Rabu, 19 Desember 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Prabowo Sebut Indonesia Akan Punah, Moeldoko: Jangan Berimajinasi, Nanti Repot

Posted: 19 Dec 2018 09:49 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko menanggapi pernyataan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto soal Indonesia akan punah jika dia dan Calon Wapres Sandiaga Uno kalah. Moeldoko meminta Prabowo tidak berimajinasi.

Hal ini dikatakam Moeldoko dalam acara diskusi 'Diseminasi Strategi Nasional Pencegahan Korupsi' di Hotel Mandarin Oriental Jakarta Pusat, Kamis (20/12/2018). Menurut dia, Indonesia telah mengalami banyak perubahan ke arah lebih baik.

"Jangan mengembangkan imajinasi. Kita harus berorientasi pada report, pandangan-pandangan dunia luar, pandangan berbagai lembaga-lembaga keuangan atau lembaga yang lain. Jangan kita percepat mengembangkan imajinasi. Nanti repot itu," kata Moeldoko di Hotel Mandarin Oriental Jakarta Pusat, Kamis (20/12/2018).

Mantan Panglima TNI itu menegaskan, perubahan signifikan pun terasa dari hari ke hari, melalui kebijakan yang dibuat oleh Pemerintah. Moeldoko juga menuturkan pemerintah terus menggencarkan pembangunan dan mencegah korupsi lewat berbagai kebijakan.

"Saya pikir ada perubahan yang snagat signifikan dari day to day perubahan menuju ke positif bukan perubahan menuju ke negatif, karena apa? Karena upaya-upaya gencar yang dilakukan pemerintah dan berbagai kebijakan yang dikeluarkan, dihasilkan. Semuanya terekam dalam sebuah report bukan sebuah imajinasi begitu," jelasnya.

 

Pernyataan Prabowo

Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko. (Liputan6.com/Hanz Jimenez Salim)

Sebelumnya, Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto menyebut elite politik selama ini mengecewakan rakyat. Selama puluhan tahun, para elite telah membawa sistem pemerintahan ke arah yang salah.

Maka itu, dia mengaku akan berjuang untuk memenangkan Pilpres 2019. Prabowo menyebut Konferensi Nasional Gerindra sebagai titik sebelum memasuki medan laga untuk menyelamatkan negara Indonesia.

"Kita merasakan rakyat ingin perubahan. Rakyat ingin pemerintah bersih tak korupsi karena itu kita tidak bisa kalah. Kita tidak boleh kalah, kalau kita kalah, negara ini bisa punah," kata Prabowo.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Tawarkan Pengembangan 6 Jembatan Timbang ke Swasta

Posted: 19 Dec 2018 09:47 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) bekerjasama dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyelenggarakan kegiatan Market Sounding Proyek KPBU Pengembangan Unit Pelaksanaan Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) atau yang biasa dikenal dengan jembatan timbang di Pulau Sumatera dan Jawa. Proyek ini merupakan revitalisasi UPPKB dengan total investasi sekitar Rp 330,6 Miliar. 

Dalam acara yang digelar di Ruang Nusantara, BKPM, Kamis (201/2/2018), hadir sekitar 90 peserta yang meliputi investor di bidang terkait, kontraktor, perbankan dan lembaga keuangan, konsultan serta asosiasi terkait dari dalam dan luar negeri.

Deputi Bidang Perencanaan Penanaman Modal (BKPM) Ikmal Lukman menyampaikan pengembangan UPPKB bertujuan bukan hanya untuk membangun dan mengadakan fasilitas pendukung operasional jembatan timbang.

Namun juga mengoptimalkan fungsi UPPKB dalam pengawasan, penindakan, dan pencatatan atas kendaraan bermotor tipe angkut muat untuk meningkatkan keselamatan pengguna jalan dan menjaga kondisi infrastruktur jalan.

"Pemilihan skema KPBU dalam penyediaan infrastruktur ini tidak hanya atas pertimbangan efisiensi anggaran semata, yang lebih penting adalah pemanfaatan partisipasi swasta dalam menyajikan pelayanan yang lebih berkualitas kepada masyarakat dengan memanfaatkan keahlian dalam penggunaan teknologi dan pengalaman yang dimiliki," ujar dia.

Direktur Prasarana Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhu) Chandra Irawan mengungkapkan, pengembangan UPPKB melalui skema KPBU meliputi enam lokasi, yaitu UPPKB Tanjung Kabupaten Brebes, UPPKB Subah Kabupaten Batang, UPPKB Guyangan Kabupaten Nganjuk, UPPKB Blambangan Umpu Kabupaten Lampung Utara, UPPKB Merapi Kabupaten Lahat dan UPPKB Muara Tembesi Kabupaten Batanghari.

‎Dengan pengembalian investasi berasal dari Avalaibility Payment (AP) selama masa konsesi 15 tahun. Proyek ini juga direncanakan akan mendapatkan penjaminan pemerintah (Government Guarantee) melalui PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia dengan lingkup jaminan berupa kepastian pembayaran AP serta resiko politik dan regulasi.

"Pengembangan UPPKB ini akan disesuaikan menuju standar pelayanan yang telah diamanatkan dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 134 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Penimbangan Kendaraan Bermotor dan Surat Keputusan Dirjen Perhubungan Darat No. SK 736/AJ.108/DRJD/2017 tentang Pedoman Teknis Penyelenggaraan Penimbangan Kendaraan Bermotor di Jalan," jelas Chandra.

Rencana pengembangan UPPKB ini juga akan dilengkapi dengan penggunaan teknologi informasi dan sistem informasi yang handal yan akan terkoneksi dengan sistem data terpusat Kementerian Perhubungan.

 

Cakupan Pekerjaan

Ilustrasi jembatan timbang. (Foto:Kemenhub)

Sementara itu, Kepala Sub Direktorat Prasarana Penimbangan Kendaraan Bermotor Iman Sukandar menjelaskan cakupan pekerjaan Pengembangan UPPKB di Pulau Sumatera dan Jawa, diantaranya adalah mendesain, membiayai, dan membangun UPPKB di enam lokasi di Pulau Sumatera dan Jawa, serta pengadaan dan pemeliharaan fasilitas utama dan fasilitas penunjang terkait pengoperasian UPPKB.

"Fasilitas utama UPPKB terdiri dari bangunan kantor, landasan penimbangan, bangunan penindakan pelanggaran, Weight in Motion (WiM), serta penimbangan dan penurunan muatan. Tahap prakualifikasi proyek akan dilakukan sekitar kwartal II Tahun 2019," ungkap Iman.

Market Sounding kali ini merupakan Market Sounding pertama dengan maksud memberikan feedback terhadap penyusunan pra studi kelayakan/ Outline Business Case (OBC) yang kemudian akan menjadi masukan dalam penyusunan Final Business Case (FBC) proyek tersebut.

Beberapa perusahaan yang hadir, antara lain: PT Astra, PT Sojitz, PT Nindya Karya, PT Penta-Ocean Construction, PT Metler Toledo, PT Nindya Karya (Persero), Mitsubishi Corporation, BAS Logistics (Sinarmas Group), PT. Jababeka Infrastruktur, Korea Trade-Investment Promotion Agency (KOTRA), PT Waticakra, SGMW Motor, Itochu, KAJIMA Corp dan perusahaan lainnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penjelasan Traveler Inggris soal Unggah Foto Bule Berjemur Dikelilingi Sampah di Pantai Bali

Posted: 19 Dec 2018 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Seorang traveler bernama Jordan Simons mengunggah dua potret yang menampilkan seorang bule perempuan berjemur di tepi pantai di Bali lewat akun Instagram pribadi @thelifeofjord. Namun yang menjadi sorotan adalah kondisi pantai yang dipenuhi oleh sampah.

Potret yang diunggah pada 16 Desember 2018 tersebut diambil di Pantai Batu Bolong, Canggu, Bali. Informasi ini Jordan sampaikan melalui kolom komentar setelah salah satu warganet bertanya terkait lokasi pengambilan foto.

Selang sehari, ia kembali membagikan video singkat yang memperlihatkan saat drone mengabadikan momen dalam potret. Selain debur ombak, di tepi pantai tampak sampah yang bertebaran.

Menurut informasi Instagram @vicababypinsela, fenomena sampah di pantai Bali karena efek angin barat. Hal ini kerap terjadi selama bertahun-tahun dan kian parah di penghujung tahun.

Sementara, @loevelife menyampaikan hal berbeda. "Painful but true. It's time to wake up and clean up our mess (Menyakitkan tapi ini yang sebenarnya. Ini waktunya untuk bangun dan membersihkan kekacauan kita)," tulisnya.

Setelah beragam tanggapan memenuhi kolom komentar unggahanya, Jordan kembali dengan potret yang diunggah hari ini, Kamis (20/12/2018). Terdapat empat potret yang mengabadikan kecantikan dan indahnya panorama Pulau Dewata disertai penjelasan.

"This is also Bali, one of the most beautiful and welcoming places I've ever been to (Ini juga di Bali, salah satu tempat paling indah dan ramah yang pernah saya kunjungi," tulis Jordan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Penjelasan Jordan Simons

Traveler Jordan Simons mengunggah sederet potret dan penjelasan soal foto bule berjemur dikelilingi sampah di Bali. (dok. Instagram @thelifeofjord/https://www.instagram.com/p/BrlvTlmAfJM/Putu Elmira)

Jordan Simons memberikan penjelasan cukup panjang lewat kolom keterangan keempat potret indahnya alam Bali. Ia meletakkan foto-foto bertujuan untuk menunjukkan dampak yang semua miliki di alam saat ini, tidak hanya di Bali tetapi di seluruh dunia.

"It's a worldwide problem and don't let any of the images put you off Bali and Indonesia, as it is probably one of the best countries you'll ever travel to (Ini adalah masalah yang mendunia dan jangan biarkan gambar-gambar itu menjauhkan Anda dari Bali dan Indonesia, karena mungkin ini adalah salah satu negara terbaik yang pernah Anda kunjungi)," tambahnya

Traveler asal Inggris ini kembali mengatakan sejak mengunggah foto-foto dan video tersebut, ia belajar bulan Desember adalah bulan terburuk untuk sampah di pantai. Hal ini karena arus membawa ke pantai daripadake laut.

Tidak ketinggalan, Jordan menyebut bahwa satu-satunya cara adalah mengajak warganet untuk mengurangi penggunaan plastik. "If even a few people change their attitudes, then I'm glad I could play a small part in that (Bahkan jika beberapa orang mengubah sikap mereka, saya senang dapat jadi bagian kecil dari itu)," jelas Jordan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Klaim Nasdem, Kini Golkar Sebut TGB Masuk Partainya

Posted: 19 Dec 2018 09:41 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Muhammad Zainul Majdi alias Tuan Guru Bajang (TGB) dikabarkan akan masuk ke Partai Golkar. Hal itu akan diumumkan langsung Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dalam acara silaturahmi bersama elite partai di Hotel Darmawangsa, Jakarta Selatan, Kamis (20/12/2018).

"Iya. Insya Allah beliau hadir nanti malam dan ya menyatakan diri gabung ke Partai Golkar," kata Koordinator Bidang Kepartaian Ibnu Munzir pada Merdeka.com, Kamis (20/12/2018).

Nama TGB sebelumnya dikabarkan akan merapat ke Partai Nasdem. Partai besutan Surya Paloh itu menyebut bergabungnya mantan Ketua DPW Demokrat NTB ke partai ini dilakukan secara resmi saat Surya Paloh berkunjung ke Nusa Tenggara Barat (NTB).

Namun kini bergulir kabar lain. Partai Golkar mengklaim mantan kader Demokrat tersebut bakal menjadi bagian dari partai pohon beringin.

Ibnu enggan mengungkap lebih lanjut alasan di balik masuknya Mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat (TGB) itu ke partai beringin. Dia hanya menduga TGB cocok dengan visi misi Golkar.

"Belum, belum. Kita belum tahu mungkin cocok aja," kata dia.

 

Deklarasikan Diri Masuk Golkar

Ekspresi mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), TGB Muhammad Zainul Majdi saat konferensi pers klarifikasi pemberitaan di Jakarta, Rabu (19/9). TGB diduga menerima gratifikasi terkait saham PT Newmont Nusa Tenggara. (Merdeka.com/Imam Buhori)

TGB, lanjut Ibnu, juga akan hadir dalam acara silaturahmi tersebut. Kemudian mendeklarasikan diri masuk Golkar.

"InsyaAllah hadir. Rencananya beliau menyatakan itu. Beliau akan hadir dan pada saat hadir itulah kita mungkin ketua umum kami men-declair itu," ucapnya.

Reporter: Sania Mashabi

Sumber: Merdeka.com.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Penampakan Uang Rp 7 Miliar Korupsi Dana Hibah Kemenpora ke KONI

Posted: 19 Dec 2018 09:41 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menemukan uang sekitar Rp 7 miliar di kantor Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) yang diduga terkait korupsi dana hibah Kemenpora. Uang itu ditemukan KPK dalam kondisi masih terbungkus rapi dalam plastik bening.

Pada Rabu 19 Desember 2018 malam, uang gepokan itu dipamerkan KPK kepada publik melalui media massa.

Penyidik menunjukkan barang bukti uang terkait OTT kasus korupsi pejabat pada Kemenpora serta pengurus KONI di Gedung KPK, Rabu (19/12). KPK menangkap 12 orang diantaranya Deputi IV Kemenpora, Sekjen KONI dan Bendahara KONI. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, uang tersebut merupakan hasil pencairan yang merupakan bantuan hibah dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Pencairan itu dilakukan sebanyak dua kali. 

"Uang yang diamankan sekitar Rp 7 miliar itu adalah merupakan uang pencairan dari bantuan hibah di periode Desember, ada dua kali pencairan," kata Febri di Gedung KPK, Rabu 19 Desember 2018 malam.

Penyidik menunjukkan barang bukti uang terkait Operasi Tangkap Tangan (OTT) pejabat Kemenpora di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (19/12). Dalam OTT tersebut KPK mengamankan barang bukti berupa uang senilai Rp7,318 Miliar. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Pencairan ini, lanjut dia, tak lazim dilakukan dalam pemberian dana hibah. Menurut KPK, dana hibah biasanya dilakukan melalui transfer antarbank.

"Jadi, sebenarnya pencairan itu yang kami pandang normal adalah pencairan melalui sarana perbankan dari Kemenpora ke KONI tetapi entah dengan alasan apa kemudian dilakukan pencairan uang sampai cash sekitar Rp 7 miliar," ucap Febri seperti dilansir Antara.

Penyidik menunjukkan barang bukti uang terkait Operasi Tangkap Tangan kasus korupsi pejabat pada Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) serta pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) di Gedung KPK, Rabu (19/12). (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

 

 

Fee 16

Penyidik menunjukkan barang bukti uang terkait OTT kasus korupsi pejabat pada Kemenpora serta pengurus KONI di Gedung KPK, Rabu (19/12). KPK menangkap 12 orang diantaranya Deputi IV Kemenpora, Sekjen KONI dan Bendahara KONI. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Sebelumnya, KPK menduga ada kesepakatan antara Kemenpora dan KONI untuk mengalokasikan fee sebesar 19,13 persen dari total dana hibah Rp 17,9 miliar, yaitu sejumlah Rp 3,4 miliar.

"Kami duga dan ditelusuri lebih lanjut sebagian dari uang tersebut terkait komitmen fee yang sudah dibicarakan sejak awal sekitar Rp 3,4 miliar atau sekitar 19,13 persen tersebut dan sisanya tentu saja diduga masih ada keterkaitan dan dibutuhkan sebagai bukti dalam penanganan perkara karena keseluruhan uang itu masih satu kesatuan," kata Febri.

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang mengatakan pada tahap awal, diduga KONI mengajukan proposal kepada Kemenpora untuk mendapatkan dana hibah tersebut.

"Diduga pengajuan dan penyaluran dana hibah sebagai akal-akalan dan tidak didasari kondisi yang sebenarnya," kata Saut.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Gaya Falcon Promo Film, Gala Premier di Kapal Pesiar sampai Sewa Pesawat

Posted: 19 Dec 2018 09:40 PM PST

Liputan6.com, Singapura - Falcon Pictures dikenal sebagai rumah produksi di Tanah Air yang tak tanggung-tanggung dalam mempromosikan film buatannya. Lihat saja film terbarunya yang bakal tayang pada 27 Desember mendatang, Asal Kau Bahagia.

Gala premier film ini digelar di Genting Cruise pada Kamis (20/12/2018), saat kapal pesiar tersebut berlayar dari Singapura menuju Malaysia.

Acara ini, dihadiri media, selebritas, dan undangan lain, yang totalnya mencapai 150 orang. Tak hanya itu, untuk memberangkatkan rombongan yang akan hadir ke Singapura, Falcon menyewa satu pesawat sendiri.

Produser Falcon Pictures, Frederica, mengatakan ada alasan kuat mengapa pihaknya kerap melaksanakan promosi secara jor-joran.

 

Ingin Menarik

Film Asal Kau Bahagia

"Kalau (promo) konvensional yang bisa dilakukan banyak orang, itu tidak akan menarik banyak publik. Kenapa kita melakukan ini, juga karena kita kan pengin mendapat perhatian lebih. Kita juga ingin treat film kita secara lebih luas," tuturnya saat berbicara kepada media di Singapura, Rabu (19/12/2018).

Lantas, apakah gaya promosi besar-besaran ini akan menjadi tradisi Falcon ke depannya?

"Ya...semoga ya. Maksudnya, kita ingin sesuatu yang menarik terus," tuturnya.

 

Inovasi

Aliando Syarief mengisi soundtrack Asal Kau Bahagia

Frederica juga menjanjikan bahwa pihaknya akan terus memberikan pendekatan yang segar dalam promosi film-filmnya.

"Setiap film yang kita rilis, kita selalu berinovasi dalam setiap promosi yang kita bikin. Kita tidak pernah punya pola yang repetitif," kata dia.

Khusus mengenai alasan penayangan perdana Asal Kau Bahagia di kapal pesiar, Frederica mengatakan beberapa alasannya. Salah satunya adalah wisata dengan kapal pesiar merupakan tren di tengah anak muda masa kini.

"Selain itu, karena ini kan kembalinya Aliando juga," tuturnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mulai 2019, Ganjil Genap Diberlakukan dari Jam 6 Pagi Sampai 9 Malam?

Posted: 19 Dec 2018 09:32 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sejak gelaran Asian Games dan Para Games beberapa waktu lalu, sejumlah ruas jalan di Jakarta diberlakukan peraturan ganjil genap. Sistem tersebut dianggap cukup efektif untuk mengurai kepadatan lalu lintas, dan muncul wacana bakal diteruskan pada 2019.

"Pembatasan lalu lintas dengan skema ganjil genap supaya diteruskan, waktunya dari pukul 06.00 sampai dengan pukul 21.00 wib," ujar Kepala Sub Direktorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Budiyanto, dalam Focus Group Discussion (FGD) di Mapolda Metro Jaya, seperti disitat Merdeka.com, Rabu (20/12/2018).

Penerapan ganjil genap ini akan dilakukan Senin hingga Jumat. Namun, untuk Sabtu, Minggu dan juga libur nasional ditiadakan. Alasan waktu pemberlakuan ganjil genap diberlakukan 15 jam, dan tidak persegmen waktu untuk mencegah pergeseran jam macet.

"Kalau dibagi persegmen macetnya bergeser di luar waktu tersebut, dan mereka nunggu. (Intinya) Push and pull mendorong masyarakat beralih ke transportasi umum," tegasnya.

Meskipun begitu, Budiyanto juga menjelaskan, hasil FGD ini akan digunakan sebagai bahan masukkan dan pertimbangan ke Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, untuk mengambil keputusan.

"Dari Dishub akan membuat laporan ke gubernur, untuk mendapatkan persetujuan keputusan dari gubernur. Keputusan terakhir ada pada gubernur," jelasnya.

selanjutnya

Sebelumnya diberitakan, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek atau BPTJ juga meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, untuk memperpanjang penerapan sistem ganjil genap.

Kepala BPTJ, Bambang Prihatono mengatakan, ganjil genap dinilai sangat efektif mengurangi kemacetan di Jakarta.

"Ganjil genap itu kebijakan temporer, karena orang bisa beli mobil lagi atau pindah ke kendaraan roda dua," katanya

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menteri Susi: Akuntabilitas Masih Jadi PR Besar buat KKP

Posted: 19 Dec 2018 09:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti geram terkait anggaran belanja Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang tercatat selalu turun setiap tahun.

Hal itu disebabkan akuntabilitas dan profesionalisme yang masih menjadi pekerjaan rumah besar bagi KKP.

"Dari awal-awal saya menjabat anggaran Rp 13 triliun, turun jadi Rp 7 triliun sampai akhirnya pagu anggaran untuk tahun depan jadi Rp 5,8 triliun. Karena banyak kepentingan yang tak bisa diselesaikan, keuntungan segelintir pengusaha, ini jadi tidak memudahkan KKP untuk belanjakan barang dan jasa," ucap dia di acara Rencana Pengadaan Barang dan Jasa KKP 2019, Jakarta, Kamis (20/12/2018).

Susi memaparkan, bagaimana rencana-rencana KKP masih membutuhkan perbaikan total di acara tersebut. Kata dia, banyak program-program KKP yang akhirnya tidak bisa direalisasikan untuk kepentingan nelayan dan masyarakat.

"Saya itu ingin 4 tahun pemerintahan minimal 5 ribu kapal keluar untuk revitalisasi kapal nelayan kita. Kemudian, di tahun ke-3 target saya itu anggaran Rp 30 triliun, tapi itu akhirnya hanya rencana saja. Wong Rp 13 triliun saja kita enggak bisa making it work kok. Seribu kapal saja diselesaikan multi years. Juni kontrak belum ditandatangani," ucap dia.

 

 

Sistem Pengadaan Perlu Dipersingkat

Kapal bantuan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk nelayan di Kepulauan Natuna. (Gideon/Liputan6.com)

Ia menambahkan, ekosistem proses pengiriman barang dan jasa KKP juga masih berbenturan dengan regulasi yang panjang dari pemerintah. Sistem pengadaan, kata dia, perlu dipangkas untuk lebih singkat dan memudahkan.

"Begitu banyak kesulitan yang kita sendiri, pemerintah, buat dalam belanjakan anggaran. Kita tersibukkan dengan proses dan proses. Sudah kapal tidak jadi, poltek 10 juga tidak jadi. Padahal seharusnya 10 poltek itu terbangun dalam 1 tahun. Sekarang baru 7 poltek yang terbangun selama 4 tahun," ungkap dia.

Oleh sebab itu, ia secara tegas menyarankan agar KKP ke depannya dapat lebih akuntabel dalam mengelola anggaran. Penyerapan anggaran belanja barang dan jasa dinilai penting guna mengoptimalkan manfaatnya kepada masyarakat.

"Negara sudah sediakan uangnya, karena KKP kurang akuntabilitas kita jadi tak bisa buat anggaran itu terserap untuk program pembangunan. Nelayan kecil kita faktanya tetap tidak punya kapal. Yang disalahkan pasti Menterinya,   Saya minta pengadaan ini harus berubah. Untuk kawan-kawan KKP, ini PR kalian semua," ujarnya.

"Jadi saya harap kerja sama dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) jadi pintu untuk revitalisasi, kembalikan profesionalisme dan akuntabilitas dalam pengadaan barang dan jasa di KKP," ia menambahkan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kondisi Terkini Akses Jalan Siantar-Parapat Usai Longsor

Posted: 19 Dec 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Medan - Akses jalan penghubung Siantar-Parapat yang sempat terputus akibat longsor di Kecamatan Girsang Simpangan Bolon, Simalungun, Sumatera Utara, kini sudah bisa dilalui kendaraan lagi.  

Kepala BPBD Sumatera Utara Riadil Akhir Lubis di Medan, Rabu (19/12/1208) malam mengatakan arus lalu lintas di lokasi yang tejadi longsor, sudan aman, dan lancar dilalui kendaraan mobil maupun sepeda motor.

Menurut dia, arus lalu lintas ruas jalan Nasional penghubung Kota Pematang Siantar-Parapat Kabupaten Simalungun, kembali normal, sekira pukul 02.00 WIB.

"Jadi, masyarakat dan pengguna jalan tidak usah cemas melalui jembatan sidua-dua Kecamatan Simpangan Bolon, dan badan jalan sudah bersih dari tumpukan lumpur," ujar Riadil, seperti dikutip dari Antara.

Ia menyebutkan, mobil Toyoto Rush dan mobil pick-up L-300 yang tertimbun longsor, juga sudah berhasil dievakuasi.

Sedangkan, truk tronton yang mengangkut bahan logistik belum bisa dievakuasi, masih berada di pinggiran jalan, dan tidak mengganggu arus lalu lintas.

"Empat unit alat berat dikerahkan untuk membersihkan material longsor yang menutup badan jalan," ucap dia.

Riadil menjelaskan, hingga malam ini arus lalu lintas aman, dan tidak ada lagi terjadi longsor, namun yang perlu penggendara tetap waspada.

"Jangan ada lagi peristiwa longsor di jalan nasional itu, dan daerah lainnya di wilayah Sumut," kata mantan Kepala Bappeda Sumut itu.

 

Sempat Ada Longsor Susulan

Sebelumnya, akses jalan Siantar-Parapat putus, akibat tertimbun longsor persis Jembatan Sidua-dua di Kecamatan Girsang Simpangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Rabu (18/12) sekira pukul 11.30 WIB.

Longsoran lumpur dari Bukit Hulu Sungai menyebabkan jembatan sebelah kiri tertimbun lumpur dan tidak dapat dilalui.

Akibat kejadian tersebut, satu unit truk ekspedisi mengalami rusak parah di atas jembatan dan tidak ada korban jiwa.

Kemudian pada pukul 11.45 WIB sampai dengan pukul 16.45 WIB, penanganan dan pembersihan material longsor dilaksanakan oleh kontraktor PT Bumi Karsa.

Saat pekerjaan pembersihan dilaksanakan terjadi lagi longsor susulan yang lebih dahsyat dan menyebabkan putusnya akses kedua jembatan karena tertimbun lumpur. Bahkan, akibat peristiwa itu satu unit mobil Toyota Rush rusak parah di atas jembatan, beruntung tidak ada korban jiwa.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Leicester vs Manchester City: Guardiola Puji Perjuangan Pemain Muda

Posted: 19 Dec 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Manchester - Manchester City lolos ke semifinal Piala Liga Inggris. Mereka menyingkirkan Leicester City di King Power Stadium, Rabu (19/12/2018).

Kevin De Bruyne dan kawan-kawan menang dalam drama adu penalti dengan skor 3-1. Di waktu normal, Manchester City bermain imbang 1-1.

Usai pertandingan, pelatih Manchester City, Pep Guardiola memuji kualitas pemain muda. Di laga ini, Guardiola memainkan lima pemain muda.

"Kami bermain dengan Kevin De Bruyne dan Sergio Aguero, yang tak bisa bermain 90 menit. Kami bermain dengan seorang pemain berusia 17 tahun (Eric Garcia) dan Aro Muric yang baru berusia 20 tahun," katanya, dikutip dari situs resmi klub.

"Kami membuat penampilan yang cukup bagus. Tentu, kami memiliki peluang untuk memenangkan pertandingan sebelumnya. Musim lalu kami juga menang lewat adu penalti berkat Claudio (Bravo). Tahun ini karena Aro," ujar manajer Manchester City berusia 47 tahun itu.

Kegagalan Eksekusi Penaltih Sterling

Raheem Sterling gagal mengeksekusi penalti melawan Leicester. (AFP/Oli Scarff)

Pada kesempatan yang sama, Guardiola juga mengomentari kegagalan Raheem Sterling mengeksekusi tendangan penalti. Streling memutuskan melakukan teknik Panenka, tapi gagal.

"Raheem Sterling mengambil keputusan (untuk melakukan chip dalam eksekusi penaltinya). Sayangnya, dia gagal tapi tidak mengapa," ucap Guardiola.

 

Lawan Manchester City

Di babak semifinal Piala Liga Inggris, Manchester City akan menghadapi tim League One, Burton Albion. Sergio Aguero dan kolega membidik gelar keempat di ajang ini dalam enam musim terakhir.

Leg pertama akan dimainkan pada 7 Januari dan leg kedua akan dimulai pada 21 Januari. Tanggal dan waktu kick off akan segera dikonfirmasi.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Jadwal Premier League 2018-2019 pekan ke-19, Leicester City vs Manchester City. (Bola.com/Dody Iryawan)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Istri Gugat Cerai Reza Bukan karena Kasus Narkoba?

Posted: 19 Dec 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Reza Bukan harus mendapat kenyataan pahit. Belum tuntas proses hukumnya dalam dugaan kasus narkoba, komedian 38 tahun itu sudah harus menghadapi masalah baru.

Diam-diam istri Reza Bukan, Verena Visca Purnamasari, melayangkan gugatan cerainya ke Pengadilan Negeri Jakarta Barat. Sidang cerai perdana mereka pun akan digelar pada 23 Januari 2019 mendatang.

Ironisnya, Reza Bukan mengaku tak tahu kabar perceraian itu dari mulut sang istri. Ia justru diberitahu hakim yang sedang menyidang kasus dugaan kepemilikan narkoba pada Rabu (19/12/2018).

"Baru tahu, tetapi serahkan saja dulu (ke pengadilan)," kata Reza Bukan usai sidang.

Karena Narkoba?

Reza Bukan (Instagram/ @rezbuk)

Pemain FTV Santri Galau itu menduga kasus narkoba yang menjeratnya sebagai alasan Verena meminta cerai. Namun Reza belum tahu akan mengambil langkah apa dalam menghadapi masalah tersebut.

"Mungkin, karena kasus ini kali ya," tuturnya.

Dinasihati Hakim

Reza Bukan

Dalam sidang narkoba Reza Bukan di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, majelis hakim sempat menyampaikan adanya gugatan cerai dari sang istri. Reza yang mengaku baru tahu gugatan itu sempat mendapat nasihat dari hakim

"Ya, kamu mesti yang sabar, yang kuat, belajar dari semua ini," ucap hakim.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Penjelasan Go-Jek Soal Rute dan Tarif yang Berbeda

Posted: 19 Dec 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tarif dan rute yang berbeda saat memesan layanan Go-Car dari Go-Jek, menjadi artikel yang paling banyak dicari pembaca kanal Tekno Liputan6.com pada Rabu (19/12/2018).

Tak cuma itu, ada juga dua artikel lain yang tak kalah hits menarik perhatian, di antaranya seperti 10 hoaks paling menggemparkkan di sepanjang 2018, dan Xiaomi Redmi 7 yang bakal hadir dalam 11 pilihan warna.

Tanpa berpanjang lebar lagi, yuk simak rangkuman ketiga berita tersebut berikut ini.

1. Rute dan Tarif Berbeda Saat Pesan Grab dan Go-Jek? Ini Penjelasannya

Pernahkah kamu mengalami rute dan tarif yang berbeda saat memesan transportasi online dari Go-Jek atau Grab? Jika ya, jangan bingung dan panik, karena kamu tidak sendiri.

Salah seorang pengguna Go-Jek juga mengalami kejadian serupa. Kepada Tekno Liputan6.com, pengguna yang tidak disebutkan namanya ini mencoba memesan layanan mobil Go-Car dari Go-Jek pada saat pagi hari, tepatnya pukul 06.59 WIB.

Ia memesan Go-Car dari rumahnya di kawasan Tangerang ke stasiun kereta api Batu Ceper. Namun, saat memesan Go-Car, jaraknya berubah dan menjadi lebih jauh--hingga 10 kilometer. Tarifnya pun meroket hingga Rp 50 ribu.

Selengkapnya baca di sini

2. 10 Hoaks Paling Menggemparkan Sepanjang 2018

Sepanjang 2018, banyak hoaks yang bertebaran di media sosial. Berita bohong itu tak bisa dimungkiri menimbulkan dampak negatif yang meresahkan dan ketakutan.

Setidaknya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengidentifikasi 10 hoaks yang paling menggemparkan pada 2018.

Dampak yang ditimbulkan pun relatif beragam, mulai dari menimbulkan keresahan, ketakutan di sebagian kelompok masyarakat, hingga menjadi perhatian nasional.

Selengkapnya baca di sini

3. Xiaomi Redmi 7 Bakal Hadir dalam 11 Warna?

Belum lama memperkenalkan Redmi 6, Xiaomi diketahui sudah mempersiapkan penerusnya. Smartphone yang diberi nama Redmi 7 itu, diketahui kehadirannya lewat situs badan sertifikasi ponsel Tiongkok, TENAA.

Dikutip dari GSM Arena, Rabu (19/12/2018), awalnya informasi seputar smartphone ini baru muncul dalam bentuk foto. Namun, dalam laporan terbaru giliran spesifikasi smartphone tersebut yang terungkap.

Perangkat dengan nomor model M1901F9T ini didukung CPU octa-core dengan kecepatan 2.3GHz. Dari sisi warna, Redmi 7 disebut akan memiliki 11 varian warna--jumlah warna terbanyak yang pernah dirilis Xiaomi.

Selengkapnya baca di sini

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kelebihan iPhone 7 Plus, Smartphone Anti Air dan Debu Dengan Spek Canggih

Posted: 19 Dec 2018 09:27 PM PST

Liputan6.com, Jakarta iPhone 7 Plus dirilis di Bill Graham Civic Auditorium, San Fransisco, Amerika Serikat pada September 2016 lalu. Hadir sebagai pembaharuan dari seri sebelumnya, iPhone 7 Plus dibekali beragam teknologi dan fitur canggih. Dalam hal spesifikasi, performa dan fitur, iPhone memang selalu menjadi salah satu yang terbaik di pasar smartphone.

Apple merilis iPhone 7 Plus dengan kemampuan anti-air dan debu, menghapus port audio 3,5 milimeter, memasang chip A10, serta merilis varian warna hitam yang bernuansa glossy. Penasaran apa lagi kelebihan iPhone 7 Plus lainnya? Yuk langsung simak ulasan Liputan6.com mengenai kelebihan iphone 7 Plus yang dirangkum dari berbagai sumber.

Kelebihan iphone 7 plus sektor desain dan tampilan

Kelebihan iPhone 7 Plus memiliki desain yang sangat berkelas dan mewah khas iPhone yang terbuat dari material full metal aluminium. Ponsel ini tipis, ringan namun tetap memberi kesan kokoh. Dengan berat 143 gram, iPhone 7 Plus terasa cukup nyaman digenggam.

Dimensi Apple iPhone 7 Plus sendiri mencapai 158.2 x 77.9 mm berketebalan 7.3 mm yang cukup ramping dan bobot mencapai 188 gram. Apple iPhone 7 Plus hadir dalam pilihan warna hitam, silver, gold dan pink dalam penampilan yang glamor.

Kelebihan iPhone 7 plus hadir dengan tombol home yang bisa dikatakan benar-benar berubah. Pada seri sebelumnya, tombol tersebut dirancang sebagai tombol mekanis yang bisa memperdengarkan bunyi klik atau memberikan kesan pergerakan saat ditekan.

"Home button" di iPhone bisa dikatakan "menghilang dari iPhone 7. Tidak ada lagi tombol Home lama yang nyata fisiknya dan bersifat mekanik. Tombol Home di iPhone 7 kini menggunakan fitur yang dinamai Taptic Engine yang akan memberi respon balik saat ditekan. Pengguna juga akan merasakan vibrasi ketika ada pesan yang masuk atau notifikasi baru. Tombol Home baru didesain ulang dengan Force Touch yang lebih sensitif dan responsif.

Kelebihan iPhone 7 plus dibekali kemampuan anti-air dan anti-debu dengan sertifikasi IP67. Artinya, iPhone 7 plus bakal tahan cipratan dan guyuran air hingga kedalaman maksimal satu meter.

Kelebihan iPhone 7 Plus dibekali layar 5,5 inchi dengan resolusi 1920 x 1080 piksel dan kerapatan mencapai 401ppi yang sangat nyaman saat digunakan untuk main game, streaming vidio atau aktivitas multimedia lainya. Selain itu dengan panel layar LED-backlit IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors, sangat optimal untuk menampilkan gambar dengan kualitas lebih baik dengan sudut pandang luas dari segala sisi.

Kelebihan iPhone 7 Plus dari sektor layar juga bisa dilihat dari adanya dukungan Display zoom, Lapisan layarnya didukung Ion-strengthened glass, oleophobic coating untuk anti gores dengan dilengkapi Wide Gamut Display dan 3D Touch Display.

Kelebihan iPhone 7 plus dari sektor dapur pacu

iPhone 7 Plus

Kelebihan iPhone 7 Plus dipersenjatai dengan spesifikasi hardware yang mumpuni. Yaitu dengan prosesor baru yakni chip Apple A10 Fusion APL1024 Quad core 2.34Ghz Dual core 1.1Ghz diperkuat dengan RAM sebesar 3 GB terbukti mampu menghasilkan performa smartphone yang luar biasa hebat. Chipset ini merupakan chip 64bit yang diklaim memiliki performa 50 persen lebih cepat ketimbang chip A9 pada iPhone 6s dan 6s Plus. Inilah mengapa performa iPhone 7 dan 7 Plus lebih baik dari pendahulunya.

Spesifikasi hardware ini telah terbukti mampu membuat iPhone 7 Plus bekerja secara cepat dan efisien.

Kelebihan iphone 7 Plus sektor fotografi

Kelebihan iPhone 7 Plus memiliki dua lensa 12MP (f/1.8, 28mm & f/2.8, 56mm), phase detection autofocus, 2x optical zoom, OIS, dan quad-LED (dual tone) flash. Kegunaan dua kamera ini adalah agar penggunanya bisa melakukan zoom secara optik hingga 2x, dan digital sebanyak 10x. Dua kamera ini juga bisa digunakan untuk mendapatkan depth of field (DoF) yang lebih tipis, atau lazim disebut dengan istilah bokeh yang lebih bagus.

Kamera depan beresolusi 5MP dengan bukaan f/2.2, face detection. Kualitas tersebut didukung dengan fitur quad LED flash, geo-tagging, video 4K, 8MP image recording, touch focus, face/smile detection dan HDR.

Kelebihan iphone 7 Plus pada fitur pendukung

Kelebihan iPhone 7 Plus hadir dengan tiga opsi kapasitas penyimpanan, yakni 32GB, 128GB, dan 256GB. Sementara pada sektor baterai, iPhone 7 plus dibekali baterai berdaya 2900mAh yang dikabarkan akan mampu menghasilkan waktu siaga hingga 384 jam lamanya.

Selain itu kelebihan iPhone 7 Plus adalah sudah didukung fitur Fingerprint Sensor sebagai fitur keamanannya.

Jaringan dan konektivitas iPhone 7 Plus ini sendiri didukung dengan Nano SIM yang menawakan jaringan 2G GSM, 3G HSDPA dan 4G LTE. Akses internetnya juga kencang selain menawarkan koneksi GPRS-EDGE juga HSPA 42.2/5.76 Mbps hingga LTE Cat9 450/50 Mbps. Beberapa konektivitas juga disematkan dalam iPhone 7 Plus diantaranya mendukung Wi-Fi, Hotspot, Browser Safari, GPS navigasi dan didukung dengan fitur transfer data Bluetooth dan juga microUSB. Selain itu kelebihan iPhone 7 Plus juga dilengkapi NFC untuk mendukung fitur Apple Pay.

Lubang colokan earphone atau port 3.5 mm jack pada iPhone 7 Plus memang ditiadakan sehingga pengguna harus menghubungkan earphone melalui port Lightning atau secara nirkabel. Meskipun demikian pihak Apple tetap memberikan adaptor standart audio 3.5mm jack untuk headphone atau earphone dalam paket pembelian iPhone 7 series. Kualitas audio yang dikeluarkan dalam iPhone 7 Plus juga cukup cemerlang dengan speaker stereo.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Artinya Emotional Eating yang Kerap jadi Pelarian di Kala Stres

Posted: 19 Dec 2018 09:22 PM PST

Jakarta Cara setiap orang menghadapi stres cukup beragam. Ada yang menangis, atau ada juga yang meluapkan kemarahan. Kebanyakan perempuan cenderung memilih untuk makan sebagai pelarian stres. Beberapa makanan seperti cokelat dan es krim kerap kali diidentikkan sebagai makanan yang mampu membangkitkan mood seseorang.

Bahayanya tanpa disadari kebiasaan ini daapt memicu emotional eating. Apabila tidak dikendalikan dapat meningkatkan asupan gula, garam, dan lemak. Pada akhirnya akan memicu timbulnya kenaikan berat badan yang signifikan.

Menurut Tara de Thouars, BA, M.Psi ada dua aspek yang memengaruhi apa yang kita konsumsi dan menentukan hubungan yang dimiliki antara makanan dan emosi. Secara psikologis, manusia memiliki insting bertahan ketika ada sesuatu yang seimbang. Ketika hal itu terjadi, manusia akan mencari sesuatu yang mampu menyeimbangkannya. Salah satunya adalah makanan.

Sementara faktor fisik, akan terjadi perubahan kimiawi dalam otak ketika tubuh mengalami stres. Di mana hormon dopamine dan serotonin akan menurun ketika stres dan membuat mood menjadi buruk.

Hubungannya dengan makanan, Tara menjelaskan bahwa makanan dengan lemak, garam, dan kalori tinggi akan meningkatkan dopamine dan serotonin. Dari segi efek psikologi, hal ini membuat makanan menjadi penenang di kala stres.

Akibat emotional eating

Kenali Emotional Eating Sebagai Pelarian di Kala Stres (Unsplash.com/Neonbrand)

Tara menuturkan tidak masalah jika menjadikan makanan sebagai pelarian dari stres. Yang menjadi masalah adalah jika hal ini dilakukan secara berlebihan. Selain berakibat pada kenaikan berat badan yang cukup signifikan dan obesitas, emotional eating sendiri akan menimbulkan gangguan bulimia dan binge eating.

Bulimia disebabkan karena rasa bersalah setelah mengonsumsi banyak makanan. Setelah makan yang banyak, penderita Bulimia membutuhkan solusi untuk mengatasi rasa bersalah atau menyesalnya. Sehingga akan langsung mengeluarkan kembali makanan yang telah ia makan.

Sementara binge eating merupakan pola konsumsi makanan yang meningkat secara drastis akibat stres. Di mana seseorang akan makan dengan kalap karena merasa stres. Ia pun akan merasa bersalah setelah mengonsumsi banyak makanan. Namun biasanya binge eating tidak memberikan reaksi langsung atas rasa bersalahnya tersebut.

Mengatasi emotional eating diperlukan edukasi kepada indivisu terkait cara pandang yang sehat pada makanan. Selain membangun pola makan yang lebih baik, mengenali pemicunya, dan membangun langkah-langkah tepat untuk menghadapi stres.

Tara menyarankan bahwa harus memutuskan kebutuhan makan yang tepat. Lebih jeli untuk memperhatikan apakah yang perlu mengonsumsi makanan atau tidak.

"Kalau lapar fisik, masih bisa dikendalikan dan makan jenis apapun. Sementara lapar emosi, tidak bisa dikendalikan dan hanya makan hanya yang benar-benar diinginkan," ujar Tara de Thouars.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Romo Benny: Kasus Pemotongan Nisan Salib Tak Perlu Dibesarkan

Posted: 19 Dec 2018 09:21 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tokoh lintas-agama, Romo Benny Susetyo mengimbau kepada semua pihak untuk tidak membesar-besarkan kasus pemotongan nisan salib di sebuah pemakaman di Kotagede, Yogyakarta.

Menurutnya, masalah pemotongan nisan salib atas nama almarhum Albertus Slamet Sugihardi bisa diselesaikan dengan musyawarah antarwarga.

"Kasus-kasus seperti ini enggak usah dibesarkan tapi diselesaikan dengan jalan musyawarah mufakat," kata Romo Benny saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta, Kamis (20/12/2018).

Tak hanya itu, Romo Benny, berpendapat bahwa tokoh agama dan masyarakat setempat juga berperan penting dalam meredam dan menyelesaikan masalah tersebut.

Mereka, kata dia, perlu memberikan pemahaman kepada warga agar selalu mengedepankan nilai-nilai toleransi.

Sebab menurutnya, Yogyakarta dikenal dan menjadi contoh sebagai kota yang menghargai kemajemukan dan keberagaman.

"Memberi pemahaman yang utuh, dari masing-masing tokoh agama, untuk menghargai bahwa negara ini adalah negara yang Bhinneka Tunggal Ika. Artinya saya yakin lah, Sultan dengan kewibawaannya akan menyelesaikan masalah ini," ucap Romo Benny.

Sebelumnya, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sultan Hamengku Buwono X angkat bicara peristiwa pemotongan nisan salib di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kotagede, Yogyakarta.

Sultan menegaskan, kronologi kasus pemotongan nisan salib tidak seperti yang beredar di media sosial dan tidak ada demonstrasi dari warga.

"Masalah ini sudah diselesaikan oleh Wali Kota," ujarnya di UGM, Rabu 19 Desember 2018.

 

Tidak Sesuai Kejadian Asli

Mengembalikan kemajemukan dan kebhinekaan menjadi cara berfikir itulah menjadi sumber tertib hukum. (Liputan 6 SCTV)

Sultan Hamengku Buwono X menambahkan, kasus pemotongan nisan salib itu terjadi, ketika ada seorang warga yang berbeda agama meninggal, maka diputuskan untuk dimakamkan di daerah tersebut, bukan di daerah lain.

Warga pun tak menolak jasad mendiang dimakamkan di sana. Namun, dengan sejumlah persyaratan.

Raja Yogyakarta itu menambahkan, kasus pemotongan nisan berbentuk salib ini menjadi viral karena apa yang ditampilkan di media sosial tidak sesuai dengan kejadian asli. Anggapan Yogyakarta intoleran juga ditepis Sultan.

"Konsekuensi dianggap intoleransi karena diviralkan, padahal tidak ada masalah," tuturnya.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cardi B Tak Bisa Mengemudi?

Posted: 19 Dec 2018 09:20 PM PST

Liputan6.com, Los Angeles - Cardi B menjadi salah satu rapper yang memiliki kekayaan berlimpah. Bahkan, ia punya sederet mobil mewah.

Tapi siapa sangka, Cardi B tak bisa mengemudikan mobil. Fakta ini terungkap saat Cardi B menjadi bintang tamu Carpool Karaoke yang dipandu James Corden.

Host asal Inggris tersebut menanyakan jumlah mobil yang dimiliki Cardi B.

"Aku punya Lambo, Lamborghini Truck, Benteley Truck, Maybach, dan Sub-Urban. Jadi aku punya lima," jawab Cardi B santai.

 

Untuk Foto

(KYLE GRILLOT  AFP)

Penasaran, James kembali bertanya dengan Cardi B mengenai mobil-mobil tersebut. "Kau punya lima mobil tapi kau tidak bisa mengemudi. Lalu apa gunanya punya mobil mewah?" tanyanya.

"Uhmm, untuk berfoto. Aku bisa ngerap tentang mobilku juga," ujar Cardi B sembari tertawa. 

Belajar Mengemudi

(MATT WINKELMEYER  GETTY IMAGES NORTH AMERICA  AFP)

James Corden tak kalah seru saat menertawakan kejujuran Cardi B. Padahal kalau hanya untuk berfoto James menyarankan Cardi pergi ke showroom mobil saja. Dengan tegas Cardi B menjawab bahwa berlaku demikian sama seperti menipu diri sendiri.

James menawarkan Cardi untuk belajar mengemudi bersamanya. "Aku takut," jawab Cardi penuh ragu. Akhirnya ia mencoba mengemudi dengan panduan James. (Rezka Aulia/Kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Ajak Pemilih Milenial, Massa Gelar Aksi Teatrikal di Pelican crossing

Posted: 19 Dec 2018 09:16 PM PST

Massa menggelar aksi teatrikal di Pelican crossing di Jakarta, Kamis (20/12). Mereka mengajak pemilih milenial untuk memilih pemimpin yang berorientasi jangka panjang dan berpihak pada energi bersih, adil, dan berkelanjutan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Massa menggelar aksi teatrikal di Pelican crossing di Jakarta, Kamis (20/12). Mereka mengajak pemilih milenial untuk memilih pemimpin yang berorientasi jangka panjang dan berpihak pada energi bersih, adil, dan berkelanjutan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Massa menggelar aksi teatrikal di Pelican crossing di Jakarta, Kamis (20/12). Mereka mengajak pemilih milenial untuk memilih pemimpin yang berorientasi jangka panjang dan berpihak pada energi bersih, adil, dan berkelanjutan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Massa menggelar aksi teatrikal di Pelican crossing di Jakarta, Kamis (20/12). Mereka mengajak pemilih milenial untuk memilih pemimpin yang berorientasi jangka panjang dan berpihak pada energi bersih, adil, dan berkelanjutan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Massa menggelar aksi teatrikal di Pelican crossing di Jakarta, Kamis (20/12). Mereka mengajak pemilih milenial untuk memilih pemimpin yang berorientasi jangka panjang dan berpihak pada energi bersih, adil, dan berkelanjutan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Massa menggelar aksi teatrikal di Pelican crossing di Jakarta, Kamis (20/12). Mereka mengajak pemilih milenial untuk memilih pemimpin yang berorientasi jangka panjang dan berpihak pada energi bersih, adil, dan berkelanjutan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Massa aksi yang tergabung dalam gerakan masyarakat non partisan #BersihkanIndonesia menggenakan masker saat aksi teatrikal di lintasan penyeberangan orang atau Pelican crossing di Jakarta, Kamis (20/12). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Massa aksi yang tergabung dalam gerakan masyarakat non partisan #BersihkanIndonesia menggenakan masker saat aksi teatrikal di lintasan penyeberangan orang atau Pelican crossing di Jakarta, Kamis (20/12). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Massa menggelar aksi teatrikal di Pelican crossing di Jakarta, Kamis (20/12). Mereka mengajak pemilih milenial untuk memilih pemimpin yang berorientasi jangka panjang dan berpihak pada energi bersih, adil, dan berkelanjutan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Massa menggelar aksi teatrikal di Pelican crossing di Jakarta, Kamis (20/12). Mereka mengajak pemilih milenial untuk memilih pemimpin yang berorientasi jangka panjang dan berpihak pada energi bersih, adil, dan berkelanjutan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Massa menggelar aksi teatrikal di Pelican crossing di Jakarta, Kamis (20/12). Mereka mengajak pemilih milenial untuk memilih pemimpin yang berorientasi jangka panjang dan berpihak pada energi bersih, adil, dan berkelanjutan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Massa menggelar aksi teatrikal di Pelican crossing di Jakarta, Kamis (20/12). Mereka mengajak pemilih milenial untuk memilih pemimpin yang berorientasi jangka panjang dan berpihak pada energi bersih, adil, dan berkelanjutan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Massa aksi yang tergabung dalam gerakan masyarakat non partisan #BersihkanIndonesia  membentangkan spanduk saat aksi teatrikal di lintasan penyeberangan orang atau Pelican crossing di Jakarta, Kamis (20/12). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Massa aksi yang tergabung dalam gerakan masyarakat non partisan #BersihkanIndonesia membentangkan spanduk saat aksi teatrikal di lintasan penyeberangan orang atau Pelican crossing di Jakarta, Kamis (20/12). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

LIPI Prediksi Rupiah Bertengger di 15.275 per USD

Posted: 19 Dec 2018 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Lembaga Ilmu Pengetahuan Ekonomi (LIPI) memproyeksikan nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (USD) pada 2019, berada di kisaran 15.275. Angka ini beda tipis dibandingkan asumsi yang dipatok pemerintah dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2019 sebesar Rp 15.000 per USD.

Kepala Pusat LIPI, Agus Eko Nugroho, mengatakan angka tersebut dipatok dengan mempertimbangkan kondisi global yang diprediksi masih akan terus berlanjut di tahun depan. Apalagi, kebijakan Bank Sentral Amerika Serikat juga masih membayangi perekonomian Indonesia.

"Tekanan depresiasi (nilai tukar Rupiah) masih kuat di 2019 yakni Rp 15.275 per USD. Tantangan kondisi global utamannya adalah suku bunga Amerika relatif akan naik," katanya dalam diskusi Outlook Ekonomi Indonesia 2019, di Jakarta, Kamis (20/12/2018).

Agus mengatakan, untuk mengendalikan depresiasi mata uang Garuda ini, maka pemerintah perlu memperhatikan berbagai kondisi dalam negeri. Salah satunya adalah menekan laju impor, dan menggenjot ekspor.

Di samping itu, untuk mengendalikan nilai tukar Rupiah Agus juga menyarankan agar pemerintah lebih giat mendorong masuknya Penanaman Modal Asing (PMA). Sebab, ini penting untuk menambah nilai investasi ke penerimaan negara.

"Ini saya kira penting sekali bagaimana mengurangi tekanan depresiasi nilai tukar Rupiah," imbuhnya.

Diketahui, nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (USD) bergerak melemah di perdagangan hari ini.

Mengutip data Bloomberg, pagi tadi Rupiah dibuka dilevel 14.504 per USD. Angka ini melemah tipis dibandingkan penutupan perdagangan kemarin di Rp 14.439 USD.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Di Jatim, Jokowi Resmikan 4 Ruas Tol Trans Jawa

Posted: 19 Dec 2018 09:08 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Presiden Jokowi meresmikan empat ruas jalan tol yang merupakan bagian dari tol Trans Jawa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sesjen MPR Apresiasi Kegiatan DWP Dalam Pembangunan Nasional

Posted: 19 Dec 2018 09:07 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris Jenderal Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR RI), Ma'ruf Cahyono, hadir sebagai tamu kehormatan dalam acara Hari Ulang Tahun (HUT) Dharma Wanita Persatuan (DWP) ke-19 yang digelar oleh DWP Sekretariat Jenderal MPR RI, di Gedung Nusantara V, Kompleks Gedung MPR/DPR/DPD, Senayan, Jakarta, Rabu (19/12/2018). Acara yang mengambil tema sentral 'Optimalisasi Potensi DWP Untuk Suksesnya Pembangunan Nasional' ini juga dihadiri anggota MPR RI Fraksi Partai Golkar Hetifah Sjaifudian, Ketua Bidang Organisasi DWP Pusat Jullie L. Hakim, dan Ketua Dharma Wanita Setjen MPR Djuwariyah.

Dalam kesempatan tersebut, Ma'ruf mengucapkan selamat ulang tahun yang ke-19 kepada DWP. Ia berharap DWP mampu memberikan kesejahteraan kepada anggotanya dan berperan lebih besar lagi dalam pembangunan nasional.

"Saya mengapresiasi kegiatan DWP serta mendukung eksistensi juga program-program serta aktifitas dari DWP," ujar Ma'ruf.

Dirinya pun mengingatkan kepada seluruh peserta anggota DWP bahwa peran anggota DWP sebagai salah satu elemen bangsa menjadi bagian penting dalam pembangunan nasional.

"Dalam lagu Mars DWP yang sering dinyanyikan, itu sudah sangat luar biasa isinya yang menyebut-nyebut soal kemandirian, ekonomi, sampai sosial dan budaya, serta komitmen untuk bersatu padu wujudkan masyarakat adil dan makmur. Semua sudah lengkap, pesan saya jangan hanya dihapal tapi dilaksanakan," ucap Ma'ruf.

Ia menjelaskan, jika elemen masyarakat, seperti para anggota DWP seluruh Indonesia, melaksanakan perannya dalam bidang perekonomian, kemandirian, sosial, dan budaya untuk bangsa dan negara, maka perjalanan bangsa Indonesia menuju cita-cita bersama akan lancar. Hal ini pun sesuai dengan amanah TAP MPR tentang visi Indonesia masa depan, yakni Indonesia yang maju, sejahtera, dan mandiri.

"Saya yakin jika semua kiprah tersebut dilaksanakan sesuai dengan koridor Pancasila, maka selesai semua masalah bangsa. Indonesia akan tenteram-tenteram saja," kata Ma'ruf.

Dalam acara tersebut, ia juga berkesempatan menyampaikan materi Sosialisasi Empat Pilar MPR RI. Dalam paparannya, Ma'ruf menjelaskan bahwa pemahaman nilai luhur bangsa, yakni Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika, perlu menjadi kesadaran seluruh anak bangsa, termasuk DWP.

Pemahaman Empat Pilar yang baik, lanjutnya, akan berpengaruh baik terhadap anggota DWP yang juga seorang ibu. Terlebih lagi, tantangan terbesar bangsa adalah menjaga generasi muda milenial agar tidak terpengaruh dampak buruk modernisasi.

"Di sinilah peran kaum ibu teruji, tentu saja dengan pemahaman nilai luhur bangsa yang baik," ujar Ma'ruf.

Menurutnya, modernisasi dan kemajuan teknologi tidak selalu berdampak buruk. Banyak generasi milenial Indonesia yang menggunakan serta memanfaatkan kemajuan teknologi untuk hal-hal baik.

Ma'ruf menjelaskan bahwa dirinya sering bertemu para netizen, blogger, dan vlogger muda di yang luar biasa. Mereka dengan penguasaan teknologi digital serta teknologi informasi yang baik, berada di dunia yang menyenangkan.

Para anak muda milenial tersebut menuangkan segala kreatifitas, ekspresi, ide, dan gagasan-gagasannya dalam bentuk tulisan atau pembuatan video dengan kecanggihan teknologi. Apa yang mereka buat dapat dengan cepat tersebar secara global karena banyak dari mereka yang memiliki pengikut mencapai ratusan ribu bahkan jutaan orang.

"Ketika kami mendiskusikan soal Sosialisasi Empat Pilar, mereka tertarik untuk menyampaikannya sesuai metode dan kreatifitas mereka dan itu terjadi tidak ada paksaan. Itu keinginan mereka sendiri. Melalui smartphone dan gadget canggih lainnya, pesan empat pilar akan cepat tersebar," ucap Ma'ruf.

Ia mengatakan, kiprah generasi milenial yang cerdas tersebut akan mampu menjaga bangsa ini dari potensi negatif, terutama jelang pemilu 2019. Berbicara soal hal tersebut, Ma'ruf sangat mendukung Deklarasi Empat Hal Keputusan Warga Net. Komitmen ini berisi, tidak menyebarkan konten hoax dan SARA, bijak bermedia sosial sesuai dengan Pancasila, menerapkan Empat Pilar MPR dalam literasi digital, dan bersatu membuat keren Indonesia dengan konten yang positif.

Dharma wanita sebagai bagian dari civil society

Dalam kesempatan yang sama, anggota MPR RI Fraksi Partai Golkar, Hetifah Sjaifudian, juga mengucapkan selamat HUT DWP Ke-19.

"Dharma wanita sendiri adalah bagian dari gerakan civil society yang diharapkan mampu bersinergi dengan elemen bangsa lainnya, mewujudkan situasi di Indonesia yang menjadi cita-cita kita semua yakni keadilan dan kesetaraan," kata dia.

Hetifah mengingatkan, saat ini kondisi seperti yang dicita-citakan tersebut masih belum tercapai secara maksimal. Misalnya, praktik diskriminasi terhadap perempuan masih terasa ada dalam berbagai bentuk walaupun secara terselubung, seperti diskriminasi di dunia politik, kekerasan, dan buta huruf.

"Hal tersebut perlu diperhatikan DWP juga sebagai civil society. Sebab, Dharma Wanita sangat strategis perannya dalam lingkup organisasi juga nasional. Dharma wanita juga penting sebagai medan berlatih berorganisasi serta berdemokrasi yang baik," ujarnya.

Dalam paparan Sosialisasi Empat Pilar MPR di hadapan Pimpinan serta ratusan anggota DWP, Hetifah juga menjelaskan perlunya seluruh elemen bangsa, termasuk DWP untuk lebih memahami sila ketiga dalam Pancasila, yakni Persatuan Indonesia .

"Kenapa saya menekankan sila ketiga ini, sebab bangsa ini akan memasuki tahun poliitk 2019, tahun yang sangat penting juga penuh potensi 'panas' sebab merupakan ajang demokrasi memilih caleg dan capres yang pasti beragam pilihan. Tantangan berat dan besar yang menguji Persatuan Indonesia ada di situ," ucapnya.

Hetifah melanjutkan, jangan sampai karena perbedaan pilihan terjadi permusuhan antar sesama teman, saudara, tetangga. Untuk itu, perlu pemahaman yang baik bahwa ikut berpartisipasinya semua anak bangsa dalam pemilu 2019 untuk mengantarkan Indonesia jauh lebih baik di masa depan.

"Maka kita semua harus menjaga betul hubungan antar sesama, bertoleransi tinggi, menghargai perbedaan, berpartisipiasi di tahun politik dengan bermakna dan cerdas. Dan semua itu bisa dilakukan saat ini juga dari level yang terkecil, yakni di keluarga dan di lingkungan sekitar. Di lingkungan keluarga peran ibulah yang sangat besar, ini pesan saya untuk anggota DWP," kata dia.

Acara HUT DWP Ke-19 ini sendiri berlangsung selama sehari dan diikuti sekitar 500 lebih peserta yang memenuhi Ruang Gedung Nusantara V. Terdiri dari anggota DWP dari lingkungan Setjen MPR RI dan anggota DWP perwakilan Kementerian Negara, seperti DWP Kementerian Keuangan, DWP Kementerian Energi dan Sumber Daya Manusia, DWP Kementerian Kesehatan, dan DWP Kementerian Agama.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengacara Ratna Sarumpaet Akan Sambangi Polda Desak Pemberkasan Dipercepat

Posted: 19 Dec 2018 09:06 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kuasa hukum tersangka Ratna Sarumpaet, Insank Nasrudin akan menyambangi Polda Metro Jaya. Sebab, berkas perkara kliennya itu hingga kini belum juga ada hasilnya.

"Kami akan datang jam 1 siang (13.00 WIB)," kata Insank saat dihubungi, Jakarta, Kamis (20/12/2018).

Dia akan mendesak polisi segera mempercepat proses hukum Ratna Sarumpaet. Menurut Insank, polisi terlalu lama bertindak.

"Kondisi Bu Ratna terus memburuk. Saat menjenguk Selasa 18 Desember, klien saya itu mengalami penurunan berat badan drastis hingga 12 kilogram," ujar Insank.

Sebelumnya, berkas perkara tersangka penyebaran berita bohong atau hoaks, Ratna Sarumpaet dikembalikan Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI alias P19.

Jaksa sebut masih ada beberapa kekurangan yang harus dilengkapi penyidik Polri mengenai berkas Ratna Sarumpaet, yakni, syarat formil maupun materiil.

"Jaksa Peneliti Kejati DKI Jakarta mengembalikan berkas atas nama tersangka RS," kata Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati DKI Jakarta, Nirwan Nawawi, Jumat 23 November.

Akan Dikirimkan Lagi

Penyidik Polda Metro akan segera mengembalikan berkas perkara tersangka Ratna Sarumpaet ke pihak Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta. Berkas tersebut sempat dikembalikan ke penyidik karena dinilai kurang lengkap.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, berkas Ratna Sarumpaet dinyatakan lengkap oleh penyidik usai melakukan pemeriksaan terhadap saksi Rocky Gerung.

"Jadi, untuk berkas perkara dinilai sudah lengkap oleh penyidik maka akan dikirim ke kejaksaan," kata Argo kepada Merdeka, Kamis 6 Desember 2018. 

Setelah itu, kata Argo, penyidik akan menunggu lagi proses jaksa untuk mengecek kembali berkas Ratna Sarumpaet tersebut.

"Ya setelah berkas kita serahkan, penyidik akan menunggu lagi. Apakah setelah pemeriksaan saksi kemarin sudah lengkap atau belum, dan sudah selesai atau belum penyidik yang lebih paham," katanya.

 

Reporter: Ronald

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Konfirmasi Kedubes China soal Isu Kamp Tahanan Muslim Uighur

Posted: 19 Dec 2018 09:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Nasib etnis muslim Uighhur di Provinsi Xinjiang, kembali menjadi sorotan dunia dalam beberapa waktu terakhir. Perhatian meluas, utamanya pasca-laporan jurnalisme investigatif yang dilakukan kantor berita Associated Press (AP).

Laporan AP menyebut soal kamp-kamp penahanan yang didirikan pemerintah China untuk warga muslim Uighur. Di sisi lain, Beijing mengatakan, fasilitas tersebut adalah lembaga pelatihan vokasi atau kejuruan.

Sejumlah politisi ikut bersuara pada isu terkait. Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis Almasyhari meminta pemerintah RI mendesak pemerintah China mengizinkan tim pencari fakta independen, untuk menyelidiki dugaan pelanggaran HAM berat dan kejahatan kemanusiaan di Xinjiang.

Tidak tinggal diam, perwakilan pemerintah China di Indonesia, melalui juru bicara kedutaan besar negara itu di Jakarta, memberikan klarifikasi via pernyataan tertulis tentang isu penangkapan muslim Uighur di Xinjiang.

Dalam salinan resmi yang diterima oleh Liputan6.com pada Kamis (20/12/2018), sang juru bicara membuka dengan pernyataan bahwa China adalah negara yang tersusun atas beragam kelompok etnis dan agama.

Ditegaskan bahwa konstitusi yang berlaku di China, menjamin seluruh warganya menikmati kebebasan dalam menjalankan keyakinannya masing-masing, termasuk bagi warga muslim Uighur.

Salinan tersebut juga menyebut bahwa komunitas muslim mendapat tempat yang layak di Xinjiang, di mana populasinya kini mencapai lebih dari 14 juta orang. Beijing juga menyebut provinsi di China barat daya itu memiliki sekitar 24.000 masjid, hampir 29.000 ulama, dan dua institusi pendidikan muslim terkemuka.

Selain itu, pemerintah Xinjiang juga disebut selalu mengupayakan sewa pesawat untuk melayani kebutuhan ibadah haji bagi umat muslim setempat. Mereka juga menegaskan bahwa kebijakan itu disertai dengan penyediaan layanan medis dan penerjemah bagi jamaah selama di tanah suci.

Juru bicara Kedubes China di Jakarta juga membantah telah terjadi pembakaran terhadap literatur Islam. Dikatakan bahwa pemerintah Xinjiang telah bertahap menerjemahkan buku-buku keagamaan dan Alquran ke dalam bahasa Uighur, Mandarin, Kazak, dan Kirgiz.

 

Simak video tentang pengelanan kamp pelatihan muslim Uighur berikut: 

 

Bagian dari Upaya Deradikalisasi

Massa etnis Uighur melakukan aksi protes terhadap pemerintah China (AP/Seth Wenig)

Sementara itu, terkait isu kamp tahanan muslim Uighur, juru bicara Kedubes China di Jakarta kembali menegaskan bahwa media asing telah salah mengartikan program nasional tersebut.

Menurutnya, China tidak membangun kamp tahanan, melainkan lembaga vokasi bagi warga yang terlibat upaya separatisme di Provinsi Xinjiang.

Dalam satu dekade terakhir, dilaporkan telah terjadi ribuan aksi kekerasan oleh oknum teroris dan ekstremis, termasuk kerusuhan pada 5 Juli 2009 di Urumqi, ibu kota provinsi Xinjiang. Sebanyak 197 orang tewas, dan lebih dari 1.700 lainnya terluka.

Salinan tersebut menyetujui anggapan internasional bahwa terorisme dan ekstremisme adalah hal yang membahayakan bagi peradaban mannusia.

Melihat berbagai upaya perdamaian di seluruh dunia, Beijing membuat serangkaian program deradikalisasi, dengan memberikan pemahaman meluas tentang wawasan nasonal China, termasuk tentang hukum dan prinsip kesetaraan HAM.

Selain itu, pemerintah China juga menghadirkan kelas-kelas pelatihan keterampilan kerja, yang disertai dengan edukasi tentang anti-radikalisme. Hal ini dimaksudkan untuk menghindarkan mereka dari kontaminasi paham-paham kekerasan, dan mengalihkannya ke kegiatan yang dapat menyongsong masa depan lebih baik.

Berbagai kelas keterampilan yang dihadirkan pada kamp vokasi tersebuta, di antaranya adalah tata busana, pembuatan sepatu, pengolahan pangan, kelistrikan, tata rias, percetakan, dan lain-lain.

Dijelaskan pula bahwa peserta kamp vokasi dipersilakan untuk memilih maksimal dua kelas pelatihan, di mana selama program berlangsung, mereka akan dibayar untuk setiap kehadiran di kelas dan juga bonus dari penjualan produk-produk yang dihasilkannya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wuling Cortez Turbo CVT Meluncur Tahun Depan?

Posted: 19 Dec 2018 09:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Selain SUV Almaz, rupanya Wuling sedang menyiapkan kejutan lain di tahun depan. Menurut data Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) di situs Samsat DKI Jakarta, muncul kode-kode yang diduga model terbaru Wuling. Tidak hanya Almaz, Cortez varian turbo bertransmisi CVT pun terdeteksi.

Ada 3 kode mencurigakan yang tertera, CORTEZ 1.5CT4X2 6 MT, CORTEZ15CTLUXCVT4X2A dan CORTEZ15LTLUXCVT4X2A. Jika melihat deretan huruf di depan, jelas kode ini menunjukkan model Cortez. Yang menarik, ada huruf T dan CVT tersemat. Bisa jadi embel-embel itu menunjukkan varian terbaru Cortez dengan tambahan turbo dan pakai transmisi CVT.

 

Wuling Cortez Turbo CVT meluncur tahun depan? (oto.com)

Wuling Cortez dengan konfigurasi mesin turbo memang ditunggu-tunggu. Saat ini, lini Cortez ditawarkan dalam dua varian mesin naturally aspirated, 1,5 liter dan 1,8 liter. Pilihan transmisinya manual 6-speed dan i-AMT khusus Cortez 1.8. Bila memang versi turbo disodorkan, berarti pilihan Cortez di Tanah Air semakin banyak. Tak tanggung-tanggung, melihat data NJKB Samsat, model turbo bakal disuguhkan dalam 3 tipe: C manual 6-percepatan, C Lux CVT dan L Lux CVT.

Kami mencoba mengonfirmasi kebenaran hadirnya Cortez turbo ke pihak Wuling. Sayangnya, pabrikan mobil asal Cina ini, masih menutup rapat informasinya. Dian Asmahani selaku Brand Manager Wuling Motors yang dihubungi hanya mengungkapkan, pihaknya masih menaruh perhatian pada Cortez 1,8 i-AMT.

Ia pun menekankan, semester pertama 2019 bakal menjadi momen SUV terbarunya. Memang selama periode itu, Wuling telah menjadwalkan peluncuran SUV Wuling, yang kemungkinan besar dinamakan Almaz.

"Yang jelas tahun depan kita fokus ke SUV di semester pertama," ungkap Dian.

Tak puas, kami mencari tahu lewat tenaga penjual Wuling di Tangerang. Sayangnya, Ia juga tak memiliki informasi terkait Cortez Turbo bertransmisi CVT. Lain cerita dengan sales Wuling Motors Depok. Menurutnya, model itu meluncur awal tahun depan.

"Launching kemungkinan di bulan kedua," jelas sales Wuling di Depok.

 

Selanjutnya

Ia pun menambahkan, estimasi harga yang bakal ditawarkan Rp 275 jutaan. Prediksi harga ini cukup masuk akal, lantaran banderol tertinggi Cortez Rp 266 juta untuk varian 1,8 L Lux+ AMT. Jika benar, rentang harga segitu tampaknya bakal dikenakan ke varian terendah, Cortez 1,5 Turbo C 6MT. Dugaan didukung nilai jual Cortez turbo terbawah di data NJKB Samsat yang tertulis Rp 153 juta. Angka itu merupakan harga dasar, alias belum kena pajak.

Sedangkan varian tengah C Lux nominalnya Rp 161 juta. Bila akhirnya dipasarkan, bisa saja harganya menyentuh Rp 300 jutaan. Berbeda dengan varian tertinggi L Lux, nilai jualnya Rp 182 juta, kemungkinan banderol akhirnya menjadi Rp 350 jutaan.

Sumber: Oto.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deretan Meme Kocak Saat Hasil Rapor Anak Jelek, Siap-Siap Ketawa Geli

Posted: 19 Dec 2018 09:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Rapor menjadi media yang digunakan para guru untuk memberikan laporan siswa kepada orangtua maupun wali murid. Rapor menjadi salah satu tolak ukur peningkatan pendidikan anak di sekolah. Pada rapor akan terlihat bagaimana hasil pembelajaran siswa selama di sekolah dalam kurun waktu tertentu.

Nah, reaksi orangtua tentu beragam ketika menerima rapor anaknya. Nah, tak jarang ada yang sedikit marah atau kecewa ketika rapor sang anak menunjukkan hasil yang tidak memuaskan.

Untuk itu, biasanya para siswa bakal bersatu saling menguatkan teman-temannya yang nasibnya sama apesnya. Kalau yang nilainya bagus dan dapat ranking tinggi sih santai-santai saja. Tapi jangan khawatir, meme-meme di bawah ini mungkin bisa mengobati rasa galaumu karena nilai rapor tidak memuaskan.

Berikut ini deretan meme lucu saat orangtua mengetahui nilai rapor jelek, seperti melansir dari laman 1cak.

1. Jangan kaget, ini ekspresi ibu ketika melihat rapor anaknya jelek

Deretan Meme Kocak Saat Hasil Rapor Anak Jelek, Siap-Siap Ketawa Geli

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2. Saking deg-degan, jantungnya tak bisa dikontrol nih

Deretan Meme Kocak Saat Hasil Rapor Anak Jelek, Siap-Siap Ketawa Geli

3. Sama seramnya ya

Deretan Meme Kocak Saat Hasil Rapor Anak Jelek, Siap-Siap Ketawa Geli

4. Begini tipe-tipe sakit kepala

Deretan Meme Kocak Saat Hasil Rapor Anak Jelek, Siap-Siap Ketawa Geli

5. Ekspresinya udah enggak bisa dikontrol

Deretan Meme Kocak Saat Hasil Rapor Anak Jelek, Siap-Siap Ketawa Geli

Reporter:

Muhammad Bimo Aprilianto

Sumber: Brilio.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Penjelasan Ilmiah tentang Jalan Gubeng Ambles

Posted: 19 Dec 2018 09:01 PM PST

Liputan6.com, Surabaya - Penyebab pasti Jalan Gubeng ambles, di Kota Surabaya, Jawa Timur, masih menjadi tanda tanya. Ada sejumlah spekulasi tentang peristiwa yang terjadi pada Selasa, 18 Desember 2018 malam itu.

Masyarakat sendiri awalnya menduga amblesnya Jalan Raya Gubeng karena gempa.

Namun, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengungkapkan, bukan gempa yang menjadi penyebab dari Jalan Gubeng ambles.

Polisi pun bergerak cepat. Mereka tidak mau berspekulasi soal penyebab amblesnya jalan yang tepat berada di depan RS Siloam atau dekat BNI Gubeng arah Jalan Sumatera.

Polda Jawa Timur juga menyelidiki kemungkinan adanya kelalaian dalam pengerjaan proyek di dekat Jalan Gubeng.

"Apakah ada kelalaian di situ (amblesnya jalan di Gubeng), apakah tidak sesuai SOP, itu akan didalami tim. Polrestabes Surabaya bersama Pemkot Surabaya akan audit proyek tersebut, apakah ada SOP atau ketentuan bangunan yang dilanggar," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo di kantornya, Jakarta, Rabu, 19 Desember 2018.

Nah, setidaknya ada tiga penjelasan ilmiah tentang Jalan Gubeng ambles menurut catatan Liputan6.com:

 

1. Terdeteksi 2 Kali Ambles

Petugas pemadam kebakaran memeriksa kondisi tanah amblas di Jalan Raya Gubeng, Surabaya, Rabu (19/12). Salah satu akses utama di Kota Surabaya itu amblas diduga karena proyek pembangunan gedung di sekitar lokasi (Liputan6.com/Pool/FB Dishub Kota Surabaya)

Kepala Pusat Informasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono, mengungkapkan sensor kegempaan BMKG terdekat mencatat dua kali amblesan pada malam itu di Jalan Raya Gubeng.

Menurut dia, amblesan pertama dan kedua berjarak sekitar 40 menit.

"Berdasarkan pengamatan pada sensor kegempaan BMKG terdekat, yaitu sensor PJI (Prigen Pasuruan Jawa Indonesia) peristiwa ini ternyata sudah tercatat dua kali, dengan catatan amblesan pertama tercatat pada pukul 21.41.27 WIB dan amblesan kedua pada pukul 22.30.00 WIB," ungkap Rahmat.

Oleh karena itu, dia meminta masyarakat tidak termakan isu tidak benar soal Jalan Gubeng ambles. Untuk mendapatkan informasi lebih valid, dia mempersilakan masyarakat mengakses laman resmi BMKG.

2. Bukan Gempa Bumi dan Likuefaksi

Kondisi tanah yang mendadak amblas di Jalan Raya Gubeng, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (19/12). Beruntung saat kejadian, tidak ada kendaraan yang melintas di jalan raya tersebut. (Liputan6.com/Pool/FB Dishub Kota Surabaya)

Jalan Gubeng di Surabaya ambles pada Jakarta, Selasa 18 Desember 2018 malam. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut amblesnya jalan tersebut tidak disebabkan oleh gempa bumi atau likuifaksi.

Kepala Pusat Informasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono menjelaskan longsor itu murni karena amblesan tanah.

"Berdasarkan pengamatan, amblesan tanah (tanah longsor) yang terjadi dengan kedalaman 30 meter dan lebar 8 meter ini merupakan murni amblesan tanah dan bukan peristiwa likuifaksi yang banyak dikabarkan karena tidak ada fenomena mencairnya material tanah di lokasi kejadian," ujar Rahmat, dalam siaran tertulisnya kepada Liputan6.com, Jakarta, Rabu, 19 Desember 2018.

Menurut dia, berdasarkan hasil analisis gelombang seismik (kegempaan), peristiwa ini juga bukan diakibatkan oleh gempa bumi. Catatan kegempaan BMKG, lanjut dia, tidak menunjukkan adanya mekanisme penyesaran batuan.

"Dan sensor kegempaan yang mencatat hanya satu sensor di lokasi terdekat amblesan tanah sehingga merupakan aktivitas lokal," Rahmat menjelaskan.

Senada, Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho juga mengatakan amblesnya Jalan Raya Gubeng lantaran aktivitas lokal yang terjadi, yaitu tidak kuatnya konstruksi dinding.

Hal ini dijelaskan Sutopo melalui akun Twitternya @Sutopu_PN.

"Foto perbandingan antara sebelum dan setelah amblesnya Jalan Raya Gubeng Surabaya ini makin menunjukkan bahwa dinding galian tidak kuat menahan beban dinding di bagian dekat jalan. Ditambah getaran dari kendaraan menyebabkan tanah ambles. Jadi konstruksi dinding tidak kuat," papar Sutopo.

3. Ada Rongga dan Rawan Longsor

Kondisi tanah amblas di Jalan Raya Gubeng, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (19/12). Jalan raya yang amblas itu berlokasi di dekat sekitar RS Siloam atau dekat Kantor BNI Cabang Gubeng arah Jalan Sumatera. (Liputan6.com/Pool/FB Dishub Kota Surabaya)

Ada penjelasan ilmiah atas insiden yang terjad di Jalan Raya Gubeng, Surabaya, Jawa Timur. Para ahli sepakat, sinkhole adalah fenomena saat seberkas tanah turun pada area tertentu dengan gerakan vertikal.

Gerakan vertikal atau jatuh ke bawah dengan kedalaman yang biasanya cukup dalam, seperti dikutip dari Jawapos, Kamis (20/12/2018).

Menurut Tim Ahli Bangunan Gedung Surabaya ITS Mudji Irmawan, ada sebab yang mengawali proses terjadinya sinkhole.

"Pertama, sinkhole dapat terjadi jika ada rongga di bawah tanah pada kedalaman tertentu," ucap Mudji.

Rongga tersebut, kata dia, dapat berupa apa pun. Yang jelas, menurut dia, rongga tersebut berupa sebuah ruang kosong yang terdapat di dalam tanah, sehingga mengurangi kekuatan struktur tanah untuk menopang beban di bagian atas. 

Kedua, lanjut Mudji, sinkhole juga dapat terjadi karena penyebab lain. Salah satunya, yaitu adanya air yang masuk ke dalam tanah.

Air kemudian membuat tanah menjadi lunak. Tanah yang lunak, kata Mudji, dipastikan tidak dapat menahan beban jalan atau apapun yang berada di atas tanah. 

"(Rongga) Sinkhole itu, penyebab utamanya adalah air. Jika ada aliran air di lokasi tertentu itulah, maka terjadi perlemahan. Tapi, itu konteksnya fenomena alam," kata Mudji.

Sedangkan pada kasus sinkhole di Surabaya, Mudji menilai hal itu agak sedikit berbeda. Yaitu, kata dia, amblesnya tanah di Jalan Raya Gubeng tidak dapat 100 persen dikatakan fenomena sinkhole. 

Menurut Mudji, insiden tersebut dapat dikatakan sebagai fenomena turunnya tanah secara cepat dan bersamaan. Lebih tepatnya, kata dia, dapat diistilahkan sebagai semi-sinkhole

Artinya, tanah longsor dan membentuk lubang, akibat dari konstruksi benda-benda di dalam tanah. Dapat dikatakan, runtuhnya dinding yang berfungsi menahan beban jalan, seperti aspal.

"Kalau sinkhole biasanya lokal. Tapi bisa merambat ke mana-mana. (Dimensi lubangnya) sinkhole juga enggak terlalu luas. Paling ya cuma 10 x 20 m2. Kedalamannya bisa sampai 30 m tergantung aliran airnya kedalaman berapa," papar Mudji.

Ketiga, ada gejala dalam fenomena sinkhole, yaitu waktu terjadinya tiba-tiba. Jika dilihat dari atas, terjadinya sinkhole akan berlangsung mendadak dan cepat. 

Karakter tanah di Jalan Raya Gubeng, Surabaya, Jawa Timur, yang banyak air inilah yang menyebabkan wilayah ini gampang longsor. 

"Jalan Raya Gubeng masuk karakteristik aluvial kelabu tua dengan kandungan air lumayan," ungkap Kepala Bidang Pelayanan dan Perizinan Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya, Ali Murtado, di Surabaya, Rabu (19/12/2018).

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KRL Beroperasi Hingga Pukul 02.00 Pagi di Malam Pergantian Tahun

Posted: 19 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta PT Kereta Commuter Indonesia (PT KCI) akan mengoperasikan 23 perjalanan KRL hingga pukul 02.00 WIB pada 1 Januari 2019. Pengoperasian 24 jam ini untuk melayani masyarakat saat malam pergantian tahun. 

Jumah KRL yang dioperasikan saat malam tahun baru bertambah 2 perjalanan jika dibandingkan dengan tahun lalu sebanyak 21 perjalanan.

Direktur Utama PT KCI Wiwik Widayanti mengatakan, pengoperasian KRL hingga pukul 02.00 wib ini, selain untuk memfasilitasi kebutuhan transportasi masyarakat yang merayakan pergantian tahun serta demi mengantisipasi lonjakan penumpang.

"Jarak keberangkatan antar KRL tambahan pada malam pergantian tahun kali ini adalah lebih kurang 30 menit," ujar Wiwik saat memberikan keterangan pers di Double Tree, Jakarta, Kamis (20/12/2018).

Wiwik merinci, sembilan perjalanan KRL tambahan akan melayani relasi Bogor-Depok-Kampung Bandan-Jakarta Kota (pulang pergi). Tujuh perjalanan KRL tambahan akan melayani relasi Cikarang-Bekasi-Jakarta Kota (pulang pergi).

"Kemudian ada lima perjalanan KRL tambahan akan melayani relasi Rangkasbitung-Maja-Parungpanjang-Tanah Abang pulang pergi, dan dua perjalanan KRL tambahan akan melayani relasi Tangerang-Duri pulang pergi," jelas dia.

Reporter: Anggun P Situmorang

Sumber: Merdeka.com

 

Penambahan Layanan

Rangkaian kereta commuter line saat melintas di dekat Stasiun Pasar Minggu, Jakarta, Selasa (29/12/2015). Untuk mengakomodasi penumpang pada malam pergantian tahun, KRL Commuter Line akan beroperasi 24 jam. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Selain menambah perjalanan KRL, KCI juga akan menambah petugas pelayanan, kebersihan, pengamanan hingga dua kali lipat serta penambahan tiga sampai lima loket portabel di stasiun yang berpotensi padat pengguna jasa.

"Loket portabel di sejumlah stasiun antara lain Jakarta Kata, Sawah Besar, Manda, Mangdia, Manggarai, Tanah Abang, Panmgpanjang, Bogor, Duri, Jatinegara, Ancol, Rangkasbitung dan Bekasi," jelas Wiwik.

Demi keamanan dan kenyamanan bersama, PT KCI menghimbau kepada para pengguna jasa untuk mengikuti aturan dan tata tertib yang berlaku di dalam stasiun maupun KRL, di antaranya tidak membawa petasan, kembang api, dan benda-benda lain yang mudah herbakar.

"Bagi pengguna yang kedapatan membawa benda-benda tersebut di dalam KRL, maka akan disita oleh petugas. Jika pengguna tidak bersedia, maka akan diturunkan di stasiun terdekat," jelasnya.

"Para pengguna juga diimbau untuk tidak bermalam di stasiun. Setelah pukul 02.00 WIB maka seluruh lokasi stasiun akan kembali steril guna kepentingan pekerjaan pembersihan dan perawatan fasilitas stasiun sehingga dapat kembali melayani para pengguna esok harinya," tandasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kakek Jokowi Juru Kunci Makam Leluhur Ibu Tien Soeharto

Posted: 19 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Solo - Keluarga Presiden Joko Widodo membantah tuduhan yang menyebutkan jika mantan Wali Kota Solo itu keturunan PKI. Selain keluarga, dua akamedisi dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dan Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo juga menepis tuduhan tersebut dengan melakukan penelitian asal-usul keluarga Presiden.

Hasil penelitian dosen Fisipol UGM, Wawan Mas'udi dan dosen Sosiolog UNS, Akhmad Ramdhon itu selanjutnya dituangkan dalam karya buku yang berjudul 'Jokowi dari Bantaran Kalianyar ke Istana'. Buku tersebut mengulik sejarah asal usul keluarga pasangan Notomiharjo dan Sujiatmi yang merupakan orang tua Presiden yang akrab disapa Jokowi.

Menurut Ramdhon, tuduhan yang menyebutkan Jokowi berasal dari keluarga keturunan PKI merupakan sebah tuduhan yang tak berdasar. Pasalnya, sang kakek dari garis ayah Jokowi, merupakan seorang lurah di Kragan, Gondanrejo, Karanganyar. Ia menjabat sebagai lurah kurang lebih selama 30 tahun

"Kakek Pak Jokowi dari pihak bapak itu biasa dipanggil Mbah Lurah. Beliau memimpin Desa Kragan sejak 1950-an sampai awal 1980-an," kata dia saat bedah buku 'Jokowi dari Bantaran Kalianyar ke Istana' yang dihadiri oleh ibunda Jokowi, Sujiatmi Notomiharjo dan kedua paman Jokowi, Miyono dan Setiawan di Omah Sinten Solo, Rabu, 19 Desember 2018.

Fakta Keluarga Jokowi Bukan Keturunan PKI

Bedah buku 'Jokowi dari Bantaran Kalianyar ke Istana' yang dilakukan oleh dua penulis buku di Omah Sinten Solo, Rabu (19/12).(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Menurut Ramdhon dengan jabatan kakeknya sebagai lurah jelas tidak mungkin jika akan dibangun narasi jika yang bersangkutan terlibat dalam PKI. Hal ini disebabkan Mbah Lurah adalah kepala desa yang menjabat lurah selama tiga puluh tahun hingga awal tahun 1980-an. Jika terlibat sebagai penganut paham komunisme dipastikan tidak bisa menjabat lurah selama itu.

"Jadi kayak tuduhan yang menyatakan keturunan komunis itu tidak benar dan fitnah yang sangat keji. Kita tidak menemukan itu semua. Anda tahu di setiap kelurahan ada buku kuning yang memastikan siapa yang terlibat dan yang tidak terlibat. Jika terlibat otomatis sudah diproses politik karena pada saat itu masa orde baru," ungka dia.

Dalam menyusuri asal usul keluarga Jokowi, Ramdhon mengaku juga mendapatkan keterangan terkait kesaksian dari sejumlah orang tua di desa tersebut bahwa Mbah Lurah tidak terlibat dalam gerakan komunis.

"Tidak ada yang menyatakan terlibat PKI. Kalau memang terlibat, dia tidak akan normal hidupnya dan mengalami diskriminasi luar biasa. Waktu itu bagi yang terlibat dalam gerakan itu akan dijadikan tapol dan di KTP ada indikasi ET," jelasnya.

Kakek Jokowi Juru Kunci Makam Leluhur Ibu Tien Soeharto

Ibunda bersama paman Jokowi saat berfoto bersama dengan penulis buku di Omah Sinten Solo, Rabu (19/12).(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Sedangkan menurut Wawan Mas'udi untuk melacak jejak asal-usul Jokowi mendatangi kampung-kampung yang menjadi asal-usul keluarga orang tua Jokowi. Dari lokasi tersebut selanjutnya mengumpulkan sejumlah sumber.

"Kami  melacak ke kampung-kampung tempat asal keluarga Pak Jokowi, baik dari garis bapak maupun ibu. Selain mengumpulkan kesaksian dari orang tua di kampung, kami juga melihat dari dekat kondisi kampung yang menjadi asal-usul keluarga orang Jokowi," kat adia.

Bahkan, Wawan mengungkapkan  selain sebagai kepada desa, Mbah Lurah juga dipercaya oleh keluarga Presiden Soeharto sebagai juru kunci sebuah makam yang ada di desa tersebut. Makam tersebut menjadi peristirahat terakhir Raden Ayu Tisnaningsih yang merupakan leluhur dari Ibu Tien Soeharto.

"Raden Ayu Tisnaningsih merupakan keluarga Kalitan. Keluarga Ibu Tien Soeharto memberi amanah kepada Mbah Lurah untuk menjadi juru kunci makam tersebut," ucapnya.

Bantahan Keras Keluarga Jokowi

Salah satu paman Presiden Jokowi, Miyono usai mengikuti bedah buku di Omah SInten Solo, Rabu (19/12).(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Sementara itu salah satu paman Presiden Jokowi, Miyono mengatakan pihak keluarga membantah terkait tuduhan keluarga Jokowi PKI. Bahkan, ia mempertanyakan jika terindikasi komunis harusnya saat mendaftar sebagai calon wali kota, gubernur hingga presiden tidak diperbolehkan.

"Daftar walikota dua kali, gubernur dan presiden lolos terus kok. Itu namanya fitnah jika menuduh PKI. Mudah-mudahan yang memfitnah segera sadar," tegasnya.

Selain itu, dia juga menepis tuduhan yang menyebutkan Jokowi anti Islam serta keturunan China. Ia pun mengungkapkan jika semua keluarga Presiden Jokowi memeluk agama Islam. Jokowi juga menunaikan ibadah haji saat masih menjadi pengusaha mebel.

"Jokowi dbilang PKI, anti Islam dan anak China itu jelas semuanya tidak benar. Kenyataannya keluarga dari saya dan keluarga Pak Lurah mulai kecil sudah masuk Islam. Untuk yang Joko naik haji itu dilakukan juga sebelum mendaftar menjadi wali kota," ujar dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Real Madrid Tekuk Antlers, Bale Samai Rekor Messi dan Ronaldo

Posted: 19 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Gareth Bale tampil gemilang saat Real Madrid menang 3-1 atas Kashima Antlers di semifinal Piala Dunia Antarklub, Rabu malam (19/12/2018). Dalam duel ini. Bale mencetak hattrick.

Tidak hanya sukses mengantar Real Madrid ke final, tiga gol Bale juga membuat pemain asal Wales itu masuk dalam deretan pemain elite bersama Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Seperti dilansir Sportskeeda, Bale kini tercatat sebagai pemain ketiga yang mampu mencetak gol di tiga edisi berbeda Piala Dunia Antarklub. Sebelumnya, mantan pemain Tottenham Hotspur itu juga mengukir skor saat tampil pada edisi 2014 dan 2017. 

Bale menyamai rekor Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Bersama Barcelona Messi, mencetak gol di Piala Dunia Antarklub 2009, 2011, dan 2015. Sementara Ronaldo bersama dua klub berbeda, yakni Manchester United (2008) dan Real Madrid (2016 dan 2017).

Pelatih Real Madrid, Santiago Solari, sangat gembira melihat permainan Bale. Pria asal Argentina itu berharap, penampilan menawan itu bisa berlanjut pada laga-laga berikutnya. 

"Dia menunjukkan siapa dirinya dan kemampuannya lewat penampilan di lapangan. Kami sangat senang melihat dia dan berharap dia melakukan itu pada laga lain," ujarnya.

Bale sebenarnya sempat diragukan bisa tampil di semifinal Piala Dunia Antarklub 2018. Pasalnya, dia sempat cedera saat Real Madrid menjamu CSKA Moskow, di Liga Champions. Akibat cedera itu, Bale bahkan harus absen pada pertandingan Real Madrid berikutnya. 

Meski demikian, Solari tetap memboyongnya ke Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. "Sekarang kami bisa menatap laga Sabtu ini dan berusaha mengulangi permainan ini. Kami akan berusaha membantu pemain, mereka yang bertanggung jawab dan memberi sukacita pada kami."

 

 

 

Rekor Lainnya

Gelandang Real Madrid, Gareth Bale, berusaha mengontrol bola saat melawan Kashima Antlers pada laga Piala Dunia Antarklub di Stadion Zayed Sports City, Abu Dhabi, Rabu (19/12). Madrid menang 3-1 atas Kashima. (AFP/Giuseppe Cacace)

Gareth Bale juga mencetak rekor lain sebagai pemain ketiga yang mencetak hattrick pada Piala Dunia Antarklub. Bale berada di belakang Luis Suarez dan Cristiano Ronaldo. 

Di babak final Real Madrid bakal berhadapan dengan Al Ain. Klub tuan rumah lolos ke final setelah mengalahkan River Plate lewat drama adu penalti. 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Foto Bule Berjemur di Pantai Bali Bikin Syok, Apa yang Terjadi?

Posted: 19 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Dua buah foto diunggah traveler Jordan Simons melalui akun Instagramnya @thelifeofjord. Foto itu menampilkan seorang perempuan bule berbaju renang kuning sedang berpose berjemur di tepi pantai Bali.

Jordan menuliskan, "Just another day in paradise." Namun, bukan pose perempuan itu yang membuat warganet terkejut melainkan sampah di sekitarnya yang didominasi sampah plastik.

Menurut Jordan, foto tersebut diambil di Pantai Batu Bolong, Canggu, Bali. Foto yang diunggah pada 16 Desember 2018 itu merupakan upayanya untuk meningkatkan kesadaran banyak pihak terkait sampah di Bali.

"The idea is just to take a bag with you when you go somewhere and fill it up before leaving. Like you said, anything is a start :) (Idenya adalah hanya meminta Anda membawa kantong kemana pun kamu pergi dan mengisinya (dengan sampah) sebelum meninggalkan (pantai). Seperti katamu, apapun adalah permulaan," tulisnya menjawab pertanyaan salah satu pengikutnya.

Tak hanya foto, Jordan juga mengunggah video berdurasi 39 detik berisi rekaman situasi pantai yang diambil oleh drone. Dimulai dari sorotan jarak dekat yang memfokuskan pada perempuan berjemur, kamera kemudian mengambil gambar kondisi pantai dari jarak jauh.

Tak hanya sampah-sampah yang bertebaran, video itu merekam kondisi air laut yang menghitam. Unggahan tersebut langsung dikomentari warganet, baik dari dalam maupun luar negeri.

Pemilik akun Instagram @vicababypinsela, misalnya, berharap agar Jordan menambahkan keterangan tentang fenomena sampah di pantai-pantai Bali yang sudah berlangsung tahunan, khususnya pada Desember. Berdasarkan informasi yang dimilikinya, fenomena sampah mendarat di pantai Bali itu juga karena efek angin barat.

Menurut dia, baik foto dan video tersebut memang membangkitkan kesadaran untuk menjaga kelestarian lingkungan di Bali. Namun, ia berharap video dan foto tentang sampah di Bali tidak untuk membuat persepsi yang salah tentang warga Bali.

"Trust me Balinese do care. This garbage does not come from people living in Kuta dan nearby areas. It would be suicidal if Kuta people were doing it. The monsoon season make it worse especially around December. (Percaya padaku, orang Bali benar-benar peduli. Sampah-sampah itu tidak datang dari warga yang tinggal di Kuta dan sekitarnya. Itu justru akan membunuh diri mereka sendiri bila dilakukan. Musim monsoon membuatnya semakin buruk, khususnya seputar Desember)," tulisnya.

 

 

Pesan Penting Jordan

Foto yang diunggah pemilik akun Instagram @thelifeofjord menampilkan kondisi Pantai Berawa Bali penuh sampah. (dok. Instagram @thelifeofjord/https://www.instagram.com/p/BqXDgYKAU4K//Dinny Mutiah)

Sebelum mengunggah foto tersebut yakni pada 18 November 2018, Jordan sempat mengunggah foto yang juga menampilkan pantai dengan pemandangan sampah di Bali. Saat itu, ia sedang menikmati matahari tenggelam di Pantai Berawa yang merupakan aktivitas favoritnya jika berlibur di Pulau Dewata.

"Hanya satu masalah di sini, yaitu jumlah sampah yang kamu lihat di pantai dan itu yang akan kamu lihat di berbagai tempat," katanya.

Ia yang datang ke Bali sejak 16 November 2018 itu tidak berniat berkhotbah, tetapi ingin mengajak semua orang untuk lebih peduli. Ia pun berpesan agar semua orang yang datang ke pantai di Bali untuk selalu membawa sampah yang dihasilkan pulang.

Jordan juga meminta semua orang mengurangi penggunaan plastik sambil mencantumkan sebuah akun Instagram untuk ikut serta dalam gerakan mengurangi sampah plastik. "Ambil bagian dalam pembersihan pantai dan beri tahu orang-orang soal ini," sambungnya.

"Those of you that have been to Bali, do you agree? I love it here but feel like this is a growing problem that is mostly ignored. (Anda yang pernah ke Bali, sepakat kan? Saya suka di sini tapi saya merasa masalah yang semakin besar ini yang paling diabaikan.)" tulis Jordan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Aksi Nekat Fans Real Madrid di Semifinal Piala Dunia Antarklub 2018

Posted: 19 Dec 2018 09:00 PM PST

Seorang fans berusaha memeluk bek Real Madrid, Marcelo selama pertandingan semifinal Piala Dunia Antarklub 2018 antara Real Madrid melawan Kashima Antlers di stadion Zayed Sports City di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (19/12). (AFP Photo/Giuseppe Cacace)

Seorang fans berusaha memeluk bek Real Madrid, Marcelo selama pertandingan semifinal Piala Dunia Antarklub 2018 antara Real Madrid melawan Kashima Antlers di stadion Zayed Sports City di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (19/12). (AFP Photo/Giuseppe Cacace)

Seorang fans menghampiri striker Real Madrid, Karim Benzema selama pertandingan semifinal Piala Dunia Antarklub 2018 antara Real Madrid melawan Kashima Antlers di stadion Zayed Sports City di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (19/12). (AFP Photo/Giuseppe Cacace)

Seorang fans menghampiri striker Real Madrid, Karim Benzema selama pertandingan semifinal Piala Dunia Antarklub 2018 antara Real Madrid melawan Kashima Antlers di stadion Zayed Sports City di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (19/12). (AFP Photo/Giuseppe Cacace)

Fans berusaha memeluk striker Real Madrid, Karim Benzema di semifinal Piala Dunia Antarklub 2018 antara Real Madrid vs Kashima Antlers di stadion Zayed Sports City, Uni Emirat Arab (19/12). Di pertandigan ini Madrid menang 3-1.(AFP Photo/Giuseppe Cacace)

Fans berusaha memeluk striker Real Madrid, Karim Benzema di semifinal Piala Dunia Antarklub 2018 antara Real Madrid vs Kashima Antlers di stadion Zayed Sports City, Uni Emirat Arab (19/12). Di pertandigan ini Madrid menang 3-1.(AFP Photo/Giuseppe Cacace)

Seorang fans memeluk bek Real Madrid, Marcelo selama pertandingan semifinal Piala Dunia Antarklub 2018 antara Real Madrid melawan Kashima Antlers di stadion Zayed Sports City di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (19/12). (AP Photo/Kamran Jebreili)

Seorang fans memeluk bek Real Madrid, Marcelo selama pertandingan semifinal Piala Dunia Antarklub 2018 antara Real Madrid melawan Kashima Antlers di stadion Zayed Sports City di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (19/12). (AP Photo/Kamran Jebreili)

Seorang fans memeluk bek Real Madrid, Marcelo selama pertandingan semifinal Piala Dunia Antarklub 2018 antara Real Madrid melawan Kashima Antlers di stadion Zayed Sports City di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (19/12). (AFP Photo/Giuseppe Cacace)

Seorang fans memeluk bek Real Madrid, Marcelo selama pertandingan semifinal Piala Dunia Antarklub 2018 antara Real Madrid melawan Kashima Antlers di stadion Zayed Sports City di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (19/12). (AFP Photo/Giuseppe Cacace)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengakuan Inneke Koesherawati Soal Hubungan Intim di Bilik Asmara

Posted: 19 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Bandung - Inneke Koesherawati hadir dalam persidangan lanjutan kasus suap mantan Kalapas Sukamiskin Wahid Husein yang melibatkan sang suami, Fahmi Darmawansyah di PN Bandung, Jalan LL RE Martadinata, Kota Bandung, Rabu (19/12/2018).

Dalam sidang, awalnya Inneke Koesherawati menjelaskan soal pembelian mobil yang diinstruksikan suaminya, Fahmi Darmawansyah untuk Wahid Husen.

Setelah itu, hakim anggota Marsidin Nawawi menanyakan soal bilik asmara yang dikelola Fahmi. Inneke Koesherawati menjawab bahwa ruangan itu merupakan bangunan baru, namun tidak tahu terkait keterlibatan suaminya dalam hal pengelolaan.

"Yang saya tahu ruangan itu ada karena suami saya enggak tega kalau saya datang, banyak orang yang liatin saya," katanya.

 

Akui Berhubungan Intim

Inneke Koesherawati jadi saksi kasus suaminya (Hak Cipta: istimewa/phi)

Inneke Koesherawati mengungkapkan, dalam ruangan itu terdapat fasilitas kasur, kamar mandi dan kipas. Dia mengaku pernah menggunakan ruangan tersebut untuk memenuhi kewajibannya sebagai istri dan kebutuhan biologis suaminya.

"Itu kewajiban istri, saya menjalankannya. Melayani suami saya kebutuhan biologis manusia," ungkap dia.

Hakim kemudian mencecar Inneke Koesherawati menyoal aktivitas suami istri yang dilakukannya bersama sang suami di bilik asmara. Pertanyaan hakim pun sempat membuat Fahmi kesal.

 

Suami Sempat Kesal

Inneke Koesherawati

"Dalam sebulan berapa kali (pakai bilik asmara)?" tanya hakim kepada Inneke Koesherawati "Sekalian aja tanyain pakai baju apa. Saya keberatan dengan itu," kata Fahmi dengan nada agak tinggi.

Menanggapi keberatan Fahmi, Hakim lalu menanyakan secara langsung kepada Inneke Koesherawati apakah bersedia menjawab pertanyaannya mengenai intensitas penggunaan bilik asmara.

Inneke Koesherawati yang terlihat kikuk pun akhirnya mengaku keberatan dengan pertanyaan yang diajukan. "Saya risih jawabnya yang mulia," ucap Inneke Koesherawati (Merdeka.com/ Aksara Bebey)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Studi: Kekerasan Verbal Terhadap Wanita Terjadi Setiap 30 Detik di Twitter

Posted: 19 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah studi terbaru mengungkap jurnalis dan politisi wanita ternyata sering mendapatkan kekerasan verbal setiap 30 detik di Twitter.

Dilansir Geek pada Kamis (20/12/2018), studi yang dilakukan organisasi Amnesti Internasional ini telah memeriksa lebih dari 228.000 cuitan kekerasan verbal yang dilayangkan kepada 778 jurnalis dan politisi wanita di Amerika Serikat (AS) dan Inggris pada 2018.

Studi tersebut juga dibantu oleh teknologi neural network kecerdasan buatan (AI, Artificial Intelligence) untuk mengumpulkan kategori cuitan berisikan kekerasan verbal dan persekusi terhadap pengguna wanita di Twitter. Berikut beberapa temuan survei tersebut.

-1 dari 10 cuitan berisikan kekerasan verbal terhadap wanita berkulit hitam

-Lebih dari 7 persen cuitan kekerasan verbal dikirim ke wanita

-34 persen cuitan kekerasan verbal ditujukan kepada wanita berkulit hitam dan wanita dari etnis minoritas

"Hasil dari cuitan tersebut menandakan kalau Twitter menjadi tempat yang sarat dengan cuitan kebencian, mulai dari rasisme, misogyny (kebencian terhadap wanita), dan juga homofobia," ujar Direktur Amnesty UK, Kate Allen.

 

Twitter Dituduh Gagal Cegah Kekerasan Terhadap Perempuan

Ilustrasi kekerasan pada anak. Sumber: Istimewa

Amnesti Internasional pada Maret 2018 mengklaim Twitter gagal mencegah kekerasan dan pelecehan online terhadap perempuan. Sebaliknya, Twitter justru dinilai menciptakan lingkungan 'beracun' bagi perempuan.

Amnesty dalam sebuah laporan yang dipublikasikan pada Rabu (21/3/2018), mengungkapkan Twitter memberikan respons secara tidak konsisten saat kasus pelecehan disorot, bahkan ketika hal itu melanggar aturannya sendiri. Laporan ini dipublikasikan bertepatan dengan 12 tahun sejak twit pertama Twitter diunggah.

Dikutip dari The Guardian, Jumat (23/3/2018), organisasi Hak Asasi Manusia (HAM) itu menuduh Twitter gagal menghormati hak-hak perempuan, dengan tidak bisa menginterpretasikan dan menegakkan kebijakannya untuk mencegah konten beracun atau negatif.

Akibatnya, muncul ancaman pembunuhan, pemerkosaan dan rasis, transphobia serta homophobia terhadap perempuan.

Laporan Amnesty juga berisi survei dengan responden 1.100 perempuan Inggris. Hasilnya, hanya 9 persen berpikir Twitter melakukan cukup upaya menghentikan kekerasan dan pelecehan terhadap perempuan.

Sementara 78 persen merasa layanan tersebut bukan tempat untuk menyalurkan pendapat mereka tanpa menerima, misalnya, perkataan kasar.

Direktur Amnesty Inggris, Kate Allen, menegaskan Twitter menjadi sebuah tempat beracun untuk perempuan.

"Selama ini, perempuan di Twitter dengan mudah dihadapkan ancaman kematian atau pemerkosaan, serta gender, etnis dan orientasi mereka diserang," ungkap Allen.

Twitter Harus Tegas

Ilustrasi Twitter  (iStockPhoto)

Allen menilai orang-orang yang suka menyerang di Twitter berada dalam posisi menguntungkan, karena meski telah berulang kali berjanji, Twitter akhirnya gagal untuk menghentikan mereka.

"Twitter harus mengambil berbagai langkah konkret untuk mengatasi dan mencegah kekerasan dan pelecehan perempuan di platform-nya. Jika tidak, maka klaimnya yang berada di sisi perempuan tidak akan berarti," jelasnya.

Adapun laporan Amnesty ini dibuat berdasarkan wawancara dengan lebih dari 80 perempuan, termasuk politisi, jurnalis dan pengguna biasa di Inggris dan Amerika Serikat (AS).

Publik figur kerap menjadi target penyerangan di Twitter, tapi juga ada pengguna lain yang mengalami pelecehan, terutama jika mereka berbicara soal seksisme atau menggunakan tagar kampanye khusus.

Amnesty juga mendokumentasikan bagaimana perempuan dari etnis atau agama minoritas, Lesbian, Gay, Bisexual, Transgender dan Intersex (LGBTI), individu non-binary serta disabilitas, kerap menjadi korban pelecehan. Tindakan ini dinilai dapat membuat suara yang sudah terpinggirkan, semakin jauh dari publik.

Twitter Tak Sependapat dengan Amnesty International

Ilustrasi Twitter (Foto: Pixabay)

Di sisi lain Twitter menyatakan ketikdasetujuannya dengan temuan Amnesty. Twitter beralasan layanannya tidak bisa menghapus kebencian dan prasangka dari masyarakat.

Kendati demikian, Tiwtter mengklaim telah membuat lebih dari 30 perubahan pada platform-nya dalam 16 bulan terakhir untuk membuat keamanan menjadi lebih baik, termasuk bergerak lebih cepat untuk menangani twit yang dinilai melecehkan.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hobi Hirup Aroma Kaus Kaki, Infeksi Paru-paru Taruhannya?

Posted: 19 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Seorang pria di Tiongkok memiliki kebiasaan berjalan kaki saat pulang dari tempat kerjanya. Setelah itu, dia melepas kaus kaki dan menghirup baunya.

Dilansir dari Live Science pada Rabu (19/12/2018), dilaporkan bahwa pria itu dirawat di rumah sakit karena menderita sakit dada. Dalam sebuah video yang diunggah di Pear Daily, pria 3 7 tahun itu didiagnosis dengan infeksi jamur di paru-parunya.

Dokter mengira, infeksi jamur itu memiliki kaitan dengan kebiasaannya menghirup aroma kaus kaki. Menurut spesialis penyakit menular Universitas Vanderbilt Dr. William Schaffner, hal ini mungkin saja terjadi namun sangat jarang.

Schaffner, yang tidak terlibat dalam kasus itu mengatakan, pria tersebut memiliki pengalaman klinis yang panjang. Dia sendiri belum pernah mendengar kejadian semacam ini.

"Sangat menarik, jika benar," ujarnya.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

Penyebab infeksi

Ilustrasi kaus kaki. (iStockphoto)

Namun, kurangnya rincian tentang kasus ini dalam laporan berita seperti tentang jenis jamur penyebab infeksi, membuat Schaffner ragu untuk memulai penelitian tentang kasus tersebut.

Schaffner mengatakan, seseorang mungkin mengembangkan infeksi paru-paru dengan menghirup spora jamur yang terbentuk di kaus kaki. Spora jamur ini memang terkenal bisa menyebabkan infeksi paru-paru. Seperti penjelajah gua misalnya. Mereka rentan terkena infeksi histoplasmosis. Ini diakibatkan karena menghirup spora jamur yang ditemukan di kotoran kelelawar.

"Kita tidak hidup di dunia yang steril. Kita dikelilingi oleh bakteri dan jamur sepanjang waktu," ujar Schaffner. Namun, apa yang menyebabkan pria Tiongkok itu terkena penyakit, kemungkinan karena dia meletakkan sumber jamur ke hidungnya.

"Cukup sering, dalam dosis yang luar biasa besar dan berulang, ini membuatnya lebih rentan untuk benar-benar mengembangkan penyakit."

Dokter dari pria itu mengatakan, kemungkinan orang tersebut memiliki kekebalan tubuh yang lemah. Namun. Schaffner mempertanyakan hal tersebut. Menurutnya, alasan itu tidaklah biasa dalam kasus semacam itu.

Yang pasti, hal ini memperkuat alasan bahwa kaus kaki harus dicuci sesering mungkin. Menurut Schaffner, apabila orang rajin melakukan ini, tidak perlu khawatir akan adanya infeksi jamur.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ole Gunnar Solskjaer Resmi Tangani Manchester United, Ini Sisi Lain Sosoknya

Posted: 19 Dec 2018 08:52 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ole Gunnar Solskjaer resmi ditunjuk Manchester United sebagai manajer interim klub hingga akhir musim 2018-19. Ole Gunnar Solskjaer akan ditemani Mike Phelan yang pernah bekerja bersama Sir Alex Ferguson.

Ole Gunnar Solskjaer ditunjuk selang sehari setelah Setan Merah memecat manajer Jose Mourinho akibat rentetan hasil negatif yang didapat di musim 2018-2018. Ole Gunnar Solskjaer hanya berstatus sebagai manajer interim karena masih memiliki kontrak dengan Molde hingga 2021.

MU tertarik memakai jasa Ole Gunnar Solskjaer setelah melihat pria awal Norwegia itu cukup sukses selama menangani Molde. Solskjaer diharapkan bisa membangkitkan MU yang terpuruk di posisi enam Liga Inggris. MU baru akan mencari pelatih top dan berpengalaman pada musim panas 2019.

Senang bisa kembali ke Old Trafford

Ole Gunnar Solskjaer bersama maskot Manchester United. (AFP/Andrew Yates)

Ini adalah periode ketiga Ole Gunnar Solskjaer di Manchester United. Dia menghabiskan 11 tahun Old Trafford sebagai pemain pada 1996-2007.

Ole Gunnar Solskjaer menyatakan kalau ia sangat senang bisa kembali ke Manchester United. Sebelumnya, ia sempat merasakan pengalaman menangani klub di Premier League bersama Cardiff City.

"Manchester United selalu ada di hati saya. Saya merasakan hal yang luar biasa dengan kembali ke klub ini," ujar Ole Gunnar Solskjaer.

"Saya ingin bekerja dengan para pemain hebat dan pemain bertalenta. Semua orang di klub ini sangat bergairah untuk bisa memperbaiki penampilan dan performa klub," ungkap Solskjaer.

Sosok Ole Gunnar Solskjaer di mata Cristiano Ronaldo

Saat masih membela Manchester United, Cristiano Ronaldo pernah merasakan tangan dingin Ole Gunnar Solskjaer. Kala itu Ole Gunnar Solskjaer pernah ditunjuk sebagai pelatih untuk barisan penyerang Manchester United pada musim 2017-18. Saat itu, ia ditunjuk langsung oleh Sir Alex Ferguson.

Ronaldo pun merasakan talenta yang dimiliki Solskjaer. Pada waktu itu, Ronaldo mengatakan kalau Solskjaer akan menjadi manajer yang hebat.

"Solskjaer adalah sosok yang hebat. Saya melihatnya sebagai seorang pelatih yang sangat berbakat," ujar Ronaldo.

"Saya memiliki hubungan yang baik dengan dirinya, ia tak segan untuk memberi masukan kepada saya," ungkap Ronaldo.

Molde FK berikan restu ke Ole Gunnar Solskjaer

Molde FK, klub asal Solskjaer memberikan restu buat Solskjaer untuk menduduki kursi panas manajer Setan Merah.

Molde mengunggah pernyataan resmi klub tak lama setelah Manchester United secara resmi merilis penunjukkan Solskjaer sebagai manajer interim.

CEO Molde, Oystein Neerland, menjelaskan kesepakatan itu terbilang spontan, tak ada hitam di atas putih lantaran kepercayaan kedua pihak.

"Kami senang meminjamkan Ole Gunnar ke Manchester United. Kami berharap dia dan Manchester United sukses," ujar Neerland.

"Ini kesempatan besar untuk Molde FK, kami rasa ini akan mengembangkan dan membantu menempatkan Molde FK lebih jauh dalam pentas sepak bola," imbuhnya.

Namun, Molde memberi catatan penting pada Ole Gunnar Solskjaer. Mereka hanya mengizinkan manajer 45 tahun itu untuk membantu Manchester United hingga Mei 2019 atau setelah Liga Premier Inggris 2018-2019 usai.

Setelah itu, ia diminta kembali. Hal itu lantaran Solskjaer masih terikat kontrak sebagai manajer klub Norwegia itu hingga 2021. Molde menyebut, baru 16 hari lalu Solskajaer meneken perpanjangan kontrak hingga 2021.

Lantaran Liga Utama Norwegia (The Eliteserien), kompetisi yang diikuti Molde, musim 2019 kick-off pada Maret, akan ada sosok lain yang untuk sementara mengisi posisi Solskjaer, hingga mantan pemain sayap itu kembali dari "peminjaman" di Manchester United. Sosok itu adalah Erling Moe.

Prestasi Ole Gunnar Solskjaer bersama MU

Ole Gunnar Solskjaer merupakan pahlawan Manchester United ketika memenangi Liga Champions 1999. Saat itu, Manchester United menang dengan skor 2-1 atas Bayern Munchen.

Ole Gunnar Solskjaer mencatatkan 366 penampilan dan menyumbang 126 gol selama 11 musim berkostum Manchester United. Ia menjadi pemain MU pada tahun 1996-2007.

Pengalaman Ole Gunnar Solskjaer sebagai pelatih

Begitu gantung sepatu, Ole Gunnar Solskjaer menangani tim cadangan The Red Devils dalam periode 2008 hingga 2010. Pada kurun itu, sosok berkebangsaan Norwegia tersebut mempersembahkan gelar Lancashire Senior Cup 2008 dan Manchester Senior Cup 2010.

Dia lalu pulang ke kampung halaman untuk menangani Molde. Ole Gunnar Solskjaer membantu tim menjadi juara Norwegia pada musim pertamanya.

Sosok yang dijuluki The Baby-faced Assassin ketika masih bermain tersebut lalu membawa Molde mempertahankan mahkota, plus memenangkan Piala Norwegia 2013.

Kinerja impresif Ole Gunnar Solskjaer terdengar hingga Inggris. Aston Villa sempat menawarinya pekerjaan pada 2012. Namun Ole Gunnar Solskjaer menolak karena alasan keluarga.

Cardiff City kemudian menawarinya pekerjaan pada Januari 2014. Kali ini Solskjaer menyambut. Sayang, dia datang di waktu salah.

Pria 45 tahun itu gagal menyelamatkan Cardiff City dari degradasi. Sosok kelahiran Kristiansund ini kemudian dipecat pada September 2015 menyusul kinerja buruk di awal Divisi Championship.

Ole Gunnar Solskjaer lalu kembali ke Molde sebulan kemudian. Performa stabil tim meyakinkan manajemen untuk mengontraknya hingga 2021.

Karier Solskjaer sebagai manajer

Berikut karier Solskjaer sebagai manajer Molde, 21 Okotober 2015 hingga 19 Desember 2018 Main: 118

Menang: 66

Imbang: 19

Kalah: 33

Plus minus Ole Gunnar Solskjaer sebagai pelatih MU

Plus

- Ole Gunnar Solskjaer sangat mengenal tradisi di Manchester United. Hal itu ia dapatkan setelah membela klub tersebut selama 11 musim.

- Ole Gunnar Solskjaer pernah menjadi staf pelatih Sir Alex Ferguson. Ia bertanggung jawab melatih striker-striker Manchester United pada musim 2007-08.

- Ole Gunnar Solskjaer merupakan sosok yang menyandang status legenda di MU. Ia menjadi pahlawan kemenangan Manchester United atas Bayern Munchen pada final Liga Champions 1999.

Minus

- Ole Gunnar Solskjaer tak memiliki pengalaman yang positif di Premier League.

- Ole Gunnar Solskjaer pernah gagal menyelamatkan Cardiff City dari jurang degradasi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Merawat Payudara Agar Tetap Kencang dan Sehat, Sederhana dan Mudah Dipraktikkan

Posted: 19 Dec 2018 08:47 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bagi para wanita, payudara merupakan organ vital yang wajib dijaga kesehatan dan keindahannya. Seperti yang kita ketahui, payudara merupakan salah satu bagian tubuh yang jadi salah satu daya tarik utama bagi perempuan.

Payudara sendiri bisa memberi pengaruh besar terhadap bentuk tubuh dan rasa percaya diri kaum hawa. Namun sayangnya, banyak perempuan yang mengalami masalah terkait bentuk payudara yang dimiliki. Tak sedikit perempuan yang mengeluh dan tak percaya diri karena memiliki payudara yang kendur. Kulit sekitar payudara juga memiliki kerutan halus dan terasa kendur. Hal ini bisa dipicu oleh penurunan berat badan secara mendadak, kurang tidur, hingga gaya hidup yang tidak sehat.

Jangan cemas dulu ya, ada banyak cara kok untuk bisa mengembalikan keindahan bentuk payudara kamu. Kamu bisa mulai dengan menjalani gaya hidup sehat, karena bentuk payudara juga dipengaruhi oleh kondisi kesehatan tubuh.

Berikut cara merawat payudara agar tetap kencang yang dilansir Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (20/12/2018).

1. Pijat payudara

Cara merawat payudara pertama adalah pijat payudara. Melakukan pijat pada payudara akan membuat payudara menjadi lebih kencang dan menarik. Gerakan pijat akan membuat aliran darah dan suplai oksigen pada payudara lebih lancar dan oto-otot payudara menjadi lebih kuat.

Lakukan gerakan pijatan ke atas payudara dengan cara seperti membentuk kupu-kupu selama 15 menit setiap harinya. Lakukan pijatan dengan menggunakan minyak zaitun atau baby oil agar pijatan menjadi lebih lembut dan licin.

Jangan gunakan minyak atau losion yang mengandung parfum karena kandungan bahan kimianya dapat menyerap masuk ke dalam payudara dan justru dapat menyebabkan kanker payudara.

2. Push up

Ilustrasi push up

Cara merawat payudara selanjutnya adalah push up. Salah satu gerakan dalam olahraga yang dapat mengembalikan bentuk payudara menjadi lebih kencang dan padat berisi adalah push up. Lakukan push up dengan gerakan plank atau dengan posisi tubuh berbaring telungkup tapi tidak menyentuh lantai, letakkan siku dengan posisi menekuk dengan kedua tangan dan kedua kaki menopang berat badan.

Lakukan gerakan naik turun secara perlahan dengan lima hitungan, lalu naikkan frekuensi gerakan menjadi lebih cepat setiap 10 kali gerakan. Gerakan push up ini akan membantu menguatkan otot-otot payudara dan membantu jaringan payudara untuk lebih maju sehingga tampak lebih berisi.

Menurut American College of Sports Medicine, lakukan latihan push up ini setidaknya dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Menurunkan berat badan secara perlahan

langsing tanpa diet (iStockPhoto)

Cara merawat payudara lainnya adalah menurunkan berat badan. Jika kamu mempunyai tubuh yang gemuk atau obesitas, sebaiknya turunkan berat badan secara perlahan. Tubuh yang gemuk tentunya memiliki perut yang buncit sehingga menutupi bentuk payudara dan akan terlihat lebih kecil dan kendur.

Untuk itu, sebaiknya lakukan diet yang sehat, sebaiknya lakukanlah secara perlahan agar bentuk payudara akan tampak lebih indah. Dengan tubuh yang ramping, payudaramu akan tetap terlihat berisi dan kencang.

4. Masker telur dan timun

Masker Putih Telur

Cara merawat payudara selanjutnya dengan masker telur dan timun. Bukan hanya wajah saja yang dimasker, payudara juga dapat dimasker untuk mengencangkannya. Kamu bisa membuat masker telur dan timun untuk mendapatkan kulit payudara yang kencang dan halus.

Caranya hancurkan timun hingga benar-benar halus, lalu tambahkan mentega dan telur, kemudian aduk semua bahan hingga tercampur rata. Oleskan pada payudara dan diamkan hingga 30 menit, lalu bilas dengan air dingin hingga bersih.

Lakukan hal ini sebanyak dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Timun mengandung antioksidan yang sangat baik untuk kulit.

5. Masker vitamin E dan telur

Cara merawat payudara selanjutnya dengan masker vitamin E dan telur. Selain masker telur dan timun, kamu juga dapat mencoba masker vitamin E dan telur. Kombinasi antara telur dan vitamin E yang sama-sama baik untuk meningkatkan elastisitas kulit dapat membantu mengencangkan payudara yang telah kendur.

Campurkan satu butir telur dengan dua butir vitamin E yang bisa kamu dapatkan di pasaran, lalu campur hingga merata. Kemudian oleskan pada payudara dan diamkan hingga 30 menit. Bilas payudara dengan air dingin hingga bersih.

Lakukan cara ini sebanyak dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan payudara yang kencang.

6. Olahraga dan Yoga

Ilustrasi Foto Sirsasana Yoga (iStockphoto)

Cara merawat payudara lainnya adalah dengan olahraga dan yoga. Para ahli yoga menyarankan para wanita untuk rajin olahraga dan melakukan beberapa gerakan yoga jika ingin memiliki payudara yang besar dan kencang. Saat berolahraga gunakanlah bra yang pas dengan ukuran payudaramu agar mengurangi guncangan saat berlatih yoga.

Selain ketiga metode alami di atas, kamu juga bisa menggunakan beberapa resep tradisional untuk membuat payudara tetap montok dan lebih besar seperti daun lenjuhang yang sudah terkenal dari dulu dapat menjadikan buah dada lebih kencang dan seksi.

Demikian beberapa cara merawat payudara agar tetap kencang secara alami dan aman. Untuk mendapatkan payudara yang sehat dan kencang, kamu juga harus menjaga gaya hidup sehat agar kesehatan payudara juga tetap terjaga. Ingatlah bahwa kesehatan payudara jauh lebih penting dibandingkan bentuknya. Jangan mengambil jalan pintas dengan melakukan implan payudara atau metode beresiko lainnya hanya untuk mendapatkan bentuk payudara yang indah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hari Ini, Ole Gunnar Solskjaer Gelar Latihan Pertamanya bersama MU

Posted: 19 Dec 2018 08:45 PM PST

Liputan6.com, Manchester - Ole Gunnar Solskjaer siap mengarungi petualangannya sebagai caretaker manajer Manchester United (MU). Hari ini, pria berwajah bayi ini dijadwalkan sudah memimpin pasukan Setan Merah.

Ole Gunnar Solskjaer sendiri sudah tiba di Lowry Hotel, sejak Rabu malam. Ini juga merupakan hotel tempat Jose Mourinho menginap selama menangani MU.

Latihan MU sendiri akan digelar di markas latihan mereka, Carrinton Training Complex. Rencananya, Ole Gunnar Solskjaer sudah akan ditemani asistennya, Mike Phelan, serta dua mantan asisten Mourinho, Michael Carrick dan Kieran McKenna.

Seperti diketahui, Ole Gunnar Solskjaer, 45 tahun, ditunjuk manajemen MU untuk menggantikan Mourinho. Solskjaer akan mendampingi David De Gea dan kawan-kawan hingga akhir musim.

Ole Gunnar Solskjaer sendiri merupakan mantan penyerang MU. Dia pernah 11 tahun mengabdi di Setan Merah. Salah satu momen terbaik Solskjaer adalah saat ikut mencetak gol ke gawang Bayern Munchen di final Liga Champions 1994. Ketika itu MU menang 2-1.

"Manchester United selalu berada di hati saya dan sangat menyenangkan bisa kembali ke seini dengan peran ini. Saya tak sabar bekerja dengan pemain-pemain berbakat serta semua orang di klub ini," ujar Ole Gunnar Solskjaer.

Laga Pertama

Ole Gunnar Solskjaer bersama maskot Manchester United. (AFP/Andrew Yates)

Solskjaer akan menjalani debut sebagai pelatih MU saat berhadapan dengan Cardiff City, akhir pekan ini, di Liga Inggris. Duel ini akan jadi laga spesial bagi Solskjaer, karena dia pernah melatih klub tersebut, sebelumnya akhir dipecat.

Sebelumnya, dia dijadwalkan menggelar juma pers, terkait pertandingan dan kehadiran dirinya sebagai pengganti Jose Mourinho.

Posisi Keenam

MU sendiri saat ini masih tertahan di posisi keenam. Dari 17 pertandingan, Setan Merah baru mengoleksi 26 pertandingan.

Lawan Cardiff tentu jadi kesempatan mereka untuk menabung poin demi mewujudkan target minimal mereka musim ini. Menduduki posisi keempat di akhir musim.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menteri Rini: Tol Trans Jawa Bakal Dorong Pertumbuhan Ekonomi Jatim

Posted: 19 Dec 2018 08:45 PM PST

Liputan6.com, Nganjuk - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno berharap perekonomian Jawa Timur dapat tumbuh pesat pasca beroperasinya serangkaian Jalan Tol Trans Jawa yang menghubungkan antara Jawa Timur dengan Jawa Tengah.

Sebab, berkat jalan tol, konektivitas kedua provinsi tersebut akan semakin cepat dan efisien.

"Tersambungnya antara Jawa Tengah dan Jawa Timur oleh Jalan Tol, akan semakin mempersingkat waktu tempuh dan efisiensi bahan bakar. Serta membantu mengurai kemacetan di jalan nasional," kata Rini di sela Peresmian Jalan Tol Ngawi-Kertosono-Kediri Segmen Wilangan-Kertosono dan Jalan Tol Gempol-Pasuruan Segmen Pasuruan - Grati bersama Presiden RI Joko Widodo di Nganjuk, Jawa Timur, Kamis (20/12/2018).

Pada kesempatan tersebut, turut diresmikan juga Jalan Tol Jombang Mojokerto segmen Bandar-Mojokerto dan jalan tol Surabaya Gempol segmen relokasi Porong - Gempol.

Peresmian ini juga menjadi titik awal serangkaian peresmian ruas jalan tol Trans Jawa yang dilakukan Presiden Jokowi pada hari ini.

Turut hadir dalam peresmian yaitu  Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Arryani, Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero) Tbk I Gusti Ngurah Putra, dan sejumlah pejabat eselon I Kementerian BUMN bersama beberapa Direksi BUMN lainnya. Tak ketinggalan hadir pula Chief of Corporate Communications Environment and Security PT Astra International Tbk Pongki Pamungkas.

 

Ruas Tol di Trans Jawa

Lima ruas bagian dari Tol Trans Jawa yang dikerjakan oleh Jasa Marga dan Waskita Karya siap diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). (Dok Kementerian BUMN)

Jalan Tol Ngawi-Kertosono-Kediri memiliki total panjang ruas 117,40 Km. Sepanjang 87 Km ruas Tol Ngawi-Kertosono yang terbentang mulai dari Ngawi-Kertosono merupakan bagian dari Trans Jawa.

Sedangkan Jalan Tol Gempol-Pasuruan sepanjang 34 Km telah beroperasi seutuhnya dan menjadi bagian Jaringan Jalan Tol Trans Jawa. 

Rini menambahkan, keberadaan Jalan Tol Ngawi-Kertosono-Kediri dan Jalan Tol Gempol-Pasuruan ini diyakini dapat mendorong percepatan dan peningkatan arus barang dan jasa, khususnya untuk wilayah Jawa Timur.

"Berkat efisiensi waktu tempuh dan BBM, maka distribusi logistik pun akan jaih lebih cepat dan murah," ungkap dia.

Seiring dengan itu, lanjut Rini, keberadaan jalan tol juga akan mempercepat pengembangan sektor pariwisata dan kegiatan ekonomi rakyat seperti UMKM. 

"Daerah sekitar lokasi-lokasi dekat pintu keluar masuk jalan tol pun tentu akan berkembang cepat sebagai kawasan bisnis, baik industri perdagangan, jasa keuangan dan perbankan dan sebagainya. Tol Trans Jawa juga akan meningkatkan pertumbuhan kawasan properti Jawa Timur dan Jawa Tengah," ujar dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Singgung Pakta Integritas di Kemenpora: Tidak Jaminan

Posted: 19 Dec 2018 08:43 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi sempat menyatakan, Kemenpora telah menandatangani pakta integritas alias kesepakatan untuk bekerja dengan baik dan benar. Pakta integritas ini ditandatangani para pejabat Eselon I hingga IV beberapa hari lalu. 

Namun, tak lama berselang, jajarannya malah terjaring operasi tangkap tangan (OTT) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Penangkapan oleh KPK ini terkait dana hibah dari Kemenpora untuk Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang menyindir Imam Nahrawi soal penandatanganan pakta integritas di Kemenpora tersebut. Menurut dia, percuma menandatangani pakta integritas kalau kenyataanya masih melakukan tindak pidana korupsi.

"Pakta integritas itu tidak jaminan, ya memang empirisnya begitu. Beberapa pakta integritas di atas kertas, hingga orang marah, ya sudah pakta enggak usah. Pakta saja korupsi apalagi tidak," ujar Saut saat dikonfirmasi, Jakarta, Kamis (20/12/2018).

Pengungkapan kasus suap dan gratifikasi dana hibah ini bermula saat KPK mendapatkan informasi dari masyarakat tentang adanya praktik suap di Kemenpora. Tim penindakan KPK pun bergerak dan mengamankan setidaknya 12 orang dalam operasi tangkap tangan (OTT).

Penyidik juga mengamankan sejumlah barang bukti, yaitu uang sebesar Rp 318 juta, buku tabungan dan ATM dengan saldo sekitar Rp 100 juta atas nama Jhonny yang dikuasai oleh Mulyana. Kemudian Mobil Chevrolet Captiva warna biru milik ET (Eko Triyanto) dan uang tunai dalam bingkisan plastik di kantor KONI sekitar sejumlah Rp 7 miliar.

KPK kemudian menetapkan lima orang sebagai tersangka. Mereka adalah Deputi IV Kemenpora Mulyana (MUL), Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pada Kemenpora Adhi Purnomo (AP), Staf Kemenpora Eko Triyanto (ET), Sekjen KONI Ending Fuad Hamidy (EFH), dan Bendahara Umum KONI Jhonny E Awuy (JEA).

Adhi Purnomo dan Eko Triyanto diduga menerima pemberian sekurang-kurangnya Rp 318 juta dari pengurus KONI. Selain itu, Mulyana juga menerima Rp 100 juta melalui ATM.

Selain menerima uang Rp 100 juta melalui ATM, Mulyana diduga sudah menerima suap lain dari pejabat KONI. Yakni 1 unit Toyota Fortuner, 1 unit Samsung Galaxy Note 9, dan uang Rp 300 juta dari Jhonny.

Uang tersebut diterima Mulyana, Adhi, dan Eko agar Kemenpora mengucurkan dana hibah kepada KONI. Dana hibah dari Kemenpora untuk KONI yang dialokasikan sebesar Rp 17,9 miliar.

Pada tahap awal, diduga KONI mengajukan proposal kepada Kemenpora untuk mendapatkan dana hibah tersebut. Diduga pengajuan dan penyaluran dana hibah sebagai akal-akalan dan tidak sesuai kondisi sebenarnya.

Sebelum proposal diajukan, diduga telah ada kesepakatan antara pihak Kemenpora dan KONI untuk mengalokasikan fee sebesar 19,13 persen dari total dana hibah Rp 17,9 miliar, yaitu sejumlah Rp 3,4 miliar.

Menpora Minta Maaf

Wakil Pimpinan KPK Saut Situmorang menyaksikan barang bukti uang hasil OTT Bandung Barat di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (11/4). Uang tersebut merupakan hasil pengutan dari Kepala Dinas oleh Bupati Bandung Barat Abu Bakar. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi meminta maaf kepada masyarakat atas tindakan yang dilakukan jajarannya. Pada Selasa 18 Desember 2018, sebanyak 5 staf Kemenpora ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Atas nama Kemenpora saya mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh rakyat Indonesia, kepada Bapak Presiden dan Bapak Wakil Presiden atas peristiwa yang terjadi di kantor kami," ujar dia di Kantornya, Jakarta, Rabu (19/12/2018).

Dia mengaku kecewa dengan tindakan yang dilakukan oleh kelima jajarannya. Salah satu yang diamankan oleh tim penindakan KPK adalah Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Mulyana.

"Tentu kita semua sangat prihatin, terkejut dan kecewa atas kejadian yang menimpa semalam terhadap Deputi IV dan beberapa staf kedeputian," kata dia.

Imam Nahrawi menyatakan mendukung lembaga antirasuah dalam memproses jajarannya yang ditangkap dalam operasi senyap.

"Kemenpora akan terus mendukung sepenuhnya langkah-langkah yang dilakukan oleh KPK dalam pemberantasan korupsi," kata dia.

Sebelumnya Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo mengatakan tim penindakan lembaga antirasuah mengamankan 9 orang dalam operasi tangkap tangan (OTT) yang digelar Selasa 18 Desember 2018.

Agus mengatakan, kesembilan orang tersebut kini tengah menjalani pemeriksaan intensif di Gedung KPK.

"Pihak yang dibawa tersebut dari unsur Kemenpora dan KONI, baik pejabat setingkat Deputi di Kemenpora, PPK, ataupun pengurus KONI," kata Agus.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Angelina Jolie Boyong Anak-Anak Liburan di Los Angeles

Posted: 19 Dec 2018 08:40 PM PST

Liputan6.com, Los Angeles - Angelina Jolie pun mulai mengubah banyak kebiasaannya, termasuk menjalani tradisi liburan akhir tahun bersama anak-anak. Tanpa Brad Pitt, Angelina Jolie telah merancang liburan Natal dan tahun baru yang berbeda dari biasanya.

Jika sebelumnya Angelina Jolie, Brad Pitt dan anak-anaknya mengunjungi negara-negara yang berjarak jauh, tahun ini liburan mereka justru akan berada di rumah.

Hunian mewah milik Cecil B. DeMille yang dibeli Angelina Jolie pada April 2018 seharga US$24.5 juta (Rp352.8 miliar) di Los Angeles akan jadi tempat Angelina Jolie menghabiskan liburan akhir tahunnya dengan anak-anak.

"Angelina sangat bahagia, dia tengah menyiapkan hari Natal bersama anak-anaknya di LA dan akan melakukan segalanya untuk menciptakan memori indah," ujar seorang sumber dekat Angelina, dikutip dari laman HollywoodLife.

 

Buat Dekorasi

Angelina Jolie dan anak-anak (TORU YAMANAKA / AFP)

"Mereka akan mendekorasi seluruh bagian rumah dari atas sampai bawah," lanjutnya. Di kesempatan ini, Angelina memberikan kebebasan kepada anak-anaknya untuk mendekorasi sesuai keinginan mereka.

"Mereka membuat proyek seni dan kue Natal. Mereka bersama membangun rumah kue jahe dan membuat cookies. Dia (Angelina Jolie) mengajak mereka belanja untuk Natal dan keluar untuk melihat semua lampu. Dia mendorong dirinya untuk menjadikan Natal ini menjadi yang terbaik untuk anak-anaknya," tukas sumber tadi.

 

Ajari Anak Berbagi

Angelina Jolie bersama anak-anaknya. (ANG CHHIN SOTHY / AFP)

Seperti keluarga pada umumnya, Angelina Jolie juga menyiapkan hadiah Natal untuk anak-anaknya. Namun di momen ini, Angelina Jolie juga ingin mengajarkan anak-anaknya untuk berbagi.

Selain menerima hadiah Natal, Angelina Jolie ingin anak-anaknya menyiapkan kado Natal untuk anak- anak yang berasal dari keluarga kurang mampu. "Sangat penting baginya untuk mengajari anak- anak untuk berbagi. Dan anak-anak benar-benar melakukannya, dia (Angelina) mengajarkan hal baik untuk peduli kepada orang lain," ucap sumber tadi. (Fimela.com/ Lanny Kusumastuti)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kasus Pengaturan Skor: Penyesalan Andi Darussalam Tabusalla di Final Piala AFF 2010

Posted: 19 Dec 2018 08:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kasus dugaan adanya pengaturan skor saat Timnas Indonesia menghadapi Malaysia di final Piala AFF 2010 kembali menghangat. Andi Darussalam Tabusalla, manajer Tim Garuda saat itu, buka kartu soal permainan kotor yang jadi bahan gosip publik sepak bola Tanah Air selama delapan tahun terakhir.

Delapan tahun silam, lewat sebuah surat kaleng ke Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono yang menyebar ke media nama Andi Darussalam Tabusalla dan Ketua Umum PSSI, Nurdin Halid, disebut-sebut terlibat dalam match fixing yang membuat Timnas Indonesia gagal juara Piala AFF 2010. 

Nama pengusaha gila bola yang jadi tulang punggung pendanaan Timnas Indonesia, Nirwan Dermawan Bakrie, yang saat itu menjadi Wakil Ketua Umum PSSI juga ikut terseret.

"Saya tahu ada permainan, tapi saya tidak terlibat. Saya menyesalkan adanya tudingan ke bos saya, Nirwan Bakrie," ujar Andi Darussalam yang punya nama beken ADS di kalangan sepak bola dalam acara talk show Mata Najwa dengan tema pengaturan skor di sepak bola Indonesia pada Rabu (19/12/2018) malam.

Pertandingan kontroversial yang dimaksud adalah final leg pertama di Stadion Bukit Djalil, Malaysia. Saat itu Timnas Indonesia yang diasuh Alfred Riedl kalah 0-3. Tim Merah-Putih gagal juara setelah hanya bisa menang 2-1 pada leg kedua di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan.

Kekalahan 0-3 menyisakan tanda tanya, karena pada fase penyisihan Timnas Indonesia melumat Tim Negeri Jiran dengan skor 5-1.

ADS mengaku menyesal lalai tidak menjaga hotel tempat menginap Timnas Indonesia jelang pertandingan final leg pertama. Skuat Garuda pun tidak steril. Dalam praktek judi bandar kakap sepak bola internasional, deal-deal kerap terjadi di area ini.

"Jujur saya kecewa mendengar cerita tersebut. Apalagi saya disebut terlibat di dalamnya. Cita-cita utama saya membawa Timnas Indonesia meraih piala, juara, yang belum pernah saya rasakan sepanjang menjadi manajer Timnas Indonesia. Dan hal itu gagal gara-gara kasus ini," kata Andi Darussalam Tabusalla.

 

Blunder Aneh

Menariknya Andi Darussalam menyebut nama seorang pemain Timnas Indonesia, yang melakukan blunder aneh di pertandingan melawan Malaysia.

"Saya katakan ketika ramai orang-orang mengatakan seolah-olah semua ini diatur, dengan saya sebagai manajer, dari situ saya mengejar mencari tahu. Dan saya yakin di pertandingan 3-0, saya dimainkan. Tetapi, saya tidak punya bukti untuk menuduh orang. Tetapi dari cara bermain, kita bisa melihat," ucapnya.

"Awal pertama, seharusnya Maman Abdulrahman membiarkan bola dari Malaysia, karena bola akan offside. Tetapi, ia biarkan itu memberi kesempatan kepada pemain lawan, untuk memberikan umpan, di situlah muncul gol pertama. Gol kedua begitu juga," ujar Andi Darussalam.

Sumber: Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ratusan Kader Hanura Demo di KPU, Tolak Syarat OSO Mundur dari Partai

Posted: 19 Dec 2018 08:34 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ratusan kader Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) berkumpul di depan Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU). Mereka unjuk rasa atas pernyataan KPU yang meminta Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) mundur dari pengurus Partai Hanura agar bisa masuk sebagai daftar calon tetap (DCT) Pemilu 2019.

Terpantau hingga pukul 10.00 WIB, jumlah massa masih terus bertambah. Kemacetan pun terjadi di sepanjang Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta.

"Hari ini kita berkumpul dalam rangka untuk meminta KPU menjalankan sesuai hukum. Kami membela Ketua Umum kita Oesman Sapta," kata anggota DPD Hanura Beni Ramdani di depan Kantor Pusat KPU, Jakarta, Kamis (20/12/2018).

OSO diminta menyerahkan surat pengunduran diri dari pengurus Partai Hanura sebagai syarat untuk mencalonkan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Pemilu 2019.

Jika sampai 21 Desember 2018 surat tersebut tidak diserahkan, maka KPU tak akan memasukkan OSO ke dalam daftar calon tetap (DCT) DPD.

"PKPU Nomor 6 Tahun 2018 berlaku untuk tahun 2024, sehingga ketua umum kami Bapak Oesman Sapta berhak maju untuk menjadi calon DPD RI," Beni melanjutkan.

 

KPU Tunggu Surat OSO

Sebelumnya, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman mengaku masih terus menunggu surat pengunduran diri Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) dari kepengurusan partai untuk maju sebagai caleg Dewan Perwakilan Daerah (DPD). KPU memberikan batas waktu hingga 21 Desember 2018.

Menurutnya, jika OSO menyerahkan surat pengunduran dirinya, maka KPU akan segera memasukannya ke daftar caleg tetap (DCT).

"Kalau itu dipenuhi maka akan terjadi perubahan DCT maksudnya, kalau tidak ada, ya tidak ada perubahan," kata Arief di komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (13/12/2018).

Arif menjelaskan, pihaknya sudah berusaha untuk menjalani putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) terkait gugatan Ketua DPD itu. Namun, dia mengingatkan bahwa KPU harus mengikuti putusan Mahkamah Konstitusi (MK) sebagai kekuasaan kehakiman tertinggi, yang memutuskan bahwa pengurus partai politik tidak boleh maju sebagai caleg DPD.

"Tapi kami juga jalankan putusan MK bahwa disyaratkan tidak sebagai pengurus parpol. kalau tidak ada putusan TUN kan semua sudah selesai, tidak ada ruang lagi sebetulnya, tapi karena ada putusan TUN maka kami berikan ruang lagi," ungkapnya.

Karena itu, Arief menyerahkan sepenuhnya keputusan pada OSO. Dia juga yakin OSO tak akan menempuh jalur hukum jika sampai batas waktu yang ditentukan OSO tak dimasukan ke dalam DCT DPD.

"Ya saya masih percaya, tidaklah (tempuh jalur hukum)," ucapnya.

Sebelumnya, MA mengabulkan permohonan uji materi Peraturan KPU (PKPU) Nomor 26 Tahun 2018 mengenai larangan pengurus partai politik menjadi calon anggota DPD yang diajukan oleh Oesman Sapta Odang (OSO). Uji materi itu diputuskan pada Kamis (25/10).

"Uji materi itu sudah diputus hari Kamis (25/10) yang lalu, dan katanya dikabulkan" kata juru bicara MA Suhadi ketika dihubungi seperti dikutp Antara, Selasa 30 Oktober 2018.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Moeldoko Sebut Prabowo Tak Hargai Usaha Pemerintah Berantas Korupsi

Posted: 19 Dec 2018 08:32 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko menyebut capres nomor urut 02 Prabowo Subianto tak menghargai usaha pemerintah dalam memberantas korupsi Indonesia. Hal ini dikatakan Moeldoko menanggapi pernyataan Prabowo soal korupsi di Indonesia telah stadium empat.

Moeldoko menjelaskan, pemerintah telah melakukan segala upaya agar tidak ada lagi korupsi terjadi di Indonesia. Upaya tersebut antara lain penerapan e-tilang, e-samsat, e-budgeting, dan e-planning.

"Ini mempersempit upaya negosiasi," kata Moeldoko dalam acara diskusi 'Diseminasi Strategi Nasional Pencegahan Korupsi' di Hotel Mandarin Oriental Jakarta Pusat, Kamis (20/12/2018).

Pemerintah, kata dia, juga telah mengeluarkan Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2018 tentang strategi nasional pencegahan korupsi. Selain itu, PP No 63/2018 tentang tata cara pelaksanaan peran serta masyarakat dan pemberian penghargaan dalam tindak pencegahan korupsi.

Dia menegaskan, pemerintah telah berkomitmen tidak akan memberi toleransi kepada para koruptor yang melarikan duit korupsi ke luar negeri. Untuk itu, Moeldoko mengatakan Presiden Jokowi akan menandatangani legal asisstance dengan pemerintah Swiss guna menangani korupsi dan money laundry.

"Hasil pemerintah Jokowi-JK terlihat. Masyarakat bisa merasakan. Korupsi memang masih ada, tapi berkurang. Indonesia peringkat kedua yang paling dipercaya," jelasnya.

Menurut dia, tingkat korupsi di Indonesia berdasarkan hasil survei juga telah turun secara signifikan hingga 52 persen. Tak hanya itu, Moeldoko menuturkan London Corruption Studies pun menyatakan Indonesia merupakan negara paling berkomitmen melakukan pencegahan dan pemberantasan korupsi.

"Ini artinya yang bilang korupsi sudah stadium empat, tidak menghargai upaya Pemerintah, Kejaksaan, Polisi, dan KPK untuk mencegah dan memberantas korupsi," ucap Moeldoko

Sebelumnya, Prabowo Subianto mengatakan Indonesia sudah masuk darurat korupsi. Pasalnya, dari kalangan pejabat negara seperti anggota dewan, menteri hingga hakim sudah ditangkap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Isu utama di Indonesia sekarang adalah maraknya korupsi, yang menurut saya sudah seperti kanker stadium empat," tegas Prabowo di Hotel Grand Hyatt Singapura, Selasa 27 November 2018.

Akibatnya, kata Prabowo, angka kemiskinan rakyat Indonesia meningkat, sementara para elitenya hidup berkecukupan. Menurutnya, para elite di Indonesia masih cuek terhadap kesenjangan sosial.

KPK Tepis Pernyataan Prabowo

Kepala Staf Kepresidenan, Jendral TNI (Purn) Moeldoko memberi sambutan pada acara penggalangan dana untuk Lombok-Sumbawa dan peluncuran buku TGBNomics di Jakarta, Jumat (14/9). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo menepis pernyataan capres nomor urut 02, Prabowo Subianto soal korupsi di Indonesia sudah stadium 4. Menurut dia, kondisi korupsi di Indonesia tidak separah penilaian Prabowo.

Agus menyebut persoalan korupsi di masa awal reformasi atau setelah berakhirnya era Orde Baru lebih parah ketimbang saat ini. Hal ini, kata dia, terlihat dengan tren Indeks Persepsi Korupsi (IPK) yang setiap tahunnya dirilis Transparancy International Indonesia (TII).

"Iya mestinya tidak begitu, kalau kita melihat justru kalau kita compare, bandingkan dengan yang ditinggalkan zaman Orde Baru, ini data rilis oleh TII kalau tahun 1999 itu relatif ditinggalkan Orde Baru," ujar Agus saat dikonfirmasi, Sabtu (1/2/2018).

Dia mengatakan, pada zaman Orde Baru, skor Indeks Persepsi Korupsi hanya 17 dan terburuk di Asia Tenggara. Namun, secara perlahan skor IPK Indonesia perlahan naik. Pada 2017, skor IPK Indonesia mencapai angka 37.

"Sekarang (skor IPK) sudah 37 skor CPA, kalau tahun 1999 kita ASEAN paling bawah jelek. Sekarang di ASEAN diatas kita Singapura, Malaysia 51 skornya, kemudian Brunei. Jadi dulu Vietnam, Filipina di atas kita sekarang sudah di bawah kita," jelas Agus.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AP II Buka Posko Informasi Hadapi Nataru di Terminal I Bandara Soetta

Posted: 19 Dec 2018 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta PT Angkasa Pura II (AP II), buka posko Natal dan Tahun Baru 2019 (Nataru) di pelataran parkir Terminal 1B, Bandara Internasional Soekarno Hatta (Bandara Soetta), Tangerang. Posko dibuka sejak Kamis (20/12/2018) hingga 6 Januari 2019.

Direktur Utama Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, membuka langsung posko tersebut dengan apel seluruh stakeholder atau pemangku kepentingan yang bertugas dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru 2019.

"Posko ini semua informasi mulai dari jam terbang, cuaca, sampai hal pendukung lainnya, bisa diperoleh oleh calon penumpang," tutur Awaluddin. 

Posko tersebut dilengkapi dengan layar komputer dan PC yang terhubung langsung dengan pusat informasi dari Terminal 1, 2 dan 3. Serta 1.900an CCTV yang berada di Bandara Soetta. 

"Layar komputer inilah yang memberi informasi tersebut, juga ada petugas yang siaga," ujar Awaluddin. 

Tidak hanya posko yang disiapkan, menurut Awaluddin ada 15 aspek yang dua rangkup menjadi tiga besar hal yang disiapkan AP II dalam liburan Natal dan Tahun Baru 2019 ini. Pertama, kesiapan SDM-nya. 

 

 

Siagakan 4.000 Personil

Persiapan AP II hadapi Libur Natal dan Tahun Baru 2019 (Foto:Liputan6.com/Pramita T)

Dari 16 bandara yang dibawah naungan APII, ada 4 ribu personil yang siaga. Sementara jumlah personil TNI/Polri gabungan dari 16 bandara, ada sebanyak 2.000 sampai 2.500 personil. 

"Untuk di Bandara Soekarno Hatta saja, ada 2.600 personil, ditambah sekitar 600 sampai 1.000 petugas gabungan TNI/Polri, yang disiagakan dalam Nataru tahun ini," ujar Awaluddin. 

Kemudian yang kedua, memastikan kesiapan dan kesigapan seluruh stake holder. Baik dalam pergerakan udara, maupun di sisi darat. 

Terakhir, memastikan seluruh infrastruktur serta fasilitas pendukung lainnya dalam kondisi prima. "Tidak ada mati lampu, fanding machine, flight information, dan lainnya tidak boleh kedip apalagi mati. Seluruhnya harus prima," tegas Awaluddin. (Pramita Tristiawati) 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Karakter Jin di Aladdin Tak Sesuai Ekspektasi, Warganet Kecewa

Posted: 19 Dec 2018 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu film daur ulang animasi klasik Disney yang bakal tayang dan dinanti-nanti pada 2019 adalah Aladdin.

Ya, film yang diambil dari kisah 1001 Malam ini sudah merampungkan syuting. Bahkan, sejumlah cast karakter utama juga sudah diumumkan.

Adapun aktor Mena Massoud akan memerankan Aladdin, Putri Jasmine diperankan Naomi Scott, dan karakter ikonik Genie alias jin dilakoni oleh Will Smith.

Majalah Entertainment Weekly pada Rabu (19/12/2018) juga telah memamerkan first look mereka.

Namun sayang, first look Aladdin, Putri Jasmine, dan khususnya Genie, tidak mendapatkan respons positif dari kebanyakan penggemar.

Pasalnya, wujud fisik Genie tidak seperti yang ditampilkan pada versi animasinya.

Jika pada versi animasi klasik Genie memiliki fisik tambun dan berwarna biru, Genie yang diperankan Will Smith justru memiliki wujud manusia dan tidak berbadan besar.

Mendadak sontak, perubahan drastis Genie ini dikomplain habis-habisan oleh warganet.

Kebanyakan menyampaikan kekecewaannya kepada Disney mengapa mereka harus merombak wujud Genie menjadi seorang manusia.

Namun, Will Smith sendiri lewat akun Instagram-nya mengungkapkan kalau Genie yang ditampilkan di first look merupakan Genie yang menjelma menjadi manusia.

Jadi para penggemar tenang saja, Genie yang ada di film Aladdin live action ini akan tetap sama seperti Genie yang ada di versi animasi. Berikut beberapa cuitan keluh kesah warganet yang komplain akan penampilan Genie.

Penuh Komedi

Will Smith, pemain film Aladdin. Foto: AFP / FRANCK FIFE

Seperti dilansir dari Variety, sosok Genie yang ia perankan mungkin lebih berbeda dibandingkan sosok Genie di film animasi Aladdin sebelumnya.

Genie yang digambarkan sosok Jin yang tinggi besar dan berwarna biru akan diperankan Will Smith sebagai Genie yang penuh komedi. Di film animasinya, suara Genie dibawakan oleh Robin Williams.

24 Mei 2019

Will Smith (Foto: Instagram)

Sementara itu pihak Disney menukar jadwal rilis Aladdin dengan Star Wars: Episode IX.

Seperti diketahui, pengunduran diri Colin Trevorrow membuat Disney terpaksa memundurkan tanggal perilisannya menjadi 20 Desember 2019.

Sedangkan Aladdin yang tadinya diplot di bulan Desember, dimajukan dan rencananya bakal dirilis pada 24 Mei 2019 mendatang.

 

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kutip Ayat Alquran, Denny Sumargo Jadi Mualaf?

Posted: 19 Dec 2018 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Keputusan berpisah dengan Dita Soedarjo, ternyata bukan hal mudah bagi Denny Sumargo. Sebagai manusia, ia juga merasakan kesedihan.

Tak ingin larut dalam kesedihan, Denny Sumargo, mengunggah beberapa foto di akun Instagram. Salah satu yang menarik perhatian adalah saat dirinya berpose seorang diri sambil tersenyum.

Namun bukan foto yang menjadi fokus warganet. Melainkan kalimat yang ditulis Denny Sumargo dalam keterangan foto.

Denny Sumargo menuliskan bahasa Arab, "La Tahzan, Innallaha Ma'ana... (Janganlah engkau bersedih, Sesungguhnya Allah bersama kita)."

Reaksi Warganet

Denny Sumargo (Foto: Instagram)

Pernyataan Denny Sumargo, merupakan petikan Alquran surat At-Taubah ayat 40 ini mengundang banyak reaksi.

Tak sedikit yang mempertanyakan agama Denny Sumargo. Apakah Densu, sapaan akrabnya, sudah menjadi mualaf?

Seperti akun @mimiie1201 mempertanyakan, "Masuk islam ya ?"

"Bukannya kristiani ??" timpal akun @bidadari_travelkuliner.

 

Ini Kata Manajer

(Instagram/sumargodenny)

Dalam video yang diunggah Gosip Selebritis di laman YouTube, manajer Denny Sumargo, Ditya, angkat bicara. Secara terang-terangan, diakui Ditya, Densu memang memahami tentang agama Islam.

Sementara, salah satu warganet menyebutkan Denny Sumargo memiliki darah Padang dari pihak sang ayah. Akun @syahrial5295 menulis, "Densu emang ada darah islam didirinya bapaknya urang awak/padang."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tinjau Dermaga Eksekutif Merak, Dirjen Hubdat Beberkan Strategi Hadapi Libur Natal dan Tahun Baru

Posted: 19 Dec 2018 08:29 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Perayaan Natal 2018 dan Tahun 2019 (Nataru) tinggal menghitung hari. Guna memberikan kelancaran dan keamanan selama penyelenggaraan Nataru, Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat), Budi Setiyadi mengunjungi Pelabuhan Penyeberangan Merak untuk memeriksa kesiapan sarana dan prasarana pendukung.

"Penekanan dari Menteri Perhubungan (Menhub), Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam), dan Kapolri yaitu menyiapkan sarana, prasarana juga rampcheck. Kapolri juga mengingatkan pentingnya mewaspadai ancaman terorisme," kata Dirjen Budi. 

 

Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat), Budi Setiyadi dan Direktur Utama PT. ASDP Indonesia Ferry, Ira Puspadewi.

"Masyarakat banyak yang merasa puas dan tidak menyangka situasi bagus seperti ini ada di Merak. Dengan beroperasinya dermaga eksekutif ini diharapkan pelayanan kita betul- betul dirasakan masyarakat," ungkap Dirjen Budi di atas garbarata yang sedang terhubung dengan salah satu kapal yang sedang bersandar di Dermaga Eksekutif di Merak.

Uji Coba Dermaga Eksekutif Merak

Dirjen Budi menyampaikan bahwa penyelenggaraan Nataru tahun ini sebagai ajang uji coba kesiapan dermaga eksekutif ini.

"Untuk Nataru nanti pertama kali akan kita uji coba, nanti kita persiapkan yang sebenarnya untuk berangkat pada Lebaran 2019 mendatang. Melihat kenaikan penumpang tidak begitu signifikan, paling antara 5%-10% jadi kita harapkan begitu uji coba ini menjadi pembelajaran kita termasuk operator bagaimana pelayanan kita untuk Lebaran di 2019," katanya. 

Garbarata yang sama selayaknya di pesawat ini merupakan salah satu fasilitas premium yang dapat dinikmati di Dermaga Eksekutif yang baru pertama ada ini.

Fokus utama Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menurut Dirjen Budi ada pada beberapa wilayah yang diprediksi akan mengalami lonjakan penumpang seperti Danau Toba Sumatera Utara, Nusa Tenggara Timur, Manado, dan Ambon.

"Daerah- daerah ini menjadi perhatian Bapak Menhub untuk kesiapan dermaga penyeberangan termasuk kapal- kapal penyeberangannya," jelas Dirjen Budi.

Strategi Hadapi Angkutan Nataru 2018 dan Pemberlakuan PM 88/2014

"Untuk jalan tol semuanya sudah siap dan jalan alternatif nanti Polres setempat yang akan menyiapkan. Jalan nasional sejauh ini tidak ada masalah. Jalur Jakarta- Cikampek memang rawan macet, jadi strategi yang kita siapkan adalah penghentian pekerjaan pembangunan mulai tanggal 19 Desember- 1 Januari," ujar Dirjen Budi.

Strategi lainnya yaitu dengan pembatasan operasional kendaraan barang pada masa Natal mulai berlaku pada 21- 22 Desember, 25 Desember. Sedangkan untuk periode Tahun Baru dimulai pada 28-29 Desember, dan 1 Januari.

"Pembatasan ini berlaku untuk kendaraan barang dengan sumbu 3 ke atas," tambah Dirjen Budi.

Pembatasan operasional ini diatur untuk mobil barang dengan ketentuan Jumlah Berat Yang Diizinkan (JBI) lebih dari 14.000 kg, mobil barang sumbu 3 atau lebih, dan mobil barang dengan kereta tempelan atau kereta gandeng, serta mobil barang yang digunakan untuk mengangkut bahan galian, tambang, dan bahan bangunan.

Sementara itu terkait PM 88 tahun 2014 seputar kapal yang melayani di lintasan Merak- Bakauheni di bawah 5.000 Gross Tonnage (GT) saat ini masih ditunda penerapannya.

"Saat ini memang sudah tidak lagi kami beri izin, namun mengingat akan ada kebutuhan untuk Angkutan Nataru maka sementara ditunda dulu. PM 88/2014 tetap kita jalankan," demikian tegas Dirjen Budi saat membahas penerapan PM 88/2014 sembari menutup pernyataannya.

 

(*)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Presiden Jokowi Resmikan 4 Ruas Tol Trans Jawa

Posted: 19 Dec 2018 08:20 PM PST

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengamati peta jalan tol disela peresmian empat ruas tol di Jawa Timur, Kamis (20/12). Empat ruas jalan tol itu antara lain Wilangan-Kertosono, Bandar-Kertosono , Porong-Gempol dan Pasuruan-Grati. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengamati peta jalan tol disela peresmian empat ruas tol di Jawa Timur, Kamis (20/12). Empat ruas jalan tol itu antara lain Wilangan-Kertosono, Bandar-Kertosono , Porong-Gempol dan Pasuruan-Grati. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan sambutan saat meresmikan empat ruas tol di Provinsi Jawa Timur, Kamis (20/12). Empat ruas tol sepanjang 59 km ini merupakan bagian dari Jalan Tol Trans-Jawa. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan sambutan saat meresmikan empat ruas tol di Provinsi Jawa Timur, Kamis (20/12). Empat ruas tol sepanjang 59 km ini merupakan bagian dari Jalan Tol Trans-Jawa. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan sejumlah menteri meninjau ruas jalan tol Trans-Jawa seusai peresmian di Jawa Timur, Kamis (20/12). Jokowi meresmikan empat ruas tol Trans Jawa seksi Jawa Timur. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan sejumlah menteri meninjau ruas jalan tol Trans-Jawa seusai peresmian di Jawa Timur, Kamis (20/12). Jokowi meresmikan empat ruas tol Trans Jawa seksi Jawa Timur. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau ruas jalan Trans Jawa seusai peresmian di Provinsi Jawa Timur, Kamis (20/12). Jokowi meresmikan empat ruas tol Trans Jawa seksi Jawa Timur sepanjang 59 km. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau ruas jalan Trans Jawa seusai peresmian di Provinsi Jawa Timur, Kamis (20/12). Jokowi meresmikan empat ruas tol Trans Jawa seksi Jawa Timur sepanjang 59 km. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau ruas jalan Trans Jawa seusai peresmian di Provinsi Jawa Timur, Kamis (20/12). Jokowi meresmikan empat ruas tol Trans Jawa seksi Jawa Timur. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau ruas jalan Trans Jawa seusai peresmian di Provinsi Jawa Timur, Kamis (20/12). Jokowi meresmikan empat ruas tol Trans Jawa seksi Jawa Timur. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan sejumlah menteri meninjau ruas jalan tol Trans-Jawa seusai peresmian di Jawa Timur, Kamis (20/12). Jokowi meresmikan empat ruas tol Trans Jawa seksi Jawa Timur. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan sejumlah menteri meninjau ruas jalan tol Trans-Jawa seusai peresmian di Jawa Timur, Kamis (20/12). Jokowi meresmikan empat ruas tol Trans Jawa seksi Jawa Timur. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Seskab Pramono Anung meninjau ruas jalan Trans Jawa seusai peresmian di Jawa Timur, Kamis (20/12). Jokowi meresmikan empat ruas tol Trans Jawa seksi Jawa Timur (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Seskab Pramono Anung meninjau ruas jalan Trans Jawa seusai peresmian di Jawa Timur, Kamis (20/12). Jokowi meresmikan empat ruas tol Trans Jawa seksi Jawa Timur (Liputan6.com/Angga Yuniar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Andi Darussalam Tabusalla: Semua Klub Minta Tolong ke Saya

Posted: 19 Dec 2018 08:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Nama Andi Darussalam Tabusalla sudah tidak asing di jagat sepak bola Indonesia. Pria asal Makassar yang kenyang pengalaman jadi pengurus PSSI tersebut kerap dikait-kaitkan dalam kasus-kasus pengaturan skor. Bahkan, ia dicap sebagai God Father Match Fixing Indonesia.

Beberapa tahun menepi dari PSSI dan fokus memulihkan kondisi kesehatannya, Andi Darussalam Tabusalla yang punya nama beken ADS keluar sarang. Ia merasa perlu buka suara, seiring mencuatnya kembali isu lama pengaturan skor usai kegagalan Timnas Indonesia di Piala AFF 2018.

Saat ditanya perasaannya kerap dibawa-bawa dalam rumor match fixing (terakhir kasus di Liga 3 yang melibatkan PS Ngada dan Persekam Metro FC), ADS menjawab santai:

"Biasa saja disebut-sebut. Nama saya terkenal dijuluki God Father sepak bola Indonesia. Saya jadikan bahan tertawa saja, karena yang bicara belum tentu lebih baik dari saya. Saya manusia, bukan manusia sempurna. Saya tidak mau datang ke acara ini untuk membela diri," ujar ADS dalam salah satu sesi talkshow Mata Najwa ditayangkan di salah satu stasiun televisi pada Rabu (19/12/2018) malam.

Bicara apakah ada dan ia terlibat match fixing di sepak bola Indonesia, ADS juga merespons enteng.

"Saya tidak terlibat permainan skor. Tapi kalau klub-klub sering mendatangi saya benar dan itu tidak satu atau dua klub saja. Banyak. Pernah sebagai Ketua BLI saya rapat, kemudian saya tutup pintu, kemudian berujar coba angkat tangannya klub mana yang tidak pernah saya bantu.

Mereka minta bantuan apa? Mereka minta agar wasit bersikap netral. Saya pastikan hal itu bisa terjadi dalam pertandingan. Jika wasit tidak netral akan saya hukum. Tidak ada anak tiri dan anak emas. Tidak ada klub yang saya istimewakan," tutur ADS.

Andi Darussalam Tabusalla yang sempat menjadi manajer Timnas Indonesia di Piala AFF 2010 juga menyebut kalau tidak mudah melakukan pengaturan skor di pentas kompetisi.

"Skor tidak mudah diatur. Yang bisa mengatur skor hanya petaruh luar negeri yang datang ke Indonesia seperti yang dikatakan Bambang Suryo," ujarnya.

Nama Bambang Suryo belakangan jadi perbincangan kalangan sepak bola Tanah Air. Pria yang juga menjabat sebagai manajer klub Liga 3, Persekam Metro FC membuka fakta kalau dirinya mantan pelaku pengaturan skor yang melibatkan bandar judi internasional. Ia blak-blakan berujar kalau di Indonesia banyak match fixing beberapa tahun terakhir.

Siap Kerja Sama dengan Satgas Bentukan Kapolri

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian (kiri) bersama Direktur Utama PT Pertamina, Nicke Widyawati menghadiri penandatanganan nota kesepahaman (MOU) dan kerjasama antara PT Pertamina (Persero) dengan Polri di Jakarta, Rabu (5/12). (Liputan6.com/Pool)

Andi Darussalam tak menampik bahwa dirinya tahu adanya permainan kotor di sepak bola kita.

"Saya paham permainan, tapi dalam acara ini saya tidak akan memberikan penjelasan mendetail, kecuali nanti yang meminta institusi resmi. Baik Kepolisian, Kemenpora, maupun PSSI. Saya berharap PSSI sebagai induk dari family football, jangan dibiarkan sendirian. Semua pihak harus berkerja sama menyelesaikan persoalan ini," kata ADS.

Ia tidak setuju dengan penggunaan istilah mafia sepak bola.

Masih ada satu dua. Tim itu harus baik punya pemain dan berkualitas. Wasit memimpin pertandingan Gaji pemain cuma 15 juta. 50 juta.

Siapa yang sebenarnya jadi mafia, yang sering terjadi ada individu punya pengaruh di PSSI, kemudian didatangi dua hingga tiga klub. Apa itu yang disebut mafia," kata ADS yang mengaku masih kerap dimintai tolong klub walau jumlahnya tidak banyak.

Secara terang-terangan Andi Darussalam menyebut PSSI kepengurusan Edy Rahmayadi tidak bisa dibilang bersih.

"Saya harus jujur, PSSI tidak bersih. Dalam kasus pengaturan, ada kerja sama. Semua punya keterlibatan. Hal satu ini tidak akan terjadi kalau klub tidak datang minta tolong ke anggota Exco (Komite Eksekutif PSSI). Tidak mungkin. Semua punya keterlibatan, secara langsung atau tidak langsung. Kalau orang tuduh saya, memang saya datang jual diri ke klub. Klub yang datang ke saya," papar Andi.

Pria yang punya kedekatan hubungan dengan pengusaha, Nirwan Dermawan Bakrie itu mengaku siap membantu penuntasan kasus pengaturan skor di Indonesia. Apalagi setelah mendengar keseriusan Kapolri, Tito karnavian, yang akan membentuk Satgas untuk menuntaskan aneka kasus di ranah sepak bola.

"Tapi harus diingat karena ini ranah sepak bola, PSSI harus dilibatkan. FIFA punya ketentuan soal itu. Saya dengar PSSI punya AD-Hoc yang mengurusi soal ini. Saya mau PSSI juga bekerja, kok cepat lebih cepat Kapolri. Kalau PSSI enggak mau kerja,  Satgas bentukan Polri bisa ambil alih," ujar Andi Darussalam.

Sumber: Bola.com

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tiba-Tiba Digugat Cerai Istri, Reza Bukan Kaget

Posted: 19 Dec 2018 08:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Reza Bukan digugat cerai istri, Verena Visca Purnamasari. Hal ini semakin menambah kesedihan komedian bertubuh subur itu yang sedang menjalani sidang kasus narkoba.

Yang membuat hati Reza Bukan semakin sedih, sang istri tak memberi tahunya perihal perceraian tesebut. Ia justru baru tahu informasi perceraiannya dari majelis hakim di pengadilan.

"Sudah tahu belum? (digugat cerai istri). Ya, kamu mesti sabar, yang kuat, belajar dari semua ini," kata majelis hakim kepada Reza Bukan.

Kaget

Reza Bukan

Kuasa hukum Reza Bukan, Monang Sagala, juga baru tahu kliennya digugat cerai istri. Ia menceritakan bahwa sebelum sidang, Reza Bukan masih santai dan tertawa-tawa tanpa beban.

"Iya baru tahu dia (Reza Bukan), kaget tadi dia. Soalnya tadi (sebelum sidang) masih tertawa-tawa, kan. Dia baru tahu, kami kuasa hukumnya juga baru tahu," ungkapnya.

Sidang Perdana

Reza Bukan (Instagram/ @rezbuk)

Hingga kini belum diketahui langkah apa yang akan ditempuh pihak Reza Bukan terkait gugatan cerai Verena. Rencananya jadwal sidang cerai perdana Reza Bukan dan Verena Visca akan digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Barat pada 23 Januari 2019 mendatang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sekjen PDIP: Kami Tak Sampai Jual Saham untuk Dana Kampanye

Posted: 19 Dec 2018 08:16 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengaku pihaknya tak sampai harus jual saham demi membiayai pendanaan kampanye Pileg dan Pilpres 2019. Menurut dia, cara gotong royong tiap kader hingga akar rumput telah bergerak untuk mencukupi hal tersebut.

"Kami partai pertama punya rekening gotong royong, ini tradisi kami. Saham kami miliki itu saham dari kepercayaan rakyat. Berbeda yang di sana, itu kan betul-betul saham murni ya," kata Hasto sebelum bertolak safari kebangsaan di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Kamis (20/12/2018).

Hasto menjelaskan, anggaran dana partai disediakan oleh APBN pun tak digunakan PDIP untuk berkampanye. Dia menerangkan alokasi hal itu lebih untuk pendidikan politik tiap kader.

Diketahui, PDIP adalah partai yang memiliki sekolah partai yang mewajibkan kepada tiap calon legislatifnya untuk menimba ilmu, sebelum diterjunkan ke masyarakat.

"Dana dari APBN tidak dipakai untuk Pemilu, karena di situ dipakai untuk pendidikan politik, Sekolah partai itu dana (parpol) dipakai, sedangkan dana kampanye dipake berasal dari iuran anggota," jelas Hasto.

Dia menambahkan, tak hanya kampanye Pileg, kampanye Pilpres pun PDIP tak gunakan dana Parpol dari APBN.

Partai berlambang Banteng ini mengklaim masih murni menggunakan dana bergotong-royong. Sebagai contoh saat safari politik ke daerah, gotong-royong pendanaan dilakukan dalam mengampanyekan Jokowi dan Kiai Haji Maruf Amin.

"Gol kita bersama-sama. Ringan sama dijinjing, berat sama dipikul," Hasto menyudahi.

Safari Politik Keempat, PDI Perjuangan Kunjungi Baduy

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (dua kiri) membuka workshop peta rawan bencana Indonesia di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Kamis (13/12). Hasto menyebut Ketum DPP PDIP Megawati menginginkan ada peringatan dini atau early warning. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

PDI Perjuangan melakukan safari politik keempat ke Provinsi Banten. Sederet agenda dipersiapkan mulai dari mengunjungi tiap dapil kabupaten/kota untuk melakukan konsolidasi internal.

"Kami melakukan safari politik keempat di Banten. Banten wilayah yang sangat penting, tidak hanya konsolidasi internal tapi kita juga berdialog," ujar Hasto.

Banten diketahui sebagai wilayah kelahiran Cawapres nomor urut 01, Kiai Haji Ma'ruf Amin. Karenanya, kunjungan ke pesantren menjadi agenda tersendiri PDIP kali ini.

Tercatat ada dua pondok pesantren dikunjungi PDIP dan rombongan, yaitu Pondok Pesantren Abuya Muhtadi di Pandeglang, dan Pondok Pesantren pimpinan KH Matin Syarkowi.

Selain menyapa para kiai dan santri, safari PDI Perjuangan kali ini juga dijadwalkan menyambangi suku Baduy luar. Bersama Sekjen Hasto, dialog akan dilakukan seperti titah dari Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Kami juga bertemu suku Baduy karena di dalam buah proses bertemu berdialog. Saya pernah ditugaskan Ibu Megawati Soekarnoputri bertemu di Baduy, kita lihat dari local wisdom bisa belajar kekayaan kebudayaan kita peradaban kita," jelas Hasto.

Bersama Hasto, hadir mendampingi Djarot Saiful Hidayat dalam rombongan. Mantan Gubernur DKI ini bertugas sebagai Ketua DPP Bidang Organisasi.

Menurut Djarot, Banten adalah salah satu provinsi yang penting sebagai penyanggah Ibu Kota Jakarta, maka tentu provinsi ini harus diperkuat secara sistematis

"Jadi banyak yang menyampaikan kepada kami, Banten masih agak kurang kuat, maka perlu kita perkuat," Djarot memungkasi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

1 komentar:

Angelika mengatakan...

Saya tidak dapat cukup berterima kasih kepada Dr EKPEN TEMPLE kerana telah membantu saya mengembalikan kegembiraan dan ketenangan dalam perkahwinan saya setelah banyak masalah yang hampir menyebabkan perceraian, alhamdulillah saya bermaksud Dr EKPEN TEMPLE pada waktu yang tepat. Hari ini saya dapat mengatakan kepada anda bahawa Dr EKPEN TEMPLE adalah jalan keluar untuk masalah itu dalam perkahwinan dan hubungan anda. Hubungi dia di (ekpentemple@gmail.com)