Minggu, 09 Desember 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Terlena Lihat Proses Pembongkaran TKP Pembunuhan, Pria Ini Kehilangan Motor

Posted: 09 Dec 2018 10:54 PM PST

Patroli Indosiar, Lampung - Lantaran terlena menyaksikan proses pembongkaran TKP pembunuhan di Lampung Utara, seorang warga kehilangan sepeda motornya yang terparkir di areal perkebunan tebu.  

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Senin (10/12/2018), aksi pencurian sepeda motor terjadi di tengah kesibukan polisi yang melakukan proses pembongkaran kuburan korban, pada Minggu siang kemarin.

Pelaku memanfaatkan keramaian warga dan hiruk pikuk polisi. Sepeda motor yang dicuri adalah milik Yusuf (25), warga Ketapang, Kecamatan Bunga Mayang, Lampung Utara.  

Korban baru menyadari motornya hilang saat akan pulang usai polisi menuntaskan proses pembongkaran dan evakuasi korban.  (Karlina Sintia Dewi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tanpa Elemen Tim Persija, Teco Mengaku Bukan Apa-Apa

Posted: 09 Dec 2018 10:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sukses Persija Jakarta jadi kampiun Liga 1 2018 tak bisa dilepaskan dari sosok pelatih Stefano Cugurra. Pria yang akrab dipanggil Teco ini berhasil membawa Tim Macan Kemayoran menjadi klub yang disegani.

Tak heran, Teco pun didaulat menjadi Pelatih Terbaik Liga 1 2018. Teco mengungguli dua kandidat lainnya: Mario Gomez (Persib Bandung) dan Robert Rene Alberts (PSM Makassar).

Namun begitu, Teco ternyata sosok yang rendah hati. Pelatih asal Brasil ini menyebut, dirinya bukan apa-apa tanda adanya dukungan dari pemain, menajemen, suporter, serta semua pihak di Persija.

"Terima kasih kepada teman-teman telah memilih saya. Namun, kerja saya selama di Persija berhasil karena adanya kerja sama dengan para asisten pelatih, tim dokter, ofisial dan manajemen," ujar Teco, di situs resmi Persija.

Ditunjuk menangani Persija sejak 2017, Teco memang bisa dibilang sukses besar. Tahun ini, Tim Macan Kemayoran dibawanya meraih tiga trofi sekaligus.

Selain gelar Liga 1 2018, Persija sebelumnya juga memenangi ajang Boost Sports Super Fix 2018 di Malaysia dan Piala Presiden 2018.

Pujian Ismed

Pelatih terbaik Liga 1 2018 Stefano  Cugurra Teco. (Bola.com/Dody Iryawan/Adreanus Titus)

Tak heran, Teco pun jadi idola pemain Persija. Kapten Persija, Ismed Sofyan, menyebut mantan pelatih fisik Persebaya Surabaya inis sebagai figur pelatih yang tegas, disiplin, dan profesional.

"Pelatih tidak pernah melihat nama besar. Pemain akan diturunkan jika performanya bagus dalam latihan, bukan karena hal lain," ujar Ismed memuji.

 

Klasemen Akhir Liga 1

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Banyak Pejabat Korupsi karena Gaji Rendah, Ini Kata Wapres JK

Posted: 09 Dec 2018 10:46 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla menyoroti korupsi yang terjadi di Indonesia banyak melibatkan pejabat. Menurutnya, korupsi ini terjadi karena gaji rendah akibat pendapatan ekonomi negara yang tidak tumbuh.

"Memang ada suatu dilema ada yang mengatakan, ya bagaimana pejabat kita tidak korup karena gaji rendah. Gaji rendah karena pendapatan negara ekonomi kita tidak tumbuh dengan baik," ujar Wapres di Jakarta, Senin (10/12/2018).

Dia mengatakan, jika pertumbuhan penerimaan negara tinggi seperti Singapura dan Malaysia maka gaji pejabat juga tinggi. Namun jika gaji rendah, maka akan membuat pejabat mencari jalan lain untuk menambah pendapatan.

"Coba kalau kita tumbuh seperti singapura atau Malaysia, pasti gaji juga tinggi. Tapi, ada juga mengatakan karena tidak tinggi maka kita mau hidup layak harus mendapat pendapatan lain. Itulah semuanya menjadi suatu dilema yang kita harus hadapi. Dilema itu bisa diatasi di mana saja," jelas dia.

Sifat koruptif ini, kata Wapres JK, harus diatasi dengan integritas dan pendapatan tinggi. Pemerintah pun sebenarnya sudah mengeluarkan aturan agar tunjangan kinerja pegawai meningkat.

"Salah satu dilemanya secara bersamaan mengatasinya, ya integritas dan pendapatan tinggi. Karena itulah maka ada tunjangan kinerja. Tunjangan kinerja yang diputuskan oleh Pan-RB setelah mendapat persetujuan dari ketua apa namanya lupa saya. Setelah saya tandatangani maka mendapat kinerja," ungkap dia.

Meski demikian, penambahan gaji pegawai tentu akan berdampak pada biaya pemerintahan yang tinggi. Hal ini harus diimbangi dengan pendapatan negara berupa penerimaan pajak dan bea cukai yang tinggi.

"Itulah suatu penyelesaian dilema-dilema yang tentu akibatnya adalah biaya pemerintahan makin tinggi. Tapi biaya pemerintahan yang tinggi ini harus diatasi dengan pertumbuhan yang tinggi. Dan hanya dengan pertumbuhan yang tinggi mendapat pajak yang tinggi, bea cukai yang tinggi," jelasnya.

"Sehingga, pendapatan lainnya yang tinggi dapat membayar suatu tunjangan yang lebih baik dari sebelumnya. Sehingga alasan untuk korup karena kurang pendapatan bisa diatasi. Inilah suatu lingkaran yang patut kita perbaiki," tandasnya.

Kemenkeu Pastikan Gaji PNS Naik 5 Persen Mulai Januari 2019

Wapres Jusuf Kalla. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada 2019 bakal naik 5 persen. Kenaikan upah itu akan mulai diterapkan sejak bulan pertama, yakni pada Januari.

Hal itu dikuatkan lewat pernyataan Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Askolani, yang mengatakan pemerintah saat ini tengah mematangkan kebijakan ini dalam sebuah Peraturan Pemerintah (PP).

"Intinya disiapin Januari, Insya Allah. Kalau mulai Januari, kami mulai sama Menteri PANRB (Syafruddin) siapkan PP-nya," ungkap dia saat ditemui di Gedung Kementerian PPN/Bappenas, Jakarta, Jumat (7/12/2018).

Dia memperkirakan, Peraturan Pemerintah itu bakal keluar sekitar Februari atau Maret 2019. Meski dikeluarkan bukan pada bulan pertama, lanjutnya, gaji PNS bakal tetap dinaikan sejak Januari tahun depan.

"Itu biasanya terbit bulan 2 sampai bulan 3. Tapi kebijakan itu kan walau diterbitkan bulan 3 misalnya, itu biasanya berlaku sejak Januari. Sebab perhitungan mengenai kenaikan gaji itu sudah kita hitung sejak Januari," sambungnya.

Namun, Askolani menambahkan, kenaikan gaji belum akan langsung dirasakan para abdi negara pada bulan pertama, lantaran pembayarannya baru akan dirapel setelah aturan terbit.

"Tapi bayarnya kapan, nunggu PP itu jadi. Kalau PP itu jadi bulan 3, maka sejak bulan 1 sudah akan dihitung" tegas dia.

Lebih lanjut, ia pun menyatakan, kenaikan gaji PNS 5 persen ini juga akan turut berpengaruh terhadap gaji ke-13 dan upah Tunjangan Hari Raya. "Iya, dia biasanya akan jadi basis untuk gaji ke-13 dan THR," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Fakta Menarik Usai Persija Juara Liga 1

Posted: 09 Dec 2018 10:45 PM PST

Jakarta Persija Jakarta memastikan diri sebagai juara Liga 1 usai menang 2-1 atas Mitra Kukar, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Minggu (9/12/2018). 

Persija unggul dua gol lebih dulu melalui Marko Simic dari titik putih pada menit ke-17, dan 59. Kemudian, Mitra Kukar memperkecil ketertinggalan lewat bola hasil sontekan Aldino Herdianto (88').

Di sisi lain, PSM Makassar sejatinya juga tampil apik ketika meladeni PSMS Medan, di Stadion Andi Mattalatta, Makassar. Lima gol digelontorkan laskar Juku Eja ke gawang tim Ayam Kinantan.

Gol-gol itu ditorehkan Sandro (15', 50'), Marc Klok (17, 35'), dan Muhammad Rahmat (43'). Adapun PSMS memperkecil ketertinggalan lewat aksi Danie Pratama (90+6').

Akan tetapi, hasil itu tidak dapat membuat PSM merengkuh gelar juara Liga 1. Pasukan Robert Rene Alberts kalah perolehan poin dari Persija yang menang atas Mitra Kukar.

Hasil ini membuat Persija menempati peringkat pertama dengan torehan 62 angka di klasemen akhir. Mereka unggul satu angka dari PSM Makassar yang menempati urutan kedua. 

Pertandingan Persija melawan Mitra Kukar juga melahirkan setidaknya enam fakta menarik. Apa sajakah itu? Berikut ini adalah penjabarannya. 

Fakta-Fakta Menarik

  1. Ini merupakan kali pertama Persija juara di pentas Liga 1. Gelar tersebut merupakan trofi liga pertama untuk Persija Jakarta dalam kurun waktu 17 tahun terakhir.
  2. Akan tetapi, sepanjang sejarah, ini adalah gelar liga ke-11 Persija. Sebelumnya, tim Macan Kemayoran menjadi yang terbaik di liga Indonesia pada 1931, 1933, 1934, 1938, 1954, 1964, 1973, 1975, 1979, dan 2001.
  3. Sepanjang 2018, Stefano Cugurra Teco telah mengantarkan Persija menjuarai tiga trofi, yakni Boost Fix Super Cup di Malaysia, Piala Presiden, dan Liga 1.
  4. Gelar liga ini merupakan yang kedua kalinya bagi Bambang Pamungkas bersama Persija. Sosok 38 tahun itu sempat merengkuh kejayaan dengan tim Macan Kemayoran pada 2001.
  5. Mitra Kukar merupakan tim dengan jumlah laga imbang paling sedikit di Liga 1 2018. Dari 34 laga, pasukan Rahmad Darmawan meraih tiga kali imbang, 12 kemenangan, dan menelan 19 kekalahan.
  6. Torehan dua gol ke gawang Mitra Kukar saat ini, menggenapkan pundi-pundi gol Marko Simic ke gawang sang lawan menjadi lima gol sepanjang musim ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gagal Raih Gelar Individu bersama Persija, Marko Simic Santai

Posted: 09 Dec 2018 10:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Marko Simic tampil luar biasa saat Persija menaklukkan Mitra Kukar dengan skor 2-1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu (9/12/2018). Kemenangan itu membuat Persija menjadi kampiun Liga 1 2018.

Dua golnya ke gawang Mitra Kukar membuat Simic menjadi top scorer Persija menjadi 18 gol sepanjang Liga 1 2018. Namun, dia gagal menjadi top scorer Liga 1.

Simic kalah dari striker PS Tira, Aleksandar Rakic. Rakic yang tercatat melepaskan sepakan terbanyak di Liga 1, 42 kali, berhasil mencetak 21 gol.

Selain gagal menjadi top scorer, Simic juga tak masuk nominasi pemain terbaik. Kategori ini dimenangkan oleh rekan setim Simic di Persija, Rohit Chand.

Namun demikian, striker berusia 30 tahun tersebut santai. Sebab, Simic lebih senang melihat Macan Kemayoran menjadi kampiun Liga 1, setelah menunggu selama 17 tahun.

"Tidak apa-apa saya enggak dapat prestasi pribadi. Tapi ini semua memang berkat kerja sama tim. Yang paling penting Persija menang liga setelah 17 tahun. Perasaan ini sangat luar biasa," kata Simic.

Puji Jakmania

Suporter Persija Jakarta, The Jakmania, merayakan gelar juara usai mengalahkan Mitra Kukar pada laga Liga 1 di SUGBK, Jakarta, Minggu (9/12). Persija menang 2-1 atas Mitra. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Lebih lanjut, Simic menilai, keberhasilan Persija menjadi juara Liga 1 tak terlepas dari dukungan Jakmania. Pemain asal Kroasia itu takjub dengan loyalitas fans Persija.

Padahal, sepanjang musim ini, Persija lebih banyak bermain di luar Jakarta, seperti di Bantul, Bekasi, Bogor, hingga Tanggerang, tapi Jakmania tetap memberikan dukungan.

"Pertandingan di Bantul memotivasi saya untuk mencetak gol. Tapi saat main di Bali, dukungan sangat luar biasa. Saya senang sekali tampil di Bali."

"Dukungan Jakmania di sana besar sekali dan berpengaruh terhadap permainan saya. Jadi saya ucapkan terima kasih dan saya harap bisa bertemu lagi," ucap mantan pemain Melaka United itu.

 

Bertahan di Persija

Dengan kesuksesan meraih gelar Liga 1, Simic ingin bertahan lebih lama bersama Persija. Pemain asal Kroasia itu masih memiliki kontrak tersisa bersama Macan Kemayoran selama setahun.

"Persija ingin saya bertahan hingga tiga tahun lagi. Saya juga menginginkannya. Di Indonesia, sangat sulit buat saya pindah ke tim lain selain Persija," ujar Simic mengakhiri.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Billy Syahputra Tantang Kriss Hatta

Posted: 09 Dec 2018 10:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Billy Syahputra ikutan berseteru dengan Kriss Hatta karena cinta segitiganya dengan Hilda Vitria.

Baik Billy Syahputra mau pun Kriss Hatta, keduanya sama-sama menempuh jalur hukum untuk membuktikan kebenaran persepsi masing-masing.

Billy Syahputra merasa ranah hukum menjadi jalan yang tepat untuk melawan Kriss Hatta. Sejak perseteruannya bergulir, Billy Syahputra merasa sikap Kriss Hatta sudah sangat menjengkelkan.

"Billy selalu ditantang, yasudah kita hajar saja sekalian. Ayo kita tarung di mata hukum," ucap Billy Syahputra ditemui di kawasan Kapten Pierre Tendean, Jakarta Selatan, Senin (10/11/2018).

 

Membela

Kriss Hatta (Instagram/@krisshatta)

‎Billy Syahputra juga sudah muak melihat sikap Kriss Hatta yang gemar mencaci maki kekasihnya. Sebagai orang yang terskiti, Billy Syahputra ingin membela dirinya dan juga sang kekasih atas perlakuan Kriss Hatta selama ini.

"Gue membela kan wajar. Ada orang di samping gue dihujat, dihina, martabatnya diinjak-injak, dipermalukan sama orang yang benar-benar ada niat jahat. Di samping gue dihina dan dipermalukan sama sosok cowok yang modelnya kayak perempuan. Tapi gue tahu maksud dan tujuannya mungkin mau eksis, tinggal jalanin proses hukum yang berlaku saja," ujar Billy Syahputra.

 

Dokumen Palsu

Billy Saputra (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Dengan menempuh jalur hukum Billy Syahputra ingin memberikan efek jera kepada Kriss Hatta. Terlebih banyak kebohongan-kebohongan yang dibuat Kriss Hatta, salah satunya pembuatan dokumen palsu.

"Jadi disini gue pengin buat dia (Kriss Hatta) jera atas perilakunya. Karena dia terus menerus menggunakan dokumen palsu untuk melakukan kebohongan publik," kata Billy Syahputra.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perjuangan Supiah dan Stigma Orang Lokasi di Dusun Talangsari

Posted: 09 Dec 2018 10:37 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Supiah adalah seorang ibu rumah tangga di Dusun Talangsari III, Kabupaten Lampung Timur. Ia memiliki mimpi sederhana agar dusunnya tidak lagi mati. Peristiwa berdarah yang terjadi beberapa tahun silam pada Februari 1989 berdampak panjang hingga hampir tiga dekade untuk warganya.

"Saya ingin dusun saya tidak menjadi dusun mati. Dulu kegiatan apa pun tidak ada. Tujuh belasan saja tidak ada. Mau lihat apa-apa harus ke desa tetangga," tuturnya.

"Perayaan tujuh belas Agustus sudah meriah. Tidak seperti dulu. Tahun-tahun belakangan ini saya merasa merdeka," ujarnya.

Peristiwa Talangsari 1989 adalah insiden berdarah yang terjadi di antara kelompok Warsidi dengan aparat keamanan di Dusun Talangsari III, Desa Rajabasa Lama, Kecamatan Way Jepara, Kabupaten Lampung Timur (sebelumnya masuk Kabupaten Lampung Tengah). Peristiwa ini terjadi pada 7 Februari 1989.

Peristiwa kelam itu menyisakan luka dan trauma mendalam. "Orang-orang lokasi", begitu sebutan untuk para penyintas yang kembali tinggal ke tempat asal di Dusun Talangsari III--kini menjadi Dusun Subing Putra III--setelah sempat mengungsi.

Supiah menceritakan kondisi warga, "Ibu Rasemin itu traumanya sampai sekarang. Sangat tertutup. Kalau ada acara dia sama sekali tidak mau datang. Anaknya meninggal, tidak tahu di mana dikuburkannya."

Selain trauma, stigma dan diskriminasi terhadap "orang-orang lokasi" juga berujung pada eksklusi sosial. Mereka tidak diterima masyarakat dan kemudian membuat mereka tidak dapat menikmati fasilitas dan layanan publik seperti umumnya.

"Tahun 2005 saya punya anak, laki-laki masih kecil. Ketika itu ada imunisasi polio. Lantas ada teman yang cerita, 'Kenapa semuanya diminta ke sana kok saya enggak? Katanya orang lokasi tidak boleh diajak'. Sudah seperti anak tiri," kenang Supiah.

Sejak 2016, Supiah memutuskan tidak tinggal diam melihat kondisi dusunnya dengan relasi sosial yang rusak akibat peristiwa masa lalu. Ia giat mengumpulkan kelompok ibu-ibu dan membentuk kelompok untuk memberdayakan ekonomi mereka.

Meski demikian, upayanya juga tidak serta-merta mudah dan lancar. Penolakan demi penolakan juga ia kerap terima. Namun, kegigihan membuahkan hasil.

"Ibu Rasemin itu saya rayu terus. Saya ajak kegiatan, saya jemput dengan motor. Saya ajak pengajian, masak bareng-bareng untuk acara tahlilan dan pengajian. Sekarang dia mau bersatu dan berbaur dengan ibu-ibu yang lain semua," terang Supiah dengan bangga menceritakan perubahan kondisi di dusunnya.

 

Memberdayakan Ibu-Ibu

Supiah mengajak "orang lokasi" untuk datang di kegiatan pengajian hingga Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) agar terdapat ruang interaksi dan bersosialisasi dengan masyarakat. Melalui ruang dan forum-forum inilah, stigma dan diskriminasi yang melekat perlahan luntur. Relasi sosial kembali terjalin.

Untuk memberdayakan ibu-ibu, Supiah juga rajin mengajak kelompoknya untuk berpartisipasi dalam kegiatan bazar, memasak apa yang ada di desa dan bisa diolah.

"Potensi yang ada di desa kami seperti singkong, pisang, talas. Ya itu yang kita masak dan olah. Tidak perlu cari ke dusun lain. Hasilnya dijual di kegiatan bazar. Saya ajak ibu-ibu untuk masak buat keripik singkong, talas, dan berbagai penganan lain," ungkapnya.

Supiah juga memiliki mimpi yang lebih besar yang sedang ia upayakan. Membangun koperasi adalah cita-citanya agar ibu-ibu dapat menabung dari keuntungan hasil penjualan olahan dan mengakses bantuan pinjaman.

Senam kesehatan juga dilihat Supiah sebagai salah satu kegiatan yang dapat membangun keakraban masyarakat sekaligus perlahan menyembuhkan luka para penyintas. Kegiatan ini baru akan ia rintis. Ide, inovasi, serta semangat seakan tanpa henti menghampiri sosok perempuan dengan dua cucu ini.

"Saya ingin dusun saya lebih maju dari dusun-dusun lainnya agar tidak ketinggalan dengan yang lainnya," kata Supiah.

Supiah adalah satu dari ribuan sosok Pandu Inklusi Nusantara (PINTAR) di seluruh Indonesia yang berjuang untuk inklusi sosial bagi kelompok marginal dan terpinggirkan. Momentum perayaan kemerdekaan Indonesia menjadi bukti Dusun Talangsari tak lagi mati. Tidak perlu lagi main ke dusun tetangga itu melihat hajatan tahunan yang meriah.

"Sekarang sudah ada acara sendiri. Anak-anak bisa ramai, bahagia, tertawa, ikut lomba-lomba. Ibu-ibunya juga ikut bergabung. Tarik tambang, tanding masak antar RT, macam-macam," cerita Supiah.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rohit Chand: Gelar Pemain Terbaik Liga 1 Hanya Bonus

Posted: 09 Dec 2018 10:35 PM PST

Jakarta - Gelandang Persija Jakarta, Rohit Chand, terpilih menjadi pemain terbaik Liga 1 2018. Namun, ia menganggap penghargaan individu yang diraihnya hanya bonus dari keberhasilannya membawa Macan Kemayoran juara.

Persija menjadi juara Liga 1 2018 setelah memastikan kemenangan 2-1 atas Mitra Kukar ketika bertanding di laga pekan terakhir di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (9/12/2018). Dua gol yang dicetak Marko Simic membawa Persija mengakhiri penantian panjang selama 17 tahun untuk menjadi juara liga.

"Sekarang saya merasa senang. Kami memenangi kompetisi, jadi saya senang karena raihan klub ini. Trofi ini (pemain terbaik) hanya bonus ekstra untuk saya. Tentu saya ingin mendedikasikannya untuk semua pemain bagus yang ada di Indonesia," ujar Rohit Chand.

Bicara soal perasaannya setelah diumumkan menjadi pemain terbaik Liga 1 2018, Rohit menegaskan dirinya memang tidak berharap menjadi yang terbaik meski tahu sudah dinominasikan. Hanya mencetak tiga gol dan dua assist sepanjang Liga 1 2018 membuatnya tak menyangka bisa menjadi yang terbaik.

"Saya merupakan pemain yang mementingkan tim. Saya bukan pemain yang suka bermain individual, jadi saya tidak menyangka bisa mendapatkan trofi ini," ucapnya.

"Jika melihat statistik saya, tentu bisa dilihat saya tidak mencetak banyak gol, dan assist pun tidak banyak. Saya benar-benar tidak menyangka, tapi karena saya sudah mendapatkannya tentu saya senang," ujar gelandang serbabisa milik Persija Jakarta itu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 BUMN Sinergi Bangun Hunian di 3 Stasiun KRL

Posted: 09 Dec 2018 10:32 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Upaya mendukung Program Sejuta Rumah yang dicanangkan pemerintah, PT Kereta Api Indonesia (Persero) beserta 3 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) saling bersinergi meresmikan kawasan hunian yang terintegrasi dengan akses transportasi (Transit Oriented Development/TOD), yakni dalam bentuk stasiun KRL Jabodetabek.
 
Hunian ini akan berbentuk Rumah Susun Sederhana Milik (Rusunami) dan Apartemen Sederhana Milik (Hanami) yang tersedia di 3 stasiun di Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang, antara lain Stasiun Rawa Buntu, Jurangmangu dan Cisauk.
 

 
Sinergitas ini salah satunya diamanatkan kepada Perumnas untuk mengembangkan hunian di Stasiun Rawa Buntu. Selain itu, ada juga PT Hutama Karya (Persero) di Stasiun Jurangmangu, serta PT Adhi Karya (Persero) Tbk di Stasiun Cisauk. 
 
Acara ground breaking dilakukan serentak di tiga stasiun tersebut. Sementara acara puncak dilaksanakan di Stasiun Rawa Buntu, Tangerang Selatan, dan turut dihadiri Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, serta Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany.
 
Dalam sambutannya, Menhub mengatakan, kehadiran hunian integrasi di 3 stasiun ini dapat menjadi solusi bagi kemacetan lalu lintas di area Jabodetabek akibat pergerakan komuter para tenaga kerja.
 
"Kita tahu Jakarta macet. Banyak sekali kendaraan lalu lalang di Jakarta. Itu membuat pergerakan harian di Jabodetabek 47,5 juta perjalanannya tiap hari," ungkap dia di Stasiun Rawa Buntu, Tangerang Selatan, Senin (10/12/2018).
 
Dia juga mengutip, berdasarkan perhitungan Bappenas, terdapat kerugian sebanyak Rp 67,5 triliun selama satu tahun atas kesemrawutan lalu lintas ini. "di Jabodetabek bahkan sampai Rp 100 triliun (per tahun)," tambah dia.
 
 
Ilustrasi TOD. (Liputan6.com)
Sementara itu, Direktur Korporasi dan Pengembangan Bisnis Perumnas Galih Prahananto menyampaikan, tujuan utama dibangunnya hunian terintegrasi dengan stasiun ini untuk mempermudah pekerja untuk berangkat dari dan ke tempat kerjanya dalam waktu relatif yang lebih singkat.
 
"Sebagai contoh, dari Tanah Abang ke sini (Stasiun Rawa Buntu) membutuhkan waktu kurang dari 30 menit," ucap dia.
 
Galih pun menginformasikan, rencananya akan dibangun sekitar 11 ribu unit hunian di 3 lokasi tersebut. Secara target, Rusunami dan Hanami di Stasiun Rawa Buntu rampung 2020. Sedangkan untuk di Stasiun Cisauk selesai 2021, dan di Stasiun Jurangmangu pada 2022.
 
Lebih lanjut, Galih meneruskan, masyarakat pembeli hunian di 3 stasiun ini juga nantinya akan dipermudah mendapat akses transportasi selain KRL.
 
"Transportasi umum seperti angkot sudah jadi pemandangan keseharian sehingga menimbulkan kemacetan. Angkot dan taksi online akan kami arahkan masuk ke dalam, sehingga bisa ada kenaikan penumpang di area drop off," ujar dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Frustasi, Pria di Asahan Bakar 6 Mobil Warga dengan Bensin

Posted: 09 Dec 2018 10:31 PM PST

Patroli Indosiar, Asahan - Seorang pria di Asahan, Sumatera Utara membakar enam mobil dan satu warung milik warga. Pelaku mengaku frustasi.  

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Senin (10/12/2018), polisi berhasil menangkap pelaku bernama Fredi.

Pelaku membakar mobil warga yang terparkir di garasi dengan menggunakan kayu dan bensin.

Dia mengaku membakar kendaraan sejumlah warga lantaran frustrasi menghadapi masalah keluarga. (Karlina Sintia Dewi)     

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Suporter River Plate Rayakan Gelar Juara Copa Libertadores

Posted: 09 Dec 2018 10:31 PM PST

Suporter River Plate membakar flare saat merayakan gelar juara Copa Libertadores di Obelisk, Buenos Aires, Argentina, Minggu (9/12). River Plate merebut gelar juara Copa Libertadores usai menaklukkan Boca Juniors. (AP Photo/Gustavo Garello)

Suporter River Plate membakar flare saat merayakan gelar juara Copa Libertadores di Obelisk, Buenos Aires, Argentina, Minggu (9/12). River Plate merebut gelar juara Copa Libertadores usai menaklukkan Boca Juniors. (AP Photo/Gustavo Garello)

Suporter River Plate mengibarkan bendera saat merayakan gelar juara Copa Libertadores di Obelisk, Buenos Aires, Argentina, Minggu (9/12). River Plate merebut gelar juara Copa Libertadores usai menaklukkan Boca Juniors. (AP Photo/Gustavo Garello)

Suporter River Plate mengibarkan bendera saat merayakan gelar juara Copa Libertadores di Obelisk, Buenos Aires, Argentina, Minggu (9/12). River Plate merebut gelar juara Copa Libertadores usai menaklukkan Boca Juniors. (AP Photo/Gustavo Garello)

Euforia Suporter River Plate saat merayakan gelar juara Copa Libertadores di Obelisk, Buenos Aires, Argentina, Minggu (9/12). River Plate merebut gelar juara Copa Libertadores usai menaklukkan Boca Juniors dengan skor 3-1. (AP Photo/Gustavo Garello)

Euforia Suporter River Plate saat merayakan gelar juara Copa Libertadores di Obelisk, Buenos Aires, Argentina, Minggu (9/12). River Plate merebut gelar juara Copa Libertadores usai menaklukkan Boca Juniors dengan skor 3-1. (AP Photo/Gustavo Garello)

Suporter River Plate berciuman saat merayakan gelar juara Copa Libertadores di Obelisk, Buenos Aires, Argentina, Minggu (9/12). River Plate merebut gelar juara Copa Libertadores usai menaklukkan Boca Juniors dengan skor 3-1. (AP Photo/Gustavo Garello)

Suporter River Plate berciuman saat merayakan gelar juara Copa Libertadores di Obelisk, Buenos Aires, Argentina, Minggu (9/12). River Plate merebut gelar juara Copa Libertadores usai menaklukkan Boca Juniors dengan skor 3-1. (AP Photo/Gustavo Garello)

Euforia Suporter River Plate saat merayakan gelar juara Copa Libertadores di Obelisk, Buenos Aires, Argentina, Minggu (9/12). River Plate merebut gelar juara Copa Libertadores usai menaklukkan Boca Juniors dengan skor 3-1. (AP Photo/Gustavo Garello)

Euforia Suporter River Plate saat merayakan gelar juara Copa Libertadores di Obelisk, Buenos Aires, Argentina, Minggu (9/12). River Plate merebut gelar juara Copa Libertadores usai menaklukkan Boca Juniors dengan skor 3-1. (AP Photo/Gustavo Garello)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keluarga Lindswell Kwok Tak Hadiri Pernikahan, Adik Achmad Hulaefi Beri Penjelasan

Posted: 09 Dec 2018 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan atlet wusuh Tanah Air, Lindswell Kwok dan Achmad Hulaefi, menggelar resepsi pernikahan di Ayana Mid Plaza, Jakarta Pusat, Minggu (9/12/2018). Resepsi berlangsung dengan bahagia.

Meski begitu, pihak keluarga Lindswell Kwok rupanya tak menghadiri resepsi pernikahan keduanya. Hal ini tentu membuat publik bertanya-tanya. Adik Achmad Hulaefi, Anggia, pun memberi penjelasan.

Sebenarnya, keluarga Lindswell sudah diminta untuk datang atau diundang. Sebab, dalam sebuah pernikahan, kehadiran keluarga adalah hal yang penting.

"Kita sudah berusaha untuk mengkontak keluarganya Lindswell. Mungkin berhalangan saja," ujarnya kepada awak media, Ayana Mid Plaza, Minggu (9/12/2018).

Dicecar

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Imam Nahrawi hadiri resepsi pernikahan Lindswell Kwok dan Achmad Hulaefi. (dok. Instagram @nahrawi_imam/https://www.instagram.com/p/BrK2gl6lVMA/Asnida Riani)

Saat ditanya lebih lanjut apakah tak ada perwakilan keluarga sama sekali dari pihak Lindswell Kwok, adik Achmad Hulaefi ini seolah menghindar.

"Oh enggak tahu karena aku mingle juga, kan," ungkapnya sebelum berlalu dari kerumunan wartawan.

Restu

Lindswell Kwok dan Achmad Hulaefi dalam jepretan kamera Diera Bachir. (dok. Instagram @dierabachir_photography/https://www.instagram.com/p/BrJxANmAsqc/Dinny Mutiah)

Sebelumnya, diketahui bahwa hubungan Lindswell Kwok dan Achmad Hulaefi belum mendapat restu dari pihak keluarga perempuan. Tampaknya hal ini yang jadi penyebab keluarga Lindswell tak datang di resepsi pernikahan. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kalibrr Ungkap 8 Rahasia Sukses Para Bos di Indonesia

Posted: 09 Dec 2018 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Platform rekrutmen berbasis artificial intelligence (AI/kecerdasan buatan), Kalibrr, menghimpun lebih dari 3.000 profesional Indonesia di posisi vice president ke atas untuk mencari tahu bagaimana perjalanan karir mereka sampai pada kesuksesan saat ini.

Hasilnya, studi ini diklaim bisa menjadi panduan strategi bagi kamu, khususnya generasi milenial, dalam meniti karir ke depannya.

Lebih jelasnya, berikut 8 (delapan) rahasia sukses para bos di Indonesia menurut studi yang dilakukan Kalibrr.

1. 93 persen pemimpin yang sukses setuju bahwa mereka adalah orang yang bekerja sesuai dengan passion-nya. Sudahkah kamu menemukan pekerjaan yang sesuai dengan passion?

2. Cintailah pekerjaanmu. 91 persen pemimpin mengatakan mereka mencintai pekerjaannya dan itu menjadi motivasi untuk mereka berhasil mencapai karir impiannya.

3. Kepribadian yang extrovert, introvert, atau ambivert tidak menentukan kualitas kepemimpinan seseorang. Data mengatakan bahwa tidak ada kepribadian yang dominan sebagai pemimpin perusahaan di Indonesia.

Mempunyai Panutan

ilustrasi Foto Wanita Karir (iStockphoto)

4. 54 persen pemimpin memimpikan pekerjaannya saat ini sejak masih di bangku sekolah. 

5. 74 persen pemimpin di kantor mempunyai sosok pemimpin yang menjadi panutannya juga.

6. 50 persen pemimpin masih punya jam tidur yang normal (6 - 8 jam). Katanya, supaya kesehatan tetap terjaga dan dapat bekerja dengan maksimal.

 

Work-Life Balance

ilustrasi Foto Wanita Karir (iStockphoto)

7. Pemimpin milenial juga memilki work-life balance yang baik. Terbukti sebanyak lebih dari 50 persen responden mengaku bermain gim online.

8. Terakhir, Indonesian Leaders ini tidak pernah berhenti untuk mengejar kesuksesan. Sifat ini yang menurut mereka sangat mempengaruhi pencapaian target.

45 persen dari mereka setuju bahwa tanpa ketekunan dan keteguhan dalam menyelesaikan proses, orang-orang hanya akan menjadi calon pemimpin dan terus bermimpi memiliki posisi teratas.

Dalam acara bulanan Kalibrr, Scale Up Your Career, Martha Swissanto, mantan HR Director di Hutchison 3 yang sekarang berprofesi sebagai konsultan HR independen mengatakan, "Setiap orang harus memiliki jangkar yang menjadi guidance dalam perjalanan karir dan kehidupannya. Meskipun badai datang, tetapi saat kita memiliki jangkar yang kuat, maka tujuan kita akan tetap tercapai."

Oleh karena itu, penetapan tujuan dan cita-cita merupakan urgensi dalam kesuksesan.

(Isk/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Penampakan Asap Tebal Erupsi Gunung Manam

Posted: 09 Dec 2018 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Gunung Manam erupsi dan mengeluaran kepulan asap tebal. Gunung manam adalah salah satu gunung berapi aktif di Papua Nugini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Fakta tentang Penundaan Konvoi Kemenangan Persija

Posted: 09 Dec 2018 10:27 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Persija merebut gelar juara liga 1 setelah melumat Mitra Kukar di Stadion Gelora Bung Karno, Minggu 9 Desember 2018. Striker Marko Simic menjadi penentu kemenangan Persija atas raihan dua golnya. Sementara satu gol balasan dicetak Aldino Herdianto untuk Mitra Kukar.

Pertandingan terakhir tersebut mengantarkan Persija di posisi teratas klasemen Liga 1 2018 dengan raihan 62 poin dari 34 pertandingan. Macan Kemayoran hanya unggul satu angka dari PSM Makasar yang membuntuti di posisi ke dua.

Dengan hasil ini, Persija berhasil menuntaskan dahaga gelar yang telah berlangsung selama 17 tahun. Sedangkan untuk Mitra Kukar, hasil ini membuat mereka turun kasta bersama dua tim lainnya ke Liga 2.

Setelah meraih gelar juara, Persija berencana untuk melakukan konvoi sebagai bentuk perayaan kemenangan. Namun, perencanaan konvoi ini mengalami kendala hingga akhirnya ditunda sampai pekan depan.

Berikut ini, 3 hal soal penundaan konvoi Persija yang dihimpun Liputan6.com:

 

 

1. Masih Ada Pertandingan

Suporter Persija Jakarta, The Jakmania, bergembira saat merayakan pesta juara Liga 1 di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (9/12). Persija unggul satu poin dari PSM Makassar di puncak klasemen. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Keberhasilan Persija meraih gelar juara liga 1 2018 bukan berarti tugasnya pada musim ini telah rampung. Macan Kemayoran harus menjalani babak 64 besar Piala Indonesia pada Rabu, 12 Desember 2018 melawan Bogor FC di Stadion Kapten 1 Wajan Dipta, Gianyar, Bali.

Oleh karena itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, energi dan euforia kemenangan, lebih baik digunakan untuk persiapan menghadapi laga tersebut.

"Daripada (energi) untuk bersenang-senang dalam acara perayaan. Kami siap saja, bahkan tadi malam Persija mengusulkan tadi malam," ucap Anies di Balai Kota Jakarta, Senin (10/12/2018).

 

2. Belum Ajukan Izin ke Polisi

Suporter Persija Jakarta, The Jakmania, menyalakan flare saat merayakan pesta juara Liga 1 di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (9/12). Persija unggul satu poin dari PSM Makassar di puncak klasemen. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf menandaskan, pihaknya belum menerima informasi terkait permohonan penyelenggaran konvoi tersebut. Polda pun belum bisa melakukan tindakan pengamanan jika pihak Persija tidak melayangkan permohonan konvoi.

"Informasi yang saya terima belum jadi. Sejauh ini belum ada juga keterangan permohonan (konvoi Persija) diterima kami," ujar Yusuf saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta, Senin (10/12/2018).

Pengamanan, lanjut dia, akan dipetakan sesuai dengan rute yang nantinya diajukan melalui permohonan resmi dari pihak Persija. Hal ini terkait dengan penyebaran personel yang akan diturunkan.

Selain itu, pengalihan arus akan menjadi perhatian pihak keamanan. Jika nantinya sejumlah jalan dinilai rawan lonjakan volume kendaraan dan akan berdampak kemacetan, rekayasa lalu lintas akan dilakukan.

 

3. Diundur Sabtu Depan

Suporter Persija Jakarta, The Jakmania, melompat berenang saat merayakan pesta juara Liga 1 di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (9/12). Persija unggul satu poin dari PSM Makassar di puncak klasemen. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, konvoi kemenangan Persija kemungkinan besar dilaksanakan pada Sabtu, 15 Desember 2018.

"Info terakhir tadi pagi rencananya hari Sabtu, nanti biar dipastikan. Insyaallah siang nanti sudah ada kepastian," kata Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (10/12/2018).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menyatakan, pembatalan tersebut bersamaan dengan adanya pertandingan Persija pada Rabu, 12 Desember 2018 di Bali. Sehingga, akan lebih bermanfaat ketika energi tersebut dapat digunakan untuk persiapan pertandingan tersebut.

"Daripada (energi) untuk bersenang-senang dalam acara perayaan. Kami siap saja, bahkan tadi malam Persija mengusulkan tadi malam," ucap Anies.

Hasil akhir pertandingan Persija dan Mitra Kukar, kata Anies, merupakan bentuk kemenangan bersama. Karena hal itu, dia mengapresiasi semua pihak yang sudah berpartisipasi. (Rifqi Aufal Sutisna)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dirut Akan Laporkan Vandalisme Transjakarta ke Polisi

Posted: 09 Dec 2018 10:26 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Aksi vandalisme kembali terjadi usai pertandingan Persija dengan Mitra Kukar. Transjakarta dicoret-coret dengan tulisan 'JKT DAY' ketika perayaan kemenangan Persija.

Direktur Utama Transjakarta Agung Wicaksono menyatakan, aksi tersebut terjadi ketika Transjakarta melintas dari Bundaran Hotel Indonesia menuju Blok M.

"Keberhasilan Persija menjuarai Liga 1 tercoreng karena aksi vandalisme bus TransJakarta yang dilakukan oleh oknum yang mencoret-coret bus Transjakarta," kata Agung dalam keterangannya, Senin (10/12/2018).

Dia menyatakan dalam waktu dekat pihaknya akan melaporkan peristiwa tersebut ke kepolisian. Menurut Agung, keterangan saksi dan rekaman kamera tersembunyi atau CCTV dapat dijadikan sebagai barang bukti.

Sehingga pelaku dapat ditindak tegas atas perbuatannya. "Karena merusak fasilitas umum yang seharusnya dijaga dan milik bersama," ucap Agung.

Kendati begitu, Agung belum mengonfirmasi siapa pelaku dan kapan laporan ke pihak berwajib dilakukan. Kejadian vandalisme sebelumnya juga terjadi di kereta Moda Raya Terpadu (MRT) di Depo Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Diduga Ada WNA

Bus Transjakarta melintas di kawasan Sudirman, Jakarta, Rabu (11/7). Pemprov DKI menyiapkan 1.500 bus Transjakarta untuk mendukung mobilitas warga, atlet, offisial, hingga jurnalis peliput pertandingan Asian Games di Jakarta. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Polisi menduga pelakunya ada warga negara asing. Polres Jakarta Selatan bekerja sama dengan interpol untuk mengungkap kasus tersebut. Hingga saat ini, belum ada tersangka yang ditetapkan.

Tak hanya itu, dua rangkaian gerbong Kereta Bandara Soekarno Hatta pun juga dicoret oleh orang tak bertanggungjawab, pada Rabu 10 Oktober 2018.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Mengikat Rambut Simpel tapi Cantik, Mudah Dipraktikkan di Rumah

Posted: 09 Dec 2018 10:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Rambut merupakan salah satu bagian yang dilihat pertama oleh orang lain selain wajah, sehingga banyak yang merawat rambutnya agar selalu tampil maksimal terutama wanita. Nggak heran kaum hawa rela berlama-lama di salon demi mendpaatkan rambut yang indah dan menawan.

Sebagai mahkota bagi wanita, rambut selalu menjadi hal yang paling utama. Tentu wanita ingin mempunyai rambut indah dan rapi di setiap kesempatan. Setiap wanita pasti ingin memiliki penampilan yang cantik agar menarik perhatian banyak orang. Salah satu cara untuk menjadikan kamu terlihat cantik, dan menarik adalah dengan menata gaya rambut. Salah satu yang paling mudah adalah dengan mengikatnya. Mengikat rambut ke belakang atau biasa disebut dengan ponytail adalah ikat rambut yang paling mudah, dan banyak dipakai.

Hanya dengan mengambil semua rambut kemudian diikat dengan ikat rambut, dalam sekejap rambut sudah tertata. Namun cara mengikat rambut seperti itu kurang menarik dan terlalu biasa. Sebenarnya ada banyak sekali cara dalam mengikat rambut yang lebih bisa membuat penampilan beda.

Berikut cara mengikat rambut simple tapi cantik yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (10/12/2018).

1. Cepol

Ilustrasi rambut cepol.

Cara mengikat rambut yang pertama adalah cepol. Untuk mendapatkan gaya rambut ini yang mirip dengan model rambut Jepang, cara yang harus dilakukan sangat mudah.

Cara mengikat rambut dengan gaya cepol:

Langkah pertama pastinya siapkan dulu alat-alatnya. Seperti sisir, ikat rambut, boby pin (jepit hitam kecil, dan tipis), dan jika perlu menggunakan alat untuk 'melipat' rambut praktis.

Sisir rambut dengan benar. Maksudnya, supaya tidak ada rambut yang kusut dan kurang rapi ketika diikat.

Ambil semua rambut kemudian tarik sampai tinggi, tidak perlu terlalu ada di atas kepala kecuali kamu mau seperti itu. Pastikan benar-benar semua rambut ada dalam genggaman.

Pelintir rambut yang ada dalam genggaman itu sampai bawah atau sampai mendekati ujung rambut kemudian putar di atas kepala sampai membentuk bulat. Bagian ujung rambutnya sembunyikan di antara cepol dan jepit dengan bobby pin sampai benar-benar menempel, dan kuat.

Cara lain selain 'menempelkan' cepolan dengan bobby pin adalah dengan mengikat cepolan tersebut dengan karet atau ikat rambut. Gunakan bobby pin di bagian bawah cepol supaya lebih rapi.

2. Kepang Perancis

Rambut panjangmu akan terlihat cantik bila mencoba kepang model ini.

Cara mengikat rambut kedua adalah kepang Perancis. Tahu bagaimana kepang Perancis itu? Kepang Perancis sama dengan kepang biasanya tapi kepangannya menempel ke rambut dan biasanya dilakukan dari pangkal sampai ujung rambut. Cara mengikat rambut ini tidak bisa dilakukan semua wanita karena caranya yang berbeda dari kepang biasa.

Cara mengikat rambut ala kepang Perancis:

Ambil sedikit rambut yang ada di atas kemudian bagi atau pisahkan jadi tiga bagian yang kecil.

Samakan ukurannya.Kepang rambut itu dengan cara biasa.

Pegang kepangannya sambil ambil rambut lainnya yang ada di bagian bawah kepangan. Kemudian satukan rambut baru yang diambil tadi dengan kepangan pertama, dan kepang lagi.

Lakukan hal ini berulang kali sampai bagian bawah rambut (dekat leher belakang), dan sisanya kepang sampai ujung rambut. Ikat ujung kepangan dengan karet atau ikat rambut.

Dengan menggunakan tatanan rambut ini maka kamu lebih leluasa bergerak. Cepol atau bun adalah mengikat rambut di bagian atas kepala kemudian dibuat membulat. Gaya rambut ini bisa dilakukan oleh siapa saja, dan kapan saja.

3. Kuncir Rambut Lilit

Rambut dililitkan menutupi karet rambut. (Instagram/cintalaurakiehl)

Cara mengikat rambut ini adalah pembaruan dari kuncir kuda yang membuat cara blow rambut sendiri juga bisa membuat penampilan kamu bisa terkesan elegan juga manis. Caranya mudah dan hasilnya juga cantik.

Cara mengikat rambut gaya kuncir rambut lilit:

Ikat rambutmu dengan karet atau ikat rambut, dan simpan di belakang leher, jangan diangkat di kepala.

Sisakan rambut yang ada di samping kiri, dan kanan. Pastikan rambutnya sama banyak.

Bagi menjadi tiga rambut yang ada di samping kanan, dan kiri tersebut.

Ambil rambut yang ada di sebelah kiri, salah satu bagiannya saja dan pilin. Kemudian lilitkan ke karet yang sudah mengikat rambut sehingga karet benar-benar tertutup oleh rambut.

Ambil bagian lainnya, pilin, dan lilitkan satu per satu ke kuncir rambut sampai habis.

4. Kuncir Rambut Panjang

rambut kuncir ala ekor kuda (foto: shutterstock)

Cara mengikat rambut selanjutnya adalah kuncir rambut panjang. Cara mengikat rambut ini bisa membuat rambutmu terlihat lebih panjang.

Cara mengikat rambut dengan gaya kuncir rambut panjang:

Ambil setengah bagian rambut yang ada di atas kemudian ikat sesuai dengan ketinggian yang kamu inginkan.

Ikat juga sisa rambut yang belum diambil. Pastikan rambut bagian atas yang diikat menutupi ikatan yang ada di bawah agar tidak terlihat bahwa kamu sedang melakukan 'manipulasi'.

Dengan melakukan cara ini rambutmu menjadi lebih panjang, dan tebal.

5. Twisted Hair untuk Rambut Pendek

Gaya ponytail ala Prilly Latuconsina ini keren banget. Prilly menyisakan sedikit rambut di bagian samping kanan dan kirinya. Selain itu, Prilly membuat rambutnya yang dikuncir itu dengan bergelombang. (Instagram/prillylatuconsina96)

Cara mengikat rambut dengan twisted hair. Rambut pendek juga bisa dibuat cantik dengan berbagai cara. Inilah salah satu cara model rambut wanita sebahu yang paling mudah, dan tidak menguras waktu.

Cara mengikat rambut dengan gaya twisted:

Sisir rambutmu, akan lebih baik jika mengeritingnya.

Ambilah rambut yang ada di sisi kepala. Putar rambut itu kemudian satukan pada bagian tengah kepala.

Tahan dengan jepit rambut atau ikat dengan karet rambut.

Selain untuk yang berambut pendek, kamu yang memiliki rambut panjang juga bisa memakai gaya ini. Gaya rambut cepol akan membuat penampilan lebih rapi. Selain untuk mempercantik, gaya rambut ini juga bisa menjadi siasatmu dalam menyembunyikan rambut yang sedang rusak atau ada dalam keadaan bad hair day makanya populer, dan banyak disukai.

6. Kepang Cepol

Ilustrasi Foto Rambut Kepang (iStockphoto)

Cara mengikat rambut selanjutnya dengan gaya kepang cepol. Ini adalah gaya rambut cepol samping yang dikombinasikan dengan kepangan. Model rambut wanita Korea yang dikenal pada penampilan jadi bisa terlihat seperti yang ada di drama Korea.

Cara mengikat rambut gaya kepang cepol:

Sisir rambutmu dengan agak menyamping kemudian kepang dari bawah.

Ikat ujung dari kepangannya menggunakan karet Jepang.

Gulung rambut lewat bawah sampai habis, dan cepolan ada di bawah telinga. Tahan dengan bobby pin sampai rapi, dan kuat.

Gaya rambut sederhana ini bisa kamu gunakan untuk acara santai maupun pesta sebagai pemanis gaun. Gaya rambut ini sangat cocok kamu pakai pada acara yang semi formal.

Cara Mengikat Rambut Tanpa Ikat Rambut

Ilustrasi rambut cepol

1. Cara Mengikat Rambut Panjang Tanpa Ikat Rambut

Jika kamu memiliki rambut yang panjangnya sepunggung, maka mengikat rambut tanpa ikat rambut pun semakin mudah. Namun kalau rambutmu lepek, maka bisa mengatasi dengan bedak. Berikut cara mengikat rambut panjang tanpa menggunakan ikat rambut:

Pertama, rapikan rambut bisa menggunakan sisir namun jika tidak ada sisir kamu bisa merapikannya dengan menggunakan tangan.

Tarik ke belakang seluruh bagian rambut seperti saat akan mengikatnya menggunakan ikat rambut.

Selanjutnya, putar seluruh bagian rambut tersebut dengan gerakan menggelung seperti pada gambar di samping.

Kemudian, longgarkan sedikit bagian rambut yang menggelung dan belah tengah bagian atas rambut.

Setelah itu, masukkan secara perlahan gelungan rambut tersebut ke bagian tengah rambut yang telah dibelah sebelumnya.

Selesai dan rapikan lagi bagian-bagian yang masih berantakan agar hasilnya lebih maksimal.

 

2. Cara Mengikat Rambut Pendek Sebahu Tanpa Ikat Rambut

Rambut panjang sebahu pun juga bisa diikat tanpa menggunakan ikat rambut. Caranya pun sangat mudah dan hampir sama dengan cara sebelumnya. Siapkan sisir terlebih dahulu untuk merapikan rambutmu. Berikut cara mengikat rambut tanpa ikat rambut:

Pertama, sisir terlebih dahulu rambutmu hingga rapi lalu gunakan sisir untuk menarik ke belakang rambut seperti ketika akan mengikatnya.

Kemudian, buat gulungan seluruh bagian rambut tadi dengan gerakan menggelung seperti pada gambar di samping.

Setelah itu, longgarkan bagian rambut yang telah di gelung dan belah tengah bagian atas rambut seperti pada gambar.

Selanjutnya, masukkan seluruh bagian rambut yang telah digelung ke dalam bagian atas rambut yang telah dibelah sebelumnya.

Agar hasilnya maksimal rapikan kembali rambut yang telah diikat tanpa ikat rambut tersebut menggunakan jari tanganmu secara perlahan.

Namun, untuk acara pesta sebaiknya gunakan ikat rambut dan juga hair spray agar lebih tahan lama.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga 1: Persija Juara, PSM Tampil di Piala AFC

Posted: 09 Dec 2018 10:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Persija Jakarta mengakhiri musim dengan finis di puncak klasemen Liga 1. Macan Kemayoran berhasil mengumpulkan 62 poin.

Di pertandingan terakhir, pada Minggu (9/12/2018), Persija menang 2-1 atas Mitra Kukar di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Kemenangan ini membuat Persija memantapkan posisi di puncak klasemen Liga 1 2018.

Menjadi juara Liga 1 membuat Macan Kemayoran mempunyai kesempatan tampil di Liga Champions Asia melalui babak play off. Jika pun kalah dalam play off, Persija masih akan tampil di Piala AFC.

Sementara PSM Makassar harus puas di posisi kedua dalam klasemen Liga 1. Di laga terakhir, Juku Eja menang 5-1 atas PSMS Medan.

Menjadi runner up Liga 1 membuat PSM punya jatah tampil di Piala AFC 2019. Mereka akan ada di Grup H bersama Kaya-Iloilo, Lao Toyota, dan Home United atau Tampines Rovers.

Lihat klasemen Liga 1 di halaman berikut.

Klasemen Liga 1

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ingin Punya Anak Kandung, Paris Hilton Cari Pedonor Sperma

Posted: 09 Dec 2018 10:20 PM PST

Liputan6.com, Los Angeles - Paris Hilton baru saja putus dengan tunangannya, aktor Chris Zylka. Meski begitu, keinginan Paris untuk memiliki anak kandung masih besar.

Untuk itu, Paris Hilton ingin meminta bantuan pedonor sperma. Keputusan Paris ini lantaran melihat saudara perempuan, Nicki Hilton, yang hidup bahagia, dengan suami dan dua anaknya.

"Dia iri (pada saudaranya)," kata sumber, dilansir laman Heat Magazine.

Meski begitu, Paris Hilton memberikan kriteria yang harus dipenuhi untuk mereka yang ingin menjadi pedonor sperma.

 

Pintar

(AFP Photo/Antonio Nava)

Salah satu kriteria yang harus dipenuhi para pedonor adalah pintar dengan membuktikan nilai IQ yang tinggi.

Selain itu, pria yang bakal mendonorkan spermanya juga harus tampan. Dan juga berasal dari keluarga yang memiliki silsilah baik.

"Pendonor sperma tidak harus berasal atau memiliki kekayaan berlimpah karena orang kaya tidak perlu menjual sperma mereka untuk dapat uang," imbuh sumber tersebut. 

Belum Menemukan

Paris Hilton (AFP Photo/Geoff Robins)

Sayangnya, dilansir dari Aceshowbiz, Senin (10/12/2018), Paris Hilton belum menemukan pendonor sperma yang sesuai dengan kriteria yang diinginkannya. Sehingga, sang pewaris melebarkan pencariannya ke seluruh bagian dunia.

"Paris merasa menjadi orang tua tunggal cocok dengan image-nya sebagai pebisnis wanita yang tidak membutuhkan pria untuk sukses," pungkas sumber yang sama. (Jawapos.com)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Data BPS: Potensi Desa Meningkat di 2018

Posted: 09 Dec 2018 10:16 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) secara resmi mencatat hasil Potensi Desa (Podes) 2018 sebanyak 83.931 wilayah administrasi pemerintahan setingkat desa. Angka ini meningkat dibandingkan data pada 2014 atau 10 tahun lalu yang hanya mencapai 82.190 wilayah saja.

"Tahun 2018 terjadi peningkatan jumlah desa atau kelurahan sebesar 1.741 desa dari tahun 2014," kata Kepala BPS, Suhariyanto di Kantornya, Jakarta, Senin (10/12/2018).

Suhariyanto mengungkapkan dari 83.931 wilayah Podes tersebut terdiri dari 75,436 desa, 8.444 kelurahan, dan 51 Unit Pemukiman Trasnmigrasi (UPT) atau Satuan Pemukimam Transmigrasi (SPT). Kemudian Podes juga mencatat sebanyak 7.232 kecamatan dan 514 kabupaten dan kota.

Adapun wilayah adminitrasi tingkat desa tersebut bisa dilakukan berdasarkan tiga syarat. Pertama yakni ada wilayah dengan batas yang jelas, kedua ada penduduk yang menetap, dan ketiga ada pemerintah desa atau kelurahan.

Sebelumnya, Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, pendataan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan sebanyak tiga kali dalam 10 tahun. Di mana, tujuannya untuk memetakan indivasi mengenai infrastruktur, potensi ekonomi dan sosial, potensi sumber daya manusia dan sumber daya alam yang dimiliki oleh desa.

"Tahun 2018 kita nanti meng-cover seluruh desa dan kelurahan 82.000, semua kita datangi satu-satu. Nanti kita lihat berapa desa yang bergeser dari tertinggal ke berkembang. Berkembang kemudian menjadi mandiri dan apakah pekerjaan yang dilakukan pemerintah sudah tercermin di sana," ujarnya di Kantor Pusat BPS, Jakarta, Kamis (19/4)

Reporter : Teresa Rachel

Sumber: Merdeka.com

Alokasi Transfer Daerah dan Dana Desa Capai Rp 826 Triliun di 2019

Petani merontokan gabah padi di areal persawahan Desa Ciwaru, Sukabumi, Sabtu (23/6). Petani mengeluhkan harga gabah kering panen saat ini Rp 488 ribu per kwintal dibanding tahun lalu yang menembus Rp 600 ribu per kwintal. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Sebelumnya, pemerintah mengalokasikan anggaran transfer ke daerah dan dana desa (TKDD) sebesar Rp 826,8 triliun untuk tahun anggaran 2019. Angka ini meningkat dibandingkan tahun ini yang sebesar Rp 763,6 triliun.

"TKDD 2019 ditujukan untuk mendukung kebutuhan pendanaan pelayanan publik di daerah dengan konsep value for money serta memerangi korupsi dan penyalahgunaan TKDD," ujar Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Askolani, di Nusa Dua, Bali, Sabtu (7/12/2018).

Dia menjelaskan, untuk transfer ke daerah, pemerintah meningkatkan alokasinya dari Rp 703 triliun menjadi Rp 756,8 triliun. Transfer ke daerah sendiri terdiri dalam beberapa kategori. 

Untuk Dana Alokasi Umum (DAU), naik dari Rp 401,5 triliun ke Rp 417,9 trilun di 2019. Di dalamnya sudah termasuk bantuan pendanaan kelurahan sebesar Rp 3 triliun. Selain itu juga telah memperhitungkan kenaikan gaji PNS sebesar 5 persen, gaji ke-13 dan THR serta formasi CPNS.

Untuk Dana Alokasi Khusus (DAK) Nonfisik naik dari Rp 117,4 triliun menjadi Rp 131 triliun di 2019. Dana ini ditujukan untuk perbaikan kualitas kinerja (BOS kinerja), peningkatan unit coat untuk pendidikan vokasi dan afirmasi untuk daerah tertinggal, terluar dan transmigrasi.

Kemudian, Dana Bagi Hasil (DBH) naik dari Rp 95,9 triliun menjadi Rp 106,4 triliun. Rinciannya, 50 persen DBH cukai hasil tembakau akan disalurkan untuk Jaminan Kesehatan Nasional. DBH Dana Reboisasi untuk pencegahan kebakaran hutan dan perhutanan sosial.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wonderkid Brasil Tak Sabar Berseragam AC Milan

Posted: 09 Dec 2018 10:15 PM PST

Liputan6.com, Milan - Lucas Paqueta sudah tak sabar bergabung dengan AC Milan. Ia berharap bisa menjadi bagian sejarah dari klub raksasa Italia tersebut.

Paqueta menarik perhatian publik berkat aksinya yang cemerlang bersama Flamengo. Walau masih muda, namun ia sudah mengantongi 39 penampilan di Serie A Brasil dan Copa Libertadores dan mencetak 10 gol.

Melihat penampilannya, AC Milan pun langsung kepincut. Tanpa basa-basi, mereka langsung menawarkan mahar sebesar 35 juta euro ditambah bonus 10 juta euro agar Flamengo mau merelakannya berkiprah di Italia.

Belum lama ini, sang pemain tiba di kota Milan setelah melalui perjalanan panjang dari Rio de Janeiro. Kepada awak media yang telah menantinya, ia berkat bahwa dirinya bergabung dengan Rossoneri lantaran terpikat oleh sejarahnya.

"Saya sangat senang bisa berada di sini," ujar Paqueta kepada para wartawan seperti yang dikutip dari Football Italia.

"Saya datang ke AC Milan karena sejarahnya," ujarnya menambahkan.

 

Tes Medis

Lucas Paqueta (MAURO PIMENTEL / AFP)

Sang pemain berada di bangku penonton guna menyaksikan laga antara AC Milan melawan Torino di San Siro. Saat ini, Rossoneri sedang bertengger di posisi empat klasemen Serie A dengan koleksi 25 poin.

Setelahnya, ia akan menjalani tes medis pada keesokan harinya guna menyelesaikan proses transfernya. Menurut beberapa laporan, ia diyakini bisa melakoni laga debutnya bersama skuat asuhan Gennaro Gattuso itu di ajang Supercoppa Italiana Januari nanti.

Dalam laga tersebut, AC Milan akan berhadapan dengan rival terbesarnya, Juventus. Pada musim kemarin, keduanya sempat bertarung pada laga final Coppa Italia yang berhasil dimenangkan Bianconeri dengan skor telak 4-0.

Sumber: Bola.net

Saksikan video menarik di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Garuda Wisnu Kencana, Taman Budaya yang Kerap Jadi Tempat Festival Musik

Posted: 09 Dec 2018 10:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Daya pikat Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana atau GWK sukses membuat banyak wisatawan dari dalam dan luar negeri terkagum-kagum dengan kemegahannya. Tidak heran bila GWK menjadi salah satu destinasi wajib ketika berkunjung ke Pulau Dewata.

Daya tariknya makinmenjadi setelah patung Garuda Wisnu Kencana berdiri tegak setelah memakan waktu 28 tahun. Sang penggagas, I Nyoman Nuarta mengklaim mahakaryanya tahan gempa hingga Magnitudo 8.

Patung Garuda Wisnu Kencana merupakan simbol Dewa yang menunggangi Garuda yang agung sebagai pendamping yang dipercaya. Patung yang memiliki tinggi 121 meter dari permukaan tanah ini terletak di Jalan Raya Uluwatu, Ungasan, Kuta Selatan, Badung, Bali.

Berdiri di atas tanah seluas 60 hektare, kawasan Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana juga kerap dijadikan tempat penyelenggaraan festival musik. Sebut saja event musik yang baru saja selesai dilaksanakan, Djakarta Warehouse Project X 2018 (DWPX 2018).

Diselenggarakan pada 7-9 Desember 2018, DWPX sekaligus jadi perayaan ulang tahun ke-10 Djakarta Warehouse Project. Selama tiga hari, penonton dimanjakan oleh deretan line-up apik yang meliputi The Weeknd, Afrojack, Lost Frequencies, KSHMR, DJ Snake, Showtek, Kungs, Armin van Buuren, Diplo, Alesso, dan masih banyak lagi.

Menariknya, gelaran DWPX 2018 di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana tidak hanya dipadati oleh penonton dari Indonesia, tetapi mancanegara. Sebut penonton asal Malaysia, Alex yang datang mengenakan indian headdress.

"Saya lakukan ini (pakai indian headdress) di DWP sejak lima tahun lalu. Apa yang membuat saya ke sini adalah karena acaranya. Jadi saya datang ke Bali," jelas Alex kepada Liputan6.com di Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park, Bali, Jumat, 7 Desember 2018.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Selain DWPX 2018, Ini Festival Musik di GWK

The Upstairs Manggung di Thunderdome Soundrenaline 2018 (Liputan6.com/Surya Hadiansyah)

Selain DWPX 2018 yang pertama kali digelar di Pulau Dewata, Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana juga menjadi venue penyelenggaraan festival musik Soundrenaline 2018 yang berlangsung pada 8-9 September 2018.

Soundrenaline 2018 dimeriahkan oleh band dan penyanyi dari dalam dan luar negeri. Mereka adalah Limp Bizkit, Sheila on 7, Padi Reborn, Naif, Burgerkill, Zee Avi, Barasuara, Dipha Barus, The Upstairs, Danilla, Diskopantera, dan lainnya.

Luasnya kawasan GWK bahkan dimanfaatkan sebagai A Camp, kegiatan kemah yang dibuat dalam lokasi Soundrenaline 2018. Walau dibuka untuk umum, kemah di A Camp ini lebih ditujukan kepada para pelaku di industri kreatif Indonesia.

Beberapa kegiatan hadir dalam A Camp seperti workshop, diskusi, berbagi pengalaman, hingga memperluas jaringan. Di sana, para kreator, musisi, juga seniman dapat berkenalan dan bertukar pikiran.

Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana juga menjadi venue gelaran SAGA Music Festival yang diselenggarakan pada 28-29 Desember 2017 lalu. Festival musik ini mengusung tema The Beginning dalam perhelatan pertamanya.

Sementara, SAGA Music Festival menyuguhkan penampilan spektakuler dari DJ Snake, Chris Lake, Dropgun, Marc Benjamin, FKJ, TWRK, Jesse Wilde, Rave Republic, Dj Yasmin, Tenjo, hingga Dipha Barus.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pembunuhan Pensiunan TNI di Langkat Dilakukan Cucu Korban

Posted: 09 Dec 2018 10:13 PM PST

Patroli Indosiar, Langkat - Pembunuhan seorang purnawirawan TNI di Langkat, Sumatera Utara, terkuak. Pelaku adalah cucunya yang kesal karena tidak diberi uang oleh sang kakek.  

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Senin (10/12/2018), aparat Polres Langkat berhasil membekuk Yopi Ari Wibowo. Pelaku yang berusaha kabur saat akan ditangkap terpaksa ditembak di bagian kaki.

Usai menghabisi nyawa korban, pelaku bahkan mengambil kotak amal yang dititipkan di rumah korban sebagai pengurus masjid.  

"Pelaku membuka kotak amal dan kotak tersebut kosong. Lalu pelaku meminta kepada kakeknya," ujar Kapolres Langkat AKBP Doddy Hermawan.  

Sebelumnya 1 Desember lalu, Muhammad Ismail Amin (75) seorang pensiunan TNI ditemukan tewas mengenaskan. Jasad korban pertama kali diketahui adiknya yang datang berkunjung karena tak bisa dihubungi selama dua hari.  

Polisi mengamankan barang bukti berupa kotak amal, telepon genggam, dan baju korban. Kini pelaku terancam hukuman seumur hidup. (Karlina Sintia Dewi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gunakan Istilah Indonesia, Anies Terima Penghargaan Reksa Bahasa

Posted: 09 Dec 2018 10:07 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerima penghargaan Reksa Bahasa dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayan (Kemendikbud).

Penghargaan tersebut karena keikutsertaan Anies dalam mengembangkan bahasa. Seperti halnya sebutan pengintegrasian transportasi di Jakarta atau Jak Lingko ataupun Moda Raya Terpadu (MRT).

Anies mengatakan, pemberian nama-nama tersebut merupakan suatu proses, yakni pengintegrasian antarmoda transportasi mulai dari bus kecil, Transjakarta, MRT, LRT hingga kereta.

Anies juga menyebut, pihaknya telah mulai mengonversi istilah-istilah asing menjadi Bahasa Indonesia untuk di Jakarta.

"Sekarang di dinas-dinas kita sudah mulai mengonversi istilah-istilah. Jadi ada daftarnya dan kita ingin nanti semua istilah yang digunakan itu istilah teknis hasil serapan yang diakui oleh badan bahasa," kata Anies di Rawamangun, Jakarta Timur, Senin (10/12/2018).

 

Siap Jadi Pelopor

Atas penghargaan tersebut, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menyatakan Pemprov DKI Jakarta siap menjadi pelopor dalam mengkampanyekan penggunaan istilah tersebut.

Tak hanya itu, dia juga mendorong Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa terus melakukan terobosan dalam penggunaan Bahasa Indonesia yang diserap dari bahasa daerah.

"Karena itu dorongan kami terus mengembangkan dan DKI supaya dijadikan tempat untuk mempromosikan terobosan-terobosan bahasa," kata Anies Baswedan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kurangi Perilaku Konsumerisme untuk Selamatkan Bumi

Posted: 09 Dec 2018 10:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bicara sampah terutama plastik, memang menjadi masalah yang cukup mengkhawatirkan bagi kelestarian bumi saat ini. Kondisi tersebut tentu akan merusak keberlangsungan mahluk hidup di bumi.

Sebagai langkah nyata menyelamatkan bumi dari kerusakan lingkungan yang semakin besar, masyarakat bisa berkontribusi lewat kreativitas menggunakan barang-barang yang sudah dipunyai. Untuk itu, diselenggarakan kegiakan Make Smthng 2018 yang berisi acara diskusi serta sejumlah workshop, salah satunya furoshiki yaitu seni melipat atau membungkus kain tradisional Jepang yang dapat menggantikan penggunaan plastik sekali pakai.  

"Kita sudah berada dalam kondisi di mana ketergantungan terhadap plastik sekali pakai besar sekali. Setiap kita berbelanja, plastik sekali pakai pasti ada. Padahal tingkat daur ulang kita sangat rendah, hanya 9% secara global. Sisa sampah plastik lainnya yang tidak terdaur ulang ataupun terangkut ke tempat pembuangan akhir, sangat berpotensi berlabuh di tempat yang tidak seharusnya, seperti di sungai serta lautan," kata Muharram Atha Rasyadi, Jurukampanye Urban Greenpeace Indonesia.

Make Smthng ini merupakan festival internasional yang diadakan di lebih dari 40 negara, dengan memanfaatkan momen diskon besar-besaran di akhir tahun seperti Black Friday, yang merupakan pekan diskon di luar negeri, dan Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional) di Indonesia.

 

Jangan jadikan budaya

(Foto: Dok Greenpeace)

Festival ini bertujuan untuk mendorong masyarakat untuk mengurangi kegiatan belanja dengan membuat kreasi sendiri barang yang diperlukan. Kegiatan berbelanja tentu akan menghasilkan sampah plastik yang utamanya dipakai sebagai kemasan pembungkus barang.

"Jangan sampai konsumerisme menjadi budaya sehingga akhirnya penggunaan plastik sekali pakai pun tidak terkendali. Ini sangat berbahaya bagi kehidupan manusia, hewan serta lingkungan. Sudah banyak bukti yang bisa kita lihat, salah satunya penemuan sampah plastik sebanyak 5,9 kilogram di dalam perut bangkai paus sperma baru-baru ini," lanjut Atha.

Selain peran dari masyarakat, swasta dan pemerintah pun harus turun tangan dengan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai. Di tingkat pemerintah, sejumlah kementerian, seperti Kementerian Kelautan dan Perikanan, sudah berinisiatif tidak mengonsumsi air minum dalam kemasan.

Sementara beberapa pemerintah kota, di antaranya Balikpapan, Banjarmasin, Bogor, dan Denpasar telah mengeluarkan kebijakan melarang penyediaan kantong plastik di ritel dan pusat perbelanjaan modern.

"Pelarangan penyediaan kantong plastik di pusat perbelanjaan merupakan langkah yang baik, namun pelaksanaannya harus dilakukan secara konsisten. Dengan begitu, masyarakat akan terbiasa untuk tidak tergantung pada kantong plastik saat berbelanja," lanjut Atha.

Yuk, kurangi penggunaan plastik dalam keseharianmu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Arlene Manurung Jalani Pemeriksaan Perdana Pasca Ditahan

Posted: 09 Dec 2018 10:05 PM PST

Mantan anggota DPRD Sumatera Utara periode 2009-2014, Arlene Manurung usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Senin (10/12). Arlene diperiksa sebagai tersangka terkait dugaan menerima suap. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan anggota DPRD Sumatera Utara periode 2009-2014, Arlene Manurung usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Senin (10/12). Arlene diperiksa sebagai tersangka terkait dugaan menerima suap. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan anggota DPRD Sumut periode 2009-2014, Arlene Manurung usai jalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Senin (10/12). Arlene diduga menerima suap penyetujuan LPJ APBD 2012 dan pengesahan perubahan APBD 2013, 2014 dan 2015. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan anggota DPRD Sumut periode 2009-2014, Arlene Manurung usai jalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Senin (10/12). Arlene diduga menerima suap penyetujuan LPJ APBD 2012 dan pengesahan perubahan APBD 2013, 2014 dan 2015. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan anggota DPRD Sumatera Utara periode 2009-2014, Arlene Manurung usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Senin (10/12). Ini merupakan pemeriksaan perdana Arlene pascaditahan oleh KPK. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan anggota DPRD Sumatera Utara periode 2009-2014, Arlene Manurung usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Senin (10/12). Ini merupakan pemeriksaan perdana Arlene pascaditahan oleh KPK. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan anggota DPRD Sumatera Utara periode 2009-2014, Arlene Manurung usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Senin (10/12). Arlene diperiksa sebagai tersangka terkait dugaan menerima suap. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan anggota DPRD Sumatera Utara periode 2009-2014, Arlene Manurung usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Senin (10/12). Arlene diperiksa sebagai tersangka terkait dugaan menerima suap. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan anggota DPRD Sumut periode 2009-2014, Arlene Manurung usai jalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Senin (10/12). Arlene diduga menerima suap penyetujuan LPJ APBD 2012 dan pengesahan perubahan APBD 2013, 2014 dan 2015. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan anggota DPRD Sumut periode 2009-2014, Arlene Manurung usai jalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Senin (10/12). Arlene diduga menerima suap penyetujuan LPJ APBD 2012 dan pengesahan perubahan APBD 2013, 2014 dan 2015. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Fakta Penemuan Sekarung E-KTP di Pondok Kopi

Posted: 09 Dec 2018 10:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Warga Pondok Kopi, Duret Sawit, Jakarta Timur digegerkan penemuan sebuah karung berisikan KTP elektronik atau e-KTP pada Sabtu, 8 Desember 2018. Sekarung e-KTP itu pertama kali ditemukan anak-anak yang tengah bermain sekira pukul 14.00 WIB.

Polisi pun mengamankan barang bukti e-KTP tersebut dan langsung menyelidikinya. Kapolsek Duren Sawit Komisaris Parlindungan Sutasuhut menjelaskan, yang menemukan pertama kali e-KTP tersebut adalah bocah-bocah yang sedang main bola. Saat itu, mereka melihat sebuah karung besar ada di sekitar lokasi.

"Ada beberapa anak kecil main bola. Mereka melihat ada karung, itu karungnya di dorong-dorong pas dibuka-buka isinya E-KTP," ucap dia ketika dihubungi Liputan6.com, Sabtu, 8 Desember 2018.

Blangko e-KTP yang ditemukan tersebut sudah tercetak. Ada identitas seperti nama, alamat, dan lain-lain. Dari sekian banyak e-KTP rata-rata masa berlakunya juga sudah habis dan kebanyakan berdomisili di daerah Pondok Bambu.

Berikut 5 fakta yang dihimpun Liputan6.com terkait penemuan sekarung e-KTP di Pondok Kopi, Duren Sawit, Jakarta Timur:

 

1. Disangka Kartu ATM

Warga Duren Sawit temukan sejumlah e-KTP dalam karung.

Bocah-bocah yang sedang main bola menemukan sekarung berisikan e-KTP di Jalan Karya Bakti VI, tepatnya di depan Musholla RT 03 RW 011 Kelurahan Pondok Kopi, Kecamatan Duren Sawit.

"Ada beberapa anak kecil main bola. Mereka melihat ada karung, itu karungnya di dorong-dorong pas dibuka-buka isinya e-KTP," ucap Kapolsek Duren Sawit Komisaris Parlindungan Sutasuhut.

Parlindungan melanjutkan, pihaknya belum dapat menghitung berapa jumlah e-KTP tersebut. "Ditemukan sekira pukul 11.00 WIB.

Hanya saja, pihaknya baru mendapatkan laporan sekira pukul 14.00 WIB," kata Parlindungan.

Seorang warga Pondok Kopi, Zainal (30) mendapatkan sekitar 10 anak kecil tengah asyik saling melempar e-KTP layaknya seorang ninja. Mereka kegirangan. Mengira itu adalah kartu ATM.

"Pagi-pagi sekitar jam 10-an, saya dengar bocah pada teriak-teriak. Tapi mereka teriaknya bukan e-KTP. 'Banyak ATM..Banyak ATM'. Gitu mereka teriaknya," ungkap Zainal saat dihubungi Merdeka, Minggu (9/12/2018).

 

2. Bukan Blangko Kosong

Ilustrasi foto E-KTP

Polisi pun mengamankan penemuan e-KTP di Polsek Duret Sawit. Kapolsek Duren Sawit Komisaris Parlindungan Sutasuhut memastikan yang ditemukan itu bukanlah blangko kosong.

"E-KTP sudah ada identitasnya. Bukan blanko kosong ya, sudah kecetak. Jadi ada nama, alamat, dan lainnya," ujar Kapolsek Duren Sawit Komisaris Parlindungan Sutasuhut.

Selain itu, ia menyebut jika kebanyakan domisili dari e-KTP yang ditemukan berasal dari Pondok Kelapa.

"Kebanyakan domisilinya Kelurahan Pondok Kelapa (Jakarta Timur)," kata Parlindungan.

 

3. Sudah Expired

Ilustrasi foto E-KTP

Kapolsek Duren Sawit Komisaris Parlindungan Sutasuhut mengatakan, telah memeriksa e-KTP yang ada di dalam karung tersebut. Blangko tersebut sudah tercetak. Ada identitas seperti nama, alamat, dan lain-lain.

"Kebanyakan domisilinya Kelurahan Pondok Kelapa (Jakarta Timur)," ucap Parlindungan.

Dia melanjutkan, dari sekian banyak e-KTP rata-rata masa berlakunya juga sudah habis.

"Ada yang kadaluwarsanya Februari 2019, Desember ini. Tapi sebagian besar expired," ujar dia.

Kepala Dinas Dukcapil (Kadisdukcapil) DKI Jakarta, Dhany Sukma angkat bicara terkait penemuan sebuah karung berisikan KTP elektronik atau e-KTP di Jalan Karya Bakti VI, tepatnya di depan musala RT 03 RW 011, Kelurahan Pondok Kopi, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur.

Dia menyatakan, e-KTP tersebut dicetak pada 2011, 2012, dan 2013. Cetakan awal waktu perekaman massal.

"Itu memang e-KTP lama," kata Dhany saat dihubungi Liputan6.com, Sabtu, 8 Desember 2018.

Kendati demikian, Dhany belum bisa memastikan darimana asal-muasal e-KTP tersebut. Saat ini, pihaknya telah berkoordinasi dengan kepolisian untuk menyelidiki temuan ini.

"Sekarang kita minta tolong dari kepolisian untuk melakukan pelacakan terkait dengan e-KTP yang ditemukan tadi. Jumlah total e-KTP juga masih kami himpun," ucap Dhany.

 

 

4. Sempat Jadi Mainan Bocah

Ilustrasi foto E-KTP

Ribuan e-KTP dimasukkan dalam satu karung ditemukan di Kelurahan Pondok Kopi, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, Sabtu, 8 November 2018. Semula, e-KTP tersebut dijadikan mainan oleh puluhan bocah.

Zainal (30) salah satu warga Pondok Kopi menceritakan peristiwa awal ditemukannya e-KTP tersebut. Dia mengatakan, mendapati sekitar 10 anak kecil tengah asyik saling melempar e-KTP layaknya seorang ninja. Mereka kegirangan, mengira itu adalah kartu ATM.

"Pagi-pagi sekitar jam 10-an, saya dengar bocah pada teriak-teriak," ungkap Zainal saat dihubungi Merdeka, Minggu, 9 Desember 2018.

Suara teriakan bocah begitu jelas didengar oleh Zainal, lantaran rumahnya berada di depan persis lokasi penemuan ribuan e-KTP.

"Pas saya cek, ternyata bocah lagi pada mainin e-KTP," tuturnya.

Namun, lantaran tengah diburu waktu, Zainal tak terlalu ambil pusing. Meski ia mengaku sempat mengambil beberapa foto.

"Saya ada janji sama produser jadi enggak terlalu ambil pusing. Tapi sempet sih foto-foto. Pokoknya yang pertama kali dateng ke lokasi itu anak kontri (wartawan wilayah) terus baru polisi," katanya.

 

5. Bukan E-KTP yang Hilang

Ilustrasi foto E-KTP

Marwiyah (40) warga Kampung Curug, Pondok Kopi, Duren Sawit, Jakarta Timur membenarkan salah satu e-KTP yang ditemukan di Pondok Kopi adalah milik putra keduanya, Bintang Sedayu (22).

Menurut dia, e-KTP itu tidak hilang namun sudah sempat dikembalikan ke kelurahan untuk ditukar e-KTP yang baru.

"Iya benar ini KTP anak saya, tapi ini yang lama, sudah ditukarkan juga ke kelurahan sekitar setahun yang lalu. Saya yang bawa ini soalnya, anak saya kerja," ungkap Marwiyah saat dikonfirmasi Merdeka di kediamannya, Minggu, 9 Desember 2018.

E-KTP milik Bintang Sedayu juga ditemukan di Pondok Kopi dengan masa berlaku hingga Februari 2019. Ibunya yakin e-KTP yang ditemukan itu merupakan e-KTP milik anaknya yang lama karena fotonya berbeda.

"Enggak kok enggak hilang KTP-nya. Jumat malam dia berangkat ke Bogor saya cek masih ada. Tapi ini coba saya telepon enggak nyambung," ujarnya.

Hal senada disampaikan Taufik Djunaedi BE. E-KTP miliknya juga ditemukan di TKP. Namun, e-KTP miliknya ini tidak ada tanggal masa berlaku, hanya tertulis seumur hidup persis dengan e-KTP yang dia tunjukkan.

Istri dari Taufik memberikan penjelasan bahwa e-KTP milik suaminya itu ada di rumah. Dia bingung mengapa bisa ada di lokasi, karena yang lama sudah ditukarkan ke kelurahan saat pengambilan e-KTP.

Dia mengira mungkin itu belum digunting lalu ditemukan bercecer di Pondok Kopi.

"Iya benar itu, tapi ini (e-KTP) juga ada di rumah. Kayaknya itu KTP lama kali. Kan kita sudah tukar di kelurahan pas ambil yang e-KTP baru," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penjualan Mobil Toyota Drop Gara-Gara Transportasi Online?

Posted: 09 Dec 2018 10:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku agen pemegang merek Toyota di Indonesia mencatat wholesale sales (penjualan pabrik ke dealer) selama Januari-November 2018 tercatat 325.500 unit.

Angka tersebut mengalami penurunan 6,36 persen dibandingkan periode yang sama pada 2017 yang tembus 347.626.

 

Menurut Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager Toyota Astra Motor (TAM) beberapa penyebab penjualan Toyota merosot.

"Total market ini naik plus minus tujuh persen. Toyota turun, kenapa begitu? Karena pilihan di customer makin banyak, jadi ada pilihan desain-desain yang lebih advance, lalu ada pilihan cost yang lebih murah, dan itu kan pilihan," kata Soerjopranoto belum lama ini.

Selain itu, penurunan penjualan otomotif lantaran terjadi perubahan gaya hidup pada masyarakat. Salah satunya jasa online.

Kata Soerjo, dengan perubahan menggunakan layanan transportasi online, hal tersebut mempengaruhi pilihan kendaraan yang ingin dibeli.

"Jadi kita memang dari awal, dari market share 34,7 persen, kita bisa tahan di atas 31 persen angka psikologisnya 30 persen, jadi di atas 30 persen, 31 persen oke," ucap Soerjo.

Naik Turun Penjualan Toyota

Menurut Manager Public Relations PT TAM, Rouli Sijabat, dari total penjualan Toyota selama 11 bulan, mobil keluarga segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) jadi penyumbang penjualan Toyota terbanyak yaitu mencapai 62,6 persen.

Kendati demikian, Rouli tak menampik, jika periode yang sama di 2017, penjualan MPV Toyota justru lebih tinggi yaitu 72,8 persen.

"Tahun ini, dilihat dari segmennya paling unggul segmen high MPV seperti Voxy. Tahun lalu (Januari-November 2017) 700-an unit, sekarang (Januari-November 2018) bisa 5.000-an unit. Dan itu belum full year," ucap Rouli saat ditemui di kawasan Thamrin, Jakarta, Kamis (6/12/2018) malam.

Selain MPV high, kata Rouli penjualan segmen MPV yang sedang meningkat yaitu kategori luxury, seperti dihuni Aplhard dan Vellfire, yang tumbuh 28 persen dari tahun lalu 3.500 unit menjadi 4.500 unit.

"Segmen mobil middle up, mereka (konsumen) sebetulnya punya uang, tapi sensitif pada model baru. Makanya kehadiran Voxy dan Alphard baru menumbuhkan pasar," jelasnya.

 Selain itu, segmen lain yang turut menyumbangkan penjualan Toyota selama Januari-November 2018 yakni segmen Sport Utility Vehicle (SUV) sebesar 21,3 persen.

Kata Rouli, segmen SUV tumbuh 68,4 persen dibandingkan periode yang sama di tahun lalu. Kontributor tertinggi adalah Toyota Rush yang mencapai 71,5 persen dari total SUV.

"Rush Januari-November 2017 mencapai 19.052 unit, dan tahun ini Januari-November 49.650 unit," tuturnya.

Segmen SUV middle up seperti Fortuner turun, jika di 2017 mecapai 22 ribuan unit, maka tahun ini hanya 19 ribuan unit.

"Tahun lalu C-HR memang hanya 1 unit untuk homologasi, dan tahun ini 436 unit Januari-November 2018. C-HR  penjualannya sesuai dengan ekspetasi.

Sedangkan penjualan mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC) selama Januari-November tercatat tembus 181 ribu unit. Meski tergolong tinggi angka ini turun dari periode yang sama 2017 mencapai 199 ribu.

Seperti diketahui, saat ini Toyota Indonesia memiliki beberapa jenis kendaraan penumpang seperti hatchback terdapat Yaris, untuk LCGC dihuni Agya dan Calya. Lalu untuk MPV terdapat Avanza, Veloz, NAV1, Venturer, Voxy, Kijang Innova, Sienta, Alphard dan Vellfire.

Sementara untuk SUV di tempati C-HR, Rush, Fortuner dan Land Cruiser. Untuk jenis sedan terdapat Vios, Corolla Altis dan Camry.

Selain itu ada juga jenis hybrid yaitu Camry dan Alphard, serta mobil sport terdapat Toyota 86.

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Tanaman yang Bisa Gantikan Kelapa Sawit di Riau

Posted: 09 Dec 2018 10:02 PM PST

Pekanbaru - Nira dianggap bisa menggantikan kelapa sawit dan bisa dibudidayakan di seluruh bentuk kontur tanah di Provinsi Riau. Hal ini setidaknya diungkapkan pengamat ekonomi Riau, Edyanus Herman Halim.

"Alternatifnya ya air nira untuk gula aren itu. Saat ini, itu lebih menjanjikan dari pada tanaman sawit," katanya seperti dikutip laman Riauonline beberapa waktu lalu.

Pakar ekonomi Riau ini menilai, sudah saatnya tanaman sawit yang ada di Riau diganti oleh jenis tanaman tersebut.

Sarannya itu buntut dari anjloknya harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit yang kini berada di angka Rp 1.222,52 per kg, naik tipis Rp 63,09 dari harga pekan lalu sebesar Rp1.159,43 untuk setiap kg nya.

Tambahnya, selain dapat dijadikan sebagai bahan baku utama gula aren, nira dapat diubah menjadi bentuk lain seperti bioetanol yang disebut-sebut mampu menggantikan bahan bakar tak terbarukan.

"Selain dijadikan gula aren, nira juga dapat dijadikan sebagai bioetanol. Pangsa pasarnya juga saat ini menjanjikan. Di Riau sudah banyak yang memulai. Terutama di Rohul, Kuansing yang sudah mencobanya," tegasnya.

Aren memang benar-benar mampu dijadikan sebagai salah satu penghasil energi ramah lingkungan, bioetanol.

Berdasarkan hasil inventarisasi KPHP Boalemo, wilayah yang memiliki 15.000 pohon aren ini memiliki produktivitas yang cukup tinggi. Satu pohon dapat menghasilkan 15-20 liter aren perhari. Berkat pendampingan KPHP Boalemo, kini nira malah dijadikan bioethanol.

Dwi Sudharto, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan KLHK di Jakarta, Jumat 10 Maret 2017 pernah mengatakan potensi ini kurang dimanfaatkan. Namun terbantukan oleh satu desa yang telah memulainya.

Keberhasilan Desa Bendungan mengelola nira aren menjadi bioetanol karena di wilayah ini memiliki kelompok tani dan badan usaha desa. Ketertarikan masyarakat saat mengenalkan alat membuat bioetanol sangat tinggi.

"Kita sudah punya alat membuat bioethanol aren. Paten juga ada di kita," katanya.

Dari segi hitungan keuntungan ekonomi, tentu mengelola nira aren jadi bioethanol lebih menjanjikan. Untuk mengolah nira aren jadi gula, dalam setiap 50 liter akan hasilkan tujuh kg. Dengan asumsi harga Rp80.000, keuntungan Rp5.000 perkilogram. Begitupun pengolahan panganan lain, seperti gula semut untung Rp 4.688 per kg.

Setiap 25 liter nira aren, jika diolah dengan katalisator bisa menghasilkan dua liter bioethanol dengan kadar 90-92 persen. Yang diolah tanpa katalisator kadar ethanolnya 72 persen. Hasil bioethanol 216.000 liter perbulan dengan biaya produksi Rp6.700. Dengan asumsi harga jual bioethanol mix perliter Rp10.000, harga jual Rp440.000 atau keuntungan Rp145.200.

"Harusnya ini yang kita kembangkan. Jangan tabung gas mahal itu. Kalau alat ini kita buat dan serahkan ke desa-desa, yang notabene bahan baku ada, akan sangat menguntungkan. Hak paten ada di kita. Kalau mau tinggal minta gambar, masyarakat bisa membuat alatnya. Atau kalau tak menegrti, bisa undang kami. Akan mudah masalah kompor ini. Jadi kita bisa menghemat banyak sekali," katanya.

Baca juga berita Riauonline.co.id lainnya di sini.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Haruskah Ekonomi RI Makin Terbuka? Ini Jawaban Bank Dunia

Posted: 09 Dec 2018 10:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bank Dunia mengadakan acara presentasi perihal model pembangunan Asia Timur agar bisa terus sukses pada Senin (10/12/2018) di Jakarta.

Di antara argumen pihak Bank Dunia adalah pentingnya soft skill, terbukanya akses lifelong learning sejak usia dini, dan keterbukaan ekonomi.

Keterbukaan ekonomi, atau yang lebih umum dikenal sebagai ekonomi liberal, adalah isu yang kontroversial di Indonesia. Sejumlah ekonom sering mengkritik kebijakan ekonomi yang dipandang liberal. Alasannya, ekonomi yang liberal disebut mengancam kedaulatan ekonomi karena arus modal asing yang lebih besar,

Ketika ditanya haruskah ekonomi Indonesia menuju ke sana, Bank Dunia menjawab ekonomi yang terbuka (liberal) tetap lebih menguntungkan bagi suatu negara. Menurut Bank Dunia, ini dibuktikan dengan majunya ekonomi negara-negara yang memakai pendekatan ekonomi liberal, kondisi sebaliknya terjadi pada negara yang menutup ekonominya.

"Seseorang tinggal melihat saja performa wilayah yang tidak membuka diri, bandingkan dengan yang membuka. (Lihat) negara yang mengandalkan pada penutupan diri atau membangun tembok," ujar Sudhir Shetty, Chief Economist Bank Dunia untuk Asia Timur dan Pasifik.

Sudhir menepis anggapan kesejahteraan ekonomi terbuka hanyalah ilusi. Menurut dia, sudah terbukti riil negara dengan ekonomi terbuka membawa pertumbuhan yang lebih berkepanjangan.

"Dan saya pikir buktinya sudah sangat jelas, kebijakan terbuka memiliki posibilitas lebih baik dalam memberikan pertumbuhan berkelanjutan selama periode waktu yang lebih lama ketimbang kebijakan tertutup," ucapnya.

Setty turut menambahkan, pihak pemerintah perlu menyiapkan strategi agar masyarakat tidak malah tertinggal akibat keterbukaan ekonomi serta kondisinya yang cepat berubah. Salah satunya adalah kebijakan yang inklusi, misal dalam hal teknologi, agar masyarakat memiliki bekal yang lebih baik untuk tetap kompetitif.

"Ini untuk memastikan ketika ekonomi berubah, masyarakat tidak jatuh ke dalam celah, dan kembali miskin," ujar dia.

 

5 Rekomendasi Bank Dunia

Seorang pria berjalan di jalan daerah Asakusa di Tokyo (1/12). Asakusa terkenal dengan Senso-ji , sebuah kuil Buddha khusus untuk Bodhisattva Kannon. (AFP Photo/Martin Bureau)

Dalam acara yang sama, Bank Dunia menjelaskan lima rekomendasi bagi negara-negara, terutama Asia Timur, untuk memprioritaskan kebijakan pada 5 tahun ke depan. Ini pun dapat diterapkan pada negara-negara berkembang seperti Indonesia. Berikut di antaranya:

1. Meningkatkan daya saing ekonomi

Selain terus memperkuat lingkungan bisnis dan regulasi, prioritas yang muncul termasuk reformasi sektor jasa, memperdalam perjanjian perdagangan, kebijakan inovasi yang lebih luas, dan peningkatan akses ke pembiayaan, terutama untuk usaha kecil dan menengah. 

2. Meningkatkan keterampilan 

Di luar fokus pada modal manusia saat ini, juga akan semakin penting untuk mendukung pengembangan keterampilan lanjutan, termasuk keterampilan sosio-emosional dan literasi digital.

3. Membangun inklusi 

Selain program perlindungan sosial tradisional, program untuk mengalihkan pekerja rentan ke peluang kerja baru dan memastikan akses terjangkau ke teknologi digital akan dibutuhkan. 

4. Memperkuat institusi negara 

Negara-negara akan pelru meningkatkan efektivitas melalui peningkatan suara dan partisipasi masyarakat, peningkatan transparansi, dan akuntabilitas pemerintah yang lebih besar. 

5. Membiayai transisi ke status berpenghasilan tinggi 

Pemerintah akan perlu mencari cara untuk membiayai agenda kebijakan yang lebih besar untuk mencapai status berpenghasilan tinggi dengan meningkatkan mobilisasi pendapat domestik.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tuntut Bebaskan Putri Bos Huawei, China Panggil Dubes AS untuk Diinterogasi

Posted: 09 Dec 2018 10:01 PM PST

Liputan6.com, Beijing - Kementerian Luar Negeri Tiongkok pada Minggu 9 Desember 2018, memanggil Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk China, Terry Branstad, untuk meminta keterangan langsung seputar penangkapan putri bos Huawei Meng Wangzhou di Vancouver, Kanada, lebih dari sepekan lalu.

Pemanggilan tersebut juga sekaligus untuk menyampaikan tuntutan terhadap AS segera mencabut surat perintah penangkapan terhadap Weng.

Dikutip dari The Straits Times pada Senin (10/12/2018), Wakil Menteri Luar Negeri China Le Yucheng membuat pernyataan tegas kepada Bransted, yang menuding permintaan AS ke Kanada untuk menangkap Meng Wanzhou saat sedang transit di Vancouver, sebagai tindakan yang tidak masuk akal.

"China akan mengambil sikap lebih lanjut berdasarkan tindakan AS," katanya, menurut pernyataan di situs web Kemlu China yang dirilis Minggu malam, di mana mencatat "sifat yang sangat jahat" dari tindakan AS.

"Pihak China dengan tegas menentang kasus ini dan sangat mendesak AS untuk mementingkan sikap serius kami," lanjutnya.

Teguran keras ini disebut serupa dengan pemanggilan sebelumnya terhadap duta besar Kanada di Beijing, pada Sabtu 8 Desember.

Meng Wangzhou, Kepala Keuangan sekaligus putri dari pendiri Huawei, ditangkap pada 1 Desember. Dia dituduh melakukan penipuan secara pribadi terhadap beberapa bank, dalam upaya melanggar sanksi AS terhadap Iran.

Penangkapannya telah membuat marah Beijing, serta meningkatkan ketegangan antara China dan AS, hanya beberapa hari setelah kedua negara menyerukan gencatan senjata pada perang perdagangan yang sedang berlangsung.

Jumat lalu, sidang jaminan pertamanya diadakan di Mahkamah Agung provinsi British Columbia, Kanada. Sidang belum membuahkan hasil nyata, dan akan dilanjutkan hari Senin ini.

Perusahaan China Patuh pada Pemerintah

Di lain pihak, Senator AS Marco Rubio mengatakan kepada program televisi CBS Face the Nation pada hari Minggu, bahwa dia akan "100 persen mendukung" Kongres untuk melakukan perusahaan telekomunikasi China melakukan bisnis di Negeri Paman Sam.

"Kita harus memahami perusahaan China tidak seperti perusahaan Amerika. Kami bahkan tidak bisa membuat Apple membongkar iPhone untuk membantu kami dalam penyelidikan teroris," katanya.

"Ketika orang China bertanya kepada perusahaan telekomunikasi di sana, kami ingin Anda menyerahkan semua data yang dikumpulkan di negara tempat Anda beroperasi, mereka akan melakukannya. Tidak ada perintah pengadilan. Tidak ada yang seperti itu. Mereka hanya akan melakukannya. Itu adalah keharusan di sana. Kita perlu memahami itu," lanjut Rubio.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

Kritik Meluas di Media China

Putri pendiri Huawei, Meng Wanzhou, ditahan di Vancouver, Kanada, atas permintaan ekstradisi AS (AP Photo)

Kasus penangkapan Meng Wangzhou memicu pemberitaan luas di China, yang menyebutnya sebagai pelanggaran hak asasi manusia, dan juga upaya untuk mempermalukan Negeri Tirai Bambu.

Mereka memperingatkan bahwa Kanada berisiko menghadapi konsekuensi serius, termasuk sanksi berat dari China, jika kasus Meng tidak ditangani dengan benar dan dengan cara yang manusiawi.

Sejak berita penangkapan Meng menyeruak Kamis lalu, Beijing berulang kali menuntut pembebasannya, dan bersikeras bahwa Kanada telah melanggar hak asasi seorang warga negara China.

Kolom opini dan editorial di media pemerintah China, bahkan, mengecam keras perlakuan Kanada terhadap Meng, yang disebutnya seperti menangani penjahat berbahaya, di mana memaksa pemasangan borgol di tangan dan gelang monitor di kaki.

Salah satu editorial di China Daily mengatakan: "Meng adalah seorang wanita paruh baya, yang memiliki masalah kesehatan dan masih dalam pemulihan dari operasi leher pada bulan Mei, namun dia diperlakukan seperti pelaku kekerasan."

Surat kabar milik negara berbahasa Inggris itu menyebut Huawei sebagai "béte noire" --ancaman nyata-- untuk AS, karena perusahaan itu berusaha menjadi pemimpin global pada pengembangan teknologi 5G.

"Pemerintah AS memesan tempat (penjualan teknologi 5G) untuk perusahaan-perusahaan di sana," tambahnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lewat Edukasi Unik, Murid-Murid SD di Sorong Paham Gizi Seimbang

Posted: 09 Dec 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pemandangan tak biasa muncul dari ruangan kelas IV SD Inpres 109 Sorong, Papua Barat, pada Jumat, 7 Desember 2018. Puluhan murid yang biasanya pada pukul 07.00 WIT sudah duduk manis siap menerima ilmu dari guru, tapi di hari itu justru berkegiatan yang berbeda.

Tidak terlihat buku dan alat tulis di meja masing-masing murid. Yang ada hanya bahan-bahan makanan di antaranya nasi atau papeda, ayam atau ikan, beraneka ragam sayur, dan buah-buahan. Karena ternyata mereka sedang mengikuti lomba 'Pelangi di Piring Makanku'.

Ini bukan sebarang adu keterampilan. Lomba tersebut punya tujuan khusus, yakni mengasah kreativitas dan pengetahuan para murid mengenai gizi seimbang setelah diberi pembekalan selama tiga bulan.

"Sekaligus mengedukasi anak-anak, bagaimana sebenarnya makanan kita sehari-hari, terutama dalam satu piring itu harus beraneka ragam. Harus ada karbohidrat, lauk dari protein hewani dan nabati, kemudian vitamin dan mineral," kata Mardatillah dari Pusat Kajian Gizi dan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (PKGK UI), sebagai juri.

Mardatillah, mengatakan, 44 orang anak yang berada di ruangan itu merupakan murid kelas IV dan V yang menjadi bagian dari studi PSP (pengetahuan, sikap, dan perilaku). Studi PSP sendiri masuk ke dalam program Gerakan NUSANTARA (MiNum Susu TiAp Hari uNTuk Anak CeRdas Aktif Indonesia) dari Frisian Flag Indonesia.

Program Gerakan NUSANTARA yang merupakan komitmen Frisian Flag Indonesia untuk membangun keluarga Indonesia yang kuat terdiri dari intervensi edukasi gizi dan kegiatan Training of Trainers (ToT). Nah, studi PSP pada siswa kelas IV dan V termasuk ke dalam bagian intervensi edukasi gizi.  

"ToT ini, mula-mula guru yang diberikan pemahaman terkait pedoman gizi seimbang. Kemudian, pemahaman itu mereka teruskan atau terapkan ke murid-murid kelas IV dan V," kata Mardatillah.

"Nah, di akhir program, kami mengadakan lomba Pelangi di Piring Makanku ini," ujar dia kepada Health Liputan6.com ditulis Senin, 10 Desember 2018.

Sebelum dibekali ilmu yang tidak tercantum di kurikulum, anak-anak 'diukur' dengan diberikan studi baseline, mengisi kuesioner guna mengetahui seputar sikap dan perilaku makan sehari-hari, kemudian diberikan masa intervensi selama tiga bulan dengan harapan ada perubahan dari tingkat pengetahuan, sikap, dan perilaku.

"Selama tiga bulan itu, guru kita latih, kita berikan pembekalan terkait materi gizi. Kemudian, guru melakukan edukasi kepada siswa selama tiga bulan yang terdiri dari 13 materi. Setiap minggu, satu materi," kata wanita yang masuk ke jajaran tim peneliti untuk Program Gerakan NUSANTARA ini.

 

Hasil Pembekalan Pemahaman Gizi Seimbang yang Diperoleh Para Murid

Kegiatan ToT Kembali Dijalankan pada Program Gerakan NUSANTARA 2018 karena Metode Tersebut Dinilai Efektif Memberikan Ilmu Kepada Guru Terkait Pedoman Gizi Seimbang (Foto: Aditya Eka Prawira/Liputan6.com)

Berdasarkan laporan yang Mardatillah dapat dari para guru, murid-murid SD Inpres 109 Sorong cukup menangkap perihal materi tentang gizi seimbang. Selama tiga bulan, masing-masing guru memutar otak guna menemukan sejuta agar materi yang akan mereka sampaikan diterima baik oleh murid.

Supaya tidak masuk kuping kanan keluar kuping kiri, para guru pun melakukan aksi nyata dengan mengajak anak-anak itu membawa bekal dari rumah, untuk kemudian makan bersama-sama.

Dari kegiatan ringan dan menyenangkan itu, pelan-pelan murid diberitahu bahwa makanan yang santap sudah sesuai atau belum.

Lomba Pelangi di Piring Makanku

Kelompok 8 yang Mengikuti Lomba Pelangi di Piring Makanku Terdiri dari Ayu, Ica, dan Putri. Di Atas Piring Mereka Tersaji Nasi, Ayam Goreng, Sayuran, dan Beragam Buah (Foto: Aditya Eka Prawira/Liputan6.com)

Soal lomba Pelangi di Piring Makanku, Mardatillah dan tim juri lain tidak membatasi konsepnya. Murid hanya diminta membentuk sebuah grup, yang terdiri dari delapan sampai 10 orang. Selanjutnya, anak-anak diminta membawa makanan apa saja, untuk mereka sulap menjadi 'pelangi', dan dua orang perwakilan maju untuk mempresentasikannya.

"Kalau kita jelasin konsepnya, hasilnya bisa bagus semua," kata Mardatillah.

Selama lomba berjalan, Mardatillah tak menyangka bahwa para murid memperlihatkan antusiasme yang begitu besar. Mereka sesekali terlihat berdiskusi menyusun makanan apa saja yang layak buat disajikan, mampu menyelesaikan tantangan itu dengan baik.

Kelompok 1, misalkan. Murid bernama Febry dan Anju dipercaya anggota kelompoknya untuk mempresentasikan makanan yang mereka sajikan. Di atas piring berwarna putih dengan pinggiran berwarna cokelat, Febry dan teman-teman menyajikan seporsi nasi, ayam goreng, sayur kangkung, ikan, dan dua macam buah; anggur dan pisang.

"Yang masak sayur, mamaku," kata Febri.

 

Suasana Ruangan Kelas IV Saat Berlangsungnya Lomba Pelangi di Piring Makanku pada Jumat, 7 Desember 2018 (Foto: Aditya Eka Prawira/Liputan6.com)

Menurut dua bocah perempuan ini, sebaiknya ada dua jenis protein hewani di dalam piring makan seorang anak sekolah.

"Protein itu biar kita kuat. Kalau proteinnya ada dua, kuatnya lebih lama," kata Febri sambil tertawa.

Sementara minumnya, murid kelas IVA ini memilih air putih dan susu cokelat. "Air putih biar sehat. Susu cokelat, karena aku, dia (menunjuk Anju), dan teman-teman suka sama cokelat," katanya.

 

Kelompok 12 yang Diwakilkan Tanti dan Imanuera Mempresentasikan Makanan yang Terdiri dari papeda Kuah Ikan Kuning, Sayur Kangsung, dan Satai Buah Semangka dan Anggur (Foto: Aditya Eka Prawira/Liputan6.com)

Berbeda dari tim Febri dan Anju, kelompok 12 yang diwakilkan Imanuera dan Tanti memilih sumber karbohidrat lain, yaitu papeda. Sedangkan sumber protein, ada ikan kuah kuning--yang juga pasangan pas saat menyantap seporsi papeda, sayur kangkung untuk sumber serat, dan setusuk satai buah anggur dan semangka. 

Saat diminta menjelaskan manfaat dari makanan yang mereka sajikan, Tanti mengatakan bahwa papeda adalah sumber karbohidrat lain atau sumber pengganti nasi.

"Sebenarnya, sumber karbohidrat untuk manusia ada banyak. Tidak hanya nasi putih, masyarakat di sini, nasi diganti sama papeda. Ini agar anak-anak Papua tidak kekurangan gizi, kalau mereka tidak bisa makan nasi," ujarnya.

Sedangkan kangkung, lanjut Tanti, untuk sumber vitamin dan mineral. Sementara ikan, adalah sumber protein yang paling mudah didapat masyarakat Papua, terutama Sorong.

"Di sini banyak ikan. Ikannya segar," kata Imanuera menimpali omongan Tanti.

Untuk pemilihan semangka dan anggur, Tanti dan Imanuera menyakini bahwa buah-buah itu kaya vitamin A, B, C, D, dan E.

"Minumnya, susu," kata Tanti yang mengaku sangat gemar minum susu, terlebih susu cokelat.

 

Juri Lomba Pelangi di Piring Makanku Mengaku Takjub

Setelah Mendapat Pelatihan dari Para Guru, Murid-Murid SD Inpres 09 Sorong 'Diuji' dengan DIadakannya Lomba

Melihat para murid mampu menata piring makannya jadi terlihat lebih berwarna, Mardatillah mengaku terkejut dan tak habis pikir sama kemampuan mereka.

"Kenapa kita tidak menentukan konsep di awal, karena kita ingin tahu, setelah masa tiga bulan pemberian materi, anak-anak ini sudah paham atau belum dengan materi yang disampaikan gurunya," kata Mardatillah.

"Ternyata hasilnya, amazing, ya. Anak-anak ini mampu mempresentasikannya dengan baik, dan dari sini terlihat, mereka paham dengan apa yang mereka bawa. Termasuk fungsi dan kandungan gizinya," kata dia menambahkan.

Untuk sistem penilaian, ada lima poin yang dilihat oleh juri; keanekaragaman makanan, warna, fungsi, minum, dan presentasi. Masing-masing memiliki nilai 20.

"Rata-rata nilai mereka di atas 15 (untuk masing-masing poin tersebut)," kata Mardatillah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bantah Pernah Tidur dengan Kriss Hatta, Hilda Vitria Disindir Hotman Paris

Posted: 09 Dec 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kasus perseteruan Kriss Hatta dan Hilda Vitria rupanya menarik perhatian Hotman Paris Hutapea. Pengacara nyentrik itu merasa penasaran dengan kebenaran pernikahan Kriss hatta dan Hilda Vitria.

Melalui video yang diunggah ke akun instagramnya, Hotman bertanya langsung kepada Hilda, tentang pernyataan Kriss Hatta yang mengaku pernah menikahi Hilda.

Ayah tiga anak ini kemudian bertanya kepada Hilda apakah dia tinggal serumah dan pernah melakukan hubungan suami-istri dengan Kriss Hatta.

"Makanya ku tanya kau, memang kau tidak tidur sama dia," ujar Hotman dalam video yang diakses pada Senin (10/12/2018).

Mendengar pertanyaan itu, Hilda terlihat emosi dan menjawab seperti ini. "Ya enggak lah. Memang aku siapanya?" sanggah Hilda Vitria.

Hotman pun terkejut saat Hilda menampik jika dia pernah menikah dengan Kriss Hatta. "Hah? Ya istrinya," kata Hotman Paris.

Hilda pun terus menampik, dia tidak memiliki hubungan dengan Kriss. "Kata siapa?" tanya Hilda Vitria kepada Hotman Paris.

Bantah Tidur Bareng

Buku nikah yang diduga milik Kriss Hatta dan Hilda Vitria Khan.

Tak puas dengan jawaban Hilda, Hotman kembali menanyakan pertanyaan yang sama. "Kalau begitu pertanyaannya lebih bagus begini, lo pernah enggak tidur sama dia?" tanya Hotman Paris mengulang pertanyaannya.

"Enggak," jawab Hilda singkat tegas.

Sindiran

Hotman Paris (Adrian Putra/bintang.com)

Hotman Paris masih tak percaya. Ia pun menyindir Hilda Vitria. "Yang benar. Lo jangan pura-pura sok bersih depan dia (tunjuk Billy)," kata Hotman Paris.

Hilda Vitria masih konsisten dengan jawabannya bahwa ia tak pernah tidur dengan Kriss Hatta. Hal ini juga bertolak belakang dengan pernyataan kontroversial Kriss Hatta soal urusan ranjangnya dengan Hilda Vitria.

Beberapa waktu lalu, Kriss Hatta mengaku sering melakukan hubungan suami istri, selama menikahi Hilda Vitria. (Nur Ulfa/Dream.co.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Pemain Papan Atas Masuk Radar MU di Bursa Januari

Posted: 09 Dec 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Manchester United (MU) akan melalui musim yang cukup berat. MU saat ini masih tertahan di posisi keenam klasemen sementara Liga Inggris dengan raihan 26 poin.

MU terpaut 12 poin dari Arsenal yang ada di peringkat ke-5, dan 16 poin dari Manchester City di urutan kedua. Meski MU sudah memastikan lolos ke sistem gugur Liga Champions, klub tetap sangat membutuhkan bala bantuan pada bulan Januari nanti.

Manajer MU, Jose Mourinho, sempat kecewa karena keinginannya menambah pemain anyar tidak terpenuhi. Tapi, mengingat tampilan menyedihkan musim ini, MU terpaksa harus aktif di bursa transfer Januari nanti, terutama untuk pemain belakang.

Manajemen MU kabarnya membidik tiga pemain baru di bursa trasnfer musim dingin. Ada tiga pemain yang kini menjadi target MU.

Kalidou Koulibaly

Bek Napoli, Kalidou Koulibaly melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Juventus pada lanjutan Liga Serie A Italia di Stadion Allianz di Turin (22/4). Kalidou Koulibaly mencetak gol di menit 90. (AFP Photo/Marco Bertorello)

Pemain asal Senegal terus menjadi target utama Jose Mourinho di tahun baru, dan Koulibaly sekarang sangat terkait dengan kepindahan ke MU. Menurut Sunday Times, Koulibaly rupanya tertarik untuk bekerja dengan Mourinho.

Namun, Napoli tetap akan bertahan dengan nilai transfer sekitar 90 juta pounds. Penampilan Koulibaly cukup monumental di Serie A untuk beberapa waktu.

Bek Napoli ini tampil baik di bawah bimbingan pelatih Chelsea saat ini Sarri. Ia sangat solid saat Napoli menantang Juventus untuk merebut gelar juara.

Namun, harga yang diminta Koulibaly akan menjadi masalah besar. Pasalnya, MU mungkin harus menjual pemain untuk mengakomodasi kesepakatan.

Eder Militao

Pemain bertahan FC Porto, Eder Militao, santer disebut masuk dalam daftar belanja Manchester United pada Januari 2019. (AFP/Alexander Nemenov)

Sementara, kesepakatan Koulibaly bisa menghalangi MU karena masalah keuangan, Setan Merah dilaporkan mencari alternatif yang lebih murah.. Saat ini di radar MU ada bek Porto Eder Militao, yang akan menelan biaya sekitar 45 juta pounds.

Pemain berusia 20 tahun itu juga akan masuk dalam rencana jangka panjang di Old Trafford. Dengan usianya yang masih muda membuatnya menjadi prospek yang menguntungkan.

Wakil Dewan Eksekutif MU, Ed Woodward, rupanya enggan memanjakan para bintang tua yang berpengalaman, seperti preferensi Jose Mourinho. Sebaliknya ia ingin berinvestasi pada kaum muda.

Pemain asal Brasil itu bergabung dengan Porto dari Sao Paulo di musim panas lalu. MU kabarnya telah mengirim pemandu bakat untuk menonton Militao baru-baru ini.

Mesut Ozil

Gelandang Arsenal, Mesut Ozil, merayakan gol usai membobol gawang Vorskla pada laga Liga Europa di Stadion Emirates, London, Kamis (20/9/2018). Arsenal menang 4-2 atas Vorskla. (AP/Kirsty Wigglesworth)

Pemain internasional Jerman gagal bersinar di Arsenal. Ozil saat ini sedang menjalani masalah punggung, yang telah membuatnya duduk di bangku cadangan pada tiga pertandingan terakhir Liga Inggris.

The Gunners tertarik untuk menjual gelandang Jerman itu, pada Januari mendatang. Inter Milan disebut-sebut tertarik untuk memboyongnya. Namun, MU kini memimpin peluang untuk mengontraknya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Penemuan Kerangka Manusia di Jalur Pendakian Gunung Slamet

Posted: 09 Dec 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sesosok mayat yang telah berbentuk kerangka ditemukan di jalur pendakian Gunung Slamet. Diduga mayat itu berjenis kelamin laki-laki.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Baru Rilis, PlayStation Classic Sudah Diretas

Posted: 09 Dec 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Seperti konsol Nintendo Classic yang meluncur di pasaran beberapa tahun lalu, PlayStation Classic memuat 20 judul gim.

Walau tampaknya tidak ada cara untuk menambah lebih banyak gim ke dalam konsol, baru-baru ini sejumlah hacker/gamer mampu meretas PlayStation Classic.

Adapun hal tersebut diperlihatkan pertama kali oleh pengguna Twitter dengan akun @bakueikozo. Dia menjelaskan, image file yang sudah dibuat sebelumnya mampu bekerja di PlayStation Classic via USB.

"Saat ini masih dilakukan secara manual, tetapi dapat berubah sewaktu-waktu," tulis tweet tersebut, sebagaimana dikutip dari laman Gamerant, Senin (10/12/2018).

PlayStation Classic baru saja meluncur di pasaran kurang lebih seminggu, karena itu cukup mengesankan konsol tersebut sudah diretas.

Melihat betapa mudahnya konsol baru milik Sony tersebut diretas, banyak gamer yang berkomentar, ini merupakan tanda betapa buruknya sistem keamanan.

Komentar Warganet

Isi di dalam kotak penjualan PlayStation Classic. (Doc: Sony)

Menurut posting di media sosial, masalahnya berasal dari sistem enkripsi yang sangat lemah.

Diketahui, perusahaan asal Negeri Sakura itu menggunakan GnuPG (sesuatu yang memungkinkan seseorang mengenkripsi dan mengubah data dan berkomunikasi) pada konsol dan secara tidak sengaja membiarkannya agar dapat diakses secara publik.

Karena ada "pintu terbuka" di dalam sistem, hal tersebut memungkinkan orang untuk mendekripsi data di konsol.

Bukan yang Terakhir

Perbandingan ukuran bodi konsol PlayStation orginal dengan versi mini. (Doc: Sony)

Video di akun Twitter @bakueikozo ini hanyalah salah satu contoh dari berkembangnya komunitas hacker PlayStation Classic.

Sebelumnya, seorang YouTuber mendemonstrasikan bagaimana gamer dapat mengakses pengaturan emulator di PlayStation Classic.

Dengan pengaturan ini, pemain dapat mengubah region konsol, cheats, dan masih banyak lagi.

Berdasarkan video tersebut, yang perlu gamer lakukan untuk bisa masuk ke pengaturan emulator adalah dengan menggunakan keyboard USB.

Ada 36 Judul Gim Rahasia di Dalam Konsol

Penampakan bodi konsol PlayStation Classic. (Doc: Sony)

Dengan mudahnya konsol ini diretas, jelas PlayStation Classic memiliki masalah besar dalam keamanannya.

Beberapa hacker juga sebelumnya mampu melhat source code di dalam konsol, dan menemukan ada 36 judul gim yang perusahaan uji untuk konsol tersebut.

Adapun 36 judul gim yang batal meluncur di dalam konsol, termasuk Crash Bandicoot, Toy Story 2, Gran Turismo, Harry Potter and the Philosopher's Stone, dan sejumlah judul gim kenamaan lainnya.

Sayang, hanya sedikit dari judul gim tersebut yang masuk ke dalam daftar 20 gim di PlayStation Classic.

Informasi, PlayStation Classic saat ini sudah tersedia di pasaran dengan banderol harga Rp 1,8 jutaan.

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ma'ruf Amin: Januari Kita All Out Kampanye dengan Strategi Khusus

Posted: 09 Dec 2018 09:57 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Calon Wakil Presiden nomor urut 01, Ma'ruf Amin memastikan untuk all out berkampanye pada Januari 2019. Dia mengamini bahwa selama ini, safari yang dilakukan bukanlah berkampanye namun sekadar silaturahim.

"Kalau kampanye resmi memang Januari. Artinya itu seluruhnya all out. Kampanye kita akan punya strategi-strategi yang kepada titik-titik, sasaran yang kita anggap strategis," jelas Ma'ruf Amin di Rumah Situbondo, Jakarta Pusat, Senin (10/12/2018).

Ma'ruf meyakini, langkah kampanye strategis pada Januari ini siap mengubah, dan memperbesar elektabilitas di seluruh wilayah Indonesia. Khususnya di 10 wilayah yang sudah dipetakan.

"Lebih khsus lagi tentu Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten itu menjadi sasaran utama. Kemudian sepuluh secara menyeluruh," jelas dia.

Saat ditanya tujuh wilayah fokus selain tiga disebutkan di atas, Ma'ruf mengatakan jika hal itu menjadi rahasia dari strategi Tim Pemenangannya.

"Tentu saya enggak jelaskan karena ini strategi. Dalam bentuk langkah akan kita umumkan per langkah. Kita lalukan pada saat yang tepat," yakin Ma'ruf Amin.

 

Kejutan dari Ma'ruf Amin

Pemilik Satria Muda, Erick Thohir, memberikan sambutan saat peluncuran film 25 tahun Satria Muda di XXI Epicentrum, Jakarta, Kamis (15/11). Peluncuran ini dalam rangka peringatan hari jadi SM yang ke-25 tahun. (Bola.com/Yoppy Renato)

Ketua Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Kerja (TKN-KIK) Erick Thohir mewanti-wanti seluruh pihak bahwa akan ada kejutan dari pasangan capres-cawapres nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf. Kejutan itu bakal ditampilkan pada kampanye Januari 2019 nanti.

"Kemarin waktu temen-temen wartawan menanyakan, ya memang jawaban saya sama bahwa hari ini Abah (panggilan karib Ma'ruf) belum kampanye. Nanti bulan Januari kampanyenya dan insyaallah banyak kejutan-kejutan," kata Erick di Rumah Situbondo, Jakarta Pusat, Senin (10/12/2018).

Erick berharap kampanye pasangan Jokowi-Ma'ruf ke depan bisa memberikan yang terbaik untuk rakyat. Khususnya, kepada mereka yang memiliki persamaan visi dan misi.

"Kita lihat temen-temen, sahabat-sahabat yang hati nuraninya sama seperti kita yang ini sama-sama membangun daripada ekonomi umat, kerakyatan, juga bagaimana membangun Indonesia. InsyaAllah berkah karena saya yakin Allah selalu memberikan yang terbaik," harap Erick.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Korban Keracunan Makanan Hajatan di Nganjuk Bertambah Jadi 156 Orang

Posted: 09 Dec 2018 09:55 PM PST

Patroli Indosiar, Nganjuk - Korban keracunan massal yang dialami warga di Desa Ngetos, Kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk, JawaTimur, terus bertambah. Jumlah korban yang semula 92 orang, hingga Minggu malam bertambah menjadi 156 korban.  

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Senin (10/12/2018), para korban saat ini dirawat disejumlah rumah sakit dan puskesmas.

Tiga korban dirawat di Puskesmas Kecamatan Ngetos, tiga orang di Puskesmas Berbek, 66 orang di RSUD Nganjuk, 25 orang di RS Bhayangkara, tujuh orang di RS Islam serta dua orang di posko kesehatan.

Sementara, korban lainnya sudah diperbolehkan untuk kembali ke rumah.

Hasil penyelidikan Polres Nganjuk dan uji kliniks terhadap sample makanan, daging kambing, nasi, dan pepaya, tidak ditemukan adanya kandungan berbahaya. (Karlina Sintia Dewi) 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perjalanan Karier Marko Simic, Bawa Persija Jadi Juara Liga 1 2018

Posted: 09 Dec 2018 09:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Saat ini Marko Simic sangat dielu-elukan oleh Jakmania, pasalnya ia berhasil membawa Persija Jakarta menjadi juara Liga 1 2018. Apalagi gelar juara Liga 1 2018 ini menjadi catatan manis bagi Persija karena terakhir kali mereka mendapatkan gelar serupa adalah tahun 2001 atau 17 tahun lalu.

Persija Jakarta resmi meraih gelar juara Liga 1 2018, usai mengalahkan Mitra Kukar dengan skor 2-1 dalam laga pekan ke-34 Liga 1, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu (9/12/2018). Dua gol Persija dicetak Marko Simic pada menit ke 17 dan 60.

Gol pertama Marko Simic dicetak melalui titik penalti pada menit ke-17. Penalti didapatkan Persija setelah Marko Simic dilanggar oleh Saepulloh Maulana.

Marko Simic mencetak gol kedua pada menit ke-59. Penyerang berusia 30 tahun itu memanfaatkan sebuah kemelut di depan gawang Mitra Kukar yang dikawal Yoo Jae Hoon. Melalui tandukan, Simic menceploskan bola yang melambung liar setelah bek Mitra Kukar Mauricio Leal gagal menyapunya dengan benar.

Selama membela Persija Jakarta di Liga 1 2018 ini, Marko Simic menyumbangkan 18 gol. Meskipun tidak menjadi top skorer Liga 1, dengan jumlah tersebut sekaligus menempatkan Marko Simic sebagai pencetak gol terbanyak Persija.

Marko Simic memang baru semusim memperkuat Persija Jakarta, namun ia sudah memberikan 3 gelar bagi Macan Kemayoran. Selain trofi Liga 1 2018, ada dua trofi turnamen pramusim yakni trofi Piala Presiden 2018 dan trofi turnamen Boost SportsFix Super Cup 2018 di Malaysia.

Sumbang 29 gol untuk Persija

Marco Simic saat melawan Tampines Rovers pada laga Piala AFC 2018 di Stadion Utama GBK, Senayan, Jakarta (28/2/2018). Persija menang 4-1. (Bola.com/Nick Hanoatubun)

Sepanjang 2018, Marko Simic telah mencetak 29 gol di semua ajang bersama Persija Jakarta. Saat memperkuat Persija di Piala Presiden 2018, Marko Simic menyumbang 11 gol.

Dari torehan tersebut, Marko Simic memenangkan gelar pemain terbaik serta menjadi top skor Piala Presiden 2018. Marko Simic juga menyejajarkan diri dengan Christian Gonzales sebagai pemiliki gol terbanyak selama gelaran kompetisi tahunan tersebut dengan 11 gol.

Awal karier Marko Simic

Sebelum dikontrak Persija Jakarta untuk memperkuat tim pada kompetisi musim 2018, perjalanan karier Marko Simic tidak begitu mentereng. Koleksi gol Marko Simic tidak pernah melebihi 10 gol di tiap klub yang dibelanya.

Marko Simic dibeli oleh Macan Kemayoran dari Melaka United, salah satu kontestan di Liga Malaysia dengan durasi kontrak selama 2 tahun.

Marko Simic sendiri mengawali kariernya di dunia sepakbola dari akademi Rijeka pada tahun 2001 silam. Marko Simic kemudian mengenyam pelatihan dasar-dasar sepakbola salah satu klub Korasia, NK Zagreb selama 4 tahun.

Marko Simic memulai karier profesionalnya di klub Rusia, FC Khimki. Namun, karier pemain yang berjuluk Super Simic ini tidak berjalan lancar. Dalam dua tahun keberadaanya, Marko Simic hanya memainkan empat pertandingan tanpa menghasilkan satu gol.

Marko Simic lantas dipinjamkan ke klub Latvia, Daugava Daugavpils pada 2008 silam. Di klub ini, kehebatannya mulai terlihat. Dari 14 pertandingan, Marko Simic menyumbang enam gol.

Marko Simic juga mengemas lima gol dari total 18 pertandingan kala memperkuat Vasas FC yang mentas di kompetisi kasta tertinggi Hungaria.

Pada musim 2014-2015 pemain kelahiran Pakrac, 23 Januari 1988, itu berkiprah di Serie C Italia bersama Pordenone. Namun, Marko Simic tak punya banyak kesempatan bermain dan tak sanggup mencetak gol. Bukannya semakin bersinar, karirnya malah kian meredup dengan hanya mencatatkan satu penampilan.

Pindah ke Asia Tenggara

Marko Simic, saat mengikuti sesi latihan di Lapangan Sutasoma Halim, Jakarta, Jumat (29/12/2017). Striker asal Kroasia itu dikontrak Macan Kemayoran selama dua musim ke depan. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Setelah semusim berseragam Pordenone, Marko Simic kemudian hijrah ke Asia Tenggara dan bermain di klub Vietnam, Becamex Binh Du'ong. Di klub ini ia mampu mencetak empat gol dari enam laga.

Pada tanggal 6 Januari 2017, Marko Simic bergabung dengan klub Liga Primer Malaysia Negeri Sembilan. Di Negeri Sembilan, Simic mulai menunjukan tajinya. Ia bermain di 13 pertandingan dan mencetak tujuh gol.

Sebelum bergabung dengan Persija Jakarta, klub terakhir Marko Simic adalah Melaka United SA. Dia melakukan debut pertama untuk Melaka United dalam pertandingan imbang 1-1 melawan PKNS pada 1 Juli 2017. Bergabung sejak Juni 2017, Marko Simic mampu mengemas sembilan gol dari sembilan pertandingan. Marko Simic juga pernah tampil pada Piala FA Malaysia 2017 bersama Melaka United dan bermain sebanyak enam kali serta menyumbang satu gol.

Pada tanggal 27 Desember 2017, Marko Simic menandatangani kontrak selama dua tahun dengan Persija Jakarta setelah ia tidak mencapai kesepakatan dengan Kelantan FA. Pemain berposisi striker itu menjadi pemain asing pertama yang dikontrak Persija untuk kompetisi musim 2018.

Menariknya, Marko Simic bisa bermain di berbagai posisi. Selain sebagai ujung tombak, ia juga dapat memerankan posisi sayap dan gelandang serang.

Tersandung beberapa masalah

Di balik prestasinya yang gemilang, Marko Simic pernah diterpa isu kontroversial. Pada Juni 2018, namanya disebut-sebut sebagai pelaku pelecehan terhadap sejumlah selebriti di Tanah Air. Mulai dari Via Vallen, DJ Dinar Candy hingga aktris Sandra Olga.

Sebelumnya, Marko Simic menerima sanksi larangan empat pertandingan dari Komisi Disiplin (Komdis) PSSI setelah terbukti menyikut pemain Persipura Jayapura, Ian Louis Kabes.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Siapkan Rp 20,9 T buat Aceh, Papua, dan Papua Barat

Posted: 09 Dec 2018 09:46 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 20,97 triliun dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun 2019 untuk tiga provinsi yang memiliki kekhususan, yaitu Provinsi Aceh, Provinsi Papua, dan Provinsi Papua Barat.

Angka Rp 20.979 triliun itu tertuang dalam Lampiran V Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 129 Tahun 2018 tentang Rincian Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2019 yang telah ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo pada 29 November 2019 lalu.

Selain dana Otonomi Khusus bagi ketiga provinsi itu, dalam lampiran V Perpres No. 129 Tahun 2018 itu juga dicantumkan besaran Dana Keistimewaan bagi Provinsi Daerah Istimewa (D.I.) Yogyakarta sebesar Rp 1,2 triliun.

Dalam laman Setkab, Senin (10/12/2018), mengenai dana Otonomi Khusus itu, dalam lampiran Perpres tersebut dibagi secara terinci, yaitu untuk:

a. Provinsi Papua sebesar Rp5,850 triliun;

b. Provinsi Papua Barat sebesar Rp2,507 triliun; dan

c. Provinsi Aceh sebesar Rp8,357 triliun.

Selain itu juga ada Dana Tambahan Infrastruktur Dalam Rangka Otonomi Khusus, yang dialokasikan khusus untuk Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat yang keseluruhannya mencapai Rp 4,265 triliun.

Adapun rincian perolehan Dana Tambahan Infrastruktur Dalam Rangka Otonomi Khusus itu masing-masing:

a. Provinsi Papua Rp 2,824 triliun;

b. Provinsi Papua Barat sebesar Rp 1,440 triliun.

 

Bagian Transfer Daerah

Petugas mengecek lembaran uang rupiah di Bank Mandiri, Jakarta, Kamis (21/12). Guna memenuhi kebutuhan uang tunai selama perayaan Natal dan Tahun Baru 2018, Bank Indonesia (BI) menyiapkan uang kartal sebanyak Rp 193,9 triliun. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Dana yang dialokasikan untuk ketiga provinsi itu merupakan bagian dari dana transfer ke daerah, termasuk Dana Desa, yang dialokasikan dalam APBN 2019 sebesar Rp 826,772 triliun.

"Peraturan Presiden ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan," bunyi Pasal 12 Peraturan Presiden Nomor 129 Tahun 2018 yang telah diundangkan oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly pada 30 November 2018.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Fakta Pernikahan Pendekar Wushu, Lindswell Kwok dan Achmad Hulaefi

Posted: 09 Dec 2018 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kebahagiaan tengah menyelimuti pasangan atlet Wushu Lindswell Kwok dan Achmad Hulaefi. Keduanya resmi menjadi suami istri setelah mengikat janji suci pernikahan di Ayana Mid Plaza, Jakarta, Minggu, 9 Desember 2018.

Achmad Hulaefi sempat membagikan momen manis kebersamaan dengan Lindswell dalam potret yang diunggah melalui akun Instagram pribadi. Potret mereka diabadikan oleh salah seorang fotografer ternama Indonesia, Diera Bachir.

Rasa bahagia dan momen istimewa Lindswell Kwok dan Achmad Hulaefi juga turut dirasakan oleh warga dunia maya yang memberikan doa dan ucapan selamat atas pernikahan dua pendekar Wushu ini. Lalu, apa saja fakta-fakta di balik pernikahan mereka? Simak rangkuman selengkapnya berikut ini.

1. Pamer Buku Nikah

Setelah resmi menikah, Lindswell Kwok dan Achmad Hulaefi sempat memamerkan buku nikah dalam sebuah unggahan yang dibagi oleh salah seorang kerabat mereka, Amrina lewat akun Instagram pribadinya.

"Barakallah semoga samawa dan dikuatkan dalam menghadapi bahtera," Amrina sebagai keterangan fotonya, Minggu, 9 Desember 2018 malam.

2. Resepsi di Ayana Mid Plaza

Lindswell Kwok dan Achmad Hulaefi menggelar resepsi pernikahan di Ayana Mid Plaza, Jakarta, Minggu, 9 Desember 2018. Seperti dilansir dari Ayana.com, venue pernikahan pasangan atlet wushu ini adalah hotel berbintang lima di pusat kota Jakarta.

Hotel tersebut memiliki grand ballrom yang megah dengan desain kolaborasi modern dan klasik. Adapun daya tampung keseluruhan dari hotel ini mencapai 1.500 orang, kapasitas resepsi pernikahan mencapai 839 orang, konsep standing party hingga 800 orang, serta buffet style menampung 450 orang.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

3. Tampilan Saat Resepsi

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Imam Nahrawi hadiri resepsi pernikahan Lindswell Kwok dan Achmad Hulaefi. (dok. Instagram @nahrawi_imam/https://www.instagram.com/p/BrK2gl6lVMA/Asnida Riani)

Lindswell terlihat cantik dan anggun dalam balutan gaun pengantin putih dengan hijab senada. Nuansa transparan turut hadir di bagian hijab Lindswell. Sementara, Achmad Hulaefi mengenakan setelan jas cokelat dengan nuansa hitam di kerah yang berwarna senada dengan celana. Tidak ketinggalan aksesori dasi kupu-kupu.

4. Dipotret Diera Bachir

Potret kebahagiaan pasangan Lindswell Kwok dan Achmad Hulaefi juga diabadikan oleh fotografer ternama Diera Bachir. Potret tersebut turut diunggah Achmad Hulaefi di akun Instagram pribadi. Terdapat dua potret dengan konsep yang berbeda.

Tampilan mereka ditata oleh Doley Tobing dengan dekorasi dari @jumah cenik, dengan creme dress dan veil rancangan Irna La Perle serta gaun putih dari Sapto Djojokartiko. Sedangkan atasan dari @zikrofficial, brown suit dari @sasdesigns, black suit dari Wong Hang Tailor, dan MUA oleh @victoria_makeupatelier.

5. Kehadiran Menpora

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi turut hadir dalam resepsi pernikahan Lindswell Kwok dan Ahmad Hulaefi. Hal tersebut tampak dari unggahan Imam di akun Instagram, Minggu 9 Desember 2018 malam.

"Turut berbahagia untuk pernikahan @hulaefi dan @lindswell_k semoga kebahagiaan ini terus berlanjut dengan hadirnya pewushu penerus kalian. Juga terus mendapatkan berkah dari Allah SWT," tulisnya.

6. Tak Ada Tanggal Akad Nikah

Undangan pernikahan sebelumnya telah tersebar dengan keterangan Lindswell Kwok dan Achmad Hulaefi akan menggelar resepsi pernikahan di Ayana Mid Plaza, Jakarta pada pukul 19.00-21.00 WIB. Kendati demikian, tak tertera waktu menjalani akad nikah dalam undangan tersebut.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

E-KTP Tercecer di Duren Sawit, Dirjen Dukcapil Audiensi ke Bareskrim Polri

Posted: 09 Dec 2018 09:43 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif Fakrullah mendatangi Bareskrim Polri di Gedung Kementerian Kelautan dan Perikanan, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (10/12/2018). Kedatangan Zudan ini untuk membahas penemuan e-KTP yang tercecer di Duren Sawit, Jakarta Timur.

Zudan tak menyampaikan secara rinci tujuan kedatangannya ke Bareskrim. Dia hanya menyampaikan dirinya membahas hal berkaitan e-KTP. Untuk membahas temuan ini, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Badan Intelijen Negara (BIN).

"Membahas semua konfigurasi tentang KTP elektronik semuanya," kata dia.

Dia memastikan temuan ini tidak akan mempengaruhi data pemilih untuk Pemilu 2019. Karena data yang diserahkan ke KPU berupa DP4, bukan data fisik dalam bentuk e-KTP.

Sebelumnya KTP elektronik ditemukan di Duren Sawit. Kepingan dokumen negara tersebut dimasukkan dalam karung.

E-KTP tercecer tersebut dicetak pada tahun 2011, 2012, dan 2013.

"Ndak mempengaruhi karena data kita serahkan itu DP4. Kalau itu kan fisik KTP dan blangko jadi enggak ada pengaruhnya secara data aman semua, tidak ada data yang jebol," ujar Zudan.

Soal Penemuan Sekarung E-KTP

Warga Duren Sawit temukan sejumlah e-KTP dalam karung.

Sekelompok anak kecil siang itu tengah asyik bermain bola di Pondok Kopi, Duret Sawit, Jakarta Timur, Sabtu 8 Desember 2018. Di tengah kegiatannya, mereka melihat karung yang teronggok.

Karung itu kemudian mereka dorong-dorong untuk digunakan bahan permainan. Namun tak dinyana. Ternyata karung itu berisi dokumen penting negara berupa kepingan e-KTP.

Seorang warga Pondok Kopi, Zainal (30) mendapatkan sekitar 10 anak kecil tengah asyik saling melempar e-KTP layaknya seorang ninja. Mereka kegirangan. Mengira itu adalah kartu ATM.

"Pagi-pagi sekitar jam 10-an, saya dengar bocah pada teriak-teriak. Tapi mereka teriaknya bukan e-KTP. 'Banyak ATM..Banyak ATM'. Gitu mereka teriaknya," ungkap Zainal saat dihubungi Merdeka.com, Minggu (9/12/2018).

Suara teriakan bocah begitu jelas didengar Zainal, lantaran rumahnya berada di depan persis lokasi penemuan ribuan e-KTP.

"Pas saya cek, ternyata bocah lagi pada mainin e-KTP," ucap dia.

Reporter: Hari Ariyanti

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jaga Anak, Glenn Alinskie Tak Tinggalkan Hobi

Posted: 09 Dec 2018 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Glenn Alinskie merupakan salah satu ayah selebritas yang jago menjaga anak semata wayangnya tanpa ditemani sang istri, Chelsea Olivia. Buktinya, ia bisa membuat Nastusha tertidur pulas dipelukannya.

Ditambah lagi, Glenn Alinskie tetap bisa melakukan hobinya, tanpa ada gangguan. Itu terlihat dari posting-an Glenn di akun Instagramnya, baru-baru ini.

Tampak Glenn Alinskie memperlihatkan posenya bersama anak, dalam foto hitam putih. Suami Chelsea OIivia menggendong Nastusha sambil asyik bermain video games.

"You gotta do what you gotta do. Put your daughter to sleep," tulis Glenn Alinskie sebagai keterangan foto. 

 

 

Waktu Sendiri untuk Chelsea Olivia

Glenn Alinskie menjaga anaknya (Instagram/glennalinskie)

Sementara Glenn Alinskie mengasuh Nastusha, ia membiarkan sang istri asyik dengan dirinya sendiri.

"Give wifey some me time," lanjut pria kelahiran Jakarta, 19 Oktober 1988 ini.

 

Memasak

Chelsea Olivia mendidik anak dengan bahagia. (Adrian Putra/Fimela.com)

Me time yang dimaksud Glenn Alinskie untuk Chelsea Olivia, bukanlah menghabiskan waktu bersama teman-temannya. Melainkan, menyiapkan makan malam untuk keluarga kecilnya tersebut.

"Winner winner chicken dinner!" pungkas Glenn Alinskie. (Anto Kribo/Fimela.com)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tutupi Keberadaan Istri, Pria di Nganjuk Bunuh Mertua Pakai Palu

Posted: 09 Dec 2018 09:35 PM PST

Patroli Indosiar, Nganjuk - Pelaku pembunuhan mertua oleh menantunya di Nganjuk, Jawa Timur, diciduk polisi di Sidoarjo.

Pelaku sakit hati lantaran ibu mertuanya, Siti Munawaroh kerap menutupi keberadaan sang istri yang sudah dua bulan terakhir tidak pulang ke rumah. 

"Motifnya karena cemburu dengan istrinya yang belum pulang satu bulan. Dia memaksa mertua yang selama ini berhubungan langsung dengan istrinya. Dia marah dan memukul korban," jelas Kapolres Nganjuk AKBP Dewa Nyoman Nanta Wiranta, seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Senin (10/12/2018). 

Bahkan, pria warga Desa Banjaranyar ini pernah mengancam sang istri melalui pesan singkat agar segera pulang.

Pada 1 Desember lalu, Siti Munawaroh ditemukan tewas bersimbah darah di rumahnya. Hasil pemeriksaan polisi, korban tewas akibat luka pukulan di kepala menggunakan palu sebanyak tiga kali. Polres Nganjuk mengamankan sebuah palu besi sebagai barang bukti. (Karlina Sintia Dewi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AC Milan vs Torino: Mazzarri Sebut Pasukannya Seharusnya Menang

Posted: 09 Dec 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Milan - Laga AC Milan vs Torino berakhir imbang. Di kandang I Rossoneri, Stadion San Siro, kedua tim harus puas menutup laga dengan skor kacamata 0-0.

Pelatih Torino, Walter Mazzarri, menyebut, pasukannya seharusnya bisa memenangkan pertandingan. Sayang, beberapa peluang yang mereka dapat terbuang percuma.

"Seharusnya kami bisa lebih tajam dalam penyelesaian akhir," ujar Mazzarri. "Sayang, kami tak bisa melakukan itu.

Di laga itu, Torino memang tampil cemerlang. Setidaknya, dua kali mereka memaksa kiper AC Milan, Gianluigi Donnarumma, melakukan penyelamatan gemilang.

"Saya yakin, jika kami bisa memanfaatkan satu atau dua peluang kami di babak pertama, mungkin kami bisa mendapat tiga poin," Mazzarri menuturkan. "Tapi, masalah kelelahan membuat pemain kami jadi tak masimal."

Tiga hari sebelum lawan AC Milan, Torino memang harus pemain laga Piala Italia lawan klub Serie C, Sudtiro. Di laga ini, Torino menang 2-0.

Kehabisan Tenaga

Walter Mazzarri (ANDREAS SOLARO / AFP)

Di sisi lain, Mazzarri juga tak membantah dirinya sempat menderita, lantaran performa AC Milan. Terutama di menit-menit akhir pertandingan.

"Menjelang pertandingan terakhir, pemain kami benar-benar kehabisan energi. Kami sempat membuat beberapa kesalahan. Untungnya, AC Milan juga gagal memanfaatkan peluang mereka," ujarnya.

Tantang Juventus

Dengan hasil imbang ini, Torino tetap bertahan di posisi keenam klasemen Serie A. Dari 15 pertandingan, mereka mengoleksi 22 poin.

Selanjutnya, Torino harus bersiap duel di Derby della Mole menghadapi pemimpin klasemen Serie A, Juventus. Laga ini akan digelar di kandang Torino, Stadion Olimpico Turin, Minggu (15/12).

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tangkal Fitnah dan Hoaks, Jokowi Sebut Indonesia Harus Punya Literasi Digital

Posted: 09 Dec 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjelaskan, untuk menangkal fitnah dan hoaks tidak cukup dengan regulasi dan penegakan hukum. Perlu adanya literasi digital agar warga tidak hanya mampu menggunakan teknologi saja.

"Tapi juga warga masyarakat mampu memilih dan memilah informasi, mampu melakukan kroscek, mampu melakukan klarifikasi, jika menerima sebuah informasi," kata Jokowi di hadapan 300 perserta Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (Perhumas) di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (10/12/2018).

Jokowi menegaskan, kemajuan teknologi informasi digital yang sangat cepat harus diimbangi dengan standar moral. Tidak hanya itu, kata dia, juga diperlukan etika yang tinggi dari penggunaannya.

"Sekali lagi, kemajuan teknologi informasi digital yang sangat cepat harus diimbangi dengan standar moral dan etika yang tinggi dari penggunaannya," tegas Jokowi.

 

Hijrah ke Hal yang Positif

Dia juga memberikan apresiasi kepada Perhumas karena telah mengusung hastag Indonesia bicara baik. Hal tersebut kata Jokowi agar masyarakat bisa hijrah ke optimisme Indonesia. Ajakan, kata dia untuk hijrah ke negatif ke positif.

"Saya sangat setuju dengan gerakan Indonesia bicara baik. Ini sebuah ajakan gerakan sosial ajakan untuk hijrah, ajakan untuk hijrah dari pesimis menuju optimisme, membangkitkan optimisme Indonesia," ungkap Jokowi.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bahagianya Lindswell Kwok, Pernikahannya Dihadiri Orang Ini

Posted: 09 Dec 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Lindswell Kwok dan Achmad Hulaefi telah resmi menjadi suami istri. Keduanya telah menggelar resepsi pernikahan pada di Ayana Mid Plaza Hotel, Jakarta Pusat, Minggu (9/12/2018) malam.

Selain keluarga, resepsi pernikahan Lindswell Kwok dan Achmad Hulaefi dihadiri juga dihadiri oleh sahabat dekat. Menpora Imam Nahrawi juga menghadiri momen spesial ini untuk memberi selamat secara langsung.

Melalui akun Twitter pribadinya, Imam Nahrawi mendoakan pasangan atlet wushu ini agar rumah tangga mereka selalu diliputih keberkahan dan kebahagiaan.

"Turut berbahagia untuk pernikahan Hulaefi dan Lindswell semoga kebahagiaan ini terus berlanjut di masa depan kalian, juga terus mendapatkan berkah dari Allah SWT," tulis sang Menpora, Minggu (9/12/2018).

Penampilan

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Imam Nahrawi hadiri resepsi pernikahan Lindswell Kwok dan Achmad Hulaefi. (dok. Instagram @nahrawi_imam/https://www.instagram.com/p/BrK2gl6lVMA/Asnida Riani)

Bersama dengan keterangan itu, Imam Nahrawi memperlihatkan foto saat dirinya sedang menyalami kedua mempelai. Lindswell Kwok tampak cantik dan anggun dengan gaun pengantin putih.

Achmad Hulaefi sendiri begitu gagah dalam balutan jas berwarna keemasan. Kebahagiaan begitu terpancar dari wajah pengantin baru tersebut.

Hijrah

Pewushu Indonesia, Lindswell Kwok, bersama suaminya Achmad Hulaefi saat mengunjungi Menpora Imam Nahrawi. (Kemenpora)

Sebelumnya, Lindswell Kwok sempat jadi perbincangan hangat. Ia diketahui menyambangi rumah Imam Nahrawi mengenakan gamis yang dipadu dengan hijab syari.

Kehadiran Lindswell Kwok dan kekasihnya, Achmad Hulaefi ke rumah Menpora tentu bukan tanpa tujuan. Selain bersilaturahmi, mereka juga memberikan undangan pernikahan.

Sementara itu, pihak keluarga Lindswell Kwok dikabarkan tak hadir dalam momen berbahagia tersebut karena persoalan restu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kemeriahan Resepsi Pernikahan Lindswell Kwok

Posted: 09 Dec 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pasangan wushu Lindswell Kwok dan Achmad Hulaefi menggelar resepsi pernikahan Minggu (9/12) malam. Resepsi dilakukan di Ayana Mid Plaza.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertamina Segera Garap Proyek Pembangunan Kilang RDMP Balikpapan

Posted: 09 Dec 2018 09:29 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) mengatasi ketertinggalan program pembangunan Refinery Development Master Plan (RDMP) Kilang Balikpapan. Langkah dilakukan dengan menetapkan kontrak pelaksanaan konstruksi rancangan konstruksi‎ (Engineering, Procurement and Construction/EPC‎).

Direktur Utama PT Pertamina, Nicke Widyawati mengatakan, proses pembangunan kilang Balikpapan memasuki babak baru, dengan ditandatanganinya EPC, ruang lingkup pembangunan kilang baik Inside Battery Limit (IBL) maupun Outside Battery Limit (OSBL). Setelah melalui proses lelang pada 15 Maret – 26 November 2018, dinyatakan selesai dan telah diumumkan pemenangnya pada 30 November 2018.

"Penandatanganan kontrak ini akan menandai dimulainya pembangunan RDMP Balikpapan," kata Nicke, di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Senin (10/12/2018).

Nicke menuturkan, penetapan EPC merupakan upaya mengejar pembangunan RDMP Kilang Balikpapan yang mengalami keterlambatan. EPC pembangunan kilang digarap perusahaan dalam dan luar negeri yakni SK Engineering & Construction Co. Ltd., Hyundai Engineering Co. Ltd., PT Rekayasa Industri  dan PT PP (Persero) Tbk. 

"Memang kita akui pembangunan kilang memang mengalami keterlambatan karena itu lebih baik telat dari pada tidak sama sekali,‎" tutur dia.

Pembangunan RDMP kilang Balikpapan dilakukan secara bertahap. ‎Diperkirakan selesai lebih cepat dari target awal 60 bulan menjadi 53 bulan. Adapun kontrak pembangunan RDMP Balikpapan mencapai Rp 57,8 triliun.

RDMP Kilang Balikpapan bagian dari proyek strategis Pertamina untuk mewujudkan kemandirian dan ketahanan energi nasional. Nantinya, kapasitas Kilang Balikpapan akan bertambah hingga 100 ribu barel per hari, atau naik 38 persen dari sebelumnya 260 ribu barel per hari menjadi 360 ribu barel per hari.

 

 

Kilang Akan Kurangi Impor

Kilang pengolahan minyak di Pertamina Balikpapan, Kalimantan Timur. (Liputan6.com/Abelda Gunawan)

RDMP Kilang Balikpapan, akan mengurangi beban impor solar hingga 17 persen, karena produksi solar meningkat 23 persen atau 30 ribu barrel per hari. Selain itu, RDMP Kilang Balikpapan juga akan menghasilkan produk baru propilen sebesar 230 ribu ton per tahun. 

"RDMP Kilang Balikpapan akan difokuskan untuk meningkatkan produksi BBM berkualitas dan ramah lingkungan sesuai dengan standar Euro V," imbuhnya. 

RDMP Balikpapan merupakan satu dari enam megaproyek kilang yang dibangun Pertamina. Keenam megaproyek kilang itu terdiri atas empat proyek perluasan (Refinery Development Master Plan/RDMP) dan dua proyek pembangunan baru (Grass Root Refinery/GRR).

Dalam proyek RDMP Balikpapan ini juga terjalin sinergi BUMN. Di Joint Operation terdapat dua perusahaan BUMN, PT Rekayasa Industri (Rekind) dan PT PP.  

"Sinergi antar BUMN ini juga akan meningkatkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) di mana akan mengutamakan peran serta SDM dan komponen lokal. Dan tentunya Pertamina telah mempercayakan kepada perusahaan yang sudah berpengalaman, dan memberikan kesempatan kepada perusahaan dalam negeri, dengan komitmen untuk mencapai target yang kami harapkan," ujar dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lindswell Kwok Mualaf, Makin Memesona dengan Hijabnya di Hari Pernikahan

Posted: 09 Dec 2018 09:28 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Belum lama ini atlet wushu Lindswell Kwok mengagetkan publik lewat penampilan berhijab di sebuah video yang diunggah di Instagram Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Senin, 3 Desember 2018 malam.

Lindswell Kwok tampak mengenakan hijab syari berwarna merah muda. Bukan itu saja, ia juga memakai gamis putih motif bunga. Ternyata diketahui bahwa kini Lindswell Kwok menjadi mualaf, di mana sebelumnya memeluk agama Buddha. Sementara, Achmad Hulaefi, yang kini sudah menjadi suaminya, adalah penganut agama Islam.

Keduanya menjalin asmara selama setahun. Namun sebelum ini, jalinan cinta keduanya tak memastikan keduanya bakal duduk di pelaminan lantaran beda keyakinan. Rupanya, hubungan asmara wanita kelahiran Binjai, Sumatera Utara, 24 September 1991 ini dengan Achmad Hulaefi, terdengar Menteri Pemuda dan Olahraga.

Dalam sebuah video yang tersebar, saat itu Imam Nahrawi mendoakan keduanya segera menikah. Kedatangan Lindswell Kwok dan Achmad Hulaefi ke kediaman Imam yang di-posting di akun Instagram-nya itu, lantas menuai banyak reaksi. Penampilan Lindswell Kwok yang memakai hijab itu membuat kaget dan kagum warganet. Dipastikan Lindswell Kwok mualaf dan membuat banyak orang kagum dengan keputusannya itu.

Cantiknya Lindswell Kwok Jalani Pemotretan Prewedding Pakai Hijab

Lindswell Kwok dan Achmad Hulaefi dalam jepretan kamera Diera Bachir. (dok. Instagram @hulaefi)

Setelah Lindswell Kwok mualaf, rupanya ini pun kembali mengejutkan publik. Lindswell rupanya berbagi kabar gembira dengan pernikahannya bersama Achmad Hulaefi. Lewat deretan foto yang tersebar di jagat maya, perempuan dengan julukan Ratu Wushu itu tampak menjalani pemotretan jelang pernikahan dengan kekasihnya, Achmad Hulaefi. Dalam dua potret yang diperlihatkan, Lindswell memilih busana berwarna netral.

Usai Lindswell Kwok mualaf, penampilannya pun berubah drastis. Ia memutuskan untuk mengenakan hijab. Hal itu pun ia tunjukkan dalam proses foto prewedding-nya. Berbalut hijab, Lindswell tampak cantik mengenakan gaun putih rancangan Sapto Djojokartiko. Detail floral di gaun panjang tersebut kian menambah kesan manis nan feminin di pernampilan atlet wushu yang sudah memutuskan pensiun tersebut.

Sementara hijab, komponen baru dalam penampilan Lindswell hadir dalam dua model. Salah satunya, ia tampak memakai hijab serupa warna gaun dengan tambahan kerudung putih yang dikaitkan di bagian dada Lindswell.

Di penampilan lain, usai keputusan Lindswell Kwok mualaf terlihat memakai hijab panjang berwarna cokelat yang dikombinasikan dengan kerudung transparan putih. Sementara Achmad tampak gagah dalam setelan jas berwarna hitam dan cokelat berpadu kemeja putih.

Untuk makeup, Lindswell akhirnya berani tampil sedikit bold lewat polesan makeup artist, Vina Vania. Warna nude memang tetap dipilih memoles bagian pipi dan bibir perempuan asal Medan, Sumatera Utara tersebut, tapi smokey eye jadi look lain di penampilan Lindswell.

Maklum, selama ini, ia hanya dikenal lewat makeup natural tanpa kesan bold yang bermain di warna dengan dominasi merah muda. Bersama dengan foto tersebut, beredar kabar kalau Lindswell dan Ahmad menggelar resepsi pernikahan mereka hari Minggu (9/12/2018).

Tertulis di sana, Lindswell Kwok dan Achmad Hulaefi akan menggelar resepsi pernikahan di Ayana Mid Plaza, Jakarta pukul 19.00-21.00 WIB. Namun, tak tertera waktu akad nikah di undangan tersebut.

Gelar Resepsi, Lindswell Kwok Tampak Cantik Kenakan Hijab Putih

Lindswell Kwok  bersama Diera Bachir (dok. Instagram @dierabachir)

Keputusan Lindswell Kwok mualaf tak cuma mengagetkan publik. Pernikahannya dengan sang kekasih pun membuat semua orang ikut bahagia. Lindswell Kwok dan Ahmad Hulaefi telah menyelenggarakan resepsi pernikahan pada Minggu (9/12/2018) di Ayana Mid Plaza, Jakarta. Kesan mewah dari venue yang dipilih tampak selaras dengan busana pasangan atlet wushu tersebut.

Di salah satu unggahan di akun Instagram Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, Minggu (9/12/2018) malam. Lindswell tampak cantik dalam balutan gaun putih berpadu hijab berwarna senada.

Sentuhan aksen transparan di bagian hijab menimbulkan kesan lain di penampilan perempuan asal Medan, Sumatera Utara, tersebut. Bersanding dengan Lindswell, Achmad Hulaefi memakai setelan jas cokelat dengan sentuhan warna hitam di bagian kerah yang senada dengan celana, serta aksesori berupa dasi kupu-kupu.

Detail bunga yang disematkan di bagian kiri setelan jas Achmad tampak serasai dengan buket yang dibawa Lindswell. Sementara untuk makeup, seperti di pemotretan sebelum resepsi, Lindswell kembali tampak lain dari biasanya.

Lindswell masih dengan sentuhan makeup nude. Namun, untuk kali kedua, riasan smokey eyes membuat penampilan atlet yang telah memutuskan pensiun itu terlihat lebih bold ketimbang biasanya, pilihan riasan wajah yang cocok untuk acara malam hari seperti ini.

Selain Menpora Imam Nahrawi, Ustaz Yusuf Mansyur juga tampak hadir di pesta resepsi pernikahan Lindswell Kwok dan Achmad Hulaefi. Di sederet unggahan video di akun Instagram-nya, tampak ia merekam gerakan wushu yang dipertontonkan di acara tersebut.

Sah Jadi Suami Istri, Lindswell Kwok - Achmad Hulaefi Pamer Buku Nikah

[Lindswell Kwok dan Achmad Hulaefi/ Foto: Amrinaaa86]

Setelah kabar Lindswell Kwok mualaf, kabar pernikahannya dengan Achmad Hulaefi pun tak kalah heboh. Kehadiran Lindswell Kwok dan kekasihnya, Achmad Hulaefi ke rumah Menpora tentu bukan tanpa tujuan. Selain bersilaturahmi, mereka juga memberikan undangan pernikahan.

Meski begitu, tak diketahui pasti kapan akad nikah keduanya dilangsungkan. Namun rasa penasaran publik terjawab sudah. Saat ini, keduanya telah resmi menjadi pasangan suami istri.

Fakta tersebut diketahui dari unggahan kerabat mereka yang bernama Amrina. Ia mengunggah foto Lindswell Kwok dan Achmad Hulaefi saat sedang memperlihatkan buku nikah.

"Barakallah semoga samawa dan dikuatkan dalam menghadapi bahtera," Amrina sebagai keterangan fotonya, Minggu (9/12/2018) malam.

Dalam foto tersebut Lindswell tampak cantik dengan gaun pengantin muslimah berwarna putih. Achmad Hulaefi juga begitu gagah dengan setelah kemeja yang dipadu dasi kupu-kupu berwarna hitam.

Unggahan Amrina selanjutnya memperlihatkan dua atlet berbakat Tanah Air itu yang sedang berdiri bergandengan tangan di pelaminan yang kental dengan nuansa serba putih.

Keduanya memang diketahui menggelar resepsi pernikahan di Ayana Mid Plaza, Jakarta, Minggu (9/12/2018) malam. Resepsi keduanya digelar pukul 19.00 - 21.00 WIB.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: