Kamis, 13 Desember 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Persib Ditangani Caretaker Hingga Dapatkan Pengganti Gomez

Posted: 13 Dec 2018 10:20 PM PST

Liputan6.com, Bandung Persib Bandung telah resmi memutus hubungan kerja sama Mario Gomez dan Fernando Soler setelah Liga 1 berakhir. Manajemen klub pun akan secepatnya menentukan pelatih anyar.

"Fokus untuk tim senior jangka pendek ini adalah Piala Indonesia. Adapun persiapan untuk musim depan nanti kami pastikan dulu sosok pelatihnya," ujar Komisaris PT. Persib Bandung Bermartabat, Kuswara S. Taryono ditemui di Gedung Sate, Jumat (14/12/2018).

Selepas diputusnya kontrak Gomez, praktis kursi kepelatihan Persib kosong. Adapun asisten pelatih yang menangani Maung Bandung saat ini adalah pelatih fisik Yaya Sunarya dan pelatih kiper Anwar Sanusi.

Dari kedua nama tersebut, Yaya ditunjuk bekerja sebagai pelatih sementara hingga Persib memperoleh juru taktik baru.

"Tentunya di tim persib ini ada para asisten yang tentunya sudah paham para pemain," katanya.

Untuk diketahui, Persib masih melangkah di Babak 32 Besar Piala Indonesia 2018. Di babak sebelumnya, Maung Bandung mengalahkan PSCS Cilacap 1-0. Pangeran Biru tengah menanti jadwal berikutnya dari turnamen tersebut.

Target Juara

Yaya Sunarya ditunjuk sebagai pelatih sementara hingga Persib mendapatkan pelatih baru. (Huyogo Simbolon)

Kuswara mengatakan, pihaknya ingin segera mendapatkan sosok yang menahkodai Persib musim depan. Hal itu mengingat pentingnya posisi pelatih dalam menentukan komposisi pemain.

"Sosok pelatih tentunya nanti kita akan kami sinergikan dengan pemain. Sebab pemain ini menjadi penting, mana saja pemain lama yang akan dipertahankan dan pemain yang akan direkrut. Jadi ini tergantung dari pelatih nanti yang akan mengarsiteki," katanya.

Manajemen sendiri belum mengungkapkan nama pelatih bidikan maupun mereka yang melamar. Namun ketika ditanya pilihan akan jatuh pada pelatih impor maupun lokal, Kuswara mengatakan hal itu tak jadi persoalan.

"Kita intinya apakah asing apa lokal, intinya yang terbaik. Yang terbaik untuk meraih juara karena yang kita inginkan ke depan kan yang meraih juara. Siapapun pelatihnya," ujarnya.

Pemain Kewenangan Pelatih

Disinggung soal pemain buruan, ia kembali menegaskan hal itu menjadi wewenang pelatih baru Persib.

"Kata akhirnya tetap di pelatih. Kan pelatih nanti tahu betul pemain mana yang kira kira pas untuk menjadi skuat Maung Bandung," jelasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lakoni Adegan Ciuman, Pamela Bowie - Kevin Julio Sibuk Tentukan Posisi

Posted: 13 Dec 2018 10:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pamela Bowie dan Kevin Julio melakoni peran sebagai pasangan kekasih dalam serial produksi Viu yang bertajuk Knock Out Girl. Di serial ini, mereka juga kebagian untuk beradegan ciuman. 

Apakah Pamela Bowie merasa canggung saat melakoni adegan mesra ini dengan aktor 25 tahun tersebut?

"Enggak (canggung). Justru kita malah debat," ujar aktris Melbourne Rewind ini saat ditemui di CGV Pacific Place, Sudirman, Jakarta Selatan, Rabu (12/12).

Pamela Bowie mengatakan mereka justru berdiskusi menentukan posisi, demi pengambilan gambar yang sempurna. "'Lo kalau gue posisinya di sini, lo ke sini dong. Oh iya iya'. Jadi kayak biasa aja sih sama Kevin juga," kata Pamela Bowie menambahkan. 

Tak Hanya Sekali

Pamela Bowie

Syuting adegan ciuman ini, ternyata tak hanya diambil sekali saja. "Kalau sama Kevin tuh banyak lah karena kita kan juga ada cover segala macam," kata mantan pacar Joshua Suherman ini.

Profesional

Kevin Julio (Nurwahyunan/Fimela.com)

Hal senada juga dikatakan oleh Kevin Julio. Ia tidak merasa canggung sama sekali karena ia sudah bersahabat dengan Pamela sejak lama. 

"Enggak, enggak (canggung). Gue udah ngomong, 'Pam aman ya', udah kayak gitu aja. Saya sama dia ya kita profesional kerja aja sih. Pamela tuh udah sohib gue lama banget," ujar Kevin Julio. (Kapanlagi.com/Galuh Esti Nugraini)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tim SAR Gabungan Terus Cari Korban Longsor di Toba Samosir

Posted: 13 Dec 2018 10:19 PM PST

Fokus, Toba Samosir - Upaya pencarian korban longsor di Toba Samosir, Sumatera Utara, terus dilakukan Tim SAR gabungan. Sulitnya medan membuat pencarian belum membuahkan hasil.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Jumat (14/12/2018), selain mengerahkan ratusan orang, pencarian juga mengerahkan dua alat berat.

"Ada 4 rumah yang terkena longsor, diperikirakan masih ada 9 korban lagi," kata Bupati Tobasa Darwin Siagian.

Dua korban tewas terdiri ibu dan anak yang sudah berhasil dievakuasi. Jasad keduanya masih disemayamkan di rumah kerabat korban. Sementara, tiga korban luka dirawat di Rumah Sakit Inalum.

Peristiwa longsor terjadi pada Kamis dini hari, 13 Desember 2018 saat hujan mengguyur Desa Halado. Longsor menerjang empat rumah dan menimbun para penghuninya. (Muhammad Gustirha Yunas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BPKH Bakal Investasikan Dana Haji di Arab Saudi Mulai 2019

Posted: 13 Dec 2018 10:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) berencana menginvestasikan sebagian dana haji yang dikelola di Arab Saudi. Investasi yang berkaitan langsung dengan pelayanan jamaah haji.

Kepala BPKH Anggito Abimanyu mengatakan saat ini dana haji kelolaan BPKH mencapai Rp 110 triliun. Dari dana itu, setidaknya sekitar 20 persen bisa diinvestasikan langsung.

"Tahun depan kami prioritaskan investasi di Arab Saudi, karena ada 15-20 persen alokasi dana kelolaan untuk investasi lanngsung," kata Anggita dalam Indonesia Syaria Economic Festival di Grand City, Surabaya, Jumat (14/12/2018).

Investasi yang direncanakan mulai dari pendirian hotel, catering, hingga ke sektor penerbangan. Rencana tersebut akan direalisasikan dengan menggandeng beberapa BUMN dan perusahaan Arab Saudi.

BUMN yang saat ini sudah menandatangani Head of Agreement (HoA) dengan BPKH diantaranya PT Pertamina (Persero) dan Garuda Indonesia. Sedang dalam penjajakan adalah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

"Investasi terkait dana haji, mulai dari penerbangan, hotel, catering. Itulah yang kami prioritaskan di tahun depan. Itu sedang kami lakukan. Investasinya bisa bersifat long term," tambah dia.

Anggito mengatakan, pengelolaan dana haji ini terus mengalami peningkat di setiap tahunnya sekitar Rp 10 triliun. Bahkan BPKH menyebut dana haji bisa mencapai Rp 150 triliun pada 2022.

Adapun hasil dari investasi ini dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas haji dan biaya efisiensi haji.

JK Usul Investasikan Dana Haji di Sektor Infrastruktur hingga Beli Lahan Sawit

Wapres Jusuf Kalla (JK). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) mengusulkan dana haji yang dikelola Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) diinvestasikan di sektor infrastruktur di Indonesia.

Rencananya BPKH berinvestasi di bidang perhotelan, transportasi dan katering di Arab Saudi. Penjajakan telah dilakukan dan investasi akan dimulai tahun depan.

JK  mengatakan, BPKH bisa investasi bukan hanya pada bidang urusan haji, tapi juga bidang lainnya. Karena menurut dia jika investasi dilakukan di bidang perhotelan, transportasi dan katering di Arab Saudi, itu hanya bisa dimanfaatkan selama tiga bulan saat musim haji.

"Ini yang harus serius dibicarakan, investasi jangka panjang apa yang bisa dilakukan," ujar dia saat membuka rapat kerja BPKH di auditorium Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (12/12/2018).

Dia mengingatkan puluhan tahun silam juga pernah dilakukan investasi dana haji dengan membeli kapal. Namun, kemudian rugi karena kapalnya hanya dipakai dalam waktu tiga bulan.

Jusuf Kalla juga menambahkan, jika dana yang dikelola BPKH diinvestasikan dalam bentuk deposito, maka akan kalah dari inflasi. Menurut dia, dana haji bisa digunakan untuk membangun jalan tol atau juga membeli lahan sawit di Sumatera.

"Investasi harus lebih hati-hati. Kalau pengalaman kita investasi jangka panjang akan menambah terus. Dana haji bisa untuk beli kebun sawit di Sumatera, tol, atau listrik. Semua bisa," ujar dia.

 

Reporter: Hari Ariyanti

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Belajar dari Dita Soedarjo Saat Alami Gagal Nikah

Posted: 13 Dec 2018 10:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kabar batalnya pertunangan Dita Soedarjo dan Denny Sumargo tersiar sejak Kamis, 13 November 2018. Di tengah masalah asmaranya itu, anak bungsu pemilik MRA Group, Sutikno Soedarjo itu justru menyebarkan semangat positif melalui sejumlah unggahan di akun Instagram pribadinya @ditasoedarjo.

Ia menuliskan rangkaian kalimat bijaksana dengan menyebutkan bahwa hidup tidak selalu sedih dan tidak juga selalu bahagia. Menurut dia, kedua hal itu memang dibutuhkan dalam hidup agar bisa menuliskan kisah indah di dalamnya.

"Kelebihan dan kelemahan, keindahan dan kejelekan adalah harmoni kehidupan. Tidak ada catatan yang sempurna di bawah matahari ini tapi percayalah Tuhan sudah menulis garis tangan kita masing-masing," tulisnya.

Alih-alih curhat, Dita kembali memanfaatkan momen gagal nikah itu untuk menyampaikan program pemberdayaan perempuan yang telah berjalan beberapa waktu. Program tersebut berjalan beriringan dengan bisnis clothing line yang dipromosikan lewat media sosial, dignitywoman.id.

"Shop and help our women workshop at the same time (Belanja dan membantu pelatihan para perempuan kami secara bersamaan)," tulisnya.

Dalam program pemberdayaan itu, brand pakaian Dita Soedarjo menyediakan bantuan keterampilan bagi para perempuan yang mengalami kekerasan seksual atau menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga. Program itu juga terbuka bagi perempuan yang tak bisa bekerja kantoran karena harus mengurus anak tanpa bantuan suami.

Program tersebut, jelas Dita, berjalan lewat penyisihan sebagian keuntungan dari penjualan produk untuk melatih para ibu rumah tangga dan janda di beberapa daerah di Jakarta. Di antaranya dengan mengajari creambath dan pijat agar mereka bisa mencari pekerjaan lewat keterampilan tersebut.

 

Me Mindset

Dita Soedarjo mengunggah sejumlah pesan positif dalam menanggapi gagal nikah yang terjadi. (dok. Instagram @ditasoedarjo/https://www.instagram.com/p/BrUIRoEgYrQ/Dinny Mutiah)

Pada unggahan lain, Dita berkaca atas kepedihan hatinya yang gagal menikah dengan masa-masa ia terlibat dalam hari sosial di rel kereta api. Ia menyampaikan bahwa terkadang hari terburuk yang dialami adalah hari terbaik yang dimimpikan orang yang hidupnya lebih kekurangan.

"Paling tidak, anda masih bisa makan banyak, punya air bersih, punya atap yang kokoh di rumah, punya wifi internet, kesehatan yang bugar bukan tinggal di pinggiran jalan rel kereta api," tulisnya.

Pengalaman buruk yang dialaminya, jelas Dita, mengingatkannya untuk tidak selalu melihat ke atas, tetapi juga ke bawah. Dengan begitu, ia bisa jauh lebih bersyukur dan bisa belajar untuk tidak membesar-besarkan masalah.

"Walaupun "me" mindset adalah hal yg sangat sulit untuk ditebas," ujarnya.

Ia pun mengajak para warganet untuk mengubah pola pikir dan belajar mengarahkan emosi untuk menjadi jawaban atas doa-doa orang yang jauh lebih susah daripada kita. "Emosi bisa membuat saya melakukan hal-hal bodoh dan banyak kesengsaraan dari bertindak gegabah. Mending belajar bertindak dengan self control dan kasih!" ucapnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Longsor Timbun Rumah Warga Toba Samosir Saat Tertidur

Posted: 13 Dec 2018 10:12 PM PST

Liputan6.com, Toba Samosir - Bencana longsor terus terjadi memasuki musim penghujan. Frekuensi longsor terus meningkat seiring dengan meningkatnya curah hujan. Jutaan masyarakat terpapar dari ancaman longsor dengan kemampuan mitigasi bencana yang masih minim. Akibatnya longsor sering menelan korban jiwa.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, tim SAR gabungan berhasil menemukan 8 orang jenazah tertimbun longsor di Desa Halado, Kecamatan Pintu Pohan, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara.

"Longsor menimbun 4 rumah dengan 12 orang warga di dalam rumah saat masih tidur. 2 orang masih dalam pencarian dan 2 orang selamat dalam kondisi luka-luka. Korban dibawa ke rumah sakit terdekat," kata Sutopo, Kamis (13/12/2018).

Hujan terus menerus yang berlangsung sejak Minggu, 9 Desember 2018 hingga hari ini menyebabkan longsor di beberapa tempat. Posisi rumah berada di bawah lereng perbukitan. Material longsor di perbukitan langsung meluncur dan menimbun 4 rumah di bawahnya.

Tim SAR gabungan dari BPBD Toba Samosir bersama dengan TNI, Polri, Basarnas, SKPD, relawan dari PT Inalum, PT Jasa Tirta, PT Badjra Daya, PT TPL, relawan lain dan masyarakat terus melakukan pencarian dan evakuasi korban.

"Bupati dan wakil bupati Tobasa telah meninjau ke lokasi bencana. 5 unit alat berat dikerahkan untuk membantu proses pencarian dan evakuasi korban longsor," jelasnya.

Sutopo menerangkan, longsor terus terjadi cukup merata di beberapa wilayah di Indonesia. Tercatat sudah terjadi 430 kejadian bencana longsor di Indonesia sejak 1 Januari 2018 hingga 13 Desember 2018.

"Dampak yang ditimbulkan 129 orang meninggal dan hilang, 115 orang luka-luka, 37.933 orang mengungsi dan terdampak, dan 1.948 rumah rusak," terangnya.

Diperkirakan bencana longsor akan terus meningkat seiring meningkatkan curah hujan. Puncak hujan periode ini sebagian besar wilayah Indonesia terjadi pada Januari hingga Februari 2019 mendatang.

 

Waspada Longsor

Longsor di Tobasa, 2 orang meninggal dunia. (Liputan6.com/Reza Efendi)

Masyarakat diimbau untuk selalu waspada. Prediksi daerah rawan longsor bulanan di seluruh Indonesia dapat dilihat pada situs PVMBG, bahkan, hingga tingkat kecamatan dengan tingkat bahayanya dari rendah, sedang dan tinggi. BPBD, aparat lain dan masyarakat dapat menggunakan peta tersebut sebagai rujukan untuk meningkatkan sosialisasi dan kewaspadaannya.

Mitigasi bencana longsor, baik struktural dan nonstruktural masih perlu ditingkatkan. Sistem peringatan dini longsor masih sangat terbatas jumlahnya. Hanya sekitar 300-400 unit yang ada di daerah rawan longsor, sementara kebutuhannya lebih dari ratusan ribu unit.

Terbatasnya anggaran baik APBN dan APBD menyebabkan belum semua daerah rawan longsor memiliki peringatan dini longsor. Peran dunia usaha dan BUMN/BUMD juga masih sangat minim membantu pengadaaan alat ini di daerah operasinya.

"Begitu juga sosialisasi masyarakat mengenai antisipasi longsor juga masih perlu terus ditingkatkan," Sutopo menandaskan.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ladies, Begini 3 Cara Atasi Tangan Belang Akibat Naik Motor

Posted: 13 Dec 2018 10:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Berkendara sepeda motor perlu menggunakan sarung tangan agar terhindar dari berbagai hal mulai dari menghindari luka tangan saat kecelakaan, melindungi dari cuaca ekstrem, atau mengurangi rasa getaran.

Namun tahukan Anda, menggunakan sarung tangan saat berkendara sepeda motor juga dapat terhindar dari sengatan sinar matahari, sehingga membuat punggung tangan menghitam dan belang.

Jika ini terjadi atau dialami oleh kaum Hawa, maka hal tersebut akan memberikan rasa kurang percaya diri. Terlebih pada dasarnya kulit Anda cukup terang dan terawat.

Nah, bagi Anda yang mengalami punggung tangan belang ternyata ada juga solusinya. Seperti dilansir Vemale dari stylecraze.com yang memberikan 5 cara alami menghilangkan punggung tangan belang

Mau tahu apa saja? Berikut ulasannyan:

 

 

1. Kulit Jeruk dan Susu

Bukan hanya buahnya, kulit jeruk juga mengandung vitamin C yang bekerja menangkal radikal bebas yang merusak sel di kulit. Sedangkan susu, bisa mengangkat kotoran dengan baik dan merupakan bahan pemutih alami.

Caranya, parut bagian luar kulit jeruk dan tambahkan susu. Campur hingga jadi agak kental. Oles dan gosok perlahan di seluruh bagian tangan yang belang.

 

2. Tepung Beras dan Kunyit

Tepung beras juga merupakan bahan alami yang yang efektif memutihkan kulit, begitu pula dengan kunyit yang kaya antioksidan.

Caranya, campurkan 1-2 sendok makan tepung beras dengan satu sendok teh bubuk kunyit atau parutan kunyit dan sedikit susu untuk mengencerkan hingga jadi pasta. Balurkan sambil di-peeling pada tangan yang belang selama 15 menit.

 

3. Jus Kentang

Memiliki banyak pati atau tepung, kentang yang dihaluskan dan digosok ke tangan yang gelap juga bisa menjadi bahan pemutih alami yang efektif.

Setelah kentang mentah dihaluskan, balur dan gosok di tangan dan bilas. Kemudian ambil lagi pasta kentang dan bubuhkan sebagai masker di tangan. Biarkan selama 15 menit lalu bilas.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kejari Jaksel Buka Layanan Loket Tilang hingga Tengah Malam pada Hari Ini

Posted: 13 Dec 2018 10:09 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan (Kejari Jaksel) memberikan pelayanan prima bagi masyarakat yang hendak mengurus tilang kendaraan. Pelayanan loket tilang yang biasanya dibuka dari pagi hingga sore, khusus hari ini Jumat (14/12/2018) beroperasi sampai hampir tengah malam.

"Guna memaksimalkan peran Kejari Jaksel dalam memberikan pelayanan publik ke masyarakat, dibuatlah suatu kebijakan di mana loket tilang buka mulai pukul 08.00 sampai pukul 23.00 WIB," ujar Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan Supardi dalam keterangan tertulis, Jakarta.

Supardi menuturkan, kebijakan itu menyusul banyaknya berkas tilang yang diterima baik dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Selatan, maupun Suku Dinas Perhubungan Jakarta Selatan.

Dari pendataan sementara, Kejari Jaksel telah menerima kurang lebih 10 ribu berkas tilang hingga hari ini.

Datang Malam Hari

Dia berharap, masyarakat yang belum sempat mengambil tilang pada pagi hingga siang, bisa mendatangi Kejari Jaksel saat malam nanti.

"Semoga ini bisa memudahkan masyarakat Jakarta yang memang sebagian besar punya kesibukan," tutur Supardi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Video Pria di Malaysia Salat di Tengah Jalan

Posted: 13 Dec 2018 10:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Seluruh umat muslim diwajibkan untuk melakukan salat lima waktu dalam sehari. Dalam keadaan apapun dan di mana pun kita diwajibkan untuk melaksanakan salat.

Ketika sedang berada di luar rumah sebisa mungkin banyak diantara kalian yang mencari masjid atau mushola untuk salat. Namun jika tak memungkinkan banyak yang melakukan salat di tempat-tempat tak biasa seperti ketika berada di hutan atau tempat terbuka lainnya. Hal tersebut tak masalah asal tak membahayakan diri.

Namun berbeda dengan seorang pria asal Malaysia yang baru-baru membuat heboh internet. Bagaimana tidak, pria yang tak diketahui identitasnya tersebut melakukan ibadah salat di tengah jalan tol.

Sebagaimana kita tahu jalan tol merupakan jalur bebas hambatan di mana banyak kendaraan yang melaju kencang di sana. Tentu bukan hal yang sangat dianjurkan untuk salat di tengah jalan tol.

Aksi pria tersebut kemudian direkam oleh seorang pengemudi yang melintas dan mengunggahnya di Twitter. Dalam video itu terlihat si pria yang mengenakan sarung dan peci sangat khusyuk melakukan salat meski banyak mobil yang melintas.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Bikin warganet bertanya-tanya

pria salat di jalan tol (foto: Twitter/@AT_AbdillahToha)

Video yang diketahui direkam di Selangor Malaysia ini sontak menuai banyak reaksi dari warganet. Tak sedikit yang mempertanyakan kesehatan mental pria tersebut.

"Mungkin sakitkah? Karena itu kan berbahaya sekali," tanya akun @roysimangunsong.

Sementara akun @widassatyo menulis "Dia ngerti fiqihnya sholat ndak ya???"

Ada pula yang meragukan kesungguhan salat pria tersebut.  

"Saya takutnya ini hnya candaan atau justru pihak-pihak yg malah ingin memojokkan kelompok tertentu" ujar @unclecimbo.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lewat Pagelaran Budaya, GenWI Tiongkok Promosikan 10 Bali Baru

Posted: 13 Dec 2018 10:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sebuah terobosan dilakukan Generasi Wonderful Indonesia (GenWI) Tiongkok. Bekerja sama dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia di Tiongkok (PPIT) cabang Chongqing dan ranting Chengdu, GenWI Tiongkok mempromosikan 10 Bali Baru. Pagelaran budaya ini diselenggarakan di gedung auditorium Xihua University, Chengdu, 2 Desember lalu.

Cara yang dilakukan GenWI Tiongkok juga keren. Promosi dilakukan dengan pagelaran budaya Indonesia. Tema yang diangkat adalah "Historic Voyage to Indonesia".

Menurut Ketua GenWI Tiongkok Yosa Stephanie pagelaran diperankan oleh mahasiswa Indonesia. Tidak hanya itu, sejumlah mahasiswa asing juga dilibatkan. Mereka menyajikan pesona 10 Bali Baru dalam sebuah drama teatrikal yang disajikan dalam bahasa Inggris dan Mandarin.

"Penampilan ini mendapat sambutan hangat dari pihak Universitas dan seluruh pengunjung. Mayoritas pengunjung adalah warga negara Tiongkok. Tercatat lebih dari 382 pengunjung Tiongkok dan manca negara yang hadir menyaksikan penampilan budaya Indonesia ini," tutur Yosa.

Ditambahkannya, pementasan ini dihadiri perwakilan dari Kementerian Pariwisata, Kedutaan Besar Republik Indonesia di Beijing, serta segenap pengurus GenWI Tiongkok, PPIT Chongqing, dan PPIT Chengdu. Kehadiran para tamu ini menambah daya tarik acara.

"Secara umum, acaranya terdiri dari drama teatrikal, tarian, serta nyanyian ini dikemas dengan sedemikian rupa, menyesuaikan cita rasa pengunjung Tiongkok. Seluruh rangkaian penampilan disambungkan oleh satu benang merah. Yang intinya, mencerminkan keharmonisan masyarakat Indonesia dan masyarakat Tiongkok," paparnya.

Dikisahkan sepasang peneliti terkenal dari Tiongkok yang telah melakukan penelitian. Yang dipilih adalah tentang berbagai keragaman di seluruh penjuru dunia. Pasangan peneliti ini dikaruniai seorang Putra yang bernama Wang Wenhua. Ia tumbuh menjadi seorang petualang yang menunjukkan ketertarikannya pada kebudayaan.

Suatu hari di Wenhua menemukan sebuah jurnal perjalanan seorang penjelajah di Indonesia. Didorong oleh rasa ingin tahu yang mendalam, Wenhua memulai perjalanannya ke seluruh penjuru nusantara.

Menurut Yosa, pagelaran yang berlangsung spektakuler ini, meninggalkan kesan yang mendalam bagi pengunjung.

"Hal ini disampaikan oleh segenap perwakilan universitas. Mereka sangat kagum akan penampilan ini. Mereka turut menyampaikan agar kegiatan serupa dapat kembali dilakukan di Tiongkok. Tentunya dengan skala yang lebih besar," papar wanita yang biasa disapa Ocha itu.

Menteri Pariwisata Arief Yahya memberikan apresiasi tinggi kepada GenWI Tiongkok.

"Ini sebuah gebrakan yang dilakukan GenWI Tiongkok. Mereka memperkenalkan 10 destinasi Bali Baru dengan cara luar biasa. Dengan pementasan teatrikal yang kental dengan unsur budaya. Langkah yang patut ditiru GenPI dan GenWI lain," katanya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tim Esports SMA Negeri 7 Bandung Juarai Babak Kualifikasi JD.ID HSL 2018

Posted: 13 Dec 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Babak final kualifikasi JD.ID High School League (JD.ID HSL 2018) yang mempertemukan dua tim esports SMA/SMK asal Bandung berakhir fantasis.

Jadi momen 'All Bandung Final' tersebut, tim esports dari SMA Negeri 7 Bandung akhirnya keluar sebagai juara.

Beranggotakan Rizki, Haikal, Agung, Rico, dan Dekis, tim ini berhasil menjadi yang terbaik di kategori Dota 2 setelah menaklukkan lawan terberatnya dari kota yang sama, yakni SMA Negeri 23 Bandung.

"Kami sangat bangga dengan kemenangan ini dan sangat menambah kepercayaan diri kami dalam menghadapi musim kompetisi di Liga Seri A JD.ID HSL tahun depan," ungkap Agung, Kapten tim esports SMA Negeri 7 Bandung ketika ditemui rekan media di Britama Arena, Jakarta, 13 Desember 2018.

Agung mengakui, lawan yang dihadapi pada final kualifikasi adalah lawan tangguh. Namun dengan kerjasama yang solid, Agung dan kawan-kawan berhasil meminimalisir kesalahan pada saat bertanding.

"Pencapaian hari ini kami harapkan dapat dipertahankan di musim kompetisi Liga Seri A yang dimulai di tahun depan dan semoga dapat menjadi prestasi esports yang membanggakan sekolah kami, SMA Negeri 7 Bandung, dan juga keluarga kami."

 

Juara Eksibisi Mobile Legend

JD.ID HSL 2018 sukses digelar di Britama Arena, Jakarta. (Doc: HSL)

Sementara itu di kategori Mobile Legend yang menjadi pertandingan eksibisi menempatkan tim esports SMK Telkom Makassar di posisi pertama.

Sedangkan untuk juara kedua dan ketiganya adalah SMA Kristen Petra 1 Surabaya, SMA Negeri Purwodadi.

Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, dalam sambutannya mengatakan, esports merupakan cabang olahraga yang memberikan peluang besar bagi generasi digital untuk meraih prestasi setinggi-tingginya bagi kejayaan Indonesia di antara bangsa-bangsa lainnya.

"Kami optimistis liga esports antar pelajar SMA/SMK se-Indonesia ini akan melahirkan potensi-potensi masa depan yang penuh karakter dan memiliki prestasi yang membanggakan," ujarnya.

"Saatnya talenta-talenta muda ini dengan penuh keyakinan meminta dukungan kepada guru dan orang-tuanya untuk menekuni esports," kata Menpora Imam Nahrawi memberi semangat di hadapan ribuan anak-anak muda yang memadati arena pertandingan.

 

Didukung Dunia Pendidikan Indonesia

Babak final JD.ID HSL 2018 digelar hari ini. (Doc: HSL)

Optimisme senada juga diungkapkan oleh Vice President JD.ID HSL 2018, Sonny Hadi Sukotjo. Sonny mengatakan, "Kami sangat bangga melihat antusiasme dunia pendidikan Indonesia dalam turut menyukseskan penyelenggaraan JD.ID HSL 2018."

"Kami dedikasikan liga ini sebagai ajang aktualisasi serta peningkatan kualitas siswa SMA dan SMK di Indonesia, serta ajang pencarian talenta-talenta baru penuh potensi untuk kami dorong menjadi andalan Indonesia di kompetisi esports antar bangsa."

Melihat fakta esports telah tumbuh menjadi sebuah industri yang menyediakan karir yang beragam.

"Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi sumbangsih dunia esports Indonesia dalam menyiapkan generasi produktif yang siap berkrontribusi untuk terwujudnya Indonesia 4.0 yang telah dicanangkan pemerintah," ujar Sonny.

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ibu, Perpustakaan Pertama Anak

Posted: 13 Dec 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ibu adalah perpustakaan pertama tempat anak-anak belajar pertama kalinya. Begitu kata Kepala Perpustakaan Nasional M. Syarif Bando dalam konferensi pers Gerakan Ibu Bangsa Membaca di Perpustakaan Nasional, Jakarta.

Menurut Syarif, ibu adalah guru pertama yang ditemui seorang manusia. Sehingga, ibu adalah fondasi yang mampu menentukan kualitas sumber daya manusia.

"Dalam buku yang berjudul 'Buat Anakmu Gila Baca' dituliskan bahwa sebenarnya anak-anak itu sejak saat lahir sudah memiliki pengetahuan yang sempurna, tetapi belum bisa mengungkapkan apa kata dan kalimatnya karena belum bisa membaca dan seterusnya, " kata Syarif di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Jakarta Pusat pada Kamis (13/12/2018).

Tingkat berkembangnya pengetahuan anak ini nantinya tergantung dari sang ibu. Berdasarkan hal inilah, Perpusnas merasa perlu dan mendesak untuk mengajak para ibu serta perempuan di Indonesia untuk lebih banyak membaca bagi keluarganya.

Lewat aplikasi iPUSNAS

Konferensi pers Gerakan Ibu Bangsa Membaca di Perpustakaan Nasional, Jakarta pada Kamis, 13 Desember 2018. (Foto: Giovani Prasasti)

Salah satu cara Perpustakaan Nasional mendukung para ibu membacakan buku untuk anak, hadirlahn iPUSNAS. Ini adalah platform digital yang menyediakan koleksi buku-buku yang ada di Perpustakaan Nasional. Proses digitalisasi buku-buku tersebut dibantu oleh pengembang perpustakaan digital Aksaramaya.

"Harapannya dengan iPUSNAS, jangkauan keterbacaan buku-buku koleksi kami menjadi lebih luas. Bisa melampaui batas wilayah serta waktu, " kata Syarif.

Aplikasi tersebut bisa diunduh melalui Google PlayStore, AppStore, serta melalui laman ipusnas.id untuk komputer.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sindir Manajer MU, Owen Sebut Performa Pogba Mirip Pemain Akademi

Posted: 13 Dec 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Manchester - Michael Owen menyalahkan manajer Manchester United (MU), Jose Mourinho atas penampilan buruk Paul Pogba musim ini. Menurut Owen, yang pernah perkuat MU pada 2009-12, menyebut Mourinho salah memberikan pelatihan kepada Pogba.

Gelandang MU berusia 25 tahun tersebut tampil buruk saat kalah 1-2 dari Valencia di Estadio de Mestalla, Kamis (13/12/2018) dini hari WIB pada laga terakhir Grup H Liga Champions.

Dalam laga tersebut, Pogba hanya sekali melakukan dribel dan gagal memenangkan duel perebutan bola dengan pemain Valencia. Tak hanya itu, Pogba juga gagal menciptakan peluang untuk Setan Merah, julukan MU.

"Saya pikir, amanjer mengambil beberapa kesalahan, sistem, dan cara dia bermain." kata Owen, dikutip dari Sport Bible.

"Dari sudut pandang itu, saya kasihan dengan Pogba. Performanya kali ini seperti pemain akademi, usia 16 atau 17 tahun, yang masih mempelajari permainan," ujar mantan striker MU, yang kini bekerja sebagai komentator Liga Inggris itu.

Tak Ada yang Cocok

Aksi gelandang Man United, Paul Pogba pada laga terakhir grup H Liga Champions yang berlangsung di stadion Mestalla, Valencia, Rabu (13/12). Manchester United kalah 1-2 atas Valencia. (AFP/Jose Jordan)

Owen melanjutkan, Pogba tak mempunyai tandem yang cocok di lini tengah Setan Merah. Padahal, MU mempunyai banyak gelandang berkualitas, seperti Nemanja Vidic, Marouane Fellaini, Ander Herrera, hingga Fred.

"Saya ingat ketika Pogba pertama kali datang, manajer MU mencoba semua jenis gelandang di dalam tim. Manajer berusaha mencari tandem yang baik di sekitarnya untuk mendapatkan permainan terbaik dari Pogba," ucap Owen.

"Namun, bila dia bermain untuk Pep Guardiola, Jurgen Klopp, atau pelatih top lainnya, Pogba akan menjadi gelandang terbaik dunia. Namun, saat ini, saya tidak bisa mengatakan itu," kata pria berusia 38 itu menambahkan.

 

Statistik Paul Pogba

Berikut statistik Pual Pogba bersama MU:

Main: 115

Menit main: 9.023

Gol: 24

Assist: 22

Kartu kuning: 19

Karu merah: 1

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: [CEK FAKTA] Museum NU di Surabaya Dijadikan Posko Prabowo-Sandi?

Posted: 13 Dec 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Beredar kabar bahwa Museum NU di Surabaya dijadikan posko pemenangan Prabowo-Sandi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Disneyland Tokyo Jadi Tempat Paling Bahagia di Dunia?

Posted: 13 Dec 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Tokyo - Tokyo Disneyland di Jepang disebut sebagai tempat paling bahagia di dunia, menurut Independent, Jumat (14/12/2018). Selain itu, wahana bermain ini juga dijuluki "Most Magical Place on Earth" atau "Tempat Paling Ajaib di Bumi".

Anggapan tersebut didasarkan pada peninjauan Instagram yang dilakukan pada 2018, di mana banyak orang mengunggah foto dan video terkait taman hiburan itu, dan menampilkan jutaan emoji smiley dalam keterangan postingan mereka.

Gambar dan rekaman yang dibagikan di platform media sosial menunjukkan pengunjung dari segala usia menikmati Tokyo Disneyland yang dianggap menyenangkan. Ada pula yang memutuskan untuk menggelar resepsi pernikahan di sana.

Pengumuman dari Instagram tersebut dikeluarkan setelah adanya konstruksi di area Beauty and the Beast. Diperkirakan, wahana tersebut akan dibuka pada musim semi 2020.

Selain itu, Instagram juga mengamati emoji lain yang dipakai oleh pengunjung saat bertandang ke Tokyo Disneyland, yakni emoji hati berwarna merah. Selain itu, menurut Instagram, pendatang yang berswafoto juga ada yang memfilter wajah mereka dengan menggunakan emoji bergambar mata hati.

Sedangkan komentar paling banyak yang didapatkan oleh pengguna Instagram, yang berkunjung ke Tokyo Disneyland, adalah 14.000.

Sementara itu, objek wisata paling populer di wahana bermain itu antara lain Pirates of the Caribbean, lengkap dengan Kapten Jack Sparrow; Pooh's Hunny Hunt, perjalanan melalui terowongan gelap tanpa kendaraan; Big Thunder Mountain klasik, sebuah roller coaster yang dirancang seperti kereta tambang; dan Tokyo DisneySea, yang mencakup tujuh pelabuhan yang terinspirasi oleh negeri dongeng dan legenda.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

 

Kue Incredibles, Primadona Baru di Disneyland California

Sementara itu, sebuah kue bertemakan "Incredibles" memulai debutnya pada di Disney California Adventure pada acara pembukaan Pixar Pier. Teksturnya yang lembut dan bernuansa coklat langsung menjadi primadona di sana.

Kue produksi Jack-Jack Num-Num ini merupakan salah satu dari sekian banyak item yang baru dibuka di Pixar Pier. Dibuat dari mentega, dan potongan-potongan cokelat yang lezat, kue tersebut memiliki cita rasa yang manis dan sangat pas apabila dihidangkan dalam keadaan panas. Kue ini juga menjadi sajian lezat yang bahkan menyaingi setiap dessert yang pernah ada di Disneyland.

Ukuran kue tersebut tergolong cukup besar untuk dibagi dengan dua orang. Namun, sepertinya Anda akan merasa keberatan untuk membagi kue seharga enam dolar tersebut setelah mencoba satu kali gigitan.

Selain itu, Anda juga dapat memesan dua kue sekaligus agar tidak perlu mengantre untuk yang kedua kalinya. Sebab, rasanya yang sangat lezat akan memaksa Anda untuk selalu menikmatinya lagi dan hal tersebut menjadi sulit untuk diwujudkan karena antrean pembelinya yang sangat panjang.

Meskipun demikian, bagi yang sedang menjalankan program diet, maka Anda tidak perlu takut ataupun melarikan diri dari sana karena masih banyak pilihan yang ditawarkan. Gerai tersebut juga menyajikan dua kue makanan lezat lainnya yaitu kue shortbread dan Incredi cookie yang ramah gluten seperti susu stroberi, susu coklat dan susu almond vanila.

Terlepas dari kue apa yang Anda pilih, kue Jack-Jack Num-Num menjadi suatu keharusan pada perjalanan Anda berikutnya ke Taman California. Dan apabila aroma dari kue tersebut membuat Anda ingin kembali berkali-kali, maka yakinlah, Anda bukanlah satu-satunya orang yang mengalami hal tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pamer Pacar Baru, Dewi Sanca Malah Dianggap Ibunya

Posted: 13 Dec 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kali ini Dewi Sanca kembali menjadi perbincangan para warganet. Melalui unggahan di media sosial pribadinya, Dewi Sanca memamerkan foto kemesraan dengan seorang pria yang diduga pacar barunya.

Di unggahan foto pedangdut berjuluk Ratu Ular tersebut, ia menjelaskan memang sedang membuka hati untuk pria lain. Dewi Sanca pun memastikan kedekatannya dengan pria bernama Zali tesebut.

''Mencoba....membuka hati," tulis Dewi Sanca dengan menandai akun sang kekasih @zalialsander. "Makasih Waktu Nya Sayankkk😘🤗" tulisnya lagi di unggahan berikutnya.

Foto Mesra

Dewi Sanca (Liputan6.com/Fatkhur Rozaq)

Dalam waktu singkat, foto-foto serta video kemesraan yang diunggah Dewi Sanca di Instagram langsung ditanggapi oleh warganet. Bukannya memberi selamat, kebanyakan warganet malah beramai-ramai mem-bully Dewi Sanca.

Di-bully

View this post on Instagram

Makasih Waktu Nya Sayankkk😘🤗 @zalialsander

A post shared by Dewi Sanca (@dewisancaratular) on

"Sensasi doang biar masuk lambe.. kya ga tau si uler aja... itu juga baru ketemu kemaren di ultah temennya ... yg cowo manfaatin numpang nambah followers doang..." komentar @dian.ayuu90.

"Maaf sebelumnya... tapi qo sy j***k ya liat ni foto ngak ada pantas2nya jadi pcr pasnya jdi ibu dan anak," ucap @nureni.ontek.

"@dewisancaratular itu ankny y mbk," kata @nitasarange. (Siti Fuadah)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sambut Akhir Pekan, Rupiah Melemah Terbatas

Posted: 13 Dec 2018 09:56 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) melemah tipis menjelang akhir pekan ini. Hal itu didorong sentimen eksternal terutama rilis data ekonomi China.

Berdasarkan data kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) atau kurs tengah Bank Indonesia (BI), Jumat (14/12/2018), rupiah melemah tipis terhadap dolar AS. Rupiah turun dua poin atau 0,01 persen ke posisi 14.538 dari perdagangan 13 Desember 2018 di posisi 14.536.

Sementara itu, berdasarkan data Bloomberg, rupiah dibuka melemah 0,13 persen ke posisi 14.515 per dolar AS dari penutupan perdagangan kemarin di posisi 14.496 per dolar AS. Jumat siang, rupiah berada di posisi 14.560 per dolar AS.

Sepanjang Jumat pekan ini, rupiah bergerak di kisaran 14.513-14.560 per dolar AS. Dengan begitu, koreksi rupiah mencapai 7,42 persen sepanjang tahun berjalan 2018.

Ekonom PT Bank Pertama Tbk, Josua Pardede menuturkan, pergerakan rupiah terhadap dolar AS lebih dipengaruhi sentimen eksternal. Bank sentral Eropa memutuskan mengurangi pembelian obligasi dan meningkatkan suku bunga acuan membuat euro menguat. Selain itu, Bank Sentral Eropa juga memangkas pertumbuhan ekonomi di kawasan Eropa menjadi 1,9 persen.

Menjelang akhir pekan ini, China merilis data penjualan ritel turun dari 8,6 persen menjadi 8,1 persen. Data produksi industri susut menjadi 5,4 persen dari 5,9 persen.

Hal ini menurut Josua menekan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS. Sentimen lainnya juga dari fokus investor terhadap pertemuan bank sentral AS atau the Federal Reserve. Diperkirakan the Federal Reserve menaikkan suku bunga pada pertemuan pertengahan Desember 2018.

"Dampak dari concern perang dagang sudah mulai terasa dari data ekonomi. Rupiah melemah didorong dari data ekonomi China, dan minggu depan ada pertemuan the Fed kemungkinan naikkan suku bunga," ujar Josua saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (14/12/2018).

Sedangkan dari internal, menurut Josua sepi sentimen. Pelaku pasar menanti rilis data neraca perdagangan Indonesia pada pekan ketiga Desember 2018. Diperkirakan Indonesia masih alami defisit neraca perdagangan. "Pergerakan rupiah masih ikuti tren global," ujar dia.

 

Kekhawatiran Perang Dagang Mereda, Rupiah Kembali Menguat

Petugas Bank tengah menghitung uang rupiah di Bank BRI Syariah, Jakarta, Selasa (28/2). Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) melemah tipis pada perdagangan Selasa pekan ini. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, nilai tukar rupiah bergerak menguat pada perdagangan Kamis ini. mata uang rupiah mampu bertahan di area penguatan terhadap dolar AS menyusul berkurangnya kekhawatiran perang dagang.

Mengutip Bloomberg, Kamis 13 Desember 2018, rupiah dibuka di angka 14.542 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.597 per dolar AS. Menjelang siang, rupiah terus menguat ke 14.492 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.492 per dolar AS hingga 14.555 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah melemah 6,92 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.536 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan patokan sehari sebelumnya yang ada di angka 14.577 per dolar AS.

Analis CSA Research Institute Reza Priyambada mengatakan, mata uang rupiah mampu bertahan di area penguatan terhadap dolar AS menyusul berkurangnya kekhawatiran perang dagang.

"Pasar merespons positif pemangkasan tarif impor oleh Tiongkok atas kendaraan dari AS," katanya dikutip dari Antara.

Kendati demikian, menurut dia, penurunan dolar AS itu relatif terbatas menyusul munculnya reaksi negatif atas sikap Presiden AS Donald Trump yang akan menuntut China atas tuduhan peretasan dan kegiatan spionase ekonomi AS.

Selain itu, lanjut dia, pelaku pasar uang juga sedang mengantisipasi pertemuan Federal Reserve (Fed) pada pekan depan mengenai kebijakan suku bunganya pada tahun mendatang.

Dari dalam negeri, Reza Priyambada menilai sentimen mengenai makroekonomi Indonesia relatif kondusif dan stabil sehingga membuat laju rupiah bergerak menguat.

Ekonom Samuel Aset Manajemen Lana Soelistianingsih mengatakan pagi ini mata uang Asia seperti yen Jepang, dolar Hong Kong, dan dolar Singapura, kompak bergerak menguat terhadap dolar AS.

"Itu menjadi sentimen penguatan rupiah hari ini dan dengan tetap dalam penjagaan Bank Indonesia," katanya.

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Banjir Riau, Tim SAR Evakuasi Ratusan Santri Ponpes Darul Ulum

Posted: 13 Dec 2018 09:53 PM PST

Fokus, Riau - Ratusan santri Pondok Pesantren Darul Ulum di Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau, dievakuasi Tim SAR.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Jumat (14/12/2018), dengan menggunakan perahu karet, Tim SAR mengevakuasi ratusan santri. Sebagain lagi menggunakan mobil Tim SAR.

Evakuasi dilakukan menyusul tingginya banjir akibat luapan Sungai Kampar akibat curah hujan dan dibukanya pintu Bendungan PLTA Koto Panjang. Setelah berhasil dievakuasi, para santri ditempatkan di sembilan titik rumah warga.

"Santrinya dievakuasi ke rumah teman-teman kita," ucap guru pesantren Darul Ulum Muhammad Edi Mashuri.

Sementara, di Labuhan Batu, Sumatera Utara, banjir merendam jalan lintas Lingga Tiga-Tanjung Siram. Akibatnya, akses jalan penghubung ke Kabupaten Labuhan Batu, Labuhan Batu Selatan dan Padang Lawas Utara terhambat.

Banjir di kawasan ini terjadi menyusul tingginya curah hujan di dataran tinggi di bukit Barisan. Air kemudian mengalir ke dataran rendah dan merendam jalan sepanjang 300 meter. (Muhammad Gustirha Yunas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Membuat Bandeng Presto Agar Tidak Hancur Saat Digoreng, Bikin Ketagihan

Posted: 13 Dec 2018 09:48 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bandeng presto merupakan makanan khas Indonesia yang berasal dari Kota Semarang, Jawa Tengah. Makanan ini dibuat dari ikan bandeng (Chanos chanos) yang dibumbui dengan bawang putih, kunyit dan garam. Asal mulanya ditemukan oleh Hanna Budimulya yang lahir di kota pati, Jawa Tengah dan akhirnya menjadi ikon besar Kota Semarang.

Ikan bandeng ini kemudian dimasak pada alas daun pisang dengan cara presto agar tidak hancur. Presto adalah cara memasak dengan uap air yang bertekanan tinggi. Makanan yang dimasak dengan cara ini diletakkan dalam panci yang dapat dikunci dengan rapat. Air yang berada di dalam panci ini kemudian dipanaskan hingga mendidih. Uap air yang timbul akan memasak makanan yang berada di dalam panci ini. Karena ikan bandeng terkenal memiliki banyak duri, bandeng presto adalah makanan yang digemari karena dengan cara masak presto duri-duri ini menjadi sangat lunak.

Selain bisa digunakan untuk bahan masakan yang mudah dalam pengolahannya, bandeng juga menjadi salah satu jenis ikan yang memiliki vitamin yang sangat tinggi. Protein dan Omega3 di dalamnya adalah kandungan yang bisa menjadi asupan gizi untuk tubuh.

Menurut Profesor Ahmad Sulaeman, ahli gizi dari Institut Pertanian Bogor, ikan bandeng memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Ahmad mengatakan bahwa dalam 100 gram bandeng, terdapat 17,1 gram protein. Dengan jumlah ini, mengonsumsi satu ekor ikan bandeng bisa memenuhi kebutuhan protein dalam sehari.

Selain itu, bandeng juga mengandung asam lemak yang baik untuk tubuh. Di antaranya adalah turunan lemak omega 3, yaitu ERA, EPA, dan DHA. DHA ini dikenal sebagai nutrisi yang dapat meningkatkan kecerdasan otak. Sedangkan untuk ERA dan EPA merupakan asam lemak yang berfungsi untuk mencegah penggumpalan darah.

Tips Agar Bandeng Presto Tidak Hancur

Berikut cara membuat bandeng presto agar tidak hancur seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (14/12/2018).

1. Bersihkan organ dalam ikan bandeng seperti isi perut dan insang. Pastikan ketika membersihkan ikan untuk tidak memotong bagian bawah perut terlalu panjang. Cukup potong sedikit saja, cukup untuk menarik isi perut dan insang.

2. Untuk bagian sisik bandeng, sisik boleh dibersihkan ataupun tidak. Kalaupun tidak dibersihkan, sisik akan lunak saat dipresto sehingga tidak akan mengganggu ketika dimakan.

3. Letakkan daun pisang di alas panci presto.

4. Susun ikan bandeng di panci presto. Dalam menyusun ikan bandeng, pastikan susunan berjajar rapi dan sesuai ukuran. Pastikan juga ikan dengan ukuran besar berada di bawah dan yang lebih kecil bisa diletakkan di tumpukan atas. Dalam menumpuk ikan bandeng, jangan lupa untuk memberikan daun pisang sebagai pembatas tumpukan. Hal ini juga untuk mempermudah untuk mengangkat ikan bandeng setelah matang.

5. Siram air dan bumbu ke dalam panci presto, baru kemudian panci bisa ditutup dan mulai dimasak.

6. Setelah matang, pastikan bandeng sudah benar-benar dingin sebelum diangkat. Dalam proses pendinginan bisa menggunakan kipas agar bandeng cepat kering, sehingga tidak akan hancur ketika diangkat. Untuk menghindari hancurnya bandeng presto yang sudah matang, usahakan untuk tidak menyentuh bandeng tersebut. Angkatlah dengan mengangkat daun pisang yang digunakan sebagai alas. Hal ini dapat menghindari hancurnya ikan bandeng yang sudah dipresto.

Setelah membaca tipsnya, sudah nggak sabar kan pengen segera membuat bandeng presto ini.

Cara membuat bandeng presto

Bahan cara membuat bandeng presto:

1 kg bandeng ukuran sedang

3 buah jeruk nipis sudah diperas

10 cm lengkuas sudah dimemarkan

4 lembar daun salam

4 batang serai sudah dimemarkan

Daun pisang secukupnya

Bumbu cara membuat bandeng presto yang dihaluskan:

8 siung bawang putih

6 cm kunyit sudah dihaluskan

2 cm jahe sudah dibersihkan

1 sendok teh gula pasir

2 sendok makan garam

 

Bumbu pelapis cara membuat bandeng presto saat digoreng:

2 butir telur ayam (dikocok)

Garam secukupnya

 

Cara membuat bandeng presto agar tidak hancur saat digoreng:

1. Pertama lumuri ikan bandeng dengan perasan air jeruk nipis dan diamkan beberapa menit agar meresap dan mengurangi bau amis pada ikan bandeng.

2. Lalu isi panci presto dengan menggunakan air secukupnya, gunakan alas daun pisang untuk setiap tingkat bandeng dan lumuri bawang putih, kunyit, jahe, daun salam dan serai.

3. Selanjutnya, pada lapisan daun pisang kedua lumuri dengan menggunakan bumbu yang sudah dihaluskan ke seluruh ikan bandeng dan tutup permukaan atas menggunakan daun pisang dan tutup panci prestonya.

4. Lalu nyalakan api dengan tingkat sedang dan tunggu sekitar 30 menit, setelah itu ikan bandeng diangkat dan ditiriskan.

5. Kemudian lumuri bandeng menggunakan telur yang sudah dikocok lalu digoreng sampai warnanya cokelat keemasan.

6. Dan ikan bandeng presto siap disantap.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Greysia / Apriyani Tersingkir dari BWF World Tour Finals

Posted: 13 Dec 2018 09:45 PM PST

Guangzhou - Langkah ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, terhenti pada babak penyisihan BWF World Tour Finals 2018. Pada laga terakhir Grup A, Jumat (14/12/2018), Greysia/Apriyani kalah dari ganda China, Du Yue/Li Yinhui, 18-21, 7-21. 

Kekalahan ini memastikan Greysia/Apriyani pulang dengan tangan hampa. Pada dua laga sebelumnya, di babak penyisihan grup, mereka juga gagal menang. 

Sebelumnya, Greysia/Apriyani kalah dari Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi (Jepang) dan Chen Qingchen/Jia Yifan (China). Ganda putri terbaik Indonesia itu harus memenangi laga terakhir Grup A untuk menjaga asa lolos. 

Namun, mereka sudah lebih dulu dipastikan tersingkir setelah Chen/Jia memenangi laga kontra Matsutomo/Takahashi. Pertandingan terakhir Greysia/Apriyani sudah tidak menentukan. 

Alhasil, Greysia/Apriyani semestinya sudah tidak memanggul beban apa pun saat meladeni Du/Li. Sayangnya, pertandingan ini juga gagal dimenangi Greysia/Apriyani. 

Pada gim pertama, Greysia Polii/Apriyani Rahayu masih bisa memaksa ganda China bertarung ketat. Namun, pada gim kedua pertandingan berjalan berat sebelah. Greysia/Apriyani hanya bisa mendulang tujuh poin dan terpaksa pulang dengan tangan hampa dari BWF World Tour Finals 2018.

Sumber: Bola.com 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sontek Gaya Feminin Dita Soedarjo yang Bikin Penampilan Makin Manis

Posted: 13 Dec 2018 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Berbicara tentang Dita Soedarjo, sebagian orang mungkin langsung mengingat sosok perempuan muda yang memiliki kepedulian tinggi pada sesama. Ya, sang socialpreneur dikenal aktif dalam sejumlah charity, bahkan sejak dirinya masih kecil.

Tak hanya secara pribadi, penampilan putri dari pengusaha sukses Soetikno Soedarjo ini juga sangat mungkin Anda sontek. Dari sekian banyak look, Dita tampak paling sering memakai outfit dengan kesan feminin nan manis.

Seperti di salah satu unggahan di akun Instagram-nya @ditasoedarjo, beberapa waktu lalu, perempuan 26 tahun tersebut terlihat memakai off-shoulder dress biru muda berpadu motif bunga berwarna kuning.

Bersama dengan gaun tersebut, Dita Soedarjo membiarkan rambut panjangnya terurai. Sementara makeup andalannya dipoleskan di wajah, yakni pemilihan warna merah muda sebagai lipstik dan riasan mata dengan kesan bold.

Dita Soedarjo. (dok. Instagram @ditasoedarjo/https://www.instagram.com/p/Bq7Z9B0g7Bu/Asnida Riani)

Masih dengan sentuhan warna pastel, anak bungsu dari tiga bersaudara ini tampak cantik dalam balutan sleeveless dress. Sementara tatanan rambut dan makeup yang dipoles masih sama, gaun satu ini lebih menonjolkan lekuk tubuh Dita Soedarjo.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Gaya Feminin Dita Soedarjo

Dita Soedarjo. (dok. Instagram @ditasoedarjo/https://www.instagram.com/p/Bq1JZMiA7AU/Asnida Riani)

Tampilan menawan juga sempat diperlihatkan Dita Soedarjo saat memakai gaun hitam-putih keluaran Virgin Villains. Dengan detail lace di hampir seluruh bagian gaun, kesan manis nan elegan begitu tampak di sini.

Menata rapi rambutnya, Dita menyempurnakan penampilan dengan memakai heels berwarna putih dan membawa clutch hitam merek Hermes. Anting silver yang dikenakan pun memberi sentuhan girly nan kentara.

Dita Soedarjo. (dok. Instagram @ditasoedarjo/https://www.instagram.com/p/Bpw8GP5Aepy/Asnida Riani)

Masih bernuansa hitam-putih, hanya saja kali ini Dita tampak memakai dress bermotif polkadot. Simple tapi tetap memberikan kesan feminin yang hampir selalu diperlihatkan bos salah satu merek es krim di Indonesia ini.

Cutting gaun ini memberi sentuhan lain yang membuat kulit perut Dita sedikit mengintip. Sementara, riasan mata bold dan aplikasi warna merah muda untuk bagian bibir, juga pipi masih diperlihatkan perempuan lulusan salah satu universitas di Los Angeles, Amerika Serikat, tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anies: Perayaan Kemenangan Persija Seperti Pesta Rakyat

Posted: 13 Dec 2018 09:41 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, kegiatan perayaan kemenangan Persija atas Mitra Kukar pada Sabtu 15 Desember 2018 semacam pesta rakyat yang terpusat di depan pendopo Balai Kota Jakarta.

Dia menjelaskan, setelah konvoi dari kawasan Gelora Bung Karno, Senayan, Persija akan disambut layaknya saat memenangkan Piala Presiden beberpa waktu lalu.

"Semacam pesta rakyat menyambut kemenangan Persija yang ini insyaallah babak baru bukan kemenangan terakhir," kata Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (14/12/2018).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menyatakan, di depan pendopo disediakan layar lebar hingga adanya kegiatan musik. "Sehingga bagi mereka tidak berada di depan langsung itu masih tetap bisa menyaksikan," ucap dia.

Karena ada kegiatan itu, Anies mengimbau agar masyarakat dapat mengantisipasi adanya rute-rute di Ibu Kota yang mengalami kepadatan karena pawai Persija.

"Jalan Sudirman-Thamrin, Jalan Merdeka Selatan itu adalah rute yang besok akan padat. Jadi bagi yang mau berkegitan di luar kegaiatan karnaval," jelas Anies Baswedan.

 

Kemenangan Bersama

Sebelumnya, hasil akhir pertandingan Persija dan Mitra Kukar kata Anies merupakan bentuk kemenangan bersama. Karena hal itu, dia mengapresiasi untuk semua pihak yang berpartisipasi.

Tak hanya itu, Anies juga mengapresiasi Jak Mania, supoter Persija yang tertib dan rapi selama pertandingan.

"Begini, ini dirasa kemenangan bagi semua. karena itu saya berkali-kali sampaikan terima kasih pada Persija, para pemain, pelatih, official," jelasnya

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Telur Turun di Pasar Kebayoran Lama

Posted: 13 Dec 2018 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki akhir pekan ini, harga telur ayam dalam negeri mulai turun di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta.

Pedagang memperkirakan, penurunan harga ini disebabkan adanya operasi pasar yang dilakukan pihak berwenang. Herman (29), salah seorang pedagang telur di Pasar Kebayoran Lama melaporkan, telur ayam dalam negeri di tempatnya kini dijual Rp 26 ribu per kg, atau turun Rp 1.000 dari harga semula.

"Telur ayam dalam negeri lagi turun Rp 26 ribu per kg, sudah 2 hari. Tadinya terakhir Rp 27 ribu. Mungkin karena ada operasi pasar, makanya turun. Jumlah pasokan padahal masih sama saja," cerita dia kepada Liputan6.com, Jumat (14/12/2018).

Sebelumnya, ia sempat mempertanyakan harga telur di pihak distributor yang terus naik, meski secara permintaan hingga jumlah pasokan masih banyak.

Penurunan harga ini dibenarkan Udin (19), seorang pedagang telur di pasar yang sama. Meski begitu, dia sudah turunkan harga telur ayam dalam negeri hampir satu pekan.

"Telur ayam dalam negeri sudah turun Rp 26 ribu per kg, udah hampir seminggu lah. Terakhir tadinya Rp 27 ribu," ujar dia.

Di sisi lain, pemotongan harga juga turut dirasakan produk telur lainnya semisal telur ayam kampung, telur bebek hingga telur puyuh. Herman dan Udin serentak menawarkan telur ayam kampung pada angka Rp 1.700 per butir, turun dari harga semula Rp 1.800 per butir.

Untuk telur bebek, keduanya juga mematok harga sama Rp 2.300 per butir, turun dari Rp 2.400 per butir. Sedikit berbeda, Herman menurunkan harga jual telur puyuh menjadi Rp 28 ribu dari harga semula Rp 29 ribu per kg, sedangkan Udin tetap menjualnya sebesar Rp 29 ribu per kg.

 

Peternak Ungkap Penyebab Tingginya Harga Telur Ayam

Pedagang menjual telur ayam di pasar tradisional di Jakarta, Kamis (6/12). Di tingkat pengecer, harga telur ayam mencapai Rp 28.000/kg. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Sebelumnya, kenaikan harga jagung dinilai menjadi penyebab tingginya harga telur di pasaran belakangan ini. Pasalnya, jagung merupakan bahan baku utama pakan ayam ternak.

Presiden Forum Peternak Layer Nasional, Musbar Mehdi mengatakan, mekanisme harga telur yang melonjak di pasar disebabkan oleh biaya produksi yang meningkat. Biaya produksi tersebut berasal dari biaya pakan ternak.

"Salah satu bahan baku pakan adalah jagung yang juga mengalami kenaikan dan mengalami kelangkaan. Semua ini adalah rentetan dari harga telur yang naik," ujar dia di Jakarta, Jumat 30 November 2018.

Menurut dia, ketersediaan dan keterjangkauan harga pakan oleh para peternak sangat penting. Jika para peternak sulit mendapatkan pakan karena harga yang melambung tinggi, maka berdampak pada kenaikan harga telur.

"Di mana bahan pakan penting harganya bisa dijangkau masyarakat. Bicara soal produksi tidak ada yang proteksi umum. Kepentingan masyarakat umum itu sama dengan kepentingan nasional. Biaya pakan 50 persen itu dari jagung," ungkap dia.

Oleh sebab itu, lanjut Musbar, pemerintah harus menjaga stabilitas dan ketersediaan pakan. Dia berharap agar jagung impor bisa secepatnya tiba di Tanah Air.

"Apabila tiba di Indonesia pada awal tahun 2019, bisa tidak dapat terserap oleh peternak mandiri karena bersamaan dengan panen raya, di mana harga jagung di petani lebih murah," kata dia.

Direktur Aneka Kacang dan Umbi, Kementerian Kementerian (Kementan), Ali Jamil mengatakan, pemerintah telah memutuskan untuk membuka keran impor jagung hingga 100 ribu ton di akhir tahun. Hal ini dilakukan di tengah perhitungan produksi jagung di 2018 yang diperkirakan surplus hingga 12,98 juta ton.

Namun demikian, lanjut dia, Kementan tetap mendorong peningkatan produksi pertanian dalam negeri. Dengan harapan akan meningkatkan kesejahteraan petani lokal khususnya.

Menurut Ali, keputusan impor ini diambil sebagai upaya penyelamatan peternak ayam mandiri, serta menjaga stabilitas harga ayam dan telur.

"Sebagai upaya melindungi masyarakat konsumen dengan menjaga harga pasokan bahan pangan dan stabilitas harga di pasar. Sehingga angka inflasi terjaga sebagaimana yang ditargetkan pemerintah," tutur dia.

Sedangkan Kasatgas Kordinasi dan Solusi, Satgas Pangan, Kombes Pol Krisnandi mengatakan, pihaknya akan selalu melakukan komunikasi, kordinasi dan kolaborasi dengan kementerian, asosiasi dan peternak dan petani untuk menjaga stabilitas harga jagung dan telur di Tanah Air.

"Stabilitas harga jagung, merupakan peran dari petani jagung, perusahaan pakan ternak dan pemangku kepentingan yakni Kementan, Kemendagri dan Perum Bulog. Tak hanya itu juga akan mengawasi kelancaran distribusi mulai dari hulu ke hilir sehingga tercipta ketersediaan jagung pakan dan harga jagung yang stabil," tandas Krinandi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ibunda Angbeen Rishi Bantah Lakukan Kekerasan pada Anaknya

Posted: 13 Dec 2018 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Angbeen Rishi mengaku mendapatkan kekerasan dari ibunya, Yulia Irawati. Karena hal itu, calon istri Adly Fairuz memilih angkat kaki dari rumah ibunya dan kini tinggall bersama ayahnya, di kawasan Kebayoran baru, Jakarta Selatan.

Namun, pernyataan Angbeen Rishi ternyata dibantah mentah-mentah oleh sang bunda. Selama ini Yulia mengaku tak pernah melakukan apa yang dituduhkan oleh Angbeen Rishi.

"Kekerasannya apa? Di mana kekerasan saya? Kalau ibu menasihati apa kekerasan? Kalau anak salah ya dinasehati," ucap Yulia ditemui di kawasan Kapten P Tendean, Jakarta Selatan, Kamis (13/12/2018).

Melindungi

Saat di kawasan Tangerang belum lama ini, ia mengaku bahwa kedua keluarga besarnya sudah sering melakukan pertemuan.  Bintang sinetron 31 tahun itu juga telah memilki konsep pernikahannya nanti. (Instagram/adlyfayruz)

Yulia mengaku selama ini dirinya berusaha menjaga dengan baik putri kesayangannya. Bahkan, ia siap pasang badan buat Angbeen Rishi, bila ada yang mencoba-coba menyakitinya atau melakukan hal yang tidak baik kepada putrinya.

"Angbeenn dari kecil sampai 19 tahun di sekolah siapa pun yang nyolek anak saya berurusan sama saya. Saya menjaga luar biasa tidak pernah lepas dari saya. Sampai dia bilang Mama jangan tinggalin Angbeen, Angbeen enggak ada siapa-siapa lagi, lebih banyak teman-teman saya main sama dia," ujar Yulia.

 

Memaklumi

Adly Fairuz dan Angbeen Rishi (Instagram/@angbeenrishi)

Sebagai ibu Yulia hanya ingin yang terbaik buat putrinya. Oleh karena itu, dia memaklumi bila Angbeen Rishi beranggapan seperti itu.

"Namanya naluri ibu, saya melindungi anak saya," kata Yulia Irawati

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Duga Ada Unsur Kesengajaan pada Kasus E-KTP Tercecer di Duren Sawit

Posted: 13 Dec 2018 09:39 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik menemukan unsur pidana pada kasus tercecernya e-KTP di Duren Sawit, Jakarta Timur. Berdasarkan keterangan saksi-saksi, termasuk dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), ada unsur kesengajaan pada kasus tersebut untuk membuat situasi gaduh.

"Karena karung yang digunakan untuk membuang e-KTP itu masih bagus. Kemudian, membuangnya ditentukan juga tempat-tempatnya sengaja di tempat ramai untuk membuat gaduh," ucap Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo, Jakarta, Jumat (14/12/2018).

Oleh karena itu, saat ini, polisi fokus mengejar penanggung jawab ribuan e-KTP yang terbungkus karung tersebut.

"Saat ini arah penyidikan sudah mencari pada orang yang terakhir yang memegang dan bertanggung jawab terhadap penyimpanan dokumen-dokumen yang tidak terpakai. Ini sedang dikejar dan sedang didalami oleh penyidik Polda Metro Jaya," ujar Dedi.

Setelah penanggung jawab itu ditemukan, penyidik akan melakukan pendalaman terkait standar operasional prosedur (SOP) pemusnahan dokumen negara yang sudah tak terpakai itu. Penyidik juga akan menelusuri bagaimana e-KTP tersebut bisa ditemukan di daerah Pondok Kopi, Duren Sawit.

"Apabila sudah terungkap, maka akan terurai siapa yang bertanggung jawab atas perbuatan tersebut," tutur Dedi.

Beda dengan Pariaman

Ilustrasi foto E-KTP

Kepolisian kembali menerima laporan penemuan tiga karung berisi e-KTP di areal perkebunan Kabupaten Pariaman, Sumatera Barat. Sejauh ini, polisi belum menemukan unsur pidana dalam kasus tersebut.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo menuturkan, belum ditemukan unsur kesengajaan pada kasus pembuangan e-KTP tak terpakai tersebut. Apalagi pembuangan karung itu diketahui petinggi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Pariaman.

"Semua orang yang membuang, mengangkut, kemudian atasannya pun mengetahui dan mengakui barang-barang yang sudah tidak dipakai, karena kondisi kantor dalam masa renovasi, itu dibuang. Tapi, ada keteledoran tidak dicek dulu apa di dalamnya," ujar Dedi di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (12/12/2018).

Meski begitu, polisi tetap memeriksa saksi-saksi dari Dukcapil, termasuk orang yang membuang barang tersebut. Dedi memastikan, ribuan e-KTP tersebut sudah tidak terpakai bahkan kondisinya sudah rusak.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Angbeen Rishi dan Lika Liku Kisah Cintanya dengan Adly Fairuz

Posted: 13 Dec 2018 09:37 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Nama Angbeen Rishi kembali mencuat saat dirinya dilamar sang kekasih, Adly Fairuz, Minggu (25/11/2018). Keduanya sepakat akan mengakhiri masa lajang pada 2019 mendatang.

Angbeen Rishi dan Adly Fairuz sudah menjalin asmara selama dua tahun. Perbedaan usia hingga 10 tahun, tak menghalangi keduanya untuk mantap melangkah ke jenjang yang lebih serius, yaitu pernikahan. Bahkan, Adly Fairuz memuji Angbeen Rishi sebagai wanita sempurna. Dia mengagumi ilmu agama yang dimiliki sang kekasih.

Angbeen Rishi merupakan wanita kelahiran 27 Agustus 1997. Saat ini ia baru berusia 21 tahun. Sementara, Adly Fairuz berusia 31 tahun.

Angbeen Rishi memulai kariernya pada 2014 silam. Saat itu, ia masih duduk di bangku SMA. Tak tanggung-tanggung, ia langsung mendapat peran untuk film horor. Pada 2016, ia kembali mendapat kesempatan berakting untuk sinetron.

Siapa sangka, Adly Fairuz merupakan pacar pertama bagi Angbeen Rishi. Keduanya saling mengenal saat berada di lokasi syuting. Angbeen Rishi tak menyangka dirinya bisa menjalin asmara dengan mantan kekasih Shireen Sungkar itu.

Dan kini, jalinan asmara Angbeen Rishi dan Adly Fairuz sudah melangkah maju menuju lamaran. Pada 2019, mereka pun memutuskan akan menikah. Angbeen Rishi baru saja melangsungkan lamaran dengan Adly Fairuz. Keduanya memilih konsep ala India.

Maklum, Adly Fairuz terlahir dan besar dari keluarga berdarah India. Angbeen Rishi tampak cantik dalam balutan busana India lengkap dengan selendangnya. Tak lupa, Angbeen Rishi juga memakai maang tikka yaitu perhiasan yang diletakkan di kepala.

Berdandan ala wanita India, Angbeen Rishi justru dipuji para tamu yang hadir di acara lamarannya dengan Adly Fairuz. Kebahagiaan tampak terpancar dari wajah Angbeen Rishi dan Adly Fairuz setelah selesai menjalani lamaran.

Ibunda Angbeen Tak Tahu Putrinya Dilamar

(Instagram/adlyfayruz)

Adly Fairuz telah resmi menggelar prosesi lamaran dengan kekasihnya, Angbeen Rishi. Bersama keluarga dan orang terdekat, Adly Fairuz menyambangi kediaman sang kekasih di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selata, 25 November 2018 lalu.

Adly Fairuz dan Angbeen Rishi mengaku siap menikah pada 2019 mendatang. Namun siapa sangka, di balik itu semua rupanya ada polemik di keluarga Angbeen Rishi. Sang ibunda mengaku tidak diberi tahu bahwa Angbeen Rishi akan dilamar oleh Adly Fairuz.

"Saya lihat infotainment, saya lihat itu dan kebetulan ada juga temen-temen yang kenal saya dan kenal pihak sana, menanyakan saya, tapi itu sudah terjadi. Saya kaget," kata Yulia Irawati, ibunda Angbeen Rishi, dikutip dari tayangan Hot Shot SCTV, Sabtu (8/12/2018).

"'Coba lihat deh di infotainment', saya lihat itu saya kaget. Bagai petir di siang bolong buat saya, saya lihat itu," lanjut sang ibunda. Bahkan, dari penuturan Yulia, keluarga besar Yulia pun sama sekali tidak diundang dalam acara yang diselenggarakan di kediaman ayahanda Angbeen Rishi.

"Dari pihak saya, tidak ada sama sekali. Dari keluarga besar saya tidak ada yang tahu. Bahkan adiknya, ada di rumah bersama saya pada saat acara itu," lanjut Yulia Irawati.

Untuk diketahui, sudah setahun lebih Angbeen Rishi memang sudah tidak lagi tinggal bersama sang ibu dan menetap di kediaman ayahnya. Sejak saat itu pula komunikasi antara Angbeen Rishi dan ibunda tidak lagi terjalin.

 

Angbeen Tak Komunikasi dengan Ibunda

Di balik berita bahagia lamaran Angbeen Rishi dengan Adly Fairuz, rupanya ada sedikit kabar kurang bahagia soal ibunda Angbeen Rishi, Yulia Irawati. Sang ibunda mengaku tidak diberi tahu sama sekali soal rencana putrinya saat melangsungkan lamaran dengan Adly Fairuz pada November 2018 lalu.

Terungkap bahwa selama lebih dari setahun ini, Angbeen Rishi sudah tidak tinggal bersama Yulia Irawati dan memilih untuk tinggal bersama ayahnya. Hal itu disampaikan oleh Yulia Irawati dalam tayangan Hot Shot SCTV, Sabtu (8/12/2018).

"Angbeen pergi dari rumah itu 17 Maret 2017. Selama itu Angbeen tidak kontak saya. Dia pergi ke rumah bapaknya, habis itu telepon dia, nomornya, ganti semua. Saya tahu itu bukan Angbeen yang ngajarin itu, Angbeen tidak mungkin seperti itu," kata ibunda Angbeen Rishi.

Sementara itu banyak yang bertanya-tanya mengapa Angbeen Rishi memutuskan untuk pindah ke kediaman ayahnya? Banyak anggapan beredar bahwa sang ibunda tidak merestui hubungan Angbeen Rishi dan Adly Fairuz. Sang ibunda pun angkat bicara soal anggapan tersebut.

"Waktu Angbeen meninggalkan rumah itu, situasi Angbeen sama Adly Fairuz itu mama ada tidak kecocokan. Masa itu Angbeen umur 18 tahun, jadi mungkin masih belum stabil. Jadi mama bilang, 'Ya udah, Adly lebih baik berteman dulu deh', abis suka berantem kan," kata ibunda Angbeen Rishi.

"Entah kenapa, tiba-tiba Angbeen tidak menghubungi saya lagi. Abis saya bilang seperti itu, besoknya Angbeen pergi," lanjut ibunda.

Sementara itu, Adly Fairuz dan Angbeen sendiri menyatakan telah siap untuk ijab kabul sekaligus pesta pernikahan. Mantan kekasih Shireen Sungkar mengungkap, mereka bakal menggelar acara usai Lebaran tahun depan.

"InsyaAllah, mudah-mudahan, niat kita menikah memang habis Lebaran, sesuai kesepakatan kedua belah pihak keluarga," ujar Adly Fairuz dalam sebuah kesempatan.

Angbeen Ungkap Alasan Tak Undang Ibunda

Angbeen Rishi (Foto: Instagram)

Usai menggelar lamaran pada 25 November 2018, Adly Fairuz dan Angbeen Rishi berencana naik pelaminan usai Lebaran 2019. Namun di balik‎ kebahagian mereka, terdapat polemik yang terjadi.

Ibunda Angbeen Rishi, Yulia, mengaku tak tahu anaknya telah dilamar. Bahkan, Yulia merasa tidak pernah diberitahu adanya lamaran tersebut.

Yulia mengatakan, dirinya baru mengetahui kabar lamaran Angbeen Rishi dan Adly Fairuz setelah menyaksikan tayangan infotaiment di televisi. Terkait polemik keluarganya, Angbeen Rishi akhirnya angkat suara.

"Saya di sini sebenarnya pengin klarifikasi. Walaupun sebenarnya menurut saya sangat-sangat berat untuk klarifikasi tentang ini karena ini adalah aib keluarga, permasalahan keluarga yang tidak layak menjadi konsumi publik. Tapi karena terlalu banyak simpang siur akhirnya saya memutuskan untuk klarifikasi," ujar Angbeen Rishi di kawasan Cimanggis, Depok, Jawa Barat, Rabu (12/12/2018).

"Tanpa mengurangi rasa hormat saya terhadap ibu saya, saya di sini makanya tidak ingin kurang ajar sama ibu saya atau tidak menghormati ibu saya. Saya sayang sama ibu saya dan ibu saya juga tahu itu. Tidak ada maksud saya di sini untuk kurang ajar sama ibu saya," sambungnya.

Sebagai anak, Angbeen Rishi punya alasan kuat mengapa memilih tinggal bersama sang ayah ketimbang ibunya. Sebab ia mengaku kerap mendapatkan tindak kekerasan dari wanita yang telah melahirkannya. Selain itu, ‎ia juga membantah kabur dari rumah seperti yang diutarakan Yulia.

‎"Pertama-tama itu saya tidak pernah pergi kemana pun karena saya tinggal di rumah ayah saya yang itu juga rumah saya, ayah biologis saya. Jadi saya tinggal di rumah ayah saya, ya rumah saya sendiri juga," ujar Angbeen Rishi.

"Kenapa saya bisa pergi ke rumah ayah saya, karena saya mengalami kekerasan yang saya enggak akan mau jelaskan. Soalnya karena itu aib, permasalahan keluarga dan saya tidak mau jadi menjelek-jelekkan ibu saya, saya nggak mau," imbuhnya.

Kekerasan yang dialami oleh Angbeen Rishi, dikarenakan ibunya tidak setuju dirinya berpacaran apalagi sampai menikah dengan Adly Fairuz.‎ Terlebih setelah bercerai dengan ayahnya, Yulia telah berpindah keyakinan.

"Kenapa saya bisa mengalami kekerasan, karena ibu saya itu tidak pernah setuju, ibu saya dan suaminya tidak pernah setuju saya sama Adly. Karena kebetulan Adly itu berbeda agama dengan ibu saya. Saya dilahirkan sebagai seorang muslim, ayah saya muslim, ibu saya sama ayah saya cerai, ibu saya memilih untuk berpindah keyakinan," kata Angbeen Rishi.

 

Ibunda Menjodohkan Paksa Angbeen Rishi dengan Pria Lain

Angbeen Rishi akhirnya buka suara terkait masalah dengan ibundanya, Yulia. Ia mengaku mendapat tindak kekerasan dari wanita yang telah melahirkannya. Hal itu dilakukan Yulia lantaran dirinya tak suka buah hatinya, Angbeen Rishi menjalin asmara dengan Adly Fairuz.

Sang ibu juga menjodohkan paksa, Angbeen Rishi, dengan pria yang tidak disukainya. Itulah mengapa dirinya memilih tinggal bersama sang ayah.

"Saya paham, ibu menginginkan yang terbaik untuk saya. Dan saya paham ibu dan suaminya berpikir bahwa seseorang yang lain itu mungkin yang terbaik untuk saya karena satu iman sama mereka," ujar Angbeen Rishi, ditemui di kawasan Cimanggis, Depok, Jawa Barat, Rabu (12/12/2018).

Diakui Angbeen Rishi, pria yang dijodohkan itu siap memperistri dirinya. Dan ia pun dilarang bertemu dengan Adly Fairuz.

‎"Jadi mereka tidak memperbolehkan saya untuk berhubungan lagi atau bertemu sama Adly. Kebetulan orang itu juga pada saat itu sedang mencari istri," lanjut Angbeen Rishi.

Angbeen Rishi menolak dijodohkan dengan pria yang tak dicintainya tersebut. Pertengkaran pun terjadi antara dirinya dan Yulia.

‎"Terjadilah cekcok suatu hal yang enggak perlu saya ceritain kayak gimana ya, karena itu memalukan dan saya enggak akan mau cerita. Tapi saya rasa masalah dunia akhirat atau agama saya berhak untuk menentukan karena usia saya sudah 21 tahun," papar Angbeen Rishi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

General Motors dan Honda Kolaborasi Ciptakan Mobil Nirsopir

Posted: 13 Dec 2018 09:34 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Raksasa otomotif asal Amerika Serikat General Motors bersama Cruise Automation yang merupakan perusahaan teknologi kendaraan self-driving, menggandeng pabrikan mobil asal Jepang, Honda untuk mengembangkan kendaraan otonom atau nirsopir.

Dalam keterangan tertulisnya, Jumat (14/12/2018), dengan kerja sama ini membuat Honda mengucurkan dana senilai US$ 2,75 miliar, menambahkan jumlah saham senilai US$ 2,25 miliar yang diterima dari investor SoftBank Vision Fund awal 2018.

 

Kolaborasi ini disebutkan untuk mencapai target bersama dalam mengtransformasi mobilitas melalui penyebaran teknologi kendaraan otonom dalam skala besar dan dipasarkan secara global.

Rencananya, kendaraan tanpa pengemudi akan terwujud pada 2019 sebagai wujud realisasi dari masa depan yang bebas kecelakaan (zero crashes), bebas emisi (zero emission), dan bebas hambatan (zero congestion).

Tentu saja jika benar hasil kolaborasi ini terwujud, maka kerja sama strategis dan pendanaan ini telah memperkuat posisi General Motors dalam teknologi self-driving.

 

Selanjutnya

Sebelumnya, GM telah memperkenalkan teknologi self-driving di Thailand dalam bentuk Autonomous Guided Vehicles (AGV), yang bernama Bumblebees.

Bumblebees merupakan kendaraan listrik kecil nirsopir yang secara otomatis mengirimkan suku cadang dan komponen ke lini produksi Chevrolet Colorado dan Trailblazer di pabrik perakitan GM Thailand di Rayong.

Armada AGV telah meningkatkan efisiensi produksi dan membantu mengurangi biaya pengiriman suku cadang ke jalur produksi.

Sedangkan teknologi self-driving hanyalah salah satu contoh dari sejarah inovasi dan keunggulan industri GM selama 100 tahun, yang sebagian besar telah diterapkan pada kendaraan Chevrolet yang ikonis.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: KPK Periksa Irwan, Hakim PN Jaksel yang Terlibat Suap

Posted: 13 Dec 2018 09:32 PM PST

Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Irwan tiba untuk pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (14/12). Irwan  menjalani pemeriksaan perdana sebagai tersangka kasus dugaan suap penanganan perkara perdata di PN Jaksel. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Irwan tiba untuk pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (14/12). Irwan menjalani pemeriksaan perdana sebagai tersangka kasus dugaan suap penanganan perkara perdata di PN Jaksel. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Irwan (kanan) tiba untuk pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (14/12). Irwan  menjalani pemeriksaan perdana sebagai tersangka kasus dugaan suap penanganan perkara perdata di PN Jaksel (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Irwan (kanan) tiba untuk pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (14/12). Irwan menjalani pemeriksaan perdana sebagai tersangka kasus dugaan suap penanganan perkara perdata di PN Jaksel (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Irwan (kanan) tiba untuk pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (14/12). Irwan  menjalani pemeriksaan perdana sebagai tersangka kasus dugaan suap penanganan perkara perdata di PN Jaksel (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Irwan (kanan) tiba untuk pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (14/12). Irwan menjalani pemeriksaan perdana sebagai tersangka kasus dugaan suap penanganan perkara perdata di PN Jaksel (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Irwan tiba untuk pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (14/12). Irwan  menjalani pemeriksaan perdana sebagai tersangka kasus dugaan suap penanganan perkara perdata di PN Jaksel. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Irwan tiba untuk pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (14/12). Irwan menjalani pemeriksaan perdana sebagai tersangka kasus dugaan suap penanganan perkara perdata di PN Jaksel. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Membelot dari Real Madrid, Bek Barcelona Siap Sambut Alvaro Morata

Posted: 13 Dec 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kabar mengejutkan datang dari Alvaro Morata yang kabarnya siap kembali ke Spanyol dan hijrah ke Barcelona. Alih-alih ke Real Madrid yang merupakan klub masa kecilnya, Morata dikabarkan siap pindah ke Barcelona.

Morata memang mengalami masa sulit Chelsea. Bersama klub asal Inggris itu, Morata tampil tidak seperti yang diharapkan meski dibeli dengan harga mahal.

Bagaimana tidak, Morata hanya mencetak 16 gol dari 45 kali penampilannya bersama Chelsea sejak dibeli dari Real Madrid 2017 lalu.Enam gol diantaranya datang dari 6 laga pertamanya bersama The Blues.

Alba mengaku senang kalau rekannya di Timnas Spanyol itu bergabung dengan Barcelona. Dia mengaku cukup respek dengan permainan Morata.

Saat ini, Barcelona memang kekurangan striker murni. Dalam deretan daftar pemain hanya Luis Suarez dan Munir El Hadadi saja yang siap tampil sebagai ujung tombak.

 

 

Komentar Alba

Bek Barcelona, Jordi Alba, melakukan selebrasi usai membobol gawang Inter Milan pada laga Liga Champions, di Stadion Camp Nou, Rabu (24/10/2018). Barcelona menang 2-0 atas Inter Milan. (AP/Emilio Morenatti)

Meski siap menyambut, Morata mengaku bakal menyerahkan keputusan jadi tidaknya eks Real Madrid itu gabung Barcelona kepada klub. Dia tak bisa ikut campur soal itu.

"Morata termasuk salah satu pemain yang saya hormati, dia sudah menjadi pemain top untuk waktu yang lama," ujar Alba seperti dikutip Goal.com.

"Pada akhirnya, semua tergantung klub apakah siap mengontraknya atau tidak, seperti juga pemain lainnya. Jika rumornya benar, dia akan disambut, sama seperti pemain lainnya."

Sulit Terjadi

Morata di satu sisi tak akan mungkin dilepas Chelsea pada Januari ini. Dia kemungkinan bakal dilepas pada bursa transfer Juni 2019.

Soalnya, Chelsea tidak punya banyak striker. Hanya Oliver Giroud yang tersisa dan kemungkinan Michy Batshuayi akan dibawa pulang Januari ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Jokowi Akui Tahu Bahasa Aceh di Depan Ulama

Posted: 13 Dec 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Presiden Jokowi mendatangi Aceh dalam kunjungan kerja. Jokowi pernah tinggal di Aceh hampir 2,5 tahun, dan ternyata paham sedikit bahasa Aceh.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Video Kontroversialnya Viral, Wakil AS di Miss Universe 2018 Dikecam

Posted: 13 Dec 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Bangkok - Acara puncak Miss Universe 2018 memang baru akan digelar pada 17 Desember mendatang di Thailand. Namun seiring jalannya penjurian, perbincangan mengenai ajang ratu kecantikan sejagat ini sudah mulai menghangat.

Salah satunya, adalah soal kelakuan kontestan asal Amerika Serikat, Sarah Rose Summers, di ajang Miss Universe 2018 ini.

Dilansir dari Time, Jumat (14/12/2018), ia dianggap telah mengejek perwakilan Miss Universe 2018 asal Vietnam dan Kamboja di sebuah siaran langsung Instagram miliknya.

Dalam video tersebut ia dianggap menertawakan kemampuan bahasa Inggris Miss Vietnam, H'Hen Nie. "Dia imut banget, dia berpura-pura tahu bahasa Inggris dan saat kau bertanya kepadanya setelah bicara panjang lebar dengannya, dia akan...," kata Summer yang lantas mengangguk dan tersenyum, seakan menirukan H'Hen Nie.

Ia juga membicarakan soal Nat Rern, wakil Kamboja, yang tidak bisa berbahasa Inggris dan menyebutnya sebagai "Poor Cambodia".

Dikecam

Wakil Amerika Serikat di Miss Universe 2018, Sarah Rose Summers, bersama kontestan dari negara lain. (Instagram/ sarahrosesummers - https://www.instagram.com/p/BrPlPGHBEEc)

Video rekaman live ini, lantas menjadi viral. Banyak warganet yang lantas mengecam tingkah wanita bernama ini.

"Miss USA ini jelas seorang pelaku bully!! Ajangnya bernama "Miss Universe" BUKAN "Miss English," kata @Caligolfer di Twitter.

"Untuk Miss USA yang mengatakan Miss Vietnam dan Kamboja tak bisa berbahasa 'Inggris yang Hebat, Tutup mulutmu! Kamu payah dan seorang bigot! Pikiran sempitmu itu mangacaukan seluruh pelaksanaan Miss Universe!" tutur @AlexisBetito.

Minta Maaf

Wakil Amerika Serikat di Miss Universe 2018, Sarah Rose Summers, bersama kontestan dari negara lain. (Instagram/ sarahrosesummers - https://www.instagram.com/p/BrVhYAEhq_8/)

Sarah Rose Summers sendiri lantas meminta maaf atas perbuatannya ini. Ia mengunggah fotonya sedang berpelukan dengan Nat Rern, sementara H'Hen Nie memeluk Miss Australia Francesca Hung.

"Pada momen saat aku bermaksud mengagumi keberanian beberapa saudariku, aku mengatakan sesuatu yang kini kusadari bisa diartikan sebagai sesuatu yang lancang, dan aku meminta maaf," tuturnya.

Ia juga mengatakan telah berbicara dengan perwakilan Vietnam mengenai insiden ini. Nat Rern sendiri mengunggah foto yang sama dan menuliskan, "Aku bicara bahasa cinta, hormat, dan saling memahami. Aku mencintaimu saudari-saudariku."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mastel Meriahkan HUT ke-25 dengan Digital Innovation Festival 2018

Posted: 13 Dec 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) baru saja merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-25. Untuk memeriahkan hari jadinya, Mastel menggelar Digital Innovation Festival 2018.

"Mastel menggelar acara ini dalam usianya yang masuk seperempat abad. Kami melihat peran inovasi sangat penting bagi pembangunan ekonomi suatu bangsa," ujar Ketua Umum Mastel Kristiono dalam keterangannya, Jumat (14/12/2018).

Ia menuturkan, perjalanan negara-negara maju telah membuktikan hal itu, di mana ada hubungan statistik yang jelas antara inovasi dengan peningkatan standar hidup masyarakat.

"Digital Innovation Festival 2018 terdiri atas sejumlah kegiatan, mulai dari konferensi, eksebisi, talk show, hingga Mastel Digital Inclusion Award 2018," ucap Kristiono menambahkan.  

Dalam penghargaan ini Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, dan Menteri BUMN Rini Soemarno adalah penerima Mastel Digital Inclusion Award 2018.

 

Kategori Korporasi dan Fintech

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara seusai menyambangi gedung KPK di Jakarta, Rabu (3/10). Menkominfo Rudiantara menyatakan kehadirannya untuk berdiskusi dengan KPK terkait barang bukti elektronik. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Sementara untuk kategori korporasi, yang menerima penghargaan Mastel Digital Inclusion Award 2018 adalah Telkom, BRI, dan Bukalapak.

Untuk kategori startup financial technology (fintech) diterima  Amartha dan Crowde, sedangkan kategori non-fintech diraih TaniHub. Kategori pemerintah daerah tingkat II diraih Kabupaten Sragen dan Kabupaten Kutai Kartanegara.

Triawan munaf dalam sambutannya mengatakan ada dua masalah dalam mengembangkan ekonomi kreatif di Indonesia yakni belum tersedia ekosistem yang mendukung dan pemasaran secara profesional.

Sementara Menkominfo Rudiantara menegaskan Mastel memiliki posisi strategis bagi pemerintah. "Mastel tetap menjadi mitra pemerintah yang mendisrupsi ekosistem dan dirinya," katanya.

(Isk/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ruas Padang-Bukittinggi Dapat Dilalui Satu Jalur Mulai Besok

Posted: 13 Dec 2018 09:24 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengatakan, pemulihan lalu lintas di ruas jalan Padang-Bukittinggi yang terputus akibat ambruknya Jembatan Batang Kula di Kecamatan 2x11, Padang Pariaman, Sumatera Barat akan dilakukan secara tiga tahap.

Tahap pertama, pembangunan jembatan sementara ditargetkan fungsional satu jalur pada Sabtu, 15 Desember 2018.  Meski hanya bisa dilalui satu jalur, dia merasa kehadiran jembatan sementara sangat penting karena jalur utama angkutan logistik dan manusia antara Padang-Bukittinggi-Pekanbaru dapat dipulihkan kembali.  

"Saya khusus ke lokasi ini atas perintah Bapak Presiden Joko Widodo karena beliau memonitor dari dekat  (penanganan jembatan Batang Kalu). Perintah beliau agar  konektivitas ruas Padang-Bukittinggi pulih lebih cepat," kata Menteri Basuki, Jumat (14/12/2018).

Rencananya, lalu lintas dari Padang ke Bukit Tinggi akan melalui jembatan sementara. Untuk arah sebaliknya dilakukan pengalihan arus melalui jalur Sicincin-Melalak. 

Tahap kedua, setelah jembatan sementara selesai, Kementerian PUPR melalui Balai Pelaksanaan Jalan Nasional III Ditjen Bina Marga akan membangun jembatan bailey disamping jembatan sementara yang akan dimulai Senin 17 Desember 2018 . Pembangunan ditargetkan selesai dalam waktu tujuh hari. 

 

Tahap Ketiga

Kementerian PUPR bangun jembatan sementara sebagai pengganti Jembatan Batang Kalu yang rusak akibat luapan Sungai Batang Ulakan (Foto: Dok Kementerian PUPR)

Tahap ketiga, jembatan bailey digunakan untuk kedua arah, lalu jembatan sementara akan dibongkar dan diganti dengan jembatan permanen.

"Pembangunan jembatan permanen akan dimulai pada pertengahan Januari 2019 dan ditargetkan rampung dalam waktu 6 bulan," ujar Basuki. 

"Kami akan menggunakan kontraktor lokal, demikian juga material akan disuplai dari pabrik beton yang ada di Sumatera Barat. Biaya pembangunan jembatan diperkirakan sekitar Rp 15 miliar. Meski hanya 30 meter namun menggunakan konstruksi bore pile sehingga butuh waktu 6 bulan. Kekuatannya bisa mencapai 100 tahun,"  ia menambahkan. 

Untuk mencegah terjadinya gerusan air pada struktur bawah jembatan, Kementerian PUPR melalui Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera V-Ditjen Sumber Daya Air secara paralel saat ini juga tengah mengerjakan bangunan pengarah arus Sungai Batang Kula. 

"Pekerjaan sudah dilakukan dengan dana tanggap darurat dan akan dilanjutkan dengan anggaran tahun 2019. Perkuatan tebing sungai dilakukan dengan menggunakan sheet pile di kedua sisi jembatan dan ditargetkan rampung pada Februari 2019," ungkap Kepala BWS Sumatera V Maryadi Utama.  

Basuki melanjutkan, kunjungan kerjanya meninjau jembatan lain yakni Jembatan Batang Mangor yang juga rusak akibat banjir yang berada di ruas jalan kabupaten di Kecamatan Padang Sago. Perbaikan jembatan tersebut akan dilakukan secara gotong royong antara Kementerian PUPR dengan Pemerintah Daerah. 

"Kami akan lakukan pengecekan menyeluruh terlebih dahulu, mungkin tidak perlu dibongkar semua, cukup dilakukan pengangkatan dan retrofit," pungkas dia. 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Safari Politik, Sandiaga Bakar Satai Khas Kebumen

Posted: 13 Dec 2018 09:22 PM PST

Liputan6.com, Kebumen - Calon wakil presiden nomor urut 2, Sandiaga Uno, melakukan safari politik dengan mengunjungi Kelompok Sate Ambal di Kebumen, Jawa Tengah. Sambil mencicipi satai khas Ambal, Sandi disuguhi kesenian kuda lumping. 

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Jumat (14/12/2018), Sandi berdialog dengan anggota Kelompok Sate Ambal di salah satu rumah makan.

Tertarik dengan bumbu satai ambal yang khas, mantan Wakil Gubernur Jakarta ini pun ikut mencoba ikut membakar satai. 

Saat berdiskusi dengan para pedagang satai, Sandi berjanji akan memajukan Kabupaten Kebumen, yang masuk kategori wilayah termiskin di Indonesia, agar bisa setara dengan kabupaten lain.  

Sandiaga lalu melanjutkan blusukan ke Pasar Ambal. Selain menyapa para pedagang,  dia memborong berbagai macam kebutuhan pokok dan sayuran.  (Karlina Sintia Dewi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelaku Bullying Keluarga Ussy Sulistiawaty Minta Damai

Posted: 13 Dec 2018 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ussy Sulistiawaty resmi memolisikan belasan akun Instagram yang mem-bully anaknya di media sosial, Senin (11/12/2018). Baru dua hari sejak pelaporan, polisi menemukan salah satu pemilik akun Instagram yang telah merisak putri Ussy, Nur Amalia atau yang akrab disapa Amel.

Oleh karena itu, Ussy Sulistiawaty bersama kuasa hukumnya, Sandy Arifin, kembali menyambangi Polda Metro Jaya, Kamis (13/12/2018). Selain itu, Ussy Sulistiawaty juga mau memberikan keterangan tambahan terkait laporannya.

‎"Selain menambah keterangan BAP, Ussy juga mau bertemu dengan pemilik akun. "Baru satu (pemilik akun)," ujar Sandy Arifin.

Minta Damai

Ussy Sulistiawaty

Sebelumnya, pelaku sempat meminta maaf kepada Ussy Suslisiawaty melalui direct message (DM) Instagram. Pelaku ingin menyelesaikan permasalahannya secara kekeluargaan dan tak ingin melalui jalur hukum.

"Kepada pihak Mbak Ussy minta maaf dan mengklarifikasi ia melakukan perbuatan itu (bully)," jelas Sandy.

Luar Kota

Ussy Sulistiawaty

Sandy Arifin menjelaskan, salah satu pelaku yang diketahui identitasnya bukan berasal dari Jakarta. ‎Namun, masih berada di pulau yang sama.

"Bukan dari Jakarta, luar kota. Jawa kayaknya," kata Sandy Arifin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Insiden Roda Lion Air JT 264 Ambles di Bandara Juanda Murni Faktor Alam

Posted: 13 Dec 2018 09:15 PM PST

Fokus, Surabaya - Insiden amblesnya roda pesawat Lion Air JT 264 rute Surabaya-Balikpapan di aspal landasan taxiway Bandara Juanda, Surabaya, Jawa Timur, Rabu kemarin, 12 Desember murni akibat faktor alam.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Jumat (14/12/2018), kultur tanah di bawah aspal landasan taxiway yang dilalui pesawat lunak dan bergerak, sehingga mengakibatkan roda ambles sehingga pesawat berhenti mendadak.

"Kultur tanah kita ini dari dulu memang bergerak ya," ujar General Manager PT Angkasa Pura I Surabaya Heru Prasetyo.

Dalam sepekan terakhir ini, insiden amblesnya roda pesawat di aspal landasan taxiway Bandara Juanda sudah dua kali terjadi. Insiden pertama terjadi pada pesawat Lion Air JT 316 rute Surabaya-Banjarmasin, Senin sore, 10 Desember 2018.

Insiden kedua terjadi pada pesawat Lion Air jt 264 rute Surabaya-Balikpapan yang terjadi pada Kamis, 13 Desember 2018. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Teknologi Honda Terbaru yang Muncul di Awal 2019

Posted: 13 Dec 2018 09:06 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pabrikan otomotif Honda kembali menciptakan beberapa teknologi terbaru yang dirancang untuk mendukung aktivitas sehari-hari penggunanya serta membuat lingkungan lebih bersih, aman dan nyaman.

Rencananya, teknologi terbaru Honda berupa alat mobilitas, robot, alat penghasil listrik dan konsep akan dipamerkan di ajang Consumer Technology Association (CES) 2019, di Las Vegas, Amerika Serikat,  8-19 Januari 2019 mendatang.

Tak sampai disitu, Honda akan mendemonstrasikan layanan terkoneksi dalam kabin pada all new Honda Passport 2019, dan menyuguhkan sebuah uji tabrak off-road pada Honda Autonomous Work Vehicle, sebuah kategori kendaraan baru yang dirancang oleh para insinyur Honda.

Menurut Nick Sugimoto, CEO Honda Innovations, teknologi terbaru ini akan melakukan debut pertamanya dengan berkolaborasi bersama perusahaan lainnya melalui program Honda Developer Studio dan Honda Xcelerator.  

Kata Nick, Honda tengah mencari partner baru untuk bekerja sama membangun dan melakukan pengetesan pada teknologi terbaru dan ajang CES sebagai marketplace untuk pasar B2B merupakan tempat yang cocok untuk menemukan partner yang tepat.

"Melalui inovasi terbuka, Honda dapat menciptakan nilai tambah bagi mobilitas manusia, mengakomodasi gaya hidup yang beragam sekaligus mewujudkan lingkungan yang bebas dari kecelakaan," jelasnya

Honda akan menampilkan prototipe teknologi dan konsep di CES 2019, meliputi:

 

1. Honda Autonomous Work Vehicle: Tingkatkan Efisiensi Kerja

Honda akan menggelar uji tabrak untuk Honda Autonomous Work Vehicle, sebuah prototipe kendaraan off-road yang mengombinasikan mobil berjenis All-Terrain Vehicle (ATV) dengan teknologi otonom.

Teknologi ini didesain oleh Honda R&D Amerika untuk meningkatkan efisiensi di beberapa sektor yakni konstruksi, agrikultur, pencarian dan penyelamatan serta pemadam kebakaran.

Mobil ini menggunakan sasis ATV yang cocok digunakan saat menjelajah ke medan yang sulit dilalui, dengan didukung penggerak Four Wheel Drive (4WD) serta dibantu teknologi GPS dan sensor. Sebelumnya, kendaraan ini pernah ditampilkan di CES 2018 dengan nama 3E-D18, dan kini telah melalui serangkaian tes di berbagai medan.

Hingga kini, Honda masih mengembangkan kendaraan tersebut dengan menciptakan beberapa alat tambahan yang dapat memperbanyak kegunaan dari Honda Autonomous Work Vehicle.

 

 

2. Safe Swarmtm : Ciptakan Pengalaman Berkendara yang Lebih Aman

Safe Swarmtm diciptakan untuk membangun lingkungan yang bebas dari kecelakaan dengan menerapkan pergerakan lalu lintas yang aman melalui teknologi mobil terkoneksi.

Honda Safe Swarmtm mampu mendukung kendaraan untuk berkomunikasi dengan kendaraan lain di sekitarnya, serta saling berbagi infomasi mengenai lokasi dan tingkat kecepatan. Dengan informasi yang ada serta didukung sensor, maka kendaraan dapat melakukan pertimbangan sendiri dalam mencari jalanan yang dinilai paling aman.

Selain itu, Honda Safe Swarmtm juga dapat mencegah terjadinya kecelakaan dengan berbagi informasi bersama kendaraan di depannya, sehingga dapat melakukan pengereman secara dini saat kendaraan di depan berhenti mendadak ataupun merubah haluan apabila diperlukan.

Sistem ini didukung teknologi komunikasi V2X serta sensor pada kendaraan dan infrastruktur di sekitarnya.

 

 

3. Robotika: Tingkatkan Kualitas Hidup Manusia

Honda membangun beragam teknologi robot untuk mewujudkan visi dimana robot dapat membantu aktivitas manusia di masa depan. Oleh karena itu, Honda menciptakan Honda P.A.T.H (Predicting Action of the Human) Bot sebagai robot yang dapat bermanuver dengan lincah di tempat umum.

Dilengkapi dengan kecerdasan buatan, Honda P.A.T.H Bot menggunakan kamera on-board dan sensor untuk mengidentifikasi lokasi serta lingkungan di sekitarnya, sehingga dapat melakukan pergerakan tanpa menabrak objek lain sekaligus menentukan rute yang paling optimal.

Untuk mendukung pengembangan robot, Honda juga memperkenalkan platform Honda RaaS (Robotics as a Service) sebagai sebuah software yang mendukung penyimpanan maupun pembagian data, kontrol komunikasi dan koordinasi dengan robot lainnya melalui interface API2 dan SDK3.  

Tidak hanya itu, Honda juga menampilkan Honda Omni Traction Drive System sebagai sebuah mekanisme yang memungkinkan robot untuk bergerak ke arah manapun. Sistem ini digunakan pada Honda UNI-CUB yang pernah dipamerkan di Indonesia pada Maret lalu, sebagai sebuah alat mobilitas yang dapat digerakkan kemana saja sekaligus menyeimbangkan dirinya sendiri.

Mekanisme serupa juga dapat diterapkan di alat mobilitas lainnya, dan Honda untuk pertama kalinya berkolaborasi dengan perusahaan Nidec-Shimpo, dengan merancang Honda Omni Traction Drive System untuk kendaraan S-CART.

 

4. Wireless Vehicle-to-Grid: Menekan Jumlah Karbondioksida (CO2)

Honda akan menampilkan Wireless Vehicle-to-Grid (V2G) sebagai sistem pengelolaan listrik yang berpotensi menekan jumlah karbon sekaligus memberikan nilai tambah bagi konsumen.

Dengan semakin populernya kendaraan listrik, maka permintaan akan listrik semakin meningkat dan terkadang produksi listrik dilakukan menggunakan metode yang menyebabkan jumlah karbon meningkat.

Dengan sistem Wireless Vehicle-to-Grid (V2G) maka pengisian daya listrik dapat dilakukan dua arah yakni dari stasiun pengisian ke mobil listrik, serta sebaliknya dari mobil listrik ke stasiun pengisian sehingga mengurangi beban produsen listrik dalam memenuhi permintaan pasar.

Sementara itu, pengendara yang menyuplai listrik dari mobilnya ke stasiun pengisian akan mendapatkan kompensasi dari operator terkait.

Selain itu, tidak seperti pengisian daya konvensional yang menggunakan kabel, sistem ini mendukung pengisian daya secara wireless hanya dengan memarkir mobil di atas charging pad.

 

 

5. Honda Innovations: Dukung Kolaborasi yang Canggih

Honda Innovations bekerjasama dengan perusahaan lainnya menggelar program inovasi terbuka melalui Honda Developer Studio dan Honda Xcelerator.

Di ajang CES, Honda Developer Studio akan menggunakan all new Honda Passport 2019 untuk mendemonstrasikan pengalaman berkendara dengan Honda Dream Drive, sebuah simulasi virtual reality yang dikombinasikan dengan gerakan dari kendaraan.

Teknologi ini pertama kali dipamerkan pada CES 2017 sebagai hasil kolaborasi dengan DreamWorks Animation dan hingga kini telah dikembangkan dengan lebih banyak fitur.

Honda Dream Drive for Driver akan mendemonstrasikan transaksi pembayaran secara in-vehicle, dimana pengendara dapat melakukan reservasi restoran, membayar barang belanjaan dan membagikan lokasi mobilnya melalui car mobile wallet.  

Sementara itu, Honda Dream Drive for Passenger akan menampilkan berbagai permainan menarik, aplikasi film dan travelling, serta mengatur radio dan fitur didalam kabin melalui smartphone.

Sementara itu, Honda Xcelerator bersama dengan perusahaan Noveto akan mendemonstrasikan teknologi audio 3D yang akan memberikan peringatan kepada pengendara terhadap berbagai objek yang sulit dilihat maupun dideteksi oleh sensor, sehingga mencegah terjadinya kecelakaan di perjalanan.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menko Darmin Janji Tuntaskan Masalah Jagung di Tingkat Peternak

Posted: 13 Dec 2018 09:05 PM PST

Liputan6.com, Blitar - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, berjanji akan segera menyelesaikan masalah terkait tingginya harga pakan jagung ditingkat pertenak.

Hal itu disampaikan, ketika dirinya mendengar langsung beberapa keluhan dari para peternak di Kabupaten Blitar.

"Jadi pokoknya kita akan urusin ini supaya bapak ibu tidak kecewa. Padahal sudah berusaha sekuat tenaga, kita janji," kata Darmin saat ditemui di Kabupaten Blitar, seperti ditulis Jumat (14/12/2018).

Dia menuturkan, pemerintah tidak tinggal diam dan sudah berupaya mengambil keputusan melalui pengadaan impor jagung sebanyak 100.000 ton hingga Desember 2018. Itu dilakukan untuk menekan harga pakan jagung di tingkat para peternak.

"Saya itu memberikan sampai dengan 100.000 ton jadi masih bisa dijalankan. Kita sudah perhitungan bahwa panen jagung tidak perlu nunggu lagi setelah pada Maret dan April," kata dia.

Sementara itu, terkait dengan jumlah impor jagung yang sudah masuk ke Indonesia, dirinya mengaku belum mengetahui angka pastinya. Terlebih, fokus pemerintah adalah berupaya mengendalikan kembali harga pakan jagung di tingkat peternak.

"Saya belum bisa (katakan) takutnya nanti saya salah. Pokoknya kita akan urusin supaya jangan sampai harga jagungnya naik lagi," ungkapnya.

Diketahui, sejumlah para peternak ayam bertelur di Desa Kebon Duren, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar masih mengeluhkan tingginya harga pakan ternak untuk jagung. Kondisi ini pun secara otomatis juga berdampak pada harga telur yang kemudian ikut naik.

"Pakan (jagung) sangat mahal terutama sekarang sampai hampir Rp 6.000 (per kilogram) dan itu menyulitkan peternak," kata salah satu Peternak Ayam, Wahyu Sanjaya saat ditemui di lokasi pertenakan, Kabupaten Blitar, Kamis 13 Desember 2018.

Wahyu mengatakan, tingginya harga jagung tersebut membuat dirinya harus memutar otak dan beralih untuk menggunakan bahan pakan yang lain. Sebab, rata-rata, dalam sehari saja untuk memenuhi sekitar 5.000 ayam miliknya, biaya yang dikeluarkan bisa mencapai Rp 3 juta - Rp 3,5 juta.

 

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

 

Kata Pengusaha soal Harga Jagung

Hamparan ladang jagung saat panen raya di Tuban, Jawa Timur, Jumat (9/3). Panen raya tersebut menghasilkan 33,7 ton jagung. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Ketua Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat Indonesia (Pinsar) Jawa Timur, Hidayatur Rahman mengapresiasi langkah pemerintah yang telah impor pakan jagung sebanyak 100.000 ton. Sebab, apabila itu tidak dilakukan para peternak mandiri semakin tercekik akibat tingginya harga pakan jagung.

"Ini sinyalnya positif. Karena kalau tidak, ini pasti bisa tembus Rp 8.000 per kilogram kalau ini tidak ada impor. Dampaknya peternak semaput," kata dia saat dijumpai di Kabupaten Blitar, seperti ditulis Jumat 14 Desember 2018.

Dia menuturkan, dengan kondisi harga yang saat ini mencapai hampir Rp 6.000 per kilogram (kg) saja banyak para peternak menjerit. Apalagi, harga tersebut dua kali lipatnya dari harga normal yakni di kisaran Rp 4.000 per kilogram.

"Jadi peternak akan mengalami kerugian yang sangat besar, dengan harga Rp 5.800 sekarang saja jagung tidak tersedia dan boleh dibilang kita beli naikin 50 kalau gak naikin tidak dapat barang ditaikin terus ini," ujar dia.

Oleh karena itu, dirinya mengapresiasi pemerintah yang telah memutuskan impor jagung. Sebab, apabila tidak ada impor para peternak tidak mengetahui bakal dapat jagung dari mana. Sedangkan awal tahun tidak lagi masa panen, belum lagi faktor cuaca sedang musim hujan.

"Itu pasti menjadi malapetaka bagi peternak," imbuhnya.

Diketahui, Pemerintah Jokowi-JK memutuskan untuk impor jagung pakan ternak sebanyak 50.000 ton hingga 100.000 ton pada akhir tahun 2018. Hasil impor jagung ini dilakukan untuk menjaga kebutuhan para peternak mandiri.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mahkamah Agung Sri Lanka Batalkan Keputusan Pembubaran Parlemen

Posted: 13 Dec 2018 09:05 PM PST

Liputan6.com, Kolombo - Mahkamah Agung Sri Lanka memutuskan bahwa kebijakan Presiden Maithripala Sirisena untuk membubarkan parlemen, dan mengadakan pemilihan umum, sebagai tindakan yang tidak sesuai konstitusi.

Sidang yang dijalankan oleh tujuh hakim pada Kamis 13 Desember, menghasilkan suara bulat bahwa Sirisena tidak berhak membubarkan parlemen yang beranggotakan 255 orang, sebelum masa jabatannya berakhir, empat setengah tahun ke depan.

Dikutip dari Al Jazeera pada Jumat (14/12/2018), keputusan tersebut telah diantisipasi oleh banyak pihak sejak hampir tujuh pekan terakhir, ketika krisis politik di Sri Lanka memanas pada 26 Oktober.

Kala itu, Sirisena memecat Perdana Menteri Ranil Wickremesinghe dan menggantikannya dengan Mahinda Rajapaksa, mantan presiden yang kontroversial di mata publik Sri Lanka.

Rajapaksa tak dapat mengumpulkan mayoritas suara di parlemen, dan Sirisena pada 9 November membubarkan lembaga legislatif dua tahun lebih cepat dari jadwal.

Mahkamah Agung, menanggapi aduan pengadilan terhadap kebijakan kontroversial itu, mengeluarkan putusan sementara yang menangguhkan dekrit Sirisena, dan memprioritaskan pemulihan parlemen.

Dikabarkan pula, bahwa Mahkamah Agung Sri Lanka menjatuhkan dua mosi tidak percaya terhadap jabatan yang dipegang oleh Rajapaksa.

Tidak ada komentar langsung dari Sirisena atau Rajapaksa.

Tetapi putra Rajapaksa, Namal, mengatakan mereka menghormati keputusan Mahkamah Agung, meskipun "keberatan mengenai penafsirannya".

Dia menambahkan dalam unggahan Twitter, "Kami akan terus bersama mereka yang menyerukan pemilihan parlemen. Tanpa itu, tidak ada keadilan nyata."

 

Simak video pilihan berikut:

Memastikan Kedaulatan Warga

Ilustrasi Bendera Sri Lanka (iStockphoto via Google Images)

Putusan akhir Mahkamah Agung Sri Lanka pada hari Kamis, meningkatkan kemungkinan bagi Ranil Wickremesinghe Wickremesing untuk kembali ke kursi perdana menteri.

Dalam sebuah kicauan di Twitter, Wickremesing mengatakan dia berharap Sirisena akan "segera menghormati putusan pengadilan".

"Badan legislatif, yudisial, dan eksekutif sama-sama pilar penting dari demokrasi, dan tinjauan mendetail yang mereka lakukan, sangat penting untuk memastikan kedaulatan warganya," lanjut Wickremesing.

Para pendukung Partai Nasional Bersatu (UNP) merayakan putusan itu di ibu kota Kolombo. Mereka menyalakan petasan di luar kompleks Mahkamah Agung, dan bersama-sama menyanyikan lagu kebangsaan Sri Lanka, Thaaye.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kereta Anjlok Tadi Pagi, Perjalanan Bekasi-Jatinegara Jadi 2 Jam

Posted: 13 Dec 2018 09:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kepadatan terjadi di Stasiun Bekasi Jumat (14/12/2018) pagi tadi. Banyak KRL Commuterline yang mengalami keterlambatan hingga berjam-jam lamanya.

Kereta kemas KA 2506 anjlok dan harus dievakuasi ke Stasiun Jatinegara, Jakarta Timur.

Vice President Communication PT KCI Eva Chairunnisa menyebut, kereta angkutan barang tersebut bermasalah sejak pukul 01.36 WIB dan baru selesai dievakuasi pukul 06.50 WIB.

Menurut masinis yang bertugas di lapangan, belum diketahui penyebab anjloknya kereta barang tersebut.

"Kami mohon maaf atas keterlambatan kereta Anda, saat ini kereta Anda sedang menunggu pergantian jalur di Stasiun Jatinegara. Hal ini terjadi karena adanya kereta barang yang anjlok di sekitar kawasan Stasiun Jatinegara. Atas pengertiannya kami ucapkan terima kasih," ujar masinis yang bertugas.

Petugas juga terus mengimbau, bagi penumpang yang tergesa-gesa, bisa melanjutkan perjalanan dengan moda transportasi lainnya.

Imbas dari adanya kejadian ini, belasan KRL yang dari Bekasi menuju Jatinegara maupun sebaliknya, mengalami penumpukan. Akibatnya, perjalanan kereta dari Bekasi ke Jatinegara ditempuh selama 2 jam. Sementara biasanya, perjalanan Bekasi-Jatinegara tak sampai 30 menit.

Sudah Normal

Sementara, menurut Eva, saat ini perjalanan KRL sudah kembali normal.

"Saat ini (kereta) Bekasi -Jakarta kota sudah normal kembali," kata Eva.

Dia mengatakan sebelumnya gangguan lintasan juga dialami di jalur Bogor-Jakarta Kota ataupun Jatinegara. Sehingga adanya kepadatan pergantian jalur di Stasiun Manggarai.

Reporter: Dionisius Aditya Yoganata

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Lokasi 2 Pelaku Pengeroyokan Anggota TNI di Depok

Posted: 13 Dec 2018 09:04 PM PST

Fokus, Jakarta - Tim gabungan Polda Metro Jaya dan Polres Jakarta Timur kembali menangkap dua DPO kasus pengeroyokan anggota TNI di Ciracas, Jakarta Timur.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Jumat (14/12/2018), pelaku bernama Iwan Hutapea dan Suci Ramdani ditangkap di Jalan Raya Citayam, Gang Laskar, Depok, Jawa Barat

Sementara, satu DPO bernama Depi masih dilakukan pengejaran oleh tim gabungan.

Kedua pelaku diduga terlibat pengeroyokan anggota TNI, Senin 10 Desember 2018 lalu di kawasan Arundina, Cibubur, Jakarta Timur. (Muhammad Gustirha Yunas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ladies, Ini Lho Arti Warna Baju yang Dipakai Cowok Saat Kencan

Posted: 13 Dec 2018 09:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pilihan terhadap warna pakaian tanpa disadari menunjukkan kepribadian seseorang. Ini dikarenakan hal tersebut terkait dengan alam bawah sadar seseorang.

Melansir dari The Health Site, bila Anda ingin mengetahui arti pilihan warna pakaian yang dipakai teman kencan, ini maknanya.

1. Abu-abu

Ini merupakan warna otoritas dan fokus. Pilihan terhadap warna ini dapat menjadi penanda bahwa ia merupakan orang yang mudah tersinggung serta tak suka diganggu dalam kesibukannya.

2. Kuning cerah

Warna ini menandakan pribadi yang lembut, ramah, dan mudah didekati. Pilihan terhadap warna ini menandakan ia ingin membawa sisi bahagia serta tanpa beban dalam diri Anda.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

3. Putih

Berikut koleksi busana pria minimalis dalam gelaran Plaza Indonesia Men's Fashion Week 2017.

Ini menandakan ia merupakan sosok yang kalem dan lemah lembut. Memiliki pemikiran dewasa dan terbuka juga merupakan sifatnya. Terlebih, ia dapat menjadi pendengar yang baik.

4. Merah

Ini merupakan warna yang berani dan menarik. Hal ini dapat diartikan bahwa ia ingin memancarkan daya tarik yang kuat, terutama untuk seks.

5. Biru muda

Pilihan terhadap warna ini menandakan ia merupakan sosok yang tenang, pemikir, dan kreatif. Warna ini juga sering dikaitkan dengan langit musim panas dan lautan yang jernih.

Reporter: Endah Wijayanti

Sumber: Vemale.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Begini Peran Gila Dua Tersangka Pesta Seks di Sleman

Posted: 13 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Sleman - Polda DIY menetapkan dua dari 12 orang peserta pesta seks di sebuah homestay di Condongcatur Depok, Sleman. Mereka adalah AS alias Joko dan HK alias Jovanka.

Tersangka dijerat Pasal 298 tentang Pencabulan dan UU Perdagangan Manusia dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara. Penetapan keduanya sebagai tersangka berdasarkan alat bukti dan kesesuaian keterangan para saksi.

"Mereka diduga mengeksploitasi orang untuk bersetubuh dan mengambil keuntungan lewat memungut biaya dari kegiatan itu," ujar Kombes Pol Hadi Utomo, Direskrimum Polda DIY, Jumat (14/12/2018).

Para tersangka juga tidak ikut dalam kegiatan persetubuhan ketika penangkapan. HK disinyalir sebagai penyelenggara pesta seks, sedangkan AS berstatus sebagai suami dari S alias Vivi.

S merupakan perempuan yang kedapatan sedang bersetubuh dengan laki-laki lain di dalam homestay dan ditonton oleh peserta pesta seks lainnya.

Peserta pesta seks terdiri dari AS alias Joko dengan S berstatus sebagai pasutri, MW dengan N pasutri, DV dengan E Pasutri, HK alias Jovanka dengan M berstatus pacaran, dan empat laki-laki lainnya, SO, H, A dan IF.

Dari penggerebekan pesta seks, Polda DIY juga menyita uang tunai sebesar Rp 1,5 juta yang menjadi bukti adanya transaksi dalam kegiatan itu.

"Pelaku perempuan belum menjadi tersangka, dari saksi dan bukti kami baru menyimpulkan dari tempat dan penyelenggaraan aktivitasnya saja," tutur Joko.

Meskipun demikian, Polda DIY masih mendalami lebih lanjut kasus pesta seks ini dan tidak menutup kemungkinan muncul tersangka baru.

 

Simak video pilihan berikut ini:

Polda DIY menangkap 12 orang terduga pelaku pesta seks di sebuah homestay di Sleman (Liputan6.com/ Switzy Sabandar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fan River Plate Tewas, Ibu: Mereka Menyakitinya Seperti Anjing Tak Berdaya

Posted: 13 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Darah kembali membahasi rivalitas dua klub Argentina, Boca Juniors dan River Plate. Final leg kedua Copa Libertadores yang berlangsung aman di Santiago Bernabeu, Madrid, Minggu lalu, justru meminta tumbal nyawa seorang suporter berusia 21 tahun, Exequiel Aaron Neris.

Menurut laporan koran Clarin, Neris tewas dibunuh oleh dua suporter Boca Juniors di Misiones, Argentina. Dia dikeroyok dan ditusuk pedang di paha sebelah kiri.  

Korban dibawa ke rumah sakit dalam kondisi sekarat. Saat hendak menjemput ajal, dia masih sempat berbicara kepada ibunya. "Saya sekarat, saya sekarat," katanya. 

"Mereka menyerang saya karena merayakan kemenangan karena saya fans  River Plate," ujarnya lirih. 

Nyawa Neris tidak tertolong. Dia tewas di rumah sakit. 

Lucia Ramona Neris, ibu korban tidak kuasa menahan rasa sedihnya. Kepada  Diario de Misiones, dia bercerita saat kejadian anaknya sebenarnya masih dalam masa perawatan usai kecelakaan sepeda motor. Tiga pen yang terpasang di kaki membuatnya susah berjalan. 

"Mereka membunuh putra saya," katanya. 

"Dia hanya berjalan, dia baru saja opersasi dan ada tiga pen di kakinya akibat kecelakaan sepeda motor beberapa bulan lalu. Mereka menyerang anak saya bahkan ketika dia kesulitan untuk berjalan. Mereka menyakitinya seperti anjing yang tak berdaya," beber Rramona.  

 

 

River Plate Juara

Euforia Suporter River Plate saat merayakan gelar juara Copa Libertadores di Obelisk, Buenos Aires, Argentina, Minggu (9/12). River Plate merebut gelar juara Copa Libertadores usai menaklukkan Boca Juniors dengan skor 3-1. (AP Photo/Gustavo Garello)

Rivalitas Boca Juniors dan River Plate selama ini memang dikenal brutal. Peran holigan atau Barras Bravas membuat perseteruan kedua pendukung kerap diwarnai kekerasan. 

Aksi Barras Bravas tidak hanya menyasar suporter tim lawan. Mereka juga tidak segan mengintimidasi para pemain agar melakukan hal yang mereka inginkan. Hal ini pernah dirasakan pemain asal Argentina, Oscar Ruggeri yang pernah bermain untuk kedua klub itu. 

Setelah bermain imbang 2-2 di leg pertama final Copa Libertadores 2018, pertandingan kedua seharusnya berlangsung di markas River Plate, dua pekan lalu. Namun duel ini batal terlaksana setelah suporter River Plate menyerang bus Boca Juniors.

CONMBEOL sebagai penyelenggara kemudian memindahkannya ke Santiago Bernabeu, Madird. River Plate akhirnya keluar sebagai juara setelah menang dengan skor 3-1. 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aksi Maksimal Menteri BUMN Rini Soemarno Bermain PUBG

Posted: 13 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tahun ini, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mencanangkan sebuah progam bernama Spirit of Millenials. Sesuai namanya, program ini merupakan bentuk sinergi generasi muda di BUMN.

Salah satu kegiatan yang diadakan adalah kompetisi gim PUBG. Bertajuk Spirit of Millenials Games Day, kompetisi esports BUMN ini digelar di JI Expo Kemayoran, Jakarta.

Menurut VP Consumer Telkom Aulia E. Marinto, ada sekitar 30 hingga 45 tim yang terdiri dari berbagai BUMN ikut berpartisipasi dalam ajang ini. Adapun masing-masing tim beranggotakan empat orang.

[bacajuga:Baca Juga](3809536 3745299)

Selain esports, ajang ini juga diramaikan dengan cosplay dari para karyawan BUMN. Uniknya, tidak hanya para pegawai BUMN yang melakukannya, para petinggi perusahaan juga turut berpartisipasi.

Bahkan, Menteri BUMN Rini Soemarno yang datang saat puncak acara melakukan hal serupa. Dia tampil dengan setelan jas berwarna putih, dasi oranye, dan menenteng wajan penggorengan.

Gaya Rini tersebut mengingatkan pada karakter yang biasanya ada di gim PUBG. Selain Menteri BUMN, Dirut Telkom Alex Sinaga juga tampil bergaya bak karakter PUBG dengan mantel panjang berwarna hitam dan menenteng senapan.

"Proses transformasi yang berbasis digital paling mampu dilakukan millenial. Kami yang lahir saat kolonial belum ada handphone. Millenial sudah ada, jadi cara pikirnya beda. Kita coba kejar dengan mengerti mereka," tuturnya di Jakarta, Kamis (14/12/2018).

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Rini juga sempat menjajal bermain gim PUBG. Dia berhasil bermain selama kurang lebih lima menit, sebelum akhirnya tertembak oleh musuh.

Kompetisi Esports Jadi Ajang Sinergi Milenial BUMN

Kompetisi eports jadi ajang sinergi milenial BUMN. Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar

Program Spirit of Millenials yang sedang digalakkan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kini diwujudkan dalam sebuah kompetisi esports. Kali ini, Kementerian BUMN menggandeng PT Telkom Indonesia untuk penyelenggaraannya.

"Spirit of Millenials merupakan program yang dilakukan untuk menyatukan sinergi antar generasi muda BUMN. Jadi, ke depannya akan ada generasi muda BUMN yang solid," tutur VP Consumer Telkom Aulia E. Marinto saat acara Spirit of Millenials Games Day yang digelar di JIEXPO Kemayoran di Jakarta, 13 Desember 2018.

Menurut Aulia, setiap BUMN sebenarnya memiliki program masing-masing untuk mengembangkan generasi mudanya. Namun, Spirit of Millenials merupakan program yang menjembatani antar BUMN tersebut.

"Bentuknya sendiri bermacam-macam, seperti event kreativitas, esports yang dilakukan sekarang, hingga kegiatan turun ke lapangan untuk membantu masyarakat," tuturnya menjelaskan. Lantas, mengapa esports dipilih menjadi salah satu event yang digelar?

Alasan Pemilihan Esports

Kompetisi Esports jadi ajang sinergi milenial BUMN. Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar

Aulia menuturkan, gelaran ini sebenarnya berawal dari ajang Indihome Esports League yang diadakan tahun lalu. Lalu, ajang ini diperkenalkan ke Kementerian dan BUMN lainnya. Setelah didata, ajang ini ternyata masuk dalam daftar program Spirit of Millenials.

"Jadi, programnya diperluas setelah diadakan untuk pemain profesional, kini juga mempertandingkan para pegawai muda BUMN," tuturnya. Aulia menuturkan, babak penyisihan untuk kompetisi profesional sudah digelar sejak Oktober, sedangkan kompetisi untuk para milenial BUMN diadakan hari ini.

Saat babak final, ada 16 tim profesional dari berbagai daerah untuk berebut predikat juara. Sementara untuk kompetisi antar pegawai BUMN ditetapkan 30-45 tim yang dapat bertanding dengan masing-masing tim beranggotakan empat orang.

Adapun gim yang dipilih untuk dipertandingkan pada kompetisi ini adalah PUBG. Selain kompetisi PUBG, dalam event ini juga digelar kompetisi cosplay, kompetisi logo tim, kompetisi media sosial, hingga hiburan permainan lain, seperti archerydart ballon, dan can toss.

"PUBG dipilih karena berdasarkan riset masuk menjadi salah satu gim lima besar saat ini," tuturnya. Saat ini, belum dapat dipastikan apakah kompetisi serupa akan kembali digelar, tapi dengan pertumbuhan esports yang pesat, Aulia menyebut tidak menutup kemungkinan kompetisi ini masuk dalam pertimbangan.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rizky Nazar Grogi Akting Bareng Kembali dengan Michelle Ziudith

Posted: 13 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Setelah sekian lama, akhirnya Rizky Nazar dan Michelle Ziudith kembali dipasangkan dalam sebuah film layar lebar berjudul Calon Bini. Sebelumnya, keduanya sempat dipasangkan dalam film ILY from 38.000 FT, yang tayang pada tahun 2016 dan lahir dari rahim rumah produksi yang sama: Screenplay Films.

Dua tahun tak beradu akting bersama, Rizky Nazar mengaku grogi dipertemukan kemlagi dengan Michelle Ziudith. Menurut Rizky Nazar, ia harus bisa membangun lagi chemisty dengan Michelle Ziudith dalam film terbarunya.

"Lama enggak ketemu terus gugup lagi, mungkin karena sudah lama enggak ketemu. Sampai take beberapa kali, pas adegan berdua yang harusnya kita romance padahal adegannya simpel sampai take beberapa kali karena enggak dapat feel-nya," ujar Rizky saat ditemui saat launching poster dan trailer film Calon Bini di Jakarta Pusat, Kamis (13/12/2018).

Grogi

Rizky Nazar dan Michelle Ziudith menjadi pemain utama film Calon Bini (Dok.Screenplay Films)

Gugup yang dirasakan Rizky Nazar berimbas saat keduanya beradegan mesra. Beberapa kali Rizky Nazar harus mengulang adegan romantis, karena tak bisa fokus.

"Kurang mulu pas adegan romance," ucap Rizky Nazar sambil tergelak.

Senang

Rizky Nazar dan Michelle Ziudith menjadi pemain utama film Calon Bini (Dok.Screenplay Films)

Meski begitu, tapi Rizky Nazar mengaku senang bisa kembali dipasangkan dengan Michelle Ziudith. Selain pintar, Michelle Ziudith juga mahir dalam berakting, sehingga memudahkannya kembali menyatukan chemistry-nya yang hilang.

"Senang sih bisa wah satu syuting sama Michelle lagi seru nih," tuturnya

Selain Rizky dan Michelle, film yang disutradarai oleh Asep Kusnandar ini juga akan menampilkan banyak pemain senior seperti Slamet Rahardjo, Niniek L Karim, Cut Mini, Dian Sidik, Minati Atmanegara, Butet Kertaredjasa, dan Ramzi.

Rencananya film tersebut akan tayang pada Februari 2019.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Tips supaya Liburan Akhir Tahun di Solo Makin Berkesan

Posted: 13 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Dengan segudang penawaran menarik, sulit rasanya menolak kunjungan ke Solo, Jawa Tengah. Mulai dari wisata kekinian, edukasi, sejarah, budaya, kuliner, hingga religi, semua bisa Anda lakoni di sini.

Berencana menghabiskan waktu libur akhir tahun di Solo? Kalau iya, ada baiknya menyimak dulu deretan tips berikut berdasarkan rekomendasi Airy Rooms agar kunjungan ke Kota Liwet makin berkesan. 

Buat itinerary

Saking banyak destinasi yang bisa disambangi, Anda sangat mungkin bingung hendak pergi ke mana dulu. Mengingat durasi liburan yang terbatas, membuat itinerary bisa jadi tips jitu agar tak membuang waktu selama berada di Solo.

Keputusannya tentu disesuaikan dengan selera Anda, namun menyisipkan beberapa nama populer seperti Taman Sriwedari, Keraton Kasunanan Surakarta, dan Kampung Batik Laweyan, harus dipertimbangkan, terutama bagi Anda yang baru pertama kali berkunjung.

Pilih transportasi sesuai kebutuhan

Anda juga perlu mempertimbangkan transportasi saat menuju atau sedang berada di Solo. Jika dari luar kota, ada moda transportasi pesawat, bus, dan kereta api yang bisa dipilih. Sesuaikan saja dengan bujet dan kebutuhan Anda.

Sementara selama berada di Solo, Anda tak perlu khawatir akan kesulitan melancong dari satu tempat ke tempat lain. Di kota ini, akses transportasi umum terbilang sangat mudah. Selain becak, ada pula Batik Solo Trans (BTS) dengan tarif relatif terjangkau.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Daftar Kuliner hingga Oleh-Oleh

Tengkleng bu Edi di Pasar Klewer (sumber: surakarta)

Akomodasi

Tidak usah takut tak kebagian penginapan saat berpelesiran ke Solo, sebab ada banyak hotel yang bisa dijadikan pilihan akomodasi untuk beristirahat setelah seharian berkeliling kota. Salah satu yang cukup recommended adalah Airy Rooms.

Di sini, Anda dijamin bakal mendapatkan tujuh fasilitas standar seperti AC, TV layar datar, perlengkapan mandi, tempat tidur, shower air hangat, air minum gratis, serta akses internet gratis. Agar lebih mudah dalam melakukan reservasi, download saja aplikasi Airy di smartphone Anda.

Bawa kamera

Mengabadikan momen sekarang sudah jadi bagian perjalanan, tak terkecuali saat bertandang ke Solo. Sebegitu banyak objek menarik di sini, Anda tentu bakal merasa rugi kalau meninggalkan kamera di rumah.

Wisata kuliner

Saking asyik menjelajah, jangan sampai Anda tidak sempat mencicip lezatnya kuliner setempat. Solo memiliki banyak makanan yang wajib dicoba, mulai dari nasi liwet, satai buntel, tengkleng, selat Solo, timlo Solo, dan serabi.

Persiapkan daftar oleh-oleh

Kurang lengkap rasanya kalau pelesiran ke Solo tanpa membawa buah tangan pulang. Godaan ini makin hakiki dengan cukup banyaknya pilihan oleh-oleh khas Solo yang bisa dibeli, mulai dari batik, dodol, sampai jenang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Jalur Lalin Padang-Solok Masih Terputus

Posted: 13 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Akibat longsor jalur kendaraan dari Padang menuju Solok masih terputus. Material longsor setinggi 2 meter masih menutupi badan jalan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Merasakan Sensasi Jungkir Balik Terbang ala Pesawat Tempur

Posted: 13 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sensasi jungkir balik terbang ala pesawat tempur memang menegangkan. Liputan6.com berkesempatan mencoba terbang ala pesawat tempur. Bukan pesawat tempur sungguhan tentunya, melainkan melalui alat teknologi simulasi penerbangan.

Teknologi simulasi penerbangan Advance Orientation Trainer (AOT) melatih pilot dan kopilot terhadap kondisi disorientasi arah. Disorientasi arah dalam penerbangan dapat terjadi, yang mana pilot dan kopilot tidak tahu, bahkan kehilangan arah kendali untuk mengontrol pesawat.

Alat AOT yang Liputan6.com coba bernama AIRFOX ASD (Basic and Advance Spatial Disorientation Trainer). Tombol-tombol untuk mengontrol dan mengendalikan pesawat dibuat mirip sedemikian rupa di dalam AIRFOX ASD. Di dalam kokpit terdapat dua kursi, yang ditujukan untuk pilot dan kopilot.

Sebuah layar dengan medan sabana yang luas, pegunungan, dan laut terpampang di depan. Runway pesawat juga terlihat. Di dalam kokpit AIRFOX ASD, pilot dipandu dengan operator, yang berada di ruang kendali AOT. Operator ini bertindak bak Air Traffic Control (ATC).

Ketika pesawat take off, sensasi take off dan mengudara mirip seperti saat naik pesawat sungguhan. Pesawat yang miring ke kanan-kiri serta jungkir balik dapat terasa. Hal itu juga terpampang pada layar visual, yang terbalik, langit di bawah, daratan di atas (ketika pesawat tempur dalam mode jungkir balik).

"Alat AOT ini memang melatih pilot dan kopilot seperti terbang sungguhan. Ini juga melatih mereka menghadapi disorientasi arah. Kuncinya agar tidak disorientasi arah adalah pilot dan kopilot harus mempercayai instrumen (tombol, perangkat kontrol) yang berada di depan mereka," jelas Kepala Seksi Pendidikan, Pelatihan, dan Pengembangan Lembaga Kesehatan Penerbangan dan Antariksa (Lakespra), Wardaya saat ditemui di Gedung Lakespra Saryanto, Jakarta pada Rabu, 12 Desember 2018.

 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

Satu-satunya alat AOT di Indonesia

Operator kendali untuk alat AOT AIRFOX ASD baik ATC. (Liputan6.com/Fitri Haryanti Harsono)

Alat AOT AIRFOX ASD yang berada di Lakespra Saryanto rupanya satu-satunya alat yang ada di Indonesia. Alat canggih untuk melatih disorientasi arah tersebut baru datang dan diperkenalkan dalam dunia penerbangan Indonesia pada 2017 silam.

"Iya, ini alatnya baru. Baru datang pas 2017. Satu-satunya di Indonesia ya di sini (Lakespra Saryanto). Sebelum ada alat canggih ini, kami biasa pakai BOT (Basic Orientation Trainer). Kalau pakai BOT, runway-nya enggak kelihatan. Di AOT kan kelihatan," Wardaya melanjutkan.

AOT sebenarnya ditujukan untuk melatih pilot pesawat tempur. Karena alat ini mampu berputar 360 derajat. Namun, seiring waktu digunakan juga untuk melatih disorientasi arah pada pilot penerbangan sipil.

"Kalau untuk pilot ya latihan simulasi AOT ini rutin. Untuk yang (pilot) sipil baru dicoba," ujar Wardaya.

Disorientasi arah terjadi saat pilot dan kopilot mengalami semacam ilusi. Misalnya, ketika pesawat belok kanan-kiri, pilot merasakan pesawatnya seolah-olah miring. Padahal, bisa saja pesawat sebenarnya hilang kendali dan keseimbangan.

Ilusi lain yang mengakibatkan disorientasi arah, yakni pilot merasa pesawat sudah berada di atas ketinggian aman. Namun, nyatanya pesawat terbang dalam ketinggian rendah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Fakta Usai KPK Tangkap Bupati Cianjur soal Kasus Suap

Posted: 13 Dec 2018 08:59 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Penahanan Bupati Cianjur Irvan Rivano Muchtar atas kasus dugaan korupsi dana pendidikan juga menyeret sang kakak ipar, Tubagus Cepy Sethiady.

Keterlibatan Cepy dalam korupsi Dana Alokasi Khusus (DAK) Pendidikan, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, diduga berperan sebagai perantara pemberian uang dari para kepala sekolah kepada sang adik ipar, yang tak lain Bupati Cianjur.

Selain Cepy, recananya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan memanggil ayah Irvan Rivano, Tjetjep Muchtar Soleh sebagai saksi dan beberapa pihak lain yang diduga terkait korupsi dana pendidikan.

Sebelumnya, KPK berhasil mengamankan Bupati Cianjur dan lima orang lainnya dalam operasi tangkap tangan (OTT) yang digelar, pada Rabu, 12 Desember 2018. Kelimanya antara lain Kepala Dinas dan Kepala Bidang, dari unsur MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah), dan pihak lain.

"Sejak subuh hari ini tim Penindakan KPK ditugaskan di Cianjur. Kami mengamankan 6 orang yang terdiri dari Kepala Daerah, Kepala Dinas dan Kepala Bidang, dari unsur MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah), dan pihak lain," kata Wakil Ketua KPK Laode M Syarif saat dikonfirmasi, Rabu (12/12/2018).

Berikut sejumlah fakta terkini usai penangkapan Bupati Cianjur Cs di Garut:

1. Bupati Jadi Tersangka

Bupati Cianjur Irvan Rivano Muchtar dikawal petugas usai menjalani pemeriksaan KPK, Jakarta, Kamis (13/12). Irvan dan Cecep Sobandi bersama Kepala Bidang SMP di Dinas Pendidikan Kab Cianjur Rosidin terjaring OTT KPK. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pemerintah mengalokasikan dana pendidikan bagi Kota Garut sebesar Rp 46,8 miliar. Sejatinya dana tersebut untuk meningkatkan kualitas pendidikan malah belakangan disalahgunakan oleh sejumlah pihak untuk kepentingan pribadi.

Salah satunya dilakukan oleh Bupati Cianjur Irvan Rivano Muchtar. Dia diduga memotong dana untuk pembangunan fasilitas sekolah yang ada di Kabupaten Cianjur.

Dari dana yang seharusnya dialokasikan ke 140 sekolah, Irvan memotongnya sebesar 14,5 persen dari total Rp 46,8 miliar.

Atas perbuatannya tersebut, kini dia ditetapkan tersangka.

 

2. Minta Maaf

KPK menahan Bupati Cianjur Irvan Rivano Muchar. (Liputan6.com/ Lizsa Egeham)

Belakangan putra dari mantan Bupati Cianjur sebelumnya, Tjetjep Muchtar Soleh ini meminta maaf kepada sejumlah pihak. Dengan mengenakan rompi tahanan oranye Irvan mohon maaf kepada masyarakat Cianjur atas kelalaiannya.

"Saya memohon maaf kepada warga masyarakat Kabupaten Cianjur atas kelalaian saya dalam mengawasi aparat pemerintah Kabupaten Cianjur yang telah melanggar hukum," ujar Irvan sebelum memasuki mobil tahanan keluar dari gedung KPK, Kamis, 13 Desember 2018.

"Tentunya saya sebagai kepala daerah ikut bertanggung jawab dan semoga ke depan ini menjadi pembelajaran untuk kita semua," sambungnya.

3. Bantah Pangkas Dana Pendidikan

Wakil Pimpinan KPK, Basaria Panjaitan (kanan) dan penyidik menunjukan barang bukti uang Rp1,5 milyar di gedung KPK, Jakarta, Rabu (12/12). KPK menetapkan 4 tersangka terkait dugaan suap anggaran pendidikan di Cianjur. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Namun, Irvan membantah atas dugaan dirinya telah memangkas anggaran DAK pendidikan Kota Cianjur.

Dengan tegas dia menyatakan tak ada pemotongan anggaran untuk membangun 140 fasilitas Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Cianjur.

"Tidak. Tidak ada (pemotongan anggaran). Tidak ada sama sekali. Iya, seperti itu," ucap Irvan.

Selain Irvan, KPK juga menetapkan tiga orang lainnya sebagai tersangka. epala Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur Cecep Sobandi, Kepala Bidang SMP di Dinas Pendidikan di Kabupaten Cianjur Rosidin, dan Kakak Ipar Bupati Cianjur bernama Tubagus Cepy Sethiady.

4. Kakak Ipar Bupati Cianjur Menyerahkan Diri

Bupati Cianjur Irvan Rivano Muchtar berada di dalam mobil usai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Kamis (13/12). Irvan terjaring OTT oleh penyidik KPK, saat bertransaksi uang  sebesar Rp1.556.700.000. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Kamis siang, sekitar pukul 14.00 WIB, kakak ipar Bupati Cianjur, Tubagus Cepy Sethiady menyerahkan diri ke KPK.

Langkah Cepy ini diapresasi sebagai bentuk sikap kooperatifnya terhadap penyidikan kasus siap dana pendidikan yang juga melibatkan sang adik ipar.

Menurut Juru Bicara KPK Febri Diansyah, Cepy juga bersikap kooperatif dan terbuka kepada penyidik.

"Kami hargai penyerahan diri tersebut dan kami ingatkan agar seluruh tersangka dan saksi bersikap koperatif dan terbuka dalam proses pemeriksaan yang dilakukan," katanya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: