Kamis, 21 Mei 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Cek Fakta: Prediksi Covid-19 di Indonesia Berakhir 6 Juni 2020 Tidak Benar

Posted: 20 May 2020 11:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Beredar prediksi pandemi virus corona baru (Covid-19) di Indonesia berakhir pada 6 Juni 2020. Prediksi tersebut terdapat dalam artikel berjudul "Kabar Gembira: Hasil Riset Singapura, Corona di Indonesia Berakhir 6 Juni" yang dimuat situs kabardini.com, pada 18 Mei 2020.

Berikut isinya:

Universitas Teknologi dan Desain Singapura (SUTD) memprediksi penyebaran virus corona COVID-19 di Indonesia akan berakhir 6 Juni 2020. Saat itu, 97 persen kasus sudah selesai.

SUTD menggunakan data hingga 25 April 2020, untuk membuat prediksi tersebut. Penelitian ini menggunakan model SIR (susceptible-recover-recovered) yang diregresikan dengan data berbagai negara untuk memperkirakan kurva siklus hidup pandemi dan memperkirakan kapan pandemi tersebut akan berakhir di masing-masing negara.

Dalam situs SUTD yang dikutip beberapa pekan kmaren, data ini ini untuk tujuan pendidikan dan penelitian dan mungkin mengandung kesalahan. Data akan dimasukkan secara harian.

"Prediksi pada dasarnya tidak pasti. Pembaca harus mengambil prediksi apa pun dengan hati-hati. Terlalu optimisme berdasarkan perkiraan tanggal akhir berbahaya karena dapat melonggarkan disiplin dan kontrol kita dan menyebabkan perputaran virus dan infeksi, dan seharusnya dihindari," tulis SUTD dalam situsnya.

Seperti dilansir CNBC, dalam laporan tersebut diungkapkan 97% kasus akan berakhir pada 6 Juni 2020 dan 99% kasus akan berakhir di 23 Juni 2020.Sebelumnya, sejumlah ilmuwan dan peneliti memprediksi puncak virus corona di Indonesia akan terjadi pada bulan Juni dan Juli 2020 dengan jumlah korban yang terinfeksi mencapai 106 ribu kasus.

Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan tim pakar gugus tugas mengumpulkan informasi dan prediksi mengenai puncak virus corona di Indonesia dari ilmuwan dan institusi terpercaya.

Dari data tersebut, secara kumulatif puncak penyebaran virus corona di Indonesia pada awal Mei dan awal Juni 2020 dengan total pasien positif corona mencapai 95 ribu.

"Selama Juni dan Juli, kasus terkonfirmasi secara kumulatif akan mencapai 106 ribu kasus," ujar Wiku.

Wiku menambahkan ini semua masih bentuk prediksi dan seperti prediksi pada umumnya tidak memiliki angka yang pasti atau belum tentu benar."Kami memiliki cara kolektif mengacu pada peraturan yang ada dan memastikan prediksi adalah prediksi dan kasus sebenarnya lebih rendah dari prediksi," pungkasnya.

Sementara, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Doni Monardo menyatakan Presiden Jokowi memperkirakan bahwa masyarakat Indonesia sudah bisa kembali hidup normal pada Juli mendatang.

Presiden Joko Widodo dan Menkes Terawan.

"Presiden (Joko Widodo) meminta kita semua untuk bisa bekerja lebih keras lagi dan juga mengajak masyarakat agar lebih patuh, lebih disiplin, dan aparat bisa lebih tegas agar pada Juni kita mampu menurunkan kasus COVID di Indonesia, sehingga Juli diharapkan kita bisa mengawali hidup normal kembali," ujar Doni dalam konferensi pers secara virtual di Jakarta beberapa pekan lalu

Doni menyampaikan hal tersebut usai rapat terbatas intern, bersama jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju, dan dipimpin Presiden Joko Widodo.

Benarkah pandemi prediksi Covid-19 di Indonesia akan berakhir 6 Juni 2020? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim prediksi pandemi Covid-19 di Indonesia berakhir 6 Juni 2020 menggunakan Google Search, dengan kata kunci 'prediksi Covid-19 berakhir di Indonesia 6 juni'

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Prediksi Indonesia Bebas Corona pada Juni Atau Oktober Sudah Tak Berlaku" yang dimuat situs liputan6.com, pada 13 Mei 2020.

Situs tersebut menyatakan, prediksi Covid-19 berakhir 6 Juni sudah tidak berlaku. Data-data di halaman depan situs Singapore University of Technology and Design (SUTD) sudah dihapus karena ada perubahan situasi di dunia nyata.

"Prediksi-prediksi sebelumnya sudah tidak lagi valid karena skenario-skenario dunia nyata telah berubah dengan cepat," tulis situs itu seperti dikutip Rabu (13/5/2020).

Situs itu terakhir update pada Senin kemarin. Meski grafiknya sudah tidak tampil di halaman depan situs, grafik-grafik individual tiap negara masih bisa dilacak lewat Google. Contohnya, ini grafik Indonesia.

Sedari awal, situs dari SUTD itu memang memperingatkan bahwa prediksi akhir Virus Corona yang mereka tampilkan hanya untuk keperluan edukasi.

Dalam disclaimer, dijelaskan bahwa: "Konten dari situs ini ditegaskan untuk tujuan-tujuan pendidikan dan penelitian saja dan kemungkinan mengandung error."

Dalam artikel berjudul "Epidemiolog Sanksi Pandemi Corona Covid-19 Berakhir Juli" yang dimuat situs liputan6.com, pada 2 Mei 2020. Epidemiolog dari Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran, Universitas Padjajaran (Unpad), Bony Wien Lestari menyanksikan pernyataan Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Letjen TNI Doni Munardo soal prediksi pandemi Corona akan berakhir pada Juni-Juli nanti.

Bony mempertanyakan atas dasar apa prediksi tersebut dikeluarkan. Menurutnya, hingga saat ini angka pasein yang terkonfirmasi positif Covid-19 masih terus melonjak.

Bony sendiri merupakan anggota Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jawa Barat. Di Jawa Barat, dijelaskan Bony timnya memprediksi bulan Juni justru awal dari masa puncak pandemi, dengan asumsi seluruh intervensi dikerjakan terutama PSBB dan tes massal.

Dalam artikel berjudul "Ragu Berakhir Juni, Pakar Prediksi 2020 RI Masih Sibuk Corona" yang dimuat situs cnnindonesia.com, pada 2 Mei 2020.Epidemiolog dari Universitas Indonesia (UI) Hermawan Saputra memprediksi Indonesia akan sibuk untuk hidup berdampingan dengan virus corona sepanjang tahun 2020 bila pemerintah dan masyarakat tidak konsisten menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Hal dikatakan Hermawan sekaligus merespons hasil riset yang dilakukan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menyatakan 99 persen kasus virus corona di Indonesia akan berakhir Juni 2020.

Lebih lanjut, Hermawan menilai para peneliti yang membuat riset model maupun pemerintah kerap kali gegabah saat mengambil kesimpulan terkait siklus hidup maupun puncak pandemi Covid-19.

Kesimpulan

Prediksi Covid-19 berakhir 6 Juni sudah tidak berlaku karena ada perubahan situasi di dunia nyata. Epidemiolog pun meragukan prediksi Covid-19 di Indonesia berakhir Juni 2020, sebab jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 masih bertambah.

Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

16 Manfaat Pisang Kepok Rebus, Tingkatkan Sistem Imun Tubuh

Posted: 20 May 2020 11:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pisang kepok dikenal memiliki bentuk yang padat dan gempal. Daging buahnya ada yang berwarna putih dan kuning. Keduanya sama-sama lezat, bernutrisi, dan padat gizi. Bisa diolah dengan cara direbus atau dikukus. Bahkan, ada banyak sekali manfaat pisang kepok rebus ini. 

Kandungan dalam pisang kepoklah penyebabnya. Karbohidrat, protein, serat, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, kalium, potassium, asam amino, antasida, dan zat besi. Cara mengolah dengan direbus tidak akan memengaruhi kandungan ini. Jadi, tidak heran jika manfaat pisang kepok rebus begitu beragam.

Manfaat pisang kepok rebus juga bisa dirasakan oleh siapa saja. Cocok dikonsumsi penderita diabetes, karena rendah kandungan gula. Cocok dikonsumsi untuk diet karena rendah lemak. Cocok dikonsumsi ibu hamil karena kaya kandungan potassium. Bahkan cocok dikonsumsi balita hingga lansia untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya.

Berikut Liputan6.com ulas manfaat pisang kepok rebus dari berbagai sumber, Kamis (21/5/2020).

 

Manfaat Pisang Kepok Rebus untuk Pencernaan

Diare (Sumber: pexels.com)
Diare (Sumber: pexels.com)

Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat dalam pisang kepok rebus inilah penyebabnya. Serat sangat efektif membantu aktivitas dan kerja sistem pencernaan. Karbohidratnya juga dapat memertahankan gerak usus yang teratur. Termasuk melancarkan buang air besar.

Mencegah Sembelit dan Diare

Pisang kepok rebus bisa mencegah semberit dan diare. Hal ini disebabkan kandungan pektin di dalamnya. Pektin dapat melunakkan serta menyerap air dengan baik. Sehingga efektif untuk melancarkan sistem pencernaan dan buang air besar.

Mengatasi Maag

Pisang kepok rebus bisa atasi penyakit maag. Kandungan antasida dalam pisang penyebabnya. Antasida alami sangat baik untuk mengatasi masalah asam lambung, termasuk penyakit maag.

Menurunkan Berat Badan

Pisang kepok rebus memiliki nutrisi cukup tinggi. Vitamin B6 dalam buah kepok bisa membantu sistem metabolisme/pencernaan dalam tubuh. Kadar lemaknya cukup rendah, sehingga cocok untuk diet. Karbohidratnya juga bisa membuat perut kenyang lebih lama.

Manfaat Pisang Kepok Rebus untuk Kesehatan

Batu Ginjal
Batu Ginjal

Kaya Kalium

Pisang kepok rebus kaya akan kandungan potasium/kalium. Kandungan ini sangat penting untuk pembentukan sel, jaringan, dan organ tubuh. Kalium ini dapat ditemukan pada buah pisang termasuk pisang kepok rebus ini.

Baik untuk Ginjal

Senyawa kalium sangat membantu kesehatan ginjal. Bahkan dapat mencegah batu ginjal. Senyawa lain dalam pisang kepok juga dapat membantu menjaga fungsi ginjal, yakni fenolik antioksidan.

Menguatkan Tulang

Kandungan prebiotik dalam pisang penyebabnya. Prebiotik ini dinamakan fructooligosaccharide. Prebiotik inilah yang membantu tulang untuk menyerap kalsium dengan lebih baik. Bukan kalsium, karena kalsium tidak ditemukan pada pisang kepok rebus. Sehingga pisang kepok rebus sangat baik untuk membantu menguatkan tulang.

Mengontrol Tekanan dan Gula Darah

Kalium dalam pisang kepok rebus cukup tinggi. Namun, kandungan sodiumnya rendah. Kombinasi ini menjadikan pisang kepok sangat baik untuk menormalkan tekanan darah. Sehingga resiko hipertensi lebih mudah dihindarkan.

Kandungan gula pada pisang kepok rebus cukup rendah. Sehingga pisang ini sangat baik untuk penderita diabetes. Kandungan karbohidrat dalam pisang kepok bisa membuat perut kenyang lebih lama. Konsumsi nasi dengan kandungan gula tinggi menjadi bisa dikurangi.

Manfaat Pisang Kepok Rebus untuk Ibu Hamil

Ilustrasi Ibu Hamil/copyright shutterstock
Ilustrasi Ibu Hamil/copyright shutterstock

Meningkatkan Energi

Pisang kepok rebus mengandung karbohidrat cukup tinggi. Bahkan dalam satu buah pisang terdapat 120 kalori. Sehingga buah pisang sangat baik dijadikan sebagai sumber energi.

Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Kandungan potasium dalam pisang kepok rebus sangat tinggi. Bahkan lebih besar dari sumber makanan lain. Jadi, bagi yang kekurangan potasium sangat dianjurkan mengonsumsi buah ini. Potasium sangat baik untuk membantu proses produksi sel darah putih pada kelenjar getah bening. Selain itu, potassium juga membantu setiap proses metabolisme di dalam tubuh.

Mencegah dan Mengatasi Pembengkakan Kaki

Rutin mengkonsumsi pisang kepok rebus dapat mencegah dan mengatasi pembengkakan kaki. Pembengkakan ini bisa terjadi jika tubuh kekurangan potasium. Sehingga potasium dalam pisang kepok sangat efektif membantu mencegah dan mengobati pembengkakan kaki pada ibu hamil.

Mencegah Anemia

Pisang kepok rebus dapat membantu mencegah anemia, terutama pada ibu hamil.  Ibu hamil lebih sering kekurangan darah atau mengalami anemia. Hal ini disebabkan karena ibu hamil sangat membutuhkan banyak darah untuk pembentukan organ-organ janin. Zat besi dalam pisang kepok rebuslah solusinya. Pisang ini mengandung banyak zat besi yang dibutuhkan untuk memproduksi hemoglobin dan mencegah anemia.

Manfaat Pisang Kepok Rebus untuk Kecantikan

Ilustrasi Kulit Wajah (Sumber Foto: Shutterstock/The List)
Ilustrasi Kulit Wajah (Sumber Foto: Shutterstock/The List)

Menyehatkan Mata

Buah pisang pisang kepok mengandung karoten cukup tinggi. Karoten merupakan pro vitamin A yang akan diubah menjadi vitamin A oleh organ hati. Vitamin A dapat membantu menyehatkan mata. Hal ini disebabkan karena vitamin A sangat dibutuhkan oleh sel dan jaringan sekitar mata. Kesehatan mata menjadi tetap terjaga dan memperbaiki sel-sel yang rusak serta mencegah perkembangan sel-sel abnormal.

Mencerahkan dan Menghaluskan Kulit Wajah

Kandungan vitamin dan mineral serta pati dalam pisang kepok rebus penyebabnya. Mampu membantu menyehatkan sel-sel dan jaringan kulit di wajah. Vitamin akan memberikan nutrisi pada sel dan mengganti sel-sel yang rusak. Mengkonsumsinya secara teratur akan membantu mengecilkan pori-pori wajah. Sehingga kulit wajah tampak lebih cerah, kencang, dan lebih halus.

Mengendalikan Mood

Pisang kepok mengandung senyawa asam amino. Senyawa inilah yang membantu memicu produksi serotonin. Serotonin merupakan neurotransmitter yang membantu pikiran lebih tenang. Sehingga suasana hati menjadi lebih stabil dan tenang.

Atasi Stres

Pisang kepok dapat membantu mengatasi stress. Kandungan nutrisi seperti pektin dan kalium inilah penyebabnya. Kedunya memiliki kemampuan sebagai penghilang stres.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berolahraga Saat Puasa Ramadan, Ini Hal yang Harus Diperhatikan

Posted: 20 May 2020 11:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang menghindari olah raga saat puasa di bulan Ramadan. Berolahraga di bulan puasa sering menjadi halangan, karena khawatir akan meningkatkan rasa lapar dan haus.

Namun, berolahraga sambil puasa Ramadan bisa saja dilakukan. Tapi, dengan catatan harus memperhatikan beberapa hal.

Menurut master trainer Strong Nation, Umar Syarief, melalui konferensi virtual, Senin, berpuasa bukanlah sebuah alasan untuk berhenti bergerak aktif.

"Sangat mungkin (berolahraga saat puasa), dengan porsi latihannya diubah, seperti volume dan intensitas diturunkan, sekitar 40-70 persen. Ini untuk menjaga agar tetap di performance kita, agar ototnya tidak lemas," kata Umar, seperti dilansir Antara.

Lebih lanjut, mantan atlet karate itu mengatakan bahwa hal tersebut tak hanya baik untuk fisik, namun juga untuk memperkuat mental serta pola pikir.

Mental Makin Kuat

"Ini tergantung mindset kita. Ini challenge juga. Dengan mengatur volume latihan dengan baik, bukan hanya mengubah fisik, namun mental kita juga semakin kuat," ujar dia.

Sependapat dengan Umar, aktris yang juga aktif dalam dunia kebugaran, Cut Memey mengaku tetap berolahraga ketika sedang berpuasa. Ia juga menurunkan intensitas latihannya.

Setelah Buka Puasa

"Pengalaman pribadi, yang aku lakukan adalah aku tetap olahraga ketika puasa, mulai tahun lalu aku coba lakukan resistant training dengan menurunkan intensitas dan waktunya," kata Memey.

Lebih lanjut, aktris yang sekarang menetap di Kanada itu memberikan saran untuk berolahraga seusai berbuka puasa. Biasanya ia melakukan olah raga satu jam setelah buka puasa.(Ant)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terungkap, Jasad Pemuda di Bengkel Korban Pembunuhan Berencana

Posted: 20 May 2020 11:35 PM PDT

Liputan6.com, Medan Polisi mengungkap penyebab kematian Henri alias Go Ahen. Jasad pemuda berusia 28 tahun ini ditemukan dengan kondisi tangan, kaki, dan leher terikat di dalam bengkel mobil yang berada di Desa Sampali, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut).

Kasat Reskrim Polrestabes Medan, AKBP Ronny Nicholas Sidabutar mengatakan, dalam kasus ini pihaknya mengamankan seorang pelaku berinisial AAH (20). Sedangkan seorang pelaku lainnya berinisial AP (33) masih diburu.

"Kasus ini merupakan tindakan pembunuhan dan perampokan, dan sudah direncanakan oleh tersangka utama AP," kata Ronny di Mapolrestabes Medan, Rabu (20/5/2020).

Diterangkan Ronny, antara korban dengan tersangka saling mengenal, yakni hubungan antara agen mobil dan bengkel cat mobil. Motif tersangka dalam kasus ini ingin menjual harta benda milik korban.

"Dalam aksinya, kedua tersangka melakukan pembunuhan dengan cara keji," terang Ronny.

Dijelaskannya, pada Rabu, 13 Mei 2020, korban yang mengenal pelaku sedang berada di bengkel untuk mengecat mobil. Kemudian AP memukul korban dari arah belakang menggunakan palu sebanyak tiga kali.

Saat korban tersungkur, AP kembali menghantam tubuh korban dengan menggunakan sekop berkali-kali. Tidak sampai di situ, AP menggunakan pisau memutuskan tali jemuran dan menjerat leher korban.

"Setelah memastikan korbannya tewas, AAH dan AP menyeret tubuh korban untuk kemudian disembunyikan menggunakan kelambu cover mobil," jelasnya.

Terkait penangkapan tersebut, polisi turut mengamankan barang bukti 1 sekop, 1 buah palu, seutas tali nilon, 1 mobil Daihatsu Xenia lengkap dengan dokumen kendaraan, uang tunai Rp 200.000 dan 1 pisau.

"Mobil korban dijual Rp 59 juta oleh tersangka utama AP. Sedangkan AAH hanya mendapatkan Rp 200.000," Ronny menerangkan.

Atas perbuatannya, penyidik Sat Reskrim Polrestabes Medan menjerat tersangka dengan Pasal 365 ayat 4 atau Pasal 338 Jo 55, 56 KUHPidana dengan ancaman hukuman mati atau seumur hidup.

"Untuk tersangka AP masih kita buru, dan statusnya masuk dalam Daftar Pencarian Orang atau DPO," tandasnya. 

Sempat Dilaporkan Hilang

Ilustrasi Pembunuhan
Ilustrasi Pembunuhan

Kehebohan mewarnai Desa Sampali, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang. Seorang pemuda ditemukan sudah tak bernyawa dengan kondisi tangan, kaki, dan leher terikat di dalam bengkel mobil.

Informasi diperoleh, jasad pemuda malang tersebut bernama Henri warga Jalan Pancasila, Gang Datuk Al Rasyid, Desa Batangkuis, Kecamatan Batangkuis. Sebelum ditemukan sudah tak bernyawa oleh warga, pemuda 28 tahun ini sempat dilaporkan hilang sejak Rabu, 13 Mei 2020.

"Saat ditemukan dengan kondisi tangan, kaki dan leher terikat, ada juga serta luka di bagian kepala," kata Kapolsek Percut Sei Tuan, Kompol Aris Wibowo, Jumat, 15 Mei 2020.

Disebutkan Kapolsek, pihaknya sempat menerima pengaduan orang hilang dari keluarga pemuda malang tersebut. Setelah menerima laporan, pihaknya sempat melakukan penelusuran.

Berdasarkan pemeriksaan awal yang dilakukan, pemuda tersebut diduga meninggal dunia karena dibunuh. Namun untuk memastikannya, polisi akan melakukan autopsi terhadap jasad.

"Saat ditemukan, tubuh korban sudah membusuk. Diduga tewas dibunuh beberapa hari sebelum ditemukan," sebutnya. 

Saksikan juga video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Capello: Ronaldo Pesepak Bola Paling Berbakat, Tapi...

Posted: 20 May 2020 11:35 PM PDT

Madrid - Fabio Capello mengakui Ronaldo adalah pemain paling berbakat yang pernah dilatihnya. Kendati memiliki bakat di atas rata-rata, mantan penyerang Timnas Brasil itu merupakan pesepak bola yang bermasalah.

Ronaldo merupakan satu di antara pemain terbaik di dunia pada era 1990an hingga 2000an. Pria bernama lengkap Ronaldo Luis Nazario de Lima itu berhasil mencetak 352 gol dari 518 penampilan di level klub.

Bersama Timnas Brasil, dia sukses mencatatkan 98 caps dan mencetak 62 gol. Ronaldo juga berhasil merengkuh 18 titel juara, dengan perincian 13 gelar di level klub dan lima trofi dengan Timnas Brasil.

Kelima gelar bersama Brasil adalah titel Piala Dunia 1994 dan 2002, Copa America 1997 dan 1999, serta Piala Konfederasi 1997. Ronaldo juga sukses mengoleksi tiga penghargaan Pemain Terbaik di Dunia dan dua Ballon d'Or.

Dengan segudang prestasi tersebut dan skill mengolah bola yang luar biasa, Ronaldo mendapat julukan O Fenomeno. Ketika itu, dia menjadi idola para pesepak bola muda, satu di antaranya adalah Zlatan Ibrahimovic.

Pemain Bermasalah

(AFP/Christophe Simon)
(AFP/Christophe Simon)

Di balik bakatnya yang luar biasa, Ronaldo merupakan pemain yang bermasalah. Gemar berpesta dan menikmati kehidupan malam menjadi noda dalam karier gemilang pria yang kini berusia 43 tahun tersebut.

Hal tersebut diakui oleh Fabio Capello. Pelatih asal Italia itu pernah menangani Ronaldo di Real Madrid pada musim 2006-2007.

Kerap berpesta dan menenggak alkohol membuat Ronaldo tampil melempem bersama Madrid. Pada musim tersebut, dia hanya mampu mencetak empat gol dari 13 pertandingan di seluruh ajang.

Lebih sering berulah, Ronaldo akhirnya dilepas ke AC Milan pada 18 Januari 2007. Dia ditebus Milan dengan banderol yang mencapai 8,05 juta poundsterling.

Bau Alkohol

Fabio Capello
Fabio Capello

"Bakat terbesar yang pernah saya latih adalah Ronaldo. Tetapi pada saat yang sama dia adalah pemain yang menciptakan banyak masalah bagi saya di ruang ganti," ujar Capello.

"Dia biasa mengadakan pesta dan melakukan segalanya. Suatu kali Ruud van Nistelrooy berkata kepada saya 'pelatih, ruang ganti berbau seperti alkohol'," lanjutnya.

"Kemudian Ronaldo pergi ke Milan dan kami mulai menang, tetapi jika kita berbicara tentang bakat, dia adalah yang terhebat tak perlu diragukan lagi," tuturnya.

Sumber: Sportskeeda

Disadur dari Bola.com (Rizki Hidayat)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deretan Sanksi Pelanggar PSBB Palembang, Mulai Dari Teguran Hingga Denda

Posted: 20 May 2020 11:31 PM PDT

Liputan6.com, Palembang - Dalam Peraturan Wali Kota (Perwali) Palembang untuk memperkuat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Palembang, tertuang juga beberapa deretan sanksi yang akan dibebankan ke para pelanggar PSBB.

Dalam Bab IX yaitu Sanksi Pelanggaran PSBB, diatur pembatasan aktivitas di luar rumah, pelaksanaan pembelajaran dan institusi pendidikan, aktivitas bekerja di tempat kerja,kegiatan di tempat umum dan kegiatan sosial dan budaya.

Beberapa sanksi yang tertuang dalam Perwali PSBB Palembang yaitu, sanksi bagi warga yang tidak menggunakan masker di luar rumah. Sanksinya yaitu teguran, penahanan kartu identitas, kerja sosial, masuk karantina hingga denda administratif maksimal Rp250.000.

Untuk pelanggaran pembatasan aktivitas bekerja di tempat kerja, pimpinan tempt kerja akan dikenakan sanksi teguran tertulis, penutupan sementara dan denda maksimal Rp10 juta.

Pelanggar pembatasan kegiatan di tempat umum, seperti melakukan kegiatan dengan jumlah lebih dari empat orang akan dikenakan sanksi.

Sanksi yang ditetapkan yang juga berlaku bagi pelanggar pembatasan kegiatan sosial budaya, yaitu teguran, pembubaran kegiatan, penahanan kartu identitas, sanksi sosial, denda maksimal Rp250.000.

Sedangkan pelanggar pembatasan penggunaan moda transportasi, bisa didenda administratif Rp250.000 hingga Rp 1 juta. Namun ada pengecualian yang ditetapkan di Perwali Palembang tersebut.

Yaitu jika pengendara dan penumpang merupakan satu keluarga, dengan alamat yang sama. Ini dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau identitas lain.

Sanksi bagi pelanggar tempat usaha juga ditetapkan yaitu teguran, perintah pemberhentian jalan, penahanan kartu identitas, kerja sosial, denda maksimal Rp500.000.

Menurut Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Asmadi, penegakan sanksi di Perwali Palembang lebih diutamakan serta bersifat persuasif dan edukatif.

"Namanya peraturan, harus mengandung sanksi. Harus kita utamakan sanksi yang bersifat humanis seperti teguran," ucapnya, Kamis (21/5/2020).

Namun jika ada yang melakukan perlawanan dan penyerangan ke petugas, warga tersebut akan ditindaktegas sesuai arahan Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Anom Setyadji dan Dandim 0418/Palembang Kolonel Arm Widodo Noercahyo.

 

Jumlah Jaksa Terbatas

Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Anom Setyadji (Liputan6.com / Nefri Inge)
Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Anom Setyadji (Liputan6.com / Nefri Inge)

"Proses penjatuhan hukuman diharapkan penerapan proses perdana pidana ringan (tipiring) di lokasi. Nanti dibahas teknisnya bagaimana. Karena jumlah jaksa dan hakim terbatas, tidak mungkin ikut semua," ucapnya.

Karena jumlah jaksa dan hakim sedikit di Kota Palembang, dia berharap ada posko untuk pemberian sanksi di beberapa lokasi yang ditetapkan.

Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Anom Setyadji menuturkan, pemberian sanksi memang ada tahapannya. Dia mengharapkan sanksi sebagai upaya terakhir.

"Ada klasternya, seperti teguran tertulis dan terakhir denda atau hukuman. Penilaian lebih penting di lapangan. Kalau tidak bisa diingatkan, baru diberi sanksi," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Antisipasi Kepergian Lautaro Martinez, Inter Milan Bidik Cavani

Posted: 20 May 2020 11:30 PM PDT

Milan - Inter Milan berencana merekrut Edinson Cavanidari Paris Saint-Germain (PSG) secara gratis. Ini merupakan antisipasi jika Lautaro Martinez benar-benar hengkang ke Barcelona.

Kontrak Edinson Cavani akan habis pada musim panas ini. Dengan begitu, ia berhak untuk berbicara dengan siapa saja.

Penyerang asal Uruguay itu sudah lama menjadi target Atletico Madrid. Tapi menurut klaim Sky Sports, Cavani juga diincar Inter Milan.

Di sisi lain, Inter tampaknya bakal tak kuasa menahan rayuan Barcelona yang sangat menginginkan Lautaro. Cavani bakal jadi opsi terbaik jika Inter ingin berhemat.

Jika berhasil mendapatkan Edinson Cavanisecara gratis, uang yang tersedia bisa dimanfaatkan Inter guna mengejar incaran lainnya. Dilaporkan, I Nerazzurri juga mengincar tanda tangan gelandang Brescia, Sandro Tonali.

 

Tukar Pemain

(AP/Jean-Francois Badias)
(AP/Jean-Francois Badias)

Sementara itu, ambisi Barcelona memboyong Lautaro dari Giuseppe Meazza makin menjadi-jadi.

Mereka sudah menyiapkan Nelson Semedo dan Junior Firpo sebagai bagian dari transfer.

 

Sedang Dipertimbangkan

Masih dari Sky Italia, CEO Inter Milan, Giuseppe Marotta dan Direktur Olahraga, Piero Ausilio sudah bertemu beberapa waktu lalu dan tengah menimbang tawaran Barcelona.

Sumber: Sky Sport

Disadur dari Bola.com (Gregah Nurikhsani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Video Pelanggar PSBB di Pintu Keluar Tol Satelit Surabaya, Ini Kata Polda Jatim

Posted: 20 May 2020 11:30 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya Video insiden pelanggar pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di cek poin pintu keluar Tol Satelit Surabaya yang viral di media sosial pun mendapat tanggapan dari Polda Jatim. Dalam video itu tampak seorang laki-laki bersitegang dengan petugas karena mobil yang ditumpanginya dipaksa putar balik.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko membenarkan insiden tersebut. Jika dilihat dari pelat nomor kendaraan, laki-laki bergamis penumpang mobil sedan Camry itu adalah Habib Umar Abdullah Assegaf Bangil, Pengasuh Majelis Roudhotus Salaf, Bangil, Pasuruan.

"Insiden bermula ketika petugas menghentikan mobil tersebut yang melaju dari arah Malang dan keluar di pintu keluar Tol Satelit Surabaya dan petugas melakukan pemeriksaan karena pelat mobil adalah N (Pasuruan), bukan L (Surabaya) dan W (Sidoarjo atau Gresik)," ujar Truno, seperti yang dikutip dari Antara, Kamis (21/5/2020).

Alasan lain mobil dihentikan ialah sopir tidak menggunakan masker dan kapasitas penumpang melebihi empar orang. Oleh karena itu, maka petigas gabungan pun meminta pengemudi dan pemilik mobil untuk putar balik karena melanggar PSBB yang berlaku di Surabaya.

Menurut Truno, petugas sudah meminta pemilik mobil berputar dengan cara baik-baik. Namun, cara humanis petugas direspons oleh pria bergamis itu dengan kata-kata kasar. 

Kabid Humas Polda Jatim itu juga meminta semua elemen masyarakat belajar dari insiden ini untuk memahami dan memaklumi aturan protokol kesehatan yang bertujuan mencegah penularan Corona Covid-19.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sarah Salsabila Rehat dari Medsos Usai Kasus Lelang Keperawanan

Posted: 20 May 2020 11:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sarah Salsabila menggemparkan publik dengan aksi lelang keperawanan untuk donasi Covid-19. Namun selebgram ini menjelaskan bahwa hal tersebut hanya bagian dari sarkasme semata.

Bersama dengan klarifikasinya itu, Sarah Salsabila juga meminta maaf. Kendati demikian, persoalan tak reda begitu saja, warganet masih menghujaninya dengan kritikan.

Di tengah ramainya persoalan ini, wanita yang juga berprofesi sebagai pebisnis tersebut memutuskan untuk rehat dari sosial media. Tampaknya, ia ingin menenangkan diri.

"Untuk saat ini saya sedang rehat sosmed dan tidak menjawab DM apa pun dan dari siapa pun. Apabila ada yang beredar adalah hoax," tulisnya pada Sabtu (21/5/2020).

Percakapan di DM

[Foto: Instagram Sarah Salsabila/ sarahkeihl]
[Foto: Instagram Sarah Salsabila/ sarahkeihl]

Seiring dengan pernyataan tersebut, tersebar pula di media sosial tangkapan layar percakapan antara Sarah Salsabila dengan salah satu temannya di direct message.

Kepada temannya itu, Sarah Salsabila memberi pernyataan yang cukup mengejutkan. Ia menyebut semua sudah terencana. 

Rekayasa?

[Foto: Instagram Sarah Salsabila/ sarahkeihl]
[Foto: Instagram Sarah Salsabila/ sarahkeihl]

"Gue tahu lo lagi susah, makanya bikin sensasi kayak gini kan? Otak bisnis lo dasar ga ngerti lagi gue," kata temannya pada Sarah.

"Haha tunggu video klarifikasinya buat masalah Covid-19. Btw aku udah nyumbang, ini semua udah direncanain sama manajer aku mas," ia membeberkan.

Awal Kejadian

Sebelumnya, dalam video di Instagram pribadinya, Sarah Salsabila memutuskan untuk melelang keperawanan dengan harga awal Rp 2 miliar.

Tak lama kemudian video tersebut dihapus dan menjelaskan bahwa aksinya itu tidak benar. Semua hanyalah sarkasme untuk orang yang tidak peduli terhadap wabah Covid-19.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Bidik Tersangka Baru Kasus 14 ABK WNI Korban Pelanggaran HAM Kapal China

Posted: 20 May 2020 11:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Ferdi Sambo menyatakan, pihaknya tengah membidik tersangka baru terkait kasus 14 Anak Buah Kapal (ABK) Warga Negara Indonesia (WNI) diduga korban pelanggaran HAM Kapal Long Xing 629 berbendera China.

"Ada tersangka 1 lagi komisaris PT APJ yang akan kita tetapkan sebagai tersangka dan akan dilakukan pemanggilan," tutur Ferdi saat dikonfirmasi, Kamis (21/5/2020).

Perusahaan penyalur tenaga kerja yang terlibat dalam kasus dugaan human trafficking terhadap 14 ABK ini ada tiga, yakni PT APJ di Bekasi, PT LPB di Tegal, dan PT SMG di Pemalang. Sementara yang telah ditetapkan tersangka yakni berinisial W dari PT APJ, F dari PT LPB, dan J dari PT SMG.

"Pasal yang disangkakan Pasal 4 Tahun 2007 yakni ada proses, cara, dan tujuan tindak pidana perdagangan orang (TPPO). Ada perekutran, penerimaan, pemindahan, yang dilakukan perorangan atau perusahaan. Caranya dengan melakukan penipuan gaji, penempatan kerja, dan jam kerja yang tidak sesuai, dan kemudian dalam posisi kemampuan ekonomi korban yang sulit, tujuannya memanfaatkan tenaganya," jelas Sambo.

Sebelumnya, tiga agen yang memberangkatkan 14 WNI untuk menjadi ABK di Kapal Long Xing 629 itu ditetapkan tersangka oleh Dittipidum Bareskrim Polri. Keputusan itu diambil usai penyidik merampungkan gelar perkara.

Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo mengatakan, tiga agen tersebut yakni berinisial W dari PT APJ di Bekasi, F dari PT LPB di Tegal, dan J dari PT SMG di Pemalang.

"Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) dengan tujuan ekspolitasi bermodus menjanjikan gaji, penempatan kerja dan waktu kerja tidak sesuai," kata Listyo lewat keterangannya, Jakarta, Minggu (17/5/2020).

 

Periksa 14 ABK

14 ABK asal Indonesia yang bekerja di kapal China, Long Xing 629, tiba di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Jumat sore (8/5/2020). (Liputan6.com/ Pramita Tristiawati)
14 ABK asal Indonesia yang bekerja di kapal China, Long Xing 629, tiba di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Jumat sore (8/5/2020). (Liputan6.com/ Pramita Tristiawati)

Kasus dugaan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) ke sejumlah ABK berkewarganegaraan Indonesia di kapal China, viral di Korea Selatan (Korsel). Kasus tersebut turut mendapat perhatian Polri.

Saat ini, sebanyak 14 ABK telah diambil keterangannya melalui pemeriksaan virtual.

"Kita sudah periksa 14 ABK-nya, sudah kita ambil keterangan," ujar Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Pol Ferdy Sambo kepada Liputan6.com, Jakarta, Senin (11/5/2020).

Dia menambahkan, pertanyaan pemeriksaan terkait dengan proses mereka berangkat hingga menjadi kru kapal Long Xing. Juga tentang perlakuan terhadap mereka selama di kapal yang diduga sebagai bagian eksploitasi. "Itu yang kita tanyakan pada intinya," ujar Ferdy.

Tak hanya menggali keterangan dari para ABK, Polri juga menyelidiki keterlibatan perusahaan penyalur ABK tersebut. Polri mengumpulkan bukti-bukti untuk memperkuat hasil pemeriksaan itu.

"Kami harus koordinasi dengan Syahbandar untuk cek buku-buku kapal 14 crew ini. Kami punya surat tiket yang harus kami ambil keterangan ke Cathay Pacific. Khusus untuk dugaan eksploitasi di kapal Long Xing berbendera China, kami harus kordinasi di Hubinter dan Kemenlu karena itu di luar wilayah yuridiksi Indonesia. Jadi itu kita tidak bisa tangani tapi nanti yang nangani kemungkinan pemerintah RRC," ujar dia.

Ferdy mengungkapkan, pihaknya menduga para ABK tersebut menjadi korban human trafficking. Jika pun nanti sudah terang pidanannya, prosesnya akan naik menjadi penyidikan.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

21 Mei 2020, Sebanyak 6.220 Orang di DKI Positif Covid-19

Posted: 20 May 2020 11:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Ani Ruspitawati mengatakan, hingga hari ini, Kamis (21/5/2020), Orang Dalam Pengawasan (ODP) terhadap Covid-19 di DKI Jakarta mencapai 10.925 jiwa. Sementara itu, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) mencapai 8.061 pasien.

"Jumlahnya tersebut dengan rincian 10.665 sudah selesai dipantau dan 260 masih dipantau, dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 8.061 orang, 7.410 sudah pulang dari perawatan dan 651 masih dirawat," tulis Ani dalam siaran pers diterima, Kamis (21/5/2020).

Ani menambahkan, kasus positif Covid-19 di DKI, total 6.220 orang, dengan jumlah pasien meninggal sebanyak 498 orang.

"1.955 pasien masih menjalani perawatan di rumah sakit, dan 2.231 orang melakukan self isolation di rumah," papar dia.

Tingkatkan Kapasitas Pemeriksaan

Ani juga menjelaskan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berupaya untuk meningkatkan kapasitas pemeriksaan metode RT-PCR, di antaranya adalah membangun Laboratorium Satelit COVID-19, berlokasi di sebagian lahan RSUD Pasar Minggu sejak 9 April 2020 dan membangun jejaring dengan 27 laboratorium pemeriksa COVID-19.

"Secara kumulatif, pemeriksaan PCR telah dilakukan di DKI Jakarta, sampai dengan 20 Mei 2020 sebanyak 120.321 sampel. Sedangkan, tes PCR pada 20 Mei 2020 dilakukan pada 2.444 orang. Sebanyak 1.252 tes dilakukan untuk menegakkan diagnosis pada kasus baru dengan hasil 70 positif dan 1.181 negatif," tandasi dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polda NTB Gelar Patroli Berskala Besar Pastikan Keamanan Masyarakat Saat Ramadan Ini

Posted: 20 May 2020 11:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Saat Ramadan ini, Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (Polda NTB) menggelar patroli berskala besar dengan berkeliling di jalan utama seputaran Kota Mataram.

"Jadi kegiatan malam ini adalah patroli berskala besar yang tujuannya untuk menunjukkan kesiapsiagaan Polri dalam mengayomi dan melayani masyarakat," kata Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto, seperti dikutip Antara, Kamis (21/5/2020).

Dalam patroli saat Ramadan itu, Polda NTB menurunkan ratusan personel. Di antaranya dari Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas), Direktorat Samapta, Direktorat Pengamanan Objek Vital (Pamobvit), Brimob, serta Polresta Mataram.

"Dengan memanfaatkan sarana kendaraan dinas dari masing-masing direktorat satuan, patroli digelar dengan formasi satu barisan," ucap Artanto.

Dia menjelaskan, dari Mapolda NTB, patroli itu bergerak menuju simpang empat Masjid Khubul Wathan Islamic Center yang berada di pusat kota.

Kemudian, kata Artanto, patroli dilanjutkan menuju Bundaran Tugu Mataram Metro dan melintasi Monumen Tembolak yang berada di jalur Bypass BIL II, perbatasan Kota Mataram dengan Kabupaten Lombok Barat.

"Jadi dalam giat ini kita memanfaatkan blue light, lampu biru dari rotator setiap kendaraan dinas. Dengan sarana ini kita ingin memberikan tanda ke masyarakat agar yang sedang melaksanakan ibadah di bulan suci Ramadan ini merasa aman dan nyaman," jelas Artanto.

 

Tetap Waspada

Kepolisian Daerah Bengkulu terus melakukan patroli dan penertiban di jalanan selama bulan suci Ramadan 1441 Hijriah. (Liputan6.com/Yuliardi Hardjo)
Kepolisian Daerah Bengkulu terus melakukan patroli dan penertiban di jalanan selama bulan suci Ramadan 1441 Hijriah. (Liputan6.com/Yuliardi Hardjo)

Dalam giat tersebut, Artanto mengimbau kepada masyarakat, khususnya yang berada di jalan untuk tetap waspada dari gangguan tindak kejahatan.

Tak hanya itu kepolisian juga mengimbau agar masyarakat tetap memperhatikan keselamatan berkendara.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tonton Live Streaming Vidio Meet n Greet Online Tetangga Ambyar Indosiar, Kamis Sore Ini

Posted: 20 May 2020 11:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bagi pemirsa setia Indosiar mestinya sudah tak asing lagi denga kehadiran Keluarga Ambyar di program Ramadan Di Rumah Saja Indosiar, setiap malam selama bulan puasa. Sketsa keluarga yang diperankan oleh Soimah, Gilang Dirga, Irfan Hakim, Rara LIDA dan Jirayut DAA ini menjadi hiburan tersendiri menemani pemirsa #dirumahaja.

Kini Indosiar pun hadirkan Meet n Greet Tetangga Ambyar bersama para bintang-bintang muda Indosiar. Mereka adalah tetangga Keluarga Ambyar. Meet n Greet Tetangga Ambyar akan hadir Live Streaming di aplikasi Vidio pada hari Kamis, 21 Mei 2020 pukul 16.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB

Siapa saja yang hadir di Meet n Greet Tetangga Ambyar secra virtual? Ada deretan bintang Indosiar jebolan berbagai ajang pencarian bakat Indosiar seperti Lesty DA, Putri DA, Irwan DA dan Randa LIDA. Mereka akan menyapa langsung fansnya secara virtual.

"Masa pandemik ini membuat kami mencoba membuat terobosan untuk tetap bisa menghadirkan kegiatan off air yang menghibur ke tengah pemirsa melalui konsep virtual" ungkap Verno Nitiprodjo selaku Head of Program Communication.

 

 

Talkshow, Gameshow and Fanshow

Meet n Greet Virtual Tetangga Ambyar Indosiar live streaming @Vidio, Kamis, 21 Mei 2020
Meet n Greet Virtual Tetangga Ambyar Indosiar live streaming @Vidio, Kamis, 21 Mei 2020

Tak hanya sekedar menyapa para fans, Meet and Greet Tentangga Ambyar juga akan menyuguhkan ragam hiburan seperti talkshow, gameshow dan fanshow. Dalam kesempatan talkshow, selain akan membawakan beberapa lagu bernuansa Islami secara eksklusif, bintang-bintang ini juga akan berbagi cerita keseharian mereka selama Ramadan di rumah saja.

Dan Meet and Greet pun belum lengkap rasanya jika tidak melibatkan fans untuk berintereaksi langsung dengan bintang. Di sesi gameshow, bintang-bintang Indosiar akan mengajak para fans untuk bermain bersama dan memenangkan hadiah jutaan rupiah. Untuk mengikuti gameshow, bisa dengan cara mendaftar terlebih dahulu melalui Whatsapp ke nomer 0813.8822.0369 kemudian ketik "Ikutan Games Tentangga Ambyar". Bagi 50 orang pertama yang beruntung akan dipilih untuk bermain games bersama bintang-bintang indosiar.

Fitur Comment

Lesty DA, Putri DA, Irwan DA dan Randa LIDA juga akan menjawab rasa penasaran fans dengan membacakan dan menjawab langsung berbagai pertanyaan dari para fans melalui fitur comment chat yang telah disediakan.

Saksikan Meet n Greet Tetangga Ambyar  LIVE Streaming di Vidio pada hari Kamis, 21 Mei 2020 pukul 16.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Vidio dapat diakses melalui apilkasi di ponsel, smart TV atau browser komputer.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Permintaan Mobil Bekas Anjlok 40 Persen di Ramadan 2020

Posted: 20 May 2020 11:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Merebaknya wabah COVID-19 di dunia telah berdampak pada berbagai sektor, tidak terkecuali pada industri otomotif Indonesia. Pada kondisi umum, bulan Ramadan biasanya menjadi momentum peningkatan penjualan mobil, karena adanya Tunjangan Hari Raya (THR) serta kebutuhan transportasi menuju kampung halaman.

Sayangnya, kondisi yang berbeda harus dihadapi pada Bulan Ramadan tahun ini. Data internal OLX menunjukkan adanya penurunan permintaan (pencarian) mobil bekas di platform OLX sekitar 40 persen, di minggu pertama bulan Ramadan (23 April 2020) dibandingkan data pada 5 Maret 2020, beberapa hari setelah kasus COVID-19 pertama di Indonesia diumumkan pemerintah.

Pada periode yang sama, data juga menunjukkan adanya penurunan sekitar 30 persen pada jumlah listing mobil bekas di platform OLX.

Direktur Marketing OLX Indonesia Ichmeralda Rachman mengatakan, penurunan ini memang sudah diduga akan terjadi di tengah kondisi perekonomian sebagian besar masyarakat yang terpukul akibat pandemi ini. Menurunnya daya beli masyarakat secara umum serta berubahnya prioritas masyarakat untuk pembelian barang tersier seperti mobil menjadi beberapa penyebab menurunnya jumlah permintaan atas mobil di platform OLX.

"Dengan adanya ketidakpastian ekonomi ini, kami memperkirakan kondisi ini akan terus terjadi sepanjang sisa bulan Ramadan 2020 ini. Situasi ini berbeda dengan Ramadan 2019 lalu dimana jumlah permintaan terus meningkat hingga minggu ketiga Ramadan," ujar dia dikutip dari keterangan tertulis, Kamis (21/5/2020).

Meski terjadi tren penurunan pada jumlah listing dan jumlah permintaan pada tipe-tipe mobil, namun tipe mobil MPV dari brand mobil Jepang masih menjadi mobil yang paling dicari oleh pengguna OLX.

"Toyota Avanza dan Toyota Innova masih menjadi dua merek mobil teratas pilihan para pengguna, disusul oleh Honda Jazz dan Daihatsu Xenia. Preferensi merek mobil ini konsisten sebelum dan semasa pandemi COVID-19 ini," tambah Ichmeralda.

 

 

Tren Harga dan Jumlah Permintaan

Aktivitas tempat penjualan mobil bekas di kawasan WTC Mangga Dua, Jakarta, Jumat (10/6). Sedangkan harga mobil bekas mengalami penurunan di bulan Ramadan tahun ini. (Liputan6.com/Angga yuniar)
Aktivitas tempat penjualan mobil bekas di kawasan WTC Mangga Dua, Jakarta, Jumat (10/6). Sedangkan harga mobil bekas mengalami penurunan di bulan Ramadan tahun ini. (Liputan6.com/Angga yuniar)

Data internal OLX juga memperlihatkan tren penurunan terjadi pada jumlah listing dan permintaan, baik pada segmen B2C (business-to-consumer) dimana dealer berperan langsung sebagai penjual maupun segmen C2C (consumer-to-consumer). Penurunan pada segmen B2C dari sisi jumlah listing mencapai hampir 2x lipat dari segmen C2C.

"Data ini memperlihatkan bagaimana di situasi pandemi dealer berusaha mengurangi penambahan mobil bekas dagangannya mengingat menurunnya daya beli masyarakat serta adanya berbagai kebijakan pembatasan mobilitas yang diterapkan pemerintah saat ini. Meski demikian, penawaran harga rata-rata baik di segmen B2C maupun segmen C2C di platform kami masih relatif stabil, yaitu masing-masing di kisaran harga IDR249 juta dan IDR121 juta, dimana tipe mobil MPV mendominasi pada kisaran harga tersebut," ujar Ichmeralda lagi.

Kondisi yang berbeda terjadi pada sisi jumlah permintaan mobil. Meski terjadi penurunan permintaan pada data di minggu pertama Ramadan 2020 (23 April) di segmen B2C dan C2C dibandingkan dengan data pada 5 Maret 2020, harga rata-rata pada permintaan di kedua segmen pada periode yang sama ini relatif stabil, dan bahkan meningkat sekitar 10% untuk segmen B2C menjadi IDR167 juta. Sementara pada segmen C2C, harga rata-rata permintaan masih berada di kisaran harga IDR109 juta. Lagi-lagi tipe MPV masih merajai permintaan baik pada segmen B2C maupun C2C.

"Kondisi ini bisa dimaklumi di tengah situasi pandemi saat ini. Namun kami yakin, segera setelah situasi membaik, industri mobil di Indonesia, termasuk pasar mobil bekas, juga akan berangsur pulih dan akan kembali memberikan kontribusi besar kepada perekonomian Indonesia," tutup Ichmeralda.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kecelakaan Beruntun di Tol Cikunir, 2 Pengemudi Truk Meninggal Dunia

Posted: 20 May 2020 11:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kecelakaan beruntun di ruas Tol Cikunir mengakibatkan dua orang pengendara meninggal dunia, dan satu pengendara luka-luka.

Inisiden ini terjadi di Km 48.200 B Pada Kamis (21/5/2020) dini hari.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yugo menjelaskan kronologinya berawal dari dua kendaraan yang berhenti di bahu jalan dari Cakung ke arah Cikunir.

"Pengendara hendak membetulkan terpal," kata dia dalam keterangan tertulis, Kamis (21/5/2020).

Sambodo menjelaskan, disaat bersamaan melaju kendaraan boks yang dikemudikan Maryadi (29). Sambodo menduga pengendara itu mengantuk.

"Sehingga menabrak kendaraan yang berhenti di bahu jalan dan terjadilan kecelakaan beruntun karena posisi kedua kendaraan berada di bahu jalan. Kendaraan bok miring antara bahu jalan dan lajur satu," papar dia.

Dua Pengemudi Truk Meninggal Dunia

Akibat inisiden ini, dua pengemudi truk yaitu Amin Abdul Azis dan Abdul Rohman meninggal dunia. Sementara pengemudi mobil boks Maryadi mengalami luka berat. Kasus kecelakaan ini ditangani Satlantas Polres Bekasi Kota.

"Pengemudi yang meninggal dibawa ke RS Kramatjati. Sedangkan yang luka-luka dirawat di RS Harapan Bunda," ujar dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Puncak Aktivitas Matahari Diperkirakan 2024, Waspada Gangguan Komunikasi

Posted: 20 May 2020 11:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Waspada gangguan komunikasi saat terjadi puncak aktivitas matahari.

Peneliti Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Rhorom Priyatikanto mengatakan potensi gangguan komunikasi dipicu puncak aktivitas matahari diperkirakan akan terjadi pada 2024.

"Puncak aktivitas matahari di 2024 dan diperkirakan puncaknya pun tidak terlalu tinggi, hampir sama dengan 2013 dan 2014," kata peneliti astronomi dan astrofisika pada Pusat Sains Antariksa Lapan Rhorom Priyatikanto seperti dikutip dari Antara, Kamis (21/5/2020).

Menurut Rhorom, ketika matahari berada pada fase puncak atau maksimum ketika aktivitas matahari tinggi, potensi badai matahari tinggi dan cukup sering terjadi letupan di permukaan matahari. Peristiwa itu akan berakibat pada gangguan komunikasi radio dan gangguan terhadap satelit.

Badai matahari pada fase puncak aktivitas matahari itu juga akan mengakibatkan penebalan atmosfer yang memicu satelit cepat jatuh. Tetapi, tidak ada dampak secara langsung pada kehidupan masyarakat awam.

Namun, karena puncak aktivitas matahari pada 2024 diperkirakan tidak terlalu tinggi, tidak ada pengaruh signifikan terhadap bencana alam di Bumi.

 

Saat Ini Sedang Terjadi Fase Minimum Matahari

Ilustrasi matahari (iStockPhoto)
Ilustrasi matahari (iStockPhoto)

Sementara pada saat ini, jelas Rhorom, sedang berlangsung fase minimum matahari yang merupakan kondisi periodik 11 tahunan.

Dalam fase ini matahari dalam kondisi tenang. Pada fase minimum matahari, tidak muncul bintik matahari.

Fase minimum matahari itu tidak menyebabkan bencana alam di Bumi. Rhorom menuturkan fase minimum matahari ini tidak berkaitan dengan aktivitas vulkanik atau membuat gunung meletus.

Saksikan Juga Video Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Momen Persalinan Anak Keempat Mona Ratuliu, Penuh Haru Bareng Suami

Posted: 20 May 2020 11:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kabar bahagia datang dari keluarga selebriti Mona Ratuliu dan Indra Brasco. Wanita kelahiran 1982 itu telah melahirkan anak keempatnya pada Rabu, 20 Mei 2020 pukul 20.20 WIB. 

Kabar bahagia itu diketahui lewat unggahan Mona Ratuliu pada Kamis (21/5/2020). Di postingannya, Mona Ratuliu tampak berbaring di kasur dan akan segera masuk ke ruang persalinan. Lantaran Corona Covid-19, sang suami tak bisa ikut menemani istri tercintanya sehingga menunggu di luar ruang persalinan. 

"Baru kali ini melahirkan harus dadah2 sama belahan jiwaku. Nggak tega liat dia khawatir begitu. Semoga tiap tetes cintanya buat keluarga jadi jembatan buat dia menuju surga ❤️. #hamilvscorona ." tulis wanita yang kini memiliki 4 anak tersebut. 

Hal senada juga diunggah di laman Instagram Indra Brasco yang meminta doa kepada netizen agar persalinan Mona dapat berjalan lancar dan sehat. Bukan hanya tak bisa ditemani sang suami, ketiga anak Mona Ratuliu dan Indra Brasco pun tak bisa mengunjungi rumah sakit. 

Penuh haru melahirkan ditengah pandemi, berikut ini 6 momen melahirkan anak keempat Mona Ratuliu dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Kamis (21/5/2020). 

1. Mona Ratuliu melahirkan anak keempatnya ditengah pandemi tepatnya pada Rabu (20/5/2020).

Momen melahirkan anak keempat Mona Ratuliu. (Sumber: Instagram/monaratuliu)
Momen melahirkan anak keempat Mona Ratuliu. (Sumber: Instagram/monaratuliu)

2. Akibat Corona Covid-19, aktris sekaligus presenter tersebut tidak bisa ditemani secara langsung oleh sang suami.

Momen melahirkan anak keempat Mona Ratuliu. (Sumber: Instagram/monaratuliu)
Momen melahirkan anak keempat Mona Ratuliu. (Sumber: Instagram/monaratuliu)

3. Mona Ratuliu memasuki ruang persalinan seorang diri yang diunggah oleh Indra Brasco di Instagram Stories-nya.

Momen melahirkan anak keempat Mona Ratuliu. (Sumber: Instagram/monaratuliu)
Momen melahirkan anak keempat Mona Ratuliu. (Sumber: Instagram/monaratuliu)

4. Anak keempat Mona Ratuliu dan Indra Brasco lahir dengan sehat serta berjenis kelamin perempuan.

Momen melahirkan anak keempat Mona Ratuliu. (Sumber: Instagram/monaratuliu)
Momen melahirkan anak keempat Mona Ratuliu. (Sumber: Instagram/monaratuliu)

5. Rasa syukur pun dituturkan oleh Indra Brasco setelah sang istri melahirkan anak keempat mereka pukul 20.20 WIB.

Momen melahirkan anak keempat Mona Ratuliu. (Sumber: Instagram/indrabrasco)
Momen melahirkan anak keempat Mona Ratuliu. (Sumber: Instagram/indrabrasco)

6. 18 tahun membina rumah tangga, pasangan selebriti tersebut kini resmi memiliki empat orang anak.

Momen melahirkan anak keempat Mona Ratuliu. (Sumber: Instagram/bukaan.moment)
Momen melahirkan anak keempat Mona Ratuliu. (Sumber: Instagram/bukaan.moment)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

H-4 Lebaran, Terminal Pulogebang Berangkatkan 33 Penumpang

Posted: 20 May 2020 11:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 33 penumpang telah disetujui untuk diberangkatkan menggunakan bus antarkota antarprovinsi (AKAP) dari Terminal Terpadu Pulogebang, Jakarta Timur, Kamis (21/5/2020).

"Update sampai dengan jam 09.00 WIB, penumpang yang disetujui berangkat 33 orang, ditolak lima orang," kata Kasatpel Operasional Terminal Terpadu Pulogebang, Afif Muhroji. 

Afif mengatakan, penumpang yang diberangkatkan mayoritas ke Jawa Tengah untuk tujuan penugasan dinas. Sedangkan mereka yang ditolak berangkat karena tidak memenuhi persyaratan serta memiliki kecenderungan mudik Lebaran.

Calon penumpang yang tiba ke Terminal Pulogebang diarahkan untuk mendatangi meja pemeriksaan berkas persyaratan perjalanan.

Petugas mengecek sejumlah dokumen mulai dari kartu identitas, surat penugasan perusahaan atau surat keterangan sehat dari otoritas terkait.

"Mereka yang tidak memiliki persyaratan itu kita tolak berangkat. Kalau yang persyaratannya lengkap kami arahkan ke area pembelian tiket," kata dia seperti dilansir dari Antara.

Tiga hari menjelang Idul Fitri 1441 Hijriyah/2020 Masehi situasi di Terminal Pulogebang relatif lengang tidak seramai pada situasi normal sebelum Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Kondisi hari ini normal saja, tidak ada lonjakan dan penumpang pun tertib mematuhi aturan," katanya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menag Imbau Warga Tak Takbir Keliling Jelang Idul Fitri

Posted: 20 May 2020 11:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Agama Fachrul Razi melarang takbir keliling. Diketahui takbir keliling adalah sebuah tradisi dilakukan masyarakat Indonesia pada malam sebelum pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri.

"Yang biasanya kita takbir keliling, sebaiknya tidak usah. Saya sarankan tetap takbir di rumah saja," kata Menag Fachrul saat jumpa pers di Graha BNPB Jakarta, Kamis (21/5/2020).

Sebagai gantinya, Menag Fachrul meminta takbir tetap dilaksanakan di masjid-masjid setempat dengan menggunakan pengeras suara.

"Saya harap masjid, musala dapat gaungkan takbir sehingga kegembiraan menyambut hari raya Idul Fitri tidak hilang," jelas Menag Fachrul.

Tidak Salat Id Berjamaah

Selain larangan takbir keliling, Menag Fachrul juga mengimbau keras untuk tidak melaksanakan salat Id berjamaah di tanah lapang seperti biasanya.

Dia berharap masyarakat dapat lebih mementingkan tindak pencegahan tertularnya Covid-19 untuk saat ini. Sebagai alternatifnya, salat Id dapat dilakukan di rumah masing-masing secara sendiri atau berjamaah dengan keluarga inti.

"Kami imbau keras supaya salat Idul Fitri dilakukan di rumah saja bersama keluarga inti. Bisa perorangan bisa berjamaah. Berjamaah ini menuruyt pendapat ulama kalau ada 4 orang saja. Sudah boleh, satu imam, tiga menjadi makmum," Menag Fachrul menandasi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Paspor Kesehatan Digital bagi Penumpang Pesawat Siap Diuji Coba di Spanyol

Posted: 20 May 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penerbangan pertama di dunia dengan penumpang membawa paspor kesehatan digital yang menyatakan mereka negatif virus corona baru dilaporkan bakal terbang dari Kepulauan Canary, Spanyol, musim panas ini.

Mengutip laman Lonely Planet, Kamis (21/5/2020), United Nations World Tourism Organisation (WTO) bekerja sama dengan pamerintah Spanyol untuk mencanangkan prosedur perjalanan berkelanjutan, serta aman.

Yang jadi prioritas tentu bagaimana penyebaran corona COVID-19 tak meluas karena perjalanan. Dalam keterangan resmi, Menteri Pariwisata Kepulauan Canary, Yaiza Castilla, mengonfirmasi bahwa langkah penting perlu diambil agar penumpang bisa melakukan perjalanan dengan rasa aman.

Berangkat di bulan Juli mendatang, semua penumpang pesawat tersebut akan membawa paspor kesehatan digital, yakni sebuah aplikasi ponsel pintar buatan perusahaan asal Kepulauan Canary, Hi+ Card, dan peneliti dari Tourism Data Driven Solutions (TDDS).

CEO TDDS, Antonio López de Ávila, menjelaskan bahwa data yang terdapat pada aplikasi tersebut telah tervalidasi Departemen Kesehatan Spanyol. "Dengan begitu, kemungkinan membuat profil palsu atau memanipulasi catatan kesehatan bisa dihindari," tuturnya.

 

Tengah Dipertimbangkan di Wilayah Lain

Ilustrasi pesawat terbang. (dok. unsplash.com/Asnida Riani)
Ilustrasi pesawat terbang. (dok. unsplash.com/Asnida Riani)

Belum ada konfirmasi perihal di mana penerbangan percobaan tersebut akan mendarat, pun titik keberangkatnnya. Bagaimanapun, pihak pariwisata Kepulauan Canary menegaskan, bila penerbangan tersebut sukses, rute ke berbagai tujuan wisata juga akan dibuka.

Wilayah kepulauan di Yunani dan Italia, termasuk Santorini, Crete, dan Capri, juga tengah mempertimbangkan penerapan instruksi paspor kesehatan untuk kedatangan internasional.

Infeksi virus corona baru di Kepulauan Canary sendiri dilaporkan berhasil ditekan dengan cukup baik. Objek wisata mulai akan buka untuk warga lokal disusul publik daratan utama Spanyol dan turis mancanaegara di beberapa bulan ke depan.

"Perjalanan memang tak akan seperti sebelumnya. Kami berupaya membuatnya lebih aman dan berkelanjutan untuk terus memberi manfaat pada komunitas setempat dan negara," ucap Sekretaris Umum WTO Zurab Pololikashvii.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Alasan AC Milan Berpeluang Besar Boyong Bintang Muda Senegal

Posted: 20 May 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta AC Milan tertarik pada gagasan penandatanganan Krepin Diatta dari Club Brugge musim panas ini. Klub raksasa ini kemungkina memiliki peluang besar dari klub pesaingnya.

Seperti dilansir MilanNews, agen pemain sayap Senegal telah mengkonfirmasi kliennya kemungkinan besar akan meninggalkan Brugge. Ia ingin mencari pengalaman baru untuk mengambil langkah lebih lanjut dalam kariernya.

Selain AC Milan ada banyak klub dari seluruh Eropa yang berminat pada Diatta. Di antaranya Watford dan Hertha Berlin.

MilanNews juga mengklaim bahwa AC Milan memiliki keunggulan dalam perburuan Krepin Diattaini. Klub raksasa Serie A ini punya tiga alasan kuat untuk merekrutnya.

Posisi

Alasan pertama adalah bahwa klub dapat menawarkan Krepin Diatta tempat di sayap kiri. AC Milan di lini tidak memiliki pemain sayap yang mampu mengalahkan pergerakan permainan lawan.

Selama ini Milan selalu mengandalkan Hakan Calhanoglu. Performa pemain berusia 23 tahun ini sebagai penyerang sayap kiri dalam formasi 4-3-3 cukup baik

Daya Tarik

Striker Juventus, Gonzalo Higuain melompat saat berebut bola dengan pemain AC Milan Hernandez Theo pada pekan 12 Liga Italia 2019-2020 di Allianz Stadium, Minggu (10/11/2019).  Juventus semakin kokoh di puncak klasemen Liga Italia usai menundukkan AC Milan 1-0. (Alessandro Di Marco/ ANSA via AP)
Striker Juventus, Gonzalo Higuain melompat saat berebut bola dengan pemain AC Milan Hernandez Theo pada pekan 12 Liga Italia 2019-2020 di Allianz Stadium, Minggu (10/11/2019). Juventus semakin kokoh di puncak klasemen Liga Italia usai menundukkan AC Milan 1-0. (Alessandro Di Marco/ ANSA via AP)

Faktor kedua adalah bahwa Milan punya daya tarik tersendiri ketimbang dua klub lain yang dikabarkan juga mengincar Diatta.

Diatta merupakan target utama mereka dan Rossoneri sangat serius untuk memperjuangkannya di bursa transfer.

Dia juga merasa ingin pindah ke klub yang bisa membantunya berkembang. Karenanya, dia merasa harus mencapai target dalam karier profesionalnya.

Soal Harga

Terakhir, harga yang diminta 20 juta euro benar-benar dapat membantu Milan - itu adalah harga yang harus dibayar oleh dua klub lain, tetapi jika Ralf Rangnick menyetujui kepindahan tersebut maka itu bisa menjadi tawaran.

Diatta telah memperkuat Club Brugge sejak 2018 yang lalu. Bersama klub sepak bola asal Belgia tersebut, ia sukses mencetak 10 gol dan menyumbang sembilan assists dari total 70 pertandingan yang ia jalani di semua kompetisi

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemkot Malang Tak Larang Salat Idul Fitri 2020 di Masjid dan Lapangan, Tapi ...

Posted: 20 May 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Malang - Pemerintah Kota Malang tak melarang masyarakat menggelar salat Idul Fitri 2020 berjemaah di masjid maupun lapangan saat pandemi Corona Covid-19. Namun pemkot memperingatkan masyarakat agar patuh protokol penanganan dan pencegahan Covid-19.

Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan, pemerintah kota hanya mengimbau pada masyarakat agar semua kegiatan peribadahan dan perayaan Idul Fitri 2020 dilaksanakan di rumah saja selama pandemi Corona Covid-19 ini.

"Kami tidak melarang masyarakat untuk beribadah. Tapi kami imbau beribadah di rumah saja selama pandemi ini," kata Sutiaji melalui keterangan tertulis di Malang, Rabu, 20 Mei 2020.

Pemkot Malang menggelar rapat koordinasi bersama takmir masjid dan pengurus organisasi keagamaan di ruang sidang Balai Kota Malang. Ada sejumlah pandangan berbeda yang muncul dari peserta rapat tersebut.

Pendapat pertama meminta pemkot mengeluarkan surat edaran melarang atau mengizinkan salat Idul Fitri 2020 tetap digelar dengan mengacu protokol pencegahan Covid-19. Ada pula cukup mematuhi imbauan tak menggelar ibadah di masjid dan lapangan.

Wali Kota Malang menilai tak perlu menerbitkan surat edaran lagi tentang pelaksanaan ibadah Idul Fitri. Sebab sudah ada peraturan Wali Kota Malang nomor 17 tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Malang.

Berdasar aturan itu, maka Pemkot mengizinkan ibadah Idul Fitri 2020 tetap digelar di masjid dan lapangan. Tapi tetap menerapkan protokol pencegahan Covid-19. Penyelenggara juga harus bertanggungjawab terhadap pelaksanaan ibadah.

"Jadi tidak perlu lagi ada regulasi baru, sebab aktivitas ibadah berjemaah diatur dalam perwali," ujar Sutiaji.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Mengacu Kebijakan Pusat

Rapat koordinasi antara Pemkot Malang dengan takmir masjid dan organisasi keagamaan untuk pelaksanaan ibadah idul fitri 2020 (Humas Pemkot Malang)
Rapat koordinasi antara Pemkot Malang dengan takmir masjid dan organisasi keagamaan untuk pelaksanaan ibadah idul fitri 2020 (Humas Pemkot Malang)

Sutiaji menyampaikan kebijakan pemerintah pusat dan Pemprov Jawa Timur yang meminta ibadah berjamaah Idul Fitri 2020 ditiadakan. Serta tak menggelar kegiatan mengumpulkan massa seperti takbir keliling dan halalbihalal.

"Kami tegak lurus dengan kebijakan itu. Kami hanya mengimbau warga ibadah di rumah saja," ujar Sutiaji.

Kawasan Malang Raya sedang menerapkan PSBB selama 17-31 Mei 2020. Kebijakan ini juga berbarengan dengan momentum idul fitri 2020. Sejauh ini belum diumumkan ada pelanggar aturan PSBB yang mendapat sanksi.

Kasus Corona Covid-19 di Kota Malang sampai Rabu, 20 Mei 2020 ini ada 27 pasien positif Covid-19 (12 sembuh dan 15 dirawat). Ada 218 PDP (17 meninggal dan 130 selesai dipantau). Ada 846 ODP (1 meninggal dan 760 selesai dipantau). Serta 2.017 ODR dan 299 OTG.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Amal Virtual hingga Denda Rp 40 Juta Warnai Idul Fitri di Tengah Pandemi Corona UEA

Posted: 20 May 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Virus Corona COVID-19 telah menyebabkan perubahan tradisi Ramadan dan Idul Fitri. Tahun ini, beberapa aturan perlu dipatuhi.

Karena pandemi virus Corona COVID-19, umat Islam telah diminta untuk salat Id di dalam rumah. Mereka juga tidak diizinkan untuk mengadakan ibadah secara berkelompok.

Salah satu contoh aturan perayaan Idul Fitri di mancanegara adalah Uni Emirat Arab. Pemerintah di negara tersebut telah memberikan peringatan saat perayaan Idul Fitri.

Di Uni Emirat Arab, jika Anda ingin mengundang siapa pun ke rumah Anda, mungkin akan didenda Dh. 10.000 (Rp. 40 juta), sehingga tidak disarankan untuk mengadakan pertemuan saat Idul Fitri.

Selain itu, Pemerintah Uni Emirat Arab juga tidak mendukung dalam memberikan uang tunai pada saat Idul Fitri. Uang tunai dapat mentransfer virus dan tidak boleh diberikan kepada siapa pun pada libur Lebaran ini, seperti dikutip dari Gulf news, Kamis, (21/5/2020).

Perubahan Cara Beramal di Hari Raya Idul Fitri

Ilustrasi Idul Fitri atau Lebaran. (Al Jazeera)
Ilustrasi Idul Fitri atau Lebaran. (Al Jazeera)

Namun tahun ini, karena uang tunai tidak bisa dibagikan, amal akan sedikit berbeda. Bahkan jika Anda menemukan seseorang di jalan yang membutuhkan uang tunai, disarankan untuk tidak diberikan karena mungkin dapat menyebarkan virus jika Anda secara tidak sadar memiliki Corona COVID-19.

Meskipun tidak bisa beramal dengan uang tunai, Anda masih dapat berkontribusi secara virtual ke banyak badan amal.

Di Uni Emirat Arab, salon dan pusat perbelanjaan akan buka dari jam 9 pagi sampai jam 7 malam setiap hari, dengan batas kunjungan dua jam, namun orang-orang tetap harus selalu melanjutkan dengan hati-hati dan mempertimbangkan untuk tidak melakukan kegiatan perawatan diri seperti biasa.

Hal itu dilakukan untuk meningkatkan keamanan diri.

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyandang Disabilitas, Kaum Terlupakan Saat Pandemi COVID-19 di Indonesia

Posted: 20 May 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penyandang disabilitas tergolong masyarakat yang paling terdampak di tengah pandemi COVID-19, tapi sayangnya terlupakan.

Padahal, penyandang disabilitas seperti tuna netra yang pekerjaannya memijat juga butuh uluran tangan seluruh masyarakat Indonesia.

Hal ini diungkapkan Ketua Umum Badan Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial (BK3S) Pinky Saptandari di Kantor Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona di Indonesia, Jakarta dikutip dari situs covid19.go.id pada Kamis, 21 Mei 2020.

 

Kaum Disablitas Terdampak COVID-19

Menurut Pinky, seringkali orang melupakan bahwa di luar sana ada orang-orang yang paling terdampak dibanding kita.

"Kita semua susah, betul ya. Pengusaha susah, karyawan susah, tetapi ada yang lebih susah daripada kita, yaitu teman-teman disabilitas," katanya.

 

Informasi yang Benar Soal Pencegahan COVID-19

Pada kesempatan yang sama, Direktur Yayasan Plan International, Dini Widiastuti, mengatakan, setidaknya ada 34 juta penduduk disabilitas yang terdampak kebijakan PSBB guna memutus rantai penyebaran Virus Corona.

Bahkan, Dini mengatakan bahwa informasi mengenai pencegahan COVID-19 belum secara benar diperoleh masyarakat yang memiliki keterbatasan pada layanan informasi.

Anak-Anak Disabilitas

Tak hanya itu, anak-anak dengan disabilitas pun menjadi yang paling kesulitan dalam mendapatkan pelajaran selama pandemi COVID-19 di Indonesia.

"Apalagi anak-anak dengan disabilitas ituharus diperhatikan oleh pemerintah juga. Jadi, Kementrian Pendidikan juga bagaimana supaya anak-anak itu tidak tertinggal, ya. No one left behind, kan katanya," kata Dini

Simak Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cut Meyriska Sulap Rumahnya Bertema Star Wars Demi Ultah Roger Danuarta

Posted: 20 May 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kebahagian tengah dirasakan aktor Roger Danuarta. Suami Cut Meyriska itu kini tengah berulang tahun yang ke-38.

Di hari jadinya itu, Roger Danuarta mendapat kejutan spesial dari sang istri yang menyulap rumahnya penuh dengan accesoris Star Wars yang didominasi nuansa hitam putih. Diketahui Roger Danuarta memang sangat menyukai film fiksi Star Wars.

Moment tersebut dibagikan Cut Meyriska melalui Instagramnya, Rabu (20/5/2020). Dalam unggahannya, Roger Danuarta nampak memeluk mesra Cut Meyriska.

"Selamat ulang tahun @rogerojey .. Selamat ulang tahun Sayang," tulis Cut Meyriska dalam keterangan foto unggahannya.

Ingin Selalu Menemani

Roger Danuarta dan Cut Meyriska (Sumber: Instagram/@cutratumeyriska)
Roger Danuarta dan Cut Meyriska (Sumber: Instagram/@cutratumeyriska)

Dalam keterangan foto unggahannya Cut Meyriska berharap, akan bisa terus menemani Roger Danuarta di setiap ulang tahunnya. Dan selalu mewarnai kebahagian rumah tangga mereka

"Kesekian kalinya ulang tahunmu kali ini Aku berada di samping kamu dan Aku slalu berharap akan selalu ada di ulang tahunmu di tahun tahun mendatang pula pastinya," kata Cut Meyriska.

Doa Cut Meyriska

Foto Instagram
Foto Instagram

Cut Meyriska berdoa agar pria kelahiran 20 Mei 1982 itu terus menjadi suami dan pria yang baik untuknya. Kata cinta pun dituliskan Cut Meyriska buat pria yang menikahinya Agustus tahun lalu.

"Terus menjadi Suami dan lelaki baik untukku dan menjadi orang baik untuk semua orang, LOVE YOU PU 💙🌞," tulis Cut Meyriska.

Doa Warganet

Roger Danuarta dan Cut Meyriska (Sumber: Instagram/@rogerojey)
Roger Danuarta dan Cut Meyriska (Sumber: Instagram/@rogerojey)

Warganet ikut mendoakan Roger Danuarta di hari bahagianya itu, agar selalu mendaptkan keberkahan dari Sang Khalik.

"Bismillah barakallah fii umrik kak roger🎉, semoga bahagia selalu, mkin sukses, bisa jdi ayah skligus suami yg baik dan semoga apa yg disemogkan bisa tersemogakan aamiin😇," tulis akun @annyfrnsptr.

"Semoga selalu jadi suami siaga ,imam kluarga yang sakinah mawadah warahmah," tulis akun @dudeebella

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ngeri, Ular Piton Tiba-Tiba Muncul dari Selokan

Posted: 20 May 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Para pejalan kaki dikejutkan dengan penemuan ular piton yang terjebak di sebuah selokan di Thailand. Mereka kemudian mencoba untuk mengeluarkan piton tersebut untuk dilepaskan ke hutan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aplikasi Google di Android dan iOS Kini Punya Tampilan Dark Mode

Posted: 20 May 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi Google mobile kini mendapatkan tampilan dark mode atau mode gelap. Tampilan dark mode aplikasi Google mobile bisa dinikmati oleh pengguna Android ataupun iOS.

Para pengguna Android dan iOS bakal mulai mendapatkan update ini secara bertahap per akhir minggu ini.

Mengutip laman The Verge, Kamis (21/5/2020), setelah memperbarui aplikasi, Google mobile secara otomatis akan menggunakan tema pada sistem operasi yang dipilih pengguna, jika kamu memakai Android atau iOS 13.

Menurut Google, fitur dark mode ini mulai digulirkan hari ini. Namun pengguna di seluruh dunia kemungkinan baru menerima pembaruan Google mobile setelah minggu ini.

Selain opsi tampilan otomatis, pengguna juga mengatur tampilan dark mode atau tampilan terang secara manual, melalui pengaturan aplikasi. Pengaturan manual ini bisa dilakukan pengguna sistem operasi versi lebih lawas.

Nah, jika tampilan dark mode sudah tersedia di smartphone kamu, kamu bisa melihat pop-up di bagian bawah layar yang menyoroti tema dark mode sudah bisa diakses.

Terlambat Setahun

Google menghadirkan tampilan dark mode di aplikasi Google mobile untuk Android dan iOS (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)
Google menghadirkan tampilan dark mode di aplikasi Google mobile untuk Android dan iOS (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Terlepas dari kehadirannya, peluncuran penuh untuk dark mode di semua aplikasi Google dikabarkan terlambat sekitar 1 tahun.

Disebutkan, aplikasi Gmail, Google Calendar, dan Google Fit kini sudah menambahkan dark mode di Android. Selain itu, sejumlah pengguna iOS juga mulai kedapatan dark mode untuk aplikasi-aplikasi di atas.

Meski begitu, Google Maps masih belum didukung tampilan dark mode.

Sebagaimana diketahui, memang dalam beberapa tahun terakhir, ada lebih banyak perusahaan teknologi yang mulai menambahkan fitur penghemat baterai salah satunya dengan dark mode.

Dark Mode di Aplikasi Lainnya

Cara mengaktifkan dark mode pada Facebook (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)
Cara mengaktifkan dark mode pada Facebook (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Facebook beberapa waktu lalu menghadirkan tampilan dark mode secara global sekaligus mendesain ulang tampilan website ke versi baru.

Sementara, akhir Maret lalu, WhatsApp menghadirkan mode gelap di aplikasinya pada platform Android dan iOS.

Selain itu, komputer dan sejumlah konsol gim juga telah menawarkan dark mode serupa.

(Tin/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Negara yang Diklaim Paling Aman dari Bencana Alam

Posted: 20 May 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bencana alam merupakan bencana yang tak bisa dihindari oleh manusia. Sejak zaman dulu manusia telah menghadapi bencana alam yang berulang kali sangat berdampak bagi kehidupan. Bahkan sejak zaman kuno, manusia percaya jika bencana alam merupakan hukuman dan simbol kemarahan dewa-dewa. 

Bencana alam bisa berupa banjir, letusan gunung berapi, gempa bumi, tsunami, tanah longsor, badai salju, kekeringan, hujan es, gelombang panas, hurikan, badai tropis, taifun, tornado, kebakaran liar dan wabah penyakit. Secara umum, hampir semua lokasi di bumi ini bisa terjadi bencana alam. Namun nyatanya ada negara-negara yang diklaim aman dari bencana alam. 

Bukan karena memiliki letak geografi yang memungkinkan terhindar dari bencana, melainkan negara ini memiliki fasilitas keamanan dan infrastruktur yang canggih sehingga siap menghadapi bencana alam

Penasaran di mana saja negara di dunia yang dikalim paling aman dari bencana alam? Berikut ini Liputan6.com rangkum 6 negara tersebut dari berbagai sumber, Rabu (6/5/2020). 

1. Qatar

Qatar. (Sumber: National Geographic)
Qatar. (Sumber: National Geographic)

Negara pertama yang diklaim paling aman di dunia dari bencana alam adalah Qatar. Negara yang berada di Timur Tengah ini diklaim aman dari bahaya bencana alam karena posisi geografis yang terlindung dan memiliki perlindungan dari siklon tropis. 

Bahkan Qatar sering disebut sebagai negara teraman oleh The World Risk Report. Letak geografis Qatar yang jauh dari garis patahan bumi, membuat negara itu bebas dari gempa bumi atau pun aktivitas gunung berapi yang berisiko.

2. Arab Saudi

Arab Saudi  (AFP/Bandar Aldandani)
Arab Saudi (AFP/Bandar Aldandani)

Masih dikawasan Timur Tengah, negara yang diklaim paling aman dari bencana alama dalah Arab Saudi. Berdekatan dengan Qatar, tak heran jika letak gegrafis negara terkaya ini juga hampir mirip dengan Qatar. 

Selain itu, Arab Saudi juga jarang mengalami gempa atau kondisi cuaca berbahaya seperti banjir bandang atau badai debu. Menjadi negara terkaya, tak heran jika pemerintah Arab Saudi memiliki sistem keamanan dari bencana yang tinggi. Pemerintah Arab Saudi mampu melindungi wargaanya dengan aman dari bencana. 

3. Malta

Pulau Malta. (Malta/dok. Alexander)
Pulau Malta. (Malta/dok. Alexander)

Bergeser ke bagian benua Eropa, salah satu negara yang dianggap aman dari bencana alam yakni Malta. Negara yang berada di selatan Sisilia di Laut Mediterania ini tak hanya indah tetapi juga dianggap aman. Banyak yang menyebutkan jika Malta merupakan negara peringkat kedua yang paling tidak mungkin mengalami bencana alam setelah Qatar. 

Berbeda dengan Qatar, pulau Malta justru berada cukup dekat dengan garis patahan lempeng Eropa. Namun perlu diketahui jika lempeng Eropa sangat jarang memicu gempa bumi. Ada sedikitnya tujuh gempa bumi dalam 500 tahun terakhir.

Malta juga tidak tercatat mengalami bencana angin topan. Infrastruktur di negara terkecil di dunia ini dipersiapkan dengan baik untuk menghadapi bencana alam.

4. Barbados

Barbados. (Sumber: Independent.uk)
Barbados. (Sumber: Independent.uk)

Barbados yang merupakan negara kelahiran penyanyi terkenal Rihanna ini menjadi negara selanjutnya yang diklaim aman dari bencana alam. Negara ini bagian dari rantai kepulauan Windward yang terletak di Karibia Timur. Meskipun badai merupakan bahaya paling umum yang dihadapi di pulau Karibia, negara Barbados berhasil menghindari bahaya yang akan terjadi di wilayah itu dengan sukses. 

Selain memiliki pemandangan yang indah, bagi yang ingin mengunjungi tempat tanpa bahaya gempa bumi, gunung berapi dan menikmati iklim tropis yang hangat, Barbados adalah tempat yang tepat.

5. Grenada

Negara Grenada (iStockphoto/1Tomm)
Negara Grenada (iStockphoto/1Tomm)

Berdekatan dengan Barbados, Grenada juga menjadi bagian dari negara teraman dari bencana alam di dunia. Di negara ini terdapat bukit-bukit hijau dan pantai berpasir. Pulau berlokasi condong lebih dekat dengan Amerika Selatan ini memiliki Coriolis force atau magnet bumi yang mampu mengalihkan sebagian besar arus udara sehingga terhindar dari bencana angin dan badai.

Maka dari itu banyak yang menyebutkan jika Grenada merupakan kawasan Karibia yang bebas dari badai.

6. Singapura

Merlion Park, Singapura. (dok. Graham-H/Pixabay/Tri Ayu Lutfiani)
Merlion Park, Singapura. (dok. Graham-H/Pixabay/Tri Ayu Lutfiani)

Salah satu negara paling aman dari bencana alam selanjutnya berada di Asia tenggara. Yakni Singapura. Letak geografis Singapura yang seolah "dilindungi" oleh Malaysia dan Kalimantan membuatnya aman. 

Jika terjadi bencana tsunami, maka gelombang tsunami harus melalui salah satu dari negara itu terlebih dahulu. Sehingga Singapura dimungkinkan hanya berpengaruh dari arah timur laut. Selain itu, negara maju ini juga jauh dari garis patahan utama, sehingga membuatnya aman dari gempa bumi. 

Meskipun kadang-kadang di Singapura mengalami hujan es dan banjir, namun negara ini memiliki sistem keamanan yang bisa dengan cepat mengatasinya dan tak jadi bahaya bagi warganya.

7. Bahrain

Bahrain World Trade Center (sumber: bahrainwtc)
Bahrain World Trade Center (sumber: bahrainwtc)

Sedikit bergeser ke Asia Selatan, Bahrain juga termasuk dalam negara yang diklaim aman dari bencana alam. Bahrain sering digolongkan sebagai salah satu tempat teraman karena frekuensi bencana alam, meski keamanan pemerintah yang rendah.

Bencana alam yang sering terjadi di Bahrain hanya musim panas. Selebihnya, peneliti mengkalim jika Bahrain tak memiliki bencana alam yang ektsrem. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Update Corona 21 Mei: RSD Wisma Atlet Rawat 1.019 Pasien, RSD Pulau Galang 58 Orang

Posted: 20 May 2020 10:57 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet Kemayoran Jakarta dan RSD Pulau Galang masih terus merawat pasien terkait virus corona Covid-19.

Asops Kogabwilhan I Brigjen TNI Suhardi melaporkan, per Kamis (21/5/2020), total pasien corona yang masih dirawat inap di RSD Wisma Atlet Kemayoran berjumlah 1.019 orang.

"Total rawat inap ada 1.019 orang," kata Suhardi, melalui keterangan tertulisnya, Kamis (21/5/2020).

Suhardi menambahkan, mayoritas pasien rawat inap di RSD Wisma Atlet berjenis kelamin pria, yakni mencapai 670 orang. Sementara pasien perempuan tercatat sebanyak 349 orang.

Dari total 1.019 orang yang dirawat inap tersebut, 962 di antaranya adalah pasien positif virus corona. Sedangkan 48 orang sisanya berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) dan 9 orang dalam pemantauan (ODP).

 

Update Pulau Galang

Pembangunan Rumah Sakit Corona Covid-19 di Pulau Galang
Pembangunan Rumah Sakit Corona Covid-19 di Pulau Galang

Selain itu, Suhardi juga merilis data teranyar untuk pasien rawat inap di RSD Pulau Galang, Kepulauan Riau. Diketahui, jumlah pasien yang dirawat inap di RSD Pulau Galang berjumlah 58 orang per hari ini.

Mayoritas pasien rawat inap, kata Suhardi, berjenis kelamin pria yakni sebanyak 30 orang. Sementara pasien perempuan tercatat hari ini sebanyak 15 orang, dan anak 13 orang.

Dia juga menyebutkan, jumlah 58 orang tersebut terdiri dari 19 orang pasien positif virus corona. Sedangkan 30 orang sisanya adalah PDP dan 9 orang ODP.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ratusan Rumah di Kampung Melayu Diterjang Banjir Kiriman

Posted: 20 May 2020 10:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ratusan rumah penduduk di RW 05 Kebon Pala, Kampung Melayu, Jakarta Timur, kembali diterjang banjir kiriman dari wilayah Bogor, Jawa Barat, Kamis (21/5/2020) pagi.

"Selama bulan puasa ini sudah tiga kali kebanjiran. Ini mengganggu sekali waktu sahur," kata warga RT 06 RW 05 Kebon Pala Muhammad Reza (24) di Jakarta.

Banjir kiriman mencapai puncaknya di Kebon Pala dengan ketinggian permukaan air 1,5 meter sekitar pukul 08.00 WIB hingga 10.00 WIB.

Banjir di kawasan berpenduduk sekitar 350 kepala keluarga (KK) itu dipicu luapan Kali Ciliwung yang melintas di sisi permukiman penduduk.

"Sekitar jam 01.00 WIB air mulai masuk dan sampai pagi tadi sudah sedada orang dewasa," kata Reza seperti dikutip dari Antara.

Curah Hujan Bogor-Depok Tinggi

Warga lainnya Indra (49) mengatakan, hujan lebat di wilayah hulu mengakibatkan tinggi muka air Bendung Katulampa mengalami Siaga 2.

"Kemarin malam curah hujan di Bogor dan Depok cukup tinggi. Itu sudah bisa dipastikan Kebon Pala banjir," katanya.

Sebagian warga memilih untuk mengungsi di rumah tetangga yang telah berlantai dua meskipun otoritas setempat telah menyediakan pengungsian di kantor kelurahan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Memudarnya Daya Tarik Pempek Palembang Dihantam Pandemi Covid-19

Posted: 20 May 2020 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Palembang - Deretan beberapa mobil berjejer, di sepanjang lorong di Sentra Kuliner Pempek Palembang 24 Ilir Palembang Sumatera Selatan (Sumsel).

Namun, tak seperti tahun-tahun sebelumnya. Kawasan sentra kuliner khas Palembang ini sepi dari kerumunan warga, yang berburu pempek Palembang jelang berbuka puasa.

Seperti pemandangan di dalam warung pempek Cek Yaa, yang hanya diramaikan aktivitas ketiga anak kecil sedang asyik bermain. Tidak ada satu orang pun pedagang, yang menikmati lezatnya pempek di dalam warung ini.

Azizah (60), pemilik warung pempek Palembang ini hanya berdiri termenung di samping etalase dagangannya. Meski sudah satu bulan warungnya buka, namun pendapatannya menurun drastis di tengah pandemi Corona Covid-19.

"Sepi sekali penjualan, padahal saya harus menghidupi tiga orang cucu. Biasanya jelang lebaran, penjualan bisa sampai Rp1 jutaan setiap harinya. Produksi pempek juga bisa banyak," ucapnya kepada Liputan6.com, Rabu (20/5/2020).

Namun saat ini, dia hanya bisa memproduksi 2 Kilogram bahan baku pempek. Karena penjualan sangat menurun. Terlebih di komplek Sentra Kuliner Pempek 24 Ilir Palembang, banyak juga warung pempek saingannya.

Memudarnya daya tarik pempek Palembang ini, dirasakannya sejak mewabahnya Corona Covid-19 di Kota Palembang. Bahkan sebelum memasuki bulan Ramadan, dia menutup warungnya karena sepinya pembeli.

"Baru awal bulan Ramadan saya buka lagi warung. Coba-coba jualan lagi dan berharap bisa kembali normal, apalagi kalau lebaran biasanya ramai. Tapi sekarang jauh dari harapan," katanya.

Titik terendah penjualannya, baru dirasakannya saat ini sepanjang membangun usahanya sejak tahun 2012. Dia hanya bisa berharap, pandemi Corona Covid-19 segera berakhir, sehingga penjualannya kembali normal.

Kelesuan transaksi penjualan kuliner lokal ini, juga terjadi di Sentral Kampung Pempek 26 Ilir Palembang. Sepanjang Jalan Mujahiddin 26 Ilir Palembang terlihat lebih lengang, dibandingkan bulan Ramadan di tahun-tahun sebelumnya.

Padahal biasanya ruas jalan di komplek kampung pempek Palembang ini, selalu padat dengan kendaraan para pemburu pempek Palembang, terlebih di bulan Ramadan.

Seperti diutarakan Yuni (35), pedagang pempek di Sentra Kampung Pempek 26 Ilir Palembang, yang merasa kesulitan menjual barang dagangannya di masa pandemi Corona Covid-19. Padahal dia sudah menjual dagangannya dengan harga yang sangat murah, yaitu Rp800 per buah pempek.

 

Penjualan Menurun Drastis

Sentra Kampung Pempek 26 Ilir Palembang yang terlihat sepi pengunjung (Liputan6.com / Nefri Inge)
Sentra Kampung Pempek 26 Ilir Palembang yang terlihat sepi pengunjung (Liputan6.com / Nefri Inge)

"Biasanya beberapa hari jelang lebaran, penjualan bisa meledak. Bahkan tiap hari saya bisa mengolah 20 Kg bahan pempek dan selalu laris terjual," ucapnya.

Pendapatan di awal bulan Ramadan biasanya mampu mencapai Rp800.000 per hari. Sedangkan beberapa hari jelang Idul Fitri, Yuni bisa mengantongi penghasilan hingga Rp3 jutaan.

Namun di masa pandemi Corona Covid-19, bahan olahan pempek Palembang sebanyak 4 Kg sangat sulit terjual habis.

"Saat pandemi Covid-19 ini, menembus penjualan hingga Rp100.000 saja sangat sulit. Apalagi di sini juga banyak pedagang pempek," katanya.

Hal yang sama juga dialami Yan (36), pedagang pempek lenggang di Sentra Kampung Pempek 26 Ilir Palembang. Karena tahun ini, dia terpaksa tidak berjualan pempek kecil, karena sepinya pengunjung yang berbelanja.

Modal Menipis

Penjualan pempek palembang jenis lenggang turut mengalami penurunan, karena sepinya pengunjung yang datang di Sentra Kampung Pempek 26 Ilir Palembang (Liputan6.com / Nefri Inge)
Penjualan pempek palembang jenis lenggang turut mengalami penurunan, karena sepinya pengunjung yang datang di Sentra Kampung Pempek 26 Ilir Palembang (Liputan6.com / Nefri Inge)

Untuk tetap bertahan hidup, dia terus menggeluti bisnisnya menjual pempek lenggang. Meskipun penjualannya juga turut menurun drastis terutama di bulan Ramadan 1441 Hijriah.

"Jelang lebaran, saya biasanya jualan pempek kecil. Tapi tahun ini stop dulu. Selain sepi pengunjung, modalnya juga tidak ada. Karena penjualan pempek lenggang saya juga sepi peminat," ucapnya.

Selain hantaman Pandemi Corona Covid-19 yang membuat sepinya penjualan, harga ikan giling yang terus meroket juga membuat bisnisnya semakin terhimpit.

Apalagi setelah diterapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Palembang, Yan hanya bisa pasrah, jika dagangannya lebih sepi dari hari-hari sebelumnya.

"Kalau PSBB sudah tahu. Tapi mau bagaimana lagi, kami sebagai pedagang tidak bisa apa-apa. Hanya menuruti saja peraturannya," ungkapnya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BMKG: Bibit Siklon Tropis di Samudera Hindia Barat Daya Sebabkan Hujan Angin di Jakarta

Posted: 20 May 2020 10:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui Tropical Cyclone Warning Centre (TCWC) Jakarta memantau pertumbuhan bibit siklon tropis dengan kode "98S" yang berada di Samudra Hindia sebelah barat daya Bengkulu.

"Berdasarkan analisis tanggal 21 Mei 2020, pukul 07.00 WIB, bibit siklon tersebut berada di 6,8 LS dan 93,0 BT, atau sekitar 1.072 km barat daya Bengkulu," kata Pelaksana Tugas Deputi Bidang Meteorologi BMKG Herizal dalam keterangan tertulisnya, Kamis (21/5/2020).

Saat ini, bibit siklon tropis "98S" memiliki tekanan udara minimum di pusatnya 1.000 hPa dengan kecepatan angin maksimum berkisar antara 25 hingga 30 knot. Bibit siklon tropis "98S" diprakirakan berpotensi menjadi siklon tropis dalam enam hingga 12 jam ke depan dengan pergerakan ke arah tenggara-selatan menjauhi wilayah Indonesia.

Keberadaan bibit siklon tropis "98S" mengakibatkan pertumbuhan awan hujan di sekitarnya, antara lain di wilayah Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat.

"Masyarakat diimbau waspada karena diprakirakan daerah-daerah tersebut berpotensi terkena dampak berupa hujan lebat dan angin kencang di sebagian wilayahnya," katanya.

Selain itu, potensi gelombang laut dengan ketinggian lebih dari tiga meter diprakirakan terjadi di wilayah perairan barat Kepulauan Nias hingga barat Mentawai, Perairan Bengkulu-Pulau Enggano, perairan barat Lampung, Samudra Hindia barat Sumatera, Selat Sunda bagian selatan, perairan selatan Jawa, dan Samudra Hindia selatan Jawa hingga selatan NTB.

"Nelayan dan kapal yang melintas diimbau untuk waspada dan berhati-hati. Masyarakat diimbau untuk tetap berhati-hati pada potensi hujan lebat yang dapat menimbulkan dampak, seperti banjir, tanah longsor, dan banjir bandang," tambah dia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Larangan Mudik Tak Digubris, 214 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jakarta

Posted: 20 May 2020 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jelang Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah, dan masih berlakunya pelarangan mudik ke kampung halaman demi mencegah penyebaran Corona Covid-19, Jasa Marga masih mencatat 214.014 unit kendaraan yang sudah meninggalkan Jakarta. Kendaraan tersebut, meninggalkan Jakarta melalui arah Timur, Barat, dan Selatan. Jumlah tersebut, didata sejak Minggu (17/5/2020) hingga Selasa (19/5/2020).

Dijelaskan Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru, angka tersebut turun 60 persen dari lalu lintas pada periode Lebaran 2019.

"Untuk distribusi lalu lintas di ketiga arah, adalah sebesar 39 persen dari arah Timur, 36 persen dari arah Barat dan 25 persen dari arah Selatan," ujar Heru dalam keterangannya, disitat dari kanal News Liputan6.com, Kamis (21/5/2020).

Lanjut Dwimawan, untuk kendaraan yang meninggalkan Jakarta dari arah Timur merupakan kontribusi lalin dari dua Gerbang Tol (GT) pengganti GT Cikarang Utama, yaitu GT Cikampek Utama untuk pengguna jalan menuju Jalan Tol Trans Jawa dan GT Kalihurip Utama untuk pengguna jalan menuju Jalan Tol Cipularang-Padaleunyi.

"GT Cikampek Utama 1, dengan jumlah 46.584 kendaraan, turun sebesar 79 persen dari Lebaran tahun 2019. GT Kalihurip Utama 1, dengan jumlah 36.387 kendaraan, turun sebesar 60 persen dari Lebaran tahun 2019. Total kendaraan yang melintas menuju arah Timur adalah sebanyak 82.971 kendaraan, turun sebesar 74 persen dari Lebaran tahun 2019," jelasnya.

Jasa Marga juga mencatat jumlah kendaraan yang meninggalkan Jakarta dari arah Barat melalui GT Cikupa Jalan Tol Merak - Tangerang sebanyak 77.360 kendaraan, turun sebesar 45 persen dari Lebaran tahun lalu.

"Sementara itu, jumlah kendaraan yang meninggalkan Jakarta dari arah Selatan atau Lokal melalui GT Ciawi Jalan Tol Jagorawi adalah sebesar 53.683 kendaraan, turun sebesar 33 persen dari Lebaran 2019," ujarnya.

Jangan mudik lebaran dulu

Selain itu, ia mengimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan mudik lebaran 2020. Hal itu sebagai upaya pencegahan penyebaran Corona Covid-19.

"Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan tol untuk berpartisipasi aktif dalam mencegah penularan Covid-19, dengan tidak mudik dan tidak piknik di Lebaran Tahun 2020. Selain itu batasi perjalanan dan jaga jarak, keluar rumah hanya untuk keadaan yang mendesak serta wajib mengenakan masker jika harus beraktivitas di luar rumah," tutupnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cegah Penumpukan, Bandara Soetta Hanya Layani 1.500 Penumpang per Hari

Posted: 20 May 2020 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang, Banten membatasi hanya memberangkatkan kurang lebih 1.500 penumpang setiap hari. Pembatasan tersebut untuk menjami tidak ada lagi penumpukan penumpang seperti yang terjadi pada 14 Mei 2020 lalu.

"Supaya ini meluruskan anggapan orang yang salah Jadi sebetulnya tiap hari itu yang berangkat sama sekitar 1.500 orang," ujar Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Soekarno Hatta, (Soetta) Anas Ma'ruf, dalam diskusi daring bersama BNPB di Jakarta, Kamis (21/5/2020).

"Kalau sekarang sudah rapi. Jadi setelah tanggal itu dilakukan berbagai namanya juga penyesuaian dilakukan kemudian perbaikan dan sebagainya dan setelah itu tidak terjadi lagi," sambungnya.

Usai kejadian penumpukan penumpang yang sempat ramai diperbincangkan oleh publik, KKP Soekarno-Hatta (Soetta) melakukan berbagai penyesuaian keberangkatan termasuk melakukan koordinasi dengan maskapai. Penumpukan penumpang sebelumnya terjadi karena penumpang datang lebih awal dari jadwal seharusnya.

"Tanggal 14 itu memang terjadi penumpukan. Kemudian setelah itu langsung dilakukan rekayasa dan itu terjadi kan hanya pagi saja, kan waktu itu mungkin banyak orang yang baru melakukan penerbangan dan mereka belum tahu betul apa sih aturannya sehingga datang lebih awal," jelas Anas.

 

Faktor Lain Penyebab Penumpukan

Suasana sepi di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Senin (11/5/2020). Beberapa maskapai mulai membuka layanan penerbangan setelah Kementerian Perhubungan kembali membuka izin layanan transportasi umum pada Kamis lalu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Suasana sepi di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Senin (11/5/2020). Beberapa maskapai mulai membuka layanan penerbangan setelah Kementerian Perhubungan kembali membuka izin layanan transportasi umum pada Kamis lalu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Anas melanjutkan, pada beberapa waktu lalu penumpukan penumpang juga dipicu oleh keberangkatan maskapai dengan jarak yang berdekatan. Hal tersebut terjadi karena 14 Mei 2020 merupakan hari pertama keberangkatan maskapai mulai beroperasi bersamaan.

"Nah ada beberapa faktor barangkali ya, karena di sana ternyata pada tanggal 14 Mei ada slot penerbangan yang waktunya berdekatan. Kalau menurut saya, jumlah penumpangnya berdasarkan pemantauan kami setiap hari, karena kami setiap hari bertugas mereka dari pagi sampai pagi lagi dalam 24 jam," jelasnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Meski PSBB, PT KAI Tetap Layani Warga yang Akan Melakukan Perjalanan Dinas

Posted: 20 May 2020 10:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia Didiek Hartantyo menyatakan pihaknya siap melayani perjalanan dinas, bisnis, dan repatriasi warga negara Indonesia yang kembali dari luar negeri untuk pulang ke kampung halamannya.

"Kami mengimbau masyarakat tetap di rumah. Kalau memang harus bepergian, KAI siap membantu yang dinas, berbisnis, dan repatriasi tetapi harus membawa dokumen yang lengkap," kata Didiek saat jumpa pers Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 yang disiarkan langsung akun Youtube BNPB Indonesia dipantau dari Jakarta, Kamis (21/5/2020).

Didiek mengatakan PT KAI siap melayani perjalanan dinas, bisnis, dan repatriasi warga negara Indnesia ke kampung halaman dengan selamat, aman, nyaman, dan sehat sampai ke tujuan.

Menurut Didiek, PT KAI sudah menjalankan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah dan sudah menyosialisasikannya di stasiun-stasiun.

"Awak kereta api juga dilengkapi dengan alat pelindung diri saat bekerja. Penumpang kereta api juga harus memakai masker. Bila tidak membawa akan diberikan masker yang wajib dipakai," tuturnya seperti dikutip dari Antara.

Didiek mengatakan sebelum keberangkatan, setiap kereta juga dibersihkan menggunakan disinfektan. PT KAI juga memastikan pegawai yang melayani perjalanan penumpang seluruhnya dalam keadaan sehat.

Calon penumpang dapat bepergian menggunakan kereta api asalkan untuk kepentingan perjalanan dinas dan bisnis yang dilengkapi surat tugas dan surat keterangan sehat.

Khusus untuk perjalanan kereta rel listri komuter, Didiek mengatakan tidak bisa menerapkan membawa surat kesehatan, tetapi penumpang wajib menggunakan masker dan diukur suhu tubuhnya.

"Bila suhu tubuh penumpang 38 derajat Celcius atau lebih, maka akan diisolasi di stasiun," jelasnya.

Tak Ada Penumpukan Penumpang

Tentang penumpukan penumpang kereta rel listrik komuter, Didiek mengatakan hal itu hanya terjadi di Stasiun Bogor pada saat awal penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Sesuai dengan peraturan PSBB, perjalanan pertama kereta rel listrik komuter adalah pukul 06.00. Namun kebiasaan penumpang di stasiun ujung seperti Stasiun Bogor adalah bersiap dari pukul 04.00," katanya.

Saat ini, jadwal perjalanan kereta rel listrik komuter telah diperbaiki sehingga penumpukan penumpang bisa diatasi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pasar Tradisional di Palembang Tetap Dibuka dengan Pengawasan PSBB

Posted: 20 May 2020 10:31 PM PDT

Liputan6.com, Palembang - Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Palembang Sumatera Selatan (Sumsel), mulai diumumkan pada Rabu (20/5/2020) siang oleh Wali Kota (Wako) Palembang Harnojoyo.

Menurutnya, ada pembatasan dalam beberapa tempat fasilitas umum maupun pusat perbelanjaan di Kota Palembang Sumsel. Namun dia memastikan, jika pasar tradisional tetap akan beroperasi seperti biasa.

"Terkait pasar tradisional, masuk dalam 11 sektor usaha yang diperbolehkan. Tapi perlakuannya harus jaga jarak dan menggunakan protokol kesehatan," ujarnya, Kamis (21/5/2020).

Salah satu alasan pasar tradisional tidak dibatasi jam operasionalnya, karena menjadi ladang pangan dan kebutuhan sehari-hari warga Kota Palembang.

Harnojoyo mengatakan, jika penerapan social distancing ke para lapak pedagang sudah diterapkan sebelum penerapan PSBB. Serta menaati peraturan penggunaan masker dan rutin mencuci tangan.

"Nanti akan ada posko khusus di pasar-pasar tradisional, yang akan tetap mengawasi berjalannya social distancing pedagang dan pengunjung pasar," ujarnya.

Ditambahkan Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Anom Setyadji, bahwa semua warga Palembang wajib mengikuti semua aturan PSBB, yang sudah ditetapkan di Peraturan Wali Kota (Perwali) Palembang.

Untuk memastikan PSBB berjalan aman, Kapolrestabes Palembang akan meningkatkan jumlah personel. Yang akan disebar di berbagai lokasi di Kota Palembang, seperti pusat keramaian, pasar tradisional hingga perbatasan kota.

Dia juga mengingatkan, kepada para tempat usaha yang sudah dibatasi jam operasionalnya selama 5 jam, harus menaati peraturan tersebut.

"Jika sudah kami ingatkan tapi masih buka, tempat usaha tersebut bisa dicabut izin usahanya. PSBB ini juga dapat mengubah gaya hidup bersama-sama, untuk memutus rantai penularan Corona Covid-19.

Sedangkan untuk peraturan jasa transportasi online, Kapolrestabes Palembang bersama instansi terkait sudah berdiskusi dengan aplikator dan asosiasi driver online.

 

Batasi Jumlah Penumpang

Polisi menjaga di depan Balai Kota Solo, Jateng, mengantisipasi bentrok susulan antara sopir taksi dan pengemudi GoJek. (Liputan6.com/Fajar Abrori)
Polisi menjaga di depan Balai Kota Solo, Jateng, mengantisipasi bentrok susulan antara sopir taksi dan pengemudi GoJek. (Liputan6.com/Fajar Abrori)

Salah satunya dengan membatasi jumlah penumpang. Seperti ojek online hanya diperbolehkan menerima pesanan orderan makanan atau barang, untuk diantar ke pemesan.

Untuk kendaran roda empat, harus memastikan jumlah penumpangnya 50 persen dari jumlah kapasitas kursi di mobilnya.

"Ada beberapa layanan fitur yang dimatikan, disesuaikan dengan Perwali Palembang. Untuk taksi online, harus memastikan jumlah penumpangnya berapa. Sehingga pembatasan ini memudahkan masyarakat dan pengawasan regulator di lapangan," ucapnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pasokan Gas Dipastikan Aman Saat Lebaran

Posted: 20 May 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) menjamin pengendalian pasokan, layanan, serta distribusi gas tetap terjaga selama Hari Raya Idul Fitri 2020.

Sekretaris Perusahaan PGN, Rachmat Hutama mengatakan, PGN telah membentuk tim yang bertugas untuk menjalankan peran pengendalian penyaluran dan pelayanan gas bumi saat Idul Fitri 2020. 

Tim ini untuk memastikan keamanan dari sisi infrastruktur, niaga, distribusi gas serta pengendalian dan layanan gangguan di 3 wilayah dalam 18 area operasi.

Upaya tersebut juga bentuk dukungan kebijakan tidak mudik dari pemerintah dalam rangka pencegahan penyebaran COVID-19. Sebab, diperkirakan banyak pelanggan khususnya jargas rumah tangga yang diperkirakan tetap di rumah dan menggunakan jargas seperti biasanya.

"Sejauh ini, persiapan sudah matang. Pelaksanaannya sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Petugas akan menjalankan skema pemantauan dan pengendalian akan standby 24 jam dalam 3 shift. Apabila terjadi ganguan, pelanggan /masyarakat dapat menghubungi contact center pusat ataupun daerah agar dapat mempercepat penanganan," kata Rachmat, di Jakarta, Rabu (20/5/2020).

Rachmat menambahkan, para petugas PGN akan menjalankan peran pengendalian penyaluran dan pelayanan gas bumi di Posko Nasional ESDM sejak 17 Mei hingga 1 Juni 2020.

Selain itu, tim pengendalian operasional jaringan pipa di wilayah operasional PGN akan dioptimalkan. Tim tersebut akan bertugas meliputi wilayah jaringan pipa transmisi di Jawa bagian barat, wilayah jaringan pipa distribusi di Jawa Bagian Barat, Jawa Bagian Timur, Jawa Tengah, Kalimantan dan Sorong. Tak ketinggalan untuk jaringan pipa transmisi-distribusi di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Batam, Medan, Pekanbaru, Dumai dan Lampung.

"Pengendalian operasional dan pasokan gas PGN, masing-masing sudah ditentukan koordinatornya dan siap untuk disiagakan. Begitupun dengan pelayanan pelanggan di berbagai wilayah kota dan kabupaten, masing-masing Sales Area sudah siap," papar Rachmat.

Operasikan 11 SPBG

Mulai Juni 2020, pelanggan GasKu di SPBG dan MRU hanya dapat melakukan pembayaran menggunakan sistem non tunai.
Mulai Juni 2020, pelanggan GasKu di SPBG dan MRU hanya dapat melakukan pembayaran menggunakan sistem non tunai.

Rachmat menjamin, layanan gas selama Hari Raya Idul Fitri tetap berjalan seperti biasanya. Pengoperasian 11 SPBG dan 4 MRU juga tetap berjalan normal.

Di sisi lain, guna meningkatkan sistem keamanan, PGN melancarkan program edukasi gas kepada pelanggan. Edukasi tersebut bertujuan agar konsumen memahami cara pencegahan terjadinya kecelakaan akibat gas, serta langkah-langkah yang bisa dilakukan pelanggan Rumah Tangga dan Pelanggan Kecil selama masa darurat COVID-19 yang mengharuskan untuk social distancing.

"Kebijakan terkait pelaksanaan social distancing sudah kami sosialisasikan kepada pelanggan sejak 7 April lalu, seperti Catat Meter Mandiri Pelanggan dan mendorong pembayaran tagihan gas melalui kanal pembayaran online seperti Tokopedia, Gopay dan LinkAja. Hal ini bertujuan agar pelaksanaan program #dirumahaja dapat berjalan optimal, namun juga pelayanan pelanggan jargas tetap berjalan," tutup Rachmat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesan Menyentuh Vanessa Angel Bakal Melahirkan di Masa Pandemi Corona Covid-19

Posted: 20 May 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Vanessa Angel akan segera melahirkan anak pertamanya. Vanessa nampaknya bakal melahirkan di tengah masa pandemi Corona Covid-19 di Tanah Air.  

Vanessa Angel pun menulis pesan menyentuh mengenai kehamilannya. Di laman instagram, Vanessa menulis pesan menyentuh untuk para ibu-ibu yang tengah hamil. 

Kata Vanessa Angel, meski begitu, dirinya harus tetap bersyukur meski dalam kondisi seperti sekarang ini.

 

Pesan

7 Potret Isi Rumah Vanessa Angel, Elegan Serba Putih (YouTube Vanessa AngeL TV)
7 Potret Isi Rumah Vanessa Angel, Elegan Serba Putih (YouTube Vanessa AngeL TV)

"Apakabar para bumil? Semoga sehat semuanya yah.. Kita harus tetap bersyukur sama Tuhan di tengah pandemi ini. I know its hard," kata Vanessa Angel di laman instagramnya.

 

Stres Berat

Vanessa Angel dan Bibie (Sumber: YouTube/Vanessa Angel TV)
Vanessa Angel dan Bibie (Sumber: YouTube/Vanessa Angel TV)

Lebih lanjut Vanessa mengatakan bahwa masa pandemi ini membuatnya stress berat. Namun, ia tetap harus berpikir positif agar sang buah hati tetap sehat di dalam perut. 

"Keadaan yang buat kita stress berat. Tapi kita harus stay positive untuk dedek bayi. Semoga kita semua kuat dan lancar sampai hari persalinan. Semangat mom kita pasti bisa," papar Vanessa.

 

Mendoakan

Kolom komentarnya pun ramai dengan warganet yang mendoakan Vanessa agar tetap dalam kondisi sehat serta lancar di momen persalinannya nanti.

"Sehat sehat yaaa," kata @masayumaya.

 

Sehat Selalu

"Sehat slalu sampe lahiran ya kk," kata @ovyratuserigala.

"Sehat2 terus yah bumil syantikkk," kata @fiabunova. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tenaga Medis Kediri Terima Bantuan 1 Ton Ikan dari Prigi

Posted: 20 May 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Prigi, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, memberikan bantuan sejumlah 1 ton ikan yang sudah dibekukan untuk tenaga kesehatan di RSUD Gambiran Kota Kediri.

Kepala Seksi Kesyahbandaran PPN Prigi, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, Abdul Iman mengemukakan, ide menyumbangkan ikan ini bermula dari instruksi Presiden Joko Widodo kepada Menteri Kelautan dan Perikanan, yang kemudian diteruskan ke jajaran tingkat daerah untuk menggalakkan konsumsi ikan kepada masyarakat pada masa pandemi corona.

"Ikan akan meningkatkan imun tubuh. Kami punya ikan, makanya itu yang kami donasikan untuk nakes (tenaga kesehatan) Kota Kediri," kata Abdul Iman setelah penyerahan bantuan ikan tersebut di Kediri, Rabu, 20 Mei 2020.

Ia juga menegaskan, bantuan tersebut merupakan anggaran dari PPN Prigi, Kabupaten Trenggalek dan bukan mengambil dari dana APBN. Bantuan tersebut sengaja diserahkan untuk membantu konsumsi tenaga kesehatan di RSUD Gambiran, Kota Kediri, dilansir dari Antara.

Iman menambahkan, jenis ikan yang disumbangkan berupa tongkol lisong atau rengis. Ada sejumlah satu ton ikan yang sudah dibekukan dan seluruhnya dikemas dalam 100 boks, yang masing-masing boks berisi 10 kilogram ikan.

Bantuan tersebut diambil dari hasil tangkap para nelayan dan merupakan upaya PPN Prigi untuk menyerap hasil laut.

Iman mengatakan alasan memilih RSUD Gambiran Kota Kediri, karena tenaga kesehatan membutuhkan imun kuat untuk berada di garis depan melawan COVID-19, sementara Kota Kediri jauh dari sumber ikan laut segar.

"Ini upaya kami untuk membantu masyarakat khususnya masyarakat nelayan pada saat pandemi, sekaligus juga kampanye kepada masyarakat agar terus mengonsumsi ikan. Selain baik untuk imun tubuh, juga bisa menyerap hasil para nelayan," ujar Abdul di Kediri, Jawa Timur.

 

Disalurkan kepada Tenaga Medis

Ikan-ikan menjadi berharga mahal. Tongkol dan Tuna naik hingga dua kali lipat, namun tetap tak ada di pasaran. (foto: Liputan6.com / ajang nurdin)
Ikan-ikan menjadi berharga mahal. Tongkol dan Tuna naik hingga dua kali lipat, namun tetap tak ada di pasaran. (foto: Liputan6.com / ajang nurdin)

Sementara itu, Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar berterimakasih banyak atas perhatian PPN Prigi, Kabupaten Trenggalek terhadap tenaga kesehatan di RSUD Gambiran Kota Kediri.

"Nakes ini garda terdepan, yang ditemui penyakit semua. Mau tidak mau tenaga medis harus makan bergizi, ikan ini protein tinggi," Mas Abu, sapaan akrabnya.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Kediri dr Fauzan Adima menambahkan, ikan itu nantinya juga akan disalurkan kepada tenaga medis lainnya di Kota Kediri selain di RSUD Gambiran Kediri.

"Nanti dari RSUD Gambiran akan kami salurkan ke tenaga medis di puskesmas dan rumah sakit lain yang juga menangani pasien COVID-19," kata dr Fauzan Adima yang juga Direktur RSUD Gambiran Kota Kediri.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Valentino Rossi Enggan Jalani Tur Perpisahan jika Membalap Musim Depan

Posted: 20 May 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Roma - Valentino Rossi tidak mau menjalani musim perpisahan di MotoGP. Jika jadi memperkuat Petronas Yamaha, pembalap berusia 41 tahun itu ingin tetap kompetitif.

Rossi menjalani musim terakhir bersama tim pabrikan Yamaha. Namun, persaingan ditunda akibat pandemi virus Corona. Kondisi itu turut membuatnya sulit mengambil keputusan apakah tetap bersaing atau pensiun pada 2021.

"Rencana saya sebelumnya sangat jelas yakni menunggu hingga musim panas untuk mengetahui apakah lebih kompetitif dari tahun lalu. Bagi saya itu sangat krusial," kata Valentino Rossi dilansir situs resmi MotoGP.

"Saya selalu berikan 100 persen kemampuan saat balapan. Maka saya ingin melihat apakah dengan kapasitas itu masih bisa bersaing merebut podium atau tidak."

"Saya hanya ingin lanjut jika merasa kuat. Sayang, dengan situasi sekarang, saya harus mengambil keputusan tanpa melihat hasil balapan. Jadi ini lebih sulit."

Walau tidak memperkuat tim utama, Valentino Rossi bakal mendapat dukungan penuh dari Yamaha. Juara dunia sembilan kali tersebut tetap mengendarai motor spek pabrikan.

Tidak Masalah Bela Petronas

Valentino Rossi. (AFP/Vincent Thian)
Valentino Rossi. (AFP/Vincent Thian)

Kini Rossi tinggal menentukan langkah apakah memiliki motivasi cukup untuk bersaing di MotoGP, meski usianya tidak lagi muda. Di luar itu, dia tidak memiliki masalah mengibarkan panji Petronas Yamaha.

Rossi bahkan mengaku kagum dengan kinerja tim berbasis Malaysia itu. "Saya rasa saya punya kesempatan baik bersama Petronas. Mereka menunjukkan musim lalu sebagai tim papan atas," ungkapnya.

Sikap Petronas

Bos Petronas Yamaha Razlan Razali sudah membuka pintu garasi jika Rossi memutuskan datang dan ingin bersaing. Namun, kedua sosok dikabarkan belum berbicara.

"Saya suka sekali dengan apa yang ia katakan. Sama, saya juga tidak mau ke Petronas hanya untuk kemudian mengucapkan selamat tinggal," pungkas sosok asal Italia tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mendikbud: Pembukaan Sekolah Tergantung Pertimbangan Gugus Tugas Covid-19

Posted: 20 May 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim menegaskan, bahwa keputusan pembukaan kembali sekolah akan ditetapkan berdasarkan pertimbangan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, bukan sepihak oleh Kemendikbud.

Pernyataan tersebut disampaikan Mendikbud Nadiem dalam Rapat Kerja secara telekonferensi dengan Komisi X DPR RI, Jakarta, Rabu (20/5/2020).

"Harus diketahui bahwa Kemendikbud sudah siap dengan semua skenario. Kami sudah ada berbagai macam. Tapi tentunya keputusan itu ada di dalam Gugus Tugas, bukan Kemendikbud sendiri. Jadi, kami yang akan mengeksekusi dan mengkoordinasikan," kata Nadiem.

Lebih lanjut, Nadiem menambahkan, keputusan mengenai waktu dan metode pembukaan sekolah juga akan berdasarkan pertimbangan Gugas Covid-19.

"Tapi keputusan kapan, dengan format apa, dan seperti apa, karena ini melibatkan faktor kesehatan, bukan hanya pendidikan, itu masih di Gugus Tugas," imbuh Mendikbud. 

Terkait adanya berbagai rumor maupun pemberitaan yang mengabarkan Kemendikbud akan membuka sekolah pada awal tahun ajaran baru di bulan Juli 2020, dinyatakan Mendikbud tidak benar. 

"Kami tidak pernah mengeluarkan pernyataan kepastian, karena memang keputusannya bukan di kami. Jadi mohon stakeholders atau media yang menyebut itu, itu tidak benar," tegas Nadiem. 

 

Metode Belajar Disesuaikan Kondisi

Siswa sekolah dasar belajar online menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meetings di Pamulang Tangerang Selatan, Kamis (2/4/2020). Menunjuk Surat Edaran Mendikbud, Kepala BNPB dan Walikota Tangsel, pelaksanaan belajar dari rumah di perpanjang sampai tanggal 20 Mei 2020. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Siswa sekolah dasar belajar online menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meetings di Pamulang Tangerang Selatan, Kamis (2/4/2020). Menunjuk Surat Edaran Mendikbud, Kepala BNPB dan Walikota Tangsel, pelaksanaan belajar dari rumah di perpanjang sampai tanggal 20 Mei 2020. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Usai rapat kerja, Mendikbud menambahkan bahwa di banyak negara, awal tahun ajaran baru relatif tetap. Adapun demikian, penyesuaian metode belajar disesuaikan dengan kondisi dan status kesehatan masyarakat di masing-masing wilayah.  

"Kemendikbud menilai saat ini tidak diperlukan adanya perubahan tahun ajaran maupun tahun akademik. Tetapi metode belajarnya apakah belajar dari rumah atau di sekolah akan berdasarkan pertimbangan gugus tugas," tutur Nadiem mengakhiri.

Sementara itu Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Hamid Muhammad menuturkan, pembukaan kembali sekolah di lingkungan Kemendikbud tinggal menunggu surat edaran dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

"Tunggu SE pembukaan layanan masyarakat dari Gugus Tugas Covid-19 dulu sebagai otoritas bencana dan kesehatan," ucap Hamid saat dikonfirmasi Liputan6.com, Selasa (19/5/2020).

Menurutnya, semuanya sudah dibahas tinggal menunggu Surat Edaran saja. "Minggu lalu sudah dibahas," terangnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Warga Terdampak Covid-19 di Bogor Antre Bahan Pangan Gratis

Posted: 20 May 2020 10:30 PM PDT

Warga terdampak Covid-19 antre mengambil bahan pangan gratis di Kompleks Bumi Menteng Asri, Rt 01/18, Kelurahan Menteng, Bogor, Kamis (21/5/2020).  Bahan pangan tersebut disediakan secara swadaya warga setempat dan sudah berjalan selama Bulan Ramadan. (merdeka.com/Arie Basuki)
Warga terdampak Covid-19 antre mengambil bahan pangan gratis di Kompleks Bumi Menteng Asri, Rt 01/18, Kelurahan Menteng, Bogor, Kamis (21/5/2020). Bahan pangan tersebut disediakan secara swadaya warga setempat dan sudah berjalan selama Bulan Ramadan. (merdeka.com/Arie Basuki)

Warga terdampak Covid-19 antre mengambil bahan pangan gratis di Kompleks Bumi Menteng Asri, Rt 01/18, Kelurahan Menteng, Bogor, Kamis (21/5/2020). Bahan pangan tersebut disediakan secara swadaya warga setempat dan sudah berjalan selama Bulan Ramadan. (merdeka.com/Arie Basuki)

Warga terdampak Covid-19 mengambil bahan pangan gratis di Kompleks Bumi Menteng Asri, Rt 01/18, Kelurahan Menteng, Bogor, Kamis (21/5/2020).  Bahan pangan tersebut disediakan secara swadaya warga setempat dan sudah berjalan selama Bulan Ramadan. (merdeka.com/Arie Basuki)
Warga terdampak Covid-19 mengambil bahan pangan gratis di Kompleks Bumi Menteng Asri, Rt 01/18, Kelurahan Menteng, Bogor, Kamis (21/5/2020). Bahan pangan tersebut disediakan secara swadaya warga setempat dan sudah berjalan selama Bulan Ramadan. (merdeka.com/Arie Basuki)

Warga terdampak Covid-19 mengambil bahan pangan gratis di Kompleks Bumi Menteng Asri, Rt 01/18, Kelurahan Menteng, Bogor, Kamis (21/5/2020). Bahan pangan tersebut disediakan secara swadaya warga setempat dan sudah berjalan selama Bulan Ramadan. (merdeka.com/Arie Basuki)

Warga terdampak Covid-19 mengambil bahan pangan gratis di Kompleks Bumi Menteng Asri, Rt 01/18, Kelurahan Menteng, Bogor, Kamis (21/5/2020).  Bahan pangan tersebut disediakan secara swadaya warga setempat dan sudah berjalan selama Bulan Ramadan. (merdeka.com/Arie Basuki)
Warga terdampak Covid-19 mengambil bahan pangan gratis di Kompleks Bumi Menteng Asri, Rt 01/18, Kelurahan Menteng, Bogor, Kamis (21/5/2020). Bahan pangan tersebut disediakan secara swadaya warga setempat dan sudah berjalan selama Bulan Ramadan. (merdeka.com/Arie Basuki)

Warga terdampak Covid-19 mengambil bahan pangan gratis di Kompleks Bumi Menteng Asri, Rt 01/18, Kelurahan Menteng, Bogor, Kamis (21/5/2020). Bahan pangan tersebut disediakan secara swadaya warga setempat dan sudah berjalan selama Bulan Ramadan. (merdeka.com/Arie Basuki)

Warga terdampak Covid-19 antre mengambil bahan pangan gratis di Kompleks Bumi Menteng Asri, Rt 01/18, Kelurahan Menteng, Bogor, Kamis (21/5/2020).  Bahan pangan tersebut disediakan secara swadaya warga setempat dan sudah berjalan selama Bulan Ramadan. (merdeka.com/Arie Basuki)
Warga terdampak Covid-19 antre mengambil bahan pangan gratis di Kompleks Bumi Menteng Asri, Rt 01/18, Kelurahan Menteng, Bogor, Kamis (21/5/2020). Bahan pangan tersebut disediakan secara swadaya warga setempat dan sudah berjalan selama Bulan Ramadan. (merdeka.com/Arie Basuki)

Warga terdampak Covid-19 antre mengambil bahan pangan gratis di Kompleks Bumi Menteng Asri, Rt 01/18, Kelurahan Menteng, Bogor, Kamis (21/5/2020). Bahan pangan tersebut disediakan secara swadaya warga setempat dan sudah berjalan selama Bulan Ramadan. (merdeka.com/Arie Basuki)

Warga terdampak Covid-19 antre mengambil bahan pangan gratis di Kompleks Bumi Menteng Asri, Rt 01/18, Kelurahan Menteng, Bogor, Kamis (21/5/2020).  Bahan pangan tersebut disediakan secara swadaya warga setempat dan sudah berjalan selama Bulan Ramadan. (merdeka.com/Arie Basuki)
Warga terdampak Covid-19 antre mengambil bahan pangan gratis di Kompleks Bumi Menteng Asri, Rt 01/18, Kelurahan Menteng, Bogor, Kamis (21/5/2020). Bahan pangan tersebut disediakan secara swadaya warga setempat dan sudah berjalan selama Bulan Ramadan. (merdeka.com/Arie Basuki)

Warga terdampak Covid-19 antre mengambil bahan pangan gratis di Kompleks Bumi Menteng Asri, Rt 01/18, Kelurahan Menteng, Bogor, Kamis (21/5/2020). Bahan pangan tersebut disediakan secara swadaya warga setempat dan sudah berjalan selama Bulan Ramadan. (merdeka.com/Arie Basuki)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mau Santap Takjil Bersama Pevita Pearce? Ayo Daftar Buka Puasa Bareng KapanLagi

Posted: 20 May 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sudah ada rencana untuk mengisi waktu buka puasa? Jika belum, kamu bisa ikut memeriahkan event Kapanlagi Buka Bareng artis serta chef selebriti ternama. Tak hanya itu saja, kamu juga bisa melakukan buka puasa bersama 1000 orang lainnya secara online.

Event online ini adalah rangkaian buka puasa online bersama KapanLagi dan Golda Coffee. Jika biasanya diadakan setiap akhir pekan, maka event terakhir ini diadakan pada Kamis (21/5). Menemani hari libur ini, Kamu bakal dihibur dengan penampilan musisi tanah air secara live streaming di vidio.com, lalu dilanjutkan sesi memasak secara live oleh chef selebriti, dan terakhir akan ditutup dengan menyenangkan dalam sesi meet and greet bersama artis ternama via aplikasi zoom.

Kamu bisa mendaftar terlebih dahulu untuk bisa ikut dalam sesi meet and greet bersama artis. Nantinya kamu akan kami kontak via email dan WhatsApp. Dari situ nanti kamu tinggal gabung dalam tautan zoom yang kami bagikan. Nikmati keseruan buka puasa bersama dengan ratusan hingga seribu orang, menikmati takjil, dan mengobrol santai dengan selebriti papan atas.

Penasaran kan siapa saja yang bakal memeriahkan Golda Coffee Buka Bareng KapanLagi Kamis ini? Bagaimana cara mendaftar acara seru ini? Simak informasi berikut ini.

Pevita Pearce akan Menemani Santap Takjilmu

Pevita Pearce tampil memesona dengan balutan pakaian warna hitam (Dok.Instagram/@pevpearce/https://www.instagram.com/p/B-yCDItpeMk/Komarudin)
Pevita Pearce tampil memesona dengan balutan pakaian warna hitam (Dok.Instagram/@pevpearce/https://www.instagram.com/p/B-yCDItpeMk/Komarudin)

Pevita Pearce akan hadir menemani momen berbuka puasamu nanti. Dijamin akan membuat momen buka puasamu jadi lebih istimewa. Aktris pemeran superhero Sri Asih ini akan hadir dalam sesi meet and greet via aplikasi zoom. 

Kalau kamu sudah mendaftar dan nantinya ikut dalam sesi ini, kamu bisa mengintip menu berbuka Pevita, bertanya soal aktivitasnya selama pandemi Corona ini, atau mengobrol soal film terbarunya juga bisa. Pastikan kamu tidak ketinggalan mendaftar lalu mendapat undangan serta konfirmasi dari KapanLagi. 

Selain Pevita, Monita Tahalea, Lalahuta hingga Chef Yuda Bastara siap membuat ngabuburit kamu lebih berwarna.

Mau Santap Takjil Bersama Pevita Pearce? Ayo Daftar Buka Puasa Bareng KapanLagi (Sumber: KapanLagi)
Mau Santap Takjil Bersama Pevita Pearce? Ayo Daftar Buka Puasa Bareng KapanLagi (Sumber: KapanLagi)

Cara Mendaftar Buka Puasa Bareng KapanLagi

Cara Mendaftar Buka Puasa Bareng KapanLagi (Sumber: KapanLagi)
Cara Mendaftar Buka Puasa Bareng KapanLagi (Sumber: KapanLagi)

Kalau kamu ingin menikmati sajian musik dari Monita Tahalea dan Lalahuta, belajar memasak dengan Chef Yuda Bustara, serta meet and greet atau buka bareng Pevita Pearce, segera daftar di bukabareng.kapanlagi.com. Ikuti panduan berikut:

1. Kunjungi laman bukabareng.kapanlagi.com sampai muncul tampilan seperti di bawah ini di layar handphone atau gadget kamu. Langsung klik pada tulisan daftar sekarang. 

Cara Mendaftar Buka Puasa Bareng KapanLagi (Sumber: KapanLagi)
Cara Mendaftar Buka Puasa Bareng KapanLagi (Sumber: KapanLagi)

Saat kamu nanti ikut dalam meet and greet bersama dengan selebriti via akun zoom, tampilannya sedikit banyak akan seperti gambar di halaman di atas. Kamu bisa menikmati menu berbuka di depan kamera ponsel atau laptop sambil mengobrol bersama selebriti. 

2. Setelah klik daftar sekarang, akan muncul halaman seperti ini. Klik daftar sekarang sekali lagi. 

Cara Mendaftar Buka Puasa Bareng KapanLagi (Sumber: KapanLagi)
Cara Mendaftar Buka Puasa Bareng KapanLagi (Sumber: KapanLagi)

3. Isikan data diri kamu, mulai dari nama, alamat email yang aktif, serta nomor WhatsApp yang bisa dihubungi. Data di atas akan kami gunakan untuk mengirim undangan mengikuti sesi meet and greet via Zoom. Setelah data terisi semua, klik pada tombol daftar.

4. Nantinya, meet and greet bersama seleb nanti bakal dilangsungkan via aplikasi Zoom. Jadi, pastikan kamu sudah menginstall aplikasi tersebut di gadget atau handphone. Klik SUDAH jika kalian sudah memiliki aplikasinya, atau klik BELUM jika kalian belum memilikinya.

Bagi yang masih bingung cara install aplikasi zoom, nih ada panduan singkatnya.

Cara Mendaftar Buka Puasa Bareng KapanLagi (Sumber: KapanLagi)
Cara Mendaftar Buka Puasa Bareng KapanLagi (Sumber: KapanLagi)

5. Selesai! Kamu sukses mendaftar sebagai peserta meet and greet. Tinggal klik tombol konfirmasi dan panduan selanjutnya bisa kamu ikuti via WA. Mudah bukan? Jangan lupa tekan tombol konfirmasi ya. 

Cara Mendaftar Buka Puasa Bareng KapanLagi (Sumber: KapanLagi)
Cara Mendaftar Buka Puasa Bareng KapanLagi (Sumber: KapanLagi)

Setelah proses pendaftaran berhasil, kamu tidak perlu bingung. Nantinya kamu bakal dapat pesan konfirmasi dari pihak KapanLagi melalui nomor WhatsApp masing-masing.

Cara Mendaftar Buka Puasa Bareng KapanLagi (Sumber: KapanLagi)
Cara Mendaftar Buka Puasa Bareng KapanLagi (Sumber: KapanLagi)

Hanya dengan mengikuti event ini, kamu bisa berbuka bersama secara online dengan para artis. Nantikan juga kuis-kuis berhadiah menarik di sela-sela sesi meet and greet. Sampai bertemu Sabtu nanti KLovers. Jangan lupa ajak keluarga, pasangan, atau teman sebanyak-banyaknya ya. Jangan lupa daftar di sini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Donald Trump: Corona COVID-19, China Lakukan Pembunuhan Massal di Seluruh Dunia

Posted: 20 May 2020 10:28 PM PDT

Liputan6.com, Washington, D.C - Presiden AS Donald Trump pada hari Rabu 20 Mei 2020 kembali mengecam China atas pandemi Virus Corona COVID-19. Menyalahkan Tiongkok atas pembunuhan massal orang di seluruh dunia.

Lewat cuitannya di Twitter, Trump kembali menyampaikan kritik tersebut kepada Beijing, demikian dikutip dari laman Channel News Asia, Kamis (21/5/2020).

"Itu adalah 'ketidakmampuan China', dan tidak ada yang lain, yang melakukan pembunuhan massal di seluruh dunia ini," twit presiden Donald Trump.

Virus ini pertama kali muncul di kota Wuhan di China Desember lalu, dan menyebar dengan cepat ke seluruh dunia. Menewaskan lebih dari 323.000 orang pada hitungan terakhir, dan memicu kerusakan ekonomi yang sangat besar.

Trump awalnya mengecilkan keseriusan ancaman dan mengatakan berulang kali bahwa China sedang menangani wabah. Dia kemudian berpaling menyalahkan China karena membiarkan penyebaran internasional.

Presiden Donald Trump juga pernah mengancam menghentikan pemberian bantuan pada Badan Kesehatan Dunia (WHO). Ancaman itu dilontarkan setelah Trump menuding WHO lebih condong terhadap China.

Dikutip dari laman New York Times, Donald Trump menilai jika WHO tak cukup baik dalam menghadapi penyebaran Virus Corona COVID-19.

"Kami akan menahan bantuan uang yang selama ini diberikan kepada WHO. Kami akan memegang kendali yang sangat kuat di atasnya," kata Trump selama briefing harian Virus Corona di Gedung Putih.

Trump menilai organisasi itu tidak cukup agresif dalam menghadapi Virus Corona COVID-19.

Sebelumnya, Donald Trump juga menulis komentar di akun Twitter pribadinya dan menilai jika WHO sangat China sentris.

"WHO benar-benar gagal," kata Trump dalam cuitannya di Twitter.

"Sebagian besar didanai oleh Amerika Serikat, namun sangat China sentris. Kami akan mengawasinya. Untungnya saya menolak saran mereka supaya perbatasan kami terbuka bagi China sejak awal. Mengapa WHO memberi kami rekomendasi yang salah?"

 

Kerahkan Ribuan Militer

Presiden Amerika Serikat Donald Trump (tengah) didampingi Presiden Afghanistan Ashraf Ghani berbicara kepada anggota militer saat mengunjungi Pangkalan Udara Bagram, Afghanistan, Kamis (28/11/2019). (AP Photo/Alex Brandon)
Presiden Amerika Serikat Donald Trump (tengah) didampingi Presiden Afghanistan Ashraf Ghani berbicara kepada anggota militer saat mengunjungi Pangkalan Udara Bagram, Afghanistan, Kamis (28/11/2019). (AP Photo/Alex Brandon)

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump juga mengatakan mengerahkan lebih dari 3.000 anggota militer dan personel kesehatan ke daerah-daerah yang terdampak parah Virus Corona COVID-19. Daerah New York menjadi salah satu daerah dengan situasi terburuk di AS.

Secara bersamaan, para pejabat Gedung Putih mengatakan mereka juga berharap akan mulai melihat stabilnya perebakan virus itu di wilayah-wilayah metropolitan di mana wabah dimulai.

Jumlah kematian akibat Virus Corona jenis baru diperkirakan akan terus bertambah di Amerika, dan Presiden Trump mengatakan dua minggu ke depan akan sulit.

"Kita akan sampai pada waktu itu ketika angkanya mencapai puncak, dan itu akan menjadi situasi buruk. Saya yakin kita mungkin belum pernah melihat angka seperti ini," ujar Trump seperti dikutip VOA Indonesia.

Militer Amerika membantu dengan mengirim lebih dari seribu petugas medis ke pusat-pusat perebakan di seluruh Amerika, kata Menteri Pertahanan Mark Esper.

"Sampai kemarin, kami memutuskan beberapa ratus dari mereka akan ditugaskan untuk membantu di rumah-rumah sakit di kota New York," jelas Esper.

Gedung konvensi Jacob Javits Center di New York City telah dijadikan rumah sakit darurat yang berkapasitas 2.500 tempat tidur. Jumlah korban meninggal di New York City akibat Virus Corona hampir mencapai tiga ribu orang.

Menteri Pertahanan Mark Esper mengatakan, "Ini akan menjadi rumah sakit terbesar di Amerika Serikat, dan dioperasikan oleh militer Amerika Serikat."

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sumber Suara Dentuman di Bandung Masih Misteri

Posted: 20 May 2020 10:26 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Warga Kota Bandung dibuat heboh dengan suara dentuman yang terdengar di langit. Hal itu terjadi pada Kamis (21/5/2020) WIB.

Saksi warga mengatakan, suara dentuman itu terdengar berulang-ulang. Dentuman tersebut terdengar antara lain di daerah Kopo-Katapang, Buah Batu, Astana Anyar, Rancamanyar, sebagian kawasan Cimahi, hingga kawasan Soreang, Kabupaten Bandung.

Daryono, Kabid Mitigasi Gempa Bumi Dan Tsunami BMKG kepada Liputan6.com mengatakan, hasil monitoring BMKG tidak ada aktivitas gempa bumi signifikan yang terjadi di Bandung dan sekitarnya sejak pukul 00.00 hingga 10.00 WIB.

"Cuaca di Bandung dan sekitarnya sejak pagi hari ini hingga pukul 10.00 WIB juga dalam kondisi cerah dan berawan, serta tidak terjadi hujan," katanya.

 

Gunakan Lightning Detector

Hasil monitoring petir menggunakan peralatan lightning detector menunjukkan tidak ada kejadian petir di Bandung dan sekitarnya antara pukul 08.30 - 10.00 WIB.

Sehingga berdasarkan data tersebut, suara dentuman tidak bersumber dari peristiwa gempa bumi, petir, atau cuaca di Bandung dan sekitarnya.

"Masih misteri," kata Daryono.

(Ahmad Priyono / Harun Mahbub)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mendes PDTT Minta Warga Kembalikan Dana BLT Jika Sudah Terima Bantuan Lain dari Pemerintah

Posted: 20 May 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Abdul Halim Iskandar meminta warga segera mengembalikan dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa, jika terdaftar sebagai penerima instrumen bantuan lain pemerintah seperti kartu pra kerja, PKH.

Dalam wawancara secara siaran langsung dengan merdeka.com pada Rabu (20/5/2020), Halim menyampaikan proses pengembalian dana BLT sangat mudah. Sehingga menurutnya, tidak ada alasan bagi warga untuk tidak mengembalikan dana tersebut, apabila telah menerima bantuan dari sumber lain.

"Ya tentu pertama harus segera dikembalikan yang BLT Desa. Pengembalian BLT lebih mudah karena cukup berita acara ke kepala desa, ke bendahara desa selesai daripada dipermasalahkan lebih lanjut," ujar Halim.

Ia mengatakan jika ada kejadian seperti itu, kesalahan bukan pada tim pendataan tingkat RT melainkan warga yang tidak jujur. Saat pendataan, kata dia, calon penerima BLT Desa diminta mengisi formulir.

Pada formulir itu terdapat pilihan apakah warga merupakan bagian penerima bantuan pemerintah seperti PKH, kartu pra kerja. Jika salah satu dari pilihan tersebut dibenarkan warga, maka secara otomatis dana tidak akan diterima warga tersebut.

"Jadi bukan datanya yang salah tapi pengakuannya yang palsu karena sejak awal diberikan ruang untuk pengakuan," ucapnya.

Halim tidak secara khusus menyebut sanksi bagi warga yang curang saat menerima BLT Desa, namun ia menegaskan langkah satu-satunya adalah evaluasi saat pencairan selanjutnya.

"Ya itu dievaluasi," ucapnya.

Nilai BLT Desa yang diberikan kepada setiap kepala keluarga sebesar Rp 600.000 per bulan. Pemberian bantuan itu berlangsung selama tiga bulan, terhitung sejak Maret 2020.

Sementara itu realisasi penyaluran dana BLT Desa masih 32 persen atau 17.259 desa.

"Kemarin 17.259 desa atau sekiar 32 persen dari desa yang duitnya sudah ada, loncatannya bagus sih," kata Halim.

Sempat Alami Kendala

Halim mengatakan, sebelumnya realisasi BLT Desa sempat mengalami kendala. Dalam prosedur pencairan dana, terlebih dahulu dilakukan pendataan atau verifikasi oleh relawan tingkat RT sebanyak tiga orang.

Setelah data terkumpul, diserahkan ke tingkat Kabupaten untuk sinkronisasi sekaligus untuk memastikan penerima dan BLT Desa bukan penerima bantuan yang termasuk program rutin pemerintah seperti kartu pra kerja, PKH. Pada proses sinkronisasi itu, sambung Halim, data-data yang masuk terus menumpuk dan berdampak tersendatnya terhadap realisasi pencairan.

Dia menjelaskan perlunya sinkronisasi data calon penerima dana BLT Desa agar tidak adanya tumpang tindih.

"Kok penyalurannya lambat karena ternyata masalahnya di tingkat kabupaten yang memang kita berikan alur agar pasca musdes (musyawarah desa) itu dibawa ke kabupaten untuk sinkronisasi supaya tidak terjadi overlapping," ujarnya.

Menyadari adanya kendala, Halim mengeluarkan Instruksi Menteri yang bertujuan untuk mempersingkat pencairan. Dia mengatakan dalam instruksi itu mengatur bahwa maksimal pencairan setelah data dari desa masuk, selama 4 hari.

"Saya keluarkan instruksi menteri agar desa yang sudah setor dokumen calon penerima musdes ke kabupaten dan sudah melebihi 4 hari kerja, langsung dicairkan biar pemerintah daerah yang sesuaikan," jelasnya.

"Ini terjadi percepatan akhirnya. Jadi, lama boleh ada di Pemda maksimal 5 hari kerja," tandas Halim.

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ma'ruf Amin Terima Ucapan Idul Fitri dari Wakil Perdana Menteri Singapura

Posted: 20 May 2020 10:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menerima ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah dari Wakil Perdana Menteri Singapura, Heng Swee Keat. Ucapan itu diberikan saat keduanya berbicara melalui sambungan telepon di kediaman dinas Wapres, Jalan Diponegoro Nomor 2, Jakarta, Kamis (21/5/2020).

Pada kesempatan itu, Wapres menyampaikan terima kasih atas ucapan dan atensi yang diberikan oleh Pemerintah Singapura kepada Indonesia dalam menyambut Idul Fitri. Wapres bilang, meski perayaan hari raya tahun ini berbeda dari biasanya, namun tidak mengurangi makna dari Idul Fitri tersebut.

"Selamat siang Deputi Perdana Menteri Heng. Terima kasih telah menyempatkan diri untuk menyampaikan ucapan menyambut hari raya Idul Fitri. Semoga perayaan Idul Fitri tahun ini akan membawa keberkahan dan kedamaian bagi kita semua," ujar Wapres.

"Namun, dengan adanya pandemi Covid-19 perayaan Idul Fitri tahun ini akan berbeda bagi umat muslim di seluruh dunia, termasuk di Indonesia dan Singapura. Di Indonesia, kami merayakan dengan sederhana, tidak pulang kampung, untuk menghindari penyebaran Covid-19. Tentunya, perayaan Idul Fitri tidak akan berkurang maknanya," lanjutnya.

Wapres juga menyampaikan apresiasi atas perhatian dan bantuan yang diberikan Singapura kepada Indonesia dalam menghadapi pandemi Covid-19.

"Saya yakin Idul Fitri tahun ini juga dapat menjadi momentum yang baik bagi [hubungan] kedua negara, untuk saling membantu dan bekerjasama menghadapi dampak luas Covid-19," ungkap Wapres.

 

Perkuat Hubungn Bilateral

Presiden Joko Widodo berbincang dengan Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat memimpin rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (9/12/2019). Ratas tersebut membahas pelaksanaan program kredit usaha rakyat tahun 2020. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Presiden Joko Widodo berbincang dengan Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat memimpin rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (9/12/2019). Ratas tersebut membahas pelaksanaan program kredit usaha rakyat tahun 2020. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Ma'ruf Amin berharap agar Indonesia dan Singapura dapat memperkuat kerja sama antar negara untuk mendorong kestabilan ekonomi kawasan dan global.  

"Sebagai Wakil Perdana Menteri dan Menteri Keuangan, saya memahami Bapak Heng tentunya terus memantau perkembangan ekonomi, pemberian stimulus, dan nilai tukar mata uang. Pemerintah Indonesia juga bekerja keras memastikan stimulus ekonomi yang disediakan dapat menjangkau masyarakat yang terdampak ekonominya akibat pandemi Covid-19," tuturnya.

Menutup pembicaraan, Wapres mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri kepada seluruh masyarakat Singapura dan menitipkan salam hangat untuk Presiden serta Perdana Menteri Singapura.

"Mohon sampaikan salam hangat saya kepada Presiden Halimah Yacob dan Perdana Menteri Lee Hsien Loong dan masyarakat Singapura yang akan merayakan Idul Fitri," tutup Wapres. 

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Golda Coffee KapanLagi Buka Puasa Bareng Chef Yuda Bustara, 5 Resep Menu Ini Bisa Dicoba

Posted: 20 May 2020 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Golda Coffe KapanLagi Buka Bareng edisi 5 akan kembali digelar pada hari Kamis, 21 Mei 2020. Keseruan pada momen buka puasa bareng ini selalu dimeriahkan oleh artis ternama, musisi Tanah Air, dan ada juga chef selebriti yang akan hadir.

Pada momen Golda Coffe KapanLagi Buka Bareng edisi 5 ini akan dihibur oleh penampilan musisi Tanah Air yakni Monita Tahalea dan juga LALAHUTA yang akan memeriahkan event online ini. Selain musisi, Chef Yuda Bustara juga akan menghibur kamu di mana pun berada. 

Ikut serta dalam Golda Coffee KapanLagi Buka Bareng edisi 5 bersama Chef Yuda Bustara, tentunya dapat menambah inspirasi resep menu buka puasa bersama keluarga.

1. Masak Secara Live

Ya, tentunya Chef Yuda Bustara akan menghibur kamu dengan memasak secara live lewat streaming di vidio.co atau buka bareng.kapanlagi.com pada sore hari tepatnya pukul 16.00 - 17.30.

Selain Chef Yuda Bustara dan juga musisi Tanah Air, Monita Tahalea serta LALAHUTA, event online Golda Coffe KapanLagi Buka Bareng edisi 5 ini juga dihadiri oleh Pevita Pearce yang akan menemani buka puasa kamu. Tentunya buka puasa kamu menjadi lebih asyik dengan menyaksikan Golda Coffee KapanLagi Buka Bareng edisi 5.

2. Pastikan Sudah Daftar

Pastikan kamu sudah mendaftar ya. Jangan sampai lewatkan event online Golda Coffe KapanLagi Buka Bareng pada edisi 5 hari Kamis, 21 Mei 2020. Agar bisa ikut meramaikan event online tersebut pastikan kamu sudah mendaftarnya di bukabareng.kapanlagi.com ya.

Untuk cara daftrnya, kamu hanya perlu KLIK DI SINI 

 

3. Ragam Resep Olahan Agar-Agar untuk Buka Puasa

Agar-agar/copyright: shutterstock
Agar-agar/copyright: shutterstock

1. Resep Menu Buka Puasa: Agar-Agar Cokelat Roti Tawar

Selain mengintip aksi Chef Yuda Bustara memasak di acara Golda Coffee KapanLagi Buka Bareng Edisi 5, kamu juga bisa sembari masak menu buka puasa. Menu buka puasa satu ini bisa dihidangkan saat buka puasa bersama keluarga. Agar-agar cokelat roti tawar bisa menjadi pilihan untuk menu buka puasa bersama keluarga. Agar-agar mengandung serat yang baik untuk pencernaan setelah seharian berpuasa. Tekstur lembut dari agar-agar tentunya dapat mengembalikan semangat kamu dan keluarga.

Bahan:

1. 800 ml susu UHT cokelat

2. 1/4 sdt garam

3. 4 lembar roti tawar

4. 2 sdm bubuk cokelat

5. 1 bungkus agar-agar plain

6. 100 gram gula pasir

7. 100 gram dark cokelat (iris atau potong kecil-kecil)

8. 2 sdm chochochip

 

Cara Membuat:

1. Blender roti tawar dan susu UHT cokelat. Sisihkan.

2. Masukkan gula pasir, bubuk agar-agar plain, garam, potongan dark cokelat, dan bubuk cokelat ke panci. Lalu tuang adonan roti tawar tadi, masak sembari diaduk hingga meletup-letup.

3. Tuang ke cetakan, beri topping sesuai selera.

 

2. Resep Menu Buka Puasa : Agar-agar Cokelat Brownies

Resep praktis untuk menu buka puasa selanjutnya yang bisa dicoba adalah agar-agar cokelat brownies. Rasa cokelat yang terdapat pada agar-agar tentunya dapat mengembalikan mood dan semangat setelah seharian berpuasa. Selain tekstur lembut dan rasanya yang menggugah selera, cara membuat resep satu ini tentunya sangat praktis. Resep yang praktis tentunya bisa dipakai untuk menyiapkan menu buka puasa.

Bahan :

1. 1 bungkus nutrijell plain

2. 1 kaleng SKM cokelat

3. 1 bungkus swallow plain

4. 1 sdm maizena

5. 6 lembar roti tawar kupas

6. 100 gram DCC

7. 1 liter air

8. 2 sdm bubuk cokelat

9. 4 sdm gula pasir (sesuai selera)

10. 2 butir kuning telur

 

Cara Membuat:

1. Blender SKM, air, kuning telur dan roti tawar.

2. masukan ke panci, tambahkan swallow, nutrijell, gula, bubuk cokelat, maizena, dan DCC. Aduk rata. Masak dengan api sedang sembari diaduk terus sampai mendidih.

3. Tuang ke cetakan, tunggu dingin. Masukan ke kulkas.

 

3. Resep Menu Buka Puasa : Agar-agar Cokelat Marie

Memadukan agar-agar dengan biskuit marie tentunya dapat menjadi hidangan yang sehat dan cocok untuk buka puasa. Resep praktis satu ini bisa menemani waktu buka puasa bersama keluarga. Tekstur lembut agar-agar baik untuk kesehatan pencernaan kamu.

Bahan:

1. 2 agar-agar swalow putih/cokelat

2. 1500 cc air

3. 20 keping biskuit marie

4. vanili secukupnya

5. 1 kaleng susu cokelat

6. 1 sdm cacao cokelat bubuk

7. 1 sdm susu bubuk full cream

8. pasta cokelat secukupnya

9. 1/2 sdm garam

 

Cara Membuat:

1. Campur semua bahan jadi satu, masukan bergantian dan perlahan sambil diaduk sampai rata. Jika perlu gunakan pengocok telur, agar tidak menggumpal

2. Panaskan api, rebus dan aduk terus hingga mendidih, setelah mendidih matikan api dan tuang sebagian adonan ke dasar cetakan

3. Biarkan hingga mengeras, lalu tuang adonan, kurang lebih 2 sdm tiap lapisnya sebagai perekat

4. Lalu susun sesuai selera, biarkan marie benar-benar lengket, baru tuang lagi seluruh sisa adonan hingga terendam semua dan biarkan dingin.

4. Macam Resep Ayam Bakar untuk Buka Puasa

Pemenang kompetisi Bango 'Ayam Bakar Madu Salakilo'
Pemenang kompetisi Bango 'Ayam Bakar Madu Salakilo'

1. Resep Menu Buka Puasa : Ayam Bakar Kecap

Ayam tak jarang menjadi pilihan untuk dihidangkan saat buka puasa. Ayam merupakan salah satu protein yang bisa disajikan dengan ragam menu. Olahan ayam yang lezat dan menggugah selera tentunya cocok menemani waktu berbuka puasa.

Bahan:

1. 700 gram ayam, potong sesuai selera

2. 5-6 sdm kecap manis

3. 1 sdm mentega

4. 1 sdm gula merah sisir

5. 1 sdm air asam jawa

6. Air putih secukupnya

7. Garam, merica dan kaldu jamur secukupnya

8. 2 lembar daun salam

9. 1 batang sereh geprek

10. 1 ruas lengkuas geprek

11. 4 lembar daun jeruk sobek-sobek

 

Bumbu halus:

1. 3 butir kemiri sangrai

2. 1 sdt ketumbar sangrai

3. Sedikit jahe dan kunyit

4. 8 butir bawang merah

5. 5 siung bawang putih

 

Cara Memasak:

1. Cuci bersih ayam

2. Beri perasan air jeruk nipis lalu sisihkan

3. Tumis bumbu halus dengan minyak dan sedikit mentega sampai wangi dan mengeluarkan minyak

4. Beri gula merah, kecap dan air asam lalu aduk sebentar

5. Masukkan ayam, lalu masak hingga kaku dan berubah warna

6. Tuang air hingga ayam terendam

7. Taburi garam, merica, dan kaldu jamur secukupnya

8. Masak dengan api sedang lalu tutup hingga bumbu meresap dan air surut

9. Angkat ayam dan bakar di atas arang sembari dioles dengan sisa bumbu dan mentega

10. Bakar hingga wangi namun jangan sampai gosong

11. Sajikan dengan lalapan dan sambal sesuai selera.

 

2. Resep Menu Buka Puasa : Ayam Bakar Rica-Rica

Olahan ayam selanjutnya yang bisa dicoba adalah ayam bakar rica-rica. Bagi kamu penyuka masakan pedas, resep menu buka puasa satu ini bisa dijadikan pilihan untuk buka puasa. Rasa pedas yang dihasilkan dari hidangan ini tentunya dapat menambah nafsu makan kamu ketika buka puasa bersama keluarga.

Bahan:

1. 1 ekor ayam ukuran sedang

2. 2 butir jeruk nipis, ambil airnya

3. 2 sdt garam

4. 4 sdm minyak untuk menumis

 

Bumbu halus:

1. 9 butir bawang merah

2. 22 buah cabai merah keriting

3. 2 buah cabai merah besar, buang bijinya

4. 5 cm jahe

5. 2 sdt garam

6. 3 batang serai, memarkan

7. 200 ml air

 

Cara Memasak:

1. Cuci dan bersihkan ayam, lalu potong menjadi empat bagian

2. Lumuri seluruh ayam dengan air jeruk nipis dan garam

3. Diamkan selama 15 menit

4. Lalu bakar hingga dagingnya kaku dan kulit sedikit mengering

5. Setelah itu pukul-pukul ayam sedikit jangan sampai hancur

6. Panaskan minyak, tumis bumbu halus dan serai hingga harum, lalu beri air dan biarkan mendidih

7. Masukkan ayam dan biarkan sebentar

8. Angkat ayam dan bakar lagi sebentar saja sembari dioles bumbu sisa

9. Sajikan dengan nasi selagi hangat.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Asteroid Besar Akan Mendekati Bumi Jumat Ini Jelang Idul Fitri

Posted: 20 May 2020 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Idul Fitri tinggal hitungan hari. Sebuah fenomena langit berupa asteroid mendekati Bumi dilaporkan akan terjadi. Hal tersebut telah dikonfirmasi oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan). 

"Menjelang Idul Fitri, Asteroid 136795 (1997 BQ) akan melintas dekat Bumi pada hari Jumat, 22 Mei 2020 pukul 04.44 WIB pada jarak 6,16 juta kilometer," jelas pihak Lapan melalui akun Instagram resmi pussainsa_lapan yang Liputan6.com kutip Kamis (21/5/2020).

Apakah asteroid tersebut berbahaya?

"Asteroid ini berukuran 1,5 kilometer dan dikategorikan sebagai Asteroid Apollo dengan kelas spektral S (siliceous) serta Asteroid Berpotensi Berbahaya," tulis pihak Lapan.

Lapan menyebut bahwa ukuran asteroid yang berkisar 650 meter hingga 1,5 kilometer, membuat Asteroid 1997 BQ dikategorikan sebagai asteroid Apollo dan Potentially Hazardous Asteroid (PHA) dengan kelas spektral S.

Asteroid kelas spektral S (siliceous) merupakan asteroid yang kandungan kimianya didominasi oleh silika berbatu. Asteroid kelas itu berpopulasi 17% dari total asteroid yang ditemukan, kedua terbanyak setelah kelas spektral C (carboneous) yang komposisinya didominasi oleh karbon.

Asteroid Apollo adalah asteroid yang memiliki sumbu setengah panjang lebih besar dibandingkan dengan orbit Bumi (> 1 Satuan Astronomi, SA) tetapi jarak perhelionnya lebih kecil dibandingkan aphelion Bumi (< 1,017 SA).

Beberapa asteorid Apollo bisa menjadi ancaman bagi penduduk di Bumi apabila berada pada jarak yang sangat dekat dengan Bumi, seperti Meteor Chelyabinsk yang memasuki atmosfer Bumi dan meledak di langit kota Chelyabinsk, Rusia pada 15 Februari 2013 silam dengan ukuran 17 meter.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Center of Near Earth Object Studies (CNEOS) NASA, asteroid 1997 BQ akan mendekati Bumi pada hari Kamis, 21 Mei 2020 pukul 21.44 Universal Time atau Jumat pukul 04.44 Waktu Indonesia Barat (bertepatan dengan 28 Ramadan 1441 H) pada jarak 6,16 juta kilometer.

Mengutip laman resmi Pusat Sains Antariksa Lapan (PUSSAINSA), pussainsa.lapan.go.id, asteroid itu disebutkan memiliki kecepatan relatif 11,68 kilometer per detik ketika mendekati Bumi, sedikit lebih lambat dibandingkan asteroid 2009 XO.

10 Kali Lebih Terang dari Asteroid 2009 XO

Asteroid 136795 (1997 BQ) yang akan melintasi Bumi menjelang Idul Fitri. (Instagram pussainsa_lapan)
Asteroid 136795 (1997 BQ) yang akan melintasi Bumi menjelang Idul Fitri. (Instagram pussainsa_lapan)

Melalui pussainsa.lapan.go.id, didapati informasi bahwa Asteroid 1997 BQ memiliki magnitudo mutlak +18,0 jika diamati pada jarak 1 SA dari Matahari dan pengamat.

Asteroid itu 10 kali lebih terang dibandingkan dengan Asteroid 2009 XO yang bermagnitudo +20,5. Orbit asteroid 1997 BQ memiliki jarak perpotongan orbit minimum (minimum orbit intersection distance, MOID) sebesar 0,035826 SA atau 5,36 kilometer terhadap orbit Bumi. Karena nilai MOID lebih kecil dari 0,05 SA atau 7,5 juta kilometer, dan juga magnitudo absolutnya lebih kecil daripada +22, sehingga objek itu dapat dikategorikan sebagai objek berpotensi bahaya (Potentially Hazardous Object, PHO).

Asteroid 1997 BQ memiliki sumbu setengah panjang sebesar 1,747 SA atau 261 juta kilometer, dengan kelonjongan orbit sebesar 0,479. Orbit asteroid 1997 BQ sedikit lebih kecil dan lebih bundar jika dibandingkan dengan orbit 2009 XO namun lebih besar lonjong dibandingkan orbit 2016 HP6.

Jarak terdekat asteroid itu dengan Matahari sebesar 0,911 SA dengan kemiringan orbit 10,99° terhadap ekliptika, sedikit lebih miring dibandingkan orbit planet katai Ceres (10,62°).

Periode orbit asteroid itu sedikit lebih cepat dibandingkan orbit 2009 XO namun lebih lama dibanding 2016 HP6 yakni selama 844 hari atau 2,3 tahun. Hal itu sesuai dengan Hukum Ketiga Kepler yaitu, "Kuadrat periode orbit berbanding lurus dengan pangkat tiga jarak ke Matahari," atau dengan kata lain semakin dekat jarak benda dari Matahari semakin singkat pula benda tersebut mengorbit.

Sebagaimana dengan 2016 HP6 dan 2009 XO, orbit 1997 BQ memiliki periode sedikit lebih lama dibandingkan periode orbit Mars yakni 687 hari atau 1,88 tahun.   

Tarikan Gravitasi Planet Bisa Ubah Orbit Asteroid

ilustrasi asteroid. (iStockphoto)
ilustrasi asteroid. (iStockphoto)

Dilansir dari Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA, tarikan gravitasi planet dapat mengubah lintasan orbit asteroid. Baik asteroid sesatan (stray asteroid) maupun pecahan dari tabrakan asteroid terdahulu diyakini telah menabrak Bumi di masa silam, yang berperan penting dalam evolusi planet Bumi hingga seperti saat ini.

Sedangkan menurut Planetary Defense Coordination Office NASA, jatuhnya asteroid adalah proses alami yang terjadi terus menerus. Setiap harinya, material seberat 80 hingga 100 ton, asteroid jatuh ke Bumi dari luar angkasa dalam bentuk debu dan meteorit kecil (pecahan asteroid yang hancur di atmosfer Bumi).

Setidaknya dalam 20 tahun terakhir, sensor radar pemerintah Amerika Serikat telah mendeteksi hampir 600 asteroid berukuran sangat kecil (beberapa meter saja) yang memasuki atmosfer Bumi sehingga menciptakan bolide atau fireball.

Para ahli memperkirakan bahwa benda jatuh alami yang besarnya sama dengan pecahan meteorit di Chelyabinsk terjadi sekali atau dua kali dalam 100 tahun.

Benda jatuh alami yang lebih besar diperkirakan sangat jarang terjadi (dalam skala ratusan hingga ribuan tahun). Namun, mengingat ketidaklengkapan katalog Objek Dekat Bumi saat ini, benda jatuh alami seperti meteorit Chelyabinsk dapat terjadi kapan saja. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peringati Kenaikan Isa Almasih, Menag Ajak Umat Kristiani Berempati dengan Sesama

Posted: 20 May 2020 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengucapkan selamat memperingati kenaikan Isa Almasih kepada umat Kristiani di Indonesia. Peringatan tahunan itu, kali ini jatuh pada Kamis, 21 Mei 2020.

"Saya Jenderal TNI Purnawirawan Fachrul Razi, Menteri Agama Republik Indonesia mengucapkan selamat memperingati hari kenaikan Isa Almasih kepada seluruh umat Kristiani Indonesia," ucap Fachrul Razi melalui tayangan video yang disiarkan Kamis (21/5/2020).

Menag mengatakan, kenaikan Isa Almasih bagi umat Kristiani dimaknai sebagai pemberi kepastian akan kekekalan hidup dan persekutuan dengan Tuhan. Karena itu, Menag mengajak umat Kristiani Indonesia untuk berempati terhadap sesamadi tengah situasi pandemi Covid-19.

"Saya mengajak umat Kristiani untuk terus berempati pada kehidupan sesama. Khususnya pada kehidupan saudara-saudara kita yang terkena dampak pandemi Covid-19," kata Menag.

Dikatakan Menag, saling peduli adalah kunci Indonesia untuk maju. Ia juga mengajak umat Kristiani untuk berdoa agar Indonesia kembali damai dan terbebas dari pandemi Corona.

"Dan untuk sementara waktu beribadah di rumah saja," imabunya.

Ucapan Jokowi

Presiden Joko Widodo bersiap melantik Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/4/2020). Riza dilantik berdasarkan Keppres Nomor 40/P Tahun 2020 tentang Pengesahan Pengangkatan Wagub DKI Jakarta sisa masa jabatan 2017-2022. (Biro Pers Kepresidenan)
Presiden Joko Widodo bersiap melantik Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/4/2020). Riza dilantik berdasarkan Keppres Nomor 40/P Tahun 2020 tentang Pengesahan Pengangkatan Wagub DKI Jakarta sisa masa jabatan 2017-2022. (Biro Pers Kepresidenan)

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo juga mengucapkan selamat memperingati hari kenaikan Isa Almasih yang jatuh pada hari ini, Kamis (21/5/2020).

Dalam akun instagramnya, Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut mengunggah gambar sketsa kartun dirinya.

"Untuk saudara-saudaraku umat kristiani," kata Jokowi dalam akun instagramnya.

Unggahan Jokowi pun langsung dibanjirin like dan komen para netizen. Mulai dari mendoakan hingga pujian untuk Jokowi.

"Terima kasih pak, Tuhan Memberkati," tulis @titaadityas.

Diketahui kisah kenaikan Isa Almasih selalu diperingati umat Kristen dan Katolik dengan menghadiri Misa di Gereja. Namun kali ini, ibadah diimbau dilakukan di rumah masing-masing akibat pandemi corona Covid-19.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: