Kamis, 06 Desember 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


KPK Bidik Anggota DPRD Jambi Usai Vonis Zumi Zola

Posted: 06 Dec 2018 10:24 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Usai hakim menjatuhkan vonis bersalah terhadap Gubernur nonaktif Jambi Zumi Zola, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kini mendalami dugaan aliran uang kepada anggota DPRD Jambi.

"Sekarang kami sedang mempelajari. Tentu perlu dipelajari lebih lanjut dulu putusannya secara lebih lengkap jaksa akan melakukan analisis dan menyampaikan laporan pada pimpinan," tutur Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Jumat (7/12/2018).

Zumi Zola disebut memberikan uang kepada anggota dewan senilai total Rp 16,5 miliar. Uang tersebut sebagai pelicin agar pimpinan dan anggota DPRD Jambi menyetujui Raperda APBD Tahun Anggaran 2017-2018.

"Setelah itu baru kita pertimbangkan untuk pengembangan perkara pada pelaku yang lain. Tapi yang pasti kalau buktinya kuat pasti akan ditindaklanjuti," kata Febri.

Dugaan aliran dana itu muncul dalam persidangan Zumi Zola. Kini, KPK terus menelisik sejumlah fakta yang muncul di sidang, pertimbangan majelis hakim, dan bukti lain yang telah dipegang penyidik KPK.

"Sampai nanti, jika memang ada bukti yang jauh lebih kuat ada pengembangan perkara itu sangat dimungkinkan," Febri menandaskan.

Vonis Zumi Zola

Gubernur Jambi nonaktif, Zumi Zola usai menjalani sidang pembacaan tuntutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (8/11). Zumi Zola dituntut 8 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar dengan subsider 6 bulan penjara. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Zumi Zola divonis enam tahun penjara dan denda Rp 500 juta subsider tiga bulan kurungan oleh majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta. Selain itu, hak politik Zumi dicabut selama lima tahun.

Dalam persidangan, dia terbukti memberikan suap kepada 53 anggota DPRD Provinsi Jambi senilai total Rp 16,5 miliar.

Sejumlah anggota DPRD yang disebut menerima uang adalah Cornelis Buston, Zoerman Manap, AR Syahbandar, Chumaidi Zaidi, Nasri Umar, Zainal Abidin, Hasani Hamid, Nurhayati, Effendi Hatta, Rahimah, Suliyanti, Sufardi Nurzain.

Kemudian M Juber, Pipriyanto, Tartiniah, Ismet Kahar, Gusrizal, Mayloeddin, Zainul Arfan, Elhelwi, Misran, Hilalati Badri, Luhut Silaban, Melihairiya, Budiyako, M Khairil, Bustami Yahya, Yanti Maria Susanti, Muhammadiyah, Syofian Ali, Tadjudin Hasan, Fahrurozi, Muntalia, Sainuddin.

Selanjutnya Eka Marlina, Hasim Ayub, Agusrama, Wiwit Iswara, Supriyono, Syopian, Mauli, Parlagutan Nasution, Hasan Ibrahim, Rudi Wijaya, Arrahmat Eka Putra, Supriyanto, Nasrullah Hamka, Cekman, Jamaluddin, Muhammad Isroni, Edmon, A Salam, dan Kusnindar.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tanggapi Kosmetik Palsu, Ayu Ting Ting Selektif Pilih Endorsement

Posted: 06 Dec 2018 10:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini, banyak selebritas yang mendapat endorsement dengan bayaran menggiurkan, salah satunya Ayu Ting Ting. Namun, baru-baru ini mencuat kasus mengenai kosmetik ilegal yang juga dibintangi para artis.

Diakui Ayu Ting Ting, dirinya sangat selektif dalam menerima endorse yang ditayangkan di akun Instagramnya.

"Kalau kita sebagai artis kan sebenarnya tergantung dari artisnya tuh selektif atau enggak milihnya. Kalau saya kan ada tim endorse," ujar Ayu Ting Ting, di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Kamis (6/12/2018). 

Selalu Ingatkan

(Bambang E.Ros/Bintang.com)

Ayu Ting Ting menjelaskan selama ini dirinya selalu mengingatkan timnya untuk tidak asal menerima endorse.

"Jadi saya selalu bilang, 'Jangan, yang bahaya-bahaya jangan'. Pasti saya selalu mengingatkan itu dan mereka selalu menyeleksi itu semua. Ya enggak asal cuma dapat duit doang, semua juga kan ada aturannya," tutur Ayu Ting Ting. 

Izin BPOM

Ayu Ting Ting (Instagram: @ayutingting92)

Tak hanya itu, Ayu Ting Ting selalu berusaha memastikan produk endorse tersebut sudah mendapat izin BPOM.

"Kalau produk kosmetik itu kan ada BPOM, biasanya surat izin keluarnya dan ada tesnya jadi enggak sembarangan izin keluar," kata Ayu.

Sementara, saat ditanya tarif endorse, pelantun tembang Alamat Palsu ini memilih untuk merhasiakan nominalnya. Sebab semua diurus oleh manajemen. "Waduh, tergantung itu mah," pungkasnya. (Nur Ulfa/Dream.co.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kalahkan Singapura, Paspor UEA Jadi Terkuat di Dunia

Posted: 06 Dec 2018 10:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta – Singapura bukan lagi negara pemilik paspor terkuat di dunia. Posisinya kini digantikan oleh Uni Emirat Arab (UEA), yang dinobatkan sebagai paspor terkuat di dunia berdasarkan Indeks Paspor 2018.

Perusahaan global 'Arton Capital Passport Index' menentukan peringkat ini berdasarkan akses lintas batas yang dibawa oleh dokumen perjalanan tersebut, jumlah bebas visa dari negara yang bisa dikunjungi pemegang paspor, dan juga visa kedatangannya.

Dilansir dari Asia One, Rabu, 5 Desember 2018, dalam peringkat tahun ini paspor UEA memperoleh skor 167. Pemegang paspor UEA bisa mengunjungi 113 negara bebas visa dan 54 negara dengan visa pada saat kedatangan.

Sementara itu, Singapura memperoleh skor 166 karena negara tersebut memberikan perjalanan bebas visa ke 127 negara dan ada 39 negara di mana pemegangnya memerlukan visa kedatangan.  Di peringkat ketiga, ada Jerman yang pernah menghuni peringkat pertama.

Paspor di negara Eropa Barat tersebut juga memperoleh skor 166, tapi hanya diberikan perjalanan bebas visa ke 126 negara. Lalu di mana posisi Indonesia? Paspor Indonesia berada di peringkat ke-58 bersama Lesotho, di bawah Botswana serta di atas Eswatini dan China.

Sebanyak 193 negara dari enam wilayah anggota PBB dinilai untuk masuk dalam daftar tersebut. Sebelum menduduki peringkat teratas, paspor UEA menempati peringkat ke-27 pada Desember 2016. Pada tahun lalu, mereka sudah masuk 10 Besar.

Pemerintah UEA memasang target untuk masuk dalam lima besar daftar paspor terkuat di dunia pada 2021 mendatang. Namun ternyata, negara di Asia ini sudah meraih pencapaian sebagai paspor terkuat di dunia pada tahun ini.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lumine Buka Gerai Pertama di Indonesia

Posted: 06 Dec 2018 10:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Lumine resmi membuka gerai pertama di Indonesia. Gerai shopping yang menjadi ciri khas Tokyo, Jepang, tersebut dibuka di Plaza Indonesia yang merupakan tempat perbelanjaan yang berada di pusat kota Jakarta.

Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita, yang menghadiri dan meresmikan gerai tersebut mengatakan bahwa di era sekarang ini kehadiran merek-merek dari luar negeri perlu disambut hangat.

Enggartiasto menjelaskan, keberadaan atau eksistensi merek luar di dalam negeri sangat dibutuhkan sebab mampu memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi RI.

"Kehadiran brand luar yang sudah menjadi tren justru akan memberikan nilai tambah bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia, dan kerjasama yang dilakukan seperti ini haruslah kita apresiasi dan kita dukung," kata Enggartiasto dalam sambutannya, Jumat (7/12/2018).

Dengan demikian, Enggartiasto berharap kaum milenial yang tengah menggandrungi merek fesyen luar tak perlu jauh-jauh lagi pergi ke luar negeri atau berbelanja online.

"Lebih baik mereka melihat dan beli disini," ujarnya.

Selain itu, Enggartiasto mengungkapkan dengan hadirnya Lumine di Indonesia diharapkan dapat mampu mendorong pertumbuhan Usaha Kecil Menengah (UKM) yang ada di dalam negeri dengan cara menggaet mereka untuk mennjadi produsen atau supplier (pemasok) barang.

"Bagian dari global supply chain ini pasti mereka akan melihat production cost (biaya produksi) kalau ini hanya diproduksi di luar, maka itu pasti akan lebih mahal," ujarnya.

 

Pelatihan

Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita meresmikan pembukaan gerai pertama Lumine di Indonesia. (Yayu Agustini Rahayu/Merdeka.com)

Nantinya UKM akan dirangkul dan diberi pelatihan mulai dari hal sederhana yaitu menjahit.

"Mereka akan sudah mempertimbangkan untuk pembuatannya dilakukan di Indonesia, tapi mereka ingin tahu khusus dulu bagaimana penerimaan pasar dan kemudian beranjak dari sini bisa ekspor, itu adalah bagain dari global supply chain," kata Enggartiasto.

"Sebab mereka ingin dulu keyakinan mengenai pasar itu sendiri. Di luar itu, ada hal lain yang saya bertemia kasih adalah mereka mempersiapkan untuk pelatihan mulai dari penjahit UKM kita yang akan menjadi bagian dari supply lumine itu sendiri," tutupnya.

Dalam kesempatan serupa, Yoshiaki Arai selaku Director & Advisor Lumine Co., Ltd mengungkapkan kerjasama seperti ini mempunyai keuntungan lain selain dari sisi bisnis, yaitu hubungan baik antar negara.

"Interaksi budaya seperti ini menjadi hal yang diperlukan untuk menjaga hubungan antar kedua negara. 15 pusat perbelanjaan di area metropolitan Tokyo dengan perempuan muda sebagai target utama. Melalui pembukaan store Lumine di Jakarta kami membawakan gaya hidup yang sedang in di Tokyo untuk orang-orang di Jakarta20 brand baru untuk Indonesia, busana pria wanita, groceries dan cafe," ujarnya.

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BMKG: Waspada Hujan Lebat Guyur Jakarta 3 Hari ke Depan

Posted: 06 Dec 2018 10:10 PM PST

Fokus, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan dengan intesitas ringan hingga tinggi akan masih terjadi dalam tiga hari ke depan di wilayah Jabodetabek.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Jumat (7/12/2018), awan komulonimbus yang menyebabkan hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi diperkirakan akan terjadi di sekitaran kawasan Jabodetabek, terutama wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur dalam tiga hari ke depan.

Meski fenomena seperti ini adalah hal biasa saat memasuki awal musim penghujan, BMKG meminta warga agar tetap waspada, khususnya saat terjadinya angin kencang dan petir. (Muhammad Gustirha Yunas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Bersih-Bersih DPR Ala Caleg PSI

Posted: 06 Dec 2018 10:10 PM PST

Caleg Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mendatangi gedung DPR RI di Senayan, Jakarta, Jumat (7/12). Mengenakan seragam ala cleaning service, mereka membawa surat permohonan permintaan sejumlah data kinerja anggota DPR. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Caleg Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mendatangi gedung DPR RI di Senayan, Jakarta, Jumat (7/12). Mengenakan seragam ala cleaning service, mereka membawa surat permohonan permintaan sejumlah data kinerja anggota DPR. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Calon legislatif dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mendatangi gedung DPR RI di Senayan, Jakarta, Jumat (7/12). Kedatangan mereka untuk kampanye bersih-bersih DPR sambil mengenakan seragam merah ala cleaning service. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Calon legislatif dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mendatangi gedung DPR RI di Senayan, Jakarta, Jumat (7/12). Kedatangan mereka untuk kampanye bersih-bersih DPR sambil mengenakan seragam merah ala cleaning service. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Calon legislatif dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mendatangi gedung DPR RI di Senayan, Jakarta, Jumat (7/12). Kedatangan mereka untuk kampanye bersih-bersih DPR sambil mengenakan seragam merah ala cleaning service. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Calon legislatif dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mendatangi gedung DPR RI di Senayan, Jakarta, Jumat (7/12). Kedatangan mereka untuk kampanye bersih-bersih DPR sambil mengenakan seragam merah ala cleaning service. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Caleg Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mendatangi gedung DPR RI di Senayan, Jakarta, Jumat (7/12). Mengenakan seragam ala cleaning service, mereka membawa surat permohonan permintaan sejumlah data kinerja anggota DPR. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Caleg Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mendatangi gedung DPR RI di Senayan, Jakarta, Jumat (7/12). Mengenakan seragam ala cleaning service, mereka membawa surat permohonan permintaan sejumlah data kinerja anggota DPR. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Caleg Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mendatangi gedung DPR RI di Senayan, Jakarta, Jumat (7/12). Mengenakan seragam ala cleaning service, mereka membawa surat permohonan permintaan sejumlah data kinerja anggota DPR. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Caleg Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mendatangi gedung DPR RI di Senayan, Jakarta, Jumat (7/12). Mengenakan seragam ala cleaning service, mereka membawa surat permohonan permintaan sejumlah data kinerja anggota DPR. (Liputan6.com/Johan Tallo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kelompok Bersenjata di Papua Jadikan Korban sebagai Umpan Serang TNI Polri

Posted: 06 Dec 2018 10:09 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Personel TNI Polri hingga Jumat pagi masih mencari tiga jenazah karyawan PT Istaka Karya yang dibunuh pemberontak di Gunung Kabo, Distrik Yall, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua.

Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Yosua Pandit Sembiring mengatakan, jenazah ketiga karyawan PT Istaka Karya itu diperkirakan berada di lokasi berbeda dari 16 jenazah rekan mereka yang dibantai di Gunung Kabo, Papua.

"Kita perkirakan ada tiga jenazah lagi yang sekarang sedang dilakukan pencarian," kata Yosua di Timika, Jumat (7/12/2018).

Kapolda Papua Irjen Polisi Martuani Sormin mengatakan, upaya pencarian jenazah para korban menghadapi hambatan cukup berat. Kelompok pemberontak menyerang dan menembaki aparat.

Dalam beberapa kasus penembakan di Papua, mereka selalu menunggui jenazah. "Mereka pasti melakukan penyerangan terhadap anggota kita yang hendak mengambil jenazah. Kasus seperti itu juga terjadi di Lanny Jaya beberapa waktu lalu," kata Kapolda.

Pemberontak pimpinan Egianus Kogoya yang berada di area ketinggian menembaki aparat TNI dan Polri saat hendak mengevakuasi 16 jenazah karyawan PT Istaka. Dalam insiden itu seorang anggota Brimob terluka akibat terkena tembakan peluru KKB.

"Kita semua berharap cuaca di sana hari ini cerah sehingga kita bisa mengevakuasi secepatnya delapan jenazah yang telah kita kumpulkan di Mbua ke Timika," kata dia.

Terus Mencari 3 Jenazah

Hingga kini, prajurit TNI Polri masih terus mencari ketiga jenazah itu di Bukit Kabo.

Aparat juga terus berupaya mengevakuasi seluruh warga non-Papua yang masih berlindung dan diamankan penduduk asli di Nduga untuk segera keluar dari wilayah itu. Mereka juga menjadi target para teroris itu.

"Yang jelas pekerja yang orang pendatang juga kami evakuasi ke Timika. Kalau warga sipil Papua tidak masalah, yang jadi masalah itu pendatang karena memang menjadi target KKB, Makanya kita evakuasi," kata Martuani.

 

Reporter : Ya'cob Billiocta

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Honda HR-V Terbaru Pakai Turbo, Seberapa Kencang?

Posted: 06 Dec 2018 10:07 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Honda HR-V akan memiliki pilihan mesin baru untuk model 2019. Bagi Anda pecinta adrenalin, Honda HR-V varian Sport akan disemati turbocharger.

 

Melansir Autoindustriya, HR-V Sport nantinya akan menggunakan mesin berkapasitas 1.5L turbocharger 4-silinder yang sama dengan Civic.

Mesin ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 182 Tk dan torsi 220 Nm. Untuk menyalurkan tenaga itu, mesin HR-V dipadukan dengan CVT. Tapi ketika menggunakan transmisi manual 6-percepatan, torsi HR-V sanggup melejit hingga 240 Nm.

Selain memberikan performa yang baik untuk varian Sport, Honda juga mengubah chassis HR-V. Sebagai permulaan, HR-V menggunakan teknologi Performance Damper' yang mana Honda mengklaim bahwa teknologi tersebut akan memberikan kestabilan yang lebih baik, terlebih saat berpindah jalur tiba-tiba. Honda bahkan menyebutkan bahwa teknologi ini bisa mengurangi getaran ketika melewati jalan terjal dan handling kemudi yang baik.

Sesuai namanya, mobil ini memang memiliki tampilan yang sporty. Eksteriornya mendapatkan warna hitam di seluruh bodinya. Di bagian depan ada grille Solid Wing Face dan lower intake yang berwarna hitam glossy.

 

Selanjutnya

Warna hitam glossy ini juga terlihat pada fog light bezzels, side mirror caps, dan pelek alloy 18 inci. Selain itu, Honda juga memberikan gaya dinamis pada splitter depan, side skirt, dan bumper depan agresif serta knalpot dengan sentuhan warna hitam.

Sementara interiornya terlihat masih sama dengan varian standar. Hanya saja kabin HR-V Sport akan mendapatkan roof lining hitam, kursi two-tone berbahan kulit, dan trim dasbor, serta jahitan berwarna merah pada setir kemudi.

Saat ini varian HR-V Sport memang sudah dipasarkan, tapi di pasar Eropa. Tak menutup kemungkinan varian ini juga akan menampakkan wujudnya di pasar ASEAN, termasuk Indonesia.

Sumber: Otosia.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Bela Negara Tak Cukup Kumpulkan Massa, Tapi Kerja Nyata

Posted: 06 Dec 2018 10:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengingatkan peserta Jambore Kebangsaan Bela Negara Keluarga Besar Forum Komunikasi Putra Putri TNI-Polri (FKPPI) Tahun 2018 bahwa membela negara tidak mudah. Perlu kerja nyata untuk menguatkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Tugas saudara membela negara tidak mudah. Tidak cukup kumpulkan massa, tapi kerja nyata," kata dia di Bumi Perkemahan Ragunan, Jakarta Selatan, Jumat (7/12/2018).

Jokowi menegaskan, membela negara bisa dilakukan dengan beragam cara, salah satunya melalui profesi. Misalkan dokter, bisa membela negara dengan mengabdi menangani masalah kesehatan rakyat di daerah terpencil.

Begitu juga dengan insinyur. Dengan latar belakang teknik sipil, insinyur bisa merencanakan dan mengawasi proyek konstruksi.

"Bisa jadi guru yang tanpa kenal lelah memberi yang terbaik bagi bangsa. Juga bisa jadi pengusaha, socio preneur," ucap dia.

"Bela negara juga bisa dilakukan jadi pribadi terbaik, yang berkarakter," imbuh Jokowi.

 

Jangan Lengah

Sebelumnya, Jokowi meminta kader FKPPI tidak lengah dalam menjaga Pancasila. Jangan sampai ideologi lain masuk ke Indonesia dan menggerogoti Pancasila.

"Kita harus selalu jaga Pancasila, jaga NKRI, dan memastikan nilai-nilai Pancasila terus diterapkan dalam kehidupan berbangsa kita sehari-hari. Jangan sampai ideologi impor menggeser Pancasila yang pada akhirnya mengoyak NKRI, mengoyak merah putih," kata dia.

Jokowi melanjutkan, di tengah keragaman suku, agama, tradisi, bahasa, perpecahan harus dihindari. Persatuan, kerukunan, dan persaudaraan harus terus dirawat.

"Di negara Pancasila, kepentingan negara harus diletakkan di atas kepentingan pribadi," tegasnya.

 

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertama Kali, Kemenkeu Gelar Kompetisi Pengelolaan Aset Negara

Posted: 06 Dec 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) menyelenggarakan kompetisi pengelolaan aset negara pertama di lndonesia bertajuk The Asset Manager. Acara ini merupakan puncak grand final dari serangkaian babak, dengan tiga tim peserta yang berhasil lolos yaitu Biro Keuangan Kementerian Komunikasi dan Informatika, PPK GBK dan Pusdiklat Kementerian Keuangan RI.

Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan Isa Rachmatarwata mengatakan, optimalisasi aset negara harus menjadi semangat dan kerja dari semua pihak pengelola aset negara. Termasuk Kementerian dan Lembaga, BLU, Satker bersama-sama dengan Kementerian Keuangan dalam hal ini Direktorat Jenderal Kekayaan Negara.

"Negara Indonesia memiliki potensi aset yang besar dan memerlukan semangat, inovasi, kreativitas dari para pengelola aset negara, terutama generasi muda agar aset tersebut dapat teroptimalisasi dengan baik dan menjadi sumber kemakmuran bangsa," ujarnya di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (7/12/2018).

Melalui acara ini, LMAN ingin membentuk sumber daya manusia ungguIan yang memiliki semangat, paradigma baru dan kemampuan eksekusi yang tinggi di bidang manajemen aset negara. Selain itu, kompetisi ini diharapkan bisa melahirkan inovasi baru dan tepat guna dalam hal pengelolaan aset negara untuk memberikan manfaat ekonomi dan sosial sebesar besarnya.

 

Lima Babak

Pemandangan deretan gedung-gedung pencakar langit di Jakarta, Jumat (29/9). Pemerintah melalui Menteri Keuangan Sri Mulyani meyakinkan target pertumbuhan ekonomi tahun 2018 sebesar 5,4 persen tetap realistis. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Direktur Utama LMAN Rahayu Puspasari berharap semangat The Asset Manager tidak hanya berhenti setelah acara ini terselenggara. The Asset Manager diharapkan dapat melahirkan champion dan role model asset manager dengan transformasi mindset, bahwa aset manager tidak sekedar untuk dicatat, melainkan harus dioptimalkan untuk manfaat terbaik demi bangsa dan negara.

"Aset manajer ini untuk pertama kali kita selenggarakan tujuannya ingin membangun komunitas sadar optimalisasi aset negara. Karena kita tahu aset negara itu tidak hanya dicatat tapi harus dioptimalkan dan potensi untuk meningkatkan daya ungkit dan nilai tambah itu begitu besarnya," jelasnya.

Rangkaian acara The Asset Manager terdiri dari lima babak yang dimulai pada 14 November 7 Desember 2018 dengan menggunakan sistem gugur. Peserta kegiatan ini adalah perwakilan Kementerian/Lembaga Negara, Badan Layanan Umum (BLU), dan Satker yang terdiri dari 1 (satu) Pejabat Eselon III/Setara dan 1 (satu) orang pendamping.

Dalam masing-masing babak, peserta diberikan kasus yang berkaitan dengan aset negara untuk dianalisa dan dipresentasikan usulan konsepnya kepada dewan juri dan audiens. Hasil dari tiap babak akan ditentukan oleh dewan juri yang berasal dari beberapa elemen, termasuk sejumlah pakar.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bisnis Narkoba Satu Keluarga di Lapas Sumsel Libatkan Petugas Sipir

Posted: 06 Dec 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Palembang - Penangkapan satu keluarga yang mengendalikan bisnis narkoba di dalam penjara mengungkap pelaku lainnya. Kali ini, oknum yang mengembangkan jaringan bisnis narkoba di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Sumatera Selatan (Sumsel) kembali ditangkap.

Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Sumsel menangkap dua orang pelaku pengedaran narkoba di balik penjara, salah satunya adalah petugas sipir lapas.

Polisi menangkap RH di Lapas Kelas III Kabupaten Banyuasin Sumsel, pada hari Rabu (24/10/2018) sekitar pukul 16.00 WIB.

Menurut AKBP Imran Gunawan, Kabag Wasidik Ditresnarkoba Polda Sumsel, dari tangan RH, polisi mengamankan barang bukti sebanyak 4.001,85 Kilogram narkoba jenis sabu.

"Ada juga pil ekstasi berlogo diamond sebanyak 7.500 butir dan pil ekstasi berwarna hijau sebanyak 7.352 butir. Saat ditangkap, RH masih berstatus penjaga sipir di Lapas Kelas III Banyuasin," ujarnya kepada Liputan6.com, Kamis (6/12/2018).

Sebelum mendapat informasi tentang RH, tim Ditresnarkoba terlebih dahulu menangkap AN, pada hari Jumat (12/10/2018) sekitar pukul 17.30 WIB.

Penangkapan terjadi di Jalan Gubernur H.A Bastari Palembang. Tersangka AN menympan sabu seberat 97,43 gram.

"Selama ini kita sudah mengawasi gerak-gerik RH, apalagi dia juga turut berperan dalam jaringan peredaran narkoba di dalam lapas," katanya.

Dari total barang bukti sebanyak 4.099,28 Kilogram dan 14.852 butir pil ekstasi, sebanyak 4.0,03 Kilogram dan pil ekstasi sebanyak 14.788 butir dimusnahkan Ditresnarkoba Polda Sumsel pada hari Rabu (5/12/2018).

Sedangkan sisanya digunakan untuk pemeriksaan Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Sumsel dan barang bukti di persidangan.

 

Napi Gembong Narkoba

RH dan AN membuang narkoba yang sudah diblender (Liputan6.com / Nefri Inge)

Penangkapan kedua tersangka ini ternyata masih berkaitan dengan bisnis satu keluarga yang mengendalikan narkoba di dalam penjara.

Salah satu gembong narkoba yang ditahan yaitu AR, sudah mendekam di dalam penjara sejak tahun 2016 lalu. Masa hukuman selama delapan tahun ternyata tidak membuat AR jera.

"Satu keluarga itu terjerat kasus narkoba di tahun 2016. Menantu AR yaitu FR adalah anggota polisi yang sudah dipecat karena kasus ini, istri AR yaitu EN juga ikut serta," ujarnya.

Saat penetapan hukuman di tahun 2016, FR menjalani hukuman selama satu tahun. Sedangkan EN harus mendekam di dalam penjara selama delapan bulan.

Usai EN dan FR sudah bebas di tahun 2017, AR kembali menjalankan bisnis narkobanya dengan bantuan istri dan menantunya. Saat EN dan FR ditangkap di bulan November 2018, AR masih berstatus napi di Lapas Serong Palembang.

Sabu dan pil ekstasi tersebut dikirim dari napi di Lapas Pekanbaru Riau dan dikirim melalui jalur darat dan laut.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tiap Tahun, 7 Juta Orang Meninggal Akibat Perubahan Iklim

Posted: 06 Dec 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menurut laporan Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) pemanasan global akibat penggunaan bahan bakar fosil dan polusi udara bertanggung jawab atas sekitar tujuh juta kematian setiap tahunnya. Dengan mengurangi hal itu jelas bisa mencegah lebih banyak nyawa melayang.

"Perubahan iklim sudah berdampak serius pada kehidupan manusia dan kesehatan. Ini mengancam elemen dasar yang kita semua butuhkan untuk kesehatan yang baik, udara bersih, air minum yang aman, suplai makanan bergizi, dan tempat tinggal yang aman," kata Direktur Jenderal WHO Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus.

"Ini akan merusak dekade kemajuan kesehatan global. Kita tidak bisa menunda tindakan," kata Tedros seperti dilansir dari New York Post pada Jumat (7/12/2018).

 

 

 

 

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

Menyelamatkan dunia

Ilustrasi pemanasan global. (AFP)

Dengan menyelamatkan dunia dari masalah perubahan iklim, setidaknya satu juta nyawa bisa diselamatkan setiap tahunnya.

Selain itu, dengan menyelamatkan jutaan nyawa berarti menghemat ratusan miliar dolar AS biaya yang dihabiskan untuk masalah perubahan iklim. Hal tersebut apabila dunia bisa bekerjasama untuk memenuhi komitmen Kesepakatan Iklim Paris 2015.

"Harga dari perubahan iklim yang dirasakan sesungguhnya ada di rumah sakit dan paru kita," kata Direktur WHO untuk Kesehatan Masyarakat dan Lingkungan Maria Neira.

Sumber energi ramah lingkungan

Kameraman mengambil gambar bongkahan es yang terapung di perairan Gletser Solheimajokull, Islandia, Jumat (16/10). Pemanasan global menyebabkan gletser Solheimajokull mencair hingga 1 km sejak pengukuran tahunan pada 1931. (AFP PHOTO/POOL/Thibault Camus)

Dalam laporan tersebut, lebih dari 80 ahli, profesional kesehatan, dan perwakilan dari lembaga internasional di bidang kesehatan memiliki beberapa rekomendasi.

Di antaranya adalah kebijakan dan insentif untuk mempercepat peralihan menuju sumber energi rendah karbon seperti angin, tenaga surya, dan nuklir.

Para ahli menambahkan, dengan mengurangi polusi udara, ini bisa mendorong bentuk transportasi yang lebih ramah lingkungan dan memangkas emisi.

"(Para pemimpin) perlu bertanya pada diri sendiri berapa banyak kematian yang mau mereka terima," tambah Neira.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

ITU Dorong ASEAN Bantu Pertumbuhan Penetrasi Internet Dunia

Posted: 06 Dec 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Ubud - Sekretaris Jenderal International Telecommunication Union (ITU), Houlin Zhao, mendorong negara anggota ASEAN untuk membantu dunia lebih terhubung dengan internet.

Kerja sama ini sangat dibutuhkan mengingat setengah populasi dunia belum terhubung dengan internet.

"Kami punya tantangan karena kalian tahu saat ini banyak orang sudah menggunakan ponsel yakni smartphone," ungkap Zhao saat ditemui dalam acara ASEAN TELMIN ke-18 di Ubud, Bali, Kamis (6/12/2018), kemarin.

"Namun, di dunia ini masih ada setengah populasi dunia yang belum terkoneksi online dan setengahnya ini belum bisa menikmati smartphone. Jadi kami harus bekerja keras untuk mengajak para mitra kami dan para pemangku kepentingan untuk menghubungkan orang-orang yang belum terhubung."

Zhao menyebut berbagai proyek Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di ASEAN dapat membantu penetrasi internet di dunia. Penetrasi internet di ASEAN diperkirakan sudah mencapai 60 persen.

 

Puji Proyek Palapa Ring

Ilustrasi internet. (Doc: CNET)

Zhao pun menilai proyek pembangunan jaringan serat optik nasional, Palapa Ring, dapat menjadi contoh bagi negara-negara lain untuk meningkatkan penetrasi internet.

"Indonesia memiliki kapabilitas internet, dan sekarang kita tahu ada rencana ambisius menghubungkan pulau-pulau dengan broadband melalui kabel laut, dan ini bagus. Dia (Menkominfo Rudiantara) juga memastikan semua orang mendapatkan keuntungan yang sama dari TIK," tuturnya.

Pengembangan yang dilakukan Indonesia di sektor TIK ini, kata Zhao, tidak hanya bisa akan memberikan keuntungan di masa depan. Namun, juga bisa menjadi contoh bagi negara-negara lain.

"Belum semuanya mendapatkan keuntungan dari teknologi TIK semacam ini (Palapa Ring). Jadi kita harus memastikan untuk tidak meninggalkan yang lain di belakang," sambungnya.

Lebih lanjut, Zhou dalam ASEAN TELMIN ke-18 juga mendorong negara anggota ASEAN membangun hubungan dekat dengan Afrika untuk bekerja sama membantu meningkatkan konektivitas internet di wilayah tersebut. Selain itu juga mencari peluang kerja sama keduanya.

"Kami berharap untuk melihat tidak hanya hubungan antara ITU dan para menteri ASEAN, tapi juga ASEAN dengan benua lain. ITU bersedia memfasilitasi hubungan ini," ujar Zhou.

 

Sekjen ITU Puji ASEAN TELMIN ke-18

Ilustrasi internet.

ASEAN TELMIN ke-18 memilih konsep berbeda dibandingkan acara tahun-tahun sebelumnya. Acara tahun ini dibuat dengan konsep lebih santai dan dekat dengan alam.

Menkominfo, Rudiantara, selaku ketua penyelenggara ASEAN TELMIN ke-18 memilih Mandapa, Ritz Carlton, Ubud, Bali, untuk menggelar acara ini.

Ruang rapat utama acara ini bukan di dalam gedung, tapi sebuah tenda di tengah sawah yang berada di dalam Mandapa. Zhou pun memuji pemilihan tempat ini.

"Tempatnya sangat indah dan kami semua sangat senang di sini. Kami menikmati fasilitas rapat di sini yang sangat dekat dengan alam, banyak pepohonan," kata Zhou.

ASEAN TELMIN ke-18 digelar selama dua hari, 5-6 Desember 2018 di Ubud, Bali, setelah dua hari sebelumnya digelar Telecommunicationa and Information Technology Senior Officials Meeting (TELSOM). TELSOM dihadiri para pejabat ASEAN setingkat Sekjen.

Tema ASEAN TELMIN pada tahun ini adalah Aiming the Future of Digital Ecosystem for ASEAN Prosperity, dengan fokus pada berbagai hal yang memengaruhi dinamika digital di ASEAN.

ASEAN TELMIN dihadiri oleh para menteri TIK di ASEAN, serta perwakilan mitra kerja yakni menteri TIK dari Korea, Jepang, dan Tiongkok. Turut pula hadir Sekjen ASEAN dan ITU.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ovi Sovianti Luluh Saat Suami Lakukan Hal Romantis Ini

Posted: 06 Dec 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Semenjak menikah dengan Franky Ilham Roring pada 7 Oktober 2018, Ovi Sovianti mengaku hidupnya kini lebih berwarna. Banyak hal seru yang Ovi Sovianti rasakan, selama dua bulan membina rumah tangga dengan Franky Ilham Roring.

Mantan personel Duo Serigala itu mengaku bahagia menemukan sosok pria seperti Franky. Ia mau menikahinya meski Ovi Sovianti sudah dua kali gagal membina rumah tangga.

"Sudah dua bulan nikah, seru banget dan bahagia banget. Hal yang paling seru adalah hidup lebih berarti dan berwarna apalagi jalanin rumah tangga di dalam Tuhan," ujar Ovi Sovianti kepada Liputan6.com, Jumat (7/11/2018).

Sisi Romantis

Ovi Sovianti (Instagram)

Meski kadang menyebalkan, namun sang suami punya sisi romantis yang membuat hati Ovi Sovianti luluh. Meski bukan berprofesi sebagai penyanyi, Ovi Sovianti senang bila sang suami menyanyikan sebuah tembang cinta untuknya.

"Suami kadang romantis kadang nyebelin. Romantisnya dia kalau sudah nyanyi buat aku sih," ujarnya.

Memimpin Doa

Ovi Sovianti alias Ovi Duo Serigala (Kapanlagi.com/ Muhammad Akrom Sukarya)

Tak hanya itu, Ovi Sovianti juga merasakan hal romantis pada suami kala Franky memimpin doa bersama.

"Tapi paling berarti saat doa bersama," pungkas Ovi Sovianti.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bercanda Soal Ganja, Rodrigo Duterte Ditantang Senator Filipina Tes Narkoba

Posted: 06 Dec 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Manila - Seorang senator Filipina, Antonio Trillanes, menantang Rodrigo Duterte pada Kamis, 6 Desember, untuk menjalani tes narkoba. Antonio berani melayangkan sikap ini setelah Duterte mengaku hanya bercanda saat ia bilang bahwa ia menghisap ganja selama Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Singapura pada bulan lalu.

"Sekarang, jika dia benar-benar ingin membuktikan bahwa ucapannya kemarin hanya guyon semata, saya menantangnya untuk melakukan tes narkoba terlebih dahulu," tegas Antonio yang merupakan oposisi, dalam sebuah pernyataan, yang dikutip dari The Strait Times, Jumat (7/12/2018).

Kritikus tersebut mengatakan, perkataan Duterte yang kemudian ia sebut 'hanya bercanda', telah membuat keluarga dari orang-orang yang tewas karena dituduh sebagai pengedar dan pengguna narkoba, murka.

Juru bicara Duterte, Salvador Panelo, mengatakan bahwa Duterte tidak akan menerima tantangan itu. "Seharusnya dia (Antonio) yang melakukan tes itu," tandasnya.

Rodrigo Duterte kembali membuat pernyataan kontroversial saat berpidato di muka umum. Di tengah kebijakannya untuk memberangus peredaran narkoba di negaranya, presiden Filipina ini justru mengaku menghisap ganja sebelum menjalankan rapat besar.

Menurutnya, ia harus melakukan hal tersebut agar tidak mati gaya dan ditelan kebosanan ketika melakukan sejumlah pertemuan resmi secara 'maraton'. Ucapan sang pemimpin itu lantas membuat geger rakyatnya, mengingat Duterte telah menetapkan Philippine Drug War atau perang memberantas narkotika sejak ia menjabat pada 30 Juni 2016.

Kebijakan tersebut memicu amarah masyarakat Filipina dan mendapat kecaman internasional, lantaran ia memerintahkan agar para pengedar dan pengguna obat-obatan terlarang harus dibunuh dengan cara ditembak di tempat, tanpa harus menjalani proses peradilan terlebih dahulu.

Sementara itu, perkataan Duterte terkait ganja yang dihisapnya sebelum rapat, disampaikan ketika ia membuka acara di Kementerian Luar Negeri, Manila, pada hari Senin, 3 Desember 2018. Saat itu, ia membahas soal ketidakhadirannya pada empat agenda penting dalam KTT ASEAN.

Katanya, rapat seremonial antar kepala negara, biasanya, amat membosankan dan harus dimulai sejak pagi. Ia pun mengeluhkan waktu dimulainya KTT tersebut, yakni 08.30 waktu setempat, yang menurutnya masih 'dini hari'. Ia pun mengkau bahwa ia bukan tipikal orang yang bisa bangun 'subuh', sebab ia kerap lembur dan baru bisa memejamkan mata selepas tengah malam.

"Mungkin, sekretariat ASEAN mengira kami ini pramuka, ya?" ujarnya, sembari disambut tawa hadirin, seperti dikutip dari Al Jazeera, Jumat (7/12/2018).

"Untungnya, di usia saya sekarang ini (73) tahun, hal itu tidak menjadi permasalahan, sebab saya menghisap mariyuana agar bisa terus melek," lanjut Rodrigo Duterte yang lahir pada 28 Maret 1945.

Sementara itu, ketika ditanya oleh wartawan dalam sebuah konferensi pers terkait perpanjangan undang-undang darurat militer di Pulau Mindanao, Duterte kembali menyinggung soal tanaman psikotropika tersebut.

"Keputusan akan dibuat ketika rapat Kabinet, setelah sesi menghisap ganja 'berjamaah' kami lakukan, agar nantinya kami bisa berpikir jernih," selorohnya. Perkataannya ini langsung mendapat sorotan tajam dari media.

Di Filipina, yang mayoritas penduduknya beragama Katolik, seseorang yang mengantongi ganja sekecil apa pun bisa mengirim orang itu ke sel tahanan, dengan masa kurungan yang lama.

Sejak terjadi penembakan massal yang menyasar para pemakai dan bandar narkoba, yang berkaitan dengan Philippine Drug War, banyak perempuan dan anak-anak terbunuh. Sebagian besar penembak adalah anggota polisi dan milisi sipil yang didukung oleh Duterte.

Dalam dua pekan pertama masa kepresidenan Rodrigo Duterte, lebih dari 100 pengedar narkoba dibunuh, 1.844 ditangkap dan 66.000 pemakai dan pengedar narkoba menyerahkan diri. Pada Agustus 2016, jumlahnya meningkat menjadi sekitar 1.800 dibunuh, 5.400 ditangkap dan 565.805 pengedar dan pemakai menyerahkan diri kepada kepolisian.

Di satu sisi, per 30 April 2018, pemerintah Filipina mengklaim sudah ada 4.200 orang yang tewas karena bersentuhan dengan barang haram itu. Sedangkan senator oposisi mengklaim, lebih dari 20.000 telah ditembak dan meninggal di lokasi kejadian.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

Penggunaan Obat-obatan Lain

Presiden Filipina Rodrigo Duterte memberi tahu puluhan polisi yang berada di hadapannya bahwa mereka akan diawasi. (Ted Aljibe/AFP)

Duterte sebelumnya mengakui bahwa ia menggunakan fentanyl. Ia mengklaim, itu adalah obat penghilang rasa sakit dan berbeda dari obat-obatan ilegal yang ia larang.

Di samping itu, Salvador Panelo mengatakan bahwa Duterte melewatkan empat agenda yang dijadwalkan hari Rabu 14 November dalam KTT ASEAN, karena "harus tidur."

Faktor kesehatan sang presiden digadang-gadang sebagai alasan dirinya tak mengikuti sejumlah agenda. Oktober lalu, Duterte sempat dikabarkan menderita kanker. Namun dalam sebuah perkembangan terbaru, Istana Malacanang mengatakan bahwa Duterte dalam kondisi sehat.

"Presiden bekerja hingga larut dan tidur hanya tiga jam," ucap Panelo. Ia juga menegaskan kembali bahwa kondisi kesehatan Duterte bukan menjadi penyebab utama dirinya melewatkan agenda dalam KTT ASEAN.

"Presiden terus menembus batas jam kerjanya, dan itu bukti bahwa ia dalam kondisi prima," kata Panelo dalam sebuah pernyataan tertulis.

Duterte juga pernah mengakui bahwa dia lelah dan siap untuk berhenti menjadi presiden Filipina, tetapi, dia belum menemukan pengganti yang cocok.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Mengenal Asal Muasal Kata

Posted: 06 Dec 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sering memakai kata perempuan, kumpul kebo, atau warganet? Nah, kalian tahu gak dari mana kata itu berasal?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Evakuasi 16 Korban KKB Papua Dilakukan dari Gunung Tabo ke Distrik Mbua

Posted: 06 Dec 2018 09:51 PM PST

Patroli, Timika - Setelah sempat tertunda karena diadang kelompok kriminal bersenjata (KKB), tim gabungan TNI-Polri berhasil mengevakuasi jenazah pekerja proyek korban pembunuhan yang terjadi di Kabupaten Nduga, Papua.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Jumat (7/12/2018), tujuh jenazah berhasil dievakuasi pagi tadi dari kawasan Gunung Tabo oleh TNI-Polri di bawah pimpinna Danyon 756 Wimane Sili, Mayor Infantri Arif Budi Situmeang dan Komandan Satuan Brimob Polda Papua, Kombes Pol Jermias Rontini. 

Evakuasi dilakukan dari Gunung Tabo menuju Distrik Mbua. Ke tujuh jenazah tersebut kemudian dibawa ke Timika menggunakan helikopter.

Hingga kini, total korban yang ditemukan dan berhasil dievakuasi ke Timika, Papua sebanyak 16 orang. (Galuh Garmabrata)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Program KPR Pasca Bencana Bergulir di 2019

Posted: 06 Dec 2018 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Program Kredit Pemilikan Rumah (KPR) pasca bencana akan segera bergulir. Untuk tahap awal, program yang dijalankan PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF tersebut akan dilakukan di Lombok.

Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo mengatakan, ‎program ini diperuntukkan bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) alias PNS. Rencananya, sebanyak 3.000 ASN di Lombok bisa menikmati pembiayaan KPR mencapai Rp 100 juta.

"Kenapa ASN? Karena semua slip gajinya itu ada di BPD NTB, jadi dari segi credit risk itu bisa meng-assess kalau itu bisa kami mitigasi. Selama ini kan masyarakat Lombok mendapatkan bantuan per keluarga Rp 50 juta. Khusus untuk ASN, Rp 50 juta itu tidak cukup untuk memperbaiki rumah," ujar dia di Nusa Dua, Bali, Jumat (7/12/2018).

Untuk menjalankan program KPR tersebut, SMF menggandeng Bank Pembangunan Daerah (BPD) Nusa Tenggara Barat. Total pembiayaan yang disiapkan mencapai Rp 300 miliar.

"Kenapa Rp 100 juta? Karena jumlah Rp 300 miliar, itu juga subsidi, karena parsial. Bunga yang kami nanti pass on kepada Bank NTB itu adalah landed cost of fund kurang lebih 5 persen. Kami harapkan Bank NTB memberikan bunga margin dan dapat disalurkan kepada ASN at least single digit, antara 7 persen-8 persen. Dengan harapan dia dapat mengembalikannya," jelas dia.

 

Berjalan di Lombok

Kredit Pemilikan Rumah

Ananta menyebut, KPR pasca bencana ini akan digulirkan mulai tahun depan. Jika nantinya berjalan baik di Lombok, maka program tersebut akan digulirkan di lokasi lain yang terdampak bencana, seperti Palu, Sulawesi Tengah.‎

‎"KPR SMF Paska Bencana sekarang sedang minta approval, rencana 2019 akan kami luncurkan. Kalau model ini bisa berhasil, kami juga berpikir untuk di-replicate di Palu juga. Tapi ini kita pertama memang dengan ASN dulu," tandas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketika Bule Ditantang Makan Pakai Tangan, Caranya Bikin Ngakak

Posted: 06 Dec 2018 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Dengan sebegitu banyak kuliner dari berbagai belahan Bumi, cara memakan sajian-sajian ini tentu sangat mungkin berbeda. Bagi orang Indonesia, makan makanan tertentu hanya dengan tangan sudah jadi sebuah kebiasaan. Namun, cara ini ternyata tak sebegitu familiar bagi orang asing.

Hal ini tampak di sebuah video yang diunggah di akun YouTube BNay Channel pada Jumat, 16 November 2018, lalu. Dalam rekam gambar tersebut, tampak sang pemilik akun, Nay, mengundang beberapa teman yang merupakan orang asing untuk mencoba makan makanan Indonesia.

Mereka adalah David asal Republik Ceko, Tiago dari Brasil, Nathaniel dari Taiwan, dan Allejandro asal Meksiko. Terlihat di sana kalau Nay menyajikan ayam kremes, lengkap dengan lalapan, nasi, sambal, dan tempe mendoan.

Ia kemudian memberi tahu pada keempat temannya kalau makanan tersebut biasa disantap dengan tangan telanjang oleh orang Indonesia. Mendengarnya, mereka langsung tertantang mencoba makan dengan cara demikian.

David terlihat menyauk seluruh nasi dan meletakkannya di telapak tangan sebelum akhirnya disuap. Tiago punya cara lain, yakni meletakkan nasi di seluruh telapak tangan beserta lauk dan memakannya seperti nasi kepal.

Kemudian, Allejandro memilih memakan sajian yang dihidangkan hanya menggunakan dua jari, yakni jempol dan telunjuk, untuk disuapkan ke mulut. Sementara, Nathaniel terlihat sangat bingung dengan konsep memakan nasi menggunakan tangan.

"Saya orang Taiwan. Saya benar-benar tidak tahu bagaimana memakan nasi menggunakan tangan," katanya dengan wajah kebingungan. Namun, akhirnya Nathaniel melakukan dengan gerakan menyubit nasi sebelum menyuapkannya.

Melihat teman-temannya kesulitan, walau sambi tertawa, Nay pun memperlihatkan bagaimana orang Indonesia makan pakai tangan, yakni menguncupkan jari dan meletakkan nasi di ujungnya sebelum disuapkan ke mulut.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Kesan Makanan Indonesia

Terbuat dari penambahan air kelapa. (dok.Instagram/@maia_kamania/https://www.instagram.com/p/BpyWRBADdtQ//Asnida Riani)

Di awal video, keempat orang asing tersebut mengaku belum pernah mencicip makanan Indonesia. Setelah makan dan mencoba menyantapnya hanya dengan tangan telanjang, mereka mengaku suka.

Nathaniel, David, dan Tiago mengaku sangat suka dengan tempe. "Aku tidak menyangka kalau rasanya seenak itu. Karena itu (tempe) punya bau yang sedikit aneh untukku," Nathaniel menjelaskan.

Sementara, Allejandro mengaku suka dengan makanan Indonesia, walau tak sepedas makanan Meksiko. Pengalaman makan dengan tangan tanpa alat bantu kiranya begitu berkesan bagi David. "Aku akan melakukannya lagi (makan dengan tangan). Tapi, jangan bilang siapa-siapa," ucapnya sambil tertawa.

Reaksi suka ini didukung dengan piring mereka yang tampak bersih saat di-shoot oleh Nay. Walau porsinya terlihat cukup banyak, keempatnya bisa menghabiskan seporsi ayam kremes, lengkap dengan nasi, lalapan, sambal, dan tempe mendoan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Mengunjungi Pasar Natal Tradisional di Kota Tua Heidelberg

Posted: 06 Dec 2018 09:44 PM PST

Pengunjung bermain di arena es yang ada di pasar Natal tradisional Kota Tua Heidelberg, Jerman, Selasa (4/12). Pasar Natal tradisional ini terletak di bawah kastil terkenal. (AP Photo/Michael Probst).

Pengunjung bermain di arena es yang ada di pasar Natal tradisional Kota Tua Heidelberg, Jerman, Selasa (4/12). Pasar Natal tradisional ini terletak di bawah kastil terkenal. (AP Photo/Michael Probst).

Pengunjung bermain komedi putar saat mengunjungi pasar Natal tradisional di Kota Tua Heidelberg, Jerman, Selasa (4/12). (AP Photo/Michael Probst)

Pengunjung bermain komedi putar saat mengunjungi pasar Natal tradisional di Kota Tua Heidelberg, Jerman, Selasa (4/12). (AP Photo/Michael Probst)

Seorang gadis duduk di tanah saat tampil dalam pertunjukan pasar Natal tradisional di Kota Tua Heidelberg, Jerman, Selasa (4/12). (AP Photo/Michael Probst)

Seorang gadis duduk di tanah saat tampil dalam pertunjukan pasar Natal tradisional di Kota Tua Heidelberg, Jerman, Selasa (4/12). (AP Photo/Michael Probst)

Roti jahe berbentuk hati dijual di pasar Natal tradisional di Kota Tua Heidelberg, Jerman, Selasa (4/12). (AP Photo/Michael Probst)

Roti jahe berbentuk hati dijual di pasar Natal tradisional di Kota Tua Heidelberg, Jerman, Selasa (4/12). (AP Photo/Michael Probst)

Suasana pasar Natal tradisional di Kota Tua Heidelberg, Jerman, Selasa (4/12). (AP Photo/Michael Probst)

Suasana pasar Natal tradisional di Kota Tua Heidelberg, Jerman, Selasa (4/12). (AP Photo/Michael Probst)

Jembatan Tua dan kastil terlihat dalam perjalanan menuju pasar Natal tradisional di Kota Tua Heidelberg, Jerman, Selasa (4/12). (AP Photo/Michael Probst)

Jembatan Tua dan kastil terlihat dalam perjalanan menuju pasar Natal tradisional di Kota Tua Heidelberg, Jerman, Selasa (4/12). (AP Photo/Michael Probst)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menikah dengan Irwan Mussry, Maia Estianty Ogah Punya Momongan?

Posted: 06 Dec 2018 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Maia Estianty tengah berbahagia, dirinya kembali merajut rumah tangga setelah 10 tahun menjanda. Ia kerap menunjukkan kemesraannya dengan sang suami, Irwan Mussry, di Instagram.

Postingan Maia Estianty mendapat respons positif dari penggemarnya. Mereka ikut berbahagia, melihat idolanya telah menemukan tambatan hati.

Tak sedikit yang mendoakan Maia Estianty, dan Irwan Mussry, untuk mendapatkan momongan.

Pada salah satu unggahan, Maia Estianty mendapat pertanyaan dari akun @evi.widya, "Bunda... Ada keinginan buat punya anak lagi ndak? #hanyatanya." 

Bikin Kaget

(Instagram/maiaestiantyreal)

Tak disangka, Maia Estianty memberikan jawaban atas pertanyaan tersebut.

"@evi.widya ngga kepikiran (emotikon cium)," tulis Maia Estianty.

 

Banjir Doa

Maia Estianty (Instagram/maiaestiantyreal)

Walau mengaku tak ingin memiliki anak lagi, namun tak sedikit warganet yang tetap mendoakan Maia Estianty dan Irwan Mussry, mendapatkan keturunan.

"Bund smga kelak dikaksig anugrah anak perempuan ya bund biar lengkap," tulis akun @yanitaimut.

"Bun hamil dong bund hahahah," lanjut akun @heyitsme_tarie. (Amrikh Palupi/Dream.co.id)

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hadir di Indonesia, iPhone XS Dibanderol Mulai Rp 20,4 Jutaan

Posted: 06 Dec 2018 09:36 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Janji Erajaya Group memboyong iPhone terbaru ke Indonesia, yakni iPhone XS dan iPhone XS Max, akhirnya telah diwujudkan.

Jika sebelumnya perusahaan retail Indonesia ini mengumumkan iPhone XS dan iPhone XS Max akan hadir di Indonesia mulai 7 Desember, kini pada hari yang dimaksud, Erajaya Group membeberkan banderol harga untuk penerus iPhone X.

Banderol harga iPhone XS di Indonesia (Foto: Erafone.com)

Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com di laman Erafone.com, iPhone XS bakal hadir dalam tiga varian warna yakni silver, spacey grey, dan gold dengan tiga opsi penyimpanan internal.

Ketiga opsi memori internal itu adalah 64GB, 256GB, dan 512GB.

Soal harga, iPhone XS paling murah adalah yang berkapasitas 64GB dengan harga Rp 20,499 juta.

Sementara, iPhone XS varian 256GB dibanderol Rp 23,499 jutaan.

Adapun yang paling mahal adalah iPhone XS varian 512GB yang dijual mulai Rp 27,499 jutaan.

Harga iPhone XS Max

Harga iPhone XS Max di Indonesia (Foto: Erafone.com)

Lain lagi dengan iPhone XS Max. iPhone XS dengan layar lebih luas ini dijual dengan harga yang lebih mahal.

Seperti iPhone XS, iPhone XS Max hadir dalam tiga varian warna yakni silver, space gray, dan gold.

Ketiga iPhone XS Max ini juga memiliki opsi memori internal serupa iPhone XS, yakni 64GB, 256GB, dan 512GB.

Untuk harga, iPhone XS Max paling murah, yakni 64GB dibanderol Rp 22,499 juta.

Sedangkan untuk iPhone XS Max dengan memori internal 256GB dijual Rp 25,499 jutaan.

Kemudian, iPhone XS Max dengan memori internal 512GB dibanderol Rp 29,499 jutaan.

Bakal Dijual Mulai 14 Desember

Seorang pengunjung melihat produk baru iPhone saat peluncuran produk baru Apple di Apple Headquarters, Cupertino, California (12/9). Apple merilis tiga iPhone terbaru, yaitu iPhone XS, iPhone XS Max dan iPhone XR. (AP Photo/Marcio Jose Sanchez)

Dalam keterangan di laman Erafone.com, hanya disebutkan kalau iPhone XS dan iPhone XS Max akan segera hadir di toko Erafone pada 14 Desember 2018.

Belum ada pilihan bagi pengguna yang ingin melakukan pre-order. Kendati begitu, mereka yang berminat bisa langsung mendatangi pusat layanan yang ada di gerai-gerai fisik Erafone terdekat.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diterjang Puting Beliung, Aliran Listrik di Bogor Selatan Masih Padam

Posted: 06 Dec 2018 09:35 PM PST

Liputan6.com, Bogor - Aliran listrik di sejumlah wilayah di Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat yang terkena angin puting beliung hingga kini masih padam.

Pantauan Liputan6.com, hingga Jumat (7/12/2018) siang, aliran listrik di Kelurahan Pamoyanan, Cipaku, Rangga Mekar, Batu Tulis, dan Lawang Gintung masih padam sejak Kamis sore.

"Kami terpaksa nyuci manual. Masak nasi juga pake kompor," kata Restu Widiati, warga Pamoyanan, Kota Bogor, yang mengaku rumahnya tidak terkena tiupan angin kencang.

Dari dua kecamatan, sejumlah kelurahan di Kecamatan Bogor Selatan yang terkena imbas paling parah diterjang angin puting beliung. Sebanyak 770 bangunan terdiri pertokoan dan rumah warga rusak berat hingga sedang. Beberapa di antaranya roboh.

Salah satu bangunan yang rusak akibat puting beliung adalah stasiun Batu Tulis. Atap bangunan Stasiun Batu Tulis pun tak luput dari tiupan angin kencang. Genting stasiun beterbangan. Bahkan, rangka atap kayu ada yang patah.

Namun begitu, listrik padam maupun kerusakan atap tidak mengganggu pelayanan maupun jadwal Kereta Api tujuan Bogor-Sukabumi.

"Listrik padam dari sore kemarin, tapi kami gunakan genset," kata Joko Sugianto Kepala Stasiun Batu Tulis.

Sementara itu, saat dikonfirmasi, belum ada jawaban dari Kepala Humas PLN area Bogor Deni Hernawan.

Bersih-Bersih

848 Bangunan Rusak Disapu Puting Beliung, Warga Bogor Bersih-bersih (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Ratusan rumah warga di tiga kecamatan di Kota Bogor, Jawa Barat terdampak puting beliung, yang terjadi pada Kamis 6 Desember 2018 sore. Ratusan rumah rusak, bahkan ada yang roboh.

Kondisi yang paling parah terkena puting beliung yakni di Kelurahan Batu Tulis dan Lawanggintung, Kecamatan Bogor Selatan.

Dari pantauan Liputan6.com, Jumat (7/12/2018) pagi, warga mulai membersihkan rumah-rumahnya. Dibantu sejumlah relawan, BPBD Kota Bogor, dan warga membersihkan akses jalan yang berserakan oleh material berupa puing dan batang pohon di sekitar rumah mereka.

Sedangkan warga yang atapnya roboh dan rusak mengungsi di Masjid Nurul Hidayah, Masjid Al Muhtadin, dan Masjid Khozinatus Sa'adah. Namun sebagian sudah kembali ke rumahnya masing-masing.

Salah satu warga Jalan Saleh Danasasmita RT 2 RW 7 Kelurahan Batu Tulis, Fitri Astuti (42) mengaku mulai pagi sudah membersihkan reruntuhan rumahnya.

"Sejak pagi tadi kami melakukan bersih-bersih reruntuhan," kata Fitri di rumahnya.

Para pemilik tempat usaha juga nampak sibuk membersihkan reruntuhan bangunan toko mereka yang rusak parah akibat terjangan puting beliung.

Sementara data yang dihimpun dari Polresta Bogor Kota tercatat sebanyak 770 bangunan rumah dan pertokoan rusak berat hingga ringan di Kecamatan Bogor Selatan.

Ratusan rumah terdampak bencana itu tersebar di di Kelurahan Batu Tulis, Kelurahan Pamoyanan, Kelurahan Cipaku, dan Kelurahan Lawang Gintung.

Kemudian sebanyak 78 rumah rusak berat dan ringan di Kelurahan Baranangsiang dan Kelurahan Sukasari, Kecamatan Bogor Timur.

"Total ada 848 bangunan yang terdampak puting beliung," kata Kasubag Humas Polresta Bogor Kota AKP Yuni Astuti.

Selain merusak ratusan bangunan, puting beliung juga menyebabkan 20 pohon tumbang, lima kendaraan umum dan pribadi rusak tertimpa pohon.

Bahkan, seorang ibu rumah tangga bernama Enny Reno Rantau (45) tewas tertimpa pohon saat mrngemudikan kendaraannya di Jalan Lawang Gintung.

Jumat pagi, jenazah warga Cluster Bukit Nirwana I, Kelurahan Mulyaharja, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, disemayamkan tak jauh dari rumah duka.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Penjual Ikan Cantik, Ini Faktanya

Posted: 06 Dec 2018 09:32 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Seorang penjual ikan di Taiwan viral setelah foto-fotonya beredar di media sosial. Wanita cantik itu tampak bekerja menata sekaligus memotong pesanan pembeli di salah satu kios.

Gadis yang diketahui bernama Liu Pengpeng itu berjualan dengan tank top dan rambut terikat. Usut punya usut, Liu yang berusia 29 tahun itu tengah membantu ibunya berjualan ikan di pasar.

 

Doc: Shanghaiist

Menurut sang ibu seperti dilansir dari Shanghaiist, putrinya datang membantu berjualan bila ada waktu luang. Liu khawatir bila ibunya bekerja terlalu keras.

Di sisi lain, Liu juga bekerja sebagai seorang model. Ia juga pernah menuntut ilmu di Universitas Sains dan Teknologi Hongguang.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Selanjutnya

Doc: Shanghaiist

Pasar tempat Liu kini bertambah ramai, terlebih bila wanita itu ada di sana. Kebanyakan pengunjung datang untuk melihat sosok penjual ikan cantik itu. Tapi banyak juga yang benar-benar membeli ikan di tempat ibu Liu berjualan.

Reporter: Kurnia Putri Utomo

Sumber: Brilio.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Didesak Sediakan Banyak Simulator, Boeing Klaim Seluruh Pesawat Buatannya Aman

Posted: 06 Dec 2018 09:32 PM PST

Liputan6.com, Seattle - Otoritas penerbangan di Indonesia dan India pada Kamis 6 Desember, mendesak Boeing memperbanyak agenda simulator untuk pilot Boeing 737 MAX, menyusul kecelakaan pesawat Lion Air yang mematikan.

Di lain pihak, produsen pesawat yang berbasis di Seattle, Amerika Serikat (AS) itu kembali menegaskan bahwa pesawat jet terlarisnya aman.

CEO Boeing Dennis Muilenburg mengatakan kepada stasiun televisi CNBC pada hari Kamis bahwa dia "sangat yakin" tentang keselamatan seri 737 MAX, versi terbaru dari jet penumpang yang telah terbang selama beberapa dekade.

"Kami tahu pesawat kami aman. Kami belum mengubah filosofi desain kami," kata Muilenburg, sebagaimana dikutip dari Channel News Asia, Jumat (7/12/2018).

Komentar Muilenburg datang pada hari yang sama ketika regulator penerbangan India mengatakan pilot 737 MAX harus dilatih pada simulator yang mereplikasi dugaan skenario penyebab kecelakaan, sementara Kementerian Perhubungan Indonesia mengatakan akan segera memberlakukan persyaratan baru untuk pelatihan terkait.

Juga pada hari Kamis, Lion Air mengkonfirmasi laporan kantor Reuters, bahwa pihaknya sedang mempertimbangkan pembatasan pesanan 737 MAX setelah pesawat itu jatuh ke Laut Jawa pada 29 Oktober, menewaskan semua 189 orang di dalamnya.

Saat ini, Lion Air membeli 190 jet Boeing senilai US$ 22 miliar (setara Rp 318 triliun) yang sedang dalam daftar tunggu untuk dikirim.

Pelanggan MAX lainnya, termasuk operator penerbangan besar AS, telah menegaskan kembali bahwa mereka tetap berada dalam kesepakatan pembelian pesawat.

Sementara itu, tim penyidik memusatkan perhatian pada kemungkinan bahwa sistem untuk mencegah pesawat tidak kehilangan kecepatan (anti-stall), menerima keselahan umpan data dari sensor rusak, yang tersisa pada penerbangan berbahaya sebelumnya.

Boeing telah mengatakan prosedur kokpit yang diterapkan pada penerbangan sebelumnya sudah siap untuk mengatasi masalah seperti itu.

Tetapi, regulator AS mengatakan Boeing juga memeriksa kemungkinan perbaikan perangkat lunak, setelah mendapat kecaman karena tidak menguraikan perubahan terbaru pada sistem otomatis dalam manual untuk 737 MAX.

 

Simak video pilihan berikut: 

Kantung plastik mengambang di laut pascajatuhnya pesawat Lion Air JT 610 di laut utara Tanjung Pakis, Jawa Barat, Senin (29/10). Lion Air JT 610 teregistrasi dengan PK-LQP dan berjenis Boeing 737 MAX 8. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Diperlukan Pelatihan Tambahan

Boeing 737 MAX-8 pertama di Indonesia yang dioperasikan oleh Lion Air.

Pelatihan tambahan juga menjadi fokus utama setelah kecelakaan.

Lion Air mengharapkan untuk memiliki simulator 737 MAX tahun depan, ujar Managing Director Daniel Putut pada pekan lalu.

Sebuah simulator dapat menghabiskan biaya antara US$ 6 juta dan US$ 15 juta --tergantung bagaimana penyesuaiannya-- dan memakan waktu sekitar satu tahun untuk dikirimkan, kata perusahaan pelatihan penerbangan CAE.

Sebagai informasi, CAE telah menjual sekitar 30.773 unit simulator MAX ke berbagai maskapai penerbangan di seluruh dunia.

Southwest Airlines Co mengatakan memiliki satu simulator MAX pada pesanan sebelum kecelakaan Lion Air, sementara American Airlines mengatakan itu bekerja dengan pilot dalam pelatihan.

Secara terpisah, American Airlines telah menambahkan ke bahan pelatihan pilot wajib diskusi tentang skenario yang dihadapi oleh pilot Lion Air, serta rincian perbedaan antara MAX dan pendahulunya, 737NG, kata Dennis Tajer, juru bicara Asosiasi Pilot Sekutu (APA), yang juga merupakan pilot American Airlines.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Model Tampilkan Denah Apartemen Tanpa Pakaian

Posted: 06 Dec 2018 09:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Beredar video yang memperlihatkan sejumlah model menampilkan denah apartemen dalam keadaan tanpa pakaian. Aksi ini merupakan ide pengembang properti untuk menarik konsumen.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Real Madrid Lumat Melilla Jadi Pembuktian Isco dan Asensio

Posted: 06 Dec 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Real Madrid melumat tamunya UD Melilla dalam lanjutan Copa del Rey, Kamis (6/12/2018). Bertanding di Santiago Bernabeu, Los Blancos menang dengan skor telak 6-1 atas Melilla. 

Kemenangan ini sekaligus mengantar Los Blancos ke babak selanjutnya. Real Madrid melaju dengan agregat 1-0 setelah pada leg pertama juga berhasil menang dengan skor 4-0. Selain itu, pertandingan ini sekaligus menjadi pembuktian bagi Isco Alarcon dan Marco Asensio. 

Seperti dilansir AS, Isco tampil sebagai starter dalam duel ini. Ini kali pertama sejak kedatangan pelatih Santiago Solari, Isco bermain sejak menit pertama bersama Real Madrid. Dalam sembilan laga sebelumnya, Isco hanya menjadi penghangat bangku cadangan.

Kesempatan ini berhasil dimanfaatkan Isco dengan baik. Pemain asal Spanyol itu mencetak dua gol, pada menit ke-47 dan 83. Sementara Marco Asensio (33' dan 35') juga mencetak dua gol. Sedangkan dua gol lagi dipersembahkan oleh Vinicius Junior dan Javier Sanchez. 

Dua gol Isco memang tidak menjamin dia kembali menjadi starter saat Real Madrid bertemu Huesca, akhir pekan ini. Sebab pertandingan melawan Melilla bukan laga ideal yang menjadi pertimbangan pelatih dalam mengambil keputusan terkait kemampuan pemainnya. 

Isco masih perlu menunjukkan kosistensi penampilannya. Apalagi saat Real Madrid jadi merekrut Eden Hazard dan Chelsea. Persaingan ke posisi tarter bakal lebih berat lagi.

Meski demikian, dua gol ke gawang Melilla setidaknya membuka mata semua pihak, Isco belum habis. Sebaliknya, dia masih layak diandalkan dan berguna bagi Los Blancos. 

 

 

 

 

 

Panggung Asensio

Pemain Real Madrid Marco Asensio berebut bola dengan Kepa Arrizabalaga selama pertandingan La Liga Spanyol di Santiago Bernabeu (18/4). Kepa mengalahkan transfer kiper Liverpool, Alisson Becker (67 juta poundsterling). (AFP Photo/Javier Soriano)

Kemenangan Real Madrid atas Melilla juga menjadi panggung bagi Asensio. Setidaknya sudah tiga gol dan tiga assist dibukukannya selama tampil melawan UD Melilla. Satu gol lainnya dicetak saat Real Madrid menang 4-0 atas Melilla di leg pertama Copa del Rey. 

Sejak kepergian Cristiano Ronaldo, Asensio sempat menjadi pilihan utama bersama Gareth Bale dan Karim Benzema. Namun dia kesulitan menghadapi tekanan yang begitu besar. Akibatnya, Asensio tidak bisa tampil konsisten dan mulai terpinggirkan dari skuat inti. 

Sama halnya dengan Isco, Asensio juga belum habis. Sebaliknya, penampilan gemilang melawan Melilla berpotensi membuka jalan untuk kembali jadi pilihan utama Solari. 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Musim Hujan, Harga Sayuran di Pasar Tradisional Terus Menanjak

Posted: 06 Dec 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Harga berbagai komoditas sayuran di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, pada Jumat ini terpantau masih terus mengalami lonjakan. Seperti yang diutarakan Surati (50), salah seorang pedagang sayuran di pasar tradisional tersebut.

"Sayuran naik semua. Kayak tomat yang sekarang Rp 12 ribu per kg, tadinya Rp 10 ribu per kg. Baru 3 hari (naiknya)," cerita dia kepada Liputan6.com, Jumat (7/12/2018).

Sayuran lain yang juga mengalami kenaikan harga di lapak dagangan Surati antara lain sawi hijau, dari Rp 10 ribu per kg jadi Rp 12 ribu per kg, serta jeruk peras dari Rp 14 ribu per kg jadi Rp 15 ribu per kg,

Kenaikan juga dialami bawang merah, yang pada awal pekan lalu sempat turun hingga Rp 28 ribu per kg. Namun per hari ini harganya kembali melonjak jadi Rp 35 ribu per kg.

Surati pun beralasan, berbagai lonjakan harga ini terjadi lantaran petani kesulitan mengambil sayuran saat musim hujan. "Soalnya lagi hujan terus kan, jadi pada kesusahan metiknya," ungkap dia.

 

Cabai Justru Turun

Pedagang tengah menata bawang di pasar di Jakarta, Jumat (20/4). Harga cabai dan bawang memasuki akhir pekan ini terpantau belum banyak berubah, cenderung mengalami penurunan. Pasokan yang cukup mendorong harga masih stabil. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Berbanding terbalik, seorang pedagang lain di pasar yang sama, Uus (50), justru mengabarkan beberapa komoditas sayuran semisal produk cabai kini tengah mengalami penurunan harga.

"Cabai lagi turun, pasokannya lagi ramai. Rawit merah turun dari Rp 35 ribu per kg jadi Rp 30 ribu, rawit hijau turun Rp 30 ribu per kg, tadinya Rp 35 ribu per kg. Cuman merah keriting yang naik jadi Rp 30 ribu per kg, tadinya Rp 35 ribu per kg," paparnya.

Untuk sebagian produk sayuran lain, dia menyatakan, harganya memang masih terus meninggi. "Daun selada, dari Rp 20 ribu per kg jadi Rp 40 ribu per kg. Jeruk peras sekarang Rp 15 ribu per kg, biasanya Rp 12 ribu per kg," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jessica Mila Ketempelan Makhluk Gaib

Posted: 06 Dec 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Jessica Mila menjadi salah satu pemain dalam film terbaru Mata Batin 2. Ia mengaku tak merasakan ketakutan saat syuting film tersebut.

Namun, Jessica Mila merasakan hal mistis. Mantan kekasih Mischa Chandrawinata ini sempat ketempelan makhluk gaib.

Jessica Mila merasakan tubuhnya drop, padahal sebelumnya, ia merasakan kondisinya sehat.

"Ada kejadian aneh. Aku enggak ketakutan sih karena kan di situ ramai tapi kebetulan di Mata Batin 2 ini aku sendiri yang ngalamin. Jadi saat itu tiba-tiba aku tuh ngerasa lemas, pusing, mual, terus sampai akhirnya aku dipijitin dan didoain lain sebagainya lah," ungkap Jessica Mila, di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

 

Pertama Kali

(Instagram/jscmila)

Jessica Mila mengatakan dirinya baru pertama kali mengalami hal mistis seperti itu.

"Aku enggak syuting dan mengigil sekali. Besoknya masih break juga, ya udah dibilangnya itu aku ketempelan. Itu pertama kali sih aku ngerasain yang aku sehat-sehat aja tiba-tiba drop banget. Kebetulan saat itu aku lagi datang bulan juga jadi katanya kan kalau orang lagi datang bulan lebih sensitif juga," tambahnya. 

Tak Trauma

(Instagram/jscmila)

Mengalami kejadian tak terduga, tak membuat Jessica Mila trauma. Bagi pemain film Ganteng Ganteng Serigala ini, syuting apapun ada risikonya.

"Enggak (trauma) sih, itu sama sekali enggak bikin aku trauma karena menurut aku syuting apa aja pasti ada risiko seperti itu kan. Itu bukan karena horornya tapi bisa aja karena tempatnya karena kondisi tubuh aku juga ya mau itu sebenernya. Aku lagi syuting drama atau apa tempatnya emang kayak gitu ya bisa aja," jelas Jessica Mila. (Syifa Ismalia/Fimela.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Jaringan Internet Telkomsel di Sumatera Tumbang Jadi Sorotan

Posted: 06 Dec 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Artikel perihal tumbangnya jaringan internet milik Telkomsel di Sumatera, menjadi perhatian pembaca di kanal Tekno Liputan6.com.

Dua artikel lain yang juga populer, termasuk penyebab internet operator selular berplat merah tersebut lumpuh, dan daftar smartphone termurah di 2018.

Lebih lengkap, langsung saja simak ketiganya berikut ini.

1. Jaringan Internet di Sumatera Tumbang, Telkomsel Minta Maaf

Salah satu BTS Telkomsel di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur yang berbatasan langsung dengan Timor Leste. (Doc: Telkomsel)

Telkomsel meminta maaf atas gangguan layanan data yang terjadi di sebagian wilayah Sumatera.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Tekno Liputan6.com, Kamis (6/12/2018), disebutkan gangguan layanan data terjadi di wilayah operasional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) dan Sumatera Bagian Tengah (Sumbagteng).

Selengkapnya baca di sini

 

2. Ini Penyebab Internet Telkomsel Lumpuh di Sumatera

Petugas teknisi Telkomsel sedang melakukan pengecekan perangkat BTS.

Telkomsel memberikan penjelasan terkait penyebab gangguan internet di area Sumatera Bagian Utara dan Sumatera Bagian Tengah. Hal ini dikonfirmasi oleh General Manager ICT Operation Region Sumbagteng Noviandri.

"Fiber optik putus. Tapi itu sudah clear dan sedang proses perbaikan di sistem," ujar Noviandri sebagaimana dikutip dari laman Jawa Pos, Kamis (6/12/2018).

Selengkapnya baca di sini

3. 5 Smartphone Murah Terbaik 2018

Tampilan belakang Samsung Galaxy A7. Liputan6.com/Jeko I.R

2018 menjadi tahun yang sangat dinamis, di mana sejumlah vendor smartphone berlomba-lomba untuk menawarkan perangkat berkualitas dengan spesifikasi mumpuni, namun dengan harga yang ramah di kantong.

Samsung Note 9, Huawei P20 Pro, dan iPhone XS memang smartphone dengan spesifikasi kelas wahid tahun ini.

Akan tetapi, untuk membawa pulang salah satu dari ketiga smartphone tersebut, kamu perlu menguras tabungan hingga belasan juta rupiah.

Selengkapnya baca di sini

(Ysl/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gerebek Warung Judi di Pulogadung, 2 Wanita Ikut Diciduk

Posted: 06 Dec 2018 09:26 PM PST

Patroli, Jakarta - Polisi mengamankan lima orang pejudi di kawasan Pasar Enjo, Pulogadung, Jakarta Timur.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Jumat (7/12/2018), lima orang, termasuk dua perempuan yang sedang bermain judi ikut diamankan petugas termasuk barang bukti berupa kartu remi dan uang ratusan ribu rupiah.

Penggerebekan dilakukan berdasarkan laporan masyarakat yang resah dengan keberadaan warung yang kerap dijadikan arena berjudi.

Guna kepentingan lebih lanjut, kelima orang pejudi berikut barang bukti langsung dibawa ke Mapolsek Pulogadung, Jakarta Timur. (Galuh Garmabrata)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Ikrar Menjaga Pancasila Jangan Hanya di Bibir Saja

Posted: 06 Dec 2018 09:23 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka Jambore Kebangsaan Bela Negara Keluarga Besar Forum Komunikasi Putra Putri TNI-Polri (FKPPI) Tahun 2018. Acara digelar di Bumi Perkemahan Ragunan, Jakarta Selatan, Jumat (7/12/2018).

Dalam acara itu, Jokowi didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto, serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuldjono.

Di awal sambutan, Jokowi meminta komitmen kader FKPPI dalam menjaga Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Pertama-tama saya ingin bertanya dulu pada 1.000 kader keluarga besar FKPPI. Apakah saudara-saudara terus akan setia pada NKRI? Apakah saudara-saudara siap terus membela NKRI? Apakah saudara-saudara terus setia pada Pancasila? Siap membela Pancasila?" tanya Jokowi.

"Siap," jawab kader FKPPI serentak.

"Terima kasih, terima kasih, terima kasih," timpal Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini berharap, ikrar menjaga Pancasila dan NKRI tidak hanya terucap di bibir saja. Melainkan harus bergema dalam pikiran, hati, dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

"Karena saudara-saudara mewarisi semangat juang, semangat bela negara, semangat cinta Tanah Air yang sudah dipegang teguh generasi pendahulu kita. Pendahulu yang sudah bertaruh nyawa memperebutkan kemerdekaan Indonesia," sambungnya.

Jangan Lengah

Pria kelahiran Solo, Jawa Tengah, ini berpesan kader FKPPI tidak boleh lengah dalam menjaga Pancasila. Jangan sampai ideologi lain masuk ke Indonesia dan menggerogoti Pancasila.

"Kita harus selalu jaga Pancasila, jaga NKRI, dan memastikan nilai-nilai Pancasila terus diterapkan dalam kehidupan berbangsa kita sehari-hari. Jangan sampai ideologi impor menggeser Pancasila yang pada akhirnya mengoyak NKRI, mengoyak merah putih," kata dia.

Jokowi mengaku bersyukur 73 tahun Indonesia merdeka, rakyat masih bersatu dan bergerak maju ke arah yang lebih baik. Langkah rakyat ini tentu tidak lepas dari semangat Pancasila.

Jokowi melanjutkan, di tengah keragaman suku, agama, tradisi, bahasa, perpecahan harus dihindari. Persatuan, kerukunan, dan persaudaraan harus terus dirawat.

"Di negara Pancasila, kepentingan negara harus diletakkan di atas kepentingan pribadi," tegasnya.

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rania Youssef, Aktris Mesir Terancam Hukuman Penjara

Posted: 06 Dec 2018 09:20 PM PST

Liputan6.com, Mesir - Rania Youssef, aktris Mesir, menghadiri acara Festival Film Internasional Kairo ke-41, yang dihelat di Gedung Opera Kairo. Ia mengenakan gaun panjang berwarna hitam, dan membiarkan rambut panjangnya tergerai.

Ia berpose di karpet merah pada 29 November 2018 lalu. Namun, Rania Youssef terancam dipenjara, kenapa?

Lantaran penampilannya. Rania Youssef memang memakai gaun panjang, tetapi bagian bawah tampak transparan. 

 

Jalani Sidang

Rania Youssef berpose saat menghadiri Festival Film Internasional Kairo (CIFF) ke-40, Mesir (29/11). Youssef tampil seksi mengenakan gaun berenda hitam dengan padanan korset ketat hitam yang juga memperlihatkan bagian kakinya. (AFP Photo/Suhail Saleh)

Pada Januari 2019 mendatang, Rania Youssef akan menjalani persidangan perdananya.

 

5 Tahun

Akibat perbuatannya tersebut, Rania Youssef pun terancam hukuman penjara selama lima tahun. (Debby Restu Utomo/Merdeka.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tersisa 143 Unit Lampu Hemat Energi yang Belum Terpasang di Nias

Posted: 06 Dec 2018 09:15 PM PST

Liputan6.com, Nias - Pemasangan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) di Pulau Nias kurang 143 unit, dari target 1.360 unit yang dipasang tahun ini. Keberadaan infrastruktur tersebut untuk mempercepat pemerataan elektrifikasi di wilayah yang belum mendapat listrik.

Direktur Infrastruktur Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan Konservasi Energi (EBTKE) Noor Arifin Muhammad‎ mengatakan, Pulau Nias mendapat jatah LTSHE sebanyak 1.360 unit. Saat ini LTSHE yang sudah terpasang mencapai 90 persen dari alokasi atau kurang 143 unit.

"LTSHE di Nias 1.360 dalam tahun ini. sampai saat ini 90 persen 143 unit diselesaikan beberapa hari ke depan,"‎ kata Noor, di Nias, Jumat (7/12/2018).

‎Noor mengungkapkan, LTSHE dipasangkan pada rumah yang belum mendapat aliran listrik karena tidak ada jaringan di wilayahnya. ‎Lampu tersebut digunakan sementara selama 3 tahun, untuk menunggu pembangunan jaringan kelistrikan.

"‎Pemasanganan LTSHE untuk saudara kita yang masih gelap gulita. Data 2017 ada 2.500 desa 256 ribu keluarga. Itu rencananya disapu bersih 2017. 79 ribu keluarga sudah menerima. Di 2018 sebanyak 173 ribu unit," papar dia.

Menteri ESDM Ignasius Jonan mengatakan, dengan adanya pemasangan LTSHE tersebut dapat meningkatkan pemerataan kelistrikan (rasio elektrifikasi) di Pulau Nias. Tercatat sebelum LTSHE dipasangan‎ rasio elektrifikasi Nias hanya 52 persen setelah terpasang meningkat jadi 65 persen.

Dia pun meminta Pemerintah Kabupaten mengirim surat untuk pemasangan LTSHE, jika masih ada masyarakat yang belum menikmati listrik.

"Tolong Wakil Kabupaten lain kalau kurang kirim surat biar tambah lagi tahun depan target rasio elektrifkasi 100 persen," tandasnya.

Ada Penembakan, Kementerian ESDM Tunda Bagi Lampu Hemat Energi di Papua

Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) terpasang di rumah penduduk di Dusun Katikupelang, Desa Petawang, Kecamatan Umalulu, Kab. Sumba Timur, NTT, Rabu (21/11). Tahun 2018, sebanyak 2.024 unit akan dipasang di Pulau Sumba (Liputan6.com/HO/Hadi M Djuraid)

Masyarakat Kabupaten Nduga, Papua harus menunda menikmati penerangan dari Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE). Ini karena aksi Kelompok Kriminal Bersenjata (KKKB) yang menembak pekerja yang membangun jembatan di Trans Papua.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Andy Noorsaman Sommeng ditugaskan membagikan LTSHE di Papua pada 13 Desember 2018. Namun, rencana tersebut harus tertunda, karena pihak keamanan melarang untuk mengunjungi wilayah tersebut, akibat adanya aksi penembakan yang dilakukan KKB.

"Saya mau ke sana tadinya mau bagikan lampu LTSHE. Tapi kalau otoritas di sana bilang enggak, ya enggak bisa," kata Andy, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (4/12/2018).

Andy menuturkan, aksi penembakan KKB tersebut menggangu proses penyerahan LTSHE. Akan tetapi, pihaknya harus mengikuti ketentuan yang telah diatur pihak keamanan.

"Kalau militer bilang enggak boleh, tunggu acc dulu. kalau sudah masuk wilayah militer, siapapun yang masuk ini berbahaya, mengancam," tutur dia.

Terkait, pembangunan infrastruktur kelistrikan, Andy belum mendapat laporan pembangunan jaringan kelistrikan di Papua terganggu akibat ulah KKB tersebut.

"Kebetulan yang di sana, ke arah pembangunan distribusi, belum ada laporan dari sana," ujar dia.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

DKI Terjunkan 500 Satpol PP untuk Sapu PKL Bawah Skybridge Tanah Abang

Posted: 06 Dec 2018 09:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Jembatan Penyeberangan Multiguna (JPM) Tanah Abang alias skybridge sudah selesai dibangun. Uji coba dilakukan mulai hari ini sampai pekan depan.

Rencananya, 446 pedagang kaki lima (PKL) di sekitar skybridge Tanah Abang bisa menempati kios di sekitar lokasi pada Senin 9 Desember 2018.

Namun nyatanya, jumlah PKL di bawah JPM berjumlah ribuan atau lebih banyak dari jumlah lapak tersedia.

"Jumlahnya seribuan lebih itu," kata Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Irwandi di Tanah Abang, Jumat (7/12/2018).

Irwandi mengatakan, sebanyak 446 PKL yang sudah terdata akan pindah ke JPM, sebanyak 200 PKL akan dipindah ke Blok F. Sedangkan sisa PKL yang tidak terdaftar akan digusur.

"Nah itu tugas saya nanti nyapu sisanya PKL di bawah," kata dia.

Tak tanggung-tanggung, Irwandi menyebut pihaknya akan menurunkan 500 personel Satpol PP untuk membersihkan bawah skybridge Tanah Abang dari PKL.

"Senin kita akan turunin 500 satpol PP, jadi 300 dari provinsi, 200 wilayah," ucap Irwandi.

 

Tak Mau Ambil Pusing

Jembatan Penyeberangan Multiguna (JPM) Tanah Abang atau skybridge Tanah Abang akhirnya bisa digunakan mulai hari ini.

Mantan Kadis UMKM itu menyatakan, tak mau ambil pusing kemana PKL yang akan digusur itu akan berjualan.

"Kita enggak mau tahu (jualan di mana) karena ini tidak terdaftar," kata dia. 

Baginya, PKL bagai jamur yang terus bertumbuh. Apabila ada yang pindah maka sudah ada PKL yang siap menggantikan tempat yang kosong seperti di trotoar bawah JPM Tanah Abang.

"Jadi gini PKL itu kalau ada gusuran naik 446 ini yang lain siap-siap nih mau gantiin. Itu sudah sifatnya PKL. Gua gantiin dagang di bawah dong, kan lu pergi. Nah itu enggak boleh, kita usahakan bersih (dari PKL)," Irwandi menandaskan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kapan Toyota Avanza Terbaru Meluncur?

Posted: 06 Dec 2018 09:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Toyota Avanza model terbaru kian santer terdengar. Kabarnya mobil yang dijuluki Sejuta Umat itu akan mengalami sejumlah perubahan yang signifikan.

Bahkan beberapa sales menyatakan mobil kembaran Daihatsu Xenia itu akan muncul pada awal 2019 mendatang.

Namun dilain pihak, Toyota sendiri rupanya masih malu-malu jika disinggung kapan Avanza model anyar muncul di tahun Shio Babi Tanah.

Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto mengakui bahwa di tahun depan Toyota akan menghadirkan produk baru. Namun dia tetap tutup mulut jika yang dimaksud adalah Avanza baru.

"Produk baru ada enggak? Mau yang mana? Yang improvement, minor change, mayor change atau all new. Ya ditunggu saja," ucap Soerjo saat ditemui di kawasan Thamrin, Jakarta, Kamis (7/12) malam.

Soerjo menyatakan, bahwa hingga saat ini wholesale (penjualan pabrik ke dealer) Toyota Avanza masih cukup memuaskan yaitu sekitar 6000-7000 unit per bulan.

"Justru saya ingin menanyakan ke yang lain,  kenapa kok pada percaya rumor akan ada Avanza baru," ucap Soerjo disambut tawa.

 

Selanjutnya

Soerjo sendiri pada dasarnya tak menampik, jika Toyota memiliki rencana persiapan untuk mengeluarkan Avanza baru.

Akan tetapi menurut dia, semua produk Toyota memiliki perencanaan tersendiri, baik untuk ubahan ringan (minor change) atau ubahan menyeluruh (mayor change).

Hanya saja, setiap model atau produk baru yang akan diluncurkan, Seorjo enggan membicarakan waktu dan tempatnya.

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Korea Utara Memperluas Pangkalan Rudal yang Mengarah ke AS?

Posted: 06 Dec 2018 09:02 PM PST

Liputan6.com, Seoul - Muncul kabar bahwa Korea Utara tengah memperluas pangkalan rudal penting, yang akan menjadi salah satu situs paling mungkin untuk mengarahkan serangan balistik antarbenua hingga mencapai Amerika Serikat (AS).

Kabar tersebut disampaikan oleh dua ahli pada program rudal Korea Utara pada Kamis 6 Desember, yang mengutip penelitian baru berdasarkan citra satelit.

Dikutip dari The Straits Times pada Jumat (7/12/2018), kegiatan di pangkalan rudal Yeongjeo-dong --dekat perbatasan Korea Utara dengan China-- dan perluasan fasilitas rudal baru sejauh 11 kilometer, adalah indikasi terbaru bahwa Pyongyang terus meningkatkan kemampuan rudalnya, kata Dr Jeffrey Lewis dan David Schmerler dari Institut Studi Internasional Middlebury di Monterey, California.

Pernyataan tersebut datang di tengah klaim berulang oleh Presiden Donald Trump tentang kemajuan dalam upaya denuklirisasi di Semenanjung Korea.

Dr Lewis dan Schmerler mengatakan mereka masih tidak yakin apakah Yeongjeo-dong dan fasilitas baru yang sedang dibangun di dekat Hoejung-ni, keduanya di daerah pegunungan dekat perbatasan pusat Korea Utara dengan China, adalah pangkalan atau bagian terpisah dari operasi tunggal yang lebih besar.

Tetapi, fakta bahwa seluruh lokasi terkait berada di area strategis, dinilai ideal untuk "basis rudal jarak jauh", keduanya mengatakan dalam sebuah laporan resmi.

"Pangkalan itu terletak di pedalaman Korea Utara, yang dilindungi oleh perbatasan China," kata mereka.

"Ini adalah lokasi yang membuat kita percaya bahwa wilayah umum adalah kandidat kuat untuk penyebaran rudal masa depan yang dapat menyerang Amerika Serikat," tambah mereka yakin.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

Dicurigai Sejak Lama

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (ketiga kiri) memeriksa Rudal Hwasong-15 versi terbaru dari Hwasong-14, yang pernah diuji coba Juli lalu. (KCNA/Korea News Service via AP)

Perencana militer di Seoul dan Washington telah lama menduga bahwa Korea Utara akan mengerahkan ICBM (sistem rudak jarak jauh) miliknya sedekat mungkin dengan China, untuk mengurangi kemungkinan serangan preemptif dari Amerika Serikat.

"Ini adalah salah satu lokasi penting di Korea Utara militer, kami sedang mengupayakan kerja sama penyelidikan dengan Amerika Serikat," ujar Kolonel Roh Jae-cheon, juru bicara militer Korea Selatan.

Dalam laporan yang dipublikasikan bulan lalu, sebuah lembaga penelitian yang berbasis di Washington, Centre for Strategic and International Studies, mengatakan telah menemukan lebih dari belasan pangkalan rudal Korea Utara masih beroperasi.

Dengan menggunakan citra satelit, Dr Lewis dan Schmerler menemukan terowongan di Yeongjeo-dong yang mungkin digunakan untuk menyimpan rudal dan pembangunan markas baru, serta sepasang tempat perlindungan drive-thru di Hoejung-ni, yang cocok untuk misil balistik besar.

Keduanya juga mengklaim telah menemukan tanda "fasilitas bawah tanah yang sangat besar" di bawah konstruksi tanah lembah yang sempit.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Jokowi Buka Acara Digital Startup Connect 2018

Posted: 06 Dec 2018 09:02 PM PST

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Direktur Utama Bank BTN, Maryono (kanan) mengunjungi stan acara Digital Startup Connect 2018 di Jakarta, Jumat (7/12). Acara ini dihadiri ribuan pelaku startup dari seluruh Indonesia. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Direktur Utama Bank BTN, Maryono (kanan) mengunjungi stan acara Digital Startup Connect 2018 di Jakarta, Jumat (7/12). Acara ini dihadiri ribuan pelaku startup dari seluruh Indonesia. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi stan yang ada dalam acara Digital Startup Connect 2018 di Balai Kartini,  Jakarta, Jumat (7/12). Jokowi terlihat didampingi Menkominfo Rudiantara hingga Kepala Bekraf Triawan Munaf. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi stan yang ada dalam acara Digital Startup Connect 2018 di Balai Kartini, Jakarta, Jumat (7/12). Jokowi terlihat didampingi Menkominfo Rudiantara hingga Kepala Bekraf Triawan Munaf. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan sambutan saat membuka Digital Startup Connect 2018 di Balai Kartini, Jakarta, Jumat (7/12). Digital Startup Connect 2018 merupakan acara yang membahas ekosistem startup di Indonesia. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan sambutan saat membuka Digital Startup Connect 2018 di Balai Kartini, Jakarta, Jumat (7/12). Digital Startup Connect 2018 merupakan acara yang membahas ekosistem startup di Indonesia. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi stan yang ada dalam acara Digital Startup Connect 2018 di Balai Kartini,  Jakarta, Jumat (7/12). Jokowi terlihat didampingi Menkominfo Rudiantara hingga Kepala Bekraf Triawan Munaf. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi stan yang ada dalam acara Digital Startup Connect 2018 di Balai Kartini, Jakarta, Jumat (7/12). Jokowi terlihat didampingi Menkominfo Rudiantara hingga Kepala Bekraf Triawan Munaf. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berbincang dengan pelaku startup saat menghadiri Digital Startup Connect 2018 di Jakarta, Jumat (7/12). Digital Startup Connect 2018 merupakan acara yang membahas ekosistem startup di Indonesia. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berbincang dengan pelaku startup saat menghadiri Digital Startup Connect 2018 di Jakarta, Jumat (7/12). Digital Startup Connect 2018 merupakan acara yang membahas ekosistem startup di Indonesia. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menyesal Bunuh Istri, Pria di Kebumen Cium Kaki Ayah

Posted: 06 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Kebumen - Percaya lah, selalu ada sisi kemanusiaan dari orang sejahat apapun, bahkan seseorang yang dianggap sadis lantaran membunuh istrinya sendiri. Hanya saja, penyesalan itu memang datang belakangan.

Rasa sesal itu begitu nampak ketika DR (38) tersangka pembunuh istri yang lantas berupaya bunuh diri ini menjalani rekonstruksi pembunuhan itu di rumahnya sendiri, di Desa Bonorowo, Kebumen, akhir November 2018 lalu.

DR berulang kali mengungkap betapa ia sangat menyesali perbuatannya. Bahkan, ia pun benar-benar mencintai istrinya.

Pada sebuah momen ayah tersangka mendekati DR. Mendadak, tersangka pembunuh istri ini bersujud dan mencium kaki ayahnya. Tangis keduanya pun tumpah ruah tak lagi bisa dibendung.

Drama mengharukan ini pun menyita perhatian warga setempat. Mereka menyaksikan bapak dan anak yang tengah menyesali nasib dan mesti menghadapi risiko perbuatannya.

Warga tidak menyangka DR tega membunuh istrinya. Sebabnya, dia dikenal pendiam di lingkungan sekitar.

Dalam rekonstruksi ini, DR beberapa kali terus menangis hingga harus berkali-kali menyeka air mata. Dan itu terjadi sepanjang rekonstruksi di mana tersangka pembunuhan istri ini melakukan 15 adegan penganiayaan kepada Eni Hermawati (27), istrinya hingga meninggal.

Istri Meludah ke Tembok Picu Suami Kalap

Tersangka pembunuh istri, DR menjalani total 15 adegan dalam rekonstruksi peristiwa ini. (Foto: Liputan6.com/Polres Kebumen/Muhamad Ridlo)

Kasat Reskrim Polres Kebumen AKP Aji Darmawan langsung memimpin rekontruksi atau reka ulang adegan ini.

"Reka ulang ini untuk melengkapi berkas penyidikan. Dari reka ulang ini kita bisa mengetahui gambaran bagaimana tersangka melakukan penganiayaan kepada istrinya," ucap AKP Aji Darmawan, dikutip dari keterangan tertulisnya, Kamis (6/12/2018).

Adegan pertama, terlihat tersangka memasuki rumahnya sepulang ronda malam. Selanjutnya tersangka tidur di samping istrinya di depan televisi, namun saling membelakangi lantaran sedang tak akur.

Kemudian, adegan selanjutnya, Eni meludah ke tembok dan ditegur suami karena dianggap tidak sopan. Pada adegan ini, suami mulai tersinggung dan sakit hati.

Usai peristiwa ini, DR sempat keluar dari ruangan untuk buang air besar. Namun, ia tak langsung kembali ke dalam rumah.

Keluar dari toilet, tersangka justru memasuki gudang dan mengambil sebilah sabit yang biasa digunakan untuk menyabit rumput untuk pakan ternak. Kemudian, ia menganiaya istrinya hingga putus nyawa.

"Dari hasil pemeriksaan di lapangan, korban menderita 18 sabetan sabit. Korban juga sempat menghalangi perbuatan tersangka dengan menyilangkan tangannya di depan dadanya," Aji menjelaskan.

Rupanya, DR begitu menyesali perbuatannya. Ia pun takut menghadapi risiko hukum yang mesti dihadapi seusai membunuh istrinya.

Setelah Eni meninggal dunia, tersangka kembali pergi ke gudang dan mencari racun pembasmi serangga, Lenit. Tersangka berupaya bunuh diri dengan menenggak racun itu.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fisik Prima, Lingard Siap Jadi Mesin Gol MU

Posted: 06 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Manchester - Jesse Lingard mengaku sudah kembali ke performa terbaiknya bersama MU. Striker timnas Inggris itu yakin bisa membawa MU kembali ke papan atas pada paruh kedua musim.

Lingard mampu mencetak gol saat MU melawan Arsenal tengah pekan ini. Ia mencetak gol kedua sekaligus menyelamatkan muka MU di Old Trafford.

Itu adalah gol pertama Lingard musim ini. Penampilannya sempat tak maksimal karena cedera sejak Piala Dunia kemarin.

"Kami tidak mendapat banyak istirahat setelah Piala Dunia. Jadi kondisi saya belum 100 persen," kata Lingard seperti dilansir Evening Standard.

"Tetapi gol melawan Arsenal membangkitkan semangat saya. Saya ingin terus mencetak gol lagi mulai sekarang," ujarnya menambahkan.

 

Target

Gelandang Manchester United, Jesse Lingard, tampak kecewa usai dikalahkan Chelsea pada laga final Piala FA 2017-2018 di Stadion Wembley, Sabtu (19/5/2018). Chelsea menang 1-0 atas Manchester United. (AFP/Ian Kington)

MU saat ini berada di posisi kedelapan klasemen Liga Inggris. Mereka baru mengoleksi 23 poin dari 15 laga.

Mereka kini tertinggal delapan poin dari Chelsea yang ada di posisi empat besar. Tekanan pun semakin besar pada manajer MU, Jose Mourinho.

"Sebagai tim kami percaya bisa menembus empat besar. Musim ini masih panjang dan kami harus fokus meraih tiga angka dalam setiap laga," kata Lingard meyakinkan.

Saksikan video menarik di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Pantangan bagi Wanita yang Menanti Kehamilan

Posted: 06 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Cepat atau lambatnya seseorang mengalami kehamilan setelah menikah memang berbeda-beda. Ada yang langsung dikaruniai momongan segera setelah menikah, dan ada pula yang harus bersabar beberapa waktu.

Bagi pasangan yang masih menantikan hadirnya buah hati, perlu diketahui penyebab tertundanya kehamilan. Salah satunya karena tanpa sadar melakukan pantangan sehingga mengurangi peluang kehamilan.

Mengutip tulisan dr Grace Valentine di laman Klikdokter, ada beberapa pantangan yang harus Anda hindari jika ingin mendapat peluang kehamilan.

1. Merokok

Kebiasaan yang satu ini tak hanya berdampak negatif pada pria, melainkan juga wanita. Pada wanita, kebiasaan merokok membuat rahim kurang reseptif terhadap hasil konsepsi. Wanita perokok terbukti lebih sulit hamil dan rentan memiliki sel telur dengan kelainan genetik.

Sementara, kebiasaan merokok pada pria bisa menyebabkan kerusakan DNA sperma dan menurunkan produksinya. Itu sebabnya pasangan yang tengah menantikan kehamilan disarankan untuk berhenti merokok.

2. Konsumsi kafein dan minuman beralkohol

Minum minuman beralkohol dan mengandung kafein seperti kopi secara berlebihan bisa mengganggu kesuburan wanita. Mengonsumsi kopi lebih dari 5 gelas sehari atau setara dengan 500mg kafein bisa menurunkan kesuburan. Asupan kafein dalam batas normal yakni maksimal 200 mg per hari.

Begitu pula dengan minuman beralkohol. Mengonsumsi 2 gelas minuman beralkohol per hari bisa menurunkan kesuburan sebesar 60 persen dan meningkatkan kelainan pada janin.

 

Ilustrasi Badan Gemuk atau Obesitas (iStockphoto)

3. Obesitas

Seseorang dengan berat badan berlebih juga cenderung mengalami gangguan kesuburan. Jumlah lemak yang terlalu banyak atau terlalu sedikit akan mengganggu siklus haid dan berujung pada ketidaksuburan. Indeks massa tubuh yang ideal adalah 20-25.

Jadi, sebaiknya tingkatkan kesuburan dengan menerapkan pola makan sehat dan mengonsumsi suplemen yang disarankan oleh dokter guna mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh.

4. Berhubungan seks terlalu sering

Kerap kali pasangan yang tengah mempersiapkan kehamilan menganggap, sering berhubungan seks bisa memperbesar peluang untuk hamil. Padahal ini adalah anggapan yang keliru.

Hubungan seks yang dianjurkan adalah 2-3 kali per minggu. Berhubungan seks terlalu sering atau terlalu jarang bisa memengaruhi kualitas sperma pasangan.

Berhubungan seks hanya ketika masa subur pun boleh selama istri memiliki siklus haid yang teratur sehingga masa subur bisa diprediksi dengan mudah. Tapi, bila fokus bercinta hanya di masa subur pun bisa membuat stres pasangan dan memengaruhi performa terbaik. Seks seharusnya menjadi pengalaman menyenangkan bagi pasangan suami istri.

5. Stres

Faktor lain yang juga menggangu program kehamilan adalah stres. Hal tersebut telah terbukti secara klinis menggangu fungsi sistem reproduksi. Oleh karena itu, pasangan yang tengah mengupayakan kehamilan disarankan melakukan hobi bersama yang bisa mengurangi stres.

 

Sumber: Klikdokter

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kate Middleton dan Kebiasaan Memakai Busana yang Sama Berkali-kali

Posted: 06 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Jika tidak rusak, Kate Middleton tahu itu tidak perlu dibuang. Prinsip ini kiranya diterapkan istri Pangeran William tersebut di busana. Ya, Kate memang tak segan memakai pakaian secara berulang di berbagai kesempatan.

Seperti belum lama ini, Duchess of Cambridge terlihat memakai rok tartan rancangan Emilia Wickstead dengan kardigan Brora berwarna hitam berpadu boots senada saat jadi tuan rumah pesta Natal untuk keluarga militer di Kensington Palace, London, Inggris, Selasa, 4 Desember 2018.

Outfit serupa pernah diperlihatkan Kate pada Januari 2008 lalu. Hanya saja, kala itu, rok sepan motif tartan yang dikenakan tak lebih panjang dari lutut dan berpadu dengan stocking hitam. Ibu tiga anak tersebut memang dikenal senang memakai busana serupa atau malah persis seperti yang pernah dikenakan.

Saat mendampingi Pangeran William saat kunjungan ke Siprus pada Rabu, 5 Desember 2018, Kate Middleton tampak memakai celana berpotongan lebar dan blazer hijau olive, busana yang pernah dipakai saat pulang dari kunjungan keluarga ke Kanada, beberapa waktu lalu.

Tak hanya itu, Kate juga pernah kedapatan memakai blazer warna navy di momen keberangkatan ke Kanada pada 2011. Fashion item itu kembali dipakai perempuan 36 tahun tersebut saat hadir di Olimpiade London 2012 dan Commonwealth Games 2014 di Glasgow.

Belum lagi berbicara tassel boots Kate Middleton yang terus-terus dikenakan di banyak kesempatan. Terakhir, Kate memakainya saat muncul pertama kali usai cuti melahirkan pada Oktober 2018 lalu. Namun, boots ini sudah ada di lemari Kate sejak 2004.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Curhat Mengharukan Roger Danuarta tentang Mendiang Ibunda

Posted: 06 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Roger Danuarta baru saja ditinggal sang ibunda, Engnawati Atmadja yang meninggal dunia pada 23 November 2018. Hampir dua pekan berlalu Roger Danuarta masih menyimpan kedukaan atas kepergian orang yang dicintainya tersebut.

Roger Danuarta bahkan sampai tak punya waktu sama sekali untuk mengunggah momen apapun ke akun Instagram-nya (terakhir pada 17 November). Barulah hari ini, Kamis (6/12) bintang sinetron Siapa Takut Jatuh Cinta itu meluangkan waktu untuk menuliskan curahan hatinya yang pedih karena kepergian sang ibunda.

"Dear mom, terima kasih karena sudah mendukung kepercayaanku, meskipun kamu telah pergi, aku tidak sendiri, dan aku tak akan pernah sendiri. Wajah manismu ketika matamu tertutup, beristirahat dalam pelukan Tuhan sekarang, meski tubuhmu terbaring di tanah," tulis Roger Danuarta.

Lebih jauh, Roger sedikit bercerita mengenai momen-momen terakhir mendiang ibunda saat berjuang melawan penyakitnya. Kala itu, pria yang baru saja mualaf ini tak pernah absen untuk menemani sang ibunda saat menjalani perawatan.

Tak Terbayangkan

Liputan6.com/Panji Diksana

"Aku tak pernah membayangkan, semua akan seperti ini. Menggenggam tanganmu dan memberitahumu untuk tidak khawatir adalah hal yang tak mudah bagiku. Dan pada saat-saat terlemahmu, kamu juga mencoba menyemangatiku, mengelus wajahku, dan menenangkan jiwaku, sebuah hal yang hanya bisa dilakukan oleh seorang ibu," sambung pria berusia 36 tahun ini.

Masa-Masa Berat

Roger Danuarta

Roger sempat mengalami masa-masa berat dalam hidupnya, seperti ditangkap karena menggunakan obat-obatan terlarang. Dan saat dirinya terjatuh, sang ibunda tak pernah berhenti memberikan pesan penyemangat.

"Ketika aku cerita padamu tentang kesalahan-kesalahan yang telah kulakukan dan orang-orang melihatku terjatuh, kamu hanya mengangguk dan berkata lirih: 'Kita semua juga begitu'. Kunci dari sukses adalah belajar dari masa lalu dan memastikan masa depan kita agar jadi lebih baik adalah tugas baru kita," ucapnya.

"Kau selalu mendorongku untuk melakukan yang terbaik, juga mengingatkanku agar selalu memegang teguh kepercayaanku agar Allah selalu membimbing jalanku," ia menambahkan. (Guntur Merdekawan/Kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Ekonomi Digital Sumbang 8,5 Persen ke PDB Indonesia

Posted: 06 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi mengaku kagum dengan pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia. Dengan bonus demografi yang dimiliki saat ini, Jokowi yakin ekonomi digital Indonesia akan tumbuh semakin pesat.

Disampaikannya dalam BTN Digital Start Up Connect 2018 di Balai Kartini, Jokowi menyampaikan pada 2017 ekonomi digital di Indonesia menyumbang 7,3 persen pada PDB Indonesia. Padahal pertumbuhan ekonomi RI pada 2017 sebesar 5,1 persen.

"Ini besar sekali, lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan ekonomi nasional itu sendiri. Artinya ekonomi digital punya pertumbuhan besar dan juga peluang besar," ucap Jokowi, Jumat (7/12/2018).

Dijelaskannya, saat ini pemerintah terus mendorong lahirnya berbagai startup demi menjadikan Indonesia sebagai negara dengan ekonomi digital terbesar di ASEAN. Bahkan beberapa perusahaan Indonesia kini sudah memiliki pasar terbesar di ASEAN, sebut saja Traveloka, Bukalapak, Tokopedia dan Go-Jek.

Bahkan untuk mengawal tumbuhnya banyak startup, pemerintah mampu menghadirkan Plug and Play ke Indonesia. Selain itu, saat ini banyak perusahaan perbankan yang membina startup baru ini.

"Tahun ini diproyeksikan ekonomi digital akan memiliki kontribusi 8,5 persen ke PDB, besar ini. Dan alhamdulillah lompatan kemajuan saya lihat di sosiopreneur luar biasa," ujar Jokowi.

 

Harus Sinergi

Ilustrasi Startup (iStockPhoto)

Selain pengembangan ekonomi digital, Jokowi juga meminta kepada Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) untuk mensinergikan antara perkembangan industri kreatif offline dengan yang online.

Seperti dicontohkan, industri krearif offline masih harus dilakukan pembinaan demi mendapatkan branding dan pengemasan produk yang lebih bagus. Dengan demikian nanti akan difasilitasi secara online dalam hal pemasarannya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Tercatat 800 Rumah Hancur Akibat Puting Beliung di Bogor

Posted: 06 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tercatat 800 rumah hancur akibat angin puting beliung di Bogor. Banyak warga memilih mengungsi di masjid atau rumah kerabat terdekat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Unduhan Aplikasi di Play Store Tertunda? Ini Cara Mengatasinya

Posted: 06 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pengguna Android pasti sudah tidak asing dengan Play Store. Alasannya, Play Store merupakan toko yang menyediakan beragam aplikasi untuk sistem operasi robot hijau tersebut.

Meski didesain sebagai toko utama, tak jarang pengguna Android masih mengalami masalah saat mengunduh aplikasi. Salah satu yang kerap ditemui adalah unduhan yang tertunda.

Masalah ini memang tidak mengganggu performa, tapi terkadang menjengkelkan. Nah, untuk mengetahui cara mengatasi unduhan yang tertunda di Play Store, simak solusinya berikut ini.

1. Ubah Pengaturan Koneksi Internet

Kadang, masalah utama dari proses download yang tertunda di Play Store adalah soal jaringan. Tidak hanya data seluler, jaringan Wi-Fi yang jadi andalan, ternyata dapat menjadi penyebab utama.

Untuk itu, kamu dapat beralih jaringan ke data seluler, alih-alih mengandalkan Wi-Fi. Namun perlu diingat, cara ini tentu akan menyedot kuota internet milikmu.

2. Bersihkan Cache di Google Play Store

Android Pie. Liputan6.com/ Yuslianson

Cara lain yang dapat dilakukan menghapus cache di Google Play Store. Hal ini penting karena cache tak jarang dapat mempengaruhi kinerja perangkat.

Karenanya, kamu dapat mulai pergi ke menu Settings dan pilih My Apps. Setelah itu, pilih Google Play Store, buka Storage, dan klik Clean Cache.

3. Update Play Store Terbaru

Masalah yang juga kadang terjadi adalah versi Play Store milikmu sudah lawas. Karenanya, kamu perlu memperbaruinya.

Caranya, kamu buka menu Settings yang ada di Play Store. Lalu, geser ke bawah hingga menemukan Play Store Version. Setelah itu, ketuk beberapa kali untuk memperbaruinya.

4. Cek Kapasitas Memori Internal

Ilustrasi Android 9 Pie (Foto: Google)

Penyebab lain ada unduhan yang tertunda adalah memori internal yang tinggal sedikit. Satu-satunya cara untuk mengatasi ini adalah menghapus aplikasi atau data yang tidak terpakai.

5. Pasang Ulang Google Play Store dan Reset Android

Langkah terakhir yang dapat kamu lakukan adalah memasang ulang Google Play Store yang ada perangkatmu.

Selain itu, kamu juga dapat melakukan mengatur ulang (reset) Android di perangkat. Namun perlu diingat, cara ini dapat menghapus data yang ada di perangkatmu.

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com.

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal La Liga: Laga Derby Espanyol Vs Barcelona

Posted: 06 Dec 2018 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Barcelona kembali menghadapi ujian berat saat bertandang ke markas Espanyol, stadion RCDE pada derby Katalunya. Duel ini bakal sengit seperti laga-laga derby sebelumnya.

Barcelona belum menunjukkan konsistensi mereka di La Liga Spanyol. Meski begitu, Barcelona sukses merebut posisi teratas klasemen La Liga kembali pada pekan ke-14 lalu.

Meski dihantam badai cedera, Barcelona mampu mengatasi perlawanan Villarreal di Camp Nou. Barcelona menang 2-0 berkat dua gol dari Gerard Pique dan carles Alena.

Menghadapi Espanyol, Barcelona dikabarkan akan diperkuat kembali oleh striker utama Luis Suarez. Selain Suarez, gelandang Arthur Melo juga akan turut tampil setelah absen di beberapa laga.

Selain laga Barcelona masih ada beberapa pertandingan menarik lainnya. Yang pasti, persaingan di La Liga masih seru karena jarak antar tim di papan atas masih tipis.

 

 

Jadwal Lengkap

Para pemain Barcelona merayakan gol yang dicetak Gerard Pique ke gawang Villarreal dalam laga lanjutan La Liga di Camp Nou, Senin (3/12/2018) dini hari WIB. (AP Photo/Manu Fernandez)

Sabtu (8/12/2018)

03.00: Leganes vs Getafe

19.00: Atletico Madrid vs Deportivo Alaves

22.15: Valencia vs Sevilla

 

Minggu (9/12/2018)

00.30: Villarreal vs Celta Vigo

02.45: Espanyol vs Barcelona

18.00: Eibar vs Levante

22.15: Huesca vs Real Madrid

Jadwal Lengkap

Senin (10/12/2018)

00.30: Real Sociedad vs Real Valladolid

02.45: real Betis vs Rayo Vallecano

 

Selasa (11/12/2018)

03.00: Athletic Bilbao vs girona

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Ada Sentimen Positif Dalam Negeri, Rupiah Lanjutkan Pelemahan

Posted: 06 Dec 2018 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah trerhadap dolar Amerika Serikat (AS) kembali bergerak melemah pada perdagangan Jumat pekan ini.

Mengutip Bloomberg, Jumat (7/12/2018), rupiah dibuka di angka 14.525 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.520 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.464 per dolar AS hingga 14.533 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah melemah 6,79 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.539 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan patokan sehari sebelumnya yang ada di angka 14.507 per dolar AS.

Analis Senior CSA Research Institute Reza Priyambada mengatakan, nilai tukar (kurs) rupiah terhadap dolar AS berpeluang untuk kembali melemah bila tidak ada sentimen positif yang menahan laju penurunan mata uang tersebut.

"Peluang pelemahan pun kembali dapat dimungkinkan jika tidak adanya sentimen yang dapat menahan penurunan yang terjadi, terutama dari pergerakan dolar AS yang cenderung kembali meningkat," kata Reza seperi dikutip dari Antara.

Pelemahan rupiah hari ini melanjutkan pelemahan sebelumnya yang terimbas sentimen global terutama dari ditangkapnya salah satu petinggi Huawei di Kanada. Adanya kejadian tersebut, pelaku pasar mengkhawatirkan hubungan dagang antara AS dan China sehingga mengantisipasinya dengan mengambil posisi pada dolar AS. Akibatnya pergerakan dolar AS kembali melanjutkan kenaikannya.

Sebelumnya, pelemahan masih terjadi pada rupiah meski dibarengi dengan adanya sejumlah sentimen positif dari internal makroekonomi Indonesia.

Pernyataan yang disampaikan oleh Menkeu yang menyebutkan defisit anggaran hingga November 2018 mencapai Rp287,9 triliun atau 1,95 persen dari PDB atau lebih rendah dari rencana APBN sebesar 2,19 persen dan realisasi belanja negara hingga November 2018 tercatat mencapai Rp1.942,4 triliun atau 87,5 persen dari target APBN 2018 dengan pertumbuhan sebesar 11 persen.

Pernyataan tersebut belum cukup mampu mengangkat laju rupiah. Bahkan optimisme pemerintah terkait pertumbuhan ekonomi di tahun ini dapat mencapai 5,2 persen juga belum mampu membuat rupiah menguat.

Reza memperkirakan rupiah hari ini akan bergerak di kisaran Rp14.521 per dolar AS hingga Rp14.509 per dolar AS.

Pengusaha Yakin Rupiah Menguat ke 13.800 per USD di 2019

Petugas melakukan pengepakan lembaran uang rupiah di Bank Mandiri, Jakarta, Kamis (21/12). Bank Indonesia (BI) mempersiapkan Rp 193,9 triliun untuk memenuhi permintaan uang masyarakat jelang periode Natal dan Tahun Baru. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Hariyadi Sukamdani menyakini nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat atau USD pada tahun depan akan berada di bawah Rp 14.000 per USD. Asumsi ini pun mempertimbangkan dengan melihat berbagai peluang yang ada.

"Jadi kami meyakini kira-kira (Rupiah) di Rp13.800-an per USD. Karena kita melihat bahwa tren harga minyak dunia kemungkinan akan turun. Kemudian di Indoensia sendiri kita optimis bisa konversi mata uang yang selama ini bergantung ke USD bisa kita konversi ke mata uang mitra dagang kita salah satunya China," kata Hariyadi pada Rabu 5 Desember 2018. 

Haryadi menilai selama ini, para pelaku usaha umumnya bergantung pada mata uang Dolar. Padahal, mitra dagang Indonesia lebih besar mengarah ke China. Di mana total perdagagan Indonesia sekitar USD 60 miliar, dengan komposisi impornya USD 35 miliar dan ekspornya USD 26 miliar.

"Jadi kita meyakini bahwa kalau kita bisa konversi sampai dengan misalnya antara 20 miliar saja dari perdagangan dengan China ini akan membuat efek yang sangat positif dan kita berharap upaya ini juga nantinya bisa disambut dengan baik oleh mitra-mitra perdagangan kita lainnya apakah dengan Jepang Korsel dan sebagainya," jelasnya.

Hariyadi menambahkan, apabila nantinya mata Uang Garuda dapat menyentuh di bawah Rp 14.000 pada tahun depan, pihaknya juga menginginkan dukungan dari bank sentral.

"Kita juga berharap dari sektor keungan akan merespons dengan penurunan suku bunga jadi BI (Bank Indonesia) kita harapkan responsnya juga akan bagus," imbuhnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (APTIKNAS), Soegiharto Santoso mengatakan untuk menyiasati penguatan mata uang negeri Paman Sam tersebut, pengusaha sebaiknya tidak bergantung pada dolar AS. Transaksi pembelian bisa disiasati dengan mengonversikan mata uang asal negara importir tersebut.

"Tapi tadi kan kita mencermatinya belanjanya dengan mata uang negaranya, misalkan ke China gunakan mata uang China dan ke Taiwan begitu juga. Itu akan kita coba jalanin," pungkasnya.

Seperti diketahui, Nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (USD) bergerak melemah di perdagangan hari ini, Rabu (5/12/2018). Pagi ini, Rupiah dibuka di level Rp 14.363 per USD atau melemah dibanding penutupan perdagangan minggu lalu di Rp 14.291 per USD.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Menikmati Gemerlap Indahnya Festival Cahaya di Kota Lyon

Posted: 06 Dec 2018 08:38 PM PST

Basilika Notre-Dame dan bangunan lain diterangi cahaya lampu selama festival cahaya, Fete De Lumiere, di Lyon, Prancis, Kamis (6/12). Selama festival, berbagai sudut Kota Lyon menjadi benderang dengan cahaya unik dan kreatif. (JEAN-PHILIPPE KSIAZEK / AFP)

Basilika Notre-Dame dan bangunan lain diterangi cahaya lampu selama festival cahaya, Fete De Lumiere, di Lyon, Prancis, Kamis (6/12). Selama festival, berbagai sudut Kota Lyon menjadi benderang dengan cahaya unik dan kreatif. (JEAN-PHILIPPE KSIAZEK / AFP)

Orang-orang melintas di jalan-jalan kota Lyon selama festival cahaya tahunan, Fete De Lumiere, di Prancis, Kamis (6/12). Semua pertunjukan cahaya yang berlangsung selama 4 hari ini dirancang oleh seniman dari berbagai negara. (JEAN-PHILIPPE KSIAZEK / AFP)

Orang-orang melintas di jalan-jalan kota Lyon selama festival cahaya tahunan, Fete De Lumiere, di Prancis, Kamis (6/12). Semua pertunjukan cahaya yang berlangsung selama 4 hari ini dirancang oleh seniman dari berbagai negara. (JEAN-PHILIPPE KSIAZEK / AFP)

Taman Galeri seni diterangi cahaya lampu selama festival cahaya tahunan, Fete De Lumiere, di Lyon, Prancis, Kamis (6/12). Festival yang berlangsung bertepatan dengan musim liburan Natal ini digelar sejak tahun 1852. (JEAN-PHILIPPE KSIAZEK / AFP)

Taman Galeri seni diterangi cahaya lampu selama festival cahaya tahunan, Fete De Lumiere, di Lyon, Prancis, Kamis (6/12). Festival yang berlangsung bertepatan dengan musim liburan Natal ini digelar sejak tahun 1852. (JEAN-PHILIPPE KSIAZEK / AFP)

Orang-orang melihat instalasi seni diterangi cahaya lampu selama festival cahaya, Fete De Lumiere, di Lyon, Prancis, Kamis (6/12). Selama festival, berbagai sudut Kota Lyon menjadi benderang dengan cahaya unik dan kreatif. (JEAN-PHILIPPE KSIAZEK / AFP)

Orang-orang melihat instalasi seni diterangi cahaya lampu selama festival cahaya, Fete De Lumiere, di Lyon, Prancis, Kamis (6/12). Selama festival, berbagai sudut Kota Lyon menjadi benderang dengan cahaya unik dan kreatif. (JEAN-PHILIPPE KSIAZEK / AFP)

Teater Celestins diterangi cahaya lampu selama festival cahaya tahunan, Fete De Lumiere, di Prancis, Kamis (6/12). Semua pertunjukan cahaya yang berlangsung selama 4 hari ini dirancang oleh seniman dari berbagai negara. (JEAN-PHILIPPE KSIAZEK / AFP)

Teater Celestins diterangi cahaya lampu selama festival cahaya tahunan, Fete De Lumiere, di Prancis, Kamis (6/12). Semua pertunjukan cahaya yang berlangsung selama 4 hari ini dirancang oleh seniman dari berbagai negara. (JEAN-PHILIPPE KSIAZEK / AFP)

Orang-orang melihat instalasi seni diterangi cahaya lampu selama festival cahaya, Fete De Lumiere, di Lyon, Prancis, Kamis (6/12). Selama festival, berbagai sudut Kota Lyon menjadi benderang dengan cahaya unik dan kreatif. (JEAN-PHILIPPE KSIAZEK / AFP)

Orang-orang melihat instalasi seni diterangi cahaya lampu selama festival cahaya, Fete De Lumiere, di Lyon, Prancis, Kamis (6/12). Selama festival, berbagai sudut Kota Lyon menjadi benderang dengan cahaya unik dan kreatif. (JEAN-PHILIPPE KSIAZEK / AFP)

Orang-orang mengambil gambar sebuah monumen yang diterangi cahaya lampu selama festival cahaya, Fete De Lumiere, di Lyon, Prancis, Kamis (6/12). Selama festival, semua bangunan di kota tersebut menjadi karya seni luar biasa. (JEAN-PHILIPPE KSIAZEK / AFP)

Orang-orang mengambil gambar sebuah monumen yang diterangi cahaya lampu selama festival cahaya, Fete De Lumiere, di Lyon, Prancis, Kamis (6/12). Selama festival, semua bangunan di kota tersebut menjadi karya seni luar biasa. (JEAN-PHILIPPE KSIAZEK / AFP)

Sebuah bangunan diterangi cahaya lampu selama festival cahaya tahunan, Fete De Lumiere, di Lyon, Prancis, Kamis (6/12). Semua pertunjukan cahaya yang berlangsung selama 4 hari ini dirancang oleh seniman dari berbagai negara. (JEAN-PHILIPPE KSIAZEK / AFP)

Sebuah bangunan diterangi cahaya lampu selama festival cahaya tahunan, Fete De Lumiere, di Lyon, Prancis, Kamis (6/12). Semua pertunjukan cahaya yang berlangsung selama 4 hari ini dirancang oleh seniman dari berbagai negara. (JEAN-PHILIPPE KSIAZEK / AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Bantah Ombudsman soal Tudingan Sita Rekaman CCTV Novel Baswedan

Posted: 06 Dec 2018 08:36 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membantah tudingan Ombudsman yang menyebut bahwa lembaga antirasuah itu menyita rekaman CCTV kediaman penyidik seniornya, Novel Baswedan.

"Kami perlu memperjelas beberapa hal terkait dengan konferensi pers ORI (Ombudsman Republik Indonesia). Pertama, tidak benar kalau dikatakan KPK melakukan penyitaan terhadap CCTV di rumah Novel," tutur Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Jumat (7/12/2018).

KPK menegaskan, telah memberikan rekaman aslinya langsung kepada Polri agar penyelidikan kasus penyerangan dengan air keras yang menimpa Novel Baswedan berjalan lancar.

"Justru KPK telah memberikan salinan master CCTV tersebut pada penyidik Polri yang menangani kasus tersebut. Sebelumnya, KPK memang memasang CCTV di rumah Novel sebagai bagian dari mitigasi resiko terhadap pegawai KPK," jelas dia.

Hal itu dilakukan agar Novel Baswedan tidak lagi dipersulit. Novel saat ini masih menjalani proses pemulihan mata akibat serangan tersebut, jangan sampai malah kembali dibebankan untuk membuktikan.

"Novel sebelumnya telah diperiksa beberapa kali, bahkan saat pemeriksaan di Singapura didampingi oleh Pimpinan KPK saat itu. Jadi keliru juga jika ada pihak-pihak yang mengatakan Novel belum pernah diperiksa sebelumnya," ujar Febri.

 

Ombudsman

Wadah Pegawai (WP) KPK saat memperingati 500 hari penyerangan terhadap Novel Baswedan di depan Gedung KPK, Jakarta, Kamis (1/11). WP KPK mendesak Presiden Joko Widodo menyelesaikan kasus-kasus penyerangan terhadap aktivis. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Sebelumnya, Ombudsman Republik Indonesia menemukan maladministrasi dalam proses penyidikan kasus penyerangan air keras terhadap penyidik senior KPK Novel Baswedan.

Dalam konferensi pers itu, disinggung soal CCTV di kediaman Novel Baswedan yang diambil KPK dan salinannya dikirim ke penyidik Polri. Hal itu dinilai sebagai salah satu penghambat pengusutan kasus tersebut.

"Itu bukti kan. Tapi diambil oleh KPK dan akhirnya KPK menyerahkan kloningnya kepada Polri. Kloning kan sesuatu yang tidak bisa diterima secara hukum. Kami melihatnya sebagai hambatan," ujar Komisioner Ombudsman Adrianus Kantor Ombudsman RI, Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis 6 Desember 2018.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: