Selasa, 05 Mei 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


12 Wisata Alam Dieng Jawa Tengah yang Paling Indah dan Memesona

Posted: 05 May 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Wisata alam Dieng Jawa Tengah mungkin sudah sangat terkenal sebagai destinasi liburan menyenangkan. Dengan alam yang begitu menakjubkan, Dieng menawarkan kesegaran dan keasrian alami khas perbukitan.

Udara yang masih alami dan pemandangan alam yang sangat menawan akan membuatmu betah menghabiskan waktu liburan di sini. Wisata Dieng memiliki berbagai keindahan alam seperti telaga, kawah, hingga pemandangan kebun teh dan alam perbukitan yang mengagumkan. 

Wisata alam Dieng Jawa Tengah terdiri dari perbukitan dan telaga yang indah. Kamu tentunya sudah tidak asing lagi dengan beberapa destinasi seperti, Gunung Prau, Bukit Sikunir, Kawah Sikidang, ataupun telaga warna.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (6/5/2020) tentang wisata alam dieng jawa tengah

Bukit Sikunir

Bukit Sikunir. (Foto: Fajar Ardianto AS/ Pixabay )
Bukit Sikunir. (Foto: Fajar Ardianto AS/ Pixabay )

Kalau kamu ingin menikmati keindahan wisata alam Dieng Jawa Tengah dari ketinggin yang dilengkapi dengan matahari terbitnya yang menakjubkan, pilihan tepatnya jatuh pada Bukit Sikunir. Di sini kamu bisa menikmati semburat kemerahan matahari terbit menjelang pagi hari.

Buat kamu yang ingin ke sini, disarankan untuk berangkat menuju Sikunir ketika subuh agar tidak melewatkan momen yang indah ini. Untuk mencapai puncak bukit, kamu memerlukan usaha ekstra. Kamu perlu sedikit berjuang untuk menaiki tangga bukit yang cukup tinggi.

Kondisi udara yang dingin dan tanah yang berundak-undak akan sedikit melelahkan, akan tetapi pemandangan yang indah saat tiba di puncak akan menghilangkan semua kelelahanmu. Di Bukit Sikunir ini banyak spot yang bisa kamu jadikan untuk berswafoto dengan latar belakang matahari terbitnya yang indah.

Bukit Sikunir ini terletak di Desa Sembungan yang dikenal sebagai desa tertinggi di Pulau Jawa. Akses untuk menuju Bukit Sikunir ini terbilang cukup mudah, kamu dapat menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju kaki bukit sebelum akhirnya mendaki Bukit Sikunir.

Gunung Prau

Sunrise di gunung Prau 2.565 mdpl, Wonosobo, Jawa Tengah / Liputan6 / Nadiyah Fitriyah
Sunrise di gunung Prau 2.565 mdpl, Wonosobo, Jawa Tengah / Liputan6 / Nadiyah Fitriyah

Wisata alam Dieng Jawa Tengah yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi para pecinta gunung adalah Gunung Prau. Gunung Prau merupakan pilihan yang sangat tepat untuk menikmati indahnya Dieng dari ketinggian.

Layaknya mendaki gunung, saat ke Gunung Prau kamu memerlukan banyak tenaga dan waktu. Hingga akhirnya bisa sampai ke puncak untuk menikmati indahnya pemandangan Dieng yang berada di ketinggian 2.565 mdpl. Hal ini tentunya berbeda jika kamu ke Bukit Sikunir yang bisa ditempuh dalam waktu yang sebentar saja.

Namun, pemandangan yang ditawarkan di Gunung Prau ini tentu sangatlah indah. Saat kamu berada di puncak Gunung Prau, kamu bakal disuguhkan dengan pamandangan alam yang sangat mengagumkan. Dari sana kamu dapat melihat awan-awan putih yang menggelantung di sekitar gunung hingga hijaunya pedesaan yang berada di sekitar lereng Gunung Prau.

Salah satu hal yang tidak boleh terlewatkan ketika mengunjungi Gunung Prau ini adalah menikmati indahnya matahari terbit dan terbenam. Ya, dari puncak gunung ini, kamu bisa menyaksikan langit jingga atau kuning keemasan ketika matahari sedang berada di ufuk. Keindahan ini bisa kamu dapatkan bila beruntung mendapatkan cuaca yang cerah.

Wisata Alam Dieng Jawa Tengah Perbukitan

Batu Ratapan Angin. (liputan6.com/Novi Thedora)
Batu Ratapan Angin. (liputan6.com/Novi Thedora)

Gardu Pandang Tieng

Gardu Pandang Tieng merupakan alternatif wisata alam Dieng Jawa Tengah bagi kamu yang ingin menikmati golden sunrise namun tidak ingin naik ke Bukit Sikunir. Gardu pandang ini berada pada ketinggian 1789 Mdpl tepat di atas Desa Tieng, Wonosobo. Gardu Pandang Tieng menawarkan lanskap pegunungan Pakuwojo dengan hijaunya perkebunan sekitar.

Batu Ratapan Angin atau Batu Pandang Dieng

Hampir seluruh wisata alam Dieng Jawa Tengah bernuansa perbukitan yang indah. Salah satu wisata Dieng Wonosobo yang bisa kamu nikmati dari ketinggian adalah Batu Ratapan Angin. Tempat wisata ini merupakan sebuah tebing yang dekat dengan Telaga Warna. Di sini kamu bisa menyaksikan pemandangan Telaga Pengilon dan Telaga Warna dari ketinggian.

Hampir seluruh tempat wisata yang ada di Dieng Wonosobo ini cocok untuk kamu yang menyukai petualangan alam. Salah satunya Batu Ratapan Angin ini. Pasalnya, untuk sampai di tempat ini kamu perlu mendaki bukit yang cukup membuat lelah. Walaupun memerlukan sedikit perjuangan untuk sampai ke atas bukit, kamu bakal menyaksikan panorama alam indah yang tersaji di depan mata.

Wisata Alam Dieng Jawa Tengah Telaga

Telaga Warna, Dieng, Jawa Tengah. (Sumber Foto: pakettripdieng.com)
Telaga Warna, Dieng, Jawa Tengah. (Sumber Foto: pakettripdieng.com)

Telaga Warna

Salah satu objek wisata andalan yang dapat kamu temui saat mengunjungi Dieng adalah Telaga Warna yang berada di Kejajar, Wonosobo. Wisata alam Dieng Jawa Tengah satu ini akan memanjakan mata pengunjung dengan danau kecil yang memiliki berbagai warna karena banyaknya belerang yang terdapat tempat ini.

Bagi kamu yang sedang mengunjungi tempat ini, jangan lupa untuk berfoto-foto karena pemandangan yang ditawarkan sangat berkesan dan memesona. Di pinggiran danau juga ada jembatan kecil dari kayu yang dapat digunakan sebagai spot foto yang menarik. Selain itu, kamu juga dapat melihat beberapa goa yang memiliki akar sejarah yang kental bagi masyarakat setempat dan berada di satu kompleks dengan Telaga Warna tersebut.

Telaga Pengilon

Tak jauh dari Telaga Warna, kamu bisa menemukan Telaga Pengilon. Jarak antara Telaga Warna dan Telaga Pengilon sangat dekat bahkan pada beberapa sudut pandang akan terlihat menyatu. Baik Telaga Warna dan Telaga Pengilon merupakan hasil bentukan letusan Gunung Prau Tua.

Perbedaan Telaga Warna dan Telaga Pengilon adalah air di Telaga Pengilon berwarna cokelat dan tidak mengandung sulfur seperti pada Telaga Warna.

Wisata Alam Dieng Jawa Tengah Telaga

Telaga Merdada (sumber: adventuretravel)
Telaga Merdada (sumber: adventuretravel)

Telaga Merdada

Wisata alam Dieng Jawa Tengah selanjutnya adalah telaga Merdada. Telaga ini merupakan telaga yang paling luas di Dieng. Telaga Merdada yang terletak di Desa Karangtengah, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara ini memiliki luas mencapai 21 hektar. Wisata Dieng Wonosobo ini tampak seperti sebuah kaldera bekas letusan dari gunung api yang kemudian berisikan air. Ini bisa kelihatan bila kamu melihatnya dari ketinggian.

Selain itu, pemandangan yang ditawarkan oleh telaga ini sangat indah, karena berada di antara dua buah bukit terjal yaitu Pangonan dan Sumurup. Menariknya, di sekitar danau banyak ditemukan lahan-lahan berundak tempat pertanian kentang sehingga menambah eksotisme Telaga Merdada ini.

Telaga Menjer

Telaga Menjer berjarak sekitar 11 kilometer atau 30 menit dari Alun-Alun Wonosobo. Telaga ini terbentuk akibat letusan vulkanik di kaki Gunung Pakuwaja. Telaga dengan luas sekitar 70 Ha ini berada pada ketinggian sekitar 1300 Mdpl. Pengunjung bisa menikmati kesejukan telaga ini. Penduduk setempat juga menyediakan perahu bambu untuk mengelilingi telaga.

Telaga Cebong

Telaga Cebong berada di kawasan dataran tinggi Dieng atau satu jam perjalanan dari alun-alun Wonosobo. Telaga ini cukup kecil dengan luas sekitar 12 Ha. Dulunya telaga ini merupakan kawah gunung purba. Telaga Cebong berada tak jauh dari Bukit Sikunir membuat panorama kawasan ini begitu sejuk dan indah.

Wisata Alam Dieng Jawa Tengah Lainnya

Kawah Sikidang Dieng. (liputan6.com/Novi Thedora)
Kawah Sikidang Dieng. (liputan6.com/Novi Thedora)

Kawah Sikidang

Sedikit berada di bukit, Kawah sikidang merupakan salah satu tempat yang wajib dikunjungi sebagai wisata alam Dieng Jawa Tengah. Letak kawah belerang ini tidak terlalu jauh dari Bukit Sikunir, sehingga setelah melihat golden matahari terbit yang memesona, tidak ada salahnya kamu melihat kawah panas dengan bau belerang yang menyengat.

Kawah Sikidang ini terletak di Desa Dieng Kulon, Banjarnegara. Meskipun begitu, akses yang lebih cepat dan mudah untuk menuju kawah ini adalah dari Wonosobo. Selain menyaksikan keindahan kawah dengan legenda Pangeran Kidang Garungan ini, kamu juga dapat melihat berbagai kerajinan tradisional yang dibuat di tempat tersebut.

Candi Arjuna

Mengunjungi Dieng rasanya tidak lengkap kalau tidak menyambangi Candi Arjuna yang berada di Dieng Kulon, Banjarnegara. Hal ini dikarenakan tiket masuk Candi Arjuna satu paket dengan kawah Sikidang sehingga dengan tarif Rp 10.000 kamu bisa memasuki dua kawasan wisata sekaligus.

Dalam sejarahnya, Candi Arjuna merupakan peninggalan dari Kerajaan Mataram Kuno dan dibuat untuk menyembah Dewa Syiwa. Ketinggiannya yang berada lebih dari 2.000 mdpl membuat candi ini begitu memesona dengan suasana pegunungan Dieng yang sejuk.

Dalam kawasan Candi Arjuna, terdapat lima buah candi yang saling berjajar lurus. Selain itu taman yang berada di sekitar candi pun terlihat bersih sehingga kamu bisa bersantai sambil bercengkarama di atas rerumputan..

Kebun Teh Tambi

Wisata alam Dieng Jawa Tengah selanjutnya adalah sebuah Agrowosata Tambi. Di sini kamu akan disuguhkan dengan hamparan kebun teh, yang membuat suasana hati menjadi tenang. Lokasi agrowisata ini terletak di Kecamatan Garung, tepatnya di jalan arah menuju Dieng.

Tidak hanya menyuguhkan pemandangan perkebunan teh, di sana kamu juga bisa berwisata industri dengan mengunjungi pabrik teh. Kamu bisa melihat secara langsung proses pengolahan teh Tambi. Selain itu, di sini juga memiliki berbagai macam fasilitas seperti pondok wisata, kolam pemancingan, lapangan tenis, taman bermain, dan kebun.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cameo Project Bikin Parodi Tipe-Tipe Orang Selama Masa PSBB Corona

Posted: 05 May 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sudah hampir dua bulan lebih kita di rumah saja karena adanya pandemi corona. Hal itu juga sesuai Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diterapkan oleh pemerintah untuk memutus rantai penyebaran virus corona.

Selama berada di rumah, sudah pasti kita mengalami rasa jenuh. Sebab, kita hanya mengulang aktivitas yang itu-itu saja setiap hari. Seperti kerja, kuliah, dan belajar yang semuanya dilakukan secara online.

Akibat diterapkannya PSBB oleh pemerintah, menyebabkan banyak orang menghabiskan waktunya di rumah dengan cara yang tidak biasa. 

Hal itu membuat Cameo Project terinspirasi membuat konten parodi tipe-tipe orang yang menghabiskan waktu karantinanya selama di rumah. 

Dari level orang yang selalu optimistis menghadapi corona, bingung, hingga orang yang mulai terbiasa karena saking jenuhnya.

Mau tahu tipe-tipe orang saat di rumah aja selama PSBB corona? Saksikan video parodinya di channel CAMEO yang ada di Vidio.

Saksikan Videonya Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dianggap Melanggar Konstitusi, Perppu Corona Ditolak PKS

Posted: 05 May 2020 10:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Fraksi PKS di DPR RI menolak Perppu No 1 Tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan untuk penanganan pandemi Covid-19 ditetapkan sebagai undang-undang. Wakil Ketua Fraksi PKS Sukamta mengungkapkan, argumen mendasar atas penolakan itu lantaran Perppu tersebut melanggar konstitusi.

"Kami melihat Perpu ini bisa membahayakan negara karena punya potensi melanggar konstitusi, sementara tujuannya untuk mengatasi Covid-19 beserta dampaknya tidak terlihat menjadi fokus utama," kata Sukamta dalam keterangannya, Rabu (6/5/2020).

Perppu No 1 Tahun 2020 tersebut dinilai melanggar konstitusi karena salah satunya mereduksi peran dan kewenangan DPR dalam pembahasan dan penetapan APBN. Pada pasal 12 ayat 2 Perppu tersebut membuat pemerintah dapat menetapkan APBN hanya dengan peraturan presiden (Perpres). Itu melanggar Pasal 23 UUD 1945.

"Dengan delegasi ke Peraturan Presiden maka perubahan dilakukan secara sepihak oleh pemerintah dan tidak ada transparansi prosesnya, hal ini bisa rawan penyelewengan anggaran meski pemerintah bilang Perpu ini hanya untuk tahun 2020," kata Sukamta.

Berikutnya, Pasal 27 ayat 2 juga berpotensi melanggar konstitusi karena memberikan pejabat negara yang melaksanakan Perppu tersebut imunitas terhadap hukum.

"Aturan kekebalan hukum ini jelas melanggar prinsip equality before the law. Kita tentu tidak menghendaki uang triliunan rupiah jadi bancakan para penumpang gelap. Saya kira sudah ada contoh nyata soal akal-akalan anggaran ini berupa program kartu prakerja dengan pelatihan online senilai Rp 5,6 triliun dengan menunjuk 8 perusahaan digital sebagai mitra, yang mendapat banyak kritikan masyarakat," kata Sukamta.

"Dengan kewenangan extraordinary seperti itu sangat membuka ruang penyelewengan dan bisa ditunggangi pihak-pihak yang ingin ambil untung di atas penderitaan rakyat," imbuh anggota Banggar DPR RI itu.

 

Tidak Fokus Covid-19

Sukamta juga mengkritik Perppu tersebut yang tidak fokus menyelesaikan Covid-19 dan dampak sosial yang ditimbulkan. Karena anggaran insentif kesehatan dan insentif jaring pengaman sosial lebih kecil dibanding insentif pemulihan ekonomi dan insentif industri.

Insentif kesehatan sebesar Rp 75 triliun dan insentif jaring pengaman sosial Rp 110,1 triliun, sementara insentif pemulihan ekonomi Rp 185 triliun dan insentif industri Rp 220,1 triliun.

Sukamta juga mengkritik Perppu tersebut tak berdampak nyata karena masih banyak keluhan dari pihak rumah sakit kekurangan APD, hingga laboratorium yang kekurangan reagen untuk tes swab. Masyarakat yang seharusnya mendapat bantuan juga belum terakomodir semua.

"Saya kira ini indikasi nyata perubahan anggaran Perppu belum berdampak nyata menyelesaikan Covid-19," kata anggota Komisi I DPR itu.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi/Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertamina Distribusikan 185 Ribu APD ke 70 RS BUMN Seluruh Indonesia

Posted: 05 May 2020 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dalam mendukung kinerja tenaga medis di 70 Rumah Sakit BUMN, Pertamina memberikan bantuan 185 ribu Alat Pelindung Diri (APD) melalui Pertamina Bina Medika IHC.

Sebelumnya, Pertamina telah menyalurkan bantuan sebanyak 18.000 APD ke Pertamina Bina Medika IHC sebagai Rumah Sakit Holding BUMN yang ditunjuk Pemerintah sebagai Rumah sakit rujukan covid 19.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman menyatakan, sebelum didistribusikan, APD tersebut ditempatkan di Gudang Pertamina Logistik Perkapalan untuk dilakukan pemeriksaaan (Quality Control) dan memastikan kualitas barang yang akan didistribusikan sesuai dengan standar yang ditetapkan Badan Kesehatan Dunia (WHO).

"Sesuai penugasan dari Kementrian BUMN, bantuan APD tersebut akan di distribusikan kepada 70 rumah sakit BUMN yang berada di berbagai wilayah di Indonesia. Pengolaan pendistribusian APD kepada rumah sakit – rumah sakit lain, baik milik Pertamedika IHC maupun RS BUMN lainya di koordinir oleh Pertamina Bina Medika IHC," ujar Fajriyah, Rabu (6/5/2020).

 

Jaga Keselamatan Tenaga Medis

Tim dokter bersiap melakukan pengecekan persiapan ruang modular di RS Pertamina Jaya, Jakarta, Senin (6/4/2020). Secara keseluruhan RSPJ memiliki kapasitas 160 tempat tidur dengan 65 kamar isolasi dengan negative pressure untuk merawat pasien yang positif Corona. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Tim dokter bersiap melakukan pengecekan persiapan ruang modular di RS Pertamina Jaya, Jakarta, Senin (6/4/2020). Secara keseluruhan RSPJ memiliki kapasitas 160 tempat tidur dengan 65 kamar isolasi dengan negative pressure untuk merawat pasien yang positif Corona. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Fajriyah menegaskan, APD bagi tenaga medis merupakan senjata utama dalam perang melawan Covid-19, sehingga dengan tersedianya APD yang memadai, kinerja tenaga medis akan lebih optimal.

"Bantuan APD diharapkan bisa menjaga keselamatan dan keamanan para tenaga medis dalam menjalankan tugasnya merawat pasien Covid-19," pungkas Fajriyah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Gaya Inul Daratista Saat Kenakan Hijab, Banjir Pujian

Posted: 05 May 2020 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pedangdut Inul Daratista memang kerap mencuri perhatian netizen. Bukan hanya soal suara merdunya ketika bernyanyi, akan tetapi tingkah laku dan kekompkan Inul dengan keluarga kecilnya pun tak luput dari perhatian netizen.

Beberapa waktu lalu ibu satu anak ini pun kembali menjadi sorotan karena mengunggah foto saat tengah mengenakan hijab. Unggahan foto di akun Instagram pribadinya tersebut pun berhasil curi perhatian. Tak sedikit pula netizen yang memuji penampilan dari wanita Pasuruan, Jawa Timur.

Inul Daratista sendiri telah beberapa kali mengunggah foto saat menggunakan hijab di akun Instagram pribadinya. Beberapa netizen juga memuji penampilan wanita 41 tahun ini yang disebut semakin cantik dengan hijabnya.

Penasaran seperti apa? Dirangkum Liputan6.com dari akun Instagram @inul.d, Rabu (6/5/2020) berikut ini beberapa gaya Inul Daratista saat pakai hijab.

1. Ini dia unggahan Inul Daratista yang tuai pujian karena hijabnya.

Inul Daratista  (Sumber: Instagram/@inul.d)
Inul Daratista (Sumber: Instagram/@inul.d)

2. Dirinya pun beberapa kali terlihat mengunggah foto saat menggunakan hijab di media sosial.

Inul Daratista  (Sumber: Instagram/@inul.d)
Inul Daratista (Sumber: Instagram/@inul.d)

3. Penampilan Inul ini pun dinilai semakin memesona oleh publik.

Inul Daratista  (Sumber: Instagram/@inul.d)
Inul Daratista (Sumber: Instagram/@inul.d)

4. Dirinya pun lebih memilih menggunakan model hijab yang simpel namun tetap elegan.

Inul Daratista (Sumber: Instagram/@inul.d)
Inul Daratista (Sumber: Instagram/@inul.d)

5. Pedangdut satu ini juga memanfaatkan sebuah syal mewah untuk dijadikan sebagai penutup kepala.

Inul Daratista  (Sumber: Instagram/@inul.d)
Inul Daratista (Sumber: Instagram/@inul.d)

6. Penampilan Inul dengan hijab serta kacamata hitam ini pun terlihat stylish ya.

Inul Daratista  (Sumber: Instagram/@inul.d)
Inul Daratista (Sumber: Instagram/@inul.d)

7. Kesederhanaan pun juga terlihat dari penampilan Inul bersama Tri Rismaharini.

Inul Daratista  (Sumber: Instagram/@inul.d)
Inul Daratista (Sumber: Instagram/@inul.d)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Balas Aksi Youtuber yang Jadi Buron, Pemuda Ini Bagi-Bagi Uang

Posted: 05 May 2020 10:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Heboh beredar video aksi pemuda dan temannya bagi-bagi uang yang disimpan di dalam kardus mie instan. Aksi ini disebut-sebut sebagai balasan atas aksi youtuber yang sempat bagi kardus sembako berisi sampah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengacara Sebut Ada 350 Purnawirawan TNI-Polri yang Minta Kivlan Zen Dibebaskan

Posted: 05 May 2020 10:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pengacara terdakwa kasus kepemilikan senjata api ilegal Kivlan Zen, Tonin Tachta, menyebut ada 350 purnawirawan TNI dan Polri yang memohon kepada Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat supaya dapat membebaskan kliennya tanpa syarat.

"Sudah kami sampaikan lisan kemarin," kata Tonin saat dikonfirmasi, Rabu (6/5/2020).

Tonin memperlihatkan satu persatu ratusan nama purnawirawan yang menyatakan permohonan bebas tanpa syarat terhadap Kivlan Zen. Menurut mereka Kivlan adalah seorang TNI yang sangat berjasa bagi NKRI.

"Kami purn/i, TNI Polri, mengingat atas jasa jasa baik Mayjen Purn TNI Kivlan Zein, baik selama masih aktif dan setelah purnawira," tulis pembukaan surat tersebut.

Nama purnawirawan TNI/Polri yang disebut Tonin dalam surat yang telah disampaikan kepada Majelis Hakim secara lisan antara lain:

1.Kol (Purn) TNI AD Sugengwaras

2.Letjen TNI (Purn) Kiki Syahnakri

3.Brigjen TNI (purn) Mahu Amin

4.Brigjen TNI (Purn) Arif Mulyawan

5.Marsda TNI (Purn) Zulhasymi.

6.Brigjen TNI (purn) Bambang AS

7.Laksda TNI (Purn) Sutjipto

8.Marsda TNI (Purn) Hasan Londang

9.Mayjen TNI (Purn) Zainuri Hasyim

10.Laksma TNI (Purn) Edy Yusuf

11.Brigjen TNI (Purn) Tamsil

12.Marsdya TNI (Purn) Boy Syahril Qamar

13.Brigjen TNI (Purn) M.E. Amien

14.Kolonel TNI( Purn) Herry Suryanto

15.Brigjen TNI (Purn) Yudhi K

16.Brigjen TNI (Purn) Santoso

17.Brigjen TNI (Purn) Meindaryanto

18.Mayjen TNI (Purn) Djoko Susilo

19.Brigjen TNI (Purn) Ismail

20.Brigjen TNI (Purn) Anuri

Kivlan Zen didakwa oleh Jaksa Penuntut Umum atas kepemilikan empat senjata api dan 117 peluru tajam. Bersama Kivlan, politisi Habil Marati juga terseret dalam kasus yang Kivlan denga peran pemberi dana.

Kivlan Zen pada 22 Januari 2020 telah memohon keringanan majelis hakim untuk membebaskannya. Dia yakin, dakwaan yang disusun Jaksa Penuntut Umum tidak tepat karenanya dapat dibatalkan demi hukum

 

Kerap Batuk Batuk Saat Sidang

Kivlan Zen (kedua kanan) menjelang memberikan kesaksian dalam sidang lanjutan kasus kepemilikan senjata api ilegal di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (5/2/2020). Sidang untuk terdakwa Azwarni ditunda karena alasan kesehatan Kivlan Zen. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Kivlan Zen (kedua kanan) menjelang memberikan kesaksian dalam sidang lanjutan kasus kepemilikan senjata api ilegal di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (5/2/2020). Sidang untuk terdakwa Azwarni ditunda karena alasan kesehatan Kivlan Zen. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Dalam persidangan Kivlan Zen pada 14 Januari 2020, Kivlan Zen batuk tak kunjung henti. Padahal, dia tengah membacakan nota pembelaannya atau eksepsi di depan majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

"Uhu-uhuk-uhuk, Yang Mulia mohon izin, saya sudah tidak kuat lagi uhuk," kata Kivlan dengan kepala yang memerah akibat batuk tersebut di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Selasa (14/1/2020).

Saat memulai persidangan, Kivlan memang sudah meminta izin kepada majelis hakim untuk dibolehkan menyetop pembacaan nota pembelaan jika kondisinya sudah tidak mendukung.

Hal itu pun dibolehkan oleh pihak majelis, mengingat usia Kivlan Zen yang sudah lanjut dan kerap berobat ke RSPAD Gatot Soebroto untuk kontrol rutin tiap minggunya.

Kivlan pun diketahui sudah diputuskan menjadi sebagai tahanan rumah karena kondisinya tak memungkinkan ditahan dalam penjara.

"Apa sudah tak bisa lagi dilanjutkan? Baiklah kalau tidak bisa kami tunda eksepsi ya ke minggu depan," kata Hakim Saifudin Zuhri sambil mengetuk palu sidang kasus kepemilikan senjata api ilegal.

Seharusnya, Kivlan membacakan nota pembelaan setebal 22 lembar. Namun, karena kondisi kesehatannya, Kivlan Zen hanya membacakan 15 lembar.

Terdakwa kasus kepemilikian senjata api Kivlan Zen mengaku sakit paru-paru.

"Saya kan kena paru-paru, terus luka kan," ujar Kivlan Zen di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (18/12/2019).

Kivlan kerap batuk saat memberikan pernyataan kepada awak media. Kivlan juga sempat memperlihatkan obat-obatan yang tengah dia konsumsi. Kivlan mengaku obat-obatan tersebut dia dapat dari RSPAD Gatot Subroto.

"Anda bisa lihat lah. Ini obat dokter, ini obat saya segini," kata Kivlan Zen terbatuk-batuk.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Jenis Bunga yang Berbau Busuk, Salah Satunya Jenis Anggrek

Posted: 05 May 2020 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mendengar kata 'bunga', tentunya gambaran tentang tanaman indah berwarna-warni dan memiliki bau yang harum terbersit dalam pikiran. Bunga juga lekat dengan lambang cinta yang romantis bagi pasangan kekasih.

Namun, ternyata tak semua bunga memiliki ciri yang demikian. Beberapa bunga justru memiliki aroma yang tak sedap seperti bau bangkai dan bentuk yang tak indah. 

Sebenarnya, bunga adalah alat reproduksi dari tanaman yang terdiri dari kelopak, benang sari, dan putik. Bagian-bagian tersebut memiliki fungsi yang penting dalam perkembangbiakan tanaman tersebut.

Sebagai negara yang memiliki iklim tropis, membuat Indonesia memiliki keanekaragaman flora. Salah satu di antaranya yakni bunga berbau busuk yang amat terkenal di dunia, Rafflesia Arnoldi.

Selain Rafflesia Arnoldi, masih ada beberapa bunga yang dikenal memiliki bau yang busuk. Seperti apakah bunga-bunga itu? Berikut ulasan selengkapnya oleh Liputan6.com, Rabu (6/5/2020). 

1. Bulbophyllum Phalaenopsis atau Anggrek Dasi

Bulbophyllum Phalaenopsis. (Sumber: bukalapak)
Bulbophyllum Phalaenopsis. (Sumber: bukalapak)

Biasanya spesies bunga anggrek dikenal sebagai tanaman yang memiliki aroma yang harum dan kelopak yang cantik. Namun, berbeda halnya dengan Bulbophyllum Phalaenopsis atau dikenal sebagai anggrek dasi. Bunga ini dapat ditemukan diberbagai daerah dengan iklim tropis termasuk Indonesia.

Termasuk dalam spesies anggrek, bunga yang satu ini memiliki bentuk yang menarik dengan warna merah yang memikat mata. Namun, jangan tertipu untuk mendekat, baunya yang busuk sangat menyengat di hidung dan mampu menarik perhatian lalat.

2. Lysichiton Americanus atau Western Skunk Cabbage

Lysichiton Americanus. (Sumber: Wikipedia common)
Lysichiton Americanus. (Sumber: Wikipedia common)

Bunga satu ini biasa ditemukan di daerah rawa dan hutan basah benua Amerika dan sebagian di wilayah benua Eropa. Memiliki aroma yang tak sedap, lantas bunga ini pun dijuluki sebagai skunk atau Sigung.

Lysichiton Americanus akan mengeluarkan baunya ketika mekar. Bunga ini hanya mekar pada saat akhir musim dingin dan awal musim semi untuk menarik perhatian lalat dan beberapa jenis serangga lainnya sebagai perangkap.

3. Rafflesia Arnoldi atau Padma Raksasa

Rafflesia Arnoldi. (Sumber: wikipedia common)
Rafflesia Arnoldi. (Sumber: wikipedia common)

Siapa yang tak kenal dengan Rafflesia Arnoldii? Sudah banyak informasi terkait bunga ini yang dibagikan sebagai pengetahuan di sekolah dasar. Rafflesia Arnoldi merupakan bunga yang langka dan endemik di Pulau Sumatera.

Rafflesia Arnoldi telah dinobatkan sebagai salah satu bunga yang memiliki ukuran terbesar di dunia. Bunga ini dapat tumbuh besar mencapai ukuran diameter 1 meter hingga 1,05 meter, yang pernah ditemukan di daerah Bukittinggi, Sumatra Barat.

4. Dracunculus vulga­ris atau Bunga Lily Vodoo

Dracunculus vulga­ris. (Sumber: Wikipedia common)
Dracunculus vulga­ris. (Sumber: Wikipedia common)

Memiliki nama yang nyentrik, Dracunculus vulga­ris juga memiliki bau menyengat bak daging busuk. Bunga yang berasal dari negeri Yunani ini dapat ditemukan di kawasan hutan dalam yang terpapar hanya sedikit sinar matahari.

Dracunculus vulga­ris yang merupakan keluarga Araceae ini juga sudah diper­ke­nalkan ke beberapa ne­gara di anta­ra­nya,Amerika Seri­kat (AS), Ka­na­da, dan beberapa negara eropa utara lainnya.

5. Helicodiceros Muscivorus

Helicodiceros Muscivorus. (Sumber: Wikipedia common)
Helicodiceros Muscivorus. (Sumber: Wikipedia common)

Seperti bunga berbau busuk lainnya, Helicodiceros Muscivorus menarik lalat pencari bangkai yang bisa berguna sebagai penyerbuk. Bunga ini merupakan tanaman hias yang berasal dari daerah Corsica, Sar­dinia dan Kepulauan Balearic.

Bunga ini dinobatkan sebagai salah satu bunga terlangka di dunia dan hanya bisa ditemukan di tempat yang beriklim dingin. 

6. Stapelia Gigantea atau Raksasa Zulu

Stapelia Gigantea. (Sumber: Wikipedia common)
Stapelia Gigantea. (Sumber: Wikipedia common)

Bunga Stepelia merupakan bunga yang berbentuk bintang dengan tekstur serabut-serabut halus di kelopaknya. Sama seperti bunga berbau busuk yang lain, Stepelia mengandalkan bantuan lalat sebagai penyerbuk.

Bunga ini mekar di saat udara dingin di musim gugur dan bisa ditemukan di Afrika Selatan dengan beberapa spesies lainnya seperti dari Ame­rika, Asia dan Amerika Latin. 

Termasuk salah satu bunga yang besar, kelopak bunga Stepelia bisa tumbuh hingga diameter 25 cm. Sedangkan tingginya bisa mencapai 41 cm.

7. Titan Arum (Amor­ph­ophallus Titanum)

Titan Arum (Amor­ph­ophallus Titanum). (Sumber: wikipedia common)
Titan Arum (Amor­ph­ophallus Titanum). (Sumber: wikipedia common)

Selain Rafflesia Arnoldi, Titan Arum juga dikenal sebagai bunga bangkai raksasa. Bunga ini masih dikaitkan ke dalam keluarga Raflesia karena tumbuh di Hutan Hujan Sumatera. Bunga ini dapat ditemukan di ketinggian 28 hinga 720 mdpl.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Cerita Ibu Suriyah yang Mampu Bertahan di Tengah Pandemi Lewat Teknologi Digital

Posted: 05 May 2020 10:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Wabah Covid-19 menyerang semua sektor dalam negeri. Tak hanya kesehatan, wabah tersebut mampu membuat roda perekonomian melambat. Apalagi bagi masyarakat kelas menangah ke bawah, banyak beberapa usaha dan warung terpaksa tutup karena tidak adanya pembeli.

Namun, tidak semua pedagang kecil merasakan dampak negatif dari pandemi Covid-19. Ada warung dan pedangang kecil yang ternyata masih bisa bertahan. Contohnya warung makan Lauk Sambal Bude Ndut yang ada di Jalan Haji Muala, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Warung makan milik Ibu Suriyah (54) ini tetap laris di tengah pandemi corona, bahkan omzetnya justru meningkat 30%. Masakan yang ada di warung Lauk Sambel Bude Ndut sebenarnya tidak jauh beda dengan warung makan lainnya, meski ada menu andalan seperti sambal udang dan sambal cumi.  

Dalam keberhasilannya ini, Ibu Suriyah ternyata memanfaatkan perkembangan teknologi saat ini. Meski hanya kelasan warteg, warung Lauk Sambal Bude Ndut ini melakukan penjualan secara online serta rajin mempromosikan diri melalui media sosial.

Jadi, meski para pelangganya tidak bisa ke luar rumah, Ibu Suriyah tetap bisa memenuhi kebutuhan mereka melalui pemesanan online.

Untuk mendukung penjualan secara online tersebut, Ibu Suriyah juga memanfaatkan aplikasi dompet digital sebagai metode pembayaran. Dia mengakui, kehadiran dompet digital semakin memudahkan dalam melakukan transaksi nontunai.

"Saya merasa lebih mudah dan aman bertransaksi nontunai, apalagi saat pandemi seperti sekarang.  Pelanggan tidak perlu kasih uang tunai. Saya juga tidak perlu cari uang kembalian," ujar Ibu tiga anak ini.

Ibu Suriyah yang mulai membuka warung makan Lauk Sambel Bude Ndut lima tahun lalu, merasa bersyukur karena mengenal teknologi lebih dulu sebelum ada pandemi. Dia juga merasa senang bergabung dengan komunitas yang diinisiasi oleh YCAB dan DANA yang aktif mendorong pemanfaatan teknologi untuk perbaikan ekonomi.

Sebelum membuka warung makan Lauk Sambel Bude Ndut, Ibu Suriyah sejak 1991 sudah beberapa kali mencoba usaha makanan, mulai dari memenuhi pesanan untuk gereja, berjualan di depan sekolah, kemudian catering, dan pernah juga membuka warteg di kanting rumah sakit. Namun, karena kurang modal, Ibu Suriyah melanjutkan usahanya dengan berjualan di rumah.

Warung makan Lauk Sambel Bude Ndut saat ini merupakan sumber pemasukan bagi keluarga Ibu Suriyah, semenjak suaminya tidak lagi berjualan keliling karena kondisi fisiknya yang tidak memungkinkan. Ibu Suriyah senang karena kini warung makannya sudah bisa memenuhi kebutuhan hidup keluarganya sehari-hari, serta membantu orang-orang di sekitarnya.

Ibu Suriyah adalah salah satu dari banyaknya pemilik warung yang mampu bertahan dengan kehadiran teknologi di masa pandemi Covid-19. Pengalaman Ibu Suriyah juga sejalan dengan kontribusi DANA untuk memperjuangkan seluruh elemen bangsa dalam memerangi pandemi global COVID-19, di mana DANA menghadirkan fitur pendataan warung yang menjadi gerakan sosial #BelanjadiWarungTetangga dari Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop) untuk mendorong terus bergulirnya perekonomian rakyat di tengah penyebaran COVID-19.

Gerakan #BelanjaDiWarungTetangga menjadi bentuk solidaritas masyarakat yang dapat dilakukan melalui aplikasi dompet digital DANA. Pengguna DANA dapat berpartisipasi dengan mengakses miniprogram Siap Siaga COVID-19, memilih opsi 'Daftarkan Warung Sekitar Kamu', lalu mendaftarkan nama dan nomor telepon pemilik warung, jenis usaha, serta alamat tempat usaha mereka, atau bisa langsung mengujungi tautan berikut.

Dengan melakukan pendataan ini, pengguna DANA telah ikut serta dalam aksi nyata menyelamatkan warung-warung di sekitar mereka dan turut menggerakkan perekonomian nasional.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

143 ABK WNI Terdampak Pandemi Corona COVID-19 di Marseille Dipulangkan ke RI

Posted: 05 May 2020 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah ABK WNI terdampak pandemi Virus Corona COVID-19 kembali dipulangkan ke Indonesia.

Dari 253 anak buah kapal (ABK) Costa Smeralda berkewarganegaraan Indonesia yang merapat di pelabuhan Marseille sejak 15 Maret, 143 ABK WNI berhasil dipulangkan ke Tanah Air dengan menggunakan pesawat sewaan menuju Jakarta dan Denpasar pada Rabu.

"Sebanyak 143 ABK WNI itu meninggalkan Marseille menuju Milan pada Selasa 5 Mei 2020, menggunakan bus sewaan yang disediakan manajemen kapal Costa Smeralda," demikian menurut keterangan tertulis KJRI Marseille seperti dikutip dari Antara, Rabu (6/5/2020).

Sementara itu, sebanyak 84 orang ABK WNI terpaksa harus menunggu lebih lama karena didiagnosa positif terinfeksi Corona COVID-19. Saat ini mereka masih harus menjalani proses karantina di atas kapal Costa Smeralda.

Pelaksana Tugas Konsul Jenderal RI Marseille Erie Noer Bawono menyatakan bahwa seluruh kebutuhan dan perawatan yang diperlukan akan dipenuhi oleh pihak kapal Costa Smeralda.

Lebih lanjut, KJRI Marseille dan KBRI Roma terus berkoordinasi untuk memantau proses repatriasi seluruh ABK WNI yang bekerja di grup Costa, termasuk di antaranya memastikan bahwa seluruh ABK menjalani tes COVID-19 dan diberikan sertifikat kesehatan.

Pihak KJRI Marseille dan KBRI Roma juga berkoordinasi dengan pihak prinsipal grup Costa dan memastikan pemberian izin terbang (flight clearance) pesawat sewaan yang digunakan untuk mengantar para ABK Indonesia kembali ke Tanah Air.

"KJRI Marseille terus memonitor kondisi para ABK WNI yang berada di atas kapal sejak mereka merapat di Marseille, terutama memberikan dukungan moral bagi awak yang khawatir akan kondisi mereka dan memastikan seluruh kebutuhan dan hak mereka terpenuhi," ujar Erie.

 

Pemulangan WNI Dijamin Perusahaan

Ilustrasi Kapal Pesiar (iStockphoto)
Ilustrasi Kapal Pesiar (iStockphoto)

Berdasarkan komunikasi pihak KJRI Marseille dengan pihak manajemen Costa, para ABK WNI yang bekerja untuk Costa Smeralda dijamin proses kepulangannya oleh pihak kapal. Meski demikian, para awak yang sedang sakit terlebih dahulu harus sembuh dan diberikan izin oleh otoritas pelabuhan untuk turun dari kapal.

Disamping awak yang dipulangkan dan sedang menjalani perawatan, saat ini juga terdapat 26 ABK WNI yang sedang mempertimbangkan untuk tetap tinggal dan bekerja di atas kapal. Mereka telah menerima tawaran dari pihak Costa Smeralda untuk terus bekerja dan memastikan operasional kapal tetap berjalan.

Meski 143 ABK WNI Costa Smeralda telah dipulangkan, proses pelindungan WNI yang dilakukan KJRI Marseille belum usai.

KJRI Marseille akan tetap memantau dan memfasilitasi seluruh ABK Indonesia yang saat ini masih berada di atas kapal Costa Smeralda sampai sembuh dan dipulangkan kembali ke Tanah Air.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemesanan Kamar Hotel Turun Drastis, Bumi Perkemahan di Taiwan Malah Banjir Turis

Posted: 05 May 2020 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Masa pandemi corona Covid-19 tak menghalangi niat sejumlah orang untuk liburan, termasuk di Taiwan. Bahkan, tren baru muncul setelah virus corona baru menghantam semua sendi. Mereka tak lagi memesan kamar hotel untuk menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga, melainkan pergi kemping.

Dikutip dari South China Morning Post, Rabu (6/5/2020), sebuah pengelola bumi perkemahan, Rainbow Garden Campground yang berada di kaki bukit di barat Taiwan melaporkan seluruh tenda tersewa para turis.

Walau pemerintah Taiwan menyarankan warganya untuk tetap berada di rumah, lahan berumput itu tetap saja penuh dipesan, terutama di akhir pekan.

Taiwan sejauh ini tidak memberlakukan lockdown. Kasus positif corona COVID-19 yang terdeteksi di negara itu terbilang rendah dengan hanya 437 kasus dan enam di antaranya meninggal dunia per 5 Mei 2020.

Meski begitu, pemerintah melarang pertemuan massa di ruang tertutup yang dihadiri lebih dari 100 orang. Warga juga diminta menjaga jarak sosial dan menggunakan masker wajah di semua tempat publik.

Sejumlah warga Taiwan menganggap berada di ruang terbuka lebih baik daripada tinggal di dalam rumah saja. Saking banjir peminat, operator bumi perkemahan itu, Fan Chen-gang, mengatakan proses pemesanan untuk berkemah selama pandemi tidak harus menunggu hingga enam bulan seperti biasanya. 

Hal itu sangat kontras dengan tingkat hunian hotel di Taiwan. Biro Pariwisata Taiwan belum merilis data okupansi pada tahun ini, tetapi sejumlah berita menyebutkan grup hotel lokal mengklaim tingkat hunian menurun hingga 90 persen sejak Februari, kecuali selama festival membersihkan nisan yang berlangsung selama empat hari pada April 2020.

Merasa Aman

Ilustrasi berkemah. (dok. Foto Fabricio Macedo FGMsp/Pixabay)
Ilustrasi berkemah. (dok. Foto Fabricio Macedo FGMsp/Pixabay)

Berkemah menjadi cara baru untuk staycation bersama sekelompok teman maupun keluarga. Sekitar 2.000 bumi perkemahan dioperasikan di Taiwan, tersebar mulai dari hutan hujan yang berjarak 2 kilometer di luar Taipei hingga ke pesisir Samudra Pasifik yang jarak penduduk dekat tenggara Taitung.

"Kami bersama dengan orang yang kami kenal sehingga terasa aman," ujar Karen Wang yang menginap bersama 30 kerabat dan teman di delapan tenda di Rainbow Garden. 

Mereka punya banyak hal yang bisa dilakukan. Para orang dewasa memanggang makanan, anak-anak yang lebih besar menangkap ikan di danau dekat perkemahan, dan anak-anak yang lebih kecil bermain di kotak pasir dekat tenda.

"Berkemah lebih menyenangkan," kata Wang. "Di dalam hotel bersama anak-anak, semuanya hanya bermain iPad dan gim."

Kesenangan yang sama juga dialami Chen Ching-yu. Pekerja sektor keuangan itu mengatakan berkemah merupakan cara menyepi terbaik karena mendekatkannya dengan alam.

"Hidup di sini terasa lebih normal, kami bisa rileks dan melepas stres. Ada rasa damai," ujarnya.

Apalagi, fasilitas yang tersedia di bumi perkemahan terbilang lengkap. Bahkan, ada yang menyediakan kabin dengan ruang berpendingin sementara bagian bawahnya bisa dipakai untuk mendirikan tenda.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Atasi Bosan Selama Karantina, Ada Fasilitas Olahraga di Gedung BPSDM

Posted: 05 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Total 18 tenaga medis yang telah bertugas membantu penanganan COVID-19 di RSUD dr Soetomo Surabaya diharuskan menjalani karantina selama 14 hari. Karantina itu di asrama Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Jawa Timur, di Jalan Balongsari Tama, Surabaya.

"Mereka seharusnya kembali ke rumah, tapi untuk melindungi keluarganya, maka harus dilakukan karantina terlebih dahulu hingga benar-benar dipastikan sehat," ujar Kepala BPSDM Jatim, Aries Agung Paewai, seperti dikutip dari Antara, Selasa, 5 Mei 2020.

Di asrama BPSDM Jatim, para tenaga medis tersebut dijamin kesehatan serta makanan sehari-harinya, termasuk disediakan sejumlah fasilitas untuk menghilangkan rasa bosan, salah satunya memancing.

"Kami juga siapkan fasilitas olahraga, taman, spot swafoto, dan lainnya. Harapannya selepas kembali ke keluarganya masing-masing, semuanya benar-benar sehat," tutur dia.

Selain ditempati tenaga medis setelah bertugas, di asrama BPSDM Jatim juga ditempati 51 orang yang diamankan saat razia patroli berskala besar beberapa hari lalu di Surabaya.

"Mereka sudah menjalani rapid test dan hasilnya negatif. Tapi, tetap semuanya harus menjalani karantina 14 hari sebelum dikembalikan ke keluarganya masing-masing," katanya lagi.

Pada tempat sama, juga disiapkan dua dokter dan tiga perawat yang siap 24 jam memantau perkembangan kesehatan penghuni asrama.

Asrama BPSDM Jatim di Malang

Pada asrama BPSDM Jatim yang berada di Malang, saat ini juga ditempati 56 tim medis, yaitu dokter serta perawat hasil rekrutmen relawan kesehatan. Semuanya juga bersiaga 24 jam atau siap kapan saja dibutuhkan untuk ditempatkan di rumah sakit yang membutuhkan bantuan tenaga medis.

Fasilitas di asrama BPSDM Jatim di Surabaya tersedia 450 tempat tidur, namun karena dilakukan protokol kesehatan, maka yang digunakan hanya 360 tempat tidur.

"Ini untuk menjalankan prosedur, khususnya social and physical distancing. Dan yang perlu diingat, bahwa penghuni asrama BPSDM adalah mereka berstatus orang dalam risiko (ODR) yang hasilnya negatif setelah dilakukan rapid test," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Heboh Surat Pinjam Uang Rp800 M Pemprov Banten untuk Penanganan Covid-19

Posted: 05 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Banten - Surat permohonan peminjaman uang dari Pemprov Banten ke Bank Jabar-Banten (BJB) senilai Rp800 miliar mendadak jadi perbincangan hangat di masyarakat.    

Pinjaman uang nyaris Rp1 triliun itu tertuang dalam sebuah surat dengan kop lambang Garuda bernomor 980/934-BPKAD/2020 perihal Pemberitahuan kepada DPRD Banten tertanggal 29 April 2020.

Surat tersebut tertulis:

"Disampaikan bahwa dampak pandemi covid-19 berpengaruh terhadap sumber-sumber penerimaan daerah, baik pendapatan asli daerah maupun pendapatan dana perimbangan, sedangkan belanja daerah kebutuhan penanganan covid-19 seperti penanganan kesehatan, penanganan dampak ekonomi dan penyediaan jaring pengaman sosial harus segera direalisasikan dalam waktu dekat.

Sehubungan dengan hal tersebut, dalam masa transisi administrasi terhadap pengakuan kas dan untuk menutup defisit cash flow, kami akan melakukan pinjaman daerah jangka pendek Kepada Bank BJB sebesar Rp 800 miliar, dengan jangka waktu kurang atau sama dengan satu tahun anggaran dengan kewajiban pembayaran kembali pinjaman dilunasi dalam tahun anggaran berkenaan, tanpa dikenakan bunga pinjaman. Persyaratan pinjaman daerah dimaksud sesuai dengan ketentuan Peraturan Pemerintah nomor 56 tahun 2018 tentang Pinjaman Daerah."

Surat pemberitahuan pinjaman uang ke BJB itu dibenarkan oleh Ketua DPRD Banten, Andra Soni, saat dikonfirmasi Liputan6.com melalui pesan singkatnya. Namun, lembaga legislatif itu tidak pernah di ajak berdiskusi terkait peminjaman uang tersebut.

"Benar DPRD mendapatkan pemberitahuan dari gubernur melalui surat pemberitahuan tertanggal 29 April 2020 mengenai rencana pinjaman jangka pendek," kata Ketua DPRD Banten, Andra Soni, Rabu (6/5/2020).

Menurut Andra, jika berpatokan pada Peraturan Pemerintah (PP) nomor 56 tahun 2018, memang tidak mensyaratkan atau mewajibkan adanya persetujuan DPRD terkait rencana kepala daerah, khusus untuk pelaksanaan jenis pinjaman daerah berupa pinjaman jangka pendek.

Meski begitu, lembaga legislatif tingkat Provinsi Banten itu tetap bisa melakukan pengawasan terhadap penggunaan uang sebesar Rp800 miliar dari Bank BJB itu. Sesuai PP 56 tahun 2018, pinjaman daerah di Pasal 16 ayat 1 dinyatakan bahwa, pinjaman daerah jangka menengah dan jangka panjang harus melalui persetujuan DPRD.

"Sebagaimana ditegaskan dalam pasal 3 PP No. 56 tahun 2018, yakni taat pada ketentuan peraturan perundang-undangan, transparan, akuntabel, efisien dan efektif, dan kehati-hatian. Mungkin Banten jadi pemprov pertama yang melakukan pinjaman daerah di masa Covid-19 ini," jelasnya.

Pihak Pemprov Banten mengakui pinjaman itu untuk menutup defisit APBD Banten dalam menanggulangi Covid-19, terutama Jaring Pengaman Sosial (JPS). Dalam website resminya, https://bantenprov.go.id/pressrealease/sah-apbd-provinsi-banten-2020-rp-13214-triliun , APBD Banten Tahun Anggaran (TA) 2020 ditetapkan sebesar Rp 13.214 Triliun.

Sedangkan masa saat Covid-19 menjadi pandemi di Banten khususnya, berdasarkan website https://diskominfo.bantenprov.go.id/post/banten-tetapkan-klb-virus-corona-covid-19 , status Kejadian Luar Biasa (KLB) di Banten ditetapkan sejak 16 Maret 2020 atau sekitar empat bulan pemerintahan berjalan.

Dari total Rp80 miliar, sebagian juga akan digunakan untuk membayar gaji pegawai di lingkup Pemprov Banten.

"Saat ini pinjaman masih proses. Ini pinjaman jangka pendek hanya untuk menutup defisit cash flow. Ya antara lain untuk itu (gaji pegawai)," terangKepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Banten, Rina Dewiyanti, Selasa (05/05/2020).

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Derita Bisnis Maskapai di Tengah Corona, Tiket Amblas hingga Rumahkan Karyawan

Posted: 05 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dampak penyebaran wabah virus corona (Covid-19) telah menjalar ke berbagai sektor industri, termasuk penerbangan. Banyak pesawat komersial kini berhenti beroperasi untuk mengangkut penumpang, baik di lingkup global maupun nasional.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan, ada sekitar 240 ribu penerbangan di dunia telah dibatalkan akibat pandemi ini. Jumlah tersebut diperkirakan masih akan terus bertambah, lantaran data yang diperoleh berasal dari periode Januari dan Februari 2020.

"Jumlah penerbangan (di seluruh dunia) yang dibatalkan adalah 240 ribu," ujar Sri Mulyani dalam rapat virtual dengan Badan Anggaran DPR RI, Jakarta, dikutip Rabu (6/5/2020).

Tak hanya dunia, penerbangan di Indonesia juga turut terkena dampak besar. Itu tercermin dari jumlah penerbangan yang mengalami penurunan.

Saat ini, kata Sri Mulyani, hanya tersisa sekitar 70 penerbangan saja yang melayani rute domestik maupun internasional. Angka ini turun tajam dari total 79 ribu penerbangan yang ada di Indonesia.

"Penerbangan Indonesia sendiri dari 79 ribu sekarang tinggal 70 penerbangan. Jadi pasti semua lembaga atau perusahaan penerbangan mengalami tekanan yang sangat luar biasa," ungkap dia.

Berikut rangkuman Liputan6.com sejumlah kerugian yang dialami pebisnis maskapai selama pandemi corona:

Harga Tiket Amblas

Kondisi tersebut membuat harga tiket pesawat di berbagai wilayah di Indonesia turun hingga 24 persen. Menurut catatan Badan Pusat Statistik (BPS), tarif angkutan udara pada periode Maret 2020 terpangkas sehingga menyebabkan kelompok transportasi mengalami deflasi sebesar 0,42 persen.

"Kelompok pengeluaran transportasi mengalami deflasi 0,42 persen, cukup besar dikarenakan adanya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan larangan mudik sehingga permintaan menurun," kata Kepala BPS Suhariyanto beberapa waktu lalu.

Suhariyanto menyampaikan, penurunan harga tiket pesawat tertinggi terjadi di Manado, yakni sebesar 24 persen, serta Lhokseumawe yang turun 20 persen.

Secara spesifik, data BPS menunjukan, jumlah penumpang angkutan udara domestik pada Maret 2020 tercatat turun menjadi 4,6 juta orang, atau turun 20,84 persen dibanding Februari 2020.

Kemudian, jumlah penumpang tujuan luar negeri turun 50,44 persen menjadi 558,7 ribu orang. Selama Januari-Maret 2020, jumlah penumpang domestik sebanyak 16,7 juta orang atau turun 10,12 persen, dan jumlah penumpang internasional sebanyak 3,4 juta orang atau turun 24,15 persen dibanding periode yang sama di 2019.

Imbasnya, pendapatan pada maskapai penerbangan nasional diperkirakan menurun besar. "Industri penerbangan kita sudah turun 30-40 persen dan itu dampaknya sangat besar," ucap Pengamat Industri Penerbangan Chappy Hakim.

 

Rumahkan Karyawan

Sejumlah pencari kerja memadati arena Job Fair di kawasan Jakarta, Rabu (27/11/2019). Job Fair tersebut digelar dengan menawarkan lowongan berbagai sektor untuk mengurangi angka pengangguran. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Sejumlah pencari kerja memadati arena Job Fair di kawasan Jakarta, Rabu (27/11/2019). Job Fair tersebut digelar dengan menawarkan lowongan berbagai sektor untuk mengurangi angka pengangguran. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Situasi sulit tersebut membuat sejumlah maskapai telah melakukan langkah antisipasi. Salah satunya dengan merumahkan karyawan seperti pilot, awak kabin, teknisi, hingga pramugari.

Ketua Umum Indonesia National Air Carriers Association (INACA) Denon Prawiratmadja menuturkan, saat ini sudah ada beberapa maskapai yang terpaksa harus merumahkan karyawannya.

"Sekarang ini ada beberapa maskapai yang merumahkan (karyawannya) karena kegiatan operasinya menurun. Kalau dilihat dari banyak pesawat-pesawat yang parkir di airport, itu pasti akan sangat tidak efektif bagi perusahaan jika karyawan masih harus hadir ke kantor," urainya.

Adapun karyawan yang paling banyak dirumahkan yakni yang terlibat dalam kegiatan produksi maskapai. Mulai dari bagian mekanik pesawat, pilot, hingga pramugari.

Untuk menyelamatkan industri penerbangan agar tetap eksis ke depannya, maka INACA sudah dan akan kembali meminta sejumlah keringanan maupun insentif kepada pemerintah.

"Yang kami harapkan adalah penundaan pembayaran PPh, penangguhan bea masuk impor suku cadang, penangguhan biaya bandara dan navigasi yang dikelola BUMN, pemberlakuan diskon biaya bandara yang dikelola Kementerian Perhubungan, dan perpanjangan jangka waktu berlakunya pelatihan simulator maupun pemeriksaan kesehatan bagi awak pesawat," papar Denon.

Jika tidak ada respon positif dari pemerintah, Denon memastikan bahwa pihak maskapai bisa melakukan aksi pemutusan hubungan kerja (PHK) besar-besaran.

"Dampaknya bukan hanya di industri penerbangan itu sendiri, tapi juga untuk industri pendukungnya baik hilir maupun hulu seperti bengkel pesawat, ground handling, dan agen perjalanan yang terlibat," ungkap dia.

 

Beralih ke Angkutan Kargo

Pesawat AirAsia. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Pesawat AirAsia. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Merujuk pada situasi tersebut, sejumlah maskapai yang tadinya berfokus pada penerbangan komersial kini mulai melakukan transformasi bisnis menjadi angkutan kargo selama masa pandemi corona.

Direktur Utama PT AirAsia Indonesia Tbk Veranita Yosephine Sinaga mengungkapkan, pesawat kargo bahkan menjadi lini bisnis andalan baru ketika maskapai mengistirahatkan seluruh angkutan komersialnya.

"Yang sifatnya berdasarkan kondisi tertentu seperti kargo bisnis, itu tetap kita operasionalkan seperti biasa, bahkan lebih besar dibanding biasa," ujar dia.

Meski secara jumlah tidak terlalu banyak, wanita yang akrab disapa Vera ini mengatakan, pesawat kargo yang dimiliki pihaknya kini bisa dipergunakan maksimal selama masa pandemi.

"Total kita mengoperasikan 28 pesawat sebelum Covid-19. Sekarang kurang dari 10 yang bisa beroperasi. Tapi pesawatnya bisa beroperasi macem-macem, utilisasinya beda-beda," terangnya.

Menurut Vera, wabah virus corona secara tak langsung justru membuka mata maskapai terhadap potensi bisnis baru di angkutan kargo.

"Jadi ini menjadi pengalaman baru juga, kita jadi lebih paham dinamika industri kargo. Ini membuka kesempatan baru buat AirAsia yang tadinya hanya fokus penumpang. Kargo ternyata industri yang besar, sekarang kita bisa maksimal (di sini)," tuturnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Menjamak Salat Fardu Saat Sedang dalam Perjalanan Jauh

Posted: 05 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mengetahui cara menjamak salat fardu bagi yang akan melakukan perjalanan jauh merupakan keharusan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi keadaaan diperjalanan yang tidak pernah bisa diprediksi. Hingga orang yang sedang dalam perjalanan bisa tetap melaksanakan ibadah tepat pada waktunya. 

Menjamak salat merupakan bagian dari rukhsah dalam islam atau biasa disebut dengan keringanan ibadah. Keringanan ini diberikan kepada musafir atau orang yang sedang dalam perjalanan jauh. Maka cara menjamak salat fardu harus dipahami terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan jauh, ya.

Bahkan keringanan yang diberikan merupakan cara beribadah yang lebih berpahala, jika dibandingkan dengan tidak melakukannya dengan cara menjamak salat fardu. Menjamak yakni menggabungkan pengerjaan dua salat wajib dalam satu waktu saja. Salah satu waktu yang tidak bisa dijamak hanya salat subuh.

Berikut penjelasan mengenai cara menjamak salat fardu saat sedang dalam perjalanan yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (6/5/2020).

Cara Menjamak Salat Fardu: Kondisi, Hukum, dan Jenisnya

Ilustrasi pesawat terbang. (dok. pexels.com/Asnida Riani)
Ilustrasi pesawat terbang. (dok. pexels.com/Asnida Riani)

Kondisi

Kondisi diperbolehkannya seseorang menjamak salat subuh seperti dirangkum Muhammad Bagir dalam Fiqih Praktis (2016: 2013-2015) yakni ketika seseorang dalam perjalanan, ketika turun hujan, sakit, hingga keperluan-keperluan mendesak lainnya.

Menjamak salat fardu memang diperuntukkan bagi umat muslim yang sedang dalam perjalanan jauh atau karena halangan lain sehingga tidak dapat mengerjakan salatfardu tepat pada waktunya. Hal ini meliputi:

- Melakukan perjalanan jauh minimal 81 kilometer (sesuai kesepakatan para ulama).

- Perjalanan tidak bertujuan untuk hal negatif atau berbuat dosa.

- Sedang dalam keadaan bahaya seperti hujan lebat disertai angin kencang, perang atau bencana lainnya.

Hukum

Dalam Mazhab Hanafi menjelaskan bahwa pelaksanaan penggabungan salat tidaklah memiliki kekuatan hukum, baik dalam perjalanan atau tidak, dengan segala macam masalah kecuali dua kasus di Hari Arafah dan pada saat malam Muzdalifah dalam kondisi tertentu. Sedangkan pada Mazhab Syafi'i pelaksanaan penggabungan salat diperbolehkan bagi para musafir atau orang yang sedang dalam perjalanan jauh dan saat hujan serta salju dalam kondisi tertentu.

Dalil yang memperkuat diperbolehkannya penggabungan pelaksanaan salat adalah hadits dari Muadz bin Jabal: "Bahwa Rasulullah SAW pada saat perang Tabuk, jika matahari telah condong dan belum berangkat maka menjamak salat antara Zuhur dan Asar. Dan jika sudah dalam perjalanan sebelum matahari condong, maka mengakhirkan salat Zuhur sampai berhenti untuk salat Asar. Dan pada waktu salat Magrib sama juga, jika matahari telah tenggelam sebelum berangkat maka menjamak antara Magrib dan Isya. Tetapi jika sudah berangkat sebelum matahari tenggelam maka mengakhirkan waktu salat Magrib sampai berhenti untuk salat Isya, kemudian menjamak keduanya." (HR. Abu Dawud dan At- Tirmidzi)

Jenis

Di dalam salat jamak terdapat 2 jenis, yakni:

- Jamak Taqdim, penggabungan pelaksanaan dua salat ke dalam satu waktu dengan cara memajukan salat yang belum masuk waktu ke dalam salat yang telah masuk waktunya atau didahulukan di waktu awal. Contohnya seperti penggabungan salat Asar dengan salat Zuhur yang dilakukan di waktu Zuhur, kemudian penggabungan salat Isya dengan salat Magrib yang dilaksanakan di waktu Magrib.

- Jamak Takhir, penggabungan pelaksanaan dua salat dalam satu waktu dengan cara mengundurkan atau mengakhirkan salat yang sudah masuk waktu ke dalam waktu salat yang berikutnya. Contohnya seperti penggabungan pelaksanaan salat Zuhur dengan salat Asar pada waktu salat Asar, atau pelaksanaan salat Magrib dengan salat Isya di waktu salat Isya.

Cara Menjamak Salat Fardu: Syarat dan Niat

Ilustrasi salat | Via: mychaya.com
Ilustrasi salat | Via: mychaya.com

Syarat Salat Jamak Taqdim

1. Niat jamak diletakkan pada waktu salat yang pertama

- Salat Zuhur dan Asar dikerjakan dalam waktu Zuhur

- Salat Magrib dan Isya dikerjakan dalam waktu Magrib

2. Muwalah atau bersegera

Antara kedua salat yang digabungkan tidak ada selang waktu yang dianggap lama. Apabila dalam jamak terdapat pemisah atau renggang waktu yang lama seperti melakukan salat sunnah, maka tidak diperbolehkan melakukan jamak.

3. Masih berstatus musafir atau masih dalam perjalanan dan belum sampai tujuan

Misal ketika sedang takbiratul ihram sampai sholat yang kedua masih dalam waktu syarat sahnya orang menjamak.

4. Tertib

Jika musafir melakukan jamak salat dengan jamak taqdim, maka ia harus mendahulukan salat yang punya waktu terlebih dahulu. Contoh musafir akan menjamak salat Magrib dengan salat Isya, maka Ia harus mengerjakan salat Magrib terlebih dahulu baru kemudian salat Isya.

Syarat Salat Jamak Takhir

1. Berniat melakukan jamak takhir jauh sebelumnya

Misal dalam waktu Zuhur dan Asar, saat Zuhur kita sudah harus berniat akan menjamak takhir salat Zuhur dalam waktu Asar. Jika pada waktu Zuhur ia tidak berniat akan menjamak salat , maka jamak takhir tidak sah.

2. Masih dalam perjalanan saat menjamak salat

Contoh saat sedang takbiratul ihram sampai salat yang kedua masih dalam waktu syarat sahnya orang menjamak.

3. Tertib

Jika musafir melakukan jamak salat dengan jamak takhir, maka ia harus mendahulukan salat yang punya waktu terlebih dahulu. Misal jika pada salat Isya, maka musafir melakukan salat Isya terlebih dahulu baru kemudian salat Maghrib.

Niat Salat Jamak Taqdim

1. Niat salat zuhur jamak taqdim dengan salat Asar

"Ushollii fardhol dhuhri arba'a roka'aatin majmuu'an ma'al ashri jam'a taqdiimi lillaahi ta'aalaa."

Artinya: "Aku niat sholat fardu Dzuhur empat rakaat digabung dengan salat Asar jamak taqdim karena Allah Ta'aala."

2. Niat salat Magrib jamak taqdim dengan salat Isya.

"Ushollii fardhol maghribi tsalaatsa roka'aatin majmuu'an ma'al isya'i jam'a taqdiimi lillaahi ta'aalaa."

Artinya: "Aku niat sholat fardu Maghrib tiga rakaat digabung dengan sholat Isya jamak taqdim karena Allah Ta'aala."

Niat Salat Jamak Takhir

1. Niat salat Ashar jamak takhir dengan salat Zuhur.

"Ushollii fardhol ashri arba'a roka'aatin majmuu'an ma'al dhuhri jam'a takhiir lillaahi ta'aalaa."

Artinya: "Aku niat salat fardu Asar empat rakaat digabung dengan salat Zuhur jamak takhir karena Allah Ta'aala."

2. Niat salat Isya Jamak Takhir dengan salat Magrib.

"Ushollii fardhol isya'i arba'a roka'aatin majmuu'an ma'al maghribi jam'a takhiiri lillaahi ta'aalaa."

Artinya: "Aku niat salat fardu Isya empat rakaat digabung dengan salat Magrib jamak takhir karena Allah Ta'aala."

Cara Menjamak Salat Fardu dengan Jamak Taqdim

Ilustrasi/copyright Rahayuningsih / Shutterstock.com
Ilustrasi/copyright Rahayuningsih / Shutterstock.com

Jamak Takdim Salat Fardu Zuhur dan Asar

1. Niat salat jamak takdim zuhur dan asar (dilakukan saat waktu zuhur).

2. Takbiratul ihram.

3. Salat zuhur empat rakaat seperti biasa.

4. Salam.

5. Setelah selesai sholat zuhur, langsung dilanjut salat asar dengan bacaan niat.

Dilakukan setelah salam pada salat yang pertama harus langsung berdiri, tidak boleh diselingi perbuatan atau perkataan misalnya zikir, berdoa, bercakap-cakap dan lain-lain.

6. Takbiratul Ihram.

7. Salat asar empat rakaat seperti biasa.

8. Salam.

Jamak Takdim Salat Fardu Magrib dan Isya

1. Niat salat jamak takdim magrib dan isya (dilakukan saat waktu magrib).

2. Takbiratul ihram.

3. Salat magrib tiga rakaat seperti biasa.

4. Salam.

5. Setelah selesai salat magrib, langsung dilanjut salat isya dengan bacaan niat.

Dilakukan setelah salam pada salat yang pertama harus langsung berdiri, tidak boleh diselingi perbuatan atau perkataan misalnya zikir, berdo'a, bercakap-cakap dan lain-lain.

6. Takbiratul Ihram.

7. Salat isya empat rakaat seperti biasa.

8. Salam.        

Cara Menjamak Salat Fardu dengan Jamak Takhir

Ilustrasi salat (Foto: moslemforall.com)
Ilustrasi salat (Foto: moslemforall.com)

Jamak Takdim Salat Fardu Zuhur dan Asar

1. Niat salat jamak takhir zuhur dan asar (dilakukan saat waktu asar).

2. Takbiratul ihram.

3. Salat zuhur empat rakaat seperti biasa.

4. Salam.

5. Setelah selesai salat zuhur, langsung dilanjut salat asar dengan bacaan niat.

Dilakukan setelah salam pada salat yang pertama harus langsung berdiri, tidak boleh diselingi perbuatan atau perkataan misalnya zikir, berdo'a, bercakap-cakap, dan lain-lain.

6. Takbiratul Ihram.

7. Salat asar empat rakaat seperti biasa.

8. Salam.

Jamak Takdim Salat Fardu Magrib dan Isya

1. Niat salat jamak takdim magrib dan isya (dilakukan saat waktu magrib).

2. Takbiratul ihram.

3. Salat magrib tiga rakaat seperti biasa.

4. Salam.

5. Setelah selesai salat magrib, langsung dilanjut salat isya dengan bacaan niat.

Dilakukan setelah salam pada salat yang pertama harus langsung berdiri, tidak boleh diselingi perbuatan atau perkataan misalnya zikir, berdo'a, bercakap-cakap, dan lain-lain.

"Ushollii fardlozh 'isyaa'i arba'a raka'aatin majmuu'an ma'al maghiribi jam'a taqdiimin adaa-an lillaahi ta'aalaa."

Artinya: Aku berniat sholat isyak empat rakaat dijamak dengan magrib, dengan jama' takdim, fardhu karena Allah Ta'aala.

6. Takbiratul Ihram.

7. Salat isya empat rakaat seperti biasa.

8. Salam.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenal Perbedaan Mesin SOHC dan DOHC, Mana yang Lebih Unggul?

Posted: 05 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda sedang berburu mobil, mungkin Anda pernah menemui istilah SOHC atau DOHC pada spesifikasi mesin. Secara garis besar, kedua sistem itu punya jumlah camshaft atau noken as berbeda.

Posisinya tepat berada di silinder head. Dengan konfigurasi berlainan, bagus yang mana? Mari kita kupas satu-persatu.

SOHC

Baik SOHC maupun DOHC amat berperan dalam pembakaran internal. Ujung-ujungnya pada efisiensi jumlah asupan bahan bakar. SOHC merupakan kependekan dari Single Over Head Camshaft. Artinya hanya ada satu noken as yang digunakan pada mesin. Secara umum enjin segaris kerap memiliki satu noken as. Sedangkan mesin datar dan berkonfigurasi V dibekali dua noken as tiap silindernya.

Nah, untuk lebih detail. Noken as terletak di tengah cylinder head. Sehingga SOHC memiliki dua katup. Satu berfungsi guna mengatur bahan bakar masuk. Sedangkan lainnya mengatur keluar semburan gas buang. Pengaturan buka-tutup klep digerakkan oleh rocker arm yang terhubung langsung dengan noken as.

Tapi seiring perkembangan sofistikasi teknologi, sekarang ada juga mesin SOHC dengan empat katup. Contohnya jajaran produk Honda: Mobilio, BR-V, Jazz, HR-V dan Brio. Semua mengantongi 16 valve beserta tingkat keiritan BBM yang diklaim tinggi. Lantas bagaimana dengan jenis dua noken as?

DOHC

Mesin DOHC merupakan singkatan dari Dual Over Head Camshaft. Sesuai dengan namanya, tertanam dua noken as pada mekanikal pacu. Dalam satu piston ada dua camshaft yang masing-masing menggerakkan dua katup sekaligus. Satu buah difungsikan guna mengatur dua katup sebagai pintu masuk campuran bensin dan udara ke ruang bakar. Sementara lainnya menata bukaan dua katup untuk jalur keluarnya gas buang.

Dengan dua katup artinya membuat kapasitas campuran bensin dan udara ke ruang bakar lebih banyak. Selain itu, adanya dual katup juga menjadikan mesin lebih dingin lewat distribusi operasi yang sama. Beberapa pabrikan mengklaim, enjin DOHC memberi rasa berkendara lebih mulus tanpa adanya gangguan suara bising dari jantung mekanis. Akselerasi pun dikatakan lebih tangkas.

 

Lebih Banyak Daya

Empat katup pada mesin DOHC, sayangnya membutuhkan lebih banyak daya untuk mengatur kedua klep. Makin banyak tenaga yang dipakai, membuat konsumsi bahan bakar lebih besar. Bisa dibilang mesin SOHC cukup efisien dari sisi bahan bakar. Tapi bukan berarti mesin DOHC tak bisa hemat dari sisi bahan bakar. Lini produk Wuling juga menggunakan sistem ini. Misal Confero S, Cortez dan Almaz.

Untuk memperoleh lecutan tenaga, torsi dan efisiensi maksimal. Baik enjin DOHC maupun SOHC banyak dipengaruhi bermacam faktor. Misalnya besaran diameter katup, posisi atau sudut payung klep, diameter dan panjang langkah piston serta peranti lain. Perlu diingat pula, yang paling berimplikasi pada kehematan BBM ialah cara berkendara. Bagaimana si pengemudi bisa menjaga putaran mesin tetap stabil. Direkomendasikan tak melebihi 3.000 rpm kemudian pergerakannya senantiasa konstan.

Sumber: Oto.com

Penulis: Anjar Leksana

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: China Luncurkan Roket Luar Angkasa Long March 5B

Posted: 05 May 2020 10:00 PM PDT

Roket Long March 5B lepas landas dari Pusat Peluncuran Ruang Angkasa Wenchang di Provinsi Hainan, China, Selasa (5/5/2020). Ini adalah kali pertama roket Long March 5B melancarkan misi luar angkasa. (Tu Haichao/Xinhua via AP)
Roket Long March 5B lepas landas dari Pusat Peluncuran Ruang Angkasa Wenchang di Provinsi Hainan, China, Selasa (5/5/2020). Ini adalah kali pertama roket Long March 5B melancarkan misi luar angkasa. (Tu Haichao/Xinhua via AP)

Roket Long March 5B lepas landas dari Pusat Peluncuran Ruang Angkasa Wenchang di Provinsi Hainan, China, Selasa (5/5/2020). Ini adalah kali pertama roket Long March 5B melancarkan misi luar angkasa. (Tu Haichao/Xinhua via AP)

Roket Long March 5B lepas landas dari Pusat Peluncuran Ruang Angkasa Wenchang di Provinsi Hainan, China, Selasa (5/5/2020). Roket dengan panjang 53,7 meter dan bobot tinggal landas sekitar 849 ton itu membawa pesawat luar angkasa nirawak. (Guo Cheng/Xinhua via AP)
Roket Long March 5B lepas landas dari Pusat Peluncuran Ruang Angkasa Wenchang di Provinsi Hainan, China, Selasa (5/5/2020). Roket dengan panjang 53,7 meter dan bobot tinggal landas sekitar 849 ton itu membawa pesawat luar angkasa nirawak. (Guo Cheng/Xinhua via AP)

Roket Long March 5B lepas landas dari Pusat Peluncuran Ruang Angkasa Wenchang di Provinsi Hainan, China, Selasa (5/5/2020). Roket dengan panjang 53,7 meter dan bobot tinggal landas sekitar 849 ton itu membawa pesawat luar angkasa nirawak. (Guo Cheng/Xinhua via AP)

Roket Long March 5B lepas landas dari Pusat Peluncuran Ruang Angkasa Wenchang di Provinsi Hainan, China, Selasa (5/5/2020). Peluncuran ini menjadi program eksperimen untuk mengirim astronot ke stasiun luar angkasa dan eksplorasi antariksa. (STR/AFP)
Roket Long March 5B lepas landas dari Pusat Peluncuran Ruang Angkasa Wenchang di Provinsi Hainan, China, Selasa (5/5/2020). Peluncuran ini menjadi program eksperimen untuk mengirim astronot ke stasiun luar angkasa dan eksplorasi antariksa. (STR/AFP)

Roket Long March 5B lepas landas dari Pusat Peluncuran Ruang Angkasa Wenchang di Provinsi Hainan, China, Selasa (5/5/2020). Peluncuran ini menjadi program eksperimen untuk mengirim astronot ke stasiun luar angkasa dan eksplorasi antariksa. (STR/AFP)

Roket Long March 5B lepas landas dari Pusat Peluncuran Ruang Angkasa Wenchang di Provinsi Hainan, China, Selasa (5/5/2020). China telah menargetkan selesai membangun stasiun luar angkasa yang bisa ditinggali astronot sekitar tahun 2022. (STR/AFP)
Roket Long March 5B lepas landas dari Pusat Peluncuran Ruang Angkasa Wenchang di Provinsi Hainan, China, Selasa (5/5/2020). China telah menargetkan selesai membangun stasiun luar angkasa yang bisa ditinggali astronot sekitar tahun 2022. (STR/AFP)

Roket Long March 5B lepas landas dari Pusat Peluncuran Ruang Angkasa Wenchang di Provinsi Hainan, China, Selasa (5/5/2020). China telah menargetkan selesai membangun stasiun luar angkasa yang bisa ditinggali astronot sekitar tahun 2022. (STR/AFP)

Roket Long March 5B lepas landas dari Pusat Peluncuran Ruang Angkasa Wenchang di Provinsi Hainan, China, Selasa (5/5/2020). Pada 2003, China menjadi negara ketiga dunia setelah Uni Soviet dan Amerika Serikat yang mengirim astronot ke luar angkasa dengan roket sendiri. (STR/AFP)
Roket Long March 5B lepas landas dari Pusat Peluncuran Ruang Angkasa Wenchang di Provinsi Hainan, China, Selasa (5/5/2020). Pada 2003, China menjadi negara ketiga dunia setelah Uni Soviet dan Amerika Serikat yang mengirim astronot ke luar angkasa dengan roket sendiri. (STR/AFP)

Roket Long March 5B lepas landas dari Pusat Peluncuran Ruang Angkasa Wenchang di Provinsi Hainan, China, Selasa (5/5/2020). Pada 2003, China menjadi negara ketiga dunia setelah Uni Soviet dan Amerika Serikat yang mengirim astronot ke luar angkasa dengan roket sendiri. (STR/AFP)

Orang-orang menyksikan Roket Long March 5B lepas landas dari Pusat Peluncuran Ruang Angkasa Wenchang di Provinsi Hainan, China, Selasa (5/5/2020). Perlombaan jelajah angkasa digencarkan China untuk mengejar ketertinggalan dari Rusia serta Amerika Serikat, dan menargetkan unggul pada 2030. (STR/AFP)
Orang-orang menyksikan Roket Long March 5B lepas landas dari Pusat Peluncuran Ruang Angkasa Wenchang di Provinsi Hainan, China, Selasa (5/5/2020). Perlombaan jelajah angkasa digencarkan China untuk mengejar ketertinggalan dari Rusia serta Amerika Serikat, dan menargetkan unggul pada 2030. (STR/AFP)

Orang-orang menyksikan Roket Long March 5B lepas landas dari Pusat Peluncuran Ruang Angkasa Wenchang di Provinsi Hainan, China, Selasa (5/5/2020). Perlombaan jelajah angkasa digencarkan China untuk mengejar ketertinggalan dari Rusia serta Amerika Serikat, dan menargetkan unggul pada 2030. (STR/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menerka Bayi Elon Musk Bernama X Æ A-12

Posted: 05 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Miliarder teknologi Elon Musk dan pasangannya, musisi bernama Grimes, menyambut kelahiran anak pertama mereka. Ya, bos Tesla itu telah jadi bapak bagi seorang bayi laki-laki yang lahir Senin lalu.

Uniknya, Elon Musk mencuit pemberitahuan bahwa dirinya telah memiliki anak dan memberinya nama X Æ A-12 Musk.

Jika normalnya orang memberikan nama yang mudah dibaca, Elon Musk malah memberi nama bayinya dengan huruf dan angka, mirip dengan kode.

Elon Musk tak menjelaskan, dirinya sedang bercanda atau tidak. Namun, banyak fans pasangan ini mengintepretasikan arti nama X Æ A-12 Musk.

Mengutip Business Insider, Rabu (5/5/2020) seorang pengguna Twitter mengartikan nama bayi Elon Musk sebagai 'X Ash Archangel" karena, Æ dibaca 'ash', dan 'Archangel' merupakan codename internal untuk pesawat A-12 milik CIA.

Elon Musk pun memberikan tanda suka untuk cuitan tersebut, membuat orang-orang percaya tebakan itu benar.

Tebak Arti Nama Bayi Elon Musk

Elon Musk dan bayinya. (Twitter/ elonmusk)
Elon Musk dan bayinya. (Twitter/ elonmusk)

Pengguna Twitter lainnya menyebut X berhubungan dengan Genesis, yang ada pada kitab Bible.

Ada pula teori yang menggunakan sejumlah hitungan untuk menjawab teka teki arti nama bayi Elon Musk. Di mana, X merupakan angka romawi untuk 10, dan J merupakan huruf ke-10 dalam alfabet. Jika dihitung huruf ke-12 dari A adalah O.

Lalu, pengguna lainnya menemukan jawaban, bahwa nama bayi laki-laki Elon Musk adalah X. Apalagi, Elon Musk telah memiliki domain yang dia beli tahun 2017, X.com.

Jika nama bayi yang dicuitkan oleh Elon Musk bukan sebuah bercandaan, mungkin Elon Musk telah memikirkan penggunaan nama tersebut sejak lama.

Seorang pengguna Twitter bahkan menyebut, aksara Latin Æ muncul di lagu milik Grimes pada album terbarunya.

Arti Nama Anak Elon Musk, Menurut Ibu

Elon Musk menyebut anaknya bernama X Æ A-12 Musk. (Twitter/elonmusk)
Elon Musk menyebut anaknya bernama X Æ A-12 Musk. (Twitter/elonmusk)

Tidak mau berlama-lama membuat orang penasaran, pasangan Elon Musk, Grimes, pun buka suara lewat cuitan. Ia menjelaskan arti tiap karakter pada X Æ A-12 Musk.

Menurutnya, X merupakan variabel yang tidak diketahui.

Sementara, Æ dieja sebagai AI (bisa berarti love atau artificial intelligence).

A-12 merupakan perkursor dari SR-71, pesawat favorit Musk dan Grimes. Menurut Grimes, pada pesawat itu, tidak ada senjata, tidak ada pertahanan, hanya ada kecepatan. "Hebat dalam pertempuran, tetapi tanpa kekerasan," kata Grimes.

Ia menambahkan, A juga bisa bermaksud Archangel, lagu kesukaannya.

Sekadar informasi, Elon Musk dan Grimes atau Claire Boucher mengungkapkan keduanya berkencan pada Mei 2018, dua tahun sebelum putranya lahir.

Elon Musk sendiri memiliki lima orang anak bersama istri pertamanya, pengarang buku Justine Musk. Kelima anak Elon Musk lainnya adalah kembar Griffin dan Xavier dan triplet bernama Damian, Saxon, dan Kai.

(Tin/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral “Crazy Rich Surabayan” Bagikan Kardus Mi Instan Berisi Uang Jutaan Rupiah

Posted: 05 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Terbatasnya aktivitas di masa PSBB akibat pandemi virus Corona Covid-19 ini membuat banyak orang tak bisa mencari nafkah. Beruntung banyak orang yang memberikan bantuan kepada mereka yang terdampak.

Baru-baru ini viral sebuah video yang menunjukkan dua pria membagikan kardus mi instan ke sejumlah warga kurang beruntung yang mereka temui di jalan.

Namun tak hanya berisi mi instan saja, rupanya kardus tersebut juga telah diisi oleh uang jutaan rupiah dengan pecahan Rp 100.000.

Video tersebut beredar setelah diunggah akun twitter @renaldypjs, Selasa (5/5/2020). Pada video itu terlihat dua pria menaiki mobil Porsche dan membagikan kardus berisi uang jutaan rupiah dan mi instan ke sejumlah warga yang ditemui di jalan.

Kerap dijuluki 'Crazy Rich Surabayan'

foto: IG/@tomliwafa
foto: IG/@tomliwafa

Pada unggahan selanjutnya akun @renaldypjs menyebutkan bahwa pria tersebut merupakan seorang pengusaha muda asal Surabaya yang kerap dijuluki "Crazy Rich Surabaya" bernama Tom Liwafa.

Menangis haru

foto: IG/@tomliwafa
foto: IG/@tomliwafa

Dalam video itu, Tom membagikan bantuan ke warga yang membutuhkan seperti pemulung, penjual sate, petugas kebersihan, dan tukang becak. Tak sedikit yang terharu dan mengucapkan terima kasih ketika mereka melihat isi dari kardus tersebut.

Menanggapi video yang viral belakangan ini

foto: IG/@tomliwafa
foto: IG/@tomliwafa

Rupanya tak sekedar memberi bantuan, Tom juga membuat video ini untuk menanggapi video YouTuber Ferdian Paleka yang menjadi kontroversi belakangan ini. Seperti yang diketahui, Ferdian melakukan prank dengan memberikan kardus mi instan berisi sampah kepada beberapa waria di jalan.

"Menanggapi video yang lagi viral itu, kita buktikan bahwa kita yang muda-muda ini yang biasanya bikin konten juga. Di Indonesia itu banyak orang yang lebih baik. Jangan kita terfokus pada hal-hal yang bersifat t****. Orang-orang ngasih donasi malah dikasih sampah, itu orang gila" kata Tom dalam videonya.

 

Banjir pujian

Dalam waktu singkat video yang diunggahnya viral dan banjir pujian warganet.

"Y allah masih ada yg baik seperti mas tom dan kawan2 untuk membantu sesama kadang kita akan lupa segalanya tanpa liat orang yg d bawa kita....sukses selalu mas tom dan kawan2 semoga kebaikanmu d blas sama allah amin2," komentar akun @s1t1_164.

"Semoga penerima sumbangan dapat terbantu oleh tangan baik mas tom dan kawannya, semoga rezeki mas tom dan kawannya semakin lancar dibulan suci ini semoga usahanya mas tom dan istri juga kawan"nya lancar dan bertambah lagi outletnya, semoga semakin banyak orang baik kaya mas tom dan semoga bumi ini lekas sembuh dari covid19," timpal akun @wilujengayus__.

"Semoga rezekinya dilipat gandakan dan rezeki yg mas berikan akan menjadi amal buat di akhirat,dan semoga saya bisa seperti mas itu," kata @ocad174.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Di Tengah Pandemi Corona COVID-19, Ribuan TKI Akan Kembali Masuk Sumut

Posted: 05 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Medan Di tengah pandemi virus Corona COVID-19, ribuan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari Malaysia akan masuk ke Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Kabupaten dan kota yang berada di pantai timur seperti Batubara, Asahan, dan Tanjungbalai, diminta persiapkan penanganan.

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut, R Sabrina mengatakan, diperkirakan ada sekitar 2.200 TKI, baik itu yang resmi maupun secara ilegal, yang kembali masuk Sumut. Setiap TKI yang masuk harus melalui prosedur protokol kesehatan penanganan COVID-19.

"Termasuk pemeriksaan dengan menggunakan rapid test. Bila ada yang positif akan langsung dibawa ke rumah sakit rujukan, dan yang negatif dibawa ke rumah karantina," katanya dalam rapat jarak jauh menggunakan video conference bersama para Sekda Kabupaten/Kota se-Sumut, Selasa, 5 Mei 2020.

Sabrina menegaskan, seluruh kabupaten dan kota di Sumut yang memiliki pelabuhan agar melakukan persiapan, mulai dari protokol kesehatan hingga persiapan tempat karantina sementara. Kemudian untuk alat transportasi dari pelabuhan menuju rumah karantina, bus harus sudah dilakukan sterilisasi dengan disinfektan.

Selain itu, perlu dilakukan pendataan ulang terhadap para TKI tersebut sebelum dikembalikan ke daerah masing-masing. Karena para TKI yang datang, tidak semua berasal dari Sumut. Banyak berasal dari luar Sumut seperti dari Pulau Jawa dan Bali hingga Kalimantan.

"Lakukan pendataan ulang, agar kita komunikasikan ke daerah asal mereka," tegasnya.

 

Sudah 3.100 TKI Masuk Sumut

Rapat jarak jauh menggunakan video conference dengan para Sekda Kabupaten/Kota se-Sumut, di Ruang Sumut Smart Province Kantor Gubernur Sumut Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan, Selasa (5/5).
Rapat jarak jauh menggunakan video conference dengan para Sekda Kabupaten/Kota se-Sumut, di Ruang Sumut Smart Province Kantor Gubernur Sumut Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan, Selasa (5/5).

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Kadisnaker) Provinsi Sumut, Harianto Butarbutar menyampaikan, hingga saat ini sudah ada 3.100 orang TKI yang masuk ke Sumut, 800 orang diantaranya berasal dari luar Sumut. Kemudian akan ada masuk lagi 2.200 orang TKI.

"Karena tidak bisa menggunakan fasilitas pesawat terbang lagi, TKI masuk melalui jalur laut, mendarat di Serdang Bedagai, Langkat, Batubara, Asahan, Deli Serdang, dan Tanjungbalai," sebutnya.

Diterangkan Harianto, TKI yang masuk nantinya akan diperlakukan sesuai standar protokol kesehatan penanganan COVID-19. Setiap kabupaten dan kota harus meningkatan pengawasan terhadap TKI yang akan masuk. Jalur tikus mereka masuk nantinya tetap akan dilakukan penanganan dan isolasi sesuai dengan protokol kesehatan.

"Karantina dilakukan selama 14 hari dan diberikan makan selama isolasi," ujarnya.

Sekretaris Dinas Kesehatan Sumut, Aris Yudhariansyah menjelaskan, ada beberapa SOP yang harus dilakukan saat para TKI datang. Sesuai dengan protokol kesehatan, begitu masuk para TKI dipisah menjadi dua kelompok.

"Kelompok pertama mereka yang tidak memiliki gejala dan kelompok kedua yang memiliki gejala," terangnya.

Para TKI bisa langsung dipulangkan ke daerah masing-masing dengan status Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan wajib melakukan isolasi mandiri selama 14 hari dan juga dilakukan rapid test. Bagi TKI yang memiliki gejala harus langsung dibawa ke rumah sakit rujukan terdekat.

"Jika tidak memiliki rumah sakit rujukan, silahkan berkoordinasi dengan kami," tandas Aris, yang juga Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Sumut.

Saksikan juga video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Timnas Indonesia: Debut Shin Tae-yong yang Tertunda

Posted: 05 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Permulaan era baru Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong tidak berjalan mulus. Pelatih asal Korea Selatan itu harus bersabar untuk debutnya bersama timnas Indonesia lantaran pandemi corona Covid-19.

Shin Tae-yong sebetulnya sudah ditunggu tiga laga penting di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Namun, ketiga laga itu harus ditunda lantaran pandemi.

Pandemi corona Covid-19 yang melanda dunia membuat FIFA mengubah jadwal semua pertandingan internasional. Alhasil, pertandingan Timnas Indonesia digeser ke Oktober dan November mendatang.

Laga Timnas Indonesia usai pandemi virus corona juga akan terasa spesial. Pasalnya, laga tersebut akan menjadi debut bagi jersey anyar timnas Indonesia yang dibuat apparel lokal, Mills.

Lihat jadwal Timnas Indonesia di halaman selanjutnya.

Jadwal Timnas Indonesia

8 Oktober 2020

Thailand vs Timnas Indonesia

13 Oktober 2020

Timnas Indonesia vs Uni Emirat Arab

12 November 2020

Vietnam vs Timnas Indonesia

Skuat Timnas Indonesia

Kiper

1. Andritany Ardhiyasa (Persija Jakarta)

2. Muhammad Riyandi (Barito Putera)

3. Nadeo Argawinata (Bali United)

4. Muhammad Adi Satrio (PSMS Medan)

Belakang

5. Fachruddin Aryanto (Madura United)

6. Bagas Adi Nugroho (Arema FC)

7. Andy Setyo Nugroho (Tira Persikabo)

8. Rudolf Yanto Basna (PT Prachuap)

9. Hansamu Yama (Persebaya Surabaya)

10. Alfeandra Dewangga (PSIS Semarang)

11. Ricky Fajrin (Bali United)

12. Gavin Kwan Adsit (Bali United)

13. Putu Gede Juni Antara (Bhayangkara FC)

14. Firza Andika (PSM Makassar)

15. Asnawi Mangkualam (PSM Makassar)

16. Pratama Arhan Alif (PSIS Semarang)

Tengah

17. Sani Rizki Fauzi (Bhayangkara FC)

18. T.M. Ichsan (Bhayangkara FC)

19. Rachmat Irianto (Persebaya Surabaya)

20. Muhammad Tahir (Persipura Jayapura)

21. Bayu Pradana (Barito Putera)

22. Zulfiandi (Madura United)

23. Septian David Maulana (PSIS Semarang)

24. Stefano Lilipaly (Bali United)

25. Irfan Bachdim (PSS Sleman)

26. Rizky Rizaldi Pora (Barito Putera)

27. Febri Hariyadi (Persib Bandung)

28. Saddil Ramdani (Tanpa Klub)

29. Rizky Eka Pratama (PSM Makassar)

30. Osvaldo Haay (Tanpa Klub)

Depan

31. Ilija Spasojevic (Bali United)

32. Lerby Eliandry (Bali United)

33. Irfan Jauhari Bali United)

34. Muhammad Rafli (Arema FC)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kejayaan Islam dan Campur Tangan Belanda dalam Perombakan Masjid Agung Tuban

Posted: 05 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Tuban - Kabupaten Tuban merupakan salah satu daerah di provinsi Jawa Timur yang berbatasan langsung dengan Jawa Tengah. Konon wilayah itu menjadi salah satu cikal bakal penyebaran agama Islam ke penjuru nusantara.

Hal itu dibuktikan banyak ditemukan makam Wali di sepanjang pantai utara pulau Jawa ini. Tak heran, Tuban memiliki julukan Bumi Wali lantaran sederet makam Wali di kota itu.

Tak hanya itu, ada banyak bukti kejayaan Islam yang tertuang dalam ornamen maupun peninggalan sejarah lainya. Salah satunya adalah Masjid Agung Tuban.

Konon masjid tersebut didirikan dan dibangun pada masa Bupati ke-7 Tuban, Arya Teja atau Syeikh Abdurrohman (1461), yang juga menantu dari Bupati ke-6 Arya Dhikara (1421).

Masjid Agung berada di sisi barat alun alun Tuban, masjid ini telah menjadi Ikon kebanggaan warga Tuban. Lokasinya berdiri tidak saja berada di pusat kota tapi juga bersebelahan dengan salah satu situs penting sejarah tanah Jawa, yakni Kompek Makam Sunan Bonang yang ramai di ziarahi oleh berbagai lapisan masyarakat dari berbagai tempat.

Ahmad Mawardi, Ta'mir Masjid Agung Tuban mengungkapkan bahwa terdapat sebuah mihrab lama yang menjadi cikal bakal dibangunnya Masjid Agung Tuban. Mihrab itu kemudian sempat mengalami beberapa kali renovasi. Renovasi pertama kali dilakukan tahun 1894, yakni pada masa pemerintahan Raden Toemengoeng Koesoemodiko (Bupati ke-35 Tuban).

Saat itu Raden Toemengoeng Koesoemodiko menggunakan jasa arsitek berkebangsaan Belanda, BOHM Toxopeus untuk mendesain Masjid Agung Tuban. Sebagaimana disebutkan dalam prasasti yang ada di depan masjid ini yang berbunyi 'Batoe yang pertama dari inie missigit dipasang pada hari Akad tanggal 29 Djuli 1894 oleh R. Toemengoeng Koesoemodiko Boepati Toeban. Inie missigit terbikin oleh Toewan Opzicter B.O.H.M. Toxopeus'

"Kurang lebih tiga kali renovasi, dulu dihancurkan pada masa penjajahan kemudian dibangun lagi oleh bupati ke-35," kata Mawardi kepada Liputan6.com, Jumat (1/5/2020).

 

 

Renovasi Lanjutan

Renovasi Masjid Agung Tuban (Ahmad Adirin)
Renovasi Masjid Agung Tuban (Ahmad Adirin)

Bila bentuknya di amati, Masjid Jami Tuban sebelum menjadi Masjid Agung Tuban ini memiliki cari khas tersendiri. Secara garis besar, bentuk bangunannya terdiri atas dua bagian, yaitu serambi dan ruang salat utama.

Bentuknya tidak terpengaruh dengan kebiasaan bentuk masjid di Jawa yang atapnya bersusun tiga. Arsitektur masjid ini justru terpengaruh oleh corak Timur Tengah, India, dan Eropa. Sekilas tampak ada kemiripan dengan Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, terutama bentuk berandanya yang dipertahankan hingga kini.

Renovasi selanjutnya dilakukan tahun 1985. Masjid Agung Tuban mengalami perluasan. Kemudian, di tahun 2004 dilakukan renovasi total terhadap bangunan Masjid Agung Tuban oleh pemerintah Kabupaten Tuban.

Renovasi yang dilakukan kali ini meliputi pengembangan satu lantai menjadi tiga lantai, menambah sayap kiri dan kanannya dengan mengadopsi arsitektur bangunan berbagai masjid terkenal di dunia serta penambahan enam menara masjid dengan luas keseluruhan mencapai 3.565 meter persegi.

"Terakhir pada masa pemerintahan Bu Heany Relawati," kata Mawardi.

Saat ini kegiatan di masjid Agung sedikit dibatasi lantaran ada pandemi corona Covid-19. Di tahun-tahun sebelumnya, baik kajian kitab kuning, hingga berbuka puasa ramadan yang biasanya dilakukan bersama, kini dikurangi.

Di masjid ini, para jemaah yang ikut melakukan salat berjamaah, baik lima waktu maupun Salat Jumat harus mentaati prokol kesehatan dengan menjaga jarak saf dan ketika masuk diwajibkan cuci tangan pakai sabun.

"Karena ada virus, kini tidak terlalu banyak jemaah yang datang ke masjid Agung seperti tahun kemarin. Dulu yang jemaah maupun i'tikaf pasti banyak," ucap Mawardi.

Simak juga video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kisah Heroik Tim Medis Bertaruh Nyawa Demi Raga yang Lain

Posted: 05 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Para petugas medis menjadi pasukan terdepan dalam memerangi Covid-19. Mereka berhadapan langsung dengan pasien yang terjangkit virus ini.

Berikut kisah perjuangan mereka yang berada di garda terdepan. Debryna Dewi, seorang dokter yang bertugas di RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet, dan Leno Harefa, seorang perawat yang bekerja di RSPAD Gatot Soebroto.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Didi Kempot dan Deretan Penghargaan yang Diterima Semasa Hidupnya

Posted: 05 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Selain karya-karya dan sejumlah kenangan, meninggalnya Didi Kempot pada Selasa (5/5/2020) pagi di Solo, Jawa Tengah, juga menyisakan deretan penghargaan yang pernah diterimanya semasa hidup.

Siapa sangka dengan musik campursari yang diusungnya, Didi Kempot berhasil meraih penghargaan musik bergengsi di Indonesia.

Bahkan, Billboard Indonesia baru saja memberikan penghargaan kepada Didi Kempot berupa Lifetime Achievement Awards Billboard Indonesia Music Awards 2020.

Pengumuman

Kabar tersebut disampaikan sendiri oleh Billboard Indonesia melalui akun Twitter resmi mereka, Selasa (5/5/2020).

"Dionisius Prasetyo a.k.a Didi Kempot meninggal dunia di usia 53 tahun pagi ini (5/5) pukul 07:30 WIB di RS Kasih Ibu, Solo. Masih belum diketahui penyebab meninggalnya peraih Lifetime Achievement Awards Billboard Indonesia Music Awards 2020 ini. Selamat jalan, Didi Kempot 🌹," tulis pihak Billboard.

Penghargaan Lain

Penyanyi Didi Kempot saat menggelar konser tunggal di The Sunan Hotel Solo, Kamis malam (19/9).(Liputan6.com/Fajar Abrori)
Penyanyi Didi Kempot saat menggelar konser tunggal di The Sunan Hotel Solo, Kamis malam (19/9).(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Selain dari Billboard, sebelumnya Didi Kempot pernah memenangkan 11 penghargaan dari sejumlah nominasi yang didapatnya. Penghargaan-penghargaan ini ia raih dari Anugerah Musik Indonesia.

Deretan Penghargaan

Berikut deretan penghargaan yang pernah dimenangkan oleh Didi Kempot semasa hidupnya:

  • Anugerah Musik Indonesia 2001 kategori Artis Solo Pria/Wanita Terbaik
  • Anugerah Musik Indonesia 2001 kategori Penyanyi Terbaik
  • Anugerah Musik Indonesia 2002 kategori Album Terbaik
  • Anugerah Musik Indonesia 2002 kategori Artis Solo/Duo/Grup/Kolaborasi Terbaik
  • Anugerah Musik Indonesia 2002 kategori Lagu Dangdut Etnik Terbaik
  • Anugerah Musik Indonesia 2003 kategori Karya Produksi Tradisional Terbaik
  • Anugerah Musik Indonesia 2003 kategori Penyanyi Rekaman Lagu Dangdut Etnik Terbaik
  • Anugerah Musik Indonesia 2010 kategori Karya Produksi Lagu Berbahasa Daerah Terbaik
  • Anugerah Musik Indonesia 2011 kategori Karya Produksi Lagu Berbahasa Daerah Terbaik
  • Anugerah Musik Indonesia 2013 kategori Solo, Duo/Grup Dangdut Berbahasa Daerah
  • Indonesian Dangdut Awards 2019 kategori Penghargaan Khusus Maestro Campursari

Ratusan Lagu

Selama berkarier, Didi Kempot telah menciptakan lebih dari 700 lagu. Selain lagu-lagu di atas, ia juga sukses menciptakan hit seperti "Suket Teki", "Sewu Kutho", "Layang Kangen" dan "Pamer Bojo".

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

UNFPA: COVID-19 Berisiko Buat Angka Kehamilan Tak Direncanakan Melonjak

Posted: 05 May 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta United Nations Population Fund (UNFPA) mengatakan pandemi COVID-19 membuat banyak wanita tidak bisa mengakses layanan keluarga berencana dan berisiko mengalami kehamilan yang tidak diinginkan.

Selain itu, banyak dari wanita rentan mengalami kekerasan berbasis gender serta praktik-praktik berbahaya lainnya karena krisis COVID-19.

"Pandemi ini memperdalam ketidaksetaraan, dan jutaan wanita serta anak perempuan saat ini berisiko kehilangan kemampuan untuk merencanakan keluarga mereka dan melindungi tubuh serta kesehatan mereka," kata Natalia Kanem, Direktur Eksekutif UNFPA dikutip dari UN News pada Selasa (5/5/2020).

UNFPA mengatakan bahwa COVID-19 berdampak besar pada perempuan saat sistem kesehatan kelebihan beban serta tutupnya fasilitas kesehatan. Hal ini menyebabkan banyak wanita dan anak perempuan yang tidak mendapatkan pemeriksaan medis karena kekhawatiran akan penularan virus.

Peningkatan Kekerasan Berbasis Gender

Ilustrasi KDRT (iStockphoto)​
Ilustrasi KDRT (iStockphoto)​

UNFPA juga menambahkan, pandemi ini berisiko menimbulkan berkurangnya pasokan kontrasepsi di dunia secara signifikan. Mereka mengatakan, di dunia terdapat 450 juta wanita di 114 negara berpenghasilan rendah dan menengah menggunakan kontrasepsi.

Apabila layanan kesehatan tetap terganggu dan lockdown berlanjut selama enam bulan, UNFPA memperkirakan sekitar 47 juta negara akan kesulitan mengakses kontrasepsi modern dan berakibat pada munculnya sekitar 7 juta kehamilan yang tidak diinginkan.

Selain itu, UNFPA memperkirakan akan banyak kasus kekerasan berbasis gender serta 13 juta pernikahan anak bisa terjadi di dekade ini karena krisis telah mengganggu upaya untuk menghentikan praktik tersebut.

"Kesehatan reproduksi dan hak-hak perempuan harus dilindungi dengan segala cara," kata Kanem. "Layanan harus dilanjutkan, persediaan harus dikirimkan, dan yang rentan harus dilindungi dan didukung."

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Kurva Kasus Corona Harus Sudah Turun Mei 2020, Dengan Cara Apapun

Posted: 05 May 2020 09:51 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menegaskan, kurva kasus virus Corona atau Covid-19 harus sudah menurun pada Mei 2020. Dengan begitu, maka pandemi Corona dapat masuk fase ringan pada Juli 2020.

"Target kita di bulan Mei ini harus betul-betul tercapai, sesuai dengan target yang kita berikan yaitu kurvanya sudah harus turun. Dan masuk posisi sedang di Juni, di Juli harus masuk posisi ringan. Dengan cara apapun," kata Jokowi saat memimpim sidang kabinet paripurna melalui video conference, Rabu (6/5/2020).

Menurut dia, tugas itu tak bisa apabila hanya dilakukan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Untuk itu, Jokowi meminta agar seluruh elemen masyarakat mulai dari, jajaran pemerintahan, relawan, hingga partai politik ikut membantu agar Juli 2020 tidak ada lagi kasus Corona di Indonesia.

"Saya yakin jika kita bersatu, jika kita disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, semua rencana yang sudah kita siapkan yang lalu bisa mengatasi Covid secepat-cepatnya," ujarnya.

Selain itu, Jokowi juga mengingatkan jajaran menterinya bahwa fokus kerja saat ini adalah mengendalikan dan menurunkan kasus Corona secepat-cepatnya. Dia meminta jajarannya mengerahkan seluruh tenaga dan energi untuk mengendalikan serta menangani dampak pandemi Corona.

"Saya melihat negara yang akan menjadi pemenang adalah negara yang berhasil mengatasi Covid-19," ucap Jokowi.

Masyarakat Mulai Hidup Normal Juli

Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat membuka rapat kerja Kementerian Perdagangan 2020 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (4/3/2020). Jokowi meminta dalam raker ini dapat mempercepat prosedur-prosedur yang sebelumnya sangat lama dan berbelit-belit. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat membuka rapat kerja Kementerian Perdagangan 2020 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (4/3/2020). Jokowi meminta dalam raker ini dapat mempercepat prosedur-prosedur yang sebelumnya sangat lama dan berbelit-belit. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, pemerintah menargetkan bahwa masyarakat Indonesia dapat kembali hidup normal pada Juli 2020. Hal itu disampaikan Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo dalam video conference usai rapat bersama Presiden Jokowi secara virtual, Senin (27/4/2020).

Jokowi, kata dia, meminta aparat lebih tegas terhadap pelanggar aturan terkait Corona.

"Presiden meminta kita semua untuk bisa bekerja lebih keras lagi dan mengajak masyarakat untuk lebih patuh, disiplin, dan aparat supaya lebih tegas, agar pada Juni mendatang kita mampu menurunkan kasus Covid-19 di Indonesia," tutur Doni.

"Sehingga pada Juli diharapkan kita sudah bisa mulai mengawali hidup normal kembali," sambung Doni.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gubernur BI: Tak Ada Cetak Uang Lalu Bagikan ke Masyarakat, Ora Ono Kui

Posted: 05 May 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo menegaskan BI tidak akan melakukan pencetakan uang kartal untuk penangana pandemi Covid-19. Pasalnya, pencetakan uang bukan merupakan praktik kebijakan yang lazim dan prudent dilakukan oleh bank sentral.

"Ini mohon maaf, kebijakan itu tidak lazim dengan kebijakan moneter yang prudent. Agar Masyarakat paham, mohon pandangan itu tidak lagi disampaikan. Pandangan itu tidak akan dilakukan di BI," kata Perry, Rabu (6/5/2020).

Menurutnya, mekanisme pengedaran uang kartal dan logam, sesuai Undang-undang Mata Uang mengenai perencanaan, pencetakan, dan pemusnahan uang, dilakukan melalui koordinasi Bank Indonesia dengan Kementerian Keuangan.

Sementara jumlah nya, kata Perry, sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang diukur dari pertumbuhan konomi dan inflasi.

"Jadi tidak ada BI cetak uang lalu dibagi-bagi ke masyarakaat, ora ono kui. Jangan menambah kebingungan masyarakat. BI cetak uang untuk tangani covid, itu bukan kegiatan yang lazim di bank sentral dan termasuk BI," kata Perry.

BI Sebut Inflasi April 2020 Rendah Karena PSBB

Aktivitas jual beli beli di pasar kawasan Glodok, Jakarta, Selasa (28/1/2020). Bank Indonesia memproyeksikan terjadi inflasi di Januari 2020 bersumber dari beberapa komoditas pangan yang mengalami tekanan harga, di antaranya telur ayam akan berkontribusi juga ke inflasi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Aktivitas jual beli beli di pasar kawasan Glodok, Jakarta, Selasa (28/1/2020). Bank Indonesia memproyeksikan terjadi inflasi di Januari 2020 bersumber dari beberapa komoditas pangan yang mengalami tekanan harga, di antaranya telur ayam akan berkontribusi juga ke inflasi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Badan Pusat Statistik (BPS) telah mengumumkan inflasi di bulan April sebesar 0,08 persen (mtm), atau 2,67 persen (yoy).

Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo mengatakan, besaran tersebut lebih rendah dari perkiraan BI sebelumnya, yang memperkirakan inflasi 0,18 persen (mtm) atau 2,98 persen (yoy).

"Nah ini kan lebih rendah, ini menunjukkan bahwa faktor permintaan mulai mempengaruhi rendahnya inflasi," ujarnya dalam media briefing, Rabu (6/5/2020).

Menurutnya, jika permintaan akan barang dan jasa rendah, maka tekanan inflasinya juga akan lebih rendah.

"Jadi ini indikator bahwa inflasinya lebih rendah dari yang kami perkirakan karena penanganan dari covid-19 itu mempengaruhi mobilitas manusia, mempengaruhi juga permintaan barang dan jasa," kata Perry.

Selain itu, hal tersebut juga yang mendasari inflasi pada Ramadan kali ini akan lebih rendah dari rata-rata historisnya.

"Kalau rata-rata historisnya bisa 0,6 sampai 0,9, ini akan jauh lebih rendah karena faktor PSBB, pembatasan mobilitas manusia itu berpengaruh terhadap rendahnya permintaan masyarakat akan barang dan jasa," bebernya.

Oleh karenanya, lanjut Perry, ini juga mendasari perkirakan inflasi tahun ini akan rendah dan terkendali, dalam sasaran 3 persen ± 1 persen. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketum PP Muhammadiyah: Bantu Duafa di Tengah Pandemi Corona Adalah Jihad

Posted: 05 May 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir mengungkapkan, membantu kaum duafa atau mustadh'afin di tengah kondisi sulit melawan pandemi virus corona Covid-19 adalah bentuk jihad fi sabillilah.

Dia menambahkan, aksi sosial di tengah pandemi corona merupakan bagian dari dakwah amar ma'ruf nahi munkar yang sifatnya ta'awun atau tolong menolong.

"Dan ini juga heroik, serta bentuk jihad fi sabilillah (usaha dengan segala daya upaya untuk mencapai kebaikan)," katanya saat mengisi ceramah pengajian "Ramadhan Online" yang digelar Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Selasa (5/5/2020).

Menurut Haedar, umat Islam jangan hanya beranggapan bahwa dakwah amar ma'ruf nahi munkar itu berupa keberanian mengatakan kebenaran di tengah pemimpin yang zalim saja.

"Itu memang betul, tapi pada saat yang sama gerakan ta'awun yang membebaskan kaum mustadh'afin dan mereka yang mengalami nasib buruk akibat musibah, itu juga 'jihad fisabilillah'. Termasuk mencari ilmu itu juga 'jihad fi sabilillah'," katanya.

 

 

Warisan KH Ahmad Dahlan

Muhammadiyah dan NU berkolaborasi membuat film biografi sejarah KH Ahmad Dahlan dan KH Hasyim Asy'ari yang diberi judul Jejak Langkah 2 Ulama(Liputan6.com/ Switzy Sabandar)
Muhammadiyah dan NU berkolaborasi membuat film biografi sejarah KH Ahmad Dahlan dan KH Hasyim Asy'ari yang diberi judul Jejak Langkah 2 Ulama(Liputan6.com/ Switzy Sabandar)

Haedar mengatakan, Muhammadiyah berbangga karena sudah diwariskan mozaik dari KH Ahmad Dahlan ketika beliau mengajarkan al-Ma'un selama tiga bulan sebagai bentuk pengajaran luar biasa, yang oleh mahasiswa yang belajar ilmu sosial disebut dengan dekonstruksi, membongkar alam pikiran.

"Tujuh ayat dihafal itu mungkin setengah jam. Tetapi Kyai Ahmad Dahlan mengajarkannya selama tiga bulan. Ternyata ada yang ingin diraih, yakni keutamaan aksi nyata. Melaksanakan itu bagian dari pemahaman," katanya.

Di akhir ceramahnya, ia menegaskan bahwa kiprah kemanusiaan Muhammadiyah itu adalah peran dari langit untuk bumi, bukan semata-mata peran yang sifatnya pragmatis dan praktis, namun  ada nilai ketauhidan di dalamnya.

"Itulah yang perlu kita hayati bersama, mudah-mudahan di bulan Ramadhan ini kita semakin menghayati nilai-nilai keislaman yang sangat mulia luhur dan utama serta disebarluaskan dalam kehidupan sehari-hari," kata Haedar Nashir.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Es Krim Joyday Donasikan Ribuan Alat Medis untuk Melawan Covid-19

Posted: 05 May 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Demi melawan wabah Covid-19, banyak masyarakat ikut membantu pemerintah untuk meringankan beban para gugus depan. Tak hanya perorangan, sebuah perusahaan es krim favorit indonesia, Joyday Ice Cream juga turut membantu pemerintah melawan Covid-19.

Yili Group bersama PT Green Asia Food Indonesia, produsen Joyday Ice Cream mendonasikan perlengkapan medis esensial melalui KSP (Kantor Staf Presiden) untuk didistribusikan kepada para petugas medis profesional selama pandemi Covid-19. 

Donasi ini secara simbolis diserahkan oleh perwakilan Manajemen PT. Green Asia Food Indonesia, Yu Miao, kepada Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden, Ferdy Alfarizka. 

"Kami sangat menghargai dan berterima kasih kepada semua pihak, pemerintah dan petugas medis profesional yang tak henti berjuang melawan Covid-19. Untuk mencegahnya, kita perlu bekerja sama sebagai satu bangsa, dan kami mendorong masyarakat untuk mentaati himbauan pemerintah untuk #DiRumahAja dan menjaga jarak sosial. Donasi ini merupakan wujud apresiasi kami kepada para petugas medis profesional, sosok pahlawan yang sesungguhnya dan pejuang garis depan yang tanpa pamrih merawat pasien selama masa sulit ini," ujar perwakilan Manajemen PT. Green Asia Food Indonesia, Yu Miao. 

Mengenai donasi, ia melanjutkan bahwa PT Green Asia Food Indonesia mendonasikan perlengkapan medis esensial. Mulai dari 100 ribu masker bedah, 2 ribu pelindung mata (protective goggles) dan 2 ribu alat pelindung diri. 

Nantinya, perlengkapan ini dikirim ke Kantor Staf Presiden untuk didistribusikan langsung oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) selaku gugus tugas nasional kepada sejumlah rumah sakit penanganan Covid-19 di Indonesia.

"Donasi ini merupakan bagian dari inisiatif global Yili untuk membantu daerah-daerah yang terkena dampak Covid-19 dan juga sebagai bentuk kepedulian Yili dalam membantu pemerintah dan semua pihak yang terlibat untuk melawan situasi pandemi ini," tutup Vice President Director PT Green Asia Food Indonesia, Gerry Mustika.

Perlu diketahui, Es krim Joyday didistribusikan oleh PT. Green Asia Food Indonesia dan menggunakan susu serta bahan-bahan berkualitas yang berstandar internasional, aman dan bersertifikasi halal dari BPOM RI dan LPPOM MUI untuk memastikan selalu ada kebahagiaan pada setiap gigitan. Joyday ingin siapapun yang menikmatinya untuk selalu merasa senang kapan pun dan pada situasi apa pun #RasanyaJoydaybikinjoydeh!

"Melalui pilihan rasa es krim yang lezat, Joyday ingin memastikan kita semua dapat merasakan kebahagiaan setiap harinya," imbuh Gerry Mustika.

Selain membantu memberikan alat kebutuhan medis, Es Krim Joyday juga mengimbau masyarakat untuk ikut menyukseskan pembatasan social untuk melawan Covid-19. 

Dengan mendukung gerakan #dirumahaja, Es krim Joyday menyerukan kampanye #JoyDiRumah melalui media sosial yang mangajak konsumen untuk tetap positif dan mengisi hari di rumah melalui berbagai acara. 

Es krim Joyday bakal membuat acara, seperti bincang seru dengan KOL's, mini games, dan konten menarik lainnya, sembari menikmati es krim Joyday sebagai bagian menu buka puasa yang dapat dengan mudah dipesan di berbagai aplikasi e-commerce seperti Tokopedia, Blibli, Shopee, Alfacart,JD.ID, dan Bukalapak.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Potret Kenangan Nikita Willy saat Bersama Mendiang Sang Ayah

Posted: 05 May 2020 09:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jagat dunia hiburan kembali diselimuti kabar duka. Ayah Nikita Willy, Henry Willy Syam meninggal dunia pada Rabu (6/5/2020). Informasi meninggalnya sang ayah disampaikan Nikita Willy melalui postingan Insta Storiesnya. 

"Allahumma firlahu Warhamhu Wa'afihi Wa'fuanhu.. Telah meninggal dunia pukul 05.19 WIB.. Ayah kami Hendry Willy Syam. Kami pihak keluarga memohon maaf atas segala kesalahan almarhum baik disengaja maupun tidak. Semoga Rahimahullah Husnul Khotimah.. diterima amal ibadahnya, diampuni segala dosanya dan diberikan tempat yg mulia oleh Allah SWT," tulis Nikita Willy di Instagram, Rabu (6/5/2020).

Meninggalnya sang ayah tentu menjadi pukulan telak bagi Nikita Willy. Perempuan kelahiran 29 Juni 1994 harus menerima kenyataan bahwa ayahnya meninggal karena penyakit jantung. Sang ayah sempat dirawat Rumah Sakit Siloam Mampang Jakarta sebelum tutup usia.

Beberapa momen, Nikita Willy kerap mengunggah potret kebersamaannya bersama sang ayah. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, potret kenangan Nikita Willy bareng sang ayah, Rabu (6/5/2020).

1. Ayah Nikita Willy, Henry Willy mengembuskan napas terakhirnya pada Rabu (6/5/2020).

Meninggal Dunia, Ini 5 Potret Kenangan Nikita Willy Bersama Ayahnya (sumber: Instagram.com/azofrangga)
Meninggal Dunia, Ini 5 Potret Kenangan Nikita Willy Bersama Ayahnya (sumber: Instagram.com/azofrangga)

2. Henry Willy meninggal dunia karena serangan jantung.

Meninggal Dunia, Ini 5 Potret Kenangan Nikita Willy Bersama Ayahnya (sumber: Instagram.com/azofrangga)
Meninggal Dunia, Ini 5 Potret Kenangan Nikita Willy Bersama Ayahnya (sumber: Instagram.com/azofrangga)

3. Sebelum meninggal dunia, ayah Nikita Willy sempat diraawat di Rumah Sakit Siloam Mampang Jakarta

Meninggal Dunia, Ini 5 Potret Kenangan Nikita Willy Bersama Ayahnya (sumber: Instagram.com/azofrangga)
Meninggal Dunia, Ini 5 Potret Kenangan Nikita Willy Bersama Ayahnya (sumber: Instagram.com/azofrangga)

4. Jenazah Henry Willy akan segera dimakamkan di TPU Pondok Rangon.

Meninggal Dunia, Ini 5 Potret Kenangan Nikita Willy Bersama Ayahnya (sumber: Instagram.com/delciareznikforever)
Meninggal Dunia, Ini 5 Potret Kenangan Nikita Willy Bersama Ayahnya (sumber: Instagram.com/delciareznikforever)

5. Henry Willy meninggalkan dua anak perempuan cantik bernama Winona Willy dan Nikita Willy.

Meninggal Dunia, Ini 5 Potret Kenangan Nikita Willy Bersama Ayahnya (sumber: Instagram.com/marini_love03)
Meninggal Dunia, Ini 5 Potret Kenangan Nikita Willy Bersama Ayahnya (sumber: Instagram.com/marini_love03)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gerindra dan NasDem Tolak Bansos Sembako di DKI Diubah Jadi Bantuan Tunai

Posted: 05 May 2020 09:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Fraksi Gerindra di DPRD DKI Jakarta menolak usulan bantuan sosial (Bansos) sembako diganti dengan bantuan tunai. Anggota DPRD Fraksi Gerindra Syarif mengatakan, tidak tepat jika bantuan berupa uang.

Dia menjelaskan, penolakan usulan itu dilihat dari dampak yang akan ditimbulkan, yaitu warga justru lebih sering beraktivitas ke luar rumah. Hal ini kontradiktif dengan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Kalau diganti BLT orang kemudian secara masif bisa keluar rumah berbelanja, dan berpotensi belanja bukan sembako. Kan PSBB inti tujuannya agar masyarakat dicegah keluar rumah," ujar Syarif, Rabu (6/5/2020).

Kendati Pemrintah Provinsi DKI Jakarta menganjurkan warganya untuk belanja secara online, Syarif menilai anjuran itu tidak menjangkau seluruh warganya. Oleh karena itu, dia bersikukuh menolak usulan pergantian bentuk bantuan dari sembako ke bantuan tunai.

"Belanja online tidak bisa menjangkau sampai jutaan kepala keluarga," kata Syarif.

Senada dengan Gerindra, Fraksi NasDem menilai Bansos harus tetap berbentuk sembako. Ketua Fraksi NasDem Wibi Andrino menuturkan, apa pun alasannya, distribusi tidak melulu mulus. Jika usulan pergantian Bansos sembako menjadi BLT, menurutnya sangat riskan.

Dia menuturkan, apa yang telah dikerjakan Pemprov pada distribusi tahap pertama, sebaiknya tetap diteruskan. Soal koreksi data, menurutny bisa dilakukan bersamaan dengan proses distribusi.

"Tidak setuju. Harus tetap sembako. Masalah data itu bukan hanya DKI yang ada masalah tapi pasti di setiap provinsi juga ditemui hal serupa," kata Wibi.

Sebelumnya, Komisi A DPRD DKI Jakarta mengusulkan pemberian bantuan sosial kepada warga terdampak Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diganti dengan bantuan langsung tunai. Pada tahap PSBB pertama, Bansos yang didistribusikan Pemprov DKI berupa kebutuhan pangan.

Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta Mujiyono menuturkan, usulan ini diutarakan setelah mengevaluasi PSBB pertama. Menurutnya, kendala distribusi sebelumnya selain data yang tidak tepat sasaran, stok kebutuhan pangan dari vendor turut andil menyebabkan sengkarut distribusi Bansos.

"Bentuk Bantuan Langsung Tunai (cash transfer) ada beberapa keuntungan dalam penyaluran, pemerintah daerah terhindar dari kesulitan untuk menyediakan dan mendistribusikan bahan kebutuhan pokok warga secara langsung," katanya, Selasa (5/5/2020).

Bebas Menentukan Prioritas

Dia mengungkapkan, keuntungan Pemprov DKI memberikan bantuan tunai karena akan menghemat dari biaya pengemasan sembako. Lagi pula, imbuhnya, warga memiliki kebebasan untuk memilih pangan sesuai kebutuhan mereka jika diberikan bantuan tunai.

"Warga penerima mendapatkan kebebasan untuk menentukan prioritas kebutuhannya masing-masing selama Covid-19," ujarnya.

Untuk teknis pemberian bantuan langsung tunainya, menurut Mujiyono, dapat dilakukan melalui transfer bank bagi warga yang memiliki rekening atau diberikan secara tunai bagi warga yang tidak memiliki rekening.

 

Reporter: Yunita Amalia/Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inul Daratista Ingin Dipanggil Ibu Nyai Setelah Berhijab

Posted: 05 May 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ada satu keinginan Inul Daratista yang dianggapnya belum terwujud dalam kehidupan pribadinya. Dan ia berharap saat mendapatkan itu semua, ia sudah mapan.

Lantas apa keinginannya itu? Inul Daratista ingin mendapatkan hidayah untuk menutup aurat alias berhijab.

Inul Daratista mengungkapkan keinginannya tersebut kepada Lesti Kejora, saat Instagram Live, Minggu (3/5/2020).

 

Dipanggil Nyai

Inul Daratista. (Foto: Instagram @inul.d)
Inul Daratista. (Foto: Instagram @inul.d)

"Mudah-mudahan bunda suatu saat dapat hidayah (untuk berhijab). Mungkin bunda pengin diipanggil Nyai nanti," terang Inul Daratista.

 

Pondok Pesantren

Inul Daratista. (Foto: Instagram @inul.d)
Inul Daratista. (Foto: Instagram @inul.d)

Tak sekedar menutup aurat, pemilik Goyang Ngebor ini juga ingin memiliki kebaikan lainnya.

"Dan aku harus punya bisnis, juga sibuk buka yayasan yatim piatu atau pesantren atau gimana lah nanti. Itu cita-cita dan harapan aku," tuturnya.

 

Tak Bisa Dipaksa

Perempuan kelahiran Pasuruan, 21 Januari 1979 itu mengatakan banyak orang mengimbaunya untuk hijrah dengan menutup aurat. Namun Inul Daratista mengatakan hal itu tak bisa dipaksakan, jika hatinya belum tergugah.

"Kalau orang bilang. 'Mau sampai kapan (nunggu hidayah) Inul udah kaya, wis sugih, nggak juga. Yang lebih kaya, lebih heboh juga banyak. Tapi kan keinginan kita orang nggak tahu ya, nggak bisa diatur orang lain," katanya.

 

Hidayah Datang dari Tuhan

Lebih lanjut perempuan 41 tahun itu berbagi pengalaman soal ajakan berhijab. Ia mengaku kesal dengan penggemarnya yang ingin sekali melihatnya untuk memakai hijab. Terkait itu, ia hanya ingin semua hidayah datang dari Tuhan yang Maha Esa.

"Ada juga kadang-kadang gregetan 'Tapi bunda cantik loh berhijab' ya alhamdulillah, tapi nggak usah ngomong begitu karena hidayah kan dari Allah, lu nggak bisa nyuruh-nyuruh gue," pungkasnya. (Fimela.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Meski Anjlok, Jokowi Sebut Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Baik

Posted: 05 May 2020 09:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menanggapi terkait pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I-2020 yang dicatat Badan Pusat Statiska sebesar 2,97 persen.

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut menilai kinerja ekonomi negara Indonesia relatif masih baik walaupun turun lebih lambat dibandingkan pertumbuhan kuartal IV 2019 tumbuh 4,97 persen.

"Walaupun hanya tumbuh 2,97 persen tapi dibandingkan dengan negara lain yang telah merilis angka PE-nya, kinerja ekonomi negara kita relatif masih baik," kata Jokowi saat membuka Pagu Indikatif RAPBN Tahun Anggaran 2021 melalui siaran telekonference di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (6/5/2020).

Dia menjelaskan Indonesia masih relatif masih baik lantaran beberapa negara justru alami pertumbuhan negatif. Seperti China yang turun dari 6 persen menjadi -6,8 persen.

"Artinya, ini YoY deltanya 12,8 persen. Prancis deltanya 6,25 persen. Minus. Hongkong delta 5,9 persen, Spain delta 5,88 persen. Italia delta 4,95 persen tumbuh negatif," ungkap Jokowi.

 

Laporan BPS

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto menyampaikan keterangan terkait kondisi ekspor dan impor pada Januari 2020 di Gedung BPS, Jakarta, Senin (17/2/2020). Nilai ekspor dan impor Januari 2020 terkoreksi mengalami penurunan dibandingkan posisi bulan sebelumnya. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto menyampaikan keterangan terkait kondisi ekspor dan impor pada Januari 2020 di Gedung BPS, Jakarta, Senin (17/2/2020). Nilai ekspor dan impor Januari 2020 terkoreksi mengalami penurunan dibandingkan posisi bulan sebelumnya. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya diketahui Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto mengatakan, capaian pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I-2020 sebesar 2,97 persen merupakan yang terendah sejak kuartal I-2001. Pelemahan ekonomi tersebut disebabkan oleh penyebaran Virus Corona.

"Kalau kita lihat itu terendah sejak kuartal I tahun 2001. Tetapi kembali ini kalau menurut saya tidak bisa langsung dibandingkan karena situasi yang kita hadapi saat ini berbeda," ujar Suhariyanto di Kantornya, Jakarta, Selasa (5/5).

Suhariyanto berharap pertumbuhan ekonomi ke depan bisa terdongkrak kembali mengingat sudah banyak langkah yang diambil oleh pemerintah. Meski demikian, pihaknya belum bisa memprediksi kapan pandemi Virus Corona bisa berhenti.

"Sudah banyak yang kita lakukan dan kita tidak bisa memprediksi kapan Covid-19 berakhir," jelas Suhariyanto.

Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Puas dengan Kinerja Christian Eriksen, Conte Ingin Inter Milan Beli Paul Pogba

Posted: 05 May 2020 09:35 PM PDT

Milan- Kinerja gelandang anyar Inter Milan, Christian Eriksen, dikabarkan tak memuaskan pelatih Antonio Conte. Sebagai penggantinya, pelatih asal Italia tersebut meminta La Beneamata untuk mendatangkan mantan anak asuhnya, Paul Pogba.

Sebagaimana yang diketahui, Pogba memang sudah lama mengutarakan niatnya untuk meninggalkan Manchester United. Sayang keinginan itu tidak terwujud pada bursa transfer musim panas kemarin.

Alasannya adalah harga. Sudah ada beberapa klub yang dikabarkan meminatinya. Namun, harga 150 juta pounds yang ditetapkan Manchester United membuat peminatnya mundur secara perlahan.

Harapan Pogba untuk angkat kaki dari Old Trafford tidak sepenuhnya buyar. Karena isu krisis pandemi virus Corona yang melanda berbagai tim, harga pemain berdarah Prancis itupun dikabarkan menurun sampai 100 juta pounds.

Dengan harga segitu, peminat Paul Pogba di bursa transfer mendatang pun semakin banyak. Salah satunya adalah raksasa Italia, Inter Milan.

Inter Milan Siap Bertarung

Gelandang Manchester United, Paul Pogba. (AFP/Oli Scarff)
Gelandang Manchester United, Paul Pogba. (AFP/Oli Scarff)

Gazzetta dello Sport mengabarkan kalau Inter Milan sudah siap untuk bertarung memperebutkan tanda tangan pemain berusia 26 tahun tersebut. Klub harus bergerak karena Conte yang memintanya.

Dalam laporan yang sama, disebutkan juga kalau Conte tidak terkesan dengan Christian Eriksen. Sebab, pria berkebangsaan Denmark tersebut masih kesulitan untuk beradaptasi dengan sepak bola Italia.

Perlu diketahui bahwa Eriksen direkrut dari Tottenham pada bursa transfer musim dingin kemarin. Sehubungan dengan kontraknya yang akan berakhir Juni nanti, Inter jadi bisa mendapatkannya dengan harga 20 juta euro saja.

Tentu saja, perjuangan Inter untuk mendapatkan Paul Pogba tidak akan mudah. Selain harus menggoda Pogba, mereka juga wajib bersaing dengan tim-tim dengan nama besar lainnya di Eropa.

Peminat utama Pogba adalah raksasa Spanyol, Real Madrid. Pada tahun lalu, Pogba pernah mengutarakan kesukaannya kepada Los Merengues beserta sang pelatih, Zinedine Zidane, yang juga berasal dari Prancis.

Peminat lainnya adalah rival bebuyutan Inter Milan, Juventus. Klub tersebut merupakan tempat di mana Pogba bersinar pertama kali, dan sang pemain diyakini siap untuk kembali berseragam hitam-putih musim depan.

Sumber asli: Goal International

Disadur dari: Bola.net (Yaumil Azis, Published 4/5/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ahli Penyakit Menular AS Bantah Teori Corona COVID-19 dari Lab China

Posted: 05 May 2020 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Washington, D.C. - Komentar terkait asal-usul Virus Corona COVID-19 bukan dari laboratorium China kembali mengemuka dari Amerika Serikat. Meski hal itu bertentangan dengan pendapat Presiden AS Donald Trump.

Ahli penyakit menular terkemuka Amerika Serikat (AS) Anthony Fauci mengatakan, SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan COVID-19, tidak mungkin dimanipulasi secara artifisial atau sengaja.

Fauci, Direktur Institut Alergi dan Penyakit Menular Nasional (National Institute of Allergy and Infectious Diseases/NIAID) AS, pada Senin 4 Mei menyampaikan komentarnya.

"Jika Anda melihat evolusi virus itu pada kelelawar, dan apa yang ada di luar sana, kini sangat condong ke arah bahwa (virus) ini tidak mungkin dimanipulasi secara artifisial atau sengaja, proses mutasinya berkembang secara alami," Fauci menuturkan saat menjawab pertanyaan mengenai bukti bahwa virus tersebut dibuat atau tidak sengaja dirilis dari laboratorium di China seperti dikutip dari Xinhua, Rabu (6/5/2020).

"Sejumlah ahli biologi evolusi yang sangat kompeten mengatakan bahwa semua evolusi yang terjadi secara bertahap dari waktu ke waktu sepenuhnya menunjukkan bahwa mereka berevolusi di alam, lalu beralih ke spesies," katanya.

Ketika ditanya soal kemungkinan Virus Corona jenis baru tersebut ditemukan di luar laboratorium, kemudian dibawa kembali dan bocor, Fauci mengatakan, "Itu berarti virus tersebut berawal dari alam liar."

"Itu sebabnya saya tidak mengerti apa yang mereka bicarakan (dan) mengapa saya tidak menghabiskan banyak waktu untuk membahas argumen yang tidak ada habisnya ini," imbuhnya.

Senada dengan Badan Intelijen AS

Gambar ilustrasi diperoleh pada 27 Februari 2020 dengan izin dari Food and Drug Administration AS menunjukkan Virus Corona COVID-19. (US Food and Drug Administration/AFP)
Gambar ilustrasi diperoleh pada 27 Februari 2020 dengan izin dari Food and Drug Administration AS menunjukkan Virus Corona COVID-19. (US Food and Drug Administration/AFP)

Badan intelijen utama Amerika Serikat (AS) pada Kamis 30 April 2020 mengatakan, komunitas intelijen AS tidak percaya bahwa Virus Corona COVID-19 adalah buatan manusia atau dimodifikasi secara genetik.

"Komunitas intelijen AS "sependapat dengan konsensus ilmiah luas bahwa virus COVID-19 bukan buatan manusia atau dimodifikasi secara genetik," kata Kantor Direktur Intelijen Nasional (Office of the Director of National Intelligence/ODNI) dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari Xinhua, Jumat (1/5/2020).

ODNI mengatakan sedang menyelidiki apakah virus tersebut muncul dari sebuah laboratorium di Wuhan, China, meskipun rumor itu berulang kali dibantah oleh kalangan ilmuwan, yang umumnya meyakini bahwa virus itu ditularkan dari hewan ke manusia secara alami melalui pertanian, perburuan, atau transportasi hewan liar.

Mengutip beberapa pejabat AS baik mantan maupun yang masih aktif, New York Times pada Kamis melansir bahwa sejumlah pejabat senior di pemerintahan Trump mendorong badan-badan intelijen untuk memburu bukti guna mendukung suatu teori tak berdasar, yang mengatakan bahwa wabah itu berasal dari sebuah laboratorium di Wuhan, di tengah eskalasi kampanye publik Presiden Donald Trump untuk menyalahkan China atas pandemi Virus Corona jenis baru ini.

Beberapa analis intelijen khawatir bahwa tekanan dari para pejabat itu akan mendistorsi penilaian tentang virus tersebut dan dapat dimanfaatkan sebagai senjata politik, ungkap pemberitaan itu.

Bertentangan dengan Menlu AS

Menlu AS Mike Pompeo di briefing Gedung Putih terkait Virus Corona (COVID-19). Dok: Gedung Putih
Menlu AS Mike Pompeo di briefing Gedung Putih terkait Virus Corona (COVID-19). Dok: Gedung Putih

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo mengungkap adanya "sejumlah bukti signifikan" yang menunjukkan Virus Corona COVID-19 berasal dari laboratorium di Wuhan, China. Meski begitu, ia tidak mempermasalahkan kesimpulan badan intelijen AS bahwa virus itu bukan buatan manusia.

"Terdapat sejumlah bukti signifikan bahwa ini bersumber dari laboratorium di Wuhan," kata Pompeo dalam program This Week di ABC, merujuk pada virus yang muncul akhir 2019 di China dan telah menelan sekitar 240.000 korban jiwa di seluruh dunia, termasuk 67.000 lebih di Amerika Serikat.

Pompeo lantas membantah pernyataan yang dirilis agen senior intelijen AS pekan ini yang mengatakan, Virus Corona jenis baru ini tampaknya bukan buatan manusia atau dimodifikasi secara genetik. Pernyataan itu melemahkan teori konspirasi, yang digaungkan pegiat anti-China dan sejumlah pendukung Presiden Donald Trump, yang menyatakan virus itu dikembangkan di laboratorium senjata biologis pemerintah China.

"Para pakar terbaik sejauh ini tampaknya berpikir bahwa itu buatan manusia. Saya tak punya alasan untuk tidak percaya pada hal itu," kata Pompeo, seperti dilansir Antara, Senin (4/5/2020). Meski begitu, ia mengatakan, "Saya telah melihat apa yang dikatakan oleh komunitas intelijen. Saya tak punya alasan untuk percaya bahwa itu salah."

Selengkapnya di sini.

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Update Covid-19 di Sulut: 5 Hari Berturut-turut Tanpa Kasus Positif

Posted: 05 May 2020 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Manado - Laju pertambahan kasus positif Covid-19 di Sulut tertahan pada angka 45. Kondisi ini sudah berlangsung sejak, Jumat (1/5/2020) lalu.

"Hari ini tidak ada pertambahan kasus positif, sehingga jumlahnya masih tetap di angka 45," ungkap Jubir Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sulut Steaven Dandel, Selasa (5/5/2020).  

Dengan demikian sudah selama 5 hari terakhir tidak ada pertumbahan jumlah kasus positif. Dari 45 kasus itu, 17 dinyatakan sembuh, 4 meninggal dunia, dan 24 masih dalam perawatan.

"Kita berharap kurva pertumbuhan kasus bisa melambat, bahkan berhenti," ujarnya.

Dandel mengatakan, sebelumnya salah satu penyebab tertahannya jumlah kasus positif karena masih menunggu hasil uji lab di Makassar. Namun sejak beroperasinya Lab PCR Covid-19 di Manado, pihaknya sudah bisa dengan cepat mendapatkan hasil swab test.

"Hari ini kita sudah mendapatkan hasil dari 70 sampel yang dites. Hasilnya ada 5 positif," ungkapnya.

Menurutnya, hasil 5 positif itu bukan kasus baru melainkan pemeriksaan lanjutan dari pasien yang sebelumnya terkonfirmasi positif.

"Jadi ada yang menjalani tes kedua, atau tes berikutnya yang hasilnya masih positif," ujarnya.

Untuk jumlah total Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19 yang tengah dirawat sebanyak 99 orang, dan terdapat 136 Orang Dalam Pemantauan atau ODP.

"Untuk PDP tidak ada yang meninggal dunia pada hari ini," ungkapnya.

Simak juga video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BMKG Juanda: Surabaya Berpotensi Cerah Berawan pada Sore Hari

Posted: 05 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda memprediksi Surabaya, Jawa Timur berpotensi hujan lokal pada Rabu (6/5/2020).

Mengutip instagram @infobmkgjuanda, Surabaya akan alami hujan lokal pada pukul 13.00 WIB. Cuaca akan cerah berawan pada pukul 16.00 WIB dan cerah pada pukul 19.00 WIB. Cuaca akan berawan pada pukul 19.00 WIB. Suhu di Surabaya akan berada di kisaran 26-34 derajat celsius dan kecepatan angin 20 KM per jam. Kelembaban 70-95 persen.

Sementara itu, di Sidoarjo, cuaca akan cerah berawan dari siang hari hingga pukul 19.00 WIB. Cuaca akan berawan pada pukul 22.00 WIB. Suhu di Sidoarjo akan berada di kisaran 26-34 derajat celsius, dan kecepatan angin 20 KM per jam. Kelembaban 65-95 persen.

Di Lamongan, cuaca akan alami hujan lokal pada pukul 13.00 WIB. Sementara itu, cuaca akan cerah berawan pada pukul 16.00 dan 19.00 WIB. Sedangkan pada pukul 22.00 WIB cuaca akan berawan.

Di Gresik, cuaca akan alami hujan lokal pada pukul 13.00 WIB. Sementara itu, pada pukul 16.00, cuaca akan cerah berawan dan 19.00 WIB akan cerah. Pada pukul 22.00 WIB, cuaca akan cerah berawan. Suhu di Gresik akan berada di kisaran 27-34 derajat celsius dengan kecepatan angin 20 KM per jam. Kelembaban di kisaran 70-90 persen.

Waspadai Hujan Intensitas Sedang hingga Lebat

Ilustrasi Hujan (iStockphoto)
Ilustrasi Hujan (iStockphoto)

BMKG Juanda juga merilis peringatan dini tiga harian untuk mewaspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada siang hingga sore hari. Waspadai hujan intensitas sedang hingga lebat di Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang dan Situbondo.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

21 Perusahaan Tak Teliti Hitung PNBP, Negara Rugi Rp 328 Miliar

Posted: 05 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mengungkapkan ada 21 perusahaan yang kurang cermat dalam menghitung PNBP sumber daya alam. Akibatnya negara mengalami kekurangan penerimaan negara sebesar Rp 328,13 miliar dan USD 38,66 juta.

"Sehingga terdapat kekurangan penerimaan negara sebesar Rp 328,13 miliar dan USD 38,66 juta," kata Ketua BPK Agung Firman Sampurna dalam penyampaian Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester (IHPS) II Tahun 2019 pada Rapat Paripurna DPR Ke-14 di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (5/5/2020).

Temuan ini dilakukan BPK dalam melakukan pemeriksaan terkait Pengelolaan penerimaan negara bukan pajak (PDP) dan perizinan mineral batu bara tahun 2016-2018 pada Kementerian ESDM, Kementerian Lingkungan Hidup dan instansi terkait. Meski dalam pemeriksaan ini BPK menyimpulkan pada pelaksanaannya sudah sesuai dengan kriteria dan ketentuan yang ada.

"Kesimpulan (BPK) telah sesuai dengan kriteria," kata dia.

Selain itu BPK menyebutkan ada 194 perusahaan kelapa sawit belum memiliki uji petik. Tanah seluas 1,02 juta hektar tersebut terdapat di 15 kabupaten.

"Sebanyak 194 perusahaan kelapa sawit pada 15 kabupaten yang diuji petik belum memiliki hak tanah atau hak guna usaha seluas kurang lebih 1,02 juta hektar," kata Agung.

Pemeriksaan tersebut dilakukan di Kementerian Pertanian dan KLHK. BPK melakukan pemeriksaan terhadap perizinan sertifikasi dan implementasi pengelolaan perkebunan kelapa sawit yang berkelanjutan. BPK juga memeriksa kesesuaian aturan dengan kebijakan dan ketentuan internasional.

 

Belanja Pemerintah

Lima Anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) periode 2019-2024, Pius Lustrilanang, Daniel Lumban Tobing, Hendra Susanto, Ahsanul Qosasi dan Harry Azhar Azis berfoto bersama usai pengambilan sumpah jabatan di Gedung Mahkamah Agung, Jakarta, Kamis (17/10/2019). (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Lima Anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) periode 2019-2024, Pius Lustrilanang, Daniel Lumban Tobing, Hendra Susanto, Ahsanul Qosasi dan Harry Azhar Azis berfoto bersama usai pengambilan sumpah jabatan di Gedung Mahkamah Agung, Jakarta, Kamis (17/10/2019). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Selain itu BPK juga melakukan pemeriksaan terhadap pengelolaan belanja pemerintah yang dilakukan pada 23 objek di 19 kementerian/lembaga. Dalam hal ini timbul permasalahan yang perlu dapat perhatian yakni kekurangan penerimaan pada Kementerian Sosial.

BPK menyebut kekurangan tersebut berasal dari saldo program pemerintah yang tersimpan di kartu PKH sebesar Rp 843,77 miliar.

"Pada program bantuan pangan keluarga harapan (PKH) di rekening bank penyalur yang belum disetor kepada kas negara sebesar Rp 843,77 miliar," kata Agung.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masih Tak Patuhi Perwal Karantina Kesehatan, 149 KTP Warga Medan Ditahan

Posted: 05 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Medan Dalam razia masker yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemko) Medan di sejumlah titik terkait Peraturan Wali Kota (Perwal) Karantina Kesehatan sebagai upaya penanganan dan pencegahan virus Corona COVID-19, ratusan warga masih kedapatan tidak menggunakan masker.

Pada razia yang digelar di 10 kecamatan yang berada di Kota Medan pada Selasa, 5 Mei 2020, ada sebanyak 149 Kartu Tanda Penduduk (KTP) warga yang ditahan. Sedangkan warga tanpa KTP sebanyak 97 orang. Bagi warga yang tanpa KTP diberikan sanksi push up oleh petugas.

"Sanksi tersebut diberikan dan berlaku bagi warga yang memang memungkinkan untuk melakukan sanksi tersebut. Warga wajib gunakan masker saat berada di luar rumah," kata Akhyar, Rabu (6/5/2020).

Razia yang dilakukan di 10 kecamatan tersebut dilakukan personel dari unsur Satpol PP Kota Medan, Dinas Perhubungan (Dishub), pihak kecamatan dan Puskesmas, serta aparat TNI-Polri. Akhyar turun langsung memimpin dan melihat jalannya kegiatan razia masker di dua kecamatan, Medan Johor dan Medan Maimun.

"Saya ingin mengetahui sejauh mana kepatuhan dan kedisiplinan masyarakat dalam mengenakan masker terkait COVID-19," ucapnya.

Terbukti, dari hasil tinjauan, di hari kedua diberlakukannya sanksi penahanan KTP bagi warga Medan yang tidak mengenakan masker, masih didapatkan sejumlah warga yang membandel. Warga yang terjaring razia diberhentikan personel gabungan untuk didata.

"Mereka didata Satpol PP dalam lembar berita acara, yang nanti digunakan warga untuk mengambil kembali KTP yang ditahan selama tiga hari," sebutnya.

 

Razia Terus Dilakukan

Razia masker akan terus melalukan razia masker di semua wilayah Kota Medan.
Razia masker akan terus melalukan razia masker di semua wilayah Kota Medan.

Ditegaskan Akhyar, Pemko Medan akan terus melalukan razia masker di semua wilayah Kota Medan. Pemko Medan akan melakukan koordinasi dan kerja sama dengan Satpol PP Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dalam melakukan razia masker di 21 kecamatan se-Kota Medan.

"Kita berharap razia masker yang kita lakukan bersama nanti dapat mendorong dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengenakan masker saat berada di luar rumah," ucapnya.

Mantan anggota DPRD Medan tersebut mengingatkan kepada seluruh warga agar mewaspadai orang yang tidak mengenakan masker. Sebeb, bisa saja berpotensi menularakan virus ke orang lain. Sangat penting bagi setiap warga mengenakan masker guna melindungi diri dan orang lain.

"Saat ini ada kategori orang tanpa gejala. Tetap waspada, patuhi aturan pemerintah," Akhyar menandaskan.

Saksikan juga video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Cara Mencegah Gangguan Pencernaan Saat Puasa

Posted: 05 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cara mencegah gangguan pencernaan saat puasa menjadi salah satu upaya agar ibadah puasa di bulan Ramadan dapat berjalan lancar. Karena banyak kebiasaan buruk yang menyebabkan gejala gangguan penceranaan saat sedang berpuasa, dan terkadang hingga menyebabkan puasa menjadi batal. 

Saat berbuka, biasanya kita akan mengonsumsi makanan ringan terlebih dahulu, namun jenis makanan ringan tersebut terkadang tidak diperhatikan jenisnya, dan justru akan membuat gangguan pencernaan. Maka dengan menyimak artikel tentang cara mencegah gangguan pencernaan saat puasa ini, setidaknya akan membantu kelancaran ibadah Anda.

Cara mencegah gangguan pencernaan saat puasa sebenarnya hampir sama dengan cara menjaga pencernaan pada umumnya, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam cara mencegah gangguan pencernaan saat puasa ini. Terutama karena adanya kendala pada waktu makan dan minum.

Berikut ini, Liputan6.com telah menyiapkan informasi bagi Anda tentang cara mencegah gangguan pencernaan saat puasa yang baiknya Anda coba. Karena, manfaatnya sangat banyak dalam menjaga kesehatan pencernaan Anda, Kamis (30/4/2020).

1. Kurangi konsumsi makanan tinggi lemak

Makanan mengandung lemak jahat (sumber: iStockphoto)
Makanan mengandung lemak jahat (sumber: iStockphoto)

Walaupun lemak memang merupakan salah satu senyawa yang dibutuhkan oleh tubuh, namun dalam mengonsumsinya perlu diatur dan perlu memilih jenis lemak yang akan masuk kedalam tubuh tersebut. Hindari gorengan dengan tepung yang jelas-jelas memiliki kandungan lemak jahat yang cukup tinggi.

Karena, makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi justru akan memperlambat proses pencernaan makanan pada tubuh. Dan, apabila makanan dengan kandungan lemak tinggi tersebut terus dikonsumsi padahal asupan makan Anda tetap dalam jumlah banyak, maka akan mudah sekali timbul gejala seperti perut kembung dan sakit perut.

Sebagai cara pencegahannya, ada baiknya Anda mengganti asupan lemak Anda dengan jenis lemak sehat. Beberapa contoh dari lemak sehat seperti ikan salmon, Alpukat, Tuna, dan kacang Almond. Karena, selain sehat, jenis lemak tersebut mengandung omega-3 yang baik bagi kesehatan otak. Tapi, tetap batasi jumlah konsumsinya ya.

2. Perbanyak konsumsi serat

Ilustrasi sayuran (dok. Pixabay.com/ikon/Putu Elmira)
Ilustrasi sayuran (dok. Pixabay.com/ikon/Putu Elmira)

Serat memiliki sifat penyerapan air yang baik. Sifat tersebut yang akan membantu menyerap air dan membuat feses menjadi lunak. Di sisi lain, serat juga dapat meningkatkan kinerja dari gerakan peristaltik pada usus. Hal tersebut yang akan menyebabkan makanan yang Anda konsumsi menjadi lebih mudah dicerna dan Anda juga akan terhindar dari penyakit sembelit.

Agar kebutuhan serat tersebut dapat terpenuhi, Anda bisa mengonsumsi berbagai jenis sayuran hijau, jenis kacang-kacangan, buah, dan makanan dengan kandungan gandum utuh.

3. Konsumsi minuman probiotik

6 Makanan Enak Ini Mengandung Probiotik (Meafoto/Shutterstock)
6 Makanan Enak Ini Mengandung Probiotik (Meafoto/Shutterstock)

Probiotik merupakan jenis bakteri baik yang akan membantu sistem pencernaan dalam mengurangi jumlah bakteri buruk yang ada di dalam pencernaan. Saat ini sudah sangat banyak minuman probiotik yang bisa ditemukan di supermarket sekitar Anda. Jenisnya pun bermacam-macam, dan umumnya berasal dari minuman yang memiliki kandungan yogurt.

4. Cukupi asupan cairan

ilustrasi air putih/Photo by Daria Shevtsova from Pexels
ilustrasi air putih/Photo by Daria Shevtsova from Pexels

Selama berpuasa, salah satu yang menjadi tantangan adalah dalam memenuhi asupan cairan pada tubuh. Karena, Anda hanya dapat makan dan minum di waktu buka hingga sahur. Lalu bagaimana agar asupan cairan pada tubuh kita dapat terpenuhi?

Rata-rata tubuh manusia membutuhkan 7-8 gelas air putih setiap hari. Dan saat puasa Anda bisa menggunakan metode 2, 4, 2. Metode ini maksudnya adalah 2 gelas pada saat berbuka, 4 gelas pada waktu malam hari hingga sebelum tidur, dan 2 gelas saat sahur. Karena dengan begitu pencernaan Anda pun juga akan terjaga.

5. Kunyah makanan dengan benar

Kerap mengunyah makanan terlalu cepat? Kata orang hal ini dapat membuat tubuh lekas gemuk. Mitos atau fakta?
Kerap mengunyah makanan terlalu cepat? Kata orang hal ini dapat membuat tubuh lekas gemuk. Mitos atau fakta?

Mungkin terdengar remeh, namun jika Anda tidak mengunyah makanan dengan baik dan terkesan makan dengan terburu-buru, maka akan berisiko dan dapat menyebabkan organ pencernaan Anda menjadi sulit untuk mencerna nutrisi. Dengan kata lain, nutrisi yang terdapat pada makanan tersebut akan terbuang sia-sia.

Lalu, mengapa mengunyah makanan dengan baik akan sangat berpengaruh? Hal ini karena makanan yang benar-benar halus akan meringankan kerja lambung dalam mengubah makanan dalam bentuk padat menjadi bentuk cair dengan lebih mudah dan efektif.

Dalam mengunyah makanan, sangat dianjurkan untuk mengunyah makanan tersebut sebanyak 32 kali. Tujuannya tentu agar lebih benar-benar halus. Akan tetapi, aturan mengunyah tersebut disesuaikan dengan jenis makanan yang kita konsumsi.

Misalkan jenis makanan yang dikonsumsi adalah jenis makanan lunak seperti bubur, maka Anda akan lebih sedikit dalam jumlah mengunyahnya. Tetapi, jika yang Anda konsumsi adalah jenis makanan olahan dari daging seperti steak, maka Anda perlu lebih dari 32 kali mengunyah untuk memastikan daging tersebut benar-benar lunak sebelum masuk ke dalam lambung.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penjualan Redmi Note 9 Pro Kembali Dilanjutkan di India

Posted: 05 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penjualan Redmi Note 9 Pro akan kembali dilanjutkan pada 5 Mei 2020. Smartphone ini diumumkan di India pada Maret lalu, tapi penjualan dalam skala besar dibatasi karena pandemi Covid-19.

Dilansir GSM Arena, Rabu (6/5/2020), penjualan Redmi Note 9 Pro akan kembali dilnjutkan melalui Mi.com dan Amazon India. Hal ini diumumkan Redmi India melalui akun Twitter resminya.

Redmi Note 9 Pro dijual dengan harga mulai dari 13,999 rupee atau sekira Rp 2,7 juta untuk varian RAM dan memori internal 4/64GB, sedangkan 6/128GB seharga 16,990 rupee atau sekira Rp 3,3 juta.

Kedua versi tersebut tersedia dalam pilihan warna biru putih dan hitam. Sejauh ini belum ada konfirmasi tentang penjualan Redmi Note 9 Pro.

Redmi K30i Bakal Hadir dengan Kamera Utama 48MP

Redmi K30. (Weibo/ Lu Weibing)
Redmi K30. (Weibo/ Lu Weibing)

Lebih lanjut, informasi tentang Redmi K30i kembali muncul. Perangkat yang disebut akan menjadi smartphone 5G termurah ini dilaporkan memiliki kamera utama 48MP.

Redmi dilaporkan menggunakan kamera utama dengan resolusi 48MP, bukan 64MP demi menekan harga jual. Akan ada empat kamera belakang pada Redmi K30i.

Informasi ini berasal dari aplikasi MIUI Camera yang ditujukan untuk ponsel bernama "Picasso." Ini merupakan kode nama untuk Redmi K30 5G.

Kamera 64MP

Redmi K30 5G hadir di Tiongkok dengan kamera 64MP, sehingga diperkirakan K30i adalah varian internasional dari smartphone tersebut.

Redmi K30 dirilis pada Desember lalu, dan varian 5G hanya tersedia untuk pasar Tiongkok. Sementara untuk pasar global hanya mendukung 4G.

Redmi K30i pun disebut sebagai bagian dari seri tersebut, dan akan menjadi smartphone 5G termurah saat peluncurannya. Smartphone ini dilaporkan juga akan dijual di luar pasar Tiongkok.

(Din/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Viral, Mobil Antre Panjang demi Mendapat Ayam KFC

Posted: 05 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Puluhan mobil di Wales, Inggris antre panjang demi bisa membeli ayam KFC secara drive-thru. Antrean ini terjadi ketika Inggris masih menerapkan lockdown, namun gerai KFC kembali dibuka.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Daniel Mananta Bicara Kehidupan dan Pernikahan di Kanal YouTube-nya

Posted: 05 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Daniel Mananta menambah panjang daftar selebritas yang memiliki kanal YouTube sendiri. Baru-baru ini, Daniel Mananta mengudara di situs berbagi video itu melalui kanal Daniel Mananta Network.

Tak main-main, Daniel Mananta mengisi kanal YouTube dengan program berkonsep kuat. Tak hanya mengagendakan topik dan narasumber. Judul program pun dipikirkan dengan saksama. Pertunjukan YouTube Daniel Mananta diberi judul Daniel Tetangga Kamu.

Judul ini dipilih disertai alasan kuat. "Dinamakan demikian karena Daniel di sini adalah tetangga para penonton. Tetangga para figur publik yang jadi bintang tamunya," terang Daniel Mananta saat dihubungi Showbiz Liputan6.com, baru-baru ini. 

Melawan Takut dan Khawatir

Daniel Mananta. (Foto: Instagram @vjdaniel)
Daniel Mananta. (Foto: Instagram @vjdaniel)

"Saya memanusiakan figur publik yang menjadi tetangga saya ini. Mereka bisa mengalami kekhawatiran, ketakutan, dan lain-lain," presenter kelahiran Jakarta, 14 Agustus 1981 ini menerangkan.

Lewat pertunjukan di kanal YouTube, Daniel Mananta berharap, warganet bisa belajar dari narasumber bagaimana mereka berhasil melawan rasa takut dan khawatir dengan kekuatan cinta dari Sang Khalik.

Spiritually Uncensored

Daniel Mananta. (Foto: Instagram @vjdaniel)
Daniel Mananta. (Foto: Instagram @vjdaniel)

Pertunjukan di kanal YouTube ini mengusung tema besar spiritually uncensored.

"Jadi saya mau kita enggak takut ngomongin soal Tuhan. Tuhan Yang Maha Penyayang. Tuhan Yang Maha Pengasih. Tetangga saya atau bintang tamu di pertunjukan ini bisa bebas membahas (perjalanan spiritualnya dengan Tuhan)," bintan film A Man Called Ahok dan Rumah Dara menyambung.

Rasa Cinta Tuhan

Daniel Mananta. (Foto: Instagram @vjdaniel)
Daniel Mananta. (Foto: Instagram @vjdaniel)

Ia menjanjikan, kanal Daniel Mananta Network tak sekadar ikut-ikutan tren artis bikin kanal YouTube. Daniel Mananta membicarakan spiritualitas. Fokus kepada rasa cinta Tuhan terhadap figur publik yang dihadirkan.

"Ke depannya, tidak menutup kemungkinan ada orang-orang yang membuat acara di Daniel Mananta Network. Target penonton kanal ini, di rentang usia 25 sampai 35 tahun ini," imbuhnya.

Kehidupan Pribadi dan Pernikahan

(Adrian Putra/Fimela.com)
(Adrian Putra/Fimela.com)

Meski membahas pertautan narasumber dengan Tuhan, bukan berarrti Daniel Mananta ogah menguak perjalanan spiritrualnya sendiri. "Sebenarnya tiap kali sebelum mengobrol dengan Tetangga Gue, awalnya saya bercerita about my own thought tentang isu tertentu. cuma belum ditayangkan," bebernya.

"Saya bicara kehidupan, kehidupan pernikahan, bisnis, termasuk topik cara mengelola keuangan misalnya. Hal-hal kayak begitu. Benar-benar about life," Daniel Mananta menjanjikan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Inggris: Liverpool Bisa Juara?

Posted: 05 May 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Liverpool - Asa Liverpool untuk merebut gelar juara  Liga Inggris musim ini kembali muncul. Harapan itu muncul kembali setelah adanya pembicaraan antara klub yang ingin Liga Inggris berlanjut.

Liverpool untuk sementara masih ada di posisi teratas klasemen Liga Inggris dengan keunggulan 25 poin dari pesaing terdekatnya, Manchester City.

Sebelumnya, para pejabat senior Liga Inggris sudah beberapa kali melakukan rapat darurat. Mereka bertemu untuk membahas kemungkinan Liga Inggris bergulir lagi.

Pasalnya sudah ada tanda-tanda jumlah kematian akibat virus corona melandai. Dari pertemuan itu, sejumlah gagasan dibuat dan dirangkum dalam nama Project Restart,

Kabarnya, Liga Inggris dilaporkan bakal kembali bergulir pada Juni 2020. Itu setelah operator kompetisi mengklaim sudah mendapat kabar bagus dari pemerintah Inggris.

Butuh Dua Kemenangan

Penyerang Liverpool, Mohamed Salah, melakukan selebrasi usai membobol gawang Chelsea pada laga Premier League di Stadion Anfield, Minggu (14/4). Liverpool menang 2-0 atas Chelsea. (AP/Rui Vieira)
Penyerang Liverpool, Mohamed Salah, melakukan selebrasi usai membobol gawang Chelsea pada laga Premier League di Stadion Anfield, Minggu (14/4). Liverpool menang 2-0 atas Chelsea. (AP/Rui Vieira)

Liverpool hanya butuh dua kemenangan untuk mengunci gelar Liga Inggris. Sayangnya, kompetisi di Eropa terhenti karena virus Corona Covid-19 yang belum tahu sampai kapan. Akankah kompetisi dilanjutkan dan Liverpool menjadi juara?

The Reds masih berstatus sebagai pemuncak klasemen Liga Inggris. Mereka mengoleksi 82 poin dari 29 laga dan unggul 25 angka dari pesaing terdekat Manchester City. Berikut klasemen Liga Inggris selengkapnya.

Klasemen Liga Inggris

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

509 Kebakaran Terjadi di Jakarta Sejak Januari 2020

Posted: 05 May 2020 09:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta Satriadi menyatakan, ada 509 kebakaran yang terjadi di Jakarta mulai dari Januari sampai 4 Mei 2020.

Dia menyatakan, puluhan kebakaran yang terjadi dapat diatasi oleh warga. Untuk objek yang paling banyak terbakar yakni instalasi luar gedung yaitu mencapai 181 kejadian.

"Ada 509 kejadian kebakaran, 453 kejadian kita tangani dan sisanya 56 kebakaran dapat ditangani oleh warga," kata Satriadi, Rabu (6/5/2020).

Dia menuturkan, kebakaran paling banyak terjadi di Jakarta Selatan yang mencapai 141 kejadian. Kemudian 114 peristiwa terjadi di Jakarta Timur, kemudian 99 di Jakarta Utara.

Lalu, 89 kebakaran terjadi di Jakarta Barat dan 60 lainnya di Jakarta Pusat. Sementara itu, dia menyebut tidak ada peristiwa kebakaran di Kepulauan Seribu.

"Selama kejadian ada 10 orang meninggal dunia dan 32 orang luka-luka. Sementara dari sisi petugas tidak ada yang meninggal dunia, tetapi mengalami luka satu orang," ucap Satriadi.

Sosialisasi

Ilustrasi Kebakaran(Liputan6.com/Johan Fatzry)
Ilustrasi Kebakaran(Liputan6.com/Johan Fatzry)

Sementara itu, dia juga menyebut mengatakan pihaknya masih terus melakukan sosialisasi terkait peningkatan pencegahan kebakaran di masyarakat di saat pandemi virus Corona atau Covid-19.

Dia menilai saat pelaksanaan ibadah puasa seperti saat ini aktivitas masyarakat dalam masak-memasak cukup tinggi.

"Kita gencarkan lagi sosialisasi pencegahan kebakaran ini. Mengingatkan masyarakat agar tetap waspada terhadap kebakaran yang bisa terjadi kapan saja," kata Satriadi dalam keterangan pers dikonfirmasi, Selasa 5 Mei 2020.

Dia menjelaskan para petugas berkeliling kampung terutama di kawasan padat penduduk dengan menggunakan unit motor reaksi cepat (UPRC).

Setiap hari sejumlah petugas diterjunkan di 44 kecamatan di Jakarta dan Kepulauan Seribu. Para petugas kata dia, menggunakan pengeras suara saat menyusuri perkampungan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Imbauan di Rumah Saja Bikin Angka Kehamilan di Kota Tasikmalaya Melonjak Tajam

Posted: 05 May 2020 09:24 PM PDT

Liputan6.com, Tasikmalaya - Selama wabah Covid-19 merebak dan ada imbauan untuk di rumah saja, angka kehamilan di Kota Tasikmalaya meningkat tajam. Data mengungkap, ada 3.219 perempuan positif hamil pada periode Januari hingga Maret 2020 di kota penghasil anyaman itu.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat pada Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Yuyun Darmawan mengungkapkan, angka kehamilan meningkat 105 persen.

Kehamilan terjadi pada perempuan yang berusia muda dan tua atau rentang usia 20 hingga 45 tahun. Untuk yang berusia muda, mereka hamil setelah menikah di tahun 2019 dan usia kandungannya sudah ada yang 5 sampai 7 bulan.

"Tapi memang awal bulan Januari, Februari dan Maret memang banyaknya perempuan telah positif hamil dan mereka sudah melakukannya pemeriksaan di bidan maupun rumah sakit," kata Yuyun, Selasa (5/5/2020).

Dengan angka tersebut, Yuyun memastikan ada kenaikan jumlah penduduk selama pandemi Covid-19 di Tasikmalaya. Perempuan yang positif hamil itu kebanyakan adalah mereka yang melepaskan KB.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya Uus Supangat menyebut angka kehamilan tersebut bisa jadi setelah ada imbauan agar tetap di rumah saja.

"Karena di tengah pandemi Covid-19 semua warga juga dianjurkan pemerintah harus di rumah saja. Ini mencerminkan para pasangan bisa kembali membuahkan hasil positif tapi ada beberapa orang juga berhenti," terangnya.

Uus menyebut kenaikan juga akan terlihat di bulan April. Saat ini masih dalam penghitungan di setiap Puskesmas.

"Kami memang meminta agar warga, terutama perempuan seharusnya bisa di KB terlebih dahulu. Tapi dari mereka itu rata-rata sudah lepaskannya dengan kemauan ingin memiliki putra kembali," tandas Uus. 

Mochammad Iqbal/ Merdeka

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menhub Budi Karya Hanya Bisa Kerja 3 Jam Sehari

Posted: 05 May 2020 09:22 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan dirinya telah efektif menjalankan tugasnya sebagai pembantu presiden Jokowi, setelah dinyatakan sembuh dari virus Covid-19. Meski begitu, pihaknya hanya berkegiatan selama tiga jam perhari.

"Saya sudah efektif jadi Menhub lagi, tapi dalam recovery saya hanya berkegiatan tiga jam per hari," kata dia dalam rapat kerja daring bersama Komisi V DPR RI, Rabu (6/5/2020).

Budi menjelaskan penyesuaian jam kerja ini berlaku di masa pemulihan setelah terpapar virus berbahaya asal kota Wuhan. Untuk itu, dirinya hanya dijadwalkan bekerja efektif tiga jam per hari.

Kendati demikian, dirinya memastikan seluruh program kerja di Kementerian Perhubungan berjalan lancar. Hal ini tak lepas dari kerjasama jajarannya yang sigap membantu Budi selama masa pemulihan dari virus corona.

"Tapi, anytime bisa kontak saya (melalui) handphone saya, yang khusus Anggota DPR akan saya aktifkan," imbuh dia.

Kehadiran Menhub tersebut disambut baik oleh seluruh Komisi V DPR RI yang lama tak berjumpa terlebih seluruh pasien covid-19 harus melakukan karantina mandiri.

Bahkan, Ketua Komisi V DPR Lasarus menyatakan kerinduan dengan suara khas Menhub dan mendoakan agar masa pemulihan dapat dilalui dalam waktu singkat.

 

Kondisi Berangsur Membaik

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan sambutan serta pengarahan saat Launching Perkumpulan Angkutan Daring Indonesia (PADI) di Gedung Inkoppol, Jakarta, Senin (7/1). (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan sambutan serta pengarahan saat Launching Perkumpulan Angkutan Daring Indonesia (PADI) di Gedung Inkoppol, Jakarta, Senin (7/1). (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Sebelumnya, Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati menyebutkan kondisi Budi Karya berangsur membaik dan diperbolehkan pulang dari Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) pada 15 April 2020. Namun, dia harus menjalani isolasi mandiri selama 14 hari.

"Pak Budi sudah membaik, sudah tidak di RSPAD," kata Staf Khusus (Stafsus) Menhub, Adita Irawati, saat dihubungi merdeka.com, Selasa (14/4)

Adita menjelaskan, saat ini Budi Karya sedang masa penyembuhan dan sudah kembali ke rumah.

"Tinggal masa recovery," jelas Adita.

Diketahui, sejak dinyatakan positif dan dibenarkan oleh pihak istana, posisi Budi Karya sebagai Menhub di disposisi sementara kepada Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sebagai sebagai Menteri Perhubungan Ad Interim.

Beberapa waktu lalu, sebuah video merekam Budi Karya diterima sejumlah awak media. Tampak Budi Karya masih mengenakan alat bantu pernapasan. Dia berterima kasih kepada Jokowi saat ini sedang berjuang menyelesaikan Covid-19. Dia pun merasakan hal tersebut dan cara tersebut menumbuhkan semangat untuk memerangi virus yang sudah jadi pandemi di dunia.

"Alhamdulillah, bapak Presiden terima kasih atas dukungannya untuk menyelesaikan Covid-19, saya juga merasakan bahwa kemenkes, RSPAD dan semua tim bekerja dengan baik. Dan ini menjadi suatu semangat bagi kita semua untuk melawan Covid-19," kata Budi Karya.

Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PT LIB Ingin Kompetisi Dihentikan, PSSI Belum Ambil Keputusan

Posted: 05 May 2020 09:20 PM PDT

Jakarta- PSSI tak mau terburu-buru mengeluarkan keputusan mengenai nasib kompetisi Shopee Liga 1 2020. Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal (Sekjen) Yunus Nusi memastikan pihaknya memilih menunggu sikap dari pemerintah.

Keputusan itu tertuang dari surat yang dikeluarkan PSSI pada Senin (4/5/2020) dengan Nomor 187/LIB-COR/V/2020. Isinya mengenai Kelanjutan Kompetisi dan Subsidi Klub Liga 1 dan Liga 2 2020. Surat tersebut dikeluarkan sebagai balasan dari surat yang lebih dulu dikirimkan PT Liga Indonesia Baru (LIB) kepada PSSI.

Dalam suratnya, PT LIB satu di antaranya menginginkan agar kompetisi musim ini dihentikan. Namun, keinginan tersebut sepertinya bertepuk sebelah tangan.

"Mengenai kelanjutan pelaksanaan kompetisi Liga 1 dan Liga 2. PSSI tetap berpedoman kepada Peraturan Kesehatan dan Status Tanggap Darurat COVID-19 yang ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia," bunyi pernyataan PSSI.

Pemerintah Republik Indonesia memang menetapkan masa darurat bencana pandemi virus corona sampai 29 Mei 2020. Jika status tersebut dicabut, maka kompetisi berpeluang digelar lagi pada awal Juli 2020.

Sebaliknya, jika status darurat bencana diperpanjang maka PSSI berpeluang kembali menunda kompetisi. Adapun opsi lainnya adalah menghentikan secara total kompetisi Shopee Liga 1 2020 sesuai dengan anjuran dari PT LIB.

Beda Sikap

Sejumlah pemain perwakilan dari 18 klub peserta Shopee Liga 1 2020 menunjukan jersey tim saat launching Shopee Liga 1 di Hotel Fairmont, Jakarta, Senin (24/2). Sebanyak 18 klub pamerkan jersey untuk kompetisi Shopee Liga 1 2020. (Bola.com/Yoppy Renato)
Sejumlah pemain perwakilan dari 18 klub peserta Shopee Liga 1 2020 menunjukan jersey tim saat launching Shopee Liga 1 di Hotel Fairmont, Jakarta, Senin (24/2). Sebanyak 18 klub pamerkan jersey untuk kompetisi Shopee Liga 1 2020. (Bola.com/Yoppy Renato)

Keputusan tak ingin terburu-buru yang diambil PSSI terbilang wajar. Apalagi tren kasus positif di Indonesia saat ini menunjukkan tanda belum ada penurunan.

Mengacu pada data per Selasa (5/5/2020), terjadi sebanyak 12.071 kasus positif di Indonesia. Adanya pertambahan kasus positif corona setiap harinya diyakini bakal membuat Pemerintah Republik Indonesia memperpanjang masa darurat bencana.

Adapun beberapa negara Asia Tenggara sudah ada yang selesai bertempur melawan pandemi virus corona. Contohnya adalah Vietnam yang siap kembali menggelar V-League 2020 mulai 15 Mei ini.

Adapun Malaysia juga sudah menetapkan tanggal kembali kompetisi. Liga Malaysia akan kembali bergulir pada September 2020 dengan hanya mempertandingkan satu putaran.

Disadur dari Bola.com (penulis Zulfirdaur Harahap, Editor Hendry Wibowo, Published 6/5/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jenazah Ayah Nikita Willy Diberangkatkan ke Pemakaman

Posted: 05 May 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ayah Nikita Willy, Henry Willy Syam, meninggal dunia pada Rabu (6/5/2020). Sang ayah meninggal dunia di RS Siloam, Mampang.

Kabar duka tersebut disampaikan ibunda Nikita Willy, Yore Febrine saat dihubungi melalui sambungan telepon.

Dari penuturannya, diketahui bahwa ayah Nikita Willy meninggal dunia lantaran penyakit jantung.

"Iya benar, jadi meninggal dunia jam 05.19 WIB karena jantung di Rumah Sakit Siloam Mampang Jakarta," kata ibunda Nikita Willy.

 

Langsung

Nikita Willy. (Adrian Putra/Fimela.com)
Nikita Willy. (Adrian Putra/Fimela.com)

Yore Febrine juga menyampaikan bahwa jenazah suaminya akan langsung diberangkatkan ke Tempat Pemakaman Umum.

TPU Pondok Rangon

Nikita Willy. (Adrian Putra/Fimela.com)
Nikita Willy. (Adrian Putra/Fimela.com)

"Nggak dibawa ke rumah duka. Jenazahnya langsung dimakamkan di Pondok Rangon. Sekarang standarnya seperti itu," lanjutnya.

Dalam Perjalanan

Saat ini, jenazah sudah berada dalam perjalanan menuju TPU. Rencananya, jenazah akan langsung dimakamkan siang ini juga.

"Otw Makam, Mohon doa ya," kata ibunda Nikita Willy kepada Liputan6.com.

Negatif

Sementara itu, ibunda Nikita Willy menegaskan bahwa sang suami negatif Corona Covid-19.

"Kata dokter alhamdulillah covidnya negatif. Hasilnya sudah keluar. Cuma sekarang ini kita kan harus mengikuti standar dari pemerintah, ikuti prosedur pemerintah supaya semuanya bisa aman," tutupnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Budi Karya Sumadi: Saya Sudah Efektif Jadi Menhub Lagi

Posted: 05 May 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengikuti rapat virtual bersama dengan Komisi V DPR dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Rabu (6/5/2020).

Dalam pembukaan rapat tersebut, Menhub Budi menyampaikan bahwa dirinya telah efektif menjabat sebagai Menteri Perhubungan lagi meskipun masih melakukan pemulihan agar bisa sembuh total.

"Saya sudah efektif jadi Menhub lagi, sekarang dalam masa recovery, saya hanya berkegiatan 3 jam sehari," kata Menhub Budi.

Dirinya juga bilang meskipun tidak memantau secara langsung, namun dalam 2 pekan terakhir, Menhub Budi terus berkoordinasi dengan Menteri-menteri yang lain terkait peraturan-peraturan yang dikeluarkan.

"Saya sebagai pembantu Presiden, Gubernur, saya sudah memperhatikan apa-apa yang digariskan dalam 2 minggu ini meskipun saya tidak aktif," katanya.

Adapun sebelumnya, Menhub Budi sempat menceritakan pengalamannya berjuang melawan virus Corona. Ketika jatuh sakit, Budi Karya belum mengetahui bahwa ia terkena virus Corona. Ia berpikir hanya terkena tifoid (tifus) biasa. Dirinya bahkan tidak sadarkan diri selama 14 hari lama.

"Saya enggak tahu kalau saya kena Covid-19, dari data saya ini kena tifoid, dari laboratorium. Saat masuk RSPAD, dinyatakan di tengah kalau saya kena Covid-19, saya enggak sadar sampai 14 hari," ujar Budi Karya dalam konferensi pers virtual, Senin (26/4/2020).

Pulih dari Corona, Menhub Budi Karya Mulai Efektif Kerja 5 Mei 2020

Seorang pria menyaksikan Menhub Budi Karya Sumadi memberikan keterangan melalui live streaming setelah Rapat Terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo di Jakarta, Senin (27/4/2020). Budi Karya yang sudah sembuh dari covid-19 sedang menjalani isolasi mandiri di rumahnya. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Seorang pria menyaksikan Menhub Budi Karya Sumadi memberikan keterangan melalui live streaming setelah Rapat Terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo di Jakarta, Senin (27/4/2020). Budi Karya yang sudah sembuh dari covid-19 sedang menjalani isolasi mandiri di rumahnya. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dinyatakan sembuh dari virus Corona. Budi Karya bilang, dirinya masih harus melakukan kontrol kesehatan untuk pemulihan lebih lanjut.

Oleh karenanya, meskipun sudah bisa ikut Rapat Kabinet, Senin (27/4/2020) pagi, Budi Karya baru bisa bekerja seperti semula mulai 5 Mei 2020.

"Banyak yang tanya lewat mbak Adita (Juru Bicara Kemenhub), kapan bisa bekerja seperti sedia kala. Insya Allah tanggal 5 (Mei) nanti itu efektif. Saya perlu exercise dulu," kata Budi Karya dalam konferensi pers daring, Senin (27/4/2020).

Kesembuhan Budi juga dibenarkan oleh Wakil Kepala RSPAD Gatot Soebroto Brigadir Jenderal TNI dr. A. Budi Sulistya. Pihaknya bersama tim dokter merawat Budi Karya selama 17 hari, dari tanggal 13 Maret hingga 31 Maret 2020.

Saat ini, kondisi Budi Karya dinyatakan sudah sehat namun masih harus melakukan kontrol kesehatan agar kondisinya semakin pulih.

"Sampai saat ini, Pak Budi Karya sudah 2 kali pemeriksaan PCR Covid-19, hasilnya negatif. Jadi dari kriteria kesembuhan, beliau sudah negatif dan saat ini masih dalam tahap pemulihan yang berkaitan dengan latar belakang penyakit sebelumnya," kata Budi Sulistya.

Ikut Rapat 7 Kali

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (tengah) dan Menhub Budi Karya Sumadi mengikuti rapat kerja dengan Komisi V DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (28/1/2020). Rapat membahas evaluasi penanganan sarana dan prasarana transportasi perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (tengah) dan Menhub Budi Karya Sumadi mengikuti rapat kerja dengan Komisi V DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (28/1/2020). Rapat membahas evaluasi penanganan sarana dan prasarana transportasi perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Adapun,  Menhub Budi Karya juga sudah mengikuti rapat dengan jajarannya di Kementerian Perhubungan sebanyak 7 kali dan sudah mempelajari perkembangan terkini di sektor transportasi.

Namun, dirinya masih belum dapat tampil di depan wartawan saat ini. Dengan demikian, status Menteri Perhubungan masih dipegang oleh Luhut Binsar Pandjaitan (Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi) sebagai Menhub ad-interim.   

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: