Jumat, 28 Desember 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


2 Pengemudi Becak Motor di Pasuruan Duel Ala Carok

Posted: 28 Dec 2018 09:35 PM PST

Patroli Indosiar, Pasuruan - Berbalut dendam kesumat, dua orang pengemudi becak motor di Pasuruan, Jawa Timur, terlibat duel dengan menggunakan senjata tajam. Tarung ala carok Madura tersebut berakhir setelah salah satu dari mereka menderita luka sabetan senjata tajam.  

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Sabtu (29/12/2018), Darsono (28) dilarikan ke Puskesmas Nguling Pasuruan, setelah kalah duel dengan teman seprofesinya. Dia roboh setelah menderita luka di kepala, dada, dan tangannya karena sabetan clurit.

Kondisi tersebut membuat sebagian anggota keluarganya menjadi cemas. Mereka bahkan meminta pihak puskesmas untuk segera merujuk korban ke Rumah Sakit Umum Daerah R Sudarsono Kota Pasuruan agar mendapatkan perawatan lebih intensif.  

Duel satu lawan satu ala carok antara Darsono dan lawannya bernama Saifi (23) terjadi lantaran dendam lama. Pemicu terakhir adalah saling mendahului di jalan raya. Keduanya kemudian sepakat menyelesaikan dendam dengan duel menggunakan celurit.  (Karlina Sintia Dewi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Mau Disebut Pelakor, Kimmy Jayanti Ingin Asuh Anak Garneta Haruni

Posted: 28 Dec 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Rumah tangga model seksi Kimmy Jayanti dengan pesepakbola  Greg Nwokolo didera pemberitaan kurang sedap. Bermula saat aktris Garneta Haruni memberikan pengakuan telah memiliki anak di luar nikah dengan Greg.

Sontak saja banyak tudingan pelakor alias perebut lelaki orang ditujukan pada Kimmy Jayanti. Saat menggelar jumpa pers, wanita berusia 27 tahun ini membantah dirinya merebut Greg karena mereka menjalin hubungan saat sama-sama dalam posisi single.

"Saya ini bukan selingkuhan. Pelakor kan istilahnya rebut suami orang, padahal dia (Garneta) nggak kawin lho. Tapi dia giring cerita seperti itu, saya merasa harga diri saya jatuh," tegas Kimmy Jayanti saat ditemui di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jumat (28/12/2018).

 

Sudah Tahu

(Agus Apriyanto/Kapanlagi.com)

Sebelum menikah, Kimmy Jayanti mengaku sudah tahu bila Greg Nwokolo memiliki anak di luar nikah dengan Garneta Haruni. Bahkan ada itikad baik dari suaminya untuk membiayai sang anak meski Garneta menutup akses untuk bertemu.

"Greg dari awal sudah cerita, suami saya bukan kriminal, dia mau berikan yang terbaik. Dia coba dari telepon dan message, tapi ditutup akses gimana caranya? Gini loh, kamu (Garneta) minta Greg sebagai ayah biologisnya untuk bertanggung jawab, tapi kamu nggak berikan hak ketemu (anak), kan lucu," kata Kimmy bingung.

 

Ingin Mengasuh

(Instagram/kimmyjayanti)

Lebih lanjut, Kimmy Jayanti dan Greg Nwokolo membuka kesempatan untuk menyelesaikan masalah ini secara baik-baik. Bahkan model kelahiran Medan itu ingin ikut mengasuh anak jika bisa.

"Kita nggak pernah tutup akses kalau misal ada itikad baik dari dia (Garneta). Saya mau, I would love to (mengasuh), anak kecil lucu banget. Besarin anak tidak mahal, gengsi yang mahal. Apabila ada yang ingin dibicarakan mengenai anak itu ya baik-baik saja gitu," tandasnya.

Sumber: Kapanlagi.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mantan Rekan Setim Ungkap Rahasia Messi

Posted: 28 Dec 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Barcelona - Kapten Eintracht Frankfurt, David Abraham, mengungkap karakter striker Barcelona, Lionel Messi. Ia mengatakan, La Pulga tipe orang yang sangat pemalu.

Abraham kenal betul siapa Messi. Keduanya pernah main bareng di Timnas U-20 Argentina.

"Messi orang yang sangat tenang, sangat pemalu. Dia tidak pernah ingin menjadi pusat perhatian di luar lapangan, dan dia selalu berbicara dengan sangat pelan," kata Abraham di Soccerway.

"Beberapa tahun lalu kami bertemu lagi dalam pertandingan Liga Champions antara Barcelona dan Basel. Setelah peluit akhir, kami melakukan percakapan yang sangat baik. Dia benar-benar orang yang normal. Dia dulu suka bermain PlayStation, seperti kebanyakan orang. "

 

 

Tak Bisa Dibandingkan dengan Maradona

(bola.com/samsul hadi)

Menurut Abraham, Messi adalah pemain fenomenal. Tapi, sang striker tak bisa dibandingkan dengan Legenda Argentina, Diego Maradona.

"Saat ini, Messi jelas yang terbaik di dunia. Apakah dia yang terbaik sepanjang masa? Saya tidak tahu. Apa yang Maradona lakukan untuk Argentina di masa lalu benar-benar hebat."

"Messi dapat memenangkan tiga Piala Dunia dengan Argentina, tetapi itu tidak akan memiliki arti yang sama dengan kemenangan Maradona. Anda tidak dapat membandingkannya satu sama lain."

"Pada saat itu, Argentina pulih dari perang melawan Inggris dan Maradona mencetak dua gol di perempat final melawan Inggris dan kemudian membawa Argentina juara Piala Dunia. Kemenangan itu menciptakan kegembiraan yang luar biasa di seluruh negeri," Abraham menambahkan.

Statistik Messi

Messi sendiri sudah memiliki 128 caps bersama Argentina. Ia juga menyumbangkan 65 gol.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Tebakan Receh Nama Penyanyi, Kepribadian dari Cara Menyimpan Telur

Posted: 28 Dec 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tebak-tebakan dapat menjadi cara paling mudah membuat orang tertawa. Hal ini dikarenakan, tebak-tebakan dapat dilakukan oleh semua orang dari berbagai kalangan. Contohnya saja, tebak-tebakan nama penyanyi yang sebenarnya receh di Twitter.

Artikel tentang tebak-tebakan receh nama penyanyi menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel kedua terpopuler, yakni menebak kepribadian seseorang berdasarkan caranya menyimpan telur.

Adapun artikel ketiga terpopuler adalah tranformasi drastis wanita agar tak diejek lagi.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 7 Tebak-Tebakan Nama Penyanyi, Receh tapi Bikin Ketawa Ngakak

tebak-tebakan penyanyi (foto: Twitter)

Tebak-tebakan bisa menjadi salah satu permainan yang sangat mudah dilakukan namun cukup seru. Terlebih lagi kalian harus memutar otak untuk menjawab tebak-tebakan tersebut. Tak hanya anak-anak, orang dewasa pun tak jarang bermain tebak-tebakan.

Baru-baru ini warganet Indonesia membuat tebak-tebakan seputar penyanyi di platform Twitter. Meski terkesan receh, nyatanya tebak-tebakan tersebut bisa membuat kita tertawa.

Dikutip dari Twider.id, berikut tujuh tebak-tebakan nama penyanyi buatan warganet.

Selengkapnya

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2. Ungkap Kepribadian Berdasarkan Caramu Menyimpan Telur

(Foto: boldsky.com)

Untuk mengetahui kepribadian seseorang memang bisa dengan berbagai cara, salah satunya dari aktivitas yang biasa dilakukan seseorang. Kali ini, kami akan membantu kamu untuk mengetahui kepribadian bawah sadar kamu. Jika tertarik, kamu hanya perlu memilih salah satu cara menyimpan telur di atas. Cara yang kamu pilih akan menjawab bagaimana kepribadianmu.

Kepribadian seseorang bisa dengan sangat mudah dinilai dari tingkah lakunya lho. Ada ratusan jenis tes kepribadian yang bisa kamu coba Ladies. Nah, di artikel kali ini kita akan coba mengulas soal kepribadianmu berdasarkan cara menyimpan telur. Yuk cari tahu!

Selengkapnya

3. Bak Dua Orang Berbeda, Transformasi Drastis Wanita Ini Bikin Pangling

(Foto: worldofbuzz.com)

Seorang wanita dari Ho Chi Minh, Vietnam menceritakan bagaimana operasi plastik (oplas) yang dilakukannya membuat hidupnya lebih beruntung.

Melansir dari World of Buzz, Jumat (28/12/2018), wanita bernama Huyen itu mengungkapkan bahwa dia selalu menjadi bahan tertawaan orang-orang di sekitarnya karena kelopak matanya kecil dan kulitnya yang sedikit kecokelatan.

Selain itu, keluarga pacarnya bahkan menganggap wanita berumur 28 tahun itu terlalu jelek. Hal tersebut yang membuatnya terpuruk dan memilih untuk membatalkan pernikahan dengan kekasihnya, meski dirinya telah memiliki anak dari pacarnya itu.

Selengkapnya

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Didi Riyadi Ingin Bikin Konser Amal untuk Tsunami Anyer

Posted: 28 Dec 2018 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Musibah tsunami yang terjadi di Selat Sunda mengakibatkan korban jiwa yang tidak sedikit. Tak hanya itu saja, banyak juga korban yang mengungsi karena rumah mereka tersapu oleh tsunami.

Apalagi, beberapa korban tsunami meninggal adalah musisi yang sedang manggung di kawasan tersebut. Hal inilah yang membuat musisi-musisi di Indonesia ikut berduka. Oleh karena itu, drummer band Element, Didi Haryadi dan musisi lainnya langsung berpikir untuk membuat charity.

"Saat itu di kepala gue, cuma mikir gimana bisa buat sesuatu yang bermanfaat untuk semua korban tsunami. Kita sampai nggak datang ke ultah Slank karena ada meeting di rumah Raffi untuk gelar charity," ujar Didi Riyadi saat ditemui di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Jumat (28/12/2018).

Menunda

Demi mengadakan konser amal tersebut, Didi juga mengaku langsung menunda konser yang seharusnya digelar Element. Sebab, rencananya konser penggalangan dana tersebut akan dihelat pada Januari 2019 mendatang.

"Nah, di 2019 kita mau adain konser. Tapi kita majuin dulu yang lain karena harus segera terelaisasi charity ini. Kita update lagi nanti setelah 9 Januari," lanjut Didi.

 

Korban

Didi Riyadi

Diketahui, tiga personel Seventeen, Herman (gitar), Andi (bass), dan Andi (drum), menjadi korban tsunami yang menerjang pesisir pantai Tanjung Lesung, pada 22 Desember lalu. Selain itu, komedian Aa Jimmy juga menjadi korban serta lebih dari 300 orang lainnya.

Sumber: Jawapos.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenhub Minta Maskapai Perbanyak Buka Rute Internasional demi Investasi

Posted: 28 Dec 2018 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus mendukung peningkatan investasi di beberapa wilayah di Indonesia.Salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan membuka rute penerbangan baik domestik hingga internasional.

Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub, Polana B Pramesti mengaku, demi mempercepat masuknya investasi, pihaknya mendorong maskapai untuk lebih banyak membuka rute penerbangan internasional.

Ia mencontohkan, baru baru ini, Lion Group melalui Thai Lion Air telah membuka rute baru internasional LCC (Low Cost Carrier) dengan rute Bangkok-Jakarta pergi pulang.

Dengan penambahan tersebut, saat ini maskapai Thai Lions Air telah beroperasi pada beberapa rite internasional, di antaranya rute DMK (Bandara Don Muang Tahiland) - CGK dengan frekuensi 21 kali per minggu dan DMK - DPS dengan frekuensi 7 kali per minggu.

"Saya menyambut baik atas bertambahnya penerbangan yang dilakukan oleh Thai Lion Air, sebagai sarana dan upaya untuk mendukung kemajuan industri penerbangan nasional yang masih memiliki banyak potensi untuk berkembang," ujar Polana, Sabtu (29/12/2018).

Polana menuturkan, dengan dibukanya rute baru ini, akan memberikan dampak positif yang akan menambah kontribusi bagi perkembangan perekonomian nasional secara umum dan diharapkan sektor riil dan non riil lainnya akan diuntungkan dengan kehadiran rute-rute tersebut.

Polana juga mengingatkan dalam beroperasi, maskapai wajib mengikuti ketentuan dan standarisasi keselamatan penerbangan.

"Saya mengingatkan seluruh maskapai untuk wajib mengikuti standar keselamatan dan keamanan internasional dalam mengoperasikan rute rute dimaksud, hal tersebut pastinya prioritas dan tidak boleh ditawar tawar," ucap Polana.

Guna menjamin kenyamanan bagi pengguna jasa penerbangan, Polana meminta agar seluruh maskapai dapat mengimplementasikan ketentuan yang berlaku agar pengguna jasa penerbangan merasa nyaman.

"Saya juga minta seluruh maskapai menjalankan kewajibannya dan menghormati hak konsumen pengguna jasa penerbangan sebagaimana peraturan perundang-undangan," tegas dia.

"Untuk maskapai yang ditemui non compliance terhadap standar-standar penerbangan nasional yang telah ditetapkan, kami akan tindak sesuai PM Nomor 78 tahun 2017 terkait pengenaan sanksi administratif terhadap pelanggaran peraturan perundang-undangan di bidang Penerbangan," Polana menambahkan. (Yas)

 

Penerbangan Rute Baru Australia Utara-Bali Siap Beroperasi 2019

Bendera negara Australia - AFP

Sebelumnya, maskapai Virgin Australia akan mulai membuka layanan penerbangan dengan rute Darwin - Bali. Diperkirakan layanan baru ini dapat menurunkan harga tiket pesawat bagi wisawatan yang hendak mengambil rute yang cukup popular untuk liburan tersebut.

Layanan yang sifatnya musiman ini akan mulai beroperasi pada April 2019, dengan frekuensi tiga kali sepekan sampai Oktober 2019.

Pengumuman ini terjadi setahun setelah maskapai penerbangan AirAsia mengurangi rute penerbangan akibat restrukturisasi perusahaan serta kerugian yang disebabkan oleh aktivitas gunung berapi di Gunung Agung.

Kini hanya Jetstar yang menjadi operator tunggal yang melayani rute Darwin - Bali.

Direktur eksekutif Bandara Australia Utara, Ian Kew mengatakan persaingan Virgin Air dengan Jetstar diharapkan bisa menurunkan harga tiket pesawat.

"Kami percaya layanan baru Virgin akan memiliki dampak kompetitif pada tiket pesawat dan kami berharap harganya akan turun setelah Virgin memulai layanan dari sebelumnya," kata Ian.

Direktur eksekutif Bandara Australia Utara, Ian Kew yakin, rute baru dapat membuka pasar untuk wisatawan internasional, setelah data terbaru menunjukkan jumlah pengunjung ke Kawasan Australia Utara merosot tajam dibandingkan ke tempat lainnya di Australia.

"Orang-orang yang berada di Bali dapat memperpanjang liburan Eropa mereka ke Australia Utara, juga ada pasar ekspatriat yang besar di Bali yang kami rasa butuh keluar sejenak dengan penerbangan dua setengah jam lagi ke kawasan Kakadu dan Australia Utara," katanya.

Diharapkan layanan yang tersedia di musim liburan ini akan jadi layanan tetap dan beroperasi sepanjang tahun.

Menteri Pariwisata Kawasan Australia Utara, Lauren Moss yakin akan ada cukup permintaan untuk layanan baru. Ia juga mengatakan Pemerintah tidak mensubsidi operator.

"Kami akan memulai pemasaran kooperatif dengan mitra maskapai penerbangan dan agen perjalanan ... untuk mempromosikan rute ini," kata Lauren.

Empat bulan setelah penerbangan langsung dari Kawasan Australia Utara ke China diluncurkan, statistik Pemerintah Australia Federal mengungkapkan penerbangan tersebut tidak sampai setengahnya terisi. Hal ini menuai kritik bagi pemerintah yang telah melebih-lebihkan soal layanan penerbangan langsung.

Penerbangan dari Darwin ke Kuala Lumpur dan Manila juga dihapuskan beberapa tahun terakhir.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Turis Vietnam Tewas Usai Terkena Bom di Dekat Kawasan Piramida Mesir

Posted: 28 Dec 2018 09:12 PM PST

Liputan6.com, Giza - Tiga turis asal Vietnam dan seorang pemandu wisata di Mesir tewas pada Jumat (28/12) malam setelah sebuah bom yang terletak di pinggir jalan meledak dan mengenai bus wisata.

Dikutip dari laman CNN, Sabtu (29/12/2018) peristiwa mengenaskan itu terjadi di wilayah Giza dekat Kairo yang dikenal dengan wisata Piramida, Mesir.

Tak hanya korban jiwa, insiden ini juga membuat sedikitnya 11 orang terluka, demikian menurut otoritas setempat.

Insiden itu terjadi di Jalan El-Maryoutiya di distrik Haram Giza, di mana sebuah alat peledak improvisasi yang disembunyikan di dekat dinding meledak secara tiba-tiba.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Mesir Ahmed Hafez menyebut serangan itu sebagai tindakan terorisme.

"Pemboman bus wisata di El-Maryoutiya merupakan tindakan teroris yang keji dan pengecut yang menargetkan orang tak bersalah," tulis Hafez dalam akun Twitter-nya.

"Kami menyampaikan belasungkawa tulus kepada keluarga korban di Vietnam dan juga Mesir. Kami akan terus bergerak menuju sebuah tekad untuk membasmi aksi terorisme," tambahnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Aksi Teror di Mesir

Ilustrasi ledakan bom (iStockPhoto)

Selama bertahun-tahun Mesir memerangi militan di Semenanjung Sinai dalam pemberontakan yang kadang-kadang meluas ke daratan, menghantam warga minoritas atau wisatawan.

Namun, ini serangan pertama yang menarget turis asing dalam hampir dua tahun, demikian dikutip dari laman VOA Indonesia.

Serangan terjadi setelah industri pariwisata Mesir menunjukkan tanda-tanda pemulihan setelah bertahun-tahun mengalami kesulitan akibat kekacauan politik dan kekerasan yang terjadi setelah pemberontakan tahun 2011 yang menggulingkan mantan Presiden Hosni Mubarak.

Serangan itu kemungkinan akan mendorong pihak berwenang lebih memperketat keamanan di sekitar gereja dan fasilitas terkait menjelang perayaan Malam Tahun Baru dan Natal.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gempa Magnitudo 7,2 di Filipina Tak Berpotensi Tsunami di Wilayah Indonesia

Posted: 28 Dec 2018 09:12 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Gempa berkekuatan 7,2 magnitudo mengguncang wilayah tenggara Filipina. Lindu yang terjadi pada pukul 10.39 WIB tidak berpotensi tsunami di wilayah Indonesia.

"Gempa Filipina ini tidak berpotensi tsunami di wilayah Indonesia," ujar Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono kepada wartawan, Sabtu (29/12/2018).

Dia menambahkan, episenter gempa terletak pada koordinat 5,85 LU dan 126,81 BT. Tepatnya di laut pada jarak 201 km arah timur laut Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara pada kedalaman 69 Km

"Ditinjau lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, tampak gempa ini dipicu aktivitas subduksi Lempeng Laut Filipina yang menunjam ke bawah Pulau Mindanao, Filipina," terang dia.

Gempa Filipina ini dirasakan di Provinsi Davao Oriental dan Davao Ocidental, Filipina dalam skala intensitas V MMI. Sementara itu gempa ini juga dilaporkan masyarakat dirasakan di wilayah Indonesia.

"Seperti di Melonguane Kepulauan Talaud dalam skala intensitas IV MMI, Tahuna, Kep. Sangihe intensitas III-IV MMI, Siau Sitaro, Tobelo, Morotai intensitas III MMI, sedangkan Manado, Ternate, Jailolo intensitas II MMI," ujar Rahmat.

Kepada masyarakat Kepulauan Sangihe dan Talaud diimbau agar tetap tenang dan tidak terpancing isu yang tidak bertanggungjawab.

Gempa di Filipina

Ilustrasi Gempa Bumi (iStockphoto)

Gempa berkekuatan 7,2 skala Richter mengguncang Pulau Mindanao, Filipina pada Sabtu 29 Desember 2018. Demikian laporan dari US Geological Survey.

Dikutip dari laman RT.com, Sabtu (29/12/2018) dengan adanya gempa ini, The NWS Pacific Tsunami Warning System merilis adanya peringatan gelombang tinggi dan berbahaya untuk semua pantai yang berjarak 300 km dari titik gempa.

Radius ini pun tak hanya mencakup wilayah Filipina Selatan saja. Namun juga termasuk kawasan utara Indonesia, yaitu Sulawesi.

"Gelombang tsunami bisa saja terjadi di pantai yang berjarak 300 km dari pusat gempa," demikian bunyi peringatan tersebut.

Instansi pemerintah Filipina telah disarankan untuk memberi tahu populasi di daerah pesisir tentang risiko adanya tsunami.

Pemerintah juga disarankan untuk menginstruksikan warga tentang prosedur evakuasi yang relevan, tergantung pada tingkan ancaman.

Jika ancaman ini benar-benar terjadi, maka Pulau Game dan Tabukan Tengah (Indonesia) serta Davao (Filipina) akan mengalami gelombang tsunami dalam waktu satu jam.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sudin LH Pulau Seribu Bersihkan Ratusan Kubik Kerikil Erupsi Gunung Anak Krakatau

Posted: 28 Dec 2018 09:07 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Erupsi Gunung Anak Krakatau mengeluarkan material yang kini sudah sampai di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta. Koordinator Pesisir Lingkungan Hidup Pulau Seribu Surya Ismail menyatakan perairan dua pulau yakni Pulau Harapan dan Pulau Kepala dipenuhi material Gunung Anak Krakatau berupa kerikil.

Sejak kerikil Gunung Anak Krakatau datang pada 26 Desember kemarin, pihaknya sudah membersihkan ratusan kubik krikil dari permukaan air.

"Sudah ratusan kubik diangkut," katanya saat dihubungi, Sabtu (29/12/2018).

Surya menyatakan pihaknya sudah menerjunkan puluhan petugas ke lokasi temuan material Gunung Anak Krakatau.

"Pulau Harapan ada 13 petugas Sudin Lingkungan Hidup Kepulauan Seribu dan 12 petugas PPSU. Pulau Kelapa ada 19 petugas Sudin Lingkungan Hidup Kepulauan Seribu dan 12 petugas PPSU," ujarnya

Ia menargetkan pada tahun baru semua kerikil Gunung Anak Krakatau di perairan sudah bersih. "Target kita tahun baru bisa beres, mudah-mudahan tidak ada (erupsi) lagi," ucapnya

 

Kerikil Sebesar Kacang Ijo

Aktivitas Gunung Anak Krakatau dari udara yang terus mengalami erupsi, Minggu (23/12). Dari ketinggian Gunung Anak Krakatau terus mengalami erupsi dengan mengeluarkan kolom abu tebal. (Liputan6.com/Pool/Susi Air)

Surya juga menyebut kerikil yang ada di sekitar Pulau sebesar biji kacang hijau yang datang melalui perairan dan bukan lewat udara.

"Datang dari tanggal 26 pagi, sudah tiga hari. Ini pecahan kerikil seperti kacang hijau terapung di laut bukan dari udara," ujarnya

Meski dikepung banyak krikil, Surya menyebut krikil itu tidak menggangu aktivitas warga maupun nelayan.

"Kerikil terus terang enggak mengganggu, nelayan juga enggak (terganggu) nelayan terganggu dengan ecek gondok," tandasnya.

 

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Temuan Mengejutkan Hasil Pemeriksaan Pasangan Pria Bugil yang Viral di Pati

Posted: 28 Dec 2018 09:03 PM PST

Liputan6.com, Pati - Dua pria yang ditemukan dalam kondisi tanpa busana serta mengalami overdosis di dalam mobil yang terparkir di depan Pasar Trangkil, Kecamatan Trangkil, Kabupaten Pati, Jawa Tengah terancam hukuman 12 tahun penjara.

"Dari hasil pemeriksaan tim Puslabfor Polri dan RSUD Soewondo, keduanya dinyatakan positif mengonsumsi narkoba jenis sabu-sabu," kata Kapolres Pati AKBP Jon Wesly atau Jon di Pati, Jumat 28 Desember 2018.

Selain itu, kata dia, ditemukan barang bukti sisa sabu-sabu sebanyak 0,54 gram.

Atas perbuatannya itu, mereka dijerat dengan pasal 112 ayat 1 subsider 127 Undang Undang Nomor 35/2009 tentang Penyalahgunaan Narkotika dengan acaman hukuman 12 tahun penjara.

Hasil penyelidikan, keduanya merupakan warga Sampang, Madura yang bermaksud pergi ke Jakarta seperti dilansir Antara.

Keduanya, membeli sabu-sabu di Sampang seharga Rp 4,5 juta dan mendapat sabu-sabu antara 5-6 gram. Selain keduanya, kata dia, saat pesta sabu-sabu juga ada pelaku lainnya, yakni berinisial GF yang membawa mobil sendiri.

Jon menjelaskan, ketiganya memiliki tujuan yang sama, yakni ke Jakarta untuk menjual mobil Honda Jazz. Sampai di SPBU Batangan, Pati, ketiganya diduga kembali mengonsumsi sabu-sabu.

Berdasarkan keterangan pelaku, pesta sabu-sabu dilakukan di mobil Suzuki Ertiga yang digunakan kedua pelaku.

"Setelah mengonsumsi barang haram tersebut pada pagi hari, kemudian melanjutkan perjalanan menuju Jakarta," ujarnya.

Teman pelaku yang mengendarai Honda Jazz melanjutkan perjalanan ke Jakarta, sedangkan kedua tersangka diduga salah jalan hingga ke Pasar Trangkil yang menjadi tempat kejadian perkara tersebut. "Rupanya saat itu, kesadaran para tersangka sudah semakin menghilang," ujarnya.

Mobil yang mereka kendarai, kata dia, juga berhenti karena bahan bakar mobilnya juga hampir habis. "Saat itu halusinasi keduanya semakin menjadi-jadi," ujarnya lagi.

Bahkan, keduanya membuka baju hingga tanpa busana lagi serta diduga sempat memakan kotoran mereka sendiri. Di dalam mobil tersangka, juga terlihat banyak kotoran manusia. Keduanya baru sadar setelah beberapa hari menjalani perawatan di Pati.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Persib Enggan Tanggapi Tuntutan Gomez soal Kompensasi Kontrak

Posted: 28 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Bandung - Manajemen Persib Bandung enggan menanggapi perihal tuntutan eks pelatih mereka, Mario Gomez, soal kompensasi pemutusan kontrak. Gomez sudah mengutarakan niatnya menuntut Persib di media sosial. 

Seperti diketahui, selepas Liga 1 2018, Persib memutuskan mencopot Mario Gomez. Padahal, kontrak pelatih asal Argentina itu masih tersisa semusim lagi bersama Maung Bandung.

"Kami belum mau berkomentar lebih dulu sebelum permasalahan yang disampaikan pihak Gomez (semuanya jelas)," ujar Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Kuswara S. Taryono, seperti dilansir Antara.

Mario Gomez tidak puas dengan keputusan Persib tersebut. Dia pun melalui akun Instagram-nya mengungkapkan siap menuntut kompensasi dari Persib karena pemutusan kontrak.

"Halo untuk semua penggemar Persib. Terima kasih semua atas kebersamaannya di 2018 ini dan dukungan anda. Tampaknya manajemen tidak ingin melanjutkan kerja sama. Situasi ini ada di tangan pengacara saya. Terima kasih lagi," kata Gomez.

Menanggapi hal itu, manajemen Persib belum mau bicara terlalu jauh terkait apa yang disampaikan Gomez. Sebab, Gomez dalam videonya tidak menjelaskan secara detail soal rencananya setelah menunjuk pengacara.

Baru Tahu

Pelatih Persib Bandung, Mario Gomez, saat pertandingan melawan PSM pada laga Piala Presiden di Stadion GBLA, Bandung, Jumat (26/1/2018). Persib takluk 0-1 dari PSM. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Kuswara mengaku baru tahu Gomez menunjuk pengacara melalui video di Instagram. Ia pun tidak mempermasalahkannya.

"Terkait apa yang disampaikan Gomez di video, itu merupakan hak Gomez, termasuk untuk menunjuk lawyer," ujar Kuswara.

Di luar permasalahan yang ada, Kuswara mengucapkan terima kasih kepada Gomez yang selama satu musim menangani Persib. Apalagi, Gomez bisa membawa Persib ke papan atas, tepatnya posisi keempat klasemen akhir Liga 1.

"Kami menyampaikan terima kasih kepada Gomez atas kiprahnya selama Gomez menjadi pelatih di tim Persib," ujarnya.

Sudah Penuhi Kewajiban

Sementara beberapa waktu lalu, Kuswara sudah mengatakan urusan dengan Gomez sudah selesai. Segala hak dan kewajiban dari kedua pihak sudah dipenuhi setelah manajemen memutus kontrak Gomez.

"Intinya menyangkut semua hak dan kewajiban semua sudah selesai, tidak ada masalah," terang Kuswara.

Saksikan video menarik di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Nekatnya Para Imigran Masuk Perbatasan AS

Posted: 28 Dec 2018 09:00 PM PST

Nelly, imigran Meksiko dari Oaxaca, melompati pagar perbatasan untuk masuk ke sisi AS ke San Diego, California, (28/12). Aksi imigran ilegal ini dilakukan demi bisa menembus perbatasan AS yang semakin ketat. (AP Photo/Daniel Ochoa de Olza)

Nelly, imigran Meksiko dari Oaxaca, melompati pagar perbatasan untuk masuk ke sisi AS ke San Diego, California, (28/12). Aksi imigran ilegal ini dilakukan demi bisa menembus perbatasan AS yang semakin ketat. (AP Photo/Daniel Ochoa de Olza)

Kevin Andres, seorang anak imigran Meksiko berusaha memanjat pagar perbatasan AS (28/12). Banyak Imigran dari karavan memilih menyeberangi tembok perbatasan AS dan menyerahkan diri kepada agen patroli perbatasan. (AP Photo/Daniel Ochoa de Olza)

Kevin Andres, seorang anak imigran Meksiko berusaha memanjat pagar perbatasan AS (28/12). Banyak Imigran dari karavan memilih menyeberangi tembok perbatasan AS dan menyerahkan diri kepada agen patroli perbatasan. (AP Photo/Daniel Ochoa de Olza)

Kevin Andres, seorang anak imigran Meksiko berusaha melewati kawat berduri untuk masuk ke perbatasan (28/12). Aksi imigran ilegal ini dilakukan demi bisa menembus perbatasan AS yang semakin ketat. (AP Photo/Daniel Ochoa de Olza)

Kevin Andres, seorang anak imigran Meksiko berusaha melewati kawat berduri untuk masuk ke perbatasan (28/12). Aksi imigran ilegal ini dilakukan demi bisa menembus perbatasan AS yang semakin ketat. (AP Photo/Daniel Ochoa de Olza)

Seorang imigran dengan kemejanya yang sobek berusaha memanjat pagar perbatasan dari Tijuana, Meksiko untuk masuk ke sisi AS ke San Diego, California, (28/12). (AP Photo/Daniel Ochoa de Olza)

Seorang imigran dengan kemejanya yang sobek berusaha memanjat pagar perbatasan dari Tijuana, Meksiko untuk masuk ke sisi AS ke San Diego, California, (28/12). (AP Photo/Daniel Ochoa de Olza)

Seorang imigran dengan kemejanya yang sobek berjalan usai melewati pagar perbatasan dari Tijuana, Meksiko untuk masuk ke sisi AS ke San Diego, California, (28/12). (AP Photo/Daniel Ochoa de Olza)

Seorang imigran dengan kemejanya yang sobek berjalan usai melewati pagar perbatasan dari Tijuana, Meksiko untuk masuk ke sisi AS ke San Diego, California, (28/12). (AP Photo/Daniel Ochoa de Olza)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hidung Istri Dicela, Anjasmara Siap Tuntut Seorang Warganet

Posted: 28 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Anjasmara baru-baru ini meluapkan kekesalannya terhadap seorang warganet. Gara-garanya adalah seorang warganet dengan akun Instagram @corissa.putrie meninggalkan komentar negatif di sebuah unggahan di Instagram istri Anjasmara, Dian Nitami.

Mendapati sang istri dicibir dengan menjelekkan fisiknya, Anjasmara geram. Ia langsung mengunggah kemarahannya itu di Instagramnya pada Jumat (28/12/2018).

"Kok Istri Ku di bilang jelek sama kamu . Aku aja gak pernah bilang kalau Istri Ku itu jelek. Aku justru seneng kalau Istri Ku apa adanya," tulis Anjasmara.

Menurut Anjasmara, cantik tidak melulu soal fisik. Melainkan juga soal sikap dan cara bertuturnya.

Cantik

Anjasmara dan Dian Nitami. (Instagram/bu_deedee)

"Kecantikan yg terpenting buat saya dari hati, Sikap dan bicara nya. Bukan dari tampak luar. Seperti hidung mancung, tubuh sexy dan polesan makeup yg tebal. Harusnya kamu belajar menjadi seorang Muslim yg baik itu seperti apa. Percuma kamu pakai hijab tapi kamu tidak menjaga sikap, hati dan bicara kamu," lanjut Anjasmara.

Melaporkan

Anjasmara dan Dian Nitami. Foto: Panji Diksana/Liputan6.com

Tak hanya menasihati warganet tersebut, Anjasmara juga akan mengambil sikap tegas dengan membawa masalah ini ke jalur hukum. Kecuali si warganet tersebut meminta maaf secara terbuka kepada Anjasmara dan Dian Nitami.

"Sebelum kamu membuat pernyataan Maaf baik secara Sosial media ataupun di Koran Kompas sebanyak satu lembar penuh maka saya akan segera melaporkan kamu ke pihak yg berwajib. Saya tunggu per mohonan Maaf kamu dalam waktu 2x24jam," tutup Anjasmara.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil yang Baik Buat Kesehatan Janin, Bisa Dicoba di Rumah

Posted: 28 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ketika seorang wanita hamil, tentu saja sang ibu harus menjaga kesehatan keduanya. Ini berarti bahwa tidak hanya kamu perlu berbagi gizi dan makanan dengan bayi melalui dirimu, tetapi juga ekstra pangan dan gizi bagi kamu untuk menanggung perkembangan bayi dalam rahim selama sembilan bulan kehamilan.

Selama hamil, makanan dan stamina ibu harus wajib terjaga. Terlebih pada usia kehamilan trimester dua dan trimester tiga. Ibu hamil butuh asupan tambahan hingga 300 sampai 500 kalori sehari. Salah makan atau kekurangan nutrisi selama hamil nantinya akan berdampak pada perkembangan bayi.

Hanya saja, tentu penting untuk mencukupi berbagai kebutuhan nutrisi ini dari beragam jenis makanan yang berbeda. Misalnya asam folat berperan menghindarkan cacat bawaan, kalsium dan protein untuk pembentukan jaringan tubuh dan tulang bayi, serta zat besi untuk membantu sel darah merah membawa oksigen pada janin.

Berikut makanan sehat untuk ibu hamil yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (28/12/2018).

Daftar Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Ilustrasi Susu Putih (iStockphoto)

1. Makanan dan minuman berbahan dasar susu

Makanan sehat untuk ibu hamil yang pertama adalah makanan atau minuman yang terbuat dari susu. Produk susu, terutama yogurt, merupakan pilihan tepat bagi kamu yang sedang hamil. Kamu juga bisa mengonsumsi susu dan keju secara rutin.

Susu bisa membantu memenuhi kebutuhan protein dan kalsium untuk ibu dan janin. Sedangkan produk susu probiotik seperti yogurt bisa membantu mengurangi risiko komplikasi selama kehamilan.

2. Kacang-kacangan

Makanan sehat untuk ibu hamil kedua adalah kacang-kacangan. Kacang kedelai, kacang tanah, buncis, dan kacang polong adalah jenis kacang-kacangan yang bisa dijadikan sumber asam folat, serat, protein, zat besi, dan kalsium yang diperlukan tubuh selama kehamilan.

Nutrisi-nutrisi tersebut sangat penting bagi kesehatan ibu serta janin terutama pada trimester pertama. Asam folat, protein, dan kalsium dapat mencegah risiko beberapa kondisi cacat lahir dan penyakit pada bayi ketika lahir.

3. Ubi

Makanan sehat untuk ibu hamil selanjutnya adalah ubi. Ubi merupakan salah satu makan sehat untuk ibu hamil yang mengandung vitamin A. Nah, vitamin A sangat penting untuk pertumbuhan sel dan jaringan pada janin. Saat hamil, umumnya wanita disarankan untuk meningkatkan asupan vitamin A sebesar 10 sampai 40 persen dari kebutuhan sehari-hari.

Namun, asupan vitamin A tidak boleh terlalu banyak juga, karena akan menyebabkan keracunan. Vitamin A pada sayuran dan umbi-umbian penting untuk pertumbuhan dan perkembangan sel pada janin yang sedang tumbuh.

4. Ikan salmon

Makanan sehat untuk ibu hamil lainnya adalah ikan salmon. Ikan salmon merupakan sumber vitamin hewani yang wajib dijadikan makanan sehat untuk ibu hamil. Ikan salmon mengandung asam lemak omega-3 penting seperti EPA dan DHA, yang penting untuk perkembangan otak dan mata pada bayi yang sedang tumbuh. Salmon juga merupakan sumber alami vitamin D yang baik untuk ibu dan bayi.

Namun, ibu hamil harus mengonsumsi salmon yang sudah dimasak sampai matang. Jangan mengonsumsi salmon mentah, seperti pada sushi atau sashimi. Daging ikan yang belum matang berisiko terkontaminasi berbagai jenis bakteri yang membahayakan pertumbuhan janin.

5. Telur

Makanan sehat untuk ibu hamil yang bergizi dan mudah untuk didapatkan adalah telur. Telur bagus untuk meningkatkan asupan gizi secara keseluruhan. Selain itu, di dalam telur juga terdapat kolin, yaitu nutrisi penting untuk kesehatan otak dan perkembangan janin.

6. Brokoli dan sayuran hijau lainnya

Makanan sehat untuk ibu hamil selanjutnya adalah brokoli dan sayuran hijau. Brokoli dan sayuran berdaun hijau, biasanya banyak mengandung sebagian besar nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil. Sumber makanan tersebut juga mengandung serat yang dapat membantu mencegah atau mengobati sembelit.

Nutrisi yang terkandung pada sayuran antara lain seperti vitamin C, vitamin K, vitamin A, kalsium, zat besi, folat, dan kalium. Perlu diketahui juga kalau brokoli dan sayuran hijau mengandung antioksidan yang bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh dan pencernaan

7. Daging

Makanan sehat untuk ibu hamil lainnya adalah daging. Daging sapi, daging ikan, dan daging ayam merupakan sumber protein yang berkualitas tinggi. Selain itu, dalam daging terdapat kandungan zat besi sebagai mineral penting yang digunakan oleh sel darah merah. Sel darah merah berperan penting untuk mengantarkan oksigen ke semua sel dalam tubuh.

Maka dari itu wanita hamil membutuhkan lebih banyak zat besi, karena volume darah mereka juga meningkat selama kehamilan, terlebih di trimester ketiga. Namun, daging bisa jadi makanan sehat untuk ibu hamil kalau sudah dimasak sampai benar-benar matang dan dengan cara yang higienis.

8. Minum air putih yang banyak

Makanan sehat untuk ibu hamil yang wajib adalah air. Air merupakan salah satu hal yang harus banyak dikonsumsi selama hamil. Pasalnya, volume darah ibu hamil akan meningkat hingga 1,5 liter. Oleh karena itu, penting untuk tetap menjaga keseimbangan cairan tubuh dengan baik.

Gejala dehidrasi ringan pada ibu hamil meliputi sakit kepala, gelisah, kelelahan, suasana hati jadi kacau, dan jadi cepat lupa. Minum air putih yang cukup terbilang penting, karena volume darah meningkat selama kehamilan. Minum air yang cukup juga dapat membantu mencegah sembelit dan infeksi saluran kemih selama hamil.

Cara Persiapkan Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Ini pilihan jus yang baik untuk ibu hamil. (Sumber Foto: shutterstock)

Mengolah makanan sendiri adalah salah satu cara untuk menjaga kualitas dan kesehatan bahan-bahan yang masuk ke dalam tubuh. Berikut ini adalah panduan bagi para calon ibu untuk menyiapkan sendiri makanan sehat untuk ibu hamil:

Cuci semua sayur dan buah yang akan dimasak agar bersih dari sisa-sisa tanah yang dapat mengandung toksoplasma.

Untuk menghindari kontaminasi (seperti campylobacter, salmonella, dan E.coli), pisahkan penyimpanan makanan mentah, terutama daging, dengan makanan siap santap di dalam lemari pendingin.

Gunakan talenan berbeda untuk memotong daging mentah dengan alasan serupa di atas.

Masak daging hingga benar-benar matang. Perhatikan baik-baik hingga tidak menyisakan warna merah, terutama untuk daging yang masih dilapisi kulit. Begitu juga ketika memasak telur.

Cuci bersih tanganmu dan seluruh perlengkapan dapur yang digunakan untuk memotong dan mengolah daging mentah.

Ketahui dan hindari beberapa jenis makanan berbahaya untuk ibu hamil seperti makanan mentah dan hati.

4 Makanan Camilan Sehat Untuk Ibu Hamil

Mitos air kelapa pada ibu hamil./Copyright shutterstock.com

Berikut daftar camilan sehat dan praktis untuk dikonsumsi ibu hamil setiap hari dan mudah didapatkan:

1. Air kelapa

Wanita hamil memerlukan lebih dari tiga liter air dalam sehari selama kehamilannya, di mana volume air tersebut mengalir di dalam darah ibu dan janinnya.

Selain air mineral, air kelapa menjadi pilihan yang baik dan bagus karena mengandung elektrolit alami seperti kalium yang mendukung sirkulasi darah menjadi lebih lancar.

2. Yoghurt

Kandungan di dalam yoghurt seperti protein, kalsium, dan probiotik dapat membangun bakteri yang mendukung sistem kekebalan tubuh, kadar glukosa dalam darah menjadi lebih sehat hingga saluran pencernaan.

Kondisi sembelit yang dirasakan wanita hamil menjadi hal yang umum selama kehamilan, dengan mengonsumsi yoghurt akan membantu ibu melancarkan pencernaannya.

3. Ikan salmon

Asam lemak omega-3 dalam ikan salmon sangat baik untuk otak dan mata sang bayi. Jika ibu hamil mengonsumsi makanan ini ibu akan mendapatkan manfaat vitamin B dan protein.

Salmon juga yang rendah akan merkuri yang mampu mempengaruhi sistem saraf bayi akan aman untuk dikonsumsi, dibandingkan dengan ikan lainnya. Cobalah dengan memanggang salmon atau menambahkan dalam saladmu. Konsumsi ikan salmon yang aman sebanyak 12 ons (maksimal) per minggu.

4. Macam berries

Blueberry, raspberry, dan blackberry adalah buah-buahan lezat yang dapat ditambahkan dalam menu sarapan Anda atau dessert Anda seperti sereal atau pancake.

Berries yang dikemas dengan vitamin C, kalium, folat, dan serat akan memberikan segudang manfaat kesehatan untuk ibu dan janin.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pusing Soal Utang? Ini Cara Menghadapinya

Posted: 28 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kebutuhan hidup yang tidak seimbang dengan pendapatan bisa menjebak seseorang dalam situasi tercekik utang. Berikut jalan keluar untuk mengatasi persoalan utang Anda.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

32 Korban Meninggal Akibat Tsunami Selat Sunda Dimakamkan Secara Massal

Posted: 28 Dec 2018 08:56 PM PST

Fokus, Lampung - Sebanyak 32 orang korban meninggal dunia akibat bencana tsunami Selat Sunda, Lampung Selatan, dimakamkan secara massal.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Sabtu (29/12/2018), area seluas 250 hektare persegi di lereng Gunung Rajabasa, Lampung, inilah yang menjadi lokasi pemakaman korban tsunami warga Way Muli Timur. Tercatat 18 wanita dan 14 pria dikebumikan di taman pemakaman milik penduduk setempat.

Proses pemakaman secara massal ini dilakukan dengan dua cara, yakni ada yang dikebumikan satu liang lahat dan ada juga yang terpisah sesuai permintaan keluarga korban.

Hingga Sabtu pagi, di Lampung Selatan tercatat 116 korban meninggal dunia dan 394 korban luka-luka. Seluruh korban meninggal dunia sudah teridentifikasi oleh Tim DVI (Disaster Victim Identification).

Sementara total jumlah pengungsi diperkirakan mencapai lebih dari 7 ribu orang yang tersebar di 14 titik di tenda atau posko warga darurat warga di lereng dan kaki Gunung Rajabasa dan posko bencana di gedung tenis indoor Kalianda. Korban yang masih dirawat di RSUD Bob Baazar Kalianda sebanyak 54 orang. (Muhammad Gustirha Yunas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Antrean Kendaraan Mengular di Tol Ciawi Jelang Tahun Baru

Posted: 28 Dec 2018 08:48 PM PST

Fokus, Bogor - Tiga hari libur jelang perayaan tahun baru, kendaraan dari arah Jakarta yang menuju kawasan wisata Puncak, Cisarua, Bogor, Jawa Barat, pagi ini diwarnai antrean kendaraan hingga belasan kilometer.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Sabtu (29/12/2018), antrean mengular panjang dari mulai gerbang Tol Ciawi tak terputus hingga Gadog menuju Pasir Angin kemudian Megamendung dan Cisarua.

Sepanjang kurang lebih 15 kilometer antrean yang didominasi kendaraan roda empat berplat nomor Jakarta dan juga bus pariwisata terjebak macet hingga beberapa jam.

Diperkirakan hari ini merupakan puncak kepadatan arus lalu lintas libur menjelang tahun baru. Untuk mengurai kemacetan yang cukup parah, petugas Lantas Polres Bogor memberlakukan sistem buka tutup satu arah ke arah Puncak lebih awal dari biasanya, yakni pukul 07.00 WIB dan akan dibuka kembali pukul 13. 00 WIB.

Sedangkan untuk arah sebaliknya akan diberlakukan satu arah dari Puncak menuju Jakarta pada pukul 14.00 WIB.

Selain itu, para pengendara juga bisa melalui jalur alternatif Jonggol Cariu dan Cileungsi serta Tol Bocimi yang baru dibuka.

Kondisi tak jauh berbeda juga terpantau di kawasan wisata Lembang, Bandung Barat, jawa Barat. Dari pantauan udara, kepadatan arus lalu lintas sudah menyergap di sejumlah titik hingga ekor kemacetan mencapai 5 kilometer baik dari arah Kota Bandung maupun Subang.

Untuk mengurai kemacetan, petugas Satlantas Polres Cimahi melakukan rekayasa lalu lintas di ruas Jalan Panorama dengan memberlakukan satu arah. Diprediksi kemacetan akan berlangsung hingga malam nanti dan besok. (Muhammad Gustirha Yunas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bolt Sampaikan Pengumuman Penting untuk Pengguna

Posted: 28 Dec 2018 08:46 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bolt resmi menutup layanannya setelah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menyerahkan Surat Keputusan berisi pengakhiran penggunaan pita frekuensi 2.3Ghz yang dipakai PT First Media dan Internux dengan produknya, Bolt.

Layanan internet 4G LTE Bolt di wilayah Jabodetabek dan Medan pun berhenti Jumat, 28 Desember 2018.

Bolt pun membuat pengumuman penting untuk pelanggan yang masih memakai layanannya selama ini. Bolt mengunggah pengumuman dalam laman www.bolt.id.

Pengumuman tersebut menyatakan, Bolt siap memenuhi kewajiban kepada seluruh pelanggan aktif Bolt baik prabayar maupun pascabayar.

"Pelanggan akan menerima pengembalian sisa pulsa dan atau kuota yang belum terpakai, pengembalian pembayaran di muka (advance payment) sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku," kata Bolt dalam keterangannya.

Selanjutnya, Bolt menyebut, proses pengajuan pengembalian (refund) dapat dimulai dari hari Senin 31 Desember 2018 hingga Kamis 31 Januari 2019.

Melalui laman www.bolt.id, pengguna bisa mengeklik tombol "Refund" pada bagian bawah untuk memproses pengajuan refund mereka.

Bagi pengguna Bolt Home yang berada di jaringan home passed Fixed Broadband Cable Internet First Media, mereka mendapatkan diskon 30 persen dan double speed upgrade untuk langganan 12 bulan dan gratis channel TV selama 3 bulan.

Tak lupa, Bolt pun mengucap terima kasih untuk pelanggan yang setia selama kehadirannya.

Kemkominfo Cabut Izin Frekuensi Bolt

Ilustrasi Internet (iStockphoto via Google Images)

Sebelumnya, pada Jumat (28/12/2018), Kementerian Komunikasi dan informatika (Kemkominfo) akhirnya mengakhiri penggunaan pita frekuensi 2.3GHz dari PT First Media Tbk (KBLV) dan PT Internux (Bolt).

Keputusan ini diambil setelah sebelumnya dilakukan penundaan pencabutan izin frekuensi pada dua perusahaan tersebut demi pelanggan.

Menurut Dirjen SDPPI (Kemkominfo) Ismail, pengakhiran penggunaan pita frekuensi ini dilakukan karena kedua perusahaan tidak dapat membayar kewajiban Biaya Hak Penggunaan Spektrum Radio pada negara.

Selain First Media dan Bolt, penghentian juga berlaku untuk PT Jasnita yang memiliki tunggakan serupa

"Dengan dua Keputusan Menteri Kominfo, mulai Jumat 28 Desember 2018, kedua operator telekomunikasi itu secara resmi tidak lagi dapat menggunakan pita frekuensi radio 2.3Ghz untuk layanan telekomunikasi," tutur Ismail dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (28/12/2018).

Adapun pencabutan ini dituangkan dalam Keputusan Menteri Kominfo Nomor 1012 Tahun 2018 untuk PT Internux. Sementara keputusan untuk PT First Media Tbk dituangjan dalam Keputusan Nomor 1011 Tahun 2018.

Untuk melaksanakan keputusan itu, kedua operator tersebut diharuskan melakukan shutdown terhadap core radio network operator center (NOC). Dengan kata lain, kedua perusahaan tersebut tidak dapat lagi melayani pelanggan memakai pita frekuensi radio 2.3GHz.

 

 

Bolt Putuskan Tutup Layanan

Orang-orang menggunakan ponsel mereka untuk terhubung ke internet melalui WiFi di sebuah taman di Havana, Rabu (5/12). Pemerintah Kuba mengumumkan bahwa masyarakat bisa mengakses internet secara bebas di ponsel mereka mulai Kamis ini. (YAMIL LAGE/AFP)

Secara terpisah, Bolt juga secara resmi mengakui akan menghentikan layanannya.

Langkah ini diambil menyusul adanya tunggakan utang izin penggunaan frekuensi 2.3Ghz yang tak dibayar Bolt hingga tenggat waktu pembayaran berakhir.

Dalam keterangan tertulis Bolt yang diterima Tekno Liputan6.com, Jumat (28/12/2018), Direktur Utama PT Internux Dicky Mochtar memastikan, meski layanan 4G LTE perusahaan telah berhenti, segala hak pelanggan akan tetap dipenuhi perusahaan. 

"Kami sudah menerima Surat Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika terkait hal ini. Menyikapi surat tersebut, Bolt mendukung keputusan Kominfo dan sepenuhnya bekerjasama untuk menyesuaikan layanan 4G LTE di Jabodetabek, Banten, dan Medan terhitung sejak diterimanya Surat Keputusan tersebut," kata Dicky.

Meski tutup layanan, Bolt berkomitmen mengutamakan kepentingan dan pemenuhan hak pelanggannya. 

Bolt pun mengucapkan terima kasih kepada Menkominfo dan pelanggan karena telah setia menjadi pelanggan.

(Tin/)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Italia: Peluang Juventus Jauhi Napoli

Posted: 28 Dec 2018 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Juventus berpeluang memantapkan posisi puncak klasemen Liga Italia. Si Nyonya Tua, julukan Juventus, bisa menjauh dari kejaran Napoli.

Pada pekan ke-19 Liga Italia, Juventus akan menjamu Sampdoria di Allianz Stadium, Sabtu (29/12/2018). Di atas kertas, Si Nyonya Tua berpeluang meraih kemenangan.

Sebab, Sampdoria sudah lama tak menang di kandang Juventus. Sampdoria terakhir menang di kandang Juventus pada 6 Januari 2013. Kala itu Sampdoria menang 2-1.

Selain itu, Juventus menjadi satu-satu timnya yang belum menelan kekalahan di Liga Italia. Dua faktor itu yang menyebabkan Si Nyonya Tua lebih diunggulkan.

Sementara itu, di San Siro, AC Milan akan menjamu tim papan bawah Liga Italia, SPAL. Ini akan menjadi laga kebangkitan untuk AC Milan. Dalam lima pertandingan terakhir, AC Milan menelan dua kekalahan dan tiga hasil imbang.

Lihat klasemen Liga Italia di halaman selanjutnya.

Klasemen Liga Italia

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kerikil Letusan Gunung Anak Krakatau Sampai ke Pulau Seribu

Posted: 28 Dec 2018 08:36 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Embusan abu vulkanik Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda beberapa hari belakangan sudah sampai ke perairan Kepulauan Seribu, Jakarta.

Koordinator Pesisir Lingkungan Hidup Pulau Seribu, Surya Ismail menyatakan, dua pulau yakni Pulau Harapan dan Pulau Kepala dipenuhi material Gunung Anak Krakatau berupa kerikil.

"Di Pulau Harapan sudah agak menipis sementara yang agak tebal di Pulau Kepala. Terus terang ini pertama kali menerima kiriman kerikil," kata Surya saat dihubungi Liputan6.com, Sabtu (29/12/2018).

Surya menyebut kerikil Gunung Anak Krakatau yang ada di sekitar Pulau sebesar biji kacang hijau dan datang melalui perairan bukan lewat udara.

"Datang dari tanggal 26 pagi, sudah tiga hari. Ini pecahan kerikil seperti kacang hijau terapung di laut bukan dari udara," ujar dia.

 

Kerikil 95 Kubik

Aktivitas Gunung Anak Krakatau dari udara yang terus mengalami erupsi, Minggu (23/12). Status Gunung Anak Krakatau dalam status Waspada atau level II. (Liputan6.com/Pool/Susi Air)

Surya mengatakan pihaknya sudah membersihkan kerikil sebanyak 95 kubik di Pulau Harapan.

"Pulau Kelapa sudah seratus kubik lebih," katanya

Meski dikepung banyak kerikil, Surya menyebut kerikil itu tidak mengganggu aktivitas warga maupun nelayan.

"Kerikil terus terang enggak mengganggu, nelayan juga enggak (terganggu). Nelayan terganggu dengan ecek gondok," ucap dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Parma Vs AS Roma: Ancaman Tim Promosi

Posted: 28 Dec 2018 08:35 PM PST

Liputan6.com, Parma - Eusebio Di Francesco harus mampu mempertahankan performa AS Roma saat menantang Parma nanti malam. Maklum, posisinya sebagai pelatih sedang dalam sorotan.

Di Francesco terancam pemecatan setelah AS Roma hanya menang sekali dalam tujuh pertandingan sebelum menekuk Sassuolo. Sekarang, tekanan pun sedikit berkurang terhadap Di Francesco setelah menang melawan Sassuolo.

Namun lawan AS Roma berikutnya adalah tim promosi yang tak bisa dipandang sebelah mata. Tengah pekan kemarin, mereka menang 1-0 lewat gol tunggal Roberto Inglese di markas tim kuat Fiorentina.

Sebelum ini, Parma sudah mengalahkan beberapa tim yang di atas kertas lebih kuat daripada mereka. Selain Fiorentina, Torino, Genoa hingga Inter Milan telah menjadi korban Parma.

"Saya memiliki pemain-pemain yang memberikan kemampuan terbaiknya dalam serangan balik. Itulah yang berusaha kami optimalkan," kata pelatih Parma, Roberto D'Aversa.

"Saya merasa kami telah diremehkan, tapi itu lebih ke para pemain. Saya rasa mereka tidak mendapatkan pengakuan yang pantas mereka dapatkan untuk hasil-hasil luar biasa ini. Parma meraih tiga promosi beruntun dan sekarang berada di papan tengah Serie A," ujarnya menambahkan.

 

Prakiraan Susunan Pemain

Ekspresi pelatih AS Roma, Eusebio Di Francesco saat laga melawan Fiorentina pada laga Serie A di Artemio Franchi stadium, Florence, (5/11/2017). AS Roma menang 4-2.  (Maurizio degl'Innocenti/ANSA via AP)

Prakiraan susunan pemain

Parma (4-3-3): Sepe; Gagliolo, Bastoni, Alves, Iacoponi; Rigoni, Stulac, Barilla; Biabiany, Inglese, Gervinho. Pelatih: Roberto D'Aversa.

Roma (4-2-3-1): Olsen; Florenzi, Manolas, Fazio, Kolarov; Cristante, Nzonzi; Under, Zaniolo, Perotti; Dzeko. Pelatih: Eusebio Di Francesco.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jutawan Dermawan Asal India Nikahkan 261 Wanita Yatim

Posted: 28 Dec 2018 08:32 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Seorang jutawan berlian dari India membuat tradisi tahunan pernikahan massal. Pernikahan massal tersebut dikhususkan bagi wanita yang tak punya orang tua dan tidak mampu membiayai pernikahan mereka sendiri.

Dalam 8 tahun terakhir, pengusaha bernama Mahesh Savani dari PP Savani Group telah membiayai pernikahan lebih dari 3.000 pasangan. Tahun ini, 261 pengantin wanita termasuk 6 pasangan muslim dan 3 pasangan kristen, dinikahkan dalam sebuah upacara yang dikelola menteri utama Gujarat Vijay Rupani.

Mengutip dari DNA India, di antara para pengantin wanita, 118 tidak memiliki saudara lelaki atau perempuan dan 54-nya adalah anak yatim. Pesta pernikahan besar-besaran itu disiarkan langsung di YouTube perusahaan pada hari Minggu.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Selanjutnya

Doc: Viral Press

Dalam pesta pernikahan itu, Mahesh bergabung dengan beberapa Layanan Administrasi India dan polisi India. Ia berdiri sebagai ayah pengantin wanita yang ayah kandungnya telah tiada untuk ritual pernikahan Hindu Kanyadaan.

Semua pengantin itu menerima hadiah seperti barang-barang rumah tangga serta asuransi senilai 200 ribu rupee atau sekitar Rp 41 juta lebih. Dalam sebuah wawancara, Mahesh menjelaskan bahwa itu merupakan bentuk tanggung jawab sosialnya untuk membantu wanita yang tak mampu membayar pernikahan mereka sendiri.

Menurut Mahesh, ia memulai tradisi itu pada tahun 2008 ketika ia mengambil tanggung jawab untuk mengatur pernikahan putri dari seorang kerabat jauh yang meninggal. Sejauh ini, ia telah membantu mendanai pernikahan 3.172 pasangan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kendaraan Menuju Bali Meningkat Jelang Tahun Baru

Posted: 28 Dec 2018 08:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki H+3 angkutan Natal dan Tahun Baru 2019 atau Jumat 28 Desember 2018, jumlah penumpang dan kendaraan di sejumlah pelabuhan penyeberangan terpantau mulai mengalami kenaikan, khususnya di lintasan Ketapang-Gilimanuk yang menghubungkan Jawa dan Bali.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Imelda Alini mengatakan, trafik penumpang dan kendaraan yang menggunakan moda penyeberangan menjelang puncak arus Tahun Baru 2019 mulai ramai tapi tetap lancar.

"Kami prediksikan trafik penumpang dan kendaraan akan terus meningkat menjelang malam Tahun Baru di mana puncak arus malam Tahun Baru yang diperkirakan terjadi pada Sabtu dan Minggu (29-30 Desember), khususnya para pengguna jasa yang berencana merayakan libur akhir tahun di Pulau Bali," tutur Imelda dalan keterangan tertulis, Sabtu (29/12/2018).

Data produksi Angkutan Natal dan Tahun Baru 2019 dari Ketapang menuju Gilimanuk pada 27 Desember 2018 pukul 08.00 WIB hingga 28 Desember 2018 pukul 08.00 WIB tercatat, jumlah penumpang mencapai total 31.268 orang atau naik 9 persen dibandingkan periode sama tahun lalu sebanyak 28.601 orang.

Diikuti trafik kendaraan roda 2 yang mencapai 2.513 unit atau naik 38 persen dibandingkan periode sama tahun lalu sebanyak 1.826 unit. Trafik roda 4 atau lebih juga mengalami kenaikan 14 persen dari 4.628 unit pada periode sama tahun lalu menjadi 5.262 unit pada tahun ini.

Dalam menghadapi puncak arus angkutan Tahun Baru, ASDP Indonesia telah mempersiapkan skenario operasi kapal penyeberangan untuk kondisi normal maupun padat. Kapasitas kapal terpasang di Pelabuhan Gilimanuk dan Ketapang juga sangat memadai.

Untuk pola operasi normal, kapal beroperasi sebanyak 32 unit dengan kapasitas total 75.456 orang penumpang, 21.600 unit roda dua, dan 8.352 unit roda empat atau lebih.

 

Prediksi Arus Puncak

(Istimewa)

Adapun prediksi arus puncak, untuk penumpang diperkirakan hanya mencapai 44.771 orang, 5.725 untuk unit roda dua, dan 5.414 unit untuk roda empat.

"Kapasitas yang kami sediakan sangat memadai karena untuk skenario normal saja masih melebihi dari prediksi saat puncak arus Natal dam Tahun Baru," ujar dia.

Cabang Ketapang juga telah menambah total 7 loket dan tollgate untuk arus Natal dan Tahun Baru ini, yakni untuk loket penumpang dari 1 menjadi 2 loket, untuk sepeda motor dari 1 menjadi 7 tollgate, serta roda empat sebanyak 4 tollgate.

"Pemudik diharapkan dapat menyeberang sebelum waktu puncak arus balik agar dapat menikmati perjalanan yang aman, nyaman, serta terhindar dari kepadatan saat arus puncak. Tetap waspadai cuaca buruk, serta keselamatan dan keamanan baik jiwa dan kendaraan selama di perjalanan," kata dia. 

Demi kelancaran dan kenyamanan di perjalanan, pemudik pejalan kaki, dan yang membawa sepeda motor atau mobil pribadi, agar melakukan pembelian tiket berjadwal secara online yang dapat diakses selama 24 jam melalui http://tiket.indonesiaferry. co.id. Pembelian tiket secara online berlaku untuk pemesanan maksimal H-1 keberangkatan. (Yas)

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ke Manado, Kunjungi 5 Destinasi Wisata Menarik Ini

Posted: 28 Dec 2018 08:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Manado di Sulawesi Utara memiliki banyak destinasi wisata yang memikat. Selain pantai yang indah, Manado juga punya banyak tempat yang menarik untuk dikunjungi.

Sebut saja di antaranya Bukit Kasih, Waruga, Jembatan Soekarno, Kampung China, Museum Negeri Sulawesi Utara.

Bukit Kasih

Lokasi wisata ini terletak di Desa Kanonang, sekitar 55 kilometer dari pusat Kota Manado. Tempat ini merupakan bukit belerang yang masih alami nan indah.

Dinamakan Bukit Kasih karena tempat ini menimbulkan keharmonisan antarumat beragama. Tempat ini didirikan pada 2002 sebagai simbol toleransi dan terdapat lima rumah ibadah, yaitu gereja, kuil, masjid, serta candi.

Jembatan Soekarno

Destinasi wisata lain yang juga menarik dikunjungi selama di Manado adalah Jembatan Soekarno yang memiliki panjang 1,227 kilometer. Berada di lokasi ini, pengunjung bisa melihat pemandangan Pulau Manado Tua yang terlihat indah dengan gunung yang menjulang di tengah-tengah laut Teluk Manado.

Waruga

Obyek Cagar Budaya Taman Waruga Airmadidi Minahasa Utara

Salah satu situs peninggalan sejarah yang menjadi andalan destinasi utama di wisata Sulawesi Utara. Waruga adalah kubur batu yang mempunyai bentuk kubus, dengan atap berbentuk segitiga yang menyerupai bubungan atap rumah.

Kampung China

Sejarah berdirinya Kampung China Manado tak lepas dari sejarang panjang masuknya perantauan Tionghoa di Manado sejak tahun 1500-an. Pemukiman etnis ini sudah ada pada sekitar 1607 di Manado.

Lokasi wisata ini berada di tengah kota Manado. Tempat ini menarik untuk dikunjungi sebagai salah satu wisata sejarah dan budaya di Manado.

Museum Negeri Sulawesi Utara

Museum ini berada di Jalan WR Supratman, Manado. Museum ini diresmikan pada 9 Januari 1991 dan memiliki koleksi 2.810 buah.

Koleksi tersebut diklasifikasikan menjadi 10 jenis bidang, antara lain geologika, biologika, arkeologika, historika, etnografika, filologika, seni rupa, serta teknologika. Museum tersebut buka mulai pukul 08.00-16.00 WITA.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Libur Tahun Baru, Bandara Soekarno-Hatta Dipadati Penumpang

Posted: 28 Dec 2018 08:30 PM PST

Fokus, Tangerang - Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, masih dipadati calon penumpang yang akan merayakan libur tahun baru.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Sabtu (29/12/2018), pekan terakhir di tahun 2018 dan akan memasuki tahun 2019, para calon penumpang masih menyerbu terminal domestik di Bandara Soetta. Umumnya mereka bermaksud berlibur akhir tahun yang bertepatan dengan libur anak sekolah.

Sejauh ini kota besar masih menjadi tujuan favorit, di antaranya Yogyakarta, Surabaya, Bali, Medan, Makassar, dan Pekanbaru. Untuk penerbangan luar negeri kebanyakan untuk tujuan Singapura, Hong Kong, dan Jepang. (Muhammad Gustirha Yunas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Satu Suro, Film Horor soal Hari Raya Para Setan

Posted: 28 Dec 2018 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Februari 2019, para penggemar film horor Tanah Air bakal mendapat satu sajian baru, Satu Suro. Film yang dibintangi Citra Kirana dan Nino Fernandez ini, mengetengahkan soal kepercayaan di masyarakat Jawa tentang tanggal yang dianggap keramat tersebut.

Trailer Satu Suro sendiri, baru saja dirilis pada Kamis (27/12/2018) kemarin. Dari video singkat berdurasi hampir 2,5 menit tersebut, terungkap gambaran besar mengenai film ini.

Film yang disutradarai Anggy Umbara ini menceritakan tentangan pasangan Adinda (Citra Kirana) dan Bayu (Nino Fernandez) yang baru saja pindah rumah ke pinggir kota. Mendekati malam satu Suro, Bayu meninggalkan sang istri karena harus dinas keluar kota.

"Malam 1 Suro adalah hari rayanya makhluk halus," tutur suara salah satu karakter di film ini.

Rumah Sakit Misterius

Satu Suro (YouTube/  MD Pictures)

Suatu malam-tiba-tiba Adinda mengalami konstraksi hebat, Bayu pun pulang dan mengatarkannya ke rumah sakit. Dokter yang menangani Adinda, meminta Bayu untuk pulang dan mempersiapkan keperluan persalinan. Alasannya, waktu kelahiran diperkirakan masih cukup lama.

Hanya saja, saat kembali ke rumah sakit, Bayu terkejut luar biasa. Rumah sakit tempat ia mengantarkan sang istri kini telah berubah menjadi bangunan tua yang kosong. Menurut penduduk sekitar, rumah sakit tersebut telah sepuluh tahun berhenti beroperasi.

 

Tayang 7 Februari 2019

Satu Suro (YouTube/  MD Pictures)

Selain trailer tersebut, sebelumnya telah dirilis poster film Satu Suro yang menampilkan Citra Kirana dengan perutnya yang membuncit, serta sejumlah sosok menyeramkan di sekitarnya. Di poster ini pula, diungkap tanggal rilis Satu Suro, yakni 7 Februari 2019.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kembangkan Desa Kreatif TBBM Bandung Group Raih Penghargaan Tertinggi PROPER

Posted: 28 Dec 2018 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sejak September 2018, warga Bandung dan sekitarnya telah menikmati destinasi wisata Desa Kertajaya Creative Destination di Kampung Sodong, Desa Kertajaya, Padalarang, Bandung. Sebuah wilayah yang di-branding sebagai desa wisata yang mengembangkan dan memberdayakan modal kreativitas masyarakatnya.

Secara potensi, Desa Kertajaya memiliki keunggulan karena kaya dengan home industry bernuansa kerajinan. Desa ini juga dinilai mampu menarik wisatawan lokal maupun mancanegara karena berada di kawasan Balai Seni Barli milik pelukis terkenal Barli.

Melalui Pertamina Berdikari, salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Pertamina (Persero) telah beberapa kegiatan pengembangan potensi dan pemberdayaan masyarakat seperti Share Bag (Kerajinan Tote Bag dari Bahan Kanvas Ramah Lingkungan), Kerajinan Turban Rasyailla (Produksi Turban, Kerudung dan Ciput), SOD Sablon (Produksi Sablon dan Desain Grafis), Bangbara Animasi (Produksi Seni Animasi dan After Effect untuk Production House, Kartun dan kebutuhan animasi lainnya), Kerajinan Segel Mobil Tangki (Memproduksi bekas segel mobil tangki yang tidak terpakai menjadi barang bernilai guna seperti miniatur, mainan anak, puzzle dan lain lain), serta Masebajaya (Makanan Sehat Balita Kertajaya) –Replikasi Program CSR Pertamina yaitu Omaba (Ojek Makanan Balita) di Terminal BBM Ujung Berung yang menyediakan makanan sehat untuk warga kertajaya dan pengunjung kota baru parahyangan.

Unit Manager Communication & CSR MOR III, Dian Hapsari Firasati menjelaskan Program CSR Desa Kertajaya Creative Destination bertujuan untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat dari segi ekonomi sehingga mampu mendukung peningkatan pendapatan per kapita dan kemandirian dalam menjalankan roda ekonomi desa di masa depan.

"Saat ini profit penjualan kerajinan di Desa Kertajaya juga digunakan untuk mendukung kegiatan masyarakat desa di sektor lainnya seperti untuk pembelian bibit pohon sebagai bentuk konservasi lingkungan dan untuk pengembangan PAUD Kertajaya," ucap Dian Hapsari.

Berkat dukungan Pertamina, lanjut Dian Hapsari, di Desa Kertajaya, masyarakat juga telah melakukan upaya efisiensi dalam penggunaan energi. Salah satunya dengan adanya pemanfaatan Wind Turbine yang akan digunakan untuk sumber listrik dalam pembuatan Share Bag.

Di Desa Kertajaya, masyarakat juga mampu mereduksi 8 juta sampah kantong plastik dengan program diet kantong plastik, 1,3 ton per tahun. Sampah segel mobil tangki pun dimanfaatkan menjadi barang yang bernilai guna serta produk turban karya kerajinan Desa Kertajaya yang berhasil menembus pasar ekspor.

Dengan beberapa keunggulan Desa Kertajaya Creative Destination, Terminal BBM Bandung Group berhasil memperoleh 1 (satu) penghargaan PROPER (Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan) kategori Emas yang merupakan penghargaan tertinggi di bidang lingkungan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Selain itu, juga 4 (empat) PROPER Hijau untuk TBBM Tanjung Gerem, TBBM Balongan, TBBM Cikampek, dan TBBM Jakarta Group.

Bersama Unit Operasi dan Anak Perusahaan Pertamina yang juga mendapat penghargaan PROPER, General Manager Marketing Operation Region III Pertamina Joko Pitoyo menerima penghargaan pada Malam Penganugerahan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (PROPER) periode 2017-2018 yang diserahkan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis 27 Desember 2018.

"Kami bersyukur kinerja perusahaan dalam pemberdayaan masyarakat dan lingkungan mendapat apresiasi dari stakeholder. Kami berharap penghargaan ini dapat menjadi motivasi untuk mengembangkan berbagai program yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar wilayah operasi,"pungkas Dian Hapsari.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gempa Magnitudo 7,1 Guncang Kepulauan Talaud Sulut

Posted: 28 Dec 2018 08:28 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Gempa dengan kekuatan magnitudo 7,1 mengguncang wilayah Kepualuan Talaud Sulawesi Utara.

Sumber Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan gempa terjadi Sabtu (29/12/2018) sekitar pukul 10.39 WIB.

Gempa berlokasi di 5.85 Lintang Utara, 126.81 Bujur Timur sekitar 201 kilometer Timur Laut Kepulauan Talaud dengan kedalaman 69 kilometer.

Belum ada kabar kerusakan atau korban akibat gempa ini.

"Gempa tidak berpotensi tsunami," demikian BMKG memastikan.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gempa 7,2 SR Mengguncang Filipina Selatan, Berpotensi Tsunami

Posted: 28 Dec 2018 08:26 PM PST

Liputan6.com, Mindanao - Gempa berkekuatan 7,2 skala Richter mengguncang Pulau Mindanao, Filipina pada Sabtu 29 Desember 2018. Demikian laporan dari US Geological Survey.

Dikutip dari laman RT.com, Sabtu (29/12/2018) dengan adanya gempa ini, The NWS Pacific Tsunami Warning System merilis adanya peringatan gelombang tinggi dan berbahaya untuk semua pantai yang berjarak 300 km dari titik gempa.

Radius ini pun tak hanya mencakup wilayah Filipina Selatan saja. Namun juga termasuk kawasan utara Indonesia, yaitu Sulawesi.

"Gelombang tsunami bisa saja terjadi di pantai yang berjarak 300 km dari pusat gempa," demikian bunyi peringatan tersebut.

Instansi pemerintah Filipina telah disarankan untuk memberi tahu populasi di daerah pesisir tentang risiko adanya tsunami.

Pemerintah juga disarankan untuk menginstruksikan warga tentang prosedur evakuasi yang relevan, tergantung pada tingkan ancaman.

Jika ancaman ini benar-benar terjadi, maka Pulau Game dan Tabukan Tengah (Indonesia) serta Davao (Filipina) akan mengalami gelombang tsunami dalam waktu satu jam.

Sebelumnya, tsunami yang dipicu oleh Anak Gunung Krakatau telah menghantan wilayah Jawa dan Sumatera, terutama yang berada di wilayah dekat Selat Sunda.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Tsunami Selat Sunda: 426 Orang Meninggal Dunia

Pemandangan dari udara kawasan pemukiman nelayan di Kampung Sumur Pesisir, Pandeglang, Banten, Selasa (24/12). Kampung Sumur yang dihuni ratusan nelayan luluh lantak disapu tsunami. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Jumlah korban meninggal dunia akibat tsunami Selat Sunda mencapai 426 orang. Jumlah ini disampaikan oleh Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho.

"Sebelumnya kami sampaikan korban meninggal 430 orang. Ternyata ada korban meninggal yang terdata ganda. Yang tepat data hari ini," ujar Sutopo, seperti dilansir Antara.

Selain korban meninggal, lanjut dia, 23 orang juga dilaporkan masih hilang, 7.202 orang lainnya mengalami luka-luka, dan 40.386 orang mengungsi di berbagai tempat yang tersebar.

Sutopo memaparkan, tsunami Selat Sunda juga mengakibatkan kerusakan terhadap sejumlah sarana dan prasarana, yaitu 1.296 rumah, 78 penginapan dan warung, 434 perahu dan kapal, 69 kendaraan roda empat, 38 kendaraan roda dua, satu dermaga, serta satu shelter.

"Semua data korban dan kerusakan masih sementara. Kemungkinan masih akan bertambah karena ada korban yang belum ditemukan," ucapnya.

Menurut Sutopo, masih banyak material dan puing yang belum diangkut dan belum dilakukan proses pencarian dan pertolongan. Karena itu, sangat mungkin akan ada korban lain tsunami Selat Sunda yang ditemukan.

"Pendataan akan dipercepat karena terkait dengan bantuan yang akan dikirimkan," jelas Sutopo.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Empoli Vs Inter Milan: Waspadai Kebangkitan Tuan Rumah

Posted: 28 Dec 2018 08:20 PM PST

Liputan6.com, Milan - Inter Milan menghadapi ujian berat mulai akhir pekan ini. Pasalnya mereka akan berlaga tanpa dukungan penonton mulai malam nanti di markas Empoli.

Tengah pekan kemarin, Inter Milan menang dramatis 1-0 lewat gol injury time pemain pengganti Lautaro Martinez saat menjamu Napoli. Namun sayang, kemenangan tersebut dinodai oleh aksi rasis sekelompok suporter terhadap Kalidou Koulibaly.

Selain itu, ada pula insiden penusukan di luar stadion. Inter pun dihukum menggelar dua laga kandang berikutnya tanpa penonton.

Tak cukup sampai di situ, para suporter Inter juga dilarang menghadiri pertandingan tandang melawan Empoli. Pasalnya, dengan alasan keamanan, pihak berwenang wilayah Florence tak mengizinkan para suporter Inter datang ke Stadio Carlo Castellani.

Inter Milan, yang bertekad melanjutkan momentum demi coba memangkas jarak dengan Napoli di posisi dua klasemen, perlu menjaga fokus mereka. Isu-isu di luar lapangan ini tak boleh sampai mengganggu konsentrasi dan merusak performa mereka.

Empoli sendiri sedang dalam performa buruk. Tiga kekalahan beruntun dengan skor yang mencolok lawan Fiorentina (1-3), Sampdoria (2-4) dan Torino (0-3) membuat Empoli sekarang hanya berjarak tiga poin di atas zona merah.

Namun Inter Milan perlu mewaspadai motivasi Empoli untuk keluar dari periode buruk ini. Salah satu ancaman terbesar bagi Nerazzurri adalah Francesco Caputo, yang sudah mengemas sembilan gol dan dua assist di Serie A musim ini.

 

Prakiraan Susunan Pemain

Striker Inter Milan, Lautaro Martinez, melakukan selebrasi usai membobol gawang Napoli pada laga Serie A di Stadion San Siro, Rabu (26/12). Inter Milan menang 1-0 atas Napoli. (AP/Luca Bruno)

Prakiraan susunan pemain

Empoli (3-5-2): Provedel; Veseli, Silvestre, Rasmussen; Pasqual, Bennacer, Traore, Acquah, Antonelli; Gumina, Caputo.

Pelatih: Giuseppe Iachini.

Inter (4-2-3-1): Handanovic; Asamoah, De Vrij, Skriniar, Vrsaljko; Vecino, Valero; Perisic, Joao Mario, Politano; Icardi.

Pelatih: Luciano Spalletti.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ipar Jusuf Kalla, Aksa Mahmud di Barisan Jokowi-Ma'ruf Amin?

Posted: 28 Dec 2018 08:18 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pengusaha asal Sulawesi Selatan, sekaligus ipar Wapres Jusuf Kalla, Aksa Mahmud diklaim berada dalam barisan pendukung pasangan calon presiden petahana Joko Widodo atau Jokowi-Ma'ruf Amin. Politikus senior Golkar itu tertangkap kamera bersama elite Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf.

Pada foto yang diterima Merdeka dan Liputan6.com, Aksa Mahmud terlihat bersama Ketua TKN Erick Thohir, Wakil Ketua TKN Abdul Kadir Karding, Direktur Penggalangan Pemilih Muda yang juga Ketum HIPMI Bahlil Lahadalia, serta Wakil Direktur Saksi Lukman Edy. Dalam foto tersebut, Aksa Mahmud bersama TKN bergaya salam jempol khas pendukung Jokowi-Ma'ruf.

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf, Abdul Kadir Karding membenarkan perihal foto tersebut. Dia mengatakan foto diambil ketika TKN sowan ke kantor Aksa Mahmud di Makassar, di sela-sela kunjungan Jokowi ke Sulawesi Selatan, pada 21 Desember 2018.

Politikus PKB itu menuturkan, Aksa bersedia mendukung dan memenangkan Jokowi. "Beliau menyampaikan akan mendukung dan memenangkan pak Jokowi di Sulawesi Selatan dan masyarakat Indonesia Timur," kata Karding ketika dikonfirmasi, Sabtu (29/12/2018).

Karding pun menyebut, Aksa Mahmud bersama Jusuf Kalla berkomitmen menggerakkan masyarakat Sulawesi Selatan untuk pemenangan Jokowi.

"Dan akan menggerakan bersama pak JK dan mendorong KKSS (Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan)," imbuh Karding.

 

Sempat Diklaim Kubu Prabowo

Dua calon presiden Prabowo Subianto (kiri) dan Joko Widodo (kanan) berbincang saat pengambilan nomor urut peserta Pemilu 2019 di Kantor KPU, Jakarta, Jumat (21/9). Prabowo mendapat nomor urut 01, sedangkan Jokowi 02. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Aksa Mahmud sebelumnya diklaim oleh kubu Prabowo Subianto sebagai tokoh yang bakal mendongkrak suara di Sulawesi Sulawesi. Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga, Priyo Budi Santoso.

Menurut Priyo, Aksa adalah salah satu tokoh Sulawesi Selatan yang menjadi faktor pendukung pemenangan pihaknya. Dia mengklaim Sulawesi Selatan menjadi basis suara berdasarkan survei internal. Meski, Jusuf Kalla, yang merupakan tokoh kunci di Sulawesi Selatan, berada di pihak Jokowi apalagi memiliki posisi sebagai Ketua Dewan Pengarah TKN.

"Meskipun itu mestinya tidak kami umumkan, karena memang ada organ-organ yang sangat simpati dengan kami," kata Sekjen Berkarya itu mengkonfirmasi wartawan soal dukungan Aksa Mahmud, di kantor KPU, Jakarta Pusat, Rabu (26/12).

Layaknya Aksa Mahmud, beberapa tokoh Golkar lainnya kata Priyo juga memberikan dukungan kepada pasangan calon presiden nomor urut 02. Meski luput dari pemberitaan media massa.

"Banyak tokoh-tokoh Golkar yang bergabung dengan kami," klaim dia.

Reporter: Ahda Bayhaqi

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Inggris: Liverpool Mantapkan Posisi Puncak?

Posted: 28 Dec 2018 08:15 PM PST

Liputan6.com, Liverpool - Liverpool berpeluang menjaga jarak di klasemen Liga Inggris. Saat ini, The Reds, julukan Liverpool, berada di puncak klasemen dengan raihan 51 poin.

Namun, kesempatan Liverpool untuk mantapkan posisi puncak klasemen Liga Inggris terbilang sulit. Pasukan Jurgen Klopp ini akan menjamu Arsenal di Anfield Stadium, Sabtu (29/12/2018) atau Minggu dini hari WIB.

Di atas kertas, Liverpool lebih diunggulkan. Sebab, Sadio Mane dan kawan-kawan belum pernah menelan kekalahan dari 19 pertandingan di Liga Inggris.

Sementara Arsenal punya catatan buruk di laga tandang. Meriam London tak meraih kemenangan dalam tiga laga terakhir. Mereka menelan sekali kekalahan dan dua hasil imbang.

Di pertandingan lain, rival terdekat Liverpool, Tottenham Hotspur akan menjamu Wolverhampton Wanderers di Wembley Stadium, London.

Lihat klasemen Liga Inggris di halaman selanjutnya:

Klasemen Liga Inggris

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: First Media dan Bold Tutup Layanan Tuai Perhatian

Posted: 28 Dec 2018 08:09 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kemkominfo baru saja mencabut izin penggunaan pita frekuensi 2.3GHz dari PT First Media Tbk (KBLV) dan PT internux (Bolt). Berita ini penyita perhatian para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com.

Berita lain yang juga menuai perhatian datang dari gerhana bulan darah serigala yang akan berlangsung pada 2019.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Kemkominfo Cabut Layanan First Media dan Bolt Hari Ini

Kementerian Komunikasi dan informatika (Kemkominfo) akhirnya mengakhiri penggunaan pita frekuensi 2.3GHz dari PT First Media Tbk (KBLV) dan PT internux (Bolt).

Keputusan ini diambil setelah sebelumnya dilakukan penundaan pencabutan izin frekuensi pada dua perusahaan tersebut demi pelanggan.

Menurut Dirjen SDPPI (Kemkominfo) Ismail, pengakhiran penggunaan pita frekuensi ini dilakukan karena kedua perusahaan tidak dapat membayar kewajiban Biaya Hak Penggunaan Spektrum Radio pada negara.

Baca selengkapnya di sini https://www.liputan6.com/tekno/read/3858559/kemkominfo-cabut-layanan-first-media-dan-bolt-hari-ini

2. Kemkominfo Minta Proses Pengembalian Hak Pelanggan First Media dan Bolt Dipercepat

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) telah memastikan mengakhiri penggunaan pita frekuensi 2.3GHz dari PT First Media Tbk (KBLV) dan PT Internux (Bolt).

Keputusan ini diambil setelah dua perusahaan itu tidak mampu memenuhi kewajiban Biaya Hak Penggunaan Spektrum Radio pada negara.

Usai keputusan tersebut, lantas bagaimana dengan nasib pelanggan? Menurut Dirjen Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kemkominfo Ismail, proses pengembalian hak pelanggan diserahkan pada operator, tapi pihaknya meminta agar pengembalian itu dapat berjalan cepat.

Baca selengkapnya di sini 

 

3. Gerhana Bulan Darah Serigala Bakal Terjadi di Awal 2019, Apa Itu?

Bulan tampak berwarna merah darah saat terjadinya fenomena gerhana bulan total  di Luzern, Swiss, Jumat (27/7). Gerhana bulan yang terlama pada abad ini dapat disaksikan di seluruh dunia dengan mata telanjang. (Christian Merz/Keystone via AP)

Tahun 2019 tinggal menunggu hari. Di tahun itu juga, bakal terjadi sebuah gerhana bulan total istimewa dengan nama super blood wolf moon atau gerhana bulan darah serigala. Peristiwa ini bisa dibilang cukup langka.

Pada 2019 pula, untuk pertama kalinya Amerika Serikat (AS) bakal merasakan gerhana bulan total pertama dalam tiga tahun terakhir.

NASA menyebut gerhana bulan total ini akan menjadi peristiwa yang layak disaksikan.

Baca selengkapnya di sini 

(Isk/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menanti Duel Gagasan Jokowi - Prabowo di Awal Tahun 2019

Posted: 28 Dec 2018 08:04 PM PST

 

Liputan6.com, Jakarta Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah menetapkan jadwal debat antarkandidat calon presiden dan wakil presiden Pemilu 2019. Duel panas antara Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga Uno akan dimulai 17 Januari.

Sejumlah persiapan juga sudah dilakukan oleh penyelenggara pemilu. Baik memilih tempat debat capres yang berlokasi di Hotel Bidakara Jakarta, sampai persiapan lain.

Tak hanya itu, KPU juga menyatakan debat capres Jokowi-Prabowo juga akan disiarkan langsung oleh stasiun televisi nasional. Lima grup stasiun TV sudah mendapatkan jadwal siaran debat capres.

Berikut persiapan KPU jelang duel gagasan Jokowi-Prabowo dalam debat capres.

 

Ira Koesno Jadi Moderator

Ekspresi Ira koesno saat memberi pembelajaran sebagai pembawa berita di kampus Universitas Negeri Malang, Jawa Timur, Kamis (4/5). Dalam acara EGTC 2017 Ira Berbagi dan memberikan pengalamannya sebagai pembaca berita. (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Nama Ira Koesno terpilih oleh KPU sebagai moderator debat perdana. Namanya menggungguli Najwa Shihab, Bayu Setiyono, Tommy Tjokro, Alfito Deannova, dan Prabu Revolusi.

Wanita yang memiliki nama asli Dwi Noviratri Koesno itu, tak sendiri. Dia akan ditemani oleh Imam Priyono.

KPU berharap, baik wanita yang besar namanya di SCTV itu, bersama Imam, bersedia menjadi moderator debat perdana Pilpres 2019, yang mengangkat tema hukum, HAM, korupsi dan terorisme itu.

"Karena ini kan baru saja diputuskan, kami belum menghubungi mereka. Mudah-mudahan mereka bersedia. Kalau tidak, maka kami akan adakan diskusi kembali," ucap Ketua KPU RI Arief Budiman.

 

8 Panelis

Konferensi pers di Gedung KPU. (Liputan6.com/Fachrur Rozie)

KPU juga sudah menetapkan delapan orang ahli dan berkompeten dalam tema debat perdana. Yang akan menyusun pertanyaan kepada masing-masing kandidat, dan akan diuji.

Ketua KPU Arief, menuturkan, diantara orang-orang tersebut ialah, dari kalangan instansi, akademisi, KPK, Komnas HAM. Ada pula ahli hukum tata negara Margarito Kamis, salah satu pendiri Pusat Studi Hukum dan Kebijakan (PSHK) Bivitri Susanti, serta Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia Hikmahanto.

"Pokoknya delapan-lah," jelas Arief.

Nantinya, para panelis yang akan menyusun pertanyaan, akan dikirim ke masing-masing paslon."Bisa berapa saja. Nanti dikirim ke setiap paslon dan ditemukan di beberapa forum membahas itu," ucapnya.

 

 

100 Bangku Pendukung

Gedung KPU RI. (Liputan6.com/Raden Trimutia Hatta)

Antisipasi saat debat perdana, pasti juga menjadi forum sebagai landasan KPU menyiapkan segala sesuatu. Salah satunya, kesediaan tempat untuk para pendukung kandidat.

Ada 100 bangku kepada kubu dua pasangan calon. Selain itu, juga menyediakan dua layar lebar di luar ruangan debat untuk simpatisan pendukung, sehingga bebas mengekspresikan dukungan.

"Kami sediakan 100 undangan untuk setiap paslon. Yang dikirim parpol pendukung, timses, itu silakan. Nanti kami sediakan 100," jelas Arief.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ayo Liburan Murah Meriah ke Goa Selomangkleng Kediri

Posted: 28 Dec 2018 08:01 PM PST

Liputan6.com, Kediri - Wisata Goa Selomangkleng terus berbenah dan bersolek mempercantik diri. Pembenahan dilakukan sebagai upaya menarik wisatawan agar mau singgah ke lokasi wisata yang berada di Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri tersebut.

Pembenahan mulai dari pintu gerbang atau tempat masuk penarikan restribusi karcis yang dibentuk mirip pintu candi serta bangunan panggung pentas kesenian.

"Selain menggelar pertunjukan musik dangdut dan pentas kesenian jaranan, upaya lain yakni melakukan pembenahan fisik," tutur Agus Arifin selaku Kasi Pengembangan Objek Wisata Disbudparpora Kota Kediri beberapa waktu lalu.

Pada momen libur Natal dan tahun baru seperti sekarang, jumlah pengunjung objek wisata Goa Selomangkleng mengalami peningkatan 50 sampai 60 persen.

Jika pada hari biasa, jumlah wisatawan yang datang mencapai 350 pengunjung. Namun saat momen libur panjang seperti sekarang wisatawan yang datang mencapai 550 orang.

"Tiket kami buka mulai pukul 7.30 WIB sampai pukul 16.00 WIB. Jika dibandingkan hari biasa, momen hari libur seperti sekarang, jumlah wisatawan yang berkunjung mengalami peningkatan 50 sampai 60 persen," katanya.

Harga tiket masuk kategori usia dewasa dijual hanya Rp 4 ribu. kategori usia anak dijual cuman Rp 2 ribu. Dengan harga tiket masuk yang begitu murah, pengunjung bisa memandang pebukitan di lereng kaki gunung klotok.

Konon Goa Selomangkleng ini berdasarkan cerita rakyat, dulunya diyakini sebagai tempat pertapaan Dewi Kili Suci (Sanggramawijaya Tungga Dewi), Putri Mahkota Raja Airlangga (kerajaan kahuripan)

Goa ini diperkirakan dibuat pada abad 10- 11 Masehi. Area sekitar Goa Selomangkleng terkadang dipergunakan untuk menggelar pertunjukan pentas seni dan budaya baik tingkat regional maupun nasional.

Selepas dari Goa Selomangkleng, pengunjung bisa singgah sejenak untuk mengenal dan belajar tentang sejarah Kediri di museum Airlangga. Museum ini adalah milik Pemerintah Kota Kediri yang menampung 147 buah koleksi arkeologi mau pun etnografi.

Museum ini berdiri pada tanggal 30 November 1991. Luas museum Airlangga mencapai 6670 meter persegi, menyimpan koleksi arkeologi masa kejayaan Kediri.

Makam Mbah Boncolono

Makam Mbah Boncolono (Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Di lokasi objek Wisata Goa Selomangkleng juga terdapat sebuah makam. Di makam tersebut bersemayam jasad seorang pria yang dipanggil dengan sebutan Mbah Boncolono.

Mbah Boncolono menjadi salah satu tokoh legenda di Kediri. Konon ia diyakini memiliki kesaktian dan ilmunya tersebut dipergunakan untuk menolong kaum lemah pada masa penjajahan dulu.

Mbah Boncolono selalu mendermakan hartanya yang didapat dari kolonial belanda untuk diberikan kepada rakyat miskin. Karena sepak terjangnya itulah masyarakat menyebutnya dengan nama panggilan Maling Gentiri.

"Bagi warga lokal Kediri dia adalah pahlawan. Ini kan cerita turun temurun masyarakat yang diyakini kebenaranya pada masa penjajahan belanda dulu," tutur Nur Muhyar Kepala Disbudparpora Kota Kediri.

Ditunjang dengan prasarana, fasilitas serta viev pebukitan yang eksotik. Lokasi objek wisata Goa Selomangkleng menjadi salah satu pilihan favorit pengunjung wisata baik lokal mau pun dari luar daerah.

"Kebanyakan wisatawan yang banyak datang dari Kabupaten Kediri, Kabupaten Tulunganggung serta Nganjuk Jawa Timur," ujar Agus Arifin.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pulang Kampung ke Austria, Luna Maya Ziarah Makam Kakek-Nenek

Posted: 28 Dec 2018 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Luna Maya punya cara tersendiri untuk mengisi liburan natal dan akhir tahun 2018. Diketahui, mantan kekasih Reino Barack ini berkunjung ke Eropa, tepatnya ke kampung halamannya di Austria.

Tampak di media sosialnya, akun Instagram @lunamaya, Luna Maya menjenguk sang ibunda. Di sana ia juga berkumpul dengan keluarga besarnya.

Melihat salah satu unggahan foto tepat pada hari Natal (25/12/2018), Luna Maya tak ketinggalan berziarah ke makam kakek dan neneknya. Ucapan Natal pun Luna sampaikan kepada mereka.

"Merry Xmas grandpa and grandma #Austria #december #2018," tulis Luna Maya sebagai keterangan foto.

 

Di Sebuah Danau

Selain memamerkan foto dengan keluarga besar dan makan kakek-neneknya, Luna Maya juga memperlihatkan sebuah foto dirinya berada di sebuah danau indah.

"I lake you #december #2018 #lunamaya #austria," tulisnya dalam keterangan foto tersebut.

Tak Hanya ke Austria

Tak hanya ke Austria, Luna Maya juga sempat berkunjung ke Istanbul, Turki dan London, Inggris.

Saat berfoto di London, Luna Maya terlihat sedang bersama Valerie Thomas. Valerie juga sempat mengunggah kebersamaannya dengan Luna Maya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sarri Minta Fabregas Bertahan di Chelsea

Posted: 28 Dec 2018 08:00 PM PST

Liputan6.com, London - Manajer Chelsea, Maurizio Sarri, minta Cesc Fabregas bertahan di Stamford Bridge. Di mata Sarri, Fabregas masih penting untuk permainan The Blues.

Fabregas kesulitan untuk mendapatkan waktu bermain di Chelsea. Ia kalah bersaing dengan Jorginho dalam memperebutkan posisi deep lying playmaker.

Hal ini membuat pemain berusia 31 tahun itu santer dikabarkan akan meninggalkan Chelsea pada bursa transfer musim dingin nanti.

Kebetulan, raksasa Italia, AC Milan, sangat tertarik mendatang eks pemain Arsenal tersebut. Meski demikian, Sarri dengan tegas mengatakan bahwa Fabregas masih penting di Chelsea.

Dia juga meminta The Blues tetap untuk mempertahankan pemain internasional Spanyol itu.

 

 

Komentar Sarri

(AFP/Ben Stansall)

"Di posisi ini, kami hanya punya dua pemain, Jorginho dan Fabregas, jadi bagi saya itu akan menjadi masalah tanpa Fabregas. Saya ingin dia bertahan, tapi saya tidak tahu keputusan akhir Fabregas dan klub tentu saja," kata Sarri di Soccerway.

"Tetapi bagi saya itu sangat penting dan jika Fabregas akan pergi, saya pikir kami perlu membeli pemain lain, dan itu tidak mudah karena, secara teknis, Fabregas adalah pemain yang sangat penting. Dan saya pikir di bursa sangat sulit untuk menemukan seorang pemain dengan karakteristiknya," Sarri menambahkan.

Statistik Fabregas

Fabregas sendiri telah membela Chelsea dalam 14 pertandingan di semua kompetisi musim ini. Ia juga menyumbangkan satu gol dan dua assist.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masih Ada Waktu, Buruan Ikut Photo & Video Contest Wisata Kopi Nusantara

Posted: 28 Dec 2018 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Buat kalian fotografer dan videografer, buruan deh ikut lomba foto dan video Wisata Kopi Nusantara BRI. Masih ada waktu kok. Lomba ini adalah seri pertama dari Wonderful Indonesia Photography Contest (WIPC) 2019. Seri pertama ini berlangsung 7 Oktober hingga 31 Desember 2018.

Harap dicatat ya, batas waktu pengiriman file 31 Desember 2018. Sedangkan penjurian dilakukan 5-6 Januari 2019. Dan pengumuman dilakukan 14 Januari 2019.

Menurut Ketua Panitia WIPC 2019, Patricia Francisca, ada lima seri yang akan menjadi bagian dari Wonderful Indonesia Photography Contest 2019.

"Kegiatan ini adalah bagian dari dukungan kita IA-ITB80 untuk turut mempromosikan pariwisata Indonesia. Lombanya cukup panjang, sampai September 2019. Dan kita bagi dalam 5 seri. Wisata Kopi nusantara merupakan seri pilihan pertama kita," papar Patricia Francisca yang biasa disapa Eka.

Dijelaskan Eka, selain Wisata Kopi Nusantara materi lain yang dipilih adalah Wisata Wastra (kain) Nusantara (ditutup Februari 2019), Wisata Atraksi Tradisional (ditutup April 2019), Wisata Desa Tradisional (ditutup Juni 2019), dan Wisata Berwawasan Lingkungan (ekowisata) (September 2019).

Dijelaskan Eka, tujuan utama lomba ini adalah promosi wisata. Karena, foto dan video yang dikirimkan peserta bisa dijadikan bahan untuk materi promosi wisata.

"Materi yang dikumpulkan peserta, bisa menjadi bahan untuk promosi pada kegiatan-kegiatan terkait. Selain itu, melalui foto maupun video diharapkan kita juga membantu lebih mengenalkan berbagai potensi yang dimiliki Indonesia," jelasnya.

Lomba ini dijamin berkualitas. Hal ini terlihat dari Dewan Juri yang dilibatkan. Ada nama-nama besar di dunia fotografi. Seperti Arbain Rambey, Darwis Triadi, Yulnofrins, dan Ade Konde. Sementara perwakilan dari Kemenpar ada Staf Khusus Bidang Media dan Komunikasi Don Kardono.

Syarat mengikuti kontes ini cukup mudah. Foto dan video yang diikutsertakan pada lomba ini harus berisikan objek yang berada di Indonesia.

"Semua foto atau video yang diikutsertakan oleh peserta harus merupakan hasil karya sendiri. Harus dapat dibuktikan di kemudian hari secara sah bila diperlukan atau diminta klarifikasi oleh Panitia WIPC 2019," ujar Patricia Francisca.

Ketua Tim Percepatan Wisata Kuliner dan Belanja Kementerian Pariwisata Vita Datau menilai momentum lomba foto dan video ini sangat tepat.

"Momentumnya tepat sekali. Karena 11 produsen kopi Indonesia baru saja meraih 23 penghargaan AVPA Gourmet Product di Perancis. Jadi gairahnya sedang tinggi," paparnya.

Vita menambahkan, setelah penghargaan diraih, Indonesia memang harus mempromosikan culinary tourism Indonesia. Karena momennya sangat tepat.

"Culinary journey through coffee experiences. Ini langkah besar untuk bangkit. Kopi Indonesia pernah masuk 10 besar dunia. Hanya, kita tidak serius dan fokus membesarkan dan fight di pasar dunia. Khususnya untuk jual roasted bukan green bean," terang Vita.

Untuk mencapai itu, dibutuhkan kerjasama untuk terus menaikan gengsi kopi nusantara.

"Kita harus bikin roadmap yang comprehensive and focus di TTI Tourism, Trade and Investment. Dan melibatkan semua Kementerian dan Lembaga Terkait, Industri, juga Produsen. Jangan kerja sendiri-sendiri. Khusus Kemenpar, bisa fokus di promosi Wonderful Indonesia Coffee Tour," tuturnya.

Dijelaskannya, penghargaan dari AVPA juga menegaskan jika Indonesia menjadi salah satu produsen kopi terbaik dunia.

"Penghargaan ini menaikkan positioning kopi Indonesia di dunia," katanya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, Wonderful Indonesia Photography Contest (WIPC) adalah bagian dari promosi pariwisata Indonesia.

"Lomba ini merupakan bentuk diplomasi wisata yang kita tawarkan. Bukan hanya untuk menunjukkan jumlah kunjungan wisatawan. Tapi juga menyampaikan jika Indonesia memiliki tempat-tempat yang asyik, sangat bagus, dan oke buat liburan," paparnya.

Menpar pun berharap para fotografer dan videografer bisa meng-capture angle yang luar biasa. Yang beda dari lainnya.

"Semakin eksklusif, semakin memiliki nilai jual. Dan akan semakin mendatangkan wisatawan," paparnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Remaja Austria Terjebak di Corong Asap Saat Jadi Sinterklas

Posted: 28 Dec 2018 08:00 PM PST

Liputan6.com, Wina - Remaja usia 14 tahun terjebak dalam cerobong asap di Linz, Austria. Tetangga pun memanggil bantuan setelah mendengar tangisan minta tolong sang remaja.

Setelah 3 jam terjebak dalam cerobong asap, petugas pemadam kebakaran pun berhasil mengeluarkan sang remaja, demikian dikutip dari DW Indonesia, Sabtu (29/12/2018).

Untungnya, suara teriakan minta tolong sang remaja terdengar oleh tetangganya, Muharrem (49).

"Saya menonton TV lebih lama dari biasanya dan akan segera tidur lalu tiba-tiba saya mendengar suara tangisan dan teriakan keras meminta bantuan sekitar pukul 03.30 waktu setempat," ujarnya pada harian Österreichn di Austria.

Pertama-tama Muharrem memanggil polisi. Sebelum polisi tiba, ia pun memanjat loteng untuk melihat sumber suara. Muharrem pun menempelkan telinga pada cerobong asap dan dari sisi lain ia mendengar suara seseorang yang terjebak di dalamnya.

"Saya bilang jangan takut dan saya akan mencari bantuan," jelasnya.

Memanjat Atap Rumah

Saat petugas pemadam kebakaran tiba di lokasi kejadian, mereka pun membongkar cerobong asap dan segera memberi pertolongan.

Setelah tiga jam di dalam cerobong asap, sang remaja mengalami sedikit hipotermia dan luka ringan, menurut kantor berita DPA.

Remaja asal Ceko ini mengatakan bahwa ia sengaja memanjat atap rumah dan masuk ke dalam cerobong dari atas.

Alasannya, ingin mendapatkan pemandangan indah Austria dari atap rumah dan ingin mencoba jadi Sinterklas. Setelah memanjat ke cerobong, anak lelaki ini pun terjebak di dalam cerobong dan tidak bisa keluar hingga petugas pemadam kebakaran tiba.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pria Tertua di Amerika Serikat Tutup Usia

Posted: 28 Dec 2018 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Richard Overton, veteran Perang Dunia II sekaligus pria tertua di Amerika Serikat meninggal dunia. Ia menghembuskan napas terakhir pada usia 112 tahun.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengertian Lemak Darah, Gejala, Penyebab dan Cara Mengobati

Posted: 28 Dec 2018 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Apa itu lemak darah? Pengertian lemak darah atau dikenal trigliserida adalah salah satu jenis lemak yang dibawa dalam aliran darah dan juga merupakan zat yang disimpan di dalam jaringan sebagai hasil dari konversi sebagian besar jenis lemak di dalam tubuh.

Seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (28/12/2018), pengertian lemak darah yang ada dalam darah manusia tidak hanya berasal dari makanan dan minuman yang dikonsumsi, melainkan juga dari hasil produksi yang dilakukan sendiri oleh tubuh sebagai sumber energi.

Pengertian lemak darah merupakan hasil konversi kalori tidak terpakai dan disimpan untuk menyediakan cadangan energi bagi tubuh. Hal tersebut menyebabkan seseorang yang sering mengonsumsi kalori melebihi jumlah yang yang dibutuhkan oleh tubuhnya, akan berisiko memiliki kadar trigliserida tinggi.

Semakin tinggi kadar lemak darah, maka risiko kita untuk terkena penyakit jantung dan sindrom metabolik yang juga berhubungan dengan stroke. Kadar trigliserida dalam tubuh bisa diketahui melalui tes darah.

Pengertian lemak darah atau sering disebut lipid penting bagi tubuh untuk menyediakan energi bagi tubuh untuk beroperasi. Selain itu, lipid juga menyediakan dan mengangkut vitamin yang larut. Namun, sejumlah besar lipid dapat menyebabkan penyakit jantung, memicu diabetes dan obesitas.

Di dalam tubuh ada banyak jenis lipid, tetapi jenis yang paling umum dari lipid darah tinggi yaitu kolesterol dan trigliserida. Lipid darah tinggi dapat terjadi karena peningkatan yang tinggi dari satu atau kedua jenis lemak.

Kolesterol

Di dalam tubuh, kolesterol hadir di dalam bentuk yang disebut lipoprotein. Ada dua jenis kolesterol: kolesterol HDL (kolesterol baik) dan kolesterol LDL (kolesterol jahat). Kolesterol darah tinggi berarti kandungan kolesterol LDL meningkat.

Trigliserida

Trigliserida disimpan dalam bentuk sel lemak untuk digunakan, dan merupakan sumber utama energi di dalam tubuh. Makan terlalu banyak lemak membuat tubuh tidak membakar cukup lemak sehingga dapat menyebabkan kadar trigliserida yang tinggi. Jika trigliseridamu tinggi, maka kemungkinan besar tingkat kolesterolmu juga tinggi.

Pengertian lemak darah atau trigliserida tinggi adalah penyakit yang umum. Kondisi ini mungkin terjadi pada orang yang memiliki anggota keluarga yang memiliki kondisi yang sama, dan yang menjalani diet tinggi lemak. Orang-orang yang memiliki masalah dengan kemampuan untuk menjaga keadaan tubuhnya seperti diabetes atau obesitas, atau orang berusia lanjut, memiliki risiko yang lebih tinggi dari biasanya. Selain itu, stimulan dan kecanduan alkohol dan rokok juga meningkatkan kemungkinan tingginya tingkat lemak dalam darah. Kondisi ini dapat mempengaruhi pasien pada usia berapa pun.

Apa saja tanda-tanda dan gejala lemak darah tinggi?

Kolesterol darah tinggi biasanya tidak memiliki tanda-tanda atau gejala spesifik. Terutama untuk trigliserida tinggi, jika terlalu tinggi, pankreas akan membengkak menyebabkan sakit perut tiba-tiba, kehilangan nafsu makan, mual, muntah, dan demam.

Apa penyebab lemak darah tinggi?Penyebab utama penyakit ini adalah diet dan olahraga yang tidak seimbang, menyebabkan peningkatan jumlah lemak yang diserap. Lipid darah tinggi juga bersifat genetika dan juga disebabkan oleh stimulan dan adiktif. Umur juga berpengaruh karena ketika kamu berusia 20 tahun, kolesterol akan naik untuk memenuhi kebutuhan energi tubuh.

Apa yang meningkatkan risiko untuk lemak darah tinggi?

Faktor-faktor tertentu dapat meningkatkan risiko terkena lemak darah tinggi:

Diet tinggi lemak

Kurang olahraga

Penggunaan stimulan, obat-obatan seperti alkohol, bir, dan tembakau

Anggota keluarga memiliki kondisi ini

Apa saja pilihan pengobatan untuk lemak darah tinggi?

Pengobatan untuk lipid darah tinggi dilakukan dengan 2 tahap:

1. Mengubah gaya hidup

Kamu harus mulai dengan diet seimbang, rendah lemak dan gula, sambil memastikan pasokan energi yang cukup bagi tubuh. Berhenti merokok dan minum alkohol, dan lakukan olahraga. Kamu dapat meminta dokter untuk saran diet dan olahraga yang tepat.

2. Menggunakan obat untuk mengatur lipid

Dokter mungkin meresepkan beberapa obat untuk mengontrol kolesterol. Obat-obat ini akan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan ginjal. Katakan kepada dokter jika kamu memiliki penyakit apapun, gejala lain, atau alergi terhadap obat apapun.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk lemak darah tinggi?

Dokter akan mengukur kadar trigliserida dan kolesterol dibandingkan dengan indeks pada orang normal. Indeks optimal kolesterol kurang dari 200 mg/dL dan trigliserida kurang dari 150 mg/dL. Indikator ini dapat bervariasi tergantung pada usia dan jenis kelaminmu.

Berikut ini gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantumu mengatasi lemak darah tinggi:

Berolahraga secara teratur.

Makan lebih banyak buah dan sayuran dan makanan tinggi serat seperti oat. Masaklah dengan minyak zaitun tak jenuh, minyak kacang tanah, dan minyak canola.

Makan ikan.

Berhenti merokok.

Menurunkan berat badan dengan mengubah pola makan Anda dan melakukan latihan aerobik, seperti berjalan, jogging, bersepeda, atau berenang. Berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi AC Milan Vs SPAL: Ujian Terakhir Gattuso?

Posted: 28 Dec 2018 07:55 PM PST

Liputan6.com, Milan - AC Milan akan menantang SPAL dalam lanjutan Serie A, Minggu (30/12/2018). Laga ini bisa menjadi ujian terakhir bagi Gennaro Gattuso.

Tengah pekan kemarin, AC Milan hanya bisa imbang 0-0 di kandang tim zona degradasi Frosinone, setelah sebelumnya kalah 0-1 menjamu Fiorentina. Itu membuat tekanan terhadap Gattuso bertambah besar. Pasalnya, Milan tanpa kemenangan dalam lima laga terakhirnya di semua ajang.

Dalam lima laga itu, AC Milan juga hanya mencetak satu gol, ketika kalah 1-3 melawan Olympiakos dan tersingkir dari Liga Europa. Di Serie A, AC Milan melalui empat laga beruntun tanpa bisa mencetak gol maupun meraih kemenangan. Milan yang sempat berada di empat besar kini terlempar ke posisi enam.

Gattuso kabarnya akan didepak jika sampai gagal membawa Milan menutup tahun dengan kemenangan meyakinkan atas SPAL.

Apalagi SPAL, yang diperkuat eks Milan Andrea Petagna, tanpa kemenangan dalam sembilan laga terakhirnya di Serie A. SPAL juga tak mampu mencetak gol dalam tiga laga terakhir mereka.

Milan memenangi kedua pertemuan dengan SPAL di Serie A musim lalu, kandang dan tandang, mencetak enam gol tanpa kebobolan. Milan menekuk SPAL 2-0 di San Siro lewat dua gol penalti yang dicetak Ricardo Rodriguez dan Franck Kessie. Milan kemudian menang 4-0 di kandang SPAL, di mana Patrick Cutrone memborong dua gol, sedangkan Lucas Biglia dan Fabio Borini masing-masing menyumbang satu gol.

 

Prakiraan Pemain

Penyerang AC Milan, Patrick Cutrone beraksi saat melawan SPAL di Stadio Paolo Mazza. (Serena Campanini/ANSA via AP)

Prakiraan pemain:

Milan (4-3-3): Donnarumma; Rodriguez, Romagnoli, Musacchio, Calabria; Calhanoglu, Bakayoko, Kessie; Cutrone, Higuain, Castillejo. Pelatih: Gennaro Gattuso.

SPAL (3-5-2): Gomis; Cionek, Vicari, Felipe; Fares, Schiattarella, Kurtic, Missiroli, Lazzari; Antenucci, Petagna. Pelatih: Leonardo Semplici.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Badan Geologi ESDM: Saat Ini Potensi Tsunami dari Gunung Anak Krakatau Kecil

Posted: 28 Dec 2018 07:46 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Badan Geologi Kementerian ESDM Antonius Ratdomopurbo menyatakan potensi bahaya di Gunung Anak Krakatau saat ini sangat kecil memicu tsunami di Selat Sunda.

"Letusan bertipe surtseyan karena kawah Gunung Anak Krakatau posisi dekat dengan permukaan laut sehingga magma yang keluar bersentuhan dengan air laut. Letusan surtseyan posisi di permukaan sehingga potensi sangat kecil untuk memicu tsunami," kata Purbo di Gedung Kementerian ESDM, Sabtu (29/12/2018).

Purbo menyatakan, berdasar pengamatan pada Jumat 28 Desember 2018, Gunung Anak Krakatau tingginya berkurang dari sebelumya yang diperkirakan 338 mdpl menjadi hanya sekitar 110 mdpl.

"Dengan sisa volume tubuh Gunung Anak Krakatau yang hanya sekitar 40-70 juta m3, potensi kecil untuk longosoran besar," kata Purbo

Potensi bahaya dari aktivitas letusan Gunung Anak Krakatau dengan kondisi saat ini menurut Purbo, yang paling memungkinkan adalah letusan-letusan Surtseyan. Letusan jenis ini karena terjadi di permukaan air laut, meskipun bisa banyak menghasilkan abu, tapi tidak akan menjadi pemicu tsunami.

"Potensi bahaya lontaran material lava pijar masih ada. Dengan jumlah volume yang tersisa tidak terlalu besar, maka potensi terjadinya tsunami relatif kecil, kecuali ada reaktivasi struktur patahan/sesar yang ada di Selat Sunda," katanya

 

Masih Level Siaga

Aktivitas Gunung Anak Krakatau dari udara yang terus mengalami erupsi, Minggu (23/12). Tsunami yang menerjang wilayah Selat Sunda, Pandeglang, Serang, dan Lampung Selatan merusak ratusan bangunan dan kapal. (Liputan6.com/Pool/Susi Air)

Berdasarkan hasil pengamatan dan analisis data visual maupun instrumental hingga 28 Desember 2018, tingkat aktivitas Gunung Anak Krakatau masih Level III (Siaga).

"Sehubungan dengan status Level III (Siaga) tersebut, direkomendasikan kepada masyarakat untuk tidak mendekati Gunung Anak Krakatau dalam radius 5 km dari kawah," ujar dia.

Selain itu, masyarakat hendaknya menyiapkan masker untuk mengantisipasi jika terjadi hujan abu.

"Masyarakat di wilayah pantai Provinsi Banten dan Lampung harap tenang serta jangan mempercayai isu-isu tentang erupsi Gunung Anak Krakatau yang akan menyebabkan tsunami," tandas Purbo.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bukan Motor, Lorenzo Sebut Pembalap Jadi Penentu Juara MotoGP

Posted: 28 Dec 2018 07:45 PM PST

Liputan6.com, Bologna - Jorge Lorenzo menyebut motor bukan jadi penentu juara MotoGP di era sekarang. Sejak peranti elektronik ECU hanya menggunakan satu merek, motor sulit dimodifikasi dengan maksimal.

Maka itu, pembalap yang baru saja pindah ke Repsol Honda pada MotoGP 2019 itu menyebut motor bukan penentu juara.

"Sejak ECU hanya menggunakan satu merek, tak ada lagi pabrikan yang mendominasi, tak seperti di Formula 1. Saat ini sulit mendominasi di teknis motor," kata Lorenzo seperti dikutip gpone.

"Pembalap saat ini memegang peranan penting, bukan saja gaya membalapnya."

Dia mengatakan, saat ini jarang pembalap MotoGP yang bisa menang dua kali beruntun seperti 5 atau 10 tahun lalu. Ini tak berlaku untuk F1 meski juga gunakan ECU tunggal.

 

 

Jagokan Lorenzo

7. Jorge Lorenzo (Ducati) - 79 Poin. (AFP/Jure Makovec)

Sementara itu, legenda MotoGP, Mick Doohan berbicara soal Jorge Lorenzo yang bergabung ke Repsol Honda Team. Menurutnya, Lorenzo bisa mengalahkan juara dunia MotoGP 2018, Marc Marquez.

Lorenzo mengalami kesulitan selama dua tahun bersama Ducati. Rider MotoGP berusia 31 tahun tersebut hanya meraih tiga kemenangan dari 32 balapan dengan Ducati.

Setelah pindah ke Honda, Lorenzo menuai pujian saat uji coba di Sirkuit de Jerez, Spanyol. Dia hanya tertinggal 0,039 detik di belakang Marquez.

"Saya kira Lorenzo dalam situasi rumit karena dia mendapat banyak tekanan (saat di Ducati). Namun di sisi lain, itu bisa menjadi positif karena satu-satunya hal yang dapat dia lakukan adalah mengalahkan Marquez dengan senjata yang sama," ucap Doohan, dikutip dari situs resmi MotoGP.

"Saya cenderung berpikir ini salah satu alasan mengapa Lorenzo mengambil tantangan baru, dia ingin tahu bisa menang atas Lorenzo atau tidak. Lorenzo tidak akan punya alasan apa pun karena dia akan memiliki sumber daya yang sama seperti Marquez," ujar legenda MotoGP berusia 53 tahun itu, menambahkan.

Mirip 1987

Keputusan Lorenzo bergabung dengan Honda mengingatkan Doohan saat kejuaraan motor tahun 1987. Ketika itu Wayne Gardner sempat diragukan setelah pindah tim, tapi rider asal Australia itu berhasil memenangkan kejuaraan.

"Ini seperti ketika Eddie Lawson ke Honda dan mengatakan jika Wayne Gardner menggunakan motor sama, dia tidak akan berada pada levelnya. Gardner kemudian datang dan memenangi kejuaraan (pada 1987)," ujar Doohan.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenhub: Tak Ada Maskapai Jual Harga Tiket Berlebihan Saat Libur Akhir Tahun

Posted: 28 Dec 2018 07:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Jendral Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus memantau penjualan harga tiket maskapai saat menghadapi libur Natal dan tahun baru 2019. 

Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub, Polana B Pramesti mengakui, pada saat libur akhir tahun baik Natal dan Tahun Baru, biasanya maskapai memberlakukan tarif berbeda dibandingkan pada hari hari biasa. Namun, hal tersebut wajar dilakukan sesuai dengan banyaknya permintaan perjalanan. 

"Pemerintah mengawasi besaran harga tiket yang dijual oleh maskapai dan dipastikan hingga saat ini tidak ada maskapai yang menjual harga tiket di atas tarif batas atas yang telah ditetapkan pemerintah," ujar Polana, Sabtu (29/12/2018).

Polana mengatakan, maskapai dalam memberlakukan tarif wajib mematuhi ketentuan yang ada. "Semua maskapai penerbangan menjual tiket baik di hari biasa maupun pada peak season seperti Lebaran, Natal dan Tahun baru wajib mengikuti aturan yang berlaku, yakni PM nomor 14 tahun 2016 terkait besaran tarif batas atas dan batas bawah," tegas Polana.

Polana menjelaskan, pengaturan tarif tersebut berlaku bagi penumpang pesawat yang membeli tiket kelas ekonomi untuk pesawat dengan rute berjadwal yang beroperasi di wilayah domestik Indonesia. Bagi maskapai yang melanggar, akan dikenakan sanksi.

"Apabila ada maskapai yang melanggar ketentuan tersebut maka kami akan menindak sesuai ketentuan, mulai dari peringatan, pengurangan frekuensi, penundaan pemberian izin rute, denda administratif dan pembekuan rute penerbangan," tutur Polana.

Kemenhub mengharapkan penetapan tarif oleh maskapai disesuaikan dengan kemampuan daya beli masyarakat dan tetap memperhatikan kelangsungan usaha. Polana juga menegaskan tarif angkutan udara tidak berbanding lurus dengan keselamatan.

"Core business dalam industri transportasi udara adalah keselamatan. Standar keselamatan tidak terpengaruh oleh tinggi atau rendahnya tiket yang dibayar penumpang. Kelas ekonomi ataupun bisnis semuanya harus memenuhi standar keselamatan," kata Polana tentang kaitan harga tiket dengan standar keselamatan. 

Yang diterima berbeda oleh penumpang dengan kategori kelompok pelayanan yang berbeda sebagai contoh: jenis makanan, hiburan dalam penerbangan, majalah dan koran atau bahan bacaan lainnya dan lain sebagainya. (Yas) 

 

Hukuman bagi Maskapai yang Terapkan Tarif Tinggi Saat Natal dan Tahun Baru

Garuda Indonesia terpilih sebagai maskapai penerbangan paling tepat waktu di Asia. (dok.Instagram @garuda.indonesia/https://www.instagram.com/p/Bn_MyZIjRhz/Henry

Sebelumnya, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan kembali mengingatkan kepada para maskapai untuk tidak menaikkan tarif secara berlebihan dalam rangka libur Natal dan Tahun Baru 2019 (Nataru).

Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana B. Pramesti mengatakan, soal tarif, pihaknya sudah memiliki UU Nomor 1 tahun 2009 tentang Penerbangan dan Peraturan Menteri Perhubungan no. PM 14 tahun 2016 tentang tentang Mekanisme Formulasi Perhitungan dan Penetapan Tarif Batas Atas dan Batas Bawah Penumpang Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri. 

"Jika maskapai melanggar ketentuan tersebut, sanksi yang akan dikenakan berjenjang mulai dari  peringatan, pengurangan frekuensi penerbangan, penundaan pemberian izin rute, denda administratif hingga pembekuan rute penerbangan," tegas Polana dalam keterangan tertulis, Kamis 13 Desember 2018.

Polana menuturkan, dalam PM tersebut memuat antara lain formulasi tarif dan  besaran tarif jarak (basic fare) setiap rute domestik kelas ekonomi ditambah  pajak, asuransi, biaya pelayanan penumpang di bandara dan biaya tambahan (pilihan penumpang secara opsional). 

Besaran tarif yang dibayar juga berbeda menurut kategori pelayanan maskapai (full services, medium services dan no frill).  Peraturan Menteri Perhubungan tersebut tidak  mengatur tarif kelas bisnis dan yang lebih tinggi (non ekonomi).

"Saya sudah mengeluarkan Surat Edaran yang ditujukan kepada para operator. Kepada maskapai, saya tekankan agat tidak boleh menjual tiket penerbangan melebihi aturan di PM 14 tahun 2016 itu," ujar Polana.

Namun demikian, lanjut Polana, maskapai masih bisa menjual layanan tambahan secara opsional yang tidak diatur dalam PM tersebut. Seperti misalnya bagasi tambahan, asuransi tambahan dan sebagainya.

Untuk melakukan pengawasan terkait tarif ini, Polana menyatakan sudah menugaskan inspektur dari Direktorat Angkutan Udara dan Kantor Otoritas Bandar Udara di wilayahnya masing-masing di seluruh Indonesia. Selain itu, pengawasan juga dilakukan melalui agen tiket dan pengawasan secara online.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Sebut 161 Anggota DPRD Terjerat Kasus Korupsi Selama 2018

Posted: 28 Dec 2018 07:36 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkap ada 161 anggota DPRD yang terlibat kasus korupsi selama 2018. Seratusan anggota dewan itu berasal dari 22 daerah.

"Pelaku korupsi dari sektor politik ini tercatat termasuk yang terbanyak ditangani KPK. Untuk pelaku anggota DPRD, sampai saat ini berjumlah 161 orang anggota DPRD yang tersebar di sekitar 22 daerah," kata Ketua KPK Agus Rahardjo saat konferensi pers akhir tahun, Jakarta, Jumat 28 Desember 2018.

Menurut dia, lansir Antara, beberapa di antaranya terkait dengan suap pengesahan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Provinsi Jambi.

Hal itu, lanjut dia, tentu saja merupakan sisi yang buruk bagi demokrasi yang sedang bangsa Indonesia jalankan.

"Semestinya kepercayaan rakyat yang diberikan pada para wakilnya di DPR ataupun DPRD tidak disalahgunakan untuk menangguk keuntungan pribadi," ucap Agus di KPK.

 

Tolak Money Politics

Ketua KPK Agus Rahardjo (kiri) didampingi Wakil Ketua KPK saat rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi III DPR di Jakarta, Rabu (3/10). Rapat membahas pengawasan KPK di bidang pencegahan korupsi. (Liputan6.com/JohanTallo)

Menjelang Pemilu 2019, KPK pun mengajak masyarakat untuk benar-benar secara cermat memilih para wakilnya di DPR ataupun DPRD.

"Jika ada yang pernah melakukan korupsi, tentu tidak pantas kita berikan kepercayaan kembali mewakili suara rakyat. Jika ada iming-iming uang atau "money politics" yang ingin membeli suara kita, maka mereka tidak pantas untuk dipilih," kata Agus.

Menurut dia, memilih calon yang melakukan politik uang sejak awal sangat mungkin akan membuka ruang untuk semakin banyaknya korupsi terjadi saat mereka berkuasa nanti.

"Tolak uangnya, jangan pilih calonnya. Suara kita semua menentukan bagaimana Indonesia ke depan," ucap Agus.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Juventus Vs Sampdoria: Mencari Kado Tutup Tahun

Posted: 28 Dec 2018 07:35 PM PST

Turin - Sampai pekan ke-18, Juventus tercatat menjadi satu-satunya klub Serie A yang belum terkalahkan. Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan meraih 16 kemenangan dan dua kali imbang.

Hasil itu membuat Juventus kukuh di puncak klasemen sementara dengan raihan 50 poin. Klub asal Turin unggul sembilan angka dari pesaing terdekat yakni Napoli.

Namun, pelatih Massimiliano Allegri sadar laga melawan Sampdoria akan berlangsung ketat. Apalagi calon lawan mereka belum terkalahkan dalam enam pertandingan terakhir di Serie A.

"Besok akan menjadi pertandingan yang sulit dan panjang. Namun, kami harus mendapatkan tiga poin sehingga bisa mengakhiri tahun dengan baik sebelum memasuki liburan," kata Allegri dalam konferensi pers jelang laga, Jumat (28/12/2018).

"Namun, Sampdoria hanya kalah sekali dalam tujuh pertandingan terakhir mereka. Selain itu, mereka juga meraih hasil positif pada tiga laga tandang terakhir. Ini bukan pertandingan yang bisa diremehkan dan kami akan membutuhkan dukungan dari para suporer," ujar Allegri.

Catatan apik yang sedang dimiliki Sampdoria membuat mereka kini menghuni peringkat kelima klasemen sementara dengan raihan 29 poin. Pelatih Marco Giampaolo sadar Juventus adalah tim tangguh, namun dia yakin timnya bisa memberikan kekalahan perdana dalam laga tersebut.

"Selalu ada cara untuk mengalahkan jika ada hadiah yang harus dimenangi. Tidak masalah seberapa bagus lawannya. Juventus jelas merupakan tim yang sangat bagus. Mereka kuat di Italia, kuat di Eropa, bahkan kuat secara finansial," ucap Giampaolo.

"Akan tetapi, saya tidak akan melihat ke tabel klasemen. Penampilan kami melebihi ekspektasi. Kalah sesekali adalah hal yang normal, yang tidak normal adalah tak pernah kalah," tegas Giampaolo.

Pertandingan nanti menjadi edisi ke-39 buat kedua tim sepanjang sejarah. Sejauh ini, Juventus masih dominan dengan 21 kemenangan, Sampdoria meraih tujuh kemenangan, dan 10 laga sisanya berakhir imbang.

Data - Fakta

Prakiraan susunan pemain

Juventus (4-3-3): Wojciech Szczesny (kiper), Mattia De Sciglio, Leonardo Bonucci, Mehdi Benatia, Alex Sandro (belakang), Emre Can, Miralem Pjanic, Blaise Matuidi (tengah), Paulo Dybala, Mario Mandzukic, Cristiano Ronaldo (depan)

Pelatih: Massimiliano Allegri (Italia)

Sampdoria (4-3-1-2): Emil Audero (kiper), Jacopo Sala, Lorenzo Tonelli, Omar Colley, Nicola Murru (belakang), Dennis Praet, Albin Ekdal, Karol Linetty, Gaston Ramirez (tengah), Fabio Quagliarella, Gianluca Caprari (depan)

Pelatih: Marco Giampaolo (Italia)

Head to head

  • 15/4/2018 - Juventus 3-0 Sampdoria (Serie A)
  • 19/11/2017 - Sampdoria 3-2 Juventus (Serie A)
  • 19/3/2017 - Sampdoria 0-1 Juventus (Serie A)
  • 27/10/2016 - Juventus 4-1 Sampdoria (Serie A)
  • 14/5/2016 - Juventus 5-0 Sampdoria (Serie A)

Lima pertandingan terakhir Juventus

  • 26/12/2018 - Atalanta 2-2 Juventus (Serie A)
  • 23/12/2018 - Juventus 1-0 AS Roma (Serie A)
  • 16/12/2018 - Torino 0-1 Juventus (Serie A)
  • 13/12/2018 - Young Boys 2-1 Juventus (Liga Champions)
  • 8/12/2018 - Juventus 1-0 Inter Milan (Serie A)

Lima pertandingan terakhir Sampdoria

  • 26/12/2018 - Sampdoria 2-0 Chievo (Serie A)
  • 22/12/2018 - Empoli 2-4 Sampdoria (Serie A)
  • 16/12/2018 - Sampdoria 2-0 Parma (Serie A)
  • 9/12/2018 - Lazio 2-2 Sampdoria (Serie A)
  • 5/12/2018 - Sampdoria 2-1 SPAL (Coppa Italia)

 

Sumber: Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

ONE App, Referensi Berita Anti Hoaks dan Banjir Reward

Posted: 28 Dec 2018 07:34 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu lalu kami merilis ONE App, yang merupakan aplikasi berita persembahan KLY (Kapanlagi Youniverse) dalam bentuk Beta Tester. Namun kini ONE App telah hadir di Play Store secara resmi. Sementara untuk para pengguna iOS harus sedikit bersabar menunggu perilisan ONE App di App Store.

Lalu apa sih One App ini? ONE App adalah aplikasi yang menyajikan konten interaktif bebas hoaks mulai dari berita, foto, video, kuis dengan user interface yang ramah dengan pengguna.

Kebutuhan pengguna akan berita-berita terupdate bisa tersampaikan secara langsung dengan hanya menggunakan aplikasi ONE App.

Fitur Unggulan ONE App

Pertama, pengguna dapat membaca berita yang terbaru, terakurat, dan juga mendapatkan koin. Get Hoax Free, Get Reward, adalah salah satu unggulan di ONE App. Saat ini, konten-konten ONE App bersumber dari bersumber dari media-media ternama seperti Liputan6.com, Merdeka.com, KapanLagi.com, Fimela.com, Bola.net, Bola.com, Brilio.net, Otosia.com, dan Dream.co.id.

Kedua, tampilan visual yang cantik akan membuat pengguna merasa nyaman membaca berita yang dapat menambah perolehan koin untuk dikumpulkan. Menarik bukan?

Fitur unggulan ketiga dari ONE App adalah adanya kolom kurasi, yang mana menyajikan konten-konten pilihan dari berbagai sumber media ternama di Indonesia. Bayangkan, hanya dengan satu aplikasi saja, pengguna sudah dapat memiliki semua konten dari berbagai portal.

Di samping itu, semua berita yang masuk dalam kolom kurasi adalah yang paling banyak dibicarakan orang, paling menarik, paling baru, dan pastinya bebas hoaks.

Keempat, ada game yang bisa dimainkan saat pengguna bosan. Dengan memainkan game yang ada di ONE App, pengguna akan memperoleh koin. Tenang saja, kuis di ONE App akan diperbarui secara berkala jadi pengguna tidak perlu khawatir dengan kuis yang itu-itu saja. Game yang ada di ONE App sangat menggelitik, kaya informasi, dan terkadang mengajak pengguna bernostalgia

Kelima, koin yang ada di ONE App akan menjadi daya tarik tersendiri mengingat saat ini banyak sekali aplikasi yang menawarkan hal serupa. Namun ONE App akan memberi pengalaman lebih dari sekadar membaca berita. Selain menambah wawasan, memperbarui informasi, koin pun didapat. Menarik, bukan?

Keenam, ONE App dikembangkan oleh world-class engineer yang sangat berpengalaman. Penggunaan memori yang optimal, kecepatan aplikasi, proses loading, stabilitas dan detail-detail penting menjadi perhatian utama.

Pemilihan foto berita yang tampil menghiasi interface ONE App adalah yang terbaik, dikurasi secara harian sehingga akan membuat pembaca makin nyaman, betah berlama-lama, dan bebas bosan.

 

 

Cara Menggunakan ONE App

ONE App

Download dan install aplikasi ONE App di Play Store.

  • Buat akun ONE App. Daftar kan nomor HP dan password untuk menerima kode verifikasi melalui SMS. Masukkan kode verifikasi untuk melanjutkan proses registrasi.
  • Setelah berhasil melakukan registrasi, pengguna akan langsung mendapatkan 300 koin sebagai reward. Pengguna bisa langsung menikmati deretan berita menarik dengan tampilan cantik. Berbagai kategori pun lengkap, mulai dari berita nasional, berita internasional, olahraga, fashion, sepakbola, otomotif, travel, hijab, dunia artis, dan lain sebagainya.
  • Di bagian bawah, ada lima ikon yang dapat dipilih, antara lain:

Pertama adalah HOME untuk mengakses halaman utama aplikasi.

HOME

Kedua adalah Trending yang memiliki simbol seperti anak tangga mengarah ke atas. Trending ini berisi tentang berita-berita most view atau paling banyak dilihat dan juga paling banyak dikomentari. Bisa dikatakan, Trending adalah semacam wadah untuk konten viral.

Trending

Selanjutnya di bagian tengah atau ketiga adalah Game. Di sini pengguna dapat memainkan game yang nantinya akan memberikan koin tambahan setiap menyelesaikan satu kategori.

Game

Ikon keempat merupakan konten video. Di sini, berita-berita video akan tersaji bagi pengguna yang sedikit bosan dengan membaca. Dengan menghadirkan konten video, diharapkan pengguna bisa lebih nyaman menggunakan ONE App.

Video

Ikon terakhir atau kelima yang ada di deretan menu bar ini adalah Profil, yang akan memuat identitas dan preferensi penggguna. Di dalamnya, Anda bisa melengkapi nama dan foto profil yang akan menjadi identitas Anda saat berinteraksi di dalam One App.

Selain identitas, Anda bisa mengatur preferensi konten sesuai minat Anda lewat tag/follow channel yang tercantum pada masing-masing konten, sehingga Anda bisa menikmati topik yang paling disukai dengan lebih terarah. Selain itu, pengguna juga bisa membuat kumpulan konten favorit lewat Magazine. Di sini, magazine merupakan sebuah wadah atau folder untuk mengumpulkan berita-berita pilihan menurut pengguna yang dianggap menarik dari channel media KLY di ONE App.

Profil

Selain lima ikon tersebut juga terdapat dua ikon lain yang akan memudahkan pengguna mengakses ONE App, di antaranya Flame. Ini adalah ikon yang berbentuk seperti api yang berkobar. Fungsi dari Flame adalah untuk mengetahui topik terhangat dan berita trending.

Flame

Kemudian ada ikon Search yang memiliki fungsi memudahkan pengguna dalam mencari berita yang diinginkan. Di kolom Search nantinya pengguna dapat memasukkan sebuah kata dan secara otomatis ONE App akan memunculkan semua berita yang berhubungan dengan kata yang ditulis pengguna.

Tidak hanya itu, di kolom search juga pengguna dapat mencari berita dari channel tertentu, karena sudah disediakan media-media ternama Indonesia yang tergabung di ONE App, seperti Liputan6.com, merdeka.com, kapanlagi.com, bola.net, bola.com, fimela.com, otosia.com, dream.co.id, dan brilio.net.

 

Search

 

Manfaat bagi Pengguna

ONE App

Ada sejumlah manfaat yang didapatkan pengguna setelah menginstall ONE App, di antaranya adalah:

  • Memberikan pengalaman membaca berita yang berbeda dari sebelumnya
  • Dapat memperbarui informasi secara cepat, mudah, dan terpercaya
  • Informasi yang didapatkan melalui aplikasi ONE App dipastikan bebas hoaks
  • Mendapatkan informasi dari media-media ternama di Indonesia
  • Menambah wawasan dengan cara unik melalui game trivia⦁ Mendapatkan reward berupa koin yang dikumpulkan melalui berbagai cara dan dapat ditukarkan dengan penawaran menarik dari ONE App

Sangat mudah, bukan? Kini Anda sudah bisa menikmati sejuta keseruan dalam satu aplikasi. ONE App akan terus berusaha memenuhi dahaga pengguna akan berita-berita yang aktual, berkualitas, dan pastinya bebas hoaks. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo download ONE App sekarang!

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Istri Denny Cagur Keguguran, Begini Kronologinya

Posted: 28 Dec 2018 07:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Istri komedian Denny Cagur, Santi Widihastuti mengalami keguguran. Denny Cagur pun berbagi cerita menjelaskan seperti apa kondisi istri tercinta saat ini. 

"Iya. Alhamdulillah sih sudah sehat. Jadi kemaren sempat ditespek saat usia kandungannya satu bulan, ternyata pas di cek, (janin ada) di luar kandungan (rahim)," ujar Denny Cagur saat ditemui di kawasan Mampang Prapatan, jakarta Selatan, Jumat (28/12/2018).

"Istilahnya kandungannya itu laparoskopi, terus langsung dibawa ke rumah sakit. Sekarang sudah pulih, sehat, bahkan kemaren sudah syuting gitu," tambah Denny Cagur lagi.

 

Konsultasi

Panasonic Gobel Award 2017 (Adrian Putra/bintang.com)

Denny sendiri mengatakan jika pada awalnya tak mengetahui jika janin yang dikandung Santi berada di luar rahim. Setelah dicek di dokter spesialis kandungan, barulah hal tersebut diketahui.

"Taunya kan kehamilan pas positif kita hubungin dokter Reno, teman saya juga, dokter spesialis kandungan. Terus saya telpon dulu, 'dok mau konsultasi ini istri saya hamil'. Nah pas dicek ternyata di luar kandungan," tambahnya.

 

Bersyukur

Denny Cagur dan Shanty. foto: istimewa

Meski begitu, Denny bersyukur karena sang istri tidak dalam kondisi yang buruk. Santi tetap sehat walaupun habis keguguran, bahkan sempat melakukan syuting.

"Kondisinya sehat. Kemaren sudah syuting," tutupnya.

Sumber: Kapanlagi.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Inggris Nanti Malam: Liverpool vs Arsenal

Posted: 28 Dec 2018 07:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Liga Inggris akan memainkan pekan 19 mulai Sabtu (29/12/2018). Ada super big match pada jadwal Liga Inggris terakhir di tahun 2018 ini. Pemuncak klasemen Liverpool akan menjamu Arsenal. 

Liverpool sejauh ini masih belum tersentuh kekalahan di Liga Inggris. Arsenal bakal jadi ujian berat bagi Liverpool di Liga Inggris pekan 19 ini.

Meriam London memang masih berada di urutan empat. Namun kehadiran manajer Unai Emery membuat permainan Arsenal sangat berkembang musim in.

Adapun runner-up klasemen Tottenham Hotspur berpeluang kembali meraih kemenangan. Tottenham akan main di kandang, menjamu Wolverhampton Wanderers.

Catat Jadwal Liga Inggris di halaman berikutnya:

 

Jadwal Liga Inggris

Logo Liga Inggris

Jadwal Liga Inggris

22.00 WIB, Brighton vs Everton

22.00 WIB, Fulham vs Huddersfield

22.00 WIB, Leicester vs Cardiff

22.00 WIB, Tottenham vs Wolverhampton (Bein Sports 1)

22.00 WIB, Watford vs Newcastle

00.30 WIB, Liverpool vs Arsenal (Bein Sports 1)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: