Sabtu, 29 Desember 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Menteri PUPR: Infrastruktur Kerakyatan Tetap Jadi Prioritas di 2019

Posted: 29 Dec 2018 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, infrastruktur kerakyatan seperti rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dan padat karya irigasi kecil merupakan program prioritas pemerintah pada 2019 di samping pembangunan jalan, jalan tol, jembatan bentang panjang dan bendungan.

"Rumah merupakan kebutuhan dasar bagi masyarakat untuk dapat berproduksi. Jadi akan tetap menjadi program prioritas termasuk perbaikan irigasi kecil melalui program Padat Karya Tunai agar dana yang bergulir di desa lebih banyak," kata dia dalam keterangan tertulis, Minggu (30/12/2018).

Dia menganggap, kebutuhan infrastruktur perumahan di Indonesia masih tinggi. Untuk memenuhinya, sambungnya, tidak dapat hanya melalui dana APBN, namun juga kerjasama dengan perbankan, pengembang dan pemerintah daerah.

Proyek rumah kerakyatan program Kementerian PUPR. Dok: Kementerian PUPR

"Setiap tahunnya, Kementerian PUPR memperbaiki sekitar 160 ribu unit rumah tidak layak huni (RTLH) melalui Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS). Tahun 2019 diprogramkan untuk perbaikan sebanyak 200 ribu unit RTLH yang ada di seluruh Indonesia," lanjut Basuki.

Melalui program BSPS, Kementerian PUPR memberikan bantuan ini salah satunya kepada 3.813 unit rumah yang ada di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Bantuan uang infrastruktur sebesar Rp 15 juta diberikan kepada masyarakat untuk memperbaiki rumahnya.

 

Mendapat Apresiasi

Proyek rumah kerakyatan program Kementerian PUPR. Dok: Kementerian PUPR

Anggota Komisi V DPR RI, Sudjadi, turut mengapresiasi program penyediaan perumahan Kementerian PUPR, khususnya yang berada di Kabupaten Magelang.

"Sudah tak terhitung berapa banyak program kegiatan dari Kementrian PUPR di Magelang. Di bidang SDA, sejak tahun 2015 hingga 2018 telah dibangun saluran irigasi di 147 desa. Kemudian 180 sumur bor di enam desa, embung di empat desa dan bendung di 14 desa. BSPS ada sekitar 7.000 unit," paparnya.

"Bidang cipta karya ada kegiatan di 90 desa, revitalisasi tempat wisata di 19 desa, sanimas ada di tujuh desa. Untuk bidang Bina Marga ada 9 jembatan gantung. Balitbang ada SPAM Desa, hydropower, alat pembuatan bahan bangunan dan lainnya," tandasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menpar Apresiasi NTB yang Sukses Luncurkan Calender of Event 2019

Posted: 29 Dec 2018 09:34 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Calendar of Event (CoE) terbaik dideklarasikan Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk 2019. NTB pun jadi provinsi pertama yang melaunching CoE-nya. Dari 18 event, 22% slot diantaranya masuk 100 Top Event Nasional.

Total ada 18 event yang disiapkan #CalendarOfEventNTB2019. Prosesi launching-nya dilakukan Sabtu (29/12) pukul 10.00-12.35 WIB. Venue-nya pun spesial, Area Kedatangan Terminal 3 (T3U) Bandara Internasional Soekarno Hatta, Jakarta. Dari total event yang dirilis, 4 slot berstatus 100 Top Event Nasional. Sebut saja, ada Festival Pesona Bau Nyale, Tambora, Moyo, hingga Khazanah Ramadhan.

"NTB kini hadir dengan spirit baru. Berkat dukungan dari Presiden Joko Widodo dan Kemenpar, kami bersemangat menyongsong tahun 2019. Dengan komposisi event seperti ini, kami optimistis bisa meraih target 4 Juta kunjungan wisatawan di 2019," ungkap Gubernur NTB Zulkieflimansyah, Sabtu (29/12).

Merilis 18 event dengan 22% diantaranya 100 Top Event Nasional, Pulau Seribu Masjid ditarget 4 Juta kunjungan wisatawan. Rinciannya, masing-masing 2 juta bagi wisman dan wisnus. Target ini realistis sebab, NTB memiliki destinasi dengan brand luar biasa.

"NTB sangat eksotis, baik alam atau budayanya. Untuk itu, perlu sinergi kuat dengan banyak pihak untuk optimalisasi potensi NTB tersebut," terangnya.

Demi mengoptimalkan program, support diberikan Kemenpar. Empat program 100 Top Event Nasional milik NTB akan disubsidi Rp1 Miliar per event. Kemasan terbaik juga akan diberikan melalui pemakaian kostum, musik, koreografi, hingga konsep karnavalnya. Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya pun menerangkan, NTB menjadi provinsi pertama yang me-launching CoE 2019.

"Kami ucapkan selamat atas launching CoE NTB untuk 2019. NTB jadi provinsi pertama di Indonesia yang melaunching CoE-nya untuk tahun depan. Mereka memiliki 4 agenda dengan status 100 Top Event Nasional. Jumlah ini sangat banyak karena setiap provinsi idealnya hanya 3 event yang masuk," terang Menpar.

Mendukung atraksi luar biasa NTB, skenario besar juga sudah disiapkan Kemenpar. Memakai konsep BAS, seluruh link media promosi milik Kemenpar di mancanegara khususnya akan menayangkan TVC eksotisme Lombok-Sumbawa. Berikutnya, didorong dengan kekuatan media sosial. Ada juga famtrip, misi penjualan ke kota dan originasi utama, event MICE, hingga penyusunan paket tour.

"Sejak awal 2019, branding Lombok-Sumbawa akan dilakukan masif. Cara ini efektif untuk menarik wisman. Setelah itu, baru media sosial," katanya lagi.

Menpar pun optimistis, pariwisata NTB akan pulih kembali. Apalagi, Pulau Seribu Masjid ini memiliki brand kuat sebagai destinasi wisata halal. Mengacu Indonesia Muslim Travel Index (IMTI) 2018, NTB ini berada di urutan pertama dengan nilai 58. Strip kedua ditempat Aceh, lalu Jakarta di posisi 3. Pada 2016, NTB bahkan memenangkan 3 award di World Halal Tourism Award.

"Target kunjungan wisatawan ke NTB akan tercapai. Selain alam dan budayanya yang kuat, NTB ini punya image bagus. NTB kuat di halal tourism. Status halal ini justru menguntungkan NTB dalam menarik kunjungan wisman. Setelah mendeklarasikan status halal tourism, arus masuk wisman justru naik 50%. NTB tidak lagi di bawah bayang-bayang Bali," ujar Menpar.

Lebih lanjut, NTB juga diuntungkan oleh aspek aksesibilitas. Bandara Internasional Lombok terkoneksi langsung dengan Malaysia dan Singapura. Ada 2 maskapai yang menghubungkan rute ini, yaitu Silk Air dan AirAsia. NTB juga terkoneksi dengan kota besar Makassar, Surabaya, Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Banjarmasin, dan Bali. Maskapainya Lion Air, Garuda Indonesia, Citilink, dan Batik Air.

"Kami akan bantu NTB mewujudan target 4 Juta wisatawan. Event-event NTB akan dikunjungi banyak wisatawan. Selain unik dan menarik, aksesibilitas di NTB bagus. Semuanya normal di sana. Yang jelas, NTB dengan atraksi yang dimiliki sudah siap menerima kehadiran wisatawan," tegas Deputi Bidang Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani Mustafa.

Bagaimana dengan amenitasnya? Secara umum, amenitas di Pulau Seribu Masjid sudah berfungsi baik. Aspek amenitas di wilayah Lombok Selatan bahkan sudah beroperasi penuh 100%. Untuk zona Lombok Tengah sudah tercapai 75%, lalu Lombok Utara sudah bergulir 50%. Asisten Deputi Bidang Pemasaran I Regional III Kementerian Pariwisata Ricky Fauziyani mengatakan, CoE siap digelar penuh di NTB.

"Untuk akomodasi sudah tidak ada masalah. Semua sudah siap. Event-event yang masuk CoE ini bisa digelar secara penuh. Amenitas di NTB sudah siap dari beberapa bulan terakhir. Perkembangan fase recovery #NTBBangkit ini positif," tutur Ricky.

Mengusung tema 'The Spirit of Lombok-Sumbawa', #CalendarOfEventNTB2019 akan didukung dengan paket wisata terbaik. Ada beberapa opsi paket yang bisa dipilih wisatawan. Sebut saja Paket NTB Bangkit 4D3N, Paket NTB Bangkit 5D4N A dan B, 4D3N Voluntour Lombok Sumbawa Recovery, hingga 5D4N Exotic Voluntour Authentic Sasak Tribe. Selain itu, ada 5D4N Voluntour Gili T Coral Re-Plantation.

"Paket-paket wisata terbaik ini akan efektif mendukung wisatawan. Selain menikmati event, wisatawan juga bisa menikmati sisi eksotis lain dari NTB. Semua dibuat menarik. Yang jelas, ada banyak experience unik dan berbeda yang akan diberikan kepada wisatawan," tutup Kabid Pemasaran Area II Regional III di Deputi Bidang Pemasaran I Kemenpar Hendry Noviardi.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Solskjaer Sanjung Kualitas Striker Muda MU

Posted: 29 Dec 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Manchester - Ole Gunnar Solskjaer tak sungkan memuji striker muda MU, Marcus Rashford. Ia menilai Rashford bakal jauh lebih berkembang sebagai pemain ketimbang dirinya.

Musim ini peran Rashford sempat terpinggirkan oleh Jose Mourinho. Pemain timnas Inggris itu lebih kerap menghangatkan bangku cadangan MU.

Namun kedatangan Solskjaer mengubah peruntungannya. Bahkan Rashford menjadi pencetak gol pertama MU di era manajer asal Norwegia tersebut.

"Jujur saja kemampuan Rashford melebihi saya. Baik itu dari segi fisik, kekuatan, stamina, dan tendangan dari luar kotak penalti," ujar Solskjaer seperti dilansir Mirror.

"Tetapi saya akan memberikan saran padanya soal pergerakan di kotak penalti. Selain itu saya ingin dia lebih tenang di mulut gawang."

 

Bantah Mou

Pemain muda Manchester United, Marcus Rashford mencoba melewat pemain Young Boys, Djibril Sow pada laga lanjutan liga champions yang berlangsung di stadion Old Trafford, Rabu (28/11). Manchester United sukses menang 1-0 atas Young Boys. (AFP/Oli Scarff)

Menariknya Solskjaer juga membantah anggapan Mourinho bahwa ketajaman striker tak bisa dibentuk. Solskjaer percaya Rashford bakal bisa lebih tajam lagi dengan bimbingannya.

"Saya mempelajari semuanya, soal penyelesaian akhir, bagaimana mencetak gol, dan mental di depan gawang. Semua itu tidak datang dengan sendirinya," ujarnya.

"Rashford masih 21 tahun dan dia akan banyak belajar. Yang jelas dia punya motivasi untuk terus menjadi pemain terbaik."

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Berkeliling di CFD dengan Sepeda Listrik Migo e-Bike

Posted: 29 Dec 2018 09:30 PM PST

Warga mengendarai sepeda listrik Migo e-Bike berkeliling saat Car Free Day di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (30/12). Sepeda listrik ini memiliki 90 stasiun dan sudah tersedia sebanyak 500 unit. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Warga mengendarai sepeda listrik Migo e-Bike berkeliling saat Car Free Day di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (30/12). Sepeda listrik ini memiliki 90 stasiun dan sudah tersedia sebanyak 500 unit. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Warga mengendarai sepeda listrik Migo e-Bike berkeliling saat Car Free Day di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (30/12). Migo merupakan layanan transportasi e-Bike sharing pertama di Indonesia. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Warga mengendarai sepeda listrik Migo e-Bike berkeliling saat Car Free Day di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (30/12). Migo merupakan layanan transportasi e-Bike sharing pertama di Indonesia. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Warga mengendarai sepeda listrik Migo e-Bike berkeliling saat Car Free Day di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (30/12). Migo diharapkan dapat menjadi solusi kemacetan dan mengurangi pencemaran udara. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Warga mengendarai sepeda listrik Migo e-Bike berkeliling saat Car Free Day di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (30/12). Migo diharapkan dapat menjadi solusi kemacetan dan mengurangi pencemaran udara. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Warga mengendarai sepeda listrik Migo e-Bike berkeliling saat Car Free Day di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (30/12). Sepeda listrik ramah lingkungan berbasis aplikasi ini resmi hadir di Jakarta sejak awal Desember lalu. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Warga mengendarai sepeda listrik Migo e-Bike berkeliling saat Car Free Day di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (30/12). Sepeda listrik ramah lingkungan berbasis aplikasi ini resmi hadir di Jakarta sejak awal Desember lalu. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Warga mengendarai sepeda listrik Migo e-Bike berkeliling saat Car Free Day di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (30/12). Sepeda listrik ini memiliki 90 stasiun dan sudah tersedia sebanyak 500 unit. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Warga mengendarai sepeda listrik Migo e-Bike berkeliling saat Car Free Day di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (30/12). Sepeda listrik ini memiliki 90 stasiun dan sudah tersedia sebanyak 500 unit. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Warga mengendarai sepeda listrik Migo e-Bike berkeliling saat Car Free Day di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (30/12). Migo merupakan layanan transportasi e-Bike sharing pertama di Indonesia. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Warga mengendarai sepeda listrik Migo e-Bike berkeliling saat Car Free Day di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (30/12). Migo merupakan layanan transportasi e-Bike sharing pertama di Indonesia. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Warga menggunakan aplikasi pada smartphone saat hendak menyalakan Migo e-Bike di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (30/12). Migo diharapkan dapat menjadi solusi kemacetan dan mengurangi pencemaran udara. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Warga menggunakan aplikasi pada smartphone saat hendak menyalakan Migo e-Bike di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (30/12). Migo diharapkan dapat menjadi solusi kemacetan dan mengurangi pencemaran udara. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Besok, Film Dilan 1990 Tayang di SCTV

Posted: 29 Dec 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Jelang akhir tahun, stasiun televisi berlomba memberikan tayangan menghibur bagi pemirsa setianya. Tak terkecuali stasiun televisi SCTV.

SCTV, stasiun televisi yang mengusung tagline Satu Untuk Semua, juga menayangkan program favorit pemirsa untuk memeriahkan pesta akhir tahun.

SCTV memilih untuk memutar dua film box office nasional yakni Dilan 1990. Penayangan film yang banyak meraih penonton di 2018 itu bakal dilakukan pada 31 Desember 2018.

 

 

 

Jadwal Tayang

Film Dilan 1990 memang sukes menyedot perhatian dan meninggalkan kesan manis bagi para penonton. Bahkan film yang diadaptasi dari novel karya Pidi Baiq ini sudah tembus 4 juta penonton. (Foto: falcon.co.id)

Dilan 1990 tayang di SCTV jam 18.30 WIB. Pemirsa akan diajak terhanyut dengan cerita asmara di kehidupan anak SMA era '90-an dalam film Dilan 1990.

Film ini membuat banyak penonton baper karena banyak kata-kata romantis di dalamnya. Cerita yang diadaptasi dari salah satu novel best seller ini diperankan oleh Iqbal Ramadhan bersama Vanesha Prescilla serta bintang-bintang muda kenamaan tanah air lainnya.

Saksikan Dilan 1990, Senin (31/12/2018) pukul 18.30 WIB di SCTV. (Fimela.com/ Puput Puji Lestari)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bahaya Pornografi, DKM Masjid Baitussalam Kumpulkan Emak-Emak

Posted: 29 Dec 2018 09:24 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Raya Baitussalam Pasar Minggu bekerja sama dengan Perhimpunan Masyarakat Tolak Pornografi (MTP) menggelar seminar parenting terkait bahaya pornografi, seks bebas, dan LGBT.

Kegiatan yang berlangsung di Aula Lantai 1 Masjid Baitussalam, Pasar Minggu, Jakarta Selatan pada Minggu (30/12/2018) ini diikuti oleh sekitar 90 peserta dan didominasi kaum emak-emak.

Ketua MTP, Azimah Subagijo mengatakan, pornografi tumbuh pesat di Indonesia seiring dengan perkembangan teknologi selama dua dekade terakhir. Selain itu, kebebasan pers dan berekspresi sejak Reformasi 98 dinilai telah disalahgunakan oleh segelintir orang untuk meraup keuntungan melalui industri pornografi dan perilaku bebas lainnya.

"Akibatnya yang paling rentan terkena dampaknya adalah anak-anak atau remaja dan hancurnya institusi keluarga," ujar Azimah saat menyampaikan materinya.

Dia menilai, Indonesia masih menjadi surga pornografi karena semakin banyaknya konten negatif yang mudah diakses sementara kontrol terhadap konsumen semakin sulit. Penegakan hukum terhadap kasus pornografi juga dinilai masih lemah. Di sisi lain, masyarakat masih menganggap tabu berbicara soal seks.

Setidaknya ada tiga alasan kenapa pornografi berbahaya menurut Masyarakat Tolak Pornografi, yakni ideologi desakralisasi seks, menimbulkan efek negatif pada fisik dan psikis, serta penyebarannya melalui media yang semakin masif.

"Alasan pertama menyebabkan hancurnya lembaga pernikahan. Kemudian tidak ada lagi anggapan bahwa seks hanya boleh dilakukan dalam ikatan pernikahan," tutur Azimah.

Bahaya Bagi Otak

Ilustrasi Pornografi (iStockphoto)​

Pornografi juga berdampak buruk pada perkembangan otak manusia. Manusia akan kehilangan fungsi otak yang dapat membedakan kebaikan dan keburukan. Selain itu, pornografi juga dinilai menjadi pintu masuk LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender) semakin masif.

"Dampaknya, pornografi menjadi sarana LGBT menjadi lumrah dan dianggap biasa. Pecandu pornografi juga mudah menjadi LGBT sebagai konsekuensi dari eskalasi dan act out," ucap Azimah.

Untuk mencegah itu semua, Azimah mengajak semua masyarakat membentuk komunitas sehat. Para orangtua juga diminta belajar mengenai parenting, berselancar di internet dengan aman, dan memahami dampak media. Selain itu juga membebaskan lingkungan dari materi porno apapun bentuknya.

"Beri tekanan ke pemilik media yang menyajikan materi-materi seksual yang gamblang dengan melapor ke KPI, Kemenkominfo, atau Dewan Pers. Buat petisi kepada wakil rakyat untuk menuntut pelaku bisnis pornografi dengan hukuman berat. Serta bersikap tegas di mana pun berada bahwa pornografi itu merusak," Azimah menandaskan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Eddy Murphy Pamer Foto Bareng 10 Anaknya

Posted: 29 Dec 2018 09:20 PM PST

Liputan6.com, Manhattan - Perayaan Natal menjadi hal spesial untuk komedian dan aktor Eddy Murphy. Pasalnya, tahun ini, ia berhasil mengumpulkan kesepuluh anaknya dalam sebuah foto.

Dalam foto tersebut, Eddy Murphy terlihat begitu bahagia dan bangga berjajar dengan kesepuluh anaknya, sambil menggendong putrinya Izzy yang berusia 2 tahun.

"Merry Christmas!!! 🎄" tulis putri Eddy Murphy, Bria, yang mengunggah foto Natal bersama keluarga besarnya.

Menilik kehidupan Eddy Murphy, pria berusia 57 tahun ini memiliki 10 anak dari lima orang perempuan.

 

Mel B, Tamara Hood dan Paulette McNeely

Eddy Murphy bersama kesepuluh anaknya. (Instagram/bria_murphy)

Eddy Murphy memiliki satu orang anak dari juri American Got Talent, Mel B, yang juga nggota dari girl grup Spice Girls, yaitu Angel Iris Murphy Brown yang kini berusia 11 tahun.

Kemudian Eddy memiliki anak dari Tamara Hood, yang bernama Kristen dan telah berusia 28 tahun. Selain itu Eddy juga memiliki satu orang anak bernama Eric berusia 29 tahun dari Paulette McNeely.

 

Lima Anak dari Nicole Murphy

Eddie Murphy miliki 8 anak dari 4 wanita yang berbeda. Wanita itu adalah Nicole Mitchel, Tamara Hood, Paulette McNeely serta Melanie Brown. (ADRIAN SANCHEZ-GONZALEZ / AFP)

Kemudian dari mantan istrinya, Nicole Murphy, Eddy memiliki lima orang anak, yaitu Bria (29), Miles Mitchell (26), Shayne Audra (24), Zola Ivy (19), dan Bella Zahra (16).

Sebelumnya, Eddy Murphy dan Nicole menikah pada tahun 1993, sebelum akhirnya bercerai di tahun 2006. Kini bintang "Nutty Professor" itu pun tengah menanti kelahiran anak kesebelas dari tunangannya, Paige Butcherr.

Selain delapan anak di atas, Eddy Murphy juga memiliki dua orang anak dari tunangannya Paige Butcher, yaitu Max Charles Murphy yang baru lahir pada 30 November 2018, serta Izzy yang baru berusia 2 tahun. (Fimela.com/ Lanny Kusumastuti)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masih Ada Kesempatan untuk Dapatkan Diskon Servis dari Mazda

Posted: 29 Dec 2018 09:12 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Mengisi liburan akhir tahun, Mazda Indoenesia mengeluarkan program servis dan potongan suku cadang. Sasarannya tentu saja pemilik Mazda yang akan berlibur atau sekedar mengisi waktu liburan dengan merawat mobil.

Sampai dengan 31 Desember 2018, PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) selaku agen pemegang merek (APM) Mazda di Indonesia menawarkan layanan servis gratis ganti oli dan filter oli. Bahkan harga suku cadang dan aksesoris orisinil diskon hingga 40 persen.

"Perjalanan liburan akhir tahun merupakan hal yang kerap dinanti oleh masyarakat Indonesia, termasuk para pemilik mobil Mazda. Karenanya, program Mazda Year End Campaign 2018 ini kami lakukan untuk memberi jaminan ketenangan bagi para pemilik mobil Mazda yang akan melakukan perjalanan liburan, untuk bersama-sama merayakan pergantian tahun dan menyambut tahun baru," ujar Igor Panjaitan, Customer Service Director EMI.

Menurut Igor, suku cadang yang mendapat potongan harga di antaranya mencakup Mazda Genuine Oil (MGO), Mazda Brake Cleaner, Mazda Deposit Cleaner, Mazda Recommended Battery Q90 (i-Stop system) sampai dengan Mazda Engine Cleaner.

"Untuk Mazda Engine Cleaner akan diperkenalkan dalam waktu dekat ini. Ini dirancang khusus dan sesuai dengan spesifikasi kendaraan Mazda," jelas Igor.

 

Diskon dan Voucher Belanja

Selain diskon suku cadang, Mazda memberikan voucher travel Rp 5 juta, Voucher Bensin Rp 500 ribu, voucher diskon aksesoris Rp 500 ribu, voucher suku cadang gratis (oli dan filter oli) untuk servis selanjutnya.

Penawaran tersebut hanya berlaku di bengkel-bengkel resmi Mazda. Namun disarankan melakukan booking service lebih dulu untuk menghindari antrean mengingat menjelang akhir tahun bengkel cukup ramai oleh mereka yang ingin berlibur menggunakan kendaraan pribadi.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Viral, Video Polisi Hibur Anak Korban Tsunami Ini Bikin Haru

Posted: 29 Dec 2018 09:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bencana Tsunami yang menerjang Selat Sunda pada Sabtu (22/12) lalu masih menyisakan duka. Hal ini yang juga dirasakan oleh seorang anak laki-laki bernama Adit yang harus kehilangan orangtuanya akibat bencana tersebut. Ketika keluarganya menjadi korban tsunami, Adit sedang berada di Lampung untuk mengikuti kompetisi sepak bola U-13.

Baru-baru ini sedang viral video seorang anggota Polri yang berusaha menghibur Adit agar tak berlarut-larut dalam kesedihan. Video tersebut diunggah oleh Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho.

Melalui akun Twitternya, Sutopo mengunggah video yang menunjukkan seorang polisi tersebut memeluk Adit yang memakai baju bola khas timnas Indonesia.

"Personil Polri menghibur Adit seorang anak yang kehilangan orangtuanya terkena tsunami Selat Sunda. Ketika keluarganya tersapu tsunami Adit sedang diluar kota ikut kompetisi sepak bola U-13 di Lampung. Cita-cita Adit ingin menjadi bintang sepakbola agar Indonesia selalu juara" tulis Sutopo pada keterangan video itu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Bikin Netizen Sedih

polisi hibur anak korban tsunami (foto: Twitter @Sutopo_PN)

Polisi tersebut tampak berusaha menyemangati Adit agar tak larut dalam kesedihannya. "Panggil papi aja ya. Papi kalau memang lagi nggak tugas nanti bisa temui Adit yah. Semangat dong, bisa kan semangat, apalagi bek, kuat ni kakinya," ujar polisi tersebut.

Aksi polisi tersebut sontak menjadi perhatian publik. Banyak netizen yang mengaku salut dengan aksinya dan merasa terharu. Tak sedikit pula yang terenyuh dan bersimpati dengan kondisi Adit yang ditinggal oleh orangtuanya untuk selama-lamanya.

"Semoga orang tua Adit diterima di sisi-Nya, semoga husnul khatimah. Semoga cita"mu terwujud dek, sehat selalu dek. Yang tabah dek, Allah bersama mu :') Aamiin," ujar akun Twitter @nurcellia1.

"Semangat Kuat ya Adit,Tuhan Menjaga Adit,banyak yg Sayang Adit.fokus sama citacita Adit,Orang Tua Adit pasti Bangga" tulis akun @eriestoctavist.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

12 Tahun Hilang Kontak di Yordania, TKI Ramini Lupa Bahasa Indonesia

Posted: 29 Dec 2018 09:03 PM PST

Liputan6.com, Indramayu - Perasaan bahagia dirasakan keluarga Ramini, TKI asal Kabupaten Indramayu, Jawa Barat yang sempat dinyatakan meninggal dunia saat bekerja di Yordania.

Ramini dinyatakan meninggal dunia karena selama 12 tahun hilang kontak dengan keluarga.

Ketua Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Indramayu Juwarih mengatakan, Ramini merupakan warga Blok Plumbon Desa Sukagumiwang Kecamatan Sukagumiwang Kabupaten Indramayu.

"Kami justru tahu keberadaan Ramini dari KBRI Yordania dan anggota DPR RI Dapil Indramayu saat berkunjung ke Yordania. Kami langsung menindaklanjuti informasi dari pak Ono Surono ke keluarga Ramini," kata dia, Sabtu (29/12/2018).

Juwarih pun mengaku kaget saat menginformasikan kepada keluarga perihal keberadaan Ramini. Juwarih mengaku kurang mengetahui secara pasti status tenaga kerja Ramini yang bekerja di Yordania.

Di Yordania, TKI Ramini bekerja sudah tiga kali ganti majikan sejak tahun 2006. Selama bekerja, SBMI Indramayu tidak pernah menerima pengaduan dari keluarga Ramini.

"Kata Kusnadi, adik kandung Ramini menceritakan bahwa ibunya pernah bermimpi ketemu kakak nya dan itu dianggapnya firasat kalau Ramini meninggal dunia. Bahkan sampai orang tua Ramini meninggal dunia," kata dia.

Dari informasi yang didapat, ditemukannya Ramini bermula saat majikannya mengurus perpanjangan dokumen pekerja rumah tangga di KBRI Yordania.

Pihak KBRI Yordania menyampaikan kepada majikan agar Ramini dipulangkan cuti terlebih dahulu. Saran untuk dipulangkan cuti karena TKI Ramini dianggap sudah lama tidak pulang ke Indonesia.

Belajar Bahasa Indonesia

Ketua SBMI Indramayu Juwarih saat memberitahukan kepada keluarga perilah keberadaan Ramini di Yordania. Foto (SBMI Indramayu)

"KBRI Yordania menyampaikan demikian dan Alhamdulillah majikannya koperatif, sekarang sedang urus berkas Ramini dan menunggu majikan memenuhi hak Ramini," kata dia.

Juwarih mengatakan, saat ini Ramini dalam kondisi sehat dan berada di Shelter KBRI Yordania. Selama hilang kontak, Ramini sudah tidak bisa berbahasa Indonesia. Kini Ramini tengah belajar bahasa Indonesia.

"Sembari menunggu haknya dipenuhi semua oleh majikan, Ramini belajar Bahasa Indonesia lagi," kata dia.

Sementara itu, Kusnadi adik kandung Ramini dan saudara lainnya merasa bahagia setelah keberadaan Ramini diketahui. Dia mengaku bersyukur atas ditemukannya sang kakak dalam kondisi selamat dan sehat.

Kusnadi mengucapkan terima kasih kepada pihak yang menemukan dan menginformasikan tentang keberadaan kakaknya saat ini.

"Alhamdulillah ternyata kakak saya masih hidup, saya senang sekali dapat kabar ini. Terima kasih kepada pak Ono Surono dan KBRI Yordania yang sudah membantu menemukan dan memproses kepulangan kakak saya," ucap Kusnadi.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Resolusi Keuangan Wajib di 2019

Posted: 29 Dec 2018 09:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tahun Baru akan segera tiba, kini saatnya bagi Anda untuk membuat resolusi tahun baru. Melalui resolusi tahun baru, kita membuat janji tentang apa saja yang ingin diperbaiki di hidup.

Mungkin ada yang membuat resolusi untuk menurunkan berat badan, dan ada yang membuat resolusi untuk berhenti merokok.

Selain membuat resolusi untuk menghilangkan kebiasaan buruk, mengapa tidak membuat resolusi untuk keuangan Anda. Di resolusi keuangan, Anda membuat target apa saja yang ingin dicapai tahun ini. Mulai dari meningkatkan tabungan, menambah investasi, dan mengurangi utang.

Dan inilah hal-hal yang layak Anda jadikan resolusi keuangan Anda untuk tahun baru, seperti yang dilansir dari money.cnn.com:

1. Membuat anggaran

Saatnya Anda mengambil kalkulator dan benar-benar menghitung kebutuhan pengeluaran yang disesuaikan dengan inflasi yang terjadi. Agar tidak lupa, catatlah rancangan anggaran Anda di sebuah spreadsheet, atau buku kwarto kas.

Catatan ini juga berguna untuk menulis pengeluaran Anda per bulan untuk mengetahui apakah pengeluaran Anda sesuai rencana.

Namun, anggaran Anda bukan saja termasuk pengeluaran, tapi juga tabungan dan pembayaran berbagai cicilan kredit yang mungkin Anda miliki. Dan yang paling penting adalah ketaatan Anda mematuhi rencana.

 

2. Mengalihkan penghematan ke tabungan

Ilustrasi menabung bersama pasangan/copyright shutterstock

Lihat daftar pengeluaran Anda saat membeli anggaran. Lalu, lihatlah di mana Anda bisa melakukan penghematan. Mungkin Anda terlalu sering membeli kopi dari cafe, atau suka membeli aksesoris gadget.

Lalu, berjanjilah untuk mengurangi pembelian tersebut, dan masukkan uang yang Anda hemat kedalam tabungan atau celengan di mana Anda bisa melihat berapa yang Anda hemat.

Melihat hasil dari penghematan akan memotivasi Anda untuk semakin melakukan penghematan lainnya.

 

3. Bayar utang

ilustrasi pinjam uang. | via: nextavenue.org

Apakah ada salah satu utang yang Anda yang bisa dilunasi tahun depan, seperti kredit alat eletronik yang telah dibeli?

Maka buatlah komitmen untuk melunasi utang tersebut. Jika Anda memiliki utang yang lebih besar, seperti kredit kendaraan bermotor atau KPR, maka buatlah komitmen untuk tidak pernah telat membayar cicilan.

Selain membayar utang, berjanjilah untuk tidak berutang lagi, khususnya untuk membeli barang konsumtif seperti handphone. Untuk pembelian barang konsumtif, sebaiknya Anda mengumpulkan uangnya dulu, baru membeli barang tersebut.

 

4. Gandakan sumber pemasukan Anda

Ilustrasi uang

Salah satu cara yang bagus untuk mendapatkan penghasilan besar adalah dengan menggandakan sumber pemasukan Anda. Jika Anda bekerja di kantor, maka Anda bisa melakukan bisnis sampingan atau menggunakan waktu bebas Anda untuk melakukan pekerjaan freelance.

Sumber pemasukan ganda tidak hanya akan meningkatkan penghasilan Anda, namun membuat Anda lebih aman karena tidak bergantung pada satu sumber pemasukan saja.

 

5. Mulailah berinvestasi

lustrasi Investasi Penanaman Uang atau Modal (iStockphoto)

Selain menabung, mulailah berinvestasi. Pelajari berbagai pilihan investasi yang ada di luar sana, mulai dari reksa dana hingga emas.

Namun, selain berinvestasi pada produk investasi, berinvestasilah juga pada diri Anda sendiri. Ambil kursus atau ikut seminar yang akan meningkatkan pengetahuan dan kemampuan Anda.

Semakin besar potensi yang Anda miliki, maka semakin besar kesempatan Anda untuk meningkatkan pendapatan baik melalui karir yang lebih baik, atau bisnis yang sukses.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Tangkap Pemburu Ratusan Rusa dan Kerbau di Pulau Komodo

Posted: 29 Dec 2018 09:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemburu ratusan rusa dan kerbau Pulau Komodo diringkus polisi di Desa Poja, Kecamatan Sape, Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Sabtu 29 Desember 2018. Ditemukan 100 ekor rusa dan empat kerbau dalam pengungkapan kasus tersebut.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo menuturkan, pengungkapan bermula saat anggota Brimob Polda Papua yang bertugas di Bima, Ipda Suriadin mendapat laporan warga terkait aktivitas bongkar muat hewan buruan secara ilegal tersebut.

"Bahwa telah terjadi kegiatan bongkar muat rusa dan kerbau, dengan jumlah rusa 100 ekor dan kerbau empat ekor, yang merupakan hasil buruan yang ditembak di Pulau Komodo," ujar Dedi dalam keterangan tertulis, Jakarta, Minggu (30/12/2018).

Selanjutnya, Suraidin mendatangi tempat kejadian di Pantai Torowamba dan berhasil meringkus pelaku bernama Nurdin (49). Menurut Dedi, pelaku sebenarnya berjumlah empat orang, namun tiga lainnya melarikan diri saat petugas datang.

 

Berusaha Menyuap

Dalam penangkapan itu, pelaku bahkan sempat berusaha menyuap Ipda Suriadin. Namun, upaya tersebut tak membuahkan jasil. Pelaku tetap digelandang ke Mapolsek setempat untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

"Pelaku berusaha menyuap Ipda Suriadin dengan memberikan rusa 10 ekor dan uang sebesar Rp 20 juta, namun Ipda Suriadin tidak menggubris tawaran pelaku," tutur Dedi.

Dalam penangkapan itu, polisi juga mengamankan barang bukti berupa dua pucuk senjata api Mouser dan SS-1 yang sudah dimodifikasi beserta amunisi ukuran 5,56 mm sebanyak delapan butir. Barang bukti beserta pelaku telah diserahkan ke Polsek Sape untuk proses hukum lebih lanjut.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jose Antonio Reyes Kembali ke Arsenal?

Posted: 29 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Masih ingat dengan Jose Antonio Reyes? Lama tak terdengar kabarnya, pria asal Spanyol itu dikabarkan akan kembali ke Arsenal dalam waktu dekat ini.

Pria 35 tahun itu tidak akan bermain lagi untuk The Gunners. Reyes diklaim Estadio Deportivo akan balik ke Arsenal untuk menjadi salah satu staf pelatih Unai Emery. 

Reyes saat ini masih tercatat sebaagai pemain aktif. Dia memperkuat klub Tiongkok Xianjiang Tianshan Leopard. Namun Reyes diyakini siap gantung sepatu untuk kembali ke Arsenal.

Kebetulan Reyes memang sudah mengenal dengan baik Emery. Keduanya pernah bekerja bareng di Sevilla dan sukses meraih tiga gelar Liga Europa pada kurun 2014 hingga 2016.

Jika kembali ke London, Reyes konon akan bekerja untuk pengaturan teknis tim pelatih Arsenal.

Main di Arsenal

Jose Antonio Reyes (AFP/ Gogo Lobato)

Reyes pernah membela Arsenal dari tahun 2004 hingga 2007. Dia turut membantu Meriam London menjuarai Liga Inggris dan Piala FA satu kali.

Selepas dari Arsenal, Reyes tak sukses. Dia membela Atletico Madrid, Benfica, Sevilla, Espanyol, Cordoba dan terakhir Xianjiang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Angel Lelga Sebut Vicky Prasetyo Lakukan Penipuan sampai Rp 1 Miliar

Posted: 29 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tak hanya soal perselingkuhan, perseteruan Angel Lelga dan Vicky Prasetyo semakin memanas di ranah hukum. Meskipun, perseteruan memanas sejak Angel Lelga digerebek Vicky di kediamannya dan dilaporkan atas dugaan perzinaan.

Satu per satu Angel Lelga mengungkap berbagai hal tentang Vicky Prasetyo. Mulai dari menyebut ada anggota keluarga Vicky yang mengalami gangguan kejiwaan, hingga mengatakan keluarga suaminya itu mencuri listrik milik negara.

Tak cukup sampai situ. Angel Lelga kembali membeberkan salah satu hal yang bisa menjadi aib Vicky Prasetyo. Ia menyebut sang suami diduga melakukan penipuan dengan nilai sangat fantastis, yakni mencapai Rp 1 miliar.

"Dua hari yang lalu, saya baru ditelepon lagi sama salah satu mantan jenderal. Coba bayangin pada saat Vicky Prasetyo di dalam penjara saja, dia bisa melakukan penipuan Rp 1 miliar terhadap mantan jenderal ini. Dia (korban) menghubungi saya, mereka yang minta keadilan lewat saya," ujar Angel Lelga saat ditemui wartawan di rumahnya di kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan, Jumat (28/12/2018).

Kasihan

Angel Lelga (Foto: Liputan6.com/ Herman Zakharia)

Sebenarnya Angel Lelga mengaku tidak mau mencampuri permasalahan jenderal itu. Tetapi, ia merasa kasihan karena mantan jenderal itu sudah berumur. Oleh karena itu, ia akan melakukan suatu tindakan untuk membantu para korban.

"Saya katakan, saya mungkin tidak bisa terlalu ikut campur. Tapi, paling tidak saya akan memberikan pelajaran kepada keluarga mereka terutama Vicky Prasetyo agar berhenti menipu orang lain. Saya kasihan, mantan jenderal ini sudah tua sekali," ungkap Angel.

Sudah Saling Serang

Pasangan selebriti Vicky Prasetyo dan Angel Lelga menjawab pertanyaan awak media usai mengisi acara di kawasan Tendean, Jakarta, Selasa (9/1).  Vicky Prasetyo berjanji akan berusaha menjadi suami yang baik untuk Angel Lelga. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sebelumnya, Vicky dan Angel memang sudah saling serang dengan menyebut kebobrokan pada diri pasangannya. Bahkan, keduanya saling lapor polisi. Padahal proses perceraiannya juga masih berjalan di Pengadilan Agama Jakarta Selatan.

Hingga kini, masih belum ada tanggapan dari Vicky Prasetyo mengenai pernyataan Angel Lelga terkait penipuan Rp 1 Miliar ini.

(Sumber: Jawapos.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Eks Pekerja Freeport Indonesia Gelar Aksi Saat CFD

Posted: 29 Dec 2018 09:00 PM PST

Eks pekerja PT Freeport Indonesia bermain musik saat menggelar aksi selama Car Free Day di kawasan Bunderan HI, Jakarta, Minggu (30/12). Sebanyak 3.274 pekerja Freeport diberhentikan secara sepihak oleh manajemen. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Eks pekerja PT Freeport Indonesia bermain musik saat menggelar aksi selama Car Free Day di kawasan Bunderan HI, Jakarta, Minggu (30/12). Sebanyak 3.274 pekerja Freeport diberhentikan secara sepihak oleh manajemen. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Eks pekerja PT Freeport Indonesia bermain musik saat menggelar aksi selama Car Free Day di kawasan Bunderan HI, Jakarta, Minggu (30/12). Aksi tersebut dilakukan protes mereka ke pemerintah. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Eks pekerja PT Freeport Indonesia bermain musik saat menggelar aksi selama Car Free Day di kawasan Bunderan HI, Jakarta, Minggu (30/12). Aksi tersebut dilakukan protes mereka ke pemerintah. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Eks pekerja PT Freeport Indonesia saat menggelar aksi selama Car Free Day di kawasan Bunderan HI, Jakarta, Minggu (30/12). Aksi tersebut dilakukan protes mereka ke pemerintah. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Eks pekerja PT Freeport Indonesia saat menggelar aksi selama Car Free Day di kawasan Bunderan HI, Jakarta, Minggu (30/12). Aksi tersebut dilakukan protes mereka ke pemerintah. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Eks pekerja PT Freeport Indonesia bermain musik saat menggelar aksi selama Car Free Day di kawasan Bunderan HI, Jakarta, Minggu (30/12). Sebanyak 3.274 pekerja Freeport diberhentikan secara sepihak oleh manajemen. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Eks pekerja PT Freeport Indonesia bermain musik saat menggelar aksi selama Car Free Day di kawasan Bunderan HI, Jakarta, Minggu (30/12). Sebanyak 3.274 pekerja Freeport diberhentikan secara sepihak oleh manajemen. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Masyarakat foto bersama eks pekerja PT Freeport Indonesia saat Car Free Day di kawasan Bunderan HI, Jakarta, Minggu (30/12). Aksi tersebut dilakukan protes mereka ke pemerintah. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Masyarakat foto bersama eks pekerja PT Freeport Indonesia saat Car Free Day di kawasan Bunderan HI, Jakarta, Minggu (30/12). Aksi tersebut dilakukan protes mereka ke pemerintah. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintahan AS Masih Tutup, Trump Batalkan Kebijakan Kenaikan Gaji PNS

Posted: 29 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Washington DC - Menginjak hari ke-8 government shutdown atau keputusan untuk menutup pemerintahan, Presiden Amerika Serikat Donald Trump menandatangani perintah eksekutif untuk membekukan kebijakan kenaikan gaji bagi aparatur federal AS, yang semula dirancang akan diberlakukan pada 2019 mendatang.

Trump menandatangani perintah eksekutif itu pada Jumat 28 Desember 2018 sore dan akan efektif pada 1 Januari 2019, demikian seperti dikutip dari USA Today, Minggu (30/12/2018).

Langkah ini konsisten dengan proposal anggaran Trump dan pemberitahuan ke Kongres AS (badan legislatif) pada Agustus 2018, ketika ia mengutip "kondisi ekonomi yang serius" dalam upaya untuk memotong gaji pekerja sipil.

"Kita harus mempertahankan upaya untuk menempatkan bangsa kita pada jalur yang berkelanjutan secara fiskal, dan anggaran aparatur federal tidak dapat mempertahankan kenaikan seperti itu," katanya saat itu.

Jika perintah eksekutif presiden dilegalisasi oleh legislatif, maka itu akan berpengaruh pada sekitar 2,1 juta aparatur federal AS, termasuk para pegawai karier di kementerian kabinet Trump sendiri --menurut American Federation of Government Employees (AFGE), serikat aparatur federal terbesar di AS.

Namun, militer tidak akan terpengaruh oleh perintah eksekutif itu

Presiden Donald Trump dan anggota legislatif masih menerima gaji selama government shutdown, tetapi, banyak pekerja federal tidak demikian.

Kongres pada umumnya menyetujui voting untuk membayar pegawai federal segera setelah government shutdown dicabut, tetapi, penutupan pemerintahan diperkirakan akan berlanjut hingga memasuki tahun baru 2019.

Trump telah mengancam legislatif bahwa pemerintahannya akan terus tutup hingga legislator menyetujui anggaran pembangunan tembok perbatasan AS-Meksiko. Proposal anggaran itu telah ditolak oleh sejumlah anggota legislatif AS.

Mengomentari keputusan Presiden Donald Trump, Tony Reardon, pemimpin serikat aparatur federal AS, National Treasury Employees Union (NTEU), mengatakan, "Itu seperti menabur garam pada luka."

NTEU mewakili 150.000 karyawan di 33 lembaga dan departemen federal AS.

"Sangat mengejutkan bahwa karyawan federal menerima lagi dampak keuangan (dari government shutdown), seolah-olah tidak ada gaji dan bekerja tanpa gaji tak membebani kami. Sekarang mereka (pemerintahan Trump) memberitahu kami bahwa kami tidak pantas menerima kenaikan gaji untuk sedikitpun," tambah Reardon.

Pemimpin American Federation of Government Employees, J. David Cox mengatakan, "Tidak ada pembenaran ekonomi untuk pembekuan ... Anggota parlemen telah setuju bahwa gaji aparatur federal harus naik, tidak hanya sebagai peningkatan martabat, tetapi juga untuk membantu lembaga-lembaga menarik dan mempertahankan tenaga kerja federal yang layak diterima Amerika."

Senat AS (upper-chamber legislatif AS) telah menyetujui kenaikan 1,9 persen gaji aparatur federal. Namun, House of Representatives (lower-chamber legislatif AS) belum menyetujuinya.

Sebagian besar karyawan federal bekerja di luar wilayah metropolitan Washington DC, menurut angka terbaru yang diterbitkan oleh majalah Pemerintahan. Memuncaki daftar negara bagian dengan total pegawai federal terbanyak antara lain: California (250.000), Texas (200.000), Virginia (178.000) dan Maryland (147.000).

 

Simak video pilihan berikut:

Dana Tembok Perbatasan Belum Disetujui, Trump: Pemerintah Terus Tutup

Presiden AS, Donald Trump meninjau prototipe tembok perbatasan AS dan Meksiko yang kontroversial di San Diego, Selasa (13/3). Prototipe tembok perbatasan Trump memiliki tinggi sekitar 9 meter, dengan puncak yang tebal dan bundar. (MANDEL NGAN / AFP)

Sebelumnya, Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan bahwa government shutdown atau keputusan untuk menutup pemerintahan, akan tetap dilanjutkan sampai legislator AS menyetujui tuntutannya untuk mendanai tembok yang telah lama dijanjikan di perbatasan AS-Meksiko.

Dalam penampilan Hari Natal di Kantor Oval Gedung Putih waktu setempat, Trump menyatakan pembelaan panjang dari keinginannya untuk membangun tembok, dengan mengatakan itu adalah satu-satunya cara untuk menghentikan fenomena kriminalitas di perbatasan, seperti peredaran narkoba dan penyelundupan manusia.

"Kita tidak bisa melakukannya tanpa penghalang. Kita tidak bisa melakukannya tanpa tembok," katanya, seperti dikutip dari ABC.net.au, Rabu (26/12/2018).

Trump mengatakan, dia menginginkan tembok yang digagasnya ada pada "waktu pemilu" tahun 2020. Janji tembok perbatasan adalah komponen utama dalam kampanye presiden Trump pada tahun 2016. Baca selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sepak Terjang Telkomsel Geber Jaringan hingga Daerah Pelosok di 2018

Posted: 29 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Di sepanjang 2018, Telkomsel berkomitmen untuk terus menggeber jaringan di seluruh wilayah pelosok yang tersebar di Indonesia.

Selama tiga tahun terakhir, operator yang identik dengan warna merah itu sudah membangun 551 base transceiver station (BTS) di wilayah pedesaan.

Telkomsel juga berencana bakal menambah dan mengoperasikan 17 BTS baru. Dengan demikian, Telkomsel memiliki 568 desa tanpa sinyal di Indonesia.

Dari 568 BTS tersebut, 47 di antaranya merupakan BTS 4G yang memungkinkan masyarakat memanfaatkan layanan data yang lebih cepat.

Seluruh BTS yang dibangun di desa-desa tanpa sinyal itu tersebar di 14 provinsi, antara lain Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, Jambi, Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT), Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Direktur Network Telkomsel, Bob Apriawan, menyebut kehadiran BTS di desa yang tidak memiliki akses telekomunikasi membuktikan Telkomsel juga ikut membangun daerah yang tidak menguntungkan secara bisnis. Upaya ini juga menunjukkan Telkomsel ikut memajukan seluruh negeri.

"Kami terus berupaya menyediakan layanan komunikasi berkualitas yang merata di seluruh Indonesia untuk mendorong pertumbuhan masyarakat dalam segala aspek kehidupan," kata Bob.

Kerja Sama dengan BAKTI

BTS Telkomsel di desa-desa yang sulit sinyal (Sumber: Dok Telkomsel)

Pembangunan BTS di desa-desa terisolir ini adalah kerja sama antara Telkomsel dengan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) guna menyediakan akses komunikasi seluler bagi masyarakat di wilayah yang dikenal dengan Universal Service Obligation (USO).

Untuk melayani daerah terpencil dengan kondisi geografis yang sulit, Telkomsel menerapkan teknologi BTS yang memungkinkan penggunaan layanan transmisi satelit Very Small Aperture Terminal Internet Protocol (VSAT-IP).

Telkomsel juga menggelar perangkat antena yang berfungsi mengirim dan menerima sinyal serta base station controller (BSC) untuk memonitor kinerja BTS.

Beberapa BTS USO dengan teknologi 4G sebelumnya diresmikan oleh Menkominfo Rudiantara di Desa Tolo'oi, Kecamatan Tarano, Kabupaten Sumbawa.

Adapun dalam tahap pembangunan pada periode Agustus-Oktober 2018, Telkomsel juga membangun BTS USO baru di 108 titik lokasi, di mana 5 (lima) BTS di antaranya berada di Pulau Rote, yaitu Desa Oebela, Desa Helebeik, Desa Suebela, Desa Mukekuku dan Desa Lenupetu.

 

Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Telkomsel menyiagakan dua unit Compact Mobile BTS (COMBAT) di sekitar kawasan komplek GBK sebagai bentuk kesiapan mendukung Asian Games 2018 (Foto: Telkomsel)

Bersamaan dengan layanan internet cepat sejak Oktober 2017, masyarakat juga bisa meningkatkan produktivitas, bertukar informasi dalam bentuk foto dan teks atau transaksi jual beli pupuk.

"Hadirnya BTS 4G Telkomsel mentransformasi kehidupan masyarakat di wilayah-wilayah terpencil. Ke depannya, Telkomsel tidak hanya menghadirkan konektivitas layanan komunikasi, namun juga menyediakan solusi produk dan layanan digital yang turut mendukung produktivitas masyarakat sekaligus meningkatkan perekonomian daerah pelosok," ujar Bob menambahkan.

Selain program USO, Telkomsel juga membangun akses telekomunikasi bagi masyarakat di kawasan tertinggal, terluar, dan terdepan (3T).

Kehadiran layanan Telkomsel hingga pelosok di wilayah perbatasan negara tersebut juga kian memperkokoh terpeliharanya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai negara kepulauan.

Pembangunan infrastruktur telekomunikasi di pulau terluar maupun perbatasan negara merupakan bentuk dukungan Telkomsel dalam memelihara keutuhan NKRI, di mana hadirnya sarana telekomunikasi dapat meningkatkan ketahanan nasional sekaligus mempersatukan bangsa Indonesia yang tersebar hingga ke pelosok Tanah Air. 

Tak cuma itu, hadirnya layanan Telkomsel di pelosok secara nyata juga menjadi penunjang percepatan pertumbuhan perekonomian dan kemasyarakatan sekaligus mampu menjadi katalisator dalam mempromosikan potensi daerah dan memberi manfaat bagi daya tarik investasi, peluang usaha, serta lapangan kerja baru.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ternyata, Sosok 'Popeye' Ada di Dunia Nyata

Posted: 29 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Nampaknya tokoh kartun pelaut dengan tubuh berotot yaitu Popeye tak hanya ada di film kartun saja. Seorang penyelam sekaligus nelayan asal Peru disebut-sebut sebagai Popeye di dunia nyata

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Promosikan Pariwisata dan Kuliner via Tol Trans Jawa

Posted: 29 Dec 2018 08:48 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Jawa semakin oke saja. Aksesibilitasnya semakin top. Terlebih Jalan Tol Trans Jawa dari Jakarta sampai Surabaya sejauh 760 kilometer sudah tersambung. Hal ini kian mempertegas status Pulau Jawa sebagai yang terbaik di dunia versi travelandleisure.com. Hebatnya lagi, Presiden Joko Widodo juga makin ngegas promosi pariwisata Pulau Jawa.

"Ke mana kalian berlibur di akhir tahun ini? Saya mengajak kita semua menikmati liburan di dalam negeri. Kalian yang di Pulau Jawa, misalnya, bisa bepergian antarkota dengan leluasa. Dari Jakarta ke Semarang, sampai Surabaya, misalnya, kini punya banyak pilihan rute, mulai jalur pantai selatan, pantai utara, atau lintas tengah," tulis Presiden Jokowi di akun media sosialnya, Sabtu (29/12).

Jokowi memastikan jalannya mulus, lebar, dan menawarkan pengalaman baru. Hal itu ditunjukannya melalui video yang diunggahnya. Ada pemandangan alam indah hampir di sepanjang jalan, obyek-obyek wisata yang layak untuk menjadi latar foto untuk disebar melalui media sosial, makanan lokal di rest area, bahkan jalan tol itu sendiri.

"Bayangkan suasana senja melewati ruas tol Bawen-Salatiga di Jawa Tengah seraya memandang Gunung Merbabu. Di ruas ini juga ada Jembatan Tuntang yang melewati kawasan hutan dan Danau Rawa Pening. Panorama alamnya sangat indah. Di daerah Kendal, di ruas tol Batang-Semarang, ada jembatan Kalikuto yang menjulang kokoh dari rangka baja lengkung bercat merah," sebut Jokowi.

Dalam unggahan itu, Jokowi juga menampilkan keindahan pemandangan alam saat bepergian melalui jalan tol Trans Jawa. Seperti saat melewati simpang susun Kartosuro dari Salatiga akan menikmati pemandangan di kiri-kanan jalan berupa persawahan yang membentang luas, padang rumput, pepohonan dan rumah-rumah penduduk di kejauhan. Juga saat melintasi simpang susun Jombang di ruas tol Jombang-Mojokerto, Jawa Timur.

"Di sepanjang jalan tol, terdapat tempat-tempat peristirahatan dengan toilet, masjid atau mushola, warung-warung yang menawarkan aneka makanan lokal. Saya sendiri pernah mampir di rest area kilometer 597 di ruas tol Ngawi-Kertosono, dan mencicipi pecel Madiun, sate Ponorogo, dan kopi lokal," kata Presiden Jokowi.

Dengan adanya Jalan Tol Trans Jawa, Jokowi berharap liburan masyarakat jadi menyenangkan. Karena bisa menikmati perjalanan yang cepat, indah, dan menyenangkan. Jokowi juga mengajak masyarakat berbagi pengalaman perjalanannya melalui media sosial.

"Selamat berlibur. Dan jangan lupa bagikan foto-foto perjalananmu di media sosial," pungkas Jokowi.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Joko Widodo (@jokowi) pada

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, Tol Trans Jawa ini akan memberi kenyamanan mobilitas wisatawan di 224 destinasi. Spot-spot eksotis ini dihubungkan dengan jalan tol. Tol Trans Jawa membuka peluang pertumbuhan destinasi di sekitarnya.

"Komitmen Presiden Jokowi luar biasa. Infrastruktur yang dikembangkan ini akan memberikan impact bagus bagi pariwisata dan sektor lain. Sebab, Tol Trans-Jawa ini melewati ratusan destinasi dari banyak provinsi yang dilewatinya," ujar Menpar Arief Yahya.

Dengan adanya Tol Trans Jawa, lanjut Menpar Arief Yahya, juga bisa mengangkat potensi kuliner lokal di sekitar area tol tersebut.

"Salah satu kekuatan pariwisata adalah kuliner. Wisatawan datang ke satu tempat untuk mencari kuliner. Selain tentunya menikmati budaya, juga shopping. Dan kehadiran tol baru ini mampu mengangkat potensi kuliner lokal. Itu sungguh luar biasa," kata Menpar Arief Yahya.

Pemerintahan Jokowi-JK yang getol membangun infrastruktur aksesbilitas ini memang untuk mendongkrak perekonomian. Termasuk melalui sektor pariwisata yang dijadikan leading sector selama 4 tahun ini. Dan terbukti, pariwisata menjadi salah satu penyumbang devisa negara terbesar.

Komitmen Jokowi terhadap pariwisata tidak hanya melalui pembangunan infrastruktur. Tapi juga mengalokasikan SDM "The Right Man on The Right Place" dengan menempatkan sosok Menteri Pariwisata yang mumpuni.

Menteri Pariwisata yang dijabat Arief Yahya sepertinya pilihan yang tepat. Selama dipimpinnya, kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) terus meningkat 4 tahun berturut-turut. Berbagai prestasi juga diraihnya. Seperti The Best Ministry Of Tourism level Asia Pasifik di ajang TTG Travel Awards 2018 dan The Best Marketing Minister Tourism of ASEAN dari Philip Kotler, seorang suhu Marketing kelas dunia.

Perkembangan luar biasa juga terjadi pada pariwisata Indonesia. Dari tidak berperingkat, kini branding Wonderful Indonesia peringkatnya menduduki posisi ke-47 dunia.

Prestasi juga terlihat dalam daya saing pariwisata Indonesia atau The Travel and Tourism Competitiveness Index (TTCI) yang terus meningkat. Dari tahun 2015 yang berada di peringkat 70, melesat naik ke peringkat 50, dan meningkat lagi di posisi 42 pada 2017. Bahkan The World Travel & Tourism Council (WTTC) menempatkan pariwisata Indonesia dalam 10 besar dunia, tepatnya peringkat ke-9.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kapan Suzuki Punya Tim Satelit di MotoGP?

Posted: 29 Dec 2018 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Suzuki semakin mapan di MotoGP. Saat ini, pabrikan asal Jepang itu tidak lagi mendapatkan kompensasi yang didapatkan sejak 2015.

Keberhasilan Suzuki merebut lebih dari enam podium menjadi alasan tak mendapatkan kompensasi lagi di MotoGP. Kini, banyak yang mempertanyakan kemungkinan Suzuki memiliki tim satelit.

Tim satelit sesuatu yang baru buat Suzuki. Sejak 2002, mereka tak pernah punya tim satelit di MotoGP.

Sepanjang keikutsertaan mereka di MotoGP, Suzuki juga baru dua kali merasakan kemenangan yaitu lewat Chris Vermeuleun di Le Mans pada 2007 dan Maverick Vinales di 2016.

Sempat terpuruk di 2017, Suzuki kembali bangkit di MotoGP 2018. Meski begitu, Suzuki masih belum ingin menggunakan jasa tim satelit di 2019. Mereka masih bertahan dengan dua pembalap yaitu Alex Rins dan Joan Mir.

 

 

Alasan Finansial

Joan Mir akan mengisi slot yang ditinggalkan Andrea Iannone di Suzuki Ecstar untuk MotoGP 2019 dan 2020. (Jean-Francois MONIER / AFP)

Bos Suzuki Davide Brivio mengaku alasan finansial menjadi alasan belum punya tim satelit. Namun Suzuki menjadikan tim satelit sebagai target.

"Ini diskusi yang berlangsung dalam perusahaan kami. Sebagai tim, kami tentu ingin punya tim satelit agar bisa menggali lebih banyak informasi dan membangun motor lebih bagus," kata Brivio seperti dikutip motorsport.

"Namun buat pabrikan, ini sebuah usaha yang berat karena kami tak punya banyak modal dan orang seperti kompetitor kami."

Dua Tim

Saat ini, hanya dua tim yaitu Suzuki dan Aprilia yang belum memiliki tim satelit. KTM baru saja merekrut Tech3, sedangkan Yamaha menggandeng Petronas Sepang jadi tim satelit.

Bos Aprilia, Romano Albesiano mengaku belum memikirkan tim satelit. Soalnya, mereka ingin fokus maksimalkan tim penguji yang dipimpin Bradley Smith.

"Bagi Aprilia itu bukan target utama, kami memutuskan untuk investasi di tim penguji," ujarnya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Suasana Car Free Day Akhir Tahun 2018

Posted: 29 Dec 2018 08:45 PM PST

Warga beraktifitas ketika pelaksanaan Car Free Day (CFD) di Bundaran HI Jakarta, Minggu (30/12). Pelaksanaan CFD juga  untuk membentuk karakter masyarakat dalam mengurangi ketergantungan pada pemakaian kendaraan bermotor. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Warga beraktifitas ketika pelaksanaan Car Free Day (CFD) di Bundaran HI Jakarta, Minggu (30/12). Pelaksanaan CFD juga untuk membentuk karakter masyarakat dalam mengurangi ketergantungan pada pemakaian kendaraan bermotor. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Warga beraktifitas ketika pelaksanaan Car Free Day (CFD) di Bundaran HI Jakarta, Minggu (30/12). Pelaksanaan CFD yang telah berlangsung selama 16 tahun itu untuk mengurangi tingkat polusi di Ibu Kota. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Warga beraktifitas ketika pelaksanaan Car Free Day (CFD) di Bundaran HI Jakarta, Minggu (30/12). Pelaksanaan CFD yang telah berlangsung selama 16 tahun itu untuk mengurangi tingkat polusi di Ibu Kota. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Warga beraktifitas ketika pelaksanaan Car Free Day (CFD) di Bundaran HI Jakarta, Minggu (30/12). Pelaksanaan CFD juga  untuk membentuk karakter masyarakat dalam mengurangi ketergantungan pada pemakaian kendaraan bermotor. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Warga beraktifitas ketika pelaksanaan Car Free Day (CFD) di Bundaran HI Jakarta, Minggu (30/12). Pelaksanaan CFD juga untuk membentuk karakter masyarakat dalam mengurangi ketergantungan pada pemakaian kendaraan bermotor. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Warga beraktifitas ketika pelaksanaan Car Free Day (CFD) di Bundaran HI Jakarta, Minggu (30/12). Pelaksanaan CFD yang telah berlangsung selama 16 tahun itu untuk mengurangi tingkat polusi di Ibu Kota. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Warga beraktifitas ketika pelaksanaan Car Free Day (CFD) di Bundaran HI Jakarta, Minggu (30/12). Pelaksanaan CFD yang telah berlangsung selama 16 tahun itu untuk mengurangi tingkat polusi di Ibu Kota. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Warga beraktifitas ketika pelaksanaan Car Free Day (CFD) di Bundaran HI Jakarta, Minggu (30/12). Pelaksanaan CFD juga  untuk membentuk karakter masyarakat dalam mengurangi ketergantungan pada pemakaian kendaraan bermotor. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Warga beraktifitas ketika pelaksanaan Car Free Day (CFD) di Bundaran HI Jakarta, Minggu (30/12). Pelaksanaan CFD juga untuk membentuk karakter masyarakat dalam mengurangi ketergantungan pada pemakaian kendaraan bermotor. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Begini Rekayasa Lalu Lintas Malam Tahun Baru 2019 di Jakarta

Posted: 29 Dec 2018 08:39 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Jajaran Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan menerapkan rekayasa lalu lintas saat malam tahun baru 2019 di Jakarta. Pengalihan arus lalu lintas akan dimulai pukul 17.00 WIB sampai dengan selesai.

"Kita ini melibatkan petugas dari lalu lintas sebanyak 620 personel, bersinergi dengan para stakeholders lainnya," kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto melalui keterangan tertulis, Minggu (30/12/2018).

Kepolisian mengharapkan bagi masyarakat yang ingin merayakan malam tahun baru datang lebih awal. Selain itu, bagi menggunakan kendaraan bermotor dapat memarkirkan kendaraannya di tempat yang disediakan.

"Dalam menyongsong malam tahun baru 2019 di Sudirman - Thamrin (Simpang Patung kuda sampai dengan Bundaran HI) akan dilaksanakan kegiatan Car Free Night untuk memberikan ruang yang cukup, nyaman dan aman kepada masyarakat yang merayakan malam tahun baru 2019," ujar Budiyanto.

Berikut adalah rekayasa arus lalu lintasnya:

 

Jl Hayam Wuruk ke Jl Majapahit

1. Arus lalu lintas Jl. Hayam Wuruk yang akan menuju ke Jl Majapahit dibelokkan ke kiri Jalan Juanda

2. Arus lalu dari Jl Veteran raya yang akan menuju Jl veteran III diluruskan ke TL Harmoni

3. Arus lalin dari Jl Katedral menuju Jl Veteran Raya dibelokkan kanan ke Jl DR Soetomo

4. Arus lalin dari Jl Merdeka Timur ke Jl Merdeka Utara dibelokkan ke kanan ke Jl Perwira

5. Arus lalin dari Ridwan Rais yang akan menuju Merdeka Selatan diluruskan ke Jl Merdeka Timur

6. Arus lalin dari jalan Agus Salim yang akan belok ke kiri ke jalan Kebon Sirih dibelokkan kanan ke jalan Kebon Sirih arah Tugu tani

7. Arus lalin dari jalan Agus Salim yang akan belok kiri ke jalan KH Wahid Hasyim dibelokkan ke kanan ke jalan Wahid Hasyim arah Tugu Tanu

8. Arus lalin dari jalan imam Bonjol yang akan menuju bundaran HI dibelokkan ke kanan ke jalan Agus Salim

9. Arus lalin dari jalan Jendral Sudirman yang akan menuju jalan Kendal diluruskan kembali ke jalan Jendral Sudirman

 

Jl Sudirman ke Bundaran HI

10. Arus lalin dari jalan Jendral Sudirman yang akan menuju bundaran HI di belokan kiri ke jalan Galunggung

11. Arus lalin dari jalan Galunggung yang akan naik ke jalan jenderal Sudirman diluruskan ke jalan Margono Johar Kusumo

12. arus lalin dari jalan teluk Betung yang akan menuju jalan Jendral Sudirman diputarbalikkan

13. Arus lalin dari jalan KH mas Mansyur yang akan belok ke kiri jalan Kebon Kadang diluruskan ke jalan KH mas Mansyur arah Karet

14. Arus lalin dari jalan Fachrudin yang akan menuju jalan KH Wahid Hasyim diluruskan diluruskan ke jalan KH mas Mansyur

15. arus lalin dari jalan Abdul Muis yang akan belok kanan ke jalan kebon sirih diluruskan ke jalan Fachrudin dan arus lalin dari jalan Jatibaru yang akan menuju jalan kebon sirih di belokan kiri ke jalan Abdul Muis atau dibelokkan kanan ke jalan Fachrudin

16. arus lalin dari jalan Abdul Muis yang akan belok kiri ke jalan Budi kemuliaan diluruskan ke jalan Fachrudin dan arus lalin dari jalan Fachrudin yang akan belok kanan ke jalan Budi kemuliaan diluruskan ke jalan Abdul Muis

17. Arus lalin dari jalan tanah Abang 2 yang akan lurus ke jalan museum dibelokkan ke kiri maupun ke kanan arus lalin dari jalan Majapahit yang akan belok ke kiri ke jalan museum diluruskan ke jalan Abdul Muis dan arus lalin dari jalan Abdul Muis yang akan belok kanan ke museum diluruskan ke jalan Majapahit

18. arus lalin dari jalan veteran raya yang akan belok kiri ke jalan Majapahit diluruskan ke jalan Suryopranoto maupun dibelokkan ke kanan jalan gajah Mada.

 

Reporter: Ronald

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Allegri: Juventus Butuh 37 Poin untuk Menangkan Scudetto

Posted: 29 Dec 2018 08:35 PM PST

Liputan6.com, Turin - Juventus menutup 2018 dengan hasil positif. Menjamu Sampdoria sebagai laga terakhir paruh musim, Juventus menang 2-1. Kedua gol Juve disumbang Cristiano Ronaldo.

Pertandingan itu berjalan sulit bagi Juventus. Setelah tampil dominan di babak pertama, permainan Juventus menurun pada paruh kedua dan cukup beruntung bisa meraih kemenangan karena bantuan VAR.

Betapa tidak, Sampdoria sebenarnya sempat menyamakan skor jadi 2-2 lewat gol Ricardo Saponara di pengujung laga. Tetapi, setelah melihat VAR, wasit memutuskan menganulir gol itu lantaran Saponara terlebih dahulu terjebak dalam posisi offside.

Terlepas dari insiden VAR tersebut, pelatih Juventus Massimiliano Allegri tetap puas dengan kemenangan timnya.

Rekor 53 Poin dan Tambahan 37 Poin

Skuat Juventus. (AFP/Marco Bertorello)

Kemenangan Juve atas Sampdoria itu berarti Juve menutup paruh musim dengan 53 poin. Koleksi poin tersebut merupakan rekor terbesar yang pernah dicatatkan tim Serie A pada paruh musim (memecahkan rekor sebelumnya dengan 52 poin pada 2005/06 yang juga dibuat Juve).

Kini, dengan modal poin tersebut, Allegri sudah berani berbicara gelar juara alias Scudetto. Dia yakin Juve butuh setidaknya 37 poin lagi.

"37 [poin], sedikit-banyak, adalah jumlah poin yang kami butuhkan untuk meraih Scudetto," ujar Allegri dikutip dari laman resmi juventus.com.

Kemenangan Penting

Allegri menilai kemenangan itu begitu penting bagi mentalitas timnya. Dia percaya tambahan tiga poin itu akan mendongkrak kepercayaan diri skuatnya dan meneruskan tren positif di paruh kedua nanti.

"Sangatlah penting untuk mengakhiri tahun dengan semangat tinggi dan itu sama sekali tidak mudah. Kami mendapatkan peluang-peluang kami melawan tim bagus [Sampdoria], tetapi kami sedikit kesulitan setelah penalti mereka."

"Di babak kedua kami mengembalikan keunggulan kami setelah beberapa peluang dan nyaris kebobolan gol lainnya di babak kedua tetapi untungnya itu offside," tutup Allegri.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Macaulay Culkin Punya Nama Baru yang Unik

Posted: 29 Dec 2018 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Macaulay Culkin yang terkenal berkat film Home Alone, baru saja mengumumkan nama barunya. Bahkan, ia mengaku sudah meresmikannya. Nama tersebut dipilihnya berdasarkan usulan dari para penggemar.

Macaulay Culkin pada November lalu mengumumkan bahwa dirinya ingin mempunyai nama tengah yang bisa menggambarkan bahwa dirinya "agak bodoh". Ia meminta publik untuk memilihkan beberapa nama, seperti dilansir Digital Spy, Jumat (28/12/2018).

Ia lalu mempersempit ratusan pilihan menjadi hanya lima dan mengadakan jajak pendapat untuk menentukan namanya. Nama-nama yang muncul adalah "Macaulay Culkin", "Shark Week", "Kieran", "TheMcRibIsBack" atau "Publicity Stunt".

Sang aktor akhirnya mengumumkan nama "Macaulay Culkin", sehingga namanya kini menjadi Macaulay Macaulay Culkin Culkin. Dalam akun Twitter-nya ia mengumumkan sekaligus memuji nama itu.

Macaulay Culkin pernah dikabarkan meninggal. (AFP/CINDY ORD / GETTY IMAGES NORTH AMERICA)

Macaulay Macaulay Culkin Culkin

Macaulay Culkin (Valerie MACON / AFP)

"Selamat Natal untukku, dari kalian semua!. "Nama tengahku yang baru telah dipilih. ada 2019 nama resmiku yang baru adalah: Macaulay Macaulay Culkin Culkin. Ada ikatan yang bagus untuk itu (jika kamu suka namaku). #MerryChristmas," cuit dia. 

Awal bulan ini, Culkin sempat mengejutkan penggemar. Secara tak terduga, ia kembali menjalani peran ikonisnya sebagai Kevin McCallister dari film Home Alone untuk iklan Google Home. Hampir 30 tahun ia tak memerankan Kevin sejak film aslinya.

Mengenang Adegan Home Alone

Macaulay Culkin (Emma McIntyre / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP)

Iklan Google tersebut mengenang adegan Home Alone ketika Kevin ditinggalkan sendirian saat Natal. Tetapi kali ini Kevin menggunakan bantuan Google untuk berbelanja, menyiapkan pengingat untuk cuciannya, dan mengatur suhu rumah.

Publik juga bisa menyaksikan operasi Kevin yang terkenal dan Google membantu menyalakan lampu serta mengunci pintu secara otomatis untuk mengalihkan pencuri.

(ANT)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Resep Bakwan Sayur, Camilan yang Praktis dan Lezat

Posted: 29 Dec 2018 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Liburan panjang menyambut tahun baru hanya di rumah saja? Tidak masalah, karena banyak hal yang dapat Anda lakukan seperti menghabiskan waktu bersama keluarga dan orang-orang terkasih.

Untuk membuat liburan Anda kian menyenangkan, jangan lupa untuk menyertakan camilan lezat. Satu di antaranya adalah bakwan sayur yang praktis dan bahan-bahannya mudah ditemukan.

Apalagi, musim hujan yang dingin ditambah bakwan sayur hangat akan membuat liburan kian asyik. Penasaran bagaimana cara membuat dan bahan-bahannya? Simak rangkuman berikut ini.

Bahan-bahan:

200 gram tepung terigu

100 gram buncis (iris halus)

1 butir telur

1 batang daun bawang (cincang halus)

100 gram kembang kol putih dan ungu (iris halus)

50 gram tauge

1 buah wortel (iris halus)

Air

Minyak

 

Bumbu Halus:

4 siung bawang merah

3 siung bawang putih

Garam

Merica bubuk

Kaldu ayam bubuk (sesuai selera)

Langkah Pembuatan Bakwan Sayur

Ilustrasi telur (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

1. Campur tepung terigu, kembang kol, buncis, wortel, tauge, daun bawang dan telur.

2. Tambahkan air sedikit demi sedikit hingga membentuk adonan sedikit kental.

3. Tambahkan bumbu yang telah dihaluskan, aduk rata.

4. Koreksi rasa lalu tambahkan yang perlu ditambah.

5. Panaskan minyak, goreng bakwan dengan cara diambil pakai sendok sayur secukupnya.

6. Goreng bakwan hingga berwarna kuning keemasan.

7. Angkat bakwan yang telah matang, sajikan selagi masih hangat. (Mimi Rohmitriasih/Fimela.com)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Genjot Produksi, Pertamina EP Ngebor Sumur Minyak di Aceh

Posted: 29 Dec 2018 08:22 PM PST

Liputan6.com, Aceh - PT Pertamina EP memulai kegiatan tajak sumur RNT-SZ24 di wilayah Pertamina EP Asset 1 Rantau Field di Kabupaten Aceh Tamiang, Nanggroe Aceh Darussalam.

Presiden Direktur PT Pertamina EP Nanang Abdul Manaf mengatakan, kegiatan tajak sumur RNT-SZ24 sebenarnya masuk ke dalam program 2019. Namun, perseroan coba mempercepat pelaksanaan tajak pada akhir 2018.

Selain itu, ia menyampaikan, jajaran manajemen Pertamina EP memberikan apresiasi yang tinggi terhadap Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang, yang memberikan dukungan besar atas kesuksesan dan kelancaran kegiatan tajak sumur.

"Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang yang mendukung kegiatan tajak sumur terlaksana dengan baik," ungkap Nanang dalam keterangan tertulis, Minggu (30/12/2018).

Sementara itu, Bupati Aceh Tamiang, Mursil, juga turut mendukung langkah Pertamina EP dalam kegiatan operasi produksi di wilayahnya. Apalagi, sambungnya, kontribusi Pertamina EP untuk masyarakat Aceh Tamiang sangat terasa.

"Selain kontribusi berupa dana bagi hasil, kegiatan CSR Pertamina EP juga sangat membantu masyarakat Aceh Tamiang. Karena itu, kami siap mendukung kegiatan operasional PT Pertamina EP," jelas dia.

Mursil berharap, produksi minyak Pertamina EP di Rantau bisa meningkat. Kendati sudah dibor sejak puluhan tahun lalu, sumber daya migas di Aceh Tamiang diproyeksikan masih banyak.

 

Target Kedalaman 600 Meter

Lapangan Asset 2 Prabumulih Field di Sumatera Selatan (Foto: Dok Pertamina EP)

Di sisi lain, General Manager Pertamina EP Asset I Rizal Risnul Wathan menyatakan, kegiatan tajak sumur RNT-SZ24 ditargetkan pada kedalaman 600 meter. Untuk memuluskan langkah, Pertamina EP juga telah menggandeng PT Pertamina Drilling Service Indonesia (PDSI) selaku anak usaha Pertamina di sektor jasa pengeboran.

"Tajak sumur menggunakan RIG CWKT 210 dengan total investasi untuk pengeboran di RNT-SZ24 sekitar USD 1,8 juta. Selama 10 hari drilling dan delapan hari komplesi," ujar dia.

Rizal memproyeksikan, kegiatan sumur RNT-SZ24 dapat memproduksikan minyak sekitar 180 barel per hari (bph) sehingga meningkatkan produksi minyak dari Pertamina EP Asset 1 Rantau Field. Adapun saat ini, produksi minyak Rantau Field sekitar 2.800 BPH dan ditargetkan menjadi 3 ribu BPH pada pertengahan Januari 2019.

"Produksi minyak itu berasal dari 124 sumur aktif, 80 sumur produksi dan 44 injeksi. Cadangan Rantau Field dapat bertambah hingga dua juta barel bila dari kegiatan pemboran sumur RNT-SZ24 menunjukkan hasil sesuai dengan target," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Liga Champions: Ajax Diyakini Bisa Kalahkan Real Madrid

Posted: 29 Dec 2018 08:20 PM PST

Liputan6.com, Amsterdam - Wesley Sneijder turut bicara soal laga Ajax Amsterdam kontra Real Madrid di babak 16 besar Liga Champions. Sneijder pernah bermain untuk kedua kesebelasan itu dan paham betul kekuatan masing-masing tim saat ini.

Real Madrid memang lebih diunggulkan di atas kertas. Tetapi, musim ini Ajax tidak bisa diremehkan.

Tim asal Belanda itu memiliki skuat muda yang penuh gairah. Pada fase Grup E, Ajax finis sebagai runner up, di bawah Bayern Munchen. Tetapi, mereka tampil begitu baik dan membuat Munche kerepotan.

Fakta itulah yang membuat Sneijder percaya Ajax bisa membuat Real Madrid kerepotan.

Momen Terbaik

Wesley Sneijder yakin Ajax Amsterdam mampu mengalahkan Real Madrid di babak 16 besar Liga Champions. (AP Photo/Peter Dejong)

Menurut Sneijder, saat inilah yang terbaik untuk melawan Madrid. Dia percaya Ajax sedikit diuntungkan karena Madrid sendiri tenggelam dalam laju buruk sejak awal musim ini dan belum benar-benar mentas.

"Bagi Ajax, inilah momen terbaik untuk menghadapi Real Madrid. Saya tidak melihat Madrid sekuat seperti beberapa tahun terakhir. Itu jelas," ungkap Sneijder di Marca.

"Ajax adalah tim yang sangat muda tetapi tak ada yang bisa meremehkan mereka karena mereka memiliki kualitas baik dan bermain dengan sangat baik, khususnya di kandang, di Amsterdam. Ini akan jadi pertandingan sulit untuk Real Madrid."

Favorit

Sneijder mengakui Madrid lebih difavoritkan jadi pemenang. Namun, sekiranya Ajax mampu mengalahkan Madrid di Amsterdam, keadaan bisa berubah jadi sulit untuk Madrid.

"Ya, Real Madrid masih favorit meski banyak hal yang terjadi. Tetapi bayangkan! Jika Ajax bisa mendapatkan hasil bagus di leg pertama maka Real Madrid akan menghadapi masalah besar."

"Ini adalah pertandingan bagus untuk menilai kualitas tim Ajax, pertandingan yang sangat menarik, sebab mereka akan melawan jawara Liga Champions dalam tiga musim beruntun," tandasnya.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PVMBG Menyatakan Erupsi Gunung Anak Krakatau Sudah Berhenti

Posted: 29 Dec 2018 08:19 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Letusan atau erupsi Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda telah menyebabkan tsunami di Banten dan Lampung Selatan. Namun, berdasarkan hasil pemantauan Satelit Himawari dan radar cuaca sejak Sabtu 29 Desember malam sampai Minggu (30/12/2018) pagi, erupsi Gunung Anak Krakatau dinyatakan telah berhenti.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengungkap, berdasarkan rekaman seismograf di Pulau Sertung, gugusan pulau di Selat Sunda, dekat Gunung Anak Krakatau menunjukkan tidak ada fluktuasi getaran, kalem, amplitudo rata-rata 10 mm (pada saat letusan amplitudonya 25-30 mm).

Namun tim PVMBG mengaku tidak tahu ke depan apakah masih ada fluktuasi erupsi lagi seperti pada Sabtu 22 Desember lalu atau akan berhenti total.

PVMBG juga menyampaikan terima kasih kepada Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) atas pemantauan visual distribusi abu (lateral dan vertikal) erupsi Gunung Anak Krakatau via Satelit Himawari dan radar cuaca.

Informasi ini sangat vital untuk mengetahui aktivitas erupsi manakala para pengamat PVMBG di Pos Pasauran susah mengamati karena Gunung Anak Krakatau sering tertutup kabut di musim hujan ini, sehingga sering pelaporan tinggi kolom abu tidak akurat.

 

Sebelumnya

Sebelumnya, berdasarkan laporan Windi Cahya Untung, staf Kementerian ESDM, Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Pasauran Gunung Api Krakatau periode pengamatan 29 Desember 2018, pukul 00.00 sampai dengan 23.59 WIB, gunung api di dalam laut kini ketinggiannya tinggal 110 meter dari permukaan laut (mdpl)--sebelumnya ketinggian GAK mencapai 338 mdpl--kenampakannya cerah, berawan, mendung.

Suhu 24-30 derajat Celsius, kelembapan 59-92 persen, tekanan 0,0-0,0 mmHg, curah hujan 0,0 mm. Kecepatan angin kencang, lemah; arah angin menuju barat laut, utara, timur laut, timur.

Pengamatan visual kenampakan dari pos pengamatan, jelas, kabut 0-III, tinggi 1.000 meter, warna kelabu putih, intensitas asap tebal. Kegempaan masih berlanjut erupsi dan mengeluarkan abu vulkanik hingga mencapai 7.338 meter di atasnya, alami kegempaan tremor vulkanik dengan amplitudo 25 mm.

Kesimpulan tingkat aktivitas Gunung Anak Krakatau Level III (Siaga), sehingga direkomendasikan masyarakat/wisatawan tidak diperbolehkan mendekati kawah dalam radius 5 km dari kawah.

 

Pekerjaan Rumah

Ke depan, PVMBG mengingatkan untuk mendorong adanya persiapan mitigasi, merapatkan pengamatan seismik, edukasi bencana sejak dini, menjaga alat-alat yang sudah ada, dan masih banyak lagi pekerjaan rumah (PR) untuk ke depannya. Kita harus segera membenahi itu semua dan melakukannya secara bertahap.

BMKG juga menyatakan saat ini sudah ada sirine Tsunami Early Warning System (TEAS) untuk menyampaikan peringatan dini tsunami di wilayah Lampung tepatnya 1 di Kalianda, Lampung Selatan, dan 1 di Kota Agung, Tanggamus. Namun perlu untuk diketahui bahwa sirine masih berbasis gempa tektonik dan untuk mendeteksi tsunami.

Tentunya ini sangat jauh dari cukup, karena bisa dilihat wilayah Lampung hampir sebagian besar memiliki pesisir pantai sehingga banyak sirine yang dibutuhkan agar mencakup semua wilayah di daerah ini.

BMKG mengimbau semua pihak tetap waspada, mengingat selama tahun 2018 telah tercatat 11.577 gempa bumi terjadi di seluruh Indonesia, termasuk Lampung dan Banten. 

 

Reporter: Iqbal Fadil

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Celtics Menang Dramatis atas Grizzlies

Posted: 29 Dec 2018 08:15 PM PST

Liputan6.com, Memphis- Boston Celtics mampu bangkit dari ketertinggalan 19 poin saat dijamu Memphis Grizzlies pada lanjutan NBA, Minggu (30/12/2018) pagi WIB. Celtics menang 112-103 di FedExForum.

Celtics melakukan start bagus di laga ini. Pada kuarter pertama, Celtics unggul 29-26 berkat sumbangsih delapan poin dari Marcus Morris dan tujuh poin Jayson Tatum. 

Memasuki kuarter dua permainan Celtics menurun dratis. Celtics cuma bisa membuat 18 poin, defense mereka juga kedodoran menghadapi Grizzlies. Tuan rumah melesakkan 38 poin sehingga unggul 17 poin di jeda babak pertama.

Grizzlies bisa bangkit berkat aksi menawan pemain cadangan Dillon Brooks yang membuat 13 poin dari 11 menit bermain di babak pertama.

Tuan rumah masih terus mengontrol pertandingan hingga pertengahan kuarter tiga dimana margin sempat membesar menjadi unggul 19 poin. Celtics baru mulai membaik sejak pertengahan kuarter tiga. Mereka mulai memangkas jarak.

Celtics memangkas jarak menjadi delapan poin lepas kuarter tiga.

Irving

Ilustrasi Bola Basket (hdwallpapervault.com)

Dimotori Kyrie Irving dan Marcus Smart, Celtics bisa mengejar dan berbalik unggul di pertengahan kuarter empat setelah membuat 12 poin berbanding satu. Setelah unggul, Celtics tak lagi terkejar oleh Grizzlies.

Irving memimpin Celtics mengalahkan Grizzlies dengan sumbangsih double-double (26 poin dan 13 assists). Morris menyusul dengan 22 poin.

Sedangkan di kubu tuan rumah, Mike Conley yang tampil apik dengan membuat 26 poin. Marc Gasol dan rookie Jaren Jackson Jr finis dengan 15 poin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Desa Kunjir Diterjang Tsunami Selat Sunda, Kakek 76 Tahun Berhasil Selamat

Posted: 29 Dec 2018 08:11 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Husaini, pria berusia 76 tahun adalah salah satu korban tsunami Selat Sunda yang berhasil selamat.

Ketika tsunami Selat Sunda melanda Lampung Selatan, Husaini tengah berada di rumahnya, di Desa Kunjir. Letak desa tersebut berdampingan dengan pesisir pantai. Itu sebabnya Desa Kunjir menadi salah satu desa yang mengalami kerusakan parah akibat tsunami.

Setelah bencana tsunami mereda, Kakek Husaini ditemukan oleh anaknya di dekat rumah. Kakinya cedera karena tertimbun reruntuhan bangunan yang tersapu tsunami Selat Sunda.

Untunglah proses evakuasi berlangsung cepat. Melansir laman sehatnegeriku, Kakek Husaini segera dibawa ke Balai Desa Sukoharjo untuk ditangani oleh tim kesehatan. Dia pun kemudian dirujuk ke RSUD Bob Bazar, Lampung Selatan.

Kesigapan tim kesehatan yang menangani korban tsunami Selat Sunda memberi bantuan pada Kakek Husaini diapresiasi oleh putranya.

"Pelayanan di RSUD Bob Bazar ini syukur alhamdulillah cepat dalam menanggapi permasalahan, tidak ada yang kekurangan. Untuk penjemputan dan pengantaran dengan ambulan serta tindakan yang telah dilakukan selama perawatan kemarin, tidak dipungut biaya, gratis," ujar Irwansyah, anak Kakek Husaini. 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Pahlawan Kemanusiaan 2018 yang Berkorban Nyawa saat Bencana

Posted: 29 Dec 2018 08:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bencana silih berganti terjadi di Indonesia dan merenggut ribuan korban jiwa sepanjang 2018. Dari sudut-sudut penugasan, terselip kisah heroik manusia yang rela berkorban nyawa untuk yang lain.

Apa yang mereka lakukan melampaui panggilan tugas. Yang mereka korbankan adalah hal terbaik yang dipunyai manusia. Kehidupan itu sendiri.

Tercatat ada empat orang yang layak disebut sebagai pahlawan kemanusiaan 2018 di Indonesia. Inilah sosok mereka:

1. Zulhadi

Relawan PMI bernama Zulhadi (34) gugur saat membantu korbangempa Lombokpada Kamis siang, 9 Agustus 2018. Saat itu, gempa susulan bermagnitudo 6,2 kembali menggoyang Lombok pada pukul 12.25 WIB.

Relawan PMI yang sudah mengabdi selama 15 tahun itu meninggal akibat terjatuh dari truk yang mengangkut logistik untuk korbangempa di LombokUtara.

Saat gempa susulan terjadi, Zulhadi bersama sopir sedang mengantarkan bantuan logistik dari Markas PMI di Mataram, NTB. Rute yang ditempuh saat itu adalah melalui jalur Senggigi yang berkelok-kelok.

Gempa yang terjadi membuat truk oleng dan Zulhadi terjatuh. Sopir yang bersamanya menemukan ia sudah tak sadarkan diri. Relawan PMI itu kemudian dibawa ke Puskesmas terdekat untuk diperiksa. Namun Zulhadi mengembuskan nafas terakhirnya.

 

2. Afni Fastabiq Strata Utama

Afni Fastabiq Strata Utama

Selain Zulhadi, ada Afni Fastabiq Strata Utama (24) yang meninggal karena kelelahan tanggal 24 Agustus 2018. Pria yang dipanggil Tata ini bertugas di Lombok sejak 18 Agustus 2018 dan bergabung dalam Tim WASH (Water Sanitation Hygiene) PMI untuk bertugas selama 1 bulan di Lombok.

Sehari-harinya, almarhum bertugas mengantarkan air bersih dengan mengendarai kendaraan tangki air PMI untuk disalurkan ke masyarakat terdampak gempa di wilayah Lombok Utara. Air menjadi kebutuhan yang sangat vital bagi pengungsi.

Malam itu dia tertidur di Posko. Saat dibangunkan kawan-kawannya, Tata ini ternyata sudah meninggal. Diduga karena kelelahan.

 

3. Anthonius Gunawan Agung

Anthonius Gunawan Agung

Anthonius Gunawan Agung adalah personel yang bertugas di Tower ATC AirNav Indonesia Cabang Palu, Bandara Mutiara Sis Al-Jufrie tanggal 28 September 2018 lalu. Sebelum gempa terjadi, Agung sedang melayani pesawat Batik Air ID 6231 yang akan terbang dari Palu menuju Makassar. Agung telah memberikan clearance kepada Batik saat gempa terjadi.

Personel AirNav lainnya segera turun saat gempa terjadi. Namun Agung belum dapat turun karena pesawat belum take-off. Dia menunggu pesawat Batik hingga lepas landas dengan selamat. Setelah pesawat airborne, kondisi gempa sudah semakin kuat. Dia akhirnya memutuskan melompat dari cabin tower lantai 4, akibatnya mengalami patah kaki.

Personel AirNav di Palu membawa Agung ke Rumah Sakit. Di Rumah Sakit didapat keterangan mengenai kondisinya setelah keluar hasil rontgen, namun untuk penanganan selanjutnya harus dirujuk ke Rumah Sakit yang lebih besar karena diindikasi ada luka dalam. AirNav berupaya untuk mendatangkan helikopter dari Balikpapan. Agung menghembuskan nafas terakhirnya sebelum helikopter sampai.

Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan (Perum LPPNPI) atau AirNav Indonesia memberikan kenaikan pangkat luar biasa dua tingkat atas jasa Agung.

 

4. Syachrul Anto

Syachrul Anto Pahlawan yang Gugur Saat Evakuasi Lion Air (Foto: Facebook Syachrul Anto)

Syachrul Anto, seorang penyelam yang meninggal dunia dalam misi kemanusiaan mengevakuasiLion AirPK-LQP yang jatuh di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat. Dia gugur karena dekompresi pada 22 November 2018 lalu.

Komandan Tim SAR Kolonel Laut (P) Isswarto menyebut Anto menyelam lebih lama dari para penyelam lainnya. Seharusnya penyelaman pencarian korban Lion Air berakhir pada pukul 16.00 WIB, karena kondisi gelap dan cuaca yang kurang bersahabat. Namun, Anto masih berada di bawah laut hingga pukul 16.30 WIB.

Anto memang cukup aktif dalam misi kemanusiaan. Pada tahun 2015 lalu, Anto juga ikut dalam misi mencari korban pesawat Air Asia QZ8501 yang jatuh di Selat Karimata. Sebelum menjalankan misi untuk Lion Air, Anto baru saja pulang dari Palu membantu korban gempa dan tsunami.

Anto jugaterdaftar dalam Yayasan Terumbu Rupa yang mengkampanyekan peduli terumbu karang saat traveling. Kabar kematiannya disambut ucapan bela sungkawa dari seluruh masyarakat Indonesia.

 

Reporter: Ramadhian Fadillah

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tanda Cinta Warga Sumbar, Rendang 1,4 Ton untuk Korban Tsunami Selat Sunda

Posted: 29 Dec 2018 08:01 PM PST

Liputan6.com, Lampung - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat memberikan bantuan sebanyak 600 kilogram rendang untuk para pengungsi korban tsunami di Provinsi Lampung.

"Rendang ini kita serahkan untuk membantu para pengungsi yang ada di Kantor Gubernur Lampung dan di Lampung Selatan. Total semuanya 600 kg," kata Wakil Gubernur Sumatra Barat Nasrul Abit saat menyerahkan bantuan rendang di Bandar Lampung, Sabtu 29 Desmber 2018.

Menurut dia, bantuan yang diserahkan ini guna membantu para pengungsi yang ada di Provinsi Lampung, yaitu kantor Gubernur Lampung dan di Kalianda, Lampung Selatan.

Bantuan rendang dari Provinsi Sumatera Barat totalnya sebanyak 1,4 ton yang dibagi menjadi dua bagian, yaitu 600 kg untuk Provinsi Lampung dan 800 kg untuk Provinsi Banten.

Lalu bantuan yang diberikan untuk para pengungsi di Kantor Gubernur Lampung sebanyak 100 kg dan untuk pengungsi di Kalianda Lampung Selatan sebanyak 500 kg.

Bantuan rendang 100 kg nantinya akan dibagikan kepada warga yang ada di pengungsian untuk makan siang atau makan malam.

"Bantuan ini hanya sedikit, tetapi harus bisa membantu seluruh pengungsi yang ada si masing-masing tempat," katanya dilansir Antara.

Wagub Sumbar mengatakan, rendang merupakan makanan khas Sumatera Barat dan makanan cepat saji yang tahan lama, sangat cocok untuk diberikan kepada para pengungsi.

Selain memberikan bantuan rendang, Nasrul menyatakan juga akan membantu uang tunai untuk para pengungsi korban tsunami di Provinsi Lampung.

"Kita akan berikan bantuan uang tunai kepada para pengungsi yang ada di Provinsi Lampung, khususnya korban yang terkena dampak paling parah. Sedangkan untuk tenaga medis akan dikirimkan bila sangat diperlukan," ungkapnya.

Bantuan rendang yang diberikan ini merupakan bentuk kepedulian Provinsi Sumatra Barat terhadap masyarakat di Provinsi Lampung atas musibah dan bencana yang melanda, katanya.

"Semoga cobaan ini cepat berakhir, dan mental masyarakat bisa kembali pulih serta beraktivitas lagi seperti biasanya," tambahnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Liburan Akhir Tahun ala Warganet, Ngenes tapi Bikin Ngakak

Posted: 29 Dec 2018 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sebagian besar dari kalian tentu telah lama menunggu momen liburan akhir tahun bukan? Tentu banyak diantara kalian yang telah berencana untuk menghabiskan liburan akhir tahun bersama orang-orang tercinta.

Bahkan tak jarang yang telah menentukan destinasi wisata yang akan dikunjungi dari jauh-jauh hari. Ada yang menghabiskan liburan akhir tahun di luar kota bahkan luar negeri. Namun nyatanya tak semua orang benar-benar memanfaatkan momen ini untuk pergi liburan loh.

Banyak juga warganet yang punya 'rencana lain' untuk menghabiskan momen liburan akhir tahun ini. Bagi mereka, liburan nggak melulu harus ke destinasi wisata terkenal. Mereka pun membagikan momen liburan akhit tahun mereka melalui cuitan lewat tagar #LiburanAkhirTahunKemana.

Namun tak sedikit yang justru membuat kita tertawa ngakak dibuatnya. Dikutip dari berbagai sumber, berikut cuitan #LiburanAkhirTahunKemana ala warganet yang dijamin bikin ngakak.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Liburannya antimainstream nih

liburan akhir tahun ala warganet (foto: Twitter/@franchiskath)

Duh ini sih bukan liburan namanya

foto: Twitter/@dewahoya

Kalo ini ke gunung salju secara virtual ya

foto: Twitter/@TiffanyASP

Bebas deh

foto: Twitter/@besoklagii

Liburan ala gamers

foto: Twitter/@n0b0dy_care

Malah ngegas

foto: Twitter/@kitkitkatkit

Liburan low budget

foto: Twitter/@pancabagusa

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Daftar Gim PC Terlaris Sepanjang 2018

Posted: 29 Dec 2018 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Jelang akhir tahun 2018, deretan gim terlaris di platform penjualan gim milik Valve yang bernama Valve diumumkan.

Deretan judul gim yang dirangkum tersebut ternyata menjadi artikel terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com edisi akhir pekan, Sabtu (29/12/2018).

Tak cuma itu, ada juga dua artikel lain yang juga tak kalah menariknya yakni curhat sopir ojol lansia yang ingin ajak istrinya berlibur, dan pengumuman penting yang Bolt sampaikan kepada penggunanya.

Lebih lengkapnya, langsung saja simak ketiga berita tersebut berikut ini.

1. Ini Daftar Gim Terlaris Sepanjang 2018

Assassin's Creed Odyssey. (Doc: Ubisoft)

Di penghujung 2018, platform penjualan gim Steam selalu mengadakan winter sales. Dalam pesta diskon besar ini, para gamer dimanjakan dengan harga gim yang murah.

Bahkan, gamer bisa mendapatkan gim dengan diskon hingga 85 persen!

Tetapi, jika kamu masih belum yakin akan membeli gim apa pada winter sales kali ini, berikut ini Tekno Liputan6.com hadirkan daftar penjualan gim terlaris sepanjang 2018 yang mungkin akan membantu kamu memutuskan untuk memboyong gim apa pada tahun ini.

Selengkapnya baca di sini

 

2. Curhat Sopir Ojol Lansia yang Ingin Ajak Istri Berlibur dan Rayakan Ultah Cucu di Restoran

Vincent Herling yang kerap disapa Opa, driver ojol lansia yang ingin mengajak istri liburan dan merayakan ultah cucu di restoran siap saji (Foto: Instagram/ @grabid)

Ada saja cerita menarik yang dibagikan oleh driver ojek online. Kali ini, cerita datang dari seorang driver ojek online bernama Vincent Herling.

Dia adalah seorang pengemudi GrabBike di Makassar, Sulawesi Selatan. Melihat perawakannya, memang bisa ditebak kalau Vincent Herling tak muda lagi.

Kendati demikian, pria yang karib disapa Opa ini masih semangat bekerja. Bahkan, sebelum diterima jadi mitra pengemudi, Opa pernah tiga kali ditolak sebagai mitra driver.

Selengkapnya baca di sini

3. Bolt Sampaikan Pengumuman Penting untuk Pengguna

Simak tipsnya berikut ini untuk menghemat bujet internet saat di luar negeri.

Bolt resmi menutup layanannya setelah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menyerahkan Surat Keputusan berisi pengakhiran penggunaan pita frekuensi 2.3Ghz yang dipakai PT First Media dan Internux dengan produknya, Bolt.

Layanan internet 4G LTE Bolt di wilayah Jabodetabek dan Medan pun berhenti Jumat, 28 Desember 2018.

Bolt pun membuat pengumuman penting untuk pelanggan yang masih memakai layanannya selama ini. Bolt mengunggah pengumuman dalam laman www.bolt.id.

Selengkapnya baca di sini

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Italia Pekan Ke-19: Juventus Terbang Tinggi

Posted: 29 Dec 2018 08:00 PM PST

Liputan6.com, Turin - Juventus belum tersentuh kekalahan setelah menang 2-1 atas Sampdoria di pekan ke-19 kompetisi Liga Italia, Sabtu (29/12/2018) di Allianz Stadium, Turin. I Bianconeri juga masih memuncaki klasemen sementara.

Dua gol Juventus dalam kemenangan atas Sampdoria dicetak Cristiano Ronaldo. Sementara gol Sampdoria disarangkan Fabio Quagliarella. Kemenangan ini membuat Juventus mengoleksi 53 poin dari 19 laga.

Pasukan Massimiliano Allegri mencatatkan 17 kali kemenangan dan dua hasil imbang di Liga Italia sejauh ini. Juventus memimpin sembilan poin atas Napoli, yang menempati peringkat kedua.

Napoli sendiri sukses menaklukkan Bologna dengan skor 3-2, Minggu (30/12/2018) dini hari WIB. Inter Milan, yang berada di posisi ketiga klasemen Liga Italia, menang 1-0 di kandang Empoli.

AC Milan akhirnya mengakhiri rentetan hasil minor mereka usai mengalahkan SPAL 2-1. I Rossoneri masih menduduki peringkat kelima setelah mengumpulkan 31 poin dari 19 pertandingan.

Dua Klub Roma

Pelatih AS Roma, Eusebio Di Francesco.  (Maurizio degl'Innocenti/ANSA via AP)

Sementara itu, Lazio tetap menempati peringkat keempat meski imbang 1-1 melawan Torino. Tim sekota Lazio, AS Roma berada di urutan keenam setelah baru mendulang 30 poin dari 19 laga.

Chievo Verona belum beranjak dari posisi juru kunci klasemen sementara Liga Italia. Frosinone dan Bologna tepat berada di atas Chievo atau zona merah degradasi.

Klasemen Liga Italia

 

FcTables.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Putus dari Chris Zylka, Paris Hilton Lebih Bahagia Hidup Sendiri

Posted: 29 Dec 2018 08:00 PM PST

Liputan6.com, Los Angeles - Hubungan serius yang terjalin antara Paris Hilton dan tunangannya, Chris Zylka, terpaksa harus putus. Pada November lalu, mereka secara bulat sudah membatalkan rencana pernikahannya.

Chris Zylka kabarnya bukan pria yang tepat untuk Paris Hilton. Paris yang tak mau bicara panjang lebar, mengaku tetap ingin berteman baik meskipun mereka sudah tak lagi menjadi sepasang kekasih.

Meski awalnya sempat sedih dan patah hati, kini Paris Hilton sudah kembali berfokus pada kariernya. Sosialita kondang 37 tahun ini bahkan menjadi lebih bahagia setelah berpisah dari Chris, seperti dilansir dari Us Magazine.

Hal ini secara langsung disampaikan oleh salah seorang sumber melalui wawancara dengan Us Weekly, "Sebenarnya Paris sangat bahagia sekarang. Dia kembali berusaha menekankan dirinya agar tidak cepat puas. Dia ingin punya suami dan anak, tapi itu belum terjadi juga. Dia berkomitmen untuk melakukan hal yang tepat untuknya, dan menjalani hidup seperti itu."

Lebih Suka Hidup Sendiri

Kendati demikian dikarenakan jadwal yang padat, Paris sepertinya harus menunggu lebih lama untuk menikah. (instagram/parishilton)

"Dia tidak akan menjalin hubungan bersama sembarang orang hanya untuk melegakan orang lain. Ia lebih suka hidup sendiri dan tetap bahagia," imbuh sumber tersebut.

Tak hanya berhenti sampai di situ. Sumber tersebut kembali menegaskan bahwa alasan di balik putusnya hubungan mereka semata-mata hanyalah karena ketidakcocokan. Setelah cukup lama bersama, Paris dan Chris menyadari mereka memang kurang cocok.

Mengagumi

Paris Hilton dan tunangannya Chris Zylka saling bertatapan saat menghadiri iHeartRadio Music Awards 2018 di Inglewood, California, AS (11/3). (AFP Photo/Rachel Murray)

"Paris sangat mencintainya dan dia (Chris) sangat mengaguminya. Dia (Paris) melihat segala kebaikan dalam dirinya (Chris) hingga akhirnya mereka menyadari kalau mereka sama sekali tak cocok, dan berada di level berbeda," pungkasnya.

Penulis: Soraya

Sumber: Kapanlagi.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Selebrasi Higuain Usai AC Milan Taklukkan SPAL di San Siro

Posted: 29 Dec 2018 08:00 PM PST

Striker AC Milan, Gonzalo Higuain memeluk gelandang Hakan Calhanoglu usai mencetak gol ke gawang SPAL pada lanjutan Liga Serie A Italia di stadion San Siro (29/12). Gol Higuain memberi kemenangan tipis Milan atas SPAL 2-1. (AP Photo/Antonio Calanni)

Striker AC Milan, Gonzalo Higuain memeluk gelandang Hakan Calhanoglu usai mencetak gol ke gawang SPAL pada lanjutan Liga Serie A Italia di stadion San Siro (29/12). Gol Higuain memberi kemenangan tipis Milan atas SPAL 2-1. (AP Photo/Antonio Calanni)

Gonzalo Higuain memeluk pelatih Gennaro Gattuso usai mencetak gol ke gawang SPAL pada lanjutan Liga Italia di stadion San Siro (29/12). Gol ini ia mempersembahkan untuk Gattuso yang sudah menanti golnya sejak 28 Oktober lalu. (AP Photo/Antonio Calanni)

Gonzalo Higuain memeluk pelatih Gennaro Gattuso usai mencetak gol ke gawang SPAL pada lanjutan Liga Italia di stadion San Siro (29/12). Gol ini ia mempersembahkan untuk Gattuso yang sudah menanti golnya sejak 28 Oktober lalu. (AP Photo/Antonio Calanni)

Striker AC Milan, Gonzalo Higuain saat memasukan bola ke gawang selama pertandingan melawan SPAL pada lanjutan Liga Serie A Italia di stadion San Siro (29/12). Milan menang tipis atas SPAL 2-1. (AP Photo/Antonio Calanni)

Striker AC Milan, Gonzalo Higuain saat memasukan bola ke gawang selama pertandingan melawan SPAL pada lanjutan Liga Serie A Italia di stadion San Siro (29/12). Milan menang tipis atas SPAL 2-1. (AP Photo/Antonio Calanni)

Ekspresi Gonzalo Higuain saat berselebrasi usai pertandingan melawan SPAL pada lanjutan Liga Serie A Italia di stadion San Siro (29/12). Gol Higuain memberi kemenangan tipis Milan atas SPAL 2-1. (AP Photo/Antonio Calanni)

Ekspresi Gonzalo Higuain saat berselebrasi usai pertandingan melawan SPAL pada lanjutan Liga Serie A Italia di stadion San Siro (29/12). Gol Higuain memberi kemenangan tipis Milan atas SPAL 2-1. (AP Photo/Antonio Calanni)

Para pemain AC Milan memeluk Gonzalo Higuain setelah mencetak gol selama pertandingan melawan SPAL pada lanjutan Liga Serie A Italia di stadion San Siro (29/12). Milan menang tipis atas SPAL 2-1. (AP Photo/Antonio Calanni)

Para pemain AC Milan memeluk Gonzalo Higuain setelah mencetak gol selama pertandingan melawan SPAL pada lanjutan Liga Serie A Italia di stadion San Siro (29/12). Milan menang tipis atas SPAL 2-1. (AP Photo/Antonio Calanni)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

100 Juta Orang Siap Gunakan Hak Pilih dalam Pemilu Bangladesh Hari Ini

Posted: 29 Dec 2018 08:00 PM PST

Liputan6.com, Dhaka - Lebih dari 100 juta orang diperkirakan akan memberikan suara dalam pemilihan umum Bangladesh pada Minggu 30 Desember 2018 --di mana Perdana Menteri Sheikh Hasina sedang mencari masa jabatan ketiga berturut-turut.

Pasukan keamanan dalam siaga tinggi menjelang pemilihan, dengan sekitar 600.000 personel keamanan dikerahkan di seluruh negara. Mereka dikerahkan usai lebih dari selusin orang tewas dalam bentrokan antara pendukung partai politik saingan.

Internet seluler berkecepatan tinggi juga telah diperintahkan untuk disetop hingga setelah pemilihan, sebuah keputusan yang dibuat untuk mencegah rumor dan propaganda memicu kerusuhan, kata seorang pejabat.

Perdana Menteri Hasina diperkirakan akan menang, sementara saingan utamanya di penjara karena korupsi, demikian seperti dikutip dari BBC, Minggu (30/12/2018). Meski disukai rakyatnya karena dianggap berhasil memajukan ekonomi Bangladesh dengan pesat, namun pemerintahan Hasina dituduh telah melakukan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) berkali-kali.

Jelang pemilu telah ditandai oleh kekerasan dan penindasan atas perbedaan pendapat oleh pemerintah yang tumbuh lebih otoriter selama 10 tahun pemerintahan PM Hasina, menurut para kritikus dan oposisi.

Sheikh Hasina adalah ketua partai Liga Awami --yang telah memimpin Bangladesh sejak 2009. Dia mencari masa jabatan ketiga berturut-turut.

Ayahnya, presiden pertama negara itu Sheikh Mujibur Rahman, dianggap sebagai bapak pendiri Bangladesh merdeka. Dia dibunuh pada tahun 1975.

Selama 1990-an dan awal 2000-an, Hasina dan saingan besarnya, Khaleda Zia dari partai oposisi Bangladesh Nationalist Party (BNP), silih berganti berkuasa di Bangladesh, dengan keduanya dikenal sebagai "Battling Begums" (Begum adalah sebutan yang digunakan untuk menyebut seorang wanita Muslim berpangkat tinggi).

Tetapi, sejak 2009, Hasina terus bercokol dan dituduh memenjarakan Zia pada tahun ini, guna mencegahnya untuk ikut serta dalam pemilu.

BNP dan sekutunya juga menuduh polisi dan aktivis partai Liga Awami yang berkuasa menyerang aktivis dan kandidat mereka.

Namun, jubir kepolisian Sohel Rana membantah polisi telah menyerang aktivis oposisi, hanya mengakui bahwa "insiden terisolasi" mungkin terjadi.

Tapi, organisasi pemantau Hak Asasi Manusia, Human Rights Watch mengatakan bahwa pemerintah Bangladesh telah memulai kampanye intimidasi sebelum pemungutan suara.

"Anggota dan pendukung partai oposisi utama telah ditangkap, dibunuh, bahkan dihilangkan, menciptakan suasana ketakutan dan penindasan yang tidak konsisten dengan pemilihan yang kredibel," kata direktur Hman Rights Watch kawasan Asia, Brad Adams.

 

Simak video pilihan berikut:

 

Layanan Internet Ditangguhkan, Medsos Dipantau Ketat

Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina. (AFP)

Otoritas Bangladesh juga sangat membatasi layanan internet di seluruh negeri, sebagai upaya untuk melawan "propaganda" menjelang pemilu.

Akhir-akhir ini, layanan internet di seluruh penjuru Bangladesh menjadi lemot. Layanan 3G dan 4G ditangguhkan selama beberapa jam pada hari Kamis, 27 Desember, kata seorang pejabat Bangladesh Telecommunications Regulatory Commission atau Komisi Regulasi Telekomunikasi Bangladesh (BTRC).

"Kami meminta operator telekomunikasi untuk menghentikan layanan 3G dan 4G untuk sementara pada Kamis malam. Kami harus melakukannya untuk mencegah propaganda dan penyebaran konten yang menyesatkan (hoaks) di internet," ujar pejabat itu kepada AFP tanpa menyebut nama.

Dia menambahkan, layanan internet berkecepatan tinggi telah dibuka kembali pada Jumat pagi setelah 'mati' selama 10 jam. Kendati demikian, otoritas akan menangguhkannya lagi di kemudian hari.

Facebook mengatakan kepada Associated Press pada minggu ini bahwa pihaknya telah melumpuhkan 15 halaman yang menyebarkan berita palsu pro-Hasina menjelang pemilu.

"Facebook pun sudah menggandeng agen intelijen yang menentukan bahwa orang-orang yang membuat dan mengelola situs itu terkait dengan pemerintah", kata Nathaniel Gleicher, kepala kebijakan keamanan siber Facebook.

Sedangkan Twitter, mengklaim telah menangguhkan 15 akun di Bangladesh. Sebagian besar di antaranya memiliki pengikut (follower) kurang dari 50 akun. Akun-akun ini diduga terlibat dalam manipulasi platform.

"Berdasarkan analisis awal kami, tampaknya akun-akun tersebut memiliki keterkaitan dengan 'orang dalam pemerintahan'," kata perusahaan media sosial itu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kunci Sukses Muhammad Awaluddin Pimpin AP II

Posted: 29 Dec 2018 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Muhammad Awaluddin adalah Direktur Utama PT Angkasa Pura II. Apa kunci sukses Pak MA untuk menjalankan bisnis AP II? Selengkapnya di CEO Talks!

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Southampton Vs Manchester City: Misi Kembali Raih Kemenangan

Posted: 29 Dec 2018 07:55 PM PST

Liputan6.com, Manchester - Manchester City akan menghadapi tuan rumah Southampton pada laga lanjutan pekan ke-20 Liga Inggris 2018-2019 di St Mary's Stadium, Minggu (30/12/2018) malam WIB. Laga ini menjadi momentum buat The Citizens kembali ke jalur kemenangan.

Manchester City sedang dalam inkonsistensi performa. Sempat tangguh pada awal musim, belakangan performa David Silva dkk menurun.

Pada dua laga terakhir, City bahkan secara mengejutkan harus menelan kekalahan. Rentetan hasil minor itu membuat City harus turun ke peringkat tiga klasemen sementara dengan raihan 44 poin.

Manajer Pep Guardiola tentu saja menyayangkan performa buruk yang dialami timnya di Premier League. Jadi, Guardiola bertekad membawa timnya kembali ke jalur kemenangan demi bisa terus bersaing dalam perburuan gelar musim ini.

"Ini menjadi kesempatan buat sama membuktikan kualitas diri sendiri. Saya tidak menyukai situasi ini, namun ini merupakan sesuatu yang biasa dalam sepak bola," kata Pep Guardiola dalam konferensi pers jelang laga, Sabtu (29/12/2018).

"Saya akan membuktikan diri saya untuk membantu skuat ini, agar saling membantu. Kami akan bangkit," tegas manajer asal Spanyol itu.

Sementara itu, Southampton pun sedang dalam posisi yang kurang menguntungkan. The Saints masih tercecer di peringkat ke-17 dengan raihan 15 angka.

Namun, Manajer Ralph Hasenhuttl yakin timnya bisa memetik kemenangan melawan City. Apalagi, hasil kemenangan yang diraih tim-tim lain dari City bisa menjadi pelecut motivasi para pemain.

"Seperti yang dilakukan beberapa tim pada pertandingan terakhir, Anda harus bermain bagus dan harus bersiap lebih sering berlari tanpa bola," ucap Hasenhuttl.

"Kemudian ketika memiliki kesempatan, Anda harus tampil tajam dan tanpa kompromi. Cobalah untuk mencetak gol dan bisa memberikan luka buat mereka. Itu memang tidak mudah, namun jika Anda menemukan pergerakan yang tepat maka semuanya tak mustahil," ujar pria Austria itu.

Laga nanti menjadi pertemuan ke-67 buat kedua tim sepanjang sejarah. Manchester City sejauh ini sudah memenangi 22 laga, Southampton meraih 26 kemenangan, dan 18 laga berakhir imbang.

Data - Fakta

Prakiraan susunan pemain

Southampton (3-4-3): Alex McCarthy (kiper), Jan Bednarek, Maya Yoshida, Jannik Vertergaard (belakang), Cedric Soares, Oriol Romeu, Pierre-Emile Hojbjerg, Matt Targett (tengah), Stuart Armstrong, Nathan Redmond, Danny Ings (depan)

Manajer: Ralph Hasenhuttl (Austria)

Manchester City (4-1-4-1): Ederson (kiper), Kyle Walker, Nicolas Otamendi, Aymeric Laporte, Oleksandr Zinchenko (belakang), Ilkay Gundogan, Bernardo Silva, David Silva, Kevin de Bruyne, Raheem Sterling (tengah), Sergio Aguero (depan)

Manajer: Pep Guardiola (Spanyol)

Head to head

  • 4/11/2018 - Manchester City 6-1 Southampton (Premier League)
  • 13/5/2018 - Southampton 0-1 Manchester City (Premier League)
  • 29/11/2018 - Manchester City 2-1 Southampton (Premier League)
  • 15/4/2018 - Southampton 0-3 Manchester City (Premier League)
  • 23/10/2016 - Manchester City 1-1 Southampton (Premier League)

Lima pertandingan terakhir Southampton

  • 27/12/2018 - Southampton 1-2 West Ham (Premier League)
  • 22/12/2018 - Huddersfield Town 1-3 Southampton (Premier League)
  • 16/12/2018 - Southampton 3-2 Arsenal (Premier League)
  • 8/12/2018 - Cardiff City 1-0 Southampton (Premier League)
  • 5/12/2018 - Tottenham Hotspur 3-1 Southampton (Premier League)

Lima pertandingan terakhir Manchester City

  • 26/12/2018 - Leicester City 2-1 Manchester City (Premier League)
  • 22/12/2018 - Manchester City 2-3 Crystal Palace (Premier League)
  • 18/12/2018 - Leicester City 1-1 Manchester City (Piala Liga Inggris)
  • 15/12/2018 - Manchester City 3-1 Everton (Premier League)
  • 12/12/2018 - Manchester City 2-1 Hoffenheim (Liga Champions)

Prediksi Bola.com

Southampton 45-55 Manchester City

Sumber: Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Liverpool Vs Arsenal 5-1, Shaqiri Puji Hatrrick Firmino

Posted: 29 Dec 2018 07:45 PM PST

Liputan6.com, Liverpool - Liverpool menang 5-1 atas Arsenal dalam laga lanjutan Liga Inggris di Anfield, Minggu (30/12/2018) dini hari WIB. Roberto Firmino mencetak hattrick dalam pertandingan pekan ke-20 Liga Inggris itu.

Gelandang serang Liverpool, Xherdan Shaqiri, ikut memuji aksi Firmino. Dua gol The Reds lainnya dalam laga itu diciptakan Sadio Mane dan Mohamed Salah.

Itu juga menjadi gol pertama Firmino di Anfield dalam pertandingan Liga Inggris setelah delapan bulan. Shaqiri menilai Firmino bermain gemilang dalam laga kontra Arsenal tersebut.

"Itu sepenuhnya pantas. Dia (Firmino) memiliki permainan yang sangat bagus," kata Shaqiri seperti dilansir situs resmi Liverpool.

"Selalu baik memiliki pemain-pemain yang dapat mencetak gol di tim, ia mencetak gol kedua dengan sangat baik. Dia sepenuhnya pantas mencetak hat-trick dan saya senang untuknya. Saya harap dia bisa terus seperti ini," tutur pemain Timnas Swiss ini.

Eks pemain Bayern Munchen ini juga berpendapat bahwa Arsenal telah memberikan perlawanan. Namun, Liverpool mampu bangkit setelah kebobolan lebih dulu dari pasukan Unai Emery tersebut.

Tingkat Tinggi

Penyerang Liverpool, Roberto Firmino berselebrasi usai mencetak gol ketiganya lewat titik penalti ke gawang Arsenal pada lanjutan Liga Inggris di Anfield Stadium (29/12). Liverpool menang telak atas Arsenal 5-1. (AP Photo/Rui Vieira)

"Itu adalah pertandingan tingkat tinggi. Jelas Arsenal memiliki kualitas mereka dan Anda dapat melihatnya dengan gol pertama yang mereka cetak," ucap Shaqiri.

Pemain berusia 27 tahun ini senang dengan kemampuan The Reds bereaksi cepat setelah tertinggal lebih dulu. Shaqiri berharap intensitas tinggi Liverpool terus berlanjut hingga akhir musim.

Bangkit

"Itu membuat kami segera bangkit dan menyamakan skor setelah kebobolan. Itu titik penting kami untuk mengubah permainan dan akhirnya menang," terang eks pemain Stoke City ini.

Saksikan video menarik di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

1 Hari Jelang Tahun Baru, Kawasan Puncak Bogor Macet 4 Kilometer

Posted: 29 Dec 2018 07:42 PM PST

Liputan6.com, Bogor - Lalu lintas menuju kawasan wisata Puncak, Bogor, Jawa Barat terus mengalami peningkatan volume kendaraan satu hari menjelang malam pergantian tahun. Peningkatan kendaraan terlihat mulai dari sebelum pintu keluar Tol Ciawi hingga Simpang Pos Polisi Gadog.

Kasat Lantas Polres Bogor AKP Hasby Ristama mengungkap terjadinya kemacetan sejak pukul 06.00 WIB dari Simpang Gadog sepanjang 4 kilometer.

"Volume kendaraan dari Jakarta mengarah ke Puncak sudah meningkat sejak pagi tadi," kata Hasby, Minggu (30/12/2018).

Peningkatan volume kendaraan terjadi karena banyaknya wisatawan yang hendak berlibur di kawasan Puncak untuk menikmati malam tahun baru. "Hotel di Puncak banyak yang menggunakan sistem paket tahun baru, dan hari ini waktu mereka check-in," ujar Hasby.

Meningkatnya volume kendaraan, menyebabkan terjadinya kemacetan di sejumlah ruas jalan di kawasan Puncak. Ada pun titik kemacetan terjadi di Simpang Pasir Muncang, Simpang Pasir Angin, Simpang Mega Mendung, Simpang Taman Wisata Matahari, Simpang Taman Safari, dan Simpang Warung Kaleng.

 

35.367 Kendaraan

Berdasarkan data dari Jasa Marga, jumlah kendaraan yang masuk ke jalur Puncak melalui gerbang Tol Ciawi sejak Sabtu pagi hingga Minggu pagi ini tercatat 35.367 unit kendaraan. Sedang yang kembali menuju Jakarta sebanyak 26.030 unit.

Untuk mengurai kemacetan panjang jalan itu, Sat Lantas Polres Bogor memberlakukan sistem satu arah (oneway) dari Jakarta menuju kawasan Puncak lebih awal dari jadwal biasanya yaitu mulai pukul 07.00 WIB.

"Karena volume kendaraan terus meningkat, kita lakukan oneway lebih cepat. Rencananya jalur ke arah Puncak ditutup sampai pukul 12.30 WIB," jelas Hasby.

*Petugas yang dikerahkan sejumlah 250* oranh terdiri dari Lantas, sabara maupun anggota Polsek ciawi, Megamendung maupun Cisarua Puncak.

Hasby juga mengimbau agar masyarakat yang hendak berwisata di kawasan Cianjur, seperti Cibodas, Ciloto, Taman Bunga maupun ke Bandung dan sekitarnya untuk menggunakan jalur alternatif via Jonggol maupun Sukabumi karena lebih cepat.

Hal ini dilakukan untuk menghindari jika suatu saat terjadi kemacetan parah. Apalagi malam ini akan ada kegiatan keagamaan di Masjid Atta Awun Puncak mulai pukul 20.00-01.00 WIB.

"Diharapkan masyarakat menghindari jalur tersebut karena akan terjadi kepadatan. Gunakan jalur altenatif yang disiapkan oleh petugas (Jonggol dan Sukabumi)," ujar Hasby

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dirut Len Industri Beberkan Tips Kembangkan Industri Mobil Listrik di RI

Posted: 29 Dec 2018 07:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia tengah mengembangkan kembali mobil listrik. Namun, nampaknya untuk memulai bangun industri ini tidakl mudah.

Direktur Utama (Dirut) PT Len Industri, Zakky Gamal Yasin mengatakan, sebenarnya ada cara bagaimana Indonesia lebih cepat dalam pengembangan mobil listrik ini. Tidak hanya pengembangan mobilnya, melainkan juga pengembangan industrinya secara keseluruhan.

Menurut dia, cara bekerja sama atau meniru dari negara-negara yang lebih maju dalam mobil listrik menjadi satu cara yang cukup efektif.

"Kita kerja sama saja dengan mereka yang sudah lebih maju saja kemudian kita kembangkan di Indonesia. Tidak usah menjadi yang pertama di dunia, tapi jadi yang pertama di Indonesia saja dulu," kata dia kepada Liputan6.com seperti ditulis Minggu (30/12/2018).

Saat ini, Zakky menilai, ada dua negara yang bisa dijadikan referensi dalam pengembangan mobil listrik, yaitu Norwegia dan China. Norwegia, karena negara tersebut memiliki pengalaman lebih awal dalam pengembangan Electric Vehicle (EV). Sedangkan China, RI bisa belajar bagaimana memasarkan mobil listrik ini.

"Belajar dari dua negara ini banyak yang kita dapatkan. Mngkin dua negara ini kita harus banyak kerja sama. Dari situ kita coba bangun eksositemnya seperti apa," tambah Zakky.

 

Perlu Dukungan Pemerintah

Mobil listrik terparkir di halaman Kementerian Perindustrian (Kemenperin) di Jakarta, Senin (26/2). Mitsubishi Motors menghibahkan 10 unit mobil listrik kepada pemerintah Indonesia. (Liputan6.com/JohanTallo)

Baginya, pemerintah juga harus mendukung pengembangan industri ini secara total. Karena ia mengakui, selama ini mobil listrik tak dikembangkan lagi karena para pelaku industri takut akan jeratan hukum seperti yang dialami Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan.

Tak hanya itu, saat ini juga masih ada beberapa pihak yang mengusulkan untuk terlebih dahulu mengembangan mobil teknologi hybrid sebelum melangkah ke mobil listrik.

"Langsung saja lompat, kita sudah mampu kok dalam pengembangan mobil listrik. Kalau tidak begitu kita akan ketinggalan," pungkasnya. (Yas)

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Crystal Palace Vs Chelsea: Pertahankan Posisi 4 Besar

Posted: 29 Dec 2018 07:35 PM PST

Liputan6.com, London - Chelsea akan ditantang Crystal Palace pada laga pekan ke-20 Liga Inggris. The Blues harus menjaga fokus mereka karena persaingan di posisi empat besar sudah sangat ketat.

Chelsea menempati peringkat keempat pada klasemen sementara Premier League. The Blues mengoleksi 40 poin, tertinggal empat poin dari Manchester City yang ada di peringkat ketiga dan unggul dua poin atas Arsenal yang berada di peringkat kelima.

Kondisi tersebut membuat Chelsea harus bangkit dan kembali fokus untuk meraih hasil positif pada laga Premier League yang mereka jalani. Masalah utama Chelsea masih ada di lini depan.

Kondisi Alvaro Morata dan Olivier Giroud yang kurang prima membuat Maurizio Sarri mencari alternatif. Pada laga pekan sebelumnya, menghadapi Watford, Chelsea mengandalkan Eden Hazard sebagai ujung tombak.

Hazard tampil prima dan mencetak dua gol kemenangan Chelsea. Hal tersebut membuatnya kembali berpeluang main sebagai 'false 9'.

Namun, Sarri kekurangan satu pemain untuk menemani Hazard di lini depan. Hal itu dikarenakan cedera yang dialami Pedro Rodriguez dan Callum Hudson-Odoi.

Kondisi tersebut membuat Sarri berpeluang memainkan Ruben Loftus-Cheek di lini depan sebagai winger. Hal itu menjadi kesempatan bagi Loftus-Cheek untuk membuktikan kualitasnya.

Chelsea masih menjadi favorit pada laga nanti karena faktor kehadiran Eden Hazard. Hal itu didukung dengan pernyataan Hazard yang ingin menjadi legenda Chelsea seperti Didier Drogba dan Frank Lampard.

Pada pertemuan terakhir, Chelsea meraih kemenangan dengan skor 3-1 atas Crystal Palace. Gol Chelsea saat itu disumbang Alvaro Morata dan Pedro. Morata mencetak dua gol pada laga tersebut.

 

Data dan Fakta

Prakiraan Susunan Pemain

Crystal Palace: Vicente Guaita; Aaron Wan-Bissaka, James Tomkins, Mamadou Sakho, Patrick van Aanholt; James McArthur, Cheikhou Kouyate, Luka Milivojevic, Jeffrey Schlupp; Wilfried Zaha, Andros Townsend

Manajer: Roy Hodgson

Chelsea: Kepa Arrizabalaga; Cesar Azpilicueta, Antonio Rudiger, David Luiz, Marcos Alonso; N'Golo Kante, Jorginho, Ross Barkley; Ruben Loftus-Cheek, Eden Hazard, Willian

Manajer: Maurizio Sarri

Lima pertemuan terakhir

  • 17/12/2016 Crystal Palace 0-1 Chelsea (Premier League)
  • 01/04/2017 Chelsea 1-2 Crystal Palace (Premier League)
  • 14/10/2017 Crystal Palace 2-1 Chelsea (Premier League)
  • 11/03/2018 Chelsea 2-1 Crystal Palace (Premier League)
  • 04/11/2018 Chelsea 3-1 Crystal Palace (Premier League)

Lima laga terakhir Crystal Palace

  • 05/12/2018 Brighton 3-1 Crystal Palace (Premier League)
  • 08/12/2018 West Ham United 3-2 Crystal Palace (Premier League)
  • 15/12/2018 Crystal Palace 1-0 Leicester City (Premier League)
  • 22/12/2018 Manchester City 2-3 Crystal Palace (Premier League)
  • 26/12/2018 Crystal Palace 0-0 Cardiff City (Premier League)

Lima laga terakhir Chelsea

  • 14/12/2018 Vidi 2-2 Chelsea (Liga Europa)
  • 16/12/2018 Brighton 1-2 Chelsea (Premier League)
  • 20/12/2018 Chelsea 1-0 AFC Bournemouth (Piala Liga)
  • 22/12/2018 Chelsea 0-1 Leicester City (Premier League)
  • 27/12/2018 Watford 1-2 Chelsea (Premier League)

Persentase kemenangan

Crystal Palace 45-55 Chelsea

Sumber: Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Steve Emmanuel Lolos Bawa Kokain Lewat Bandara, BNN: Percanggih Alat Detektor

Posted: 29 Dec 2018 07:32 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Heru Winarko menyayangkan berhasil masuknya narkotika jenis kokain yang dibawa artis Steve Emmanuel lewat Bandara Soekarno-Hatta. Fasilitas pemindai barang haram pun dinilai perlu ditingkatkan performanya.

"Saya sudah ketemu dengan pemangku kepentingan, baik Menhub, Angkasa Pura, untuk meningkatkan kemampuan terutama alat-alat detektor (narkoba)-nya," tutur Heru di Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, Minggu (30/12/2018).

Heru menyadari, bandara sejauh ini fokus terhadap keselamatan terbang para penumpang. Namun, jangan sampai mengesampingkan pentingnya mencegah narkoba masuk ke Indonesia khususnya melalui jalur udara.

"Kita akan kembangkan dengan semua, termasuk dengan Bakamla TNI, lalu juga dengan Lapas karena kita ketahui di Lapas juga banyak dugaan operator di sana," jelas dia.

 

Upaya Pencegahan

BNN telah mengupayakan pencegahan narkoba masuk ke Indonesia dengan menjalin hubungan kerjasama dengan negara lain. Di antaranya seperti China dan Australia.

"Memang perlu peralatan-peralatan yang, karena barang-barang ini kita perlu memodifikasi untuk cara bertindak masuknya tinggal kita perlu alat-alat yang canggih lagi," Heru menandaskan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ki Kusumo Ramal Kehidupan Artis di Tahun Babi Tanah

Posted: 29 Dec 2018 07:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tahun 2019 beberapa hari lagi akan segera datang. Aktor, produser yang juga paranormal Ki Kusumo pun memberikan ramalannya untuk kehidupan artis di tahun 2019. Ki Kusumo menyampaikan ramalannya di tahun 2019 yang disebut sebagai tahun Babi Tanah. 

Ki Kusumo menyebut simbol Babi Tanah yang dikenal pemakan segala dan srudak-sruduk akan menggambarkan kehidupan artis Indonesia di tahun 2019. Menurut Ki Kusumo, akan banyak artis yang kurang berhati-hati dan terlalu cepat mengambil keputusan dalam sebuah permasalahan.

Alhasil, mereka pun menemukan jalan buntu ketika berusaha menyelesaikan masalah dengan cara tergesa-gesa itu.

"Di dunia artis ini unsur Babi ini yang suka sikat sana sini, banyak orang ceroboh, banyak orang tidak hati-hati. Sehingga apapun yang dilakukan menemukan jalan buntu, terutama dalam sisi-sisi yang berkaitan dengan penyelesaian masalah," kata Ki Kusumo saat ditemui di Jalan Swatantra V, Jatiasih, Bekasi, Jawa Barat, baru-baru ini.

Putus Asa

Ki Kusumo (Adrian Putra/bintang.com)

Pemilik nama asli Adhi Kusuma Wahab ini juga melihat banyak artis putus asa dengan segala permasalahan yang sedang dihadapi. Mereka seolah kehilangan arah lantaran masalahnya tak segera selesai dan bahkan tanpa ujung. Begitu pula konflik di antara para artis yang semakin banyak bermunculan dan kuat di tahun 2019 mendatang. 

"Banyak orang yang putus asa, pusing karena urusannya nggak pernah selesai dan nggak ada ujungnya. Banyak konflik yang tidak selesai, akhirnya membawa kepada akhir yang belum jelas," ujar pria yang maju menjadi caleg DPD RI Dapil Palu, Sulawesi Tengah ini.

 

Rumah Tangga Artis

Ki Kusumo [Liputan6.com]

Penerawangan Ki Kusumo terkait konflik di dunia hiburan ini pun juga ada kaitannya dengan hubungan dan rumah tangga para artis. Ki Kusumo melihat kasus perceraian artis akan semakin banyak terjadi dan terus meningkat di tahun depan. 

Ia sempat menyinggung soal gambaran Babi yang tidak peduli teman, tidak peduli pasangan dan mementingkan keuntungan diri sendiri.

Seolah konflik yang terjadi di dunia keartisan ada kaitannya dengan hubungan pertemanan yang tidak baik hingga pasangan artis yang mengutamakan ego masing-masing.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Inggris: Liverpool Menjauhi Rival

Posted: 29 Dec 2018 07:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Liverpool terus menjauhi rival-rivalnya di Klasemen Liga Inggris. Hingga pekan ke-20 jelang pergantian tahun, Minggu (30/12/2018), Liverpool sudah menahbiskan diri jadi tim yang belum terkalahkan hingga separuh musim.

Aksi ciamik Liverpool terlihat saat mereka menghajar Arsenal 5-1 pada lanjutan Liga Inggris. Roberto Firmino menggila dengan 3 gol ditambah gol Salah dan Mane.

Liverpool belum terkalahkan di 20 laga sehingga mengokohkan posisi mereka di klasemen Liga Inggris. Mereka unggul 9 poin dari Tottenham Hotspur yang secara mengejutkan kalah 1-3 dari Wolverhampton Wanderers.

Liverpool bisa terus melaju kencang kalau mampu mengalahkan rival terdekat, Manchester City pada pekan ke-21 nanti. Pantas ditunggu juga bagaimana hasil City di pekan ke-20 ini.

Manchester City digadang-gandang menjadi tim yang bisa hentikan Liverpool. City kini berpeluang menghuni posisi dua klasemen Liga Inggris kalau menang lawan Southampton.

 

 

 

Klasemen Liga Inggris

Striker Liverpool, Roberto Firmino, melepaskan tendangan saat melawan Arsenal pada laga Premier League di Stadion Anfield, Liverpool, Sabtu (29/12). Liverpool menang 5-1 atas Arsenal. (APPeter Byrne)

Berikut klasemen Liga Inggris hingga pertandingan Sabtu (29/12/2018)

Berikut klasemen Liga Inggris pekan ke-20 hingga duel Sabtu (29/12/2018) (soccerway.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polda Metro Tangkap 6.856 Tersangka Narkotika Sepanjang 2018

Posted: 29 Dec 2018 07:22 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tersangka kasus narkoba di wilayah hukum Polda Metro Jaya sepanjang 2018 menurun dibandingkan tahun sebelumnya. Pada 2017, Polda Metro menangkap 7.757 tersangka.

"Sedangkan 2018 hingga 18 Desember ada 6.856 tersangka," kata Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya Kombes Suwondo Nainggolan kepada merdeka.com, Minggu (30/12/2018).

Dari jumlah itu, 6.503 tersangka merupakan laki-laki. Dan 353 sisanya perempuan.

52 tersangka merupakan warga negara asing. Dalam pengungkapan kasus pada 2018, polisi mengamankan mulai dari produsen hingga pemakai.

"Untuk 2018 produsen 16, bandar 34, pengedar 5.917 dan pemakai 889. Tersangka yang dilakukan tindakan tegas alias meninggal dunia 2018 ada 12 orang," ujarnya.

Lebih lanjut Suwondo menjelaskan, pada pengungkapan kasus narkotika 2018, Polda Metro ditaksir bisa menyelamatkan 19.418.392 jiwa dari bahaya narkotika.

"Pastinya kedepannya akan lebih berat lagi tantangan bagi Ditresnarkoba untuk menangkal peredaran narkoba di wilayah hukum Polda Metro Jaya," pungkasnya.

 

Kasus Menonjol

Sebelumnya, Polda Metro Jaya merilis beberap kasus yang menonjol di wilayah hukum Polda Metro Jaya sepanjang 2018. Untuk posisi tertinggi, masih ditempati oleh kasus pencurian, pemerkosaan dan narkotika.

"Kasus pemerkosaan di tahun ini yang kita terima itu ada 31 kasus dan tahun lalu ada 38 kasus. Artinya turun 18 persen. Narkotika di tahun 2017 itu ada 6.287 kasus di tahun ini ada 5.659 kasus, terjadi penurunan 628 kasus atau 10 persen. Terakhir itu kasus kenakalan remaja tahun lalu ada 6 kasus dan tahun ini 2 kasus saja turun 4 kasus atau 66 persen," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis di Mapolda Metro Jaya, Jumat (28/12).

 

Reporter: Ronald 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Peluang Karier bagi Lulusan Jurusan Filsafat

Posted: 29 Dec 2018 07:19 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketika mendengar istilah filsafat, pasti sebagian besar orang langsung mengernyitkan dahi. Tak heran, karena Jurusan Filsafat itu identik dengan pembahasan yang berat-berat. Bahkan cenderung berputar-putar.

Meskipun begitu, sebetulnya Jurusan Filsafat itu ada asyiknya juga. Dengan seringnya berpikir secara kritis, bisa membuat Anda bisa lebih mengembangkan kemampuan analisis untuk berbagai hal.

Di samping itu, Jurusan Filsafat ternyata masih memiliki peluang karier yang beragam dan cukup terbuka. Apalagi di zaman sekarang yang hampir segala jurusan bisa menjajaki banyak pekerjaan. Soalnya keterampilan kerja bisa diasah ketika sudah diterima bekerja.

Berikut ini ada 5 peluang karier yang bisa Anda pertimbangkan, seperti yang dikutip dari Swara Tunaiku.

1. Eksekutif Pemasaran

Lulusan Filsafat itu umumnya sudah terbiasa untuk mempresentasikan ide serta informasi ketika masih kuliah di kampus dulu. Keterampilan tersebut sangat cocok dengan peluang karier di bidang eksekutif pemasaran. Soalnya bidang tersebut membahas banyak proses pengembangan kampanye pemasaran.

Contohnya seperti ide, promosi produk, serta jasa. Elemen-elemen dalam profesi seperti perencanaan, pengembangan produk, organisasi acara, sampai dengan penelitian, tentu membutuhkan seseorang yang serba dinamis. Itulah kenapa lulusan Filsafat cocok untuk pekerjaan ini karena terbiasa berpikir secara mendalam.

2. Guru atau Dosen Filsafat

Ilustrasi. Foto: Pixabay

Profesi ini juga sering dilirik oleh lulusan Filsafat. Dengan keahlian yang Anda miliki, tentu mudah untuk mengajarkan ilmu tersebut ke anak-didik Anda selama berada di universitas. Selain itu, Anda pun bisa membimbing serta mengenalkan pemikiran-pemikiran tertentu agar lebih kritis lagi ketika menghadapi persoalan.

Cukup banyak sih di Indonesia kalau bicara tentang lembaga pendidikan Filsafat. Contohnya seperti Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara (Jakarta), Sekolah Tinggi Filsafat Katolik Ledalero (NTT), dan sebagainya. Berhubung saingannya cukup sedikit, maka peluang untuk diterima sebagai guru ataupun dosen terbilang cukup besar.

3. Wartawan

Sepanjang kuliah, mahasiswa yang menekuni Jurusan Filsafat pasti sering belajar mengembangkan kemampuan dalam menafsirkan serta menganalisis beragam isu maupun informasi. Wartawan juga wajib memiliki kemampuan tersebut agar mampu menghasilkan berita yang berbobot dan layak untuk dikonsumsi publik.

Para wartawan itu umumnya mengadakan riset mendalam guna menulis berita nasional, lokal, maupun regional. Selain itu, wartawan juga tidak hanya meliput satu isu saja. Cakupan liputannya sangat luas. Mulai dari politik, olahraga, seni, umum, ilmu pengetahuan, dan lainnya. Kalau Anda ahli dalam hal tersebut, kemungkinan diterima jadi wartawan sangat besar.

4. Psikoterapis

Ilustrasi Psikoterapis (iStockphoto)

Lulusan Filsafat juga kerap kali berminat untuk menjajaki profesi sebagai psikoterapis. Soalnya dengan menekuni bidang ini, mereka bisa terus mengembangkan pola pikir lateral yang sejak kuliah sering dipelajari. Keberadaan psikoterapis sangat membantu segala permasalahan individu, pasangan, keluarga, maupun kelompok tertentu.

Hanya orang yang memiliki pendalaman terhadap kondisi psikologis serta emosional yang bisa menjadi psikoterapis. Soalnya keluhan dari klien umumnya tidak jauh dari hal-hal tersebut.

Metode yang diterapkan pun variatif, seperti terapi psikoanalitik dan psikodinamik, integratif dan psikoterapi humanistik, dan lain sebagainya.

5. Penulis Buku

Kenal dengan Eka Kurniawan yang karyanya (Lelaki Harimau) masuk nominasi Man Booker Prize International beberapa tahun lalu? Beliau juga lulusan Filsafat yang dulunya kuliah di Universitas Gadjah Mada. Seorang yang ahli dalam berfilsafat umumnya saat menulis, karyanya memiliki makna yang kompleks.

Baik penulis buku fiksi maupun non-fiksi, pemikiran Sarjana Filsafat selalu lebih unggul dibandingkan yang tidak memiliki kemampuan berfilsafat. Pemikiran secara filosofis saat ini memiliki pengaruh besar untuk mengubah dunia. Baik di bidang ilmu pengetahuan maupun kemanusiaan.

Biarpun banyak sekali pilihan profesi yang bisa Anda ambil, tetap harus disesuaikan dengan passion. Hanya dengan jalan itu, Anda akan lebih menikmati setiap tugas yang dikerjakan. Selain kelima profesi di atas, masih banyak kok profesi yang bisa Anda jalani.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Gagal Hentikan Harden, Pelicans Takluk dari Rockets

Posted: 29 Dec 2018 07:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta New Orlenas Pelicans harus merasakan kekalahan di kandang sendiri pada lanjutan NBA, Minggu (30/12/2018) pagi WIB. Gagal mengadang James Harden, Pelicans kalah 104-108 dari Houston Rockets.

Kemenangan ini menjadi yang kesembilan bagi Rockets dalam 10 laga NBA terakhir. Sedangkan Pelicans kalah enam kali dalam tujuh pertandingan NBA terakhir. 

Bertanding di Smoothie King Center, Rockets mengawali laga dengan sangat baik. Pada kuarter pertama, Rockets membungkam publik tuan rumah dengan unggul 30-20.

Pelicans baru bangkit di kuarter dua. Margin keunggulan Rockets dipangkas tuan rumah menjadi hanya tiga poin saja saat jeda babak pertama. Pelicans makin mendekat setelah merebut kuarter tiga. Rockets cuma unggul setengah bola saat kuarter terakhir dimulai.

Petaka terjadi di awal kuarter empat. Rockets mengamuk. Dimotori Harden, Rockets melesat dan sempat unggul sampai 15 poin.

Pelicans pantang menyerah. Mereka 12 poin beruntun guna mengejar menjadi 104-108 dengan tersisa 1 menit 16 detik.

 

Ketenangan Harden

Bahkan Pelicans sempat cuma terpaut tiga angka berkat dua poin dari Anthony Davis saat laga tersisa 19 detik. Namun Rockets memastikan kemenangan setelah PJ Tucker dan Harden dengan dingin mengeksekusi empat hadiah free throw.

Harden pada laga ini membuat 41 poin dan sembilan rebound ditambah enam assists. eric Gordon menyusul dengan 21 angka. Davis sendiri hanya membuat 22 poin dan 11 rebound untuk Pelicans.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: