Minggu, 23 Desember 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


4 Diet yang Merajai Pencarian Google Sepanjang 2018

Posted: 23 Dec 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tren diet atau gaya hidup sehat memang tengah merajai sejumlah orang beberapa tahun terakhir. Sepanjang 2018 ini, Google bahkan mencatat sejumlah diet yang paling banyak dicari. Apa saja? Berikut ulasannya, dilansir Livestrong:

1. Diet Keto

Di urutan pertama, Google mencatat diet keto atau ketogenik. Popularitas diet keto memang tak bisa dipandang sebelah mata. Banyak selebritis bahkan memamerkan keberhasilannya, seperti Meghan Foc, Kourtney Kardashian, Vanessa Hudgens dan lainnya.

Inti dari diet ini yakni tidak mengonsumsi karbohidrat, sebab tubuh diyakini akan menghasilkan zat yang disebut Keton untuk digunakan sebagai energi.

Diet keto yang benar harus terdiri dari lemah sehat seperti minyak zaitun, alpukat, kacang serta protein hewani seperti salmon dan dada ayam. Menurut the Chicago Academy of Nutrition and Dietetics, asupan karbohidrat bahkan hanya boleh 5 persen dari total kalori harian. Sebagai gantinya, dianjurkan konsumsi makanan tinggi protein dan lemak.

Diet ini sebenarnya diperuntukkan untuk penderita diabetes agar mereka bisa mengontrol gula darah karena sifatnya yang rendah karbohidrat, terlebih jika mereka juga memiliki obesitas. Namun ada banyak orang yang penasaran akan diet ini.

2. Diet Mediterania

Diet Mediterania adalah diet yang paling baik, menurut US News and World Report. Diet Mediterania menekankan pada makanan utuh, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang polong, dan produk susu. Diet ini juga mendorong konsumsi lemak sehat seperti minyak zaitun, makanan laut, dan kacang walnut.

Penelitian tentang diet Mediterania telah banyak terbukti bagi kesehatan umum, khususnya untuk kesehatan jantung. Sebuah studi 2018 yang diterbitkan di Nutrition and Diabetes menemukan diet Mediterania berhasil menurunkan berat badan dan mencegah kenaikan berat badan yang tidak sehat.

 

Diet intermitten fasting

3. Diet puasa (intermitten fasting)

Diet ini sangat menarik untuk menurunkan berat badan dengan cepat dan sehat. Diet puasa ini dilakukan dengan membatasi jam makan. Menurut National Institutes of Health, ada empat jenis metode puasa, biasanya 6 hingga 8 jam, dan kemudian tidak makan selama jam-jam yang tersisa.

Ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa puasa bermanfaat untuk menurunkan berat badan, tetapi hasilnya mirip dengan pola diet pembatasan kalori umum, menurut penelitian 2017 yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association.

4. Diet FODMAP

Diet FODMAP diciptakan oleh para peneliti di Monash University di Australia untuk mengobati gejala sindrom iritasi usus, atau IBS. FODMAP adalah akronim untuk Fermentable Oligosaccharides Disaccharides Monosaccharides dan Polyols. FODMAPS ini mencakup konsumsi bawang putih, bawang, produk susu, apel, dan pemanis buatan yang tidak diserap di saluran pencernaan beberapa individu.

Diet FODMAP hingga kini telah berhasil mengurangi gejala IBS, seperti sakit perut dan kembung, menurut studi 2017 yang diterbitkan di jurnal Nutrisi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kumpulan Ucapan Natal 2018 yang Bisa Kamu Bagikan ke Sanak Saudara

Posted: 23 Dec 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Momen Natal menjadi momen yang sangat dinantikan oleh para umat Kristiani. Pada momen ini mereka merayakannya dengan berkumpul bersama keluarga. Momen Natal memang sangat erat dengan suasana hangat dan kebersamaan yang kental.

Umat Kristiani juga tentu telah melakukan persiapan untuk menyambut perayaan Natal esok hari. Mulai dari pohon Natal hingga dekorasi rumah yang akan menjadi tempat berkumpul keluarga.

Namun, tak lengkap rasanya jika tak mempersiapkan ucapan Natal untuk diberikan kepada sanak saudara dan kerabat esok hari. Ya, tentu banyak dari kalian yang tak berkesempatan bertemu semua kerabat dan teman yang merayakan Natal secara langsung.

Oleh karena itu, kalian bisa mengirimkan ucapan Natal melalui pesan singkat. Dikutip dari Canva, berikut ini deretan ucapan Natal yang bisa kalian pilih.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Ucapan Natal

Ilustrasi Natal. Sumber foto: unsplash.com/Mike Arney.

"Mari kita menjadi pembawa cinta kasih, damai dan terang bagi dunia. Selamat Natal, semoga kehidupan kita dan keluarga selalu dipenuhi dengan cinta dan damai."

"Natal merupakan saatnya berbagi hati dengan cinta dan kasih sayang. Natal merupakan saat untuk memberi dan menerima berkat. Saatnya bagi kita berbahagia, karena penyelamat kita sudah lahir. Selamat Natal dan tahun baru."

"Semoga terang Natal akan tinggal di hati kita dan menjadi terang bagi keluarga. Serta sesama. Selamat Natal dan tahun baru."

"Natal adalah bukti kasih Allah kepada kita. Sudahkah kita menerima kasih dan keselamatan yang disediakan Yesus? Salam Natal."

"Setiap saat dalam sehari memiliki arti dan nilai tersendiri. Pagi membawa harapan, sore membawa iman. Petang membawa cinta, malam membawa ketenangan. Semoga semuanya ada padamu. Selamat Natal dan tahun baru."

"Selamat pesta Natal dan Tahun Baru semoga sukses selalu. Semoga Terang Natal akan tinggal di Hati kita dan menjadi terang bagi keluarga. Serta sesama. Selamat Natal dan Tahun Baru."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tsunami Selat Sunda, Kawasan Wisata Pesawaran Masih Ramai

Posted: 23 Dec 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Pesawaran - Berbeda dengan wilayah Lampung Selatan dan Anyer Banten, kawasan wisata pantai yang berada di pesisir Kabupaten Pesawaran, Lampung tak terkena dampak dari gelombang tsunami Selat Sunda akibat erupsi gunung Krakatau. Kawasan wisata favorit di Teluk Lampung tersebut berjalan normal dan tetap ramai dikunjungi wisatawan.

"Perlu saya tegaskan, wilayah pesisir Pesawaran relatif aman dari dampak tsunami Selat Sunda. Tercatat di wilayah kami, hanya di Pulau Legundi yang terdampak minor," Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona dalam keterangannya kepada media, Senin (24/12/2018).

Ia menambahkan, memang sempat terjadi kepanikan pada malam terjadinya tsunami Selat Sunda akibat pesan berantai melalui media sosial. Namun demikian, aktivitas wisata di kawasan pesisir Pantai Pesawaran tetap ramai.

Meskipun kondisi Pesawaran aman, Dendi tetap mengingatkan agar wisatawan tetap waspada. Pasalnya BMKG telah memperingatkan adanya potensi cuaca buruk yang diperkirakan terjadi hingga tanggal 26 Desember 2018.

Pihak Pemkab Pesawaran bersama TNI dan Polres Pesawaran juga telah menyiagakan petugas penanggulangan bencana. Setiap masa liburan, kawasan pantai Pesawaran dikunjungi setidaknya 300 ribu wisatawan.

"Kami ingin mereka berwisata dengan aman dan nyaman. Yang penting wisatawan tetap waspada, mentaaati himbauan petugas dilapangan dan tidak mudah percaya isu yang beredar melalui media sosial atau pesan berantai," kata Dendi.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Liburan Akhir Tahun, Ini 5 Rekomendasi Aktivitas Outing Kantor

Posted: 23 Dec 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Momen liburan akhir tahun kali ini akan Anda manfaatkan untuk ikut outing kantor? Setelah bekerja sepanjang tahun dengan tanggung jawab sedemikian rupa, tentu menyenangkan bisa melepas penat bersama rekan kerja.

Di samping membuat pikiran kembali rileks, outing kantor juga diharapkan bisa menambah keakraban antar pekerja untuk menumbuhkan chemistry lebih dalam lagi. Supaya makin seru, berikut deretan rekomendasi aktivitas selama outing kantor menurut Cashbac.

 

Arung jeram

Klasik memang, tapi kegiatan ini tentu masih seru dilakukan bersama rekan kerja. Saat mengikuti kegiatan ini, Anda biasanya akan dipinjamkan perlatan seperti pelampung, helmet, dan dayung. Kegiatan ini juga cukup memacu adrenalin karena Anda dan teman satu tim harus menyeimbangkan tubuh supaya perahu tidak terhambat atau terbalik.

Paint ball

Kegiatan ini merupakan permainan yang melibatkan banyak orang karena Anda harus membentuk kelompok untuk menyerang tim lawan. Untuk memenangkan permainan ini, Anda dan tim harus mengatur strategi tertentu. Dengan terlibat dalam permainan ini, Anda bisa menjalin kedekatan dengan rekan kerja lewat cara lebih asyik.

Camping

Tidak dikotak-kotakan dengan ruangan seperti di kantor, camping memungkinkan Anda berbaur di alam bebas. Dalam kegiatan ini, Anda harus bekerja sama dengan seluruh peserta supaya bisa memenuhi kebutuhan hidup selama beberapa hari di luar kebiasaan sehari-hari.

Go-kart

Beradu kecepatan dengan menyetir mobil di arena go-kart terdengar seperti kegiatan yang sangat seru untuk dilakukan bersama teman sekantor. Selain untuk bersenang-senang, Anda juga akan membuat adrenalin serasa ditantang dan ingin menuju garis finish untuk meraih kemenangan.

Liburan ke luar kota

Ini adalah kegiatan outing paling diminati. Pergi ke sebuah tempat di luar kota dan melihat hal-hal baru adalah sebuah kegiatan yang sangat menyenangkan. Belum lagi jika pergi ke sebuah tempat bersejarah. Bukan hanya menyegarkan otak, Anda juga bisa mendapatkan informasi dan ilmu baru. Jadi, mana yang bakal dicoba?

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Personel Wali Terjun Langsung Cari Anak - Anak Aa Jimmy

Posted: 23 Dec 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kepergian Aa Jimmy dan istri untuk selama-lamanya akibat tsunami Anyer menjadi duka mendalam bukan saja bagi keluarga tapi juga pihak manajemen. Apalagi saat ini, kedua anak mereka juga belum ditemukan.

Untuk mengetahui nasib kedua anak Aa Jimmy yang juga korban tsunami Anyer, tim grup band Wali sebanyak 13 orang sebagai manajemen terjun langsung ke lokasi terdampak.

Melalui pesan singkat Whatsapp, Nanda Persada sebagai ketua Imarindo (Ikatan Manajer Artis Indonesia) menyampaikan kabar dari Muhammad Adzee Ridwan, management Duo Jigo dan Wali) mengenai kedatangan mereka ke lokasi tsunami Anyer.

"Tim Wali dan Duo Jigo management (13 orang) sudah berangkat menuju Pandeglang, Banten. Mereka mencari keberadaan dua orang anak alm Argo Aa Jimmy," begitu pesan yang tertulis di sana. 

Terjun Langsung

(Nurwahyunan/bintang.com)

Sementara, tiga personel Wali, Apoy, Tommy dan Ovie sejak semalam, Minggu (23/12/2018), sudah berada di lokasi terdampak tsunami Anyer.

"Tommie, Apoy, dan Ovie sudah dari semalam pergi ke Banten," ungkap Bunda Febby, manajer grup band Wali.

 

Anak-Anak Menghilang

[Foto: Instagram]

Kabar yang beredar sebelumnya, kondisi Aa Jimmy dan istri serta kedua anak mereka, Naisya Rafani Aradya, dan Radea Putri Anindyta telah meninggal dunia.

Sayangnya, kedua anak Aa Jimmy hingga kini belum diketahui nasibnya. Sementara, Aa Jimmy dan istri telah berada di Cianjur untuk dimakamkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Batam Semangat Datangkan Banyak Wisatawan Mancanegara

Posted: 23 Dec 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Kepri Kawasan Batam semakin semangat menarik banyak wisatawa mancanegara. Salah satunya dengan mengadakan acara 'Kick Off 4 Juta Wisman' dengan tema 'Merajut Jaring Pariwisata'. Semangat Indonesia Incorporated pun dihembuskan.

'Kick Off 4 Juta Wisman' adalah kegiatan yang diinisiasi Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Kepulauan Riau (Kepri) bersama pemerintah daerah setempat. Kegiatan ini dipusatkan di Mega Wisata Ocarina Batam, Sabtu (22/12/2018). Acara tersebut digelar dengan tajuk Dukungan Promosi Wonderful Indonesia Melalui Budaya Nusantara.

Ketua GIPI Kepulauan Riau, Tupa Simanjuntak, menilai penyelenggaraan 'Kick Off 4 Juta Wisman' merupakan hal yang luar biasa.

"Ini sebuah pekerjaan yang hebat. Sebuah sinergi yang luar biasa. Indonesia Incorporated tercipta untuk kemajuan pariwisata Batam. Ini akan memudahkan seluruh stakeholder pariwisata untuk mendatangkan dan merangkul wisatawan mancanegara," ujarnya.

Tupa pun tak lupa berterima kasih kepada Kementerian Pariwisata dan pemerintah daerah atas dukungannya. Menurutnya, dukungan tersebut sangat penting untuk merealisasikan target-target yang telah ditetapkan dan untuk kemajuan pariwisata Kepulauan Riau.

GIPI Kepri sendiri dikukuhkan pada Oktober 2018. Ada 15 asosiasi yang tergabung di dalamnya, yaitu PHRI, HPI, ASPPI, ASITA, ICA, ASPABRI, APJII, IHKA, Pokdarwis, AKARI, HITA, GenPI, ASPI, IPI, dan Golf bersama unsur Pentahelix lainnya.

Menurut Kabid Area II Regional I Kementerian Pariwisata, Kiagoos Irvan Faisal, Kementerian Pariwisata akan selalu memberikam dukungan untuk kemajuan Kepri dan Batam.

Terlebih lagi, Batam berada di area crossborder. Area perbatasan yang dekat dengan dua negara tetangga, yaitu Malaysia dan Singapura.

Irvan mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk mempromosikan pariwisata Kota Batam. Caranya melalui keanekaragaman budaya nusantara dan kekayaan kuliner khas Kepulauan Riau.

"Batam atau Kepulauan Riau adalah daerah unggulan untuk mendatangkan wisatawan mancanegara dari Malaysia dan Singapura. Batam punya segalanya. Selain lokasinya dekat dari Malaysia dan Singapura, di Batam para wisman juga bisa mendapatkan kesempatan menikmati wisata belanja, kuliner, alam, budaya, dan banyak lagi. Masyarakat Singapura dan Malaysia saya yakin sangat mengenal Batam," ucap Irvan.

Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Riau (Kepri), Boeralimar, mengatakan hal serupa. Menurutnya, kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) tahun 2018 ke Kepri sudah melampaui target. Karena itu, pada 2019 target itu akan dinaikkan 100 persen menjadi 4 juta wisatawan mancanegara (wisman).

"Menggarap potensi Batam jelas yidak mungkin dilakukan sendiri-sendiri. Butuh semangat Indonesia Incorporated, bekerja bahu membahu. Termasuk asosiasi pariwisata, harus ikut andil dalam program ini. Tujuannya untuk kemajuan pariwisata Batam dan Kepri," kata dia.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar, Rizki Handayani, mengatakan bahwa kegiatan tersebut dihadiri 50 Travel Agent Singapura dan Malaysia. Turut hadir juga 100 undangan dari asosiasi di kedua negara tersebut.

"Benar-benar luar biasa karena semua unsur terlibat. Inilah semangat Indonesia Incorporated. Mulai dari pemerintah daerah, akademisi, asosiasi pariwisata, hingga insan media di Batam berkomitmen untuk mensukseskan target wisman 2019," ujarnya.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya, mengatakan bahwa Kemenpar akan meningkatkan potensi pariwisata perbatasan (crossborder tourism) pada 2019. Ini sebagai upaya mencapai target kunjungan 20 juta wisman dan 275 juta wisatawan nusantara (wisnus).

Jika tahun ini pariwisata perbatasan diprediksi mampu menyumbang 18 persen dari total kunjungan wisman, tahun depan target dinaikkan menjadi 20 persen atau sekitar 3,4 juta dari total 20 juta target wisman.

"Batam memiliki kekuatan budaya dan ragam kuliner yang bisa di-create menjadi daya tarik. Upaya lain yang bisa dilakukan untuk menarik wisman adalah dngan menghadirkan event-event besar berskala nasional ataupun internasional," ucap Arief.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Uni Eropa Siap Haramkan Peralatan Plastik Sekali Pakai

Posted: 23 Dec 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Para juru runding Parlemen Eropa akhirnya resmi mengharamkan peralatan plastik sekali pakai, yang akan diberlakukan di seluruh Uni Eropa. Prakarsa ini bagian dari upaya mengurangi sampah plastik.

Setelah perundingan alot selama 12,5 jam, para juru runding di Parlemen Eropa pada Rabu pagi 19 Desember 2018, akhirnya menyetujui larangan peralatan plastik sekali pakai, seperti, piring, gelas, peralatan makan lain, termasuk sedotan plastik. Aturan ini kemungkinan baru bisa diberlakukan dua tahun mendatang.

Yang akan dilarang adalah segala peralatan plastik yang sudah ada alternatif non-plastiknya.

"Aturan yang baru ini nantinya akan mereduksi sampah plastik secara signifikan", kata wakil Austria yang saat ini menjabat sebagai Presiden Dewan Eropa. Menteri Urusan Keberlanjutan dan Pariwisata Elisabeth Köstinger menyebut kesepakatan itu sebagai "tonggak sejarah dalam upaya mereduksi sampah plastik".

Terobosan itu berawal dari usulan Komisi Eropa bulan Mei lalu, dengan tujuan untuk mengurangi sampah plastik secara drastis, terutama sebagai pembungkus makanan dan barang-barang di supermarket. Rancangan UU yang disiapkan masih harus disetujui secara formal oleh negara-negara anggota.

Perubahan Drastis Bagi Konsumen

Seperti dikutip dari DW, Senin (24/12/2018), aturan yang baru itu diperkirakan akan mengubah kebiasaan konsumen secara drastis. Kebijakan tersebut juga akan berdampak pada industri plastik, yang tahun 2015 mencapai omset 340 miliar Euro dan mempekerjakan 1,5 juta pekerja.

Menurut Komisi Eropa, kebijakan ini bisa mereduksi emisi CO2 sampai 3,4 juta ton dan mengurangi sampah yang mencemari lautan. Lebih dari 80 persen sampah yang mencemari laut terbuat dari plastik.

Salah satu elemen penting dari kebijakan baru ini adalah pelibatan pihak produsen untuk menanggung biaya pembersihan sampah. Dengan prinsip ini, industri tembakau di masa depan juga bisa diharuskan ikut menanggung biaya pengumpulan puntung rokok.

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Polisi Berjualan Pohon demi Bantu Janda Miskin

Posted: 23 Dec 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Seorang polisi rela berjualan pohon bidara demi membantu para janda miskin dan warga yang sakit.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Buktikan Bukan Mata-Mata Tiongkok, Huawei Bakal Perkuat Keamanan Siber

Posted: 23 Dec 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Huawei sangat berkomitmen untuk membuktikan kepada dunia bahwa perusahaannya bukan mata-mata Tiongkok.

Sebagai bentuk komitmen, Huawei telah menyiapkan investasi sebesar US$ 2 miliar untuk keamanan siber dalam lima tahun ke depan.

Dilansir Softpedia, Senin (24/12/2018), Huawei ingin meningkatkan kualitas fasilitas laboratorium dan merekrut pakar keamanan baru.

Hal ini sebagai bentuk upaya Huawei mengatasi isu yang menyebutkan produknya digunakan untuk mengumpulkan informasi dan diberikan kepada pemeritah Tiongkok.

Para petinggi Huawei kabarnya mengatakan, bahwa meskipun laporan media dan keprihatinan publik diungkapkan oleh beberapa negara, tapi sejauh ini tidak ada bukti produk-proudknya dapat menimbulkan ancaman keamanan nasional. Pihak Huawei pun telah berulang kali membantah kecurigaan tersebut.

"Mengunci para kompetitor di luar tidak akan membuat diri sendiri menjadi lebih baik. Kami pikir setiap kekhawatiran atau dugaan terhadap keamanan Huawei seharusnya berdasarkan bukti faktual," ungkap Huawei Rotating Chariman, Ken Hu.

Berdasarkan pemikiran tersebut, Hu mengenaskan bahwa Huawei membantah segala tuduhan yang menyebut perusahaan sebagai ancaman bagi negara-negara di luar Tiongkok.

"Tanpa bukti faktual, kami tidak akan menerima dan menentang tuduhan-tuduhan tersebut," tuturnya.

Tudingan Spionase Siber

Huawei (Foto: Huawei)

Sejauh ini memang tidak ada bukti atas tudingan spionase siber terhadap Huawei. Para awal pekan ini, misalnya, pemerintah Jerman mengatakan tidak menemukan bukti apa pun terkait dugaan peralatan Huawei yang dijual terlibat dalam spionase siber.

Di sisi lain, Republik Ceko, memperingatkan bahwa menggunakan berbagai produk Huawei dapat menimbulkan risiko keamanan siber.

Negara itu pun merekomendasikan untuk tidak menggunakan peralatan yang diproduksi oleh perusahaan asal Tiongkok tersebut.

Terlepas dari pro dan kontra, pada saat bersamaan pihak Huawei mengatakan bahwa Jepang dan Prancis tidak memblokir produknya.

Hal ini berbeda dengan laporan media yang mengindikasikan kedua pemerintah negara tersebut memutuskan berhenti menggunakan produk Huawei.

Amerika Serikat (AS) sendiri kerap diberitakan menekan para mitra dan sekutunya utnuk memblokir produk Huawei. Uni Eropa pun disebut tengah menyelidiki dugaan produk Huawei dapat menimbulkan ancaman keamanan.

(Din/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Akhiri Keterpurukan, Grizzlies Bungkam Lakers

Posted: 23 Dec 2018 09:55 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Memphis Grizzlies mengakhiri tren negatif di NBA 2018-2019. Grizzlies mempermalukan Los Angeles Lakers 107-99 pada lanjutan NBA, Senin (24/12/2018) siang WIB.

Kemenangan ini sekaligus mengakhiri lima kekalahan beruntun Grizzlies di ajang NBA, dimana empat diantaranya di laga tandang.  

Rookie Jaren Jackson Jr menjadi bintang kemenangan Grizzlies. Dia membuat 27 poin. Center senior Marc Gasol juga tampil apik dengan nyaris meraih triple double, 17 poin, sembilan rebound dan delapan assists.

LeBron James pada laga ini menorehkan 22 poin, 14 rebound dan tujuh assists. Brandon Ingram menyusul dengan 20 angka.

Kekalahan ini mengakhiri enam kemenangan beruntun Lakers di kandang, Staple Center.

 

Mike Conley

Lakers sebenarnya nyaris meraih kemenangan di laga ini. Mereka sempat unggul di pertengahan kuarter empat. Namun petaka terjadi di menit- menit akhir pertandingan.

Grizzlies melesakkan tiga tembakan tiga angka melalui Mike Conley (dua kali) dan Garrett Temple sehingga unggul 10 poin saat laga tersisa satu menit 30 detik. Sejak saat itu Lakers tak pernah bisa mendekat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BMKG: Tsunami Selat Sunda Tak Lazim, Dipastikan dari Erupsi Anak Gunung Krakatau

Posted: 23 Dec 2018 09:54 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kepala Badan Meteorologi dan Klimatologi (BMKG) Dwikorita Karnawati memastikan tsunami yang melanda Banten dan Lampung Selatan disebabkan oleh erupsi Anak Gunung Krakatau (AGK).

"Kami mengkonfirmasikan yang sebelumnya kami sampaikan bahwa tsunami ini berkaitan dengan erupsi vulkanik," kata Dwikorita dalam konferensi pers di Kantor BMKG, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (24/12/2018).

Oleh sebab itu, Dwi melanjutkan, potensi tsunami tersebut tidak terdeteksi oleh sensor gempa tektonik BMKG. "BMKG khusus memantau gempa tektonik. Karena 90 persen lebih tsunami di Indonesia diakibatkan gempa tektonik," kata Dwi.

Dwi menjelaskan, peristiwa tsunami yang menghantam Banten dan Lampung Selatan merupakan fenomena tidak lazim.

"Ini fenomena tidak lazim dan kompleks atau multifenomena," ujarnya.

Tsunami terjadi di wilayah Selat Sunda pada Sabtu 22 Desember malam. Sebanyak 817 rumah di Banten dan Lampung rusak tersapu air laut.

"Dari data yang dihitung Polda Banten dan Polda Lampung, kerugian materiil atas peristiwa air laut pasang di Banten dan Lampung sampai dengan 24 Desember pukul 07.00 WIB mencapai 817 rumah yang rusak," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigjen Polisi Dedi Prasetyo saat dihubungi, Jakarta, Senin (24/12/2018).

281 Korban Tewas

Warga mengumpulkan sisa harta benda usai tsunami menerjang Kampung Sumur, Ujung Kulon, Banten, Selasa (24/12). Menurut saksi, gelombang tsunami yang menerjang Kampung Sumur terjadi sebanyak tiga kali. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Rincian jumlah kerusakan tersebut yakni sebanyak 446 rumah di Banten dan 371 rumah di Lampung. Selain itu, 11 hotel juga mengalami kerusakan yakni sembilan hotel di Banten dan dua hotel di Lampung.

"Satu masjid di Lampung yang terdampak (musibah tsunami)," katanya, seperti dilansir Antara.

Selain itu, 85 warung mengalami kerusakan yang terdiri atas 60 warung di Banten dan 25 warung di Lampung. Juga 245 kendaraan bermotor (73 kendaraan di Banten dan 172 kendaraan di Lampung) serta 557 perahu (350 perahu di Banten dan 207 perahu di Lampung) rusak akibat tsunami yang terjadi pada Sabtu malam itu.

Tsunami melanda kawasan sekitar Selat Sunda pada Sabtu (22/12) malam, menimbulkan korban jiwa dan kerusakan di sebagian daerah Banten dan Lampung.

Menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga Senin pukul 07.00 WIB musibah tersebut mengakibatkan 281 orang meninggal dunia, 1.016 orang mengalami luka-luka, 57 orang hilang dan 11.687 orang mengungsi yang tersebar di lima kabupaten yakni Pandeglang, Serang, Lampung Selatan, Tanggamus dan Pesawaran.

Ribuan personel gabungan TNI, Polri, BNPB, Basarnas, sejumlah kementerian lembaga, relawan dan masyarakat saat ini masih berusaha mengevakuasi dan mencari para korban.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aa Jimmy dan Keluarga Jadi Korban Jiwa Tsunami Anyer, Hari Ini Dimakamkan di Cianjur

Posted: 23 Dec 2018 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Selain bassis band Seventeen, Bani, figur publik lain yang juga dikabarkan menjadi korban tsunami Anyer adalah komedian Aa Jimmy Jigo. Kabar duka itu dibagikan oleh Arie K Untung lewat akun Instagramnya hari ini, Minggu (23/12/2018).

Melalui keterangan unggahannya, Arie Untung mengatakan mendapat foto yang disinyalir jenazah Aa Jimmy melalui sebuah grup media sosial dan telah diklarifikasi.

"Dapat foto di grup yang disinyalir jenazah @argojimmygo juga menjadi korban tsunami di lokasi kejadian Tanjung Lesung. Barusan ditabayun. Innalillahi wa Inna ilaihi roji'un. Allahumaghfirlahu warhamhu wa 'afihi wa' fu 'anhu. Semoga almarhum @argojimmygo husnul khotimah. Smeogakeluarga diberi ketabahan aamiin," tulis Arie Untung.

Diketahui Aa Jimmy yang bernama asli Hariyanto ini tengah berada di Tanjung Lesung karena didapuk sebagai pembawa acara dalam Employee Gathering PLN UIT JBB bersama rekannya, Ade Jigo.

Kabar duka itu juga diperkuat dengan informasi dari vokalis Seventeen, Ifan, saat diwawancara oleh TVOne pagi ini. "Saya lihat juga dengan mata kepala sendiri, Aa Jimmy meninggal. Saya juga melihat jenazahnya di tepi pantai," ujar Ifan.

Meski Ade Jigo berhasil selamat dari tsunami Anyer, dia harus merelakan istrinya berpulang. Istri Ade, Meyuza, yang sempat dikabarkan hilang saat terjadi tsunami Anyer kemudian ditemukan telah meninggal dunia.

Sebelumnya, Aa Jimmy sempat mengunggah video singkat di Instagram story berisi penampilan bandnya, Band Jigo, dalam acara gathering PLN di Tanjung Lesung Beach Resort, Banten.

Mengutip laman Kapanlagi, Aa Jimmy mulai dikenal masyarakat setelah main dalam acara komedi Jaka Baret pada 2006 di sebuah stasiun televisi swasta. Di situ, pria yang juga disapa Argo ini tampil dengan gaya khas, menirukan gaya Aa Gym. Tak hanya dari cara berpakaian, gestur, mimik wajah, ekspresi mata, serta suara Argo mirip dengan sang pemuka agama. Sejak saat itulah sosoknya semakin dikenal publik.

Pada 2009, Aa Jimmy pernah bergabung dengan grup band lawak Teamlo sebagai vokal, ditemani oleh Wawan, dan dua personil baru Teamlo lainnya yaitu, Ade dan Kudil.

Aa Jimmy Bikin Keseruan di Atas Panggung Sebelum Diterjang Tsunami Anyer

Selain Aa Jimmy dan Ade Jigo, hadir juga band Seventeen sebagai bintang utama dalam pagelaran tersebut. Pasca-tsunami Anyer, Ifan, vokalis band Seventeen menyatakan Aa Jimmy meninggal dunia. Ia melihat dengan mata kepalanya sendiri jenazah Aa Jimmy tengah tergeletak di pinggir pantai.

Namun sebelum dinyatakan meninggal dunia karena diterjang tsunami Anyer, Aa Jimmy sempat mengunggah video keseruannya bersama Ade Jigo saat berada di atas panggung melalui Instagram Story-nya, @argojimmygo.

Dalam video tersebut, Aa Jimmy dan Ade Jigo kompak mengenakan baju berwarna kuning. Mereka terlihat sedang asyik berjoget sambil melempar canda untuk menghibur tamu undangan yang hadir.

Aa Jimmy, Istri dan Dua Anaknya Dimakamkan di TPU Sirnalaya, Cianjur

Aa Jimmy dimakamkan bersebelahan dengan liang lahat sang istri Hati Nur Illah (34), yang juga turut menjadi korban tsunami. (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Jenazah Aa Jimmy alias Argo dimakamkan di TPU Sirnalaya, Cianjur, Jawa Barat, hari ini Senin (24/12/2018). Komedian ini menjadi korban meninggal akibat tsunami di Banten.

Sebelumnya jasad korban disalatkan di masjid di Gang Rambutan, Kelurahan Solokpandan, Cianjur. Terlihat sejumlah artis hadir dalam prosesi pemakaman, salah satunya Epi Kusnadar.

Pihak keluarga memilih TPU Sirnalaya di Kelurahan Sawahgede, tempat bersemayam terakhir Argo dan istri, Hati Nurilah, serta dua anaknya yang menjadi korban tsunami, saat mengisi acara di Tanjung Lesung Resort, Pandeglang.

"Saat ini jenazah istri Argo yang sudah ditemukan dalam perjalanan dari Banten ke Cianjur. Rencananya akan dimakamkan bersebelahan dengan Argo di Sirnalaya," kata Dadang, paman Argo.

Pihak keluarga tidak menyangka kalau keponakannya menjadi korban tsunami. Bahkan, pihak keluarga kesulitan untuk mendapat kabar keberadaan satu keluarga tersebut.

Namun, selang beberapa jam, pihak keluarga mendapat informasi jasad Argo, istri, dan kedua anaknya, ditemukan dalam kondisi meninggal dunia, sedangkan anak bungsunya yang baru berusia dua bulan selamat bersama pengasuhnya.

"Jenazah akan dimakamkan di tempat yang sama, termasuk istri dan anak Argo. Saat ini keluarga akan fokus membesarkan anak bungsu yang selamat dari tsunami," katanya.

Perjalanan Karier Aa Jimmy Sebelum Meninggal karena Tsunami Anyer

Sebelum meggunakan nama Aa Jimmy pemiliki nama asli Heriyanto menggunakan nama Argo dalam menapaki kariernya di panggung hiburan Tanah Air. Pria kelahiran Tasikmalaya, Jawa Barat, 15 Januari 1983 ini, awal muncul di layar kaca saat bermain dalam acara komedi Jaka Baret di salah satu stasiun televisi swasta.

Lantaran wajah dan gaya bahasanya mirirp dengan Aa Gym, sejak saat itu nama Argo pun tenggelam dan diganti dengan nama Aa Jimmy. Ia juga sempat sempat bermain dalam film Asoy Geboy (2008) dan berperan sebagai Aa Jimmy.

Tahun 2009 Aa Jimmy sempat bergabung dengan grup musik komedi Teamlo sebagai vokalis, bersama Wawan Bakwan, Ade Dora dan Kudil. Sampai akhirnya ia hengkang dari Teamlo dan membuat grup bernama Jigo. Bersam Ade Jigo (dulu Ade Dora), Aa Jimmy menjadi host acara di Tanjung Lesung yang membuatnya dijemput ajal.

Perjalanan karir Aa Jimmy perlahan mualai merangkak naik seiring eksistensinya sebagai komedian. Beberapa film lain yang pernah ia mainkan seperti, King (2009), Seputih Cinta Melati (2014), Soekarno: Indonesia Merdeka (2013). Gaya Aa Jimmy yang pandai meniru Aa Gym (interpersonate) membuatnya memiliki ciri khas di panggung hiburan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BMKG: Tremor Anak Gunung Krakatau Bermagnitudo 3,4 Jadi Pemicu Tsunami

Posted: 23 Dec 2018 09:41 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memastikan tsunami yang menerjang Banten dan Lampung dipicu oleh erupsi vulkanik Anak Gunung Krakatau. BMKG mencatat, kekuatan tremor Anak Gunung Krakatau yang memicu tsunami memiliki kekuatan setara magnitudo 3,4.

"Ada tremor setara magnitudo 3,4 yang epicenternya ada di Anak Gunung Krakatau," ujar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati di kantornya, Senin (24/12/2018).

Guncangan vulkanik Anak Gunung Krakatau, sambung dia, telah memicu terjadinya collapse pada lereng gunung. Berdasarkan citra saletelit, collapse lereng tersebut luasnya 64 hektar.

"Volume collapse ini yang menjadi tsunami di pantai pada pukul 21.27, atau 24 menit kemudian (setelah erupsi Anak Gunung Krakatau) dengan tinggi 0,9 meter di empat titik di Banten, Serang, Bandar Lampung," ungkapnya.

"Jadi tsunami ini berkaitan dengan erupsi vulkanik," Dwikorita menegaskan.

 

 

Korban Jiwa

Tsunami melanda kawasan sekitar Selat Sunda pada Sabtu (22/12) malam, menimbulkan korban jiwa dan kerusakan di sebagian daerah Banten dan Lampung.

Menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga Senin pukul 07.00 WIB musibah tersebut mengakibatkan 281 orang meninggal dunia, 1.016 orang mengalami luka-luka, 57 orang hilang dan 11.687 orang mengungsi yang tersebar di lima kabupaten yakni Pandeglang, Serang, Lampung Selatan, Tanggamus dan Pesawaran.

Ribuan personel gabungan TNI, Polri, BNPB, Basarnas, sejumlah kementerian lembaga, relawan dan masyarakat saat ini masih berusaha mengevakuasi dan mencari para korban.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pahit Getir Nufrida Digulung Ombak hingga 50 Meter Terseret Tsunami Selat Sunda

Posted: 23 Dec 2018 09:40 PM PST

Liputan6.com, Karawang - Nurfrida (16) warga Perum Pegadungan No 334, Jalan Papandayan IV, Desa Purwasari, Kecamatan Purwasari, Karawang, salah satu korban selamat tsunami Selat Sunda pada Sabtu 22 Desember 2018 lalu.

Nurfida mengaku ia digulung ombak, kemudian terseret hingga 50 meter dari bibir pantai Tanjung Lesung, Serang, Banten, hingga terluka di bagian muka.

"Sekitar 50 meter saya tergulung. Saya terbawa gelombang hingga ke darat, artinya saya terputar-putar sampai terdampar di daratan, " kata Nurfrida, di kediamannya Senin (24/12/2018).

Dia menceritakan saat kejadian, ia bersama ayahnya (Ayi Rojak) dan kakak, serta adiknya berjumlah 5 orang, berjalan menuju konser Seventeen sebelum ke lokasi konser, ombak besar datang dan menggulung mereka hingga semua terpisah.

"Waktu kejadian sedang jalan menuju konser seventeen, tiba-tiba ada gelombang besar dari pantai, " katanya.

 

Ayah Belum Ditemukan

Kendaraan melintas di antara puing-puing setelah tsunami menerjang kawasan Anyer, Banten, Minggu (23/12). Tsunami menerjang pantai di Selat Sunda, khususnya di daerah Pandenglang, Lampung Selatan, dan Serang. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Saat sadar, kata Nurfrida, dia sudah berada di tangga villa bersama kakak dan adiknya, serta korban lain yang terseret gelombang tsunami. Namun, sang ayah hingga dan masih belum ditemukan.

"Setelah sadar baru bisa ketemu keluarga yang lain yang kebetulan selamat karena posisi waktu kejadian ada di villa tempanya menginap," tambah Nurfida.

Sedangkan keponakannya bernama Onel ditemukan keluarga di salah satu rumah sakit di Pandeglang dalam keadaan luka di bagian kaki dan masih dalam perawatan.

"Semuanya yang terseret gelombang ada lima orang termasuk ayah saya," terangnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Seventeen Jadi Korban Tsunami Anyer, Ungkapan Duka D'Masiv Lewat Lagu

Posted: 23 Dec 2018 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bani, dan Herman Seventeen serta dua kru lainnya menjadi korban bencana tsunami Anyer pada Sabtu (22/12/2018). Masih ada satu personel, serta istri sang vokalis yang belum diketahui nasibnya.

Tentu saja, ini membawa kesedihan bukan saja pada keluarga besar Seventeen, tapi juga penyanyi lainnya seperti D'Masiv.

D'Masiv tak menyangka para personel Seventeen menjadi korban tsunami Anyer.

Untuk menunjukkan duka mendalam atas kepergian mereka yang menjadi korban tsunami Anyer, D'Masiv menyanyikan salah satu lagu milik Seventeen saat tampil di Yogyakarta, Minggu (23/12/2018). 

 

 

 

 

Bentuk Penghormatan

D'Masiv (Foto: Instagram)

Aksi panggung D'Masiv ini diunggah oleh sang vokalis, Rian ke akun Instagram pribadinya.

"Manggung siang ini di jogja saya menyanyikan lagu @seventeenbandid sebagai bentuk penghormatan kami @dmasivbandofficial yg jg sesama musisi dan pejuang nafkah dengan teman2 seventeen.. Al fatihah @ifanseventeen @baniseventeen @andi_seventeen @hermanseventeen #prayfortanjunglesung #prayforlampung," tulis Rian D'Masiv.

 

Ucapan Duka

(Instagram/seventeenbandid)

Unggahan Rian D'Masiv ini dibanjiri ucapan belasungkawa dari para selebritas.

"Respect," kata Yuni Shara.

"Al fatihah untuk sahabat sahabat kamu personil seventeen band yang menjadi korban," kata Fitri Carlina. (Nur Ulfa/Dream.co.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rhenald Kasali Prihatin Banyak Opini Miring Terkait Freeport

Posted: 23 Dec 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum) kini resmi mengambil alih 51,23 persen saham PT Freeport Indonesia (PTFI) senilai USD 3,8 miliar. Namun, berbagai kritikan pedas turut mengiringi pencaplokan salah satu tambang emas terbesar di dunia ini, sebab pemerintah kudu merogoh kocek guna mengakuisisi saham Freeport.

Menanggapi hal tersebut, Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (UI) Rhenald Kasali mengaku prihatin atas rentetan ucapan miring berlebih tersebut.

"Bangun Freeport itu bukan seperti kasih orang ngontrak tanah di atas tanah kita seperti ucapan wakil rakyat yang mungkin kurang paham atau belum pernah jalan-jalan ke areal tambang di puncak gunung," ungkapnya dalam keterangan tertulis, Senin (25/12/2018).

"Atau mungkin juga mereka belum pernah belajar corporate strategy dan corporate finance. Jadi wajar kalau orang kurang kompetensi berpendapat bebas. Lucu-lucuan bisa terjadi," tambahnya.

Dia beranggapan, getir juga melihat pernyataan para pengamat yang telah memaki bangsanya goblok atas upaya akuisisi saham PTFI ini. Padahal menurutnya, perwakilan negara telah membuat pusing petinggi Freeport dengan deal yang katanya hebat.

"Namun saya menduga, mereka yang ngamuk-ngamuk itu hanya kurang kompetensi saja. Maklum menganalisis Freeport ini complex. Ini gabungan macro-micro, corporate finance dan fiscal policy, masalah hukum dan lingkungan hidup, antara kepentingan domestik dengan global value chain," paparnya.

Selain itu, ia mengatakan, kesuksesan ini pun memiliki dampak politis yang cukup mengundang opini. "Jadi biasa saja. Kalau sudah cukup berilmu pasti mereka bisa lebih rendah hati dan tak main kasih cap goblok ppada orang lain. Saya yakin mereka akan sampai ke sana. Namun tentu harus banyak sabar dan belajar secara komprehensif," sambungnya.

Rhenald melanjutkan, ada perbedaan mendasar antara bumi Papua dan kekayaan alam yang dimiliki negara dengan perusahaan tambang yang dipunyai asing.

"Kita tak pernah mendirikan Freeport. Juga tak pernah taruh uang di perusahaan itu sehingga kita punya saham. Jadi kalau Freeport diusir atau berakhir (2021) yang kembali ke pangkuan kita ya cuma buminya saja, tanahnya. Lalu untuk eksploitasinya kita harus tanam modal juga bukan? Artinya keluar duit lagi, bukan?" jelasnya.

Memahami Lebih Teliti

Freeport Indonesia (AFP Photo)

Belakangan ini pula banyak pihak yang menyindir bahwa tambang Freeport sebetulnya adalah milik Indonesia, sehingga pembelian saham Freeport disebut aneh. Di sini Rhenald menjelaskan bahwa yang menjadi fokus tidak mentok pada tambang saja, melainkan perangkat-perangkat yang memungkinan terjadinya pengoperasian bisnis. 

"PT-nya, which is di dalammya ada aset-aset, mesin-mesin, skilled worker, jaringan bisnis, dan lain-lain akan mereka angkat. Punya mereka kan? Mengangkatnya tidak sulit. Wong itu global company yang punya tambang di mancanegara," dia menambahkan.

Oleh karenanya, dia mengaku miris akan anggapan yang menyatakan Freeport bakal otomatis seluruhnya dikuasai negara pada 2021.

"Mereka mungkin kurang baca bahwa Kontrak Karya pertambangan ala Freeport ini tdk sama dgn KK di sektor migas yang kalau sudah berakhir akan jadi milik kita. Kasihanilah mereka yang kompetensinya masih perlu ditingkatkan tapi sudah berani omong besar. Pakai kata goblok lagi," cibir dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Marc Marquez Kirim Simpati dan Semangat untuk Korban Tsunami Selat Sunda

Posted: 23 Dec 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pembalap MotoGP tim Repsol Honda, Marc Marquez menyampaikan dukungannya bagi para korban tsunami Selat Sunda untuk segera bangkit. Pembalap asal Spanyol ini berharap, masyarakat Indonesia khususnya para korban tetap kuat.

Dukungan Marquez bagi para korban tsunami disampaikan lewat akun Twitter-nya, @marcmarquez93. Ucapan itu ditulis dengan disertakan foto kejadian Tsunami di Selat Sunda.

"Saya memberi dukungan kepada masyarakat Indonesia agar tetap kuat dan terus semangat, khususnya yang terkena dampak tsunami," tulis Marquez.

Seperti diketahui, tsunami Selat Sunda terjadi sekitar pukul 21.00 WIB, Sabtu (22/12/2018). Gelombang Tsunami menerjang beberapa wilayah di Provinsi Banten, juga Lampung.

Dari data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), korban tewas tsunami Selat Sunda telah mencapai 218 orang, luka-luka 1016, dan hilang 57 orang. Hingga kini, pencarian korban tsunami Selat Sunda masih terus dilakukan.

Sementara itu, Indonesia bagi Marquez bukanlah tempat yang asing. Tercatat, juara dunia MotoGP musim lalu ini telah beberapa kali mengunjungi Tanah Air.

Tahun lalu misalnya, Marquez bahkan sempat mengunjungi Banten. Ketika itu, ia berkunjung bersama rekan setim, Dani Pedrosa -kini membela KTM.

Ucapan Semangat dari Marquez

Marc Marquez. (AP Photo/Yam G-Jun)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cari Istri yang Hilang, Ifan Seventeen Tak Hadiri Pemakaman Sahabat

Posted: 23 Dec 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Basis grup Seventeen, M Awal Purbani alias Bani, dan sang gitaris, Herman Seventeen, ditemukan meninggal dunia dalam bencana tsunami yang terjadi di Tanjung Lesung Beach Resort, Banten, Minggu (22/12/2018).

Selain Bani dan Herman, road manajer Seventeen, Oki Wijaya dan satu orang kru, Ujang, juga ditemukan tewas. Pada Senin (24/12/2018) jenazah keempatnya akan dikebumikan.

"Bani dimakamkan jam 13.00 di Gamping. Herman dimakamkan hari ini di Tidore. Oki dimakamkan jam 16.00 di Krapyak. Ujang dimakamkan siang ini di Ciledug," tulis Ifan Seventeen dalam akun Instagramnya.

Meski begitu, Ifan Seventeen menyampaikan permohonana maaf sedalam-dalamnya, karena tidak bisa menghadiri prosesi pemakaman. Sebab, ia harus mencari istrinya, Dylan Sahara, yang hilang pascabencana.

Maaf

Istri gitaris grup band Seventeen Herman Sikumbang, Juliana Muhtar menangis saat menerima kedatangan jenazah suami di rumah duka di Pancoran, Jakarta Selatan, Senin (24/12). Uli tak henti meneteskan air mata. (Kapanlagi.com/Bayu Herdianto)

"Sobb @baniseventeen, ko emann @hermanseventeen, poooo @oki_wijaya, jaaaang @rukmanarustam Minta maaf minta ampun aku ga bisa nganterin sampe akhir," sambungnya dalam unggahan yang sama.

Terakhir, vokalis berusia 35 tahun ini berdoa agar amal ibadah sahabat-sahabat tercintanya dapat diterima di sisi Tuhan.

"Yang tenang yo cahh, Yang ikhlas disana yaaa, InsyaAllah kita disini ga akan putus ngirimin doa sampe kita ktmu lagi nanti," ia menandaskan.

Mencari istri

Ifan Seventeen dan Dylan Sahara (Instagram/@seventeenifan)

Sementara itu, melalui Instagram Storiesnya, Ifan mengabarkan bahwa ia masih terus mencari keberadaan sang istri.

"Aku masih di sini, enggak ke mana-mana, aku jemput kamu, kita pulang sama-sama sayang ya. tunggu ya. Bismillah," kata dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kekurangan dan Kelebihan iPhone 5c, Ponsel Apple dengan Harga Lebih Bersahabat

Posted: 23 Dec 2018 09:28 PM PST

Liputan6.com, Jakarta iPhone 5C dirilis Apple pada September 2013 lalu. Sejak pertama hadir, ponsel ini langsung mencuri perhatian para penggguna gadget. Lewat iPhone 5C, Apple tampaknya ingin membidik kelas yang ada di bawah premium dengan harga yang lebih murah namun menginginkan gadget atas. Yup, kelebihan iPhone 5C adalah hadir dengan harga yang cukup bersahabat.

Sebagaimana sudah jamak diketahui, smartphone keluaran Apple hadir menyasar kelas premium dengan harga mahal. Kendati harga iPhone dikenal mahal, bahkan jauh di atas harga rata-rata gadget saingannya seakan tak menjadi masalah. Alasannya karena kualitas iPhone memang bisa diandalkan.

Sejak diluncurkan pada tahun 2007 silam, seri iPhone telah menggebrak pasar ponsel dunia dengan beragam inovasi yang kemudian menjadi trendsetter di industri smartphone. Misalnya desain, ukuran layar, hingga kamera.

Hadirnya iPhone 5c sendiri juga merupakan gebrakan unik dari Apple. iPhone 5C hadir dengan warna cerah yang tentunya ini jarang digunakan oleh Apple. Salah satu kelebihan iPhone 5C dari segi penampilan adalah tersedia dalam 5 pilihan warna yaitu hijau, biru, kuning, pink dan putih.

Sementara kekurangan iPhone 5C adalah spesifikasi perangkatnya sama seperti iPhone 5 original. Baik dari kualitas layar, sektor dapur pacu bahkan kualitas kamera 8 MP juga sama. Padahal sebagai ponsel yang hadir sebagai seri lanjutan, harusnya iPhone 5C dibekali teknologi diatasnya.

Penasaran apa saja kekurangan dan kelebihan iPhone 5C lainnya? Berikut Liputan6.com ulas apa saja kekurangan dan kelebihan iPhone 5c.

Kekurangan dan kelebihan iPhone 5c dari segi desain dan tampilan

iPhone 5c merupakan seri iPhone 5 yang hadir dengan case berwarna warni

Dengan desain yang simpel dan elegan Iphone berusaha merebut pasaran pecinta gadget yang mengharapkan desain gadget yang "fashionable" lewat iPhone 5C.

Kelebihan iPhone 5c ini memiliki ukuran yang kecil yaitu 124.4 x 59.2 x 9 mm. Dengan ukuran sebesar itu menjadikan smartphone Apple ini sangat nyaman jika anda masukkan saku ataupun digenggam. Beratnya sendiri cukup ringan yaitu hanya 132 g. Untuk bodynya sendiri, Apple menggabungkan antara komponen plastik dengan kaca di bagian depannya.

iPhone 5C membawa layar berukuran 4 inci dengan resolusi 640 x 1136 piksel. Teknologi layar yang dipakai sudah LED backlit IPS LCD. Dengan layar tersebut handphone Apple ini dapat menghasilkan 16 juta warna dengan tingkat kedalaman yang cukup istimewa yaitu 326 ppi.

Kekurangan dan kelebihan iPhone 5c dari sektor dapur pacu

Kelebihan iPhone 5C dari sektor dapur pacu adalah hadir dengan iOS 7 yang bisa diupdate ke iOS 10.3.3. Sementara chipset yang dibawa berjenis Apple 6 dengan CPU Dual Core dan GPU PowerVR SGC 543MP3. Konon, kombinasi ini akan menghasilkan kecepatan hingga 1.3 GHz. Apple sendiri memilih GPU PowerVR SGX 543MP3 untuk urusan pengolahan grafisnya sehingga handphone ini cukup menampilkan gambar yang baik saat anda melihat foto maupun untuk memainkan HD Gaming.

Kekurangan iPhone 5c terletak pada kapasitas RAMnya. Seperti halnya produk iPhone kebanyakan, iPhone 5C juga membawa kapasitas RAM yang kecil yaitu 1GB saja.

Sementara dari sektor kapasitas memori internalnya, iPhone 5c hadir dengan 3 pilihan yakni 8GB, 16GB, sampai 32GB. Kekurangan iPhone 5c adalah tidak memiliki ruang untuk microSD sehingga tidak bisa melakukan ekspansi menambah memori ponsel.

Kekurangan dan kelebihan iPhone 5c pada segi kamera

Kelebihan iPhone 5C dari segi fotogradi adalah mengusung kamera belakang dengan resolusi yang sudah cukup besar yakni 8MP. Smartphone Apple ini dapat menghasilkan foto dengan ukuran 3264×2448 px yang tentunya dengan kualitas yang jernih dan layak untuk anda pandang. Selain itu Apple iPhone 5c juga dilengkapi fitur-fitur untuk membuat hasil fotonya lebih keren dengan adanya fitur autofocus , dual LED (dual tone), simultaneous HD video dan image recording , touch focus , geo-tagging , face detection , HDR Panorama , HDR photo. Sementara itu, kamera depannya hadir dengan reolusi 1,2 MP.

Kekurangan dan kelebihan iPhone 5c dari sektor konektivitas

Kelebihan iPhone 5c membawa fitur koneksi yang lengkap dimulai dari teknologi LTE 4G, HSDPA yang dapat mencapai 42 Mbps, ataupun HSDPA yang memberikan kecepatan akses maksimal sebanyak 21 Mbps.

Smartphone Apple ini juga membawa fitur Wi-Fi dan Wi-Fi hotspot jika handphone anda ingin dijadikan sebagai sumber Wi-Fi. Selain itu spesifikasi iPhone 5c juga dilengkapi dengan Bluetooth versi terbaru yaitu versi 4 dan konektor USB versi 2.0.

Kekurangan dan kelebihan iPhone 5c dari segi baterai

Kelebihan iPhone 5c ini dibekali dengan baterai berkapasitas 1510 mAh dengan tipe Li-Po. Kapasitas baterai tersebut dapat membuat Apple iPhone 5c stand-by dalam waktu 250 jam. Sedangkan dalam waktu bicara ponsel Apple ini sanggung bertahan hingga 10 jam dan untuk memainkan musik selama 40 jam. Baterai yang disematkan bertipe Non-Removable

Rangkuman kekurangan dan kelebihan iPhone 5c

Sungguh ironis, sebab di awal kehadiran iPhone 5C, Apple tampak sangat optimis handset 'murah' perdananya itu akan mendapat sambutan baik.

Kelebihan iPhone 5c

Hadir dalam warna yang cerah dan fashionable

Layar 4 inci tipe LED dan multitouch

Layar sudah diproteksi menggunakan corning gorilla glass, oleophobic coating

Sistem iOS 7

Dual kamera 8 MP

Memori 16 GB dan 32 GB

Jaringan 2G, 3G, 4G

Berat ringan dan nyaman digenggam

 

Kekurangan iPhone 5c

RAM nya masih memakai kapasitas sebesar 1 GB

Baterai non-removable

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ulasan Lengkap Cardiff vs MU, Debut Ole Solskjaer dengan Campur Tangan Wayne Rooney

Posted: 23 Dec 2018 09:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Manchester United mengalahkan Cardiff City 5-1 pada pekan ke-18 Premier League, di Cardiff City Stadium, Minggu (23/12/2018) dini hari WIB. Hasil positif ini menandai debut manis Ole Gunnar Solskjaer sebagai caretaker manajer.

Manchester United sudah unggul 1-0 saat laga baru berjalan tiga menit. Tendangan bebas Marcus Rashford membobol gawang tuan rumah yang dikawal Neil Etheridge.

Tim tamu berhasil menggandakan kedudukan menjadi 2-0 pada menit ke-29. Tendangan keras Ander Herrera dari luar kotak penalti tidak bisa diantisipasi Etheridge.

Namun, Cardiff City berhasil memperkecil skor menjadi 1-2 melalui titik penalti setelah Rashford dianggap melakukan handball di kotak terlarang. Victor Camarasa yang menjadi eksekutor menjalankan tugasnya dengan sempurna.

Skor 1-2 hanya bertahan selama tiga menit. Manchester United mencetak gol ketiga di laga ini melalui Anthony Martial pada menit ke-41.

Di babak kedua, Manchester City unggul 4-1 atas Cardiff melalui gol Jesse Lingard. Tendangan penalti Lingard membobol gawang Cardiff City.

Lingard mencetak gol keduanya hanya beberapa menit jelang laga usai. Tendangan terarahnya setelah menerima umpan terobosan Paul Pogba membuat skor akhir laga menjadi 5-1.

Kemenangan telak atas Cardiff City membuat Manchester United naik ke peringkat keenam klasemen sementara dengan 29 poin. Sementara Cardiff City tertahan di peringkat ke-17 dengan 14 angka.

Ini Komentar Ole Gunnar Solskjaer Usai MU Menang Telak atas Cardiff City

Ole Gunnar Solskjaer senang dengan kemenangan telak yang diraih Manchester United atas Cardiff City. (AP Photo/ Jon Super)

Caretaker manajer Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, mengaku senang laga debutnya berjalan sempurna. Ia berhasil mengantarkan The Red Devils menang setelah menggantikan posisi Jose Mourinho yang dipecat.

The Red Devils menang telak 5-1 atas tim promosi, Cardiff City, dalam laga lanjutan Premier League, di Cardiff City Stadium, Minggu (23/12/2018) dini hari WIB. Dua gol Jesse Lingard plus masing-masing satu gol dari Marcus Rashford, Ander Herrera, dan Anthony Martial, hanya bisa dibalas penalti Victor Camarasa.

"Ini awal yang luar biasa dan kami akan menikmatinya selama beberapa hari ke depan," ujar Solskjaer.

"Namun, boxing day telah datang dan tidak ada sejarah yang lebih cepat daripada pertandingan sepak bola. Ada beberapa hal yang mesti dikerjakan namun mereka (para pemain) menyerap ide dengan sangat cepat," ia melanjutkan.

"Kami akan mencoba fokus dari satu pertandingan ke pertandingan. Namun, saya akan menikmati malam ini."

Setelah membawa Manchester United menang telak atas Cardiff, racikan strategi Solskjaer akan diuji pada pertengahan pekan nanti. Tim asuhannya akan menjamu Huddersfield Town pada pekan ke-19 Premier League di Old Trafford, 26 Desember 2018.

MU Menang Besar Atas Cardiff, Rashford: Ini Baru Permulaan

Marcus Rashford (Manchester United) (AFP/Oli Scarff)

Striker MU Marcus Rashford mengungkapkan instruksi Solskjaer kepada pemainnya dalam laga melawan Cardiff. "Dia ingin kami bersikap positif pada bola dan selalu mencari celah," ucapnya kepada BT Sport.

Rashford menegaskan kemenangan atas Cardiff merupakan awal dari kebangkitan MU pada musim ini. "Itu baru permulaan. Kami akan meningkatkan dan menjadi lebih baik," ucapnya.

"Periode Natal sangat sibuk sehingga perlu pemulihan dan memastikan kami siap untuk pertandingan berikutnya. Kami harus terus meningkatkan dan naik ke level lain," ucap Rashfrod.

Ada Campur Tangan Wayne Rooney di Balik Kemenangan Telak MU Atas Cardiff City

(AFP/Paul Ellis)

Usai pertandingan, manajer MU Ole Gunnar Solskjaer mengungkapkan sebuah rahasia soal kemenangan tersebut. Menurutnya, ada campur tangan Wayne Rooney.

"Saya pikir, mungkin semua teks dari Wazza (sapaan Rooney) membantu kami hari ini. Dia mengatakan kepada kami untuk membuat para pemain menikmati permainan mereka," kata Solskjaer, dikutip dari situs resmi klub.

"Pemain tersenyum, maju ke lapangan, dan menjadi Manchester United yang sesungguhnya. Ini minggu yang berat buat saya dan para pemain," ujar manajer MU berusia 45 tahun tersebut, menambahkan.

Fakta Menarik Usai MU Bungkam Cardiff, Debut Pelatih Kerap Pesta Gol

Manchester United berhasil meraih kemenangan atas Cardiff City pada pekan ke-18 Premier League, di Cardiff City Stadium, Sabtu (22/12/2018) malam waktu setempat. (AP Photo/ Jon Super)

1. Sejak Ferguson pergi, empat dari lima pelatih berbeda yang menjabat di United berhasil menang dengan tiga gol atau lebih pada laga debutnya (Moyes 4, Mourinho 3, Giggs 4, dan Solskjaer 5).

2. Warnock mencatatkan kekalahan yang ke-50 di Premier League, dalam laganya yang ke-92 di kompetisi ini - hanya Mick McCarthy (79), Danny Wilson (87) dan Gary Megson (91) yang pernah mencapai 50 kekalahan dengan lebih sedikit pertandingan.

3. Cardiff kalah di 14 pertemuan melawan 'Big Six', dan kebobolan 45 gol dalam torehan tersebut.

4. Martial telah terlibat langsung dalam 70 gol untuk United di semua kompetisi (45 gol, 25 assist); Paling banyak di antara pemain lainnya untuk sebuah klub sejak debutnya di bulan September 2015.

5. Gol ketiga United melawan Cardiff - dicetak oleh Anthony Martial - merupakan gol ke-500 Premier League musim ini.

6. Rashford lebih banyak terlibat dalam gol di Premier League musim ini ketimbang pemain lainnya (sembilan - empat gol dan lima assist).

7. Martial melakoni laga ke-100 untuk Manchester United di Premier League, menjadikannya pemain Prancis keempat yang sukses mencapai torehan tersebut setelah Eric Cantona, Mikael Silvestre, dan Patrice Evra.

Susunan pemain Cardiff vs MU

Cardiff City (4-1-4-1): 1-Neil Etheridge, 5-Bruno Ecuélé Manga, 4-Sean Morrison, 22-Sol Bamba, 18-Gregory Cunningham; 17-Aron Gunnarsson (8-Joe Ralls 83'); 33-Junior Hoilett (23-Kadeem Harris 74'), 21-Víctor Camarasa, 7-Harry Arter (10-Kenneth Zohore 61'), 11-Josh Murphy; 13-Callum Paterson

Manajer: Neil Warnock

Manchester United (4-3-3): 1-David De Gea; 18-Ashley Young, 2-Victor Lindelöf, 4-Phil Jones, 23-Luke Shaw; 21-Ander Herrera, 31-Nemanja Matic (27-Marouane Fellaini 87'), 6-Paul Pogba; 14-Jesse Lingard, 10-Marcus Rashford (17-Fred 79'), 11-Anthony Martial (15-Andreas Pereira 87')

Manajer: Ole Gunnar Solskjaer

Wasit: Michael Oliver

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Komedian Aa Jimmy Korban Tsunami Anyer Dimakamkan Bersebelahan dengan Istri

Posted: 23 Dec 2018 09:23 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Jenazah Heriyanto atau akrab disapa Aa Jimmy dimakamkan di TPU Sirnalaya, Kelurahan Sayang, Kecamatan Cianjur Kota, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin (24/12/2018) pagi. Komedian ini menjadi korban tsunami saat mengisi acara di Tanjung Lesung, Provinsi Banten.

Jenazah Aa Jimmy tiba di rumah duka di gang Rambutan RT 03/02, Kelurahan Solok Pandan, Kecamatan Cianjur Kota, Cianjur sekitar pukul 03.00 WIB. Usai di salatkan, jenazah almarhum disemayamkan sekitar pukul 08.30 WIB.

Aa Jimmy dimakamkan bersebelahan dengan liang lahat sang istri Hati Nur Illah (34), yang juga turut menjadi korban tsunami.

Isak tangis keluarga dan kerabat korban pecah saat proses pemakaman. Ratusan pelayat termasuk beberapa artis yang mengiringi pemakaman komedian tersebut juga ikut larut dalam kesedihan.

"Saya tidak menyangka (ikut jadi korban tsunami)," kata Farhan Zaenal Muttaqin alias Faank vokalis grup band Wali, usai pemakaman, Senin (24/12/2018).

 

Sosok yang Soleh

Faank sangat mengenal kepribadian almarhum. Aa Jimmy adalah sosok orang yang soleh. Tidak pernah meninggalkan kewajiban salat lima waktu.

"Sekali pun itu sedang sibuk, almarhum selalu menyempat waktu untuk salat," kata dia.

Sementara itu, keluarga korban masih menunggu jenazah istrinya yang masih dalam perjalanan menuju pemakaman.

Sedangkan dua anaknya yakni Radea Putri Anindyta (8), Naisya Rafani Aradhya (3), hingga kini belum ditemukan. Kemudian, anak bungsunya Radisa Yumna AL Zahra, yang masih berusia dua bulan selamat, karena saat kejadian di tempat penginapan berbeda bersama pengasuhnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bani Seventeen Dimakamkan Hari Ini, Istri: Ketemu di Surga Ya...

Posted: 23 Dec 2018 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Basis grup band Seventeen, M Awal Purbani alias Bani Seventeen menjadi korban yang tewas dalam bencana tsunami di Tanjung Lesung Beach Resort, Banten, Minggu (22/12/2018) malam.

Jenazah Bani Seventeen akan dikebumikan pada hari ini, Senin (24/11/2018) di Gamping Tengah, Sleman, Yogyakarta, pukul 13.00 WIB. Istri Bani, Cindri Wahyuni pun amat berduka atas kepergian suaminya.

"Bebi duluan jalan ya Be, nanti mami nyusul InsyaAllah kita ketemy di Jannah," tulis Cindri Wahyuni, melalui akun Instagram pribadinya. Fotonya sendiri memperlihatkan jasad Bani yang tengah disemayamkan di kediamannya.

Melalui akun Instagram, Cindri Wahyuni juga meminta agar semua kesalahan mendiang dapat dimaafkan, dan amal ibadahnya diterima oleh Yang Maha Kuasa.

"Mohon maaf atas segala kesalahan, semoga Allah mengampuni segala dosanya, diterima amal ibadahnya, sholatnya, di terangkan jalan nya ke jannah Nya, husnul khotimah. Jika suami ada hutang, bs langsung hubungi saya dan keluarga," tulisnya.

Pemakaman

Bani Seventeen. (Instagram.com/baniseventeen)

Selain Bani, gitaris Seventeen, Herman, road manager Seventeen, Oki Wijaya dan satu orang kru, Ujang, juga ditemukan tewas. Sehari setelah musibah, Senin (24/12/2018) jenazah keempatnya akan dikebumikan.

"Bani dimakamkan jam 13.00 di Gamping. Herman dimakamkan hari ini di Tidore. Oki dimakamkan jam 16.00 di Krapyak. Ujang dimakamkan siang ini di Ciledug," tulis Ifan Seventeen dalam akun Instagramnya.

Tak Ikut Pemakaman

Ifan Seventeen (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Meski begitu, Ifan Seventeen menyampaikan permohonan maaf sedalam-dalamnya, karena tidak bisa menghadiri prosesi pemakaman. Sebab, ia harus mencari istrinya, Dylan Sahara, yang hilang pascabencana.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Kapal Kemenhub Salurkan Bantuan Logistik di Kepulauan Selat Sunda

Posted: 23 Dec 2018 09:15 PM PST

Liputan6.com, Cilegon - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menerjunkan enam unit kapal untuk menyalurkan bantuan logistik dan mengevakuasi korban untuk pulau-pulau yang ada di perairan Selat Sunda.

Kapal Nasional (KN) Edam salah satunya, mengangkut bantuan logistik makanan cepat saji dan air minum, hingga peralatan medis untuk para korban di Pulau Sangiang dan Sumur, Ujung Kulon, Kabupaten Pandeglang, Banten.

"Kami hanya membawa (bantuan) ke lokasi yang dituju, untuk penyampaiannya (penyaluran bantuan) di sana itu ada tim khusus," kata Kapten Sugiyo, nahkoda KN Adem, saat ditemui di Pelabuhan Indah Kiyat, Kota Cilegon, Banten, sesaat sebelum berangkat menyalurkan bantuan, Senin (24/12/2018).

Pengiriman bantuan logistik menggunakan kapal, dianggap lebih efektif dan efisien, karena bisa memuat lebih banyak.

"(Penyaluran bantuan) melalui jalur laut untuk memberikan kemudahan dan efisiensi," jelasnya.

Kapal KN Edam akan beroperasi hingga kondisi korban tsunami kembali normal dan seluruh korban telah tertangani dengan baik.

"Juga membawa logistik yang sudah terkumpul di KSOP Banten. Semua kapal yang terkumpul di Banten ada enam unit, semua sudah beroperasi," kata Herwanto, Kepala KSOP Banten, Senin (24/12/2018).

KN Adem sekaligus memetakan lokasi bencana di pulau perairan Selat Sunda, seberapa patah kondisinya dan mengetahui bantuan apa yang diperlukan oleh para korban.

"sampai perintah pimpinan selesai, kita selesai. Sebelum ada perintah (selesai) kita jalan terus," ujarnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketua DPR Minta Tim Gabungan Fokus Penanganan Medis Korban Tsunami Selat Sunda

Posted: 23 Dec 2018 09:13 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPR Bambang Soesatyo meminta penanggulangan bencana tsunami Selat Sunda fokus pada penanganan medis. Hal itu untuk mencegah bertambahnya jumlah korban. 

"Penanggulangan paska tsunami hendaknya fokus pada langkah dan tindakan medis bagi warga yang terluka. Selain tim medis dan unsur-unsur BPBD setempat, pimpinan Polri dan TNI hendaknya juga mengerahkan satuan-satuan terdekat untuk menolong para korban luka," kata Bambang dalam keterangan tertulisnya, Senin (24/12/2018).

Pria yang akrab disapa Bamsoet ini meminta tenda penampungan, rumah sakit darurat dan obat-obatan, penyediaan selimut, dapur umum hingga ragam kebutuhan Balita segera disediakan untuk para korban tsunami. Dia juga meminta PT PLN bisa segera memulihkan listrik untuk warga setempat. 

"Untuk percepatan pemulihan suasana, pimpinan DPR mendorong PLN dan Pertamina memastikan ketersediaan daya listrik dan BBM agar masyarakat dapat kembali beraktivitas sebagaimana biasanya," ungkapnya.  

Bamsoet juga mengapresiasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam menangani bencana tsunami di Banten. Politikus Partai Golkar ini mengaku akan berkomunikasi lebih lanjut dengan pimpinan institusi penanganan bencana untuk mempercepat penanganan bencana. 

 

Korban Jiwa

Tsunami melanda kawasan sekitar Selat Sunda pada Sabtu (22/12) malam, menimbulkan korban jiwa dan kerusakan di sebagian daerah Banten dan Lampung.

Menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga Senin pukul 07.00 WIB musibah tersebut mengakibatkan 281 orang meninggal dunia, 1.016 orang mengalami luka-luka, 57 orang hilang dan 11.687 orang mengungsi yang tersebar di lima kabupaten yakni Pandeglang, Serang, Lampung Selatan, Tanggamus dan Pesawaran.

Ribuan personel gabungan TNI, Polri, BNPB, Basarnas, sejumlah kementerian lembaga, relawan dan masyarakat saat ini masih berusaha mengevakuasi dan mencari para korban.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesona Pantai-Pantai di Kalianda Lampung Selatan Sebelum Dihantam Tsunami Selat Sunda

Posted: 23 Dec 2018 09:09 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Dulu, Way Kambas boleh saja jadi satu-satunya wajah destinasi menawan di Lampung. Namun, seiring waktu, beberapa nama pantai di wilayah di 'ekor' Pulau Sumatera ini mulai muncul, termasuk sejumlah pesisir di Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan.

Di tengah popularitas yang mulai menanjak, sayang musibah nahas malah melanda kawasan ini. Kepala BPBD Lampung Selatan, I Ketut Sukerta. menyatakan, bersama dengan Rajabasa, Kalianda adalah kecamatan paling parah terdampak tsunami Selat Sunda, Sabtu malam, 22 Desember 2018.

Beberapa nama pesisir yang disebut berubah wajah, lantaran tsunami adalah Pantai Maja, Pantai Kedu, Pantai Ketang, Pantai Laguna atau Alau-Alau, Pantai Bagus, Pantai Tanjung Beo, Pantai Sappenan, Hutan Mangrove Grand Elty, Pantai Kalianda Resort, Pantai Merak Belantung, Pantai Marina, dan Pantai Teluk Nipah.

Dari sebegitu banyak, mari mengintip pesona beberapa pantai di Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, sebelum dihantam tsunami Selat Sunda. Dari yang cocok untuk penikmat matahari tenggelam, sampai spot insta worthy, berikut ulasannya seperti dilansir dari berbagai sumber.

Pantai Kedu

Berjarak hanya lima menit dari pusat kota Kalianda, Pantai Kedu dikenal akan pemandangan matahari terbenam yang sesekali jingga sepenuhnya, namun di waktu lain malah memperlihatkan ledakan warna lain nan memesona. Pemandangannya jadi kian dramatis dengan keberadaan shipwreck tepat di bibir pantai. 

Dengan topografi cukup landai, pantai di Lampung ini cocok dijadikan destinasi bagi Anda yang ingin leyeh-leyeh berteman deburan ombak dan sepoi angin menyejukkan. Ditambah pemandangan berupa megah Gunung Rajabasa dan Krakatau di kejauhan, pesisir satu ini siap menambat hati siapapun yang sudi mampir.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Pantai-Pantai di Kalianda, Lampung Selatan yang Menawan

Pantai Merak Belantung, Kalianda, Lampung Selatan, Lampung. (dok. Instagram @ini_kaliandalampungindonesia/https://www.instagram.com/p/BFbB7cEAU-k/Asnida Riani)

Pantai Merak Belantung

Salah satu pesisir di wilayah Kalianda, Lampung Selatan, ini selalu jadi favorit wisatawan, terutama mereka yang membawa anak. Wajar saja, lantaran destinasi dengan bibir pantai cukup lantai ini sangat cocok dijadikan tempat untuk berenang dan bersantai.

Keseruannya ditunjang dengan ragam pilihan akomodasi yag berada tak jauh dari Pantai Merak Belantung. Kelengkapan ini membuat kawasan tersebut jadi destinasi favorit akhir pekan tak sedikit keluarga,

Pantai Teluk Nipah

Setidaknya ada tiga pantai di wilayah Teluk Nipah, yakni Pantai Sudul, Pantai Teluk Nipah, dan Pantai Marina. Ciri khas pesisir di sini adalah batu-batu besar yang menjorok ke laut. Ombaknya juga terbilang tenang dengan pemandangan menawan berupa tebing-tebing tinggi, serta pepohonan nipah yang rindang.

Dengan letaknya yang belum familiar bagi kebanyakan pelancong, Pantai Teluk Nipah disebut surga tersembunyinya Lampung Selatan. Cocok bagi Anda yang mendambakan ketenangan dan lepas dari aktivitas sehari-hari yang padat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Seventeen Band Rasakan Duka Mendalam, Kehilangan Personel Akibat Tsunami Anyer

Posted: 23 Dec 2018 09:08 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Keluarga besar band Seventeen memberikan keterangan rilis saat tsunami Anyer menerjang pada 22 Desember 2018. Keterlibatan Seventeen saat mengisi acara gathering perusahaan PLN di Tanjung Lesung.

Sekitar pukul 21.30 WIB, air pasang rupanya menyapu bersih panggung, yang letaknya di bibir pantai, sangat berdekatan dengan laut. Kejadian berlangsung saat lagu kedua Seventeen menghibur penonton. Air pasang naik ke permukaan dan menyeret seluruh orang yang ada di lokasi.

Sayangnya, saat arus gelombang air pasang surut, tak semua anggota band Seventeen bisa menyelamatkan diri dan hilang.

"Sebagian lain, ada yang tidak menemukan tempat berpegangan. Posisi panggung tepat membelakangi laut. Saat ini, korban terpencar di klinik-klinik dalam radius 2-3 km dari lokasi kejadian," kata perwakilan keluarga besar band Seventeen, Yulia Dian dalam keterangan rilisnya, Minggu (23/12/2018).

Akibat terjangan tsunami Anyer, pemain bass band Seventeen, M Awal Purbani, yang biasa disapa Bani juga Road Manajer, Oki Wijaya mengembuskan napas terakhirnya.

Personel Seventeen menjadi korban tsunami Anyer yang terjadi pada Sabtu (22/12/2018) malam. Selain Bani Seventeen, sang gitaris Herman Sikumbang pun menjadi salah satu korban tewas akibat tsunami Anyer.

Hal itu pun membuat istri Herman Seventeen, Uli, begitu terpukul. Hal itu diungkapkan sang manajer, Tanti, saat memberi keterangan perihal tsunami Anyer di kawasan Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (23/12/2018).

"Baru dapat kabar dari manajemen sudah ditemukan (jenazah Herman). Dan kita sudah ada permohonan dari keluarga untuk disemayamkan di Ternate. Jadi dari Tanjung Lesung mungkin dimandikan di rumah sakit sana, langsung disemayamkan di sini dulu. Dibawa ke sini sudah dalam kondisi bersih," ujar Tanti mewakili Uli di tempat yang sama.

Panggung Seventeen Hanya Berjarak 3 Meter dari Pantai Saat Tsunami Anyer Melanda

Petugas SAR mengevakuasi jenasah korban gelombang Tsunami Anyer di Tanjung Lesung Beach Resort, Pandeglang, Banten (23/12). Lokasi Tanjung Lesung  merupakan kegiatan rombongan pegawai PLN dan keluarga saat family gathering. (merdeka.com/Arie Basuki)

Tsunami Anyer menerjang panggung band Seventeen yang sedang pentas di kawasan Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten. Mereka tampil untuk memeriahkan acara gathering PLN. Saat tampil sekitar pukul 21.30 WIB, tsunami mendadak muncul dan menerjang panggung.

"Panggung Seventeen itu jaraknya tiga sampai empat meter dari pantai," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di Kantor BPBD DIY, Jalan Kenari, Minggu (23/12/2018).

Seventeen tampil di acara yang dihadiri sekitar 260 pengunjung. Semua yang hadir di acara itu tidak mengetahui ketika tsunami datang di tengah acara mereka.

"Tiba-tiba terjadi tsunami di balik panggung tanpa ada peringatan dan dari 260 orang dari PLN, 157 orang selamat, 14 orang meninggal dunia dan 89 orang belum ditemukan," kata Sutopo.

Dia mengatakan, saat ini semua pihak terkait sedang menjalankan siaga darurat. Semua elemen sedang membantu korban tsunami.

"PLN juga bekerja, ada 142 gardu berhasil dinyalakan, 108 masih padam," ujar Sutopo.

Bani Seventeen Sempat Pamit pada Ibunya, Sebelum Meninggal Diterjang Tsunami Anyer

(Instagram/Baniseventeen)

Sebelum meninggal dunia karena tsunami Anyer, musikus bernama asli M Awal Purbani ternyata sempat berpamitan kepada ibunya untuk pergi manggung ke Banten.

Bahkan dua hari sebelum pergi, ia sempat memberitahukan kepada orangtuanya yang berdomisili di Yogyakarta, bahwa doa akan mengisi acara musik di sana.

"Terakhir komunikasi, Bani itu sama ibunya, istri saya. Dua hari sebelum berangkat ke sana (Anyer). Sebelum berangkat dia kayak biasa pamit dia mau pergi, tapi enggak sama istrinya," ujar Fajar, ayah Bani, saat telewicara dengan TvOne, Minggu (23/12/2018) malam.

Bani juga menyampaikan kepada ibunya, ia akan langsung pulang ke Yogyakarta selesai manggung. Namun ternyata, saat manggung tsunami Anyer menerjang para personel Seventen dan merenggut nyawa Bani.

"Katanya mau ke Jawa Barat, nanti tanggal 22 Desember akan langsung pulang setelah manggung. Dia bilang begitu ke ibunya," ucap Fajar.

Fajar mengaku sedih tidak melihat anaknya saat berpamitan untuk manggung. Ia tak melihat terakhir kalinya saat Bani masih hidup.

"Pas Bani pamit, saya di kantor. Jadi enggak melihat langsung Mas Bani," kata Fajar.

Keyboardist Seventeen Hampir Kehabisan Napas Saat Tsunami Anyer Menerjang

Tak hanya Ifan, pemain keyboard band Seventeen, Zack, juga selamat. Melalui akun Instagramnya, additional player Seventeen ini pun menuliskan bagaimana dirinya bisa selamat saat tsunami Anyer menghancurkan panggung dan menyeretnya ke laut.

"Di dalam air cuman bisa berdoa "Tuhan Yesus Toloong!!" Detik2 terakhir nafas hampir habis.. Tiba2 megang besi bekas panggung roboh..," tulis Zack dalam Instagram story-nya, Minggu (23/12/2018) sore.

Karena terjangan tsunami tersebut sepatu yang ia kenakan hilang. Namun ada satu yang masih tersisa yaitu sepatu sebelah kanannya.

"Sisa satu sepatu saksi hidup gw kegulung ombak tsunami di Tanjung Lesung," tambah Zack.

Tak lupa ia meminta doa buat para personel band Seventeen dan juga para kru, agar selamat dari bencana tsunami Anyer.

"Mohon doanya teman2..anak2 Seventeen Bani, andi,herman, ujang belum ketemu sampai sekarang," tulisnya.

Ifan Seventeen Cari Istri yang Hilang Usai Tsunami Anyer

(Herman Zakharia/Liputan6.com)

Ifan Seventeen menjadi salah satu korban selamat dari sapuan tsunami Anyer. Sebelumnya Ifan yang sempat terombang-ambing dalam gulungan tsunami Anyer yang meratakan panggung konsernya pada Sabtu (22/12/2018) malam.

Meski selamat, namun Ifan Seventeen tetap dirundung kesedihan. Pasalnya dua personel Seventeen, Bani dan Herman, ditemukan sebagai korban tewas tsunami Anyer.

Ditambah lagi, istri Ifan, Dylan Sahara, juga masih belum ditemukan. Dylan diketahui berada di area backstage ketika Ifan cs sedang naik panggung.

Dua hari sejak musibah yang merenggut ratusan korban jiwa itu, Ifan Seventeen, pun mengurai kerinduan. Beberapa waktu lalu, beredar kabar ditemukannya Dylan di sebuah klinik. Namun informasi itu ternyata cuma hoaks.

"Pulanglah sayang. aku kangeeeen banget :'(" tulis Ifan Seventeen dikutip Liputan6.com, Senin (24/12/2018).

Tidak jelasnya keberadaan sang istri membuat Ifan Seventeen ikut bergerak. Dalam unggahan berikutnya, pelantun lagu "Jaga Slalu Hatimu" ini merekam video tengah berada di sebuah mobil. Tampaknya ia mengikuti beberapa petugas untuk mencari keberadaan Dylan Sahara.

"Aku masih di sini, ga kemana2, aku jemput kamu, kita pulang sama2 sayang ya, tunggu ya @dylan_sahara bismillah."

Jenazah Herman Seventeen Diterbangkan ke Ternate Dini Hari

Istri gitaris grup band Seventeen Herman Sikumbang, Juliana Muhtar menangis saat menerima kedatangan jenazah suami di rumah duka di Pancoran, Jakarta, Senin (24/12). Herman menjadi korban tsunami Anyer. (Kapanlagi.com/Bayu Herdianto)

Sebelumnya, jasad Herman Seventeen, sempat dinyatakan hilang sesaat setelah diterjang tsunami Anyer Minggu pagi. Setelah melalui pencarian, gitaris Seventeen itu ditemukan tak bernyawa.

Dan saat ini, jenazah Herman Seventeen sedang dalam perjalanan ke rumah duka di kawasan Kalibata, Jakarta Selatan, dari kawasan Banten.

Malam tadi, di kediaman Herman Seventeen digelar tahlil dan doa untuknya yang telah mengembuskan napas terakhirnya setelah terkena tsunami Anyer.

Rupanya, selain sebagai musikus, Herman Seventeen juga merupakan kader dari NU dan PKB. Ini diketahui dari undangan tahlilan untuk Herman yang disebar di pesan singkat Whatsapp.

"Mengundang Bapak/Ibu dalam acara Tahlil dan Doa untuk sahabat Herman Sikumbang (Gitaris Seventeen), Kader NU dan PKB yang akan disemayamkan di rumah Komplek Perumahan DPR RI Kalibata, pada :

Hari ini Minggu, 23 Desember 2018Waktu : Pkl. 19.00 WIB - selesai Tempat : Komplek Perumahan DPR RI Blok A4-49 Kalibata Jakarta Selatan.

Usai menggelar doa, jenazah Herman Seventeen akan diterbangkan ke Ternate, kampung halamannya. Ia akan disemayamkan di sana.

"Selanjutnya akan di berangkatkan ke Ternate Maluku Utara jam 01.30 Garuda tgl 24 Desember 2018 dan dimakamkan di Ternate," tambahnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Terjangan Tsunami Luluh Lantakkan Sumur Ujung Kulon

Posted: 23 Dec 2018 09:04 PM PST

Warga mencari sisa harta benda usai tsunami menerjang Kampung Sumur, Ujung Kulon, Banten, Selasa (24/12). Puluhan orang tewas saat tsunami menerjang kampung ini. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Warga mencari sisa harta benda usai tsunami menerjang Kampung Sumur, Ujung Kulon, Banten, Selasa (24/12). Puluhan orang tewas saat tsunami menerjang kampung ini. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Warga mencari sisa harta benda usai tsunami menerjang Kampung Sumur, Ujung Kulon, Banten, Selasa (24/12). Kampung Sumur merupakan sebuah permukiman di pinggir laut di Kecamatan Sumur, Ujung Kulon, Banten. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Warga mencari sisa harta benda usai tsunami menerjang Kampung Sumur, Ujung Kulon, Banten, Selasa (24/12). Kampung Sumur merupakan sebuah permukiman di pinggir laut di Kecamatan Sumur, Ujung Kulon, Banten. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Warga mencari sisa harta benda usai tsunami menerjang Kampung Sumur, Ujung Kulon, Banten, Selasa (24/12). Gelombang tsunami menerjang daratan dan merusak sejumlah bangunan. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Warga mencari sisa harta benda usai tsunami menerjang Kampung Sumur, Ujung Kulon, Banten, Selasa (24/12). Gelombang tsunami menerjang daratan dan merusak sejumlah bangunan. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Warga mengumpulkan sisa harta benda usai tsunami menerjang Kampung Sumur, Ujung Kulon, Banten, Selasa (24/12). Menurut saksi, gelombang tsunami yang menerjang Kampung Sumur terjadi sebanyak tiga kali. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Warga mengumpulkan sisa harta benda usai tsunami menerjang Kampung Sumur, Ujung Kulon, Banten, Selasa (24/12). Menurut saksi, gelombang tsunami yang menerjang Kampung Sumur terjadi sebanyak tiga kali. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Warga mencari sisa harta benda usai tsunami menerjang Kampung Sumur, Ujung Kulon, Banten, Selasa (24/12). Situasi Kampung Sumur gelap gulita karena listrik mati saat tsunami menerjang. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Warga mencari sisa harta benda usai tsunami menerjang Kampung Sumur, Ujung Kulon, Banten, Selasa (24/12). Situasi Kampung Sumur gelap gulita karena listrik mati saat tsunami menerjang. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Warga mencari sisa harta benda usai tsunami menerjang Kampung Sumur, Ujung Kulon, Banten, Selasa (24/12). Situasi Kampung Sumur saat tsunami benar-benar panik dan mencekam. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Warga mencari sisa harta benda usai tsunami menerjang Kampung Sumur, Ujung Kulon, Banten, Selasa (24/12). Situasi Kampung Sumur saat tsunami benar-benar panik dan mencekam. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Warga mencari sisa harta benda usai tsunami menerjang Kampung Sumur, Ujung Kulon, Banten, Selasa (24/12). Saat tsunami, warga berteriak di tengah kegelapan dan sibuk menyelamatkan diri masing-masing. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Warga mencari sisa harta benda usai tsunami menerjang Kampung Sumur, Ujung Kulon, Banten, Selasa (24/12). Saat tsunami, warga berteriak di tengah kegelapan dan sibuk menyelamatkan diri masing-masing. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Alat berat melakukan proses evakuasi usai tsunami menerjang Kampung Sumur, Ujung Kulon, Banten, Selasa (24/12). Warga Kampung Sumur berlari menyelamatkan diri ke bukit saat tsunami menerjang. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Alat berat melakukan proses evakuasi usai tsunami menerjang Kampung Sumur, Ujung Kulon, Banten, Selasa (24/12). Warga Kampung Sumur berlari menyelamatkan diri ke bukit saat tsunami menerjang. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Alat berat melakukan proses evakuasi usai tsunami menerjang Kampung Sumur, Ujung Kulon, Banten, Selasa (24/12). Menurut data Kecamatan Sumur, 35 orang meninggal dunia akibat tsunami di wilayah tersebut. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Alat berat melakukan proses evakuasi usai tsunami menerjang Kampung Sumur, Ujung Kulon, Banten, Selasa (24/12). Menurut data Kecamatan Sumur, 35 orang meninggal dunia akibat tsunami di wilayah tersebut. (Merdeka.com/Arie Basuki)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

iPad Pro Bengkok, Apple Sebut Masih Sesuai Standar Kualitas

Posted: 23 Dec 2018 09:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - VP of Hardware Engineering Apple, Dan Riccio, menanggapi keluhan konsumen karena mendapatkan unit iPad Pro yang sedikit bengkok.

Melalui sebuah email, Riccio, menanggapi keluhan tersebut dengan mengatakan bahwa desain unibody iPad Pro sudah memenuhi semua standar kualitas tinggi Apple.

"Sehubungan dengan masalah Anda rujuk tentang iPad Pro baru, desain unibody-nya telah memenuhi atau melampaui standar kualitas tinggi dan presisi produksi Apple. Kami telah membuatnya dengan hati-hati dan setiap bagian dari proses manufaktur diukur dan dikontrol dengan tepat," jelas Riccio, seperti dikutip dari Phone Arena, Senin (24/12/2018).

"Spesifikasi kami saat ini untuk flatness (terkait ukuran datar) mencapai 400 microns, yang bahkan lebih ketat daripada generasi sebelumnya. Level flatness ini tidak akan berubah selama penggunaan normal produk dan tidak akan memengaruhi fungsi perangkat dengan cara apa pun," sambungnya.

Sebagai gambaran, 400 microns yang dimaksud Riccio memiliki ukuran kurang dari setengah milimeter.

Lebih lanjut, ini bukan kali pertama Apple merespons isu iPad Pro bengkok. Sebelumnya, Apple mengaku mengetahui masalah ini, tapi menurut perusahaan, bengkok tersebut adalah efek samping dari proses manufaktur dan tidak akan memburuk seiring waktu.

Selain itu, bagian bodi iPad Pro yang bengkok itu juga dipastikan tidak akan memengaruhi performa.

Apple Ungkap Tiga Varian Baru iPad Pro, Ini Spesifikasinya

iPad Pro 2018. (Doc: Apple)

Apple mengumumkan varian terbaru iPad Pro dalam sebuah acara di Brooklyn, Amerika Serikat, Selasa (30/10/2018) waktu setempat. Tablet premium ini hadir dengan tiga varian ukuran layar, yakni 11 inci, 12,9 inci, dan 10,5 inci.

Sesuai dengan berbagai bocoran informasi, iPad Pro terbaru memiliki bezel layar lebih ramping dibandingkan seri sebelumnya. Hal ini dapat terwujud karena Apple menghilangkan tombol Home. Sebagai gantinya, perusahaan menambahkan fitur Face ID dan port USB-C.

Selain itu, Apple juga menyertakan teknologi layar LCD Liquid Retina serupa dengan iPhone XR. Ketiga varian iPad Pro juga memiliki tepian magnet yang dapat digunakan untuk menyimpan Apple Pencil.

Harga iPad Pro

iPad Pro 2018. (Doc: Apple)

Sebagai perangkat premium, tentunya iPad Pro dijual dengan harga yang cukup mahal. Tablet ini sudah dijual di pasaran mulai 7 November 2018.

Untuk harganya, iPad Pro varian layar 11 inci dibanderol US$ 799 dan 12,9 inci dengan US$ 999. Sementara varian 10,5 inci dijual seharga US$ 649.

(Din)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Puncak Angkutan Natal dan Tahun Baru KAI Purwokerto

Posted: 23 Dec 2018 09:02 PM PST

Liputan6.com, Purwokerto - Menjelang perayaan Natal, jumlah penumpang kereta api di wilayah PT Kereta Api Indonesia (KAI) Derah Operasi (Daop) 5 Purwokerto naik signifikan dibanding hari biasa dan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Hingga hari ketiga masa angkutan Natal dan tahun baru atau nataru 2019 secara kumulatif jumlah penumpang hingga Sabtu, 22 Desember 2018 atau hari ketiga nataru, naik sebesar 17,3 persen dibanding periode yang sama di tahun sebelumnya.

Tercatat sebanyak 40.799 penumpang yang naik dan turun di wilayah Daop 5. Sementara, pada periode yang sama tahun 2017, jumah penumpang hanya 34.779 orang.

Penumpang yang naik di stasiun wilayah Daop 5 Purwokerto pun naik signifikan dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Pada tahun 2017, jumlah penumpang naik tercatat 13.437 orang. Tahun ini, meningkat menjadi 15.170 pada hari ketiga natal dan tahun baru.

"Dari tanggal 20 Desember itu 12.200 an, kemudian tanggal 13.300-an hampir 13.400, tanggal 22 itu 15.170 orang," kata Manajer Humas KAI Daop 5 Purwokerto, Supriyanto, Minggu, 23 Desember 2018.

Dia mengemukakan, jumlah penumpang naik terus mengalami peningkatan mendekati Natal. Minggu, 23 Desember 2018, diperkirakan adalah puncak jumlah penumpang naik kereta api di wilayah Daop 5 Purwokerto, dengan jumlah sekitar 16 ribu lebih penumpang.

"Naik sekitar 12 persen dibanding tahun sebelumnya," dia menerangkan.

Tak hanya penumpang naik, jumlah penumpang yang turun di wilayah Daop 5 Purwokerto juga meningkat dibanding periode yang sama tahun lalu. Bahkan, sementara ini jumlahnya lebih banyak dari penumpang yang naik kereta api dari wilayah ini.

Pada 20 Desember 2018 atau hari pertama Nataru, jumlah penumpang turun sebanyak 13.166 orang. Kemudian di hari kedua, 21 Desember 2018, naik menjadi 15.893 orang dan kembali naik pada hari ketiga nataru, 22 Desember 2018, sebanyak 16.771 orang.

Dia pun mengakui, jika dibandingkan jumlah penumpang kereta api yang turun dengan yang naik di wilayah Daop 5 masih banyak penumpang yang turun. Beda angkanya kisaran 1.000 orang.

 

Puncak Angkutan Natal dan Tahun Baru

Suasana Stasiun Besar Purwokerto pada masa Nataru. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Namun, hal itu tak bisa disebut bahwa pada masa angkutan Natal dan tahun baru ini ada arus mudik dan balik. Pasalnya, perayaan Natal dan tahun baru berbeda dari masa angkutan lebaran yang mengenal arus mudik dan balik.

Sebab, pada masa angkutan Natal dan tahun baru, jumlah penumpang yang naik dan turun tak berbeda signifikan, sejak sebelum Natal maupun setelah Natal.

Hal itu berbeda dengan angkutan lebaran yang mengenal arus mudik dan balik, dengan jumlah penumpang naik dan turun yang jauh berbeda antara sebelum lebaran dan setelah lebaran.

"Ya memang berbeda dari lebaran yang jelas ke arah timur saat mudik dan mayoritas ke barat saat arus balik," dia menerangkan.

Puncak jumlah penumpang kereta api diperkirakan akan terjadi pada 1 Januari 2018. Peningkatan disebabkan berakhirnya libur panjang akhir tahun.

Dia pun menjamin, KAI Daop 5 telah menyiapkan segala sesuatu untuk mengantisipasi lonjakan penumpang. Pada masa angkutan Natal dan tahun baru 2019 ini, PT KAI Daop 5 Purwokerto menyiapkan sebanyak delapan kereta tambahan.

Selain itu di wilayah KAI Daop 5 Purwokerto juga ada sebanyak 18 KA tambahan pemberangkatan Daop lain yang melintas baik dari arah barat dan timur wilayah Daop 5 Purwokerto.

PT KAI juga menyiagakan alat material untuk siaga (AMUS) di 20 titik wilayahnya. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi kerusakan jalur menjelang masa angkutan Natal dan Tahun Baru 2019 ini.

"Jalur KA sendiri kita juga menempatkan petugas tambahan di beberapa titik untuk melakukan penjagaan. Terutama di daerah-daerah rawan, kurang lebih ada lima titik," dia mengungkapkan.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bonucci Bangga Cetak Sejarah Bersama Juventus

Posted: 23 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Turin - Leonardo Bonucci telah mencatatkan lebih dari 300 penampilan bersama Juventus. Ia pun mendonasikan jersey spesial ke-300 kepada musim klub.

"Ini hari yang emosial dan itu membuat bangga dengan apa yang telah kita bangun selama beberapa tahun ini," kata Bonucci seperti dilansir Football Italia.

Bonucci bergabung bersama Juventus pada musim 2010/11. Tak butuh waktu lama baginya untuk menempati satu posisi di tim utama Bianconeri -julukan Juventus.

Alhasil, dalam waktu tujuh musim, Bonucci telah mencatatkan 319 penampilan. Ia sempat menyeberang ke AC Milan di musim lalu sebelum akhrinya kembali ke Juventus.

Di musim ini, Bonucci telah membuat 21 penampilan dan mencetak satu gol. Total, Bonucci telah bermain 340 kali bagi Juventus.

"Hanya ada sedikit pemain beruntung yang mendapat keistimewaan menjadi bagian dari warna hitam putih klub ini. Saya beruntung karena setelah semusim pergi, saya berada di sini lagi untuk tetap tumbuh dan menang dengan jersey ini," kata Bonucci.

 

Terima Kasih

Bek Juventus, Leonardo Bonucci (AFP/ Marco Bertorello)

Bonucci menambahkan, bisa memberikan jersey ke museum Juventus adalah sebuah kebanggaan. Ia pun berterima kasih kepada semua pihak yang telah memercayakannya satu tempat di tim utama.

"Terima kasih kepada mereka yang telah percaya kepada saya. Dari hari ini, kita bahkan lebih bersatu untuk pertarungan hebat yang akan membawa kita mencapai tujuan yang besar," ujar Bonucci.

Kontribusi Bonucci di musim ini telah sukses membuat Juventus bertengger di puncak klasemen Liga Italia. Ia pun berpeluang menambah koleksi trofinya bersama Juventus menjadi 13 dari semula 12 (6 Liga Italia, 3 Coppa Italia, 3 Piala Super Italia).

Klasemen Liga Italia

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Kebaikan yang Menyertai Anak Sejak Dilahirkan

Posted: 23 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tahukah Anda bila seorang anak terlahir dengan sederet kebaikan yang menyertainya? Seperti dituturkan Mommy Chriesty Anggraeni dari Babyologist berikut ini.

Anak terlahir bagaikan kertas kosong. Seringkah Moms mendengar kalimat tersebut? Tentu sering sekali kita mendengar pernyataan di atas yang menandakan anak terlahir bersih, putih dan apa yang menjadikannya saat ini adalah hasil buah dari goresan tangan orang tua dan lingkungan sekitar yang membentuknya.

Pernyataan di atas tidak sepenuhnya keliru. Namun, tahukah Moms jika anak terlahir dengan membawa sifat-sifat baik?

Sang Pencipta sudah melengkapi anak ketika lahir dengan kebaikannya seperti berikut ini:

1. Keimanan

Sejak anak lahir ke dunia, pengasuhan orang tua dalam hal keagamaan memberikan dampak besar baginya. Yang harus orang tua lakukan adalah selalu mengajak anak mencintai Penciptanya. Sehingga ketika ia sudah wajib melakukan ibadah, semua ia lakukan karena kecintaannya kepada sang Pencipta.

2. Bertahan hidup

Proses pertama kali ketika bayi lahir adalah melakukan Inisiasi Menyusu Dini, suatu hal yang menunjukkan upaya anak mempertahankan hidupnya dengan mencari sumber makanannya.

3. Belajar Sampai Mahir

Lihatlah anak kecil yang tengah memulai langkahnya, ia tak pernah menyerah mencoba berjalan walau tertatih lalu terjatuh. Namun ia pantang menyerah. Kebaikan ini terkadang rusak ketika orang tua tanpa sadar menakuti anak pada hal yang sulit menurut pandangan orang tua. Padahal keinginan belajar anak sangatlah kuat.

4. Kasih sayang

Anak mana yang tiba-tiba tahu berteriak tanpa ada yang memberinya contoh? Anak terlahir penuh kasih dan sayang, tentu ia sangat senang ketika ibunya membelainya. Namun terkadang kebaikan ini rusak ketika tanpa sengaja anak sering menerima bentakan atau perlakuan kasar. Apa yang ia lihat menjadi cermin baginya.

5. Berinteraksi

Tak ada anak yang suka sendiri. Walaupun ia masih bayi, keinginannya pasti adalah selalu ditemani. Menjelang balita, ia semakin senang ketika orang tua selalu mendampinginya bermain. Mereka menyukai jika selalu ada orang yang mengajaknya melakukan interaksi sosial.

6. Seksualitas

Anak perempuan yang lahir akan membawa sifat-sifat keperempuanannya, begitu pun dengan laki-laki. Ia akan membawa gen laki-lakinya dalam menjalani hidupnya. Itulah sebabnya kita perlu menjaga hal ini, supaya fitrah seksualitasnya sesuai. Contohnya dengan memberikan mainan yang cocok untuk anak sesuai dengan jenis kelaminnya.

7. Tanggung jawab

Lihatlah anak-anak kita yang mudah sekali mengakui kesalahannya. Misalnya ia tanpa sengaja memecahkan gelas, kemudian ia mengakuinya dengan ringan dan tanpa beban. Ia pun akan membantu kita merapikan dengan hati yang ikhlas. Namun, kebaikan ini didukung bagaimana respons kita ketika mereka berkata jujur. Jika kita marah saat ia memecahkan gelas, mungkin ia akan takut berkata jujur di kemudian hari karena persepsi yang sudah kita buat.

Semua kembali kepada kita Moms, terkadang tanpa sadar kebaikan-kebaikan si Kecil sejak lahir, kita sendiri yang merusaknya. Bagaimana kita menyikapi apa yang si Kecil lakukan, menentukan bagaimana sikapnya selanjutnya. Tentu semua berproses, pengelolaan emosi orang tua menjadi kuncinya.

Tak ada yang sulit jika kita mau mengupayakannya. Besar harapan kita menjadikan anak-anak manis yang tinggi budi pekertinya.

 

Semoga bermanfaat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pilih Satu Mandala Favorit, Jawabannya Ungkap Prioritasmu dalam Hidup

Posted: 23 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang memiliki tujuan hidup yang berbeda. Ada yang lebih fokus dengan karier, cinta, maupun pendidikan. Nah, tes berikut ini bisa membantumu mengetahui apa fokus dan tujuanmu dalam hidup. Penasaran seperti apa?

Hal yang perlu kamu lakukan hanyalah memilih salah satu dari tiga mandala di atas. Nantinya pilihanmu bisa mengungkap apa yang lebih kamu prioritaskan dalam hidup. Ketahui jawabannya berikut ini, seperti melansir dari Bright Side, Senin (24/12/2018).

1. Gambar nomor satu

 

(Foto: brightside.me)

Apakah gambar nomor satu yang kamu pilih? Berarti kamu diarahkan menuju karir dan kesuksesan. Kamu juga memiliki tujuan tertentu dan tahu bagaimana cara mencapainya. Jadi, saat kamu memiliki impian dalam hidup, kamu akan berusaha untuk bisa menggapainya. Selain itu, kamu individu yang sangat meyakini bahwa penting untuk memiliki status yang baik di masyarakat.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2. Gambar nomor dua

(Foto: brightside.me)

Prioritasmu dalam hidup adalah cinta. Kamu lebih fokus pada orang-orang terdekatmu, seperti keluarga dan teman. Tak heran jika dirimu lebih peduli dengan orang-orang yang kamu sayangi, dibandingkan dengan dirimu sendiri.

Orang-orang sepertimu sangat dihormati di masyarakat, karena kemampuanmu menemukan solusi berbeda dalam sebuah masalah yang tak terpikirkan orang lain.

3. Gambar nomor tiga

(Foto: brightside.me)

Jika kamu memilih nomor tiga, berarti kamu sangat fokus pada pengembangan diri. Ini bisa melibatkan penampilan dan jiwa saat bersamaan.

Kamu tak mempedulikan apa yang dikatakan orang lain tentangmu. Kamu tipe individu yang mendengarkan intuisimu dan mengikuti apa kata hatimu.

Nah, sekarang sudah tahu apa prioritasmu dalam hidup?

(Ul)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mobil Terendam Air Laut atau Kena Tsunami, Begini Pertolongan Pertamanya

Posted: 23 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bencana tsunami yang menerjang wilayah pantai di Selat Sunda, Sabtu (24/12/2108) mengakibatkan ratusan korban meninggal dunia dan kerusakaan material yang cukup besar.

Bahkan kerusakan pada kendaraan bermotor juga tak kalah hebat pasca arus air laut yang tiba-tiba meluap hingga daratan.

Bicara soal imbas kendaraan yang terendam air laut atau tsunami, Customer First Advisor PT Toyota-Astra Motor (TAM) Dadi Hendriadi angkat bicara. Menurutnya, ada langkah pertama yang harus dilakukan jika kendaraan terendam air laut atau tsunami.

"Tidak dinyalakan mesinnya. Jadi ada baiknya diderek (menuju bengkel). Jika memang airnya tidak mengenai mesin enggak apa-apa. Tapi khawatirnya kena," ungkap Dadi saat berbincang dengan Liputan6.com, Senin (24/12/2018).

Dadi juga menyatakan, kekhawatiran akibat terkena air laut yaitu masuk ke bagian komponen diatur melalui computer. Selain itu, jika air merendam kelistrikan, hal itu juga bisa berisiko cukup tinggi.

"Jika sudah diderek baiknya disemprot luar-dalam secara total untuk dibersihkan," ucap Dadi.

Dia juga menyatakan, jika memang air laut atau air apapun masuk ke dalam mobil, maka khususnya bagian dalam atau interior harus dibongkar, dan dibersihkan mulai dari karpet, jok dan lainnya.

"Apalagi ini air laut yang asin dan lebih cepat menimbulkan karat," tutupnya.

Kendaraan Korban Tsunami Anyer Bisa Diasuransikan, Asal..

 

Sementara itu, akibat bencana tsunami kendaraan bermotor ternyata masih bisa diasuransikan. Bahkan menurut Head of Communication and Event Asuransi Astra, Iwan Pranoto, semua aset pada dasarnya bisa diasuransikan, termasuk kendaraan.

"Lebih tepatnya, aset yang terkena dampak bencana bisa diganti dan di-cover oleh asuransi, tapi pastikan asuransinya ada jaminan terhadap risiko gempa bumi dan lain-lain," ucap Iwan kepada Liputan6.com.

"Karena risiko karena act of god. Kalau di polis standar, termasuk yang dikecualikan alias no coverage, supaya bisa di-cover tertanggung harus pastikan polisnya ada jaminan tersebut. Kalau enggak ada bisa minta perluasan," ucap Iwan.

Artinya, agar aset mobil atau motor Anda aman jika terjadi hal yang tak seperti terkena bencana alam. Maka Anda tak hanya meng-cover mobil atau motor dengan asuransi Total Loss Only (TLO) atau komprehensif.

Sebaliknya, Anda perlu melakukan perluasan jaminan polisi, yang biasanya dapat juga mengkaver kerusuhan, huru-hara, hingga bencana alam lainnya, termasuk gempa bumi dan tsunami.

Berdasarkan situs resmi Asuransi Astra, jenis asuransi bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Saat ini ada dua jenis asuransi yang bisa Anda pilih untuk dipakai, yaitu:

1. Total Loss Only (TLO)

Secara definisi Total Loss Only (TLO) artinya "hanya kehilangan total". Dalam asuransi mobil, yang dimaksud dengan kehilangan total adalah biaya perbaikan untuk kerugian yang terjadi nilainya lebih dari 75 persen dari harga kendaraan sesaat sebelum kerugian, serta menjamin kerugian apabila kendaraan hilang dicuri.

2. Comprehensive

Comprehensive dapat diartikan keseluruhan risiko. Ini berarti perusahaan asuransi akan membayar klaim untuk semua jenis kerusakan, mulai dari yang ringan, rusak berat, hingga kehilangan.

Agar perlindungan terhadap mobil lebih optimal, Anda bisa menambahkan perluasan jaminan dalam polis asuransi Anda.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Libur Natal, 248.864 Kendaraan Tinggalkan Jakarta via Tol Cikampek

Posted: 23 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Jasa Marga (Persero) Tbk melaporkan telah terjadi peningkatan 44 persen kendaraan yang meninggalkan Jakarta melalui Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama di Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada H-2 Natal 2018, Minggu 23 Desember 2018.

Menurut laporan yang diberikan, peningkatan jumlah kendaraan itu terhitung sebanyak 76.824 unit kendaraan, sementara lalu lintas harian normal adalah 53.220 unit kendaraan.

Dari data tersebut, distribusi lalu lintas dari GT Cikarang Utama ke jalur utara via GT Palimanan dan GT Cikampek yakni sebesar 55,2 persen.

Sedangkan untuk kendaraan yang menuju jalur selatan via GT Sadang dan GT Cileunyi adalah sebesar 44,8 persen.

Berdasarkan perhitungan arus mudik Natal selama 3 hari, yakni 21-23 Desember 2018, total terdapat sebanyak 248.864 unit kendaraan yang melintasi GT Cikarang Utama.

Angka tersebut meningkat sekitar 45,73 persen dari lalu lintas harian normal di pintu tol tersebut, yakni sebesar 170.768 unit kendaraan.

Sementara itu, Jasa Marga juga memprediksi, bakal ada sekitar 59.362 unit kendaraan yang masih akan meninggalkan Jakarta melalui GT Cikarang Utama pada hari ini, Senin (24/12/2018), atau meningkat sekitar 4 persen dari volume lalu lintas normal.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Firasat Istri Sebelum Herman Seventeen Meninggal Dunia Akibat Tsunami Anyer

Posted: 23 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Herman Seventeen, ditemukan tak bernyawa setelah sempat menghilang usai diterjang tsunami Anyer, Sabtu (22/12/2018). Mendapat kabar duka, sang istri, Juliana Moechtar, syok.

Rupanya, istri Herman Seventeen sudah memiliki firasat sebelum sang suami terkena tsunami Anyer. Sejak keberangkatannya ke Tanjung Lesung, Uli, sapaan Juliana, melihat hal yang berbeda.

Tetapi dirinya tak mengacuhkannya. Sampai dirinya mendapat kabar dari Ivan Govinda sang suami menjadi korban tsunami Anyer.

"Semalem pas saya lagi nyetir di acara ultah temen saya di Senayan, setengah 2 mau pulang. Ivan govinda telepon saya, 'Uli lagi di mana?' 'Di jalan', 'Coba mobilnya berhetiin dulu', 'Ada apa?', 'Berhenti dulu, pinggirin, tenangin diri dulu', 'Ada apa?', 'Ada kabar dari Kak Herman enggak? Udah bisa dihubungin?' 'dihubungin apa ka', 'Ka Herman kena tsunami' 'Kakak bercanda?' kan biasa kita bercanda. 'Enggak', ditelepon udah enggak aktif, wa enggak bisa, saya telepon lagi Ivan Govinda, 'Ambil baju Kak Herman, Uli, kita ke Tanjung Lesung'," cerita Uli. 

Wangi

(instagram/hermanseventeen)

Uli baru teringat, saat Herman Seventeen hendak berangkat ke Tanjung Lesung, ada yang berbeda. Dia begitu wangi, dan berulang kali memeluk serta menciumnya dan anak.

"Pamitnya juga beda. Emang ini udah beda. Dipeluk, dicium. Ciuman tangan, cium biasa, ini berkali-kali dipeluk, dicium. Saya bercandain, 'Kok hari ini wangi?' Biasanya kan dia ngerokok atau apa. Ini habis mandi pamit. Saya bercandain, 'Wangi hari ini, enak dicium', dia kasih tangan buat dicium lagi," ungkap Uli.

 

Tak Video Call

(Instagram.com/hermanseventeen)

Selain itu, Uli mengingat tak melakukan video call dengan Herman. Hal itu tidak biasanya mereka lakukan. Dirinya hanya mengirim video anak-anak sedang makan, dan itu tak dibalas Herman.

"Pas udah berangkat enggak ada komunikasi, biasa aja udah, pas paginya videoin anak lagi makan, karena dia bilang pengin makan ke mcd. Dia enggak bales emang, entah tidur atau apa. Biasanya kita videocall, enggak tahu malem itu kenapa enggak videocall, cuma kirimin video," ujar Uli. (Akbar Prabowo Triyuwono/Kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Demi Kesehatan, Industri Makanan Jerman Siap Kurangi Kadar Gula hingga Lemak

Posted: 23 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Berlin - Kementerian Pertanian dan Pangan Jerman membuat kesepakatan dengan industri makanan agar makanan olahan jadi lebih sehat. Mulai 2025, kadar gula, garam dan kandungan lemak akan dikurangi sampai 20 persen.

"Industri makanan Jerman setuju untuk secara sukarela menurunkan jumlah gula, garam dan lemak dalam makanan olahan pada tahun 2025," kata Menteri Pertanian dan Pangan Julia Klöckner seperti dikutip dari DW, Senin (24/12/2018).

"Industri makanan untuk pertama kalinya berkomitmen dan akan tunduk pada pemeriksaan atas langkah-langkah yang mereka ambil untuk mengurangi gula, garam dan lemak dalam makanan olahan," katanya. "Itu belum pernah terjadi sebelumnya."

Berbicara di Berlin, Julia Klöckner memuji komitmen sukarela dari industri makanan. "Semua harus ikut terlibat dan semua pihak akan berkontribusi," kata Julia Klöckner setelah menandatangani kesepakatan itu.

Dia selanjutnya mengatakan, kesepakatan itu tidak hanya akan menghasilkan makanan yang lebih sehat, melainkan juga "persaingan positif" di kalangan industri.

Asosiasi Produsen Makanan Berbasis Gandum dan Tepung misalnya, turut berkomitmen mengurangi jumlah gula pada sereal anak-anak paling sedikit 20 persen. Sementara industri minuman non-alkohol juga berjanji mengurangi gula dalam minuman ringan sampai 15 persen, sedangkan industri susu mengatakan akan mengurangi gula sampai 10 persen di yoghurt anak-anak.

Produsen Makanan Beku Jerman akan mereduksi penggunaan garam di bawah 1,25 gam per 100 gram pizza, sedangkan industri roti berjanji memotong kadar garam pada beberapa produk roti.

Produsen makanan juga berkomitmen mengurangi kandungan lemak dalam penganan goreng. Untuk mengawasi langkah-langkah itu, Departemen Pertanian dan Pangan akan melakukan pengawasan secara berkesinambungan.

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Egy Maulana Vikri Jalani Debut Pertama di Polandia

Posted: 23 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Egy Maulana Vikri melakoni laga debut bersama Lechia Gdansk di kompetisi kasta tertinggi Polandia (Ekstraklasa).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Debut dengan Lechia Gdansk, Egy Maulana Vikri Pulang ke Indonesia

Posted: 23 Dec 2018 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pesepak bola muda Indonesia, Egy Maulana Vikri, pulang ke tanah air usai melakoni debut di kompetisi resmi Liga Polandia bersama Lechia Gdansk. Egy Maulana Vikri memilih berlibur di Indonesia.

Liga Polandia seperti kebanyakan kompetisi sepak bola Eropa lainnya meliburkan kompetisi untuk merayakan Natal dan Tahun Baru. Momen libur ini dimanfaatkan oleh Egy Maulana Vikri untuk berkumpul bersama keluarga.

Dalam akun media sosial Instagram Egy Maulana menunjukkan bahwa dia telah tiba di Jakarta. Pemain berusia 18 tahun itu memamerkan kedatangannya di Jakarta di Insta stories-nya, Senin (24/12/2018).

Egy Maulana Vikri tampil sebagai pemain pengganti saat Lechia Gdansk menang 4-0 atas Gornik Zabreze dalam lanjutan kompetisi Liga Polandia atau Ekstraklasa di Stadion PGE Arena Gdansk, Sabtu (22/12/18).

Dalam pertandingan itu, Egy Maulana masuk pada menit ke-82 untuk menggantikan Luka Haraslin. Saat itu, Lechia Gdansk sudah unggul 4-0 dan sang pelatih, Piotr Stokowiec memberi kesempatan kepada pemain asal Medan tersebut.

Pemain Pertama Indonesia

Pesepakbola muda Indonesia, Egy Maulana Vikri, telah jalani debut bersama Lechia Gdansk. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sebelumnya, Egy Maulana Vikri beberapa kali sempat duduk di bangku cadangan, tapi tidak diturunkan. Itu menjadi pertama kalinya dalam sejarah, pemain Indonesia tampil di kompetisi Eropa.

Kemengan tersebut semakin mengokohkan Lechia Gdansk di puncak klasemen sementara Ekstraklasa. Lechia Gdansk sejauh ini mengoleksi 42 poin dari 20 pertandingan.

Libur Sebulan

Laga Lechia Gdansk berikut baru akan digelar pada 9 Februari 2019 yakni melawan Pogon Szczecin. Artinya, kemungkinan lebih dari sebulan Egy Maulana mendapat libur.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

14 Makanan Khas Bali yang Halal Selain Ayam Betutu

Posted: 23 Dec 2018 08:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bali selama ini terkenal sebagai destinasi wisata favorit para wisatawan dalam dan luar negeri. Selain terkenal karena keindahan alam dan aneka ragam budayanya, makanan khas Bali juga sangat populer. Pulau Dewata menyimpan berbagai makanan khas Bali yang lezat. Di antaranya yang sangat populer adalah ayam betutu dan babi guling.

Bali memang terkenal dengan aneka kuliner babi. Hal ini yang kerap membuat khawatir traveler muslim dalam memilih makanan ketika berlibur ke Pulau Dewata. Namun, bukan berarti Pulau Bali tak memiliki makanan khas yang tidak mengandung babi. Padahal jika jeli, masih banyak makanan khas Bali yang halal lho. Selain ayam betutu, ada banyak ragam kuliner yang aman disantap traveler muslim.

Makanan khas Bali yang halal tersebut bahkan sangat lezat dan masuk dalam daftar kuliner wajib kamu cicipi saat liburan ke Bali. Nah, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (24/12/2018), 14 makanan khas Bali yang halal dan lezat selain ayam betutu.

Banyak makanan halal Bali yang wajib kamu coba

Nasi Campur Bali

1. Sate lilit

Sate lilit merupakan makanan khas Bali yang sangat populer. Tidak seperti sate-sate pada umumnya, sate lilit dibuat dengan cara melilitkan daging cincang pada batang daun serai. Dibalur dengan bumbuh rempah khas Bali, sate lilit menawarkan rasa yang tiada duanya. Daging yang digunakan bukan hanya daging ayam, bisa daging babi atau ikan tenggiri. Untuk kamu yang mencari makanan khas Bali yang halal bisa memilih sate lilit daging ayam atau ikan tenggiri.

2. Nasi campur ayam Bali

Selain ayam betutu, makanan khas Bali yang wajib kamu cicipi adalah nasi campur ayam Bali. Sesuai dengan namanya, menu makanan khas Bali satu ini menyajikan berbagai macam lauk. Kamu bisa merasakan berbagai lauk yang disajikan sekaligus bersama dengan nasi, di antaranya adalah sate lilit, lawar ayam, suwiran ayam sisit. Semuanya terasa begitu lezat di lidah.

3. Lawar

Lawar merupakan teman setia segala lauk pauk khas Bali. Makanan khas Bali ini terbuat dari sayur-mayur seperti kacang panjang, nangka, dan parutan kelapa, lalu dicampur dengan bumbu khas Bali.

Lawar sendiri bermacam-macam. Untuk kamu yang mencari makanan khas Bali yang halal bisa memilih Lawar kuwir (berisi daging entog) atau lawar ayam. Pastikan untuk memilih lawar putih yang menggunakan dengan santan ya.

Rempah dan bumbu yang tajam menjadi khas kuliner Bali

khas Bali. (Liputan6.com/Dewi Divianta)

4. Bebek Betutu

Kuliner ini berupa bebek utuh yang bagian perutnya diisi dengan berbagai macam bumbu rempah. Konon, bebek betutu adalah makanan favorit para raja di Bali. Teknik pengolahan makanan khas Bali ini cukup unik, yakni daging bebek yang telah dibumbui akan diberi pijatan-pijatan terlebih dulu supaya lebih empuk dan bumbunya meresap ke tulang. Setelah itu, dibungkus daun pisang atau daun pinang dan dipanggang.

Proses pematangannya memakan waktu sehari semalam menggunakan bara api sekam. Cita rasa yang dihadirkan, yaitu gurih dan pedas. Dulunya, makanan khas Bali ini hanya dihidangkan pada upacara keagamaan. Tapi, sekarang sudah menjadi menu wajib yang ada di restoran-restoran.

5. Nasi tepeng

Makanan khas Bali ini disajikan cukup lembek bahkan teksturnya mirip seperti bubur. Nasi tepeng ini dilengkapi dengan kacang panjang, kacang merah, nangka muda, terong, daun kelor, dan kelapa parut. Untuk lauknya sendiri ada suwiran ayam goreng dan telur. Rasanya semakin khas karena disajikan di atas daun pisang. Apalagi ditambah dengan siraman bumbu rempah-rempah ala Bali, menambah kelezatan nasi tepeng satu ini.

6. Rujak bulung dan rujak kuah pindang

Makanan khas Bali bernama rujak kuah pindang ini terbuat dari irisan mangga muda dengan kuah yang super pedas. Tapi, apabila ingin lebih komplit kamu bisa menambah isian dengan berbagai macam buah, seperti bengkuang, kedondong atau rumput laut (rujak bulung). Biasanya, jenis rumput laut yang digunakan adalah bulung boni. Di Bali, rujak rumput laut yang menggunakan kuah pindang disebut rujak bulung.

Tentunya kuliner Bali ramah di kantong

Nasi Jinggo, makanan khas Bali

7. Nasi jinggo

Makanan khas Bali ini mengusung konsep murah meriah, tapi soal rasa kelezatannya bisa diau dengan makanan lainnya. Makanan khas Bali ini mirip dengan nasi kucing, makanan tersebut dibungkus daun pisang. Isinya berupa satu kepal nasi putih, daging ayam suwir, tempe goreng, mie goreng dan sambal yang ekstra pedas. Nasi jinggo tergolong sebagai street food di Bali, Anda bisa menemukan pedagang makanan ini di pinggir-pinggir jalan.

8. Sate Plecing

Bila sate pada umumnya terkenal dengan bumbu kacang, makanan khas Bali ini disajikan dengan bumbu plecing. Terbuat dari cabai rawit, tomat, terasi, garam dan terkadang diberi perasan jeruk limau. Jika kamu mencari makanan khas Bali yang halal bisa memilih sate plecing yang menggunakan daging ayam atau ikan laut.

9. Tipat Blayag

Makanan khas Bali ini mirip dengan lontong sayur. Tipat Blayag terdiri dari tipat (Basa Bali untuk ketupat), telur, ayam suwir, lawar, kacang kedelai, kerupuk kulit ayam dan sambal yang kemudian disiram dengan kuah bersantan dengan bumbu rempah khas bali yang rasanya gurih dan sedikit manis, seperti kari.

Tipat Blayag adalah makanan khas Bali dari daerah Buleleng (Singaraja), Bali Utara. Tipat Blayag sangat mudah ditemui di Singaraja atau rumah-rumah makan berlabel Singaraja yang ada di Kuta dan Denpasar.

10. Nasi Sela

Rasa nasi sela benar-benar spesial. Resep utama makanan khas Bali ini adalah nasi dan sela (ubi jalar). Dibumbui dengan kalas, yaitu campuran santan, daging dan basa gede. Bahan tambahannya adalah jukut (sayur) bejek, udang kecil, kacang tanah, ayam betutu suwir, sambal bongkot dan sambal matah.

Tidak hanya makan berat, banyak kue-kue tradisional Bali yang juga lezat

Serombotan, makanan khas Bali. (merianican/Instagram)

11. Bagiak

Makanan khas Bali ini sangat populer di kalangan wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh. Bagiak hadir dalam berbagai rasa seperti kacang, jahe, kayu manis serta susu dan sangat nikmat disantap bersama secangkir kopi hangat. Camilan ini terbuat dari tepung sagu yang adonannya dibuat menjadi bulat panjang, sebesar jempol orang dewasa.

12. Serombotan

Makanan khas Bali ini mirip dengan urap. Serombotan sedikit berbeda karena disajikan dengan berbagai sayuran, seperti bayam, kangkung, kacang panjang, buncis, tauge, terong bulat dan pare. Santapan khas kabupaten Klungkung ini juga dibumbui rempah-rempah khas, antara lain kunyit tumbuk, kencur, lengkuas dan dipadukan dengan bumbu kacang pedas. Makanan khas Bali yang halal ini bisa disantap sendiri atau bersama tipat/ nasi.

13. Tum Ayam

Sajian ini mirip dengan pepes. Bahan utamanya adalah daging ayam yang dicincang halus bersama bumbu-bumbu seperti bawang, kencur, jahe, lengkuas, santan dan sebagainya sebagai campuran.

Proses pembuatan makanan khas Bali ini sama persis dengan pepes. Jadi, setelah ayam dicincang halus dan diberi bumbu, dibungkus dengan daun pisang. Cara memasaknya dikukus sampai matang.

14. Lak-lak

Makanan yang satu ini merupakan kue serabi khas Bali. Dimasak menggunakan kendi tradisional di atas api besar. Ukurannya sedikit lebih kecil daripada serabi yang sering ditemui di pulau jawa, cara penyajiannya pun sedikit berbeda.

Jika kue serabi biasanya disajikan dengan kuah gula merah yang dicampur santan. Nah makanan khas Bali ini disajikan dengan taburan parutan kelapa lalu disiram dengan sirup gula merah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jurus Kemenhub Tangani Dampak Tsunami Selat Sunda

Posted: 23 Dec 2018 08:37 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan langkah-langkah dukungan penanganan bencana tsunami Selat Sunda pada Sabtu, 22 Desember 2018 kemarin.

Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), Junaidi mengatakan, langkah-langkah tersebut merupakan hasil pertemuan di Kantor Pusat Kementerian Perhubungan pada Minggu, 23 Desember 2018, yang dipimpin oleh Sekretaris Jenderal Kemenhub Djoko Sasono.

"Langkah pertama adalah menyiapkan akses masuk ke wilayah yang terdampak bencana tsunami melalui laut sebagai alternatif, mengingat akses darat ada segmen yang tidak dapat atau sulit dilalui," ujar Junaidi dalam keterangan tertulis, Senin (24/12/2018).

Dia melanjutkan, langkah kedua yakni menetapkan Pelabuhan Tanjung Priok, Dermaga Indah Kiat, Banten, sebagai titik pengiriman bantuan dan tempat sandar kapal-kapal yang diperbantukan untuk mengangkut relawan dan barang-barang kebutuhan pokok bagi korban tsunami Selat Sunda. Di samping itu juga disiapkan Pelabuhan Ciwandan sebagai titik alternatif.

Ketiga, sambungnya, yakni mengoptimalkan pengerahan kapal negara Ditjen Hubla dari Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP), kapal Kenavigasian dan kapal patroli KSOP.

"Selanjutnya, adalah mengerahkan tenaga medis dari Balai Kerja dan Kesehatan Pelabuhan (BKKP) Ditjen Perhubungan Laut untuk membantu para korban yang cidera maupun yang mengalami trauma. Besok tim medis akan berangkat dengan mobil ambulan ke lokasi UPP Labuan," ucap Junaidi.

Junaidi menambahkan, bahwa KSOP Kelas I Banten ditunjuk sebagai lead koordinator di Merak Banten dan KSOP Panjang sebagai lead koordinator untuk wilayah Lampung dalam penanganan bencana tsunami Selat Sunda. Ditjen Hubla juga akan berkoordinasi dengan unsur lainnya seperti Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub.

"Posko penanganan bencana tsunami di Selat Sunda akan disiapkan di Kantor Pusat Ditjen Hubla bersamaan dengan Posko Angkutan Laut Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 yang sudah ada untuk memonitor pergerakan kapal-kapal dan mengoptimalkan kapal negara serta kapal lainnya untuk pemberian bantuan. Semoga semua ini dapat meringankan beban para Saudara kita yang sedang tertimpa bencana tsunami," tutur Junaidi.

Koordinasi Diperkuat

Penampakan genangan air di Tanjung Lesung pasca hantaman tsunami Anyer, Minggu 23 Desember 2018 (Liputan6.com/Google Earth)

Junaidi menambahkan, bahwa KSOP Kelas I Banten ditunjuk sebagai lead koordinator di Merak Banten dan KSOP Panjang sebagai lead koordinator untuk wilayah Lampung dalam penanganan bencana tsunami dimaksud. Ditjen Hubla juga akan berkoordinasi dengan unsur lainnya seperti Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub.

"Posko penanganan bencana tsunami di Selat Sunda akan disiapkan di Kantor Pusat Ditjen Hubla bersamaan dengan Posko Angkutan Laut Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 yang sudah ada untuk memonitor pergerakan kapal-kapal dan mengoptimalkan kapal negara serta kapal lainnya untuk pemberian bantuan. Semoga semua ini dapat meringankan beban para Saudara kita yang sedang tertimpa bencana tsunami," jelas Junaidi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gelandang Arsenal Pilih Bergabung dengan Juventus

Posted: 23 Dec 2018 08:35 PM PST

Liputan6.com, London - Aaron Ramsey saat ini masih berstatus pemain Arsenal. Akan tetapi, kontrak gelandang haus gol itu akan berakhir pada musim panas 2019.

Arsenal sebelumnya tak kunjung berhasi memperpanjang kontrak Ramsey. Sebab, The Gunners tak mau menuruti permintaan gelandang asal Wales itu

Rames kabarnya meminta gajinya agar dinaikkan hingga mendekati pendapatan Mesut Ozil per pekan. Pada satu titik, pemain berusia 27 tahun itu menerima tawaran kontrak dari Arsenal.

Namun, secara tiba-tiba Arsenal menarik lagi tawaran kontrak tersebut.

Panen Peminat

Aaron Ramsey menolak menandatangani perpanjangan kontrak bersama Arsenal. (AFP/Ben Stansall)

Karena kontraknya pasti tidak diperpanjang, maka Ramsey pun bisa melenggang dengan bebas pada musim panas mendatang. Ia juga bisa memulai negosiasi pra kontrak per Januari 2019.

Sejumlah klub dikaitkan dengan Ramsey. Di antaranya Liverpool, AC Milan, Chelsea, Bayern Munchen, Real Madrid, serta AS Roma.

Belakangan, ia sempat disebut akan gabung dengan Inter Milan. Ia juga disebut telah menyepakati kontrak yang ditawarkan oleh kubu Nerrazurri.

Juve Terdepan

Akan tetapi, kemudian kabar tentang masa depannya berubah lagi. Inter disebut bukan jadi destinasi Ramsey musim depan.

Juventus disebut sebagai yang terdepan untuk mendapatkan jasanya. Keduanya bahkan disebut sudah mendiskusikan soal besaran gajinya.

Kabarnya Juventus siap untuk membayarnya sembilan juta pound per tahun. Kabar kepindahannya ke Turin makin menguat.

Kabar tersebut dilansir oleh Calciomercato. Media Italia ini mengklaim Ramsey akhirnya lebih memilih untuk gabung Cristiano Ronaldo cs musim depan.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kirim Bantuan untuk Korban Tsunami Banten, Ma'ruf Amin Juga Gelar Doa bersama

Posted: 23 Dec 2018 08:33 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin melepas bantuan untuk disalurkan ke warga Banten, yang terdampak bencana tsunami Selat Sunda. Ma'ruf juga akan segera ke Banten, untuk melihat kondisi warga yang menjadi korban tsunami.

"Insyaallah saya juga ke sana besok pagi, jam 8 saya berangkat ke sana," ucap Ma'ruf di kediamannya, Jakarta, Senin (24/12/2018).

Selain mengirimkan bantuan, dia juga akan menggelar doa bersama. "Saya melakukan doa bersama, selain (memberikan) bantuan. Besok kita bantuan lagi," jelas Ma'ruf.

Ma'ruf mengungkapkan kesedihan masyarakat di sana, juga dirasakan dirinya. Bantuan tersebut diserahkannya kepada Remaja (Relawan Milenial Jokowi-Ma'ruf). Ma'ruf menilai ini adalah bagian dari kegiatan kemanusiaan.

"Saya merasa prihatin dengan peristiwa ini. Karena saya orang Banten, jadi saya merasakan keprihatinan mendalam sekali. Apa yang mereka rasakan, saya rasakan. Mereka merasa susah, saya ikut susah. Mereka sedih, saya ikut sedih, mereka sakit, saya ikut sakit," ucap Ma'ruf.

Karena rasa tersebutlah, masih kata dia, pihaknya langsung cepat mengirimkan bantuan untuk korban tsunami. "Karena itu dengan cepat, kami mengirim posko-posko kami di Banten untuk mengambil peran," ungkap Ma'ruf.

 

Reaksi Cepat

Ma'ruf pun meminta para relawan untuk segera mengirimkan bantuan. "Kita serahkan ke Remaja, untuk diserahkan ke warga Banten. Semoga selamat sampai diterima masyarakat Banten yang menderita karena tsunami," ucap Ma'ruf.

Sementara itu di tempat yang sama, Koordinator Remaja, Gatra Putra menuturkan, ini bagian dari reaksi cepat pihaknya untuk membantu masyarakat di Banten. Bantuan yang akan diserahkan di Desa Karangbolong di antaranya, 100 terpal untuk masyarakat, kemudian ada terpal juga untuk posko, 1.000 sarung, 50 selimut, serta ratusan biskuit, air mineral, dan mie instan.

"Kami siapkam dari kemarin. Tim dari Remaja sudah siap di sana, dan sudah menyiapkan posko untuk para pengungsi," pungkasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pendeteksi Tsunami Selat Sunda Hilang Sejak 2007, Jokowi Minta BMKG Beli Alat Baru

Posted: 23 Dec 2018 08:33 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah mengintruksikan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) segera membeli alat pendeteksi dini tsunami untuk di Selat Sunda. Sehingga masyarakat dapat mengetahui secara dini datangnya bencana.

"Saya perintahkan BMKG beli early warning system, alat pendeteksi dini pada masyarakat," kata Jokowi di Pandeglang, Banten, Senin (24/12/2018).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengimbau kepada masyarakat untuk tidak menyimpulkan terlebih dahulu penyebab tsunami di Selat Sunda. "Sekarang kita belum dapat menyimpulkan dari mana (penyebab tsunami), jangan menyimpulkan dulu," ucapnya.

Sebelumnya, tsunami menerjang beberapa daerah di sekitar Selat Sunda yakni Pandeglang, Serang dan Lampung Selatan pada Sabtu 22 Desember 2018, sekitar pukul 21.00 WIB.

 

 

 

Pendeteksi Tsunami Hilang

Ketua Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Tiar Prasetya, mengatakan, alat pendeteksi tsunami (Buoy) untuk Perairan Selat Sunda, sudah lama hilang. Adapun alat tersebut merupakan milik Badan Pengembangan dan Penerapan Teknologi (BPPT).

"11 tahun yang lalu sejak 2007, enggak tahu ke mana. Buoy itu dari BPPT," kata Tiar di kantornya, Jakarta, Minggu (23/12/2018).

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Akibat Gelombang Pasang, Jalur Serang Pandeglang Terputus

Posted: 23 Dec 2018 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Jalanan dari Serang menuju Pandeglang terputus akibat datangnya gelombang pasang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tsunami Selat Sunda Rusak 817 Rumah dan 11 Hotel di Banten-Lampung

Posted: 23 Dec 2018 08:24 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tsunami terjadi di wilayah Selat Sunda pada Sabtu 22 Desember malam. Sebanyak 817 rumah di Banten dan Lampung rusak tersapu air laut.

"Dari data yang dihitung Polda Banten dan Polda Lampung, kerugian materiil atas peristiwa air laut pasang di Banten dan Lampung sampai dengan 24 Desember pukul 07.00 WIB mencapai 817 rumah yang rusak," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigjen Polisi Dedi Prasetyo saat dihubungi, Jakarta, Senin (24/12/2018).

Rincian jumlah kerusakan tersebut yakni sebanyak 446 rumah di Banten dan 371 rumah di Lampung. Selain itu, 11 hotel juga mengalami kerusakan yakni sembilan hotel di Banten dan dua hotel di Lampung.

"Satu masjid di Lampung yang terdampak (musibah tsunami)," katanya, seperti dilansir Antara.

Selain itu, 85 warung mengalami kerusakan yang terdiri atas 60 warung di Banten dan 25 warung di Lampung. Juga 245 kendaraan bermotor (73 kendaraan di Banten dan 172 kendaraan di Lampung) serta 557 perahu (350 perahu di Banten dan 207 perahu di Lampung) rusak akibat tsunami yang terjadi pada Sabtu malam itu.

 

Korban Jiwa

Tsunami melanda kawasan sekitar Selat Sunda pada Sabtu (22/12) malam, menimbulkan korban jiwa dan kerusakan di sebagian daerah Banten dan Lampung.

Menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga Senin pukul 07.00 WIB musibah tersebut mengakibatkan 281 orang meninggal dunia, 1.016 orang mengalami luka-luka, 57 orang hilang dan 11.687 orang mengungsi yang tersebar di lima kabupaten yakni Pandeglang, Serang, Lampung Selatan, Tanggamus dan Pesawaran.

Ribuan personel gabungan TNI, Polri, BNPB, Basarnas, sejumlah kementerian lembaga, relawan dan masyarakat saat ini masih berusaha mengevakuasi dan mencari para korban.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketua MPR Kunjungi Korban Terdampak Tsunami di Lampung Selatan

Posted: 23 Dec 2018 08:22 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat, Zulkifli Hasan, bergerak cepat mendatangi daerah terdampak tsunami di Lampung Selatan pada Minggu (23/12/2018). Ia langsung datang dan menemui korban gempa Tsunami di Desa Kunjir dan Waymuli Rajabasa, Lampung Selatan.

Warga Desa pun langsung menemui Zulkifli dan rombongan. Kepada warga Desa Kunjir dan Desa Way Muli, Zulkifli menyampaikan belasungkawanya.

"Innalillahi wa innailihi roji'un, kita berduka sedalam-dalamnya atas bencana yang terjadi di Lampung Selatan ini dan juga di Anyer Banten. Kita doakan semoga keluarga korban diberikan kesabaran dan ketabahan. Lampung Selatan ini kampung halaman saya," ujarnya.

Zulkifli mengatakan bahwa dalam situasi darurat yang harus menjadi prioritas untuk diselamatkan adalah manusia.

"Informasi terakhir ada 58 korban tsunami meninggal dunia dan masih ada yang belum ditemukan. Karena itu dalam situasi darurat ini, prioritas adalah menyelamatkan orang. Semoga yang hilang bisa ditemukan dalam kondisi selamat," ucapnya.

Zulkifli mengapresiasi pemerintah yang bergerak cepat membantu menyiapkan pengungsian dan terus mencari korban yang belum ditemukan.

"Sebagai Ketua MPR, Saya juga akan membantu di pusat agar program pemulihan kembali pasca bencana bisa langsung dilaksanakan," kata dia.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bek Senior MU Sebut Ole Gunnar Solskjaer Bawa Energi Positif

Posted: 23 Dec 2018 08:20 PM PST

Liputan6.com, Manchester - Ashley Young memberikan pendapatnya mengenai manajer baru Manchester United (MU) Ole Gunnar Solskjaer. Bek senior itu mengakui pelatih 45 tahun tersebut membawa aura yang positif ke dalam timnya.

Selasa (18/12/2018), MU secara mengejutkan memutuskan memecat Jose Mourinho. Sebagai gantinya, klub berjuluk Setan Merah itu menunjuk legenda klub, Ole Gunnar Solskjaer, sebagai manajer interim hingga akhir musim nanti.

Kehadiran Solskjaer langsung menghadirkan dampak positif bagi MU. Pada pertandingan pekan ke-18 Liga Inggris, Minggu (23/12/2018), manajer asal Norwegia itu sukses memimpin Setan Merah menggilas Cardiff City dengan skor telak 5-1.

Young mengakui ada suasana yang bagus di tim utama MU sejak kehadiran Solskjaer. "Saya rasa dia [Solskjaer] tidak pernah berhenti tersenyum," buka Young di halaman resmi Manchester United.

Aura Positif

Ole Gunnar Solskjaer mengawali debutnya sebagai manajer Manchester United dengan hasil positif. Solskjaer sukses membawa MU menang 3-1 atas Cardiff City pada laga pekan ke-18 Premier League, Sabtu (22/12/2018). (AFP/CreditGEOFF CADDICK)

Young mengakui Solskjaer memiliki aura yang positif. Ia berhasil menularkan itu kepada para pemain MU.

"Saya rasa dia sudah seperti itu sejak ia masih aktif bermain. Dia selalu tersenyum dan saya rasa itu berdampak kepada tim dan itu bagus untuk kami."

"Setelah bermain seperti tadi, saya yakin dia akan senang dengan permainan tim ini. Kami hanya perlu berkonsentrasi dengan apa yang terjadi di atas lapangan dan mempersiapkan diri kami untuk pertandingan berikutnya."

Fokus Penuh

Pada tengah pekan ini, Solskjaer akan memainkan laga kandang pertamanya menghadapi Huddersfield Town. Untuk itu Young meminta rekan-rekannya untuk tampil optimal pada laga ini.

"Pada pertandingan nanti, akan ada banyak pembicaraan mengenai Ole, sang legenda kembali ke Old Trafford."

"Namun sebagai pemain kami harus tetap berkonsentrasi di atas lapangan. Kami akan menghadapi pekan yang gila, namun sebagai pemain kami tidak boleh kehilangan konsentrasi." tandasnya.

MU saat ini masih menduduki peringkat 6 klasemen sementara Liga Inggris dengan raihan 29 poin.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

25 Bank Bakal Salurkan KPR FLPP Rp 7,1 Triliun di 2019

Posted: 23 Dec 2018 08:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) melaksanakan Perjanjian Kerjasama Operasional (PKO) dengan 25 Bank Pelaksana seputar penyaluran dana Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) melalui Kredit Pemilikan Rumah Sejahtera bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) pada 2019 mendatang.

Perjanjian kerjasama tersebut berlangsung di Gedung Auditorium Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat (21/12/2018).

Direktur Utama PPDPP Budi Hartono menyampaikan, terdapat penyesuaian kuota dalam PKO yang dilakukan terhadap bank pelaksana yang kinerjanya masih rendah kepada bank yang mengajukan penambahan kuota.

"Hal ini dilakukan dalam upaya untuk memberikan yang terbaik dan agar bank hati-hati dalam melakukan perencanaan kuota ke depan dengan memperhatikan kapasitas internal. potensi penawaran dan permintaan dari rumah yang ada." ujar dia.

Bank Pelaksana yang menandatangani PKO untuk 2019 merupakan 25 bank yang telah mencapai realisasi penyaluran FLPP 2018 minimal 100 unit dan capaian target 2018 terhadap addendum PKO yang dilaksanakan pada 9 Oktober 2018 minimal 70 persen.

Terdiri dari 4 bank umum nasional, 2 bank umum syariah, 13 bank pembangunan daerah, serta 6 bank pembangunan daerah syariah. Keempat bank umum nasional tersebut antara lain Bank BTN, Bank BNI, Bank BRI, dan Bank Mandiri.

Sementara 2 bank umum syariah serta 6 bank pembangunan daerah syariah yang ikut serta penyaluran PLPP di antaranya Bank BRI Syariah, Bank BTN Syariah, Bank Sumut Syariah, Bank BJB Syariah, Bank Sulselbar Syariah, Bank Jatim Syariah, Bank Sumselbabel Syariah, dan Bank Kalsel Syariah.

 

Libatkan 13 Bank Pembangunan Daerah

Ilustrasi Foto Property Rumah (iStockphoto)

Sedangkan 13 bank pembangunan daerah yang ikut serta dalam program tersebut yakni Bank Papua, Bank BJB, Bank Sumut, Bank Kalbar, Bank Sultra, Bank Sulselbar, Bank Sumselbabel, Bank NTT, Bank Jambi, Bank Jatim, Bank Nagari, Bank Kalteng, dan Bank Kalsel.

Sebagai catatan, PPDPP sebagai lembaga yang bertugas mengelola dan menyalurkan dana FLPP dari 2010 hingga 14 Desember 2018 telah menyalurkan dan mengelola dana sebanyak Rp 35,76 triliun untuk membiayai 566.774 unit rumah. Jumlah tersebut masih sekitar 85 persen dari target capaian 2018 yang sebesar 580 ribu unit rumah. 

Pada 2019, PPDPP mendapat alokasi dana sebanyak Rp 7,1 triliun, terdiri dari alokasi DIPA sebesar Rp 5,2 triliun ditambah dengan proyeksi pengembalian pokok senilai Rp 1,9 triliun dengan target rumah sebanyak 68.858 unit.

Budi Hartono melanjutkan, pihaknya mempersilakan bank pelaksana yang tidak memenuhi target kriteria capaian 2018 terhadap addendum PKO namun masih berminat untuk menjadi bank penyalur FLPP tahun depan, dan akan melakukan assessment pada Januari-Maret 2019.

"Berdasarkan hasil assessment tersebut, bank pelaksana yang dinyatakan memenuhi persyaratan dapat menandatangani PKO 2019 pada bulan April 2019," tukas dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Tangis Istri Sambut Kedatangan Jenazah Herman Seventeen

Posted: 23 Dec 2018 08:20 PM PST

Jenazah gitaris grup band Seventeen Herman Sikumbang tiba di rumah duka di Pancoran, Jakarta Selatan, Senin (24/12). Sejumlah kerabat dan keluarga turut mengusung peti jenazah ke dalam rumah duka untuk disemayamkan. (Kapanlagi.com/Bayu Herdianto)

Jenazah gitaris grup band Seventeen Herman Sikumbang tiba di rumah duka di Pancoran, Jakarta Selatan, Senin (24/12). Sejumlah kerabat dan keluarga turut mengusung peti jenazah ke dalam rumah duka untuk disemayamkan. (Kapanlagi.com/Bayu Herdianto)

Jenazah gitaris grup band Seventeen Herman Sikumbang tiba di rumah duka di Pancoran, Jakarta Selatan, Senin (24/12). Ambulans pengangkut jenazah Herman tiba di rumah duka kediaman Anggota DPR Abdul Kadir Karding. (Kapanlagi.com/Bayu Herdianto)

Jenazah gitaris grup band Seventeen Herman Sikumbang tiba di rumah duka di Pancoran, Jakarta Selatan, Senin (24/12). Ambulans pengangkut jenazah Herman tiba di rumah duka kediaman Anggota DPR Abdul Kadir Karding. (Kapanlagi.com/Bayu Herdianto)

Jenazah gitaris grup band Seventeen Herman Sikumbang tiba di rumah duka di Pancoran, Jakarta Selatan, Senin (24/12). Rencananya, jenazah Herman akan dimakamkan di kampung halamannya di Maluku Utara. (Kapanlagi.com/Bayu Herdianto)

Jenazah gitaris grup band Seventeen Herman Sikumbang tiba di rumah duka di Pancoran, Jakarta Selatan, Senin (24/12). Rencananya, jenazah Herman akan dimakamkan di kampung halamannya di Maluku Utara. (Kapanlagi.com/Bayu Herdianto)

Istri gitaris grup band Seventeen Herman Sikumbang, Juliana Muhtar menangis saat menerima kedatangan jenazah suami di rumah duka di Pancoran, Jakarta Selatan, Senin (24/12). Uli tak henti meneteskan air mata. (Kapanlagi.com/Bayu Herdianto)

Istri gitaris grup band Seventeen Herman Sikumbang, Juliana Muhtar menangis saat menerima kedatangan jenazah suami di rumah duka di Pancoran, Jakarta Selatan, Senin (24/12). Uli tak henti meneteskan air mata. (Kapanlagi.com/Bayu Herdianto)

Istri gitaris grup band Seventeen Herman Sikumbang, Juliana Muhtar menangis saat menerima kedatangan jenazah suami di rumah duka di Pancoran, Jakarta Selatan, Senin (24/12). Herman dievakuasi langsung dari Tanjung Lesung. (Kapanlagi.com/Bayu Herdianto)

Istri gitaris grup band Seventeen Herman Sikumbang, Juliana Muhtar menangis saat menerima kedatangan jenazah suami di rumah duka di Pancoran, Jakarta Selatan, Senin (24/12). Herman dievakuasi langsung dari Tanjung Lesung. (Kapanlagi.com/Bayu Herdianto)

Tangis istri gitaris grup band Seventeen Herman Sikumbang, Juliana Muhtar saat menerima jenazah suami di Pancoran, Jakarta, Senin (24/12). Selain Herman, Bani Seventeen juga menjadi korban meninggal tsunami Anyer. (Kapanlagi.com/Bayu Herdianto)

Tangis istri gitaris grup band Seventeen Herman Sikumbang, Juliana Muhtar saat menerima jenazah suami di Pancoran, Jakarta, Senin (24/12). Selain Herman, Bani Seventeen juga menjadi korban meninggal tsunami Anyer. (Kapanlagi.com/Bayu Herdianto)

Istri gitaris grup band Seventeen Herman Sikumbang, Juliana Muhtar menangis saat menerima kedatangan jenazah suami di rumah duka di Pancoran, Jakarta, Senin (24/12). Uli begitu terpukul dengan meninggalnya sang suami. (Kapanlagi.com/Bayu Herdianto)

Istri gitaris grup band Seventeen Herman Sikumbang, Juliana Muhtar menangis saat menerima kedatangan jenazah suami di rumah duka di Pancoran, Jakarta, Senin (24/12). Uli begitu terpukul dengan meninggalnya sang suami. (Kapanlagi.com/Bayu Herdianto)

Istri gitaris grup band Seventeen Herman Sikumbang, Juliana Muhtar menangis saat menerima kedatangan jenazah suami di rumah duka di Pancoran, Jakarta, Senin (24/12). Herman menjadi korban tsunami Anyer. (Kapanlagi.com/Bayu Herdianto)

Istri gitaris grup band Seventeen Herman Sikumbang, Juliana Muhtar menangis saat menerima kedatangan jenazah suami di rumah duka di Pancoran, Jakarta, Senin (24/12). Herman menjadi korban tsunami Anyer. (Kapanlagi.com/Bayu Herdianto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertamina Serahkan Bantuan LPG dan Logistik untuk Korban Tsunami Banten

Posted: 23 Dec 2018 08:15 PM PST

Liputan6.com, Banten Sebagai respons cepat tanggap bencana tsunami di Banten, PT Pertamina (Persero) menyerahkan bantuan untuk para korban yang terdampak berupa LPG dan sejumlah logistik lainnya. Bersama BUMN lainnya, bantuan Pertamina tergabung dalam Posko BUMN Peduli di Kecamatan Labuan.

Unit Manager Communication & CSR MOR III, Dian Hapsari Firasati, mengatakan bahwa penentuan lokasi tersebut telah dikoordinasikan dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Posko BUMN Peduli.

"Kami terus berkoordinasi untuk menyalurkan bantuan, dimana saat ini yang dibutuhkan adalah selimut, makanan instan, air mineral, biskuit, susu botol, dan LPG. Untuk LPG 5,5 kg kami serahkan 20 tabung dan LPG 12kg sebanyak 25 tabung," ujarnya.

Sari berharap bantuan tersebut dapat membantu meringankan beban korban bencana dan membantu pemulihan pasca tsunami. Ia menambahkan, pihaknya tetap berkordinasi dengan aparat setempat untuk memantau perkembangan kebutuhan selanjutnya di lapangan.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: