Sabtu, 22 Desember 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Kenang Istri di Hari Ibu, Indro Warkop Tulis Pesan Mengharukan

Posted: 22 Dec 2018 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Istri Indro Warkop, Nita Octobijanthy, mengembuskan napas terakhir pada 9 Oktober 2018 lalu. Ia telah lama berjuang melawan penyakit kanker paru-paru.

Lewat akun Instagram pribadinya, personel grup lawak Warkop itu cukup sering menyampaikan rasa rindunya kepada wanita yang dinikahinya. Bertepatan dengan peringatan Hari Ibu pada 22 Desember 2018, Indro Warkop kembali mengunggah foto momen manis bersama mendiang istrinya.

"Selamat Hari Ibu, sayang.. Ibu dari anak2ku & nenek dari cucu2ku.. Selamanya cinta sejatiku," tulis aktor 60 tahun ini seperti dilansir Brilio.net, Sabtu (22/12/2018).

Dalam unggahannya, Indro Warkop mengucapkan selamat hari ibu yang diberikan untuk wanita yang dicintainya itu. Bagi Indro Warkop, sosok Anthy telah memberikan kehidupan yang manis selama puluhan tahun lamanya. Foto tersebut diambil ketika Anthy tengah di rawat di rumah sakit dan Indro senantiasa menemaninya di berbagai kondisi.

Sosok yang Hebat

Indro Warkop dan mendiang istri dalam bentuk ilustrasi. foto: Instagram/@indrowarkop_asli

Baginya, Anthy bukanlah hanya sosok istri, namun juga nenek yang hebat bagi cucu-cucunya. Di akhir kalimatnya, Indro juga mengungkapkan betapa besar rasa rindunya kepada Anthy. Ia berharap sang istri untuk sering menemuinya dalam sebuah mimpi.

"Thy, jangan pelit2 nengokin aku di mimpi dong, kangen tau! Ohya, Selamat Hari Ibu ya untuk semua Ibu di Indonesia. Kalian luar biasa," tutupnya.

Seperti diketahui, Indro dan Nita resmi menikah pada tahun 1981. Dari pernikahannya, mereka dikaruniai tiga orang anak. Meski membangun rumah tangga selama lebih 30 tahun, terbukti hubungan keduanya jauh dari gosip yang tak sedap.

Tak membutuhkan waktu lama, unggahan pemilik nama asli Indrodjojo Kusumonegoro ini langsung ramai dengan beragam respons. Banyak warganet yang terharu dan salut atas besarnya cinta Indro kepada Nita. Tidak ketinggalan pula doa-doa dan berbagai ucapan.

Pujian Warganet

(Instagram/indrowarkop_asli)

"Anda luar biyasa mas @indrowarkop_asli Semoga sehat selalu dan semoga menjadi cinta sejatinya mba anty selamanya aamiin," tulis @nur_marisa38.

"Al fatihah. pak de semangatt sehat terus iya pak de @indrowarkop_asli Alm.bapak dan ibuku pasti juga suda bersama di syurga nya allah.... selamat hari ibu untuk alm.ibuku dan bude anthy," sambung @fitrie_puspita_sari.

"Sukak bangett sama bapak2 yg sayang and mencintai istrinya. love u pakde Indro," komen @zeiryn.

"Om indro bikin terharu ajah nih...salut utk om indro & Almh.istri...semangat ya om...," tulis @riopapayukero.

"Duh om...menyentuh bangeettt....semoga khusnul khotimah...yg sabar yah om...sehat slalu...amin yrb...," tutup @saqee_dhewi.

(Hira Hilary Aragon/Brilio.net)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Meninggal Dunia Akibat Tsunami Anyer, Ini Sosok Bani Seventeen

Posted: 22 Dec 2018 09:37 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Duka masih menyelimuti keluarga besar band Seventeen. Beberapa personelnya masih belum dapat ditemukan pasca-tsunami Anyer yang terjadi pada Sabtu (22/12/2018) malam.

Saat tsunami Anyer berlangsung, band Seventeen sedang manggung di Employee Gathering PLN UIT JBB, di Tanjung Lesung Beach Resort, Banten. Tiba-tiba gelombang tinggi menerjang panggung yang sedang diisi oleh Ifan dkk.

Karena tsunami Anyer ini, Bani, pemain bass Seventeen dinyatatakan meninggal dunia. Pria bernama lengkap Muhammad Awal Purbani ini lahir pada 9 Maret 1982.

Bani Seventeen meninggalkan satu anak bernama Inara, dan seorang istri bernama Cindri Wahyuni.

Simak video berikut ini:

Clothing Line

Bani Seventeen dan produk fashionnya. (Instagram.com/hassanimoslemwear)

Rupanya, selain aktif bersama band Seventeen, Bani juga aktif dalam bisnis di bidang fashion. Ia memiliki sebuah clothing line untuk muslim bernama Hassani Moslem Wear.

Pecinta Reptil

Bani Seventeen. (Instagram.com/baniseventeen)

Selain itu, Bani Seventeen juga diketahui adalah seorang pecinta binatang, khususnya reptil. Beberapa kali Bani Seventeen terlihat mengikuti kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan komunitas pecinta reptil.

Salah satunya terlihat di unggahan Bani Seventeen di Instagramnya. Dalam kesempatan itu, Bani terlihat santai kala menggendong seekor buaya dan ular jenis piton.

"Hobi lama mainan reptil, video fullnya di youtube diprofile instagram atas," tulis Bani Seventeen kala itu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Gerakan Peluk Ibu Satu Indonesia di Area CFD

Posted: 22 Dec 2018 09:36 PM PST

Anak-anak memeluk ibunya saat acara

Anak-anak memeluk ibunya saat acara

Sejumlah orang berfoto bersama saat acara

Sejumlah orang berfoto bersama saat acara

Ibu-ibu yang tergabung dalam Komunitas Perempuan Keren melepas balon saat acara

Ibu-ibu yang tergabung dalam Komunitas Perempuan Keren melepas balon saat acara

Kebersamaan anak dan ibu saat acara

Kebersamaan anak dan ibu saat acara

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Belajar dari Tsunami Anyer, Selamatkan Diri Pakai Kendaraan atau Berlari?

Posted: 22 Dec 2018 09:34 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tsunami Anyer menerjang pantai di Banten, Jawa Barat, dan beberapa daerah di sekitar Selat Sunda, Minggu (22/12/2018). Puluhan orang meninggal dunia, dan ratusan orang luka-luka akibat musibah ini.

Belajar dari bencana gempa dan tsunami yang memang kerap terjadi di Indonesia, bagaimana sebaiknya menyelamatkan diri saat bencana terjadi? Haruskan kita menggunakan kendaraan, seperti mobil dan motor, ataukah jalan kaki dan berlari?

Dijelaskan Sony Susmana, founder SDCI (Safety & Defence Consultant Indonesia), bencana seperti tsunami Anyer datangnya selalu tiba-tiba. Biasanya, selalu ditandai dengan surutnya air di pantai yang berlebihan, sehingga hanya diketahui oleh orang-orang yang ada di sekitar bibir pantai.

"Pengemudi mobil biasanya tidak tahu akan adanya tsunami tersebut. Menyelamatkan diri nomor 1, tidak boleh panik, tenang, dan cari tempat yang aman sesuai dengan karakter bencana tersebut," jelas Sony saat dihubungi Liputan6.com.

Lanjut Sony, biasakan bepergian atau menyelamatkan diri selalu menghitung orang yang berada di sekitarnya atau yang menjadi tanggung jawabnya, serta utamakan menyelamatkan anak-anak dan wanita.

"Pada kasus seperti tsunami Anyer, lihat, pikirkan dan bertindak dalam hitungan detik. Kalau memungkinkan, arahkan kendaraan ke area yang relatif lebih tinggi, atau menjauh dari sekitar pantai," jelasnya.

Selanjutnya

Kemudian, lanjutkan dengan berlari ke arah yang lebih tinggi lagi. Pasalnya, dengan area yang lebih tinggi misalkan, memang tidak bisa dilalui dengan kendaraan, misalkan mobil atau motor.

"Pada dasarnya, gunakan kendaraan sebagai alat pelindung untuk escape awal, menuju master point yang dirasa aman sebelum melanjutkan penyelamatan berikutnya," pungkasnya.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pandeglang dan Heboh Potensi Tsunami 57 Meter

Posted: 22 Dec 2018 09:33 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Jauh sebelum musibah tsunami menerjang kawasan Pandeglang dan Selat Sunda di Banten, wilayah tersebut sudah diprediksi bakal disapu bah dahsyat. Kabar mengejutkan itu muncul dari sebuah seminar di Gedung Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jakarta, Selasa 3 April 2018.

Sorotan tertuju pada pernyataan peneliti tsunami Balai Pengkajian Dinamika Pantai Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Widjo Kongko. Dalam presentasinya, Widjo menyebut potensi tsunami setinggi 57 meter di Kabupaten Pandeglang.

Ia mengungkap potensi gempa besar di daerah subduksi di selatan Jawa dan Selat Sunda menjadi pemicunya. Bila kekuatan gempa mencapai magnitudo 9 di laut dangkal, akan muncul tsunami besar. Tak hanya Pandeglang, kawasan lain yang tak jauh dari sana juga akan mengalami tsunami dengan ketinggian bervariasi.

Kabar ini langsung membuat resah publik. Tak mau perbincangan seputar hal itu menjadi bola liar, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) langsung membuat klarifikasi. Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menggelar konferensi pers menjelaskan hal ihwal hasil penelitian BPPT itu.

Menurutnya, temuan BPPT belum bisa jadi pegangan resmi. Sebab, hal tersebut masih hasil penelitian awal.

"Itu modeling yang perlu divalidasi. Dan perlu digunakan data-data yang valid," Dwikorita menjelaskan di kantor BMKG, Kamis 5 April 2018.

Ia menjelaskan, informasi itu hanya digunakan untuk melakukan mitigasi bencana. Karena itu, ia meminta masyarakat arif dalam memahami informasi kegempaan dan tsunami.

"Sekali lagi masyarakat jika mendapat info, mohon dicek validasinya," Dwikorita berujar.

Pada kesempatan yang sama, Deputi Bidang Geofisika BMKG Muhamad Sadly, melalui sambungan teleconference, mengungkapkan kajian potensi tsunami di Pandeglang, Banten, bukan prediksi. Penelitian itu hanya mengkaji potensi bencana.

"Karena peneliti tersebut tidak menyebutkan kapan akan terjadinya," ucap Sadly.

Ia menambahkan temuan itu perlu dikaji lebih lanjut dengan data ilmiah yang memadai. Sadly mengatakan BMKG menjalin kerja sama dengan pakar bidang gempa bumi dan tsunami beberapa lembaga. Hal itu sesuai amanat UU Nomor 31 Tahun 2009.

Sadly tak menampik kemungkinan terjadinya gempa besar. Dalam keterangan persnya, ia menyebut ada interplate coupling di Selat Sunda dan Palung Jawa yang mencapai 50-80 persen.

Defisit slip pada bidang suduksi ini memiliki implikasi penting untuk potensi bahaya gempabumi di selatan Jawa bagian barat. Oleh karena itu, katanya, usaha pengurangan resiko gempa bumi harus dilakukan secara serius agar potensi gempa tidak akan menjadi bencana.

Di sini fokusnya bukan soal kapan gempa akan terjadi. Sadly menekankan pertanyaannya yang lebih penting adalah "apa yang harus kita perbuat".

 

Hanya Bisa Dianalisis

Warga memeriksa kerusakan rumah mereka setelah tsunami menerjang Pantai Carita, di perairan Banten, Minggu (23/12). Data sementara jumlah korban dari bencana tsunami di Selat Sunda tercatat 584 orang luka-luka dan 2 orang dinyatakan hilang. (SEMI / AFP)

Serupa dengan BMKG, Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian ESDM, Sri Hidayati menilai, edukasi mengenai bahaya tsunami terhadap masyarakat lebih penting. Alasannya untuk mengurangi risiko bencana.

Sampai saat ini PVMBG belum bisa memprediksi secara akurat, kapan, di mana dan besarnya magnitudo gempa bumi yang akan terjadi. Namun hanya bisa melakukan analisis dan mengestimasi potensi bahaya gempa bumi dan tsunami berdasarkan data-data dari berbagai hasil penelitian.

"Seperti halnya dalam berita tersebut, potensi Tsunami diestimasi berdasarkan hasil pemodelan dengan berbagai skenario sumber pembangkit tsunami, termasuk dengan skenario terburuk," ujar Sri Hidayati kepada Liputan6.com.

Hasil pemodelan tersebut, jelas Sri Hidayati, masih perlu dilakukan verifikasi. Salah satunya dengan kajian paleotsunami atau mengkaji sejarah Tsunami yang pernah terjadi di wilayah Pandeglang.

Sri Hidayati menyebutkan, penelitian lebih detail soal serupa dianggap penting dengan tujuan ujung atau hilir dari semua riset untuk mengurangi risiko terburuk.

Senada, Kepala Pusat Seismologi Teknik Geofisika Potensial dan Tanda Waktu BMKG Jaya Murjaya mengungkapkan, sejak 2001, pihaknya bersama tim sudah membuat peta potensi kerawanan tsunami tersebut.

"Di mana saja, yaitu di sepanjang Barat Sumatera, Pantai Selatan Jawa, Selatan Nusa Tenggara, di Utara Nusa Tenggara, pantai Utara Papua. Kemudian Pantai Timur Manado Barat dan Maluku. Pantai utara Sulawesi, Toli-Toli, kemudian bagian barat Pantai Sulawesi. Di Mamuju, kemudian di pulau-pulau kecil Ambon," jelas Jaya.

Dia menuturkan, sampai saat ini sesuai. "Terus dilakukan evaluasi untuk memprediksi terjadinya tsunami," ia menjelaskan.

"Sampai saat ini sesuai," kata Jaya.

Hanya untuk Konsumsi Akademis

Kondisi akibat Tsunami Anyer di Pandeglang, Banten. Dok PLN

Menanggapi paparan tentang potensi tsunami tersebut, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) meminta maaf atas hasil pemodelan tentang tsunami di Pandeglang. BPPT menjelaskan pemodelan itu seharusnya untuk konsumsi akademis.

"Terkait dengan hasil kajian awal Potensi Tsunami di Jawa Bagian Barat yang telah disampaikan di atas, maka perlu dilakukan tindaklanjut berupa kajian dengan menggunakan data yang lebih akurat, khususnya didaerah perairan pantai. Meskipun ini adalah hasil kajian awal, tetapi telah mengindikasikan adanya potensi tsunami yang besar di sepanjang pantai Jawa Bagian Barat," tulis BPPT dalam pernyataan tertulis, Jumat 6 April 2018.

Dengan demikian masyarakat diimbau untuk tenang, dan tetap beraktivitas seperti biasa dan tetap meningkatkan kewaspadaan, serta tetap mengacu kepada informasi dari BMKG dan/atau BNPB sebagai lembaga resmi yang mendapat mandat resmi pemerintah untuk memberikan peringatan gempa bumi dan tsunami kepada masyarakat.

"Masyarakat tidak perlu khawatir dengan pemberitaan ini. Permohonan maaf BPPT kepada masyarakat Indonesia yang terdampak sekiranya hasil studi awal Potensi Tsunami di Jawa Bagian Barat, yang seharusnya hanya untuk konsumsi akademis ini, telah membuat keresahan masyarakat," pungkas BPPT.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Libas Cardiff City, Solskjaer Ungkap Strategi Pertamanya untuk MU

Posted: 22 Dec 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Cardiff - Ole Gunnar Solskjaer mencatatkan kemenangan dalam debutnya sebagai caretaker manajer Manchester United (MU). Dia membawa MU menang 5-1 atas Cardiff City.

Dalam laga yang berlangsung di Cardiff City Stadium, Minggu (23/12/2018), dini hari WIB, lima gol Setan Merah, julukan MU, dicetak Marcus Rashford, Ander Herrera, Anthony Martial, dan Jesse Lingard (dua gol).

Situs penyedia statistik, Squawka, mencatat bahwa MU punya penguasaan bola hingga 75%, dengan akurasi di angka 87%. Ada 17 tembakan dilepaskan sementara 12 peluang diciptakan.

Usai pertandingan, Solskjaer mengungkapkan strategi pertamanyanya sebagai manajer MU. Dia menginstruksikan Paul Pogba dan kawan-kawan untuk terus menyerang sepanjang pertandingan.

"Saya bilang ke mereka, Manchester United tidak pernah boleh kalah gigih dari lawan. Tak peduli tim apa yang kalian hadapi, Anda harus berlari lebih keras dari mereka, lalu kemampuan Anda akan memberi Anda kans untuk menang lagi," ujar manajer MU berusia 45 tahun itu, dikutip dari Standard.

Buktikan Kualitas

Gelandang Manchester United, Paul Pogba, berusaha melewati gelandang Cardiff, Aron Gunnarsson, pada laga Premier League di Stadion Cardiff City, Wales, Sabtu (22/12). Cardiff kalah 1-5 dari MU. (AFP/Geoff Caddick)

Solskjaer menegaskan, para pemain MU telah menunjukkan kualitas terbaiknya. Pria asal Norwegia itu hanya perlu memberikan motivasi ekstra kepada Nemanja Matic beserta kolega.

"Mereka adalah pemain yang bagus. Pemain yang sangat-sangat bagus, pemain yang bertalenta, yang menghadapi pertandingan dengan layak dan bekerja keras."

"Bekerjalah lebih keras, nikmati permainan, umpan ke depan, berlari ke depan. Kalau kalian kehilangan bola, saya tak keberatan selama kalian berusaha merebutnya kembali dan mereka melakukannya. Kalau Anda punya para pemain dengan kualitas seperti ini, mereka akan selalu menciptakan peluang-peluang," katanya.

Klasemen Liga Inggris

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Petugas Kesulitan Evakuasi Korban Tsunami Anyer

Posted: 22 Dec 2018 09:27 PM PST

Liputan6.com, Pandeglang - Daerah terdampak tsunami di kawasan Tanjung Lesung, Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten membutuhkan alat-alat berat karena banyak pohon tumbang juga bangunan yang roboh, termasuk panggung hiburan.

"Kami saat ini sangat membutuhkan bantuan peralatan berat untuk melakukan evakuasi," kata Camat Panimbang Suhaedi di Pandeglang, Minggu (23/12/2018).

Petugas dan relawan kesulitan untuk melakukan evakuasi di kawasan Tanjung Lesung karena tidak memiliki peralatan berat.

Mereka melakukan dengan cara manual, sehingga menghambat proses pertolongan korban gelombang tsunami.

Selain itu juga kekurangan kendaraan ambulans karena diduga korban meninggal dunia di kawasan wisata Tanjung Lesung ratusan belum ditemukan.

Sebab, karyawan PLN saja mencapai 420 orang dan Kemenpora 85 orang serta ditambah wisatawan bersama anggota keluarga.

"Kami yakin korban meninggal dipastikan ratusan karena banyak wisatawan mengunjungi Tanjung Lesung, bahkan menggelar hiburan band seventeen," jelasnya dilansir Antara.

Menurut dia, saat ini petugas dan relawan sudah melakukan evakuasi di kawasan Tanjung Lesung sehubungan membaiknya cuaca di sekitar pesisir Banten Selatan.

Kemungkinan menghilangnya ratusan wisatawan itu terseret gelombang juga terhimpit reruntuhan bangunan yang roboh. Bantuan peralatan berat secepatnya untuk memulihkan kembali lokasi bencana alam yang kondisinya rusak berat.

"Kami terus menjalin koordinasi dengan instansi terkait, untuk penanganan pasca bencana tsunami," katanya.

Sementara itu, sejumlah relawan sudah melakukan evakuasi di sekitar kawasan Tanjung Lesung dan mereka mencari mayat yang sudah meninggal dunia.

"Kami sudah menemukan tiga mayat dalam kondisi meninggal dan kondisi kepalanya mengalami luka-luka," kata Maman, seorang relawan Panimbang.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Car Free Day di HI Diwarnai Aksi Solidaritas untuk Muslim Uighur

Posted: 22 Dec 2018 09:26 PM PST

Massa menggelar aksi solidaritas untuk muslim Uighur pada kegiatan Car Free Day di kawasan Bundaraan HI, Jakarta, Minggu (23/12). Mereka mengutuk keras penindasan terhadap Muslim Iqbal S. Nugroho di Provinsi Xinjiang, China. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Massa menggelar aksi solidaritas untuk muslim Uighur pada kegiatan Car Free Day di kawasan Bundaraan HI, Jakarta, Minggu (23/12). Mereka mengutuk keras penindasan terhadap Muslim Iqbal S. Nugroho di Provinsi Xinjiang, China. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Massa menggelar aksi solidaritas untuk muslim Uighur pada kegiatan Car Free Day di kawasan Bundaraan HI, Jakarta, Minggu (23/12). Dalam aksinya, mereka meminta pemerintah Indonesia bersikap tegas atas peristiwa tersebut. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Massa menggelar aksi solidaritas untuk muslim Uighur pada kegiatan Car Free Day di kawasan Bundaraan HI, Jakarta, Minggu (23/12). Dalam aksinya, mereka meminta pemerintah Indonesia bersikap tegas atas peristiwa tersebut. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Massa menggelar aksi solidaritas untuk muslim Uighur pada kegiatan Car Free Day di kawasan Bundaraan HI, Jakarta, Minggu (23/12). Aksi solidaritas itu untuk mengutuk kekerasan terhadap Muslim Uighur oleh pemerintah China. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Massa menggelar aksi solidaritas untuk muslim Uighur pada kegiatan Car Free Day di kawasan Bundaraan HI, Jakarta, Minggu (23/12). Aksi solidaritas itu untuk mengutuk kekerasan terhadap Muslim Uighur oleh pemerintah China. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Untuk Pemula, Honda Hadirkan Edisi Terbatas CRF 110F dan 125F

Posted: 22 Dec 2018 09:12 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Segmen trail sepertinya makin menjanjikan untuk Honda. Bahkan, pabrikan berlambang sayap mengepak ini, resmi menambahkan versi mesin yang lebih kecil untuk CRF, yaitu 110F dan 125F untuk pasar Jepang.

Melansir Response.jp, Honda CRF110F dan 125F ini merupakan varian ekslusif, dan hanya diproduksi secara terbatas sebanyak 100 unit untuk versi 110 cc dan 175 unit untuk 125 cc. Kedua motor tersebut, bakal dirilis secara resmi tahun depan, tepatnya 1 Februari 2019.

Honda CRF125F disebut bakal memiliki handling yang baik untuk pemula, karena mesinnya yang tak terlalu besar, dan dimensi bodinya yang juga tidak terlalu merepotkan bagi pengendara.

Selain pemula, para veteran pun bisa memakai CRF 125F jika masih ingin merasakan trabas jalur offroad.

Sementara untuk Honda CRF 110F, adalah model baru yang melengkapi jajaran motor trailnya. Model ini, disebut sebagai motor untuk membiasakan diri jika hendak menggunakan model 125F.

Selanjutnya

Honda CRF 110F dipersenjatai dengan mesin berpendingin udara 4-langkah DOHC silinder tunggal. Dikombinasikan dengan automatic centrifugal clutch, sepeda motor trail ini akan mudah untuk dioperasikan.

Harganya, kedua sepeda motor ini akan tersedia dalam pilihan warna Extreme Red yang terinspirasi dari motorcross CRF 450R, dengan banderol JPY 270 ribu atau setara dengan Rp 35,4 jutaan untuk 110F, dan 125F dilepas seharga JPY 340.200 atau setara Rp 44,6 jutaan.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kata Ilmuwan Soal Longsor Laut Penyebab Gelombang Tinggi Seperti Tsunami Anyer

Posted: 22 Dec 2018 09:08 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa kawasan di sekitar Selat Sunda terkena dampak tsunami Anyer yang terjadi pada Sabtu 22 Desember 2018 malam, sekitar pukul 21.00 WIB. Puluhan orang dilaporkan tewas dan ratusan lainnya terluka.

Menurut data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), hingga hari ini, Minggu (23/12/2018) pukul 07.00 WIB, ada 62 korban dinyatakan tewas akibat tsunami Anyer, dan hampir sebanyak 600 orang mengalami luka-luka.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami pada Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG), Rahmat Triyono, sempat mengatakan bahwa tsunami yang terjadi di Selat Sunda disebabkan oleh aktivitas Gunung Anak Krakatau, dan bukan gempa bumi.

Namun, beberapa saat kemudian, Triyono kembali mengabarkan bahwa tsunami Anyer lebih tepatnya disebabkan oleh longsor bawah laut di sekitar area Gunung Anak Krakatau. Penelitian lebih lanjut masih dilakukan.

Kejadian tsunami akibat longsor bawah laut tidak hanya terjadi di Selat Sunda, melainkan di banyak lokasi yang berdekatan dengan pertemuan dua lempeng yang saling bertumbuk.

Meskipun relatif jarang terjadi, menurut Komisi Oseanografi Antar Pemerintah pada UNESCO, longsoran di bawah laut --terutama yang terkait dengan gunung berapi-- bisa menjadi gangguan impulsif, yang menarik volume besar air dan menghasilkan gelombang tsunami merusak di daerah-daerah sekitarnya.

Menurut mekanisme ini, gelombang dapat dihasilkan oleh perpindahan tiba-tiba air yang disebabkan oleh longsoran bawah laut, baik akibat ledakan gunung berapi atau runtuhnya ruang magmatik vulkanik.

Salah satu tsunami terbesar dan paling destruktif yang pernah dicatat, terjadi pada 26 Agustus 1883, setelah letusan Gunung Krakatau. Longsor laut akibat letusan ini menghasilkan gelombang setinggi 135 kaki (setara 41,2 meter), yang menghancurkan kota-kota pesisir dan desa-desa di sepanjang Selat Sunda di Pulau Jawa dan Sumatra.

Korban tewas akibat terjangan tsunami dahsyat itu mencapai 36.417 orang.

Tsunami akibat longsoran laut juga disebut menghancurkan peraban kuno Minoa di Yunani pada 1490 sebelum Masehi, yang diakibatkan oleh aktivitas vulkanik gunung api Santorini di Laut Aegean.

 

Simak video pilihan berikut:

Jarang Mengubah Garis Pantai Terdampak

Gelombang tinggi di laut Gunung Kidul Yogyakarta. (Liputan6.com/Sunariyah)

Sementara itu, menurut penjelasan situs web Departemen Ilmu Geologi pada University of Washington, Amerika Serikat (AS), gelombang tsunami dapat ditimbulkan oleh pergeseran massa air besar oleh longsoran di area laut, baik di permukaan maupun di bawah air.

Tanah longsor bawah laut, yang sering menyertai runtuhnya bangunan vulkanik, dapat mengganggu kolom air di atasnya. Hal tersebut membuat endapan dan bebatuan jatuh menyebar ke dasar laut.

Demikian pula, letusan gunung berapi di sekitar perairan laut dapat menciptakan kekuatan impulsif yang mengangkat kolom air dan menghasilkan tsunami.

Secara umum, tsunami yang dihasilkan dari mekanisme ini, tidak seperti tsunami di Pasifik yang disebabkan oleh serangkaian gempa bumi. Gelombang tinggi akibat longsor laut umumnya menghilang dengan cepat, dan jarang mengubah garis pantai yang terdampak.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tsunami Selat Sunda, Jokowi Perintahkan Jajarannya Gerak Cepat

Posted: 22 Dec 2018 09:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memerintahkan kepada seluruh jajarannya bergerak cepat menangani korban tsunami di Banten dan Lampung Selatan.

"Tadi pagi sudah saya perintahkan ke Kepala BNPB, ke Mensos, ke Panglima, semuanya sudah bergerak di lapangan," kata Jokowi di Plaza Kolam Makale, Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Minggu (23/12/2018).

"Intinya kita ingin agar tanggap darurat ini dikerjakan di lapangan dengan cepat dan sebaik-baiknya," sambung dia.

Jokowi mengaku sudah mendapat laporan mengenai kondisi terkini serta jumlah korban pasca-tsunami yang terjadi pada Sabtu 22 Desember 2018 malam.

"Terakhir tadi saya mendapat laporan juga berapa yang meninggal karena tsunami ini. Tetapi memang datanya masih dalam proses berkembang," ungkap Jokowi.

 

Belasungkawa

Jokowi juga turut menyampaikan belasungkawanya terhadap para korban tsunami.

"Saya juga ingin menyampaikan dukacita yang mendalam kepada korban di Provinsi Banten, di Serang Pandeglang. Semoga yang ditinggalkan mendapatkan kesabaran," ucap Jokowi.

Sementara terkait alat pendeteksi dini tsunami yang rusak dan dikeluhkan BNPB tidak ada anggarannya untuk membeli kembali, Jokowi menilai saat ini pemerintah fokus dulu ke penanganan pasca tsunami.

"Intinya kita ingin ada tanggap darurat, ini dikerjakan di lapangan dengan cepat dan sebaik-baiknya" kata Jokowi.

Sebelumnya, tsunami menerjang sejumlah pantai di Selat Sunda, di antaranya di pantai di Kabupaten Pandeglang, Serang, dan Lampung Selatan pada Sabtu 22 Desember 2018 sekitar pukul 21.37 WIB.

Tsunami tersebut diduga dipicu oleh aktivitas vulkanik Gunung Anak Krakatau dan gelombang pasang akibat pengaruh bulan purnama.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Komedian Aa Jimmy Jadi Korban Tewas Tsunami Banten

Posted: 22 Dec 2018 09:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Komedian Aa Jimmy menjadi salah satu korban tewas akibat terjangan tsunami di pantai Tanjung Lesung Banten.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Fakta Musibah Tsunami di Selat Sunda

Posted: 22 Dec 2018 09:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tsunami menerjang beberapa daerah di sekitar Selat Sunda pada Sabtu 22 Desember 2018, sekitar pukul 21.00 WIB. Puluhan orang meninggal dunia akibat bencana ini.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan peristiwa tsunami tersebut tidak dipicu gempa bumi.

 

Berikut fakta tsunami Selat Sunda yang dihimpun Liputan6.com:

1. Erupsi Gunung Krakatau Diduga Akibatkan Tsunami

Warga memeriksa kerusakan rumah mereka setelah tsunami menerjang Pantai Carita, di perairan Banten, Minggu (23/12). Data sementara jumlah korban dari bencana tsunami di Selat Sunda tercatat 584 orang luka-luka dan 2 orang dinyatakan hilang. (SEMI / AFP)

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita menduga tsunami yang terjadi di Selat Sunda akibat dari meletusnya Gunung Krakatau.

"Ada indikasi yang terjadi memang pada hari yang sama, gelombang tinggi erupsi Gunung Krakatau itu mengakibatkan tsunami," ujar Dwikorita dalam jumpa pers, Jakarta, Minggu (22/12/2018).

Dia menyatakan, gelombang yang terjadi tersebut tidak seperti yang biasa dipantau BMKG. Tsunami biasanya terjadi dipicu oleh gempa besar.

"Bukan karena seperti dipantau BMKG, biasanya gempa kan (karena gempa), dicek tidak ada seismistis, gejala tektonik memicu tsunami," ujar dia.

2. Sebelum Tsunami, Gunung Anak Krakatau Beberapa Kali Erupsi

Penduduk mengungsi dari rumah-rumah yang rusak setelah tsunami menerjang Pantai Carita, di perairan Banten, Minggu (23/12). Data sementara jumlah korban dari bencana tsunami di Selat Sunda tercatat 43 orang meninggal dunia. (SEMI / AFP)

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan Badan Geologi mendeteksi pada Sabtu 22 Desember 2018, pukul 21.03 WIB Gunung Anak Krakatau erupsi kembali. Kondisi ini menyebabkan peralatan seismograf setempat rusak.

"Namun seismik Stasiun Sertung merekam adanya getaran tremor terus menerus (tidak ada frekuensi tinggi yang mencurigaikan). Kemungkinan material sedimen di sekitar Anak Gunung Krakatau di bawah laut longsor sehingga memicu tsunami," ujar Sutopo, Minggu (23/12/2018).

Sebelumnya, kata dia, pada pukul 17.22 WIB kemarin, Gunung Anak Krakatau juga erupsi. Tim Patroli Kepulauan Krakatau BKSDA Bengkulu Lampung memantau tinggi kolom abu vulkanik mencapai sekitar 1.838 m di atas permukaan laut.

3. Tiga Kecamatan Terdampak Paling Parah di Pandeglang

Seorang pria mencari barang-barang dari rumahnya yang rusak setelah tsunami menerjang Pantai Carita, di perairan Banten, Minggu (23/12). Data sementara jumlah korban dari bencana tsunami di Selat Sunda tercatat 43 orang meninggal dunia. (SEMI / AFP)

Bupati Pandeglang Irna Narulita mengungkapkan terdapat 10 kecamatan yang terdampak tsunami di Pandeglang, Banten. Tiga diantaranya terdampak parah. "Dari 10 kecamatan pesisir, yang terparah Carita, Labuan dan Kecamatan Sumur," ungkap Irna.

Tim dari Badan Penanggulangan Bencana sudah mulai diturunkan. Namun, menurut Irna, mereka masih kesulitan mengakses lokasi.

"Kami akan masuk lagi di jam 9 ke bawah untuk menangani evakuasi korban," ujar Irna.

Pemerintah Kabupaten Pandeglang akan segera melakukan tanggap darurat tsunami Selat Sunda. Menurut Irna, hingga kini masih terdapat keterbatasan logisitik bagi korban.

4. Dua Kecamatan di Lampung Selatan Terdampak Paling Parah

Sejumlah kebutuhan terlihat dekat sebuah rumah yang rusak setelah tsunami menerjang Pantai Carita, di perairan Banten, Minggu (23/12). Data sementara jumlah korban dari bencana tsunami di Selat Sunda tercatat 584 orang luka-luka. (SEMI / AFP)

Kepala BPBD Lampung Selatan, I Ketut Sukerta. menyatakan terdapat empat kecamatan di pesisir Lampung Selatan yang terdampak musibah gempa dan tsunami di Selat Sunda. Dia menyebut terdapat dua kecamatan yang terdampak parah.

"Ada empat kecamatan, dua yang terparah, Kalianda dan Rajabasa," kata Ketut saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta, Minggu (23/12/2018).

Ketut menyatakan pihaknya terus melakukan upaya pencarian korban tsunami. Saat ini, kata dia, evakuasi terkendala adanya reruntuhan bangunan.

"Terputus enggak, cuma banyak kayu, bantuan yang menghalangi. Jadi akses agak terhambat," jelasnya.

5. Korban Tewas Tsunami Selat Sunda Jadi 62 Orang

Warga mengumpulkan barang-barang dari bangunan yang rusak setelah tsunami menerjang Pantai Carita, di perairan Banten, Minggu (23/12). Tsunami menerjang pantai di Selat Sunda, khususnya di daerah Pandenglang, Lampung Selatan, dan Serang. (SEMI / AFP)

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho memberikan informasi perkembangan jumlah korban tsunami Selat Sunda. Ada penambahan jumlah korban jiwa dalam peristiwa yang terjadi Sabtu (23/12/2018) malam itu.

"Data sementara, jumlah korban meninggal 63 orang," kata Sutopo.

Angka tersebut merupakan data per pukul 10.00 WIB. Sementara jumlah korban luka-luka 584 orang.

Adapun korban tsunami yang masih hilang 20 orang. Menurut Sutopo, data korban bisa terus bertambah.

"Belum semua wilayah belum dapat didata. Petugas masih terus melakukan pendataan," ungkapnya.

6. Tak Ada Peringatan Dini

Banyaknya korban yang jatuh dalam kejadian itu disebut karena tidak adanya peringatan dini dari BMKG. Lantas, bagaimana tanggapan BMKG.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono, menegaskan tsunami yang terjadi di Selat Sunda akibat aktivitas Gunung Anak Krakatau. Kejadian ini bukan karena gempa bumi.

"Untuk kasus tsunami akibat Gunung Anak Krakatau belum ada peringatan dini. Yang ada peringatan dini akibat gempa bumi tektonik," ujar Triyono di Gedung BMKG, Jakarta, Minggu (23/12/2018).

Dia menambahkan, kejadian ini sudah pernah terjadi pada 1983. Saat itu, Gunung Krakatau meletus hingga menimbulkan bencana besar.

"Kalau gunung ada di laut dampaknya seperti itu, pada 1983 Krakatau meletus dampaknya luar biasa. Ini terjadi tidak separah tahun itu," ucap dia.

Untuk itu, BMKG mengimbau masyarakat yang berlibur agar tidak bermain di pantai Selat Sunda. Sebab aktivitas gunung Anak Krakatau masih dalam status waspada.

"Penigkatan vulkanik Gunung Anak Krakatau, harus lebih waspada. Ada dampak yang ditimbulkan, seperti tsunami yang siginifikan," ucap dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Update: 14 Peserta Gathering PLN Meninggal Jadi Korban Tsunami Anyer

Posted: 22 Dec 2018 09:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 14 orang yang masuk dalam rombongan family gathering Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Barat PT PLN diketahui meninggal, akibat korban terjangan Tsunami Anyer di Pandeglang, Banten pada Sabtu (22/12/2018).

"Hingga saat ini PLN masih terus melakukan upaya evakuasi, pendataan serta pencarian peserta family gathering dari Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Barat yang menjadi korban bencana tsunami di Tanjung Lesung pada sabtu malam kemarin," ujar I Made Suprateka, Executive Vice President Corporate Communication and CSR PT PLN, Minggu (23/12/2018).

Dia menuturkan dari laporan terbaru pada pukul 11.00 wib, sebanyak 157 orang selamat, termasuk korban luka berat. Sementara 14 orang meninggal. Selain itu sebanyak 89 orang sudah terdata namun belum ditemukan atau belum bisa hubungi.

"Total keseluruhan peserta gathering sebanyak 260 orang, kami masih terus mendata dan melakukan upaya pencarian korban, kami mohon doanya agar seluruh korban bisa segera ditemukan dalam kondisi selamat," kata dia.

Dia juga  menuturkan jika PLN mengirimkan 36 ambulans untuk membantu proses evakuasi di lokasi bencana tsunami.

Sementara terkait kondisi kelistrikan pasca bencana, saat ini PLN sedang melakukan proses penormalan listrik dengan melakukan perbaikan gardu serta investigasi jaringan.

Terdapat 146 gardu yang berhasil dinyalakan, sementara gardu yang masih padam yakni 102 gardu. Selain itu terdapat 20 tiang SUTM Roboh akibat diterjang Tsunami.

 

 

157 Pekerja dan Keluarga PLN Selamat dari Tsunami Anyer, 19 Orang Belum Ketemu

Penampakan genangan air di Tanjung Lesung pasca hantaman tsunami Anyer, Minggu 23 Desember 2018 (Liputan6.com/Google Earth)

Pegawai dan keluarga PLN dari Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Barat turut menjadi korban tsunami di Selat Sunda atau Tsunami Anyer, Pandeglang, Banten.

Saat tsunami menerjang pada Sabtu, 22 Desember 2018 malam, lebih dari 100 pegawai PLN tengah melakukan gathering di Tanjung Lesung.

Kepala Satuan Komunikasi Corporate PT PLN‎, I Made Suprateka mengatakan, hingga pukul 09.00 WIB tadi, sebanyak 133 orang korban dinyatakan selamat, 24 orang mengalami luka dan 19 orang belum diketemukan.

"Dari data sementara hingga Minggu, pukul 09.00 pagi, korban selamat 133 orang, korban luka dan telah dibawa ke Posko Masjid PLTU 24 orang, korban yang belum ditemukan dan terdata 19 orang," ujar dia di Jakarta, Minggu (23/12/2018).

Made mengungkapkan, hingga saat ini pihaknya masih terus mendata dan melakukan pencarian terhadap para pegawai PLN. Namun dia berharap seluruh korban bisa segera ditemukan dalam kondisi selamat.

"Kami saat ini terus mendata dan melakukan pencarian terhadap seluruh korban. Kami mohon doanya agar seluruh keluarga PLN bisa segera ditemukan dalam kondisi selamat," kata dia.

Selain itu, untuk membantu korban pasca tsunami, PLN juga telah mengirimkan bantuan berupa 26 unit ambulans.

"Selain itu PLN saat ini juga telah membentuk tim gerak cepat tanggap bencana serta mengirimkan 26 ambulance ke lokasi bencana," tandas dia.‎

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Puluhan Rumah di Bibir Pantai Sukaraja Porak-poranda Dihantam Tsunami Anyer

Posted: 22 Dec 2018 09:01 PM PST

Liputan6.com, Lampung - Puluhan rumah dan kapal nelayan yang berada di pinggir bibir Pantai Sukaraja, Teluk Betung, Bandar Lampung, rusak akibat diterjang gelombang tsunami yang terjadi pada Sabtu (22/12) malam pukul 21.30 WIB.

"Tiang-tiang rumah dan kapal nelayan maupun panggung rusak akibat dihantam ombak sejak semalam," kata Juroh, salah satu warga sekitar menjelaskan di Bandar Lampung, Minggu (23/12/2018).

Akibat tsunami, beberapa warga sekitar yang rumahnya rusak belum bisa ditempati kembali lantaran dalam kondisi miring karena beberapa tiang penyangga patah dihantam ombak.

"Sampai saat ini belum ada yang pulang ke rumah karena rumahnya miring akibat tiang-tiang hancur," terangnya.

Dia menambahkan, akibat kejadian tersebut tidak ada korban jiwa. Hanya saja puluhan rumah dan kapal nelayan yang mengalami hancur akibat terjangan ombak.

"Untuk korban jiwa tidak ada," kata dia dilansir Antara.

Tsunami terjadi pada Sabtu (22/12) sekitar pukul 21.27 WIB. Faktor penyebab tsunami masih diselidiki oleh BMKG untuk diketahui penyebabnya secara pasti.

Namun, besar dugaan tsunami disebabkan longsor bawah laut akibat erupsi Gunung Anak Krakatau (GAK) dan gelombang pasang akibat gerhana bulan purnama.

Dua kombinasi tersebut menyebabkan tsunami yang terjadi tiba-tiba menerjang beberapa pantai. BMKG masih berkoordinasi dengan Badan Geologi untuk memastikan faktor penyebabnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Dilanda Tsunami, Begini Potret Terkini Anyer Bidikan Warga

Posted: 22 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kabar duka kembali menyelimuti warga Indonesia. Tsunami menerjang pantai di sekitar Selat Sunda, khususnya di Kabupaten Pandeglang, Lampung Selatan dan Serang pada Sabtu malam(22/12/2018).

Gelombang tinggi tersebut mengakibatkan sejumlah rumah dan bangunan di pesisir pantai rusak parah. Data merangkum ada 430 unit rumah dan 9 hotel rusak berat dari lokasi terdampak di Banten dan Lampung Selatan.

"10 kapal rusak berat dan puluhan rusak," kata Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho, Minggu (23/12/2018).

Berikut beberapa potret kawasan Anyer hasil bidikan warga usai dilanda tsunami.

1. Ini kondisi terkini kawasan Anyer tadi pagi

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2. Kondisi terkini di pesisir pantai

 

 

 

3. Kondisi jalan sekitar Anyer - Carita

Jalur utama Anyer - Carita tepatnya di Jln Raya Karang Bolong Kampung Cipacung Desa Karang Suraga Kec. Cinangka Kab. Serang, Bnaten saat ini sudah dapat di lalui kendaraan, setelah tertutup puing puing akibat gelombang tinggi tadi malam. (Mam) #ElshintaWeekend pic.twitter.com/7D2wkmvFuC

— Radio Elshinta (@RadioElshinta) December 23, 2018

 

 

 

 

4. Gelombang tinggi muncul saat band Seventeen tengah manggung

Musibah Tsunami muncul tiba2 saat sedang konser. Turut berduka cita atas musibah di Anyer, Banten, Lampung. #PrayForAnyer pic.twitter.com/K0bNAckQeh

— Jakarta (@info_Jakarta) December 23, 2018

 

 

5. Suasana saat gelombang tinggi muncul di pemukiman warga

Suasana tadi malam di pantai anyar banten air lautnya naik, semoga saudara kita di di banten tetap dalam lindungan Allah SWT. Amin🤲@diahbelia@diasfaraa@Nanaa_rosaa@miauwww__@Senyap17@nusantara_bara@oey75@FaGtng@_SEKNAS_RI@MahesaTiwi#PrayForAnyer #DoaKitaUntukBanten pic.twitter.com/RUldNtqlGW

— Gadis Bogor (@Neng_Geulis_) December 23, 2018

 

 

 

6. Kepanikan warga saat mencari lokasi aman untuk berlindung

Kondisi pesisir anyer carita saat ini, warga berhamburan dan mencari lokasi aman #prayforweekend #carita #anyersaatini pic.twitter.com/Yq867Njjxq

— Iwan_Focus (@HimWijaya) December 22, 2018

 

 

 

 

7. Detik-detik gelombang tinggi menerjang Anyer

 

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keluarga Besar Band Seventeen Ungkap Kronologis Tsunami Anyer yang Melanda Personelnya

Posted: 22 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Keluarga besar grub band Seventeen memberikan keterangan rilis saat tsunami Anyer menerjang pada 22 Desember 2018. Keterlibatan Seventeen saat mengisi acara gathering perusahaan PLN di Tanjung Lesung.

Sekitar pukul 21.30 WIB, air pasang rupanya menyapu bersih panggung, yang letaknya di bibir pantai, sangat berdekatan dengan laut.

Kejadian berlangsung saat lagu kedua Seventeen menghibur penonton. Air pasang naik ke permukaan dan menyeret seluruh orang yang ada di lokasi.

Sayangnya, saat arus gelombang air pasang surut, tak semua anggota band Seventeen bisa menyelamatkan diri dan hilang.

"Sebagian lain, ada yang tidak menemukan tempat berpegangan. Posisi panggung tepat membelakangi laut. Saat ini, korban terpencar di klinik-klinik dalam radius 2-3 km dari lokasi kejadian," kata perwakilan keluarga besar band Seventeen, Yulia Dian dalam keterangan rilisnya, Minggu (23/12/2018).

Akibat terjangan tsunami Anyer, pemain bass band Seventeen, M Awal Purbani, yang biasa disapa Bani juga Road Manajer, Oki Wijaya mengembuskan napas terakhirnya.

 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

Anggota keluarga yang belum ditemukan

Anggota Seventeen ada yang belum ditemukan. (Nurwahyunan/bintang.com)

Yulia menambahkan, ada anggota keluarga besar Seventeen yang belum ditemukan, yakni Herman Sikumbang (gitaris), Andi Windu Darmawan (drum), Ujang (kru), Dylan Sahara (istri Ifan, vokalis).

"Kehilangan Bani dan road manager kami, Oki. Andi, ujang (kru) sama Herman belum ditemukan. Doakan juga semoga Dylan, istri saya cepat diketemukan. Alhamdulillah, yang lain, selain itu sudah ditemukan walaupun dalam kondisi luka-luka," ucap Ifan memberikan keterangannya.

Keluarga besar Seventeen Band juga meminta agar tidak menyebarkan foto-foto dari lokasi dan  menyebarkan isu hoax.

"Kabar teraktual hanya berasal dari kami dan akan terus kami update. Mohon doanya agar anggota keluarga kami lainnya segera diketemukan," Yulia melanjutkan.

Sejak semalam, tim SAR sudah diturunkan. Dan tim kami yang selamat belum bisa kemana-mana karena minimnya transportasi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MU Bantai Cardiff, Paul Pogba Ucapkan Terima Kasih kepada Jose Mourinho

Posted: 22 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Cardiff - Gelandang Manchester United (MU) Paul Pogba mengucapkan terima kasih kepada Jose Mourinho. Ucapan itu disampaikan usai MU menang 5-1 atas Cardiff dalam lanjutan Liga Inggris, Sabtu (22/12/2018) malam WIB.

Mourinho memboyong Pogba dari Juventus ke MU pada Agustus 2016 lalu dengan rekor transfer dunia saat itu. Tapi, hubungan keduanya tidak harmonis sebelum Mourinho dipecat pada Selasa (18/12/2018) lalu.

Meski demikian, Pogba tetap memuji Mourinho. "Kami memenangkan trofi bersama Jose dan saya ingin berterima kasih padanya untuk itu," kata Pogba seperti dikutip dari Sportsmole, Minggu (23/12/2018).

"Dia membuat permainan saya berkembang, begitu juga kepribadian saya.

"Kami bekerja bersama, meskipun tak semuanya berjalan baik, tapi itu adalah masa lalu dan saya ingin berterima kasih kepada dia," tutur gelandang MU asal Prancis tersebut.

Dua Assist

Para pemain Manchester United merayakan gol yang dicetak Jesse Lingard ke gawang Cardiff pada laga Premier League di Stadion Cardiff City, Wales, Sabtu (22/12). Cardiff kalah 1-5 dari MU. (AFP/Geoff Caddick)

MU menang telak 5-1 atas Cardiff di bawah manajer anyar Ole Gunnar Solskjaer. Ini adalah kali pertama MU mencetak lima gol setelah terakhir kali terjadi pada era manajer Sir Alex Ferguson pada Mei 2013. Saat itu, MU ditahan West Brom 5-5.

Lima gol MU ke gawang Cardiff masing-masing dicetak Marcus Rashford, Ander Herrera, Anthony Martial, serta Jesse Lingard (2 gol). Meski tidak mencetak gol, Pogba menjadi kreator atas gol yang dicetak Herrera dan Lingard.

"Kami senang permainan pertama manajer dimulai seperti ini," ucap Pogba. "Sekarang, penting untuk terus bisa bermain seperti ini."

"Kami tidak boleh bermain seperti ini dan menang dengan lima gol, tetapi kemudian kalah," kata Pogba lagi.

Papan Atas

Kemenangan atas Cardiff tidak membuat MU beranjak dari posisi enam klasemen sementara Liga Inggris. Dengan 29 poin, klub berjuluk Setan merah itu tertinggal delapan poin dari Chelsea yang menghuni peringkat keempat.

Meski demikian, hal itu tak membuat Pogba patah semangat. Di bawah Solskjaer, ia berambisi untuk membawa MU kembali ke puncak klasemen.

"Kami ingin kembali ke puncak liga," katanya. "Saya yakin itu, sama dengan semua pemain dan sekarang kami menantikan pertandingan berikutnya."

"Kami sangat senang dengan hasilnya. Kami bermain dengan baik dan kinerja tim sangat bagus," tutupnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: 5 Ruas Tol Merak-Pasuruan Gratis Natal dan Tahun Baru

Posted: 22 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Selama periode libur Natal dan Tahun Baru 2019, beberapa ruas Tol Trans Jawa digratiskan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Postingan Terakhir Bani Seventeen Bikin Mewek Warganet

Posted: 22 Dec 2018 08:58 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tsunami Anyer baru saja menerjang pantai di Banten, Jawa Barat, Sabtu (22/12/2018) malam. Beberapa selebritas menjadi korban, di antaranya personel band Seventeen.

Postingan terakhir Bani Seventeen di Instagram sebelum meninggal dunia akibat diterjang Tsunami di Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten, bikin mewek warganet.

Dalam postingan tersebut pemilik nama asli Muhammad Awal Purbani ini menunjukkan kedekatannya dengan sang buah hati. Ia terlihat sedang selfie di atas sepeda motor bersama putrinya, Inara.

"Hore bapakku pulang," tulis Bani Seventeen sebagai keterangan foto yang diunggah pada 11 Desember 2018.

 
 
 
View this post on Instagram

Hore bapakku pulang..👧

A post shared by Muhammad Awal Purbani (@baniseventeen) on

Pantauan Tekno Liputan6.com, Minggu (23/12/2018), dalam unggahan itu banyak warganet yang memberikan emotikon menangis. Banyak juga dari mereka yang memberikan doa di kolom komentar.

"Innalilahi wainnailaihi raji'un turut berduka cita," tulis akun @adellthats_all.

"Pulangnya kali ini untuk selamanya," ujar @sabrillafebrianty_

"Beneran pulang, semoga amal ibadahnya diterima dan tenang di alam sana mas," tutur @mmawaddah_

"Ga nyangka, postingan terakhir dan caption nya smg tenang dialam sana, amal ibadahnya d trima d sisi Allah Swt. Amin," timpal akun @kvramadan.

 

 

 

Selain Bani Seventeen, Aa Jimmy juga Meninggal Akibat Tsunami Anyer

Aa Jimmy (Foto: Instagram)

Ifan Seventeen menceritakan kronologi terjadinya tsunami Anyer saat dihubungi Tvone, Minggu (23/12/2018) pagi.

Dikatakan Ifan, ada beberapa personel Seventeen yang belum diketemukan, termasuk juga sang istri. Sementara basis Seventeen, Bani, meninggal dunia akibat tsunami Anyer.

Ifan Seventeen menjelaskan ada dua pembawa acara dalam Employee Gathering PLN UIT JBB, di Tanjung Lesut Beach Resort, Banten. "Kebetulan MC-nya Aa Jimmy dan Ade Jigo, mantan grup Teamlo. Mereka saat ngehost mengibarkan grup Jigo," ucap Ifan.

Aa Jimmy Meninggal Dunia

Aa Jimmy (Foto: Instagram)

Dengan kesedihan, Ifan Seventeen mengatakan salah satu mc tersebut tak terselamatkan setelah diterjang tsunami Anyer.

"Saya lihat juga dengan mata kepala sendiri, Aa Jimmy meninggal. Saya juga melihat jenazahnya di tepi pantai," lanjut sang vokalis.

Sementara, Ade Jigo, berhasil selamat dari terjangan tsunami Anyer. "Adenya alhamdulillah selamat," tuturnya lagi.

Ade Jigo sempat menuturkan bahwa istrinya turut menjadi korban meninggal. 

Dalam akun Instagramnya, @adejigo menulis: "Innalillahi Wa'inalillahi Rojiun.Alm Meyuza binti Zaenal Arifin.Selamat jalan istriku.Bunda istri yg baik, Bunda istri yg solehahAllah sayang sm bunda, kita semua sayang sm bunda, maafin ayah ya sayank..Al fatihah".

(Isk/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diterjang Tsunami Anyer, Gitaris dan Drumer Band Seventeen Belum Ditemukan

Posted: 22 Dec 2018 08:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Grup band Seventeen diterjang tsunami Anyer saat mereka tengah manggung di Tanjung Lesung, Banten, Sabtu (22/12/2018) malam. Dalam kejadian itu, Ifan, sang vokalis, berhasil selamat dari terjangan tsunami Anyer, sedangkan Bani pemain bass Seventeen dinyatakan meninggal dunia.

Hingga kini dua personel lainya, Herman (gitaris) dan Windu Andi Darmawan (drumer) belum diketahui nasibnya dan masih dalam pencarian karena terjangan tsunami Anyer.

"Korban lain yang belum ditemukan itu Herman gitaris, Andi drumer, dan Ujang crew-nya Bani," ujar Yulia Dian, manajemen Seventeen, saat dihubungi via sambungan telepon, Minggu (23/12/2018).

Belum Ditemukan

Foto Seventeen (Nurwahyunan/bintang.com)

Tak hanya para personel, kru band Seventeen yang menemani saat manggung juga belum ditemukan. Dylan Sahara, istri Ifan Seventeen, hingga saat ini juga belum ditemukan.

"Istri Ifan hingga kini juga belum ditemukan. Ujang crew-nya Bani juga belum ditemukan," ucap Dian.

Aa Jimmy Meningal Dunia

Band Seventeen (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Bukan hanya para personel band Seventeen yang menjadi korban tsunami Anyer. Istri komedian Ade Jigo juga dinyatakan meninggal dunia.

Aa Jimmy, rekan Ade Jigo sebagai pembawa acara dalam Employee Gathering PLN UIT JBB, di Tanjung Lesung Beach Resort, Banten, juga ditemukan meninggal dunia.

"Aa Jimmy meninggal. Saya juga melihat jenazahnya di tepi pantai," lanjut sang vokalis.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Jelang Natal, Oxford Street London Penuh Sesak

Posted: 22 Dec 2018 08:49 PM PST

Para pembeli memadati troatoar di Oxford Street, pusat kota London pada Sabtu (22/12). Setiap hari Oxford Street yang merupakan salah satu pusat perbelanjaan selalu ramai, namun menjelang natal keramaiannya meningkat. (NIKLAS HALLE'N/AFP)

Para pembeli memadati troatoar di Oxford Street, pusat kota London pada Sabtu (22/12). Setiap hari Oxford Street yang merupakan salah satu pusat perbelanjaan selalu ramai, namun menjelang natal keramaiannya meningkat. (NIKLAS HALLE'N/AFP)

Pembeli berdiri sambil membawa kantong belanjaan di Oxford Street, London pada Sabtu (22/12). Setiap hari Oxford Street yang merupakan salah satu pusat perbelanjaan selalu ramai, namun menjelang natal keramaiannya meningkat. (NIKLAS HALLE'N/AFP)

Pembeli berdiri sambil membawa kantong belanjaan di Oxford Street, London pada Sabtu (22/12). Setiap hari Oxford Street yang merupakan salah satu pusat perbelanjaan selalu ramai, namun menjelang natal keramaiannya meningkat. (NIKLAS HALLE'N/AFP)

Para pembeli memenuhi troatoar di Oxford Street, pusat kota London pada Sabtu (22/12). Setiap hari Oxford Street yang merupakan salah satu pusat perbelanjaan selalu ramai, namun menjelang natal keramaiannya meningkat. (NIKLAS HALLE'N/AFP)

Para pembeli memenuhi troatoar di Oxford Street, pusat kota London pada Sabtu (22/12). Setiap hari Oxford Street yang merupakan salah satu pusat perbelanjaan selalu ramai, namun menjelang natal keramaiannya meningkat. (NIKLAS HALLE'N/AFP)

Pembeli memainkan ponsel sambil berjalan membawa kantong belanjaan di Oxford Street, London pada Sabtu (22/12). Menjelang natal, Oxford Street yang merupakan salah satu pusat perbelanjaan di jantung Kota London keramaiannya meningkat. (NIKLAS HALLE'N/AFP)

Pembeli memainkan ponsel sambil berjalan membawa kantong belanjaan di Oxford Street, London pada Sabtu (22/12). Menjelang natal, Oxford Street yang merupakan salah satu pusat perbelanjaan di jantung Kota London keramaiannya meningkat. (NIKLAS HALLE'N/AFP)

Para pembeli memenuhi troatoar di Oxford Street, pusat kota London pada Sabtu (22/12). Setiap hari Oxford Street yang merupakan salah satu pusat perbelanjaan selalu ramai, namun menjelang natal keramaiannya meningkat. (NIKLAS HALLE'N/AFP)

Para pembeli memenuhi troatoar di Oxford Street, pusat kota London pada Sabtu (22/12). Setiap hari Oxford Street yang merupakan salah satu pusat perbelanjaan selalu ramai, namun menjelang natal keramaiannya meningkat. (NIKLAS HALLE'N/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dinyatakan Hilang karena Tsunami Anyer, Herman Seventeen Didoakan Tommy Kurniawan

Posted: 22 Dec 2018 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kabar duka mengenai band Seventeen yang diterjang tsunami Anyer, sampai juga ke telinga para sahabat. Salah satunya yang berduka adalah artis Tommy Kurniawan.

Melalui akun Instagram, Minggu (23/12/2018) pagi, Tommy Kurniawan mengunggah foto kebersamaannya dengan Herman Seventeen. Dalam foto tersebut tampak mereka kompak mengenakan kain sarung, sebelum Herman menjadi korban tsunami Anyer.

"Ya Allah Selamatkanlah Sahabat ku @hermanseventeen ( yg pake baju queen ).. Mohon bantu doa yaa teman2 ...," tulis Tommy Kurniawan sebagai keterangan foto.

Seperti diketahui, hingga kini Herman Seventeen masih belum diketahui keberadaannya setelah terkena tsunami Anyer. Band Seventeen menjadi korban saat mereka manggung di Employee Gathering PLN UIT JBB, di Tanjung Lesung Beach Resort, Tanjung Lesung, Banten. 

Basis Meninggal Dunia

(instagram/baniseventeen)

Selain Herman, ada juga Uje dan Andy Seventeen serta istri Ifan Seventeen, Dylan, yang belum juga diketemukan. Namun, kabar sedih datang dari basis serta road manager, yaitu Bani Seventeen dan Oki Wijaya.

Kedua laki-laki tersebut telah dinyatakan meninggal dunia akibat terjangan tsunami Anyer. 

Doa untuk Aa Jimmy

Aa Jimmy (Foto: Instagram)

Selain Bani Seventeen, juga diketahui Aa Jimmy meninggal dunia. Komedian ini menjadi host di acara yang sama. Doa mengalir dari Teuku Wisnu melalui akun Instagramnya.

"Inna lillahi wa inna ilaihi Roji'un dapat kabar sodara kita, mas @argojimmygo dan istrinya mas @adejigo meninggal . Semoga Allah menghapus semua dosa-dosa , dan menerima semua amalan-amalan mas @argojimmygo dan istri @adejigo ..," tulis Teuku Wisnu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelatih Lechia Gdansk Anggap Egy Maulana Bak Arloji Mewah

Posted: 22 Dec 2018 08:45 PM PST

Liputan6.com, Gdansk - Egy Maulana akhirnya mendapatkan kesempatan bermain di tim utama Lechia Gdansk. Dia main saat Lechia Gdansk menang 4-0 atas Gornik Zabrze di Stadion Energa Gdansk, Minggu (23/12/2018) dini hari WIB dalam lanjutan Liga Ekstraklasa.

Pemain berusia 18 tahun itu mendapat debutnya bersama Lechia Gdansk sebagai pemain pengganti. Egy Maulana masuk ke lapangan pada menit ke-82, menggantikan Lukas Haraslin.

Usai pertandingan, pelatih Lechia Gdansk, Piotr Stokowiec sedikit berkomentar untuk Egy Maulana. Menurut Stokowiec, pemain asal Medan itu seperti arloji mewah.

"Dia pantas debut ini. Semuanya keren dan telah disempurnakan seperti jam tangan Swiss. Egy sedang menunggu kesempatan dan investasinya di masa depan," ujar Piotr Stokowiec, dikutip dari WP Sportowe Fakty.

Meski hanya tampil delapan menit, Stokowiec menegaskan, Egy Maulana mendapat momen yang tepat. Pemain Timnas Indonesia U-19 itu mendapat pengalaman berharga.

Puji Kesabaran Egy

Egy Maulana Vikri bermain impresif saat Lechia Gdansk II mengalahkan GKS Kolbudy 5-0, Sabtu (11/8/2018) waktu setempat. (Twitter Lechia Gdansk)

Stokowiec juga memuji kesabaran Egy Maulana melakukan debut bersama Lechia Gdansk. Dia sudah menunggu kesempatan itu sejak 9 Juli 2018.

"Tidak ada yang mendapatkan apa pun dan sebuah perjuangan menunggu kami. Faktanya bahwa seseorang bermain bagus di babak ini tidak berarti dia memiliki posisi yang dijamin."

"Karena semuanya dibangun dengan tenang, semuanya bekerja dengan baik," ujar pelatih Lechia Gdansk berusia 46 tahun tersebut.

 

 

Klasemen Liga Polandia

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Tsunami Pantai Barat Banten Tidak Dipicu Gempa Bumi

Posted: 22 Dec 2018 08:37 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tsunami menerjang kawasan pantai Banten dan Lampung, apa pemicunya?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ducati Corse Pilih Swiss untuk Resmikan Tim MotoGP 2019

Posted: 22 Dec 2018 08:35 PM PST

Liputan6.com, Ducati Corse akan punya komposisi pembalap baru untuk menyambut MotoGP 2019. Hal itu setelah Jorge Lorenzo memutuskan menyeberang ke Repsol Honda.

Andrea Dovizioso dipastikan akan bertandem dengan Danilo Petrucci untuk MotoGP 2019. Sebelumnya, Petrucci juga pembalap Ducati, hanya saja mengabdi di bawah bendera Pramac Racing sejak 2015.

Peluncuran dan presentasi tim yang selama ini selalu digelar di Italia, kali ini bakal digelar di Swiss, yakni pada 18 Januari mendatang. Menurut La Gazzetta dello Sport, venue yang dipilih untuk menyelenggarakan acara ini adalah markas Phillip Morris International di Neuchatel.

Selain Dovizioso dan Petrucci, para petinggi Ducati juga akan hadir, di antaranya CEO Ducati Motor Holding, Claudio Domenicali; General Manager Ducati Corse, Gigi Dall'Igna; Sporting Director Ducati Corse, Paolo Ciabatti dan sang manajer tim, Davide Tardozzi.

Selain Ducati Corse, Repsol Honda telah terlebih dahulu mengumumkan jadwal peluncuran tim mereka. Repsol Honda memilih Madrid, Spanyol pada 23 Januari 2019 untuk meluncurkan tim menyambut MotoGP musim depan.

Yamaha di Jakarta

Danilo Petrucci akan menjadi tandem baru buat Andrea Dovizioso di Ducati pada MotoGP 2019. (Doc MotoGP)

Di sisi lain, Yamaha Factory Racing diperkirakan bakal menggelar acara presentasi di Jakarta pada 4 Februari 2019. Namun, belum ada konfirmasi lebih lanjut terkait hal ini.

Para rider MotoGP akan kembali turun lintasan dalam uji coba pramusim di Sirkuit Sepang, Malaysia pada 6-8 Februari. Meski begitu, test rider dari masing-masing pabrikan peserta akan terlebih dulu mengaspal di tempat yang sama pada 1-3 Februari nanti.

Sumber: Bola.net

Saksikan video menarik di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kelebihan dan Kekurangan iPhone 5c, Ponsel Apple dengan Warna Cerah

Posted: 22 Dec 2018 08:34 PM PST

Liputan6.com, Jakarta iPhone 5C dirilis Apple pada September 2013 lalu. Sejak pertama hadir, ponsel ini langsung mencuri perhatian para penggguna gadget. Lewat iPhone 5C, Apple tampaknya ingin membidik kelas yang ada di bawah premium dengan harga yang lebih murah namun menginginkan gadget atas.

Sebagaimana sudah jamak diketahui, smartphone keluaran Apple hadir untuk kelas premium dengan harga mahal. kendati harga iPhone dikenal mahal, bahkan jauh di atas harga rata-rata gadget saingannya seakan tak menjadi masalah. Hal ini karena kualitas iPhone memang bisa diandalkan.

Sejak diluncurkan pada tahun 2007 silam, seri iPhone telah menggebrak pasar ponsel dunia dengan beragam inovasi yang kemudian menjadi trendsetter di industri smartphone. Misalnya desain, ukuran layar, hingga kamera.

Gebrakan unik juga dilakukan Apple terhadap iPhone 5C. iPhone 5C hadir dengan warna cerah yang tentunya ini jarang digunakan oleh Apple. Salah satu kelebihan iPhone 5C dari segi penampilan adalah tersedia dalam 5 pilihan warna yaitu hijau, biru, kuning, pink dan putih.

Sementara kekurangan iPhone 5C adalah spesifikasi perangkatnya sama seperti iPhone 5 original. Baik dari kualitas layar, sektor dapur pacu bahkan kualitas kamera 8 MP juga sama. Padahal sebagai ponsel yang hadir sebagai seri lanjutan, harusnya iPhone 5C

Penasaran apa saja kelebihan dan kekurangan iPhone 5C lainnya? Berikut Liputan6.com ulas apa saja kelebihan dan kekurangan iPhone 5c.

Kelebihan dan kekurangan iPhone 5c dari segi desain dan tampilan

iPhone 5c merupakan seri iPhone 5 yang hadir dengan case berwarna warni

Dengan desain yang simpel dan elegan Iphone berusaha merebut pasaran pecinta gadget yang mengharapkan desain gadget yang "fashionable" lewat iPhone 5C.

Kelebihan iPhone 5c ini memiliki ukuran yang kecil yaitu 124.4 x 59.2 x 9 mm. Dengan ukuran sebesar itu menjadikan smartphone Apple ini sangat nyaman jika anda masukkan saku ataupun digenggam. Beratnya sendiri cukup ringan yaitu hanya 132 g. Untuk bodynya sendiri, Apple menggabungkan antara komponen plastik dengan kaca di bagian depannya.

iPhone 5C membawa layar berukuran 4 inci dengan resolusi 640 x 1136 piksel. Teknologi layar yang dipakai sudah LED backlit IPS LCD. Dengan layar tersebut handphone Apple ini dapat menghasilkan 16 juta warna dengan tingkat kedalaman yang cukup istimewa yaitu 326 ppi.

Kelebihan dan kekurangan iPhone 5c dari sektor dapur pacu

Kelebihan iPhone 5C dari sektor dapur pacu adalah hadir dengan iOS 7 yang bisa diupdate ke iOS 10.3.3. Sementara chipset yang dibawa berjenis Apple 6 dengan CPU Dual Core dan GPU PowerVR SGC 543MP3. Konon, kombinasi ini akan menghasilkan kecepatan hingga 1.3 GHz. Apple sendiri memilih GPU PowerVR SGX 543MP3 untuk urusan pengolahan grafisnya sehingga handphone ini cukup menampilkan gambar yang baik saat anda melihat foto maupun untuk memainkan HD Gaming.

Kekurangan iPhone 5c terletak pada kapasitas RAMnya. Seperti halnya produk iPhone kebanyakan, iPhone 5C juga membawa kapasitas RAM yang kecil yaitu 1GB saja.

Sementara dari sektor kapasitas memori internalnya, iPhone 5c hadir dengan 3 pilihan yakni 8GB, 16GB, sampai 32GB. Kekurangan iPhone 5c adalah tidak memiliki ruang untuk microSD sehingga tidak bisa melakukan ekspansi menambah memori ponsel.

Kelebihan dan kekurangan iPhone 5c pada segi kamera

Kelebihan iPhone 5C dari segi fotogradi adalah mengusung kamera belakang dengan resolusi yang sudah cukup besar yakni 8MP. Smartphone Apple ini dapat menghasilkan foto dengan ukuran 3264×2448 px yang tentunya dengan kualitas yang jernih dan layak untuk anda pandang. Selain itu Apple iPhone 5c juga dilengkapi fitur-fitur untuk membuat hasil fotonya lebih keren dengan adanya fitur autofocus , dual LED (dual tone), simultaneous HD video dan image recording , touch focus , geo-tagging , face detection , HDR Panorama , HDR photo.

Kekurangan iPhone 5C dari segi kamera terletak pada kamera depannya yang dibekali dengan resolusi 1.2 MP. Resolusi ini terbilang kecil dan kurang untuk Anda yang gemar selfie.

Kelebihan dan kekurangan iPhone 5c dari sektor konektivitas

iPhone 5c (ubergizmo.com)

Kelebihan iPhone 5c membawa fitur koneksi yang lengkap dimulai dari teknologi LTE 4G, HSDPA yang dapat mencapai 42 Mbps, ataupun HSDPA yang memberikan kecepatan akses maksimal sebanyak 21 Mbps.

Smartphone Apple ini juga membawa fitur Wi-Fi dan Wi-Fi hotspot jika handphone anda ingin dijadikan sebagai sumber Wi-Fi. Selain itu spesifikasi iPhone 5c juga dilengkapi dengan Bluetooth versi terbaru yaitu versi 4 dan konektor USB versi 2.0.

Kelebihan dan kekurangan iPhone 5c dari segi baterai

Kekurangan iPhone 5c ini hanya dibekali dengan baterai berkapasitas 1510 mAh dengan tipe Li-Po. Kapasitas baterai yang cukup kecil itu dapat membuat Apple iPhone 5c stand-by dalam waktu 250 jam. Sedangkan dalam waktu bicara ponsel Apple ini sanggung bertahan hingga 10 jam dan untuk memainkan musik selama 40 jam. Selain itu betari yang disematkan bertipe Non-Removable.

Rangkuman lengkap kelebihan dan kekurangan iPhone 5c

Kelebihan iPhone 5c

Layar 4 inci tipe LED dan multitouch

Layar sudah diproteksi menggunakan corning gorilla glass, oleophobic coating

Sistem iOS 7

Dual kamera 8 MP

Memori 16 GB dan 32 GB

Jaringan 2G, 3G, 4G

Berat ringan dan nyaman digenggam

Hadir dalam warna yang cerah dan fashionable

 

Kekurangan iPhone 5c

RAM nya masih memakai kapasitas sebesar 1 GB

Baterai non-removable

Kapasitas baterai hanya 1510 mAH

Kamera depan masih menggunakan resolusi 1.2 mega piksel

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terjangan Tsunami Anyer Sebabkan 7 Hotel di Pesisir Banten Rusak

Posted: 22 Dec 2018 08:34 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak tujuh hotel di wilayah pesisir barat Banten mengalami kerusakan akibat terjangan tsunami Anyer yang terjadi pada Sabtu, 22 Desember 2018 malam. Namun, belum diketahui berapa kerugian akibat kerusakan tersebut.
 
Ketua Harian PHRI Banten, Ashok Kumar, mengatakan dari data yang dihimpun sejauh ini, kerusakan yang terjadi masih sebatas kerusakan ringan. Belum ada hotel yang dilaporkan ambruk akibat kejadian tersebut.
 

 
 
"Kerusakan ada, seperti pagar (rusak) karena kedorong (air). Kita sedang data, ada yang kerusakan ringan, ada yang kolamnya masuk air laut," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Minggu (23/12/2018).
 
‎Sejauh ini, lanjut dia, ada sekitar enam-tujuh hotel yang dilaporkan mengalami kerusakan. Sementara untuk korban dari tamu hotel, Ashok masih enggan merinci lebih lanjut.
 
"Jumlah (total) belum ada, tapi kami melihat ada enam-tujuh hotel yang kena. Ada kena pagar, ada yang masuk air, tapi airnya sudah balik (surut) lagi," kata dia.
 
Selain yang rusak, ada juga hotel-hotel yang tidak terkena dampak dari tsunami ini. Hal ini karena air yang naik ke pesisir tidak merata ke semua wilayah.
 
"Hotel seperti Marbella, Jayakarta, Pisita, itu semua tidak apa-apa. Jadi, airnya yang bisa naik dia naik, tapi kalau enggak ya enggak apa-apa," tandas dia.
 

Ada Tsunami di Anyer, Banyak Tamu Hotel Pilih Pulang Lebih Awal

Ilustrasi (iStock)
Tsunami yang menerjang di pesisir Pantai Anyer, Pandeglang, dan wilayah sekitar sempat membuat panik tamu hotel di sekitar daerah terdampak. Namun, saat ini kondisi tersebut perlahan mulai kembali normal.
 
Ketua Harian PHRI Banten, Ashok Kumar, mengatakan saat air pasang masuk ke wilayah pesisir, memang sempat terjadi kepanikan. Bahkan, beberapa hotel telah mengungsikan tamunya ke tempat yang lebih aman.
 

 
"Memang sempat terjadi kepanikan. Kalau air itu datang, orang menjadi panik. Namun, juga ada juga yang diungsikan. Semua dilakukan," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Minggu (23/12/2018).
 
Dia menjelaskan, sejauh ini ada tamu hotel yang memilih untuk pulang lebih awal akibat kejadian tersebut. Tetapi banyak yang juga tetap melanjutkan kegiatannya di hotel tempatnya menginap.
 
"Ada yang memang pulang, itu kan tidak bisa kita tahan-tahan. Tapi banyak yang tetap di sini. Bahkan, ada yang baru akan datang, mereka telepon dulu kondisinya bagaimana. Dibilang tidak apa-apa, mereka datang," kata dia.
 
Sejauh ini, ucap Ashok, ada hotel yang terkena dampak tetapi ada hotel yang tidak terkena dampak tsunami. Dia pun berharap kondisi segera pulih dan kembali normal.
 
"Itu sebenarnya bukan tsunami, itu air pasang yang tinggi karena dampaknya tidak merata. Ada yang kena, ada yang tidak. Ada banyak hotel di Anyer yang enggak kena juga. Semua lagi himpun. Karena kalau merata pabrik-pabrik juga harusnya kena," tandas dia.
 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BTS Padam Setelah Tsunami Anyer, Telkomsel Langsung Pasang Genset

Posted: 22 Dec 2018 08:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel mengumumkan kalau layanannya tetap berjalan normal setelah bencana tsunami menerjang Anyer, Banten. Namun, ada sejumlah BTS yang tidak dapat berfungsi karena listrik padam sesaat setelah tsunami berlangsung.

Manager Corporate Communication Telkomsel Area Jabotabek Jabar Aldin Hasyim, mengatakan kalau Telkomsel langsung memasang genset ke sejumlah BTS yang listriknya padam.

Telkomsel juga menyampaikan duka cita yang mendalam untuk para korban dan keluarga yang ditinggalkan.

"Secara umum layanan komunikasi Telkomsel telah berjalan normal sampai dengan pagi ini pukul 07.00 WIB," ujar Aldin dalam keterangan resminya, Minggu (23/12/2018).

Aldin menekankan, BTS Telkomsel tak terkena air akibat gelombang tinggi tsunami. Sekali lagi ia menggarisbawahi, cuma beberapa layanan BTS yang tak dapat berfungsi karena padamnya arus listrik dari PLN.

"Upaya Pemasangan genset  pada BTS yang padam listriknya sedang dilakukan agar layanan komunikasi kembali pulih," pungkasnya.

Tsunami di Anyer

Ilustrasi tsunami  (Pixabay)

Seperti diwartakan sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan peristiwa tsunami di pantai barat Banten pada Sabtu malam (22/12/2018), sekitar pukul 21.27 WIB, tidak dipicu oleh gempa bumi.

Menurut Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, tsunami yang terjadi di Selat Sunda tersebut diakibatkan dari erupsi Gunung Anak Krakatau.

"Ada indikasi yang terjadi memang pada hari yang sama, gelombang tinggi erupsi gunung itu mengakibatkan tsunami," ungkapnya dalam jumpa pers, di Jakarta, Minggu (22/12/2018).

BMKG akan mengecek langsung ke lokasi kejadian untuk mencari tahu secara pasti penyebab tsunami yang dirasakan di wilayah Banten dan Lampung.

"Energinya cukup kuat. Paling penting tetap tentang, jangan berada di Pantai Selat Sunda," tuturnya.

Tidegauge

Ilustrasi (iStock)

Berdasarkan hasil pengamatan tidegauge (sementara) BMKG, didapatkan data sebagai berikut terkait tsunami di Banten dan Lampung:

a. Tidegauge Serang di pantai Jambu, desa Bulakan, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang: tercatat pukul 21.27 WIB ketinggian 0,9mb.

b. Tidegauge Banten di pelabuhan Ciwandan, Kecamatan Ciwandan: tercatat pukul 21.33 WIB ketinggian 0,35mc.

c. Tidegauge Kota Agung di Desa Kota Agung, Kecamatan Kota Agung, Lampung: tercatat pukul 21.35 WIB ketinggian 0,36md.

d. Tidegauge pelabuhan Panjang, Kecamtan Panjang Kota Bandar Lampung: tercatat pukul 21.53 WIB ketinggian 0,28m

"Masyarakat diimbau agar tetap tentang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. "Masyarakat juga diimbau untuk tetap menjauh dari pantai perairan Selat Sunda hingga ada perkembangan informasi dari BMKG dan Badan Geologi," jelas Dwikorita.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Campur Tangan Wayne Rooney di Balik Kemenangan Telak MU Atas Cardiff City

Posted: 22 Dec 2018 08:30 PM PST

Liputan6.com, Cardiff - Manchester United (MU) mencatat kemenangan telak 5-1 atas Cardiff City, Minggu (23/12/2018) dini hari WIB, dalam lanjutan Liga Inggris. Ini menjadi kemenangan pertama MU dengan mencetak lima gol setelah Sir Alex Ferguson pensiun pada 2013 lalu.

Dalam laga yang berlangsung di Cardiff City Stadium, lima gol Setan Merah, julukan MU, dicetak Marcus Rashford, Ander Herrera, Anthony Martial, dan Jesse Lingard (dua gol).

Usai pertandingan, manajer MU Ole Gunnar Solskjaer mengungkapkan sebuah rahasia soal kemenangan tersebut. Menurutnya, ada campur tangan Wayne Rooney.

"Saya pikir, mungkin semua teks dari Wazza (sapaan Rooney) membantu kami hari ini. Dia mengatakan kepada kami untuk membuat para pemain menikmati permainan mereka," kata Solskjaer, dikutip dari situs resmi klub.

"Pemain tersenyum, maju ke lapangan, dan menjadi Manchester United yang sesungguhnya. Ini minggu yang berat buat saya dan para pemain," ujar manajer MU berusia 45 tahun tersebut, menambahkan.

 

Kuasai Permainan dengan Kualitas

Gelandang Manchester United, Paul Pogba, berusaha melewati gelandang Cardiff, Aron Gunnarsson, pada laga Premier League di Stadion Cardiff City, Wales, Sabtu (22/12). Cardiff kalah 1-5 dari MU. (AFP/Geoff Caddick)

Solskjaer mengatakan, MU berhasil menguasai permainan karena unggul kualitas dari pemain Cardiff City. Paul Pogba dan kawan-kawan menguasai ball possession sebanyak 75 persen.

Para pemain MU juga melepaskan 17 sepakan, 12 di antaranya on target. Hal ini membuat Solskjaer puas dengan debutnya sebagai manajer Setan Merah.

"Sekarang, kami punya suasana ruang ganti yang bagus. Para pemain ingin memberikan yang terbaik untuk klub," ucap Solksjaer menegaskan.

Klasemen Liga Inggris

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Potret Mesra Terakhir Ade Jigo dan Istri Sebelum Jadi Korban Tsunami Selat Sunda

Posted: 22 Dec 2018 08:29 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ade Jigo, komedian sekaligus presenter menjadi salah satu korban selamat akibat terjangan tsunami Selat Sunda saat membawakan acara gathering PLN di Tanjung Lesung, Banten, Sabtu malam, 22 Desember 2018. Sementara, sang istri Meyuza ditemukan meninggal dunia, keesokan harinya.

"Innalillahi Wa'inalillahi Rojiun. Alm Meyuza binti Zaenal Arifin. Selamat jalan istriku. Bunda istri yg baik, Bunda istri yg solehah. Allah sayang sm bunda, kita semua sayang sm bunda, maafin ayah ya sayank..Al fatihah," tulis Ade Jigo mengabari berita duka tersebut lewat akun Instagram @adejigo, Minggu (23/12/2018).

Meyuza diketahui cukup aktif membagikan kegiatan sehari-harinya lewat media sosial. Salah satunya saat ia mengunggah potret kemesraan bersama Ade Jigo saat menghadiri undangan pernikahan.

"👁️👁️ kriyep2 👁️👁️," tulis Meyuza untuk foto yang diunggah pada 15 Desember 2018 lalu.

 

Potret kemesraan terakhir Ade Jigo dan istri yang diunggah Meyuza sebelum jadi korban tsunami Selat Sunda di Tanjung Lesung, Banten. (dok. Instagram @meucha/https://www.instagram.com/p/BrZZYxOA7gp/Dinny Mutiah

Lewat akun Instagram @meucha, Meyuza yang saat itu mengenakan kebaya hijau dipadu jilbab hijau tampak cantik dengan polesan makeup tipis. Matanya dipulas dengan eyeshadow hijau tosca agar senada dengan busana yang dikenakan.

Sementara itu, sang suami, Ade Jigo, mengenakan kemeja batik yang motifnya kembar dengan rok yang dikenakan sang istri. Mereka tampak tersenyum lebar ke arah kamera.

Unggahan tersebut awalnya tak banyak mendapat respons. Setelah kabar meninggalnya Meyuza akibat tsunami Selat Sunda tersebar, banyak warganet yang menyampaikan duka cita di kolom komentar pada unggahan tersebut.

"Selamat jalan mey, semoga allah mengampuni segala dosamu😇," komentar pemilik akun Instagram @asapertiwi, salah satu teman Meyuza, dalam foto tersebut.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Penampakan Pascatsunami Anyer di Google Earth

Posted: 22 Dec 2018 08:23 PM PST

Liputan6.com, Pandeglang - Tsunami Anyer melanda pada Sabtu 22 Desember 2018 malam. Berdasarkan pencarian citra satelit terkini pada situs Google Earth, tak ditemukan perubahan pada garis pantai Tanjung Lesung pascaterjangan gelombang air nan dahsyat itu.

Namun, dari pengamatan Liputan6.com terhadap citra tiga dimensi Google Earth pada Minggu (23/12/2018), sekitar pukul 09.58 WIB, terlihat sebuah visual air dengan cakupan cukup luas di sisi timur laut kompleks Tanjung Lesung Bay Villa Hotels & Resorts.

Visual tersebut didapat dari hasil update situs terkait pada Minggu pukul 08.15 WIB, namun belum diketahui apakah genangan itu benar diakibatkan oleh gelombang tinggi pada Sabtu malam.

Adapun jika dibandingkan dengan citra satelit bertanggal 20 Desember 2018 yang ditampilkan oleh situs Zoom Earth, terlihat bahwa tidak ada visual serupa genangan air di sisi timur laut Tanjung Lesung Bay Villa Hotels & Resort.

Penampakan citra satelit Zoom Earth di kawasan Tanjung Lesung, Kabupaten Pandeglang, Banten, pada 20 Desember 2018 (Liputan6.com/Zoom Earth)

Sementara itu, tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BNPD) Banten mengaku kesulitan mengakses lokasi terdampak tsunami Anyer. Hal itu diungkapkan Bupati Pandeglang Irna Narulita.

Menurutnya, lokasi terjadinya tsunami Anyer cukup sulit dijangkau pada hari Minggu. "Jarak tempuh jauh, cuaca ekstrem," ungkapnya.

Kondisi cuaca juga tak mendukung. Kawasan Pandeglang diguyur hujan selama berjam-jam. Hujan deras terjadi sejak pukul 02.00 dini hari dan baru berhenti pukul 07.30 WIB.

"Alat-alat berat kesulitan masuk," ujar Irna.

Saat tim penyelamat akan masuk ke lokasi, air kembali meninggi. Diputuskan agar tim mundur ke lokasi aman.

Irna mengatakan, sebagian warga kini masih mengungsi ke daerah perbukitan, menunggu kondisi aman pasca-terjangan tsunami di Selat Sunda.

Di lain pihak, siaran resmi terbaru dari BMKG menyatakan bahwa tsunami Anyer tidak disebabkan oleh gempa bumi ataupun aktivitas vuklanologi, melainkan kemungkinan akibat longsor di bawah laut. 

 

Simak video pilihan berikut: 

 

Korban Tewas Mencapai 43 Tewas

Puing-puing terlihat dari rumah yang rusak setelah tsunami menerjang Pantai Carita, di perairan Banten, Minggu (23/12). Tsunami menerjang beberapa daerah di sekitar Selat Sunda pada Sabtu 22 Desember 2018 malam. (SEMI / AFP)

Sementara itu, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyebut korban tsunami di Selat Sunda terus bertambah. Saat ini, jumlah korban telah mencapai 43 orang.

"Data sementara pagi pukul 07.00 WIB, total dampak tsuami mencapai 43 meninggal dunia," kata Sutopo.

Dia menambahkan, jumlah korban luka akibat tsunami mencapai 584 orang. Selain itu dua orang dinyatakan hilang.

"430 unit rumah rusak berat. Sembilan hotel rusak, 10 kapal rusak berat, banyak mobil terkena dari dampak tsunami ini," ucap Sutopo.

Dari tiga kabupaten yang terkena tsunami, daerah yang paling parah terkena bencana tsunami ini terletak di Kabupetan Pandeglang, yakni di sekitar Pantai Tanjung Lesung, Sumur, Teluk Laga, Pantau Lanimbang, dan Pantai Carita.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Manchester City Menyerah dari Palace, Delph Anggap Sebuah Kemunduran

Posted: 22 Dec 2018 08:20 PM PST

Liputan6.com, Manchester - Manchester City secara mengejutkan menelan kekalahan dari tamunya Crystal Palace. Fabian Delph mengaku sangat kecewa dengan hasil yang diraih timnya tersebut.

The Citizens harus menjamu Palace pada pekan ke-18 Premier League di Etihad Stadium (22/12/18) malam WIB. Tampil di depan fans sendiri, Manchester City justru menyerah dengan skor 2-3.

Ilkay Gundogan membuka keunggulan untuk tim asuhan Josep Guardiola. Namun, Palace mampu membalikkan keadaan melalui Jeffrey Schlupp, Andros Townsend dan Luka Milijovic.

Pemain pengganti Kevin De Bruyne sempat memberikan Manchester City harapan setelah menjebol gawang Palace. Akan tetapi, usaha pemain asal Belgia itu tidak cukup untuk menghindarkan timnya dari kekalahan.

Delph tak bisa menyembunyikan kekecewaannya setelah timnya takluk Palace. Ia menyebut kekalahan tersebut sebagai sebuah kemunduran.

"Jelas hasilnya adalah kemunduran. Kami kalah tetapi kami hanya melihat permainan kami sendiri," kata Delph kepada BBC.

Ngotot dan Terorganisir

Gelandang Crystal Palace, Andros Townsend, merayakan gol ke gawang Manchester City pada laga Premier League, di Stadion Etihad, Manchester, Sabtu (22/12/2018). (AFP/Paul Ellis)

"Kami memiliki beberapa peluang yang tidak kami manfaatkan, tetapi pertandingan yang adil untuk Crystal Palace. Mereka ngotot dan terorganisir," katanya.

"Sulit untuk menganalisis dan kami akan kembali ke papan gambar dan melihatnya. Kami memulai dengan lambat dan bola tidak mengenai apa-apa," jelas pemain asal Inggris ini.

Tertinggal 4 Poin

Manchester City harus kehilangan tiga poin yang penting saat menjamu Palace. Hal itu membuat mereka gagal memangkas jarak dengan pimpinan klasemen Liverpool.

City saat ini berada di posisi kedua dengan koleksi 44 poin setelah menjalani 18 pertandingan. Mereka tertinggal empat poin dari Liverpool.

Sumber: Bola.net 

Saksikan video menarik di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Korban Tewas Tsunami Selat Sunda Jadi 62 Orang

Posted: 22 Dec 2018 08:17 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho memberikan informasi perkembangan jumlah korban tsunami Selat Sunda. Ada penambahan jumlah korban jiwa dalam peristiwa yang terjadi Sabtu (23/12/2018) malam itu.

"Data sementara, jumlah korban meninggal 63 orang," kata Sutopo.

Angka tersebut merupakan data per pukul 10.00 WIB. Sementara jumlah korban luka-luka 584 orang.

Adapun korban tsunami yang masih hilang 20 orang. Menurut Sutopo, data korban bisa terus bertambah.

"Belum semua wilayah belum dapat didata. Petugas masih terus melakukan pendataan," ungkapnya.

Kabupaten Pandeglang sejauh ini disebut sebagai daerah paling parah terdampak tsunami.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Italia Serie A: Juventus Juara Paruh Musim

Posted: 22 Dec 2018 08:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta- Liga Italia Serie A telah menyelesaikan pekan 17. Juara bertahan Juventus masih kokoh di puncak klasemen. I Bianconeri belum pernah kalah di Serie A 2018-2019.

Juventus pada pekan 17 menang tipis 1-0 atas AS Roma di Allianz Stadium. Gol tunggal kemenangan Juventus dibuat oleh penyerang Mario Mandzukic. 

Tambahan tiga angka ini membuat Juventus masih unggul delapan poin dari peringkat dua Napoli. Juventus pun menjadi juara paruh musim Liga Italia Serie A.

Napoli sendiri pada Liga Italia Serie A pekan 17 juga memetik kemenangan tipis 1-0 atas SPAL.

AC Milan turun ke posisi posisi lima atau keluar zona Liga Champions akibat kalah dari Fiorentina 0-1. Lazio unggul satu poin dari AC Milan.

 

Klasemen

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Takut Tsunami, Ribuan Warga Lampung Berlindung di Sini

Posted: 22 Dec 2018 08:09 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Terjangan tsunami membuat ribuan warga Lampung meninggalkan rumah untuk mencari perlindungan dari ancaman gelombang tinggi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selain Bani Seventeen, Aa Jimmy juga Meninggal Akibat Tsunami Anyer

Posted: 22 Dec 2018 08:07 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tsunami Anyer baru saja menerjang pantai di Banten, Jawa Barat, Sabtu (22/12/2018) malam. Beberapa selebritas menjadi korban, di antaranya personel band Seventeen, Aa Jimmy dan juga Ade Jigo.

Ifan Seventeen menceritakan kronologi terjadinya tsunami Anyer saat dihubungi Tvone, Minggu (23/12/2018) pagi.

Dikatakan Ifan, ada beberapa personel Seventeen yang belum diketemukan, termasuk juga sang istri. Sementara basis Seventeen, Bani, meninggal dunia akibat tsunami Anyer.

Ifan Seventeen menjelaskan ada dua pembawa acara dalam Employee Gathering PLN UIT JBB, di Tanjung Lesut Beach Resort, Banten. "Kebetulan MC-nya Aa Jimmy dan Ade Jigo, mantan grup Teamlo. Mereka saat ngehost mengibarkan grup Jigo," ucap Ifan.

Aa Jimmy Meninggal Dunia

Aa Jimmy (Foto: Instagram)

Dengan kesedihan, Ifan Seventeen mengatakan salah satu mc tersebut tak terselamatkan setelah diterjang tsunami Anyer.

"Saya lihat juga dengan mata kepala sendiri, Aa Jimmy meninggal. Saya juga melihat jenazahnya di tepi pantai," lanjut sang vokalis.

Sementara, Ade Jigo, berhasil selamat dari terjangan tsunami Anyer. "Adenya alhamdulillah selamat," tuturnya lagi.

Ade Jigo sempat menuturkan bahwa istrinya turut menjadi korban meninggal. 

Dalam akun Instagramnya, @adejigo menulis: "Innalillahi Wa'inalillahi Rojiun.Alm Meyuza binti Zaenal Arifin.Selamat jalan istriku.Bunda istri yg baik, Bunda istri yg solehahAllah sayang sm bunda, kita semua sayang sm bunda, maafin ayah ya sayank..Al fatihah".

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Ucapkan Belasungkawa bagi Korban Tsunami Selat Sunda

Posted: 22 Dec 2018 08:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi menginstruksikan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Menteri Sosial Agus Gumiwang, serta Panglima TNI meninjau wilayah terdampak tsunami Selat Sunda. Dia juga akan memantau dan menunggu laporan dampak tsunami tersebut.

"Tadi pagi saya sudah perintahkan ke Kepala BNPB, Mensos, Panglima dan semua sudah bergerak di lapangan," kata Jokowi usai menghadiri perayaan Natal di Plaza Kolam Makale, Kabupaten Toraja, Sulawesi Selatan, Minggu (23/12/2018).

Sebelumnya, Jokowi juga sudah mendapat laporan korban tsunami. Hingga siang tadi, kata dia, jumlah semakin bertambah.

"Jadi, kita tunggu saja laporan dari sana," kata Jokowi.

Ia menyatakan prihatin dan berbelasungkawa terhadap para korban yang tertimpa bencana tsunami. Jokowi berharap agar keluarga korban diberikan kesabaran.

"Saya turut dukacita yang mendalam kepada korban di Provinsi Banten, di Serang, Pandeglang. Semoga yang ditinggalkan diberikan kesabaran," kata Jokowi.

 

Korban Sementara

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyebut korban tsunami di Selat Sunda terus bertambah. Saat ini, jumlah korban telah mencapai 43 orang.

"Data sementara pagi pukul 07.00 WIB, total dampak tsunami mencapai 43 meninggal dunia," kata Sutopo, Mingggu (23/12/2018).

Dia menambahkan, jumlah korban luka akibat tsunami mencapai 584 orang. Selain itu, dua orang dinyatakan hilang.

"Sebanyak 430 unit rumah rusak berat. Sembilan hotel rusak, 10 kapal rusak berat, banyak mobil terkena dari dampak tsunami ini," ucap Sutopo.

Dari tiga kabupaten yang terkena tsunami, daerah yang paling parah terkena bencana tsunami ini terletak di Kabupetan Pandeglang. Tepatnya di daerah wisata.

"Sekitar Pantai Tanjung Lesung, Sumur, Teluk Laga, Pantau Lanimbang, dan Pantai Carita," ucap Sutopo.

Reporter: Untan Umbari Prihatin 

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sinterklas Turun di Maluku Beri Pesan Keselamatan dan Bingkisan

Posted: 22 Dec 2018 08:02 PM PST

Liputan6.com, Saumlaki - Sejumlah polisi dari Satuan Lalu Lintas Polres Maluku Tenggara Barat, Provinsi Maluku, mengenakan atribut Sinterklas ketika bertugas. Di Saumlaki, Ibu Kota Maluku Tenggara Barat, sejumlah polisi saat mengatur lalu lintas.

Mereka tidak hanya mengatur kelancaran arus kendaraan di jalan, tetapi juga menghampiri setiap pengendara, kemudian memberikan pesan untuk menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas dan terus membudayakan keselamatan sebagai kebutuhan.

Bripka Wenseslaus Atajalim (PS Kanit Dikyasa) dan Bripka Yongki Kewilaa (PS Kanit Turjawali) yang berperan sebagai Sinterklas beberapa kali menyampaikan pesan keselamatan berlalu lintas sembari membagi hadiah berupa helm berstandar nasional (SNI) kepada anak-anak serta hadiah lain berupa permen, boneka, dan bingkisan.

Para pengendara yang membawa anak dan menggunakan helm diberikan hadiah boneka maupun bingkisan dilansir Antara, Sabtu, 22 Desember 2018.

Sementara itu, anak yang tidak menggunakan helm, tetapi memiliki kelengkapan dokumen kendaraan, menerima helm. Polisi pun berpesan kepada yang bersangkutan untuk selalu mematuhi peraturan berlalu lintas.

Selain itu, para sinterklas juga berdialog dengan warga dan anak-anak dan memberikan hadiah yang sama.

Polantas berkostum Sinterklas di Saumlaki terlihat antara lain di lokasi pintu masuk pelabuhan laut, perempatan Toko Selatan, dan Pasar Omele.

Beri Bingkisan

Seorang anak perempuan berpakaian Sinterklas mengambil bagian dalam Santa Claus Run di Pristina, Minggu (16/12). Ratusan pelari berpartisipasi dalam lomba lari amal untuk menggalang dana bagi keluarga yang membutuhkan di Kosovo. (Armend NIMANI/AFP)

Kasat Lantas Polres Maluku Tenggara Barat AKP John Deky Baumasse dan Kaur Pembinaan Operasional Ipda Jhon Samponu memantau turut serta dalam aksi itu.

John Deky Baumasse menjelaskan bahwa kegiatan ini untuk menarik perhatian masyarakat agar mendengar imbauan tentang prioritas penanganan tujuh pelanggaran lalu lintas.

Ia lantas menyebutkan, yakni penggunaan sabuk keselamatan, berkendara di bawah pengaruh alkohol, narkotika, dan obat terlarang, melanggar batas kecepatan maksimum, pelanggaran tidak menggunakan helm SNI, lawan arus, penggunaan HP saat berkendara, dan posisi anak yang berkeselamatan.

Pemberian helm berstandar SNI bagi anak-anak, menurut dia, karena ada pemahaman keliru bahwa orang tua saat bepergian dengan anak tanpa menggunakan helm, padahal seharusnya ada perhatian khusus orang tua terhadap keselamatan anak di jalan.

Dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan menyebutkan bahwa setiap kendaraan roda dua wajib menggunakan helm SNI.

"Nah, kami menggugah masyarakat untuk menggunakan helm SNI, baik pengendara di depan maupun di belakang, termasuk anak-anak," katanya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Egy Maulana Sempat Gugup Jalani Debut Bersama Lechia

Posted: 22 Dec 2018 08:00 PM PST

Liputan6.com, Gdansk - Egy Maulana mengaku sangat gugup ketika menjalani debutnya bersama klub asal Polandia, Lechia Gdansk. Namun, dia terlihat senang dengan kesempatannya itu.

Pemain berusia 18 tahun itu mendapat debutnya bersama Lechia Gdansk sebagai pemain pengganti. Egy Maulana masuk ke lapangan pada menit ke-82, menggantikan Lukas Haraslin.

Ketika itu, Lechia Gdansk sudah unggul 4-0 atas Gornik Zabrze di Stadion Energa Gdansk, Minggu (23/12/2018) dini hari WIB dalam lanjutan Liga Ekstraklasa. Hingga bubaran, Egy Maulana berhasil menjaga keunggulan Lechia Gdansk.

"Saya tidak akan menyembunyikan, saya gugup, tetapi dalam pertemuan berikutnya saya akan dapat lebih mengontrol situasi," ujarnya, dikutip dari WP Sportowe Fakty.

Kendati hanya bermain delapan menit, Egy Maulana cukup bersyukur mendapatkan kesempatan. Sebab, dia sudah menunggu hal ini sejak 9 Juli 2018.

"Ketika kami memimpin 4-0, saya tahu bahwa itu adalah situasi yang sangat baik bagi saya dan saya memiliki peluang yang lebih baik untuk masuk lapangan," kata Egy Mualana.

Rasa Terima Kasih

Egy Maulana bermain selama 45 menit saat melakoni laga debut kompetitif di Lechia Gdansk II. (Dok. Lechia Gdansk)

Pemain jebolan SSB Ragunan itu juga mengucapkan rasa terima kasih kepada pelatih Lechia Gdansk, Piotr Stokowiec, yang sudah memberikan kesempatan. Sebelumnya, Egy hanya mendapat kesempatan bermain di Lechia Gdansk II yang tampil di Divisi IV Polandia.

"Terima kasih banyak atas kesempatan dan kesempatan untuk melakukan debut di liga Polandia," ujar Egy.

"Terima kasih juga kepada Allah, rekan setim, pelatih atas dukungannya. Selamat atas kemenangan besar hari ini," katanya menambahkan.

Klasemen Liga Polandia

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Astari Vernideani Jadi Juara Miss Tourism International 2018

Posted: 22 Dec 2018 08:00 PM PST

Liputan6.com, Kuala Lumpur Putri Pariwisata Indonesia, Astari Vernideani, berhasil jadi juara dalam kontes Miss Tourism International 2018. Kontes tersebut berlangsung di Sunway Resort Hotel & Spa, Kuala Lumpur, Malaysia, Jumat (21/12/2018). Ini menjadi gelar pertama yang diraih Indonesia dalam ajang Miss Tourism International sejak pertama kali menjadi perserta pada 2008.

Dalam ajang tersebut, Astari berada di urutan pertama untuk Top 3 Highest Votes Delegates, disusul oleh Malaysia dan Venezuela. Miss Tourism Indonesia itu berhasil menyisihkan 44 kontestan negara lainnya. Selain itu, Astari juga menyabet tiga Subsidiary Title lainnya, yaitu Miss Glowing GloJas, Miss Charming Carlo Rino, dan Miss Aladdin Street Global Ambassador.

"Luar biasa. Selamat bagi Astari Vernideani yang telah menjuarai Miss Tourism International 2018. Ini merupakan kado akhir tahun bagi pariwisata Indonesia," ujar Menteri Pariwisata, Arief Yahya, Sabtu (22/12/2018).

Astari sudah mengikuti ajang pemilihan Puteri Pariwisata Indonesia sejak 2015, tapi selalu gagal. Berkat kegigihannya, akhirnya ia berhasil meraih gelar Puteri Indonesia pada 2017.

"Terima kasih juga buat anak-anak muda Generasi Pesona Indonesia (GenPI) dan Generasi Wonderful Indonesia (GenWI) yang turut all out mengajak sahabat netizen untuk nge-vote. Gerakan mereka semakin efektif melalui media sosial," ucap Arief.

Dirinya selalu mengatakan bahwa satu penghargaan itu dapat memberikan tiga manfaat atau yang ia sebut sebagai 3C.

Pertama adalah Confidence. Award akan menaikkan tingkat kepercayaan diri (confidence level). Sebab, penghargaan pada dasarnya adalah sebuah legitimasi atau pengakuan.

"Bila kita mendapatkan penghargaan, maka self confidence kita akan naik," kata Arief.

Kedua adalah Credibility. Jika dikomunikasikan dengan baik, award yang diperoleh dapat menjadi cara marketing yang paling efektif. Menurutnya, kita tidak perlu bersusah payah menyampaikan keunggulan yang kita miliki. Orang lain yang akan menyatakannya. Terlebih lagi, penghargaan ini dari ajang Miss Tourism International, sehingga menjadi endorser yang baik bagi pariwisata Indonesia.

"Yang terakhir adalah Calibration. Sebuah penghargaan juga bermanfaat untuk menera apakah yang kita lakukan sudah benar sekaligus mengetahui posisi kita dibandingkan dengan yang lain," ujar Arief.

Kemenangan tersebut tentunya akan memberikan dampak pada Indonesia. Nama Indonesia semakin dikenal luas dunia. Indonesia yang kaya akan ragam seni budaya serta kekuatan alamnya akan membuat mata banyak orang semakin terbuka dan penasaran, sehingga kemudian berkunjung ke Indonesia.

"Dengan kemenangan ini, nama pariwisata Indonesia semakin harum. Semakin terkenal. Astari telah memberikan yang terbaik untuk Indonesia," ucap Arief.

 

 

(*)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menhub: Kesejahteraan Driver Transportasi Online Perlu Diperhatikan

Posted: 22 Dec 2018 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Grab baru saja menyelenggarakan Grab Karnaval di Gambir Expo, Kemayoran, belum lama ini. Acara tersebut menandakan pencapaian bisnisnya bersama 6.000 mitra driver GrabCar dan GrabBike, beserta keluarganya. Acara ini juga dihadiri Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

"Saya apresiasi Grab mengadakan kopi darat seperti ini. Kegiatan ini bisa menjadi kebahagiaan bagi driver yang sudah seharian mencari nafkah. Saya mengharapkan para operator transportasi online selalu memperlakukan driver dengan baik. Ini adalah satu contoh hubungan yang baik," kata Budi di Jakarta, Sabtu (22/12/2018).

Rudi melanjutkan, hubungan yang baik bisa menumbuhkan semangat, sehingga para pengemudi dapat memberikan layanan yang lebih baik lagi.

"Saya mengimbau agar memperhatikan keselamatan. Pengemudi harus menjaga kendaraannya lebih baik, lebih layak, dan lebih sopan dalam melayani pelanggan," ucapnya.

Tahun Luar Biasa

Managing Director Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata, saat peluncuran kampanye

Pada kesempatan yang sama, Ridzki Kramadibrata, Managing Director Grab Indonesia, mengungkap bahwa apresiasi kepada mitra ini dilakukan karena 2018 merupakan tahun yang luar biasa bagi Grab.

Disampaikan Ridzki, salah satu kesuksesan yang dicapai adalah saat ini Grab sudah menjadi piihan bagi 60 persen pengguna transportasi online roda dua dan 70 persen untuk transportasi roda empat.

"Kami ingin mengajak mitra Grab untuk berbagi kesuksesan, karena kesuksesan Grab ini adalah kesuksesan para mitra pengemudi juga dan ini menjadi momen bagi mereka mengajak keluarganya utk menikmati hidangan dan hiburan serta hadiah pada kegiatan ini," ungkap Ridzki.

Aturan Tarif Sehat

Cofounder Grab Tan Hooi Ling dan Managing Director Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata (Liputan6.com/Agustinus M.Damar)

Ridzki juga mengakui apresiasi ini adalah bagian dari komitmen Grab bahwa mitra pengemudi adalah kunci kesuksesan dan pahlawan transportasi di indonesia.

Soal imbauan kesejahteraan yang disampaikan Menhub, Grab juga mendukung aturan tarif yang sehat.

Sebagai langkah tersebut, Grab saat ini sudah berhasil menurunkan angka order fiktif lebih dari 80 persen, jadi para mitra pengemudi bisa bekerja dengan fair.

Sementara, terkait keamanan bagi pengguna maupun pengemudi, dikatakan Ridzki semua fitur Grab sangat fokus pada keamanan.

"Kami sangat serius menangani isu-isu terkait keamanan dengan menggandeng berbagai pihak, termasuk Komnas Perempuan. Tentunya melalui teknologi kita juga bisa memantau apakah pengemudi ngebut atau tidak langsung kita berikan feedback. Yang lebih penting adalah pendidikan kepada mitra pengemudi terkait keselamatan ini," pungkasnya.

Sepanjang tahun 2018, Grab telah berhasil memperluas layanannya dari 12 kota pada awal tahun 2017 menjadi 222 kota di Indonesia.

Pencapaian ini memperkuat posisinya sebagai O2O mobile platform dengan cakupan terluas di Indonesia, dari Sabang sampai Merauke.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Via Vallen Akui Pernah Pakai Kosmetik Oplosan

Posted: 22 Dec 2018 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Penyanyi dangdut Via Vallen mengaku pernah menggunakan produk kosmetik oplosan yang kini kasusnya sedang ditangani Polda Jawa Timur.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini 5 Sebab Ibu Sulit Diet Setelah Melahirkan

Posted: 22 Dec 2018 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tak sedikit wanita yang merasa sulit menurunkan berat badan atau sekadar memiliki waktu luang ke tempat kebugaran setelah melahirkan. Padahal, jika tahu cara mengatasi kelelahan mengurus anak, mereka pun bisa bugar seperti dulu.

Seperti halnya Kate Hudson yang banyak dipuji beberapa majalah kebugaran di Amerika. Di usia yang tak lagi muda, dengan anak tiga, dia disebut sebagai wanita paling seksi. Apa yang bisa dipelajari darinya?

Berikut beberapa kesalahan umum yang dihadapi ibu baru setelah melahirkan, seperti dikutip Livestrong pada Minggu, 23 Desember 2018

1. Tidak memiliki waktu untuk diri sendiri

Anda tidak bisa sehat jika tidak meluangkan waktu untuk diri sendiri. Hudson adalah ibu dari tiga anak laki-laki, co-founder pakaian olahraga Fabletics, dan masih berakting dalam film.

"Mari kita jujur, anak-anak tentu mengambil posisi nomor satu. Tapi penting meluangkan waktu untuk diri sendiri," tulisnya di posting Instagram sesaat setelah kelahiran putranya.

Meski banyak ibu baru merasa bersalah karena tidak mencurahkan seluruh waktu mereka untuk kebutuhan bayi. Akan tetapi penting untuk memperhatikan kebutuhan Anda terlebih dahulu--terutama ketika menyangkut kesehatan Anda.

Bahkan jika Anda hanya dapat membebaskan 10 menit sehari untuk memulai, manfaatkan semuanya.

 

Alasan Lainnya

2. Banyak alasan

"Saya tidak bisa ke gym adalah alasan yang saya dengar sepanjang waktu," kata Erin Aynes, seorang pelatih pribadi.

Menurutnya, Anda tidak perlu gym untuk berolahraga. Bawalah Anda dan bayi ke luar rumah untuk berjalan-jalan. Nikmati udara segar dan sinar matahari pagi selama 20 hingga 30 menit.

Anda bahkan bisa melompat-lompat di rumah dan berolahraga selama waktu anak tidur siang. Anda juga dapat melihat beberapa video online atau aplikasi kebugaran di ponsel Anda.

3. Membandingkan Diri Anda dengan Orang Lain

Lupakan tentang Kate Hudson. Jadilah diri sendiri secara utuh agar tubuh dan pikiran lebih sehat. Tidak membandingkan orang lain akan membuat Anda lebih fokus pada diri sendiri.

 

Kesalahan Lain

4. Tidak Meminta bantuan

Beri tahu pasangan, teman, dan keluarga bahwa Anda ingin memiliki waktu untuk kesehatan Anda sendiri sehingga Anda siap untuk menjadi ibu. Minta mereka untuk membantu merawat anak kapan pun mereka bisa, dan cobalah untuk membuat mereka berkomitmen pada hari tertentu dan waktu tertentu.

Kemudian Anda dapat merencanakan untuk melakukan beberapa aktivitas baru.

5. Melakukan terlalu Cepat

"Satu kesalahan besar yang dilakukan ibu baru adalah memaksakan dirinya untuk berolahraga dalam program yang belum siap," kata Aynes.

Meskipun Anda mungkin putus asa untuk menurunkan berat badan, namun jangan memaksakan diri untuk melakukan sesuatu yang tidak siap Anda lakukan. Anda mungkin akan stres dan memengaruhi produksi ASI.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Yamaha Berencana Luncurkan Tim MotoGP 2019 di Jakarta

Posted: 22 Dec 2018 07:55 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Repsol Honda telah memastikan akan menggelar acara peluncuran tim di Madrid pada 23 Januari mendatang. Kini, kabar baru datang dari Yamaha Factory Racing yang berencana luncurkan tim MotoGP 2019 di Jakarta, Indonesia.

Tim pabrikan asal Jepang yang menaungi Valentino Rossi dan Maverick Vinales ini dikabarkan bakal menggelar presentasi tim di Jakarta. Peluncuran itu dilakukan pada 4 Februari mendatang.

Indonesia sejatinya sempat menjadi tempat langganan bagi Yamaha untuk meluncurkan tim MotoGP mereka. Namun, beberapa tahun terakhir mereka beralih ke Madrid, Spanyol.

Alasannya, Kota tersebut merupakan markas dari sponsor utama mereka selama lima musim belakangan, Movistar. Namun, alasan kemungkinan meluncurkan tim MotoGP 2019 di Jakarta belum diketahui.

Yang jelas, masa kontrak antara Yamaha dengan Movistar habis akhir tahun ini. Menurut La Gazzetta dello Sport, Yamaha ingin kembali menggelar presentasi tim mereka di Jakarta.

Bukan rahasia lagi bahwa Indonesia merupakan salah satu pasar terbesar bagi pabrikan Garpu Tala. Memanjakan pencinta MotoGP di Indonesia dengan kehadiran Rossi dan Vinales tentu jadi salah satu alasan.

Bakal Kolaborasi

Pabrikan Jepang, Yamaha, memperkenalkan motor YZR-M1 untuk MotoGP 2018 di Matadero Madrid, Spanyol, Rabu (24/1/2018). (AP Photo/Paul White)

Dengan berakhirnya kerja sama dengan Movistar pula, Yamaha dipastikan bakal berkolaborasi dengan Monster Energy. Sebelumnya, produsen minuman berenergi ini merupakan co-sponsor tim Rossi dan Vinales.

Tapi, mulai musim depan, mereka akan 'naik pangkat' sebagai sponsor utama. Belum diketahui nama yang akan disandang tim ini saat berkiprah di MotoGP 2019.

Bertolak ke Sepang

Usai hadir dalam acara peluncuran tim, Rossi dan Vinales akan bertolak ke Sepang, Malaysia untuk menjalani uji coba pramusim MotoGP pada 6-8 Februari nanti, bergabung dengan sang test rider, Jonas Folger yang akan turun lintasan lebih dulu pada 1-3 Februari 2019.

Sumber: Bola.net

Saksikan video menarik di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Tsunami di Lampung, Korban Tewas Terus Bertambah

Posted: 22 Dec 2018 07:54 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Terjangan tsunami di Lampung memakan korban jiwa, hingga Minggu pagi korban tewas bertambah 3 orang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

157 Pekerja dan Keluarga PLN Selamat dari Tsunami Anyer, 19 Orang Belum Ketemu

Posted: 22 Dec 2018 07:54 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pegawai dan keluarga PLN dari Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Barat turut menjadi korban tsunami di Selat Sunda atau Tsunami Anyer, Pandeglang, Banten.

Saat tsunami menerjang pada Sabtu, 22 Desember 2018 malam, lebih dari 100 pegawai PLN tengah melakukan gathering di Tanjung Lesung.

Kepala Satuan Komunikasi Corporate PT PLN‎, I Made Suprateka mengatakan, hingga pukul 09.00 WIB tadi, sebanyak 133 orang korban dinyatakan selamat, 24 orang mengalami luka dan 19 orang belum diketemukan.

"Dari data sementara hingga Minggu, pukul 09.00 pagi, korban selamat 133 orang, korban luka dan telah dibawa ke Posko Masjid PLTU 24 orang, korban yang belum ditemukan dan terdata 19 orang," ujar dia di Jakarta, Minggu (23/12/2018).

Made mengungkapkan, hingga saat ini pihaknya masih terus mendata dan melakukan pencarian terhadap para pegawai PLN. Namun dia berharap seluruh korban bisa segera ditemukan dalam kondisi selamat.

"Kami saat ini terus mendata dan melakukan pencarian terhadap seluruh korban. Kami mohon doanya agar seluruh keluarga PLN bisa segera ditemukan dalam kondisi selamat," kata dia.

Selain itu, untuk membantu korban pasca tsunami, PLN juga telah mengirimkan bantuan berupa 26 unit ambulans.

"Selain itu PLN saat ini juga telah membentuk tim gerak cepat tanggap bencana serta mengirimkan 26 ambulance ke lokasi bencana," tandas dia.‎

PLN Kirim Tim untuk Perbaiki Fasilitas Listrik Rusak Akibat Tsunami Anyer

Ilustrasi (iStock)

PT PLN segera mengirimkan Tim Gerak Cepat PLN untuk memastikan kondisi kelistrikan dan memberi bantuan ke wilayah Pandeglang, Banten usai bencana tsunami melanda Pantai Anyer atau Selat Sunda, pada Sabtu malam (22/12/2018).

"Kami sudah mengirimkan tim dari Jakarta dan sekarang sudah di lokasi," ujar Direktur PLN Regional Jawa Barat Haryanto WS kepada Liputan6.com, Minggu (23/12/2018).

Bencana tsunami  juga membuat kerusakan sejumlah fasilitas kelistrikan di wilayah tersebut. Sebanyak 130 gardu tiang padam saat tsunami melanda.

"Gardu-gardu kecil yang di depan rumah 100 kva, 50 kva ada yang roboh dan rusak," tutur Haryanto.

Dia mengatakan hingga kini listrik masih padam di daerah Tanjung Lesung.

PLN juga mengirimkan bantuan untuk membantu korban tsunami.

"Ambulance dari Kantor Pusat PLN, YBM PLN dan Disjaya meluncur pagi ini menuju lokasi bencana, membantu korban dan proses evakuasi di lokasi bencana," mengutip laman Instagram PLN.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Layanan Baznas Ini Dapat Bantu Cari Korban Tsunami Anyer

Posted: 22 Dec 2018 07:52 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tsunami yang menerjang Anyer, Banten, menelan korban. Hingga berita ini naik, per pukul 5.55 WIB, tercatat 20 orang meninggal dunia, 165 orang luka-luka, 2 orang hilang, dan puluhan bangunan rusak setelah tsunami terjadi.

Bencana tsunami membuat banyak masyarakat yang kebingungan mencari kabar mengenai keluarganya yang dilanda bencana.

Meski proses evakuasi sudah dijalankan, informasi mengenai kondisi korban belum tentu bisa cepat didapat.

Ini lantaran banyaknya hambatan di lapangan ketika evakuasi dijalankan, terutama masalah teknologi.

Menyadari kekhawatiran ini, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) meluncurkan inovasi berupa aplikasi Cari-Temu. Aplikasi ini dapat dimanfaatkan untuk mencari informasi mengenai korban bencana, dalam hal ini, tsunami di Anyer.

"Jika terdapat rekan, kerabat yang belum diketahui pasca tsunami Selat Sunda di wilayah Pantai Pandeglang Banten-Lampung dan sekitarnya, rekan-rekan dapat menggunakan aplikasi Cari Temu ini yg dikembangkan Baznas," ujar Baznas dalam keterangan resminya.

"Kami berharap alat ini juga tidak hanya menemukan yang meninggal (atau hilang), tapi juga korban yang dibawa ke rumah sakit atau diselamatkan di rumah penduduk," tambah Deputi Baznas, Arifin Purwakananta.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Divisi Informasi Teknologi dan Pelaporan Baznas Tanggap Bencana, Achmad Setio, mengatakan aplikasi ini baru tersedia dalam situs web dan sistem operasi Android saja.

 

Fitur Cari-Temu

Tampilan situs Cari Temu, layanan yang dapat membantu mencari korban bencana. (Foto: Cari Temu)

Terdapat empat (4) fitur dalam aplikasi ini yaitu melaporkan, mencari, melaporkan apabila menemukan dan menu SOS.

Saat pertama kali masuk ke dalam aplikasi, pengguna akan menemui tampilan menu pencarian korban.

"Semua fitur ini dapat digunakan oleh publik tetapi tetap dalam monitor Baznas Tanggap Bencana (BTB)," ucap Setio.

Setio menjelaskan pengguna juga bisa menginput data korban hilang ke dalam aplikasi tersebut.

Selain itu, apabila ada pengguna yang menemukan korban hilang yang datanya terdapat dalam aplikasi, diharuskan mengisi nomor telepon dan juga mengunggah foto korban.

Kamu bisa langsung mengunduh aplikasi Cari Temu untuk Android di tautan ini, atau juga bisa langsung beranjak ke situs web di sini.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tsunami Selat Sunda, 2 Kecamatan di Lampung Selatan Terdampak Parah

Posted: 22 Dec 2018 07:51 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kepala BPBD Lampung Selatan, I Ketut Sukerta. menyatakan terdapat empat kecamatan di pesisir Lampung Selatan yang terdampak musibah gempa dan tsunami di Selat Sunda. Dia menyebut terdapat dua kecamatan yang terdampak parah.

"Ada empat kecamatan, dua yang terparah, Kalianda dan Rajabasa," kata Ketut saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta, Minggu (23/12/2018).

Ketut menyatakan pihaknya terus melakukan upaya pencarian korban tsunami. Saat ini, kata dia, evakuasi terkendala adanya reruntuhan bangunan.

"Terputus enggak, cuma banyak kayu, bantuan yang menghalangi. Jadi akses agak terhambat," jelasnya.

Sebelumnya, tsunami menerjang pantai di Selat Sunda, khususnya di daerah Pandenglang, Lampung Selatan, dan Serang. Hingga Minggu, 23 Desember 2018 pukul 07.00 WIB, keadaan masih belum kondusif.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Diterjang Tsunami Selat Sunda, Begini Potret Kerusakan di Pantai Carita

Posted: 22 Dec 2018 07:50 PM PST

Seorang pria mencari barang-barang dari rumahnya yang rusak setelah tsunami menerjang Pantai Carita, di perairan Banten, Minggu (23/12). Data sementara jumlah korban dari bencana tsunami di Selat Sunda tercatat 43 orang meninggal dunia. (SEMI / AFP)

Seorang pria mencari barang-barang dari rumahnya yang rusak setelah tsunami menerjang Pantai Carita, di perairan Banten, Minggu (23/12). Data sementara jumlah korban dari bencana tsunami di Selat Sunda tercatat 43 orang meninggal dunia. (SEMI / AFP)

Warga mengumpulkan barang-barang dari bangunan yang rusak setelah tsunami menerjang Pantai Carita, di perairan Banten, Minggu (23/12). Tsunami menerjang pantai di Selat Sunda, khususnya di daerah Pandenglang, Lampung Selatan, dan Serang. (SEMI / AFP)

Warga mengumpulkan barang-barang dari bangunan yang rusak setelah tsunami menerjang Pantai Carita, di perairan Banten, Minggu (23/12). Tsunami menerjang pantai di Selat Sunda, khususnya di daerah Pandenglang, Lampung Selatan, dan Serang. (SEMI / AFP)

Sejumlah kebutuhan terlihat dekat sebuah rumah yang rusak setelah tsunami menerjang Pantai Carita, di perairan Banten, Minggu (23/12). Data sementara jumlah korban dari bencana tsunami di Selat Sunda tercatat 584 orang luka-luka. (SEMI / AFP)

Sejumlah kebutuhan terlihat dekat sebuah rumah yang rusak setelah tsunami menerjang Pantai Carita, di perairan Banten, Minggu (23/12). Data sementara jumlah korban dari bencana tsunami di Selat Sunda tercatat 584 orang luka-luka. (SEMI / AFP)

Puing-puing terlihat dari rumah yang rusak setelah tsunami menerjang Pantai Carita, di perairan Banten, Minggu (23/12). Tsunami menerjang beberapa daerah di sekitar Selat Sunda pada Sabtu 22 Desember 2018 malam. (SEMI / AFP)

Puing-puing terlihat dari rumah yang rusak setelah tsunami menerjang Pantai Carita, di perairan Banten, Minggu (23/12). Tsunami menerjang beberapa daerah di sekitar Selat Sunda pada Sabtu 22 Desember 2018 malam. (SEMI / AFP)

Penduduk mengungsi dari rumah-rumah yang rusak setelah tsunami menerjang Pantai Carita, di perairan Banten, Minggu (23/12). Data sementara jumlah korban dari bencana tsunami di Selat Sunda tercatat 43 orang meninggal dunia. (SEMI / AFP)

Penduduk mengungsi dari rumah-rumah yang rusak setelah tsunami menerjang Pantai Carita, di perairan Banten, Minggu (23/12). Data sementara jumlah korban dari bencana tsunami di Selat Sunda tercatat 43 orang meninggal dunia. (SEMI / AFP)

Warga memeriksa kerusakan rumah mereka setelah tsunami menerjang Pantai Carita, di perairan Banten, Minggu (23/12). Data sementara jumlah korban dari bencana tsunami di Selat Sunda tercatat 584 orang luka-luka dan 2 orang dinyatakan hilang. (SEMI / AFP)

Warga memeriksa kerusakan rumah mereka setelah tsunami menerjang Pantai Carita, di perairan Banten, Minggu (23/12). Data sementara jumlah korban dari bencana tsunami di Selat Sunda tercatat 584 orang luka-luka dan 2 orang dinyatakan hilang. (SEMI / AFP)

Warga memeriksa kerusakan rumah mereka setelah tsunami menerjang Pantai Carita, di perairan Banten, Minggu (23/12). Tsunami menerjang pantai di Selat Sunda, khususnya di daerah Pandenglang, Lampung Selatan, dan Serang. (SEMI / AFP)

Warga memeriksa kerusakan rumah mereka setelah tsunami menerjang Pantai Carita, di perairan Banten, Minggu (23/12). Tsunami menerjang pantai di Selat Sunda, khususnya di daerah Pandenglang, Lampung Selatan, dan Serang. (SEMI / AFP)

Warga memeriksa kerusakan rumah mereka setelah tsunami menerjang Pantai Carita, di perairan Banten, Minggu (23/12). Tsunami menerjang beberapa daerah di sekitar Selat Sunda pada Sabtu 22 Desember 2018 malam. (SEMI / AFP)

Warga memeriksa kerusakan rumah mereka setelah tsunami menerjang Pantai Carita, di perairan Banten, Minggu (23/12). Tsunami menerjang beberapa daerah di sekitar Selat Sunda pada Sabtu 22 Desember 2018 malam. (SEMI / AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: