Minggu, 02 Desember 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Tersambung Akhir 2018, Jokowi Janji Coba Langsung Jakarta-Surabaya Lewat Tol

Posted: 02 Dec 2018 10:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) ‎menargetkan Jakarta hingga Surabaya akan tersambung tol pada akhir 2018. Bila sudah selesai, Jokowi mengaku akan mencoba langsung tol Trans Jawa tersebut dengan mobil.

Dia mengungkapkan, pemerintah memang gencar membangun infrastruktur. Salah satunya yaitu Tol Trans Jawa yang akan menyambungkan ujung barat dengan ujung timur Jawa.

"Saya berikan target sampai Surabaya dari Jakarta harus tersambung akhir tahun ini, saya mau coba naik mobil berapa jam. Di akhir 2019, antara Merak-Banyuwangi, ujung barat sampe ujung timur harus sudah tersambung," ujar dia dalam CEO Networking 2018 di Jakarta, Senin (3/11/2018).

Selain di Jawa, lanjut Jokowi, pemerintah juga tengah membangun tol Trans Sumatera. Proses pembangunan tol tersebut kini terus dilakukan.

"Kemudian tol Trans Sumatera, akhir tahun ini lampung palembang belum selesai. Tapi Bakauheni sampei Terbanggi Besar sepanjang 150 km sudah tersambung. Akan tersambung Juni 2019, Lampung-Palembang," jelas dia.

Dia menyatakan, pembangunan infrastruktur yang gencar dilakukan pemerintah dalam 4 tahun terakhir agar Indonesia mampu bersaing dengan negara-negara di dunia.

"Selama 4 tahun terakhir ini, kita melihat, kita telah banyak membangun baik airport, pelabuhan, jalan tol, pembangkit listrik. Banyak sekali. Kalau hal-hal seperti itu bisa kita kerjakan, mungkin ada satu dua titik menjadi sakit karena pembangunan-pembangunan seperti ini. Tapi ini adalah fondasi dan pilar untuk bersaing dengan negara-negara maju," tandas dia.

Tol Bocimi Jadi Awal Pembangunan Jalan Trans Jawa Selatan

Beberapa warga berfoto berlatar gerbang tol Cigombong I di Cigombong, Kab Bogor, Jawa Barat, usai diresmikan, Sabtu (1/12). Ruas panjang tol Ciawi-Sukabumi Seksi I Ciawi-Cigombong sejauh 15,3 kilometer. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Meningkatnya konektivitas dengan kehadiran jalan tol diharapkan dapat menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi Jawa Barat bagian selatan yang selama ini tertinggal dibandingkan kawasan utara.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan Tol Ciawi-Sukabumi merupakan inisiasi awal pembangunan Jalan Trans Jawa bagian selatan.

"Tol Ciawi-Sukabumi akan diteruskan hingga ke Cianjur terus ke Padalarang. Kemudian dari Bandung, Tasikmalaya hingga Cilacap dan akan dilanjutkan hingga Yogyakarta," ujar dia dalam sebuah keterangan tertulis, Senin (3/12/2018).

Dia menganggap, pengembangan Jawa Barat bagian selatan ke depan sangat diperlukan lantaran populasi penduduknya yang besar dan memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan seperti pertanian dan sektor pariwisata.

Selain itu, Jawa Barat bagian selatan ini juga memiliki pesona alam pegunungan dan banyak pantai indah yang belum dikembangkan.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Sugiyartanto menyatakan, pembangunan tol di Jawa Barat bagian selatan diharapkan menjadi penyeimbang lalu lintas di bagian utara. Pembangunan tol akan dilakukan secara selektif dan bertahap berdasarkan kebutuhan.

"Tidak semuanya harus tol saat ini, sebagian yang belum membutuhkan tol akan menyambung dengan jalan arteri karena ada jalan arteri nasional yang sudah empat lajur," kata Sugiyartanto.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kecelakaan Saat Syuting, Minho SHiNee Dilarikan ke IGD

Posted: 02 Dec 2018 10:40 PM PST

Liputan6.com, Seoul - Minho SHINee kini tengah sibuk dengan syuting film terbarunya, yang memiliki judul sementara Jangsa-ri 9.15. Hanya saja, ia baru saja mengalami satu peristiwa nahas di lokasi syuting.

Dilansir dari Soompi, Senin (3/12/2018), Minho SHINee mengalami kecelakaan saat syuting yang digelar di Youngdeok, Gyeongsang, Korea Selatan, kemarin.

SM Entertainment, agensi yang menaungi Minho SHINee, telah mengeluarkan pernyataan resminya mengenai peristiwa ini.

"Saat syuting film Jangsa-ri 9.15 di Youngdeok kemarin, Minho mengalami luka di bagian kiri wajahnya karena terkena pecahan dari properti spesial effect," tutur juru bicara SM Entertainment.

 

Rawat Jalan

Minho SHINee. (Foto: Soompi.com)

Disebutkan juga bahwa Minho SHINee langsung dilarikan ke IGD untuk mendapat perawatan. "Kami akan memonitor kondisinya, dan dia kini menjalani rawat jalan."

Untungnya, Minho mendapat cukup waktu untuk memulihkan diri. Syuting film ini memang rencananya dihentikan sementara selama tiga sampai empat hari untuk persiapan pindah lokasi syuting.

"Minho akan mendapat waktu istirahat yang banyak sebelum ia kembali syuting."

 

Dari Kisah Nyata

Minho SHINee. (Foto: Soompi.com)

Jangsa-ri 9.15 sendiri adalah film yang mengangkat tentang kisah nyata mengenai Pertepuran Jangsa. Dalam peristiwa ini, 772 tentara pelajar mempertaruhkan nyawa mereka demi kesuksesan Pertempuran Incheon.

Selain Minho, pemain lain yang akan tampil dalam film yang bakal dirilis tahun depan ini adalah Kim Myung Min, Kwak Si Yang, Kim Sung Cheol, dan Megan Fox.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenang Satu Abad AH Nasution, Jenderal Besar Penggagas Perang Gerilya

Posted: 02 Dec 2018 10:39 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sejarah mencatat, Indonesia hanya punya tiga Jenderal Besar, salah satunya Abdul Haris Nasution. Pria kelahiran Kotanopan, Mandailing Natal, Sumatera Utara pada 3 Desember 1918 itu bersama Soeharto dan Soedirman, menerima pangkat kehormatan Jenderal Besar yang dianugerahkan saat HUT ABRI 5 Oktober 1997.

Tak ada yang bisa membantah peran besar Jenderal Besar yang karib disapa Pak Nas ini. Tidak saja matang di medan tempur serta karier kepangkatan yang panjang di tubuh militer Indonesia, Pak Nas juga dikenal sebagai sosok pemikir. Hal itu dibuktikan dengan 77 buku, jurnal dan makalah yang pernah dia tulis.

Dari puluhan buku itu, yang paling fenomenal tentu saja buku Pokok-Pokok Gerilya. Buku inilah yang membuat nama Nasution mendunia dan diakui sebagai penggagas perang gerilya yang kemudian banyak diterapkan militer negara lain. Tak heran kalau Pak Nas juga dinobatkan sebagai Bapak Angkatan Darat militer Indonesia.

Buku Pokok-Pokok Gerilya berisi pengalaman Pak Nas saat berjuang dan mengorganisir perang gerilya selama perang mencapai Kemerdekaan Indonesia. Pengalaman tempur juga dia dapatkan saat terjun dalam Revolusi Kemerdekaan (1946-1948) ketika memimpin Divisi Siliwangi. Berlanjut kemudian pada Revolusi Kemerdekaan II (1948-1949) saat menjabat Panglima Komando Jawa.

Dari momen itulah Nasution mendapat pelajaran berharga tentang perang gerilya sebagai bentuk perlawanan rakyat kepada penjajah. Strategi perang tersebut terus dipelajari hingga menjadi matang dan sulit ditaklukkan musuh.

Dalam buku itu, Pak Nas membeberkan bahwa peperangan abad ini adalah perang rakyat semesta. Ia menguraikan bahwa dalam peperangan bukan hanya kedua belah pihak angkatan bersenjata yang berperang. Peperangan menjadi lebih luas dan lebih dalam karena kemajuan teknik.

Peperangan dewasa ini meminta sifat yang semesta, seantero rakyat baik harta dan tenaga tersedia untuk diolah, untuk mencapai kemenangan. Semua sumber-sumber yang tersedia itu harus dipergunakan.

"Untuk mengalahkan lawan, bukan saja harus dibinasakan angkatan bersenjatanya, melainkan harus demikian pula semua susunan dan lembaga politik dan sosial ekonominya. Perang dewasa ini, bergolak sekaligus di sektor militer, politik, psikologis, dan sosial-ekonomis. Maka sifat serangan adalah semesta," demikian antara lain ditulis Pak Nas dalam bukunya.

Berkat metode perang gerilya itu pula, kemenangan diraih dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Padahal, militer Belanda pada masa itu sangat unggul dari sisi teknologi maupun kekuatannya. Faktor gerilyalah yang kemudian menjadi pembeda dan kunci keberhasilan yang diakui publik dunia.

Setelah melalui proses penulisan yang detail, buku tersebut diterbitkan pada 1953 oleh PT Pembimbing Masa. Sejak diterbitkan, Pokok-Pokok Gerilya menjadi salah satu buku yang paling banyak dipelajari oleh akademi militer di dunia bersama dengan karya-karya Mao Zedong.

Salah satunya adalah sekolah perwira militer Amerika Serikat, West Point. Buku yang antara lain diterjemahkan dalam bahasa Inggris dengan judul Strategy of Guerrilla Warfare itu menjadi rujukan banyak pendidikan militer dunia karena dianggap mampu menjawab pertanyaan besar militer dunia.

Pertanyaan itu adalah tentang faktor penyebab kekalahan yang dialami pasukan AS dalam Perang Vietnam. Padahal, dari sisi kekuatan personel dan peralatan tempur, AS tak ada lawan. Karena itulah perwira AS belajar dari buku Pokok-Pokok Gerilya karena cara dan siasat tentara Vietnam atau Vietkong identik dengan apa yang diungkapkan Pak Nas dalam bukunya.

Para komandan Vietkong disebut-sebut mempelajari gagasan Nasution untuk diterapkan dalam perang yang berlangsung sejak 1965 hingga 1973 itu. Mereka tidak melakukan peperangan frontal, namun bertahan di tengah hutan dengan perlawanan-perlawanan kecil. Dengan berbekal senapan serbu AK-47, perlahan perlawanan gerilyawan Vietkong membuat frustrasi tentara muda Amerika Serikat yang tidak berpengalaman di dalam hutan.

Berbagai peralatan canggih tentara Amerika Serikat tak berfungsi dalam hutan. Sebagai puncaknya, pada Maret 1973 Amerika Serikat meninggalkan Vietnam Selatan, dan tak lama kemudian Saigon jatuh ke tangan Vietnam Utara.

Hingga kini, buku Pokok-Pokok Gerilya karya Jenderal Besar Nasution tetap relevan dengan dunia militer.

 

 

Karier Panjang Bapak Angkatan Darat

Patung Jendral AH Nasution yang terpajang di Museum AH Nasution di Menteng, Jakarta, Sabtu (30/9). Museum ini semula adalah kediaman pribadi dari Pak Nasution yang ditempati bersama dengan keluarganya sejak tahun 1949. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Jenderal Besar TNI (Purn) Abdul Haris Nasution lahir 3 Desember 1918 di Kotanopan, Mandailing Natal, Sumatera Utara. Ayahnya bernama H Abdul Halim Nasution dan Ibunya Hj Zaharah Lubis. Karier jenderal yang biasa disapa Pak Nas itu dimulai pada 1940, ketika Belanda membuka sekolah perwira cadangan bagi pemuda Indonesia.

Dua tahun kemudian, ia mengalami pertempuran pertamanya saat melawan Jepang di Surabaya. Ketika Jepang takluk tanpa syarat kepada Sekutu dan PETA dibubarkan, Pak Nas berhasil menyatukan para pemuda bekas anggota PETA serta KNIL dan mendirikan Badan Keamanan Rakyat (BKR).

Karier militernya terus melejit hingga tahun 1946 dipercaya menjadi Panglima Divisi III/Priangan dan kemudian menjadi Panglima Divisi Siliwangi pada Mei 1946.

Karier AH Nasution terus naik. Februari 1948, AH Nasution menjadi orang kedua setelah Jenderal Sudirman dalam dinas ketentaraan dengan jabatan Wakil Panglima Besar Tentara Keamanan Rakyat (TKR). Jabatan itu dihapuskan sebulan kemudian dan Nasution ditunjuk menjadi Kepala Staf Operasi Markas Besar Angkatan Perang Republik Indonesia (APRI).

Selanjutnya, ia ditunjuk sebagai Panglima Komando Jawa, sebuah jabatan yang sangat tinggi dalam strata militer untuk perwira seusia 30 tahun, usia Nasution ketika memangkunya. Pada usia 31 tahun, Pak Nas naik tahta menjabat Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

Hubungan antara Presiden Sukarno dan Jenderal Nasution sempat tak harmonis ketika Pak Nas melihat kedekatan Bung Karno dengan PKI pada awal 1960. Ketidaharmonisan itu terus meruncing hingga terjadi peristiwa berdarah yang dilancarkan PKI pada 30 September 1965.

Sebagai jenderal yang menolak komunis, Pak Nas pun menjadi sasaran PKI. Beruntung, Pak Nas selamat dari penculikan berdarah itu meski kakinya terkena tembakan. Dalam peritiwa tragis itu, Pak Nas harus merelakan putrinya Ade Irma Suryani Nasution, yang meninggal dunia dalam peristiwa berdarah tersebut.

Saat pergantian kepemimpinan nasional dari Sukarno kepada Soeharto, Pak Nas kemudian ditunjuk sebagai ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Sementara (MPRS). MPRS kemudian menetapkan Jenderal Soeharto menjadi presiden pada 1968. Dimulailah lembaran baru dalam pemerintahan Indonesia dengan sebutan Orde Baru (Orba).

Kemesraan hubungan Pak Nas dengan Presiden Soeharto rupanya juga tidak berlangsung lama. Keterlibatan Pak Nas dalam Petisi 50 menyebabkan dia dipensiunkan lebih dini dari dunia militer. Perlahan namun pasti nama Pak Nas menghilang dari pentas politik dan militer nasional.

Pada 1997, nama Pak Nas kembali muncul ketika ia dianugerahi pangkat Jenderal Besar pada peringatan HUT ABRI 5 Oktober 1997 oleh Presiden Soeharto. Jadilah ia salah satu dan tiga orang di Republik ini yang menyandang 5 bintang di atas bahunya. Dua jenderal lainnya adalah Panglima Besar Jenderal Soedirman dan Jenderal Besar Soeharto.

Tiga tahun kemudian, Rabu 6 September 2000, Jenderal Besar Abdul Haris Nasution menghembuskan napas terakhirnya di RS Gatot Soebroto Jakarta. Bapak Angkatan Darat itu menghadap Ilahi karena menderita stroke. Ia dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

[Cek Fakta] Ojek Online dan Guru Honorer Ikut Reuni 212?

Posted: 02 Dec 2018 10:38 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Reuni 212 telah berlangsung pada Minggu, 2 Desember 2018 kemarin di Monas, Jakarta Pusat. Namun, pemberitaannya masih marak, termasuk di media sosial.

Salah satunya seperti diunggah akun Facebook bernama Angelia Mawarni. Dalam unggahannya pada Jumat, 30 November 2018, ia menyebut jika Reuni 212 diikuti oleh ratusan ojek online dan juga guru honorer.

"REUNI 212 kali ini Lbh Berwarna dan dipastikan MONAS tdk Cukup menampung....krn akan kedatangan 2 peserta baru yaitu OJOL &GURU HONORER...✌👆

Projo &sekutunya jgn Klejotan ya..!.Salam PASPeluk✌ #2019Gantipresiden# #2019PrabowoSandi#"

Tak hanya itu, Angelia Mawarni juga mengunggah beberapa foto ojek online dan guru honorer yang terlihat seperti sedang melakukan aksi. Dalam foto tersebut terlihat ratusan ojek online sedang berada di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Selain itu, ada pula foto ratusan guru honorer yang terlihat membawa spanduk dan bendera Indonesia. Unggahan itu pun sudah dibagikan 1.307 kali dan mendapat 1.100 tanda suka.

Lalu, sebanyak 322 komentar juga mewarnai unggahan tersebut. Salah satunya dari akun Facebook bernama Paringkuan Arie.

"Maju terus reuni 212.. kibar kan dan teriakkan kebenaran satukan barisan jangan terprovokasi dgn yg kelompok yg mengajak kerusuhan,, tahan iman tahan sabar... Alloh bersama kita.."

 Kemudian juga dari akun Facebook bernama Basuki Basuki yang meminta untuk tidak saling menjelekkan satu sama lain.

"Yuk..kita jd pemilih yg santun dan beradab..masing2 CAPRES/ CAWAPRES.putra trbaik bngsa..masing2 mmpunyai klebihan dan kkurangan...kita sama2 pendukung tdk usa saling mnjelekan .yuk kita bersatu demi NKRI."

Selain akun Facebook Angelia Mawarni, website www.histori212411.blogspot.com juga mengunggah tulisan dan foto serupa.

"212 YG BERWARNA

Aksi 212 bukan hanya reuni... Tapi akan hadir dua pasukan baru dengan masa besar .. yaitu pasukan ojol dan pasukan guru honorer...

Mari kita viralkan agar lebih banyak lagi ojol dan guru honorer yg datang..

#2019wajibgantipresiden #2019tetapantipki"

[Cek Fakta] Ojek Online dan Guru Honorer Ikut Reuni 212

Fakta

Tim Cek Fakta Liputan6.com mencoba menelusuri kebenaran dari kabar dan foto tersebut. Ternyata, foto yang diunggah Angelia Mawarni bukan ojek online dan guru honorer yang mengikuti Reuni 212. Melainkan, saat mereka sedang melakukan aksi lain.

Hal itu seperti yang diunggah dalam website www.turnbackhoax.id. Dalam website tersebut menegaskan jika foto dan tulisan yang diunggah tidak berhubungan sama sekali.

[Cek Fakta] Ojek Online dan Guru Honorer Ikut Reuni 212

"Post sumber menggunakan foto-foto yang sudah beredar sebelumnya, dokumentasi kegiatan-kegiatan yang tidak berhubungan dengan Reuni 212. Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

SUMBER

(1) Pertanyaan dari salah satu anggota FAFHH.

——

(2) http://bit.ly/2BMVeQy, post oleh akun "Angelia Mawarni" (facebook.com/mayang.virginia.54), sudah dibagikan 1.301 kali per tangkapan layar dibuat.

======

NARASI

"REUNI 212 kali iniLbh Berwarna dan dipastikan MONAS tdk Cukup menampung….krn akan kedatangan 2 peserta baru yaituOJOL &GURU HONORER…✌👆Projo &sekutunya jgn Klejotan ya..!.Salam PASPeluk✌#2019Gantipresiden##2019PrabowoSandi#".

======

PENJELASAN

(1) http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S, First Draft News: "Konten yang Salah

Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah".

Post sumber mengambil foto-foto acara yang tidak ada hubungannya dengan Reuni 212, menggunakan narasi yang menghubungkan dengan kegiatan Reuni 212.

——

(2) Sumber-sumber foto:

* http://bit.ly/2KUjp2F, sumber foto pertama.

* http://bit.ly/2Q8x0Jd, sumber foto kedua.

* http://bit.ly/2AKuQVR, sumber foto ketiga.

======

REFERENSI

(1) Liputan6: "FOTO: Ribuan Ojek Online Konvoi Menuju Istana Merdeka

27 Mar 2018, 13:00 WIB

Ribuan pengemudi ojek online bergerak dari IRTI Monas menuju seberang Istana Merdeka untuk menuntut pemerintah melakukan rasionalisasi tarif. Photographer: Johan Fatzry", deskripsi foto pertama.

——

(2) Liputan6: "Minta Jadi PNS, Ribuan Guru Honorer se-Indonesia Kepung Istana

10 Feb 2016, 10:53 WIB

Ribuan massa yang tergabung dalam Forum Honorer Kategori 2 (FHK2I) berunjuk rasa di depan Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (10/2). Guru honorer dari seluruh Indonesia itu menuntut pemerintah agar mengangkat mereka sebagai PNS. (Liputan6.com/Gempur M Surya)Editor: Arny Christika Putri Photographer: Faizal Fanani, Gempur M Surya", deskripsi foto kedua.

——

(3) Liputan6: "Kisruh Demo Driver Ojek Online di DPR, Go-Jek Bakal Lakukan Apa?", judul artikel yang fotonya digunakan oleh post sumber di foto yang ketiga. Isi artikel selengkapnya di http://bit.ly/2AKuQVR.

======

Sumber: https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/790620924603778/"

Foto-foto tersebut rupanya diambil dari Liputan6.com beberapa waktu lalu. Foto ojek online diambil pada Selasa, 27 Maret 2018 lalu. Keterangan foto tersebut menjelaskan jika ojek online sedang melakukan aksi.

"Ribuan pengemudi ojek online melakukan konvoi di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Selasa (27/3/2018). Mereka bergerak dari IRTI Monas menuju seberang Istana Merdeka untuk menuntut Pemerintah melakukan rasionalisasi tarif. (Liputan6.com/Arya Manggala)"

Ribuan pengemudi ojek online melakukan konvoi di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Selasa (27/3). Mereka bergerak dari IRTI Monas menuju seberang Istana Merdeka untuk menuntut Pemerintah melakukan rasionalisasi tarif. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Kemudian foto ojek online kedua adalah saat mereka sedang melakukan demo di Gedung MPR/DPR Jakarta pada Senin, 23 April 2018 silam. Artikel tersebut berjudul Kisruh Demo Driver Ojek Online di DPR, Go-Jek Bakal Lakukan Apa?.

"Belasan ribu driver ojek online kembali melakukan aksi demo pada Senin (23/4/2018). Aksi demo dilakukan untuk menuntut pemerintah membuat regulasi yang mengatur mereka, termasuk aplikatornya. Demo dilakukan di depan Gedung DPR/MPR."

Lalu foto ketiga soal guru honorer diambil pada Rabu, 10 Februari 2018.

"Ribuan orang yang tergabung dalam Forum Honorer Kategori 2 (FHK2I) berunjuk rasa di depan Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (10/2/2018). Guru honorer dari seluruh Indonesia itu menuntut Pemerintah agar mengangkat mereka sebagai PNS. (Liputan6.com/Gempur M Surya)"

Ribuan orang yang tergabung dalam Forum Honorer Kategori 2 (FHK2I) berunjuk rasa di depan Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (10/2). Guru honorer dari seluruh Indonesia itu menuntut Pemerintah agar mengangkat mereka sebagai PNS. (Liputan6.com/Gempur M Surya)

 

Kesimpulan

Foto yang diunggah tersebut memang benar adanya. Tetapi, keterangan yang disertakan oleh pengunggah tidak tepat.

Karena, foto ribuan pengemudi ojek online diambil saat mereka sedang melakukan demo di Jalan Medan Merdeka Barat dan Gedung MPR/DPR. Sedangkan guru honorer saat mereka sedang demo meminta diangkat menjadi PNS.

 

Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama 49 media massa lainnya di seluruh dunia.

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi hoax yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoax yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Arsenal vs Tottenham: Aubameyang Mulai Disamakan dengan Henry

Posted: 02 Dec 2018 10:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Gelandang Arsenal, Aaron Ramsey makin terpesona dengan ketajaman Pierre-Emerick Aubameyang. Bahkan, Ramsey seperti melihat Thierry Henry setiap kali Aubameyang beraksi.

Aubameyang didatangkan pada bursa transfer Januari 2018. Dia memang tak terlalu menonjol di paruh kedua musim 2017/18. Namun, musim ini Aubameyang menjelma jadi salah satu striker paling mematikan di Premier League.

Terakhir, dia mencetak dua gol penting yang membantu Arsenal mengalahkan Tottenham Hotspur pada laga lanjutan Premier League akhir pekan lalu. Aubameyang kini memuncaki daftar top skor sementara dengan 10 gol.

Ramsey sendiri mengaku kagum dengan permainan Aubameyang. Dulu, Arsenal disebutnya memiliki striker dan winger tajam seperti Aubameyang.

Sosok itu didapatkan Arsenal pada Henry. Mungkinkah Aubameyang samai prestasi Henry?

 

 

Mirip Henry

Striker Arsenal Pierre-Emerick Aubameyang salto usai merobek gawang Tottenham Hotspur di Emirates Stadium, Minggu (2/12/2018). (AFP/Ian Kington)

Menurut Ramsey, Aubameyang seakan-akan terlahir untuk mencetak gol. Dia bisa menemukan gol dengan mudah meski peluang tak terlalu matang. Aubameyang selalu mematikan di muka gawang lawan.

"Dia melakukan hal yang luar biasa di sesi latihan sepanjang waktu. Dia hanya mengirim bola ke sudut gawang tetapi juga dengan kecepatan yang baik," ujar Ramsey di fourfourtwo.

"Itu mengingatkan saya pada penyelesaian akhir Thierry Henry, dia memiliki kemampuan itu. Dia sudah berperan luar biasa bagi kami."

Atmosfer

Lebih lanjut, Ramsey juga merasa kemenangan Arsenal atas Tottenham itu juga terbantu dengan dukungan suporter. Dia menilai banyak pemain Arsenal yang mendapatkan energi lebih karena dukungan masif tersebut.

"Saya pikir sangatlah penting bagi kami untuk mencetak gol itu [gol pembuka vs Tottenham]. Maka anda bisa sungguh merasakan atmosfer luar biasa. Itu sangat membantu kami melampaui kemampuan kami dan menang dengan meyakinkan."

"Saya sudah berada di sini selama bertahun-tahun jadi itu sangat berarti bagi saya dan juga fan. Saya senang saya bisa menuntaskan bagian saya dan kami semua pulang dengan gembira," tutup Ramsey.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Kembali Panggil 4 Anggota Polri Terkait Suap Pemulusan Perkara

Posted: 02 Dec 2018 10:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menjadwalkan pemeriksaan empat anggota Polri terkait kasus dugaan suap pemulusan perkara di PN Jakarta Pusat yang menjerat Eddy Sindoro (ESI). Empat anggota Polri tersebut merupakan ajudan mantan Sekretaris MA Nurhadi.

"Karena kebutuhan penyidikan dalam perkara dengan tersangka ESI, KPK kembali membuat panggilan kedua dan berkoordinasi dengan Kadiv Propam Mabes Polri untuk menghadirkan 4 orang anggota Polri sebagai saksi untuk tersangka ESI," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Senin (3/12/2018).

Keempat anggota Polri itu adalah Ari Kuswanto, Dwianto Budiawan, Fauzi Hadi Nugroho, dan Andi Yulianto. Mereka sebelumnya tidak memenuhi panggilan penyidik lembaga antirasuah pada 14 November 2018.

"Sampai siang ini belum ada informasi kehadiran para saksi," kata Febri.

Febri mengatakan, penyidik lembaga antirasuah masih menunggu kehadiran keempat anggota Korps Bhayangkara itu. Menurut Febri, sebelum memanggil keempat anggota Polri itu, KPK sudah berkirim surat kepada Kapolri Jenderal Tito Karnavian dengan tembusan Kadiv Propam dan Kakorbrimob Mabes Polri.

"KPK masih menunggu kehadiran para saksi tersebut, pada intinya kehadiran para saksi di pemeriksaan akan difasilitasi oleh Polri," kata Febri.

Dalam kasus suap pemulusan perkara di PN Jakarta Pusat, KPK menetapkan Eddy Sindoro sebagai tersangka. Eddy sendiri ditetapkan sebagai tersangka pada 21 November 2016.

 

Pengembangan Kasus

Penetapan tersangka terhadap Eddy Sindoro merupakan pengembangan kasus sebelumnya yang telah menjerat mantan Panitera Pengganti PN Jakpus Edy Nasution dan karyawan PT Artha Pratama Anugerah Doddy Aryanto Supeno.

Mereka diringkus dalam sebuah operasi tangkap tangan di areal parkir sebuah hotel di Jakarta Pusat pada April 2016. Penangkapan dilakukan sesaat setelah Doddy menyerahkan uang kepada Edy Nasution.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Pilu Para Pria yang Diselingkuhi Pacar, Dijamin Bikin Mewek

Posted: 02 Dec 2018 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Selingkuh memang menjadi satu hal paling ditakuti oleh pasangan. Namun, selingkuh menjadi kegiatan romansa terlarang yang terjadi di seluruh dunia. Aksi pengkhianatan ini bertambah banyak seiring dengan mudahnya akses teknologi. Akibat selingkuh, sudah pasti ada pihak yang tersakiti, kan?

 

Umumnya, perselingkuhan terjadi karena beragam faktor. Ada beberapa pasangan yang tak mampu menjalani hubungan jarak jauh. Namun ada pula yang mulai merasa pasangannya mulai membosankan, sehingga memilih berpaling dengan yang lain. Sebab, orang baru selalu saja terlihat lebih menarik dari yang lama.

Oleh karena itu, komitmen memang sangat dibutuhkan apapun kondisinya. Kalau sudah selingkuh, pacaran bertahun-tahun pun tak akan ada artinya lagi. Semua bisa hancur dalam sekejap. Terutama untuk para pria, harus ambil sikap yang tegas jika kekasihnya ternyata selingkuh. 

Berikut beberapa kisah miris para pria yang pernah diselingkuhi kekasihnya.

1. Kepergok deh

Kisah Pilu Pria yang Diselingkuhi Pacar, Bikin Mewek

Seorang wanita bernama Chacha harus rela diputuskan kekasihnya melalui sebuah pesan singkat. Dikutip dari akun Twitter @flutulang__, hal tersebut terjadi lantaran Chacha ketahuan tengah asyik boncengan bersama dengan pria lain selingkuhannya.

Mengetahui perbuatan sang kekasih, cowok tersebut menanyakan di mana keberadaan pacarnya. Namun sayangnya, Chacha berbohong mengatakan bahwa dirinya sedang berada di rumah mengerjakan tugas. Tak terima atas perlakuan Chacha, tanpa pikir panjang cowok itu langsung memutuskan hubungannya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2. Nasib ya kalau sama-sama selingkuh

Kisah Pilu Pria yang Diselingkuhi Pacar, Bikin Mewek

Lima tahun menjalin asmara, Aidil harus mengubur keinginannya untuk meminang pujaan hatinya Risma lantaran perselingkuhan. Suatu malam, pria asal Medan ini menemui Risma berencana untuk memeriksa ponsel Risma untuk memastikan kejujuran kekasihnya itu. Tak diduga, saat tiba di lokasi Aidil malah memergoki pacarnya bersama pria lain bernama Robby.

Aidil langsung mendatangi keduanya dan meminta kekasihnya memberi penjelasan. Risma yang tengah dibonceng Robby hanya diam membisu. Aidil mengungkapan dirinya ingin meminang Risma pada pertengahan tahun 2018. Dalam video yang diunggahnnya di Facebook, Aidil terlihat begitu kecewa dengan sikap kekasihnya.

Namun setelah kisahnya viral, lewat akun Facebook-nya, Risma akhirnya membuka suara. Ia mengungkapkan bahwa Aidil selama ini sering menghina tubuhnya yang kurus. Untuk menyenangkan kekasihnya, Risma berusaha minum obat gemuk. Risma juga mengungkapkan beberapa kali kesabarannya diuji oleh ulah Aidil. Kekasihnya itu diketahuinya jalan dengan beberapa wanita lain.

3. Ngenes ya, ceweknya lebih memilih pria lain

Kisah Pilu Pria yang Diselingkuhi Pacar, Bikin Mewek

Jodoh memang nggak pernah ada yang tahu. Meski pacaran bertahun-tahun lamanya, belum tentu berakhir dengan pernikahan. Seperti itu yang dirasakan oleh pria berinsial FD yang dibagikan lewat akun Facebook-nya. Ia harus menahan rasa perih hatinya karena kekasihnya meninggalkannya dan lebih memilih pria lain.

Lewat pesan BBM, wanita berinsial DM ini menyampaikan permintaan maafnya karena memilih pria lain yang juga mencintainya, dan berniat akan segera melamarnya. Dengan sekuat tenaga, FD mencoba tegar menghadapi kenyataan di kisah cintanya.

 

4. Padahal sudah punya tabungan khusus ya

Kisah Pilu Pria yang Diselingkuhi Pacar, Bikin Mewek

Pria bernama Fizai berniat untuk meminang kekasihnya, Nopi. Dia pun memutuskan untuk membuat tabungan khusus sebagai modal menikahi kekasihnya itu. Fizai pun membuat menabung di sebuah celengan secara diam-diam tanpa diketahui kekasihnya.

Nahasnya, uang yang telah dikumpulkan untuk menikahi Nopi tampak tak berarti. Fizai harus merelakan wanita yang disayanginya itu menjalin hubungan dengan pria lain.

"Sengaja gua nabung dan nggak pernah ngasih tau kalo gua kerja, yah biar kejutan buat kamu nya. Tapi yaudah, hati lu berkata lain dan selamat deh abis putus kamu bisa langsung jadian, move-on yang cepat," ujarnya.

Nah, apakah kamu pernah mengalami hal serupa?

Reporter:

Hira Hilary Aragon

Sumber: Brilio.net

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Tunjuk Dwi Soetjipto Jadi Kepala SKK Migas

Posted: 02 Dec 2018 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Dwi Soetjipto diangkat sebagai kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), menggantikan Amien Sunaryadi yang telah menyelesaikan masa baktinya.

‎Hal tersebut berdasarkan Keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi), terkait pemberhentian dengan hormat Amien Sunaryadi sebagai kepala SKK Migas, serta mengangka Dwi Soetjipto sebagai Kepala SK Migas. Keputusan tersebut tersebut berlaku 30 November 2018.

Sebelumnya Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Djoko Siswanto mengatakan,  Amien Sunaryadi sudah tidak lagi menjabat sebagai Kepala SKK Migas sejak18 November 2018. Hal tersebut disebabkan masa baktinya yang sudah habis, setelah menjabat selama 4 tahun.

"Masa tugasnya selesai 18 November kemarin, masa jabatannya  4 tahun sekali, berarti pengangkatannya 18 November empat tahun lalu 2014," kata Djoko.

Menurut Djoko, ‎ kekosongan jabatan Kepala SKK Migas diisi oleh Wakil Kepala SKK Migas Sukandar. Hal ini telah ditetapkan oleh Menteri ESDM Ignasius Jonan sampai ada pengisi jabatan definitif.

"Sudah sejak Senin (26/11/2018), yang ngangkat (Sukandar kepala sementara) pak menteri, sampai ada penetapan yang baru," tutur dia.

 

Jabatan Kepala SKK Migas Kosong

Foto: Liputan6.com

Sebelumnya, jabatan Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hilir Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mengalami kekosongan, pasca habisnya masa jabatan Amien Sunaryadi sejak sejak 18 November 2018. Amien telah memimpin SKK Migas selama 4 tahun.

Saat ini muncul beberapa nama yang digadang-gadang mengisi jabatan tersebut. Di antaranya mantan Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto‎. Namun, saat dikonfirmasi sosok yang menekuni olah raga pencak silat ini nggak mengomentari kabar tersebut.

Dia mengatakan, pengumuman Kepala SKK Migas yang baru merupakan wewenang Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan.

"Itu jadi wewenang pak menteri, biar pak menteri saja,"‎ kata Dwi, saat berbincang dengan Liputan6.com.

‎Selain Dwi, sosok yang digadang-gadang menjadi Kepala SKK Migas adalah Sukandar yang saat ini menjabat sebagai Wakil Kepala SKK Migas. Jonan pun mengangkat Sukandar sebagai penanggung jawab sementara (pjs) Kepala SKK Migas pasca lengsernya Amien Sunaryadi.

"Saya dapat kuasa khusus dari menteri, untuk menandatangani agreement, untuk hariannya jalan‎," tandas dia.

Sebelumnya Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Djoko Siswanto mengatakan, Amien Sunaryadi sudah tidak lagi menjabat sebagai Kepala SKK Migas sejak 18 November 2018. Hal tersebut disebabkan masa baktinya yang sudah habis, setelah menjabat selama 4 tahun.

‎"Masa tugasnya selesai 18 November kemarin, masa jabatanya 4 tahun sekali, berarti pengangkatannya 18 November, empat tahun lalu 2014," kata Djoko.

Menurut Djoko, ‎untuk sementara kekosongan jabatan Kepala SKK Migas diisi Wakil Kepala SKK Migas Sukandar. Hal ini telah ditetapkan oleh Menteri ESDM Ignasius Jonan sampai ada pengisi jabatan definitif.

"Sudah sejak Senin (26/11/2018), yang ngangkat (Sukandar kepala sementara) pak menteri, sampai ada penetapan yang baru," tutur dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Momen Bahagia Priyanka Chopra dan Nick Jonas Usai Menikah

Posted: 02 Dec 2018 10:30 PM PST

Aktris Bollywood Priyanka Chopra dan penyanyi AS Nick Jonas saat merayakan pernikahan mereka bersama teman-temannya di Istana Umaid Bhawan, Jodhpur, India, Sabtu (1/12). (Handout/Raindrop Media/AFP)

Aktris Bollywood Priyanka Chopra dan penyanyi AS Nick Jonas saat merayakan pernikahan mereka bersama teman-temannya di Istana Umaid Bhawan, Jodhpur, India, Sabtu (1/12). (Handout/Raindrop Media/AFP)

Aktris Bollywood Priyanka Chopra merayakan pernikahan dengan penyanyi AS Nick Jonas bersama teman-temannya di Istana Umaid Bhawan, Jodhpur, India, Sabtu (1/12). (Handout/Raindrop Media/AFP)

Aktris Bollywood Priyanka Chopra merayakan pernikahan dengan penyanyi AS Nick Jonas bersama teman-temannya di Istana Umaid Bhawan, Jodhpur, India, Sabtu (1/12). (Handout/Raindrop Media/AFP)

Aktris Bollywood Priyanka Chopra menari saat perayaan pernikahannya dengan penyanyi AS Nick Jonas di Istana Umaid Bhawan, Jodhpur, India, Sabtu (1/12). (Handout/Raindrop Media/AFP)

Aktris Bollywood Priyanka Chopra menari saat perayaan pernikahannya dengan penyanyi AS Nick Jonas di Istana Umaid Bhawan, Jodhpur, India, Sabtu (1/12). (Handout/Raindrop Media/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kirana Larasati Akui Sudah Punya Pacar Baru

Posted: 02 Dec 2018 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kirana Larasati tak mau lama-lama menyendiri usai bercerai dengan Tama Gandjar pada Juli 2017. Janda satu anak itu kini mengaku tengah menjalin hubungan spesial dengan seorang pria yang masing enggan disebutkan namanya.

Menurut Kirana Larasati, ia tak mau lama-lama terpuruk dengan kegagalan rumah tangga yang pernah dijalani. Pesinetron Azizah itu berusaha bangkit dari keterpurukan hati karena persoalan asmara.

"Move on sudah lama dan ya. Ada-lah (cowok) yang dekat," kata Kirana Larasati ketika ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (2/12/2018).

Sejak awal kenal sampai akhirnya berkomitmen untuk berpacaran, Kirana Larasati tak mau punya kekasih yang hanya sekadar mengisi kekosongan hatinya. Ia mau serius dan mengenal satu sama lain sebelum akhirnya berlabuh ke jenjang yang lebih serius.

Bukan Artis

Kirana Larasati (Adrian Putra/bintang.com)

Kirana Larasati juga memastikan, kekasihnya bukan dari kalangan selebritas. "Saya dari dulu sama sekali tidak mau sama artis," ujarnya.

"Saya sih pasti dari awal jalin hubungan serius. Tapi, kita lihat saja nanti gimana, ia (menikah) atau enggak," sambung Kirana Larasati.

Mendukung

Kirana Larasati (Nurwahyunan/bintang.com)

Menurut Kirana, sang kekasih sangat mendukung dirinya terjun ke dunia politik. Sebab saat ini, Kirana Larasati tengah mencalonkan diri sebagai anggota legislatif.

"Harus dukung dong. Kalau enggak suport, politik di Indonesia itu keras. Kalau ada orang yang datang di kehidupan kalian, harus jadi solusi bukan masalah. Kalau masalah, mending enggak usah diteruskan," kata Kirana Larasati.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AWS Luncurkan Produk yang Mampu Proses Data Super Cepat dan Paperless

Posted: 02 Dec 2018 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Amazon Web Services (AWS), anak usaha Amazon.com merilis produk terbarunya Amazon Textract pada acara re:Invent 2018.

Berbasis teknologi machine learning, layanan ini mampu mengurangi pemakaian dokumen dan cepat memproses data.

Layanan ini secara otomatis dapat mengekstraksi teks dan data dari dokumen yang dipindai. Tak hanya itu, Amazon Textract juga dapat mengidentifikasi isi dalam bentuk informasi yang dibuat dalam tabel.

Banyak perusahaan saat ini mengambil data dari dokumen dan formulir melalui entri data manual yang lambat dan mahal. Kadang juga menggunakan software yang sederhana tapi sering tidak akurat.

Amazon Textract menggunakan pembelajaran mesin atau machine learning untuk langsung membaca hampir semua jenis dokumen untuk secara akurat mengambil teks dan data tanpa perlu ada tindakan manual dan kode khusus.

Adapun Amazon Textract memudahkan pengembang secara cepat memproses alur kerja dokumen dan memproses jutaan halaman dokumen dalam beberapa jam.

Selain itu, AWS juga meluncurkan Amazon Forecast. Produk ini mempertimbangkan pelanggan mencoba prediksi tren masa depan dalam rantai pasokan, tingkat persediaan, permintaan produk berdasarkan data historis.

 

Berdasarkan Teknologi Buatan Amazon.com

AWS Kembali Gelar re:Invent 2018 di Las Vegas. Liputan6.com/ Agustina Melani

Produk AWS ini didasarkan pada teknologi yang dikembangkan Amazon.com.

Sebelumnya prediksi atau perkiraan sulit dilakukan karena sering ada banyak faktor yang saling terkait antara lain harga, cuaca, dan kejadian.

Bila ada sesuatu tertinggal dapat berdampak signifikan seperti tidak dapat memenuhi permintaan pelanggan.

Lewat produk ini, Amazon Forecast akan secara otomatis melatih, menyetel dan menerapkan peramalan model machine learning sehingga pelanggan dapat lebih yakin kalau akan memberikan pengalaman optimal.

Bukan tanpa alasan AWS meluncurkan produk terbaru dengan machine learning ini. AWS ingin machine learning dapat mudah diakses dan digunakan oleh siapapun.

Selain itu, produk yang dihasilkan juga berdasarkan dari permintaan dan feedback pelanggan untuk menggunakannya.

"AWS ingin membuat machine learning dapat diakses siapa saja misalkan dengan aplikasi machine learning. Salah satunya produk yang diluncurkan Amazon Textract yang dapat digunakan, dan produk lainnya tanpa kamu mesti mengetahui algoritma," ujar Head of emerging technologies APAC AWS, Olivier Klein dalam wawancara dengan media, di Las Vegas, Amerika Serikat (AS), Kamis (29/11/2018).

AWS Fokus Kembangkan Machine Learning

AWS re:Invent 2018. Liputan6.com/ Agustina Melani

Ia menekankan, AWS juga akan tetap fokus mengembangkan machine learning ke depan sehingga dapat diakses oleh semua orang. Ini ditunjukkan dengan sejumlah produk yang dirilis untuk 2019 masih menerapkan machine learning.

"Dari tahun lalu dan tahun sebelumnya, serta tahun ini juga diumumkan produk machine learning."

Kami tidak dapat berhenti dan terus lanjut berinvestasi yang didorong keinginan pelanggan untuk menolong mereka. Machine learning masih akan sangat kuat ke depan," tutur dia.

Seperti diketahui, AWS meluncurkan 80 produk pada re:Invent 2018. Peluncuran produk tersebut disampaikan dalam keynote CEO AWS, Andy Jassy dan CTO Amazon.com, Werner Vogels.

Dari 80 produk itu, ada sejumlah produk yang dirilis dengan menggunakan machine learning antara ain Amazon SageMaker Ground Truth, Amazon Comprehend Medical, Amazon Textract, Amazon Sagemaker Neo, Amazon Translate Custom Technology, Amazon Sagemaker Developer Enhancements, Amazon Sagemaker Orchestration and Management.

Selain itu, Amazon Forecast, Amazon Elastic Inference, Amazon Personalize, Amazon Sagemaker RL, Dynamic Training with Apache MXNet on AWS, AWS DeepRacer, AWS IoT Greengrass ML Inference.

(Agustina Melani/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pohon Natal Apung Terbesar di Dunia Kembali Menyala

Posted: 02 Dec 2018 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Penyalaan pohon Natal apung terbesar dunia di tengah kota Rio de Janeiro. Sebanyak 2 juta lampu dipasang untuk membuat pohon ini bersinar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selamat! 297 Pelamar Lolos Tes SKD di Kemensetneg dan Setkab

Posted: 02 Dec 2018 10:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 297 peserta dinyatakan lolos Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pada penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) dan Sekretariat Kabinet (Setkab) Tahun 2018.

Deputi Bidang Administratur Aparatur selaku Ketua Tim Pengadaan CPNS Kemensetneg Tahun 2018, Cecep Sutiawan, dalam pengumuman tertulis tertanggal 29 November 2018, yang dikutip dari laman Setkab, menyebutkan, ke-297 peserta yang dinyatakan lolos SKD itu terdiri atas 217 peserta pelamar formasi CPNS di Kemensetneg dan 80 peserta pelamar formasi di Setkab.

Selanjutnya, Ketua Tim Pengadaan CPNS Kemensetneg itu mengundang ke-297 peserta yang lolos SKD untuk mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang, yang meliputi:

a. Psikotes, akan diselenggarakan pada:

Hari, Tanggal: Selasa dan Rabu, 4 dan 5 Desember 2018

Pukul: 08.00 WIB s.d. selesai

Tempat: Gedung Pusdiklat Kemensetneg, Jln. Gaharu I Nomor 1 Cilandak Barat, Jaksel.

b. Tes Bahasa Inggris, akan diselenggarakan pada:

Hari, Tanggal: Kamis, 6 Desember 2018

Pukul: 08.00 s.d. 11.00 WIB dan 13.00 s.d. 16.00 WIB

Tempat: Gedung Pusdiklat Kemensetneg, Jln. Gaharu I Nomor 1 Cilandak Barat, Jaksel.

c. Wawancara, akan diselenggarakan pada:

Hari, Tanggal: Selasa s.d. Kamis, 11 s.d. 13 Desember 2018

Tempat: Lobi Gedung I Kemensetneg, Jalan Veteran Nomor 17-18, Jakarta Pusat.

"Rincian jadwal akan diumumkan melalui situs resmi Kementerian Sekretariat Negara (www.setneg.go.id) dan https://rekrutmen.setneg.go.id," bunyi pengumuman itu.

Ketua Tim Pengadaan CPNS Kemensetneg menegaskan, peserta wajib mengikuti Psikotes dan Tes Bahasa Inggris sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

"Peserta yang tidak hadir atau tidak mengikuti tahapan seleksi dengan alasan apapun pada waktu dan tempat yang telah ditetapkan, maka dinyatakan gugur," tegas Cecep.

Kemenkeu Luluskan 1.196 Pelamar CPNS 2018 Hasil Tes SKD

Suasana tes CPNS 2018 di Gedung SMK Negeri 2 Kota Malang, Jawa Timur. Pelaksaannya pada hari pertama, Jumat (26/10/2018) yang sempat molor (Liputan6.com/Zainul Arifin)

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) merilis hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil 2018 (CPNS 2018) beserta daftar peserta yang berhak mengikuti tahap selanjutnya, yakni Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Informasi tersebut diberikan dalam Surat Pengumuman Nomor PENG-06/PANREK/UMUM/2018 tentang Hasil Seleksi Kompetensi Dasar dan Jadwal Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang Dalam Rangka Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Kementerian Keuangan Tahun Anggaran 2018.

Dalam surat tersebut, disebutkan ada sebanyak 1.196 orang peserta yang berhak mengikuti SKB. Jumlah tersebut meliputi kategori peserta dari 3 jenis formasi yang tersedia dalam sistem perekrutan kali ini, antara lain Formasi Umum, Formasi Lulusan Terbaik (Cumlaude), dan Formasi Penyandang Disabilitas.

Untuk pelaksanaan Tes SKB ini, peserta akan dihadapkan pada 3 jenis tes, yakni Psikotes Online, Tes Kesehatan dan Kebugaran (TKK), dan Wawancara. Tahap ujian sendiri akan dilaksanakan di 6 kota pelaksanaan sesuai lokasi tes pilihan pelamar pada saat pendaftaran online.

Adapun keenam kota tersebut yakni Medan, Jakarta, Yogyakarta, Balikpapan, Makassar, dan Jayapura. Sementara jadwal pelaksanaannya akan bervariasi dan tidak serentak untuk tiap lokasi, dengan dimulai pada 4 Desember hingga 9 Desember 2018.

Terkait pembobotan nilai SKB, Kemenkeu memberikan porsi paling besar untuk sesi wawancara, yakni sebesar 40 persen. Sedangkan untuk Psikotes Online dan TKK diberikan nilai sama rata sebesar 30 persen.

 

Patokan Passing Grade

Peserta bersiap mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Gedung Wali Kota Jakarta Selatan, Jumat (26/10). Tes SKD CPNS dilakukan di 269 titik lokasi tes di 34 provinsi di Indonesia. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Selain itu, Kemenkeu juga mematok nilai passing grade yang wajib dipenuhi peserta berdasarkan jenis formasinya untuk masing-masing tes. Berikut informasinya:

a. Formasi Umum dan Cumlaude:

1) Psikotes online : 75 tanpa ada nilai 1 pada aspek psikologis untuk tingkat pendidikan DIII76 tanpa ada nilai 1 pada aspek psikologis untuk tingkat pendidikan S1 & S2

2) TKK : Hasil Kebugaran bernilai Cukup yang akan dikonversi dalam angka

3) Wawancara : 70 dengan integritas tidak boleh pada level 1

b. Formasi Penyandang Disabilitas:

1) Psikotes online : 71 untuk tingkat pendidikan DIII7

2 untuk tingkat pendidikan S1

2) TKK : Memenuhi syarat disabilitas yang ditentukan pada pengumuman ini

3) Wawancara : 65 dengan integritas tidak boleh pada level 1

c. Pelamar formasi Putra/i Papua wajib memenuhi passing grade masing-masing tes dengan nilai sebagai berikut:

1) Psikotes online : 61 untuk tingkat pendidikan DIII62 untuk tingkat pendidikan S1

2) TKK : Tidak terdapat passing grade3) Wawancara : 65 dengan integritas tidak boleh pada level 1

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tjahjo Larang Penggunaan Kemasan Plastik di Lingkungan Kemendagri

Posted: 02 Dec 2018 10:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menginstruksikan jajarannya mengurangi penggunaan kemasan plastik. Kebijakan itu diambil untuk mengurangi sampah plastik.

"Mulai hari ini stop minum kemasan plastik dan sedotan plastik dalam setiap acara, maupun sehari-hari di lingkungan kantor," kata Mendagri Tjahjo Kumolo dalam pesan singkatnya di Jakarta, Senin (3/12/2018).

Seperti dilansir Antara, ia juga meminta stafnya untuk giat mengampanyekan gerakan ramah lingkungan. Caranya dengan memasang alat sosialisasi di lingkungan kantor Kemendagri di Jakarta.

Tak cuma pegawai, Mendagri juga meminta pedagang makanan di lingkungan Kemendagri tidak lagi menjual air mineral kemasan dan tidak menyediakan gelas plastik sekali pakai dalam penyajiannya.

"Pasang poster, spanduk di semua sudut tempat. Tempat jual makan di lingkungan kantor juga stop yang berbau plastik. Minum pakai gelas (kaca)," ujar Tjahjo.

 

Alasan Instruksi

Mendagri tidak merinci lebih lanjut alasan penerbitan instruksi tersebut dan apakah arahan tersebut akan diberlakukan di seluruh kantor pemerintah daerah. Namun, upaya tersebut diharapkan dapat mengurangi limbah sampah.

Upaya pengurangan sampah di Tanah Air semakin digiatkan khususnya setelah insiden penemuan sampah plastik dalam perut bangkai paus sperma di perairan Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

Dalam perut paus tersebut ditemukan banyak terdapat sampah plastik sebesar 5,9 kilogram, yang terdiri atas 115 gelas plastik (750 gram), 19 plastik keras (140 gram), empat botol plastik (150 gram), 25 kantong plastik (260 gram), dua sandal jepit (270 gram), satu karung nilon (200 gram), 1.000 lebih tali rafia (3.260 gram), dan lain-lain.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rekor Pertemuan Bhayangkara FC vs PSM Makassar, Siapa Unggul?

Posted: 02 Dec 2018 10:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PSM Makassar mesti menjalani pertandingan sulit saat menyambangi markas Bhayangkara FC di Stadion PTIK, Jakarta, Senin (3/12/2018) dalam lanjutan kompetisi GO Jek Liga 1 2018 bersama Bukalapak.

Pada pertemuan pertama musim ini, PSM Makassar menang 2-1 atas Bhayangkara FC di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, 15 Juli 2018. PSM dilarang tersandung di laga nanti malam.

Sebab, tim berjulukan Juku Eja ini mesti bersaing dengan Persija Jakarta, yang baru mengudeta mereka dari puncak klasemen sementara Liga 1 2018. Persija kemarin sukses menang di kandang Bali United.

Persija mendulang 59 poin dari 33 laga, sedangkan PSM mengoleksi 57 poin dari 32 pertandingan. PSM harus menang jika ingin kembali mengambil pucuk pimpinan Liga 1 2018.

Bhayangkara bukan lawan mudah bagi tim arahan Robert Rene Alberts. Di klasemen, Bhayangkara FC menduduki peringkat keempat.

Selain itu, Muhammad Hargianto dan kawan-kawan berstatus juara bertahan Liga 1. Usai pertandingan nanti malam, kompetisi Liga 1 2018 bakal menyisakan satu partai lagi, yakni matchday ke-34.

Dari lima pertemuan terakhir, PSM Makassar punya catatan lebih baik ketimbang Bhayangkara FC. Berikut rekor pertemuan kedua tim di Liga 1.

Rekor Pertemuan

Pemain PSM Makassar, Ferdinand Sinaga, bersama rekan-rekannya melakukan pemanasan saat latihan di Stadion PTIK, Jakarta, Minggu (2/12). Latihan ini persiapan jelang laga Liga 1 melawan Bhayangkara FC. (Bola.com/Yoppy Renato)

Head to head

15/7/2018 - PSM Makassar 2-1 Bhayangkara FC (Liga 1)

19/10/2017 - Bhayangkara FC 0-2 PSM Makassar (Liga 1)

9/7/2017 - PSM Makassar 2-1 Bhayangkara FC (Liga 1)

21/11/2016 - Bhayangkara FC 0-1 PSM Makassar (ISC A)

25/7/2016 - PSM Makassar 1-2 Bhayangkara FC (ISC A)

5 Laga Terakhir

Lima pertandingan terakhir Bhayangkara FC

26/11/2018 - Persebaya Surabaya 1-0 Bhayangkara FC (Liga 1)

19/11/2018 - Bhayangkara FC 2-0 Persipura Jayapura (Liga 1)

9/11/2018 - Madura United 1-2 Bhayangkara FC (Liga 1)

3/11/2018 - Bhayangkara FC 1-2 Persib Bandung (Liga 1)

29/10/2018 - Borneo FC 3-0 Bhayangkara FC (Liga 1)

Lima pertandingan terakhir PSM Makassar

25/11/2018 - PSM Makassar 4-0 Bali United (Liga 1)

16/11/2018 - PSM Makassar 2-2 Persija Jakarta (Liga 1)

10/11/2018 - Persebaya Surabaya 3-0 PSM Makassar (Liga 1)

4/11/2018 - PSM Makassar 4-2 Persipura Jayapura (Liga 1)

29/10/2018 - Madura United 3-0 PSM Makassar (Liga 1)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hampir 40 Tahun, Artika Sari Devi Ingin Tambah Momongan

Posted: 02 Dec 2018 10:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Artika Sari Devi telah dikaruniai dua orang anak buah cinta pernikahannya dengan Baim The Dance Company. Keduanya adalah Sarah Ebiela Ibrahim dan Dayana Zoelie Ibrahim.

Namun, memiliki dua anak dirasa tidak cukup oleh Artika Sari Devi ‎dan suami. Keduanya berencana untuk ‎menambah momongan lagi.

Padahal, usia Artika Sari Devi kini sudah tak muda lagi, dan hampir menginjak 40 tahun.

"Sebenernya sih kalau di keluarga kita, saya dan Mas (Baim) sih pengin punya anak lagi, karena tahun depan sudah kepala 4. Saat yang sudah tepat aja gitu. Selama ini kami tetap usaha, sih. Kami berbuat dan berdoa. Kalau doa aja enggak akan jadi," kata Artika Sari Devi, di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (2/12/2018).

 

Target

Baim dan Artika Sari Devi. (Instagram/baimguitar)

Namun untuk mewujudkannya, Artika Sari Devi dan Baim harus memenuhi target yang telah disepakati. Setiap ingin memiliki momongan, harus mempersiapkan segala hal, terutama dalam segi finansial, sebab segala apa pun itu butuh persiapan.

"Menambah momongan itu bagi kami nambah tabungan dulu-lah. Sampai cukup, baru nambah. Kalau saya dan suami punya anak harus direncanakan. Sekarang sih alhamdulillah sudah ada tabungan untuk menyambut anak ketiga. Kalau Tuhan sudah mau, kasih punya anak lagi ya kami sudah siap," ujarnya.

 

Jenis Kelamin

Artika Sari Devi dan Baim (Adrian Putra/Fimela.com)

Untuk jenis kelamin, Artika Sari Devi, menyerahkannya kepada Tuhan. Terpenting anaknya sehat dan tidak kekurangan apa pun.

"Kalau dikasih rezeki (cewek/cowok) enggak apa-apa, kalau Tuhan kasih ya berarti masih rezeki saya dan Mas Baim," ucapnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Kejutan Jokowi di Hari Ulang Tahun Guru

Posted: 02 Dec 2018 10:19 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyatakan, kemajuan teknologi tak bisa menggantikan peran guru. Lewat guru, karakter seorang anak mulai terbentuk lewat budi pekerti serta nilai-nilai kebaikan yang hakiki.

Namun, seiring perkembangan zaman dan teknologi, tak bisa dipungkiri ruang kelas kini tak lagi menjadi satu-satunya tempat belajar. Siswa bisa belajar secara mandiri dari berbagai sumber, terlebih lewat teknologi.

"Kini ruang kelas bukan satu-satunya tempat belajar. Dunia virtual adalah kampus kita. Google juga sudah menjadi perpustakaan kita. Wikipedia menjadi ensiklopedi kita. Kindle, buku elektronik, juga menjadi buku pelajaran kita," kata Jokowi saat hadir di HUT ke-73 PGRI dan Hari Guru di Stasion, Pakansari, Cibinong, Bogor, Sabtu, 1 Desember kemarin, seperti dilansir Antara, Senin (3/12/2018).

Untuk itu para guru diminta tak hanya sekedar memberi materi, tapi juga membangun imajinasi serta kreativitas anak agar proses belajar mengajar lebih menyenangkan.

Menjawab tantangan seiring perkembangan teknologi, sarana dan prasarana pun terus diberikan untuk meningkatkan SDM, terutama kualiatas para guru di dunia pendidikan.

Dalam bentuk apa sajakah itu? Berikut ini kejutan Jokowi di Hari Ulang Tahun Guru bagi guru honorer:

PP Pekerja Kontrak Diterbitkan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pidato pada upacara peringatan HUT ke-45 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) di Silang Monas, Jakarta, Selasa (29/11). Acara dihadiri ribuan PNS lintas instansi berpakaian adat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ketua Pengurus Besar (PB) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Didi Suprijadi mengatakan dari sekitar 4 juta guru yang ada di Tanah Air, sebagian merupakan guru honorer.

"Dari sekitar 4 juta guru, itu setengahnya honorer. Artinya sekitar 2 jutaan. Yang PNS itu hanya 1,5 juta," ungkap Didi. 

Dengan diterbitkannya Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) ini membuka peluang bagi tenaga honorer yang telah melampaui batas usia pelamar pegawai negeri sipil (PNS) untuk menjadi ASN dengan status PPPK.

Lewat PP ini masalah yang kerap dihadapi para tenaga honorer dapat diselesaikan dan menjadi payung hukum untuk merekrtut para profesional dengan batas usia pelamar paling rendah 20 tahun dan paling tinggi 1 tahun sebelum batas usia pensiun jabatan tersebut.

Hak dan Kewajiban Sama dengan PNS

Presiden Joko Widodo saat berpidato dalam Bali Fintech Agenda IMF-WB 2018 di Nusa Dua, Bali, Kamis (11/10). Jokowi mengaku mengacu pada kebijakan Amerika Serikat (AS) yang merupakan negara kelahiran internet. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Dalam PP ini diatur pula kewajiban dan hak yang didapat para pekerja kontrak.

"PPPK juga akan memiliki kewajiban dan hak keuangan yang sama dengan ASN yang berstatus sebagai PNS dalam pangkat dan jabatan yang setara," kata Deputi II Kepala Staf Kepresidenan, Yanuar Nugroho.

Fleksibilitas batas usia pelamar dan kesetaraan ini untuk memudahkan para guru yang ingin berkontribusi tanpa terkendala batasan usia.

 

Tidak Lolos CPNS Jadi PNS

Calon Presiden Nomor Urut 01 Joko Widodo berdiskusi dengan masyarakat kreatif Bandung di Simpul Space, BandungSabtu (10/11). Jokowi berdialog dengan masyarakat kreatif Bandung dalam upaya mengembangkan ekonomi digital. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Jokowi juga telah menandatangaini Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja (P3K).

Dengan PP ini, guru honorer K2 (kategori dua) dan non-kategori di atas 35 tahun yang tidak lulus dalam tes calon pegawai negeri sipil (CPNS), bisa diangkat menjadi pegawai pemerintah (PNS). 

Melalui PP ini, guru honorer K2 dan non-kategori juga punya status dan hak yang sama dengan PNS. Bedanya, masa kerja P3K lebih fleksibel, namun tidak ada jaminan pensiun dan hari tua.

Administrasi Disederhanakan

Presiden Joko Widodo memberikan kata sambutan saat membagikan sertifikat tanah di kawasan Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Selasa (25/9). Jokowi membagikan 7.000 sertifikat tanah kepada masyarakat kabupaten dan kota Bogor. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Jokowi juga menyoroti persoalan administrasi guru yang masih berbelit-belit. Seperti proses pencairan tunjangan profesi dan rekrutmen guru baru.

Hal ini membuat pertemuan guru dengan murid di kelas kurang maksimal karena sibuk mengurus hal yang sifatnya administratif.

"Mengingat tugas guru yang mulia dan sangat berat, saya tidak ingin para guru masih dibebani dengan tugas-tugas administrasi yang berat," tegas dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Desainer Penyandang Disabilitas Indonesia dengan Karya Mengagumkan

Posted: 02 Dec 2018 10:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki keterbatasan fisik bukan penghalang untuk seseorang meraih impian dan harapannya. Juga, bukan menjadi alasan untuk tak bisa berkarya untuk Indonesia. Hal itu dibuktikan oleh para desainer penyandang disabilitas lewat deretan karya kreatif yang menakjubkan.

Bertepatan dengan peringatan Hari Penyandang Disabilitas Internasional yang jatuh setiap 3 Desember, Liputan6.com merangkum tiga sosok desainer difabel berbakat di Indonesia dari berbagai sumber. Salah satunya adalah Rafi Ridwan, seorang penyandang disabilitas yang karyanya melenggang ke taraf internasional dan mengharumkan nama Indonesia sejak dini. 

Meskipun terlahir sebagai tunarungu, Rafi tidak patah semangat untuk terus meraih cita-citanya. Selalu ada cara baginya untuk membuat hidupnya lebih berwarna.

Berawal dari serial televisi Little Mermaid, Rafi memulai membuat sketsa baju untuk pemeran Ariel tersebut. Bakat menggambar Rafi diketahui lewat sketsa rompi, jaket, hingga gaun yang dibuatnya dengan spidol warna.

Saat berulang tahun ke-9, anak lelaki kelahiran 2002 ini berhasil menggelar pertunjukan kecil bersama desainer ternama Indonesia, Barli Asmara. Sebanyak tujuh rancangan dipamerkan dalam pertunjukkan tersebut.

Seiring berjalannya waktu, pada 2016, Rafi kembali menorehkan prestasi tidak hanya di dalam negeri tapi juga di mancanegara. Ia berkontribusi dalam program American Next Top Model dan bekerja sama dengan Tyra Banks.

Namun, tidak hanya Rafi Ridwan, ada juga Windi Setyoningsih dan Rahmat Hidayat yang belum lama jadi trending topic di media sosial. Keduanya sama-sama berkarya lewat desain busana.

 

Rahmat Hidayat

Rahmat Hidaya bersama Anne Avantie di butik Anne di Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis (29/11/2018) (Liputan6.com/Komarudin)

Rahmat Hidayat, lelaki berusia 25 tahun dan tinggal di Sidangkerta, Ciawitali, Bandung Barat juga memiliki bakat dengan keahlian membuat desain gaun-gaun cantik. Ia kerap menggunakan media sosial Instagram, untuk mengunggah sejumlah karyanya di @jabar_pisan.

Salah satu desainnya adalah ball gown berwarna ungu dengan lengan panjang dan menggembung di atas. Melihat hasil karyanya, warganet takjub dan tak sedikit orang yang langsung menyebarkan informasi tersebut kepada sejumlah desainer ternama Indonesia, seperti Ivan Gunawan, Didiet Maulana, hingga Zaskia Sungkar.

Tak heran, lelaki yang merupakan tulang punggung keluarga itu menaruh sejumlah harapannya di dunia desain busana. Karya kreatifnya menarik perhatian desainer papan atas, Anne Avantie. Rahmat mengaku ketertarikannya pada dunia desain setelah menonton drama Korea.

 

 

 

 

Windi Setyoningsih

Windi Setyoningsih memamerkan sketsa busana pesta dan gaun pengantin  (Liputan6.com/Fajar Eko Nugroho)

Memiliki cita-cita untuk mengubah hidup menjadi lebih baik, juga ditekuni oleh Windi Setyoningsih, yang memiliki kemampuan menggambar luar biasa, tapi sempat menjadi bahan ejekan oleh teman-temannya karena selalu tinggal kelas. 

Selain itu, perempuan berusia 24 tahun asal Pekalongan, Jawa Tengah ini juga mempunyai kemampuan nalar yang cukup lemah. Meski begitu, ia giat mengembangkan bakatnya di dunia desain baju.

Sempat viral di media sosial, hasil karyanya menarik perhatian desainer ternama, Ivan Gunawan, yang memberikan apresiasi di mana desain milik perempuan tunagrahita itu dipilih oleh Ivan Gunawan dan akan digunakan untuk produk kerudungnya. Juga, memberikan sepaket pensil untuk ia membuat rancangan baju yang lebih banyak.

Kerja samanya dengan Ivan menjadi peluang besar bagi Windi untuk terus meraih cita-citanya dan sukses sebagai desainer Indonesia hingga saat ini. Seperti yang tertulis di Liputan6.com, seluruh karya Windi akan dipamerkan di rumah mode milik Ivan Gunawan, dan semua hasil penjualan akan diserahkan untuk Windi. (Mariany)

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Integrasi GPN Bikin Bayar Tol, KRL dan Parkir Cukup dengan 1 Kartu

Posted: 02 Dec 2018 10:12 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Integrasi sistem pembayaran di sektor transportasi menjadi penting terutama sejak diluncurkannya Nasional Payment Gateway atau Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) oleh Bank Indonesia (BI).

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Perhubungan Kementerian Perhubungan, Sugihardjo, menyebutkan bahwa harus ada implikasi GPN di sektor transportasi dalam mengintegrasikan sistem pembayaran elektronik yang meliputi pembayaran transportasi antar moda darat, laut, udara, dan perkeretaapian.

Selain itu, pria yang akrab disapa Jojo ini menyebutkan implikasi GPN juga harus ada pada perparkiran dan jalan berbayar atau Electronic Road Pricing (ERP). Dengan demikian masyarakat pengguna layanan transportasi tidak perlu lagi memiliki banyak kartu pembayaran.

Dengan adanya integrasi sistem pembayaran elektronik bidang transportasi penggunaan kartu pembayaran akan mejadi lebih efektif dan efisien sebab nantinya masyarakat akan dapat menggunakan uang elektronik dari berbagai penerbit pada berbagai moda transportasi.

"Dengan adanya GPN, diharapkan para pengguna kartu debit terkhusus pengguna jasa transportasi tidak perlu memiliki beragam kartu pembayaran elektronik yang diterbitkan oleh Bank yang ada atau penyedia jasa transportasi (OK Trip, kartu commuter line), cukup menggunakan satu kartu berlogo GPN bisa untuk bertransaksi dimana saja." Kata Jojo dalam acara Focus Group Discussion (FGD) dengan tema "Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) dalam Meningkatkan Efisiensi Sektor Transportasi" di Jakarta, Senin (3/12/2018).

Jojo menyatakan integrasi tersebut sudah harus dapat disepakati tahun ini. "Jika diskusi hari ini tidak menghasilkan keputusan yang bulat nanti akan dibentuk tim kecil," ujarnya.

Integrasi tersebut akan meningkatkan efisiensi layanan publik melalui penerapan pembayaran secara nontunai. Untuk mencapai integrasi tersebut, ada tiga hal yang perlu dilaksanakan.

Pertama, penggunaan uang elektronik sebagai instrumen pembayaran transportasi publik menggantikan tiket. Kedua, standarisasi instrumen uang elektronik yang selaras dengan kebijakan GPN. Ketiga, keberlangsungan model bisnis serta menghargai investasi yang telah ada dengan mengadopsi skema harga (pricing) sesuai best practices.

 

Kepemilikan Moda Transportasi

Pengendara melakukan transaksi menggunakan kartu e-Toll di gerbang tol Semanggi 2, Jakarta, Selasa (31/10). Penerapan transaksi nontunai atau penggunaan uang elektronik di gerbang tol mulai dilaksanakan secara penuh hari ini. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Namun untuk mencapai kondisi tersebut bukan tanpa tantangan. Jojo menyebutkan ada beberapa tantangan yang mesti dihadapi dalam mewujudkan integrasi pembayaran transportasi Jabodetabek . Kendala utama adalah adanya perbedaan kepemilikan moda transportasi, antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

"Untuk itu, strategi integrasi sistem pembayaran elektronik moda transportasi disinergikan dengan membentuk 2 entitas berbeda. Pertama, unit usaha yang berada dibawah BUMN untuk moda transportasi yang dikelola oleh BUMN. Kedua, konsorsium yang berada dibawah Pemprov DKI dan berbentuk BUMD untuk moda transportasi yang dikelola oleh BUMD. Kedua entitas tersebut harus bersinergi dengan menyediakan infrastruktur pemrosesan uang elektronik yang saling terkoneksi dan dapat beroperasi," ujarnya.

GPN dinilai masih belum efektif mengingat masyarakat lebih memilih menggunakan kartu debit yang berlogo Internasional dalam melakukan transaksi luar maupun dalam negeri. Selain itu, kebiasaan masyarakat Indonesia dalam bertransaksi dilakukan secara tunai juga merupakan salah satu tantangan yang harus diselesaikan.

"Delapan puluh lima persen transaksi di Tanah Air masih dilakukan secara tunai, padahal 36 persen masyarakat saat ini sudah memiliki account number di bank, namun transaksi non tunai hanya 10 persen." Ujarnya.

Akan tetapi jika melihat ke beberapa negara maju, seperti China, Singapura, dan Belanda, penggunaan GPN ini telah diimplementasikan dalam berlomba melakukan inovasi.

"Ke depanya, GPN diharapkan dapat menjadi solusi sistem pembayaran elektronik yang terintegrasi dengan berbagai moda transportasi," tutupnya.

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bekraf dan Mandiri Capital Bantu Perkuat Ekosistem Startup Lewat Program GSI

Posted: 02 Dec 2018 10:09 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Platform GoStartupIndonesia (GSI) yang dihadirkan oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) bersama Mandiri Capital Indonesia, menggelar konferensi GSI Scale Con pada hari ini, Senin (3/11/2018).

Konferensi bertema Pembinaan Startup Tahap Lanjutan ini merupakan salah satu kegiatan di bawah GSI untuk membantu membangun eksosistem startup menjadi lebih baik melalui berbagai kegiatan.

Konferensi ini terdiri dari berbagai acara, yakni final pitching competition, talkshow, dan monitoring. Konferensi yang baru pertama kali digelar ini diklaim dihadiri oleh lebih dari dua ribu peserta dari kalangan penggiat teknologi, startup, korporasi, investor, media, pengusaha, akademisi, dan komunitas.

Deputi Akses Permodalan Bekraf, Fadjar Hutomo, mengatakan program GSI diharapkan bisa membuat ekosistem startup di Indonesia semakin baik. GSI, katanya, bertujuan menyinergikan berbagai pihak yang terlibat dalam ekosistem startup

Ia pun menyebut konferensi tahunan GSI sebagai ajang penting untuk para startup. "Konferensi tahunan ini merupakan ajang penting sekaligus bermanfaat, yang mempertemukan setiap pihak yang terlibat seperti pemerintah, ahli di bidang teknologi, penggiat startup hingga para investor, dan mendorong semakin banyak startup untuk IPO (Initial Public Offering)," ujar Fadjar dalam acara konferensi pers GSI Scale Con 2018 di Jakarta, Senin (3/11/2018).

Direktur Finansial Mandiri Capital Hira Laksamana, menilai GSI Scale Con selaras dengan tujuan Mandiri untuk terus berupaya mengoptimalkan potensi semangat kewirausahaan dan startup di Indonesia. Mandiri Capital merupakan perusahaan modal ventura bentukan Bank Mandiri.

"Bukan hanya Mandiri as a group, kami juga ingin membangum ekosistem yang lebih luas. Semakin banyak startup, terutama yang dapat menumbuhkan finansial Indonesia, maka kami sangat mendukung program tersebut," tuturnya.

Rangkaian Acara GSI Scale Con 2018

Bekraf dan Mandiri Capital Bantu Perkuat Ekosistem Startup Lewat Program GSI. Liputan6.com/ Andina Librianty

Adapun beberapa acara dalam konferensi ini adalah GSI Alley dan pameran startup yang dimeriahkan oleh lebih dari 16 startup.

Seluruh startup tersebut merupakan finalis dari kota-kota roadshow GSI Startup Championship, yakni Surabaya, Yogyakarta, Medan, Denpasar, Jakarta, Bandung, dan Batam.

Pemilihan 16 startup ini berdasarkan berbagai pertimbangan, termasuk rekomendasi dari coworking space dan inkubator, serta dilihat dari dampak sosial yang bisa diberikan.

"Kami sangat memperhatikan rekomendasi mereka, karena kami juga ingin memberdayakan peran mereka juga. Selain itu, kami juga mempertimbangkan soal social impact dari startup-startup tersebut," ungkap Fadjar.

Lebih lanjut, acara lain dalam GSI Scale Con ini adalah Scale Hours dan Studios, yakni sesi yang memfasilitasi peserta konferensi untuk lebih dekat dengan para ahli berpengalaman di industri startup. Sesi diskusi di Scale Studios akan dibatasi dalam kelompok kecil agar diskusi dan interaksi dapat lebih fokus.

Kemudian ada sesi Speed Dating, yang akan mempertemukan pra startup dengan puluhan investor terkemuka dari berbagai negara. Kemudian ada GSI Startup Championship Grand Finale yang merupakan sesi puncak konferensi.

Sesi final tersebut merupakan arena pitch battle yang menghadirkan startup terbaik untuk melakukan pitching di hadapan peserta dan menjawab pertanyaan dari dewan juri.

Finalis memiliki kesempatan mendapatkan paket pelatihan startup di Amerika Serikat (AS) dan Jerman, eksposur dari investor, media, serta hadiah jutaan rupiah.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wujud BMW X7 Versi Produksi Mulai Terlihat, Berminat?

Posted: 02 Dec 2018 10:07 PM PST

Liputan6.com, Los Angeles - BMW X7 versi produksi unjuk diri di Los Angeles Auto Show 2018. X7 merupakan model SUV terbesar dan termahal yang dimiliki BMW, melengkapi seri X yang ada. Selain bertenaga besar, kabin lega, alat pijat otomatis, apalagi yang dijanjikan mobil ini?

X7 ditawarkan dalam dua tipe mesin: xDrive40i dan xDrive50i. Untuk xDrive40i mengusung mesin 6 silinder TwinPower Turbo berkubikasi 3,0 liter. Tipe paling bawah ini mampu menghasilkan tenaga sudah cukup besar, mencapai 334 Tk dan torsi 447 Nm. Wajar saja, mengingat X7 punya dimensi yang gambot. Tipe ini dibanderol $ 73.900 atau Rp 1,06 miliaran.

Tipe tertingginya berspesifikasi mesin V8 4,4 liter TwinPower Turbo, dengan memproduksi daya 457 Tk dan torsi 649 Nm. Harganya $92.600 atau setara Rp 1,329 miliaran jika dikonversi. Keseluruhan tenaga pada xDrive40i dan xDrive50i didistribusi melalui sistem transmisi otomatis 8-percepatan ke seluruh roda.

Mobil berdimensi 5.176 x 1.998 x 1.805 mm (PxLxT) ini, punya daya tampung hingga 7 penumpang. Itu pun masih menyisakan ruang bagasi berkapasitas 1.376 liter. Fleksibilitas angkut barang dioptimalkan BMW dengan pelipatan bangku yang rata dengan lantai. Hasilnya, bila bangku baris kedua dan ketiga dilipat bakal menyediakan ruang bagasi mencapai 2.549 liter.

Standar kenyamanan BMW memang tak perlu dipertanyakan lagi. Selain dimanjakan desain interior yang elegan, penumpang disuguhi panoramic roof berdimensi besar. Bangku pengendara dilengkapi pemanas. Bahkan dapat ditingkatkan dengan ventilasi atau pemijat otomatis. Bila konsumen menginginkan fitur ini dipasang ke seluruh bangku, BMW menyediakannya sebagai opsional. Kenyamanan pengendaraan turut ditunjang suspensi udara two-axle yang dapat diatur ketinggiannya, sehingga memudahkan akses penumpang dan memuat barang.

 

 

Selanjutnya

Kemudahan akses hiburan, kontrol kendaraan dan navigasi didukung sistem BMW iDrive 7.0. Segala informasi ditampilkan dalam dua layar 12,3 inci. Terdapat BMW Intelligent Personal Assistant yang bisa diaktifkan melalui perintah suara. Pengemudi cukup mengucapkan 'Hey BMW' atau menciptakan kata aktivitasi sendiri. Fitur hiburan turut diperkuat perangkat Harman Kardon Surround Sound Audio System. Setidaknya terdapat 16 speaker yang mencakup: 7 tweeter, 4 midrange speaker di pintu, 2 midrange speaker di pilar D, 2 bass speaker di bawah bangku depan dan 1 midrange center channel speaker.

Urusan keamanan dan keselamatan berkendara tak luput dari perhatian BMW untuk X7. Versi terbawahnya sudah dilengkapi berbagai fitur keselamatan, baik untuk pengemudi maupun lingkungan sekitar. Fiturnya meliputi: Extended Traffic Jam Assistant, Daytime Pedestrian Protection, Frontal Collision Warning with City Collision Mitigation, Lane Departure Warning, Active Blind Spot Detection, Rear Cross Traffic Alert dan kamera 360 derajat untuk memantau kondisi sekitar mobil. Bahkan BMW juga menawarkan opsi Remote Engine Start bagi konsumen yang ingin meningkatkan kenyamanan saat ingin berkendara.

BMW X7 baru mulai dipasarkan di Amerika Serikat tahun depan. Bagaimana dengan Indonesia? Seri X di Indonesia cukup digemari dan semua lini sudah dijual. Cuma sejauh ini belum ada informasi terkait hal itu. 

Sumber: Oto.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sering Dimarahi, Suami Tega Bacok Istri di Sukabumi

Posted: 02 Dec 2018 10:04 PM PST

Patroli, Sukabumi - Kerap memarahi bahkan hingga menghina, seorang istri di Sukabumi, Jawa Barat, dibacok suaminya dengan sebilah pisau daging. Beruntung warga mendengar teriakan minta tolong korban, sehingga langsung dibawa ke rumah sakit.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Senin (3/12/2018), warga Kampung Ciheulang Tonggoh, Sukabumi, Jawa Barat, Ida Lisdawati, harus mengalami luka cukup serius akibat senjata tajam yang tak lain dilakukan oleh suaminya, Aloi Wijaya.

Kejadian berawal saat pasangan suami istri yang terpaut usia 36 tahun itu terlibat perselisihan di dalam rumah. Tiba-tiba pelaku mengunci seluruh pintu dan membacok sang istri secara membabi buta dengan pisau daging yang ada di dapur.

Teriakan korban lantas mengundang perhatian warga untuk mendobrak pintu. Saat itu korban didapati sudah berlumuran darah akibat luka di bagian leher, punggung, dan tangan.

Hasil pemeriksaan aparat Polsek Cibadak, pelaku melampiaskan kekesalannya yang dipendam selama dua tahun terakhir karena sang istri kerap memarahi dan menghina pelaku.

Sementara korban, saat ini menjalani perawatan di Rumah Sakit Sekarwangi. Sedangkan pelaku yang sudah ditetapkan sebagai tersangka dijerat undang-undang kekerasan dalam rumah tangga, dengan ancaman hukuman 10 tahun penjara. (Galuh Garmabrata)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Presiden Nigeria Meninggal dan Digantikan Manusia Kloning? Ini Faktanya

Posted: 02 Dec 2018 10:03 PM PST

Liputan6.com, Abuja - Presiden Nigeria, Muhammadu Buhari, digosipkan telah meninggal dunia, dan sosoknya yang hadir saat ini merupakan "kloning". 

Satu teori secara luas beredar di media sosial--yang menurut beberapa lawan politiknya--bahwa dia telah digantikan oleh seorang warga Sudan yang mirip dengannya dan bernama Jubril.

Tidak ada bukti yang disajikan terkait gosip terkait pemimpin Nigeria itu, tetapi video yang membuat klaim tersebut telah ditonton ribuan kali di YouTube dan Facebook.

Dikutip dari The Guardian pada Senin (3/12/2018), Buhari membantah klaim bahwa dia telah meninggal dan digantikan oleh sosok asal Sudan yang mirip dengannya. Pernyataan itu memecah kebisuannya soal rumor yang telah beredar di media sosial selama berbulan-bulan.

Buhari, yang mencalonkan kembali dalam pilpres Nigeria pada Februari nanti, menghabiskan waktu lima bulan di Inggris pada 2017, untuk mengobati penyakitnya yang dirahasiakan rinciannya.

"Ini saya yang sesungguhnya, saya jamin. Saya akan segera merayakan ulang tahun ke 76, dan saya akan tetap kuat," kata Buhari kepada warga Nigeria dalam sesi pertemuan diaspora di Polandia, Minggu, 2 Desember 2018.

"Banyak orang berharap saya meninggal saat sakit. Beberapa bahkan mendorong wakil presiden untuk naik jabatan dan mereka mengajukan diri sebagai wapres, karena mereka menganggap saya sudah tiada. Itu sangat memalukan," kata dia, menambahkan bahwa mereka yang menyebarkan desas-desus itu tidak punya kepedulian dan tidak religius.

Pemimpin Nigeria tersebut mengatakan, dia menantikan untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-76 pada 17 Desember 2018.

Pemerintahan Nigeria mengedarkan komentar Buhari dalam sebuah pernyataan resmi via email berjudul "Ini Saya Versi Nyata: Presiden Buhari Menanggapi Tuduhan Kloning".

Dalam sebuah video terlihat Buhari membacakan bantahannya, yang disambut tawa rekan-rekannya. 

Tanggapan tersebut telah diunggah ke akun Twitter presiden, yang diikuti oleh 1,76 juta orang, di mana disematkan sebagai kicauan teratas.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

Nigeria Belajar CCT ke Indonesia

Dubes RI untuk Nigeria dan Congo, Harry Purwanto (kedua kiri) memberikan sambutan di hadapan pengusaha muda pada acara Delegation Meeting Trade Expo Indonesia di ICE BSD, Tangerang, Kamis (25/10). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sementara itu, pemerintah Nigeria dan 14 negara lainnya memberikan apresiasi terhadap keberhasilan pemerintah Indonesia dalam Program Keluarga Harapan (PKH), atau Conditional Cash Transfer (CCT), sebagai penanggulangan kemiskinan. Karena itu, mereka merasa tertarik untuk mempelajari PKH.

Untuk mengetahui lebih dalam tentang penerapan Program Keluarga Harapan (PKH), sebanyak 20 delegasi pemerintah Nigeria menyambangi kantor Kementerian Sosial RI, Rabu, 14 November 2018.

Assistant Project Accountant Negeria Cash Transfer Officer Adam Ibraheem Salisu mengatakan, selain untuk bersilaturahmi, kunjungan kerja itu dimaksudkan untuk bertukar informasi terkait CCT di negaranya maupun di Indonesia.

Adam mengaku sebagai negara yang baru menerapkan CCT harus banyak belajar, dari berbagai negara yang telah sukses menjalankannya, seperti Indonesia yang telah menerapkan program ini sejak 2007. Nigeria sebagai negara berkembang baru menerapkan CCT selama 2 tahun.

"Usia CCT kami baru 2 tahun. Untuk itu, pemerintah kami mengirimkan sejumlah tim ke negara-nagara yang telah mempunyai pengalaman menerapkan CCT seperti Indonesia," ucap Adam.

Sejumlah negara telah menerapkan CTT antara lain Indonesia, Brasilia, Kenya, dikatakan Adam masing-masing negara mempunyai kelebihan dalam menjalakan program pengentasan kemiskinan ini. "Indonesia sebagai negara besar mempunyai infrastruktur CCT yang sangat bagus dan sistem yang baik," tegasnya.

Adam mengakui penerapan PKH sangat sukses dan mempunyai banyak kelebihan seperti adanya tim yang sangat kuat dalam menjalankan program ini. Selain itu, CCT ini mendapatkan dukungan kebijakan yang kuat dari pemerintah Indonesia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyandang Disabilitas Punya Peran dalam Pembangunan Dunia

Posted: 02 Dec 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Hari Disabilitas Internasional dirayakan setiap 3 Desember setiap tahunnya. Peringatan tersebut telah dilakukan sejak 1992 oleh resolusi Majelis Umum PBB 47/3.

Mengutip laman resmi Persatuan Bangsa-Bangsa un.org pada Senin (3/12/2018), tujuan Hari Disabilitas Internasional ini bertujuan untuk mempromosikan hak dan kesejahteraan para penyandang disabilitas di semua bidang masyarakat dan pembangunan.

Selain itu, juga bertujuan meningkatkan kesadaran akan situasi mereka. Termasuk dalam aspek kehidupan politik, sosial, ekonomi, dan budaya.

Pada 2018, tema yang diambil berfokus pada pemberdayaan penyandang disabilitas untuk pembangunan yang inklusif, berkeadilan, dan berkelanjutan (Empowering Persons With Disabilities and ensuring inclusiveness and equality) sebagai bagian dari Agenda Pembangunan Berkelanjutan 2030. Agenda ini meminta agar masyarakat tidak meninggalkan siapa pun di belakang.

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

Disabilitas di dunia

Penari dari Candoco Dance Company menggunakan tongkat dan kursi roda melakukan latihan jelang pertunjukan di London utara, Inggris (13/4). Penari ini juga terdiri dari orang yang berkebutuhan khusus. (AFP Photo/Daniel Leal Olivas)

PBB menyatakan, penyandang disabilitas, baik sebagai penerima manfaat maupun agen perubahan, dapat mempercepat proses pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan, serta mempromosikan masyarakat yang tangguh. Termasuk dalam konteks pengurangan risiko bencana, aksi kemanusiaan, serta pembangunan perkotaan.

Mengutip laman World Health Organization (WHO) di who.int, setidaknya 10 persen dari populasi dunia (sekitar 650 juta orang) hidup dengan disabilitas. Sementara, 20 persen dari penduduk miskin dunia adalah disabilitas.

Laporan WHO pada 2009 menyatakan, di banyak negara berpenghasilan rendah dan menengah, hanya lima sampai lima belas persen para penyandang disabilitas yang mampu mengakses alat bantu dan teknologi yang membantunya.

 

UU Disabilitas di Indonesia

Selebrasi M Fadli pebalap sepeda Indonesia yang meraih medali emas di nomor 4000 meter Individual Pursuit C4 di Velodrome Rawamangun, Jakarta,  Jumat (11/10/2018).  (Bola.com/Peksi Cahyo)

Di tanah air sendiri, tema Hari Disabilitas Internasional diterjemahkan menjadi tema nasional "Indonesia Inklusi dan Ramah Disabilitas". Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, di masa pemerintahan Presiden Joko Widodo, dikeluarkan Undang-undang Penyandang Disabilitas Nomor 8 Tahun 2016. Isinya adalah tentang pemenuhan hak penyandang disabilitas.

"Undang-undang ini untuk menjamin terpenuhinya hak dan kesempatan penyandang disabilitas. Ada 24 hak penyandang disabilitas yang diatur dalam UU tersebut misalnya hak hidup, pekerjaan, pendidikan, akses fasilitas, hak bebas dari stigma, kesejahteraan sosial, dan pelayanan publik," ujar Agus seperti dikutip dalam kemsos.go.id.

Peringatan Hari Disabilitas Internasional di Indonesia sendiri diadakan di Bekasi pada Minggu dan Senin, 2 hingga 3 Desember 2018. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Presiden Joko Widodo.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

SMA dan SMK di Kepulauan Babel Bakal Terapkan Full Day School

Posted: 02 Dec 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Bangka Belitung - Seluruh SMA dan SMK di Kepulauan Bangka Belitung akan menerapkan sistem pendidikan sehari penuh (full day school). Keinginan ini setidaknya diutarakan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan, dan bakal diterapkan pada 2019. 

"Sekarang baru sebagian kecil sekolah yang sudah menerapkan sistem pendidikan sehari penuh atau full day," kata Erzaldi Rosman Djohan seperti dikutip dari laman Antara, Senin (3/12/2018).

Ia mengatakan sistem full day school ini diterapkan pada Senin sampai Jumat, sementara Sabtu siswa hanya datang ke sekolah untuk mengikuti kegiatan ektra kurikuler.

Dengan sistem tersebut, guru dibiasakan tidak memberi pekerjaan rumah (PR) kepada siswa, jadi tugas selesai di sekolah.

"Di rumah siswa tinggal berdekat atau berkomunikasi dengan orang tua, sehingga hubungan batin antara anak dengan orang tua semakin dekat," ujar Erzaldi.

Menurut dia, nanti kalau semua sudah penerapan full day school, siswa wajib membawa makan dari rumah. Orang tua wajib masak pagi-pagi buat anaknya.

"Dengan membawa makan ke Sekolah, anak-anak diajari cara berbagi bersama teman-temannya. Misalnya anak A membawa 3 lauk, si B membawa 3 lauk, si C membawa 1 lauk, dan si D lauknya hanya pakai kecap," katanya.

Ia menambahkan dengan makan bersama-sama itu, anak-anak yang membawa lauk lebih itu diajarkan untuk memberi lauk kepada anak yang hanya lauknya kecap.

Kemudian, dengan membawa makan ke sekolah, anak-anak juga diajarkan saling tukar lauk, sehingga ada rasa kebersamaan dan saling berbagi antar siswa.

"Ini adalah karakter yang harus kita tanamkan di dalam jiwa anak-anak didik di sekolah," ungkap Erzaldi.

Ia menegaskan dengan adanya sistem full day school ini yang perlu diperhatikan pihak sekolah yaitu harus memprogramkan setiap pagi sebelum belajar, bagi yang beragama Islam, untuk mengaji dan siswa beragama Kristen, Hindu, Buddha diajarkan berdoa menurut agama dan kepercayaannya.

"Ini, dimaksudkan, mendorong siswa berbuat baik dan bertakwa kepada Tuhan yang maha esa," kata Erzaldi menambahkan.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Dia Deretan Travel Advices yang Mencekik Kunjungan Wisman Stagnan

Posted: 02 Dec 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Salah satu hantu yang paling seram menakutkan industri pariwisata Indonesia adalah status travel advice, travel warning, dan travel ban. Sebab, begitu pemerintah dari negara originasi itu mengeluarkan status peringatan sampai larangan berwisata ke Indonesia itu, maka asuransi tidak berlaku. Itulah yang ditakuti wisatawan, sekaligus dikhawatirkan oleh industri pariwisata.

Harus diakui, industri hospitality itu sangat sensitif dengan segala rupa ketegangan, krisis dan kegaduhan. Krisis itu bisa disebabkan oleh alam, teknologi maupun sosial politik.

Karena itu, menjadi core economy bangsa, sektor pariwisata harus dijaga bersama, oleh Pentahelix Model yang terus digaungkan oleh Menpar Arief Yahya. Pentahelix itu, ABCGM - Academician Business Community Government Media.

Setiap terjadi bencana alam, kecelakaan moda transportasi, isu keamanan, maupun faktor lain, banyak negara yang mengeluarkan travel advice hingga travel warning. Imbasnya, kunjungan wisatawan mancanegara jadi terimbas.

Celaka nya lagi, travel advice itu berlaku untuk satu negara, bukan satu kota atau satu pulau. Meskipun Indonesia itu luas dan panjang. Kejadian di satu titik belum tentu berdampak pada titik yang lain. Tapi, travel warning berlaku menyeluruh satu negara.

Dampak dari travel advice ini sebenarnya sudah dirasakan sektor pariwisata sejak awal tahun 2018. Tepatnya imbas Gunung Agung erupsi di Bali di September 2017. Dampaknya bandara di Bali dan Lombok semoat ditutup. Baru April 2018 kembali normal. Belum sempat bernafas lega, sudah disusul gempa di Rinjani, lalu Gempa di Lombok Timur dan Utara.

Ketika itu, Tiongkok mengeluarkan travel warning buat warga negaranya selama hampir tiga bulan, 27 November 2017 - 4 Januari 2018. Sektor pariwisata Bali benar-benar terpukul akibatnya.

Akhir Juni sampai awal Juli 2018, Gunung Agung meletus lagi. 7 negara menyikapi dengan mengeluarkan travel advice. Tujuh negara itu adalah Inggris, Australia, Selandia Baru, Amerika Serikat, Singapura, Hong Kong, dan Kanada.

Saat gempa besar melanda Lombok Agustus lalu, sebanyak 17 negara kembali mengeluarkan travel advice. Diantaranya, Prancis, Selandia Baru, UK, Cyprus, Luxembourg, Belgia, Jerman, Kanada, Tiongkok, Australia, Amerika Serikat, Singapura, Malaysia, Brazil, dan Swiss.

Travel warning tidak hanya dikeluarkan untuk bencana alam. Saat Lion Air JT 610 jatuh, Pemerintah Australia juga mengeluarkan travel warning. Seluruh pejabatnya dilarang naik Lion Air.

Dari sisi keamanan pun sektor pariwisata bisa terdampak. Seperti saat bom di Surabaya, Februari 2018. Ketika itu, 14 negara mengeluarkan travel warning. Ada Inggris, Polandia, Prancis, Irlandia, Swiss. Amerika, Australia, Hong Kong, Selandia Baru, Singapura, Malaysia, Kanada, Filipina, Brazil.

Ketua Association of Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) Asnawi Bahar, beberapa waktu lalu mengatakan, jumlah kunjungan wisman pada Januari — Mei dipengaruhi oleh kondisi pariwisata di Tanah Air yang terganggu isu terorisme dan kondisi alam.

"Dampaknya, banyak negara yang menerbitkan travel advesory dan travel warning ke Indonesia. Konsekuensinya, tingkat kunjungan wisman pada sisa tahun ini harus digenjot ke level rata-rata 1,5 juta—2 juta per bulan. Ada hal-hal yang harus segera dilakukan agar target itu tercapai," sebutnya.

Dia mengusulkan agar pemerintah menargetkan kunjungan wisman dari pasar kedua dan pasar-pasar yang selama ini belum maksimal digaet. Tak hanya itu, aturan-aturan penerbangan untuk chartered flight harus lebih dipermudah.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Song Joong Ki Ditunjuk Jadi MC MAMA 2018

Posted: 02 Dec 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Seoul - Tinggal menghitung hari, perhelatan Mnet Asian Music Awards atau MAMA 2018 akan dimulai di Korea Selatan. Ajang penghargaan untuk musikus Korea Selatan dan negara-negara Asia lainnya ini, akan digelar pada 10 Desember mendatang.

Namun kemeriahan ini tak hanya satu malam saja. Acara lanjutan MAMA 2018 akan diselenggarakan di Jepang pada 12 Desember mendatang, dan ditutup di Hong Kong pada 14 Desember.

Dilansir dari Soompi, Senin (3/12/2018), akhirnya MC untuk event MAMA 2018 di Hong Kong diumumkan. Ia tak kalah populer dengan Jung Hae In dan Park Bo Gum yang menjadi MC di dua acara MAMA 2018 sebelumnya.

MC tersebut, adalah Song Joong Ki.

Bertabur Bintang

MAMA 2018 (Soompi)

Ini bukan pengalaman pertama Song Joong Ki dalam memandu acara MAMA. Ia pernah mendapat kesempatan serupa pada 2012 dan 2017 lalu.

Sementara itu, dalam MAMA 2018 di Hong Kong nanti, sejumlah idola K-Pop populer akan tampil. Beberapa di antaranya adalah Momoland, Seventeen, Got7, Wanna One, dan lainnya.

Marion Jola di MAMA 2018

Marion Jola tampil di MAMA 2018. (instagram.com/lalamarionmj)

Sementara itu, ada satu hal istimewa dalam perhelatan MAMA 2018 di Korea Selatan. Penyanyi Tanah Air Marion Jola diberikan kepercayaan untuk ikut tampil dalam acara ini. 

Beberapa waktu lalu, muncul pengumuman di akun resmi MAMA 2018 yang bertulis, "[#2018MAMA] Line-up Artist Announcement #MarionJola in Please look forward to a wonderful performance at ."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Sopir Angkot Demo Transjakarta Pulogadung-Pondok Gede

Posted: 02 Dec 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Puluhan sopir angkot menggelar demonstrasi terkait adanya trayek Transjakarta Pulo Gadung - Pondok Gede.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Begini Cara Tukarkan 4 Uang Kertas Lama yang Tak Berlaku Awal 2019

Posted: 02 Dec 2018 09:59 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) mencabut dan menarik beberapa pecahan uang kertas rupiah lama. Penukaran uang itu dilakukan di seluruh kantor BI.

Adapun pencabutan dan penarikan pecahan uang kertas rupiah lama itu berdasarkan Peraturan Bank Indonesia Nomor 10/33/PBI/2008 pada 25 November 2008. Demikian mengutip dari laman BI,Senin (3/12/2018).

Adapun pencabutan dan penarikan beberapa pecahan uang kertas rupiah itu antara lain:

1.Rp 10.000 tahun emisi (TE) 1998 dengan gambar muka pahlawan nasional Tjut Njak Dhien.

2. Rp 20.000 tahun emisi (TE) 1998 dengan gambar muka pahlawan nasional Ki Hadjar Dewantara

3. Rp 50 ribu tahun emisi 1999 dengan gamar muka pahlawan nasional WR Soepratman

4. Rp 100.000 tahun emisi 1999 dengan gambar muka pahlawan proklamator Ir.Soekarno dan Dr H.Mohammad Hatta.

 

 

Batas waktu penukaran pecahan uang kertas lama

Selanjutnya

Ilustrasi Bank Indonesia

BI pun mengimbau bagi masyarakat yang masih memiliki uang pecahan emisi itu, dapat menukar di seluruh kantor BI hingga 30 Desember 2018.

BI membuka layanan penukaran sampai dengan 30 Desember 2018, termasuk layanan khusus pada 29-30 Desember 2018.

BI secara rutin mencabut dan menarik uang rupiah. "Hal tersebut dilakukan dengan pertimbangan antara lain masa edar uang, adanya uang emisi baru dengan perkembangan teknologi unsur pengaman (security features) pada uang kertas," tulis BI.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Habib Bahar Tolak Minta Maaf, Timses Jokowi Ingat Hal Ini

Posted: 02 Dec 2018 09:55 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Penceramah Habib Bahar bin Smith menolak meminta maaf terkait ucapannya yang dinilai menebar kebencian terhadap Presiden Jokowi. Terkait penolakan itu, Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf mengaku tak mempermasalahkan hal tersebut.

Namun demikian, Karding mengingatkan, ucapan Bahar yang menyebut 'Jokowi banci' tidak mencerminkan perkataan seorang tokoh agama.

"Itu haknya Habib Bahar, tetapi yang publik mesti tahu, apa yang dia lakukan terhadap presiden adalah tindakan tercela, tindakan yang tidak sepatutnya dilakukan orang yang menyebut dirinya sebagai keturunan rasul, pendakwah atau tokoh agama," kata Karding melalui pesan tertulis, Senin (3/12/2018).

Dia pun menyampaikan, apa yang seharusnya dilakukan Habib Bahar sebagai orang yang tumbuh di lingkungan Islam, harus bisa menyampaikan ceramah atau berdakwah dengan cara yang lembut. 

"Rasulullah mengajarkan kita berdakwah dengan cara-cara yang lembut, dakwah dengan mengedepankan kejujuran, kalimat-kalimat positif yang mengajak kebaikan. Bukan provokasi, hinaan, cacian yang menyalahkan mengkafir-kafirkan. Itu bukan dakwah dan itu tidak ada dalam contoh Rasulullah," kata dia.

 

Dinilai Sombong

Selain itu, ia pun berpesan jika ada seseorang yang menyerang kita hendaknya kita memaafkan orang tersebut. Dan ia ingin agar Habib Bahar meminta maaf atas ucapannya yang diduga menghina Jokowi.

"Dalam ajaran nabi, jika orang lain memusuhi kita, maka hendaklah memaafkan. Bayangkan orang yang memusuhi saja orang yang menzalimi saja diajarkan untuk dimaafkan, apalagi kita yang menzalimi, apalagi kita yang menghina," ungkap dia.

"Kalau tidak, itulah bentuk kesombongan dan kecongkakan dari seorang Habib Bahar ya. Sehingga ya biar saja itu urusan dia pribadi," sambung dia.

Sebelumnya, Habib Bahar bin Smith dipolisikan akibat ucapan dalam ceramahnya yang menghina Presiden Jokowi. Selain dilaporkan ke Polda Metro Jaya, Habib Bahar juga dilaporkan ke Bareskrim Polri.

"(Laporannya) sudah diterima oleh Bareskrim," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di kantornya, Jakarta Selatan, Kamis, 29 November 2018. 

Reportet: Nur Habibie

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Balapan Liar, Kakak Beradik Tewas Tertabrak Truk Gandeng di Probolinggo

Posted: 02 Dec 2018 09:54 PM PST

Patroli, Probolinggo - Lantaran adu balap motor dengan sesama temannya, kakak beradik warga Probolinggo, Jawa Timur, tewas seketika setelah motor yang dikendarainya bertabrakan dengan truk gandeng. Jenazah keduanya kemudian dibawa ke rumah sakit untuk diautopsi.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Senin (3/12/2018), jenazah dua pria kakak beradik atas nama Imam dan Malik, warga Desa Rejing, Kecamatan Tiris, Probolinggo, Jawa Timur, dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Mohamad Soleh, Kota Probolinggo untuk diautopsi.

Keduanya tewas  setelah motor yang dikendarainya menabrak truk gandeng Senin, 3 Desember 2018 dini hari, di jalan raya Desa Malsan, Kecamatan Leces, Probolinggo. Menurut saksi, kecelakaan berawal saat kedua korban hendak kembali ke rumahnya usai menikmati libur akhir pekan dengan sejumlah temannya.

Dalam perjalan, korban terlibat balapan. Korban yang melaju dari arah Probolinggo dengan kecepatan tinggi menabrak truk gandeng yang muncul dari arah berlawanan, saat hendak mendahului kendaraan di depannya.

Selain memintai keterangan dari para saksi yang juga rekan korban, polisi juga telah mengamankan pengemudi truk ke kantor Satuan Lalu Lintas Polres Probolinggo untuk diperiksa. (Galuh Garmabrata)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

DPR Belum Terima Surat Pengganti Taufik Kurniawan dari PAN

Posted: 02 Dec 2018 09:51 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pimpinan DPR mengaku belum menerima surat dari Partai Amanan Nasional (PAN) mengenai pergantian Taufik Kurniawan di DPR. Taufik yang merupakan wakil ketua DPR terbelit kasus dugaan korupsi di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Taufik yang juga merupakan Wakil Ketua Umum PAN menjadi tersangka kasus dugaan suap Dana Alokasi Khusus (DAK) Kabupaten Kebumen dalam APBN Tahun 2016 oleh KPK.

"Belum ada (surat dari PAN)," kata Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (3/12/2018).

Di tempat yang sama, Wakil Ketua Umum PAN Bara Hasibuan mengatakan partainya masih terus memproses nama siapa tokoh yang akan mengganti Taufik Kurniawan. PAN mengirimkan surat itu sesegera mungkin.

"Karena memang masih dalam proses kita tentukan siapa pengganti Pak Taufik ya. Masih kita proses jadi mudah-mudahan memang hari ini diputuskan dan kita kirim langsung," kata Bara, Senin.

Dia menambahkan, nama terkuat calon pengganti Taufik Kurniawan memang telah mengerucut. Namun tak hanya berujung pada pada Hanafi Rais dan Mulfachri Harahap melainkan juga ada nama lainnya. 

"Ya saya pikir senioritas, senioritas di partai di DPR dan bagaimana sosok untuk mampu mempresentasikan partai, di pimpinan DPR karena ini jabatan yang penting jadi itu penting bagaimana ada juga aspek," ucap Bara.

Tersangka

KPK memperpanjang penahanan Wakil Ketua nonaktif DPR Taufik Kurniawan (TK) dalam kasus dugaan suap pengurusan Dana Alokasi Khusus (DAK) Kabupaten Kebumen.

"Hari ini dilakukan perpanjangan penahanan selama 40 hari dimulai tanggal 22 November 2018 sampai 31 Desember 2018 untuk tersangka TK," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Rabu 21 November 2018.

Taufik sendiri mengaku siap jika jabatannya harus diganti. Dia menyatakan tengah fokus pada proses hukum yang dijalaninya sekarang.

"Barangkali begini, semua sudah diatur oleh mekanisme dan tatib. Saya ikuti tatib saja. Saya masih konsentrasi ke masalah ini," kata Taufik usai diperiksa.

KPK menetapkan Taufik Kurniawan sebagai tersangka. Taufik diduga menerima Rp 3,65 miliar yang merupakan bagian dari komitmen fee 5 persen atas Dana Alokasi Khusus (DAK) Kebumen yang disahkan sebesar Rp 93,37 miliar.

Taufik Kurniawan menerima suap tersebut dari Bupati nonaktif Kebumen Muhammad Yahya Fuad. Yahya sebelumnya sudah dijerat KPK dalam kasus suap DAK bersama delapan orang lainnya.

 

Reporter: Sania Mashabi

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usut Dugaan Pemerkosaan Mahasiswi UGM, Polisi Periksa Saksi di Pulau Seram

Posted: 02 Dec 2018 09:46 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kepolisian masih mengusut kasus dugaan pemerkosaan mahasiswi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta oleh temannya sendiri saat melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Pulau Seram pada 2017. Polisi telah memeriksa saksi-saksi untuk mengungkap fakta peristiwa tersebut.

Kepala Bagian Penerangan Umum Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Kombes Syahar Diantono mengatakan, pengusutan kasus pemerkosaan tersebut dilakukan tim Polda Maluku dan DI Yogyakarta. Penanganan kasus ini masih pada tingkat penyelidikan.

"Di Maluku penyelidikan terkait dengan pemeriksaan saksi yang ada di TKP. Apakah benar terjadi sesuai yang diberitakan, dari situ nanti disimpulkan apakah benar atau tidak," ujar Syahar di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (3/12/2018).

Saksi-saksi yang diperiksa antara lain pemilik rumah yang disewa para mahasiswa UGM yang menggelar KKN di Pulau Seram, Maluku, pada 2017. Polisi juga menggali keterangan dari warga setempat.

 

Dimuat Pers Mahasiswa

Sejauh ini, polisi belum memeriksa korban maupun terduga pelaku terkait dugaan pelecehan seksual tersebut. "Kita mengklarifikasi dulu karena ini tahap penyelidikan. Masih ngumpulin data dan informasi," ucap Syahar.

Kasus dugaan pemerkosaan yang terjadi saat KKN pada 2017 itu terungkap lewat cerita yang dimuat pers mahasiswa. Jajaran Polda DI Yogyakarta kemudian melakukan penyelidikan.

Lantaran perkara tersebut diduga terjadi di wilayah Pulau Seram, penyelidikan pun melibatkan penyidik dari Polda Maluku. Saat ini, kedua polda tersebut tengah mengumpulkan keterangan dan bukti untuk membuat terang peristiwa tersebut.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hasil La Liga Spanyol Pekan Ke-14: Barcelona Cetak Kemenangan Penting

Posted: 02 Dec 2018 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Hasil La Liga Spanyol pekan ke-14 diwarnai dengan kemenangan penting Barcelona atas Villarreal. Di kandang sendiri Stadion Camp Nou, Minggu (2/12/2018) atau Senin dini hari WIB, El Blaugrana, sukses meraih kemenangan 2-0.

Kemenangan ini penting karena mengembali Barcelona ke puncak klasemen La Liga. El Barcelona pun sukses menggusur Sevilla, yang sebelum berada di puncak klasemen.

Pemain belakang, Gerard Pique menjadi bintang Barcelona dengan mencetak gol pertama timnya. Sementara gol kedua dilesakkan Carlos Alena.

Selain Barcelona, dari hasil La Liga Spanyol lainnya, tanda-tanda kebangkitan juga dicetak sang rival utama, Real Madrid. Di kandang sendiri, Stadion Santiago Bernabeu, mereka menang 2-0 atas Valencia.

Sebelumnya, di Liga Champions, mereka juga menang atas klub Italia, AS Roma, juga dengan skor sama.

Berikut selengkapnya hasil La Liga Spanyol pekan ke-14.

 

 

 

Hasil La Liga Spanyol Pekan Ke-14

Striker Real Madrid, Lucas Vazquez, beradu cepat dengan gelandang valencia, Daniel Parejo, pada laga La Liga di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Sabtu (1/12). Madrid menang 2-0 atas Valencia. (AFP/Oscar Del Pozo)

Sabtu, 1 Desember

Rayo Vallecano 1 - 0 Eibar

Celta Vigo 2 - 0 SD Huesca

Real Valladolid 2 - 4 Leganes

Minggu, 2 Desember

Getafe 3 - 0 RCD Espanyol

Real Madrid 2 - 0 Valencia

Real Betis 1 - 0 Real Sociedad

Girona 1 - 1 Atletico Madrid

 

Hasil La Liga Spanyol Pekan Ke-14

Senin, 3 Desember

Barcelona 2 - 0 Villarreal

Deportivo Alaves 1 - 1 Sevilla

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Grafiti Keluh Kesah Rakyat Usai Kenaikan Harga BBM di Prancis

Posted: 02 Dec 2018 09:45 PM PST

Grafiti bertuliskan 'insureksi populer' tertulis pada patung dekat Arc de Triomphe, Paris, Prancis, Minggu (2/12). Rakyat menuding kenaikan pajak bahan bakar berdampak pada risiko meningkatnya biaya hidup. (AP Photo/Kamil Zihnioglu)

Grafiti bertuliskan 'insureksi populer' tertulis pada patung dekat Arc de Triomphe, Paris, Prancis, Minggu (2/12). Rakyat menuding kenaikan pajak bahan bakar berdampak pada risiko meningkatnya biaya hidup. (AP Photo/Kamil Zihnioglu)

Seorang wanita berjalan melewati grafiti bertuliskan 'kami ingin seorang presiden untuk orang miskin' di sebuah toko dekat Arc de Triomphe, Paris, Prancis,  Minggu (2/12). Tiga orang tewas dalam unjuk rasa sejak dua pekan lalu. (AP Photo/Kamil Zihnioglu)

Seorang wanita berjalan melewati grafiti bertuliskan 'kami ingin seorang presiden untuk orang miskin' di sebuah toko dekat Arc de Triomphe, Paris, Prancis, Minggu (2/12). Tiga orang tewas dalam unjuk rasa sejak dua pekan lalu. (AP Photo/Kamil Zihnioglu)

Seorang pengendara sepeda melewati grafiti bertuliskan 'Macron sama dengan Louis 16' di rumah Opera Garnier Paris, Prancis, Minggu (2/12). Hal itu merujuk pada Raja Prancis selama Revolusi Prancis tahun 1789. (AP Photo/Kamil Zihnioglu)

Seorang pengendara sepeda melewati grafiti bertuliskan 'Macron sama dengan Louis 16' di rumah Opera Garnier Paris, Prancis, Minggu (2/12). Hal itu merujuk pada Raja Prancis selama Revolusi Prancis tahun 1789. (AP Photo/Kamil Zihnioglu)

Pekerja membersihkan grafiti bertuliskan 'jaket kuning akan menang' di Arc de Triomphe, Paris, Prancis, Minggu (2/12). Kenaikan pajak bahan bakar memicu kerusuhan di Paris. (AP Photo/Thibault Camus)

Pekerja membersihkan grafiti bertuliskan 'jaket kuning akan menang' di Arc de Triomphe, Paris, Prancis, Minggu (2/12). Kenaikan pajak bahan bakar memicu kerusuhan di Paris. (AP Photo/Thibault Camus)

Pekerja membersihkan grafiti bertuliskan 'pengunduran diri Macron' di Arc de Triomphe, Paris, Prancis, Minggu (2/12). Aktivis membakar mobil, menghancurkan jendela, dan menjarah toko saat memprotes kenaikan pajak bahan bakar. (AP Photo/Thibault Camus)

Pekerja membersihkan grafiti bertuliskan 'pengunduran diri Macron' di Arc de Triomphe, Paris, Prancis, Minggu (2/12). Aktivis membakar mobil, menghancurkan jendela, dan menjarah toko saat memprotes kenaikan pajak bahan bakar. (AP Photo/Thibault Camus)

Seorang wanita berjalan melewati grafiti bertuliskan 'Paris adalah milik kita' dekat Arc de Triomphe, Paris, Prancis, Minggu (2/12). Pemrotes kenaikan pajak bahan bakar menandai Arc de Triomphe dengan grafiti berbagai warna. (AP Photo/Kamil Zihnioglu)

Seorang wanita berjalan melewati grafiti bertuliskan 'Paris adalah milik kita' dekat Arc de Triomphe, Paris, Prancis, Minggu (2/12). Pemrotes kenaikan pajak bahan bakar menandai Arc de Triomphe dengan grafiti berbagai warna. (AP Photo/Kamil Zihnioglu)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Potret Kebersamaan 4 Calon Miss Universe 2018 dari Asia Tenggara

Posted: 02 Dec 2018 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ajang pageant kerap kali berujung perang kata-kata antarpendukung beda negara, tak terkecuali pada gelaran Miss Universe. Hal itu berusaha dinetralisir para kandidat dengan menampilkan kebersamaan meski mereka sedang berkompetisi.

Salah satunya melalui potret yang diunggah Putri Indonesia 2018 Sonia Fergina pada Minggu, 2 Desember 2018. Berbalut gaun kuning terang rancangan Dedy P Widjaja, ia berfoto bersama dengan Miss Universe Filipina Catriona Gray, perwakilan Malaysia Jane Teoh, dan wakil Singapura Zahra Khanum yang diambil oleh pendamping mereka.

"ASEAN is famous not only for its diverse cultures but also the diversity of its beauties. From The Passion Made Possible-Singapore, Malaysia Truly Asia, Its More Fun in The Philipine, and Wonderful Indonesia," tulis Sonia dalam akun Instagram miliknya.

Sonia yang menggerai bebas rambut panjangnya saat itu melengkapi penampilan dengan tas kulit dan gelang keemasan. Baik Sonia maupun tiga kandidat lain, sama-sama menampilkan senyum lebar. Namun, hanya Catriona Gray yang mengenakan busana kasual saat foto diambil jelang sarapan pagi itu.

"In jeans because I've finished all my activities earlier so I have a free day! (Bercelana jeans karena aku sudah menyelesaikan semua kegiatanku lebih awal sehingga aku punya waktu bebas)," jelas Cat, sapaan akrabnya dalam akun Instagram miliknya yang juga menampilkan potret yang sama.

Sementara, penampilan perwakilan Miss Universe Malaysia cukup sederhana. Ia mengenakan gaun polkadot biru bertali spageti yang dipadukan dengan sepatu hak tinggi.

Di antara deretan gadis-gadis dengan tinggi menjulang, Miss Universe Singapura terlihat paling mungil. Berdiri di ujung paling kiri, ia mengenakan gaun perak two pieces dengan choker sebagai aksesoris.

"Had a wonderful breakfast with these beautiful Asian queens. (Sarapan yang menyenangkan bersama para ratu cantik dari Asia)," tulis Zahra Khanum lewat akun Instagram yang memajang foto yang sama.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tol Bocimi Jadi Awal Pembangunan Jalan Trans Jawa Selatan

Posted: 02 Dec 2018 09:44 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Meningkatnya konektivitas dengan kehadiran jalan tol diharapkan dapat menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi Jawa Barat bagian selatan yang selama ini tertinggal dibandingkan kawasan utara.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan Tol Ciawi-Sukabumi merupakan inisiasi awal pembangunan Jalan Trans Jawa bagian selatan.

"Tol Ciawi-Sukabumi akan diteruskan hingga ke Cianjur terus ke Padalarang. Kemudian dari Bandung, Tasikmalaya hingga Cilacap dan akan dilanjutkan hingga Yogyakarta," ujar dia dalam sebuah keterangan tertulis, Senin (3/12/2018).

Dia menganggap, pengembangan Jawa Barat bagian selatan ke depan sangat diperlukan lantaran populasi penduduknya yang besar dan memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan seperti pertanian dan sektor pariwisata.

Selain itu, Jawa Barat bagian selatan ini juga memiliki pesona alam pegunungan dan banyak pantai indah yang belum dikembangkan.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Sugiyartanto menyatakan, pembangunan tol di Jawa Barat bagian selatan diharapkan menjadi penyeimbang lalu lintas di bagian utara. Pembangunan tol akan dilakukan secara selektif dan bertahap berdasarkan kebutuhan.

"Tidak semuanya harus tol saat ini, sebagian yang belum membutuhkan tol akan menyambung dengan jalan arteri karena ada jalan arteri nasional yang sudah empat lajur," kata Sugiyartanto.

 

Tol Ciawi-Sukabumi Selesai pada 2021

Kendaraan melintas masuk gerbang tol Cigombong I di Cigombong, Kab Bogor, Jawa Barat, usai diresmikan, Sabtu (1/12). Ruas panjang tol Ciawi-Sukabumi Seksi I Ciawi-Cigombongsejauh 15,3 kilometer. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Dia melanjutkan, salah satu ruas tol yang cukup panjang dan akan dibangun yakni Tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya (184 Km). Saat ini, ruas tol tersebut tengah dalam tahapan pra feasibility study.

"Dalam proses penetapan trase jalan tol yang paling efisien dari beberapa pilihan, misalnya apakah menembus atau memutari gunung. Hal itu juga akan terkait besaran investasi agar tidak terlalu mahal nantinya," jelasnya.

Keseluruhan Tol Ciawi-Sukabumi akan selesai pada 2021. Pengusahaan Tol Ciawi - Sukabumi dengan total panjang 54 Km dilakukan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Trans Jabar Toll yang saham mayoritasnya dimiliki oleh PT Waskita Toll Road.

Terkait diresmikannya Seksi 1 Ciawi-Cigombong, Sugiyartanto memandang langkah ini mampu secara signifikan memangkas waktu tempuh kedua daerah. "Meski hanya 15,3 Km, namun akan melewati titik-titik kemacetan di jalan arteri," sebutnya.

"Sehingga Ciawi-Cigombong yang semula 1,5 jam, bisa ditempuh hanya 15 menit. Ini sangat membantu terutama bagi pengusaha kecil yang mengirim barang ke Jakarta dan wilayah lain," dia menambahkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Perintahkan Mensos Bangun Pabrik untuk Penyandang Disabilitas

Posted: 02 Dec 2018 09:44 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memerintahkan Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita merealisasikan rencana membangun pabrik untuk para penyandang disabilitas. Jokowi menjelaskan, rencana yang diusulkan pada 4 tahun lalu sempat tersendat lantaran lahan untuk membangun pabrik belum ada.

"Oleh sebab itu saya perintah kepada Menteri Sosial untuk menyelesaikan ini," kata Jokowi di hadapan para penyandang disabilitas dalam acara hari disabilitas internasional di lapangan parkir Mall Summarecon Bekasi, Jawa Barat, Senin (3/12/2018).

Jokowi menjelaskan, pabrik tersebut rencananya diperuntukan untuk membuka lapangan pekerjaan para penyandang disabilitas. Dari mulai tim manajemen hingga tim teknis akan dipegang oleh para penyandang disabilitas.

"Segera akan kita bangun pabrik, garmen entah untuk elektronik, inovasi yang lain saya kira itu. Dan melihat prestasi-prestasi yang ada dan wadah bagi ruang-ruang penyandang disabilitas untuk berprestasi dan berkarya," perintah Jokowi.

Jokowi pun meminta agar terus diingatkan segera mencari lahan dan membangun pabrik tersebut. Sehingga kata dia, pabrik tersebut akan terealisasikan.

"Saya tolong dikejar-kejar, diingatkan sehingga saya bisa mengejar juga ke menteri. Menteri bisa mengejar ke Dirjen agar ini bisa direalisasi," ungkap Jokowi.

Jokowi juga memberikan penghargaan kepada para penyandang disabilitas yang berprestasi. Tidak hanya itu, dia juga memberikan alat bantu kepada para penyandang disabilitas.

Serap 4.000 Pekerja

Sebelumnya pada 2015, Pemerintah berencana membangun pabrik garmen di Jawa Barat khusus untuk mempekerjakan para penyandang disabilitas. Presiden Joko Widodo berharap pembangunan pabrik percontohan itu dapat menyerap 4.000 orang.

"Kemungkinan formatnya adalah pabrik garmen, untuk bisa membuka lapangan pekerjaan bagi para tuna rungu. Jadi formatnya adalah dari mulai tim manajemen sampai kepada tim teknis itu diawaki oleh para tunarungu," kata Menteri Sosial kala itu, Khofifah Indar Parawansa.

Dewan Pimpinan Pusat Posko Perjuangan Rakyat Tuna Rungu (Pospera) Indonesia, kata Mensos, mengusulkan agar pabrik tersebut dibangun di daerah Karawang atau Bogor.

Menurutnya, jika pabrik percontohan itu berhasil, maka dalam 1-2 tahun pabrik serupa akan dikembangkan di daerah-daerah lain, terutama di daerah Indonesia Timur.

Untuk merealisasikan rencana tersebut, lanjut Mensos, pemerintah akan menggandeng Tim Manajemen asal Inggris yang telah melakukan program serupa di tujuh negara.

"Presiden menyampaikan paling tidak cover 4.000 pekerja, tetapi teman-teman bilang untuk pilot project 500. Setelah ini perwakilan mereka akan langsung ke kantor Kemsos," kata Mensos.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rupiah Tembus 14.248 per Dolar AS, IHSG Menguat 1,33 Persen

Posted: 02 Dec 2018 09:43 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mampu lanjutkan penguatan selama sesi pertama perdagangan saham Senin (3/12/2018).

Pada penutupan sesi pertama, IHSG naik 80,80 poin atau 1,33 persen ke posisi 6.136,92. Indeks saham LQ45 menguat 1,85 persen ke posisi 984,35. Sebagian besar indeks saham acuan menghijau.

Pada sesi I, IHSG sempat berada di level tertinggi 6.143,72 dan terendah 6.101,74. Sebanyak 228 saham menguat dan 145 saham melemah. 136 saham diam di tempat.

Total frekuensi perdagangan saham 252.927 kali dengan volume perdagangan 5,8 miliar saham. Nilai transaksi harian saham Rp 6,3 triliun. Investor asing jual saham Rp 274,05 miliar. Dolar Amerika Serikat (AS) melemah terhadap rupiah yang berada di posisi 14.243.

10 sektor saham menghijau. Sektor saham keuangan menguat 2 persen, dan memimpin penguatan terbesar. Disusul sektor saham konstruksi mendaki 1,77 persen dan sektor saham tambang naik 1,71 persen.

Saham-saham yang menguat antara lain saham ITMA mendaki 25 persen ke posisi Rp 800 per saham, saham SURE melonjak 24,90 persen ke posisi Rp 3.010 per saham, dan saham SQMI menanjak 24,43 persen ke posisi Rp 326 per saham.

Sedangkan saham-saham yang tertekan antara lain saham PDES susut 24,68 persen ke posisi Rp 1.160 per saham, saham GEMA merosot 22,35 persen ke posisi Rp 264 per saham, dan saham OASA tergelincir 18,75 persen ke posisi Rp 260 per saham.

Bursa saham Asia pun kompak menguat. Indeks saham Hong Kong Hang Seng menguat 2,31 persen, indeks saham Korea Selatan Kospi mendaki 1,75 persen, indeks saham Jepang Nikkei menguat 1,13 persen.

Selanjutnya indeks saham Thailand mendaki 1,55 persen, indeks saham Shanghai menguat 2,69 persen, indeks saham Singapura mendaki 2,1 persen dan indeks sahma Taiwan menguat 2,53 persen.

 

Awal Sesi, IHSG Menguat

Indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup melemah 0,33% atau 18,94 poin ke level 5.693,39, Jakarta, Selasa (30/5). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menghijau pada perdagangan Senin (3/12/2018). Bahkan rupiah menguat ke posisi 14.298 per Dolar Amerika Serikat (AS).

Pada pra pembukaan, IHSG naik 61,9 poin atau 1,02 persen ke level 6.118,06. Pada pembukaan pukul 09.00 WIB, IHSG kembali menguat 83,6 poin atau 1,38 persen ke level 6.139,75.

Indeks saham LQ45 juga naik 1,79 persen ke posisi 983,71. Seluruh indeks saham acuan menghijau. 

Pada awal perdagangan, IHSG sempat berada di level tertinggi 6.143,72 dan terendah 6.118,04. Sebanyak 136 saham menguat dan mendorong IHSG ke zona hijau. Selain itu, 70 saham melemah dan 112 saham diam di tempat.

Total frekuensi perdagangan saham sekitar 15.257 kali dengan volume perdagangan 422,5 juta saham. Nilai transaksi harian saham Rp 472,7 miliar.

Investor asing jual saham Rp 110,7 miliar di total pasar. Dolar Amerika Serikat (AS) berada di posisi Rp 14.298 per dolar AS.

Seluruh sektor saham menguat. Penguatan terbesar disumbang sektor aneka industri yang naik 1,99 persen. Diikuti sektor saham keuangan sebesar 1,74 persen dan pertambangan 1,65 persen.

Saham yang menguat antara lain saham KONI naik 17,33 persen ke posisi Rp 352 per saham, saham RANC terdongkrak 16,87 persen ke posisi Rp 388 per saham, dan saham SURE melonjak 16,18 persen ke posisi Rp 2900 per saham.

Saham-saham yang melemah antara lain saham MBAP turun 9,39 persen ke posisi Rp 2.800 per saham dan saham DART melemah 5,56 persen menjadi Rp 51 per saham. 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aquaman Berhadapan dengan Bumblebee di Libur Natal

Posted: 02 Dec 2018 09:40 PM PST

Liputan6.com, Hollywood - Aquaman dijadwalkan tayang pada momen libur Natal mendatang. Film yang menjadi perpanjangan dari film Justice League yang dirilis pada November 2017 lalu tersebut juga diberi target oleh Warner Bros.

Aquaman ditagetkan meraup 65 juta USD untuk penjualan presale. Warner Bros optimistis bisa memenuhi target tersebut meskipun harus berhadapan dengan film andalan Paramount untuk Natal tahun ini, Bumblebee.

Selain spin off Transformers, Aquaman juga harus melawan Mary Poppins Returns dari Disney. Aquaman akan menjadi perpanjangan dari film Justice League yang dirilis pada November 2017 lalu.

Aquaman mengisahkan Arthur Curry (Jason Momoa) yang menemukan bahwa dia adalah pewaris kerajaan Atlantis yang legendaris. Dinobatkan sebagai Raja Tujuh Samudra, ia harus melakukan apa pun yang diperlukan untuk menyelamatkan dunianya dan memimpin rakyatnya.

 

Momentum Liburan

Adegan dalam film terbaru Transformers, Bumblebee. (Paramount)

Libur Natal dan Tahun Baru dipercaya menjadi momen untuk meraup keuntungan besar. Tak heran jika film bertema keluarga dan animasi disiapkan oleh rumah produksi besar untuk menyambut Natal.

Mary Poppins Returns, misalnya, diatur untuk rilis pada 19 Desember, hari Rabu. Foto yang dibintangi Emily Blunt dan Lin-Manuel Miranda, juga tampak seperti pemenang Natal. Dikutip dari Hollywoodreporter.com, tiket presale film ini meraup USD 35 juta hingga USD 40 juta dalam lima hari pertama.

 

Strategi Promosi

Jason Momoa dalam Aquaman. (Warner Bros. Pictures/DC Entertainment)

Diprediksi pendapatannya bisa mencapai USD 60 juta hingga 25 Desember. Tiket presale Bumblebee diprediksi menembus USD 25 juta hingga USD 35 juta dalam lima hari.

Untuk membangun promosi dari mulut ke mulut, Warner Bros akan membuat penayangan khusus Aquaman di ratusan teater pada malam 15 Desember khusus untuk anggota Amazon Prime. Jika memang mendapatkan USD 65 juta di akhir pekan pertama, Aquaman bisa menjadi salah satu debut domestik teratas Natal tahun ini. (Fimela.com/ Puput Puji Lestari)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Bahan Alami Ini Ampuh Hilangkan Jerawat di Punggung

Posted: 02 Dec 2018 09:33 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki punggung yang indah adalah dambaan setiap orang. Sayangnya, terkadang jerawat tumbuh di bagian tersebut dan membuat punggung jadi kurang enak dilihat.

Ketimbang mencoba obat-obatan kimiawi, alangkah baiknya mencoba bahan-bahan alami berikut ini.

1. Madu

Bahan ini dikenal sebagai antibakteri alami yang mampu mencegah infeksi, terlebih pada kulit. Caranya, rendam atau tetesi kapas dengan madu lalu oleskan pada daerah yang berjerawat. Lalu, basuh setelah beberapa menit.

Kamu juga dapat menyiapkan pasta dari bahan beberapa tetes madu yang dicampur sedikit bubuk kayu manis. Lalu pasta itu dioleskan di punggung.

2. Tomat

Tomat juga dapat mengatasi jerawat, mengeringkannya, juga membantu menghilangkan radang, dan rasa sakit. Kamu cukup menggosokkan sepotong tomat pada daerah yang berjerawat lalu dicuci dengan air hangat. Lakukan perawatan tersebut dua kali sehari.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

3. Kunyit

ilustrasi kunyit/copyright Rawpixel

Biasanya digunakan sebagai bumbu masakan, kunyit ternyata juga dapat digunakan untuk mengobati jerawat. Ini dikarenakan kunyit memiliki sifat anti radang dan mengurangi rasa nyeri.

Caranya, kamu cukup mengoleskan pasta bubuk kunyit dan minyak wijen pada daerah yang berjerawat. Lalu cuci bersih setelah didiamkan beberapa saat. Lakukan perawatan tersebut dua kali sehari selama seminggu dan rasakan hasilnya.

4. Lemon

Asam L-askorbat dalam lemon dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan mengecilkan pori-pori. Bahkan bakteri penyebab jerawat juha mampu melawan bakeri penyebab jerwata.

Kamu cukup mencampurnya dengan air tawar lalu dioleskan pada bagian yang berjreawatl itu.

 

5. Cuka Apel

Ternyata cuci muka dengan cuka apel dapat memberikan manfaat yang banyak terhadap kulit wajah. Berikut di antaranya. (iStockphoto)

Bahan ini paling ampuh membasmi jerawat, termasuk di punggung. Ini karena sifat antibakterinya. Cukup ambil satu sendok makan cuka apel dalam satu cangkir air, lalu oleskan pada bagian yang berjerawat. Biarkan beberapa saat baru dibilas.

Reporter: Yoga Tri Priyanto

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

RI Bakal Segera Terapkan Sistem Tanpa Berhenti di Gerbang Tol

Posted: 02 Dec 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pembayaran di gerbang tol saat ini sudah menggunakan sistem non tunai. Namun, ternyata hal tersebut belum sepenuhnya efektif mengurangi antrean masuk jalan tol.

Pengguna masih butuh banyak waktu saat menempelkan atau tapping kartu pembayaran elektronik hingga palang pintu gerbang tol terbuka. Jika volume kendaraan cukup tinggi, masih terjadi antrean cukup panjang pada pintu-pintu tol.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Perhubungan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Sugihardjo menyebutkan, kondisi tersebut harus segera diatasi dengan penerapan sistem baru yaitu Multi Lane Free Flow (MLFF) atau proses pembayaran tol tanpa henti.

Hal ini menjadi sangat penting sebab kepadatan lalu lintas di jalan tol tidak hanya terjadi di hari-hari besar saja namun terjadi setiap hari di jam sibuk.

"Ketika kondisi lalu lintas padat maka layananan di gerbang itu menjadi penting. Karena itu, transaksi di tol harus dipercepat, sehingga layanannya menjadi baik, karena itu sudah dilakukan sekarang sudah cashless tapi masih berbasis touchscreen," kata Sugihardjo yang akrap disapa Jojo dalam acara Focus Group Discussion (FGD) dengan tema "Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) dalam Meningkatkan Efisiensi Sektor Transportasi" di Jakarta, Senin (3/12/2018).

Mengacu pada Permen PU Nomor 16/PRT/M/2016 tentang Standar Pelayanan Miimum Jalan Tol, terdapat 8 indikator yang harus diperhatikan yaitu: a) kondisi jalan; b) keselamatan; c)rata-rata kecepatan; d) Kondisi darurat; e) Aksesibilitas; f) Pergerakan; g) Lingkungan dan h) Rest Area. 

"Dari 8 indikator tersebut, aksesibilitas merupakan hal yang masih perlu ditingkatkan karena aksesibilitas diukur dari rata-rata lama transaksi dan jumlah antrian di pintu tol," ujar dia.

"Rata-rata dari semua jenis transaksi di pintu tol, waktu maksimal tidak boleh lebih dari 10 detik dan jumlah antrean kendaraan tidak boleh lebih dari 10 kendaraan. Hal ini masih belum tercapai untuk pintu-pintu tol yang mempunyai volume lalu lintas tinggi," tambah dia.

Jojo menceritakan, pengalamannya di Korea Selatan yang telah menerapkan sistem masuk tanpa berhenti di gerbang tol. Tak ada palang yang menghalangi pintu masuk, sehingga ketika sudah tapping kartu dapat langsung masuk.

"Ada satu hal yang menarik saat saya berkunjung ke Korea, di sana masyarakat saat memasuki stasiun, saat tap mau masuk tidak ada barrier nya sama sekali, jadi ada positive signing, ini perlu kita terapkan, ini sistem positif yang bisa mempercepat semua hal. Sehebat apapun taping tetap ada antrian, jadi MLFF ini perlu untuk diterapkan biar tidak ada lagi antrean. Diasumsikan bahwa semua orang bayar jadi gak perlu dihalangi," ujar dia.

 

Selanjutnya

Sejumlah mobil mengantre untuk melintasi gerbang Tol Brebes Barat saat mudik natal (23/12). (Liputan6.com/ Gabriel Abdi Susanto)

Penerapan MLFF sudah diwacanakan sejak lama. Namun, hingga sekarang belum terelaisasi. MLFF memungkinkan pengguna jalan tol tidak perlu menghentikan kendaraan pada saat bertransaksi karena ada alat pembayaran elektronik yang dipasang pada kendaraan.

Alat tersebut memancarkan sinyal tertentu yang nantinya akan dibaca melalui alat perekaman di gardu tol, sehingga pengendara tinggal lewat dan secara otomatis saldo terpotong.

Terdapat beberapa jenis teknologi MLFF. Yang pertama adalah Automatic Number Plate Recognition (ANPR) sistem kerjanya adalan deteksi melalui plat nomor kendaraan. Kedua adalah Dedicated Short Communication Range (DSCR) yang mendeteksi jarak pendek melalui frekuensi radio.

Ketiga adalah Radio Frequency Identification (RFID) yaitu deteksi melalui stiker yang dipasang di kendaaraan. Keempat adalah Global Satelite Navigation System (GSNS) yaitu deteksi melalui data satelit yang dapat mengetahui posisi kendaraan.

"Kalau kita lihat MLFF teknologinya pertama ada RFId lebih murah dengan satu sticker barcode, terus DSRC pake Obu. Yang lebih murah itu GNSS, deteksi dengan data satelit. Tapi ini kan belum kita tentukan mau pakai yang mana," ujarnya.

Oleh karena itu, untuk kepentingan nasional Jojo menegaskan harus ada kesepakatan bersama untuk menentukan teknologi yang akan diterapkan dalam MLFF tersebut.

"Saran saya, buat teknologi untuk MLFF ini apa? ya kita harus bisa bersepakat bersama, sebelum nanti sudah tersepakati, tapi tiba-tiba ingin ganti sistem itu susah, harus ganti semua. Jadi kita harus milih satu. Karena kita baru, baiknya kita pilih teknologi terbaru, ter-advance dengan biaya yang efisien, paling murah," ujar dia.

Penambahan Panjang jalan tol dalam 5 tahun terakhir mengalami peningkatan cukup signifikan. Sampai dengan tahun 2018, total Panjang jalan tol mencapai 1.182 km dan akan ditargetkan mencapai 1.851,4 km pada 2019. Saat ini, rata-rata jumlah kendaraan keluar masuk tol di Indonesia sebanyak 3,7 juta kendaraan per hari. Adapun metode pembayaran yang diterapkan menggunakan electronic card reader (cashless).  

Rencana implementasi Multilane free flow (MLFF) secara bertahap pada pintu-pintu tol di Indonesia dapat memperlancar arus lalu lintas pada pintu tol. Jika dibandingkan kecepatan transaksi antara manual, Single lane free flow (SLFF) dan MLFF adalah sebagai berikut:

a. Manual Toll: 350 kendaraan/jam 

b. SLFF: 1,500 kendaraan/jam

c. MLFF: 2,500 kendaraan/jam

 

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Demi Anak, Laudya Cynthia Bella Bakal Tahun Baru di Sini

Posted: 02 Dec 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Malam pergantian tahun, menjadi momen spesial bagi keluarga untuk menghabiskan waktu bersama. Itu juga bakal dilakukan Laudya Cynthia Bella, bersama Engku Emran, dan Aleesya, putri tirinya.

Sejak jauh-jauh hari, Laudya Cynthia Bella sudah merencanakan bakal berlibur ke Jepang. Ia sudah mengosongkan waktu seminggu untuk mengunjungi negeri matahari terbit tersebut.

"Ada (rencana liburan tahun baru) nanti sama suami, sama Aleesya ke Jepang, InsyaAllah," ujar Laudya Cynthia Bella, di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Liburan pergantian tahun ke Jepang merupakan keinginan anak tiri semata wayang Laudya Cynthia Bella

Ke Disneyland

Laudya Cynthia Bella, Engku Aleesya dan Engku Emran [foto: instagram/iamkumbre]

Laudya Cynthia Bella menjelaskan Aleesya sangat ingin mengunjungi tempat hiburan yang ada di Jepang.

"Karena Aleesya mau ke Disneyland," ucap Laudya Cynthia Bella.

 

Suka Makanan Jepang

(Instagram/laudyacynthiabella)

Selain itu, diakui Laudya Cynthia Bella, anak Engku Emran ini sangat gemar mengonsumsi makanan Jepang. Untuk itu, dirinya dan suami sepakat untuk membahagiakan putrinya.

"Dan dia (Aleesya) suka banget makanan Jepang," pungkas Laudya Cynthia Bella. (Rivan Yuristiawan/Fimela.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bhayangkara FC vs PSM, McMenemy Sebut Liga 1 2018 Lebih Berat

Posted: 02 Dec 2018 09:30 PM PST

Jakarta Pelatih Bhayangkara FC Simon McMenemy gagal mempertahankan gelar juara Liga 1 yang diraih musim lalu. Ini membuatnya mengakui kalah persaingan di Liga 1 musim ini lebih ketat dibandingkan musim lalu.

Meski begitu, dia cukup puas dengan pencapaian yang diraih timnya sampai saat ini di Liga 1 2018. Bhayangkara FC berpotensi merebut tiga besar klasemen Liga 1 kalau bisa menang di dua laga tersisa.

Bhayangkara FC sudah dipastikan gagal mempertahankan gelar Liga 1 2018. Penyebabnya adalah karena mereka masih bertengger di peringkat keempat klasemen sementara dengan raihan 49 poin dengan dua laga tersisa atau tertinggal delapan poin dari pemuncak klasemen sementara, PSM Makassar.

Andai mampu memenangi dua laga terakhir, pencapaian terbaik Bhayangkara FC adalah peringkat ketiga klasemen akhir Liga 1 2018.

"Musim ini sangat berat karena dilihat dari persaingan itu sangat ketat. Ada tim yang punya suporter banyak, bisa menggaransi laga kandang. Banyak tim saling mengalahkan di kandang dan ini sangat berat," kata Simon dalam konferensi pers jelang laga melawan PSM, Minggu (2/12/2018).

"Dibandingkan dengan musim lalu sedikit lebih mudah. Namun, kami datang di musim ini sebagai juara bertahan dan membuat tim lain tidak meremehkan Bhayangkara FC. Saya bangga mereka bisa konsentrasi dan bertarung sampai menjelang akhir musim," ujar Simon.

 

Tak Punya Penyerang

Pelatih PSM Makassar, Rene Alberts, berdiskusi dengan pelatih Bhayangkara FC, Simon McMenemy, saat bertemu di Stadion PTIK, Jakarta, Minggu (2/12). Keduanya akan bertemu pada pekan ke-33 Liga 1. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Menurut Simon, kesulitan yang dialami Bhayangkara FC musim ini adalah karena tidak bisa memainkan penyerang asing. Meski begitu, Simon tetap puas dengan penampilan yang ditunjukkan para pemain lain Bhayangkara FC.

"Kesulitan adalah kami hampir sepanjang musim tidak bermain dengan penyerang asing, tapi saya tetap bangga dengan yang dicapai hingga saat ini," ucap Simon.

Andai mampu memenangi dua laga sisa, Bhayangkara FC yang finis di peringkat ketiga berpeluang untuk tampil di Piala AFF 2019. Syaratnya adalah kampiun Liga 1 2018 bisa berlaga di Liga Champions Asia 2019.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Donald Trump: Saya Akan Bertemu Kim Jong-un Awal Tahun 2019

Posted: 02 Dec 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Buenos Aires - Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan, dirinya berharap untuk melakukan pertemuan tingkat tinggi kedua dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un pada awal 2019.

Trump juga mengatakan bahwa "tiga lokasi" sedang dipertimbangkan untuk menjadi tempat pertemuan.

Jika terlaksana, pertemuan tersebut merupakan tindak lanjut atas tatap muka pertama nan bersejarah mereka di Singapura pada Juni 2018.

"Saya pikir kami akan melakukannya segera, mungkin, pada Januari (atau), Februari (tahun 2019)," kata Trump usai menghadiri KTT G20 di Buenos Aires akhir pekan lalu, seperti dikutip dari News.com.au, Senin (3/11/2018).

"Kami (Trump dengan Kim) berhubungan sangat baik. Kami memiliki hubungan yang baik," tambahnya.

Ketika Trump ditanya apakah AS akan menjadi tuan rumah untuk pertemuannya dengan pemimpin Korea Utara, ia menjawab, "Pada titik tertentu, ya."

Pertemuan kedua antara Trump dan Kim ini diharapkan mampu memberikan titik terang terkait bagaimana rencana denuklirisasi itu akan dilaksanakan.

Pada Juni 2018, Trump dan Kim mengadakan dialog tatap muka setelah berbulan-bulan bertukar ancaman militer dan retorika agresif.

Kedua pemimpin itu menandatangani dokumen samar-samar tentang denuklirisasi di Semenanjung Korea, tetapi kemajuan sejak itu terhenti ketika Washington dan Pyongyang berdebat mengenai makna denuklirisasi yang tertera dalam dokumen itu.

Korea Utara telah mengambil beberapa langkah konkret untuk meninggalkan beberapa program rudal nuklir dan balistiknya. Namun, AS --yang menginginkan denuklirisasi komplet-- menganggap hal itu tak cukup.

Sebelumnya Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dijadwalkan bertemu dengan pejabat tinggi Korea Utara pada awal November 2018, tetapi pertemuan itu tiba-tiba dibatalkan. Pihak Pyongyang bersikeras bahwa Washington meringankan sanksi sebagai imbalan atas upaya perlucutan progran nuklir mereka.

 

 

Simak video pilihan berikut:

Trump dan Presiden Korsel Bahas Korea Utara

Presiden AS Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un berpose sebelum pertemuan mereka di resor Capella, Pulau Sentosa, Selasa (12/6). Pertemuan Trump  dan Kim sudah banyak dinantikan dunia. (Host Broadcaster Mediacorp Pte Ltd via AP)

Pada Jumat 30 November lalu, Donald Trump membahas situasi Korea Utara dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in di sela-sela KTT G20.

Keduanya "menegaskan kembali komitmen mereka untuk mencapai denuklirisasi akhir yang sepenuhnya diverifikasi dari Korea Utara," kata juru bicara Trump, Sarah Sanders, yang merangkum pertemuan kedua pemimpin.

Mereka sepakat tentang perlunya "mempertahankan penegakan kuat dari sanksi yang ada untuk memastikan DPRK memahami bahwa denuklirisasi adalah satu-satunya jalan," kata Sanders, menggunakan nama resmi Korut, Republik Rakyat Demokratik Korea (DPRK)

Sementara itu, antor kepresidenan Moon Jae-in menyambut komentar Trump tentang pertemuan kedua dengan Kim.

"Kami berharap agenda konkret dan logistik akan ditentukan segera," kata Yonhap mengutip juru bicara kepresidenan Kim Eui-kyeom.

Washington dan Seoul baru-baru ini mengalami perbedaan pandangan tentang bagaimana melanjutkan hubungan dengan Kim Jong-un. Trump menginginkan penegasan sanksi terhadap Korea Utara demi mencapai denuklirisasi, sementara Moon Jae-in justru menginginkan hubungan yang kuat dengan Pyongyang.

Di sela KTT G20, Trump juga mengadakan pembicaraan bilateral dengan Presiden China Xi Jinping guna membahas isu perdagangan kedua negara. Trump juga mengatakan bahwa ia dan Xi membahas tentang Korea Utara, di mana sang presiden China itu mengatakan "setuju untuk bekerjasama 100 persen dengan AS" pada isu tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

ICEE Indonesia 2018 Gandeng 175 Eksibitor

Posted: 02 Dec 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - International Consumer Electronics Expo (ICEE) Indonesia kembali hadir setelah sukses menyelenggarakan pameran tingkat internasional selama dua tahun berturut-turut.

ICEE Indonesia 2018 akan diselenggarakan pada 7-9 Desember 2018, mulai pukul 10.00-18.00 WIB di Jakarta Convention Center (JCC) Hall A dan B, dengan luas area mencapai 9.000 meter persegi.

Menurut keterangan resmi yang Tekno Liputan6.com terima, Senin (3/12/2018), pameran tahun ini akan dimeriahkan lebih dari 175 eksibitor yang berasal dari China, Hong Kong, dan Indonesia. Ajang tahun ini diperkirakan mampu menyedot lebih dari 10.000 pengunjung.  

ICEE Indonesia sendiri merupakan pameran elektronik konsumen terbesar di Indonesia yang mengemban misi menghubungkan para pelaku industri elektronik di seluruh dunia, mempertemukan berbagai produsen elektronik yang kredibel, dan profesional dengan buyer potensial.

Selain mengumpulkan dan mempertemukan para pelaku industri ini seperti diler, pengusaha, perwakilan penjual ritel, ritel besar dan kecil, termasuk distributor, ICEE juga menghadirkan beragam inovasi baru, barang-barang purwarupa, termasuk perangkat yang dapat dicoba langsung oleh pengunjung.

 

Dibagi Beberapa Kategori

Konferensi pers ICEE Indonesia 2018. Dok: ICEE Indonesia

Adapun produk-produk yang siap diperagakan dan patut dicoba di antaranya printer 3D, kaca mata bantu tidur, penerjemah intelejensi buatan (AI), VR, drone, perangkat rumah tangga pintar, dan lain-lain.

Beberapa kategori yang akan dipamerkan adalah peralatan komunikasi dan asesoris, komputer meliputi perangkat lunak dan keras, produk elektronik portable, gaming dan pendukungnya, produk IT dan jaringan nirkabel, teknologi pintar, sistem tak berawak, serta komponen dan material listrik.

Di samping itu, kampanye offline Oppo #MimpiJadiGampang juga akan diluncurkan pada pameran ini, dengan total 65.000 hadiah dan dua unit grand prize berupa rumah senilai Rp 1 miliar.

(Isk/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Robot Buatan Anak SMP Bisa Keluarkan Sembako

Posted: 02 Dec 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Siswa SMP di Solo berhasil membuat robot yang mampu mengeluarkan sembako.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Ketika Kim Jong-un Kunjungi Pabrik Sepatu

Posted: 02 Dec 2018 09:30 PM PST

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Un foto bersama sejumlah pekerja saat mengunjungi pabrik sepatu Wonsan, Korea Utara (3/12). (Photo by KCNA VIA KNS / various sources / AFP)

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Un foto bersama sejumlah pekerja saat mengunjungi pabrik sepatu Wonsan, Korea Utara (3/12). (Photo by KCNA VIA KNS / various sources / AFP)

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Un melihat salah satu sepatu saat mengunjungi pabrik sepatu Wonsan, Korea Utara (3/12). (Photo by KCNA VIA KNS / various sources / AFP)

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Un melihat salah satu sepatu saat mengunjungi pabrik sepatu Wonsan, Korea Utara (3/12). (Photo by KCNA VIA KNS / various sources / AFP)

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Un melihat sepatu saat mengunjungi pabrik sepatu Wonsan, Korea Utara (3/12). (Photo by KCNA VIA KNS / various sources / AFP)

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Un melihat sepatu saat mengunjungi pabrik sepatu Wonsan, Korea Utara (3/12). (Photo by KCNA VIA KNS / various sources / AFP)

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Un melihat sepatu saat mengunjungi pabrik sepatu Wonsan, Korea Utara (3/12). (Photo by KCNA VIA KNS / various sources / AFP)

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Un melihat sepatu saat mengunjungi pabrik sepatu Wonsan, Korea Utara (3/12). (Photo by KCNA VIA KNS / various sources / AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peringati Hari Disabilitas Internasional, Difabel Pamerkan Karya di Bekasi

Posted: 02 Dec 2018 09:20 PM PST

Fokus, Bekasi - Peringatan Hari Disabilitas Internasional dimeriahkan oleh ribuan kaum difabel di Bekasi, Jawa Barat. Peringatan digelar dengan pameran hasil kreativitas kaum difabel.  

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Senin (3/12/2018),  ribuan kaum difabel memeriahkan peringatan Hari Disabilitas Internasional di Mal Sumarecon.

Perayaan digelar dengan pameran hasil kreativitas para kaum difabel, seperti kerajinan tangan yang menunjukkan kemandirian layaknya orang normal pada umumnya.

Hadir pula Presiden Jokowi yang mengapresiasi hasil kreativitas penyandang disabilitas dan memberikan semangat agar terus berkarya.  (Karlina Sintia Dewi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Raih Penghargaan Asians of the Year, Sutopo: Warga Boyolali Pasti Bangga

Posted: 02 Dec 2018 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menjadi salah satu penerima penghargaan The First Responders, dalam ajang tahunan The Straits Times Asians of the Year. Sutopo pun berbagi kebahagiaan dengan para pengikutnya di akun twitter @Sutopo_PN

"Wah ada foto saya di cover halaman depan The Straits Times edisi 29/11/2018!! Sebagai salah satu Asians of the Year 2018," tulis Sutopo, Senin (2/12/2018).

Sebagai warga Boyolali, Sutopo merasa bangga tampangnya terpampang di halaman depan surat kabar internasional tersebut.

"Warga mBoyolali pasti bangga! Wahai para pemilik rambut tipis atau kepala botak. Tetaplah percaya diri. Justru akan membuatmu makin bersinar," ungkap Sutopo.

Pengumuman penghargaan untuk Sutopo itu disampaikan pada Rabu 28 November, di tengah pelaksanaan Global Outlook Forum 2019, yang diadakan surat kabar The Straits Times di Singapura.

"Ketika malapetaka menyerang, naluri alami manusia adalah melarikan diri. Namun ada jenis manusia yang, daripada meninggalkan tempat kejadian, berputar untuk menghadapi bahaya dan bertarung mempertaruhkan nyawa, mereka melindungi keselamatan orang lain. Keempatnya adalah contoh terbaik tentang kemanusiaan," tulis berkas sambutan penghargaan terkait, sebagaimana dikutip dari The Straits Times.

 

Daftar Penerima Penghargaan

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menjadi salah satu penerima penghargaan The First Responders, dalam ajang tahunan The Straits Times Asian of the Year. (Twitter/@Sutopo_PN)

Berikut adalah daftar para penerima penghargaan The First Responders:

  • Almarhum Ng Kok Choong asal Singapura. Dia adalah seorang pilot paralayang (paraglider) yang terlibat dalam upaya penyelamatan dan distribusi bantuan pasca-gempa di Sulawesi Tengah. Almarhum juga dikenal sering terlibat dalam proses evakuasi di banyak daerah bencana di Asia Tenggara, termasuk operasi penyelamatan di Gua Tham Luang, Thailand.
  • Komandan Angkatan Laut India (Pilot) Vijay Varma dan Kapten (Pilot) P Rajkumar, yang dihormati atas dedikasinya dalam menyelamatkan korban banjir Kerala, meskipun harus mempertaruhkan nyawa.
  • Sutopo Purwo Nugroho, juru bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Indonesia, yang dinilai selalu siap sedia dalam menginformasikan kabar terkini tentang evakuasi korban bencana gempa di Lombok dan Sulawesi Tengah.
  • Mercy Relief, sebuah organisasi kemanusiaan non-pemerintah asal Singapura. Organisasi ini secara resmi diluncurkan pada 2003, oleh Wakil Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong, yang berusaha untuk mempromosikan kehidupan penuh kasih sayang, perhatian dan kesukarelaan.
  • Pusat Koordinasi ASEAN untuk Bantuan Kemanusiaan dalam Penanganan Bencana (AHA Centre)

Dalam memutuskan Sutopo dan tokoh-tokoh lainnya yang masuk ke dalam daftar The First Responders, yang merupakan kedua kalinya dilakukan sejak pertama kali dihelat pada 2012, para editor The Straits Times mengingat fakta bahwa di seluruh Asia, skala bencana dan dampak kerusakan yang diakibatkannya telah meningkat selama satu dekade terakhir.

Tahun ini, kata mereka, Jepang mengalami beberapa kali banjir terburuk dalam ingatan sejarah, begitu juga hal serupa terjadi di negara bagian Kerala di India Selatan.

Mereka juga menyinggung tentang beberapa kali gempa parah yang terjadi di Indonesia, seraya menambahkan bahwa total empat negara di Asia Tenggara masuk ke dalam daftar 10 wilayah paling rawan bencana akibat perubahan iklim.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: