, baru-baru ini.

Penampilan Sherina tampak sederhana, ia terlihat mengenakan daster biru. Duduk sebuah kursi dengan kaki kanan ditumpangkan di atas kaki kirinya.

Tangan kanannya memengang buku yang sedang dibacanya, sedangkan tangan kiri memegang pergelangan kaki kanannya.

Sepasang sandal jepit biru sebagai alas kakinya. Pakaian Sherina Munaf serasi dengan sandal yang dikenakannya.

"Lain kali harus lebih aware sama posisi duduk. 📸: @maskarabahendra," imbuh Sherina Munaf.

Sandal Jepit Copot

Sherina Munaf mengunggah potret salah satu sandal jepitnya yang copot (Dok.Instagram/@sherinnasinna/https://www.instagram.com/p/B_w1NHmhHu-/Komarudin)
Sherina Munaf mengunggah potret salah satu sandal jepitnya yang copot (Dok.Instagram/@sherinnasinna/https://www.instagram.com/p/B_w1NHmhHu-/Komarudin)

Penampilan sederhana Sherina Munaf rupanya mencuri perhatian warganet, terutama sandal yang dipakainya. Pasalnya, sandal jepit kanannya terlihat terlepas bagian depannya. Ia pun mengunggah salah satu bagian sandal yang bagian depannya copot.

"HAHAHAHAHAHAHAHA SENDAL LO COPOT?!!!," tulis seorang warganet.

Sherina tak tinggal diam. Ia pun membalas komentar warganet dengan memertanyakan apa itu definisi copot.

"Definisi copot?" tanya Sherina.

"Sendal nya kasih peniti bawah nya," saran warganet yang lain. "Disteples ke kaki ya," jawab Sherina.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Positif Corona, Eks Kapolda Bengkulu Irjen Supratman Sempat Rapid Test dan Hasilnya Negatif

Posted: 11 May 2020 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Empat anggota Polda Bengkulu dinyatakan positif virus Corona atau Covid-19. Termasuk mantan Kapolda Bengkulu Irjen Supratman yang ikut menghadiri serah terima jabatan (Sertijab) di lingkungan Mabes Polri, Jakarta Selatan, pada Jumat 8 Mei 2020 lalu.

Kadiv Humas Polri Brigjen Raden Prabowo Argo Yuwono menyampaikan, pihaknya menggelar rapid test Covid-19 sebelum pelaksanaan sertijab.

"Sebelum sertijab semua dilakukan rapid test," tutur Argo saat dikonfirmasi, Selasa (12/5/2020).

Menurut Argo, hasil dari rapid test seluruh jajaran yang akan melaksanakan sertijab negatif Covid-19. Termasuk juga Irjen Supratman.

"Hasil tes semua negatif, makanya sedang di cek kenanya di mana," jelas dia.

Kini Mabes Polri masih melakukan penelusuran terkait penularan virus tersebut kepada sejumlah anggota polisi di Polda Bengkulu.

"Kenanya di mana sedang ditelusuri," Argo menandaskan.

Sebanyak empat orang anggota Polri dari 23 orang yang mengikuti tes swab Covid-19 di Bengkulu dinyatakan positif virus Corona atau Covid-19. Hal tersebut diutarakan Gubernur Bengkulu Rohidin Merdyah bersama Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bengkulu.

Salah satu anggota Polri yang dinyatakan positif Covid-19 adalah mantan Kapolda Bengkulu Irjen Pol Supratman, yang baru saja serah terima jabatan bersama Kapolda lainnya, di Mabes Polri pada Jumat 8 Mei 2020. Serah terima jabatan Kapolda itu dipimpin langsung Kapolri Jenderal Idham Azis.

"Kita doakan saja mudah-mudahan beliau segera sehat. Sekali lagi ini bukanlah sebuah aib, bukan juga sebuah kesalahan tapi memang wabah ini bisa menyerang siapa saja," kata Rohidin, Senin 11 Mei 2020.

 

Sertijab

Irjen Supratman telah menyerahkan jabatan Kapolda Bengkulu pada Brigjen Teguh Sarwono yang sebelumnya menjabat Wakapolda Maluku. Sementara Supratman kini menduduki jabatan sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Sespim Lemdiklat Polri, sekaligus mempersiapkan masa pensiun.

Diperkirakan Jenderal bintang dua itu terpapar Covid-19 saat masih bertugas di Bengkulu. Supratman mendapat kode sebagai kasus nomer 36 yang mempunyai riwayat kontak dengan kasus nomer 12, yakni Kombes Sudarno, yang merupakan perwira polisi di Polda Bengkulu.

"Beliau saat ini dalam kondisi sehat. Beliau juga telepon saya mengatakan jika dia tidak memiliki gejala apapun. Beliau disiplin melakukan isolasi dan penanganan dengan baik," kata Rohidin.

Pemda Bengkulu mengaku sudah melakukan tracing terhadap klaster yang melibatkan aparat keamanan ini. Akan ditelusuri siapa saja yang pernah kontak dengan empat aparat yang dinyatakan positif tersebut.

"Ketika data sudah didapat, semuanya akan kita lakukan rapid test dan akan dikarantina," kata Rohidin.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

WHO: Ada Tujuh hingga Delapan Kandidat Vaksin COVID-19 yang Paling Potensial

Posted: 11 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Direktur Jenderal World Health Organization Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan bahwa dari ratusan calon vaksin virus corona, setidaknya ada tujuh hingga delapan yang paling berpotensi dalam memerangi COVID-19.

"Kita memiliki kandidat yang baik saat ini," kata Tedros Kepada United Nations Economic and Social Council lewat komunikasi video pada Senin kemarin.

"Yang teratas sekitar tujuh, delapan. Namun kami memiliki lebih dari seratus kandidat," ujarnya seperti dikutip dari AP News pada Selasa (12/5/2020).

Tedros tidak mengungkapkan lebih rinci calon vaksin COVID-19 mana saja yang merupakan kandidat paling potensial.

"Kami fokus pada beberapa kandidat yang kami miliki yang dapat membawa hasil yang mungkin lebih baik dan mempercepat kandidat tersebut dengan potensi yang lebih baik."

Investasi Bidang Kesehatan pada Tingkat Perawatan Primer

Kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus. (Liputan6/AFP)
Kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus. (Liputan6/AFP)

Lebih lanjut, Tedros mengatakan WHO telah bekerja dengan ribuan peneliti di seluruh dunia untuk mempercepat dan melacak pengembangan vaksin sejak Januari. Mulai dari pengembangan model hewan hingga desain uji klinis dan segala sesuatu yang terkait dengan itu.

Tedros mengatakan, ada juga konsorsium di mana lebih dari 400 ilmuwan terlibat dalam pengembangan dan diagnosa vaksin.

Mantan menteri kesehatan Ethiopia tersebut menambahkan, saat ini terjadi peningkatan kasus infeksi virus corona di Eropa Timur, Afrika, Asia Tenggara, Mediterania Timur, dan beberapa daerah lain meski kasus baru di Eropa Barat menurun.

Dia mengatakan, pandemi ini mengajarkan negara mengenai pentingnya memiliki sistem kesehatan nasional dan regional yang kuat.

"Dunia menghabiskan sekitar 7,5 triliun dolar untuk perawatan kesehatan setiap tahun, hampir 10 persen dari PDB global. Namun investasi terbaik adalah dalam mempromosikan kesehatan dan dalam pencegahan penyakit pada tingkat perawatan kesehatan primer yang akan menyelamatkan jiwa dan menghemat uang," kata Tedros.

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Seniman Yogyakarta Bakal Dapat Bantuan Uang Rp600 Ribu/Bulan

Posted: 11 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Yogyakarta Kabar baik bagi seniman dan budayawan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) di tengah pandemi Corona Covid-19. Sebab, Dana Keistimewaan DIY bisa digunakan untuk penanggulangan Covid-19 di DIY salah satunya untuk membantu para seniman dan budayawan DIY.

"Dana ini nantinya juga akan dialokasikan kepada para seniman dan budayawan di DIY yang terdampak COVID-19," Pimpinan Paniradya Kaistimewan Benny Suharsono seperti dalam rilis Humas DIY Senin (11/5/2020).

Benny mengatakan berdasarkan Peraturan Menteri Koordinator Perekonomian RI No.35/PMK/07/2020, Dana Keistimewaan DIY bisa digunakan untuk menanggulangi COVID-19 dan untuk pemberdayaan masyarakat. Sehingga pada tanggal 13 Maret 2020, Paniradya sudah melayangkan surat kepada pemerintah pusat terkait dengan pelaporan administrasi penggunaan Danais termin pertama. 

"Sebelum termin kedua bisa dicairkan, tentunya kami harus mengirimkan laporan administrasi termin pertama terlebih dahulu. Oleh karenanya, kami bersurat untuk mengirimkan pelaporan administrasinya. Lebih lanjut, kami selanjutnya tinggal menunggu verifikasi dari pusat," jelas Benny.

Beny mengatakan menurut data, jumlah seniman dan budayawan di DIY ada sekitar 3.708 orang. Nantinya seniman dan budayawan di DIY akan menerima bantuan 600 ribu rupiah per bulan/orang dihitung mulai bulan Maret hingga Mei.

"Kemudian, kami juga mendapat masukan dari ketenagakerjaan, dari kebudayaan, terkait pihak-pihak yang akan menerima bantuan dari danais ini," tuturnya. 

Selanjutnya, dengan adanya ketegasan dari pemerintah terkait penggunaan Dana Keistimewaan DIY untuk COVID-19, Benny menuturkan pihaknya saat ini tengah melakukan penghitungan mengenai proyeksi anggaran yang dibutuhkan untuk dapat memfasilitasi pihak di DIY yang belum menerima bantuan.

Demikian halnya, Paniradya masih berkoordinasi dengan DPKA DIY untuk menentukan alokasi anggaran yang masih tersedia sembari proses verifikasi. Adapun kebijakan tersebut sudah disosialisasikan pada Forum Keistimewaan yang digelar secara daring pada Senin (11/5/2020) dan Selasa (12/5/2020) pukul 09.00 WIB.

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anies Baswedan Sebut Kasus Corona di Jakarta Capai 40 Ribu, Hotman Paris Bereaksi

Posted: 11 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Wabah Corona Covid-19 di Indonesia meluas. Jumlah total kasus Infeksi Corona Covid-19 di Tanah Air pun terus meningkat. Per 10 Mei 2020, jumlah kasus infeksi Corona di Indonesia mencapai 14 ribuan. Pengacara sekaligus presenter kondang Hotman Paris Hutapea beberapa kali menuangkan keresahannya.

Pekan ini, Hotman Paris kembali menyampaikan kegelisahan terkait wabah Corona Covid-19. Ini bermula ketika Hotman Paris membaca berita di salah satu media daring nasional.

Dalam berita itu, Hotman Paris mendapati pernyataan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Anies menyebut, jumlah kasus infeksi Corona Covid-19 di Ibu Kota sebenarnya mencapai 40 hingga 80 ribu. Tentu saja ini membuat Hotman Paris syok berat.

Senggol Achmad Yurianto

Preskon film Stop Bullying (Adrian Putra/bintang.com)
Preskon film Stop Bullying (Adrian Putra/bintang.com)

Mengunggah kepala berita di akun Instagram terverifikasi miliknya, Hotman Paris menyenggol Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona (Covid-19) Achmad Yurianto.

Presenter program Hotman Paris Show dan Hotroom meminta Achmad Yurianto mengklarifikasi keterangan Anies Baswedan. "Jubir Pemerintah (Pak Yuri) harus menjawab ini! Rakyat berhak tau!" tulis Hotman Paris pada Selasa (12/5/2020) pagi.

Mengapa Bicara Beda di TV?

Unggahan Hotman Paris. (Foto: Instagram @hotmanparisofficial)
Unggahan Hotman Paris. (Foto: Instagram @hotmanparisofficial)

Ia menyambung,  "Apa kata Anis benar?? Kenapa Yuri bicara beda di tv tiap hari???" Mengunggah tangkapan layar judul berita tampaknya belum membuat Hotman Paris lega.

Beberapa jam kemudian, pengacara kelahiran Laguboti, Sumatra Utara, 20 Oktober 1959, ini mengunggah videonya usai berolahraga. Dalam video berdurasi 59 detik itu, ia kembali menyenggol Achmad Yurianto.

Jantung Deg-degan

Preskon film Stop Bullying (Adrian Putra/bintang.com)
Preskon film Stop Bullying (Adrian Putra/bintang.com)

Hotman Paris menyapa dan memberi tahu bahwa jantungnya deg-degan usai membaca keterangan Anies Baswedan. "Ditulis di situ Gubernur DKI menyatakan bahwa kasus sebenarnya terkait Corona mencapai 30 ribu sampai 40 ribu. Hanya di wilayah DKI," beri tahu Hotman Paris.

"Dan dia mengatakan jauh lebih tinggi dari apa yang diucapkan oleh jubir pemerintah. Pak Yuri, mana yang benar? Ratusan juta penduduk Indonesia menonton kamu tiap jam 4.30 sore, eh tiap jam 3.30 sore di TV," ia menjelaskan. 

Jawab Yang Benar

ilustrasi virus corona covid-19/photo copyright by Shutterstock
ilustrasi virus corona covid-19/photo copyright by Shutterstock

Lebih lanjut, Hotman Paris meminta Achmad Yurianto merespons pernyataan Gubernur DKI Jakarta. Ia percaya, di tengah wabah Corona Covid-19 yang entah berakhir kapan, masyarakat butuh kepastian dari pemerintah.

"Pak Yuri jawab yang benar, hari ini," imbaunya. Hingga artikel ini disusun, video ini mendapat banyak respons. Seorang warganet mempertanyakan hal yang sama, "Kok bisa begitu? Semoga jangan diperpanjang lagi PSBB-nya."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Maldini Sebut Calon Pelatih Baru AC Milan Mesti Belajar Sopan Santun

Posted: 11 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Milan - Direktur Teknik AC Milan Paolo Maldini mengecam sikap calon pelatih Ralf Rangnick. Maldini menyebut Rangnick harus belajar sopan santun.

Maldini marah dengan komentar Rangnick soal jabatan di AC Milan. Pria yang kini menjabat Direktur Olahraga Red Bull grup itu mengaku ingin wewenangnya bukan hanya untuk mengurusi tim.

"Karena saya tidak pernah bicara dengan Rangnick, saya tidak mengerti dasar pernyataannya. Selain itu, saya juga tidak pernah diberitahu apapun oleh pemilik," kata Maldini seperti dilansir Sportskeeda.

Seperti diketahui, AC Milan kabarnya akan mencopot Stefano Pioli dari posisi pelatih di akhir musim ini. Manajemen AC Milan lalu mendapuk Rangnick sebagai pelatih baru.

Namun penunjukkan Rangnick diiringi kontroversi. AC Milan sudah lebih dahulu mencopot Zvonimir Boban dari jabatan Direktur Olahraga.

Boban dicopot lantaran tidak setuju langkah AC Milan mendekati Rangnick. Pria asal Kroasia itu berselisih paham dengan CEO, Ivan Gazidis.

Belajar Sopan Santun

Ralf Rangnick (AFP PHOTO / FEDERICO GAMBARINI)
Ralf Rangnick (AFP PHOTO / FEDERICO GAMBARINI)

Lebih lanjut, Maldini pun meminta Rangnick belajar tata krama lebih dahulu sebelum menjadi pelatih AC Milan. Pasalnya, masih ada Stefano Pioli yang saat ini masih menjabat pelatih.

"Saya punya saran untuknya, sebelum belajar bahasa Italia, dia harus melihat lagi konsep rasa hormat karena ada sesama rekan pelatih yang sedang mencoba menuntaskan musim ini secara profesional," ujarnya.

Dikecam Capello

Di sisi lain, tindakan AC Milan itu dikecam oleh eks pelatihnya, Fabio Capello. Ia menyebut tindakan AC Milan kepada Boban dan Maldini memuakkan.

"Bagaimana Boban dan Maldini diperlakukan membuat saya muak. Sebagai direktur, mereka telah menunjukkan kinerja seperti saat masih bermain," ujarnya.

Maldini sendiri kabarnya segera angkat kaki dari AC Milan. Sama seperti Boban, ia juga berselisih paham dengan manajemen klub.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tanya Tekno: Amankah Pemakaian Charger 2A pada Handphone yang Biasa Memakai Charger 1A?

Posted: 11 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Halo, selamat siang!

Saya pengen bertanya seputar charger untuk handphone. Apa sih perbedaan charger 1A dengan 2A?

Lalu apakan aman, bila charger 2A digunakan pada handphone yang biasa menggunakan charger 1A?

Terima kasih

Nandar Ramdani di Ciamis, Jawa Barat

---

Halo, Nandar

Terima kasih atas pertanyaannya.

Perbadaan charger 2A dan 1A terletak pada arus yg dihasilkan oleh charger tersebut. Arus dalam charger dilambangkan dengan "A", yaitu Ampere.

Misalnya, charger mempunyai spesifikasi sebagai berikut:

Output 5V 1A

Charger tersebut mempunyai tegangan 5V dengan arus yg dihasilkan sebesar 1A dengan besaran daya 5W (Watt). Daya (W) itu didapat dari penghitungan tegangan (V) dikalikan dengan arus (A).

Nah, bagaimana jika daya perangkat elektronik yang biasa kita gunakan, diisi ulang dengan charger yang lebih besar dayanya?

 

Kekurangan dan kelebihan

Di sini ada kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya, proses mengisi ulang daya menjadi jauh lebih cepat. Namun perlu ditekankan, ini harus didukung oleh charger yang baik pula.

Kekurangannya, apabila charger yang dayanya lebih besar berkualitas jelek, ini berpotensi menimbulkan tegangan yang tidak stabil. Akibatnya, beberapa komponen pada perangkat elektronik akan mengalami kerusakan,

Untuk handphone, memang alangkah baiknya kita menggunakan charger bawaan atau orisinal. Namun bila charger bawaan hilang atau rusak, kita bisa membeli charger aftermarket yang memiliki kualitas bagus seperti Aukey dan Baseus.

Kirim pertanyaan

Pertanyaan ini dijawab oleh Zhillan, Technical Strategy di Urgent.id. Adapun Urgent.id adalah startup asal Bandung yang memfokuskan pada layanan pemesanan servis ponsel, laptop, dan barang elektronik lainnya.

Buat kamu yang ingin mengirimkan pertanyaan seputar teknologi, silahkan kunjungi tautan ini untuk mengetahui caranya.

(Why/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mulai 12 Mei 2020, Pengguna KRL Wajib Perlihatkan Surat Tugas dari Kantor

Posted: 11 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mulai hari ini, Selasa (12/5/2020), pengguna transportasi massal kereta rel listrik (KRL) Commuter Line harus memperlihatkan surat tugas dari tempatnya bekerja. Hal tersebut diminta oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok Jawa Barat kepada warganya yang masih bekerja saat aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diberlakukan.

"Mulai besok (Selasa, 12/5/2020) kami akan melakukan pemeriksaan di setiap stasiun, kami minta warga Depok menyiapkan surat tugas yang nantinya diperlihatkan kepada petugas," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Depok Dadang Wihana dalam keterangan tertulisnya, Senin 11 Mei 2020. Demikian dilansir Antara.

Untuk itu ia meminta para warga yang masih bekerja untuk meminta surat tugas tersebut pada Senin, 11 Mei 2020. Dokumen berupa surat tugas dari tempat kerja tersebut nantinya wajib ditunjukkan kepada petugas KRL.

Dadang menjelaskan, untuk di tempat-tempat check point sudah dilakukan pemeriksaan surat tugas bagi warga yang akan melakukan aktivitas bekerja di perusahaannya.

Dadang mengatakan, aturan tersebut sesuai dengan Surat Edaran Walikota Depok Nomor 443/224- Huk/GT tentang Kelengkapan Surat Tugas Bagi Pegawai Yang Bekerja Pada Perusahaan/Kantor Yang Dikecualikan dari Penghentian Aktivitas Bekerja Dalam Masa PSBB di Kota Depok.

Pemerintah Kota (Pemkot) Depok Jawa Barat meminta perusahaan agar membekali para pegawainya dengan surat tugas bekerja di kantor sebagai kelengkapan dalam perjalanan menuju tempat kerja selama masa diterapkannya pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

"Bagi pegawai yang tidak dilengkapi surat tugas, maka dalam operasi gabungan yang dilakukan petugas, pegawai tersebut tidak bisa melanjutkan perjalanan dan dikembalikan ke rumah masing-masing," katanya.   

Warga Harus Punya Surat Keterangan Jika Naik KRL

Sebelumnya, Wali Kota Bogor Bima Arya menyusun regulasi untuk mengatur warganya yang ingin menaiki kereta rel listrik (KRL) selama pembelakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) terkait pandemi Corona.

Putusan itu diambil usai mengikuti rapat koordinasi dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan para kepala daerah se-Jabodetabek, melalui saluran video conference, Jumat (8/5/2020). 

Pertemuan virtual tersebut membahas soal evaluasi penerapan PSBB tahap kedua untuk mengatasi wabah Corona di Jabodetabek. Menurut Bima, ada dua hal yang harus lebih ditajamkan lagi.

"Misalnya mengenai pergerakan rutin, kita sepakat membuat regulasi baru. Jadi Gubernur Jakarta membuat regulasi nanti kita akan membuat juga yang mengatur lebih ketat pergerakan orang keluar dan masuk," kata Bima dalam keterangan tertulis, Jakarta, Sabtu (9/5/2020).

 

Delapan Sektor Strategis

Bima menerangkan, selama masa PSBB berlangsung, seluruh perusahaan diminta untuk menerapkan kerja dari rumah atau work from home. Kecuali, delapan sektor strategis.

Dia mengatakan, pihaknya akan meminta stakeholder untuk menyortir calon penumpang KRL, khususnya untuk pekerja.

"Kalau mau naik KRL boleh, tapi dipastikan punya surat itu. Tidak punya surat itu, tidak boleh dan bisa dikenakan sanksi," ucap Bima.

Surat yang dimaksud adalah surat yang menerangkan dia bekerja di delapan sektor yang dikecualikan.

Bima mengaku sudah memerintahkan Kepala Bagian Hukum dan HAM Pemkot Bogor untuk membuat rumusan mengenai pengetatan kebijakan tersebut supaya ada payung hukumnya.

"Nanti kita akan turunkan (dalam bentuk Perwali), kita akan merapikan segera. Sanksinya masih didiskusikan," kata Bima soal upaya penanganan wabah Corona di Jabodetabek itu.

 

Langkah Konkret

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Anies Baswedan seirama dengan Bima Arya. Anies menjelaskan, langkah konkret yang sedang disiapkan adalah terkait dengan KRL.

DKI Jakarta akan mewajibkan orang-orang yang berangkat ke Jakarta adalah pekerja di 8 sektor yang diizinkan.

"Dan itu dibuktikan bukan hanya surat dari tempat dia kerja, karena perlu verifikasi, tapi juga izin dari pemerintah. Pemprov DKI akan mewajibkan mereka untuk mendaftar membuktikan bahwa mereka benar di sektor itu," kata Anies. 

Sumber: News Liputan6.com ditayangkan 12 Mei 2020, 08:03 WIB

Penulis: Mevi Linawati

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Sektor Pekerjaan Cepat Pulih Pasca Covid-19

Posted: 11 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Para ahli umumnya setuju bahwa ekonomi pasca-Covid akan terlihat sangat berbeda dan sebagai hasilnya, ada pekerjaan dalam sektor tertentu yang akan tumbuh cepat, dibanding sektor ritel, restoran, dan perjalanan akan lebih lambat untuk pulih.

Para ahli menyebutkan berdasarkan Biro Statistik Tenaga Kerja BLS Occupational Outlook Handbook, diperkirakan pertumbuhan sektor pekerjaan setidaknya akan berkembang sebesar 5 persen pada tahun 2028.

Berikut delapan pekerjaan yang akan tumbuh cepat pasca covid-19, dilansir dari laman CNBC, Selasa (12/5/2020).

1. Pelatih dan Instruktur Kebugaran

Gaji rata-rata instruktur kebugaran pada tahun 2019 saja sebesar USD 40.390 atau Rp 601 juta  (USD 1 = Rp14,894) per tahun. Bahkan orang yang bekerja pada sektor ini pada tahun 2018 berjumlah 356.900 orang.

Maka dari itu, para ahli memperkirakan pertumbuhan pada sektor pekerjaan ini pada tahun 2028 sebesar 13 persen dengan jumlah 45.700 pekerja.

CEO dari firma konsultasi pemasaran BrainReserve Faith Popcorn, mengatakan banyak konsumen sudah terbiasa berolahraga di rumah selama karantina, dan mungkin perlu waktu sebelum mereka siap untuk kembali ke gym.

Layanan pelatihan secara virtual cenderung diminati karena mereka dapat menciptakan dinamika satu-satu yang lebih mirip pengalaman bekerja tatap muka dengan pelatih pribadi daripada pergi ke gym.

2. Jasa Pengiriman Barang

Pekerjaan yang termasuk dalam rantai pasokan yakni pengemudi dan ahli logistik seperti truk berat dan traktor-trailer. Tercatat gaji rata-rata sektor ini pada tahun 2019 USD 45.260 atau Rp 674 juta per tahun.

Jumlah orang-orang yang dipekerjakan pada 2018 berjumlah 1.958.800 orang, dan diprediksikan pertumbuhannya pada tahun 2028 sebesar 5 persen dengan lonjakan 99.700 pekerja. Hal serupa untuk sektor logistik diharapkan pertumbuhannya pada tahun 2028 juga sebesar 5 persen, dan gaji rata-rata yang diperoleh dalam sektor logistik pada tahun 2019 mencapai  USD 74.750 atau Rp 1,1 miliar per tahun.

Memeang pekerjaan dalam rantai pasokan yang membuat rak-rak toko dan gudang yang paling laris selama pandemi, karena lebih banyak orang memilih untuk berbelanja online atau melakukan pembelian daripada mengantar ke toko. Itu kemungkinan akan berlanjut untuk beberapa waktu, karena banyak konsumen akan berhati-hati berkumpul di ruang publik publik bahkan setelah lockdown ditiadakan.

Ketika rantai pasokan terbuka, terjadi kenaikan yang lebih besar dalam permintaan untuk pengemudi truk dan tenaga pengiriman, dan peningkatan logistik dan beberapa manufaktur.

Sementara supir pengiriman rata-rata memperoleh USD 32.020 atau Rp 476 juta pada tahun 2019. Sedangkan pengemudi truk yang menangani pekerjaan transportasi jarak jauh dalam rantai pasokan menghasilkan sedikit lebih banyak.

 

Selanjutnya

Ilustrasi pekerja sebagai ahli perangkat lunak
Ilustrasi pekerja sebagai ahli perangkat lunak

3. Perawatan Kesehatan

Pekerja kesehatan diantaranya asisten dokter, Ahli anestesi perawat, bidan perawat, dan praktisi perawat, mendapatkan penghasilan mulai dari USD 73.300 atau Rp 1 miliar hingga USD 115.800 atau Rp 1,7  miliar. Pekerjaan dalam sektor kesehatan diperkirakan naik mulai 12-31 persen pada tahun 2028.

Pada saat ini, permintaan praktisi perawat, asisten dokter, dan perawat terdaftar sudah meningkat sebelum virus corona. Itu berkat semakin populernya perawatan kesehatan berbasis tim, yang didefinisikan oleh National Academy of Medicine sebagai penyediaan layanan kesehatan bagi individu, keluarga, dan  atau komunitas mereka oleh setidaknya dua penyedia layanan kesehatan yang bekerja secara kolaboratif dengan pasien dan pasien mereka. pengasuh.

Kecenderungan itu telah menciptakan banyak pekerjaan bagi praktisi perawat dan asisten dokter, yang menangani pekerjaan medis rutin seperti fisik pasien, dan juga bekerja dengan dokter untuk mengembangkan pengobatan dan kesehatan.

Peran-peran itu kemungkinan lebih banyak diminati ketika telehealth, dan bahkan teledentistry, menjadi lebih popular. Pandemi mendorong pertumbuhan layanan telemedicine, yang telah berjuang untuk bertahan selama bertahun-tahun, dan penyedia layanan kesehatan perlu menambah staf jika mereka ingin memenuhi kenaikan permintaan itu.

4. Pekerja IT

Pengembang perangkat lunak mendapatkan gaji rata-rata sebesar USD 105.590 atau Rp 1,5 miliar per tahun pada tahun 2018. Pertumbuhan diharapkan pada tahun 2028 sebesar 21 persen.

Hampir 6 dari 10 pengusaha akan mempertimbangkan untuk mengubah kebijakan kerja-dari-rumah mereka jika pekerjanya mampu mempertahankan produktivitas selama pandemi corona.

Agar pekerja dapat melakukan pekerjaannya dari rumah, arsitektur perangkat lunak yang mendukung layanan digital jarak jauh perlu dibangun dan dipelihara. Seiring meningkatnya permintaan untuk layanan tersebut, pekerjaan di bidang ini juga akan meningkat.

5. Marketing

Pekerjaan yang termasuk dalam pemasaran seperti Manajer periklanan, promosi, dan pemasaran, yang memperoleh gaji rata-rata pada tahun 2019 sebesar USD 135.900 atau Rp 2 miliar per tahun.

Selain itu, pekerjaan dalam pemasaran ini diperkirakan naik sebesar 8 persen pada tahun 2028.

Bahkan sebelum pandemi, BLS mengharapkan pekerjaan pemasaran tumbuh pada kecepatan yang signifikan selama dekade berikutnya. Peran-peran ini memiliki banyak keterampilan yang dapat ditransfer antar industri, yang bisa sangat berguna karena beberapa industri berkembang dan yang lainnya pulih lebih lambat.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kebakaran Hanguskan Rumah Mewah di Pulo Gadung

Posted: 11 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebuah Rumah Mewah ludes dilalap api di kawasan Pulo Gadung Jakarta Timur. Diduga kebakaran akibat korsleting listrik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Minta Dibuat Perbandingan Daerah yang Terapkan PSBB dan Non-PSBB

Posted: 11 May 2020 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut ada sejumlah daerah yang tidak berstatus Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), namun dapat menangani virus corona (Covid-19) dengan menerapkan protokol kesehatan. Dia pun meminta jajarannya untuk membuat perbandingan antara daerah berstatus PSBB dan non-PSBB.

"Ini harus dibandingkan yang PSBB dan yang non PSBB. Karena memang ada inovasi di lapangan dengan menerapkan model kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat disesuaikan dengan konteks di daerah masing-masing," ujar Jokowi saat memimpin rapat terbatas melalui video conference, Selasa (12/5/2020).

Dia menyebut dari 10 provinsi dengan kasus positif Covid-19 terbanyak, hanya DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Sumatera Barat yang menerapkan PSBB. Sementara, tujuh provinsi lainnya memilih menerapkan physical distancing atau menjaga jarak.

"Karena itu kita juga evaluasi, baik provinsi kabupaten kota yang tidak memberlakukan PSBB. Tapi juga menjalankan kebijikan physical distancing, menerapkan protokol kesehatan secara ketat dalam kehidupan sehari-hari," kata dia.

Jokowi mengakui bahwa ada sejumlah daerah yang berhasil menekan angka penyebaran virus corona tanpa menerapkan kebijakan PSBB. Namun, dia tak mengungkapkan daerah mana saja yang berhasil.

"Kita tahu bahwa sudah ada 4 provinsi dan 72 kabupaten/kota yang melaksanakan PSBB. (Ada) juga provinsi, kota/kabupaten yang belum melaksanakan PSBB, tetapi memakai cara yang lain yang saya lihat juga ada yang berhasil," jelas Jokowi.

Evaluasi di Setiap Daerah

Dia memastikan pemerintah akan terus mengevaluasi pelaksanaan di setiap daerah. Berdasarkan hasil evaluasi, Jokowi menuturkan ada sejumlah daerah yang mampu menurunkan jumlah kasus per hari.

Meski begitu, ada pula daerah yang tidak mengalami perubahan seperti sebelum penerapan PSBB.

"Hal seperti ini perlu digarisbawahi, ada apa, kenapa," tutur Jokowi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Momen Kebersamaan Keluarga Taufik Hidayat, Hangat dan Harmonis

Posted: 11 May 2020 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Nama Taufik Hidayat sudah tidak asing di telinga penduduk dunia, khususnya masyarakat Indonesia. Mantan pebulu tangkis kelahiran Bandung, Jawa Barat ini sudah menorehkan banyak prestasi di dunia bulu tangkis dunia. Atlet berusia 38 tahun ini adalah salah satu putra terbaik bangsa Indonesia. Namun, pada pertengahan tahun 2013 Taufik Hidayat memutuskan untuk gantung raket.

Pesona Taufik Hidayat ketika tampil di tengah lapangan bulu tangkis tentunya selalu menarik perhatian publik. Kecekatannya dalam menghadapi lawan tentunya selalu berhasil mencuri perhatian seluruh masyarakat Indonesia. Pesona ketampanan atlet kelahiran 10 Agustus 1981 ini rupanya tak pernah luntur dan selalu memesona.

Rupanya selain menjadi putra kebangaan bangsa Indonesia, Taufik Hidayat juga adalah ayah dan suami kebangaan keluarga kecilnya. Keluarga mantan pebulu tangkis yang sudah banyak menorehkan prestasi ini memang selalu jauh dari gosip miring.

Taufik Hidayat kerap membagikan momen dirinya saat berada di lapangan bulu tangkis. Selain itu, Taufik Hidayat juga selalu terlihat memosting momen kebersamaannya bersama keluarga kecilnya. Dari pernikahannya dengan Ami Gumelar, Taufik Hidayat sudah dikaruniai dua buah hati yang bernama Natarina Alika Hidayat dan Nayutama Prawira Hidayat.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang 6 momen kebersamaan keluarga Taufik Hidayat yang selalu terlihat kompak dan harmonis, Selasa (12/5/2020).

1. Ini adalah potret kebersamaan Taufik Hidayat bersama istri dan buah hatinya saat Hari Raya Idul Fitri 2019 lalu.

Momen Kebersamaan Keluarga Taufik Hidayat. (Sumber: Instagram.com/ taufikhidayatofficial)
Momen Kebersamaan Keluarga Taufik Hidayat. (Sumber: Instagram.com/ taufikhidayatofficial)

2. Momen manis keluarga Taufik Hidayat saat liburan bersama.

Momen Kebersamaan Keluarga Taufik Hidayat. (Sumber: Instagram.com/ taufikhidayatofficial)
Momen Kebersamaan Keluarga Taufik Hidayat. (Sumber: Instagram.com/ taufikhidayatofficial)

3. Pria kelahiran 1981 ini kerap memosting kebersamaan keluarganya dalam berbagai momen.

Momen Kebersamaan Keluarga Taufik Hidayat. (Sumber: Instagram.com/ taufikhidayatofficial)
Momen Kebersamaan Keluarga Taufik Hidayat. (Sumber: Instagram.com/ taufikhidayatofficial)

4. Keluarga kecil Taufik Hidayat terlihat kompak menggunakan baju dengan motif yang hampir senada.

Momen Kebersamaan Keluarga Taufik Hidayat. (Sumber: Instagram.com/ taufikhidayatofficial)
Momen Kebersamaan Keluarga Taufik Hidayat. (Sumber: Instagram.com/ taufikhidayatofficial)

5. Tak sedikit warganet yang mengatakan jika berfoto bersama istri dan anaknya, pria berusia 38 tahun ini terlihat seperti kakak beradik. Pesona Taufik Hidayat memang selalu curi perhatian.

Momen Kebersamaan Keluarga Taufik Hidayat. (Sumber: Instagram.com/ taufikhidayatofficial)
Momen Kebersamaan Keluarga Taufik Hidayat. (Sumber: Instagram.com/ taufikhidayatofficial)

6. Kehangatan keluarga kecil ini tak jarang menuai doa dan komentar positif dari warganet.

Momen Kebersamaan Keluarga Taufik Hidayat. (Sumber: Instagram.com/ taufikhidayatofficial)
Momen Kebersamaan Keluarga Taufik Hidayat. (Sumber: Instagram.com/ taufikhidayatofficial)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Staf Terpapar Corona, Hasil Tes COVID-19 Wapres AS Mike Pence Negatif

Posted: 11 May 2020 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Washington, D.C. - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump pada Senin 11 Mei 2020 mengatakan bahwa Wakil Presiden Mike Pence kembali teruji negatif Virus Corona COVID-19. Setelah dikabarkan kontak dengan staf yang terpapar virus tersebut.

"Pertama-tama, wakil presiden telah menjalani tes dan hasilnya negatif. Dia diuji kemarin dan hari ini, hasilnya negatif," kata Trump dalam konferensi pers di Rose Garden, Gedung Putih seperti dikutip dari Xinhua, Selasa (12/5/2020).

"Dia dalam kondisi sangat baik dan saya pikir keadaan akan baik-baik saja," imbuhnya.

Pence berada di Gedung Putih pada Senin dan tidak dalam karantina, meskipun sekretaris persnya, Katie Miller, pekan lalu dinyatakan positif terjangkit Virus Corona COVID-19.

Selain Miller, seorang personel militer yang bertugas sebagai pengawal pribadi atau valet Trump juga baru-baru ini dinyatakan positif Virus Corona COVID-19.

Staf Diminta Pakai Masker

White House atau Gedung Putih. (AP)
White House atau Gedung Putih. (AP)

Para pejabat Gedung Putih yang bekerja di West Wing diminta memakai masker untuk membantu mencegah penyebaran Virus Corona COVID-19, demikian menurut edaran yang didistribusikan kepada para staf.

Donald Trump, yang tidak mengenakan masker dalam konferensi pers Senin 11 Mei kemarin mengatakan bahwa dia yang membuat keputusan itu.

"Jika Anda melihat semua orang di sana, setiap orang dari mereka yang saya lihat, mereka staf Gedung Putih, mereka perwakilan Gedung Putih, mereka eksekutif Gedung Putih dan semua memakai masker. Hampir semua orang yang saya lihat hari ini memakai masker," katanya.

Trump juga mengumumkan akan mengalokasikan 11 miliar dolar AS (1 dolar AS = Rp14.936) untuk negara-negara bagian sebagai "satu-satunya pendukung pengujian," karena mereka telah membuka kembali atau berencana membuka kembali kegiatan perekonomiannya.

Sejauh ini, Virus Corona COVID-19 menginfeksi lebih dari 1,3 juta orang dengan lebih dari 80.000 kematian di AS, menurut data dari Universitas Johns Hopkins.

Saksikan Juga Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Catat, Pergub Lengkap serta Denda Bagi Pelanggar PSBB Jakarta

Posted: 11 May 2020 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerbitkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 41 Tahun 2020 tentang Pengenaan Sanksi terhadap Pelanggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Pergub terkait PSBB tersebut telah disahkan dan diundangkan pada 30 April 2020 lalu. Beberapa aktivitas yang melanggar pun akan dikenakan sanksi bervariasi.

Dalam Pergub tersebut terdiri dari tiga bab dan 15 pasal. Gubernur Anies pun mengatur secara rigit mengenai pemberian sanksi pada setiap aktivitas yang melanggar PSBB dalam rangka mencegah penyebaran virus Corona Covid-19.

Misalnya saja yang ada dalam Pasal 5. Pasal tersebut mengatur soal pembatasan kegiatan institusi pendidikan.

"Bagi institusi pendidikan yang melanggar penghentian sementara kegiatan di sekolah dan/ atau institusi pendidikan lainnya selama pemberlakuan PSBB dikenakan sanksi administratif berupa teguran tertulis," demikian bunyi Pasal 5.

Berikut isi Pergub Nomor 41 Tahun 2020 tentang Pengenaan Sanksi terhadap Pelanggaran PSBB:

 

Pasal 4 hingga Pasal 6

Pengendara motor pergi seusai diberi hukuman push up karena tidak memakai masker saat razia Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kawasan Jalan Fatmawati, Jakarta, Selasa (28/4/2020). Penertiban terkait pelaksanaan PSBB Jakarta dan memutus rantai penyebaran COVID 19. (merdeka.com/Imam Buhori)
Pengendara motor pergi seusai diberi hukuman push up karena tidak memakai masker saat razia Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kawasan Jalan Fatmawati, Jakarta, Selasa (28/4/2020). Penertiban terkait pelaksanaan PSBB Jakarta dan memutus rantai penyebaran COVID 19. (merdeka.com/Imam Buhori)

Pasal 4 sanksi tentang pembatasan aktivitas di luar rumah. Dalam pasal ini, seluruh warga diwajibkan menggunakan masker dan menjaga jarak fisik saat berkegiatan di luar rumah.

Apabila protokol ini dilanggar diberi sanksi berupa sanksi administrasi tertulis, kerja sosial dengan membersihkan fasilitas atau sarana umum sambil mengenakan rompi, atau denda minimal Rp 100 ribu, maksimal Rp250 ribu.

Ayat 2 dalam pasal ini juga mengatur pihak yang memberikan sanksi adalah Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Pemberian sanksi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan oleh Satuan Polisi Pamong Praja dan dapat didampingi oleh Kepolisian.

Pasal 5, pembatasan kegiatan institusi pendidikan. Bagi institusi pendidikan yang melanggar penghentian sementara kegiatan di sekolah dan/ atau institusi pendidikan lainnya selama pemberlakuan PSBB dikenakan sanksi administratif berupa teguran tertulis.

Pasal 6, sanksi bagi perusahaan melanggar PSBB yaitu penghentian sementara kegiatan berupa penyegelan kantor/tempat kerja dan denda administratif paling sedikit Rp 5 juta dan paling banyak Rp 10 juta.

Untuk perusahaan yang dikecualikan dari PSBB namun tidak menerapkan protokol penyebaran Covid-19, maka didenda Rp 25 juta atau paling banyak Rp 50 juta.

 

Pasal 7 hingga Pasal 10

Warga melakukan aktivitas jual beli makanan untuk berbuka puasa (takjil) di kawasan Jalan Panjang, Jakarta, Selasa (5/5/2020). Pandemi virus COVID-19 dan pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) berimbas pada sepinya pembeli takjil di kawasan tersebut. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Warga melakukan aktivitas jual beli makanan untuk berbuka puasa (takjil) di kawasan Jalan Panjang, Jakarta, Selasa (5/5/2020). Pandemi virus COVID-19 dan pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) berimbas pada sepinya pembeli takjil di kawasan tersebut. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pasal 7, bagi setiap gerai makanan tidak melayani makan di tempat dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Pengelola usaha makan hanya menyediakan layanan pesan antar atau makanan dibungkus untuk dibawa pulang oleh pembeli.

Apabila melanggar dikenakan sanksi berupa penyegelan atau denda paling sedikit Rp 5 juta paling banyak Rp 0 juta.

Pasal 8, sanksi bagi hotel yang tidak menerapkan kebijakan PSBB seperti jaga jarak, atau penerapan protokol kesehatan dikenakan sanksi berupa penghentian sementara kegiatan/penyegelan fasilitas layanan hotel dan denda paling sedikit Rp 25 juta paling banyak Rp 50 juta.

Pasal 9, bagi pekerja konstruksi yang tidak menerapkan jaga jarak, protokol kesehatan maka dikenakan sanksi berupa denda sebesar Rp 25 juta hingga Rp 50 juta.

Apabila masih ditemukan pelanggaran, Dinas Ketenagakerjaan Transmigrasi dan Energi akan menghentikan sementara kegiatan konstruksi tersebut.

Pasal 10, pembatasan kegiatan di rumah ibadah. Apabila ditemukan kegiatan keagamaan di rumah ibadah, maka dikenakan sanksi berupa teguran tertulis.

 

Pasal 11 hingga Pasal 13

Warga memilih makanan untuk berbuka puasa (takjil) di kawasan Jalan Panjang, Jakarta, Selasa (5/5/2020). Pandemi virus COVID-19 dan pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) berimbas pada sepinya pembeli takjil di kawasan tersebut. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Warga memilih makanan untuk berbuka puasa (takjil) di kawasan Jalan Panjang, Jakarta, Selasa (5/5/2020). Pandemi virus COVID-19 dan pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) berimbas pada sepinya pembeli takjil di kawasan tersebut. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pasal 11, berkerumun di tempat atau fasilitas umum dengan jumlah orang melebihi 5 anggota akan dikenakan sanksi berupa teguran tertulis, melakukan kerja sosial di fasilitas umum dengan mengenakan rompi, denda minimal Rp 100 ribu maksimal Rp250 ribu.

Pasal 12, setiap orang atau badan hukum yang melanggar penghentian sementara atas kegiatan sosial dan budaya yang tidak dikecualikan yang menimbulkan kerumunan orang selama pemberlakuan PSBB dikenakan sanksi berupa kerja sosial di fasilitas umum dengan mengenakan rompi, denda Rp 5 juta sampai Rp 10 juta bagi pelanggaran yang dilakukan oleh badan hukum.

Selain pengenaan sanksi denda administratif, terhadap penanggung jawab/ badan hukum, turut dikenakan sanksi pencabutan izin usaha oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

Pasal 13, pembatasan penggunaan moda transportasi untuk pergerakan orang dan barang. Setiap pengemudi mobil penumpang pribadi yang melanggar pembatasan jumlah orang maksimal 50 persen dari kapasitas kendaraan dan/atau tidak menggunakan masker dalam kendaraan dikenakan sanksi denda Rp500 ribu sampai Rp 1 juta, kerja sosial berupa membersihkan sarana fasilitas umum dengan mengenakan rompi; atau penderekan ke tempat penyimpanan kendaraan bermotor yang disediakan oleh Pemerintah Provinsi DKI.

 

Pasal 14 dan Pasal 15

Petugas gabungan dari Polisi, Dishub, dan Satpol PP mengimbau pengguna kendaraan saat melakukan Pengawasan Pelaksanaan PSBB di Bundaran HI, Jakarta, Senin (13/4/2020). Dalam pengawasan tersebut petugas mengimbau masyarakat untuk menggunakan masker saat berpergian. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Petugas gabungan dari Polisi, Dishub, dan Satpol PP mengimbau pengguna kendaraan saat melakukan Pengawasan Pelaksanaan PSBB di Bundaran HI, Jakarta, Senin (13/4/2020). Dalam pengawasan tersebut petugas mengimbau masyarakat untuk menggunakan masker saat berpergian. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pasal 14, pengemudi motor akan dikenakan sanksi apabila membawa penumpang tanpa satu alamat sesuai KTP, dan/atau tidak menggunakan masker.

Sanksi berupa denda minimal Rp 100 ribu maksimal Rp 250 ribu, kerja sosial di fasilitas umum dengan menggunakan rompi, penderekan motor.

Pasal 15, setiap orang, pelaku usaha atau badan hukum pemilik kendaraan bermotor umum angkutan orang dan/atau barang yang melanggar pembatasan jumlah orang maksimal 50 persen, tidak menggunakan masker dalam kendaraan, dan/atau pembatasan jam operasional sesuai pengaturan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan/atau instansi terkait dikenakan sanksi berupa denda paling sedikit Rp 100 ribu dan paling banyak Rp 500 ribu, kerja sosial berupa membersihkan sarana fasilitas umum dengan mengenakan rompi bagi pelanggaran yang dilakukan orang; atau tindakan penderekan ke tempat penyimpanan kendaraan bermotor yang disediakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

 

Reporter: Yunita Amalia

Sumber : Merdeka

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Foto Jasad Dimutilasi Ini Tak Ada Kaitannya dengan Kebiadaban Israel ke Palestina

Posted: 11 May 2020 09:54 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Viral sebuah foto jasad manusia yang dimutilasi beredar di media sosial. Foto ini disebarkan situs tentangislami1.blogspot.com dengan judul artikel "Kalau Anda Benar,Benar Umat Muslim Mohon Di Bagikan,Lihatlah Kebiadapan Israel Ini".

Situs ini membagikan foto jasad manusia yang telah dikuliti. Sejumlah orang dalam gambar tersebut juga terlihat memotong beberapa bagian dari jasad tersebut.

Foto tersebut kemudian dikaitkan dengan kebiadaban pasukan Israel terhadap warga Palestina. Berikut narasinya:

Apa yang ada dalam benak hati anda setelah lihat f0t0 diatas, apakah mendiami ataukah hanya diam saja tutup mulut serta telinga serta berpura-pura tidak paham, mari sebar luaskan inf0rmasi ini supaya

semua 0rang di semua dunia tahu kebiadabanya. ASTAGHFIRULLAH. Tidak ada yang memiliki kesangsian mengenai aktivitas tiran pasukan Israel di Palestina di semua dunia. Mereka mulai tingkatkan itu 10-20 th. paling akhir. Dalam rekaman harian Anda dapat memiliki c0nt0h aktivitas tiran pasukan-pasukan Israel di mana mereka yang mengubur anak-anak Muslim hidup hidup.

≠ tidak ada 0rganisasi disini untuk menutupi kesibukan tiran seperti yang yang pasukan Israel. Di sisi lain, 0rganisasi internasi0nal yang c0c0k manusia per0leh diaktifkan waktu mereka saksikan satu hal di negara-negara Muslim. Mereka diaktifkan waktu mereka saksikan salah di Asia.

≠ 0rganisasi-0rganisasi internasi0nal yang terkait dengan hak asasi manusia juga tidak diaktifkan waktu mereka memiliki kesibukan kekejam

≠ pada Muslim di Birma. Mereka tetaplah tenang dan nikmati partai mereka di Er0pa dan Amerika. Mereka hanya memiliki tanggung jawab untuk mengambil aksi pada negara-negara Muslim. Mereka tidak diijinkan untuk menyampaikan satu hal pada negara-negara yg tidak Muslim.

≠ Mereka juga diperintahkan untuk mengambil aksi pada negara-negara yg tidak melibatkan keperluan Er0pa dan Amerika. Sampai Anda bisa menyampaikan 0rganisasi internasi0nal tidak untuk manusia mereka telah di buat hanya untuk kebutuhan mereka sendiri, bukanlah untuk kesejahteraan manusia.

≠ Sistem diskriminasi telah diawali dari hari pertama waktu mereka mempunyai kemampuan tetapi sesudah 9/11, per0leh keras. Mereka mulai maksud Muslim terutama dan tidak mau men0l0ng mereka dalam tiap-tiap masalah. Hal yang sama berjalan di Palestina, anak-anak yang mati demikian banyak tetapi tidak ada resp0n dari semua 0rganisasi yang dimaksud.

≠ MARI KITA D0AKAN BERSAMASEM0GA SAUDARA KITA DIPALESTINA DIBERI KESABARAN DAN KEMANANGAN ((AMIIN)

≠ ((T0L0NG BAGIKAN AGAR SEMUA MUSLIM TAHU INI))

Penelusuran Fakta

Gambar Tangkapan Layar Penelusuran dengan Google Reverse Image
Gambar Tangkapan Layar Penelusuran dengan Google Reverse Image

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto jasad manusia yang diklaim dimutilasi pasukan Israel. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah foto tersebut ke situs Google Reverse Image.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang membantah klaim tersebut. Satu di antaranya yang dimuat akun Facebook Masyarakat Anti Fitnah Indonesia pada 6 April 2020.

"Berdasarkan hasil penelusuran, klaim bahwa foto itu adalah foto kebiadaban Israel adalah klaim yang salah.

Sebelumnya foto ini juga pernah diklaim sebagai bukti adanya praktik kanibalisme di konflik Rohingya, Myanmar, namun klaim ini juga jelas salah.

Foto yang diunggah ke internet sejak tahun 2009 itu adalah bagian dari tradisi 'Tibetan Sky Burial', sebuah tradisi kuno pemakaman langit di Tibet.

Mayoritas warga Tibet menganut agama Buddha. Mereka menyambut kematian secara sukacita karena percaya reinkarnasi di alam selanjutnya.

Oleh karena itulah mereka memilih cara pemakaman langit atau yang disebut dengan ritual 'Jhator'.

Jhator berarti 'sky burial' atau pemakaman di langit. Dinamakan begitu karena ritual Jhator dilakukan di atas bukit atau gunung.

Tak sembarang orang bisa dimakamkan dengan cara begini. Jenazah tak boleh di bawah 18 tahun, wanita hamil, atau mereka yang meninggal karena penyakit atau kecelakaan.

Dalam ritual Jhator, jenazah tidak benar-benar dikubur karena tanah di Tibet terlalu keras dan berbatu. Tidak pula dibakar karena kelangkaan bahan bakar dan kayu.

Cara mereka adalah dengan memutilasi jenazah, memisahkan daging dan tulang, untuk menjadi makanan Burung Nasar alias burung bangkai.

Burung Nasar dalam bahasa Tibet disebut Dakini, yang berarti penari langit. Warga Tibet yakin, Dakini adalah reinkarnasi dari malaikat.

Mereka akan mengambil arwah jenazah dan mengantarnya ke surga, sebuah tempat menunggu reinkarnasi kehidupan selanjutnya.

Bagi orang Tibet, ritual Jhator juga sarat akan nilai religi. Daging manusia diumpankan pada Burung Nasar karena dianggap menyelamatkan hewan-hewan tersebut," tulis akun Facebook Masyarakat Anti Fitnah Indonesia.

Tradisi Jhator atau sky burial juga pernah didokumentasikan oleh National Geographic video berjudul "Sky Burials: Tradition Becomes Controversial Tourist Attraction | Short Film Showcase". Video tersebut diunggah ke situs berbagi video YouTube pada 6 Februari 2016 lalu.

"In the ancient practice of Tibetan sky burial, a human corpse is placed on a mountaintop to be eaten by birds of prey, most commonly vultures. The tradition, a sustainable burial method, symbolizes the impermanence of life for Buddhists. The ceremonies have recently begun to attract tourists, who take photographs and videos of these burials. In this excerpt from Vultures of Tibet, director Russell O. Bush explores the ethics that surround sky burial tourism," tulis Channel YouTube National Geographic.

Kesimpulan

Foto jasad manusia yang dimutilasi tidak ada hubungannya dengan kekejaman tentara Israel kepada warga Palestina. Foto jasad tersebut merupakan proses dari ritual Jhator di Tibet.

Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hanya 33 Persen Puskesmas yang Penuhi Syarat Layanan Kesehatan

Posted: 11 May 2020 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas), Suharso Monoarfa meminta kepada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) untuk memperhatikan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang ada di sejumlah daerah. Sebab, menurutnya salah satu ujung tombak sistem kesehatan nasional berada di Puskesmas.

"Titipan saya ke Bappeda di seluruh indonesia, tolong diperhatikan dengan baik Puskesmas. Puskesmas ujung tombak pelayanan kesehatan yang utamanya melakukan promotik dan kecukupan pemenuhan atas tenaga kesehatan harus diperhatikan," kata dia di Jakarta, Selasa (12/5).

Dia mencatat, hanya ada sekitar 33 persen Puskesmas yang memenuhi syarat dari seluruh Puskesmas ada di Indonesia. Tentunya, ini menjadi perhatian bersama antara pemerintah pusat maupun di daerah.

"Ini pekerjaan rumah bersama, utamanya untuk Ketua Bappeda di Indonesia untuk hitung kembali," kata dia.

Dia menambahkan, banyak alat-alat kesehatan di Puskesmas yang senantiasa dibeli melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) namun tidak terlalu dibituhkan. Dorongan dari beberapa pihak luar kemudian mengharuskan beberapa alat kesehatan itu tetap dibeli. "Kadang alat kesehatan tidak dibutuhkan, tapi mungkin didorong sedemikian rupa sehingga dibeli," imbuh dia.

"Jadi untuk penguatan promotif dan preventif penting sekali dari sistem kesehatan kita dalam hal ini Puskesmas," tandas dia.

Seperti diketahui, reformasi sistem kesehatan nasional menjadi salah satu bagian dari Rancangan Kerja Pemerintah (RKP) di tahun 2021. Adapun fokus RKP kali ini akan diarahkan untuk pemulihan sosial ekonomi guna mengejar target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) untuk periode 2020-2024.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Pemkot Tangerang Jadikan 2 Puskesmas Tempat Isolasi Pasien Covid-19

Jenazah tukang becak yang meninggal dunia di emper toko dievakuasi ke Puskesmas dan lantas dirujuk ke RSUD Margono untuk autopsi. (Foto: Dok. Tagana Banyumas/Liputan6.com/Ridlo)
Jenazah tukang becak yang meninggal dunia di emper toko dievakuasi ke Puskesmas dan lantas dirujuk ke RSUD Margono untuk autopsi. (Foto: Dok. Tagana Banyumas/Liputan6.com/Ridlo)

Dua Puskesmas di Kota Tangerang, yakni Puskesmas Panunggangan Barat Cibodas dan Puskesmas Gebang Raya di Kecamatan Periuk, akan dijadikan Rumah Singgah Isolasi untuk pasien Covid-19.

"Keduanya menjadi tempat rujukan bagi masyarakat yang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP), Orang Tanpa Gejala (OTG) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang tidak memiliki penyakit penyerta," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Liza Puspadewi, Selasa (5/5/2020).

Liza menjelaskan, dipilihnya kedua puskesmas tersebut karena memiliki jangkauan wilayah yang kecil, yaitu hanya melayani satu kelurahan, ditambah fasilitas puskesmas rawat inap tersebut sudah memadai untuk dijadikan rumah singgah isolasi Covid-19.

"Fasilitas yang dimiliki juga sudah cukup memadai untuk melayani pasien Covid-19 dengan status ODP, OTG atau PDP tanpa penyakit penyerta," katanya.

Kepala Puskesmas Panunggangan Barat Abu Khurairoh mengatakan, tempatnya memiliki kapasitas sebanyak 36 tempat tidur, yang dibagi menjadi 9 ruang isolasi. Dengan masing-masing ruang isolasi mempunyai kapasitas dua sampai 10 tempat tidur.

"Saat ini sudah terisi 6 pasien. Kami juga klusterkan pasien berdasarkan jenis kelamin dan statusnya, agar tetap nyaman," kata Abu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Tidak Benar Madu Dicampur Bawang Putih Bisa Sembuhkan Kanker

Posted: 11 May 2020 09:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Klaim tentang madu dicampur bawang putih yang bisa menyembuhkan kanker beredar di media sosial. Klaim ini disebarkan akun Facebook Fadhil Ashari pada 27 Desember 2016.

Akun Facebook Fadhil Ashari mengunggah gambar berisi narasi sebagai berikut:

Tolong Sebarkan.! 1X Anda Sebarkan Berarti Anda Telah Menyelamatkan Jutaan Manusia.!

LUAR BIASA,!! MADU DI CAMPUR BAWANG PUTIH AKAN MENGHASILKAN MANFAAT YANG TAK TERDUGA BISA MENGHANCURKAN PERTUMBUHAN SEL KANKER,!! BILA ADA SAUDARA ATAUPUN TETANGGA YANG MENGIDAP PENYAKIT KANKER BELUM KUNJUNG SEMBUH TOLONG KASIH TAHU CARA INI,!! INSYA ALLAH PENYAKIT YANG DI DERITA AKAN SEMBUH

Konten yang disebarkan akun Facebook Fadhil Ashari telah 41 ribu kali dibagikan dan mendapat 178 komentar warganet.

 

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim tentang madu dicampur bawang putih yang bisa menyembuhkan kanker.

Penelusuran dilakukan menggunakan situs pencari Google Search dengan memasukkan kata kunci "garlic and honey cancer". Hasilnya terdapat beberapa artikel yang menjelaskan mengenai klaim tersebut.

Satu di antaranya artikel berjudul "FIT WebQoof: Could This Homemade Remedy Cure Cancer?" yang dimuat situs thequint.com pada 28 November 2019.

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa kenari, lemon, madu, biji-bijian, dan bawang putih diklaim bisa melindungi seseorang dari kanker, bahkan konon bisa menyembuhkan penyakit tersebut. 

Namun, menurut American Institute of Cancer Research (AICR), tidak ada satu pun makanan atau komponen makanan yang dapat melindungi seseorang dari kanker dengan sendirinya.

Penelitian menunjukkan bahwa diet yang terdiri dari berbagai sayuran, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, dan makanan nabati lainnya membantu menurunkan risiko kanker, bukan menyembuhkannya.

Sementara, Direktur Bedah Onkologi di Fortis, Gurugram, dr Niranjan Naik menyebut, "Tidak ada obat pasti untuk kanker. Setelah didiagnosis, tidak ada buah atau sayuran yang bisa mengobatinya. Bahkan bahkan dengan obat-obatan, kita tidak dapat memastikan akan 100 persen sembuh," dr Niranjan Naik.

 

Kesimpulan Klaim

Klaim tentang madu dicampur bawang putih yang bisa menyembuhkan kanker ternyata tidak terbukti secara klinis. American Institute of Cancer Research (AICR) menyebut tidak ada satu pun makanan atau komponen makanan yang dapat melindungi dari kanker.

Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Serie A Ingin Bergulir Lagi, Menteri Olahraga Italia Kirim Peringatan

Posted: 11 May 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Roma - Menteri Olahraga Italia Vincenzo Spadafora mengirim peringatan kepada tim-tim Liga Italia yang ingin memulai lagi kompetisi. Ia menegaskan, setiap tim akan dikarantina 14 hari jika ada satu pemainnya yang terinfeksi virus Corona Covid-19.

"Komite sains meminta perubahan terkait protokol FIGC (Asosiasi Sepak bola Italia). Contohnya, para pelatih dan pemain harus tetap dikarantina jika ada kasus positif saat latihan," kata Spadafora seperti dilansir Football Italia.

Seperti diketahui, Liga Italia berencana memulai lagi kompetisi setelah jeda karena pandemi virus Corona. Di Italia, grafik kematian akibat virus itu mulai melandai.

Pemerintah Italia pun mulai melonggarkan aturan lockdown. Para atlet sudah diizinkan kembali berlatih sejak pekan lalu, dan 18 Mei nanti untuk mereka yang berkecimpung di olahraga tim.

Sejumlah protokol pun disiapkan agar latihan dan pertandingan Liga Italia berjalan aman dari virus Corona. Salah satu di antaranya adalah berlatih dengan tetap menjaga jarak dan bertanding tanpa penonton.

Spadafora mengungkapkan, selain faktor di atas, para pemain juga harus menjalani tes yang hasilnya tidak akan diumumkan ke publik. "Tes molekuler diperuntukan untuk klub bukan publik. Jika FIGC menyetujui hal itu, latihan tim bisa dimulai lagi," kata Spadafora.

Masih Digodok

Pekerja membersihkan permukaan jalan di Piazza del Duomo, Milan, 31 Maret 2020. Pandemi COVID-19 terus menyebar di Italia pada Selasa (31/3), menambah total jumlah terinfeksi, kematian dan pulih menjadi 105.792, menurut data terbaru Departemen Perlindungan Sipil Italia. (Xinhua/Daniele Mascolo)
Pekerja membersihkan permukaan jalan di Piazza del Duomo, Milan, 31 Maret 2020. Pandemi COVID-19 terus menyebar di Italia pada Selasa (31/3), menambah total jumlah terinfeksi, kematian dan pulih menjadi 105.792, menurut data terbaru Departemen Perlindungan Sipil Italia. (Xinhua/Daniele Mascolo)

Spadafora mengungkapkan, pihaknya belum mendapat informasi tanggal pasti bergulirnya lagi Liga Italia. Selain itu, ia mengatakan, pemerintah masih butuh waktu untuk memantau situasi terkini.

"Kapan pastinya kompetisi bergulir lagi? Kesabaran adalah yang utama. Butuh paling tidak satu minggu lagi untuk melihat kurva pandemi dan membuat keputusan," katanya mengakhiri.

Beri Dokumen

Lebih lanjut, Spadafora berjanji akan membeberkan rencana detail pemerintah terkait aspek olahraga.

"Semua latihan tim akan mulai pada 18 Mei dan saya akan memberikan Anda dokumen soal itu besok, untuk memastikan kompleks olahraga aman dibuka kembali, dimulai dari gimnasium," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cegah Penularan Corona, Tradisi Ramadan Festival Meriam Karbit Ditiadakan

Posted: 11 May 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak di Provinsi Kalimantan Barat meniadakan Festival Meriam Karbit yang biasanya diselenggarakan di sepanjang Sungai Kapuas untuk memeriahkan bulan Ramadan dan menyambut Lebaran.

Ditiadakannya Festival Meriam Karbit pada Ramadan 2020 ini dalam rangka mencegah penularan virus Corona Covid-19.

"Khusus tahun ini, dengan pertimbangan pandemi Covid-19, maka kami putuskan pelaksanaan Festival Meriam Karbit ditiadakan dulu," ujar Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono, seperti dikutip dari Antara, Selasa (12/5/2020).

Menurutnya, acara budaya Festival Meriam Karbit sementara ditiadakan karena situasi pandemi corona seperti sekarang.

Apabila menggelar acara yang mengumpulkan banyak orang, kata Edi, berisiko menyebabkan penularan virus corona Covid-19. Meski saat Ramadan seperti saat ini.

"Siapa yang bisa menjamin, ketika masyarakat memainkan meriam karbit, kemudian banyak warga yang ikut menonton, sehingga dalam hal ini, semua pihak harus ikut serta dalam melakukan pencegahan pandemi Covid-19," papar Edi.

 

Ingatkan Warga

Berikut jadwal buka puasa di bulan Ramadan 2017. (Sumber Foto: Wikimedia Commons)
Berikut jadwal buka puasa di bulan Ramadan 2017. (Sumber Foto: Wikimedia Commons)

Edi juga mengingatkan kepada warga agar selalu mengenakan masker apabila keluar rumah, menjaga jarak fisik saat berinteraksi dengan orang lain, serta mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir untuk menghindari penularan Covid-19.

Setiap tahunnya, Kota Pontianak selalu menggelar Festival Meriam Karbit untuk memeriahkan Ramadan dan menyambut Idul Fitri.

Meriam karbit dibuat dari kayu balok yang dililit dengan rotan. Meriam itu berdiameter 60 sampai 70 sentimeter dan panjangnya lima hingga tujuh meter.

Untuk membunyikannya, karbit dimasukkan ke dalam meriam hingga mencapai titik didih tertentu dan kemudian disulut.

Suara yang dihasilkan meriam karbit menggelegar, getarannya bisa dirasakan warga yang bermukim di sekitarnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Manfaat Lari Pagi untuk Kecantikan, Bisa Bikin Awet Muda

Posted: 11 May 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cantik secara alami ternyata bisa didapatkan dari manfaat lari pagi. Kecantikan kulit wajah dan kecantikan tubuh tentunya. Cara menerapkannya juga cukup mudah, hanya perlu meluangkan waktu selama 150 menit dalam satu minggu dan 30 menit dalam satu harinya.

Asal mau konsisten melakukannya setiap pagi, maka tidak akan lagi memberatkan. Manfaat lari pagi sama halnya dengan melakukan aktivitas fisik yang sangat baik untuk sirkulasi darah. Jadi, tidak heran jika sirkulasi darah dapat mendorongnya menjaga kesehatan juga kecantikan.

Manfaat lari pagi untuk kecantikan ada banyak sekali. Mulai dari mampu mengatasi masalah jerawat, penuaan, hingga berat badan. Jadi, tidak salah jika kecantikan alami semakin mudah didapatkan dengan lari pagi ini.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai manfaat lari pagi untuk kecantikan dari berbagai sumber, Selasa (12/5/2020).

Kulit Lebih Bersih

Ilustrasi Kulit Bersih
Ilustrasi Kulit Bersih

Saat melakukan aktivitas olahraga seperti lari pagi, tubuh pasti akan mengeluarkan keringat. Dan ternyata manfaat lari pagi yang menghasilkan keringat inilah, yang mampu membuat kulit nampak lebih bersih dan sehat.

Saat berlari kelenjar keringat dalam tubuh akan memproduksi lebih banyak keringat, yang keluar dari pori-pori kulit. Nah, dengan keringat inilah kotoran yang terkunci di dalam pori-pori kulit akan terdorong keluar oleh keringat. Jadi, tidak heran jika pori-pori akan kembali bersih dan segar.

Sehingga sangat dianjurkan untuk langsung mandi setelah selesai melakukan olahraga lari pagi. Setelah keringat mengering dan suhu tubuh kembali normal. Hal ini dilakukan agar kotoran tidak kembali menumpuk pada kulit setelah berolahraga.

Kulit Lebih Cerah

ilustrasi kulit cerah/pexels
ilustrasi kulit cerah/pexels

Manfaat lari pagi sudah pasti akan membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Sirkulasi darah yang lancar inilah yang akan membawa banyak dampak positif untuk kulit. Hal ini disebabkan karena peredaran darah yang lancar, akan membuat suplai oksigen dan nutrisi kulit tercukupi dengan baik. Jadi, tidak heran jika kulit akan menjadi lembap dan tampak lebih cerah secara alami.

Mencegah Munculnya Jerawat

ilustrasi jerawat/shuttershock
ilustrasi jerawat/shuttershock

Munculnya jerawat pada kulit tidak hanya disebabkan oleh kotoran yang menumpuk saja, tetapi juga stres. Stres ini yang akan membuat produksi hormon dan minyak tubuh menjadi tidak stabil. Nah, manfaat lari pagi inilah yang akan membantu menghilangkan kondisi stres. Jika stres sudah bisa diatasi, maka efek rileks pada otak dan tubuh akan didapatkan. Sehingga akan ada produksi hormon endorfin pada tubuh, yang akan membuatmu merasa lebih tenang dan bahagia. 

Mencegah Penuaan

Ilustrasi Wajah Keriput (Yuganov Konstantin/shutterstock)
Ilustrasi Wajah Keriput (Yuganov Konstantin/shutterstock)

Manfaat lari pagi ternyata bisa membantu mencegah penuaan. Penuaan ini ditandai dengan pengeriputan pada kulit. Pengeriputan juga bisa ditandai dengan bertambahnya usia dan dampak radikal bebas bagi yang selalu beraktivitas di luar rumah. Namun, tidak perlu khawatir lagi karena penuaan ini bisa dicegah dengan olahraga seperti lari pagi secara rutin.

Kulit yang keriput ini pada umumnya disebabkan oleh produksi kolagen yang menurun. Bahaya dari produksi kolagen yang menurun ini harus dihindari, tentu saja agar elastisitas dan kekuatan kulit tetap terjaga. Nah, dengan berolahraga seperti lari pagi secara rutin ternyata bisa membantu meningkatkan produksi kolagen. Sehingga tidak heran jika proses penuaan dini pada kulit bisa dicegah dengan lebih baik.

Mengurangi Stres dan Awet Muda

Ilustrasi Awet Muda
Ilustrasi Awet Muda

Manfaat lari pagi memang sangat bisa mengurangi tekanan atau stres. Saat dalam kondisi stres, tubuh akan memproduksi hormon kortisol. Bahayanya dari hormon kortisol ini justru akan menghambat produksi kolagen. Dan hal ini akan mengakibatkan penipisan lapisan kulit dan menimbulkan kerusakan kulit lain yang berbahaya.

Nah, agar produksi hormon kortisol bisa dihambat, maka biasakan diri untuk berolahraga seperti lari pagi secara rutin. Rutin berolahraga seperti lari pagi ini akan membantu menyembuhkan kondisi kulit seperti eksim, psoriasis, dan jerawat.

 

Awet Muda

Selain itu, berolahraga seperti lari pagi juga akan membantu fisik menjadi awet muda. Menurut sebuah penelitian, lari setiap pagi atau jogging dapat membuat tubuh menjadi 20 tahun lebih muda. Berdasarkan hasil penelitian Copenhagen City Heart di Denmark, bahwa orang yang melakukan lari pagi akan semakin panjang umur.

Dimana wanita yang rutin berlari akan memperpanjang usianya rata-rata 6,2 tahun. Sementara untuk kaum pria, mereka akan menambah usia rata-rata 5,6 tahun lebih lama. Hal ini sangat direkomendasikan bagi para orang tua atau lansia karena selain ringan, lari pagi juga akan membuatnya lebih sehat luar dan dalam.

Berat Badan Ideal

Ilustrasi berat badan ideal. (dok. foto i yunmai/Unsplash/Dinny Mutiah)
Ilustrasi berat badan ideal. (dok. foto i yunmai/Unsplash/Dinny Mutiah)

Memiliki berat badan yang ideal bisa didapatkan dari manfaat lari pagi. Hal ini disebabkan karena berolahraga seperti lari pagi dapat membantu membakar banyak kalori. Selain itu, kalori tidak akan langsung berhenti terbakar setelah berolahraga. Lari pagi ini harus tetap rutin dilakukan, agar kalori bisa terbakar lebih maksimal hingga menghasilkan berat badan yang ideal.

Tidak hanya lari pagi, tetapi bisa juga dengan diimbangi olahraga penguat otot lain agar hasilnya lebih maksimal. Selain itu, lari pagi juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Hal ini disebabkan karena otot-otot yang bergerak saat lari pagi mampu menggerakkan otot-otot pada bagian perut dan memacu pergerakan usus. Sehingga masalah buang air besar seperti sembelit akan lebih mudah diatasi dan dicegah lebih dini.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Peneliti Prancis Sebut 80 Persen Perokok Terlindung dari COVID-19, Benarkah?

Posted: 11 May 2020 09:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang perokok yang terlindungi dari virus corona COVID-19 beredar di media sosial. Kabar ini disebarkan situs salambunda.info dengna judul artikel "Penelitian Prancis: 80 Persen Perokok Lebih Terlindung dari Virus Corona".

Berikut narasinya:

Hasil penelitian ilmuwan Prancis mengungkapkan 80 persen perokok lebih terlindungi dari virus corona ketimbang mereka yang bukan perokok. Hasil penelitian ini memicu upaya para ilmuwan memberikan koyo nikotin bagi pasien Covid-19, petugas medis dan warga masyarakat.

Laman Al Arabiya melaporkan, Selasa (5/5), para peneliti di Rumah Sakit Pitie-Salpetriere, Paris, awal bulan ini mengamati hanya ada 5 persen perokok berat dari 482 pasien Covid-19 yang terpapar corona antara 28 Februari dan 9 April.

"Dibanding keseluruhan populasi Prancis, pasien Covid-19 memperlihatkan mereka yang perokok berat 80,3 persen menjalani rawat jalan dan 75,4 persen dirawat inap," kata penelitian yang dipimpin oleh Zahir Amoura di Rumah Sakit Universitas Pitie Salpetriere dan Jean-Pierre Changeux, profesor emeritus ilmu saraf di Insititut Pasteur Prancis.

"Dengan demikian, status perokok tampaknya menjadi faktor yang melindungi mereka dari tertular Sars-CoV-2," ujar kesimpulan para peneliti.

Baik Amoura dan Changeux menjelaskan studi mereka yang menyebut nikotin yang terkandung dalam rokok bisa mempengaruhi bagaimana molekul virus Sars-CoV-2 menempel ke reseptor di dalam tubuh.Namun Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat dan Badan Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan, para perokok, seperti juga pengidap diabetes, jantung, atau penyakit paru lainnya bisa berisiko lebih parah ketika terinfeksi Covid-19.

Penelitian awal di Wuhan, kota yang menjadi awal mula ditemukannhya kasus Covid-19 di China, memperlihatkan para perokok yang terinfeksi corona 14 kali gejalanya lebih parah dari bukan perokok.

Nikotin, seperti juga molekul virus corona, menempel pada reseptor di tubuh. Para peneliti kini tengah menyelidiki apakah nikotin menghalangi interaksi molekul virus corona yang hendak menempel pada reseptor yang sama.

"Mereka menjadi faktor pelindung dari risiko penularan Covid-19 bagi para perokok. Temuan pada tahap ini bagaimana pun berlawanan dengan intuisi. Karena yang diperlukan dalam kondisi saat ini, kami berdua mempublikasikan kesimpulannya bersama, bahwa pendekatan yang dilakukan saat ini lebih ke soal fisika ketimbang biologi," kata Changeux dalam wawancara dengan Human Brain Project.

Para peneliti menekankan, mereka tidak mau penelitian mereka ini mendorong orang jadi merokok yang memang berdampak buruk bagi tubuh.

"Itu bisa jadi malapetaka," kata Changeux.

Para ilmuwan sudah memperingatkan orang untuk tidak merokok setelah studi pertama dipublikasikan sebab para perokok yang terinfeksi virus corona lebih berpeluang mengalami gejala yang lebih parah dan membutuhkan perawatan intensif dibanding mereka yang tidak merokok.

Di Prancis penjualan bahan pengganti nikotin sudah dibatasi untuk mencegah penyalahgunaan atau penggunaan berlebihan guna menghindari kekurangan stok produk seperti koyo nikotin atau permen karet.

Kementerian Kesehatan Prancis melarang penjualan produk nikotin via daring dan membatasi penjualan di sejumlah apotik hanya untuk pasokan satu bulan dan mereka yang memberi harus mendaftar lebih dulu.

Tembakau adalah pembunuh nomor satu di Prancis dengan perkiraan angkat 75.000 kematian per tahun akibat merokok, kata laporan AFP.

Prancis adalah salah satu negara terdampak corona terparah di Eropa dengan lebih dari 21.000 kematian dan lebih dari 155.000 kasus positif.

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar tentang perokok yang terlindungi dari virus corona COVID-19. Penelusuran dilakukan menggunakan situs pencari Google Search dengan memasukkan kata kunci "nikotin bisa jadi obat corona".

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang menjelaskan mengenai manfaat nikotin untuk mengatasi virus corona COVID-19. Satu di antaranya artikel berjudul "Penelitian di Prancis Ungkap Manfaat Nikotin untuk Atasi COVID-19" yang dimuat situs jpnn.com pada 6 Mei 2020.

jpnn.com - Para ilmuwan di Prancis melakukan penelitan yang menarik tentang metode penanggulangan penyakit virus corona 2019 (COVID-19). Mereka menggunakan koyok nikotin pada petugas kesehatan dan pasien COVID-19.

Tujuan penggunaan nikotin itu adalah untuk terapi dan pencegahan. Ilmuwan di Negeri Eiffel itu melakukan uji coba apakah nikotin bisa membantu melindungi dari virus corona dan mengurangi gejala-gejalanya pada orang-orang yang terpapar COVID-19.

Sebuah penelitian yang dilakukan Prof Zahir Amoura dari Pitié Salpétrière Hospital di Paris menemukan dari 482 pasien COVID-19 yang datang ke rumah sakit pada kurun waktu 28 Februari hingga 9 April, hanya 4,4 persen pasien rawat inap dan 5,3 persen pasien rawat jalan tercatat sebagai perokok. Ternyata penelitian itu menemukan perokok memiliki kemungkinan 80 persen lebih rendah menderita akibat paparan COVID-19.

Observasi itu menuntun para peneliti pada hipotesis bahwa nikotin mencegah virus corona mengikat sel reseptor. "Tampaknya ada efek perlindungan dari merokok pada risiko infeksi COVID-19," ujar Jean-Pierre Changeux, profesor emeritus pada jurusan neurosains pada Pasteur Institute yang ikut menjadi penulis pada penelitian tersebut.

Menurut Changeux, temuan itu memang agak kontra-intuitif dari yang dipahami selama ini. "Karena kebutuhan yang mendesak untuk terapi pada kondisi saat ini, kami bersama-sama menerbitkan hipotesis ini," tuturnya kepada Human Brain Project yang dikutip Al Arabiya.

Changeux menambahkan, saat ini ada dua penelitian tentang nikotin untuk pengobatan COVID-19. Pertama adalah penelitian oleh Prof Zahir Amoura yang menggunakan koyok nikotin pada pekerja kesehatan dengan tujuan mencegah infeksi COVID-19.

Prof Amoura juga menggunakan nikotin pada pasien yang kondisinya memburuk di rumah sakit perawatan COVID-19. Terapi serupa juga dilakukan terhadap pasien COVID-19 yang sudah parah.

Adapun penelitian kedua dilakukan di Pasteur Institute untuk melihat hubungan antara virus dengan nikotin. Para peneliti menyelidiki apakah nikotin membantu mencegah 'badai sitokin' atau reaksi berlebihan yang cepat dari sistem kekebalan tubuh pada virus, yang mungkin menyebabkan kasus fatal akibat infeksi.

Namun, Direktur Jenderal Kesehatan Prancis Jerome Salomon memperingatkan orang-orang yang merokok karena meyakini akan mampu melawan COVID-19. "Kita tidak boleh melupakan efek bahaya nikotin. Mereka yang tidak merokok sama sekali tak boleh menggunakan pengganti nikotin," ujarnya.

Namun ada sejumlah pendapat membantah bahwa perokok terlindungi dari virus corona COVID-19. Salah satunya disampaikan oleh organisasi kesehatan dunia (WHO). Informasi ini dilansir dari artikel berjudul "WHO: Kebiasaan Merokok Tingkatkan Risiko Terkena COVID-19" yang dimuat situs Liputan6.com pada 9 April 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa perokok cenderung lebih rentan terhadap COVID-19. Hal ini terkait dengan kebiasaan sehari-hari mereka.

"Tindakan merokok berarti jari (dan kemungkinan rokok yang terkontaminasi) bersentuhan dengan bibir yang meningkatkan kemungkinan penularan virus dari tangan ke mulut," tulis WHO dalam laman resminya seperti dikutip pada Rabu (8/4/2020).

Selain itu, WHO juga mengatakan bahwa kapasitas paru-paru pada seorang perokok kemungkinan sudah berkurang atau malah telah memiliki penyakit. Hal ini meningkatkan risiko mereka terkena penyakit serius.

WHO menyebut, beberapa produk merokok seperti shisha memungkinkan penggunannya untuk saling berbagi selang. Mereka mengatakan bahwa aktivitas ini bisa memudahkan transmisi COVID-19.

"Kondisi yang meningkatkan kebutuhan oksigen atau mengurangi kemampuan tubuh untuk menggunakannya dengan benar, akan menempatkan pasien pada risiko yang lebih tinggi terhadap kondisi paru-paru serius seperti pneumonia," tulis WHO.

Dalam sebuah temu media di kantor Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia, Jakarta beberapa waktu lalu, dokter spesialis paru Feni Fitriani mengatakan bahwa adanya COVID-19 adalah saat yang tepat bagi perokok untuk berhenti.

Feni mengatakan bahwa merokok saja berisiko membuat seseorang terkena berbagai penyakit. "Tanpa COVID-19 saja, orang yang merokok itu dia sudah mengalami kerentanan di saluran napas," kata Feni.

Menurutnya, selama ini orang abai dengan kebiasaan tersebut karena dampak buruk dari rokok terlihat dalam jangka panjang dan tidak secepat COVID-19.

Sehingga, dia berharap dengan fenomena pandemi ini, seorang perokok bisa jadi lebih waspada dan memiliki motivasi untuk berhenti melakukan kebiasaan tersebut.

Liputan6.com juga menemukan artikel lain yang menjelaskan mengenai perokok yang rentan jika terpapar virus corona COVID-19. Adalah artikel berjudul "4 Alasan Perokok Rentan Alami Kondisi Fatal Virus Corona" yang dimuat situs detik.com pada 29 April 2020.

Jakarta - Beberapa hal bisa menyebabkan seseorang rentan terhadap virus Corona COVID-19, mulai dari faktor usia hingga penyakit penyerta atau komorbid.

Namun, salah satu hal yang sangat berpengaruh pada kondisi pasien Corona adalah kebiasaan merokok.Dalam pemaparannya, Ketua Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Dr dr Agus Dwi Susanto, SpP(K) menyebutkan bahwa perokok lebih berisiko terhadap virus Corona.

Hal ini dibuktikan dengan data dari 12 penelitian di dunia yang menyebutkan dari 9.025 orang, sekitar 17,8 persen perokok lebih berisiko mengalami kondisi buruk.

"Sedangkan yang bukan perokok, hanya mengalami perburukan sebanyak 9,3 persen. Artinya, merokok hampir dua kali lipatnya meningkatkan risiko terjadinya perburukan dari COVID-19," katanya dalam webinar yang diselenggarakan pada Selasa (28/4/2020).

Berdasarkan hal itu, terdapat 4 alasan yang menjelaskan mengapa seorang perokok atau yang mempunyai kebiasaan merokok itu lebih mengalami kondisi fatal saat terinfeksi COVID-19.

1. Mengganggu sistem imunitas saluran pernapasan

Dalam hal ini, dr Agus mengatakan terdapat dua hal yang bisa menyebabkan rokok bisa mengganggu sistem imunitas saluran pernapasan. Pertama, adalah fungsi silia untuk membersihkan saluran pernapasan menjadi terganggu.

Silia berfungsi untuk menyaring dan membersihkan saluran pernapasan, sehingga bakteri dan virus akan dibuang melalui batuk. Tetapi, jika orang tersebut menghisap rokok sebanyak 2-3 kali, bisa melemahkan fungsi silia sebanyak 50 persen bahkan tidak berfungsi lagi.

Kedua, zat radikal seperti nikotin yang ada di dalam sebatang rokok bisa berpengaruh pada sel-sel imunitas tubuh manusia. Nikotin ini akan menekan fungsi sel imunitas seperti leukosit, untuk memerangi virus. Akibatnya, infeksi virus akan menjadi lebih berat.

2. Kadar ACE2 lebih tinggi pada perokok

Sebuah riset mengatakan bahwa seorang perokok bisa meningkatkan reseptor ACE2 sebanyak 50 persen. Hal ini dibuktikan dengan penelitian di Kanada, yang menunjukkan kadar ACE2 pada perokok lebih tinggi 3 kali lipat dibandingkan yang bukan perokok.

Peningkatan risiko buruk terkait COVID-19 juga ditemukan pada rokok bentuk lain, seperti shisha dan rokok elektronik lainnya yang bisa meningkatkan tekanan pada imunitas. Khusus pada shisha, penularan juga bisa lebih mudah melalui pipa yang digunakan secara bergantian. Jika pipa itu digunakan orang yang terinfeksi, maka virus bisa terus menyebar ke banyak orang.

3. Memperparah penyakit penyerta

Rokok juga berhubungan dengan berbagai penyakit komorbid, yang bisa berisiko tinggi terhadap COVID-19. Seorang perokok bisa meningkatkan berbagai penyakit komorbid, seperti gagal jantung, hipertensi, koroner, PPOK, asma, diabetes, dan gagal ginjal. Bahkan bisa berisiko meninggal dunia.

Berdasarkan data dari RS Persahabatan, sebanyak 63 persen pasien COVID-19 mengidap penyakit komorbid. Tentunya dengan merokok bisa memancing penyakit komorbid bermunculan, sehingga kondisi COVID-19 dalam tubuh semakin memburuk. Beberapa penyakit komorbid yang menyebabkan pasien meninggal, antara lain:

- Hipertensi 30,4 persen- Diabetes 21,7 persen- Gagal jantung 4,3 persen- Asma sekitar 2,2 persen- dan yang tidak ada komorbidnya hanya sekitar 15 persen.

4. Risiko tangan terkontaminasi

Saat merokok, orang cenderung akan memegang mulut berkali-kali tanpa mencuci tangannya terlebih dulu. Hal ini bisa meningkatkan transmisi virus hingga menyebabkan infeksi COVID-19. Dengan kata lain, risiko terkontaminasi dari tangan bisa sangat besar terjadi.

 

Bantahan WHO

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) turut merespons penelitian dari ilmuwan di Prancis yang memanfaatkan nikotin sebagai obat corona COVID-19. WHO menyebut ada salah kaprah dalam memahami studi itu.

Informasi ini dikutip dari situs Liputan6.com dengan judul artikel "Merokok Bisa Sembuhkan Sakit Virus Corona COVID-19? Ini Kata WHO" pada 11 Mei 2020.

Liputan6.com, Jenewa - WHO angkat bicara terkait berita bahwa merokok bisa melindungi seseorang dari Virus Corona (COVID-19). Faktanya, perokok yang terinfeksi Virus Corona menghadapi potensi kematian yang lebih tinggi.

Dilaporkan Xinhua, Minggu (10/5/2020), WHO merespons studi yang menyebut perokok lebih kebal terhadap virus ini. WHO menyebut ada salah kaprah dalam memahami studi itu.

Ahli epidemiologi WHO Dr. Maria Van Kerkhove berkata studi itu memang meneliti prevalensi perokok di antara pasien COVID-19 di rumah sakit, tetapi studi itu tidak menyebut bahwa merokok bisa melindungi orang dari Virus Corona.

"Bahaya dari tembakau sudah jelas diketahui dan kita tahu jutaan orang meninggal tiap tahunnya akibat penggunaan tembakau. COVID-19 adalah penyakit pernapasan dan merokok menyebabkan kerusakan pada paru-paru," ujar Dr. Maria Van Kerkhove di Jenewa.

"Kita tahu bahayanya merokok dan tahu bahwa perokok, jika mereka terkena COVID-19, memiliki tingkat terkena penyakit berbahaya dan kematian yang lebih tinggi," lanjutnya.

Sebelumnya, riset mengenai rokok itu berasal dari Prancis yang meneliti pasien di sebuah rumah sakit di Paris. Berdasarkan penelitian itu, mayoritas dari 482 pasien COVID-19 di rumah sakit Pitié-Salpêtrière adalah non-perokok.

Dirjen Kesehatan Prancis Jerome Salomon tidak merekomendasikan bahwa nikotin di rokok bisa mencegah Virus Corona.

Kesimpulan

Benar bahwa ilmuwan di Prancis melakukan penelitan dan memanfaatkan nikotin sebagai obat corona COVID-19. Namun, kabar terkait penelitian itu dianggap salah kaprah oleh WHO.

Ahli epidemiologi WHO Dr. Maria Van Kerkhove berkata studi itu memang meneliti prevalensi perokok di antara pasien COVID-19 di rumah sakit, tetapi studi itu tidak menyebut bahwa merokok bisa melindungi orang dari Virus Corona.

 

Banner Cek Fakta - Klarifikasi. (Liputan6.com/Triyasni)
Banner Cek Fakta - Klarifikasi. (Liputan6.com/Triyasni)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Asuransi Jasindo Lakukan Restrukturisasi Kredit Perbankan

Posted: 11 May 2020 09:41 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta - PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) atau Asuransi Jasindo melakukan restrukturisasi kredit perbankan. Keputusan pelonggaran terkait perpanjangan waktu pembayaran premi terkait relaksasi kredit perbankan sesuai dengan surat Otoritas Jasa Keuangan (OJK) nomor S-11/D.05/2020 tanggal 30 Maret 2020 perihal kebijakan countercyclical atas dampak virus corona (covid-19) bagi perusahaan asuransi.

Direktur Utama Asuransi Jasindo, Didit Mehta Pariadi mengatakan, nantinya perhitungan refund atau tambahan premi disesuaikan dengan PKS atau polis induk yang sudah ada, yaitu atas polis awal dilakukan refund premi, kemudian diterbitkan polis baru sesuai addendum perjanjian kredit atau perjanjian kredit baru setelah restrukturisasi.

Premi yang dilonggarkan terkait pembayaran premi pada Jaminan Asuransi Jiwa dan kredit macet untuk perbankan. Sedangkan untuk perusahaan pembiayaan tambahan, jaminan objek pertanggungan akan dilakukan sesuai permintaan.

"Teknisnya polis awal dilakukan endorsement ulang pertanggungan dan jangka waktu pertanggungan, dengan perhitungan premi baru dikurangi premi refund maka menjadi additional premi untuk penambahan premi restrukturisasi. Untuk premi yang lebih ekonomis endorsement penutupan dapat menjadi total lost only (TLO)," lanjut Didit kepada wartawan, Selasa (12/5/2020).

Sedangkan untuk pertanggungan asuransi tambahan dihitung secara prorata dan semuanya tetap mengacu kepada ketentuan tarif premi yang berlaku sesuai dengan Surat Edaran OJK No. 6/SEOJK.05/2017.

Ia juga menambahkan, untuk harga pertanggungan dapat dipotong maksimal 50 persen atau minimal sama dengan jumlah baki kredit yang masih berjalan.

"Dan premium payment warranty khusus untuk premi tambahan atas restruksturisasi kredit diberikan kelonggaran sampai dengan enam bulan sejak addendum kredit," tuturnya.

Didit juga juga telah menginstruksikan kebijakan ini ke semua kantor cabang Asuransi Jasindo di Indonesia. "Kami telah melakukan komunikasi dari Group Bisnis hinga Branch Office, dari situ kami telah menyosialisasikannya kepada customer," katanya.

 

Ralksasi Kebijakan

Ilustrasi Asuransi (iStockphoto)
Ilustrasi Asuransi (iStockphoto)

Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), Dody A.S.Dalimunthe berpandangan kebijakan countercyclical untuk industri asuransi yang dikeluarkan OJK telah memberikan beberapa relaksasi kebijakan.

Di antaranya perpanjangan batas waktu penyampaian laporan berkala perusahaan kepada OJK. Lalu penyelenggaraan penilaian kemampuan dan kepatutan pihak utama melalui telekonferensi (tak perlu harus tatap muka) serta memberikan relaksasi terhadap perhitungan solvabilitas perusahaan.

"Itu semua tentunya akan mendukung kinerja perusahaan asuransi serta memberikan kemudahan dalam situasi yang penuh tantangan saat ini. Jadi kita dukung," ungkapnya.

Menurut Dody, relaksasi tersebut juga dimaksudkan untuk mengantisipasi potensi keterlambatan pembayaran premi asuransi dari tertanggung yang terkena dampak penyebaran covid-19.

Sebelumnya AAUI telah menyampaikan himbauan kepada perusahaan asuransi dan perusahaan reasuransi anggota AAUI --khususnya yang melekatkan klausula pemutusan pertanggungan otomatis dalam polis-- untuk memberikan kelonggaran perpanjangan periode pembayaran premi asuransi dan premi reasuransi.

Hal tersebut dimaksudkan sebagai mitigasi potensi pembatalan polis asuransi otomatis secara hukum yang dapat merugikan tertanggung dan dispute saat terjadi klaim.

Selain itu, AAUI juga berpendapat bahwa penerapan relaksasi penundaan pembayaran premi yang jatuh tempo (grace period), selama 4 (empat) bulan, baik untuk nasabah perorangan/ritel atau nasabah korporasi, hanya wajib dilakukan apabila perusahaan asuransi mengakui tagihan premi yang berusia hingga 4 (empat) bulan sebagai aset yang diperkenankan dalam perhitungan tingkat solvabilitas.

"Kita juga mengimbau nasabah untuk aktif dan menghubungi perusahaan asuransi masing-masing untuk mendapatkan penjelasan atau apabila mempunyai pertanyaan terhadap polis yang dimiliki. Dan itu bisa lewat daring," tutupnya

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ayah Angkat Syahrini Bicara Soal Keperawanan dan Video Skandal

Posted: 11 May 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Laurens pria bule asal Belanda yang mengaku sebagai ayah angkat Syahrini, saat ini tengah ramai diperbincangkan. Apalagi beberapa kali Laurens mengunggah video kedekatannya dengan istri Reino Barack di media sosial.

Yang terbaru ayah angkat Syahrini membicarakan tentang seorang wanita saat live Instagram, Selasa  (12/5/2020) dini hari.  Di situ ayah angkat Syahrini membahas tentang keperawanan.

"Wanita beragenda itu mempunyai hubungan asmara dengan laki-laki tua lain. Wanita itu tidak lagi perawan seperti image yang dia tampilkan. Bila dia membantah biarkan saja mungkin dia tidak malu sama Tuhan. Sebenarnya masalah perawan dan tidak perawan itu pilihan hidup tiap orang. Bukan hak kita untuk menghakimi," kata Laurens dikutip dari Youtube GUDOK LAMAK berjudul "Lio HK, Wanita Beragenda Itu Tak Perawan❗Wow, Selasa (12/5/2020).

Video Skandal

Unggahan Laurens di akun Instagram pribadinya, pada 16 April 2020. (Foto: Instagram @liohk)
Unggahan Laurens di akun Instagram pribadinya, pada 16 April 2020. (Foto: Instagram @liohk)

Tak hanya membahas soal keperawanan, Laurens juga membahas soal video skandal wanita beragenda dengan beberapa pria. Namun ia tidak akan pernah menyebarkan video tersebut. Dan dia hanya akan menceritakan tentang wanita beragenda, meski belum diketahui siapa identitas sebenarnya yang dimaksud Laurens.

"Di channel saya, kalian netizen jangan mengharapkan kalian akan menemui tontonan atau video-video porno yang akan mencemari pikiran otak kalian. Kalian hanya akan menemukan halaman demi halaman yang angkat saya sampaikan dalam satu struktur, cerita nyata yang akan saya sampaikan setiap hari," ucap Laurens.

Ayah Angkat

[Foto: Instagram Laurens/  liohk]
[Foto: Instagram Laurens/ liohk]

Selama ini Laurens selalu menganggap wanita beragenda itu sebagai anak angkatnya dan tidak lebih. Meskipun banyak orang yang bertanya apakah Laurens suka dengan wanita beragenda atau tidak.

"Saya tegaskan saya tidak pernah naksir si wanita beragenda, dia bukan tipe saya. Saya selalu punya pacar yang jauh lebih cantik dan manis. Saya dari awal bertemu sampai akhir hanya sebagai ayah angkat, tidak ada lebih," jelasnya.

Ditantang Sumpah di Atas Al Quran

Unggahan Laurens ayah angkat Syahrini. (Foto: YouTube Lio HK)
Unggahan Laurens ayah angkat Syahrini. (Foto: YouTube Lio HK)

Lauren berani mempertanggung jawabkan semua ucapannya tentang wanita beragenda. Kalaupun wanita tersebut mengelak ucapannya, secara tegas Lauren berani menantangnya untuk bersumpah di atas Al Quran.

"Suruh saja apa berani wanita beragenda sumpah di atas alquran, jangan suka menuduh orangtua seperti saya sebagai kebohongan," kata Laurens.

Sampai berita ini diturunkan belum jelas apa tanggapan pihak Syahrini. Kami sudah berusaha menghubungi pihak managementnya melalui sang adik, Aisyahrini, namun nomornya tak bisa dihubungi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Cantik Gita, Istri Bopak Castello yang Terpaut Usia 28 Tahun

Posted: 11 May 2020 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Nama komedian Bopak Castello tentunya sudah tak asing lagi di dunia hiburan Tanah Air. Sejak tahun 2013, wajahnya sering menghiasi layar kaca televisi dalam berbagai acara komedi. Hingga sekarang pemilik nama asli Indrayana Bidwy ini masih mempertahankan eksistensinya.

Maka tak heran jika segala gerak-geriknya selalu jadi sorotan, termasuk kehidupan pribadi Bopak Castello. Tak banyak yang tahu, Bopak Castello ternyata memiliki istri cantik dan jauh lebih muda darinya. Pria 53 tahun ini resmi menikah dengan wanita bernama Gita Resya pada 2016 silam.

Bopak dan istri memiliki jarak usia yang cukup jauh, yakni terpaut 28 tahun. Gita diketahui saat ini berusia 25 tahun, sementara Bopak berusia 53 tahun. Namun perbedaan usia tak menghalangi keduanya untuk menyatukan cinta.

Bopak dan Gita pun kerap memamerkan kemesraan di media sosial masing-masing. Tak sedikit netizen yang menyebut istri Bopak semakin cantik. Berikut 7 potret Gita Resya istri Bopak Castello yang memesona dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (12/5/2020).

1. Istri Bopak Castello ini diketahui masih muda dan berusia 25 tahun.

6 Potret Cantik Gita, Istri Bopak Castello yang Terpaut Usia 28 Tahun (Sumber: Instagram/@gitaresya16)
6 Potret Cantik Gita, Istri Bopak Castello yang Terpaut Usia 28 Tahun (Sumber: Instagram/@gitaresya16)

2. Gita mengaku jika dirinya memutuskan untuk menerima lamaran Bopak karena cinta.

6 Potret Cantik Gita, Istri Bopak Castello yang Terpaut Usia 28 Tahun (Sumber: Instagram/@gitaresya16)
6 Potret Cantik Gita, Istri Bopak Castello yang Terpaut Usia 28 Tahun (Sumber: Instagram/@gitaresya16)

3. Sebelum menikah, Bopak dan istri sudah berpacaran selama 3 tahun.

6 Potret Cantik Gita, Istri Bopak Castello yang Terpaut Usia 28 Tahun (Sumber: Instagram/@gitaresya16)
6 Potret Cantik Gita, Istri Bopak Castello yang Terpaut Usia 28 Tahun (Sumber: Instagram/@gitaresya16)

4. Dari pernikahannya itu, Bopak dan Gita telah dikaruniai putri yang menggemaskan.

6 Potret Cantik Gita, Istri Bopak Castello yang Terpaut Usia 28 Tahun (Sumber: Instagram/@gitaresya16)
6 Potret Cantik Gita, Istri Bopak Castello yang Terpaut Usia 28 Tahun (Sumber: Instagram/@gitaresya16)

5. Terpaut usia 28 tahun, istri Bopak tampak muda dan cantik.

6 Potret Cantik Gita, Istri Bopak Castello yang Terpaut Usia 28 Tahun (Sumber: Instagram/@gitaresya16)
6 Potret Cantik Gita, Istri Bopak Castello yang Terpaut Usia 28 Tahun (Sumber: Instagram/@gitaresya16)

6. Meski tak terjun di dunia hiburan seperti sang suami, wanita 25 tahun ini cukup aktif di media sosial.

6 Potret Cantik Gita, Istri Bopak Castello yang Terpaut Usia 28 Tahun (Sumber: Instagram/@gitaresya16)
6 Potret Cantik Gita, Istri Bopak Castello yang Terpaut Usia 28 Tahun (Sumber: Instagram/@gitaresya16)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Daftar Peserta Balapan Virtual MotoGP Seri IV: Valentino Rossi Bidik Kemenangan Kandang

Posted: 11 May 2020 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Misano - MotoGP kembali menghadirkan balapan virtual untuk mengisi kekosongan akibat pandemi virus Corona. Ajang bakal berlangsung di Sirkuit Misano, Minggu (17/5/2020). 

Kali ini Valentino Rossi kembali tampil. Sebelumnya, juara MotoGP tujuh kali tersebut mengikuti seri kedua di Red Bull Ring Austria bulan lalu.

Meski hanya di layar kaca, semangat Rossi dipastikan tidak berkurang. Pasalnya, balapan nanti terletak di kampung halamannya. 

Rossi menjadi salah satu dari 11 nama yang mengikuti seri keempat balapan virtual MotoGP. Pada kesempatan ini, panitia mengajak pembalap MotoE untuk berpartisipasi.

Pembalap MotoGP bakal melahap sembilan lap. Sementara rider MotoE melakoni lima putaran. Berikut nama lengkap peserta: 

MotoGP:

Keseruan balapan virtual MotoGP. (dok. YouTube MotoGP)
Keseruan balapan virtual MotoGP. (dok. YouTube MotoGP)

Repsol Honda Team – Marc Marquez, Alex Marquez

Monster Energy Yamaha MotoGP – Maverick Vinales, Valentino Rossi

Ducati Team – Michele Pirro

Team Suzuki Ecstar – Joan Mir

Aprilia Racing Team Gresini – Lorenzo Savadori

Petronas Yamaha SRT – Fabio Quartararo

Pramac Racing – Franceso Bagnaia

LCR Honda Idemitsu – Takaaki Nakagami

Reale Avintia Racing – Tito Rabat

MotoE:

Trentino Gresini MotoE – Matteo Ferrari

LCR E-Team – Xavier Simeon

Avintia Esponsorama Racing – Eric Granado

EG 0,0 Marc VDS – Mike Di Meglio

Join Contract Pons 40 – Jordi Torres

Intact GP – Dominque Aegerter

Tech 3 E-Racing – Lukas Tulovic

Ongetta SIC58 Squadracorse – Mattia Casadei

Openbank Aspar Team – Alex Medina

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pesawat Jatuh di Danau Sentani, Pilot Tewas

Posted: 11 May 2020 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tim SAR mengevakuasi pesawat MAF yang jatuh di danau Sentani. Akibat peristiwa ini pilot pesawat meninggal dunia, pesawat tidak membawa penumpang hanya kargo menuju Tolikara.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menteri Agama Berencana Relaksasi PSBB di Rumah Ibadah

Posted: 11 May 2020 09:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Agama Fachrul Razi mengatakan keinginannya melonggarkan atau relaksasi Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB di rumah ibadah. Menurut dia, hal itu mungkin saja dilakukan selama menaati protokol kesehatan, seperti bidang transportasi oleh Kementerian Perhubungan.

"Saya sudah berniat mengusulkan, kalau ada relaksasi nanti terutama misalnya di sarana perhubungan, relaksasi di mal. Coba kami tawarkan juga ada relaksasi di rumah ibadah, tapi belum kami ajukan," ujar Fachrul saat rapat dengar pendapat bersama Parlemen, lewat siaran pers diterima, Selasa (12/5/2020).

Menag Fachrul mengaku, niatan pelonggaran PSBB di rumah ibadah ini sudah didiskusikan dengan beberapa direktur jenderal (dirjen) di kementeriannya. Hasilnya, sejumlah persiapan harus dilakukan terdahulu, termasuk siapa penanggung jawabnya.

"Saya katakan ya mungkin pada umumnya, penanggung jawab masjid masing-masing, rumah ibadah masing-masing. Tapi nanti kita rumuskan lebih detaillah," jelas dia.

Diskusi dengan Presiden dan Gugus Tugas

Kendati demikian, Fachrul menyatakan, niatan tersebut belum dapat dipertegas implementasinya ke masyarakat. Sebab, kementeriannya saat ini masih melakukan diskusi lebih lanjut dengan presiden dan Gugus Tugas Nasional Covid-19.

"Kita akan coba ajukan dan diskusikan dengan teman-teman lain untuk sama-sama mengambil keputusan itu," Fachrul menandasi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Janji China Serius Usut Kasus Jenazah WNI ABK Dilarung di Laut

Posted: 11 May 2020 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tiga warga negara Indonesia (WNI) yang bekerja di kapal pencari ikan berbendera China sebagai anak buah kapal (ABK) meninggal dunia dan jenazahnya dilarung ke laut. Ketiganya bersama puluhan ABK WNI lainnya diduga sebagai korban eksploitasi dan perbudakan modern di kapal China. 

Pemerintah Indonesia telah menyampaikan nota diplomatik terkait kasus tersebut ke Beijing. Pemerintah China pun berjanji akan serius menindaklanjuti laporan tersebut.

"China menanggapi laporan ini dengan sangat serius. Pihak China terus menjalin komunikasi dengan Indonesia mengenai hal itu," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian, seperti dilansir Antara, Selasa (12/6/2020).

Ia menilai beberapa laporan media mengenai peristiwa tersebut tidak berdasarkan fakta. "Oleh karena itu, kami akan menangani masalah tersebut berdasarkan fakta dan hukum yang berlaku," kata Zhao.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi telah memanggil Duta Besar China untuk Indonesia Xiao Qian terkait persoalan pelarungan jenazah dan perlakuan tidak patut terhadap 46 ABK Indonesia yang bekerja pada empat kapal ikan perusahaan China, yakni Long Xing 629, Long Xing 605, Tian Yu 8, dan Long Xing 606.

Long Xing 605 dan Tian Yu 8 membawa ABK Indonesia melalui perairan Korea Selatan dan sempat berlabuh di Busan.

 

Tim Investigasi

Cuplikan video yang memperlihatkan aksi para ABK lainnya yang dikabarkan membuang jasad ABK WNI ke laut di Korea Selatan. (Screenshot Youtube MBC News)
Cuplikan video yang memperlihatkan aksi para ABK lainnya yang dikabarkan membuang jasad ABK WNI ke laut di Korea Selatan. (Screenshot Youtube MBC News)

Pihak China menyebut pelarungan tiga jenazah ABK Indonesia telah sesuai prosedur internasional dan disetujui pihak keluarga yang bersangkutan.

Kedutaan Besar RI di Beijing juga telah mengirimkan nota diplomatik kepada pemerintah China unuk mengklarifikasi ulang kasus tersebut.

"Nota diplomatik sudah dijawab Kemenlu RRT yang menjelaskan bahwa pelarungan atau burial at sea sesuai dengan praktik kelautan internasional untuk menjaga kesehatan para awak kapal lainnya sebagaimana ketentuan ILO (Organisasi Buruh Internasional)," kata Menlu.

Sementara itu, Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) telah membentuk tim investigasi internal dan berkoordinasi dengan pihak kepolisian terkait langkah hukum atas kasus pelarungan jenazah dan perlakuan diskiriminatif yang dialami ABK Indonesia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ridwan Kamil Dapat Apresiasi dari Warganet Terkait Teman Tuli

Posted: 11 May 2020 09:31 PM PDT

Kata Khalil

Liputan6.com, Jakarta Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendapat apresiasi dari warganet terkait disediakannya juru bahasa isyarat untuk teman tuli. Apresiasi ini disampaikan dalam sharing session bersama Liputan6.com, Senin (11/5/2020).

Sebelumnya, ia juga mendapat banyak pujian karena berani memilih teman tuli sebagai ajudan dalam program Jabar Future Leaders periode 2019. Salah satu dari dua teman tuli yang terpilih adalah Khalil Ibrohim.

"Setiap manusia adalah unik, tidak ada yang harus merasa lebih atau merasa kurang tinggal kita menyempurnakan cara dalam bermasyarakat. Kita bercita-cita, tidak ada perbedaan antara yang disabilitas atau yang tidak," ujar Ridwan dalam video Instagram @khalilibrohim.

Menurutnya, semua pemuda memiliki hak yang sama tentunya dengan penyesuaian-penyesuaian. Pemerintah provinsi memastikan hak-hak bermasyarakat serta bersosial untuk mereka yang disabilitas untuk tetap dimaksimalkan.

Khalil membuktikan bahwa disabilitas bukan hambatan baginya untuk terus belajar salah satunya dengan cara menjadi ajudan.

Dalam keterangan video Instagramnya yang diunggah pada 24 Agustus 2019, pemuda asal Sukabumi itu berharap para penyandang disabilitas tuli dapat lebih percaya diri.

"Saya berharap teman-teman tuli bisa berani dan percaya diri. Cari ilmu yang banyak jangan berpikir ada hambatan. Sampai akhirnya bisa berkembang dan itu butuh proses," tulis Khalil.

"Semoga pemuda pemudi disabilitas atau tuli bisa berkesempatan langsung untuk belajar dari Pak Gubernur dan ke depannya lebih baik." 

 

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Singapura Kerahkan Robot Anjing untuk Pantau Physical Distancing

Posted: 11 May 2020 09:30 PM PDT

Sebuah robot berkaki empat yang mirip anjing, Spot terlihat selama uji coba dua minggu di Bishan-Ang Moh Kio Park, Singapura pada 8 Mei 2020. Robot itu menyiarkan pesan untuk mengingatkan warga untuk melakukan jaga jarak di tengah pandemi virus corona. (Roslan RAHMAN/AFP)
Sebuah robot berkaki empat yang mirip anjing, Spot terlihat selama uji coba dua minggu di Bishan-Ang Moh Kio Park, Singapura pada 8 Mei 2020. Robot itu menyiarkan pesan untuk mengingatkan warga untuk melakukan jaga jarak di tengah pandemi virus corona. (Roslan RAHMAN/AFP)

Sebuah robot berkaki empat yang mirip anjing, Spot terlihat selama uji coba dua minggu di Bishan-Ang Moh Kio Park, Singapura pada 8 Mei 2020. Robot itu menyiarkan pesan untuk mengingatkan warga untuk melakukan jaga jarak di tengah pandemi virus corona. (Roslan RAHMAN/AFP)

Seorang pria berolahraga melintasi robot berkaki empat yang mirip anjing, Spot selama uji coba dua minggu di Bishan-Ang Moh Kio Park, Singapura pada 8 Mei 2020. Robot itu menyiarkan pesan untuk mengingatkan warga untuk melakukan jaga jarak di tengah pandemi virus corona. (Roslan RAHMAN/AFP)
Seorang pria berolahraga melintasi robot berkaki empat yang mirip anjing, Spot selama uji coba dua minggu di Bishan-Ang Moh Kio Park, Singapura pada 8 Mei 2020. Robot itu menyiarkan pesan untuk mengingatkan warga untuk melakukan jaga jarak di tengah pandemi virus corona. (Roslan RAHMAN/AFP)

Seorang pria berolahraga melintasi robot berkaki empat yang mirip anjing, Spot selama uji coba dua minggu di Bishan-Ang Moh Kio Park, Singapura pada 8 Mei 2020. Robot itu menyiarkan pesan untuk mengingatkan warga untuk melakukan jaga jarak di tengah pandemi virus corona. (Roslan RAHMAN/AFP)

Seorang pria berolahraga di belakang robot berkaki empat yang mirip anjing, Spot selama uji coba dua minggu di Bishan-Ang Moh Kio Park, Singapura pada 8 Mei 2020. Robot itu menyiarkan pesan untuk mengingatkan warga untuk melakukan jaga jarak di tengah pandemi virus corona. (Roslan RAHMAN/AFP)
Seorang pria berolahraga di belakang robot berkaki empat yang mirip anjing, Spot selama uji coba dua minggu di Bishan-Ang Moh Kio Park, Singapura pada 8 Mei 2020. Robot itu menyiarkan pesan untuk mengingatkan warga untuk melakukan jaga jarak di tengah pandemi virus corona. (Roslan RAHMAN/AFP)

Seorang pria berolahraga di belakang robot berkaki empat yang mirip anjing, Spot selama uji coba dua minggu di Bishan-Ang Moh Kio Park, Singapura pada 8 Mei 2020. Robot itu menyiarkan pesan untuk mengingatkan warga untuk melakukan jaga jarak di tengah pandemi virus corona. (Roslan RAHMAN/AFP)

Seorang pria berolahraga melintasi robot berkaki empat yang mirip anjing, Spot selama uji coba dua minggu di Bishan-Ang Moh Kio Park, Singapura pada 8 Mei 2020. Robot itu menyiarkan pesan untuk mengingatkan warga untuk melakukan jaga jarak di tengah pandemi virus corona. (Roslan RAHMAN/AFP)
Seorang pria berolahraga melintasi robot berkaki empat yang mirip anjing, Spot selama uji coba dua minggu di Bishan-Ang Moh Kio Park, Singapura pada 8 Mei 2020. Robot itu menyiarkan pesan untuk mengingatkan warga untuk melakukan jaga jarak di tengah pandemi virus corona. (Roslan RAHMAN/AFP)

Seorang pria berolahraga melintasi robot berkaki empat yang mirip anjing, Spot selama uji coba dua minggu di Bishan-Ang Moh Kio Park, Singapura pada 8 Mei 2020. Robot itu menyiarkan pesan untuk mengingatkan warga untuk melakukan jaga jarak di tengah pandemi virus corona. (Roslan RAHMAN/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

CEO Ericsson: Konektivitas Adalah Kunci di Tengah Pandemi Covid-19

Posted: 11 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dalam sebuah sesi video-conference pada Senin (11/5/2020), CEO Ericsson Börje Ekholm mengatakan bahwa di tengah pandemi Covid-19 ini konektivitas yang kuat dan dapat diandalkan adalah kunci.

"Bahkan, ketika sebuah negara menerapkan kebijakan lockdown, teknisi kami masih aktif untuk menjaga dan memantau kualitas jaringan," kata Ekholm.

Misalnya, para teknisi perusahaan di Tiongkok turut ambil bagian dalam penyediaan konektivitas untuk Rumah Sakit di Wuhan. Di Amerika Serikat, perusahaan asal Swedia itu juga berkontribusi terhadap tantangan data berbasis kecerdasan buatan.

Dalam dua bulan terakhir, kata Ekholm, ada perubahan di sektor telekomunikasi seluler yang layak disoroti. Misalnya, trafik jaringan beralih secara cepat dari area bisnis ke kawasan pemukiman hanya dalam hitungan hari ketika permulaan pandemi.

Secara umum, kenaikan trafik yang dilayani oleh infrastruktur telekomunikasi Ericsson juga mengalami peningkatan hingga 20 persen.

Lebih lanjut, Ekholm juga mengatakan bahwa perusahaan telah menerapkan kebijakan work from home (WFH). Sejak awal Maret 2020, sekitar 85.000 karyawan Ericsson bekerja secara remote.

"Sekali lagi, konektivitas adalah kunci. Di tengah pandemi Covid-19, jaringan telekomunikasi telah menjadi bagian tak terpisahkan dari infrastruktur vital, yang menunjukkan pentingnya kualitas dari konektivitas," kata Ekholm.

Teknologi Spectrum Sharing

Kantor pusat Ericsson. Kredit: Ericsson
Kantor pusat Ericsson. Kredit: Ericsson

Sebelumnya Ericsson mulai mengomersialkan solusi Spectrum Sharing miliknya. Kini, penyedia layanan komunikasi dapat meluncurkan 5G dalam skala nasional dengan biaya efektif.

Solusi Ericsson Spectrum Sharing memungkinkan penerapan 4G dan 5G pada pita frekuensi dan radio yang sama melalui peningkatan perangkat lunak (software upgrade). Ini dapat menyediakan spektrum secara dinamis berdasarkan permintaan pengguna per 1 milidetik.

"Untuk pertama kalinya, pelanggan kami tidak perlu melakukan refarming spektrum sebelum menerapkan teknologi telekomunikasi terbaru. Mereka dapat menerapkan 5G dengan cepat melalui sistem yang sama dengan 4G saat ini," ujar Fredrik Jejdling, Executive Vice President and Head of Networks, Ericsson melalui keterangan tertulis.

Dalam 12 bulan ke depan, kata Fredrik, lebih dari 80 persen jaringan 5G komersial dengan dukungan Ericsson akan menerapkan solusi Spectrum Sharing untuk cakupan 5G lebih luas.

Julian Bright, Senior Analyst di Ovum/Omdia, menyebut spektrum sebagai sumber daya langka dan mahal. Oleh sebab itu, pemakaian spektrum harus memenuhi prinsip efisiensi.

"Dengan menggunakan Ericsson Spectrum Sharing, penyedia layanan dapat meluncurkan 5G dengan cepat pada pita FDD mereka tanpa perlu berinvestasi ulang," tutur Julian.

Selain itu, kata Julian, menyediakan spektrum bagi jaringan 4G dan 5G secara dinamis merupakan cara terbaik untuk mulai menerapkan 5G.

Ekosistem Ericsson Spectrum Sharing 

Logo Ericsson di kantor pusatnya di Stockholm, Swedia. Kredit: Ericsson
Logo Ericsson di kantor pusatnya di Stockholm, Swedia. Kredit: Ericsson

Ericsson Spectrum Sharing dapat berjalan di semua lima juta radio 5G-ready milik Ericsson yang telah diproduksi sejak 2015.

Perusahan juga telah bermitra dengan perusahaan penyedia chipset termasuk Qualcomm Technologies Inc., anak perusahaan Qualcomm Incorporated. Kemitraan ini meliputi penggunaan perangkat seluler, yang ditenagai Qualcomm Snapdragon 865 dan 765 Mobile Platforms serta dilengkapi Snapdragon 5G Modem-RF Systems.

Di samping itu, perusahaan asal Swedia itu berkolaborasi dengan MediaTek (Dimensity 1000) dan produsen perangkat andalan seperti, Oppo, Sony, Xiaomi, LG, vivo, dan WNC (Wistron NeWeb Corp.), untuk meningkatkan solusi tersebut secara global.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kepala Bappenas Sebut Banyak Manipulasi Data Penduduk Miskin di Daerah

Posted: 11 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas), Suharso Monoarfa mengakui, sistem ketahanan perlindungan sosial di Tanah Air masih berantakan. Hal itu tercermin dari data penduduk miskin yang disampailan sejumlah daerah-daerah tidak pernah terbuka secara transparan.

Dia mengatakan, banyak daerah-daerah yang ketika ditanya jumlah penduduk miskinya justru memanipulasi data. Artinya, mereka tidak ingin terlihat daerahnya menjadi salah satu penduduk miskin terbesar. Alhasil, data-data itu kemudian dimainkan.

"Lagi-lagi soal data soal sistem perlindungan sosial banyak daerah ditanya jumlah orang miskinnya karena ingin daerahnya dicatat telah sukses menurunkan jumlah orang miskin maka jumlah itu pun dikurang," kata Suharso di Jakarta, Selasa (12/4).

Namun ketika terjadi suatu bencana, atau pandemi global seperti Covid-19 ini justru banyak daerah-daerah yang mengklaim penduduk miskin di daerahnya bertambah. Itu terjadi agar bantuan disalurkan ke daerahnya bisa lebih banyak.

"Ketika ada pembagian bantuan sosial daerah-daerah pun mengatakan jumlah orang miskin yang bertambah. Itu bukan pada masa sekarang, sebelum pandemi pun hal itu terjadi," kata dia.

 

Terus Terulang

Yayasan Manarul Ilmi (YMI) Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) dan Lembaga Manajemen Infaq (LMI) kembali berkolaborasi membantu masyarakat di kawasan rentan kemiskinan. (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Yayasan Manarul Ilmi (YMI) Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) dan Lembaga Manajemen Infaq (LMI) kembali berkolaborasi membantu masyarakat di kawasan rentan kemiskinan. (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Suharso mengatakan kondisi itu terus dilakukan secara berulang-ulang. Seringkali data-data itu dimainkan kan dikembalikan agar mendapatkan perhatian yang kedua, ketiga dari pemerintah pusat.

Oleh karena itu, sudah saatnya, dia bilang ini menjadi tanggungjawab bersama-sama antara pemerintah pusat dan daerah mengatasi persoalan penduduk miskin.

"Kita harus secara bersama-sama membasmi kemiskinan seluruh ekstrim itu harus mendekati 0 pada tahun 2024 tetapi terjadi sekarang terjadi kenaikan secara merambat ini harus kita tekan dan bahkan sampai dengan nol," katanya.

Untuk sistem perlindungan sosial kedepan, pemerintah akan menjalankan beberapa program-program yang dirancang. Apabila terjadi situasi yang luar biasa seperti pandemi Covid-19 ini setidaknya punya pilihan yang lain bagaimana cara cara mengakomodasi di dalam belanja-belanja pemerintah.

"Jadi kita tidak seperti yang terkejut begitu sehingga mengganggu jalannya pemerintahan," tandas dia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengacara Roy Kiyoshi Optimis Pengajuan Rehabilitasi Dikabulkan

Posted: 11 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Henry Indraguna, kuasa hukum Roy Kiyoshi, telah menyampaikan permohonan rehabilitasi kasus narkoba yang menjerat kliennya. 

Selain permohonan rehabilitasi, pengacara Roy Kiyoshi itu meminta dilakukan proses pengungkapan dan pemahaman permasalahan (asesmen) terhadap kliennya.

"Kita sudah mengajukan permohonan asesmen dan sudah diterima Polres Jakarta Selatan," beri tahu Henry Indraguna di Polres Jakarta Selatan, Senin (11/5/2020) malam.

Henry Indraguna mengatakan, sebelum mengirimkan permohonan pengajuan rehabilitasi Roy Kiyoshi, pihaknya menyiapkan berkas yang diperlukan. Di antaranya membuat surat pengajuan dilengkapi dengan berbagai pertimbangan.

Optimis Dikabulkan

Henry Indraguna, pengacara Roy Kiyoshi (Nurwahyunan/bintang.com)
Henry Indraguna, pengacara Roy Kiyoshi (Nurwahyunan/bintang.com)

"Semoga pertimbangan-pertimbangan yang kita sampaikan dalam pengajuan tersebut dikabulkan," Henry Indraguna berharap.

 

Ada Penyakit

Roy Kiyoshi. (Foto: Instagram @roykiyoshi)
Roy Kiyoshi. (Foto: Instagram @roykiyoshi)

Henry menyebutkan, pertimbangan yang dimaksudkan yakni Roy dalam kondisi sakit yakni tidak bisa tidur atau insomnia. Penyakit tersebut telah dideritanya sejak 2017.

 

Resep Dokter

Roy Kiyoshi (Instagram/@roykiyoshi)
Roy Kiyoshi (Instagram/@roykiyoshi)

Penyakit susah tidur yang dialami paranormal muda tersebut dibuktikan dengan resep dokter. Penyakit Roy Kiyoshi juga dibuktikan dengan berkonsultasi ke dokter.

 

Kambuh Lagi

Roy Kiyoshi. (Foto: Instagram @roykiyoshi)
Roy Kiyoshi. (Foto: Instagram @roykiyoshi)

"Setelah sembuh, pada 2019 sakit lagi dan ke dokter lagi di Jakarta Selatan, selanjutnya dikasih obat sama dokter," imbuhnya.

Pada 2020, lanjut Henry, penyakit insomnia tersebut kambuh lagi disebabkan adanya pandemi Covid-19. Seperti diketahui, sejak Covid-19 mewabah, masyarakat diinstruksikan oleh pemerintah untuk tetap berada di rumah.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Tips Aman Memanaskan Makanan untuk Sahur

Posted: 11 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Memasak hidangan sahur bagi sebagian orang mungkin mudah dilakukan, tetapi tidak untuk beberapa orang lainnya. Ada yang lebih suka untuk memasak hidangan buka puasa sekaligus untuk sahur. Selain lebih praktis, tentu saja sangat hemat waktu, dan tenaga. Tetapi tetap perhatikan tips aman memanaskan makanan untuk sahur.

Pasti tidak banyak juga yang tahu bahwa tidak semua makanan bisa dipanaskan lagi. Makanan yang tidak seharusnya dipanaskan jika masih nekat dipanaskan justru akan menjadi makanan yang beracun. Di sini pentingnya tips aman panaskan makanan, agar konsumsi hidangan sahur lebih aman.

Selain bisa diandalkan untuk lebih cepat menyajikan hidangan sahur yang padat gizi, memanaskan makanan juga lebih bisa dirasakan manfaatnya jika tips memanaskan makanan bisa diterapkan dengan benar. Jadi, memang menyepelekan cara memanaskan makanan yang benar bisa menjadi kesalahan yang cukup fatal.

Berikut penjelasan mengenai tips aman memanaskan makanan untuk sahur yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (6/5/2020).

Siapkan Makanan Dengan Menyimpannya Pada Suhu yang Tepat

Lemari Pendingin (Sumber kapanlagi.com)
Lemari Pendingin (Sumber kapanlagi.com)

Tips aman memanaskan makanan yang pertama adalah dengan menyimpan makanan yang akan dipanaskan pada suhu yang tepat. Makanan yang akan dipanaskan saat sahur, tidak boleh dibiarkan pada suhu ruang lebih dari dua jam. Hal ini disebabkan karena makanan akan sangat cepat rusak jika diletakkan pada suhu yang tidak tepat. Nah, jika masakan untuk sahur sudah siap, bisa dengan menyimpannya pada wadah tertutup atau menggunakan plastik wrap untuk mencegah kontaminasi bakteri.

Selain itu hindarkan untuk membiarkan makanan pada danger zone. Lebih baik untuk menyimpan makanan ini pada suhu lemari pendingin atau meletakkannya pada wadah dengan penghangat dengan suhu di atas 60 derajat celsius. Hal ini digunakan sebagai antisipasi untuk mencegah terpaparnya bakteri.

Menyimpan makanan dalam lemari pendingin juga akan memperkuat masa konsumsinya, bisa bertahan hingga lima hari ke depan. Namun, sebelum menyimpannya dalam lemari pendingin, tetap pastikan makanan sudah dalam kondisi dingin, sehingga bakteri tidak mudah berkembang biak dan merusak makanan.

Mencairkan Makanan Beku dengan Tepat

Ilustrasi Lemari Pendingin (dok.Instagram @thehomeedit/https://www.instagram.com/p/By3vSxphg4e/?utm_source=ig_embed/Henry
Ilustrasi Lemari Pendingin (dok.Instagram @thehomeedit/https://www.instagram.com/p/By3vSxphg4e/?utm_source=ig_embed/Henry

Kemudian tips aman memanaskan makanan yang kedua dengan mencairkannya pada suhu yang tepat. Jika makanan yang akan dikonsumsi saat sahur adalah makanan siap saji dalam bentuk beku, maka sebelum tidur lebih baik untuk mencairkannya terlebih dahulu bahan makanan tersebut di dalam lemari pendingin. Bukan mengeluarkannya pada suhu ruang atau meletakkan di bawah air mengalir.

Mencairkan makanan beku pada suhu lemari pendingin akan membuat makanan menjadi lebih terjaga kualitasnya. Hal ini disebabkan karena makanan tidak berada pada danger zone dan paparan bakteri menjadi lebih mudah ditekan.

USDA menyebutkan bahwa memanasakan makanan beku yang telah matang sebelumnya, tanpa mencairkannya terlebih dahulu aman untuk dilakukan. Hal tersebut boleh juga untuk dilakukan. Misalnya saja untuk makanan matang yang dibekukan, seperti saus buatan alami untuk mie, atau sup sayur dengan kuah. Hal ini boleh dilakukan jika waktu untuk mencairkan makanan sangat terbatas.

Suhu Pemanasan Tidak Terlalu Tinggi dan Tidak Dipanaskan Terlalu Lama

Ilustrasi Wanita Memasak (iStockphoto)
Ilustrasi Wanita Memasak (iStockphoto)

Makanan yang akan dipanaskan kembali pasti sudah melalui proses pematangan yang sempurna sebelumnya. Tips aman memanaskan makanan yang ketiga adalah dengan memanaskan kembali makanan ini pada kisaran suhu antara 70-100 derajat celsius saja. Hal ini bisa dilihat dengan mudah pada masakan yang berkuah.

Jika memanaskannya pada suhu lebih tinggi, justru panas tersebut akan merusak berbagai nutrisi yang terkandung pada makanan. Meski demikian, untuk makanan yang berkuah tetap harus memanaskannya sampai mendidih agar tidak cepat basi.

Tetapi memang lazimnya, masakan yang sudah matang tidak perlu dipanaskan hingga sangat mendidih, untuk lebih pastinya penggunaan termometer makanan juga dianjurkan. Karena memanaskan makanan terlalu lama juga akan memengaruhi kandungan gizi, tekstur hingga rasa masakan.

Dengan demikian, memastikan masakan telah mencapai suhu pemanasan yang dianjurkan akan sangat efektif mencegah masakan dipanasakan terlalu lama. Hal ini tentu akan mendukung terjaganya kandungan gizi hingga cita rasa masakan agar tetap nikmat disantap.

Jangan Memanaskan Makanan Lebih dari Satu Kali

Ilustrasi (dok. pexels.com/Martin Lopez)
Ilustrasi (dok. pexels.com/Martin Lopez)

Tidak jarang ada banyak ibu yang memasak untuk jangka waktu dua hingga tiga hari. Hal ini akan membuat makanan disimpan dalam lemari pendingin dan dihangatkan terus-menerus sebelum dikonsumsi. Tips aman memanaskan makanan yang keempat adalah dengan aturan, menghangatkan makanan tidak boleh lebih dari satu kali.

Begitu juga ketika ingin menyimpan makanan dalam lemari pendingin, sebaiknya diamkan selama dua hingga tiga jam terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk menghindari munculnya bakteri dalam makanan. Khusus untuk makanan hewani, seperti daging sapi atau ayam, sebaiknya disimpan dalam freezer.

Masak Makanan dengan Api Kecil

Ilustrasi memasak
Ilustrasi memasak

Proses pemanasan makanan yang dilakukan berulang-ulang sudah pasti akan menimbulkan kerusakan nutrisi. Bahkan, ada beberapa jenis sayuran yang justru mengeluarkan senyawa jahat akibat dimasak berulangkali.

Tetapi tenang, hal ini masih bisa diatasi dengan tips aman memanaskan makanan dengan tidak terlalu lama atau sampai overcook. Hal ini disebabkan karena vitamin dan mineral yang terkandung dalam makanan memang sangat sensitif terhadap suhu, dan memasaknya terlalu lama akan membuat kedua nutrisi ini cepat rusak.

Dan antisipasi agar nutrisi makanan tetap terjaga dengan baik, lebih baik untuk memanaskan makanan dengan api yang kecil agar suhunya tidak terlalu panas. Dengan suhu yang tidak terlalu tinggi tentu akan membantu menjaga rasa dari makanan tersebut.

Perhatikan Jenis Makanan

Ilustrasi sayuran (dok. Pixabay.com/ikon/Putu Elmira)
Ilustrasi sayuran (dok. Pixabay.com/ikon/Putu Elmira)

Tips aman memanaskan makanan yang terakhir adalah dengan memerhatikan jenis makanan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi bahan makanan yang justru beracun jika dipanaskan. Salah satunya adalah bayam. Jika dimasak lebih dari satu kali, kandungan nitrat pada bayam akan berubah menjadi nitrit yang bersifat karsinogenik. Dan senyawa ini merupakan salah satu pemicu kanker.

Kemudian makanan yang tinggi akan kandungan lemak. Lemak tak jenuh yang terdapat pada makanan akan berubah menjadi lemak jahat yang justru membahayakan kesehatan tubuh hingga memicu penyakit kronis seperti obesitas dan jantung. Di sini pentingnya untuk lebih memerhatikan jenis makanan yang akan dipanaskan kembali.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemprov DKI Jakarta Imbau 13 BUMD Potong THR 2020

Posted: 11 May 2020 09:23 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemprov DKI Jakarta menerbitkan surat imbauan agar 13 badan usaha milik daerah (BUMD) dan anak perusahaan tidak memberikan, memotong atau menunda pembayaran tunjangan hari raya ( THR) untuk jajaran direksi hingga karyawan.

Surat dengan Nomor 871/-085 tentang imbauan terkait THR tahun 2020 telah ditandatangani oleh Kepala Badan Pembinaan (BP) BUMD DKI Jakarta, Faisal Syafruddin pada 6 Mei 2020.

"Direksi, Dewan Komisaris/Dewan Pengawas, dan karyawan diimbau untuk tidak diberikan, dipotong, atau ditunda pembayaran THR tahun 2020," dikutip berdasarkan surat edaran tersebut.

13 BUMD itu di antaranya yakni Perumda Pasar Jaya, Perumda Pembangunan Sarana Jaya, PDAM Jaya, PD Dharma Jaya, PD PAL Jaya, PT Jakarta Propertindo (Jakpro) dan PT MRT Jakarta.

Lalu ada pula PT Bank DKI, PT Food Station Tjipinang Jaya, PT Jakarta Tourisindo (Jaktour), PT Jamkrida Jakarta, PT Pembangunan Jaya Ancol, dan PT Transportasi Jakarta.

Sementara itu, Sekretaris BP BUMD DKI Jakarta Riyadi mengatakan surat tersebut hanyalah sebatas imbauan untuk bantuan penanganan virus Corona atau Covid-19. Dia mengaku tidak dapat memaksa BUMD tidak memberikan THR.

"Dasar hukum itu berdasarkan PP, Perpres, atau Permen tapi enggak menemukan. Jadi yaudah kita sifatnya imbauan saja, " kata Riyadi saat dihubungi, Selasa (11/5/2020).

Ditentukan Direksi

Kendati begitu, dia menyebut sejumlah BUMD telah melaksanan imbauan yang ada. Untuk THR karyawan, kata Riyadi setiap direksi BUMD akan menentukan pihak mana yang akan dilakukan pemotongan atau penundaan penerimaan THR.

"Karyawan yang mana yang perlu, misalkan dipotong atau ditunda, karyawan mana yang tidak perlu. Kalau karyawan yang levelnya golongan rendah, ya mungkin enggak (dipotong)," jelasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

IKEA Alam Sutera Tutup sampai 17 Mei 2020

Posted: 11 May 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - IKEA Indonesia memastikan, bila tokonya yang berada di kawasan Alam Sutera Kota Tangerang, bakal ditutup sementara. Penutupan akan dilakukan selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di kota tersebut.

Namun, pelanggannya masih bisa membeli barang-barang dengan melakukan transaksi secara online.

"IKEA Alam Sutera akan tetap tutup sementara selama PSBB di Tangerang, sampai 17 Mei. Tapi layanan belanja online masih tetap bisa dilakukan," ungkap Ririn Basuki, Public Relations Manager IKEA Indonesia, Selasa (12/5/2020).

Hal ini dilakukan sebagai upaya bila IKEA mematuhi dan mendukung penuh pelaksaan PSBB di Tangerang. Juga memperhatikan aspek keselamatan para pelanggan dan pekerja.

Lalu, bila pelaksaan PSBB di Tangerang diperpanjang, Ririn mengaku, pihaknya belum bisa memastikan, apakah toko IKEA di kawasan Alam Sutera masa tutupnya bakal diperpanjang atau tidak.

Pihaknya bakal terus berkordinasi dengan pemerintah daerah setempat. "Saya belum bisa memastikan untuk itu, nanti akan saya update dan informasikan kembali," katanya.

Pemkot Tangerang Tutup Sementara IKEA Alam Sutera

Satpol PP dan Kepolisian dari Polres Metro Tangerang, mendatangi IKEA Alam Sutera, Tangerang, Banten.
Satpol PP dan Kepolisian dari Polres Metro Tangerang, mendatangi IKEA Alam Sutera, Tangerang, Banten.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang menutup sementara pusat perbelanjaan IKEA di kawasan Alam Sutera, Kota Tangerang, Minggu (10/5/2020). Penutupan tersebut dilakukan karena toko menimbukan keramaian dan kerumunan pada saat penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Hari ini sudah ditutup (sementara), manajemen IKEA juga siap menutup operasionalnya," ujar Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah, saat dihubungi Liputan6.com, pada Minggu 10 Mei 2020.

Arief pun menceritakan kronologi penutupan IKEA tersebut. Sehari sebelumnya viral di media sosial bahwa toko furnitur IKEA buka dan sangat ramai. Terdapat kerumuman akibat bukanya toko tersebut. 

Untuk membuktikannya, petugas gabungan dari Satpol PP dan Kepolisian dari Polres Metro Tangerang mendatangi dan mengecek langsung toko yang memiliki izin hypermarket itu pada hari Minggu ini.

Benar saja, terdapat kerumuman di toko tersebut sehingga Satpol PP memutuskan untuk menutup sementara IKEA Alam Sutera. Pada minggu sore pun petugas IKEA sudah tidak terima tamu atau pengunjung.

Dilihat dari depan toko tersebut, mobil-mobil pribadi yang hendak masuk ke dalam area IKEA, dilarang oleh satpam yang sudah berjaga di area pintu masuk.

Meskipun tidak ada selebaran segel dari Satpol PP ataupun petugas Satgas Penanganan Covid-19.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dapat Lampu Hijau, 20 Klub Liga Inggris Siap Rampungkan Kompetisi

Posted: 11 May 2020 09:20 PM PDT

London- Pemerintah Inggris memberikan izin kepada pengelola Liga Inggris untuk melanjutkan kompetisi musim ini. Ke-20 klub peserta siap untuk merampungkan musim 2019-2020.

Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, berencana untuk melonggarkan lockdown pada 1 Juni mendatang. Sejalan dengan rencana tersebut, Liga Inggris juga mendapatkan lampu hijau untuk kembali digelar.

Seperti dilansir Mirror, liga bisa kembali berlangsung dengan catatan khusus, yaitu dihelat secara tertutup. Artinya, semua pertandingan Premier League digelar tanpa penonton, tetapi bisa disiarkan secara langsung sehingga fans tetap bisa menyaksikan dari televisi.

Buntut dari pengumuman tersebut, Premier League mengajak 20 klub partisipan untuk melakukan rapat lewat telekonferensi video pada Senin (11/5/2020), guna mencari solusi terkait sisa musim ini.

Petinggi Premier League, Richard Masters menyatakan pihaknya akan tetap mengikuti aturan dari pemerintah terkait kemungkinan digulirkannya kembali kompetisi.

"Kami menyambut langkah awal ini dan siap memainkan peran kami. Kami bekerja dengan para klub dan stakeholder - pemerintah, partner siaran, FA, EFL, PFA, dan LMA - untuk menciptakan model untuk merampungkan musim ini yang bertanggung jawab, aman, dan bisa diwujudkan," ujar Masters lewat pernyataan resmi Premier League.

"Tentu saja, keselamatan menjadi hal yang paling diutamakan. Kami harus mendengarkan pemerintah, otoritas, dan ahli medis serta terus mengikuti saran mereka," tambahnya.

"Itulah yang kami lakukan. Kami mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk melanjutkan Liga Inggris musim ini, tetapi hanya jika kondisi memungkinkan," katanya.

 

Sepakat Menyelesaikan Musim Ini

Gelandang Manchester United, Bruno Fernandes, berkontribusi membantu timnya menang 2-0 atas Chelsea pada laga pekan ke-26 Premier League di Stamford Bridge, Senin (17/2/2020). (AFP/Adrian Dennis)
Gelandang Manchester United, Bruno Fernandes, berkontribusi membantu timnya menang 2-0 atas Chelsea pada laga pekan ke-26 Premier League di Stamford Bridge, Senin (17/2/2020). (AFP/Adrian Dennis)

Lebih lanjut, Masters juga menegaskan ke20 klub peserta sepakat untuk melanjutkan musim ini hingga selesai.

"Ada hasrat kuat untuk mendiskusikan segalanya dan menyepakati secara kolektif ke depannya. Sebuah kolektif yang sangat kuat ingin merampungkan sisa musim ini," tutur Masters.

"Prioritas kami selalu adalah keselamatan para pemain, pelatih dan manajer, staf, suporter, dan komunitas yang lebih luas. Tak akan ada yang disepakati hingga kami berbicara kepada manajer dan pemain," tegasnya.

Masters juga mengungkapkan, pihaknya sudah menunjuk sebuah perusahaan untuk melakukan tes virus Corona di markas latihan klub sebelum tim peserta bisa benar-benar kembali berlatih normal.

Venue Pertandingan

Bek Liverpool, Virgil van Dijk, berebut bola dengan gelandang Manchester United, Andreas Pereira, pada laga Premier League di Stadion Anfield, Liverpool, Minggu (19/1). Liverpool menang 2-0 atas MU. (AFP/Paul Ellis)
Bek Liverpool, Virgil van Dijk, berebut bola dengan gelandang Manchester United, Andreas Pereira, pada laga Premier League di Stadion Anfield, Liverpool, Minggu (19/1). Liverpool menang 2-0 atas MU. (AFP/Paul Ellis)

Tak hanya itu, Masters juga mengungkapkan diskusi mengenai venue yang kemungkinan dipakai dalam sisa musim ini, apakah tetap sesuai rencana atau harus digelar di tempat netral.

"Tentu saja yang menjadi pilihan klub adalah bermain di kandang jika semua memungkinkan," kata Masters.

"Dialog ini terus berjalan dan kami sudah berbicara kepada otoritas mengenai kondisi mana yang membuat kami bisa kembali menggulirkan Premier League dan menyikapi secara serius semua saran tersebut," tandasnya.

Sumber: Premier League

Disadur dari: Bola.net (Penulis: Ari Prayoga/Published: 12/05/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Jalankan Puasa di Tengah Pandemi Corona Jaga Kesehatan dengan Cara Ini

Posted: 11 May 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bulan Ramadhan telah tiba. Itu artinya umat muslim melaksanakan ibadah puasa. Walaupun berpuasa tetap harus jaga kesehatan. Ini dia tips jaga kesehatan di tengah pandemi Corona.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Warner Music Indonesia Rilis Lagu Lawas Esok Kan Masih Ada dari Utha Likumahuwa untuk Pahlawan Covid-19

Posted: 11 May 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Single hits Utha Likumahuwa dipersembahkan untuk para tenaga medis yang menjadi garda terdepan melawan COVID-19. Warner Music Indonesia, membangkitkan kembali lagu pop klasik "Esok Kan Masih Ada" ciptaan Alm. Dodo Zakaria.

"Esok Kan Masih Ada" merupakan tembang pop klasik yang menjadi favorit di era-nya. Lagu ini pertama dirilis pada tahun 1983 di album Utha Likumahuwa berjudul Bersatu dalam Damai.

Tak hanya itu, Warner Music Indonesia juga mempersembahkan video lirik "Esok Kan Masih Ada" dari Utha Likumahuwa.'

Video ini juga dipersembahkan untuk mereka yang senantiasa berjuang keras di tengah wabah demi sesuap nasi, dan mereka yang telah lama menanti untuk kembali bersilaturahmi, karena "Esok Kan Masih Ada".

 

Aset Pertama

Video Lirik Utha Likumahuwa (YouTube Golden Song Indonesia)
Video Lirik Utha Likumahuwa (YouTube Golden Song Indonesia)

WMI mengonsepkan video ini sebagai aset pertama video lirik "Esok Kan Masih Ada" yang pertama kali hadir sejak lagu ini dirilis 37 tahun lalu. Rilisan ini juga diharapkan mempermudah penggemar untuk mengakses lirik sekaligus menikmati lagu legendaris dari sudut pandang yang berbeda.

 

Utha Likumahuwa

Utha Likumahuwa.
Utha Likumahuwa.

"Esok Kan Masih Ada" pertama kali dinyanyikan penyanyi legendaris Utha Likumahuwa. Sejatinya, lagu ini memang dikemas sebagai tembang manis untuk memberikan suasana optimisme dalam situasi sedih dan tak pasti, persis seperti yang kita alami di masa pandemi COVID-19 sekarang ini.

 

Penawar

Berangkat dari tema itulah, WMI dan Indozone Media merekontekstualisasi lagu penyanyi kelahiran Ambon, 1 Agustus 1955 ini sebagai penawar yang 'mendinginkan' di tahun pandemi yang berat untuk dunia, dan Indonesia, pada khususnya.

Suasana Jakarta

Dalam kemasannya, video lirik ini mengedepankan suasana Jakarta pada masa pandemi. Dari mulai ibu kota yang menjadi 'kota hantu', kesibukan tim disinfeksi di pusat kota, kesedihan yang tak terhindarkan melalui berpulangnya orang-orang yang dicintai, sampai ekspresi lelah, sekaligus optimisme yang ditunjukkan para tim medis di bagian akhir video.

Footage foto dalam video ini adalah buah karya Arya Manggala, yang merupakan anggota tim fotografer Indozone Media.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dishub Sumut Tegaskan Larangan Mudik di Tengah Pandemi COVID-19

Posted: 11 May 2020 09:18 PM PDT

Liputan6.com, Medan Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara (Dishub Sumut) menegaskan kembali kepada masyarakat mengenai aturan yang harus dipatuhi tentang perjalanan antar kota atau provinsi di masa pandemi virus Corona COVID-19 pada momentum Ramadan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah.

Berdasarkan aturan pemerintah pusat, aktivitas mudik tetap dilarang untuk siapa saja. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Sumut Abdul Haris Lubis. Dalam hal menghadapi COVID-19, pihaknya telah berkoordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan dan pihak terkait.

"Kita ketahui bersama, simpul transportasi merupakan pusat konsentrasi penumpang yang tentunya berpotensi untuk penyebaran COVID-19 sangat tinggi," kata Haris, Selasa (12/5/2020).

Diungkapkannya, upaya tersebut diyakini dilakukan oleh seluruh unit pelaksana teknis (UPT) Dishub di kabupaten/kota bekerjasama dengan dinas setempat guna mencegah penyebaran dan penularan COVID-19.

"Kita juga lakukan penyemprotan disinfektan di ruas jalan tertentu. Kita ketahui di tempat itu terdapat keramaian atau perkumpulan seperti di terminal," ujarnya.

Diebutkan Haris, pihaknya membuka kesempatan kepada operator transportasi yang membutuhkan penyemprotan disinfektan. Pihaknya juga berharap hal sama dilakukan juga oleh semua insan transportasi lainnya.

Terkait penegasan terhadap larangan mudik, didasari dari Permenhub Nomor 18/2020 tentang Pengendalian Transportasi dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dan Permenhub Nomor 25/2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Mudik Idul Fitri Tahun 1441 H yang berlaku mulai 24 April-31 Mei 2020.

 

Pemberlakuan Pembatasan

Supaya mudik dengan mobil pribadi berjalan aman dan nyaman, ini beberapa tips mudik yang wajib kamu ketahui. (Ilustrasi:  (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Supaya mudik dengan mobil pribadi berjalan aman dan nyaman, ini beberapa tips mudik yang wajib kamu ketahui. (Ilustrasi: (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Untuk aktivitas ke luar kota/daerah seperti pulang kampung dan lainnya, pemerintah memberlakukan pembatasan bagi warga dengan meminta agar tetap berada di tempat saat ini berada.

Perjalanan jauh atau antara kota/antar provinsi tidak diperbolehkan kecuali untuk orang tertentu dengan kriteria sebagai petugas pengantar logistik kesehatan, petugas kesehatan atau yang bertujuan terkait penanganan COVID-19.

Jika ada orang tertentu yang ingin melakukan perjalanan jauh atau pulang kampung, harus bisa menunjukkan identitas dan kepentingannya. Syaratnya adalah harus bebas COVID-19, dibuktikan dengan rapid test dan swab dari rumah sakit rujukan pemerintah.

"Kemudian harus mendapat izin atau pemberitahuan dari pemerintah setempat," ucap Haris.

Selain itu, syarat untuk bisa bepergian juga harus dipastikan untuk urusan apa serta berapa lama berada di tempat tujuan sekaligus jadwal kembali ke tempat asal. Walau belum ada Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Sumut, pengawasan ketat terus diberlakukan hingga pemberian sanksi kepada pelanggar ketentuan Permenhub.

"Akibat COVID-19, sektor transportasi di Sumut saat ini hanya 15 persen yang beroperasi. Kita harapkan semua pihak patuhi imbauan pemerintah untuk tidak mudik," Haris menandaskan.

Saksikan juga video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: