Jumat, 08 Mei 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Tutup Gerai di Sarinah, Apa Alasan Utama McDonalds?

Posted: 08 May 2020 12:10 AM PDT

Jakarta - Kabar menyedihkan datang dari restoran cepat saji McDonalds. Mereka menutup gerai di Sarinah Thamrin yang merupakakan gerai terlama di Indonesia.

Hal tersebut dibenarkan oleh Michael Hartono selaku Direktur Marketing Communication, Digital dan CBI McDonalds Indonesia yang akan menutup restoran tersebut secara permanen pada Minggu, 10 Mei 2020, pukul 22.05 WIB.

"Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua konsumen setia kami yang telah bersama-sama membesarkan McDonalds Sarinah Thamrin dan menciptakan berjuta kenangan manisbersama kami di sana. Bagi kami, tentu peristiwa ini memiliki kesan yang sangat mendalam karena sejarah, kenangan dan perayaan berbagai peristiwa penting yang selalu bertempat di McDonalds Sarinah."

"Namun, kami akan terus berusaha memberikan yang terbaik kepada konsumen kami dan mencari lokasi-lokasi strategis yang lain," ungkap Michael dalam siaran pers yang diterima Fimela, Jumat (7/5/2020).

Selama hampir 30 tahun, McDonalds menempati gerai di pusat perbelanjaan Sarinah Thamrin dan menjadi bagian dari ikon sejarah di Jakarta. McDonalds Indonesia terpaksa menutup gerai pertamanya di Indonesia tersebut karena manajemen Gedung Sarinah akan melakukan renovasi pada gedung tersebut.

 

Kenangan bagi banyak orang

Ilustrasi McDonald's. (dok. Foto Thabang Mokoena/Unsplash)
Ilustrasi McDonald's. (dok. Foto Thabang Mokoena/Unsplash)

McDonalds Sarinah pertama kali dibuka pada 23 Februari 1991 dan menjadi gerai McDonalds pertama di Indonesia. Sempat meninggalkan Sarinah Thamrin pada 2009, McDonald's kembali ke gedung ini pada 2011 berkat proses tender.

Dengan ditutupnya gerai Sarinah, McDonalds memastikan bahwa seluruh karyawan yang bekerja di gerai tersebut akan direlokasi ke gerai lain.

McDonalds pun menyadari bahwa Sarinah Thamrin menjadi salah satu lokasi strategis bagi gerainya. Sekaligus menyimpan banyak memori bagi sebagian orang. Sebab, banyak orang yang pertama kali merasakan menu McDonalds di gerai ini.

Disadur dari: Fimela.com (penulis Vinsensia D, editor: Meita F, published 8/5/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aktor Adi Kurdi Idap Tumor Otak Sebelum Meninggal Dunia

Posted: 08 May 2020 12:10 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Aktor senior Adi Kurdi telah mengembuskan napas terakhir di usia 71 tahun. Ia meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional, Jakarta pada Jumat (8/5/2020) siang.

Bernadetta Siti Restyratuti atau yang akrab disapa Tuti mengatakan bahwa Adi Kurdi mengidap tumor otak. Sang suami juga sempat menjalani perawatan intensif.

"Jadi tumor otak, ada penyumbatan dan sekarang ini penuh cairan padahal sudah disedot ya," ungkap Tuti saat dihubungi pada Jumat (8/5/2020) siang.

Bukan karena Corona

Preskon film Koki-Koki Cilik (Deki Prayoga/bintang.com)
Preskon film Koki-Koki Cilik (Deki Prayoga/bintang.com)

Sang istri lalu menegaskan bahwa bintang serial Keluarga Cemara itu tidak meninggal karena terinfeksi Corona Covid-19.

"Pak Adi bukan karena Covid-19 Corona, kami semua (keluarga) negatif Corona," ucap Tuti.

Tak Dimakamkan Hari Ini

Preskon film Koki-Koki Cilik (Deki Prayoga/bintang.com)
Preskon film Koki-Koki Cilik (Deki Prayoga/bintang.com)

Saat berita ini ditulis, jenazah Adi Kurdi tengah dibawa ke rumah duka Bengkel Teater W.S Rendra, Cipayung, Depok, untuk disemayamkan terlebih dahulu.

"Di Cipayung, Aula Rendra. Nggak dimakamkan hari ini. Akan ada upacara dulu tidak dimakamkan sekarang," tutur sang istri.

"Dengan rendah hati kami kabarkan dan kami informasikan bahwa wartawan-wartawan agar datang besok karena kami sedang mempersiapkan," sambungnya.

Adi Kurdi

Adi Kurdi lahir pada September 1948 di Pekalongan. Ia telah aktif berkarier sebagai aktor sejak 1980. Nama Adi Kurdi di dunia seni peran sangat bersinar, terutama setelah berperan di serial Keluarga Cemara.

Ia pergi meninggalkan seorang istri dan seorang anak bernama Maria Advena Victoria.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ridwan Kamil Minta Kemendag Lakukan Rapid Test di Seluruh Pasar Tradisional Jabar

Posted: 08 May 2020 12:10 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta kepada Kementerian Perdagangan (kemendag) untuk menyediakan rapid test bagi pedagang pasar tradisional di wilayah Jawa Barat (Jabar). Langkah ini untuk memastikan keamanan pasar sebagai tempat aktivitas ekonomi masyarakat.

"Saat ini alat rapid test di Jabar masih terbatas. Saya minta ada pengetesan massal dari Kementerian Perdagangan terhadap pedagang pasar tradisional," ujar mantan wali kota Bandung kepada Menteri Perdagangan Agus Suparmanto di Bandung, Jumat (8/5/2020).

Dia mengatakan, pasar tradisional termasuk tempat yang rentan menyumbang penyebaran virus Corona Covid-19 di Jawa Barat. Maka dari itu, rapid test perlu menyasar seluruh pedagang tanpa terkecuali.

Melalui rapid test pula pemetaan penyebaran virus covid-19 dapat diketahui, sehingga memudahkan jajarannya untuk melakukan penanganan pandemi corona di wilayahnya.

Selain itu, pasar harus menjadi fokus monitoring untuk mendukung pengadaan kebutuhan bahan pokok masyarakat.

Lebih jauh, Ridwan Kamil menyebut rapid test merupakan tindakan preventif untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid-19. Apalagi, belum lama ini salah satu pasar di provinsi Sumatera Barat, sejumlah pedagangnya dinyatakan positif terpapar virus berbahaya asal kota Wuhan.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

Ridwan Kamil: Lebih Susah Jadi Gubernur Jabar Dibandingkan Presiden Korsel

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menggelar pertemuan via video conference dengan bupati dan wali kota se-Bandung raya dari Gedung Pakuan, Kota Bandung, Sabtu (25/4/2020). (Humas Jabar)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menggelar pertemuan via video conference dengan bupati dan wali kota se-Bandung raya dari Gedung Pakuan, Kota Bandung, Sabtu (25/4/2020). (Humas Jabar)

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil, mengatakan bahwa peran sebagai gubernur di Jawa Barat lebih susah jika dibandingkan dengan menjadi Presiden Korea Selatan (Korsel) di saat pandemi Corona. Alasannya, anggaran yang dimiliki oleh Jawa Barat sangat minim sehingga harus memutar otak lebih keras. 

Ridwan mengatakan, anggaran penanganan pandemi Corona Covid-19 di Provinsi Jawa Barat sangat kecil. Ia mengklaim anggaran penanganan Corona untuk Jawa Barat hanya 1 persen dari anggaran penanganan Corona Korea Selatan.

"Sebelum covid-19, rakyat saya disubsidi 2,5 persen, setelah covid-19 jadi 40 persen yang harus disubsidi kelompok pas-pasan, di Jawa Barat yang minta bantuan sosial 65 persen, atau 2/3 rakyat kami sekarang. Artinya dari 9 juta jadi 38 juta dari total 50 juta yang harus kami beri makan pakai dana negara, ini berat," kata Ridwan Kamil saat menerima blusukan Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto di Bandung, Jumat (8/5/2020).

Dia kemudian membandingkan dana penanggulangan pandemi covid-19 di Jawa Barat dengan Korea Selatan, bak bumi dan langit. Menurutnya dana yang tersedia di negeri ginseng tersebut hampir sama dengan jumlah penduduk.

Minimnya anggaran yang tersedia membuat dirinya kewalahan dalam menangani pandemi covid-19 di provinsi Jawa Barat. Bahkan di depan Mendag, pria yang akrab disebut Kang Emil tersebut mengaku lebih susah menjadi Gubernur Jawa Barat dibandingkan Presiden Korea Selatan

"Jadi Gubernur Jawa Barat lebih susah dari Presiden Korsel," tegas Ridwan Kamil.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

18 Macam-Macam Sudut Pengambilan Gambar, Pahami Agar Lebih Maksimal

Posted: 08 May 2020 12:05 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Macam-macam sudut pengambilan gambar penting untuk di ketahui dan pahami. Dengan memahami macam-macam sudut pengambilan gambar dapat meningkatkan kualitas dari foto atau video yang kita ambil.

Seni fotografi atau videografi memang sangat menarik untuk disimak. Bahkan ada yang mengatakan jika satu foto memiliki ribuan arti. Namun, gambar tersebut tidak akan menghasilkan sebuah arti yang dalam apabila kita belum memahami macam-macam sudut pengambilan gambar yang paling dasar.

Dalam memahami macam-macam sudut pengambilan gambar memang dibutuhkan kepekaan dan intuisi yang baik. Namun, buka berarti hal tersebut tidak bisa dipelajari. Dengan memahami dan mempraktikkan macam-macam sudut pengambilan gambar tersebut sesering mungkin, maka dapat mempertajam kepekaan Anda terhadap sebuah sudut pandang gambar.

Jadi, seperti apa macam-macam sudut pengambilan gambar tersebut? Dibawah ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber tentang apa saja macam-macam sudut pengambilan gambar yang dapat memaksimalkan hasil foto atau video yang kita ambil, Jumat (8/5/2020).

Macam-Macam Sudut Pengambilan Gambar yang Unik

Ilustrasi Fotografi | unsplash.com/@marcute
Ilustrasi Fotografi | unsplash.com/@marcute

1. Eye Level

Mulai dari sudut yang paling dasar, yaitu eye level. Sesuai dengan namanya, sudut ini memang mengambil gambar dari sudut pandang yang sama dengan mata dari objek gambar. Ketinggian serta ukuran objek akan telihat sama dengan subjek oleh karena itu sudut ini juga disebut dengan sudut normal.

 

2. Frog Eye

Pada sudut ini memang mengambil gambar dengan posisi kamera yang sejajar dengan bagian alas atau bawah objek. Hasil gambar yang dihasilkan akan terlihat menjadi besar atau memiliki kesan yang kokoh atau agung dan subjek pengambil gambar menjadi kecil.

 

3. High Angle

Sudut dari pengambilan gambar ini berada pada posisi yang lebih tinggi dari objek gambar. Sehingga, objek gambar akan terlihat lebih kecil. Kesan yang dihasilkan dari sudut ini adalah dramatis dan terkesan intimidatif.

 

4. Low Angle

Merupakan cara pengambilan gambar dengan memanfaatkan sudut bagian bawah objek yang memberikan kesan objek membesar.

 

5. Bird Eye

Sudut pengambilan gambar ini memposisikan juru kamera berada pada posisi yang sangat tinggi, seakan-akan merupakan sudut pandang dari burung yang sedang terbang di angkasa. Gambar yang dihasilkan akan menampakkan lingkungan sekitar secara lebih luas dan seluruh benda-benda yang ada di sekitar objek juga akan tampak namun berukuran sangat kecil.

 

 

Macam-Macam Sudut Pengambilan Gambar yang Memberi Makna

Tanpa disadari, fotografi menjadi salah satu self healing di mana seseorang dapat mengekspresikan perasaannya lewat sebuah gambar yang dibidiknya.
Tanpa disadari, fotografi menjadi salah satu self healing di mana seseorang dapat mengekspresikan perasaannya lewat sebuah gambar yang dibidiknya.

6. One Shot

Sudut ini cenderung mengambil seluruh objek, namun fokus dari kamera hanya pada satu objek saja. Sudut ini bertujuan untuk menampilkan satu objek saja, tidak lebih maupun kurang.

 

7. Two Shot

Sudut ini lebih luas dibandingkan one shoot. Two shoot menampilkan adegan dua objek yang sedang melakukan percakapan.

 

8. Long Shot

Long shot merupakan sudut pengambilan gambar dengan ukuran yang pas atau mudahnya semua objek akan terlihat seluruhnya dalam satu frame.

 

9. Medium Long Shot

Medium long shot hanya mengambil beberapa bagian dari objek. Contohnya, jika objek tersebut adalah manusia, maka yang diambil hanya dari bagian atas rambut hingga lutut saja atau bisa juga pada area atas rambut hingga bagian perut.

 

10. Medium Shot

Sudut pengambilan gambar ini hampir sama dengan medium long shot. Namun, ruang lingkupya lebih terbatas, tidak seperti medium long shot yang lingkupnya luas, lingkup dari sudut medium shot ada pada bagian atas rambut hingga bagian perut.

Macam-Macam Sudut Pengambilan Gambar yang Paling Umum

Jenis-Jenis Fotografi (sumber: Pixabay)
Jenis-Jenis Fotografi (sumber: Pixabay)

11. Close Up

Sudut close up adalah sudut yang akan menampilkan objek secara khusus. Biasanya, dengan menggunakan sudut ini makna dari sebuah gambar akan lebih mudah tersampaikan.

 

12. Medium Close Up

Sudut ini bertujuan untuk mempertegas gambaran profil seseorang. Biasanya gambar yang di ambil dari bagian atas rambut hingga dada. Biasanya bisa ditemukan pada pas foto.

 

13. Big Close Up

Selanjutnya, sudut ini digunakan untuk menunjukan ekspresi dari objek gambar. Penggunaan sudut ini bertujuan agar objek terlihat lebih jelas. Bagian yang terambil yaitu dari atas kepala hingga dagu.

 

14. Extreme Close Up

Pada sudut extreme close up adalah sudut yang digunakan untuk mengambil objek-objek dengan menampilkan detailnya, seperti bagian mata, benda kecil, atau bunga. Sudut ini yang digunakan untuk benar benar menunjukan sisi yang di inginkan.

Macam-Macam Sudut Pengambilan Gambar agar Semakin Menarik

Ilustrasi backpacker menggunakan kamera digital
Ilustrasi backpacker menggunakan kamera digital

15. Slanted

Sudut pengambilan gambar ini menggunakan sudut yang tidak terlalu cenderung dari depan atau dari samping objek. Sudut ini lebih fokus mengambil sudut 45 derajat dari objek. Dan biasanya objek lainnya akan ikut masuk kedalam hasil gambar.

 

16. Over Shoulder

Sudut pengambilan gambar ini berada pada posisi belakang bahu. Memang, tujuan penggunaan sudut ini untuk memberi kesan seakan-akan objek sedang berbincang atau sedang melihat sesuatu. Bagi yang menonton gambar dari sudut ini, seakan-akan merasa jika kita juga menjadi bagian dari objek.

 

17. Full Shot

Full shot merupakan jenis sudut pengambilan gambar yang memperlihatkan keseluruhan bagian objek secara utuh dari atas hingga kebawah. Sudut ini akan membuat sisi dari latar belakang menjadi terlihat luas.

 

18. Group Shoot

Sudut ini merupakan jenis sudut pengambilan gambar yang mengambil objek berupa sekumpulan orang. Biasanya sudut ini dapat ditemui pada jenis foto-foto keluarga dan foto dengan banyak orang dalam satu frame.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Ukuran yang Direkomendasikan Kalau Mau Ganti Pelek MPV

Posted: 08 May 2020 12:04 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Banyaknya pilihan pelek menggoda pemilik kendaraan untuk mengganti bawaan pabrik dengan pelek aftermarket. Khusus untuk MPV keluarga, seperti Avanza atau Ertiga, sebelum mengganti pelek, yang perlu juga dipikirkan adalah kenyamanan keluarga.

Aldi Rais, Community Manager HSR Wheel pun memberi masukan bagi pemilik MPV keluarga yang ingin mempercantik bagian kaki-kaki, terutama modelnya.

Dia katakan, pilih pelek sebenarnya susah-susah gampang. Tapi yang utama adalah masalah keamanan dan kenyamanan jika dipakai harian.

"Standarnya, modif pelek itu maksimal naik 2 inchi dari pelak bawaan mobil. Misalanya, Avanza pelek bawaannya ring 14, nah berarti bisa dimodif sampai ring 16. Ini yang dianjurkan dan banyak dipakai anak-anak yang hobi otomotif, sehingga masih nyaman untuk bawa keluarga," terang Aldi.

Namun demikian ukurannya bukan tidak bisa dinaikan lebih tinggi lagi, misalnya menjadi ring 17 atau 18. Konsekuensinya, kenyamanan kerap menjadi tumbal karena ban yang dipakai menjadi lebih tipis.

"Tapi tampilan mobilnya memang jadi lebih bagus. Namun untuk bensin jadi lebih boros karena mesin harus kerja ekstra muterin roda," tukasnya.

"Untuk pilihan bahan pelek, rata-rata pelek di Indonesia itu bahannya alumunium alloy. Itu sudah sangat proper untuk mobil yang di pakai untuk keluarga atau harian," tambahnya.

 

Perlu Ganti Ban Kah?

Perlukah ganti pelek diikuti dengan mengganti ban? Aldi menyebut tidak perlu jika pelek MPV keluarga seukuran bawaan mobil.

"Kalau ganti peleknya seukuran sama pelek yang lagi dipakai tidak perlu ganti ban, masih bisa pakai ban yang lama. Tapi kalau gantinya beda ukuran, ya harus beli ban juga," imbuhnya.

Aldi menambahkan bahwa mengganti pelek lebih besar bukan berarti menggangu pengendalian atau handling.

"Kalau handling, harusnya lebih enak karna lebih banyak area yang napak sama aspal. Jadi handling control-nya lebih baik," tutupnya.

Sumber: Otosia.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Akan Jadikan Sarinah Etalase Produk Lokal

Posted: 08 May 2020 12:02 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penutupan gerai makanan cepat saji McDonald's bertempat di pusat perbelanjaan Sarinah, Jakarta Pusat mulai Minggu 10 Mei 2020 mendatang menjadi perbincangan hangat di jagat maya.

Penutupan gerai pertama McD di Indonesia itu menindaklanjuti keputusan manajemen Sarinah yang akan melakukan renovasi dan perubahan strategi bisnis pada bangunan milik pemerintah tersebut.

Menteri Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Teten Masduki menjelaskan, bahwa Sarinah saat ini tengah dirombak untuk mendukung pariwisata dan pengusaha lokal.

"Sesuai arahan Presiden memang konsep bisnis Sarinah sedang ditata ulang, untuk mendukung pariwisata dan UMKM. Penataan ini saya kira sedang dilakukan oleh manajemen Sarinah di bawah arahan Mentri BUMN," kata Teten kepada Liputan6.com, Jumat (8/5/2020).

"Ke depan Sarinah di Thamrin dan gerai Sarinah di bandara-bandara akan dijadikan marketplace untuk produk UMKM, untuk memperkuat brand lokal," sambungnya.

Kementerian Koperasi dan UMKM akan melibatkan sejumlah pihak untuk mengkurasi produk-produk UMKM yang akan dijual di Sarinah.

"Kita akan melibatkan profesional dalam mengkurasi tersebut," tutur Teten.

 

Jadi Etalase Produk Lokal

Sejumlah kendaraan melintas di depan pusat perbelanjaan Sarinah, Jakarta, Jumat (3/4/2020). Pemerintah menetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar dengan membatasi kegiatan tertentu penduduk di wilayah yang diduga terinfeksi COVID-19. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Sejumlah kendaraan melintas di depan pusat perbelanjaan Sarinah, Jakarta, Jumat (3/4/2020). Pemerintah menetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar dengan membatasi kegiatan tertentu penduduk di wilayah yang diduga terinfeksi COVID-19. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Teten mengakui, selama ini pemerintah kesulitan mempromosikan produk-produk lokal kepada tamu negara dan turis asing.

"Mereka selalu tanya di mana pusat produk-produk Indonesia dijual. (Ke depan) Sarinah jadi pusat etalase all Indonesian product," ucapnya.

Dia optimistis, perubahan konsep bisnis itu akan lebih baik untuk Sarinah.

"Yang harus bersaing dengan GI, Plaza Indonesia dan Thamrin City yang saling berdekatan. Kalau Sarinah tidak punya produk yang berbeda dengan pesaing-pesaingnya pasti kalah," pungkas Teten Masduki.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kate Middleton Belajar Fotografi dari Orang Terdekat, Siapakah Dia?

Posted: 08 May 2020 12:02 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bukan rahasia lagi jika Kate Middleton kerap mengabadikan potret ketiga buah hatinya. Istri Pangeran William ini kian dikenal karena keterampilan fotografinya. Dari mana ia mengasah kemampuan tersebut?

Dilansir dari Hello Magazine, Jumat (8/5/2020), menurut Camilla Tominey, Associate Editor for Politics and Royals The Telegraph, Duchess of Cambridge telah belajar beberapa tips dari ayahnya, Michael Middleton.

"Saya berbicara dengan seseorang yang mengenal Duchess dengan baik, yang menunjukkan bahwa ayahnya, Michael Middleton, adalah seorang fotografer yang baik," kata Camilla pada This Morning.

Ia melanjutkan, Michael adalah sosok yang sangat antusias dengan pekerjaan memotretnya secara umum dan ia mengajari segala yang dia ketahui dengan jelas kepada Kate Middleton.

Bahkan, Michael mengambil potret Pangeran William dan Kate bersama Pangeran George yang baru lahir pada Agustus 2013 lalu. Mantan operator penerbangan ini juga menjepret putri sulung dan suaminya duduk di taman rumah Bucklebury hanya sebulan setelah Pangeran George lahir.

Duchess of Cambridge muncul di This Morning untuk berbicara tentang proyek fotografi komunitas barunya dengan National Portrait Gallery. Proyek ini mendorong orang-orang dari segala usia untuk mengirimkan foto jepretan negara selama lockdown virus corona.

"Saya pikir kita semua telah melihat beberapa gambar yang luar biasa di luar sana, mendengar beberapa kisah luar biasa dan kisah yang menyedihkan, tetapi juga beberapa yang benar-benar meneguhkan," kata Kate Middleton soal inspirasi di balik proyek itu.

Kecintaan pada Fotografi

Kate Middleton saat mengunjungi Ark Open Farm, Newtownards, Irlandia Utara. (LIAM MCBURNEY / POOL / AFP)
Kate Middleton saat mengunjungi Ark Open Farm, Newtownards, Irlandia Utara. (LIAM MCBURNEY / POOL / AFP)

Ibu tiga anak ini melanjutkan, ia benar-benar berharap melalui proyek ini banyak orang dapat memamerkan deretan kisah untuk didokumentasikan dan berbagi momen yang dialami.

Kate telah memotret ketiga anak-anaknya, Pangeran George, Putri Charlotte, dan Pangeran Louis sejak 2015. Ia belajar sejarah seni di universitas dan memotret gambar bergerak para korban selamat Holocaust pada Januari untuk menandai peringatan 75 tahun pembebasan Auschwitz.

National Portrait Gallery pernah menjadi patronase kerajaan pertamanya yang diumumkan pada 2012 dan Kate diangkat sebagai anggota kehormatan Royal Photographic Society pada 2017.

Sementara, Kate Middleton menjadi pelindung organisasi pada tahun lalu mengambil alih dari Ratu Elizabeth II yang sebelumnya memegang posisi selama 67 tahun.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fakta-fakta Sarinah, dari Nama Pengasuh Soekarno hingga Mal Pertama di Indonesia

Posted: 08 May 2020 12:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pusat perbelanjaan dan perkantoran Sarinah yang tepatnya berlokasi di Kebon Sirih, Jakarta Pusat kembali menjadi sorotan. Setelah gedung ini diketahui akan kembali direnovasi.

Rencananya renovasi Gedung Sarinah dimulai pada Juni 2020 setelah Hari Raya Idul Fitri 1441 H.  "Program renovasi Gedung Sarinah direncanakan akan selesai pada Mei 2021," kata Direktur Utama Sarinah Gusti Ngurah Putu Sugiarta Yasa melansir laman Antara, Jumat (8/5/2020).

Gedung ini memiliki sejarah yang panjang. Sarinah merupakan Department Store pertama Indonesia yang didirikan pada tanggal 17 Agustus 1962, saat ekonomi Indonesia sedang runtuh di tahun 1959.

Sempat terbakar 2 kali pada 1984 dan 2015, Sarinah seakan menjadi ikon pusat perbelanjaan di ibu kota. Gedung ini bisa dikatakan menjadi saksi sejarah yang terjadi di ibu kota.

Tak hanya mal pertama di Indonesia, Sarinah juga memiliki sejumlah fakta menarik lain untuk disimak seperti dirangkum dari laman BUMN.go.id, Sarinah.co.id dan sejumlah sumber lainnya.

Apa saja fakta-fakta tersebut?

1. Asal Nama Sarinah

Sarinah sendiri diambil dari nama salah satu pengasuh Presiden Soekarno di masa kecil. Dalam pengantar bukunya yang berjudul Sarinah, Soekarno menuliskan "Dari Mbok Sarinah, saya mendapat pelajaran mencintai 'orang kecil'. Ia orang kecil, tapi jiwanya selalu besar".

Kecintaan Soekarno dan rasa hormat yang tinggi terhadap Sarinah diwujudkan dengan menamai pusat perbelanjaan pertama di Indonesia sesuai dengan nama pengasuhnya itu.

Sesuai dengan namanya, Sarinah telah membantu kepentingan masyarakat kecil sebagai mitra usaha. Hingga saat ini cukup banyak mitra binaan Sarinah baik perorangan, perusahaan maupun koperasi.

 

 

 

2. Gedung Pencakar Langit Pertama di Jakarta

Gedung Sarinah. Dok Sarinah.co.id
Gedung Sarinah. Dok Sarinah.co.id

Sarinah adalah pusat perbelanjaan setinggi 74 meter dan 15 lantai yang terletak di Menteng, Jakarta. Kala itu Sarinah merupakan pencakar langit pertama di Jakarta.

3. Mal Pertama di Indonesia

Ide berdirinya Sarinah tersebut merupakan hasil lawatan Soekarno ke sejumlah negara yang sudah lebih dulu memiliki pusat belanja modern.

Saat itu Soekarno ingin membuat pusat perbelanjaan untuk memenuhi kebutuhan rakyat mendapatkan barang-barang murah tapi dengan mutu yang bagus.

Sarinah merupakan Department Store pertama Indonesia yang didirikan pada tanggal 17 Agustus 1962, saat ekonomi Indonesia sedang runtuh di tahun 1959. Daya beli lemah, taraf hidup merosot sampai level terendah.

Ketika Sarinah didirikan, Sarinah memiliki fasilitas tercanggih di zamannya. Gedung Sarinah yang saat ini berdiri sesungguhnya dibangun dengan biaya rampasan perang pemerintah Jepang yang pembukaan Department Store-nya pada 15 Agustus 1966.

 

4. Bisnis Sarinah

Pengunjung CFD bisa kulineran di depan Gedung Sarinah (Yunita/Merdeka.com)
Pengunjung CFD bisa kulineran di depan Gedung Sarinah (Yunita/Merdeka.com)

Tak hanya bergerak di bidang ritel, Sarinah juga bergerak ekspor dan impor, distribusi dan penyewaan ruangan, money changer dan perhotelan.

Sari Pacific Jakarta adalah usaha perhotelan yang dikelola oleh PT Sari Arthamas Hotel International, sebuah entitas usaha yang 50 persen sahamnya dimiliki oleh Sarinah.

PT Sari Valuta Asing (Sari Valas) merupakan anak usaha Sarinah yang bergerak di bidang penukaran valuta asing.

 

5. Cabang Sarinah

Outlet Sarinah. Sarinah.co.id
Outlet Sarinah. Sarinah.co.id

Selain di Thamrin, Jakarta, Sarinah juga memiliki sejumlah outlet di wilayah lain seperti Medan, Palembang, Makasar, Bali, Semarang, Bandung, Yogyakarta, Solo, Pekanbaru, Labuan Bajo, Tangerang dan Malang.

6. Kebakaran 

Gedung Sarinah ternyata juga pernah mengalami kebakaran pada 1984 dan kemudian pada 2015. Bahkan pada 2015, kebakaran menelan dua korban. 

 

7. Bangun Gedung Anyar

Kepulan asap terlihat dari lantai 14 gedung pusat perbelanjaan Sarinah, Jakarta, Kamis (15/10/2015). Dua orang karyawan sebuah tempat karaoke mengalami luka-luka dalam peristiwa tersebut. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Kepulan asap terlihat dari lantai 14 gedung pusat perbelanjaan Sarinah, Jakarta, Kamis (15/10/2015). Dua orang karyawan sebuah tempat karaoke mengalami luka-luka dalam peristiwa tersebut. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

PT Sarinah (Persero) berencana merevitalisasi aset yang dimiliki. Dalam waktu dekat, perseroan bakal merenovasi gedung lama dan membangun gedung baru. Renovasi dan pembangunan gedung baru tersebut akan memakan dana sebesar Rp 1,8 triliun.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tinggal Dua Pemain Juventus yang Belum Kembali ke Italia

Posted: 08 May 2020 12:00 AM PDT

Liputan6.com, Turin- Juventus sudah memulai kembali sesi latihan usai libur panjang akibat pandemi virus corona Covid-19. Namun masih belum semua pemain I Bianconeri balik dari negeranya masing-masing.

Masih ada dua pemain Juventus yang belum kembali setelah memutuskan pulang kampung bulan lalu. Kedua peain tersebut adalah penyerang Gonzalo Higuain dan gelandang Adrien Rabiot.

Seperti diketahui, Juventus sudah membuka kembali tempat latihan mereka Continassa pada pekan ini. Beberapa pemain yang tidak mudik bahkan sudah bisa latihan sendiri-sendiri.

Khusus untuk pemain Juventus yang sempat pulang kampung, harus menjalani karantina mandiri selama 14 hari terlebih dahulu sebelum bisa ikut latihan.

Miralem Pjanic menjadi pemain asing pertama Juventus yang kembali ke Italia. Pjanic pun sudah bisa ikut latihan karena telah menjalani karantina 14 hari.

 

 

Ronaldo

Logo baru Juventus
Logo baru Juventus

Cristiano Ronaldo juga telah balik dari Portugal Senin (4/5/2020). Menyusul kemudian Blaise Matuidi, Sami Khedira, Matthijs de Ligt dan Wojciech Szczesny juga sudah kembali dari kampung halaman.

Trio pemain Brasil Danilo, Douglas Costa dan Alex Sandro sendiri baru mendarat pada Kamis (7/5/2020) malam.

Nasib Higuain

 Belum diketahui alasan Higuain dan Rabiot tak juga kembali ke Italia. Khusus untuk Higuain, kabarnya pria Argentina itu memang sudah tak berniat membela Juventus lagi.

Higuain santer diberitakan akan merumput di Argentina bersama River Plate. Higuain pulang ke Argentina karena ibunya sakit dan juga takut dengan virus corona Covid-19.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Demi Selamatkan Satu Kardus Mi Instan, ABK Tenggelam di Sungai Siak

Posted: 08 May 2020 12:00 AM PDT

Liputan6.com, Pekanbaru - Satu kardus mi instan menjadi petaka bagi Rahmat Uswandi. Anak Buah Kapal (ABK) berumur 20 tahun itu terbawa arus Sungai Siak, Pekanbaru, karena mengejar mi instan yang jatuh dari kapal pada Kamis pagi, 7 Mei 2020.

Hingga kini, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan atau Basarnas Pekanbaru masih mencari jasad korban tenggelam itu. Pencarian dilakukan dengan menyisir tempat korban terjun dari kapal hingga mengejar sekardus mi instan.

Humas Basarnas Pekanbaru Kukuh Widodo menjelaskan, kejadian berawal ketika korban bersama rekan-rekan ABK lainnya melakukan bongkar muat pada Kamis pagi. Satu persatu muatan kapal dikeluarkan ke Pelabuhan Bismar, Kecamatan Lima Puluh, Pekanbaru.

Beberapa menit kemudian, satu kardus mi instan jatuh ke sungai. Merasa bersalah, korban langsung terjun ke sungai untuk mengambil kardus itu tanpa diminta teman ataupun atasannya.

"Satu teman korban kemudian menyusul juga terjun ke sungai," kata Kukuh, Kamis petang, 7 Mei 2020.

Korban dan temannya berhasil menyusul kardus hanyut tadi yang jaraknya sudah 100 meter dari pelabuhan. Kardus itu berhasil diambil tapi sudah hancur sehingga korban diminta temannya pergi ke tepi.

Hanya saja, korban tidak mau karena merasa bertanggungjawab menyelematkan isi kardus yang mengapung di sungai. Mendengar itu, teman korban menepi karena takut tenggelam di sungai terdalam di Indonesia itu.

"Belum sampai ke tepi, ABK lainnya menyebut korban sudah tidak terlihat lagi," ucap Kukuh.

ABK lainnya sudah berusaha mencari korban dengan menyusuri sekitar lokasi. Tak kunjung dapat, kejadian ini lalu dilaporkan ke polisi di pelabuhan dan sampai ke Basarnas Pekanbaru.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Black Shark 3 Resmi Meluncur di Indonesia, Harganya?

Posted: 08 May 2020 12:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Usai lebih dulu diluncurkan untuk pasar Tiongkok, Black Shark akhirnya membawa smartphone gaming teranyar mereka untuk gamer di Indonesia.

Perusahaan asal Tiongkok itu mengumumkan seri smartphone gaming anyar mereka, yakni Black Shark 3 .

"Di awal tahun ini, kami mengumumkan peningkatan identitas merek baru dengan logo visual dan slogan perusahaan yang dirancang ulang, yaitu Game is Real," ucap Harrison Luo (Yuzhou Luo), CEO Black Shark di dalam keterangan resminya, Jumat (8/5/2020).

Ia menambahkan, "Peluncuran Black Shark 3 ini menandai titik awal kami menuju tujuan besar yang revolusioner. Black Shark akan terus tumbuh bersama dengan komunitas, berkembang dan berevolusi lebih jauh bersama dengan industri gaming."

Per hari ini atau tanggal 8 Mei 2020, perusahaan akan memulai progam pre-order untuk seri Black Shark 3 (8GB/128GB) mereka di situs e-commerce Blibli.com dalam jumlah terbatas via Blibli Black Shark Official Store.

Lewat pre-order ini, gamer yang membeli Black Shark 3 berkesempatan mendapatkan aksesoris gratis dalam paket pembelian. Adapun harga pre-order Black Shark 3 (8GB/128GB) akan tersedia di Blibli.com senilai Rp 10,999,000.

 

Aksesoris Gratis Black Shark 3

Lebih lanjut, program pre-order dengan tambahan aksesoris gratis ini hanya tersedua bagi 500 pembeli pertama yang telah memesan Black Shark 3 melalui Blibli.com.

Dijelaskan, 50 pembeli pertama Paket Gaming Black Shark akan mendapatkan Powerbank, FunCooler, kabel pengisian daya magnetis dan FunFrame.

Sementara itu, pembeli 51-150 hanya akan mendapatkan FunCooler Pro seharga Rp 699.000. Dilanjutkan pembeli 151-500 juga menerima FunCooler seharga Rp 499.000.

 

Spesifikasi Black Shark 3

Dalam hal performa, duo Black Shark 3 ini dilengkapi dengan prosesor terbaru milik Qualcomm, yakni Snapdragon 865.

Dengan kemampuan prosesor teranyar Qualcomm, kedua smartphone gaming ini sudah mendukung konektivitas jaringan 5G.

Lalu bagaimana dengan spesifikasi lengkap dari kedua smartphone gaming ini? Apa yang membedakan Black Shark 3 dengan Black Shark 3 Pro?

Untuk versi standar, Black Shark 3 menggunakan layar 6,67 inci beresolusi FHD+, tidak ada trigger pop-up, dan menawarkan baterai 4,720mAh yang lebih kecil.

Perbedaan lainnya ada pada varian RAM dan storage, yaitu 8GB/128GB, 12GB/128GB, dan 12GB/256GB.

 

Black Shark 3 Pro

Black Shark 3 Pro tampil dengan Snapdragon 865 dan didongkrak dengan dua pilihan RAM, yaitu 8GB atau 12GB.

Namun, hanya RAM 12GB saja yang sudah mendukung memori LPDDR5. Sementara varian 8GB masih menggunakan LPDDR4X.

Dalam hal memori internal, Black Shark 3 Pro hanya menyediakan kapasitas sebesar 256GB.

Black Shark 3 Pro juga dilengkapi dengan kamera utama berkemampuan 64MP dengan aperture f/1.8, lensa ultra wide-angle 13MP, dan lensa depth sensor 5MP. Kamera selfie-nya sebesar 20MP.

(Ysl/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sosok Hamas Syahid Izzudin, Aktor serta Hafiz Al-Quran yang Menginspirasi

Posted: 08 May 2020 12:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sosok pria yang memiliki nama lengkap Hamas Syahid Izzuddin ini lahir di Bengkulu 28 tahun yang lalu. Anak sulung dari empat bersaudara ini terkenal karena ketampanan dan kemampuan aktingnya.

Dirinya mulai melakukan debut sebagai aktor melalui film Tausyiah Cinta pada tahun 2016. Lalu, setelah itu semakin banyak tawaran yang meminta dirinya untuk membintangi berbagai film layar lebar dan sinetron. 

Dirinya mengaku jika mendapatkan kemampuan aktingnya karena belajar dari sang ibu. Ternyata, sang ibunda dari Hamas Syahid dahulu merupakan pegiat teater dan seni. Selain itu dirinya merupakan pengusaha sukses dan juga penghapal Al-Quran. Berikut profil Hamas Syahid Izzudin yang dikumpulkan Liputan6.com, Jumat (8/5/2020) dari berbagai sumber. 

 

Sosok pengusaha sukses

(Sumber: Instagram/hamas.syahid)
(Sumber: Instagram/hamas.syahid)

Alumni dari Universitas Airlangga Surabaya (Unair) ini, selain dikenal sebagai aktor ternyata dirinya juga merupakan pengusaha pada bidang garmen serta kuliner. Dirinya memiliki bisnis pempek dan juga tour and travel. 

Ketertarikan mahasiswa jurusan ekonomi manajemen ini mulai terlihat sejak di bangku sekolah dasar. Hamas, panggilan akrabnya, mulai mencoba berjualan cokelat seharga 500 rupiah dengan modal beli kepada sang ibunda seharga 250 rupiah, sehingga ia untung 250 rupiah.

Tak hanya itu, Hamas juga sempat membuka tempat penyewaan komik hingga ia SMP. Bisnis itu sempat berhenti. Lalu pada saat SMA, dia membuka usaha di bidang kuliner. Cowok ganteng ini berjualan dimsum di sebuah mal di Surabaya.

Seolah tidak cukup sampai disitu saja, selain terkenal karena kemampuan aktingnya dan keuletannya dalam berbisnis, Hamas Syahid juga dikenal sebagai seorang hafiz Al-Quran dan juga sangat senang berdakwah.

Hal tersebut terlihat dari beberapa postingan di akun Instagram pribadi miliknya. Dari beberapa postingan yang diunggah olehnya, banyak postingan berupa rekaman video yang memperlihatkan dirinya sedang melantunkan ayat-ayat Al-Quran dengan suara yang sangat merdu.

Seorang penghapal Al-Quran yang menginspirasi

Karakternya dalam film Tausiyah Cinta sebagai seorang pemuda yang mencintai Al-Quran ternyata juga sesuai dengan kehidupan nyata Hamas. Dirinya adalah seorang hafiz atau penghapal Al-Quran. Di sela-sela kesibukan, ia selalu bermurojaah hafalan–hafalan yang telah ia dimiliki, dengan lantunan suara merdunya agar tetap terjaga.

Nada tilawahnya tersebut ia katakan mirip dengan ibunda yang juga merupakan inspirasi terbesar Hamas. 

Hingga kini, Hamas Syahid telah memiliki sekitar 599 ribu pengikut di akun Instagram pribadi miliknya. Dan, tidak jarang para fans dari Hamas Syahid yang histeris saat dirinya mengunggah foto atau video ke Instagramnya.

Sebagai seseorang yang dianugerahi segudang kelebihan, tentu tidak heran jika dirinya menjadi salah satu sosok yang sangat menginspirasi banyak orang dan tentunya sangat dikagumi oleh banyak kaum hawa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertengahan Ramadan, Harga Bawang Merah Makin Mahal

Posted: 08 May 2020 12:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki pertengahan bulan Ramadan lonjakan harga bawang merah kian tak terkendali. Di sejumlah pasar tradisional ibu kota Jakarta harga bumbu dapur favorit tersebut dibanderol berkisar Rp50.000-Rp60.000 per kilogram.

Hal ini dibenarkan oleh Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) Abdullah Mansuri. Ia menyebut lonjakan harga bawang merata di seluruh pasar tradisional ibu kota.

"Bawang merah masih terus tinggi sekarang sudah dijual berkisar Rp50.000 sampai Rp 60.000. Itu rata di Jakarta," kata Abdullah kepada Merdeka.com, Jumat (8/5).

Dia mengatakan lonjakan bawang merah disebabkan oleh koordinasi yang lemah antar lembaga kementerian terkait di tubuh pemerintah. Sebab, kenaikan harga bawang seharusnya dapat diantisipasi mengingat sejumlah sentra wilayah penghasil bawang mengalami penurunan produksi.

Di samping itu, pemerintah juga dianggap abai dalam pendataan distribusi bawang merah. Imbasnya sejumlah daerah ada yang mengalami surplus dan minus akan bumbu dapur favorit tersebut.

"Andai saja koordinasi tersebut dilakukan minimal tiga bulan sebelum Ramadan, harga tentu dapat di tekan. Sebab, saat bulan puasa kebutuhan masyarakat akan bahan pangan semakin meningkat," jelas dia.

Sementara itu, Menurut Rokhmat seorang pedagang bawang merah di pasar tradisional Jatinegara, kenaikan bawang merah disebabkan oleh berkurangnya pasokan dari wilayah sentra bawang seperti Brebes dan daerah lainnya di provinsi Jawa Tengah. Bahkan, lonjakan harga bawang merah menyebabkan turunnya pendapatan usaha, setelah mayoritas konsumen mengurangi jumlah pembelian bawang merah.

"Paling tinggi bawang merah sekarang udah Rp54.000 per kilogram. Pendapatan pasti turun, kan yang beli kan pada berkurang," keluh Rokhmat.

Dia pun berharap pemerintah serta dinas terkait segera mencari solusi untuk menekan harga jual bawang merah yang kian meroket. Imbasnya daya beli masyarakat akan bawang merah kembali meningkat sehingga aktivitas penjualan bumbu dapur favorit tersebut kembali normal.

Hasil Produksi Turun

Sebanyak 165 ton bawang merah Probolinggo dilepas menuju negara Thailand. Kementerian Pertanian melalui Balai Karantina Pertanian Surabaya bersama PT. Cipta Makmur Sentausa melakukan ekspor perdana tahun 2019 bawang merah dari Probolinggo.
Sebanyak 165 ton bawang merah Probolinggo dilepas menuju negara Thailand. Kementerian Pertanian melalui Balai Karantina Pertanian Surabaya bersama PT. Cipta Makmur Sentausa melakukan ekspor perdana tahun 2019 bawang merah dari Probolinggo.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan (Mendag), Agus Suparmanto, mengakui adanya lonjakan harga bawang merah saat melakukan kunjungan ke pasar induk Kramat Jati. Menurutnya lonjakan bawang merah diakibatkan oleh menurunnya hasil produksi di sejumlah wilayah utama pemasok bawang.

"Penurunan terjadi karena hasil tanam yang kurang bagus dan stok panen sebelumnya mengalami kerusakan. Sehingga harga bawang merah naik," kata dia melalui keterangan tertulis, Kamis (30/4).

Mendag Agus menjelaskan, berdasarkan informasi dari Asosiasi Bawang Merah Indonesia (ABMI), kenaikan harga bawang merah akibat turunnya produksi di sentra produksi bawang merah di Brebes Jawa Tengah hingga 10 persen.

Di samping itu, kenaikan harga bibit bawang merah menjadi Rp40.000 sampai Rp 45.000 per kilogram atau melonjak hingga lebih dari 100 persen berimbas pada penurunan luas tanam sekitar 30 persen karena yang bisa tanam hanya petani bermodal besar.

Penurunan produksi tersebut berpengaruh pada stok bawang merah yang kewalahan dalam memenuhi kebutuhan pangan masyarakat yang kian meningkat di bulan Ramadan. Imbasnya lonjakan harga bawang merah terjadi di sejumlah daerah ditengah pandemi virus corona.

"Dari sisi distribusi ke Jakarta saat ini juga diinfokan ada penurunan, ini tergambar dari penurunan pasokan bawang merah ke Pasar Induk Kramat Jati menjadi sekitar 79 ton per hari dalam seminggu terakhir, di bawah pasokan normal," jelasnya.

Hal senada diungkapkan, Direktur Utama Perum Badan Urusan Logistik (Bulog), Budi Waseso melaporkan kondisi terkini stok pangan di tengah pandemi virus corona kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Dalam kesempatan tersebut, stok bawang merah dilaporkan hanya 0,20 ton atau tidak sampai 1 ton.

"Bawang merah 0,20 ton, bawang putih 29,69 ton, telur ayam 79,73 ton," ujar Budi Waseso dalam rapat virtual bersama DPR di Jakarta, Senin (20/4).   

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Sobat Ambyar Gelar Doa Bersama untuk Didi Kempot

Posted: 08 May 2020 12:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Keluarga besar dan tetangga dekat almarhum Didi Kempot menggelar doa bersama dan tahlilan usai salat tarawih, di rumah duka di Desa Majasem, Kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, Selasa malam.

Karena dalam suasana pandemi COVID-19, jumlah orang yang mengikuti tahlilan ini dibatasi. Acara doa bersama dan tahlilan ini digelar hanya di malam pertama. Pada hari berikutnya akan dilakukan pihak keluarga di rumah masing-masing. Berikut videonya pada Liputan6, (6/5/2020).

Di Solo, Jawa Tengah, puluhan sobat ambyar atau penggemar Didi Kempot dari berbagai daerah menggelar tahlilan. Di posko pengumpulan donasi Covid-19, sobat ambyar di Kelurahan Kerten, Kecamatan Laweyan.

Kepergian sang idola yang begitu mendadak, membuat para fans fanatik almarhum terpukul. Di mata mereka, penyanyi yang dijuluki Lord of Broken Heart ini, merupakan sosok yang sederhana, dan memiliki rasa solidaritas tinggi.

Didi Kempot meninggal dunia pada usia 53 tahun, Selasa pagi, di Rumah Sakit Kasih Ibu Solo, Jawa Tengah, setelah mengalami serangan jantung.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Keindahan Supermoon Terakhir di Tahun 2020

Posted: 08 May 2020 12:00 AM PDT

Bulan purnama terlihat di atas Tower Bridge, London, Inggris, Kamis (7/5/2020). Fenomena supermoon atau di belahan Bumi lain disebut flower moon ini merupakan yang terakhir di tahun 2020. (AP Photo/Alberto Pezzali)
Bulan purnama terlihat di atas Tower Bridge, London, Inggris, Kamis (7/5/2020). Fenomena supermoon atau di belahan Bumi lain disebut flower moon ini merupakan yang terakhir di tahun 2020. (AP Photo/Alberto Pezzali)

Bulan purnama terlihat di atas Tower Bridge, London, Inggris, Kamis (7/5/2020). Fenomena supermoon atau di belahan Bumi lain disebut flower moon ini merupakan yang terakhir di tahun 2020. (AP Photo/Alberto Pezzali)

Bulan purnama terlihat di atas apartemen di Minsk, Belarus, Kamis (7/5/2020). Fenomena supermoon atau di belahan Bumi lain disebut flower moon ini merupakan yang terakhir di tahun 2020. (AP Photo/Sergei Grits)
Bulan purnama terlihat di atas apartemen di Minsk, Belarus, Kamis (7/5/2020). Fenomena supermoon atau di belahan Bumi lain disebut flower moon ini merupakan yang terakhir di tahun 2020. (AP Photo/Sergei Grits)

Bulan purnama terlihat di atas apartemen di Minsk, Belarus, Kamis (7/5/2020). Fenomena supermoon atau di belahan Bumi lain disebut flower moon ini merupakan yang terakhir di tahun 2020. (AP Photo/Sergei Grits)

Bulan purnama terlihat di atas Curitiba, Brasil, Kamis (7/5/2020). Fenomena supermoon atau di belahan Bumi lain disebut flower moon ini merupakan yang terakhir di tahun 2020. (DANIEL CASTELLANO/AFP)
Bulan purnama terlihat di atas Curitiba, Brasil, Kamis (7/5/2020). Fenomena supermoon atau di belahan Bumi lain disebut flower moon ini merupakan yang terakhir di tahun 2020. (DANIEL CASTELLANO/AFP)

Bulan purnama terlihat di atas Curitiba, Brasil, Kamis (7/5/2020). Fenomena supermoon atau di belahan Bumi lain disebut flower moon ini merupakan yang terakhir di tahun 2020. (DANIEL CASTELLANO/AFP)

Bulan purnama terlihat di belakang Patung Liberty, New York City, Amerika Serikat, Kamis (7/5/2020). Fenomena supermoon atau di belahan Bumi lain disebut flower moon ini merupakan yang terakhir di tahun 2020. (Johannes EISELE/AFP)
Bulan purnama terlihat di belakang Patung Liberty, New York City, Amerika Serikat, Kamis (7/5/2020). Fenomena supermoon atau di belahan Bumi lain disebut flower moon ini merupakan yang terakhir di tahun 2020. (Johannes EISELE/AFP)

Bulan purnama terlihat di belakang Patung Liberty, New York City, Amerika Serikat, Kamis (7/5/2020). Fenomena supermoon atau di belahan Bumi lain disebut flower moon ini merupakan yang terakhir di tahun 2020. (Johannes EISELE/AFP)

Bulan purnama terlihat di atas Kastil Larisa, Argos, Yunani, Kamis (7/5/2020). Fenomena supermoon atau di belahan Bumi lain disebut flower moon ini merupakan yang terakhir di tahun 2020. (Xinhua/Marios Lolos)
Bulan purnama terlihat di atas Kastil Larisa, Argos, Yunani, Kamis (7/5/2020). Fenomena supermoon atau di belahan Bumi lain disebut flower moon ini merupakan yang terakhir di tahun 2020. (Xinhua/Marios Lolos)

Bulan purnama terlihat di atas Kastil Larisa, Argos, Yunani, Kamis (7/5/2020). Fenomena supermoon atau di belahan Bumi lain disebut flower moon ini merupakan yang terakhir di tahun 2020. (Xinhua/Marios Lolos)

Bulan purnama terlihat di atas langit Singapura, Kamis (7/5/2020). Fenomena supermoon atau di belahan Bumi lain disebut flower moon ini merupakan yang terakhir di tahun 2020. (Xinhua/Then Chih Wey)
Bulan purnama terlihat di atas langit Singapura, Kamis (7/5/2020). Fenomena supermoon atau di belahan Bumi lain disebut flower moon ini merupakan yang terakhir di tahun 2020. (Xinhua/Then Chih Wey)

Bulan purnama terlihat di atas langit Singapura, Kamis (7/5/2020). Fenomena supermoon atau di belahan Bumi lain disebut flower moon ini merupakan yang terakhir di tahun 2020. (Xinhua/Then Chih Wey)

Bulan purnama terlihat di atas langit Sydney, Australia, Kamis (7/5/2020). Fenomena supermoon atau di belahan Bumi lain disebut flower moon ini merupakan yang terakhir di tahun 2020. (Xinhua/Bai Xuefei)
Bulan purnama terlihat di atas langit Sydney, Australia, Kamis (7/5/2020). Fenomena supermoon atau di belahan Bumi lain disebut flower moon ini merupakan yang terakhir di tahun 2020. (Xinhua/Bai Xuefei)

Bulan purnama terlihat di atas langit Sydney, Australia, Kamis (7/5/2020). Fenomena supermoon atau di belahan Bumi lain disebut flower moon ini merupakan yang terakhir di tahun 2020. (Xinhua/Bai Xuefei)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ringgo Agus Rahman Anggap Adi Kurdi Sebagai Panutan

Posted: 08 May 2020 12:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Duka kembali menghiasi wajah dunia hiburan Indonesia. Kali ini kabar mengejutkan itu datang dari aktor gaek Adi Kurdi.

Adi Kurdi yang dikenal sebagai sosok Abah dalam sinetron Keluarga Cemara, meninggal dunia pada Jumat (8/5/2020). Kabar tersebut mengejutkan banyak pihak, termasuk Ringgo Agus Rahman.

Apalagi, Ringgo Agus Rahman menjadikan sosok Adi Kurdi sebagai panutan baginya.

Mengingat, Ringgo Agus Rahman juga memerankan sosok Abah dalam Keluarga Cemara versi layar lebar.

 

Panutan

Ringgo Agus Rahman dan Adi Kurdi. (instagram.com/ringgoagus)
Ringgo Agus Rahman dan Adi Kurdi. (instagram.com/ringgoagus)

"Turut berduka dan berbelasungkawa atas meninggalnya om Adi Kurdi, seorang panutan dalam berkarya dan perilaku," tulis Ringgo Agus Rahman dalam unggahan di Instagram Story-nya.

 

Sakit

Preskon film Koki-Koki Cilik (Deki Prayoga/bintang.com)
Preskon film Koki-Koki Cilik (Deki Prayoga/bintang.com)

Sementara itu, menurut informasi yang dihimpun dari salah seorang sahabat Adi Kurdi yaitu Harry Tjahjanto, Adi Kurdi meninggal dunia karena pembengkakan otak.

"Iya benar (meninggal dunia) tadi pukul 11.31. Meninggal stroke, pembengkakan otak," kata sahabat Adi Kurdi saat dihubungi melalui sambungan telepon.

 

Kebutaan

Selain itu, rupanya Adi Kurdi juga memiliki riwayat sakit glaukoma. Malahan, karena penyakitnya itu Adi Kurdi sempat mengalami masalah dalam penglihatannya.

"Kalau sakitnya setahu saya glaukoma, sempat alami kebutaan juga sudah lama. Tapi kemarin masih bisa main di film Terima Kasih Abah Terima Kasih Emak," ungkapnya lagi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Alasan Investasi PropertiLord Pilihan Aman dan Jitu di Tengah Pandemi Corona

Posted: 08 May 2020 12:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pandemi Corona atau Covid-19 yang terus berkembang menyebabkan kondisi perekonomian menjadi tidak stabil  dan berdampak pada sejumlah bisnis tak terkecuali pada kegiatan investasi. Para pemilik modal dan pengusaha terus berusaha keras untuk menjaga aset tetap aman dan mengubah strategi investasi agar mereka selamat dari kerugian.

Di situasi seperti ini, investasi properti bisa menjadi solusi atau jalan keluar paling aman yang bisa Anda pilih. Selain karena nilai properti selalu meningkat secara konsisten lantaran permintaan yang semakin tinggi, juga dapat lepas dari sentimen negatif yang terjadi pada produk-produk investasi lain.

Tapi, investasi properti kan tetap butuh modal besar? Apakah mengeluarkan uang puluhan juta atau bahkan ratusan juta di situasi saat ini merupakan keputusan tepat? Untuk masalah modal Anda tak perlu khawatir, PT. Teknologi Investasi Properti telah meluncurkan sebuah platform investasi properti crowdfunding yang bernama PropertiLord.

PropertiLord hadir untuk memecahkan masalah dimana untuk berinvestasi di bidang properti sekarang ini seseorang tidak harus memiliki modal yang besar. Karena PropertiLord memberikan inovasi berinvestasi secara patungan di properti. Berikut 5 alasan investasi PropertiLord merupakan pilihan aman dan jitu di tengah pandemi Covid-19.

1. PropertiLord telah Tercatat dan Diawasi OJK

PropertiLord sudah tercatat di OJK dan terdaftar di Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan tanda daftar 01547/DJAI.PSE/06/2019. Kehadiran PropertiLord diakui OJK sebagai Inovasi Keuangan Digital karena menjadi perusahaan yang tercatat di OJK dalam model bisnis Property Investment Management. Per Juni 2019, PropertiLord resmi menjadi anggota Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH) yang dapat Anda lihat di sini.

Foto: PropertiLord.
Foto: PropertiLord.

Platform PropertiLord pertama kali diperkenalkan oleh PT Teknologi Investasi Properti pada 17 Agustus 2018. Platform ini kedepan akan menggunakan teknologi blockchain yang menawarkan jaminan keamanan, transparansi, dan tidak ada rekayasa maupun manipulasi ketika bertransaksi. Kehadiran teknologi blockchain diklaim juga dapat meminimalisasi biaya transaksi.

2. Investasi Properti Mulai Rp 10.000

Model bisnis yang diusung PropertiLord adalah dengan mengumpulkan dana dari banyak pengguna (investor) untuk berinvestasi pada properti yang telah disediakan di daftar listing properti PropertiLord. Investasi di PropertiLord menggunakan sistem token properti mulai dari Rp 10.000 yang ditawarkan pada Penawaran Perdana dan Pasar Sekunder. Artinya setelah masa Penawaran Perdana selesai maka PropertiLord akan membuka Pasar Sekunder yang dimana para pengguna (investor) dapat saling bertransaksi dengan menjual belikan tokennya sesuai dengan harga pasar yang berlaku saat itu. Hanya dengan uang 10 ribu rupiah, Anda sudah bisa berinvestasi di bidang properti dan menjadi tuan tanah.

Foto: PropertiLord.
Foto: PropertiLord.

Token yang dibeli oleh para investor merupakan bukti kepemilikan properti atas properti yang dipilih. Para investor akan mendapatkan keuntungan dari hasil bagi sewa properti tersebut. Besarnya keuntungan yang didapatkan tiap investor disesuaikan dengan jumlah token yang dimiliki oleh tiap investor. Jadi, semakin banyak token yang Anda miliki tentu keuntungannya juga semakin besar.

3. Listing Unggulan

Setiap tahunnya nilai properti di Indonesia dapat meningkat hingga 15 persen. Hal itu yang menjadi alasan investasi properti selalu seksi. Saat ini, PropertiLord memiliki Penawaran Perdana berupa Kios Komersil di LTC Glodok. Harga penawaran perdana sebesar Rp 1.500.000.000 dengan total token 150.000. 40 persen dari jumlah token itu dilepas ke publik atau sekitar 60.000 token. Disebutkan dalam aplikasi, harga jual unit di LTC Glodok pada tahun 2018 sebesar Rp 921.780.000. Kemudian harga appraisal pada tahun 2019 menjadi Rp 1.155.000.000 atau naik 25,3 persen.

Foto: PropertiLord.
Foto: PropertiLord.

Kemudian ada Pasar Sekunder, PropertiLord menawarkan Apartemen di GreenLake Sunter dengan total token 95.000 dan Rumah 2 Lantai di Semarang Indah dengan total token 80.000. Pada pasar sekunder ini, para investor bisa saling memperjual belikan token properti mereka sesuai dengan papan harga yang berlaku saat itu, hampir sama seperti jual beli lembar saham namun ini dalam bidang properti.

Foto: PropertiLord.
Foto: PropertiLord.

Sejauh ini, PropertiLord telah menawarkan 3 unit properti, dan masih  ada 5 unit properti lainnya yang masih dalam proses kurasi.

4. Mudah dan Aman

Foto: PropertiLord.
Foto: PropertiLord.

Investasi properti di PropertiLord dilakukan secara online melalui aplikasi di smartphone. Anda bisa bertransaksi dimanapun dan kapanpun, tidak terbatas tempat dan waktu. Semua dari smartphone yang ada di genggaman, Anda cukup download aplikasi PropertiLord di Google Play Store dan Apple Store dan ikuti tahapan untuk registrasi dan mulai berinvestasi.

Selain memberikan kemudahan bertransaksi, PropertiLord juga menjamin keamanan transaksi dan data para investor. PropertiLord melengkapi fitur keamanan aplikasi dengan kode pin, Autentikasi sidik jari, Know your customer (E-KYC), Digital signature, Disaster recovery plan dan backup harian. Termasuk juga program anti pencucian uang dan pencegahan pendanaan terorisme.

5. Promo Menarik dan Langsung Untung

Untuk memikat para user berinvestasi, PropertiLord memberikan penawaran dan promo menarik lho. Pertama, program langsung untung 50 persen bagi pengguna baru aplikasi PropertiLord yang belum pernah melakukan investasi di PropertiLord.

Foto: PropertiLord.
Foto: PropertiLord.

Kedua, program undian Nabung Aset dengan total hadiah Rp 8 Juta untuk 3 investor yang beruntung di aplikasi PropertiLord. Agar berkesempatan mendapatkan hadiah tersebut, Anda cukup melakukan transaksi pembelian token pada Penawaran Perdana senilai minimal Rp 100.000 untuk mendapatkan 5 kupon undian (berlaku kelipatan). Atau, melakukan pembelian token di Pasar Sekunder senilai minimal Rp 100.000 untuk mendapatkan 1 kupon undian, juga berlaku kelipatan.

Banyak pertanyaan yang muncul di kepala Anda seputar investasi di PropertiLord? Jangan bingung, aplikasi PropertiLord telah dilengkapi forum sebagai wadah diskusi dan mendapatkan informasi sesama investor atau pengguna aplikasi. Anda bisa bertanya dan mendapatkan jawaban langsung dari pihak PropertiLord. Biar gak penasaran, langsung saja download aplikasi PropertiLord dan kunjungi tautan berikut ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jepang Gunakan Obat Produksi Farmasi AS Remdesivir untuk Obati COVID-19

Posted: 08 May 2020 12:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Otoritas kesehatan Jepang pada Kamis, 7 Mei 2020 menyetujui penggunaan remdesivir untuk pengobatan pasien COVID-19 dengan kondisi parah. Remdesivir adalah obat pertama yang disetujui Jepang yang digunakan pada pasien COVID-19.

Remdesivir adalah obat produksi perusahaan farmasi Amerika Serikat, Gilead Sciences. Persetujuaan penggunaan remdesivir dikeluarkan pemerintah Jepang empat hari setelah aplikasi dari Gilead diterima oleh otoritas kesehatan setempat seperti dikutip Asia Nikkei, Jumat (8/5/2020).

Jepang menyetujui penggunaan remdesivir berdasarkan data klinis fase ketiga dari US National Institute of Allergy and Infectious Disease (NIAID). Uji klinis melibatkan 800 pasien COVID-19. Hasilnya, antivirus ini mempersingkat durasi berada di rumah sakit hanya 11 hari, sementara pada pasien yang tidak menggunakan obat ini 15hari. 

"Jepang menyetujui menggunakan remdesivir karena kebutuhan mendesak untuk membantu pasien yang kritis di sana," kata Chief Medical Officer Gilead Sciences, Merdad Parsey seperti dikutip rilis dari laman resmi Gilead.

"Kami berterima kasih ke Kementerian Kesehatan, Kerja dan Kesejahteraan Jepang atas kolaborasi ini yang merupakan bentuk upaya bersama merespons masalah kesehatan publik ini," lanjut Parsey.

 

Belum Dapat Persetujuan di AS

Di Amerika Serikat sendiri, Food and Drug Adminstration (FDA) telah merilis bahwa remdesivir bisa digunakan dalam pengobatan darurat (Emergency Use Authorization). Itu artinya FDA belum menyetujui melainkan memberi izin penggunaan remdesivir pada pasien COVID-19 dengan kondisi darurat. Sehingga, distribusi remdesivir di Amerika Serikat, hanya diizinkan untuk pengobatan pada pasien COVID-19 yang menjalani rawat inap dengan kondisi parah.

"Remdesivir belum disetujui penggunaanya di luar Jepang dan kami tersu melakukan uji klinis utuk mengevaluasi keamanan dan kemanjuran remdesivir," kata Gilead dalam rilis resminya.

Saksikan Juga Video Menarik Berikut

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Hasil Rapid Test, 24 Warga Kebon Kacang Positif Corona

Posted: 08 May 2020 12:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Belasan warga Kebon Kacang dievakuasi ke RS darurat Wisma Atlet setelah hasil rapid tes yang dilakukan di wilayahnya positif covid-19. Mereka akan menjalani tes swab guna memastikan bahwa mereka benar-benar terpapapar covid-19.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hasil Alat Rapid Tes Corona COVID-19 Rusia Sering Salah, Negatif Jadi Positif

Posted: 07 May 2020 11:58 PM PDT

Liputan6.com, Moskow - Kabar mengejutkan datang dari Rusia. Alat tes yang digunakan di seluruh negeri itu, untuk menentukan apakah seseorang positif Corona COVID-19 atau tidak dilaporkan sering memberikan hasil yang salah, kata pejabat Moskow, Kamis 7 Mei 2020.

Dikutip dari laman Channel News Asia, Jumat (8/5/2020), pengakuan langsung oleh departemen kesehatan Moskow mengemuka pada hari yang sama dengan pernyataan Wali Kota ibu kota Rusia, Sergei Sobyanin, yang menyebut jumlah sebenarnya infeksi Virus Corona lebih dari tiga kali lipat dari angka resmi.

Pengungkapan bahwa test kit sering keliru diketahui saat mereka (lansia) yang dalam tes positif COVID-19, malah dinyatakan negatif lewat alat uji itu.

Lembaga medis Rusia menggunakan alat tes yang diproduksi oleh Institut Vektor milik pemerintah di Siberia.

Alat uji ini didasarkan pada apa yang disebut reaksi berantai polimerase, atau PCR, yang dengan cepat membuat salinan sampel kecil molekul DNA.

"Pada tahap akhir tes PCR sering memberikan hasil negatif palsu," kata departemen kesehatan Moskow dalam pernyataannya.

Mengingat kegagalan itu, katanya Moskow, yang jumlah kasusnya jauh lebih banyak daripada wilayah Rusia lainnya, tak mau menggunakan alat itu.

Moskow, pusat wabah Rusia, bertanggung jawab atas lebih dari setengah kasus dan kematian yang dikonfirmasi.

Pada April, pemerintah mengubah kebijakan pengujian setelah dokter mengeluhkan hasil PCR tidak akurat dan mulai secara otomatis berasumsi bahwa siapa pun dengan pneumonia terinfeksi.

Saat itulah ia mulai juga melakukan pengujian antibodi koronavirus, menggunakan kit yang dibuat oleh perusahaan Belanda bernama Inzek International Trading, sesuatu yang katanya membantu mengidentifikasi orang-orang yang telah diberikan tes PCR, tetapi sebenarnya memiliki virus.

Diminta untuk mengomentari temuan tersebut, kementerian kesehatan Rusia mengatakan kasus Virus Corona dikonfirmasi tidak hanya dengan pengujian tetapi juga "secara klinis dan epidemiologis" sesuai dengan rekomendasi dari Organisasi Kesehatan Dunia.

Kasus Corona COVID-19 di Rusia Naik Drastis

Presiden Rusia, Vladimir Putin dengan alat pelindung diri lengkap mengunjungi rumah sakit tempat pasien positif corona dirawat di Kommunarka, Moskow, Selasa (24/3/2020). Putin memberikan apresiasi kepada para dokter dan tenaga medis dalam menangani pasien COVID-19. (Alexey DRUZHININ/SPUTNIK/AFP)
Presiden Rusia, Vladimir Putin dengan alat pelindung diri lengkap mengunjungi rumah sakit tempat pasien positif corona dirawat di Kommunarka, Moskow, Selasa (24/3/2020). Putin memberikan apresiasi kepada para dokter dan tenaga medis dalam menangani pasien COVID-19. (Alexey DRUZHININ/SPUTNIK/AFP)

Kasus Virus Corona COVID-19 Rusia menyusul angka infeksi yang terjadi di Prancis dan Jerman pada Kamis 7 Mei.

Kasus infeksi di Rusia kini telah menjadi angka tertinggi kelima di dunia setelah kenaikan hariannya yang terjadi secara drastis. Bahkan, walikota Moskow mengatakan jumlah sebenarnya tidak ditangkap oleh statistik resmi, di mana kemungkinan akan jauh lebih tinggi.

Mengutip Channel News Asia, penghitungan resmi melonjak ke 177.160, berarti Rusia sekarang memiliki lebih banyak kasus terdaftar daripada Jerman atau Prancis, karena jumlah kasus baru dari virus corona melonjak 11.231 dalam 24 jam terakhir.

Lebih dari setengah dari semua kasus dan kematian berada di Moskow, pusat penyebaran wabah Rusia. 

Pada hari Kamis, pihaknya melaporkan peningkatan semalam terjadi sebanyak 6.703 kasus baru, sehingga total resminya menjadi 92.676.

Tetapi Wali Kota Moskow Sergei Sobyanin mengatakan penelitian menunjukkan jumlah sebenarnya kasus di ibu kota Rusia itu sekitar 300.000, atau lebih dari tiga kali lipat dari angka resmi.

Departemen kesehatan Moskow mengatakan bahwa pengujian stadium akhir untuk Virus Corona baru sering menghasilkan hasil negatif palsu, dan semakin banyak orang Moskow yang tidak menunjukkan gejala atau hanya menderita kasus ringan.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mudik Lokal di Jabodetabek Tak Dilarang, Ini Kata Kemenhub

Posted: 07 May 2020 11:51 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan, pergerakan di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) diperbolehkan. Hal ini terkait penyataan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo yang menyebut tak ada pelarangan mudik lokal di wilayah Jabodetabek.

"Mungkin maksudnya tetap boleh bepergian di dalam Jabodetabek karena ini kan wilayah aglomerasi," kata Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita IIrawati, saat dikonfirmasi, Jumat (8/5/2020).

Menurut dia, bepergian di Jabodetabek memang diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Mudik Idul Fitri Tahun 1441 Hijriah Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

"Ya memang secara aturan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 25, tetap boleh melakukan perjalanan di dalam Jabodetabek dengan PSBB," kata dia.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menyebut, tak ada pelarangan mudik lokal selama pandemi virus corona Covid-19. Mudik lokal yang diizinkan hanya di lingkup wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

"Tidak dilarang Jabodetabek, melakukan pergerakan antar-Jabodetabek boleh. Misalnya, dari Bekasi ke Depok, boleh," ujar Syafrin saat dikonfirmasi, Jumat (8/5/2020).

 

Syafrin menyebut, pihaknya tidak akan menghentikan laju kendaraan di sekitar wilayah Jabodetabek selama masih mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

"Tapi dengan melaksanakan protokol yang tepat, pakai masker, cuci tangan. Itu upaya kita mengindari wabah (Corona Covid-19)," kata Syafrin.

Luar Jabodetabek Dilarang

Polisi melakukan sosialisasi larangan mudik kepada pengguna jalan di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Rabu (6/5/2020). Sosialisasi tersebut dilakukan demi memutus mata rantai penyebaran virus corona COVID-19 dari satu wilayah ke wilayah lain. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Polisi melakukan sosialisasi larangan mudik kepada pengguna jalan di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Rabu (6/5/2020). Sosialisasi tersebut dilakukan demi memutus mata rantai penyebaran virus corona COVID-19 dari satu wilayah ke wilayah lain. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sementara untuk pergerakan yang akan menuju luar Jobodetabek, Syafrin menegaskan hal tersebut masih dilarang. Termasuk operasional bus antarkota antar provinsi (AKAP).

"Yang antar kota antar provinsi itu engak boleh. Yang AKAP yang tidak boleh. Kalau Mereka akan beroperasi kita akan stop operasi," kata dia.

Syafrin menyatakan Dishub DKI masih akan berpedoman pada Permenhub Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Mudik Idul Fitri Tahun 1441 Hijriah.

"Tentu pedoman kita Permenhub 25 tahun 2020, tentang pengendalian mudik, dan surat edaran ketua gugus tugas Covid-19," kata dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kabar Gembira, Semua Pemain Barcelona Bebas Infeksi Virus Corona Covid-19

Posted: 07 May 2020 11:50 PM PDT

Barcelona - Kabar gembira datang dari klub raksasa La Liga, Barcelona. Seluruh pemain dinyatakan negatif dari infeksi virus corona covid-19 setelah menjalani tes.

Kompetisi di La Liga sudah terhenti sejak Maret lalu. Pemerintah Spanyol sendiri menerapkan status darurat akibat pandemi virus corona.

Spanyol sendiri termasuk negara yang paling parah terkena efek virus corona ini. Namun belakangan ini situasi di negeri Matador tersebut mulai membaik.

Alhasil pemerintah mulai melonggaran aturan lockdown. Hal ini juga berimbas pada sektor olahraga, termasuk sepak bola.

Para pemain telah diperbolehkan berlatih lagi di klub meski secara terpisah. Namun sebelum itu mereka harus menjalani tes kesehatan lebih dahulu.

Skuat Barcelona juga telah memanggil para pemainnya dan melakukan tes kesehatan sejak hari Rabu (6/5/2020) kemarin. Dan kini hasilnya telah muncul.

Lionel Messi dkk, termasuk pelatih Quique Setien dan para asistennya, dan semua staf klub, tak terjangkiti virus corona. Hasil tes mereka semuanya menunjukkan hasil negatif.

Kabar ini dilansir oleh RAC1, via Football Espana. Akan tetapi kabarnya masih ada satu pemain yang belum melakukan tes tersebut.

Pemain itu adalah Ousmane Dembele. Winger asal Prancis itu kabarnya baru akan melangsungkan tes pada hari Senin mendatang.

Terlepas dari Dembele, Barcelona kini nampaknya akan segera diberikan lampu hijau untuk berlatih lagi. Kemungkinan Blaugrana akan bisa berlatih per hari Jumat (8/5/2020) ini.

 

Empat Fase Berikutnya

Striker Barcelona Lionel Messi mencoba mengontrol bola usai melewati bek Real Madrid Sergio Ramos dalam duel El Clasico Liga Spanyol di Camp Nou, Kamis (19/12/2019) dini hari WIB.(AP Photo/Emilio Morenatti)
Striker Barcelona Lionel Messi mencoba mengontrol bola usai melewati bek Real Madrid Sergio Ramos dalam duel El Clasico Liga Spanyol di Camp Nou, Kamis (19/12/2019) dini hari WIB.(AP Photo/Emilio Morenatti)

Setelah pandemi virus corona mereda, pemerintah Spanyol telah menetapkan empat fase sebelum semua kegiatan olahraga bisa dijalankan lagi secara normal. Tahap pertama adalah fase 0, yakni dimulainya program latihan bagi para atlet profesional.

Kemudian berlanjut ke fase 1. Di sini semua atlet memulai program latihan medium.

Fase 2 adalah pemberian izin semua kegiatan di luar ruangan. Namun penontonnya dibatasi hanya 400 orang saja.

Fase 3 alias fase terakhir. Semua kegiatan olahraga kembali ke standar baru alias kembali ke situasi normal. Semua fase ini sendiri berlangsung minimal dua minggu.

Sumber: Football Espana

Disadur dari: Bola.net (Penulis Dimas Ardi Prasetya, published 8/5/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jika Renovasi Sarinah Thamrin Selesai, McDonald's Belum Tentu Bakal Kembali

Posted: 07 May 2020 11:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gedung Sarinah yang menjadi lokasi gerai perdana McDonald's Indonesia akan mulai dilakukan renovasi pada Juni 2020 dan direncanakan selesai pada Mei 2021, sebagai bagian dari program PT Sarinah (Persero) melakukan transformasi bisnis.

Namun demikian, McDonald's Indonesia menyebutkan belum ada rencana untuk kembali ke lokasi pertama mereka sejak 1991 itu, setelah renovasi Gedung Sarinah selesai tahun depan.

"Kami belum ada rencana ke arah itu," kata Associate Director of Communications McDonald's Indonesia, Sutji Lantyka, dikutip dari Antara, Jumat (8/5/2020). 

Sutji menjelaskan bahwa dengan ditutupnya McDonald's Sarinah secara permanen mulai Minggu, 10 Mei mendatang, perusahaan akan melakukan pembukaan restoran baru.

Ia menyatakan bahwa McDonald's Indonesia sudah memiliki peta jalan untuk ekspansi restoran pada tahun ini, namun harus ditangguhkan karena pandemi Corona Covid-19 yang merebak di Indonesia.

"Saat ini memang terpaksa kami tangguhkan dulu karena Corona Covid-19. Jika situasi kembali normal, kami akan memaksimalkan kembali ekspansi restoran McDonald's Indonesia dan mencari lokasi-lokasi strategis yang lain," tambah Sutji.

 

Karyawan Tak kena PHK

Simak alasan McDonald's Sarinah tutup (Foto: McDonalds)
Simak alasan McDonald's Sarinah tutup (Foto: McDonalds)

McDonald's Indonesia pun memastikan seluruh karyawan tetap dipertahankan alias tidak dirumahkan. Seluruh karyawan Mcdonald's Sarinah yang berjumlah 112 orang akan direlokasi ke restoran McD lainnya.

"Kami sudah melakukan relokasi semua karyawan McD Sarinah ke restoran-restoran McD lainnya, tidak ada satu pun yang dirumahkan," kata Sutji.

McDonald's pertama kali dibuka di Sarinah Thamrin pada 14 Februari 1991 dan menjadi restoran McDonald's pertama di Indonesia.

Sempat meninggalkan Sarinah Thamrin pada tahun 2009, McDonald's berhasil kembali lagi ke Sarinah Thamrin pada 2011 melalui proses tender.

Sebagai alternatif karena ditutupnya McD Sarinah, konsumen dapat mengunjungi restoran-restoran terdekat seperti McDonald's Hayam Wuruk, McDonald's Raden Saleh, McDonald's Cideng dan McDonald's Central Plaza.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Pengemudi Ojek Online Bawa Barang Nyeleneh Ini Bikin Geleng Kepala

Posted: 07 May 2020 11:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Adanya perkembangan teknologi, saat ini masyarakat pun semakin dimudahkan dalam berbagai hal. Mulai dari membeli barang, mengantarkan paket hingga jasa ojek online yang memang ramai peminat. Jasa ojek online pun bisa digunakan bukan hanya mengangkut mengantar penumpang saja, namun juga mengirim barang.

Kendati demikian, ada pula penumpang yang meminta para pengemudi ojek online untuk mengantarkan barang-barang yang tak lazim yang dibawa dengan sepeda motor. Beberapa potret para driver ojek online yang tengah membawa barang dengan berbagai bentuk serta ukuran ini pun sering kali beredar di media sosial.

Terkadang, melihat para pengemudi ojek online yang tengah membawa barang bawaan cukup nyeleneh ini pun bisa membuat kamu ikut geleng kepala. Penasaran seperti apa potretnya? Kira-kira kamu pernah menjumpai kejadian yang sama tidak ya?

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini beberapa potret ojek online yang membawa barang nyeleneh dan bisa bikin geleng kepala, Jumat (8/5/2020).

1. Duh, ini benar-benar deh masa driver ojek onlinenya disuruh antar motor.

Driver ojol (Sumber: Twitter/PenjahatGunung)
Driver ojol (Sumber: Twitter/PenjahatGunung)

2. Sabar ya, yang penting barang pesanan sampai tujuan.

Driver ojol (Sumber: Instagram/lambeonline)
Driver ojol (Sumber: Instagram/lambeonline)

3. Enggak cuma antar penumpang atau barang, antar gerobak sama abangnya ojek online juga bisa loh!

Driver ojol (Sumber: Instagram/newdramaojol.id)
Driver ojol (Sumber: Instagram/newdramaojol.id)

4. Biar enggak kena tilang polisi, mainan kuda-kudaan pun dipakai helm juga.

Driver ojol (Sumber: Instagram/newdramaojol.id)
Driver ojol (Sumber: Instagram/newdramaojol.id)

5. Ini penumpangnya bawa apa ya bisa sampai tinggi begitu?

Driver ojol (Sumber: Instagram/newdramaojol.id)
Driver ojol (Sumber: Instagram/newdramaojol.id)

6. Duh ini benar-benar sih ya, masak antar kulkas dengan driver ojek online sih!

Driver ojol (Sumber: Instagram/lambeonline)
Driver ojol (Sumber: Instagram/lambeonline)

7. Biasanya menjelang Idul Adha mulai banyak nih pengantaran hewan kurban dengan ojek online.

Driver ojol (Sumber: Instagram/newdramaojol.id)
Driver ojol (Sumber: Instagram/newdramaojol.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kadishub DKI: Mudik Lokal Antarkota di Jabodetabek Tak Dilarang, Tapi Ada Syarat

Posted: 07 May 2020 11:49 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Beruntunglah bagi warga Jabodetabek yang mudik ke salah satu kota di wilayah itu. Sebab, mudik lokal alias pergerakan antar wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi selama Ramadan dan Lebaran masih diperbolehkan.

"Tidak dilarang Jabodetabek, melakukan pergerakan antar Jabodetabek boleh. Misalnya, dari Bekasi ke Depok, boleh," ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo saat dikonfirmasi, Jumat (8/5/2020).

Syafrin menyebut, pihaknya tidak akan menghentikan laju kendaraan di sekitar wilayah Jabodetabek selama masih mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah pada pandemi Corona ini.

"Tapi dengan melaksanakan protokol yang tepat, seperti pakai masker, cuci tangan. Itu upaya kita mengindari wabah," kata Syafrin.

Sementara, untuk pergerakan yang akan menuju luar Jobodetabek, Syafrin menegaskan hal tersebut masih dilarang. Termasuk operasional bus antarkota antarprovinsi (AKAP).

"Yang antarkota antarprovinsi itu enggak boleh. Yang AKAP yang tidak boleh. Kalau mereka akan beroperasi kita akan setop operasi," kata dia.

Syafrin menyatakan, Dishub DKI masih akan berpedoman pada Permenhub Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Mudik Idul Fitri Tahun 1441 Hijriah.

"Tentu pedoman kita Permenhub 25 tahun 2020, tentang pengendalian mudik, dan surat edaran ketua gugus tugas Covid-19," kata dia.

Larangan Mudik Lebaran

Petugas melayani calon penumpang yang melakukan pembatalan tiket kereta di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (24/4/2020). Terkait larangan mudik 2020, PT Kereta Api Indonesia akan melayani pembatalan tiket kereta dengan pengembalian dana 100 persen bagi penumpang. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Petugas melayani calon penumpang yang melakukan pembatalan tiket kereta di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (24/4/2020). Terkait larangan mudik 2020, PT Kereta Api Indonesia akan melayani pembatalan tiket kereta dengan pengembalian dana 100 persen bagi penumpang. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengeluarkan larangan mudik Lebaran 2020 untuk semua masyarakat. Sebelumnya, larangan mudik hanya ditujukan untuk ASN, TNI-Polri dan pegawai BUMN.

"Setelah larangan mudik bagi ASN, TNI-Polri dan pegawai BUMN sudah kita lakukan pada minggu yang lalu, pada rapat hari ini saya ingin menyampaikan juga bahwa mudik semuanya akan kita larang," jelas Jokowi saat memimpin rapat terbatas, Selasa, 21 April 2020. 

Larangan mudik ini dikeluarkan Jokowi demi mencegah penyebaran virus Corona semakin meluas. Berdasarkan data Kementerian Perhubungan, Jokowi menyatakan bahwa ada 24 persen masyarakat yang masih bersikeras untuk mudik.

"Oleh sebab itu, saya minta persiapan-persiapan yang berkaitan dengan ini mulai disiapkan," katanya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Wabah Corona, Kuota Pendaftaran Sekolah Kemenhub 2020 Dikurangi

Posted: 07 May 2020 11:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menerapkan berbagai penyesuaian dalam pola pembelajaran bagi para taruna/taruni di sekolah kedinasannya ditengah Covid-19.

Salah satu yang diubah adalah presentasi bobot tugas-tugas yang diberikan saat belajar dari rumah ditingkatkan. Dimana bobot tugas 40 persen dan ujian akhir sebesar 60 persen. Saat ini sebagian besar taruna/taruni sekolah Kemenhub telah dipulangkan ke rumah untuk sementara waktu.

"Jadi kita lebih banyak memberikan tugas-tugas secara online, dan ini sudah berjalan efektif hingga saat ini," ujar Kepala BPSDM Kemenhub Sugihardjo kepada wartawan, Jumat (8/5/2020).

Tidak hanya dalam hal pembelajaran, penyesuaian juga dilakukan dalam hal Prektik Kerja Lapangan (PKL). Jika PKL sudah berjalan 50 persen dianggap telah menyelesaikan dan diberikan tugas tambahan.

 

Kuota Dikurangi

Sebanyak 100 taruna Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug melakukan kegiatan pembersihan lingkungan di pasar curug Tangerang.
Sebanyak 100 taruna Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug melakukan kegiatan pembersihan lingkungan di pasar curug Tangerang.

Akibat pandemi ini, BPSDM Kemenhub juga memutuskan untuk mengundurkan jadwal wisudah. Tidak hanya itu, kuota pendaftaran taruna/taruni baru untuk 2020 pun juga diturunkan.

"Jadi kuota yang awalnya kita 3.300 akan kita kurangi menjadi 2.676," tegasnya.

Tak seperti persyaratan tahun-tahun sebelumnya, BPSDM Kemenhub menambahkan beberapa syarat, salah satunya surat keterangan sehat di awal. Hal ini sebagai upaya dalam menanggulangi penyebaran virus corona.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Adi Kurdi Pemeran Abah di Keluarga Cemara Meninggal Dunia, Novia Kolopaking Berduka

Posted: 07 May 2020 11:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Adi Kurdi, pemeran Abah dalam sinetron Keluarga Cemara mengembuskan napas terakhirnya, Jumat (8/5/2020). Ia meninggal dunia karena stroke dan pembengkakan otak.

Salah satu orang yang ikut berduka selain keluarga atas kepergian Adi Kurdi adalah Novia Kolopaking. Wanita yang cukup lama menemani Abang di sinetron Keluarga Cemara.

Ya, Novia Kolopaking berperan sebagai Emak, lawan main Adi Kurdi.

 

Untuk Abah

Novia Kolopaking (Foto: Instagram/@noviakolopaking72)
Novia Kolopaking (Foto: Instagram/@noviakolopaking72)

Dalam akun Instagram @noviakolopaking72, wanita yang kini berhijab mengunggah foto Adi Kurdi tengah tertawa. Doa pun menyertai duka yang dirasakan.

"𝘋𝘶𝘬𝘢 𝘥𝘢𝘯 𝘋𝘰𝘢 𝘒𝘢𝘮𝘪⁣⁣⁣⁣𝘜𝘯𝘵𝘶𝘬 𝘈𝘣𝘢𝘩 𝘬𝘢𝘮𝘪 𝘴𝘦𝘮𝘶𝘢,⁣⁣⁣⁣ ⁣⁣⁣⁣ 𝐀𝐃𝐈 𝐊𝐔𝐑𝐃𝐈⁣⁣," tulisnya sebagai keterangan foto.

 

Meninggal Dunia

Novia Kolopaking (Foto: Instagram/@noviakolopaking72)
Novia Kolopaking (Foto: Instagram/@noviakolopaking72)

Dalam keterangan itu juga, Novia Kolopaking menyertakan waktu kepergian Adi Kurdi.

"Telah meninggalkan kita semua, pada hari Jum'at, 8 Mei 2020, Pukul 11.31 WIB," tambahnya.

 

Selamat Jalan

Padahal, mereka siap menayangkan film terbaru berjudul Terima Kasih Emak Terima Kasih Abah. Novia Kolopaking hanya bisa mengucapkan perpisahan untuk Adi Kurdi.

"Selamat jalan Abah, Rest in Peace and Love," pungkasnya.

 

Pemakaman

Rencananya, jenazah Adi Kurdi akan dimakamkan di Bengkel Teater W.S Rendra, Depok. Namun begitu, belum diketahui secara persis waktunya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ngabuburit, Gelandang Persib Bantu Istri Menyiapkan Makanan Berbuka Puasa dan Tadarus

Posted: 07 May 2020 11:40 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Gelandang Persib Bandung Abdul Aziz punya kegiatan lain selama menjalani ibadah puasa Ramadan di rumah. Untuk ngabuburit (menunggu azan magrib), pemain berusia 26 tahun itu membantu sang istri menyiapkan makanan untuk berbuka puasa.

Kegiatan itu dilakukan setelah pemain bernomor punggung 8 di Persib ini menjalani program latihan mandiri. Adanya jeda waktu sebelum berbuka diisi dengan menyiapkan makanan.

"Sesekali bantu istri menyiapkan buat berbuka puasa. Biasanya menu yang ada merupakan sajian yang mudah dibuat seperti salad buah," kata Aziz di Bandung, Kamis (7/5/2020), seperti dikutip dari laman Persib.

Aziz mengaku sedang banyak mengkonsumsi sayur dan buah-buahan. Maka, menu yang disiapkan diakuinya tidak terlalu sulit dibuat dan tidak memakan waktu lama.

"Makanan kesukaan salad buah dan kurma, harus selalu ada. Terus makanan harus ada sayurannya, soalnya saya lagi mencoba buat vegan," ucap pemain yang sejak 2016 berkostum Prsib. 

 

Tadarus

Gelandang Persib Bandung, Abdul Aziz, menggiring bola saat melawan Persiwa Wamena pada laga Piala Indonesia di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Senin (11/2). Persib menang 7-0 atas Persiwa. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)
Gelandang Persib Bandung, Abdul Aziz, menggiring bola saat melawan Persiwa Wamena pada laga Piala Indonesia di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Senin (11/2). Persib menang 7-0 atas Persiwa. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Selain kegiatan tersebut, mengaji juga dilakukan Aziz untuk mengisi waktu menjelang maghrib. Pada bulan Ramadan ini, dia pun ingin memaksimalkan waktu ibadah.

"Tadarus nambahin pahala di bulan Ramadan," ucapnya.

 

Gelandang Masa Depan Persib

Abdul Aziz tampil impresif bersama Persib Bandung pada Shopee Liga 1 2019. Ia pun disebut-sebut bisa menjadi salah satu gelandang masa depan Maung Bandung.

Namun, tidak seperti Febri Hariyadi dan Gian Zola, perjuangan Aziz menembus skuat utama Persib tak bisa dibilang mudah. Febri dan Zola mampu promosi karena faktor kebutuhan pemenuhan regulasi kompetisi yang diberlakukan musim 2017.

Sementara di saat yang sama, harapan Aziz pupus lantaran usianya saat itu sudah melebihi persyaratan masuk tim U-22. Bahkan, sebelum ada di posisinya saat ini, ia sempat melanglang buana ke kompetisi futsal bersama FKB Bandung dan Libido FC.

Kemudian, Aziz baru mencicipi petualangan kompetisi tertinggi sepak bola Indonesia dengan menjalani debut di Persiba Balikpapan musim 2016.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Roy Kiyoshi Positif Gunakan Benzo, Ada Resep Dokter?

Posted: 07 May 2020 11:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kasat Narkoba Polres Jakarta Selatan Kompol Vivick Tjangkung mengatakan, presenter sekaligus paranormal Roy Kiyoshi, positif menggunakan zat psikotropika jenis benzo. Kandungan obat yang biasa digunakan untuk penenang itu ditemukan saat polisi melakukan tes urine terhadap Roy. 

"Tadi saya sudah sampaikan, jenis-jenisnya psikotropika, dan pada saat kami lakukan tes urine, positif benzo," kata Vivick di Polres Jakarta Selatan, Jumat (8/5/2020). 

"(Barang bukti) kurang lebih 21 butir jenis psikotropika," sambung dia.

Dalam hal ini, Vivick enggan menyampaikan apakah pemakaian itu berdasarkan resep dokter atau tidak. Menurutnya, hal tersebut akan dijelaskan lebih lanjut.

Dia mengatakan, Roy Kiyoshi saat ini dalam kondisi baik dan sehat. Orangtuanya juga sudah datang berkunjung. 

Vivick juga menyampaikan, Roy ditangkap di kawasan Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu sore, sekitar pukul 17.00 WIB.

"Telah mengamankan seorang pria bernama Roy Kurniawan alias Roy Kiyoshi. Pada saat melakukan penggeledahan di daerah Cengkareng Indah Jakarta Barat ditemukan barang bukti psikotropika. Dan saat ini kami sedang melakukan pendalaman kasusnya kelanjutannya akan kami kabarkan," ujar Vivick.

Foto Roy Kiyoshi

Kabar penangkapan Roy Kiyoshi semula tersebar melalui sebuah foto yang beredar. Dalam foto tersebut terlihat Roy Kiyoshi sedang tertunduk di hadapan dua petugas yang dilengkapi dengan APD lengkap.

Saat dikonfirmasi mengenai berita Roy Kiyoshi tersebut kepada Kasat Narkoba Polres Jakarta Selatan, Vivick Tjangkung, mengatakan bahwa pihaknya akan menggelar konferensi pers dalam waktu dekat.

"Besok aja rilisnya siang," katanya saat dihubungi wartawan pada Kamis (7/5/2020) malam.

 

Reporter: Ronald Chaniago

Sumber: Merdeka 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kenali 8 Penyebab Lemas Saat Menjalani Ibadah Puasa di Bulan Ramadan

Posted: 07 May 2020 11:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Berpuasa di Bulan Ramadan terkadang membuat orang mengalami kondisi tubuh yang lemas. Itu sebabnya kita harus mengetahui penyebabnya sehingga bisa lebih mempersiapkan diri untuk esok harinya.

Menjalankan ibadah puasa tentu tidak cukup hanya mengandalkan siap menjaga haus dan lapar saja selama 14 jam. Tetapi juga harus siap untuk tetap produktif selama menjalankannya di bulan Ramadan ini.

Nah, penting juga untuk mengetahui penyebab lemas saat puasa yang paling utama. Yakni berkaitan erat dengan konsumsi makan dan minum saat sahur dan buka puasa.

Sumber stamina dan sumber energi tubuh hanya berasal dari konsumsi makan dan minum ini.

Tetapi tidak menutup kemungkinan ada banyak faktor juga yang dapat menyebabkan tubuh menjadi lemas saat puasa di Bulan Ramadan. Berikut penjelasan mengenai penyebab lemas saat puasa yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber:

 

 

4 Penyebab

ilustrasi buka puasa/pexels
ilustrasi buka puasa/pexels

1. Berlebihan Mengonsumsi Karbohidrat Olahan

Karbohidrat memang sangat bisa menjadi sumber energi dan sumber stamina yang cepat terbentuk. Tubuh akan memecah karbohidrat menjadi gula, yang kemudian akan digunakan untuk bahan bakar. Tetapi bukan berarti juga saat sahur dan buka puasa lantas banyak mengonsumsi karbohidrat olahan ini. Jika terlalu banyak mengonsumsinya, justru akan membuat tubuh menjadi lebih lelah dari biasanya.

Saat gula dan karbohidrat olahan dikonsumsi, keduanya menyebabkan gula darah meningkat dengan cepat. Memang cepat membuat tubuh bertenaga, tetapi masalah barunya justru kadar gula darah juga akan memburuk. Hingga keadaan inilah yang membuat tubuh menjadi lemas saat menjalankan ibadah puasa.

2. Kualitas Tidur Buruk

Saat akan menjalankan ibadah puasa, memerhatikan waktu tidur juga penting sekali dilakukan apalagi saat puasa di bulan Ramadan. Harus bangun di sepertiga malam terakhir untuk sahur, salat subuh tepat waktu, dan bangun pagi untuk beraktivitas kembali seperti biasa.

Jika kurang tidur pada malam harinya, kebiasaan sahur dan salat subuh sudah pasti kacau. Bangun pagi juga akan sulit dilakukan. Dan saat tubuh kurang tidur yang berarti pula kurang istirahat, sudah pasti tubuh akan menjadi lemas.

Tubuh melakukan banyak hal saat tidur, termasuk menyimpan memori dan melepaskan hormon yang mengatur tingkat metabolisme dan energi tubuh kita. Menurut American Academy of Sleep Medicine and Sleep Research Society, orang dewasa membutuhkan rata-rata 7 jam tidur per malam untuk kesehatan yang optimal.

Setelah tidur malam dengan kualitas tinggi, biasanya pada keesokan harinya akan terbangun dengan perasaan lebih segar, lebih waspada, dan lebih berenergi.

3. Tidak Produktif

Menjadi lebih aktif dan produktif di keesokan hari merupakan salah satu kunci tubuh tidak mengalami kondisi lemas saat puasa. Jangan sampai saat menjalankan ibadah puasa, justru di siang harinya hanya tidur seharian. Kebiasaan terlalu berlebihan beristirahat inilah yang akan membuat tubuh menjadi semakin lemas.

Penelitian juga menunjukkan bahwa berolahraga dapat mengurangi rasa lelah pada orang yang sehat, maupun mereka yang menderita penyakit lain termasuk berpuasa. Saat sedang berpuasa, sebenarnya sangat dianjurkan untuk tetap berolahraga. Tujuannya agar kondisi fisik menjadi lebih bugar. Namun tetap lakukan dengan durasi secukupnya dan intensitas yang tidak memberatkan puasa.

4. Tidak Cukup Kalori

Mengonsumsi terlalu sedikit kalori juga dapat menyebabkan badan menjadi lemas saat menjalankan ibadah puasa. Tentu saja tubuh menggunakannya untuk bergerak dan memicu proses seperti bernapas dan mempertahankan suhu tubuh agar tetap konstan.

Kebanyakan orang membutuhkan minimal 1.200 kalori per hari untuk mencegah perlambatan metabolismenya. Jadi memenuhi kebutuhan kalori dengan konsumsi karbohidrat ini sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh saat akan menahan haus dan lapar selama 14 jam.

Ketika tubuh hanya diberi asupan makan dengan terlalu sedikit kalori, metabolisme akan melambat untuk menghemat energi. Hal ini kemudain akan berpotensi menyebabkan kelelahan. Kebutuhan kalori seseorang tergantung pada berat badan, tinggi badan, usia, dan faktor lainnya.

Penyebab Lain

5. Pola Tidur Salah

Selain kurang tidur, tidur di waktu yang salah juga dapat mengurangi stamina dan energi saat puasa. Tidur di siang hari dengan durasi waktu yang cukup lama juga akan mengganggu ritme sirkadian tubuh kita. Tidur siang memang dianjurkan, tetapi lebih baik untuk tidur siang dengan durasi 15-20 menit saja.

Menurut sebuah penelitian, ketika pola tidur tidak selaras dengan ritme sirkadian maka kelelahan kronis dapat berkembang. Ini akan menjadi masalah yang umum terjadi pada orang yang bekerja dengan sistem shift atau kerja malam. Kondisi ini juga rentan dialami oleh orang yang sedang berpuasa.

6. Tidak Mengonsumsi Cukup Protein

Ternyata asupan protein yang rendah bisa memengaruhi kondisi tubuh saat berpuasa. Tentu saja, mengonsumsi protein memang ditujukan untuk meningkatkan laju metabolisme tubuh lebih dari yang dihasilkan oleh karbohidrat atau lemak.

Menurut sebuah penelitian di Korea Selatan, ditemukan seorang mahasiswa yang mengonsumsi makanan berprotein tinggi seperti ikan, daging, telur dan kacang-kacangan setidaknya dua kali sehari, ternyata jarang sekali mengalami kelelahan.

7. Dehidrasi

Dehidrasi juga merupakan kondisi kekurangan cairan yang biasa dialami oleh orang yang menjalankan ibadah puasa. Kondisi ketika tubuh tidak minum cukup cairan untuk bisa menggantikan air yang hilang melalui urine, feses, keringat, dan nafas. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa dehidrasi ringan dapat menyebabkan tingkat energi yang lebih rendah dan penurunan kemampuan untuk berkonsentrasi

Jadi memang menjaga tubuh agar tetap terhidrasi sangat penting untuk memiliki tingkat energi yang baik saat akan berpuasa. Mencukupi kebutuhan cairan dengan minum air putih bisa dilakukan saat buka puasa, malam hari, dan saat sahur. Dan jika tidak terlalu suka mengonsumsi terlalu banyak air putih bisa juga dengan mengonsumsi buah, sayur, dan masakan yang mengandung air tinggi.

8. Stres Kronis

Ternyata stres kronis memiliki efek mendalam pada tingkat energi dan kualitas hidup saat menjalankan ibadah puasa. Menurut sebuah penelitian, meskipun stres adalah hal yang normal, tetapi tingkat stres yang berlebihan juga dapat mengakibatkan kelelahan. Selain itu, respons pikiran terhadap stres juga bisa memengaruhi kondisi tubuh saat puasa. Hingga membuat kondisi tubuh menjadi lebih lemas dari biasanya.

Disadur dari: Kanal Ramadan Liputan6.com (penulis Laudia T, editor Nanang F, published 8/5/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Ikut BPJS Kesehatan, Biaya Pasien Corona Tetap Ditanggung Pemerintah

Posted: 07 May 2020 11:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah menanggung semua biaya perawatan pasien Corona. Pemerintah tetap akan menanggung biaya tersebut meskipun pasien tidak ikut serta di program jaminan kesehatan nasional (JKN) atau terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan.

"Seluruh penduduk Indonesia tidak memandang apakah yang bersangkutan adalah peserta JKN atau Peserta BPJS ataupun bukan," kata Deputi Direksi Bidang Jaminan Pembiayaan Kesehatan Rujukan BPJS Kesehatan, Budi Mohamad Arief di Graha BNPB, Jakarta Timur, Jumat (8/5/2020).

Hal yang sama juga berlaku bagi warga negara asing (WNA) yang terpapar Covid-19 dan menjalani perawatan di Indonesia. Pemerintah menjamin biaya perawatan sakit yang dialami WNA akibat virus Corona.

"Bahkan warga negara asing pun yang mereka sedang ada di Indonesia dan kebetulan menderita serangan penyakit akibat covid itu pun biaya perawatan akan dijamin oleh pemerintah," tutur Budi.

Budi melanjutkan, pemerintah telah menyatakan siap untuk memberikan jaminan kepada masyarakat yang menderita penyakit yang terkait dengan Covid-19. Meskipun Covid-19 tidak termasuk dalam program JKN.

Dalam hal ini pemerintah memberikan amanah kepada BPJS Kesehatan untuk berkontribusi dalam penanganan klaim perawatan pasien Covid-19. Hal itu tertuang dalam surat tugas yang dikeluarkan Kementerian Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan.

Surat yang diterbitkan 26 April 2020 itu menugaskan BPJS Kesehatan untuk melakukan verifikasi klaim covid-19.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

Biaya Penanganan Rumah Sakit Pasien Corona Covid-19, Gratis atau Bayar?

Tim dokter bersiap melakukan pengecekan persiapan ruang modular di RS Pertamina Jaya, Jakarta, Senin (6/4/2020). Secara keseluruhan RSPJ memiliki kapasitas 160 tempat tidur dengan 65 kamar isolasi dengan negative pressure untuk merawat pasien yang positif Corona. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Tim dokter bersiap melakukan pengecekan persiapan ruang modular di RS Pertamina Jaya, Jakarta, Senin (6/4/2020). Secara keseluruhan RSPJ memiliki kapasitas 160 tempat tidur dengan 65 kamar isolasi dengan negative pressure untuk merawat pasien yang positif Corona. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sebelumnya, berdasarkan data pemerintah, total kasus positif virus Corona Covid-19 di Indonesia mencapai 6.575 orang.

Data itu diperoleh hingga 19 April 2020 pukul 12.00 WIB. Sedangkan jumlah pasien meninggal dunia menjadi 582 orang dan pasien sembuh ada 686 orang.

Meski sudah ada banyak kasus, polemik terkait pembiayaan pasien Corona Covid-19 hingga saat ini masih bergulir.

Menurut Ketua Umum DPP Masyarakat Hukum Kesehatan Indonesia (MHKI) dr. Mahesa Paranadipa Maikel, masih ada rumah sakit memungut biaya dari pasien Corona Covid-19, termasuk mereka yang tidak mampu.

"Bahkan, ada rumah sakit yang mewajibkan setiap pasien, tidak hanya pasien suspect, untuk melakukan pemeriksaan rapid test maupun polymerase chain reaction (PCR)," ujar Mahesa.

Hal tersebut menurut Mahesa makin memberatkan pasien ketika ingin mendapatkan layanan di rumah sakit.

"Pasien jaminan BPJS Kesehatan yang keluhan sakitnya tidak berkenaan dengan Covid-19 seharusnya tidak dibebankan biaya tambahan karena telah dijamin dengan dana JKN," ucapnya.

Oleh karena itu, Mahesa meminta pemerintah untuk mengatasi masalah pembiayaan ini, mengingat makin bertambahnya kasus Corona Covid-19. Sehingga, kata dia, rumah sakit dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tetap bisa melayani masyarakat.

"Selain itu, perlindungan bagi seluruh petugas kesehatan harus juga diperhatikan dengan serius. Jika rumah sakit tidak lagi mampu membayar gaji dan jasa medik, dikhawatirkan pelayanan akan terhenti. Tanggung jawab pemerintah pusat dan daerah harus benar-benar dijalankan," papar Mahesa.

Lantas, bagaimana sebenarnya pembiayaan bagi pasien Corona Covid-19?

Termasuk Kejadian Luar Biasa

Tim dokter menutup ruang ICU RS Pertamina Jaya, Jakarta, Senin (6/4/2020). Secara keseluruhan RSPJ memiliki kapasitas 160 tempat tidur dengan 65 kamar isolasi dengan negative pressure untuk merawat pasien yang positif Corona. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Tim dokter menutup ruang ICU RS Pertamina Jaya, Jakarta, Senin (6/4/2020). Secara keseluruhan RSPJ memiliki kapasitas 160 tempat tidur dengan 65 kamar isolasi dengan negative pressure untuk merawat pasien yang positif Corona. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Mengacu pada Undang-Undang (UU) Nomor 4 Tahun 1984 tentang Wabah Penyakit Menular, UU Nomor 36/2009 tentang Kesehatan, dan UU Nomor 6/2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan, pembiayaan penyakit yang telah ditetapkan sebagai kejadian luar biasa (KLB) atau wabah sepenuhnya ditanggung oleh Pemerintah.

Kemudian, Kementerian Kesehatan juga telah menerbitkan Keputusan Menteri Kesehatan (KMK) Nomoe HK.01.07/MENKES/238/2020 tentang Petunjuk Teknis Klaim Penggantian Biaya Perawatan Pasien Penyakit Infeksi Emerging Tertentu Bagi Rumah Sakit Yang Menyelenggarakan Pelayanan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Dalam bab II poin A dalam surat itu, ada tiga kriteria pasien yang dapat mengklaim biaya perawatan terkait Covid-19.

Klaim dapat dilakukan oleh pasien berstatus orang dalam pemantauan (ODP), pasien dalam pemantauan (PDP), dan pasien positif Covid-19.

Dari KMK ini, Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 1116 Tahun 2020 pada tanggal 9 April 2020 yang ditujukan kepada dinas kesehatan dan direktur rumah sakit seluruh Indonesia perihal wajib lapor kasus Covid-19.

Berdasarkan hal itu, Wakil Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Adib Khumaidi mengungkapkan, seluruh pasien positif Corona, baik Orang Dalam Pemantauan (ODP) maupun Pasien Dengan Pengawasan (PDP), biaya perawatannya ditanggung oleh pemerintah. Termasuk para tenaga medis yang terpapar virus Covid-19.

"Jadi sesuai dengan apa yang dikatakan Presiden Jokowi maupun Kementerian Kesehatan (Kemenkes) seluruh pasien positif corona yang ODP dan PDP ditanggung pemerintah, termasuk tenaga medis," terang Wakil Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Adib Khumaidi saat dihubungi merdeka.com, Jumat, 17 April 2020.

Akan tetapi, bagi orang yang positif Covid-19 dengan status Orang Tanpa Gejala (OTG) itu akan disarankan untuk isolasi mandiri.

"Tetapi untuk yang OTG itu akan disarankan untuk isolasi mandiri jadi tidak ada tanggungan perawatan, termasuk para tenaga medis karena dia kan isolasi mandiri," ucap Adib.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Hal Terkait McD Sarinah Tutup, Permintaan Manajemen hingga Bikin Sedih Pelanggan

Posted: 07 May 2020 11:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Restoran McDonald's atau McD Sarinah, Jakarta Pusat akan berhenti beroperasi mulai Minggu, 10 Mei 2020 mendatang.

Gerai makanan cepat saji McD Sarinah itu akan tutup tepat pukul 22.05 WIB. Hal tersebut seperti disampaikan Direktur Marketing Communications, Digital dan CBI McDonald's Indonesia Michael Hartono.

"Kami menyadari restoran McDonald's di Sarinah Thamrin ini merupakan salah satu restoran kami yang penting dan sangat bersejarah, tidak hanya bagi kami namun juga bagi konsumen kami. Bukan hanya karena lokasinya yang strategis, namun juga karena banyak kenangan yang tercipta di sana." kata Michael sebagaimana dikutip dari keterangan pers, Jumat (8/5/2020).

"Bagi kami, McDonald's Thamrin adalah flagship store yang menjadi tonggak sejarah kehadiran McDonald's di Indonesia," lanjutnya.

Ditutupnya McD Sarinah ini pun langsung menyita perhatian masyarakat. Hal tersebut lantaran banyaknya masyarakat yang sering menghabiskan waktu di tempat tersebut.

Bahkan, rencana penutupan McD Sarinah menjadi salah satu trending topic di Twitter. Banyak netizen yang kecewa dengan penutupan gerai pertama McD yang ada di Indonesia itu.

"Waktu kecil ke sini sama keluarga kalo hari Minggu, sekalian beli baju di Sarinah..jaman kuliah tempat janjian sama teman2 huhu sedih jg ya..," tulis akun @pitchblack25.

Berikut 4 hal terkait penutupan gerai McD Sarinah dihimpun Liputan6.com:

 

Permintaan Manajemen Sarinah

Pejalan kaki melintas di depan pusat perbelanjaan Sarinah, Jakarta, Jumat (3/4/2020). Pemerintah menetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar dengan membatasi kegiatan tertentu penduduk di wilayah yang diduga terinfeksi COVID-19. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Pejalan kaki melintas di depan pusat perbelanjaan Sarinah, Jakarta, Jumat (3/4/2020). Pemerintah menetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar dengan membatasi kegiatan tertentu penduduk di wilayah yang diduga terinfeksi COVID-19. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Gerai makanan cepat saji McDonald's yang bertempat di pusat perbelanjaan Sarinah akan segera ditutup permanen mulai 10 Mei 2020, tepat pukul 22.05 WIB.

Hal ini menindaklanjuti keputusan manajemen gedung Sarinah yang akan melakukan renovasi dan perubahan strategi bisnis pada bangunan milik pemerintah tersebut.

 

 

Gerai McD Pertama di Indonesia

Ilustrasi McDonald's. (dok. Foto Thabang Mokoena/Unsplash)
Ilustrasi McDonald's. (dok. Foto Thabang Mokoena/Unsplash)

Michael Hartono, Direktur Marketing Communications, Digital dan CBI McDonald's Indonesia menyatakan, McDonald's di Sarinah menjadi gerai pertama McDonald's dan menjadi tonggak sejarah kehadiran jaringan McDonald's di seluruh Indonesia.

"Kami menyadari restoran McDonald's di Sarinah Thamrin ini merupakan salah satu restoran kami yang penting dan sangat bersejarah, tidak hanya bagi kami namun juga bagi konsumen kami. Bukan hanya karena lokasinya yang strategis, namun juga karena banyak kenangan yang tercipta di sana. Bagi kami, McDonald's Thamrin adalah flagship store yang menjadi tonggak sejarah kehadiran McDonald's di Indonesia," kata Michael sebagaimana dikutip dari keterangan pers, Jumat (8/5/2020).

Adapun, McDonald's pertama kali dibuka di Sarinah pada 14 Februari 1991. Sempat meninggalkan Sarinah pada 2009, McDonald's berhasil kembali lagi pada 2011 melalui proses tender.

Tak PHK Karyawan

Dia tidak bergerak dari kursinya selama tujuh jam hingga seorang pengunjung menyadari ada keanehan.
Dia tidak bergerak dari kursinya selama tujuh jam hingga seorang pengunjung menyadari ada keanehan.

Michael mengatakan, dengan ditutupnya restoran McD Sarinah ini, perusahaan memastikan seluruh karyawan yang selama ini bekerja di restoran tersebut akan tetap mempertahankan pekerjaannya dan direlokasi ke berbagai restoran McDonald's lainnya.

"Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua konsumen setia kami yang telah bersama-sama membesarkan McDonald's Sarinah Thamrin dan menciptakan berjuta kenangan manis bersama kami di sana. Kami akan terus berusaha memberikan yang terbaik kepada konsumen kami dan mencari lokasi-lokasi strategis yang lain," jelas Michael.

Sementara sebagai alternatif, konsumen dapat mengunjungi restoran-restoran terdekat dengan Sarinah seperti McDonald's Hayam Wuruk, McDonald's Raden Saleh, McDonald's Cideng dan McDonald's Central Plaza.

 

Kesedihan Bergaung di Sosial Media

Sejumlah kendaraan melintas di depan pusat perbelanjaan Sarinah, Jakarta, Jumat (3/4/2020). Pemerintah menetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar dengan membatasi kegiatan tertentu penduduk di wilayah yang diduga terinfeksi COVID-19. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Sejumlah kendaraan melintas di depan pusat perbelanjaan Sarinah, Jakarta, Jumat (3/4/2020). Pemerintah menetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar dengan membatasi kegiatan tertentu penduduk di wilayah yang diduga terinfeksi COVID-19. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Ditutupnya gerai McD Sarinah cukup memukul masyarakat dan membuat kecewa. Hal itu lantaran mereka banyak memiliki kenangan di sana.

Usai kabar penutupan, cuitan McD Sarinah pun menjadi trending topic di Twitter. McDonald's Indonesia juga mengumumkan penutupan gerainya di Sarinah melalui media sosial Twitter.

"Terlalu banyak cerita dan juga kenangan yang pernah kita lewati bersama di sini. Mulai dari berbagi kesedihan sampai kebahagiaan.

McDonald's Sarinah - Thamrin menjadi McDonald's pertama di Indonesia dan hampir 30 tahun hadir untuk membagi kebahagiaan untuk semua," cuit akun Twitter @McDonalds_ID.

Usai menulis cuitan tersebut, cukup banyak netizen yang bercerita soal kenangan mereka di McD Sarinah.

"Waktu kecil ke sini sama keluarga kalo hari Minggu, sekalian beli baju di Sarinah..jaman kuliah tempat janjian sama teman2 huhu sedih jg ya..," tulis akun @pitchblack25.

"MEMORINYA BANYAK BANGET DARI KECIL SAMPE UDH SEGEDE GINI DIBAWA ORTU,SAMPE BISA JALAN SENDIRI KE MCD SARINAH SENDIRILoudly crying faceLoudly crying face," tulis @halotemanserasa.

"Seriusss? Tempat ngedate nyokap bokap gw!!!! pertama kali kesana taun 1996 umur gw 2 tahun (kata nyokap), kalo tiap minggu selalu jalan dan pasti selalu makan disana. #McDrive," cuit @Affandiiiiii.

"Terimakasih McDonald Sarinah, saksi perjuangan kehidupan keras di Jkt. Banyak cerita disitu Smiling face with 3 heartsSmiling face with 3 heartsBeating heart," tulis @FloNadayang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemkab Tulungagung Longgarkan Karantina Desa Terpapar COVID-19

Posted: 07 May 2020 11:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemkab Tulungagung, Jawa Timur akhirnya melonggarkan kebijakan karantina wilayah di Desa Jabalsari, menyusul sudah ditemukannya 18 warga yang reaktif berdasar pemeriksaan rapid test dan sembilan di antaranya terkonfirmasi COVID-19.

"Jabalsari sudah melalui tren yang positif, menuju ke flat. Kami berharap tren selanjutnya akan turun. Hasil rapid tes dari 1.183 warga pada jangkauan erat terluar sudah tidak ditemukan lagi," kata Satuan Tugas Komunikasi Informasi dan Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Tulungagung, Jawa Timur, Galih Nusantoro, Kamis, 7 Mei 2020.

Pencabutan status karantina dimaksudkan agar warga yang sehat bisa beraktivitas seperti biasa, termasuk dalam hal bekerja ataupun aktivitas lainnya, dilansir dari Antara.

Sementara untuk warga yang terkonfirmasi reaktif terhadap rapid test, semuanya telah dikarantina, sehingga risiko penularan bisa diredam.

"Meski statusnya dicabut, kami tetep mengingatkan kepada warga untuk tetap melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing," ujarnya.

Seluruh portal atau penghalang di tiap jalan masuk ke Jabalsari sudah dibuka dan warga bisa melakukan aktifitasnya seperti biasa.

Protokol kesehatan yang dimaksud adalah tetap menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan dengan sabun. Pelaksanaan karantina COVID-19 secara mandiri penerapannya hampir sama dengan tinggal di rumah namun dilakukan dengan lebih ketat.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lawan Pertamini, Pertamina Harus Perbanyak Mini SPBU

Posted: 07 May 2020 11:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) mendorong PT Pertamina (Persero) untuk memperbanyak keberadaan Mini SPBU di berbagai pelosok daerah. Upaya itu dianggap dapat menutup usaha Pertamini ilegal yang masif tersebar di banyak wilayah pedalaman.

Kepala BPH Migas M Fanshurullah Asa mengatakan, pihaknya sebenarnya tak bisa mengawasi penyebaran Pertamini yang tak punya izin usaha niaga umum.

Namun begitu, ia mengusulkan kepada Pertamina serta badan usaha (BU) swasta lain agar berani membuka Mini SPBU yang penyebarannya belum merata di luar Pulau Jawa.

"Maka kami mengusulkan dibuat ada namanya Mini SPBU. Itu adalah SPBU atau penyalur (BBM) yang skalanya lebih kecil, investasinya hanya sekitar Rp 100-400 juta," imbuhnya dalam kuliah virtual bersama Universitas Padjadjaran, Jumat (8/5/2020).

Menurut dia, Pertamina sebenarnya sudah membuat beberapa Mini SPBU, namun masih terpusat di kawasan Jawa Barat. Di sisi lain, badan usaha swasta seperti ExxonMobil Indonesia justru lebih masif menyebar keberadaannya.

 

Bisa Dongkrak Ekonomi

Kios yang dibuat menggunakan drum yang disambungkan dengan pompa manual untuk menaikkan bensin lalu ditampung dalam tabung khusus (Liputan6.com/Johan Tallo).
Kios yang dibuat menggunakan drum yang disambungkan dengan pompa manual untuk menaikkan bensin lalu ditampung dalam tabung khusus (Liputan6.com/Johan Tallo).

Oleh karenanya, ia menginstruksikan Pertamina agar lebih kencang dalam pendistribusian BBM melalui Mini SPBU di berbagai daerah, sehingga turut mendongkrak perekonomian setempat.

"Karena kalau membangun Mini SPBU di wilayah pedalaman tak ada yang mau, terutama di kampung-kampung. Dengan lebih kecil investasinya, maka dia (Pertamina) bisa dapat keuntungan," tuturnya.

"Kalau ini berjalan dengan baik, Pertamini ini bisa habis dengan sendirinya, karena yang ditetapkan Mini SPBU harganya akan dibawah Pertamini," tandas Fanshurullah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menperin Optimis IKM Fesyen Muslim Indonesia Semakin Mendunia

Posted: 07 May 2020 11:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang, optimis Industri Kecil Menengah (IKM) fesyen muslim Indonesia bisa berada diperingkat satu pusat fesyen muslim dunia. Hal ini dicapai dengan salah satu kampanyenya yakni Beli Produk Lokal Fesyen Muslim #LebaranUntukSemua.

Hal itu dilihat dari kondisi adanya wabah virus corona yang menyerang secara global. Maka dari itu dirinya optimis bahwa saat ini adalah saat yang tepat untuk mengembangkan IKM fesyen muslim Indonesia secara global.

"Kampanye IKM fesyen muslim bertajuk lebaran untuk semua bisa membantu IKM fesyen muslim bisa mempromosikan produknya, dapat memberikan dampak positif bagi IKM fesyen muslim nasional dan sama-sama harus mempersiapkan diri menjadi pusat fesyen muslim di dunia, ini momentum yang baik kea rah itu," kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang dalam acara Launching Kampanye Fesyen Muslim #LebaranUntukSemua, Jumat (8/5/2020).

Ia menyebut menurut State of the Global Islamic Economy Report pada tahun 2019 – 2020 melaporkan bahwa konsumsi fesyen muslim di dunia mencapai USD 283 miliar. Hal ini terus meningkat dengan proyeksi laju pertumbuhan rata-rata 6 persen.  

Bahwa umat muslim di dunia menjadi salah satu mendorong pertumbuhan industri fesyen muslim. Sehingga pada 2024 konsumsi fesyen muslim dunia diproyeksikan akan senilai USD 402 miliar.

Sementara konsumsi Indonesia sendiri masih disekitar USD 21 miliar, tentu hal ini menunjukkan masih terbuka peluang pasar yang sangat besar di dalam pasar global maupun domestik domestik di Indonesia yang harus di isi oleh industri fesyen muslim yang ada di Indonesia.

Melihat segala keunggulan dan potensi di Indonesia, Menteri Agus menegaskan bagi para pelaku usaha perlu memiliki terobosan dan inovasi untuk konsumennya baik dalam dan luar negeri.

"Covid-19 sedikit banyak akan merubah perilaku masyarakat termasuk perilaku konsumen," ujarnya.

 

Tak Terganggu Corona

Koleksi
Koleksi

Menurut Dia dengan berubahnya pola kehidupan yang memanfaatkan teknologi dan digital, ditambah adanya wabah virus corona ini, ia menilai meskipun kegiatan beralih menjadi di rumah saja atau working from home (WFH) tidak sama sekali mengganggu dari pekerjaannya, bahkan lebih efisien dalam melakukan tugas.

"Pasti akan ada perubahan perilaku baik untuk kita dan konsumen. Kenormalan baru akan terbentuk dan tentu akan memberi perhatian kepada kita untuk selalu menjaga kesehatan, secara bersamaan kita harus tetap menjaga agar sektor perekonomian bisa bergerak," ujarnya.

Tentu  sangat penting karena sektor perekonomian itu memiliki relasi dan dampak bagi sektor-sektor yang lain, meskipun nanti saat vaksin sudah ditemukan tetap harus menjaga dua sisi antara menjaga kesehatan dan menggerakan ekonomi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Akan Periksa ABK WNI Korban Dugaan Perbudakan di Kapal China secara Online

Posted: 07 May 2020 11:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kasus dugaan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) ke sejumlah Anak Buah Kapal (ABK) Warga Negara Indonesia (WNI) di kapal China yang sempat viral di Korea Selatan (Korsel), turut mendapat perhatian Polri.

Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Pol Ferdy Sambo menyampaikan, penyidik telah mengagendakan pemeriksaan kepada seluruh ABK WNI tersebut.

"Sore ini kan baru akan sampai di Indonesia," tutur Sambo saat dikonfirmasi, Jumat (8/5/2020).

Menurut Sambo, pemeriksaan akan dilakukan secara online. Mengingat para ABK harus melakukan karantina diri sesuai protokol kesehatan virus Corona atau Covid-19 di Indonesia.

"Mereka akan melakukan karantina dulu 14 hari untuk SOP Covid. Kemudian baru akan direncanakan pemeriksaan secara virtual," jelas Sambo.

Sebelumnya, para ABK WNI yang diduga korban pelanggaran HAM kapal China, berhasil menceritakan peristiwa yang dialami ke awak media Korea Selatan (Korsel) saat berlabuh di Busan.

Kasus tersebut langsung direspon oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Seoul, Korsel.

"Sebagaimana diberitakan stasiun TV MBC Selasa (5 April 2020) malam, saat ini terdapat 14 ABK WNI yang sedang menjalani karantina di kota Busan sejak diturunkan dari kapal pada tanggal 24 April yang lalu," tutur Dubes RI untuk Korea Selatan, Umar Hadi saat dihubungi Liputan6.com, Rabu 6 April 2020 malam.

Umar menegaskan, KBRI Seoul memberi perhatian serius terhadap kasus yang menimpa ABK WNI di atas kapal penangkap ikan berbendera China tersebut.

"Para ABK WNI tersebut telah meminta bantuan pengacara pro bono setempat untuk menyelesaikan permasalahan mereka," jelas dia.

Menurut Umar, para ABK itu kini dalam kondisi baik dan sehat. Mereka akan segera dipulangkan ke Tanah Air usai masa karantina di Korea Selatan selesai.

"Otoritas penegak hukum Korsel sedang melakukan pemeriksaan atas permasalahan tersebut, termasuk laporan pelarungan jenazah rekan-rekan mereka di laut lepas," Umar menandaskan.

Penelusuran Liputan6.com, para ABK itu berada di kapal Long Sing 629 milik China. Mereka memberikan informasi tentang keadaan mereka ke media Korsel saat sedang berlabuh di Busan.

Media MBC melaporkan bahwa ketika penyelidikan hendak dilakukan, kapal tersebut sudah kembali melanjutkan perjalanan. Dalam video yang ditunjukkan MBC, terlihat ada seorang ABK yang meninggal di kapal tersebut yang kemudian jasadnya dibuang ke laut.

Media tersebut juga turut mengungkapkan bahwa sebelum jasad yang ada di video tersebut dibuang, ada pula beberapa jasad lainnya yang telah dibuang terlebih dahulu, tepat setelah mereka meninggal dunia.

Menurut informasi dari salah seorang saksi, ada empat ABK yang telah meninggal dunia selama perjalanan kapal tersebut.

Kesaksian

Selanjutnya, media MBC juga menampilkan adanya surat pernyataan dari para ABK yang menyatakan kesediaan mereka untuk dikremasi bila timbul suatu musibah hingga meninggal di tempat kapal itu bersandar.

Sebuah kesaksian yang juga ditampilkan MBC menyatakan, sistem kerja di kapal milik Republik Rakyat Tiongkok (RRT) tersebut memiliki kondisi yang tidak layak, termasuk mengeksploitasi tenaga kerja yang ada.

Bahkan menurutnya, ABK yang meninggal tersebut sebelumnya sudah sakit selama satu bulan.

"Awalnya keram, terus tahu-tahu kakinya bengkak. Dari kaki terus nyerang ke badan, terus sesak dia," ujar seorang saksi yang ditampilkan MBC.

Keadaan digambarkan lebih parah lagi, ketika ada laporan bahwa air mineral yang dibawa untuk perbekalan di kapal tersebut hanya diminum oleh awak China. Sedangkan awak Indonesia hanya diizinkan meminum air laut yang difiltrasi.

"Pusing terus enggak bisa minum air itu sama sekali. Pernah juga sampai kaya ada dahak-dahak di sini," ujar saksi tersebut.

Seorang saksi yang lain mengatakan bahwa para ABK memiliki jam kerja hingga 18 jam dengan waktu istirahat hanya 6 jam setelahnya.

Tak sampai disitu, upah yang didapat mereka selama bekerja hingga 13 bulan hanya sekitar US$ 120 atau Rp 1,7 juta. Atau dengan kata lain, gaji bulanannya hanya sekitar Rp 100.000.

Kapal tersebut semestinya bertujuan menangkap ikan tuna, namun, terkadang juga menangkap ikan hiu. Aktivitas ilegal itulah yang membuat mereka tidak bisa berhenti di daratan mana pun.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Jokowi Tetapkan 64 Daerah Tertinggal, Ini Sebarannya

Posted: 07 May 2020 11:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Jokowi mengeluarkan Perpres terbaru tentang 64 daerah tertinggal periode 2020-2024. Sebagian besar wilayahnya terdapat di Provinsi Indonesia bagian timur.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Video Pasien ODGJ Tak Berdaya Saat Disiram Selang Air di Ogan Ilir

Posted: 07 May 2020 11:30 PM PDT

Liputan6.com, Palembang - Warga Sumatera Selatan (Sumsel) dibuat heboh, dengan viralnya video seorang pasien Orang Dalam Gangguan Kejiwaan (ODGJ) di Kabupaten Ogan Ilir yang dimandikan dengan kondisi tak bergerak.

Dalam video berdurasi 2 menit 16 detik tersebut, terekam seorang pasien OGDJ terbaring lemas tak berdaya di atas kasur, dan disiram pakai selang air oleh seorang pria yang menggunakan masker.

Perekam video yang bersuara pria tersebut, menjelaskan kondisi pasien yang ternyata berada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tanjung Senai Kabupaten Ogan Ilir Sumsel. Diduga kejadian ini terjadi pada hari Rabu (6/5/2020) malam.

"Ini kondisi pasien ODGJ di RSUD Tanjung Senai dipulang paksa. Atas permintaan Direktur RS Tanjung Senai dikeluarkan. Kondisi pasien masih tidak berdaya. Ini yang mandikan saudara Budi, Tagana kita dari Dinsos Ogan Ilir," ucap pria perekam video tersebut, Kamis (7/5/2020).

Dalam video tersebut, baik pria perekam maupun Budi yang menyiram pasien tersebut melakukan percakapan.

Mereka saling sahut menyahut, mempertanyakan kondisi pasien apakah masih hidup atau sudah meninggal dunia. Terdengar juga suara perempuan, yang menyatakan jika kondisi pasien masih hidup.

Viralnya video ini langsung ditanggapi serius oleh Tokoh Masyarakat Kabupaten Ogan Ilir Suharmawinata.

Dia pun langsung bergerak cepat untuk mengetahui kondisi yang sebenarnya, yang terindikasi melanggar Hak Asasi Manusia (HAM).

"Hasil yang kami dapatkan, pasien merupakan ODGJ ditemukan di jalan nasional di Desa Tebing Gerinting. Yang dibawa ke RSUD Tanjung Senai Kabupaten Ogan Ilir Sumsel," katanya.

Karena kondisi pasien tersebut dalam keadaan kotor, sehingga petugas Dinsos Ogan Ilir langsung membersihkan tubuh pasien dengan cara memandikan pakai selang air.

Dia pun sudah mendengar penjelasan dari Direktur Utama (Dirut) RSUD Tanjung Senai Ogan Ilir Roreta Arta Guna, jika pasien saat ini masih di rumah sakit untuk proses pemulihan fisik.

"Jika sudah sehat baru akan diantar ke RS Jiwa Ernaldi Bahar Palembang. Itu info langsung dari Dirut RSUD Tanjung Senai Ogan Ilir," ucapnya.

 

Klarifikasi Pihak Rumah Sakit

Potongan video pasien ODGJ di Kabupaten Ogan Ilir Sumsel yang tak berdaya ketika disiram petugas Dinsos Ogan Ilir pakai selang air (Liputan6.com / Nefri Inge)
Potongan video pasien ODGJ di Kabupaten Ogan Ilir Sumsel yang tak berdaya ketika disiram petugas Dinsos Ogan Ilir pakai selang air (Liputan6.com / Nefri Inge)

Dirut RSUD Ogan Ilir Roreta Arta Guna akhirnya angkat bicara. Dia mengatakan, kondisi seperti yang tergambar di video tersebut hanyalah kesalahpahaman.

"Sebenarnya itu salah paham aja. Mandi ya anak-anak yang mandiin, pihak rumah sakit dan Dinsos Ogan Ilir. Karena pasien jiwa, kan tidak pernah mandi, tidak ada kebersihan diri. Jadi dikeluarkan dari kamar untuk dibersihkan," ujarnya.

Rotera Arta Guna langsung membantah jika pasien ODGJ tersebut, terpapar Corona Covid-19. Bahkan setelah diperiksa di laboratorium, kondisi fisik pasien tersebut cukup bagus.

Diakuinya, jika pasien ODGJ tersebut belum diketahui identitasnya. Pihak RSUD Tanjung Senai pun akan berkoordinasi dengan petugas Dinsos Ogan Ilir.

"Tapi diplesetkan orang keluar paksa, tidak lah. Pasien kan harus dimandikan dulu. Sekarang masih di rumah sakit, masih baik-baik saja," katanya.

Dia pun membenarkan, jika kondisi fisiknya sudah stabil, pasien ODGJ tersebut akan dirujuk ke RSJ Ernaldi Bahar Palembang.

 

Tonton Video di Bawah Ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Adi Kurdi Sempat Alami Kebutaan Sebelum Meninggal

Posted: 07 May 2020 11:27 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Aktor legendaris Adi Kurdi wafat di usia 71 tahun. Pemeran Abah dalam serial Keluarga Cemara ini meninggal dunia pada Jumat (8/5/2020) pukul 11.31 WIB.

Adi Kurdi meninggal dunia karena sakit, dan sempat menjalani perawatan di rumah sakit. Hal ini disampaikan oleh Harry Tjahyono, sahabatnya.

"Serangan stroke, pembengkakan otak," ucap Harry Tjahyono, yang juga penulis skenario, saat dihubungi melalui sambungan telepon pada Jumat siang.

Glukoma

Preskon film Koki-Koki Cilik (Deki Prayoga/bintang.com)
Preskon film Koki-Koki Cilik (Deki Prayoga/bintang.com)

Sebelumnya, Adi Kurdi juga sempat menderita penyakit mata, glukoma. Akibat dari sakitnya itu, sang aktor sampai mengalami kebutaan.

"Yang saya tahu dia kan glukoma, penglihatannya sudah tidak bisa, sudah buta," ucap Harry Tjahyono.

Rencana Pemakaman

Preskon film Koki-Koki Cilik (Deki Prayoga/bintang.com)
Preskon film Koki-Koki Cilik (Deki Prayoga/bintang.com)

Rencananya, jenazah Adi Kurdy akan dimakamkan di Bengkel Teater W. S Rendra, Depok. Namun begitu, belum diketahui secara persis waktunya.

Adi Kurdi

Adi Kurdy lahir pada September 1948 di Pekalongan. Ia telah aktif berkarier sebagai aktor sejak 1980.

Nama Adi Kurdi di dunia seni peran sangat bersinar. Ia pernah masuk dalam nominasi Festival Film Indonesia (FFI) pada tahun 1981. Perannya di film Putri Seorang Jendral karya sutradara Wim Umboh juga sangat diperhitungkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sering Kritik Rodrigo Duterte, Media Terbesar Filipina ABS-CBN Diberedel

Posted: 07 May 2020 11:27 PM PDT

Manila - Pemberitaan media Filipina yang tak lagi beroperasi akibat diduga diberedel pemerintah kini tengah jadi sorotan.

Adalah stasiun televisi dan radio terbesar di Filipina ABS-CBN, yang terpaksa berhenti mengudara usai gagal memperpanjang izin siaran. Keputusan tersebut memperkuat tuduhan bahwa pemerintah Filipina memberedel media-media kritis. 

Lisensi siaran yang berlaku selama 25 tahun berakhir pada Selasa 5 Mei 2020. Sebelumnya ABS-CBN sempat mencoba mengajukan perpanjangan izin siaran kepada parlemen Filipina. Namun hingga kini permohonan tersebut belum juga dibahas. 

Kementerian Kehakiman mengatakan ABS-CBN bisa mengajukan banding atas keputusan pemerintah tidak memperpanjang izin siaran mereka. 

"Bagi kami pembredelan ini sangat menyakitkan, juga sama menyakitkannya buat jutaan warga Filipina yang menganggap layanan kami penting buat mereka," kata Direktur ABS-CBN, Mark Lopez, di depan kamera sebelum kanal ditutup seperti dikutip dari DW Indonesia, Jumat (8/5/2020).

Pemberitaan Kritis Terhadap Duterte 

Perpecahan antara ABS-CBN dan Presiden Rodrigo Duterte berawal pada 2016, ketika sang presiden menuduh stasiun televisi itu membatalkan tayangan iklan kampanye secara sepihak, tanpa mengembalikan uang yang telah dibayarkan. 

Sebaliknya ABS-CBN sejak awal mengkritik gaya kepemimpinan Duterte, terutama dalam perang narkoba yang menimbulkan banyak korban jiwa.  

Februari silam Jaksa Agung José Calida mengajukan permintaan penghentian izin operasi ABS-CBN kepada Mahkamah Agung. Pemerintah beralasan pihak manajemen melanggar ketentuan lisensi yang melarang saham media nasional dijual kepada pihak asing. ABS-CBN menepis tuduhan tersebut.  

Izin siaran bagi ABS-CBN sejatinya berakhir Maret silam, tapi diperpanjang selama 60 hari menyusul wabah corona. Namun Calida mengajukan banding atas putusan tersebut. Pemerintah ingin agar stasiun televisi dan radio milik ABS-CBN berhenti beroperasi sesegera mungkin. 

"Kematian" Kebebasan Pers 

Organisasi HAM dan lembaga pers Filipina sontak menuduh pemerintah melancarkan perang terhadap kebebasan berpendapat. "Ini menjadi pukulan serius bagi kebebasan pers di FIlipina," kata Carlos Conde dari Human Rights Watch.

"Sulit membayangkan Duterte tidak berurusan apapun dengan perintah penutupan ini," imbuhnya. 

Sementara Butch Olano dari Amnesty International menilai langkah pemerintah "sangat tidak bertanggungjawab di saat warga sedang menghadapi pandemi COVID-19." 

"Ini adalah hari yang gelap bagi kebebasan media di Filipina, mengingatkan kita pada UU Darurat Militer ketika rejim diktatur mengambilalih semua kantor berita," kata dia. 

Bagi Daniel Bastard, Direktur Asia Pasifik di organisasi pers, Reporters Without Borders, pemberedelan terhadap ABS-CBN mengancam pluralisme media, "yang mengingatkan kita pada masa-masa paling suram kediktaturan Ferdinand Marcos dan mengisyaratkan kematian bagi demokrasi di Filipina." 

 

Media dalam Bidikan Duterte 

Presiden Filipina Rodrigo Duterte (AP/Bullit Marquezz)
Presiden Filipina Rodrigo Duterte (AP/Bullit Marquezz)

ABS-CBN pernah berhenti beroperasi ketika Maros memberlakukan status darurat militer pada 22 September 1972 dan mengambilalih semua stasiun media dan kantor berita di FIlipina. Pendudukan itu baru berakhir pada 1986 seiring dengan kemunculan gerakan Revolusi Kekuasaan Rakyat yang mengakhiri kekuasaan sang diktatur. 

Awal tahun 2019 ABS-CBN sempat berusaha meredakan ketegangan dengan meminta maaf secara terbuka kepada Presiden Duterte. Namun Jaksa Agung Jose Calida bersikeras menuntut penutupan stasiun. Saat ini kasus tersebut masih dibahas di Mahkamah Agung. 

ABS-CBN bukan kantor berita pertama yang terancam dibredel lantaran bersitegang dengan Duterte. Sang presiden juga gemar menyerang situs berita Rappler yang kerap merilis berita kritis terhadap pemerintah. 

Akibatnya salah seorang jurnalis Rappler, Maria Ressa, dijebloskan ke penjara. 

Kedua media dituduh melanggar larangan kepemilikan saham oleh pihak asing seperti yang tercantum di UU Siaran Publik. Namun ABS-CBN dan Rappler menepis tuduhan tersebut. 

Ketika Jurubicara Kepresidenan Harry Roque mengklaim Duterte "sepenuhnya netral" dalam keputusan pemberedelan ABS-CBN, bagian pengecekan fakta di Rappler melabeli pernyataan tersebut "salah" dengan dibubuhi tautan berisi linimassa serangan sang presiden terhadap stasiun televisi tersebut. 

Saat ini Filipina bertengger di urutan 136 dari 180 negara dalam Indeks Kebebasan Pers 2020 versi Reporters Without Borders.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Gaya Pemotretan Amanda Manopo 'Di Rumah Aja', Memukau

Posted: 07 May 2020 11:20 PM PDT

Amanda Manopo punya berbagai kegiatan untuk mengusir rasa bosannya selama stay at home. Mulai dari nyuci mobil sendiri, berenang, berjemur hingga melakukan pemotretan. Ini salah satu hasil pemotretan Amanda Manopo dengan properti rumahan. (Liputan6.com/G/@amandamanopo)
Amanda Manopo punya berbagai kegiatan untuk mengusir rasa bosannya selama stay at home. Mulai dari nyuci mobil sendiri, berenang, berjemur hingga melakukan pemotretan. Ini salah satu hasil pemotretan Amanda Manopo dengan properti rumahan. (Liputan6.com/G/@amandamanopo)

Amanda Manopo punya berbagai kegiatan untuk mengusir rasa bosannya selama stay at home. Mulai dari nyuci mobil sendiri, berenang, berjemur hingga melakukan pemotretan. Ini salah satu hasil pemotretan Amanda Manopo dengan properti rumahan. (Liputan6.com/G/@amandamanopo)

Wanita yang dikenal memiliki wajah natural dan flawless di setiap fotonya, kali ini Amanda terlihat memamerkan hal baru lagi. Ia tampak melakukan pemotretan saat berenang. Gaya penampilan dan tertawa lepasnya ini berhasil membuat banyak orang terpukau. (Liputan6.com/G/@amandamanopo)
Wanita yang dikenal memiliki wajah natural dan flawless di setiap fotonya, kali ini Amanda terlihat memamerkan hal baru lagi. Ia tampak melakukan pemotretan saat berenang. Gaya penampilan dan tertawa lepasnya ini berhasil membuat banyak orang terpukau. (Liputan6.com/G/@amandamanopo)

Wanita yang dikenal memiliki wajah natural dan flawless di setiap fotonya, kali ini Amanda terlihat memamerkan hal baru lagi. Ia tampak melakukan pemotretan saat berenang. Gaya penampilan dan tertawa lepasnya ini berhasil membuat banyak orang terpukau. (Liputan6.com/G/@amandamanopo)

Media sosial belakangan ini memang diramaikan dengan virtual photoshoot. Para fotografer profesional pun mengajak para seleb untuk berkolaborasi. Amanda Manopo juga turut serta dalam pemotretan secara virtual ini. Meski hanya virtual, gaya Amanda tampak totalitas. (Liputan6.com/G/@amandamanopo)
Media sosial belakangan ini memang diramaikan dengan virtual photoshoot. Para fotografer profesional pun mengajak para seleb untuk berkolaborasi. Amanda Manopo juga turut serta dalam pemotretan secara virtual ini. Meski hanya virtual, gaya Amanda tampak totalitas. (Liputan6.com/G/@amandamanopo)

Media sosial belakangan ini memang diramaikan dengan virtual photoshoot. Para fotografer profesional pun mengajak para seleb untuk berkolaborasi. Amanda Manopo juga turut serta dalam pemotretan secara virtual ini. Meski hanya virtual, gaya Amanda tampak totalitas. (Liputan6.com/G/@amandamanopo)

Pillow Challenge menjadi salah satu tantangan viral di media sosial. Sederet selebriti juga ikut memeriahkan challenge tersebut, termasuk Amanda Manopo. Gaya natural wanita 20 tahun ini tampak cantik dan memesona. (Liputan6.com/G/@amandamanopo)
Pillow Challenge menjadi salah satu tantangan viral di media sosial. Sederet selebriti juga ikut memeriahkan challenge tersebut, termasuk Amanda Manopo. Gaya natural wanita 20 tahun ini tampak cantik dan memesona. (Liputan6.com/G/@amandamanopo)

Pillow Challenge menjadi salah satu tantangan viral di media sosial. Sederet selebriti juga ikut memeriahkan challenge tersebut, termasuk Amanda Manopo. Gaya natural wanita 20 tahun ini tampak cantik dan memesona. (Liputan6.com/G/@amandamanopo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pandemi Corona, Masyarakat Bisa Belanja Kebutuhan Pokok Ramadan Secara Daring

Posted: 07 May 2020 11:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Untuk memudahkan masyarakat memenuhi kebutuhan pangan selama Ramadan di tengah pandemi virus Corona Covid-19, kini ada TaniHub.

Melalui TaniHub, masyarakat dapat berbelanja daring atau online saat Ramadan ini tanpa harus ke pasar untuk menghindari bertemu dengan orang banyak.

"Kami memberikan opsi untuk tidak usah ke pasar biarkan barang yang datang ke rumah," ujar Direktur PT TaniSupply yang juga Director of Supply Chain TaniHub Vincentius Sariyo, seperti dilansir Antara, Jumat (8/5/2020).

Dia menjelaskan, TaniHub menyediakan platform e-commerce yang menyediakan semua bahan pangan kebutuhan masyarakat.

Sariyo menuturkan, pasokan di level petani mencukupi. Hanya saja, kata dia, ada tantangan mobilitas di mana frekuensi berkurang karena pembatasan mobilitas, meski tetap bisa diatasi.

Lewat suatu aplikasi online, lanjut Sariyo, masyarakat dapat menjangkau bahan pangan untuk memenuhi kebutuhan saat Ramadan ini yang juga diperoleh dari para petani Indonesia. Pembayaran juga secara online.

"Itu hanya one click away jadi nyaman," terang dia.

Pihaknya juga memberikan opsi jika pembeli tidak nyaman bertemu dengan kurir, maka kurir hanya perlu meletakkan bahan pangan yang dibeli sesuai pesanan.

 

Siapkan Sertifikasi Halal

Logo Halal. Dok MUI
Logo Halal. Dok MUI

Saat ini, menurut Sariyo, TaniHub sedang dalam proses mendapatkan sertifikasi halal.

Dia memaparkan, TaniHub menjual beragam kebutuham seperti daging, tahu, tempe, telur, sayur-sayuran, bawang, cabai, dan minyak goreng.

"TaniHub juga menjamin kepuasan pelanggan 100 persen, sehingga jika ada pelanggan merasa mendapat barang pangan yang tidak sesuai ekspektasinya, TaniHub akan mengganti produknya," jelas Sariyo.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mendag Janji Harga Gula di Pasar Tradisional Turun Jadi Rp 12.500 per Kg Sebelum Lebaran

Posted: 07 May 2020 11:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Harga gula di pasar tadisional dan di toko retail modern mengalami perbedaan yang cukup besar. Harga gula di pasar tradisional teryata lebih tinggi retail modern. Pemerintah pun berjanji arga gula di pasar tradisional dan retail modern sama-sama rendah sesuai HET Rp 12.500 per kilogram (kg).

Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto mengatakan, harga gula di pasar tradisional akan turun sesuai HET sebelum hari raya Fitri 1441 Hijriyah. "Harga gula di pasar tradisional memang lebih tinggi dari retail, di pasar tradisional gula saat ini di jual Rp 14.000 sampai Rp 15. 000. Tapi sebelum Lebaran harga gula kita akan turunkan," kata Agus melalui video conference, Jumat (8/5/2020).

Dia menjelaskan tingginya harga gula dikarenakan kendala pasokan karena pergeseran musim giling tebu dari prediksi pemerintah. Selain itu,peralihan gula rafinasi menjadi konsumsi juga terbatas.

Kendati demikian, masuknya gula impor diharapkan dapat menekankan harga jual gula khususnya di pasar tradisional. Untuk itu Agus menginstruksikan jajarannya agar mempercepat proses distribusi gula asal impor ke dalam pasar tradisional.

"Kita upayakan dalam waktu dekat harga gula segera turun," tegas dia.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

 

Mentan Targetkan Harga Gula Turun ke Rp 12.500 per Kg Pekan Ini

Ilustrasi Foto Gula Pasir (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Gula Pasir (iStockphoto)

Sebelumnya, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo atau SYL memproyeksikan harga gula pasir putih pada pekan ini bisa turut sesuai target harga eceran tertinggi (HET), yakni berada di level Rp 12.500 per kg.

Menurut pengamatannya, SYL mengatakan, harga gula di pasar nasional kini sudah terpangkas hingga kisaran Rp 14 ribu per kg.

"Sekarang sudah mulai ada penyesuaian. Gula sudah mulai turun Rp 14 ribu per kg, targetnya itu bisa sampai Rp 12.500 (per kg). Semoga minggu ini bisa kita capai itu," ujar dia dalam acara #sharingsession Liputan6.com, Selasa (5/5/2020).

Untuk komoditas lainnya, SYL melanjutkan, ketentuan harga pasar sebetulnya ditentukan oleh faktor suplai dan demand. Kementerian Pertanian disebutnya bahu membahu menentukan harga jual di tengah masyarakat bersama instansi terkait yakni Kementerian Perdagangan.

"Di sinilah peran pemerintah untuk atur distribusi dan transportasi agar ketersrdiaan komoditas itu bisa tersedia. Distribusi terlambat bisa terjadinya lompatan harga," kata dia.

Untuk komoditas pangan utama lain yakni beras, ia memastikan bahwa stok selama bulan Ramadan ini mencukupi, terutama dengan akan adanya panen raya di bulan ini.

"Sebenarnya kita katakanlah stok cadangan cukup kuat khusus untuk beras. Panen raya mulai dari Maret, April, puncaknya Mei. Khusus untuk berat kita kuat," seru dia.

Dia justru memperingatkan komoditas bahan pangan seperti cabai dan bawang, yang dianggapnya butuh pengelolaan distribusi yang baik dan stok penyimpanan yang cukup.

"Distribusi maksimal itu butuh untuk cabai, bawang, itu tidak bisa disimpan lama. Cold storage harus dipersiapkan," imbuh SYL.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Adi Kurdi, Pemeran Abah di Sinetron Keluarga Cemara Tutup Usia

Posted: 07 May 2020 11:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Aktor senior Adi Kurdi meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional, Jakarta pada Jumat (8/5/2020). Almarhum berperan sebagai Abah dalam sinetron Keluarga Cemara di tahun 1990-an.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mudik Lokal Tak Dilarang, Dishub DKI: Pergerakan Antar-Jabodetabek Boleh

Posted: 07 May 2020 11:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menyebut, tak ada pelarangan mudik lokal selama pandemi virus corona Covid-19. Mudik lokal yang diizinkan hanya di lingkup wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

"Tidak dilarang Jabodetabek, melakukan pergerakan antar-Jabodetabek boleh. Misalnya, dari Bekasi ke Depok, boleh," ujar Syafrin saat dikonfirmasi, Jumat (8/5/2020).

Syafrin menyebut, pihaknya tidak akan menghentikan laju kendaraan di wilayah Jabodetabek selama mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah.

"Tapi dengan melaksanakan protokol yang tepat, pakau masker, cuci tangan. Itu upaya kita menghindari wabah (corona Covid-19)," kata Syafrin.

Sementara untuk mudik atau pergerakan masyarakat yang akan menuju luar Jobodetabek, Syafrin menegaskan hal tersebut tetap dilarang. Termasuk operasional bus antar kota antar provinsi (AKAP).

"Yang antar kota antar provinsi itu enggak boleh. Yang AKAP yang tidak boleh. Kalau mereka akan beroperasi kita akan stop operasi," kata dia.

Syafrin menyatakan Dishub DKI masih akan berpedoman pada Permenhub Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Mudik Idul Fitri Tahun 1441 Hijriah.

"Tentu pedoman kita Permenhub 25 tahun 2020, tentang pengendalian mudik, dan surat edaran ketua gugus tugas Covid-19," kata dia.

 

Larangan Mudik

Polisi melakukan sosialisasi larangan mudik kepada pengguna jalan di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Rabu (6/5/2020). Sosialisasi tersebut dilakukan demi memutus mata rantai penyebaran virus corona COVID-19 dari satu wilayah ke wilayah lain. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Polisi melakukan sosialisasi larangan mudik kepada pengguna jalan di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Rabu (6/5/2020). Sosialisasi tersebut dilakukan demi memutus mata rantai penyebaran virus corona COVID-19 dari satu wilayah ke wilayah lain. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengeluarkan larangan mudik Lebaran 2020 untuk semua masyarakat. Sebelumnya, larangan mudik hanya ditujukan untuk ASN, TNI-Polri dan pegawai BUMN.

"Setelah larangan mudik bagi ASN, TNI-Polri dan pegawai BUMN sudah kita lakukan pada minggu yang lalu pada rapat hari ini  saya ingin menyampaikan juga bahwa mudik semuanya akan kita larang," jelas Jokowi saat memimpin rapat terbatas, Selasa (21/4/2020).

Larangan mudik ini dikeluarkan Jokowi demi mencegah penyebaran virus corona semakin meluas. Berdasarkan data Kementerian Perhubungan,  Jokowimenyatakan bahwa ada 24 persen masyarakat yang masih bersikeras untuk mudik.

"Oleh sebab itu saya minta persiapan-persiapan yang berkaitan dengan ini mulai disiapkan," katanya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usut Dugaan Pelanggaran di HAM Kapal China, Polri Bakal Langsung Periksa ABK

Posted: 07 May 2020 11:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Polri bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) dalam menangani kasus dugaan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) yang dialami Anak Buah Kapal (ABK) berwarga negara Indonesia (WNI) di kapal China.

Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Pol Ferdy Sambo menyampaikan, pihaknya langsung bergerak setelah temuan kasus tersebut viral.

"Enggak (tidak ada laporan), kan beredar di YouTube. Kemudian kami koordinasi dengan Kemenlu dan kementerian terkait," tutur Ferdy saat dikonfirmasi, Jumat (8/5/2020).

Menurut Ferdy, setelah penanganan oleh otoritas Korea Selatan (Korsel) dan dipulangkan Kemlu, para ABK WNI akan menjalani pemeriksaan di Polri. Mereka akan tiba di Indonesia Jumat sore ini.

"Lalu direncanakan pemeriksaan itu," jelas dia.

Secara teknis, para ABK WNI ini akan melakukan karantina diri selama 14 hari sesuai protokol kesehatan virus Corona. Pemeriksaan pun dilaksanakan secara virtual atau online, sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) Covid-19.

"Seluruhnya (diperiksa)," Sambo menandaskan.

Penelusuran Liputan6.com, para ABK itu berada di kapal Long Sing 629 milik China. Mereka memberikan informasi tentang keadaan mereka ke media Korsel saat sedang berlabuh di Busan.

Media MBC melaporkan, ketika penyelidikan hendak dilakukan, kapal tersebut sudah kembali melanjutkan perjalanan. Dalam video yang ditayangkan MBC, terlihat ada seorang ABK yang meninggal di kapal tersebut yang kemudian jasadnya dibuang ke laut.

Media tersebut juga turut mengungkapkan bahwa sebelum jasad yang ada di video tersebut dibuang, ada pula beberapa jasad lainnya yang telah dibuang terlebih dahulu, tepat setelah mereka meninggal dunia.

Menurut informasi dari salah seorang saksi, ada empat ABK yang telah meninggal dunia selama perjalanan kapal tersebut.

Selanjutnya, media MBC juga menampilkan adanya surat pernyataan dari para ABK yang menyatakan kesediaan mereka untuk dikremasi bila timbul suatu musibah hingga meninggal di tempat kapal itu bersandar.

Sederet Kesaksian

THUMBNAIL ABK
THUMBNAIL ABK

Sebuah kesaksian yang juga ditampilkan MBC menyatakan, sistem kerja di kapal milik RRT tersebut memiliki kondisi yang tidak layak termasuk mengeksploitasi tenaga kerja yang ada. Bahkan menurutnya, ABK yang meninggal tersebut sebelumnya sudah sakit selama satu bulan.

"Awalnya keram terus tahu-tahu kakinya bengkak, dari kaki terus nyerang ke badan terus sesak dia," ujar seorang saksi yang ditampilkan MBC.

Keadaan digambarkan lebih parah lagi, ketika ada laporan bahwa air mineral yang dibawa untuk perbekalan di kapal tersebut hanya diminum oleh awak China. Sedangkan awak Indonesia hanya diizinkan meminum air laut yang difiltrasi.

"Pusing terus enggak bisa minum air itu sama sekali. Pernah juga sampai kaya ada dahak-dahak di sini," ujar saksi tersebut.

Seorang saksi yang lain mengatakan bahwa para ABK memiliki jam kerja hingga 18 jam dengan waktu istirahat hanya 6 jam setelahnya.

Tak sampai disitu, upah yang didapat mereka selama bekerja hingga 13 bulan hanya sekitar US$ 120 atau Rp 1,7 juta. Atau dengan kata lain, gaji bulanannya hanya sekitar Rp 100.000.

Kapal tersebut semestinya bertujuan menangkap ikan tuna, namun terkadang juga menangkap ikan hiu. Aktivitas ilegal itulah yang membuat mereka tidak bisa berhenti di daratan mana pun.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Adi Kurdi, 'Abah' di Sinetron Keluarga Cemara Tutup Usia

Posted: 07 May 2020 11:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Aktor senior Adi Kurdi meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional pada Jumat (8/5/2020). Almarhum berperan sebagai Abah dalam sinetron Keluarga Cemara di tahun 1990-an.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Sholat Dhuha 4 Rakaat, Dilengkapi dengan Doa dan Niatnya

Posted: 07 May 2020 11:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cara sholat dhuha 4 rakaat sesungguhnya tidaklah terlalu jauh berbeda dibandingkan dengan sholat dhuha dengan jumlah rakaat lainnya. Sholat dhuha ini menjadi sebuah amalan yang sangat dianjurkan karena memiliki berbagai keutamaan.

Amalan sholat dhuha, yang merupakan jenis sholat sunnah satu ini memang menjadi sholat yang sangat memiliki keistimewaan. Maka, itulah mengapa akan sangat rugi jika kita tidak mengetahui cara sholat dhuha 4 rakaat ini.

Allah SWT menjanjikan akan mencukupkan rezeki bagi orang-orang yang mengerjakan sholat dhuha ini. Selain itu, pahala dari sholat dhuha ini seperti layaknya orang yang sedang pergi haji dan umrah. Bagi orang-orang yang melaksanakan sholat dhuha juga merupakan bagian dari sedekah. 

Sholat ini juga menjadi sarana untuk memohon pengampunan dosa. Dengan berbagai kebaikan yang didapatkan jika melaksanakan sholat dhuha tersebut, maka ada baiknya kita untuk memahami cara sholat dhuha 4 rakaat. Dengan memahami cara sholat dhuha 4 rakaat tersebut, kamu bisa mengharapkan ganjaran oleh Allah SWT.

Cara sholat dhuha 4 rakaat tidaklah sulit untuk dilakukan. Bahkan, cara sholat dhuha 4 rakaat ini tergolong sangat mudah untuk dipahami dan dipraktikkan. Berikut ini Liputan6.com merangkum mengenai cara sholat dhuha 4 rakaat tersebut, Jumat (8/5/2020).

Waktu Melaksanakan Sholat Dhuha

Ilustrasi Sholat Hajat (Sumber: Pixabay)
Ilustrasi Sholat Hajat (Sumber: Pixabay)

Hal yang paling mendasar sebelum melaksanakan sholat dhuha yaitu dengan memahami mengenai waktu dalam pelaksanaan sholat dhuha tersebut. Untuk melaksanakan sholat dhuha tersebut kita harus memahami kapan saatnya mulai dan batas akhir pelaksanaannya.

1. Waktu untuk Mulai Sholat Dhuha

Waktu untuk memulai sholat dhuha adalah 20 menit setelah Matahari terbit. Hal ini diperjelas dengan hadist Nabi yang diriwayatkan oleh 'Amr bin 'Abasah, dimana Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

"Kerjakanlah sholat subuh kemudian tinggalkanlah sholat hingga matahari terbit, sampai matahari naik. Ketika matahari terbit, ia terbit di antara dua tanduk setan, saat itu orang-orang kafir sedang bersujud (menyembah Matahari)." (HR. Muslim)

 

2. Batas Akhir Waktu Sholat Dhuha

Waktu terakhir untuk melaksanakan sholat dhuha yaitu ada di 15 menit sebelum masuk waktu sholat dhuhur. Akan tetapi, waktu yang lebih baik atau utama untuk mengerjakan sholat dhuha justru ada pada waktu yang mendekati batas akhir pelaksanaan sholat dhuha atau seperempat siang, dimana kondisi cuaca dalam keadaan yang semakin panas.

Hal tersebut telah dijelaskan dalam hadist yang diriwayatkan oleh Zaid bin Arqam dimana dirinya melihat sendiri banyak orang-orang mengerjakan sholat dhuha pada awal pagi, lalu dirinya berkata:

"Tidakkah mereka mengetahui bahwa sholat di selain waktu ini lebih utama. Sesungguhnya Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, 'Sholat orang-orang awwabin (taat; kembali pada Allah) adalah ketika anak unta mulai kepanasan'." (HR. Muslim)

Niat Sholat Dhuha

ilustrasi keutamaan bulan Ramadan penuh berkah/pixabay
ilustrasi keutamaan bulan Ramadan penuh berkah/pixabay

Hukum mengucapkan niat sholat dhuha sebelum takbirotul ihram kekuatan hukumnya yaitu sunnah jika mengikuti madzhab Syafi'i dan Hambali. Karena sesungguhnya inti dari mengucap niat sholat dhuha tersebut tidak lain untuk mengingatkan hati agar lebih mantap dan khusyu' untuk menjalankan ibadah sholat dhuha.

Untuk mengucapkan niat ini, cukup dengan dilafalkan di dalam hati saja. Karena mengucap niat sholat dhuha dengan keras merupakan khilaful aula (menyalahi keutamaan) dan bid'ah (tidak dicontohkan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam).

 Terlepas mengenai adanya perbedaan mengenai niat tersebut, bacaan niat sholat dhuha yang biasa dilafalkan yaitu:

Usholli sunnatadh dhuhaa rok'ataini mustaqbilal qiblati adaa'an lillaahi ta'aalaa

Artinya: "Aku niat sholat sunnah dhuha dua rakaat menghadap kiblat saat ini karena Allah Ta'ala."

Doa Sholat Dhuha

Biar nggak telat, ini jadwal sholat, imsakiyah dan buka puasa hari ke-2, 18 Mei 2018. (Ilustrasi: AboutIslam.net)
Biar nggak telat, ini jadwal sholat, imsakiyah dan buka puasa hari ke-2, 18 Mei 2018. (Ilustrasi: AboutIslam.net)

Salah satu cara sholat dhuha 4 rakaat yang tentunya penting diketahui yaitu mengenai bacaan doa dari sholat dhuha. Sesungguhnya tidak terdapat doa khusus dan tidak ada hadist yang menguatkan, namun ada satu doa sholat dhuha yang umumnya dipanjatkan yaitu:

 "Allahumma innadhdhuha-a dhuha-uka, walbahaa-abahaa-uka, wal jamaala jamaaluka, wal quwwata quwaatuka, wal qudrota qudrotuka, wal 'ishmata ishmatuka. Allahuma inkaana rizqii fissamma-i fa anzilhu, wa inkaana fil ardhi fa-akhrijhu, wa inkaana mu'siron fayassirhu, wainkaana harooman fa thohhirhu, wa inkaana ba'idan fa qoribhu, bihaqqidhuhaa-ika wa bahaaika, wa jamaalika wa quwwatika wa qudrotika, aatini maa ataita 'ibaadakash shoolihiin."

 

Artinya:

"Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Ya Allah, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, keagungan-Mu, keindahan-Mu dan kekuatan-Mu, berikanlah kepadaku apa yang Engkau berikan kepada hamba-hambaMu yang shalih."

Cara Sholat Dhuha 4 Rakaat

Manfaat Gerakan Sholat Bagi Kesehatan. (Sumber: dream.co.id)
Manfaat Gerakan Sholat Bagi Kesehatan. (Sumber: dream.co.id)

Mengenai cara sholat dhuha 4 rakaat sebenarnya sama saja dengan cara sholat dhuha dengan 2 rakaat atau lainnya. Inti dari sholat dhuha ini yaitu selalu diakhiri dengan salam di setiap rakaat kedua. Hal ini berlaku bagi rakaat yang lebih banyak. Dibawah ini cara sholat dhuha yang dianjurkan:

 

1. Niat sholat dhuha (Sunnah)

2. Takbirotul Ihram

3. Membaca Doa Iftitah (Sunnah)

4. Membaca surat Al-Fatihah

5. Membaca surat Ad-Dhuha

6. Rukuk dengan tuma'ninah

7. I'tidal dengan tuma'ninah

8. Sujud dengan tuma'ninah

9. Duduk di antara dua sujud dengan tuma'ninah

10. Sujud kedua dengan tuma'ninah

 

11. Berdiri lagi untuk menunaikan rakaat kedua

12. Membaca surat Al-Fatihah

13. Membaca surat As-Syams

14. Rukuk dengan tuma'ninah

15. I'tidal dengan tuma'ninah

16. Sujud dengan tuma'ninah

17. Duduk di antara dua sujud dengan tuma'ninah

18. Sujud kedua dengan tuma'ninah

19. Tasyahud Akhir dengan tuma'ninah

20. Salam

21. Membaca doa sholat dhuha

Hukum Melaksanakan Sholat Dhuha

Seorang kakek berdoa usai ikuti sholat istisqo di Mandala Krida, Yogyakarta, Jumat (30/10/2015).Sholat di gelar untuk memohon doa kepada Allah SWT agar di berikan hujan pada musim kemarau yang berkepanjangan. (Boy T Harjanto)
Seorang kakek berdoa usai ikuti sholat istisqo di Mandala Krida, Yogyakarta, Jumat (30/10/2015).Sholat di gelar untuk memohon doa kepada Allah SWT agar di berikan hujan pada musim kemarau yang berkepanjangan. (Boy T Harjanto)

Hukum melaksanakan sholat dhuha yaitu sunnah muakkad. Sunnah muakkad merupakan jenis sunnah yang sangat dianjurkan. Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam melakukan dan menjadikannya sebagai suatu wasiat, seperti yang telah diriwayatkan oleh Abu Hurairah Radhiyallahu 'anhu yang berkata:

"Kekasihku (Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam) memberikan pesan (wasiat) kepadaku dengan tiga hal yang tidak pernah aku tinggalkan hingga aku meninggal nanti. Yaitu puasa tiga hari setiap bulan, sholat dhuha, dan tidur dalam keadaan sudah mengerjakan sholat witir." (Muttafaqun 'Alaih, Al-Bukhari No. 1981, Muslim No. 721)

Cukup mudah bukan cara sholat dhuha 4 rakaat tersebut? Maka, tidak ada salahnya untuk melaksanakan sholat dhuha untuk mendapatkan pahala yang lebih dari Allah SWT.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aktor Adi Kurdi Meninggal karena Pembengkakan Otak dan Stroke

Posted: 07 May 2020 11:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bintang serial Keluarga Cemara, Adi Kurdi meninggal dunia pada Jumat (8/5/2020) pukul 11.31 WIB. Ia meninggal di usia 71 tahun.

Salah satu sahabat Adi Kurdi menyatakan, rekannya itu meninggal dunia bukan karena Covid-19. Ia diketahui meninggal dunia karena stroke dan pembengkakan otak. 

"Serangan stroke, pembengkakan otak. Bukan Covid. Dirawatnya di rumah sakit. Nanti saya cek ya," papar Harry Tjahyono, sahabat Adi Kurdi saat dihubungi wartawan, Jumat (8/5/2020) siang.

Sahabat

Preskon film Koki-Koki Cilik (Deki Prayoga/bintang.com)
Preskon film Koki-Koki Cilik (Deki Prayoga/bintang.com)

Harry Tjahyono sendiri merupakan sahabat lama Adi Kurdi. Ia juga terlibat dalam penulisan naskah Keluarga Cemara.

"Dulu ikut keluarga cemara, saya ikut nulis sama Mas Wendo, saya ikut nulis, hubungan saya sama dia (sahabat)" paparnya.

Pemakaman

Preskon film Koki-Koki Cilik (Deki Prayoga/bintang.com)
Preskon film Koki-Koki Cilik (Deki Prayoga/bintang.com)

Rencananya, jenazah Adi Kurdi akan dimakamkan di Bengkel Teater W.S Rendra, Depok. Namun begitu, belum diketahui secara persis waktunya.

Adi Kurdi

Adi Kurdi lahir pada September 1948 di Pekalongan. Ia telah aktif berkarier sebagai aktor sejak 1980.

Nama Adi Kurdi di dunia seni peran sangat bersinar. Ia pernah masuk dalam nominasi Festival Film Indonesia (FFI) pada tahun 1981. Namanya kian melambung berkat peran sebagai Abah di serial Keluarga Cemara. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peneliti Temukan Virus Corona dalam Sampel Air Mani Pasien, Apa Artinya?

Posted: 07 May 2020 11:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Selalu ada temuan-temuan terbaru terkait virus Corona. Kepingan puzzle terbaru berasal dari sebuah penelitian kecil yang dilakukan di China, yang menemukan RNA (kode genetik virus) Corona Covid-19 dalam air mani pasien muda yang terinfeksi virus tersebut.

Melansir dari Sciencealert, penelitian yang dipublikasikan di JAMA Network Open itu melibatkan 38 pasien yang menjalani perawatan untuk virus Corona dengan kondisi parah di Rumah Sakit Kota Shangqiu di provinsi Henan. Sebanyak 15 belas pasien memberrikan sampel semen selama fase akut penyakit mereka dan 23 orang lagi memberikannya setelah mereka pulih.

Pada empat dari 15 pasien dengan penyakit akut dan pada dua dari 23 pasien yang sembuh, ditemukan RNA virus Corona dalam sampel semen mereka. Temuan baru ini berbeda dengan hasil penelitian sebelumnya yang melibatkan 12 pasien Corona.

 

Selanjutnya

ilustrasi virus corona/copyright by diy13 (Shutterstock)
ilustrasi virus corona/copyright by diy13 (Shutterstock)

Namun, penyelidikan sebelumnya lebih berfokus pada pasien dengan penyakit ringan setelah mereka pulih. Sedangkan penelitian ini berfokus pada pasien yang dirawat di rumah sakit dengan penyakit parah dan semua sampel dalam penelitian terbaru ini diambil selama terinfeksi atau segera setelah pemulihan.

Faktanya, semua sampel air mani yang ditemukan memiliki viral load pada pasien yang pulih diambil pada hari kedua dan hari ketiga setelah pemulihan. Jadi perbedaan antara penelitian sebelumnya dan yang sekarang mungkin merupakan hasil dari perbedaan keparahan penyakit dan waktu pengambilan sampel.

 

Imunoprivileged

Ilustrasi Sperma atau Sel Reproduksi Laki-laki. (iStockphoto)
Ilustrasi Sperma atau Sel Reproduksi Laki-laki. (iStockphoto)

Testis, bersama dengan mata, plasenta, janin, dan sistem saraf pusat, dianggap sebagai "situs immunoprivileged" yang berarti mereka dilindungi dari peradangan parah yang terkait dengan respons imun. Ini mungkin adaptasi evolusioner yang melindungi struktur vital. Jadi ini adalah celah di mana virus dapat terlindungi dari respons imun inang.

Situs imunoprivileg mendapat perhatian sebagai tempat di mana virus dapat bertahan setelah pemulihan penyakit sealam wabah virus Ebola Afrika Barat 2013-16. Virus Ebola tetap dapat dideteksi dalam air mani beberapa orang yang selamat dari penyakit tersebut selama lebih dari 3 tahun dan penularan virus Ebola melalui hubungan seksual dapat terjadi beberapa bulan setelah pasien pulih.

 

Selanjutnya

Ilustrasi Virus Corona 2019-nCoV (Public Domain/Centers for Disease Control and Prevention's Public Health Image)
Image)

Belum jelas apa implikasi dari temuan terbaru tersebut. Kehadiran RNA virus dalam semen pasien tak selalu menunjukkan adanya virus menular. Jadi, penting untuk menunjukkan apakah virus infeksi juga dapat diisolasi dari air mani pasien dan penyintas virus Corona.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: