Jumat, 22 Mei 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Patuhi Fatwa MUI, Masjid Raya Jakarta di Cengkareng Tak Adakan Salat Idul Fitri

Posted: 22 May 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Masjid KH Hasyim Asy'ari atau Masjid Raya Jakarta, Cengkareng, Jakarta Barat tidak menyelenggarakan salat Idul Fitri 1441 Hijriah.

Tak diadakannya salat Idul Fitri ini sesuai imbauan pemerintah dalam pencegahan virus Corona Covid-19.

"Masjid KH Hasyim Asy'ari mematuhi imbauan dari pemerintah dalam upayanya mengatasi virus Corona," ujar Pengurus Masjid KH Hasyim Asy'ari Mastur Anwar di Jakarta, seperti dilansir Antara, Sabtu (23/5/2020).

Mastur mengatakan, keputusan pihak masjid mengikuti fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 28 Tahun 2020 terkait panduan kaifiat atau tata cara takbir dan salat Idul Fitri di tengah pandemi virus Corona.

Dalam fatwa MUI tersebut, dituliskan jika salat Idul Fitri boleh dilakukan di rumah secara berjemaah atau sendiri.

Mengenai takbiran yang lazim dilakukan sebelum Hari Raya Idul Fitri, Mastur mengatakan akan tetap diadakan, namun hanya diikuti oleh pengurus masjid.

 

Takbiran di Rumah

Salat Idul Fitri diikuti oleh ratusan jemaah Tarekat Naqsabandiyah Al-Kholidiyah Jalaliyah dari berbagai daerah yang ada di Sumut
Salat Idul Fitri diikuti oleh ratusan jemaah Tarekat Naqsabandiyah Al-Kholidiyah Jalaliyah dari berbagai daerah yang ada di Sumut

Menurut Mastur, jemaah diimbau tak datang ke masjid dan mengikuti takbir Hari Raya Idul Fitri dari rumah masing-masing demi mematuhi aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Namanya masjid, takbiran itu pasti ada, namun hanya jumlahnya kita batasi. Hanya beberapa pengurus saja untuk melantunkan takbir menyambut hari kemenangan," jelas Mastur.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Soal Aturan Salat Id, Menko PMK Sayangkan Ada Pemda yang Tak Senada dengan Pusat

Posted: 22 May 2020 09:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Meko Pemberdayaan Manusia Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy menyayangkan adanya arahan pemerintah daerah yang membolehkan penyelenggaraan salat id pada Minggu 24 Mei 2020 secara berjamaah di tempat terbuka di tengah wabah Corona.

Menurut dia, pemerintah tegas mengimbau, meniadakan salat id di tempat terbuka untuk mencegah kerumunan yang berpotensi penularan Covid-19 akibat infeksi virus Corona.

"Berdasar surat keputusan Menkes salat id yang melibatkan kerumunan massa termasuk kegiatan keagamaan yang tidak dianjurkan, pemerintah daerah bertanggung jawab dalam penerapan keputusan tersebut," kata Muhadjir saat dikonfirmasi, Jakarta, Sabtu (23/5/2020).

Sebelumnya, beberapa daerah seperti di Kabupaten KarangAnyar, Kota Tegal dan Kabupaten Kudus, secara gamblang menyatakan izin untuk menghelat salat id di masjid atau lapangan setempat. Tentu hal tersebut bertolak dengan anjuran pemerintah pusat.

"Menurut saya Itu keputusan yang sangat disayangkan," sesal Muhadjir.

 

Ada Teguran?

Terkait ada tidaknya teguran atau sanksi terhadap daerah yang menyelenggarakan hal tersebut, Menko Muhadjir tidak menanggapi. Menurut dia, hal itu lebih tepat ditanyakan kepada Menko Polhukam Mahfud Md.

"Kalau itu, coba tanya lebih lanjut kepada Pak Menkopolhukam," Muhadjir menandasi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cekcok Satpol PP dan Habib Umar Berakhir Damai, Penuh Hikmah di Akhir Ramadhan

Posted: 22 May 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pada Rabu (20/5/2020) lalu, petugas Satpol PP terlibat cekcok mulut dengan Habib Umar Assegaf lantaran melanggar peraturan PSBB. Video yang berdurasi 1 menit 23 detik sempat viral di media sosial. Namun, baru-baru ini kembali beredar video bahwa petugas Satpol PP meminta maaf dengan Habib Umar Assegaf. 

Dalam video yang berdurasi 1 menit tersebut terlihat petugas Satpol PP mencium tangan Habib Umar Aseegaf dan meminta maaf. "Meminta maaf yang sebesar-besarnya kepada Abah dan keluarga Habib Umar bin Abdullah Assegaf. Pada saat itu saya khilaf dan kecapean. Sebagai manusia biasa saya minta maaf dari hati yang paling dalam," ujar anggota Satpol PP.

Setelah itu Habib Umar Assegaf pun memeluk dan mencium kening anggota satpol PP. Habib Umar Assegaf pun mendoakan anggota Satpol PP tersebut. Momen tersebut pun ramai diperbincangkan publik dan videonya beredar luas di media sosial. Momen ini juga diabadikan dalam akun Twitter @dpplif.

Pertemuan perdamaian ini tidak hanya dihadiri oleh anggota Satpol PP dan Habib Umar Assegaf, namun juga beberapa pihak lainnya. Habib Umar Assegaf juga mengungkapkan untuk membuka kembali lembaran baru. "Semua kita lupakan, kita buka lembaran baru. Ini sebagai peringatan. Untuk peringatan bagi kita semuanya yang ikut dalam acara ini…"ucap Habib Umar Assegaf.

Momen damai antara anggota Satpol PP dan Habib Umar Assegaf ini tentunya menjadi sorotan warganet. Pujian dan doa pun diungkapkan warganet untuk kedua belah pihak ini. Selain itu, momen hangat ini pun sempat menjadi trending di media sosial Twitter. 

Anggota Satpol PP Meminta Maaf

Dalam video yang diunggah di banyak akun media sosial, salah satunya twitter Abubakar Assegaf tersebut terlihat anggota Satpol PP yang bernama Asmadi mencium tangan Habib Umar dan mengucapkan permintaan maaf. Habib Umar pun membalas dan memberikan pelukan hangat untuk anggota Satpol PP tersebut.

Terlihat anggota Satpol PP tersebut meneteskan air mata ketika dipeluk dan didoakan oleh Habib Umar Assegaf. "…kita berusaha saling memaafkan dan silatuirrahmi…"ucap Habib Umar Assegaf.

Selain itu, dalam video tersebut juga terlihat Habib Umar Assegaf mengundang Satpol PP untuk datang kembali ke kediaman Habib Umar Assegaf yang dijawab kesanggupan anggota Satpol PP untuk datang silaturahim.

Habib Umar Assegaf Sudah Memaafkan

Momen Habib Umar bertemu anggota Satpol PP (Sumber:  @twitter.com/Safamni)
Momen Habib Umar bertemu anggota Satpol PP (Sumber: @twitter.com/Safamni)

"Saya maafkan, sudah saya maafkan." ungkap Habib Umar Assegaf. Setelah itu, Habib Umar memberikan sebotol air putih untuk anggota Satpol PP yang sudah didoakan. Kehangatan antara kedua belah pihak ini pun terpancar dalam momen tersebut. Momen tersebut tentunya menarik perhatian publik. Tak sedikit publik warganet yang menuturkan bahwa ini adalah momen penuh hikmah di bulan Ramadhan.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Kurniawan Dwi Yulianto Bersama Sampdoria, Setim dengan Mancini dan Gullit

Posted: 22 May 2020 09:35 PM PDT

Jakarta - Kurniawan Dwi Yulianto sempat menjadi bagian klub Italia Sampdoria. Meski sebentar, eks striker Timnas Indonesia itu selalu mengenang pengalaman tersebut. 

Pelatih klub Liga Super Malaysia, Sabah FA ini berangkat ke Italia pada 1993 setelah terpilih dalam program Primavera gagasan PSSI untuk berlatih di Sampdoria.

Kurniawan Dwi Yulianto menjadi satu-satunya pemain yang diajak bergabung oleh Sampdoria satu tahun berselang dan ikut serta dalam kegiatan pramusim klub ke Asia. Namun, karier Si Kurus, panggilannya, bersama tim berjulukan Il Samp itu hanya seumur jagung.

"Saat pramusim ke Indonesia, saya diikutsertakan. Ada laga lain juga di Thailand, Hong Kong, dan China. Tapi, saya tak bermain di Sampdoria. Selesai pramusim, saya mengikuti tes di FC Luzern, klub Swiss," ujar Kurniawan dalam wawancaranya bersama Hamka Hamzah di YouTube Hamka Story 23.

Kiprah Kurniawan Dwi Yulianto dengan FC Luzern juga berlangsung sebentar. Cuma satu musim Si Kurus bertahan di klub Swiss tersebut dengan catatan 12 penampilan dan tiga gol.

"Dikasih waktu sepekan untuk seleksi. Akhirnya saya bermain untuk FC Luzern. Pada 1995-1996, saya kembali ke Indonesia karena waktu itu, kuota pemain asing di FC Luzern diisi oleh pemain Bulgaria," jelasnya.

Berlatih Bareng Mantan Bintang Dunia

Kurniawan Dwi Yulianto berseragam Sampdoria. (Dok. Sportif)
Kurniawan Dwi Yulianto berseragam Sampdoria. (Dok. Sportif)

Kenangan yang tidak pernah dilupakan oleh Kurniawan Dwi Yulianti di Sampdoria ialah ketika berada dalam satu lapangan dengan bintang-bintang dunia saat itu semodel Roberto Mancini dan Ruud Gullit.

"Saya bisa berlatih bersama Mancini, David Platt, Ruud Gullit, Attilio Lombardo, dan lain-lain. Ikut latihan saja saya sudah bersyukur. Dari situ saya mulai memantapkan diri untuk, ini kesempatan yang jarang terjadi. Saya tak mau menyia-nyiakan," tutur Kurniawan.

"Saya juga tak pernah menyangka diajak ikut tur pramusim oleh Sampdoria. Terus terang, saya tidak menduganya. Saya ikut latihan bersama mereka saja sudah menjadi pengalaman luar biasa," imbuhnya.

 

Disadur dari: Bola.com (Penulis: Muhammad Adiyaksa/Editor: Benediktus Gerendo Pradigdo, published 22/5/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Arsenal Mulai Negosiasi dengan Rabiot

Posted: 22 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, London - Arsenal mulai bergerak untuk mengamankan tanda tangan Adrien Rabiot. The Gunners membuka pintu negosiasi untuk merekrut gelandang milik Juventus tersebut.

Rabiot sebenarnya baru bergabung dengan Juventus. Ia pindah dari PSG tahun lalu dengan status sebagai pemain free agent.

Belum genap satu tahun, Rabiot digosipkan ingin hengkang dari Juventus. Hal ini dikarenakan ia merasa tidak mendapatkan menit bermain yang cukup di Turin.

Le 10 Sports mengklaim bahwa Arsenal tertarik untuk merekrut sang gelandang. Untuk itu mereka mulai bergerak untuk mengamankan tanda tangan pemain Prancis itu.

Menurut laporan tersebut, Rabiot merupakan salah satu pemain yang jadi prioritas transfer Mikel Arteta di musim panas nanti.

Arteta memang sangat membutuhkan gelandang baru. Ia menilai para gelandang Arsenal saat ini tidak mampu menerapkan taktik yang ia rancang untuk The Gunners.

Arteta yakin Rabiot bisa menjadi pemain yang krusial untuk Arsenal. Itulah mengapa Arteta ingin memboyong sang gelandang di musim panas nanti.

Mulai Nego

(AP/Paola Garbuio)
(AP/Paola Garbuio)

Arsenal sudah membuka komunikasi dengan agen Rabiot. Mereka sudah menyatakan ketertarikan mereka untuk memboyong Rabiot ke Emirates Stadium.

Proses ini masih berada di tahap awal, namun sejauh ini perkembangannya cukup positif. Arsenal punya rival yang berat untuk mengamankan tanda tangan Rabiot.

Mereka harus bersaing dengan Manchester United dan Everton untuk merekrut pemain 25 tahun tersebut.

Klasemen Liga Inggris

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Diabetes Saat Lebaran

Posted: 22 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Makanan yang harus dihindari penderita diabetes saat lebaran harus diperhatikan agar penyakit tidak kambuh. Lebaran memang menjadi momen penuh cobaan bagi penderita diabetes. Hal ini karena berbagai sajian khas lebaran berpotensi memicu kadar gula darah naik.

Saat Lebaran penderita diabetes harus lebih cermat dalam memilih makanan yang dikonsumsi. Nilai gula darah yang normal bagi penderita diabetes tentu berbeda dengan kadar gula darah normal pada orang-orang tanpa diabetes.

Jika kadar gula darah tidak dijaga dengan baik, diabetes dapat berujung pada berbagai komplikasi yang serius, mulai dari penyakit jantung, stroke, gagal ginjal, hingga kebutaan. Itulah kenapa penderita diabetes harus disiplin dalam mengatur pola makan, terutama pada Hari Raya Idul Fitri.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (15/5/2020) tentang makanan yang harus dihindari penderita diabetes saat lebaran. 

Makanan Bersantan

Makanan Bersantan (Photography SS/Shutterstock)
Makanan Bersantan (Photography SS/Shutterstock)

Salah satu makanan yang harus dihindari penderita diabetes saat lebaran adalah makanan bersantan. Pada momen Hari Raya Idul Fitri, makanan bersantan seperti sajian opor, gulai, lodeh, hingga rendang memang menawarkan kenikmatan, namun jenis makanan seperti ini adalah faktor pencetus terjadinya kenaikan berat badan dalam periode singkat. Hal ini karena jenis makanan ini mengandung lemak jenuh (saturated fat) tinggi, yaitu 21 gram lemak jenuh untuk 100 gram santan.

Misalnya saja dalam ukuran porsi 100 gram gulai daging terdapat sebanyak 271 kalori, 11,53 gram lemak, 7,52 gram karbohidrat, dan 32,87 gram protein. Selain menghindari kuah santan dari makanan yang tersaji, perhatikan porsinya. Makanlah dalam porsi kecil, dan imbangi dengan perbanyak konsumsi buah.

Untuk lebih amannya memang sebaiknya hindari makanan bersantan (dengan daging berlemak di dalamnya), karena bisa menjadi faktor risiko terjadinya komplikasi penyakit lain seperti dislipidemia (gangguan lemak pada darah, termasuk kolesterol dan trigliserida), intoleransi glukosa, ataupun aterosklerosis.

Kue Kering

kue kering /craflog
kue kering /craflog

Makanan yang harus dihindari penderita diabetes saat lebaran selanjutnya adalah kue kering. Tentunya Hari Raya Idul Fitri sangat identik dengan sajian kue kering di ruang tamu. Tidak lengkap rasanya merayakan hari lebaran tanpa kue kering ini.

Nastar, putri salju, kastengel, cookies cokelat, kue kering kacang, dan masih banyak lagi tak pernah absen menghiasi meja tamu rumah saat Lebaran. Namun, perlu diingat bahwa bahan dasar aneka kue tersebut adalah telur, tepung, keju, cokelat, atau tambahan pemanis buatan lain yang membuat penderita diabetes harus berhati-hati saat menyantapnya.

Tentunya saat lebaran mulutmu sulit sekali berhenti mengunyah beragam kue kering ini, apalagi dengan ukurannya yang kecil. Tidak jarang kue kering ini dijadikan camilan untuk bersantai saat lebaran.

Sebagai contoh, 1 keping nastar mengandung 75 kalori, 2,14 gram lemak, 12,66 gram karbohidrat, dan 1,14 gram protein. Bisa dibayangkan jika kamu mengonsumsinya begitu banyak, tentu akan sangat buruk untuk para penderita diabetes.

Minuman Manis

Minuman Manis (Benjamas11/Shutterstock)
Minuman Manis (Benjamas11/Shutterstock)

Makanan yang harus dihindari penderita diabetes saat lebaran terdiri dari berbagai macam santapan manis, salah satunya adalah minuman manis. Berbagai minuman manis seperti sirop atau minuman bersoda kerap kali disediakan di meja tamu saat lebaran.

Es sirop, es teler, es campur, minuman bersoda, atau minuman manis lainnya memang segar dan nikmat apalagi diminum saat cuaca panas dan gerah. Namun, perlu dicatat bahwa sekaleng atau sebotol minuman bersoda (350ml) mengandung 140 kalori, 0,04gram lemak, 36,05 gram karbohidrat, dan 0.26gram protein.

Dilihat dari jumlah kalorinya per satu kemasan, sebaiknya penderita diabetes menghindarinya karena dikhawatirkan akan membuat kadar gula darah melonjak. Kamu harus berhati-hati saat mengonsumsi berbagai jenis minuman ini saat Hari Raya Idul Fitri.

Nasi Putih Berlebihan

Ilustrasi Nasi Putih (iStockphoto)
Ilustrasi Nasi Putih (iStockphoto)

Nasi putih merupakan salah satu makanan yang harus dihindari penderita diabetes saat lebaran. Bukan berarti kamu tidak boleh makan nasi putih, namun porsinya tidak boleh berlebihan.

Roti, pasta, dan nasi putih merupakan sumber utama dari karbohidrat sederhana yang paling cepat dicerna dan diserap tubuh untuk diolah menjadi gula darah. Terlebih lagi, akumulasi karbohidrat sederhana dapat bersumber dari makanan lainnya juga.

Supaya gula darah tidak naik drastis, kamu bisa mengganti nasi putih dengan nasi merah, jagung, atau ubi jalar. Kamu juga bisa mengganti roti putih dan pasta tepung dengan roti gandum atau pasta gandum yang lebih sehat.

Gorengan

Ilustrasi menggoreng (sumber: iStockphoto)
Ilustrasi menggoreng (sumber: iStockphoto)

Makanan yang harus dihindari penderita diabetes saat lebaran berikutnya adalah gorengan. Gorengan, kentang goreng, hingga keripik kentang kemasan memiliki kandungan lemak trans yang menjadi pantang bagi penderita diabetes.

Kombinasi minyak goreng dan karbohidrat tinggi dari kentang dapat meningkatkan kadar gula darah sehingga menjadi pantangan diabetes. Lemak trans juga sebagian besar ditemukan pada margarin, selai, dan makanan yang diawetkan.

Meski tidak benar-benar langsung menaikkan gula darah, lemak trans dapat memicu resistensi insulin dan sindrom metabolik. Lemak trans juga meningkatkan risiko kerusakan pembuluh darah dan mengurangi kadar kolesterol baik HDL.

Itulah beberapa makanan yang harus dihindari penderita diabetes saat lebaran. Jangan sampai kalap dan makan sembarangan saat lebaran, sehingga kadar gula darah naik. Patuhilah pola makan untuk diabetesi dan makanan yang harus dihindari penderita diabetes saat lebaran.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ditegur Badai Eks Kerispatih, Indira Kalistha Dibela Warganet

Posted: 22 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Indira Kalistha lagi-lagi kena masalah. Pada unggahan video di Instagramnya beberapa waktu lalu, istri Aa Utap ini menyanyikan lagu ciptaan Badai Eks Kerispatih yang berjudul "Aku Punya Hati".

Pada lirik, "Coba kau fikir dimana ada cinta seperti ini", Indira Kalistha mengganti kata "cinta" menjadi "bucin". Sebagai pencipta lagu, Badai tak terima dengan hal ini.

Badai Eks Kerispatih pun telah menegur Indira Kalistha secara personal. Namun rupanya sang YouTubers belum memberikan tanggapan.

 

Dihubungi Publishing

[Foto: Instagram nyinyir_update_officia]
[Foto: Instagram nyinyir_update_officia]

"Tapi tidak ada respons apa pun. Sehingga saya menempuh jalan publishing secara resmi menghubungi yang bersangkutan," kata dia dalam video di Instagramnya, Jumat (22/5/2020).

Badai eks Kerispatih juga kecewa karena video yang dianggapnya bermasalah itu belum dihapus oleh Indira Kalistha. Untuk itu pihak publishing Badai yang akan menindak Indira Kalistha.

Lebih Tegas

Indira Kalistha. (Foto: Instagram @indirakalistha)
Indira Kalistha. (Foto: Instagram @indirakalistha)

"Dengan demikian maka publishing saya atas nama Graha Pustaka Musik Indonesia Akan menempuh jalan yang dianggap perlu untuk menanggapi ini. Terima kasih, dan tolong yang lain jangan ditiru," tulisnya sebagai keterangan.

Permasalahan ini kembali mengundang perhatian warganet untuk berkomentar. Tak seperti kasus sebelumnya, untuk permasalahan ini Indira Kalistha justru mendapat pembelaan.

Dibela

"Pansos si badai, banyak yg ganti2 lirik bahkan sampe rekaman. tp biasa aja tuh hmmm. yauda pelajaran juga deh buat indira juga.. kalo salah coba minta maap dah tuh biar badai seneng," kata el_rascal di kolom komentar Instagram nyinyir_update_official.

"Gaenak bgt yak jadi org salah teruss dicari kesalahan yang lain ampe ujung. Gtw deh ama ini video mau komen apa," ungkap salah satu warganet. 

"Pansos,kemaren waktu ada anak sma nyanyi lagu itu liriknya diganti,,gak dilaporkan," tambah yang lainnya. 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Petugas Satpol PP dan Habib Umar Assegaf Berdamai

Posted: 22 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setelah dimediasi oleh Polres Pasuruan petugas Satpol PP mendatangi Habib Umar Assegaf dan meminta maaf. Keduanya sepakat berdamai dan saling memaafkan. Sebelumnya keduanya terlibat ketegangan di pos cek poin. Video keributan keduanya viral di sosial media.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Kiat Jitu Berhenti Ngemil Selama Pandemi

Posted: 22 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tanpa disadari, ngemil menjadi salah satu hal yang kerap Anda lakukan selama di rumah saja di tengah pemberlakuan pembatasan kegiatan selama pandemi corona Covid-19. Kenaikan berat badan pun tak dapat terhindarkan.

Dilansir dari The Sun, Jumat, 22 Mei 2020, secara khusus, ahli diet Helen Bond mengatakan camilan yang sering Anda makan selama isolasi dapat membuat perbedaan besar pada pinggang Anda.

"Ngemil bisa menjadi bagian dari diet seimbang, dan bisa menjadi peluang bagus untuk menyelipkan beberapa nutrisi tambahan ke dalam makanan kita," katanya kepada The Sun.

"Tetapi penting untuk memilih makanan camilan kita dengan bijak, bahkan kudapan yang tampak sehat, seperti biskuit rendah lemak, sereal, yogurt, sereal, dan lainnya. Mungkin tampak seperti pilihan yang bijak, tetapi tidak semua diciptakan sama, beberapa memiliki kadar lemak jenuh penambah kolesterol tinggi dan menambahkan atau 'bebas' gula, jenis yang kita harus kurang demi gigi dan pinggang kita," tambahnya.

Lalu, apa saja cara untuk mengendalikan kebiasaan ngemil selama pandemi corona Covid-19? Yuk, simak rangkuman selengkapnya berikut ini.

1. Berhenti membeli makanan ringan kemasan

Cobalah untuk membeli lebih sedikit makanan ringan tidak sehat ketika Anda keluar untuk berbelanja mingguan. Helen menyebut, bahaya perasaan bosan dan stres terkurung di rumah sepanjang waktu adalah Anda akan beralih ke makanan dan camilan yang menenangkan untuk menghibur diri sendiri.

"Jadi sudah waktunya untuk berhenti membeli lebih dari makanan berkalori tinggi, tinggi lemak, dan tinggi garam selama lockdown, kita berbicara keripik, cokelat, biskuit, kue, dan permen. Jika Anda tidak memilikinya, Anda tidak akan tergoda untuk memanjakan diri," jelasnya.

2. Isi lemari dengan camilan bergizi

Ilustrasi almond | unsplash.com/@chuttersnap
Ilustrasi almond | unsplash.com/@chuttersnap

Pastikan lemari Anda diisi penuh dengan camilan sehat untuk menekan keinginan ngemil. Helen mengatakan, jika Anda suka ngemil, isi lemari dapur dengan camilan sehat dan bergizi untuk memuaskan rasa lapar, bantu pertahankan energi lebih lama dan teruskan hingga makan berikutnya.

"Kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan kering, keju dan apel, tanpa tambahan yogurt dan beri gula, atau telur rebus. Mereka jauh lebih bergizi dan mengisi daripada camilan berlemak, asin dan manis," kata Helen.

3. Pertahankan rutinitas harian

Menjaga rutinitas harian akan membantu menghentikan Anda mencapai kaleng biskuit. "Kalau tidak, kebiasaan makan Anda bisa berubah menjadi satu kesempatan makan yang panjang," tambahnya.

4. Tetap aktif

Melakukan sesuatu yang berbeda pada saat Anda biasanya memiliki camilan, tetap aktif adalah cara yang bagus untuk mengekang keinginan.

"Olahraga mungkin tampak seperti hal terakhir yang ada di pikiran Anda, tetapi itu akan bermanfaat bagi tubuh dan pikiran Anda dalam banyak hal, dan tentu saja, itu akan membantu menambah vitamin D Anda dan menangkal keinginan mengemil," tambahnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Idul Fitri di Tengah Pandemi Corona, Jokowi: Indonesia Mampu Lewati Ujian Berat

Posted: 22 May 2020 09:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana Widodo mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1441 Hijriah. Pemerintah sendiri telah menetapkan Lebaran jatuh pada Minggu 24 Mei 2020 esok.

"Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah, mohon maaf lahir dan batin," kata Presiden Jokowi diikuti oleh Ibu Iriana di Istana Kepresiden, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (23/5/2020).

Jokowi mengatakan, hari raya tahun ini berbeda dari biasanya sebab adanya pandemi Covid-19.

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut mengatakan, untuk mengatasi wabah ini, butuh pengorbanan semua pihak untuk tidak mudik dan tidak bersilaturahmi dengan cara yang biasanya.

"Saya merasakan hal ini sangatlah berat, tapi keselamatan handai tolan dan sanak saudara tentu lebih penting. Dan harus menjadi prioritas kita semua," jelas Jokowi.

Saling Menguatkan

Mantan Wali Kota Solo tersebut pun yakin Indonesia akan melalui dan melewati pandemi ini dengan cara saling menguatkan.

"Saya yakin, bersama-sama kita bangsa Indonesia akan mampu melewati ujian berat ini," ucap Jokowi.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan PDIP Belum Tentukan Cawali di Pilkada Surabaya

Posted: 22 May 2020 09:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Surabaya menyampaikan alasan belum menentukan bakal Calon Wali Kota Surabaya meski pilkada serentak 2020 ditunda akibat pandemi virus corona jenis baru (Sars-CoV-2) yang sebabkan COVID-19.

"Mesin partai di PDIP sampai saat ini terus bergerak dalam situasi apa pun, meski DPP PDIP belum mengumumkan nama calon untuk maju di Pilkada Surabaya," ujar Ketua DPC PDI Perjuangan Surabaya Adi Sutarwijono di Surabaya, Jumat, 22 Mei 2020, seperti dikutip dari Antara.

Adi menuturkan, terkait cawali yang akan diusung itu domain dan kewenangan DPP PDIP. Dia menuturkan, DPP PDIP punya pertimbangan dan kebijaksanaan dalam mengambil keputusan di Pilkada Surabaya.

Selain itu, lanjut dia, dalam situasi pendemi COVID-19 ini, pihaknya tidak terlalu tertarik membicarakan urusan pilkada, melainkan lebih banyak dicurahkan dalam gotong-royong dengan rakyat untuk mengatasi pendemi COVID-19.

Begitu juga jika nantinya DPP PDIP mengusung Cawali Surabaya dari nonkader, Adi menegaskan tetap mengikuti keputusan dari Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. "Soal rekomendasi adalah domain DPP PDI Perjuangan. Kami tegak lurus pada keputusan ketua umum," kata dia.

Optimistis Hadapi Pilkada

Ketua DPRD Surabaya Adi Sutarwijono (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Ketua DPRD Surabaya Adi Sutarwijono (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Meski demikian, Adi yang juga Ketua DPRD Surabaya ini optimistis PDI Perjuangan akan memenangkan Pilkada Surabaya. Hanya saja, Adi menilai sekarang ini bukannya saat yang tepat untuk bicara soal pilkada. 

"Sesuai instruksi DPP PDI Perjuangan, perhatian dan energi kami tercurah untuk menangani pendemi COVID-19," ujar dia.

Saat ditanya soal peran Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini sebagai Ketua DPP PDIP  dalam ikut penentuan calon Wali Kota Surabaya? Adi mengaku tidak tahu. Bahkan Adi enggan berandai-andai soal isu PDIP memilih duet kepemimpinan Surabaya harus dari birokrat dan politikus.

Saksikan Video di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bek Prancis Berharap Tidak Jadi Tumbal Perombakan Lini Belakang Barcelona

Posted: 22 May 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Clement Lenglet tidak mau meninggalkan Barcelona. Dia bertekad berkarier di Camp Nou dalam jangka waktu yang lama.

Lenglet digaet Barcelona dari Sevilla pada 2018 lalu dengan biaya transfer senilai 35 juta euro. Sejauh ini bek 24 tahun itu sudah tampil berseragam Blaugrana sebanyak 74 kali.

Belakangan muncul isu rencana perombakan signifikan di lini belakang Barcelona. Lenglet pun disebut bisa menjadi korban perombakan tersebut.

Lenglet masih menyisakan tiga tahun dalam kontraknya bersama Barcelona. Penggawa tim nasional Prancis itu pun ingin terus bertahan di Camp Nou.

"Anda tak pernah tahu seperti apa masa depan ketika Anda adalah seorang pesepak bola, tapi saya berharap bisa berada di Barcelona di musim depan," ujar Lenglet kepada RMC Sport.

"Tentu hal tersebut akan bergantu pada jendela transfer, ini merupakan periode spesial bagi klub dan kami aman, tapi saya berharap untuk bertahan," tegasnya.

Kecewa Tak Main di El Clasico

Pemain Barcelona, Clement Lenglet, saat mengikuti latihan di Ciutat Esportiva Joan Gamper, Sant Joan Despi, Jumat (8/5/2020) waktu setempat. Barcelona kembali menjalani latihan usai seluruh pemain tim utama dinyatakan negatif COVID-19. (AFP/Miguel Ruiz)
Pemain Barcelona, Clement Lenglet, saat mengikuti latihan di Ciutat Esportiva Joan Gamper, Sant Joan Despi, Jumat (8/5/2020) waktu setempat. Barcelona kembali menjalani latihan usai seluruh pemain tim utama dinyatakan negatif COVID-19. (AFP/Miguel Ruiz)

Meski kerap menjadi pilihan utama di lini belakang Barcelona musim ini, akan tetapi Lenglet beberapa kali ditepikan, termasuk dalam laga El Clasico kontra Real Madrid jilid kedua musim ini pada Maret lalu. Lenglet pun mengaku kecewa dengan hal tersebut.

"Ada beberapa alasan [untuk ditepikan]. Kedatangan pelatih baru, Samuel Umtiti yang bagus ketika dia bermain. Saya juga sering bermain, Umtiti dan saya sama," tutur Lenglet.

Bagian Kehidupan

"Namun, saya tak bermain di El Clasico. Saya sedikit kecewa, tapi itulah bagian dari kehidupan seorang pesepak bola. Saya menyiapkan diri sendiri dengan baik dan berharap bisa tampil reguler. Saya beruntung bisa mengalami beberapa kejadian gila dalam waktu yang sangat singkat, saya harap itu akan tetap bertahan," imbuhnya.

"Pasti ada momen spesial di musim ini, tapi tetap menjadi musim yang bagus, saya masuk timnas Prancis, saya bermain dari laga ke laga, ini musim yang bagus bagi saya," tukasnya.

 

Sumber asli: RMC Sport

Disadur dari: Bola.net (Ari Prayoga, Published 22/5/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Idul Fitri, Presiden Jokowi dan Ibu Negara: Mohon Maaf Lahir Batin

Posted: 22 May 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jelang Hari Idul Fitri 1441 H, Presiden Jokowi dan Ibu Negara mengucapkan Selamat Hari Raya Lebaran kepada umat Islam di seluruh Indonesia yang merayakannya.

"Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah yang jatuh bertepatan pada Minggu, 24 Mei 2020, mohon maaf lahir dan batin," kata Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Sabtu (23/5/2020).

Presiden Jokowi mengatakan, Hari Raya Idul Fitri tahun ini patutnya dimaknai dengan perayaan dengan cara yang berbeda. Hal ini disebabkan karena adanya pandemi Covid-19.

Oleh karena itu, tak henti Presiden Jokowi meminta segenap rakyat Indonesia untuk tidak melaksanakan kegiatan mudik yang sudah menjadi tradisi. Selain mudik, Presiden meminta untuk sementara tidak bersilaturahmi langsung dengan cara yang lazimnya dilakukan, yakni dengan saling berkunjung ke rumah sanak saudara.

"Saya merasakan hal ini sangatlah berat, tapi keselamatan handai tolan dan sanak saudara tentu lebih penting. Dan harus menjadi prioritas kita semua," pinta Presiden Jokowi.

Disiplin

Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana tiba di Gimhae Air Force Base, Busan, Korea Selatan. (Biro Pers Istana)
Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana tiba di Gimhae Air Force Base, Busan, Korea Selatan. (Biro Pers Istana)

Presiden Jokowi meyakini, jika rakyat Indonesia disiplin akan hal itu, niscaya pandemi Covid-19 bisa lebih cepat tertangani.

"Saya yakin, bersama-sama kita bangsa Indonesia akan mampu melewati ujian berat ini," Jokowi menandasi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wali Kota Jakbar: Takbiran di Rumah, Sama Saja

Posted: 22 May 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wali Kota Jakarta Barat Rustam Effendi mengimbau warganya agar menyambut Hari Raya Idul Fitri 1441 H dengan menggelar takbiran di rumah. Hal ini guna mencegah meluasnya penyebaran virus Corona.

"Tidak perlu takbir-takbir keliling," kata Rustam saat dihubungi, Jakarta, Sabtu (23/5/2020).

Dia kemudian kembali mengingatkan, Pemprov DKI Jakarta masih memberlakukan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Corona. Salah satu poin, dilarang berkerumunan melebihi lima orang.

Oleh karena itu, Rustam meminta warga mematuhi kebijakan tersebut. Menurut dia, takbiran di rumah tak mengurangi esensi merayakan kemenangan setelah satu bulan menunaikan ibadah puasa.

"Takbirnya di keliling di samping juga riskan dan bahaya Covid-19 terus juga kemungkinan di jalan juga ada hal-hal yang tidak diinginkan. Itu diminta untuk di rumah aja. Kan sama saja," ujar Rustam.

Selain takbiran, Rustam menganjurkan pelaksanaan salat Idul Fitri di rumah, sebagaimana imbauan dari MUI.

"Salat Idul Fitri sama (di rumah saja)," tandas Rustam.

Imbauan Anies Baswedan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan pesan Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah yang masih berada di tengah pandemi Corona.

Dia mengatakan, lebaran tahun ini merupakan lebaran paling berbeda yang dirasakan oleh seluruh masyarakat. Di tengah pandemi Covid-19, tradisi lebaran dengan bersilaturahim ke sanak keluarga terpaksa harus ditiadakan. Tujuannya, memutus mata rantai penularan virus Corona.

"Adanya pandemi membuat kita tak bisa bertemu secara fisik sebagaimana tahun-tahun sebelumnya dan kita harus menahan diri di rumah, yang ini dilakukan oleh semua orang. Tujuannya adalah mengendalikan agar kira semua keluar dari masa ini, bisa menjadi generasi penerus sejarah umat manusia menjadj generasi manusia uang lebih baik," ucap Anies, dalam akun Instagramnya @aniesbaswedan, Sabtu (23/5/2020).

Dengan kolase video yang menggambarkan suasana hening Jakarta, Anies Baswedan menuturkan kondisi ini seharusnya menjadi momen pemersatu antarwarga. Sebab, tanpa mengenal latar bekang sosial, keuangan, suku, agama apapun semua menghadapi masalah yang sama, pandemi Covid-19.

Tradisi takbiran keliling di jalan-jalan Ibu Kota ditiadakan, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengimbau seluruh warganya tetap menggaungkan pesan takbir di rumah masing-masing.

"Takbir itu kini bergaung di tiap tiap rumah, di tiap-tiap ruang dalam rumah kita, di rumahku takbirku. Kita gemakan kalimat takbir, kita gaungkan pesan takbir tanpa kita harus berkeliling keluar," imbau Anies Baswedan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Quraish Shihab: Saat Seseorang Kembali pada Fitrahnya, Berarti Menganut Ajaran yang Benar

Posted: 22 May 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menurut cendikiawan muslim dan Pendiri Pusat Studi Al-quran Quraish Shihab, Id dari kata Idul Fitri berati kembali.

Lantas, apa makna fitroh itu sendiri?

Quraish Shihab mencontohkannya lewat kisah para nabi. Menurutnya kala itu orang-orang banyak yang tidak memahami apa yang dinamai fitroh. Salah satunya adalah Ibnu Abbas yang dikenal sebagai pakar Al-quran.

Dia berkata,"Saya tadinya tidak mengetahui apa artinya fitroh."

Sampai dia mendengar dua orang bertengkar di sebuah sumur. Salah seorang di antaranya mengaku, itu miliknya. Sejak itu dirinya paham, bahwa Allah adalah pencipta pertama kali langit dan bumi.

"Dan sejak itu pula diketahui bahwa fitri itu berarti asal kejadian," ungkap Quraish Shihab. 

Dari sini kemudian timbul pertanyaan, apa asal kejadian kita? Salah satu di antaranya kita diciptakan Allah membawa fitrah keagamaan dan membawa kebiasaan-kebiasaan.

"Kita berjalan dengan kaki. Kita melihat dengan mata. Kita mendengar dengan telinga, kita senang akan keindahan, benci pada kezaliman," ucap Quraish Shihab

Dia menambahkan, apabila seseorang kembali pada fitrahnya, maka itu berarti dia kembali menganut pada ajaran yang benar, kembali menemukan kebenaran, kembali menginginkan adanya kedamaian, dan kembali menciptakan seni keindahan.

"Mari kita kembali kepada agama yang benar. Agama yang benar kata Nabi SAW adalah ketulusan, interaksi positif, ketundukan dan penyerahan diri kepada Allah. Itulah hasil dari ibadah puasa, sehingga wajar untuk berkata kita kembali ke asal kejadian kita," urai Quraish Shihab.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

15 Perawatnya Positif Corona, RSUD Depok Tutup Sementara Layanan Poliklinik

Posted: 22 May 2020 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Depok - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok Jawa Barat menutup sementara layanan poliklinik menyusul 15 tenaga kesehatannya yang positif terjangkit Covid-19 akibat infeksi virus Corona. Penutupan itu berlangsung selama 14 hari ke depan, mulai 22 Mei hingga 8 Juni 2020.

Direktur RSUD Depok, Devi Maryori dalam ketarangan tertulisnya mengatakan, penutupan sementara poliklinik tersebut untuk keperluan sterilisasi ruangan dan isolasi tenaga kesehatan. 

Ruangan yang biasa dipakai untuk poliklinik akan didekontaminasi agar saat dibuka kembali sudah steril dari virus Corona.

"Karena poliklinik sudah ditutup kami sekarang hanya melayani pasien Covid-19 saja, baik di instalasai gawat darurat (IGD), maupun yang di rawat inap," kata Devi seperti dilansir Antara, Sabtu (23/5/2020).

Menurut dia, saat ini, sebanyak 15 tenaga kesehatan yang terinfeksi virus Corona sudah diisolasi dan dirawat oleh RSUD Depok. Kondisi mereka secara umum dalam keadaan baik, hanya ada satu orang yang mengalami demam ringan.

Para tenaga kesehatan RSUD Depok ini sudah menjalani protokol yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Begitu juga saat memeriksa pasien, pihaknya sudah membuat pembatas di tempat pemeriksaan pasien.

"Penyebab terpaparnya perawat kami sedang dalam pelacakan dan penelitian," ujar Devi.

 

Waspada

Devi berpesan kepada masyarakat Depok untuk terus waspada terhadap penularan virus Corona. Tetap menjaga diri dan keluarga sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku, serta mendukung program Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diterapkan pemerintah.

"Saya mohon masyarakat untuk mendukung pemerintah dalam memutus mata rantai penularan COVID-19. Gunakan masker, menjaga jarak, tidak melakukan kumpul-kumpul. Yang utama tetap di rumah saja apabila tidak ada kebutuhan atau keperluan yang mendesak," kata Devi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Muncul Klaster Baru di Semarang, Pasar Kobong Ditutup

Posted: 22 May 2020 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Semarang - Pasar Ikan Rejomulyo Semarang atau yang lebih dikenal dengan Pasar Kobong menjadi salah satu klaster baru penyebaran COVID-19 di Ibu Kota Jawa Tengah.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang Abdul Hakam mengatakan, awal mula munculnya klaster tersebut dari temuan tiga orang di pasar tersebut yang dirawat karena positif COVID-19.

"Kemudian ditelusuri dan dilakukan rapid test dua hari lalu," katanya, di Semarang, Sabtu (23/5/2020).

Hasilnya, kata dia, enam orang dinyatakan reaktif yang kemudian dikarantina di Rumah Dinas Wali Kota untuk melaksanakan swab test.

Penelusuran klaster tersebut kembali dilakukan dan ditemukan 11 orang lain yang hasilnya reaktif.

Dinas Kesehatan Kabupaten Demak, kata dia, juga melakukan penelusuran ke Pasar Ikan Sayung, Demak, yang diketahui lima orang di pasar itu juga dinyatakan reaktif.

"Total ada 26 orang yang berkaitan dengan Pasar Kobong," katanya dilansir Antara.

Sementara itu, Gugus Tugas COVID-19 Kota Semarang menutup sementara operasional Pasar Kobong hingga enam hari ke depan.

Penutupan tersebut berkaitan dengan sterilisasi kawasan pasar serta penataan jika nantinya akan buka kembali.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

14 Manfaat Telur Puyuh untuk Ibu Hamil, Cegah Stres

Posted: 22 May 2020 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Telur puyuh memiliki ukuran lebih kecil dari telur ayam. Telur ini dihasilkan dari burung puyuh. Meski ukurannya kecil, tetapi manfaat telur puyuh untuk ibu hamil cukup besar. Bahkan, bisa membantu cegah stres yang akan dialami ibu saat proses kehamilan.

Manfaat telur puyuh untuk ibu hamil berasal dari kandungannya. Telur puyuh termasuk makanan yang padat gizi dan nutrisi. Kandungan dalam lima butir telur puyuh, terdapat 6 gram protein. Protein ini setara dengan kandungan protein ayam. Kaya vitamin A, vitamin B kompleks, kolin, selenium, dan zat besi.

Meski banyak manfaat telur puyuh untuk ibu hamil, namun tetap perhatikan kolesterolnya. Pasalnya, dalam satu porsi telur puyuh terdapat 380 mg kolesterol, dua kali lebih banyak dari batas maksimal kebutuhan. Bahkan, dalam satu porsinya terdapat 1.6 gram lemak jenuh.

Bila mengonsumsi secara berlebihan, lemak jenuh akan meningkatkan kadar kolesterol tubuh. Namun, ketika dikonsumsi dalam jumlah sedang, kolesterol yang ditemukan dalam telur puyuh tak membahayakan. Sehingga konsumsilah telur puyuh secukupnya, terutama bagi ibu hamil.

Berikut, Liputan6.com ulas manfaat telur puyuh untuk ibu hamil dari berbagai sumber, Sabtu (23/5/2020).

Manfaat Telur Puyuh untuk Ibu Hamil

Ilustrasi Ibu Hamil | unsplash.com/@naaatsnaps
Ilustrasi Ibu Hamil | unsplash.com/@naaatsnaps

Menjaga Kesehatan Kandungan

Kolin sangat berguna untuk menjaga kesehatan kandungan. Terutama sangat berguna untuk asupan otak janin. Kolin sangat baik untuk menyusun membran sel dalam tubuhnya. Hal ini dapat mengurangi risiko keguguran, bayi lahir cacat, serta kematian.

Anti Kanker dan Penuaan Dini

Zat antikanker dalam telur puyuh juga aman dikonsumsi. Zat tersebut mampu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Di dalam telur ini juga mengandung senyawa lutein yang berguna untuk menghambat proses penuaan.

Cegah Stres

Perubahan hormon ibu hamil sudah pasti terjadi. Hal ini akan membuat ibu menjadi lebih sering mengalami stres. Emosional ibu hamil menjadi sangat tidak stabil. Hal ini tentu akan mengganggu perkembangan sang janin. Telur puyuh mengandung zat menenangkan yang berguna sebagai penawar stres.

 

Manfaat Telur Puyuh untuk Ibu Hamil

Ilustrasi/copyrightshutterstock/
Ilustrasi/copyrightshutterstock/

Mencegah Sindrom Baby Blues

Ibu akan mengalami depresi pasca melahirkan karena perubahan hormon. Kondisi ini jelas tidak baik untuk ibu dan bayi. Keadaan ini bisa membuat ibu tidak mampu merawat bayi. Agar bisa mencegahnya, ibu disarankan lebih sering makan telur puyuh saat hamil. Hal ini bisa mengurangi risikonya. Telur puyuh sangat penting untuk mengatur sistem syaraf, membuat perasaan menjadi lebih tenang dan nyaman.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Ibu hamil akan lebih mudah sakit. Hal ini terjadi karena pertumbuhan janin dianggap sebagai proses infeksi tubuh yang normal. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam telur puyuh sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh. Sehingga ibu bisa memiliki tubuh yang sehat dan terhindari dari berbagai penyebab gangguan kesehatan.

Manfaat Telur Puyuh untuk Ibu Hamil

Ilustrasi Ibu Hamil (iStockphoto)
Ilustrasi Ibu Hamil (iStockphoto)

Mencegah luka usus

Ibu pasti akan mengalami gangguan pencernaan saat kehamilan. Seperti susah buang air besar atau diare. Telur puyuh sangat baik untuk menjaga kesehatan usus. Sehingga membuat ibu terhindar dari gangguan saluran pencernaan terutama usus. Ibu juga akan menjadi lebih sehat dari biasanya.

Mencegah anemia pada ibu hamil

Ibu hamil juga akan mengalami anemia. Tubuh mudah lemas dan lelah. Hal ini berarti kondisi ibu sedang kekurangan darah. Ibu hamil sudah biasa mengalaminya.

Ibu bisa mencoba mengonsumsi telur puyuh lebih rutin. Telur puyuh akan meningkatkan hemoglobin dalam secara alami. Termasuk turut menjaga agar tekanan darah ibu tetap normal.

Mencegah Kesehatan Mata

Perubahan hormon dan tekanan gula darah akan membuat pandangan mata menjadi kabur. Telur puyuh bisa mengatasinya. Hal ini disebabkan kandungan vitamin A di dalamnya. Bahkan, vitamin ini juga akan membantu mencegah kerusakan sel oksidatif pada mata ibu hamil.

Manfaat Telur Puyuh untuk Ibu Hamil

Ilustrasi ibu hamil/copyright shutterstock
Ilustrasi ibu hamil/copyright shutterstock

Membantu memurnikan darah

Racun akan beredar dalam darah dan terkadang racun tidak bisa keluar bersama urin dan keringat. Hal ini akan membahayakan ibu dan janin jika tetap dibiarkan. Asam amino dalam telur puyuh akan membantu mendorong racun keluar tubuh. Sehingga konsumsi telur puyuh sangat dianjurkan untuk ibu hamil.

Mencegah diabetes

Telur puyuh bisa membantu mencegah penyakit diabetes pada ibu hamil. Menurut sebuah penelitian telur puyuh mengandung leusin. Kandungan ini dapat mengatur kadar gula dalam darah. Sehingga insulin akan digunakan sesuai kebutuhan tubuh. Pakreas ibu hamil juga menjadi lebih sehat.

Manfaat Telur Puyuh untuk Ibu Hamil

Ilustrasi (iStock)
Ilustrasi (iStock)

Menurunkan tekanan darah

Telur puyuh bisa mencegah hipertensi pada ibu hamil. Termasuk menurunkan tekanan darah tinggi selama masa kehamilan. Hipertensi pada ibu hamil akan menyebabkan preeklamsia dan kematian janin. Jadi, penting untuk mengonsumsinya lebih rutin.

Meningkatkan proses metabolisme

Metabolisme yang lambat akan buruk untuk tubuh ibu hamil. Mengonsumsi telur puyuh bisa mendorong metabolisme lebih cepat. Bisa mengatasi masalah pencernaan, susah buang air besar, dan menjaga proses pembakaran lemak terjadi normal.

 

Manfaat Telur Puyuh untuk Ibu Hamil

ilustrasi ibu hamil (Foto: huffingtonpost.com)
ilustrasi ibu hamil (Foto: huffingtonpost.com)

Mengurangi resiko penyakit jantung

Ibu hamil akan jauh dari ancaman serangan jantung. Hal ini disebabkan kandungan vitamin E dalam telur puyuh. Vitamin E akan membantu menjaga fungsi jantung yang sehat. Efeknya juga baik untuk jantung janin.

Mencegah hiperpigmentasi saat hamil

Perubahan hormon yang terjadi selama hamil bisa menyebabkan perubahan warna kulit atau hiperpigmentasi. Kulit wajah ibu hamil akan menjadi berbintik hitam dan merah. Kandungan vitamin E dalam telur puyuh sangat bisa mengatasinya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Antisipasi Lonjakan Kasus COVID-19, Wagub Emil Ingatkan Tetap Waspada hingga Terapkan Jaga Jarak

Posted: 22 May 2020 09:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi akan menerapkan zonasi laboratorium PCR dalam rangka tes Corona COVID-19. Hal ini juga untuk menghindari penumpukan sampel sehingga antisipasi lonjakan kasus.

Berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan COVID-19 Jawa Timur, tambahan pasien positif Corona COVID-19 sebanyak 502 orang sehingga total menjadi 2.942 orang hingga 21 Mei 2020.

Selain dari Surabaya ada tambahan 311 kasus, penambahan kasus antara lain 57 pasien baru terinfeksi virus SARS CoV-2 di Sidoarjo. Kemudian disusul Kabupaten Probolinggo 31 kasus baru serta di Gresik menyumbang 27 kasus positif COVID-19.

"Hari ini diumumkan sejumlah angka itu (502), kemudian telisik ulang sebanyak 451 kasus (diketahui domisilinya)," ujar Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 dr. Joni Wahyuhadi pada Kamis, 21 Mei 2020.

Dalam akun instagram resmi Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak @emildardak menjelaskan mengenai angka kasus baru positif Corona COVID-19 pada 21 Mei 2020. Angka kasus baru pada 21 Mei 2020 dinilai juga lantaran ada tumpukan hasil tes tiga hari sejak 18-20 Mei 2020.

"Di satu sisi ini menunjukkan pentingnya peningkatan kapasitas tes PCR swab (Jatim) sudah tingkatkan jadi 1.500 lebih tes per hari, maka tumpukan 1.500 specimen di Institute of Tropical Disease (ITD) akhirnya bisa ditangani dengan diberikannya 10 ribu reagen tes PCR oleh pemprov," tulis Emil dalam akun instagramnya, Jumat, 22 Mei 2020.

Oleh karena itu, untuk menghindari penumpukan sampel, ke depan diterapkan zonasi laboratorium  PCR.

"Di sisi lain ini menunjukkan banyaknya kasus COVID-19 di Jatim yang mana mereka tidak menunjukkan gejala apapun. Maka kita harus semakin waspada dan berhati-hati, disiplin menghindari kerumunan dan semakin serius menerapkan physical distancing," tulis dia.

Hingga Jumat, 22 Mei 2020, ada penambahan 153 kasus Corona COVID-19 sehingga total secara keseluruhan di Jatim, menjadi 3.095 kasus, sedangkan yang masih dalam perawatan 2.385 pasien.

Data yang didapat dari Pemprov Jatim, tercatat penambahan terbanyak dari Surabaya dengan 51 kasus Corona COVID-19. Kemudian Gresik 28 kasus, Sidoarjo 27 kasus dan Kabupaten Kediri 18 kasus. Serta Magetan dan Pacitan masing-masing bertambah empat kasus.

Selanjutnya, Kabupaten Madiun dan Nganjuk bertambah dua kasus. Kemudian Kabupaten Mojokerto, Tulungagung, Anak Buah Kapal (ABK), Kabupaten dan Kota Malang dan bertambah dua kasus. Adapun yang bertambah satu kasus Jombang, Kota Kediri, Kota Batu, Kota Mojokerto dan Bangkalan.

Perkembangan Kasus Positif Corona COVID-19 di Jatim pada 21 Mei 2020

Ketua Gugus Kuratif Covid-19 Jatim, Joni Wahyuhadi (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Ketua Gugus Kuratif Covid-19 Jatim, Joni Wahyuhadi (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Sebelumnya, jumlah kasus Corona COVID-19 bertambah signifikan di Jawa Timur (Jatim). Pada hari ini tercatat ada penambahan 502 kasus baru pasien positif dan penyumbang terbanyak adalah Surabaya yaitu 311 kasus. 

Penambahan kasus terbanyak Corona COVID-19 kedua di Jatim juga masih dari kawasan Surabaya Raya. Tercatat ada 57 pasien baru terinfeksi virus SARS CoV-2 di Sidoarjo. Kemudian disusul Kabupaten Probolinggo 31 kasus baru serta di Gresik menyumbang 27 kasus positif COVID-19.

Kemudian tambahan kasus baru juga terjadi tiga di Kota Malang dan masing-masing dua kasus di Kota Pasuruan, Kota Batu, Kabupaten Mojokerto, Lamongan, Bangkalan lalu Bojonegoro. Sedangkan di Kota Blitar, Kabupaten Kediri, Kota Probolinggo, Magetan, Kabupaten Malang dan Tuban masing-masing tambah satu kasus. 

Dari rincian tersebut, total tambahan positif Corona COVID-19 di Jatim diketahui domisilinya 451 kasus. Sedangkan sisanya 51 kasus masih dicari domisilinya. 

"Hari ini diumumkan sejumlah angka itu (502), kemudian telisik ulang sebanyak 451 kasus (diketahui domisilinya)," ujar Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 dr. Joni Wahyuhadi dalam konferensi pers live streaming youtube di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis malam, 21 Mei 2020.

Banyaknya penambahan ini disebabkan jumlah angka penularan di dalam klaster diakui oleh tim tracing terus melonjak. Bahkan, terbaru ada temuan klaster rumah sakit yang menjangkit beberapa tenaga kesehatan mulai perawat hingga dokter.

"Jadi memang yang ada penambahan di klaster yang ada. Yang baru itu dari nakes (tenaga kesehatan) ada positif COVID-19, 20 orang, 12 di antaranya nakes, empat dokter, tiga spesialis," Ketua Rumpun Tracing, dr. Kohar Hari Santoso.

"Lainnya penambahan klaster yang sudah ada. Ada kelompok melakukan perjalanan luar negeri. Jumlahnya nggak terlalu besar tapi potensi klaster. Di samping itu ada perjalanan luar kota," dia menambahkan.

Lebih lanjut, pasien sembuh dari COVID-19 jumlahnya bertambah 10 orang. Total yang sembuh sekarang 413 orang atau 14,04 persen. Kemudian pasien meninggal dunia bertambah 15 orang, sehingga totalnya saat ini 258 orang setara 8,77 persen.

Terkait jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang masih diawasi 2.296 dari jumlah total kasus 5.267 orang. Kemudian Orang Dalam Pemantauan yang masih dipantau 3.989 dari total kadus 23.271 orang.

 

Saksikan Video di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Resep Praktis Semur Daging Betawi untuk Lebaran

Posted: 22 May 2020 09:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menjelang Lebaran seperti sekarang ini, kaum ibu tentu sudah bersiap-siap menyiapan hidangan spesial untuk menemani keluarga saat hari raya. Ada banyak makanan khas Indonesia yang perlu digali dan dicoba semua ibu-ibu yang suka masak, salah satunya adalah makanan-makanan khas Betawi.

Salah satu makanan sedap yang patut dicoba adalah semur daging khas Betawi. Semur bahkan menjadi menu yang setia menemani saat hari raya Idul Fitri.Tidak kalah enak dengan semur pada umumnya, ini dia resep semur daging super lezat Betawi yang menggugah selera.

Bahan-bahan:

• 500 gr daging sapi, iris melintang mengikuti serat

• 5 butir bawang merah, iris tipis

• 2 sdm minyak goreng

• 3 buah cengkih

• 2 lembar daun salam

• 4 cm kayu manis

• 1 kulit ari biji pala

• 2 buah tomat, potong jadi 4 bagian

• 3 sdm kecap manis

• 1500 ml air

• garam secukupnya

 

Bumbu halus:

• 4 siung bawang putih

• 7 siung bawang merah

• 4 butir kemiri

• 1/2 sdt merica butir

• 1 sdt ketumbar butir

• 1/4 sdt jintan

• 2 cm jahe

 

Cara memasak:

1. Sangrai kemiri, ketumbar dan dan jintan hingga harum, Haluskan bersama bumbu halus lainnya.

2. Tumis bumbu halus, masukkan daun salam, cengkih, kayu manis, dan kulit ari biji pala, tumis hingga matang.

3. Masukkan daging sapi, aduk-aduk hingga daging berubah warna. Tambahkan tomat, aduk hingga layu. Masukkan kecap manis, aduk rata.

4. Tuang air, masak daging hingga empuk dan kuah berkurang. Matikan api.

Semur daging sapi siap sajikan dengan nasi hangat dan taburan bawang goreng. Jika ingin sensasi agak pedas, kamu bisa menambahkan beberapa buah cabai rawit utuh dan masak hingga matang. Siap mencobanya di rumah?

 

Sumber : Fimela.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Tarekat Naqsabandiyah Berlebaran Hari ini

Posted: 22 May 2020 09:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tarekat Naqsabandiyah di Kota Padang sudah menetapkan 1 Syawal 1441 Hijriah. Mereka juga menggelar salat Idul Fitri pada Sabtu (23/05/2020).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Riset: Obat Malaria untuk Pasien COVID-19 Tak Bermanfaat, Picu Risiko Kematian

Posted: 22 May 2020 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Boston - Sebuah penelitian besar terhadap 96.032 pasien terinfeksi virus corona yang dirawat di rumah sakit menemukan bahwa obat antimalaria hydroxychloroquine dan chloroquine tidak bermanfaat bagi pasien yang memakainya.

Sebaliknya, mereka yang menerima salah satu obat memiliki risiko kematian yang lebih tinggi daripada mereka yang tidak meminumnya --dengan beberapa kasus melaporkan kaitan dengan komplikasi jantung, menurut jurnal yang diterbitkan oleh the Lancet pada 22 Mei 2020, seperti dikutip dari the Business Insider, Sabtu (23/5/2020).

Studi retrospektif mengawasi pasien selama empat bulan di enam benua. Mereka menemukan bahwa obat dikaitkan dengan peningkatan frekuensi detak jantung yang abnormal.

Hydroxychloroquine dan chloroquine mendapat perhatian di awal pandemi sebagai pengobatan potensial untuk COVID-19, penyakit yang disebabkan oleh virus corona baru.

Obat itu disetujui oleh sejumlah otoritas kesehatan untuk penggunaan lain tetapi tidak untuk pengobatan COVID-19. Namun, beberapa pemimpin dunia, seperti Presiden AS Donald Trump dan Presiden RI Joko Widodo pernah mendorong penggunaan obat itu sebagai pengobatan medis pasien virus corona.

Analisis Riset

Riset melihat total 96.032 pasien yang dirawat di rumah sakit, dengan 14.888 di antaranya mendapat perawatan obat hydroxychloroquine atau chloroquine; hydroxychloroquine dan antibiotik macrolide; serta chloroquine dan macrolide selama empat bulan. (Macrolide adalah jenis antibiotik yang mencakup azitromisin).

Penulis riset menyebut tidak dapat menemukan manfaat pada mereka yang diberi perawatan dibandingkan dengan mereka yang tidak menerima kombinasi apa pun. Sebaliknya, penelitian ini menemukan peningkatan frekuensi detak jantung abnormal pada mereka yang menerima obat. Mereka yang menerima obat memiliki risiko kematian yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak minum obat, jurnal itu menyebutkan, seperti dikutip dari Business Insider.

Para pasien datang dari 671 rumah sakit dari enam benua, dan penelitian ini dipimpin oleh para peneliti di Brigham's and Women Hospital di Boston, Massachusetts. Hasil riset diterbitkan pada Jumat 22 Mei di jurnal the Lancet. Meskipun itu bukan uji coba terkontrol secara acak, ini adalah studi terbesar dari jenisnya pada pasien COVID-19, penyakit yang disebabkan oleh virus corona baru.

Kendati demikian, ada batasan untuk analisis. Itu adalah pengamatan di lapangan (tidak terkontrol), meskipun uji coba terkontrol secara acak --yang sebelumnya menempatkan pasien baik untuk pengobatan atau kontrol plasebo secara acak-- sedang berlangsung.

 

Obat yang Menarik Perhatian

Ilustrasi obat-obatan Credit: pexels.com/pixabay
Ilustrasi obat-obatan Credit: pexels.com/pixabay

Di awal pandemi, obat itu menarik perhatian dokter, ahli, dan sejumlah negara, termasuk pemerintahan Presiden AS Donald Trump sebagai pengobatan virus corona yang potensial. Beberapa hasil awal yang menjanjikan mengenai obat ini diterbitkan pada akhir Maret 2020.

Presiden Donald Trump pada awal pekan ini mengatakan, dia mengonsumsi hydroxychloroquine setiap hari selama satu setengah minggu.

Studi tambahan, bagaimanapun, telah meragukan seberapa efektif obat ini dalam mengobati virus corona baru. Percobaan klinis yang berlangsung di Brasil dihentikan pada April setelah lonjakan kematian di antara pasien yang telah menerima obat.

Obat belum disetujui oleh Administrasi Makanan dan Obat AS (FDA) untuk pengobatan COVID-19.

Sementara itu, dua penelitian observasional, yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine dan Journal of American Medical Association, menemukan bahwa di antara ribuan pasien virus corona yang dirawat di rumah sakit yang menerima obat antimalaria hydroxychloroquine, tidak lebih baik atau lebih buruk daripada pasien yang tidak menerima obat.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Capai 2.002 Kasus, Jabar Peringkat Ketiga Wilayah Terinfeksi Covid-19 di Indonesia

Posted: 22 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Jumlah kasus terkonfirmasi positif virus Corona (Covid-19) di Jawa Barat kembali bertambah, Jumat (22/5/2020). Ada penambahan 40 kasus terinfeksi baru sehingga jumlahnya mencapai 2.002 orang.

Sedangkan, pasien yang dinyatakan sembuh jumlahnya bertambah 10, sehingga totalnya jadi 432 orang. Sementara, angka kematian akibat Covid-19 bertambah 1 sehingga totalnya mencapai 125 kasus.

Laman pantau pikobar.jabarprov.go.id juga memaparkan total orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 47.570 Sebanyak 41.140 statusnya sudah tidak dipantau lagi sehingga total ODP terpantau sebanyak 6.430 orang.

Adapun dalam kategori pasien dalam pengawasan (PDP) totalnya mencapai 7.708. Rinciannya, sebanyak 2.428 masih dalam pengawasan dan 5.280 selesai pengawasan.

Pikobar juga memaparkan, sebanyak 120.655 orang telah menjalani Rapid Diagnostic Test (RDT) atau tes diagnostik cepat. Dari jumlah tersebut, sebanyak 3.209 orang reaktif atau terindikasi positif Covid-19.

Untuk selanjutnya, mereka yang telah menjalani rapid test ini akan dilakukan pemeriksaan konfirmasi lebih lanjut dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR).

Dalam kategori tes PCR, Pemprov Jabar telah memeriksa 10.791 orang. Dari jumlah itu, sebanyak 1.555 di antaranya positif Covid-19.

Secara nasional, data pemerintah pusat mencatat jumlah orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 20.796 kasus. Rinciannya, sebanyak 1.326 orang meninggal dunia dan sembuh 5.057 orang.

Provinsi DKI Jakarta masih menjadi wilayah penyumbang terbanyak kasus positif Corona dengan 6.400 kasus. Sedangkan, Jawa Barat yang berbatasan wilayah dengan Jakarta berada di urutan ketiga. Posisi kedua ditempati Jawa Timur dengan 3.129 kasus.

 

 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Meme Lucu Makanan Berlabel Supreme

Posted: 22 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Biskuit Oreo seharga Rp 500 ribu dengan isi hanya tiga keping membuat warganet heboh. Yang membuat harganya mahal adalah karena kolaborasi dengan brand fesyen ternama, Supreme.

Biskuit Oreo itu sendiri berwarna merah dengan rasa red velvet. Sementara bagian tengahnya berisi selai krim rasa vanila. Menyikapi harganya yang begitu mahal, warganet pun membuat meme kocak. 

Artikel tentang meme kocak makanan dengan label Supreme, jadi lebih mahal menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang begini niat dan panduan sholat Idul Fitri di rumah.

Sementara itu artikel ketiga terpopuler tentang tujuh adab membaca doa setelah sholat wajib.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 6 Meme Kocak Makanan dengan Label Supreme, Jadi Lebih Mahal

Doc: Brilio
Doc: Brilio

Meme-meme tersebut menunjukkan perbedaan harga makanan bila dilabeli supreme yang harganya melambung tinggi. Berikut beberapa meme kocak tersebut seperti dihimpun dari berbagai sumber.

Selengkapnya...

2. Begini Niat dan Panduan Sholat Idul Fitri di Rumah yang Wajib Kalian Tahu

Manfaat Gerakan Sholat Bagi Kesehatan. (Sumber: dream.co.id)
Manfaat Gerakan Sholat Bagi Kesehatan. (Sumber: dream.co.id)

Hari Raya Idul Fitri merupakan hari yang dinantikan oleh seluruh umat muslim usai satu bulan penuh berpuasa. Biasanya di hari tersebut seluruh umat muslim akan melaksanakan sholat Idul Fitri secara berjemaah di pagi hari.

Sayangnya, pandemi Corona Covid-19 membuat umat muslim tak bisa menjalani sholat Idul Fitri berjemaah di tahun ini. Sebagai gantinya kita diimbau untuk melakukannya sendiri di rumah.

Sholat Idul Fitri sendiri sebenarnya diperbolehkan apabila umat Islam sedang berada dalam kondisi yang tidak memungkinkan untuk berjemaah. Hukum sholat Idul Fitri sendiri yakni sunnah muakkad. Hukum sholat Idul Fitri ini sama halnya dengan hukum sholat Idul Adha dan Salat Witir.

Selengkapnya...

3. 7 Adab Membaca Doa Setelah Sholat Wajib

Ilustrasi/copyright shutterstock.com
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Berdoa adalah cara kita untuk memohon ke pada tuhan. Ada artian lain bahwa berdoa merupakan bentuk komunikasi kita dengan tuhan. Bisa dibilang berdoa merupakan sebuah ritual untuk mendekatkan diri dengan Sang pencipta.

Namun ketika berdoa, ada beberapa aturan atau biasa disebut sebagai adab. Dalam agama Islam ketika memanjatkan doa kepada Allah ada beberapa adab yang juga perlu kamu perhatikan.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Idul Fitri, Seniman Henna Khamissa Luncurkan Produk Non-Toxic

Posted: 22 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menghias tangan dengan henna bisa jadi alternatif antibosan merayakan Lebaran di rumah saja. Anda bisa mengkreasikan bentuk apa pun dengan menjadikan kulit tangan sebagai kanvas henna, seperti yang dilakukan oleh seniman henna Azra Khamissa.

Sejak menekuni seni menghias tangan dengan henna, Azra Khamissa telah berhasil mengumpulkan ribuan pengikut di Instagram. Para pengikutnya menggemari desain henna komtemporer yang kerap dipamerkan Khamissa melalui akun Instagram. Berkat keunikan desain henna-nya, Khamissa telah berkolaborasi dengan brand-brand besar seperti Gucci, Fendi, dan Nike.

Kini, Khamissa meluncurkan produk henna-nya sendiri yang diberi nama "Azra". Produk ini disebut-sebut seluruhnya berbahan alami dan hadir dengan desain cone ramping, sederhana dan cukup kecil untuk masuk ke dalam tas tangan.

Tak seperti produk henna lainnya, Khamissa mengklaim produknya sama sekali non-toxic alias bebas dari bahan beracun. Ia menyebut, produk henna-nya hanya terdiri dari empat bahan utama: bubuk henna kualitas tinggi dari India, campuran minyak esensial, air, dan gula.

 

 

Tak Menemukan Produk Bebas Zat Kimia

"Ketika aku mulai melukis henna, aku membeli cone dari salon dekat rumah. Tapi saat bertanya pada penjualnya, apa bahannya, mereka bilang tidak tahu," ujar Khamissa, mengutip Arabnews, Sabtu (23/5).

"Pada dasarnya aku kurang merasa nyaman menggunakan sesuatu pada kulitku bila aku tak tahu apa yang terkandung di dalamnya, terutama aku sering sekali menggunakan henna. Fakta bahwa aku tak bisa menemukan produk bebas kimia di mana pun, ini menunjukkan bahwa memang produk tersebut jarang sekali," jelasnya.

Hal itulah yang kemudian mendorong Khamissa mulai menggunakan henna alami dari Pakistan. Namun, pandemi COVID-19 serta kondisi lockdown membuat sulit pembelian dari luar negeri. Maka, dengan banyak proyek yang tertunda, Khamissa memutuskan untuk mengatasi masalah itu sendiri. Ia mencoba memproduksi henna sendiri.

Laris Manis

Diiringi beberapa percobaan yang gagal dalam membuat henna sendiri, suatu hari Khamissa melakukan sesi Live di Instagram untuk curhat mengenai hal itu. Tak disangka-sangka, salah seorang penontonnya tahu cara membuat henna dari dasar. Mereka pun lanjut mengobrol dan kemudian Khamissa memesan bahan kualitas tinggi serta membuat hennanya sendiri.

Sejak diluncurkan pada pertengahan Mei 2020, Azra banyak diminati. Produk henna alami itu laris manis dalam hitungan 48 jam. Per cone Azra dibanderol seharga 5 dollar atau setara Rp75 ribu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Di Momen Idul Fitri, Menteri Edhy Gaungkan Program Lebaran Ikan

Posted: 22 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo kembali mengeluarkan gebrakan. Kali ini, dia mengenalkan kegiatan sosial bertajuk Lebaran Ikan dengan melibatkan unit pelaksana teknis (UPT) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di seluruh Indonesia.

Melalui kegiatan tersebut, dia mengajak masyarakat untuk merayakan momen lebaran dengan menu makanan yang berbeda, yakni produk perikanan.

"Merayakan lebaran tidak harus memasak opor ayam atau rendang daging, tapi juga bisa produk perikanan yang memiliki manfaat dan kandungan gizi yang tinggi," jelas Menteri Edhy di Jakarta, Sabtu (23/5/2020).

Rencananya, dalam kegiatan tersebut KKP akan membagikan ikan segar seberat 5 kilogram untuk masyarakat kurang mampu. Adapun sasaran penerima paket lebaran ikan ialah 15.000 kepala keluarga yang tersebar di Indonesia.

"Kegiatan ini menjadi wujud bakti kita kepada masyarakat di hari raya Idul Fitri," sambungnya.

Produk ikan segar dalam Lebaran Ikan berasal dari para nelayan dan pembudidaya ikan. Selain bertujuan untuk menyerap produksi mereka, Menteri Edhy berharap kegiatan ini bisa meningkatkan minat masyarakat dalam mengonsumsi ikan.

"Jadi gerakan ayo konsumsi ikan akan kita terus suarakan, dan lebaran ikan ini menjadi salah satu bentuknya," urainya.

Nasi Ikan

ilustrasi ikan goreng/copyright vargazs by Pixabay
ilustrasi ikan goreng/copyright vargazs by Pixabay

Sebelumnya, Menteri Edhy menginisiasi pembagian 15 ribu nasi ikan per hari selama bulan suci Ramadan. Kegiatan tersebut tidak menggunakan dana APBN, melainkan berasal dari donasi seluruh pegawai, baik pusat maupun UPT KKP.

Gerakan nasi ikan juga mendapat apresiasi dari sejumlah kalangan seperti anggota DPR, organisasi nelayan serta praktisi pangan.

Bahkan Guru Besar Departemen Teknologi Hasil Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor (IPB), Profesor Nurjanah menyarankan pemerintah untuk menjadikan nasi ikan sebagai program nasional. Tujuannya agar jangkauan manfaat gerakan ini bisa lebih lebih luas, mulai dari sektor hulu hingga hilir.

Selain nasi ikan, KKP juga memiliki sejumlah kegiatan lain selama pandemi seperti pembentukan Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Covid-19, Bulan Mutu Karantina 2020, Siaga Nelayan, Bulan Bakti Nelayan 2020, Gemarikan Peduli Bencana Covid-19, serta bantuan benih, calon induk ikan, dan pakan untuk pembudidaya dalam rangka penanganan dampak covid-19.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Perempuan-Perempuan Irak Bersiap Menyambut Idul Fitri

Posted: 22 May 2020 09:00 PM PDT

Sejumlah perempuan membawa kue untuk perayaan Idul Fitri yang akan datang di Basra, Irak, Jumat (22/5/2020). Idul Fitri menandai berakhirnya bulan suci Ramadan. (AP Photo/Nabil al-Jurani)
Sejumlah perempuan membawa kue untuk perayaan Idul Fitri yang akan datang di Basra, Irak, Jumat (22/5/2020). Idul Fitri menandai berakhirnya bulan suci Ramadan. (AP Photo/Nabil al-Jurani)

Sejumlah perempuan membawa kue untuk perayaan Idul Fitri yang akan datang di Basra, Irak, Jumat (22/5/2020). Idul Fitri menandai berakhirnya bulan suci Ramadan. (AP Photo/Nabil al-Jurani)

Seorang perempuan membawa kue untuk perayaan Idul Fitri yang akan datang di Basra, Irak, Jumat (22/5/2020). Idul Fitri menandai berakhirnya bulan suci Ramadan. (AP Photo/Nabil al-Jurani)
Seorang perempuan membawa kue untuk perayaan Idul Fitri yang akan datang di Basra, Irak, Jumat (22/5/2020). Idul Fitri menandai berakhirnya bulan suci Ramadan. (AP Photo/Nabil al-Jurani)

Seorang perempuan membawa kue untuk perayaan Idul Fitri yang akan datang di Basra, Irak, Jumat (22/5/2020). Idul Fitri menandai berakhirnya bulan suci Ramadan. (AP Photo/Nabil al-Jurani)

Sejumlah perempuan membawa kue untuk perayaan Idul Fitri yang akan datang di Basra, Irak, Jumat (22/5/2020). Idul Fitri menandai berakhirnya bulan suci Ramadan. (AP Photo/Nabil al-Jurani)
Sejumlah perempuan membawa kue untuk perayaan Idul Fitri yang akan datang di Basra, Irak, Jumat (22/5/2020). Idul Fitri menandai berakhirnya bulan suci Ramadan. (AP Photo/Nabil al-Jurani)

Sejumlah perempuan membawa kue untuk perayaan Idul Fitri yang akan datang di Basra, Irak, Jumat (22/5/2020). Idul Fitri menandai berakhirnya bulan suci Ramadan. (AP Photo/Nabil al-Jurani)

Sejumlah perempuan mengenakan masker untuk melindungi diri dari paparan virus corona COVID-19 saat membawa kue untuk perayaan Idul Fitri yang akan datang di Basra, Irak, Jumat (22/5/2020). Idul Fitri menandai berakhirnya bulan suci Ramadan. (AP Photo/Nabil al-Jurani)
Sejumlah perempuan mengenakan masker untuk melindungi diri dari paparan virus corona COVID-19 saat membawa kue untuk perayaan Idul Fitri yang akan datang di Basra, Irak, Jumat (22/5/2020). Idul Fitri menandai berakhirnya bulan suci Ramadan. (AP Photo/Nabil al-Jurani)

Sejumlah perempuan mengenakan masker untuk melindungi diri dari paparan virus corona COVID-19 saat membawa kue untuk perayaan Idul Fitri yang akan datang di Basra, Irak, Jumat (22/5/2020). Idul Fitri menandai berakhirnya bulan suci Ramadan. (AP Photo/Nabil al-Jurani)

Sejumlah perempuan mengenakan masker untuk melindungi diri dari paparan virus corona COVID-19 saat membawa kue untuk perayaan Idul Fitri yang akan datang di Basra, Irak, Jumat (22/5/2020). Idul Fitri menandai berakhirnya bulan suci Ramadan. (AP Photo/Nabil al-Jurani)
Sejumlah perempuan mengenakan masker untuk melindungi diri dari paparan virus corona COVID-19 saat membawa kue untuk perayaan Idul Fitri yang akan datang di Basra, Irak, Jumat (22/5/2020). Idul Fitri menandai berakhirnya bulan suci Ramadan. (AP Photo/Nabil al-Jurani)

Sejumlah perempuan mengenakan masker untuk melindungi diri dari paparan virus corona COVID-19 saat membawa kue untuk perayaan Idul Fitri yang akan datang di Basra, Irak, Jumat (22/5/2020). Idul Fitri menandai berakhirnya bulan suci Ramadan. (AP Photo/Nabil al-Jurani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Punya Bek Kanan Bagus, Juventus Dekati Semedo

Posted: 22 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Turin - Rumor ketertarikan Juventus terhadap Nelson Semedo bukan isapan jempol belaka. Bek milik Barcelona itu jadi target transfer Si Nyonya Tua di musim panas nanti.

Bek asal Portugal itu sudah menjadi bagian dari Barcelona sejak tahun 2017 silam. Perlahan tapi pasti ia menjadi andalan para pelatih Barca di sisi kanan pertahanan El Blaugrana.

Namun belakangan Semedo dirumorkan ingin hengkang dari Barca. Pasalnya nego kontraknya berjalan alot di Barcelona, di mana Barca enggan memenuhi tuntutannya untuk naik gaji.

Mundo Deportivo mengklaim bahwa Semedo bisa melanjutkan kariernya di Italia musim depan. Pasalnya Juventus tertarik untuk memboyong sang bek.

Laporan itu melansir bahwa Pelatih Maurizio Sarri cukup serius untuk mendatangkan bek kanan di musim panas nanti.

Ia menilai bahwa Juventus minim stok bek kanan yang bagus. Pasalnya Juan Cuadrado sering ditarik untuk menjadi bek saking mereka kekurangan stok bek kanan.

Itulah mengapa Sarri ingin memboyong Semedo karena ia yakin sang bek bisa memberikan kontribusi yang besar bagi Juventus.

 

Jadikan Syarat

Pemain Barcelona, Nelson Semedo. (AFP/Lluis Gene)
Pemain Barcelona, Nelson Semedo. (AFP/Lluis Gene)

Menurut laporan tersebut, Juventus sudah punya siasat untuk mengamankan tanda tangan Semedo.

Mereka tahu bahwa Barcelona juga meminati salah satu pemain mereka. Tim asal Catalunya itu ingin memboyong Miralem Pjanic dari Turin.

Untuk itu Juventus akan meminta Semedo dimasukkan dalam kesepakatan transfer Pjanic di musim panas nanti.

Juventus bukan satu-satunya tim Italia yang meminati jasa Semedo. Bek asal Portugal itu diberitakan juga menjadi incaran rival mereka, Inter Milan di musim panas nanti.

Klasemen Liga Italia

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tren Online Berperan Penting untuk Ekonomi Indonesia di Masa Pandemi

Posted: 22 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Covid-19 yang telah berlangsung selama beberapa bulan ini berdampak terhadap banyak sektor. Salah satunya ialah sektor ekonomi.

Menyikapi hal ini, Presiden Komisaris SEA Group, Induk Perusahaan dari Shopee, Pandu P. Sjahrir, menyatakan optimismenya terhadap kondisi Indonesia pascapandemi Covid-19 kelak.

Pandu menilai, perubahan kebiasaan masyarakat selama pandemi Covid-19 ini banyak membuka peluang lain yang dapat dieksplorasi.

"Jadi dengan adanya pandemi ini semuanya berubah, seperti shock waves. Orang melakukan meeting sekarang pakai video call, belanja secara online, work from home (bekerja dari rumah)," ujar Pandu Sjahrir dalam keterangan tertulisnya.

Kebijakan work from home yang harus dijalani masyarakat beberapa bulan terakhir ini, menurut Pandu, akan mengubah perilaku serta kebiasaan masyarakat.

Pandu menyebut perubahan itu bersifat irreversible atau akan berlaku seterusnya. Hal itu juga termasuk kebiasaan untuk belanja dengan menggunakan platform online.

 

Momen untuk Dukung UKM

Presiden Komisaris SEA Group, Induk Perusahaan dari Shopee, Pandu P. Sjahrir
Presiden Komisaris SEA Group, Induk Perusahaan dari Shopee, Pandu P. Sjahrir

Lebih lanjut, Pandu melalui Shopee juga memanfaatkan momen saat ini untuk mendukung penuh Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). 

"Sekarang ada program pemerintah, yaitu Gerakan Bangga Buatan Indonesia. Presiden minta kita semua platform eCommerce bersatu untuk bisa membantu UMKM yang selama pandemi ini kesulitan mencari pasar," kata Pandu.

Dia mengatakan, program ini merupakan bantuan utuh dan platform eCommerce siap membantu UKM untuk berjualan online tanpa biaya apa pun.

"Artinya, kita tidak akan membebankan biaya kepada penjual, karena kita ingin lebih banyak UMKM di masyarakat yang mau memanfaatkan platform karena berbelanja online akan menjadi trend masa depan," ujar Pandu.

 

Adaptasi dengan teknlogi digital

Selain itu, pria yang telah berinvestasi di Shopee sejak tahun 2014 itu mengatakan bantuan paling besar yang bisa diberikan kepada masyarakat terutama UMKM selama pandemi ini adalah pengetahuan mengenai wiraswasta dengan memanfaatkan teknologi.

Pandu juga meyakini masyarakat Indonesia akan mampu beradaptasi dengan teknologi digital.

"Orang Indonesia itu pintar, selalu saja ada yang bisa dijual dan sangat kreatif. Alhamdulillah penduduk kita muda-muda, jadi daya bekerja kita juga cukup bagus. Ini kesempatan kita, ini saatnya kita untuk menulis sejarah kita sendiri," kata Pandu menutup pernyataannya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indira Kalistha Ditegur Badai Eks Kerispatih karena Ubah Lirik Lagu

Posted: 22 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Baru reda kasus ucapan meremehkan virus Corona, kini YouTuber Indira Kalistha kembali kena masalah. Ia, ditegur oleh eks pianis Kerispatih, Badai.

Video ini berawal dari Indira Kalistha yang menyanyikan lagu ciptaan Badai, yang berjudul "Aku Cuma Punya Hati". Indira Kalistha dianggap mengubah lirik dari lagu tersebut.

Pada bagian lirik, "Coba kau fikir dimana ada cinta seperti ini", Indira Kalistha mengganti kata "cinta" menjadi "bucin". Badai tak terima dengan hal ini.

"Video ini dibuat YouTuber Indira Kalista yang menyanyikan, tanda kutip mempleseti sebuah lirik yang bagi saya itu penting. Namun diganti menjadi bucin," kata Badai dalam postingan akun nyinyir_update_official, Jumat (22/5/2020).

Peraturan

[Foto: Instagram  nyinyir_update_official]
[Foto: Instagram nyinyir_update_official]

Menurut Badai, perbuatan Indira Kalistha sudah termasuk pada tindakan mengubah karya seseorang. Sebab, ada peraturan soal ubah mengubah lirik.

"Sebenarnya lirik ini tidak menjadi masalah, tapi jadi masalah ketika ada peraturan yang mengatakan untuk mengubah karya tanpa seizin pencipta lagu, itu adalah mutilasi ciptaan atau distorsi ciptaan," jelas Badai.

Menegur Personal

Indira Kalistha. (Foto: Instagram @indirakalistha)
Indira Kalistha. (Foto: Instagram @indirakalistha)

Badai eks Kerispatih sebenarnya sudah menghubungi Indira Kalistha secara personal untuk menyelesaikannya masalah ini. Namun demikian, belum ada respons dari sang YouTubers.

"Sebagai pencipta lagu yang menjunjung tinggi kebijaksanaan, saya berusaha menegur yang bersangkutan. Tapi tidak ada respons apapun. Sehingga saya menempuh jalan publishing secara resmi menghubungi yang bersangkutan," kata dia.

Libatkan Publishing

Ya, untuk itu pihak publishing Badai Eks Kerispatih akan menindak Indira Kalistha secara tegas.

"Dengan demikian maka publishing saya atas nama Graha Pustaka Musik Indonesia Akan menempuh jalan yang dianggap perlu untuk menanggapi ini. Terima kasih, dan tolong yang lain jangan ditiru," tulisnya sebagai keterangan video.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Bisnis Parcel Berjalan Normal di Tengah Pandemi Covid-19

Posted: 22 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Siapa sangka, bisnis parcel di tengah pandemi Covid-19 tak terlalu berpengaruh terhadap hasil penjualan. Selain membuka toko offline, mereka menyiasati penjualan dengan membuka toko online.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Manfaat Bersepeda Bagi Tumbuh Kembang Anak, Latih Konsentrasi

Posted: 22 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak cara orangtua untuk melatih tumbuh kembang anak. Mulai dari melakukan kegiatan seru bersama, belajar ilmu pengetahuan, hingga melakukan kegiatan fisik yang menyenangkan.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan dengan mengajak anak bermain sepeda. Hal ini berkaitan erat dengan manfaat bersepeda bagi tumbuh kembang anak. Mengingat, pada masa pertumbuhan anak-anak dianjurkan untuk aktif bergerak. 

Selain dapat melatih keseimbangannya, kemampuan motorik anak juga akan berkembang menjadi lebih baik saat bermain sepeda. Tak hanya itu, bersepeda juga bisa membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit serius seperti obesitas, penyakit jantung, kanker, diabetes, bahkan hingga penyakit jiwa. 

Selain mendapat manfaat bersepeda, kedekatan dengan sang anak lebih terjalin. Hal ini pun bisa menjadi salah satu cara untuk bisa mengenal lebih dekat dengan sang anak. Oleh karena itu, tak ada salahnya mencoba melatih anak untuk bersepeda.

Berikut penjelasan mengenai manfaat bersepeda bagi tumbuh kembang anak yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (23/5/2020).

 

1. Belajar Tentang Kepemilikan Barang

Ilustrasi Anak Bersepeda (Sumber: PublicDomainPictures/pixabay.com)
Ilustrasi Anak Bersepeda (Sumber: PublicDomainPictures/pixabay.com)

Memberikan sepeda kepada anak bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Jika dibandingan dengan memberikannya cuma-cuma, akan lebih bermakna jika anak mendapatkannya dengan sebuah usaha. Ketika anak rajin makan sayur, rajin belajar, dan rajin beribadah misalnya. Maka manfaat bersepeda bagi tumbuh kembang anak juga akan lebih terasa.

Nah, dengan memberi anak penghargaan berupa sepeda maka rasa tanggung jawab anak untuk merawatnya akan lebih besar. Sang anak juga akan mengerti makna bahwa usaha memang tidak pernah mengkhianati hasil. Begitu juga untuk mendapatkan sesuatu, diperlukan usaha yang tidak cuma-cuma.

Sang anak akan lebih rajin merawatnya, misalnya seperti cara anak meletakkan sepeda, membersihkannya, mencucinya, dan memperbaikinya ketika rusak. Begitu juga untuk anak usia dini. Orang tua bisa mengajarinya dengan bertahap seperti memberikannya sepeda yang beroda empat.

2. Menyeimbangkan Tubuh

Ilustrasi Anak Bersepeda (Sumber: MabelAmber/pixabay.com)
Ilustrasi Anak Bersepeda (Sumber: MabelAmber/pixabay.com)

Manfaat bersepeda bagi tumbuh kembang anak ternyata sangat efektif untuk membantunya belajar keseimbangan. Tak terkecuali bagi anak yang masih menggunakan sepeda roda empat. Hal ini disebabkan karena ketika duduk di atas sepeda, anak harus menemukan posisi yang seimbang agar tidak jatuh. Nah, hal inilah yang sangat penting untuk tumbuh kembang anak karena dapat melatih kemampuannya menyeimbangkan tubuh.

3. Mengayuh dengan Baik

Ilustrasi Anak Bersepeda (Sumber: cegoh/pixabay.com)
Ilustrasi Anak Bersepeda (Sumber: cegoh/pixabay.com)

Siapa sangka ternyata manfaat bersepeda bagi tumbuh kembang anak, sangat membantu melatihnya mengayuh dengan baik. Manfaat ini juga sangat berdampak baik bagi anak yang berusia 4-6 tahun. Pada usia ini anak sangat dianjurkan untuk banyak bergerak, tentu saja agar persendiannya bisa bekerja lebih baik ketika dewasa.

Sama seperti ketika anak berenang, berlari, ataupun bermain bola. Ketika mengayuh, anak akan belajar bagaimana caranya bisa membuat sepeda berjalan dan pada akhirnya melaju dengan kecepatan yang ia inginkan. Tetapi tetap perhatikan kecepatan mengayuh sang anak agar tidak membahayakannya.

Mengayuh juga bukan hal yang mudah dilakukan, apalagi bagi anak yang belum bisa bersepeda sama sekali. Memberikannya apresiasi ketika mampu mengayuhnya dengan baik tentu akan membuatnya mendapat penghargaan. Begitu juga anak akan merasa harus berusaha lebih baik lagi pada keesokan harinya. Kepercayaan diri dan keyakinan anak akan tertanam dengan baik saat belajar mengayuh sepeda ini.

4. Melatih Kemampuan Berkonsentrasi

Ilustrasi Anak Bersepeda (Sumber: Skitterphoto/pixabay.com)
Ilustrasi Anak Bersepeda (Sumber: Skitterphoto/pixabay.com)

Bisa menggunakan sepeda dapat berarti pula keseimbangan dan konsentrasi anak harus bekerja dengan baik. Sama seperti ketika orang dewasa mengendarai motornya, tidak menabrak dan tidak jatuh. Sehingga pada posisi ini, manfaat bersepeda bagi tumbuh kembang anak yang berkaitan dengan konsentrasi akan jauh lebih optimal. Tentu saja akan melatih mata, tangan, dan kaki sang anak bekerja dengan seimbang.

5. Bersosialisasi dengan Orang Lain

Ilustrasi Anak Bersepeda (Sumber: Pezibear/pixabay.com)
Ilustrasi Anak Bersepeda (Sumber: Pezibear/pixabay.com)

Bersosialisasi dengan orang lain juga akan membuat sang anak lebih suka bersepeda. Memiliki lebih banyak teman dan bisa belajar dari lebih banyak orang. Manfaat bersepeda bagi tumbuh kembang anak ini akan membuatnya tidak takut dengan orang asing.

Bahkan sang anak juga akan lebih berani mengutarakan pendapat dan peduli dengan orang lain di sekitarnya. Memang pada tahap ini adalah tahap paling tepat untuk mulai mengajarinya menjalin pertemanan. Dan hal ini akan sangat berdampak positif bagi jiwa sosial anak.

6. Melatih Kemampuan Motorik

Ilustrasi Anak Bersepeda (Sumber: _Alicja_/pixabay.com)
Ilustrasi Anak Bersepeda (Sumber: _Alicja_/pixabay.com)

Manfaat bersepeda bagi tumbuh kembang anak selanjutnya yakni dapat melatih kemampuan motoriknya. Saat mengayuh sepeda hampir semua bagian tubuh sang anak bergerak, terutama tangan dan kakinya. Nah, pada tahap ini kemampuan motorik anak akan dilatih menjadi lebih aktif dan kuat. Dan akan membuat anak menjadi lebih sehat.

7. Belajar Arah Kiri, Kanan, Depan, dan Belakang

Manfaat bersepeda bagi tumbuh kembang anak yang terakhir yakni akan membantu anak belajar arah lebih maksimal. Termasuk anak akan merasa memiliki tanggung jawab untuk memutuskan pergi ke tempat yang ia suka dan ia mau. Pada tahap inilah mengajarkan arah kiri, kanan, depan, dan belakang kepada anak akan lebih manjur diberikan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

26 Pedagang Pasar Kobong Semarang Terinfeksi Covid-19

Posted: 22 May 2020 08:57 PM PDT

Liputan6.com, Semarang - Usai ditemukan penambahan 26 orang positif terpapar covid 19, Wali Kota Semarang mengevaluasi operasional Pasar Kobong atau Pasar Rejomulyo. Hendi juga sudah mempertimbangkan penutupan pusat perbelanjaan.

"Jika banyak yang positif harus segera kita hentikan operasionalnya," kata Hendi.

Usai Hendi memerintahkan penutupan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga menginstruksikan kepada seluruh bupati dan wali kota untuk menutup mal, supermarket ataupun pasar. Instruksi dilakukan dengan catatan jika pengelola tidak bisa melakukan pengontrolan ketat terhadap pengunjung. Karena terjadi lonjakan kasus positif Covid-19 cukup besar akibat keteledoran di Pasar Kobong Semarang.

"Untuk bupati dan walikota se Jawa Tengah, agar rasa-rasanya dalam dua hari ini akan ada banyak kerumunan orang belanja ketati saja," tandas Ganjar, Jumat (22/5/2020).

Bahkan jika masih terdapat kerumunan karena susah diatur, baik pengelola maupun warganya, Ganjar menginstruksikan agar bupati maupun walikota tidak segan melakukan penutupan. Menurut Ganjar saat ini situasinya sudah semakin membahayakan, terlebih di pusat-pusat keramaian.

"Saya minta yang tidak bisa melakukan pengontrolan ketat pada mereka yang hendak belanja di pasar, mall, supermarket, lebih baik tutup saja. Karena ini kondisinya sudah kritis. Banyak orang datang berbelanja karena sudah terima THR, banyak uang cash jadi ini sangat berbahaya," katanya.

Selain penutupan mall dan pasar, Ganjar juga meminta agar para pemimpin daerah kompak menginstruksikan warganya untuk menjalankan salat Idul Fitri di rumah. Semua dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19.

"Saya berharap semua mengajak yuk salat id di rumah. Lagipula Majelis Ulama Indonesia sudah memberikan guidennya. Sehingga kita akan lebih tenang," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Kandidat Bintang Baru Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

Posted: 22 May 2020 08:55 PM PDT

Jakarta - Thailand berencana menurunkan skuat lapis kedua pada Piala AFF 2020. Meski begitu, niat sang raksasa Asia Tenggara tidak membuat kualitas kompetisi berkurang.

Selama ini, Piala AFF dikenal sebagai panggung untuk unjuk gigi para pemain seantero Asia Tenggara yang dipanggil timnasnya. Tak mengenal muda atau pun tua. Banyak bintang-bintang baru lahir pada turnamen ini di setiap edisinya.

Di Piala AFF 2018 misalnya. Muncul nama Supachai Jaided, penyerang Thailand, dan Ikshan Fandi, striker Singapura. Turnamen 2018 adalah kali pertama keduanya manggung di Piala AFF. Kini, keduanya telah beken di level timnas dan klub.

Untuk edisi kali ini, sejumlah pemain debutan di Piala AFF diyakini akan bersinar jika dipanggil timnas negaranya. Suphanat Mueanta, contohnya. Penyerang berusia 17 tahun itu berpeluang disertakan oleh Thailand.

Suphanat, yang notabene merupakan saudara laki-laki dari gelandang Thailand, Supachok Sarachat, bisa dipanggil Akira Nishino jika rencana menurunkan skuat lapis kedua terlaksana. Meski masih bau kencur, striker Buriram United itu sudah mampu mengemas delapan gol dari 23 penampilannya di Thai League 1 atau kasta teratas Liga Thailand.

Selain Thailand, Timnas Indonesia juga berkesempatan untuk memberikan debut bagi sejumlah pemainnya untuk Piala AFF dan diprediksi menjadi rising star. Siapa saja?

Egy Maulana Vikri

Penyerang Indonesia, Egy Maulana Vikri, saat melawan Chinese Taipei pada laga AFC U-19 di SUGBK, Jakarta, Kamis (18/10/2018). Indonesia menang 3-1 atas Chinese Taipei. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)
Penyerang Indonesia, Egy Maulana Vikri, saat melawan Chinese Taipei pada laga AFC U-19 di SUGBK, Jakarta, Kamis (18/10/2018). Indonesia menang 3-1 atas Chinese Taipei. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Jika dipanggil dan tampil di Piala AFF 2020, Egy Maulana Vikri berpotensi untuk menjadi bintang Timnas Indonesia pada turnamen tersebut. Pengalamannya bermain di Eropa bersama klub Polandia, Lechia Gdansk, menjadi bekal untuknya.

Selain itu, Egy juga fasih bermain di berbagai posisi. Pemain berusia 19 tahun ini bisa diplot sebagai gelandang serang atau pun winger kanan.

Namun, Egy masih harus menghadapi beberapa persoalan. Ia belum tentu bisa bermain di Piala AFF 2020 jika Lechia Gdansk sebagai klubnya tidak melepasnya. Mengingat, turnamen tersebut tidak masuk ke dalam kalender FIFA.

Egy juga belum pernah bermain untuk Timnas Indonesia level senior. Karena itu pula, ia pasti memerlukan adaptasi lagi jika dipersiapkan untuk Piala AFF 2020.

Asnawi Mangkualam

Pemain Timnas Indonesia U-22, Asnawi Mangkualam, bersama Osvaldo Haay merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Singapura U-22 pada laga SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Kamis (28/11). Indonesia menang 2-0 atas Singapura. (Bola.com/M Iqbal
Pemain Timnas Indonesia U-22, Asnawi Mangkualam, bersama Osvaldo Haay merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Singapura U-22 pada laga SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Kamis (28/11). Indonesia menang 2-0 atas Singapura. (Bola.com/M Iqbal

Beberapa pemain silih berganti mengisi posisi bek sayap kanan Timnas Indonesia dalam dua tahun belakangan. Namun di Piala AFF 2020, posisi tersebut diyakini telah mempunyai pemilik tetap.

Adalah Asnawi Mangkualam, bek PSM Makassar yang penampilannya harum di Timnas Indonesia U-22 ketika dilatih Indra Sjafri.

Di usianya yang masih berusia 20 tahun, Asnawi juga telah mendapatkan panggilan dari Timnas Indonesia. Shin Tae-yong memboyongnya untuk pemusatan latihan (training centre) di Jakarta pada Februari lalu.

Bakal mudah untuk Asnawi menyegel satu tempat Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 mengingat pesaingnya di posisi bek sayap kanan, I Putu Gede dan Gavin Kwan Adsit kerap tampil kurang konsisten. Meski masih muda, penampilannya begitu agresif dan terbilang telah matang.

Osvaldo Haay

Striker Timnas Indonesia U-22, Osvaldo Haay, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Laos U-22 pada laga SEA Games 2019 di Stadion City of Imus Grandstand, Manila, Kamis (5/12). Indonesia menang 4-0 atas Laos. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)
Striker Timnas Indonesia U-22, Osvaldo Haay, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Laos U-22 pada laga SEA Games 2019 di Stadion City of Imus Grandstand, Manila, Kamis (5/12). Indonesia menang 4-0 atas Laos. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Peluang Osvaldo Haay untuk menembus skuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 terbuka lebar. Winger Persija Jakarta ini telah dipanggil Shin Tae-yong pada TC Februari lalu.

Osvaldo juga telah menunjukkan tajinya dengan menjadi pemain tersubur SEA Games 2019 bersama penyerang Vietnam, Ha Duc Chinh.

Meski begitu, Osvaldo perlu bersaing dengan banyak pemain di posisi winger. Pemain berusia 23 tahun ini bakal beradu kemampuan dengan sejumlah winger seperti Febri Hariyadi, Riko Simanjuntak, Saddil Ramdani hingga Andik Vermansah untuk diboyong ke Piala AFF 2020.

Nadeo Argawinata

Kiper Timnas Indonesia U-22, Nadeo Argawinata, memberikan instruksi saat melawan Singapura U-22 pada laga SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Kamis (28/11). Indonesia menang 2-0 atas Singapura. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)
Kiper Timnas Indonesia U-22, Nadeo Argawinata, memberikan instruksi saat melawan Singapura U-22 pada laga SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Kamis (28/11). Indonesia menang 2-0 atas Singapura. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Satu lagi calon rising star Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Adalah Nadeo Argawinata, kiper muda potensial milik Bali United.

Nadeo adalah kiper reguler di Timnas Indonesia U-22 pada 2019. Penjaga gawang berusia 23 tahun ini berpotensi untuk menjadi pemain utama timnas senior selama Andritany Ardhiyasa dan Muhammad Ridho masih belum konsisten saat bermain.

Nadeo juga telah mengikuti TC Timnas Indonesia bersama Shin Tae-yong pada Februari lalu. Posturnya yang ideal dan pengalamannya di level internasional bersama timnas U-23 membuat mantan kiper Borneo FC ini layak diangkut ke Piala AFF 2020.

 

Disadur dari: Bola.com (Penulis: Muhammad Adiyaksa/Editor: Wiwig Prayugi, published 23/5/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Imam Besar Istiqlal Minta Semarakkan Rumah Lewat Takbiran dan Salat Id

Posted: 22 May 2020 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar meminta masyarakat mengikuti Rasullulah sebagai contoh dalam beribadah, termasuk dalam menyemarakkan Hari Raya Idul Fitri dengan salat Id dan takbiran di rumah.

"Jangan berlebih-lebihan dalam beribadah, sebagaimana yang ditunjukkan Nabi. Nabi selalu menggunakan rasionalitas sebagai manusia," tutur Nasaruddin tentang anjuran takbiran dan salat Id dari rumah, di Graha BNPB, Jakarta Timur, Sabtu (23/5/2020).

Nasaruddin menceritakan kisah ketika Rasulullah berbincang dengan para sahabat yang bersemangat dalam beribadah. Namun hal tersebut malah dipandang Rasulullah sebagai hal yang kelewatan.

"Disampaikan sahabat, ya Rasulullah saya tidak mau makan siang lagi, saya mau puasa terus menerus. Jawaban Rasul, saya Rasul tapi saya tidak puasa terus menerus. Sahabat lain mengatakan saya tidak mau tidur malam lagi, saya ingin salat terus. Jawab Rasul, saya Rasul dan saya tidak melakukan itu. Yang ketiga sahabat mengatakan, saya tidak ingin mendekati perempuan lagi, akan beribadab terus. Rasul menjawab, saya Rasul dan saya tidak melakukan itu. Saya pun menikah," tutur Nasaruddin.

Dari sini, lanjut dia, umat Islam dapat mengambil ilmu dalam beribadah pun tidak boleh sampai berlebihan. Sama halnya dengan perintah Rasulullah yang meminta sahabat beribadah di rumah saat terjadi hujan yang lebat.

"Apalagi sekarang ini, hujan Corona," kata Nasaruddin soal takbiran dan salat Id dari rumah.

 

Bertemu Ramadan 2021

Dia pun mengingatkan agar umat Islam dapat beribadah takbiran dan salat Id di rumah saja. Bersabar dengan kondisi saat ini agar dapat kembali bertemu Ramadan di tahun yang akan datang.

"Mari kita betul-betul menggunakan dialektika Rasulullah di dalam beragama. Kita tahu masjid tempat bermunajat yang baik kepada Allah. Tapi dalam situsi ini saya ingin mengingatkan pergi ke masjid itu sunnah, Salat Ied sunnah, tapi menjaga kesehatan itu wajib. Menjalankan ibadah itu mendahulukan yang wajib daripada yang sunnah," Nasaruddin menandaskan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Kompak Buah Hati Ryan Delon dan Sharena, Menggemaskan

Posted: 22 May 2020 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Keluarga selebriti memang kerap mencuri perhatian publik. Anak selebriti selalu berhasil menjadi sorotan warganet. Tingkah lucu dan menggemaskan anak selebriti membuatnya menjadi keponakan online kesayangan warganet.

Salah satu anak selebriti yang tak jarang menjadi sorotan warganet adalah buah hati Ryan Delon dan Sharena Gunawan. Pasangan yang menikah pada tahun 2013 ini sudah dikaruniai dua buah hati. Buah hati menggemaskan pasangan yang selalu terlihat kompak ini bernama Ryshaka Dharma Situmeang dan Sea Dedari Situmeang.

Kekompakan dan kebersamaan Ryshaka dan Sea selalu berhasil membuat warganet merasa gemas. Baik Ryan Delon maupun Sharena kerap mengunggah momen kebersamaan buah hatinya di akun Instagram masing-masing.

Paras tampan dan cantik dua buah hati pasangan yang terpaut usia satu tahun ini rupanya merupakan turunan dari Ryan Delon dan Sharena. Tak jarang kakak beradik ini menuai pujian dari warganet. Sifat dewasa dan penyayang Ryshaka juga berhasil mencuri perhatian warganet.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang 6 potret kompak buah hati Ryan Delon dan Sharena yang menggemaskan, Sabtu (23/5/2020).

 

1. Buah hati Ryan Delon dan Sharena selalu terlihat hangat dalam berbagai momen.

Potret Kompak Buah Hati Ryan Delon dan Sharena. (Sumber: Instagram.com/mrssharena)
Potret Kompak Buah Hati Ryan Delon dan Sharena. (Sumber: Instagram.com/mrssharena)

2. Tawa menggemaskan Ryshaka dan Sea ini berhasil menarik perhatian warganet.

Potret Kompak Buah Hati Ryan Delon dan Sharena. (Sumber: Instagram.com/mrssharena)
Potret Kompak Buah Hati Ryan Delon dan Sharena. (Sumber: Instagram.com/mrssharena)

3. Selain terlihat kompak dalam berbagai momen, kakak beradik yang terpaut 3 tahun ini juga kerap menggunakan baju dengan warna senada.

Potret Kompak Buah Hati Ryan Delon dan Sharena. (Sumber: Instagram.com/mrssharena)
Potret Kompak Buah Hati Ryan Delon dan Sharena. (Sumber: Instagram.com/mrssharena)

4. Sifat penyayang Ryshaka kepada sang adik kerap ditunjukan dalam postingan Ryan Delon maupun Sharena Gunawan.

Potret Kompak Buah Hati Ryan Delon dan Sharena. (Sumber: Instagram.com/mrssharena)
Potret Kompak Buah Hati Ryan Delon dan Sharena. (Sumber: Instagram.com/mrssharena)

5. Potret manis saat Sea memeluk sang kakak ini terlihat lucu dan menggemaskan ya!

Potret Kompak Buah Hati Ryan Delon dan Sharena. (Sumber: Instagram.com/mrssharena)
Potret Kompak Buah Hati Ryan Delon dan Sharena. (Sumber: Instagram.com/mrssharena)

6. Tingkah lucu buah hati pasangan yang menikah pada tahun 2013 ini tak jarang membuat keduanya disebut sebagai keponakan online kesayangan warganet.

Potret Kompak Buah Hati Ryan Delon dan Sharena. (Sumber: Instagram.com/mrssharena)
Potret Kompak Buah Hati Ryan Delon dan Sharena. (Sumber: Instagram.com/mrssharena)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pasar Minggu Padat oleh Pembeli Kebutuhan Pokok untuk Lebaran

Posted: 22 May 2020 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pasar Minggu, Jakarta Selatan, padat oleh warga yang berbelanja kebutuhan pokok untuk Lebaran pada Sabtu (23/5/2020). Padahal, Jakarta masih memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di tengah pandemi Corona.

Warga membeli kebutuhan pokok seperti kelapa, santan, daging, ayam, dan empon-empon atau bumbu masakan.

Antara melansir, warga berlalu lalang tanpa menjaga jarak fisik (physical distanding). Beberapa malah berkumpul di satu lapak, seperti yang terlihat di lapak penjual daging dan kelapa.

Mayoritas yang berbelanja adalah ibu-ibu. Ada yang datang seorang diri atau berkelompok dengan tetangganya, ada juga yang datang ditemani suaminya, bahkan ada juga yang membawa serta anaknya.

Rohin (26) warga Pasar Minggu berbelanja bersama anak dan istrinya. Dia mengaku membeli keperluan untuk Lebaran seperti daging dan kelapa.

Menurut Rohin, dia terpaksa ke pasar karena tidak semua keperluan Lebaran bisa dibeli secara daring.

"Kayak kelapa mana tersedia di online, mau enggak mau ya ke pasar," kata Rohin.

Rohin mengaku khawatir juga ke pasar di tengah pandemi Corona ditambah lagi adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta.

Rohin dan istri menggunakan masker untuk terhindari dari paparan virus Corona, sedangkan putra mereka yang baru berusia lima tahun tidak mengenakan masker.

"Maskernya ada, tapi dianya enggak mau makai, katanya sesak," kata Rohin ketika ditemui di Pasar Minggu.

 

Lebih Ramai Jumat Kemarin

Menurut salah seorang pedagang, Sri Mulyani (58) suasana Pasar Minggu hari ini tidak seramai Jumat 22 Mei 2020 kemarin.

"Ramai sih ramai, tapi lebih ramai kemarin, karena sudah pada belanja jadi hari ini tidak terlalu ramai," kata Sri.

Menurut dia, yang paling ramai dibeli oleh warga ada daging, kelapa, juga bawang goreng. Selain itu, pepaya muda serut yang biasa dimasak untuk gulai pendamping opor.

Harga pepaya serut dijual Rp 20 ribu per kg, harga daging dijual Rp 113 ribu hingga Rp 115 ribu per kg. Untuk bawang merah dijual Rp 80 ribu per kg, supaya hemat bawang merah dicampur bawang putih bisa dibeli Rp 10 ribu untuk berat satu ons.

Pada bagian dalam pasar, tidak ada petugas Satpol PP yang mengawasi warga untuk menerapkan PSBB.

Petugas Satpol PP berjaga-jaga di depan pasar untuk memastikan tidak ada pedagang yang berjualan di bahu jalan hingga menyebabkan kemacetan.

Petugas parkir juga ikut mengatur pengendara motor agar tidak parkir di bahu jalan, mereka diarahkan untuk parkir ke dalam Robinson Pasar Minggu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Momen Adiba Khanza dan Syakir Daulay Duet Bareng, Akrab dan Kompak

Posted: 22 May 2020 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Adiba Khanza Az-Zahra yang merupakan anak dari almarhum Ustaz Jefri Al Buchori dengan Pipik Dian Irawati kini telah beranjak dewasa. Sama seperti kakaknya, Abidzar Al Ghifari, Adiba juga sering disorot netizen. Gadis cantik ini kini telah memasuki usia 20 tahun.

Kini sibuk dengan perkuliahan, Senin (18/5/2020) lalu Adiba Khanza merilis single duet bersama Syakir Daulay berjudul Bidadari Surga. Lagu tersebut merupakan recycle dari lagu yang sebelumnya pernah dibawakan oleh ayahnya.

Meski telah merilis lagu duetnya, gadis kelahiran 7 Juni 2000 ini belum memutuskan serius di jalur musik. Ia masih ingin fokus dalam menyelesaikan pendidikannya. Namun setelah ditawari untuk berduet dengan Syakir Daulay dengan membawakan lagu ayahnya, dirinya mengaku mempertimbangkannya. 

"Awalnya (ditawarin) aku ragu karena nggak punya background menyanyi. Tapi karena ini lagu ayah sendiri, jadi mulai mempertimbangkan. Akhirnya aku nerima, terlebih setelah tahu duet sama Syakir yang aku udah kenal dari lama," ungkapnya, dilansir dari KapanLagi, Selasa (19/5/2020).

Nyatanya lagu bertajuk "Bidadari Surga" itu diterima oleh masyarakat luas. Kebersamaan Adiba dan Syakir Daulay pun menyebar di media sosial. Berikut ini 6 potret Adba Khanza dan Syakir Daulay jadi teman duet, dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Sabtu (22/5/2020).

1. Syakir Daulay dan ibunya pernah berfoto bersama Adiba Khanza sekaligus Umi Pipik yang cantik dengan cadar hitamnya.

Momen kebersamaan Adiba Khanza dan Syakir Daulay. (Sumber: Instagram/@adibakhanzaation)
Momen kebersamaan Adiba Khanza dan Syakir Daulay. (Sumber: Instagram/@adibakhanzaation)

2. Bahkan keduanya hadir di acara bersama sebagai rekan duet membawakan single terbaru mereka, 'Bidadari Surga'.

Momen kebersamaan Adiba Khanza dan Syakir Daulay. (Sumber: Instagram/@adibakhanzaation)
Momen kebersamaan Adiba Khanza dan Syakir Daulay. (Sumber: Instagram/@adibakhanzaation)

3. Saat rekaman pun, gadis berusia 20 tahun itu tampak tak canggung dengan Syakir Daulay.

Momen kebersamaan Adiba Khanza dan Syakir Daulay. (Sumber: YouTube/Falcon Music Indonesia)
Momen kebersamaan Adiba Khanza dan Syakir Daulay. (Sumber: YouTube/Falcon Music Indonesia)

4. Ternyata putri Umi Pipik ini dan Syakir Daulay sudah kenal sejak lama sekitar 2016 lalu.

Momen kebersamaan Adiba Khanza dan Syakir Daulay. (Sumber: Instagram/@adibakhanzaation)
Momen kebersamaan Adiba Khanza dan Syakir Daulay. (Sumber: Instagram/@adibakhanzaation)

5. Meski selama berduet begitu menyenangkan, keduanya tetap profesional saat memasuki ruang rekaman.

Momen kebersamaan Adiba Khanza dan Syakir Daulay. (Sumber: YouTube/Falcon Music Indonesia)
Momen kebersamaan Adiba Khanza dan Syakir Daulay. (Sumber: YouTube/Falcon Music Indonesia)

6. Saking akrab dan chemistry mereka yang cocok, banyak entizen yang berharap keduanya berjodoh.

Momen kebersamaan Adiba Khanza dan Syakir Daulay. (Sumber: YouTube/Indosiar)
Momen kebersamaan Adiba Khanza dan Syakir Daulay. (Sumber: YouTube/Indosiar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Agen Tepis Rumor Bintang Real Madrid Bakal ke MLS

Posted: 22 May 2020 08:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nama winger Real Madrid Gareth Bale terus beredar di bursa transfer. Dia dikabarkan bakal mengadu nasib di Amerika Serikat musim depan. 

Namun, Jonathan Barnett menepis isu tersebut. Sang agen menyebut kliennya tidak bakal pindah ke MLS.

Sejak tahun lalu, banyak gunjang-ganjing mengenai masa depan Bale. Ia diberitakan sudah tidak masuk dalam rencana pelatih Real Madrid Zinedine Zidane musim depan.

Alhasil banyak spekulasi yang beredar terkait masa depan Bale. Salah satu yang cukup ramai diperbincangkan belakangan ini adalah ia akan pindah ke MLS.

ESPN mencoba menghubungi Barnett untuk mengonfirmasi laporan tersebut. Namun Barnett menyebut sang winger akan tetap membela Real Madrid musim depan.

 

Incaran David Beckham

Gareth Bale. (AFP/Javier Soriano)
Gareth Bale. (AFP/Javier Soriano)

Menurut laporan tersebut, Bale mendapatkan tawaran yang serius dari David Beckham. Legenda Manchester United itu saat ini menjadi pemilik dari klub baru MLS, Inter Miami. Beckham dikabarkan ingin mendatangkan pemain-pemain bintang agar Inter Miami langsung bertaji di MLS.

Beckham diberitakan sudah lama naksir dengan kemampuan Bale sehingga ia ingin sang winger pindah ke Amerika Serikat musim depan.

Tidak Akan Pindah

Namun, Barnett membantah kabar tersebut. Ia menyebut kliennya masih bahagia di Real Madrid. Bale juga berkomitmen melanjutkan karirnya bersama Los Blancos musim depan.

Untuk itu ia tidak akan pergi dari Santiago Bernabeu di musim panas nanti.

 

 

Sumber asli: ESPN

Disadur dari: Bola.net (Serafin Unus Pasi, Published 22/5/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Liverpool Diragukan Punya Uang Untuk Beli Werner

Posted: 22 May 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Liverpool - Legenda Liverpool, Jamie Carragher, memberi pandangannya terkait masa depan Timo Werner. Ia tak mau The Reds berharap terlalu banyak untuk mengamankan jasa sang striker di musim panas.

Werner memang diyakini bakal menjadi buruan di musim panas nanti. Ia menjadi rebutan banyak klub setelah ia tampil dengan impresif bersama RB Leipzig dalam tiga musim terakhir.

Belakangan ini Liverpool dirumorkan tertarik untuk merekrut sang striker. Manajer Jurgen Klopp ingin menjadikan Werner sebagai bagian dari lini serangnya musim depan.

Namun Carragher menilai bahwa saat ini peluang Liverpool untuk merekrut Werner cukup kecil. "Saya rasa peluang transfer ini sebelum pandemi terjadi cukup besar," beber Carragher kepada Liverpool Echo.

Carragher menyebut bahwa peluang Liverpool untuk mendapatkan Werner menipis karena pandemi virus corona. Ia menyebut virus itu membuat keuangan klub-klub di Eropa terdampak sehingga transfer pemain menjadi lebih sulit.

"Secara finansial kita tidak tahu ada di mana level Liverpool saat ini. Saya yakin ada dampak yang terjadi akibat pandemi ini terhadap keuangan klub."

Bakal Sulit

(AP Photo/Matt Dunham)
Timo-Werner-Antar-RB-Leipzig-Bungkam-Tottenham-1.jpg

Carragher percaya bahwa keuangan Liverpool pasti terdampak pandemi virus corona. Untuk itu ia yakin transfer Werner semakin sulit terealisasi di musim panas nanti.

"Baru-baru ini saya melihat sesuatu di Twitter mengenai hasil laporan keuangan Man United. Jadi saya rasa situasi keuangan Liverpool tidak akan jauh beda dari apa yang dialami United."

"Saya yakin situasi ini akan mempengaruhi bursa transfer dan juga kemungkinan ia [Werner] bergabung dengan klub ini." ujarnya.

Menurut gosip terbaru, Liverpool tengah mencari cara untuk mengamankan tanda tangan Werner. Mereka diberitakan bakal menjual tiga pemain mereka untuk mendanai transfer sang striker.

Klasemen Liga Inggris

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BPTJ: Semua Moda Transportasi Jabodetabek Tetap Beroperasi Saat Lebaran

Posted: 22 May 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) menyatakan transportasi di Jabodetabek pada Hari Raya Idul Fitri 1441 H, Minggu, 24 Mei dan Senin, 25 Mei 2020 tetap beroperasi namun dengan pembatasan.

Hal tersebut sesuai dengan ketentuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transportasi, ditujukan terutama untuk menfasilitasi kegiatan yang dikecualikan dalam PSBB.

"Oleh karena itu masyarakat di Jabodetabek diminta untuk berlebaran di rumah dan tidak melakukan kegiatan silaturahmi fisik/anjangsana kemanapun di wilayah Jabodetabek (mudik lokal)," tulis keterangaan BPTJ, Sabtu (23/5/2020).

Meskipun kegiatan anjangsana untuk silaturahmi pada masa lebaran tidak termasuk dalam kegiatan yang  dikecualikan dalam PSBB, namun apabila merujuk Permenkes No 9 Tahun 2020 Tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), kegiatan tersebut  sangat berpotensi menimbulkan kerumunan yang seharusnya dihindari.

Lanjut, pengoperasian angkutan umum di wilayah Jabodetabek pada Hari Raya Idul Fitri 1441H akan mengalami pembatasan, diantaranya untuk angkutan umum misalnya PT Kereta Commuter Indonesia akan melayani perjalanan KRL dengan jam operasional mulai pukul 05.00-08.00 WIB pada pagi hari.

Lalu dilanjutkan pukul 16.00-18.00 WIB pada sore hari untuk seluruh lintas perjalanan. sementara waktu-waktu diluar jam operasional tersebut, stasiun akan ditutup. Untuk jam operasional TransJakarta, pada hari Minggu, 24 Mei 2020, akan berlangsung mulai pukul 10.00 s.d. 18.00 WIB.

 

Hari Senin

Calon penumpang menunggu kedatangan kereta Commuter Line di Stasiun Manggarai, Jakarta, Kamis (16/4/2020). PT KCI menyatakan jumlah penumpang kereta listrik (KRL) terus menurun selama pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jabodebek hingga 50 persen. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Calon penumpang menunggu kedatangan kereta Commuter Line di Stasiun Manggarai, Jakarta, Kamis (16/4/2020). PT KCI menyatakan jumlah penumpang kereta listrik (KRL) terus menurun selama pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jabodebek hingga 50 persen. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Adapun pada hari Senin, 25 Mei 2020, TransJakarta akan beroperasi mulai pukul 06.00 s.d. 18.00 WIB. Sementara itu waktu operasional angkutan umum regular di Bodetabek (diluar DKI Jakarta) tetap sama seperti di awal penerapan PSBB, yakni pada pukul 05.00 wib s/d 19.00 WIB.

Sementara, bagi setiap orang dan pelaku usaha yang memiliki kegiatan dalam kriteria pengecualian yang hendak memanfaatkan layanan angkutan umum massal, pada waktu-waktu tersebut diharapkan untuk dapat menyesuaikan jadwal, serta senantiasa mengakses informasi melalui akun-akun resmi media sosial masing-masing operator angkutan umum massal.

Selain itu, perlu diketahui bahwa penerapan protokol kesehatan berupa pembatasan jumlah penumpang dan penerapan physical distancing seperti pengaturan tempat duduk tetap berlaku.

Serta BPTJ menegaskan kapasitas penumpang bagi kendaraan pribadi dan angkutan umum maksimal 50 persen, sedangkan untuk kereta api perkotaan (KRL) maksimal 35  persen.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kabar Film Petualangan Sherina 2 Syuting Tahun Ini, Mira Lesmana Buka Suara

Posted: 22 May 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta "Ada dua proyek layar lebar tahun ini. Terhalang wabah Covid-19, bukan berarti persiapan kami mandek," jawab Mira Lesmana saat ditanya syuting layar lebar yang mestinya dihelat tahun ini.

Apa daya, wabah Corona Covid-19 yang melanda Indonesia sejak Maret 2020, membuat syuting sejumlah film terhenti. Mira Lesmana membocorkan, dua film yang diproduksinya tahun ini beda genre.

Pertama, action dengan sutradara Teddy Soeriaatamadja. Kedua, digarap Riri Riza. Konon yang digarap Riri Riza adalah sekuel Petuangan Sherina. Dikonfirmasi soal ini, Mira Lesmana enggan menjawab detail.

 

Rajin Bertemu Sherina

Mira Lesmana (Foto: Istimewa)
Mira Lesmana (Foto: Istimewa)

Namun Mira Lesmana membenarkan tahun ini ada kolaborasi dengan Sherina. "Banyak yang menanyakan kenapa belakangan rajin banget bertemu Sherina? Apakah ini ada hubungannya dengan Petualangan Sherina 2? Saya belum bisa menjawab detail," beri tahu Mira Lesmana.

Sepanjang tahun ini ada beberapa proyek bareng Sherina. Bisa dibilang ini reuni. "Kalau benar Juni wabah Covid-19 mereda, lalu Juli dan Agustus bisa persiapan, bukan berarti Desember 2020 bisa merilis film mengingat waktu syuting diperkirakan 45 hari," imbuh produser Ada Apa Dengan Cinta?.

40 hingga 50 Persen

Preskon film Milly dan Mamet (Adrian Putra/bintang.com)
Preskon film Milly dan Mamet (Adrian Putra/bintang.com)

Persiapan untuk kedua film ini terus dicicil di tengah pandemi. Apa yang bisa dikerjakan secara daring, dilakukan. Misalnya, menulis ulang naskah, audisi daring, dan mendalami naskah.

"Selama wabah, kami mencicil persiapan hingga 40 atau mungkin 50 persen, sih," sambung Mira Lesmana saat berbincang dengan Showbiz Liputan6.com via telepon, baru-baru ini.

Rencana Diumumkan 30 Maret

Media visit pemain film Kulari Ke Pantai (Daniel Kampua/bintang.com)
Media visit pemain film Kulari Ke Pantai (Daniel Kampua/bintang.com)

Sisanya harus ada pertemuan tatap muka. Misalnya, mengecek lokasi syuting. "Dua proyek ini harusnya kami umumkan pada 30 Maret 2020 bertepatan dengan Hari Film Nasional tapi apa boleh buat ada wabah dan pemerintah menerapkan kebijakan social distancing," Mira Lesmana membeberkan.

Syuting ditunda untuk mematuhi kebijakan pemerintah yakni social dan physical distancing dan Pembatasan Sosial Berskala Besar. Mira Lesmana mengakui, tak mudah melewati situasi ini apalagi industri film baru saja menggeliat. 

Berharap Wabah Segera Berakhir

Produser Mira Lesmana saat jumpa pers film
Produser Mira Lesmana saat jumpa pers film

"Yang jelas kami berharap wabah ini segera berakhir dan ditangani dengan efektif oleh Pemerintah Indonesia," harap produser kelahiran Jakarta, 8 Agustus 1964, ini.

Petualangan Sherina salah satu film anak-anak tersukses karya Riri Riza. Dibintangi Sherina Munaf dan Derby Romero, film yang dirilis pada 2000 ini mengirim sinyal kebangkitan film Indonesia. Selain meledak di pasar, film ini diganjar 3 nominasi Piala Citra FFI 2004.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cuaca Ekstrem Berpotensi Terjadi di Sejumlah Wilayah hingga Lebaran 24 Mei Nanti

Posted: 22 May 2020 08:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sejumlah wilayah di Tanah Air berpotensi mengalami cuaca ekstrem hingga Hari Raya Idul Fitri 24 Mei 2020 besok.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Mulyono Rahadi Prabowo menuturkan, Siklon Tropis Mangga penyebab terjadinya cuaca ekstrem ini.

Siklon tropis tersebut terpantau berada di Samudra Hindia barat daya Banten dengan kecepatan angin maksimum 65 km/jam (35kt) dan tekanan 995 hPa pada Jumat 22 Mei 2020 malam. Siklon ini bergerak ke arah Tenggara (bergerak menjauhi wilayah Indonesia).

Dia memprakirakan, intensitasnya menguat secara perlahan dalam 24 jam ke depan atau pada hari ini, Sabtu (23/5/2020).

"Siklon tropis mangga ini secara tidak langsung berdampak terhadap pembentukan konvergensi memanjang dari Banten hingga Perairan selatan Banten serta belokan angin di sekitar Pesisir barat Sumatera sehingga mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah tersebut," jelas Mulyono dalam rilis BMKG Jumat malam seperti dikutip Liputan6.com.

Menurut dia, Siklon Tropis Mangga juga mampu menginduksi peningkatan kecepatan angin di sekitar sistem yakni di sepanjang Perairan barat Sumatera dan di Samudra Hindia barat daya Sumatera yang berdampak pada peningkatan ketinggian gelombang air laut. 

Daerah sirkulasi siklonik terpantau di Perairan selatan Bali yang membentuk konvergensi memanjang di NTT bagian timur dan di Perairan selatan NTB yang mampu meningkatkan potensi hujan di sepanjang daerah siklonik dan konvergensi tersebut.

"Konvergensi lainnya juga terpantau memanjang dari Aceh hingga Laut Natuna bagoan barat, di Kalimantan Utara bagian timur, dari Sulawesi Tengah hingga Gorontalo, di Laut Arafuru, dan dari Papua Barat hingga Papua," kata Mulyono.

Berikut rincian wilayah yang berpotensi hujan lebat pada prakiraan cuaca ekstrem BMKG 22-24 Mei 2020:

 

23 Mei 2020

Sumatera Utara

Riau

Sumatera Selatan

Bali

Nusa Tenggara Timur

Sulawesi Tengah

Sulawesi Tenggara

Papua Barat

 

24 Mei 2020

Sumatera Utara

Nusa Tenggara Timur

Gorontalo

Sulawesi Tengah

Sulawesi Tenggara

Papua Barat

Potensi Angin Kencang

Wilayah yang bepotensi hujan lebat disertai angin kencang sebagai berikut:

23 Mei 2020

Aceh

Jambi

Nusa Tenggara Barat

Kalimantan Barat

Kalimantan Utara

Gorontalo

Maluku

 

24 Mei 2020

Aceh

Riau

Jambi

Sumatera Selatan

Kalimantan Barat

Kalimantan Utara

Sulawesi Utara

Maluku Utara

Maluku

Раpua

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Honda Menikmati Penjualan Mobil Secara Online

Posted: 22 May 2020 08:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penerapan Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB) selama dua bulan membuat jumlah konsumen yang melakukan pembelian mobil secara online meningkat.

Pada akhir tahun lalu tercatat pembelian mobil Honda secara online sangat sedikit, hanya di bawah 5 persen. Sementara pada bulan April 2020, pembelian mobil Honda secara online meningkat hingga mencapai 20 persen.

Disebutkan, peningkatan pembelian mobil secara online dipengaruhi antara lain oleh pembatasan aktivitas konsumen di luar rumah dan juga perilaku konsumen yang semakin terbiasa melakukan belanja secara online.

"Kami melihat hal ini juga akan terus meningkat setelah kita memasuki era normal yang baru nanti," kata Yusak Billy sebagai Business Innovation and Marketing & Sales Director PT HPM.

Sejalan dengan tren tersebut, terdapat pula program 'Beli Honda di Rumah Aja'. Melalui situs resminya, terdapat beragam program menarik, seperti gratis cicilan selama 3 bulan khusus Honda Mobilio dan BR-V.

Promo

Tak hanya itu, konsumen juga mendapatkan gratis biaya perawatan berkala (Jasa + parts sampai dengan 50.000 kilometer atau 4 tahun) untuk Honda Mobilio, BR-V, CR-V, Jazz, Brio dan HR-V.

Untuk memudahkan konsumen, Honda juga menggandeng beberapa situs e-commerce. Melalui kerja sama ini, Honda secara resmi membuka toko serta memberikan promo eksklusif, seperti diskon 2 persen atau Rp2 juta untuk semua model kendaraan.

Seluruh program tersebut berlaku di seluruh dealer Honda di Indonesia selama bulan Mei dan Juni 2020.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Resep Praktis Opor Ayam Kuah Kuning untuk Lebaran

Posted: 22 May 2020 08:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setelah berpuasa selama sebulan penuh, kini saatnya kita merayakan hari kemenangan. Di hari raya, ada sajian istimewa yang biasanya ikut menemani, yakni opor ayam.

Opor ayam adalah salah satu hidangan yang selalu ada saat Lebaran tiba. Opor ayam bisa dinikmati dengan ketupat. Nah, di bawah in ada  resep membuat opor ayam kuah kuning yang enak dan daging ayam bisa empuk.

Bahan:• 1 ekor ayam (potong menjadi 12 bagian)

Bumbu:• 5 siung bawang putih

• 7 siung bawang merah

• 1 ruas jahe

• 1 ruas kunyit

• 4 buah daun salam

• 3 daun jeruk

• 1 batang serai (geprek)

• 3 biji kemiri

• 600 ml santan kelapa

• ½ sdt merica

• ½ sdt ketumbar

• 1 bungkus penyedap rasa

• Garam secukupnya

• Gula pasir secukupnya

• 1 ruas lengkuas (geprek)

• Minyak goreng untuk menumis

 

Cara Membuat:

1. Cuci ayam dengan menggunakan air mengalir. Kemudian rebus hingga ayam menjadi empuk, bisa juga menggunakan panci presto untuk membuat daging ayam menjadi lebih empuk.

2. Haluskan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, kemiri, merica, garam, ketumbar dan gula.

3. Ikat daun jeruk, salam, dan serai menggunakan tali.

4. Tumis, bumbu hingga benar-benar tanak dan beraroma harum.

5. Masukkan santan dan ayam secara bersamaan. Aduk hingga merata dan berhati-hati agar ayam tidak mudah hancur. Biarkan hingga mendidih.

6. Opor ayam siap di sajikan. Taburi dengan bawang goreng supaya lebih enak.

Selamat mencoba!

 

Sumber : Fimela.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Barcelona Tergoda Kualitas Bek Tengah AC Milan

Posted: 22 May 2020 08:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Raksasa Spanyol Barcelona tertarik mendatangkan bek AC Milan Alessio Romagnoli pada bursa transfer mendatang. Tim Catalunya itu ingin menambah stok bek tengah.

Pasalnya, mereka terancam kehilangan Jean-Clair Todibo di musim panas nanti.

Pihak Barcelona mulai mencari kandidat yang ideal bagi tim mereka. Salah satu nama yang dirumorkan masuk radar adalah Romagnoli.

Mundo Deportivo mengklaim bahwa Barcelona cukup serius untuk mengamankan jasa Romagnoli. Mereka diyakini akan segera melepaskan tawaran untuk AC Milan.

Menurut laporan tersebut, tim pelatih Barcelona mengagumi permainan Romagnoli.

Ia masih berusia cukup muda, yaitu 25 tahun. Namun permainannya cukup impresif di lini pertahanan AC Milan.

Tidak hanya itu, Romagnoli juga punya jiwa kepemimpinan yang bagus. Itulah mengapa Barca menilai sang bek bisa memberikan kontribusi yang besar bagi tim mereka.

Peluang Terbuka

Bek AC Milan, Alessio Romagnoli  melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Sassuolo pada lanjutan Liga Serie A Italia di Stadion Mapei di Reggio Emilia (5/11). Milan menang dengan skor 2-0 atas Sassuolo. (Elisabetta Baracchi / ANSA via AP)
Bek AC Milan, Alessio Romagnoli melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Sassuolo pada lanjutan Liga Serie A Italia di Stadion Mapei di Reggio Emilia (5/11). Milan menang dengan skor 2-0 atas Sassuolo. (Elisabetta Baracchi / ANSA via AP)

Menurut laporan tersebut, peluang AC Milan untuk mendaratkan Romagnoli cukup besar di musim panas nanti.

Kontrak sang bek di San Siro sudah mulai menipis. Ia akan meninggalkan markas Milan itu secara cuma-cuma di tahun 2022.

Untuk itu Barca bisa mulai menego AC Milan untuk melepaskan sang bek di musim panas nanti.

Tidak Sendirian

Barcelona juga diyakini bukan satu-satunya tim yang tertarik untuk mengamankan tanda tangan Romagnoli.

Sang bek diberitakan juga diminati rival Milan, Juventus di musim panas nanti.

 

Sumber asli: Mundo Deportivo

Disadur dari: Bola.net (Serafin Unus Pasi, Published 22/5/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Barbie Kumalasari Berhijab, Curi Perhatian

Posted: 22 May 2020 08:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sosok selebriti Barbie Kumalasari memang selalu menyedot perhatian publik. Segala gerak-gerik yang ia perlihatkan di media sosial maupun di depan layar televisi selalu mengundang sorotan. Salah satu yang kerap menjadi perbincangan tentu saja mengenai gaya hidupnya yang dikenal glamor.

Istri Galih Ginanjar ini dikenal sering memamerkan kemewahan dengan koleksi barang-barang brandednya. Tak hanya itu, Barbie Kumalasari pun tak segan membongkar aset-aset kekayaannya yang nilainya miliaran. Dalam berbagai kesempatan, ia juga mengaku memiliki banyak lini bisnis seperti showroom mobil, berlian, kosmetik dan usaha lainnya.

Selain itu, wanita yang pernah berperan sebagai Mpok Ijah di sinetron lawas Bidadari ini juga dikenal dengan penampilannya yang seksi dan kerap mengubah gaya rambutnya. Namun siapa sangka Barbie Kumalasari beberapa kali tampil berhijab. Saat mengenakan hijab penampilannya pun berhasil bikin pangling.

Tak sedikit netizen yang memuji kecantikan ibu satu anak ini. Berikut potret Barbie Kumalasari saat pakai hijab dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (23/5/2020).

1. Baru-baru ini Barbie Kumalasari mengunggah foto berhijab, penampilannya pun tampak memukau.

Barbie Kumalasari (Sumber: Instagram/@barbiekumalasari)
Barbie Kumalasari (Sumber: Instagram/@barbiekumalasari)

2. Barbie mengenakan hijab warna cokelat kembar dengan Ria Ricis. Ia berpose close up tersenyum cantik di depan kamera.

Barbie Kumalasari (Sumber: Instagram/@barbiekumalasari)
Barbie Kumalasari (Sumber: Instagram/@barbiekumalasari)

3. Bak pengantin, pemeran sinetron Bidadari ini tampak begitu cantik dengan kebaya dan hijabnya,

Barbie Kumalasari (Sumber: Instagram/@barbiekumalasari)
Barbie Kumalasari (Sumber: Instagram/@barbiekumalasari)

4. Tak sedikit netizen yang memuji ibu satu anak ini terlihat makin cantik dan anggun.

Barbie Kumalasari (Sumber: Instagram/@barbiekumalasari)
Barbie Kumalasari (Sumber: Instagram/@barbiekumalasari)

5. Saat menggunakan hijab, wanita kelahiran 1982 ini juga terlihat semakin memesona.

Barbie Kumalasari (Sumber: Instagram/@barbiekumalasari)
Barbie Kumalasari (Sumber: Instagram/@barbiekumalasari)

6. Banyak warganet yang mendoakan agar Barbie Kumalasari bisa istiqomah.

Barbie Kumalasari (Sumber: Instagram/@barbiekumalasari)
Barbie Kumalasari (Sumber: Instagram/@barbiekumalasari)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Peran Emak-Emak di Balik Logo Ikonik Ferrari, Ini Sosoknya

Posted: 22 May 2020 08:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setiap merek atau pabrikan otomotif pasti memiliki satu logo yang menjadi ciri khasnya. Begitu juga dengan Ferrari, produsen mobil super asal Italia. Dua ciri khas dari logo Ferrari, adalah kuda jingkrak dan latarnya yang berwarna merah.

Warna yang menyala ini bahkan jadi lambang kebanggaan Ferrari, yang terkelir di sebagian besar kendaraan yang diproduksi. Dua ciri khas itu ternyata tidak berasal dari zaman yang sama. Tercipta terlebih dahulu adalah kuda, kemudian warna merah menyala yang jadi ciri khas.

Mengutip Caradvice, logo kuda jingkrak sendiri diambil dari pesawat tempur yang dikemudikan seorang bernama Francesco Baracca. Gambar itu sendiri dibuat oleh Enzo Ferrari, pendiri Ferrari, yang kala itu masih menjadi tentara.

Inspirasi kuda jingkrak ini tidak datang dari Ferrari, melainkan dari ibu Baracca, Countess Paolina. Menurutnya, kuda adalah lambang keberuntungan. Diharapkan, pesawat yang pakai logo itu tidak akan tertembak musuh.

Permintaan pembuatan logo kuda kembali berulang pada 1923. Namun tidak lagi di pesawat, melainkan di mobil. Enzo, yang selepas jadi tentara memilih terjun di dunia balap, menuruti petuah.

Kemudian, dirinya menggambar kuda, tapi dengan latar belakang kuning. Perisai ini muncul pertama kali pada 1932 di mobil Alfa Romeo dari tim balap Scuderia.

Sejak saat itu, lencana Kuda Jingkrak selalu muncul, dan akhirnya menjadi ciri khas Ferrari. Bentuknya juga tidak banyak berubah dari sejak pertama kali diproduksi.

Warna merah

Sementara warna merah baru dominan pada medio 1950-an. Laman auto.ferrari.com menulis, kala Ferrari pertama kali ikut berkontestasi di ajang balap Formula1, di mana aturan tentang warna mobil berdasarkan negara peserta. Sementara Italia, negara asal Enzo, kebagian warna merah.

Warna ini kemudian dikenal dengan nama Italiano Rosso Corsa, atau Italian Racing Red. Setelah perhelatan akbar tersebut, Ferrari melihat peluang. Mereka kemudian menggunakan warna ini pada semua mobil balap, juga mobil penumpang.

Terlebih, Ferrari bisa ikut balap karena memang disokong oleh hasil penjualan mobil penumpang. Jadilah, sejak saat itu, Ferrari tak bisa dilepaskan dengan warna merah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jakarta dan Ancaman Gelombang Kedua Wabah Corona

Posted: 22 May 2020 08:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nasib Jakarta ditentukan oleh perilaku masyarakat di tengah wabah Corona selama dua minggu ke depan. Jika masih banyak masyarakat yang beraktivitas di luar rumah dan tidak patuh Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bakal memperpanjang kembali aturan tersebut.

Jika tidak, Jakarta terancam mengalami gelombang kedua wabah Corona usai perayaan Hari Raya Idul Fitri.

Oleh karena itu, Anies meminta seluruh masyarakat tetap disiplin terhadap aturan PSBB.

Beberapa hari terakhir, data kasus Corona di Jakarta menunjukkan tren positif alias membaik. Meski, Anies menegaskan, pandemi belum berakhir. 

"Angka-angka ukuran epidemiologi menunjukkan bahwa Covid-19 di Jakarta Alhamdulillah menunjukkan tanda-tanda membaik, tetapi belum selesai, risiko masih tinggi dan potensi terjadinya gelombang kedua itu masih tetap ada," kata Anies, Jumat 22 Mei 2020.

Dia menegaskan, PSBB bisa saja diperpanjang kembali usai 4 Juni nanti. Hal tersebut untuk menutup keran penularan virus Corona.

"Bila kita tidak disiplin, kita longgar, maka 2 pekan ke depan ini akan terpaksa harus diteruskan pengetatannya karena resiko penularan meningkat," kata Anies.

"Jadi, apakah Jakarta akan bisa mulai memasuki masa transisi menuju normal baru atau tidak itu sangat ditentukan oleh sikap kita perilaku kita di 2 pekan," lanjut Anies.

Takbir hingga Silaturahmi dari Rumah

Anies mengatakan, lebaran tahun ini bakal menjadi lebaran paling berbeda yang dirasakan oleh seluruh masyarakat.

Di tengah pandemi Covid-19, tradisi lebaran dengan bersilaturahim ke sanak keluarga terpaksa harus ditiadakan. Namun, ini harus dilakukan. Tujuannya, memutus mata rantai penularan virus Corona.

"Adanya pandemi membuat kita tak bisa bertemu secara fisik sebagaimana tahun-tahun sebelumnya dan kita harus menahan diri di rumah, yang ini dilakukan oleh semua orang. Tujuannya adalah mengendalikan agar kira semua keluar dari masa ini, bisa menjadi generasi penerus sejarah umat manusia menjadj generasi manusia uang lebih baik," ucap Anies dalam akun Instagramnya.

Dengan kolase video yang menggambarkan suasana hening Jakarta, Anies Baswedan menuturkan kondisi ini seharusnya menjadi momen pemersatu antarwarga. Sebab, tanpa mengenal latar bekang sosial, keuangan, suku, agama apapun semua menghadapi masalah yang sama, pandemi Covid-19.

Tradisi takbiran keliling di jalan-jalan Ibu Kota ditiadakan, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengimbau seluruh warganya tetap menggaungkan pesan takbir di rumah masing-masing.

"Takbir itu kini bergaung di tiap tiap rumah, di tiap-tiap ruang dalam rumah kita, di rumahku takbirku. Kita gemakan kalimat takbir, kita gaungkan pesan takbir tanpa kita harus berkeliling keluar," imbau Anies.

Aturan Lebih Ketat

Anies Baswedan mengatakan, penurunan jumlah kasus Corona di DKI Jakarta beberapa hari ini, bukan berarti Jakarta sudah merdeka dari Covid-19.

"Jadi adanya peristiwa penurunan beberapa hari ini, tidak boleh diartikan ini selesai. Jakarta masih belum merdeka dari Covid. Kita masih arus bertempur melawan Covid," ujar Anies dalam konferensi pers di Balai Kota Jakarta, Jumat (1/5/2020).

Oleh karena itu, dia meminta penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) terkait Corona tidak boleh kendor. Justru, lanjut dia, penerapan PSBB harus diperketat.

"Ini tidak boleh diartikan sebagai PSBB-nya kendor. Kita harus lebih disiplin lebih ketat karena masih ditemukan kasus-kasus positif di masyarakat," kata Anies soal penanganan wabah Corona di Jakarta. 

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pun memperketat pembatasan lalu lintas orang keluar masuk Jakarta. Kini, tak sembarang orang bisa keluar masuk DKI Jakarta.

Pengetatan ini tertuang dalam Peraturan Gubernur Nomor 47 Tahun 2020 tentang Pembatasan Kegiatan Bepergian Keluar dan atau Masuk Provinsi DKI Jakarta dalam Pencegahan Penyebaran Covid-19.

"Jadi bagi mereka yang punya tugas di dalam sektor-sektor mendasar dapat izin. Bagi yang tidak, tidak perlu mengajukan izin, karena izinnya tidak akan diberikan," ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dalam konferensi persnya, Jakarta, Jumat (15/5/2020).

Menurut dia, pengajuan izin ini dilakukan melalui sistem online. Masyarakat yang masuk dalam kategori pengecualian larangan keluar masuk Jakarta, bisa mengajukan izin melalui laman corona.jakarta.go.id.

"Pengecekan tidak dilakukan di lapangan. Semua proses perizinan bagi orang-orang yang dikecualikan dikerjakan secara sistem online," kata Anies.

Anies mengatakan, izin ini berlaku bagi orang DKI Jakarta dan luar Ibu Kota yang akan keluar jakarta maupun sebaliknya. Namun tidak untuk keluar masuk antarkota Jabodetabek.

Sementara, pengawasannya akan dilakukan bersama kepolisian.

"Ini juga berlaku bagi masyarakat yang akan masuk ke Jakarta. Tanpa surat izin masuk tidak boleh masuk kawasan Jakarta. Pengawasannya nanti dilakukan bersama kepolisian," tutur Anies.

Dia menegaskan, izin yang sah hanya dikeluarkan oleh Pemprov DKI Jakarta melalui laman yang disebutkan di atas.

"Pilihannya adalah tanpa surat, berangkat, akan diminta kembali dan ada proses karantina jika memiliki persyaratan yang dibutuhkan," kata Anies.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Jenis Zakat Selain Zakat Fitrah yang Perlu Kalian Tahu

Posted: 22 May 2020 08:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Salah satu kewajiban umat muslim saat Ramadan ialah membayar zakat fitrah. Tujuan dari berzakat bukan sekadar menunaikan kewajiban, tapi juga untuk membersihkan harta, mensucikan diri, serta berbagi dengan orang-orang yang membutuhkan.

Secara garis besar, zakat terdiri dari dua macam yaitu Zakat Fitrah yang dilakukan di bulan Ramadan dan Zakat Maal yang bisa dilakukan kapanpun. Rupanya Zakat Maal pun terdiri dari beberapa jenis zakat. Dikutip dari Baznas, berikut ulasannya:

1. Zakat Kekayaan/Penghasilan

Zakat penghasilan atau zakat kekayaan berasal dari pendapatan rutin. Cara menghitung zakat penghasilan adalah jumlah pendapatan (dikurangi hutang) x 2,5 persen. Sebagai contoh, jika penghasilan Rp 6 juta/bulan maka zakatnya Rp 6 juta x 2,5 persen = Rp 150.000.

2. Zakat Emas dan Perak

Ilustrasi/copyright shutterstock.com
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Zakat ini dilakukan jika emas telah mencapai nisab dan haul senilai 85 gram atau perak dengan mencapai nisab 595 gram. Tarif zakat yang harus dibayarkan adalah sebesar 2,5 persen dari emas atau perak yang dimiliki. Cara menghitung zakat emas/perak adalah 2,5 persen x jumlah emas/ perak yang tersimpan selama 1 tahun.

3. Zakat Perdagangan

Ilustrasi/copyrightshutterstock/Moma okgo
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Moma okgo

Zakat perdagangan adalah zakat dari harta niaga. Harta niaga adalah harta atau aset yang dijualbelikan dengan maksud mendapatkan keuntungan. Harta perdagangan yang dikenakan zakat dihitung dari aset lancar usaha yang sudah mencapai setahun dikurangi utang jangka pendek yang jatuh tempo satu tahun. Jika selisihnya aset lancar dan utang tersebut sudah mencapai nisab 85 gram emas, maka wajib dibayarkan zakatnya.

Cara menghitungnya adalah 2,5 persen X (aset lancar - utang jangka pendek). Jika misalnya punya aset usaha Rp 200 juta dan utang jangka pendek Rp 50 juta, maka selisihnya sudah lebih dari nisab 85 gram emas yang setara uang Rp 52.870.000. Oleh karena itu dihitunglah zakatnya 2,5 persen x (Rp 200 juta - Rp 50 juta) = Rp 3.750.000

4. Zakat Perusahaan

Waktu Membayar Zakat Fitrah / Sumber: iStockphoto
Waktu Membayar Zakat Fitrah / Sumber: iStockphoto

Harta perusahaan yang harus dizakati adalah harta barang, uang tunai dan piutang, dikurangi harta dalam bentuk sarana dan prasarana serta dikurangi kewajiban mendesak seperti utang yang jatuh tempo atau yang harus dibayar saat itu juga.

Cara menghitung zakat perusahaan adalah 2,5 persen x (Aset Lancar - Utang Jangka Pendek). Jika perusahaan punya aset Rp 2 miliar dan utang Rp 500 juta maka zakat yang perlu ditunaikan adalah 2,5 persen x (Rp 2 miliar - Rp 500 juta) = Rp 37,5 juta.

5. Zakat saham

Keutamaan Zakat Fitrah / Sumber: iStockphoto
Keutamaan Zakat Fitrah / Sumber: iStockphoto

Saham wajib dikeluarkan zakatnya jika nilai keuntungan investasi dalam setahun mencapai nisab 85 gram emas. Cara menghitung zakat saham adalah 2,5 persen x jumlah harta yang tersimpan selama 1 tahun.

Contoh jika dalam setahun punya aset Rp 100 juta dan melebihi nisab 85 gram emas atau Rp 52.870.000 maka dihitunglah zakatnya 2,5 persen x Rp 100 juta = Rp 2,5 juta. Jika dikonversi dalam saham Rp 2,5 juta: (nilai saham dalam satuan lot) = jumlah lot yang mesti dipindahkan sahamnya sebagai zakat.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: