Rabu, 12 Desember 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Kapolda Jawa Barat Sidak Pangan di Pasar Kosambi Bandung

Posted: 12 Dec 2018 09:41 PM PST

Liputan6.com, Bandung - Satgas Pangan Polda Jawa Barat melakukan inspeksi mendadak di Pasar Kosambi Kota Bandung dalam rangka menjaga kestabilan harga dan ketersediaan bahan pokok menjelang hari Raya Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

Sidak yang dilakukan pagi ini, Kamis (13/12/2018), dipimpin langsung oleh Kapolda Jabar Irjen Agung Budi Maryoto yang didampingi Pangdam III Siliwangi, serta Kepala Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan, Bulog, dan BPS Jawa Barat.

Informasi yang diperoleh Liputan6.com, dari pantauan sidak harga kebutuhan pokok stabil. Begitupun dengan ketersediaan stoknya. Tidak terjadi kelangkaan pasokan kebutuhan pokok di pasaran.

Selain melakukan pengecekan harga kebutuhan pokok Satgas Pangan Polda Jabar juga melakukan tester terhadap beberapa bahan makanan, baso, beras, dan daging sapi.

Cek Harga

Aktivitas perdagangan di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta, Jumat (20/4). Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengklaim harga pangan terkendali. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Berikut sejumlah harga pangan dan kebutuhan pokok dari hasil pantauan sidak yang dilakukan Kapolda Jawa Barat dan sejumlah instansi terkait:

  • Beras medium IR 64 Rp 10.000,-/kg
  • Beras premium IR 42 Rp 12.000,-/kg
  • Gula Pasir Rp 12.000,-/kg
  • Minyak goreng kemasan Rp 14.000,-/kg
  • Minyak goreng curah Rp 10.000,-/kg
  • Daging sapi murni Rp 120.000,-/kg
  • Daging ayam broiler Rp 36.000,-/kg
  • Daging ayam Kampung Rp 80.000,-/ Kg
  • Telur ayam broiler Rp 26.000,-/kg
  • Telur ayam kampung Rp 2.500,-/butir
  • Jagung pipilan Rp 10.000,-/kg
  • Garam Rp 2.000,-/bata
  • Kedelai lokal Rp 10.000,-/kg
  • Cabe merah keriting Rp 35.000,-/kg
  • Cabe merah biasa Rp 35.000,-/kg
  • Cabe rawit hijau Rp 35.000,-/kg
  • Cabe rawit merah Rp 40.000,-/kg
  • Bawang merah Rp 45.000,-/bks
  • Bawang putih kating Rp 25.000,-/sat
  • Ikan Asin teri no. 2 Rp 70.000,-/sat
  • Ikan kembung Rp 40.000,-/sat
  • Kacang hijau Rp 20.000,-/sat
  • Kacang tanah Rp 25.000,-/kg
  • Ketela pohon Rp 5.000,-/kg
  • Kentang Rp 14.000,-/kg

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kekhawatiran Perang Dagang Mereda, Rupiah Kembali Menguat

Posted: 12 Dec 2018 09:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah bergerak menguat pada perdagangan Kamis ini. mata uang rupiah mampu bertahan di area penguatan terhadap dolar AS menyusul berkurangnya kekhawatiran perang dagang.

Mengutip Bloomberg, Kamis (13/12/2018), rupiah dibuka di angka 14.542 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.597 per dolar AS. Menjelang siang, rupiah terus menguat ke 14.492 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.492 per dolar AS hingga 14.555 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah melemah 6,92 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.536 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan patokan sehari sebelumnya yang ada di angka 14.577 per dolar AS.

Analis CSA Research Institute Reza Priyambada mengatakan, mata uang rupiah mampu bertahan di area penguatan terhadap dolar AS menyusul berkurangnya kekhawatiran perang dagang.

"Pasar merespons positif pemangkasan tarif impor oleh Tiongkok atas kendaraan dari AS," katanya dikutip dari Antara.

Kendati demikian, menurut dia, penurunan dolar AS itu relatif terbatas menyusul munculnya reaksi negatif atas sikap Presiden AS Donald Trump yang akan menuntut China atas tuduhan peretasan dan kegiatan spionase ekonomi AS.

Selain itu, lanjut dia, pelaku pasar uang juga sedang mengantisipasi pertemuan Federal Reserve (Fed) pada pekan depan mengenai kebijakan suku bunganya pada tahun mendatang.

Dari dalam negeri, Reza Priyambada menilai sentimen mengenai makroekonomi Indonesia relatif kondusif dan stabil sehingga membuat laju rupiah bergerak menguat.

Ekonom Samuel Aset Manajemen Lana Soelistianingsih mengatakan pagi ini mata uang Asia seperti yen Jepang, dolar Hong Kong, dan dolar Singapura, kompak bergerak menguat terhadap dolar AS.

"Itu menjadi sentimen penguatan rupiah hari ini dan dengan tetap dalam penjagaan Bank Indonesia," katanya.

Rupiah Bakal di Posisi 14.900 per Dolar AS pada 2019

Petugas memasukkan lembaran uang rupiah ke dalam mobil di Bank Mandiri, Jakarta, Kamis (21/12). Guna memenuhi kebutuhan uang tunai selama perayaan Natal dan Tahun Baru 2018, BI menyiapkan uang kartal sebanyak Rp 193,9 triliun. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

PT Bank Mandiri Tbk prediksi rata-rata nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) berada di posisi 14.900 pada 2019.

Ekonom PT Bank Mandiri Tbk, Anton Gunawan menuturkan, prediksi nilai tukar rupiah itu berbeda dengan prediksi pemerintah yaitu 15.000 per dolar AS yang tercantum dalam Anggaran dan Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2019.

Proyeksi Bank Mandiri tersebut dilihat berdasarkan perkiraan bank sentral AS atau the Federal Reserve (The Fed) yang akan menaikkan suku bunga acuan sebanyak tiga kali ke level 3 persen hingga 3,5 persen. 

"Dugaan kami rata-rata nilai tukar Rp14.900 per dollar. Bila APBN rata-rata pakai Rp15.000. Tapi dengan catatan (suku bunga acuan) The Fed naiknya tiga kali ya jadi 3 persen sampai 3,5 persen," kata dia, di Plaza Mandiri, Jakarta, Rabu (12/12/2018).

Selain itu, kata Anton, kondisi ekonomi global dan domestik yang mulai membaik juga akan mengurangi tekanan terhadap rupiah. Salah satunya indikator perbaikan adalah harga minyakyang diprediksi turun, lalu cenderung stabil.

"Masalah lain geopolitik, yang paling besar itu terkait kenaikan harga minyak. Di 2018 awal naik tinggi, tapi jelang akhir tahun kecenderungannya turun, sehingga lebih flat hingga tahun depan," tutur dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lantai Rumah Warga di Aceh Terasa Panas, Ada Apa?

Posted: 12 Dec 2018 09:31 PM PST

Liputan6.com, Aceh - Lantai rumah milik seorang warga di Desa Panteraja Pasie, Kecamatan Panteraja, Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, terasa begitu panas jika disentuh. Rasa panas ini diduga terindikasi dari panas bumi.

Permukaan rumah milik Ali Basyah Saad itu mengalami kondisi demikian sejak sebulan terakhir. Dia dan keluarga masih bertahan di rumah, sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pidie Jaya terus memantau perkembangan.

"BPBD Kabupaten Pidie Jaya melakukan pemantauan di lokasi dan berkoordinasi dengan BPBA Provinsi Aceh serta BMKG, PVMBG, ESDM Aceh dan unsur terkait lainnya," ujar Kepala BPBA, Ahmad Dadek kepada Liputan6.com, Kamis (13/12/2018).

Menurut Mahdinur Kepala Dinas ESDM Aceh yang terjadi di rumah Ali Basyah Saad merupakan salah satu fenomena geologi yang umum terjadi. Itu disebabkan adanya gas dangkal atau shallow gas yang terjebak di bawah rumah.

Gas keluar ke permukaan tanah melalui rekahan yang ada. Jika jalur rekahan berada di dalam rumah, gas akan terjebak karena sudah tertutup oleh ubin lantai. Panas tersebut akan hilang jika gas telah habis. Prosesnya dapat dibantu dengan membongkar salah satu ubin.

Kemungkinan lain, menurut Mahdinur, adanya korslet listrik, yang diteruskan ke bawah permukaan melalui kabel grounding. Hal tersebut juga akan menyebabkan panas di lantai.

"Kejadian seperti ini juga perlu dilaporkan kepada pihak PLN untuk melakukan pengecekan instalasi listrik," ungkap Mahdinur kepada Liputan6.com, Kamis (13/12/2018).

Jika dalam waktu satu minggu ke depan panas yang ada di permukaan rumah  tersebut masih belum hilang, Dinas ESDM Aceh akan menurunkan tim ke lokasi melakukan observasi.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fakta Menarik Usai Real Madrid Digilas CSKA Moskow

Posted: 12 Dec 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Madrid - Real Madrid menelan kekalahan memalukan dari tamunya, CSKA Moskow pada pertandingan terakhir fase grup Liga Champions, Kamis (13/12/2018). Bermain di Santiago Bernabeu, pasukan Santiago Solari menyerah dengan skor 0-3 dari CSKA.

Pada pertandingan ini, Solari mayoritas menurunkan pemain muda. Hanya ada nama Thibaut Courtois, Marcelo, Isco, Marco Asensio, dan Karim Benzema yang tercatat sebagai pemain senior.

Gawang Real Madrid masih aman sampai pertengahan babak pertama. Karim Benzema dan kawan-kawan pun masih mendominasi jalannya pertandingan.

Petaka bagi Real Madrid datang pada menit ke-37. Umpan Arnor Sigurdsson dari jarak dekat diteruskan Fedor Chalov dengan tendangan ke pojok kanan gawang Real Madrid yang dijaga Courtois.

Dua menit jelang babak pertama selesai. Gawang Real Madrid kembali bergetar. Kali ini, giliran Georgi Shchennikov yang membuat Courtois memungut bola dari gawangnya sendiri.

Penderitaan Real Madrid dilengkapi oleh Sigurdsson yang mencetak gol ketiga CSKA pada menit ke73. Gelandang asal Islandia ini membobol gawang Courtois lewat tendangan dari dalam kotak penalti.

 

Tetap Lolos

Reaksi gelandang Real Madrid, Isco saat pemain CSKA Moscow mencetak gol kedua pada laga terakhir Grup G Liga Champions di Santiago Bernabeu, Rabu (12/12). Real Madrid takluk dengan skor 0-3 dari CSKA Moscow. (JAVIER SORIANO / AFP)

Kendati kalah, Real Madrid boleh sedikit bernafas lega. Pasalnya, hasil ini tidak memengaruhi perjalanan mereka di Liga Champios.

Los Galacticos tetap lolos ke Babak 16 Besar sebagai pemuncak Grup G dengan 12 poin. Pasalnya, AS Roma yang jadi pesaing terdekat Real Madrid, juga kalah 1-2 dari Viktoria Plzen.

Pertandingan Real Madrid Vs CSKA Moskow menciptakan beberapa fakta menarik. Berikut di antaranya seperti dikutip dari Opta.

Fakta Menarik Real Madrid Vs CSKA

1. Kekalahan 0-3 atas CSKA menjadi kekalahan kandang terbesar Real Madrid di kompetisi Eropa.

2. Gelandang Real Madrid, Vinicius Junior (18 tahun 152 hari) menjadi pemain termuda ketiga yang bermain bagi Real Madrid di Liga Champions setelah Iker Casillas (18 tahun 117 hari) dan Raul Gonzales (18 tahun 77 hari).

3. Rata-rata usia pemain Real Madrid yang diturunkan melawan CSKA adalah 24 tahun 100 hari. Angka itu merupakan yang pertama bagi Real Madrid sejak Desember 2005 Vs Olimpiakos (23 tahun, 36 hari).

4. CSKA menjadi satu-satunya tim yang mengalahkan Real Madrid dua kali di fase grup Liga Champions dalam 10 tahun terakhir. Sebelum kekalahan ini, Real Madrid kalah 0-1 dari CSKA di Rusia.

5. Sebelum pertandingan ini, Real Madrid tercatat tidak pernah kalah dalam 27 partai fse grup Liga Champions di Bernabeu. Rinciannya, Real Madrid menang 24 kali dan imbang tiga kali.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sempat Dibuat Kesal, Amber Heard Ungkap Sifat Asli Aktor Aquaman Jason Momoa

Posted: 12 Dec 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Los Angeles - Setelah Justice League, aktris cantik Amber Heard kembali dipertemukan dengan Jason Momoa dalam film Aquaman. Berbeda dengan film sebelumnya yang hanya sekejap memunculkannya, dalam Aquaman yang baru tayang di Indonesia pada Rabu (12/12/2018) kemarin, Amber Heard menjadi salah satu tokoh utamanya.

Wanita 32 tahun ini memerankan Mera, seorang putri kerajaan bawah laut yang bahu membahu dengan Aquaman (Jason Momoa) untuk menghentikan pecahnya perang dengan manusia.

Tentu saja dalam proses syuting film ini, interaksi Amber Heard dengan Jason Momoa menjadi lebih intens. Ia bahkan jadi tahu kebiasaan sang bintang Aquaman ini. Walaupun sempat membuatnya kesal, tapi belakangan ia mengingatnya sebagai sebuah kejadian lucu.

Amber Heard menceritakan hal ini saat menjadi bintang tamu di talk show The Tonight Show Starring Jimmy Fallon beberapa waktu lalu.

Tak Bisa Diam

Poster film Aquaman. (Warner Bros)

Dalam cuplikan wawancara yang diunggah di saluran YouTube talk show tersebut, MC Jimmy Fallon mengatakan bahwa Jason Momoa selalu tampil ceria dan riang. Jimmy juga menyebut meski Jason berbadan besar, aktor asal Hawaii ini sangat bersemangat layaknya anak kecil.

Hal ini lantas disetujui Amber Heard. "Jason itu alergi kalau dicuekin. Dia enggak bisa diam. Dia akan melakukan apa pun, mendorongmu, mencolekmu, untuk mendapatkan perhatianmu," tutur Amber Heard.

Membuat Kesal

Aktris cantik Amber Heard berpose untuk fotografer setibanya menghadiri premier dunia film 'Aquaman' di London, Senin (26/11). Mantan istri aktor Johnny Depp ini datang dengan dibalut gaun couture dan hiasan kepala. (Vianney Le Caer/Invision/AP)

Padahal Amber Heard mengaku ia menyukai aktivitas yang membutuhkan ketenangan, seperti membaca. Dan ini, kata mantan istri Johnny Depp tersebut, membuat Jason tak tahan.

"Dia punya metode ini, menyobek halaman terakhir di bukuku. Ini menyebalkan, kamu sampai ke sepuluh halaman terakhir, lalu sambungannya tak ada," kata wanita berambut pirang ini sambil tertawa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beredar Rekaman Permintaan Maaf Dubes Arab Saudi soal Polemik Cuitannya

Posted: 12 Dec 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Osama bin Mohammed Abdullah al-Shuaibi, baru-baru ini, dikabarkan buka suara soal polemik tweet yang ia unggah beberapa waktu lalu.

Lewat tweetnya pada 2 Desember 2018, Osama menyatakan dalam aksara Arab tentang "Aksi massa yang menggelar protes pembakaran bendera tauhid oleh organisasi sesat atau menyimpang."

Tweet itu, yang mengangkat perihal kasus pembakaran bendera tauhid dalam perayaan hari santri di Garut pada 22 Oktober 2018, menuai respons keras dari Gerakan Pemuda Ansor, organisasi kepemudaan sayap Nahdlatul Ulama (NU).

Ormas itu bahkan menggelar konferensi pers yang memprotes cuitan tersebut dan melayangkan surat permohonan kepada Kementerian Luar Negeri RI untuk memberikan 'korespondensi' diplomatik kepada dubes Saudi.

"GP Ansor sebagai penganut Ahlu sunnah wal jamaah mengharapkan klarifikasi Yang Mulia Duta Besar Arab Saudi atas unggahan perkataannya di media sosial," ucap Ketua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas dalam surat yang ditujukan kepada Kementerian Luar Negeri, Senin 3 Desember 2018.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, pada 5 November 2018, merespons dengan menjelaskan bahwa "Menlu RI dan Menlu Saudi telah berkomunikasi" perihal hal tersebut.

Kemlu RI juga telah "melakukan pemanggilan terhadap perwakilan kedubes Saudi" pada 3 Desember. Osama tidak hadir, karena pada saat itu tengah berada di luar negeri.

Dalam pemanggilan itu, Kemlu RI menjelaskan, yang disampaikan oleh Osama seperti yang ada dalam akun sosial media-nya, "tidak sesuai dengan prinsip hubungan diplomatik."

Dubes Saudi Meminta Maaf?

Pada 12 Desember 2018, beredar rekaman suara Dubes Arab Saudi Osama bin Mohammed Abdullah di sejumlah media sosial, yang menyatakan permohonan maaf atas cuitannya yang menimbulkan polemik.

Permohonan maaf itu, kabarnya ia sampaikan lewat putri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid, Yenny Wahid

Berikut pernyataan dari Osama --menggunakan Bahasa Inggris yang telah diterjemahkan-- dalam rekaman yang beredar tersebut:

Terima kasih yang sebanyak-banyaknya

Saya cinta rakyat Indonesia

Saya menghargai NU, Muhammadiyah, dan semua organisasi Islam

Seseorang mencoba menghancurkan hubungan baik antara saya dengan Nahdlatul Ulama, antara saya dengan rakyat Indonesia

Sampaikan salam hangat kepada saudari saya

Insha Allah saya akan kembali minggu depan untuk menyelesaikan semuanya.

Liputan6.com telah mencoba mengonfirmasi perihal rekaman suara itu kepada Kedutaan Arab Saudi di Jakarta.

"Belum ada pernyataan resmi dari kedutaan, Mas," kata seorang staf media Kedutaan Arab Saudi saat dihubungi Liputan6.com pada 13 Oktober 2018.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Karakter Gim Monopoly Muncul di Sidang Bos Google, Siapa Dia?

Posted: 12 Dec 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ada sosok lucu berpakaian sebagai karakter berkumis khas dari gim populer di dunia, Monopoly, yang hadir pada rapat dengar pendapat CEO Google, Sundar Pichai di depan komite hukum DPR Amerika Serikat.

Siapa dia? Menyebut dirinya sebagai Monopoly Man, pria yang diidentifikasi sebagai Ian Madrigal itu muncul pertama kali di dengar pendapat Senotor di Equifax pada tahun lalu.

Dikutip dari akun Twitter yang bernama @wamandajd, Kamis (13/12/2018), Madrigal mengatakan dalam sebuah posting di Twitter, mereka memegang "Get-Out-Of-Jail-Free Card" (kartu bebas penjara) pada saat sidang Google.

Diketahui, Madrigal adalah direktur strategi untuk Revolution Messaging, perusahaan yang dijalankan oleh Keegan Goudiss, direktur iklan digital Bernie Sanders selama pemilihan 2016.

"Kami tidak dapat memaksa bagaimana Google menggunakan data pribadi, dan satu-satunya cara untuk melakukannya adalah dengan cara memboikot internet," kata Madrigal dalam sebuah pernyataan di Twitter.

"Kita tidak bisa mengandalkan raksasa teknologi untuk mengatur diri mereka sendiri, Kongres sudah terlalu lama berdiam diri dan melewatkan momen tersebut untuk ikut campur dan melakukan tugasnya."

 

CEO Google Jawab Pertanyaan Anggota Komite

CEO Sundar Pichai ketika membawakan keynotes di Google I/O 2017. (Doc: Google HQ)

Pada sidang Selasa (11/12/2018) waktu Amerika Serikat, Pichai memberikan jawabannya tentang berbagai macam pertanyaan dari perwakilan DPR tersebut.

Adapun Google menjawab berbagai pertanyaan, termasuk penyaringan hasil pencarian dan kontrol yang bias tentang bagaimana Google mengelola misinformasi di dalam platform-nya.

(Ysl/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wanita Ini Ungkap Kronologi Penemuan Jasad Eril Dardak, Adik Emil Dardak

Posted: 12 Dec 2018 09:29 PM PST

JawaPos - Eril Dardak, adik Bupati Trenggalek Emil Dardak, ditemukan meninggal dunia di kamar kosnya, Bandung, Rabu 12 Desember. Jenazah caleg dari PAN ini ditemukan dengan kepala tertutup plastik.

Saksi bernama Rena Amelia mengungkap kronologi penemuan jasad Eril Dardak. Rena merupakan petugas house keeping atau kebersihan di tempat kos Eril Dardak kawasan Dago, Kota Bandung.

Rena mengungkap, sekitar pukul 11.45 WIB dirinya mengetuk pintu kamar kos Eril Dardak sebanyak tiga kali, namun tidak ada jawaban. Ia lantas melapor kepada pengelola kos yang bernama Dini.

Tak lama kemudian, Rena memberitahukan juga kepada Mendi, seorang satpam. Selanjutnya Rena, Dini, dan Mendi mengecek dengan membuka pintu kamar korban menggunakan kunci cadangan.

Saat masuk, saksi melihat Eril tergeletak di lantai dengan wajah tertutup plastik keresek putih. Saksi pun langsung menghubungi Rumah Sakit Boromeus.

Tak lama, datang satu unit ambulans serta seorang perawat yang langsung masuk ke dalam kamar untuk mengecek keadaan korban. Saat itu, Eril Dardak dinyatakan sudah meninggal dunia.

Tak Ada Tanda Kekerasan

Eril Dardak, adik kandung Wakil Gubernur Jawa Timur terpilih, Emil Dardak ditemukan meninggal dunia di kamar kosnya, Kota Bandung, Rabu 12 Desember. Hasil visum, polisi tidak menemukan tanda-tanda kekerasan pada tubuh Eril.

"Untuk hasil visum, tidak ditemukan tanda kekerasan," ujar Kasat Reskrim AKBP Mochamad Rifai.

Inafis Polrestabes Bandung sudah melakukan pemeriksaan di lokasi kejadian ditemukannya jasad Eril Dardak. Informasi yang dihimpun, terdapat plastik yang menutupi wajah Eril Dardak saat jenazahnya ditemukan.

Jasad Eril Dardak ditemukan pertama kali oleh petugas kebersihan kamar kosnya. Eril yang merupakan calon anggota legistatif dari PAN pada Daerah Pemilihan (Dapil) 7 Jawa Timur sedang melanjutkan pendidikan di Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2015 jurusan Teknik Kelautan.

 

Sumber: Jawapos.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Januari 2019 Mobil Toyota Naik Harga, Ini Besarannya

Posted: 12 Dec 2018 09:28 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Toyota Astra Motor selaku agen tunggal pemegang merek Toyota di Tanah Air, memastikan harga jual line up produknya mengalami kenaikan di Januari 2019.

Hal ini diungkapkan langsung Executive General Manager TAM Fransiscus Soerjopranoto saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta, Selasa (11/12/2018) malam.

Kata Soerjo, kenaikan harga Toyota disebabkan berbagai macam faktor, termasuk BBN (Biaya Balik Nama).

"Kita lihat (awal tahun) ada kenaikan cost (biaya produksi) ada perubahan," ucap Soerjo.

Lebih lanjut Soerjo menyatakan, produk Toyota yang mengalami kenaikan di awal tahun pada umumnya di bawah Rp 5 juta.

Namun demikian, Soerjo berharap agar exchange rate  atau nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing tetap stabil. Sehingga hal tersebut tak memicu terjadinya kenaikan harga seperti pertengahan 2018.

"Doain saja semoga itu bagus terus, kalau bagus kenaikan harganya tidak signifikan," tutup Soerjo.

 

Mitsubishi Juga Bakal Menaikkan Harga

Selain Toyota, kenaikan harga secara tahunan ini dilakukan berbagai merek. Bahkan Mitsubishi juga menyatakan bakal menaikkan harganya tak terkecuali untuk model terlarisnya saat ini yaitu Xpander.

Nah, bagi Anda yang memang ingin mencari Xpander, ternyata bisa melakukan transaksi di akhir tahun ini. Sebab, pada 2019, Mitsubishi dipastikan bakal menaikkan harga untuk mobil penantang Toyota Avanza tersebut.

Setidaknya hal itu diungkapkan Head of Sales and Marketing Group MMKSI, Imam Chaeru Cahya saat ditemui di acara Xpander Tons of Reals Happiness di Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (23/11/2018).

"Kami tidak bisa bicara lebih detail, pastinya ada kenaikan, minimum ada kenaikan dari BBn. Karena BBn kurang labih naik 5 persen," ucap Imam.

Kata Imam, kenaikan harga tersebut akan dinformasikan, lebih lanjut setelah berbagai urusan internal sudah resmi keluar.

Nah, berikut daftar harga Mitsubishi Xpander dengan status on the road Jabodetabek.

- Xpander GLX MT Rp 201.100.000

- Xpander GLS MT Rp 217.600.000

- Xpander GLS AT Rp 228.600.000

- Xpander EXCEED MT Rp 224.600.000

- Xpander EXCEED AT Rp 235.00.000

- Xpander Sport  MT Rp 237.200.000

- Xpander Sport AT Rp 247.200.000

- Xpander ULTIMATE AT Rp 255.900.000 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Kembali Tangkap Pelaku Pengeroyokan Dua Anggota TNI di Ciracas

Posted: 12 Dec 2018 09:28 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis membenarkan anggotanya telah menangkap pelaku pengeroyokan dua anggota TNI yang terjadi di kawasan Cibubur, Senin (10/12) lalu. Dalam penangkapan itu, Idham enggan membeberkan secara detail.

"Iya, sudah (ketangkap)," ujar Idham saat dikonfirmasi, Kamis (13/12).

Untuk diketahui satu pelaku yang telah ditangkap lebih dulu adalah berinisial AP. Sedangkan, menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono, ada tiga pelaku lagi yang buron. Mereka yang buron adalah, I, D, dan H.

Sebelumnya, Kantor Polsek Ciracas diamuk massa. Massa yang datang pun membakar dan juga menghancurkan kantor polisi tersebut.

Perusakan ini diduga buntut peristiwa pengeroyokan terhadap dua anggota TNI oleh sejumlah juru parkir di kawasan tersebut. Massa yang diperkirakan berjumlah 200 orang itu merangsek masuk Mapolsek Ciracas sebelum melakukan perusakan lantaran menduga penganiaya rekannya ditahan di situ.

Polsek Ciracas Dibakar

Polsek Ciracas, Jakarta Timur dipasangi garis polisi pascapembakaran (Liputan6.com/ Ady Anugrahadi)

 

Berdasarkan informasi, ada sembilan unit mobil terbakar dalam peristiwa pada Selasa (11/12) malam itu. Tujuh tahanan Mapolsek Ciracas turut diungsikan ke Mapolda Metro Jaya setelah insiden pembakaran tersebut

"Tahanan sendiri jumlah tujuh dalam keadaan aman dan sehat saya sudah dipidahkan ke Polda Metro Jaya," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Aziz di Mapolsek Ciracas, Rabu (12/12) dini hari.

Reporter: Ronald

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Dugaan Penyebab Kematian Eril Dardak, Adik Emil Dardak

Posted: 12 Dec 2018 09:22 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kematian adik kandung Bupati Trenggalek dan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Jawa Timur (Jatim) terpilih Emil Elestianto Dardak masih misteri. Eril Ario Ristanto Dardak ditemukan meninggal dunia di kosnya tepatnya Kosan Kartifah Jalan Dago Asri I No 24 Kelurahan Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung.

Namun kerabat Eril mengatakan, dugaan penyebab meninggalnya Eril Dardak lantaran penyakit asma.

"Kemungkinan meninggal karena penyakit asma yang kambuh. Mengingat yang bersangkutan mengidap penyakit asma," terang salah satu kerabat almarhum Eril Ario Ristanto Dardak yang juga pengasuhnya, Sumarji, Rabu 12 Desember 2018.

Dia mengaku, berdasarkan kabar terakhir di keluarga, meninggalnya Eril Dardak ketika berada di kos-kosan dekat kampus tempatnya menuntut ilmu, Institut Teknologi Bandung (ITB). "Sebelum meninggal tidak berada di rumah Trenggalek maupun di Jakarta," ujarnya.

Rencananya jenazah akan dimakamkan di dekat kediaman sang ayah yang berada di kawasan Pondok Kelapa, Jakarta.

"Terakhir dia ke Trenggalek sekitar 10 hari lalu bersama teman-temannya. Namun tidak mampir ke sini," tandasnya.

Untuk diketahui, Eril Ario Ristanto Dardak kini tengah mencalonkan diri sebagai Caleg DPR RI nomor urut 1 dari Partai Amanat Nasional (PAN) Dapil VII Jatim meliputi Trenggalek, Pacitan, Ponorogo, Magetan, dan Ngawi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pendiri Medco Kembali Masuk Jajaran 50 Orang Terkaya di Indonesia

Posted: 12 Dec 2018 09:19 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Forbes kembali merilis daftar orang terkaya Indonesia pada 2018.  Aset bersih 50 orang terkaya Indonesia versi Forbes mencatat rekor baru dengan total nilai USD 129 miliar atau naik USD 3 miliar pada 2018.

Hal itu ditopang dari pertumbuhan ekonomi dan pasar modal sepanjang tahun 2018 yang tumbuh sebesar 4,4 persen. Dari daftar orang terkaya Indonesia tersebut, Forbes mencatat ada enam orang terkaya Indonesia yang kekayaannya meningkat. Demikian mengutip keterangan tertulis Forbes, Kamis (13/12/2018).

Di sisi lain ada juga yang kekayaannya merosot lantaran depresiasi nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) dan harga saham.

Selain itu, Forbes juga menyebutkan ada lima orang kaya Indonesia yang terdepak dari 50 orang terkaya Indonesia versi Forbes.

Meski demikian, ada juga pendatang baru yang masuk daftar orang terkaya Indonesia. Kemudian ada juga yang kembali masuk daftar orang terkaya di Indonesia.

Salah satunya Arifin Panigoro, pendiri PT Medco Energi Internasional Tbk. Total kekayaannya mencapai USD 655 juta dan berasal dari bisnis minyak dan gas (migas). Pria berusia 73 tahun ini berada di posisi 46 untuk daftar orang terkaya Indonesia pada 2018. Sebelumnya ia terdepak dari deretan orang terkaya Indonesia pada 2017.

Selain menjalani bisnis migas, Arifin juga menjalankan bisnis kelistrikan, perkebunan, pertanian hingga perhotelan.

Adapun daftar 50 orang terkaya Indonesia versi Forbes ini disusun berdasarkan informasi kepemilikan saham dan keuangan yang didapatkan dari keluarga dan individu, bursa efek, laporan tahunan dan analis.

Selain itu, nilai aset yang dicantumkan mencakup kekayaan individu dan keluarga, termasuk kekayaan bersama antara pendiri perusahaan dan kerabat keluarga terdekat. Nilai aset dari perusahaan swasta dinilai berdasarkan nilai perusahaan serupa yang tercatat di bursa.

 

Perjalanan Bisnis Medco

(foto: Antara)

Mengutip laman Medco, grup medco yang dibangun Arifin Panigoro bermula dari pendirian PT Medco Energi Internasional Tbk pada 1980. Kemudian mengakuisisi Tesoro di Kalimantan Timur pada 1992. Perseroan pun melepas saham perdana ke publik pada 1994.

Medco pun menemukan lapangan minyak terbesar di Kaji dan Semoga, Blok Rimau Sumatera Selatan pada 1996. Sebelumnya perseroan akuisisi Stanvac Indonesia pada 1995.

Kemudian perseroan menambahkan portofolionya dengan menambah Blok Simenggaris, Western Madura dan Senoro-Toili pada 2000. Dua tahun kemudian, perseroan akuisisi 25 persen Blok Tuban.

Pada 2003, perseroan teken perjanjian pemasokan gas dengan PLN.

Tak hanya kembangkan bisnis di dalam negeri, Medco juga mengembangkan usaha di luar negeri. Salah satunya dengan memperoleh kontrak EPSA IV untuk area 47, Libya pada 2005. Perseroan pun menemukan cadangan sebesar 352 MMBOE di Area 47, Libya.

Tak hanya itu, tonggak penting lainnya perseroan mengamankan pendanaan proyek Senoro sebesar USD 260 juta pada 2013. Selain itu, pertukaran aset dengan Salamander untuk aset Bangkanai dengan Simenggaris dan Bengara.

Kemudian pada 2016, PT Medco Energi Internasional Tbk pun merampungkan transaksi akuisisi saham PT Newmont Nusa Tenggara senilai USD 2,6 miliar pada November 2016. PT Newmont Nusa Tenggara operasikan tambang tembaga dan emas Batu Hijau di Kepulauan Sumbawa, Indonesia.

Arifin pernah menuturkan, salah satu alasannya ingin akuisisi Newmont sebagai upaya pengembangan perusahaan.

Selama ini Medco bergerak di bidang eksplorasi dan produksi migas. Medco juga punya industri hilir yang produksi elpiji, distribusi bahan bakar diesel dan pembangkit tenaga listrik.

"Diversifikasi. Saya kira baik diversifikasi, karena minyak itu baru oke 2-3 tahun lagi. Lama. Kalau kita hanya rely on minyak saja berat menahannya. Kalau 2015 ini US$ 160 juta kita jeblok. Dua tahun lagi begitu ya bubar perusahaan," ujar dia pada 6 April 2016.

Oleh sebab itu, menurut dia, sangat penting bagi perusahaan untuk menambah lini bisnis. Bahkan untuk merealisasikan hal ini, Arifin mengaku tidak segan membangun pabrik pemurnian (smelter) seperti yang telah diatur pemerintah.

"Emas relatif stabil. Kalaupun turun tapi enggak sejeblok komoditi kayak batu bara. (Smelter) Itu harus. Itu kita sudah janji," tandas dia.

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Tak Temukan Tanda Kekerasan di Jasad Eril Dardak, Adik Emil Dardak

Posted: 12 Dec 2018 09:16 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Eril Dardak, adik kandung Wakil Gubernur Jawa Timur terpilih, Emil Dardak ditemukan meninggal dunia di kamar kosnya, Kota Bandung, Rabu 12 Desember. Hasil visum, polisi tidak menemukan tanda-tanda kekerasan pada tubuh Eril.

"Untuk hasil visum, tidak ditemukan tanda kekerasan," ujar Kasat Reskrim AKBP Mochamad Rifai.

Inafis Polrestabes Bandung sudah melakukan pemeriksaan di lokasi kejadian ditemukannya jasad Eril Dardak. Informasi yang dihimpun, terdapat plastik yang menutupi wajah Eril Dardak saat jenazahnya ditemukan.

Jasad Eril Dardak ditemukan pertama kali oleh petugas kebersihan kamar kosnya. Eril yang merupakan calon anggota legistatif dari PAN pada Daerah Pemilihan (Dapil) 7 Jawa Timur sedang melanjutkan pendidikan di Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2015 jurusan Teknik Kelautan.

 

ITB Berduka

Hingga saat ini, belum diketahui penyebab kematian Eril Dardak dan pihak keluarga pun enggan polisi melakukan autopsi terhadap jasadnya.

"Atas nama rektor, pimpinan dan segenap civitas akademika ITB turut berduka cita atas meninggalnya Eril Ariosristanto, Mahasiswa Sarjana Teknik Kelautan ITB 2015. Semoga almarhum mendapat tempat mulia di sisi-Nya," kata Kapala Sub Direktorat Humas dan Publikasi ITB Fivien Nur Savitri, ketika di konfirmasi melalui layanan pesan singkatnya, Kamis.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fakta Pertandingan Ajax vs Bayern, Dihiasi Enam Gol dan Dua Kartu Merah

Posted: 12 Dec 2018 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Laga matchday 6 Grup E Liga Champions 2018/19 menghadirkan duel sengit Ajax vs Bayern. Sebelum pertandingan Ajax vs Bayern pada Kamis (13/12/2018) dini hari WIB ini, Ajax dan Bayern sebenarnya sama-sama sudah pasti lolos ke babak 16 besar. Namun, duel ini adalah duel pemungkas untuk menentukan siapa di antara mereka yang berhak menjadi juara grup.

Sebelumnya, pada klasemen sementara Grup E Lga Champions 2008/19 Bayern Munchen berada di posisi puncak dengan 13 poin, sementara mengekor dibelakangnya ada Ajax Amsterdam dengan 11 poin. Peringkat ketiga dan keempat dihuni oleh Benfica dan AEK Athena, masing-masing mengantongi 4 poin dan 0 poin.

Namun, dalam laga yang dihelat di Johan Cruijff Arena, Kamis (13/12/2018) dini hari WIB, Ajax Amsterdam dan Bayern Munchen harus berbagi satu angka setelah bermain imbang 3-3.

Pertandingan Ajax vs Bayern cukup menyita perhatian karena diwarnai dengan drama enam gol, dua kartu merah serta dua penalti. Dengan angka imbang tersebut, hasil ini tak membuat posisi mereka di klasemen berubah, Bayern Munchen tetap menjadi juara Grup E Liga Champions.

Bayern Munchen unggul lebih dahulu

Robert Lewandowski (Bayern Munchen) - 8 gol (AFP/John Thys)

Bayern Munich tampil sebagai juara Grup E Liga Champions setelah seri 3-3 di markas Ajax Amsterdam. Tim tamu, Bayern Munchen sukses terlebih dahulu unggul pada babak pertama.

Bayern memimpin di menit ke-13 lewat gol Lewandowski. Menerima umpan terobosan dari Serge Gnabry, bomber asal Polandia itu sukses menaklukkan Andre Onana.

Ajax mencoba langsung bereaksi. Sayang dua peluang beruntun yang didapat Frenkie de Jong di menit ke-19 masih gagal membuahkan hasil.

Onana tampil gemilang ketika menyelamatkan gawangnya dari kebobolan di menit ke-27. Tembakan jarak dekat yang dilepas Lewandowski masih mampu ditahan oleh Onana. Skor 1-0 untuk keunggulan Bayern bertahan hingga turun minum.

Ajax berusaha menyamakan kedudukan

Dusan Tadic (Ajax) - 5 gol dan 1 assist (AFP/Aris Messinis)

Pada babak kedua, Ajax berusaha menenkan pertahanan tim tamu. Ajax akhirnya mampu menyamakan kedudukan di menit ke-61. Lewat skema serangan yang apik, Doony van de Beek melepas crossing yang mampu diselesaikan Tadic menjadi gol.

Ajax mendapat hadiah penalti di menit ke-81 usai pemain yang baru masuk, Kasper Dolberg dilanggar Jerome Boateng di kotak terlarang. Tadic yang menjadi eksekutor pun sukses menjalankan tugasnya dengan sempurna. Ajax kini berbalik unggul.

Namun keunggulan Ajax hanya bertahan empat menit. Kini giliran Bayern yang memperoleh hadiah penalti usai Thiago Alcantara dijatuhkan Tagliafico. Lewandowski pun sukses mencetak gol keduanya di laga ini.

Memasuki masa injury time, lini pertahanan Ajax sempat lengah. Alhasil Bayern pun kembali memimpin setelah Coman berhasil meneruskan assist Thiago menjadi gol.

Ajax berhasil memaksakan hasil imbang setelah Tagliafico membobol gawang Manuel Neuer jelang laga usai. Skor sama kuat 3-3 pun menjadi hasil akhir laga ini.

Bomber andalan kedua tim sumbang 2 gol

Dua bomber andalan masing-masing tim, yakni Dusan Tadic dan Robert Lewandowski sama-sama mencetak dua gol, salah satunya dari titik penalti. Sementara satu gol Ajax lainnya dicetak Nicolas Tagliafico, sedangkan Bayern diciptakan Kingsley Coman.

Hasil imbang ini pun membuat Ajax gagal menyalip Bayern di tabel klasemen. Bayern lolos ke babak 16 besar dengan predikat juara grup, sedangkan Ajax sebagai runner-up.

Bayern mengakhiri fase grup di puncak usai mengoleksi 14 poin unggul dua poin dari Ajax. Sementara Benfica finis ketiga dengan perolehan 7 poin usai menang 1-0 atas AEK Athens, si juru kunci.

Drama dua kartu merah

Gelandang Bayern Munchen Thomas Mueller (kiri) menendang kepala bek Ajax Amsterdam Nicolas Tagliafico dalam laga Grup E Liga Champions di Amsterdam, Belanda, Rabu (12/12). Mueller menendang Tagliafico dengan kaki kanannya. (AP Photo/Peter Dejong)

Di menit ke-67 Ajax mesti bermain dengan 10 orang. Bek tengahnya, Max Woeber diganjar kartu merah langsung karena melakukan tekel terlambat kepada Leon Goretzka.

Delapan menit kemudian, tepatnya pada menit ke-75 Bayern menyusul turut bermain dengan 10 pemain karena Thomas Mueller diusir keluar lapangan setelah melakukan pelanggaran keras terhadap Tagliafico. Saat akan berduel udara, Mueller mengangkat kakinya terlalu tinggi sehingga melukai kepala pemain lawan.

Sejarah pertemuan Ajax vs Bayern

Sebelum berlaga pada matchday 6 Grup E Liga Champions 2018/19 pada Kamis (13/12/2018) Ajax vs Bayern sudah bertemu pada matchday 2. Dalam laga tersebut Ajax menahan Bayern 1-1 di Jerman. Bayern unggul lewat gol Mats Hummels menit 4, dan Ajax membalas melalui Noussair Mazraoui menit 22.

Sebelum matchday 2, Ajax dan Bayern bertemu di fase grup Liga Champions 2004/05. Bayern menang 4-0 di Jerman, lalu imbang 2-2 di Belanda.

Rangkuman fakta pertandingan Ajax Vs Bayern Kamis (13/12/2018)

1. Laga diwarnai dua kartu merah untuk masing-masing tim.

2. Bomber andalan kedua tim sama-sama sumbang 2 gol.

3. Kedua tim sama-sama memperoleh hadiah penalti

4. Dengan skor 3-3, Bayern tetap kokoh di puncak klasemen Grup E Liga Champions.

5. Kedua tim sudah mengamankan tiket ke babak 16 besar Liga Champions.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Tendangan Brutal Thomas Mueller kepada Bek Ajax Amsterdam

Posted: 12 Dec 2018 09:15 PM PST

Gelandang Bayern Munchen Thomas Mueller (kiri) menendang kepala bek Ajax Amsterdam Nicolas Tagliafico dalam laga Grup E Liga Champions di Amsterdam, Belanda, Rabu (12/12). Mueller disebut tak sengaja saat insiden itu terjadi. (EMMANUEL DUNAND/AFP)

Gelandang Bayern Munchen Thomas Mueller (kiri) menendang kepala bek Ajax Amsterdam Nicolas Tagliafico dalam laga Grup E Liga Champions di Amsterdam, Belanda, Rabu (12/12). Mueller disebut tak sengaja saat insiden itu terjadi. (EMMANUEL DUNAND/AFP)

Gelandang Bayern Munchen Thomas Mueller menendang kepala bek Ajax Amsterdam Nicolas Tagliafico dalam laga Grup E Liga Champions di Amsterdam, Belanda, Rabu (12/12). Usai menendang Tagliafico, Muller menunjukkan gestur meminta maaf. (AP Photo/Peter Dejong)

Gelandang Bayern Munchen Thomas Mueller menendang kepala bek Ajax Amsterdam Nicolas Tagliafico dalam laga Grup E Liga Champions di Amsterdam, Belanda, Rabu (12/12). Usai menendang Tagliafico, Muller menunjukkan gestur meminta maaf. (AP Photo/Peter Dejong)

Gelandang Bayern Munchen Thomas Mueller usai menendang kepala bek Ajax Amsterdam Nicolas Tagliafico dalam laga Grup E Liga Champions di Amsterdam, Belanda, Rabu (12/12). Tagliafico terkapar di lapangan dan meringis kesakitan. (AP Photo/Peter Dejong)

Gelandang Bayern Munchen Thomas Mueller usai menendang kepala bek Ajax Amsterdam Nicolas Tagliafico dalam laga Grup E Liga Champions di Amsterdam, Belanda, Rabu (12/12). Tagliafico terkapar di lapangan dan meringis kesakitan. (AP Photo/Peter Dejong)

Ekspresi gelandang Bayern Munchen Thomas Mueller usai menendang kepala bek Ajax Amsterdam Nicolas Tagliafico dalam laga Grup E Liga Champions di Amsterdam, Belanda, Rabu (12/12). Mueller langsung mendapat kartu merah. (AP Photo/Peter Dejong)

Ekspresi gelandang Bayern Munchen Thomas Mueller usai menendang kepala bek Ajax Amsterdam Nicolas Tagliafico dalam laga Grup E Liga Champions di Amsterdam, Belanda, Rabu (12/12). Mueller langsung mendapat kartu merah. (AP Photo/Peter Dejong)

Gelandang Bayern Munchen Thomas Mueller meninggalkan lapangan permainan setelah wasit mengusirnya karena menendang kepala bek Ajax Amsterdam Nicolas Tagliafico dalam laga Grup E Liga Champions di Amsterdam, Belanda, Rabu (12/12). (AP Photo/Peter Dejong)

Gelandang Bayern Munchen Thomas Mueller meninggalkan lapangan permainan setelah wasit mengusirnya karena menendang kepala bek Ajax Amsterdam Nicolas Tagliafico dalam laga Grup E Liga Champions di Amsterdam, Belanda, Rabu (12/12). (AP Photo/Peter Dejong)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ridwan Kamil Sedih Bupati Cianjur Terjaring OTT KPK

Posted: 12 Dec 2018 09:15 PM PST

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Selidiki Kematian Eril Dardak dengan Kepala Terbungkus Plastik

Posted: 12 Dec 2018 09:14 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Polisi masih menyelidiki kematian adik wagub terpilih Jatim Emil Elistyanto Dardak, Eril Ario Listianto Dardak. Jasad Eril ditemukan dengan kepala terbungkus plastik oleh petugas kebersihan di kamar indekosnya, Jalan Dago Asri I Nomor 24 Kelurahan Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (12/12) kemarin.

"Masih pendalaman dan penyelidikan pasca olah TKP," kata Kabid Humas Polda Jabar AKBP Trunoyudo Wisnu Andiko, lewat pesan singkat kepada merdeka.com, Kamis (13/12).

Menurut dia, penyelidikan hingga kini masih dilakukan penyidik satuan Reskrim Polrestabes Bandung. Namun penyelidikan tersebut belum bisa diungkapkannya.

"Hasil penyelidikan untuk proses lanjut tidak dapat sampaikan," kata dia.

Sebelumnya, petugas kebersihan menemukan Eril Ario Listianto Dardak meninggal dengan kepala terbungkus plastik di indekosnya Jalan Dago Asri I No 24 Kelurahan Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (12/12). Meski demikian,polisi tidak menemukan tanda penganiayaan dalam tubuh dari adik dari Wagub Jatim Terpilih Emil Elistyanto Dardak itu.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Bandung, AKBP M Rifai mengungkapkan bahwa awal mula penemuan jasad saat petugas mengetuk pintu kamar kos Eril. Karena lama tidak merespons, petugas kebersihan melaporkan kepada pihak kosan.

Pengelola kosan kemudian membuka pintu kamar Eril dengan kunci cadangan. Mereka terkejut karena posisi Eril sudah tergeletak tak bernyawa. Tak lama kemudian, tim Inafis Polrestabes Bandung langsung melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP).

 

Tidak Ada Tanda Kekerasan

Ilustrasi

Ditemukan plastik yang menutupi wajah Eril. Namun, plastik itu tidak dalam keadaan tertutup rapat. "Dari hasil olah TKP, kami tidak menemukan ada tanda kekerasan pada korban. Sudah dilakukan visum luar," kata M. Rifai saat dihubungi.

"Plastik itu tidak bisa dikatakan membekap karena itu terbuka, tidak terkunci, enggak tahu dia lagi apa, plastik dipasang begitu saja," lanjutnya.

Namun, Rifai mengatakan dalam olah TKP diduga Eril sempat menonton tentang oksigen dari youtube. Ia mengakui, sampai saat ini polisi belum bisa memastikan penyebab kematian Eril. Apalagi, pihak keluarga tidak mengizinkan untuk mengautopsi jasad Eril.

Berdasarkan informasi, jenazah Eril telah dibawa pihak keluarga dari rumah Sakit Hasan Sadikin. "Kita tak diizinkan oleh keluarga (melakukan autopsi) oleh orangtuanya," tuturnya.

Dari informasi yang dihimpun, Eril merupakan Mahasiswa Teknik Kelautan Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2015.

Reporter: Muhamad Agil Aliansyah

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Eril Dardak Meninggal Tragis, Emil Dardak Ungkap Kepedihan

Posted: 12 Dec 2018 09:12 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kabar duka menghampiri keluarga suami Arumi Bachsin, Emil Dardak. Adik kandung Emil, Eril Ario Listanto Dardak atau Eril Dardak, ditemukan meninggal pada Rabu (12/12/2018) siang, di indekosnya di Jalan Dago Asri, Bandung, Jawa Barat.

Eril Dardak ditemukan dalam keadaan kepala yang terbungkus plastik. Meski begitu, tak ditemukan adanya unsur penganiayaan pada Eril Dardak.

"Dari hasil olah TKP, kami tidak menemukan ada tanda kekerasan pada korban. Sudah dilakukan visum luar," kata Kepala Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Bandung, AKBP M Rifai saat dihubungi wartawan.

Melalui akun Instagramnya, Emil Dardak pun mengurai duka mendalam atas kepergian sang adik. Baginya, Eril Dardak adalah sosok yang begitu baik.

Kehilangan

[Foto: Instagram Emil Dardak]

"Adikku tersayang. Aku sangat bersyukur atas bantuanmu yang begitu besar untukku, tapi aku belum sempat mengatakannya padamu. Aku sangat bangga padamu, aku sangat mencintaimu," tulis Emil Dardak di Instagramnya, Kamis (13/12/2018).

Fotonya sendiri memperlihatkan sosok adik tercintanya yang sedang berdiri menatap kamera, mengenakan jaket berwarna biru dongker.

Belasungkawa

Arumi Bachsin - Emil Dardak (Adrian Putra/bintang.com)

Ucapan belansungkawa pun mengalir deras untuk kepergian adik Emil Dardak. Warganet berharap agar segala amal baiknya semasa hidup dapat diterima oleh Tuhan Yang Maha Kuasa.

"Turut berduka cita pak emil..semoga husnul khotimah," tulis pengguna akun Instagram @ajiwidianto27.

"Semoga Beliau kusnul kotimah, diampuni segala khilaf nya dan diterima amal ibadah nya,diberikan tempat yg baik disisi Allah Swt Aminnn," kata @aryaadijaya800.

"Turut berbela sungkawa... InsyaAllah almarhum khusnul khotimah... Yang d tinggalkan di beri ketabahan dan kesabaran," tambah @rosibolly.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Mobil Sisaan di Akhir Tahun

Posted: 12 Dec 2018 09:08 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tak sedikit beranggapan membeli mobil di akhir tahun merupakan waktu yang sangat tepat. Hal ini karena dealer kerap memberikan berbagai program mulai dari potongan harga atau diskon, hingga cara mudah pembayarannya.

Selain itu, sejumlah dealer juga kerap sengaja memberikan harga miring pada akhir tahun untuk setiap model mobil terakhir bahkan model display.

Hal ini dilakukan agar stock persediaan ikut ludes dan target penjualan yang ditetapkan perusahaan tercapai.

Namun sebelum memilih mobil sisaan di akhir tahun, situs autobytel.com memberikan beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, yakni:

1. Cari tahu rencana model mobil di tahun depan

Seperti pada umumnya, pabrikan mobil setiap tahun menghadirkan model baru. Jadi ada baiknya untuk mengetahui model yang akan datang apakah mengalami rombakan yang sangat berbeda atau tidak.

Namun jika memang hanya ubahan ringan dan Anda tidak merasa bermasalah, maka proses pembelian perlu dilanjutkan.

 

2. Evaluasi Harga Jual

Mobil baru sering kali memiliki peningkatan yang signifikan mulai dari sistem hiburan, konektivitas, hingga fitur keamanan. Karena itu perhatikan lagi harga jual kembali.

Pikirkan baik-baik bahwa teknologi terbaru lebih berharga dibandingkan harus mengeluarkan biaya tambahan. Karena itu, pertimbangkan kembali apakah Anda akan suka dengan hal baru atau tidak.

3. Buat fleksibel

Jika ingin membeli mobil sisaan maka Anda harus fleksibel, sebab, dipastikan dealer hanya memiliki beberapa opsi, seperti warna terbatas atau tak adanya jenis transmisi matik.

4. Lakukan survei terlebih dahulu

Jika Anda ingin mencari mobil ada baiknya melakukan survei terlebih dahulu. Jika ingin lebih jelas tanyakan langsung ke dealer agar sesuai harapan. Untuk mempersingkat waktu, bisa lakukan dengan cara menelepon.

 

5. Jika Menemukan Mobil yang Disuka Jangan Ragu

Jika Anda menemukan kendaraan yang diinginkan, maka langsung bergerak cepat. Dealer sering menawarkan insentif kepada wiraniaga untuk mengganti stok yang lebih lama.

Karena itu, buatlah kesepakatan sehingga lebih menguntungkan Anda. 

6. Mobil direncanakan untuk dijual kembali

Jika ingin membeli mobil sisaan maka kerugiannya, di atas kertas usia mobil sudah berumur, dan tentunya harganya akan mengalami depresiasi senilai satu tahun. 

Apabila Anda ingin berencana menjualnya kembali tentu saja harganya akan lebih rendah. Maka pertimbangkanlah sebelum membelinya.

7. Pastikan mobil yang akan dibeli benar-benar baru

Mobil baru adalah mobil yang berlum pernah didaftarkan sama sekali. Jika mobil yang Anda beli merupakan unit pinjaman atau tes drive dengan odometer berubah banyak, maka status mobil tersebut bukan lagi baru, melainkan bekas.

8. Lakukan penawaran

Berbagai alasan dealer memutuskan memberikan diskon, hal ini bukan hanya karena mobil sulit dijual, tetapi masih banyak alasan lainnya. Bahkan setiap mobil yang disimpan terlalu lama di gudang, itu bisa saja menghabiskan uang dealer, karena dihabiskan sebagai pemeliharaan.

Karena itu lakukan tawaran tertinggi, dengan begitu Anda bisa membantu dealer untuk mencapai target penjualan.

 

9. Lihat Harga keseluruhan, Jangan Hanya Biaya Bulanan

Beberapa dealer memberikan iming-iming pembayaran bulanan daripada total harga. Karena itu pastikan negosiasi Anda mengetahui berapa harga total dan termasuk cicilan per bulannya agar mendapatkan tawaran yang bagus.

10. Lakukan berbagai pertimbangan dengan mobil lain 

Jika Anda baik-baik saja dengan mobil sisaan berusia satu tahun, maka ada baiknya mempertimbangkan mobil bekas yang berumur dua tahun.

Sebab dengan usia mobil baru tetapi diproduksi satu tahun, maka hal itu tentu akan membuat penurunan harga jual yang juga lebih besar. Jika membeli mobil bekas tentu harganya bisa lebih miring. 

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Duka Emil Dardak Saat Adiknya, Eril Dardak Ditemukan Tewas di Kamar Kos

Posted: 12 Dec 2018 09:06 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur Jawa Timur terpilih Emil Dardak tengah berduka. Adik kandungnya, Eril Dardak ditemukan di tewas di kamar kosnya di Bandung Jawa Barat. 

Emil Dardak pun mengungkapkan kesedihannya. Bupati Trenggalek itu menuliskan cintanya kepada sang adik.  

"My beloved little brother looking good. I am grateful of your big help for me, but I havent had a chance to say it to you. I am so proud of you. I love you so much" tulis Emil di akun Instagramnya yang dikutip Liputan6.com, Kamis (13/12/2018).

Unggahan Emil mendapat banyak respons dari warga net. Mereka menyatakan simpati dan turut berduka atas kepergian adik ipar Arumi Bachsin tersebut.

"Turut berduka cita ya mas Emil..insya Alloh Alm Husnul Khotimah, keluarga yg ditinggal diberikan tabah dan tawakal," tulis adhibadon. 

"Innalillahi wa Inna ilaihi rojiun, turut berduka cita Pak Emil. Semoga amal Dan ibadahnya diterima Di sisiNYA," ujar khurotullailiyah.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Eril Dardak, Adik Emil Dardak Ditemukan Meninggal Dunia dengan Kepala Terbungkus Plastik

Posted: 12 Dec 2018 09:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Eril Ario Listianto Dardak meninggal dengan kepala terbungkus plastik, Rabu (12/12/2018). Meski demikian, polisi tidak menemukan tanda penganiayaan dalam tubuh dari adik dari Wagub Jatim Terpilih Emil Elistyanto Dardak itu.

Jasad Eril Dardak ditemukan di kamar kos nya, tepatnya Kosan Kartifah Jalan Dago Asri I No 24 Kelurahan Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung oleh seorang petugas kebersihan.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Bandung, AKBP M Rifai mengungkapkan bahwa awal mula penemuan jasad saat petugas mengetuk pintu kamar kos Eril. Karena lama tidak merespons, petugas kebersihan melaporkan kepada pihak kosan.

Pengelola kosan kemudian membuka pintu kamar Eril dengan kunci cadangan. Mereka terkejut karena posisi Eril sudah tergeletak tak bernyawa. Tak lama kemudian, tim Inafis Polrestabes Bandung langsung melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP).

Ditemukan plastik yang menutupi wajah Eril Dardak. Namun, plastik itu tidak dalam keadaan tertutup rapat. "Dari hasil olah TKP, kami tidak menemukan ada tanda kekerasan pada korban. Sudah dilakukan visum luar," kata M. Rifai saat dihubungi.

"Plastik itu tidak bisa dikatakan membekap karena itu terbuka, tidak terkunci, gatau dia lagi apa, plastik dipasang begitu saja," lanjutnya.

 

Belum Diketahui Penyebab Meninggal

Namun, Rifai mengatakan dalam olah TKP diduga Eril sempat menonton tentang oksigen dari youtube. Ia mengakui, sampai saat ini polisi belum bisa memastikan penyebab kematian Eril. Apalagi, pihak keluarga tidak mengizinkan untuk mengautopsi jasad Eril.

Berdasarkan informasi, jenazah Eril telah dibawa pihak keluarga dari rumah Sakit Hasan Sadikin. "Kita tak diizinkan oleh keluarga (melakukan autopsi) oleh orangtuanya," tuturnya.

Dari informasi yang dihimpun, Eril merupakan Mahasiswa Teknik Kelautan Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2015.

 

Reporter : Aksara Bebey

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Aksi Biduan Gendong Pengantin Pria, Begini Kata Warganet

Posted: 12 Dec 2018 09:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah pesta pernikahan tentu tak jarang dimeriahkan dengan hiburan musik. Hiburan tersebut mulai dari organ tunggal, band maupun seorang penyanyi. Di Indonesia sendiri sudah tak asing jika acara pernikahan dimeriahkan oleh penyanyi dangdut.  

Biasanya penyanyi dangdut dipilih untuk memeriahkan acara dan menghibur pengantin serta para tamu undangan. Baru-baru ini sedang viral seorang penyanyi dangdut yang memeriahkan sebuah pesta pernikahan lantaran aksinya yang tak biasa.

Bagaimana tidak, penyanyi wanita tersebut bernyanyi sambil menggendong pengantin pria di pundaknya. Ya, hal ini tentu tak biasa kita saksikan, bukan? Wanita yang mengenakan rok pendek berwarna hitam tersebut terlihat menggendong pengantin pria sambil bergoyang dengan luwes.

Terlihat pengantin wanita di sebelah mereka yang justru tertawa melihat aksi penyanyi tersebut. Terdengar pula suara tertawa para tamu undangan yang hadir. Rupanya aksi dirinya menggendong pengantin pria tersebut juga merupakan permintaan dari pengantin wanita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Reaksi warganet

biduan gendong pengantin pria (foto: twitter)

Video yang diunggah akun Twitter @gabrille_sandy ini sontak menuai banyak reaksi warganet. Diketahui bahwa penyanyi tersebut memang kerap melakukan atraksi ketika tampil pada sebuah acara. Aksinya ini menuai banyak komentar dari warganet. 

"Biasa ngangkut karung tuh," komentar akun @aji_mangun.

Sementara akun @anangskmn menambahkan "Tu emang biduannya suka bikin atraksi gtu, dan katanya itu yang minta pengantin perempuan nya buat ngerjain pengantin pria. pernah di undang ke hitam putih juga tuh biduannya. ada ig nya juga tapi lupa namanya haha. Sekedar mengingatkan."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Libur Natal dan Tahun Baru, KAI Daop 1 Siapkan 79 Perjalanan Kereta Api

Posted: 12 Dec 2018 09:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menyambut masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 menyiapkan 79 perjalanan kereta api (KA). Jumlah ini meningkat 9 persen dibanding masa angkutan Nataru tahun 2017 yakni sebesar 72 perjalanan KA.

Tahun ini masa angkutan Nataru ditetapkan selama 18 hari yakni mulai tanggal 20 Desember 2018 hingga 6 Januari 2019. Selama masa angkutan itu, seluruh pegawai KAI tidak diperkenankan mengambil cuti tahunan untuk membantu kelancaran pelayanan di sejumlah stasiun.

"Melihat volume penumpang yang meningkat, PT KAI Daop I menambah petugas yang berada di lintasan kereta api, serta fasilitas pendukung untuk keamanan dan kenyamanan penumpang. Diharapkan Nataru tahun ini sukses dan zeo accident," ucap Executive Vice President Daop 1 Jakarta Dadan Rudiansyah di Hotel Luminor, Jakarta, Kamis (13/12/2018).

Dadan menambahkan, PT KAI Daop I juga menyiagakan sarana posko kesehatan di 5 lokasi Pos Kesehatan seperti di Stasiun Pasar Senen, Gambir, Jatinegara, Cikampek dan Sukabumi dengan total tenaga medis sebanyak 32 orang.

 

Tambah Fasilitas Pendukung

Penumpang menaiki kereta di Stasiun Gambir, Jakarta, Rabu (29/11). Memasuki libur panjang peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, PT KAI Daop 1 akan mengoperasikan 11 Kereta Api (KA) tambahan. (Liputan6.com/JohanTallo)

Adapun fasilitas penumpang pendukung lainnya ialah penambahan kursi tunggu stasiun Pasar Senen di zona 3, penambahan kipas angin misty fan di stasiun Gambir dan Pasar Senen serta penambahan pembatas antrian untuk pengaturan zona tunggu penumpang di peron 1 dan 3 stasiun Pasar Senen.

"Tak hanya itu, kami juga melakukan penambahan signage di stasiun untuk lebih memperjelas petunjuk informasi, dan pengadaan trolley di stasiun Gambir dan Pasar Senen," jelasnya.

Sebagai informasi, dari total 79 perjalanan KA yang disiapkan PT KAI Daop I, itu antara lain terdiri dari pengoperasian 19 KA Tambahan, 12 KA keberangkatan Stasiun Gambir dan 7 KA keberangkatan Stasiun Pasar Senen.

Sementara, untuk jumlah perjalanan KA reguler yang beroperasi sebanyak 60 perjalanan dengan jumlah tempat duduk yang disediakan sebanyak 35.336 seat.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Serangan Israel Bikin Jatuh Pesawat Rusia, Tapi Putin Tidak Murka, Kenapa?

Posted: 12 Dec 2018 09:02 PM PST

Liputan6.com, Moskow - Insiden tertembak jatuhnya pesawat Rusia oleh Israel disebut oleh Vladimir Putin sebagai "rangkaian situasi tragis", namun tidak juga segera memberi tanggapan tegas terhadapnya. Moskow tak lantas mengecam Tel Aviv. 

Hal tersebut, menurut beberapa pengamat, membuat Israel berada di posisi terjepit, yang mengarah ke pertanyaan tentang apakah Rusia akan terus memberi negeri zionis kebebasan berkuasa atas sebagian wilayah udara Suriah.

"Jet tempur Israel menyerang sasaran terkait Iran di Suriah. Pertahanan udara Suriah mencoba untuk menggagalkan serangan Israel, dan secara tidak sengaja menabrak sebuah pesawat Angkatan Udara Rusia dengan rudal buatan Rusia," lapor surat kabar Haaretz, sebagaimana dikutip dari Asia Times pada Kamis (13/12/2018).

Laporan tersebut juga memuat beberapa dugaan pengamat, yang menyebut kecelakaan maut itu --yang merenggut nyawa awak pesawat Il-20 yang jatuh-- bisa menjadi masalah serius bagi Israel, dan bahkan mungkin membahayakan kebebasan strategisnya di Suriah.

Di lain pihak, beberapa pengamat menilai insiden itu sebagai hal memalukan bagi Moskow, yang enggan mengakui bahwa senjata buatan Rusia yang ditembakkan oleh rezim Suriah itu menjatuhkan salah satu jet tempur andalannya.

Namun Kementerian Pertahanan Rusia masih menyalahkan Israel karena menggunakan pesawat Il-20 Rusia "sebagai tameng".

Klaim itu bertentangan dengan laporan Israel bahwa jet-jetnya telah kembali ke wilayah udara resminya pada saat insiden itu terjadi.

Putin kemudian melunakkan tanggapan Rusia, menunjukkan insiden maut itu adalah hasil dari "rangkaian situasi tragis".

 

Simak video pilihan berikut:

 

Rusia Terbelenggu?

Presiden Rusia Vladimir Putin (AP/Alexei Nikolsky)

Beberapa pengamat, sebagaimana dikutip dari JPost.com, menilai insiden itu menggambarkan bahwa beragam kekuatan yang saling bekerjasama di Suriah, tidak berkomunikasi dengan baik dalam mengambil sikap.

Spekulasi muncul, mengatakan Rusia mungkin menuntut peringatan sebelum serangan terjadi, untuk kemudian menegakkan zona larangan terbang di dekat pangkalan tertentu, atau memasok sistem pertahanan udara yang lebih maju kepada pasukan Bashar al-Assad.

Rusia dilaporkan memiliki sistem S-400 di daerah itu dan serangan-serangan ini tampaknya menunjukkan Moskow tidak mau menggunakan sistem terkait. Di satu sisi, Negeri Beruang Merah juga menjual perangkat pertahanan canggih itu ke Turki dan pembeli lain.

Ini menempatkan Rusia dalam belenggu. Jika menggunakan sistem pertahanan yang canggih tersebut, bisa jadi itu dapat meningkatkan konflik.

Tetapi, jika tidak menggunakannya, maka Suriah akan bertanya-tanya mengapa Rusia tidak membela armada pesawat dan asetnya sendiri di wilayah konflik terkait. Hal tersebut berarti memicu keraguan terhadap sistem pertahanan S-400.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aquaman, Superhero DC yang Sering Jadi Olokan Kini Sukses Curi Perhatian

Posted: 12 Dec 2018 09:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Film keluaran DC Comics, Aquaman sukses besar di China. Baru dirilis tanggal 7 Desember 2018 lalu di China, Aquaman langsung laris ditonton. Aquaman telah mengantongi Rp 1,3 triliun setelah 3 hari dirilis. Ini adalah rekor pendapatan Warner Bros terbesar di China.

Selama bertahun-tahun, banyak penggemar superhero yang punya pandangan miring terhadap Aquaman. Superhero dengan alter-ego bernama Arthur Curry tersebut, kerap diolok-olok, dianggap tak sekeren jagoan Justice League lain seperti Batman atau Superman.

Hal ini tampaknya mulai berubah sejak Aquaman mulai dimasukkan ke jagat film-film pahlawan DC. Lihat saja penampakan Jason Momoa, sang pemeran Aquaman yang berotot, gondrong, dan penuh tato. Sekali pandang, hilang sudah anggapan bahwa Aquaman adalah tokoh yang lembek.

Sayang, penampilan Aquaman sebagai superhero yang digdaya tak berhasil ditampilkan dalam film Justice League. Lantas bagaimana dengan film solo Aquaman yang baru saja dirilis pada hari ini, Rabu (12/12/2018) di Tanah Air.

Arthur Curry (Jason Momoa), adalah manusia yang memiliki darah Atlantis di dalam dirinya. Sang ayah adalah manusia biasa, sementara ibunya adalah Atlanna (Nicole Kidman), sang Ratu Atlantis.

Arthur besar dengan kebencian terhadap orang-orang dari kampung halaman Atlanna, yang ia anggap telah membunuh sang ibu. Meski begitu, ia tetap memanfaatkan kekuatannya untuk membantu sesama. Alhasil, ia mendapat julukan Aquaman.

Nun jauh di bawah laut, adik tiri Aquaman, Orm (Patrick Wilson), berniat untuk menyerang daratan yang dianggap telah merusak lautan. Untuk menggolkan rencananya tersebut, ia membutuhkan dukungan dari para penguasa lain di bawah laut.

Mera (Amber Heard), putri salah satu kerajaan di bawah laut, tak setuju dengan rencana ini. Diam-diam ia menemui Aquaman untuk menggagalkan rencana ini. Bila kamu termasuk penonton yang berharap banyak tentang ide cerita yang baru dan segar dalam Aquaman, silakan lupakan saja.

Dari segi plot, Aquaman memang sangat mudah ditebak. Setengah jam film diputar, kamu mungkin bisa menebak keseluruhan plot dengan benar. Mungkin, ini karena Aquaman didesain sebagai pembuka cerita tentang sang penguasa Atlantis tersebut. Kita cuma bisa berharap kisah Aquaman bakal dieksplorasi menjadi lebih kompleks dalam sekuelnya mendatang.

Lantas, apakah film ini jadi tak menarik untuk ditonton? Tidak juga. Terutama, karena karakter utama dalam film ini diplot dengan menarik. Ada Aquaman yang maskulin namun kerap bersikap konyol. Juga Mera, putri kerajaan yang cantik namun perkasa, jauh dari stereotip seorang damsel in distress yang perlu diselamatkan.

Tokoh Aquaman pun kini terlihat cukup bertaji, tanpa terlihat terlalu kuat secara berlebihan. Tak hanya memperlihatkan kekuatan superhero ini, Jason Momoa pun cukup berhasil memperlihatkan sisih rapuh karakter ini, tanpa terlalu berlebihan.

James Wan, sang sutradara yang sebelumnya mengarahkan dua film The Conjuring, juga meramu Aquaman dengan elemen humor yang cukup kental. Terutama, bahan candaan yang muncul dalam interaksi Mera - Aquaman yang kerap memancing tawa.

Tak hanya humor, Aquaman, juga menyelipkan sedikit pesan tentang kerusakan di lautan yang dibuat manusia. Film ini juga mengangkat sebuah topik yang cukup familiar, yakni mengenai krisis identitas yang dihadapi seseorang yang 'berdarah campuran'.

Kesimpulannya, apakah Aquaman adalah sebuah film yang bagus? Hal ini masih bisa diperdebatkan. Namun, film ini dipastikan bakal bisa menghibur banyak orang.

Awalnya, Aquaman dijadwalkan untuk rilis pada bulan Juli 2018. Namun ternyata jadwal rilis tersebut diundur oleh DC menjadi tanggal 5 Oktober pada tahun yang sama.

Dikabarkan bahwa DC masih sibuk untuk memproduksi film The Batman dan juga The Flash, sehingga Aquaman sepertinya harus 'ngantri' dulu. Namun ternyata, baru-baru ini, jadwal Aquaman malah semakin diundur ke akhir tahun.

Sering Menangis, Pemeran Aquaman Akui Terjebak Dalam Tubuh Besar

Jason Momoa

Jason Momoa, dikenal dengan perannya yang bengis dalam Games of Thrones. Dan kini, ia kembali memainkan karakter sosok pria kuat di film Aquaman. Padahal, Jason Momoa sering menangis kala syuting Aquaman. Ia mengaku sebagai pria drama.

"Aku sering kali menangis. Aku dibesarkan oleh ibu tunggal, dan aku amat emosional," ujar pemeran Aquaman tersebut.

"Aku jarang dipilih untuk berakting emosional, sebenarnya aku bisa. Aku hanya terjebak dalam tubuh besar ini," lanjut Jason Momoa sambil berkelakar. Di balik wajahnya yang garang, rupanya Jason Momoa merupakan pria yang luar biasa lucu.

Ia baru saja menjadi bintang tamu di acara komedi Saturday Night Live. Di sana ia memainkan beberapa sketsa komedi yang mengocok perut.

Jason Momoa Girang Saat Bertemu Pria Ini di Syuting Aquaman

Jason Momoa (Foto: Instagram)

Film superhero Aquaman yang dibintangi oleh Jason Momoa, juga menghadirkan sejumlah aktris dan aktor populer Hollywood. Ada Nicole Kidman, Amber Heard, dan termasuk Willem Dafoe. Namun ternyata bukan bintang-bintang ini yang begitu ingin ditemuinya saat syuting Aquaman.

Orang tersebut, adalah aktor Selandia Baru Temuira Morrison. Di film garapan James Wan ini, ia berperan sebagai Thomas Curry, ayah dari Arthur Curry, alter-ego Aquaman. Temuira, selama ini dikenal sebagai pemeran Jango Fett dalam Star Wars: Episode II – Attack of the Clones dan Commander Cody di Star Wars: Episode III – Revenge of the Sith.

Dilansir dari Stuff, Minggu (9/12/2018), pemeran Aquaman itu memang sudah sejak lama mengidolakan aktor berusia 57 tahun tersebut. Jason Momoa bahkan mengaku bahwa akting Temuira dalam film Once Were Warriors, menginspirasinya dalam berakting.

"Apa yang ia lakukan di film itu begitu kompleks dan sulit dipercaya, dan inilah yang kutampilkan di Game of Thrones," tutur pemeran Khal Drogo di serial populer tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sakit Hati Ditagih Utang, Pria di Jember Aniaya Korban hingga Tewas

Posted: 12 Dec 2018 09:01 PM PST

Patroli, Jember - Sakit hati ditagih hutang, seorang pria di Jember, Jawa Timur, tega membunuh temannya dengan sadis. Korban bernama Latif, warga Desa Mumbulsari. 

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Kamis (13/12/2018), pelaku tidak terima dengan perkataan korban yang dianggap menyinggung lalu menganiaya korban di bagian kepala, membenamkan tubuh korban ke lumpur hingga meregang nyawa.

Ironisnya, pelaku kemudian membawa kabur motor korban lalu dijual.

Polres Jember akhirnya menangkap pelaku bernama Zaenal Abidin yang tak lain rekan sekaligus tetangga korban sesama pedagang sayur. Dari penyelidikan polisi, motif pembunuhan ini dilatarbelakangi sakit hati pelaku saat korban menagih hutang sebesar Rp 300 ribu kepadanya.

Kasus pembunuhan ini terjadi pada 18 September 2018. Korban ditemukan tergeletak bersimbah darah di pinggiran sungai Kecamatan Silo dengan luka parah di kepala bagian belakang. Pelaku langsung kabur usai melakukan aksinya dan hampir tiga bulan menjadi buron. (Muhammad Gustirha Yunas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penampilan Isha Ambani Crazy Rich Asian Asal India dalam Balutan Sari yang Menggoda

Posted: 12 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Adalah Isha Ambani, putri konglomerat asal India, Mukesh Ambani, yang belakangan jadi sorotan. Rangkaian prosesi pernikahan dengan anak miliarder yang juga asal India, Anand Piramal, jadi sebab sang 'Crazy Rich Asian' berada di tengah silau lampu sorot.

Sosoknya pun membuat tak sedikit orang penasaran, tak terkecuali dari sisi penampilan. Dari sekian banyak look yang tampak di akun Instagram @ambani.isha, anak pengusaha minyak dan telekomunikasi ini cukup sering memakai sari.

Dalam salah satu unggahan pada 1 Juli 2018, Isha Ambani terlihat memakai sari berdetail floral  dengan kombinasi warna putih, merah muda, dan hijau. Memperlihatkan perut telanjang, bersama dengan bawahan rok super lebar, ia tampak menyampirkan selendang transparan, masih dengan motif floral.

Penampilannya kian menarik dengan tambahan aksesori berupa anting, kalung, dan gelang senada. Rambutnya dibiarkan tergerai, lalu penampilan Isha disempurnakan dengan sentuhan makeup menawan.

Sementara warna nude dipoleskan di bibir dan pipi, sang 'Crazy Rich Asian' asal India ini memilih riasan mata bold lewat kesan smokey. Henna tradisional ala India pun tak luput menghiasi kedua tangan Isha Ambani.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Isha Ambani dalam Balutan Sari nan Menggoda

Isha Ambani, perempuan yang disebut Crazy Rich Asian asal India. (dok. Instagram @ambani.isha/https://www.instagram.com/p/Bkr5x_2joVK/Asnida Riani)

Tak hanya memakai sari dengan kesan feminin, Isha Ambani pernah kedapatan tampil seksi dalam balutan sari berkombinasi warna hitam, gold, dan silver. Di look ini, ia tetap memperlihatkan perut indahnya dan mengenakan pelengkap penampilan berupa selendang transparan.

Makeup yang diaplikasikan pun bernuansa serupa dengan sebelumnya, yakni smokey eyes dan pemilihan warna nude untuk bagian wajah lain. Aksesori serupa juga dikenakan, hanya saja perempuan 27 tahun tersebut tak memakai gelang.

Isha Ambani, perempuan yang disebut Crazy Rich Asian asal India. (dok. Instagram @ambani.ishahttps://www.instagram.com/p/Bkng4TijDR5/Asnida Riani)

Kembali lagi dengan kesan feminin, Isha tampak memakai sari berwarna merah muda dengan detail shocking pink. Aksesori berwarna silver yang dipakai juga lebih 'ramai', bahkan dikenakan melingkar di bagian perut. Kesan smokey eyes di makeup pada look ini makin tampak, sementara warna merah muda lebih cerah yang selaras dengan sari dipoles di bibir.

Isha Ambani, perempuan yang disebut Crazy Rich Asian asal India. (dok. Instagram @ambani.ishahttps://www.instagram.com/p/BqVINQjAGy_/Asnida Riani)

Dalam sebuah unggahan, Isha tampak tak takut bermain warna dengan outfit-nya. Memakai sari yang colorful, ia membuat sorot matanya lebih tajam dengan mengaplikasikan eyeliner, termasuk di bagian bawah mata.

Lipstik nude pink favoritnya masih tampak menghiasi bibir, sementara aksesori berupa kalung, anting, dan gelang ala perempuan India tetap menyempurnakan penampilan sang 'Crazy Rich Asian'. Jadi, mana look yang paling Anda suka dari penampilan Isha Ambani dengan sari?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Sengit, Celtics Kalahkan Wizards Lewat OT

Posted: 12 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Washington - Boston Celtics sukses memenangi duel sengit melawan Washington Wizards pada lanjutan NBA 2018-2019. Celtics harus susah payah menang 130-125 lewat overtime (OT) pada laga yang berlangsung di Capital One Arena, Rabut atau Kamis (13/12/2018) pagi WIB.

Duel NBA ini seakan menjadi pertarungan dari guard Celtics, Kyrie Irving melawan point guard Wizards, John Wall. Keduanya sama-sama produktif, meski hanya Wall yang mencetak double-double.

Irving akhirnya keluar sebagai pahlawan bagi Celtics karena mencetak poin terbanyak. Dia mencetak 38 poin dan 7 assist.

Sedangkan Wall tampil dominan untuk Wizards dengan dengan 34 poin dan 13 assist. Bantuan dari Jeff Green yang juga double double dengan 22 poin 10 rebound belum cukup meruntuhkan Celtics.

Di kubu Celtics, Jayson Tatum juga cukup berperan lewat double-double yang dicetaknya yaitu 12 poin dan 12 rebound yang semuanya terjadi saat bertahan.

Marcus Morris juga menyumbang angka signifikan dengan 27 poin dan 9 rebound. Dengan kemenangan ini, Celtics memperbagus catatan menang kalah menjadi 17-10.

Sebaliknya, Wizards makin terpuruk karena rekor menang kalah menjadi 11-17. Mereka menjadi tim kedua terbawah di klasemen wilayah Timur NBA setelah Atlanta Hawks.

 

 

 

Jalannya Pertandingan

Kyrie Irving saat halangi John Wall di duel NBA Boston Celtics vs Washington Wizards (AP Photo/Alex Brandon)

Duel Celtics melawan Wizards sudah berlangsung imbang sejak awal. Wizards bahkan unggul sejak kuarter pertama.

Mereka ungguli Celtics dengan 28-24. Pada kuarter kedua, Wizards tetap mempertahankan keunggulan dengan 55-46.

Dengan perubahan strategi dan tak banyak melakukan pergantian pemain serta memasukkan Terry Rozier cukup membantu Celtics bangkit di kuarter ketiga. Celtics sukses memperkecil ketinggalan menjadi 74-77 usai mencetak 38 poin di kuarter ketiga.

Kuarter Empat dan OT

Kuarter Keempat berjalan menegangkan karena kedua tim sama-sama tampil ngotot. Perolehan poin sangat ketat bahkan kedua tim tak ada yang unggul lebih jauh.

Hingga berakhirnya kuarter keempat, skor kedua tim sama kuat 113-113. Irving mencoba lay up di detik terakhir tapi gagal.

Saat overtime pun duel makin menegangkan, skor 113-113 pecah setelah John Wall mencetak 1 poin dari free throw. Rozier membuat Celtics berbalik unggul 116-114 lewat 3 poin yang dicetaknya.

3 poin dan dua poin free throw dari Irving menamatkan perlawanan Wizard sehingga Celtics unggul 130-125.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masjid di Gorontalo Sediakan Etalase Makanan Gratis untuk Jemaah Salat Jumat

Posted: 12 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Gorontalo - Ada suasana yang berbeda saat salat Jumat di Gorontalo. Beberapa masjid di kawasan berjuluk Kota Serambi Madinah ini menyediakan etalase makanan gratis untuk jemaahnya. 

Makanan tersebut sengaja disediakan untuk jemaah yang melaksanakan salat Jumat. Pada etalase makanan itu tertulis, "Siapapun boleh mengambil, Siapapun boleh mengisi". Etalase makanan ini menjadi inovasi baru sebagai alat parantara kepada jemaah untuk beramal dan berbuat baik kepada sesama.

Penelusuran Liputan6.com, beberapa masjid yang memiliki etalase makanan gratis di Gorontalo antara lain Masjid Sabilurrasyad UNG, Masjid Baiturahman Limboto, Masjid RS Aloe Saboe, Masjid RS Toto Kabila, dan Center Point Bone Bolango.

Sartin Lihawa, seorang warga yang bertugas memantau keberlangsungan etalase makanan gratis tersebut mengatakan, etlasae tersebut hadir sebagai wadah untuk 'berdagang' dengan sistem pembayaran langsung dari Allah. 

"Ini memediasi antara orang yang ikhlas memberikan dan orang yang butuh makan sebelum dan sesudah melaksanakan salat Jumat," kata Sartin Lihawa kepada Liputan6.com.

Sartin menyebutkan, seluruh masyarakat dan jemaah bisa mengambil makanan ini secara gratis. Namun sasaran yang lebih utama adalah fakir miskin, kaum dhuafa, petugas parkir, petugas kebersihan, dan siapapun tanpa kecuali.

"Begitupun sebaliknya, siapapun bisa mengisi etalase ini, apalagi para pejabat, pengusaha, dan pelaku UKM yang berkecukupan lebih," ungkap Sartin.

Dirinya berharap, etalase makanan gratis ini bisa mendapat dukungan yang besar dari masyarakat Gorontalo, sehingga takn ada lagi fakir miskin yang kelaparan di tengah orang-orang yang hidup dalam kemewahan.

Jufrianto Ika, salah seorang jemaah masjid mengungkapkan rasa kagumnya dengan gagasan dan inovasi berbagi ini. 

"Saya kira ini adalah hal yang baru di Gorontalo, ini sangat bagus karena selain kita senang membantu orang, kita juga bisa makan gratis secara bersama-sama merasakan keberkahan yang begitu luar biasa," ujar Jufri.

Jufri berharap, virus etalase makanan gratis ini bisa menyebar ke masjid-masjid lainnya di Gorontalo, terus berkelanjutan dan tidak putus. 

"Sedekah tidak selalu tentang uang, sebungkus nasi pun mungkin tidak berarti untuk kita, tapi sangat berarti bagi orang yang membutuhkan," ungkap Jufri menambahkan.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Soal Putus dengan Irish Bella, Ini Penjelasan Giorgino Abraham

Posted: 12 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan Giorgino Abraham dan Irish Bella disebut sebagai pasangan yang serasi dan romantis. Banyak penggemar yang mendukung keduanya untuk melanjutkan hubungan ke pelaminan.

Belum sampai harapan itu terwujud, Giorgino Abraham dan Irish Bella justru dikabarkan sudah mengakhiri jalinan cinta.

Kabar ini bermula karena Giorgino Abraham dan Irish Bella sudah tidak pernah lagi menunjukkan potret kebersamaan di social media.

Bahkan saat Baim Wong dan Paula Verhoeven menikah, Giorgino Abraham terlihat datang sendiri tanpa ditemani sang kekasih. Begitu juga ketika Giorgino merayakan ulang tahun beberapa waktu lalu, tak ada sosok Irish di perayaan ulang tahunnya itu.

Jawaban Giorgino Abraham

(Instagram/giorginoabraham)

Saat ditanya mengenai statusnya dengan Irish Bella saat ini, Giorgino Abraham pun tidak ingin berkomentar. Ia hanya ingin ditanya soal perannya di serial original VIU yang berjudul Knock Out Girl.

"Gue kan pengin ngomongin (serial)," ujar Giorgino seraya tersenyum saat ditemui di peluncuran serial original Knock Out Girl di CGV Pacific Place, Sudirman, Jakarta Selatan, Rabu (12/12/2018).

 

Ada Orang Ketiga?

(Instagram/irishbella)

Putusnya hubungan Giorgino dan Irish Bella dikabarkan juga karena orang ketiga yang tak lain adalah pesinetron Ammar Zoni. Seperti diketahui, saat ini Irish Bella dan Ammar Zoni tengah bermain dalam sinetron Cinta Suci yang ditayangkan SCTV setiap malam.

Keduanya kini dikabarkan terlibat cinta lokasi. Mengenai kabar tersebut, Giorgino Abraham hanya memberikan jawaban yang diplomatis.

"Nggak lah. Orang kan bisa ngomong gampang. Tinggal yang orang-orangnya aja pendengarnya, orang pintar apa nggak," jelas Giorgino Abraham. 

(Kapanlagi.com/ Nuzulur Rakhmah)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rajin Minum Jamu Sejak Remaja, Puan Maharani Merasa Awet Muda

Posted: 12 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI (Menko PMK) Puan Maharani menceritakan, dirinya suka minum jamu sejak remaja. Hingga sekarang pun anak perempuan Megawati ini masih mempertahankan kebiasaan tersebut.

Sang ibu rupanya yang meminta Puan minum jamu. Adapun jamu yang diberikan ibunya adalah kunyit asam dan beras kencur.

"Dulu, setiap hari, saya disuruh minum jamu. Jamunya beli yang dari jamu gendong keliling itu. Belilah sebotol, lalu disimpan di kulkas. Saya harus minum jamu sebotol itu," cerita Puan dalam sambutannya membuka Program Terpadu UMKM Berdaya Saing: Pencanangan Gerakan UMKM Jamu Berdaya Saing dan Herbal Indonesia Expo 2018 di Gedung SMESCO, Jakarta, Rabu (12/12/2018).

Jamu botol yang disimpan di kulkas bisa bertahan tiga hari. Puan harus menghabiskan jamu itu selama tiga hari. Ia memang bertanya kepada sang ibu, 'Apa manfaat minum beras kencur dan kunyit asam?' Ibunya hanya menjawab, manfaat jamu akan dirasakan setelah menikah dan melahirkan.

"Saya pikir, itu lama sekali ya dirasakan. Menikah dan melahirkan. Padahal waktu itu, saya masih remaja. Akhirnya, karena disuruh minum. Yaudahlah, saya habisin," terang Puan Maharani sambil tertawa.

 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

Terlihat awet muda

Menko PMK Puan Maharani punya kebiasaan minum jamu sejak remaja. (Liputan6.com/Fitri Haryanti Harsono)

Berkat minum jamu sejak remaja, Puan mengakui, khasiat jamu dirasakannya setelah ia punya anak. Penampilannya terlihat awet muda.

"Kata ibu saya, 'Coba kalau kamu enggak nurut sama Mama. Belum tentu kamu bisa awet muda seperti sekarang ini.' Ya, benar juga. Anak saya umurnya 20 tahun. Dia bongsor dan tinggi. Jadi, katanya saya terlihat awet muda," ucap Puan, yang kini berusia 45 tahun sambil tersenyum.

Ibu Puan juga mengatakan kepada Puan, mungkin kalau tidak minum jamu, wajah Puan sudah terlihat tua dan keriput.

Efek awet muda dari minum jamu yang dirasakan Puan juga berkat perjuangannya minum jamu. Tak mudah bagi Puan remaja menghabiskan jamu.

"Namanya juga masih anak-anak. Mau enggak mau ya harus habis jamunya. Tetap saya minum dan telan. Kadang juga sampai harus tutup hidung minumnya. Lalu malah banyakin minum air putih dibanding jamunya," ucap Puan.

Kebiasaan minum jamu beras kencur dan kunyit asam Puan turunkan kepada anak-anaknya. Stok jamu botol pun selalu tersedia di kulkas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Instagram Siapkan Fitur Khusus untuk Para Influencer

Posted: 12 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Instagram berencana menghadirkan sejumlah tool khusus untuk para influencer, yang dapat memberikan insight lebih mendalam tentang berbagai data para follower.

Tool ini akan dihadirkan dalam bentuk Creator Accounts, tetapi hanya tersedia untuk pengguna terpilih yakni influencer dan selebritas.

Dikutip dari Phone Arena, Kamis (13/12/2018), pihak Instagram mengatakan kepada The Hollywood Reporter, bahwa perusahaan berusaha untuk menjadi tempat terbaik dan termudah untuk membangun komnitas. Selain itu, juga sebagai tempat untuk membangun brand kreator.

Adapun Creator Account akan berfungsi seperti profil, tapi justru difokuskan pada bisnis. Selain itu, tool tersebut akan memberikan insight mendalam, termasuk informasi tentang follow dan unfollow.

Para influencer juga akan bisa melihat data harian dan mingguan tentang perubahan para follower mereka.

Hal ini bisa membuat mereka lebih mudah memahami yang mungkin menyebabkan penurunan dalam basis penggemarnya atau lonjakan follower baru.

Lebih lanjut, tool untuk Direct juga akan bisa memfilter pesan dari mitra brand dan teman-teman. Selanjutnya, para influencer juga akan bisa memilih bagaimana mereka ingin dihubungi.

Menurut keterangan Instagram, fitur-fitur baru ini tengah diuji oleh sejumlah pengguna. Perusahaan memperkirakan fitur tersebut akan dirilis pada 2019.

Seru, Pengguna Kini Bisa Kirim Pesan Suara di Instagram

Ilustrasi  Instagram (iStockPhoto)

Instagram terus merilis berbagai fitur baru. Salah satu fitur yang baru dirilis adalah kemampuan untuk mengirim pesan suara atau voice message melalui Direct Messages (DM).

Lewat fitur baru ini, pengguna dapat saling berkirim pesan suara via DM dengan durasi selama 1 menit. Pengguna dapat mengirim pesan suara tersebut ke chat pribadi atau grup.

Fitur baru ini sudah tersedia untuk pengguna perangkat iOS dan Android.

Instagram Tendang Like dan Komentar Palsu

Ilustrasi Instagram (AP Photo/Marcio Jose Sanchez, File)

Adapun sebelumnya, Instagram pada bulan lalu membersihkan layanannya dari komentar, follow, dan like palsu. Kehadiran aplikasi pihak ketiga untuk mendongkrak popularitas melalui like, follow, dan komentar palsu, dinilai tidak sejalan dengan tujuan Instagram. Oleh sebab itu, perusahaan memutuskan untuk menghapus respons tidak otentik itu dari layanannya.

Instagram mulai Senin (19/11/2018) telah menghapus like, follow, dan komentar dari akun-akun yang menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mendongkrak popularitasnya. Respons palsu semacam itu dinilai telah melanggar kebijakan Instagram.

"Kami memiliki tool-tool machine learning untuk membantu mengidentifikasi akun-akun yang menggunakan layanan-layanan tersebut, serta menghapus aktifitas tidak otentik. Perilaku semacam ini memberikan dampak buruk bagi komunitas, dan aplikasi-aplikasi pihak ketiga yang menghasilkan like, follow, dan komentar tidak asli itu telah melanggar Community Guideline dan Term of Use kami," tulis Intagram dalam penjelasannya.

Respons palsu tersebut, menurut pihak Instagram, tidak sejalan dengan tujuan layanannya yakni membuat orang-orang memiliki pengalaman nyata dan interaksi asli.

Pengguna disebut menerima pemberitahuan bahwa like, follow, dan komentar yang mereka berikan kepada orang lain melalui aplikasi pihak ketiga tadi akan dihapus. Para pengguna pun diminta untuk mengamankan akun mereka dengan mengubah password.

"Orang-orang yang menggunakan aplikasi-aplikasi semacam itu memberikan username dan password, serta akun mereka kadang digunakan untuk like, follow, dan komentar tidak otentik. Hal ini tidak hanya melanggar kebijakan kami, tapi juga membuat akun pengguna tidak aman," tulis Instagram.

(Din/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Kawa Daun, Kopi Khas Sumbar Sejak Era Kolonial

Posted: 12 Dec 2018 09:00 PM PST

Seorang pria membuat kopi Kawa Daun di sebuah kafe tradisional, Tabek, Sumbar (29/11). Kopi Kawa Daun adalah minuman kuno yang berasal dari masa kolonial ketika sedikit penduduk setempat yang mampu membeli kopi yang diekstrak. (AFP Photo/Adek Berry)

Seorang pria membuat kopi Kawa Daun di sebuah kafe tradisional, Tabek, Sumbar (29/11). Kopi Kawa Daun adalah minuman kuno yang berasal dari masa kolonial ketika sedikit penduduk setempat yang mampu membeli kopi yang diekstrak. (AFP Photo/Adek Berry)

Seorang pria membawa kopi Kawa Daun di sebuah kafe tradisional di Tabek, Sumatera Barat (29/11).  Keunikan kopi di daerah ini adalah minuman yang mengekstrak rasa dari daun tanaman daripada kacangnya. (AFP Photo/Adek Berry)

Seorang pria membawa kopi Kawa Daun di sebuah kafe tradisional di Tabek, Sumatera Barat (29/11). Keunikan kopi di daerah ini adalah minuman yang mengekstrak rasa dari daun tanaman daripada kacangnya. (AFP Photo/Adek Berry)

Dua pria menikmati kopi Kawa Daun di sebuah kafe tradisional, Tabek, Sumatera Barat (29/11). Kopi Kawa Daun adalah minuman kuno yang berasal dari masa kolonial ketika sedikit penduduk setempat yang mampu membeli kopi yang diekstrak. (AFP Photo/Adek Berry)

Dua pria menikmati kopi Kawa Daun di sebuah kafe tradisional, Tabek, Sumatera Barat (29/11). Kopi Kawa Daun adalah minuman kuno yang berasal dari masa kolonial ketika sedikit penduduk setempat yang mampu membeli kopi yang diekstrak. (AFP Photo/Adek Berry)

Seorang pria membuat kopi Kawa Daun di sebuah kafe tradisional, Tabek, Sumbar (29/11). Keunikan kopi di daerah ini adalah minuman yang mengekstrak rasa dari daun tanaman daripada kacangnya. (AFP Photo/Adek Berry)

Seorang pria membuat kopi Kawa Daun di sebuah kafe tradisional, Tabek, Sumbar (29/11). Keunikan kopi di daerah ini adalah minuman yang mengekstrak rasa dari daun tanaman daripada kacangnya. (AFP Photo/Adek Berry)

Seorang pria memegang daun kering yang digunakan untuk membuat kopi Kawa Daun di sebuah kafe tradisional di Tabek, Sumatera Barat (29/11). (AFP Photo/Adek Berry)

Seorang pria memegang daun kering yang digunakan untuk membuat kopi Kawa Daun di sebuah kafe tradisional di Tabek, Sumatera Barat (29/11). (AFP Photo/Adek Berry)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Alokasikan Rp 34 Triliun untuk Program Keluarga Harapan 2019

Posted: 12 Dec 2018 08:51 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Presiden Jokowi berjanji akan mengucurkan anggaran Program Keluarga Harapan (PKH) sebesar Rp 34 triliun di 2019. Upaya ini dilakukan untuk menekan angka kemiskinan di Tanah Air.

"Karena kita tahu Rp 19 triliun di 2018, tahun depan meloncat jadi Rp 34 triliun," ungkap Jokowi saat memberikan pengarahan dalam rangka Jambore Sumber Daya Program Keluarga Harapan Tahun 2018 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (13/12/2018).

"Tahun depannya lagi enggak tahu melompat berapa lagi," sambungnya.

Mantan Wali Kota Solo ini berharap anggaran yang digelontorkan pemerintah digunakan tetap sasaran. Jangan sampai dana yang dikucurkan tidak sampai ke tangan keluarga penerima manfaat.

"Pastikan penyaluran dana itu bener-bener sampai ke penerima manfaat," tegas dia.

Jokowi menyadari tugas pendampingi PKH ke depan semakin berat. Sebab, jumlah keluarga penerima manfaat akan bertambah. Pada 2017, penerima PKH sebanyak 6 juta dan meningkat menjadi 10 juta di 2018.

"Kalau ini nanti sudah mapan, di 2020 saya ingin agar yang masuk dalam kotak keluarga miskin, kurang lebih 15,6 juta, itu semuanya harus dapat PKH," ujarnya.

Tak hanya mengucurkan anggaran yang cukup besar, Jokowi juga berencana mengirim pendamping PKH keluar negeriuntuk melakukan studi banding atau melanjutkan pendidikan. Jokowi telah memerintahkan Menteri Sosial, Agus Gumiwang Kartasasmita untuk menyeleksi pendamping PKH yang layak keluar negeri.

"Saya minta nanti ada seleksi di pendamping-pendamping PKH ini kita kirim keluar negeri. Bisa sekolah, maksudnya melanjutkan sekolah, bisa training, bisa melihat dan membandingkan negara lain itu," kata Jokowi.

Perangi Kemiskinan

Sebelumnya, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita menyebut, PKH merupakan wujud dari komitmen dan keseriusan Jokowi dalam memerangi kemiskinan. Selain itu, PKH bertujuan untuk mempersempit kesenjangan di Indonesia.

"Tanpa komitmen dan political will yang tinggi dari bapak Presiden, jangkauan dan anggaran PKH tidak akan seluas dan sebesar seperti pada saat ini," ucap dia.

Menurut politikus Partai Golkar ini, ketika bangsa Indonesia dihadapkan pada goncangan dan ketidakpastian ekonomi akibat dinamika ekonomi global, Jokowi secara bertahap tetap mengeluarkan kebijakan dalam rangka penguatan PKH. Agus Gumiwang berharap, komitmen Jokowi ini didukung etos kerja pendamping PKH yang baik.

"Kita rapatkan barisan dan bersatu bersama Pak Jokowi dalam membangun masyarakat yang tangguh menuju Indonesia yang lebih maju," tuntasnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

12 Tokoh Pimpinan KKB di Papua Berhasil Diidentifikasi TNI-Polri

Posted: 12 Dec 2018 08:48 PM PST

Liputan6.com, Papua - Aparat gabungan TNI-Polri terus memburu kelompok kriminal bersenjata di Papua yang menewaskan puluhan pekerja di Kabupaten Nduga, Papua awal Desember lalu.

Sebanyak 12 tokoh pimpinan KKB yang tersebar di sejumlah wilayah berhasil diidentifikasi termasuk seorang panglima tertinggi berinisial PU.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Kamis (13/12/2018), aparat menduga selain berhasil merampas senjata milik TNI-Polri, KKB juga memasok senjata dari Filipina dan Papua Nugini melalui jalur gelap laut dan darat di perbatasan.

"Kelompok ini kurang lebih menggunakan 25 pucuk senjata untuk melakukan penyerangan. Dan senjata ini didapat dari jalur penyelundupan secara gelap dengan membeli beberapa senjata dari Papua Nugini maupun Filipina," kata Karopenmas Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo.

KKB Organisasi Papua Merdeka menyerang puluhan karyawan PT Istaka Karya yang sedang mengerjakan proyek Trans Papua di Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, 1 Desember lalu.

Tim gabungan TNI-Polri yang langsung bergerak cepat usai insiden berdarah itu, berhasil mengevakuasi para korban yang meninggal dunia maupun yang selamat. Para pelaku yang bertanggungjawab pun masih diburu. (Rio Audhitama Sihombing) 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Minta Mensos Kirim Pendamping PKH Keluar Negeri untuk Studi Banding

Posted: 12 Dec 2018 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi berkomitmen membangun sumber daya manusia (SDM) secara besar-besaran tahun depan. Guna mendukung upaya tersebut, dia meminta Menteri Sosial, Agus Gumiwang Kartasasmita mengirim pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) keluar negeri untuk melakukan studi banding atau melanjutkan pendidikan.

Ini disampaikan Jokowi saat memberikan pengarahan dalam rangka Jambore Sumber Daya Program Keluarga Harapan Tahun 2018 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (13/12).

"Saya minta nanti ada seleksi di pendamping-pendamping PKH ini kita kirim keluar negeri. Bisa sekolah, maksudnya melanjutkan sekolah, bisa training, bisa melihat dan membandingkan negara lain itu," kata Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menekankan, pendamping PKH harus memiliki semangat yang sama membangun bangsa Indonesia. Semangat yang dimaksud yakni meningkatkan kualitas diri guna mengoptimalkan program PKH.

Jokowi ingin ke depan jumlah keluarga penerima manfaat bisa ditekan. Tahun ini, pemerintah menyalurkan PKH kepada 10 juta keluarga penerima manfaat. Tahun depan, pemerintah menargetkan menyasar 16,5 juta keluarga penerima manfaat.

"Jangan sampai ada yang tertinggal, tadi 15,6 juta. Kita harus memiliki semangat yang sama untuk mengentaskan mereka," ujarnya.

Komitmen Jokowi

Di lokasi yang sama, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita melaporkan peserta Jambore Sumber Daya PKH 2018 sebanyak 598 orang. Mereka terdiri dari 7 koordinator regional, 62 koordinator wilayah, dan 529 Koordinator kabupaten kota dari seluruh wilayah di Indonesia.

Agus Gumiwang menyebut, PKH merupakan wujud dari komitmen dan keseriusan Jokowi dalam memerangi kemiskinan. Selain itu, PKH bertujuan untuk mempersempit kesenjangan di Indonesia.

"Tanpa komitmen dan political will yang tinggi dari bapak Presiden, jangkauan dan anggaran PKH tidak akan seluas dan sebesar seperti pada saat ini," ucapnya.

Menurut politikus Partai Golkar ini, ketika bangsa Indonesia dihadapkan pada goncangan dan ketidakpastian ekonomi akibat dinamika ekonomi global, Jokowi secara bertahap tetap mengeluarkan kebijakan dalam rangka penguatan PKH. Agus Gumiwang berharap, komitmen Jokowi ini didukung etos kerja peserta jambore yang baik.

"Kita rapatkan barisan dan bersatu bersama Pak Jokowi dalam membangun masyarakat yang tangguh menuju Indonesia yang lebih maju,"Agus mengatakan.

Reporter: Supriatin

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

50 Orang Terkaya Indonesia Punya Duit Rp 1.874 Triliun

Posted: 12 Dec 2018 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Forbes baru saja merilis daftar orang terkaya di Indonesia tahun ini. Peringkat teratas masih dipegang oleh nama-nama familiar seperti bos Djarum, Sinar Mas, Gudang Garam, dan Indofood.

Tahun ini, ada perkembangan kekayaan sebesar 4,4 persen. Total kekayaan 50 orang terkaya Indonesia mencapai USD 129 miliar (Rp 1.873 triliun, USD 1 = Rp 14.528).

"Aset bersih 50 orang terkaya Indonesia versi Forbes mencetak rekor baru dengan total nilai USD 129 miliar atau naik USD 3 miliar dari tahun lalu," tulisnya.

Forbes mencatat, enam dari 10 orang terkaya di Indonesia mengalami peningkatan kekayaan dibandingkan tahun lalu, termasuk Hartono bersaudara yang mendapat gelar nomor wahid sejak 2018 atau sudah 10 tahun terakhir.

Tahun ini, total kekayaan Hartono bersaudara tercatat sebesar USD 35 miliar (Rp 508 triliun), dimana sekitar 70 persen dari total kekayaannya berasal dari BCA.

Bos Gudang Garam Susilo Wonowidjojo naik ke posisi dua dengan kekayaan sebesar USD 9,2 miliar akibat meningkatnya harga saham perusahaan rokok Gudang Garam.

Dalam daftar orang terkaya tersebut, bos Sinar Mas Eka Tjipta Widjaja turun satu peringkat karena hartanya berkurang setengah miliar dolar (Rp 7,2 triliun).  

"Daftar 50 orang Indonesia terkaya versi Forbes disusun berdasarkan informasi kepemilikan saham dan informasi keuangan yang didapatkan dari keluarga dan individu, bursa efek, laporan tahunan dan analis," jelas Forbes.

Daftar 10 Orang Terkaya

Atlet bridge Indonesia, Bambang Hartono memberi keterangan pers di JiExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (22/8). Pendiri Grup Djarum ini akan berpasangan dengan Polli Bert Toar (64) di Asian Games 2018. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Berikut 10 besar orang terkaya di Indonesia versi Forbes: 

1. R. Budi & Michael Hartono: USD 35 miliar (Rp 508 triliun)

2. Susilo Wonowidjojo: USD 9,2 miliar (Rp 133 triliun)

3. Eka Tjipta Widjaja: USD 8,6 miliar (Rp 124 triliun) 

4. Sri Prakash Lohia: USD 7,5 miliar (Rp 108 triliun) 

5. Anthoni Salim: USD 5,3 miliar (Rp 77 triliun) 

6. Tahir: USD 4,5 miliar (Rp 65 triliun)

7. Chairul Tanjung:USD 3,5 miliar (Rp 50 triliun)

8. Boenjamin Setiawan: USD 3,2 miliar (Rp 46 triliun)

9. Jogi Hendra Atmadja: USD 3,1 miliar (Rp 45 triliun)

10. Prajogo Pangestu: USD 3 miliar (Rp 43 triliun) 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BWF World Tour Finals: Tommy Kalah, Ahsan / Hendra Tekuk Ganda Taiwan

Posted: 12 Dec 2018 08:45 PM PST

Liputan6.com, Guanzhou - Ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, menaklukkan wakil Taiwan (Chinese Taipei) Su Ching Heng/Liao Min Chun dalam pertandingan hari kedua penyisihan Grup B BWF World Tour Finals 2018 di Tianhe Gymnasium, Guangzhou, Tiongkok, Kamis (13/12/2018).

Ahsan/Hendra menang dua set langsung atas Ching Heng/Min Chun, 21-18 dan 21-14. Pertandingan itu sendiri hanya berlangsung selama 36 menit.

Ahsan/Hendra sempat kesulitan di awal set pertama, namun mampu bangkit dengan menyelesaikannya dengan 21-18. Di set kedua, langsung terlihat dominan dan menang 21-14.

Ahsan/Hendra terlihat tampil lebih baik dari kemarin kala dikalahkan pasangan Jepang, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe. Ini kemenangan perdana Ahsan/Hendra di BWF World Tour Finals 2018.

Sementara itu, tunggal putra Indonesia di BWF World Tour Finals 2018, Tommy Sugiarto, harus tunduk dari wakil India, Sameer Verma lewat dua set langsung, 16-21 dan 7-21, dalam pertandingan yang berlangsung selama 40 menit itu.

Kekalahan Tommy

Tunggal putra Indonesia, Tommy Sugiarto kalah di hari kedua BWF World Tour Finals 2018. (Bola.com/Nick Hanoatubun)

Permainan di set pertama sebenarnya berjalan sengit, Tommy sempat memberikan perlawanan. Namun, set kedua benar-benar menjadi milik Verma dan Tommy kesulitan mengimbangi.

Pada pertandingan hari pertama BWF World Tour Finals 2018, Tommy mampu mengalahkan tunggal Thailand, Kantaphon Wangcharoen melalui pertarungan tiga set 21-18, 18-21, dan 21-11.

Saksikan video menarik di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sekjen: Kader PAN Sumsel Pendukung Jokowi Anggota Tak Produktif

Posted: 12 Dec 2018 08:42 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kader Partai Amanat Nasional (PAN) Sumatera Selatan mendeklarasikan diri mendukung pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin. Dukungan diberikan dengan alasan merasakan efek pembangunan yang dilakukan Jokowi sebagai presiden saat ini.

Mendengar hal itu, Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno menegaskan, tindakan kadernya itu melanggar instruksi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN yang telah memutuskan dukung pasangan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Dia pun meminta Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Sumatera Selatan untuk segera memberikan sanski terhadap kader tersebut.

"Kami instruksikan kepada DPW PAN Sumsel untuk segera menyampaikan informasi dan fakta di lapangan kepada DPP dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk memberikan sanksi terhadap kader yang mbalelo," kata Eddy dalam keterangan tertulisnya, Kamis (13/12/2018).

Eddy mengungkapkan, mereka yang mendeklarasikan diri dukung Jokowi-Ma'ruf bukanlah kader aktif di partai. Karena itu, Eddy meminta kader itu segera diberi sanksi.

"Kami tidak menolerir adanya tindakan di luar ketentuan partai. DPW kami minta bertindak tegas dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan sesuai garis ketentuan partai," ungkapnya.

Ia menegaksan, PANdan kepengurusan di daerah tetap solid. Eddy justru menduga ada oknum yang sengaja memanfaatkan momen semacam ini untuk kepentingan pribadi.

"Mereka nonpengurus dan kader nonproduktif. Kami justru menduga mereka memanfaatkan momen ini untuk mencari manfaat pribadi dengan melakukan deklarasi kepada paslon 01. Semuanya solid dan terkendali," ucapnya.

 

Alasan Dukung Jokowi

Sebelumnya, puluhan kader PAN Sumatera Selatan menyatakan pada pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin. Mereka beralasan Jokowi yang mampu melaksanakan pembangunan, terutama di Bumi Sriwijaya.

Sikap yang disampaikan sekitar 25 kader PAN dalam deklarasi 'Kader dan Simpatisan DPW Partai Amanat Nasional Sumatera Selatan mendukung Jokowi-Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI 2019-2024 di sebuah rumah makan di Palembang, Rabu 12 Desember.

Salah satu penggagas deklarasi, Sholahuddin dianggap sangat berhasil dilakukan oleh Jokowi sukses dalam hal pembangunan selama empat tahun terakhir. Di Palembang saja, insfrastruktur terbangun, mulai dari Light Rail Transit (LRT), tol, Jembatan Musi IV, Jembatan Musi VI, dan bangunan fisik lainnya.

"Jokowi sukses memimpin dan kami dukung Jokowi menjadi presiden dua periode," ungkap Sholahuddin.

 

Reporter:

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BTS Menangi Worldwide Icon of The Year di MAMA 2018 Jepang

Posted: 12 Dec 2018 08:40 PM PST

Liputan6.com, Tokyo MNet Asian Music Awards atau MAMA 2018 hari kedua baru saja dilaksanakan di Jepang, Rabu (12/12/2018) kemarin. Para bintang populer Korea Selatan berkumpul di acara yang dibawakan oleh aktor Park Bo Gum tersebut.

Satu hal menarik yang ditampilkan dalam pergelaran MAMA 2018 hari kedua ini, adalah penghargaan yang diberikan kepada artis pilihan pemirsa.

Di tengah penyelenggaraan MAMA 2018, para pemirsa di seluruh dunia diminta untuk mendukung idolanya dengan mengunggah tagar acara ini dan nama sang artis melalui Twitter.

Alhasil, sepanjang pelaksanaan acara ini, sejumlah tagar seperti MAMA 2018, BTS, Wanna One, juga GOT7, masuk sebagai trending topic dunia di Twitter. Lantas, siapa yang memenangkan penghargaan ini?

Didedikasikan kepada Army

BTS di MAMA 2018 (Soompi)

Sudah bisa ditebak, pemenang penghargaan ini adalah BTS. Terutama karena belum ada yang menandingi popularitas Jimin dkk secara global.

Saat naik ke panggung, para anggota BTS berterima kasih kepada para penggemar, yang biasa disebut Army, atas dukungan mereka. RM menganalogikan para penggemar seperti program dalam sistem operasi Windows yang memungkinkan mereka untuk terus bekerja dan berlari.

"Aku mendedikasikan penghargaan Worldwide Icon ini kepada kalian. Terima kasih," tuturnya.

 

Daftar Pemenang MAMA 2018 di Jepang

Wanna One (Twitter/ mnetmama - https://twitter.com/MnetMAMA/status/1072800555058135041)

Siapa saja pemenang MAMA 2018 di Jepang? Simak daftarnya berikut ini:

Worldwide Icon of the Year: BTS

Worldwide Fans' Choice Top 10: Twice, Monsta X, NCT 127, Nu'Est W, Wanna One, Blackpink, GOT7, Mamamoo, Seventeen, BTS

Favorite Music Video: BTS "IDOL"

Favorite Vocal Artist: Mamamoo

Favorite Male Dance Artist: BTS

Favorite Female Dance Artist: Twice

Favorite Dance Artist Japan: Bullet Train

MAMA Style in Music Award: Monsta X

 

MAMA 2018 akan berlanjut di hari terakhir pada 14 Desember mendatang di Hong Kong.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Jokowi Beri Pengarahan di Jambore Sumber Daya PKH

Posted: 12 Dec 2018 08:36 PM PST

Presiden Joko Widodo tiba untuk memberikan arahan kepada dalam rangka Jambore Sumber Daya Program Keluarga Harapan (PKH) di Istana Negara, Jakarta, Kamis (13/12). Jambore diikuti 598 peserta dari seluruh Indonesia. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo tiba untuk memberikan arahan kepada dalam rangka Jambore Sumber Daya Program Keluarga Harapan (PKH) di Istana Negara, Jakarta, Kamis (13/12). Jambore diikuti 598 peserta dari seluruh Indonesia. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo memberikan pengarahan kepada para pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) dalam Jambore Sumber Daya PKH di Istana Negara, Jakarta, Kamis (13/12). Jambore diikuti 598 peserta dari seluruh Indonesia. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo memberikan pengarahan kepada para pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) dalam Jambore Sumber Daya PKH di Istana Negara, Jakarta, Kamis (13/12). Jambore diikuti 598 peserta dari seluruh Indonesia. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bernyanyi bersama pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) dalam Jambore Sumber Daya PKH Tahun 2018 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (13/12). Jambore diikuti 598 peserta dari seluruh Indonesia. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bernyanyi bersama pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) dalam Jambore Sumber Daya PKH Tahun 2018 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (13/12). Jambore diikuti 598 peserta dari seluruh Indonesia. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo memberikan pengarahan kepada para pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) dalam Jambore Sumber Daya PKH di Istana Negara, Jakarta, Kamis (13/12). Jambore diikuti 598 peserta dari seluruh Indonesia. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo memberikan pengarahan kepada para pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) dalam Jambore Sumber Daya PKH di Istana Negara, Jakarta, Kamis (13/12). Jambore diikuti 598 peserta dari seluruh Indonesia. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo (tengah) berbincang dengan pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) setelah Jambore Sumber Daya PKH Tahun 2018 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (13/12). Jambore diikuti 598 peserta dari seluruh Indonesia. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo (tengah) berbincang dengan pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) setelah Jambore Sumber Daya PKH Tahun 2018 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (13/12). Jambore diikuti 598 peserta dari seluruh Indonesia. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berfoto dengan pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) setelah Jambore Sumber Daya PKH Tahun 2018 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (13/12). Jambore diikuti 598 peserta dari seluruh Indonesia. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berfoto dengan pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) setelah Jambore Sumber Daya PKH Tahun 2018 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (13/12). Jambore diikuti 598 peserta dari seluruh Indonesia. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BI Nilai Ekonomi dan Keuangan Syariah Lebih Tahan Krisis

Posted: 12 Dec 2018 08:35 PM PST

Liputan6.com, Surabaya - Bank Indonesia (BI) memandang ekonomi dan keuangan syariah memiliki peran penting dalam memperkuat struktur ekonomi dan pasar keuangan hingga di masa mendatang.

Deputi Gubernur Bank Indonesia, Dody Budi Waluyo mengatakan, pengalaman krisis keuangan di masa lalu yang membuktikan fundamental ekonomi dan keuangan syariah yang tetap kuat menunjukkan ekonomi dan keuangan syariah dapat menjadi solusi untuk memperkuat ekonomi. 

"Ekonomi dan sistem keuangan syariah beserta instrumen pendukungnya memiliki potensi untuk mengisi kesenjangan yang dihadapi ekonomi dan keuangan dunia saat ini," kata Dody dalam Indonesia Sharia Economic Festival di Grand City, Surabaya, Kamis (13/12/2018).

Dody menambahkan, saat ini, pertumbuhan ekonomi global stagnan dan tidak merata, disertai dengan ketidakpastian yang meluas dapat menganggu ketahanan keuangan global.  Jika kondisi ini dihadapi dengan kebijakan atau langkah business as usual akan mengakibatkan ketidakmerataan yang semakin meningkat. 

Dody menuturkan, berdasarkan World Inequality Report 2018 menyatakan ketidaksetaraan telah meningkat di berbagai belahan dunia.

Meskipun terdapat perbedaan geografisnya yang cukup besar, tercatat kekayaan dari satu persen populasi penduduk terkaya di dunia setara dengan dua kali kekayaan dari 50 persen populasi penduduk termiskin.

"Ekonomi dan keuangan syariah diyakini mengandung nilai-nilai yang sangat mendukung keadilan dalam pembangunan sosio-ekonomi, pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan kesejahteraan manusia," papar Dody.

Untuk itu, dalam ISEF ke 5 ini, menjadi ajang untuk menyiapkan dan merumuskan berbagai kebijakan ekonomi keuangan syariah dengan mengumpulkan berbagai ide dan pemikiran para cendekiawan yang hadir dari seluruh dunia untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional melalui sektor ekonomi dan keuangan syariah. 

"Langkah ini sejalan dengan upaya Bank Indonesia untuk menciptakan stabilitas ekonomi dan memperkuat pertumbuhan ekonomi nasional melalui ekonomi dan keuangan syariah," ujar Dody. (Yas)

 

2023, Industri Halal dan Keuangan Syariah Capai USD 6,8 Triliun

Karyawan menghitung uang kertas rupiah yang rusak di tempat penukaran uang rusak di Gedung Bank Indonessia, Jakarta (4/4). Selain itu BI juga meminta masyarakat agar menukarkan uang yang sudah tidak layar edar. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Sebelumnya, Indonesia terus meningkatkan kekuatan ekonomi syariah. Sebagai negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam, Indonesia bermimpi menjadi pemain di industri halal dan keuangan syariah dunia.

Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI), Erwin Rijanto mengatakan, ke depan peluang dalam industri halal dan keuangan syariah ini diklaim sangat besar. Terbukti pasar ekonomi syariah di beberapa negara terus tumbuh.

"Pengalaman di berbagai negara menunjukkan ekonomi syariah memiliki potensi sebagai sumber pertumbuhan baru di perekonomian. Kinerja Ekonomi syariah dunia memperlihatkan potensi yang besar dan terus bertumbuh," kata Erwin dalam Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2018 di Grand City, Surabaya, Rabu 12 Desember 2018.

Erwin menuturkan, berdasarkan data Thomson Reuters, estimasi nilai konsumsi masyarakat Muslim dunia mencapai USD 2,1 triliun pada 2017 dengan total asset keuangan syariah sendiri mencapai USD 2,4 triliun.  Bahkan, Erwin memperkirakan pada 2023, volume industri halal dan keuangan syariah global akan tumbuh mencapai USD 6,8 triliun.

"Indonesia sebagai negara dengan jumlah populasi muslim terbesar di dunia, memiliki peluang besar menjadi pemain utama pada perekonomian syariah global," tegas dia.

Untuk mewujudkan berbagai potensi dan mengatasi tantangan pengembangan ekonomi syariah, Erwin menambahkan, Bank Indonesia telah menerbitkan blueprint pengembangan ekonomi syariah. Fokus strategi pengembangannya selaras dengan program nasional Pemerintah yaitu mendukung pencapaian kemandirian ekonomi nasional. 

"Strategi utama tersebut ditopang oleh tiga pilar pengembangan, yaitu pemberdayaan ekonomi syariah, pendalaman pasar keuangan syariah, serta penguatan riset dan edukasi ekonomi syariah," pungkas Erwin. (Yas)

 

 Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AC Milan Terancam Tanpa Suso Hadapi Olympiakos

Posted: 12 Dec 2018 08:35 PM PST

Liputan6.com, Milan - AC Milan akan menghadapi Olympiakos Piraeus pada matchday terakhir Grup F Liga Europa 2018/19. Duel ini akan digelar di Stadio Georgios Karaiskaki, Jumat (14/12/2018) dini hari WIB.

Laga ini terbilang cukup krusial karena lolosnya AC Milan akan ditentukan di sini. Saat ini, Rossoneri berad di peringka kedua klasemen Grup F dengan koleksi 10 poin.

Meski demikian, beban Milan tak terlalu berat. Wakil Italia ini hanya butuh hasil imbang untuk meraih tiket ke babak 32 besar.

Bahkan, AC Milan juga bisa menempati posisi puncak jika menang atas Olympiakos dan Real Betis ditahan imbang Dudelange.

Enggan Meremehkan Olympiakos

Liga Europa 2018 Olympiakos Piraeus Vs AC Milan (Bola.com/Adreanus Titus)

Pelatih AC Milan Gennaro Gattuso cukup paham betapa pentingnya laga ini untuk perjalanan timnya di Liga Europa. Karena itu, pelatih berumur 40 tahun tersebut tidak ingin memandang pertandingan itu dengan sebelah mata.

"Olympiakos adalah salah satu tim terbaik di Eropa dari segi penguasaan bola, dan kami tidak boleh memandang remeh laga ini. Kami tidak bisa memainkan gaya jadul sepak bola Italia yang identik dengan bertahan dan serangan balik," ujarnya dikutip dari Football Italia.

"Penting untuk mengetahui bahwa Olympiakos memainkan sepak bola yang indah, mereka tidak hanya sekedar hati saja. Bila kami melihat pemainnya, mereka punya lebih banyak pengalaman internasional ketimbang kami," lanjutnya.

Suso Diragukan Tampil

Sayangnya, ada kabar buruk yang harus menimpa Milan. Gattuso menampakkan keraguannya bisa memainkan salah satu pemain bintangnya, Suso, yang disebut olehnya sedang mengalami kendala fisik.

"Dia punya beberapa masalah, kami akan melakukan evaluasi dan melihat apa yang terjadi besok," ucapnya.

"Secara klinis, tidak begitu banyak masalah. Tetapi ada rasa sakit yang ia rasakan," tandas Gattuso.

Pada akhir pekan kemarin, saat Milan menjamu Torino di laga Serie A, Suso tampil selama 90 menit. Sayangnya, pemain asal Spanyol tersebut tidak mampu berbuat banyak dan Rossoneri pun harus puas dengan hasil imbang 0-0.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Presiden Venezuela Tuduh AS Berencana Membunuhnya

Posted: 12 Dec 2018 08:34 PM PST

Liputan6.com, Caracas - Presiden Venezuela Nicolás Maduro menuduh Amerika Serikat (AS) merencanakan pembunuhan terhadap dirinya, dan juga berupaya menggulingkan pemerintahannya.

Maduro mengatakan kepada wartawan bahwa Penasihat Keamanan Nasional AS John Bolton secara pribadi terlibat dalam plot terkait, tetapi tidak ada bukti yang membenarkannya.

"John Bolton telah ditugaskan untuk mengatur pembunuhan saya, mengerahkan pasukan asing dan memaksakan pemerintahan transisi di Venezuela," katanya kepada para wartawan di istana presiden Miraflores, sebagaimana dikutip dari BBC pada Kamis (13/12/2018).

"Rakyat Venezuela siap untuk melawan, dengan bantuan negara sahabat," tambahnya.

Sebelumnya, Maduro sempat menuduh AS serta Kolombia --oposisi Venezuela paling vokal di Amerika Latin-- berkomplot untuk merencanakan pembunuhan terhadapnya.

Di lain pihak, Presiden AS Donald Trump telah mengecap pemimpin sayap kiri Venezuela itu sebagai seorang diktator, yang berujung pada penjatuhan sanki terhadap negara kaya minyak di Amerika Latin tersebut.

Kemarahan AS kembali meningkat dengan kabar kedatangan dua pesawat pengebom asal Rusia, Tupolev Tu-160, ke Caracas pada awal pekan ini.

AS semakin khawatir dengan hubungan pemerintahan Venezuela dengan Rusia, China, dan negara lain yang memiliki perbedaan pandangan dengan pemerintahan Trump.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan kedatangan dua jet pengebom Rusia itu adalah "tindakan korup yang merugikan dana publik".

Tudingan itu langsung dibalas oleh Rusia yang menilainya sebagai "kata-kata tidak pantas dari mulut diplomat".

Dua jet pembom strategis jarak jauh mendarat di bandara Simon Bolívar di luar ibu kota Venezuela, Caracas, pada Senin 10 Desember, bersama dengan dua pesawat Rusia lainnya.

Menteri Pertahanan Venezuela Vladimir Padrino mengatakan, kedua armada militer itu adalah bagian dari latihan angkatan udara dengan sekutu Rusianya.

"(Latihan) Ini akan kami lakukan dengan teman-teman kami, karena kami memiliki teman di dunia yang mempertahankan hubungan saling menghormati dan seimbang," jelas Padrino.

Gedung Putih mengatakan telah diberitahu oleh Rusia bahwa kedua jet pengebom itu akan meninggalkan Venezuela pada hari Jumat.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

Venezuela Salahkan AS

Seorang pengunjuk rasa memakai topeng berwarna bendera Venezuela, saat ikut serta dalam demonstrasi anti-pemerintah ke Mahkamah Agung di Caracas, Venezuela, Kamis, 6 Juli 2017. (AP Photo / Ariana Cubillos)

Lebih dari dua juta orang telah melarikan diri dari Venezuela sejak 2014, di mana setara dengan 7 persen dari populasi negara itu.

Venezuela mengatakan AS telah melancarkan perang ekonomi untuk mengakhiri hampir 20 tahun sosialisme di negara itu.

Maduro menyalahkan kebijakan dan sanksi AS terkait bencana inflasi tinggi, serta kekurangan pasokan makanan, obat-obatan dan barang-barang lainnya.

Sementara itu, pada hari Senin, pembuat ban asal AS, Goodyear, mengumumkan penghentian operasional pabrik mereka di Venezuela.

"Tujuan kami adalah mempertahankan operasionalnya, tetapi kondisi ekonomi dan sanksi AS membuat ini tidak mungkin," kata Goodyear dalam sebuah pernyataan.

Pegawainya di Venezuela masing-masing diberi 10 ban sebagai bagian dari pembayaran pesangon mereka.

Sejumlah perusahaan asing, termasuk Kellogg dan Clorox, telah menarik diri dari Venezuela, dengan alasan krisis ekonomi dan sanksi AS.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Eril Dardak, Adik Emil Dardak Ditemukan Meninggal Dunia di Kamar Kos

Posted: 12 Dec 2018 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kabar duka datang dari keluarga Emil Dardak, suami artis Arumi Bachsin. Adik Emil, Eril Ario Listianto Dardak ditemukan tewas di kamar kosnya.

Adik Emil Dardak merupakan mahasiswa teknik kelautan Institut Teknologi Bandung (ITB), Bandung, angkatan 2015.

Saat ditemukan, adik Emil Dardak meninggal dalam kondisi kepala terbungkus plastik, Rabu (12/12/2018). Meski begitu, polisi tidak menemukan tanda penganiayaan pada tubuh adik wakil gubernur Jawa Timur terpilih ini.

"Dari hasil olah TKP, kami tidak menemukan ada tanda kekerasan pada korban. Sudah dilakukan visum luar," ujar Kepala Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Bandung, AKBP M Rifai. 

Petugas Kebersihan

Arumi Bachsin dan Emil Dardak (Foto: instagram.com/arumi_arumi_94)

Jasad adik Emil Dardak ini ditemukan di kamar kos-nya, di kawasan Dago, Bandung oleh petugas kebersihan.

M Rifai mengungkapkan, awal mula penemuan jasad saat petugas mengetuk pintu kamar kos Eril. Karena lama tidak merespons, petugas kebersihan melaporkan kepada pihak kosan.

 

Kaget

(Liputan6.com/Johan Tallo)

Pengelola kosan kemudian membuka pintu kamar Eril dengan kunci cadangan. Mereka terkejut karena posisi Eril sudah tergeletak tak bernyawa.

Tak lama kemudian, tim Inafis Polrestabes Bandung langsung melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). (Nur Ulfa/Dream.co.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketik Kata 'Idiot' Muncul Foto Donald Trump, Ini Penjelasan Bos Google

Posted: 12 Dec 2018 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - CEO Google Sundar Pichai, memberikan berbagai penjelasan di hadapan DPR atau House of Representative Amerika Serikat (AS) pada Selasa (11/12/2018).

Salah satunya terkait banyak foto Donald Trump yang muncul ketika melakukan pencarian dengan kata "idiot".

Penjelasan masalah kata "idiot" tersebut, berawal dari pertanyaan anggota dewan dari Demokrat, Zoe Lofgren, mengenai cara kerja algoritma mesin pencari Google.

"Jika kita mengetik kata 'idiot' di Google, gambar Donald Trump akan muncul. Bagaimana itu bisa terjadi? Bagaimana cara kerja pencarian sehingga bisa demikian?" katanya kepada Pichai seperti dikutip The New York Post, Kamis (13/12/2018).

Pichai pun mencoba menjelaskan cara kerja algoritma Google yang memperhitungkan 200 faktor, seperti relevansi, popularitas, dan bagaimana orang lain menggunakan istilah pencarian, untuk menentukan cara terbaik mencocokkan query hasil pencarian.

"Jadi bukan seseorang duduk di balik tirai untuk mencari tahu apa yang akan ditunjukkan kepada pengguna. Pada dasarnya ini adalah kompilasi dari apa yang dihasilkan pengguna, dan mencoba memilah informasi tersebut?" tutur Lofgren menanggapi penjelasan Pichai.

Pertanyaan Lofgren sendiri merupakan responsnya terhadap tuduhan Partai Republik, yang menyebut karyawan Google memanipulasi hasil pencarian untuk alasan politik.

Sidang yang seharusnya membahas soal privasi dan pengumpulan data ini, justru sebagian besarnya dilaporkan mengungkapkan pemahaman dasar anggota dewan tentang cara kerja internet dan memberikan platform bagi mereka untuk mengeluh tentang hasil pencarian yang tidak menguntungkan.

Google Diduga Manipulasi Hasil Pencarian

CEO Google Sundar Pichai. Liputan6.com/ Jeko Iqbal Reza

Lebih lanjut, anggota dewan dari Republik, Lamar Smith, menanyakan kepada Pichai kemungkinan adanya arahan kepada seorang karyawan Google untuk memanipulasi hasil pencarian.

Pichai pun mengatakan, tidak mungkin satu orang, atau bahkan sekelompok, melakukan itu karena ada begitu banyak langkah dalam proses hasil pencarian.

Smith tidak menerima penjelasan tersebut. Ia pun mengatakan, "Saya tidak setuju. Saya pikir manusia bisa memanipulasi proses. Pada dasarnya itu adalah proses yang dilakukan manusia".

Anggota dewan lain dari Republik, Steve Chabot, juga sependapat dengan koleganya.

Ia bahkan mengeluhkan tentang sejumlah artikel negatif di laman pertama, ketika melakukan pencarian tentang tagihan perawatan kesehatan Republik dan pemotongan pajak.

"Anggota kongres, saya mengerti frustasi ketika melihat berita negatif dan saya juga mengalaminya. Hal terpenting di sini adalah kami menggunakan metodologi kuat untuk merefleksikan apa yang dikatakan tentang topik tertentu di waktu tertentu. Kami mencoba melakukan secara objektif. Saya dapat pastikan bahwa kami melakukannya tanpa ada ideologi politik. Algoritma kami tidak memiliki sentimen politik di dalamnya," jelas Pichai.

Seorang anggota dewan dari Demokrat pun mengkritik keluhan Republik terkait mesin pencari Google.

"Jika kalian ingin hasil pencarian positif, maka lakukan hal positif. Jika tidak ingin mendapatkan hasil negatif, maka jangan lakukan hal negatif. Dan untuk beberapa kolega saya, jika kalian tidak ingin mendapatkan pemberitaan dan hasil pencarian buruk, jangan salahkan Google atau Facebook atau Twitter, pertimbangkan juga untuk menyalahkan diri kalian sendiri," ungkap Ted Lieu.

(Din/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diiming-imingi Game Online, 2 Bocah di Palembang Jadi Korban Pencabulan

Posted: 12 Dec 2018 08:29 PM PST

Liputan6.com, Palembang - Perbuatan asusila di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) terus terjadi dan dilakukan oleh orang di sekitar korban. Seperti dua bocah di Palembang yang menjadi korban pencabulan tetangganya sendiri.

SN (43) warga Kelurahan 9 Ilir Kecamatan Ilir Timur II Palembang nekat melakukan pencabulan terhadap dua bocah laki-laki yaitu FA (7) dan RH (6). Kedua korban yang merupakan kakak adik tersebut merupakan anak dari tetangga pelaku.

Modus yang dilakukan pelaku yaitu mengiming-imingi game online di ponselnya kepada kedua korban agar mereka mau masuk ke dalam rumahnya.

Korban pertama yaitu FA yang pelaku cabuli pada bulan November 2018. Merasa ketagihan, SN juga menjerat korban lainnya RH pada bulan Desember 2018.

"Saya tahu mereka suka main game online, jadi saya pinjamkan ponsel saya ke mereka. Saat mereka asyik bermain, saya buka celananya dan lakukan perbuatan itu," katanya saat diinterogasi petugas Satreskrim unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polresta Palembang, Rabu, 12 Desember 2018.

Ternyata penyimpangan seksual yang dilakukan SN dilatarbelakangi trauma pada masa lalu. Saat dia masih kecil, pelaku pernah menjadi korban pencabulan oleh tetangganya di Kabupaten Banyuasin Sumsel.

Saat menjadi korban penyimpangan seksual, SN masih berusia 7 tahun. Ketika beranjak dewasa, bayang-bayang kejadian itu masih menghantui pelaku. Hingga akhirnya dia ingin melampiaskan trauma masa lalunya dengan cara yang sama.

"Tidak tahu mengapa ingin berbuat sama seperti yang dulu pernah saya alami. Sampai sekarang masih trauma, melihat anak kecil memang berbeda rasanya," katanya.

Orangtua korban yang tak terima anak-anaknya dijadikan korban asusila, langsung melaporkan pelaku ke Polresta Palembang.

SN ditangkap di rumah orangtuanya yang menjadi Tempat Kejadian Perkara (TKP), pada Senin (10/12/2018) oleh Satreskrim unit PPA Polresta Palembang.

Wakasat PPA Polresta Palembang AKP Ginanjar Aria Sukmana menjelaskan, pihaknya sudah mengamankan pelaku diduga sodomi.

"Saat ini tersangka sedang dalam pemeriksaan petugas untuk dimintai keterangan dan dari hasil pemeriksaan, pelaku ini merupakan resedivis dengan kasus yang sama," ujarnya.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Periksa Bupati Jepara dan Hakim PN Semarang terkait Kasus Suap

Posted: 12 Dec 2018 08:28 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan memeriksa Bupati Jepara Ahmad Marzuqi dan Hakim Pengadilan Negeri Semarang Lasito. Keduanya akan diperiksa sebagai saksi kasus dugaan suap putusan praperadilan kasus korupsi yang ditangani PN Semarang.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan Ahmad Marzuqi akan menjadi saksi untuk tersangka Lasito. Sementara Lasito, akan diperiksa untuk tersangka Ahmad Marzuqi. Lasito dan Ahmad merupakan tersangka dalam kasus ini.

"Ahmad Marzuqi diperiksa untuk tersangka LAS (Lasito) dan Lasito diperiksa sebagai saksi untuk tersangka AHM (Ahmad Marzuqi)," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Kamis (13/12/2018).

Sebelumnya, KPK menetapkan Bupati Jepara Ahmad Marzuqi dan hakim Pengadilan Negeri (PN) Semarang Lasito sebagai tersangka. Keduanya terlibat kasus suap terkait putusan praperadilan perkara korupsi penggunaan dana bantuan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

"KPK meningkatkan status penanganan perkara ke tingkat penyidikan dan menetapkan AM dan LST sebagai tersangka," ujar Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan dalam jumpa pers di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis 6 Desember 2018.

Dibungkus dalam Kemasan Bandeng Presto

Dia mengatakan, Bupati Jepara Ahmad Marzuqi diduga memberi uang total senilai Rp 700 juta kepada Lasito. Rinciannya, Rp 500 juta dalam bentuk rupiah, dan sisanya dalam bentuk US$ dengan nilai setara Rp 200 juta.

"Diduga uang diserahkan di rumah LAS di Solo dalam bungkusan bandeng presto agar tak terlihat," kata Basaria.

Uang diberikan oleh Ahmad Marzuqi agar Hakim Lasito mengabulkan gugatan praperadilan Bupati Jepara itu. Ahmad Marzuqi sebelumnya ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejati Jawa Tengah terkait kasus korupsi penggunaan dana bantuan partai PPP.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MK Putuskan Batas Usia Perkawinan 16 Tahun Bertentangan dengan UUD 1945

Posted: 12 Dec 2018 08:24 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan sebagian dari uji materi Undang-Undang (UU) Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan atau UU Perkawinan, khususnya mengenai batas usia perkawinan.

"Mengabulkan permohonan para pemohon untuk sebagian," ucap Ketua Majelis Hakim MK Anwar Usman dalam persidangan di MK, Jakarta Pusat, Kamis (13/12/2018).

Dalam putusannya, MK menyatakan frasa usia 16 tahun pada UU Nomor 1 Tahun 1974 tersebut bertentangan dengan UUD 1945 dan UU nomor 23 tahun 2002 Perlindungan Anak.

Dalam UU Perlindungan Anak menyatakan, anak adalah seseorang yang belum berusia 18 tahun, termasuk anak yang masih di dalam kandungan.

MK tidak memberikan atasan usia perkawinan untuk perempuan. Sebab, hal tersebut menjadi kewenangan lembaga pembentuk UU.

Kendati begitu, Anwar menyebut pihaknya memberikan tenggang waktu paling lama tiga tahun kepada DPR untuk mengubah ketentuan batas usia perkawinan.

"Meminta pembuat UU paling lama tiga tahun untuk melakukan perubahan tentang perkawinan, khususnya berkenaan dengan batas usia minimal perempuan dalam perkawinan," ucapnya.

Sementara itu, Hakim MK I Dewa Gede Palguna menyatakan berdasarkan Pasal 31 UUD 1945 mengatakan, setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan dasar 12 tahun. Berdasarkan hal itu, usia 16 tahun masih mendapatkan pendidikan.

"Padahal hak pendidikan adalah hak konstitusional yang harusnya dapat dinikmati setara dengan laki-laki," kata Palguna. 

 

Gugatan Maryati

Sebelumnya, UU Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan atau UU Perkawinan didugat oleh seorang korban pernikahan dini, Maryati dan dua orang lainnya yaitu Endang Wasrinah dan Rasminah dengan nomor perkara 22/PUU-XV/2017.

Dia mengajukan uji materi pada pasal 7 ayat (1) yang berbunyi "Perkawinan hanya diizinkan jika pihak pria sudah mencapai umur 19 (sembilan belas) tahun dan pihak wanita sudah mencapai umur 16 tahun,".

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

   

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tunda Pengumuman, Hasil Akhir CPNS 2018 Kemenkumham Baru Diumumkan Hari Ini

Posted: 12 Dec 2018 08:24 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menunda pengumuman hasil akhir seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018 (CPNS 2018).

Penundaan pengumuman hasil akhir seleksi CPNS 2018 Kemenkumham ini berlaku bagi peserta kualifikasi Pendidikan SLTA Sederajat, D-III, D-IV, S-1, Dokter, dan Magister.

Pengumuman ini disampaikan secara langsung oleh Kemenkumham melalui laman resminya, cpns.kemenkumham.go.id, Rabu (12/12/2018).

"INFO TERKINI : "Pengumuman Pengunduran Jadwal Pengumuman Hasil Akhir Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM Tahun Anggaran 2018 dapat dilihat disini," katanya.

Pengumuman tersebut merujuk pada Surat Pengumuman Nomor: SEK.KP.02.01-1054 Tentang Pengunduran Jadwal Pengumuman Hasil Akhir Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Tahun Anggaran 2018.

Dalam surat pengumuman yang telah ditandatangani Sekretaris Jenderal Selaku Ketua Panitia, Bambang Rantam Sariwanto pada 12 Desember 2018 tersebut, dikatakan bahwa pengunduran pengumuman ini dikarenakan masih berlangsungnya proses integrasi pengolahan hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) oleh Panselnas (Badan Kepegawaian Negara) dan Kementerian Hukum dan HAM di BKN.

Maka dari itu, pengumuman hasil akhir seleksi CPNS Kemenkumham yang semula diumumkan kemarin, Rabu, 12 Desember 2018, diundur menjadi hari ini, Kamis, 13 Desember 2018.

"Sehubungan masih berlangsungnya proses integrasi pengolahan hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) oleh Panselnas (Badan Kepegawaian Negara) dan Kementerian Hukum dan HAM di Badan Kepegawaian Negara, maka pengumuman hasil akhir seleksi CPNS Kementerian Hukum dan HAM yang semulahari Rabu tanggal 12 Desember 2018 menjadi hari Kamis tanggal 13 Desember 2018," seperti dikutip dari surat pengumuman tersebut.

Dengan adanya pengunduran pengumuman ini, Kemenkumham melalui akun Twitternya, @cpnskumham, juga mengingatkan agar peserta berhati-hati terhadap upaya penipuan yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Menurutnya, sudah ada peserta yang datang ke Kemenkumham dengan membawa surat palsu dan diminta dalam surat itu untuk melakukan pemberkasan.

"#CPNSers, hati2 terhadap upaya penipuan yg dilakukan oleh orang yg tidak bertanggung jawab, sudah ada peserta yg datang ke kemenkumham dgn membawa surat palsu & diminta dalam surat itu untuk melakukan pemberkasan.

Informasi resmi selalu melalui website http://cpns.kemenkumham.go.id," kicau Kemenkumham.

BKN Ungkap Cara Integrasi Nilai SKD dan SKB CPNS 2018

Peserta tes seleksi CPNS Kemenkumham melihat panduan pengisian jawaban sistem CAT di gedung BKN, Jakarta, Senin (11/9). Pada 2017, tercatat 1.116.138 pelamar CPNS mendaftar di lingkungan Kemenkumham. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sejumlah instansi masih menggelar ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018 (CPNS 2018), bahkan masih ada beberapa instansi yang belum mengumumkan hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Namun meski demikian, Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah membocorkan cara integrasi nilai SKD dan SKB.

Sebelumnya, seperti yang telah diketahui bersama bahwa untuk menentukan yang berhak lulus jadi CPNS 2018 ialah dari hasil komulasi atau integrasi nilai SKD dan SKB CPNS 2018.

SKD dan SKB sendiri memiliki rumusan atau bobot nilai yang tidak sama. Untuk nilai SKD memiliki bobot 40 persen, sementara SKB lebih besar, yakni bobotnya 60 persen.

Dari nilai integrasi dua tes tersebut, baru akan ditentukan siapa saja yang lulus menjadi CPNS 2018.

Untuk lebih jelasnya, BKN melalui Twitter resminya, @BKNgoid, telah memaparkan contoh cara integrasi nilai SKD dan SKB.

Menurutnya, contoh jika peserta memiliki nilai SKD 350 dan nilai SKB 200, maka nilai integrasinya sebagai berikut:

(350/500)*100*0.4 + (200/500)*100*0.6

Sementara untuk Kementerian atau Lembaga Pusat yang memakai tools lain selain CAT BKN, BKN masih belum memberi tahu.

"Ih, maksa banget. Hayoo, mau itung2an duluan ya? Coba mimin reka2 dulu ya.

Nilai SKD 350, nilai SKB 200. Maka nilai integrasi:

(350/500)*100*0.4 + (200/500)*100*0.6

Bagaimana u/ K/L pusat yg pakai tools lain selain CAT BKN? Itu PR-mu 😁

#2019JadiASN#BKNSemangatUntukNegeri," kicau BKN.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: