Senin, 24 Desember 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Gunung Etna di Sisilia Erupsi, Memicu 130 Gempa Vulkanik

Posted: 24 Dec 2018 09:22 PM PST

Liputan6.com, Sisilia - Gunung berapi paling aktif di Eropa, Gunung Etna di Sisilia, mengalami erupsi pada Senin 24 Desember 2018 waktu setempat. Para pejabat melaporkan, erupsi gunung itu juga menyebabkan lebih dari 130 gempa vulkanik dengan magnitudo terbesar mencapai 4,3.

Observatorium Gunung Etna mengatakan lava telah keluar dari retakan baru di dekat kawah tenggara.

Seorang ahli vulkanologi setempat mengatakan itu adalah "letusan pertama dari fraktur lereng" Etna dalam lebih dari satu dekade, demikian seperti dikutip dari BBC, Selasa (25/12/2018).

Abu vulkanik menutupi desa-desa terdekat, sementara pesawat ke bandara Catania harus dihentikan sementara.

Sebuah ledakan besar terasa dekat dengan Etna di pagi hari 24 Desember.

Sebuah video yang direkam dengan ketinggian 2.500 m (8.200 kaki) di atas gunung berapi setinggi 3.350 m menunjukkan penyebaran abu yang cepat. Orang-orang di lereng gunung diminta melarikan diri dengan cepat.

Bandara Catania mengatakan kemudian bahwa wilayah udara telah dibuka kembali untuk memungkinkan empat pesawat mendarat setiap jamnya, sebelum kemudian mengonfirmasi bahwa mereka akan kembali ke operasi normal pada pukul 20:00 waktu setempat (19:00 GMT).

Lembaga vulkanologi INGV Italia mengatakan bahwa selama periode tiga jam dari 08:50 (07:50 GMT) pada hari Senin, lebih dari 130 gempa bumi terjadi.

Getaran terbesar bermagnitudo 4 terjadi di sisi timur laut Gunung Etna dekat Piano Pernicana, sementara yang lain dengan kekuatan serupa terasa di sayap utara.

Gempa kemudian diikuti oleh letusan hebat dari kawah baru di tenggara gunung berapi.

Kemudian pada hari Senin, gempa berkekuatan 4,3 juga dicatat oleh para pejabat - yang paling kuat dirasakan sepanjang hari.

Meskipun Gunung Etna telah sering mengalami letusan, INGV mengatakan pada bulan Agustus bahwa gunung berapi telah tumbuh lebih cepat daripada sebelumnya dalam beberapa tahun terakhir.

Pada bulan Maret, sebuah tim yang dipimpin Inggris mengatakan bahwa seluruh struktur gunung berapi utama Eropa bergerak ke arah laut dengan kecepatan 14mm per tahun.

 

Simak video pilihan berikut:

Longsoran Gunung Etna ke Laut Bisa Sebabkan Tsunami? Ini Kata Ahli

Tampilan 3D dari sisi timur Gunung Etna. (Morelia Urlaub/Science Advances)

Para ahli vulkanologi terus mengamati perkembangan Gunung Etna, gunung berapi aktif di pesisir timur Pulau Sisilia, Italia. Selama ribuan tahun, bahaya dari gunung ini terus mengintai daratan Eropa. Orang-orang pun kerap menjulukinya sebagai 'gerbang neraka'.

Akan tetapi, ilmuwan memperingatkan bahwa di masa mendatang, ancaman tersebut bisa berubah dan bukan disebabkan oleh lava, melainkan Laut Tengah yang mengelilingi Pulau Sisilia.

Ketika erupsi atau meletus, material vulkanik Gunung Etna terus mengarah ke Laut Mediterania. Kejadian ini telah diamati oleh para peneliti selama beberapa dekade. Tetapi riset baru menunjukkan, fenomena kolosal tersebut bisa menjadi bahaya yang lebih besar dari yang pernah disadari oleh siapa pun.

"Seluruh lereng bergerak karena gravitasi," jelas ahli geofisika Heidrun Kopp dari Geomar Helmholtz Centre for Ocean Research di Jerman.

"Oleh karena itu, sangat mungkin bahwa longsoran lava atau material vulkanik Gunung Etna yang menuju ke laut bisa menimbulkan malapetaka, yang dapat memicu tsunami di seluruh wilayah Mediterania," lanjutnya lagi, seperti dikutip dari Science Alert, Jumat (12/10/2018). Baca selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bukan yang Sempurna, Ifan Seventeen Sebut Dylan Sahara Istri Terbaik

Posted: 24 Dec 2018 09:22 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Jasad istri Ifan Seventeen, Dylan Sahara, akhirnya ditemukan pada Senin (24/12/2018) setelah hilang selama dua hari. Istri Ifan Seventeen ditemukan dalam keadaan meninggal dunia di RSUD Pandeglang, Banten.

Kenyataan ini tentu menorehkan luka yang mendalam di hati Ifan Seventeen. Sebab baginya, Dylan Sahara adalah sosok istri terbaik yang diberikan Tuhan.

"Istriku memang bukan manusia yang sempurna, begitupun aku. Tapi dia ga pernah berhenti buat terus terus menjadi istri yang baik, i know you have tried your best and it's not easy for you, but you did it baby. Dan buatku memang dia adalah istri terbaik yang mungkin diberikan Allah buatku, I couldn't ask for more ya Allah, " tulisnya, Selasa (25/12/2018.

Mewakili sang istri, Ifan Seventeen pun meminta agar kesalahan Dylan Sahara semasa hidup dapat dimaafkan, dan segala amal baiknya dapat diterima oleh Sang Pencipta.

"Memohon maaf sebesar2nya kepada teman, sahabat, keluarga, saudara atau siapapun yang pernah mengenal Dylan.Mohon diikhlaskan jikalau ada kata atau perbuatan yang kurang berkenan," lanjutnya dalam unggahan yang sama.

 

Berpasangan di Akhirat

(Instagram/ifanseventeen)

Meski sang istri telah lebih dulu berpulang, Ifan Seventeen percaya bahwa kisah cintanya belum berakhir. Ia harap bisa kembali dipersatukan dengan Dylan Sahara di akhirat nanti.

"Sayang, Allah mempertemukan kita, Allah pula yang memisahkan kita. Doain suamimu agar menjadi suami yang sholeh, biar aku bisa menuntut hak ku buat berpasangan denganmu di akhirat nanti untuk selamanya. Cuma Allah yang tau seberapa besar apa yang aku rasain ke kamu sayang. I love you @dylan_sahara, " tandasnya.

Sementara itu, jenazah Dylan Sahara akan dikebumikan pada Selasa (25/11/2018) hari ini, di Ponorogo, Jawa Timur. Jasad istri Ifan Seventeen telah diterbangkan dini hari tadi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sosok Dylan Sahara, Istri Ifan Seventeen di Mata Teman Masa Remajanya

Posted: 24 Dec 2018 09:18 PM PST

Liputan6.com, Ponorogo - Isak tangis keluarga dan kolega warnai kedatangan jenazah Dylan Sahara istri dari Riefian Fajarsyah alias Ifan Seventeen yang tiba di rumah duka Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Kepatihan, Ponorogo Jawa Timur, pukul 09.50 WIB, Selasa (25/12/2018).

Diiringi lantunan ayat suci Alquran, serta didampingi sang suami Ifan, jenazah langsung dimasukkan ke ruang tengah rumah duka keluarga.

Tampak beberapa pejabat hadir dan mengucapkan belasungkawa, mulai dari Bupati Ponorogo, elite politik serta Kapolres Ponorogo. Tampak pula rekan-rekan SMPN 1 Ponorogo tempat sekolah Dylan Sahara saat berada di bumi reog.

Beberapa pelayat tampak menyalatkan jenazah di kediamannya. Beberapa peziarah pun melantunkan doa bagi almarhumah.

Salah satu teman sekolahnya semasa SMP Riska Prasetya (26) mengisahkan sosok Dylan merupakan orang yang ramah dan baik hati.

"Dia cerdas dan pintar, apalagi cantik juga dulu menjabat sebagai ketua osis juga," tuturnya.

Dylan Sahara diketahui tercatat sebagai pelajar di SMPN 1 Ponorogo. Namun, semasa SMA, Dylan tercatat di SMAN 4 Yogyakarta.

 

Tak Pilih Teman

Penampilan Dylan Sahara saat berhijab dan berbusana serba biru (Dok.Instagram/@ifanseventeen/@https://www.instagram.com/p/BrytCzhhcav/Komarudin)

Rekan semasa SMP lainnya, Lely Diah Rahmatika (26) warga Sumoroto bahkan mengaku senang berteman dengan Dylan. Meski Dylan sibuk luar biasa sebagai artis, dirinya masih menyempatkan diri untuk berkomunikasi dengan teman-teman di Ponorogo melalui media sosial.

"Saya sukanya itu meski dia anaknya orang berada dan sangat cantik, orangnya tidak pilih-pilih teman. Kemarin saat sampai di Ponorogo juga sempat ketemu, saya juga baru tahu dia ikut nyaleg," imbuh dia.

Leli pun berharap semoga amal ibadah almarhumah diterima di sisi Tuhan. Serta keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan kesabaran.

"Saya tahu kabar Dylan dari suaminya mas Ifan, saya stalking IG-nya terus tahu dibawa ke Ponorogo, saya langsung ke sini takziah," tandas dia.

Jenazah Dylan rencananya dimakamkan di TPU Kelurahan Tamanarum, Ponorogo. Dipilih Ponorogo karena keluarga Dylan merupakan warga asli Ponorogo.

Sebelumnya, setelah dua hari tidak jelas kabar beritanya, istri Ifan Seventeen, Dylan Sahara, akhirnya ditemukan dalam kondisi meninggal dunia. Jenazah Dylan ditemukan di RSUD Pandeglang.

Kabar meninggalnya Dylan secara tersirat diungkapkan oleh sang suami. Ifan Seventeen mengunggah sebuah keranda dengan keterangan bahwa mereka sudah bersama.

"Alhamdulillah kita udah semobil lagi yuk pulang yuk @dylan_sahara," tulis Ivan Seventeen, Senin (24/12/2018) malam.

Keberadaan istri Ifan Seventeen juga sempat menjadi simpang siur karena hingga Senin sore belum juga ditemukan. Kabar hoaks juga sempat beredar mengenai kondisi dan keberadaan Dylan Sahara.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Analisis Penyebab Tsunami Selat Sunda Versi Vulkanolog ITB

Posted: 24 Dec 2018 09:09 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Vulkanolog Institut Teknologi Bandung (ITB) Mirzam Abdurrachman memberi analisisnya mengenai tsunami Selat Sunda yang terjadi pada Sabtu 22 Desember 2018 pukul 21.27 WIB. Tsunami yang menghantam tiga kabupaten di Banten dan Lampung menewaskan 373 orang dan melukai ratusan lainnya. 

Dia menyatakan, gunung yang terletak di tengah laut seperti Anak Krakatau atau berada di pinggir pantai dapat berpotensi menghasilkan volcanogenic tsunami.

"Volcanogenic tsunami itu sebenarnya tsunami yang disebabkan oleh akibat letusan gunung berapi yang berada di atau di pinggir dari laut," kata Mirzam saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta, Senin (24/12/2018).

Mirzam menyebut terdapat empat mekanisme yang menyebabkan terjadinya volcanogenic tsunami. Pertama, akibat letusan gunung api di tengah laut.

"Kalau saya analogikan seperti pelampung yang meletus di kolam renang, percikannya dapat menyebabkan tsunami," ucap dia.

Lalu yang kedua, kata dia, adanya pembentukan kaldera yang biasanya berdekatan dengan letusan besar dan ini terjadi pada tahun 1883 ketika Gunung Krakatau. Letusan yang besar saat itu, didahului adanya surutnya permukaan air laut dan tsunami yang dihasilkan sangat tinggi.

Kemudian yang ketiga, adanya longsor. Berdasarkan rekaman foto udara dan pesawat yang melintas terlihat sisi barat, Gunung Anak Krakatau runtuh.

"Terlihat sekali sisi barat dayanya itu memang ambrol sebesar 64 kali lapangan bola. Ini bukan pertam kali sebenarnya, terjadi di Jepang juga demikan ada gunung di tepi laut kolaps kaya gitu keadaannya persis saat kejadian itu sama lagi pasang purnama angin besar sehingga dampaknya buruk sekali," papar Mirzam.

 

Jadi Pelajaran

Selanjutnya yaitu adanya aliran piroklastik atau orang terkadang menyebutnya wedus gembel yang. Akan tetapi, Mirzan menyebut saat peristiwa terjadi saat malam hari sehingga tidak terlihat.

Tak hanya itu, dia menyebut mekanisme ketiga dan keempat tidak didahului dengan surut muka air laut.

"Karena sistemnya mendorong muka air laut karena longsor sehingga yang diujung sana terjadi tsunami. Gelombangnya memang tidak tinggi cuma 0,6-1 meter karena tidak di dahului muka air laut ini yang orang kemungkinan menjadi tidak aware, meskipun rendah tetapi sangat merusak sekali dan menimbulkan korban cukup banyak," lanjut Mirzam.

Karen hal itu, Mirzam mengimbau agar peristiwa tsunami Selat Sunda dapat dijadikan pelajaran mengingat Indonesia memiliki beberapa gunung aktif di tengah laut. "

"Kita punya gunung di laut, Krakatau ada Gamalama, bisa jadi harus diperhatikan. Kejadian seperti ini bisa terjadi selama gunung apinya aktif," kata Mirzam.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Makin Mesra dengan Dunia Kustom

Posted: 24 Dec 2018 09:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Dunia kustom kian mendapat perhatian dari pemerintah. Setelah Presiden Joko Widodo dan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) kini giliran Kementerian Tenaga Kerja yang mengapresiasi Street Builder Academy (SBA).

SBA merupakan kegiatan yang dilakukan oleh bengkel custom roda dua Street Arts Custom dengan punggawa Arie Perkasa untuk mencetak calon-calon builder terampil.

Secara khusus Street Arts Custom yang dipimpin Arie Perkasa melakukan audiensi dengan Menteri tenaga Kerja Hanif Dhakiri di kantor Kementerian Tenaga Kerja, Jakarta, Kamis (20/12).

Dalam pertemuan tersebut Kemnaker berjanji akan mensupport kegiatan yang dilakukan Street Arts Custom.

Salah satunya adalah mempersilakan SBA menggunakan Balai Latihan Kerja (BLK) milik Kemnaker, sehingga para peserta (SBA) akan lebih mendalami setiap materi pelatihan yang diberikan.

"Nggak nyangka banget pihak Kemnaker, terutama pak Hanif begitu apresiatif terhadap kegiatan ini. Bahkan mereka juga memberikan support dengan mempersilakan BLK (balai latihan kerja) dipakai SBA, agar pelatihannya lebih mendalam dan lebih baik," ujar Arie kepada otosia.com.

 

Selanjutnya

Street Builder Academy ini sudah memasuki season ke-2, di mana pada season pertama sudah dilakukan pada awal tahun 2018.

Saat itu SBA menerima 5 orang untuk dilatih. Namun hanya 3 orang yang lulus 3 orang, yang saat ini sudah diterima bekerja di Street Arts Custom.

"Acara ini saya buat gratis untuk peserta terpilih, tidak dipungut biaya. Bahkan peserta terpilih kami berikan uang saku, makan, dan tempat tinggal. Jadi kegiatan benar-benar saya buat untuk memberikan kesempatan berlatih dan kesempatan bekerja," terang Arie.

Sumber: Otosia

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rumah Duka Dylan Sahara, Istri Vokalis Seventeen Dipadati Warga

Posted: 24 Dec 2018 09:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Korban tsunami di Selat Sunda, Dylan Sahara Puteri yang merupakan istri dari Riefian Fajarsyah alias Ifan vokalis Seventeen, akan dimakamkan di rumah duka di Ponorogo Jawa Timur.

Rumah duka pun mulai dipadati warga dan kerabat, mereka mengaku kaget dengan kabar meninggalnya Dylan. Pasalnya, sehari sebelumnya Dylan Sahara sempat berada di Ponorogo mendampingi Cawapres Sandiaga Uno berkampanye.

"Iya dimakamkan di Ponorogo," tutur Heru salah satu penjaga rumah, Selasa (25/12/2018).

Bahkan sehari sebelum keberangkatannya ke Banten, Dylan sempat dicegah ayahnya Supriyanto yang juga merupakan anggota DPR RI untuk tidak berangkat. Namun, Dylan yang berulang tahun pada 23 Desember kemarin ingin merayakan bersama suaminya.

Sebelum perayaan, takdir berkata lain. Nyawa Dylan Sahara tidak tertolong, usai tersapu gelombang tsunami. Jenazahnya baru ditemukan setelah hilang selama 2 hari.

Hingga saat ini rumah duka masih terlihat ramai dikunjungi, bahkan pihak Polsek Kota juga mengamankan lokasi rumah duka. 

 

Ditemukan di RSUD Pandeglang

Sebelumnya, setelah dua hari tidak jelas kabar beritanya, istri Ifan Seventeen, Dylan Sahara ditemukan dalam kondisi meninggal dunia. Jenazah Dylan ditemukan di RSUD Pandeglang.

Kabar meninggalnya Dylan diungkapkan oleh sang suami. Ifan Seventeen mengunggah sebuah keranda dengan caption bahwa mereka sudah bersama.

"Alhamdulillah kita udah semobil lagi yuk pulang yuk @dylan_sahara," tulis Ivan Seventeen, Senin (24/12/2018) malam.

Keberadaan istri Ifan Seventeen juga sempat menjadi simpang siur karena hingga Senin sore belum juga ditemukan. Kabar hoaks juga sempat beredar mengenai kondisi dan keberadaan Dylan Sahara.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Zodiak Ini Bisa Menjadi Istri Terbaik, Kamu Termasuk?

Posted: 24 Dec 2018 09:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Mencari calon istri yang baik tidaklah mudah. Tapi dalam ilmu Astrologi, terdapat beberapa zodiak yang diklaim bisa menjadi pasangan terbaik.

Dilansir dari Boldsky, ini dia.

1. Libra

Mereka memiliki karakter yang baik dan emosional. Jiwa penuh bahagia yang dimiliki oleh wanita berzodiak Libra mampu membuat orang-orang di sekitarnya merasakan hal positif.

Wanita Libra juga dapat menginspirasi pasangannya untuk melakukan hal baik dalam hidup. Mereka pecinta yang hebat dan punya kemauan membina hubungan percintaan yagn baik.

2. Taurus

Mereka menghargai pasangan atas segalanya. Wanita Taurus juga pribadi yang setia dan siap bekerja ekstra mengubah diri mereka agar seusai keinginan pasangannya. Tak hanya itu, mereka terkenal cerdas, setia, dan tangguh. Sifat protektif yang mereka miliki membuat orang-orang di sekitar merasa aman.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

3. Aquarius

Ilustrasi Zodiak (iStockPhoto)

Mereka amat benci kebosanan, tapi juga cerdas dan kreatif. Sayangnya, wanita Aquarius cenderung mencari pasangan yang bisa menantang seccara mental karena amat menghargai kecerdasan dan penampilan.

4. Cancer

Mereka merupakan wanita yang penuh dedikasi. Mereka juga tak sembarangan dalam bertindak serta mencari hubungan jangka panjang yang stabil. Bagi zodiak ini, pasangan bahagia adalah prioritas mereka.

5. Pisces

Mereka setia dan dapat dipercaya. Kerja keras mereka juga tak mengecawakan. Sayangnya, mereka amat pemaaf sehingga mudah dimanfaatkan. Mereka juga tak segan memberikan semua cinta yang dimilki agar pasngan bahagia.

Sumber: Vemale.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keluarga Miskin Tinggal di Gubuk Reyot Dekat Kuburan Kali Serayu Lubuk Linggau

Posted: 24 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Potret kemiskinan di Tanah Air kembali tersorot. Kali ini yang menyorotinya adalah seorang pengacara terkenal, Hotman Paris Hutapea. Dia menyebut ada warga dengan kondisi memprihatinkan di Lubuk Linggau.

Dalam akun Instagram milik Hotman Paris, @hotmanparisofficial, hari ini, Selasa (25/12/2018), dia mengunggah sebuah foto yang sungguh memprihatinkan. Foto itu menggambarkan seorang perempuan dengan tiga anak laki-laki dengan rumah reyot sebagai latar. Keempatnya menggunakan pakaian lusuh dan jauh dari kata layak.

Dalam keterangan foto tersebut, Hotman Paris membubuhkan kalimat sentilan kepada Pemerintah Kota Lubuk Linggau.

"Halo Pak Walikota Lubuk linggau! Ini wargamu yg amat miskin yang tinggal dekat kuburan!! Saat Indonesia sudah merdeka hampir 100 tahun! Lokasi dekat kuburan cina kel megang! Mohon info melalui siapa Hotman bisa kirim beli baju utk anak anaknya?" tulisnya dalam akun tersebut.

Unggahan ini pun menuai banyak komentar dari warganet. Dari yang menyalahkan pemerintah, tidak tersalurkannya dana desa, hingga mencoba mengklarifikasi informasi tersebut. Bahkan, sang wali kota Lubuk Linggau pun ikut berkomentar.

 

Tanggapan Sang Wali Kota

Tanggapan Wali Kota Lubuk Linggau soal Sentilan Hotman Paris. (Liputan6.com/ Instagram Prana Putra Sohe)

Dalam akun Instagram miliknya, Wali Kota Lubuk Linggau Prana Putra Sohe menyebut bahwa sebelum foto tersebut viral, pihaknya sudah melakukan upaya mengatasi kemiskinan di wilayah itu, termasuk terhadap keluarga miskin yang hidup di dekat kuburan China Kali Serayu.

"Menjawab dan Menanggapi Informasi Dari Masyarakat Yang Masuk Melalui Akun Media Sosial Kami, Bahwa Pemkot Lubuklinggau Melalui Dinas Sosial Telah Mendata dan Menindaklanjuti Salah Seorang Warga di Kali Serayu Yang Katanya Tidak Mendapatkan Program Bantuan Bedah Rumah dll. Bahwa Jauh Sebelum Berita Ini Viral, Pemkot Lubuklinggau Melalui Dinsos Telah Terjun Ke Lapangan Melalui TKSK dan Pihak Kelurahan Kali Serayu, Hanya Saja Kami Memang Tidak Memposting dan Memberitakannya Secara Berlebihan," tulis Prana dalam akun Instagramnya, lima hari lalu.

"Bagi Masyarakat Yang Peduli Silahkan Membantu dan Bagi Yang Ingin Tahu Bagaimana Perkembangan Dari Proses Program Bantuan Pemkot Tersebut Silahkan Mendatangi Dinas Sosial Kota Lubuklinggau. Demikian, Semoga Bermanfaat dan Tetaplah Bijak Dalam Bersosial Media. #lubuklinggau#linggaubisa," dia menambahkan.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MU Vs Huddersfield: Pertahankan Starting XI atau Rotasi

Posted: 24 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Manchester - Debut Ole Gunnar Solskjaer sebagai caretaker manajer Manchester United (MU) ditandai dengan kemenangan. Pengganti Jose Mourinho itu membawa Setan Merah menang 5-1 di kandang Cardiff City, Sabtu (22/12/2018) lalu.

Hasil itu memang tidak membuat MU beranjak dari peringkat enam klasemen sementara Liga Inggris. Namun, Paul Pogba dan kawan-kawan kini hanya tertinggal delapan poin dari Chelsea dan Arsenal yang berada di peringkat empat serta lima.

Usai mengalahkan Cardiff, MU akan menghadapi Huddersfield Town. Laga ini akan digelar di Old Trafford, Rabu (26/12/2018) malam WIB.

Untuk laga ini, Solskjaer harus memutuskan apakah mempertahankan starting XI MU yang mengalahkan Cardiff atau merotasinya. Ini disebabkan jadwal sibuk Liga Inggris.

Rotasi

Striker Manchester United (MU) Marcus Rashford. (AFP/Oli Scarff)

Seperti dilansir Sportsmole, Selasa (25/12/2018), Solskjaer kemungkinan masih mengandalkan Anthony Martial dan Marcus Rashford di lini serang bersama Jesse Lingard. Tapi di lini belakang, dia harus memperhitungkan kebugaran Phil Jones.

Eric Bailly dapat menggantikan peran Jones sebagai sebagai bek tengah berduet bersama Victor Lindelof. Selain itu, Solskjaer juga bisa mempertimbangkan Diogo Dalot di posisi full-back jika ingin mengistirahatkan bek senior Ashley Young.

Lini Tengah

Di lini tengah, Solskjaer akan mempertahankan trio Paul Pogba, Nemanja Matic, dan Ander Herrera. Namun, Andreas Pereira dan Fred tersedia jika Solskjaer memberikan kesempatan keduanya bermain seperti saat melawan Cardiff.

Sementara itu, Romelu Lukaku kembali tidak masuk skuat MU. Sementara Chris Smalling dan Scott McTominay sudah cukup sehat untuk kembali ke skuat MU.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kerinduan Ifan Seventeen pada Istri lewat Unggahan Foto Dylan Sahara

Posted: 24 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta – Ifan Seventeen berduka atas meninggalnya orang-orang tercinta. Tak hanya sahabat-sahabatnya, tapi juga istri tercintanya, Dylan Sahara. Dylan meninggal dunia akibat tsunami yang terjadi di Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten, 21 Desember 2018 lalu.

Melalui akun Instagram @Dylan_Sahara, Ifan mengunggah foto istrinya, Dylan Sahara, saat berbusana serba biru. Foto tersebut diambil saat Ifan dan istri sedang berada di Tanah Suci, Mekkah.

Penampilan Dylan tampak serasi dengan hijab biru. Di bahu sebelah kanan terdapat sebuah tas putih, sedangkan tangan kirinya memegang mukena putih.

Penampilan Dylan terlihat anggun berbusana islami dengan polesan makeup tipis. Sementara, lipstik merah tipis membuat penampilan istri Ifan terlihat memesona.

"Istriku memang bukan manusia yang sempurna, begitupun aku. Tapi dia ga pernah berhenti buat terus terus menjadi istri yang baik, i know you have tried your best and it's not easy for you, but you did it baby. Dan buatku memang dia adalah istri terbaik yang mungkin diberikan Allah buatku, I couldn't ask for more ya Allah," tulis Ifan, Selasa (25/12/2018).

Mewakili istri, lanjut Ifan, ia memohon maaf sebesar-besarnya kepada teman, sahabat, keluarga, saudara, atau siapapun yang pernah mengenal Dylan.

"Mohon diikhlaskan jikalau ada kata atau perbuatan yang kurang berkenan. Wassalam," sambung Ifan yang mengunggah foto istrinya itu.

Warganet ramai mendoakan agar Dylan Sahara mendapatkan tempat yang layak di sisi Allah. Mereka juga berharap Ifan diberikan kesabaran atas meninggalnya istri tercintanya itu.

Tak hanya dukanya yang mendalam, Ifan juga mengungkapkan rasa cintanya pada sang istri.

"Sayang, Allah mempertemukan kita, Allah pula yang memisahkan kita. Doain suamimu agar menjadi suami yang sholeh, biar aku bisa menuntut hak ku buat berpasangan denganmu di akhirat nanti untuk selamanya. Cuma Allah yang tau seberapa besar apa yang aku rasain ke kamu sayang. I love you @dylan_sahara," ungkap Ifan Seventeen.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Memilukan, Ifan Seventeen Kenakan Baju Berwarna Senada dengan Kafan Istri

Posted: 24 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Istri Ifan Seventeen ditemukan meninggal dunia di Rumah Sakit Pandeglang, Senin (25/12/2018) malam. Usai dimandikan dan dikafani, jenazah langsung diterbangkan ke Ponorogo, Jawa Timur pada Selasa dini hari.

Ifan Seventeen pun dengan setia mendampingi sang istri menuju tempat peristirahatannya yang terakhir. Hal itu terlihat dari unggahannya di lama Instagramnya.

Agar sama dengan kain kafan yang membungkus jasad sang istri, Ifan Seventeen pun memakai busana berwarna putih.

"Kamu paling suka kalau kita pakai baju warnanya couplean. Ini aku pakai baju putih biar seragam sama kamu. Kita pulang ya sayang ya @dylan_sahara," tulis Ifan Seventeen di Instagram Stories.

Permohonan Maaf

(Instagram/ifanseventeen)

Mewakili sang istri, Ifan Seventeen meminta agar kesalahan Dylan Sahara semasa hidup dapat dimaafkan, dan segala amal baiknya dapat diterima oleh Sang Pencipta.

"Memohon maaf sebesar2nya kepada teman, sahabat, keluarga, saudara atau siapapun yang pernah mengenal Dylan.Mohon diikhlaskan jikalau ada kata atau perbuatan yang kurang berkenan," tulisnya di Instagram.

Meski sang istri telah lebih dulu berpulang, Ifan Seventeen percaya bahwa kisah cintanya belum berakhir. Ia harap bisa kembali di persatuan dengan Dylan Sahara di akhirat nanti.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: KRI Torina 680 Kirim Bantuan ke Sumur

Posted: 24 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta KRI Torani 680 lintas laut saat ini berada di perairan Sumur untuk mengirimkan bantuan personil dan logistik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AS Siap Bantu Indonesia untuk Penanganan Pasca Tsunami Selat Sunda

Posted: 24 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Prihatin atas tsunami Selat Sunda yang terjadi pada 22 Desember 2018, pemerintah Amerika Serikat menyatakan siap membantu pemerintah Indonesia untuk penanganan pascabencana.

Dalam sebuah keterangan tertulis resmi dari Kementerian Luar Negeri AS yang dimuat Liputan6.com (25/12/2018), pemerintah Negeri Paman Sam menyatakan:

Amerika Serikat menyampaikan belasungkawa yang mendalam atas korban jiwa serta kerusakan yang ditimbulkan oleh tsunami yang melanda bagian barat Jawa dan bagian selatan Sumatra di Indonesia pada tanggal 22 Desember.

Kami terus memonitor situasi dari dekat dan berkomunikasi secara intens dengan pemerintah Indonesia.

Segenap pikiran serta doa kami bersama mereka yang tertimpa bencana alam di Indonesia.

Sekarang ini, tidak ada warga negara AS yang terkena dampak langsung, namun kami siap memberikan bantuan yang dibutuhkan.

Sementara itu, data jumlah korban tsunami Selat Sunda terus bertambah. Per pukul 17.00 WIB, Senin (24/12/2018), jumlah koran jiwa mencapai 373 orang.

"1.459 orang luka-luka, 128 orang hilang, dan 5.665 orang mengungsi," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, dalam keterangan tertulis.

Jumlah korban dan daerah yang terdampak tsunami paling parah kerusakannya adalah daerah pesisir di Kabupaten Pandenglang. Daerah ini merupakan kawasan wisata pantai dengan fasilitas hotel dan vila yang banyak berderet di sepanjang pantai.

"Apalagi saat kejadian tsunami saat libur panjang sehingga banyak wisatawan menginap di hotel dan penginapan," imbuh Sutopo.

Sementara, kerugian fisik akibat tsunami Selat Sunda meliputi 681 unit rumah rusak, 69 unit hotel dan villa rusak, 420 unit perahu dan kapal rusak, 60 unit warung dan toko rusak, dan puluhan kendaraan rusak.

 

Simak video pilihan berikut:

 

Presiden Donald Trump Berbelasungkawa

Presiden Amerika Serikat ke-45 Donald Trump (AP/Nicholas Kamm)

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump juga telah menyampaikan keprihatinannya untuk para korban tsunami Selat Sunda. Ungkapan doa dan belasungkawa itu disampaikan olehnya pada Minggu 23 Desember 2018 malam waktu New York.

"Kehancuran yang tak terbayangkan dari bencana tsunami di Indonesia. Lebih dari 200 orang meninggal dan hampir seribu orang terluka...Kami berdoa untuk kesembuhan dan pemulihan para korban. Amerika ada bersama Anda!" tulis Trump melalui akun Twitter miliknya yang dikutip dari Fox News, Senin (24/12/2018).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Upaya Cegah Penyebaran Penyakit Pasca Tsunami Selat Sunda

Posted: 24 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Agar tidak terjadi penyebaran penyakit, korban tsunami Selat Sunda harus segera diobati. Korban yang terluka, setelah dievakuasi perlu segera mendapat pertolongan.

Dampak tsunami Selat Sunda juga menyebabkan kerusakan dan pencemaran lingkungan. Lingkungan menjadi tidak sehat dan sumber penyakit. Bakteri penyakit bisa menyerang manusia.

"Karena itu, yang pertama dilakukan, segera evakuasi korban meninggal.  Jika korban meninggal lama dibiarkan bisa membawa dampak lingkungan (menyebarkan penyakit). Bagi korban terluka harus segera diobati," kata Menteri Kesehatan (Menkes) RI Nila Moeloek saat meninjau lokasi korban tsunami Selat Sunda di Pandeglang, Banten, kemarin, Senin, 24 Desember 2018.

Menkes Nila juga mengingatkan warga terdampak tsunami Selat Sunda di Banten agar memerhatikan kesehatan lingkungan. Hal tersebut menjadi penting supaya tidak memperburuk keadaan masing-masing warga.

"Kita mencegah agar tidak terjadi penyakit yang bersumber dari lingkungan," ucap Menkes Nila, dikutip dari Sehat Negeriku, Selasa (25/12/2018).

 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

Penyemprotan desinfektan

Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek mengatakan, agar tidak terjadi penyebaran penyakit, korban tsunami Selat Sunda harus segera diobati. (Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI)

Menkes Nila melanjutkan, langkah selanjutnya mencegah penyebaran penyakit pasca tsunami Selat Sunda adalah pembersihan lingkungan. Misal, penyemprotan desinfektan dan pemasangan alat penjernih air untuk digunakan warga.

Kementerian Kesehatan juga sudah mengirimkan bantuan obat-obatan. Sebanyak 36 koli obat dengan berat 315,9 kg telah diterima langsung Dinas Kesehatan Provinsi Banten. Obat tersebut akan didistribusikan ke lokasi terdampak tsunami, yakni Serang dan Pandeglang.

Tim Pusat Krisis Kesehatan sudah membawa 50 kantong jenazah. Tim Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) kelas 1 Tanjung Priok juga bergerak membawa dua ambulans, obat, alat medis, dan 19 kantong jenazah.

Untuk ketercukupan makanan, ada biskuit yang bisa diberikan kepada korban tsunami.

"Satu lagi yang penting buat pengungsi, kami punya biskuit yang tinggi protein bisa diberikan pada anak-anak balita, anak sekolah, dan ibu-ibu hamil," ujar Menkes Nila.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Menjijikan, Ada Bangkai Tikus di Makanan Ini

Posted: 24 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Betapa kagetnya pria asal Malaysia ini ketika menemukan bangkai anak tikus di menu makanannya itu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Huawei P30 Versi Reguler Bakal Punya 3 Kamera Belakang?

Posted: 24 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Huawei Mate 20 Baru melenggang di sejumlah negara, termasuk Indonesia.

Namun, informasi tentang seri flagship baru lainnya dari Huawei telah muncul. Beredar laporan tentang kamera dari seri flagship Huawei untuk awal tahun depan, P30.

Dikutip dari Phone Arena, Selasa (25/12/2018), Evan Blass yang kerap memberikan bocoran tentang gadget terbaru, mengunggah informasi tentang P30.

Jika informasi ini benar, maka versi reguler dari P30 nantinya akan memiliki tiga kamera belakang, seperti P20 Pro dan Mate 20 Pro. Sebelumnya, versi regulasi P20 hanya memiliki dua kamera belakang.

Laporan tersebut menambahkan, kamera utama Huawei P30 akan memiliki resolusi maksimal 40MP. Hal ini tentunya akan membuat hasil foto menjadi jauh lebih baik.

Menemani kamera utama, diprediksi akan ada kamera telephoto baru pada smartphone tersebut dengan 5x zoom yang mengesankan. Selain itu, juga akan ada peningkatan resolusi untuk wide-angle.

Pada bagian depan, terdapat satu kamera dengan resolusi 24MP. Sayang, sejauh ini belum ada informasi yang lebih rinci tentang kemampuan kamera depan tersebut.

Huawei Akui Telat Boyong Seri Mate ke Indonesia

Tiga lensa kamera belakang Huawei Mate 20 Pro (Andina Librianty/Liputan6.com)

Huawei akhirnya merilis seri Mate 20 di Indonesia. Ini merupakan ponsel Mate pertama yang dirilis di Indonesia, padahal seri tersebut sudah hadir sejak 2014.

Pihak Huawei pun mengakui mereka cukup terlambat menghadirkan Mate series ke Indonesia. Deputy Country Director Huawei Indonesia Consumer Business Group, Lo Khing Seng, mengatakan Huawei merasa saat ini adalah waktu terbaik menghadirkan seri Mate di Indonesia.

"Memang telat ya, tapi waktu terbaik ya sekarang. Karena kami awalnya sadar Huawei sebagai brand belum sekuat saat ini untuk jadi magnet. Jadi masa 2-3 tahun terakhir itu jadi waktu Huawei untuk membentuk brand," kata Lo Khing Seng dalam sesi wawancara usai peluncuran Huawei Mate 20 series di Jakarta, Rabu (19/12/2018).

Segmentasi Huawei P dan Mate

Huawei Mate 20 Pro (Andina Librianty/Liputan6.com)

Huawei sendiri kini memiliki dua seri smartphone premium di Indonesia yakni Huawei P20 Pro dan Mate 20. Kedua seri smartphone ini hadir dengan keunggulan berupa tiga smartphone utama dan menonjolkan desain elegan.

Lo Khing Seng menyebut, seri P hadir untuk orang-orang memperhatikan gaya hidup. "P itu untuk orang-orang yang suka dunia seni, suka warna-warna colorful. Sementara kalau Mate itu smartphone Huawei yang paling tinggi lebih untuk mereka yang profesional," ujarnya.

Mate sendiri, memang hadir untuk orang-orang yang butuh smartphone dengan performa lebih, mereka yang mengikuti teknologi, atau bagi business man yang butuh produktivitas. Sebab, Mate 20 Pro hadir dengan kapasitas daya yang besar, yakni 4.200mAh dan pengisian daya cepat.

Sementara, dengan desain yang lebih slim, seri P hadir menyasar orang-orang yang fashionable, pengguna wanita, atau anak-anak muda yang menyukai foto.

"Huawei memberikan opsi itu, namun kalau penggunanya memang mengikuti trendsetter dan senang ganti smartphone tiap tahun, juga bisa. Namun, secara general yang kami sasar memang Mate untuk profesional, dan P untuk mereka yang fashionable," kata Lo Khing Seng.

(Din/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita soal Tsunami yang Hanyutkan Mesin Pertanian dan Pekerja

Posted: 24 Dec 2018 08:56 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ribuan warga menjadi saksi keganasan tsunami Selat Sunda. Tsunami menghantam kawasan yang berada di wilayah Serang, Pandeglang, dan Lampung Selatan pada Sabtu 22 Desember 2018 sekitar pukul 21.27 WIB.

Salah satu desa yang terhantam dan termasuk parah terdampak tsunami yakni Desa Suka Negara, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang. Salah satu yang terdampak tsunami yakni gudang pertanian. Tiga bangunan hancur, salah satunya khusus menyimpan mesin pengering padi.

"Ini gudang pertanian dan ada tiga bangunan yang hancur. Ini satu bangunan buat mesin oven padi dan semua mesinnya itu hanyut semua," kata Bahrudin di lokasi, Selasa (25/12/2018).

Dia mengungkapkan, bukan hanya mesin oven padi dan mobil saja yang hanyut terbawa ombak tsunami, empat karyawan pertanian ikut terserat gelombang tsunami setinggi sekitar 5 meter.

"Ada empat orang hanyut pas kejadian sampai 200 meter. Tapi selamat semua pekerjanya dan itu mobil yang ada di tengah sawah punya salah satu karyawan," ujar Bahrudin.

Selain itu, ia mengatakan, ombak tsunami yang datang menghantam permukiman warga sebanyak dua kali dengan tinggi sekitar 5 meter.

"Jarak 200 meter dari tempat kerja ke pinggir pantai. Tapi, kalau jarak dari bibir pantai ke jalan raya doang ini 50 meter.

Korban Meninggal

Data jumlah korban tsunami Selat Sunda terus bertambah. Per pukul 17.00 WIB, Senin (24/12/2018), jumlah korban jiwa mencapai 373 orang.

"1.459 orang luka-luka, 128 orang hilang, dan 5.665 orang mengungsi," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, dalam keterangan tertulis.

Penambahan itu, menurut dia, tak lepas dari proses pencarian yang gencar dilakukan tim SAR. Beberapa daerah yang sebelumnya sulit dijangkau kini mulai bisa diakses.

"Hal ini menyebabkan korban terus ditemukan oleh petugas tim SAR gabungan," papar Sutopo.

Jumlah korban dan daerah yang terdampak tsunami paling parah kerusakannya adalah daerah pesisir di Kabupaten Pandenglang. Daerah ini merupakan kawasan wisata pantai dengan fasilitas hotel dan vila yang banyak berderet di sepanjang pantai.

"Apalagi saat kejadian tsunami saat libur panjang sehingga banyak wisatawan menginap di hotel dan penginapan," imbuh Sutopo.

Sementara, kerugian fisik akibat tsunami meliputi 681 unit rumah rusak, 69 unit hotel dan villa rusak, 420 unit perahu dan kapal rusak, 60 unit warung dan toko rusak, dan puluhan kendaraan rusak.

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Agen Bantah Asensio Ingin Tinggalkan Real Madrid

Posted: 24 Dec 2018 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Agen Marco Asensio telah mengkonfirmasi bahwa kliennya tidak berniat meninggalkan Real Madrid. Meski begitu Asensio mengaku merasa terhormat setelah mengetahui minat Inter Milan yang ingin memboyongnya.

Asensio, yang bulan depan berulang tahun ke-23, sejauh ini selalu dihubung-hubungkan dengan Nerazzurri. Itu setelah beredar kabar pemain internasional Spanyol itu, tertarik untuk pindah dari Real Madrid.

"Marco merasa terhormat dengan ketertarikan klub seperti Inter," kata agen Horacio Gaggioli kepada FCInterNews.it., Selasa (25/12/2018)

"Saya tidak tahu apakah itu benar atau tidak, tetapi untuk saat ini pemain tidak berniat meninggalkan Real Madrid," katanya.

Asensio memang disebut-sebut masuk dalam daftar belanja Inter Milan di tahun 2019. Pemilik Inter, Suning Grup, siap mengeluarkan dana besar untuk mendapatkan Asensio.

Dipinjamkan

Marco Asensio (AP Photo/Nick Wass)

Asensio telah tampil dalam 24 pertandingan untuk Real Madrid musim ini. Ia sudah mencetak tiga gol.

Asensio baru bermain dengan tim utama Real Madrid sejak musim panas 2016. Dia sempat dipinjamkan klub ibu kota Spanyol ini ke Espanyol selama semusim.

Pemain Pengganti

Pada musim lalu Asensio kerap muncul sebagai super sub bagi Real Madrid. Masuk sebagai pemain pengganti, striker berusia 23 tahun ini tak jarang menjadi penentu kemenangan El Real.

Menurunnya penampilan Asensio diduga lantaran pergerakannya mulai gampang dibaca lawan. Akibatnya, Asensio sering kesulitan saat harus berduel satu lawan satu dengan pemain bertahan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Semangat Petugas TNI Sisir Pantai Tanjung Lesung Cari Korban Tsunami

Posted: 24 Dec 2018 08:45 PM PST

Anggota Batalyon Infanteri 315/Garudadi TNI AD melakukan  penyisiran korban tsunami di kawasan Tanjung Lesung Beach Club, Pandeglang, Banten, selasa (25/12). Penyisiran dilakukan di kawasan sepanjang pantai Tanjung lesung. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Anggota Batalyon Infanteri 315/Garudadi TNI AD melakukan penyisiran korban tsunami di kawasan Tanjung Lesung Beach Club, Pandeglang, Banten, selasa (25/12). Penyisiran dilakukan di kawasan sepanjang pantai Tanjung lesung. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Anggota Batalyon Infanteri 315/Garudadi TNI AD melakukan penyisiran korban tsunami di kawasan Tanjung Lesung Beach Club, Pandeglang, Banten, selasa (25/12). Penyisiran dilakukan untuk mencari korban hilang. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Anggota Batalyon Infanteri 315/Garudadi TNI AD melakukan penyisiran korban tsunami di kawasan Tanjung Lesung Beach Club, Pandeglang, Banten, selasa (25/12). Penyisiran dilakukan untuk mencari korban hilang. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Anggota Batalyon Infanteri 315/Garudadi TNI AD melakukan  penyisiran korban tsunami di kawasan Tanjung Lesung Beach Club, Pandeglang, Banten, selasa (25/12). Penyisiran dilakukan disekitar bangunan yang roboh. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Anggota Batalyon Infanteri 315/Garudadi TNI AD melakukan penyisiran korban tsunami di kawasan Tanjung Lesung Beach Club, Pandeglang, Banten, selasa (25/12). Penyisiran dilakukan disekitar bangunan yang roboh. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Anggota Batalyon Infanteri 315/Garudadi TNI AD melakukan  penyisiran korban tsunami di kawasan Tanjung Lesung Beach Club, Pandeglang, Banten, selasa (25/12). Penyisiran dilakukan di kawasan sepanjang pantai Tanjung lesung. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Anggota Batalyon Infanteri 315/Garudadi TNI AD melakukan penyisiran korban tsunami di kawasan Tanjung Lesung Beach Club, Pandeglang, Banten, selasa (25/12). Penyisiran dilakukan di kawasan sepanjang pantai Tanjung lesung. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Anggota Batalyon Infanteri 315/Garudadi TNI AD melakukan penyisiran korban tsunami di kawasan Tanjung Lesung Beach Club, Pandeglang, Banten, selasa (25/12). Penyisiran dilakukan untuk mencari korban hilang. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Anggota Batalyon Infanteri 315/Garudadi TNI AD melakukan penyisiran korban tsunami di kawasan Tanjung Lesung Beach Club, Pandeglang, Banten, selasa (25/12). Penyisiran dilakukan untuk mencari korban hilang. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Anggota Batalyon Infanteri 315/Garudadi TNI AD melakukan  penyisiran korban tsunami di kawasan Tanjung Lesung Beach Club, Pandeglang, Banten, selasa (25/12). Penyisiran dilakukan disekitar bangunan yang roboh. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Anggota Batalyon Infanteri 315/Garudadi TNI AD melakukan penyisiran korban tsunami di kawasan Tanjung Lesung Beach Club, Pandeglang, Banten, selasa (25/12). Penyisiran dilakukan disekitar bangunan yang roboh. (Merdeka.com/Arie Basuki)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenhub Siapkan Jalur Udara dan Laut Salurkan Bantuan Tsunami Selat Sunda

Posted: 24 Dec 2018 08:42 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan sejumlah sarana udara dan laut untuk mengangkut bantuan bagi korban pasca bencana tsunami di Pantai Selat Sunda. Hal ini dilakukan Kemenhub guna memperlancar distribusi bantuan kepada korban bencana.

"Akses ke sini jalan daratnya hanya satu yang biasa digunakan masyarakat sehari-hari. Maka dari itu, Kemenhub memberikan solusi dengan menyediakan jalur lain yaitu melalui udara dan laut. Kedua jalur ini dapat digunakan untuk pengangkutan barang baik logistik makanan, kesehatan maupun untuk pembangunan," ujar Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam keterangannya, Selasa (25/12/2018).

Melalui jalur udara, Menhub menjelaskan untuk pengangkutan logistik dapat menggunakan pesawat jenis caravan yang mendarat di airstrip Tanjung Lesung.

"Kalau dengan helikopter kan kapasitasnya sedikit. Nah, kita bisa dari airstrip Tanjung Lesung menggunakan caravan. Kira-kira kapasitasnya untuk 12 orang dan muatan barang sekitar 1-2 ton. Jadi pendistribusian obat-obatan bisa langsung kesana," terang Menhub.

Sedangkan melalui jalur laut, Kemenhub menyiapkan kapal-kapal negara untuk membantu menyalurkan bantuan kemanusiaan bagi para korban bencana tsunami melalui Pelabuhan Merak.

"Untuk yang lebih masif, kita sediakan kapal dari Merak, memang perjalanannya cukup lama tetapi kapasitas besar, bisa mengangkut muatan sampai 20-30 ton. Kita sudah siapkan tim dan ada salah satu Direktur kita yang akan bersiaga untuk mengkoordinasikan barang-barang tersebut," papar dia.

Selain itu Menhub Budi juga minta kepada Ditjen Perhubungan Darat untuk membantu pengaturan lalu lintas di daerah tersebut agar kondisi arus berjalan lancar.

Dalam kunjungannya, Menhub Budi juga mengajak beberapa stakeholder baik BUMN maupun swasta. "Saya mengajak beberapa BUMN dan swasta, saya minta mereka besok melakukan kegiatan untuk penyaluran bantuan kesini," pungkas Menhub Budi.

Tsunami Selat Sunda Tak Surutkan Okupansi Hotel di Banten

Bencana tsunami yang menerjang kawasan Pantai Selatan Banten seperti di Carita dan Tanjung Lesung pada 23 Desember 2018, tampaknya tak terlalu menurunkan tingkat keterisian kamar atau okupansi hotel di provinsi tersebut.

Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Banten menyatakan, tingkat okupansi hotel di wilayah pesisir Banten seperti Anyer jelang Tahun Baru 2019 nanti telah mencapai 80-100 persen.

"Sudah ada antara 80-90 persen okupansi hotel untuk libur Tahun Baru nanti. Bahkan ada yang sudah 100 persen," ungkap Ketua Harian PHRI Provinsi Banten, Ashok Kumar, saat ditanyai Liputan6.com, Selasa (25/12/2018).

Dia melanjutkan, tingkat okupansi kamar hotel yang terhitung tinggi tersebut tersebar di berbagai lokasi wisata pinggiran pantai Banten, tak hanya di satu titik saja.

Ashok juga mengatakan, musibah tsunami Selat Sunda pada Sabtu kemarin yang memporak-porandakan sebagian wilayah Banten dan Lampung tidak banyak membuat terjadinya pembatalan pemesanan kamar hotel.

"Memang ada beberapa yang cancel booking, tapi tidak terlalu banyak. Mungkin masih dibawah 10 persen," aku dia.

"Soalnya yang terkena musibah itu kan tidak seluruh wilayah pantai di Banten. Seperti hotel-hotel di kawasan Anyer kan sama sekali tidak terimbas tsunami," tegas dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bertemu Korban Tsunami Selat Sunda, Ma'ruf Amin Doakan Kesembuhan

Posted: 24 Dec 2018 08:39 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Calon wakil presiden Ma'ruf Amin menengok korban tsunami Selat Sunda di RSUD Berkah Pandeglang, Banten. Selain menengok dan berbagi cerita dengan para korban, Ma'ruf pun juga turut mendoakan mereka.

"Saya mendoakan cepat sembuh. Kalau yang meninggal, supaya diterima Allah SWT," kata Ma'ruf di RSUD Berkah, Pandeglang, Selasa (25/12/2018).

Dia berharap, bagi keluarga yang ditinggal diberikan kesabaran. Dirinya juga memohon agar tidak ada musibah lagi seperti ini.

"Kita juga mohon kepada Allah, agar tidak ada musibah seperti ini, yang menimpa masyarakat kita. Cukup ini saja. Kita minta kepada Allah seperti itu," ungkap Ma'ruf.

Ma'ruf yang hadir bersama istrinya berharap semua korban tsunami diberikan kesembuhan.

"Alhamdulillah masih diselamatkan. Cepat sembuh," kata Ma'ruf.

Dia mengaku menengok para korban lantaran merasa menjadi bagian masyarakat Banten, yang juga turut prihatin dan sedih dengan bencana tsunami ini.

"Saya merasa apa yang mereka rasakan, kami juga rasakan. Kebetulan saya dari Banten, jadi merasa mereka adalah saudara-saudara kami sekampung, sedaerah. Keprihatinan kami sangat mendalam, makanya hari ini kami menengok dan melihat," jelas Ma'ruf.

Dia pun tak lupa mengucapkan terima kasih kepada para petugas yang ikut membantu dan menyelamatkan para korban tsunami.

"Terima kasih kepada para petugas yang menyelamatkan mereka dan merawat mereka," tutur Ma'ruf. 

Cerita Korban Tsunami

Kepada Ma'ruf, salah satu keluarga korban, Dewi Mariani (22) menceritakan bagaimana saudara tirinya, Tirman (16) terseret air dari bibir pantai di Kampung Sumur, Pandeglang, sampai ke jalan raya.

"Ini terseret dari bibir pantai sampai jalan raya. Pas sadar dia sudah di jalan raya. Kalau adiknya nemu bambu, dipegangnya bambu itu," cerita Dewi ke Ma'ruf.

Dewi pun mengaku masih kehilangan dua sanak saudaranya. Sedangkan neneknya yang bersama Tirman meninggal. "Neneknya meninggal," ungkap Dewi.

Korban lainnya, Abdul Rakim (45) yang merupakan pegawai Kemenpora yang tinggal di Bekasi, juga menceritakan bagaimana kejadian yang dialaminya saat mengikuti gathering kantornya.

"Habis makan malam ada acara debus. Tapi emang kelihatan dari jauh Krakatau udah merah. Enggak ada peringatan, tiba-tiba mati lampu, (kemudian) ombak tinggi. Kaki kena kayu," tutur Abdul.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lepas Kepergian Istri dan Sahabat, Tangis Ifan Seventeen Pecah

Posted: 24 Dec 2018 08:37 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ifan Seventeen tak sanggup menyembunyikan kesedihan. Setelah ditinggal tiga sahabatnya, Bani, Herman dan Andi, Ifan juga harus kehilangan istri yang amat dicintainya, Dylan Sahara.

Sebelum dikebumikan di kampung halaman masing-masing, Andi di Yogyakarta dan Dylan Sahara di Ponorogo, jasad keduanya lebih dulu disemayamkan di Halim Perdana Kusuma, Selasa (25/12/2018) dini hari.

Ifan Seventeen pun berterima kasih kepada sahabat yang sudah datang dan mendoakan. Ia harap amal ibadah sahabat dan istrinya dapat diterima oleh Yang Maha Kuasa.

"Terima kasih banyak dari kemarin sudah mendoakan. Terima kasih banyak sudah datang, mau berdoa bersama-sama," ujarnya di Halim Perdana Kusuma seperti dikutip tayangan Silet, Selasa (25/12/2018).

"Mungkin saat ini di hadapan kita dari Seventeen cuma ada Mas Andi, minta doanya buat almarhum Mas Herman Sikumbang," sambung Ifan Seventeen diiringi isak tangis.

Doa

(Instagram/ifanseventeen)

Setelah sedikit tenang, Ifan Seventeen kembali melanjutkan kalimatnya. Ia berharap para sahabat juga istrinya meninggal dalam keadaan yang baik.

"Almarhum Mas Bani selaku basis Seventeen, dan juga almarhumah istri saya. Minta doanya, mudah-mudahan yang telah meninggalkan kita husnul khotimah. Terima kasih," ia menandaskan.

Dimakamkan

(Instagram/seventeenbandid)

Sementara itu, jasad Bani Seventeen serta Herman Seventeen, lebih dulu ditemukan pada Minggu (23/12/2018) dan telah dikebumikan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Solskjaer Anggap Wajar MU Sering Dikritik

Posted: 24 Dec 2018 08:35 PM PST

Liputan6.com, Manchester - Selepas era Sir Alex Ferguson, satu hal yang cukup akrab dengan Manchester United (MU) adalah kritikan publik. Sang pelatih sekaligus mantan pemain, Ole Gunnar Solskjaer, menganggap itu sebagai hal yang lumrah.

MU mendapat banyak kritikan selama masa kepelatihan Jose Mourinho. Padahal sebenarnya, prestasi pelatih asal Portugal tersebut cukup apik. Yang perlu diingat adalah ia berhasil memberi dua gelar di musim pertamanya.

Ujung-ujungnya, pria yang juga pernah melatih klub besar seperti Chelsea dan Real Madrid tersebut harus dipecat. Serangkaian hasil buruk serta tuntutan permainan apik membuatnya harus segera angkat kaki dari Old Trafford.

Setelah Mourinho, giliran Solskjaer yang dipercaya sebagai pelatih MU selanjutnya. Meski sukses membawa MU menang telak atas Cardiff pada laga perdananya akhir pekan lalu, kritik jelas menantinya saat performa tim menurun.

Hal itu bisa jadi sebuah beban besar untuk seorang pelatih. Namun bagi Solskjaer, yang juga pernah bermain di The Red Devils, menilai komentar pedas dari publik merupakan hal yang lumrah terjadi.

"Itu yang anda dapatkan saat bergabung dengan Manchester United. Anda tahu akan bermain di hadapan penggemar terbaik di dunia," ujar Solskjaer seperti yang dikutip dari Belfast Telegraph.

Dampak Negatif

Ole Gunnar Solskjaer merupakan pemain legenda yang sekarang membesut Manchester United. (AFP/Andrew Yates)

Salah satu dampak negatif dari komentar pedas adalah kepercayaan diri yang menurun. Pria asal Norwegia itu juga meyakini bahwa kepercayaan diri bukanlah sesuatu yang bisa ditumbuhkan dengan mudah.

"Kepercayaan diri bukanlah sesuatu yang bisa anda simpan dan ambil sewaktu-waktu. Anda mendapatkannya dari performa, dari latihan, dari perasaan," tambahnya.

Tambahan Dorongan

"Saya berharap ini bisa menjadi tambahan dorongan, jadi saya senang dan menantikan laga Boxing Day," tandasnya.

Pada laga debutnya akhir pekan lalu, Solskjaer sukses mengantarkan MU meraih kemenangan atas Cardiff dengan skor telak 5-1. Ia diharapkan bisa mengulangi performa yang serupa saat bertemu Huddersfield hari Rabu (26/12) nanti.

Sumber: Bola.net

Saksikan video menarik di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jemaat Gereja Katedral Jakarta Doakan Korban Tsunami Selat Sunda

Posted: 24 Dec 2018 08:34 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Uskup Agung Jakarta Ignatius Suharyo mengajak para jemaat di Gereja Katedral untuk mendoakan para korban tsunami Selat Sunda yang terjadi pada Sabtu, 22 Desember 2018. Peristiwa tersebut berdampak di tiga wilayah yakni Pandeglang, Serang, dan Lampung Selatan.

Tenggang rasa dengan sesama, kata dia, merupakan bentuk dukungan guna mengurangi penderitaan para korban, seperti korban bencana tsunami.

"Bagi mereka yang meninggal semoga diberikan kedamaian abadi. Bagi mereka yang telah kehilangan keluarga yang mereka cintai, semoga diberikan kekuatan," kata Suharyo pada Selasa (25/12/2018).

Sementara itu, Humas Gereja Katedral Jakarta Susyana Suwadie mengatakan, tema soal bencana pun direncanakan diselipkan dalam dalam drama anak yang dipentaskan dalam Misa Keluarga. Drama tersebut bertujuan untuk mengajak anak-anak untuk tetap peduli terhadap bencana.

"Sebenarnya kepedulian itu bisa kapan saja, karena lagi momen tentang bagaimana kita bisa peduli terhadap bencana," ucap Susy.

Suasana Natal juga begitu terasa di Gereja Katedral, Jakarta Pusat. Pernak-pernik bola lampu berwarna merah, putih dan hijau menghiasi lingkungan gereja. Hiasan dan simbol sentral perayaan Natal juga tampak di beberapa titik.

Beberapa jemaat juga memanfatkan lokasi simbol perayaan Natal yaitu instalasi yang menggambarkan kelahiran Yesus Kristus untuk berswafoto. Selain berbagai dekorasi, tenda besar dan kursi yang sudah dijejer rapi juga telah dipersiapkan di halaman gereja untuk menampung jemaat.

Nyanyian serta puji-pujian pun terdengar jemaat di dalam gereja. Jemaat lainnya pun mengikuti ibadah secara khidmat.

Keamanan

 

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengaku belum ada laporan tentang hal menonjol terkait perayaan Natal 2018. Dia memastikan, umat kristiani dapat melaksanakan ibadah Natal dengan aman.

Hal tersebut disampaikan usai Kapolri bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memantau keamanan malam Natal. Tiga gereja dikunjungi keduanya yaitu, GPIB Paulus Menteng, Gereja Reformed Injil Indonesia Kemayoran, dan Gereja Katedral Jakarta.

"Sampai dengan jam ini kami belum mendapatkan laporan tentang adanya insiden-insiden berkaitan dengan perayaan ibadah natal, baik yang sudah berlangsung dua minggu tiga minggu sebelumnya," ujar Kapolri di Gereja Katedral, Jakarta Pusat, Senin 24 Desember 2018

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah di Balik Selebrasi Gun Lean Khas Winger Manchester United

Posted: 24 Dec 2018 08:20 PM PST

Liputan6.com, Manchester - Winger Manchester United, Jesse Lingard, tampil mengesankan saat dengan satu golnya saat melawan Cardiff City pada Minggu (23/12) tadi. Di samping itu, ia juga menarik perhatian publik dengan gaya selebrasi terbarunya yang bernama 'Gun Lean' itu.

Jesse Lingard memberikan kontribusi besar saat Manchester United menumbangkan Cardiff City yang bermain di hadapan pendukung setianya. Ia bahkan mencetak dua gol dalam kemenangan telak 5-1 The Red Devils itu.

Performa gemilang tersebut jelas membuat perhatian publik tertuju kepada dirinya. Namun, ada satu hal selain gol yang juga membuat mata khalayak ramai menempel pada sosoknya. Tepatnya saat Lingard melakukan selebrasi usai mencetak gol.

Usai mencetak gol untuk Manchester United, Lingard tampak berdansa dengan gerakan yang dikenal dengan sebutan 'Gun Lean'. Gerakan tersebut sejatinya dipopulerkan oleh rapper asal Amerika Serikat bernama Russell Vitale, yang juga dikenal dengan nama Russ.

Tarian itu, beserta lagu dan video klip yang berjudul sama, menjadi viral di internet belum lama ini. Dikutip dari Independent, video tersebut telah disiarkan sebanyak 850 ribu kali di platform Youtube hanya dalam kurun waktu dua hari saja.

Gerakannya sendiri terbilang cukup sederhana. Umumnya, sang penari hanya perlu menggerakkan bahu sesuai dengan irama lagu. Kedua bahu penari diangkat satu persatu sambil berkata "kiri, kanan, kiri, kanan,".

Bukan Yang Pertama

Gelandang Manchester United, Jesse Lingard, merayakan gol ke gawang Liverpool pada laga Premier League di Anfield, Minggu (16/12/2018). (AFP/Paul Ellis)

Lingard mungkin bisa disebut sebagai pemain besar pertama yang menggunakan gerakan 'Gun Lean' untuk merayakan golnya. Namun sejatinya, ia bukanlah sosok pertama yang menunjukkan tarian tersebut di lapangan.

Penyerang muda Leyton Orient, Josh Koroma, merupakan pemain yang lebih dulu menggunakan 'Gun Lean' di lapangan, tiga jam sebelum sebelum Lingard mencetak golnya. Ia melakukannya saat merayakan golnya ke gawang Chesterfield.

Sedikit Kekesalan

Hal itu diketahui dari salah seorang penggemar klub yang bermain di kasta kelima Inggris tersebut. Ia menyampaikan informasi itu melalui media sosial Twitter dengan sedikit kekesalan, sebab idolanya tidak mendapatkan perhatian yang setimpal.

"Josh Koroma (mungkin) adalah pemain pertama di sepak bola Inggris yang menggunakan selebrasi gun lean, tapi Lingard yang mendapatkan perhatian usai melakukan itu tiga jam setelahnya," tulis salah seorang penggemar Leyton Orient.

Sumber: Bola.net

Saksikan video menarik di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Polisi Identifikasi Kendaraan Korban Tsunami Selat Sunda

Posted: 24 Dec 2018 08:20 PM PST

Petugas melakukan identifikasi mobil yang rusak akibat terjangan tsunami di Tanjung Lesung Beach Club, Pandeglang, Banten, selasa (25/12). Indentifikasi dilakukan untuk mencocokan kepemilikan kendaraan dengan para korban tsunami. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas melakukan identifikasi mobil yang rusak akibat terjangan tsunami di Tanjung Lesung Beach Club, Pandeglang, Banten, selasa (25/12). Indentifikasi dilakukan untuk mencocokan kepemilikan kendaraan dengan para korban tsunami. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas melakukan identifikasi mobil yang rusak akibat terjangan tsunami di Tanjung Lesung Beach Club, Pandeglang, Banten, selasa (25/12). Indentifikasi dilakukan untuk mencocokan kepemilikan kendaraan dengan para korban tsunami. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas melakukan identifikasi mobil yang rusak akibat terjangan tsunami di Tanjung Lesung Beach Club, Pandeglang, Banten, selasa (25/12). Indentifikasi dilakukan untuk mencocokan kepemilikan kendaraan dengan para korban tsunami. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas polisi lalu lintas dari Polres pandeglang melakukan identifikasi kendaraan motor  yang rusak akibat terjangan tsunami di Tanjung Lesung Beach Club, Pandeglang, Banten, selasa (25/12). (Merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas polisi lalu lintas dari Polres pandeglang melakukan identifikasi kendaraan motor yang rusak akibat terjangan tsunami di Tanjung Lesung Beach Club, Pandeglang, Banten, selasa (25/12). (Merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas melakukan identifikasi mobil yang rusak akibat terjangan tsunami di Tanjung Lesung Beach Club, Pandeglang, Banten, selasa (25/12). Indentifikasi dilakukan untuk mencocokan kepemilikan kendaraan dengan para korban tsunami. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas melakukan identifikasi mobil yang rusak akibat terjangan tsunami di Tanjung Lesung Beach Club, Pandeglang, Banten, selasa (25/12). Indentifikasi dilakukan untuk mencocokan kepemilikan kendaraan dengan para korban tsunami. (Merdeka.com/Arie Basuki)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fakta Menarik Boxing Day di Liga Inggris: MU Terbaik

Posted: 24 Dec 2018 08:15 PM PST

Liputan6.com, Manchester - Para pemain di klub-klub Liga Inggris seperti biasa tidak akan bisa merayakan Natal dengan liburan. Pasalnya, sehari setelah libur 25 Desember, mereka harus kembali merumput untuk klub masing-masing dalam partai Boxing Day.

Ya, tak seperti liga-liga Eropa lainnya yang libur. Inggris tetap memutar kompetisi sehari setelah Hari Natal. Tradisi yang disebut Boxing Day ini telah berlangsung lebih dari 100 tahun lalu.

Sejatinya, Boxing Day merupakan tradisi membuka kado di Hari Natal. Namun keinginan untuk menonton sepak bola selepas hari Natal membuat kompetisi tetap diputar, sehari setelah Natal.

Untuk Boxing Day musim ini sendiri bakal dilangsungkan tujuh pertandingan. Partai Fulham Vs Wolverhampton Wanderers akan jadi yang pertama.

Namun yang paling ditunggu barangkali adalah partai Leicester City Vs Manchester City, dan Liverpool Vs Newcastle United. Pasalnya, Manchester City dan Liverpool saat ini berada di garis paling depan dalam perburuan gelar juara Liga.

Liverpool saat ini memimpin klasemen dengan 48 poin. Sementara, Manchester City di peringkat kedua dengan 44 poin.

 

Manchester United Vs Huddersfield Town

Gelandang Manchester United, Jesse Lingard, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Cardiff pada laga Premier League di Stadion Cardiff City, Wales, Sabtu (22/12). Cardiff kalah 1-5 dari MU. (AFP/Geoff Caddick)

Selain dua partai itu, partai Manchester United (MU) Vs Huddersfield Town juga layak dinantikan, terutama oleh fans MU, Suporter Setan Merah pastinya penasaran dengan kelanjutan debut manis Ole Gunnar Solskjaer sebagai manajer MU,.

Seperti diketahui, Solskjaer baru saja dilantik menggantikan Jose Mourinho yang dipecat. Pada debutnya akhir pekan lalu, Solskjaer membawa MU menang telak 5-1 atas Cardiff City.

Sebelum menyaksikan partai tersebut, berikut fakta-fakta menarik Boxing Day Liga Inggris, dihimpun dari berbagai sumber.

Fakta Menarik Boxing Day di Liga Inggris

1. Partai resmi Boxing Day pertama kali berlangsung pada musim 1888/89 antara Derby County Vs Preston North End. Di partai itu, Derby County menang 5-0.

2. Partai Fulham Vs Ipswich Town di musim 1962/63 hingga kini menjadi partai Boxing Day dengan jumlah gol terbanyak yakni 11 gol.

3. Boxing Day musim 1962/63 menjadi pertandingan dengan jumlah gol terbanyak sepanjang sejarah Liga Inggris dengan 66 gol.

4. Boxing Day juga menjanjikan beberapa kejutan. Di musim lalu misalnya, Arsenal harus kalah 1-2 dari Brighton Albion, sementara Chelsea digulung1-4 oleh Watford City.

5. Manchester United menjadi klub Liga Inggris tersukses di Boxing Day. Dari 93 partai Boxing Day sejak 1888, MU telah memenangkan 51 di antaranya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bidokkes Polda Banten Identifikasi 4 Korban Tsunami

Posted: 24 Dec 2018 08:14 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Biddokes Polda Banten mengidentifikasi korban dampak tsunami di sekitar Pantai Selat Sunda, Banten. Total korban yang sudah teridentifikasi berjumlah empat orang, berdasarkan data hingga pukul 07.00 WIB, Selasa (25/12/2018).

Kabid Humas Polda Banten AKBP Edy Sumadi mengatakan, empat orang yang sudah ditemukan itu dari jumlah total 224 orang tewas yang ditemukan oleh tim SAR gabungan.

"Korban meninggal yang dapat kami himpun di RS Pandeglang 224 orang, data sudah teridentifikasi 204 dan yang sudah diambil keluarga 200 orang dan yang belum diambil oleh keluarga 4 orang," kata Edy saat konferensi pers di Hotel Wira Carita, Banten, Selasa (25/12/2018).

Sementara itu, Kabiddokes Polda Banten AKBP Nariyana menjelaskan, 20 orang korban tsunami yang belum bisa diidentifikasi oleh pihaknya dikarenakan ada beberapa kendala.

"Secara umum identifikasi tak ada kendala yang berat, yang 20 ini belum teridentifikasi karena yang pertama data antemortem belum ada, jadi keluarga belun lapor, kedua identitas diri tak melekat di dirinya seperti KTP, SIM dan lain-lain atau bekas luka di mana seperti tato ada di mana belum ada keluarga lapor. Terakhir sidik jari sudah rusak," Nariyana menjelaskan.

"Masyarakat yang merasa keluarganya hilang dan sampai sekarang belum ketemu, bisa segera laporkan ke kita (polisi)," sambung dia.

Nariyana menerangkan, untuk 20 jenazah korban tsunami yang masih belum teridentifikasi oleh pihaknya, disimpan di tempat penyimpanan jenazah, sambil menunggu keputusan kapan akan dilakukan penguburan massal.

"Seminggu sampai dua minggu bisa kita menyimpan jenazah di container. Tapi, kita juga tetap harus menentukan kapan akan dilakukan penguburan massal," terangnya.

 

Fokus Pencarian

Selain itu, Edy menambahkan, untuk fokus pencarian korban pada hari ini berlokasi di Sumur, Banten. Namun, pihaknya juga tetap mencari di lokasi lainnya.

"Hari ini tetep pencarian, tapi fokus kita hari ini di Sumur," ucap Edy.

Berikut empat orang nama yang sudah teridentifikasi

1. Rami (38 tahun) warga Indramayu

2. Soleman (47 tahun) warga Kampung Karang Pempek, Panimbang, Pandeglang.

3. Urmala (48 tahun) warga Singkawang

4. Anwar Suwandi Halau (53 tahun) warga Bekasi Selatan.

Berikut nomor atau kontak yang dapat dihubungi masyarakat untuk mencari anggota keluarga yang masih hilang

0878-8005-2760, 0852-1167-2708, 0852-1167-2721.

Media Sosial Bidang Humas Polda Banten

Facebook : BIDHUMAS POLDA BANTEN

Instagram : Humaspoldabanten

Twitter : @bidhumas_banten

 

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ifan Seventeen Berdoa Bisa Bersama Dylan Sahara Selamanya di Akhirat

Posted: 24 Dec 2018 08:11 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Vokalis band Seventeen, Ifan, menjadi satu-satunya personel yang selamat dari tsunami Anyer, Sabtu (22/12/2018) malam. Hanya saja, Ifan Seventeen harus kehilangan tiga rekannya yang menjadi korban meninggal dunia.

Tak cuma itu, Ifan Seventeen pun harus kehilangan istrinya, Dylan Sahara, yang juga ditemukan tak bernyawa. Mendapat kenyataan pahit ini, Ifan Seventeen pun mengurai kesedihannya di Instagram.

Pelantun lagu "Kemarin" ini meminta maaf kepada semua orang, jika istrinya memiliki kesalahan. Ia pun berharap agar sang istri diberikan doa yang tulus untuk memudahkan jalannya di akhirat.

"Mewakili istriku aku memohon maaf sebesar2nya kepada teman, sahabat, keluarga, saudara atau siapapun yang pernah mengenal Dylan.Mohon diikhlaskan jikalau ada kata atau perbuatan yang kurang berkenan," tutur Ifan Seventeen di Instagram, Selasa (25/12/2018).

Selamanya di Akhirat

Ifan Seventeen dan Dylan Sahara

"Sayang, Allah mempertemukan kita, Allah pula yang memisahkan kita. Doain suamimu agar menjadi suami yang sholeh, biar aku bisa menuntut hak ku buat berpasangan denganmu di akhirat nanti untuk selamanya," harap Ifan Seventeen.

"Cuma Allah yang tau seberapa besar apa yang aku rasain ke kamu sayangI love you @dylan_sahara," imbuhnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Daftar 7 Ruas Tol Trans Jawa yang Digratiskan Saat Natal dan Tahun Baru

Posted: 24 Dec 2018 08:08 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tujuh ruas tol Trans Jawa Kamis (20/12), telah resmi beroperasi. Presiden Joko Widodo meresmikan dan secara langsung menelusuri jalan tol baru tersebut.

Menurut Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Herry Trisaputra Zuna, Trans Jawa sudah dapat dipakai untuk mendukung arus lalu lintas ketika memasuki libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

 

Bahkan dia menyatakakan ketujuh ruas tol digratiskan hingga akhir Desember 2018.

"Sudah sampai Grati. Lebih dari Surabaya. Secara teknis setelah diresmikan, sudah bisa beroperasi. Ada nanti mungkin kita perlu clearing, pembersihan," kata dia, seperti dilansir Merdeka.com.

Herry berharap, ketika Lebaran tujuh ruas tol sudah bisa lebih baik. Termasuk dilengkapi rambu-rambu. Peresmian ke-7 ruas tol tersebut menandai terhubungnya ruas tol Trans Jawa dari Merak hingga Grati.

Dengan begitu, jalur tol Jawa yang kini sudah bisa diakses dari Merak sampai ke Grati, setidaknya sudah mencapai 933 Km.

"Sebetulnya yang ke Probolinggo (ruas Grati-Probolinggo) bisa awal tahun depan. Probolinggo- Banyuwangi kurang lebih tahun 2021," ujarnya.

 

 

 

 

 

Daftar 7 Ruas Tol Gratis

Lima ruas bagian dari Tol Trans Jawa yang dikerjakan oleh Jasa Marga dan Waskita Karya siap diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). (Dok Kementerian BUMN)

Adapun jalur Trans Jawa paling baru yang tidak dikenakan biaya atau gratis, antara lain:

1. Pemalang-Batang (segmen SS Pemalang-Pasekaran), sepanjang 33,80 Km

2. Batang-Semarang (segmen Pasekaran-SS Krapyak), sepanjang 75,00 Km

3. Semarang - Solo (segmen Salatiga-Kartasura), sepanjang 32,50 Km

4. Ngawi-Kertosono (segmen Wilangan-Kertosono), sepanjang 39,10 Km

5. Jombang-Mojokerto (segmen Bandar - Kertosono), sepanjang 0,90 km

6. Gempol - Pasuruan (segmen Pasuruan - Grati), sepanjang 12,20 Km

7. Surabaya - Gempol (segmen Porong - kejapanan), sepanjang 6,30 Km.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Fakta Menarik Anak Gunung Krakatau

Posted: 24 Dec 2018 08:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tsunami yang melanda kawasan sekitar Selat Sunda pada Sabtu malam (22/12/2018), tentu menyisakan duka mendalam bagi publik, khususnya di Tanah Air.

Peristiwa tsunami yang melanda kawasan Banten dan Lampung tersebut dipastikan terjadi akibat erupsi Anak Gunung Krakatau (AGK). Hal tersebut diungkapkan Kepala Badan Meteorologi dan Klimatologi (BMKG) Dwikorita Karnawati.

Artikel tentang fakta menarik Anak Gunung Krakatau menjadi yang terpopuler di kanal Citizen-Liputan6.com. Disusul dengan artikel kedua terpopuler, yakni deretan twit kocak 'kenapa putus' ala warganet. 

Adapun artikel ketiga terpopuler yaitu tes kepribadian untuk mengungkap prioritasmu dalam hidup.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Diduga Jadi Pemicu Tsunami Anyer, Ini Fakta Menarik Anak Gunung Krakatau

Aktivitas Gunung Anak Krakatau dari udara yang terus mengalami erupsi, Minggu (23/12). Dari ketinggian Gunung Anak Krakatau terus mengalami erupsi dengan mengeluarkan kolom abu tebal. (Liputan6.com/Pool/Susi Air)

Gunung Anak Krakatau mulai terlihat pada tahun 1927 atau 40 tahun sejak Gunung Krakatau meletus. Masih relatif baru, aktivitas kegempaan sering terdeteksi. Peneliti dunia sendiri masih belum bisa secara tepat memprediksi kapan Anak Gunung Krakatau akan meletus dengan dahsyat.

Selengkapnya...

2. Deretan Twit Kocak 'Kenapa Putus' ala Warganet, Ujungnya Bikin Baper

Deretan Twit Kocak 'Kenapa Putus' ala Warganet, Ujungnya Bikin Baper

Bagi kamu yang memiliki pasangan dan sedang menjalani suatu hubungan pastilah mendambakan keharmonisan dan hubungan yang langgeng. Namun, tak ada yang mampu menebak kapan masalah akan datang dalam hubunganmu bersama pasangan. Apabila masalah tersebut tidak mampu diselesaikan, putus dirasa jalan terbaik untuk mengakhirinya.

Selengkapnya...

3. Pilih Satu Mandala Favorit, Jawabannya Ungkap Prioritasmu dalam Hidup

(Foto: brightside.me)

Setiap orang memiliki tujuan hidup yang berbeda. Ada yang lebih fokus dengan karier, cinta, maupun pendidikan. Nah, tes berikut ini bisa membantumu mengetahui apa fokus dan tujuanmu dalam hidup. Penasaran seperti apa?

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kondisi Terkini Perbaikan Jalan Raya Gubeng

Posted: 24 Dec 2018 08:01 PM PST

Liputan6.com, Surabaya - Pengerjaan perbaikan atau recovery Jalan Raya Gubeng yang ambles nyaris rampung. Saat ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya tengah berupaya melakukan pengerjaan tahap pemadatan tanah dan pemasangan besi pengaman.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan, setelah tiga hari pengerjaan pengurukan tanah selesai, kini pihaknya fokus proses pemadatan, baik di sisi utara maupun selatan. Selanjutnya, pemasangan besi SSP (Steel Seet Pile).

"Agar nantinya jalan yang ambles itu tidak longsor dan kuat dilalui kendaraan," kata Wali Kota Risma saat memantau recovery Jalan Raya Gubeng yang ambles, Senin, 24 Desember 2018.

 

Setelah itu, kata dia, besok atau lusa pihaknya memasang kerikil untuk penguat pondasi jalan. Sebab menurutnya, Jalan Raya Gubeng merupakan jalan Nasional, sehingga pondasinya harus benar-benar kuat.

"Terus kita aspal. Sebetulnya ini kan jalan Nasional, jadi bebannya itu truknya gede, busnya juga gede," ujarnya.

Dia juga meminta, agar sisi sebelah barat yang terkena longsor, diperkuat dengan beton cor. Sebab, kalau hanya dipasang besi pengaman tanpa beton cor, tanah bisa sleding dan menyebabkan kembali longsor.

Risma berharap, recovery Jalan Raya Gubeng bisa rampung dalam waktu tujuh hari. Terlebih saat ini tengah libur natal dan tahun baru.

"Karena ini kan bulan natal dan tahun baru, kita takutnya besi pengamannya ndak bisa pesen," terangnya.

Kabag Humas Pemkot Surabaya M. Fikser menambahkan, pengerjaan perbaikan atau recovery Jalan Raya Gubeng memasuki hari keempat. Untuk menimbun jalan telah menghabiskan pasir batu (sirtu) sebanyak 20 ribu meter kubik.

"Ibu wali kan janji rampung tujuh hari, kita upayakan bekerja secara maksimal," kata dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hebat, 3 Event Banyuwangi Masuk 100 Kalender Nasional Berturut-turut

Posted: 24 Dec 2018 08:00 PM PST

Liputan6.com, Banyuwangi Banyuwangi meskipun kota kecil, namun eventnya yang paling banyak masuk 100 Calendar of Event (CoE) Wonderful Indonesia. Hebatnya, event-event tersebut masuk secara berturut-turut.

Ada tiga event yang masuk CoE WI. Di antaranya Banyuwangi Ethno Carnival, International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI), dan Gandrung Sewu.

"Event yang masuk CoE WI itu kriterianya dilihat dari cultural values, comercial values, dan konsistensi. Jadi sudah dilakukan berapa tahun, dengan report yang bagus. Baik itu direct dan indirect impact," ujar Tenaga Ahli Menteri Pariwisata Bidang Kebudayaan Taufik Rahzen, Senin (24/12).

Taufik yang juga menjadi Tim Kurator CoE WI ini menjelaskan, Banyuwangi termasuk daerah yang paling konsisten menggelar event. Terlebih, semuanya dikemas dengan apik yang berpotensi mendatangkan wisatawan.

"Untuk masuk top 100 Calendar of Event nasional, sebuah event harus bersaing dengan lebih dari 200 event lain se-Indonesia. Dan Banyuwangi ini sangat kreatif. Dalam setahun bisa membuat 77 event yang menarik," ujarnya.

Taufik menambahkan, untuk bisa bertahan dalam CoE WI, event harus berkelanjutan. Harus bisa menerapkan pengelolaan pre-event, on event, dan post event. Itu karena berkaitan dengan dukungan para sponsor agar memberikan nilai untung dan memberikan keuntungan.

"Sehingga penyelenggaraan event benar-benar berkualitas. Tidak asal-asalan sehingga tidak memberikan efek apapun pada ekonomi masyarakat," pungkasnya.

Seperti apa 3 event Banyuwangi yang masuk CoE WI 2019? Banyuwangi Ethno Carnival merupakan salah satu acara terbesar di Banyuwngi. Event ini bahkan sudah disejajarkan dengan acara ternama kelas internasional dari Indonesia.

Acara yang sering disebut BEC ini adalah sebuah even karnaval busana yang setiap tahun digelar dalam rangkaian Banyuwangi Festival. Setiap tahunnya memiliki tema yang berbeda-beda. Rute yang dilalui adalah dari Taman Blambangan hingga Kantor Bupati Banyuwangi melewati jalan-jalan protokol Kota Banyuwangi sepanjang 2,2 kilometer.

International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) adalah tur balap sepeda yang digelar sejak 2012. ITdBI diikuti para pembalap dari puluhan negara asing. Seperti Perancis, Belanda, Kolombia, Kanada, Jepang, Singapura, Thailand, Iran, Spanyol, Filipina, Malaysia, Filipina, Australia, Korea, Tiongkok, Thailand, Selandia Baru, Rusia, Taiwan, Uni Emirat Arab, dan Uzbekistan.

Rute yang ditempuh ITdBI mengelilingi wilayah Banyuwangi dan mendaki Gunung Ijen, yang terkenal di dunia dengan fenomena api birunya.

Sementara, Gandrung Sewu merupakan acara tarian tradisional yang menampilkan 1000 penari secara masal. Acaranya digelar di pinggir pantai. Ribuan penari tersebut menarikan tari gandrung dengan kompak. Event ini selalu sukses ditonton ratusan ribu orang wisatawan.

Selain menarikan tarian Gandrung, mereka juga menarikan tarian tradisional Banyuwangi lainnya. Seperti gending Kembang Pepe, Seblang Lukento, Sekar Jenang, Sondreng-sondreng dan Kembang Dirmo.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, standard yang deterapkan dalam CoE WI ini akan memunculkan cultural values dan commercial values dari setiap event. Khusus commercial values, harus di monetised (dihitung nilai ekonominya), sehingga bisa diketahui dampak ekonominya kepada kesejahteraan masyarakat.

"Tugas utama Kemenpar selanjutnya adalah mempromosikan event tersebut. Serta bagaimana strategi dan memasarkan event agar memberikan nilai (value) dari segi budaya (culture) maupun ekonomi (commercial value)," kata Menpar Arief Yahya.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Buku 2012 Ini Telah Mewaspadai Tsunami Selat Sunda Akibat Longsoran Anak Krakatau

Posted: 24 Dec 2018 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Para ilmuwan, termasuk yang dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Indonesia, telah mengatakan bahwa tsunami Selat Sunda 22 Desember 2018 yang menewaskan sedikitnya 373 orang, disebabkan oleh tanah longsor terkait aktivitas vulkanik Gunung Anak Krakatau.

Mereka mengatakan tanah longsor kemungkinan terjadi di lereng curam gunung berapi Anak Krakatau, yang kemudian memicu tsunami.

Gegar Prasetya, salah satu pendiri Pusat Penelitian Tsunami Indonesia, mengatakan, tsunami Selat Sunda kemungkinan disebabkan oleh kolapsnya porsi tanah (flank collapse) di lereng gunung Anak Krakatau, demikian seperti dikutip dari ABC.net.au, Selasa (25/12/2018).

Flank collapse itu mungkin saja disebabkan oleh sebuah letusan Anak Krakatau, yang kemudian memicu longsor porsi tanah bagian atas gunung atau porsi tanah di bawah lautan. Material yang jatuh ke laut kemudian mampu menghasilkan gelombang tsunami.

"Ini menyebabkan tanah longsor bawah laut dan akhirnya menyebabkan tsunami," kata Dwikorita Karnawati, kepala BMKG seperti dikutip dari The Guardian.

Gambar yang diambil oleh satelit Sentinel-1 Badan Antariksa Eropa (ESA) menunjukkan sebagian besar sisi selatan gunung Anak Krakatau telah longsor ke laut, kata para ilmuwan.

Fakta bahwa tsunami dipicu oleh aktivitas gunung berapi daripada gempa bumi berarti tidak ada peringatan tsunami yang dipicu, kata para ilmuwan. Warga di pantai dilaporkan tidak melihat atau merasakan tanda-tanda peringatan sebelum gelombang setinggi tiga meter menerjang.

Kendati demikian, hipotesis bahaya flank collapse Anak Krakatau yang mampu menyebabkan tsunami ternyata telah 'diprediksi' oleh sebuah buku ilmiah yang dipublikasikan pada 2012 silam --kurang-lebih enam tahun pra-tsunami Selat Sunda.

Aktivitas Gunung Anak Krakatau dari udara yang terus mengalami erupsi, Minggu (23/12). Dari ketinggian Gunung Anak Krakatau terus mengalami erupsi dengan mengeluarkan kolom abu tebal. (Liputan6.com/Pool/Susi Air)

Buku itu berjudul "Natural Hazards in the Asia–Pacific Region: Recent Advances and Emerging Concepts" yang diramu oleh JP Terry dan J Goff, dipublikasikan oleh The Geological Society of London.

Mengutip abstrak bab yang berjudul "Tsunami hazard related to a flank collapse of Anak Krakatau Volcano, Sunda Strait, Indonesia" yang ditulis oleh T. Giachetti, R. Paris, K. Kelfoun, dan B. Ontowirjo, para peneliti telah 'mewanti-wanti' mengenai bahaya longsoran Anak Krakatau yang berpotensi memicu tsunami.

Berikut petikan abstrak bab buku tersebut:

Pemodelan numerik dari destabilisasi parsial yang cepat dari Anak Krakatau (Indonesia) dilakukan untuk menyelidiki tsunami yang dipicu oleh peristiwa ini.

Anak Krakatau, yang sebagian besar dibangun di dinding timur laut curam dari kaldera letusan 1883 Krakatau, berstatus aktif di sisi barat daya-nya (pasca-1883) yang membuat gunung itu tidak stabil.

Keruntuhan lereng (flank collapse) hipotetis 0,280 km3 yang diarahkan ke barat daya akan memicu gelombang awal setinggi 43 m yang akan mencapai pulau Sertung, Panjang dan Rakata dalam waktu kurang dari 1 menit, dengan amplitudo dari 15 hingga 30 m.

Ombak ini akan berpotensi berbahaya bagi banyak kapal wisata kecil yang bersirkulasi di, dan di sekitar, Kepulauan Krakatau.

Gelombang kemudian akan merambat secara radial dari daerah tumbukan dan melintasi Selat Sunda, dengan kecepatan rata-rata 80-110 km j − 1.

Tsunami akan mencapai kota-kota yang terletak di pantai barat Jawa (misalnya: Merak, Anyer dan Carita). 35–45 menit setelah mulainya keruntuhan, dengan amplitudo maksimum dari 1,5 m (Merak dan Panimbang) hingga 3,4 m (Labuhan).

Karena banyak infrastruktur industri dan wisata terletak dekat dengan laut dan pada ketinggian kurang dari 10 m, gelombang ini menghadirkan risiko yang tidak dapat diabaikan.

Karena banyak refleksi di dalam Kepulauan Krakatau, ombak bahkan akan mempengaruhi Bandar Lampung (Sumatra, sekitar 900.000 jiwa) setelah lebih dari 1 jam, dengan amplitudo maksimum 0,3 m.

Gelombang yang dihasilkan akan jauh lebih kecil daripada yang terjadi selama letusan Krakatau 1883 (sekitar 15 m).

Deteksi cepat keruntuhan (flank collapse) oleh observatorium gunung berapi, bersama dengan sistem peringatan yang efisien di pantai, mungkin akan mencegah peristiwa hipotetis ini menjadi mematikan.

*Selain abstrak, porsi lengkap buku tersebut bisa diakses dengan cara berbayar dengan mengunjungi: pubs.geoscienceworld.org/books/book/1721/chapter/107575258/tsunami-hazard-related-to-a-flank-collapse-of-anak 

Perlunya Alat Pendeteksi Dini Tsunami yang Disebabkan Longsoran Bawah Laut dan Aktivitas

Sutopo Purwo Nugroho, kepala juru bicara BNPB, mengatakan bahwa Indonesia tidak memiliki sistem peringatan dini untuk tanah longsor atau letusan gunung berapi. "Sistem peringatan dini saat ini adalah untuk aktivitas gempa bumi," tulisnya di Twitter.

"Indonesia harus membangun sistem peringatan dini untuk tsunami yang ditimbulkan oleh tanah longsor bawah laut dan letusan gunung berapi ... Tanah longsor memicu tsunami Maumere 1992 dan tsunami Palu 2018."

Dia juga mengatakan jaringan pelampung (buoy) tsunami Indonesia belum beroperasi sejak 2012. "Vandalisme, anggaran terbatas, dan kerusakan teknis berarti tidak ada pelampung tsunami saat ini," kata Sutopo. "Mereka perlu dibangun kembali untuk memperkuat sistem peringatan dini tsunami Indonesia."

"Anak Krakatau telah meletus sejak Juni 2018 hingga sekarang. Letusan kemarin bukan yang terbesar. Periode Oktober-November 2018 memiliki letusan yang lebih besar. "

 

Simak video pilihan berikut:

Update Korban Tsunami Selat Sunda per Senin 24 Desember Sore

Seorang warga melihat mobil yang terbawa ke tengah sawah setelah tsunami melanda kawasan Anyer, Banten, Minggu (23/12). Tsunami menerjang pantai di Selat Sunda, khususnya di daerah Pandenglang, Lampung Selatan, dan Serang. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sementara itu, data jumlah korban tsunami Selat Sunda terus bertambah. Per pukul 17.00 WIB, Senin (24/12/2018), jumlah koran jiwa mencapai 373 orang.

"1.459 orang luka-luka, 128 orang hilang, dan 5.665 orang mengungsi," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, dalam keterangan tertulis.

Jumlah korban dan daerah yang terdampak tsunami paling parah kerusakannya adalah daerah pesisir di Kabupaten Pandenglang. Daerah ini merupakan kawasan wisata pantai dengan fasilitas hotel dan vila yang banyak berderet di sepanjang pantai.

"Apalagi saat kejadian tsunami saat libur panjang sehingga banyak wisatawan menginap di hotel dan penginapan," imbuh Sutopo.

Sementara, kerugian fisik akibat tsunami meliputi 681 unit rumah rusak, 69 unit hotel dan villa rusak, 420 unit perahu dan kapal rusak, 60 unit warung dan toko rusak, dan puluhan kendaraan rusak.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Korban Tsunami Selat Sunda 373 Meninggal Dunia

Posted: 24 Dec 2018 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Data jumlah korban tsunami Selat Sunda terus bertambah. Jumlah korban jiwa mencapai 373 orang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dua Pemain MU Adu Cepat Hias Pohon Natal

Posted: 24 Dec 2018 08:00 PM PST

Liputan6.com, Manchester - Dua pemain Manchester United (MU), Marcos Rojo dan Sergio Romero tidak ingin ketinggalan merayakan Natal tahun ini. Keduanya pun saling berlomba menghias pohon Natal mini.

Itu terlihat dari video singkat yang diunggah akun instagram resmi klub, @Manchesterunited. Dalam keterangan video, MU menulis bahwa keduanya membuat dekorasi pohon Natal terlihat mudah.

"Sergio Romero dan Marcos Rojo, membuat dekorasi Natal MU terlihat mudah!" tulis MU.

Dalam video singkat tersebut, kedua pemain asal Argentina ini sama-sama mengenakan seragam latihan MU. Di hadapan keduanya, tampak dua pohon Natal mini yang ditaruh di dalam pot berwarna putih.

Meski saling bersaing adu cepat menghias pohon Natal, keduanya terlihat gembira. Rojo dan Romero sama-sama menghias phon Natal itu dengan gantungan bintang, dan lampu-lampu terang.

 

Kado Manis

Manchester United berhasil meraih kemenangan atas Cardiff City pada pekan ke-18 Premier League, di Cardiff City Stadium, Sabtu (22/12/2018) malam waktu setempat. (AP Photo/ Jon Super)

MU sendiri menghadapi Natal tahun ini dengan bekal manis. Setelah terpuruk di awal musim, Setan Merah mengakhiri pertandingan sebelum Natal dengan kemenangan 5-1 atas Cardiff City, akhir pekan lalu.

Kemenangan itu merupakan debut Ole Gunnar Solskjaer sebagai manajer MU. Pria asal Norwegia itu dipilih sebagai pengganti sementara Jose Mourinho yang dipecat Selasa pekan lalu.

Solskjaer ditunjuk menggantikan Mourinho hingga akhir musim ini. Rumornya, MU ingin menggaet Mauricio Pochettino dari Tottenham Hotspur sebagai manajer permanen.

Keseruan Rojo dan Sergio Romero

 
 
 
View this post on Instagram

Sergio Romero and @MarcosRojo: making #MUFCxmas decorating look easy! 🎄😎 👍 or 👎?

A post shared by Manchester United (@manchesterunited) on

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Istri Ifan Seventeen Ditemukan Meninggal Dunia

Posted: 24 Dec 2018 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Setelah dua hari tidak jelas kabar beritanya, istri Ifan Seventeen, Dylan Sahara, akhirnya ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Natal 2018, Keluarga Kardashian Foto Bersama dengan Busana Serba Putih

Posted: 24 Dec 2018 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta – Natal jadi momen istimewa bagi umat Kristiani di dunia, termasuk keluarga Kardashian. Untuk Natal 2018, mereka membuat kartu Natal keluarga dengan saudara perempuan Kim Kardashian, Kourtney Kardashian, Khloe Kardashian, dan Kylie Jenner. Mereka berpose bersama dengan anak-anak mereka dalam foto yang menggemaskan.

Dilansir dari popculture.com, Selasa (25/12/2018), dalam foto itu, mereka dan anak-anak berpakaian putih. Khloe Kardashian juga memakai mahkota emas sambil menggendong sang buah hati, True, di pangkuannya.

Jenner menggendong putrinya, Stormi, sementara Kim berpelukan dengan anak-anaknya, North, Saint, dan Chicago. Kourtney berfoto bersama putrinya, Penelope, dan putranya Reign, sementara Mason duduk di ujung sofa.

Turut hadir adalah putri Rob Kardashian yang berusia 2 tahun, Dream, yang dapat dilihat dengan senang hati berpegangan dengan Mason di sebelah Khloé. Mereka membagikan kartu itu di media sosial pada Senin, 24 Desember 2018. Kim menjelaskan bahwa kartu Natal tersebut dibagikan lebih awal dari biasanya.

"Tahun ini kami menunggu sampai menit terakhir untuk membuat kartu ini. Kami mengubah jadwal. Suamiku ada di dalam dan luar kota. Tapi, kartu yang dibuat di saat-saat terakhir ini membuat kami sadar bahwa kami semua bersama sehingga kami bisa bertemu anak-anak kami," tulis Kim di akun Twitter-nya.

Kim menjelaskan, Kendall Jenner dan ibundanya baru datang usai pemotretan tersebut. Jadi, foto tersebut diambil tanpa sosok model Victoria's Secret tersebut. "Sejauh ini, ini adalah foto yang paling saya suka selama Natal," tulis Khloe di akun Instagram-nya. "Aku memiliki semua yang aku inginkan," tambahnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rambah Dunia Perbankan, Telkomsel Luncurkan Aplikasi Mobile Banking

Posted: 24 Dec 2018 08:00 PM PST

Liputan6.com, Surabaya - Telkomsel meluncurkan layanan terbaru Digital Banking, yaitu aplikasi mBanking Telkomsel. Aplikasi ini adalah aplikasi Mobile Banking Telkomsel yang memberikan kemudahan kepada pelanggan untuk dapat mengakses rekening Bank yang dimiliki melalui ponsel.

Aplikasi ini dapat diunduh melalui smartphone sistem Android. Untuk dapat menggunakan aplikasi ini, pelanggan diharapkan sudah memiliki layanan SMS Banking.

Bagi pelanggan yang belum aktif layanan SMS Banking, pelanggan dapat mendaftarkan nomor telepon Telkomsel di kantor cabang Bank terdekat.

"Melalui peluncuran aplikasi mBanking Telkomsel ini, kami terus mendorong terciptanya masyarakat digital Indonesia dengan menghadirkan terobosan baru untuk membangun Indonesia Digital," ujar General Manager Digital Product Area Expansion Jawa Bali Telkomsel Heribertus Budi Ariyanto di Surabaya.

"Layanan Mobile Banking kami terus berkembang dan telah membantu banyak lembaga keuangan di lebih dari 80 institusi baik nasional maupun lokal," kata Heribertus.

"Komitmen kami, layanan mobile banking ini akan memberikan masyarakat Indonesia akses yang lebih luas terhadap transaksi keuangan, serta membantu pemerintah mewujudkan less-cash society," tambahnya.

Aplikasi mBanking Telkomsel memiliki beberapa fitur menarik, antara lain: transaksi perbankan, transaksi merchant, promo program, sinkronasi data, dan pencari ATM terdekat. Transaksi perbankan menjadi mudah dengan mBanking Telkomsel, pelanggan cukup memilih menu yang ada pada aplikasi, kemudian akan di arahkan untuk bertransaksi.

Aplikasi mBanking Telkomsel juga memfasilitasi pelanggan dalam melakukan transaksi pembayaran dan pembelian produk-produk pada merchant yang sudah bekerja sama dengan Bank seperti pembelian pulsa, pembayaran listrik, dan sebagainya.

 

Informasi Terbaru Promo Menarik

Peluncuran aplikasi mBanking Telkomsel. Liputan6.com/Dian Kurniawan

Selain itu, pelanggan akan selalu mendapatkan informasi terbaru mengenai promo-promo menarik dari merchant, bank, dan Telkomsel sekaligus memfasilitasi pengiklan untuk dapat beriklan pada aplikasi ini dengan target pelanggan Banking.

Fitur sinkronisasi memfasilitasi pelanggan untuk dapat mencadangkan dan memulihkan data (back up data) yang pelanggan miliki di dalam aplikasi ini ke server Telkomsel sehingga akan memudahkan pelanggan bila pelanggan memiliki data favorit dan kemudian berganti ponsel.

Dengan menggunakan aplikasi ini, aktivitas penarikan tunai juga dipermudah dengan adanya fitur pencarian ATM terdekat yang terintegrasi dengan GPS smartphone.

Dalam tahap awal ini, jumlah bank yang sudah terintegrasi dalam aplikasi mBanking lebih dari 23 bank, dan bagi pelanggan Telkomsel yang mengunduh dan melakukan transaksi akan langsung mendapatkan paket data Telkomsel sebesar 2GB untuk 100.000 orang pertama.

Seluruh pelanggan KartuHalo, simPATI, Kartu As, dan LOOP berkesempatan mendapatkan hadiah langsung ini selama periode 12 Desember 2018 sampai 31 Januari 2019.

"Saat ini pelanggan Mobile Banking Telkomsel sekitar 10 juta, dan untuk aplikasi mBanking Telkomsel dalam tahun pertama kami targetkan diunduh oleh sekitar 20 persen pengguna aktif mBanking yang menggunakan smartphone," ucapnya.

"Harapan kami, akan lebih banyak lagi masyarakat di seluruh pelosok tanah air dapat memanfaatkan transaksi keuangan lebih nyaman, aman dan mudah dengan aplikasi mBanking Telkomsel," pungkas Heribertus.

(Dian Kurniawan/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ditinggal 3 Anggotanya, Ifan Seventeen Bubarkan Bandnya?

Posted: 24 Dec 2018 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Ifan Seventeen, Sabtu (22/12/2018) adalah hari yang sanggup mengubah hidupnya dalam sekejap. Ia telah ditinggal untuk selamanya oleh Bani Seventeen, Herman Seventeen, juga Andi Seventeen.

Kepergian tiga sahabatnya, menjadikan Ifan Seventeen sebagai satu-satunya anggota yang tersisa dalam band asal Yogyakarta tersebut. Nampaknya ini merupakan salah satu kenyataan pahit yang harus diterima Ifan sepanjang hidupnya.

Melalui akun Instagramya, Ifan Seventeen menyampaikan rasa terima kasih yang begitu besar kepada semua pihak yang telah berperan dalam karier Seventeen selama 20 tahun terakhir.

"Teman-teman musisi Indonesia, kawan seventeen Indonesia, para sahabat, event organizer, client product, music label, management dan semua pihak yang pernah bekerja sama dengan @seventeenbandid," tulis Ifan.

"Mewakili mas Andi, mas Herman dan mas Bani, kalau selama 20 tahun kurang 20 hari kami berkarya ada salah tutur kata maupun perbuatan yang kurang berkenan, aku memohon maaf yang sedalam-dalamnya," sambungnya.

Pamit

[Foto: Instagram Ifan Seventeen]

Selain meminta doa untuk ketiga sahabatnya yang telah meninggal dunia, Ifan Seventeen juga menuliskan salam perpisahan.

"Semoga mereka husnul khotimah dan ditempatkan disisi Allah yang paling mulia. Pamit terimakasih dari kami-Sahabat sepanggung sehidup semati, Seventeen-" ia mengakhiri pernyataan.

Kepergian

Bani Seventeen, salah satu korban bencana tsunami Anyer.. (dok.Instagram @baniseventeen/https://www.instagram.com/p/BfTXTadDN6J/Henry

Fotonya sendiri memperlihatkan empat personel Seventeen dalam balutan busana serba hitam. Mereka berdiri berangkulan.

Sementara itu, jasad Bani Seventeen, Herman Seventeen, lebih dulu ditemukan pada Minggu (23/12/2018) dan telah dikebumikan. Sementara Andi Seventeen ditemukan pada Senin (24/12/2018) sore, dan telah dibawa ke Rumah Sakit, Sudrajat Serang, Banten.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ternyata Sering-Sering Gosip Ada Manfaatnya

Posted: 24 Dec 2018 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Berkumpul tanpa melakukan gosip mungkin akan terasa hambar bagi sebagian orang. Rasa-rasanya kayak ada yang kurang jika saat berkumpul, tidak membicarakan seseorang yang dikenal maupun bergunjing tentang kehidupan selebritis.

Ada yang berpendapat bahwa bergosip bukan sesuatu yang mesti dilakukan. Buang-buang energi positif, katanya. Lagipula perbuatan itu tidak baik bagi tubuh kita.

Namun, riset terbaru membuktikan bahwa gosip berdampak baik untuk kita. Seperti dikutip dari situs Today dot com, penelitian baru dari Personality and Psychology Bulletin, mengatakan, gosip dapat membantu kita belakar tentang diri sendiri, mengukur kebaikan orang sekitar, dan seberapa baik diri kita di lingkungan masyarakat.

Seorang peneliti di departemen manajemen sumber daya manusia dan perilaku organisasi di University of Groningen, Belanda, Elena Martinescu, mengatakan,"Gosip memberikan cara yang bagus kepada orang-orang untuk belajar tentang lingkungan sosial mereka dari pengalaman orang lain."

 

Melakukan Sejumlah Percobaan

Ilustrasi nyinyir dan gosip (iStockphoto)

Elena dan rekan-rekannya telah melakukan beberapa percobaan guna menengok bagaimana seseorang bereaksi terhadap gosip. Sebanyak 183 orang mahasiswa diminta untuk mendeskripsikan secara singkat mengenai tugas kelompok sebelumnya, dan satu anggota berbagi evaluasi--positif atau negatif--dari para anggota lain, yang ditunjuk sebagai X.

Tanggapan menunjukkan bahwa orang memang menggunakan gosip sebagai cara penyesuaian perilaku mereka. Gosip yang positif mendorong orang untuk memperbaiki diri.

Sedangkan dari gosip negatif kasusnya lebih rumit. Beberapa melihatnya sebagai dorongan untuk ego mereka sendiri, sementara yang lain menganggapnya sebagai peringatan.

"Orang yang berpartisipasi saat menggosip dapat menyimpulkan hal-hal tentang diri mereka sendiri dan mengevaluasi diri tanpa harus menguji semuanya secara langsung. Untuk penerima, gosip dapat menjadi semacam simulator realitas: Perhatikan apa yang terjadi pada orang lain di lingkungan Anda dan Anda dapat memahami diri Anda dengan lebih baik dan membentuk harapan yang lebih akurat untuk masa depan, " kata Elena menambahkan.

Penulis : Annisa Rizky (Magang)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jababeka Butuh Rp 150 Miliar untuk Pulihkan Tanjung Lesung

Posted: 24 Dec 2018 07:58 PM PST

Liputan6.com, Jakarta PT Jababeka Tbk selaku pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung membutuhan Rp 150 miliar untuk membangun kembali kawasan tersebut, usai kena terjangan tsunami yang melanda kawasan pesisir Banten dan Lampung pada Sabtu, 22 Desember 2018.

Sebagai informasi, Jababeka memiliki anak usaha PT Banten West Java Tourism Development (BWJ) yang mengembangkan kawasan destinasi pariwisata bertaraf internasional di Tanjung Lesung, Kabupaten Pandeglang, Banten.

CEO PT Jababeka Tbk, Setyono Djuandi Darmono, memperkirakan, ada sekitar 30 persen bangunan milik BWJ yang rusak akibat sapuan tsunami.

"Yang dikelola PT Banten West Java itu gedungnya kurang lebih 30 persen rusak, yang 70 persen tinggal dibersihkan tinggal diperbaiki lagi. Tapi itu juga baru pandangan mata, belum dihitung secara detail," jelasnya di Menara Batavia, Jakarta, Senin (24/12/2018).

Secara kerugian, ia memprediksi butuh sekitar Rp 150 miliar untuk membangun kembali 30 persen gedung-gedung yang rusak tersebut.

"Kalau perlu dibangun kembali, gedung-gedung itu perlu barangkali kurang lebih Rp 150 miliar," ucap dia.

Lebih lanjut, Darmono menyampaikan, pihaknya tertolong berkat adanya asuransi pada setiap gedung yang dikelola oleh anak usaha.

"Semua gedung diansurasikan. Kerugian bisa di-cover dari asuransi. Full cover asuransi kita perkirakan, yang kita bisa claim itu cukup untuk bisa membangun kembali," ujar dia.

 

 

 

 

Tsunami Selat Sunda Tak Surutkan Okupansi Hotel di Banten

Pantai Tanjung Lesung, Banten. (dok. Instagram @one_transport_travel_bandung/https://www.instagram.com/p/BrPA4t_FdbE/Asnida Riani)

Bencana tsunami yang menerjang kawasan Pantai Selatan Banten seperti di Carita dan Tanjung Lesung pada 23 Desember 2018, tampaknya tak terlalu menurunkan tingkat keterisian kamar atau okupansi hotel di provinsi tersebut.

Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Banten menyatakan, tingkat okupansi hotel di wilayah pesisir Banten seperti Anyer jelang Tahun Baru 2019 nanti telah mencapai 80-100 persen.

"Sudah ada antara 80-90 persen okupansi hotel untuk libur Tahun Baru nanti. Bahkan ada yang sudah 100 persen," ungkap Ketua Harian PHRI Provinsi Banten, Ashok Kumar, saat ditanyai Liputan6.com, Selasa (25/12/2018).

Dia melanjutkan, tingkat okupansi kamar hotel yang terhitung tinggi tersebut tersebar di berbagai lokasi wisata pinggiran pantai Banten, tak hanya di satu titik saja.

Ashok juga mengatakan, musibah tsunami Selat Sunda pada Sabtu kemarin yang memporak-porandakan sebagian wilayah Banten dan Lampung tidak banyak membuat terjadinya pembatalan pemesanan kamar hotel.

"Memang ada beberapa yang cancel booking, tapi tidak terlalu banyak. Mungkin masih dibawah 10 persen," aku dia.

"Soalnya yang terkena musibah itu kan tidak seluruh wilayah pantai di Banten. Seperti hotel-hotel di kawasan Anyer kan sama sekali tidak terimbas tsunami," tegas dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Napoli Perlu Kerja Lebih Keras untuk Kejar Juventus

Posted: 24 Dec 2018 07:55 PM PST

Liputan6.com, Naples - Selama dua tahun terakhir, Napoli kerap membuat Juventus kerepotan dalam perebutan gelar juara Serie A. Jika publik menganggap Napoli sudah begitu dekat dengan Bianconeri, Carlo Ancelotti, selaku pelatih tidak merasa demikian.

Il Partenopei selalu finis di peringkat tiga besar dalam kurun waktu tiga musim terakhir. Kala itu, mereka masih diasuh oleh pelatih yang kini sedang melanjutkan karirnya di tanah Inggris bersama Chelsea, Maurizio Sarri.

Sebagai penggantinya, manajemen Napoli menunjuk sosok yang tidak kalah berpengalaman, yakni Carlo Ancelotti. Punya segudang pengalaman bersama AC Milan membuat harapan tinggi disematkan kepada pelatih berumur 59 tahun itu.

Banyak yang beranggapan bahwa penunjukkan Ancelotti sebagai pelatih adalah sebuah peningkatan besar untuk Napoli. Harapan melihat Napoli bisa melangkahi Juventus pun semakin meninggi.

Namun, Ancelotti sendiri pesimistis Napoli bisa melakukan itu dalam waktu dekat. Baginya, proses untuk mencapai apa yang diinginkan publik masih terlalu panjang dan harus dilewati secara bertahap.

"Bila Anda ingin menjadi [Lionel] Messi, maka jalan Anda dipengaruhi oleh genetik. Tetapi Anda bisa berlatih setiap hari untuk menjadi lebih baik," ujar Ancelotti kepada Corriere della Sera.

Harus Komitmen

Carlo Ancelotti ingin Napoli menyamai level Juventus. (AFP/Andrej Isakovic)

"Sama halnya dengan skuat ini. Bila kami harus berkomitmen untuk mengalahkan Juve, itu adalah target yang masih sangat jauh. Saya di sini untuk menang. Targetnya adalah membuat tim berjuyang hingga akhir musim," lanjutnya.

Lama menukangi Milan membuat Ancelotti memiliki ikatan emosional yang tinggi dengan klub tersebut. Bahkan sebelum ke Napoli, ia mengaku pernah didekati Rossoneri sebanyak dua kali.

"Saat saya meninggalkan Real Madrid, [Adriano] Galliani datang berburu. Namun saya masih harus menjalani pemulihan dari masalah punggung," kenang Ancelotti.

Tinggalkan Bayern

"Lalu di waktu lainnya dengan [Marco Fassone], ada setengah pendekatan setelah saya meninggalkan Bayern Munchen," tuturnya.

Sebagai informasi, Ancelotti menukangi Rossoneri selama delapan musim, mulai tahun 2001 hingga 2009. Dalam kurun waktu segitu, ia berhasil mempersembakan total delapan gelar, dua di antaranya datang dari Liga Champions.

Sumber: Bola.net

Saksikan video menarik di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polda Metro Kirim Polwan ke Banten untuk Membantu Korban Tsunami

Posted: 24 Dec 2018 07:52 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Istri Wakil Kepala Kepolisian Polda Metro Jaya (Wakapolda Metro) Kiki Wahyu melepas rombongan relawan Polisi Wanita (Polwan) untuk membantu korban bencana tsunami di Banten. Setidaknya ada 25 Polwan yang ditugaskan untuk melakukan tugas kemanusiaan di lokasi terdampak bencana itu.

"Kami ikut berpastisipasi untuk bencana di Banten jadi kita mengirimkan Polwan," kata Kiki di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Selasa (25/12/2018).

Para relawan, lanjut Kiki juga membawa bantuan logistik seperti makanan, pakaian dan popok untuk para korban bencana tsunami. Bantuan logistik itu berasal dari para istri pejabat baik menteri dan juga para istri Bhayangkari.

"Sama-sama untuk memberangkatkan bantuan ke Banten semoga bermanfaat untuk korban-korban di sana," ungkapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Satgas Polwan Polda Metro Jaya, Kombes Apri Astini mengatakan Polda Metro membawa bantuan dalam 21 truk. Nantinya bantuan untuk korban tsunami itu akan dipusatkan di kawasan Pandeglang, Banten.

"Sementara kita di Banten dan poskonya dipusatkan di Pandeglang," ujarnya.

Apri menjelaskan, jumlah Polwan yang diturunkan 25 orang dengan tambahan satu orang Kepala Satuan Tugas yang juga akan membantu pelaksanaan tugas di Banten.

"Untuk Satgas Polwan untuk bantuan kemanusiaan Banten untuk hari ini 26 orang 25 anggota dan satu tim atau kepala satuan tugasnya," ucap Apri.

Korban Jiwa

Data jumlah korban tsunami Selat Sunda terus bertambah. Per pukul 17.00 WIB, Senin (24/12/2018), jumlah korban jiwa mencapai 373 orang.

"1.459 orang luka-luka, 128 orang hilang, dan 5.665 orang mengungsi," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, dalam keterangan tertulis.

Penambahan itu, menurut dia, tak lepas dari proses pencarian yang gencar dilakukan tim SAR. Beberapa daerah yang sebelumnya sulit dijangkau kini mulai bisa diakses.

"Hal ini menyebabkan korban terus ditemukan oleh petugas tim SAR gabungan," papar Sutopo.

Jumlah korban dan daerah yang terdampak tsunami paling parah kerusakannya adalah daerah pesisir di Kabupaten Pandenglang. Daerah ini merupakan kawasan wisata pantai dengan fasilitas hotel dan vila yang banyak berderet di sepanjang pantai.

"Apalagi saat kejadian tsunami saat libur panjang sehingga banyak wisatawan menginap di hotel dan penginapan," imbuh Sutopo.

Sementara, kerugian fisik akibat tsunami meliputi 681 unit rumah rusak, 69 unit hotel dan villa rusak, 420 unit perahu dan kapal rusak, 60 unit warung dan toko rusak, dan puluhan kendaraan rusak.

 

Reporter: Sania Mashabi

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Jokowi Tinjau Korban Tsunami Banten

Posted: 24 Dec 2018 07:47 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo meninjau lokasi korban bencana gelombang tsunami di Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, Senin, 24 Desember 2018.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemain Senior MU di Balik Pemecatan Mourinho

Posted: 24 Dec 2018 07:45 PM PST

Liputan6.com, Manchester - Manchester United (MU) memutuskan memecat Jose Mourinho, Selasa (18/12/2018) lalu. Keputusan tersebut diambil dua hari setelah Setan Merah (julukan MU) kalah 1-3 dari Liverpool pada pekan ke-17 Liga Inggris.

Akibat kekalahan itu, MU semakin tertinggal dari Liverpool yang memuncaki klasemen sementara. Berada di peringkat keenam, MU baru mengumpulkan 29 poin, 19 angka tertinggal dari Liverpool

Taktik, gaya bermain, serta hubungan dengan pemain maupun staf klub dipahami sebagia alasan utama pemecatan Mourinho. Namun, The Times dalam laporannya mengklaim pemain kunci MU berada di balik ditendangnya pria Portugal tersebut.

The Times menyebut pemain senior itu menelepon Chief Executive MU Ed Woodward. Dia meminta agar Mourinho dipecat usai Setan Merah kalah dari Liverpool

Keluarga Glazier

Jose Mourinho dipecat manajemen Manchester United (MU) usai kekalahan 1-3 dari Liverpool pada pekan ke-17 Liga Inggris. (AFP/Oli Scarff)

Setelah menerima telepon dari pemain tersebut, Woodward kemudian menelepon pemilik MU Malcolm Glazer yang bermukim di Amerika Serikat. Dalam percakapan yang berlangsung tengah malam itu, akhirnya diambik keputusan Mourinho dipecat.

Namun, The Times tidak menyebutkan nama pemain senior MU yang dimaksud. Tapi dalam laporannya, pemain tersebut kerap dipercaya Mourinho di skuat utama.

Laporan The Times juga mengklaim beberapa pemain MU merayakan pemecatan Mourinho. Mereka adalah pemain yang berselisih dengan pria Portugal itu.

Ole Gunnar Solskjaer

Setelah memecat Mourinho, MU kemudian menunjuk Ole Gunnar Solskjaer sebagai penggantinya. Pria asal Norwegia tersebut bertugas sebagai caretaker manajer hingga akhir musim.

Dalam debutnya, Solskjaer sukses membawa MU meraih kemenangan atas Cardiff City. Paul Pogba dan kawan-kawan menang telak dengan skor 5-1.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Permalukan Chelsea, Leicester Sekarang Bidik Manchester City

Posted: 24 Dec 2018 07:35 PM PST

Liputan6.com, Leicester - Di Premier League akhir pekan kemarin, Leicester City secara mengejutkan menang 1-0 atas tuan rumah Chelsea lewat gol tunggal Jamie Vardy. Sekarang, The Foxes mengincar kemenangan atas Manchester City.

Leicester akan menjamu Manchester City di Boxing Day tengah pekan nanti. Ini akan jadi ajang balas dendam Leicester. 

Baru-baru ini, Leicester sudah berhadapan dengan City di perempat final Carabao Cup. Laga di King Power Stadium itu berkesudahan imbang 1-1, dan Leicester tersingkir lewat adu penalti.

Bertemu lagi dengan Manchester City, tapi di liga, sang manajer Claude Puel mengharapkan hasil yang lebih baik. Terlebih lagi, Leicester sedang percaya diri usai menumbangkan Chelsea.

"Laga terakhir kami melawan City ada sisi baiknya dalam hal mentalitas, permainan dan peluang," kata Puel, seperti dikutip Football Paradise.

Kalah Beruntung

Pelatih Leicester City, Claude Puel (kiri) berbicara kepada Jamie Vardy. (AFP/Ian Kington)

"Kami kalah beruntung di adu penalti. Kami kurang bagus dalam hal ini. Namun performa di atas lapangan memuaskan."

"Kami akan coba menampilkan permainan kami. Semoga kami punya kemampuan untuk mengulangi itu tiga hari setelah pertandingan berat melawan tim yang juga bagus."

Tantangan Fantastis

"Ini akan menjadi tantangan fantastis lainnya, dan kami perlu menciptakan kejutan lagi."

Sumber: Bola.net

Saksikan video menarik di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Hal yang Membedakan Lionel Messi dari Cristiano Ronaldo

Posted: 24 Dec 2018 07:30 PM PST

Liputan6.com, Barcelona - Setelah 10 tahun berkuasa, era Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo telah digulingkan oleh Luka Modric. Tahun ini, gelandang Real Madrid itu terpilih sebagai pemenang Ballon d'Or.

Sebelumnya, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo merupakan pemenangan Ballon d'Or dalam satu dekade terakhir. Keduanya sama-sama lima kali memenangkan penghargaan bergengsi tersebut.

Meski tahun ini dominasi mereka dihentikan Modric, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo masih dianggap yang terbaik dalam sejarah sepak bola. Namun, ada beberapa hal yang membedakan keduanya.

Berikut 4 hal yang membedakan Lionel Messi dari Cristiano Ronaldo seperti dikutip dari Sokka:

4. Satu Mengagumkan, Yang Lain Menginspirasi

Megabintang Barcelona Lionel Messi. (LLUIS GENE/AFP)

Cristiano Ronaldo bukan hanya pesepak bola. Dengan brand CR7, bintang asal Portugal itu telah menjadi pengusaha dalam hal gaya hidup di luar lapangan. Di lapangan, Ronaldo adalah definisi sejati dari pekerja keras.

Di sisi lain, Lionel Messi adalah pesepak bola unik yang akan selalu tampil dengan solusi di depan lawan. Pemain Argentina ini memiliki dribel hebat dengan kaki kirinya. Keahliannya yang memikat telah menobatkannya sebagai Raja La Liga Spanyol.

3. Seorang Penyihir Vs Mesin

Penyerang Barcelona Lionel Messi. (AFP/Glyn Kirk)

Sejak membuat debut seniornya di Barcelona, media tidak pernah berhenti menjadikan Lionel Messi sebagai berita utama. Itu karena cara-cara mustahil Messi dalam mengendalikan bola. Ia kerap melakukan nutmeg atau teknik menggiring bola melewati kolong kaki lawan dan assist yang tidak bisa dipercaya. Karena itu, para penggemar menyebut sebagai pesulap sepak bola.

Dalam urusan mencetak gol, sulit menemukan seseorang yang akan bersinar di depan gawang selain Cristiano Ronaldo. Di Liga Inggris, Ronaldo memenangkan sepatu emas.

Pindah ke Liga Spanyol, Ronaldo juga kembali menunjukkan keahliannya dalam urusan mencetak gol. Begitu juga saat pindah ke Juventus pada musim ini. Ronaldo telah membuktikan dirinya adalah mesin gol.

2. Bakat Alami Vs Pekerja Keras

Lionel Messi. (AFP/Ian Kington)

Lionel Messi memang dilahirkan sebagai pesepak bola. Mantan pemandu Barcelona Josep Maria Minguella membawa Messi ke Catalunya saat baru berusia 13 tahun.

"Ketika dia masih kecil, Messi menonjol sebagai pemain yang sangat terampil. Dia tidak memiliki banyak kekuatan fisik, tetapi dia punya kemampuan yang hebat. Itu sebabnya dia harus dianggap sebagai bakat alami.

Sementara Cristiano Ronaldo memiliki etos kerja. Ia bekerja sangat keras agar tetap fit untuk setiap pertandingan. Dari sprint latihan khusus, angkat beban, hingga ketahanan merupakan hal-hal yang dilakukan Ronaldo untuk meningkatkan fisik serta mentalnya. Kerja keras adalah kunci keberhasilannya.

1. Pemburu Kemenangan

Striker Barcelona, Lionel Messi, berpose di depan trofi Sepatu Emas Eropa di Antiga Fabrica Estrella Damm, Barcelona, Selasa, (18/12/2018). Messi berhak atas penghargaan itu berkat koleksi 34 gol dari 36 pertandingan. (AFP/Lluis Gene)

Persaingan antara Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo telah berlangsung selama 10 tahun terakhir. Persaingan tersebut telah membuat dua megabintang sepak bola ini memenangkan banyak trofi.

Musim lalu, Ronaldo memenangkan trofi Liga Champions kelimanya. Sementara Messi baru saja menerima sepatu emas kelimanya.

Messi dan Ronaldo adalah satu-satunya pemain yang pernah memenangkan 5 Ballon d'Or dalam sejarah permainan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dampingi Jenazah Istri, Ifan Seventeen: Kita Pulang Ya Sayang...

Posted: 24 Dec 2018 07:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Jasad istri Ifan Seventeen, Dylan Sahara, akhirnya ditemukan setelah dua hari hilang diterjang tsunami. Dylan Sahara ditemukan di RSUD Pandeglang, Banten, Senin (24/12/2018) malam dalam keadaan meninggal.

Kabar meninggalnya Dylan Sahara disampaikan oleh Ifan Seventeen melalui akun Instagram miliknya. Ia berterima kasih kepada semua pihak yang ikut mendoakan selama proses pencarian.

"Alhamdulillah udah ketemu istriku @dylan_sahara Makasih ya temen-temen doanya, cuma Allah yang bisa bales kebaikan temen-temen," tulisnya, Senin (24/12/2018).

Setelah ditemukan, jasad Dylan Sahara langsung diterbangkan ke Ponorogo, Jawa Timur pada Selasa (25/12/2018) dini hari untuk dimakamkan. Ifan Seventeen pun dengan setia mendampingi sang istri menuju tempat peristirahatannya yang terakhir.

 

Baju Couple

[Foto: Instagram Ifan Seventeen]

"Kamu paling suka kalau kita pakai baju warnanya couplean. Ini aku pakai baju putih biar seragam sama kamu. Kita pulang ya sayang ya @dylan_sahara," tulis Ifan Seventeen di Instagram Stories.

Bersama dengan kalimat tersebut, vokalis berusia 35 tahun ini menyertakan video dirinya yang sedang mendampingi jasad istri di dalam ambulance.

Duka Cita

(Instagram/ifanseventeen)

Warganet pun menyampaikan belasungkawa atas kepergian Dylan Sahara. "Innalillahi waa innailahi rojiun , semoga arwahnya khusul khotimah aamiin yaa roob @ifanseventeen," tulis pengguna akun @mhmmdiqball17.

"Semoga Allah memberikan tempat terindah disisinya aminn yaAllah😇Alfatihahhhhhhh," ungkap pemilik akun @sulaiiiii_.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BMKG Prediksi Pandeglang Diguyur Hujan Lebat, Tim SAR Diminta Waspada

Posted: 24 Dec 2018 07:22 PM PST

Liputan6.com, Pandeglang - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan, wilayah Pandeglang, Banten dalam dua hari ke depan diguyur hujan lebat dan ringan, sehingga tim evakuasi diminta waspada menghadapi cuaca buruk itu.

Kepala Seksi Data BMKG Serang, Tardjono saat dihubungi di Posko Utama Bencana Tsunami di Labuan mengatakan, prakiraan cuaca di wilayah Pandeglang selama dua hari (25 dan 26 Desember 2018) diguyur hujan lebat dan ringan. Beberapa kecamatan disertai petir dan tiupan angin kencang.

"Tiupan angin bergerak dari barat daya hingga barat dengan kecepatan 20 km per jam," kata Tardjono, Selasa (25/12/2018).

Sementara, ketinggian gelombang perairan Selat Sunda bagian selatan berkisar 0,75 meter sampai 1,25 meter dan selatan Banten antara 0,75 meter sampai 2,5 meter dan gelombang bergerak dari barat daya hingga barat.

"Kami minta tim evakuasi agar waspada jika melakukan pencarian korban tsunami di perairan selatan Banten itu," tambahnya seperti dikutip Antara.

Menurut dia, kewaspadaan saat cuaca buruk tersebut tentu menjadikan perhatian bagi tim evakuasi maupun nelayan agar tidak menimbulkan kecelakaan laut.

Selain itu, dari pantauan radar BMKG hingga kini Gunung Anak Krakatau masih aktif mengeluarkan erupsi dan semburan abu vulkanik.

"Bahkan, semburan abu vulkanik hingga ketinggian 10 kilometer dari permukaan laut dengan sebaran darat daya hingga barat," pungkas Tardjono.

 

Pembelian Alat Baru

Sementara itu, Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menyambut baik keinginan Presiden Jokowi mengganti semua alat peringatan dini bencana alam seperti tsunami dan gempa.

"Kami sangat bersyukur, Alhamdulillah. Akhirnya sudah direspons presiden. Dan beliau telah menugaskan kementerian terkait untuk menindaklanjuti," ucap Kepala BMKG Dwikorita Karnawati di Jakarta, Senin (24/12/2018).

Dwikorita menegaskan, selama ini pihaknya terus mengecek secara berkala kondisi alat peringatan dini bencana di tiap daerah. Dia menyebut alat atau sistem peringatan dini dicek secara berkala setiap satu bulan.

Menurut dia, selain peringatan dini tsunami dan gempa, sejumlah alat yang perlu diperbarui yaitu sistem monitoring cuaca.

"Alat sensor deteksi, baik gempa dan tsunami, monitoring cuaca, baik cuaca penerbangan ataupun cuaca maritim. Ada seismometer, ada radar tsunami. Dalam rapat koordinasi, kami juga mengusulkan penambahan kabel laut, sensor gempa dan tsunami dasar laut," kata mantan Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) itu.

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: