Sabtu, 15 Desember 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Mendag: Hambatan Ekspor Kopi ke Filipina Sudah Selesai

Posted: 15 Dec 2018 09:43 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita mengatakan, Pemerintah RI dan Filipina telah berunding soal penyelesaian tindakan pengamanan dalam bentuk Special Safeguards (SSG) duty oleh Pemerintah Filipina terhadap komoditas ekspor Indonesia, yakni kopi instan.

"Sudah, sudah selesai. Kami sudah melakukan pembicaraan, dan kita berterimakasih. Itu ditangani langsung oleh Presiden (Rodrigo) Duterte dengan pendekatan juga dari Duta Besar RI untuk Filipina, Sinyo Sarundajang," ungkap dia di Lapangan Parkir Sarinah, Jakarta, Minggu (16/12/2018).

Dia menyampaikan, Kementerian Perdagangan beberapa waktu lalu telah bertemu dengan utusan Pemerintah Filipina untuk berunding terkait penyelesaian masalah SSG duty kopi instan ekspor ini di Bali, untuk kemudian juga ditindaklanjuti di Manila.

"Delegasi kita kirimkan dipimpin Dirjen Perdagangan Luar Negeri (Oke Nurwan) ketemu dengan wakil menteri. Saya juga bertemu dengan Menteri Perdagangannya, dan kita melaksanakan untuk kesepakatan-kesepakatan yang ada," sambungnya.

Dalam negosiasi ini, Mendag Enggar juga menyampaikan, Pemerintah Filipina coba mengajukan beberapa tuntutan, yakni meminta agar komoditas pertanian mereka seperti buah pisang bisa ikut masuk ke pasar di Indonesia.

"Wajar sekali, mereka juga membutuhkan pasar dari produk-produk Filipina jangan dihambat (ke Indonesia), dan itu sudah terselesaikan," tegas dia.

Lebih lanjut, ia kembali memastikan, pihak Manila telah mencabut kebijakan SSG duty berupa pengenaan tarif bea masuk bagi produk kopi instan Indonesia yang diekspor ke Filipina. "Sudah selesai, sudah dicabut," pungkasnya.

Menteri Perdagangan Kampanyekan Program Aku Cinta Produk Indonesia

Barista meracik kopi Kopi Rollaas  milik Holding Perkebunan Nusantara (PTPN Group) di Indonesia Pavilion saat  IMF-World Bank 2018, Nusa Dua, Bali, Kamis (11/10). Kopi ini dapat dinikmati delegasi IMF-World Bank 2018. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Kementerian Perdagangan beserta Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) coba bekerjasama dalam mengkampanyekan program Aku Cinta Produk Indonesia, dengan mengadakan sesi jalan santai Sarinah-Bundaran HI-Sarinah pada Minggu pagi, 16 Desember 2018.

Dalam acara jalan santai yang dimulai pukul 07.00 WIB tersebut, turut hadir Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita beserta Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Tjahya Widayanti. 

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan, kegiatan ini merupakan suatu perayaan untuk mendorong produk Indonesia agar bisa berjaya di pasar negeri sendiri.

"Soalnya kalau dilihat dari sisi lain, bisa dilihat untuk merefleksikan, kalau bukan kita siapa lagi yang mencintai, mengkonsumsi, dan bangga atas produk Indonesia karya anak bangsa sendiri," ujar dia di Lapangan Parkir Sarinah, Jakarta, Minggu (16/12/2018).

Dia juga menyatakan, agenda Aku Cinta Produk Indonesia ini dilangsungkan di Komplek Sarinah lantaran gedung ini memiliki nilai sejarah dalam memperkenalkan berbagai produk ciptaan anak bangsa kepada pihak luar negeri.

"Kita menyepakati agar Sarinah ini menjadi acuan dari seluruh kerajinan dan produk indonesia, ke manapun dan dari manapun yang terbaik ada di Sarinah. Kami berharap direksi PT Sarinah (Persero) melakukan kurasi untuk memilah dan memilih produk untuk diperkenalkan kepada turis mancanegara," tuturnya.

Adapun dalam kegiatan ini, beberapa UKM yang berdiri di bawah naungan IWAPI coba memasarkan berbagai produk buatannya, mulai dari yang bergerak di bidang fashion, kuliner, hingga produk kerajinan tangan.

Selain itu, pada kesempatan yang sama juga turut diluncurkan sebuah jingle berjudul Aku Cinta Produk Indonesia. Peluncuran jingle ini, Menteri Enggar menyebutkan, berguna agar jargon Aku Cinta Produk Indonesia bisa bertahan lama dan mengena di benak seluruh warga.

"Itu sebabnya kami meluncurkan jingle. Selain itu, kami juga menyiapkan sebuah portal untuk menyajikan produk karya anak bangsa yang reliable. Tapi kami harapkan, kalau ada keluhan dan produknya tidak sesuai itu bisa diturunkan. Kita juga harus menjaga agar portal ini bisa dipercaya," imbuh dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ngidam Durian, Asri Welas Malah Diledek Dokter

Posted: 15 Dec 2018 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Asri Welas tengah menikmati kehamilan ketiganya. Presenter kocak itu merasakan banyak hal berbeda dalam kehamilannya kali ini. Berbeda dengan kehamilan sebelumnya yang lebih mandiri, Asri Welas kini jadi manja.

"Lebih manja maunya disuapin suamiku, ya kasihan dia. Dia pulang juga capek tapi istrinya maunya banyak. Kemarin maunya kolak ubi, pempek, martabak keju," ungkap Asri dalam wawancara di Mall Kota Kasablanka, Jakarta, baru-baru ini.

Dari pernikahannya, Asri Welas telah dikaruniai dua anak lelaki. Jarak antar anak Asri tak terlampau jauh, lantas apakah para jagoan ini telah siap mendapat adik baru?

"Ibam (anak pertama) sudah tahu, adiknya yang kecil 1 tahun 7 bulan kayaknya juga merasa, maunya digendong terus," lanjut Asri Welas tentang kesiapan dua anaknya.

Setelah melakukan pemeriksaan, diketahui bahwa janin yang dikandung Asri nantinya berjenis kelamin laki-laki. Lantas apa ada persiapan tertentu yang dilakukan Asri dalam menyambut bayi laki-lakinya?

Persiapan

Asri Welas

"Senang sih, yang jelas mainannya turun lagi. Bajunya ada lungsuran juga, ya ampun kasihan banget anak ketiga, ya enggaklah. Tapi tetap saja ada persiapan beli baju baru, tempat tidurnya juga, kan memang kayaknya bayinya agak besar," ujar wanita yang memang senang bercanda ini.

Diledek Dokter

[Bintang] Asri Welas

Kini kehamilan Asri telah memasuki trimester kedua. Kurang lebih telah separuh perjalanan kehamilan ia lalui. Bila kebanyakan wanita hamil mengalami kenaikan berat badan, namun Asri masih terlihat ramping.

"Aku kemarin dari 60 kilogram turun 55 kilogram dan sekarang naik lagi 57,5 kilogram, jadi sudah naik 2,5 kilogram. sudah enakan makannya," terang Asri tentang kondisinya.

Mengalami kenaikan berat badan yang tak terlalu signifikan, apa rekomendasi dokter untuk Asri? "Saya tanya 'saya boleh makan durian dok?' 'boleh, tapi jangan dua pick up ya. Biasa secukupnya', saya makan kelapa muda juga boleh, jadi apa saja boleh tapi asal jangan kerutinan," pungkas Asri seraya tertawa. (Rezka Aulia/Kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pernah Mimpi Pindah Rumah? Ini Lho 4 Maknanya

Posted: 15 Dec 2018 09:36 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pindah rumah menandakan sebuah perubahan besar dalam hidup seseorang. Ini dikarenakan, saat itu terjadi maka orang tersebut harus menyesuaikan lagi dengan lingkungan baru, beradaptasi, dan melakukan perubahan-perubahan lainnya.

Namun, apa artinya bila pindah rumah tersebut hadir dalam mimpi? Melansir dari Everydayknow.com, ini dia maknanya.

1. Ingin orang lain pergi dari hidupmu

Jika dalam mimpi tersebut, alih-alih kamu justru bermimpi membantu orang lain untuk pindah rumah, kemungkinan adalah kamu ingin orang itu pergi dari hidupmu.

Tapi, kamu juga harus mengingat bagaimana perasaanmu dalam mimpi tersebut. Bila kamu merasa berat melepasnya dan sedih, maka sebenarnya kamu berat melepaskan orang tersebut.

2. Ingin mandiri

Bila dalam mimpi tersebut kamu bermimpi pindah dari rumah orang tua karena selama ini tinggal bersama, mungkin ini menjadi dorongan alam bawah sadar bahwa kamu ingin lepas dari mereka. Bisa jadi ini dikarenakan kamu sedang memiliki masalah dengan keluarga sehingga ingin kabur dari mereka.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

3. Ingin segera meninggalkan sesuatu

Ilustrasi Pencahayaan di Ruangan | unsplash.com

Jika kamu bermimpi tidak betah di suatu tempat, ingin segera pindah, ini menandakan kamu sebenarnya tengah bosan dan butuh tantangan baru. Pada akhirnya perasaan tersebut terbawa mimpi.

4. Takut akan perubahan

Jika sebenarnya kamu sedang berada di tempat yang membuatmu betah, mimpi pindah rumah dapat menandakan kegelisahanmu. Ketakutan akan perubahan mendadak ketika harus pindah, terlebih karena kamu bahagia di tempat sekarang, terefleksi dalam mimpimu.

Reporter: Febi Anindyakirana

Sumber: Vemale.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menhan Minta Mendikbud dan Menristekdikti Terapkan Bela Negara di Sekolah

Posted: 15 Dec 2018 09:33 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kementrian Pertahanan mengadakan kegiatan lari pagi bersama bertemakan "Bela Negara Run 2018" untuk memperingati Hari Bela Negara.

"Hari Bela Negara tiap tahun puncaknya tanggal 19 Desember. Hari ini kita yang ikut lari ada (peserta) tiga ribuan," ujar Menteri Pertahanan RI, Ryamizard Ryacudu berdasarkan keterangan yang diterima, Minggu (16/12/2018)

Ryamizard mengatakan, panjang rute lari pagi kurang lebih 5 km yang meliputi Kemenhan-Bundaran HI-Kemenhan untuk peserta tingkat pelajar dan umum.

Sementara TNI dan Polri masuk dalam kategori 12 km dengan rute Kemenhan-Semanggi-Kemenhan.

Menurut Ryamizard, sikap bela negara adalah kewajiban seluruh warga negara Indonesia. Sebab, hal tersebut sudah tertera dalam Undang-Undang Dasar 1945.

"Ditambah lagi yang tahun 2002 ya, wajib ya bela negara dalam rangka pertahanan negara," ujar dia.

Ryamizard meminta kepada Mendikbud dan Menristekdikti agar menerapkan bela negara di sekolah-sekolah.

"Ini harus ya, kita mendorong untuk bela negara ini mulai dari awal. Saya juga komunikasi dengan Mendikbud, Menristekdikti, ya pokoknya dari sekolah pendidikan," tandas Ryamizard.

 

Kerja Nyata

Sementara, Presiden Jokowi beberapa waktu lalu mengatakan bela negara dapat dilakukan dengan beragam cara, salah satunya melalui profesi. Misalkan dokter, bisa membela negara dengan mengabdi menangani masalah kesehatan rakyat di daerah terpencil.

Begitu juga dengan insinyur. Dengan latar belakang teknik sipil, insinyur bisa merencanakan dan mengawasi proyek konstruksi.

"Bisa jadi guru yang tanpa kenal lelah memberi yang terbaik bagi bangsa. Juga bisa jadi pengusaha, sociopreneur," ucap dia.

"Bela negara juga bisa dilakukan jadi pribadi terbaik, yang berkarakter," ucap Jokowi.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aura Kasih Akui Kesulitan Jadi Janda

Posted: 15 Dec 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Aura Kasih menjadi bintang dalam film Pancaran Sinar Petromaks (PSP): Gaya Mahasiswa. Dalam film garapan Max Pictures ini Aura harus berperan sebagai janda.

Hal ini menjadi tantangan baru bagi Aura Kasih. Pasalnya, karakter yang diperankannya berbanding terbalik dengan kehidupan nyata dirinya yang belum menikah.

"Berat memerankan karakter janda. Beratnya karena aku sama pemain PSP zaman now itu seumuran," kata Aura Kasih saat di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Hal yang membuat sulit wanita berusia 31 tahun ini adalah para pemain yang seusia. Tapi, kata Aura Kasih, dia harus berperan sebagai wanita yang usianya di atas peran pemain lain.

"Cuma aku harus lebih tua dari mereka dari attitude, body language, biar cowok-cowok ini suka sama Fatimah yang usianya jauh lebih tua. Sempat agak bingung gimana ya," katanya.

Tertantang

Aura Kasih (Foto: Deki Prayoga/Bintang.com)

Selain itu kata Aura, dia juga harus berakting layaknya janda genit yang butuh perhatian pria. Karena itu, wanita asal Bandung ini merasa tertantang dengan peran ini.

"Mungkin aku agak sedikit lebih centil, kan biasanya di drama. Tapi genitnya bukan genit yang gimana tapi lebih kelas. Karena kan aku janda kaya jadi harus lebih kelas," tuturnya.

OM PSP

Aura Kasih. (Adrian Putra/Bintang.com)

Orkes Moral PSP atau OM PSP merupakan grup musik beraliran dangdut berisi lirik-lirik kocak yang tenar pada 1980-an.

OM PSP ini terdiri dari Ade Anwar, Monos, Omen, Rizali Indrakesumah, Dindin, Aditya, Andra Ramadan Muluk, dan James R Lapian. Bila pernah mendengar lagu-lagu seperti Fatime dan My Bonnie itu adalah sedikit dari sekian banyak karya grup legendaris selain Warkop DKI ini. (Nur Ulfa/Dream.co.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Juventus Vs Torino, Allegri Ogah Komentari Penalti Cristiano Ronaldo

Posted: 15 Dec 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Turin - Juventus menang tipis 1-0 atas Torino dalam lanjutan Liga Italia, Sabtu (16/12/2018) berkat gol penalti Cristiano Ronaldo. Ditanya mengenai penalti tersebut, Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri menolak berkomentar.

"Saya tidak melihat penaltinya karena saya memilih membelakangi itu. Saya sangat jarang melihat penalti, jujur," ujar Allegri seperti dilansir Football Italia.

Pertandingan di Stadio Olimpico Turin sebetulnya berjalan tidak mudah bagi Juventus. Terbukti, babak pertama berakhir dengan kedudukan 0-0.

Dari catatan statistik, Torino juga bisa mengimbangi penguasaan bola Juventus. Tercatat, Torino berhasil mengoleksi 59 persen penguasan bola, sementara Juventus 51 persen.

Namun Dewi Fortuna memang memihak kepada Juventus. Kiper pengganti Torino, Salvador Ichazo melanggar Mario Mandzukic di kotak penalti di menit 70. Cristiano Ronaldo yang ditunjuk menjadi algojo tidak menyia-nyiakan kesempatan ini.

 

Pertandingan Sulit

Striker Juventus, Cristiano Ronaldo, mencetak gol dari titik putih ke gawang Torino pada laga Serie A, di Stadion Olimpico, Turin, Sabtu (15/12/2018). (AFP/Marco Bertorello)

Allegri mengatakan, pertandingan melawan Torino selalu menyulitkan. Pasalnya, laga berlangsung dalam atmosfer Derby Turin.

"Pertandingan ini sangat jarang menghasilkan banyak gol. Ketika tempo Torino turun, kami mengambil alih pertandingan," ujar Allegri.

"Pertandingan melawan Torino selalu sangat sulit karnea ini Derby. Torino juga sedang bagus-bagusnya dan kami baru saja bermain di Liga Champions tiga hari lalu," kata Allegri mengakhiri.

Kemenangan atas Torino membuat Juventus semakin kukuh di puncak klasemen. Bianconeri memimpin Liga Italia dengan 45 poin, unggul 11 poin dari pesaing terdekatnya, Napoli.

Klasemen Liga Italia

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Rakyat Harus Tahan Banting untuk Bersaing dengan Negara Lain

Posted: 15 Dec 2018 09:24 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memiliki harapan besar untuk membangun sumber daya manusia (SDM). Ia ingin masyarakat mulai menciptakan hal-hal yang produktif.

"Rakyat harus produktif, rakyat tidak boleh konsumtif. Rakyat harus masuk ke bidang-bidang produksi, bukan masuk ke bidang-bidang konsumsi," kata Jokowi saat memberikan pengarahan kepada 3500 Babinsa di Universitas Jambi, Minggu (16/10/2018).

Jokowi tidak sepakat apabila masyarakat dimanjakan dengan bantuan dan subsidi dari pemerintah. Sebaliknya, kata dia, masyarakat harus bisa bersaing dan menciptakan hal-hal yang bersifat produktif.

"Rakyat harus tahan banting karena kita ini bersaing dengan negara-negara lain," ucap Jokowi

"Kalau mau rakyat senang enak gelontorkan saja subsidi sebanyak-banyaknya. Enggak usah bangun infrastruktur. Gelontorkan saja bantuan sosial sebanyak-banyaknya di APBN kita agar rakyat kita senang. Tapi apakah itu betul? Menurut saya tidak," sambung Jokowi.

 

Redam Konflik

Dalam kesempatan yang sama, Jokowi berpesan kepada Bintara Pembina Desa (Babinsa) agar bisa meredam konflik di tengah masyarakat. Khususnya, yang berada di desa.

Hal ini disampaikan Jokowi saat memberikan pengarahan kepada 3.500 Babinsa dari Kodam Bukit Barisan, Kodam Sriwijaya, dan Kodam Iskandar Muda di Universitas Jambi.

"Tugas Babinsa di sini adalah jangan sampai konflik sekecil apapun di desa kita. Segera padamkan kalau ada konflik, api kecil. Jangan biarkan itu membesar," kata Jokowi, Minggu (16/10/2018).

Saat ini, kata Jokowi, mulai ada gesekan di tengah masyarakat. Apalagi, kini sudah mendekati pemilu.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini pun meminta agar Babinsa memberikan pemahaman pentingnya menjaga kerukunan dan persaudaraan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polri Kirimkan Pasukan Penjaga Perdamaian ke 5 Daerah Konflik

Posted: 15 Dec 2018 09:22 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) mengirimkan pasukan Garuda Bhayangkara sebagai penjaga perdamaian (peacekeeper) di lima misi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Mereka akan bertugas di lima daerah konflik antara lain, Sudan (UNAMID), Afrika Tengah (MINUSCA), Haiti (MINUJUSTH), Sudan Selatan (UNMISS) dan Kongo (MONUSCO).

Pasukan yang tergabung dalam dua Formed Police Unit (FPU) dan Police Advisors Indonesia yang melibatkan 40 Polwan tangguh itu akan ditugaskan untuk misi pemeliharaan perdamaian di daerah-daerah konflik sebagaimana diminta PBB.

"Pasukan ini sudah kita siapkan sesuai kebutuhan daerah misi setelah tim Recce (tim aju) melakukan kunjungan dan memperdalam berbagai informasi tentang Analisa Daerah Operasi," ujar Kepala Divisi Hubungan Internasional Polri Irjen HS Maltha saat memimpin upacara tradisi pembaretan bagi calon peacekeeper di Pusat Latihan Multifungsi Polri, Cikeas, Bogor, Minggu (16/12/2018).

Setelah melakukan analisa daerah, Polri kemudian membuat program yang selaras dengan SOP PBB untuk menengahi pertentangan daerah konflik. Berbagai latihan digelar selama sembilan bulan di Puslat Multifungsi Polri, Cikeas, Bogor.

"Dari sejarah panjang perjalanan Kontingen Garuda Bhayangkara Polri sejak di Namibia 1989 hingga 2017, PBB memberi apresiasi luar biasa terhadap pelayanan internasional dan kinerja maksimal yang selalu Polri persembahkan," tutur Maltha.

 

381 Personel

Kepala Divisi Hubungan Internasional Polri Irjen HS Maltha. (Liputan6.com/Nafiysul Qodar)

Adapun pasukan yang akan dikirimkan berjumlah total 381 personel terdiri dari 198 personel FPU 11 ke UNAMID (Sudan), 154 personel FPU 1 ke MINUSCA (Afrika Tengah), serta Police Advisor berjumlah 29 personel terdiri dari dua personel ke Haiti (MINUJUSTHS), tujuh personel ke Sudan Selatan (UNMISS), 14 personel ke Kongo (MONUSCO), dan enam personel ke Afrika Tengah (MINUSCA). Dari total keseluruhan, 43 di antaranya merupakan polisi wanita (polwan).

"Memang jumlahnya ada peningkatan jika dibanding tahun sebelumnya. Ini merupakan permintaan oleh PBB, dan kita juga termasuk kontingen paling siap untuk menyiapkan pasukan FPU ini," ungkap Maltha.

Para personel telah dibekali dengan berbagai keahlian yang menunjang tugas mereka di daerah konflik. Termasuk keahlian berbahasa asing, seperti Bahasa Arab, Prancis, dan Inggris. Mereka akan bertugas selama setahun.

Kepala Biro Misi Hubungan Internasional Polri Brigjen Krishna Murti menjelaskan tugas pasukan FPU dan Police Advisor selama berada di daerah misi PBB. Mereka memiliki tugas khusus mengamankan objek vital milik PBB hingga melindungi para pengungsi.

"Tugas mereka mengamankan fasilitas vital milik PBB, mengamankan pelaksanaan tugas Police Advisors, melindungi para pengungsi di IDPs' camp atau kamp-kamp pengungsi, serta mengamankan proses distribusi bantuan kemanusian," ucap mantan Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya itu.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sebelum Aquaman, Jason Momoa Melarat Gara-Gara Game of Thrones

Posted: 15 Dec 2018 09:20 PM PST

Liputan6.com, Los Angeles - Melihat Jason Momoa, tentunya kini yang terbayang adalah sosok Aquaman. Namun sebelum itu, ia sempat dikenal sebagai Khal Drogo dalam serial Games Of Thrones. Bicara soal serial tersebut, rupanya Jason mengaku sempat mengalami masa-masa pahit setelah memerankan Khal Drogo.

Sebelum menjadi Aquaman, Jason Momoa sulit mendapatkan peran selanjutnya karena sosok Khal Drogo terlalu melekat di dalam dirinya. Banyak sutradara yang menyangka Jason tak bisa berbahasa Inggris karena perannya.

Dalam Game Of Thrones, ia menjadi raja yang berbicara dengan bahasa fantasi ala GOT. Meski demikian, Khal Drogo diceritakan terbunuh di akhir musim pertama. Akhirnya, ia pun kebingungan dalam mencari pekerjaan baru.

"Aku tak dapat banyak pekerjaan setelah GOT. Karena karakterku tak bicara bahasa Inggris, tak lucu dan ia hanya menyakiti orang. Aku memerankan karakter ini dengan baik tapi malah menantang setelahnya. Beberapa orang bahkan berkata 'Wow, kamu bisa bahasa Inggris'," ungkap aktor yang memerankan Aquaman sejak film Batman v Superman itu saat diwawancarai di Graham Norton Show.

Kesulitan Keuangan

Nicole Kidman, Jason Momoa dan Amber Heard berpose di pemutaran perdana film

Pria dua anak ini mengaku bahwa perannya di Game Of Thrones membuatnya mengalami kesulitan keuangan.

"Pada 2013 aku amat miskin tapi masa depan cukup baik! Masa itu cukup sulit bagiku, aku bersyukur kita sekarang sudah di sini," lanjut Jason Momoa.

Merasa Beruntung

Aquaman dalam Justice League. (Warner Bros / Twitter)

Beruntung, kini ia adalah bintang film Blockbuster DC terbaru, Aquaman. Dalam film ini, ia juga merasa beruntung atas dukungan kedua anaknya.

"Aku punya dua anak berusia 10 dan 11 tahun. Mereka berada di lokasi selama syuting dan aku berjanji untuk tidak menonton film ini sebelum nonton bersama mereka. Aku ingin berbagi momen menonton pertama dengan anakku. Ini adalah momen langka bagi seorang ayah," pungkas Jason.

Penulis: Rezka Aulia

Sumber: Kapanlagi.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sempat Putus Diterjang Banjir, Jembatan Darurat Padang-Pekanbaru Kini Bisa Dilewati

Posted: 15 Dec 2018 09:19 PM PST

Fokus, Padang Pariaman - Jembatan darurat yang menghubungkan jalur Kota Padang dengan Kota Pekanbaru di Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat, Selasa pagi, sudah selesai dipasang.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Minggu (16/12/2018), beberapa proses penyelesaian juga dilakukan, seperti melengkapi dengan aspal agar jalur untuk menaiki jembatan lebih mulus. Selain itu, petugas masih melakukan pemeriksaan pada baut-baut jembatan yang belum terpasang.

Polisi masih mengalihkan jalur Padang-Bukittinggi-Pekanbaru di Jalan Sicincin-Malalak. Rencananya jembatan darurat ini baru akan diuji coba pada Minggu sore. Kini jembatan baru bisa dilewati pejalan kaki.

Jembatan darurat ini dibangun lantaran jembatan sebelumnya putus diterjang banjir bandang Senin 10 Desember 2018 malam lalu. Akibatnya, jalur utama Padang-Bukittinggi-Pekanbaru lumpuh. (Muhammad Gustirha Yunas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beli Saham Hotel Belmond, Louis Vuitton Rogoh Kocek Rp 46,5 Triliun

Posted: 15 Dec 2018 09:15 PM PST

Liputan6.com, New York - Produsen barang mewah Louis Vuitton Moet Hennessy (LVMH) memperluas bisnis di sektor perhotelan. Hal itu dilakukan untuk memberikan pengalaman mewah kepada konsumen.

Salah satu langkah dilakukan dengan membeli Belmond, pemilik hotel termasuk landmark Venesia Cipriani senilai USD 3,2 miliar atau sekitar Rp 46,53 triliun (asumsi kurs Rp 14.540 per dolar Amerika Serikat). Pembelian tersebut termasuk utang.

Kesepakatan tersebut dengan Belmond itu akan memberikan LVMH properti termasuk satu-satunya hotel di dalam benteng Machu Picchu di Peru Selatan, Hotel Splendido di Portofino di Italia, dan Copacabana Palace di Rio de Janeiro. Ini dapat menggerakkan Louis Vuitton lebih jauh untuk menciptakan bisnis perjalanan kelas dan dan perhotelan.

Transaksi tersebut juga ikuti transaksi sebelumnya di sektor hotel mewah termasuk pembelian FRHI oleh AccorHotels, induk dari hotel Fairmont dan Raffles.

"Sementara beberapa investor mungkin mempertanyakan akuisisi yang tampaknya berada di luar operasi inti grup LVMH. Kami percaya itu konsisten dengan strategi jangka panjang yang fokus menawarkan kepada konsumen berupa pengalaman mewah," tulis Analis Berenberg, seperti dikutip dari laman CNBC, Minggu (16/12/2018).

 

 

Beli dengan Harga Premium

Ilustrasi Foto Kamar Hotel (iStockphoto)

LVMH menyatakan akan membayar USD 25 per saham Belmond. Angka tersebut 40 persen dari harga penutupan perdagangan Kamis. Transaksi pembelian saham Belmond itu diharapkan selesai pada semester I 2018. Nilai transaksi total USD 3,2 miliar termasuk utang.

"Kesepakatan harga 5,6 kali dari penjualan baru-baru ini dan 22,9 kali Ebitda (earning before interest, pajak, depreciation dan amortisasi atau laba sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi). Ini tinggi, tetapi Belmond memiliki portofolio unik dari aset real estate yang akan memungkinkan LVMH untuk meningkatkan pengalaman mewah," tulis Analis RBC Capital Markets.

LVMH, perseroan berada di belakang label Louis Vuitton dan Christian Dior ini sudah memiliki hotel termasuk Cheval Blanc di resor ski Courchevel di Prancis, dan hotel Bvgalri.

Sedangkan Belmond memiliki dan mengelola 46 hotel mewah, restoran, kereta api dan properti kapal pesiar. Belmond pun beroperasi di 24 negara.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diarak dari Kediamannya, Prabowo Dapat Dukungan 10 Ribu Driver Ojek Online

Posted: 15 Dec 2018 09:12 PM PST

Liputan6.com, Bogor - Calon Presiden nomor 02 Prabowo Subianto menghadiri acara Kopdar Ojol (ojek online) Menuju Perubahan Indonesia #2019 di Bogor, Jawa Barat, Minggu (16/12/2018).

Kegiatan itu sekaligus dalam rangka deklarasi mendukung pasangan Prabowo-Sandiaga Uno. Acara yang dipusatkan di lapangan Sirkuit Sentul, Babakan Madang, Bogor dihadiri sedikitnya 10 ribu orang pengemudi ojol yang tergabung dalam Forum Gabungan Roda 02 (Forgab).

Ribuan pengemudi ojol terpantau sudah berdatangan sejak Minggu pagi. Mereka memadati area lapangan Sirkuit Sentul sambil membawa bendera merah putih diiringi yel-yel sebagai bentuk dukungannya kepada Prabowo.

Massa yang terdiri perempuan danlaki-laki itu memberikan salam dua jari seraya menyerukan "Hidup Prabowo-Sandi".

Sementara Prabowo datang ke lokasi dengan diarak ratusan driver ojol dari kediamannya di Hambalang, Bojong Koneng, Babakan Madang, Bogor menuju Sirkuit Sentul.

Ketua Forgab Zulfikar mengatakan pihak Prabowo Subianto menyatakan kegiatan ini selain Kopdar Ojol Menuju Perubahan Indonesia #2019 sekaligus mendeklarasikan dukungannya terhadap pasangan capres dan cawapres Prabowo-Sandiaga di Pemilu 2019.

 

Dukungan dari 5 Wilayah

Ia menargetkan jumlah massa yangikut hadir berkumpul bersama pembina Forgab Prabowo Subianto sebanyak 10 ribu driver dari lima wilayah di Indonesia mulai dari Jawa, Sumatera, Banten, Jawa Barat dan Jawa Tengah.

"Forgab induk dari komunitas-komunitas kecil di beberapa daerah di Indonesia," kata dia.

Selain Prabowo, acara deklarasi juga dihadiri oleh Ketua Pembina Partai Berkarya Titiek Soeharto, Wakil Ketua Umum Gerindra Ferry Juliantono, Edi Prabowo, Lius Sungkarisma.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gunung Soputan Keluarkan Debu Vulkanik, Masyarakat Diimbau Gunakan Masker

Posted: 15 Dec 2018 09:10 PM PST

Fokus, Minahasa Tenggara - Gunung Soputan di Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, Minggu pagi, kembali mengeluarkan debu vulkanik setinggi 7 ribu meter lebih.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Minggu (16/12/2018), semburan abu vulkanik Gunung Soputan terus terlihat hingga pagi ini mengarah ke selatan.

Menurut pantauan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi atau PVMBG setempat, erupsi terjadi sejak dini hari pukul 03.00 WITA selama sekitar 30 menit.

Saat ini status Gunung Api Soputan berada pada level 3 atau siaga. Kepada masyarakat agar tidak beraktivitas di dalam radius 4 kilometer dari puncak Gunung Soputan guna menghindari ancaman aliran lahar dan awan panas.

Bila terjadi hujan abu, warga juga dianjurkan menggunakan masker penutup hidung dan mulut untuk mengantisipasi gangguan saluran pernapasan. (Muhammad Gustirha Yunas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Jangan Biarkan Dana Desa Kembali ke Jakarta

Posted: 15 Dec 2018 09:09 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengimbau Bintara Pembina Desa (Babinsa) untuk mengawal program Dana Desa dari pemerintah pusat untuk daerah-daerah di Indonesia. Sejak 2015 hingga saat ini, pemerintah sudah menggelontorkan total Rp 187 triliun untuk program tersebut.

Pada tahun pertama, Dana Desa yang diberikan sebesar Rp 20,7 triliun. Tahun berikutnya, Dana Desa naik menjadi Rp 47 triliun, kemudian mencapai Rp 60 triliun pada 2017. Sementara, tahun ini pemerintah telah mengucurkan Rp 80 triliun.

"Dana Desa ini kita harapkan meningkatkan perputaran uang di desa dan kecamatan. Karena itu, saya titip ke desa atau Kades, pembelian-pembelian untuk kegiatan yang berkaitan dengan Dana Desa itu beli produknya di desa setempat saja," kata Jokowi di hadapan 3.500 Babinsa di Universitas Jambi, Minggu (16/12/2018).

Jika tak bisa, ia mempersilakan warga membeli kebutuhan apapun di desa tetangga hingga paling jauh ke tingkat kecamatan. Asalkan, uang tersebut tak kembali lagi ke kota.

"Jangan ke luar, jangan biarkan kembali ke Jakarta. (Dana Desa) akan mensejahterakan warga desa dan sudah ditunjukkan dengan angka-angka kemiskinan desa," kata Jokowi.

"Kalau Pak Kades menyampaikan ke saya, 'Pak Presiden harga semen terpaut Rp 5.000', ya enggak apa-apa, tetap beli di desa. Supaya ada dampak untuk toko-toko kecil di desa itu," imbuhnya.

 

Hasil Dana Desa

Mantan gubernur DKI Jakarta itu mengungkap, program Dana Desa telah membuahkan 158 ribu jalan desa. Selain itu, menurut dia, Dana Desa juga telah berhasil membangun 39 ribu irigasi, 18 ribu Posyandu, dan 45 ribu PAUD.

"Pasar desa, pasar-pasar kecil perlu untuk bertemu pembeli dengan komuditas petani terbangun 6.900 pasar desa artinya orientasi kita memang kita geser ke desa, untuk apa karena ada ketimpangan desa dan kota yang terus menjauh," ujar Jokowi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Fakta di Balik Erupsi Gunung Soputan Hari Ini

Posted: 15 Dec 2018 09:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Gunung Soputan di Kabupaten Minahasa Tenggara, Provinsi Sulawesi Utara, kembali meletus pagi ini, Minggu (16/12/2018). Tercatat kolom abu vulkanik yang dikeluarkan mencapai ketinggian di atas 5 kilometer.

"Tinggi kolom abu vulkanik erupsi Gunung Soputan sampai 7,5 km pada 16/12/2018, pukul 08.57 WITA. Masih erupsi dan bergemuruh," kata Kepala Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di akun twitternya, Minggu (16/12/2018).

Sutopo menambahkan letusan tersebut masih dalam tahap normal dan meminta masyarakat untuk tetap tenang. Saat ini Gunung Soputan berada pada status Level III (Siaga).

Berikut ini sejumlah fakta yang terungkap saat Gunung Soputan meletus:

1. Terdeteksi Erupsi Dini Hari

Sejak pagi hingga malam Gunung Soputan meletus keluarkan abu vulkanik setinggi 4.000-6.000 meter keluarkan. (Foto: Twitter Sutopo Purwo Nugroho)

Pos Pemantau Gunung Soputan di Silian pertama kali mendeteksi erupsi gunung setinggi 1.784 m atau 5.853 kaki ini pada pukul 01.02 Wita yang diikuti suara gemuruh.

Dua jam kemudian, pukul 03.09 Wita, letusan kedua terjadi. kolom abu mencapai 3.000 meter dari puncak gunung.

"Kolom abu berwarna kelabu dengan intensitas tebal mengarah ke tenggara. Erupsi terekam dalam seismograf dengan amplitudo 40 milimeter, " kata Kepala Pos Pemantau Gunung Soputan Asep Saifullah di Silian seperti dikutip dari Antara.

2. Kolom Abu Meningkat Jadi 7.000 Meter

Gunung Soputan erupsi (Sumber: Istimewa)

Selang dua jam kemudian, erupsi Gunung Soputan kembali terjadi. Kolom abu setinggi 7.000 meter terlihat pada pukul 05.40 Wita.

Kolom abu berwarna kelabu dengan intensitas tebal ini lalu mengarah ke arah barat daya.

Untuk mengantisipasi dampak dari paparan abu Gunung Soputan yang semakin meluas, warga pun diminta untuk memakai masker.

3. Suara Gemuruh Terus Menerus Terjadi

Gunung Soputan yang terletak di Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara meletus pagi ini pukul 08.47 Wita. (Dok BNPB)

Hingga pukul 08.57 Wita, suara gemuruh dari dalam perut Gunung Soputan terus terjadi. Gunung di Provinsi Sulawesi Tenggara ini juga terus mengeluarkan abu vulkanik dan gempa tremor.

"Tinggi kolom abu vulkanik erupsi Gunung Soputan sampai 7,5 km pada 16/12/2018, pukiul 08.57 WITA. Masih erupsi dan bergemuruh," kata Kepala Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di akun twitternya, Minggu (16/12/2018).

Menurut Ketua BNPB Sutopo, kondisi ini masih dinilai wajar. Dia mengimbau warga tetap tenang dan tidak perlu mengungsi.

4. Status Siaga atau Level 3

Gunung Soputan NASA. (NASA)

Meski erupsi terus terjadi, Sutopo menambahkan letusan tersebut masih terbilang normal.

"Masyarakat belum perlu mengungsi. Status Siaga (Level 3)," ujar Sutopo dalam akun twitternya, Minggu (16/12/2018).

Sutopo menambahkan, tinggi kolom abu vulkanik erupsi Gunung Soputan mencapai 7,5 km. Meski demikian tidak mempengaruhi aktivitas penerbangan di Bandara Sam Ratulangi Manado.

5. Tidak Beraktivitas dalam Radius 4 Km

Sejak pagi hingga malam Gunung Soputan meletus keluarkan abu vulkanik setinggi 4.000-6.000 meter keluarkan.

Terkait erupsi Gunung Soputan, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), mengingatkan warga untuk waspada terjadinya aliran lahar pada sungai-sungai yang berhulu di sekitar lereng gunung.

Seperti sungai Ranowangko, Lawian, Popang dan Londola Kelewahu.

PVMBG juga mengimbau masyarakat tidak beraktivitas dalam radius 4 kilometer dari puncak Gunung Soputan dan dalam wilayah sektor arah barat-baratdaya sejauh 6,5 kilometer.

Hal ini untuk menghindari potensi ancaman guguran lava maupun awan panas.

6. Bandara Sam Ratulangi Manado Tetap Beroperasi

PT Angkasa Pura I telah melakukan antisipasi lonjakan arus mudik jalur udara di Bandara Sam Ratulangi. (Liputan6.com/Yoseph Ikanubun).

Sementara itu, Kepala Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengungkapkan, meski Gunung Soputan meletus dengan kolom abu yang mencapai 7,5 kilometer, kondisi ini tetap tidak mengganggu aktivitas operasional penerbangan di Bandara Sam Ratulangi, Manado.

"Gunung Soputan di Sulut masih terus meletus mengeluarkan abu vulkanik, bergemuruh, dan tremor menerus hingga 16/12/2018 pukul 07.30 WITA. Bandara Sam Ratulangi Manado masih aman dan beroperasi normal," tulis Sutopo dalam akun twitternya, Minggu (16/12/2018).

Dia menilai letusan tersebut masih dalam tahapan normal. Masyarakat sekitar diminta tetap tenang.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyelenggara F1 Inginkan Pabrikan Berbagai Teknologi dan Komponen

Posted: 15 Dec 2018 09:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pro dan kontra regulasi mesin balap F1 musim 2021 terus berlanjut. Babak terbaru, produsen mesin yang telah berlaga di Formula 1 harus siap berbagai teknologi dan komponen dengan pemasok mesin baru.

Kabar ini mencuat setelah sebelumnya muncul rencana perombakan regulasi mesin F1 secara besar-besaran pada 2021 mendatang, namun dibatalkan. Hal inipun membuat calon pabrikan mesin baru yang ingin bergabung dalam balapan F1 justru menurun.

Sebaliknya, petinggi FIA dan Liberty Media selaku penyelanggara F1 bersikeras menginginkan agar banyak pabrikan pemasok mesin baru terlibat dalam ajang balapan jet darat.

Demikian dilansir Motorspor, Sabtu (15/12/2018), Aston Martin, Cosworth dan Porsche, yang diharapkan bergabung dalam balapan F1 justru mengurungkan niatnya jika aturan soal mesin berbeda tujuan dan tidak sesuai misi mereka pada 2021 mendatang. Bagi mereka perubahan regulasi mesin pada 2021 hanya sebagian kecil.

Sebaliknya, perombakan regulasi mesin secara radikal pada 2021 justru membuat banyak perusahaan mobil yang sudah tergabung dalam F1 enggan melakukanya. Sedangkan hal ini membuat pendatang baru untuk masuk dalam balapan F1 menjadi menurun.

"Jembatan sudah kami tarik, dan para pemasok mesin yang ada di F1 tidak ingin orang lain masuk bergabung," ujar F1 Managing Director of Motorsport Ross Brawn.

"Kami sudah menemukan kesepakatan. Ada aturan di mana pendatang baru akan mendapatkan dukungan dari pemasok yang ada saat ini. Akan ada komponen dan teknologi yang harus dibagikan jika diminta," tambahnya.

Brawn bepiikir, cara yang ditempuh ini bukanlah perubahan radikal, tetapi ini adalah arah ke langkah yang dianggap benar sehingga dapat mengubah pengemudi agar mampu mengendalikan mesin.

 

Biaya Terkendali

Dengan rencana FIA dan Liberty Media, hal itu diharapkan jika 2021 adalah merombak struktur keuangan olah raga ini. Dengan adanya batas biaya dan distribusi, maka pendapatan komersil dapat lebih adil.

Brawn berpikir, cara yang ditempuh ini akhirnya agar semua tim berjalan dengan baik.

"Distribusi pendapatan yang lebih merata di antara tim diseimbangkan oleh pengurangan biaya, terutama oleh tim-tim besar, sehingga yang berada di bawah mereka akan ditingkatkan. Jika kami mengikuti proposal pembatasan anggaran, saya tidak dapat melihat tim di F1 yang tidak akan lebih baik," tuturnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nikmati Hari Libur dengan Wisata Mancing di Jambi

Posted: 15 Dec 2018 09:01 PM PST

Liputan6.com, Jambi - Wisata pemancingan semakin populer menjadi alternatif untuk mengisi liburan akhir pekan bagi keluarga di Kota Jambi.

"Setiap akhir pekan banyak keluarga yang menyempatkan diri untuk memancing, juga korporasi atau lembaga," kata Diana, salah seorang pengelola kolam pemancingan Roemah Keboen di kawasan Jambi Selatan Kota Jambi, Sabtu 15 Desember 2018.

Puluhan titik lokasi pemancingan di Kota Jambi bermunculan, khususnya di kawasan Jambi bagian selatan dan di Kumpeh Kabupaten Muarojambi.

Selain menyediakan kolam pemancingan, sejumlah pengelola juga mengemas kawasan dengan memadukannya bersama restoran dan area rekreasi.

Kolam pemancingan Roemah Keboen di Jambi Selatan, misalnya, memadukan kolam-kolam pemancingan dengan restoran serta arena bermain bagi keluarga.

Kawasan asri yang mengapit lembah dengan sekitar delapan kolam serta di atasnya terdapat saung-saung untuk tempat makan pengunjung itu ramai dikunjungi pelancong setiap akhir pekan.

"Sudah sekitar dua tahun ini kami beroperasi, fokus kami buka pada Sabtu dan Minggu," kata Diana dilansir Antara.

Selain kolam pemancingan dan fasilitas rumah makan, juga terdapat arena taman bermain dan outbound bagi anak-anak. Selain itu, kehadiran puluhan kebun nangka "cempedak" menjadi keunikan kawasan itu.

"Kebetulan cempedaknya tengah berbuah, juga ada durian dan pohon buah 'bacan'. Bagi pemancing bisa membayar berdasarkan ikan yang diperoleh, bisa juga booking satu kolam," kata wanita berjilbab itu.

Pemancing akan dikenai tarif Rp35.000 hingga Rp75 ribu untuk satu kilogram ikan yang berhasil diangkat atau dipancing tergantung jenis ikannya. Sedangkan bila dimasak di tempat pengelola mengenakan tarif tambahan Rp35 ribu per kilogramnya.

Sedangkan di lokasi lainnya menerapkan variasi harga dan sistem pemancingan yang berbeda-beda. Namun, semuanya tetap menjadikan berat ikan yang diambil pemancing sebagai dasar pengenaan tarif.

Bagi mereka yang tidak membawa alat pancing, bisa menyewa dari pengelola kolam pemancingan dengan harga yang tidak terlalu mahal, berikut umpannya.

"Kami sering memancing di kolam pemancingan Atlantis di Kota Baru, setiap akhir pekan memang ramai pengunjung," kata Dikdik, seorang penggemar mancing warga Jalan Siswa Kota Jambi.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pose Manis Pangeran Louis di Kartu Natal Keluarga

Posted: 15 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Inggris Walaupun baru berusia delapan bulan, Pangeran Louis sudah mampu berpose manis kala berfoto. Anak bungsu pasangan Pangeran William dan Kate Middleton turut berfoto bersama untuk momen kartu Natal keluarga Cambridge.

Dipeluk sang ibu Kate Middleton, Louis, yang lahir pada April 2018 terlihat tersenyum di depan kamera. Ia dikelilingi oleh kakak-kakaknya, Pangeran George, Putri Charlotte, dan ayahnya Pangeran William.

Melansir Mail Online, Minggu (16/12/2018), dalam foto terbaru ini, fotografer kerajaan Matt Porteous memilih rumah keluarga di Norfolk, Anmer Hall sebagai lokasi foto keluarga Cambridge. Louis tampaknya tumbuh dengan cepat.

Ia duduk di dekapan tangan ibunya. Rambut Louis cokelat gelap, mirip dengan Duchess of Cambridge ketika masih bayi. Foto ini merupakan penampilan kelima Louis di hadapan publik sejak kelahirannya.

Baru-baru ini, Pangeran Louis juga ikut hadir untuk berfoto bersama merayakan ulang tahun kakeknya, Pangeran Charles yang ke-70. Foto ulang tahun Pangeran Charles diambil di Clarence House pada September lalu.

 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

Memegang wajah kakeknya

Foto keluaraga Pangeran Charles dalam ulang tahunnya ke 70 (dok.Instagram/@clarencehouse/https://www.instagram.com/p/BqIvjMIALqV//Asnida Riani)

Yang paling lucu, Louis terlihat sedikit nakal saat foto di ulang tahun Pangeran Charles. Ia memegang wajah kakeknya dengan sangat girang.

Penampilan pertama Louis sejak kelahirannya, pihak istana baru merilis foto-foto Louis dan kakak perempuannya, Charlotte selang 13 hari setelah Louis lahir.

Louis yang baru lahir digendong oleh Charlotte di Istana Kensington. Foto itu diambil oleh ibunya, Duchess of Cambridge.

Pada foto pertama, Louis yang baru lahir masih membutuhkan bantal untuk menyokong kepala. Sementara Charlotte kecil memberikan ciuman di dahi adik laki-lakinya itu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Umbar 6,8 Juta Foto Pengguna, Facebook Diinvestigasi

Posted: 15 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Facebook belum terbebas dari masalah keamanan. Setelah kasus Cambridge Analytica yang disoroti publik, kini Facebook mengungkap ada bug yang membuat 6,8 juta foto penggunanya terumbar.

Gara-gara masalah ini, regulator Irlandia menginvestigasi Facebook.

Seperti dikutip dari Reuters, Minggu (16/12/2018), regulator Irlandia yang menangani masalah proteksi data, Irish Data Protection Commissioner (DPC) menyebut, investigasi ini dilakukan untuk menentukan apakah Facebook telah mematuhi peraturan terbaru terkait privasi di Uni Eropa.

Pasalnya beberapa waktu belakangan, Facebook disebut-sebut mengalami kebocoran data, dan yang terakhir adalah jutaan foto milik pengguna yang terekspos dari jejaring sosial.

Sejak regulasi tentang privasi data di Uni Eropa diberlakukan pada Mei lalu, ini adalah kali kedua perusahaan besutan Mark Zuckerberg itu diinvestigasi oleh regulator.

Dalam pernyataannya, pihak Facebook mengaku telah menjalin kontak dengan regulator Irlandia dan berupaya untuk menjawab seluruh pertanyaan yang diberikan.

Berdasarkan peraturan data di Eropa, Facebook mendapatkan kesempatan selama 72 jam untuk melaporkan data-data terkait peretasan pada otoritas.

Kemudian, peraturan juga menyebut, regulator memiliki otoritas untuk mengenakan sanksi denda hingga 4 persen dari pendapatan global tahunan untuk tiap pelanggaran yang dilakukan.

1.500 Aplikasi Pihak Ketiga

Ilustrasi Facebook. (Foto: Fox News)

Facebook mengumumkan adanya foto-foto pengguna yang terekspos pada Jumat lalu. Sebuah bug ditengarai jadi penyebab 1.500 aplikasi software pihak ketiga bisa mengakses foto-foto pengguna selama 12 hari.

"Kami sangat menyesal hal ini terjadi," kata Facebook dalam unggahan blognya.

Pihak Facebook juga berjanji akan memberikan informasi kepada para pengguna yang fotonya telah terekspos.

Analis menyebut, kesalahan Facebook dalam tereksposnya foto-foto pengguna ini bisa merusak upaya perusahaan untuk meyakinkan pengguna dan regulator, perusahaan tengah berupaya memperkuat keamanan dan privasi data.

Berbagai Kasus Jerat Facebook

Ilustrasi Facebook (iStockPhoto)

Apalagi selama beberapa bulan terakhir Facebook merasakan berbagai kejadian tak mengenakkan seputar keamanan.

Sebut saja skandal Cambridge Analytica, sebuah perusahaan konsultan politik Inggris yang menyalahgunakan setidaknya 87 juta data pengguna Facebook. Perusahaan konsultan tersebut kemudian menjual data-data untuk keperluan politik.

Belum lagi kasus pelanggaran keamanan yang menyebabkan tereksposnya 30 juta data pengguna.

"Kami memiliki banyak bukti yang menunjukkan, Facebook ceroboh, memprioritaskan pertumbuhan dan mengorbankan hal lainnya," kata analis dari Pivotal Research, Brian Wieser.

6,8 Juta Foto Pengguna Bocor

Ilustrasi Facebook. Dok: theverge.com

Dikutip dari CNBC, Sabtu (15/12/2018), sebanyak 6,8 juta foto tersebut bocor karena aplikasi pihak ketiga.

Parahnya, foto yang terumbar itu termasuk gambar yang sebenarnya tidak pernah dibagi oleh pengguna.

Menurut Facebook, foto yang tidak pernah dibagi pengguna dapat terungkap karena izin yang diberikan pengguna pada aplikasi pihak ketiga untuk mengakses albumnya, termasuk foto-foto yang sebenarnya tidak dibagikan ke publik.

Jadi, foto-foto tersebut dapat diakses karena platform tersebut menyimpan salinan gambar pengguna yang tidak menyelesaikan unggahannya. 

Facebook menuturkan, bug ini aktif selama 12 hari, antara 13 hingga 25 September 2018. Saat bug itu aktif, ada 1.500 aplikasi dari 876 pengembang yang dapat mengakses foto pengguna.

Minta Pengguna Login Kembali

Ilustrasi Facebook (iStockPhoto)

Kendati demikian, Facebook menyebut bug ini tidak berakibat pada foto-foto yang dibagikan Messenger.

Perusahaan mengklaim, pihaknya mengetahui bug ini pada 25 September dan langsung mengatasinya.

Dalam keterangannya, Facebook memastikan telah memperingatkan para pengguna yang terdampak bug ini.

Perusahaan pun menyarankan pengguna untuk kembali login ke aplikasi yang bersangkutan untuk mengetahui foto mana yang telah diakses.

"Kami minta maaf. Kami akan merilis tools untuk pengembang agar mengetahui pengguna yang terdampak bug ini. Kami bekerja sama dengan pengembang untuk menghapus foto dari pengguna yang terkena," tutur Engineering Director Facebook Tomer Bar.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Pistons Akhiri Delapan Kemenangan Beruntun Celtics

Posted: 15 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Boston Celtics harus mengakhiri rentetan delapan kemenangan beruntun di NBA 2018-2019. Celtics kalah 104-113 ketika dijamu Detroit Pistons pada laga NBA yang digelar Minggu (16/12/2018) pagi WIB.

Bagi Pistons, kemenangan ini sekaligus mengakhiri enam kekalahan beruntun di NBA . 

Pertemuan Pistons dengan Celtics berlangsung sengit sejak awal. Kuarter pertama berakhir sama kuat 33-33 dimana akurasi tembakan kedua tim mencapai 60 persen.

Kuarter dua masih sama seperti kuarter pertama. Pertandingan berlangsung sangat ketat. Pistons hanya unggul setengah bola saat jeda babak pertama.

Pistons mengamuk di kuarter tiga. Mereka membuat 13 poin beruntun. Dunk Andre Drummond membuat Pistons memimpin 78-68.

Celtics berusaha mengejar dan mampu memangkas ketertinggalan menjadi tujuh poin saja setelah kuarter tiga.

Namun usaha Celtics mengejar gagal setelah Pistons kembali tancap gas di awal kuarter empat dengan melesakkan 10 poin berbanding satu sehingga unggul 95-76. Sejak itu Celtics tak pernah lagi bisa mendekat.

Drummond dan Griffin

Drummond menjadi bintang kemenangan Pistons dengan 19 poin dan 20 rebound. Blake Griffin menjadi pengumpul angka terbanyak Pistons dengan 27 poin, delapan rebound dan enam assists.

Di kubu Celtics, point guard Kyrie Irving membuat 26 poin dan empat assists. Marcus Smart menyusul dengan 21 poin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selamat, DJ Butterfly Dinikahi Pria Indonesia

Posted: 15 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Lama tak terdengar kabarnya, DJ Butterfly kembali dengan berita bahagia. DJ asal Thailand ini telah resmi dinikahi oleh kekasihnya, yang merupakan pria asal Indonesia, Andri Tanu Wijaya.

Pernikahan DJ Butterfly dan Andri Tanu Wijaya telah dilangsungkan pada Sabtu (16/12/2018) di Hotel Grand Hyatt, Jakarta. Hari bahagia tersebut dihadiri oleh sahabat dekat, dan tentu saja pihak keluarga.

Melalui akun Instagram-nya, DJ Butterfly mengunggah foto dirinya yang tampak anggun dalam balutan gaun pengantin. Sayangnya, ia tak menulis apa pun sebagai keterangannya.

Beralih ke Instagram Stories-nya, DJ asal Negeri Gajah Putih ini menunjukkan satu per satu anggota keluarganya di resepsi pernikahan. Ia juga memperlihatkan sosok suaminya, yang tampil gagah dengan jas bernuansa emas.

Respons

[Foto: Instagram DJ Butterfly]

Pernikahan keduanya pun direspons sangat positif oleh warganet. Mereka mendoakan agar hubungan keduanya bertahan selamanya.

"Happy wedding ya dut, OMG..seneng bgt dgr dut nikah. Bahagia selama nya," tulis pengguna akun Instagram @verafebriyanti25.

"Selamat menempuh hidup baru,mg langgeng smpe nenek+kakek," tambah pemilik akun Instgaram @esahfarisah.

Tak Mengekspos Percintaan

DJ Katty Butterfly. (Instagram/djbutterfly36)

Sementara itu, selama ini DJ Butterfly memang tak pernah berbagi soal kisah asmaranya kepada publik. Karena itu kabar pernikahan ini terbilang cukup mengejutkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesawat Boeing 737 Ini Nyaris Celaka Gara-Gara Drone

Posted: 15 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Essex - Sebuah drone yang diterbangkan 20 kali lebih tinggi dari batas yang diperbolehkan nyaris membuat celaka sebuah kapal terbang. 

Pesawat tanpa awak itu bahkan hanya berjarak 15 meter dari sebuah Boeing 737 yang sedang mendekat ke landasan di Bandara Stansted di Essex, Inggris.

Kala itu, pesawat tersebut terbang di ketinggian 10.000 kaki atau 3 kilometer, kian menurun mendekati landasan pada 17 Agustus 2018, ketika kapten pilot melihat penampakan drone.

Seperti dikutip dari BBC News, Sabtu 15 Desember 2018, kejadian tersebut baru belakangan ini terkuak.

Pilot tersebut menyaksikan "benda persegi atau objek berbentuk persegi panjang berwarna hitam melewati bagian kanan pesawat dalam jarak minimal".

Lembaga yang mengawasi keamanan udara di Inggris, UK Airprox Board menilai, potensi kecelakaan kala itu dalam level tertinggi.

Setelah insiden, yang terjadi pada pukul 16.36 waktu setempat, pemeriksaan kemudian dilakukan terhadap pesawat di darat. Untungnya tak ditemukan bukti kontak atau kerusakan yang disebabkan drone.

Namun, tak diketahui apakah Boeing 737 tersebut membawa penumpang atau kargo.

Operator drone, yang hingga kini belum diketahui, telah melanggar aturan Air Navigation Order 2009, yang mengacu pada keselamatan penerbangan dari pesawat tanpa awak atau drone.

Drone tidak boleh diterbangkan di wilayah udara atau di atas ketinggian 400 kaki (121 meter) tanpa izin dari pengendali lalu lintas udara.

UK Airprox Board, yang menginvestigasi insiden tersebut mengatakan bahwa drone tersebut membahayakan pesawat lain di lokasi itu.

Seorang juru bicara Otoritas Penerbangan Sipil atau Civil Aviation Authority mengungkapkan, hal itu tak bisa diterima.

"Sungguh tidak dapat diterima tindakan menerbangkan drone di dekat bandara dan siapa pun yang melanggar aturan dapat menghadapi hukuman berat termasuk penjara," kata dia.

"Siapa pun yang mengoperasikan drone harus melakukannya dengan bertanggung jawab dan mematuhi semua aturan dan peraturan yang relevan. Aturan terbang untuk pesawat tak berawak dirancang untuk menjaga agar semua pengguna ruang udara aman."

 

Saksikan video terkait drone berikut ini:

Serangan Drone

Pengawal melindungi Presiden Venezuela Nicolas Maduro dengan perisai antipeluru saat serangan drone di Caracas, Venezuela, Sabtu (4/8). Serangan terjadi saat Presiden Maduro berpidato dalam HUT ke-81 Tentara Venezuela. (Xinhua via AP)

Sebelumnya, drone pernah digunakan dalam sebuah serangan yang diduga mengincar pemimpin Venezuela.

Kala itu, Presiden Venezuela Nicolas Maduro sedang berpidato di ibu kota Caracas.

Tiba-tiba terdengar suara ledakan di udara dalam peringatan ulang tahun ke-81 Bolivarian National Guard.

Maduro bersama pejabat lainnya tiba-tiba melihat ke atas dan terkejut oleh serangan drone yang mendadak. Ia tercekat, lantas menghentikan pidatonya di upacara militer, setelah mendengar suara ledakan tersebut. Sistem audio pun sempat terputus oleh kepanikan tersebut.

Seperti dalam rekaman yang beredar, yang salah satunya dimuat BBC, Minggu (5/8/2018), lalu terdengar sejumlah alarm kendaraan berbunyi, disusul oleh audiens yang panik berupaya menyelamatkan diri dari lokasi. Berlari mencari tempat yang aman.

Tak lama kemudian para tentara terlihat berhamburan dari posisi siaga mereka saat menyaksikan sang pemimpin Venezuela berpidato.

Puluhan tentara Venezuela terlihat berusaha melindungi presiden, sesaat sebelum agenda yang disiarkan secara langsung itu dihentikan sepihak.

Sejauh ini dilaporkan tak ada korban tewas, kecuali tujuh orang tentara yang terluka. Menteri Komunikasi Jorge Rodriguez kemudian mengatakan bahwa dua drone bermuatan bahan peledak meledak di dekat panggung presiden.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Meme Aquaman Buatan Warganet Ini Bikin Ngakak

Posted: 15 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Nyatanya, warganet pun turut terkena demam Aquaman. Mereka berbondong-bondong membuat meme kocak dan nyeleneh tentang superhero tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Longsor di Jember, 4 Rumah Tertimbun Lumpur dan Potongan Kayu

Posted: 15 Dec 2018 08:58 PM PST

Fokus, Jember - Empat rumah di lereng pegunungan Argopuro, Jember, Jawa Timur, tertimbun longsor. Material longsor berupa lumpur dan potongan kayu bahkan membuat dua rumah rata dengan tanah.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Minggu (16/12/2018), longsor yang melanda permukiman penduduk di afdeling Gunung Gambir, Desa Gelang, Kecamatan Sumberbaru, Jember, ini berasal dari atas tebing.

Minggu pagi, warga bahu-membahu berupaya menyelamatkan sisa perabotan yang masih bisa digunakan. Longsor di kawasan ini terjadi Sabtu petang menyusul hujan deras yang terjadi sepanjang hari. Warga sempat mendengar suara gemuruh sebelum longsor menimpa rumah sehingga membuat panik warga sekitar.

Sejak Sabtu malam setelah longsor terjadi, 21 keluarga dievakuasi tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan polisi ke lokasi yang lebih aman.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. Kini warga masih menunggu bantuan dari aparat terkait untuk membersihkan material longsor. (Muhammad Gustirha Yunas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Minta Babinsa Cegah Konflik di Masyarakat

Posted: 15 Dec 2018 08:53 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi berpesan kepada Bintara Pembina Desa (Babinsa) agar bisa meredam konflik di tengah masyarakat. Khususnya, yang berada di desa.

Hal ini disampaikan Jokowi saat memberikan pengarahan kepada 3.500 Babinsa dari Kodam Bukit Barisan, Kodam Sriwijaya, dan Kodam Iskandar Muda di Universitas Jambi.

"Tugas Babinsa di sini adalah jangan sampai konflik sekecil apapun di desa kita. Segera padamkan kalau ada konflik, api kecil. Jangan biarkan itu membesar," kata Jokowi, Minggu (16/10/2018).

Saat ini, kata Jokowi, mulai ada gesekan di tengah masyarakat. Apalagi, kini sudah mendekati pemilu.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini pun meminta agar Babinsa memberikan pemahaman pentingnya menjaga kerukunan dan persaudaraan.

"Jangan sampai diaduk-aduk oleh hal-hal yang bersifat politik. Berikan kedewasaan kepada masyarakat. Masyarakat kita harus kita matangkan dalam berpolitik," ucap Jokowi. 

Bebas Memilih

Sementara Jokowi mengaku tak mempermasalahkan perbedaan dukungan politik yang terjadi di tengah masyarakat. Satu yang terpenting, kata dia, masyarakat bisa tetap menjaga kerukunan dan tidak termakan kabar bohong

"Memilih siapapun terserah. Ada pilihan bupati, ada A, B, C, dan D. Silakan. Jangan sampai di tahun-tahun politik seperti ini begitu banyak fitnah-fitnah dan kabar bohong yang beredar di medsos," kata Jokowi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tolak Ajakan Bermesraan, Istri di Blora Tewas Dicekik Suami

Posted: 15 Dec 2018 08:49 PM PST

Patroli, Blora - Lantaran menolak bermesraan, seorang istri dibunuh suaminya di Desa Bedingin, Blora, Jawa Tengah. Pelaku sempat berkilah saat ibu mertuanya bertanya bahwa korban tewas akibat digigit ular.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Minggu (16/12/2018), guna melengkapi berkas perkara penyidikan, petugas Polres Blora, Jawa Tengah, menggelar rekonstruksi kasus suami bunuh istri dengan tersangka Januri. Dari 17 adegan yang dipergakan pelaku dan beberapa saksi, terungkap pembunuhan dilatarbelakangi permintaan tersangka untuk bermesraan ditolak Sulasmini, sang istri.

Pertengkaran sepasang suami istri tersebut kemudian berujung petaka, hingga akhirnya tersangka menyerang Lasmini hingga meregang nyawa.

Kasus suami bunuh istri itu berawal dari laporan masyarakat yang diterima polisi pada 29 November lalu, bahwa Lasmini meninggal dunia secara tak wajar. Jasad korban yang dikubur di Tempat Pemakaman Umum Todanan, Blora, kemudian dibongkar tim forensik.

Hasilnya ditemukan ada bekas cekikan di bagian lehernya. Hasil forensik juga berhasil mematahkan pernyataan pelaku sebelumnya, yang menyebut korban tewas digigit ular.

Tersangka dijerat dengan pasal berlapis, yakni Undang-Undang Nomor 23/2004 tentang penghapusan kekerasan dalam rumah tangga dan Pasal 338 tentang pembunuhan, dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara. (Galuh Garmabrata)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tim SAR Masih Cari Bocah 13 Tahun Tenggelam di Sungai Kalimalang

Posted: 15 Dec 2018 08:46 PM PST

Patroli, Bekasi - Diduga tak bisa berenang namun nekat terjun di aliran Sungai Kalimalang, Bekasi, Jawa Barat, seorang bocah berusia 13 tahun hilang terbawa arus. Tim SAR Gabungan Daerah Kota Bekasi diterjunkan untuk melakukan pencarian.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Minggu (16/12/2018), Minggu pagi, 16 Desember 2018, Tim SAR Gabungan Kota Bekasi kembali melanjutkan pencarian seorang bocah berusia 13 tahun bernama Bian, yang tenggelam di aliran Sungai Kalimalang, Bekasi, Jawa Barat. Pencarian dilakukan dengan menyusuri sungai sejauh lima kilometer dari lokasi titik korban tenggelam.

Metode pencarian dilakukan dengan menggunakan sistem manual atau penyusuran Sungai Kalimalang, serta dengan sistem blender menggunakan perahu karet. Tim SAR juga sudah melakukan kordinasi dengan petugas penjaga Pintu Air Kalimalang di Jakarta Timur. Rencananya, pencarian akan terus dilakukan hingga tiga hari ke depan sampai jasad korban ditemukan.

Peristiwa tenggelamnya Bian terjadi pada Sabtu petang, 15 Desember kemarin. Korban warga Cikarang, Kabupaten Bekasi, hendak mandi dan melompat ke Kalimalang Bersama rekannya. Namun sayang, korban diduga tidak bisa berenang dan ikut tenggelam terbawa arus yang cukup deras. (Galuh Garmabrata)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Italia: Juventus Semakin Tidak Terkejar

Posted: 15 Dec 2018 08:45 PM PST

Liputan6.com, Turin - Juventus semakin tidak terkejar hingga pekan ke-16 usai menang tipis 1-0 atas Torino, Sabtu (16/12/2018) WIB. Gol tunggal Juventus lahir dari penalti Cristiano Ronaldo.

Pertandingan di Stadio Olimpico Turin sebetulnya berjalan tidak mudah bagi Juventus. Terbukti, babak pertama berakhir dengan kedudukan 0-0.

Dari catatan statistik, Torino juga bisa mengimbangi penguasaan bola Juventus. Tercatat, Torino berhasil mengoleksi 59 persen penguasan bola, sementara Juventus 51 persen.

Tambahan tiga poin pada pekan ke-16 memantapkan posisi Juventus di puncak klasemen. Pasukan Massimiliano Allegri telah mengemas 46 poin, unggul 11 poin dari pesaing terdekat, Napoli.

 

Napoli Harus Menang

Napoli akan menjamu Cagliari. (AFP/Fillipo Monteforte)

Napoli sendiri baru akan bermain, Minggu (16/12/2018) dinihari WIB. Lorenzo Insigne dan kawan-kawan akan menjamu Cagliari di Stadion San Paolo.

Laga ini wajib dimenangkan Napoli jika ingin terus menjaga jarak dengan Juventus. Di atas kertas, Napoli tentu diunggulkan atas Cagliari.

Berikut klasemen sementara Liga Italia.

Klasemen Liga Italia

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Liverpool vs MU: Legitimasi Supremasi

Posted: 15 Dec 2018 08:35 PM PST

Jakarta Dua tim dengan distribusi supremasi berbeda bakal bertempur di Stadion Anfield, akhir pekan ini. Hal itu berlatar pertempuran Liverpool kontra Manchester United (MU), sepasang klub yang punya sejarah tradisi di kasta tertinggi Inggris Raya.

Liverpool menjadi atensi utama setelah mereka tampil menawan sejak awal musim ini. Hal ini menandai objektif mereka yang ingin mengulangi kemasan masa lalu, saat menjadi sang penguasa Liga Inggris.

Bagi Liverpool, menggaet gelar juara menjadi tradisi yang sudah lama tak mereka rasakan, terutama di pentas liga domestik. Maklum, setelah mengoleksi 18 trofi, nyaris tiga dekade tradisi nyaman itu tak pernah mampir di Merseyside.

Kini, peluang itu terbuka lebar. Saat ini, Liverpool berada di peringkat teratas klasemen sementara Premiership 2018-2019 dengan koleksi 42 poin. The Reds unggul satu angka dari sang juara bertahan, Manchester City.

Namun, jika tampil konsisten, terutama tak teradang cedera dan pecah konsentrasi dengan Liga Champions, bukan tak mungkin peristiwa 1989-1990 bisa terulang lagi. Namun, Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, buru-buru merendah.

Bagi mereka, kata Klopp, titik konsentrasi terletak pada setiap pertandingan yang ada di depan mata. Satu di antaranya saat Mohamed Salah dkk menjamu Manchester United.

"Kami harus bermain seperti seseorang yang sangat lapar. Karakter lapar itu yang harus menjadi modal paling utama saat bermain pada Minggu. Jelas, Manchester United adalah lawan sepadan yang harus kami waspadai meski jarak kami tergolong lebar," jelas Klopp.

Ucapan eks arsitek tim Borussia Dortmund tersebut mengacu pada nama besar Manchester United. Bagaimanapun, lawan Liverpool adalah simbol supremasi tradisi juara sejak kali pertama Liga Utama Inggris berubah 'brand' menjadi Premier League.

 

Tradisi Manchester United

Ekspresi pemain Liverpool, Trent Alexander Arnold (tengah) saat melawan Manchester United (MU) dalam pertandingan Liga Inggris di Old Trafford, Manchester, Inggris, Sabtu (10/3). MU menang dengan skor 2-1 atas Liverpool. (AP Photo/Rui Vieira)

Berkat tangan dingin Sir Alex Ferguson, kubu Carrington sangat dominan dalam raihan trofi Premier League. Meski kini masih dirundung masalah, kekuatan Manchester United tetap bisa mengejutkan.

Bedanya, Liverpool berada di atas angin. Latarnya tak lain kekuatan aktual mereka. Selain berada di posisi teratas, level ketajaman mereka juga merata. Artinya, sosok Mohamed Salah memang menjadi sentral, tapi mereka punya sederet pemain yang berambisi mencatatnkan namanya di papan skor, seperti Roberto Firmino, Sadio Mane sampai Andy Robertson.

Liverpool berada di atas Manchester United dari sisi manapun. Level performa berimbas terhadap posisi di klasemen sementara. Saat ini, Manchester United terjerembab di luar empat besar, tepatnya di peringkat 6, dengan koleksi 26 angka.

Kondisi tersebut tergolong miris bagi sebuah klub yang pernah menjadi lambang supremasi dominasi. Banyak pihak menilai, Manchester United tak akan sanggup melewati beberapa tim yang berada di atas mereka, seperti Arsenal, Chelsea, Tottenham Hotspur, Manchester City dan Liverpool.

Pada sisi lain, apapun bisa terjadi di lapangan. Filosofi seperti itulah yang ada di kepala Jose Mourinho. Manajer Manchester United tersebut yakin, anak asuhnya akan selalu menunjukka karakter pemenang meski dengan kondisi pasukan yang terbatas.

 

Kondisi ala Mourinho

Winger Liverpool Mohamed Salah (kiri) berjibaku dengan bek Manchester United Eric Bailly pada laga di Old Trafford, Sabtu (10/3/2018). (AFP/Oli Scarff)

Mourinho paham, akhir pekan ini mereka akan bersua sang pemuncak, dan notabene menjadi tuan rumah. Namun, ia percaya dengan kualitas anak asuhnya, plus potensi permainan yang belum keluar maksimal.

"Artinya, kami masih memiliki rangkaian senjata, baik taktik maupun filosofi. Kami hanya 'merasa' khawatir, padahal tidak jika sudah mengetahui kekuatan yang sesungguhnya. Tim ini memiliki kemampuan menang di markas Liverpool," tegas Mourinho.

Mourinho boleh saja memiliki ambisi besar, namun tidak jika melihat modal apa yang dibawanya ke Anfield Gank. Satu yang paling kentara adalah pada area pertahanan.

SkySports dan BBC merilis, Manchester United sedang mengalami krisi bek. Hal itu terjadi setelah Marcos Rojo menyusuk beberapa rekannya ke ruang perawatan. Sebelum Rojo, Setan Merah sudah kehilangan Chris Smalling, Matteo Darmian, Luke Shaw, Diogo Dalot dan Victor Lindelof.

Selain itu, kondisi Anthony Martial dan Scott McTominay juga masih dalam observasi, plus Alexis Sanchez yang sudah terpinggirkan. Artinya, kekuatan tersebut menjadi senjata sangat riskan bagi Mourinho saat berada di atas rumput Anfield.

 

Klopp Tak Ingin Jemawa

Jurgen Klopp mengungkapkan alasan mengapa dirinya lebih tertarik melatih Liverpool dibandingkan Manchester United. (Paul ELLIS / AFP)

Namun, Klopp tak ingin jemawa. Ia paham, kelengahan menghadapi tantangan dari Mourinho bakal berakibat fatal. "Kami akan bekerja keras dan bertarung demi poin-poin kami, termasuk menekuk Manchester United. Kami memiliki target sendiri," sebut sang bos.

Pasukan Liverpool sedang berada di level kepercayaan diri yang tinggi. Beberapa catatan statistik menjadi daya dorong luar biasa, sekaligus menggambarkan kualitas Liverpool sebagai tim secara keseluruhan.

Sekarang, Liverpool mengoleksi 42 poin dari 16 pertandingan di Premier League, sekaligus menjadi rekor baru bagi mereka. Selain itu, mereka juga tak terkalahkan dalam 17 pertandingan, sesuatu yang sudah lama gagal mereka rasakan. Rekor terbaik Liverpool adalah tak takluk pada 23 pertandingan pada 1990.

Modal lain kala menjamu Manchester United adalah catatan tak terkalakan dalam 28 pertandingan di rumah sendiri. Kali terakhir The Reds malu di depan fans sendiri adalah saat kalah dari Crystal Palace dengan skor 1-2, pada April 2017. Sejak itu, Si Merah mencatat 19 menang dan 9 seri.

Nafsu besar juga sedang menggelayut pada tridente lini depan Liverpool; Roberto Firmino, Mo Salah dan Sadio Mane. Tiga tukang gedor ini belum mencetak gol atau melakukan saling assist pada 855 menit pertarungan kontra Manchester United.

Satu di antara yang membuat Liverpool tenang adalah kualitas lini pertahanan. Jika mereka tak kebobolan kala bersua Manchester United, Liverpool akan menciptakan rekor baru, yakni kegolan paling sedikit pada 17 pertandingan awal Liga Inggris.

 

Saling Berbalik

Pemain Liverpool, Mohamed Salah (kiri) berusaha melewati adangan bek Manchester United, Timothy Fosu-Mensah (dua dari kiri), pada pertandingan International Champions Cup (ICC) 2018, di Michigan Stadium Ann Arbor, Michigan, Amerika Serikat, Minggu (29/7/2

Kondisi sebaliknya, meski tak 100 persen, sedang menjalar ke selutuh tubuh Manchester United. Kemenangan kontra Fulham menjadi tiga angka pertama pada lima pertandingan Premier League.

Satu di antara sinyal bahaya datang dari lini belakang. Mereka kebobolan 26 gol dalam 16 pertandingan. Kondisi itu hanya berselisih dua gol saja dari apa yang mereka rasakan sepanjang 2017-2018 lalu.

Tak sekadar itu, jika kalah dari Liverpool, pencapaian poin Manchester United setelah 17 pertandinga menjadi rangkaian paling sedikit dalam sejarah mereka. Satu yang bakal membuat Liverpool melenggangkangkung adalah statistik Manchester United saat melawat ke markas lawan.

Saat ini Manchester United hanya sekali menang dalam lima pertandingan terakhir di pentas Premier League. Mereka mengoleksi 2 seri dan dua kalah, plus sekali menang.

"Kami tak boleh lengah dan bisa menekan pada beberapa menit awal. Liverpool adalah sang pemuncak, dan itu sudah menggambarkan siapa mereka," kata Jesse Lingard.

Satu yang pasti, Liverpool akan berusaha menggapai tiga angka. Andai terealisasi, Manchester United akan berjarak 16 pin dari sang rival abadi tersebut. Arti lain, Manchester United akan merasakan defisit terbesar sebelum perayaan Natal sejak marjin poin yang sama pada 1990.

Sumber: Opta, BBC, SkySport

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lawan MU, Mourinho Ingatkan Salah Bawa Ancaman 'Nuklir'

Posted: 15 Dec 2018 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Duel panas akan berlangsung di Liga Inggris akhir pekan ini, saat Liverpool menjamu Manchester United (MU) di Anfield, Minggu malam WIB (16/12/2018). Dua tim sangat berambisi memetik poin penuh pada laga nanti.

Jelang pertandingan, manajer MU Jose Mourinho, mengingatkan peran bintang Liverpool, Mohamed Salah. Menurut dia, Salah membawa ancaman "nuklir".

Salah sempat bermain bareng Mourinho di Chelsea. Tapi, ia gagal menampilkan permainan terbaik bersama Chelsea.

Salah kembali musim lalu ke Liga Inggris, dan bergabung dengan Liverpool dengan nilai transfer 36.9 juta pounds. Dan, Mourinho mengakui pemain asal Mesir itu, telah membuat langkah besar sejak mereka bekerja sama.

"Dia telah berkembang dengan sangat baik di setiap level," katanya kepada wartawan.

"Secara fisik, perkembangan yang luar biasa. Dia anak lelaki yang cepat dan rapuh dan sekarang dia cepat, pria yang kuat," imbuh pelatih MU ini.

Pemain Fantastis

Petugas medis memeriksa bahu striker Liverpool, Mohamed Salah pada laga final Liga Champions di Stadion NSC Olimpiyskiy, Kiev, Minggu (27/5/2018). Salah mengalami cedera bahu usai dilanggar Ramos. (AP/Sergei Grits)

"Sekarang dia bisa bermain di mana-mana melawan tim mana pun. Dia bisa pergi ke Barcelona, ​​bisa pergi ke Madrid dan dia bermain seperti. "Saya Mo-Mo Salah dan saya tidak takut pada siapa pun dan siapa pun'.

"Dia adalah pemain fantastis, benar-benar berbeda dari pemain potensial yang kami beli dari Basel ke Chelsea. Dia adalah seorang pemain yang proyektif dan sekarang dia adalah salah satu pemain terbaik di dunia," kata Mourinho.

Perubahan

Meski begitu Mourinho tidak membeda-bedakan dan mengistimewakan pemain Liverpool. Tim ini sekarang melakukan perubahan peran sejak Philippe Coutinho ke Barcelona.

"Pertandingan yang berbeda, mereka sebelumnya memiliki Coutinho," jelasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Pria Bertubuh Tinggi Lebih Suka Wanita Pendek, Kenapa?

Posted: 15 Dec 2018 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Cinta memang tak mengenal fisik. Setiap orang tentu memiliki kriteria pasangan idamannya, kan? Nah, termasuk para pria dengan tubuh tinggi. Banyak dari mereka malah jatuh cinta dengan wanita bertubuh pendek. Mengapa demikian?

Artikel tentang alasan pria tinggi lebih menyukai wanita pendek terpopuler di kanal Citizen6 Liputan6.com. Disusul dengan artikel kedua terpopuler, yakni momen yang menunjukkan betapa ngenesnya menjadi jomblo.

Adapun artikel ketiga terpopuler adalah chat sindiran terhadap pria pemberi harapan palsu (PHP) yang membuat sesak dada.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Alasan Mengapa Pria Tinggi Lebih Suka dengan Wanita Pendek

pegangan tangan sepasang kekasih (foto: Brightside)

Wanita pendek terlihat cute karena ukuran tubuhnya yang kecil. Baginya, kamu adalah sesuatu yang bisa dibawanya dan digoda untuk waktu lama.

Kamu bisa memakai bajunya dan terlihat seakan tenggelam di dalamnya. Segala yang ada padamu selalu imut di matanya, entah itu kebiasaan yang kamu lakukan, ukuran tangan, bahkan ukuran sepatu.

Selengkapnya...

Saksikan video pilihan di berikut ini: 

 

2. 7 Momen Ini Tunjukkan Betapa Ngenesnya Jadi Jomblo

Jomblo ngenes (foto: berbagai sumber)

Orang yang tak memiliki pasangan kerap disebut sebagai jomblo di kalangan milenial. Menjadi seorang jomblo akan sangat menyenangkan bagi sebagian orang, namun tidak bagi banyak orang. Ya, nyatanya bagi sebagian besar orang menjadi jomblo bisa sangat menyebalkan.

Hal tersebut lantaran, para jomblo kerap merasa terpojokan. Terlebih lagi jika sedang berada di sekeliling para pasangan yang sedang memadu kasih. Bahkan saat ini banyak orang yang membuat julukan "jones" alias jomblo ngenes sebagai bahan olok-olokan.

Selengkapnya...

 

3. Menohoknya 6 Chat Nyindir Pria PHP, Sukses Bikin Dada Nyesek

Ilustrasi./Copyright shutterstock

Menjalani hubungan cinta dengan seseorang biasanya perlu yang namanya penjajakan atau pendekatan (PDKT). Nah, dari proses itu lah biasanya hubungan antara si pria dan wanita bisa terjalin. Namun, masa penjajakan tak bisa dianggap sepele. Banyak pria malah hanya senang melakukan PDKT tanpa memberi status yang jelas atau pemberi harapan palsu (PHP).

Kalau sudah berhubungan sama pria PHP, pasti para wanita langsung geram. Tak jarang mereka juga melakukan sindiran-sindiran melalui media sosial. Seperti yang tergambar dalam deretan chat nyindir pria PHP yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementan Akan Sulap Rawa Jadi Lahan Pertanian

Posted: 15 Dec 2018 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertanian Amran Sulaiman menyatakan, Kementerian Pertanian (Kementan) akan terus menindaklanjuti program gerakan Selamatkan Rawa, Sejahterakan Petani (Serasi).

Sebagai upaya awal, ia menuturkan, sebanyak 400 ribu hektare rawa di enam provinsi yakni Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan, Lampung, Jambi, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Tengah, bakal dimanfaatkan sebagai lahan pertanian produktif.

"Hal ini dilakukan untuk mendorong kesejahteraan petani berbasis koperasi yang dikoorporasikan melalui Serasi," ujar Amran dalam keterangan tertulis, Minggu (16/12/2018).

Dia menyampaikan, pemanfaatan lahan rawa menjadi pertanian akan terintegrasi dengan peternakan, perkebunan dan persawahan. Amran mengatakan, Serasi akan dikerjakan bersinergi dengan lembaga pemerintahan lainnya.

"Guna mendukung capaian yang baik terkait pemanfaatan rawa untuk pertanian, maka juga didukung dengan pengembangan mekanisasi serta teknologi," lanjutnya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian Syukur Iwantoro mengungkapkan, seluas 200 hektare lahan rawa lebak bakal dikembangkan dibawah pengawasan 50 tenaga harian lepas yang melakukan fungsi teknis.

"Pengelolaan semuanya dilakukan dengan teknologi mutakhir. Kendala kondisi tanah seperi masam, PH kurang, kini bukan lagi masalah," ujar Syukur

Menurut Syukur, seluas 7,9 juta hektare lahan rawa yang ditumbuhi semak belukar berpotensi menjadi kawasan pertanian. "Selain itu, masih ada 2 juta hektare lahan rawa bokor siap direvitaliasi jadi area pertanian," tambah dia.

 

Kementan Klaim Cetak 215 Ribu Ha Lahan Baru

Petani memanen padi varietas Ciherang di areal persawahan Desa Ciwaru, Sukabumi, Sabtu (23/6). Petani mengeluhkan  harga gabah kering panen saat ini Rp 488 ribu/kwintal dibanding tahun lalu yang menembus Rp 600 ribu/kwintal. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Sebelumnya, Kementerian Pertanian (Kementan) terus berupaya menambah luasan lahan persawahan. Hal ini guna meningkatkan produksi beras nasional menuju ketahanan pangan dan mengatasi permasalahan alih fungsi lahan.

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian Pending Dadih Permana mengatakan, selama 4 tahun ini Kementan telah mencetak 215.811 ha lahan baru yang berjalan sejak 2015. Lahan tersebut dipastikan sudah memberi hasil yang cukup baik.

"Sudah menghasilkan 20.070 hektare (ha) lahan pertanian, kemudian tahun 2016 menghasilkan 129.096 ha dan tahun 2017 seluas 60.243 ha," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu 8 Desember 2018.

Sedangkan pada sektor optimasi lahan rawa, konversi lahan rawa pada 2016 mencapai luasan 3.999 ha, pada 2017 seluas 3.529 ha dan pada pada 2018 telah terealisasi seluas 16.400 ha.

Sementara itu, Pengamat Pertanian Luthfi Fatah menilai, masalah penyusutan lahan sawah harus diimbangi dengan data yang valid dan akurat. Sebab jika tidak, akan menimbulkan kerancuan soal produksi pangan, khususnya beras.

"Saya tidak sependapat jika program sawahnisasi yang dibangun pemerintah itu dikatakan gagal. Kan banyak program yang sudah dicapai seperti peningkatan produksi dan kita tidak impor," kata‎ dia.

Menurut dia, untuk mengatasi masalah menyusutnya lahan pertanian, pemerintah saat ini tengah menyusun payung hukum dalam bentuk Peraturan Presiden (Perpres) terkait hal tersebut. Payung hukum tersebut diharapkan segara selesai agar ke depan potensi alih fungsi lahan bisa dicegah.

‎"Kerangka Sampel Area (KSA) yang selama ini jadi acuan BPS dalam menghitung luas baku lahan sawah, harus diimbangi dengan sumber daya manusia yang mumpuni dan mengerti cara pengendaliannya," tandas dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sonia Fergina Satu Frame dengan Miss Israel di Miss Universe 2018

Posted: 15 Dec 2018 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta – Sonia Fergina Citra yang merupakan Puteri Indonesia 2018 menjadi wakil Indonesia di ajang Miss Universe 2018. Final kontes kecantikan ini akan berlangsung pada Senin, 17 Desember 2018, di Bangkok, Thailand.

Menjelang penobatan pemenanh, sejumlah acara dan persiapan sudah digelar. Para finalis pun terus berlatih agar tampil prima pada acara puncak nanti. Kegiatan mereka terekam dalam foto dan video di media sosial, termasuk melalui akun Instagram 'Miss Universe'.

[bacajuga:Baca Juga]3812048 3815075 3815240)      

Salah satu yang baru saja diunggah pada Sabtu, 15 Desember 2018 memperlihatkan lima finalis sedang berfoto bersama, dan ada Sonia di foto tersebut. Yang mungkin membuat kita tergelitik, empat finalis lainnya yang ada di foto tersebut adalah dari Amerika Serikat, Thailand, Bahama dan Israel.

Bagi Indonesia, selama ini memang kurang punya hubungan baik dengan Israel. Kedua negara pun tidak mempunyai hubungan diplomatik. Meski begitu, di ajang seperti Miss Universe tentunya hal-hal seperti itu tidak harus ditunjukkan.

Mereka harus bersaing menjadi yang terbaik dengan sikap yang baik pula. Begitu juga dengan Sonia Fergina dalam foto tersebut. Meski satu frame, Sonia memang tidak berdiri bersebelahan dengan Miss Israel, Nikol Reznikov, tapi diapit Miss Thailand yang berada di tengah.

Sedangkan, Sonia terlihat sedang bertatapan sambil tersenyum dengan Miss AS, Sarah Rose Summers. Namun, foto ini tidak diunggah Sonia di akun Instagamnya.

Sementara, malam final Miss Universe 2018 bakal disiarkan secara langsung hanya di FOX pada Minggu, 16 Desember 2018, dari Bangkok, Thailand pukul 19.00 waktu setempat. Kita nantikan perjuangan Miss Indonesia Sonia Fergina di ajang Miss Universe 2018.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pamer Foto saat Masih Bersama Nafa Urbach, Zack Lee Diminta Rujuk

Posted: 15 Dec 2018 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Meski telah bercerai, kedekatan Zack Lee dengan Nafa Urbach masih senantiasa terjaga. Tak jarang, keduanya masih sering bertemu dan bermain bersama demi buah hatinya, Mikhaela Lee Juwono.

Yang terbaru, Zack Lee mengunggah sebuah foto yang memperlihatkan kebersamaannya dengan Nafa Urbach. Foto tersebut diunggah ke Instagramnya pada Sabtu (15/12/2018).

"Once upon a time when we were in love. #bff #bestfriendsforever#thebestisyettocome," tulis Zack Lee.

Diminta Rujuk

Zack Lee

Unggahan tersebut langsung direspons oleh warganet. Mereka kompak menyuarakan agar Zack Lee rujuk kembali dengan Nafa Urbach.

"KL msh cinta knp tak rujuk lg. Cinta kasih suami istri tdk bs hilang begitu saja tdk ada salah saling mengalah," tulis @ester_reny_h.

"Rujuk Donk Kak 🙏🙏🙏," pinta @aditya_azaen.

Justin Bieber

Zack Lee

Namun dari sekian banyak komentar yang meminta Zack Lee agar kembali menjalin rumah tangga dengan Nafa Urbach, ada satu komentar yang cukup menggelitik. Komentar tersebut hadir dari Pevita Pearce yang malah menyebut Zack Lee mirip Justin Bieber dalam foto tersebut.

"You look like justin bieber in this picture," ledek Pevita Pearce.

"Sekilas tadi kok mirip justin bieber yng cowok 😂😂😂," timpal @inul_patria.

 
 
 
View this post on Instagram

Once upon a time when we were in love. #bff #bestfriendsforever #thebestisyettocome

A post shared by Zack Lee (@zackleelife77) on

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kenaikan Tunjangan Babinsa Cair, Panglima TNI Berterima Kasih pada Jokowi

Posted: 15 Dec 2018 08:26 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memastikan bahwa tunjangan operasional bagi Babinsa segera cair.

Hal ini disampaikan Jokowi saat memberikan pengarahan kepada 3500 Babinsa dari Kodam Bukit Barisan, Kodam Sriwijaya, dan Kodam Iskandar Muda di Universitas Jambi.

"Suara itu saya dengar karena saya sering ke bawah ke desa, jangan dipikir saya tidak dengar," kata Jokowi, Minggu (16/12/2018).

Jokowi mengungkapkan, tunjangan kinerja ini akan diberikan pada pekan depan. Besarannya, kata dia, Rp 1 juta setiap bulannya.

"itu kalau dirapel Juli sampai Sesember kan tambahannya Rp 6 juta, benar ya? di desa-desakan apa-apa kan masih murah, jadi bisa ditabung gitu lo," ucap Jokowi.

Selain itu, Jokowi mengingatkan kepada seluruh Babinsa yang hadir agar mampu menjawab tantangan revolusi industri 4.0.

Revolusi ini, ucap Jokowi, 3000 kali lebih cepat dari revolusi industri pertama.

"Ini harus kita respons dan kita ketahui karena tidak hanya mengubah landskap politik global, tapi juga ke nasional, daerah, dan juga masuk ke daerah. Ini yang harus kita antisipasi jangan sampai perubahan itu membuat dampak tidak baik bagi kita," ucap Jokowi.

"Pasti akan masuk budaya intervensi budaya-budaya impor, ideologi-ideologi impor yang masuk ke desa dan tidak bisa kita cegah karena semua orang bisa mengakses sekarang. Ideologi apa pun bisa masuk tanpa kita screening, ini yang harus disiapkan untuk membangun negara kita yang besar," tandasnya.

 

Panglima TNI Berterimakasih

Dalam pengarahan itu hadir 3.316 orang Babinsa dari wilayah Kodam II/Sriwijaya, Kodam Iskandar Muda, dan Kodam I/Bukit Barisan termasuk 15 bintara pembina pesisir dan 15 bintara pembina lanud, serta 259 perwira unsur pimpinan satuan di komando kewilayahan Kodam II/Sriwijaya.

"Saat ini tunjangan babinsa telah diterima dan dirasakan langsung babinsa dengan besaran antara Rp 900 ribu - 1,2 juta, atas nama seluruh prajurit TNI saya ucapkan terima kasih kenaikan tunjangan kinerja atau remunerasi ini," kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto seperti dikutip dari Antara.

Menurut Panglima TNI, proses administrasi kenaikan tunjangan itu sudah selesai di Kementerian Keuangan dan Kementerian Pertahanan sehingga diharapkan pada 17 Desember 2018 sudah dapat diterima oleh para prajurit.

"Besaran kenaikan tunjangan kinerja rata-rata naik dari 51 persen menjadi 71 persen dan berlaku mulai Juli 2018, oleh karenanya selain mendapat kenaikan tunjangan kinerja, para prajurit juga akan mendapat rapelan tunjangan kinerja selama 6 bulan," ungkap Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Sebagai gambaran, prajurit bintara menerima kenaikan rata-rata sebesar Rp 1 juta per bulan, sehingga selain mendapatkan kenaikan satu bulan, bintara juga menerima rapelan sebesar Rp6 juta.

"Kenaikan tunjangan kinerja ini tentunya merupakan kebahagiaan tersendiri bagi para prajurit dan merupakan tanggung jawab untuk semakin meningkatkan kinerjanya," tegas Hadi.

Selain Panglima TNI, hadir dalam acara tersebut Kepala Kantor Staf Kepresidenan Moeldoko, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, KSAD Jenderal Andika Perkasa, Plt Gubernur Jambi Fachrori Umar, Kapolda Jambi Irjen Pol Muchlis A.S dan Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan serta pejabat terkait lainnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelatih Barcelona Bantah Dekati Bek Chelsea

Posted: 15 Dec 2018 08:20 PM PST

Liputan6.com, Barcelona - Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, tak punya niat untuk menambah amunisi baru lagi di skuatnya. Hal ini sekaligus menepis spekulasi tentang bek Chelsea, Andreas Christensen.

Barcelona secara intensif memang dikaitkan dengan pemain baru di posisi bek tengah jelang bursa transfer Januari 2019. Sebab, ada beberapa amunisi Barca yang mengalami cedera dan harus absen cukup lama.

Barcelona harus kehilangan Samuel Umtiti yang kini masih menjalani perawatan cedera. Barca pun dikaitkan dengan beberapa nama populer di posisi bek tengah. Ada sosok Branislav Ivanovic dan Vincent Kompany yang disebut akan merapat ke Barca.

Namun, belakangan klaim pemain buruan Barca mengarah pada Christensen. Tapi, pihak Barca justru membantahnya.

 

Bantahan Valverde

Barcelona disebut ingin mendatangkan Andreas Christensen dengan status pinjaman dari Chelsea. Pemain 22 tersebut tahun bakal dipinjam hingga akhir musim 2018/19, dengan opsi pembelian permanen pada awal musim depan.

Namun, klaim tersebut mendapat bantahan dari Ernesto Valverde. "Kami ingin punya empat bek tengah yang bisa bermain. Tapi, Umtiti segera pulih dan itu akan jadi berita besar bagi kami" buka Valverde.

"Jika itu terjadi, artinya kami punya empat bek tengah untuk sisa musim ini, meskipun tiga pemain di antaranya dominan kaki kiri. Kami lebih tahu dengan apa yang terjadi dengannya [Umtiti]," papar Valverde.

Andreas Christensen berada dalam situasi yang sulit bersama Chelsea. Dia tidak masuk dalam rencana Maurizio Sarri, sang manajer baru. Namun, pihak klub belum bersedia melepasnya karena dinilai sebagai aset klub.

Beberapa klub sudah menyatakan tertarik pada jasa pemain asal Denmark tersebut. Napoli menjadi klub yang cukup serius ingin meminangnya. Selain itu, ada juga AC Milan yang siap memberikan tempat bermain secara reguler.

Sumber: bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Inggris: City Kembali Gusur Liverpool

Posted: 15 Dec 2018 08:15 PM PST

Liputan6.com, London - Liga Inggris telah memasuki pekan ke-17. Perebutan puncak klasemen semakin panas jelang tahun baru.

Manchester City kembali ke puncak klasemen Liga Inggris hari ini. Pasalnya, dalam laga terakhir City menang 3-1 atas Everton, Sabtu (15/12/2018).

Tiga gol City dilesakkan Gabriel Jesus (dua gol) dan Raheem Sterling. Sementara Everton membalas melalui Calvert-Lewin.

City sejauh ini mengoleksi 44 poin dari 17 laga. Mereka unggul dua poin atas Liverpool yang ada di peringkat kedua klasemen Liga Inggris.

Namun posisi City masih rawan tergusur. Pasalnya, Liverpool baru bertanding melawan MU nanti malam.

Posisi Lain

Pemain Manchester City merayakannya gol Gabriel Jesus ke gawang Everton saat bertanding dalam Liga Inggris di Stadion Etihad, Manchester, Inggris, Sabtu (15/12). Gabriel Jesus mencetak dua gol. (AP Phot /Rui Vieira)

Posisi ketiga masih ditempati oleh Tottenham Hotspur. Bermain di Wembley Stadium, Spurs menang 1-0 atas Burnley.

Di sisi lain kemenangan diraih oleh Wolverhampton. Mereka menang 2-0 atas Bournemouth dan naik ke posisi ketujuh klasemen.

Berikut klasemen Liga Inggris pekan ke-17:

Klasemen Liga Inggris

Pemain Manchester City, Gabriel Jesus mencetak gol ke gawang Everton dalam Liga Inggris di Stadion Etihad, Manchester, Inggris, Sabtu (15/12). Gabriel Jesus mencetak dua gol. (Martin Rickett /PA via AP)

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Siasati Kemacetan Libur Natal dan Tahun Baru, Polisi Bakal Terapkan Ini

Posted: 15 Dec 2018 08:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Berbagai persiapan untuk mengatasi kemacetan libur Natal dan Tahun Baru sudah siapkan Polri. Ini dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang melakukan perjalanan.

Disebutkan, salah satu rekayasa lalu lintas yang bakal diterapkan adalah sistem contraflow. Sistem ini menggantikan sistem one way yang dilakukan saat Operasi Ketupat Lebaran 2018.

"Sangat mungkin kita lakukan contraflow. Kalau kemarin saat Operasi Ketupat kita lakukan one way, tetapi sepertinya one way tidak. Hanya contraflow saja pada ruas tertentu yang sangat mungkin kita lakukan," terang Kakorlantas Polri, Irjen Pol. Refdi Andri dalam keterangan resminya.

Adapun operasi lalu lintas akan difokuskan pada sejumlah titik yang saat ini menjadi sumber kemacetan. Misalnya, kawasan Bekasi hingga gerbang tol Cikarang karena sedang ada berbagai pembangunan.

"Kepadatan yang utama memang di jalur Cikampek, karena di sana sedang ada tiga pekerjaan. Tol bertingkat, kereta api cepat dan LRT," ujar Refdi.

 

Selanjutnya

Lebih lanjut Jenderal Bintang Dua tersebut menyebutkan, semua instansi yang berkaitan pengamanan libur Natal dan Tahun Baru mulai beroperasi pada 21 Desember 2018 hingga 1 Januari 2019.

"Kami sudah melaksanakan rapat di Mabes Polri dan melibatkan semua instansi, Dir Lantas hingga Dir Sabhara se-Indonesia," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tren di Australia, Mengolah Plasenta Jadi Pil

Posted: 15 Dec 2018 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Di Indonesia, bila ada bayi lahir maka plasenta atau ari-ari akan dikubur di dalam tanah. Namun, di Australia kini tengah tren mengolah ari-ari menjadi pil maupun benda seni. 

Seperti yang dilakukan Samantha Birch, seorang placenta specialist. Pekerjaannya adalah mengubah plasenta bayi menjadi kapsul yang bisa diminum ibu atau benda seni penuh makna.

"Mungkin banyak orang yang merasa jijik dengan plasenta. Tapi ketika sudah tahu apa manfaat dan 'keajaibannya' banyak yang terkesima," ungkap Birch, seperti dikutip dari KidSpot.

 

Samantha mengungkap kalau plasenta yang diolah menjadi pil, kemudian dikonsumsi ibu, akan membantu pemulihan pascapersalinan jadi lebih cepat. Antara lain mengurangi stres dan menurunkan risiko depresi pasca melahirkan.

Ia juga mengklaim dengan mengonsumsi pil plasenta sendiri akan lebih cepat mengembalikan ukuran rahim seperti semula. Tak hanya itu Samantha juga bisa membuat tali pusat menjadi gantungan hias seperti dream catcher.

 

 

Namun terkait pil plasenta menurut American Publication Archives of Women's Mental Health, tak ada data ilmiah yang membuktikan kalau mengonsumsi pil plasenta bisa berdampak positif bagi kesehatan ibu.

 

 

Penulis: Mutia/Dream.co.id

 

Saksikan juga video menarik berikut

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Inggris Nanti Malam: Liverpool vs MU

Posted: 15 Dec 2018 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Liga Inggris menghadirkan super big match nanti malam. Liverpool akan menjamu rival abadinya Manchester United di Stadion Anfield, Minggu (16/12/2018) malam WIB. 

Liverpool menargetkan kemenangan. Jika sampai tersandung mereka tidak akan bisa merebut puncak klasemen Liga Inggris lagi. Saat ini Manchester City memuncaki klasemen Liga Inggris dengan 44 poin atau unggul dua poin dari Liverpool.

MU juga butuh poin penuh. Setan Merah akan semakin tertinggal jauh dari empat besar Liga Inggris andai takluk di kandang Liverpool.

Sebelum laga Liverpool kontra MU, ada dua laga tak kalah seru yakni Brighton & Hove Albion menjamu Chelsea dan Southampton kontra Arsenal.

 

Jadwal Liga Inggris nanti malam:

Ilustrasi Logo Liga Inggris. (AFP/Jon Super)

Jadwal Liga Inggris nanti malam:

20.30 WIB

Brighton vs Chelsea (Bein Sports 3)

Southampton vs Arsenal (Bein Sports 1)

23.00 WIB

Liverpool vs MU (Bein Sports 1)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Antisipasi Hujan Abu Letusan Gunung Soputan, Warga Diminta Siapkan Masker

Posted: 15 Dec 2018 08:00 PM PST

Liputan6.com, Minahasa - Gunung Soputan yang berada di Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara kembali erupsi sebanyak tiga kali sejak Minggu (16/12/2018) dini hari.

Berdasarkan data Pos Pemantau Gunung Soputan di Silian, erupsi pertama terjadi pada pukul 01:02 Wita, dengan amplitudo 40 milimeter disertai suara gemuruh.

"Letusan kedua terjadi pukul 03:09 Wita, dengan tinggi kolom abu mencapai 3.000 meter dari puncak gunung. Kolom abu berwarna kelabu dengan intensitas tebal mengarah ke tenggara. Erupsi terekam dalam seismograf dengan amplitudo 40 milimeter, " kata Kepala Pos Pemantau Gunung Soputan Asep Saifullah di Silian dilansir Antara.

Pada pukul 05:40 Wita kembali terjadi erupsi dengan tinggi kolom abu teramati 7.000 meter dari puncak gunung.

"Kolom abu berwarna kelabu dengan intensitas tebal dan ini mengarah ke arah barat daya," katanya.

Pihaknya memberikan rekomendasi kepada masyarakat agar tidak melakukan aktivitas di sekitar Gunung Soputan dengan radius 4,5-6 kilometer dari puncak.

Masyarakat juga diminta untuk menyiapkan masker untuk mengantisipasi hujan abu di daerah-daerah yang terdampak.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Minahasa Tenggara Ferry Uway mengungkapkan pihaknya telah bersiaga mengantisipasi eskalasi dampak yang lebih besar dari erupsi Gunung Soputan.

"Kami sudah bersiaga di sekitar lokasi yang terdampak, dengan menyiapkan penanganan seperti pembagian masker," kata dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mendagri AS Mengundurkan Diri, Diduga Terjerat Kasus Pelanggaran Kode Etik

Posted: 15 Dec 2018 08:00 PM PST

Liputan6.com, Washington DC - Presiden Amerika Serikat Donald Trump, pada Sabtu 15 Desember 2018, mengumumkan bahwa Menteri Dalam Negeri AS Ryan Zinke akan mengundurkan diri dari posisinya pada akhir tahun.

"Mendagri @RyanZinke akan meninggalkan pemerintahan pada akhir tahun setelah menjabat selama hampir dua tahun. Ryan telah mencapai banyak hal selama masa jabatannya dan saya ingin berterima kasih kepadanya atas pelayanannya kepada bangsa," Trump menulis dalam sebuah twit.

Orang Nomor Satu di AS itu melanjutkan dalam twit kedua: "... Pemerintahan Trump akan mengumumkan Mendagri yang baru minggu depan," demikian seperti dikutip dari CNN, Minggu (16/12/2018).

Pengunduran diri itu terjadi di tengah berbagai penyelidikan kasus pelanggaran etika terhadap Zinke dan juga perombakan staf di antara pejabat pemerintahan Trump --termasuk baru-baru ini, kepala staf kepresidenan John Kelly.

The Washington Post melaporkan pada hari Sabtu bahwa para pejabat pemerintah mengatakan, Gedung Putih telah mendorong Zinke untuk mengundurkan diri selama berminggu-minggu lalu. Mereka juga memberi kesempatan agar Zinke memilih mengundurkan diri pada akhir tahun, ketimbang harus dipecat oleh kantor kepresidenan.

Mengutip dua orang yang akrab dengan diskusi tersebut, The New York Times juga melaporkan bahwa tim staf kepresidenan telah memberi tahu Zinke bahwa ia mungkin mengambil risiko pemecatan yang berpotensi memalukan jika ia tidak meninggalkan jabatannya pada akhir tahun.

Beberapa calon pesaing untuk posisi yang ditinggalkan Zinke antara lain: Wakil Menteri Dalam Negeri AS David Bernhardt dan mantan Senator Nevada dari Partai Republik, Dean Heller, yang kalah dalam pemilu paruh waktu November 2018 lalu, kata sumber-sumber dengan pengetahuan tentang situasi tersebut.

Zinke mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Sabtu bahwa dia bangga dengan pekerjaannya sebagai Mendagri dan menyebut tuduhan terhadapnya "salah."

"Saya suka bekerja untuk Presiden dan saya sangat bangga dengan semua kerja bagus yang kami capai bersama," tulis mantan menteri dalam negeri AS itu di Twitter.

"Namun, setelah 30 tahun pelayanan publik, saya tidak bisa membenarkan menghabiskan ribuan dolar membela diri dan keluarga saya terhadap tuduhan palsu."

 

Simak video pilihan berikut:

Terseret dalam 17 Penyelidikan Federal AS

Bendera Amerika Serikat (AP PHOTO)

Kementerian Kehakiman AS (DoJ) sedang menyelidiki Zinke karena mungkin menggunakan kantornya untuk kepentingan pribadi, menyusul laporan dari seorang inspektur jenderal Kemendagri AS.

Tuduhan itu termasuk penanganan kementerian atas proyek kasino di negara bagian Connecticut, dugaan persekongkolan dengan legislator negara bagian atas anggaran proyek Grand Staircase-Escalante National Monument, dan 'permainan' soal pengembangan lahan di negara bagian Montana.

Ia juga dituduh melakukan penyensoran atas laporan perubahan iklim nasional di AS, serta dugaan penyalahgunaan pajak senilai ratusan ribu dolar AS untuk kepentingan pribadi.

Termasuk beberapa tuduhan di atas, nama Zinke terseret dalam total 17 penyelidikan federal, menurut lembaga swadaya Citizens for Responsibility and Ethics in Washington (CREW).

Mengomentari berbagai tuduhan terhadapnya, Zinke mengatakan, "Saya mengikuti semua aturan, prosedur, peraturan dan yang paling penting hukum," ujarnya kepada CNN. "Ini adalah investigasi yang didorong secara politik yang tidak memiliki tujuan mulia."

Sejak mengambil alih kantor pada Maret 2017, Zinke telah bekerja sama dengan Trump di sejumlah bidang kebijakan. Ia meluncurkan agenda pengembangan energi ambisius, termasuk penilaian ulang potensi energi lepas pantai seluruh negeri.

Dia juga mengerahkan sumber daya Kementerian Dalam Negeri ke wilayah federal di sepanjang perbatasan AS-Meksiko, yang katanya dalam sebuah pernyataan November telah menghasilkan "peningkatan 4.000 persen dalam penangkapan alien (imigran) ilegal" oleh penegak hukum di bawah naungan kementeriannya.

Zinke sering menyebut Presiden Trump sebagai figur pembangun ketika memperjuangkan upaya untuk mendapatkan pendanaan untuk membangun kembali infrastruktur yang menua di taman nasional dan situs nasional lainnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Daftar Password Terburuk Sepanjang 2018 Curi Perhatian

Posted: 15 Dec 2018 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Artikel terpopuler kanal Tekno Liputan6.com edisi Sabtu (16/12/2018) adalah daftar password terburuk sepanjang 2018 yang digunakan oleh warganet.

Selain itu, momen paling populer di Instagram sepanjang 2018 dan kabar Samsung Galaxy M20 bakal menggunakan bodi metal juga menarik perhatian pembaca.

Langsung saja simak ketiga berita tersebut berikut ini.

1. Ini 25 Password Terburuk 2018

Ilustrasi password.

Perusahaan manajemen password SplashData, baru saja merilis daftar password terburuk pada 2018. Ada 25 password paling buruk yang dirilis.

Dilansir Business Insider pada Sabtu (15/12/2018), daftar password terburuk tersebut, dikumpulkan dari 5 juta password yang bocor di ranah maya.

Password yang bocor ini ditengarai mudah dibobol karena mengusung kombinasi alfabetis dan angka yang terlalu mudah (seperti kombinasi "123456" dan "password"), sehingga bisa diretas oleh pihak tak bertanggung jawab.

Selengkapnya baca di sini

 

2. Ini Dia Momen Paling Populer di Instagram Sepanjang 2018

Ilustrasi  Instagram (iStockPhoto)

Menjelang akhir 2018, Instagram kembali mengungkap sejumlah momen istimewa dan tren di platform tersebut selama satu tahun.

Tak hanya tren global, momen-momen penting untuk pengguna di Indonesia juga tidak luput dari perhatian.

Dalam keterangan resmi yang diterima Tekno Liputan6.com, Sabtu (15/12/2018), simbol hati mendominasi konten Instagram sepanjang tahun ini. Simbol hati itu dimunculkan baik dalam bentuk emoji, GIF, dan stiker.

Selengkapnya baca di sini

3. Samsung Galaxy M20 Bakal Usung Bodi Metal?

Booth Samsung di gelaran Mobile World Congress 2018. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Teka-teki seputarl lini smartphone baru Samsung yang akan diberi nama Galaxy M, lambat laun mulai terkuak.

Kabarnya, perangkat ini akan diberi nama Galaxy M20--berbeda dari kabar sebelumnya yang menyebut sebagai M2.

Kali ini, informasi terbaru mengungkap desain dari smartphone tersebut. Dikutip dari GSM Arena, Sabtu (15/12/2018), bocoran ini diketahui dari bodi bagian belakang Galaxy M20.

Selengkapnya baca di sini

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Acara Indonesia Update Beijing Promosikan Investasi Wisata di 10 Bali Baru

Posted: 15 Dec 2018 08:00 PM PST

Liputan6.com, Beijing Kemasan "Indonesia Update: Tourism Trade Investment" di Four Seasons Hotel, Beijing, Tiongkok, Jumat 14 Desember 2018 agak beda. Kali ini Dubes RI untuk Republik Rakyat Tiongkok Djauhari Otarmangun memberi tensi lebih pada tourism. Sebelum acara inti, dengan peserta 100 industriawan dan investor itu, diputar video Wonderful Indonesia juara UNWTO 2017 yang berdurasi 3 menit itu.  

Audience pun terpukau menyaksikan video keindahan alam dan budaya Indonesia yang ngetop bersama suara emas Louis Armstrong itu. Di ujung video, saat logo Wonderful Indonesia menutup tayangan giant LED itu, tepuk tangan riuh terasa di ballroom hotel di distrik Chaoyang, Beijing itu.   

"Pertama, kami meyakini, Indonesia adalah destinasi yang dicari dan diimpikan oleh travelers Tiongkok. Kedua, dalam diplomasi, diperlukan hubungan yang baik, people to people contact, dilanjutkan dengan berkunjung dan berdatangan. Ketiga, setelah itu melihat langsung alam dan budaya Indonesia, bisa dibangun kerjasama perdagangan dan investasi," kata Dubes Djauhari Oratmangun.  

Karena itu, tourism atau pariwisata menjadi pengetuk pintu paling efektif agar terjalin interaksi positif diantara kedua bangsa.

"Apalagi Pak Menpar Arief Yahya ini orang yang mau turba (turun ke bawah, red). Langsung berkomunikasi dan berinteraksi dengan pelaku industri, paham tentang apa yang dibutuhkan oleh pebisnis, karena background-nya memang pebisnis," lanjut Djauhari.  

Menpar Arief Yahya pun menyampaikan bahwa serangkaian aktivitas selama dua hari di Beijing ini adalah bagian dari tindak lanjut dari pertemuan antara Presiden Jokowi dan Presiden Xi Jinping di Port Morresby, PNG bulan lalu. Presiden Jokowi meminta agar turis dari Tiongkok tetap menjadikan Indonesia sebagai destinasinya di tahun 2019.  

Permintaan Presiden Jokowi itu langsung dijawab oleh Presiden Xi. Bahkan ada 3 point penting yang disampaikan Presiden Xi, kala itu. Pertama, akan mengirim wisatawan ke Indonesia, baik di Bali maupun di banyak destinasi lain di luar Bali dengan target minimal 3 juta orang. Kedua, akan memperbanyak direct flight menuju ke Indonesia dari China.  

Ketiga, akan mengajak para investor Tiongkok menanamkan modal di sector Pariwisata di 10 Bali Baru, atau 10 Destinasi Prioritas. Mengapa? Ini saat yang tepat untuk berinvestasi di Indonesia.

"Pariwisata Indonesia bertumbuh sangat cepat, 22%, atau 3 kali lebih lebih cepat dibandingkan turism dunia. Di regional ASEAN tumbuh 7% dan dunia naik 6,4%," jelas Arief Yahya.  

Banyak media, termasuk The Telegraph UK membuat sebuah laporan, bahwa Indonesia masuk 20 besar pertumbuhan tercepat untuk industri Pariwisata di dunia. WTTC – World Travel and Tourism Council, menyebutkan bahwa Indonesia nomor 9 dunia, nomor 3 di Asia, dan nomor 1 di ASEAN.  

Ini merupakan pertumbuhan yang sangat impresif. Bagi pelaku industri yang bergerak di TTI – Tourism, Trade, Investment, posisi Indonesia di sektor Pariwisata saat ini sangat menarik.

"Tahun 2017, ada sekitar 2 juta wisatawan Tiongkok terbang ke Indonesia. Itu wisman terbanyak dan bertumbuh paling besar di Indonesia, sekitar 42%. Baru disusul India sekitar 30%. Tahun 2018 diperkirakan sekitar 2,6 juta wisman Tiongkok, dan proyeksi 2019 adalah 3,5 juta wisman Tiongkok," kata Arief Yahya dalam forum itu.  

Soal investasi di 10 Bali Baru, Menpar Arief Yahya meminta Hiramsyah S Thaib, Ketua Tim Percepatan 10 Destinasi Prioritas untuk tampil di atas mimbar. Dalam presentasinya, Hiramsyah menampilkan 10 Bali Baru itu dengan menarik.

Dari Danau Toba Sumatera Utara, Tanjung Kelayang Belitung, Tanjung Lesung Banten, Kepulauan Seribu Jakarta, Borobudur Joglosemar, Bromo Tengger Semeru Jatim, Mandalika Lombok NTB, Labuan Bajo NTT, Wakatobi Sultra dan Morotai Maluku Utara.  

Menurut Hiramsyah, saat ini adalah timing yang tepat untuk berinvestasi di sektor Pariwisata Indonesia. Pertama, Presiden Jokowi sedang serius dan menjadi pariwisata sebagai sektor prioritas.

"Apa artinya? Kementerian dan Lembaga lain harus men-support pariwisata. Infrastruktur, teknologi, dan regulasi pemerintah akan didorong untuk memperkuat sektor Pariwisata," kata Hiramsyah.  

Kedua, baik natural resources maupun cultural resources Pariwisata Indonesia selalu top-20 besar dunia.

"Jadi, alam maupun budayanya sangat pas dan bagus untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata kelas dunia. 'Ketiga, kami juga melakukan banyak deregulasi, pembaharuan peraturan yang tujuannya untuk memberikan kemudahan maduk dan berinvestasi ke Indonesia," ungkap Hiramsyah.  

Sebelum acara Indonesia Update itu, sempat bertemu dengan beberapa investor yang sudah berkomitmen untuk menanamkan modal ke Indonesia dan di sektor Pariwisata. Salah satunya adalah Yunan Ice Sea Investment Co., Ltd dan mitranya Jababeka, yang akan mengembangkan Theme Park di Tanjung Lesung Banten dan Cikarang, Jawa Barat.  

Menpar Arief Yahya, didampingi Ketua Tim 10 Bali Baru Hiramsyah S Thaib, Stafsus Bidang Media, Komunikasi Don Kardono serta Asdep Pasar China Vinsensius Jemadu. Sedangkan Dubes Djauhari Oratmangun bersama Konjen RI di Shanghai Siti Mauludiyah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Raffi Ahmad Atur Waktu dengan Keluarga di Tengah Kesibukan

Posted: 15 Dec 2018 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Banyaknya talenta yang dimiliki Raffi Ahmad, tentunya diiringi oleh kesibukannya di dunia hiburan tanah air yang sangat luar biasa. Tak heran bila Raffi sukar menemukan waktu untuk bisa berkumpul dengan keluarga kecilnya.

Rupanya, kesibukan Raffi Ahmad itu masih disertai dengan perannya sebagai seorang ayah. Ia tetap bisa membagi waktu agar bisa tetap bersama dengan Rafathar.

"Ya paling Sabtu-Minggu hanya sekadar jalan-jalan di minimarket depan, jalan kaki sama dia. Nganter dia ke taman, nganter dia sekolah pagi-pagi. Quality time-nya gitu," jawab Raffi Ahmad saat dijumpai di acara jumpa pers film After Meet You di kawasan Kebayoran, Jakarta Selatan, Jumat (14/12/2018).

Tak sampai di situ saja, Raffi masih punya cara lain untuk menebus jam-jam sibuknya agar bisa menemani Rafatar, putra semata wayangnya. Misalnya saja saat ia berada di lokasi syuting di malam hari. Raffi Ahmad menyempatkan diri untuk menyapa Rafatar lewat layanan video.

"Aku kan live di acara malam. Pasti setiap tidur Rafathar video call aku," sambung Raffi Ahmad.

Liburan Bersama

Meski gossip terus datang ke dalam rumah tangganya, namun Raffi tampak selalu menyayangi keluarganya. Seperti yang satu ini Raffi terlihat sedang menghabiskan waktu senggangnya bersama Gigi dan Rafathar. (Instagram/raffinagita1717)

Lain di lokasi syuting, lain juga dengan momen liburan. Melepas penat dari rutinitas pekerjaan yang mengikat, Raffi Ahmad sempat mengajak Rafathar dan juga Nagita Slavina untuk liburan bersama. Sebut saja seperti yang terjadi belum lama ini ketika ketiganya memutuskan untuk refreshing ke Pulau Dewata, Bali.

"Kemarin sempat ke Bali, jalan-jalan, ya senanglah. Rafatar emang senang ke pantai," lanjut Raffi lagi soal quality time-nya bersama anaknya yang sedang lucu-lucunya itu.

Gambaran Aktivitas

Raffi Ahmad, Nagita Slavina, dan Rafathar bergembira jelang pernikahan Syahnaz Sadiqah dan Jeje Govinda (Instagram/@raffinagita1717)

Lanjut, jelang liburan akhir tahun Raffi Ahmad rupanya sudah memiliki gambaran soal aktivitasnya bersama Rafatar dan juga Nagita Slavina.

Tak seperti teman-teman artis lainnya, untuk mengakhiri tahun ini Raffi tidak akan plesiran ke luar kota atau bahkan luar negeri. Ibu kota, Jakarta, jadi tempat pilihan Raffi untuk berkumpul bersama keluarga kecilnya.

"Enggak ada (rencana pergi kemana-mana). Kayaknya enggak ke mana-mana, ke Jakarta saja. Ini kan mau premier, film ini kan tayang tanggal 10, premier tanggal 5 mungkin jadi enggak kemana-mana. Jakarta sajalah. Liburan kan enggak harus tahun baru, kalau ada waktunya saja dan rezeki. Enggak pernah (ambil job untuk mengisi acara akhir tahun juga) semenjak aku punya Rafatar. Tahun baru enggak pernah ngambil kerjaan, sudah cukup. Ya paling di rumah saja, BBQ-an saja di rumah. Karena memang setiap harinya sudah sibuk banget, kalau ketemu keluarga Sabtu-Minggu, Senin sampai Jumat kan syuting sampai pagi, jadi tahun baru sama keluarga," jelas Raffi Ahmad mengakhiri obrolannya soal quality time bersama Rafathar dan Gigi.

Penulis: Dhefa Mauren Roos Mary

Sumber: Kapanlagi.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Tuntut Dana Pendidikan, Demo Mahasiswa Kolombia Ricuh

Posted: 15 Dec 2018 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Aksi unjuk rasa menuntut kenaikan dana pendidikan oleh mahasiswa di Bogota, Kolombia, berujung ricuh.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Levante vs Barcelona: Waspada Kejutan Tuan Rumah

Posted: 15 Dec 2018 07:55 PM PST

Jakarta Barcelona bakal tandang ke markas Levante pada lanjutan pertandingan La Liga Spanyol di Stadion Ciutat de Valencia, Senin (17/12/2018) dini hari WIB.

Barcelona wajib waspada saat bersua klub berjuluk Los Granotes itu di hadapan para pendukungnya. Tim Catalan memiliki kenangan buruk karena takluk 4-5 dari sang lawan musim lalu.

Selain itu, Levante juga tampil apik di Ciutat de Valencia sepanjang musim ini. Dari sembilan laga kandang terakhir, Jose Luis Morales dan kawan-kawan hanya sekali menelan kekalahan.

Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, mengimbau kepada anak-anak asuhnya untuk menjaga fokus dalam laga nanti. Valverde menginginkan kemenangan karena Blaugrana hanya unggul tiga poin atas Sevilla dan Atletico Madrid.

"Levante adalah tim dengan identitas yang jelas. Mereka dalam kondisi baik dan meraih berbagai hasil bagus. Mereka dalam tren positif setelah apa yang dilakukan musim lalu, ketika kami banyak menderita di sana," kata Valverde.

"Mereka adalah satu-satunya lawan yang bisa mengalahkan kami musim lalu di La Liga. Bakal sulit memotivasi tim karena kami bermain untuk posisi papan atas. Mungkin pertandingan nanti akan berjalan tidak mudah bagi kami. Namun, kami akan berjuang maksimal," ujar Valverde.

Valverde diprediksi akan memainkan para pemain andalannya saat melawan Levante. Namun, Barcelona belum bisa diperkuat Samuel Umtiti, Sergi Roberto, Sergi Samper, Rafinha, dan Malcom karena masih berkutat dengan cedera.

Perkiraan Susunan Pemain

Levante (3-5-2): Oeir Olazabal; Rober Pier, Joel Rodriguez, Erick Cabaco; Tono, Enis Bardhi, Jose Campana, Ruben Rochina, Jason; Jose Morales, Roger Marti

Barcelona (4-3-3): Ter Stegen; Jordi Alba, Clement Lenglet, Gerard Pique, Nelson Semedo; Arturo Vidal, Sergio Busquets, Ivan Rakitic; Ousmane Dembele, Luis Suarez, Lionel Messi

 

Statistik Kedua Tim

Head to Head

  • (14/05/2018) Levante 5-4 Barcelona (La Liga)
  • (07/01/2018) Barcelona 3-0 Levante (La Liga)
  • (07/02/2016) Levante 0-2 Barcelona (La Liga)
  • (21/09/2015) Barcelona 4-1 Levante (La Liga)
  • (15/02/2015) Barcelona 5-0 Levante (La Liga)

Lima Pertandingan Terakhir Levante

  • (10/11/2018) Levante 1-3 Sociedad (La Liga)
  • (25/11/2018) Huesca 2-2 Levante (La Liga)
  • (04/12/2018) Levante 3-0 Bilbao (La Liga)
  • (06/12/2018) Levante 2-0 Lugo (Copa del Rey)
  • (09/12/2018) Eibar 4-4 Levante (La Liga)

Lima Pertandingan Terakhir Barcelona

  • (29/11/2018) PSV 1-2 Barcelona (Liga Champions)
  • (03/12/2018) Barcelona 2-0 Villarreal (La Liga)
  • (06/12/2018) Barcelona 4-1 Leonesa (Copa del Rey)
  • (09/12/2018) Espanyol 0-4 Barcelona (La Liga)
  • (12/12/2018) Barcelona 1-1 Tottenham Hotspur (Liga Champions)

Prediksi Bola.com

Levante 45-55 Barcelona

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jalan Sehat di CFD, KPI Ajak Masyarakat Peduli Tayang Berkualitas Jelang Pilpres 2019

Posted: 15 Dec 2018 07:47 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) DKI Jakarta mengadakan kegiatan Jalan Sehat dan Deklarasi Penonton Cerdas. Hal ini guna mengajak masyarakat peduli tayangan dan siaran televisi yang berkualitas.

Acara ini diawali dengan senam pagi bersama. Wakil Ketua KPID DKI Jakarta, Rizky Wahyuni berharap, deklarasi ini dapat membuat masyarakat kembali percaya pada media mainstream. Menurutnya, tayangan tak berkualitas dan hadirnya media baru membuat banyak informasi sulit terverifikasi kebenarannya.

"Nah lembaga-lembaga penyiaran mainstream hari ini kita mengharapkan untuk dapat memproduksi tayangan informasi yang berkualitas sehingga masyarakat juga akan kembali mempercayai media-media mainstream," tukas Rizky di Bundaran HI, Thamrin, Jakarta, Minggu (16/12/2018).

Rizky menyatakan, tayangan berkualitas adalah yang dapat diverifikasi kebenarannya. Tayangan tersebut juga tidak membuat masyarakat Indonesia menjadi terpecah-belah.

Ketua KPI Pusat, Yuliandre Darwis meminta masyarakat menjaga suasana demokrasi, terutama jelang Pemilu 2019.

"Tentu ini adalah sebuah spirit bersama bagaimana kita menjaga kesejukan menjaga keteduhan bahwa media penyiaran juga cukup andil membuat demokrasi ini menjadi sejuk dan damai," ujar Yuliandre.

Acara ini menghadirkan berbagai kalangan masyarakat peduli tayangan berkualitas yang jumlahnya mencapai sekitar 1.000 orang.

Berbagai media televisi dan radio pun diundang untuk membuka booth serta meliput selama acara berlangsung.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Seutui Jadi Contoh Kolaborasi Penataan Kawasan

Posted: 15 Dec 2018 07:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) Basuki Hadimuljono memaparkan, keberhasilan penataan kawasan yang dilaksanakan secara paralel dengan Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) bertujuan meningkatkan kualitas pemukiman yang semula kumuh, sangat ditentukan oleh peran aktif masyarakat, tokoh masyarakat dan juga pemerintah daerah. 

Dia menekankan, peran pemerintah pusat dalam program kotaku ini bersifat mendorong dan memberdayakan pemerintah daerah dan warga, mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pengawasannya. 

"Kalau pemerintah daerah tidak bergerak dan masyarakat tidak terlibat aktif, maka program tidak akan berjalan. Bahkan kawasan yang sudah ditata akan kembali kumuh," tegas dia lewat keterangan tertulis, Minggu (16/12/2018).

Salah satu contoh penataan kawasan kumuh yang menurut dia patut ditiru ialah Kawasan Seutui di Banda Aceh yang diprioritaskan penanganannya pada 2018.

Kawasan yang berada di tepi Sungai Kreung Daroy memiliki luas 38,26 hektar, meliputi lima gampong/kelurahan yakni Gampong Neusu Jaya, Neusu Aceh, Sukaramai, Kelurahan Seutui, dan Gampong Lamlagang. 

Dalam pelaksanaannya, mulai dari tahap perencanaan dilakukan musyawarah yang melibatkan Satuan Kerja Cipta Karya Kementerian PUPR, Kepala Dinas PUPR, Kepala Camat dan warga, untuk mengidentifikasi masalah dan kondisi awal serta perencanaan infrastruktur yang akan dibangun, termasuk pengadaan lahan.

Selanjutnya

Kawasan Seutui di Banda Aceh (Foto: Dok Kementerian PUPR)

Implementasi program ini juga melibatkan masyarakat yang dimulai pada Februari 2018 lalu dan telah selesai November 2018, dengan kontrak sebesar Rp 14,11 miliar. 

"Setelah dilakukan penataan, disamping lebih rapi, masyarakat memiliki ruang terbuka hijau baru sebagai tempat berinteraksi warga. Jadi dengan program ini selain mengurangi kumuh juga menambah ruang terbuka hijau," ungkap Direktur Jenderal Cipta Karya Danis Sumadilaga.

Danis menuturkan, program Kotaku tidak hanya bertujuan membangun infrastruktur lingkungan, tapi juga meningkatkan ekonomi warga dan prilaku hidup sehat masyarakat. Di ujung jalur pedestrian, sebuah warung kopi khas Aceh tampak selalu ramai dikunjungi warga kota, terutama di sore hari.

Danis mengatakan, program Kotaku di Seutui ini bukan hanya berfokus pada penataan kawasan kumuh saja, tetapi juga melakukan pembangunan sanitasi dan juga pemenuhan kebutuhan air bersih.

"Kita juga ingin agar sistem sanitasi diperbaiki dan pusat jajanan ditambah bagi para pengunjung, sehingga kegiatan ekonomi lokal bisa tumbuh," jelasnya. Untuk menambah kenyamanan ruang publik di kawasan tersebut, Danis menyatakan perlu segera ditambah pepohonan di sepanjang jalur pedestrian.

Penataan kawasan Seutui terdiri atas pembangunan pedestrian sepanjang 1,7 km, pembangunan 3 unit jembatan, pemasangan Penerangan Jalan Umum sebanyak 132 titik dan pembuatan Taman Kreung Daroy. 

Diharapkan dengan contoh penataan kawasan yang baik yang  menguntungkan warga setempat, pemerintah daerah semakin termotivasi untuk mengurangi luasan kawasan kumuh dalam rangka program 100:0:100.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Duel Panas Liverpool Vs MU, Klopp Tanggapi Sindiran Mourinho

Posted: 15 Dec 2018 07:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Liverpool akan menjamu Manchester United (MU) di Anfield dalam lanjutan Liga Inggris, Minggu malam WIB (16/12/2018). Tim asuhan Jose Mourinho ingin meraih kemenangan untuk menutup kesenjangan 16 poin saat ini.

Duel Liverpool kontra MU ini dianggap sebagai persaingan terbesar dalam sejarah Liga Inggris. Kedua tim kerap terlibat rivalitas baik di dalam maupun di luar lapangan.

Dan, jelang pertandingan Mourinho mencoba memanaskan suasana dengan komentarnya Jumat lalu. Itu saat Mourinho ditanya tentang Liverpool yang sudah enam tahun tanpa trofi.

"Saya pikir piala penting, itu penting, terutama ketika Anda memiliki potensi untuk memperebutkan piala dan terutama ketika Anda dengan jelas mengatakan tujuannya adalah untuk memenangkan trofi," kata Mourinho kepada wartawan.

"Tapi ketika Anda memiliki potensi, Anda tidak perlu menyembunyikan, Anda tahu dari hari pertama bahwa ada potensi dan keinginan Anda," kata manajer MU ini.

Tim Istimewa

Pemain Liverpool merayakannya kemenangan tim mereka setelah mengalahkan Napoli pada matchday keenam Grup C Liga Champions di Stadion Anfield, Selasa (11/12). Gol Mohamed Salah mengantarkan Liverpool unggul atas Napoli 1-0. (Peter Byrne/PA via AP)

Beberapa jam kemudian, manajer Liverpool Jurgen Klopp langsung membalas komentar tajam Mourinho. Pelatih asal Jerman itu, mengakui pentingnya piala. Namun, dia juga menyoroti betapa istimewanya timnya saat lolos ke final Liga Champions musim lalu.

"Apakah saya harus? Apakah saya harus memenangkannya? "Kata Klopp.

"Orang-orang mungkin ingat itu, tetapi yang harus saya lakukan adalah membuat yang terbaik dari hal-hal yang ditawarkan klub saya - itulah yang saya yakini," kata Klopp.

Suka Tantangan

"Anda dapat melakukan apa pun yang Anda inginkan, tetapi jika saya tidak secerdas Einstein atau apa pun, saya tidak dapat mencoba sedikit? Aku tidak akan pernah menjadi dirinya.

"Saya suka tantangannya. Buatlah yang terbaik. Begitulah cara saya memahami kehidupan, saya mempelajarinya sedikit di sepakbola. Pada akhirnya orang lain harus menilai itu. "

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: