Kamis, 20 Desember 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Menteri Pertahanan AS Mengundurkan Diri, Berselisih dengan Donald Trump?

Posted: 20 Dec 2018 09:33 PM PST

Liputan6.com, Washington DC - Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Jim Mattis mengundurkan diri dari jabatannya dengan mengumumkan "pensiun dini", pada Kamis 20 Desember 2018. Dia mengatakan akan meninggalkan jabatannya pada Februari mendatang.

Mattis mengumumkan hal tersebut, sehari setelah kabar kontroversial bahwa Donald Trump segera menarik seluruh pasukan AS dari Suriah.

Dikutip dari BBC pada Jumat (21/12/2018), Trump mengetwit bahwa Jenderal Mattis adalah sosok yang berjasa dalam mendapatkan kesepakatan sekutu dan negara-negara lain, untuk membayar lebih pada bagian kewajiban militer mereka.

Namun, Donald Trump tidak menyebut siapa yang akan menggantikan posisi Jim Mattis. Dia mengatakan akan melakukan penunjukkan segera.

Dalam surat pengunduran dirinya, Mattis menulis pandangannya tentang "memperlakukan sekutu dengan hormat" dan menggunakan "semua alat kekuasaan Amerika untuk pertahanan bersama".

"Karena Anda (Trump) memiliki hak untuk memiliki menteri pertahanan yang pandangannya lebih selaras dengan Anda, saya yakin adalah tepat bagi saya untuk mundur," lanjut Mattis.

Menanggapi berita itu, Senator Republik Lindsey Graham mengatakan bahwa Mattis "harus bangga dengan layanan yang ia berikan kepada Presiden (Trump) dan AS".

"Dia telah berjuang melawan milisi radikal selama beberapa dekade, serta memberikan nasihat militer yang baik dan etis kepada Presiden Trump," twit Graham.

Selain itu, Graham yang juga duduk di komite layanan bersenjata AS, mengkritik Donald Trump atas penarikan pasukan AS dari Suriah, di mana menyebutnya seperti "kesalahan besar Obama".

Dia memperingatkan bahwa keputusan itu memiliki "konsekuensi yang menghancurkan", baik di Suriah maupun di luar. Selain itu, Graham juga khawatir bahwa kesepakatan tersebut berarti menyerahkan pengaruh besar ke ke Rusia dan Iran.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

Kontroversi Penarikan Pasukan AS

Pasukan demokrasi Suriah dan militer AS melakukan patroli keamanan di Kota Al-Darbasiyah (AFP/Delil Souleiman)

Donald Trump mengumumkan keputusannya untuk menarik sekitar 2.000 pasukan AS dari Suriah pada Rabu 19 Desember, menegaskan bahwa ISIS telah dikalahkan di sana.

Berita itu, yang disambut dengan kritik keras, bertentangan dengan pendapat Jim Mattis, yang memperingatkan bahwa penarikan dini dari Suriah akan menjadi "kesalahan strategis".

Pasukan AS telah membantu membersihkan sebagian besar wilayah timur laut Suriah dari pengaruh ISIS. Meski begitu, kelompok militan tersebut masih memiliki beberapa kantong pertahanan aktif.

Di lain pihak, Pentagon mengatakan penarikan tersebut sebagai transisi ke "fase operaso berikutnya" dalam upaya melenyapkan ISIS. Namun, mereka tidak memberikan rincian lebih lanjut akan hal itu.

Donald Trump, yang telah lama berjanji untuk menarik pasukan AS dari Suriah, mengatakan di Twitter bahwa sudah waktunya untuk membawa mereka pulang setelah "kemenangan bersejarah".

Dalam tweet selanjutnya, Trump membela keputusannya dan mengatakan itu seharusnya tidak mengejutkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Proyek Kementerian PUPR Dapat Pembiayaan Lewat SBSN Rp 12,7 Triliun

Posted: 20 Dec 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Keuangan mengadakan forum kebijakan Pembiayaan Proyek Infrastruktur melalui Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) dengan tema Sukuk Negara Bersama Membangun Bangsa. Forum ini dihadiri oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri KLHK Siti Nurbaya dan Menristekdikti M. Natsir.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan pihaknya mendapat alokasi pembiayaan anggaran melalui SBSN sebesar Rp 12,7 triliun pada 2018. Angka ini masih akan meningkatkan 15 persen di 2019.

"Jadi saya sangat terbantu dengan SBSN. Presentase terus meningkat dari 4,3 persen. Sampai 2019 itu 15 persen, 2018 itu 11 persen, 2017 itu 7 persen, 2016 itu 6 persen. Jadi ini meningkat terus. Tidak hanya support anggaran, dan pelaksanaan pengawasan anggaran," ujar Basuki di Dhanapala, Jakarta, Jumat (21/12/2018).

Basuki mengatakan, program SBSN sangat membantu Kementerian PUPR dalam membangun infrastruktur di seluruh negeri. Sebab, dalam pengeksekusian anggaran mendapat pendampingan dari Kementerian Keuangan untuk melakukan pengawasan.

"Menurut saya, program SBSN saya sangat terbantu karena dipantau langsung progressnya oleh Kemenkeu. Artinya, kita dimonitor betul progresnya. Sehingga, saya ikut terbantu untuk memonitor dan melakukan pengawasan mulai sejak pengadaan barang dan jasa," jelasnya.

 

Masalah Tanggungjawab

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono menggelar konferensi pers di Jakarta, Selasa (4/12). Kementerian PUPR menghentikan sementara pembangunan jalan Trans Papua segmen 5  menyusul penembakan terhadap para pekerja BUMN PT Istaka Karya. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Basuki mengatakan, pengelolaan anggaran bukan soal besaran yang diberikan tetapi tanggungjawab yang harus dijalankan dengan adanya alokasi tersebut. Dia mengatakan, pihaknya sangat berhati-hati dalam melakukan pengelolaan anggaran.

"Bukan soal besarannya. Tapi tanggung jawab dan kepercayaan. Saya tidak pernah satu kalipun minta tambahan. Tapi dikasih terus. Karena buat saya DIPA itu bukan omzet, tapi itu tugas. Jadi tugas yang diberikan melalui DIPA itu yang saya kerjakan," jelasnya.

 

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Real Madrid vs Al Ain: Bidik Gelar Piala Dunia Antarklub

Posted: 20 Dec 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Al Ain - Real Madrid telah menggapai final Piala Dunia Antarklub 2018. Mereka akan menghadapi klub Uni Emirat Arab, Al Ain di Sheikh Zayed Sports City, Sabtu (22/12/2018).

Los Blancos, sebutan Real Madrid, melangkah ke babak final setelah membungkam klub Jepang, Kashima Antlers dengan skor 3-1, 19 Desember lalu. Dalam laga itu, tiga gol Real Madrid diborong Gareth Bale.

Gelandang Real Madrid, Toni Kroos mengatakan, timnya tak akan melepas gelar Piala Dunia Antarklub. Los Blancos ingin menjadi tim tersukses di Piala Dunia Antarklub. Sejauh ini, mereka sudah memenangkannya sebanyak tiga kali.

"Piala Dunia Antarklub seperti Liga Champions untuk kami. Keduanya membuat saya sangat termotivasi," kata Kroos dikutip dari situs Football Espana.

"Perjalanan untuk sampai di sini (Piala Dunia Antarklub) tidaklah mudah. Kami akan terus berusaha untuk menciptakan sejarah," ujar pemain Real Madrid asal Jerman ini menambahkan.

Buta Kekuatan Lawan

Gelandang Real Madrid, Toni Kroos berusaha merebut bola pemain Kashima Antlers, Endo Yasushi selama semifinal Piala Dunia Antarklub 2018 di stadion Zayed Sports City, Uni Emirat Arab (19/12). Madrid menang 3-1. (AP Photo/Kamran Jebreili)

Soal partai final Piala Dunia Antarklub, Kroos mengatakan, Real Madrid buta kekuatan lawannya, Al Ain. Al Ain lolos ke final setelah menyingkirkan River Plade dalam drama adu penalti 5-4.

"Al-Ain? Kami tidak tahu harus berharap apa nanti. Tapi kami telah mempelajari mereka dan menyusun strategi untuk menang seperti yang biasa kami lakukan di kompetisi lain," ucap Kroos.

 

Tuah Solari

Real Madrid akan menghadapi Al Ain berbekal tuah sang pelatih Santiago Solari. Nakhoda asal Argentina itu punya pengalaman main di final Piala Dunia Antarklub.

Tanggal 3 Desember 2002 Real Madrid bermain di piala dunia melawan Olimpia Asuncion di stadion Internasional Yokohama (Jepang). Los blancos menang 2-0 berkat gol-gol ciptaan Guti dan Ronaldo, dan Solari masuk lapangan di babak kedua untuk berlaga di akhir pertandingan tersebut.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nonton Asal Kau Bahagia, Indro Warkop Ingat Mendiang Istri

Posted: 20 Dec 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Singapura - Indro Warkop, salah satu artis yang diundang Falcon Pictures dalam penayangan perdana film Asal Kau Bahagia, tak kuasa menahan air mata saat menyaksikan film garapan Rako Prijanto ini. Pasalnya, film tersebut mengingatkannya pada momen-momen terakhir dengan sang istri, Nita Octobijanthy, yang meninggal pada 9 Oktober 2018.

"Aku baper sama istriku," tutur Indro Warkop saat ditemui usai gala premier di kapal pesiar Genting Dream, Kamis (20/12/2018).

Dalam film Asal Kau Bahagia, sosok Aliando diperlihatkan mengalami kecelakaan, yang membuatnya koma. Sejumlah adegan kunci dalam film ini, memang memperlihatkan setting rumah sakit dan rasa duka saat melihat orang terdekat berada di ambang kematian.

"Karena pengalaman pernah ditinggal dan kejadiannya kayak gitu, bagaimana hari-hariku ada di rumah sakit," kata Indro Warkop.

Ingat Sahabat Lama

Indro Warkop (Liputan6.com/Ratnaning Asih)

Bahkan pengalaman pribadinya ini, membuat Indro bisa membaca ke mana arah film ini akan berakhir. "Ke belakang, aku sudah bisa menebak," tutur Indro Warkop.

Persahabatan karakter Aliando dan Dewa Dayana di atas layar, juga mengingatkan Indro Warkop kepada seorang sahabatnya yang juga telah dipanggil Sang Maha Kuasa.

"Bahwa Dewa ini yang terdekat, buat aku itu menyentuh banget. Aku punya sahabat yang kayak Dewa, yang ketika dia meninggal, dia kasih tahu aku," kata Indro Warkop.

Belum Dimimpikan

Indro Warkop (Nurwahyunan/Fimela.com)

Namun sahabat kecil Indro Warkop itu, tidak memberi tahu lewat mimpi, seperti yang kerap dialami sebagian orang.

"Tapi ada cara dia bercanda sama aku, dengan caranya dia sendiri, dia sering bercanda sama aku dan aku tahu dia enggak ada," kata Indro.

Indro sendiri mengaku orang yang jarang 'menerima pesan' lewat mimpi. "Istri saya meninggal, sampai sekarang belum dimimpikan," tuturnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sepak Terjang Industri e-Commerce Indonesia di Sepanjang 2018

Posted: 20 Dec 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - E-Commerce adalah salah satu topik yang paling populer dibicarakan orang Indonesia di sepanjang 2018.

Wajar saja ranah e-Commerce di Indonesia semakin bergairan, mengingat banyak kejadian penting yang berkaitan dengan e-Commerce.  Mulai dari kedatangan Jack Ma ke Indonesia, hingga potensi menjanjikan sejumlah pemain e-commerce lokal berlabel unicorn.

Menjelang penutupan tahun, iPrice kembali mengungkap tren pelaku e-Commerce terpopuler di Indonesia serta di regional yang lebih luas.

Adapun tren yang diamati meliputi penetrasi yang paling menarik perhatian, maupun tren kompetisi yang terjadi di tengah industri ini. 

Dalam hal tersebut, iPrice mengalisis jumlah total kunjungan desktop dan mobile web dari 60 platform e-Commerce Asia Tenggara menggunakan data dari SimilarWeb dan Google Trends.

Ekonomi Digital di Indonesia Tumbuh Pesat

Ilustrasi e-Commerce (iStockPhoto)

Akselerasi pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia adalah yang terdepan di Asia Tenggara. 

Berdasarkan laporan Google Temasek, ada perputaran uang sebesar US$ 27miliar dari aktivitas ekonomi digital di Indonesia sepanjang 2018.

Pertumbuhan tersebut meningkat pesat hingga 49 persen sejak tahun 2015. Selain karena didukung oleh geografis pasar yang begitu luas, para penduduk Indonesia juga perlahan menjadikan internet sebagai penopang aktivitas sehari-hari mereka. Dari transportasi hingga aktivitas belanja online.

Adapun 2018 sendiri sejauh ini menjadi periode terbaik untuk berbelanja online. Para pemain e-Commerce berlomba-lomba memanjakan pelanggan dengan beragam festival belanja yang diklaim penuh diskon dan cashback.

Sedikitnya, ada enam agenda festival belanja online digelar di Indonesia sepanjang tahun ini.

Agenda jualan semacam ini dipercaya mampu menarik jumlah transaksi yang masif.

Contohnya, Harbolnas yang baru berlalu mampu mencatatkan transaksi hingga Rp6,8 triliun hanya dalam dua hari gelarannya.

e-Commerce Lokal Ketimbang Regional

Ilustrasi e-Commerce, eCommerce, Online Marketplace, Bisnis Online

Sementara, kepercayaan Softbank pada Tokopedia dalam bentuk investasi sebesar US$ 1,1miliar baru-baru ini terjalin bukan tanpa sebab.

Performa perusahaan rintisan yang dipimpin William Tanuwijaya ini begitu mendominasi pasar e-Commerce tanah air sepanjang 2018.

Menurut data SimilarWeb, jumlah kunjungan di situs Tokopedia selalu berada di atas situs e-Commerce lain setiap bulannya. Kunjungan tertinggi Tokopedia terjadi pada September yang mencapai 169 juta pengunjung. Jumlah ini meningkat 123 persen dari kunjungan awal tahun 2018.

Tokopedia bahkan mampu mendominasi musim belanja besar di Indonesia, seperti periode Ramadan. 

Selain Tokopedia, orang Indonesia juga gemar menggunakan Bukalapak sebagai tempat berbelanja online. Sejak diumumkan sebagai salah satu unicorn dalam industri ini, jumlah pengunjung desktop dan mobile web di situs e-Commerce lokal ini senantiasa menanjak dari bulan ke bulan.

Adapun jumlah kunjungan tertinggi Bukalapak terjadi pada bulan November dengan angka 120.580.100 kunjungan.

Jika dibandingkan dengan catatan pengunjung desktop dan mobile web mereka di bulan Januari lalu, Bukalapak mampu membukukan margin hingga 69.244.100 kunjungan, alias meningkat 135 persen.

Penetrasi positif Bukalapak mampu menyalip Lazada yang sebelumnya ada di posisi 2 sebagai e-Commerce dengan jumlah pengunjung desktop dan mobile web terbanyak di Indonesia.

Lazada Lesu

Ilustrasi e-Commerce (iStockPhoto)

Lazada sendiri menjadi e-Commerce terpopuler di Asia Tenggara karena menguasai 25 persen pangsa pasar lebih banyak dibandingkan e-Commerce lain di regional.

Hanya saja, 2018 agaknya bukan periode yang memuaskan bagi Lazada di Indonesia.

Kunjungan konsumen dalam negeri ke situs Lazada Indonesia melalui desktop dan mobile web tergolong fluktuatif sepanjang 11 bulan belakangan.

Padahal, penetrasi e-Commerce ini tampak menjanjikan di awal tahun berkat akuisisi dan kucuran dana US$ 2miliar dari Alibaba pada bulan Maret.

Lazada juga berjaya menangguk 85 juta kunjungan desktop dan mobile web ketika menggelar Lazada Birthday Fest satu bulan kemudian.

Tapi, pada pertengahan tahun kunjungan di situs e-commerce ini menurun hingga titik terendah 33 jutaan pengunjung. Kedatangan Jack Ma ke Indonesia di pertengahan tahun nyatanya juga tidak mampu mendongkrak ketertarikan orang-orang untuk berinteraksi lebih banyak di Lazada.

Menurunnya kunjungan di situs Lazada semakin tampak terlihat jika dibandingkan dengan jumlah pengunjung desktop dan mobile web yang berhasil dikumpulkan Shopee sepanjang tahun ini.

Jika menengok kembali performa Shopee pada awal 2018, e-Commerce ini meningkat hampir 3x lipat, mampu menepis jarak dengan Lazada yang ada di peringkat tiga besar. 

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Terduga Teroris Ditangkap di Riau

Posted: 20 Dec 2018 09:18 PM PST

Liputan6.com, Pekanbaru - Kapolda Riau Irjen Widodo Eko Prihastopo menyatakan, pihaknya menangkap tiga terduga teroris beberapa waktu lalu. Ketiganya diduga masih ada kaitannya dengan kelompok yang menyerang Polda Riau pada pertengahan tahun lalu. Kelompok ini juga punya kaitannya dengan serangkaian teror bom di Surabaya.

"Saya tidak menyebut kelompok mana ya, apakah itu JAD (Jaringan Anshor Daulat) atau yang lain," tegas Widodo di Pekanbaru, Riau, Jumat (21/12/2018).

Widodo menjelaskan, ketiga terduga teroris yang tidak disebutkan identitasnya ini ditangkap berkat kerja sama Satgas Anti Teror Polda Riau dengan Detasemen Khusus 88 Antiteror Mabes Polri.

Menurutnya, saat ini petugas masih berada di lapangan untuk memantau dan mengamati pergerakan terduga teroris, baik menjelang ataupun selama perayaan Natal dan pergantian tahun.

Widodo juga tidak menjelaskan, apakah ketiga terduga teroris mempersiapkan serangan untuk mengacaukan perayaan Natal dan tahun baru.

"Sebagai Kapolda tidak saya sebutkan, baik itu di mana saja lokasinya agar tidak menimbulkan keresahan di masyarakat," ucap Widodo.

Meskipun sudah ada yang ditangkap dan petugas tengah menyelidiki di lapangan, Widodo mengimbau jajarannya dan masyarakat tidak meremehkan terorisme. Pasalnya, Riau punya pengalaman buruk terkait ini pada tahun 2000.

"Punya pengalaman, ada gereja yang di bom kala itu, ini yang menjadi perhatian," sebut Widodo.

Pengamanan Natal dan Tahun Baru

Sementara itu dalam pengamanan Natal dan pergantian tahun, Widodo menyebut Polda Riau mengerahkan 940 personel. Jumlah itu belum termasuk personel satuan wilayah seperti Polres jajaran serta bantuan dari TNI, Satpol PP, dinas perhubungan dan instansi lainnya.

Operasi ini bersandikan Lilin Muara Takus 2018 yang dimulai dari 23 Desember hingga 1 Januari 2019. Semua personel sudah mulai bergerak ke lokasi pengamanan dan pelayanan.

"Ada 40 pos pengamanan dan 16 pos pelayanan, tersebar di seluruh Riau," terang Widodo.

Selama operasi berlangsung, fokus pengamanan adalah pelaksanaan misa Natal serta tempat keramaian lainnya seperti pusat perbelanjaan, hiburan dan wisata. Termasuk juga arus mudik ataupun balik di bandara, pelabuhan dan terminal.

"Ada 300 gereja yang dijaga, hari ini personel sudah ditempatkan dan mensterilkannya," ucap Widodo.

Sebelum operasi berlangsung, Widodo mengaku sudah mengecek pelabuhan, bandara serta jalur lintas timur Sumatera. Pos pelayanan sudah didirikan bekerjasama dengan Jasa Raharja, dinas perhubungan dan kesehatan.

"Insyaallah semuanya sudah siap dan semoga keamanan dan ketertiban masyarakat, terutama saudara kita yang merayakan Natal terjamin," harap mantan Wakil Kapolda Jawa Timur ini. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menhub Diminta Beri Diskon Tiket Kereta Api untuk Lansia

Posted: 20 Dec 2018 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi beserta Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri melakukan kunjungan ke Stasiun Senen, Jakarta. Kunjungan guna mengecek kesiapan angkutan kereta api jelang puncak mudik Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 (Nataru).

Dalam kunjungan tersebut, Menhub menyempatkan diri untuk bertegur sapa dengan para penumpang di dalam stasiun. Salah satunya terkait pemberian diskon bagi penumpang kereta api lanjut usia (lansia).

"Ada saran yang baik, lansia dapat diskon, tapi kalau pakai online belum bisa. Karena memang sistemnya belum dimasukan," ujar dia di Stasiun Senen, Jakarta, Jumat (21/12/2018).

Meski begitu, ia berpikir gagasan itu bisa diimplementasikan. "Saya pikir gampang, apalagi sekarang dengan e-KTP bisa cepat daftar. Bahkan dengan menunjukan nomor KTP itu bisa dijalankan," lanjut dia.

Menurut catatan yang diterimanya, sebesar 80 persen pemesanan tiket kereta api untuk arus mudik dan balik Nataru tahun ini sudah dilakukan secara online.

"Dari catatan, reservasi tiket selama 3 bulan terakhir 80 persen sudah online. Berarti kemudahan sudah bisa tercapai, dan tidak ada satupun yang merasa susah," ujar Budi Karya.

Selain itu, dia pun mengimbau kepada PT Kereta Api Indonesia (Persero) untuk melakukan pengembangan stasiun agar bisa lebih banyak menampung jumlah penumpang.

"Kalau dilihat, jumlah ruang tunggu di sini masih minimal. Oleh karenanya kita usulkan untuk dikembangkan, terutama berkaitan dengan ruang tunggu dan parkir," pungkas dia.

Pesanan Tiket Kereta Liburan Terbanyak pada 22 Desember 2018

Menhub Budi Karya. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan peninjauan ke Stasiun Senen, Jakarta, guna mengecek kesiapan angkutan kereta api jelang mudik Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

Hasilnya, dia mendapatkan laporan jika 80 persen pemesanan tiket untuk arus mudik dan balik akhir tahun ini sudah terjual secara online.

"Dari catatan, reservasi tiket selama 3 bulan terakhir 80 persen sudah online. Berarti kemudahan sudah bisa tercapai, dan tidak ada satupun yang merasa sudah," ungkap dia di Stasiun Senen, Jakarta, Jumat (21/12/2018).

"Oleh karenanya, saya meminta sistem IT diperbaiki, karena masyarakat sekarang IT minded," dia menambahkan.

Menurut catatan pengelola Stasiun Senen, jumlah penumpang kereta pada libur Natal dan Tahun Baru kali ini sama seperti ketika akhir pekan. Disebutkan jika pada hari biasa penumpang mencapai angka 14-15 ribu orang, ketika weekend bisa melonjak hingga 19-20 ribu orang.

Menindaki kenaikan jumlah penumpang, Pengelola Stasiun Senen mempersiapkan 26 kereta reguler, dan 7 kereta tambahan dengan kapasitas total sekitar 5.500 kursi.

Adapun pemesanan tiket terbesar pada libur Nataru ini terjadi untuk 22 Desember 2018, yakni sekitar 24.900 penumpang yang telah melakukan reservasi.

Budi menyatakan, hal tersebut merupakan suatu pertanda bahwa penumpang tidak keberatan dengan nominal tarif yang ditetapkan, yakni sama seperti batas atas pada akhir pekan.

"Tarif berjalan dengan baik, praktis tidak ada kenaikan, sama dengan weekend. Karena tipologi kereta jarak jauh weekend biasa penuh. Karena biasa sehari ada sekitar 20 ribu penumpang. Tapi besok 22 Desember jadi puncaknya, karena memang sudah libur," tuturnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: KPK Periksa Kabid Pendidikan Dasar Kabupaten Klaten

Posted: 20 Dec 2018 09:15 PM PST

Kabid Pendidikan Dasar di Dinas Pendidikan di Kabupaten Klaten Bambang Teguh Satya menaiki tangga gedung KPK, Jakarta, Jumat (21/12). Bambang diperiksa terkait kasus dugaan suap jual-beli jabatan di lingkungan Pemkab  Klaten. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Kabid Pendidikan Dasar di Dinas Pendidikan di Kabupaten Klaten Bambang Teguh Satya menaiki tangga gedung KPK, Jakarta, Jumat (21/12). Bambang diperiksa terkait kasus dugaan suap jual-beli jabatan di lingkungan Pemkab Klaten. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Kabid Pendidikan Dasar di Dinas Pendidikan di Kabupaten Klaten Bambang Teguh Satya dikawal petugas berjalan untuk menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Jumat (21/12). Bambang diperiksa sebagai tersangka. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Kabid Pendidikan Dasar di Dinas Pendidikan di Kabupaten Klaten Bambang Teguh Satya dikawal petugas berjalan untuk menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Jumat (21/12). Bambang diperiksa sebagai tersangka. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar di Dinas Pendidikan di Kabupaten Klaten Bambang Teguh Satya tiba akan menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Jumat (21/12). Bambang diperiksa sebagai tersangka. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar di Dinas Pendidikan di Kabupaten Klaten Bambang Teguh Satya tiba akan menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Jumat (21/12). Bambang diperiksa sebagai tersangka. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar di Dinas Pendidikan di Kabupaten Klaten Bambang Teguh Satya tiba akan menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Jumat (21/12). Bambang diperiksa sebagai tersangka. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar di Dinas Pendidikan di Kabupaten Klaten Bambang Teguh Satya tiba akan menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Jumat (21/12). Bambang diperiksa sebagai tersangka. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Djarot: Ahok Tak Mau Ada Penyambutan Saat Bebas dari Penjara

Posted: 20 Dec 2018 09:07 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok segera bebas dari penjara pada 24 Januari 2019. Mantan Gubernur DKI yang juga pernah menjadi wakil Ahok di Balai Kota, Djarot Saiful Hidayat bersyukur rekannya itu akan meninggalkan tahanan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.

"Ya tentu kita bersyukur ya," kata Djarot di Serang, Banten, Jumat (21/12/2018).

Namun demikian, Djarot yang mengaku baru bertemu Ahok pada tiga pekan silam menegaskan, sahabatnya itu tidak mau ada penyambutan kebebasannya.

"Pak Ahok enggak mau disambut-sambut. Itu adalah urusan pribadi beliau, beliau bilang jangan ada penyambutan macam-macam," jelas Djarot.

Dia mengatakan, selepas bebas, Ahok akan langsung dipadati dengan serangkaian agenda di dalam dan luar negeri.

"Beliau masih ada urusan pribadi yang harus beliau selesaikan, berbagai macam undangan untuk berbicara di beberapa forum di luar negeri terutama ya sambil mengurus beberapa hal," jelas Djarot.

Dia mengaku bersyukur bila Ahok bergabung dengannya di PDIP selepas menjalani tahanan. Sebab, PDIP selalu terbuka bagi siapa pun yang memiliki niat memajukan Indonesia lebih baik lagi. "Kalau dia akan mau masuk PDIP, alhamdulilah boleh ya," Djarot menandaskan.

Kejutan Ahok

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok akan bebas dari tahanan pada Kamis 24 Januari 2019 mendatang. Apa rencana Ahok setelah menghirup udara bebas nanti, Staf Ahok, Ima Mahdiah mengungkapkan rencana Ahok.

"Bapak akan kasih kejutan, nanti di acara yayasan," kata Ima saat dihubungi Liputan6.com, Selasa 11 Desember 2018.

Ima tidak membeberkan apa kejutan itu, yang pasti menurutnya Ahok akan berbicara saat peluncuran yayasan barunya.

"Bapak mau ada ngomong. Kayak ada acara yang dia datang dia akan kasih speech. Bapak juga mau launching yayasan juga," ucap Ima

Ima mengatakan, Ahok akan membeberkan rencana ke depan dirinya usai bebas dari tahanan. Kejutan Ahok menurutnya tak terlepas dari keputusan politik, rencana bisnis maupun yayasan yang baru dibentuknya.

"Cuma acara orang-orang pengurus yayasan saja, jadi nanti di situ wartawan bisa doorstop. Selesai acara bapak akan ngomong soal foundation atau soal bisnis atau juga soal politik mungkin bapak akan jelasin," ungkapnya.

Ima belum mau menjelaskan detail ataupun nama yayasan yang baru dibangun Ahok. Meski demikian yayasan itu fokus membantu orang tidak mampu.

"Yayasan masih rahasia, yayasan itu fokus pada warga miskin, kurang mampu dan lansia," tandasnya.

Ahok telah menjalani hukuman sejak 9 Mei 2017. Majelis hakim menyatakan Ahok terbukti melakukan penodaan agama dalam pidatonya di Kepulauan Seribu pada 2016 dan menjatuhkan vonis 2 tahun penjara.

Ahok mendapat total remisi 3 bulan 15 hari. "Jadi (Ahok) jangan bandel kalau mau bebas murni pada 24 Januari," kata Direktur Jenderal Pemasyarakatan Sri Puguh Budi Utami.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Komunitas Yamaha Lexi Semakin Menjamur

Posted: 20 Dec 2018 09:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sejak mengawali debutnya, Yamaha Lexi langsung mendapat respon positif. Tak heran jika dalam waktu singkat sudah banyak komunitas Yamaha Lexi yang terbentuk.

Saat ini sudah ada banyak komunitas Lexi yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia yang tergabung dalam Yamaha Lexi Community Indonesia (YLCI). YLCI sebagai induk dari komunitas-komunitas Lexi didirikan pada 28 Juni 2018 dan dideklarasikan pada 28 Oktober 2018 di Jakarta.

"Awalnya kami bergabung dan saling berbagi cerita mengenai Lexi di social media. Banyak membahas tentang keunggulan Lexi seperti tampilan body dan fitur-fiturnya misalnya dek yang luas dan colokan charger handphone. Karena sama-sama menyukai Lexi kami pun ingin membentuk komunitas," terang Novandi Kurniajaya, Sekjen YLCI dalam keterangan resminya.

Adapun perwakilan YLCI yang tersebar di sejumlah wilayah di antaranya adalah Yamaha Lexi Community Yogyakarta (YLCY), Yamaha Lexi Community Bandung (YLCB), Yamaha Lexi Community Jakarta (YLCJ), Yamaha Lexi Community Tangerang (YLCT), Yamaha Lexi Community Depok, Yamaha Lexi Community Bogor.

 

Selanjutnya

Keberadaan YLCI dengan berbagai chapter di berbagai daerah makin bertumbuh dan meluas. Sejumlah kegiatan pun aktif dilakukan oleh komunitas-komunitas Lexi seperti kopi darat dan touring.

Mereka juga ambil bagian dalam aktivitas yang digelar Yamaha seperti CustoMAXI yaitu ajang modifikasi skutik MAXI Yamaha. Di akhir bulan Desember ini YLCI mengajak para anggotanya untuk touring bersama ke daerah Purwakarta.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perempuan yang Mengabadikan Cinta Melalui Tsunami

Posted: 20 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Aceh - Malam itu, bulan di langit Aceh begitu bulat dan dekat. Cahayanya menyinari seluruh lantai dermaga. Kau dan Zul saling bertatap-tatapan. Lelaki yang kau panggil "kekasih" itu memegang tanganmu. Sangat erat dan hangat.

Degup jantung dan debur ombak kala itu menyatu. Membentuk rima, melahirkan komposisi nada yang romantis, menjadi latar perjanjian suci yang kau dan dia ikrarkan. Di antara kerlip lampu kapal yang memantul di permukaan laut nun jauh di ambang cakrawala, dia mengecupmu mesra.

Di dermaga malam itu, tidak ada kapal yang berlabuh. Hanya siput laut menepi ke karang, dan beberapa ombak kecil yang setia menggerayangi beton-beton dermaga yang berlumut. Beberapa pemancing sesekali menyeringai, melihat tingkah kau dan Zul yang tak mau ambil peduli akan kehadiran mereka.

"Tiga hari lagi, aku akan meminangmu. Segala sesuatunya sudah disiapkan. Tahun depan kita menikah," ujarmu, mengulang ikrar lelaki tersebut. Saat itu, tak sepatah kata pun kau ucapkan. Karena diam telah menjawab semuanya. 

Belasan tahun berlalu, ikrar tersebut masih kau jaga. Perjanjian suci itu mengabadi, kendati dermaga itu telah hancur lebur, kapal-kapal pecah dihantam karang, atau mungkin, para pemancing yang menemani kalian malam itu, juga hilang tanpa nisan, terkubur di antah berantah.

Ketika itu, 26 Desember 2004, bala datang tiba-tiba. Pukul 07.59 waktu setempat, gempa berkekuatan 9,1 sampai 9,3 Skala Richter mengguncang dasar laut di barat daya Sumatra, sekitar 20 sampai 25 kilometer lepas pantai. Hanya dalam beberapa jam saja, gelombang tsunami dari gempa itu mencapai daratan Afrika.

Air bah menyapu hampir seluruh kawasan pantai barat selatan Aceh. Ribuan nyawa meregang, digulung lumpur hitam mengandung belerang. Para ayah kepada anaknya, ibu kepada buah hatinya, anak kepada orangtuanya, kekasih kepada kekasihnya, semua tak sempat berpesan betapa cinta yang selama ini mereka berikan masih begitu sedikit. Dalam hitungan menit, 130 ribu lebih nyawa tercerabut dari tubuh para pemiliknya.

 

Mencari yang Terkasih

Siang itu, kau berjalan gontai, menerobos puing-puing, patahan kayu, dan beton bangunan yang roboh. Kakimu tertatih sambil menahan perih luka yang menganga lebar. Sakit itu kau tahan, sebab ada luka yang lebih besar. Hingga minggu kedua pascabencana itu, yang terkasih belum juga ada kabar berita.

Beberapa potong baju lusuh miliknya yang kau temukan di pekarangan rumah kekasihmu yang telah rata oleh tanah itu, kau bawa pulang. Kau cuci dan kau simpan, seperti kau menyimpan cintamu belasan tahun kelak. Sama halnya dengan liontin pemberian Zul, yang sudah karatan itu. 

Puluhan kantong jenazah yang tergeletak di dekat rumah kekasihmu kau singkap satu persatu. Kau lihat lekat-lekat wajah-wajah kaku tersebut, berharap diantaranya ada wajah kekasihmu. Kau juga menyambangi masjid. Semua kantong jenazah yang kau buka tanpa rasa jijik itu tak satupun terdapat wajah yang serupa dengan kekasihmu, Zul.

"Saat itu, dia terus mencari. Bulan ke bulan. Bertanya sama keluarga, sama kawan-kawannya. Namun, tidak ada kabar juga. Tidak ada yang tahu. Pernah suatu hari katanya selamat, ada di Banda Aceh. Pas di cek, rupanya bukan. Itu Zul lain. Sebulan dia kayak orang gila gitu," tutur Santi, teman yang setia menemani hari-hari di saat kau sedang berkabung. 

Sahabatmu itu tidak dapat membayangkan, betapa kurusnya dirimu saat itu. Semua sarannya agar kau peduli dengan kesehatanmu kau acuhkan. Nasihat-nasihat keluargamu juga mental. Ibrah mereka tak kau bantah, tapi juga tidak kau dengar.

Kau lebih banyak diam dan mengiyakan, tapi hatimu menolak. Kau bahkan sempat ingin menghabisi nyawamu sendiri. Hingga akhirnya, ibumu yang renta itu mengingatkan bahwa Allah akan murka dengan perbuatanmu.

 

Mengingat Tsunami, Mengabadikan Cinta

Ketika Liputan6.com mewawancarai SM (35), di sebuah kafe yang ada di kawasan pantai Ujung Karang, di Aceh Barat, pada Kamis, 20 Desember 2018, dia mengaku masih menyimpan liontin berbentuk hati, yang diatasnya tertulis namanya dan Zul. Di bawah nama mereka ditempa kalimat 'till die'.

"Tsunami adalah pengingat. Kami sudah berjanji. Mungkin ini klasik. Jasadnya tak pernah di temukan. Tidak pernah ada tanda-tanda lewat mimpi, ada di mana. Tapi sosoknya sering hadir di dalam mimpi. Pernah, suatu kali dia terlihat tersenyum," tutur SM, kepada Liputan6.com, dengan nada agak berat dan serak.

Menjelang 14 tahun peringatan gempa dan tsunami, SM masih menyimpan cintanya itu. Perempuan yang saat ini bekerja di salah satu toko pakaian di Medan, Sumatera Utara ini, telah menutup pintu hatinya rapat-rapat. Dia tidak mau ada nama lain selain Zul. Beberapa pria coba mengetuk, tapi pulang dengan kecewa.

 

Dari Kuburan Massal ke Kuburan Massal

Salah satu kompleks kuburan massal di Aceh Barat. (Liputan6.com/ Rino Abonita)

Jika hari peringatan di mana musibah itu terjadi tiba, SM akan berziarah dari satu kuburan massal ke kuburan massal yang ada di Kabupaten Aceh Barat. Dia berharap, kekasihnya, Zul, ada di antara yang dikebumikan itu.

"Saya kira itu juga dilakukan oleh orang lain yang jasad keluarganya tidak pernah ditemukan jasadnya. Saya datang jauh-jauh. Sekali dalam setahun, kita berdo'a tidak rugi. Bukan hanya untuk Zul, tapi untuk semua korban," ujar SM, seraya menatap langit-langit kafe yang lapuk, lalu memindahkan arah pandangannya ke arah laut.

SM, yang saat ini berdomisili di Medan itu sengaja menginap beberapa malam di rumah Santi. Dia menanti datangnya hari peringatan, yang hanya tinggal hitungan jari. Sebelum beranjak pamit, SM dan Santi sempat mengajak Liputan6.com memasuki salah satu pekarangan kuburan massal yang terletak tak jauh dari kafe tempat kami berbincang.

Di tengah pekarangan kuburan massal yang dibangun berkat kerja sama Pemerintah Indonesia dan Singapura itu, terdapat sebuah beton. Di beton tersebut, terukir sebuah paragraf, berisikan kalimat Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong, yang diperuntukkan untuk korban gempa dan tsunami di Aceh.

"Kita tidak perlu mengenal siapa para korban untuk memahami perasaan seorang suami yang kehilangan istri, seorang ibu yang kehilangan anak, dan anak-anak yang menjadi yatim piatu atau mereka yang masih tetap mencari sanak saudaranya yang hilang dan berharap semoga mereka selamat. Sebab, masing-masing kita memiliki keluarga dan kita tahu, betapa berartinya mereka bagi kita," demikian kalimat tersebut.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelajah Trans Jawa Bagian I, Wisata 6 Kuliner dari Cilegon hingga Cirebon

Posted: 20 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tol Trans Jawa baru saja diresmikan Presiden Joko Widodo pada Kamis, 20 Desember 2018. Dengan terkoneksinya akses darat sepanjang Pulau Jawa, konektivitas antardaerah diharapkan lebih lancar. Anda pun bisa lebih leluasa berwisata ke mana-mana.

Salah satu jenis wisata yang digemari belakangan ini adalah wisata kuliner. Tak ada salahnya kan menghabiskan liburan akhir tahun dengan memanjakan lidah lewat kuliner tradisional. 

Bingung menentukan kuliner yang ingin dicicipi? Bagaimana bila kita susuri sepanjang utara Banten dan Jawa Barat? Liputan6.com merangkum enam kuliner tradisional yang lezat dan menanti dicoba berdasarkan handbook Peta Kuliner Trans Jawa yang disusun oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan.

1. Nasi Gonjleng dari Cilegon

Cilegon merupakan salah satu kota yang terdapat di Provinsi Banten. Kota ini ternyata menyimpan kuliner yang unik, yaitu nasi gonjleng. Berlokasi di Jalan R.A. Kartini No. 2, nasi gonjleng ini memiliki bumbu dan rasa yang mirip dengan nasi kebuli. 

Bumbunya yaitu bunga lawang dan kapulaga, kemudian disajikan dengan acar dan empleng. Dagingnya pun bervariasi, mulai dari daging kerbau, sapi, kambing atau ayam. Mengapa namanya nasi gonjleng? Karena nasi ini dimasak dan dimakan bersama-sama oleh petugas ronda pada masanya. 

2. Satai Bandeng dari Serang

Kalau biasanya kita makan ikan bandeng langsung dari piringnya, di Serang beda. Ada satai yang dagingnya adalah ikan bandeng utuh. Satai bandeng ini sudah ada dari zaman Kesultanan Banten pada abad ke-16.

Ketika diproses, daging ikan bandeng dihancurkan dulu, baru dicampur dengan santan dan bumbu-bumbunya. Setelah itu, dagingnya dimasukkan kembali ke kulit ikan bandeng yang memang keras dan dibakar. Karena kerasnya itulah, satai bandeng terlihat seperti ikan utuh.

 

Daging Kambing hingga Jambal

Pepes jambal H. Dirja yang legendaris (dok. instagram.com/finia/Esther Novita Inochi)

3. Rabeg H. Naswi Magersari dari Serang

Setelah satai bandeng, ada juga rabeg yang juga merupakan hidangan wajib di Kesultanan Banten dulu. Rabeg berbahan dasar daging kambing dengan citarasa manis gurih dan sedikit pedas. Rumah makan Rabeg H. Naswi yang terletak di Jalan Mayor Syafe'i No. 30 wajib dikunjungi apabila Anda ingin melihat pengolahan rabeg yang masih bersifat tradisional.

4. Pepes Jambal dari Karawang

Karawang memang rajanya pepes jambal karena banyak sekali ditemui rumah makan yang menyajikan pepes jambal sebagai menu utamanya. Namun, ada satu rumah makan pepes jambal yang bersejarah, yakni Pepes Jambal Walahar H. Dirja. Berdiri sejak zaman Belanda, rumah makan pepes jambal ini masih tetap ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Makanan Enak dari Cirebon

Empal gentong yang disajikan dengan daging dan ditambah lontong. (dok. instagram.com/cirebonunited/Esther Novita Inochi)

5. Empal Gentong Mang Darma

Cirebon memiliki makanan khasnya, yaitu empal gentong. Namun, ada satu rumah makan empal gentong yang direkomendasikan oleh handbook ini, yaitu Empal Gentong Mang Darma. Empal gentong ini mirip seperti gulai, hanya dimasaknya dengan gentong di atas kayu bakar. Daging yang tersaji dalam empal gentong ini bisa bervariasi, mulai dari usus, babat dan daging sapi.

6. Nasi Jamblang dari Cirebon

Bila biasanya kita melihat nasi dibungkus kertas cokelat atau daun pisang, nasi jamblang beda. Nasi ini dibungkus dengan daun jati. Lauknya bervariasi sesuai dengan kuliner Indonesia lainnya dan disajikan secara prasmanan. Rekomendasi tempat untuk menyantap nasi jamblang adalah Nasi Jamblang Ibu Nur yang terletak di Jalan Cangkring II No. 45. (Esther Novita Inochi)

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Curhat Kocak Warganet dengan Google Assistant, Siap-Siap Mengocok Perut

Posted: 20 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kehadiran Google Assistant versi Bahasa Indonesia memang sangat membantu pengguna ponsel pintar di Tanah Air. Namun, selain bisa menjalankan berbagai perintah seperti membuka aplikasi, mengirim pesan, menelepon, dan lain-lain, Google Assistant juga bisa diajak mengobrol laiknya teman maupun kekasih lo.

Warganet malah memanfaatkan Google Assistant sebagai pendengar keluh kesah mereka. Mulai dari curhat susah dapat jodoh, ribetnya ngerjain skripsi sampai sedihnya kondisi dompet saat tanggal tua. Dijamin jawaban percakapan manusia dan robot Google Assistant ini bikin kamu ngakak.

Nah penasaran seperti apa obrolan bersama Google Assistant? Berikut ulasannya, seperti melansir dari berbagai akun Twitter. Siap-siap ketawa geli ya.

1. Cukup tau ya Google Assistant!

Mengocok Perut, Deretan Curhat Kocak Warganet dengan Google Assistant

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

1. Disemangatin tuh sama Google Assistant

Mengocok Perut, Deretan Curhat Kocak Warganet dengan Google Assistant

2. Langsung baper ya

Mengocok Perut, Deretan Curhat Kocak Warganet dengan Google Assistant

3. Enggak ngebantu ya

Mengocok Perut, Deretan Curhat Kocak Warganet dengan Google Assistant

4. Jodoh enggak ke mana kok mblo

Mengocok Perut, Deretan Curhat Kocak Warganet dengan Google Assistant

Reporter:

Muhammad Bimo Aprilianto

Sumber: Brilio.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rebutan Sawah Warisan, Pria di Probolinggo Tega Bunuh Kakak Ipar

Posted: 20 Dec 2018 09:00 PM PST

Patroli, Probolinggo - Diduga karena berebut sawah warisan, seorang pria di Probolinggo, Jawa Timur, tega menghabisi nyawa kakak iparnya.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Jumat (21/12/2018), usai menjalani perawatan luka di bagian kepalanya, Madin, warga Desa Wringin Anom langsung dibawa ke Mapolres Probolinggo, Jumat pagi, untuk diperiksa sebagai tersangka.

Dia harus mempertanggungjawabkan perbuatannya yang sudah menghilangkan nyawa Samat, kakak iparnya tiga hari lalu. Polisi turut menyita sejumlah senjata tajam sebagai barang bukti.

Tragedi berdarah tersebut berawal dari cekcok mulut persoalan sawah warisan. Hal itu lantas menyulut duel satu lawan satu dan masing-masing memegang alat berkebun sebagai senjata.

Korban menggunakan cangkul, sementara pelaku menggunakan sebilah arit. Senjata itulah yang membuat korban mengalami luka serius di bagian kepala. Setelah korban tumbang, pelaku lantas melarikan diri dan sempat bersembunyi di rumah keluarganya.

Jasad korban ditemukan warga di pematang sawah tempat kedua korban bertikai. Polisi masih mencari tahu motif pelaku yang diduga lantaran berebut harta warisan keluarga. (Muhammad Gustirha Yunas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menko Darmin Masih Dalami Komoditas yang Bakal Didorong Buat Ekspor

Posted: 20 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengaku masih mengkaji beberapa komoditas yang akan didorong untuk ekspor. Sebab, ada beberapa sektor yang dinilainya membutuhkan insetif lebih untuk digenjot ekspornya.

"Kami lagi membahasnya kok intinya kita tanya Menteri Perindustrian (Airlangga Hartarto) Menteri Perdagangan (Enggartiasto Lukita) usulan mereka apa saja. Tapi intinya adalah mencoba mengidentifikasi komoditi apa saja yang berpotensi untuk didorong ekspornya," kata Darmin saat ditemui di Kantornya, Jalarta, seperti ditulis Jumat (21/12/2018).

Ia mengatakan, terkait insetif sendiri tidak semua komodititas diberikan insetif yang sama. Dalam hal ini hanya beberapa sektor-sektor berpotensi besar saja yang diberikan insentif.

"Berdasarkan komoditanya ya gak mesti, bisa insetif bisa juga kebijakan macem-macemlah nanti tergantung ya (komoditinya apa)," imbuhnya.

Menko Darmin menyebut, komoditas ekspor yang berjalan selama ini sebetulnya sudah mendapatkan insetif melalui kurs rupiah yang melemah.

"Kurs rupiah yang lemah itu kan insetif. Sebenernya dia menjual satu dolar harganya lebih tinggi tapi tidak berjalan denga baik," katanya.

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: merdeka.com

 

Penanganan Khusus

Menko Perekonomian Darmin Nasution (kanan), Menkeu Sri Mulyani (kiri), Gubernur BI Perry Warjiyo (dua kiri, dan perwakilan OJK Nurhaida (dua kanan) saat meluncurkan Paket Kebijakan Ekomomi XVI di Jakarta, Jumat (16/11). (Liputan6.com/AnggaYuniar)

Sebelumnya, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan ada beberapa upaya dalam meningkatkan ekspor. Salah satunya, adalah meninjau kembali beberapa sektor-sektor yang memerlukan penanganan khusus untuk didorong ekspornya.

"Secara keseluruhan kita (membahas) mengenai bagaimana meningkatkan ekspor tadi. Terus yang wilayah saya tadi (diminta) perjanjian dagangnya segera diselesaikan," kata Menteri Enggar.

Sementara itu, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menambahkan, dari Kementerian Perindustrian sendiri pihaknya masih mendalami beberapa sektor yang nantinya akan didorong untuk ekspor. Sebab, dari industri sendiri untuk melakukan ekspor perlu ada investasi terlebih dahulu.

"Karena industri itu punya kapasitas, tanpa investasi tidak bisa terjadi. kan kemarin sudah jelas ekspor toyota, suzuki, yamaha motor, sintetik rubber. Semua itu kan investasi dulu baru ekspor. Karena kan kapasitasnya rata-rata sudah mentok. Beberapa yang mesti kita dorong itu industri menengah yang berorientasi ekspor. Misalnya, daur ulang plastik," jelasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Solskjaer: MU Sudah Gatal Hadapi Neymar, Cavani, dan Mbappe

Posted: 20 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Manchester - Manajer Manchester United (MU), Ole Gunnar Solskjaer berbicara soal undian babak 16 besar Liga Champions. Pada babak ini, MU akan menghadapi klub Prancis, Paris Saint-Germain (PSG).

"Anda tahu, drawing dilakukan pada Senin lalu. Saya menonton dan tidak tahu apa yang terjadi di sini," kata Solskjaer, dikutip dari MUTV.

Ya, saat undian dilakukan, Solskjaer tak mengetahui rencana manajemen Setan Merah, sebutan MU, akan memecat Jose Mourinho pada Selasa (18/12/2018). Sehari setelahnya, MU mengungumkan Solskjaer sebagai pelatih carataker.

Di babak 16 besar Liga Champions, Solskjaer mengatakan, para pemain MU tidak takut melawan nama-nama besar yang berada di PSG, yakni Neymar, Edinson Cavani, dan Kylian Mbappe.

"PSG punya talenta terbaik, pemain hebat, seperti Neymar, Mbappe, dan Cavani. Namun, talenta hebat kami (MU) sudah siap menghadapi mereka," ujarnya.

"Saya sudah tidak sabar menunggu (pertandingan melawan PSG). PSG akan menjadi lawan yang fantastis," kata manajer MU berusia 45 tahun itu menambahkan.

Persiapan

Ole Gunnar Solskjaer. (AFP/Andrew Yates)

Namun, Solskjaer mengatakan, saat ini, MU belum mau terlalu jauh memikirkan PSG. Setan Merah masih punya banyak laga yang harus dimainkan sebelum menghadapi PSG.

"Kami masih punya banyak permainan. Sekarang, kami ingin membangun pondasi dan pergi ke Paris dengan penuh percaya diri. Jika kami bisa melakukan itu, sangat bagus," ucap pria berkebangsaan Norwegia tersebut.

 

 

Jadwal Pertandingan

Berikut jadwal pertandingan MU vs PSG di babak 16 besar Liga Champions:

13 Februari 2019

MU vs PSG

7 Maret 2019

PSG vs MU

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Seperti Pekerja Kantoran, Petani dan Nelayan Juga Berhak Sehat

Posted: 20 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Saat ini, bekerja tidak melulu diselesaikan dengan duduk di kantor saja. Beberapa pekerja seperti nelayan, petani, atau sektor-sektor informal lain juga berhak mendapatkan pelayanan kesehatan yang sama dengan para pekerja kantoran.

"Untuk pekerja informal, Kementerian Kesehatan punya program yang namanya Pos UKK (Pos Usaha Kesehatan Kerja). Pos ini adanya di masyarakat," kata Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Kartini Rustandi ditemui Health Liputan6.com di Kantor Kemenkes, Jakarta. Ditulis Jumat (21/12/2018).

Kartini mengatakan, Pos UKK ini mendapatkan binaan dari Puskesmas. Saat ini, kurang lebih sudah ada sekitar dua ribu Pos UKK secara nasional.

"Ada untuk nelayan, ada untuk petani, di Pos UKK itu kita tidak memaksakan dia jam-jamnya. Tapi kita melihat apa sih kemungkinan bahaya yang bisa terjadi pada mereka," tambah Kartini.

Misalnya, apabila petani dia memiliki risiko yang didapat dari penyemprotan pestisida. Pos UKK juga melihat aspek-aspek tersebut dan juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat. Contohnya dengan menyarankan mereka memakai masker atau mengenakan sepatu bot saat berjalan di atas tanah. 

Desa di Lombok

Keahlian membuat Gerabah Banyumulek didapat masyarakat dari tradisi yang dilestarikan turun-temurun. Kini Gerabah Banyumulek menjadi destinasi wisata yang kerap dikunjungi wisatawan untuk mencari souvenir khas Lombok. (Liputan6.com/ Ahmad Ibo).

Kartini mencontohkan satu desa di Lombok bernama Banyumulek yang baru saja ia kunjungi. Wilayah tersebut terkenal sebagai desa pembuat gerabah yang sudah mencapai tingkat internasional.

"Mereka sudah baik. Ada koperasi perempuan, di sana mereka membuat Pos UKK untuk perempuan. Mereka kan kalau bikin gerabah harus pakai tangan, tidak bisa pakai sarung tangan," kata Kartini menceritakan.

Karena itu, Pos UKK meminta masyarakat untuk mencuci tangan secara bersih hingga kuku-kukunya setelah bekerja.

"Akhirnya angka cacingan turun. Kalau dulu sepuluh orang diperiksa ada tujuh yang terkena cacingan, sekarang dua puluh orang yang diperiksa hanya tiga yang cacingan," imbuhnya.

Selain itu, desa tersebut juga mengelola pembakaran agar jauh dari masyarakat. Hal ini juga bisa mengurangi penyakit ISPA di wilayah tersebut.

"Selain itu sebelum bekerja, karena duduk terus mungkin harus lakukan peregangan karena duduk terus. Tapi tidak sampai senam. Mungkin hanya kanan kiri sesuai pekerjaan mereka. Mengembalikan tubuh pada posisi sebenarnya," jelas Kartini.

Simak juga video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ratna Listy Ingin Usir Energi Negatif di Tubuh Billy Syahputra

Posted: 20 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kisruh antara Billy Syahputra dan Hilda Vitria dengan Kriss Hatta masih belum juga mereda. Semakin hari semakin rumit saja masalah yang ada antara ketiganya.

Yang terbaru, heboh di media sosial yang mengatakan bahwa Billy Syahputra adalah korban gendam atau guna-guna dari Hilda Vitria. Hal tersebut bermula dari seorang pria yang menamai dirinya Panglima Langit.

Pria yang mengaku memiliki kemampuan spiritual itu menyebut bahwa Billy Syahputra berada di bawah pengaruh gangguan jin. Ia juga menegaskan akan mengungkap kebohongan di balik masalah ketiga orang tersebut.

Ungkapan dari Panglima Langit itu kemudian ramai dibicarakan. Tak hanya pria tersebut, aktris Ratna Listy pun kemudian ikut angkat bicara mengenai masalah ini. Ratna mengatakan bahwa dirinya dan Panglima Langit akan membantu Billy Syahputra.

 

Bantu

Ratna Listy belajar sejak 15 tahun lalu © Dokumen Pribadi

Hal itu disampaikan melalui unggahannya di Instagram pada Kamis (20/12/2018), "Di youtube sedang heboh statement @panglimalangit_ratnalisty. Ini bukan settingan. Kami benar2 mau membantu @bilsky16 untuk menetralisir energi negatif di badannya. Semoga Allah meridhoi niat baik kami... 🙏🙏🙏," tulis Ratna Listy.

 

Rekayasa

Billy Syahputra, Hilda Vitria, dan Kriss Hatta. (Instagram/bilsky16 Instagram/hvkhan_ukiss Instagram/krisshatta07)

Sayang, fenomena tersebut banyak disikapi skeptis oleh warganet. Banyak yang menganggap bahwa Ratna Listy dan Panglima Langit hanya rekayasa semata. Di unggahannya yang lain, Ratna Listy membantah hal tersebut dengan tegas.

"Ini bukan gimmick, settingan atau pengalihan isu seperti tuduhan sebagian Netizen. Jika ada yg memfasilitasi, @panglimalangit_ratnalisty siap membantu mengeluarkan JIN yg ada di tubuh @bilsky16 dalam 5 menit. Semoga Allah mengijinkan. 🙏," tulis Ratna Listy dalam unggahannya di Instagram pada Jumat (21/12/2018).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5G Bakal Gandeng 1,5 Miliar Pelanggan hingga 2024

Posted: 20 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - 5G diprediksi bakal menjangkau lebih dari 40 persen populasi global. Bahkan, jumlah pelanggan 5G akan mencapai 1,5 miliar dan membuat mobile broadband meningkat pada akhir tahun 2024.

Temuan menarik ini, disampaikan Ericsson dalam laporan bertajuk Mobility Report. Laporan juga menyebut kunci utama untuk peluncuran teknologi 5G termasuk peningkatan kapasitas jaringan, biaya per gigabyte yang lebih rendah dan persyaratan penggunaan baru.

Adapun pemanfaatan NB-IoT (Narrowband-Internet of Things),  teknologi standar berdaya rendah  yang mampu menjangkau area yang luas, memungkinkan berbagai penyelenggaraan perangkat dan layanan IoT, dan teknologi Cat-M1, teknologi selular baru yang dirancang khusus untuk kebutuhan aplikasi terkait komunikasi IoT.

Hal tersebut akan mendorong pertumbuhan koneksiselular IoT di seluruh dunia. Dari perkiraan koneksi selular IoT 4,1 miliar pada 2024, 2,7 miliar di antaranya diperkirakan akan berasal dari Asia Timur Laut (Tiongkok, Jepang, Mongolia, Korea Utara dan Korea Selatan).

Beberapa persyaratan soal penyelenggaraan teknologi 5G yang juga terus berevolusi akhirnya mendorong penyedia layanan untuk mulai menggunakan NB-IoT dan Cat-M1 di pasar mereka.

"Seiring dengan terselenggaranya 5G di pasar, ketersediaan jangkauan dan pemanfaatan teknologi ini diperkirakan akan lebih cepat dibanding teknologi generasi sebelumnya. Bersamaan dengan itu, pertumbuhan IoT selular juga semakin kuat. Apa yang kita lihat saat ini baru awal dari perubahan fundamental yang akan memberikan dampak signifikan pada konsumen dan industri," kata Fredrik Jejdling, Executive Vice President dan Head of Business Area Networks.

"5G menjanjikan kemampuan baru yang akan berdampak pada kehidupan masyarakat dan mengubah bagaimana industri dijalankan. Namun, perlu diingat bahwa perubahan ini hanya akan terjadi melalui kerjasama antara para pelaku industri dan pengatur kebijakan terkait berbagai aspek seperti pengadaan spektrum, standar, dan teknologi," ujar Jerry Soper, President Director of Ericsson Indonesia, pada kesempatan yang sama.

Layanan Data Seluler Tumbuh 79 Persen

Acara uji coba jaringan 5G Indosat Ooredoo (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)

Sementara, jumlah pelanggan seluler pada Q3 2018 lalu mencapai 7,9 miliar, dengan penambahan pelanggan baru sebesar 120 juta.

Tiongkok memiliki penambahan bersih paling banyak (+37 juta), diikuti oleh India (+31 juta) dan Indonesia (+13 juta).

Dan pada Q3 2018, pertumbuhan trafik layanan data mendekati 79 persen dari tahun ke tahun. Pertumbuhan tersebut merupakan pertumbuhan tertinggi sejak 2013.

Antara 2018–2024, total trafik layanan data secara global diharapkan naik 5 kali lipat, dengan jaringan 5G diperkirakan akan memberikan kontribusi sebesar 25 persen dari total trafik data pada akhir periode.

Di Asia Tenggara dan Oceania (tidak termasuk India dan Tiongkok), WCDMA dan HSPA masih menjadi teknologi yang dominan, yaitu mewakili 48 persen dari keseluruhan pelanggan data seluler.

Namun, langganan LTE tumbuh 70 persen selama 2018 dan mewakili pangsa pasar sebesar 26 persen.

Dengan demikian, pertumbuhan LTE diperkirakan akan terus meningkat hingga mencapai 63 persen dari keseluruhan langganan pada tahun 2024 di wilayah tersebut.

Pertumbuhan Trafik Layanan Data

Ilustrasi Foto Jaringan Telpon Seluler atau HP 4G dan 5G. (iSrockphoto)

Pertumbuhan trafik layanan data pada setiap smartphone aktif (GB per bulan) di wilayah ini juga akan semakin kuat, dari 3,8 GB setiap bulannya diiperkirakan akan menjadi 19 GB setiap bulannya pada tahun 2024. 

Menurut data analisis Ericsson dari App Annie 2018, rata-rata konsumsi data seluler per bulan di Indonesia menunjukkan peningkatan.

Persentase pengguna yang mengonsumsi lebih dari 10GB data per bulan telah meningkat dari 12 persen pada Oktober 2017, menjadi 26,8 persen pada Oktober 2018.

Peningkatan terbesar konsumsi data seluler adalah pada penggunaan aplikasi media sosial seperti WhatsApp (+153 persen), Youtube (+111 persen), Instagram (+41 persen), dan Facebook (30 persen).

Selain lebih banyak penggunaan, konten video juga merupakan pendorong utama konsumsi data di Indonesia.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemlu Minta Dubes RI di China untuk Cari Info soal Isu Uighur

Posted: 20 Dec 2018 08:49 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI mengatakan bahwa pihaknya tengah mencari tahu tentang kondisi dan situasi yang sebenarnya terjadi di China terkait dengan kelompok etnis Uighur --di mana isu tentang etnis itu sedang 'merebak' di Tanah Air dalam beberapa waktu terakhir.

Juru bicara Kemlu, Arrmanatha Nasir, pada Kamis, 20 Desember 2018 di Jakarta mengatakan, "Kita meminta dubes kita di Beijing untuk mencari informasi lebih lanjut tentang keadaan yang sebenarnya di sana (China) seperti apa."

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi pun telah menyampaikan isu tersebut kepada Dubes China untuk Indonesia pada 17 Desember 2018.

Pada kesempatan itu, Kemlu menegaskan bahwa deklarasi HAM PBB, kebebasan beragama, dan keyakinan, merupakan hak asasi setiap manusia dan dalam hal ini merupakan tanggung jawab setiap negara untuk menghormatinya.

"Dubes RRT (Republik Rakyat Tiongkok) telah menyampaikan komitmennya terhadap perlindungan HAM dan sependapat bahwa informasi dan kondisi masyarakat Uighur adalah hal yang penting untuk diketahui publik," tambah Arrmanatha pada Rabu 19 Desember di Bandung.

"Walaupun merupakan isu dalam negeri, Kemlu RI mencatat keinginan kedutaan besar RRT di Jakarta untuk terus memperluas komunikasi dengan berbagai kelompok masyarakat madani, untuk menyampaikan informasi mengenai kondisi masyarakat Uighur di RRT," lanjutnya.

 

Simak video pilihan berikut:

Kata Kedubes China di Jakarta

Aksi protes muslim Uighur atas pengekangan oleh pemerintah China (AP/Seth Wenig)

Dalam salinan resmi yang diterima oleh Liputan6.com pada Kamis (20/12/2018), Kedubes China di Jakarta menyatakan bahwa China adalah negara yang tersusun atas beragam kelompok etnis dan agama.

Ditegaskan bahwa konstitusi yang berlaku di China, menjamin seluruh warganya menikmati kebebasan dalam menjalankan keyakinannya masing-masing, termasuk bagi warga muslim Uighur.

Salinan tersebut juga menyebut bahwa komunitas muslim mendapat tempat yang layak di Xinjiang, di mana populasinya kini mencapai lebih dari 14 juta orang. Beijing juga menyebut provinsi di China barat daya itu memiliki sekitar 24.000 masjid, hampir 29.000 ulama, dan dua institusi pendidikan muslim terkemuka.

Selain itu, pemerintah Xinjiang juga disebut selalu mengupayakan sewa pesawat untuk melayani kebutuhan ibadah haji bagi umat muslim setempat. Mereka juga menegaskan bahwa kebijakan itu disertai dengan penyediaan layanan medis dan penerjemah bagi jamaah selama di tanah suci.

Juru bicara Kedubes China di Jakarta juga membantah telah terjadi pembakaran terhadap literatur Islam. Dikatakan bahwa pemerintah Xinjiang telah bertahap menerjemahkan buku-buku keagamaan dan Alquran ke dalam bahasa Uighur, Mandarin, Kazak, dan Kirgiz.

Bagian dari Upaya Deradikalisasi

Sementara itu, terkait isu kamp tahanan muslim Uighur, juru bicara Kedubes China di Jakarta kembali menegaskan bahwa media asing telah salah mengartikan program nasional tersebut.

Menurutnya, China tidak membangun kamp tahanan, melainkan lembaga vokasi bagi warga yang terlibat upaya separatisme di Provinsi Xinjiang. Baca selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 Pesepeda Motor Tewas Setelah Tabrakan di Jalan Raya Ponorogo

Posted: 20 Dec 2018 08:47 PM PST

Patroli, Ponorogo - Dua pengendara sepeda motor tewas setelah bertabrakan di Jalan Raya Jabung, Ponorogo, Jawa Timur. 

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Jumat (21/12/2018), kedua sepeda motor hangus terbakar akibat tabrakan tersebut. 

Api yang membakar kedua sepeda motor baru bisa dijinakkan setelah polisi dan warga berupaya memadamkannya.

Kecelakaan diduga lantaran salah satu motor berusaha menyalip kendaraan lain. Namun, dari arah berlawanan melaju motor lain, hingga kecelakaan tak terhindarkan.

Akibat kecelakaan tersebut, Edi Lesmono (18) dan Ahmad Sukarni (48) meninggal dunia. Keduanya tidak tertolong meski sempat dibawa ke Rumah Sakit Darmayu. (Muhammad Gustirha Yunas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Spaso Mengaku Kurang Tajam Bersama Bali United

Posted: 20 Dec 2018 08:45 PM PST

Liputan6.com, Gianyar - Ilija Spasojevic mengaku tahun ini gagal mencapai potensi terbaik bersama Bali United. Itu sebabnya striker naturalisasi itu ingin tampil lebih baik lagi tahun depan.

Sebenarnya Spaso tampil tidak terlalu buruk musim ini. Ia mampu mencetak 14 gol di semua kompetisi bagi Bali United.

Rinciannya sembilan gol ia cetak di Liga 1. Sementara satu gol lainnya ia sumbangkan di Piala Indonesia.

Sedangkan empat gol Spaso ciptakan saat Bali United berkompetisi di Asia. Dua gol di Kualifikasi Liga Champions dan dua gol di Piala AFC.

Meski sudah mencetak dua digit gol namun Spaso merasa penampilannya tak maksimal.

 

 

Komentar Spaso

Pemain depan Timnas Indonesia, Illija Spasojevic merayakan kemenangan atas Guyana pada laga persahabatan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (25/11). Spaso mencetak dua gol dan membawa Indonesia unggul 2-1. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

"Saya akui bila tahun 2018 ini bukan tahun terbaik saya. Tapi di musim perdana saya bersama Bali United, saya sudah berusaha untuk tampil sebaik mungkin" kata Spaso seperti dilansir laman resmi klub.

"Menganai jumlah gol saya di tahun 2018, itu hanya hasil usaha saya untuk tampil sebaik mungkin. Rekan-rekan juga tentu punya andil terhadap gol yang saya cetak." ujarnya menambahkan.

"Mohon maaf bila belum sesuai harapan semua pihak."

Harapan

Pemain depan Timnas Indonesia, Illija Spasojevic saat melawan Guyana pada laga persahabatan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (25/11). Spaso mencetak dua gol dan membawa Indonesia unggul 2-1. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Spaso pun berharap tahun depan bakal semakin baik untuk kariernya.

"Sebagai penyerang pastinya berharap mencetak gol sebanyak mungkin untuk Bali United. Tapi bagaimana tim bisa medapatkan hasil maksimal di setiap pertandingan adalah sesuatu yang lebih penting bagi saya."

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AP II Prediksi Puncak Arus Mudik Angkutan Udara Terjadi Sabtu Esok

Posted: 20 Dec 2018 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta PT Angkasa Pura II (AP II) memprediksi puncak arus mudik, khususnya untuk angkutan udara, pada Natal dan Tahun Baru akan terjadi pada Sabtu, 22 Desember 2018, esok. Sementara untuk arus balik akan terjadi pada 2 Januari 2019.

Dalam wawancara khusus dengan Liputan6.com, Direktur Utama Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin mengatakan, untuk Natal dan Tahun Baru sendiri, pihaknya membuka posko mulai 20 Desember 2018 hingga 6 Januari 2019. ‎

"Jadi tanggal 20 Desember sampai 6 Januari 2019 itu periode Posko Natal dan Tahun Baru (Nataru). Kita akan mengawal sekaligus melakukan pengendalian monitoring terhadap angkutan udara untuk periode Natal dan Tahun Baru," ujar dia di Kantor Pusat Angkasa Pura II, seperti dikutip Jumat (21/12/2018).

Dia menjelaskan, untuk angkutan udara, puncak arus mudik Natal diperkirakan pada H-3, yaitu pada Sabtu esok. Hal ini lantaran masyarakat mulai memasuki masa libur panjang.

"Kita perkirakan untuk angkutan Natal puncak di H-3 yaitu tanggal 22 Desember 2018, Sabtu dan Minggu ini," kata dia.

Sementara untuk puncak arus balik, lanjut Awal, diprediksi akan terjadi setelah perayaan tahun baru, yaitu pada 2 Januari 2019.

Sementara selang waktu antara puncak arus mudik dan arus balik ini, jumlah penumpang angkutan udara akan sedikit menurun.

"Agak sedikit longgar karena akan ketemu lagi nanti di arus balik, itu di H+1 tanggal 2 Januari 2019. Tapi jangan lupa, diantara Natal dan Tahun Baru itu juga kan banyak orang yang liburan," tandas dia.

Kota Ini Jadi Tujuan Favorit Saat Libur Natal dan Tahun Baru

Bandara I Gusti Ngurah Rai (Foto: Dok PT Angkasa Pura I)

PT Angkasa Pura II (Persero) (AP II) memperkirakan jumlah penumpang di 16 bandara yang dikelolanya meningkat saat libur Natal dan tahun baru 2019. Perkiraan, jumlahnya melonjak 10,50 persen mencapai 6,7 juta penumpang dibandingkan 6 juta penumpang tahun lalu.

Presiden Direktur PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin mengatakan, pada libur akhir tahun ini setidaknya ada beberapa kota yang menjadi tujuan populer oleh masyarakat.

"Untuk penerbangan domestik antara lain Denpasar, Surabaya, Kualanamu, Makassar, Jogja. Sedangkan untuk penerbangan internasional antara lain Singapura, Kuala Lumpur, Jeddah, Hongkong, Bangkok," kata Awaluddin kepada wartawan, Jumat (21/12/2018).

Dia menambahkan, pelaksanaan layanan angkutan Natal 2018 dan tahun 2019 akan berlangsung pada 20 Desember 2018 hingga 6 Januari 2019 dengan perkiraan arus puncak Natal pada H-3 dan perkiraan arus puncak tahun baru pada H+1. Sedangkan perkiraan puncak arus balik terjadi pada 2 Januari 2019. 

Menurut Awaluddin, persiapan angkutan Natal dan Tahun Baru setiap tahunnya tidak jauh berbeda dengan yang sebelumnya, hanya saja pelayanan yang diberikan di tahun ini memang jauh lebih lengkap dibandingkan sebelumnya, khususnya layanan berbasis digital. 

"Untuk mengantisipasi hal tersebut, kami senantiasa melakukan pengecekan kesiapan layanan sisi udara maupun sisi darat. Selain itu, kami mempersiapkan sekitar 4000 personil serta 2000 personil bantuan dari TNI dan POLRI untuk mengawal angkutan natal dan tahun baru ini ditambah juga dengan sejumlah layanan berbasis digital guna memberikan kemudahan serta pelayanan terbaik  kepada penumpang," tambah Awaluddin.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Laneige x Fimela Christmas Dinner : Sparkle My Way

Posted: 20 Dec 2018 08:45 PM PST

Suasana Laneige x Fimela Christmas dinner : Sparkle My Way di Jakarta, Kamis (20/12/2018). Laneige x Fimela Christmas dinner : Sparkle My Way diikuti sebanyak 80 orang dan menghadirkan workshop session

Suasana Laneige x Fimela Christmas dinner : Sparkle My Way di Jakarta, Kamis (20/12/2018). Laneige x Fimela Christmas dinner : Sparkle My Way diikuti sebanyak 80 orang dan menghadirkan workshop session

Penampilan Angel Pieters saat Laneige x Fimela Christmas dinner : Sparkle My Way, Jakarta, Kamis (20/12). Laneige x Fimela Christmas dinner : Sparkle My Way diikuti 80 orang dan menghadirkan workshop session

Penampilan Angel Pieters saat Laneige x Fimela Christmas dinner : Sparkle My Way, Jakarta, Kamis (20/12). Laneige x Fimela Christmas dinner : Sparkle My Way diikuti 80 orang dan menghadirkan workshop session

Editor in Chief Fimela Ayu Kinanti memberikan sambutan pada Laneige x Fimela Christmas dinner : Sparkle My Way di Jakarta, Kamis (20/12). Laneige x Fimela Christmas dinner : Sparkle My Way diikuti sebanyak 80 orang. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Editor in Chief Fimela Ayu Kinanti memberikan sambutan pada Laneige x Fimela Christmas dinner : Sparkle My Way di Jakarta, Kamis (20/12). Laneige x Fimela Christmas dinner : Sparkle My Way diikuti sebanyak 80 orang. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Peserta sedang mencoba produk Laneige saat Laneige x Fimela Christmas dinner : Sparkle My Way di Jakarta, Kamis (20/12). Laneige x Fimela Christmas dinner : Sparkle My Way menghadirkan workshop session

Peserta sedang mencoba produk Laneige saat Laneige x Fimela Christmas dinner : Sparkle My Way di Jakarta, Kamis (20/12). Laneige x Fimela Christmas dinner : Sparkle My Way menghadirkan workshop session

Peserta saat mengikuti workshop session

Peserta saat mengikuti workshop session

Peserta sedang mencoba produk Laneige saat Laneige x Fimela Christmas dinner : Sparkle My Way di Jakarta, Kamis (20/12). Laneige x Fimela Christmas dinner : Sparkle My Way menghadirkan workshop session

Peserta sedang mencoba produk Laneige saat Laneige x Fimela Christmas dinner : Sparkle My Way di Jakarta, Kamis (20/12). Laneige x Fimela Christmas dinner : Sparkle My Way menghadirkan workshop session

Peserta saat mengikuti workshop session

Peserta saat mengikuti workshop session

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Minta Pelajar NU Tidak Terjebak Ahli Hoaks

Posted: 20 Dec 2018 08:42 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi membuka acara Peresmian Pembukaan Kongres XIX Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Kongres XVIII Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) di Istana Negara.

Jokowi berharap kepada para pelajar NU agar tidak terjebak dengan keahlian hoaks. Tidak hanya itu dia juga meminta kepada para pelajar NU mengerti tentang menggunakan internet secara sehat dan mengerti ilmu digital.

"Jangan sampai pelajar NU terjebak ahli hoaks. Pelajar NU harus mengerti dengan berkaitan internet off thing, dan kriptokurensi (uang digital)," kata Jokowi saat meresmikan Kongres XIX Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Kongres XVIII Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) di Istana Negara, Jumat (21/12/2018).

Jokowi juga meminta kepada para pelajar agar hijrah. Hijrah dari kemajuan-kemajuan kesabaran. Hijrah dari ketimpangan jadi sebuah keadilan sosial.

"Hijrah bangsa kita, untuk kelancaran bangsa kita dibutuhkan manusia yang cerdas. Manusia yang inovatif yang akan cinta Tanah Air. Saya percaya peranan yang di masa yang akan datang yang jadi manusia terbaik yang siap menghadapi perubahan global. Dan era yang mengubah perilaku hidup manusia," kata Jokowi

Hoaks PKI

Sebelumnya, Presiden Jokowi juga angkat bicara tentang isu dan berita hoaks yang selama ini menerpanya saat menjadi Presiden. Dua isu yang menjadi perhatian Jokowi yakni yang menyebut dirinya adalah PKI.

"Selama empat tahun saya diam, dan berdasarkan survei 9 juta orang Indonesia percaya isu tersebut dan tentu akan membahayakan kesatuan bangsa ini," tutur Jokowi saat memberikan sambutan di Pondok Pesantren Bahrul Ulum, Tambakberas Jombang, Selasa 18 Desember 2018.

Hoaks tersebut menurut Jokowi sangat tidak relevan dengan kondisi bangsa saat ini yang berkarakter baik, penuh toleransi dengan tata krama.

Terkait isu yang menyebutkan dirinya PKI, Jokowi mempersilakan untuk mengkroscek langsung ke tempat kelahirannya di Solo, terkait sisilah keluarganya.

"Saya muslim, bapak ibu saya juga muslim, silakan ditanyakan ke daerah asal saya, takmir masjid di sana," imbuhnya.

Selain itu, isu yang menyebutkan dirinya PKI diperkuat dengan adanya gambar saat DN Aidit berpidato dan ada sosok yang mirip Jokowi.

"Pidato itu terjadi pada tahun 1955 dan saya belum lahir tapi kok saya ada di dekat dia, dan mirip lagi," selorohnya sembari menunjukan gambar pidato DN Aidit.

Sedangkan terkait antek asing, Jokowi sudah membuktikan aset yang dikuasai oleh asing sudah diambil alih di antaranya, tahun 2015 Blok Mahakam puluhan tahun dikuasai oleh Prancis dan Jepang dan kini sudah sepenuhnya milik Indonesia. Lalu pada tahun 2018 blok rokan di Riau yang 90 tahun dikuasi oleh Amerika sekarang dikelola Pertamina.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Seperti Inilah Manfaat yang Didapatkan Papua dari Divestasi Freeport

Posted: 20 Dec 2018 08:41 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kepemilikan mayoritas entitas Indonesia di PT Freeport Indonesia (PTFI), yang telah mengelola tambang emas dan tembaga di Kabupaten Mimika, Papua, sejak 51 tahun yang lalu, akan segera terealisasi.

Holding industri pertambangan PT Inalum (Persero) akan meningkatkan kepemilikannya di PTFI dari 9.36% menjadi 51.2%, dan untuk pertama kalinya pemerintah daerah Papua akan mendapatkan alokasi saham.

Dari 100% saham PTFI, Pemda Papua akan memiliki 10%, Inalum 41.2% dan Freeport McMoRan, perusahaan tambang Amerika Serikat, sebesar 48.8%. Namun gabungan antara Inalum dan Pemda Papua akan menjadikan entitas Indonesia menjadi pengendali PTFI.

Dengan memiliki saham, Pemda Papua akan mendapatkan dividen paling sedikit sebesar US$100 juta atau Rp 1.45 triliun per tahunnya setelah 2022 dimana operasional PTFI akan berjalan secara normal setelah masa transisi dari tambang terbuka ke tambang bawah tanah.

Dari 10% saham Pemda Papua tersebut dibagi menjadi 7% untuk Kabupaten Mimika termasuk di dalamnya untuk hak ulayat, dan 3% untuk Provinsi Papua.

Selain saham, berdasarkan Peraturan Pemerintah No 37/2018 tentang Perlakuan Perpajakan dan/atau Penerimaan Negara Bukan Pajak di Bidang Usaha Pertambangan Mineral, pemerintah daerah juga akan mendapatkan 6% dari laba bersih PTFI.

Nantinya, 6% tersebut akan dibagi menjadi 2.5% untuk Kabupaten Mimika, 2.5% untuk Kabupaten di luar Mimika, dan 1 % untuk Provinsi Papua.

Seluruh manfaat tersebut di luar bantuan CSR dan community development serta pendapatan pajak daerah dan royalti.

Untuk saham Pemda Papua, Inalum akan memberikan pinjaman kepada BUMD sebesar US$ 819 juta yang dijaminkan dengan saham tersebut. Cicilan pinjaman akan dibayarkan dengan dividen PTFI yang akan didapatkan oleh BUMD Papua. Namun dividen tersebut tidak akan digunakan sepenuhnya untuk membayar cicilan tersebut.

"Tidak ada dana dari APBD Pemda Papua yang digunakan untuk membeli saham. Cicilan dari pembelian saham akan dibayarkan melalui dividen PTFI dan tidak semuanya dipakai untuk bayar cicilan. Akan ada uang tunai yang akan didapatkan oleh Pemda setiap tahunnya," tutur Rendi A. Witular, Kepala Komunikasi Korporat dan Hubungan Antar Lembaga Inalum.

Saham Pemda Papua tersebut nantinya akan dimasukan ke perusahaan khusus bernama PT Indonesia Papua Metal dan Mineral, yang 60% dimiliki oleh Inalum dan 40% dimiliki oleh Pemda melalui BUMD.

"Struktur kepemilikan pemerintah daerah tersebut adalah struktur yang lazim dan sudah mempertimbangkan semua aspek termasuk aspek perpajakan yang lebih efisien bagi semua pemegang saham," terang Rendi.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Will Smith Jadi Jin Jenaka di Film Aladdin

Posted: 20 Dec 2018 08:40 PM PST

Liputan6.com, Massachusets - Tiga karakter utama diumumkan film Aladdin. Mena Massoud sebagai Aladdin berdampingan dengan Naomi Scott sebagai Jasmine, sementara Will Smith sebagai Genie berada di atas mereka berdua.

Film Aladdin merupakan versi live action dari film animasi berjudul sama yang sukses besar saat dirilis pada 1992 lalu.

Keberhasilan Beauty and the Beast (2017) yang juga merupakan versi live action dari film animasi berjudul sama, membuat Disney semakin optimis dengan proyek adaptasi ini.

Sosok Genie yang diperankan Will Smith lebih berbeda dibandingkan sosok Genie di film animasi Aladdin sebelumnya.

 

Jin dengan Karakter Jenaka

Film Aladdin (eonline.com)

Genie yang digambarkan sosok Jin yang tinggi besar dan berwarna biru akan diperankan Will sebagai Genie yang penuh komedi. Di film animasinya, suara Genie dibawakan oleh Robin Williams.

"Hal yang hebat tentang peran Genie adalah bahwa pada dasarnya ini adalah hiperbola untuk siapa aktor pemerannya. Jadi ini adalah platform yang indah dan permadani bagi seorang aktor untuk mengenakan sepatu bot jin," ujar sutradara Guy Richi dikutip dari eonline.com.

 

 

Tayang 24 Mei 2019

Para pemain film hidup Aladdin. (Disney)

Sementara sosok Jasmine tampil cantik dan percaya diri dengan baju berwarna biru muda. Tatapan mata Putri Jasmine tajam. Perhiasan melekat di sekujur tubuhnya juga dengan dominasi warna biru.

"Tujuan hidup utama Jasmine adalah melindungi warganya. Karakternya belum selesai saat awal syuting, tapi dia berkembang dengan cantik," katanya.

Film Aladdin yang tadinya diplot di bulan Desember, dimajukan dan rencananya bakal dirilis pada 24 Mei 2019 mendatang. Aladdin versi live action yang dibintangi Will Smith, Naomi Scott dan Mena Massaud ini sepertinya akan menjadi salah satu film paling ditunggu di tahun depan. (Fimela.com/ Puput Puji Lestari)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lampard Yakin Jose Mourinho Akan Kembali Latih Klub Inggris

Posted: 20 Dec 2018 08:35 PM PST

Liputan6.com, London - Jose Mourinho kembali harus merasakan pemecatan. Usai didepak Chelsea pada 2015, ia dipecat Manchester United (MU) pada Selasa (18/12/2018).

Kendati demikian, Jose Mourinho diyakini tidak akan kapok untuk melatih tim Liga Inggris. Manajer berusia 55 tahun itu masih punya kans untuk kembali melanjutkan karier di Inggris pada musim depan.

Keyakinan tersebut disampaikan mantan anak asuh Jose Mourinho, Frank Lampard. Bagi Lampard, tidak ada yang tak mungkin bagi seorang seperti Mourinho di masa depan.

Tak Kapok

Jose Mourinho diyakini akan kembali melatih klub Liga Inggris usai dipecat Manchester United. (AFP Photo/Oli Scarff)

Frank Lampard menilai jika seorang Jose Mourinho adalah manajer yang punya kualitas bagus. Sangat mungkin baginya untuk kembali ke Premier League. Hanya saja, dalam waktu dekat ini, mungkin Mourinho butuh waktu istirahat.

"Mungkin [kembali ke Premier League]. Dia adalah Jose Mourinho. Apa pun bisa terjadi," ucap Lampard pada Four Four Two.

"Mourinho akan dicari klub karena dia adalah manajer yang hebat dan karena apa yang sudah dia lakukan di permainan ini. Sekarang terserah padanya, dia bisa beristirahat."

"Mungkin dia juga layak untuk mendapatkan waktu sejenak untuk istirahat sementara waktu karena tekanan yang selama ini dihadapi. Saya tidak yakin itu adalah hal yang menyenangkan, tekanan dari luar," tandas Lampard.

Tetap Manajer Top

Frank Lampard pernah menjadi anak asuh Jose Mourinho di Chelsea. Kini, Lampard tengah menekuni karir sebagai manajer di klub Derby County. Sebagai mantan anak asuh Mourinho, Lampard yakin bahwa kualitas yang dimiliki tidak pernah luntur.

"Mourinho adalah sosok yang penuh motivasi dan dia akan kembali, entah itu di Premier League atau sepak bola dunia. Dia masih akan berada di level atas karena dia adalah seorang manajer top."

"Dia juga telah memberikan rasa percaya diri yang besar kepada saya. Dia adalah seorang ahli taktik," tutup Lampard.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kelompok Teroris Incar Bandara Terbesar di Jerman

Posted: 20 Dec 2018 08:33 PM PST

Liputan6.com, Stuttgart - Otoritas bandara terbesar di Jerman menetapkan kondisi darurat, menyusul laporan tentang ancaman keamanan dari empat orang tersangka teroris.

Polisi mengatakan bahwa keempat tersangka teroris itu terlihat mengintai Bandara Internasional Stuttgart, sejak pekan lalu.

Dikutip dari BBC pada Jumat (21/12/2018), polisi dikatakan sedang memburu seorang ayah dan putra yang berasal dari negara bagian North Rhine-Westphalia, bersama dengan dua orang lainnya, karena terlihat beberapa kali memotret sudut-sudut terminal dan landasan pacu.

Polisi mengatakan kepada kantor berita ARD bahwa pasukan keamanan tidak hanya disiagakan di Stuttgart, melainkan juga di beberapa bandara utama lainnya di Jerman.

Situs berita Bild menambahkan bahwa peringatan waspada diperluas hingga 14 bandara di seluruh penjuru Jerman, termasuk Berlin dan kota pelabuhan Hamburg.

Rincian tentang keempat tersangka teroris belum diumumkan ke publik. Namun, polisi mengatakan bahwa identitas mereka telah didapat dari laporan dinas rahasia Maroko, awal pekan ini.

Kabar tentang pengintaian oleh tersangka teroris muncul seminggu setelah serangan teror di seberang perbatasan Prancis.

Cherfi Chekatt, nama pelaku teror, melakukan penembakan brutal ke arah kerumunan orang di dekat Pasar Natal di pusat kota Strasbourg, Prancis, yang berjarak sekitar 150 kilometer dari Stuttgart.

 

Simak video pilihan berikut:

Kegiatan Mata-Mata Terdeteksi

Ilustrasi Foto Teroris (iStockphoto)

Sejak serangan Strasbourg, aktivitas yang mencurigakan telah terlihat di Bandara Stuttgart dan di bandara Charles de Gaulle di Paris, siaran pers publik SWR melaporkan.

Sepasang terduga pelaku, yang merupakan ayah dan anak, tertangkap oleh kamera pengintai sedang mengambil foto di sekitar bandara Stuttgart, tetapi menghilang pada saat polisi tiba.

Otoritas Bandara Internasional Stuttgart mencurigai nama-nama serta rincian komunikasi mereka, yang menurut polisi Jerman, telah diterima dari para pejabat intelijen di Maroko.

Polisi Jerman tidak bisa mengkonfirmasi laporan tersebut saat ini, namun juru bicara Roman Strohmayer mengatakan bahwa informasi tersebut meyakinkan.

Strohmayer mengatakan kepada situs berita Bild: "Kami telah mendeteksi upaya mata-mata di Bandara Stuttgart, dan telah secara besar-besaran memperketat langkah keamanan kami di bandara, bekerja sama dengan polisi negara bagian setempat."

Sebelumnya pada 2016, Jerman mengalami serangan teror tepat menjelang perayaan Natal. Kala itu, seorang militan asal Tunisia menabrakkan sebuah truk ke kerumunan orang di pusat Kota Berlin, menewaskan 12 orang dan melukai puluhan lainnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Satu Korban Hilang Perahu Jukung Meledak di Sungai Musi Belum Ditemukan

Posted: 20 Dec 2018 08:31 PM PST

Liputan6.com, Palembang - Tim Badan SAR Nasional Kota Palembang, Sumatera Selatan, terus berupaya mencari satu korban perahu jukung yang meledak dan terbakar ketika mengisi bahan bakar minyak di SPBU apung Sungai Musi kawasan 7 Ulu Palembang, Kamis (20/12/2018) sore.

"Sejak hari pertama kejadian diketahui ada satu petugas SPBU apung hilang, langsung diturunkan tim menggunakan beberapa kapal untuk melakukan pencarian," kata Kepala Basarnas Palembang Berry Kowaas dilansir Antara, Jumat (21/12/2018).

Menurut dia, berdasarkan data yang dihimpun petugas di lokasi kejadian, terdapat 11 korban akibat ledakan kapal jukung pengangkut berbagai kebutuhan masyarakat di daerah perairan Sungai Musi.

"Berdasarkan data, ada 10 korban dalam peristiwa itu yang mengalami luka bakar ringan dan berat serta satu orang pegawai SPBU apung atas nama Julman dinyatakan hilang," ujarnya.

Korban kapal jukung itu satu di antaranya anak-anak. Para korban yang mengalami luka bakar dievakuasi ke beberapa rumah sakit, seperti RS dr AK Gani, RS Charitas, dan RSUP Muhammad Hosein Palembang.

Petugas yang melakukan kegiatan penyelamatan dan pencarian korban berharap semua berjalan lancar dan korban ditemukan dalam kondisi hidup.

Sementara Kasatpolair Polresta Palembang Kompol Yudho Winarno mengatakan berdasarkan keterangan saksi ledakan kapal diakibatkan selang start mesin yang panjang dan menimbulkan percikan api lalu menyambar uap panas muatan drum BBM kapal motor kayu yang biasa disebut kapal jukung Jasa Mulya itu.

Untuk mengungkap penyebab kasus terbakar dan meledaknya kapal jukung itu, petugas sekarang ini melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Ketika peristiwa itu terjadi, kapal jukung Jasa Mulya yang bersandar di SPBU apung Sungsi Musi kawasan 7 Ulu, di sebelahnya terdapat kapal jukung Sumber Agung yang ikut terbakar. 

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesanan Tiket Kereta Liburan Terbanyak pada 22 Desember 2018

Posted: 20 Dec 2018 08:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan peninjauan ke Stasiun Senen, Jakarta, guna mengecek kesiapan angkutan kereta api jelang mudik Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

Hasilnya, dia mendapatkan laporan jika 80 persen pemesanan tiket untuk arus mudik dan balik akhir tahun ini sudah terjual secara online.

"Dari catatan, reservasi tiket selama 3 bulan terakhir 80 persen sudah online. Berarti kemudahan sudah bisa tercapai, dan tidak ada satupun yang merasa sudah," ungkap dia di Stasiun Senen, Jakarta, Jumat (21/12/2018).

"Oleh karenanya, saya meminta sistem IT diperbaiki, karena masyarakat sekarang IT minded," dia menambahkan.

Menurut catatan pengelola Stasiun Senen, jumlah penumpang kereta pada libur Natal dan Tahun Baru kali ini sama seperti ketika akhir pekan. Disebutkan jika pada hari biasa penumpang mencapai angka 14-15 ribu orang, ketika weekend bisa melonjak hingga 19-20 ribu orang.

Menindaki kenaikan jumlah penumpang, Pengelola Stasiun Senen mempersiapkan 26 kereta reguler, dan 7 kereta tambahan dengan kapasitas total sekitar 5.500 kursi.

Adapun pemesanan tiket terbesar pada libur Nataru ini terjadi untuk 22 Desember 2018, yakni sekitar 24.900 penumpang yang telah melakukan reservasi.

Budi menyatakan, hal tersebut merupakan suatu pertanda bahwa penumpang tidak keberatan dengan nominal tarif yang ditetapkan, yakni sama seperti batas atas pada akhir pekan.

"Tarif berjalan dengan baik, praktis tidak ada kenaikan, sama dengan weekend. Karena tipologi kereta jarak jauh weekend biasa penuh. Karena biasa sehari ada sekitar 20 ribu penumpang. Tapi besok 22 Desember jadi puncaknya, karena memang sudah libur," tuturnya.

Ini Puncak Arus Mudik dan Balik Natal dengan Kereta Api

Sejumlah penumpang menunggu kereta di Stasiun Gambir, Jakarta, Rabu (29/11). PT KAI Daop 1 Jakarta akan mengoperasikan 11 KA tambahan tujuan Solo, Bandung, dan Cirebon yang dimulai pada 29 November hingga 4 Desember 2017. (Liputan6.com/JohanTallo)

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop I memprediksi puncak arus mudik momen mudik Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2018. Puncak arus mudik akan berlangsung pada 22-23 Desember ini.

"Untuk tahun lalu, puncak mudik itu berlangsung selama 7 hari. Namun per hari ini, kami lihat puncaknya itu antara tanggal 22 atau 23 Desember 2018," ujar Executive Vice President PT KAI Daop I Jakarta Dadan Rudiansyah di Jakarta, Kamis (13/12/2018).

Dadan mengungkapkan, pemesanan tiket kereta api pada tanggal 22-23 Desember pun telah ludes terjual. Bahkan Sabtu dan Minggu merupakan puncak arus mudik dengan kereta api.

"Iya tanggal 22-23 Desember. Ini tergambar hampir semua tiket KA yang di-running pada tanggal itu terjual habis. Jadi Sabtu-Minggu prediksinya arus mudik. Kalau Jumat masih ada yang kosong tiketnya," jelas dia.

Adapun untuk puncak arus balik akan terjadi pada tanggal 6 Januari 2019 yakni pada hari Minggu.

"Untuk setelah tahun baru, prediksi kami sekitar hari Minggu-lah puncaknya. Itu tanggal 6 Januari," pungkas dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rumah Dilempari Batu, Istri Ruben Onsu Alami Hal Ini

Posted: 20 Dec 2018 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Rumah Ruben Onsu, Senin (17/12/2018) malam mengalami insiden pelemparan batu disertai pesan ancaman. Saat kejadian Sarwendah istri Ruben Onsu mengaku ketakutan dan syok.

Saking takutnya Sarwendah mengaku mengalami keram perut, dan memilih bersembunyi di dalam kamarnya bersama buah hatinya dengan Ruben Onsu, Thalia Putri Onsu.

"Kemarin aku kram perut, karena mungkin tegang. Karena waktu itu kan shock jadi ya pasti ada tegangan, jadi akhirnya perutnya keram gitu," ucap Sarwendah ditemui di kawasan Kapten Pierre Tendean, Jakarta Selatan, Kamis (20/12/2018).

Jaga Kehamilan

(Instagram/sarwendah29)

Sampai keesokan harinya, Sarwendah memilih untuk tetap di kamar bersama putrinya. Ia tak mau kepanikan dan ketakutan yang ia rasakan karena insiden pelemperan itu sampai  mengganggu kehamilan anak keduanya.

"Cuma tahunya nanya ke Ruben aja, 'sudah selesai belum, yang?' cuma nanyain gitu doang. Karena aku enggak mau ngeganggu ke (kehamilan) akunya," jelas Sarwendah

Masih Takut

Kecupan sayang Ruben Onsu untuk Sarwendah (Foto: Herman Zakharia)

Hingga saat ini, Sarwendah mengaku masih merasakan takut akan insiden pelemparan batu ke kediamannya. Meski begitu Sarwendah berusaha menenangkan dirinya agar tidak berpengaruh dengan tubuhnya.

"Pasti ya masih takut. Cuma pelan-pelan lah melupakan kejadian itu. Akhirnya aku menenangkan diri aku sendiri supaya bisa rileks," Sarwendah mengakhiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Xiaomi Bakal Besut Smartphone Android Go

Posted: 20 Dec 2018 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi dilaporkan bakal terlibat dalam proyek smartphone murah besutan Google yakni Android Go. Hal itu diketahui dari informasi yang dihimpun sejumlah badan sertifikasi.

Dikutip dari GSM Arena, Jumat (21/12/2018) smartphone Android Go besutan Xiaomi ini ternyata sudah muncul di situs badang sertifikasi Singapura (IMDA), Amerika Serikat (FCC), dan Rusia (EEC).

Mengusung nomor model M1903C3GG, smartphone akan menjadi produk pertama Xiaomi yang masuk dalam program Android Go.

Dari informasi yang dihimpun, smartphone ini akan menjalankan Android P9 Pie (Go Edition).

Smartphone yang disebut-sebut akan bernama Redmi Go ini akan memiliki slot SIM ganda, 2.4GHz Wi-Fi, Bluetooth 4.2, dan RAM 1GB.

Sayangnya, belum diungkap 'otak' yang akan digunakan Xiaomi di perangkat tersebut.

Meski menjalankan Android 9 Pie, smartphone akan tetap tampil dalam balutan MIUI.

Laman FCC menyebut, smartphone akan memilki layar berukuran 5,9 inci dengan resolusi layar yang belum diketahui.

Sayangnya, hingga saat ini belum ada informasi resmi seputar harga maupun jadwal peluncuran smartphone ini dari Xiaomi.

Namun mengingat perangkat ini masuk dalam program Android Go, harganya dipastikan tidak lebih dari Rp 1,5 juta.

Sekilas Android Go

Sameer Samat, VP Product Management Android. (Doc: Google HQ)

Android Go sendiri resmi meluncur pada Desember tahun lalu.

Sistem operasi yang ditujukan untuk perangkat low-end (smartphone murah) ini sudah tersedia dan dapat digunakan para vendor termasuk pengembang sejak akhir 2017.

Sesuai fungsinya, sistem operasi ini akan ditujukan untuk perangkat dengan spesifikasi rendah. Oleh sebab itu, meski berbasis Android Oreo, sistem operasi ini sudah didesain untuk berjalan optimal pada perangkat dengan RAM 512MB atau 1GB.

Google juga sudah mendukung kehadiran sistem operasi ini dengan menyiapkan versi ringan dari aplikasi besutannya, seperti YouTube, Gmail, Google Assistant, dan Google Maps.

Aplikasi untuk Android Go itu didesain dengan ukuran yang lebih kecil ketimbang versi reguler, sehingga tak banyak menghabiskan memori perangkat.

Namun, Google menyebut tetap melakukan peningkatan performa agar aplikasi bisa berjalan optimal.

Google Siap RIlis Android Go Pie Akhir 2018

Ilustrasi Android 9 Pie (Foto: Google)

Google diketahui makin serius menggarap sistem operasi 'adik' Android O yang lebih dikenal sebagai Android Go. Hal itu ditunjukkan dengan rencana perusahaan untuk merilis versi terbaru dari Android 9 Pie (Go Edition)

Dikutip dari The Verge, perubahan besar-besaran yang dilakukan Google terletak pada kapasitas memori perangkat. Google menuturkan, Android Go versi Pie ini akan menambah kapasitas pengguna sebesar 500MB, dibanding versi sebelumnya.

Sebagai tambahan, Google juga menjanjikan waktu boot perangkat yang lebih cepat untuk versi terbaru Android Go ini. Tidak hanya itu, fitur keamanan di sistem operasi ini juga diperbaiki, termasuk boot yang sudah terverifikasi.

Sama seperti versi Android Pie reguler, versi Go ini juga menyertakan fitur dashboard bagi pengguna. Dashboard tersebut membantu pengguna untuk melacak dan mengamati penggunaan data.

Sayangnya, Google belum memberikan waktu pasti kapan versi terbaru ini akan meluncur. Berdasarkan data Google, Android Go kini sudah tersedia di 200 perangkat dan tersebar di lebih dari 120 negara.

Sekadar informasi, Android Go merupakan upaya Google untuk mencetak satu miliar pengguna. Konsep ini disebut sebagai "The Next Billion Users", di mana menargetkan lebih banyak pengguna Android di sejumlah negara berkembang termasuk Indonesia.

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menpora Imam Nahrawi Terseret Pusaran Korupsi Dana Hibah KONI

Posted: 20 Dec 2018 08:26 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah ruang kerja Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi terkait kasus dugaan suap dan gratifikasi dana hibah dari Kemenpora ke KONI. Penggeledahan dilakukan lantaran Menpora diduga memiliki peran dalam alur proses pengajuan dan penyaluran dana hibah.

"Ya karena proses pengajuan proposal itu kan ada alurnya, mulai dari pihak pemohon sampai diajukan ke Menpora. Menpora bisa langsung mempertimbangkan atau mendelegasikan atau disposisi kan misalnya dan bagaimana proses selanjutnya jika disetujui dan tidak disetujui itu kan perlu kami temukan secara lengkap," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Jumat (21/12/2018).

Alhasil, dari ruang kerja Menpora Imam Nahrawi, tim KPK menemukan dokumen dan proposal dana hibah dari Kemenpora ke KONI. Selain ruangan Menpora, penyidik KPK juga menggeledah beberapa ruangan lain di Kemenpora.

"Nanti tentu kami pelajari dokumen itu, ada proposal-proposal hibah juga yang kami amankan dan sita, nanti dipelajari dalam proses penyidikan untuk kebutuhan pemanggilan saksi, pemeriksaan saksi-saksi nanti di tahap berikutnya," ucap Febri.

Dugaan keterlibatan Menpora dalam kasus korupsi tersebut berawal dari pernyataan Wakil Ketua KPK Saut Situmorang. Saut menyebut Politikus PKB itu kemungkinan mempunyai peran penting dalam pencairan dana hibah dari Kemenpora untuk KONI.

Kendati begitu, Saut belum berani menyimpulkan lebih jauh soal keterlibatan Imam Nahrawi dalam kasus ini.

"Saya belum bisa menyimpulkan itu. Tapi indikasinya memang peranan yang bersangkutan (Imam Nahrawi) signifikan ya," kata Saut di Gedung KPK Kuningan Jakarta Selatan, Rabu 19 Desember 2018.

Saut memilih bersabar dan menyerahkan sepenuhnya kepada tim penyidik KPK, untuk mencari keterangan dan bukti keterlibatan pihak lain dalam kasus ini.

"Kalau kita lihat jabatannya (Menpora) kan, itu bisa kita lihat seperti apa kemudian peranannya. Ada beberapa yang tidak konfirmasi satu sama lain tentang fungsinya, nanti kita lihat dulu," kata Saut.

5 Tersangka

Menpora Imam Nahrawi (tengah) usai memberi keterangan terkait OTT yang dilakukan oleh KPK tentang dana hibah Kemenpora ke KONI, di Jakarta, Rabu (19/12). Dalam keterangannya Imam meminta maaf kepada masyarakat. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sebelumnya, KPK menetapkan lima orang sebagai tersangka kasus dugaan suap dan gratifikasi penyaluran bantuan dari Pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Kemenpora kepada Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

Mereka adalah Deputi IV Kemenpora Mulyana (MUL), Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pada Kemenpora Adhi Purnomo (AP), Staf Kemenpora Eko Triyanto (ET), Sekjen KONI Ending Fuad Hamidy (EFH), dan Bendahara Umum KONI Jhony E. Awuy (JEA).

Diduga Adhi Purnomo dan Eko Triyanto menerima pemberian sekurang-kurangnya Rp 318 juta dari pengurus KONI. Selain itu, Mulyana juga menerima Rp 100 juta melalui ATM.

Selain menerima uang Rp 100 juta melalui ATM, Mulyana juga sebelumnya sudah menerima suap lain dari pejabat KONI. Yakni 1 unit Toyota Fortuner, 1 unit Samsung Galaxy Note 9, dan uang Rp 300 juta dari Jhony.

Uang tersebut diterima Mulyana, Adhi, dam Eko agar Kemenpora mengucurkan dana hibah kepada KONI. Dana hibah dari Kemenpora untuk KONI yang dialokasikan sebesar Rp 17,9 miliar.

Di tahap awal, diduga KONI mengajukan proposal kepada Kemenpora untuk mendapatkan dana hibah tersebut. Diduga pengajuan dan penyaluran dana hibah sebagai akal-akalan dan tidak sesuai kondisi sebenarnya.

Sebelum proposal diajukan, diduga telah ada kesepakatan antara pihak Kemenpora dan KONI untuk mengalokasikan fee sebesar 19,13 persen dari total dana hibah Rp 17,9 miliar, yaitu sejumlah Rp 3,4 miliar.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Solskjaer Tidak Sabar Nantikan Laga MU vs PSG

Posted: 20 Dec 2018 08:25 PM PST

Liputan6.com, Manchester - Selain harus memperbaiki peringkat di klasemen Liga Inggris, ada tugas berat lain yang diemban Ole Gunnar Solskjaer bersama Manchester United (MU). Tugas itu adalah di ajang Liga Champions.

Manajer MU sebelumnya, Jose Mourinho, membawa Setan Merah lolos ke babak 16 besar. Di fase ini, MU telah ditunggu lawan yang tidak bisa dikatakan mudah, yakni klub asal Prancis, Paris Saint-Germain (PSG).

PSG seperti diketahui punya ambisi besar di Liga Champions. Juara bertahan Ligue 1 Prancis ini juga membangun skuat dengan kumpulan pemain bintang. Ada nama Neymar dan Kylian Mbappe di sana. Ada juga Gianluigi Buffon di skuat PSG.

Meski akan mendapatkan lawan berat, Solskjaer menegaskan MU sama sekali tidak gentar.

Antusias Lawan PSG

Bintang Paris Saint-Germain (PSG) Neymar. (AFP/Franck Fife)

Ole Gunnar Solskjaer mengakui sangat antusias untuk bisa berduel melawan PSG. Manajer berusia 55 tahun mengakui bahwa PSG punya banyak pemain yang berkualitas, tapi dia juga tidak meragukan kualitas pemain United.

"Anda tahu, undian itu dilakukan pada hari Senin. Saya melihatnya, tapi saya tidak tahu apa yang terjadi di sini," buka Solskjaer di MUTV.

"Anda mungkin berpikir, 'PSG, ini kesempatan yang fantastis'. Itu akan memberikan malam yang istimewa di Old Trafford, malam-malam penuh lampu sorot, seperti yang selalu diucapkan oleh Sir Alex Ferguson."

"Anda [PSG] punya talenta terbaik untuk bermain dan kami dengan talenta terbaik kami. Pemain hebat yang akan bermain melawan tim yang punya Neymar, Mbappe dan Cavani. Itu adalah malam-malam yang dinantikan," ucap Solskjaer.

Sudah Tidak Sabar

Laga MU melawan PSG tidak akan digelar dalam waktu dekat ini. Laga tersebut baru akan digelar pada Februari 2019 yang akan datang. Namun, Solskjaer mengaku sudah tidak lagi sabar untuk menjalani laga ketat tersebut.

"Saya sudah tidak sabar menantikannya, tapi kami punya banyak pertandingan sebelum jumpa PSG. Kami ingin membangun fondasi dulu dan datang ke laga melawan PSG dengan rasa percaya diri yang tinggi."

"Jika kami mampu melakukannya, maka itu akan lebih bagus," ujar Solskjaer.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tips Perawatan Jitu dengan Pelembap yang Tepat

Posted: 20 Dec 2018 08:21 PM PST

Jakarta Pelembap menjadi salah satu produk perawatan kulit yang wajib diaplikasikan setiap hari. Tak hanya penting untuk menjaga kulit wajah tetap terhidrasi dengan baik, pelembap juga dapat melindungi kulit.

Pengaplikasian pelembap harus disesuaikan dengan jenis dan kondisi kulit. Tidak hanya itu, seiring berkembangnya teknologi, saat ini, pelembap juga berfungsi untuk meminimalisir tampilan garis halus dan kerusakan kulit wajah lainnya.

Pahami terlebih dahulu beberapa jenis dan kondisi kulit wajah masing-masing berikut ini.

1. Kulit berminyak

Kulit berminyak juga masih membutuhkan pelembap. Carilah produk pelembap yang non-comedogenic dengan formula bebas minyak, tidak menyumbat pori-pori, dan dapat meminimalisir munculnya jerawat, serta komedo.

2. Kulit kering

Kulit kering membutuhkan produk pelembap yang dapat mengembalikan kelembapan kulit yang hilang karena berbagai faktor, baik dari dalam, maupun luar tubuh.

3. Kulit sensitif

Kulit sensitif biasanya ditandai dengan munculnya kemerahan dan mudah iritasi. Kulit sensitif jelas membutuhkan produk pelembap yang dibuat dengan formula lembut, tanpa bahan kimia, wewangian, dan pewarna.

4. Kulit menua

Kulit di atas usia 30-an biasanya memiliki banyak masalah, seperti munculnya garis halus dan flek hitam. Inilah pentingnya penggunaan produk pelembap berbasis minyak, namun juga mengandung bahan anti aging yang dianjurkan, secara rutin.

 

Corine de Farme meluncurkan dua produk pelembap terbarunya

Ilustrasi kecantikan. Sumber foto: pexels.com/Pixabay.

Dengan memahami beberapa jenis kulit wajah di atas dan untuk menjawab setiap kebutuhan yang ada, maka Corine de Farme kembali meluncurkan produk perawatan kulit wajah terbarunya. Refreshing Moisturizing Gel Cream dan Refreshing Moisturizing Gel Cream adalah dua produk pelembap yang berfungsi melembapkan, serta melembutkan kulit wajah.

Produk pelembap ini bebas paraben dermatologically tested, hypoallergenic, non-comedogenic, mengandung 100% ekstrak corn flower, dan bunga peoni. Refreshing Moisturizing Gel Cream mengandung hydra nature complex yang dianjurkan untuk digunakan pada kulit normal dan kombinasi.

Sedangkan Gentle Hydrating Cream mengandung hydra nature complex dan vegetal glyserin yang sangat baik digunakan untuk kulit kering dan sensitif. Sudah menggunakan produk pelembap yang tepat untuk kebutuhan kulit wajah?

Corine de Farme meluncurkan dua produk pelembap terbarunya yang disesuaikan dengan setiap kebutuhan kulit wajah. Sumber foto: PR.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Begini Cara TikTok Menjamin Keamanan Pengguna agar Bebas Konten Negatif

Posted: 20 Dec 2018 08:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta TikTok merupakan platform video berdurasi singkat yang menyajikan kreativitas, pengetahuan, dan menciptakan momen penting berharga di seluruh dunia. Kini Tiktok semakin serius menggarap pasar Indonesia, dengan jumlah pengguna aktif yang mencapai sekitar 10 juta orang.

Keseriusan TikTok terlihat dari bukti nyata dalam menciptakan lingkungan digital yang aman dan nyaman bagi generasi muda pada umumnya, dan pengguna aktif pada khususnya.

Kepala Kebijakan Publik TikTok untuk Indonesia, Malaysia, dan Filipina, Donny Eryastha dalam acara Diskusi Panel di Hotel Pullman, Jakarta, Selasa (18/12) merinci, ada tiga aspek yang menjamin keamanan untuk pengguna TikTok.

1. Kebijakan Standar Komunitas

Donny menjelaskan bahwa standar komunitas menjadi salah satu hal yang wajib digarisbawahi karena menjadi poin penting. Standar komunitas ini menyesuaikan dengan norma yang ada di Indonesia.

Standar komunitas inilah yang menjadi aturan atau kode etik bagi para pengguna TikTok di Indonesia. Adapun cara penerapan standar komunitas dengan artificial intelligence (AI) dan human reviewer.

"Dengan AI, TikTok hanya boleh digunakan untuk usia 14 tahun ke atas. Sementara human reviewer adalah orang-orang yang bertugas menyaring secara berlapis, konten negatif dan positif. Human reviewer adalah orang Indonesia yang memahami konteks negara dalam kondisi apa dan seperti apa," jelas Donny.

Kepala Kebijakan Publik TikTok untuk Indonesia, Malaysia, dan Filipina, Donny Eryastha dalam acara Diskusi Panel di Hotel Pullman, Jakarta, Selasa (18/12).

2. Tools Lebih Aman

Banyak sekali pengaturan yang bisa dilakukan di platform TikTok. Bahkan penggunanya pun bisa mengatur akun dengan membatasi permintaan pengikut (followers), siapa saja yang diizinkan untuk mengomentari video, sampai melaporkan langsung atas perbuatan yang dirasa tidak pantas yang muncul di akun pengguna.

"TikTok juga menjadi platform yang tidak bisa mengirimkan gambar melalui Direct Message (DM). Kami juga bisa membatasi waktu penggunaan aplikasi hingga dua jam. Perbedaan lainnya, TikTok tidak live streaming. Untuk live streaming hanya bisa dilakukan untuk pengguna akun tertentu."

3. Edukasi Kebijakan dan Aturan

Tiktok berusaha menciptakan lingkungan yang positif untuk penggunanya, dengan cara memberikan edukasi termasuk pada orangtua dan guru sekalipun.

"Edukasi ini bisa dilihat langsung melalui website tiktok.com/id.safety Semua informasi lengkap ada di situs tersebut dan bahasa sudah disesuaikan dengan masing-masing negara," jelas Donny. Untuk diketahui, Safety Center baru saja diluncurkan hari Rabu (18/12). Dengan adanya Safety Center, Donny berharap agar tidak ada lagi penyalahgunaan platfom TikTok.   

Asisten Deputi Perlindungan Anak dalam Situasi Darurat dan Eksploitasi, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Valentina Ginting.

Selain itu, Asisten Deputi Perlindungan Anak dalam Situasi Darurat dan Eksploitasi, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Valentina Ginting menambahkan, peluncuran Safety Center ini sekaligus untuk memastikan keamanan digital pengguna di Indonesia, dan diharapkan bisa menjadi contoh platform digital lainnya.

"Generasi muda harus melengkapi diri dengan pemahaman tentang pedoman keselamatan dan kebijakan di platform seperti TikTok, sehingga mereka dapat menggunakan secara efektif, untuk memicu kreativitas dan imajinasi mereka," tutupnya.

 

 

(Adv)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini yang Bikin Boy William dan Kekasih Makin Mesra

Posted: 20 Dec 2018 08:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah kecemerlangan karier di dunia hiburan, Boy William tak melupakan tabungan masa depannya. Bintang film Dimsum Martabak ini terus mencoba untuk melebarkan dunia bisnisnya.

Setelah menjajal usaha kuliner dan laundry, Boy William kali ini melirik peluang bisnis di bidang fashion. Tak sendirian, Boy William turut menggandeng kekasihnya, Karen Vendela, dalam menjalani usaha pakaian pria dan wanita berlabel Third Day Co.

Menariknya, Boy William dan kekasih terjun langsung dalam setiap proses produksi. Mulai dari memilih bahan hingga menentukan desain pakaian, dilakukan Boy William agar mendapat hasil yang sesuai keinginannya.

"Awalnya secara tak sengaja menemukan label Third Day Co. di media sosial Instagram. Setelah beberapa saat melihat jenis pakaian yang Third Day Co. tawarkan, saya merasa cocok dengan gaya pakaian label tersebut dan akhirnya memutuskan untuk berkolaborasi," kata Boy William dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Jumat (21/12/2018).

Tertarik Buat Sendiri

Boy William dan kekasih, Karen Vendela. (Istimewa)

Boy William menuturkan alasan mengapa ia dan kekasih tertarik menjalani bisnis ini. Selain mengembangkan usahanya sebagai brand lokal bertema Japanese Streetwear, Boy juga tak lagi kesulitan memilih pakaian sehari-hari.

"Saya membuat koleksi ini, karena inilah jenis pakaian yang ingin saya kenakan. Daripada harus membeli pakaian di toko lain, kenapa enggak saya buat sendiri," tuturnya.

Makin Mesra

Boy William dan kekasih, Karen Vendela. (Istimewa)

Tak cuma soal keuntungan materi, bisnis ini juga membuat Boy William semakin mesra dengan kekasih. Pasalnya ia dan Karen terlibat langsung dalam sesi pemotretan promosi label tersebut.

"Berpikirnya ingin buat (pakaian) yang nyaman dan bisa dipakai sehari-hari. Saya juga ingin orang lain yang memakainya bisa merasa nyaman dan terlihat fashionable," ujar Boy William.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gelandang MU Siap Rebut Perhatian Ole Gunnar Solskjaer

Posted: 20 Dec 2018 08:15 PM PST

Liputan6.com, Manchester - Kedatangan Ole Gunnar Solskjaer sebagai pelatih carataker Manchester United (MU) disambut gembira gelandang asal Brasil, Fred. Dia ingin merebut perhatian Solskjaer.

Sejak kedatangannya di Old Trafford Stadium, Fred minim menit bermain bersama MU. Dia baru mencatatkan 720 menit dari 22 pertandingan di semua kompetisi.

Catatan itu jauh menurun saat dia main bersama Shakhtar Donetsk. Musim lalu, Fred mampu mencatatkan 1.451 menit dari 17 pertandingan.

Dengan dipecatnya Jose Mourinho dan masuknya Solskjaer sebagai manajer MU, Fred menaruh banyak harapan. Hal itu diungkapkan oleh sang agen, Gilberto Silva.

"Sebuah fakta, dia tidak mendapat banyak kesempatan bermain dan itu membuatnya gelisah. Namun saya katakan kepadanya kalau dia harus bekerja keras di MU setiap hari," kata Gilberto Silva, dikutip dari Four Four Two.

"Fred harus bersabar karena MU akan melewati momen sulit," ucap mantan gelandang Arsenal itu menambahkan.

Masih Adaptasi

Fred. (AFP/ Paul Ellis)

Lebih lanjut, Silva mengatakan, Fred masih beradaptasi. Gelandang berusia 25 tahun itu, dikatakan Silva, terpengaruh dengan konflik yang berada di skuat MU dalam beberapa hari terakhir.

"Banyak hal yang terjadi padanya dalam enam bulan. Gaya hidup baru, liga yang berbeda, dan klub bersejarah besar seperti MU yang berada di bawah tekanan besar," ujarnya.

"Mungkin tekanan ini berimbas kepadanya. Terlepas dari itu semua, dia melihat segalanya sebagai proses pembelajaran," kata Silva yang berasal dari Brasil itu.

 

Tak Hengkang

Namun dari semua masalah yang berada di skuat Setan Merah, Silva memastikan, kliennya tidak akan meninggalkan Old Trafford Stadium. Terlebih, Fred masih punya kontrak jangka panjang bersama MU.

"Tidak ada peluang untuk Fred meninggalkan MU. Dia memiliki kontrak selama lima tahun," ujar Silva mengakhiri.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Gelandang Liverpool, Xherdan Shaqiri, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Mnachester United pada laga Premier League di Stadion Anfield, Liverpool, Minggu (16/12). Liverpool menang 3-1 atas MU. (AFP/Paul Ellis)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Michelle Obama Tampil Menyilaukan Mata dengan Boots 4 Ribu Dolar AS

Posted: 20 Dec 2018 08:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sejak keluar dari Gedung Putih, mantan ibu negara Amerika Serikat, Michelle Obama, makin berani bereksperimen dengan gaya. Kolaborasi antara istri Barack Obama dan penata gaya Meredith Koop itu berhasil memukau banyak orang saat tampil dengan gaun kuning dan sepatu boots tinggi glitter dalam rangkaian tur bukunya, Becoming.

Michelle mempromosikan bukunya di Brooklyn Barclay's Center dengan mengenakan gaun kuning panjang pada Kamis malam, 20 Desember 2018. Ia tampil sepanggung dengan aktris Sarah Jessica Parker yang saat itu bertugas sebagai moderator.

Dilansir dari Vogue.com, Jumat (21/12/2018), gaun sutra kuning merupakan rancangan desainer Demna Gvasalia. Gaun yang merupakan koleksi Musim Semi 2019 itu disebut sebagai pilihan sempurna bagi Michelle.

Michelle Obama berbincang tentang bukunya

Potongannya sederhana dengan detail ikatan pada pinggul dan sedikit belahan yang menampilkan kaki ibu dua anak tersebut. Siluet pada kaki itu membuat Michelle bisa memamerkan thigh-high knife boots berwarna kuning dengan glitter menyilaukan mata dari Balenciaga.

Dengan sepatu seharga 4.000 dolar AS atau setara Rp 57,9 juta itu, bagaimana Michelle tidak menjadi pusat perhatian. Di sela-sela perbincangan dengan Parker, ia sempat menjelaskan tentang caranya memilih busana yang tepat saat menjadi Ibu Negara.

Michelle Obama dikenal menjadi ikon fashion selama delapan tahun suaminya memerintah AS. Pakaian apapun yang dikenakannya, akan langsung ludes terjual hanya dalam beberapa jam. "Aku tahu bahwa pakaianku membuat pernyataan. Aku tahu pasti soal itu," kata Michelle di hadapan para penggemarnya, seperti dikutip dari laman www.news.com.au.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PGN Atasi Kebocoran Pipa Gas di Semanggi

Posted: 20 Dec 2018 08:14 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) telah menangani kebocoran pipa gas di Jl Jenderal Sudirman Jakarta, di bawah Jembatan Simpang Susun Semanggi. 

Kebocoran pipa gas diduga akibat terkena alat berat kontraktor yang sedang menggarap proyek di sekitar lokasi. Sekretaris Perusahaan PGN, Rachmat Hutama mengatakan, pihaknya pertama kali menerima laporan mengenai kebocoran pipa gas ini pada pukul 03:57 WIB.

Kemudian pada pukul  05:05 WIB, Tim Penanggulangan Gangguan (TPG) PGN datang ke lapangan untuk memastikan kondisi kebocoran dan kerusakan pada pipa PE 180 mm tersebut.

"Tim PGN telah diterjunkan untuk mengatasi kebocoran pipa gas,"‎ kata Rachmat, di Jakarta, Jumat (21/12/2018).

Saat ini, Tim PGN sudah melaksanakan koordinasi dengan pihak Kepolisian untuk pengaturan lalu lintas disekitar lokasi kejadian dan melakukan isolasi jaringan dengan menutup line valve terdekat dari lokasi kebocoran. Selanjutnya dilakukan pekerjaan penggalian untuk melakukan cut and replace pada pipa PE 180mm yang rusak tersebut.

"Menurut rencana, pekerjaan perbaikan ini akan membutuhkan waktu sedikitnya 3 jam, di luar waktu pembukaan galian dan diperkirakan pada jam 10.00 WIB gas sudah mengalir lagi ke pelanggan terdampak," ujar dia.

Rachmat menambahkan, dari kejadian ini terdapat beberapa pelanggan komersial, khususnya yang berada di wilayah Senayan yang terdampak, di antaranya Hotel Sultan, Hotel Mulia, Plaza Senayan, Hotel Atlet Century Park, Plaza Lifestyle, Restoran Outback Ratu Plaza, Continent Ratu Plaza dan Hotel Fairmont. 

"Selama pekerjaan perbaikan dilakukan, para pelanggan sudah diinfokan terkait kondisi yang ada dan diminta untuk menyiapkan backup alternatif bahan bakar," ujar dia.

 

PGN Pastikan Pasokan SPBG Aman

Petugas PT Perusahaan Gas Negara (PGN) memeriksa jaringan gas bumi di kawasan Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Jumat (14/12). Selama 2018, sebanyak 5.120 jargas baru tersebar di Kabupaten Bogor. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Sebelumnya, PT Perusahaan Gas Negara Tbk atau PGN memastikan, seluruh Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) dapat beroperasi normal. Sementara pasokan Bahan Bakar Gas (BBG) pun dapat berjalan aman dan lancar.

"Seluruh SPBG yang dikelola PGN, semuanya beroperasi normal. Suplai BBG juga aman dan tercukupi," kata Sekretaris Perusahaan PGN, Rachmat Hutama, dalam keterangan tertulis, Jumat 30 November 2018.

Adapun saat ini, PGN mengelola dan mengoperasikan sebanyak 6 SPBG yang tersebar di Jakarta dan sekitarnya. PGN kini telah membangun dan mengoperasikan sebanyak 16 unit SPBG yang tersebar di berbagai daerah.

Sebanyak 6 unit diantaranya berada di daerah Jakarta, yaitu SPBG Ancol, SPBG Kantor Pusat PGN di Ketapang, SPBG Klender, SPBG Pondok Ungu, Mobile Refueling Unit (MRU) Monas, dan MRU Grogol.

Sedangkan 10 unit SPBG sisa tersebar di berbagai daerah, mulai dari Serang, Bogor, Sukabumi, Cilegon, Purwakarta, Ngagel, Lampung, Batam, dan Gresik. Terkait kabar terjadi antrian panjang para sopir bajaj ketika mengisi BBG di SPBG Jakarta, Rachmat menegaskan, PGN bukan satu-satunya badan usaha yang punya wewenang dalam menyalurkan gas bumi.

"Badan usaha yang berjualan BBG tidak hanya PGN saja. Dapat kami pastikan, seluruh operasional SPBG yang dikelola PGN semuanya berjalan lancar dan pasokan BBG aman," ujar dia.

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mini Cooper JCW 2019, Tetap Bertenaga dan Semakin Ramah Lingkungan

Posted: 20 Dec 2018 08:08 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Mini John Cooper Works (JCW) terbaru menyapa para pecinta hothatch dengan memperkenalkan model 2019. Fokus pengembangan model ini terdapat di sektor gas buang, tentu tanpa mengurangi kesenangan berkendara. 

Jadi efisiensi bahan bakar dan emisi gas buang ditingkatkan. Itu semua dilakukan tanpa mengurangi tenaga mesin yang sudah galak. Caranya, dengan menambahkan filter ke dalam sistem exhaust sport. Untuk Mini JCW bertransmisi manual 6-speed menghasilkan emisi CO2 158-157 g/km dan 142-140 g/km untuk matik Steptronic 8-speed. Sedangkan Mini JCW Convertible menghasilkan 162-161 g/km (manual) dan 148-145 g/km (Steptronic).

Konsumsi bahan bakar tergolong irit jika menilik performanya yang kencang. Rentang 17,4 km/liter sampai 19,6 km/liter adalah klaim untuk kedua jenis transmisi. Partikel filter di exhaust turut menyumbang efisiensi bahan bakar semakin irit, tanpa mengurangi nada sport yang keluar dari ujung knalpot. Teknologi filter terbaru itu, diterapkan di seluruh lineup Mini bermesin bensin.

Mesin tidak dioprek sama sekali. Tetap mengandalkan jantung pacu BMW B48 4-silinder 2,0 liter TwinPower Turbo, yang menghasilkan tenaga 231 PS (227 Tk) dan torsi 320 Nm. Akselerasi 0-100 km/jam secepat 6,3 detik dan butuh 5,6 detik dari 80 ke 120 km/jam. Mini JCW Convertible sedikit lebih lambat dengan waktu 6,6 detik dan 6,1 detik.

Versi JCW punya orientasi ke arah balap ketimbang Mini Cooper S biasa. Paket JCW terdapat di banyak bagian mekanis untuk menghadirkan DNA balap yang memang ada di darah John Cooper. Suspensi sport lebih kaku untuk menciptakan kelincahan ibarat mobil go-kart. Lalu ditopang pula pelek alloy John Cooper Works 17 inci berbobot ringan dan sistem pengereman sport.

 

 

Selanjutnya

Bagian eksterior tak mengalami ubahan juga. Tapi harus diakui, gaya khas JCW ditampilkan jauh lebih keren dari Cooper S standar. Desainnya mengacu facelift terakhir awal tahun ini. Mudah dikenali dari pola bendera Union Jack di lampu belakang. Lalu banyak ciri JCW tersemat. Mulai dari emblem dan memadukan warna dasar dengan stripping merah di bumper depan, kap mesin dan kelir sama di spion serta atap.

Logo JCW juga bertebaran di interior. Termasuk jok balap rancangan khusus untuk sensasi sport makin kental. Opsi personalisasi banyak tersedia, tidak hanya interior melainkan juga eksterior. Seperti Mini Yours Interior Style Piano Black untuk kabin dan Piano Black Exterior untuk beberapa detail tampilan luar. 

Sumber: Oto.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PDIP Nilai Gabungnya TGB ke Golkar Kuatkan Koalisi Pendukung Jokowi

Posted: 20 Dec 2018 08:07 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyambut baik resminya Tuan Guru Bajang Zainul Majdi (TGB), menjadi kader Partai Golkar. Dia berharap dengan gabungnya TGB, soliditas antarpartai koalisi bisa lebih erat dan kuat dalam memenangkan pasangan capres dan cawapres Jokowi-Ma'ruf.

"Artinya kerja sama antara kami (partai Koalisi Indonesia Kerja) yang mendukung Jokowi semakin kuat, semakin bagus," kata Hasto di Serang, Banteng, Jumat (21/12/2018)

Hasto pun meluruskan, tidak ada perpecahan dalam tubuh Koalisi Indonesia Kerja, karena masuknya TGB ke Golkar. Karena sebelumnya, TGB diisukan akan masuk ke Nasdem.

"Namanya saja isu yang penting kan keputusannya politik itu, jangan lihat isunya, itu politik," jelas Hasto.

Sebelumnya, TGB sendiri memaknai keberadaannya bersama partai berlambang beringin ini sebagai sebuah dakwah yang harus terus dilakukan sebagai umat Muslim. Mantan Gubernur NTB itu mengatakan sebagai seorang anak bangsa di mana pun berada, dirinya selalu berniat memberikan kontribusi untuk Indonesia.

"Alhamdulillah saya bersyukur dan berterima kasih atas diterimanya saya. Dan bagi saya di manapun berada, sebagai seorang muslim, saya maknakan sebagai dakwah," ujar TGB, Kamis, 21 Desember 2018.

Posisi TGB di Golkar

Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Mazdi. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto memperkenalkan Tuan Guru Bajang Zainul Majdi sebagai kader barunya. Selain itu, dia juga mendapatkan tempat di DPP.

"Pada kesempatan ini Pak Wapres (JK) dan seluruh undangan yang kami hormati, para keluarga Partai Golkar bergembira, karena hari ini hadir Tuan Guru Bajang. Kemarin dalam rapat pleno DPP secara aklamasi menyetujui Bapak Tuan Guru Bajang menjadi salah satu pengurus DPP," ucap Airlangga di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Kamis (20/12/2018).

Hadir dalam Silaturahmi Akhir Tahun 2018 Partai Golkar tersebut sejumlah tokoh senior Golkarseperti Jusuf Kalla, Agung Laksono, Akbar Tandjung serta Agus Gumiwang, turut hadir.

Airlangga memastikan jabatan untuk TGB adalah Ketua Koordinator Bidang Keumatan serta Wakil Ketua Badan Pemenangan Pemilu Legislatif dan Presiden.

"Kemarin sudah disepakati menjadi Ketua Koordinator Bidang Keumatan, sekaligus Wakil Ketua Badan Pemenangan Pemilu Legislatif dan Presiden," ungkap Airlangga.

Dia pun berharap, dengan bergabungnya TGB, jelas menambah semangat Partainya.

"Tentunya dengan bergabungnya Tuan Guru Bajang menambah semangat kader-kader Partai Golkar di seluruh Indonesia," pungkasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Vladimir Putin: Jangan Meremehkan Ancaman Perang Nuklir

Posted: 20 Dec 2018 08:01 PM PST

Liputan6.com, Moskow - Presiden Rusia Vladimir Putin memperingatkan untuk tidak mengabaikan ancaman perang nuklir, menyusul penarikan Amerika Serikat (AS) dari perjanjian senjata nuklir internasional, belum lama ini.

Berbicara pada konferensi pers tahunannya, Putin diminta oleh seorang jurnalis untuk mengomentari tentang ancaman perang nuklir atau perang dunia ketiga.

"Bahaya dari ancaman tersebut tengah diabaikan," kata Putin kepada lebih dari seribu wartawan dalam sesi tanya jawab akhir tahun, sebagaimana dikutip dari CNBC pada Jumat (21/12/2018).

"Sekarang perang nuklir tampaknya mustahil, sesuatu yang tidak begitu penting. Tetapi, pada saat yang sama jika ancaman ini terjadi, maka akan mengarah pada runtuhnya seluruh peradaban dan mungkin planet kita. Jadi, ini adalah isu penting," lanjutnya melalui seorang penerjemah.

"Sayangnya, kita memiliki kecenderungan untuk meremehkan situasi saat ini. Ada bahaya, ada risiko dalam kehidupan kita sehari-hari. Apa risiko itu? Pertama dan terutama, runtuhnya sistem kontrol senjata internasional, yang membuat gencar perlombaan senjata," ujarnya menegaskan.

Berbicara pada konferensi pers tahunannya, Vladimir Putin mengatakan sulit untuk memprediksi apa konsekuensi penarikan AS dari Perjanjian Kekuatan Nuklir Jarak Menengah (INF), yang disepakati pada 1987 silam.

Perjanjian tersebut melarang Rusia dan AS untuk memiliki, memproduksi atau menguji terbang rudal jelajah darat yang memiliki kisaran tempuh sejauh 500 hingga 5.500 kilometer.

Selain itu, Putin juga menyatakan bahwa eskalasi ketegangan dapat menyebabkan munculnya perang yang seharusnya tidak terjadi.

"Sekarang mereka membuat satu langkah lagi dengan menarik diri dari perjanjian INF. Sulit membayangkan apa yang akan terjadi selanjutnya," katanya.

Komentar Vladimir Putin muncul setelah Donald Trump mengatakan pada Oktober lalu, bahwa pemerintahannya akan menarik diri dari kesepakatan INF, dengan alasan bahwa Rusia telah lebih dulu melakukan pelanggaran terhadapnya.

Trump mengatakan bahwa Rusia telah melanggar perjanjian senjata dengan membangun dan menempatkan senjata terlarang "selama bertahun-tahun". Moskow membantah keras tuduhan tersebut.

 

Simak video pilihan berikut:

Ketegangan AS-Rusia soal Senjata Nuklir

Presiden AS Donald Trump bersalaman dengan Presiden Rusia Vladimir Putin (AP/Martinez Monsivais)

Sementara itu, Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Ryabkov mengkhawatirkan niat Amerika Serikat untuk mundur dari kesepakatan pengendalian senjata nuklir peninggalan era-Perang Dingin, dengan menyebut bahwa hal itu akan memicu perlombaan senjata antara kedua negara serta melemahkan stabilitas di Eropa hingga ke titik kritis.

Niat AS untuk mundur dari INF pada 20 Oktober lalu memaksa Rusia mengantisipasi langkah Washington DC untuk kembali menempatkan rudal nuklir di Eropa, kata Ryabkov pada 26 November 2018, seperti dikutip dari media AS Radio Free Europe.

Hal itu, kata Ryabkov, justru akan memicu hubungan AS-Rusia dan situasi di Eropa seperti era-Perang Dingin sebelum adanya Traktat INF.

Diplomat itu juga mengatakan bahwa jika AS menempatkan rudal yang saat ini dilarang di Eropa, Rusia akan menanggapi secara "efektif". Namun, Ryabkov tidak merinci rencana itu.

Senada dengan pernyataan tersebut, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa Rusia akan menargetkan negara-negara Eropa yang setuju untuk menjadi tuan rumah rudal jarak menengah milik AS pada kemudian hari.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Trik Berikan Obat pada Bayi Tanpa Pipet

Posted: 20 Dec 2018 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Saat anak demam, beberapa orangtua kesulitan untuk memberikannya obat. Biasanya, dokter pun akan memberikan serta pipet tetes untuk menyesuaikan dosisnya.

Namun seorang ibu di Inggris memiliki cara yang praktis untuk memberikan obat pada bayi. Dialah Helena Lee, seorang perawat yang memberikan obat acetaminophen seperti Tylenol pada anaknya.

Apa yang dia lakukan? Seperti dilansir laman Prevention, Helena menggunakan jarum suntik (tanpa jarum) lalu menyelipkannya pada dot bayi. Hal ini, menurutnya, memudahkan dirinya memberikan obat pada bayi ketimbang harus menggunakan pipet tetes.

Tapi, bagaimana pun, American Academy of Pediatrics menyarankan untuk berkonsultasi dengan dokter anak sebelum Anda memberikan obat apa pun kepada anak. Seorang ahli dapat membantu Anda menghitung dosis yang tepat (berdasarkan berat badan balita, bukan usia).

Untuk diketahui, Acetaminophen memiliki kandungan paracetamol yang bisa diberikan pada bayi demam. Obat ini biasanya tidak memiliki efek samping. Tapi bila terjadi efek yang tidak wajar, segera hubungi dokter. 

 

Saksikan juga video berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengamanan di Garut Saat Natal dan Tahun Baru

Posted: 20 Dec 2018 08:00 PM PST

Liputan6.com, Garut 10 hari menjelang Natal dan Tahun Baru, Polres Garut, Jawa Barat langsung menyiapkan sejumlah pengamanan dan rekayasa lalu lintas, untuk mengamankan dua hajatan besar itu.

"Total ada sekitar 1.050 personil gabungan yang kami terjunkan," ujar Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna, selepas apel gabungan Operasi Lilin Lodaya 2018 di Lapangan Alun-alun Garut, Kamis (20/12/2018).

Sesuai dengan himbauan pemerintah, serta intruksi langsung Kapolri, lembaganya langsung menyiapkan sejumlah rencana pengamanan satu hari lebih awal dari rencana, untuk mengamankan dua momen besar nasional itu.

"Terutama saat Natal kita hindari adanya pengrusakan tempat ibadah dan gangguan keamanan lainnya," ujar dia.

Selain fasilitas tempat ibadah, lembaganya akan menyebar seluruh anggota ke beberapa titik sentra kawasan wisata di Garut, mulai kawasan wisata alam, darat hingga laut yang berada di sepanjang pantai kawasan Garut Selatan.

"Tak lupa kita juga mesti waspada dengan datangnya ancaman bencana alam," kata Budi mengingatkan.

Rencananya, untuk satu tempat ibadah, lembaganya akan menempatkan hingga 30 orang pasukan yang digilir secara bergantian. Sementara sisanya akan disebar di beberapa lokasi wisata termasuk mengamankan sejumlah fasilitas publik, seperti pusat perbelanjaan, dan perkantoran pemerintah.

Dandim 0611 Garut Letkol Asyraf Aziz menambahkan, untuk kegiatan operasi Lilin saat ini, ada sekitar 300 anggota yang diterjunkan untuk membantu kelancaran natal dan tahun baru itu. "Kalau kurang kita tambah lagi," ujarnya menambahkan.

Untuk memberikan rasa aman bagi masyarakat, lembaganya akan terus melakukan koordinasi lintas sektoral, terutama dengan polres dan Pemda Garut, agar pelaksanaan dua momen nasional itu berlangsung aman.

"Kita pun sudah meminta koramil terutama yang berada di jalur wisata agar siaga penuh," pinta dia.

Sementara itu, Kapolsek Garut Kota, Kompol Uus Susilo menambahkan, tujuh gereja yang menjadi fokus pengamanan di wilayah Garut Kota yakni Gereja Kristen Pasundan dan Gereja Injil Indonesia (GII Hok Im Tong) di Jalan Bratayuda, Gereja Pantekosta dan Gereja Bethel Injil Sepenuh di Jalan Cimanuk, Gereja Masehi Advent hari Ketujuh di Jalan Pramuka, Gereja Sidang Jemaat Allah di Jalan Ranggalawe, serta Gereja Kristen Perjanjian Baru di Jalan Siliwangi.

Selama Natal berlangsung, lembaganya akan memfokuskan penjagaan tempat ibadah nasrani tersebut. Sebab selain memiliki jemaah yang cukup banyak, juga diharapkan memeberikan rasa aman bagi mereka.

"Pokoknya setiap kegiatan pasti kita melakukan pengamanan terhadap tamu dan sebelum pelaksanaan akan dilakukan sterilisasi disekitar tribun," papar dia.

Selain itu, untuk mewujudkan ketentraman di masyarakat, lembaganya meminta agar perayaan natal bisa dilaksanakan dengan khidmad tanpa menimbulkan kegaduhan. "Jangan berlebihan lah, baik Natal maupun pergantian Tahun Baru," ujar dia.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Obrolan Super Kocak Mahasiswa dan Dosen

Posted: 20 Dec 2018 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Antara mahasiswa dan dosen memang sering berkomunikasi di luar jam belajar mengajar. Biasanya, para mahasiswa akan meminta nomor telepon dosennya untuk berbagai kepentingan kampus, diantaranya untuk meminta izin ketidakhadiran di kelas, soal tugas kuliah maupun bimbingan skripsi.

Namun ternyata, tidak hanya obrolan yang berisi chat formal. Dosen dan mahasiswa juga bisa mengobrol dengan nyeleneh lo.

Artikel tentang chat kocak mahasiswa dan dosen menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com. Disusul dengan artikel kedua terpopuler, yakni pria yang punya wajah super cantik. Sedangkan artikel ketiga terpopuler tentang meme kocak saat rapor anak jelek.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 7 Chat Kocak Mahasiswa dan Dosen, Bikin Nostalgia Masa Kuliah

chat kocak mahasiswa dan dosen (foto: brilio)

Tak hanya masa SMA, nyatanya masa-masa kuliah juga menyimpan banyak kenangan indah yang tak bisa dilupakan. Namun tak selalu indah, ketika berada di masa kuliah tak sedikit dari kita yang mengalami suka duka. Terlebih lagi jika harus berurusan dengan dosen.

Berbeda dengan guru, kalian harus lebih berhati-hati dalam bersikap dengan dosen. Biasanya tak sedikit dosen yang memiliki sifat tegas. Hal itu kerap menjadi tantangan bagi mahasiswa ketika ingin berkomunikasi dengan para dosen tersebut terutama ketika hendak mengirimkan pesan singkat.

Selengkapnya...

2. Bikin Cewek-Cewek Minder, Pria Ini Punya Wajah Super Cantik

pria cantik dari malaysia (foto: @amlegend77)

Seorang pria asal Malaysia bernama Abdussalam Firdaus Abdul Aziz baru-baru ini menjadi perbincangan warganet lantaran wajahnya yang sangat cantik. Hal ini membuat banyak orang terkecoh dan mengira bahwa dirinya adalah wanita.

Tak jarang mahasiswa harus menanyakan beberapa hal terkait perkuliahan melalui pesan singkat kepada sang dosen. Namun nyatanya, tak selalu menakutkan kok, banyak juga dosen-dosen yang kerap memberikan respons kepada mahasiswa dengan cara nyeleneh.

Selengkapnya...

3. Deretan Meme Kocak Saat Hasil Rapor Anak Jelek, Siap-Siap Ketawa Geli

Deretan Meme Kocak Saat Hasil Rapor Anak Jelek, Siap-Siap Ketawa Geli

Rapor menjadi media yang digunakan para guru untuk memberikan laporan siswa kepada orangtua maupun wali murid. Rapor menjadi salah satu tolak ukur peningkatan pendidikan anak di sekolah. Pada rapor akan terlihat bagaimana hasil pembelajaran siswa selama di sekolah dalam kurun waktu tertentu.

Nah, reaksi orangtua tentu beragam ketika menerima rapor anaknya. Nah, tak jarang ada yang sedikit marah atau kecewa ketika rapor sang anak menunjukkan hasil yang tidak memuaskan.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Italia: AC Milan vs Fiorentina

Posted: 20 Dec 2018 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pekan ke-17 Liga Italia, Sabtu (22/12/2018), menyuguhkan banyak pertarungan seru. Salah satunya, AC Milan kontra Fiorentina di San Siro Stadium.

Di jadwal Liga Italia akhir pekan ini, AC Milan berjanji bangkit. Sebab, pasukan Gennaro Gattuso sulit menang dalam tiga pertandingan terakhir di semua kompetisi. AC milan hanya meraih dua hasil imbang dan menelan saru kekalahan.

Sedangkan Fiorentina datang ke San Siro Stadium datang dengan modal berharga. Fiorentina mencatatkan kemenangan 3-1 atas Empoli pada 16 Desember lalu.

Pertemuan antara AC Milan kontra Fiorentina sudah berlangsung sebanyak 45 kali. Rinciannya, AC Milan mencatatkan 19 kemennagan dan 12 hasil imbang, sedangkan Fiorentina sudah meraih 14 kemenangan.

Dalam pertemuan terakhir di San Siro Stadium, 20 Mei 2018, AC Milan mencatatkan kemenangan telak 5-1 atas Fiorentina. Ligat jadwal Liga Italia selengkapnya di halaman berikut.

Jadwal Liga Italia

Sabtu, 22 Desember 2018

18.30 WIB Lazio vs Cagliari

21.00 WIB Empoli vs Sampdoria

21.00 WIB Genoa vs Atalanta

21.00 WIB AC Milan vs Fiorentina

21.00 WIB Napoli vs SPAL

21.00 WIB Sassuolo vs Torino

21.00 WIB Udinese vs Frosinone

 

Jadwal Liga Italia

Minggu, 23 Desember 2018

00.00 WIB Chievo vs Inter Milan

00.00 WIB Parma vs Bologna

02.30 WIB Juventus vs AS Roma

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Danau Limboto Dangkal, Ribuan Ekor Ikan Mati

Posted: 20 Dec 2018 08:00 PM PST

Seorang nelayan beraktivitas di dekat perahu yang bersandar di Danau Limboto, Gorontalo (20/12). Meskipun saat ini musim penghujan, Debit air Danau Limboto makin hari makin berkurang. (Liputan6.com/Arfandi Ibrahim)

Seorang nelayan beraktivitas di dekat perahu yang bersandar di Danau Limboto, Gorontalo (20/12). Meskipun saat ini musim penghujan, Debit air Danau Limboto makin hari makin berkurang. (Liputan6.com/Arfandi Ibrahim)

Sejumlah perahu bersandar di Danau Limboto, Gorontalo (20/12). Danau Limboto Gorontalo kian mengering akibat revitalisasi berhenti dan mengalami pendangkalan yang begitu luar biasa. (Liputan6.com/Arfandi Ibrahim)

Sejumlah perahu bersandar di Danau Limboto, Gorontalo (20/12). Danau Limboto Gorontalo kian mengering akibat revitalisasi berhenti dan mengalami pendangkalan yang begitu luar biasa. (Liputan6.com/Arfandi Ibrahim)

Seekor ikan mati di pinggir danau Limboto yang mengalami pendangkalan yang begitu luar biasa di Gorontalo, Kamis (20/12). Ribuan ekor ikan mati dan hal ini pun sangat berdampak pada pendapatan Nelayan Danau Limboto. (Liputan6.com/Arfandi Ibrahim)

Seekor ikan mati di pinggir danau Limboto yang mengalami pendangkalan yang begitu luar biasa di Gorontalo, Kamis (20/12). Ribuan ekor ikan mati dan hal ini pun sangat berdampak pada pendapatan Nelayan Danau Limboto. (Liputan6.com/Arfandi Ibrahim)

Sejumlah ikan mati di pinggir danau Limboto yang mengalami pendangkalan yang begitu luar biasa di Gorontalo, Kamis (20/12). Ribuan ekor ikan mati dan hal ini pun sangat berdampak pada pendapatan Nelayan Danau Limboto. (Liputan6.com/Arfandi Ibrahim)

Sejumlah ikan mati di pinggir danau Limboto yang mengalami pendangkalan yang begitu luar biasa di Gorontalo, Kamis (20/12). Ribuan ekor ikan mati dan hal ini pun sangat berdampak pada pendapatan Nelayan Danau Limboto. (Liputan6.com/Arfandi Ibrahim)

Seekor ikan mati di pinggir danau Limboto yang mengalami pendangkalan yang begitu luar biasa di Gorontalo, Kamis (20/12). Ribuan ekor ikan mati dan hal ini pun sangat berdampak pada pendapatan Nelayan Danau Limboto. (Liputan6.com/Arfandi Ibrahim)

Seekor ikan mati di pinggir danau Limboto yang mengalami pendangkalan yang begitu luar biasa di Gorontalo, Kamis (20/12). Ribuan ekor ikan mati dan hal ini pun sangat berdampak pada pendapatan Nelayan Danau Limboto. (Liputan6.com/Arfandi Ibrahim)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tol Trans-Jawa Tersambung, Presiden Kebut Akses Pariwisata

Posted: 20 Dec 2018 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Komitmen terus diberikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memajukan daerah. Pertumbuhannya dibidik melalui #JokowiKebutAksesPariwisata. Konsepnya menghubungkan destinasi dengan aksesibilitas Tol Trans-Jawa di Pantai Utara dan Selatan.

#JokowiKebutAksesPariwisata akan memberi kenyamanan mobilitas wisatawan di 224 destinasi. Spot-spot eksotis ini dihubungkan dengan jalan tol. Secara garis besar, poros tol Pulau Jawa ini terbagi dalam Pantai Utara (Pantura) dan Pantai Selatan (Pansela). Untuk Pantura, tol menghubungkan poros Jakarta ke Surabaya. Peresmian 4 ruas Tol Trans-Jawa juga sudah dilakukan Jokowi di Jawa Timur, Kamis (20/12).

Peresmian tol dilakukan Jokowi di Intercange Bandar Km 671, Jombang, Jawa Timur. Ditemani Ibu Negara Iriana Jokowi, Presiden mencoba poros baru bersama para milenial dan pekerja tol.

Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementerian Pariwisata Dadang Rizki Ratman mengatakan, Tol Trans-Jawa membuka peluang pertumbuhan destinasi di sekitarnya.

"Komitmen Presiden Jokowi luar biasa. Infrastruktur yang dikembangkan ini akan memberikan impact bagus bagi pariwisata dan sektor lain. Sebab, Tol Trans-Jawa ini melewati ratusan destinasi dari banyak provinsi yang dilewatinya," ungkap Dadang.

Terbagi dalam 2 poros, Tol Trans-Jawa di sisi Pantura punya 89 destinasi wisata. Destinasi poros Jakarta-Surabaya (Warugunung) ini tersebar di 13 ruas tol. Di Tol Brebes Timur-Tegal, terdapat 15 destinasi. Ada Pantai Alam Indah, Obyek Wisata Guci, juga Curug Putri. Sedangkan di ruas Tol Cikampek-Palimanan memiliki 11 destinasi, seperti Taman Sari Sunyaragi.

Sebanyak 8 destinasi tersebar pada ruas Tol Brebes-Tegal-Pemalang, Solo-Ngawi, dan Mojokerto-Surabaya. Untuk ruas Brebes-Tegal-Pemalang, ilustrasi eksotisnya destinasi bisa dinikmati di Telaga Rengganis, Air Terjun Dhuwur, dan Pantai Widuri. Pada poros Solo-Ngawi, gambaran destinasi dimiliki Museum Trinil juga Benteng Fort Van Den Bosch.

"Ada banyak destinasi yang bisa dinikmati wisatawan pada seluruh ruas Tol Trans-Jawa. Mereka bisa menikmati wisata alam, budaya, sejarah, dan religi. Pada ruas Cikampek-Palimanan, di situ ada Batik Trusmi. Bila melewati poros Bawen-Salatiga, wisatawan bisa berkunjung ke Candi Gedong Songo. Pada ruas kertosono-Mojokerto ada Candi Bajang Batu dan Berahu. Ada juga Situs Trowulan," terangnya.

Bagaimana dengan sisi Pansela? Tol Trans-Jawa ini akan melewati 5 provinsi dan 23 kabupaten/kota. Tol Pansela ini menghubungkan Serang-Banyuwangi dengan panjang total 1.405 Kilometer. Dengan profil tersebut, Tol Trans-Jawa zona Pansela memiliki 135 destinasi. Dadang menambahkan, destinasi nuansa pantai akan tersaji merata di tol sisi Pansela.

"Tol pada ruas ini sepenuhnya menyisir pantai di wilayah selatan Pulau Jawa. Dominasi destinasinya adalah suasana pantai. Menariknya lagi, setiap pantai memiliki kekhasan masing-masing. Kehadiran tol di sini ini tentu akan semakin memudahkan mobilitas wisatawan," lanjut Dadang lagi.

Sedangkan Serang menjadi wilayah dengan potensi 11 destinasi. Ada Pantai Anyer, Carita, Sambolo, juga Wisata Alam Gunung Cibaia. Wilayah Pandeglang dan Lebak pun menampilkan 9 destinasi. Pandeglang mengedepankan profil seperti Tanjung Lesung, Ujung Kulon, dan Pantai Putih Cihara. Untuk Lebak ada Pantai Sinini, Tanjung Layar, juga Gua Gede.

Profil sedikit beragam ditawarkan kawasan DI Yogyakarta. Pada kawasan ini tol melewati 3 kabupaten seperti Kulonprogo, Bantul, dan Gunung Kidul. Kulonprogo memiliki profil destinasi Air Terjun kembang Soka dan Taman Sungai Mudal. Selain Pantai Parangtritis, Bantul menawarkan pesona Kali Adem, Kalibiru, dan Mangunan. Lalu, ada Goa Jomblang dan Kalisuci di Gunung Kidul.

"Wisatawan akan mendapatkan suasana pantai di sepanjang Pansela Jawa Timur. Karakternya tentu berbeda. Setiap daerah memiliki keunikan pantainya masing-masing. Dan, secara keseluruhan kawasan pantai di wilayah selatan ini sangat indah," tegas Dadang lagi.

Sebelum berhenti di Banyuwangi, Jawa Timur menyajikan sekitar 38 pantai. Wilayah Malang ini tercatat sebagai zona dengan destinasi pantai terbanyak. Komposisinya terdiri dari Pantai Teluk Asmoro, Banyu Meneng, Bantol, Tiga Warna, Clungup, dan Gatra. Sebagai ujung tol Pansela, Banyuwangi menawarkan eksotisnya Pantai Pulo Merah, Plengkung, Watudodol, Sukamande, dan Teluk Hijau.

"Pariwisata semakin maju bila ditopang atraksi, aksesibilitas, dan amenitas bagus. Komitmen kuat juga terus ditunjukan Presiden Jokowi. Pengembangan akses tol akan semakin menghidupkan destinasi di sekitarnya. Apalagi, di kawasan ini didukung dengan amenitas terbaik. Kombinasi ini akan menguatkan profil perekonomian di daerah. Ada value besar yang akan diserah oleh mereka," tutup Menteri Pariwisata Arief Yahya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: