Rabu, 26 Desember 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Terancam Hukuman Mati, Steve Emmanuel: Saya Menyesal...

Posted: 26 Dec 2018 09:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Steve Emmanuel ditangkap oleh Satuan Narkoba Polres Jakarta Barat karena memiliki narkoba jenis kokain. Ia ditangkap di apartemennya di Kondominium Kintamani, Jakarta Selatan, Jumat (21/12/2018).

Dalam penangkapan tersebut, polisi juga mengamankan alat hisap kokain. Saat rilis yang dilakukan di Polres Jakarta Barat, Steve Emmanuel mengungkap penyesalan atas kesalahan yang telah diperbuatnya.

"Intinya buat teman-teman jangan meniru saya, saya menyesal," kata Steve Emmanuel saat rilis di Polres Jakarta Barat, Kamis (27/12/2018) siang.

Dalam rilis kasus tersebut, mantan teman hidup Andi Soraya ini mengenakan busana tahanan berwarna hijau, dan wajah yang dibalut masker. Sementara dua tangannya dalam keadaan diborgol.

100 Gram Kokain

Artis peran Steve Emmanuel dihadirkan saat rilis pengungkapan kasus narkoba di Polres Metro Jakarta Barat, Kamis (27/12). Polisi menyita barang bukti kokain seberat 92,04 gram dari Steve Emmanuel pada 21 Desember 2018 malam. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Kokain yang ditemukan polisi saat penangkapan pun berjumlah banyak. Steve Emnmanuel menyimpan obat terlarang tersebut dalam sebuah kotak.

"Barang kokain ditemukan seberat 92,04 gram. Dia sudah pakai 8 gram. Total berarti kokain yang dimiliki 100 gram," ungkap Kombes Pol Argo Yuwono Humas Polda Metro Jaya, di Polres Jakarta Barat‎, Kamis (27/12/2018).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kembali Menguat, Rupiah Sentuh 14.563 per Dolar AS

Posted: 26 Dec 2018 09:47 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) menguat pada perdagangan Kamis pekan ini. Rupiah kembali ke posisi 14.500 per dolar.

Mengutip kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor), nilai tukar rupiah menguat 39 poin atau 0,26 persen ke posisi 14.563 per dolar AS pada 27 Desember 2018 dari posisi 26 Desember 2018 di posisi 14.602 per dolar AS.

Berdasarkan data Bloomberg, rupiah dibuka menguat 15 poin atau 0,10 persen ke posisi 14.562 per dolar AS dari penutupan perdagangan kemarin di kisaran 14.577.

Pada Kamis siang, rupiah bergerak di posisi melemah ke posisi 14.580 per dolar AS. Sepanjang Kamis pekan ini, rupiah bergerak di kisaran 14.557-14.585 per dolar AS. Dengan penguatan tersebut membuat rupiah melemah 7,58 persen terhadap dolar AS pada 2018.

Mengutip laman Antara, Analis Monex Investindo Futures Putu Agus Pransuamitra menuturkan, rilis data tingkat keyakinan konsumen Amerika Serikat (AS) menjadi salah satu faktor yang menjadi perhatian pelaku pasar.

"Jika data tingkat keyakinan konsumen AS dirilis lebih rendah dari perkiraan, dolar AS kemungkinan akan kembali tertekan," tutur dia.

Ia menambahkan, pelaku pasar juga dibayangi kekhawatiran terhadap perlambatan ekonomi AS akibat shutdown pemerintahan sehingga pergerakan dolar AS tertahan.

 

Rupiah Tertekan pada Perdagangan Kemarin

Teller menunjukkan uang dolar dan rupiah di penukaran uang di Jakarta, Junat (23/11). Nilai tukar dolar AS terpantau terus melemah terhadap rupiah hingga ke level Rp 14.504. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) tertekan usai libur Natal 2018. Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) atau kurs tengah Bank Indonesia (BI), Rabu 26 Desember 2018, rupiah melemah 122 poin atau 0,83 persen dari 14.480 per dolar AS pada Jumat 21 Desember 2018 menjadi 14.602 pada Rabu 26 Desember 2018.

Data Bloomberg menunjukkan, rupiah dibuka melemah 47 poin atau 0,32 persen ke posisi 14.599 per dolar AS dari penutupan 14.552 per dolar AS.

Hingga Rabu siang, rupiah masih berada di kisaran 14.599 per dolar AS. Sepanjang Rabu pekan ini, rupiah bergerak di posisi 14.569-14.609 per dolar AS. Dengan rupiah alami koreksi terhadap dolar AS, rupiah melemah 7,71 persen terhadap dolar AS.

Analis CSA Research, Reza Priyambada menuturkan, rupiah akan bergerak di kisaran 14.556-14.540 pada Rabu pekan ini.

"Laju rupiah secara tren masih berada di sekitar area middle Bollinger band tapi terlihat mulai menjauhi ke atas atau melemah," ujar Reza dalam ulasannya.

Ia menuturkan, penurunan ini dapat membuka peluang pelemahan kembali jika tidak ada sejumlah sentimen yang dapat direspons positif. Pergerakan dolar AS masih melemah dalam merespons sentimen internalnya diharapkan dapat menjadi pendorong rupiah terhadap dolar AS untuk tidak melemah lebih dalam.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Lokasi Wisata di Banten di Luar Pantai yang Patut Dikunjungi

Posted: 26 Dec 2018 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta – Banten memiliki sejuta pesona dan panorama alam yang menarik untuk dikunjungi. Pasca-tsunami yang melanda Selat Sunda baru-baru ini, wisata Banten pun ikut terkoyak.

Di luar pantai, sebenarnya Banten masih punya destinasi wisata yang juga menarik untuk disinggahi. Seperti museum, masjid, dan pesona alam.

Masjid Agung Banten

Masjid ini berlokasi di Desa Banten Lama yang berjarak 10 kilometer sebelah utara Kota Serang. Masjid ini dibangun pertama kali oleh Sultan Hasanuddin, putra pertama Sunan Gunung Jati.

Atap bangunan utamanya bertumpuk lima dan memiliki dua serambi, di sisi utara dan selatan. Di sebelah timur terdapat menara yang memiliki ketinggian lebih dari 24 meter yang terbuat dari bata. Kini, alun-alun Masjid Agung Kesultanan Banten lantainya telah dipasangi marmer dan diberi payung besar seperti di Masjid Nabawi.

Museum Negeri Banten

Museum Negeri Banten terletak di Jalan Brigjen KH Samun No. 5, Kotabaru, Kota Serang. Untuk memasuki museum ini tidak dikenakan karcis masuk atau gratis. Museum Negeri Banten menampilkan koleksi budaya dan alam. Ada pula informasi tentang debus.

Museum Situs Kepurbakalaan Banten Lama

Museum ini berada di Desa Banten, Kecamatan Kasemen, Serang, Banten. Berjarak hanya beberapa puluh meter dari Masjid Agung Banten, berseberangan dengan reruntuhan Istana Surosowan.

Museum ini didirikan pada 1984, dan peresmiannya dilakukan pada 15 Juli 1985. Selain benda arkeologi, museum ini juga menyimpan mata uang lama, peninggalan etnik, serta keramik.

Desa Adat Baduy

AHY mendatangi kampung Baduy.

Desa Adat Baduy juga menarik untuk dikunjungi. Letaknya di Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten. Desa yang masih memegang teguh adat istiadatnya ini ramai dikunjungi wisatawan.

Selain keindahan alamnya, mereka juga melihat aktivitas penduduk Baduy dengan kearifan lokalnya. Mereka memelihara alam dengan baik, termasuk melarang membuang sampah sembarangan.

Rumah Hutan Cilowong

Lokasi wisata ini berada di Kampung Cidampit, Desa Bojong, Kecamatan Cilowong, Kabupaten Serang, Banten. Lokasi ini sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan.

Rumah pohon yang letaknya berada di tengah hutan. Beberapa fasilitas yang ada di lokasi ini di antaranya pondok-pondok, lumbung padi, perpustakaan, lapangan badminton, kandang ayam dan kambing.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Begini Steve Emmanuel Selundupkan 100 Gram Kokain dari Belanda ke Indonesia

Posted: 26 Dec 2018 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Artis Steve Emmanuel ditangkap. Ia kedapatan memiliki kokain 92,04 gram. Steve menyelundupkannya dari Belanda. 

Menurut Kapolres Jakarta Barat, Kombes Hengki Hariyadi, Steve mengaku melilitkan kokain dalam baju-baju di kopernya. Ia lantas terbang ke Indonesia membawa koper tersebut.

"Tersangka bawa sendiri barang dari Belanda ke Indonesia pakai salah satu maskapai. Dililitkan ke baju pakaian lainnya dan masukkan ke koper, lalu masukkan ke bagasi," katanya, Kamis (27/12/2018).

Kesaksian itu termuat dalam berita acara pemeriksaan. Awalnya, Steve menyelundupkan 100 gram kokain. Jumlahnya berkurang setelah ia menggunakan 8 gram kokain.

Sementara itu, Steve mengaku menyesal atas perbuatannya. "Jangan meniru saya, saya menyesal," ujarnya.

 

Alasan Selundupkan Kokain

Steve rupanya punya alasan kenapa menyelundupkan sendiri kokain dari Belanda.

"Menurut tersangka, yang ada di Indonesia kurang bagus kualitasnya. Makanya dia ambil dari Belanda," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono, kepada wartawan di Mapolres Metro Jakarta Barat, Kamis (27/12/2018).

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Jokowi Resmi Lantik Budi Waseso Jadi Ketua Kwarnas Pramuka

Posted: 26 Dec 2018 09:38 PM PST

Komjen Pol (Purn) Budi Waseso menandatangani dokumen pelantikan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka periode 2018-2023 di halaman Istana, Kamis (27/12). Pelantikan menandai pergantian dari pengurus lama yang dipimpin Adhyaksa Dault. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Komjen Pol (Purn) Budi Waseso menandatangani dokumen pelantikan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka periode 2018-2023 di halaman Istana, Kamis (27/12). Pelantikan menandai pergantian dari pengurus lama yang dipimpin Adhyaksa Dault. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Jokowi melantik Komjen Pol (Purn) Budi Waseso sebagai Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka periode 2018-2023 di halaman Istana, Kamis (27/12). Bersama Budi Waseso, dilantik juga pengurus kwartir Pramuka sebanyak 86 orang. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Jokowi melantik Komjen Pol (Purn) Budi Waseso sebagai Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka periode 2018-2023 di halaman Istana, Kamis (27/12). Bersama Budi Waseso, dilantik juga pengurus kwartir Pramuka sebanyak 86 orang. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjabat tangan dengan Komjen Pol (Purn) Budi Waseso saat pelantikan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka masa bakti 2018-2023 di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (27/12). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjabat tangan dengan Komjen Pol (Purn) Budi Waseso saat pelantikan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka masa bakti 2018-2023 di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (27/12). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjabat tangan dengan Komjen Pol (Purn) Budi Waseso saat pelantikan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka masa bakti 2018-2023 di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (27/12). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjabat tangan dengan Komjen Pol (Purn) Budi Waseso saat pelantikan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka masa bakti 2018-2023 di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (27/12). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) seusai memimpin pelantikan pengurus Kwartir Nasional Gerakan Pramuka masa bakti 2018-2023 di Istana Merdeka, Kamis (27/12). Jokowi melantik Budi Waseso sebagai Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) seusai memimpin pelantikan pengurus Kwartir Nasional Gerakan Pramuka masa bakti 2018-2023 di Istana Merdeka, Kamis (27/12). Jokowi melantik Budi Waseso sebagai Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berfoto bersama pengurus kwartir Pramuka masa bakti 2018-2023 seusai pelantikan di Istana Merdeka, Kamis (27/12). Jokowi melantik Budi Waseso alias Buwas sebagai Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berfoto bersama pengurus kwartir Pramuka masa bakti 2018-2023 seusai pelantikan di Istana Merdeka, Kamis (27/12). Jokowi melantik Budi Waseso alias Buwas sebagai Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berswafoto bersama pengurus kwartir Pramuka seusai pelantikan di halaman Istana Merdeka, Kamis (27/12). Presiden Jokowi melantik Budi Waseso alias Buwas sebagai Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berswafoto bersama pengurus kwartir Pramuka seusai pelantikan di halaman Istana Merdeka, Kamis (27/12). Presiden Jokowi melantik Budi Waseso alias Buwas sebagai Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Posisi Indonesia Meroket 15 Peringkat Terkait Indeks Kemerdekaan Ekonomi

Posted: 26 Dec 2018 09:32 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Posisi Indonesia melesat hingga 15 peringkat terkait Indeks Kemerdekaan Ekonomi (Index of Economic Freedom) yang dikeluarkan The Heritage Foundation.

Melesatnya peringkat Indonesia berkat faktor seperti aturan hukum yang semakin baik dan efisiensi regulasi.

The Heritage Foundation merupakan sebuah think thank yang bermarkas di Washington DC, Amerika Serikat (AS). Heritage menyebut kemerdekaan ekonomi adalah hak fundamental bagi setiap manusia.

Dalam negara yang merdeka secara ekonomi, orang-orang bebas bekerja, memproduksi, mengkonsumsi, investasi, dalam cara yang mereka kehendaki. Negara-negara maju biasanya memiliki skor tinggi dalam daftar ini. Nilai Indonesia tercatat di atas rata-rata regional dan global.

Indonesia tahun ini berada di posisi 69 dengan skor 64,2. Ini naik 15 peringkat dari peringkat sebelumnya, yakni 84. Bahkan, pada 2015 saja Indonesia belum masuk 100 besar.

Langkah pemerintah dalam meningkatkan infrastruktur untuk menarik investor disorot dalam indeks ini. Begitu pula kasus korupsi yang gencar diburu, serta regulasi yang ditingkatkan.

Kekurangan Indonesia disebut pasar tenaga kerja yang belum fleksibel, proteksionisme di beberapa sektor, subsidi ke banyak perusahaan BUMN, dan pengurusan keuangan publik yang buruk.

Indonesia tercatat naik peringkat pada efisiensi regulator: kemerdekaan bisnis, tenaga kerja, dan monoter. Langkah pemerintah untuk menaikkan upah minimum dan mengurangi subsidi listrik untuk program yang lebih penting juga mendapat nilai positif.

Pada aturan hukum, Indonesia mendapat nilai hijau di hak properti dan keefektivan yudisial. Hanya saja, korupsi masih menjadi masalah dalam pemerintahan.

Posisi 10 Besar

Ilustrasi Singapura (AP/Wong Maye-E)

Pada 10 besar negara di Indeks Kemerdekaan Ekonomi, negara tetangga Singapura mendapat peringkat tinggi. Begitu pun Hong Kong dan tetangga selatan seperti Australia, dan Selandia Baru.

Di dunia Arab, Uni Emirat Arab mendapat peringkat terbaik, sementara Swiss mendapat peringkat terbaik di Benua Biru. Untuk tiga peringkat terbawah adalah Kuba, Venezuela, dan terakhir Korea Utara.

Berikut daftarnya:

1. Hong Kong

2. Singapura

3. Selandia Baru

4. Swiss

5. Australia

6. Irlandia

7. Estonia

8. Inggris Raya

9. Kanada

10. Uni Emirat Arab

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Artis Steve Emmanuel Selundupkan 100 Gr Kokain dari Belanda

Posted: 26 Dec 2018 09:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Polres Metro Jakarta Barat menyita 92,04 gram kokain dari kediaman artis Steve Emmanuel di Kondominium Kintamani, Mampang, Jakarta Selatan pada Jumat (26/12/2018) malam. Steve mengaku kokain itu miliknya yang dibeli dari Belanda.

"Menurut tersangka, yang ada di Indonesia kurang bagus kualitasnya. Makanya dia ambil dari Belanda," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono, kepada wartawan di Mapolres Metro Jakarta Barat, Kamis (27/12/2018).

Ia mengaku menyelundupkan 1 ons atau 100 gram kokain dari Belanda pada September lalu. Barang haram itu digunakan untuk konsumsi sendiri.

Dalam empat bulan, baru 8 gram yang dipakai oleh Steve sehingga barang bukti yang ditemukan sebanyak 92,04 gram.

 

Koordinasi dengan Pihak Lain

Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Hengki Haryadi mengatakan pihaknya akan berkoordiniasi dengan pihak terkait bisa masuknya kokain itu ke Indonesia.

"Kami akan pertajam lagi mengapa barang bisa lolos dari belanda," kata Hengki.

Saksikan video pilihan di bawah ini 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Watford vs Chelsea: Fakta Menarik Kemenangan The Blues

Posted: 26 Dec 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Watford - Kemenangan Chelsea atas Watford menambah panjang torehan apik The Blues dalam laga Boxing Day Premier League yang digelar hari Kamis (27/12) tadi. Bermain di markas Watford, Vicarage Road, skuat besutan Maurizio Sarri itu menang dengan skor 2-1.

Eden Hazard membuka keunggulan Chelsea saat babak pertama telah memasuki masa injury time. Namun tak lama berselang, tepat sebelum jeda, Roberto Pereyra berhasil menyamakan kedudukan melalui tembakan mendatarnya.

Hazard lalu menjadi penentu setelah sukses mengeksekusi penalti pada menit ke-58. The Blues jadi lebih leluasa menguasai permainan setelah gol keduanya itu, namun sayang banyaknya peluang yang mereka dapatkan gagal dimanfaatkan dengan baik.

Terlepas dari itu, kemenangan atas Watford ini membuat catatan apik Chelsea dalam laga Boxing Day terus berlanjut. Selain itu, ada juga torehan penting lainnya dari laga kali ini yang berhasil dihimpun dari BBC Sport.

 

Statistik Laga Watford vs Chelsea

1. Chelsea hanya kalah sekali dari tujuh laga Premier League melawan tim yang pada saat itu sedang bertengger di 10 besar musim ini (menang tiga, imbang tiga), di mana satu kekalahan itu datang dari Tottenham pada bulan November (1-3 di Wembley).

2. Setelah kalah tiga kali dari 14 laga kandang pertamanya bersama Javi Gracia (menang delapan, imbang dua), Watford kini telah menelan tiga kekalahan dari empat pertandingan (menang satu).

3. Chelsea masih belum terkalahkan dalam 14 laga Premier League yang berlangsung pada Boxing Day (menang sembilan, imbang lima), sejak kalah 2-4 atas Charlton di 2003-2004.

4. Hanya Brighton (lima) yang kebobolan gol penalti lebih banyak dari Watford (empat) di Premier League musim ini, dengan tiga di antaranya sukses dikonversi menjadi gol.

5. Gelandang Watford, Roberto Pereyra, telah mencetak tiga gol dalam tiga penampilan melawan Chelsea - lebih banyak ketimbang lawan lainnya di kompetisi tersebut.

6. Gol pertama Chelsea serta Watford yang tercipta pada masa injury time hanya terpaut jarak waktu 137 detik saja.

Sumber: bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Anak Pertama Aa Jimmy Ditemukan Meninggal

Posted: 26 Dec 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Anak pertama komedian Aa Jimmy, Radea Putri ditemukan meninggal di RSUD Pandeglang. Putri dimakamkan disebelah makam orang tua dan adiknya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terkuak, Ini Alasan Uranus Alami Kemiringan Rotasi

Posted: 26 Dec 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Teka-teki mengenai keanehan rotasi Uranus mulai terkuak. Ya, Uranus ternyata berputar 90 derajat miring terhadap Tata Surya.

Kemungkinan hal ini disebabkan oleh dampak sebuah kejadian yang terjadi di masa lalu.

Kini, sebuah studi terbaru dari Inggris mendukung teori yang menyebut bahwa Uranus tengah ditabrak oleh objek lain.

Bahkan, tim peneliti juga menghadirkan video simulasi, yang menampilkan tabrakan tersebut.

Sebagaimana dikutip dari BGR, Kamis (27/12/2018), dengan menggunakan simulasi komputer, peneliti Jacob Kegerreis dari Durham University di North East England memperkirakan, objek yang menabrak Uranus ini setidaknya berukuran dua kali lebih besar ketimbang Bumi.

Kemungkinan, tabrakan tersebut terjadi di masa awal perkembangan Uranus, bahkan sebelum bulan-bulan di planet ini terbentuk.

Tabrakan tersebut juga bisa menjelaskan, kenapa bulan milik planet yang miring ini berputar tak seperti planet lain pada sistem tata surya.

Menurut kepala ilmuwan NASA Jim Green, Uranus memang terbilang unik di antara planet lainnya. Selain rotasinya yang miring, medan magnetnya juga miring dan tidak seperti Bumi.

Benda Besar yang Tabrak Uranus Masih Ada

Penampakan Planet Uranus dengan aurora berwarna putih. (Foto: Mashable)

Tidak hanya itu, Uranus juga merupakan satu-satunya planet yang tidak memiliki panas dari intinya.

Uranus juga punya cincin seperti Saturnus, hanya penampakannya cincin Uranus samar.

Lebih lanjut Kagerreis berdasarkan video simulasi menyebut, tabrakan hebat yang berlangsung beberapa jam tersebut mengubah bentuk Uranus.

Menurut analisa para peneliti, kemungkinan benda besar yang menabrak Uranus masih bersembunyi di tata surya dan sangat jauh untuk bisa terlihat.

Green menyebut, hal ini menjelaskan beberapa orbit planet dan sesuai dengan teori yang mengklaim kalau ada planet X jauh di luar Pluto, yang juga mengelilingi Matahari.

Tabrakan Terjadi 3-4 Miliar Tahun Lalu

Voyager 1 telah melintasi tepian Tata Surya (NASA)

Para peneliti juga menyebut, tabrakan terjadi sekitar 3-4 miliar tahun lalu, bahkan sebelum bulan-bulan di Uranus terbentuk.

Bahkan, peneliti sepakat, ada ada sebagian dari objek besar itu yang kemudian ikut membentuk bulan milik Uranus.

Ketika itu terjadi, kata Kagerreis, kemiringan Uranus yang bertindak layaknya gaya gravitasi ikut mendorong kelima bulan besar itu ke kemiringan yang sama dengan Uranus.

Itu sebabnya, baik Uranus dan bulan-bulannya berotasi dengan miring dan aneh ketimbang planet lainnya.

Bikin Uranus Dingin

NASA dikabarkan tengah mendesai pesawat antariksa yang nantinya akan diluncurkan untuk menjalankan misi ekspedisi planet Uranus dan Neptunus

Tabrakan ini juga disebut-sebut menciptakan penampang es yang membuat inti Uranus tetap dingin. Sekadar informasi, permukaan Uranus suhunya minus 216 derajat Celsius.

Es memang jadi kunci dari Uranus dan Neptunus. Kurang dari satu dekade lalu, NASA memang mereklasifikasi kedua planet tersebut sebagai raksasa es dan tak menyebut keduanya sama dengan planet besar lain di Tata Surya.

Jika Uranus dan Neptunus merupakan es, planet besar lain yakni Saturnus dan Jupiter merupakan gas.

Sementara itu, Pluto yang ukurannya kecil, terjauh dari Bumi, dan kini tak lagi disebut planet, sudah lebih dahulu diekslorasi ketimbang Uranus dan Neptunus. Kedua planet ini hanya dilalui oleh Voyager 2, pesawat luar angkasa yang masuk ke ruang interstellar bulan lalu.

Sulit Dimengerti

Miranda, bulan Planet Uranus (NASA)

Uranus dan Neptunus juga disebut sebagai planet yang sulit dimengerti.

Namun, hal tersebut mungkin akan berubah. Pasalnya, sebuah robot luar angkasa bakal diluncurkan dan berada pada, atau di dekat kedua planet ini.

Sekadar informasi, Uranus sendiri dinamai berdasarkan nama dewa langit Yunani.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selundupkan Kokain, Steve Emmanuel Terancam Hukuman Mati

Posted: 26 Dec 2018 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Polisi berhasil mengamankan kokain seberat 92,04 gram dari tangan Steve Emmanuel. Penangkapan tersebut dilakukan oleh Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Barat, di apartemen Kondominium Kintamani, Mampang, Jakarta Selatan, Jumat (21/12/2018).

Dalam pengakuannya, Steve Emmanuel mendapatkan kokain tersebut langsung dari Belanda sejak September lalu. Lantaran kedapatan memiliki kokain dalam jumlah banyak, Steve Emmanuel terancam hukuman mati.

"Kita kenakan Pasal 114 Ayat (2) sub 112 Ayat (2) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Tersangka diancam hukuman minimum 5 tahun penjara dan maksimum seumur hidup atau hukuman mati," kata Kapolres metro jakarta Barat, Kombes Pol Hengki Haryadi, Kamis (27/12/2018).

100 Gram Kokain

Steve Emmanuel  (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Diakui Steve Emmanuel, dirinya berhasil menyelundupkan 100 gram kokain. Namun kokain tersebut telah dia gunakan sendiri sebanyak delapan gram.

‎"100 gram barang bukti yang banyak untuk kokain. Selama empat bulan, dia pakai delapan gram," kata Kombes Pol Hengki.

Lolos dari Belanda

Steve Emmanuel (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Hingga kini polisi tengah menyelidiki lebih lanjut terkait kepemilikan kokain dari tangan Steve Emmanuel. Terlebih barang tersebut didapatkan Steve Emmanuel dari Belanda dan bisa lolos masuk ke Indonesia.

"Kita akan pertajam lagi penyelidikan. Kenapa barang bisa lolos di pesawat kan ada alat di bandara yang bisa deteksi ini. Nah, supaya tidak ada lagi modus ke depan dan tidak meracuni masyarakat Indonesia," tuturnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Erupsi Gunung Anak Krakatau Belum Pengaruhi Lalu Lintas Penerbangan

Posted: 26 Dec 2018 09:17 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Di penghujung tahun 2018, masyarakat dikejutkan dengan erupsi Gunung Anak Krakatau yang berakibat tsunami di perairan Selat Sunda sehingga berdampak sampai ke wilayah Banten dan Lampung.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana B Pramesti mengaku turun langsung memeriksa fasilitas infrastruktur transportasi udara yang terdampak serta menyiapkan bandara untuk keperluan distribusi bantuan kemanusiaan.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi telah menaikan status Gunung Anak Krakatau ini menjadi siaga.

Untuk itu Polana meminta jajarannya untuk secara intensif memantau operasional penerbangan yang bisa terdampak erupsi Gunung Anak Krakatau. Khususnya karena aktifitas penerbangan sedang tinggi selama masa angkutan udara Natal dan Tahun Baru 2019.

"Bertepatan dengan liburan Natal dan menyambut Tahun Baru 2019 serta libur anak sekolah, moda transportasi udara banyak diminati oleh masyarakat untuk pergi mengisi liburan. Untuk itu saya telah meminta Otoritas Bandara, Unit Penyelenggara Bandar Udara dan semua stakeholder penerbangan untuk terus melakukan koordinasi dan siap siaga jika terjadi hal-hal yang mengganggu aktivitas penerbangan," ujar Polana dalam keterangannya, Kamis (27/12/2018).

Polana mengatakan bahwa sampai saat ini belum mendapatkan Notam khusus penutupan bandara dari AirNav Indonesia selaku penyelenggara lalu lintas udara. Hanya saja Airnav sudah mengeluarkan NOTAM A5440/18 perihal Penutupan dan Reroute terdampak Krakatau.

"Sejauh ini abu vulkanik dari Gunung Anak Krakatau tidak memberikan dampak kepada penutupan bandara, untuk bandara terdekat seperti Bandara Soekarno Hatta dan Bandara Radin Inten II Lampung, bandara masih beroperasi normal. Dari Airnav sudah mengeluarkan Notam terkait pengalihan rute penerbangan yang tidak bisa dilewati pesawat," jelas Polana.

Sejalan dengan hal tersebut, Kepala Bandara Radin Inten II Lampung, Asep Kosasih melaporkan bahwa sejak terjadinya erupsi Gunung Anak Krakatau, fasilitas bandara baik sisi darat ataupun udara tidak terdampak dan tetap beroperasi normal.

"Pasca erupsi Gunung Anak Krakatau, Bandara Radin Inten II beroperasi secara normal dan tidak terdampak. Namun, kami akan terus memantau perkembangan dan berkoordinasi secara intens dengan BMKG, Airnav dan Direktorat Navigasi Penerbangan," ujar Asep.

 

Sistem Informasi

Penampakan jejak abu vulkanis Gunung Anak Krakatau yang tertangkap kamera satelit NASA pada 24 September 2018 (NASA)

Dalam hal koordinasi dan komunikasi penanganan abu vulkanik, Dirjen Hubud melalui Direktorat Navigasi Penerbangan telah membangun sistem informasi sehingga para stakeholder yakni I-WISH (Integrated Webbased aeronautical Information System Handling).

Dalam sistem ini stakeholder terkait menyampaikan informasi yang dikuasai terkait tugas dan fungsi serta kewenangannya dalam hal penanganan abu vulkanik atau yang lebih dikenal dengan CDM (Collaborative Decision Making).

"Saya minta untuk memonitor selalu informasi yang disampaikan baik dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), BMKG maupun dari source lainnya dan Airnav agar mendistribusikan informasi tersebut melalui NOTAM kepada airlines dan bandara", pungkas Polana.

Berdasarkan informasi BMKG pertanggal 26 Desember 2018 pukul 19.00 WIB sebaran debu vulkanik mengarah ke Barat Daya-Barat dengan ketinggian mencapai lebih dari 10 km.

Tonton Video Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Catat, Jadwal Lengkap Debat Pilpres 2019

Posted: 26 Dec 2018 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Debat Pilpres 2019 telah disepakati. Nantinya akan ada 5 kali perhelatan debat dalam rangka Pemilihan Presiden 2019. Catat jadwal lengkapnya berikut ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Begini Kondisi Steve Emmanuel Saat Rilis Kasus Narkoba

Posted: 26 Dec 2018 09:14 PM PST

Barang bukti diperlihatkan saat rilis penangkapan artis peran Steve Emmanuel di Polres Metro Jakarta Barat, Kamis (27/12). Steve Emmanuel ditangkap dengan barang bukti kokain seberat 92,04 gram di kondominium kawasan Mampang (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Barang bukti diperlihatkan saat rilis penangkapan artis peran Steve Emmanuel di Polres Metro Jakarta Barat, Kamis (27/12). Steve Emmanuel ditangkap dengan barang bukti kokain seberat 92,04 gram di kondominium kawasan Mampang (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Artis peran Steve Emmanuel dihadirkan saat rilis pengungkapan kasus narkoba di Polres Metro Jakarta Barat, Kamis (27/12). Polisi menyita barang bukti kokain seberat 92,04 gram dari Steve Emmanuel pada 21 Desember 2018 malam. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Artis peran Steve Emmanuel dihadirkan saat rilis pengungkapan kasus narkoba di Polres Metro Jakarta Barat, Kamis (27/12). Polisi menyita barang bukti kokain seberat 92,04 gram dari Steve Emmanuel pada 21 Desember 2018 malam. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono dalam rilis penangkapan artis peran Steve Emmanuel di Polres Metro Jakarta Barat, Kamis (27/12). Steve Emmanuel ditangkap dengan barang bukti kokain seberat 92,04 gram. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono dalam rilis penangkapan artis peran Steve Emmanuel di Polres Metro Jakarta Barat, Kamis (27/12). Steve Emmanuel ditangkap dengan barang bukti kokain seberat 92,04 gram. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Artis peran Steve Emmanuel dihadirkan saat rilis pengungkapan kasus narkoba di Polres Metro Jakarta Barat, Kamis (27/12). Polisi menyita barang bukti kokain seberat 92,04 gram dari Steve Emmanuel pada 21 Desember 2018 malam. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Artis peran Steve Emmanuel dihadirkan saat rilis pengungkapan kasus narkoba di Polres Metro Jakarta Barat, Kamis (27/12). Polisi menyita barang bukti kokain seberat 92,04 gram dari Steve Emmanuel pada 21 Desember 2018 malam. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono dalam rilis penangkapan artis peran Steve Emmanuel di Polres Metro Jakarta Barat, Kamis (27/12). Steve Emmanuel ditangkap dengan barang bukti kokain seberat 92,04 gram. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono dalam rilis penangkapan artis peran Steve Emmanuel di Polres Metro Jakarta Barat, Kamis (27/12). Steve Emmanuel ditangkap dengan barang bukti kokain seberat 92,04 gram. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Artis peran Steve Emmanuel saat rilis pengungkapan kasus narkoba di Polres Metro Jakarta Barat, Kamis (27/12). Polisi menyita barang bukti kokain seberat 92,04 gram dari Steve Emmanuel pada Jumat, 21 Desember 2018 malam. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Artis peran Steve Emmanuel saat rilis pengungkapan kasus narkoba di Polres Metro Jakarta Barat, Kamis (27/12). Polisi menyita barang bukti kokain seberat 92,04 gram dari Steve Emmanuel pada Jumat, 21 Desember 2018 malam. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Artis peran Steve Emmanuel dihadirkan saat rilis pengungkapan kasus narkoba di Polres Metro Jakarta Barat, Kamis (27/12). Polisi menyita barang bukti kokain seberat 92,04 gram dari Steve Emmanuel pada 21 Desember 2018 malam. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Artis peran Steve Emmanuel dihadirkan saat rilis pengungkapan kasus narkoba di Polres Metro Jakarta Barat, Kamis (27/12). Polisi menyita barang bukti kokain seberat 92,04 gram dari Steve Emmanuel pada 21 Desember 2018 malam. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Profil Amien Rais dan Kiprahnya di Dunia Politik Indonesia

Posted: 26 Dec 2018 09:11 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Amien Rais merupakan politikus di Indonesia. Lahir di Solo, Jawa Tengah pada tanggal 26 April 1944. Amien Rais merupakan salah satu pilar penting politik di Indonesia yang ikut membidani lahirnya reformasi dan berakhirnya era pemerintahan Orde Baru.

Sejak di bangku kuliah Amien Rais sudah aktif di berbagai organisasi kemahasiswaan, di antaranya adalah menjadi salah satu pendiri Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) dan menjabat sebagai Sekretaris Lembaga Dakwah Mahasiswa Islam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Yogyakarta.

Amien Rais pernah menjabat sebagai Ketua MPR periode 1999-2004. Jabatan ini dipegangnya sejak ia dipilih oleh MPR hasil Pemilu 1999 pada bulan Oktober 1999.

Profil Amien Rais dalam kehidupan pribadi

(Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Pria kelahiran Surakarta, Jawa Tengah pada 26 April 1944 ini adalah anak kedua dari enam bersaudara dari pasangan Syuhud Rais dan Sudalmiyah. Amien Rais dibesarkan di tengah-tengah keluarga yang aktif dalam organisasi Muhammadiyah. Ia pun diberi nama Muhammad Amien Rais dan lebih dikenal dengan panggilan Amien Rais.

Pada tahun 1969 Amien Rais menikah dengan teman masa kecilnya, Kusnasriyati Sri Rahayu. 10 tahun menikah, Amien dan Kusnasriyati belum juga dikaruniai anak walau telah melalui berbagai pengobatan. Saat menunaikan ibadah haji di Mekah, Amien berdoa tepat di depan Ka'bah memohon supaya diberi anak. Tepat 2 bulan kemudian doa Amien terkabul dengan hamilnya Kusnasriyati.

Dari pernikahannya, Amien Rais dikaruniai 5 anak, yakni Ahmad Hanafi, Hanum Salsabiela, Ahmad Mumtaz, Tasniem Fauzia dan Ahmad Baihaqy.

Pendidikan Amien Rais

(Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Amien Rais menempuh pendidikan dasar hingga menengah di sekolah Muhammadiyah di kota kelahirannya. Lulus SMA, Amien Rais melanjutkan studi di Fakultas Sosial Politik, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Saat menjadi mahasiswa inilah Amien Rais terlibat aktif di berbagai organisasi kemahasiswaan. Ia didaulat menjadi ketua Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) dan ketua Lembaga Dakwah Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Yogyakarta. Di tengah kesibukannnya sebagai aktivis, Amien Rais tak melupakan kuliahnya. Ia mendapatkan gelar sarjana dari UGM pada tahun 1968. Setelah itu Amien Rais melanjutkan pendidikannya ke luar negeri.

Amien Rais meneruskan pendidikan master Ilmu Politik di University of Notre Dame, Indiana, Amerika Serikat, dan selesai tahun 1974. Dari universitas yang sama juga memperoleh Certificate on East-European Studies.

Sedangkan gelar Doktoralnya diperoleh dari University of Chicago, Amerika Serikat (1981) dengan mengambil spesialisasi di bidang politik Timur Tengah dan selesai tahun 1984. Ia menyabet gelar doktor pada usia 37 tahun.

Disertasinya yang cukup terkenal, berjudul: The Moslem Brotherhood in Egypt: its Rise, Demise, and resurgence (Organisasi Ikhwanul Muslimin di Mesir: Kelahiran, Keruntuhan dan Kebangkitannya kembali).

Selain itu, ia juga mengikuti program Post-Doctoral Program di George Washington University pada tahun 1986 dan di UCLA pada tahun 1988.

Sekembalinya ke tanah air, ia pun menjadi dosen sekaligus sebagai guru besar Ilmu Politk di UGM. Ia mengajar mata kuliah Teori Politik Internasional, Sejarah dan Diplomasi di Timur Tengah, Teori-teori Sosialisme, hingga memegang mata kuliah Teori Revolusi dan Teori Politik di Program Pascasarjana UGM.

Selain itu, Amien Rais mengelola Pusat Pengkajian Strategi dan Kebijakan yang dinaungi Yayasan Mulia Bangsa Yogyakarta. Lembaga ini mengkaji dan meneliti kebijakan-kebijakan yang diperlukan untuk memperkuat negara seperti masalah-masalah strategis yang berorientasi pada penguatan pilar-pilar kehidupan masyarakat Indonesia. Dengan pengalamannya di banyak negara dan studi politik yang dilakukannya selama bertahun-tahun, Amien Rais memiliki pengetahuan yang sangat luas terutama soal hak asasi manusia dan demokrasi.

Pendidikan Amien Rais:

Fakultas Sosial Politik Universitas Gajah Mada (lulus 1968)

Notre Dame Catholic University, Indiana, USA (1974)

Al-Azhar University, Cairo, Mesir (1981)

Chicago University, Chicago, USA (gelar Ph.D dalam ilmu politik 1984)

George Washington University (postdoctoral degree, 1988-1989)

Aktif berorganisasi

Sejak di bangku kuliah Amien Rais sudah aktif di berbagai organisasi kemahasiswaan, di antaranya adalah menjadi salah satu pendiri Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) dan menjabat sebagai Sekretaris Lembaga DAkwah Mahasiswa Islam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Yogyakarta.

Mengikuti keinginan ayahnya, Amien Rais mengambil kuliah bidang politik di Universitas Gadjah Mada. Ternyata memang di bidang inilah Amien berkembang pesat. Skripsinya yang menyoroti politik luar negeri Israel berhasil mendapatkan nilai A dan Amien Rais berkesempatan melanjutkan studi hingga program doktoral di beberapa universitas ternama luar negeri. Disertasinya menyorot soal Timur Tengah dan semakin memperdalam dua bidang kajian yang sangat lekat dengan hidup Amien Rais, yaitu politik dan Islam.

Sepulangnya ke Indonesia, Amien Rais mengepalai Pusat Pengkajian Strategi dan Kebijakan yang dinaungi Yayasan Mulia Bangsa Yogyakarta.

Dengan bekal tersebut, Amien Rais tidak tinggal diam melihat kebobrokan di dalam negara Indonesia, beliau sering mengkritik banyak hal dalam pemerintahan. Bersama dengan para tokoh nasional lain, Amien Rais mendirikan ICMI (Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia).

Telah aktif menulis sejak di masa sekolah, suara dan kritik Amien Rais juga diserukan melalui tulisan, salah satunya dengan menjadi penulis tetap di Harian Umum Republika dan menulis sejumlah buku tentang politik dan Islam. Amien Rais adalah tokoh yang vokal menyerukan pendapat dan terang-terangan mengkritik kebobrokan pemerintahan Orde Baru yang saat itu masih berkuasa. Ketika kondisi perekonomian Indonesia semakin lemah, Amien Rais termasuk tokoh nasional yang menyerukan reformasi total dalam pemerintahan dan menuntut lengsernya presiden Soeharto.

Usai Pemilu tahun 2004, Amien Rais memutuskan untuk kembali menjadi akademisi di kampus, dan tetap bergiat di Muhammadiyah dan partainya, PAN.

Kiprah Amien Rais di dunia politik Tanah Air

Politkus senior PAN Amien Rais melambaikan tangan usai bertemu Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (26/4). Amien Rais menegaskan PAN tidak mungkin merapat ke kubu Jokowi di Pilpres 2019. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Amien Rais dikenal sangat kritis terhadap kebijakan-kebijakan pemerintah Orde Baru pimpinan Presiden Soeharto. Namanya kian mencuat di ranah politik Indonesia terutama pada era reformasi 1998.

Pria ini juga dikenal sebagai pendiri Partai Amanat Nasional (PAN), sebuah partai yang lahir pada tahun 1998 untuk mengikuti Pemilu 1999. Amien Rais sekaligus menjabat sebagai Ketua Umum DPP PAN yang pertama.

Pada Pemilu 1999, partainya ikut Pemilu. Namun hasil Pemilu 1999 tidak terlalu memuaskan bagi PAN. Amien Rais akhirnya berbelok arah dengan bermain cantik sehingga berhasil terpilih menjadi Ketua MPR periode 1999 - 2004.

Gagasan Amien Rais memberikan pengaruh yang besar di politik nasional dan kestabilan negara, salah satunya adalah dengan membentuk Poros Tengah saat persaingan politik nasional sedang memanas memperebutkan kursi kepresidenan setelah BJ Habibie.

Atas manuver-manuver politiknya untuk bangsa Indonesia, Amien Rais disebut-sebut sebagai Bapak Bangsa.

Sebuah majalah pernah menjulukinya sebagai King Maker. Julukan itu merujuk pada besarnya peran Amien Rais dalam menentukan jabatan presiden pada Sidang Umum MPR tahun 1999 dan Sidang Istimewa tahun 2001. Padahal, perolehan suara partainya, PAN, tak sampai 10% dalam pemilu 1999.

Tahun 2004, Amien Rais kembali maju dalam pemilihan presiden. Saat itu ia berpasangan dengan Siswono Yudohusodo mewakili PAN. Namun lagi-lagi ia gagal meraih kemenangan setelah hanya meraih kurang dari 15% suara.

Karier Amien Rais:

Dosen pada FISIP UGM (1969-1999)

Pengurus Muhammadiyah (1985)

Asisten Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (1991-1995)

Wakil Ketua Muhammadiyah (1991)

Direktur Pusat Kajian Politik (1988)

Peneliti Senior di BPPT (1991)

Anggota Grup V Dewan Riset Nasional (1995-2000)

Ketua Umum Muhammadiyah (1995-2000)

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (1999-2004)

Ketua MPR (1999-2004)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Fakta Meningkatnya Status Siaga Gunung Anak Krakatau

Posted: 26 Dec 2018 09:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menginformasikan Gunung Anak Krakatau mengalami peningkatan aktivitas vulkanik sejak 18 Juni 2018.

Usai tsunami Selat Sunda pada 22 Desember 2018 lalu, gunung setinggi 338 mdpl itu menjadi semakin aktif. Hingga Kamis, 27 Desember 2018, gunung itu terus mengeluarkan lava pijar.

Bahkan, Rabu 26 Desember 2018, abu vulkanik erupsi Gunung Anak Krakatau tersapu angin Cilegon dan sebagian Serang.

Status Gunung Anak Krakatau sempat berada di level II atau waspada. Namun kini, gunung tersebut meningkat statusnya menjadi siaga. Peringatan ini disampaikan langsung oleh petugas pos pantau Gunung Anak Krakatau (GAK) Lampung.

"Iya, semenjak pukul 06.00 wib pagi ini. Ini jadi ramai setelah naik status ini," kata petugas pos pantau GAK Lampung Andi Suandi ketika dihubungi, Kamis (27/12/2018).

Meski tidak mengetahui secara pasti alasan kenaikan status, menurut Andi, aktivitas Gunung Anak Krakatau terus meningkat sejak 28 Juni 2018 lalu.

Berikut 5 fakta meningkatnya status siaga Gunung Anak Krakatau yang dihimpun Liputan6.com:

 

1. Gempa Terus Terjadi dan Tertutup Kabut

Dalam sehari setidaknya Gunung Anak Krakatau bisa meletus sebanyak 56 kali. (foto: Liputan6.com / BNPB / edhie prayitno ige)

Semenjak status Gunung Anak Krakatau naik ke level III atau siaga, gempa tremor terus terjadi. Asap tebal dan hitam juga terus keluar dari tanah.

Berdasarkan pengamatan PVMBG sejak pukul 00.00-06.00 WIB, gunung berapi di Selat Sunda ini mengalami tremor menerus (microtremor) yang terekam dengan amplitudo 8-32 mm, dominan 25 mm.

Menurut Kepala Bidang Mitigasi Gunung Api PVMBG Badan Geologi Wawan Irawan, secara visual gunung api terlihat jelas hingga tertutup kabut.

"Teramati asap kawah utama berwarna kelabu hingga hitam dengan intensitas tipis hingga tebal tinggi sekitar 500 meter dari puncak dengan angin bertiup lemah hingga sedang ke arah utara dan barat daya. Kegempaan masih didominasi oleh tremor menerus dengan amplitudo mencapai 32 milimeter dan dominan di 25 milimeter," ujar Wawan.

 

2. Cuaca Mendung dan Hujan

Aktivitas Gunung Anak Krakatau dari udara yang terus mengalami erupsi, Minggu (23/12). Dari ketinggian Gunung Anak Krakatau terus mengalami erupsi dengan mengeluarkan kolom abu tebal. (Liputan6.com/Pool/Susi Air)

Cuaca di Gunung Anak Krakatau mendung dan hujan. Angin bertiup lemah hingga sedang ke arah utara dan timur laut. Suhu udara 24-26 derajat celcius dan kelembaban udara 91-96 persen. Volume curah hujan tidak tercatat.

Masyarakat dan wisatawan, tidak diperbolehkan mendekati kawah dalam radius 5 kilometer dari kawah.

 

3. Hujan Abu Vulkanik

Penampakan jejak abu vulkanis Gunung Anak Krakatau yang tertangkap kamera satelit NASA pada 24 September 2018 (NASA)

Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi menaikkan status Gunung Anak Krakatau dari Level II (Waspada) menjadi Level III (Siaga) terhitung pukul 06.00 WIB, Kamis (27/12/2018). Masyarakat diimbau tidak mendekati Gunung Anak Krakatau dalam radius 5 kilometer dari kawah.

Menurut Kepala Bidang Mitigasi Gunung Api PVMBG Badan Geologi Wawan Irawan, keputusan naiknya status Gunung Anak Krakatau itu berdasarkan hasil pengamatan dan analisis data visual maupun instrumental dari hari kemarin hingga tanggal 27 Desember 2018 pukul 05.00 WIB.

Wawan menjelaskan sampai pagi tadi hujan abu vulkanik masih terjadi di beberapa wilayah seperti di Cilegon, Anyer dan Serang.

"Saat hujan abu turun, masyarakat diminta untuk mengenakan masker dan kacamata bila beraktivitas di luar rumah. Atas kejadian itu tim Tanggap Darurat dari PVMBG langsung melakukan cek lapangan, untuk mengkonfirmasikan kejadian tersebut serta untuk menyampling abu vulkanik yang jatuh yang selanjutnya akan dianalisis di Kantor PVMBG," kata Wawan melalui keterangan tertulisnya, Bandung, Kamis, 27 Desember 2018.

Wawan menuturkan, potensi bencana erupsi Gunung Anak Krakatau dalam Peta Kawasan Rawan Bencana (KRB) menunjukkan, hampir seluruh tubuh gunung api yang berdiameter lebih kurang 2 Kilometer merupakan kawasan rawan bencana.

Potensi bahaya dari aktivitas Gunung Anak Krakatau saat ini adalah lontaran material pijar, aliran lava dari pusat erupsi dan awan panas yang mengarah ke selatan. Sedangkan sebaran abu vulkanik tergantung dari arah dan kecepatan angin.

 

4. Terus Erupsi

Alat seismograf yang memantau aktivitas Gunung Anak Krakatau Pos Pengamatan di Cinangka, Banten, Selasa (25/12). Dari pantauan tersebut anak krakatau berstatus siaga dihimbau masyarakat untuk tetap berhati-hati. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Gunung Anak Krakatau kembali aktif dan mulai masuk fase erupsi sejak Juli 2018 lalu. Hal ini berdasarkan data PVMBG.

Erupsi selanjutnya berupa letusan-letusan strombolian, yaitu letusan yang disertai lontaran lava pijar dan aliran lava pijar yang dominan mengarah ke tenggara. Erupsi yang berlangsung fluktuatif.

Pada 22 Desember 2018 terjadi erupsi, tapi tercatat skala kecil, jika dibandingkan dengan erupsi periode September-Oktober 2018. Hasil analisis citra satelit diketahui lereng barat-barat daya longsor (flank collapse) dan longsoran masuk ke laut. Inilah kemungkinan yang memicu terjadinya tsunami.

 

5. Dentuman Keras

Aktivitas Gunung Anak Krakatau dari udara yang terus mengalami erupsi, Minggu (23/12). Tsunami yang menerjang wilayah Selat Sunda, Pandeglang, Serang, dan Lampung Selatan merusak ratusan bangunan dan kapal. (Liputan6.com/Pool/Susi Air)

Sejak 22 Desember 2018, diamati adanya letusan tipe surtseyan, yaitu aliran lava atau magma yang keluar kontak langsung dengan air laut. Hal ini berarti debit volume magma yang dikeluarkan meningkat dan lubang kawah membesar.

Kemungkinan terdapat lubang kawah baru yang dekat dengan ketinggian air laut. Sejak itulah letusan berlangsung tanpa jeda. Gelegar suara letusan terdengar beberapa kali per menit.

Saat ini aktivitas letusan masih berlangsung secara menerus, yaitu berupa letusan strombolian disertai lontaran lava pijar dan awan panas.

Aktivitas Anak Krakatau juga terus mengeluarkan dentuman keras terdengar hingga pesisir Pantai Carita. Suara dentuman tersebut sempat membuat warga Kota Cilegon dan sekitarnya kaget. Namun sejauh ini tidak ada dampak yang dirasakan warga.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketua MA: Hakim Korupsi Dibinaskan Saja

Posted: 26 Dec 2018 09:08 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Mahkamah Agung (MA) Muhammad Hatta Ali geram dengan laku hakim dan aparatur peradilan yang terlibat korupsi. Beberapa dari mereka ditangkap tangan oleh KPK.

Ia menegaskan tak ada toleransi bagi jajarannya yang terkait kasus korupsi. Hatta akan memberikan sanksi keras.

"Pidana pun dan sesuai di MA, orang yang bermasalah kita binasakan saja. Daripada menjadi bisul ditubuh MA," kata Hatta Ali saat memaparkan Refleksi Akhir Tahun Kinerja Mahkamah Agung di Kantornya, Jalan Merdeka Utara, Kamis (27/12/2018).

Hatta menjelaskan, di tahun 2018 ini KPK telah melakukan OTT terhadap satu orang hakim di Pengadilan Negeri Tangerang. Juga terhadap hakim ad hoc tipikor pada pengadilan negeri Medan.

Belum berhenti di situ, dua hakim karir pada PN Jaksel dan satu hakim karir pada PN Semarang juga ditetapkan sebagai tersangka.

"Selain itu ada tiga aparatur peradilan, yang selain hakim pada panitera pengganti pada PN Tangerang, PN Medan, dan PN Jakarta Timur," ungkap Hatta.

 

Diberhentikan Sementara

MA secara tegas menerbitkan surat pemberhentian sementara terhadap hakim yang terjerat korupsi.

"MA sekarang juga dengan menindaklanjuti dengan menerbitkan SK pemberhentian sementara. Itu semuanya sudah dilakukan," kata Hatta.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin 

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lexus Siapkan Crossover Listrik, Ini Bocorannya

Posted: 26 Dec 2018 09:06 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Lexus menyongsong era elektrifikasi dengan mempersiapkan beberapa model baru. Salah satunya adalah crossover listrik yang dijuluki UX 300e.

Mengutip Reponse.jp, mobil listrik Lexus ini dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan di pasar Eropa. Kabar ini telah dikonfirmasi oleh European Union's Intellectual Property Office (EUIPO).

Menurut EUIPO, Toyota Motor telah mendaftarkannya dengan nama UX 300e di Eropa. UX dengan spesifikasi Eropa, Lexus mengandalkan UX 250h yang dikembangkan menggunakan sistem hybrid.

Powertrain hybrid UX 250h dikombinasikan dengan motor direct injection 2.0L in-line 4-silinder berbahan bakar bensin. Lexus juga mengombinasikannya dengan E-Four 4WD dan menggunakan platform GA-C.

 

Selanjutnya

Dengan pendaftaran UX 300e di Eropa, hal ini membuka peluang bahwa UX listrik juga akan masuk dalam jajaran Lexus UX di masa depan.

European Union (EU) sendiri telah mengeluarkan regulasi untuk mengurangi emisi CO2 yang diterapkan untuk mobil penumpang pada tahun 2030 sebesar 37,5 persen.

Diharapkan tujuan ini akan mempercepat peralihan ke kendaraan listrik.

Sumber: Otosia.com

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Status Gunung Anak Krakatau Dinaikkan Jadi Siaga Level III

Posted: 26 Dec 2018 09:03 PM PST

Sekretaris Badan Geologi Kementerian ESDM Antonius Ratdomopurbo (kiri) memberi keterangan pers terkait peningkatan status Gunung Anak Krakatau, Jakarta, Kamis (12/27). (Liputan6.com/JohanTallo)

Sekretaris Badan Geologi Kementerian ESDM Antonius Ratdomopurbo (kiri) memberi keterangan pers terkait peningkatan status Gunung Anak Krakatau, Jakarta, Kamis (12/27). (Liputan6.com/JohanTallo)

Sekretaris Badan Geologi Kementerian ESDM Antonius Ratdomopurbo memberi keterangan pers terkait status Gunung Anak Krakatau di Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (12/27). Aktivitas Gunung Anak Krakatau terus meningkat. (Liputan6.com/JohanTallo)

Sekretaris Badan Geologi Kementerian ESDM Antonius Ratdomopurbo memberi keterangan pers terkait status Gunung Anak Krakatau di Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (12/27). Aktivitas Gunung Anak Krakatau terus meningkat. (Liputan6.com/JohanTallo)

Konferensi pers terkait status Gunung Anak Krakatau di Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (12/27). Peningkatan status Gunung Anak Krakatau lantaran masih berlangsung erupsi di kawah gunung. (Liputan6.com/JohanTallo)

Konferensi pers terkait status Gunung Anak Krakatau di Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (12/27). Peningkatan status Gunung Anak Krakatau lantaran masih berlangsung erupsi di kawah gunung. (Liputan6.com/JohanTallo)

Konferensi pers terkait status Gunung Anak Krakatau di Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (12/27). Naiknya status Gunung Anak Krakatau membuat raidus bahaya yang semula 2 kilometer diperluas menjadi 5 kilometer. (Liputan6.com/JohanTallo)

Konferensi pers terkait status Gunung Anak Krakatau di Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (12/27). Naiknya status Gunung Anak Krakatau membuat raidus bahaya yang semula 2 kilometer diperluas menjadi 5 kilometer. (Liputan6.com/JohanTallo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementerian PUPR Gandeng Undip Dirikan Politeknik

Posted: 26 Dec 2018 09:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) kini telah resmi mendapat penyerahan izin dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) untuk mendirikan Politeknik PU. Pendirian Politeknik PU ini guna mencetak tenaga kerja terampil bersertifikat D1, D2 dan D3.

Penyerahan izin itu ditandai dengan sesi serah terima antara Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Ruang Serbaguna Kementerian PUPR, Jakarta, Kamis (27/12/2018).

Dalam sambutannya, Mohamad Nasir mengatakan, Politeknik PU ini akan diselenggarakan diselenggarakan di Universitas Diponegoro Semarang sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), untuk mencetak tenaga kerja berkompetensi tinggi dari lingkup pendidikan vokasional.

Ini karena menjadi sangat penting men-supply tenaga kerja di Indonesia dengan baik. Dalam politeknik, dosen selama ini syaratnya harus S2. Saya sudah keluarkan kebijakan, kalau politeknik 50 persen dari akademik, 50 persen dari industri," papar dia.

Dia menambahkan, lulusan ke depan tidak cukup hanya dapat ijazah. "Pekerjaan itu yang dicari bukan masalah ijazah, tapi kompetensi. Oleh karena itu, ke depan mahasiswa harus mendapatkan sertifikat kompetensi pada bidangnya," tegas dia.

Sementara itu, Kepala BPSDM Kementerian PUPR, Lolly Martina Martief mengutarakan, kerja sama Kementerian PUPR dengan UNDIP untuk Politeknik PU ini nantinya akan memiliki lingkup pada pemanfaatan lahan, tenaga pengajar, Laboratorium dan Peralatan, serta kerjasama lainnya dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

 

Usul Tiga Program Studi

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono menggelar konferensi pers di Jakarta, Selasa (4/12). Kementerian PUPR menghentikan sementara pembangunan jalan Trans Papua segmen 5  menyusul penembakan terhadap para pekerja BUMN PT Istaka Karya. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Untuk tahap awal, sambungnya, Politeknik PU mengusulkan pendirian tiga Program Studi, diantaranya Teknologi Konstruksi Bangunan Air, Teknologi Konstruksi Bangunan Gedung, dan Teknologi Konstruksi Jalan dan Jembatan.

"Pendidikan Politeknik PU diselenggarakan untuk memenuhi kebutuhan SDM lulusan program pendidikan yang spesifik bidang ke-PU-an. Lulusan Politeknik PU diharapkan mempunyai kemampuan dalam pelaksanaan, pengawasan, dan pemeliharaan Konstruksi Bangunan air, Konstruksi Bangunan Gedung,  dan Konstruksi Jalan dan  Jembatan serta pengoperasian peralatan dan teknologi konstruksi," urainya.

Di sisi lain, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan, Politeknik PU akan mulai menerima mahasiswa sesuai dengan tahun ajaran baru 2019. Secara jumlah, ia memperkirakan, Politeknik PU bakal menggaet sekitar 150 mahasiswa baru.

"Ini tiga bidang studi, kalau saya pikir 50-50-50 bisa 150 orang," ujar dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nikahan Anti-Mainstream, Pengantin Tampilkan Band Metal Saat Resepsi

Posted: 26 Dec 2018 09:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketika menghadiri undangan pernikahan, kalian tentu sudah tak asing melihat hiburan musik yang disajikan pihak pengantin. Memang sudah sewajarnya mempelai pengantin mempersembahkan hiburan untuk memeriahkan acara pernikahan dan menghibur para tamu.

Biasanya hiburan musik yang paling banyak dipilih untuk mengisi acara pernikahan ialah musik dangdut maupun pop. Namun ada yang berbeda dengan pesta pernikahan yang baru-baru ini viral.

Kalian tentu tak jarang disuguhkan dengan musik dangdut atau musik romantis di suatu pesta pernikahan, namun bagaimana dengan musik rock? Baru-baru ini beredar video yang memperlihatkan sebuah band metal tampil dalam pesta pernikahan.

Dalam video yang beredar di Twitter itu terlihat band metal tersebut menyanyikan lagu rock tepat di sebelah kedua mempelai. Kedua mempelai nampak santai dan menikmati sajian musik tersebut. Sementara itu terdengar gelak tawa dari para tamu undangan yang merekam video tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Antimainstream

band metal di pernikahan (foto: twitter/@flutulang_)

Video yang diunggah akun twitter @flutulang_ ini sontak menjadi perbincangan warganet. Banyak yang mengatakan bahwa pilihan kedua mempelai pengantin ini sangat antimainstream.

"Karena dangdutan dan organ tunggal di acara nikahan udah sangat2 mainstrim," tulis akun @medyudhapradja.

"Haha.. anti mainstrem bangat," kata akun @johneliad sependapat.

Sementara akun @KHalalmu menulis "Alhamdulillah, pengantin gk ada riwayat penyakit jantung, bisa berabe tuh."

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Tragis Penyu Laut Mati di Pantai Laguna Tempatnya Bertelur

Posted: 26 Dec 2018 09:01 PM PST

Liputan6.com, Kebumen - Sabtu, 23 Desember 2018, warga Desa Lembupurwo Kecamatan Mirit Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah dikejutkan oleh penemuan bangkai penyu laut yang terdampar di Pantai Laguna Lembupurwo.

Ironisnya, Pantai Laguna diketahui adalah tempat penyu-penyu laut bertelur. Dan itu berlangsung sejak puluhan atau bahkan ratusan tahun silam.

Bahkan, kini jejak kejayaan Pantai Laguna sebagai tempat bertelur penyu masih bisa dibuktikan. Dalam setahun, setidaknya terdeteksi sebanyak lima atau enam ekor penyu naik ke pantai untuk bertelur.

Penyu adalah hewan lamban dan pemalu. Penyu biasanya bertelur pada pukul 23.00 WIB, hingga dini hari, pada musim puncak kemarau yang ditandai dingin kering menggigit.

Namun, bukan berarti pula jumlah penyu yang bertelur hanya enam ekor yang terdeteksi saat itu. Sebab, tak mungkin warga atau pemuda tiap malam melakukan ronda untuk memantau penyu bertelur.

Bisa jadi, jumlah yang bertelur lebih dari jumlah yang sempat terdeteksi. Sebab, pantai Laguna cukup luas, memiliki garis pantai kisaran 2-3 kilometer.

"Biasanya bertelur sekitar Juli dan Agustus. Pas dingin-dinginnya," ucap Pengurus Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmawas) Lembupurwo, Marzuki, Selasa, 25 Desember 2018.

Pantai Laguna ini tampaknya memang disukai penyu untuk bertelur. Sebab, di pantai terdapat rawa nan luas yang menjorok ke daratan, dengan permukaan air yang jauh lebih tenang dibanding Samudera Hindia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Pantai Laguna Mulai Tercemar Sampah Plastik

Bangkai penyu laut ditemukan terdampar di Pantai Laguna, Lembupurwo, Kebumen. (Foto: Liputan6.com/Istimewa/Muhamad Ridlo)

Di pantai ini, gumuk-gumuk pasir bisa menjadi tempat berlindung, dari angin maupun kemungkinan gelombang pasang. Barangkali, di sini lah tukik-tukik lahir.

Rawa itu adalah tempat berkembang biak ikan, udang, dan kepiting. Anak-anak ikan dan kepiting mencari makan di rawa ini.

Barangkali, penyu yang ditemukan mati di Pantai Laguna Lemupurwo itu adalah tukik yang lahir di tempat ini, bertahun silam. Memang, hingga saat ini tak ada kesimpulan pasti penyebab kematian penyu ini.

Marzuki pun mengaku tak mengetahui pasti penyebab kematian penyu ini. Hanya saja, penyu itu terdampar bersamaan dengan menepinya puluhan kubik sampah plastik dan berbagai material lain.

Namun, lantaran tidak ada pemeriksaan oleh yang berwenang, ia tak bisa memastikan apakah penyu ini memang benar mati lantaran mengonsumi plastik.

"Masalah dugaan mati, saya kurang paham. Tetapi yang jelas, itu kan bareng dengan kotoran kayu, plastik. Soalnya keluarnya sudah membengkak. Jadi tidak bisa memprediksi," Marzuki menerangkan kepada Liputan6.com.

Dia mengungkapkan, sampah plastik sangat mengganggu ekosistem ikan dan hewan lain di Pantai Laguna Lembupurwo. Tak hanya itu, nelayan pun semakin sulit mencari ikan. Sebab, sampah hanyut hingga tengah lautan dan menyulitkan penangkapan ikan.

Mangrove, Upaya Warga Menjaga Pantai Laguna

Pantai Laguna Desa Lembupurwo, Kebumen, kini menjadi destinasi wisata yang diminati. (Foto: Liputan6.com/Marzuki untuk Muhamad Ridlo)

Warga pun tak tinggal diam dengan kondisi ini. Untuk menjaga ekosistem Pantai Laguna Lembupurwo, mereka bekerja sama dengan berbagai pihak. Masyarakat mulai menanam mangrove sejak 2008 lalu.

Tahun ini, masyarakat kembali menanam sebanyak 50 ribu batang mangrove. Rencananya, tahun 2019 esok, sebanyak 20 ribu batang mangrove juga akan ditanam di kawasan ini.

Kawasan mangrove menjadi kawasan perkembangbiakan dan tumbuh kembang ikan, kepiting, berbagai jenis udang, dan tentu, penyu muda. Mangrove akan bermanfaat dan berdampak baik dalam jangka panjang.

Selain menjaga ekosistem laut, mangrove ini ditanam untuk mengurangi dampak abrasi. Pada akhir 2018 ini, masyarakat dibantu oleh beberapa pihak, termasuk Kementerian LH telah menanam mangrove di kawasan sepanjang dua kilometer, dengan luas kisaran 10 hektare.

"Penyu bertelur di wilayah sini, sering banget kalau musim-musim dingin, musim kemarau. Itu biasanya bertelur di wilayah sini," dia menambahkan.

Untuk mengurangi dampak sampah plastik, ia pun mengimbau agar masyarakat mulai membiasakan diri untuk tidak membuang sampah sembarangan, terutama ke sungai.

Sebab, di antara sampah yang dibuang, ada sampah yang tak bisa terurai, misalnya plastik. Plastik akan menganggu ekosistem sungai dan laut.

"Nelayan juga mengeluh. Tumpukan sampah ditemukan satu kilometer di tengah laut," dia mengungkapkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kaleidoskop Olahraga Nasional 2018: Asian Games Bersejarah

Posted: 26 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tahun 2018 sudah mendekati akhir. Dalam kaleidoskop olahraga nasional, sepanjang 2018, Indonesia banyak mendapat catatan positif mulai Januari hingga Desember.

Puncaknya tentu ada di bulan Agustus 2018. Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games, ajang olahraga multicabang terbesar di dunia setelah Olimpiade.

Tak sekadar menjadi tuan tumah, Indonesia juga mencatatkan prestasi sempurna. Kontingen Tim Merah Putih finis di posisi keempat dengan koleksi 31 medali emas, 24 perak, dan 43 perunggu. Hasil ini menjadi pencapaian tertinggi Tim Merah Putih selama ikut serta di Asian Games.

Indonesia menjadi satu-satunya negara Asia Tenggara yang berada di peringkat 10 besar. Hasil ini melibihi target yang dibebankan pemerintah melalui Kemenpora, yakni 16 medali emas.

Berikut rangkuman peristiwa olahraga nasional sepanjang tahun 2018 yang dirangkum dalam sebuah kaleidoskop.

Januari-Februari

Anthony Sinisuka Ginting. (PBSI)

Januari

Prestasi olahraga nasional diawali dari dunia badminton. Indonesia memborong dua gelar di Indonesia Master yang berlangsung pada 23 hingga 28 Januari 2018.

Gelar pertama diraih Anthony Sinisuka Ginting. Dia berhasil mengalahkan tunggal andalan Jepang, Kazumasa Sakai dalam pertarungan dua set, 21-13 dan 21-12.

Gelar kedua di Indonesia Masters 2018 diraih ganda terbaik dunia Marcus Gideon/Kevin Sanjaya. Mereka mengalahkan ganda Tiongkok, Li Junhui/Liu Yuchen dalam pertarungan tiga set 11-21, 21-10, dan 21-16.

Februari

Persija Jakarta menjadi kampiun Piala Presiden 2018. Ajang ini diselenggarakan pada 16 Januari hingga 17 Februari 2018.

Di partai final, yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Persija mengalahkan Bali United dengan skor telak 3-0. Bahkan, striker Persija, Marko Simic terpilih sebagai pemain terbaik dan top scorer Piala Presiden 2018 dengan 11 gol.

Maret-April

Bek Indonesia U-23, Gavin Kwan Adsit (tengah) mencoba menerobos kawalan pemaian Uzbekistan saat laga PSSI Anniversary 2018 di Stadion Pakansari, Kab Bogor, Kamis (3/5). Laga imbang 0-0. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Maret

Liga 1 2018 akhirnya digulirkan pada 23 Maret setelah melewati beberapa kali penundaan. Dimulainya Liga 1 ditandai dengan meriahnya Piala Presiden yang dimenangkan Persija pada laga pramusim.

Liga 1 dibuka dengan laga Bhayangkara FC sebagai juara bertahan Liga 1 2017 melawan Persija yang baru saja memenangkan Piala Presiden. Laga digelar di SUGBK, meski bukan kandang Bhayangkara FC.

April

PSSI menggelar anniversary cup dalam rangka ulang tahun mereka ke-88. Ada tiga negara yang lain yaitu Uzbekistan, Bahrain dan Korea Utara.

Indonesia diwakili Timnas U-23 pada turnamen yang dimulai 27 April dan berakhir 2 Mei itu. Namun sayangnya, Indonesia gagal mencetak sebiji gol pun di turnamen yang dijuarai Bahrain ini.

Mei-Juni

Hendra Setiawan / Mohammad Ahsan gagal menyumbangkan poin untuk Indonesia saat menghadapi Tiongkok pada semifinal Piala Thomas 2018 di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Jumat (25/5/2018). (Humas PP PBSI)

Mei

Di bulan Mei 2018, sorotan pencinta olahraga nasional tertuju pada ajang Piala Thomas dan Uber 2018. Kejuaraan dunia beregu bulutangkis ini digelar di Bangkok, Thailand pada 20-27 Mei 2018.

Indonesia tampil menjanjikan di fase grup Piala Thomas 2018. Kevin Sanjaya dan kawan-kawan selalu menang dari tiga pertandingan melawan Korea Selatan, Thailand dan Kanada. Di babak pertempat final, Indonesia menyisihkan Malaysia 3-1.

Sayangnya perjuangan Indonesia di Piala Thomas 2018 harus terhenti di semifinal. Menghadapi Tiongkok, Indonesia menyerah 1-3. Tiongkok akhirnya yang menjadi juara Piala Thomas usai mengalahkan Jepang di final 3-1.

Adapun di Piala Uber 2018, Indonesia harus terhenti di babak perempat final. Setelah menjadi runner-up di fase grup, Indonesia dihentikan tuan rumah Thailand usai kalah 2-3. Jepang yang menjadi juara Piala Uber 2018. Di final, Jepang menekuk Thailand 3-0

Juni

Memasuki bulan Juni, sorotan tertuju ke Go-Jek Liga 1 bersama Bukalapak. Ada super big match yang dinanti-nantikan pencinta bola tanah air di bulan Juni ini yakni Persija Jakarta melawan Persib Bandung pada 30 Juni 2018.

Duel Persija vs Persib ini seharusnya digelar bulan April. Setelah terjadi tarik ulur, laga Persija vs Persib akhirnya jadi digelar di Stadion PIK, Blok M, Jakarta Selatan. Polda Metro Jaya tidak memberi izin pertandingan Persija vs Persib digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Bermain di Stadion PIK, Persija Jakarta berhasil meraih kemenangan tipis 1-0 atas Persib, gol tunggal Persija dicetak pemain belakang Jaimerson Xavier.

Juli-Agustus

Pesta kembang api saat pembukaan Asian Para Games di SUGBK, Jakarta, Sabtu (06/10/2018). Pembukaan dimeriahkan aksi para penyandang disabilitas. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Juli

Indonesia Open digelar di Jakarta pada 3 Juli hingga 8 Juli 2018. Event ini digelar di Istora Senayan yang baru selesai direnovasi.

Hasilnya sungguh memuaskan pecinta bulu tangkis tanah air. Pasalnya Tim Merah Putih meraih gelar untuk nomor ganda campuran dan ganda putra.

Agustus

Agustus menjadi bulan terbesar bagi dunia olahraga tanah air. Pasalnya, Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games yang digelar di dua kota, Jakarta dan Palembang.

Selain sukses penyelenggaraan, Indonesia juga mampu mencatatkan prestasi bagus. Tim Merah Putih finis di posisi keempat pada klasemen akhir dengan koleksi 31 emas, 24 perak, dan 43 perunggu.

September-Oktober

Jendi Panggabean perenang Indonesia saat beraksi pada kualifikasi cabang renang nomor 100 meter gaya bebas putra klasifikasi S9 Asian Para Games 2018 di Stadion Akuatik, Gelora Bung Karno Jakarta, Senin (8/10/2018). (Bola.com/Peksi Cahyo)

September

September 2018 menjadi momen bersejarah bagi bangsa Indonesia. Pasalnya, Indonesia berhasil menyelenggarakan Asian Games 2018 dengan sukses di Jakarta- Palembang. Bukan cuma sukses penyelenggaraan, Indonesia juga berhasil dalam raihan medali. Setelah pembukaan yang mengundang decak kagum, para atlet Indonesia juga tampil maksimal di Asian Games 2018.

Kontingen Indonesia mengakhiri Asian Games 2018 di urutan keempat dengan raihan 31 medali emas, 24 medali perak, dan 43 medali perunggu. Sumbangan medali paling banyak datang dari cabang pencak silat yakni 14 medali emas, dan 1 perunggu.

Oktober

Kesuksesan di Asian Games berlanjut di Asian Para Games yang berlangsung pada 6 Oktober hingga 13 Oktober 2018. Total, ada 37 medali emas, 47 medali perak, dan 51 medali perunggu yang dipersembahkan kontingen Indonesia di Asian Para Games.

Capaian itu melampaui target yang diberikan pemerintah yakni masuk delapan besar dengan minimal 16 medali emas. Tiongkok menjadi juara umum dengan total 319 medali, melanjutkan kesuksesan mereka yang juga juara umum di Asian Games 2018.

November-Desember

Pemain Persija Jakarta bersama The Jakmania melakukan pawai merayakan gelar juara Liga 1 musim 2018 di Bundaran HI, Jakarta, Sabtu (15/12). Persija berhasil juara Liga 1 usai mengalahkan Mitra Kukar. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

November

November menjadi bulan sedih bagi sepak bola nasional Indonesia. Timnas Indonesia di bawah asuhan Bima Sakti tak berdaya di Piala AFF 2018. Mereka sudah tersingkir di fase grup.

Dari empat pertandingan di grup, Timnas Indonesia hanya sekali menang 3-1 atas Timor Leste. Di luar itu, Hansamu Yama dan kawan-kawan kalah dari Singapura (0-1) dan Thailand (2-4), plus imbang 0-0 lawan Filipina.

Desember

Persija Jakarta akhirnya mewujudkan ambisinya jadi yang terbaik di sepak bola Indonesia. Tim kebanggaan ibu kota ini tampil menjadi juara Liga 1 2018 usai di laga terakhir mengalahkan Mitra Kukar 2-1.

Total, Persija mengumpulkan 62 poin dari 34 pertandingan. Mereka unggul satu poin dari PSM Makassar yang berada di posisi kedua klasemen akhir Liga 1.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Paras Menawan Pulau Sebesi Sebelum Tertutup Abu Vulkanik Gunung Anak Krakatau

Posted: 26 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Abu vulkanik hasil aktivitas Gunung Anak Krakatau sampai menutupi Sebesi, pulau kecil di dekatnya. Dentuman gunung di perairan Selat Sunda itu pun terus kencang terdengar diikuti kilatan menakutkan di langit.

Beberapa waktu belakangan, suasana di sana sangat mencekam. Padahal, Pulau Sebesi di hari-hari biasa sebenarnya jadi tujuan tak sedikit wisatawan. Pesona pulau yang dikenal lewat kesuburan tanahnya itu banyak menarik pelancong.

Meramaikan destinasi wisata menawan di kawasan Lampung, Pulau Sebesi tak semata jadi tempat untuk menikmati megah Anak Krakatau dari kejauhan. Ada banyak aktivitas seru yang ditawarkan di sini.

Dilansir dari dinaspariwisata.lampungprov.go.id, Kamis (27/12/2018), jelajah pulau dengan menyewa ojek sambil berinteraksi dengan penduduk lokal dan bersantai di pantai-pantainya adalah sedikit aktivitas yang bisa dilakukan di sini.

Seperti pulau lain di wilayah Lampung, Sebesi menawarkan eksotisme pesisir yang akan 'memaksa' Anda menikmati suasana santai. Bentangan pasir putih hangat nan lembut di kaki berpadu dengan biru air laut yang masih bersih, serta sepoi angin tentu membuat siapapun rela berlama-lama.

Dengan letaknya, Pulau Sebesi dinilai sebagai salah satu tempat paling tepat untuk menikmati matahari terbit di Selat Sunda. Pemandangan ini bisa dinikmati di sepanjang sisi timur pulau, salah satunya dari tepi Dermaga Tejang.

Di samping cahaya fajar yang sangat mungkin terdiri atas ragam 'ledakan' warna, hiruk pikuk masyarakat hendak menyeberang ke daratan juga bisa jadi objek menarik bagi Anda para penyuka fotografi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Keindahan Tak Hanya di Daratan

Para pengungsi turun dari kapal ferry di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Rabu (26/12). Aktivitas gunung berapi anak Krakatau yang mengakibatkan gelombang tsunami 22 Desember lalu memaksa belasan ribu orang mengungsi. (AFP Photo/Mohd Rasfan)

Usai berburu matahari terbit, Anda bisa menyewa jukung, semacam perahu kecil, milik nelayan untuk jelajah pulau-pulau kecil di sekitarnya seperti Pulau Sebuku Kecil yang sangat cocok untuk jadi spot snorkeling. Ragam bentuk dan warna karang berserta ikan-ikan kecil di sana akan memanjakan pandangan selama berada di bawah air.

Jika satu hari dinilai tak cukup untuk menikmati pesona Pulau Sebesi, Anda bisa bermalam di sini. Terdapat cottage yang terletak sekitar 200 meter dari Dermaga Tejang. Namun, bila ingin merasakan hidup dan tinggal bersama penduduk lokal, Anda bisa menginap di rumah warga yang sudah biasa menampung pendatang dengan biaya sangat terjangkau.

Untuk urusan perut, tidak perlu khawatir. Terdapat cukup banyak warung menawarkan ragam sajian berharga terjangkau berupa camilan dan makanan berat dengan ragam tawaran lauk di sekitar pemukiman warga.

Yang harus jadi catatan, aliran listrik di [Pulau Sebesi]( "") tak ada sepanjang waktu. D sini hanya terdapat listrik diesel hasil swadaya masyarakat yang tersedia dari sore hingga tengah malam. Jadi, perhatikan penggunaan peralatan elektronik Anda selama berada di sini agar tidak boros energi. 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kapan Bayi Boleh Minum Air Putih?

Posted: 26 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Meski air putih baik untuk kesehatan, ada aturan untuk bayi dalam mengonsumsinya. Bayi yang belum genap 6 bulan, belum boleh mendapat asupan air putih, kenapa? Mommy Desi Wijaya dari Babyologist berbagi pengalaman seputar asupan air putih untuk bayi.

Untuk mengetahui aturan minum air putih pada bayi, saya bertanya langsung ke DSA. Ternyata bayi newborn sampai 6 bulan (ketika belum mulai MPASI) TIDAK DIANJURKAN minum air putih, kalau bisa full ASI/Susu Formula.

Namun, mama saya menganjurkan minum air putih walau tetap minum ASI. Apalagi jika bayi minumnya susu formula, karena sifat sufor panas jadi harus diberikan minum air putih. This is super big NO. Karena ASI sendiri sudah 80% mengandung air. Jadi, untuk apa ditambahkan air putih?

ASI itu kandungannya sudah lengkap sekali. Foremilk-nya bisa menghilangkan haus bayi, Hindmilk-nya bisa membuat bayi ternutrisi dan lebih kenyang. Jadi, minum ASI saja selama 6 bulan sudah sangat cukup untuk bayi.

Mengenai susu formula. Susu formula cara membuatnya juga pakai air matang. Jadi berasal dari air juga. Sebaiknya pembuatan susu formula disesuaikan dengan takarannya, jangan diencerkan. Karena jika diencerkan berarti sang bayi mendapat nutrisi kurang dari takaran susunya akibat terlalu banyak air. Kalau di bawah usia 6 bulan, bayi itu sudah minum air juga kok dari ASI / susu formula. Tidak perlu khawatir ya Moms.

Jadi kapan sebaiknya minum air putih? Saat bayi sudah mulai MPASI paling tepat dan itu juga masih kita batasi ya Moms karena konsumsi susunya masih lumayan banyak.

Karena pemberian air putih yang tidak sesuai dosisnya bisa membahayakan bayi loh. Berikut ini risikonya:

  • Risiko bayi diare: risiko bayi diare biasanya karna air mineral yang dikonsumsi bayi tidak dimasak dahulu. Sebaiknya air mineral selalu dimasak di suhu 70 derajat celcius dan diberikan kepada bayi setelah air bersuhu suam-suam kuku.
  • Risiko gizi buruk: karena konsumsi ASI akan sangat berkurang jika bayi ASI diberikan air putih. Mengapa? Karena bayi ASI akan kenyang terlebih dahulu setelah minum air putih.

Semoga bermanfaat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Steve Emmanuel Selundupkan Kokain dari Belanda

Posted: 26 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pesinetron Steve Emmanuel harus berurusan dengan hukum. Ia kedapatan memiliki narkoba berjenis heroin saat diciduk Satuan Narkoba Polres Jakarta Barat.

Tak tanggung-tanggung, kokain yang diamankan polisi dari tangan Steve Emmanuel sangat banyak.

Steve Emmanuel menyimpannya dalam sebuah kotak kecil dengan beberapa alat untuk membantu dia mengkonsumsi barang haram tersebut.

Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan, polisi menyita narkotika jenis kokain dari tangan Steve Emmanuel. Tak hanya itu, polisi juga mengamankan alat hisap kokain (bullet) dari Steve Emmanuel.

 

 

 

 

Bawa Kokain dari Belanda

Steve Emmanuel saat menjalani pemeriksaan

"Barang (bukti) kokain ditemukan seberat 92,04 gram. Dia sudah pakai 8 gram. Total berarti kokain yang dimiliki 100 gram," kata Argo.

Kini polisi masih mendalami kepemilikan kokain dari tangan Steve Emannuel. Terlebih ia mengaku membeli kokain dari Negeri Kincir Angin, Belanda.

‎"Jadi ini yang bersangkutan, dia menyelundupkan ke Indonesia. Dia belinya dari Belanda," kata Argo.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Analis: PS5 dan Xbox Scarlett Bakal Rilis pada 2021

Posted: 26 Dec 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sudah jadi rahasia umum kalau Microsoft dan Sony telah mempersiapkan konsol terbaru mereka, yakni Scarlett (kode nama Xbox terbaru) dan PS5.

Namun, informasi tentang bagaimana bentuknya, kapan dirilis, dan fitur apa yang diusung kedua konsol tersebut masih menjadi rahasia.

Simpang siur dan perdebatan kapan kedua konsol tersebut meluncur di pasaran pun ramai di internet.

Beberapa berpendapat kalau PS5 dan Xbox terbaru itu bakal meluncur pada 2019 atau 2020.

Namun, salah satu analis gadget menungkap kedua konsol tersebut bakal meluncur di pasaran tiga tahun mendatang, yakni 2021.

Terlepas banyak dugaan atau prediksi saat ini, Lewis Ward, selaku analis IDC mengatakan kedua konsol itu tidak akan meluncur pada 2019 atau 2020, tetapi pada 2021.

"Saya tidak yakin," kata Ward ketika ditanya apakah dia yakin Microsoft akan merilis Xbox Scarlett lebih awal ketimbang PS5.

"Saat ini saya memproyeksikan kedua konsol akan debut pada 2021, setahun lebih lambat dari perkiraan banyak analis," tambahnya seperti dilansir GamingBolt, Kamis (27/12/2018).

 

PS5 Belum Perlu Dirilis?

Logo PlayStation. (Doc: Sony)

Berkaca dari bagaimana masing-masing perusahaan pembuat konsol (Sony, Microsoft, dan Nintendo) yang berlomba-lomba untuk lebih unggul dari pesaingnya.

Saat ini, Sony tampaknya belum memiliki alasan untuk meluncurkan konsol terbarunya di pasaran.

Bagaimanapun juga, PS4 merupakan salah satu konsol gim paling sukses saat ini.

Selain itu, PS4 juga memiliki beberapa judul gim eksklusif yang bakal meluncur dalam waktu dekat ini, termasuk Death Stranding buatan Hideo Kojima, dan The Last of Us: Part 2.

 

Spesifikasi PS5 Bocor?

Mock up konsol PlayStation 5. (Doc: V3)

Sebelumnya diwartakan, PS5 bakal mengusung prosesor dan GPU (kartu grafis) yang dirancang secara khusus oleh AMD, yakni Zen dan Navi.

Sony memilih menggunakan prosesor dan kartu grafis baru besutan AMD untuk konsol generasi berikutnya tersebut.

Ini merupakan kedua kalinya Sony dikabarkan bakal menggunakan teknologi hardware terbaru milik AMD.

Kolaborasi Sony dengan AMD untuk GPU Navi memang sudah lama beredar di internet, atau lebih tepatnya semenjak Raja Koduri menjabat sebagai bos Radeon Technologies Group.

Laporan juga tidak menyebutkan secara detail apakah AMD akan merakit system-on-chip (SoC) khusus berbasis chipset Zen atau Sony akan menggunakan komponen lain untuk 'otak' konsol PS5 itu.

Hingga saat ini, masih belum juga diketahui apakah GPU yang terpasang di konsol PS5 akan terintegrasi atau terpisah.

(Ysl/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Doa Lintas Agama di Belanda untuk Korban Tsunami Selat Sunda

Posted: 26 Dec 2018 08:59 PM PST

Liputan6.com, Den Haag - Pada Rabu, 26 Desember 2018, KBRI Den Haag bekerja sama dengan Badan Kerjasama Umat Kristiani (BKUKIN), NBB Belanda, dan Sekebe Gamelan Semara Gita menyelenggarakan 'Doa Lintas Agama' untuk korban tsunami Selat Sunda 22 Desember 2018.

Kegiatan itu dihadiri oleh Duta Besar RI untuk Kerajaan Belanda, I Gusti Agung Wesaka Puja, wakil-wakil tokoh agama dan ribuan masyarakat Indonesia di Belanda.

Perhelatan dikemas dalam nuansa Gebyar Budaya Indonesia yang diselenggarakan di Event Plaza, Lange Kleiweg, Rijswijk, Belanda.

Acara dimulai dengan Ibadah Natal dilanjutkan dengan upacara Galungan, penyalaan lilin oleh tokoh-tokoh agama dan ditutup dengan Gebyar Budaya Indonesia.

Dalam acara dimaksud dilaksanakan doa bersama untuk negeri agar Bangsa Indonesia selalu damai, sejahtera dan terhindar dari segala bencana dan malapetaka, demikian seperti dikutip dari rilis resmi KBRI Den Haag yang diterima Liputan6.com, Kamis (27/12/2018).

Duta Besar RI yang membuka secara resmi menyampaikan, acara ini diselenggarakan sebagai bentuk solidaritas dan untuk mendoakan saudara-saudara kita para korban becana tsunami Selat Sunda yang berdampak di Banten dan Lampung.

Selain itu, acara ini juga diselenggarakan sebagai bentuk rasa syukur atas keharmonisan, kerukunan, kedamaian dan persaudaraan diantara WNI di Belanda dan tanah air Indonesia.

"Semoga acara ini menjadi momentum buat kita semua untuk saling mendoakan, berbagi dan mempererat silaturahmi di antara kita. Perbedaan merupakan sumber kekuatan bagi kita semua sebagai Bangsa Indonesia", Tegas Dubes Puja.

Acara ini merupakan cerminan kerukunan, persaudaraan, solidaritas, serta keharmonisan hubungan beragama Warga Negara Indonesia di Belanda.

Acara berlangsung dengan khidmat, penuh kehangatan dan keakraban dengan kehadiran ribuan masyarakat Indonesia di Belanda. Gebyar Budaya merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh KBRI Den Haag dalam rangka pembinaan masyarakat dan mempererat hubungan silaturahmi dengan sesama WNI di Belanda.

Sebagai penutup acara, para WNI disuguhkan dengan berbagai penampilan kekayaan kesenian dan makanan Nusantara.

 

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Steve Emmanuel Akui Pakai Kokain Sejak 2008

Posted: 26 Dec 2018 08:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pesinetron Steve Emmanuel (35) ditangkap polisi terkait kepemilikan narkoba. Steve mengaku telah menggunakan kokain sejak 2008.

"Dia menggunakan kokain sejak 2008 dan mengaku untuk penggunaan sendiri. Ini keterangan dari pelaku awalnya ia diberi dari temannya, dia mencoba-coba," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono di Polres Jakbar, Kamis (27/12/2018).

Steve Emmanuel ditangkap di lobi apartemen Kondominium Kintamani A/17/6 RT 001/ 014 Kelurahan Pela Mampang, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, dengan barang bukti 92,04 gram kokain, alat bantu isap kokain (bullet), dan handphone.

"Pesan dari Belanda hampir satu ons, kenapa Belanda? Karena dari Indonesia (kokainnya) kurang bagus," ujar Argo.

Dia menyatakan, penangkapan Steve berdasar informasi dari masyarakat. "Berdasar informasi dari seseorang yang tak mau disebut bahwa ada laki-laki inisial S membawa barang mencurigakan dari Belanda pada 11 September 2018 pukul 11.00 WIB," ungkapnya.

"Digeledah ada di sakunya ada alatnya, akhirnya penyelidikan ke kamar dan ditemukan kokain dalam toples," ucap Argo.

Steve Emmanuel dijerat Pasal 114 ayat 2 subsidair 112 ayat 2 UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika. Ia terancam hukuman pidana mininum 5 tahun dan maksimum seumur hidup.

Lolos Pemeriksaan Bandara

Artis Steve Emmanuel ditangkap polisi karena kasus narkoba. (Istimewa)

Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Hengki Haryadi mengatakan akan menyelidiki lebih lanjut bagaimana kokain hampir 1 ons itu bisa lolos dari pemeriksaan bandara dan masuk ke Indonesia. "Kita akan menyelidiki lagi," ucap Hengki.

Saat rilis kasusnya di Polres Metro Jakarta Barat, Steve tampak menggenakan pakaian tahanan narkoba bernomor 22, bercelana pendek, dan sandal jepit. Steve juga mengenakan masker dan nampak menunduk.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kuartal Pertama 2019, IHSG Diprediksi Bakal Ada di Level Ini

Posted: 26 Dec 2018 08:47 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Reliance Sekuritas Indonesia (RELI) memprediksi, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada kuartal pertama 2019, berada di rentang 6.250 dan 6.378.

Kepala Riset RELI Lanjar Nafi menjelaskan, prediksi itu didasari aspek historis, IHSG semakin solid dan tak terpengaruh kampanye politik pemilu maupun pilpres.

Lanjar menjelaskan, tahun depan prospek investasi cukup baik. Dimana jika melihat historis 3 tahun pemilu kebelakang, IHSG terus mencatat return yang cukup tinggi. Secara akumulasi tahunan pada pemilu 2004 IHSG mampu naik 32,85 persen.

"Pemilu 2009 IHSG mengalami kenaikan sebesar 90,17 persen. Sedangkan pemilu 2014 naik 18,29 persen,"ujar Lanjar, Kamis (27/12/2018).

Secara sektoral, saham yang mengalami rata-rata return terbesar lebih dari 50 persen selama 3 pemilu terakhir dari 2004, 2009 dan 2014 adalah sektor Aneka Industri, Pertambangan, Keuangan Perbankan, Pertanian dan Properti.

"Adapun IHSG di kuartal satu, bisa menguji 6.250 6.378. Secara teknikal menguji resistance tersebut jika IHSG masih kuat diatas 6100," kata Lanjar.

Dengan angka optimisik itu, Lanjar menilai, investasi di bursa masih prospektif. Apalagi ekonomi dalam negeri terus tumbuh. Belum lagi ditambah beberapa kebijakan pemerintah di tahun ini yang mungkin akan terasa pada tahun depan.

Meskipun, kata Lanjar, secara sentimen global cukup memanas pada tensi perdagangan AS-China akan sedikit menghambat prospek IHSG di tahun depan.

Lanjar menjelaskan, jika tahun ini IHSG mampu ditutup di 6200, maka valuasi RELI tahun depan akan berada di kisaran 7.100 dengan asumsi BI 7 days Repo Rate akan naik maksimal 3x dilevel 6,75 persen.

Kemudian inflasi berada di level mendekati 4 persen serta GDP yang masih optimis 5,2 persen dan Rupiah yang terjaga di bawah level 16.000 per USD.

"Momen politik tidak akan terpengaruh luar biasa. Pengaruh secara signifikan tidak, karena politik global antara AS dan China lebih panas. Mampu menarik investor asing dari emerging market," tegasnya.

 

Saham Dicermati

Ilustrasi Foto Perdagangan Saham dan Bursa (iStockphoto)

Lalu, saham apa yang layak dilirik di awal tahun 2019? Saham-saham Produsen CPO, dari hasil hitungan RELI, cukup berpeluang seperti AALI dan LSIP hingga produsen pertanian lain seperti TBLA.

Perbankan pun layak untuk dicermati dengan BMRI, BBCA, BBRI dan BBNI serta property seperti WSKT dan PWON. Pertambangan batubara dan Emas seperti PTBA, ITMG, ADRO dan ANTM dan sektor aneka Industri seperti ASII.

"Selebihnya mulai dicermati saham-saham konstruksi BUMN seperti ADHI, PTPP, WIKA, WTON dan Infrastruktur JSMR," ujar Lanjar.

Karena di tahun politik, trading pun tetap melihat pergerakan pasar. Kata Lanjar, trading maksimal jangka menengah dibawah 3 sampai 6 bulan dengan batasan stop-loss dinaikan sekitar 4 persen-5 persen pada saham-saham yang memiliki fundamental atau kinerja laporan keuangan pada tahun 2018 cukup baik.

Sementara itu, Direktur RELI Sriwidjaja Rauf menambahkan, selalu cermati harga saham. Karena bagi para risk taker, ketika indeks turun tajam, justru momen tepat untuk kembali mengoleksi saham-saham pilihan, blue chips yang mengalami koreksi dalam.

Pasar boleh saja terkoreksi dalam, namun bagi mereka yang memiliki prinsip investasi jangka panjang, selalu meraih cuan karena koreksi selalu diikuti dengan kenaikan dalam rentang jangka panjang.

Keuntungan investasi jangka panjang ditemukan dalam hubungan antara volatilitas dan waktu. Jangan lupa, investasi jangka panjang juga bisa menghemat biaya lainnya, seperti biaya transaksi dari perdagangan aktif.

Investasi saham, tetap layak dipilih dan prospektif, jika digunakan untuk jangka panjang.Agar hasil investasi maksimal, investor juga perlu menerapkan money management, alias menempatkan dana tidak dalam satu tempat. Sehingga potensi kerugian dapat diminimalkan. Mengetahui jangka waktu berapa lama berinvestasi juga bisa menghindarkan dari kegagalan investasi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Spurs Hajar Nuggets

Posted: 26 Dec 2018 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Klub NBA San Antonio Spurs berhasil memberikan kado Natal indah bagi fansnya. Spurs menekuk Denver Nuggets 111-103 pada laga lanjutan NBA, Rabu (26/12/2018) waktu setempat atau Kamis (27/12/2018) WIB.

Bertanding di AT&T Center, Spurs tampil perkasa di kuarter pertama. Pasukan Gregg Popovich berhasil unggul cukup jauh 34-26 di akhir kuarter pertama. 

Nuggets mulai bangkit di kuarter dua. Keunggulan Spurs terpangkas menjadi hanya dua poin saja saat jeda babak pertama. Kuarter tiga juga masih berlangsung alot dimana kedua tim sama-sama memasukkan 22 poin.

Spurs baru bisa tancap gas di awal kuarter empat. Spurs menjauh setelah melesakkan 15 angka beruntun di awal kuarter empat termasuk dua kali beruntun tembakan tiga angka dari Marco Belinelli serta dua dunk Jakob Poeltl.

DeMar DeRozan turut menyumbangkan tembakan tiga angka di kuarter empat guna membawa Spurs unggul 99-84 dengan empat menit tersisa. Nuggets tak pernah lagi bisa mendekat sejak saat itu.

 

 

Aldridge

Ilustrasi Bola Basket (sklarchiropractic.com)

DeRozan menjadi pahlawan Spurs dengan menghasilkan 30 poin. Ini menjadi torehan 30 poin lebih kesembilan DeRozan di  NBA 2018-2019. Center LaMarcus Aldridge menyusul dengan 27 angka.

Keberhasilan Spurus menang kali ini tak lepas dari kemampuan mematikan duet maut Nuggets, Jamal Murray dan Nikola Jokic. Murray hanya membuat sembilan poin, sedangkan Jokic empat poin saja. Juancho Hernangomez yang tampil menawan dengan 27 poin dan 13 rebound.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hazard Bersiap Pindah ke Real Madrid

Posted: 26 Dec 2018 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Winger Chelsea Eden Hazard rupanya memang sudah memikirkan pindah ke Real Madrid tahun depan. Hazard mulai mencari tahu mengenai Los Blancos.

Hazard sejak musim panas lalu dikabarkan akan dibeli Real Madrid. Los Blancos membutuhkan Hazard untuk menjadi pengganti Cristiano Ronaldo yang pindah ke Juventus. 

Namun Real Madrid gagal mendapatkan Hazard. Meski demikian Real Madrid masih terus mengejar pemain asal Belgia tersebut untuk tahun 2019.

Ketertarikan Real Madrid ini dapat sambutan hangat dari Hazard. Eks pemain Lille itu belum mau memperpanjang kontrak dengan Chelsea.

Selain itu, Hazard juga mulai sering bertanya kepada Mateo Kovacic mengenai situasi di Real Madrid. Kebetulan Kovacic merupakan pemain Real Madrid yang dipinjamkan ke Chelsea.

 

Komentar

Eden Hazard (AFP/Ian Kington)

"Dia bertanya kepada saya bagaimana di sana (di Real) tapi kami berharap memiliki musim yang hebat bersama-sama, untuk dapat berkonsentrasi penuh di Chelsea," ujar Kovacic seperti dikutip dari Sportsmole.

"Dia banyak fokus melakukan hal-hal hebat bersama Chelsea," tegas Kovacic.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Steve Emmanuel Miliki Heroin Setara 1 Ons

Posted: 26 Dec 2018 08:42 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Satuan Narkoba Polres Jakarta Barat menangkap Steve Emmanuel atas kepemilikan narkoba. Mantan teman hidup Andy Soraya ditangkap di apartemen Kondominium Kintamani, Jakarta Selatan, Jumat (21/12/2018).

Dalam penangkapan tersebut polisi berhasil mengamankan narkotika jenis kokain dari tangan Steve Emmanuel.

Tak hanya itu polisi juga mengamankan alat hisap kokain (bullet) dari Steve Emmanuel. "Tim Reserse Narkoba Polres Jakarta Barat menangkap seorang laki-laki inisial S di kondomunium di daerah Mampang, Jakarta Selatan," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono, di Polres Jakarta Barat‎, Kamis (27/12/2018).

"Kita menduga yang bersangkutan membawa narkotika, tim masuk ke lobby konduomunium, ternyata didapatkan alat isap kokain di saku kanan tersangka. Akhirnya penyidik ke kamar, lakukan penggeledahan badan dan akhirnya di kamar temukan barang bukti kokain," dia melanjutkan.

 

100 Gram Heroin

Steve Emmanuel saat menjalani pemeriksaan

Tak tanggung-tanggung, kokain yang diamankan dari tangan Steve Emmanuel sangat banyak.

Ia menyimpannya dalam sebuah kotak kecil, dengan beberapa alat untuk membantu Steve Emmanuel mengkonsumsi barang haram tersebut.

"Barang kokain ditemukan seberat 92,04 gram. Dia sudah pakai 8 gram. Total berarti kokain yang dimiliki 100 gram," kata Argo.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Banyak Bencana, Wali Kota Bogor Ajak Rayakan Tahun Baru dengan Doa Bersama

Posted: 26 Dec 2018 08:38 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia sedang dihadapkan dengan banyak bencana alam. Dari gempa di Lombok, menyusul gempa dan tsunami di Palu-Donggala, puting beliung di Bogor serta tsunami di Selat Sunda.

Prihatin dengan bencana yang bertubi-tubi, Wali Kota Bogor Bima Arya menyerukan kepada masyarakat untuk tidak merayakan tahun baru 2019 dengan hura-hura. Namun, diisi dengan memanjatkan doa agar terhindar dari bencana.

"Akan jauh lebih baik apabila warga Bogor memilih cara merayakan pergantian tahun dengan lebih bermuhasabah, evaluasi dan refleksi," kata Bima Arya di Bogor, Kamis (27/12/2018).

Pemerintah Kota Bogor bersama jajaran Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) juga akan menggelar doa bersama dengan harapan agar Indonesia, khususnya Kota Bogor terhindar dari musibah maupun bencana alam.

"Mari kita sama-sama tunjukkan rasa simpati, empati, terhadap saudara-saudara kita yang sedang diuji bencana," ajak Bima.

Acara doa bersama rencananya akan diselenggarakan di tempat terbuka agar bisa diikuti oleh warga Kota Bogor. Namun, pihaknya masih belum bisa menentukan lokasi doa bersama tersebut.

"Kami belum tahu lokasinya, apakah di Lapangan Sempur, Taman Kencana, atau di Tugu Kujang," ujar Bima.

Dilarang Nyalakan Kembang Api

Tak cuma itu, Bima juga melarang warganya untuk menyalakan kembang api di jalanan maupun pusat keramaian. Ini dilakukan untuk menjaga ketertiban dan kenyamanan masyarakat Kota Bogor, disamping sebagai rasa prihatin bagi masyarakat yang terkena bencana alam seperti di Sulawesi Tengah, Banten dan Lampung.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Muspida untuk melakukan razia petasan," kata dia.

Sekedar diketahui, warga Kota Bogor biasa merayakakan malam tahun baru di sejumlah titik lokasi, di antaranya Tugu Kujang, Lapangan Sempur, dan Taman Kencana hingga kafe.

Suara tiupan terompet, suara petasan dan kembang api menghiasi setiap sudut jalan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kovacic Dilema Pilih Chelsea Atau Madrid

Posted: 26 Dec 2018 08:35 PM PST

Liputan6.com, London - Mendapat kesempatan bermain yang sering di Chelsea membuat sang gelandang, Mateo Kovacic, mulai merasa betah. Pemain asal Kroasia itu pun rag-ragu kembali ke Real Madrid.

Seperti yang diketahui, Kovacic berlabuh di Stamford Bridge pada musim panas lalu dengan status pemain pinjaman dari Madrid. Dan hingga sekarang, ia telah mengoleksi total 22 penampilan dari semua ajang dan juga mengantongi satu gol serta dua assist.

Catatan tersebut membuat Chelsea tampak tertarik untuk membuat statusnya jadi permanen pada akhir musim mendatang. Dan Kovacic juga sepertinya sudah cukup betah bermain bersama Eden Hazard dkk di Inggris.

Walau begitu, pemain berumur 24 tahun tersebut masih membuka peluang untuk kembali ke Real Madrid. Sehingga kini ia berada di posisi yang bimbang, yakni kembali ke pelukan klub raksasa Spanyol itu atau melanjutkan kiprahnya bersama Chelsea.

"Ini adalah hal yang paling berat, tentu saja. Sulit untuk pergi dari Real Madrid, namun itu adalah yang terpenting dalam karir saya," ujar Kovacic dalam situs resmi klub, dikutip dari FourFourTwo.

"Saya meninggalkan Inter saat masih muda, ke klub hebat. Hal yang sulit adalah saat anda harus pergi di umur yang masih muda ke klub yang hebat, lalu saya pindah ke Real Madrid," lanjutnya.

 

Chelsea adalah Klub yang Tepat

Di tahap ini, Kovacic merasa penting untuk menemukan klub yang tepat agar karirnya bisa cemerlang seperti pemain-pemain lainnya. Dengan berbagai pertimbangan, ia merasa Chelsea adalah klub yang tepat saat ini.

"Yang paling penting untuk saya adalah menemukan klub yang tepat, dan saya yakin di Chelsea saya telah menemukan klub yang tepat untuk sekarang," tambahnya.

"Saya menikmatinya, dan ini adalah klub yang hebat. Masa-masa yang saya habiskan di Inggris bersama keluarga juga luar biasa," tandasnya.

Dalam klausul peminjamannya, tidak terdapat berapa angka yang harus dibayarkan Chelsea guna mempermanenkan Kovacic. Menurut laporan terakhir, Real Madrid berharap juara bertahan FA Cup itu bisa menyiapkan uang sebesar 27 juta euro untuk sang pemain.

Sumber: bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selain Anak Gunung Krakatau, Megathrust Juga Jadi Ancaman Tsunami Selat Sunda

Posted: 26 Dec 2018 08:34 PM PST

Sleman - Erupsi Anak Gunung Krakatau menambah daftar potensi ancaman tsunami di kawasan Selat Sunda. Terlebih kawasan tersebut juga rawan terdampak gempa megathrust yang berpotensi menyebabkan tsunami yang lebih besar.

Widjo Kongko, perekayasa di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) mengatakan, potensi terjadinya gempa yang menimbulkan tsunami di sekitar Selat Sunda sudah jelas. Pertama yakni dari aktivitas erupsi Anak Gunung Krakatau, yang belum lama ini terjadi.

"Iya potensi ancamannya ada 2, yang sudah jelas (dari) Anak Krakatau," katanya seperti dikutip laman Jawapos.  

Ancaman dari Anak Krakatau ini menurutnya merupakan fenomena yang langka. Karena sangat jarang terjadi, dan baru diketahui sekali ini di Indonesia.

Hal yang semakin mengkhawatirkan, belum adanya suatu sensor tektonik maupun non-tektonik di laut yang berada di sekitar Anak Gunung Krakatau itu. Menyebabkan sulitnya memberikan peringatan kepada masyarakat yang berada di dekat pantai terdampak tsunami.

"Makanya BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) tidak memberikan peringatan gempa tsunami, karena tidak ada alat di laut. Kita tidak bisa menyalahkan BMKG, dan untuk gunung api ranahnya bukan BMKG, tapi Badan Geologi," katanya.

Dalam fase erupsi Anak Krakatau ini, tiba-tiba lerengnya mengalami longsor. Menimbulkan tsunami yang berada di pantai-pantai terdekatnya.

"Kok tiba-tiba longsor dan meninggalkan tsunami. Jadi harus ada sinergi dan koordinasi, antara BMKG dengan Badan Geologi ini," kata Kepala Bidang Mitigasi Bencana Persatuan Insinyur Indonesia (PPI) itu.

Kemudian ancaman yang kedua ada megathrust Selat Sunda. Megathrust ini ancamannya lebih besar, bisa 5 sampai 10 kali dibandingkan dari tsunami pada Sabtu, (22/12) lalu. Megathrust merupakan suatu zona subduksi. Suatu sesar lempengan yang berada di Selat Sunda. Ancaman dari dampak megathrust ini juga tersebar di beberapa daerah.

"Mulai dari Sumatera, Padang, Bengkulu, Selat Sunda, Jawa bagian selatan, timur Bali. Kemudian Sulawesi Utara juga ada, daerah Maluku, di Papua ada Papua dan Sorong," ucapnya.

Baca juga artikel Jawapos.com lainnya.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Puji Kesuksesan Rudal Hipersonik, Putin: Rusia Aman Beberapa Dekade Mendatang

Posted: 26 Dec 2018 08:33 PM PST

Liputan6.com, Moskow - Presiden Rusia Vladimir Putin telah mengawasi uji coba rudal hipersonik baru, menyatakan bahwa senjata itu tidak mungkin untuk dicegat, dan akan menjamin keamanan negara itu selama beberapa dekade mendatang.

Berbicara kepada petinggi militer Rusia pada Rabu 26 Desember, setelah menonton siaran langsung peluncuran sistem Avangard dari ruang kontrol kementerian pertahanan Rusia, Putin mengatakan tes itu "sukses besar", dan menjadi "hadiah Tahun Baru yang sangat baik untuk bangsa".

Menurut Kremlin, sebagaimana dikutip dari Al Jazeera pada Kamis (27/12/2018), rudal diluncurkan dari pangkalan Dombarovskiy di Pegunungan Ural selatan, dan mencapai sasarannya di lokasi uji coba di Kamchatka, sekitar 6.000 kilometer jauhnya.

"Sistem Avangard tidak bisa dicegat oleh segala kemungkinan pertahanan rudal yang ada saat ini," kata Putin bangga.

Presiden Rusia juga menambahkan bahwa senjata baru tersebut akan mulai beroperasi tahun depan, bersama Pasukan Rudal Strategis militer negara itu.

Rudal hipersonik adalah satu di antara berbagai senjata nuklir baru yang dipamerkan Putin pada Maret lalu, di mana dia mengatakan bahwa Rusia harus mewujudkannya sebagai tanggapan terhadap pengembangan sistem pertahanan rudal AS.

Ketika pertama kali mempresentasikannya, Putin mengatakan sistem rudal baru memiliki jangkauan antarbenua dan dapat terbang di atmosfer dengan kecepatan 20 kali kecepatan suara, melewati pertahanan rudal musuh.

Dia menekankan bahwa tidak ada negara lain saat ini yang memiliki senjata hipersonik serupa, atau lebih kuat.

Putin mengatakan bahwa Avangard dirancang menggunakan bahan komposit baru untuk menahan suhu hingga 2.000 derajat Celcius, yang berasal dari penerbangan melalui atmosfer dengan kecepatan hipersonik.

 

Simak video pilihan  berikut: 

 

Ancaman Perang Nuklir

Peluncuran rudal jelajah antarbenua bertenaga nuklir Rusia terbaru saat uji coba. Presiden Vladimir Putin mengklaim bahwa persenjataan mereka tidak dapat dicegat oleh musuh. (RU-RTR Russian Television via AP)

Sementara itu, Vladimir Putin memperingatkan untuk tidak mengabaikan ancaman perang nuklir, menyusul penarikan Amerika Serikat (AS) dari perjanjian senjata nuklir internasional, belum lama ini.

Berbicara pada konferensi pers tahunannya, Putin diminta oleh seorang jurnalis untuk mengomentari tentang ancaman perang nuklir atau perang dunia ketiga.

"Bahaya dari ancaman tersebut tengah diabaikan," kata Putin kepada lebih dari seribu wartawan dalam sesi tanya jawab akhir tahun, sebagaimana dikutip dari CNBC, pekan lalu.

"Kita memiliki kecenderungan untuk meremehkan situasi saat ini. Ada bahaya, ada risiko dalam kehidupan kita sehari-hari. Apa risiko itu? Pertama dan terutama, runtuhnya sistem kontrol senjata internasional, yang membuat gencar perlombaan senjata," ujar Putin menegaskan.

Berbicara pada konferensi pers tahunannya, Vladimir Putin mengatakan sulit untuk memprediksi apa konsekuensi penarikan AS dari Perjanjian Kekuatan Nuklir Jarak Menengah (INF), yang disepakati pada 1987 silam.

Perjanjian tersebut melarang Rusia dan AS untuk memiliki, memproduksi atau menguji terbang rudal jelajah darat yang memiliki kisaran tempuh sejauh 500 hingga 5.500 kilometer.

Selain itu, Putin juga menyatakan bahwa eskalasi ketegangan dapat menyebabkan munculnya perang yang seharusnya tidak terjadi.

"Sekarang mereka membuat satu langkah lagi dengan menarik diri dari perjanjian INF. Sulit membayangkan apa yang akan terjadi selanjutnya," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cetak Surplus, BP Batam Yakin Beri Kontribusi 7 Persen ke Ekonomi Daerah di 2019

Posted: 26 Dec 2018 08:32 PM PST

Liputan6.com, Jakarta BP Batam membukukan surplus mencapai Rp 268,97 miliar sampai 25 Desember 2018. Adapun saldo kas  BP Batam sebesar Rp 711 miliar  atau terdapat peningkatan sebesar 60,86 persen dari saldo awal kas awal tahun ini sebesar Rp 442 miliar.

Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah meyakini berbagai keberhasilan yang berhasil diraih BP Batam pada tahun ini, mampu memberikan konstribusi terhadap pencapaian perekonomian Batam 7 persen pada tahun depan.  

Dia mengatakan kenaikan ini seiring beragam upaya dan inovasi khususnya di bidang pelayanan perizinan lahan yang berhasil membuat ketertarikan investor dan masyarakat meningkat untuk melakukan pembayaran perpanjangan uang wajib tahunan (UWT). Selain itu BP Batam meminimalkan belanja barang sehingga tercipta PNBP yang sehat dan optimal.  

"Sebagian besar angka penerimaan pendapatan berasal dari unit kerja penghasil yang berada di naungan Anggota 3 Deputi Bidang Pengusahaan Sarana Usaha," jelas dia dalam keterangan tertulisnya, Kamis (27/12/2018).

Dia mengatakan pihaknya mereformasi birokrasi di kantor lahan seperti perpanjangan UWT , IPH yang sebelumnya selesai dalam 24 hari hingga sebulan kini dapat selesai dalam waktu 4 hari.

Kemudian inovasi untuk jemput bola dengan BP Batam Layanan Keliling (BLINk ) terkait pengurusan UWT dan IPH pemukiman yang disambut positif warga hingga dukungan insentif kepada investor dalam membangun jalan di kawasan industri membuat pendapatan kantor lahan meningkat dan melebihi target.  

"PNBP menjadi sumber pembiayaan untuk membangun infrastruktur. Pada tahun ini berhasil kami dorong tanpa menaikan tarif. Surplus ini bukan didapatkan dari menaikan tarif layanan seperti UWT melainkan melalui inovasi, yang 90 persen penerimaan itu (PNBP) melalui Deputi 3," kata Lukita.  

Dengan peningkatan tersebut maka berbagai pergerakan kegiatan pembangunan konstruksi yang dijadwalkan pada tahun 2019, dia harapkan tetap dapat dilakukan sebagai akses untuk membuka investasi baru.

Selain itu sektor pariwisata juga tidak dapat dipungkiri mampu menyumbangkan peran dalam peningkatan indeks ekonomi Kepri. Pada 2017 hanya tumbuh 2,01 persen yang merupakan pertumbuhan terendah sepanjang sejarah Kepri.

Hal ini terjadi, seiring dengan tren pelemahan pertumbuhan investasi/PMTB dan ekspor industri berbasis migas dan galangan kapal yang melemah.

Pada 2018, sejalan dengan langkah BP Batam dan seluruh stakeholders, investasi mulai meningkat, pariwisata tumbuh pesat ditandai dengan tren kunjungan wisman yang naik pesat setalah 4 tahun stagnan, perekonomian Kepri berhasil tumbuh sebesar 4,47 dan 4,51 persen pada kuartal I dan II. Investasi telah tumbuh sebesar 6,49 persen dan 7,68 persen untuk masing-masing kuartal.  

Dia meyakini, tren positif ini merupakan sinyal akan kebangkitan perekonomian Kepri yang 70 persen ditopang perekonomian Batam dan pada periode mendatang tentunya harus terus dikawal serta ditingkatkan.  

Sementara itu, Anggota 3 Dwianto Eko Winaryo mengatakan bahwa tahun ini dengan kerja keras seluruh karyawan BP Batam, maka kantor lahan dapat menyumbangkan pendapatan dan prestasi yang sangat memuaskan.  

Target kantor lahan sebesar Rp 267 miliar ternyata realisasi hingga Rp 420 miliar.  Hal ini terealisasi karena BP Batam mempermudah pengurusan lahan dengan mengubah Perka lahan.

Penambahan investasi yang disetujui skep dan PL dari awalnya Rp 5,2 triliun, bertambah Rp 235 miliar menjadi Rp 5,54 triliun.

 

 

Proyek BP Batam

Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah menjelaskan tentang kondisi BP Batam. Dok BP Batam.

Adapun sejumlah proyek dan rencana yang telah direncanakan diantaranya, pertama membangun 12 akses sarana jalan dan jembatan di kawasan industri dan jalan strategis pembangunan jalan kolektor Kawasan Industri Kabil.

Kemudian Kawasan Industri Sekupang, Kawasan Industri Batam Centre, Jalan Kawasan Industri Tanjung Uncang, Kawasan Industri Pelabuhan Sagulung Tanjung Uncang, Kawasan Industri Sei Lekop, kawasan Tanjung Piayu dan Jembatan Sambau Nongsa.

Kedua, proyek lain pengembanan Pelabuhan Batu Ampar yang telah dimulai dengan peresmian First Fleet Ship to Ship floating storage unit (FSU) di Dermaga Utara Pelabuhan Batuampar. Pengembangan Pelabuhan Batu Ampar akan memiliki potensi pendapatan hingga 20-40 M pertahun.

Ketiga, kerjasama dengan Pelindo untuk mengembangkan fasilitas pelabuhan lainnya. Keempat, pengembangan lanjutan pelabuhan batu ampar dengan nilai PNBP Rp 110 miliar

Kelima, pengembangan Bandara Hang Nadim menjadi Pusat Logistik Hub Indonesia. Telah dimulai prakualifikasi lelang dengan 47 peminat sebagai besar investor mancanegara.

Keenam, pengembangan pembangunan dam tembesi, saat ini terdapat sebanyak 37 investor yang berminat untuk mengelola dam tembesi.

Ketujuh, perpanjangan kontrak kerjasama dengan Maintanance Repair and Overhaull (MRO) Lion

Kedelapan, instalasi Pengelolaan air limbah menjadi air bersih yang sudah mulai dapat dinimkati warga Batam Center pada 2019. Kesembilan, legalitas rumah ibadah dan legailtas sejumlah kampung tua  

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Abu Vulkanik Anak Krakatau Selimuti Cilegon

Posted: 26 Dec 2018 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Abu vulkanik Gunung Anak Krakatau mulai menyelimuti kota Cilegon. Angin membawa abu vulkanik ke arah timur provinsi Banten.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Langkah Mudah Buat Instagram Best Nine 2018

Posted: 26 Dec 2018 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang akhir 2018, pengguna Instagram bisa merangkum foto-foto terpopulernya selama setahun. Kebiasaan ini, nyatanya sudah menjadi tren yang berlangsung selama beberapa tahun terakhir.

Dengan bantuan layanan 'Best Nine', pengguna dapat mengetahui mengenai unggahannya yang direspons paling baik oleh orang lain alias memilki jumlah likes terbanyak.

Nantinya, layanan pihak ketiga ini akan mengumpulkan sembilan unggahanmu di Instagram dengan likes terbanyak selama 12 bulan terakhir. Setelah itu, foto-foto tersebut akan ditampilkan dalam bentuk kolase yang disusun berdasarkan popularitas.

Nah, ingin tahu cara membuat kolase dari Best Nine ini? Berikut langkah mudah untuk membuat Best Nine Instagram 2018 seperti dihimpun Tekno Liputan6.com, Kamis (27/12/2018).

1. Bukan situs 2018bestnine.com.

2. Masukkan nama akun Instagram.

3. Setelah itu tunggu beberapa menit dan kolase foto terbaikmu akan muncul.

4. Tidak hanya foto paling populer, informasi likes dan jumlah unggahan yang ada di tahun ini juga dapat ditampilkan.

5. Kamu tinggal memlih untuk membaginya di Instagram atau Twitter.

 

Cara Lain

Ilustrasi Instagram. (Foto: Pixabay)

Selain dengan Best Nine, kamu sebenarnya juga dapat mencoba merangkum sembilan foto paling populer dengan menggunakan situs Top Nine. Cara menggunakannya pun sama dengan situs Best Nine. 

Namun, yang menjadi pembeda layanan Top Nine dapat diakses melalui aplikasi di iOS dan Android? Bagaimana, mudah bukan? Akan tetapi, sebelum mencobanya, pastikan akun Instagram kamu tidak diatur private

Ini Dia Momen Paling Populer di Instagram Sepanjang 2018

Ilustrasi Instagram. (via: istimewa)

Instagram juga mengungkap sejumlah momen istimewa dan tren di platform-nya di sepanjang 2018.

Tak hanya tren global, momen-momen penting untuk pengguna di Indonesia juga tidak luput dari perhatian.

Dalam keterangan resmi yang diterima Tekno Liputan6.com, Sabtu (15/12/2018), simbol hati mendominasi konten Instagram sepanjang tahun ini. Simbol hati itu dimunculkan baik dalam bentuk emoji, GIF, dan stiker.

Baik Indonesia dan seluruh dunia, 'Heart Love by Arata' menjadi stiker GIF yang paling banyak dipakai pengguna Instagram. Sementara 'Heart Eyes' merupakan filter wajah yang paling banyak digunakan di Stories.

Instagram mencatat emoji hati digunakan lebih dari 14 miliar kali di kolom komentar sepanjang 2018.

Tidak hanya itu, Instagram juga turut menjadi platform yang dipakai untuk menyebarkan opini dan inspirasi.

Hal itu ditunjukkan dengan sejumlah tagar yang memiliki pertumbuhan tercepat secara global, seperti #metoo, #timesup, dan #marchforourlibves.

Untuk di Indonesia, tagar dengan pertumbuhan tercepat adalah #welovejakarta dan #BebasSampah2020.

Momen kemenangan atlet taekwondo putri Defia Rosmanjar di Asian Games dan pengumuman kehamilan penyanyi Raisa juga menjadi salah satu yang menarik perhatian pengguna Instagram di Indonesia.

Sementara komunitas dengan pertumbuhan tercepat di Instagram Indonesia adalah #bestfanarmy, #ketodiet, dan #bisnisanakmuda.

Instagram Year in Review

Ilustrasi instagram. (Foto: pexels.com)

Untuk mengetahui lebih lengkap, berikut ini ada Instagram Year in Review 2018 di Indonesia

1. #indonesia dan #instagood adalah tagar paling banyak dipakai pengguna Indonesia.

2. Stiker GIF yang paling banyak dipakai di Indonesia di Instagram Stories adalah Heart Love Sticker by Arata

3. Tagar dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia, #hpsn2018, #welovejakarta, dan #bebassampah2020.

4. Tren dengan pertumbuhan tercepat di pengguna Indonesia: #ketodiet, #bestfanarmy, #bisnisanakmuda.

5. Tagar fashion yang paling banyak digunakan, yakni #bajumurah, #hijab, dan #gamis.

6. Unggahan yang paling disukai pengguna Indonesia, berasal dari Jokowi, Raditya Dika, Iqbaal Ramadhan, Nissa Sabyan, Raisa.

7. Kota paling banyak di-geotag selama 2018, yaitu Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Bali, Medan, Batam, Surabaya, Semarang, Bekasi, dan Palembang.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Profil Steve Emmanuel, Mantan Andi Soraya yang Ditangkap karena Narkoba

Posted: 26 Dec 2018 08:29 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Aktor Steve Emmanuel ditangkap Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Barat. Steve Emmanuel ditangkap saat membawa narkoba jenis kokain.

Steve Emmanuel diamankan oleh Timsus III Narkoba Polres Jakarta Barat dipimpin AKP Maulana Mukarom seorang diri dan menyerahkan diri tanpa perlawanan.

Kabar penangkapan Steve Emmanuel dibenarkan oleh pihak Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Barat, AKBP Erick Frendriz.

"Dari tangan Steve Emmanuel kami amankan kokain," kata Erick Frendriz sebagaimana dikutip Liputan6.com dari Merdeka.com pada Kamis (27/12/2018).

Namun polisi masih enggan mengungkap lebih lanjut jumlah narkoba yang diselundupkan Steve Emmanuel. Mantan kekasih artis Andi Soraya itu ditangkap di sebuah lobi kondominium kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Jumat (21/12/2018), seperti dilansir Antara.

Pihak kepolisian Polres Metro Jakarta Barat mengakui sudah lama mengintai gerak-gerik Steve Emmanuel terkait dengan barang haram tersebut. Saat berada di ruang pemeriksaan, Steve tampak kooperatif menjawab semua pertanyaan penyidik.

Karier Steve Emmanuel

Steve Emmanuel

Nama Steve Emmanuel sempat berkibar di layar kaca beberapa tahun lalu. Namun, dirinya menghilang sejak Steve menjadi seorang mualaf dan berpisah dari Andi Soraya.

Sosok berwajah blasteran Indonesia-Amerika ini populer dengan sinetron bertajuk Siapa Takut Jatuh Cinta di awal tahun 2000.

Dihimpun dari Wikipedia, Steve Emmanuel lahir di Jakarta, 17 Oktober 1983 dengan nama lengkap Steve Emmanuel Halim.

Sosok Steve Emmanuel besar di dunia entertainment Tanah Air lewat iklan dan sinetron. Beberapa sinetron yang pernah dibintanginya antara lain Siapa Takut Jatuh Cinta yang melibatkan pula Jonathan Frizzy, Indra Bruggman, dan Roger Danuarta. harus diakui, sinetron yang tayang pada tahun 2000 tersebut berjasa besar dalam melambungkan namanya sebagai aktor Indonesia.

Steve Emmanuel juga pernah membintangi sinetron Buku Harian Nayla bersama Chelsea Olivia, Glenn Alinskie, dan Andrew White serta sinetron Impian Cinderella pada tahun 2006 bersama Nadia Saphira, Indra Bruggman, Nana Mirdad, dan Jonathan Frizzy.

Pada tahun 2006 hingga 2010 Steve Emmanuel sempat absen dari dunia akting. Di tahun 2010 ia kembali dalam sinetron Seindah Senyum Winona bersama Velove Vexia, Dude Harlino, dan Giovani L.Tobing.

Selain sinetron, Steve Emmanuel juga pernah berakting untuk film layar lebar. Diantaranya adalah Lihat Boleh, Pegang Jangan yang rilis pada tahun 2010 serta Dream Obama pada tahun 2013.

Profil Steve Emmanuel dalam kehidupan pribadi

Steve Emmanuel merupakan keturunan campuran, Ibunya berasal dari Montana, Amerika Serikat dan ayahnya dari Bandung, Indonesia. Dia memiliki lima saudara, salah satunya adalah Kerenina Sunny Halim yang menjadi Miss Indonesia 2009.

Kehidupan pribadi Steve Emmanuel, terutama kisah asmaranya sempat menjadi sorotan publik. Pria bertinggi badan 175 cm itu pada tahun 2001 diketahui pernah menjalin hubungan dengan bintang sinetron Andi Soraya.

Steve Emanuel dengan Andi Soraya dikabarkan menikah siri usai perempuan yang berusia lebih tua tujuh tahun itu bercerai dari suami pertama, Ahmad Kurnia Wibawa.

Dari hubungan itu, mereka dikaruniai seorang anak laki-laki, Darren Sterling.

Namun, hubungan tersebut hanya bertahan 6 tahun, tepatnya pada tahun 2007 keduanya memutuskan untuk berpisah.

Kendati sedekade pasca berpisah, keduanya ternyata masih berteman baik. Steve Emmanuel dan Andi Soraya beberapa kali terlihat bertemu dan menghabiskan waktu bersama.

Andi Soraya pun mengakui bahwa hubungannya dengan Steve Emmanuel jauh lebih baik ketika mereka menjadi teman. Andi mengatakan, hubungan baik di antara mereka tetap terjaga berkat kehadiran sang putra, Darren Sterling.

Di akhir bulan Mei 2008 Steve Emmanuel kembali menjadi sorotan media massa setelah memutuskan memeluk agama Islam di hadapan Ketua Umum Front Pembela Islam, Habib Rizieq. Ia lantas diberi nama Yusuf Iman. Nama ini diambil dari Nabi Yusuf, seorang nabi yang dikisahkan berparas tampan.

Pilihan Steve Emmanuel untuk menjadi mualaf memang telah dipikirkannya matang-matang. Termasuk berdiskusi dengan ibunya. Bahkan teman-teman Steve juga bertanya mengenai keinginan itu.

"Nyokap gue juga sudah setuju. Pada dasarnya itu semua pilihan gue. Teman-teman gue juga pada Tanya apa gue yakin mau pindah agama. Gue bilang kalau sudah yakin," katanya pada 24 Mei 2008 silam seperti dikutip dari Kapanlagi.com.

Berhenti tampil di depan layar

Steve Emmanuel memang sudah lama tak muncul di layar kaca. Tepatnya sejak tahun 2010 wajah gantengnya sudah jarang membintangi sinetron. Di sela keputusannya untuk berhenti tampil di depan layar, ia ternyata membangun sebuah rumah produksi. Tampaknya ia tak bisa jauh dari dunia hiburan yang membesarkan namanya.

"Sebenarnya kesibukan aku masih di belakang layar. Karena tiga tahun terakhir ini aku berusaha bikin PH (production house) sendiri, bareng temen yang punya PH juga," ujar Steve Emmanuel pada Senin (29/8/2016) silam.

Mantan pasangan Andi Soraya ini mengaku lebih banyak menuangkan kreativitasnya melalui kegiatan di belakang layar. "Kalau fisik, lebih capek syuting. Kalau pikiran dan kreativitas lebih capek di balik layar," tutur Steve Emmanuel.

"Sekarang persiapan di belakang layar. Jadi kegiatan-kegiatan yang lebih berkaitan dengan produksi, bukan di depan layar," jelas Steve Emmanuel pada Jumat (15/12/2017) lalu.

Steve Emmanuel juga mengaku saat ini memang tidak terlalu fokus untuk berkarier di dunia hiburan. "Saya mah tergantung honor, he-he-he," ujarnya dengan nada bercanda.

Steve Emmanuel tak ingin sang anak ikuti jejaknya

(Adrian Putra/Bintang.com)

Nama Steve Emmanuel memang besar dari dunia entertainment sebagai seorang aktor. Namun, Steve Emmanuel mengaku tak ingin menurunkan bakatnya itu pada anak, Darren Sterling.

Steve Emmanuel tak ingin pendidikan anaknya terganggu karena sibuk di panggung hiburan. Ia ingin Darren fokus dengan sekolahnya.

"Kalau anak terjun ke dunia hiburan sih saya larang. Tapi kalau untuk proses pendewasaan dan nilai di sekolahnya tetap baik, mungkin saya bisa aja izinkan," pungkas pria yang kini bernama Yusuf Iman.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kapolri: Jumlah Polwan Hanya 8,3 Persen, Saya Belum Puas

Posted: 26 Dec 2018 08:29 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyoroti minimnya personel Polwan di jajaran kepolisian. Hal itu disampaikannya pada acara Rilis Akhir Tahun Mabes Polri 2018.

"Polwan cuma 36.595 atau 8,3 persen. Saya pribadi belum puas dengan angka ini," tutur Tito di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (27/12/2018).

Menurut Tito, jumlah tersebut menggambarkan belum tercapainya prinsip kesetaraan emansipasi di tubuh Polri. Padahal, Polwan memiliki andil besar dalam berbagai aktivitas kepolisian, termasuk proses penegakan hukum.

Polwan, ungkapnya, punya kecenderungan mudah dekat secara emosional kepada korban, saksi, hingga pelaku khususnya sesama gender dalam upaya penanganan kasus.

 

Kebal Korupsi

"Dan (Polwan) lebih bisa kebal terhadap budaya koruptif," ujar dia.

Tito pun berencana menaikkan rekrutmen Polwan di tahun-tahun selanjutnya. Terlebih, jumlah penduduk Indonesia juga mayoritas perempuan.

"Sehingga prinsip equality dan Indonesia banyak didominasi oleh wanita ini bisa lebih baik," Tito menandaskan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ma'ruf Amin Ingin Moderator Debat Pilpres 2019 Tak Menyudutkan dan Santun

Posted: 26 Dec 2018 08:29 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum memutuskan moderator debat kandidat Pilpres 2019. Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin mengatakan, ia ingin moderator yang dipilih nanti dapat memberikan pertanyaan yang memiliki relevansi dengan pembangunan nasional Indonesia.

"Kemudian juga objektif dalam meyampaikan pertanyaan tidak menyudutkan. Tidak mencari-cari sesuatu yang menyudutkan paslon, sehingga memang mereka dengan cara yang santun, dengan cara baik tapi cerdas. Sehingga membuat suasana perdebatan itu menarik," ujar Ma'ruf Amin di kediamannya, Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta, Kamis (27/12/2018).

Ma'ruf Amin berharap, dalam debat nanti tidak ada pihak yang merasa disudutkan.  Ia juga mengaku, tidak mempermasalahkan siapapun nama yang akan dipilih menjadi moderator debat.

Sebelumnya, KPU menawarkan moderator debat yang berasal dari praktisi media, yakni Najwa Shihab, Ira Koesno, Bayu Sutiyono, Alvito Deanova, Tomi Cokro, dan Prabu Revolusi. Namun, nama-nama tersebut belum disetujui masing-masing tim pasangan capres-cawapres.

Peran Penting Relawan

Ma'ruf Amin menegaskan, selain partai politik dan kelompok profesional, relawan juga memiliki peran yang sangat penting dalam memenangkan pilpres 2019. Karena itu, Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin akan saling bersinergi dengan seluruh kelompok relawan yang tersebar di penjuru daerah.

Ma'ruf sendiri hampir setiap hari menerima deklarasi relawan. "Relawan juga tersebar di berbagai daerah. Para relawan yang datang ke saya dari berbagai segmentasi antara lain ulama, mubaligh, buruh dan milenial," ucap Ma'ruf. 

Ma'ruf menekankan, tidak ada persaingan antara parpol dan relawan. Sebab pada dasarnya, semua pihak berlomba untuk berkontribusi memenangkan paslon 01. 

"Selalu ada koordinasi relawan dan parpol karena arahnya satu yaitu memenangkan pasangan calon 01. Jadi dukungan dari berbagai pintu menuju satu pintu kemenangan," lanjutnya.

Ma'ruf mengatakan, ia juga selalu berpesan kepada para relawan untuk bekerja secara santun. 

"Pilpres kontenstasi tiap lima tahun sekali. Jadi jangan mengorbankan keutuhan bangsa. Terlalu mahal keutuhan bangsa goyah hanya karena pilpres. Saya selalu meminta relawan untuk bekerja secara santun, menjaga persatuan Indonesia," Ma'ruf memungkasi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Apa itu Bipolar Disorder, Gejala dan Penyebabnya yang Wajib Kamu Ketahui

Posted: 26 Dec 2018 08:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Beberapa orang kerap mengalami perubahan suasana hati dan energi yang drastis dari posisi tertinggi hingga terendah yang disebut bipolar. Data dari WHO (World Health Organization) tahun 2016 menunjukkan angka orang dengan bipolar mencapai 60 juta jiwa.

Apa itu bipolar disorder? Bipolar Disorder atau yang juga dikenal sebagai gangguan bipolar adalah suatu kondisi mental yang menyebabkan terjadinya perubahan mood yang ekstrem. Hal ini membuat orang dengan gangguan bipolar memiliki episode mood yang sangat bahagia (mania) atau sangat sedih (depresi). Sering kali, di antara perubahan keduanya, pasien tetap mengalami kondisi mood yang normal.

Saat pasien merasa sedih, ia akan merasa tertekan, kehilangan harapan, dan bahkan dapat kehilangan keinginan untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Tetapi saat merasa senang, pasien akan merasa sangat bersemangat dan penuh gairah. Perubahan mood tersebut dapat terjadi beberapa kali dalam setahun, atau bahkan seminggu dalam kasus yang lebih parah. Kondisi jiwa ini dapat menyebabkan rusaknya hubungan pribadi, rendahnya motivasi dan produktivitas di tempat kerja, dan yang lebih buruk lagi dapat menyebabkan perasaan ingin melakukan bunuh diri. Bipolar disorder sangat disarankan untuk menghubungi bantuan medis saat mengalami perubahan mood yang signifikan.

Bipolar disorder sering kali muncul pada masa akhir remaja atau awal masa dewasa. Setidaknya, setengah dari kasus munculnya gangguan bipolar adalah mereka yang berusia di bawah 25 tahun. Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan kondisi ini juga dapat ditemukan pada anak dan orang dewasa. Selalu berkonsultasi dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-tanda & Gejala Bipolar Disorder

Penderita bipolar disorder akan mengalami perasaan emosional yang hebat dan terjadi pada suatu periode tertentu atau dikenal dengan 'episode mood'. Setiap episode mood menunjukkan perubahan drastis dari mood dan perilaku normal orang tersebut. Suatu episode di mana ia terlihat terlalu bahagia dan bersemangat disebut episode manic sedangkan episode depresif menunjukkan suatu bentuk kesedihan yang ekstrem dan kehilangan kemauan. Kadang, sebuah episode mood juga menunjukkan kedua gejala mania dan depresi.

Episode tersebut dinamakan kondisi campuran. Penderita juga akan menjadi sangat mudah tersinggung dan marah-marah dalam sebuah episode mood. Perubahan mood ini juga biasanya disertai perubahan ekstrem yang menyangkut energi, aktivitas, pola tidur, dan perilaku sehari-hari.

Selama episode manic, beberapa ciri dan gejala yang dapat muncul dari gangguan bipolar:

Merasa terlalu bahagia dan bersemangat.

Sangat sensitif dan mudah tersinggung.

Banyak makan.

Kurang tidur.

Bersikap gegabah dan melakukan kegiatan-kegiatan yang berisiko.

Berbicara dengan sangat cepat dan mengubah topik pembicaraan dari satu topik ke yang lainnya.

Mengalami penurunan kemampuan untuk melakukan penilaian atau pembuatan suatu keputusan.

Kamu bisa juga dapat melihat hal-hal aneh dan mendengar suara-suara misterius.

Sedangkan, dalam episode depresif, beberapa tanda dan gejala gangguan bipolar adalah:

Merasa sangat bersedih dan kehilangan harapan pada jangka waktu yang panjang.

Kehilangan ketertarikan dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

Makan lebih sedikit.

Merasa ngantuk dan malas.

Merasa terlalu sadar diri dan minder.

Sulit berkonsentrasi.

Memiliki pemikiran untuk bunuh diri.

Episode-episode di atas dapat terjadi beberapa kali setahun atau bahkan setiap minggu. Harap hubungi dokter apabila kamu dan orang yang kamu sayangi menunjukkan gejala yang telah disebutkan di atas.

Beberapa hal yang harus kamu periksakan ke dokter terkait gangguan bipolar adalah:

Memunculkan gejala periode mood yang terjadi dalam jangka waktu yang panjang.

Memiliki pemikiran untuk melakukan bunuh diri.

Merasa agresif dan konfrontasional.

Kesulitan tidur dalam beberapa hari.

 

Apa itu Penyebab Bipolar Disorder?

Hingga kini, masih belum teridentifikasi secara jelas apa penyebab spesifik dari kondisi jiwa bipolar disorder, tetapi ada beberapa faktor yang telah diketahui dapat menimbulkan gejala bipolar disorder.

Faktor-faktor yang menjadi penyebab gangguan bipolar adalah:

Kondisi otak. Otak dapat melewati berbagai perubahan fisik yang memengaruhi tingkat bahan kimia otak (neurotransmitter) yang ada di dalamnya. Transmiter tersebut merupakan zat-zat yang memengaruhi mood.

Turunan genetik.

Orangtua Anda atau angota keluarga lain dapat memiliki kemungkinan memiliki bibit bipolar disorder yang diwariskan kepada anda.

Pengaruh lingkungan sosial.

Apa itu bipolar disorder menurut peneliti telah menemukan bahwa mungkin terdapat beberapa faktor sosial yang dapat menyebabkan timbulnya bipolar disorder. Faktor-faktor tersebut dapat berupa perasaan stres akan suatu kejadian trauma di masa kecil, rendahnya kepercayaan diri, atau mengalami suatu kehilangan yang tragis.

Apa itu yang Mempengaruhi Bipolar Disorder?

Beberapa faktor berisiko di bawah ini dapat memengaruhi kemungkinanmu terkena bipolar disorder adalah:

Periode stress yang tinggi.

Penyalahgunaan alkohol maupaun obat-obatan terlarang.

Memiliki anggota keluarga penderita bipolar disorder atau gangguan kondisi mental lain.

Mengalami suatu peristiwa kehilangan yang terjadi secara tiba-tiba, seperti kematian orang yang disayang.

Apa itu Bipolar Disorder dan Cara Perawatannya?

Perawatan bagi penderita bipolar disorder tidak dapat menyembuhkan penderita namun dapat menstabilkan perubahan mood. Perawatan yang cocok akan ditentukan oleh psikiater (seorang dokter yang khusus menangani gangguan kondisi mental). Tergantung kondisi, beberapa perawatan yang akan diberikan untuk gangguan bipolar adalah:

1. Terapi obat

Dokter dapat menganjurkan resep untuk menstabilkan mood. Obat tersebut dapat membantu mengurangi gejala yang kamu alami. Kamu mungkin diharuskan untuk mengonsumsi obat yang diresepkan dalam jangka waktu yang lama untuk mencegah suatu episode depresi yang dapat menyebabkan bunuh diri. Obat-obatan yang ada biasanya tediri dari antidepresan, penstabil mood, antipsikotik, dan obat anti stress.

2. Konseling

Kamu mungkin akan perlu melakukan konseling untuk membicarakan kondisi dan bagaimana cara melewati episode emosi yang dialami. Carilah suatu komunitas yang dapat membantumu dengan gangguan ini.

3. Perawatan penyalahgunaan zat tertentu

Apabila kamu menderita suatu ketergantungan pada zat tertentu, sangat penting untuk menanggulangi ketergantungan tersebut, karena kondisi tersebut akan menyulitkanmu dalam meringankan kondisi yang dialami.

4. Perawatan rumah sakit

Dalam kasus yang lebih parah, kamu akan diharuskan untuk dirawat di rumah sakit untuk pengawasan berkala. Perawatan tersebut khususnya terjadi apabila kamu mengalami tanda-tandan ingin melakukan bunuh diri. Pada level ini, kamu bisa saja melukai diri sendiri dan orang lain. Tidak semua situasi sama, jadi lebih baik selalu diskusikan setiap keluhan yang kamu miliki kepada psikiater.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk gangguan bipolar?

Beberapa tes yang umum dilakukan dokter atau psiakter untuk membantu menegakan diagnosis gangguan bipolar adalah:Tes fisik. Tes ini akan membantu mengetahui sumber keluhan.Tes psikologis. Dokter akan menanyakan beberapa pertanyaan tentang perasaanmu, episode mood, dan pola tingkah laku.Penggambaran Mood. Dokter akan menulis buku harian yang memuat pola tidur, mood, dan tingkah laku untuk membantu menentukan diagnosis.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Digosipkan Telah Menikah, Aura Kasih: Tunggu ya Foto-Fotonya Diedit Biar Bagus

Posted: 26 Dec 2018 08:22 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Aura Kasih dikabarkan telah menikah dengan kekasih bulenya, Erick Amaral. Itu terlihat dari unggahan akun Instagram gosip yang memperlihatkan buku nikah dengan foto mirip Aura Kasih.

Hingga kini, Aura Kasih belum juga buka suara mengenai kabar bahagia tersebut. Namun, unggahannya di Instagram Story, Aura mengucapkan terima kasih.

"Terima kasih semua doa teman2.... tunggu ya foto2 nya sedang di edit biar bagus," tulis Aura Kasih dengan emotikon tertawa terbahak-bahak, Rabu kemarin.

Dikabarkan Aura Kasih menikah pada 22 Desember 2018, bertepatan dengan Hari Ibu. Ia menikah di Jakarta Selatan.

 

Bulan Madu

Aura Kasih (Foto: Instagram)

Sejak Rabu (26/12/2018), Aura Kasih memperlihatkan dirinya melakukan perjalanan ke Hong Kong. Apakah ini dalam rangka bulan madu?

Dalam Instagram Stories, Kamis (27/12/2018), pelantun "Mari Bercinta" ini memperlihatkan dirinya menginap di Ritz Carlton Hotel, Hong Kong.

 

Tak Perlihatkan Wajah

Aura Kasih (Foto: Instagram)

Namun, dalam postingannya tersebut Aura Kasih tak memperlihatkan dirinya serta sang kekasih.

Ia hanya menunjukkan situasi di luar hotelnya, yang diambil dari jendela kamar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bagi Liverpool, Setiap Laga Adalah Final

Posted: 26 Dec 2018 08:20 PM PST

Liputan6.com, Liverpool - Bek Liverpool, Dejan Lovren, menegaskan bahwa The Reds kini wajib memperlakukan setiap laga seperti final usai timnya memperlebar jarak dengan pesaing terdekatnya menjadi enam poin.

Dalam laga Boxing Day, Rabu (26/12), Liverpool sukses menghajar Newcastle 4-0. Lovren turut berandil mencetak satu gol. Kemenangan ini membuat The Reds kini semakin kokoh di puncak dengan koleksi poin 51.

Sementara di peringkat dua, Tottenham Hotspur sukses menggeser Manchester City berkat kemenangan 5-0 atas Bournemouth, sedangkan City justru kembali menelan kekalahan, kali ini di markas Leicester City.

Liverpool sukses mengakhiri putaran pertama musim ini tanpa terkalahkan di liga. Lovren pun mengajak timnya untuk terus menjaga fokus di putaran kedua.

"Kami hanya fokus pada diri kami sendiri dari laga ke laga. Setiap laga adalah final bagi kami," ujar Lovren seusai laga melawan Newcastle seperti dikutip Four Four Two.

"Babak pertama yang berat, sulit untuk mencetak gol melawan Newcastle tapi kami menunjukkan kesabaran dan kualitas," tambah bek internasional Kroasia tersebut.

 

Jaga Momentum

Selanjutnya, Liverpool bakal menjalani dua partai berat, yakni menjamu Arsenal di Anfield pada Minggu (30/12) serta melawat ke kandang Manchester City pada Jumat (4/1). Lovren pun menyerukan agar timnya tetap menjaga momentum bagus ini.

"Kami harus menjaga momentum ini dan setelah dua laga selanjutnya kami akan melihat di mana diri kami berada. Sekarang setiap laga penting," tutur Lovren.

"Kami melihat diri kami sendiri, bagaimana penampilan kami dan inilah yang diinginkan manajer dari kami. Sisanya akan kejadian. Hari ini bagus untuk kami, bagus untuk fans dan mari kita lakukan lagi melawan Arsenal. Tak mudah untuk menang 4-0 hari ini," tegasnya.

Sumber: bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jurus Sampoerna Dukung Target RI Bebas Pekerja Anak pada 2022

Posted: 26 Dec 2018 08:17 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT HM Sampoerna Tbk menggulirkan program Rumah Pintar di Nusa Tenggara Barat (NTB). Program ini untuk mencegah dan meminimalkan keterlibatan anak-anak dalam perkebunan dan pengolahan tembakau.

Kepala Hubungan Daerah & CSR Sampoerna, Ervin Laurence Pakpahan ‎mengatakan, Rumah Pintar merupakan program layanan bagi anak-anak usia 7-18 tahun (SD-SMA) dengan kegiatan positif dan edukatif. Program ini juga merupakan upaya Sampoerna mendukung kebijakan pemerintah mencapai Indonesia Bebas Pekerja Anak 2022. 

"Kami bersama mitra, baik LSM maupun pemasok, berkomitmen mencegah dan mengeliminasi praktik pekerja anak di Lombok. Oleh karena itu, melalui payung program tanggung jawab sosial perusahaan Sampoerna Untuk Indonesia, kami mempersembahkan program Rumah Pintar untuk menyediakan ruang belajar dan bermain yang produktif bagi anak-anak di luar waktu sekolah," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (27/12/2018).

Sebagai puncak rangkaian kegiatan, Sampoerna menggelar Kompetisi Anak di Bencingah, Lombok Tengah pada 26 Desember 2018 bermitra dengan Koalisi Perempuan Indonesia dan Festival Rumah Pintar di Selong, Lombok Timur pada 27 Desember 2018 bermitra dengan Lembaga Transform.

Kedua acara tersebut bertujuan untuk menampilkan hasil pembelajaran dan keterampilan anak-anak yang beraktivitas di Rumah Pintar dalam rangka memotivasi serta menjauhkan mereka dari aktivitas di ladang tembakau. 

Pada 2018, terdapat 22 Rumah Pintar di berbagai wilayah NTB. Dari jumlah tersebut, 8 Rumah Pintar bermitra dgn Koalisi Perempuan Indonesia dan 14 Rumah Pintar bermitra dengan Lembaga Transform. Kedua acara puncak dilaksanakan untuk menampilkan keterampilan anak-anak selama mengikuti kegiatan belajar di Rumah Pintar. 

"Ajang tersebut diharapkan dapat memberi motivasi bagi anak-anak untuk secara aktif terlibat kegiatan yang sesuai dengan usianya," ungkap dia.

 

 

 

Daerah yang Dipilih

Berdasarkan data Lembaga Transform, program Rumah Pintar telah menjadi tempat bermain dan belajar bagi 7.037 anak atau 74 persen dari total jumlah anak-anak di 14 desa, sehingga mereka tidak menggunakan waktu luangnya untuk kegiatan di ladang tembakau. 

Daerah yang dipilih untuk lokasi program adalah desa penghasil tembakau, seperti Desa Padamara, Setanggor, Jantuk, Kabar, Rumbuk, Sukadana, Montong Baan, Sakra Selatan, Gelanggang, Bungtiang, Senyiur, Batu Putik, Sepapan, dan Jerowaru. Program ini juga melibatkan 163 orang warga setempat sebagai fasilitator lapangan, pengelola, dan mentor.

Berbagai aktivitas edukatif bagi anak-anak usia sekolah ditawarkan di Rumah Pintar antara lain kursus gratis berbagai mata pelajaran seperti bahasa inggris, komputer, matematika, kegiatan olahraga, pengembangan kesenian tradisional, seni tari, bela diri, renang, permainan, dan kegiatan vokasi. 

Selain itu, untuk menunjang kegiatan-kegiatan tersebut, sejumlah fasilitas juga disediakan, di antaranya lapangan bermain, permainan edukatif, perangkat visual penunjang pembelajaran, dan lainnya.

‎"Kami percaya bahwa anak-anak memiliki hak untuk bermain dan belajar sesuai usianya. Oleh karena itu, program Rumah Pintar diharapkan dapat menjadi referensi bagi pengembangan kebijakan untuk menunjang perkembangan anak-anak. Kami memulai program ini sejak 2016 dengan tujuan dapat menghasilkan dampak positif jangka panjang, khususnya bagi peningkatan kompetensi generasi muda dan mencapai Indonesia Bebas Pekerja Anak," ujar Ervin.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Manchester City Ditekuk Leicester, Guardiola Sebut Lini Pertahanan Bermasalah

Posted: 26 Dec 2018 08:15 PM PST

Liputan6.com, Leicester - Manchester City kembali menderita kekalahan. Setelah pekan lalu dipermalukan Crystal Palace 2-3, kali ini giliran Leicester City yang menghajar mereka.

Di Stadion King Power, Rabu (26/12), dalam gelaran Booxing Day, Manchester City takluk 1-2. Dua gol Leicester City dicetak Marc Albrigton dan Ricardo Pereira. Sedangkan Manchester City hanya mampu membalas satu gol lewat Bernardo Silva.

Posisi Manchester City pun melorot ke peringkat ketiga klasemen Liga Inggris. Sementara posisi satu dan dua ditempati Liverpool dan Tottenham Hotspur.

Manajer Manchester City , Josep Guardiola, menyebut, kini mereka mempunyai masalah serius di lini pertahanan. Dua gol Leicester disebut pria asal Spanyol itu.

"Kami mengalami musim dengan banyak clean sheets, hanya kebobolan lima kali. Tapi, sekarang kami kebobolan banyak gol. Jelas ini masalah besar bagi kami," ujar Guardiola, dikutip Manchester Evening News.

Kontradiksi

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, memberikan instruksi saat melawan Leicester pada laga Piala Liga di Stadion King Power, Leicester, Selasa (18/12). Leicester kalah adu penalti dari City. (AFP/Lindsey Parnaby)

Di 13 pertandingan awal Manchester City memang hanya kebobolan lima gol. Kondisi ini amat berbeda dengan yang mereka alami saat ini.

Dua gol Leicester membuat gawang Ederson telah kebobolan 10 gol dari enam laga terakhir. Bahkan, di sembilan laga terakhir di semua ajang, Manchester City belum lagi mendapat clean sheets.

 

Tak Bisa Dibiarkan

Guadiola, 47 tahun, pun menyebut hal ini tak bisa dibiarkan. Mantan pelatih Barcelona itu berjanji akan segera menemukan solusi masalah ini.

"Kami punya pemain dengan kemampuan spesifik. Kami juga punya pemain yang kuat dengan bola, dan tentu saja bukan pilihan untuk bermain bertahan sepanjang pertandingan. Tapi, sesuatu harus kami lakukan," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bekas Hantaman Tsunami dan Likuefaksi Palu Jadi Tempat Wisata Akhir Tahun

Posted: 26 Dec 2018 08:15 PM PST

Palu - Beberapa lokasi tsunami dan likuefaksi di Kota Palu, Kabupaten Donggala, dan Sigi di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) banyak dikunjungi para wisatawan dalam maupun luar negeri. Situasi itu terjadi dalam dua hari terakhir.

Dilansir Antara, lokasi masjid terapung di Teluk Palu yang rusak akibat gempa dan tsunami, Rabu, 26 Desember 2018, dipadati wisatawan lokal dan mancanegara. Begitu pula di lokasi bekas tsunami di Desa Wani, Kabupaten Donggala.

Para wisatawan mengisi masa liburan akhir tahun dengan mengunjungi lokasi tempat kapal terdampar di darat akibat diterjang gelombang tsunami pada 28 September 2018. KM Sabuk Nusantara terdampar di antara bangunan rumah penduduk di desa itu.

Hampir tiga bulan pasca-bencana alam gempa bumi, tsunami, dan likuefaksi, menerjang tiga daerah di Sulteng itu, banyak wisatawan datang dan mengunjungi lokasi-lokasi yang diporak-porandakan bencana alam.

Lokasi lainnya yang juga padat pengunjung adalah likuefaksi Balaroa dan Petono di Kota Palu dan Jono Oge serta Sibalaya di Kabupaten Sigi.

 

Makin Ramai

Lokasi likuefaksi atau tanah bergerak di Palu, Sulawesi Tengah. (Liputan6.com/Nanda Perdana Putra)

Hiyoto, seorang wisatawan asal Jepang mengatakan datang ke Kota Palu bersama beberapa rekannya hanya untuk melihat lokasi-lokasi terdampak bencana alam di Sulteng.

"Kami memang khusus datang hanya untuk melihat seperti apa Palu, Donggala dan Sigi yang diterjang gempabumi 7,4 SR dan tsunami serta likuefaksi," kata dia.

Menurut dia, bencana yang menimpa Palu, Donggala, dan Sigi, cukup dahsyat dan sangat memprihatinkan, sebab menelan korban jiwa sampai ribuan orang. Selain itu, kata dia, banyak rumah penduduk serta pusat perbelanjaan seperti Mall Ramayana Tatura Palu yang dibangun pertama di Palu itu hancur diterjang gempa.

Selama beberapa hari di Palu, Hiyoto mengatakan cukup puas karena bisa melihat langsung Palu, Donggala, dan Sigi. Ia akan kembali lagi ke Jepang dalam satu-dua hari ke depan.

Dia juga kagum dengan suasana di Kota Palu yang cukup ramai, padahal baru saja diporak-porandakan gempa, tsunami, dan likuefaksi. Pemulihan ekonomi di Kota Palu terbilang cukup cepat. Hal itu bisa dilihat dari pusat-pusat ekonomi sudah kembali ramai.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Perekaman E-KTP untuk Usia Pemula Digelar Serentak Hari Ini

Posted: 26 Dec 2018 08:11 PM PST

Petugas memindai retina seorang warga saat pembuatan E-KTP di Kantor kelurahan Cinere, Depok, Kamis (27/12). Hari ini Disdukcapil daerah melaksanakan pelayanan jemput bola perekaman E-KTP serentak khusus pemula secara nasional. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas memindai retina seorang warga saat pembuatan E-KTP di Kantor kelurahan Cinere, Depok, Kamis (27/12). Hari ini Disdukcapil daerah melaksanakan pelayanan jemput bola perekaman E-KTP serentak khusus pemula secara nasional. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Warga melakukan perekaman sidik jari saat pembuatan E-KTP di Kantor kelurahan Cinere, Depok, Kamis (27/12). Hari ini Disdukcapil daerah melaksanakan pelayanan jemput bola perekaman E-KTP serentak khusus pemula secara nasional. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Warga melakukan perekaman sidik jari saat pembuatan E-KTP di Kantor kelurahan Cinere, Depok, Kamis (27/12). Hari ini Disdukcapil daerah melaksanakan pelayanan jemput bola perekaman E-KTP serentak khusus pemula secara nasional. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Seorang perempuan melakukan perekaman data E-KTP di Kantor kelurahan Cinere, Depok, Kamis (27/12). Hari ini Disdukcapil daerah melaksanakan pelayanan jemput bola perekaman E-KTP serentak khusus pemula secara nasional. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Seorang perempuan melakukan perekaman data E-KTP di Kantor kelurahan Cinere, Depok, Kamis (27/12). Hari ini Disdukcapil daerah melaksanakan pelayanan jemput bola perekaman E-KTP serentak khusus pemula secara nasional. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas melakukan perekaman sidik jari warga saat pembuatan E-KTP di Kantor kelurahan Cinere, Depok, Kamis (27/12). Hari ini dilaksanakan pelayanan jemput bola perekaman E-KTP serentak khusus pemula secara nasional. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas melakukan perekaman sidik jari warga saat pembuatan E-KTP di Kantor kelurahan Cinere, Depok, Kamis (27/12). Hari ini dilaksanakan pelayanan jemput bola perekaman E-KTP serentak khusus pemula secara nasional. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas memindai retina seorang warga saat pembuatan E-KTP di Kantor kelurahan Cinere, Depok, Kamis (27/12). Hari ini Disdukcapil daerah melaksanakan pelayanan jemput bola perekaman E-KTP serentak khusus pemula secara nasional. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas memindai retina seorang warga saat pembuatan E-KTP di Kantor kelurahan Cinere, Depok, Kamis (27/12). Hari ini Disdukcapil daerah melaksanakan pelayanan jemput bola perekaman E-KTP serentak khusus pemula secara nasional. (Merdeka.com/Arie Basuki)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

1 komentar:

Amisha mengatakan...

Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut