Rabu, 06 Mei 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Isi Buku SPY SI Hendropriyono, dari Penangkapan Bung Hatta hingga Koes Plus Bersaudara

Posted: 06 May 2020 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Abdullah Mahmud Hendropriyono akan meluncurkan buku autobiografinya SPY SI secara online, Kamis (7/5/2020). Buku itu mengupas kiprah Hendro saat dirinya bergelut di dunia intelijen.

"SPY SI itu singkatan dari Sebagian Pengalaman Yang Saya Ingat. Kebetulan. Tapi memang di dalamnya, karena saya besar di intelijen, pendekatannya banyak di intelijen," kata Hendropriyono kepada Liputan6.com, Kamis (7/5/2020).

Buku 300 halaman yang ditulisnya sendiri ini, menyematkan beberapa cerita sejarah. Seperti cerita soal penangkapan Bung Hatta.

"Itu saya rasa belum pernah ada cerita itu, saya Google mana-mana. Saya tahu itu saya ceritain," ungkap Hendropriyono.

Selain itu ada juga cerita penangkapan Koes Plus Bersaudara.

"Itu kenapa itu kejadiannya. Itu saya ceritain. Kan sudah lewat. Saya baca buku mana-mana, referensi buku, pada enggak tahu tuh sebetulnya persoalannya gimana. Jadi saya ceritain yang benarnya gimana supaya tahu. Buat pelajaran aja, buat kita semua pelajaran kita semua, masyarakat, bangsa kita harus belajar dari sejarah," lanjut Hendropriyono.

Belajar Sejarah

Adapun, buku tersebut diluncurkan secara online melalui akun-akun media sosialnya, pukul 14.00 WIB. Di mana dapat dibaca sebagian isi bukunya sebelum dicetak.

"Kita harus mempelajari sejarah. Ada idiom bilang, satu-satunya yang bisa dipelajari sejarah adalah orang tidak belajar dari sejarah. Itu kan enggak benar. Kita jangan terperosok, seperti keledai terperosok di lubang yang sama," katanya.

Dia berharap dengan membaca buku ini, bisa menjadi tambahan, masukan di teliti lebih dalam.

"Dijadikan study di pelajari begitu, buat langkah-langkah ke depan," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bukan Urus Pandemi, Trump Minta Gugus Tugas COVID-19 Fokus Kembalikan Ekonomi AS

Posted: 06 May 2020 10:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan, kelompok gugus tugas Virus Corona COVID-19 akan mengalihkan fokusnya untuk membuka kembali perekonomian, sehari setelah menyatakan bahwa kelompok tersebut akan dibubarkan.

Tidak jelas bagaimana sebenarnya gugus tugas akan berubah tetapi Trump mengatakan, "kami dapat menambah atau mengurangi orang untuk itu."

Mengutip BBC, Kamis (7/5/2020), dalam serangkaian tulisan di akun Twitternya pada hari Rabu, Trump mengatakan gugus tugas telah "melakukan pekerjaan yang fantastis untuk menyatukan (dan) sumber daya yang sangat kompleks".

Dia turut memuji Wakil Presidennya yakni Mike Pence, yang mengepalai kelompok itu, dan mengatakan mereka telah "menetapkan standar tinggi untuk diikuti orang lain".

"Karena keberhasilan ini, Gugus Tugas akan melanjutkan tanpa batas dengan fokus pada keselamatan & membuka negara kami lagi," kata Trump.

Kasus infeksi baru yang dikonfirmasi per hari di AS saat ini mencapai 20.000, dan kematian setiap harinya melebihi 1.000.

Pejabat kesehatan AS telah memperingatkan bahwa virus itu dapat menyebar ketika bisnis mulai dibuka kembali.

AS saat ini memiliki 1,2 juta kasus infeksi Virus Corona COVID-19 yang dikonfirmasi dan lebih dari 71.000 kematian terkait, menurut Johns Hopkins University.

Gugus Tugas COVID-19 AS

Konferensi pers oleh Presiden AS Donald Trump terkait Virus Corona yang kasusnya terus meningkat di Amerika Serikat. (Saul Loeb/AFP)
Konferensi pers oleh Presiden AS Donald Trump terkait Virus Corona yang kasusnya terus meningkat di Amerika Serikat. (Saul Loeb/AFP)

Gugus tugas dibentuk pada 29 Januari. Kelompok ini akan melapor kepada presiden dan berkoordinasi dengan lembaga medis, staf politik, serta gubernur negara bagian. Kelompok ini juga berkonsultasi dengan para ahli medis untuk merumuskan pedoman nasional tentang jarak sosial.

Anggotanya termasuk lebih dari 20 pakar dan pejabat administrasi terkemuka. 

Gedung Putih mengatakan kewajiban dari satuan tugas itu adalah "memimpin upaya pemerintah untuk memantau, menahan dan mengurangi penyebaran virus" dan memberikan informasi kepada publik.

Penjelasan satuan tugas Trump yang biasa disampaikan sekali sehari, telah menjadi semakin langka sejak ia secara luas dikecam oleh komunitas medis karena menyarankan penggunaan disinfektan. 

Dr Deborah Birx adalah koordinator respon gugus tugas ini. Presiden pun kemudian juga ditanya apakah dia dan anggota penting lainnya, Dr Anthony Fauci, masih akan terlibat dalam upaya mengatasi virus corona.

"Mereka akan tetap bertugas dan begitu juga dokter-dokter lain dan juga para ahli lain di lapangan," kata presiden. 

Dia kemudian menambahkan bahwa anggota baru gugus tugas akan diumumkan pada hari Senin.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pupuk Indonesia Diminta Jamin Pasokan Pupuk ke Petani

Posted: 06 May 2020 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian BUMN meminta PT Pupuk Indonesia (Persero) untuk memastikan pasokan pupuk di petani aman. Salah satu langkah yang diharapkan adalah dengan meningkatkan produksi.

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan kepastian pupuk ini menjadi salah satu yang krusial dalam menjaga pasokan bahan pangan di tengah pandemi Virus Corona (Covid-19).

"Yang harus dijaga adalah Pupuk Indonesia dan semua anak usahanya untuk menjamin ketersediaan pupuk, sehingga dengan ketersediaan pupuk tersebut membuat petani tetap bisa bercocok tanam," kata Arya dalam keterangan persnya dikutip dari Antara, Kamis (7/5/2020).

Arya menilai penting untuk BUMN menjamin ketersediaan pupuk bersubsidi agar petani tetap produktif menghasilkan pangan yang bisa dinikmati masyarakat luas pada akhirnya.

Kelancaran distribusi dan ketersediaan pupuk bersubsidi, menurut Arya, berperan dalam mewujudkan ketahanan pangan pada masa pandemi.

"Kelancaran produksi dan distribusi pupuk bisa membuat ketahanan pangan di tengah pandemi terbantu. Makanya, kita tetap dorong Pupuk Indonesia agar tetap bisa berproduksi dan mendistribusikan pupuk ke petani dengan baik," kata Arya.

 

Stok Pupuk

Stok Pupuk Non Subsidi (dok: Pupuk Indonesia)
Stok Pupuk Non Subsidi (dok: Pupuk Indonesia)

Senada dengan itu, Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (Persero) Aas Asikin Idat menyebutkan stok pupuk bersubsidi yang disiapkan hingga Lini IV atau di level kios sebesar 1,27 juta ton.

Berdasarkan stok pupuk bersubsidi Nasional per 4 Mei 2020, stok yang tersedia dari Lini II sampai Lini IV, yakni untuk pupuk urea sebanyak 719.532 ton; NPK sebanyak 273.550; SP-36 sebanyak 93.711 ton; ZA sebanyak 132.264 ton; dan Organik 51.179 ton.

Ketersediaan stok tersebut lebih dari cukup jika dibandingkan dengan stok minimum yang harus disiapkan yakni sebesar 285.096 ton atau cukup untuk kebutuhan dua minggu.

Ada pun sepanjang kuartal I-2020, PT Pupuk Indonesia (Persero) mencatatkan volume produksi sebesar 3.104.341 ton sampai akhir Maret 2020, atau meningkat 14,15 persen dibanding periode tahun lalu sebesar 2.664.924 ton.

"Kinerja produksi kami selalu menunjukkan pertumbuhan di setiap tahunnya, terutama sejak berbagai upaya transformasi yang dicanangkan sejak 2017," kata Aas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara TNI AL Cegah Penyebaran Covid-19 di Perbatasan RI - Filipina

Posted: 06 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Manado - Upaya pencegahan penyebaran Covid-19 tidak hanya dilakukan oleh jajaran pemerintah, tetapi juga para tentara yang berada di wilayah perbatasan Indonesia-Filipina, tepatnya di Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulut.

Adalah Pangkalan TNI AL (Lanal) Melonguane Talaud yang ikut membantu pemerintah menjaga wilayah perbatasan dengan mengerahkan tim laut, maupun darat.

"Tim laut menggunakan sea rider untuk mengamankan pelaku perjalanan yang terindikasi tidak mematuhi peraturan dan prosedur," ungkap Komandan Lanal (Danlanal) Melonguane Letkol Marinir Adi Sucipto, Rabu (6/5/2020).

Adi Sucipto mengungkapkan, Tim Laut Lanal Melonguane langsung melakukan aksinya dengan mengawal salah satu kapal penumpang dari Manado saat masuk wilayah Kabupaten Talaud. Sejak memasuki ujung Tanjung Pulau Salibabu hingga kapal tersebut berlabuh, sandar serta bongkar muat penumpang dan barang di Pelabuhan Lirung.

"Pengawalan kapal terus dilakulan Tim Laut Lanal Melonguane saat kapal tersebut bertolak dari Pelabuhan Lirung menuju Pelabuhan Melonguane," ujarnya.

Dia menambahkan, pihaknya juga sigap terhadap warga yang berusaha menghindari pemeriksaan di pelabuhan dengan cara menyeberang menggunakan speed boat antar pulau di Kabupaten Talaud.

"Anak buah kami mengantisipasi semua potensi pelanggaran yang terjadi di laut," ujarnya.

Lanal Melonguane juga melibatkan tim darat yang bergabung dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Talaud melakukan pemeriksaan kesehatan, penyemprotan disinfektan penumpang dan barang, serta melakukan pengamanan terhadap petugas kesehatan yang melakukan screening.

"Selain itu personel Pos Angkatan Laut atau Posal Talaud juga dikerahkan untuk membantu Gugus Tugas tingkat Kecamatan dalam upaya menekan penyebaran Covid-19," dia menandaskan.

Simak juga video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Alasan Yamaha XMax Bekas Lebih Menggoda Dibanding NMax Baru

Posted: 06 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Yamaha XMax bekas cukup mudah dijumpai di situs jual beli kendaraan. Harganya pun beragam, tergantung dari kondisi fisik, tahun produksi, dan juga aksesori yang disematkan. Namun, XMax bekas lebih menggoda dibanding All New Yamaha NMax?

Seperti kita ketahui, NMax baru lahir dengan beberapa pengembangan. Paling utama jelas mengenai konektivitas gawai, kebaruan yang tak dimiliki XMax. Kemudian ada lagi sematan Traction Control System (TCS). Namun jangan lupa, fitur kontrol traksi yang kini dipunyai NMax sudah lebih dulu dipakai si bongsor.

1. Mesin Besar

Pengaplikasiannya tentu lantaran XMax menggendong mesin SOHC berkapasitas 250 cc. Berkat racikan bore x stroke: 70,0 x 64,9 mm dan rasio kompresi: 10.5±0.4 : 1, daya kail maksimalnya mencapai 22,5 Tk/7.000 rpm. Bahkan capaian momen puntirnya (torsi) dijangkau pada putaran cukup rendah, 24,3 Nm/5.500 rpm. Roda belakang berisiko alami selip, namun teratasi dengan adanya TCS. Putaran roda belakang akan diselaraskan ban depan oleh ECU. Dengan begitu, gejala selip dapat diminimalisir.

Catatan inilah yang tak bisa Anda temui pada NMax terbaru. Meski sudah memiliki TCS, dia masih berbekal jantung mekanik 155 cc. Dengan selisih kubikasi itu, rasanya tak perlu lagi menuliskan data teknis Maxi Yamaha terlaris ini.

2. Akomodasi dan Impresi Berkendara

Dengan kapasitas mesin segitu, wajar pula bila XMax punya tubuh lebih besar ketimbang NMax. Sekadar membandingkan, dimensi XMax adalah 2.185 x 775 x 1465 mm (PxLxT). Sementara All New NMax: 1935 x 740 x 1160 mm. Rancang bangun ini berdampak pula pada akomodasi barang bawaan. Bagasi XMax mampu memuat dua helm full face ukuran XL. Jika ditotal, kapasitas ruang di bawah jok itu mencapai 25 liter.

Lantaran desain bagasi yang memanjang, maka berpengaruh juga terhadap bentuk jok XMax. Ia punya penampang bokong lebar, baik untuk pengendara maupun penumpang. Cocok untuk penyuka touring. Sebenarnya, tak kepalang jauh dengan NMax yang bermuatan 24 liter. Namun, bagasi NMax hanya cukup menampung satu unit helm saja. Sudah pasti joknya tak sebesar XMax.

 

 

 

Perbedaan Rancang Bangun

Perbedaan rancang bangun inilah yang juga membedakan impresi berkendaranya. Seperti kami sebutkan tadi, XMax cocok dipakai untuk perjalanan jauh. Itu lantaran posisi setangnya cukup tinggi. Dengan begitu, pengendara tak cepat kelelahan. Ditambah lagi keberadaan windshield untuk menghalau angin, agar tidak menerpa dada secara langsung.

Penyesuaian tersebut juga dilakukan dengan memberikan pijakan kaki yang luas. Dibuat proporsional antara ukuran setang dan jok, supaya pengendara tak canggung mengendalikan tubuh besar XMax. Sektor ini juga ditopang oleh fork teleskopik dan suspensi ganda (tanpa tabung), beserta pilihan roda 15-14 inci (depan-belakang). Maka itu, ground clearance XMax (135 mm) lebih tinggi dari NMax (124 mm).

Berkaitan pula dengan akomodasi, tangki bahan bakar Yamaha XMax sanggup menampung BBM sebanyak 13 liter. Tentu tidak demikian yang didapat jika Anda memilih NMax. Dengan modalnya sekarang, daya tampung bensin skutik premium terlaris itu hanya 7,1 liter. Meski begitu, konsumen tak perlu khawatir, karena Yamaha Indonesia mengklaim NMax tetap irit bahan bakar. Terlebih dengan adanya pengembangan terbaru pada mesin. Termasuk mengenai aplikasi Smart Motor Generator (SMG) yang membuat suara mesin halus ketika distarter.

3. Fitur

Sayangnya, hal itu belum diterapkan pada tubuh XMax. Pun dengan Stop & Start System (SSS). Fitur yang berada di setang kanan NMax itu berfungsi untuk mengoptimalkan penggunaan bahan bakar. Dengan kondisi aktif, maka mesin akan mati otomatis ketika idle. Namun bukan berarti XMax kalah keren. Di posisi serupa, XMax menyediakan electric starter khas motor sport yang terintegrasi dengan engine cut ON/OFF.

Anda pun kini dapat melihat, sekarang NMax mempunyai power outlet. Namun, perlu diketahui bahwa fitur ini sudah lama menempel pada XMax. Bahkan power outletnya berada dalam sebuah konsol besar, berfungsi untuk menaruh gawai selama pengisian ulang dan dilengkapi penutup. Selanjutnya, sistem kontak keyless dan bersanding dengan tombol pembuka jok dan cover tangki BBM. Sudah menjadi satu paket ketika Anda membeli XMax. Sementara pada All New NMax, fitur tersebut hanya tersedia pada varian Connected/ABS.

Walaupun terkait sajian di panel meter XMax masih kalah kaya dari NMax. Di satu sisi, tampilan informasi pada NMax sudah full digital. Belum lagi adanya indikator pemberitahu telepon, email maupun pesan masuk. Dimiliki NMax karena dia kedapatan konektivitas berupa CCU, penghubung motor dengan gawai. Namun bagi Anda yang meminati XMax bekas, penyajian berupa spidometer dan tachometer analog dan MID di bagian tengah, rasanya sangat informatif.

 

4. Harga

Apalagi penawaran XMax seken di platform digital, lumayan menarik dengan penurunan harga signifikan dari banderol anyar. Bisa dilihat dari unit XMax 2017, rata-rata dijual mulai Rp 43 jutaan. Sementara XMax 2018-2019 ditawarkan dari Rp 50-56 jutaan. Keberagaman ini tentu dilihat pula berdasarkan kondisi dan kilometer berjalan.

Meski turun, pasaran XMax bekas itu masih lebih mahal dari harga All New NMax. Versi teratasnya (Connected/ABS) saja yang dilego Rp 33,75 juta, masih jauh di bawah XMax bekas. Tapi bukannya banderol XMax itu menggugah? Apalagi Anda mendapatkan big scooter bermesin 250 cc, plus sederet keuntungan di atas. Jika keputusan sudah bulat, jangan lupa cermati tahapan pembelian motor bekas agar tak kecewa di kemudian hari.

Sumber: Oto.com

Penulis: Ary

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Perubahan yang Diperkirakan Terjadi di Dunia Penerbangan Usai Pandemi

Posted: 06 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Berbagai penelitian perihal hidup setelah pandemi corona COVID-19 telah dilakukan di berbagai bidang. Mulai dari bisnis, kuliner, hingga pariwisata, semua mengantisipasi perubahan yang dilabeli sebagai the new normal.

Dunia penerbangan, salah satu sektor yang notabene harus menahan telak pukulan penyebaran virus corona baru, pun tak kebal dari kemungkinan berbagai standar baru untuk dapat meneruskan operasional.

Melansir laman Lonely Planet, Rabu, 6 Mei 2020, jurnalis dunia penerbangan, John Walton, mengungkap beberapa perubahan untuk diantisipasi, baik oleh pelaku bisnis maupun penumpang.

Harga

Dalam beberapa waktu, penumpang diperkirakan akan melihat harga-harga penerbangan yang turun jauh dari sebelumnya. Amerika Serikat dikatakan sebagai tempat di mana penurunan tarif drastis akan tampak paling jelas.

Tapi, saat tak lagi ada aturan non-esensial untuk terbang, harga tiket pesawat mungkin saja kembali sebagaimana 2019, namun masa itu memerlukan sekian bulan, bahkan tahun. Jumlah penerbangan juga dikatakan tak akan langsung senormal biasanya.

Penerbangan menggunakan pesawat-pesawat kecil dikatakan akan jadi alternatif yang banyak dipilih penumpang.

Mungkin Tak Ada Orang Duduk di Samping Anda

Ilustrasi kabin pesawat terbang. (dok. pexels.com/Sourav)
Ilustrasi kabin pesawat terbang. (dok. pexels.com/Sourav)

Salah satu upaya yang tetap bakal dilakukan maskapai usai pandemi adalah mempertahankan jarak aman antar individu dengan menghindari kursi di samping Anda terisi. Pasal, rasa aman adalah kunci untuk kembali menarik penumpang melakoni penerbangan udara.

Penerapan ini tentu tak berlaku dalam jangka panjang, mengingat kebijakan tersebut membuat maskapai hanya bisa menjual dua per tiga dari total jumlah kursi. Di tahap ini, mungkin saja ada penyesuaian harga yang diberikan.

Pemakaian Masker

Ilustrasi kabin pesawat. (dok. Kelly Lacy/Pexels)
Ilustrasi kabin pesawat. (dok. Kelly Lacy/Pexels)

Masker, bahkan non-medis, membantu melawan penyebaran corona COVID-19. Oleh karena itu, tetap memakainya, bahkan setelah pandemi, bakal dilakukan selama beberapa waktu, apalagi sekian banyak negara Asia memang punya kebiasaan memakai masker.

Penggunaannya akan menyambung kebijakan social distancing yang diberlakukan di kabin pesawat. Pun, sama halnya dengan hand sanitizer. Sebagaimana diketahui, cairan berukuran lebih dari 100 mililiter (ml) umumnya tak dibolehkan dibawa ke kabin.

Namun, Administrasi Keamanan Transportasi Amerika Serikat telah mulai membiarkan hand sanitizer berukuran lebih dari 300 ml masuk ke dalam kabin. Upaya menjaga higienitas ini juga disebut akan jadi bagian perubahan dunia penerbangan.

Bakal Ada Tes Bila Tunjukkan Gejala

Ilustrasi pesawat terbang. (dok. unsplash.com/Asnida Riani)
Ilustrasi pesawat terbang. (dok. unsplash.com/Asnida Riani)

Jangan harap bisa segera masuk pesawat bila penumpang menunjukkan gejala corona COVID-19, seperti demam, batuk, maupun sesak napas. Siap-siap untuk diminta melakukan tes bila menunjukkan gejala tersebut.

Beberapa bandar udara (bandara) memang punya waktu singkat untuk mengetahui hasil tes, tapi ada juga yang sampai 12, bahkan 24 jam.

Di sejumlah bandara, sebagaimana yang telah dilakukan di Narita dan Incheon, pelancong, terutama dari luar negeri, akan melakukan tes, biarpun tak menujukkan gejala. Dalam masa pemulihan, prosedur ini dikatakan akan terus bertahan hingga beberapa saat.

Pengadaan Dokumen Baru

Seorang penumpang menunjukkan boarding pass penerbangan MH370, sebelum Malaysia Airlines menarik nomor tersebut sehubungan dengan penumpang dan awak pesawat MH370 yang hilang. (Source: AP)
Seorang penumpang menunjukkan boarding pass penerbangan MH370, sebelum Malaysia Airlines menarik nomor tersebut sehubungan dengan penumpang dan awak pesawat MH370 yang hilang. (Source: AP)

Dokumen, seperti hasil tes COVID-19, diperkirakan akan diminta dalam beberapa penerbangan, terutama internasional dengan sekian banyak kali transit dan jarak jauh.

Di samping, catatan kesehatan penumpang dikatakan juga bakal jadi pelengkap dokumen untuk memberi izin pihak bersangkutan bisa melakoni penerbangan. Pemantauan kesehatan secara digital baru saja dilakukan warga Singapura.

Berekspektasi Hadapi Kondisi Tak Biasa

Ilustrasi pesawat terbang. (dok. unsplash.com/Asnida Riani)
Ilustrasi pesawat terbang. (dok. unsplash.com/Asnida Riani)

Kunci melakoni perjalanan setelah COVID-19 adalah dengan tetap mengetahui informasi baru perihal berbagai kelengkapan yang dibutuhkan, entah dari negara asal Anda maupun tujuan, bandar udara yang disinggahi, pun dengan maskapai pilihan.

Yang jelas, pelancong harus siap menghadapi kondisi tak biasa yang mungkin diadopsi dengan cara berbeda di banyak lini. Semuanya harus tetap dilakukan demi keamanan bersama.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Daniel Radcliffe Jadi Narator Konten Audio Harry Potter di Spotify

Posted: 06 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Spotify bakal menayangkan konten audio terbaru Harry Potter At Home. Hal ini diumumkan oleh Wizarding World dan J.K Rowling belum lama ini.

Harry Potter At Home merupakan sebuah kumpulan inisiatif gratis yang bertujuan membantu membawa keajaiban Harry Potter kepada anak-anak, orang tua, dan pengasuh dalam masa karantina akibat pandemi Covid-19.

Konten terbaru tersebut hadir dalam bentuk rekaman pekanan dari buku Harry Potter pertama yang disukai sepanjang masa, Harry Potter and the Sorcerer's/Philosopher's Stone, yang dapat dinikmati melalui www.harrypotterathome.com dan Spotify.

Uniknya, sejumlah nama terkenal di industri hiburan, musik, olahraga, hingga Wizarding World dari seluruh dunia menyumbangkan suara mereka untuk kisah yang mereka cintai ini. Bab pertama, "The Boy Who Lived" akan dinarasikan oleh Daniel Radcliffe.

David Beckham Turut Ambil Bagian

Daniel Radcliffe berhasil membangun imej Harry Potter selama bertahun-tahun dalam franchise besutan J.K Rowling.
Daniel Radcliffe berhasil membangun imej Harry Potter selama bertahun-tahun dalam franchise besutan J.K Rowling.

Selain itu, tiap pekannya, para bintang seperti David Beckham, Stephen Fry, Dakota Fanning, Claudia Kim, Eddie Redmayne, Noma Dumezweni, dan masih banyak lagi akan membacakan bagian-bagian dari buku ikonik Harry Potter.

Novel ini bertemakan keluarga, persahabatan, keberanian dan penaklukkan tantangan untuk memberi kejutan dan kegembiraan bagi penggemar Harry Potter dari seluruh penjuru dunia.

Penggemar Harry Potter, baik yang lama maupun baru, bisa mendambakan para narator yang eklektik dan kehadiran cameo spesial yang tak terduga di setiap babnya.

Bab Pertama Tayang

Spotify. Sumber: Parentesis.com
Spotify. Sumber: Parentesis.com

Pada hari ini bab pertama berjudul "The Boy Who Lived" yang dinarasikan oleh Daniel Radclieffe sudah mulai bisa didengarkan di Spotify.

Selanjutnya, seluruh bab dari buku Harry Potter and the Sorcerer's/Philosopher's Stone akan selesai ditayangkan pada akhir Juni.

(Tin/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Tradisi Unik Perayaan Waisak di Berbagai Negara

Posted: 06 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Perayaan Waisak 2564 BE jatuh pada Kamis (7/5/2020) hari ini. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, umat Buddha harus merayakan Hari Suci tersebut di rumah. Hal ini sesuai dengan imbauan pemerintah guna meminimalisir penyebaran virus Corona Covid-19.  

Sebagaimana perayaan hari keagamaan lain, biasanya Waisak telah menjadi sebuah perayaan yang besar setiap tahunnya. Hal ini ditandai dengan adanya berbagai kegiatan yang dilakukan oleh umat Buddha tak hanya di Indonesia tapi juga di berbagai belahan dunia.

Di Indonesia sendiri, perayaan Waisak identik dengan ritual suci dan doa bersama yang dilakukan di Candi Borobudur. Namun beberapa negara dengan mayoritas umat Buddha juga memiliki tradisi unik yang dilakukan saat perayaan Waisak. Dikutip dari freepressjournal, berikut deretan tradisi perayaan Waisak di berbagai dunia.

India

Seorang biksu memanjatkan doa saat berziarah ke Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (18/52019). Ziarah yang diikuti oleh para biksu dan umat Buddha tersebut untuk merefleksikan ajaran Sang Buddha serta menyambut Waisak 2563 BE/2019. (OKA HAMIED/AFP)
Seorang biksu memanjatkan doa saat berziarah ke Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (18/52019). Ziarah yang diikuti oleh para biksu dan umat Buddha tersebut untuk merefleksikan ajaran Sang Buddha serta menyambut Waisak 2563 BE/2019. (OKA HAMIED/AFP)

Dikenal sebagai tempat kelahiran Dewa Buddha, perayaan ini memegang peranan penting di India. Umat ​​Buddha dari seluruh dunia akan mengunjungi kota Gaya, Sarnath dan Kushinagar. Sarnath dipercaya adalah tempat di mana Dewa memberikan khotbah pertamanya serta tempat prosesi besar dan adil diselenggarakan. Para pengikut juga terlihat mengenakan pakaian putih sambil berdoa dan melantunkan kitab suci Buddha. Patung Buddha juga disuguhkan buah-buahan, permen, dan lilin.

Nepal

Seorang petugas kebersihan menyapu karpet di hadapan para bhiksu yang bermeditasi di Candi Mendut. (foto: Liputan6.com/danu kisworo/edhie prayitno ige)
Seorang petugas kebersihan menyapu karpet di hadapan para bhiksu yang bermeditasi di Candi Mendut. (foto: Liputan6.com/danu kisworo/edhie prayitno ige)

Orang-orang Buddha di Nepal merayakan Waisak dengan mengenakan pakaian putih. Pada hari itu, mereka hanya makan makanan vegan. Kheer atau bubur beras manis menjadi makanan utama yang memiliki arti khusus.

Bubur Kheer dibuat untuk mengenang kisah seorang gadis bernama Sujata yang menawarkan Buddha semangkuk bubur susu yang dia anggap sebagai orang suci. Buddha memakan bubur dan mandi di sungai Neranjara. Dia kemudian melemparkan mangkuk ke sungai dan berkata bahwa mangkuk itu naik ke atas, dia berhasil menjadi seorang Buddha dan sebaliknya. Dan seperti yang diharapkan mangkuk naik ke hulu dan tinggal di tengah sungai. Selama perayaan orang-orang juga membaca kisah tentang Buddha untuk mendapatkan pencerahan.

Jepang

Prosesi kirab Waisak dari Candi Mendut menuju Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (21/5/2016). (Liputan6.com/Reza Kuncoro)
Prosesi kirab Waisak dari Candi Mendut menuju Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (21/5/2016). (Liputan6.com/Reza Kuncoro)

Pada hari raya Waisak orang-orang di Jepang membuat replika kuil dengan bunga musim semi dan menempatkan berhala Buddha di atasnya. Kuil-kuil pun mengadakan acara-acara khusus untuk mengingat Buddha. Orang-orang menuangkan 'ama-cha', pada berhala Buddha yang dihiasi dengan bunga.

Thailand

Ilustrasi- Sejumlah umat Buddha saat melaksanakan peribadatan menyambut detik-detik waisak di Candi Muarajambi tahun 2019. (Liputan6.com / dok Gresi Plasmanto)
Ilustrasi- Sejumlah umat Buddha saat melaksanakan peribadatan menyambut detik-detik waisak di Candi Muarajambi tahun 2019. (Liputan6.com / dok Gresi Plasmanto)

Orang-orang di Thailand merayakan Waisak dengan penuh semangat. Salah satu ritual yang dilakukan umat Buddha di sana dengan mengunjungi kuil-kuil khususnya 'Wat Phra Kaeo'. Tempat itu juga menyelenggarakan beberapa upacara keagamaan seperti menempelkan daun emas pada patung Buddha dan berjalan di sekitar patung.

Sri Lanka

Wisatawan mengunjungi kuil Buddha Kiyomizu-dera di Kyoto, Jepang (31/10/2019). Kuil ini adalah situs Warisan Dunia UNESCO dan salah satu tempat wisata paling terkenal di Kyoto. (AP Photo / Aaron Favila)
Wisatawan mengunjungi kuil Buddha Kiyomizu-dera di Kyoto, Jepang (31/10/2019). Kuil ini adalah situs Warisan Dunia UNESCO dan salah satu tempat wisata paling terkenal di Kyoto. (AP Photo / Aaron Favila)

Pada hari Waisak orang-orang di Sri Lanka menghiasi rumah dan jalan-jalan dengan lilin dan membuat panda besar yang menggambarkan kehidupan Buddha. Pada siang hari mereka melantunkan tulisan suci, berdoa, mendengarkan lagu-lagu renungan, serta membagikan makanan dan permen.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Remisi Khusus Waisak Bagi Napi Beragama Buddha

Posted: 06 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ribua narapidana beragama Buddha mendapat remisi khusus dalam rangka Hari Raya Waisak. Ada yang mendapat remisi sebagian, ada yang langsung bebas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Daftar Figur Sepak bola yang Positif Virus Corona Covid-19: Dybala Sembuh

Posted: 06 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Turin - Kabar gembira kembali datang dari Juventus. Paul Dybala yang sebelumnya positif virus corona covid-19 dinyatakan sembuh. Dybala mengikuti dua rekannya, Daniele Rugani dan Blaise Matuidi yang sebelumnya juga dinyatakan pulih.

Dybala dinyatakan sembuh, Kamis (7/5/2020) WIB. Sehari sebelumnya, ia masih positif saat Rugani dan Matuidi telah pulih.

"Rugani dan Matuidi melakukannya, sebagai protokol, tes diagnostik ganda (penyeka) untuk coronavirus-Covid-19. Hasil tes negatif. Oleh karena itu para pemain dinyatakan sembuh pada 15 April dan tidak lagi diasingkan sendiri," demikian pernyataan Juventus.

Saat ini, pandemi virus corona covid-19 sudah mulai mereda di sejumlah negara. Namun belum semua pemain sepak bola yang dinyatakan positif telah sembuh.

Berikut daftar figur sepak bola yang dinyatakan positif virus Corona.

 

Liga Italia

Foto udara pagi pada 30 Maret 2020, jalan utama Piazza Venezia dan Via del Corso yang sepi selama penerapan penutupan nasional atau lockdown di Roma. Roma menjelma bak kota mati pasca pemerintah Italia memberlakukan aturan lockdown untuk mencegah penyebaran virus corona. (Elio CASTORIA/AFP)
Foto udara pagi pada 30 Maret 2020, jalan utama Piazza Venezia dan Via del Corso yang sepi selama penerapan penutupan nasional atau lockdown di Roma. Roma menjelma bak kota mati pasca pemerintah Italia memberlakukan aturan lockdown untuk mencegah penyebaran virus corona. (Elio CASTORIA/AFP)

Daniele Rugani (Juventus) sembuh

Blaise Matuidi (Juventus) sembuh

Paulo Dybala (Juventus) sembuh

Manolo Gabbiadini (Sampdoria)

Omar Colley (Sampdoria)

Albin Ekdal (Sampdoria)

Antonino La Gumina (Sampdoria)

Morten Thorsby (Sampdoria)

Fabio DePaoli (Sampdoria)

Bartosz Bereszynski (Sampdoria)

Germán Pezzella (Fiorentina)

Patrick Cutrone (Fiorentina)

Dusan Vlahovic (Fiorentina)

Mattia Zaccagni (Verona)

Marco Sportiello (Atalanta)

Massimo Cellino (Presiden Brescia)

Liga Spanyol

Ezequiel Garay (Valencia)

Eliaquim Mangala (Valencia)

Jose Gaya (Valencia)

Jonathas de Jesus (Elche)

Wu Lei (Espanyol)

Lorenzo Sanz (Eks Presiden Real Madrid/Meninggal Dunia)

Fernando Martin (Eks Presiden Real Madrid)

Anonim (Girona)

Rustu Recber (Eks Barcelona)

Toni Dovale (Eks Celta Vigo)

Jordi Cardoner (Wakil Presiden Barcelona)

Ramon Canal (Direktur Pelayanan Medis Barcelona)

Josep Gutierrez (Dokter tim Barcelona)

Andres Palop (eks Sevilla)

Jerman dan Inggris

Bundesliga:

Timo Hübers (Hannover)

James Horn (Hannover)

3 Pemain Koln

Premier League:

Mikel Arteta (Arsenal, manajer)

Callum Hudson Odoi (Chelsea)

Pemain Brighton And Hove Albion (tak disebutkan identitasnya)

Kenny Dalglish (Legenda Liverpool)

Norman Hunter (Legenda Leeds United, meninggal)

Pepe Reina (Aston Villa)

Lainnya

Liga Tiongkok:

Marouane Fellaini (Shandong Luneng)

Liga 1:

Wander Luiz (Persib Bandung)

League One:

James Bolton, Andy Cannon, Sean Raggett, Haji Mnoga (Portsmouth)

Liga Prancis

Pape Diouf (Eks Presiden Marseille, meninggal dunia)

Bernard Gonzales (Dokter tim Stade de Reims, bunuh diri)

Junior Sambia (Montpellier)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tom Liwafa Tampar Keras Ferdian Paleka lewat Video Bagi-Bagi Kardus Isi Uang

Posted: 06 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tom Liwafa, influencer sekaligus pengusaha asal Surabaya, ikut bereaksi atas video viral Ferdian Paleka. Tom Liwafa membalasnya langsung lewat sebuah aksi nyata.

Tom Liwafa bersama dengan @entrepreneursvscorona membuat sebuah video serupa dengan yang dilakukan Ferdian Paleka, yaitu aksi sosial membagikan kardus makanan kepada orang-orang yang membutuhkan. Bedanya, Tom Liwafa benar-benar melakukan hal tersebut, dan mengisi kardus itu dengan sejumlah uang tunai.

Dalam video tersebut, Tom Liwafa menyampaikan beberapa patah kata yang menyindir Ferdian Paleka.

"Menanggapi video yang lagi viral itu, kita buktikan bahwa kita ya muda-muda ini yang biasanya bikin konten juga di Indonesia itu banyak orang yang lebih baik," kata Tom Liwafa dalam video yang diunggah pada Rabu (6/5/2020).

Jangan Terfokus

Tom Liwafa. (Liputan6.com/IG/tomliwafa)
Tom Liwafa. (Liputan6.com/IG/tomliwafa)

Tom Liwafa juga mengimbau masyarakat untuk tidak lagi memberi ruang terhadap hal-hal negatif seperti yang dilakukan Ferdian Paleka.

"Jangan kita terfokus kepada hal-hal yang bersifat to**l. Orang-orang ngasih donasi malah dikasih sampah, itu orang gila itu," lanjutnya.

Menularkan

Tom Liwafa, pengusaha asal Surabaya, Jawa Timur. (dok. Instagram @tomliwafa/https://www.instagram.com/p/B6NkTndgaGG/)
Tom Liwafa, pengusaha asal Surabaya, Jawa Timur. (dok. Instagram @tomliwafa/https://www.instagram.com/p/B6NkTndgaGG/)

Menyertai unggahan tersebut, Tom Liwafa berharap agar dapat menularkan kebaikan kepada banyak orang.

 

Tulus

Tom Liwafa menegaskan, ia tidak peduli jika aksinya itu dianggap sebagai perbuatan yang riya. Yang pasti, ia melakukannya dengan tulus.

"Semoga kebaikan ini menular ! Mau di bilang riak silahkan , yang penting kita tulus dalam hati memang pengen sumbang. Sumbangan ini 50% dari saya 50% dari uang donasi temen temen @entrepreneursvscorona," tulis Tom Liwafa.

Butuh Banyak Orang Baik

Terakhir, ia mengajak masyarakat untuk selalu berbuat baik melalui berbagai cara. Dari mulai yang temudah yaitu dengan meninggalkan komentar baik, berbicara, sampai tindakan.

"Yang komen baik tak kasih pulsa 100k buat 3 orang !! Kita butuh banyak orang baik di indonesia , baik itu baik berkomentar , baik berucap , atau baik dalam berbagi !!! Dari tom liwafa. Mantan orang miskin yang peduli. Viralkan !!!" tutupnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Coba Terjun dari Menara Sutet, Ibu Ajak 2 Anaknya Jemput Maut

Posted: 06 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Diduga depresi karena masalah keluarga, seorang ibu melakukan upaya bunuh diri dengan cara memanjat menara sutet. Tak sendiri, ia serta merta membawa dua anaknya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berburu Kue Muso, Takjil yang Menjadi Candu bagi Warga Jambi

Posted: 06 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jambi - Sembari menyodorkan alat penjepit kue dan nampan kecil, salah seorang penjual takjil  mempersilakan pelanggannya untuk memilih aneka jajanan yang dijualnya. Seraya tak ingin melewatkan pembeli, pedagang itu menawarkan penganan kue muso.

"Ayo ayo dibeli! Ini kue muso dijamin suka, harga satuannya Rp1.000," kata Indry, seorang penjual takjil di kawasan Kota Baru, Kota Jambi, yang menawarkan jualnya, Selasa sore (5/5/2020).

Kue muso selalu dicari untuk dijadikan menu takjil berbuka puasa. Penganan manis ini setiap Ramadan banyak dijual pedagang musiman di Kota Jambi. Biasanya jajanan ini dijejer dengan sederet jajanan lainnya yang dijual di pinggir-pinggir jalan protokol.

Kue muso ini sangat mudah ditemukan karena memiliki bentuk yang unik berwana hijau muda yang dibalut cokelat. Teksturnya yang lembut dan manis, jajanan ini selalu muncul dan dijual setiap tahun saat Ramadan.

Belum diketahui secara jelas nama kue ini berasal. Sekilas nama kue ini memang seperti nama seorang tokoh partai terlarang di Indonesia. Namun, tulisan ini tidak akan membahas itu, melainkan akan membahas lezatnya kue muso sebagai teman waktu berbuka.

"Enggak tau juga dari mana nama asalnya muso ini, tahu-tahu sudah ada kue dan namanya memang muso dari dulu," kata dia saat ditanyakan asal muasal kue muso itu.

Sementara itu, dari segi bentuknya sekilas kue muso tersebut mirip dengan kue lumpang dari Palembang. Hanya saja, kue muso disekelilingnya dibalut tepung coklat sehingga tekstur dan rasanya berbeda pula menawarkan kelezatannya.

Rasa gurih yang bersumber dari bahan adonan tepung ketan dan terigu, dipadu dengan baluran manis dari coklat yang membalutnya, kue muso selalu dicari masyarakat Kota Jambi untuk dijadikan takjil berbuka puasa.

Adapun resep untuk membuat kue muso itu kata dia, sangat variatif. Mulai dari tepung ketan, tepung terigu, coklat bubuk, santan, air pandan, vanili, dan gula pasir.

"Kue muso ini banyak yang suka, kulit coklatnya itu kenyal serta khas tekstur tepung ketan menjadikan kue ini manisnya tidak terlalu legit," ujar Indry.

Simak juga video pilihan berikut :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

15 Anak di New York yang Mengidap Penyakit Kawasaki Diduga Berkaitan dengan COVID-19

Posted: 06 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta 15 anak di New York dilarikan ke rumah sakit dan dirawat karena sindrom inflamasi yang langka dan mengancam jiwa. Menurut pejabat kesehatan setempat,  sindrom ini memiliki potensi berkaitan dengan COVID-19.

Empat dari 15 anak yang dicurigai menderita penyakit kawasaki juga dinyatakan positif mengidap COVID-19, kata Departemen Kesehatan kota itu seperti dilansir New York Post.

Penyakit kawasaki adalah penyakit anak yang terbilang langka. Penyakit ini menyebabkan dinding pembuluh darah di tubuh menjadi meradang.

Gejalanya meliputi suhu tinggi yang berlangsung selama lima hari atau lebih, kemerahan di mata, ruam dan kelenjar bengkak di leher. Anak-anak di bawah 5 tahun paling berisiko.

"Jika dicurigai sindrom inflamasi yang dijelaskan di atas, dokter anak harus segera merujuk pasien ke spesialis penyakit menular anak, reumatologi, atau perawatan kritis," kata Dr. Demetre Daskalakis, wakil komisaris kesehatan kota untuk pengendalian penyakit.

"Diagnosis dini dan perawatan pasien yang memenuhi kriteria sebagian atau seluruhnya untuk penyakit Kawasaki sangat penting untuk mencegah kerusakan organ dan komplikasi jangka panjang lainnya," tambahnya.

Perawatan Intensif

Beberapa pasien memerlukan perawatan intensif untuk masalah jantung dan pernapasan, kata Daskalakis.

Minggu lalu, The Post juga melaporkan  bahwa tiga anak dengan COVID-19 dirawat karena penyakit Kawasaki.

Hubungan antara COVID-19 dan sindrom Kawasaki juga memicu kekhawatiran di Inggris dan Italia. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sedang menyelidiki apakah ada hubungan antara COVID-19 dengan sindrom inflamasi.

15 anak dirawat di rumah sakit antara 17 April hingga 1 Mei. Lima dari anak-anak membutuhkan ventilasi mekanis tetapi sejauh ini tidak ada korban jiwa yang dilaporkan.

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Selamat Hari Waisak, Kita Jalan Bersama Melewati Segala Ujian

Posted: 06 May 2020 09:58 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengucapkan selamat Hari Waisak 2564 BE/2020 untuk umat Budha yang diperingati hari ini. Hal itu disampaikan Jokowi melalui akun instagram pribadinya @jokowi.

"Selamat Hari Trisuci Waisak 2564. Semoga semua makhluk tetap saling mengasihi," tulis Jokowi, Kamis (7/5/2020).

Jokowi mengingatkan pentingnya gotong royong masyarakat untuk melewati masa-masa sulit. Terlebih, di masa pandemi virus corona atau Covid-19 saat ini.

"Dengan persaudaraan dan gotong royong, kita akan berjalan bersama melewati segala ujian dan kesulitan," ucap Jokowi.

Sebelumnya, Sekretaris Ditjen Bimas Budha Kemenag, Nyoman Suriadarama menyatakan anjuran perayaan Hari Besar Waisak bagi umat Budha di Indonesia dirayakan dari rumah saja. Hal ini menyusul pandemi Covid-19 yang belum dipastikan waktu meredanya.

"Ditjen Bimas Budha mengajak seluruh umat Budha dalam rangka merayaakan Waisak ini, rayakan masing-masing dari rumah. Bahkan, detik-detik waisak, untuk sementara yang akan jatuh pukul 17:45, diadakan juga dari rumah." tutur Nyoman saat jumpa pers di Graha BNPB Jakarta, Jumat 10 April 2020.

Lawan Covid-19

Nyoman menjelaskan, anjuran ini semata dukungan bagi bangsa Indonesia dalam perjuangan melawan bahkan memberantas Corona virus atau Covid-19. Selain itu, lanjut dia, kepada seluruh umat Budha di Indonesia juga diajak berkegiatan ibadah di hari minggu juga dilakukan di rumah masing-masing.

Terakhir dalam kegiatan ibadah sembahyang Puja Bakti, Nyoman juga meminta agar kegiatan mediasi bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya media sosial.

"Kita guakan live streaming dan macam-macamnya. itulah teknologi yang kita bisa manfaatkan bersama keluarga, Bersama saudara. baik itu yang jauh jauh dari tempat kita, kita tetap bisa melakukan komunikasi dan silaturahmi," dia menandasi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Momen Ulang Tahun Pertama Anak Raditya Dika, Penuh Kebahagiaan

Posted: 06 May 2020 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kebahagiaan tengah menyelimuti pasangan Raditya Dika dan Anissa Aziza. Tepat pada Rabu (6/5/2020) kemarin, putri pertamanya yang diberi nama Alinea Ava Nasution baru saja berulang tahun yang pertama. Sebagai orangtua, Raditya Dika dan Anissa tentu tak mau melewatkan momen tersebut.

Di hari ulang tahun baby Alinea, pasangan yang menikah pada 2018 itu membuat pesta sederhana di rumah. Meski sederhana, Raditya Dika dan Anissa Aziza menyiapkan kue ulang tahun yang menggemaskan. Keduanya juga membuat dekorasi pesta ulang tahun Alinea bernuansa pink.

Raditya Dika dan sang istri juga mengunggah momen pertambahan usia sang buah hati di akun Instagram masing-masing, Rabu (6/5/2020). Perayaan ulang tahun Alinea tampak dihadiri oleh keluarga dan kerabat dekat. Momen tersebut berlangsung penuh kebahagian.

Anissa Aziza dan sang putri juga tampak mengenakan busana dengan warna senada. Berikut potret ulang tahun pertama Alinea Ava Nasution anak Raditya Dika dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (7/5/2020).

1. Tepat 6 Mei 2020, buah hati pertama Raditya Dika berulang tahun yang ke-1.

6 Momen Ulang Tahun Pertama Anak Raditya Dika, Penuh Kebahagiaan (Sumber: Instagram/@anissaaziza)
6 Momen Ulang Tahun Pertama Anak Raditya Dika, Penuh Kebahagiaan (Sumber: Instagram/@anissaaziza)

2. Di momen pertambahan usia ini, baby Alinea tampak begitu menggemaskan.

6 Momen Ulang Tahun Pertama Anak Raditya Dika, Penuh Kebahagiaan (Sumber: Instagram/@anissaaziza)
6 Momen Ulang Tahun Pertama Anak Raditya Dika, Penuh Kebahagiaan (Sumber: Instagram/@anissaaziza)

3. Meski hanya dirayakan sederhana, pesta ulang tahun anak Raditya Dika berlangsung penuh kebahagiaan.

6 Momen Ulang Tahun Pertama Anak Raditya Dika, Penuh Kebahagiaan (Sumber: Instagram/@anissaaziza)
6 Momen Ulang Tahun Pertama Anak Raditya Dika, Penuh Kebahagiaan (Sumber: Instagram/@anissaaziza)

4. Raditya Dika dan sang istri membuat dekorasi pesta ulang tahun Alinea bernuansa pink.

6 Momen Ulang Tahun Pertama Anak Raditya Dika, Penuh Kebahagiaan (Sumber: Instagram/@anissaaziza)
6 Momen Ulang Tahun Pertama Anak Raditya Dika, Penuh Kebahagiaan (Sumber: Instagram/@anissaaziza)

5. Kue ulang tahun anak pertama Raditya Dika ini juga tampak menggemaskan dengan tema laut.

6 Momen Ulang Tahun Pertama Anak Raditya Dika, Penuh Kebahagiaan (Sumber: Instagram/@anissaaziza)
6 Momen Ulang Tahun Pertama Anak Raditya Dika, Penuh Kebahagiaan (Sumber: Instagram/@anissaaziza)

6. Perayaan ulang tahun pertama Alinea hanya dihadiri oleh keluarga dan kerabat dekat.

6 Momen Ulang Tahun Pertama Anak Raditya Dika, Penuh Kebahagiaan (Sumber: Instagram/@anissaaziza)
6 Momen Ulang Tahun Pertama Anak Raditya Dika, Penuh Kebahagiaan (Sumber: Instagram/@anissaaziza)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Semarakkan Ramadan, Pemain Musik di Yerusalem Bernyanyi di Atas Kendaraan Hias

Posted: 06 May 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemain musik di Sheikh Jarrah, Yerusalem Timur memeriahkan suasana Ramadan dengan menyanyikan lagu-lagu bertema senada di bawah hiasan jalan.

Api keluar dari pentungan pemain yang memakai masker saat kendaraan hias bertema Ramadan melewati jalan-jalan belakang Yerusalem Timur.

Dilansir Antara, Kamis (7/5/2020), anak-anak ikut bersorak saat melihat kendaraan hias itu dari atas balkon rumah mereka.

Di salah satu sisi kendaraan hias tertulis sebuah pesan "tetap di rumahmu, Anda berhak menerimanya saat di bulan Ramadan."

Ketakutan terhadap virus Corona Covid-19 juga telah mengubah suasana bulan suci Ramadan di Yerusalem seperti di tempat lain.

Di mana, seluruh umat Muslim berpikir dua kali untuk bisa melaksanakan tradisi serta menemukan pendekatan baru dalam ritual keagamaan dan sosial.

Yerusalem juga melakukan pembatasan sosial serta penutupan sementara masjid, termasuk Masjid Al Aqsa dan Kubah Batu. Salat berjamaah saat Ramadan pun ditiadakan.

 

Berikan Kebahagian pada yang Lain

Ilustrasi Ramadan (sumber: iStockphoto)
Ilustrasi Ramadan (sumber: iStockphoto)

Di tengah kondisi tersebut, kelompok pemuda Al Baha menyadari ada sedikit kesempatan untuk kembali ke acara sosial dan budaya mereka saat Ramadan.

Pada tahun ini, setiap malam setelah berbuka puasa, dengan menaiki kendaraan hias, sekelompok pemuda Al Baha bersama para musisi bermain dan menyanyikan lagu-lagu bertema Ramadan di bawah hiasan jalan.

"Bersama orang-orang dan memberikan kebahagiaan kepada mereka adalah kegembiraan bagi saya," kata Wael Abu Saloum, seorang musisi dan seniman.

Beberapa penonton pun nampak memakai masker. Sebagian besar menonton di dekat gerbang rumah mereka. Sementara itu, anak-anak berlari di samping kendaraan hias.

Para anggota keluarga lainnya membuntuti kendaraan hias dengan menggunakan mobil mereka saat melewati jalan kecil.

"Sangat indah apa yang mereka lakukan. Selama dua bulan semua anak laki-laki dan perempuan harus tinggal di rumah sejak pandemi Covid-19," ujar Abed al Karaki di daerah sekitar Beit Hanina.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bagikan Paket Sembako, Kapolda Babel Harap Bisa Bantu Ringankan Warga

Posted: 06 May 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pada Ramadan kali ini, Kapolda Bangka Belitung (Babel) Brigjen Pol Anang Syarif Hidayat membagikan 125 paket sembako kepada warga kurang mampu terdampak Corona Covid-19 di Kabupaten Bangka.

Anang mengatakan, bantuan ratusan paket sembako yang dibagikan saat Ramadan itu diberikan langsung kepada warga penerima di wilayah Kecamatan Sungailiat, Kecamatan Pemali dan Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka.

"Bantuan sengaja saya kirim langsung ke warga penerima agar tepat sasaran dan untuk mengetahui kondisi langsung warga yang terkena dampak Covid-19," ujar Anang, dilansir Antara, Kamis (7/5/2020).

Menurut Anang, selain kepada warga kurang mampu, pihaknya juga membagikan paket sembako untuk sopir angkutan umum dan becak motor.

"Semua bantuan tersebut saya harapkan dapat membantu meringankan kebutuhan warga penerima saat bulan Ramadan di tengah wabah Covid-19," kata dia.

Kegiatan Kapolda Babel Aang yang didampingi sejumlah perwira baik dari Polda maupun Polres Bangka itu, dilanjutkan dengan pembagian takjil buka puasa Ramadan kepada warga masyarakat Sungailiat.

 

Minta Masyarakat Taat Aturan

Spread your Love" Program Peduli Warga Sekitar dengan 1000 Paket e -voucher Sembako

Anang pun mengimbau seluruh lapisan masyarakat agar tidak panik menyikapi penyebaran Corona Covid-19.

Ia meminta masyarakat harus tetap menaati ketentuan protokol pencegahan dan penanggulangan Corona COvid-19 seperti jangan melakukan kerumunan, memakai masker saat keluar rumah, mencuci tangan, serta meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat.

"Kita harus bersama-sama melakukan pencegahan penyebaran Covid-19 dan saling tolong-menolong," pungkas Anang.

Pendistrubusian 125 paket sembako oleh Kapolda Babel Anang tersebut didampingi Kapolres Bangka AKBP Aris Sulistyono dan Bupati Bangka Mulkan, serta pejabat utama baik dari Polda Babel dan Polres Bangka.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Paket Wisata ke Malang untuk Keluarga, Intip Destinasi Menariknya

Posted: 06 May 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Paket wisata ke Malang menjadi salah satu pilihan favorit berlibur. Malang merupakan kawasan wisata dengan beragam destinasi menarik. Di wilayah Malang Raya yang terdiri dari Kota Batu, Kota Malang, dan Kabupaten Malang adalah tujuan wisata populer di Jawa Timur.

Ada banyak pilihan paket wisata ke Malang mulai dari pegunungan, taman wisata, pantai, hingga air terjun. Beragam jenis paket wisata ke Malang pun bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan pengeluaran. Sudah banyak agen perjalanan wisata yang menawarkan paket wisata ke Malang.

Paket wisata ke Malang ini juga bisa termasuk perjalanan dari kota keberangkatan awal seperti Surabaya, Jakarta, Bandung, Semarang, dan kota-kota lain. Wisatawan dapat memilih waktu berwisata mulai dari 1 hari hingga 7 hari di paket wisata ke Malang ini.

Untuk harga dari paket wisata ke malang sendiri berkisar antara 200 hingga lebih dari 1 juta rupiah sesuai dengan waktu dan tujuan. Paket wisata ke Malang ini juga menawarkan berbagai destinasi wisata yang ada di Malang Raya. Biasanya dalam satu hari terdapat 4 destinasi wisata yang dapat dikunjungi.

Berikut pilihan destinsai di paket wisata ke Malang, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (7/5/2020).

Paket wisata ke Malang - Bromo

Wisata Gunung Bromo (Sumber: Pixabay)
Wisata Gunung Bromo (Sumber: Pixabay)

Gunung Bromo adalah sebuah gunung berapi aktif di Jawa Timur yang berada dalam empat wilayah kabupaten, yakni Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang. Gunung Bromo terkenal sebagai objek wisata utama di Jawa Timur salah satunya Malang.

Perjalanan ke Bromo dapat ditempuh sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Malang. Banyak yang menawarkan paket wisata ke Bromo melalui Rute Malang. Paket yang ditawarkan pun beragam seperti paket sunrise, paket camping, dan masih banyak lagi.

Pada paket yang ditawarkan sudah termasuk penjemputan dengan mobil dari Malang dan mobil Jeep yang akan mengantarkan pada titik pendakian. Jadi tak perlu pusing untuk mencari persewaan mobil lagi. Di dalam paket Bromo ini biasanya juga sudah lengkap dengan destinasi di sekitar Bromo seperti Bukit Teletubies, pasir berbisik, hingga Pura Luhur Poten.

Paket wisata ke Malang - Jatim Park, Museum Angkut, BNS

Motor klasik di Museum Angkut, salah satu tempat wisata milik Jawa Timur Park Grup ini panen limpahan wisatawan yang berkunjung ke Kota Batu (Liputan6.com/Zainul Arifin)
Motor klasik di Museum Angkut, salah satu tempat wisata milik Jawa Timur Park Grup ini panen limpahan wisatawan yang berkunjung ke Kota Batu (Liputan6.com/Zainul Arifin)

Salah satu destinasi populer di Malang Raya adalah wahana wisata yang dikelola oleh Jatim Park. Jatim Park merupakan destinasi wisata yang selalu ada pada paket wisata Malang. Jatim Park terdiri dari Jatim Park 1, Jatim Park 2, dan Jatim park 3, Museum Angkut dan BNS.

Jatim Park

Jatim Park 1 adalah taman hiburan yang punya daya tarik berupa kolam renang ukuran raksasa, yang berlatar belakang patung Ken Dedes, Ken Arok, serta Empu Gandring yang mencerminkan tokoh asal Jawa Timur. Selain itu, Jatim Park 1 punya lebih dari 50 wahana yang bisa dicoba oleh anak-anak maupun dewasa.

Bernaung di bawah perusahaan yang sama dengan Jatim Park 1 yakni JTP Group, Jatim Park 2 menawarkan kebun binatang yakni Secret Zoo, serta Museum Satwa yang memajang koleksi satwa secara lengkap untuk tujuan belajar bagi anak maupun dewasa.

Sementara Jatim Park 3 dibuka pada November 2017, wahana wisata Malang raya yang terletak di Batu ini, mengandalkan taman Dino atau Dino Park sebagai wisata unggulan. Dino Park mampu membuat pengunjung seolah berada di zaman Dinosaurus.

Museum Angkut

Museum Angkut adalah museum pertama di Asia Tenggara yang mengambil tema transportasi. Di sana, pengunjung dapat melihat perkembangan moda transportasi, dari yang menggunakan tenaga kuda hingga moda transportasi bertenaga listrik.

Batu Night Spectacular (BNS)

Tak seperti Jatim Park dan Museum Angkut, Batu Night Spectacular atau BNS justru buka dari sore hingga tengah malam. Jam operasional resminya mulai dari pukul 15.00 hingga 24.00. BNS menawarkan beberapa wahana penguji adrenalin, taman lampion, hingga arena go kart.

Paket wisata ke Malang - Pantai

ilustrasi pantai/Photo by Nofi Sofyan Hadi on Unsplash
ilustrasi pantai/Photo by Nofi Sofyan Hadi on Unsplash

Pantai Balekambang

Pantai Balekambang berlokasi di Dusun Sumber Jahe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Terdapat 3 pulau yang terdekat dengan dengan pantai ini, yaitu Pulau Ismoyo, Pulau Anoman dan Pulau Wisanggeni. Tepat di atas pulau Ismoyo, terdapat sebuah pura megah yang bernama Pura Luhur Amertha Jati, dan sebuah jembatan yang menghubungkannya melalui pantai utama Balekambang. Pantai ini juga kerap disebut Tanah Lot-nya Jawa.

Pantai Ngliyep

Pantai Ngliyep berada di desa Kedungsalam kecamatan Donomulyo, 62 km dari arah selatan kota Malang. Selain pesona pasir putihnya, di Pantai Ngliyep juga terdapat pulau kecil bernama Gunung Kambang. Pulau ini bisa dicapai dengan jembatan yang sudah disediakan. Gunung Kambang juga bisa menjadi spot yang menarik untuk melihat matahari terbenam.

 

Paket wisata ke Malang - Petik apel

Apel Hijau / Sumber: Pixabay
Apel Hijau / Sumber: Pixabay

Malang terkenal dengan produksi apel lokalnya yang biasa disebut dengan Apel Malang. Perkebunan apel dapat ditemui di kota Batu. Ada paket wisata ke Malang yang khusus menawarkan wisata petik apel. Wisata petik apel ini juga terdapat di beberapa titik.

Di Batu terdapat wisata petik apel yang dikelola oleh warga sekitar yang dapat dinikmati wisatawan. Ada pula wisata petik apel yang dikelola oleh pihak swasta seperti Selcta dan Agro Kusuma. Di sini wisatawan akan disuguhi oleh hamparan perkebunan apel yang segar. Selain itu wisatawan juga dapat memetik dan mencicipi sendiri apel dari pohonnya.

Paket wisata ke Malang - Air terjun

Ilustrasi air terjun  (sumber: Pixabay)
Ilustrasi air terjun (sumber: Pixabay)

Coban Pelangi

Coban Pelangi berlokasi di kaki gunung Semeru tepatnya di Dusun Ngadas, Ngadas, Poncokusumo, Malang. Seperti namanya, Anda dapat menyaksikan pelangi di air terjun ini. Pelangi hanya akan muncul ketika sinar matahari menyinari air terjun ini.

Coban Rondo

Dari sekian banyak wisata air terjun di Malang, Coban Rondo merupakan destinasi yang paling populer. Coban Rondo berada di Jalan Coban Rondo, Krajan, Pandesari, Malang. Fasilitas di Coban Rondo juga cukup lengkap. Di sini kamu bisa menemukan area perkemahan, dan beberapa wahana permainan seperti outbond, flyingfox, dan arena labirin.

Coban Sewu

Coban Sewu atau yang juga dikenal dengan Coban Tumpak Sewu merupakan air terjun yang berada di perbatasan Kabupaten Malang dan Lumajang. Air Terjun Tumpak Sewu terbentuk di aliran Sungai Glidih yang berhulu di Gunung Semeru. Selain Air Terjun Tumpak Sewu, di sekitar lokasi ada juga wisata permainan arum jeram. Dan bagi pecinta Jeep juga ada wisata jalur offroad di lereng gunung semeru.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menteri Bintang: Perempuan dan Anak Rawan Terpapar Covid-19

Posted: 06 May 2020 09:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Menteri PPPA) Bintang Puspayoga mengakui anak dan perempuan rentan terpapar virus corona (Covid-19). Pihaknya  akan memberikan bantuan pemenuhan kebutuhan spesifik bagi perempuan dan anak kelompok rentan terdampak Covid-19.

"Perempuan, anak, penyandang disabilitas dan lansia adalah kelompok rentan yang harus mendapatkan perlindungan dan dipenuhi hak-haknya saat pandemi ini, khususnya mereka yang berada dalam keluarga miskin. Saya berharap publikasi data terpilah ini bisa segera diikuti oleh Gugus Tugas Covid-19 di daerah di seluruh Indonesia," kata Bintang, Kamis (7/5/2020).

Bintang mengungkapkan, Kemen PPPA telah mengoordinasikan dengan seluruh unit kerja yang menangani urusan perempuan dan anak, untuk mengumpulkan dan mengolah data terpilah di daerahnya masing-masing.

"Hingga 21 April telah diterima laporan dari 15 Dinas PPPA Provinsi yang telah mengirimkan data terpilah lengkap (ODP, PDP, Positif, Meninggal, Laki-Laki, Perempuan, dan Anak). Kita juga menerima laporan data terpilah menurut jenis kelamin dari 6 provinsi, sementara 13 provinsi lainnya belum mengirimkan data terpilah," pungkas Bintang.

42 Persen

Berdasarkan data terpilah yang ditampilkan website https://Covid.go.id/peta- sebaran pada hari ini, diketahui jumlah perempuan termasuk anak perempuan korban positif Corona yaitu 42,2 persen dari data jumlah keseluruhan korban positif di Indonesia. Rincian sementara hingga 6 Mei 2020 adalah:

- Positif: Perempuan 42,2 persen dan Anak 4,9 persen

- Dirawat/Isolasi Mandiri: Perempuan 43,5 persen dan Anak  5,8 persen

- Sembuh: Perempuan 40,4 persen dan Anak  2,9 persen

- Meninggal: Perempuan  33,8 persen dan Anak  1 persen

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Sepucuk Surat Cinta di Lokasi Penemuan Jasad Perempuan Dalam Kardus

Posted: 06 May 2020 09:44 PM PDT

Liputan6.com, Deli Serdang -L Penemuan jasad perempuan dalam kardus, Rabu malam (6/5/2020), membuat geger warga di Kompleks Cemara Asri, di Jalan Duku, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara.

Informasi di lapangan, korban meninggal dunia berjenis kelamin perempuan itu, diduga dibunuh dengan cara mengenaskan karena masalah asmara.

"Pacarnya laki-laki minum obat nyamuk, ceweknya penuh luka, sempat dimasukkan ke kardus," kata warga yang berada di lokasi.

Kapolsek Percut Sei Tuan Kompol Aris Wibowo mengatakan, pihaknya masih melakukan pemeriksaan.

"Ada dua orang di dalam rumah. Saat ditemukan, salah satu korban sudah meninggal dalam kondisi bersimbah darah," katanya.

Jenazah korban saat ini sudah dievakuasi ke Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Polda Sumut untuk dilakukan autopsi.

Pihak kepolisian hingga hari ini masih melakukan penyelidikan terkait temuan jasad perempuan dalam kardus di Kompleks Cemara Asri, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara.

Sejumlah barang bukti turut diamankan termasuk selembar surat cinta yang diduga ditulis oleh pelaku untuk korban yang diketahui berinisial EL (21).

Dalam selembar surat yang ditemukan bertuliskan, "Saya sangat mencintai Elvina, sehingga saya membunuh karena pihak dari keluarga tidak menyetujui saya. Saya mau bunuh diri, saya cinta Elvina."

Selain itu, petugas turut mengamankan dua bilah pisau, satu martil, sebuah kardus, satu buah lakban, satu botol obat nyamuk semprot, dan handphone yang terbakar di dalam plastik.

"Satu orang (EL) kemungkinan menjadi korban. Sementara satu lagi (M) masih kita dalami," kata Kapolsek Percut Sei Tuan Kompol Aris Wibowo dikutip Antara, Kamis (7/5/2020).

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jasad Perempuan Dalam Kardus Bikin Geger Warga Deli Serdang

Posted: 06 May 2020 09:38 PM PDT

Liputan6.com, Deli Serdang - Penemuan jasad perempuan dalam kardus, Rabu malam (6/5/2020), membuat geger warga di Kompleks Cemara Asri, di Jalan Duku, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara.

Informasi di lapangan, korban meninggal dunia berjenis kelamin perempuan itu, diduga dibunuh dengan cara mengenaskan karena masalah asmara.

"Pacarnya laki-laki minum obat nyamuk, ceweknya penuh luka, sempat dimasukkan ke kardus," kata warga yang berada di lokasi.

Kapolsek Percut Sei Tuan Kompol Aris Wibowo mengatakan, pihaknya masih melakukan pemeriksaan.

"Ada dua orang di dalam rumah. Saat ditemukan, salah satu korban sudah meninggal dalam kondisi bersimbah darah," katanya.

Jenazah korban saat ini sudah dievakuasi ke Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Polda Sumut untuk dilakukan autopsi.

Pihak kepolisian hingga hari ini masih melakukan penyelidikan terkait temuan jasad perempuan dalam kardus di Kompleks Cemara Asri, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara.

Sejumlah barang bukti turut diamankan termasuk selembar surat cinta yang diduga ditulis oleh pelaku untuk korban yang diketahui berinisial EL (21).

Dalam selembar surat yang ditemukan bertuliskan, "Saya sangat mencintai Elvina, sehingga saya membunuh karena pihak dari keluarga tidak menyetujui saya. Saya mau bunuh diri, saya cinta Elvina."

Selain itu, petugas turut mengamankan dua bilah pisau, satu martil, sebuah kardus, satu buah lakban, satu botol obat nyamuk semprot, dan handphone yang terbakar di dalam plastik.

"Satu orang (EL) kemungkinan menjadi korban. Sementara satu lagi (M) masih kita dalami," kata Kapolsek Percut Sei Tuan Kompol Aris Wibowo dikutip Antara, Kamis (7/5/2020).

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelatih Bali United Ungkap Rahasia Fasih Berbahasa Indonesia

Posted: 06 May 2020 09:35 PM PDT

Jakarta - Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco menjadi salah satu sosok asing yang mahir dalam berbahasa Indonesia. Rupanya pelatih asal Brasil itu hanya butuh waktu setahun bisa berkomunikasi dengan lancar memakai bahasa ibu pertiwi.

Teco datang ke Indonesia pada pengujung 2003. Kemudian, pria asal Brasil itu bekerja di Persebaya Surabaya untuk mengisi peran pelatih fisik dan juga asisten pelatih.

Datang dari Brasil dan harus melatih pemain yang mayoritas tak bisa berbahasa asing membuat Teco harus menyesuaikan diri. Teco segera belajar berbahasa Indonesia dengan bantuan sebuah buku. Dalam setahun ia sudah mahir bercakap-cakap memakai bahasa Indonesia.

"Saya datang ke Indonesia pada Desember 2003 dan 2004 di tim Persebaya waktu itu ada pemain yang bisa berbahasa Italia dan saya juga bisa sehingga mereka banyak membantu saya. Terus ada juga seorang pemain Brasil di Persebaya ketika itu yang bisa berbahasa Indonesia," kata Teco dalam akun Youtube Bali United.

"Dia memiliki buku soal kalimat sehari-hari dalam bahasa Indonesia, yang dilengkapi bahasa Portugis dan Inggris. Kemudian dia memberikan buku ini pada saya dan saya kemana-mana membawa buku ini. Saya pikir 2004 saya sudah bagus berkomunikasi bahasa Indonesia," kata Teco.

Karier Teco di Persebaya Surabaya bertahan selama lima tahun. Pada 2009, Stefano Cugurra Teco juga menikahi wanita asal Surabaya, Miranda Erlinda, yang membuatnya semakin menguasai bahasa Indonesia.

Stefano Cugurra Teco kemudian mengawali kariernya sebagai pelatih pada 2009 di Malaysia bersama Kuala Muda Naza. Setelah itu, Teco bepetualang ke Thailand dan pernah menukangi Chiangrai United, Phuket, Osotspa Samut Prakan, hingga Royal Thai Navi.

Pada 20017, Teco kemudian kembali ke Indonesia pada 2017 untuk menukangi Persija Jakarta. Pria berusia 45 tahun itu sukses mempersembahkan gelar Piala Presiden 2018 dan Liga 1 2018.

Teco kemudian bergabung dengan Bali United pada 2019. Tak sampai 1 tahun, Teco sudah berhasil memberikan gelar Liga 1 2019.

Kuasai Banyak Bahasa

Pelatih Persija, Stefano Cugurra Teco, memberi arahan kepada Umanailo saat melawan Persegres pada laga Liga 1 Indonesia di Stadion Patriot, Bekasi, Sabtu (14/10/2017). Persija menang 5-0 atas Persegres. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)
Pelatih Persija, Stefano Cugurra Teco, memberi arahan kepada Umanailo saat melawan Persegres pada laga Liga 1 Indonesia di Stadion Patriot, Bekasi, Sabtu (14/10/2017). Persija menang 5-0 atas Persegres. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Tak hanya bahasa Indonesia, Teco juga fasih menggunakan bahasa Italia, Arab, dan Thailand. Hal itu terjadi karena Teco pernah bekerja di negara-negara tersebut sehingga menuntutnya untuk mengetahui bahasa lokal.

Teco berpendapat sebagai pelatih bahasa itu sangat penting untuk berkomunikasi dengan pemain sehingga bisa melakukan apa yang diinginkan di lapangan.

"Saya pikir bahasa itu penting buat pelatih. Sehingga pemain tidak punya alasan tidak mengerti dengan keinginan pelatih," ucap Teco.

"Itu nantinya akan menjadi masalah dalam tim. Tak perlu 100 persen bisa, minimal harus ada komunikasi dengan bahasa yang sama," tegas Teco.

Sumber: Bali United

Disadur dari: Bola.com (penulis Zulfirdaus H, editor Yus Mei, published 6/5/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Minuman Nyeleneh Untuk Buka Puasa Ini Bikin Geleng Kepala

Posted: 06 May 2020 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Minum minuman yang segar saat buka puasa Ramadhan memang menambah kenikmatan. Terlebih, minuman yang diminum terlihat menarik secara visual. Seperti es pisang ijo, es kopyor hingga es putri salju menjadi minuman-minuman yang menggugah selera.

Namun banyak juga yang minuman yang nyeleneh dan bikin geleng kepala. Minuman tersebut dibuat netizen untuk berbagi konten lucu dan mengundang gelak tawa. Pasalnya secara visual saja, minuman-minuman ini nyelenehnya kebangetan.

Mulai dari es buah yang memakai kelereng hingga es cendol dawet isi kecebong menjadi kelucuan minuman nyeleneh ini. Wajar saja jika minuman nyeleneh ini viral di media sosial dan membuat banyak orang tertawa terbahak-bahak setelah melihatnya.

Penasaran kan apa saja minuman nyeleneh ala netizen untuk buka puasa Ramadhan? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, minuman nyeleneh untuk buka puasa Ramadhan, Kamis (7/5/2020).

1. Ya ampun, itu teh hangat ada toping kejunya.

6 Minuman Nyeleneh Untuk Buka Puasa Ramadhan Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: Instagram.com/awreceh.id)
6 Minuman Nyeleneh Untuk Buka Puasa Ramadhan Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: Instagram.com/awreceh.id)

2. Astaga, enggak pakai kelereng juga kali.

6 Minuman Nyeleneh Untuk Buka Puasa Ramadhan Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: Instagram.com/awreceh.id)
6 Minuman Nyeleneh Untuk Buka Puasa Ramadhan Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: Instagram.com/awreceh.id)

3. Ya ampun, anak kos banget, minuman dan makanan dicampur jadi satu.

6 Minuman Nyeleneh Untuk Buka Puasa Ramadhan Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: 1cak.com)
6 Minuman Nyeleneh Untuk Buka Puasa Ramadhan Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: 1cak.com)

4. Ini mah minuman buka puasa untuk hewan elang kali.

6 Minuman Nyeleneh Untuk Buka Puasa Ramadhan Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: 1cak.com)
6 Minuman Nyeleneh Untuk Buka Puasa Ramadhan Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: 1cak.com)

5. Duh, kalau minumannya segede ini sih enggak perlu makan lagi kali ya.

6 Minuman Nyeleneh Untuk Buka Puasa Ramadhan Ini Bikin Geleng Kepala (sumber:1cak.com)
6 Minuman Nyeleneh Untuk Buka Puasa Ramadhan Ini Bikin Geleng Kepala (sumber:1cak.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ucapan Selamat Hari Waisak Trending di Media Sosial

Posted: 06 May 2020 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Warganet ramai-ramai mengucapkan selamat Hari Raya Waisak bagi warga beragama Buddha. Ucapan ini jadi trending topic di media sosial Twitter.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AC Milan Berencana Boyong Pemain Gagal MU

Posted: 06 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Milan- AC Milan dilaporkan sedang bersiap membajak mantan penyerang Manchester United (MU) Memphis Depay dari Olympique Lyon. I Rossoneri bisa mendapatkan Depay dengan harga miring.

Menurut laporan Tuttomercatoweb, AC Milan bisa memperoleh diskon besar hanya perlu membayar 20 juta euro saja untuk memiliki Depay akhir musim nanti.

Depay bisa didapat murah oleh AC Milan karena kontraknya bersama Lyon akan habis tahun 2021 dan kemungkinan besar tak memperpanjangnya. Selain itu Depay juga baru saja terkena cedera ligamen lutut parah.

Pemain asal Belanda itu takkan bisa bermain di sisa musim 2019-2020. Namun Depay akan siap tempur lagi di awal musim 2020-2021.

AC Milan konon juga mengimingi Lyon bagian dari hasil penjualan Depay di masa depan. Proposal ini diharapkan membuat Lyon tergiur. Pasalnya Lyon takkan main di kompetisi Eropa musim depan.

 

Sukses di Lyon

Memphis Depay (Twitter)
Memphis Depay (Twitter)

Depay merupakan pemain binaan PSV Eindhoven. Dia kemudian pindah ke MU tahun 2015. Di Inggris, Depay gagal total sehingga dijual ke Lyon di tahun 2017.

Bersama Lyon, Depay terlahir kembali. Sebelum dihantam cedera, Depay sukses membuat 14 gol dari 18 laga termasuk lima gol dalam lima laga Liga Champions.

 

Belanda

AC Milan melirik Depay karena punya pengalaman bagus dengan pemain asal Belanda. Mereka sukses besar dengan Marco van Basten, Frank Rijkaard, Ruud Gullit, hingga Clarence Seedorf.

Jika Depay jadi direkrut maka AC Milan kemungkinan tidak akan mempermanenkan penyerang kawakan Zlatan Ibrahimovic yang kontraknya habis Juni nanti.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Natasha Wilona Pernah Hidup Memprihatinkan, Tinggal di Gubuk Reot yang Dipenuhi Tikus

Posted: 06 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebelum menjadi terkenal seperti saat ini, pesinetron Natasha Wilona bukanlah siapa-siapa. Dirinya bahkan mengaku pernah tinggal di sebuah gubuk dari kayu dengan kondisi lantai dan dinding yang banyak lubang bersama ibundanya. 

Dalam video di saluran YouTube Natasha Wilona dengan tajuk 'Pernah Tidur di Gubuk? Kisah dan Motivasi Hidup Natasha Wilona Bersama Mama - Part 1' yang tayang 23 April 2019, Natasha bercerita.

Dirinya bersama sang Mama, Theresia menceritakan kehidupan susah yang dijalaninya saat masih tinggal di Banjarmasin. Kehidupannya jauh sekali dari kata mewah, bahkan bisa dibilang hidup Natasha Wilona miris.

 

Hidup Susah

Natasha Wilona bersama ibundanya
Natasha Wilona bersama ibundanya

"Kita di Banjarmasin hidupnya susah," kata Natasha. 

Theresia kemudian menjelaskan bahwa mereka pernah tinggal di rumah yang terbuat dari kayu, dan mereka menyebutnya gubuk. Biaya sewa rumah tersebut pun sangat murah, hanya Rp2 juta setahun.

 

Rumah Kayu

Natasha Wilona bersama ibundanya
Natasha Wilona bersama ibundanya

"Kita tinggal di rumah yang terbuat dari kayu. Itu rumahnya murah banget, setahun cuma Rp2 juta," kata Theresia.

 

Memprihatinkan

Natasha menceritakan kondisi rumah yang pernah dihuninya itu. Kondisinya amat memprihatinkan yakni rumah panggung dengan lantai dan dinding yang penuh lubang. 

"Bawah lantainya bolong-bolong," kata Natasha.

"Bawahnya air kan biasa rumah di Kalimantan kan suka ada air di bawahnya. Lantainya bolong-bolong. Kalau di sinetron rumah gubuk lah jelek banget," terang ibunda Natasha.

 

Ketakutan

Bukan hanya itu, Natasha juga mengaku kerap kali ketakutan kala harus ke kamar mandi. Soalnya, di sana gelap, kotor, dan juga banyak binatang curut (tikus kecil). 

"Langit-langitnya gak ada eternit tapi langsung atap. Tidur pake kelambu karena banyak nyamuk. Dapurnya kotor, abis itu WC nya di luar," papar Theresia.

 

Curut

"Suka banyak curut malem-malem. Setiap kali mau ke toilet inget banget selalu serem karena gelap, kotor malem-malem suka ada curut kecil takut aja. Tahan kencing," jelas Natasha. 

Natasha pun menjelaskan bahwa saat itu merupakan titik terendah dalam kehidupannya. Ia berhasil melewati itu semua dan kini telah dikenal sebagai air dan memiliki kehidupan yang jauh lebih layak.

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Cara agar Tidur Cukup Saat Bulan Puasa, Tetap Produktif

Posted: 06 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cara agar tidur cukup saat bulan puasa bisa menjadi salah satu solusi, mengingat saat puasa jam tidur Anda mungkin berkurang dan Anda menjadi cepat merasa ngantuk saat beraktivitas. Memang hal tersebut lumrah, mengingat kita harus bangun untuk santap sahur.

Selain menahan lapar dan haus selama seharian penuh, banyak orang yang mengeluhkan tentang berkurangnya waktu tidur mereka saat puasa. Ya, mungkin karena belum mengetahui cara agar tidur cukup saat bulan puasa. Padahal, jika waktu tidur tidak cukup, maka berpotensi membuat tubuh terasa lemas, risiko gangguan metabolisme, dan mengantuk sepanjang hari.

Ada beberapa cara agar tidur cukup saat bulan puasa yang sebenarnya cukup efektif. Dengan mengikuti cara agar tidur cukup saat bulan puasa tersebut, maka setidaknya dapat mengembalikan energi dan menghilangkan rasa kantuk Anda.

Jadi ada baiknya jika memang aktivitas Anda cukup tinggi di bulan puasa, dan mungkin waktu Anda sangat terganggu untuk mendapatkan tidur yang cukup, Anda dapat mencoba cara agar tidur cukup saat bulan puasa ini.

Namun, seperti apa cara agar tidur cukup saat bulan puasa yang efektif? Dibawah ini, Liputan6.com telah merangkum bagaimana cara agar tidur cukup saat bulan puasa yang baiknya Anda cermati dan pahami, tentunya demi kelancaran ibadah Anda selama bulan Ramadan, Kamis (7/5/2020).

1. Tidur Lebih Awal

ilustrasi jam tidur. (iStockphoto)
ilustrasi jam tidur. (iStockphoto)

Hal ini perlu di lakukan, mengingat kita harus bangun lebih awal dari biasanya untuk melakukan santap sahur. Oleh karena itu ada baiknya untuk kita memajukan waktu tidur kita. Contohnya, apabila kita terbiasa tidur pada pukul 23.00, maka akan lebih baik jika kita mencoba untuk mulai tidur satu atau dua jam lebih awal.

Tentu ada baiknya tidur setelah melaksanakan salat tarawih. Biasanya salat tarawih selesai pada pukul 20.00. Intinya adalah mengusahakan bagaimana kita dapat waktu tidur minimal dalam waktu selama 6 jam.

2. Tidur Setelah Salat Subuh

Inilah jadwal salat, imsak, dan buka puasa untuk hari ke-4 Ramadan. (Sumber foto: unsplash.com)
Inilah jadwal salat, imsak, dan buka puasa untuk hari ke-4 Ramadan. (Sumber foto: unsplash.com)

Umumnya banyak orang akan merekomendasikan untuk tidur setelah sahur. Hal tersebut ada baiknya untuk dihindari, karena akan membuat gangguan pada pencernaan. Selain itu, jika kita tidur setelah sahur, akan membuat kita melewatkan ibadah wajib yaitu salat Subuh.

Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda sudah mengantuk, usahakan baru tidur setelah salat Subuh. Tujuannya, selain agar makanan dicerna dahulu oleh tubuh, Anda juga tidak akan kehilangan waktu ibadah salat Subuh.

3. Tidur Saat Ada Waktu Lenggang

ilustrasi tidur mempengaruhi kinerja otak/pexels
ilustrasi tidur mempengaruhi kinerja otak/pexels

Biasanya, jika Anda merupakan pekerja kantoran, jam istirahat di siang hari akan digunakan untuk makan siang. Namun, itu untuk hari-hari biasa. Nah, apabila sedang dikantor, ada baiknya saat jam istirahat makan siang tersebut, Anda gunakan untuk salat Dhuhur terlebih dahulu, lalu tidur hingga waktu istirahat selesai.

Walau mungkin hanya berduarasi beberapa puluh menit, namun hal tersebut sudah cukup untuk membantu mengembalikan energi pada tubuh dan dapat mengatasi rasa kantuk. Disisi lain, dengan tidur siang kemampuan dari fungsi otak akan ikut meningkat. Hal tersebut juga telah terbukti dalam membuat kita menjadi lebih waspada, meningkatkan kemampuan dalam mengingat, serta meningkatkan kemampuas berkonsentrasi.

4. Pastikan Lingkungan Tidur Nyaman

Ilustrasi/copyrightshutterstock/Siriluk ok
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Siriluk ok

Dengan kondisi kamar yang nyaman, maka akan membuat kita lebih cepat mengantuk. Banyak juga pakar kesehatan yang menyarankan agar kita mengondisikan kamar agar senyaman mungkin jika ingin tidur lebih cepat.

Selain dari segi kerapian dan kebersihan kamar, salah satu cara agar lebih cepat tidur adalah dengan menjauhkan ponsel, mematikan televisi, dan ada baiknya mematikan lampu saat tidur, karena dalam keadaan gelap maka Anda akan cepat terlelap tidur.

Dan yang terakhir, pastikan kondisi udara di dalam kamar tidur cukup sejuk agar kita dapat merasa nyaman dan lebih cepat terlelap tidur.

5. Perhatikan Pola makan dan Tetap Berolahraga

Ilustrasi jalan kaki olahraga untuk orang dengan nyeri lutut (iStock)
Ilustrasi jalan kaki olahraga untuk orang dengan nyeri lutut (iStock)

Langsung terlelap tidur setelah makan besar dapat membuat waktu tidur justru akan menjadi terganggu, dan parahnya, jika terbiasa makan lalu tidur maka akan meningkatkan risiko terkena penyakit seperti stroke atau asam lambung.

Jika memang ingin makan sebelum tidur, ada baiknya mengonsumsi jenis buah saja, namun, tetap dalam porsi yang terbatas. Selain itu, mengonsumsi rokok atau kafein juga harus dihindari karena kandungan nikotin pada rokok serta kafein pada kopi dapat memberikan efek stimulasi sehingga akan membuat Anda butuh waktu berjam-jam agar dapat terlelap tidur.

Selain itu, jangan lupa dengan tetap rajin berolahraga walau sedang berpuasa. Jika Anda ingin berolahraga, maka ada baiknya melakukan olahraga ringan pada sore hari menjelang buka puasa. Kondisi tubuh yang lelah setelah berolahraga, dapat membantu Anda lebih cepat tertidur saat malam hari.

Nah, jadi itulah beberapa cara agar tidur cukup saat bulan puasa yang bisa Anda coba untuk praktikkan. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Punya Uang, Ibu Ini Masak Batu demi Tenangkan 8 Anaknya yang Lapar

Posted: 06 May 2020 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Virus Corona Covid-19 telah menyebabkan begitu banyak penderitaan di berbagai negara. Banyak orang harus melalui kejadian pilu karena pandemi global tersebut. Meskipun berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah di masing-masing negara, virus Corona Covid-19 belum bisa diatasi sepenuhnya.

Perekonomian masyarakat menjadi sulit, karena banyak yang kehilangan pekerjaan dan menjadi pengangguran. Meskipun pemerintah di negara-negara yang terkena imbas oleh virus tersebut sudah memberi bantuan kepada warganya, namun masih banyak keluarga kecil mengalami kesulitan makanan.

Seperti yang dialami oleh seorang ibu bernama Peninah Bahati Kitsao bersama kedelapan orang anaknya ini. Wanita asal Mombasa, Kenya tersebut mengalami krisis ekonomi akibat virus Corona Covid-19 yang mewabah di negaranya.

Ia kehilangan pekerjaannya dan tidak punya uang untuk membeli makanan bagi anak-anaknya. Malangnya, ia bahkan terpaksa memasak batu dengan harapan anak-anaknya akan tenang dan tertidur ketika menunggunya selesai memasak.

Peninah Bahati Kitsao telah kehilangan suaminya tahun lalu karena dibunuh oleh sekelompok orang tidak bertanggung jawab. Sejak saat itu ia harus berjuang sendiri menghidupi delapan orang anaknya.

Mendapat Banyak Bantuan

Tak Punya Uang, Ibu Ini Terpaksa Masak Batu demi Tenangkan 8 Anaknya yang Lapar (Sumber: Mirror)
Tak Punya Uang, Ibu Ini Terpaksa Masak Batu demi Tenangkan 8 Anaknya yang Lapar (Sumber: Mirror)

Peninah biasanya bekerja mencuci pakaian penduduk lokal untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tetapi sejak Corona Covid-19 merebak, ia kehilangan pekerjaan dan tidak memiliki uang untuk membeli makanan.

Pemerintah Kenya telah meluncurkan program pemberian makanan untuk membantu yang paling rentan dari pandemi virus Corona Covid-19, namun belum sampai kepada Peninah. Akibat tak punya uang untuk membeli makanan, Peninah harus berpura-pura memasak di depan buah hatinya. Hal tersebut dilakukan semata agar anak-anaknya yang kelaparan berhenti menangis.

Kondisi Peninah pertama kali diketahui oleh tetangganya, Prisca Momanyi. Kemudian Prisca membagikan cerita Peninah di media sosial tentang ibu yang memasak batu. Kisah ini kemudian viral dan mengetuk hati banyak orang untuk memberikan donasi.

Prisca kemudian membantu menjadi penyalur donasi bagi Peninah karena ibu 8 anak ini tidak memiliki akun bank dan tak bisa baca tulis.Mendapati banyak orang memberikan donasi dan bantuan, Peninah sangat bersyukur dan menganggap semuanya adalah keajaiban.

"Saya tidak percaya bahwa warga Kenya bisa sangat mencintai saya. Saya juga menerima panggilan telepon dari seluruh negeri bertanya bagaimana caranya mereka bisa membantu," kata Peninah seperti dikutip oleh Liputan6.com dari Mirror, Kamis (7/5/2020).

Saat salah satu media setempat mewawancarai Peninah, ia mengaku tidak memiliki suami dan mengatakan kalau anak-anaknya tahu ia sedang menipu mereka dengan memasak batu. Memasak batu ia lakukan demi menenangkan anak-anaknya yang menangis karena kelaparan.

"Mereka mengatakan bahwa mereka tahu saya berbohong kepada mereka, tapi saya tidak bisa melakukan apa-apa karena saya tidak punya apa-apa," ujar Peninah yang selama ini hanya tinggal di rumah dua petak tanpa aliran listrik dan air.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Update 7 Mei: 3.755.341 Warga Dunia Positif Corona COVID-19, 1.245.415 Pasien Pulih

Posted: 06 May 2020 09:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Infeksi Virus Corona COVID-19 di seluruh dunia telah mencapai 3.755.341 kasus. 1.245.415 di antaranya telah dinyatakan sembuh berdasarkan Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE.

Jumlah kesembuhan pasien Corona COVID-19 paling besar kini tercatat di Amerika Serikat, yang mencapai 189.910 dan Jerman dengan 139.900 orang pulih.

Amerika Serikat tercatat sebagai negara yang memiliki kasus infeksi terbesar mencapai 1.228.603.

Saat ini, Spanyol, Italia, Inggris, dan Prancis tercatat sebagai negara dengan kasus infeksi terbesar setelah Amerika Serikat, menurut data Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE yang dikutip Kamis, (7/5/2020).

Jumlah kasus infeksi Corona COVID-19 terbesar kedua tercatat di Spanyol, yang mencapai 220.325 kasus dengan 126.002 pasien pulih.

Kasus infeksi terbesar ketiga tercatat di Italia, yang mencapai 214.457 kasus dengan 93.245 orang pulih. Lalu 202.359 orang dinyatakan positif mengidap Virus SARS-CoV-2 di Inggris, dengan 934 orang pulih.

Pasien positif Corona COVID-19 di Prancis kini tercatat sebagai kelima terbesar, yakni sebanyak 174.224 kasus dengan 54.081 pasien pulih.

Kematian Akibat Corona COVID-19 di Dunia Tercatat 263.831 Jiwa

Petugas medis dari Provinsi Jiangsu bekerja di sebuah bangsal ICU Rumah Sakit Pertama Kota Wuhan di Wuhan, Provinsi Hubei, 22 Februari 2020. Para tenaga medis dari seluruh China telah mengerahkan upaya terbaik mereka untuk mengobati para pasien COVID-19 di rumah sakit tersebut. (Xinhua/Xiao Yijiu)
Petugas medis dari Provinsi Jiangsu bekerja di sebuah bangsal ICU Rumah Sakit Pertama Kota Wuhan di Wuhan, Provinsi Hubei, 22 Februari 2020. Para tenaga medis dari seluruh China telah mengerahkan upaya terbaik mereka untuk mengobati para pasien COVID-19 di rumah sakit tersebut. (Xinhua/Xiao Yijiu)

Mengutip dari gisanddata.maps.arcgis.com, jumlah kematian karena Virus Corona COVID-19 secara global tercatat sebanyak 263.831 jiwa. Terus bertambah setiap hari.

Dalam data peta penyebaran Virus Corona COVID-19 tersebut kini ada 187 negara dan wilayah yang terjangkit termasuk China dan pasien dari Kapal Pesiar Diamond Princess. Sementara menurut www.worldometers.info/coronavirus, sudah mencapai 212 negara.

Angka kematian paling besar tercatat di Amerika Serikat, yang mencapai 73.431 jiwa.

Total kematian terbesar selanjutnya berada di Inggris yang mencatat 30.150 jiwa, lalu Italia yang mencapai 29.684 jiwa.

Sementara Spanyol kini mencatat 25.857 kematian, kemudian Prancis dengan 25.812 korban jiwa.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Nasib Penghuni Kebun Binatang Medan Saat Pandemi Virus Corona

Posted: 06 May 2020 09:20 PM PDT

Dokter hewan Yona Dumaica menyiapkan makanan sumbangan untuk satu-satunya gajah di Kebun Binatang Medan, 30 April 2020. Sumbangan buah-buahan, sayuran dan daging datang setiap hari setelah manajemen kebun binatang meminta bantuan pihak luar untuk mengatasi ancaman kelaparan satwa (AP/Binsar Bakkara)
Dokter hewan Yona Dumaica menyiapkan makanan sumbangan untuk satu-satunya gajah di Kebun Binatang Medan, 30 April 2020. Sumbangan buah-buahan, sayuran dan daging datang setiap hari setelah manajemen kebun binatang meminta bantuan pihak luar untuk mengatasi ancaman kelaparan satwa (AP/Binsar Bakkara)

Dokter hewan Yona Dumaica menyiapkan makanan sumbangan untuk satu-satunya gajah di Kebun Binatang Medan, 30 April 2020. Sumbangan buah-buahan, sayuran dan daging datang setiap hari setelah manajemen kebun binatang meminta bantuan pihak luar untuk mengatasi ancaman kelaparan satwa (AP/Binsar Bakkara)

Seorang anak memberikan uang koin ke dalam kotak sumbangan untuk binatang di Kebun Binatang Medan yang terkena dampak virus corona di Sumatera Utara pada 2 Mei 2020. Sudah lebih dari sebulan sejak kebun binatang ditutup sebagai upaya untuk menghentikan penyebaran Covid-19. (AP/Binsar Bakkara)
Seorang anak memberikan uang koin ke dalam kotak sumbangan untuk binatang di Kebun Binatang Medan yang terkena dampak virus corona di Sumatera Utara pada 2 Mei 2020. Sudah lebih dari sebulan sejak kebun binatang ditutup sebagai upaya untuk menghentikan penyebaran Covid-19. (AP/Binsar Bakkara)

Seorang anak memberikan uang koin ke dalam kotak sumbangan untuk binatang di Kebun Binatang Medan yang terkena dampak virus corona di Sumatera Utara pada 2 Mei 2020. Sudah lebih dari sebulan sejak kebun binatang ditutup sebagai upaya untuk menghentikan penyebaran Covid-19. (AP/Binsar Bakkara)

Seekor elang terlihat di dalam kandangnya di Kebun Binatang Medan, Sumatera Utara pada 3 Mei 2020. Manajemen kebun binatang berusaha mencari sumbangan uang dan makanan untuk kebutuhan ratusan satwa setelah tidak adanya pemasukan semenjak ditutup terkait pandemi COVID-19. (AP/Binsar Bakkara)
Seekor elang terlihat di dalam kandangnya di Kebun Binatang Medan, Sumatera Utara pada 3 Mei 2020. Manajemen kebun binatang berusaha mencari sumbangan uang dan makanan untuk kebutuhan ratusan satwa setelah tidak adanya pemasukan semenjak ditutup terkait pandemi COVID-19. (AP/Binsar Bakkara)

Seekor elang terlihat di dalam kandangnya di Kebun Binatang Medan, Sumatera Utara pada 3 Mei 2020. Manajemen kebun binatang berusaha mencari sumbangan uang dan makanan untuk kebutuhan ratusan satwa setelah tidak adanya pemasukan semenjak ditutup terkait pandemi COVID-19. (AP/Binsar Bakkara)

Pekerja Ahmad Zuliansyah memberi makan seekor harimau dengan ayam sumbangan di Kebun Binatang Medan, 30 April 2020. Sumbangan buah-buahan, sayuran dan daging datang setiap hari setelah manajemen kebun binatang meminta bantuan pihak luar untuk mengatasi ancaman kelaparan satwa. (AP/Binsar Bakkara)
Pekerja Ahmad Zuliansyah memberi makan seekor harimau dengan ayam sumbangan di Kebun Binatang Medan, 30 April 2020. Sumbangan buah-buahan, sayuran dan daging datang setiap hari setelah manajemen kebun binatang meminta bantuan pihak luar untuk mengatasi ancaman kelaparan satwa. (AP/Binsar Bakkara)

Pekerja Ahmad Zuliansyah memberi makan seekor harimau dengan ayam sumbangan di Kebun Binatang Medan, 30 April 2020. Sumbangan buah-buahan, sayuran dan daging datang setiap hari setelah manajemen kebun binatang meminta bantuan pihak luar untuk mengatasi ancaman kelaparan satwa. (AP/Binsar Bakkara)

Seekor orangutan betina bernama Amidah memakan buah, di dalam kandangnya di Kebun Binatang Medan yang terkena dampak virus corona di Sumatera Utara pada 1 Mei 2020. Sudah lebih dari sebulan sejak kebun binatang ditutup sebagai upaya untuk menghentikan penyebaran Covid-19. (AP/Binsar Bakkara)
Seekor orangutan betina bernama Amidah memakan buah, di dalam kandangnya di Kebun Binatang Medan yang terkena dampak virus corona di Sumatera Utara pada 1 Mei 2020. Sudah lebih dari sebulan sejak kebun binatang ditutup sebagai upaya untuk menghentikan penyebaran Covid-19. (AP/Binsar Bakkara)

Seekor orangutan betina bernama Amidah memakan buah, di dalam kandangnya di Kebun Binatang Medan yang terkena dampak virus corona di Sumatera Utara pada 1 Mei 2020. Sudah lebih dari sebulan sejak kebun binatang ditutup sebagai upaya untuk menghentikan penyebaran Covid-19. (AP/Binsar Bakkara)

Orang-orang membawa sekotak buah-buahan ketika menyumbangkan makanan untuk Kebun Binatang Medan pada 3 Mei 2020. Sumbangan buah-buahan, sayuran dan daging datang setiap hari setelah manajemen kebun binatang meminta bantuan pihak luar untuk mengatasi ancaman kelaparan satwa. (AP/Binsar Bakkara)
Orang-orang membawa sekotak buah-buahan ketika menyumbangkan makanan untuk Kebun Binatang Medan pada 3 Mei 2020. Sumbangan buah-buahan, sayuran dan daging datang setiap hari setelah manajemen kebun binatang meminta bantuan pihak luar untuk mengatasi ancaman kelaparan satwa. (AP/Binsar Bakkara)

Orang-orang membawa sekotak buah-buahan ketika menyumbangkan makanan untuk Kebun Binatang Medan pada 3 Mei 2020. Sumbangan buah-buahan, sayuran dan daging datang setiap hari setelah manajemen kebun binatang meminta bantuan pihak luar untuk mengatasi ancaman kelaparan satwa. (AP/Binsar Bakkara)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Bidikan Quique Setien untuk Membuat Barcelona Lebih Bertaji

Posted: 06 May 2020 09:20 PM PDT

Jakarta - Barcelona dipercaya bakal merekrut amunisi anyar ketika bursa transfer dibuka. Klub asal Catalunya itu ingin meningkatkan kualitas skuat yang terlihat melemah.

Blaugrana tetap mendominasi dalam ajang La Liga. Namun, performa Lionel Messi dan kawan-kawan terkadang tidak konsisten.

Klub yang bermarkas di Camp Nou itu juga selalu gagal bersaing di Liga Champions. Barcelona terakhir kali jadi penguasa Eropa pada musim 2014-2015.

Karena itu, Barcelona dituntut untuk segera melakukan pembenahan. Pihak klub siap mendatangkan wajah baru pada bursa transfer berikutnya.

Barcelona telah dikaitkan dengan banyak pemain menjelang bursa transfer musim panas. Namun, Quique Setien kabarnya hanya menginginkan empat pemain.

Berikut ini empat pemain menjadi incaran Barcelona pada musim panas seperti dilansir Everythingbarca.

Lautaro Martinez

Penyerang Inter Milan, Lautaro Martinez berselebrasi usai mencetak gol pembuka ke gawang Slavia Praha pada pertandingan Grup F Liga Champions di stadion Sinobo di Praha, Republik Ceko (27/11/2019). Inter Milan menang 3-1 atas Slavia Praha. (AP Photo/Petr David Josek)
Penyerang Inter Milan, Lautaro Martinez berselebrasi usai mencetak gol pembuka ke gawang Slavia Praha pada pertandingan Grup F Liga Champions di stadion Sinobo di Praha, Republik Ceko (27/11/2019). Inter Milan menang 3-1 atas Slavia Praha. (AP Photo/Petr David Josek)

 Lautaro sudah sangat santer dikaitkan dengan Barcelona dan menurut laporan sudah mengatakan kepada Inter Milan bahwa ia ingin bergabung dengan tim Catalan di musim panas. Sang striker sudah tampil mengesankan untuk Inter dengan mencetak 16 gol dalam 31 penampilan musim ini.

Daily Mail melaporkan kalau Inter siap menerima 80 juta pounds untuk sang striker. Sementara itu, Barca berusaha untuk menurunkan harganya dengan menawarkan para pemain mereka sebagai gantinya.

Neymar

Penyerang PSG, Neymar menggiring bola saat bertanding melawan AS Monaco pada pertandingan lanjutan Liga Prancis di Stadion Louis II, Monaco (15/1/2020). PSG menang telak atas Monaco 4-1. (AP Photo/Daniel Cole)
Penyerang PSG, Neymar menggiring bola saat bertanding melawan AS Monaco pada pertandingan lanjutan Liga Prancis di Stadion Louis II, Monaco (15/1/2020). PSG menang telak atas Monaco 4-1. (AP Photo/Daniel Cole)

Pemain termahal dunia Neymar ingin meninggalkan PSG dan bereuni kembali dengan mantan rekan setimnya Lionel Messi dan Luis Suarez. Banyak orang di Barcelona menginginkan reuni ini terjadi.

Pemain berusia 28 tahun itu tidak hanya memiliki harga yang mahal tetapi juga memiliki gaji yang tinggi. Legenda Barcelona, Rivaldo, mengatakan bahwa klub mungkin perlu membujuk Neymar dengan memberikan insentif lain seperti tidak menjual Arthur pada musim panas ini karena ia memiliki hubungan yang bagus dengan gelandang Brasil itu.

Miralem Pjanic

Menit ke-19, Juventus menggandakan skor. Umpan sepak pojok Miralem Pjanic disambut sundulan Daniele Rugani yang tak mampu dihentikan Sportiello. (AFP/Marco Bertorello)
Menit ke-19, Juventus menggandakan skor. Umpan sepak pojok Miralem Pjanic disambut sundulan Daniele Rugani yang tak mampu dihentikan Sportiello. (AFP/Marco Bertorello)

Mundo Deportivo melaporkan bahwa Barcelona merencanakan barter pemain dengan Juventus untuk merekrut Miralem Pjanic. Sang pemain sebelumnya pernah menyatakan mempunyai mimpi untuk bermain di Camp Nou.

Gelandang asal Bosnia tersebut dilaporkan menjadi prioritas utama tim Spanyol itu pada musim panas. Barcelona sebelumnya pernah berusaha merekrut Pjanic pada 2018.

Andre Onana

Kiper Ajax Amsterdam, Andre Onana mengikuti sesi latihan tim di Sports park De Toekomst, Belanda (9/4). Ajax akan bertanding melawan wakil Italia Juventus pada leg pertama babak perempatfinal Liga Champions di Johan Cruyff Arena. (AFP Photo/ANP/Robin van Lonkhuijsen)
Kiper Ajax Amsterdam, Andre Onana mengikuti sesi latihan tim di Sports park De Toekomst, Belanda (9/4). Ajax akan bertanding melawan wakil Italia Juventus pada leg pertama babak perempatfinal Liga Champions di Johan Cruyff Arena. (AFP Photo/ANP/Robin van Lonkhuijsen)

Lulusan akademi La Masia ini sudah membuktikan dirinya sebagai penjaga gawang yang solid di Eropa. Hal itu memicu minat Barca untuk bereuni kembali dengan mantan pemain muda mereka.

Onana sudah diidentifikasi oleh tim Catalan sebagai kiper cadangan yang sempurna untuk Marc Andre ter Stegen. Menurut laporan, raksasa Spanyol itu akan menjual Neto di bursa transfer.

 

Sumber asli: Everythingbarca

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, Published 5/5/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Sampai Vaksin Ditemukan, Kita Harus Hidup Berdamai dengan Covid-19

Posted: 06 May 2020 09:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan, pemerinth terus berupaya keras dan berharap puncak pandemi virus corona (Covid-19) segera menurun. Pemerintah pun berupaya mencari vaksin untuk penyakit corona.

"Artinya, sampai ditemukannya vaksin yang efektif, kita harus hidup berdamai dengan Covid-19 untuk beberapa waktu ke depan," ujar Jokowi dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Kamis (7/5/2020).

Jokowi menyebut beberapa ahli menyatakan kasus virus corona bisa menurun. Kendati begitu, tidak berarti kurva penyebaran corona akan langsung landai atau langsung nol, melainkan masih bisa fluktuatif.

"Ada kemungkinan masih bisa naik lagi atau turun lagi, naik sedikit lagi, dan turun lagi dan seterusnya," ujarnya.

Dia pun meminta agar semua masyarakat untuk disiplin mengikuti protokol kesehatan Covid-19 yang ditetapkan. Apabila beraktivitas di luar rumah, masyarakat harus menggunakan makser, menjaga jarak, serta sering mencuci tangan.

"Silakan beraktivitas secara terbatas tetapi ikuti protokol kesehatan. Semua ini membutuhkan kedisiplinan kita semuanya, kedisiplinan warga, serta peran aparat yang bekerja secara tepat dan terukur," jelas Jokowi.

Menurun Mei?

Sebelumnya, Jokowi meminta kurva kasus virus Corona atau Covid-19 harus sudah menurun pada Mei 2020. Dengan begitu, maka pandemi Corona dapat masuk fase ringan pada Juli 2020.

"Target kita di bulan Mei ini harus betul-betul tercapai, sesuai dengan target yang kita berikan yaitu kurvanya sudah harus turun. Dan masuk posisi sedang di Juni, di Juli harus masuk posisi ringan. Dengan cara apapun," kata Jokowi saat memimpim sidang kabinet paripurna melalui video conference, Rabu (6/5/2020).

Menurut dia, tugas itu tak bisa apabila hanya dilakukan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Untuk itu, Jokowi meminta agar seluruh elemen masyarakat mulai dari, jajaran pemerintahan, relawan, hingga partai politik ikut membantu agar dapat kembali hidup normal secepatnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Surabaya: Risma Beri Semangat Warga yang Terpapar Corona COVID-19

Posted: 06 May 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) memberikan semangat dan kepedulian terhadap warganya yang berstatus sebagai orang dalam pemantauan (ODP), pasien dengan pengawasan (PDP) dan orang tanpa gejala (OTG) serta yang terkonfirmasi Corona COVID-19.

"Ibu, bagaimana kondisinya ibu? Ibu sudah tes? yang pertama negatif pakai swab. Kedua positif dan kemarin itu hasilnya sudah negatif ya," kata Wali Kota Risma kepada salah satu pasien COVID-19 saat dihubunginya melalui telepon seluler di Balai Kota Surabaya, Rabu, 6 Mei 2020.

Risma jika sebelumnya memberikan intervensi berupa makanan, minuman tradisional pokak dan telur, kali ini ia tidak segan-segan menghubungi satu per satu pasien melalui gawainya.

Artikel Risma beri semangat warga Surabaya terjangkit Corona COVID-19 menyita perhatian pembaca di Surabaya. Ingin tahu artikel terpopuler lainnya di Surabaya? Berikut sejumlah artikel terpopuler di Surabaya yang dirangkum pada Kamis, (7/5/2020):

1.Risma Beri Semangat Warga Terjangkit Corona COVID-19

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) memberikan semangat dan kepedulian terhadap warganya yang berstatus sebagai orang dalam pemantauan (ODP), pasien dengan pengawasan (PDP) dan orang tanpa gejala (OTG) serta yang terkonfirmasi Corona COVID-19.

"Ibu, bagaimana kondisinya ibu? Ibu sudah tes? yang pertama negatif pakai swab. Kedua positif dan kemarin itu hasilnya sudah negatif ya," kata Wali Kota Risma kepada salah satu pasien COVID-19 saat dihubunginya melalui telepon seluler di Balai Kota Surabaya, Rabu, (6/5/2020).

Risma jika sebelumnya memberikan intervensi berupa makanan, minuman tradisional pokak dan telur, kali ini ia tidak segan-segan menghubungi satu per satu pasien melalui gawainya.

Berita selengkapnya baca di sini

2.Hasil Evaluasi PSBB Sidoarjo, Pelanggaran Jam Malam Masih Tinggi

Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sidoarjo mencatat masih tinggi pelanggaran jam malam yang dilakukan warga Sidoarjo selama pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Rata-rata yang terkena razia mereka yang  nongkrong di warung kopi di atas pukul 21.00 WIB. 

Dalam dua hari saja dilakukan razia total yang terjaring lebih dari 500 orang. Hasil tes cepat atau rapid test yang dilakukan Gugus Tugas terhadap ratusan orang yang terjaring razia ada sembilan orang positif Covid-19.

Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin menilai, selama pelaksanaan PSBB sembilan hari ditemukan pelanggaran masih tinggi, khususnya yang melanggar jam malam dengan keluar rumah pukul 21.00 WIB sampai pukul 04.00 WIB, tanpa ada alasan jelas.

Berita selengkapnya baca di sini

3.Muncul Klaster Baru di Jatim, Puncak COVID-19 Diprediksi Mundur ke Juni 2020

Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa menyampaikan puncak Corona COVID-19 diprediksi mundur satu bulan, dari prediksi awal Mei kini diperkirakan Juni 2020.

Menurut Khofifah, ada sejumlah hal yang menyebabkan mundurnya prediksi puncak pandemi di Jatim, salah satu adalah muncul sejumlah klaster baru penularan Corona COVID-19. Klaster-klaster baru itu muncul setelah kelompok lama sudah mulai teratasi. 

"Ada beberapa alogaritma yang sering kami diskusikan, satu kalau semua disiplin, akhir Mei sudah puncak. Namun, jika tidak disiplin dan ada klaster tidak terespons lebih efektif, sangat mungkin awal Juni puncaknya," ujar Khofifah, Rabu, 6 Mei 2020.

Berita selengkapnya baca di sini

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Quraish Shihab: Tinggalkan dan Hati-Hati Terhadap Mereka yang Tidak Dapat Dipercaya

Posted: 06 May 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Quraish Shihab mengatakan, hendaknya kita jangan pernah turut campur dengan urusan orang lain, karena itu akan membuat kita mendengar apa yang tidak kita senangi.

Dia pun juga menyatakan untuk meninggalkan lawan dan hati-hati terhadap mereka yang tidak dapat dipercaya.

"Karena ketahuilah, tidak ada yang terpercaya kecuali takut kepada Allah," ucap Quraish Shihab.

Hal lain yang menurutnya jangan pernah dilakukan adalah berjalan dengan pendurhaka.

"karena kedurhakaannya bisa merambah kepada kita," tambahnya.

"Jangan pula meyampaikan kepadanya sebuah rahasia, karena dengan segera, dia akan membocorkannya," kata Quraish Shihab

Cendikiawa muslim ini juga mengungkap, untuk tidak bermusyawarah kepada penakut, karena hanya akan mempersempit apa yang lapang.

"Jangan juga kepada yang rakus, karena yang ada dipelupuk matanya hanyalah keuntungan materi semata buka kemaslahatan kita," ucap Quraish di akhir renungannya. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Aksi Kreatif Bersepeda di Rumah

Posted: 06 May 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pembatasan kegiatan umum di Malaysia membuat masyarakat seakan terkurung di rumah. Namun bagi Quek Shio, anjuran diam di rumah tak menghalangi niat 'bersepeda'.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Suasana Tahlilan Mendiang Didi Kempot, Penuh Haru

Posted: 06 May 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kepergian sang maestro musik campursari Indonesia, Didi Kempot pada Selasa (5/5/2020) pagi meninggalkan kesedihan bagi keluarga serta masyarakat lainnya. Penyanyi yang mendapat julukan The Godfather of Broken Heart ini meninggal dunia diduga akibat penyakit jantung. Didi Kempot pun sempat mendapatkan penanganan di Rumah Sakit Kasih Ibu, Solo, Jawa Tengah sebelum mengembuskan napas terakhirnya.

Kesedihan juga sangat dirasakan oleh sang istri Yan vellia. Pasalnya, sebagai istri Yan Vellia setia menemani sang suami hingga mencapai puncak kariernya dalam beberapa tahun terakhir. Kesedihan atas kehilangan sosok orang tercinta juga ia ungkapkan melalui unggahan di akun Instagram pribadinya. Ia juga mengunggah momen kebersamaannya dengan Didi Kempot serta kedua anaknya di akun Instagram pribadinya. Para netizen serta selebriti Tanah Air pun terus memberikan dukungan dan semangat bagi Yan Vellia dan anak-anaknya.

Tak hanya itu saja, istri dari sang maestro campursari ini juga mengungkapkan jika hingga hari ini Kamis (7/5/2020) karangan bunga ucapan duka masih berdatangan di kediamannya. Di rumah duka tersebut, Yan Vellia juga menggelar tahlilan untuk mendoakan mendiang sang suami.

Momen tahlilan tersebut juga turut diunggah oleh para kerabat serta sahabat di media sosial. Suasana haru pun masih terasa saat acara tahlilan digelar. Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (7/5/2020) berikut ini beberapa potret suasa tahlilan mendiang Didi Kempot yang penuh haru.

1. Kesedihan pun masih terlihat di wajah sang istri.

Tahlilan Didi Kempot (Sumber: Instagram/homespa_homecaresolo)
Tahlilan Didi Kempot (Sumber: Instagram/homespa_homecaresolo)

2. Suasana rumah duka saat malam tahlilan pun masih didatangi oleh tetangga serta kerabat.

Tahlilan Didi Kempot (Sumber: Instagram/tiarasitad)
Tahlilan Didi Kempot (Sumber: Instagram/tiarasitad)

3. Tak sedikit pula yang turut memberikan dukungan serta semangat kepada Yan Vellia.

Tahlilan Didi Kempot (Sumber: Instagram/tiarasitad)
Tahlilan Didi Kempot (Sumber: Instagram/tiarasitad)

4. Sang istri pun terlihat masih sering termenung dalam acara tahlilan mendiang Didi Kempot.

Tahlilan Didi Kempot (Sumber: Instagram/tiarasitad)
Tahlilan Didi Kempot (Sumber: Instagram/tiarasitad)

5. Ia juga masih mengenang kebiasaan-kebiasaan Didi Kempot saat di rumah.

Tahlilan Didi Kempot (Sumber: Instagram/yanvellia_dkmanagement)
Tahlilan Didi Kempot (Sumber: Instagram/yanvellia_dkmanagement)

6. Karangan bunga dari sesama rekan artis hingga penggemar Didi kempot pun masih berdatangan.

Tahlilan Didi Kempot (Sumber: Instagram/yanvellia_dkmanagement)
Tahlilan Didi Kempot (Sumber: Instagram/yanvellia_dkmanagement)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jasad WNI ABK Dibuang dan Dugaan Eksploitasi, Ini Respons Menteri KKP

Posted: 06 May 2020 09:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mengatakan akan mengusut perihal dugaan eksploitasi terhadap anak buah kapal (ABK) Indonesia di Korea.

Dia mengaku berkoordinasi dengan berbagai pihak menindaklanjuti terkait video pelarungan jenazah ABK Indonesia . Seperti berkomunikasi dengan Kementerian Luar Negeri, Kementerian Perhubungan, Kementerian Tenaga Kerja.

Termasuk Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) untuk memastikan kebenaran video yang sempat viral di media sosial kemarin.

"Kita telah berkoordinasi. Termasuk mengenai dugaan adanya eksploitasi terhadap ABK kita (Indonesia)," kata Edhy di Jakarta, seperti dikutip Kamis (7/5/2020).

Mengenai pelarungan jenazah ABK di laut atau burial at sea, Edhy menjelaskan, hal tersebut dimungkinkan dengan berbagai persyaratan yang mengacu pada aturan kelautan Organisasi Buruh Internasional atau ILO.

Dalam peraturan ILO "Seafarer's Service Regulations", pelarungan jenazah di laut diatur praktiknya dalam Pasal 30. Disebutkan, jika ada pelaut yang meninggal saat berlayar, maka kapten kapal harus segera melaporkannya ke pemilik kapal dan keluarga korban.

Dalam aturan itu, pelarungan di laut boleh dilakukan setelah memenuhi beberapa syarat. Pertama, kapal berlayar di perairan internasional. Kedua, ABK telah meninggal lebih dari 24 jam atau kematiannya disebabkan penyakit menular dan jasad telah disterilkan.

Ketiga, kapal tidak mampu menyimpan jenazah karena alasan higienitas atau pelabuhan melarang kapal menyimpan jenazah, atau alasan sah lainnya. Keempat, sertifikat kematian telah dikeluarkan oleh dokter kapal (jika ada).

Pelarungan juga tak bisa begitu saja dilakukan. Berdasarkan pasal 30, ketika melakukan pelarungan kapten kapal harus memperlakukan jenazah dengan hormat. Salah satunya dengan melakukan upacara kematian.

Tak hanya itu, pelarungan dilakukan dengan cara seksama sehingga jenazah tidak mengambang di atas air. Salah satu cara yang banyak digunakan adalah menggunakan peti atau pemberat agar jenazah tenggelam. Upacara dan pelarungan juga harus didokumentasikan baik dengan rekaman video atau foto sedetail mungkin.

Edhy menambahkan, pihaknya juga concern pada dugaan eksploitasi terhadap ABK Indonesia seperti dilaporkan media Korea, MBC News, kemarin.

Dalam pemberitaan itu disebutkan ada beberapa ABK yang mengaku bahwa tempat kerja mereka sangat tidak manusiawi. Mereka bekerja sehari selama 18 jam. Bahkan salah satu ABK mengaku pernah berdiri selama 30 jam. Para ABK Indonesia juga dilaporkan diminta minum air laut yang difilterisasi.

 

Fokus Dugaan Eksploitasi

Video trending di media Korea Selatan, yang mengungkapkan tentang jasad WNI ABK Kapal China yang dibuang ke laut. (Screenshot Youtube MBC News)
Video trending di media Korea Selatan, yang mengungkapkan tentang jasad WNI ABK Kapal China yang dibuang ke laut. (Screenshot Youtube MBC News)

Edhy menegaskan akan fokus pada dugaan ekspoitasi itu. Jika benar terdapat perlakuan tidak manusiawi terhadap ABK Indonesia, pihaknya akan menyampaikan laporan ke otoritas pengelolaan perikanan di laut lepas.

"KKP akan segera mengirimkan notifikasi ke RFMO (Regional Fisheries Management Organization) untuk kemungkinan perusahaan atau kapal mereka diberi sanksi," kata Edhy.

Sebab, terdapat dugaan perusahaan yang mengirimkan ABK Indonesia tersebut telah melakukan kegiatan yang sama beberapa kali.

Perusahaan itu juga terdaftar sebagai authorized vessel di 2 RFMO yaitu Western and Central Pasific Fisheries Commision (WCPFC) dan Inter-American Tropical Tuna Commission (IATTC). Indonesia juga sudah mengantongi keanggotaan di WCPFC dan cooperating non-member di IATTC.

Adapun mengenai ABK yang selamat dan kini berada di Korea Selatan, Edhy memastikan akan menemui mereka. Pemerintah akan meminta pertanggungjawaban perusahaan yang merekrut dan menempatkan mereka.

Bentuk pertanggungjawaban tersebut antara lain, menjamin gaji dibayar sesuai kontrak kerja serta pemulangan ke Indonesia.

"Kami juga akan mengkaji dokumen-dokumen para ABK kita. Termasuk kontrak-kontrak yang sudah ditandatangani," Edhy menjelaskan.

Sebagai informasi, pada 18 Desember 2019 Edhy sempat bertemu dengan Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia, Kim Chang-beom di Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan. Kala itu, Menteri Edhy membahas soal perlindungan ABK Indonesia di Korea Selatan.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dihajar Corona Covid-19, Penjualan Mini di Indonesia Justru Meningkat

Posted: 06 May 2020 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penjualan mobil secara nasional di tengah pandemi virus Corona atau Covid-19 memang mengalami penurunan. Namun, hal tersebut ternyata tidak terjadi di salah satu merek premium, Mini.

Berdasarkan data Gabungan Industri kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), total wholesale pabrikan asal Inggris ini sepanjang kuartal pertama (Januari-Maret) 2020 mengalami peningkatan 16 persen.

Jika dilihat dari angkanya, sepanjang tiga bulan pertama tahun ini, Mini menjual 145 unit, dan lebih besar dibanding periode yang sama tahun lalu sebesar 125 unit.

"Peningkatan ini, karena di awal tahun kami berikan banyak program dan penawaran menarik. Tapi, untuk ke depannya, kami pasti yakin akan ada penurunan," jelas Jodie O'tania, Director of Communications BMW Group Indonesia, saat press conference kepada media secara virtual, Rabu (6/5/2020).

Penurunan penjualan tersebut, berkaitan dengan beberapa pabrik BMW yang berhenti beroperasi pada waktu lalu, karena Covid-19. "Jadi, hal ini akan berpengaruh, baik ke BMW maupun Mini," terangnya.

 

Kontribusi Model

Sedangkan berbicara model yang berkontribusi terhadap penjualan, wanita ramah ini menyebutkan jika model Countryman masih menyumbang cukup besar selama Januari sampai Maret 2020, sebesar 62 unit atau 42,7 persen. Sedangkan Mini 3-door terjual 46 unit dengan kontribusi 32 persen.

"Karakteristik pelanggan Mini memang beda dengan mobil biasa, masih niche. Mereka juga fans dari MINI. Kami juga baru saja mengeluarkan model-model terbaru, jadi kenaikan ini masih ada pengaruhnya," pungkasnya.

Sebagai informasi, dii Indonesia, Mini Countryman memang kendaraan yang cukup populer, dengan pabrik perakitan lokal yang terus melayani permintaan yang meningkat dan lebih dari 273 unit dikirimkan tahun lalu.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kylie Jenner Kenang Momen Met Gala, dari Gaun Sobek sampai Ubah Warna Rambut

Posted: 06 May 2020 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mengingat Met Gala 2020 ditunda hingga waktu belum ditentukan karena penyebaran corona Covid-19, Kylie Jenner mengenang kembali pengalaman tak sebegitu menyenangkan di penyelenggaraan sekitar dua tahun lalu.

Mengutip laman People, Rabu, 6 Mei 2020, sembari memperlihatkan beberapa foto mengenakan strapless gown hitam karya Alexander Wang yang ia pakai di karpet merah Met Gala 2018, Kylie mengungkap bahwa desain akhir gaun tersebut harusnya tak seperti itu.

Pada sederet foto karpet merah memperlihatkan sisi kiri tubuh Kylie Jenner, ritsleting dari bawah ketiak sampai paha tampak jelas. Aksen tersebut nyatanya ditambahkan di saat-saat terakhir.

"Fakta mengejutkan, gaun ini seharusnya tak punya ritsleting, tapi karena saya berusaha memakainya, jadi kami tambahkan. Itu berhasil ternyata dan saya sangat suka," ungkap Kylie di Instagram Story, beberapa waktu lalu.

Tubuh Kylie Jenner yang berubah, pasal saat mengenakan busana tersebut, tiga bulan lalu ia baru saja melahirkan putrinya, Stormi Webster, membuat gaun tersebut tak muat dan sobek saat dicoba. 

Debut Met Gala Kylie Jenner

Kylie Jenner . (AFP/Bintang.com)
Kylie Jenner . (AFP/Bintang.com)

Kylie Jenner juga ingat bagaimana ia mengubah warna rambutnya secara dramatis saat menghadiri Met Gala 2017 untuk tampak selaras dengan busana yang dikenakan, yakni sheer Atelier Versace.

"Donatella meminta saya untuk mengubah warna rambut saya jadi pirang di waktu-waktu terakhir dan kami membuatnya jadi nyata. Saya sangat suka ternyata dengan penampilan ini," ungkap Kylie.

Bintang reality show Keeping Up with The Kardashian ini tampil debut di Met Gala pada 2016 saat ia berusaha 18 tahun. Kala itu, Kylie tampil dengan potongan rambut bob ala Anna Wintour mengenakan busana silver Balmain yang senada dengan Kim Kardashian West dan Kanye West.

Ketiganya memakai busana sesuai tema yang diusung Met Gala 2016, yakni Manus x Machina: Fashion in the Age of Technology.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masa Tanggap Darurat Covid-19 Diperpanjang, Warga Manado Tahan Dulu Main ke Spa

Posted: 06 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Manado - Pemkot Manado memperpanjang Masa Tanggap Darurat Kejadian Bencana Non Alam Covid-19 di Kota Manado hingga 27 hari ke depan.

Perpanjangan masa tanggap darurat tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Bencana Non Alam dari Wali Kota Manado Nomor: 71/KEP/B.06/BPBD/2020.

"Perpanjangan masa tanggap darurat ini terhitung sejak 3 Mei 2020 sampai dengan 29 Mei 2020," ujar Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut.

Lumentut mengatakan, perpanjangan masa tanggap darurat ini melihat perkembangan kasus Covid-19 yang masih terjadi di Kota Manado.

Dia juga meminta semua pihak, dan pemangku kepentingan untuk mengerahkan segala potensi sumber daya manusia yang ada, bersama masyarakat, bergotong-royong dalam rangka penanganan kejadian bencana non alam yakni penyebaran Covid-19.

Penutupan Tempat Hiburan Malam Diperpanjang

Pemkot Manado kembali memperpanjang waktu penutupan tempat hiburan malam. Masa perpanjangan ini ditambah 26 hari, yakni mulai 4 Mei 2020 hingga 29 Mei 2020.

Kebijakan tersebut dilakukan sebagai upaya peningkatan kewaspadaan terhadap penularan wabah Covid-19. Sebelumnya penutupan sementara telah diterapkan sejak akhir Maret lalu hingga 4 Mei 2020.

"Tempat hiburan malam, spa, pusat olahraga seperti fitness center, gym dan lain-lain serta usaha sejenisnya agar ditutup untuk sementara waktu sampai dengan tanggal 29 Mei 2020," tegasnya.

Selain perpanjangan penutupan tempat hiburan malam dan sejenisnya, Lumentut juga mengimbau bagi pemuka agama dan jemaatnya agar ibadah dilaksanakan di rumah masing-masing.

"Bersama-sama kita memutuskan rantai penyebaran Covid-19," ujarnya.

Simak juga video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ridwan Kamil Dukung Proses Hukum Ferdian Paleka, YouTuber yang Bikin Prank Sembako Sampah

Posted: 06 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menyayangkan tindakan tidak terpuji YouTuber Ferdian Paleka dengan membuat video prank yang memberikan bantuan berupa sampah dan batu kepada sejumlah transpuan. Tak hanya menyayangkan, bahkan Kang Emil, begitu biasa disapa geram dengan tingkah Ferdian Paleka.

"Saya menyesalkan dan mengutuk keras tindakan-tindakan amoral antar manusia yang dilakukan oleh YouTuber itu dengan konten yang menghinakan," kata Emil, di Cimahi, Selasa (5/5/2020).

Mantan wali kota Bandung ini mendukung upaya hukum terhadap Ferdian Paleka, pembuat konten video prank tersebut.

 

Tingkatkan Ibadah

Pemain film Dilan 1991 berkunjung kerumah Dinas Ridwan Kamil (Adrian Putra/Fimela.com)
Pemain film Dilan 1991 berkunjung kerumah Dinas Ridwan Kamil (Adrian Putra/Fimela.com)

"Saya secara pribadi mendukung tindakan hukum yang dilaporkan dan sedang ditindaklanjuti," ujarnya.

Emil menambahkan, bulan suci Ramadan menjadi momentum untuk meningkatkan ibadah, akhlak, dan soliditas dengan membantu warga terdampak Covid-19.

 

Lebih Kreatif

Ia pun berharap pemuda Jabar lebih kreatif dalam membuat konten dan menyebarkan hal-hal positif, terutama di tengah pandemi Covid-19.

 

Beri Pesan

"Mudah-mudahan itu adalah contoh terburuk dari sifat manusia, kepada warga Jabar khususnya milenial dan generasi Z, jangan ditiru. Kreatif-lah dengan positif, bukan kreatif dengan konten-konten negatif atau menghina sesama manusia," katanya. (Huyogo Simbolon)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Pesinden Bule Nyanyikan Lagu Ini untuk Hormati Didi Kempot

Posted: 06 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Duka kehilangan penyanyi yang lekat dengan lagu patah hati campur sari sampai ke dunia internasional. Megan O'Donoghue, seorang bule pesinden asal Amerika Serikat turut berduka atas meninggalnya Didi Kempot.

Wanita yang fasih berbahasa Indonesia dan menyanyi dalam bahasa Jawa itu mengunggah sebuah video penghormatan untuk penyanyi yang dikenal dengan rambut panjang bergelombangnya itu.

Artikel tentang pesinden bule unggah video penghormatan untuk Didi Kempot menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang Crazy Rich Surabayan yang bagi-bagi kardus mi instan berisi uang jutaan rupiah.

Sementara itu artikel terpopuler ketiga tentang manfaat tak terduga daun mangga.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Berduka dengan Kepergian Didi Kempot, Bule Sinden Megan O Donoghue Nyanyikan Lagu Ini

Doc: Instagram.com/meganodonoghuemusic
Doc: Instagram.com/meganodonoghuemusic

Dalam video tersebut, terlihat wanita itu tengah duduk di depan piano. Kemudian ia mengucapkan salam dan duka citanya yang mendalam atas kepergian teman baiknya, Didi Kempot.

Selengkapnya...

2. Viral "Crazy Rich Surabayan" Bagikan Kardus Mi Instan Berisi Uang Jutaan Rupiah

Tom Liwafa. (Liputan6.com/IG/tomliwafa)
Tom Liwafa. (Liputan6.com/IG/tomliwafa)

Baru-baru ini viral sebuah video yang menunjukkan dua pria membagikan kardus mi instan ke sejumlah warga kurang beruntung yang mereka temui di jalan.

Namun tak hanya berisi mi instan saja, rupanya kardus tersebut juga telah diisi oleh uang jutaan rupiah dengan pecahan Rp 100.000.

Video tersebut beredar setelah diunggah akun twitter @renaldypjs, Selasa (5/5/2020). Pada video itu terlihat dua pria menaiki mobil Porsche dan membagikan kardus berisi uang jutaan rupiah dan mi instan ke sejumlah warga yang ditemui di jalan.

Selengkapnya...

3. 5 Manfaat Tak Terduga Daun Mangga Bagi Kesehatan

Ilustrasi Daun Mangga (pixabay.com)
Ilustrasi Daun Mangga (pixabay.com)

Buah ini kaya akan vitamin dan mineral, daunnya bahkan memiliki sifat penyembuhan dan obat. Daun mangga mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C dan antioksidan termasuk fenol dan flavonoid.

Nah, penasaran apa saja manfaat daun mangga bagi kesehatan tubuh? 

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Cara Unggah Story 'The Most Kind Person' Terpopuler

Posted: 06 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Unggahan Instagram Stories mengenai 'the most kind person I've ever know' alias 'orang paling baik yang pernah saya kenal' menjadi viral.

Artikel tips tentang cara membuat IG Story 'The Most Kind Person' pun menjadi yang terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com, Rabu (6/5/2020) kemarin.

Berita lain yang juga populer datang dari Telkomsel yang kembali mengadakan turnamen eSport bertajuk Indonesia Games Championship (IGC).

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini. 

1. Lagi Viral di Instagram, Begini Cara Unggah Story 'The Most Kind Person'

Dalam waktu satu malam, mendadak unggahan Instagram Stories mengenai 'the most kind person I've ever know' alias 'orang paling baik yang pernah saya kenal' menjadi viral.

Unggahan ini memperlihatkan tulisan the most kind person I've ever known dengan sebuah tanda panah, mengarah ke foto profil Instagram orang yang melihat IG story tersebut.

Bagi yang tidak tahu, tentu hal ini membuat salah tingkah karena ternyata si pemilik Instagram menganggap kita adalah orang paling baik yang pernah dikenalnya. Namun, memang itu tujuannya!

Baca selengkapnya di sini 

2. Telkomsel Gelar Indonesia Games Championship 2020

Telkomsel melalui Dunia Games kembali mengadakan turnamen eSport bertajuk Indonesia Games Championship (IGC). Turnamen ini akan berlangsung mulai Mei hingga September 2020 secara online.

Kali ini, Dunia Games menggandeng Garena dalam mengadakan turnamen ini, yang diharapkan akan menjaring lebih dari 32.000 mobile gamer dari seluruh Indonesia.

"Kami merancang IGC 2020 agar berlangsung secara online, sehingga peserta dapat berkontribusi memajukan industri esport di Indonesia dengan tetap menjaga jarak aman.

Baca selengkapnya di sini 

 

3. Sejumlah Warganet Sempat Keluhkan Aplikasi Shopee Error hingga Logout Sendiri

Handhika Jahja, Director of Shopee. Liputan6.com/Jeko I.R
Handhika Jahja, Director of Shopee. Liputan6.com/Jeko I.R

Sejumlah pengguna e-commerce Shopee mengeluhkan akun mereka keluar (logout) dengan sendirinya ketika tengah dibuka. Padahal, mereka tidak memilih opsi keluar atau logout. Kejadian ini dikeluhkan oleh pengguna Shopee melalui jejaring sosial Twitter.

"Shopee kenapa error?" ujar salah satu akun Twitter.

"Aku mau nanya, kenapa Shopee tiba-tiba ke logout sendiri? Apa Shopee lagi error?" tanya seorang pengguna Twitter.

Ada pula yang meminta ke admin Twitter Shopee untuk mengabari layanan Shopee sudah kembali normal.

Baca selengkapnya di sini 

(Isk/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Liverpool Datangkan Kiper asal Turki

Posted: 06 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Liverpool- Liverpool hampir pasti akan merekrut kiper baru di bursa transfer pemain mendatang. Penjaga gawang yang bakal direkrut adalah pemain Turki Ugurcan Cakir dari Tabzonspor.

Pemain 24 tahun itu memang sudah dikaitkan dengan Liverpool dalam beberapa bulan terakhir. Kini muncul konfirmasi dari mantan pelatih Trabzonspor Sadi Tekelioglu.

Dalam wawancara dengan media lokal, Ajannspor, Sadi memastikan Cakir akan pindah ke Liverpool akhir musim nanti. Untuk mendapatkan Cakir, The Reds akan membayar 50 juta euro.

"50 juta Euro mungkin terlalu banyak bagi kami (klub Turki), tetapi tidak untuk Eropa. Ugurcan memiliki peminat musim lalu. Saya memberi Ugurcan ide untuk pergi ke tim-tim di Inggris," terang Sadi.

"Liverpool akan mentransfer Ugurcan Çakır pada akhir musim. Trabzonspor tidak akan mengatakan tidak atas tawaran Liverpool. Saya bertemu dengan Ugurcan. Dia memberi tahu saya bahwa Liverpool akan merekrutnya," lanjut Sadi.

 

Bermasalah

Kiper Liverpool Adrian bersiap menghadapi tendangan penalti Chelsea pada UEFA Super Cup di Istanbul, Turki, Kamis (15/8/2019) dini hari WIB. Liverpool menang adu penalti 5-4 (2-2). (AP Photo)
Kiper Liverpool Adrian bersiap menghadapi tendangan penalti Chelsea pada UEFA Super Cup di Istanbul, Turki, Kamis (15/8/2019) dini hari WIB. Liverpool menang adu penalti 5-4 (2-2). (AP Photo)

Liverpool sebenarnya sudah punya kiper tangguh yakni Alisson Becker. Namun pasukan Jurgen Klopp bermasalah dengan pelapis untuk Alisson.

Adrian yang jadi kiper kedua tampil mengecewakan saat dipercaya sebagai starter. Adrian kerap membuat blunder. Loris Karius yang tengah dipinjamkan juga terkenal sering membuat kesalahan sendiri.

Klasemen Liga Inggris

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kelola Stres, Berpikir Positif dan Beradaptasi dengan Keadaan

Posted: 06 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dalam kondisi pandemi COVID-19, orang rentan terkena stres. Hal ini disampaikan Dr.dr. Fidiansjah, Sp.KJ. MPH Direktur Pencegahan dan Pengendalian Masalah Kesehatan Jiwa dan Napza.

Menurutnya, stres adalah hal yang wajar bagi setiap orang. Kemampuan mengelola stres yang baik dapat membantu melalui masa-masa sulit.

"Kita harus memiliki pemikiran yang positif dan mengontrol emosi karena stress dapat mengganggu sistem imun," ujar Fidi dalam siaran langsung Instagram @kemenkes_ri, Rabu (6/5/2020).

Ia menambahkan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengelola stres. Di antaranya dengan berbagi keluh kesah kepada kerabat atau keluarga. Hal ini dapat menyalurkan dan mengurangi beban, kata Fidi.

Selain itu, beradaptasi dengan keadaan dan tetap menyibukan diri serta menyalurkan kreativitas juga dapat dilakukan.

Hindari Kegiatan Monoton

Fidi menyarankan untuk mendukung kesehatan jiwa dari dalam tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi terutama buah dan sayur. Olahraga teratur juga dapat memperbaiki kesehatan fisik dan mental, imbuhnya.

"Hal yang tak kalah penting adalah beribadah sesuai anjuran. Berpikir positif bahwa Tuhan akan memberikan solusi."

Menghindari kegiatan yang monoton juga dapat membantu. "Jangan terlalu lama dalam kegiatan monoton, lakukan kegiatan yang berbeda secara dinamis."

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Cara Praktis Menahan Emosi Saat Tengah Berpuasa

Posted: 06 May 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menjalankan ibadah puasa Ramadan bukan hanya semata-mata menahan rasa lapar dan dahaga saja. Seluruh umat Muslim yang menunaikan ibadah puasa juga harus menahan segala emosi buruk, terutama emosi marah. Sebab jika tidak, hal ini dapat mengurangi pahala ibadah yang didapatkan.

Meskipun begitu, memang harus diakui bahwa menahan dan mengelola emosi dengan baik bukan merupakan perkara yang mudah. Ada berbagai macam hal yang bisa menyebabkan tersulutnya emosi dari dalam diri. Apalagi dalam kondisi haus dan lapar saat berpuasa, bisa menjadi faktor lain yang dapat meningkatkan ketegangan emosi.

Bagaimana pun juga, seluruh umat Muslim harus belajar untuk mengelola emosi dengan baik selama menjalankan ibadah puasa Ramadan. Dengan begitu, ibadah bisa dijalankan dengan lebih optimal dan pahala yang didapat juga lebih maksimal. Lalu bagaimana cara mengatasi emosi marah saat berpuasa dengan mudah?

Berikut beberapa cara mengatasi emosi marah saat berpuasa yang bisa Anda lakukan.

 

Mencari Sumber Emosi

ilustrasi emosi bisa membatalkan puasa/pexels
ilustrasi emosi bisa membatalkan puasa/pexels

Cara mengatasi emosi marah saat berpuasa yang pertama dengan mencari atau mengenali datangnya sumber emosi. Hal ini bisa dilakukan dengan merenungkan dari dalam hati, faktor apa yang menjadi penyebab Anda merasakan emosi marah. Apakah faktor eksternal dari suatu kejadian atau tindakan orang lain, Atau justru berasal dari internal seperti kegagalan, rasa rustasi, dan lain sebagainya.

Mengenali sumber penyebab emosi tersebut, Anda akan lebih mudah mengelola emosi. Jika emosi bersumber dari orang lain, bisa diatasi dengan berbicara dengan baik-baik. Namun jika tidak memungkinkan, Anda bisa melupakannya dan fokus pada hal lain. Jika emosi datang dari dalam diri, bisa diatasi dengan bernegosiasi dan berdamai dengan diri sendiri.

Beristirahat Sejenak

Cara mengatasi emosi marah saat berpuasa selanjutnya dengan beristirahat sejenak. Jika emosi marah datang dan dirasakan begitu kuat, berilah waktu istirahat untuk diri sendiri. Cara ini bisa membantu menenangkan diri dan menghindarkan dari luapan emosi yang hebat.

Seperti dalam ajaran Islam, dianjurkan untuk segera duduk jika marah dalam keadaan berdiri, dan tidur jika marah dalam keadaan duduk. Hal ini bisa membuat tubuh merasa lebih nyaman dan tenang, sehingga emosi bisa lebih cepat menurun. Kemudian, hal penting lainnya yang harus dilakukan adalah menghindarkan diri dari berbagai gangguan yang bisa meningkatkan emosi.

Tarik Napas Panjang dan Dalam

Meditasi dan tarik nafas dalam-dalam (sumber. Brightside.me)
Meditasi dan tarik nafas dalam-dalam (sumber. Brightside.me)

Menarik napas panjang dan dalam juga bisa menjadi cara mengatasi emosi marah saat menjalankan ibadah puasa Ramadan. Cara ini bisa membantu tubuh dan pikiran untuk lebih tenang. Bukan hanya itu, sistem pernapasan yang dapat bekerja secara baik dan teratur juga bisa memberikan rasa nyaman, sehingga sangat mendukung untuk mengelola emosi lebih baik.

Cara ini bisa dilakukan dengan mengambil napas bagian perut. Caranya letakkan tangan di bagian diafragma, atau di antara perut dan dada. Lalu tarik napas dalam-dalam hingga tangan bisa merasakan gerakan perut yang mengembang dan mengempis saat bernapas. Lalukan hal ini secara berulang hingga tubuh dan pikiran menjadi lebih tenang.

Lepaskan Rasa Dendam

Setelah beristirahat sejenak, cara mengatasi emosi berikutnya dengan melepaskan rasa dendam. Jika emosi marah datang, tentu perasaan dendam masih menggelayuti hati dan pikiran. Cobalah untuk melepaskan rasa dendam itu sedikit demi sedikit. Berdamai dengan diri sendiri menjadi langkah paling utama untuk menghilangkan perasaan dendam di dalam hati.

Selain itu, Anda juga bisa mengingat kembali bahwa saat ini sedang menjalankan ibadah puasa. Akan lebih baik jika segera meninggalkan perasaan-perasaan yang bisa berdampak buruk dengan diri sendiri maupun dengan hubungan orang lain. Dengan melepaskan rasa dendam, maka hidup akan lebih mudah untuk dijalani.

Sabar dan Fokus pada Ibadah

Lebih banyak bersabar./Copyright unsplash.com/@icons8
Lebih banyak bersabar./Copyright unsplash.com/@icons8

Cara mengatasi emosi marah saat puasa berikutnya dengan bersabar dan fokus pada ibadah. Ingatlah untuk terus bersabar dalam menghadapi segala macam situasi dan kondisi. Selain itu, usahakan untuk terus memikirkan dampak buruk yang bisa terjadi jika Anda menuruti hawa nafsu amarah yang sedang dirasakan. Berikan waktu untuk diri sendiri berpikir sehingga perasaan bisa lebih tenang.

Setelah itu, alihkan pikiran pada kegiatan atau hal-hal positif. Anda bisa melakukan berbagai macam kegiatan atau amalan ibadah yang baik dan bermanfaat untuk menambah pahala di bulan Ramadan. Dengan mendekatkan diri kepada Allah, maka urusan atau masalah yang dihadapi akan lebih mudah terselesaikan.

Alihkan pada Hal Positif

Selain melakukan ibadah yang baik, emosi juga bisa dialihkan dengan berbagai kegiatan positif lainnya. Anda bisa mencoba kegiatan olahraga, membersihkan rumah, memasak, atau melakukan hobi lainnya yang menyenangkan. Hal ini akan membuat perasaan emosi atau marah yang sebelumnya dirasakan perlahan-lahan menghilang. Semakin pikiran disibukkan dengan hal lain, maka perasaan yang mengganggu dapat lebih mudah dilupakan. Ini juga menjadi salah satu cara mengatasi emosi marah saat puasa yang patut dilakukan.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Disnaker DKI: 220 Perusahaan Berizin Kemenperin Langgar Protokol Covid-19

Posted: 06 May 2020 08:59 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi DKI Jakarta Andri Yansyah menemukan ratusan perusahaan yang mendapatkan Izin Operasional dan Mobilitas Kegiatan Industri (IOMKI) dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) melanggar protokol virus Corona (Covid-19) saat PSBB.

Menurut dia, perusahaan tersebut langsung mendapatkan surat peringatan ataupun pembinaan. Sejumlah perusahaan tersebut tersebar di empat kota administrasi.

"Ada 220 perusahaan dengan 38.951 tenaga kerja namun belum belum melaksanakan protokol kesehatan secara menyeluruh," ujar Andri dalam keterangannya, Kamis (7/5/2020).

Dia menyebut 220 perusahaan itu tersebar di Jakarta Barat sebanyak 42 perusahaan, Jakarta Utara sebanyak 87 perusahaan. Kemudian, Jakarta Timur sebanyak 80 perusahaan, dan Jakarta Selatan ada 11 perusahaan.

Sementara itu, Andri Yansyah menyatakan data terhitung sejak 14 April-6 Mei 2020 tercatat sebanyak 962 perusahaan dengan 124.704 tenaga kerja yang melakukan work from home (WFH).

Dia juga menyebut terdapat ratusan perusahaan masih belum melaksanakan protokol kesehatan Covid-19 secara menyeluruh sehingga diberikan peringatan.

PSBB Jilid II

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah memutuskan untuk memperpanjang kebijakan ini. PSBB jilid II Jakarta akan langsung berlaku 23 April hingga 22 Mei 2020 mendatang. Hampir sebulan ke depan, Jakarta akan lebih keras memberlakukan PSBB.

"Berdasarkan pandangan beberapa ahli kesehatan dan Dinas Kesehatan, kami memutuskan perpanjangan pelaksanaan PSBB selama 28 hari mulai 24 April sampai 22 Mei 2020," kata Anies di Balaikota, Jakarta Pusat, Rabu 22 April 2020.

Anies meminta warga Jakarta mematuhi pelaksanaan PSBB jilid II ini. Sebab dalam masa perpanjangan PSBB aparat pemerintah di lapangan akan menerapkan penegakan hukum.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peringkat 8 Anak Buah Sir Alex Ferguson yang Jadi Pelatih, Giggs Gagal di MU

Posted: 06 May 2020 08:55 PM PDT

Jakarta - Bersama Manchester United (MU), Sir Alex Ferguson mengukuhkan diri sebagai salah satu manajer terbaik sepanjang masa. Dia meraih berbagai trofi bergengsi selama menakhodai Setan Merah.

Pria asal Skotlandia itu menangani MU selama 27 tahun atau sekitar dua dekade lebih. Sir Alex memutuskan pensiun sebagai pelatih pada 2013.

elain meraih banyak gelar, Ferguson dikenal bisa memoles pemain biasa menjadi bintang. Tak sedikit dari para pemain-pemain tersebut yang kemudian masuk kategori kelas dunia.

Situasi tersebut yang membuat Sir Alex sering dielu-elukan saat MU terpuruk. Para penggemar Setan Merah berharap klub kebanggaannya itu bisa kembali menemukan sosok seperti Ferguson.

Hal tersebut biasanya diharapkan ada pada pemain yang pernah menjadi anak didik Sir Alex. Apalagi beberapa mantan pemain Ferguson sudah ada yang mengikuti jejaknya menjadi pelatih.

Pertanyaannya, seperti apa kiprah pemain tersebut saat menjadi pelatih? Berikut ini hasil rangkuman Bola.com, ranking delapan mantan anak didik Sir Alex yang jadi pelatih.

8. Ryan Giggs

Pada 2014, Ryan Giggs memutuskan pensiun dari sepak bola dan melanjutkan karier sebagai asisten Louis van Gaal yang menjadi pelatih Manchester United saat itu. (AFP/Paul Ellis)
Pada 2014, Ryan Giggs memutuskan pensiun dari sepak bola dan melanjutkan karier sebagai asisten Louis van Gaal yang menjadi pelatih Manchester United saat itu. (AFP/Paul Ellis)

Ryan Giggs merupakan mantan asisten Louis van Gaal di Manchester United. Namun, setelah Setan Merah dilatih Jose Mourinho, Giggs tak lagi masuk jajaran pelatih.

Kondisi tersebut membuat Giggs memutuskan pergi. Giggs kembali mendapat pekerjaan setelah ditunjuk menjadi pelatih Timnas Wales pada Januari 2018.

7. Bryan Robson

Bryan Robson (Football365)
Bryan Robson (Football365)

Bryan Robson merupakan pemain sekaligus kapten Manchester United pada medio 1981-1994. Setelah itu, Robson hengkang ke Middlesbrough hingga pensiun dan menjadi pelatih.

Selain Middlesbrough, klub lain yang pernah dilatih Robson ialah Bradford, West Brom, Sheffield United, dan Timnas Thailand. Namun, setelah menangani Thailand pada rentang 2009-2011, Robson belum mendapat pekerjaan sebagai pelatih hingga sekarang.

6. Ole Gunnar Solskjaer

Pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, menyapa suporter usai dikalahkan Bournemouth pada laga Premier League di Stadion Vitality, Bournemouth, Sabtu (2/10). Bournemouth menang 1-0 atas MU. (AFP/Glyn Kirk)
Pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, menyapa suporter usai dikalahkan Bournemouth pada laga Premier League di Stadion Vitality, Bournemouth, Sabtu (2/10). Bournemouth menang 1-0 atas MU. (AFP/Glyn Kirk)

Ole Gunnar Solskjaer pernah menjadi bagian skuad Sir Alex Ferguson pada 1996 hingga 2007. Selama kurang lebih 11 tahun membela Setan Merah, Solskjaer tentunya sudah hafal taktik yang diterapkan Ferguson.

Apalagi Solskjaer merupakan satu di antara andalan Sir Alex Ferguson di lini depan sebelum memutuskan pensiun pada 2008. Setelah pensiun, Solskjaer memilih melanjutkan kariernya sebagai pelatih.

Beberapa klub yang pernah dilatih Solskjaer, antara lain FK Molde dan sekarang Manchester United. Solskjaer mulai menjadi pelatih kepala Setan Merah sejak Desember 2018 hingga sekarang.

5. Steve Bruce

Pelatih Aston Villa, Steve Bruce, memberikan arahan kepada pemainnya saat melawan Tottenham Hotspurs pada aga FA Cup di White Hart Lane (8/1/2017). Tottenham menang 2-0.   (AFP/Ben Stansall)
Pelatih Aston Villa, Steve Bruce, memberikan arahan kepada pemainnya saat melawan Tottenham Hotspurs pada aga FA Cup di White Hart Lane (8/1/2017). Tottenham menang 2-0. (AFP/Ben Stansall)

Steve Bruce dikenal sebagai bek yang cukup tangguh saat memperkuat Timnas Inggris dan Manchester United pada periode 90-an. Saat menjadi pelatih, Bruce banyak melatih klub-klub asal Inggris.

Selain itu, klub-klub yang ia tangani kebanyakan bertarung di papan tengah atau berusaha menjauhi zona degradasi.

Beberapa klub yang pernah merasakan gaya kepelatihan Steve Bruce antara lain Sheffield United, Huddersfield Town, Wigan Athletic, Crystal Palace, Birmingham City, Sunderland, Hull City, Aston Villa, dan Sheffield Wednesday.

Saat ini, Bruce menjadi juru taktik Newcastle United di Premier League. Bruce diikat Newcastle hingga Juni 2020.

4. David Healy

David Healy hanya mencatatkan beberapa penampilan bersama Manchester United di era Sir Alex Ferguson. Kendati demikian, karier Healy sebagai pelatih bisa dibilang pantas masuk daftar ini.

Sejak 2015, Healy sukses meraih bersama klub besutannya di Irlandia, Linfield. Total enam gelar sudah direngkuh Healy bersama Linfield.

Saat ini, David Healy tercatat sebagai pelatih Irlandia Utara.

3. Mark Hughes

Manajemen Stoke City secara resmi memecat manajer Mark Hughes setelah timnya takluk 1-2 dari Coventry City di putaran ketiga Piala FA. (AFP/Lindsey Parnaby)
Manajemen Stoke City secara resmi memecat manajer Mark Hughes setelah timnya takluk 1-2 dari Coventry City di putaran ketiga Piala FA. (AFP/Lindsey Parnaby)

Seperti halnya Steve Bruce, Mark Hughes tak gampang kehilangan pekerjaan sebagai pelatih. Hughes diketahui mampu bertahan selama lima tahun saat menajdi pelatih Timnas Wales sejak 1999-2004.

Setelah itu, Hughes tercatat sebagai pelatih Blackburn Rovers selama empat tahun. Kemudian pada 2008, Hughes menjadi juru taktik Manchester City.

Klub Premier League lain yang pernah merasakan tangan dingin Hughes antara lain Fulham, Queens Park Rangers, Stoke, dan Southampton.

2. Gordon Strachan

Gordon Strachan (Mantan Pelatih Celtic). (AFP/Jure Makovec)
Gordon Strachan (Mantan Pelatih Celtic). (AFP/Jure Makovec)

Gordon Strachan bermain di bawah asuhan Sir Alex Ferguson selama tiga musim pada akhir 1980-an. Setelah pensiun sebagai pemain, Strachan langsung terjun ke dunia pelatih.

Gordon Strachan memulai karier sebagai pelatih saat menukangi Coventry City selama lima musim. Kemudian pada 2001, Strachan menjadi juru taktik Southampton dan bertahan selama empat tahun.

Setelah itu, Gordon Strachan menjadi pelatih klub Skotlandia, Glasgow Celtic. Total enam gelar berhasil dipersembahkan Gordon Strachan untuk Celtic sebelum menjadi pelatih Timnas Skotlandia.

Gordon Strachan tercatat menjadi pelatih Timnas Skotlandia sejak 2013 hingga 2017.

1. Laurent Blanc

Laurent Blanc saat masih menangani Paris-Saint Germain pada 21 Mei 2016. (AFP/Frank Fife)
Laurent Blanc saat masih menangani Paris-Saint Germain pada 21 Mei 2016. (AFP/Frank Fife)

Laurent Blanc menjadi pemain Manchester United pada 2001-2003. Sekitar empat tahun kemudian, Blanc mulai meniti karier sebagai pelatih.

Beberapa tim yang pernah ditanganinya ialah Timnas Prancis (2010-2012), Girondis Bordeaux (2007-2010), dan Paris Saint-Germain (2013-2016). Bersama Bordeaux dan PSG, Blanc pernah merasakan juara di kancah domestik.

Laurent Blanc total meraih 15 gelar domestik, 11 trofi di antaranya didapatkan saat menukangi PSG.

 

Disadur dari: Bola.com (Penulis: Faozan Tri Nugroho/Editor: Aning Jati, published 6/5/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Wanita Salat Sambil Joget di Tiktok Ditangkap Polisi

Posted: 06 May 2020 08:54 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Wanita berinisial RE berusia 19 tahun ditangkap Anggota Satuan Reserse Kriminal Polres Lombok Tengah. Ini karena videonya yang meresahkan publik di media sosial.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: