Jumat, 07 Desember 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Pembentukan Lembaga Legislasi Dianggap Positif Bagi Pemerintah

Posted: 07 Dec 2018 09:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pendiri Forum Masyarakat Peduli Parlemen (Formappi), Sebastian Salang mengapresiasi rencana pemerintah membentuk lembaga legislasi. Ada banyak dampak positif menurutnya jika lembaga legislasi itu terbentuk, yakni sebagai pusat pembelajaran regulasi.

Selain menjadi pusat pembelajaran regulasi, Sebastian menilai adanya lembaga legislatif juga membantu pemerintah dalam merencanakan undang-undang, sekaligus mengontrol dan mengevaluasi secara terpusat.

"Jika badan ini terbentuk, pemerintah terbantu untuk koordinasi mekanisme perencanaan undang-undang di internal pemerintah, tempat ini juga bisa jadi buat studi legislasi di pemerintah, bisa juga jadi tempat aspirasi publik dihimpun," ujar Sebastian di Jakarta, Sabtu (8/12/2018).

Sebastian menambahkan, dampak pembentukan lembaga legislasi tidak hanya menguntungkan pemerintah saja, melainkan juga DPR. Nantinya, imbuh Sebastian, DPR bisa saling bertukar gagasan dalam merencanankan penyusunan undang-undang.

Seringkali, kata dia, DPR mendapat kritikan tajam dalam penyusunan rancangan undang-undang. Oleh sebab itu menurutnya, jika lembaga legislasi terbentuk diharapkan menjadi mitra baik dengan DPR.

"Badan ini bisa jadi mitra bagus dengan DPR ketika mereka ingin menyusun prolegnas, karena selama ini proses pembahasan undang-undang kita DPR dikritik karena produktivitasnya sangat jelek kualitasnya juga dikritik mudah-mudahan dengan terbentuknya ini bisa diperbaiki," tukasnya.

 

Atasi Obesitas Regulasi

Sebelumnya, Sekretaris Kabinet Pramono Anung menjelaskan latar belakang wacana pembentukan badan legislasi pemerintah karena adanya obesitas regulasi di Indonesia.

"Ada lembaga yang secara khusus menangani peraturan perundang-undangan sehingga tidak banyak pintu seperti pada saat ini ada melalui Kemenkum HAM, Mensesneg, Seskab, dan juga DPR sebagai dewan yang bertugas untuk membahas persoalan legislasi," kata Pramono di Ballroom Grand Hyatt, Jalan M.H. Thamrin Kav. 28-30, Jakarta, Rabu 28 November 2018 lalu.

Pembentukan lembaga ini bisa menjadi solusi masalah 'obesitas regulasi' di Tanah Air. Selain itu, menurut Pramono, rencana pembentukan lembaga khusus yang menangani peraturan perundang-undangan sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk melakukan reformasi hukum.

Pramono menyebut gambaran umum dari lembaga tersebut, antara lain akan menjadi leader kementerian atau lembaga dalam penyusunan peraturan perundang-undangan. Sementara fungsi pembentukan peraturan perundang-undangan di kementerian atau lembaga akan dihapus tetapi kementerian dan lembaga tetap menjadi pemrakarsa penyusunan suatu rancangan peraturan perundang-undangan.

Lembaga yang menangani peraturan perundang-undangan ini akan berkedudukan langsung di bawah Presiden. Dengan adanya lembaga itu, pemerintah akan membubarkan Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan dan Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Kementerian Hukum dan HAM RI.

Pramono yakin, Jokowi berani membubarkan Ditjen PPU dan BPHN Kemenkum HAM.

"Selama untuk kepentingan kebaikan dan juga perbaikan pasti beliau akan lakukan. Jangankan untuk menggabungkan atau membubarkan sebuah kelembagaan, Presiden sudah membuktikan dari banyak komisi-komisi atau badan-badan yang tidak diperlukan diperintahkan kepada Menpan RB untuk membubarkan," kata dia.

 

Reporter: Yunita Amalia

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anak Balas Surat, Donna Agnesia Menangis

Posted: 07 Dec 2018 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kesibukannya di dunia entertainment tak membuat Donna Agnesia dan Darius Sinathrya lupa akan kewajibannya sebagai orangtua. Keduanya telah membina rumah tangga yang harmonis tanpa gosip miring selama 12 tahun.

Dari pernikahan ini, Donna Agnesia dan Darius Sinathrya dikaruniai tiga orang anak, Lionel (11), Diego (9), dan Quinesha (7).

Tentunya anak sulung Donna Agnesia, Lionel, telah memiliki kegiatannya sendiri, seperti yang belum lama ini dilakukannya yaitu retret, sebuah kegiatan keagamaan untuk mendapatkan ketenangan batin.

Selama tiga hari dua malam, anak Donna Agnesia berada jauh dari keluarganya. Itu membuat presenter olahraga ini rindu. 

Kirim Surat

(Instagram/darius_sinathrya)

Untuk melepas kerinduannya itu, Donna Agnesia menuliskan sepucuk surat untuk Lionel. Pada tulisan panjangnya itu, wanita berusia 39 tahun ini mengutarakan banyak hal mengenai sosok anak sulungnya tersebut. Mulai dari ungkapan terima kasih hingga doa-doa baik.

"Lio sayang, melalui surat ini, mama dan papa ingin mengatakan betapa besar rasa syukur dan bangga kami memiliki Lio. Terima kasih sudah menjadi anak dan kakak yang baik dan selalu berusaha membuat mama papa bangga. Semoga Lio selalu ingat pesan papa tentang 5 hal yang harus dimiliki anak laki-laki: 'Hormat, tanggung jawab, disiplin, jujur dan berani'. Mama papa akan selalu mendukung cita-cita Lio. Kami akan selalu ada dengan kasih sayang yang terbaik dan berdoa dengan segala pengharapan untuk Lio," beberapa penggalan dari surat yang ditulis Donna.

 

Menangis

Donna Agnesia (Foto: Instagram)

Tak lama setelahnya, Donna mendapatkan surat balasan dari Lio. Selama menjalani retret, rupanya Lionel Nathan itu mengaku telah mendapatkan banyak sekali pelajaran berharga.

"Saat Lio retret kemarin, mama papa memberikan surprise dengan membuat surat cinta untuk Lio. Sebaliknya di tempat retret, Lio pun membuat surat dan doa untuk mama papa. Bacanya sukses bikin mama (emoji nangis). Thank you Lioboy. Kita sangat bangga telah memilikimu sebagai anak pertama. Love you so much," tulis Donna pada caption foto postingannya. (Guntur Merdekawan/Kapanlagi.com)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saat Jokowi dan Keluarga Bercerita soal Media yang Besarkan Mereka

Posted: 07 Dec 2018 09:34 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan terima kasih kepada media. Media disebut berperan penting dalam perjalanan karir mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

"Saya ini 2004 siapa sih yang kenal? Sebelum jadi wali kota. Atau pas pilkada pertama wali kota siapa sih yang kenal saya? Nggak ada. Nggak ada. Nggak ada," ujar Jokowi saat berbincang dengan awak media di Grand Garden Cafe Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Sabtu (8/12/2018).

Jokowi melanjutkan, dia mulai dikenal publik saat media lokal dan nasional memberitakan program kerja yang akan diprioritaskan jika terpilih jadi wali kota Solo.

"Dari situ dimulai sebetulnya," kata dia.

Putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka menambahkan media telah membesarkan usahanya, yakni Markobar. Padahal, Markobar hanyalah makanan kaki lima.

Gibran mengaku tak mau ambil pusing jika ada berita negatif yang menyeret dirinya dan Markobar.

"Untuk saya media itu termasuk teman-teman yang membesarkan saya dari mulai nol dulu sampai sekarang. Jadi ketika ada berita positif saya dibantu, ada berita negatif pun saya terbantu. Karena berita itu menguntungkan bagi saya," ucap Gibran.

"Jadi ya terima kasih semua untuk teman-teman media yang hadir di sini," sambungnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Karena Alasan Tertentu, 4 Zodiak Ini Malah Bahagia Jadi Jomblo

Posted: 07 Dec 2018 09:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Biasanya orang tak suka menjomblo. Tapi meski demikian, ada beberapa zodiak yang lebih memilih tidak memiliki pasangan dengan beberapa alasan.

Siapa saja? Melansir dari Bustle.com, ini dia.

1. Aquarius

Sifat mereka yang rumit dan tak terduga sering membuat pasangan salah paham. Seringnya konflik yang terjadi akhirnya membuat Aquarius lebih memilih untuk menjomblo.

Mereka merasa, hanya mereka yang paham apa yang mereka inginkan. Toh mereka juga tak pernah merasa kesepian karena banyaknya waktu yang bisa dihabiskan dengan melakukan hal-hal menyenangkan.

2. Pisces

Biasanya Pisces merupakan sosok yang tak suka sendirian. Meski demikian, mereka tak masalah dengan status jomblo. Ini karena mereka bisa beristirahat dari hubungan yang melelahkan.

Sifat mereka yang suka mengalah juga membuat mereka memilih untuk memiliki waktu untuk diri sendiri. Sebelum benar-benar siap menjalin cinta yang baru, mereka tak akan melakukannya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

3. Leo

Ilustrasi zodiak Leo. (Wikipedia/Public Domain)

Mereka memiliki ego yang besar. Dalam hidup, diri mereka adalah yang paling penting. Bahkan dalam menjalin hubungan percintaan, mereka akan memastikan kalau mereka yang mendominasi dan menjadi pusat perhatian. Sifat ini yang terkadang buat mereka gampang putus cinta dan belum kuat menjalani komitmen cinta.

4. Sagitarius

Mereka tak cocok menjalani hubungan yang serius karena mengikat. Mereka takut hubungan yang dijalani membuat mereka sesak sehingga lebih memilih menjadi jomblo ketimbang mengambil risiko menjalin cinta. Apalagi mereka suka petualangan.

Reporter: Febi Anindyakirana

Sumber: Vimela.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tasya Kamila Prihatin Banyak Sampah Plastik di Indonesia

Posted: 07 Dec 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Indonesia menjadi negara kedua yang menyumbangkan sampah plastik. Sebagai seorang pecinta lingkungan hidup, Tasya Kamila mengaku terkejut. Sebagai seorang Duta Lingkungan Hidup dirinya juga prihatin.

Sebagai Duta Lingkungan, Tasya Kamila berkomitmen untuk terus menjaga lingkungan. Tak cuma itu saja, Ia juga berjanji bakal mengajak orang-orang lain di sekitarnya untuk terus peduli pada lingkungan.

"Wah sampai selama-lamanya ya, aku kan punya yayasan juga yang bergerak di bidang lingkungan dan itu salah satu komitmen aku untuk terus bergerak di bidang lingkungan hidup dan mengajak lebih banyak orang lagi untuk mengajak mereka cinta lingkungan," ujar Tasya Kamila ditemui di alun-alun Sidoarjo, Rabu (5/12/2018).

 

Antusias

Tasya Kamila bersama Djarum Trees For Life melakukan penanaman Trembesi Tol Trans Jawa di Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu (5/12/2018)

Tasya sangat senang karena diundang untuk hadir di event yang sangat bermanfaat untuk kebaikan lingkungan. Pelantun Anak Gembala itu juga sangat mengapresiasi usaha Djarum Foundation untuk melawan pemanasan global lewat program DTFL.

"Duta lingkungan itu memang sudah dari 2005-2006. Nah kali ini saya diundang lagi oleh Djarum Foundation untuk ikut menyaksikan penanaman trembesi di kabupaten Sidoarjo dan aku apresiasi kepada DF karena sudah berkomitmen untuk melakukan penanaman pohon di seluruh Indonesia. Aku sangat mengapresiasi Djarum Foundation atas komitmennya untuk menghijaukan Indonesia menanam pohon dari seluruh Indonesia termasuk di Sidoarjo," ujar Tasya Kamila.

 

Konsisten

Tasya Kamila peduli lingkungan. (Instagram/tasyakamila)

Demi memerangi pemanasan global, Djarum Foundation konsisten melakukan aksi penghijauan lingkungan dari tahun ke tahun. Program ini sudah dijalankan sejak 3 tahun terakhir dalam rangkaian program Djarum Trees For Life (DTFL) Trans Jawa. Dan akhir 2018 ini, 8400 Pohon Trembesi kembali ditanam di sepanjang ruas Tol Trans Jawa yang meliputi Tol Surabaya - Mojokerto, hingga Tol Gempol - Pasuruan.

Prosesi seremoni penanaman digelar di alun-alun Sidoarjo pada Hari Rabu (5/12) dan dihadiri sejumlah tokoh besar, seperti Bupati Sidoarjo H.Saiful Ilah, S.H M.Hum, Direktur Utama PT Jasamarga Surabaya-Mojokerto, Ir. Budi Pramono, Direktur Utama PT. Transmarga Gempol-Pasuruan, Ir. Rahardjo, Vice President Djarum Foundation, FX Supanji, Duta Lingkungan DTFL, GIGI Band dan juga Tasya Kamila.

 Selain Trembesi, Djarum Foundation melakukan penanaman pohon berbunga dan pohon berbuah seperti 650 bibit Tabebuya, 200 bibit Kepoh dan masing-masing 100 bibit Flamboyan, Maja, Tanjung, Eucalyptus, Bunga Kupu-kupu, Ketapang, dan Salam. Pohon-pohon tersebut akan ditanam pada beberapa ruas seperti Interchange, Rest Area dan kantor pengelola.

 Sumber: Kapanlagi.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Durant Tampil Buruk, Warriors Sukses Hajar Bucks

Posted: 07 Dec 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Golden State Warriors berhasil mempermalukan tuan rumah Milwaukee Bucks pada lanjutan NBA, Sabtu (8/12/2018) siang WIB. Warriors menang 105-95 walau sang bintang Kevin Durant tampil buruk.

Pada laga di Fiserv Forum, Durant tidak seperti biasanya. Durant cuma membuat 11 poin saja. Hanya tiga tembakan Durant yang masuk dari 14 percobaan. Durant keteteran menghadapi Giannis Antetokounmpo. 

Warriors yang sudah bisa menurunkan trio Durant, Stephen Curry dan Klay Thompson langsung mengebrak. Hasilnya kuarter pertama mereka unggul 27-22.

Di kuarter dua, Warriors terus memperlebar margin keunggulan. Saat jeda babak pertama, Warriors memimpin dengan selisih empat poin.

Kuarter tiga berlangsung semakin seru. Bucks perlahan bisa mengejar dan bahkan berbalik unggul dua poin. Tapi keunggulan Bucks tidak bertahan lama. Warriors langsung meresponsnya dan bisa unggul empat poin di akhir kuarter tiga. Ketatnya defence Warriors membuat Bucks tak pernah bisa mendekat di kuarter empat.

 

Splash Brothers

Disaat Durant meredup, Thompson dan Curry yang menjadi bintang kemenangan dengan sama-sama mendulang 20 poin.

Adapun di kubu Bucks, Antetokounmpo yang menjadi top scorer dengan 22 poin dan 15 rebound.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Eks CEO Indosat Ooredoo Alexander Rusli Berbagi Tips Bisnis Dunia Digital

Posted: 07 Dec 2018 09:30 PM PST

CEO DigiAsia Bios Alexander Rusli berpose saat sesi foto di kantor KLY, Jakarta, Senin (3/12). Menurutnya pelaku bisnis digital harus kreatif dan penuh inovasi saat membangun model bisnisnya. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

CEO DigiAsia Bios Alexander Rusli berpose saat sesi foto di kantor KLY, Jakarta, Senin (3/12). Menurutnya pelaku bisnis digital harus kreatif dan penuh inovasi saat membangun model bisnisnya. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

CEO DigiAsia Bios Alexander Rusli berpose saat sesi foto di kantor KLY, Jakarta, Senin (3/12). Alexander Rusli juga memberikan saran kepada milenial untuk lebih proaktif merealisasikan ide-idenya. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

CEO DigiAsia Bios Alexander Rusli berpose saat sesi foto di kantor KLY, Jakarta, Senin (3/12). Alexander Rusli juga memberikan saran kepada milenial untuk lebih proaktif merealisasikan ide-idenya. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

CEO DigiAsia Bios Alexander Rusli saat sesi foto di kantor KLY, Jakarta, Senin (3/12). Eks CEO Indosat Ooredoo ini  berbagi ilmu bisnis dunia digital yang sangat cepat dari tradisional ke digital ini membangun budaya baru. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

CEO DigiAsia Bios Alexander Rusli saat sesi foto di kantor KLY, Jakarta, Senin (3/12). Eks CEO Indosat Ooredoo ini berbagi ilmu bisnis dunia digital yang sangat cepat dari tradisional ke digital ini membangun budaya baru. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

CEO DigiAsia Bios Alexander Rusli berpose saat sesi foto di kantor KLY, Jakarta, Senin (3/12). Menurutnya pelaku bisnis digital harus kreatif dan penuh inovasi saat membangun model bisnisnya. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

CEO DigiAsia Bios Alexander Rusli berpose saat sesi foto di kantor KLY, Jakarta, Senin (3/12). Menurutnya pelaku bisnis digital harus kreatif dan penuh inovasi saat membangun model bisnisnya. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

CEO DigiAsia Bios Alexander Rusli berpose saat sesi foto di kantor KLY, Jakarta, Senin (3/12). Alexander Rusli juga memberikan saran kepada milenial untuk lebih proaktif merealisasikan ide-idenya. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

CEO DigiAsia Bios Alexander Rusli berpose saat sesi foto di kantor KLY, Jakarta, Senin (3/12). Alexander Rusli juga memberikan saran kepada milenial untuk lebih proaktif merealisasikan ide-idenya. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

CEO DigiAsia Bios Alexander Rusli saat berbagi ilmu di kantor KLY, Jakarta, Senin (3/12). Alexander Rusli berbagi ilmu bisnis dunia digital yang sangat cepat dari tradisional ke digital ini membangun budaya baru. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

CEO DigiAsia Bios Alexander Rusli saat berbagi ilmu di kantor KLY, Jakarta, Senin (3/12). Alexander Rusli berbagi ilmu bisnis dunia digital yang sangat cepat dari tradisional ke digital ini membangun budaya baru. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sandiaga Punya OKE OC, Ma'ruf Amin Tawarkan Gus Iwan

Posted: 07 Dec 2018 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tak mau kalah dengan program OKE OC yang usung Sandiaga Uno, calon wakil presiden Ma'ruf Amin juga memiliki program pengembangan wirausaha serupa. Program tersebut bernama Gus Iwan alias Santri Bagus Pinter Ngaji Usahawan.

Program itu bertujuan untuk memberdayakan para santri dan pesantren untuk membangun usaha. Ma'ruf menyebut jumlah santri dan pesantren ini cukup banyak.

"Saya ingin mendorong lahirnya Gus Iwan-Gus Iwan ini supaya ikut memakmurkan bangsa dan negara. Jangan sampai santri menjadi beban, tapi justru memiliki kontribusi signifikan di dalam membawa kemajuan kemakmuran dan kesejahteraan bangsa," ujar Ma'ruf saat menerima dukungan Forum Santri Indonesia di kediamannya Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (8/12/2018).

Program tersebut bermaksud untuk memberikan pelatihan keterampilan kepada para santri di pesantren. Utamanya supaya para santri memiliki kemampuan untuk menjadi wirausahawan.

"Jadi setelah mereka mempunyai ilmu agama yang cukup dan dengan pendidikan vokasi dan usaha kecil," kata Ma'ruf Amin.

Santri ini bisa membangun kemitraan dengan pengusaha besar melalui koperasi. Atau membangun usaha kecil. Salah satu yang tengah dikembangkan adalah kedia kopi.

"Misalnya buka kedai Kopi Abah dengan rakyat kecil namanya Kopi Abah," ucap Ma'ruf Amin.

 

Bangun Pertanian

Selain itu, bisa juga santri kerjasama membangun pertanian dengan warga setempat. Seperti mengkolaborasikan penanaman jagung dan peternakan sapi. Sehingga keduanya saling menguntungkan.

"Sapi kan butuh batang jagung daun jagung jadi sapi jadi gemuk, kemudian jagung butuh sapi kotorannya jadi pupuk, jagung jadi gemuk. Ini kita kembangkan di pesantren-pesantren," tandas Ma'ruf.

Program tersebut bisa dikatakan mirip dengan program yang dikampanyekan cawapres 02 Sandiaga Uno. Sandi mendorong penciptaan ekonomi di kampung. Seperti program one kampung one entrepreneurship, satu kampung satu wirausaha dan satu kiai harus ada pusat wirausaha atau One Kiai One Centrepreneurship, alias OK OCE yang pernah diterapkan saat menjadi Wagub DKI.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deolipa Project Sindir Banyaknya Korupsi dengan Single Cengkeroeng Ditangkap KPK

Posted: 07 Dec 2018 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Banyaknya pejabat pemerintah yang ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membuat para musisi yang tergabung dalam Deolipa Project merilis single perdana mereka. Bisa ditebak, single mereka menceritakan keprihatinan soal fenomena tersebut. Mengusung genre country rock, band yang dimotori oleh Olive Yumara selaku pencipta lagu sekaligus lead vocal serta Arya Seryadi sebagai arranger ini siap merilis single berjudul Cengkeroeng Ditangkap KPK.

Menariknya, single perdana Deolipa Project akan dirilis pada tanggal 10 Desember 2018 mendatang. Hal ini seolah jadi momentum yang pas untuk memperingati Hari Anti Korupsi Internasional yang jatuh setiap tanggal 9 Desember.

Dari liriknya sendiri, Cengkeroeng Ditangkap KPK memiliki pesan moral yang cukup dalam. Dengan sentuhan musik country rock yang ceria, lagu tersebut jadi terkesan menarik dan tidak menggurui.

Menurut Olive Yumara, sang vokalis yang juga berprofesi sebagai pengacara, dia mempunyai keinginan untuk membagi pengalamannya di dunia hukum dalam bentuk bahasa yang mudah diterima oleh banyak orang. Kendati tema yang mereka usung kurang komersil dan sulit diterima oleh masyarakat, Deolipa Project yakin single perdana mereka akan dapat respon positif dari pecinta musik Tanah Air.

Sebagai langkah awal, single ini akan diputar serentak di hampir 100 stasiun radio di seluruh Indonesia pada tanggal rilisnya nanti. Selain itu, single ini pun sudah dapat dinikmati di semua platform music digital sepert YouTube, Joox, iTunes dan sebagainya.

 

Personel

Deolipa Project

Nama Deolipa sendiri diambil dari gabungan nama-nama personilnya yaitu Olive, Arya, Irul dan Eta. Arya Setyadi (bassist dan arranger) dikenal sebagai solois yang biasa memainkan teknik slap dan tap. Sedangkan Irul yang memegang posisi lead gitar cukup dikenal sebagai pencipta lagu dangdut Sik Asik yang dipopulerkan oleh Ayu Ting Ting. 

Sementara itu, posisi drummer dipegang oleh Denovan, yang dulunya pernah bermain dengan pemain bass senior Iwan Xaverius saat duduk di bangku sekolah dasar. Lalu terakhir ada Eta sebagai second gitarist yang banyak bermain sebagai session gitaris untuk penyanyi solo, seperti Husein Idol.

 

Sumber: Kapanlagi.com

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mantan Menlu AS: Donald Trump Sulit Diarahkan, Semaunya Sendiri

Posted: 07 Dec 2018 09:16 PM PST

Liputan6.com, Washington DC - Mantan menteri luar negeri Amerika Serikat (AS), Rex Tillerson angkat bicara soal mantan bosnya, Donald Trump.

Dalam sebuah wawancara pada Kamis 6 Desember 2018 malam, ia mengaku kerap berulang kali harus memberi tahu sang miliarder nyentrik bahwa apa ingin dilakukannya tidak mungkin terlaksana karena melanggar hukum atau perjanjian internasional. 

Mantan CEO Exxon itu menyebut Trump sebagai "seorang pria yang sangat tidak disiplin, tidak suka membaca, tidak mengindahkan arahan, tidak suka masuk ke rincian tentang banyak hal". Donald Trump hanya percaya dengan apa yang diyakininya.

Dikutip dari BBC pada Sabtu (8/12/2018), Tillerson juga mengangkat beberapa kekhawatiran tentang kondisi dialog politik AS di era media sosial.

"Saya akan jujur ​​kepada Anda, itu menyulitkan saya, terkait bahwa orang-orang Amerika tampaknya ingin tahu begitu sedikit tentang masalah (krusial), bahwa mereka puas dengan 128 karakter," katanya, menambahkan bahwa dia tidak bermaksud menjadi kritikus presiden via media sosial.

Selama ini, Trump seringkali mengumumkan kebijakan atau sikap dalam akun Twitter pribadinya, @realDonaldTrump. Angka 128 yang disebut Tillerson, adalah jumlah maksimal dalam kicauan Twitter yang pernah berlaku sebelumnya.

Tak berapa lama, Donald Trump segera merespons kritik mantan menlunya itu via Twittre. Ia mencuit di sea-sela perjalanan kembali ke Gedung Putih dari negara bagian Missouri, Jumat sore.

"Mike Pompeo melakukan pekerjaan yang hebat, saya sangat bangga padanya," twit Trump.

"Pendahulunya, Rex Tillerson, tidak memiliki kapasitas mental yang diperlukan. Dia bodoh seperti batu dan saya tidak bisa menyingkirkannya cukup cepat. Dia malas sekali. Sekarang ini adalah permainan bola baru, semangat yang luar biasa di AS!" lanjutnya dalam cuitan berisi 270 karakter.

Padahal, sebelumnya, Donald Trump pernah memuji Rex Tillerson sebagai "salah satu pemimpin bisnis yang benar-benar hebat di dunia", ketika dia diangkat sebagai menlu bahkan anggota kabinet Trump pertama yang dibentuk Februari 2017.

Namun, hubungan mereka memburuk dengan cepat. Keduanya bentrok soal kebijakan di Korea Utara, Qatar, Iran, Rusia, China dan kesepakatan iklim Paris.

Para analis politik mengatakan bahwa pribadi Tillerson yang cermat tidak pernah bisa menyatu dengan perangai Trump yang selalu terburu-buru.

Ketegangan semakin terasa setelah media melaporkan bahwa Tillerson telah menyebut Trump sebagai presiden yang "bodoh". Namun, sang menlu kala itu berusaha menunjukkan seolah tidak ada konflik, walau sejatinya ia tidak pernah membantah ataupun mengiyakan laporan miring terkait.

Masa jabatan Tillerson berakhir dengan canggung, 13 bulan setelah dilantik. Ironisnya, pencopotannya disampaikan oleh Trump melalui Twitter, beberapa jam setelah sang menlu kembali dari perjalanan resmi ke Afrika.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

Keresahan Kembali Muncul di Twitter

Presiden AS, Donald Trump memberi hormat saat berjalan menuju pesawat Air Force One sebelum berangkat dari Pangkalan Udara Langley di Virginia, (2/3). Trump tampak gagah mengenakan jaket panglima tertinggi Navy Seal. (AFP Photo / Saul Loeb)

Kini, Donald Trump dikabarkan kembali membuah resah di Twitter, di mana dia beberapa kali menyinggung tentang lemahnya salah satu pengisi jabatan tinggi di kabinetnya.

Oleh para pengamat, hal ini disebut sebagai contoh terbaru tentang kecenderungan Trump menyampaikan ketidaksukaannya, secara langsung di media sosial.

Trump dan pendukungnya menyebut tindakan tersebut sebagai "pukulan telak", namun kubu kontra menyebutnya sebagai bukti ego yang rapuh atau kurangnya pengendalian diri.

Beberapa outlet media AS menyebut bahwa prospek bekerja pada presiden yang kerap berlaku "semaunya sendiri", akan berkontribusi pada meningkatnya tantangan yang dihadapi Gedung Putih dalam mengisi posisi kosong di pemerintahan.

Dari 706 posisi kunci yang membutuhkan konfirmasi, menurut investigasi oleh surat kabar Washington Post, ada 125 tempat yang masih belum memiliki nominator.

Dilaporkan bahwa, saat ini, posisi riskan tengah mengintai Wakil Jaksa Agung Rod Rosenstein, yang semoat menyebut bahwa dia tidak ingin dicopot via twit presiden.

Meski Donald Trump belum menunjukkan sikap apapun terhadap Rosenstein, nanun banyak pihak menduga ada keretakan hubungan di antara keduanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saat Titiek dan Prabowo Bikin Baper Ratusan Pengusaha Tionghoa

Posted: 07 Dec 2018 09:08 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Calon presiden nomor urut 02 [Prabowo Subianto](3802141/ "") dan mantan istrinya Titiek Soeharto bikin baper ratusan pengusaha Tionghoa Indonesia saat gala dinner di kawasan Hayam Wuruk, Jakarta Pusat, Jumat 7 Desember 2018 malam.

Momen itu bermula kala Prabowo diminta menyanyi oleh pemandu acara usai berpidato. Permintaan itu diamini ratusan pengusaha yang ingin mengenal lebih dekat Ketua Umum Partai Gerindra tersebut.

"Saya kalau nyanyi enggak bisa. Nanti bisa kabur semua yang di sini," ujar Prabowo berseloroh.

"Tapi kalau bernyanyi. Itu ada Bu Titiek, dia yang bisa menyanyi," lanjut Prabowo disambut sorak hadirin.

Titek yang mengenakan kebaya merah tampak terkejut ketika menyadari namanya disebut oleh Prabowo. Pengunjung dan pemandu acara juga tak kalah heboh. Mereka ramai-ramai meminta Titiek maju ke panggung menghampiri Prabowo untuk bernyanyi bersama.

Dengan senyum lebar dan agak malu-malu, politisi Partai Berkarya itu pun akhirnya beranjak dari tempat duduknya menuju panggung.

Pengunjung dibuat baper dan histeris ketika menyaksikan Titiek saling menatap dan tersenyum ke arah Prabowo yang sudah menunggunya di atas panggung. Sambil menghampiri pemandu acara, Titiek pun meminta seorang pemain organ untuk mengiringinya bernyanyi.

Ternyata, putri Presiden ke-2 RI, Soeharto menyanyikan lagu mandarin. Bahkan, keramaian pengunjung semakin meninggi ketika melihat Titiek bernyanyi sambil mendekat ke arah Prabowo.

Tepuk tangan meriah dari pengunjung pun memenuhi ruangan pertemuan saat Titiek menyelesaikan nyanyiannya. Bahkan banyak dari mereka yang berdiri dari kursinya dan mengabadikan moment tersebut dengan telepon genggam.

"Saya enggak menyangka, Bu Titiek bisa nyanyi Mandarin. Ini suaranya pas banget," ujar salah seorang pengusaha asal Medan yang hadir di acara tersebut.

Selain Prabowo dan Titiek, hadir pula di acara tersebut adik Prabowo, Hashim Djojohadikusumo beserta putranya Aryo Djojohadikusumo. Serta istri Sandiaga Uno, Nur Asia Uno dan mertuanya, Mien Uno. Dan ada pula tim ekonomi Prabowo-Sandi, Fuad Bawazier dan musisi Ahmad Dhani serta anggota dewan pakar Gerindra Maher Algadri.

Janji Prabowo

Sebelumnya, dalam acara tersebut, Prabowo Subianto ingin memimpin bangsa tanpa membedakan latar belakang Suku, Agama, Ras, Antar Golongan (SARA). Dirinya menegaskan, bakal memperlakukan adil setiap golongan bangsa.

"Saya harus jadi pemimpin semua suku, agama, ras, semua etnis. Kalau ada satu warga dari satu kelompok atau suku, satu agama yang dizalimi yang tidak terima keadilan, itu tugas pemimpin untuk membelanya," kata Prabowo.

Mantan Danjen Kopassus itu tetap menjunjung tinggi nilai kemanusiaan. Menurut dia, setiap manusia ingin hidup aman. Selain aman dari bahaya fisik, warga negara perlu aman dari rasa lapar dan penyakit. Jika terpilih, dia memastikan bakal membela seluruh rakyat, terlebih warga Tionghoa.

"Saya memandang Tionghoa sama seperti suku-suku dan kelompok etnis lainnya dan karena itu kalau saya dipilih, kalau saya menerima tugas, saya akan membela warga saya dengan sekuat tenaga saya," pungkas Ketua Umum Partai Gerindra itu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perampokan Bank di Brasil Berujung Maut, 12 Orang Tewas

Posted: 07 Dec 2018 09:05 PM PST

Liputan6.com, Brasilia - Sebanyak 12 orang dilaporkan tewas pada Jumat 7 Desember ketika terjadi baku tembak antara polisi dan perampok yang berusaha membobol beberapa ATM di Brasil timur laut.

Enam orang sandera perampokan, di antaranya dua anak-anak, tewas dalam baku tembak itu, media setempat melaporkan.

Dikutip dari The Guardian pada Sabtu (8/12/2018), enam dari belasan perampok tewas tertembus peluru polisi di dua unit ATM di pusat kota Milagres, di pedalaman negara bagian Ceará.

Juru bicara gubernur negara bagian Ceará, Kelia Jacome, menyebut perampokan malam hari itu telah diendus oleh pihak kepolisian Brasil, menyusul penyidikan terhadap kejadian serupa pada pertengahan tahun, di mana bahan peledak digunakan untuk membobol beberapa ATM di seputaran kota Milagres.

Perampokan terjadi sekitar pukul 02.30 waktu setempat di pusat kota Milagres, kata polisi dalam sebuah pernyataan.

Portal berita G1 melaporkan bahwa perampok memblokir jalan ke pusat kota dan menyandera beberapa orang yang melintas, ketika kawanan tersebut mulai memasuki dua bank di jalan yang sama. Ketika polisi menanggapi, terjadi baku tembak, menyebabkan beberapa kematian.

Lielson Macedo Landim, walikota Milagres, mengatakan bahwa para sandera tewas oleh kelompok perampok dan bukan oleh tembakan polisi.

"Lima orang sandera yang tewas adalah satu keluarga. Mobil mereka dibajak oleh perampok bersenjata," jelas Landim.

Pihak berwenang masih mengusut Perampokan tersebut dan warga kota Milagres diminta waspada saat berpergian keluar rumah. 

 

Simak video pilihan berikut: 

 

Banyak Kasus Pembunuhan Setiap Tahunnya di Brasil

Ilustrasi bendera Brasil (AFP)

Polisi Brasil mengatakan dua pelaku perampokan berhasil ditangkap, namun beberapa melarikan diri. Pihak berwenang juga menyita tiga kendaraan, beberapa senjata api dan bahan peledak.

Dalam upaya pencarian tersangka perampokan yang melarikan diri, pemerintah kota Milagres mengumumkan sementara waktu meangguhkan layanan publik pada akhir pekan, dan mengimbau warga untuk tetap tinggal di rumah mereka.

Brasil sendiri, menurut catatan PBB, menempati urutan atas dalam jumlah kasus pembunuhan setiap tahunnya.

Adapun Ceará juga dikenal sebagai negara dengan kasus kriminal paling tinggi di negara terbesar di Amerika Latin itu, di mana rata-rata kekerasan yang berakhir pada kematian mencapai 135 kasus per tahunnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beredar Aki Rekondisi, Begini Cara Mengenalinya

Posted: 07 Dec 2018 09:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Aki merupakan komponen yang menjadi sumber tenaga utama untuk menyalakan mobil atau motor. Ragam merek dan jenis ditawarkan, harganya sendiri tak bisa dibilang murah. Maklum, komponen ini cukup rumit dan vital, karenanya harganya tak sembarang. Sialnya, hal ini justru dimanfaatkan sebagian pihak untuk mengeruk keuntungan dengan menjual aki rekondisi.

"Aki rekondisi itu maksudnya aki sudah uzur yang kemudian diperbaiki dan dijual kembali," jelas Satriawan Agung Prabowo, Corporate Public Officer PT Wacana Prima Sentosa (WPS), selaku Agen Pemegang Merek Massiv Batteries. Idealnya, ketika aki sudah tidak digunakan oleh pemiliknya, harus dihancurkan. Hal ini lantaran kemampuan aki untuk menyimpan listrik memang sudak tak prima lagi.

Harga aki mobil pada kondisi baru mulai Rp 500 ribuan hingga lebih dari RP 2 jutaan tergantung tipe dan jenisnya. Baterai rekondisi, ditawarkan oknum dengan harga bisa setengahnya. "Tak jarang pula yang menawarkan harga sedikit lebih murah karena fisik aki masih terlihat bagus," imbuh pria yang akrab disapa Tumenggung itu.

Oknum melakukan rekondisi dengan tujuan membuat aki kembali bisa digunakan. Caranya, mengganti elemen-elemen yang sudah payah kemudian diisi kembali dayanya. "Bahkan kadang ada yang cuma dibersihkan lalu dijual lagi setengah harga," imbuh Muksin, Technical Operational Fast, selaku distributor resmi aki Massiv.

Berbahaya? Tentu saja tidak. Aki ini tak akan meledak atau bocor jika memang tidak rusak fisiknya. Kendaraan Anda tetap bisa dinyalakan ketika menggunakan aki rekondisi. Namun sialnya, aki yang harusnya mampu bertahan minimal setahun dalam kondisi prima, lemah penyimpanannya dalam waktu yang singkat. "Kadang cuma beberapa bulan, dan pemilik mobil harus beli (aki) lagi," tambah Muksin.

 

Selanjutnya

Lantas bagaimana mengenali ciri aki rekondisi? "Biasanya terlihat dari terminal dan fisik aki. Kutub atau terminal aki rekondisi umumnya sudah tergores karena pernah digunakan. Badan aki juga terlihat gembung karena sudah terjadi proses kimiawi di dalamnya," tutur Muksin. Selain itu, bagian tutup aki dan tubuhnya juga biasanya terlihat tak lagi rapat karena pernah dibuka. Variabel lain yang dapat ditilik, warnanya yang sudah kusam.

Umumnya, aki seperti ini dijual di pinggir jalan via kios-kios kecil. Kios besar yang sudah berlisensi seperti Fast, Shop and Drive, Ace Hardware umumnya tak berani mempertaruhkan kredibilitas tokonya demi meniagakan aki rekondisi.

Sumber: Oto.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Memilih Bertahan, Korban Terisolasi Banjir Kobar Butuh Makanan

Posted: 07 Dec 2018 09:02 PM PST

Liputan6.com, Pangkalan Bun - Masyarakat beberapa desa di Kecamatan Pangkalan Banteng dan Arut Utara Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, kesulitan beraktivitas akibat banjir. Kini, mereka membutuhkan bantuan makanan.

"Laporan dari kepala desa dan lurah setempat hingga hari ini, banjir menggenangi rumah, termasuk beberapa sekolah TK, SD dan SMP," kata Kepala Seksi Pencegahan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kotawaringin Barat (Kobar), Pahrul Laji di Pangkalan Bun, Sabtu (8/12/2018).

Pahrul menjelaskan, banjir di dua kecamatan itu meliputi Kelurahan Pangkut yang merendam wilayah empat RT. Banjir terparah terjadi di RT 01 dan 02, sementara untuk RT 3 dan 4 sejauh ini banjir baru merendam akses jalan setempat.

Banjir di RT 01 saat ini ada tiga rumah yang terendam banjir dan 10 rumah yang hampir terendam, RT 02 sebanyak satu rumah yang terendam banjir, sementara untuk RT 03 dan 04 jalan lingkungan sudah terendam banjir setinggi pinggang orang dewasa.

"Untuk di Kelurahan Pangkut, banjir yang mengepung rumah warga sudah mengganggu aktivitas karena 80 persen akses jalan sudah terendam banjir dengan ketinggian 80 centimeter hingga satu meter," katanya dilansir Antara.

Sementara, untuk Desa Nanga Mua, ada 44 rumah yang terdampak banjir di dua RT yakni RT 02 sebanyak 22 rumah dan RT 03 juga 22 rumah. Fasilitas pendidikan terdiri dari TK/PAUD, SD dan SMP juga tidak luput dari banjir.

BPBD Kobar mengalami kendala dalam penanganan banjir di Kecamatan Arut Utara karena hampir semua warga terdampak banjir tidak mau dievakuasi ke tempat lain. Padahal, ketinggian banjir berpotensi meningkat karena hujan masih terjadi.

"Jarak yang jauh mengakibatkan kami kesulitan melakukan pemantauan. Untuk kondisi di Kecamatan Pangkalan Banteng, yaitu di Desa Arga Mulya maupun di Desa Sungai Hijau, hari ini air sudah mulai surut," tambahnya.

Lurah Pangkut, Thomas Nasir mengatakan, saat ini warga Desa Nanga Mua maupun Kelurahan Pangkut membutuhkan makanan dan pakaian, karena warga mengalami kesulitan untuk beraktivitas.

Nasir mengungkapkan, pihaknya kesulitan dalam melakukan evakuasi karena warga setempat lebih memilih bertahan dan membuat panggung di dalam rumah untuk tidur dan menaruh barang-barang.

Bahkan wilayah RT 01 Kelurahan Pangkut sudah terisolasi banjir karena akses jalan satu-satunya sudah terendam banjir setinggi pinggang orang dewasa.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jessica Iskandar Ajak Richard Kyle Liburan Natal ke Amerika Serikat

Posted: 07 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Jessica Iskandar bakal merayakan Natal di Amerika Serikat. Dirinya akan mengajak serta anaknya dan juga sang kekasih, Richard Kyle. Jessica Iskandar akan menghabiskan waktu di sebuah tempat di San Francisco.

"Sudah masuk bulan Desember kita di rumah pasang pohon Natal. Tapi nanti pas Natalnya sendiri kita berangkat ke Amerika jadinya kita bakal Natalan di Lake Tahoe dekat San Francisco," ujar Jessica Iskandar saat ditemui di kawasan Depok, Jawa Barat, Kamis (6/12/2018).

Liburan Natal kali memang berbeda dirasakan oleh Jessica Iskandar. Apalagi liburan kali ini ia anggap panjang karena dilanjutkan dengan tahun baru. Maka dari itu waktu yang lama ini, ia merasa lebih enak jika di habiskan di tempat berbeda.

"Karena kan aku tuh selama setahun kerja full hampir nggak ada istirahat. Jadi ketika ada libur, biasanya liburan Natal sama Tahun Baru digabung jadi libur panjang. Ketika ada libur yang lumayan panjang, anak aku libur sekolah, terus ya sudah kenapa enggak kita habisin waktu di tempat yang berbeda. Kan El juga mau main salju," ujar Jessica Iskandar.

 

Keluarga di Amerika

Jessica Iskandar dan Richard Kyle

"Soalnya keluarga aku sebagian di Amerika, kan makanya (wajah) aku juga bule. Haha. Jadi sebenarnya destinasi ke Amerika juga kita bingung awalnya mikir-mikir mau ke Eropa atau Jepang. Tapi Richard bilang sama aku kan kamu punya keluarga di Amerika kenapa nggak kita kunjungi sambil aku kenalan keluarga kamu sekalian. Oh ya sudah niat baik nih, kita sambut niat baiknya. Ya sudah akhirnya ke Amerika sambil ketemu sama keluarga aku di sana," lanjutnya.

 

Bersyukur

Jessica Iskandar dan Richard Kyle

Natal tahun ini tak lupa ia pun memberikan rasa syukurnya. Apalagi banyak nikmat yang diberikan di tahun ini padanya. Maka dari itu ia menikmatinya dengan suka cita.

"Kalau buat aku sih di mana aja setiap momen kalau kita syukurin pasti terasa bahagia, indah. Tapi kebetulan dapat rezeki lebih ya sudah kenapa nggak kita nikmatin. Soalnya juga kita kan udah kerja keras, membuahkan hasil, menikmati hidup sama kerjaan harus balance biar selalu jadi manusia yang baik," pungkasnya.

Sumber: Kapanlagi.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jangan Mager, Ini Saran Dokter agar Bisa Jalani Aktivitas Fisik Meski Sibuk

Posted: 07 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Di tengah kesibukan bekerja atau sekolah, selalu sempatkan untuk melakukan aktivitas fisik. Menurut dokter spesialis kedokteran olahraga Michael Triangto, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melakukana aktivitas fisik di tengah kesibukan.

"Meski disibukkan dengan rutinitas sehari-hari, sesungguhnya aktivitas fisik dapat dilakukan dengan mudah di rumah, di tempat kerja, maupun di tempat umum," kata Michael dalam konferensi pers Ayo Indonesia Bergerak di RPTRA Borobudur Jakarta Pusat pada Jumat (7/12/2018).

Contohnya Anda bisa memilih naik atau turun tangga saat menuju meja kerja dibandingkan naik lift atau eskalator. Tak jarang juga beberapa kantor memiliki jadwal senam atau olahraga bersama, ikuti saja.

Pastikan, kata Michael, setiap menjalankan aktivitas fisik itu dilakukan dengan prinsip BBTT alias Baik, Benar, Terukur dan Teratur seperti dikutip dari rilis yang Liputan6-Health terima.

 

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) beserta jajaran direksi BPJS Kesehatan, dan belasan ribu peserta JKN-KIS senam bersama pada Minggu, 29 Juli 2018 di Lapangan Monas, Jakarta. ( Foto: Humas BPJS Kesehatan)

Apa itu BBTT? Baik yaitu aktivitas fisik disesuaikan dengan kondisi fisik dan lingkungan. Benar yaitu aktivitas fisik dilakukan secara bertahap mulai dari pemanasan, latihan inti, dan pendinginan. Lalu, Terukur yaitu aktivitas fisik dilakukan dengan mengukur intensitas dan waktu latihan. Terakhir, Teratur yaitu aktivitas fisik dilakukan teratur 3 hingga 5 kali dalam seminggu.

Bila menerapkan prinsip tersebut, aneka manfaat sehat pun bisa didapat. Mulai dari meningkatkan kebugaran jasmani, mencegah stres, mempertahankan berat badan ideal dan mencegah kegemukan serta mengurangi risiko berbagai penyakit tidak menular.

 

Makin banyak yang malas bergerak

Malas gerak (iStockphoto)

Kampanye Ayo Indonesia Bergerak yang diinisiasi Kementerian Kesehatan dilakukan bukan tanpa alasan. Kini, makin banyak orang yang malas bergerak alias mager.

"Gaya hidup sedentari telah menjadi isu kesehatan di Indonesia. Riset Kesehatan Dasar 2018 menunjukkan peningkatan jumlah penduduk Indonesia berusia lebih dari 10 tahun yang kurang beraktivitas fisik yaitu dari 26,1 persen menjadi 33,5 persen," kata Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga Kemenkes RI, Kartini Rustandi di kesempatan yang sama.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Allegri Beber Cara Juventus Kalahkan Inter Milan

Posted: 07 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Turin - Juventus membuktikan diri sebagai calon terkuat juara Liga Italia musim ini dengan mengalahkan salah satu pesaingnya, Inter Milan, Sabtu (8/12/2018) dinihari WIB. Bermain di markas sendiri, Juventus menang 1-0 berkat gol Mario Mandzukic di menit 66.

Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri membeberkan taktik jitunya mengalahkan Inter Milan. "Saya memindahkan Mandzukic ke kiri. Paulo Dybala bermain lebih baik dan kami tampil sangat berbeda dalam hal intensitas dan tekanan," ujar Allegri seperti dilansir Football Italia.

Juventus dan Inter Milan bermain imbang di babak pertama. Nerazzurri -julukan Inter- beberapa kali mengancam gawang Juventus yang dijaga Wojciech Szczesny.

Salah satu peluang Inter Milan lahir di menit 29. Roberto Gagliardini hampir saja membobol gawang Juventus andai tendangannya tidak membentur mistar gawang.

Juventus lalu coba menyerang balik lewat Giorgio Chiellini. Sayangnya, sundulan Chiellini msih bisa dimentahkan kiper Inter Milan, Samir Handanovic.

Allegri mengakui, Inter Milan memang cukup merepotkan pertahanan timnya di babak pertama. Salah satu pemain Inter Milan yang membuat kerepotan adalah Matteo Politano.

"Polittano membuat kami dalam tekanan. Jadi saya menukar bek sayap untuk membuat karakter kami keluar dan bertahan ketika dibutuhkan," ujar Allegri.

 

Efisien dan Efektif

Striker Juventus, Mario Mandzukic, melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Inter Milan pada laga Serie A di Stadion Allianz, Turin, Jumat (7/12). Juventus menang 1-0 atas Inter Milan. (AP/Andrea Di Marco)

Lebih lanjut, Allegri menuturkan dua hal lain yang jadi kesuksesan timnya menang. Menurut mantan pelatih AC Milan ini, efisien dan efektif menjadi kunci kemenangan Juventus.

"Saya meminta para pemain bermain efisien dan efektif. Kami hanya menunjukkan setengah hal itu di periode pertama, tetapi setelah itu, kami mulai menguasai bola dengan sabar, terorganisasi dan solid," ujar Allegri.

Berkat kemenangan ini, Juventus kukuh di puncak klasemen dengan total 43 poin. Bianconeri juga berhasil memperpanjang catatan tak terkalahkannya menjadi 14 pertandingan.

Klasemen Liga Italia

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Soal Penangkapan Putri Pendiri Huawei, Media Tiongkok Kecam Tindakan AS

Posted: 07 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Media Tiongkok mengecam Amerika Serikat (AS) atas penangkapan putri pendiri Huawei, Meng Wanzhou.

Hal tersebut memicu reaksi keras dari sejumlah media Tiongkok, dengan mengatakan tindakan itu sebagai bentuk "hooliganisme."

Mereka juga menilai penangkapan tersebut sebagai aksi tekanan terhadap Huawei, yang nantinya akan menjadi insiden diplomatik besar.

Hooliganisme adalah perilaku mengganggu atau melanggar hukum seperti kerusuhan, bullying, dan vandalisme.

Dikutip dari The Guardian, Sabtu (8/12/2018), China Daily dalam laporannya, menyebutkan penangkapan Wanzhou tampaknya merupakan bagian dari upaya AS menekan Huawei.

Perusahaan asal Tiongkok terssebut merupakan penyedia peralatan telekomunikasi terbesar di dunia, serta vendor smartphone terbesar kedua.

"Satu hal yang bisa dipastikan dan terbukti adalah AS sedang berusaha melakukan apa pun untuk menahan ekspansi Huawei di dunia, hanya karena perusahaan adalah titik utama bagi perusahaan teknologi kompetitif dari Tiongkok," demikian tulisan di China Daily.

Dapat Kecaman dari Media

Salah satu toko resmi Huawei di Beijing, China (AP/Mark Schiefelbein)

Surat kabar Global Times yang dikelola pemerintah Tiongkok juga menyampaikan hal serupa. Media tersebut menilai AS menggunakan pendekatan rogue atau yang tidak baik, karena tak bisa menghentikan kemajuan teknologi 5G Huawei di pasar.

Retorika ini muncul ketika media Jepang melaporkan negara tersebut secara efektif akan melarang pemerintahnya membeli produk telekomunikasi Huawei.

Jepang beralasan pemblokiran dilakukan karena khawatir akan kebocoran data intelijen dan serangan siber. Keputusan Jepang ini diyakini berhubungan dengan AS, yang pada tahun ini melarang pemerintahnya membeli perangkat Huawei.

Penangkapan Meng Wanzhou di Kanada

Device Laboratory milik Huawei di Beijing, Tiongkok. Liputan6.com/Andina Librianty

Tiongkok menuntut pembebasan Wanzhou secepatnya. Perempuan yang juga menjabat sebagai Chief Financial Officer (CFO) itu ditahan di Vancouver, Kanada, pada 1 Desember dan akan diekstradisi ke AS atas laporan pelanggaran sanksi.

Menurut laporan, Huawei telah melanggar sanski dagang AS karena telah mengekspor perangkatnya ke Iran. Namun, juru bicara Huawei, Chase Skinner, membantahnya.

Pemerintah Tiongkok telah meminta pemerintah Kanada dan AS untuk segera mengklarifikasi alasan penahanan Wanzhou, dan membebaskannya secepat mungkin. Kedutaan Tiongkok di Kanada menggambarkan tindakan tersebut sebagai pelanggaran hak asasi manusia.

Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, pada Kamis (6/12/2018), menyebut penangkapan Wanzhou tidak bermuatan politis.

"Tentu saja tidak ada keterlibatan di level politik dalam keputusan ini karena kami menghormati independensi proses peradilan kami," ungkapnya.

Penangakan Wanzhou dan Perang Dagang

Huawei (Foto: Huawei)

Penangkapan Wanzhou dinilai dapat mengancam gencatan senjata perang dagang antara Tiongkok dan AS. Presiden AS Donald Trump dan Presiden Tiongkok Xi Jinping, sebelumnya telah sepakat memberikan waktu 90 hari untuk menyelesaikan sengketa perdagangan antara kedua negara.

Global Times dalam laporannya menyebutkan negosiasi kedua negara tengah berada dalam kondisi yang sangat sensitif.

"Kami percaya bahwa pemerintah AS, seperti Tiongkok, bersedia mengakhiri perang dagang. Ini adalah proses yang sangat sensitif karena tim negosiasi masing-masing tim sedang berjuang," demikian keterangan yang ditulis media tersebut.

(Din)

Saksikan Video Pilihan Berkut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Anak Ayam Berkaki Empat Ditemukan di China

Posted: 07 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Seekor anak ayam langka dengan 4 kaki telah ditemukan di China. Ayam berumur satu bulan ini dalam kondisi sehat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sektor Saham Industri Dasar Angkat IHSG Sepekan

Posted: 07 Dec 2018 08:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mampu menguat pada perdagangan saham selama sepekan ini. Hal itu didorong kenaikan sektor saham industri dasar yang meningkat 4,7 persen.

Mengutip laporan PT Ashmore Assets Management Indonesia, Sabtu (8/12/2018), IHSG menanjak 1,1 persen ke posisi 6.126 hingga Jumat 7 Desember 2018. Penguatan itu didorong indeks saham LQ45 menguat 1,15 persen ikuti kenaikan IHSG. Meski demikian, investor asing melakukan aksi jual saham senilai USD 15 juta atau sekitar Rp 217,27 miliar (asumsi kurs Rp 14.484 per dolar AS) pada pekan ini.

Sementara itu, di pasar obligasi atau surat utang, indeks obligasi susut 0,4 persen hingga perdagangan Kamis pekan ini. Imbal hasil surat utang pemerintah bertenor 10 tahun berada di posisi 8 persen. Investor asing juga jual obligasi senilai USD 45 juta atau sekitar Rp 651,74 miliar pada perdagangan Senin. Pada pekan ini, nilai tukar rupiah melemah ke posisi 14.480 per dolar AS.

Lalu sentimen apa saja bayangi pergerakan bursa saham global dan IHSG selama sepekan?

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping setuju gencatan selama 90 hari ke depan terkait perang dagang. Langkah ini memberikan peluang untuk pembicaraan lebih lanjut. Meski pelaku pasar saham menyambut baik, tapi ada perbedaan mendasar antara kedua negara itu yang masih luas.

Misalkan masalah struktural antara lain penghentian transfer teknologi secara paksa, penegakan hak kekayaan intelektual, dan akhiri subsidi negara untuk industri strategis tetap menjadi isu utama.

Di sisi lain, penangkapan CFO Huawei Meng Wanzhou di Kanada juga menghambat gencatan perang dagang. Penangkapan putri dari pendiri Huawei ini lantaran potensi pelanggaran yang dilakukan perusahaan terhadap sanksi AS terhadap Iran. Pentagon berhenti menawarkan perangkat Huawei di pangkalan militer AS karena alasan keamanan.

Sementara itu, data ekonomi Amerika Serikat (AS) menunjukkan hasil beragam. Neraca perdagangan AS menunjukkan defisit melebar menjadi USD 55,5 miliar pada Oktober 2018 dari sebelumnya USD54,6 miliar. Ini defisit tertinggi sejak Oktober 2018. Hal itu dipicu penjualan kedelai lebih rendah sehingga bebani ekspor. Sedangkan impor mencapai rekor tertinggi baru.

Data lainnya juga menunjukkan klaim pengangguran awal berada di 231 ribu, angka ini lebih tinggi dari perkiraan. Selain itu, pesanan pabrik turun 2,1 persen, market US services PMI berada di 54,7.

Sentimen global lainnya pengaruhi pasar keuangan yaitu proses Britain Exit (Brexit). Pada  Selasa depan, anggota parlemen Inggris akan memilih apakah akan menerima rencana Perdana Menteri Inggris Theresa May untuk meninggalkan Uni Eropa.

Hasilnya tidak pasti, terutama jika May menderita kekalahan. Sejumlah spekulasi menyebutkan bisa mengarah pada pergantian perdana menteri, upaya merevisi kesepakatan Brexit, dan keruntuhan total pemerintah. Bahkan melaksanakan pemungutan suara kedua apakah Inggris dan Irlandia Utara harus meninggalkan Eropa sama sekali.

Selain itu, negosiasi organisasi negara pengekspor minyak (OPEC) berlangsung dan timbulkan pesismisme. OPEC memulai pembicaraan lebih lanjut mengenai pembatasan produksi minyak setelah pertemuan puncak pada Kamis yang berakhir tanpa kesepakatan. Ini karena Rusia menolak pemotongan produksi besar yang dituntut Arab Saudi.

Ini menunjukkan OPEC juga berada di bawah tekanan untuk kembali menggambarkan peta minyak global, dan membiarkannya semakin bergantung pada dukungan non-anggota Rusia. Di sisi lain, AS juga menyatakan kalau menjadi pengekspor minyak bersih untuk pertama kali dalam 75 tahun pada pekan lalu.

Sentimen lainnya yaitu pertemuan kebijakan non moneter bank sentral Eropa. Bank sentral Eropa mempertahankan bunga refinancing 0 persen pada 25 Oktober. Bank sentral Eropa juga akan terus melakukan pembelian bersih senilai 15 miliar euro hingga akhir Desember. Para pembuat kebijakan berharap suku bunga tetap berada di tingkat rendah hingga musim panas 2019. Sentimen eksternal itu pengaruhi pasar keuangan global yang berimbas ke IHSG.

 

Sentimen Internal Bayangi IHSG

Pergerakan saham terlihat di sebuah monitor, Jakarta, Senin (14/11).Tekanan IHSG tersebut juga didorong saham-saham berkapitalisasi besar yang merosot. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Dari sentimen internal, Indonesia membukukan inflasi tahun kalender 3,23 persen hingga November 2018. Angka ini lebih tinggi dari bulan sebelumnya 3,16 persen. Selain itu juga mengalahkan harapan pasar di 3,15 persen.

Adapun tiga kontributor inflasi November 2018 antara lain makanan sebesar 0,05 persen. Bahan pangan itu termasuk bawang merah, beras dan telur ayam. Sedangkan harga cabai merah dan daging ayam turun, diikuti sektor properti yang juga mencetak kontribusi signifikan.

Sementara itu, upah tenaga kerja, transportasi, komunikasi dan sektor jasa keuangan menyumbang 0,1 persen.

Bank Indonesia (BI) juga melaporkan cadangan devisa tercatat meningkat USD 117,2 miliar pada November dari periode sebelumnya USD 115,2 miliar. Cadangan devisa yang naik ini pertama pada 2018 setelah mata uang rupiah tertekan. Pelaku pasar mengharapkan cadangan devisa meningkat pada Desember 2018.

 

Mencermati Kurva Imbal Hasil Surat Berharga AS

Ilustrasi Foto Perdagangan Saham dan Bursa (iStockphoto)

Lalu hal apa yang perlu dicermati ke depan?

Ashmore menyoroti kurva imbal hasil terbalik. Hal itu apakah menunjukkan tanda resesi? Dalam sepekan terakhir, ada beberapa kekhawatiran di kalangan investor karena imbal hasil surat berharga Amerika Serikat (AS) bertenor 3 tahun dan 5 tahun terbalik.

Secara historis, imbal hasil jangka panjang lebih rendah dari obligasi jangka pendek. Ada sejumlah kekhawatiran itu sinyal untuk resesi.

Lalu apa itu kurva terbalik? Kurva imbal hasil obligasi biasannya menunjukkan obligasi jatuh tempo lebih lama menghasilkan kinerja imbal hasil lebih tinggi dari pada jatuh tempo lebih pendek. Secara teoritis, obligasi jangka panjang membayar investor lebih tinggi karena sifatnya berisiko dari siklus ekonomi antara lain penurunan inflasi dan pertumbuhan ekonomi melambat.

Lalu apa yang terjadi sekarang?

Untuk sementara, imbal hasil  surat berharga AS telah mendatar karena ada serangkaian kenaikan suku bunga the Federal Reserve atau the Fed yang didorong peningkatan inflasi. Kurva imbal hasil yang mendatar juga berarti hanya ada sedikit keuntungan bagi investor untuk memiliki obligasi berjangka panjang.

 

Apa Artinya bagi Indonesia?

Ilustrasi Foto Perdagangan Saham dan Bursa (iStockphoto)

Pertanyaan selanjutnya bagaimana siklus 2018/2019?

Pasar dinilai akan mengawasi keputusan bank sentral AS atau the Federal Reserve. Sinyal pertama akan terjadi usai pertemuan bank sentral AS pada Desember 2018. Harapan kenaikan suku bunga mencapai 69 persen, angka ini turun dari posisi September 2018 sebesar 85 persen.

Lalu apakah the Federal Reserve akan melihat kurva imbal hasil obligasi terbalik sebagai tanda menghentikan kenaikan suku bunga? Namun, pasar tampaknya mulai terbagi dengan kemungkinan kenaikan suku bunga sebanyak dua kali pada 2019 dari sebelumnya yang diperkirakan empat kali.

Sejumlah ekonom bank besar juga menyarankan the Federal Reserve menghentikan kenaikan suku bunga pada 2019. Bahkan ada berbicara untuk memangkas suku bunga pada 2020.

Apa artinya bagi Indonesia?

Dengan asumsi the Federal Reserve akan hentikan kenaikan suku bunga pada 2019, Bank Indonesia (BI) dinilai akan membuat lebih mudah ambil keputusan kebijakan moneter dan ikuti pemotongan suku bunga.

Ini juga dapat mendorong reli untuk pasar saham dan obligasi Indonesia. Hal ini karena pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) dapat berlanjut karena bank mempertahankan suku bunga pinjaman apda level saat ini. Selain itu kurangi tekanan pada mata uang dan inflasi. Mendekati akhir tahun, sepertinya sentimen telah berubah untuk persiapkan yang terbaik pada 2019.

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ma'ruf Amin Minta Para Santri Tangkal Isu Jokowi PKI

Posted: 07 Dec 2018 08:46 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan, isu-isu soal Partai Komunis Indonesia (PKI) yang muncul di beberapa spanduk hanya untuk menjelekkan atau mendiskreditkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Hal ini disampaikannya usai bersilahturahmi dan menerima dukungan dari Forum Santri Indonesia (FSI) di kediamannya.

"Isu itu dibuat untuk mendiskreditkan. Pak Jokowi sendiri sudah sering membantahnya. Tapi memang, itu tidak pernah berhenti, muncul lagi, muncul lagi," ucap Ma'ruf di rumahnya, Jalan Situbondo, Jakarta, Sabtu (8/12/2018).

Di depan para perwakilan FSI, dia meminta para santri juga ikut menjelaskan kepada masyarakat bahwa isu tidak benar adanya.

"Karena itu saya mengajak kaum santri ini untuk menjelaskan kepada masyarakat bahwa itu isu yang tidak benar. Dan itu harus terus didengungkan," ungkap Ma'ruf.

Dia meminta jangan sampai narasi PKI itu jauh lebih kencang didengar oleh masyarakat. Dirinya merasa yakin, para santri bisa menyampaikan hal yang benar.

"Jangan sampai yang banyak mengatakan itu, itu benar. Jadi kita harus mengatakan itu tidak benar. Saya kita santri siap," dia memungkasi.

 

Spanduk Menyesatkan

Sebelumnya, Presiden Jokowi kembali menegaskan bahwa dia bukan anggota Partai Komunis Indonesia atau PKI. Jokowi juga menyinggung munculnya spanduk bertuliskan #JokowiBersamaPKI.

"Banyak disampaikan di bawah isu Presiden Jokowi itu PKI. Dan bahkan akhir -akhir ini banyak spanduk seperti itu," ungkap Jokowi.

Mantan Wali Kota Solo ini meminta penggunaan isu PKI dalam kontestasi demokrasi segera dihentikan. Sebab, hal itu merusak demokrasi di Tanah Air. Jokowi mengaku empat tahun belakangan ini sudah sabar menghadapi isu PKI. Namun, sekarang Jokowi menolak diam.

"Sekarang saya harus menjawab. PKI bubar tahun 1965. Saya lahir tahun 1961. Umur saya baru 4 tahun. Apa ada PKI balita?" kata Jokowi.

Spanduk #JokowiBersamaPKI terpasang di kawasan Kebun Kacang, Tanah Abang, Jakarta Pusat beberapa waktu lalu. Dalam spanduk itu ada ajakan untuk memilih pasangan lain.

Spanduk #Jokowi Bersama PKI akhirnya diturunkan oleh pihak kepolisian pada Selasa (4/12/2018) setelah ramai dibahas di media sosial. Bawaslu telah bergerak untuk menyelidiki pemasang spanduk tersebut.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MotoGP: Kagumi Kecepatan Yamaha, Morbidelli Belum Sreg dengan Hal Ini

Posted: 07 Dec 2018 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Franco Morbidelli merampungkan rangkaian tes pasca musim bersama tim barunya, Petronas Yamaha Sepang di Sirkuit Jerez, Jumat (7/12/2018). Semua ini dilakukan untuk persiapan jelang MotoGP 2019.

Morbidelli mengaku cukup senang dengan kecepatan yang dimiliki Yamaha. Ini pula yang membuatnya bisa meraih posisi keenam pada tes di Jerez.

Posisi yang sama juga diraihnya pada tes di Valencia dimana dia berjarak 0,217 detik dari yang tercepat. Di Jerez, dia hanya berjarak 0,173 detik dari yang tercepat.

Karena itu, mantan murid Rossi ini mengaku cukup puas dengan tes paska musim MotoGP. Namun masih ada satu hal yang belum sreg di hatinya.

Ini terkait daya tahan ban atau keausan ban setelah dipakai lama. Ini menjadi masalah klasik yang belum juga dipecahkan oleh Yamaha.

 

 

Komentar Morbidelli

Franco Morbidelli kini beraksi untuk Yamaha (Twitter/Marc VDS)

Meski belum sreg, Morbidelli mengatakan tidak adanya grip pada ban yang dialami Yamaha bukan hal baru. Valentino Rossi dan Maverick Vinales sudah berulang-ulang mengeluhkan hal ini.

"Kami punya kecepatan yang bagus saat memakai ban baru, tapi kami harus memperbaiki akselerasi. Kami kesulitan dengan ban yang sudah aus, itu bukan rahasia," katanya seperti dikutip crash.net.

"Saat ban baru dipasang, Anda masih merasakan grip di ban. Tapi cepat atau lambat grip itu berkurang. Biasanya semakin keras ban, semakin lama ban akan kehilangan grip."

Tak Punya Ide

Morbidelli mengatakan, sudah memberi masukan sebisanya kepada teknisi Yamaha. Dia mengaku tak punya ide bagaimana memperbaiki kekurangan itu.

"Saya butuh grip lebih. Saya tak punya ide bagaimana memperbaikinya. Saya mencoba beri masukan kepada Yamaha dan tunggu saja bagaimana respon mereka. Semoga mereka bekerja di arah yang betul," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bournemouth vs Liverpool: Peluang The Reds Salip City

Posted: 07 Dec 2018 08:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Liverpool akan bertandang ke Vitality Stadium untuk menghadapi Bournemouth pada lanjutan pertandingan Liga Inggris, Sabtu (08/12). Kemenangan akan memberikan tekanan pada Manchester City, yang akan berkunjung ke Stamford Bridge beberapa jam setelahnya.

Hanya Liverpool dan City yang masih belum tersentuh kekalahan di Premier League musim ini. City memimpin klasemen dengan keunggulan cuma dua poin atas Si Merah.

Jika mampu mengalahkan Bournemouth, dan City terpeleset di kandang Chelsea, maka Liverpool akan memuncaki klasemen untuk pertama kalinya sejak matchweek 6. Itu bisa menjadi pendongkrak moral bagi pasukan Jurgen Klopp jelang partai Liga Champions melawan Napoli, di mana menang adalah sebuah keharusan.

Tengah pekan kemarin, Bournemouth dan Liverpool sama-sama meraih kemenangan.

Bournemouth menang 2-1 menjamu Huddersfield lewat gol-gol Callum Wilson dan Ryan Fraser. Dalam empat laga sebelum itu, Bournemouth selalu kalah. Sementara itu, Liverpool menekuk tuan rumah Burnley 3-1 melalui gol-gol James Milner, Roberto Firmino dan Xherdan Shaqiri.

Liverpool harus mewaspadai Wilson dan Fraser. Wilson menyumbang tiga gol dan satu assist dalam lima penampilan terakhirnya untuk Bournemouth di Premier League, sedangkan Fraser mengukir dua gol dan tujuh assist dalam sembilan penampilan terakhirnya untuk klub dan tim nasional Skotlandia.

Namun ancaman terhadap Bournemouth jelas tak kalah besar. Mohamed Salah, yang merupakan top scorer sekaligus top assist sementara Liverpool di liga musim ini jelas termasuk salah satu di antaranya.

Tak kalah berbahayanya adalah Firmino. Dia telah mencetak tiga gol dalam enam penampilan melawan Bournemouth di Premier League. Itu termasuk masing-masing satu gol dalam dua pertemuan yang dimenangi Liverpool musim lalu.

 

Prediksi Susunan Pemain

Bournemouth (4-4-2): Begovic; Daniels, Ake, Steve Cook, Francis; Fraser, Lerma, Surman, Brooks; Wilson, King.

Liverpool (4-2-3-1): Alisson; Robertson, Van Dijk, Matip, Alexander-Arnold; Keita, Fabinho; Lallana, Firmino, Shaqiri; Salah.

Sumber: bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Alasan Wanita Rela Suami Punya 4 Istri

Posted: 07 Dec 2018 08:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tak ada wanita yang mau dimadu suaminya. Namun wanita cantik ini punya alasan membolehkan suaminya beristri 4. Apa itu?

Hal yang ada dalam benak wanita ini paling bikin penasaran, sehingga menjadi artikel terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Disusul artikel kedua terpopuler, yaitu viralnya seorang penjual ikan nan cantik rupawan. Sedangkan artikel ketiga terpopuler tentang fakta mencengangkan tubuh manusia.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Perempuan Ini Ikhlaskan Suaminya Punya 4 Istri, Mengapa?

Doc: chinapress.com.my

Waraphon Pruksawan mengunggah curahan hatinya tentang dirinya yang dipoligami sang suami. Meski dimadu sebanyak tiga kali, ia mengaku bahagia.

Malahan, Waraphon kerap mengunggah foto kebersamaan ia bersama suami dan istri-istri suaminya yang lain. Lalu apa alasan sang istri pertama memperbolehkan suaminya melakukannya?

Selengkapnya...

2. Viral Penjual Ikan Cantik, Ini Faktanya

Doc: Shanghaiist

Seorang penjual ikan di Taiwan viral setelah foto-fotonya beredar di media sosial. Wanita cantik itu tampak bekerja menata sekaligus memotong pesanan pembeli di salah satu kios.

Gadis jelita ini berjualan dengan mengenakan tank top dan rambut setengah terikat serta poni memikat. Siapakah dia?

Selengkapnya...

3. 12 Fakta Mencengangkan Tubuh Manusia yang Tak Anda Sadari

Ilustrasi tubuh manusia. (Sumber Pixabay/ranah publik via Creative Commons)

Selama berabad-abad, tubuh manusia adalah subjek penelitian dan eksperimen. Akan selalu ada hal baru yang diungkap dari tubuh manusia.

Siapa nyana tubuh manusia dapat bertahan dari sambaran petir. Bahkan otak manusia lebih aktif saat tidur. Apa lagi hal mencengangkan lainnya?

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Madura United Vs Persela: Habis-habisan di Laga Terakhir

Posted: 07 Dec 2018 08:30 PM PST

Jakarta Duel sesama klub Jawa Timur akan tersaji di laga terakhir Gojek Liga 1 bersama Bukalapak. Madura United bakal menjamu Persela Lamongan di Stadion Gelora Ratu Pamelingan, Pamekasan, Sabtu (8/12/2018) malam.

Pelatih Madura United, Gomes de Oliveira ingin, bertekad memenangi laga terakhir Liga 1 2018 tersebut. Apalagi, timnya sudah lama tidak mendapat tiga poin. Madura United telah melewati lima laga terakhir tanpa kemenangan. 

"Ini pertandingan terakhir kompetisi Liga 1. Semua pemain harus berusaha untuk memenangkan pertandingan lawan Persela. Kami abaikan rasa capek dan lelah karena kurangnya recovery, untuk memberikan hasil terbaik pada pertandingan terakhir," ucap Gomes.

Kelelahan membayangi pemain Madura United karena harus melakoni dua pertandingan dalam tiga hari. Sebelum melawan Persela, Fabiano Beltrame dkk. berjumpa Madura FC dalam babak 64 besar Piala Indonesia, Kamis (6/8/2018).

Meski tidak memilki banyak waktu istirahat, Gomes mengklaim anak asuhnya siap menghadapi pertandingan melawan Persela. Dia merasa waktu sehari cukup untuk melakukan recovery.

"Madura United sudah siap untuk melakoni laga terakhir, kami tampil cukup baik (melawan Madura FC) dan kami sudah siap besok main lawan Persela," imbuh pria asal Brasil itu

Saat ini, Madura United berada di peringkat ke-11 klasemen sementara dengan raihan 45 angka. Tambahan tiga poin akan membuat mereka naik peringkat ke papan atas, dengan catatan klub di atasnya gagal meraih hasil maksimal.

Selain ingin mengerek peringkat timnya, Gomes juga ingin mempersembahkan kemenangan untuk warga Madura. Dia adalah sosok yang berjasa untuk warga Madura dengan bergabung Madura United sejak 2016 atau awal berdirinya klub ini.

"Saya sangat senang dan bahagia di sini selama tiga musim ini, sebagai pertandingan terakhir saya berharap kasih hadiah kemenangan kepada warga Madura yang telah mendukung Madura United selama ini," ujarnya. 

Persela Incar Imbang

Sementara itu, Persela juga berambisi mengakhiri kompetisi Gojek Liga 1 bersama Bukalapak dengan hasil manis. Kendati harus berlaga di kandang lawan, Persela tetap mematok target seri.

Pelatih kepala Persela, Aji Santoso, meyakini timnya mampu merealisasikan target tersebut lantaran sudah tak memiliki beban setelah memastikan bertahan di kompetisi kasta tertinggi.

Ia menyadari tak mudah meraih hasil positif di kandang Laskar Sapeh Kerrab. Namun, Aji melihat ada celah di sektor pertahanan Madura United yang bisa dieksploitasi anak buahnya.

"Saya punya pemain yang memiliki kecepatan. Ini yang bakal saya maksimalkan untuk mendobrak pertahanan Madura United," kata pelatih asal Kepanjen, Malang, tersebut.

Pada laga ini, Persela tak bisa menurunkan Loris Arnaud yang masih menjalani satu kali lagi larangan tampil menyusul kartu merah yang diterimanya saat Persela tumbang 2-3 dari Borneo FC 26 November 2018 lalu.

"Kami masih punya Dendi Sulistyawan, Saddil Ramdani, Fahmi Al Ayyubi, Gian Zola, dan Diego Assis, yang punya kecepatan, naluri menyerang dan ketajaman," tuturnya.

Aji optimistis, dengan semua potensi yang dimiliki timnya, serta kondisi psikis anak buahnya yang sangat bagus, tim berjulukan Laskar Joko Tingkir ini mampu meraih hasil maksimal. 

 

Prakiraan Pemain

Madura United (4-3-3): Hery Prasetyo (kiper); Beny Wahyudi, Fabiano Beltrame, Fachruddin Aryanto, Alfath Faathier (belakang); Milad Zeneyodpur, Slamet Nurcahyo, Zah Rahan Krangar (tengah); Bayu Gatra, Greg Nwokolo, Engelberd Sani (depan). 

Pelatih: Gomes de Oliveira

Persela Lamongan (4-3-3): Dwi Kuswanto, Eky Taufik, Moch Zaenuri, Samsul Arifin, Wallace Costa Alves, Subagja Basith, Diego Assis, Syahroni, Saddil Ramdani, Fahmi Al Ayyubi, Dendy Sulistyawan.

Pelatih: Aji Santoso 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

36 Judul Film Siap Tayang di Sinema Jepang 2018

Posted: 07 Dec 2018 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pekan Sinema Jepang 2018 kembali digelar. Sekitar 36 judul film Jepang dari berbagai genre akan ditayangkan mulai 7 hingga 16 Desember 2018 di CGV Grand Indonesia, Jakarta Pusat. 

Selain untuk memperkenalkan budaya Jepang melalui media film, Sinema Jepang 2018 tahunan ini juga merupakan upaya untuk mempererat hubungan diplomatik antara kedua negara, Jepang dan Indonesia.

"Kami sangat senang dapat menyelenggarakan event ini dalam rangka tahun ke 60 hubungan diplomatik Jepang dan Indonesia," ujar Hiroko Tsuka, Executivevice President The Japan Foundation, saat jumpa pers Sinema Jepang 2018 di CGV Grand Indonesia, Jumat, (7/12/2018).

"Pertukaran budaya antar kedua negara mempererat dapat hubungan persahabatan kedua negara, khususnya melalui film dan animasi sehingga sifatnya komprehensif," sambungnya.

 

40 Film

Pekan Sinema Jepang 2018 (Daniel Kampua/Fimela.com)

Pekan Sinema Jepang 2018 akan menayangkan sekitar 40 judul film dari berbagai genre dan termasuk dalam kategori film panjang, film animasi, film dokumenter dan lainnya.  

"Karya-karya yang ditayangkan disajikan sedemikian rupa agar masyarakat Indonesia bisa menikmati kebudayaan Jepang lewat film," imbuh Toshiya Nato selaku Assistant Vice Minister Agency for Cultural Affair, di tempat yang sama.

 

Jadwal

Pekan Sinema Jepang 2018 (Daniel Kampua/Fimela.com)

Beberapa judul film yang akan ditayangkan antara lain, One Cut of The Dead, The Man From The Sea, Lu Over The Wall, Parks, dan banyak lagi. Jadwal lengkap pemutaran film dapat diakses melalui situs jcinema2018.id. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Judas Priest, Keperkasaan Dewa Metal dan Motor Besar di Atas Panggung

Posted: 07 Dec 2018 08:30 PM PST

Vokalis Judas Priest, Rob Halford saat tampil dalam konser perdana di Allianz Eco Park Ancol, Jakarta Utara, Jumat (7/12). Konser bertajuk

Vokalis Judas Priest, Rob Halford saat tampil dalam konser perdana di Allianz Eco Park Ancol, Jakarta Utara, Jumat (7/12). Konser bertajuk

Basis Judas Priest Ian Hill, Gitaris Andy Sneap dan Glenn Tipton saat konser di Jakarta (7/12). Konser ini merupakan konser penutup dari rangkaian tur konser Judas Priest dari album

Basis Judas Priest Ian Hill, Gitaris Andy Sneap dan Glenn Tipton saat konser di Jakarta (7/12). Konser ini merupakan konser penutup dari rangkaian tur konser Judas Priest dari album

Aksi panggung gitaris Judas Priest Richie Faulkner selama konser perdana di Indonesia di Allianz Eco Park Ancol, Jakarta Utara (7/12). Total lagu yang dibawakan oleh Judas Priest sebanyak 19 lagu di konser tersebut. (Fimela.com/Bambang E. Ros)

Aksi panggung gitaris Judas Priest Richie Faulkner selama konser perdana di Indonesia di Allianz Eco Park Ancol, Jakarta Utara (7/12). Total lagu yang dibawakan oleh Judas Priest sebanyak 19 lagu di konser tersebut. (Fimela.com/Bambang E. Ros)

Gitaris Judas Priest Richie Faulkner dan Andy Sneap selama konser di Allianz Eco Park Ancol, Jakarta (7/12). Konser ini dipromotori  Rajawali Indonesia Communication yang berasosiasi dengan JogjaROCKarta Festival. (Fimela.com/Bambang E. Ros)

Gitaris Judas Priest Richie Faulkner dan Andy Sneap selama konser di Allianz Eco Park Ancol, Jakarta (7/12). Konser ini dipromotori Rajawali Indonesia Communication yang berasosiasi dengan JogjaROCKarta Festival. (Fimela.com/Bambang E. Ros)

Basis Judas Priest Ian Hill beraksi di atas panggung selama konser perdana di Allianz Eco Park Ancol, Jakarta Utara, Jumat (7/12). Konser bertajuk

Basis Judas Priest Ian Hill beraksi di atas panggung selama konser perdana di Allianz Eco Park Ancol, Jakarta Utara, Jumat (7/12). Konser bertajuk

Aksi panggung gitaris Judas Priest Richie Faulkner selama konser perdana di Indonesia di Allianz Eco Park Ancol, Jakarta Utara (7/12). Total lagu yang dibawakan oleh Judas Priest sebanyak 19 lagu di konser tersebut. (Fimela.com/Bambang E. Ros)

Aksi panggung gitaris Judas Priest Richie Faulkner selama konser perdana di Indonesia di Allianz Eco Park Ancol, Jakarta Utara (7/12). Total lagu yang dibawakan oleh Judas Priest sebanyak 19 lagu di konser tersebut. (Fimela.com/Bambang E. Ros)

Drumer Judas Priest, Scott Travis menyapa penonton selama konser perdana di Indonesia di Allianz Eco Park Ancol, Jakarta Utara (7/12). Total lagu yang dibawakan oleh Judas Priest sebanyak 19 lagu di konser tersebut. (Fimela.com/Bambang E. Ros)

Drumer Judas Priest, Scott Travis menyapa penonton selama konser perdana di Indonesia di Allianz Eco Park Ancol, Jakarta Utara (7/12). Total lagu yang dibawakan oleh Judas Priest sebanyak 19 lagu di konser tersebut. (Fimela.com/Bambang E. Ros)

Penampilan vokalis Judas Priest, Rob Halford, Gitaris Richie Faulkner dan Drumer Scott Travis saat tampil dalam konser perdana di Allianz Eco Park Ancol, Jakarta Utara, Jumat (7/12). (Fimela.com/Bambang E. Ros)

Penampilan vokalis Judas Priest, Rob Halford, Gitaris Richie Faulkner dan Drumer Scott Travis saat tampil dalam konser perdana di Allianz Eco Park Ancol, Jakarta Utara, Jumat (7/12). (Fimela.com/Bambang E. Ros)

Vokalis Judas Priest, Rob Halford menaiki motor Harley Davidson saat tampil di atas panggung dalam onser perdana di Indonesia di Allianz Eco Park Ancol, Jakarta Utara, Jumat (7/12). (Fimela.com/Bambang E. Ros)

Vokalis Judas Priest, Rob Halford menaiki motor Harley Davidson saat tampil di atas panggung dalam onser perdana di Indonesia di Allianz Eco Park Ancol, Jakarta Utara, Jumat (7/12). (Fimela.com/Bambang E. Ros)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lombok, Peringkat Pertama Destinasi Wisata Paling Ramah terhadap Wisatawan Muslim

Posted: 07 Dec 2018 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta – Indonesia Muslim Travel Index (IMTI) menetapkan Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) berada di peringkat pertama sebagai destinasi pariwisata paling ramah terhadap wisatawan muslim. Dengan prestasi tersebut, Lombok diharapkan akan membawa Indonesia berada di peringkat pertama sebagai destinasi wisata halal terbaik dunia versi Global Muslim Travel Index (GMTI) 2019.

Kementerian Pariwisata(Kemenpar) bekerjasama dengan Crescentrating–Mastercard meluncurkan program IMTI untuk menentukan peringkat destinasi wisata halal di Indonesia yang paling ramah terhadap wisatawan muslim dengan kriteria yang ditetapkan sebagaimana yang digunakan oleh Mastercard-Crescent Rating Global Muslim Travel Index (GMTI) yang meliputi 4 area strategis yakni; access, communications, environment, and services.

Ada 10 provinsi yang termasuk dalam indeks (IMTI) tahun ini yakni; Aceh, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan Lombok (Nusa Tenggara Barat). Dari 10 destinasi tersebut IMTI menetapkan Lombok berada diperingkat pertama kemudian diikuti Aceh dan Jakarta.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengapresiasi program IMTI yang menetapkan peringkat 10 destinasi wisata paling ramah terhadap wisatawan muslim di Indonesia.

"Saya mengucapkan selamat kepada Lombok yang ditetapkan sebagai peringkat pertama destinasi wisata halal terbaik Indoensia versi IMTI kemudian disusul Aceh dan Jakarta," kata Menpar Arief Yahya dalam acara The Inaugural Indonesia Muslim Travel Index (IMTI) 2018 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Jakarta, Jumat (7/12/2018).

Program IMTI tersebut, lanjut Arief Yahya, sebagai upaya yang dilakukan Kemenpar bersama stakeholder pariwisata dalam mempersiapkan Indonesia menjadi destinasi wisata halal terbaik dunia versi GMTI 2019.

"Kita menargetkan tahun 2019 Indonesia berada di peringkat pertama sebagai destinasi wisata halal terbaik dunia," kata Menpar Arief Yahya.

Sebelumnya, Lombok pernah memenangkan dua penghargaan World Halal Travel Awards (WHTA) 2015 dalam kategori World Best Halal Tourism Destination dan World Best Halal Honeymoon Destination. Setelah mendapatkan penghargaan bergensi ini kunjungan wisatawan baik wisatawan nusantara (wisnus) dan mancanegara (wisman) ke Lombok meningkat hingga 50% yakni dari 1 juta pada 2016 menjadi 1,5 juta wisatawan pada 2017.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Benahi Regulasi, Pemerintah Didukung Bentuk Lembaga Legislasi

Posted: 07 Dec 2018 08:23 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Pusat Studi Hukum dan Kebijakan (PSHK) Nur Solikhin mendukung niatan pemerintah membentuk lembaga legislasi. Menurut Solikhin, pembentukan legislasi agar pemerintah mampu mengontrol sekaligus mengevaluasi segala undang-undang yang dibuat.

Solikhin menyebut, selama ini perancangan, pengawasan atau kontrol undang-undang yang dibuat pemerintah tidak efektif bahkan cenderung saling tumpang tindih.

"Memang selama ini yang jadi kelemahan itu adalah tidak ada satu pun lembaga yang dia bisa mengendalikan, mengontrol, dan evaluasi yang lebih dari yang ada," ujar Solikhin di The Atjeh Connection, Jakarta Pusat, Sabtu (8/12/2018).

Sejauh ini, berdasarkan analisa yang dilakukan PSHK, Solikhin menilai pemerintah memiliki komitmen baik dalam pembenahan regulasi.

Hanya saja, kerap menghadapi kendala karena banyaknya undang-undang yang tumpang tindih antarkementerian. Pembentukan undang-undang itu juga, imbuh Solikhin, kerap menjadi sandungan pemerintah karena ego sektoral masing-masing kementerian.

"Pemerintah saat ini, kami melihat ada sebuah komitmen yang dilakukan oleh pemerintah untuk melakukan pembenahan regulasi walaupun sifatnya masih sektoral. Ada kelemahan di koordinasi antar kementerian masing-masing punya inisiatif tersendiri, kemudian ego sektoral muncul dan akhirnya tidak selesai permasalahan litigasi ini," jelasnya.

 

Atasi 'Obesitas Regulasi'

Sebelumnya, Sekretaris Kabinet Pramono Anung menjelaskan latar belakang wacana pembentukan badan legislasi pemerintah karena adanya obesitas regulasi di Indonesia.

"Ada lembaga yang secara khusus menangani peraturan perundang-undangan sehingga tidak banyak pintu seperti pada saat ini ada melalui Kemenkum HAM, Mensesneg, Seskab, dan juga DPR sebagai dewan yang bertugas untuk membahas persoalan legislasi," kata Pramono di Ballroom Grand Hyatt, Jalan M.H. Thamrin Kav. 28-30, Jakarta, Rabu 28 November 2018 lalu.

Pembentukan lembaga ini bisa menjadi solusi masalah 'obesitas regulasi' di Tanah Air. Selain itu, menurut Pramono, rencana pembentukan lembaga khusus yang menangani peraturan perundang-undangan sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk melakukan reformasi hukum.

Pramono menyebut gambaran umum dari lembaga tersebut, antara lain akan menjadi leader kementerian atau lembaga dalam penyusunan peraturan perundang-undangan. Sementara fungsi pembentukan peraturan perundang-undangan di kementerian atau lembaga akan dihapus tetapi kementerian dan lembaga tetap menjadi pemrakarsa penyusunan suatu rancangan peraturan perundang-undangan.

Lembaga yang menangani peraturan perundang-undangan ini akan berkedudukan langsung di bawah Presiden. Dengan adanya lembaga itu, pemerintah akan membubarkan Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan dan Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Kementerian Hukum dan HAM RI.

Pramono yakin, Jokowi berani membubarkan Ditjen PPU dan BPHN Kemenkum HAM.

"Selama untuk kepentingan kebaikan dan juga perbaikan pasti beliau akan lakukan. Jangankan untuk menggabungkan atau membubarkan sebuah kelembagaan, Presiden sudah membuktikan dari banyak komisi-komisi atau badan-badan yang tidak diperlukan diperintahkan kepada Menpan RB untuk membubarkan," kata dia.

Reporter : Yunita Amalia

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Spurs Petik Kemenangan Dramatis atas Lakers

Posted: 07 Dec 2018 08:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Los Angeles Lakers harus menelan kekalahan menyesakkan ketika dijamu San Antonio Spurs di lanjutan NBA, Sabtu (8/12/2018) pagi WIB. Lakers terkena comeback di kuarter empat sehingga kalah 120-133.

Bertanding di Staples Center, Lakers kehilangan forward Brandon Ingram karena mengalami cedera. Josh Hart naik menjadi starter mengisi posisi Ingram. 

Lakers tampil baik di kuarter pertama. Dimotori LeBron James dan Kyle Kuzma, Lakers mampu menutup kuarter pertama dengan keunggulan 36-32.

Di kuarter kedua, Lakers sempat memimpin hingga 15 angka. Namun Spurs bisa memangkasnya di akhir kuarter dua sehingga saat jeda, Lakers cuma unggul empat poin.

Memasuki kuarter tiga, Lakers masih mampu mempertahankan keunggulan atas Spurs. Bahkan margin poin melebar menjadi 10 poin di akhir kuarter tiga.

Sayangnya malapetaka terjadi di kuarter empat. Lakers tampil sangat buruk. Spurs dengan leluasa melesakkan 44 poin, sedangkan Lakers hanya 21. Akibatnya Spurs berbalik unggul dan menang dengan selisih 13 angka.

DeRozan

Shooting guard DeMar DeRozan menjadi bintang kemenangan Spurs dengan hampir membuat triple double (36 poin, sembilan assists dan delapan rebound).

Sementara LeBron James finis dengan 35 poin, 11 assists dan delapan rebound. Kuzma menyusul dengan sumbangsih 25 angka untuk Lakers.

Dengan demikian rekor pertemuan Lakers dengan Spurs di NBA 2018-2019 menjadi 1-3 untuk tim asuhan Gregg Popovich ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harus Ada Formula Jangka Panjang Buat Tetapkan Cukai Rokok

Posted: 07 Dec 2018 08:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Aliansi Masyarakat Tembakau Indonesia (AMTI) meminta pemerintah khususnya Kementerian Keuangan (Kemenkeu) konsisten dalam menetapkan tarif cukai rokok di 2019.

Meski pada tahun depan tarif cukai diputuskan tidak naik, namun dikhawatirkan keputusan tersebut berubah setelah pelaksanaan Pemilihan Presiden (Pilpres).

Ketua AMTI Budidoyo Siswoyo mengatakan, pihaknya mengapresiasi keputusan pemerintah yang tidak menaikkan tarif cukai rokok di tahun depan. Namun diharapkan kebijakan ini tidak tiba-tiba berubah di pertengahan tahun depan.

"Mudah-mudahan di pertengahan 2019, setelah Pilpres itu kita enggak tahu kan. Mudah-mudahan jangan ini hanya menahan terus besok kalau ada APBNP tiba-tiba targetnya naik drastis. Itu yang sebenarnya kita antisipasi," ujar dia di Bali, Sabtu (8/12/2018).

Menurut dia, kenaikan cukai rokok secara tiba-tiba di tahun depan akan berdampak tidak hanya bagi industri, tetapi juga petani tembakau dan pekerja yang terkait. Sebab, penurunan konsumsi rokok akan membuat pabrikan menurunkan produksinya, sehingga penyerapan tembakau berkurang dan produsen bisa saja melakukan pemutusn hubungan kerja (PHK) untuk efisiensi.‎

"Saya kira semua akan terdampak, termasuk petani tembakau krn kan industri ini satu kesatuan, artinya dari hulu ke hilir ini kan satu rangkaian. Nanti kalo misalnya ada kenaikan seperti dampaknya mulai dari petaninya, konsumsinya menurun, produksi menurun, serapan bahan baku juga nanti akan turun. termasuk kalau produksi terutama SKT yang padat karya itu, efisiensi kan bisa saja ada PHK," jelas dia.

 

Formula Jangka Panjang

Sejumlah batang rokok ilegal diperlihatkan petugas saat rilis rokok ilegal di Kantor Direktorat Jenderal Bea Cukai, Jakarta, Jumat (30/9). Rokok ilegal ini diproduksi oleh mesin dengan total produksi 1500 batang per menit. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Oleh sebab itu, lanjut Budidoyo, pemerintah seharusnya memiliki formula tarif cukai rokok jangka panjang. Dengan demikian, dalam beberapa tahun ke depan, sudah ditentukan berapa kenaikan cukainya.

"Kita kan sebetulnya butuh kejelasan, kebijakan pemerintah itu mestinya harus sekian tahun. Setiap tahun kita ini deg-degan karena takut besok naik berapa. Terutama di APBN Perubahan, biasanya sering bergejolak," tandas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gempa Magnitudo 5.0 Guncang Bengkulu

Posted: 07 Dec 2018 08:17 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Gempa magnitudo 5,0 mengguncang Bengkulu, Sabtu (8/12/2018) pagi. Lindu terjadi pada pukul 11.02 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan, lokasi gempa di 4.12 Lintang Selatan, 101.54 Bujur Timur (87 km Barat Daya Bengkulu).

"Dengan kedalaman 19 km," tulis BMKG dalam informasinya, Sabtu (8/12/2018).

BMKG menyatakan, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Belum ada laporan dari pihak berwenang terkait dampak gempa tersebut.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kalah dari Juventus, Spalletti: Inter Tidak Konsisten

Posted: 07 Dec 2018 08:15 PM PST

Liputan6.com, Turin - Inter Milan harus menyerah kalah 0-1 dari Juventus dalam lanjutan Liga Italia, Sabtu (8/12/2018). Sebiji gol Juventus dicetak oleh Mario Mandzukic pada menit 66.

Pelatih Inter Milan, Luciano Spalletti menilai kekalahan terjadi karena timnya terlalu banyak membuat kesalahan.

"Jika seseorang mencetak gol, tentu saja itu membuat perbedaan, tetapi kami membuat terlalu hanyak kesalahan mudah dan mendasar," kata Spalletti seperti dilansir Football Italia.

Inter Milan bertandang ke Juventus dengan misi mengakhiri catatan 14 pertandingan tak terkalahkan milik sang rival. Di sisi lain, Inter Milan juga ingin merapatkan jarak dengan Juventus yang memimpin klasemen dengan 40 poin.

Namun misi itu buyar setelah Mandzukic dengan jeli memanfaatkan umpan Joao Cancelo dari sisi kiri. Inter pun pulang dengan tangan hampa dari Turin.

"Pertandingan harus dimainkan dengan sikap konsisten, menyadari ada momen ketika Anda akan berada dalam tekanan dan Anda butuh 10 pemain melindungi bola," ujar Spalletti.

 

Terlalu Naif

Pelatih Inter Milan, Luciano Spalletti. (AFP Photo/Miguel Medina)

Lebih lanjut, Spalletti menilai Inter Milan bermain terlalu naif melawan Juventus. Padahal, Bianconeri -julukan Juventus- punya potensi untuk membahayakan gawang Inter Milan.

"Kami sebetulnya bermain dengan bagu secara keseluruhan, menekan dan bertahan ketika dibutuhkan. Sayangnya, Juventus pintar dan kami terlalu lugu. Mereka punya waktu lima menit untuk dibuang setelah pelanggaran," ujar Spalletti.

Kekalahan atas Juventus membuat Inter Milan tertahan di peringkat ketiga dengan 29 poin. Mauro Icardi dan kawan-kawan tertinggal 14 poin dari Juventus di puncak klasemen.

 

Klasemen Liga Italia

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Z2, Smartphone yang Tak Pakai Android

Posted: 07 Dec 2018 08:11 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Samsung membuat sebuah gebrakan pada Agustus 2016. Vendor asal Korea Selatan itu resmi meluncurkan smartphone baru yang tidak mengusung sistem operasi Android. Smartphone ini memberikan pengalaman berbeda, sebab menjadi smartphone pertama di indonesia yang menggunakan sistem operasi tizen os. Ponsel tersebut dinamakan Samsung Galaxy Z2. 

Berbeda dengan smartphone lain yang mengusung sistem operasi (OS) Android, Samsung Galaxy Z2 mengusung OS lain, bernama Tizen. Tizen merupakan sistem operasi bersifat terbuka (open source) yang memakai inti program (kernel) Linux. Bukan hanya untuk ponsel pintar dan tablet saja, Tizen juga dirancang untuk perangkat multimedia dalam kendaraan, televisi dan sebagainya.

Samsung Galaxy Z2 menjadi ponsel pintar keluaran Samsung, yang ditujukan bagi konsumen yang ingin mencicipi perangkat smartphone. Atau ditujukan bagi penikmat ponsel fitur (feature phone) yang ingin beralih ke smartphone.

Hadir sebagai penggebrak pasar ponsel Tanah Air, kelebihan dan kekurangan Samsung Z2 ini pun menjadi sorotan banyak orang. Selain hadir sebagai perangkat yang istimewa, ponsel ini juga tak luput dari kelemahan.

Nah, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, kelebihan dan kekurangan Samsung Z2 serta spesifikasi lengkapnya. Kelebihan dan kekurangan Samsung Z2 ini wajib Anda simak jika ingin memboyong ponsel ini.

Kelebihan dan kekurangan Samsung Z2 dari segi desain dan tampilan

Kelebihan Samsung Z2 ini cukup memukau dengan desain compact dan tampilan yang cukup kece dengan dimensi 121.5 x 63 x 10.8 mm. Samsung Galaxy Z2 hadir dengan layar 3.97 inchi. Ukuran ini merupakan salah satu kelebihan Samsung Z2 yang membuatnya nyaman digunakan dan dioperasikan menggunakan satu tangan.

Kekurangan Samsung Z2 adalah desainnya kurang menarik, dan bodynya masih menggunakan bahan plastik. Selain itu, kekurangan Samsung Z2 lainnya adalah bezel kanan kirinya terlihat tebal. 

Kekurangan Samsung Z2 pada bagian layarnya adalah masih menggunakan teknologi TFT dengan resolusi yang masih kecil yakni hanya 480 x800 piksel dengan kerapatan ~ 233ppi. Teknologi dan resolusi tersebut tidak cukup baik mengingat hampir semua smartphone low end sudah menggunakan IPS dan layar yang lebih besar. Namun ukuran tersebut sudah cukup menghasilkan warna yang jernih dan nyaman digunakan.

Kelebihan dan kekurangan Samsung Z2 pada sektor dapur pacu

Ilustrasi Samsung Galaxy Z2 (Sumber: Samsung)

Kelebihan Samsung Z2 disokong Chipset Spreadtrum SC9830 Quad-core 1.5 GHz Cortex-A7, GPU Mali-400MP2. Kombinasi tersebut menghasilkan kinerja yang cukup cepat dan responsif. Kelebihan Samsung Z2 lainnya adalah memberikan pengalaman berbeda kepada penggunanya. Karena samsung membekali ponsel ini dengan sistem operasi tizen os yang didalamnya sudah tersedia aneka macam tema menarik buat mempercantik user interface. Selain itu, tizen os juga praktis dioperasikan menggunakan tampilan antarmuka tidak tidak sama jauh dengan smartphone samsung yg mengadopsi sistem operasi android.

Perlu diketahui bahwa jenis OS Tizen ini memiliki kualitas hampir sama dengan OS Android v5.1 Lollipop. 

Kekurangan Samsung Z2 dari efek menggunakan sistem operasi tersebut adalah aplikasi yang bisa diunduh terbatas dan cenderung sedikit sekali. Ekosistem software serta game sistem operasi tizen os memang kalah telak dibandingkan android ataupun ios,  Samsung menyebut tizen store hanya mempunyai 6500 software. 

Sayangnya, kekurangan Samsung Z2 adalah hanya dibekali RAM 1GB dan memori internal berkapasitas 8 GB.

Kelebihan dan kekurangan Samsung Z2 dari segi fotografi

Ilustrasi Samsung Galaxy Z2 (Sumber: Samsung)

Hadir menyasar kalangan menengah kebawah, ponsel ini dibekali spesifikasi yang tergolong standar. Contohnya pada sektor kamera depan yang digunakan untuk selfie. Kamera depan ponsel ini hanya menggunakan VGA. Ini merupakan salah satu kekurangan Samsung Z2 yang tak bisa diabaikan jika Anda adalah orang yang doyan selfie. Pasalnya, dengan spesifikasi tersebut, bisa dibilang Samsung Z2 kurang mumpuni jika dipakai berfoto selfie.

Namun kelebihan Samsung Z2 dari sektor fotografi adalah kamera belakangnya sudah memiliki resolusi 5MP dengan aperture f/2.2. Kamera belakang tersebut juga sudah dilengkapi dengan fitur LED Flash sehingga bisa digunakan untuk mengambil gambar di kondisi yang minim cahaya. 

Kendati demikian, kekurangan Samsung Z2 juga masih ditemukan pada kamera belakang tersebut. Kamera belakang pada ponsel ini tidak dilengkapi dengan fitur autofocus sehingga kurang maksimal untuk memotret objek yang bergerak.

Kelebihan dan kekurangan Samsung Z2 pada konektivitas

Kelebihan Samsung Z2 ini sudah mendukung teknologi 4g lte cat4

Deng kecepatan download 150 mbps serta upload 50 mbps, sehingga mampu memanjakan sobat saat browsing, streaming, ataupun bermain game online dengan koneksi internet yang lancar serta pastinya sangat cepat. Masih soal konektivitas, Samsung Z2 juga memiliki fitur Dual DIM stanby yang keduanya bisa aktif bersamaan. Sehingga bisa mempermudah akses komunikasi 2 arah melalui telepon ataupun sms.

Kekurangan Samsung Z2 pada sektor ini adalah tidak adanya fitur LED Notifikasi, yang digunakan sebagai penanda kala ada pesan masuk. Namun, kekurangan Samsung Z2 ini bukan hal yang krusial.

Kelebihan dan kekurangan Samsung Z2 pada baterai dan fitur pendukung

Kekurangan Samsung Z2 pada sektor daya adalah, kapasitas baterai smartphonenya tergolong kecil, yakni hanya 1.500 mAh. Dengan kapasitas tersebut, membuat posel ini hanya memiliki waktu bicara selama 8 jam (3g) dan bisa digunakan memutar musik selama 30 jam. 

Asiknya lagi, kelebihan Samsung Z2 telah dibekali teknologi VoLTE (Voice over LTE), yang memungkinkan Anda melakukan panggilan suara dengan kualitas audio dan video call yang lebih baik dan lancar. Panggilan telepon super jernih tersebut menggunakan koneksi data LTE.

Rangkuman kelebihan dan kekurangan Samsung Z2

Kelebihan Samsung Z2:

Menjalankan OS Tizen v 2.4 yang memberikan pengalaman baru yang berbeda dari Android.Mendukung jaringan 4G LTE Cat4 dengan kecepatan download 150 mbps dan upload 50 mbps, sehingga akan sangat nyaman dan cepat  ketika digunakan untuk berselancar.Sudah mendukung teknologi Voice over LTE (VoLTE) yang memungkinkan kamu melakukan panggilan suara dengan kualitas audio dan video call yang lebih baik dan lancar.Memiliki dimensi 121.5 x 63 x 10.8 mm yang memiliki handling yang sangat nyaman dalam genggaman.Menggunakan Prosesor Spreadtrum SC9830 dan processor Quad Core 1.5 GHz Cortex-A53 yang kinerjanya cukup cepat dan responsif.Dilengkapi kamera utama 5MP dengan fitur LED Flash.Harga Samsung Z2 terjangkau 

Kekurangan Samsung Z2:

Layarnya cukup mungil yakni hanya 3.97 inchi dengan resolusi layar yang rendah hanya 400 x 800 piksel, sehingga kurang jernih jika digunakan untuk main game maupun menonton video.Aplikasi serta game yang tersedia di Tizen store jumlahnya masih sangat terbatas.Kamera depan hanya VGA sehingga kurang puas jika digunakan untuk selfie.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Upaya Membangun Nasionalisme di Era Digital

Posted: 07 Dec 2018 08:02 PM PST

Liputan6.com, Yogyakarta - Kemajuan pesat teknologi digital saat ini di seluruh negara-negara di dunia membawa berbagai dampak perubahan. Kondisi tersebut juga berlaku untuk Indonesia yang kini sedang mempersiapkan sebagai negara ekonomi digital.

Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informatika bidang Komunikasi dan Media Massa Gun Gun Siswadi menjelaskan, ada dua aspek perubahan yang menjadi perhatian dari kemajuan teknologi digital di Tanah Air.

Gun Gun menyebutkan, aspek pertama adalah ketersediaan serta fasilitas infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Kemudian aspek yang kedua, menyoal kualitas sumber daya manusia (SDM).

"Pemerintah Indonesia kini telah memberikan fasilitas akses internet di seluruh Indonesia dengan tujuan untuk meningkatkan daya pikir masyarakat menjadi lebih baik," ujar Gun Gun pada agenda kuliah umum di kampus UGM, Yogyakarta, Kamis 6 Desember 2018 yang bertema Nasionalisme di Era Digital.

Gun Gun mengungkapkan, dengan kemajuan teknologi digital kini maka diharapkan seluruh masyarakat dapat beradaptasi dan meningkatkan kapasitas diri guna memanfaatkannya secara positif.

Gun Gun menyebutkan, transformasi era digital juga terjadi di bidang pendidikan, budaya, dan sosial.

Sebagai informasi, guna mendukung pemerataan akses internet di seluruh Indonesia, khususnya di daerah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal), pemerintah telah melaksanakan pembangunan proyek infrastruktur Palapa Ring yang menjangkau wilayah barat, timur, tengah.

Sementara itu, Rektor UGM Panut Mulyono menuturkan, diperlukan kesadaran bersama untuk terus mempertahankan serta makin meningkatkan rasa nasionalisme di era teknologi digital.

"Penanaman nasionalisme dalam dunia digital saat ini menjadi tantangan yang lebih besar. Kita tahu Indonesia negara besar dengan jumlah penduduk lebih dari 250 juta jiwa. Generasi muda salah satu yang menikmati bonus demografi sebab sekitar 50 persen penduduk Indonesia adalah generasi muda, hal ini merupakan potensi yang baik," ucap Mulyono

Mulyono menilai, tantangan lain di era teknologi digital saat ini adalah membangun budaya literasi digital guna memproteksi generasi muda dari pemanfaatan internet untuk aktivitas negatif.

Dengan begitu, Mulyono menganggap, generasi muda Indonesia akan menjadi bagian dari penentu perkembangan negara Indonesia ke depannya.

Kuliah umum di UGM bertema Nasionalisme di Era Digital diikuti oleh sekitar seribuan mahasiswa. Pembicara lainnya turut hadir pada kuliah umum yakni Head of Community Bukalapak MS Fikri, President Director Gamatechno Indonesia M Aditya Arif Nugraha dan CEO Qiscus Evan Purnama.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terungkap, Putri Bos Huawei Ditangkap Karena Melanggar Sanksi AS Terhadap Iran

Posted: 07 Dec 2018 08:01 PM PST

Liputan6.com, Vancouver - Kepala keuangan raksasa telekomunikasi China Huawei, Meng Wangzhou, menghadapi tuduhan penipuan di Amerika Serikat (AS), laporan hasil sidang pengadilan Kanada pada Jumat 7 Desember.

Meng, yang juga merupakan putri pendiri Huawei, Ren Zhengfei, dituduh melanggar sanksi AS terhadap Iran. Dia ditangkap di Vancouver pada Sabtu 1 Desember, dan berpotensi menghadapi ekstradisi ke Negeri Paman Sam.

Dikutip dari BBC pada Sabtu (8/12/2018), China telah menuntut pembebasan Meng, dan bersikeras dia tidak melanggar hukum apapun.

Pengadilan masih belum memutuskan apakah memungkinkan bagi Meng untuk bebas bersyarat. Sidang dengar pendapat selama lima jam tersebut berakhir dengan keputusan untuk menunda hingga Senin nanti.

Penahanan Meng menjadi pemberitaan publik sejak Rabu 5 Desember, tetapi rincian pada saat itu tidak jelas, karena baik terduga maupun otoritas hukum Kanada, memilih untuk bungkam.

Pada hari Jumat, Mahkamah Agung provinsi British Columbia diberitahu bahwa Meng telah menggunakan anak perusahaan Huawei bernama Skycom, untuk menghindari sanksi terhadap Iran antara tahun 2009 dan 2014.

Meng juga diketahui telah salah mengartikan Skycom sebagai perusahaan yang terpisah. Jika terbukti bersalah, dia bisa menghadapi ancaman penjara hingga 30 tahun di AS.

Seorang pengacara pemerintah Kanada mengatakan, Meng dituduh "berkomplot untuk menipu beberapa lembaga keuangan".

Dia mengatakan bahwa Meng telah membantah kepada para bankir AS tentang koneksi langsung antara Huawei dan SkyCom, padahal sebenarnya "SkyCom adalah Huawei".

Pengacara tersebut mengatakan, Meng bisa menjadi risiko di peta bisnis dunia, dan oleh karenanya harus ditolak permintaan untuk bebas bersyarat.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

Menambah Ketegangan Hubungan AS-China

Putri pendiri Huawei, Meng Wanzhou, ditahan di Vancouver, Kanada, atas permintaan ekstradisi AS (AP Photo)

Penangkapan Meng Wangszhou menambah ketegangan pada hubungan AS-China. Kedua negara itu terlibat sengketa perdagangan, meskipun gencatan 90 hari telah disepakati pekan lalu.

Huawei adalah salah satu penyedia peralatan dan layanan telekomunikasi terbesar di dunia, di mana baru-baru ini menyalip Apple sebagai produsen ponsel pintar terbesar kedua setelah Samsung.

Beberapa pemerintah Barat khawatir Beijing akan mendapatkan akses ke jaringan komunikasi seluler dan generasi kelima (5G) melalui Huawei, untuk kemudian memperluas kemampuan mata-matanya.

Penasihat Keamanan Nasional AS John Bolton mengatakan negaranya telah memiliki "kekhawatiran besar selama bertahun-tahun" tentang praktik perusahaan China "untuk menggunakan kekayaan intelektual Amerika yang dicuri.

Di lain pihak, raksasa telekomunikasi yang berbasis di Shenzhen itu bersikeras menolak tuduhan tersebut, dan menjamin perusahaannya melakukan "praktik bisnis bersih".

Sementara itu, Jepang dikabarkan segera menyusul larangan penggunaan produk telekomunikasi buatan Huawei dan ZTE di negaranya, karena kekhawatiran keamanan dunia maya, media setempat melaporkan pada hari Jumat.

Langkah tersebut juga kabarnya akan diikuti oleh Selandia Baru dan Australia, yang mempertimbangkan untuk tidak menggunakan teknologi 5G besutan Huawei.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PBVSI Ungkap Strategi Demi Rebut 4 Medali di SEA Games 2019

Posted: 07 Dec 2018 08:00 PM PST

Liputan6.com, Yogyakarta - Ketua PP Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI), Imam Sudjarwo mengungkapkan strategi demi meraih empat medali emas pada cabor voli Asian Games 2019 di Filipina.Indonesia menargetkan tiga emas dan satu perak di SEA Games 2019 nanti.

PBVSI menargetkan medali emas untuk tim putra dan putri bola voli pantai, serta tim putra bola voli indoor. Sementara, target untuk tim putri bola voli indoor adalah medali perak.

Penentuan target itu juga berdasarkan evaluasi dari Asian Games 2018. Tim bola voli pantai meraih tiga medali, yakni perak dan perunggu.

Untuk tim putra bola voli indoor turun dari peringkat empat menjadi enam besar Asia, sedangkan tim putri masuk tujuh besar Asia.

"Untuk tim putri bola voli indoor sebenarnya sudah prestasi, sudah bagus bisa masuk tujuh besar Asia," ucapnya selepas pembukaan Proliga 2019 di GOR Amongrogo Yogyakarta, Jumat (7/12/2018).

 

Strategi Indonesia

Ia tidak menampik salah satu kelemahan dari tim bola voli adalah kurangnya jam bertanding ke luar. Menurut Imam, apabila jarang berlatih dengan tim yang kuat maka akan melemahkan tim dalam negeri.

"Oleh karena itu untuk menghadapi Sea Games kami berencana mengadakan try out tiga sampai lima kali," ucap Imam. (Switzy Sabandar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indonesia CBR Raceday, Pesta Para Pecinta Adrenalin

Posted: 07 Dec 2018 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Astra Honda Motor (AHM) bersama dengan jaringan main dealernya dan Asosiasi Honda CBR (AHC) kembali menggelar Indonesia CBR Raceday (ICE Day) 2018 di Sentul Internasional Circuit pada 9 Desember 2018.  Sebagai seri terakhir di tahun ini, gelaran ICE Day diikuti oleh 250 starter yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia dan memperebutkan total hadiah sebesar Rp 55.000.000,-.

Mengusung tema "It's Time for Total Control," ICE Day kali ini diramaikan dengan hadirnya pebalap-pebalap dan juga mekanik Astra Honda Racing Team (AHRT) yang telah memiliki pengalaman di ajang balap internasional. Kehadiran para pebalap dan mekanik AHRT tentunya memberikan kesan bagi para peserta ICE Day.

Mekanik AHRT yang berperan penting pada tim dalam meraih juara, membagikan pengetahuan dan juga pengalaman dalam melakukan upgrade mesin sepeda motor untuk meningkatkan performa di lintasan balap. Selain itu para peserta juga berkesempatan mengenal lebih dekat pebalap-pebalap andalan dari AHM dan juga tim support yang berada di AHRT.

Sebelum melakukan balapan, peserta mendapatkan coaching clinic terkait teknik balap seperti speeding, cornering maupun braking dari pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT) yang baru saja menjadi juara di kelas AP250 di ajang Asia Road Racing Championship (ARRC) 2018, Rheza Danica Ahrens.

Setelah sesi coaching clinic, para peserta dibagi dalam dua kelas yakni 150cc dan 250cc. Dari setiap kelas masing-masing terdiri dari dua kategori yakni komunitas dan non komunitas. Untuk kelas komunitas dibagi menjadi tiga level yakni level A, level B, level C dan pemula. Sementara itu untuk kategori non komunitas, peserta dibagi menjadi dua level yaitu level pemula dan level advance. Pembagian level tersebut ditentukan berdasarkan bracket time yang dihasilkan saat sesi kualifikasi.

 

 

Modifikasi CBR Series

Gelaran modifikasi CBR series pun tidak luput digelar pada ICE Day seri ini. Mengambil tema "bolt on modification", ajang ini diikuti sebanyak 25 peserta dari komunitas CBR yang berasal dari wilayah Jakarta, Banten dan Jawa Barat. Dari ajang kreativitas modif yang dilakukan komunitas ini dipilih tiga karya modifikasi terbaik dari dewan juri yang diunggah kedalam media sosial Honda Community dan akan terpilih terbaik 1, 2 dan 3 berdasarkan raihan jumlah "like" terbanyak pilihan masyarakat. Selain itu, peserta modifikasi juga mendapatkan ilmu dari modifikator profesional yakni Alit Susanto dari Layz Motoshop dan juga M. Firdaus yang merupakan pemenang pertama CBR250RR Virtual Modification Challenge pada sesi coaching clinic.

Berbagai aktivitas pun hadir memeriahkan ajang CBR Race Day ini, seperti beragam games seru untuk para bikers yang dapat menumbuhkan kebersamaan antar anggota komunitas. Selain itu hadir pula Safety Riding Challenge berupa test skill slalom test dan narrow plank. Dari challenge tersebut akan dipilih 3 peserta terbaik untuk mendapatkan beragam hadiah menarik. 

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

[vidio:Gagal Pamer, Alay Ini Buat Honda CBR Miliknya Tercebur Kolam Renang]()

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Judul Avengers 4 Sudah Disebut di Adegan Infinity War

Posted: 07 Dec 2018 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Marvel Studios telah merilis trailer perdana Avengers 4. Berbagai misteri yang sempat menjadi pertanyaan pun disampaikan di sini. Bahkan judulnya pun sudah diumumkan melalui trailer, yakni Avengers: Endgame.

Judul Avengers 4 ini, sebenarnya sudah disebutkan dalam salah satu adegan Avengers: Infinity War. Ingat ketika Doctor Strange memberikan batu waktu kepada Thanos?

Ya, dalam adegan itu, Iron Man yang nyaris tewas sempat melarangnya. Namun, Doctor Strange meyakinkan bahwa itu adalah satu-satunya cara, lalu mengatakan, "We are in the endgame now."

Kata Endgame sempat menjadi salah satu event dalam komik Marvel. Namun uniknya, event tersebut tak berkaitan dengan tim Avengers, melainkan berfokus pada tim X-Men.

Belum diketahui apakah Avengers 4 ini akan menyorot karakter X-Men atau tidak.

Trailer Avengers: Endgame

Benedict Cumberbatch di film Doctor Strange. foto: comingsoon.net

Dalam trailer Avengers: Endgame, Tony Stark diperlihatkan tengah sendirian sambil merekam sebuah pesan melalui pelindung kepala Iron Man. Ia terlihat seperti tengah sendirian di sebuah kapal luar angkasa.

Tampak juga kostum Thanos yang sedang digantung serta penampakan tangannya. Setelah itu, markas Avengers, Captain America, Black Widow, Hulk, Thor, dan Nebula satu per satu diperlihatkan.

Kejutan muncul setelahnya.

Hawkeye dan Ant-Man

Jeremy Renner akan kembali menjadi Hawkeye di Avengers 4 yang belum diberi judul. (ScrenRant)

Hawkeye yang sempat menghilang di Infinity War, akhirnya diperlihatkan dengan kostum yang dalam komiknya dikenal sebagai Ronin.

Selain Hawkeye, trailer Avengers: Endgame juga memperlihatkan sosok Ant-Man yang tengah menghampiri markas Avengers. Padahal dalam ending Ant-Man and the Wasp, Ant-Man masih terjebak dalam terowongan kuantum.

Melalui trailer, terungkap juga bahwa film Avengers: Endgame akan tiba pada bulan April 2019 mendatang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Daftar Media Sosial Kenamaan yang Tutup Usia Curi Perhatian

Posted: 07 Dec 2018 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Dari masa ke masa, pengguna internet selalu dihadapkan dengan media sosial yang berbeda dan menawarkan kemampuan lebih beragam.

Namun, tidak semuanya memiliki kesempatan untuk berkembang lebih jauh dan mampu bertahan dari berbagai macam cobaan dan persaingan.

Artikel yang merangkum daftar media sosial yang sempat menjadi fenomenal, namun kini tinggal nama tersebut mencuri perhatian para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com.

Berita lain yang juga jadi perhatian, termasuk pemerintah Tiongkok meminta Kanada untuk membebaskan putri pendiri Huawei, dan fakta unik tentang keyboard yang banyak tidak diketahui pengguna.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler berikut ini.

1. 5 Media Sosial Fenomenal yang Kini Cuma Tinggal Nama

Ilustrasi aplikasi Path

Inovasi tak dimungkiri telah menjadi bagian dari media sosial. Dari masa ke masa, pengguna internet selalu dihadapkan dengan media sosial yang berbeda dan menawarkan kemampuan lebih beragam.

Namun, sama seperti di lini bisnis lain, tak seluruh media sosial dapat selalu bertahan.

Ada beragam alasan sebuah media sosial ditinggalkan pengguna, mulai dari ada platform lain yang lebih baik atau sekadar bosan.

Baca selengkapnya di sini

 

2. Tiongkok Minta Kanada Bebaskan Putri Pendiri Huawei

Putri pendiri Huawei, Meng Wanzhou, ditahan di Vancouver, Kanada, atas permintaan ekstradisi AS (AP Photo)

Pemerintah Tiongkok meminta otoritas Kanada untuk membebaskan putri pendiri sekaligus CFO Huawei, Meng Wanzhou, yang ditahan saat sedang transit di Vancouver pada Minggu lalu.

Upaya meminta otoritas Kanada membebaskan CFO Huawei ini lantaran penahanan dilakukan tanpa alasan dan penjelasan yang jelas. Oleh karena itu, penahanan Meng Wanzhou dianggap bisa melanggar hak asasi.

Baca selengkapnya di sini

3. 5 Fakta Unik Soal Keyboard yang Wajib Kamu Ketahui

Ilustrasi keyboard (pixabay.com)

Bicara soal keyboard komputer atau laptop, rasanya tak ada yang menarik dari perangkat perifal yang satu ini.

Ya, mungkin satu-satunya yang kita ketahui tentang keyboard adalah fungsinya untuk mengetik.

Baca selengkapnya di sini

(Ysl/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pernyataan Gubernur NTT Bisa Bikin TN Komodo Dijauhi Wisatawan

Posted: 07 Dec 2018 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pernyataan kontroversial mengenai Taman Nasional (TN) Komodo, dilontarkan Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat. Pelaku pariwisata mengaku khawatir TN Komodo akan dijauhi wisatawan mancanegara.

Dalam sambutan pada rapat kerja triwulan III Polda NTT di Hotel Aston, Rabu (5/12/2018), Viktor mengatakan tak ada perlindungan manusia di Taman Nasional Komodo. Sehingga, manusia boleh mati. Sementara, komodo harus dilindungi agar tak boleh mati.

Menurut Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Association of the Indonesian Tours & Travel Agencies (Asita), Asnawi Bahar, pernyataan itu bisa berdampak buruk baru pariwisata. Wisatawan bisa takut berlibur ke Taman Nasional Komodo.

"Bahasa yang digunakan terlalu vulgar. Terlalu berlebihan. Bahasa ini bisa menjadi polemik. Khususnya bagi pariwisata. Pernyataan Gubernur bisa mendatangkan rasa worry (takut) bagi pengunjung," kata Asnawi, Kamis (6/12).

Ditambahkannya, dalam pariwisata, keamanan wisatawan jelas menjadi faktor utama.

Taman Nasional Komodo yang berada di wilayah Labuan Bajo, merupakan salah satu obyek wisata yang termasuk dalam destinasi wisata prioritas. Destinasi ini diharapkan bisa menarik banyak kunjungan wisatawan asing.

Kunjungan wisatawan asing ke Taman Nasional Komodo dari bulan Januari sampai April berjumlah 45.630 orang.

bukan hanya soal keamanan yang membuat Taman Nasional Komodo mendapatkan sorotan tajam dari pelaku industri pariwisata. Sebelumnya, Pemerintah Provinsi NTT juga menyatakan akan menaikkan harga tiket masuk ke Pulau Komodo.

Jumlahnya fantastis. Mencapai USD 500. Harga tersebut dinilai terlalu mahal. Bahkan bisa membuat turis beralih ke destinasi lain. Dampaknya, kunjungan ke Taman Nasional Komodo akan semakin menurun.

Jika dikonversikan, USD 500 setara dengan Rp 7 juta. Bila menggunakan kurs 1 USD = Rp 14.421. Tarif ini berlaku bagi wisatawan mancanegara. sedangkan bagi wisatawan nusantara, tiketnya akan dikenakan USD 100 atau setara Rp 1,4 juta.

Bagi Pengamat Pariwisata, Tedjo Iskandar, harga tiket yang diusulkan terlalu berlebihan.

"Harga yang tidak masuk akal. Buat apa turis harus bayar hingga USD 500?" katanya, Rabu (5/12/2018).

Tedjo yang berpengalaman menjadi tour leader, menilai Taman Nasional Komodo tidak akan menjadi pilihan wisman dengan biasa sebesar itu. Menurutnya, Thailand akan menjadi pilihan wisatawan jika TN Komodo menawarkan harga yang tidak masuk akal.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Aneh, Ada Motor Bonceng Motor di Jalanan

Posted: 07 Dec 2018 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Seorang pengendara motor nekat membonceng seorang penumpang dan juga sebuah motor di jalanan ramai.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Persib Vs Barito Putera: Maung Bandung Buru Posisi 3

Posted: 07 Dec 2018 07:55 PM PST

Jakarta Persib Bandung membidik kemenangan pada laga pamungkas Gojek Liga 1 bersama Bukalapak saat bertemu Barito Putera di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Sabtu (8/12/20118).

Pada laga ini Persib tampil tanpa Febri Hariyadi dan Bojan Malisic yang absen karena menjalani akumulasi kartu kuning. Namun, hal itu tidak terlalu dikhawatirkan pelatih Persib, Mario Gomez, lantaran pemain lain sudah siap.

"Pemain lainnya semua siap dan kami akan coba untuk menang karena penting untuk mengakhiri kompetisi di urutan ketiga klasemen," ujar Gomez.

Gomez menjelaskan musim ini sebenarnya musim yang baik untuk Persib karena semua anak asuhnya terus mencoba terus jadi juara. Namun, upaya itu gagal karena banyak hal yang menimpa Maung Bandung.

Itulah mengapa, keberadaan di posisi tiga besar bak pelipur lara. Selain itu, finis di peringkat ketiga tetap cukup penting karena bisa saja mendapat kesempatan tampil di Piala AFC.

"Yang pasti persiapan kami melawan Barito Putra sangat baik walau jadwal pertandingan berubah dari Minggu (9/12/2018) menjadi Sabtu (8/12/2018). Tapi, tidak masalah karena kami siap dan persiapan pemain pun sangat bagus," ucap pelatih asal Argentina ini.

Bila Persib mengaku tak masalah dengan perubahan jadwal, tim lawan mempersoalkan perubahan tersebut. Pelatih Barito Putera, Jacksen F. Tiago, pusing tujuh keliling menatap laga pamungkas musim ini. Dia mengeluhkan perubahan jadwal mendadak yang dirilis PT Liga Indonesia Baru.

"Kami baru dapat jadwal Kamis pagi (6/12/2018). Jadi, kami ke Bali tanpa persiapan latihan taktik yang matang. Meski ini pertandingan yang tak berpengaruh lagi, kami juga ingin memperbaiki posisi di klasemen akhir musim ini," kata Jacksen.

 

Tak Ideal buat Barito

Saat ini Laskar Antasari bertengger di peringkat kedelapan dengan poin 46 poin. Jika bisa mengalahkan Persib dan tim lain di atas mereka rontok, Samsul Arif dkk. bisa menyodok ke posisi lima besar klasemen akhir Liga 1 2018.

"Kami terpaksa tampil seadanya. Kami akan bermain dengan mengamati situasi di lapangan nanti. Tapi, kami tetap berupaya meraih poin terbaik di Bali," imbuh pelatih asal Brasil itu.

Perubahan jadwal mendadak ini juga merusak program yang telah dirancang mantan pelatih Persipura Jayapura itu. Rombongan Barito Putera bahkan baru mendarat di Bali, Jumat sore (7/12/2018), setelah melakoni penerbangan selama sembilan jam dari Banjarmasin-Jakarta-Denpasar.

"Pemain sudah capek di perjalanan. Kami juga tak sempat mencoba lapangan. Pertandingan nanti sangat tidak ideal bagi kami. Seharusnya dua hari sebelum bertanding, kami sudah di Bali," keluh Jacksen.

Barito Putera memboyong 20 pemain untuk meladeni Persib. "Kami sengaja membawa pemain lebih banyak sehingga saya punya alternatif siapa yang paling siap diturunkan nantinya," katanya. 

Prakiraan Susunan Pemain

Pemain Bandung (4-4-2): M. Natshir (kiper); Tony Sucipto, Victor Igbonefo, Indra Mustafa, Ardi Idrus (belakang(; Supardi Nasir, Oh In-kyun, Hariono, Ghozali Siregar (tengah); Jonathan Bauman, Ezechiel N'douassel (depan)

Pelatih: Mario Gomez

Barito Putera (3-5-2): M. Riyandi; Hansamu Yama, Aaron Evans, Muhammad Rifqi (belakang); Gavin Kwan Adsit, Paulo Sitanggang, Matias Cordoba, Douglas Packer, Rizky Rizaldi Pora (tengah); Marcel Sacramento, Samsul Arif (depan)

Pelatih: Jacksen F Tiago

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gejala Penyakit Jantung Koroner dan Cara Mencegahnya

Posted: 07 Dec 2018 07:49 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Penyakit jantung koroner merupakan penyakit jantung yang paling umum terjadi. Penyakit ini terjadi, ketika pasokan darah yang kaya oksigen menuju otot jantung terhambat oleh plak pada pembuluh darah jantung atau arteri koroner. Alhasil, jantung tak mendapatkan pasokan oksigen yang memadai. Penyakit jantung adalah penyakit nomor pertama penyebab kematian di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Penyakit Jantung Koroner pada mulanya disebabkan oleh penumpukan lemak pada dinding dalam pembuluh darah jantung (pembuluh koroner). Hal ini lama kelamaan diikuti oleh berbagai proses seperti penimbunan jarinrangan ikat, perkapuran, pembekuan darah, dll. yang kesemuanya akan mempersempit atau menyumbat pembuluh darah tersebut. Hal ini akan mengakibatkan otot jantung di daerah tersebut mengalami kekurangan aliran darah. Akibat lainnya juga dapat menimbulkan berbagai akibat yang cukup serius, dari Angina Pectoris (nyeri dada) sampai Infark Jantung, yang dalam masyarakat di kenal dengan serangan jantung yang dapat menyebabkan kematian mendadak.

Nah, berikut ini Sabtu (08/12/2018) Liputan6.com ulas lebih mendalam mengenai penyakit jantung koroner, mulai dari penyebab, gejala hingga cara mencegahnya.

Banyak orang terlambat sadar akan bahaya dan risiko penyakit jantung koroner ini. Sehingga penanganannya pun terlambat. Beberapa kondisi orang yang berisiko terkena penyakit jantung koroner adalah malas berolahraga, menu makanan tidak sehat seperti banyak lemak, kebiasaan merokok, diabetes, hipertensi/darah tinggi, obesitas dan lainnya.

Jenis penyakit jantung koroner

Penyakit jantung koroner sendiri terbagi dalam beberapa jenis. Pembagian ini sesuai dengan tingkat risiko dan penyebabnya. Jenis penyakit jantung koroner, yakni:

1. Angina, atau lebih dikenal dengan angin duduk

Ini terjadi akibat suplai darah terhambat atau terlalu lemah sehingga kinerja jantung menurun

2. Serangan jantung akibat berhenti berdetak

Ini biasanya diawali atau timbul komplikasi oleh beberapa penyebab, seperti gagal jantung dan syok kardiogenik karena otot jantung rusak permanen, lalu aritmia akibat detak jantung tidak normal (terlalu cepat bredetak) dan berisiko berhenti, serta jantung ruptur/retak akibat otot, dinding, atau katup jantung sudah retak.

Penyebab penyakit jantung koroner

Penimbunan lemak di dalam pembuluh darah ini dikenal dengan istilah aterosklerosis merupakan penyebab utama penyakit jantung koroner. Berikut ini penyebab penyakit jantung koroner lainnya.

Kadar Kolesterol Total dan LDL tinggi

Kadar Kolesterol HDL rendah

Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Merokok

Diabetes Mellitus

Kegemukan

Riwayat keturunan penyakit jantung dalam keluarga

Kurang olah raga

Stress

Menu makanan tidak sehat seperti banyak lemak

Kebiasaan mengonsumsi makanan yang asin

Gejala penyakit jantung koroner

Waspada, Migrain Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung (LightField Studios/Shutterstock)

Mengingat penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang mematikan, maka sudah seharusnya setiap orang memahami beberapa gejala penyakit jantung koroner. Berikut ini gejala penyakit jantung koroner yang harus diwaspadai.

1. Rasa nyeri di dada yang tidak biasa

Tidak semua nyeri di dada adalah gejala penyakit jantung koroner, namun sudah sewajarnya setiap nyeri di dada harus ditangani secara serius. Rasa nyeri akibat serangan jantung ini cukup khas, yakni seolah dada mendapatkan tekanan beban yang berat dan biasanya nyeri menghilang saat istirahat. Jika kondisi sudah berat atau parah, rasa nyeri tersebut biasanya tidak akan berkurang atau hilang meski sudah beristirahat.

Selain pada dada, rasa nyerinya juga bisa menjalar ke bahu, lengan, leher, rahang, atau punggung. Menurut American Heart Association, wanita cenderung melaporkan serangan jantung yang menyebabkan rasa sakit secara khusus di perut bagian bawah dan bagian bawah dada. Nyeri dada akibat angina juga dapat disertai oleh gejala lainnya, seperti keringat dingin.

2. Sering pusing dan mudah lelah

Gejala penyakit jantung koroner lainnya adalah sering pusing dan mudah lelah. Pusing bisa jadi adalah efek dari fungsi jantung yang tidak normal. Biasanya pusing akibat jantung ini biasanya terasa berbeda dibanding rasa pusing pada umumnya. Sebab seringkali diikuti dengan perasaan mudah lelah akibat sirkulasi darah terganggu.

3. Keringat dingin dan mual

Munculnya keringat dingin dan mual juga bisa menjadi pertanda gejala penyakit jantung koroner. Ketika pembuluh darah menyempit, otot-otot jantung akan kekurangan oksigen sehingga menyebabkan suatu kondisi yang disebut iskemia. Kondisi ini akan memicu keluarnya keringat berlebih dan penyempitan pembuluh darah, yang kemudian muncul sebagai suatu sensasi yang sering dideskripsikan sebagai keringat dingin. Di sisi lain, iskemia juga dapat memicu reaksi mual dan muntah.

4. Sesak napas

Jantung yang tidak berfungsi normal akan berimbas pada kelancaran pernapasan penderitanya, sehingga membuat Anda rentan mengalami sesak napas. Sesak napas gejala penyakit jantung biasanya mungkin terjadi bersamaan dengan nyeri dada.

Cara mencegah penyakit jantung koroner

Ilustrasi jogging

Untuk meminimalkan risiko terkena penyakit jantung koroner, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan, di antaranya:

Melakukan olahraga rutin.

Menerapkan pola makan sehat dan gizi seimbang, perbanyak asupan buah dan sayur, kurangi makanan yang mengandung kolesterol dan garam berlebih.

Berhenti merokok.

Menurunkan berat badan jika berlebihan.

Mengontrol tekanan darah.

Kendalikan stres.

Istirahat yang cukup. Penelitian menunjukkan bahwa kurangnya kualitas dan jam tidur berpengaruh pada peningkatan risiko terkena penyakit jantung koroner.

Makanan sehat untuk jantung:

Memperhatikan menu harian merupakan salahs atu langkah mencegah terjadinya penyakit jantung koroner. Berikut ini makanan sehat untuk jantung dan makanan yang sebaiknya dihindari agar jantung tetap sehat:

Minum produk susu bebas lemak atau rendah lemak

Makan ikan tinggi asam lemak omega-3, seperti salmon atau tuna, sekitar dua kali seminggu

Buah-buahan, seperti apel, pisang, jeruk, pir, dan plum

Kacang-kacangan, seperti kacang merah, lentil, buncis, kacang polong, dan kacang lima

Sayuran, seperti brokoli, kubis, dan wortel

Biji-bijian, seperti oatmeal, beras merah, dan jagung tortilla

Makanan yang wajib dihindari:

Daging merah

Makanan yang digoreng baik minyak nabati maupun hewani

Makanan dan minuman bergula

Nah, itu tadi ulasan mengenai penyakit jantung koroner. Jantung merupakan organ utama penyokong hidup manusia. Bila jantung terganggu, maka kelangsungan hidup manusia pun akan terpengaruh. Oleh sebab itu penting untuk menjaga kesehatan jantung.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Via Vallen dan Nella Kharisma Jadi Saksi Kosmetik Oplosan di Kediri

Posted: 07 Dec 2018 07:48 PM PST

Liputan6.com, Kediri - Setelah mendalami kasus kosmetik oplosan di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Polda Jawa Timur, pada Rabu 12 Desember nanti akan memanggil dua artis dangdut Via Vallen dan Nella Kharisma.

Kedua artis yang menjadi endorse kosmetik oplosan akan dipanggil sebagai saksi.  

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Sabtu (8/12/2018), setelah kasus kosmetik oplosan, Polda Jatim mengungkap sedikitnya ada tujuh artis Ibu Kota yang menjadi endorse untuk memasarkan sebuah produk kosmetik.

Menurut penyidik Ditreskrimsus Polda Jawa Timur, ketujuh artis tersebut masing-masing berinisial VV, OR, NR, MP, NK, DJB dan JK. Mereka menerima honor tujuh hingga Rp 15 juta per minggu. (Karlina Sintia Dewi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kalahkan Juventus, MU Diklaim Dapatkan Wonderkid Prancis

Posted: 07 Dec 2018 07:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Manchester United (MU) bakal menambah koleksi talenta berbakat. Setan Merah dikabarkan selangkah lagi akan mendapatkan wonderkid Prancis Noam Emeran dari Amines.

Menurut laporan RMC, MU akan segera mengumumkan perekrutan Emeran dalam waktu dekat. Emeran diperkirakan akan bergabung ke Old Trafford mulai Januari 2019.

Namun Emeran, yang berposisi sebagai pemain depan, tidak akan langsung masuk tim utama MU. Emeran bakal main di tim U-21 atau akademi The Red Devils.

Emeran sendiri juga sudah mencapai kesepakatan dengan MU. Dia bersedia pindah ke Old Trafford. Tinggal MU yang harus mencapai kesepakatan dengan Amiens. RMC menyakini MU takkan kesulitan merayu Amiens.

MU siap membayar 1,7 juta pound untuk mendapatkan jasa Emeran. Amiens bakal memperoleh 8,9 juta pound di kemudian hari tergantung kiprah Emeran.

 

Juventus dan PSG

MU bergerak mengamankan Emeran karena banyak klub yang berminat. Juventus dan Paris Saint Germain juga berusaha mendapatkan Emeran.

Meski lahir di Prancis, Emeran juga bisa memperkuat timnas Belgia. Kedua negara terus memperebutkan Emeran.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hal yang Perlu Diketahui Soal DANA, Dompet Digital Besutan Anak Negeri

Posted: 07 Dec 2018 07:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Dompet Digital (e-wallet) DANA resmi diluncurkan pada 5 Desember 2018. Dompet digital DANA besutan Indonesia ini dirancang untuk dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia dari berbagai latar belakang sosial, budaya, ekonomi, hingga dunia usaha baik online maupun offline.

Chief Communication Officer DANA Chrisma Albandjar menjelaskan, dompet digital DANA menggunakan bank domestik dalam melakukan transaksinya. Dengan begitu tidak ada aliran dana dari Indonesia ke luar maupun penguasaan dan pengendalian transaksi yang dilakukan oleh asing.

"Jadi kehadiran DANA tidak mengancam kedaulatan keuangan Republik Indonesia karena DANA bukanlah e-money asing," jelas dia, di Jakarta, Sabtu (8/12/2018).

DANA juga dikembangkan oleh perusahaan rintisan (startup) yang berbadan hukum Indonesia yang dikembangkan oleh para programer muda Indonesia. Investor utama dari Dana adalah PT Elang Sejahtera Mandiri dengan porsi kepemilikan mencapai 99 persen.

Elang Sejahtera Mandiri merupakan akan usaha dari PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTEK). EMTEK memiliki kerjasama dengan Ant Financial, pemilik Alipay.

Dengan kerja sama antara Emtek dan Ant Financial, DANA mendapatkan dukungan teknologi dari Ant Financial. Teknologi Alipay sudah diakui keamanan dan kehandalannya di dunia transaksi digital.

"Meski demikian, DANA memastikan terjadi knowledge sharing kepada semua programmer muda Indonesia di DANA dan data transaksi dan data pengguna tetap berada di Indonesia sesuai dengan PP 82/2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik (PTSE)," tambah Chrisma.

DANA merupakan platform pembayaran digital yang mengusung open platform dan dapat digunakan oleh berbagai aplikasi, gerai-gerai online maupun konvensional manapun.

Dompet digital ini mengembangkan infrastruktur pembayaran digital dengan mempelajari best practice yang telah digunakan dan melayani ratusan jutaan pengguna dan telah terbukti keamanannya secara global.

 

Izin Bank Indonesia

Seorang wanita menunjukkan layanan DANA di Jakarta, Rabu(21/3). DANA, Dompet Digital Indonesia merupakan sebuah layanan dari perusahaan rintisan (start up) di bidang teknologi finansial. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

DANA telah mendapatkan izin dari Bank Indonesia dan telah memenuhi ketentuan-ketentuan yang disyaratkan oleh BI sebagai lembaga teknologi finansial di Indonesia.

DANA hanya bekerja sama dengan bank-bank nasional, di antaranya Bank Mandiri, BCA, BRI, CIMB NIAGA, BNI, Panin Bank, Bank Permata, BTN dan Bank Sinar Mas.

Dompet digitall DANA tidak menyimpan uang siapapun kecuali uang yang diletakkan di rekening penampungan (Escrow Account) untuk dana balance pengguna.

Sistem DANA dikembangkan sebagai dompet yang hanya menyimpan jumlah dana terbatas sesuai dengan regulasi Bank Indonesia dan standard keamanan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Chandra Asri Bangun Kompleks Petrokimia Senilai USD 5 Miliar di Cilegon

Posted: 07 Dec 2018 07:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (CAP), melalui anak usahanya yaitu PT Chandra Asri Perkasa (CAP2) menanamkan investasi hingga USD 5 miliar guna membangun kompleks petrokimia di Cilegon, Banten.

Presiden Direktur Chandra Asri Erwin Ciputra mengatakan, fasilitas produksi ‎CAP2 ditargetkan bisa beroperasi secara komersial ‎pada 2024.

"Ini adalah langkah lanjutan bagi kami untuk memenuhi permintaan produk petrokimia Indonesia. Dengan total investasi sekitar USD 4 miliar-USD 5 miliar, kompleks petrokimia kedua kami akan menjadi salah satu produsen Olefin dan Polyolefin terbesar di Indonesia," ujar dia di Jakarta, Sabtu (8/12/2018).

Kompleks kedua ini akan menghasilkan 1.1 MMTA Ethylene, 600 KTA Propylene, 160 KTA Butadiene, 335 KTA Benzene, 450 KTA HDPE, 300 KTA LDPE dan 450 KTA PP untuk operasi setahun penuh.

"Chandra Asri Petrochemical, saat ini, adalah produsen petrokimia terbesar di Indonesia dengan pangsa pasar sekitar 52 persen untuk Olefin, 24 persen untuk Polyethylene‎ dan 29 persen untuk Polypropylene‎ untuk pasar domestik," ungkap dia.

 

Gandeng Lummus

Dua staf PT Chandra Asri memperlihatkan produk kantong plastik ramah lingkungan yang bisa lapuk kembali menjadi tanah dalam tempo 4 bulan, di Cilegon, Banten. (Antara)

Untuk pengerjaan detailed engineering kompleks kedua ini, Chandra Asri menunjuk Lummus Technology atas desain pemanas Ethylene menggunakan teknologi Lummus' Short Residence Time (SRT) VII cracking heaters.

Menurut Erwin, teknologi ini memungkinkan pabrik Olefin untuk memiliki hasil yang lebih tinggi, kinerja pabrik yang andal, pengurangan emisi, serta biaya operasi dan konsumsi pakan yang lebih rendah. Pada awal April lalu, Lummus Technology telah ditunjuk untuk lisensi dan desain teknik dasar atas kompleks petrokimia kedua.

"Menjadi salah satu penyedia teknologi terdepan di dunia, kami optimistis Lummus Technology akan membantu kami mencapai pabrik yang dapat diandalkan dan kompetitif," tandas dia.

Sebagai informasi, CAP merupakan salah satu perusahaan petrokimia terintegrasi di Indonesia yang memproduksi olefins dan polyolefins di Cilegon dan Serang, Banten.

Perseroan merupakan satu-satunya produsen yang mengoperasikan naphtha cracker, dan juga produsen domestik tunggal ethylene, styrene monomer dan butadiene.

CAP menghasilkan bahan baku plastik dan kimia yang digunakan untuk produk kemasan, pipa, otomotif, elektronik dan lain-lain.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Persebaya Vs PSIS: Tetap Serius di Laga Pamungkas

Posted: 07 Dec 2018 07:35 PM PST

Jakarta Duel Persebaya Surabaya Surabaya kontra PSIS Semarang pada laga pekan terakhir Gojek Liga 1 bersama Bukalapak memang tidak menentukan lagi. Kedua tim sudah memastikan tidak akan meraih juara atau degradasi dengan hasil apa pun yang diraih.

Namun, bukan berarti Persebaya tidak mau tampil serius di pertandingan ini. Pelatih Persebaya, Djadjang Nurdjaman, tetap memburu kemenangan dalam pertandingan yang tersaji di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu sore (8/12/2018).

 

Saat ini klub berjulukan Bajul Ijo itu sudah mengoleksi poin 47 dan bertengger di peringkat keenam. Pelatih yang akrab disapa Djanur itu sudah menargetkan finis di posisi enam besar pada klasemen akhir. Kemenangan di laga ini akan menggaransi target itu.

Apalagi Persebaya akan mendapat dukungan penuh dari suporter sendiri di stadion berkapasitas 50 ribu penonton. Tiket pertandingan ini sudah ludes terjual sejak tiga hari sebelum pertandingan dan memastikan atmosfer pertandingan sangat sarat emosi.

'"Di laga terakhir, kami bermain di kandang sendiri, stadion penuh, dan kami harus memenangi pertandingan. Selain ingin happy ending, kami juga ingin peringkat yang lebih baik. Peluang kami ada asalkan bisa menang melawan PSIS," kata Djanur.

"Jadi itu semua adalah motivasi kami. Jika target kami bisa terealisasi, tidak menutup kemungkinan dapat melaju sampai ke papan atas," imbuh mantan pelatih Persib Bandung itu.

Di laga ini, ada beberapa perubahan yang kemungkinan bakal dilakukan Djanur, terutama lini belakang Persebaya. Duo bek tengah Fandry Imbiri dan Otavio Dutra kemungkinan absen karena alasan yang berbeda.

Aroma Rivalitas Perserikatan

Di sisi lain, masih era Perserikatan, Persebaya dan PSIS dikenal menjalin rivalitas. Pada musim 1986-87, kedua tim berjumpa di final untuk memperebutkan gelar. PSIS akhirnya keluar sebagai juara setelah menang 1-0.

Pada musim1987-1988, Persebaya menyimpan dendam kepada PSIS karena hasil itu. Persebaya kemudian berusaha menyingkirkan PSIS di babak penyisihan dan membuat mereka gagal lolos ke babak gugur.

Rivalitas keduanya memang sudah menjadi cerita masa lalu. Kedua kelompok suporter juga sudah memiliki hubungan yang baik.

Pada putaran pertama Liga 1 2018, PSIS mampu mengamankan poin penuh saat menjamu Persebaya di Stadion Moch Soebroto, Magelang (22/7/2018). Namun, situasi tim mengalami perubahan karena saat itu Persebaya masih ditangani Angel Alfredo Vera.

PSIS kini akan menghadapi Persebaya dikenal sebagai The Giant Killer atau pembunuh raksasa sejak dilatih Djanur. Tim tuan rumah memiliki catatan apik dengan membukukan empat kemenangan beruntun di kandang.

"Saya berharap melawan PSIS, mereka (Persebaya) punya titik lemah. Saya yakin pasti semua tim ada titik lemahnya. Tadi malam saya berdoa agar Persebaya Surabaya tidak seganas saat lawan tim papan atas," ungkap Jafri Sastra, pelatih PSIS, diiringi dengan tawa.

Berdasarkan catatan pertemuan, PSIS dan Persebaya sudah dua kali berjumpa sejak musim 2017. Selain putaran pertama, keduanya pernah bertarung dalam babak perempat final Liga 2 musim lalu, hasilnya Persebaya menang 1-0 (15/11/2017).

Jafri meminta kepada anak asuhnya untuk bekerja sama agar bisa mencuri poin. Dia cukup mewaspadai Persebaya, yang dikenal bermain agresif melawan klub manapun.

PSIS bukannya tidak memiliki pemain andalan selama di Liga 1. Klub Mahesa Jenar itu mengandalkan ketajaman dua penyerang, Bruno Silva dan Hari Nur Yulianto. Keduanya merupakan pemain paling produktif dengan masing-masing mengoleksi 16 dan 11 gol.

"Saya selalu mengedepankan team work. Siapapun yang main, seberapa bagusnya pemain itu, tetap harus kerja sama tim. Tidak ada instruksi agar Bruno cetak gol biar top scorer. Dia bisa saja cetak gol asalkan tidak pakai tangan saja," imbuh Jafri.

Prakiraan Susunan Pemain

Persebaya Surabaya (4-3-3): Miswar Saputra (kiper); Mokhamad Syaifuddin, Rachmat Irianto, Andri Muliadi, Ruben Sanadi (belakang); Misbakus Solikin (tengah), Rendi Irwan, Fandi Eko Utomo (tengah); Irfan Jaya, David da Silva, Osvaldo Haay (depan)

Pelatih: Djadjang Nurdjaman

PSIS Semarang (4-2-3-1): Joko Ribowo (kiper); Gilang Ginarsa, Petar Planic, Rio Saputro, Haudi Abdillah (belakang); M. Yunus, Nerius Alom; Komaruddin, Bayu Nugroho, Hari Nur Yulianto (tengah); Bruno Silva (depan)

Pelatih: Jafri Sastra

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

#AyoKeToba Viral Lewat Celebes TV

Posted: 07 Dec 2018 07:33 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kamis (6/12), mesin pemasaran Danau Toba kembali dipanaskan. Semua langsung bergerak cepat menyentuh Celebes TV, televisi lokal Makassar. Selama kurang lebih 30 menit, semua potensi danau kedua terbesar setelah Victoria Lake di Afrika itu menebarkan pesonanya lewat talkshow di Celebes TV.

Tim penggodanya juga paten abis. Dari Kemenpar, ada Kasubid Pemasaran I Regional I Alfin Merancia. Kalangan bisnisnya, diwakili Ketua ASITA Sumatera Utara Solahuddin Nasution. Akademinya diisi Direktur Poltekpar Makassar Muhammad Arifin. Sementara tuan rumah, diwakili Sekretaris Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulawesi Selatan Nuryadin.

Menpar Arief Yahya kerap menyebutnya sebagai pemasaran Zaman Now! Ada unsur akademisi, bisnis, government, hingga media yang dilibatkan. Dan semuanya kompak jualan paket wisata Danau Toba.

"Ini sangat bagus. Pentahelix kompak menjual Danau Toba. Melalui sinergi Indonesia Incorporated maka kita akan mampu menciptakan 3S-3B, yaitu: Size getting Bigger, Scope getting Broader, dan Skill getting Better. Jadi, melalui Indonesia Incorporated kita akan Bigger-Broader-Better together," ucap Menpar Arief Yahya, Jumat (7/12).

Actionnya dijalankan cepat. Tak ada kamus lelet. Seluruh unsur didorong untuk bergerak cepat, agresif, menciptakan quick wins, dengan cara-cara cerdas. Hasilnya? Talkshow di Celebes TV Makassar pun benar-benar mengarah ke hard selling. To the point! Goal-nya jelas. Menjual Danau Toba ke pasar Makassar.

Pertanyaan yang muncul kemudian adalah, kenapa Danau Toba? Kenapa juga bukan destinasi prioritas lain seperti Kepulauan Seribu di Jakarta, Wakatobi di Sulawesi Tenggara atau Morotai di Maluku Utara?

Soal ini, Kasubid Pemasaran I Regional I Alfin Merancia, punya jawabannya.

"Alasannya ada tiga. Yang pertama, Toba masuk ke dalam Kawasan Strategis Pariwisata Nasional. Nomor duanya, Toba masuk ke dalam area '10 Bali baru'. Dan poin berikutnya, Toba masuk ke dalam destinasi super prioritas," katanya.

Dari empat destinasi super prioritas, Danau Toba berada di posisi teratas. Di posisi kedua ada Candi Borobudur di Jawa Tengah, diikuti Mandalika di Lombok dan Labuan Baju di NTT yang menjadi destinasi prioritas keempat.

Lantaran berada di posisi teratas, pemerintah pun ngebut membangun akses ke Toba. Tol Medan-Kuala Namu (KNO)-Tebing Tinggi dibangun. Hasilnya? Waktu tempuh 5 jam, dipangkas menjadi 3 jam lebih sedikit.

Bandara di Silangit pun dibuat makin kece. Landasan pacu yang semula berukuran 2.650 meter dibuat menjadi 3.000 meter. Ada ruang kesehatan. Karantina. Selain itu, Bandara di Silangit juga dipersiapkan menjadi Smart Airport yang dilengkapi dengan Vending Machine Taxi, Digital Information Bus, Live Smart Baggage, Digital Toilet Survey, dan lainnya.

Amenitasnya? Sudah sangat lengkap. Dari mulai homestay, hotel melati sampai bintang 4 ada di sana. Sejumlah spot menarik di Danau Toba juga akan dibalut dengan nomadic tourism. Nantinya, akan ada karavan, glamping (glamorous camping), dan homepod di sana.

"Indonesia bukan hanya Bali saja kok. Masih ada Danau Toba yang menyimpan sejuta pesona. Yang belum punya planning liburan akhir tahun nanti, ayo ke Toba. Silakan eksplore nature, culture dan kulinernya yang oke punya," ajak Alfin.

Sekretaris Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulawesi Selatan Nuryadin terlihat antusias. Terlihat happy. Maklum, warga Makassar suka sekali dengan sesuatu yang indah. Apalagi, destinasinya punya kemiripan budaya dengan Tana Toraja yang ada di Sulsel.

"Toraja di Sulsel dan Batak di sekitaran Toba itu punya banyak kemiripan. Pakaian Adatnya mirip. Rumah adat dan tariannya juga mirip. Sampai warna merah dan hitam yang dominan ada di desain rumah adat pun mirip. Peluang pasarnya sangat besar bila Sulawesi Selatan dan Sumatera Utara mau bersanding. Saya akan ajak industri Sulawesi Selatan untuk bertemu dengan industri Sumatera Utara di Misi Penjualan Destinasi Wisata Prioritas Danau Toba. Semua akan saya ajak bersinergi di Atrium Trans Studio Mall, 7-9 Desember 2018," ucapnya.

ASITA Sumatera Utara juga ikut antusias. Ikut support.

"Industri Sumatera Utara pasti siap bersinergi. Toba itu sudah world class. Tidak hanya nature. Culture, peninggalan sejarahnya juga kaya. Aktivitasnya banyak. Bisa sepedaan keliling samosir, water sport, tari daerah, rumah adat, semua ada di sana. Yang penasaran silakan ke Trans Studio Mall Makassar. Saya sudah menyiapkan 16 travel agent dan 14 anggota PHRI Sumut yang siap menjual paket-paket liburan ke Danau Toba dengan harga khusus," ucapnya.

Direktur Poltekpar Makassar Muhammad Arifin langsung mengangkat emoji tiga jempol. Baginya, kolaborasi ini sangat menarik. Dia pun mengaku siap mengerahkan GenPI Poltekpar untuk mendukung viralnya acara ini.

"Kebetulan kami juga punya GenPI Poltekpar. Mereka adalah komunitas netizen yang suka Pariwisata. Suka memviralkan setiap kegiatan lewat instagram, twitter atau facebook dan media sosial lainnya dengan konten- konten pariwisata yang seru habis. Kalau dikerahkan mendukung acara ini, pasti akan sangat konek karena mereka bisa sekalian belajar cara mengelola event, memasak, sampai memasarkan paket wisata," ucap Muhammad Arifin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: